Selasa, 29 April 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ada <i>Bug</i>, Warga Dilarang Pakai Internet Explorer

Posted: 29 Apr 2014 09:06 PM PDT

Pemerintah Inggris dan Amerika Serikat beramai-ramai memberlakukan pelarangan terhadap warganya untuk menggunakan Internet Explorer. Pasalnya, browser besutan Microsoft itu dilaporkan telah mengalami gangguan bug.

Mengutip laman Cnet, Rabu (30/4/2014), gangguan bug itu bisa menjadi celah bagi hacker untuk mengirim malware pada komputer pengguna secara diam-diam. Bahayanya, malware itu dapat digunakan untuk mencuri data pribadi, memantau aktivitas pengguna secara online, dan mengontrol komputer secara penuh.

Perusahaan keamanan FireEye, yang menemukan gangguan bug tersebut mengatakan bahwa celah berbasis Flash itu dapat digunakan untuk menyerang lembangan keuangan dan pertahanan di Amerika Serikat melalui Internet Explorer versi 6 sampai 11, yang berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8.

Larangan itu juga dikeluarkan oleh Tim Kesiapan Darurat Komputer atau Computer Emergency Readiness Team (CERT) di Inggris dan Amerika Serikat, yang menyarankan masyarakat untuk menggunakan browser lain, seperti Mozilla, Chrome atau Safari.

Pun demikian, pihak Microsoft dan Departemen Keamanan Dalam Negeri di kedua negara belum menanggapi larangan ini dengan serius. Sejak larangan itu dikeluarkan, berdasarkan hasil statistik dari NetMarketShare, jumlah pengguna browser populer itu mulai menurun. (isk/dew)

Ada Aksi May Day Buruh, Hindari Lokasi-lokasi Ini

Posted: 29 Apr 2014 09:02 PM PDT

Ratusan ribu buruh dari berbagai macam organisasi di wilayah Jabodetabek berencana menggelar aksi demonstrasi di beberapa titik di Jakarta sebagai bagian dari peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada 1 Mei 2014.

Terkait ini, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menghimbau masyarakat untuk menghindari lokasi digelarnya aksi May Day ini.

"KSPI menghimbau  kepada seluruh masyarakat untuk menghindari beberapa titik yang nantinya akan menjadi lokasi aksi buruh pada perayaan May Day 1 Mei 2014 karena nantinya akan terjadi penumpukan bus yang berjumlah ribuan dan ratusan ribu jumlah massa buruh," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (30/4/2014).

Dia mengatakan, beberapa lokasi tersebut antara lain Bundaran HI, Istana Negara, Kantor Gubernur DKI dan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. Aksi tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada pukul 10.00 WIB-17.00 WIB.

"Hampir bisa dipastikan 500 ribu buruh di Indonesia di 20 Provinsi akan mengikuti perayaan May Day di kantor gubernur masing - masing dan khusus untuk di wilayah Jabodetabek akan diikuti 100 ribu buruh pada 1 Mei 2014 jam 10.00 WIB dengan titik kumpul di Bundaran HI, kemudian Long March ke Istana Negara untuk melakukan orasi 10 tuntutan buruh Indonesia," katanya.

Kemudian pada pukul 13.00 WIB, 100 ribu massa buruh akan bergerak ke stadion GBK, Senayan, Jakarta. Di GBK kegiatan akan diisi dengan orasi 10 tuntutan buruh dan pidato politik calon presiden pilihan buruh Indonesia. (Dny/Nrm)

Makanan Wanita Sebelum Hamil Pengaruhi Kesehatan Bayi

Posted: 29 Apr 2014 09:01 PM PDT

Kaum wanita perhatikan benar-benar apa yang Anda makan. Gizi wanita sebelum hamil merupakan hal yang super kritis. Apa yang dimakan wanita sebelum hamil bisa memengaruhi kesehatan anaknya.

Penelitian mengungkapkan diet perempuan sebelum hamil memengaruhi gen anak di masa depannya. Terlebih lagi, diet prakonsepsi bisa berdampak seumur hidup pada kesehatan bayi yang belum lahir.

"Ada banyak hal yang terjadi sebelum pembuahan," kata Peneliti Andrew Prentice , dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, seperti dilansir MailOnline, Rabu (30/4/2014).

Dengan temuan ini, para perempuan yang ingin memulai sebuah keluarga disarankan minum vitamin dan suplemen lainnya menjelang kehamilan.

Pada penelitian ini, Profesor Prentice mempelajari perempuan di pedesaan Afrika Barat bekerja sama dengan unit Medical Research Council di Gambia. Ia mengukur konsentrasi nutrisi di dalam darah terhadap 170 wanita yang baru hamil.

Mereka juga meneliti DNA bayi setelah lahir dan menanyai para responden tentang diet yang dijalaninya. Hasilnya, ada hubungan yang jelas antara diet wanita dan gen anaknya.

Nutrisi yang dibutuhkan untuk membuat perubahan-perubahan termasuk vitamin B2, B6, dan B12, serta kolin dan metionin dan asam folat.

Profesor Prentice mengatakan, meskipun terlalu dini untuk memberikan nasihat, sumber yang baik dari senyawa yang dibutuhkan meliputi susu, sayuran berdaun hijau, dan protein.

Wanita sudah disarankan untuk mengonsumsi asam folat atau vitamin B9 sebelum kehamilan hingga kehamilan. "Penelitian sekarang menunjukkan kebutuhan nutrisi yang berasal dari makanan atau dari suplemen," katanya.





Armada Akan Recycle Lagu Rinto Harahap

Posted: 29 Apr 2014 09:00 PM PDT

Bagi Anda yang menyukai lagu-lagu yang populer di era 70-an, pasti sudah tak asing lagi dengan lagu berjudul Katakan Sejujurnya yang dipopulerkan oleh Rinto Harahap.

Nah, lagu tersebut juga sukses membuat band Armada jatuh cinta. Mendengar lirik dan irama lagu yang dibawakan dengan sempurna oleh Rinto Harahap, timbul keinginan band asal Palembang itu untuk menyanyikannya kembali lagu tersebut.

"Lagu itu hebat di eranya. Lagu yang ngehits banget. Semoga dengan Armada yang membawakan bisa kembali hits, tentunya dengan gaya Armada," ucap Rizal, vokalis band Armada, saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (29/4/2014).

Dia menjelaskan, ada cerita unik soal pemilihan lagu tersebut untuk kembali dinyanyikan ulang. Menurut Rizal, label rekaman Armada lah yang terlebih dulu meminta mereka untuk menyanyikan ulang lagu tersebut.

"Label awalnya yang minta me-recyle lagu ini. Armada sendiri merasa bangga karena dapet kepercayaan untuk menyanyikan kembali lagu milik Om Rinto, beliau itu legend banget," puji Rizal.

Album terbaru Armada akan segera diluncurkan pada pertengahan tahun ini. Lagu Katakan Sejujurnya didapuk sebagai single jagoan band yang sudah mengemas empat album studio seperti Kekasih Yang Tak Dianggap (2007), Balas Dendam (2008), Hal Terbesar (2009) dan Satu Hati Sejuta Cinta (2012).

Muda, Tampak Sehat Tiba-tiba Terserang Jantung, Kenapa?

Posted: 29 Apr 2014 09:00 PM PDT

Meski usia masih muda, tak ada salahnya rutin memeriksakan kesehatan yang mencakup elektrokardiogram (EKG). Terlebih, bila memiliki keluarga dengan riwayat kematian jantung mendadak (Sudden Cardiac Death). Dengan cara sederhana ini, Anda akan terhindar dari kondisi serupa.

"Jangan tunda skrining bila Anda memiliki anggota keluarga dengan riwayat SCD ini. Usahakan untuk melakukan skrining yang mencakup EKG di bawah usia 35 tahun. Itu jauh lebih baik," kata Ahli Jantung dan Electrophysciologist dari Asian Heart & Vascular Centre, Gleneagles Medical Centre Singapore, Dr. Jeremy Chow, MBBS, MRCP(UK), MRCP(London), M.Med (Int Med), FAMS dalam temu media di Novotel Mangga Dua Square, Jakarta, ditulis Rabu (30/4/2014).

Selama ini, kata dia, orang muda kerap menganggap remeh gaya hidup sehat. Merokok dan mengonsumsi alkohol, masih dianggap biasa. Padahal, kematian jantung mendadak mengintai mereka. Memang, sampai saat ini kasus kematian jantung mendadak yang menerpa orang sehat dan berusia muda (di bawah usia 40 tahun) masih terbilang langka. Bukan berarti, serangan itu tidak bisa menghampiri Anda secara tiba-tiba.

Dr Jeremy menjelaskan bahwa SCD menggambarkan kematian alami yang tidak terduga akibat serangan jantung dalam waktu singkat. Biasanya terjadi kurang dari satu jam sejak gejala muncul. Itu pun kalau ada. Karena, biasanya SCD tidak menampakkan gejala. Pasien tiba-tiba pingsan, dan tidak sadarkan diri.

"Kalau pun ada gejala, biasanya black out (pingsan) dan gangguan valvilasi," kata dia menjelaskan.

Di Amerika, lanjut Jeremy, ada sekitar 250.000 sampai 450.000 kasus kematian karena SCD tiap tahunnya. Tapi, ini menimpah para pasien dewasa yang lebih tua.

Penyebab kematian jantung mendadak

Dalam kesempatan itu, pria yang memperoleh gelar Master of Medicine di Internal Medicine dari National University of Singapore menjelaskan, setidaknya ada lima penyebab kematian jantung mendadak yang harus diketahui:

    1. Jantung bawaan (katup yang rusak)
    2. Kelainan otot jantung atau otot jantung menebal
    3. Abnormal arteri pada jantung seseorang
    4. Infeksi pada jantung yang disebabkan virus atau bakteri yang berkembang dalam organ jantung
    5. Irama jantung yang tidak normal

Dr Jeremy kembali menjelaskan, kelainan irama jantung, dapat menjadi penyebab kematian mendadak pada orang berusia muda dan bahkan orang yang sehat. Kejadian yang fatal biasanya disebabkan irama jantung yang abnormal, yang kemudian dikenal dengan istilah ventricular fibrillation (VF).

"Kondisi ini dapat diperiksa dan seringkali kematian jantung mendadak dapat dicegah dengan implantable cardiac defibrillator (ICD)," kata dia menekankan.

 

 

Striker City Masih Berharap Main di Piala Dunia

Posted: 29 Apr 2014 08:55 PM PDT

Alvaro Negredo masih berharap untuk tampil di Piala Dunia 2014 mendatang. Padahal penampilan striker Manchester City itu sedang menurun karena tak mencetak gol sejak Januari lalu saat melawan West Ham di semifinal Piala Liga.

Di awal musim penampilan Negredo bersama The Citizens sangat meyakinkan. Dia mengoleksi 23 gol dari 45 laga di semua kompetisi.

Sayang dalam 14 laga terakhir, striker berusia 28 tahun itu menjadi mandul. Namanya pun menjadi pilihan ketiga setelah Sergio Aguero dan Edin Dzeko.

"Bermain di Piala Dunia impian saya sejak lama. Tentu saja akan berjuang untuk mewujudkannya," kata Negredo seperti dilansir Mirror.

"Tidak bermain rutin bukan berarti pelatih timnas tidak memperhatikan saya. Saya tahu dan optimis pelatih Spanyol masih mempercayai kemampuan saya."

Liga Premier akan berakhir dua pekan lagi. Namun, Negredo bertekad koleksi golnya yang baru sembilan gol akan bertambah.

"Saya akan bekerja keras selama latihan dan mencetak gol sebanyak mungkin di pertandingan. Yang saya perlukan adalah mengembalikan kenyamanan seperti di awal musim," katanya mantap.

"Penampilan saya menurun karena sempat cedera bahu. Tapi saya sudah kembali bugar dan akan membayar kepercayaan jika dipercaya manajer."

Sempat Kesulitan, Persija Mampu Atasi Gresik United 1-0

Posted: 29 Apr 2014 08:49 PM PDT

Pemain Persija, Ismed Sofyan (kanan) berduel dengan Ndiaye Pape L (GU) di laga lanjutan ISL, (29/4/2014). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Buruh Gelar Demo saat May Day, Ini Reaksi Pengusaha

Posted: 29 Apr 2014 08:46 PM PDT

Ratusan ribu buruh dari berbagai macam organisasi di wilayah Jabodetabek berencana melakukan aksi unjuk rasa sebagai bagian dari peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada 1 Mei 2014.

Menanggapi rencana aksi ini, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sofjan Wanandi menilai ini sebagai hal yang normal sebagai sebuah peringatan, terlebih lagi pada hari tersebut telah ditetapkan sebagai hari libur.

"Itu normatif saja, buat kita nggak ada apa-apa. Kan ini libur jadi macam-macam organisasi buruh mau demo. Jadi sebagai pengusaha karena dia (buruh) libur, kita nggak bisa apa-apa, kecuali kita ikut melihat saja," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (30/4/2014).

Namun, menurut Sofjan, seharusnya pada saat peringatan tersebut, dapat dimanfaatkan oleh buruh dengan cara yang lebih baik, bukan hanya selalu menggelar aksi unjuk rasa.

"Dulu buruh minta hari libur nasioanal saat hari buruh supaya mereka bisa peringati, sekarang sudah dikasih masih demo terus, kita juga tidak melarang," lanjutnya.

Sofjan juga meyakinin, agenda unjuk rasa yang diusung para buruh ini masih sama seperti aksi unjuk rasa sebelum-sebelumnya, yaitu meminta kenaikan upah serta penghapusan sistem alih daya. "Ya masih yang normatif saja, seperti tidak mau upah murah, kemudian tidak mau outsourcing," katanya.

Meski demikian, Sofjan juga berharap, sebelum melakukan aksi, para buruh ini juga harus memikirkan nasib masyatakat lain yang hingga saat ini belum memiliki pekerjaan atau masih bekerja di sektor informal.

"Kan masih banyak yang menganggur, Tetapi kalau mereka hanya teriak-teriak saja, kasian yang tidak bekerja. Karena pengusaha nanti tidak mau berinvestasi, kan kasian mereka, tidak ada kerjaan," jelasnya.

Selain itu, dia juga menghimbau para buruh ini untuk jangan selalu memikirkan kepentingkan sendiri, tetapi juga harus memikirkan perekonomian nasional dengan cara bekerja lebih produktif dan tidak hanya banyak menuntut.

"Mereka harus lebih produktif bekerja dan supaya kita bisa bersaing dengan barang-barang impor, jadi mereka searusnya introspeksi. Kita harus bersama-sama lagi membangun ekonomi nasional, kita sudah keteteran hadapi barang-barang impor. Mau demo lagi untuk apa? Nanti buruh sendiri malah tidak punya kerjaan kalau sudah bangkrut perusahaannya," tandasnya.

Ternyata Olga Syahputra Sudah Punya Kekasih

Posted: 29 Apr 2014 08:45 PM PDT

Olga Syahputra tengah terbaring lemah di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan karena penyakit meningitis atau radang selaput otak yang dideritanya.

Tak ada lagi canda tawa Olga menghiasi layar kaca. Karena otomatis, Olga vakum dari dunia keartisan yang ditekuninya selama ini. Sebagai sahabat, Julia Perez atau yang akrab disapa Jupe selalu berdoa dan menyemangati Olga supaya segera sembuh dari penyakitnya.

"Olga itu nggak apa-apa, dia hanya galau. Dia sedang memikirkan wanita, mungkin dia sedang patah hati," canda Jupe saat ditemui Liputan6.com di Studio 5 Indosiar, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (30/4/2014) dini hari. Persahabatan Jupe dengan Olga memang selalu dihiasi dengan canda tawa.

Pernyataan Jupe itu sangat mengejutkan. Karena selama ini di layar kaca Olga hanya menunjukkan rasa sukanya kepada Jessica Iskandar, partner MC-nya di beberapa program acara.

Namun ketika ditanya perihal siapa wanita yang dekat dengan Olga ini, Jupe tidak mau mengungkapnya. "Saya dan teman-teman lainnya (sesama artis) sudah tahu, tetapi yang jelas bukan Jessica Iskandar," kata pelantun Aku Rapopo itu.

Ketika dikorek lebih dalam lagi, Jupe memilih untuk tutup mulut. Ia malah membicarakan soal rencananya kalau memiliki kekasih lagi.Ia akan memaksa kekasihnya tersebut untuk melakukan tes darah. Untuk apa yah?

Jupe yang masih merasakan kesedihan pasca berpisah dengan Gaston Castano ini menjelaskan bahwa ia ingin sehat dalam hubungannya dengan sang kekasih.

"Kita kan nggak pernah tahu dulu dia seperti apa. Biar sama-sama tenang," jelas pemilik nama Yulia Rahmawati.

Bukan hanya kekasihnya nanti yang akan cek darah, Jupe juga akan melakukan hal serupa. "Saya ini kan eks (pernah berumahtangga)," sambung Jupe yang juga menjelaskan wanita jauh lebih berisiko dibanding laki-laki.

"Saya ini kan perempuan, duduk di toilet kotor bisa kena kanker serviks. Minum satu gelas dengan orang lain, tukar air liur, bahaya juga itu," lanjut Jupe.

Terry Kembali Tegaskan Keinginannya Bertahan di Chelsea

Posted: 29 Apr 2014 08:40 PM PDT

John Terry menegaskan dirinya tak berniat hengkang dari Chelsea musim depan. Padahal negosiasi perpanjangan kontrak antara dirinya dengan The Blues tak juga usai.

Kontrak Terry akan habis pada musim panas nanti. Pihak klub hanya menawarinya perpanjangan satu tahun kontrak karena usia Terry yang sudah 33 tahun. Itu sebabnya negosiasi berjalan alot dan membuat klub lain menggodanya untuk pindah.

"Saya sudah membela klub ini sejak usia 14 tahun, dan tak pernah pindah. Jadi, saya ingin tetap di sini untuk sisa karier saya," kata Terry seperti dilansir Daily Mail.

"Kami ada beberapa pertandingan penting sehingga saya belum berdiskusi lagi dengan klub belakangan ini. Semuanya terserah klub tapi saya ingin bertahan dan berharap negosiasi segera selesai."

Terry seperti menemukan performa terbaiknya lagi musim ini. Ia telah bermain dalam 45 laga dan menyumbang dua gol di semua kompetisi.

"Banyak yang mengira saya sudah habis musim lalu dan tidak akan bertahan lama di sini. Namun, semua itu membuat saya lebih baik dan berjuang untuk klub ini," kata Terry bersemangat.

"Kehadiran Mourinho sangat penting bagi kami. Dia selalu berpesan jika saya mampu bermain bagus maka akan mendapat tempat. Mourinho orang yang sangat jujur," katanya memuji The Special One.

Tidak ada komentar: