Selasa, 07 November 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tidak Ada Kuda, Kenapa Ukuran Mesin Pakai Tenaga Kuda?

Posted: 07 Nov 2017 10:05 PM PST

Jika Anda seorang pencinta otomotif, tentu tidak asing dengan satuan hp (horse power) atau tenaga kuda seperti yang biasa Liputan6.com pakai. Satuan tersebut bisa menggambarkan potensi yang dimiliki oleh sebuah kendaraan, semakin tinggi tenaga kuda maka kendaraan bisa semakin kencang berlari.

Namun, tahukah Anda darimana istilah tenaga kuda digunakan pada mesin? Dilansir howstuffworks, satuan tenaga kuda pertama kali digunakan oleh James Watt yang hidup dari 1736-1819.

Watt menggunakan kuda untuk bekerja di tambang batu bara. Watt ingin mengungkapkan tenaga yang mampu dihasilkan oleh binatang tersebut. Berdasarkan penelitiannya, rata-rata kuda sanggup menarik bobot 220 pound (setara 99,5 kg) menggunakan katrol sejauh 100 kaki (setara 30,48 meter) dalam 1 menit.

Untuk mendapatkan nilai tenaga kuda secara optimal, Watt meningkatkan perhitungannya sebesar 50%, menarik bobot 330 pound (149,6 kg) menggunakan katrol sejauh 100 kaki (setara 30,48 meter) dapat dilakukan dalam 1 menit.

Fakta menarik lainnya, tenaga kuda dapat dikonversi menjadi satuan energi lainnya. Misalkan 1 tenaga kuda sama dengan daya 746 Watt. Bisa diartikan, jika menggunakan 1 kuda untuk menggerakkan treadmill, maka energi yang dihasilkan melalui generator mencapai 746 watt. Perhitungan ini akan memberikan gambaran besaran potensi yang dimiliki oleh motor listrik, karena satuan energi yang dihasilkan oleh motor elektrik berupa Watt.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Prestige Image Motorcars selaku importir umum berbasis di Pluit, Jakarta Utara, menampilkan ragam pilihan kendaraan di hajatan otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Mereka menawarkan mobil listrik Tesla Model S P100D.

Marketing Executive Prestige Image Motorcars, Anthony Himawan, mengatakan, setiap konsumen yang membeli mobil buatan Amerika Serikat tersebut, akan mendapatkan alat pengisian daya (charger) serta layanan pemasangannya. 

"Bisa ngecharge di rumah, tarikan listriknya antara 2.000-2.500 Watt. Bisa dilakukan 6-8 jam," ungkap Anthony saat ditemui di acara IIMS 2017 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Meski tak menyebutkan jumlah secara pasti, Prestige Image Motorcars mengaku telah menjual beberapa mobil listrik. Kebanyakan, para pemilik memasang charge mobil di area kantor karena memiliki daya listrik yang cukup tinggi.

Tesla Model S yang ditawarkan Prestige Image Motorcars merupakan edisi terbaru yang sebelumnya terdapat Tesla Model S 75 dan Model S 85.

Kata Anthony, tipe terbaru mampu dijalankan hingga 539 km dalam satu kali pengisian. Sedangkan tipe yang sebelumnya hanya mampu melesat dengan jarak 400 km. Tesla Model S P100D ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,5 detik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggota DPRD Batam Gagal Sidak karena Salah Ketik

Posted: 07 Nov 2017 10:03 PM PST

Kunjungan anggota Komisi I DPRD Kota Batam ke sebuah industri perkapalan di Tanjung Uncang Batam berakhir dengan penolakan. Rencana untuk menginspeksi (sidak) galangan kapal itu pada Senin sore, 6 November 2017, berakhir hanya di depan gerbang.

Penolakan kunjungan anggota dewan ternyata berpangkal pada salah ketik surat tugas yang dilakukan oleh staf Komisi I DPRD Batam. Padahal, ia mengaku sudah menegur stafnya agar berhati-hati dalam membuat surat berkaitan tugas negara.

"Seharusnya dalam surat tugas diketik sidak kapal, ini ditulis reklamasi. Selesai sudah," ujar Tarmizhi Umar Husain, anggota DPRD Batam sambil balik kanan keluar pos sekuriti karena tidak bisa melanjutkan sidaknya.

Di lokasi kejadian, petugas keamanan PT Naninda Mutiara Shipyard selaku pihak pengelola galangan kapal, Mukli terpaksa menolak kunjungan anggota dewan Kota Batam karena tak memenuhi aturan. Menurutnya, setiap orang yang akan memasuki areal tersebut harus memiliki izin dan surat tugas.

"Kami tidak mengizinkan masuk siapapun ke lokasi tanpa seizin manajemen," kata Mukli.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Batam Budi Mardiono mengungkapkan tujuan sidak galangan kapal itu untuk menindaklanjuti laporan masyarakat yang mencurigai keberadaan warga negara asing.

"Kami mendapat laporan masarakat, makanya kami turun sidak," kata politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Batam.

Setelah ditolak, ia sempat mengingatkan bahwa sidak itu dilaksanakan dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan lembaga legislatif. "Kami ini melaksanakan tugas negara, bukan karena keinginan kami," kata Ketua Komisi I DPRD Kota Batam Budi Mardiyanto.

Yudi Kurnain, anggota DPRD Batam lainnya menambahkan, galangan kapal itu mengelola kapal tanker Panama yang diketahui sebagai barang sitaan yang dititipkan kepada Pengadilan Negeri Batam. Proses hukum atas kapal tanker itu hingga kini masih berjalan.

"Kapal asal Panama sudah dua kali ketahuan akan dibawa lari oleh pemiliknya ke India namun dapat dicegah masyarakat," ujar Yudi. Ia menjelaskan modus kabur pemilik kapal adalah dengan menganti Nama yang semula bernama SINEHA-S Panama kemudian menjadi D-JIBAUT I.

Setelah sidak gagal dilaksanakan, kata Yudi, pihaknya berencana untuk kembali berkunjung ke galangan kapal itu. Namun, kali itu akan melibatkan pihak kepolisian, Imigrasi, dan Satpol PP.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kucing Peliharaan PM Selandia Baru Mati Tertabrak Mobil

Posted: 07 Nov 2017 10:01 PM PST

Bagi pecinta hewan, kehilangan binatang peliharaan adalah hal yang sangat menyedihkan. Hati menjadi remuk, tak selera makan hingga tak fokus pada pekerjaan.

Dilansir dari laman BBC, Rabu (8/11/2017), kesedihan tersebut juga dirasakan oleh Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern saat mengetahui kucing peliharaanya bernama Paddles, mati pada Selasa kemarin.

Pada mulanya, si penabrak telah membawa kucing tersebut ke dokter hewan. Namun sayang, nyawa kucing itu tak dapat diselamatkan.

Berita kematian kucing tersebut disampaikan oleh PM Ardern lewat akun sosial media pribadi miliknya.

"Bagi mereka yang pernah kehilangan hewan peliharaan yang sangat disayangi, tentu akan merasakan kesedihan," tulis PM Ardern. Demikian dilansir dari laman The Guardian.

Paddles diperoleh oleh PM Ardern setelah melakukan adopsi dari sebuah badan yang menampung kucing-kucing terlantar bernama New Zealand Society for the Prevention of Cruelty to Animals (SPCA).

Selain itu, kucing milik PM Ardern dianggap istimewa karena mengalami kelainan polydactyly -- sebuah kondisi kelebihan jari.

Sejak memenangkan pemilihan umum pada Oktober lalu, akun Twitter milik Paddles, @FirstCatofNZ sudah diikuti oleh lebih dari 11 ribu orang.

PM Ardern juga mengatakan, bagi siapa saja yang ingin menyampaikan belasungkawa kepada Paddles dapat memberikan donasinya kepada pihak SPCA.

Sebab, SPCA adalah wadah yang menaungi Paddles sebelum akhirnya diadopsi.

 

Jacinda Ardern resmi menjadi Perdana Menteri Selandia pada Oktober 2017. Pengangkatannya sah setelah Gubernur Jenderal Dame Patsy Reddy menandatangani surat perintah yang menunjuk wanita berusia 37 tahun itu sebagai PM.

Ardern diambil sumpahnya dalam sebuah upacara yang diadakan di Government House di Wellington. Surat perintah yang secara resmi menunjuk Wakil PM, Winston Peters, pun telah ditandatangani.

Seperti dilansir News.com.au, terdapat 31 menteri kabinet yang juga dilantik dalam upacara yang sama. Dan lebih dari 100 tamu undangan, termasuk pasangan Ardern, Clarke Gayford serta orangtuanya, turut hadir menyaksikan saat wanita itu disahkan menjadi PM Selandia Baru termuda dalam 160 tahun terakhir.

Ardern tercatat wanita ketiga yang menjabat sebagai PM Selandia Baru. Sebelum upacara pelantikannya dimulai, Bill English, pemimpin Partai Nasional Konservatif, mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri.

Ardern yang memimpin Partai Buruh sejak Agustus 2017 telah disandingkan dengan sosok pemimpin muda nan kharismatik lainnya seperti Presiden Prancis Emmanuel Macron (39) dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

Kemenangan Ardern dikonfirmasi sepekan lalu setelah Peters menolak untuk berkoalisi dengan Partai Nasional dan lebih memilih merapat ke Partai Buruh.

Di bawah kepemimpinan Ardern, Selandia Baru akan memperketat imigrasi dan membatasi kepemilikan properti asing.

Dalam pidato perdananya sebagai PM, Ardern mengatakan bahwa pemerintahannya akan memperkenalkan sebuah undang-undang untuk melarang spekulan asing membeli rumah.

Sebelumnya, ia juga memaparkan bahwa kemiskinan anak merupakan salah satu isu yang akan diusung pemerintahannya.

"Sebagai PM, saya ingin melihat kemajuan mendesak di bidang ini. Itulah sebabnya kami akan memperkenalkan langkah-langkah dan target untuk memastikan kebijakan kami di pemerintahan membuat perbedaan bagi kehidupan mereka," kata Ardern seperti dikutip dari The Guardian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Twitter Berbenah, Pengguna Kini Bisa Berkicau 280 Karakter

Posted: 07 Nov 2017 10:00 PM PST

Twitter akhirnya resmi menambah batasan karakter yang dapat ditulis pengguna di platformnya. Situs microblogging itu kini memungkinkan pengguna untuk menulis kicauan hingga 280 karakter.

Sebelumnya, fitur ini sudah lebih dulu diuji coba pada September 2017. Ketika itu, Twitter baru menggulirkan kemampuan anyar ini pada beberapa pengguna saja.

Dikutip dari Tech Crunch, Rabu (8/11/2017), fitur ini akan meluncur secara bertahap untuk seluruh pengguna dan mendukung hampir seluruh bahasa, kecuali Jepang, Korea, dan Mandarin.

Alasannya, satu karakter dalam tiga bahasa tersebut dianggap sudah mencakup banyak informasi. Sementara, bahasa lain membutuhkan karakter lebih panjang untuk menyampaikan sesuatu hal. 

Keputusan untuk memperbarui kemampuan ini tak lepas dari kebiasaan para penguna. Menurut Twitter, banyak pengguna yang berkicau dalam bahasa seadanya karena batasan karakter yang ada di layanan tersebut.

"Penelitian kami menunjukkan kurangnya batas karakter membuat orang yang berkicau dalam bahasa seadanya," ujar Product Manager Twitter, Aliza Rosen beberapa waktu lalu.

Untuk itu, penambahan ini diharapkan dapat memudahkan pengguna untuk berkicau. CEO Twitter, Jack Dorsey juga menyuarakan rasa gembiranya terhadap penambahan batas kicauan di Twitter.

Menurutnya, perubahan kecil ini adalah langkah besar dan mengapresiasi timnya dalam menyelesaikan masalah di Twitter.

 

Kendati demikian, keputusan ini ternyata menuai kontroversi dari sejumlah pengguna. Mereka beralasan, pembatasan karakter merupakan merupakan ciri khas Twitter sehingga pengguna perlu memutar otak untuk membuat kicauan yang baik.

Tak hanya itu, banyak juga yang berpendapat penambahan jumlah kicauan menjadi 280 karakter membuat Twitter kian sulit dibaca. Sebab, tweet yang diunggah akan tampil lebih panjang dari biasanya.

Di sisi lain, ada pula yang meminta Twitter lebih fokus pada fitur yang diminta oleh pengguna. Salah satunya adalah mengatasi kicauan yang bernada pelecahan, intimidasi, atau perundungan.

Banyak pula yang menyebut karakter yang lebih panjang tak benar-benar menjadikan seseorang mengekspresikan dirinya dengan lebih baik. Mereka sebenarnya berbicara tentang hal yang sama, tapi memakai kata lebih banyak.

Seorang warganet bahkan sempat membuat guyonan dari kicauan CEO Twitter Jack Dorsey dengan 280 karakter. Jadi, ia menyunting kicauan tersebut hingga menjadi 140 karakter--seperti batasan Twitter sebelumnya--tanpa kehilangan arti tweet itu sendiri.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mensos Ajak Pengguna Medsos Bikin Trending Topic Hari Pahlawan

Posted: 07 Nov 2017 10:00 PM PST

Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November selalu diperingati dengan beragam kegiatan. Seperti upacara dan mengheningkan cipta yang diadakan di berbagai tempat. Itu dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang memerdekakan dan membangun Indonesia.

Untuk membangun memori atas jasa pahlawan tersebut, Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa punya upaya lain. Dia mengajak pengguna media sosial (medsos) untuk meramaikan lini masa dengan hastag #pahlawanku san #haripahlawan.

Caranya dengan mengunggah foto atau lokasi upacara peringatan Hari Pahlawan para pengguna medsos. Bisa juga dengan mengabadikan foto setelah hening cipta atau berfoto di logo-logo Pahlawan kota masing-masing.

"Yuk kita bikin trending topic Hari Pahlawan, agar di media sosial juga terbangun memori kolektif tentang jasa-jasa para pejuang bangsa," ujar Khofifah.

Dia menambahkan, Hari Pahlawan menjadi saat yang tepat untuk mengenang para pendahulu bangsa, pahlawan dan perintis kemerdekaan. Itu karena, segenap pemikiran dan perjuangan kolektif yang mereka lakukan membuat masyarakat bisa menikmati hidup di Indonesia. Tentunya sebagai bangsa yang merdeka dan sederajat dengan bangsa lain.

"Bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," tutur Khofifah.

Pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 nanti, Khofifah juga mengajak segenap warga mengheningkan cipta serentak, pukul 08.15 selama 60 detik. Selain itu, Peringatan Hari Pahlawan dimeriahkan beragam kegiatan.

Dimulai Jelajah Kapal Kepahlawanan yang melibatkan 400 pelajar dan santri, 30 Oktober-1 November 2017 lalu . Mereka berlayar dengan Kapal Republik Indonesia (KRI) dr. Soeharso 990 di Selat Madura untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan.

Kegiatan lain, Doa Lintas Agama dan Jalan Sehat Kebangsaan. Doa lintas agama dipimpin lima perwakilan pimpinan agama di arena Car Free Day (CFD) di Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Acara ini diikuti berbagai komunitas, keluarga pahlawan, relawan dan masyarakat umum.

Sementara pada puncak peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017, akan dilaksanakan ziarah nasional di Taman Makan Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata. Kegiatan itu akan dipimpin Presiden Joko Widodo.

Pada hari yang sama, juga dilakukan tabur bunga di perairan laut Jakarta dengan menggunakan KRI dr. Soeharso 990. Untuk pimpinan acara dipercayakan pada Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.

Peringatan hari Pahlawan juga masih dirangkai dengan wisata sejarah yang diikuti pelajar dengan rute wisata mulai dari kantor Kemensos menuju Lubang Buaya hingga ke Museum Satria Mandala.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2017," kata Khofifah.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selfie dengan Kahiyang Ayu - Bobby, Zumi Zola Bikin Geli

Posted: 07 Nov 2017 10:00 PM PST

Gubernur Jambi yang sempat menjadi aktor, Zumi Zola, turut menghadiri resepsi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang digelar di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, Rabu (8/11/2017). Ia pun mendokumentasikan perjalanannya lewat beberapa unggahan foto di Instagram @zumizolazulkifliforjambi.

"Bismillah,yuk kita doakan bersama," kata Zumi Zola di awal unggahannya sambil memamerkan undangan pernikahan putri Presiden Joko Widodo itu. Ia juga turut berpose dengan Gubernur Sulsel Yasin Limpo dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Zumi Zola saat menghadiri pernikahan Kahiyang Ayu. (Instagram - @zumizolazulkifliforjambi)

Di foto-foto selanjutnya, barulah terlihat bahwa Zumi Zola ternyata menghadiri resepsi pernikahan Kahiyang Ayu bersama sang istri, Sherrin Tharia. Di unggahan terbaru, ia dan istri akhirnya tiba ke pelaminan dan mengambil selfie atau swafoto dengan pasangan pengantin.

Lucunya, meskipun Zumi Zola berhasil mengambil foto dirinya bersama Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, wajah sang istri hanya terlihat setengah. Alhasil, Zumi pun menyampaikan permohonan maafnya kepada istri dalam keterangan fotonya.

 

Zumi Zola dan istri saat menghadiri pernikahan Kahiyang Ayu. (Instagram - @zumizolazulkifliforjambi)

"Selamat untuk Kahiyang dan Bobby.mohon maaf atas kesalahan jari ini kamu jadi tidak terlihat utuh,tapi cintaku seutuhnya untuk kamu @stharia," tulis Zumi Zola sebagai keterangan foto tersebut, Rabu.

Alhasil, tak sedikit warganet yang mengaku geli dengan hasil swafoto tersebut. "Bu @stharia gak full gace gmna ne pak @zumizolazulkifliforjambi yg uploud," tulis @bahariwahyuutomo dengan emoji tawa.

"Duuh kasian ibu nya pak, ke potong," ujar @dalila_lumowa. "Istrinya ke crop pak," kata @fhinaaa. "Wajah cantik istri @stharia cuman separoo aduhh," @yullioktaviiasary menuliskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klose Jadi Tamu Istimewa di Undian Piala Dunia 2018

Posted: 07 Nov 2017 10:00 PM PST

Top scorer sepanjang masa Piala Dunia, Miroslav Klose, memastikan ambil bagian pada acara undian turnamen utama tahun depan di Moskow, 1 Desember mendatang.

Klose mencetak 16 gol dari 24 laga di empat Piala Dunia. Ketajamannya membuahkan sepatu emas turnamen 2006 dan sepatu perak 2002.

Sosok yang menutup karier dengan torehan 71 gol bagi Timnas Jerman itu juga membawa negaranya memenangkan edisi 2014.

"Karena alasan yang sudah jelas, Piala Dunia memberi saya banyak kenangan indah. Saya merasa terhormat terus diberi kepercayaan menjadi bagian kompetisi ini," kata Klose, dilansir situs resmi FIFA.

Klose nanti akan membawa Trofi Piala Dunia ke panggung pada undian di State Kremlin Palace. Namun, dia tidak ikut pada acara utama.

Panitia baru memastikan satu dari delapan peserta yang akan menentukan nasib 32 peserta, yakni legenda sepak bola Rusia, Nikita Simonyan.

Sejauh ini sudah 23 tempat memastikan tempat di Piala Dunia Rusia, dengan penghuni sembilan posisi sisa diketahui dalam sepekan ke depan.

Bekerja sebagai staf di Timnas Jerman sejak pensiun dari sepak bola pada November 2016, Klose akan memperhatikan benar hasil undian nanti.

"Undian Piala Dunia adalah salah satu dari sekian peristiwa, di mana seluruh mata pecinta sepak bola tertuju ke sana," pungkas Klose.

Rusia, Brasil, Iran, Arab Saudi, Korea Selatan, Jerman, Belgia, Inggris, Spanyol, Meksiko, Jepang, Nigeria, Kosta Rika, Polandia, Mesir, Islandia, Serbia, Portugal, Uruguay, Argentina, Kolombia, Panama

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Kahiyang Ayu, Menangislah Jika Itu yang Terbaik

Posted: 07 Nov 2017 10:00 PM PST

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution sudah sah jadi suami istri. Bobby yang tampak gagah mengenakan beskap warna hitam bermotif emas, lancar mengucapkan ijab qabul hanya satu kali tarikan napas di hadapan Presiden Joko Widodo, para saksi, dan seluruh tamu yang memenuhi Gedung Graha Saba Buana, Solo pada Rabu (8/11/2017)

Anak nomor dua Jokowi ini memang tidak seterbuka Gibran dan Kaesang. Publik nyaris tidak pernah tahu mengenai keseharian dari perempuan lulusan Fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jawa Tengah.

Termasuk dalam hal asmara, Kahiyang Ayu cukup jarang mengumbar kebersamaannya dengan sang tambatan hati. Kehidupan Kahiyang Ayu mulai banyak dikulik saat mengabarkan akan melangsungkan pernikahan bersama Bobby.

Baik Kahiyang Ayu maupun Bobby Nasution punya kisah cinta masing-masing di masa lalu. Namun, yang paling mencuri perhatian tentu sosok mantan kekasih Kahiyang. Laki-laki itu adalah Haydar Pratama, yang diketahui berprofesi sebagai pilot.

 

Haydar Pratama (haydarpratama/instagram.com)

Ketika berita rencana pernikahan Kahiyang dan Bobby semakin menyeruak, banyak orang yang kemudian memposisikan diri sebagai Haydar. Mencoba mengetahui isi hati laki-laki itu saat ditinggal mantan pacar menikah.

Apalagi jika sang mantan adalah anak orang paling penting di Indonesia yang seluruh prosesi pernikahannya disiarkan secara langsung di televisi. Memang, pernikahan Kahiyang Ayu akan disiarkan stasiun teve selama tiga hari berturut-turut.

Hati orang memang tak ada yang tahu. Wajah boleh terlihat tegar, senyum boleh saja merekah, tapi perasaan di lubuk hati terdalam, siapa yang tahu? Karena masing-masing orang punya cara sendiri menutupi kesedihannya. 

"Kalau memang mau menangis, menangis saja, jangan ditahan," kata Psikolog Klinis Dewasa PION, Rena Masri.

 

Haydar Pratama (haydarpratama/instagram.com)

Tidak perlu cemas dibilang cengeng karena menangis. Memendam perasaan terlalu lama pun punya dampak yang tidak bagus untuk kehidupan kita. Mantan sudah menikah. Kita harus bisa menerima kenyataan itu. Jika cara terbaik melepas orang yang pernah jadi bagian hati kita dengan menangis, lakukan saja.

"Kalau dipendam, nanti jadi kepikiran terus. Tanpa kita sadari, kita akan memikirkan dia terus. Kalau sudah menangis, kita sudah bisa menerima, kita tidak akan kepikiran dia lagi," kata Rena menambahkan.

Kalau kita menyangkutpautkannya dengan harga diri sebagai seorang laki-laki, kesedihan itu bisa diekspresikan dengan cara yang lain, yang penting jangan ditahan.

"Lakukan sesuatu yang membuat kita dapat membuang rasa sedih itu. Misal, setiap kali sedih maunya di rumah seharian, ya sudah lakukan hal itu. Atau dengan makan, olahraga, dan belanja, engga papa juga," ujar dia.

 

Foto prewedding Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. (Instagram/ayanggkahiyang)

Hal lain yang sebaiknya tidak kita lakukan adalah tidak kepo. Tidak perlu penasaran apa saja yang mantan lakukan, dengan melihat unggahan terbaru di akun media sosialnya.

Apalagi jelang pernikahan, pasti seorang Kahiyang Ayu akan memamerkan foto-foto prewed dia bersama Bobby Nasution. Kecuali, kalau kita sebagai mantan sudah benar-benar move on, karena biasanya tidak akan bermasalah kala melihat akun mantan.

"Cuma kalau belum move on, ada baiknya hal-hal seperti itu dihindari dulu. Buat perasaan kita nyaman dulu, dan menerima kondisi bahwa kita sudah putus. Boleh deh sesudah itu agak-agak kepo sedikit," ujar Rena Masri.

Menurut Rena, proses move on dari mantan pacar, baik dia anak orang terkenal seperti Kahiyang Ayu atau tidak, mirip-mirip. Hanya saja, berhubung Kahiyang ini adalah anak Presiden Joko Widodo dan disiarkan langsung di seluruh teve nasional, tanpa disengaja kita akan terbawa ke masa lalu.

"Biasanya, kalau kita sudah bisa menerima keadaan bahwa kita sudah enggak jalan bareng sama dia, mau ditanya lagi tentang mantan, atau bahkan ketemu sama mantan, engga ada masalah. Semua tergantung pada diri kita sendiri. Kalau kita sudah move on, mau terpapar sama hal-hal berbau mantan, tidak akan memengaruhi hidup kita," ujar dia.

Kecuali, kalau kita masih belum bisa menerima, belum bisa move on karena masih ada rasa, dan masih menyesali keputusan menyudahi hubungan, pasti ada rasa cemburuh, sedih, bahkan marah.

"Semua itu balik lagi ke individu masing-masing," kata dia menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syarat Indonesia Menjadi Negara Maju

Posted: 07 Nov 2017 09:55 PM PST

Indonesia hingga kini masih menyandang status negara berkembang. Ini karena pendapatan per kapita masyarakat Indonesia yang masih masuk kategori menengah ke bawah.

Namun, kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro, ke depan Indonesia akan menjadi negara maju.

"Kita semua punya aspirasi punya keinginan untuk membangun Indonesia menjadi negara maju," kata dia saat membuka Indonesia Infrastructure Week (IIW) di Jakarta, Rabu (8/11/2017).

Bambang mengaku, pihaknya  telah menyusun berbagai simulasi agar Indonesia bisa masuk sebagai negara maju. Indonesia diprediksi menjadi negara maju pada tahun 2045 atau bertepatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

Kendati demikian, dia melanjutkan, ada syarat yang mesti dipenuhi untuk menjadi negara maju. Salah satunya, mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang konsisten dengan rata-rata sebesar 5 persen per tahun.

"Dengan berbagai skenario, di mana pertumbuhan Indonesia itu 5 persen setiap tahun rata-rata dari tahun ini sampai 2045. Kalau bisa konsisten mempertahankan pertumbuhan 5 persen maka akan naik kelas dari middle income country menjadi high income country 2038-2039," jelas dia.

Artinya, lanjut dia, di tahun 2045 Indonesia bisa menyandang status negara maju dengan pendapatan per kapita yang tinggi.

"Dengan income per kapita US$ 20.000. Hari ini income per kapita kita US$ 3.600-3.700," tukas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) sudah memasuki usia tiga tahun. Pemerintah mengklaim pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, kesenjangan pendapatan orang miskin dan kaya (gini ratio), maupun inflasi tercatat mencapai hasil yang positif.

"Dari angka indikator makroekonomi selama tiga tahun, pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan, pengangguran, gini ratio, semuanya positif," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution saat Konferensi Pers di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Darmin menyebut, beberapa indikator makro yang menunjukkan ekonomi Indonesia dalam kondisi baik, antara lain pertama, pertumbuhan ekonomi. Dijelaskannya, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada periode 2013 ke 2014 mengalami perlambatan dari 5,56 persen bergerak ke bawah menjadi 5,01 persen.

Selanjutnya, realisasi pertumbuhan ekonomi nasional mengalami penurunan menjadi 4,88 persen di 2015. Kemudian mulai membaik atau pulih di 2016 dengan capaian pertumbuhan 5,02 persen. Sementara hingga semester I-2017, pertumbuhan ekonomi tercatat 5,01 persen dan targetnya sebesar 5,2 persen di 2017.

"Tadinya melambat, lalu mulai membaik dan menjadi lebih cepat lagi. Mudah-mudahan, pertumbuhan ekonomi di tahun ini bisa mencapai 5,2 persen. Tentu saja semua ini tergantung ekonomi dunia," Darmin menerangkan.

Indikator makro kedua, sambungnya, realisasi pendapatan per kapita per tahun secara konsisten membaik. Dari datanya, pendapatan per kapita masyarakat Indonesia pada 2014 sebesar Rp 41,92 juta per kapita per tahun, lalu naik menjadi Rp 47,96 juta per kapita per tahun pada 2016.

"Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia secara konsisten membaik," tegas Darmin.

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu juga menunjukkan data indikator ketiga, yakni tingkat kemiskinan. Sejak Maret 2014, diakui Darmin, tingkat pengangguran konsisten bergerak turun hingga saat ini, dari 10,96 persen menjadi 10,64 persen di Maret 2017.

Keempat, tingkat pengangguran dituturkan Darmin, tidak mencapai hasil yang konsisten. Sebab pada Agustus 2014, tingkat pengangguran turun menjadi 5,81 persen tapi kemudian naik lagi di Agustus 2015. Namun setelah itu, tingkat pengangguran turun terus sampai dengan Februari 2017 yang sudah berada di angka 5,33 persen.

"Kelima, data gini ratio konsisten turun terus dari September 2014 masih 0,408 menjadi 0,393 di periode Maret 2017," terangnya.

Data terakhir adalah realisasi inflasi. Darmin mengungkapkan, dalam tiga tahun pemerintahan Jokowi, laju inflasi menurun dari 4,49 persen (YoY) pada September 2014 menjadi 3,72 persen (Yoy) pada September 2017.

"Sebelum krisis 1998, inflasi kita selalu dobel digit. Tapi setelah krisis, ekonomi kita makin terbuka, kebijakan makin baik, lalu inflasi pelan-pelan turun," ujarnya.

Pada lima tahun lalu, dia bilang target inflasi pemerintah berkisar 4 plus minus 1 persen. Namun saat ini trennya terus menurun. Termasuk target inflasi di tahun ini diperkirakan berada dalam kisaran sasaran inflasi 4 plus minus 1 persen. Dalam APBN-P 2017, pemerintah mematok target inflasi 4,3 persen.

"Tiga tahun terakhir sebetulnya kita mencatat inflasi di bawah 4 persen. Itu artinya 3,5 plus minus 1 persen. Walaupun inflasi dari administered prices cukup tinggi 9,9 persen, tapi volatile food cukup rendah, inflasi inti rendah, dan inflasi umum di bawah 4 persen," jelasnya.

Darmin mengatakan, pemerintah akan berupaya menurunkan tingkat inflasi di kisaran 3,5 plus minus 1 persen. "Mudah-mudahan dilanjutkan pemerintahan selanjutnya pada dua-tiga tahun ke depan, inflasi bisa bergerak 3 plus minus 1 persen. Setelah itu 2,5 plus minus 1 persen. Dengan begitu, kita bisa setara dengan negara-negara yang tumbuh perekonomiannya," tuturnya.

Untuk data indikator makroekonomi Indonesia selama tiga tahun pemerintahan Jokowi, Darmin menegaskan, bahwa kualitas pertumbuhan ekonomi bagus. "Capaian ekonomi makro kita bagus, termasuk kualitas pertumbuhan ekonominya. Pertumbuhan ekonomi berada dalam kisaran 5 persen dan telah berhasil menurunkan tingkat ketimpangan, pengangguran, dan kemiskinan," tandas Darmin.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Hadiri Pernikahan Putri Presiden Jokowi

Posted: 07 Nov 2017 09:51 PM PST

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan istri hadiri pernikahan putri Presiden Jokowi, di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). Menurut Anies, suasana pernikahan tersebut sama seperti pernikahan masyarakat pada umumnya. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan istri hadiri pernikahan putri Presiden Jokowi, di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). Menurut Anies, suasana pernikahan tersebut sama seperti pernikahan masyarakat pada umumnya. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama istri saat datang ke pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang-Bobby di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). Anies menegaskan upacara pernikahan itu jauh dari kesan mewah. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama istri saat datang ke pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang-Bobby di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). Anies menegaskan upacara pernikahan itu jauh dari kesan mewah. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggandeng istrinya saat datang ke pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggandeng istrinya saat datang ke pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama istri saat datang ke pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama istri saat datang ke pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan istrinya menyapa awak media saat datang ke acara pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan istrinya menyapa awak media saat datang ke acara pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semakin Mesra, Giorgino Abraham - Irish Bella Pacaran?

Posted: 07 Nov 2017 09:50 PM PST

Giorgino Abraham tak malu-malu lagi menunjukkan kemesraannya dengan Irish Bella. Dalam foto terbaru yang diunggah di akun Instagramnya, Selasa (7/11/2017), keduanya pun terlihat berpelukan.

 Giorgino Abraham dan Irish Bella terlihat kompak mengenakan kaus putih, dan mereka tersenyum ke arah kamera.

Irish Bella dan Giorgino Abraham terlihat mesra (Foto: Instagram/@giorgino_abraham)

"When you change the way you look at things, the things you look at change (Saat kamu mengubah cara pandangmu terhadap berbagai hal, maka hal yang kau lihat pun berubah)," tulis Giorgino Abraham sebagai keterangan foto yang disukai lebih dari 206 ribu pengguna Instagram.

Bukan kali ini mereka tampil mesra. Pesinetron Rahmat Cinta ini pun kerap pergi bersama untuk menghabiskan waktu senggang.

Sayangnya, kemesraan ini hanya terlihat di akun Instagram Giorgino Abraham. Sementara, di akun Irish Bella dirinya lebih banyak memperlihatkan keseruannya bersama teman-teman perempuannya.

 

 

Hingga kini tak ada yang tahu kemesraan yang ditunjukkan Giorgino Abraham dan Irish Bella ini memang bukti jalinan kasih di antara mereka atau sekedar untuk mengangkat nama keduanya.

Lantaran dari keduanya belum terlontar konfirmasi kebenaran kabar tersebut. Dan sebelumnya, diketahui Giorgino Abraham telah memiliki kekasih yang juga terjun di dunia hiburan, yakni Angela Gilsha.

Giorgino Abraham bersama Irish Bella dan Angela Gilsha dalam sebuah adegan di sinetron. (Instagram @giorgino_abraham)

Dan Irish Bella pun sempat membuat kekasih Giorgino Abraham cemburu. Pasangan dalam sinetron ini sempat membantah adanya hubungan spesial antara mereka.

Namun, nyatanya kisah cinta Giorgino Abraham dan Angela Gilsha pun kandas sebelum cewek yang kerap mendapat peran antagonis ini berulang tahun ke-23.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Dasoul, Ini 3 Kisah Memilukan Pemain Tewas Tersambar Petir

Posted: 07 Nov 2017 09:50 PM PST

Kejadian tragis menimpa mantan pesepak bola Belgia, Denis Dasoul. Pria berusia 34 tahun tersebut tewas tersambar petir saat tengah belajar berselancar di Bali, Minggu (5/11/2017). 

Seperti dilansir Mirror.co.uk, Dasoul datang ke Bali pekan lalu untuk mewujudkan mimpinya belajar menunggangi ombak. Bersama instrukturnya, Minggu lalu, Dasoul memilih berlatih di kawasan Pantai Batu Bolong. Namun, cuaca mendung dan hujan gerimis mulai turun.  

Pada pukul 14.15 WITA, para pengunjung dikejutkan oleh petir yang tiba-tiba menyambar Dasoul dan instrukturnya yang tengah duduk di atas papan seluncur. Keduanya langsung tenggelam dan warga buru-buru berusaha menyelamatkan kedua korban tersebut. 

Dasoul akhirnya ditemukan, tapi nyawanya tidak tertolong. Dasoul tewas di lokasi kejadian. 

Kabar duka ini tentu saja memukul sepak bola Belgia. Sebab, Dasoul sebelumnya dikenal sebagai pesepak bola profesional. Dia pernah memperkuat klub elite Belgia, Royal Antwerp. 

Ungkapan belasungkawa pun mengalir bagi Dasoul. Lewat Twitter, mantan klubnya, Antwerp, menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya Dasoul. Begitu juga dengan eks rekan setimnya, Pascal Scime. Menurutnya, Dasoul merupakan sosok yang menyenangkan. 

"Dia merupakan orang yang luar biasa sepanjang hidupnya. Dia selalu tersenyum dan bercanda, orang yang baik. Dia di Bali untuk liburan bersama pacarnya. Ini tragedi untuknya," ujar Scime menanggapi kepergian Dasoul. 

Umur memang tidak bisa ditebak. Kematian bisa datang kapan saja. Dasoul juga bukan satu-satunya insan sepak bola yang tewas tersambar petir. Sebelumnya, sejumlah pemain pernah mengalami hal yang sama, bahkan insiden itu datang saat mereka tengah bermain. 

Berikut ini, tiga insiden memilukan saat pemain tewas tersambar petir:

 

Stefan Petrovski, kiper muda Australia yang memperkuat Melaka United. Ia tewas setelah menjalani perawatan intensif akibat tersambar petir. (The Guardian)

Stefan Petrovski tengah berlatih bersama Malaka United saat petir tiba-tiba menyambarnya, 5 April 2016. Saat kejadian, cuaca di tempat latihan memang mendung. Namun tidak disangka, secara tiba-tiba petir datang menyambar ke arah para pemain.

Kilat menghantam Petrovski dan Muhammad Afiq Azuan. Afiq hanya menderita syok berat setelah dilarikan ke rumah sakit. Namun Petrovski harus menjalani perawatan intensif. Setelah koma hampir satu bulan, ia pun dinyatakan meninggal dunia. 

 

Masih di tahun yang sama, sambaran kilat juga memakan korban di Rusia. Salah seorang pemain yang baru berusia 18 tahun tewas setelah tersambar petir saat bermain di lapangan.

Insiden ini berlangsung saat korban tengah mengikuti kompetisi lokal di kota Siberia Rubtsovsk. Demikian pernyataan otoritas setempat seperti dilansir USA Today, Rabu (21/9/2016). Korban meninggal di tempat, sementara tiga lainnya dilarikan ke rumah sakit.

 

Insiden yang jauh mengerikan justru terjadi pada tahun 1998 lalu. Saat itu, satu tim dinyatakan tewas akibat tersambar petir saat bertanding.

Saat laga berlangsung, hujan deras membasahi lapangan dan skor imbang 1-1. Di tengah-tengah pertandingan, petir menyambar lapangan yang terdapat di Provinsi Kasai tersebut.

Harian terkemuka di Republik Demokratik Kongo, L'Avenir, memberitakan ada 11 pemain tim lawan meninggal dunia dan 30 orang mengalami luka bakar serius akibat tersambar petir.

Anehnya, tak ada seorang pun yang mengalami cedera dari tim tuan rumah, Basanga. "Tidak ada pemain Basanga yang mengalami cedera akibat insiden tersebut," tulis L'Avenir.

Warga setempat menyebut kalau kejadian ini diakibatkan oleh sihir. Mereka mencurigai Basanga telah melakukan santet karena tidak ada pemainnya yang terluka. Santet di Afrika Barat dan Tengah memang sudah menjadi hal biasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ditinggal Pemilik, Mobil Mewah Ini Bikin Macet Jalan Tol

Posted: 07 Nov 2017 09:48 PM PST

Sebuah mobil mewah ditinggal begitu saja oleh pemiliknya di ruas tol Kembangan, Jakarta Barat sejak Malam.

Akibatnya membuat kemacetan panjang pada pagi ini karena posisi mobil yang berada di lajur kanan, polisi sendiri belum bisa menemukan siapa pemilik mobil dan apa alasannya meninggalkan mobil di jalan tol tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Markobar Hingga Serabi Solo Ada di Pernikahan Kahiyang Ayu

Posted: 07 Nov 2017 09:47 PM PST

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution Resmi menjadi suami istri. Setelah akad nikah, prosesi dilanjutkan dengan resepsi. Salah satu hal yang menarik pada akad nikah adalah sajian makanan yang tersedia. Lantas apa saja makanan yang dihidangkan pada resepsi pernikahan Kahiyang?

Seperti yang terlihat dari pantauan Liputan6.com, berbagai makanan khas Solo tersedia untuk para tamu undangan yang datang ke Gedung Graha Saba Buwana. Semua hidangan yang tersedia diurus langsung oleh kakak Kahiyang Ayu, Gibran Rakabumi Raka.

Terlihat menu yang paling identik dengan Gibran yaitu Markobar juga menjadi salah satu kuliner yang dihidangkan pada resepsi pernikahan Kahiyang Ayu. Tamu undangan dapat menikmati sensai martabak khas anak orang nomor satu di Indonesia ini.

 

 

Selain itu area kuliner yang juga dipenuhi dengan makanan khas Solo. Salah satunya Serabi Solo. Berbagai jenis makanan dengan cita rasa yang bervariasi menemani makan siang para tamu undangan yang datang memberikan doa restu mereka untuk Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang akan mengarungi biduk rumah tangga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rayakan Pernikahan Kahiyang-Bobby, Pedagang Pasar Gelar Bancakan

Posted: 07 Nov 2017 09:45 PM PST

Beginilah bancakan nasi kuning yang digelar pedagang Pasar Legi Solo. Merayakan pernikahan Puteri Jokowi Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Setelah dibacakan doa bancakan nasi tumpeng dibagi-bagikan kepada para pedagang

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hotma Sitompul dan Gamawan Fauzi Sambangi KPK, Jadi Saksi E-KTP?

Posted: 07 Nov 2017 09:41 PM PST

Pengacara Hotma Sitompul dan mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi tiba-tiba mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini.

Hotma yang datang lebih dahulu tak memberikan keterangan kepada awak media. Dia memilih langsung masuk ke dalam lobi KPK.

Sementara Gamawan yang datang setelahnya, mengaku akan diperiksa terkait kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP.

"Mau diperiksa untuk Anang," ujar Gamawan yang langsung masuk ke dalam lobi Gedung KPK, Rabu (8/11/2017).

Nama Gamawan dan Hotma tidak ada dalam jadwal pemeriksaan yang diterbitkan oleh pihak KPK.

Berdasarkan jadwal yang diterbitkan hari ini, penyidik KPK tidak memeriksa saksi terkait kasus korupsi e-KTP yang menjerat Direktur PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo sebagai tersangka.

Hanya ada satu nama saksi yang diperiksa terkait kasus dugaan merintangi proses penyidikan, persidangan, dan pemberian keterangan palsu dalam perkara e-KTP dengan tersangka Markus Nari, yakni Hendra Tri Sakti, pengurus Partai Golkar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

KPK membenarkan adanya tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

"Saat ini kami belum bisa sampaikan secara rinci, tapi kami konfirmasi dulu benar ada proses penyidikan, benar sudah ada tersangka baru dalam kasus e-KTP ini," ujar Febri di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (7/11/2017).

Namun dia tak menyinggung siapa yang dimaksud sebagai pihak yang sudah ditetapkan sebagai tersangka tersebut.

"Terkait siapa, perannya apa saja, dan rincian lebih lanjut nanti akan kami sampaikan secara lebih lengkap pada konferensi pers yang akan kita umumkan," terang Febri.

Dia juga membenarkan terkait adanya surat perintah penyidikan (Sprindik) baru terkait kasus dengan nilai proyek Rp 5,9 triliun. Sprindik tersebut sudah diterbitkan sejak akhir Oktober 2017.

"Jadi ada surat perintah penyidikan di akhir Oktober, untuk kasus e-KTP ini. Itu sprindik baru. Dan ada nama tersangka," kata dia.

Sebelumnya, beredar foto surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) di kalangan awak media. Dalam foto tersebut, SPDP dikeluarkan pada 3 November 2017 berdasarkan Sprindik pada 31 Oktober 2017. SPDP tersebut tertuju pada Ketua DPR Setya Novanto. Febri tak menampik atau membantah keberadaan SPDP tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Dua Jokowi KW Jadi Rebutan Foto di Lokasi Pernikahan Kahiyang Ayu

Posted: 07 Nov 2017 09:40 PM PST

Warga berebut foto bersama seorang pria berwajah mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sekitar lokasi akad nikah Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, Solo, Rabu (8/11). Pria bernama David Indrajaya itu datang dari Bandung. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga berebut foto bersama seorang pria berwajah mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sekitar lokasi akad nikah Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, Solo, Rabu (8/11). Pria bernama David Indrajaya itu datang dari Bandung. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Seorang pria berwajah mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) berswafoto bersama warga yang memadati sekitar Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). Pria bernama David tersebut langsung jadi rebutan warga untuk berfoto bersama. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Seorang pria berwajah mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) berswafoto bersama warga yang memadati sekitar Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). Pria bernama David tersebut langsung jadi rebutan warga untuk berfoto bersama. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga berebut foto bersama seorang pria berwajah mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sekitar lokasi akad nikah Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, Solo, Rabu (8/11). Pria asal Jakarta tersebut bernama Reza Sri Mulyadi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga berebut foto bersama seorang pria berwajah mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sekitar lokasi akad nikah Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, Solo, Rabu (8/11). Pria asal Jakarta tersebut bernama Reza Sri Mulyadi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Seorang pria berwajah mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) berswafoto bersama warga yang memadati sekitar Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). Pria bernama David itu beberapa saat berhasil mengecoh warga. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Seorang pria berwajah mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) berswafoto bersama warga yang memadati sekitar Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). Pria bernama David itu beberapa saat berhasil mengecoh warga. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga berebut foto bersama dengan Reza Sri Mulyadi di sekitar lokasi akad nikah Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, Solo, Rabu (8/11). Relawan asal Jakarta itu berhasil menipu warga dengan wajahnya yang mirip Presiden Jokowi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga berebut foto bersama dengan Reza Sri Mulyadi di sekitar lokasi akad nikah Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, Solo, Rabu (8/11). Relawan asal Jakarta itu berhasil menipu warga dengan wajahnya yang mirip Presiden Jokowi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pria berwajah mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) berswafoto bersama warga yang memadati Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). Kehadiran pria bernama Reza Sri Mulyadi itu menjadi sisi lain dari pernikahan Kahiyang Ayu. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pria berwajah mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) berswafoto bersama warga yang memadati Gedung Graha Saba Buana, Solo, Rabu (8/11). Kehadiran pria bernama Reza Sri Mulyadi itu menjadi sisi lain dari pernikahan Kahiyang Ayu. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RS Premier Siap Ungkap Kondisi Kesehatan Setya Novanto

Posted: 07 Nov 2017 09:40 PM PST

RS Premier menyatakan siap buka-buka terkait kondisi kesehatan Ketua DPR, Setya Novanto. Hal itu disampaikan Kepala Hubungan Masyarakat RS Premier Sukendar.

Pernyataan Sukendar menanggapi permintaan Wakil Presiden Yusuf Kalla. Kalla meminta RS Premier transparan terkait kondisi Novanto.

"Ya apa pun kesimpulan, hasilnya akan kita sampaikan," kata Sukendar saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (8/11/2017).

Ia menjelaskan, pengelola rumah sakit segera bertemu dengan dokter yang menangani Novanto siang ini. Hasilnya, akan langsung disampaikan kepada publik.

"Dokternya baru praktik jadwal siang ini, nanti kami bertemu. Hasilnya nanti bisa berupa conference, disampaikan saya atau dokternya langsung," ujar Sukendar.

Namun, putusan akhir berada di dokter. Menurut Sukendar, rumah sakit hanya berperan sebagai fasilitator. Kewenangan terkait medical record ada di tangan dokter.

"Tanggung jawab pasien ada di dokternya, kami hanya fasilitasi. Karenanya manajemen harus ketemu dokternya dahulu," dia menutup.

 

Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, pemidanaan akun yang diduga menyebarkan meme satire Setya Novanto tidak terlalu mendesak.

"Yang paling pokok di sini ialah sebenarnya harus ada penjelasan dari dokter. Itu yang paling pokok," ujar JK di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa, 7 November.

Menurut JK, harus ada penjelasan kepada publik mengenai sakit dan perawatan Setnov selama di RS Premier Jatinegara.

"Iya (agar masyarakat percaya). Ya harus dokter menjelaskan bahwa dia memang sakit," ujar JK.

Soal pelaporan ke kepolisian, JK berpendapat, hal itu tidak terlalu mendesak. Meme-meme satire itu merupakan bentuk ekspresi masyarakat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nestapa Berlanjut, Thunder Dikalahkan Tim Terburuk NBA

Posted: 07 Nov 2017 09:40 PM PST

Trisula Russell Westbrook, Carmelo Anthony, dan Paul George belum menunjukkan kontribusi positif pada awal NBA 2017-2018. Mereka gagal membantu Oklahoma City Thunder menghindari kekalahan 86-94 dari Sacramento Kings di Golden 1 Center, Selasa (7/11/2017) atau Rabu (8/11/2017) WIB.

Hasil ini merupakan pukulan telak bagi Thunder karena Kings merupakan tim terburuk di NBA. Mereka sempat menderita tujuh kekalahan beruntun.

Kini Kings mencatat kemenangan kedua dari sembilan pertandingan. Di sisi lain, Thunder menderita tiga hasil negatif berturut-turut, atau keenam pada musim ini.

Westbrook menghasilkan 20 angka bagi Thunder, diikuti Anthony dengan 16 angka dan Steven Adams melalui 14 nilai.

Di kubu tuan rumah, Buddy Hield menciptakan 21 angka, disusul Zach Randolph (18) dan Justin Jackson (16). 

Kings memimpin 87-80 dalam pertandingan menyisakan dua menit. Carmelo Anthony kemudian mencetak tiga angka untuk memperkecil kedudukan, meski Kings kembali menjauh.

Dalam 89-83, Westbrook yang unjuk gigi dengan melesakkan tiga poin. Namun, setelah itu tim tamu gagal mencetak angka sehingga Kings memastikan kemenangan.

9 November vs Nuggets

10 November vs Clippers

12 November vs Mavericks

15 November vs Bulls

17 November vs Spurs

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setahun Menikah, Suami Sandra Dewi Masih Enggan Bilang Cinta?

Posted: 07 Nov 2017 09:40 PM PST

Tak terasa, setahun sudah Sandra Dewi dan Harvey Moeis mengikat janji suci sebagai sepasang suami istri. Melalui Instagram pribadinya, Sandra Dewi mengenang hari bahagianya tersebut.

Dalam sebuah foto, Sandra Dewi dan Harvey Moeis tampak saling berhadapan. Aktris berumur 34 tahun itu terlihat tengah mendengarkan sang suami yang sedang mengungkap cinta kepadanya.

Sandra Dewi dan Harvey Moeis (Instagram/@sandradewi88)

Rupanya, saat itulah pertama kalinya Harvey Moeis menyatakan bahwa dirinya mencintai Sandra Dewi. Artis sekaligus pengusaha itu mengungkap bahwa sang suami memang tak biasa mengungkapkan cinta dengan kata-kata.

"Karena dijebak pas hari H oleh sahabat saya @vjdaniel & @yuanitachrist untuk blg something ke istrinya.. mulai dr cerita finally, ini pertama kali dia bilang i love u ke istrinya.. the best moment for us & bikin saya melting," tulis Sandra Dewi.

Lucunya, Harvey Moeis tetap tak biasa mengungkap cinta pada Sandra Dewi dengan kata-kata, meski sudah menikah selama satu tahun. Buktinya, Sandra Dewi harus memaksa sang suami untuk melakukan hal tersebut. "(skrg si sering blg i love u *setengahdipaksa)," tambah Sandra Dewi.

 

 

Sifat kaku Harvey Moeis memang sudah diungkap Sandra Dewi sejak awal mengungkap hubungannya ke muka publik. Wajah tampan pengusaha itu pun tak pernah dipajang sang artis sebelum menikah.

Sandra Dewi pun sempat menyatakan bahwa Harvey Moeis tak suka beprose di depan kamera. Alhasil, ia harus usaha lebih keras untuk mengajak Harvey Moeis berpose mesra saat melakukan sesi pemotretan prewedding.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Otoritas Bursa Suspensi Saham Nusantara Infrastructure

Posted: 07 Nov 2017 09:36 PM PST

Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan saham (suspensi) PT Nusantara Infrastructure Tbk (MET) mulai sesi I pada Rabu (8/11/2017).

Kepala Divisi Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna menuturkan, pihaknya suspensi saham META dengan sejumlah pertimbangan. Hal itu antara lain belum ada keterbukaan informasi yang memadai dari Perseroan terkait dengan transaksi perubahan kepemilikan saham perseroan yang berpotensi terjadinya perubahan pengendalian perseroan, dan dalam rangka menjaga pasar yang teratur, wajar dan efisien.

Oleh karena itu, BEI memutuskan suspensi saham PT Nusantara Infrastructure Tbk di pasar reguler dan tunai terhitung sejai sesi I hingga pengumuman lebih lanjut.

"Bursa meminta kepada para pemangku kepentingan untuk memperhatikan setiap keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan," kata dia.

Hal ini juga merujuk pada surat bursa Nomor:S-06055/BEI.PPI/11-2017 pada 6 November 2017 soal permintaan penjelasan media dan surat bursa Nomor:S-06089/BEI.PPI/11-2017 pada 7 November 2017.

Sebelumnya transaksi saham PT Nusantara Infrastructure Tbk mencapai Rp 1,8 triliun di pasar negosiasi pada 8 September 2017.

Ternyata Grup Rajawali melalui PT Hijau Makmur Sejahtera melepas kepemilikan sahamnya di PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) sebesar 21 persen atau sebanyak 3,2 miliar lembar saham kepada PT Matahari Kapital Indonesia pada Jumat 8 September 2017.

Direktur Pelaksana PT Rajawali Corpora Satrio Tjai menuturkan, keputusan melepas kepemilikan saham di Nusantara Infrastructure ini merupakan aksi pemegang saham dengan mempertimbangkan grup Rajawali selama ini hanya pemegang saham minoritas di Nusantara Infrastructure.

Kemudian perusahaan asal Filipina mengumumkan menambah kepemilikan saham di PT Nusantara Infratructure Tbk.

Metro Pacific Investments Corp, perusahaan asal Filipina menambah kepemilikan sahamnya di PT Nusantara Infrastructure Tbk (META), perusahaan infrastruktur Indonesia bergerak di jalan tol, operasi pelabuhan, energi dan telekomunikasi.

Metro Pacific Investments Corp melalui Metro Pacific Tollways Corp menandatangani perjanjian dengan PT Matahari Kapital Indonesia untuk akuisisi 6,6 miliar sahamnya yang mewakili 42,25 persen saham PT Nusantara Infrastructure Tbk senilai US$ 132 juta.

Dengan transaksi itu, Metro Pacific Tollways Corp sekarang akan memiliki 47,08 persen saham dari total kepemilikan saham PT Nusantara Infrastructure Tbk.

"Metro Pacific Tollways Corp akan mendukung pengelolaan PT Nusantara Infrastructure Tbk dengan berbagi layanan merek kami dan membantu perusahaan Indonesia untuk mengembangkan potensi pertumbuhannya terutama di sektor jalan tol," ujar Presiden Direktur Metro Pacific Tollways Corp Rodrigo Franco.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Tak hanya itu, Bursa Efek Indonesia (BEI) juga membuka suspensi atau penghentian sementara perdagangan saham PT Rimo International Lestari Tbk (RIMO) pada Rabu 8 November 2017.

Suspensi itu dibuka di pasar reguler dan tunai mulai sesi I 8 November 2017. Berdasarkan data RTI, saham RIMO merosot tajam. Saham RIMO turun 24,02 persen ke posisi Rp 193 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 12.120 kali dengan nilai transaksi Rp 90,3 miliar.

Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan (suspensi) saham PT Rimo International Lestari Tbk (RIMO) pada perdagangan Selasa 7 November 2017.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa pekan ini suspensi itu dilakukan seiring terjadinya penurunan harga kumulatif yang signifikan di saham PT Rimo International Lestari Tbk sehingga perlu cooling down.

"Penghentian sementara perdagangan saham RIMO tersebut dilakukan di pasar reguler dan tunai dengan tujuan untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di saham Rimo International," jelas Kadiv. Pengawasan Transaksi BEI Irvan Susandy, Selasa (7/11/2017).

Adapun para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan.

Berdasarkan data RTI, secara mingguan dari periode 30 Oktober-3 November 2017, saham RIMO turun 48,79 persen ke posisi Rp 338 per saham. Total nilai transaksi Rp 802,3 miliar.

Akan tetapi, kalau dilihat selama periode 2017, saham RIMO sudah cetak untung 33,68 persen ke posisi Rp 254 per saham dengan total frekuensi perdagangan 447.560 kali dengan nilai transaksi Rp 17,5 triliun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pantang Mengemis, Ibu di Makassar Tegar Rawat Anak Lumpuh Layu

Posted: 07 Nov 2017 09:31 PM PST

Pasrah kepada ilahi sembari berdoa, hanya itu modal yang menguatkan hati seorang ibu rumah tangga (IRT) di Makassar ini dalam merawat buah hatinya yang menderita lumpuh layu sejak berusia 1 tahun.

Riri (35), nama Ibu Rumah Tangga (IRT) tersebut. Selama ini, ia tinggal bersama dua buah hatinya di sebuah rumah di Jalan Andi Mangerangi, Lorong 11, Kelurahan Bongayya, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar.

Beban Riri terasa makin berat saat ia ditinggalkan suaminya, Yan Affandi (43) merantau mencari kerja ke Jakarta. Tanpa ada sedikit pun sumber penghasilan, ia berupaya tegar merawat dua anaknya seorang diri, termasuk si sulung, Nurjanah (9).

Nurjanah yang menderita lumpuh layu itu hanya bisa berbaring kaku di lantai beralaskan tikar plastik. Tikar itu merupakan pemberian tetangganya yang prihatin dengan kondisinya dulu.

"Awalnya, dia (Nurjanah) lahir normal. Tapi tiba-tiba terkena demam tinggi dan step. Yah beginilah setelahnya," kata Riri kepada Liputan6.com saat dikunjungi di rumahnya, Senin, 6 November 2017.

Menurutnya, merawat anak merupakan amanah yang harus dijalankan meski dalam keterbatasan. Belas kasih dari kerabatnya yang terkadang muncul menjadi satu-satunya sumber ia menghidupi anaknya itu.

"Kadang makan ketika ada sepupu yang datang membungkuskan kami nasi. Itulah yang saya makan bersama dua anak saya. Selain tak punya penghasilan, saya juga tak bisa berbuat apa. Apalagi mau masak, kami tak punya kompor," katanya.

Meski kondisinya serba terbatas, pantang bagi Riri untuk mengemis. Ia yakin mengemis bukan perbuatan yang mulia.

"Semua sudah diatur Tuhan. Apa pun yang menjadi skenarionya saya akan jalani sebagai amanah. Meski, saya tahu kondisi yang ada berat. Doa dan kepasrahan yang menguatkan saya dalam membesarkan buah hati saya," ujar Riri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump: Korut... Jangan Macam-macam dengan Kami

Posted: 07 Nov 2017 09:31 PM PST

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengeluarkan peringatan keras kepada Korea Utara saat menyampaikan pidato di Majelis Nasional Korea Selatan pada Rabu, 8 November 2017.

Dalam pidato tersebut, Trump memperingatkan bahwa tindakan provokatif akan dianggap sebagai "kesalahan fatal" di bawah pemerintahannya.

Ia juga menyebut bahwa dirinya lebih memungkinkan menggunakan kekuatan militer, dibanding Presiden AS sebelumnya, jika Pyongyang terus mengancam AS dan sekutu-sekutunya.

"Ini pemerintahan yang sangat berbeda dibanding pemerintahan AS pada masa lalu," ujar Trump.

"Jangan remehkan dan jangan macam-macam dengan kami," tegas dia.

Dikutip dari CNN, Rabu (8/11/2017), presiden berusia 71 tahun itu juga menyampaikan pesan langsung terhadap diktator Korea Utara. Ia memperingatkan bahwa provokasi nuklir terus-menerus akan berakibat pada runtuhnya rezim Kim Jong-un.

"Senjata yang Anda miliki tak membuat Anda lebih aman, senjata itu malah membuat rezim Anda dalam bahaya besar," ujar Trump dalam apa yang ia sebut dengan pesan langsung kepada Kim Jong-un.

"Setiap langkah yang Anda ambil di jalan gelap ini akan meningkatkan bahaya yang Anda hadapi," imbuh dia.

Dalam kesempatan itu, Trump juga meminta denuklirisasi di Semenanjung Korea yang sempurna dan dan dapat diverifikasi. Ia meminta semua negara yang bertanggung jawab untuk bergabung dan mengisolasi rezim Korut.

Trump juga menggambarkan hal kontras antara Korsel dan Korut, dengan mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Korsel adalah bukti bahwa apa yang dilakukan Korut telah gagal.

"Ketika Perang Korea dimulai pada 1950, baik Korsel dan Korut kira-kira memiliki PDB per kapita yang sama. Namun pada 1990-an, kekayaan Korea Selatan telah melampaui Korea Utara lebih dari 10 kali. Dan sekarang ekonomi Korsel telah 40 kali lebih besar."

"Korea Utara adalah sebuah negara yang dikuasai oleh sebuah kultus. Di pusat pemujaan militer ini, ada kepercayaan gila terhadap penguasa...," ujar Trump.

Selain masalah ekonomi, Donald Trump juga membandingkan kondisi hak asasi manusia yang Trump sebut mengerikan di Korea Utara dengan kebebasan yang dinikmati warga Korea Selatan.

 

Dalam lawatan Trump ke Korsel, kedua kepala negara juga mengumumkan bahwa Seoul akan membeli perangkat militer AS senilai miliaran dolar. Kemungkinan itu termasuk kapal selam bertenaga nuklir yang dapat mencegat rudal balistik Korut.

"Uji coba nuklir keenam Korut dan peluncuran misilnya merupakan sebuah ancaman. Tidak hanya bagi rakyat Korsel, tapi juga bagi warga dunia," tegas Trump.

"Kita akan bersama-sama menghadapi aksi Korut dan mencegah diktator Korut mengancam jutaan nyawa tak berdosa...AS siap untuk mempertahankan diri dan sekutunya menggunakan seluruh kemampuan militer kami yang tak tertandingi -- jika memang diperlukan," imbuhnya.

Semula berkembang rumor bahwa selama berada di Negeri Ginseng, Trump akan mendatangi Zona Demiliterisasi Korea (DMZ). Namun seorang pejabat Gedung Putih menegaskan bahwa Presiden AS itu tidak akan menginjakkan kaki di DMZ karena keterbatasan waktu.

"Presiden tidak akan mengunjungi DMZ," kata pejabat tersebut seraya menjelaskan bahwa "tidak ada cukup waktu dalam jadwal" Trump.

Teranyar, CBS News melansir Trump membatalkan kunjungan ke DMZ karena cuaca buruk. Helikopter Marine One yang mengangkut Trump dilaporkan telah terbang menuju DMZ, tapi tak lama kembali akibat kondisi cuaca yang buruk. Laporan cuaca dari dekat DMZ menunjukan kondisi berkabut dan jarak pandang di bawah satu mil.

Terkait batalnya kunjungan ke DMZ, Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengungkapkan, "Saya rasa dia (Trump) cukup kecewa."

Ternyata, kunjungan Trump ke DMZ telah dijadwalkan sejak semula. Namun, dirahasiakan mengingat persoalan keamanan.

Korsel adalah negara kedua yang dikunjungi Trump setelah Jepang. Dalam lawatan perdananya ke Asia, Trump juga akan menyambangi China, Vietnam dan Filipina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VLOG: Gaya Unik Relawan Jokowi di Pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution

Posted: 07 Nov 2017 09:30 PM PST

Sejumlah relawan Jokowi dari sejumlah negara hadir di prosesi akad nikah Kahiyang Ayu-Bobby Nasution.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapten AC Milan Enggan Ungkap Alasan Sebenarnya Tinggalkan Juve

Posted: 07 Nov 2017 09:30 PM PST

Kapten AC Milan Leonardo Bonucci enggan membeberkan alasan sebenarnya meninggalkan Juventus. Pemain berusia 30 tahun itu, hanya menyebutkan ada hal baru yang harus dijalaninya selama meniti karier sepak bola.

Bonucci mengibaratkan ada sebuah buku baru untuk dipelajari, serta ada bab baru. "Saya sudah bersama pemain Juventus selama enam tahun dan kini ada di AC Milan," kata Bonucci saat berbicara tentang kepergiannya dari raksasa Turin dan dimulainya tantangan baru dengan klub barunya.

Bonucci sempat melewatkan kesempatan untuk menghadapi rekan setimnya di Juventus dalam lanjutan Serie A bulan lalu. Ia terpaksa absen karena harus menjalani skorsing.

"Beberapa hal harus tetap bersifat pribadi, saya hanya bisa berterima kasih kepada Juventus atas apa yang saya alami."

Penampilan Bonucci sendiri mulai membaik dalam dua pertandingan terakhirnya setelah absen lama. Dia berharap bisa melanjutkan performanya bersama AC Milan setelah jeda internasional.

Kepindahan Bonucci dari Juventus ke AC Milan terjadi setelah kedua klub itu mencapai kesepakatan yang dilaporkan bernilai 42 juta euro.

Hengkangnya Bonucci dari Turin terjadi di tengah spekulasi soal hubungannya dengan pelatih Juve, Massimiliano Allegri.

Aksi pemain AC Milan, Suso (kanan) melepaskan tembakan ke gawang Chievo ada laga Serie A di Bentegodi stadium, Verona, (25/10/2017). AC Milan menang 4-1. (Filippo Venezia/ANSA via AP)

Pada bagian lain, Bonucci sempat menilai penampilan Suso, dan mantan rekan setimnya Paulo Dybala. Suso yang mencetak gol dalam kemenangan 2-0 atas Sassuolo, saat ini tengah membangun dirinya sebagai sosok fundamental bagi Rossoneri.

Namun, Bonucci percaya bahwa ada aspek yang kurang dalam hal pengalaman untuk menempatkannya pada level yang sama seperti Dybala.

"Saya pikir Paulo lebih kuat karena dia bisa bermain lebih banyak di tingkat Eropa," katanya kepada Premium Sport.

Para pemain AC Milan, merayakan gol Suso (2kanan) saat melawan Sassuolo pada lanjutan Serie A di Mapei Stadium, Reggio Emilia, Italia, (5/11/2017). Milan menang 2-0. (Elisabetta Baracchi/ANSA via AP)

Sementara itu, AC Milan bakal kehilangan sejumlah pemain pilarnya. Para pemain ini tinggalkan AC Milan karena harus membela masing-masing tim nasionalnya.

Setelah menyelesaikan lima pertandingan di Serie A dan dua laga di Liga Europa, AC Milan sekarang bisa istirahat sejenak untuk jeda pertandingan internasional pertama musim ini.

Sebanyak 12 pemain AC Milan akan beraksi untuk 10 tim yang berbeda (delapan negara). Beberapa pemain akan bermain untuk laga persahabatan, sedangkan lainnya akan membela negaranya untuk melakoni laga sangat penting di fase kualifikasi Piala Dunia 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jan Ethes Tak Rewel Hadiri Pernikahan Kahiyang-Bobby, Kok Bisa?

Posted: 07 Nov 2017 09:30 PM PST

Cucu Presiden Jokowi, Jan Ethes, belum genap dua tahun umurnya. Anak dari putra pertama sang Presiden, Gibran Rakabuming Raka, ini tentunya hadir dalam pernikahan sang tante, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution yang berlangsung hari ini Rabu (8/11/2017).

Namun, membawa balita seperti Jan Ethes ke pesta pernikahan seperti Kahiyang-Bobby tentu bukanlah perkara mudah. Pesta yang ramai dan bising tentu bisa membuat balita merasa tidak nyaman. Anak-anak di bawah usia 5 tahun cenderung belum bisa mengontrol emosi mereka, sehingga bisa berpotensi tantrum.

Belum lagi, upacara dan perayaan Kahiyang Ayu, putri semata wayang sang Presiden, akan terus berlangsung sampai nanti malam. Pastinya akan melelahkan.

Lalu, apa yang bisa dilakukan orangtua untuk menghibur balita seperti Jan Ethes saat harus menghadiri pesta atau tempat ramai lainnya?

Berikut beberapa cara yang mungkin bisa diikuti oleh Gibran dan Selfi Ananda, istrinya, untuk menghibur Jan Ethes:

1. Buat tempat khusus anak-anak

Mengutip Parenting, Rosie Pop, penulis buku Mommy IQ: The Complete Guide to Pregnancy, menyarankan agar orangtua menyediakan area khusus anak-anak.

Lengkapi area ini dengan beberapa mainan yang aman, yang bisa mengalihkan perhatian si kecil dari kerewelannya.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Cucu Presiden Jokowi, Jan Ethes Sri Narendra bersama ayah dan ibunya, Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda. (Liputan6.com)

Mengutip The Knot, anak-anak bisa jadi rewel di pesta pernikahan karena mereka merasa tidak mendapat perhatian cukup. Orangtua bisa menghibur mereka dengan memberi camilan.

Namun, pilih camilan yang tidak akan membuat berantakan dan tidak tinggi gula.

3. Bawa mainan kesukaan

Setiap anak biasanya memiliki mainan favorit, bisa boneka, action figure, atau mainan yang mengeluarkan beraneka bunyi.

Saat akan menghadiri pesta pernikahan, pastikan Anda membawa mainan kesayangan anak. Bahkan jika memungkinkan, dan acaranya akan panjang, silakan bawa lebih dari satu.

 

Jokowi temani cucu pertamanya Jan Ethes main air. (Foto: Youtube/Presiden Joko Widodo)

Saat mengantuk, anak-anak, terutama balita, cenderung jadi rewel. Orangtua harus memastikan anak cukup tidur, atau bisa tidur saat ia lelah.

Untuk balita seperti Jan Ethes, dia masih bisa tidur sambil dipangku oleh orangtua atau pengasuhnya. Sedangkan untuk anak-anak yang lebih besar, orangtua sebaiknya mencari ruangan yang tenang yang memungkinkan anaknya tidur untuk beberapa saat agar lebih segar dan ceria.

5. Sewa babysitter

Jika pernikahan yang Anda datangi adalah pernikahan keluarga sendiri, ada baiknya menyewa atau membawa pengasuh profesional untuk anak. Terutama jika anak masih berusia sangat muda.

Babysitter bisa memastikan anak selalu diawasi dan bisa membantu menghibur ketika mereka mulai rewel. Sementara itu, orangtua bisa melakukan tugasnya atau tujuannya ada di pesta pernikahan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Sambut Piala Dunia 2018, Timnas Jerman Pamer Jersey Terbaru

Posted: 07 Nov 2017 09:30 PM PST

Jersey terbaru Timnas Jerman untuk Piala Dunia 2018 di Rusia saat diperkenalkan di Berlin (7/11). Desain jersey utama tim Der Panzer ini masih diproduksi Adidas dengan warna dominan putih dipadu gradasi hitam di bagian dada. (AFP Photo/Ganjil Andersen)

Jersey terbaru Timnas Jerman untuk Piala Dunia 2018 di Rusia saat diperkenalkan di Berlin (7/11). Desain jersey utama tim Der Panzer ini masih diproduksi Adidas dengan warna dominan putih dipadu gradasi hitam di bagian dada. (AFP Photo/Ganjil Andersen)

Pemain Timnas Jerman memberikan hadiah selama perkenalan jersey terbaru timnas Jerman untuk Piala Dunia 2018 di Berlin (7/11). Jersey ini terinspirasi dari kostum yang pernah dikenakan pada Piala Dunia 1990. (AFP Photo/Ganjil Andersen)

Pemain Timnas Jerman memberikan hadiah selama perkenalan jersey terbaru timnas Jerman untuk Piala Dunia 2018 di Berlin (7/11). Jersey ini terinspirasi dari kostum yang pernah dikenakan pada Piala Dunia 1990. (AFP Photo/Ganjil Andersen)

Pemain Timnas Jerman berpose memperkenalkan jersey terbaru untuk Piala Dunia 2018 di Berlin (7/11). Jersey ini terinspirasi dari kostum yang pernah dikenakan pada Piala Dunia 1990. (AFP Photo/Ganjil Andersen)

Pemain Timnas Jerman berpose memperkenalkan jersey terbaru untuk Piala Dunia 2018 di Berlin (7/11). Jersey ini terinspirasi dari kostum yang pernah dikenakan pada Piala Dunia 1990. (AFP Photo/Ganjil Andersen)

Gelandang Jerman Mezut Ozil menendang bola selama perkenalan jersey terbaru timnas Jerman untuk Piala Dunia 2018 di Berlin (7/11). Jersey ini terinspirasi dari kostum yang pernah dikenakan pada Piala Dunia 1990. (AFP Photo/Ganjil Andersen)

Gelandang Jerman Mezut Ozil menendang bola selama perkenalan jersey terbaru timnas Jerman untuk Piala Dunia 2018 di Berlin (7/11). Jersey ini terinspirasi dari kostum yang pernah dikenakan pada Piala Dunia 1990. (AFP Photo/Ganjil Andersen)

Pemain Timnas Jerman berpose memperkenalkan jersey terbaru untuk Piala Dunia 2018 di Berlin (7/11). Jersey ini terinspirasi dari kostum yang pernah dikenakan pada Piala Dunia 1990. (AFP Photo/Ganjil Andersen)

Pemain Timnas Jerman berpose memperkenalkan jersey terbaru untuk Piala Dunia 2018 di Berlin (7/11). Jersey ini terinspirasi dari kostum yang pernah dikenakan pada Piala Dunia 1990. (AFP Photo/Ganjil Andersen)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persaingan Sengit Go-Jek, Grab, dan Uber

Posted: 07 Nov 2017 09:30 PM PST

Go-Jek, Grab, dan Uber adalah tiga penyedia transportasi online besar di Tanah Air. Ketiganya terus menawarkan layanan dan fitur terbaru demi menggaet pelanggan baru.

Persaingan mereka pun terbilang ketat dan terkadang diwarnai dengan hal kontroversial. Berikut fakta menarik soal Go-Jek, Grab, dan Uber menurut studi dari ilmuOne Data dengan sumber data yang diperoleh dari comScore.

Studi ini mengungkap jumlah pengguna (unique visitor) Grab dan Gojek tidak jauh berbeda (8,6 juta dan 8,8 juta per bulan). Sementara jumlah pengguna Uber sekitar seperempatnya (2,3 juta per bulan).

Go-Jek dan Grab memiliki basis pengguna sebesar 4 juta, hampir setengah dari total pengguna mereka.

Menariknya 15,8 persen dan 16,9 persen pengguna Go-Jek dan Grab, masing-masing juga menggunakan Uber. Namun, 60 persen pengguna Uber menggunakan Go-Jek dan Grab.

Mengenai jumlah pengguna berdasarkan jenis kelamin, Go-Jek memiliki 3.403.000 pengguna pria dan 5.468.000 pengguna wanita.

Grab memiliki pengguna pria 4.259.000 dan pengguna wanita 4.341.000. Sementara Uber hanya memiliki 988.000 pengguna pria dan pengguna wanita 1.355.000.

Selain jenis kelamin, masing-masing juga memiliki segmen demografi andalan dari sisi umur. Berikut penjabarannya:

Sebagai catatan, semua angka di atas berdasarkan data penggunaan di smartphone Android per Agustus 2017.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadiri Midodareni Kahiyang Ayu, Roro Fitria Dikawal Polisi

Posted: 07 Nov 2017 09:30 PM PST

Presiden RI Jokowi kembali mantu. Anak keduanya, Kahiyang Ayu, dipersunting kekasihnya, Bobby Nasution, pada Rabu (8/11/2017) ini.

Kabarnya, Jokowi menyebar sebanyak 8 ribu undangan. Termasuk di antaranya adalah selebritas Tanah Air. Salah satunya termasuk Roro Fitria.

Artis 29 tahun itu tidak hanya mendapat kesempatan hadir di hari H, tapi juga di malam midodareni yang berlangsung pada Selasa (7/11/2017). Untuk acara ini, Roro Fitria juga tak mau tampil biasa.

Roro Fitria hadiri malam Midodareni Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution [foto: instagram.com/roro.fitria1989]

Malam tadi, Roro Fitria mengenakan gaun berwarna merah menyala dengan mahkota dan anting-anting bertabur berlian. Bukan cuma itu, Roro juga bahkan dikawal mobil polisi saat berjalan menuju lokasi acara.

"tatkala persiapan percantik paras....pengawalan khusus...dan #mangayubagyo #malam #Midodareni Yth. Bp. #Presiden ngunduh mantu...." ceritanya.

Sayangnya, sesampainya di lokasi, para tamu undangan sudah memadati area. Alhasil, Roro Fitria harus menyaksikan acara midodareni Kahiyang Ayu dari luar pagar.

 

Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. (Liputan6.com)

Setelah malam midodareni, Rabu (8/11/2017), pagi tadi Roro Fitria juga diketahui menghadiri prosesi akad nikah Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Anak kedua Presiden Jokowi itu kini telah resmi menjadi seorang istri.

Emas seberat 80 gram serta seperangkat alat salat, menjadi maskawin Bobby Nasution untuk meminang Kahiyang Ayu. Setelah ijab kabul, kedua mempelai langsung menuju pelaminan yang didekorasi penuh dengan hiasan bunga warna-warni.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Solo Sibuk Selfie di Karangan Bunga Kahiyang - Bobby

Posted: 07 Nov 2017 09:28 PM PST

Sekitaran Graha Sabha Buana, tepatnya di sepanjang Jalan Letjen Suprapto, tempat berlangsungnya resepsi pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, penuh dengan karangan bunga. Karangan bunga yang terus menerus datang berasal dari banyak pihak, mulai dari pejabat, sahabat, hingga orang-orang dekat kedua keluarga mempelai.

Uniknya, jejeran karangan bunga ucapan selamat menjadi objek selfie masyarakat yang berkumpul sejak pagi. Mereka merasa penasaran dan ingin menyaksikan prosesi pernikahan adat Jawa klasik yang dijalankan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Sayangnya, tidak semua orang bisa menyaksikan secara langsung momen ritual pernikahan.

Untuk mengobati rasa kecewa tersebut, masyarakat menjadikan jejeran karangan bungan sebagai objek selfie. Pantauan Tim SCTV di lapangan, karangan bungan yang datang bukan hanya dari toko bunga di Solo, tapi juga dari toko-toko dari berbagai daerah.

"Penasaran aja sama pernikahan Kahiyang, saya tetangga Kahiyang, dapat undangan malam," ungkap seorang warga yang menjadikan deretan karangan bunga sebagai objek selfie.

Ilustrasi suvenir pernikahan Kahiyang Ayu. (Dokumentasi Mintorogo)

Di sekitar lokasi berlangsungnya resepsi sendiri terdapat sekitar 50 becak yang siap mengantarkan tamu dari parkiran menuju tempat pelaminan. Selain beragam kuliner Jawa yang dihidangkan, para tamu juga mendapat suvenir-suvenir antik. Setidaknya ada lima jenis suvenir yang disediakan, antara lain beauty pouch yang bertuliskan inisial dari Kahiyang dan Bobby hingga kotak perhiasan antik.

Suvenir ini dibuat oleh perajin kaca asal Banjarsari Solo, Mintorogo. Mintorogo mengungkapkan dirinya mendapatkan pesanan grafir kaca batik ini sebanyak 500 buah untuk suvenir pada pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

 

Beauty Pouch menjadi salah satu suvenir yang disediakan Kahiyang Ayu dan Bobby untuk para tamu yang datang. Foto: Dok SCTV.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Tegaskan Ada Tersangka Baru E-KTP, Ini Reaksi Setnov

Posted: 07 Nov 2017 09:27 PM PST

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan ada tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP.

Lantas, apa tanggapan Ketua DPR Setya Novanto terkait hal tersebut?

"Kita serahkan semua pada mekanisme hukum yang berjalan," kata Setya Novanto usai menghadiri acara akad nikah Kahiyang-Bobby di Gedung Graha Saba Buana, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (8/11/2017).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan adanya tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

"Saat ini kami belum bisa sampaikan secara rinci, tapi kami konfirmasi dulu benar ada proses penyidikan, benar sudah ada tersangka baru dalam kasus e-KTP ini," ujar Febri di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa 7 November 2017.

Namun, dia tak menyinggung siapa yang dimaksud sebagai pihak yang sudah ditetapkan sebagai tersangka tersebut.

"Terkait siapa, perannya apa saja, dan rincian lebih lanjut nanti akan kami sampaikan secara lebih lengkap pada konferensi pers yang akan kita umumkan," kata Febri.

Dia juga membenarkan terkait adanya surat perintah penyidikan (sprindik) baru terkait kasus dengan nilai proyek Rp 5,9 triliun. Sprindik tersebut sudah diterbitkan sejak akhir Oktober 2017.

"Jadi ada surat perintah penyidikan di akhir Oktober, untuk kasus e-KTP ini. Itu sprindik baru. Dan ada nama tersangka," kata dia.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

Sebelumnya, beredar foto surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) kasus e-KTP di kalangan awak media. Dalam foto tersebut, SPDP dikeluarkan pada 3 November 2017 berdasarkan sprindik pada 31 Oktober 2017. SPDP tersebut tertuju pada Ketua DPR Setya Novanto.

Febri tak menampik atau membantah keberadaan SPDP tersebut.

"Terkait dengan informasi lain yang lebih teknis, misalnya soal SPDP, atau soal nama tersangka atau peran yang lain kami belum bisa konfirmasi hal itu hari ini. Tapi kami pastikan KPK akan terus berjalan menangani kasus e-KTP ini," ucap dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Doa Zulkifli Hasan untuk Bobby-Kahiyang

Posted: 07 Nov 2017 09:25 PM PST

Akad nikah Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, berjalan khidmat dalam satu tarikan napas.

Tamu yang hadir untuk memberi selamat dan doa pada pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, termasuk Ketua MPR RI Zulkifli Hasan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kahiyang-Bobby Sungkem, Iriana Jokowi Sempat Tertawa

Posted: 07 Nov 2017 09:23 PM PST

Kahiyang-Bobby melakukan proses sungkem di atas pelaminan. Selain terharu, sempat terlihat pula Iriana Jokowi tertawa bahagia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Report Pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution

Posted: 07 Nov 2017 09:23 PM PST

Presiden Jokowi menikahkan putrinya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution pada Rabu (8/11/2017). Prosesi pernikahan mulai dari akad hingga resepsi akan berlangsung di Gedung Graha Saba Buwana, Surakarta.

Seperti apa prosesi pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution? Ikuti secara live report di bawah ini:

12.21 WIB

Ribuan tamu undangan masih mengantre untuk memberikan ucapan selamat kepada pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Mereka berbaris rapi menunggu giliran di Gedung Graha Saba Solo.

11.30 WIB

Istri Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Veronica Tan, memberikan ucapan selamat kepada pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di pelaminan. Veronica memberikan ucapan berbarengan dengan mantan Guberrnur DKI Jakarta Djarot Siaful Hidayat dan istri.

Istri Ahok, Veronica Tan saat menghadiri pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution (Liputan6.com)

Pukul 10.26 WIB

Tamu undangan saat ini masih memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Mereka berbaris rapi untuk menuju pelaminan.

Pukul 09.51 WIB

Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. (Liputan6.com)

Usai ijab kabul, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution menuju kursi pelaminan untuk menjalani resepsi pernikahan. Sejumlah tamu seperti Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono dan keluarga, serja pejabat dan tokoh lainnya menyalami Kahiyang-Bobby di atas pelaminan. 

Pukul 09.35 WIB

Kahiyang Ayu resmi jadi istri Bobby Nasution. 

Pukul 09.25 WIB

Presiden Joko Widodo nikahkan langsung putri semata wayangnya, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.

Pukul 08.29 WIB

Kereta kencana yang dinaiki Kahiyang Ayu tiba di Gedung Graha Saba, Solo. Di mana tempat berlangsungnya akad nikah dengan Bobby Nasution.

Kahiyang tampak anggun dan cantik dengan menggunakan kebaya tradisional berwarna hitam bermotif emas. Kahiyang, datang sekitar pukul 08.29 WIB.

Pukul 08.26 WIB

Bobby Nasution sudah tiba di Gedung Graha Saba Buana, tempat resepsi pernikahannya dengan Kahiyang Ayu. Sebelumnya, dengan mengenakan beskap hitam bermotif emas, Bobby dikirab dengan menggunakan kereta kencana. Di sepanjang jalan, Bobby terus melambaikan tangan ke arah warga Solo. 

Pukul 08.03 WIB

Keluarga Bobby Nasution sudah tiba di gedung Graha Saba Buana, Solo. Mereka yang tiba sekitar pukul 07.30 WIB, langsung menuju ruang ijab kabul. Kemudian, Bobby Nasution sudah berangkat ke lokasi pernikahan dengan menggunakan kereta kencana dari Hotel Alila.

Sekarang ini pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution telah resmi menjadi sepasang suami istri. Tepatnya pada pukul 09.26 WIB, kata 'Sah' terucap dari saksi sebagai tanda keduanya sudah siap menjalani bahtera rumah tangga. (Adrian Putra/Bintang.com)

Pukul 07.40 WIB

Para tamu undangan di pernikahan Kahiyang-Bobby mulai berdatangan di Gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah. Mulai dari Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, Setya Novanto, Boediono, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Ada pula sejumlah menteri Kabinet Kerja juga sudah mulai berdatangan ke lokasi pernikahan.

Pukul 07.00 WIB

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan melangsungkan akad nikah hari ini di gedung Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah. Acara akan berlangsung pada pukul 09.00 WIB.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (8/11/2017), sejumlah tamu sudah hadir di gedung tersebut. Seperti Mendagri Tjahjo Kumolo yang tiba di lokasi acara sekitar pukul 06.30 WIB. Selain itu, relawan Jokowi juga sudah berbaris di seberang Gedung Graha Saba.

Sementara arus lalu lintas di depan gedung dialihkan. Ratusan petugas dari TNI dan Polri juga bersiaga di sekitar lokasi acara yang terletak di Jalan Letjen Suprapto No.80-B, Sumber, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berapa Harga Kereta Kuda yang Dipakai Kahiyang-Bobby?

Posted: 07 Nov 2017 09:22 PM PST

Pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution cukup menarik perhatian bagi sejumlah kalangan. Selain kental dengan adat Jawa, prosesi yang dijalani juga cukup unik.

Salah satu yang cukup menyedot mata yaitu ketika kirab menggunakan kereta kuda menuju lokasi pernikahan.

Setidaknya ada delapan kereta kencana hadir dalam acara tersebut. Semua kereta kencana ditarik menggunakan bantuan 16 ekor kuda.

Tentu saja, kehadiran delapan kereta kencana ini juga tak lepas dari sorotan, karena tampilannya sangat nyentrik tak seperti delman.

Sebaliknya, kesan klasik dan elegan sangat terlihat, sehingga pernikahan ini mirip cerita-cerita masa lalu dan dongeng era kerajaan.

Usut punya usut, kereta kuda yang digunakan per unitnya bisa sehargga Rp 100 juta.

Bukan tak mungkin harga kereta ini seharga mobil yang telah dilengkapi mesin. Sebab, pembuatan kereta tersebut tidak dibuat secara massal dan dibantu robot.

Sebaliknya kereta kencana diracik secara manual dengan tangan. Bahkan, untuk pembuatan kereta ini tidak lah sebentar, melainkan memakan waktu hingga satu tahun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Kereta kencana yang membawa Kahiyang Ayu tiba di Gedung Graha Saba, Solo, yang merupakan tempat berlangsungnya akad nikah dengan Bobby Nasution.

Pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution, diawali prosesi kirab kereta kencana menuju lokasi pernikahan. Masing-masing calon pengantin menggunakan empat kereta kencana. Sejumlah ruas jalan yang dilalui ditutup sementara. Kereta kencana yang mengantarkan Kahiyang-Bobby ke lokasi pernikahan dikawal Polwan dan TNI.

Untuk calon mempelai pria, Bobby Nasution, rute kirab kereta kencana dimulai dari Hotel Alila menuju lokasi pernikahan di Gedung Graha Saba Buana, Solo. Iringan empat kereta kencana akan melintasi Jalan Slamet Riyadi dan persimpangan RS Panti Waluyo.

Selama iringan kereta berjalan, arus lalu lintas dari arah barat ditutup dan dialihkan ke Jalan dr Soeharso. Selanjutnya iringan kereta melintasi Jalan Ahmad Yani melewati Bundaran Patung Wisnu Mahanan menuju Gedung Graha Saba Buana. Arus kendaraan dari Jalan Adi Soecipto menuju perempatan Manahan ditutup sementara.

Sedangkan rute kirab empat kereta kencana yang membawa calon mempelai perempuan Kahiyang Ayu dan keluarga, bertolak dari kediaman pribadi Presiden Jokowi langsung menuju Graha Saba Buana, yang berjarak hanya 300 meter.

Prosesi kirab kereta kencana dikawal ratusan polisi wanita dan prajurit wanita TNI. Mereka mengenakan busana adat dan menjadi pagar pagar betis di sepanjang jalan, baik yang dilalui calon mempelai wanita maupun calon mempelai pria. (Nila Chrisna Yulika)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Nikah Seperti Kahiyang-Bobby? Jauhi 5 Kesalahan Keuangan Ini

Posted: 07 Nov 2017 09:21 PM PST

Puteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kahiyang Ayu resmi menikah dengan pria pujaan hatinya Bobby Nasution pada Rabu, 8 November 2017. Setelah menikah, mereka akan menjalani hidup sebagai pengantin baru.

Bukan hanya Kahiyang-Bobby, sebagian besar pasangan pengantin baru tentu dihadapkan pada tantangan tersendiri dalam membina biduk rumah tangga. Salah satunya adalah soal keuangan.

Banyak pengantin baru yang masih terbawa suasana saat lajang, di mana masalah keuangan akan diatasi secara pribadi. Namun, ketika menikah Anda menghadapi biaya serta penghasilan baru sebagai suami dan istri.

Lalu apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur keuangan sebagai pasangan pengantin baru? Berikut ulasannya melansir key.com, Rabu (8/11/2017).

1. Menyatukan keuangan

Salah satu isu finansial yang banyak menerpa pasangan pengantin baru adalah bagaimana mengatur keuangan secara bersama. Apakah harus memiliki rekening bersama, atau tetap bergantung pada rekening pribadi yang sudah dimiliki sebelumnya.

Perencana keuangan Ruth Hayden menyarankan, suami dan istri tetap harus memiliki hak otonomi atas sebagian uangnya, serta belajar untuk mengelola uang bersama. Untuk itu, diperbolehkan bagi suami dan istri memiliki rekening bersama. Rekening ini digunakan untuk membayar biaya operasional rumah tangga seperti iuran listrik, air, keamanan, telepon dan lain sebagainya.

Namun mereka juga harus tetap memiliki rekening pribadi untuk tabungan. Survei yang dilakukan Majalah Keuangan Smart Money menunjukkan, 64 persen pasangan memiliki rekening bersama, 14 persen memilih memiliki rekening masing-masing, dan 18 persen memiliki rekening keduanya.

2. Tidak mengecek pengeluaran

Konflik rumah tangga bisa saja muncul karena tidak adanya keterbukaan atas pengeluaran yang dilakukan oleh suami dan istri. Suami bisa menyindir istri karena sering berbelanja baju. Padahal, pengeluaran yang suami habiskan besarannya sama saat sekali berbelanja.

Agar tidak salah persepsi dan saling menyalahkan, setiap pasangan harus berembuk membicarakan biaya bulanan dan berapa penghasilan dari masing-masing pasangan yang harus dialokasikan untuk menutup biaya bulanan tersebut.

 

3. Tidak transparan soal utang

Survei dari SmartMoney juga menunjukkan bahwa pasangan acap kali tidak sepakat mengenai berapa jumlah utang yang pantas diakses dan tidak bisa melihat jenis utang yang buruk. Umumnya hal ini dikarenakan ketika menikah, salah satu satu pihak memiliki utang yang lebih besar.

Ini merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Apapun jenis kreditnya, yang penting suami dan istri harus menyepakati kredit yang diambil. Karena, ketika sudah menikah, utang istri suatu saat bisa menjadi masalah suami dan begitu pula halnya dengan utang suami.

4. Lupa menabung dana darurat

Kebutuhan hidup saat sudah berkeluarga memang akan lebih banyak. Tapi, hal ini tidak boleh menjadi alasan bagi pasangan suami istri tidak menyiapkan dana darurat.

Ruth Hayden mengatakan, saat ini banyak pasangan hidup di bawah tekanan yang dapat membalikkan hidup mereka secara drastis. Karenanya, dia menyarankan pasangan harus mengalokasikan tiga hingga enam kali pengeluaran bulanan untuk dana darurat.

Agar dapat dicairkan dengan cepat dan dalam waktu dekat, dana darurat ini sebaiknya ditempatkan di portofolio yang rendah risiko seperti reksadana pasar uang.

 

5. Menyimpan uang rahasia

Survei mengungkap, sebanyak 36 persen dari pria dan 40 persen dari perempuan yang mereka survei pernah menyembunyikan harga barang yang mereka beli dari pasangan.

Padahal, dalam beberapa kasus, menyembunyikan uang atau transaksi dari pasangan bisa berisiko fatal, hingga menghancurkan perkawinan.

Untuk menghindarinya, suami dan istri harus sama sama terbuka kepada pasangan untuk segala urusan keuangan, baik itu belanja, utang, dan pemasukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VLOG: Penampakan Kereta Kencana yang Membawa Bobby Nasution

Posted: 07 Nov 2017 09:20 PM PST

Kereta kencana yang membawa mempelai laki-laki Bobby Nasution tiba di Graha Saba Buana Sumber Solo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Conte, Emenalo Buka Alasan Tinggalkan Chelsea

Posted: 07 Nov 2017 09:20 PM PST

Michael Emenalo buka suara terkait alasannya mundur dari Chelsea. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Teknik itu membantah telah terlibat konflik dengan Antonio Conte.

Sosok Michael Emenalo menjadi satu di antara kunci Conte membawa Chelsea menjadi jawara Liga Inggris musim lalu. Michael Emenalo sudah memberi banyak gelar bagi Chelsea, seperti tiga trofi Premier League, Piala FA, Piala Liga Inggris, Liga Europa dan Liga Champions.

Bagi Michael Emenalo, sosok Antonio Conte adalah manajer ke-10 yang bekerja sama dengannya. Eks pemain Notts County tersebut menjadi elemen vital bagi perjalanan Roman Abramovich mengelola Chelsea.

Selama berkarier di Chelsea, Michael Emenalo bertanggung jawab atas kedatangan beberapa pemain bintang. Para penggawa tersebut antara lain Eden Hazard, Thibaut Courtois, Cesar Azpilicueta, Kevin De Bruyne dan Romelu Lukaku.

Namun hubungan Emenalo dengan Conte dikabarkan memburuk. Pasalnya permintaan Conte untuk membeli Romelu Lukaku, Fernando Llorente, dan Alex Sandro gagal terwujud.

 

Bahkan Conte sempat mengancam akan meninggalkan Chelsea karena masalah ini. Walau belakangan emosinya mereda karena tak ingin suasana klub terganggu.

"Keputusan untuk mundur murni karena saya sendiri. Alasannya juga sederhana yakni keluarga," kata Emenalo seperti dilansir Evening Standard.

"Saya tidak ingin kehilangan momen anak saya tumbuh. Saya juga ingin mengevaluasi diri apa yang telah dicapai bersama Chelsea."

"Yang jelas keputusan mundur bukan karena kekesalan. Justru saya bersyukur dan sangat menikmati bekerja di Chelsea," kata Emenalo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tanpa Ahok, Veronica Tan Hadiri Pernikahan Kahiyang-Bobby

Posted: 07 Nov 2017 09:20 PM PST

Istri mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama hadir di pernikahan Kahiyang-Bobby. Ia hadir sendiri karena Ahok masih berada di penjara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Pelaminan, Kahiyang Ayu - Bobby Nasution Makan Rujak Tapai

Posted: 07 Nov 2017 09:20 PM PST

Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang berlangsung di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah, pagi ini, Rabu (8/11/2017) berjalan dengan khidmat. Setelah ijab kabul yang berlangsung dengan lancar, pasangan pengantin ini lanjut melakukan sejumlah prosesi pernikahan dalam adat Jawa.

Salah satunya adalah Bubak Kawah. Dalam siaran secara langsung oleh Liputan6, prosesi ini dipandu oleh sang perias pengantin, Ibu Maryono. Prosesi diawali dengan Presiden Joko Widodo dan Iriana yang mencicipi segelas rujak degan dan rujak tapai.

Pernikahan Kahiyang Ayu - Bobby Nasution (Vidio.com)

Iriana mencicipi minuman ini dengan sekenanya, sementara Joko Widodo tampak beberapa kali menyeruput rujak tapai dan rujak degan. Selanjutnya, kedua pengantin juga mencicipi minuman ini.

Prosesi berlanjut dengan upacara Kacar-Kucur. Bobby mengucurkan beras, jagung, dan sejumlah bumbu dapur dari sebuah kantung ke dalam kain yang berada di tangan Kahiyang Ayu. Ini merupakan simbol bahwa Bobby siap menjadi orang yang menafkahi Kahiyang Ayu.

Setelah itu, sebuah prosesi ikonis lain dalam pernikahan digelar, yakni Dulangan. Dalam langkah ini, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution saling menyuapkan nasi kuning pada pasangan masing-masing.

 

Sejumlah tokoh penting Tanah Air tampak hadir dalam perhelatan ini. Sejumlah mantan presiden dan wakil presiden seperti Megawati, Tri Sutrisno, Boediono, dan Susilo Bambang Yudhoyono, turut hadir untuk memberikan selamat pada kedua mempelai.

Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. (Liputan6.com)

Diketahui bahwa Presiden Joko Widodo menyebar empat ribu undangan untuk pernikahan putri satu-satunya ini. Acara digelar dalam sesi yang berbeda, yakni pada pagi hingga siang hari ini, dan juga pada malam hari.

Tak hanya kalangan tokoh penting dan selebritas, ribuan warga pun datang untuk menyaksikan perhelatan ini walau mereka sebenarnya bukan tamu undangan. Mereka tak ingin melewatkan arak-arakan kereta kencana yang mengantar kedua mempelai ke lokasi pernikahan pada pagi tadi. Warga bahkan ikut bersorak dan bertepuk tangan saat Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution dinyatakan sah sebagai suami istri.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jimly Keringatan, Iriana Kipas-Kipas Saat Resepsi Kahiyang Ayu

Posted: 07 Nov 2017 09:18 PM PST

Pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution telah sah menjadi pasangan suami istri. Kahiyang dinikahkan langsung oleh orangtuanya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Rabu (8/11/2017) pagi, di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah.

Usai akad nikah, acara langsung dilanjutkan dengan resepsi pertama yang berlangsung dari pukul 10.30 WIB hingga 11.30 WIB.

Pada resepsi pertama ini, pasangan Kahiyang-Bobby mendapat ucapan selamat dari tokoh-tokoh penting negara. Terlihat Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, para menteri Kabinet Kerja, pejabat tinggi, rombongan ulama, dan lainnya.

Meski dihadiri tokoh-tokoh penting dan pejabat tinggi negeri ini, juga ribuan tamu undangan lainnya, sebagian besar tamu menyebut pernikahan putri Jokowi ini sederhana.

Karena sederhananya, kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, dia sampai keringatan saat berada di dalam gedung resepsi.

"Acaranya enggak mewah. Orang saya di dalam keringatan, ya berarti AC-nya kurang mungkin," kata Jimmly usai menyalami kedua mempelai dan orangtua mereka.

 

Kesan sederhana di pernikahan Kahiyang-Bobby juga disampaikan oleh Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti. Tak ketinggalan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Suasananya seperti pada umumnya, anggun, tapi tidak ada kesan mahal," kata Anies yang hadir di acara resepsi bersama istrinya.

Tampaknya tak hanya Jimmly yang merasa kepanasan di dalam gedung resepsi. Pantauan Liputan6.com, terlihat Ibu Negara Iriana Jokowi beberapa kali mengipasi dirinya saat duduk di samping kedua mempelai.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Pertemuan Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar di Vatikan

Posted: 07 Nov 2017 09:15 PM PST

Paus Fransiskus berjalan bersama Imam Besar Masjid Al-Azhar, Ahmed al-Tayeb pada pertemuan pribadi di Vatikan, Selasa (7/11). April lalu, Paus Fransiskus menjadi Paus pertama yang mengunjungi markas Al-Tayeb di Mesir. (L'Osservatore Romano/Pool via AP)

Paus Fransiskus berjalan bersama Imam Besar Masjid Al-Azhar, Ahmed al-Tayeb pada pertemuan pribadi di Vatikan, Selasa (7/11). April lalu, Paus Fransiskus menjadi Paus pertama yang mengunjungi markas Al-Tayeb di Mesir. (L'Osservatore Romano/Pool via AP)

Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus berjalan bersama Imam Besar Masjid Al-Azhar, Ahmed al-Tayeb pada pertemuan pribadi di Vatikan, Selasa (7/11). Al-Azhar merupakan salah satu institusi Islam tertinggi di Mesir. (L'Osservatore Romano/Pool via AP)

Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus berjalan bersama Imam Besar Masjid Al-Azhar, Ahmed al-Tayeb pada pertemuan pribadi di Vatikan, Selasa (7/11). Al-Azhar merupakan salah satu institusi Islam tertinggi di Mesir. (L'Osservatore Romano/Pool via AP)

Paus Fransiskus melakukan pertemuan pribadi dengan Imam Besar Masjid Al-Azhar, Ahmed al-Tayeb di Vatikan, Selasa (7/11). Dalam pertemuan itu, Al-Tayeb menjanjikan kerja sama lebih besar dalam memerangi terorisme. (L'Osservatore Romano/Pool via AP)

Paus Fransiskus melakukan pertemuan pribadi dengan Imam Besar Masjid Al-Azhar, Ahmed al-Tayeb di Vatikan, Selasa (7/11). Dalam pertemuan itu, Al-Tayeb menjanjikan kerja sama lebih besar dalam memerangi terorisme. (L'Osservatore Romano/Pool via AP)

Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus dan Imam Besar Masjid Al-Azhar, Ahmed al-Tayeb bertukar hadiah pada sebuah pertemuan pribadi  di Vatikan, Selasa (7/11). (L'Osservatore Romano/Pool via AP)

Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus dan Imam Besar Masjid Al-Azhar, Ahmed al-Tayeb bertukar hadiah pada sebuah pertemuan pribadi di Vatikan, Selasa (7/11). (L'Osservatore Romano/Pool via AP)

Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus berfoto bersama  Imam Besar Masjid Al-Azhar, Ahmed al-Tayeb dan rombongan pada sebuah pertemuan pribadi di Vatikan, Selasa (7/11). (L'Osservatore Romano/Pool via AP)

Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus berfoto bersama Imam Besar Masjid Al-Azhar, Ahmed al-Tayeb dan rombongan pada sebuah pertemuan pribadi di Vatikan, Selasa (7/11). (L'Osservatore Romano/Pool via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Petuah Said Aqil untuk Bobby-Kahiyang

Posted: 07 Nov 2017 09:11 PM PST

Akad nikah Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, berjalan khidmat dalam satu tarikan napas.

Tamu yang hadir untuk memberi selamat dan ucapan pada pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, termasuk Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP 2017: Duel Menegangkan Marquez-Dovizioso

Posted: 07 Nov 2017 09:10 PM PST

Penentuan gelar juara akan tersaji di Sirkuit Ricardo Tormo saat MotoGP Valencia digelar. Hanya ada dua pembalap yang bersaing yaitu Marc Marquez dan Andrea Dovizioso.

Secara teori, Marquez memang di atas angin. Dia unggul 21 poin dari Dovizioso. Namun segala hal masih bisa terjadi di MotoGP Valencia nanti.

Marquez pun bersikap tenang menghadapi duel final melawan Dovizioso. Bagi dia, tekanan di perebutan gelar juara MotoGP sangat wajar terjadi.

"Wajar jika merasakan tekanan di Valencia dengan banyaknya hal yang dipertaruhkan. Tapi sejujurnya sejak paruh kedua musim memang sudah banyak tekanan," kata Marquez seperti dikutip crash.net.

Marquez hanya membutuhkan finis di posisi ke-11 untuk mengamankan gelar juara. Ini juga jika Dovizioso keluar sebagai pemenang di MotoGP Valencia.

 

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso. (Andrea Dovizioso)

Bagi pengamat MotoGP, Oriol Poigdemont, Dovizioso tetap juara meski akhirnya kalah poin dari Marquez usai balapan di MotoGP Valencia.

Yang penting, kata dia, Dovizioso harus fokus untuk memenangi balapan. Soalnya dengan demikian, pembalap asal Italia itu bakal ungguli Marquez dalam jumlah kemenangan.

"Saat ini, hanya Lorenzo yang bisa ungguli jumlah kemenangan Marquez. Dovizioso bisa jadi yang kedua," katanya.

Andrea Dovizioso berpeluang mencetak dua rekor jika mampu menjadi juara di MotoGP Valencia. (dok. MotoGP)

 

1. Marc Marquez 282

2. Andrea Dovizioso 261

3. Maverick Vinales 226

4. Valentino Rossi 197

5. Dani Pedrosa 185

6. Johann Zarco 154

7. Jorge Lorenzo 137

8. Danilo Petrucci 121

9. Cal Crutchlow 104

10. Jonas Folger 84

11. Alvaro Bautista 75

12. Jack Miller 73

13. Scott Redding 64

14. Aleix Espargaro 62

15. Andrea Iannone 60

16. Pol Espargaro 55

17. Alex Rins 46

18. Loris Baz 45

19. Karel Abraham 30

20. Tito Rabat 29

21. Hector Barbera 27

22. Bradley Smith 24

23. Michele Pirro 18

24. Mika Kallio 11

25. Sam Lowes 5

26. Katsuyuki Nakasuga 4

27. Sylvain Guintoli

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syuting Film Laut di Aceh, Sutradara Jepang Ini Dibikin Kaget

Posted: 07 Nov 2017 09:10 PM PST

Sutradara asal Jepang, Koji Fukuda, baru saja menyelesaikan syuting film terbarunya di Aceh bertajuk Laut (The Man from the Sea). Selama menjalani syuting di kota yang dijuluki Serambi Mekkah itu, Fukuda mengaku banyak mendapat kejutan.

Maklum, sejak awal memutuskan untuk mengambil lokasi tersebut untuk film Laut, Koji Fukuda mengaku banyak kekhawatiran. Apalagi, di Aceh ada peraturan yang harus menghentikan kegiatan ketika azan.

Laut, film kolaborasi Indonesia dan Jepang. (Istihanah Soejoethi)

"Jadi sebelum syuting, pengetahuan saya soal Indonesia terbatas. Lalu di soal waktu dan jadwal syuting yang harus berhenti saat azan, itulah yang saya khawatirkan," ujar Koji di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (7/11/2017).

"Tapi ternyata staf dari Indonesia sangat baik kerjasamanya, jadi syuting berjalan lancar dan saya juga merasa nyaman di sana," lanjut sutradara Laut itu.

Laut, film kolaborasi Indonesia dan Jepang. (Istihanah Soejoethi)

Bukan hanya itu, selama berada di Aceh, Koji Fukuda yang bukanlah seorang muslim mengaku tak mengalami kendala terkait pemberlakuan peraturan dan hukum syariah di sana.

"Enggak ada sama sekali. Karena sebelum syuting kami sudah belajar dan cari tahu dulu seperti apa peraturannya dan beberapa hukum-hukum syariah yang ada di Aceh juga ada di Jepang," pungkasnya.

Menurut Koji Fukuda, berita mengenai peraturan syariah di Aceh terlalu dibesar-besarkan. "Tapi ketika mulai tinggal di sana untuk syuting ternyata tidak seheboh itu. Peraturannya kalau kita dengar di berita kan bikin takut ya. Semua Aceh peraturannya seperti itu. Ternyata itu tidak seperti itu. Itu jadi sisi lain yang didapat dari Aceh," terangnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jelang Pernikahan Puterinya Jokowi Tidak Cuti

Posted: 07 Nov 2017 09:10 PM PST

Jelang pernikahan puterinya, Jokowi tidak mengambil cuti. Jokowi mengadakan kunjungan kerja ke Sragen Jawa Tengah membagikan puluhan ribu sertifikat secara gratis kepada warga Sragen jawa Tengah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Ingin Perkuat Rantai Pasok Industri Konstruksi

Posted: 07 Nov 2017 09:10 PM PST

Pemerintah Indonesia saat ini menghadapi tantangan dengan maraknya pembangunan infrastruktur. Infrastruktur skala besar harus didukung dengan kesiapan industri konstruksi dan kesiapan rantai pasok konstruksi sumber daya konstruksi.

Plt. Dirjen Bina Konstruksi Danis Sumadilaga mengatakan, saat ini konstruksi Indonesia 2017 didukung dengan lahirnya Undang-Undang (UU) atau UU Jasa Konstruksi Nomor 2 Tahun 2017.

Melalui UU ini, sektor jasa konstruksi digiring ke arah baru yaitu penguatan stakeholder atau pemangku kepentingan Jasa Konstruksi terutama rantai pasok Industri Konstruksi dan Usaha Penyediaan Bangunan.

"Kita menyadari sepenuhnya bahwa infrastruktur yang andal merupakan kunci utama dalam meningkatkan daya saing Indonesia. Oleh karena itu, segenap upaya akan kita curahkan terus menerus dalam upaya membangun infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan sekaligus mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain yang telah lebih maju infrastrukturnya," tegas Danis di Indonesia Infrastructure Week di JCC, Jakarta, Rabu (8/11/2017).

Dia menuturkan, industri konstruksi dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini berkembang pesat dengan berbagai program pembangunan infrastruktur. Rantai pasok perlu diperkuat untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Untuk mendukung hal tersebut, UU Jasa Konstruksi Nomor 2 tahun 2017 secara tegas menyebutkan pada pasal 17 ayat (1): Kegiatan usaha Jasa Konstruksi didukung dengan usaha rantai pasok sumber daya konstruksi.

"Tujuan dari adanya pengaturan rantai pasok sumber daya konstruksi dalam UU No. 2 Tahun 2017 adalah agar tercipta produk konstruksi yang berkualitas, tercipta keselamatan publik dan kenyamanan lingkungan, dan tercipta integrasi nilai tambah," ujar Danis.

Selain itu beberapa hal penting lainnya yang diatur oleh UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi ini antara lain adanya pembagian tanggung jawab antara pusat dan daerah dalam penyelenggaraan jasa konstruksi, meningkatkan peran masyarakat sebagai bagian kemitraan dan sistem informasi.

Tidak hanya itu, UU tersebut juga mengatur perlindungan hukum terhadap upaya menghambat penyelenggaraan jasa konstruksi, perlindungan bagi tenaga kerja, sebagai jaring pengaman terhadap investasi serta menjamin pola persaingan yang sehat dalam penyelenggaraan jasa konstruksi. (Yas)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Sebelumnya DPR mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Jasa Konstruksi menjadi undang-undang (UU). Pengesahan UU Jasa Konstruksi ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing jasa konstruksi dalam negeri di era persaingan global.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Yusid Toyib mengatakan UU Jasa Konstruksi ini sangat diperlukan. Hal ini mengingat industri konstruksi Indonesia masih perlu peningkatan di beberapa aspek seperti rantai pasok, delivery system dalam sistem pengadaan barang dan jasa serta mutu konstruksi dan tuntutan penyelenggaraan good coorporate government.

"RUU Jasa Konstruksi ini diharapkan menjadi jawaban atas kebutuhan tata kelola dan dinamika pengembangan jasa konstruksi Indonesia sejalan dengan perkembangan dunia konstruksi saat ini," ujar dia di Jakarta, Jumat 16 Desember 2016.

Yusid menjelaskan, jaring pengaman pun disiapkan bagi investasi yang masuk di bidang jasa konstruksi. Serta adanya partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan dan pengawasan konstruksi.

UU Jasa Konstruksi yang baru ditetapkan juga memberikan penegasan bersama mengenai mekanisme penyelesaian sengketa konstruksi sebagai ranah keperdataan.

Lalu terdapat penegasan atas kewenangan penuh pemerintah untuk melakukan pengawasan tertib penyelenggaraan, serta perlindungan hukum terhadap upaya yang menghambat pembangunan, termasuk penetapan standar remunerasi minimal untuk tenaga kerja konstruksi.

"Substansi lain yang diatur dalam UU Jasa Konstruksi adalah sertifikat kompetensi kerja, akreditasi asosiasi dan pemberian lisensi kepada lembaga sertifikasi profesi, serta kegagalan bangunan dan penilaian ahli," jelas dia.

Sementara itu, Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis mengatakan RUU Jasa Konstruksi yang menjadi inisiatif DPR RI telah dibahas bersama pemerintah sejak 27 Februari 2016 dan pemerintah telah menyampaikan 905 Daftar Inventarisasi Masalah (DIM).

Kemudian dilanjutkan dengan Rapat Panitia Kerja (Panja) dan Tim Perumus secara intensif serta menghasilkan rumusan yang disepakati bersama pemerintah.

"UU Jasa Konstruksi yang telah disahkan merupakan pengganti UU Nomor 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi yang terdiri dari 12 Bab dan 46 pasal. Sedangkan UU Jasa Konstruksi yang baru terdiri dari 14 bab dan 106 pasal," ‎tandas dia.

Sebagai informasi, beberapa substansi penting UU Jasa Konstruksi ini antara lain, pertama, adanya pembagian peran berupa tanggung jawab dan kewenangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan jasa konstruksi.

Kedua, menjamin terciptanya penyelenggaraan tertib usaha jasa konstruksi yang adil, sehat, dan terbuka melalui pola persaingan yang sehat. Ketiga, meningkatnya peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan jasa konstruksi melalui kemitraan dam sistem informasi, sebagai bagian dari pengawasan penyelenggaraan jasa konstruksi.

Keempat, lingkup pengaturan yang diperluas tidak hanya mengatur usaha jasa konstruksi melainkan mengatur rantai pasok sebagai pendukung jasa konstruksi dan usaha penyediaan bangunan.

Kelima, adanya perlindungan hukum terhadap upaya yang menghambat penyelenggaraan jasa konstruksi agar tidak menganggu proses pembangunan.

Keenam, perlindungan bagi tenaga kerja Indonesia dalam bidang jasa konstruksi, termasuk pengaturan badan usaha asing yang bekerja di Indonesia, termasuk penetapan standar renumerasi minimal untuk tenaga kerja konstruksi. Ketujuh, adanya jaring pengaman terhadap investasi yang akan masuk di bidang jasa konstruksi. Kedelapan, mewujudkan jaminan mutu penyelenggaraan jasa konstruksi yang sejalan dengan nilai-nilai keamanan, keselamatan, kesehatan, dan keberlanjutan (K4).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Senyuman Merona Selvi di Pernikahan Kahiyang Ayu

Posted: 07 Nov 2017 09:07 PM PST

Banyak hal yang menarik untuk disoroti dalam Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Salah satunya penampilan sang kakak ipar Selvi Ananda. Selvi tampil cantik dalam balutan kebaya Kartini bernuansa gold senada dengan Ibu Iriana Jokowi.

Penampilannya terlihat memukau, anggun dan memesona mendapingi sang suami, Gibran. Selvi juga terlihat menikmati acara sambil mengasuh sang buah hari Jan Ethes Sri Narendra yang menggemaskan.

Selvi menata rambutnya dengan sanggul klasik khas Jawa. Yang paling menarik ia memilih riasan bergaya natural dan membuatnya semakin cantik di acara pernikahan Kahiyang Ayu ini.

Selvi terlihat tersenyum saat menaiki kereta kencana bersama Kahiyang Ayu dan anaknya Ethes. Lipstik merah merona yang diaplikasikan membuat penampilannya terlihat seksi dan mencuri perhatian. Selain lisptik bernuansa bold, riasan mata bernuansa kecokelatan membuat sorotan matanya terlihat berbinar.

 

 

Sementara untuk melengkapi penampilannya, Selvi menambahkan aksesori sebuah bros dengan bebatuan yang disematkan pada bagian dadanya. Selvi terlihat menikmati seluruh rangkaian acara pernikahan adik iparnya ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Malam di Pulau Belitung, 4 Destinasi Ini Wajib Kamu Kunjungi

Posted: 07 Nov 2017 09:05 PM PST

Anda yang menyukai wisata pantai berpasir putih, aktivitas snorkling dan diving tentunya perlu memasukkan Pulau Belitung sebagai tujuan liburan dan rekreasi.

Pulau Belitung kaya akan keindahan laut dengan beragam ikan hias dan terumbuh karang. Ragam wisata dari Negeri Laskar Pelangi ini bahkan terdengar kencang hingga ke luar negeri.

Ciri khas yang dimiliki oleh pantai-pantai di Pulau Belitung adalah batu-batu granit yang besar menjulang menambah keindahan dan keunikan pulau Belitung. Batu-batu ini dihasilkan dari pengerasan magma di perut bumi dan mendesak naik ke permukaan.

Berikut ini adalah 4 destinasi yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Pulau Belitung  selama 3 hari 2 malam.

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi merupakan pantai paling terkenal di Belitung, karena menjadi salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai ini bahkan mampu menempati urutan ke enam sebagai The Most 7 Beautiful Beach in The World Versi Majalah Vogue, Korea

Pantai Tanjung Tinggi.

Pantai Tanjung Tinggi terletak di sebelah utara Belitung, tepatnya 37 km dari kota Tanjung Pandan. Hamparan pasir putih bersih, air laut yang jernih dengan ombak yang tenang, gugusan batu granit raksasa menjadi ciri khas pantai Tanjung Tinggi. Wisatawan dapat dengan bebas berenang di pantai ini. Pantai ini terletak di Desa Ciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Pantai Tanjung Kelayang

Terletak di Kecamatan Sijuk, pesona keindahan pantai Tanjung Kelayang tak kalah dari Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini juga memiliki hamparan pasir berwarna putih, lautan biru yang jernih serta bebatuan granit raksasa. Panorama matahari terbenam menjadi salah satu daya tarik yang mempesona dari pantai tanjung kelayang.

Pantai Tanjung Kelayang.

Di lepas pantai Tanjung Kelayang terdapat sebuah batu granit raksasa yang bentuknya mirip dengan burung garuda. Oleh karna bentuknya tersebut, batu ini pun disebut sebagai Batu Garuda. Keunikannya tersebut membuat wisatawan berkunjung untuk mengambil foto bersama batu ini.

Pulau Lengkuas

Pulau lengkuas.

Pulau Lengkuas menjadi salah satu primadona pariwisata Bangka Belitung. Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar setinggi 62 meter dengan ratusan anak tangga. Wisatawan dapat melihat berbagai pulau kecil dan birunya laut Belitung. Tak hanya menikmati pemandangan pantai saja, wisatawan juga dapat menyelam dan menikmati keindahan bawah laut.

Museum Kata Andrea Hirata

Selain menawarkan pasir putih dan laut yang biru, di pulau Belitung terdapat Museum Kata Andrea Hirata. Museum ini terletak di Desa Gentong, Pulau Belitung. Letaknya tidak jauh dari SD Laskar Pelangi. Museum ini buka setiap hari dari pukul 10.00 - 17.00 WIB. Di museum ini terdapat sekitar 200 karya sastra dari berbagai genre.

Museum Kata Andrea Hirata.

Pengunjung akan diajak menapak secara bertahap mengenai perjalanan novel Laskar Pelangi, mulai dari cuplikan halaman per halaman novel laris itu hingga diangkat menjadi sebuah film.

Menambah kenyamanan ketika berlibur ke Pulau Belitung, Anda bisa memilih Hotel Santika Premiere Beach Resort – Belitung sebagai pilihan menginap. Hotel yang terletak di Jl. Pantai, Dusun Ulu, Sijuk, ini memiliki 128 rooms and suites dan juga 1 villa dengan pemandangan Pantai Tanjung Tinggi yang memukau.

Semua kamar di Hotel Santika Premiere Beach Resort - Belitung dilengkapi dengan Coffee & Tea Maker, Safe Deposit Box, Minibar, high speed Wi-Fi dan interaktif IPTV  dengan lebih dari 60 channel lokal dan international.

Hotel Santika Premiere Beach Resort – Belitung.

Swimming pool dan juga Lagoon Pool dapat ditemukan dengan akses langsung menuju kamar Premiere. Hotel Santika Premiere Beach Resort – Belitung juga menyediakan ruang meeting dan ballroom sebagai alternatif tempat untuk melakukan rapat tahunan, product launching, birthday party dan lainnya. Selain itu ada fasilitas restaurant, lounge, spa dan juga gym.

Tempat-tempat wisata terpopuler seperti Pantai Tanjung Tinggi, Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Kelayang hanya berjarak kurang lebih 15 menit berkendara dari Hotel Santika Beach Resort – Belitung. Penerbangan dengan maskapai beragam dan harga yang terjangkau, akan semakin menambah maraknya pengunjung yang datang ke Pulau "Lada" ini.

Hotel Santika Premiere Beach Resort - Belitung merupakan Hotel Santika Premiere ke 11 dalam kelompok Hotel Santika Premiere dan hotel ke 106 secara grup Santika Indonesia Hotels & Resorts. Hingga saat ini sudah terdapat Hotel Santika Premiere Semarang, Yogjakarta, Slipi - Jakarta, Hayam Wuruk – Jakarta, Malang, Surabaya, Medan, Bintaro, Kota Harapan Indah dan .

Hotel Santika Premiere memiliki pelayanan berkelas yang berpadu dengan sentuhan khas Indonesia. Kemewahan suasana dan nuansa yang dihadirkan menciptakan kenyamanan dan harmoni indah di setiap momen yang dilewatkan di Hotel Santika Premiere Beach Resort - Belitung.

Apapun pilihan tujuan destinasi anda, baik bisnis ataupun liburan, keramahan pelayanan dan senyuman hangat akan menyambut kedatangan anda di Hotel Santika Premiere Beach Resort - Belitung.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Bocah Nikahi Ibu Sendiri, Pemakaman Tercantik Dunia

Posted: 07 Nov 2017 09:03 PM PST

Kabar mengagetkan datang dari Kota Xinfa, Provinsi Heilongjiang, Tiongkok. Seorang bocah 4 tahun bernama Baobao menikahi ibu kandungnya sendiri.

Namun, alasan Bao menikahi ibunya ternyata sangat mengharukan. Bocah yang ternyata menderita kanker itu menilai, sang ibu sebagai wanita tercantik di dunia. Makanya, dia ingin terus hidup selamanya bersama ibunya itu.

Artikel yang mengisahkan pernikahan ibu dan anak itu pun menjadi yang paling populer di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel tentang sejumlah komplek pemakaman tercantik di dunia mampu menempati urutan kedua terpopuler. Diikuti artikel seputar kombinasi makanan yang harus dihindari karena bisa merusak badan, pada urutan ketika terpopuler.

Berikut top 3 Citizen6:

1. Bocah Pengidap Kanker Nikahi Ibunya Sendiri, Alasannya Bikin Haru

Kabar seorang bocah laki-laki berusia empat tahun yang menikahi ibunya sendiri di Kota Xinfa, Provinsi Heilongjiang, Tiongkok, membuat warganet heboh. Namun, pernikahan yang dilangsungkan pada 01 November lalu itu memiliki kisah mengharukan di baliknya.

Bocah bernama Baobao itu didiagnosis mengidap leukemia limfatik akut dua tahun lalu. Sayangnya, sejak April lalu, kondisinya makin memburuk dan dokter memperkirakan usianya tak akan panjang.

Selengkapnya..

 

Area pemakaman mungkin jadi tempat yang tak menyenangkan bagi banyak orang. Kesan horor dan angker seringkali menghantui setiap kali kamu melangkahkan kaki ke sana.

Namun, hal seperti ini enggak akan kamu rasakan ketika mampir ke beberapa tempat yang dijuluki sebagai kuburan tercantik di dunia. Selain untuk memakamkan jenazah, tempat ini juga dijadikan sebagai destinasi wisata unggulan lho.

Selengkapnya..

Kita semua tahu bahwa kesehatan kita tergantung pada makanan yang kita pilih. Itu sebabnya, tak hanya enak, makanan yang Anda konsumsi juga harus bagus untuk tubuh.

Namun terkadang, kombinasi bahan yang salah dapat merusak semua manfaat kesehatan yang ingin Anda peroleh. Karena itu, Anda harus tahu kandungan makanan tersebut.

Melansir dari Bright Side, berikut kombinasi makanan yang sebaiknya Anda hindari.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: