Kamis, 17 April 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Figo: Madrid Makin Mengerikan

Posted: 17 Apr 2014 08:38 PM PDT

Legenda Portugal Luis Figo, menilai, Real Madrid akan menjadi tim yang makin mengerikan setelah berhasil merebut gelar Copa del Rey. Mantan kapten Barcelona ini, juga berharap Madrid bisa segera mewujudkan gelar La Decima musim ini.

"Los Blancos" sukses merengkuh gelar pertama mereka musim ini dengan menumbangkan Barcelona 2-1 untuk mencium trofi Copa del Rey, Kamis 17 April lalu. Sanjungan pun hadir secara bertubi untuk tim asuhan Carlo Ancelotti itu, termasuk dari legenda mereka, Luis Figo.

Pria Portugal ini meyakini Los Blancos akan semakin bersinar usai merengkuh trofi pertama. "Madrid baru memenangkan sebuah gelar dan saya memiliki keyakinan kuat bahwa hal tersebut akan semakin memacu mereka di pertandingan-pertandingan selanjutnya," kata Figo, yang kini menjadi duta Liga Champions 2013/14. "La Decima juga saya harap bisa mereka wujudkan musim ini," pungkasnya.

Sementara itu, Ancelotti menilai Madrid memang pantas untuk memenangi Piala Raja. "Kami memberikan segalanya. Kami tampil bagus di babak pertama, lalu Barcelona mulai menemukan ritme. Tapi kami punya peluang untuk mengakhiri pertandingan. Kami pantas mendapatkan ini," tandas Ancelotti.

Ancelotti juga sempat memuji penampilan Gareth Bale. Pelatih asal Italia itu mengatakan kalau Bale adalah penyerang hebat dan memiliki kualitas pemain kelas dunia.

"Sehingga kami merasa beruntung memiliki dia (Bale). Saya mempunyai penilaian yang sempurna mengenai Bale dan malam ini dia mencetak gol fantastis," kata Ancelotti seperti dilansir Football 411.

Kalah Dari Inul Daratista di SCTV Music Awards, Ini Reaksi Zaskia

Posted: 17 Apr 2014 08:30 PM PDT

Nama Zaskia Gotik mulai melambung sejak ia mempopulerkan 'Goyang Itik' dan single 'Satu Jam Saja' beberapa tahun lalu. Zaskia, juga meroket tatkala kisah cintanya dengan Vicky Prasetyo kandas di pertengahan tahun lalu.

Dua hal itu rupanya belum cukup buat Zaskia jadi pedangdut paling ngetop di ajang SCTV Music Awards 2014. Penghargaan ini justru jatuh ke tangan si Ratu Ngebor, Inul Daratista.

Menanggapi hal ini, Zaskia bereaksi santai. "Aku sih nggak sedih, itu tandanya harus belajar lagi. Soalnya kan ini kalahnya sama senior, jadi nggak apa-apa. Kecuali kalau kalahnya sama junior, baru deh sedih," kata Zaskia di Hall D Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (18/4/2014).

Dalam kategori ini, Inul bukan hanya mengalahkan Zaskia, tapi juga Nassar, Saiful Jamil dan Siti Badriah. Bahkan, Inul juga menang di kategori Lagu Dangdut Paling Ngetop lewat single nya, 'Masa Lalu'.

Sama seperti kategori sebelumnya, di kategori 'Lagu Dangdut Paling Ngetop', Inul juga mengalahkan 'Cukup 1 Menit' (Zaskia), 'Bara Bere' (Siti Badriah), 'Minyak Wangi' (Ayu Ting-Ting) dan 'Oplosan'.

Yves Saint Laurent Pamerkan Perhiasan Wanita Berber

Posted: 17 Apr 2014 08:29 PM PDT

Budaya berhias diri dengan batu-batu atau logam-logam sudah menjadi bagian peradaban manusia sejak lama. Dikutip dari artikel yang dibuat oleh Suzy Menkes di New York Times Jumat (18/4/2014), Fondation Pierre Berge-Yves Saint Laurent mengadakan pameran bertajuk `Berber Women of Morocco`.

 

Seorang pengantin wanita Berber mengenakan 18 koin perak, 20 manik-manik warna turquoise hanya untuk hiasan kepala. Dikenakan pada bagian dada adalah rantai perak dengan pernak-pernik perak warna kekuningan berbentuk telur. Warna-warna yang digunakan pada glass beads adalah merah, hijau, kuning dan hitam yang melambangkan kesuburan.

 

Pameran ini meghadirkan pula film dan foto-foto yang diambil pada awal hingga pertengahan abad ke-20. Selain perhiasan asli wanita Berber, item-item dari orang-orang Arab dan Yahudi yang bercampur dengan masyarakat Berber juga ditampilkan dalam pameran ini.

 

Selain sebagai atribut estetis, dapatkah perhiasan menjadi bentuk pemberdayaan? Itulah pertanyaan yang diutarakan oleh pameran perhiasan ini. Objek-objek yang dipamerkan, secara jelas menyampaikan pesan kesuburan, kekayaan dan hierarki sosial.

 

Dalam sebuah esai yang ditulis oleh Cynthia Becker, profesor sejarah seni di Universitas Boston, dijelaskan bahwa perhiasan tersebut bukan hanya mengenai identitas masryarakat Berber tapi juga mengungkap kekuatan wanita Berber.

 

Ada kebuasan pada perhiasan-perhiasan itu. Meski tak mengimplikasikan prajurit wanita, tak satupun perhiasan itu dapat diasosiasikan dengan benda dekoratif semata sebagaimana yang kini ada di benak masyarakat. Namun demikian ada sentuhan persaudaraan di dalamnya.

 

Walau wanita Berber masa kini sudah terpengaruh konsep bahwa emas lebih berharga dari perak, perhiasan-perhiasan perak warisan leluhur tersebut tetap digunakan pada acara-acara khusus, misalnya pernikahan.

 

Pameran ini berlangsung sejak 21 Maret 2014 sampai 20 Juli 2014 yang bertempat di Berber Museum di jantung Jardin Majorelle kota Marrakesh, Moroko. Yves Saint Laurent dan kekasihnya Pierre Berge memang memiliki kecintaan terhadap Moroko khususnya seni masyarakat Berber.

 

Saat berkunjung bersama sang kekasih ke Maroko, Yves Saint Laurent menemukan taman Majorelle, yang dibangun oleh peluksi Jacques Majorelle, dalam kondisi yang menyedihkan. Yves dan Pierre membeli taman itu pada tahun 1980. Pada pertengahan tahun itu, dengan bantuan dari arsitek Bill Wills, Yves dan Pierre merancang museum di taman itu yang didedikasikan untuk seni Moroko.

 

Apakah Jakarta Akan Kembali Dijuluki Provinsi Terkorup Tahun Ini?

Posted: 17 Apr 2014 08:26 PM PDT

Setelah dua tahun berturut-turut meraih predikat sebagai provinsi terkorup di Indonesia, Jakarta kemungkinan besar tetap akan menyandang julukan itu karena banyaknya transaksi keuangan mencurigakan di Ibukota.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Muhammad Yusuf.

Meski belum bisa menyebut secara pasti Jakarta sebagai yang terkorup tahun ini, namun dia mengaku menemukan kejanggalan dalam transaksi keuangan dalam kegiatan ekonomi di kota yang dipimpin pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) itu.

"Saya belum bisa memberikan jawaban pasti, nanti akhir tahun kita rilis. Tapi memang banyak kasus mencurigakan karena rata-rata kantor pusat perusahaan ada di sini dan uangnya pun di sini," kata Yusuf kepada Liputan6.com, Jakarta, seperti ditulis Jumat (18/4/2014).

Kendati demikian, dia tak langsung mengarah kecurigaan transaksi keuangan pada satu pihak saja. Pasalnya, berbagai macam kalangan berbaur menjalankan aktivitas bisnis di Jakarta.

"Kasus mencurigakan itu tidak mengarah pada oknum pemerintah daerah saja. Karena bisa lebih luas, ada pengusaha, pegawai negeri, lembaga swadaya masyarakat dan lainnya," tegas Yusuf.

Sebelumnya, PPATK mengungkap temuan soal pemerintah provinsi yang diduga paling marak melakukan tindak pidana korupsi.

Dari data yang dilansir, DKI Jakarta berada di urutan pertama dengan prosentase 46,7%. Sedangkan di urutan terakhir ada Kepulauan Bangka Belitung 0,1%.

"Jakarta paling tinggi tingkat korupsinya dilihat data per-provinsi," ujar Wakil Kepala PPATK, Agus Santoso.

Menurutnya, banyak modus yang dipakai untuk melakukan tindak pidana korupsi di Jakarta. Salah satunya dilakukan dengan cara memindahkan dana pada Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) ke rekening pribadi para bendaharawan.

Kasus Pencabulan di JIS Bikin Karyawan PT ISS Sakit Hati

Posted: 17 Apr 2014 08:23 PM PDT

Terungkapnya kasus pencabulan terhadap murid TK JIS Jakarta Selatan, membuat karyawan PT ISS Facility Service terganggu secara psikologis. Sebab, salah satu pelaku merupakan karyawan PT ISS yang bekerja sebagai petugas kebersihan di JIS.

HRD Manager PT ISS Frea Purwati mengatakan, kasus yang baru terjadi pertama kalinya itu dirasakan berdampak besar bagi pegawainya di berbagai daerah. "Merugikan lah. Mereka mengaku sakit hati," ujarnya di Bintaro, Tangerang Selatan, Jumat (18/4/2014).

Para pekerja mengaku sakit hati, padahal hanya satu oknum yang melakukan tindak kriminal, tapi nama buruknya ditanggung oleh mereka. Meski begitu, Frea mengaku, perusahaan tetap mengingatkan para karyawan yang sudah dididiknya secara profesional untuk tak berpengaruh pada kasus ini.

"Saya ingatkan dan beri motivasi lagi. Untuk tetap bekerja profesional, ingat yang diajarkan dan dilatih," kata Vrea.

Selain berpengaruh pada internal perusahaannya, Frea mengaku kasus pencabulan ini berpengaruh pada mitra kerja. "Berpengaruh pasti, Tapi kan kami bermitra bukan sekali ini saja, melainkan sudah lebih dari 7 tahun," ungkap dia.

Ia mengaku, malah banyak mitra kerja yang menyemangati dan memberi dorongan mental. Agar kejadian ini tak berpengaruh pada citra perusahaan.

"Tapi tidak mempengaruhi pada hubungan dengan mitra perusahaan. Mereka juga mensupport kami," tukas Frea.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menetapkan 2 tersangka kasus pencabulan bocah A di toilet sekolah JIS. Salah pelaku merupakan petugas kebersihan dari perusahaan outsourcing, PT ISS Facility Service.

Libur Panjang, Tol Jagorawi Arah Puncak Padat

Posted: 17 Apr 2014 08:22 PM PDT

Libur Hari Raya Paskah dan akhir pekan rupanya banyak dimanfaatkan masyarakat Ibukota Jakarta dan sekitarnya untuk berekreasi atau berkunjung ke kerabatnya. Tak heran jika arus lalu lintas cukup padat di Jalan Tol Jagorawi arah Puncak, Bogor, Jumat (18/7/2014) pagi ini.

Menurut informasi petugas PT Jasamarga, kepadatan kendaraan di jalan tol dari Bogor hingga Polingga menuju Puncak diperkirakan akan semakin padat hingga malam hari. "Sedang persiapan satu arah naik," kata Winda, petugas Jasamarga saat dihubungi.

Selain itu, Winda menjelaskan, saat ini lalu lintas di ruas jalan Jakarta-Cikampek dari Cikunir hingga Cikarang Timur pun padat. Namun perjalanan kembali lancar selepas Cikarang Timur menuju Bandung.

Sebelumnya kemacetan juga terjadi karena ada truk kontainer mogok di Kilometer 38 di lajur satu, namun masalah itu sudah diatasi. Sebaliknya, ruas Cikampek-Cikarang-Cikunir-Cawang terpantau lancar.

Sementara informasi dari akun Twitter resmi Jasamarga pukul 08.36 WIB menyebutkan, Tol Cawang menuju Cengkareng dan sebaliknya lancar.

Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya juga menyebutkan, terjadi kemacetan di Pantura akibat perbaikan gorong gorong dan jalan di Ciasem. Kemacetan hingga 12 kilometer lebih.

Begitu juga, Tol Purbaleunyi arah Bandung, saat ini di Kilometer 100 juga terjadi kepadatan. Garut Arah Tasik juga dikabarkan padat merayap.

Arus lalu lintas Jakarta arah cikarang kilometer 13 dan Tol Cikunir arah Bekasi padat merayap. (Ant/Raden Trimutia Hatta)

Yahoo Dekati Apple Untuk Singkirkan Google

Posted: 17 Apr 2014 08:19 PM PDT

Untuk urusan mesin pencari berbasis internet, Google patut diakui masih menjadi yang terunggul. Di sektor perangkat mobile, mesin pencari Google tidak saja digunakan secara default oleh perangkat berbasis Android, perangkat iOS besutan Apple pun secara default mengandalkan Google Search.

Kondisi ini nampaknya membuat Yahoo yang juga memiliki layanan mesin pencari cemburu. Bahkan perusahaan yang dipimpin oleh Marissa Mayer itu dilaporkan tengah berambisi untuk menggeser posisi Google Search di perangkat iOS.

Dilansir laman Cnet, menurut laporan yang dipublikasikan laman Recode, saat ini Marissa Mayer tengah menyiapkan detail presentasi terkait mesin pencari Yahoo Search yang akan diajukan pada tim desain Apple pimpinan Jony Ive.

Meski belum ada pihak yang mau mengkonfirmasi, namun banyak pihak yang memperkirakan bahwa nantinya mesin pencari Yahoo akan diintegrasikan dengan fitur pencarian yang diaplikasikan pada Siri, layanan asisten digital berbasis navigasi suara milik Apple.

Selain Yahoo dan Google, mesin pencari milik Microsoft, Bing, juga dikabarkan menjadi salah satu alternatif opsi Apple untuk mendukung Siri.

Alberto Gilardino Diincar Napoli?

Posted: 17 Apr 2014 08:11 PM PDT

Napoli dilaporkan saat ini sedang melakukan negosiasi dengan Genoa untuk mendatangkan Alberto Gilardino. Menurut laporan Sportmediaset, Jumat (18/4/2014), Napoli mulai mengubah pandangan mereka terhadap Gilardino yang akan dipersiapkan sebagai pengganti Gonzalo Higuain.

Penampilan striker Italia itu pada musim ini memang cukup menjanjikan. Gilardino termasuk pemain paling produktif. Dia sudah mencetak 14 gol dalam 32 penampilan bersama Genoa.

Gilardino bergabung dengan Genoa sejak Januari 2012. Sebelumnya, Gilardino telah bermain untuk Verona, Parma, Milan, Fiorentina dan Bologna, dan menghabiskan musim lalu dengan status pinjaman di Stadion Dall'Ara.

Sportmediaset juga mengabarkan Genoa telah menghubungi Napoli untuk menanyakan apakah mereka tertarik untuk membuat penawaran.

Gilardino sebelumnya memang selalu dikaitkan dengan tiga tim besar di Serie A, AS Roma, Internazionale dan Napoli. Namun, Gilardino belum mau menjelaskan kemana dia akan berlabuh.

"Adakah berita lagi tentang masa depan saya? Tidak, saat ini tidak ada yang baru," ujarnya singkat

Pelajaran yang Dapat Diambil dari Kasus Pelecehan Seks di JIS

Posted: 17 Apr 2014 08:01 PM PDT

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan, banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari kasus yang menimpa bocah AK (6), korban pelecehan seksual di Jakarta International School (JIS).

Sekretaris Jenderal KPAI, Erlinda mengatakan, yang pertama, sekolah mahal tidak menjamin seorang anak bakal aman dan baik-baik saja. "JIS ini 'kan, sekolah yang tergolong mahal. Buktinya, semahal apa pun dan seketat apa pun pengamanan yang terbilang dewa ini, tetap saja ada celahnya," kata Erlinda kepada Health Liputan6.comdi JIS, Kawasan Pondok Indah, Jakarta, Jumat (17/4/2014)

Kedua, dengan kasus ini, lanjut Erlinda, mata hati kita semua terutama para orangtua murid terbuka agar lebih meningkatkan komunikasi yang lebih efektif antara anak dan orangtua, juga sekolah.

Yang terpenting, kasus ini mengingatkan para pemangku kepentingan seperti sekolah, pemerintah, dan masyarakat (keluarga) untuk duduk bersama membicarakan persoalan yang belum terselesaikan terutama terkait dengan perizinan pendidikan Taman Kanak-Kanaknya.

Seperti diberitakan sebelumnya, bocah Indo Belanda ini menjadi korban tindak asusila yang dilakukan oleh petugas kebersihan dari sekolah elit itu. Saat kejadian, bocah AK dilepas seorang diri ke toilet, tanpa ditemani satu orang pun.

Puput Melati Benarkan Pengobatan UGB Sesat?

Posted: 17 Apr 2014 08:00 PM PDT

Nama Ustad Guntur Bumi (UGB) santer dibicarakan beberapa waktu belakangan. Suami Puput Melati itu dilaporkan orang-orang yang mengaku sebagai korban praktik pengobatan di klinik milik UGB. Laporannya pun bermacam-macam, ada penipuan, pencabulan dan penganiayaan.

Saat ditanyakan kepada Puput, ia justru enggan menjawab. Tentunya, hal itu pun menjadi pertanyaan apakah Puput membenarkan praktik pengobatan suaminya itu memang menyimpang.

"Hehehe, aku nggak mau jawab. Aku senyum saja," kata Puput Melati dalam acara talkshow di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/4/2014) malam.

Anehnya, mantan penyanyi cilik era-90an itu mengaku tak bisa menjamin apakah dirinya akan terus setia mendampingi UGB yang diterpa banyak persoalan. Namun, Puput menuturkan akan selalu berpikir positif kepada mantan suaminya tersebut.

"Aku nggak bisa menjamin (terus mendampingi UGB), hidup itu misteri. Tapi tetap bermuhasabah (introspeksi) dan positif thinking," paparnya.

Selain itu, artis 30 tahun ini membenarkan bahwa UGB masih bersembunyi di suatu tempat. Diakuinya, UGB saat ini masih belum mau berbicara di hadapan banyak orang dan menunggu waktu yang tepat.

"UGB ke mana sebenarnya, yang pasti komunikasi aku dan beliau baik-baik. Aku menghargai keputusan beliau. Diam dulu daripada salah bicara. Daripada jadi bumerang diri sendiri, kita hargai saja, ini cara dia. Tapi pasti nanti akan bicara," tutup pesinetron Cinta Anak Kampus tersebut.

Seperti diketahui, UGB dilaporkan oleh banyak orang yang merasa ditipu. Setelah mengeluarkan banyak uang untuk pengobatan di klinik UGB, korban justru tak kunjung sembuh. Kemudian muncul wanita bernama R yang mengaku menjadi korban pencabulan sang ustad kala diobati.

Terakhir, mantan karyawan UGB bernama Yunita melaporkan bosnya itu ke Polda Metro Jaya dengan dugaan penganiayaan. Dia mengaku kerap dipukul dan diancam dibakar setiap kali klinik pengobatannya sepi pengunjung serta tidak mencapai omzet Rp 100 juta per hari.

Tidak ada komentar: