Senin, 14 April 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


[OTO-News] 3 Mobil Suzuki yang Paling Laris Sepanjang Maret 2014

Posted: 14 Apr 2014 09:20 PM PDT

Sejumlah pabrikan otomotif merilis data terbaru penjualan mobil sepanjang Maret 2014. Suzuki misalnya, berhasil membukukan peningkatan penjualan dari pabrik ke dealer (wholesale) sebesar 67%.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengungkap, penjualan mobilnya secara keseluruhan mencapai 14.013 unit sepanjang bulan lalu.

“Peningkatan penjualan ini merupakan raihan positif bagi kami dalam mengakhiri triwulan pertama tahun 2014. Raihan ini tentunya akan semakin menambah motivasi kami untuk meningkatkan kinerja dan layanan Suzuki," ujar Marketing and DND Director PT SIS Davy J. Tuilan.

Adapun, perusahaan menguraikan sejumlah mobil yang memiliki kontribusi besar terhadap penjualan Suzuki, apa saja? Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, berikut daftarnya: 

1. Carry

 

Mobil ini bisa dibilang sebagai kendaraan niaga jagoan Suzuki. Terbukti, Carry berkontribusi cukup besar dalam penjualan Maret 2014. Mobil berhasil terjual secara wholesales sebanyak 4.609 unit.

Tak heran, Carry berkontribusi sebesar 33% terharap seluruh penjualan mobil Suzuki di Tanah Air. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, penjualan model Carry naik 105%.

Ertiga

2. Ertiga

Tak disanksikan lagi, mobil yang masuk segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) menjadi produk flagship Suzuki untuk jualan di dalam negeri. Meski tak sebesar kontribusi Carry, Ertiga berhasil menopang 25% dari total penjualan Suzuki bulan lalu.

Pabrikan otomotif asal Jepang itu membukukan 3.475 unit penjualan Ertiga sepanjang Maret 2014. Sebagai catatan, mobil tersebut telah terjual sebanyak 109.461 sejak diluncurkan ke pasar pada 22 April 2012.

APV

3. APV

Sebanyak 21% seluruh penjualan mobil Suzuki di Indonesia disokong dari performa model APV. Secara wholesale, APV menorehkan angka penjualan sebanyak 3.002 sepanjang bulan lalu. Dengan begitu, penjualan mobil ini mengalami peningkatan sebesar 82% jika dibandingkan dengan penjualan pada Maret 2013.

Secara keseluruhan, penjualan APV sepanjang Januari hingga Maret tahun ini tembus 9.043, naik 20% daripada periode yang sama tahun lalu.

Sammy Konser Bareng Kerispatih, Fans dari Malaysia Antusias

Posted: 14 Apr 2014 09:20 PM PDT

Kepastian konser reuni Sammy Simorangkir dan Kerispatih yang akan digelar pada 24 April mendatang membuat para penggemar kegirangan. Menurut pihak Colosseoum Club sebagai penyelenggara konser, tiket pertunjukkan laris manis. Bahkan, banyak penggemar dari negeri jiran, Malaysia yang memborong tiket.

Hal itu diungkapkan Chief Operational Officer (COO) Colosseoum Club, 1001 Hotel, Armand Darmadji, saat jumpa pers, Senin (14/4/2014). "Kami dapat telepon yang mengagetkan karena penonton tidak hanya dari Indonesia tapi dari Malaysia juga. Antusias penonton sangat tinggi," kata Armand.

Maklum, konser yang dinamai `Historical Moment Kerispatih with Sammy Simorangkir` itu merupakan pertemuan pertama antara Sammy dan Kerispatih di atas panggung sejak Sammy hengkang empat tahun lalu. Apalagi, banyak cerita di balik hengkangnya Sammy.

"Sampai saat ini tiket sudah terjual lebih dari 50 persen dari total kapasitas 2ribu penonton. Buat penonton yang ingin beli bisa lewat Rajakarcis atau datang langsung ke venue," imbuh Armand.

Historical Moment Kerispatih with Sammy Simorangkir merupakan bagian dari program live music rutin di klub malam itu yang bertajuk Stage Empire. Armad percaya diri konser ini akan istimewa karena memamerkan tata cahaya dan suara yang diklaim terbaik di Jakarta. 

Dua Kementerian Diminta Ikut Selesaikan Konflik Film Soekarno

Posted: 14 Apr 2014 09:10 PM PDT

Ketua Umum Persatuan Produser Film Indonesia (PPFI) Firman Bintang meminta agar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dua perwakilan pemerintah yang membidani soal masalah perfilman di Tanah Air 'turun tangan' menyelesaikan konflik panjang film Soekarno: Indonesia Merdeka.

"Sebab Kemenparekraf maupun Kemendikbud merupakan lembaga yang sama-sama membawahi perfilman Indonesia. Bisa menjadi salah satu inisiator untuk mendamaikan perseteruan antardua belah pihak," ucap Firman Bintang saat ditemui di Gedung Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail (PPHUI), Jakarta Selatan, Senin (14/4/2014) malam.

Kedua lembaga tersebut juga memiliki fungsi sebagai pembina perfilman Indonesia. Semestinya, dikatakan Firman, Kemenparekraf dan Kemendikbud ikut berperan serta dalam menengahi perselisihan yang berlarut-larut itu.

"Jika perselisihan antara dua kubu yang saling berhadapan itu tidak segera didamaikan, akan menjadi preseden buruk bagi para produser film Indonesia untuk kembali membuat film bermuatan sejarah," jelas Firman.

Firman melanjutkan, PPFI mendapat pengaduan dari Raam Punjabi, sebagai produser Multivision Plus yang juga anggota PPFI. Kepada Firman, bos rumah produksi film `Soekarno: Indonesia Merdeka` tersebut mengeluhkan konflik panjang antara pihak Multivision Plus dengan Rachmawati Soekarnoputri.

Hingga kini, masih ada proses hukum yang berlangsung di pengadilan terkait kisruh film yang dibintangi oleh Ario Bayu dan Lukman Sardi. Perkara tersebut tercatat dengan nomor : 95/Pdt/Sus Hak Cipta/2013/ PN.Niaga.JKT. PST antara HJ. Rachmawati Soekarnoputri melawan PT. Tripar Multivision Plus, sebagai Tergugat 1, kemudian Raam Jethmal Punjabi sebagai Tergugat 2 dan Hanung Bramantyo sebagai Tergugat 3.

"Sampai saat ini masalah itu masih terus bergulir di pengadilan. Diharapkan (dengan bantuan dua lembaga pemerintah) bisa diselesaikan sesegera mungkin dengan cara perdamaian," harap Firman. 

Harga Minyak Naik, Maskapai Asia Irit Penggunaan Bahan Bakar

Posted: 14 Apr 2014 09:06 PM PDT

Maskapai-maskapai unggulan Asia kini tengah berusaha menghemat porsi penggunaan bahan bakar pada seluruh armadanya mengingat potensi kenaikkan harga minyak yang semakin tinggi.

Survei yang digelar Reuters menunjukkan para pengusaha maskapai memprediksi adanya kenaikan harga bahan bakar dan menjadi tekanan berkelanjutan pada keuntungan perusahaan.

Seperti dikutip dari Reuters, Selasa (15/4/2014), bahan bakar pesawat tercatat naik sedikitnya 30% dari total biaya operasional sebagaian maskapai secara keseluruhan. Dengan begitu, strategi penghematan yang efektif sangat diperlukan mengingat persaingan maskapai semakin ketat.

Kondisi itu mengingat banyak maskapai yang kini bersaing dengan memangkas harga tiket dan beroperasi dengan selisih keuntungan yang tipis. Meskipun terdapat pasokan bahan bakar yang cukup di Asia untuk memenuhi permintaan penerbangan komersil, sejumlah maskapai masih sulit mendapatkan keuntungan dari harga bahan bakar yang lebih rendah.

Perubahan harga bahan bakar pesawat (avtur) sangat bergantung pada pergerakan pasar, berbeda dengan solar, minyak premiu, dan beberapa bahan bakar lain yang disubsidi beberapa negara seperti di China, India dan sebagian wilayah di Asia Tenggara. Harga avtur juga sangat berkaitan dengan nilai jual meinyak mentah.

Sementara itu, ketegangan geopolitik juga ikut menambah ketidakpastian kondisi penerbangan. International Air Transport Association (IATA) mengungkapkan, bulan lalu hampir seluruh maskapai di dunia diprediksi hanya memperoleh keuntungan yang berkisar kurang dari US$ 1 miliar. Krisis Ukraina mendorong harga minyak naik dan memangkas prediksi keuntungan maskapai.

Perusahaan riset S&P Capital IQ melaporkan, pendapatan sejumlah maskapai, khususnya bisnis penerbangan besar akan mengalami tekanan hebat dari sejumlah maskapai penerbangan murah. Tentu saja kenaikan harga minyak juga akan menjadi tekanan bagi sejumlah maskapai besar di Asia.

Juru bicara Japan Airlines (JAL) yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, maskapai terbesar kedua di Asia itu tengah menghemat 40% konsumsi bahan bakarnya tahun ini. Volume yang sama juga berhasil dihemat tahun lalu.

"Penghematan membantu kami mengurangi risiko bisnis dan kenaikan harga bahan bakar jangka panjang. Penghematan ini akan dilakukan setiap bulan," ungkap juru bicara perusahaan tersebt.

Sementara itu, ANA Holdings Inc mampu menghemat rasio penggunaan bahan bakar hingga 45%. Korean Air Lines mampu menampung 30% konsumsi minyak tahunannya. Tahun ini tak ada pengecualian untuk volume penghematan minyak tersebut.

Teknologi Nirkabel Picu Tumor Otak Ganas

Posted: 14 Apr 2014 09:04 PM PDT

Teknologi yang canggih bisa memudahkan pekerjaan seseorang. Tapi, di sisi lain ada dampak buruk yang bica ditimbulkan. Seperti risiko kesehatan dari teknologi nirkabel (wireless) dari telepon selular.

BioInitiative Working Group menunjukkan bukti kekhawatiran terjadinya tumor otak ganas dari penggunaan ponsel yang menggunakan teknologi nirkabel atau lebih dikenal dengan teknologi elektronika yang beroperasi tanpa kabel.

"Ada pola konsisten meningkatnya risiko glioma (tumor otak ganas) dan neuroma akustik dengan penggunaan ponsel dan cordless phones," kata Lennart Hardell, MD, PhD at Orebro University, Swedia.

Hasil penelitian ini dirilis pada 2012 dan 2013 seperti dilansir DailyStar, Selasa (15/4/2014).

Bukti epidemiologis menunjukkan bahwa frekuensi radio seharusnya diklasifikasikan sebagai karsinogen manusia. Batas keselamatan umum FCC/IEEE dan ICNIRP yang ada tidak cukup untuk melindungi kesehatan masyarakat.

Perangkat nirkabel mobile seperti ponsel dan tablet merupakan sumber dari stres biologis yang tak perlu untuk pikiran dan tubuh. Laporan memperingatkan adanya nirkabel di sekolah-sekolah. Sekolah seharusnya menyediakan akses internet tanpa Wi-Fi.

"Ini pada dasarnya sebuah eksperimen yang tak diatur pada kesehatan anak-anak. Microwave dengan teknologi nirkabel mengganggu pikiran.. Teknologi bisa digunakan lebih aman dengan perangkat kabel yang tak menghasilkan radiasi microwave yang mengganggu tingkat biologi," kata Co-Editor of the BioInitiative Report, Cindy Sage.

Laporan tersebut menyebutkan, sejumlah gangguan kesehatan yang bisa muncul dari teknologi nirkebl seperti hiperaktif, gangguan konsentrasi , gelisah , lekas marah , disorientasi , perilaku terganggu , gangguan tidur , dan sakit kepala.


Baca Juga:

Bocah 10 Tahun Meninggal Akibat Kanker Otak dari Wi-Fi

Sinyal Wifi Berpotensi Menyebabkan Kanker, Benarkah?

Kristen Stewart Sedih Tak Bertemu Robert Pattinson di Coachella

Posted: 14 Apr 2014 09:00 PM PDT

Keinginan Kristen Stewart untuk hadir di acara Festival Musik dan Seni Coachella rupanya tidak terwujud. Hal itu karena dirinya memprioritaskan pekerjaannya. Padahal ia sangat merindukan festival musik favoritnya itu.

Ada lagi yang membuat pemain Snow White and The Huntsman sedih dan terpukul, yaitu ia tak bisa merayakan ulang tahunnya bersama Robert Pattinson, sementara semua orang tersenyum melihat Rob --sapaan Robert Pattinson-- datang ke acara tersebut bersama Katy Perry.

"Kristen super kecewa karena ia merindukan Coachella. Dia berencana akan ke sana tetapi ia memutuskan untuk tinggal di New Orleans sejak syuting dimulai. Dia ingin segar dan istirahat," ungkap seorang teman Kristen kepada Hollywoodlife, Senin (14/4/2014).

Ya, Kristen mulai syuting film terbarunya bertajuk American Ultra pada Selasa (15/4/2014). Diakui seorang sumber bahwa Kristen memang merupakan selebriti pekerja keras.

Rob terlihat bergaul bebas dengan Katy selama festival. Apakah Kristen cemburu kepada mereka? "Kristen tidak peduli apakah Rob dan Katy menghabiskan waktu bersama-sama. Dia tahu mereka hanya berteman. Dia hanya berharap bisa berada di sana, tapi karya-karyanya lebih didahulukan," tambahnya.

Galaxy K Zoom Siap Meluncur Akhir Bulan Ini

Posted: 14 Apr 2014 09:00 PM PDT

Awal April 2014, banyak media online yang menginformasikan bahwa suksesor dari smartphone berkamera besar Galaxy S4 Zoom akan diberi nama Galaxy K Zoom. Dan sepertinya rumor itu bukanlah hisapan jempol belaka.

Mengutip laman Phone Arena, Selasa (15/4/2014), hal itu terbukti dari adanya selembaran undangan yang dikirim oleh Samsung kepada awak media baru-baru ini. Dalam undangan itu disebutkan bahwa Galaxy K Zoom akan diluncurkan pada 29 April 2014 di Red Dot Design Museum di Singapura.

"Samsung Media Day - Kapture The Moment," tulis Samsung dalam undangan berwarna silver-grey tersebut. Selain itu undangan ini juga memuat huruf `K` besar yang sangat tegas dan yang seharusnya bertuliskan Capture diganti Kapture pada tulisan `Kapture The Moment`.

Dari informasi yang beredar, konon perangkat ini akan hadir dengan kamera utama beresolusi 20.2 megapiksel (MP) dan kamera depan 2.1 MP. Kamera utamanya didukung fitur OIS (Optical Image Stabilisation), Xenon Flash, dan 10x optical zoom.

Untuk melihat hasil foto dan video, terdapat layar Super AMOLED 4,8 inci 1280 x 720 piksel serta ditopang prosesor 6-core Samsung Exynos 5 Hexa (5260) berteknologi big.LITTLE HMP yang terdiri dari dua core 1.7 GHz Cortex-A15 dan quad-core 1.3GHz Cortex-A7.

Di sektor grafis, camera phone yang akan menjalankan Android 4.4.2 KitKat ini mengandalkan GPU quad-core ARM Mali-T624, dipadu RAM 2GB dan slot kartu microSD.

Untuk konektivitas, Galaxy K Zoom menawarkan WiFi 802.11ac, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot, IR blaster, NFC, Bluetooth 4.0 LE/ ANT+ dan port MicroUSB 2.0.

[VIDEO] Kemenangan Juve atas Udinese

Posted: 14 Apr 2014 08:56 PM PDT

Juventus memperbesar peluang mempertahankan Scudetto musim ini setelah di pekan 33 menang dua gol tanpa balas saat dijamu Udinese di Stadion Friuli, Selasa (15/4/2014) dinihari WIB.

Kemenangan ini membuat Juve kokoh di puncak klasemen Serie A dengan tetap unggul delapan poin dari peringkat dua AS Roma. Adapun Udinese tertahan di posisi 14 karena baru mendapat 38 poin.

Pada laga ini, pelatih Juve Antonio Conte merotasi timnya karena padatnya jadwal I Bianconeri di akhir musim. Arturo Vidal, Leonardo Bonucci dan Carlos Tevez disimpan di bangku cadangan.

Meski tanpa tiga pemain kuncinya, Juve mampu unggul cepat pada saat laga berjalan 16 menit melalui Sebastian Giovinco. Eks pemain Empoli itu melakukan solo-run sebelum melepaskan tendangan melengkung kaki kiri.

Selang 10 menit kemudian, Juve menggandakan skor. Umpan penjuru Andrea Pirlo yang menimbulkan kemelut di kotak penalti Udinese langsung disambar striker jangkung Fernando Llorente.

Juve seharusnya bisa meraih kemenangan dengan skor lebih besar bila peluang Giovinco di babak kedua tidak membentur tiang gawang.

Surat Suara Tertukar, Bawaslu: Tanggung Jawab di KPU

Posted: 14 Apr 2014 08:54 PM PDT

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tetap menganggap masalah surat suara tertukar menjadi tanggung jawab Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu.

Anggota Bawaslu, Nasrullah, menyatakan para petugas di lapangan bekerja berdasarkan panduan dan petunjuk teknis yang diberikan KPU. Sehingga, saat terjadi kekeliruan, KPU tak sepantasnya menyalahkan mereka.

"Domain dan tanggung jawab ada pada KPU. Namanya petugas sortir, dia tidak membayangkan perubahan dapil. Mereka cuma sortir, lipat, mengepak," kata Nasrullah di Kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (15/2014/2014).

Ia mengatakan, meski para petugas yang melakukan sortir dan pengepakan surat suara bukan semuanya mendapatkan bimbingan teknis secara langsung dari KPU Pusat, Peraturan KPU Nomor 15 tahun 2012 memberikan kewenangan kepada KPU untuk melakukan rekrutmen petugas lapangan.

Nasrullah menambahkan, secara teknis, bimbingan tersebut dilakukan oleh KPU tingkat kabupaten/kota kepada petugas PPK, dari PPK (Kecamatan) kepada PPS (Kelurahan) dan diteruskan kepada KPPS yang bertugas di TPS.

"Mereka (penyelenggara lapangan) juga (bekerja) diburu cepat-cepat harus selesai. Pengawas tidak bisa pastikan dalam setiap kotak posisi sudah rapi apa tidak," ujarnya. (Yus Ariyanto)

Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas RI Bebas Visa ke Meksiko

Posted: 14 Apr 2014 08:53 PM PDT

Pertemuan Menlu RI Marty Natalegawa dengan mitranya, Menlu Meksiko Jose Antonio Meade Kuribrena di sela-sela pertemuan retreat tingkat Menteri Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia di  Mexico City pada  14 April 2014 menghasilkan hal penting.

Dalam pertemuan tersebut ditandatangani persetujuan pembebasan visa bilateral RI-Meksiko yang isinya antara lain memungkinkan pemegang paspor diplomatik dan dinas kedua negara untuk saling berkunjung selama 30 hari tanpa mengajukan visa terlebih dulu.

"Penandatanganan persetujuan tersebut diharapkan dapat mempermudah akses saling kunjung pejabat pemerintah kedua negara khususnya dikaitkan dengan keinginan kedua belah pihak untuk meningkatkan volume perdagangan dan investasi, kerjasama teknis, maupun mendorong kerjasama pertukaran sosial budaya oleh kedua belah pihak," demikian keterangan pers Kementerian Luar Negeri yang diterima Liputan6.com, Selasa (15/4/2014).

Hal tersebut sejalan dengan komitmen kedua kepala negara yang dicetuskan dalam pertemuan bilateral Presiden RI dan Meksiko di Bali pada 6 Oktober 2013, yang menginginkan dicapainya kerjasama konkret dan saling menguntungkan secara terukur, berorientasi pada target, dan mencakup bidang-bidang kerjasama potensial secara lebih luas lagi.

Dalam pertemuan dua Menlu juga dibicarakan berbagai upaya kerjasama konkret kedua negara di berbagai bidang teknis antara lain mengenai peningkatan kerja sama ekonomi dan perdagangan, investasi, dan peningkatan kerja sama di bidang pertanian.

Meksiko merupakan negara di Amerika Tengah kedua, setelah Nikaragua, yang menandatangani Persetujuan Bebas Visa dengan Indonesia. Terdapat peningkatan yang menarik dalam volume perdagangan Indonesia-Meksiko yang tercatat terus menunjukkan trend menggembirakan sejak tahun 2010 hingga 2013, dalam kisaran 1,20 milyar US dollar pada 2013. (Yus Ariyanto)

Harga Pertamax Cs Turun Rp 100 per Liter

Posted: 14 Apr 2014 08:52 PM PDT

PT Pertamina (Persero) menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi jenis Pertamax 92 dan Pertamax 95 Rp 100 per liter pada pertengahan April ini.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (15/4/2014) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak (SPBU) 34-12510, Jalan TB Simatupang, Jakart, harga Pertamax 92 turun dari Rp 10.850 menjadi Rp 10.750 per liter dan Pertamax 95 turun dari Rp 12.350 menjadi Rp 12.250 per liter. Perubahan harga tersebut terjadi semalam saat pergantian hari.

"Pertamax 95 Rp 12.250 per liter, Pertamax 92 Rp 10.750 perliter. Turun Rp 100," kata Seorang petugas SPBU 34-12510  Firmansyah, saat berbincang dengan Liputan6.com, di SPBU 34-12510, Jalan TB Simatupang Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Sementara di SPBU milik Total, tidak melakukan perubahan harga BBM non subsidinya. Perusahaan asal Prancis tersebut masih membanderol harga BBM jenis Performace 92 yang setara dengan Pertamax 92 Rp 11.525 per liter dan Performance 95 yang setara denga Pertamax 95 Rp 12.400 per liter.

"Untuk hari ini belum ada perubahan, masih stabil Performace 92 sebesar Rp 11.525 Performance 95 Rp 12.400," petugas SPBU Total, Kaherudin di SPBU Total Jalan Hankam Bambau Apus Cipayung Jakarta.

Hal yang sama dilakukan Shell, perusahaan asal Belanda tersebut masih membandrol harga BBM jenis V Power yang setara dengan Pertamax 95 Rp 12.400 per liter dan Super yang setara dengan Pertamax 92 Rp 10.850 per liter.

"Harga belum ada perubahan masih seperti kemarin V- Power Rp 12.400 per liter dan Super masih Rp 10.850 per liter," pungkas seorang petugas SPBU Shell Rizal, di SPBU Shell Kawasan Pejaten, Jakarta.

Ada Jokowi di Soal UN, Komisi X: Kontrol Pemerintah Lemah

Posted: 14 Apr 2014 08:49 PM PDT

Dalam salah satu soal Ujian Nasional (UN) mata pelajaran Bahasa Indonesia di Jawa Tengah, ditemukan pertanyaaan terkait sosok capres dari PDIP Joko Widodo. Dalam soal tersebut, pria yang akrab disapa Jokowi itu dituliskan sebagai sosok yang bersih dan antikorupsi.

Anggota Komisi X DPR RI Jefirstson R Riwu Kore meminta isu politik tak masuk dalam UN. Sebab hal itu dapat mempengaruhi siswa SMA tingkat akhir yang juga termasuk pemilih muda.

"Itu saya pikir secara etika kita tidak bisa kita buat seperti itu, kita mengharapkan UN benar-benar meningkatkan, mengatur pendidikan anak kita, jangan dimasuki isu politik," ujar Jefirstson di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Anggota Fraksi Partai Demokrat itu meminta agar Kemendikbud mencari pembuat soal tersebut dan memberikan sanksi yang membuat jera. "Kita mengharapkan ada sanksi Kemendikbud untuk pembuat, apa latar belakangnya, ke depan pemerintah harus kontrol UN. Ini satu kelemahan pemerintah dalam kontrol, soal ujian, sampai lolos berarti pemerintah tidak kontrol," tuturnya.

Menurutnya, jangan ada niat orang tertentu untuk mempolitisir para siswa. Apalagi sampai menggunakan UN untuk mendukung pihak tertentu. Sebelum pemberian sanksi, ia mendesak agar hal ini diselidiki secara pasti dulu.

"Saya tahu itu masalah teknis, kan harus ada investigasi dahulu. Apa ini pendukung Pak Jokowi, atau memang mereka punya niat lain," pungkas Jefirstson.

Soal tentang Jokowi itu dikabarkan muncul di SMA Muhammadiyah I Sukoharjo untuk siswa jurusan IPS. Berikut kutipan asli yang ada dalam salah satu soal UN yang dimaksud:

"Ir. H. Joko Widodo lahir di Surakarta, 21 Juni 1961, merupakan alumnus UGM. Sejak 15 Oktober, Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI. Tokoh yang jujur dan selalu bekerja keras ini dikenal dengan gaya blusukannya ke pelosok ibu kota. Berbagai penghargaan telah beliau raih, antara lain ia termasuk salah satu tokoh terbaik dalam pengabdiannya kepada rakyat. Sebagai tokoh seni dan budaya, beliau dinilai paling bersih dari korupsi. Namun demikian, usahanya di bidang Upah Minimun Provinsi (UMP) mengalami kendala oleh tindakan buruh yang memanggil kembali perwakilannya saat sidang berlangsung. Buah dari pertemuan tersebut dewan pengupahan menetapkan UMP sebesar Rp 2,2 juta".

Dua pertanyaan yang harus dijawab peserta UN, adalah, pada nomor 15, tertulis, "Keteladanan Jokowi pada kutipan wacana tersebut adalah?" dan "Masalah yang dihadapi tokoh Joko Widodo berdasarkan paragraph tersebut adalah?"

Jokowi Menjawab

Terkait soal itu, Jokowi mengaku belum tahu. Ia justru bertanya balik di mana soal tersebut ditemukan. Ia pun mengaku heran mengapa kiprahnya sebagai gubernur di jadikan sebagai salah satu bahan soal dalam ujian nasional.

"Nggak tahu saya. Nggak tahu, tanya yang buat. Siapa yang buat soal itu? Ya kamu tanya yang buat lah," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Senin 14 April.

Jokowi menyayangkan namanya dijadikan salah satu bahan soal UN. Terlebih soal tersebut muncul saat dirinya tengah menjadi sorotan media sebagai calon presiden yang diusung PDIP. Semestinya, kata Jokowi, nama-nama yang muncul dalam soal UN bukanlah nama tokoh atau politisi yang sampai saat ini masih berkarir, namun alangkah baiknya nama dalam soal tersebut adalah figur atau tokoh pahlawan.

"Tapi mestinya pertanyaan itu kalau masalah tokoh. Sebenarnya lebih bagus yang berkaitan dengan pahlawan nasional. Ya kan, apa dari Aceh, Maluku, dari daerah yang lain. Saya kira lebih relevan. Sehingga jejak sejarah lebih tertangkap oleh anak-anak kita," tukas Jokowi. (Yus Ariyanto)

Gerhana Bulan Merah Darah Bisa Dilihat di Wilayah Timur Indonesia

Posted: 14 Apr 2014 08:47 PM PDT

Gerhana bulan langka akan terjadi dari siang hingga sore nanti, 15 April 2014: "blood moon". Gerhana bulan ini berwarna merah darah lantaran planet Mars saat ini berada dalam titik terdekat dengan bumi.

Sayangnya, blood moon tidak akan terlihat di sebagian besar wilayah Indonesia. Sebab, gerhana langka yang akan terjadi hari ini terjadi pada siang hari WIB.

"Gerhana bulan total itu proses terjadinya mulai pukul 12.58 WIB sampai 16.33 WIB. Jadi di Indonesia umumnya masih siang. Jadi bulan purnama yang mengalami gerhana belum terlihat, sehingga belum bisa teramati," ujar Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)  Thomas Djamaluddin saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (15/4/2014).

"Gerhana totalnya blood moon atau gerhana bulan merah darah di Indonesia tidak terlihat. Kenapa? karena terjadi di siang hari," tandas Thomas.

Namun jangan khawatir, bagia Anda yang berada di wilayah Indonesia bagian timur, bulan merah darah ini dapat terlihat. Namun pengamatan itu hanya berlangsung singkat. "Kecuali di Papua atau wilayah timur, itu bisa mengamati sesudah magrib sampai pukul 18.33 WIT."

"Itu pun wilayah bagian timur seperti Jayapura dan Merauke, akan lebih panjang karena waktu magribnya lebih awal. Tapi hanya di akhirnya saja. Seperti di Sorong itu akan lebih pendek lagi kelihatanya," sambung pria yang baru menjabat ketua LAPAN sejak 7 Februari 2014 lalu itu.

Debu Letusan Gunung

Pria kelahiran Purwokerto, 23 Januari 1962 ini menjelaskan, peristiwa langka ini sebenarnya fenomena biasa. Gerhana merah darah ini terjadi akibat pantulan atmosfer bumi yang umumnya disebabkan dari kumpulan debu letusan gunung berapi.

"Itu karena efek semburan atmosfer bumi yang terpampang di permukaan bulan. Itu kemudian menyebabkan bulan yang semula berwarna putih agak kekuningan menjadi merah darah. Itu biasanya akibat debu letusan gunung," ujar pria yang sudah puluhan tahun sebagai peneliti astronomi ini.

Semakin tebal kumpulan debu di atmosfer, lanjut Thomas, akan semakin merah pula warna bulan. "Tapi sekarang ini kan nggak ada letusan gunung yang signifikan, sehingga ketebalan debu di atmosfir tidak terlalu. Karena semakin tebal debu di atmosfir, maka akan semakin merah dan gelap bulan itu," pungkas bapak 3 anak ini.

7 Fase

Sementara Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam keterangan tertulisnya menyatakan, gerhana bulan merah darah ini memiliki 7 fase. Fase tersebut adalah gerhana mulai (P1), gerhana sebagian mulai (U1), gerhana total mulai (U2), puncak gerhana, gerhana total berakhir (U3), gerhana sebagian berakhir (U4), gerhana berakhir (P4).

Gerhana mulai (P1) terjadi pukul 11.52 WIB, gerhana sebagian mulai (U1) pukul 12.58 WIB, gerhana total mulai (U2) pukul 14.06 WIB, puncak gerhana pukul 14.45 WIB, gerhana total berakhir (U3) pukul 15.24 WIB, gerhana sebagian berakhir (U4) pukul 16.33 WIB, dan gerhana berakhir (P4) pukul 17.39 WIB.

Total waktu gerhana ini akan memakan waktu 5 jam 47,2 menit. Sementara gerhana bulan total yang terjadi dari fase U2 hingga U3 akan memakan waktu 1 jam 18,6 menit.

Terkait wilayah Indonesia yang dapat mengamati gerhana ini, BMKG juga menyatakan warga di Papua dan sebagian besar Maluku bagian timur akan dapat melihat fase gerhana bulan sebagian kecil. Saat itu langit di kawasan tersebut sudah mulai gelap sehingga bulan bisa terlihat.

Masyarakat di Maluku bagian Barat, Sulawesi, Nusa Tenggara, sebagian besar Kalimantan bagian Timur dan Jawa bagian timur akan mendapati bulan berada dalam fase gerhana bulan penumbra, hingga berakhirnya gerhana tersebut. Sama seperti di bagian timur Indonesia, langit di kawasan ini juga mulai gelap sehingga gerhana bulan masih bisa terlihat.

Sedangkan warga di Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat dan Sumatera tidak dapat mengamati gerhana bulan total 15 April 2014. Sebab, proses gerhana merah darah ini sudah berakhir pada saat bulan terbit di wilayah tersebut. (Elin Yunita Kristanti)

Baca juga:

15 April 2014 Bulan Berwarna `Merah Darah`, Pertanda Kiamat?

Jangan Lewatkan Gerhana Bulan `Darah` 15 April 2014

15 April 2014 Bulan Berwarna `Merah Darah`, Pertanda Kiamat? - See more at: http://www.liputan6.com/search?q=gerhana+bulan#sthash.SthBuJyF.dpuf

Youth Talk: Yuk Jadi Perempuan Aktif dan Inspiratif

Posted: 14 Apr 2014 08:45 PM PDT

Bertempat di Joss Steak BQ Square Tembalang, Departemen Komunikasi, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) AIESEC Local Committee Universitas Diponegoro (Undip) kembali menyelenggaraan Youth Talk ke-20. Youth Talk kali ini juga diadakan untuk memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April. Bertajuk Women in Bright: Its Time To Shine, Youth Talk kali ini menghadirkan dua pembicara perempuan muda, aktif, berbakat, dan inspiratif.

Mereka adalah Rakhmi Wijiharti Top 5 Finalis Putri Indonesia 2014 yang juga merupakan Miss Earth Indonesia Fire 2014 dan Hestiana Larasati salah seorang Delegates of Harvard Model United Nation (HNMUN) 2014, serta President of EDSA Undip periode 2013/2014.

Youth Talk  yang diadakan pada Jumat, 11 April 2014 merupakan salah satu program rutin AIESEC LC Undip berupa sharing ringan yang difokuskan untuk anak muda dengan tujuan memberikan pengetahuan baru dan memberikan kesempatan untuk bertukar pikiran dan berbagi ide.

Youth Talk yang mengangkat tema Women in Bright memiliki tujuan menginspirasi perempuan-perempuan muda. Youth Talk hadir pula sebagai pengingat bagi para perempuan bahwa sekarang tak ada batasan gender dalam meraih kesuksesan, kini saatnya perempuan untuk aktif dan berkarya dalam berbagai bidang.

Menariknya, meskipun tema besar acara ini menyangkut perempuan, namun terdapat peserta laki-laki yang turut hadir. “Persentasenya 55% perempuan sisanya laki-laki, lumayan antusias” Ujar Faisal, Ketua Acara Youth Talk Women In Bright.

Open RegIstration dimulai pukul 18.00 WIB dengan memberikan apresiasi kepada peserta berupa setangkai mawar sebagai perlambangan semangat feminis. Selain itu peserta diperbolehkan menulis 3 kata untuk wanita pada sebuah time table yang telah disedikan. Acara sharing yang tidak dipungut biaya ini sukses menyedot massa sebanyak 70 orang. Acara Youth Talk dibuka dengan menampilkan video singkat yang menjelaskan arti dan peran penting seorang perempuan dalam kehidupan.

Dipandu dengan host Dillo Putra, acara pertama adalah perkenalan kedua pembicara yaitu Hesti dan Rakhmi. Dengan mengenakan pakaian berwarna merah anggun yang menjadi simbol keberanian, keduanya berbagi cerita dan pengalaman.

Hesti berbagi pengalaman Leadership dan International Experince-nya dan Rakhmi berbagi pengalaman Top 5 Putri Indonesia dan International experience, keduanya menyampaikan materi dengan penuh semangat dan antusias.

Inti dari sharing yang mereka sampaikan adalah, memberi semangat kepada para perempuan untuk selalu berkontribusi dan melihat peluang yang ada. Setelah berbagi cerita dan pengalaman beberapa peserta melontarkan pertanyaan kepada pembicara.

Kejutan yang dihadirkan dalam Youth Talk tidak hanya sampai disitu, Tepat pukul 21.00 WIB di akhir perbincangan, Rakhmi salah seorang speaker ditantang oleh host untuk bernyanyi bersama Band Pengiring, Unfold. Tidak disangka, dara manis yang kerap disapa Amy ini memiliki suara yang sangat merdu, spontan peserta dibuat tercengang olehnya. Amy menyanyikan sebuah lagu dari grup band Ten2Five berjudul I will fly. Di akhir acara kedua pembicara memberikan kalimat singkat yang bisa membuat perempuan-perempuan  semakin terinspirasi. “Jadilah perempuan yang Adaptif, Kontributif, dan Produktif.”

Penulis:

Yuliana Harianja

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com 

Acara Baby Shower Drew Barrymore Dihadiri Bintang Hollywood

Posted: 14 Apr 2014 08:45 PM PDT

Artis Drew Barrymore merayakan Baby Shower anak keduanya dengan mengundang beberapa teman artisnya. Sekitar 50-an kerabatnya juga mendatangi kediamana Drew di kawasan Holywood Hills, Los Angeles, Sabtu (12/4/2014).

Beberapa di antara teman-teman artisnya yang bermain di film Charlies Angle, seperti Cameron Diaz dan artis Gwyneth Paltrow, Reese Witherspoon juga terlihat hadir.

"Itu merupakan pesta halaman belakang yang besar dengan sekitar 50 tamu. Reese Witherspoon dan Gwyneth Paltrow hadir bersama dengan banyak teman-teman dekat Drew dan beberapa keluarga suaminya, Will," ujar sebuah sumber kepada E!online.

Drew sendiri diprediksi akan melahirkan dua Minggu ke depan, atau akhir bulan April ini. Dirinya, seperti diceritakan sumber tersebut sangat menantikan masa-masa dimana akan segera melahirkan.

"Drew sangat senang melihat teman-temannya dan memiliki kesenangan dimana dia akan segera melahirkan dan sebelum bayinya lahir akhir bulan ini. Itu adalah suasana yang benar-benar santai dan semua tentang mendapatkan bersama-sama dengan orang-orang yang dicintainya," katanya.

Seperti dikutip E!online juga, artis 38 tahun ini mengharapkan bisa mendapatkan bayi perempuan.

[OTO-News] Ferrari Memberi Garansi Sampai 12 Tahun

Posted: 14 Apr 2014 08:36 PM PDT

Produsen berlogo kuda jingkrak asal italia, Ferrari, semakin memanjakan para penggemarnya di seluruh dunia dengan pelayanan purna jual menggiurkan dengan memberikan garansi hingga 12 tahun.

Standar garansi empat tahun Ferrari pada mobil baru sekarang dapat bertambah sampai lima tahun sehingga menenangkan bagi konsumen. Garansi tersebut tidak membatasi pada jarak tempuh.

Melansir laman Carscoops, Selasa (15/4/2014), Kali ini, Ferrari memperkenalkan program garansi terbarunya yang mencakup dua program.

Program pertama yaitu " Power Warranty" yaitu perpanjangan garansi dari seluruh produk hingga 12 tahun sejak pertama dibeli. Pengguna hanya diminta meregistrasi kendaraaannya pada saat pembelian.

Program kedua yaitu perpanjangan garansi bagi pemilik Ferarri hingga lima tahun perlindungan. Untuk program kedua ini ditujukan pada mobil yang telah berada di tangan konsumen selama beberapa tahun namun melalui pemeriksaan teknis oleh pihak Ferrari terlebih dahulu.

Pihak Ferrari mengatakan bila garansi dapat diperpanjang setiap tahunnya ketika menggunakan "Power "Warranty". Pemilik hanya perlu melakukan verifikasi teknis pada mobil yang belum tercakup garansi ekstensi sebelumnya yang disediakan oleh Ferrari.

Ferrari juga memperkenalkan dua penawaran khusus  termasuk insentif 15 % tiap tahun dan tambahan 15 % insentif bila tidak ada garansi pada tahun sebelumnya. Sayangnya pihak Ferrari tidak menyebutkan harga kendaraan yang masuk dalam rincian garansi tersebut.

Barcelona Juara Liga Champions Junior

Posted: 14 Apr 2014 08:34 PM PDT

Di tengah terpuruknya tim senior Barcelona pada musim ini, tim junior Blaugrana mampu memberikan prestasi cemerlang. Tim asuhan Jordi Vinyals menjuarai UEFA Youth League yang merupakan Liga Champions junior setelah mencukur Benfica tiga gol tanpa balas, Senin (14/4/2014).

Rodrigo Tarin membawa Barca unggul cepat pada menit kesembilan memanfaatkan bola muntah tembakan Munir  El Haddadi. Benfica yang di semifinal menyingkirkan Real Madrid hampir menyamakan skor di menit 14. Namun penalti Romario Balde membentur tiang gawang.

El Haddadi menggandakan keunggulan Barca pada menit 33 setelah memanfaatkan aksi menawan Adama Traore. El Haddadi memastikan kemenangan barca dengan gol keduanya di menit 88. El Haddadi melepaskan tembakan dari tengah lapangan yang gagal dijangkau kiper Benfica.

El Haddadi menadi bintang Barcelona di UEFA Youth League. Dia menjadi pemain tersubur dengan mencetak 11 gol dan memimpin daftar pemberi umpan terbanyak terbanyak dengan lima assists.

Kesuksesan ini membuat Barca menjadi tim pertama yang meraih trofi Lennart Johansson. UEFA memang baru pertama kali menggelar kompetisi ini. Format yang dipakai UEFA Youth League sama seperti Liga Champions. Peserta kompetisi ini merupakan tim U-18 klub-klub yang lolos ke Liga Champions. Pembagian fase grupnya pun mengikuti kompetisi di level senior.

Kesuksesan ini membawa angin segar bagi Barca karena mereka baru saja dihukum FIFA larangan terlibat pada dua bursa transfer mendatang. Barca pun bisa mengandalkan pemain-pemain mudanya seandainya banding yang mereka ajukkan ditolak.

Sidang Cerai Pertemukan Bopak dan Istri

Posted: 14 Apr 2014 08:30 PM PDT

Istri Bopak Castello, Putri Mayang Sari, mengaku kalau ia dicampakkan Bopak selama menjalani pernikahan. Alih-alih diberi nafkah lahir batin, Bopak bahkan tak pernah menemui Putri sejak beberapa tahun lalu.

Kini, keduanya kembali bertemu. Bukan dalam bingkai suami istri yang bahagia, melainkan dalam sidang cerai perdana yang bakal digelar di Pengadilan Agama (PA) Jakarta Timur, Selasa (15/4/2014). Bopak datang lebih dahulu ditemani kuasa hukumnya sekitar pukul 09.30 WIB. Lantas, 15 menit kemudian muncullah Putri yang ditemani ibunda serta tim pengacara.

Lama tak bertemu, Putri cuek melihat sosok Bopak. "Aku saja baru tahu dia datang. Ya biasa saja, nggak gimana-gimana. Diam-diam saja tuh dia nya," kata Putri.

Datangnya Putri juga tak membuat Bopak bereaksi apa-apa. Pelawak yang mulai ngetop sejak setahun terakhir ini duduk manis menanti sidang. Menurut jadwal, Bopak dan Putri akan menjalani sidang perdana dengan agenda mediasi. Sidang nomor urut 15 ini akan diselenggarakan di ruang sidang 5.

Diberitakan sebelumnya, Bopak melayangkan gugatan cerai kepada Putri pada 11 Maret 2014 di PA Jakarta Timur. Dalam gugatannya, Bopak juga meminta hak asuh atas anak semata wayangnya.

Terkuak, Ponsel Kopilot MH370 Menyala saat Pesawat Menghilang

Posted: 14 Apr 2014 08:28 PM PDT

Misteri di mana dan mengapa pesawat Malaysia Airlines MH370 lenyap belum juga terjawab. Serpihan informasi yang terkuak satu demi satu tak kunjung memberi petunjuk sahih. Setidaknya hingga hari ini, Selasa (15/4/2014).

Informasi terakhir menyebut, ponsel milik kopilot MH3470, Fariq Abdul Hamid dalam kondisi menyala dan melakukan kontak dengan menara seluler di Malaysia, di sekitar waktu kapal terbang itu menghilang dari radar. Demikian diungkapkan seorang pejabat AS -- yang mengutip informasi yang dibagi dari para penyelidik Malaysia -- kepada CNN.

Namun, tak ada bukti apakah Fariq Abdul Hamid mencoba melakukan kontak telepon.

Menara BTS (Base Transceiver Station) di Penang -- sekitar 250 mil dari tempat transponder MH370 kali terakhir mengirim sinyal -- terdeteksi bahwa ponsel milik kopilot mencari sinyal, sekitar 30 menit setelah aparat meyakini pesawat  berbelok tajam ke barat. Melenceng jauh dari rute awalnya yakni Kuala Lumpur menuju Beijing.

Rincian informasi tersebut memperkuat dugaan sebelumnya, yang berdasarkan data satelit dan radar, bahwa pesawat dialihkan dan kemungkinan diterbangkan serendah mungkin untuk mendapat sinyal dari menara BTS.

Terkuaknya informasi tersebut dari pejabat AS menyusul laporan sejumlah media Malaysia yang mengabarkan bahwa kopilot berusaha menelepon saat pesawat mengudara.

Saat dikonfirmasi soal laporan sejumlah media, Pelaksana Tugas Menteri Transportasi Malaysia, Hishammuddin Hussein mengatakan, "Sejauh yang saya ketahui, tidak ada. Namun, jika memang menjadi ranah kepolisian dan otoritas lainnya, pada waktunya nanti akan terungkap. Tapi aku tidak ingin berspekulasi mengenai hal itu saat ini," kata dia.

Sementara, seorang pejabat AS lain yang familiar dengan penyelidikan MH370 mengatakan, tak ada ponsel lain yang tertangkap menara BTS di Penang.

Aturan menyebut, pilot dan kopilot harus mematikan ponsel sebelum masuk ke pesawat.

"Sepengetahuanku, amat jarang seseorang di kokpit membiarkan ponselnya menyala," kata analis keselamatan penerbangan, David Soucie. "Tak seharusnya menyala."

Ketika pesawat dinyatakan hilang pada 8 Maret 2014, aparat keamanan memeriksa jutaan rekaman ponsel, mencari bukti ada panggilan yang dibuat dari MH370 setelah lepas landas. Tapi, tak ada apa pun yang ditemukan.

Pencarian Diteruskan

Sementara itu, upaya untuk menemukan pesawat yang hilang, beserta 239 orang di dalamnya difokuskan di bawah permukaan berombak Samudera Hindia bagian selatan.

Pusat koordinasi pencarian atau Joint Agency Coordination Centre di Perth, Australia Senin kemarin mengirim kendaraan bawah air drone Bluefin - 21 untuk mencari keberadaan puing di bawah laut. Namun, setelah 6 jam beroperasi, ia kembali ke permukaan tanpa hasil.

Bluefin 21 diterjunkan setelah tim pencari tidak lagi dapat menangkap sinyal yang diyakini berasal dari kotak hitam MH370. Sinyal terakhir ditangkap lebih dari enam hari lalu.

"Ocean Shield yang membawa alat pencari sinyal akan berhenti mencari hari ini. Kapal itu akan menerjunkan wahana nirawak di bawah laut sesegera mungkin. Kami belum mendeteksi satu sinyal pun dalam enam hari terakhir. Jadi saya pikir ini saatnya ke bawah laut,” ujar Angus Houston, koordinator pencarian pesawat MH370 dalam konferensi pers di Perth, Australia, Senin kemarin.

Masa hidup normal baterai kotak hitam pesawat umumnya mencapai 30 hari. (Yus Ariyanto)

Cara Sukses Berbisnis Fashion dari Desainer Artis Hollywood

Posted: 14 Apr 2014 08:25 PM PDT

Jika Anda menyukai fashion dan berencana untuk berbisnis di bidang tersebut, berikut ini adalah tips dari Farley Chatto sebagaimana dikutip dari pemberitaan Edmonton Journal Selasa (15/4/2014). Farley Chatto merupakan desainer yang sudah bergerak di bisnis fashion selama 26 tahun. Ia mulai menjahit sejak umur 10 tahun.

 

Berdasarkan pengalamannya, Chatto yang pada bulan Maret 2014 mengikuti Toronto World MasterCard Fashion week, mengatakan bahwa industri fashion adalah industri yang sangat kompetitif.

 

“Banyak orang berusaha masuk ke dunia bisnis fashion karena berpikir bahwa hal tersebut adalah cara yang cepat untuk mendapat banyak uang dan ketenaran. Menurut saya pada akhirnya ketenaran memang akan datang di belakang. Namun jika Anda tidak bekerja keras, Anda akan terdepak dari industri ini,” ucap Chatto.

 

Berikut ini adalah 5 tips sukses dari desainer yang sudah merancang busana untuk para artis Hollywood seperti aktris Sarah Jessica Parker, penyanyi Elton John, rapper Drake dan lain sebagainya. Kini ia juga menjadi salah satu pengajar di Academy of Design Toronto

 

Perkuat Jaringan

 

Pada diskusi The Business of Fashion yang berlangsung di acara Toronto Fashion Week ditekankan bahwa para desainer muda harus berusaha membuat jaringan dengan para pemain yang sudah mapan di industri fashion.

 

Jika ingin membuat penjualan meningkat, Anda harus menjalin relasi dengan buyers. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencapai hal ini adalah dengan berpartisipasi dalam pameran perdagangan atau fashion week.

 

Berikan juga kartu nama Anda pada butik-butik yang mungkin bisa menampung desain Anda. Semua orang yang mengikuti pameran perdagangan memiliki tujuan yang sama jadi jangan takut hanya karena Anda desainer baru.

 

Jadilah label itu sendiri

 

Saat mengunjungi acara-acara fashion atau pameran perdagangan gunakan rancangan-rancangan Anda sendiri. Hal ini sangat penting dalam berbisnis fashion. Secara bisnis, orang akan menilai karya-karya Anda dari kepercayaan diri Anda terhadap karya-karya itu.

 

 Berkompromi dalam Mendesain

 

Untuk mengetahui di mana Anda benar-benar bagus di mata pasar, Anda harus mencari tahunya dengan cara mencoba membuat berbagai desain.

 

Membuat desain baju untuk pertunjukan teater mungkin tidak menghasilkan banyak uang. Namun hal itu memberi kredit pada nama Anda. Hal ini akan mempermudah Anda saat berbisnis karena orang akan melihat pengalaman Anda dalam mendesain.

 

Lindungi label Anda.

 

Salah satu kesalahan yang dibuat oleh desainer baru adalah mereka tak menganggap apa yang mereka kerjakan sebagai kesuksesan yang sedang dibuat. Karenanya urusan legal dari label tersebut kurang diperhatikan.

 

Berkonsultasi dengan pengacara tentang hukum merek dagang, paten desain, dan lain sebagainya adalah hal yang penting. Lakukan hal ini sebelum merek Anda menjadi sangat besar dan terlalu terlambat untuk membuat urusan menjadi lebih simple.

  

Terlibat dalam tiap aspek bisnis

 

Bisnis fashion tak hanya tentang desain yang indah. Jika Anda kurang mahir dalam berbisnis, maka carilah partner bisnis yang memiliki kompetensi handal dan dapat dipercaya .

 

Selain itu, Anda juga harus terlibat dalam proses pembuatan, pengiriman, pemasaran, ritel dan lain sebagainya. Yang tak boleh dilupakan adalah bahwa meski nantinya permintaan terhadap produk Anda meningkat, passion di dunia fashion tetap dibutuhkan.

 

Jadi jangan beralih pada pertanyaan tentang apa yang dapat laku di pasar. Selalu mulailah dengan bertanya apa yang sedang Anda rasakan. Apa yang menginspirasi Anda dan apa yang ingin Anda buat namun tetap mempertimbangkan apakah konsumen dapat mengenakannya.

Tidak ada komentar: