Minggu, 27 April 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Duka Para Onliner Atas Wafatnya Sang Maestro Idris Sardi

Posted: 27 Apr 2014 08:48 PM PDT

Senin (28/4/2014) Indonesia kembali berduka. Indonesia kehilangan salah satu maestro musik Indonesia, Idris Sardi. Laki-laki telah mengenal biola sejak usia 6 tahun ini menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 07.25 di rumah sakit Meilia, Cibubur, Jakarta Timur.

Ayah dari Aktor Lukman Sardi ini wafat pada usia 75 tahun, ia sudah diketahui menderita sakit pada lambung dan liver sejak Desember 2013. 

Ucapan duka pun datang dari para onliner yang mengagumi sosok almarhum Idris Sardi, berikut ucapan belasungkawa dari para tweeple:

Ucapan belasungkawa pun datang dari mantan Presiden Indonesi Jusuf Kalla dalam akun twitternya ‏@Pak_JK, "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un,turut berbelasungkawa atas wafatnya Idris Sardi (Maestro Biola),Semoga almarhum dtrma di sisi Allah SWT".

"Innalilahi Wa'inailaihi Roji'un turut belasungkawa atas wafatnya seniman, Maestro Biola Idris Sardi. Semoga alm. diterima di sisi Allah SWT", ucap Gita Wirjawan mantan Menteri Perdagangan Indonesia dalam akunnya ‏@GWirjawan.

Salah satu solois pria dalam dunia musik Indonesia Rio Febrian dalam akunnya @riofebrian25 menuliskan, "Selamat jalan Om Idris Sardi...karyamu dan alunan nadamu tetap mewarnai kami R.I.P".

"RIP Idris Sardi... Thank you for your music, education and dedication", tulis salah satu komposer musik Indonesia Indra Lesmana dalam akun Twitternya @indralesmana

Maudy Koesnaedi dalam akun Twitternya @mpokmod, mengucapkan belasungkawa kepada Lukma Sardi selaku anak dari Idris Sardi, "Mas @lukmansardi kami turut berduka sedalam2nya atas kepergian ayahanda Idris Sardi. Smg diberikan tempat terbaik disisi Allah SWT. Aamiin".

Sosok piawai yang lihai menggesek biola ini pun menurunkan darah seninya kepada kedua anaknya yaitu Santi Sardi dan Lukman Sardi, mereka menyalurkan darah seni sang ayah dalam didunia seni peran perfileman Indonesia.

Penulis:

Yulia Yulee

Baca Juga:

Onliner Keluhkan Batas Teman di Path Bertambah

Mengejutkan, di Youtube Ayah Ajarkan Anak Balitanya Merokok 

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

 

Microsoft Masih Pertahankan Merek Nokia

Posted: 27 Apr 2014 08:45 PM PDT

Proses akuisisi divisi perangkat Nokia oleh Microsoft yang telah berjalan sejak Oktober 2013 lalu akhirnya rampung pada 25 April 2014 kemarin. Setelah resmi menjadi milik Microsoft, sempat dirumorkan bahwa mereke Nokia akan segera gantikan dengan merek baru, yaitu Microsoft Mobile.

Namun ternyata rumor tersebut tidak sepenuhnya benar. Akun Twitter resmi Nokia, @Nokia, dilaporkan telah mengkonfirmasi perihal penggantian merek dagang Nokia Corporation / Nokia Oyj yang akan diubah menjadi Microsoft Mobile Oy.

Menanggapi seorang follower yang menanyakan apakah nama Nokia masih akan digunakan di jajaran ponsel Lumia, akun @Nokia menjawab, "kami akan terus mendukung brand Nokia untuk jajaran perangkat yang lisensinya didapatkan Microsoft, setidaknya untuk sementara waktu." Demikian seperti yang dilansir laman Win Beta, Senin (28/4/2014).

Ini artinya, Microsoft masih akan menggunakan merek Nokia untuk jajaran perangkat yang telah mereka miliki lisensinya, yaitu seri Lumia, Asha dan juga rangkaian seri ponsel fitur Nokia.

Namun bila melihat jawaban yang diberikan akun resmi @Nokia, merek Nokia tidak akan selamanya digunakan oleh Microsoft. Akan tetapi proses penggantian merek dagang itu tampaknya belum akan terjadi dalam waktu dekat.

Microsoft sendiri akhirnya resmi memiliki divisi perangkat Nokia dengan tebusan senilai USD 7,2 miliar. Kesepakatan antar keduanya dilaporkan telah memenuhi sarat dari para pemegang saham dan mendapat persetujuan dari sejumlah negara serta badan regulasi yang berkepentingan.

Dengan rampungnya proses akuisisi ini, mantan CEO Nokia Stephen Elop akan digeser posisinya menjadi Executive Vice President for Microsoft Devices Group. Ia akan bertangung jawab langsung pada CEO Microsoft Satya Nadella dalam hal pengembangan bisnis perangkat, termasuk smartphone dan tablet Lumia, tablet Surface, ponsel Nokia, hingga konsol game Xbox.

Sementara Rajeev Suri yang saat ini menjabat sebagai CEO Nokia Solutions and Networks (NSN) gencar dilaporkan sebagai sosok yang akan mengisi posisi CEO baru Nokia.

Jenazah Idris Sardi Disemayamkan di Kediaman Pentolan Gerindra

Posted: 27 Apr 2014 08:45 PM PDT

Menurut kabar yang beredar, sedianya jenazah Idris Sardi akan disemayamkan di kediaman keluarga di kawasan Beji, Depok, Jawa Barat. Namun, informasi itu kemudian diralat lewat pesan berantai yang menyebutkan bahwa ayahanda Lukman Sardi itu disemayamkan di Rumah Kreatif, Cimanggis, Depok.

Seperti diketahui, Rumah Kreatif merupakan kediaman dari pentolan Partai Gerindra, Fadli Zon. Dari pantauan Liputan6.com, hingga saat ini panitia sedang mempersiapkan tempat persemayaman bagi Idris. Hingga saat ini, jenazah masih dalam perjalanan dari Rumah Sakit Meilia Cibubur.

Diberitakan sebelumnya, maestro yang juga pemain biola ternama itu, telah menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 07.25 di rumah sakit Meilia, Cibubur, Jakarta Timur, Senin (28/4/2014).

Berita duka ini terungkap dari akun twitter Fadli Zon, fungsionaris Partai Gerindra. "Telah wafat maestro IDRIS SARDI tadi pagi jam 07.25 di RS Meilia, Cibubur. Semoga almarhum diterima di sisi terbaik Allah SWT," tulisnya.

Sebelumnya, Fadli Zon baru saja mendoakan agar bapak dari Lukman Sardi ini segera sembuh karena ia belum lama menjenguknya di rumah sakit. 

2 Pesawat Adu Moncong di Udara, 1 Pilot Hilang

Posted: 27 Apr 2014 08:40 PM PDT

Dua pesawat kecil 'saling cium' di atas San Francisco Bay. Hanya satu pesawat yang berhasil mendarat dengan selamat.

"Seorang pilot hilang setelah kapal jatuh akibat bertabrakan," kata Juru bicara US Coast Guard, Loumania Stewart dilansir dari USA Today, Senin (28/4/2014).

Stewart mengatakan, pencarian di dalam air sedang berlangsung. Sebab terlihat ada puing-puing pesawat, tak lama setelah terjadi tabrakan pada Minggu 27 April sore waktu setempat.

"Sebuah perahu milik Coast Guard, 3 kapal penyelamat dan helikopter terlibat dalam pencarian itu," urai Stewart.

Juru bicara Federal Aviation Administration (FAA), Ian Gregor menuturkan, pesawat yang 'adu moncong' di udara itu adalah jenis Cessna 210 dan Hawker Sea Fury TMK 20. Masing-masing pesawat membawa satu orang.

"Cessna jatuh ke dalam air, dan pilot Hawker mampu mendarat dengan selamat di bandara kecil," jelas Gregor.

Pilot Hawker Sea Fury TMK 20, sambung Gregor, tak mengalami luka sedikit pun setelah mendarat di bandara Eagle Nest, Virginia.

Gregor mengungkapkan, kedua pesawat lepas landas dari Half Moon Bay, sekitar 20 km sebelah selatan dari San Francisco. Menurut catatan FAA, pesawat Hawker terdaftar milik Sanders Aeronautics Inc di Ione.

Jika pencarian pesawat tersebut bisa langsung dilakukan, dan terlihat puing di atas San Fransico Bay, tak demikian dengan pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang pada 8 Maret.

Pesawat tersebut sudah sebulan lebih belum juga ditemukan. Nasib 239 orang yang berada di dalam pesawat Boeing 777-200 ER itu pun belum diketahui. (Raden Trimutia Hatta)

26 Tahun Berjalan, Program Konversi BBM ke Gas Belum Sukses

Posted: 27 Apr 2014 08:36 PM PDT

Program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) telah ternyata sudah dimulai sejak 1988 atau 26 tahun silam. Padahal program konversi BBM ke BBG lebih mudah ketimbang konversi minyak tanah ke elpiji 3 kilogram (kg).

Direktur Pemasaran dan Niaga Hanung Budya mengatakan, program konversi untuk BBM ke BBG lebih mudah karena obyeknya lebih sedikit dan konversi pada kendaraan lebih mudah ketimbang kompor.

"Menurut saya jauh lebih mudah kendaraan, jumlahnya tidak banyak dan kita cuma memberikan konverter kit," kata Hanung seperti yang dikutip Senin (28/4/2014).

Sedangkan program konversi minyak tanah ke elpiji 3 kg menurut Hanung lebih sulit dilakukan. Pasalnya, ada target 58 rumah tangga yang harus melakukan konversi minyak tanah ke elpiji sehingga dibutuhkan kerja ekstra keras untuk mewujudkannya.

Hanung menambahkan, program konversi BBM ke BBG sudah ada sejak 1988, namun program konversi minyak tanah ke elpiji 3 kg jauh lebih bersih.

"Padahal konsep konversi BBG bisa sama persis," ungkapnya.

Menurut dia, diperlukan ketegasan pemerintah agar program yang bertujuan untuk mengurangi konsumsi BBM tersebut terlaksana dengan baik. Pasalnya, keberhasilan program konversi BBM ke elpiji 3 kg ditunjang oleh dukungan pemerintah.

"Waktu itu Wakil Presiden laporan langsung untuk rapat terbatas selesaikan masalah (konversi minyak tanah ke elpij). Ada satu komando dari pemerintah," pungkasnya.


Koalisi Minoritas, Jokowi Terancam Digoyang Bak Gus Dur

Posted: 27 Apr 2014 08:32 PM PDT

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Vishnu Juwono menggarisbawahi bila Jokowi terpilih jadi Presiden RI ke-7, maka dibutuhkan kekokohan di DPR. Hal itu perlu agar capres dari PDIP itu tak bernasib seperti Gus Dur.

Vishnu melihat Jokowi yang tengah membentuk koalisi terbatas dapat digoyang oleh DPR karena tak memiliki suara mayoritas.

"Saya membayangkan kondisi seperti Presiden Gus Dur 1999-2001 di mana beliau kerepotan menghadapi manuver partai politik lawannya melalui DPR hingga akhirnya harus lengser dari kursi kepresidenan," ujar Vishnu di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (28/4/2014).

Tak hanya belajar dari Gus Dur, Vishnu juga menyarankan agar Jokowi belajar juga dari SBY saat periode pertamanya memimpin Indonesia. SBY kala itu digoyang karena mengajukan calon Panglima TNI yang ditentang DPR.

"Usaha Jokowi untuk membentuk koalisi terbatas namun efektif di DPR menjadi tantangan yang besar," katanya.

Jokowi, lanjut Vishnu, tampaknya ingin mengulang kesuksesannya menaklukan parlemen walau hanya mendapat dukungan minoritas, saat ia menjadi Walikota Solo 2005 silam. Dukungan minoritas karena PDIP dan Jokowi hanya mau koalisi dengan partai yang memiliki kesamaan ideologi serta visi-misi.

Faktor SBY

Tak hanya Jokowi, faktor SBY juga dinilai masih diperhitungkan Vishnu sebagai tokoh nasional yang dapat mengubah peta politik. Apalagi dengan tegas SBY menyatakan sinyal pembentukan poros baru.

"Dengan pengalaman memenangkan 2 pemilihan presiden yakni 2004 dan 2009, tentu langkah politik SBY patut diperhitungkan," terangnya.

Penyelenggaraan konvensi yang diselesaikan hingga akhir, Minggu 27 April kemarin di Hotel Grand Sahid Jaya, menjadi proses demokrasi yang patut ditiru dalam pencarian capres di masa mendatang. "Dibandingkan melalui mekanisme internal partai yang seringkali tertutup, kurang transparan dan tidak akuntabel," tutur Vishnu.

Terlepas dari mekanisme konvensi, Vishnu menilai peserta konvensi kurang baik karena tingkat elektabilitasnya rendah. "Tak ada yang memiliki tingkat elektabilitas setinggi Jokowi dan Prabowo, bahkan lebih rendah dari kandidat Partai Golkar Aburizal Bakrie. Akhirnya Partai Demokrat nantinya akan mengalami kesulitan untuk menarik minat dari partai papan tengah," pungkas Vishnu.

Idris Sardi Meninggal karena Masalah Paru-paru

Posted: 27 Apr 2014 08:30 PM PDT

Kabar duka datang dari maestro biola Indonesia, Idris Sardi. Ayahanda dari Lukman Sardi itu menghembuskan napas yang terakhir di Rumah Sakit Meilia Cibubur, Depok, Jawa Barat, Senin (28/4/2014) pukul 7.25 WIB.

Diketahui, kondisi Idris memang sempat drop sejak beberapa bulan terakhir. Hingga akhirnya, pada Sabtu (26/4/2014) Idris dibawa ke rumah sakit.

"Banyak slam, sesak gitu. Sebenarnya dari Desember lalu, makin lemas Sabtu langsung masuk sini. Dan tadi pagi drop tiba-tiba jantung nggak bisa berfungsi. Pukul 7.25 WIB suster bilang sudah nggak ada (meninggal)," kata anak sulung Idris, Santi Sardi ditemui di RS Meilia, Depok, Jawa Barat, Senin (28/4/2014).

Kabar sakitnya Idris Sardi ini memang sengaja tak disebarluaskan pihak keluarga, lantaran khawatir kondisi kesehatan musisi yang dikenal sebagai Bocah Ajaib ini semakin menurun.

"Dia diam saja dan sempat drop. Sebenarnya masuk rumah sakitnya memang sudah lama, tapi kami sengaja tidak beritahu orang banyak. Karena kalau kebanyakan ngobrol suka kecapekan," ungkapnya.

Idris Sardi menghembuskan nafas terakhirnya di usia 76 tahun, tepat di hari ulang tahunnya. Saat berita ini diunggah, jasad Idris Sardi baru saja diberangkatkan ke rumah duka di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Rencananya, Idris akan dimakamkan di TPU Menteng Pulo, Jakarta Selatan pukul 16.00 WIB. 

Berapa Harga yang Diperoleh Paparazzi dari 7 Foto Selebriti ini?

Posted: 27 Apr 2014 08:30 PM PDT

Setiap barang ada harganya. Dan mengapa profesi paparazzi terus bertahan, karena setiap foto yang dihasilkannya memiliki label harga.

Seorang penulis dari majalah Rolling Stone di Amerika Serikat menghabiskan dua minggu dengan seorang paparazzi, mengemudikan motor mengelilingi Los Angeles sementara penumpangnya sibuk menembakkan lensa pada sasarannya: selebriti seperti Amy Adams yang hendak sarapan, atau Kim Kardashian yang baru saja keluar dari bandara.

Dan foto-foto jepretannya itulah yang menjadi bukti pelengkap bagi setiap rumor ataupun berita yang ditulis. Oh, dan tentu saja, semua ada harganya. Terutama, bagi media gosip.

Berikut adalah 7 selebriti yang berdasarkan pengalaman selama perjalanan dua minggu tersebut, diketahui 'harganya'.

Isla Fisher dan January Jones

Isla Fisher dan January Jones

Dalam foto ini, Fisher digambarkan keluar dari sebuah rumah seraya membawa tas belanja dan kunci mobil.

Sementara foto January Jones menyatakan bahwa ia sedang berjalan-jalan sendirian. Nilai foto ini masing-masing USD 500 (sekitar Rp 5,5 juta). Bahkan, Hollywoodlife mengatakan bahwa bila Jones tertangkap lensa sedang berjalan-jalan bersama anaknya, maka nilainya bisa mencapai USD 1.000 (sekitar Rp 11 juta).

Untuk seorang selebriti yang nyaris tanpa gosip, nilai sebuah foto Isla Fisher dan January Jones jelas cukup tinggi.

Kylie Jenner

Kylie Jenner

Foto anggota keluarga Kardashian ini diambil saat Festival Coachella pekan pertama lalu. Bahkan, fotonya ketika sedang antri masuk menuju arena festival pun memiliki nilai, meski hanya USD 100 (Rp 1,1 juta). Nilai foto tersebut turun karena wajah Kylie menunduk dan tidak tertangkap kamera.

Sebaliknya, foto Kylie sedang berdiri disamping mobil jeep saat Coachella pekan kedua dihargai USD 1.000 (Rp 11 Juta)! Dalam foto tersebut, Kylie tampak santai menikmati festival, dan plusnya adalah, ia tersenyum kearah kamera!

Gerard Butler

Gerard Butler

Untuk sebuah nama besar dengan peran di film box office, harga foto Gerard Butler ternyata sangatlah rendah.

Foto aktor ini ketika sedang berjalan dihargai USD 60 (sekitar Rp 660 ribu). Meski Butler hanyalah 'ikan kecil' bagi para paparazzi ini, tetap saja fotonya masih bisa menghasilkan lembar uang Paman Sam.

Jessica Alba

Jessica Alba

Foto aktris seksi ini ketika baru keluar dari sebuah coffee shop seraya memegang sebuah gelas kopi dan menenteng tas dihargai sebesar USD 900 (sekitar Rp 10 juta).

Yang membuatnya mahal adalah karena Alba memegang tas rancangan disainer!

Foto ini, bagi para paparazzi bisa dijual kepada disainer tas tersebut. Dan hal ini, juga berlaku bagi para selebriti dan disainer lainnya juga.

Amanda Bynes

Amanda Bynes

Tahukah Anda berapa nilai foto ini ketika dibeli oleh majalah People? Anda akan terkejut ketika mengetahui bahwa nilainya mencapai USD 85 ribu (sekitar Rp 900 juta)!

Dalam kondisi biasa saja, Bynes mungkin bernilai sama seperti Kylie Jenner. Tetapi, foto ini ditangkap saat Bynes baru saja digosipkan tertangkap akibat masalah narkotika.

Hollywoodscoop mengatakan bahwa setiap kali seorang selebriti terkena rumor tak sedap, apabila ada foto yang mengikuti rumor tersebut, nilainya akan segera berlipat ganda.

Kim Kardashian

Kim Kardashian

Para pembaca berita, pengikut tren, dan sosialita lainnya juga selalu ingin tahu apa saja hal terbaru yang dilakukan oleh tunangan Kanye West ini. Dan, para paparazi juga menyukai sosialita ini.

Kim, dikabarkan nyaris tidak pernah menghindar dari jepretan kamera. Malah, ia tampak menikmatinya, dan jelas menyadari bahwa setiap jepretan itu berarti memberi nafkah bagi sang fotografer. Sebuah jepretan foto yang menggambarkan Kim baru saja keluar dari bandara Los Angeles ini bernilai USD 1.000 (sekitar Rp 11 juta).

Kim, tidak hanya murah hati dalam mengumbar berita, tetapi juga dalam mengumbar senyum dan gaya di depan kamera. Dan, jelas, fotonya tidak hanya bernilai bagi media gosip, namun juga para perancang yang barangnya sedang dikenakan oleh sosialita ini.

Dapat Penghargaan, Ini Komentar Suarez

Posted: 27 Apr 2014 08:29 PM PDT

Striker Liverpool Luis Suarez sangat bahagia akhirnya dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Premier musim 2013/2014 versi Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA). Pemain asal Uruguay ini bangga kinerjanya selama ini diakui oleh sesama pemain Liga Premier.

Suarez terpilih mengungguli Eden Hazard dan Yaya Toure karena tampil luar biasa di musim ini. Eks pemain Ajax Amsterdam itu memimpin daftar pencetak gol dengan 30 gol.

"Liga Premier penuh dengan pemain-pemain yang benar-benar hebat. Jadi ini merupakan kehormatan luar biasa ketika pemain-pemain tersebut mengakui pekerjaan anda di lapangan," kata Suarez seperti diberitakan Sportsmole.

Suarez tak lupa berterima kasih kepada rekan-rekan setim yang telah banyak membantunya sepanjang musim 2013/2014 sehingga bisa sangat subur.

"Saya selalu mencoba memberikan kemampuan terbaikku untuk tim ini dan bagus bisa mendapatkan penghargaan tapi sesungguhnya ini untuk rekan-rekan setim dan staf di Liverpool karena tanpa bantuan mereka saya tidak akan mendapatkan penghargaan ini," tegas Suarez.

Meniti Jembatan Rapuh Demi Menimba Ilmu

Posted: 27 Apr 2014 08:29 PM PDT

Satu lagi potret buram keterbelakangan wilayah di pinggir Ibukota. Kali ini terjadi di Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang, Banten. Para siswa dan warga di dua desa terpaksa mengandalkan jembatan bambu di atas Sungai Cilemer yang membelah Desa Pasir Sedang, Kecamatan Picung dengan Desa Geredug, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pandeglang, Banten.

"Ini kalau hujan licin dilewatinnya. Anak-anak sekolah terpaksa diliburin aja, dari pada bahaya," tutur Mulyana, guru Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Anwar saat memandu siswanya menyeberangi jembatan.

Jembatan bambu itu hampir dibangun setiap tahun. Hampir setiap banjir melanda, jembatan itu rusak. Akibatnya, aktivitas warga terganggu. "Kalau banjir pasti rusak," ucap Mulyana.

Jembatan bambu ini dibangun warga secara gotong-royong. Tak terlihat kokoh seperti jembatan umumnya. Tiang-tiang bambu diikat menggunakan kawat, sebagian lagi ada yang diikat menggunakan ijuk.

Selain menggunakan bambu, jembatan ini juga menggunakan batang pohon pinang. Batang pinang itu sebagai tiang-tiang penyangga jembatan. Tak heran, jika dilalui dengan muatan berlebihan, jembatan ini akan mengayun.

Jembatan yang hanya berukuran lebar orang dewasa itu pun terkadang menyulitkan warga saat berpapasan. Ukuran yang terlalu sempit itu, membuat warga harus ada yang mengalah, berhenti sesaat saat warga berpapasan di jembatan.

Kendati, tak jarang warga yang menggunakan sepeda motor melalui jembatan itu. Jika ada sepeda motor yang melintas, warga harus menunggu di ujung jembatan, menunggu sepeda motor itu melintas.

Jembatan ini selalu digunakan warga setiap hari untuk menyeberang antardesa. Jika jembatan ini putus, warga harus memutar jalan dengan jarak yang relatif jauh.

"Kalau muter bisa satu jam lebih," terang Umam, warga Desa Pasir Sedang yang akan menyeberang ke Desa Geredug untuk menanam padi di sawahnya.

Umam dan warga sangat berharap agar jembatan tersebut dapat segera diperbaiki, sehingga lebih aman jika dilalui. "Dulu waktu kampanye ada yang janjiin, tapi sampai sekarang nggak ada," ucap Umam.

(Shinta Sinaga)

Tidak ada komentar: