Minggu, 05 November 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Lady Gaga hingga CEO Apple Berduka Atas Penembakan Gereja Texas

Posted: 05 Nov 2017 10:10 PM PST

Beberapa selebritas turut memberikan reaksi di sosial media, menanggapi kasus penembakan di Sutherland Springs, Texas. Mereka menyampaikan ungkapan bela sungkawa terhadap para korban dan komunitas. 

Dilansir dari Fox News (5/11/2017), sebanyak 26 orang tewas setelah seorang pria menembaki para jemaah First Baptist Church (Gereja Baptis Pertama) di kota kecil berpenduduk sekitar 400 orang itu. 

Berita penembakan Texas dengan cepat menyebar di sosial media. Para selebritas juga tidak mau ketinggalan, untuk membuat pesan online demi mengungkapkan simpati dan bela sungkawanya. Berikut tanggapan yang ditulis oleh beberapa tokoh terkenal di akun Twitter. Di antara mereka adalah, Britney Spears. Pelantun tembang "Baby One More Time" ini berkata, "Hatiku hancur mendengar kabar yang keluar dari Texas. Doaku bersama Komunitas Sutherland Springs."

Komedian Bob Saget menanggapi serius permasalahan yang terjadi di Texas ini. Dia mengatakan, "Saya ikut sedih untuk warga di Sutherland Springs, Texas. Tindakan seperti ini harus dihentikan."

Komedian Chelsea Handler merupakan salah satu seleb pertama yang memberikan tanggapan atas aksi brutal tersebut. Dalam 'cuitannya' itu, ia ikut mengutuk AS yang merupakan negara Republik. Handler menulis, "Orang tak bersalah pergi ke gereja pada hari Minggu untuk memuja Tuhannya. Ketika melakukan itu, mereka terbunuh. Di negara mana? Amerika. Kenapa? Republikan."

Sementara itu, CEO Apple, Tim Cook  berbagi simpati dengan mengatakan, "Terkejut dan sedih mendengar kabar dari Texas. Doa saya sampaikan bagi mereka yang terlibat di dalamnya hari ini: korban jiwa, korban selamat, jemaah gereja."

Josh Groban yang dikenal dengan lagunya  "You Raise Me Up" ini turut "bernyanyi" guna mengungkapkan perasaannya atas kasus penembakan Texas. Dia menulis, "Kosong. Tak ada kata. Mati rasa. Kembali. Semoga orang-orang yang terlibat di Texas dapat beristirahat tenang dan menemukan kedamaian."

Selebritas lainnya, Lady Gaga, juga turut mengutuk insiden itu. Pesohor yang kerap berpenampilan 'nyentrik' ini ikut menyampaikan harapan dan doanya bagi para korban. "Doa untuk #SanAntonio dan seluruh keluarga yang ditinggal orang tercintanya. Aku juga akan berdoa untuk #GunControl," tukas Lady Gaga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelinci Percobaan Pengedar Narkotika Bernama Indonesia

Posted: 05 Nov 2017 10:05 PM PST

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Budi Waseso mengatakan, Indonesia merupakan sasaran pengedar narkotika. Ia menganalogikan negeri ini sebagai kelinci percobaan para pelaku.

"Karena segala jenis narkoba di Indonesia sangat laku," kata pria yang akrab dipanggil buwas menjelaskan alasannya di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (6/11/2017).

Menurut dia, penyalah guna narkotika di Indonesia berasal dari beragam kalangan. Ia menyebut mereka punya latar belakang dan usia yang bervariasi.

Para pengguna, lanjut dia, juga tidak khawatir dengan efek bahaya narkotika. Alhasil, pasar narkotika di Indonesia terbuka lebar.

"Di Indonesia semuanya laku, sabu, ganja, PCC bahkan jenis-jenis narkoba yang enggak jelas digunakan, obat nyamuk dan spirtus dipakai," ujar dia.

Mantan Kabareskrim Polri ini mengatakan, para bandar narkoba menggunakan berbagai cara untuk menyebar barang haram tersebut. Yang paling mengkhawatirkan, mereka mulai menyasar konsumen usia di bawah umur.

Tak hanya menjadi konsumen, mereka juga dijadikan pengedar.

"Banyak cara (mengedarkan), bahkan menggunakan anak SD dan SMP di Kalimantan Tengah, Kendari dan beberapa daerah lain," ungkap Budi Waseso.

 

Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulistiandriatmoko menegaskan Indonesia kini memasuki darurat narkoba. Prevalensi pengguna barang terlarang tersebut sangat tinggi. Angkanya telah mencapai 4,2 juta penduduk Indonesia.

"Faktanya pada 2014 tercatat 1,6 juta jiwa sebagai coba pakai, 1,4 juta jiwa teratur pakai, dan sisanya pecandu narkoba," ujar Sulistiandriatmoko saat ditemui Liputan6.com di BNN, Kamis, 26 Oktober 2017.

Angka tersebut, lanjut dia, diberikan BNN ke Presiden Jokowi. Setelah meilhat angkat itu, Presiden mengintruksikan bahwa Indonesia Darurat Narkoba. Dan harus perangi narkoba.

Selain itu, angka itu terus bertambah setiap tahunnya. Survei terakhir pada 2016, angka penyalahgunaan narkoba naik 3,6 persen. Untuk kalangan pelajar, hampir semua pelajar Indonesia pernah melakukan narkoba, baik itu coba pakai sampai teratur pakai.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Aksi Guru Aniaya Siswa Bukan di Pangkalpinang, tapi...

Posted: 05 Nov 2017 10:01 PM PST

Kepolisian Resor (Polres) Pangkalpinang membantah beredarnya video guru yang memukul siswa di dalam kelas terjadi di Kota Pangkalpinang. Baik pelaku maupun korban yang ada di video yang viral di media sosial itu dipastikan bukan warga Pangkalpinang.

"Kita sedang menyelidiki siapa yang menyebarkan video itu dan menyebutkan terjadi di Pangkalpinang. Kita selidiki juga apa motifnya karena kejadian di video ini tidak sesuai dengan status yang ditulis," ujar Kepala Satuan Intelijen dan Keamanan Polres Pangkalpinang, AKP Adi Putra, Senin (6/11/2017).

Menurut Adi Putra, Polres Pangkalpinang pernah menerima laporan dari orangtua siswa yang melaporkan pemukulan seorang guru di SMPN 10 Pangkalpinang terhadap anaknya di sekolah pada 11 Oktober 2017. Namun, kasus tersebut tidak dilanjutkan karena antara guru tersebut dan siswa sepakat berdamai.

"Tanggal 16 Oktober 2017 kedua pihak berdamai dengan difasilitasi pihak sekolah dan perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang," ujar dia.

Adi menuturkan pemukulan itu terjadi karena siswa berinisial RHP menanggil gurunya dengan nama saja tanpa embel-embel sapaan sopan. Tidak terima dengan perlakuan siswanya, guru yang emosi itu memukul siswa tersebut.

"Karena pihak siswa dan guru tersebut memilih berdamai dan bermusyawarah menyelesaikan masalah ini, akhirnya perkara tidak dilanjutkan. Namun, tiba-tiba heboh dengan video yang diunggah di Faceboook dan menulis narasi itu kejadian di Pangkalpinang," ujar dia.

Adi meminta masyarakat dan warganet tidak terprovokasi dengan narasi yang menyebutkan kejadian itu di Pangkalpinang. Hal tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan kebencian dan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat di Pangkalpinang.

"Percayakan dan mintalah segala berita dan informasi ke pihak kepolisian atau pihak terkait yang dapat dipercaya," ujarnya.

Ia juga mengingatkan penyebar berita bohong akan dijerat Undang-Undang ITE. "Bila kita menyebarkan informasi yang belum jelas kebenaran, maka akan menimbulkan provokasi dan meresahan masyarakat. Apalagi, menyebarkan berita bohong bisa dikenakan pidana Undang-Undang ITE," ujar dia. (Servio Maranda)

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Ilustrasi Foto Bullying (iStockphoto)

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengutuk keras penganiayaan siswa oleh seorang guru bernama Ma'in di salah satu SMP di Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung.

"Ini sudah masuk kategori penganiayaan berat, karena tidak sekadar ditampar, tetapi siswa pun dibenturkan kepalanya ke dinding. Diduga akibat benturan tersebut, ananda korban mengalami sakit di kepala," kata Komisioner KPAI bidang pendidikan Retno Listyarti di Jakarta, Senin (6/11/2017), dilansir Antara.

Dia menyebut penganiayaan yang terjadi di lingkungan sekolah itu dipicu hal sepele. Siswa tersebut, kata Retno, memanggil guru tanpa menyertakan kata yang sesuai di depan nama sang pengajar.

"Karena korban dianggap 'kurang ajar' dengan sengaja memanggil nama si guru tanpa menggunakan kata 'Pak'," kata dia.

Saat kekerasan pada siswa terjadi, aksi tersebut disaksikan siswanya yang lain. Rekan-rekan siswa itu, sambung dia, sempat berupaya menghentikan penganiayaan yang dilakukan gurunya, tetapi guru tersebut malah semakin emosi.

"Bahkan, terjadi juga pelemparan kursi," kata Retno.

Menurut Retno, guru tersebut sangat membahayakan keselamatan psikologis dan fisik anak-anak karena tak mampu mengontrol emosi. "Yang bersangkutan harus dievaluasi secara kepegawaian oleh dinas terkait apakah masih patut menjadi guru atau tidak," kata dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Studi: Ini Alasan Kita Lebih Sayang pada Anjing daripada Manusia

Posted: 05 Nov 2017 10:00 PM PST

Bagi banyak orang, sikap anjing yang tanpa pamrih membuat mereka lebih mudah dicintai dan disayangi. Malahan, sebuah studi baru menunjukkan bahwa kita memiliki empati lebih banyak pada anjing ketimbang pada orang dewasa lainnya.

Mengutip dari jurnal Society & Animal, tim dari Northeastern University Boston dan Univesity of Colorado Boulder menemukan bahwa kita cenderung lebih mudah berempati dan merasa kasihan terhadap anjing ketimbang pada manusia. Namun, dalam kondisi tertentu, anak-anak bisa mendapatkan respon empati lebih banyak dari anjing.

Studi tersebut mengumpulkan 256 mahasiswa sarjana dan kemudian mempresentasikan laporan berita palsu tentang serangan pada bayi berusia 1 tahun, orang dewasa berusia 30 tahun, anak anjing, dan seekor anjing dewasa. Mereka semua dilaporkan dipukul dengan tongkat pemukul dan mendapat luka parah.

Idenya adalah semakin rentan atau lemah korban, semakin besar empati dari subjek penelitian. Dan ternyata, tingkat empati untuk bayi, anak anjing, dan anjing setara satu sama lain, sementara bagi orang dewasa berada pada tingkat yang lebih rendah.

 

Jada dan Layla yang ditinggalkan pemiliknya di Woodward Dog Park, Fresno, California. (mona ahmed)

Melansir dari Iflscience, gagasan umum mengapa kita bersikap demikian pada anjing adalah karena kita berpikiran tingkat kerentanan mereka sama seperti anak-anak. Dengan kata lain, mereka tak dapat melindungi diri sendiri. Studi lain yang menyimpulkan bahwa kita melihat anjing sebagai bayi bulu secara tak langsung mendukung hal tersebut.

Seiring dengan fakta bahwa anjing secara tak sengaja mengagumi pemilik mereka, sebuah penelitian terpisah menunjukkan bahwa anjing secara sadar menyesuaikan ekspresi wajah mereka untuk mendapatkan reaksi positif dari manusia. Mereka bisa memanipulasi kita agar mau merawat mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya Alwaleed, Ini Pebisnis Lain yang Diciduk Arab Saudi

Posted: 05 Nov 2017 10:00 PM PST

Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz membuat keputusan mengejutkan pada Sabtu 4 November 2017. Pemimpin tertinggi Arab Saudi ini mengumumkan untuk menahan 11 pangeran dan puluhan menteri yang diduga terkait kasus korupsi, salah satunya adalah Pangeran dan miliarder Alwaleed Bin Talal.

Nama Alwaleed terkenal luas di masyarakat berkat kesuksesannya di dunia bisnis. Gaya hidup flamboyan yang doyan memamerkan kekayaan juga sering dilakukan oleh keponakan Raja Salman ini.

Meski demikian, Alwaleed bukanlah satu-satunya pebisnis yang terciduk dalam penangkapan tersebut. Aljazeera pada Senin (6/11/2017) mengungkap beberapa nama pengusaha lain yang turut terkena imbas.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

1. Waleed Ibrahim

Waleed Ibrahim adalah pemimpin dari perusahaan media raksasa Middel Eastern Broadcasting Company (MBC). Ia mendirikan MBC pada 1991. Perusahaan ini juga disebut sebagai perusahaan media milik swasta terbesar di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Selama 26 tahun, MBC memiliki 18 stasiun TV. Nama Waleed Ibrahim juga menjadi langganan di daftar 50 pengusaha Arab Saudi paling berpengaruh.

2. Amr-Al Dabbagh

Amr-Al Dabbagh merupakan pimpinan dan CEO dari Al Dabbagh Group, perusahaan swasta milik keluarga asal Jeddah. Ia juga mantan presiden dari perusahaan investasi Arab Saudi Saudi Arabian General Investment Authority (SAGIA).

Al-Dabbagh Group memiliki usaha di berbagai bidang dengan jangkauan lebih dari 60 negara. Perusahaan ini didirikan pada 1962.

3. Saleh Abdullah Kamel

Saleh Abduallah Kamel adalah pendiri dan pimpinan Dallah al Baraka Group, perusahaan swasta milik keluarga asal Jeddah. Perusahaan multi sektor ini berfokus pada layanan kesehatan, lingkungan, makanan dan keuangan.

Menurut Forbes, Kamel memiliki kekayaan lebih dari US$ 2 miliar. Dia juga presiden Al Baraka, kelompok perbankan Islam, yang beroperasi di seluruh Timur Tengah, Indonesia dan Pakistan.

 

4. Ibrahim al-Assaf

Ibrahim al-Assaf adalah menteri petahana Arab Saudi yang telah menjabat sejak November 2016. Al-Assaf juga mantan menteri keuangan yang duduk di kursi direksi perusahaan raksasa minyak Arab Saudi, Aramco.

Pria 68 tahun ini juga memiliki gelar PhD di bidang ekonomi dan punya posisi di organisasi dunia, International Monetary Fund (IMF) dan World Bank Group.

5. Bakr Bin Laden

Bakr Bin Laden merupakan saudara dari pemimpin al-Qaeda, Osama bin Laden. Ia merupakan pemilik dan pemegang saham terbesar dari perusahaan konstruksi asal Jeddah, Saudi Binlandin Group (SBG).

 

6. Saud al-Dawish

Saud al-Dawish adalah mantan CEO Saudi Telecom Company (STC). Ia mengundurkan diri dari jabatannya di 2012 setelah memegang posisi tersebut selama tiga tahun.

7. Khaled al-Mulhem

Khalid Abdullah Abdulaziz bin Abdullah Al-Molhem adalah mantan General Director dari Saudi Arabian Airlines, maskapai utama Arab Saudi.

Sebelum memimpin Saudi Arabian Airlines, Mulhem juga menjabat sebagai presiden Saudi Telecom Company selama lima tahun. Saat ini ia menjadi pimpinan dari Khaled A Al-Melhem & Bros Company yang berbasis di Dammam, perusahaan yang mengoperasikan penjualan peralatan sanitasi dan pipa saluran air.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cristian Gonzales Berat Jika Harus Tinggalkan Arema

Posted: 05 Nov 2017 10:00 PM PST

Mendekati pekan terakhir Liga 1 2017 mulai terlihat sinyal perpindahan pemain Arema FC ke tim lain. Dalam laga kandang terakhir Singo Edan menghadapi Semen Padang, pemain bernomor punggung 10, Cristian Gonzales melemparkan jersey yang dia kenakan kepada suporter yang berada di sisi timur stadion.

 

Tak sampai di situ, ada hal yang tak biasa dilakukan pemain yang dijuluki El Loco di akhir pertandingan. Dirinya datang langsung menghampiri Aremania yang berada di sisi papan skor Stadion Kanjuruhan dan menyalami suporter fanatik Arema, Aremania.

Namun aksi tersebut diakui El Loco bukan karena dirinya berniat pamit keluar dari Arema, dirinya hanya ingin memberikan apresiasi kepada Aremania. "Ini pertandingan home terakhir Arema, saya merasa ini pertandingan yang cukup spesial. Jadi pantas jika saya membalas dukungan Aremania yang luar biasa di tahun ini," ujarnya.

Dari data yang ada, Arema menjadi rekor terlama pemain naturalisasi ini berkarier di klub yang ada di Indonesia. Untuk itu dirinya tak mau berkomentar dulu bagaimana kelanjutan kariernya musim depan.

"Lima tahun di Arema merupakan waktu terpanjang dalam karier saya di Indonesia. Selama itu pula saya bisa mengenal Aremania. Masalah musim depan saya tak mau banyak bicara dulu, yang terpenting sekarang saya masih menjalani kontrak dengan Arema," ungkapnya.

 

 

Penyerang Arema Cristian Gonzales (Rana Adwa/Liputan6.com)

Selain itu pemain berdarah Uruguay ini mengaku masih belum ada pembicaraan lebih lanjut dengan manajemen dan tim pelatih masalah kelanjutannya di musim depan. Dirinya memilih berkonsentrasi dalam laga terakhir Arema yang akan bertamu ke kandang Borneo FC.

"Saya tak bisa memaksakan diri jika Arema memang tak lagi membutuhkan tenaga saya dalam strateginya di musim depan. Yang jelas banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan di sini, ini yang membuat saya berat jika harus meninggalkan Arema," ucap Gonzales.

Pemain Arema FC, Cristian Gonzales (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Main: 102 Pertandingan

Gol: 51 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marco Asensio Cerita Proses Mencetak Gol Indah untuk Real Madrid

Posted: 05 Nov 2017 10:00 PM PST

Marco Asensio mencuri perhatian publik kala mencetak gol indah untuk Real Madrid ke gawang Las Palmas, Minggu (5/11/2017) atau Senin (6/11/2017) dini hari WIB. Gol tersebut membuat Real Madrid sempat unggul 2-0, sebelum mengakhiri laga dengan skor 3-0.

Marco Asensio mencetak gol pada menit ke-56. Ia menjebol gawang Las Palmas dengan cara spesial. Asensio melakukan sepakan jarak jauh dengan kaki kiri setelah mendapat 'kiriman' dari aksi buang bola pemain bertahan Las Palmas.

Bola datang ke arah Asensio, yang disambut dengan tendangan kaki kiri. Bola melesat cepat ke pojok kanan gawang Las Palmas tanpa bisa dicegah kiper lawan, Raúl Lizoain.

Gol ke gawang Las Palmas menjadi koleksi kedua Asensio dalam dua laga terakhir di Stadion Santiago Bernabeu. Selain Asensio, dua gol Real Madrid ke gawang Las Palmas berasal dari aksi Casemiro pada menit ke-41 dan Isco (74').

Real Madrid unggul 3-0 atas Las Palmas di Santiago Bernabeu, yang membuat Los Blancos berada di posisi ke-3 klasemen sementara La Liga. Real Madrid mengumpulkan 23 poin dari 11 pertandingan. Real Madrid tertinggal 8 poin dari sang pemuncak klasemen, Barcelona.

Bagi Asensio, gol tersebut terasa istimewa. Menurutnya, proses gol tergolong cepat. Ia menceritakan kala bola datang, dirinya sedang berlari guna mengamankan area perimeter lawan.

Nyatanya, bola justru mengarah kepadanya. Tanpa pikir panjang lagi, Asensio menggunakan kaki kirinya untuk mengirim si kulit bundar ke pojok kanang awang tim tamu.

"Saya mencetak gol lagi, dan itu sungguh spesial. Gol itu luar biasa. Saya senang karena Real Madrid bisa menang, meski kami sebenarnya mengalami kesulitan kala mencari cara menjebol jala mereka," sebut Asensio, di Marca.

Asensio mengungkapkan, Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, melakukan 'brief' khusus saat rehat. Hal itu terjadi setelah Real Madrid terlihat kesulitan mencetak gol sepanjang babak pertama.

"Las Palmas bermain sanagt rapat, dan mereka punya sistem koordinasi yang bagus di setiap lini. Namun, setelah babak kedua berjalan dan kami bisa mencetak gol, semuanya menjadi lebih mudah," beber Asensio.

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane mengamini ucapan Asensio. Menurutnya, Real Madrid tak mudah melakoni laga kontra Las Palmas, tim yang di atas kertas bisa dengan gampang ditaklukkan.

Sumber: Marca, Real Madrid

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pamer Tubuh Aduhai, Nafa Urbach Dipuji Mantan Suami

Posted: 05 Nov 2017 10:00 PM PST

Kemesraan Nafa Urbach dan Zack Lee belum sepenuhnya hilang meski keduanya sepakat bercerai. Beberapa hari lalu, keduanya masih terlihat asyik menemani buah hati mereka, Mikhaila Lee Juwono, bermain dan menghabiskan waktu bersama.

Kali ini, kemesraan Nafa Urbach dan Zack Lee terekam melalui Instagram. Bermula dari unggahan foto Nafa Urbach yang memamerkan tubuh indahnya. 

"back in shape to —�—>>>>> 5 more kg to go #semangat #dietketat💪 #moveonnafa," tulis Nafa Urbach sebagai keterangan foto yang diunggahnya, Senin (6/11/2017).

 

Beberapa jam setelah menggunggah foto tersebut, waragnet yang merupakan pengikut Nafa Urbach di Instagram pun mengomentari foto itu. Mereka memuji keindahan tubuh Nafa Urbach dan menyayangkan keputusan Zack Lee berpisah darinya.

"Zacklee kmu tuuu gk bisa lht kaka nafa cantik baenol km tinggali amapun.. Kalo sy sayng banget cantik" di tinggal," tulis akun @arzachelrahmadan.

"Ga tau bersyukur emang @zacklee77 Istri paling cantik diberi Tuhan disia sia kan begitu saja. Semoga kamu sadar bro. Cm Mba @nafaurbach yg mencintai mu dlm kasih Tuhan," sambung akun @asnidarenova.

Tak berapa lama, Zack Lee kemudian membalas salah satu komentar follower Nafa Urbach. Ia membalasnya dengan melontarkan pujian.

"Iya emang cantik luar biasa dia dengan hati yg sangat mulia @arzachelrahmadan," balas Zack Lee melalui akun @zacklee77.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Risiko Kesehatan Jika Kamu Kecanduan Main Gim Terlalu Lama

Posted: 05 Nov 2017 10:00 PM PST

Gim memang menjadi salah satu media hiburan paling menyenangkan. Tak pandang usia atau jenis kelamin, hampir semua orang merasa terhibur saat bermain gim.

Dan kini, platform untuk bermain gim pun tak cuma muncul dalam konsol saja, pemain juga bisa bermain gim lewat smartphone karena ekosistemnya sudah sangat mendukung.

Idealnya, bermain gim bisa mengusir stres dan menghilangkan frustasi. Namun, terlalu lama bermain gim ternyata juga berisiko. Bermain gim berjam-jam non-stop dalam satu hari memiliki dampak negatif yang mengancam kesehatan.

Nah, kali ini Tekno Liputan6.com akan menyajikan lima (5) risiko yang mengancam pemain jika kencanduan bermain gim terlalu lama. Apa saja? Merangkum berbagai sumber, berikut daftarnya.

Penyakit yang Mengintai di Balik Obesitas

Obesitas bisa menjadi salah satu risiko yang kamu alami ketika kencaduan bermain gim setiap harinya.

Bermain gim, kenyataannya bisa membuat si pemain malas bergerak, apalagi berdiri. Belum lagi, rasa lapar melanda ketika pemain lelah duduk seharian bermain gim. Jika kebiasaan buruk ini dilakukan secara rutin, tentu risiko obesitas akan semakin besar.

Mata Lelah

Terlalu lama melihat layar TV atau komputer saat bermain gim juga mengakibatkan kelelahan.

Kenapa Sakit Mata Mudah Menular?

Lama kelamaan, mata akan terasa kram, sakit, dan berisiko mengalami gangguan penglihatan. Karena itu, kami sarankan untuk mengistirahatkan mata selama beberapa detik, sebelum akhirnya melanjutkan bermain gim lagi.

Setidaknya, kamu patok setiap harinya bermain gim cuma 3 jam (maksimal). Lebih dari itu pasti akan membahayakan kesehatan matamu.

Sakit kram. (Foto: Istimewa)

Terlalu lama duduk saat bermain gim juga mengakibatkan kram. Biasanya, kram muncul di bagian tangan seperti lengan, pergelangan, atau sikut yang kerap aktif bergerak digunakan saat bermain gim.

Gagal Jantung

Penyakit jantung ternyata juga bisa mengancam bagi kamu yang doyan bermain gim berjam-jam sepanjang hari.

Penyakit Jantung Reumatik

Ada sebuah kasus di mana seorang pria asal Hong Kong berusia 32 tahun mengalami gagal jantung dan meninggal karena kecanduan bermain gim. Diketahui, ia main gim dua hari dua malam non-stop di sebuah warnet. Nahasnya, ia ditemukan tewas di warnet tersebut dengan kondisi gagal jantung.

Obat untuk kelumpuhan saraf sudah ditemukan (Ilustrasi: iTechPost)

Selain gagal jantung, gamer akut ternyata juga berisiko kena penyakit Deep Venous Thrombosis (DVT) alias gumpalan darah yang terbentuk di vena tubuh, kebanyakan DVT terjadi di bagian kaki dan pahal. Gumpalan disebabkan akibat pemain terlalu lama duduk saat bermain gim.

(Jek/Ysl)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Nekat Kids Zaman Now, Makan Nasi Pakai Sabun Colek

Posted: 05 Nov 2017 10:00 PM PST

Seorang remaja laki-laki melakukan aksi nekat dan tidak biasa, yaitu makan nasi dan ayam goreng tepung atau fried chicken dengan cocolan sabun colek. Tak hanya itu, aksi tersebut juga dia siarkan secara langsung melalui akun Facebook-nya pada Kamis (2/11/2017) lalu.

Sebuah video yang diunggah oleh akun @makrumpita memperlihatkan remaja bernama Ales Rais Saputra menjalani tantangan makan nasi dan ayam dengan tambahan sabun colek. Ales yang mengenakan kemeja berwarna biru terlihat asyik menikmati sepiring ayam goreng dengan saus sambal. Tapi bukan hanya saus sambal biasa, Ales juga mencampurnya dengan sabun colek.

Menurut keterangan video tersebut, Ales menghabiskan makanan tersebut tanpa ragu. Dia juga terlihat baik-baik saja seusai makan meskipun beberapa kali batuk.

Pada bagian akhir video, Ales juga sempat tertawa sambil mengucapkan "bau sabun" sambil mencium bau mulutnya.

Aksi yang terbilang nekat ini mendapatkan banyak respon negatif dari warganet. Banyak yang mengecam aksinya dan mengimbau untuk tidak meniru apa yang dilakukan oleh Ales.

Saksikan video menarik berikut :

 

. Seorang pemuda dengan akun Facebook Ales Rais Saputra melakukan siaran langsung di Facebook, Kamis (2/11). Ia memperlihatkan aksinya memakan nasi ayam dengan saus bercampur sabun colek. . Tanpa ragu, ia menyuapkan nasi ayam yang dicocol saus dan sabun ke mulut. Terlihat didalam video, Ia tampak terlihat baik-baik saja usai makan meski beberapa kali batuk. . Pada bagian akhir video, ia sempat tertawa sambil mengucap sepatah kalimat. "Bau sabun," katanya sambil mencium bau mulutnya. . Namun, bukan tanpa alasan pemuda ini memakan sabun. Ternyata pada unggahan sebelumnya, ia sempat memberi tantangan. Jika ia mendapat lebih dari 200 reaction pada status yang diunggahnya, ia akan memakan ayam sabun. . Tak disangka, ia justru mendapat lebih dari 600 reaction dari warganet. Setelah memenuhi janjinya, tak sedikit yang mengkritik pemuda tersebut. . Ada ada aja jaman now 😂 . #Repost @infia_fact

A post shared by 👑 Mak Rumpita Julita ulalaa 👑 (@makrumpita) on

 

 

 

Ternyata, Ales melakukan hal tersebut bukan tanpa alasan. Aksi nekat tersebut terjadi akibat ulahnya sendiri. 

Pada unggahan sebelumnya, dia sempat memberikan tantangan melalui akun sosial medianya. Dia mengucapkan jika mendapatkan lebih dari 200 reaksi pada status yang diunggahnya, maka dia akan makan ayam sabun.

Tak disangka, dia justru mendapatkan lebih dari 600 reaksi dari warganet. Setelah memenuhi janjinya, tak sedikit yang mengkritik aksi Ales tersebut.

Salah satunya akun kittypurrmiaw, "Sabun kan jelas2 bahaya kalau tertelan,ini malah di makan,kenapa banyak orang2 begini melakukan aksi konyol cuma buat seru2an aja,keterbelakangan mental."

Video yang diunggah pada Minggu (5/11/2017) lalu ini mendapatkan 181.267 viewers.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendikbud: Penganiaya Siswa dalam Kelas Bukan Guru

Posted: 05 Nov 2017 09:58 PM PST

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menegaskan, pria yang menganiaya seorang murid hingga meringis di dalam kelas bukanlah guru.

"Kemungkinan pelaku di video tersebut bukan oknum guru," kata Muhadjir kepada Liputan6.com, Senin (6/11/2017).

Muhadjir sekaligus membantah kabar beredar yang menyebut peristiwa tersebut terjadi di Pangkalpinang, Bangka Belitung.

"Video itu bukan kejadian di SMP X Pangkalpinang. Kasus di tempat tersebut sudah diselesaikan secara damai oleh pihak-pihak terkait termasuk kepolisian," kata Mendikbud.

Saat ini Kemendikbud masih bergerak mencari informasi terkait video aksi kekerasan tersebut.

"Tempat kejadiannya masih ditelisik, tim cyber Kemendibud sudah bergerak," kata Muhadjir.

 

Aksi kekerasan diduga menimpa seorang murid di dalam sebuah kelas. Sang murid dihajar sampai meringis di hadapan teman-temannya.

Pria berkemeja cokelat itu langsung melayangkan bogemnya ke arah sang murid. Bertubu-tubi. Tidak hanya pukulan tapi juga tendangan dan dorongan lutut sang guru.

Seorang murid lainnya sempat menghampiri penganiaya. Diduga murid itu itu hendak melerai aksi brutal pria itu. Namun sayang, dia juga menjadi bulan-bulanan di pojok ruangan.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) angkat bicara soal aksi brutal diduga guru tersebut.

"Ini sudah masuk kategori penganiayaan berat, karena tidak sekadar ditampar, tetapi siswa pun dibenturkan kepalanya ke dinding," kata Retno Listyarti, Komisioner KPAI bidang pendidikan, lewat keterangan tertulis, Senin (6/11/2017).

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNN Gandeng Kalibata City Antisipasi Peredaran Narkotika

Posted: 05 Nov 2017 09:54 PM PST

Pengelola Properti Inner City Management bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN), mengantisipasi peredaran narkotika di kawasan apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan.

Kepala BNN Komjen Budi Waseso menyambut baik kerja sama ini. Ia mengungkapkan, apartemen menjadi wilayah yang rentan peredaran narkotika.

"Ini sangat mulia, kan kita tahu beberapa kali kita tangkap peredaran narkoba di kawasan apartemen," kata pria yang akrab dipanggil Buwas, Senin (6/11/2017).

Dengan penandatanganan nota kesepahaman, menurut dia, Pengelola Apartemen Kalibata City turut menyelamatkan generasi bangsa. Ancaman penyalahgunaan narkotika menjadi momok paling menakutkan di saat ini.

"Jadi Kita terus memerangi narkoba sampai tuntas ke akarnya dan harapannya negara kita bersih dari narkoba," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Inner City Management Bambang Setiobudi menambahkan, dengan kerja sama tersebut tidak berarti Apartemen Kalibata City jadi markas pemakai dan pengedar narkoba.

"Tidak hanya apartemen di rumah-tumah termasuk kolong jembatan. Ini jangan sampai salah orang tidak mau tinggal di apartemen," kata Bambang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulistiandriatmoko menegaskan, Indonesia kini memasuki darurat narkoba. Prevalensi pengguna barang terlarang tersebut sangat tinggi. Angkanya telah mencapai 4,2 juta penduduk Indonesia.

"Faktanya pada 2014 tercatat 1,6 juta jiwa sebagai coba pakai, 1,4 juta jiwa teratur pakai, dan sisanya pecandu narkoba," ujar Sulistiandriatmoko saat ditemui Liputan6.com di BNN, Kamis (26/10/2017).

Angka tersebut, lanjut dia, diberikan BNN ke Presiden Jokowi. Setelah meilhat angkat itu, Presiden menginstruksikan bahwa Indonesia Darurat Narkoba, dan harus perangi narkoba.

Selain itu, angka tersebut terus bertambah setiap tahunnya. Survei terakhir pada 2016, angka penyalahgunaan narkoba naik 3,6 persen. Untuk kalangan pelajar, hampir semua pelajar Indonesia pernah menggunakan narkoba, baik itu coba pakai sampai teratur pakai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Valencia Akhir Pekan Ini

Posted: 05 Nov 2017 09:50 PM PST

MotoGP 2017 akan segera berakhir. Seri pamungkas di Valencia digelar akhir pekan nanti 10-12 November 2017. MotoGP Valencia dipastikan berlangsung seru karena juara dunia akan ditentukan disana. 

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez akan bersaing dengan jagoan Ducati Andrea Dovizioso untuk menjadi juara dunia MotoGP 2017.

Marquez sedikit lebih diunggulkan ketimbang Dovizioso. Marquez saat ini memuncaki klasemen pembalap dengan keunggul 21 poin dari Dovizioso.

Artinya Marquez hanya butuh mendapat lima poin saja untuk menjadi juara dunia MotoGP 2017.

Sedangkan Dovizioso harus menjadi pemenang di Valencia sembari berharap Marquez gagal finis bila ingin menjadi juara dunia MotoGP 2017.

 

Ilustrasi balapan MotoGP. (JUAN MABROMATA / AFP)

10 November 2017

15.55-16.40 WIB: Free Practice 1

20.05-20.50 WIB: Free Practice 2

15.55-16.40 WIB: Free Practice 3

19.30-20.00 WIB: Free Practice 4

Ilustrasi persaingan sengit di MotoGP 2017. (Vincent Jannink / ANP / AFP)

11 November 2017

20.10-20.25 WIB: Kualifikasi 1

20.35-20.50 WIB: Kualifikasi 2

12 November 2017

15.40-16.00 WIB: Warming Up

20.00 WIB: Balapan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Orang Nganggur di RI Tambah 10 Ribu dalam Setahun

Posted: 05 Nov 2017 09:45 PM PST

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan kenaikan jumlah pengangguran di Indonesia sebesar 10 ribu orang menjadi 7,04 juta orang pada Agustus 2017. Sedangkan realisasi Agustus 2016 sebesar 7,03 juta orang. Pertambahan ‎jumlah orang yang menganggur ini seiring peningkatan jumlah angkatan kerja di Indonesia.

"Dalam setahun terakhir, pengangguran bertambah 10 ribu orang menjadi 7,04 juta di Agustus 2017," kata Kepala BPS, Suhariyanto atau yang akrab disapa Kecuk saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (6/11/2017).

Dari data BPS, jumlah pengangguran di Agustus 2016 mencapai 7,03 juta, sementara di Februari 2017, angkanya 7,01 juta. Namun dilihat dari Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Agustus ini mengalami penurunan 0,11 poin dari 5,61 di Agustus 2016 menjadi 5,50 di periode yang sama tahun ini. Sedangkan TPT di Februari 2017 sebesar 5,33.

"Jumlah angkatan kerja yang masuk mencapai 3 juta orang per tahun, jadi komposisi pekerja dan penganggurannya akan terus naik seiring jumlah penduduk. Tapi ‎yang penting prosentase TPT-nya turun," Kecuk menerangkan.

Data BPS menunjukkan jumlah angkatan kerja di Indonesia pada Agustus 2017 sebanyak 128,06 juta orang. Jumlah ini naik 2,62 juta dibanding realisasi Agustus 2016 ‎yang sebanyak 125,44 juta orang. Sementara untuk Februari 2017 mencapai 131,55 juta orang yang masuk angkatan kerja.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Data terbatu dari Organisasi Perburuhan Internasional atau ILO menyebut jumlah pengangguran dunia tahun ini mencapai lebih dari 201 juta, atau meningkat 3,4 juta dibandingkan 2016.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, ILO mengatakan bahwa sektor swasta, terutama usaha kecil dan menengah, memainkan peran penting dalam menciptakan lapangan kerja yang layak di seluruh dunia.

Kajian ILO tentang "Prospek Lapangan Kerja dan Sosial 2017: Usaha dan Pekerjaan Berkelanjutan" menyebut, bisnis swasta menyumbang hampir 3 miliar pekerja -- atau 87 persen dari total lapangan kerja global.

Menurut laporan dari ILO, sektor publik yang lebih kuat adalah pondasi pertumbuhan, penciptaan lapangan kerja dan pengurangan kemiskinan.

Wakil Direktur Jenderal ILO Deborah Greenfield mengatakan, berinvestasi pada pekerja merupakan kunci keberlanjutan usaha. Dia juga mengatakan, memberikan pelatihan formal untuk pekerja tetap menghasilkan upah yang lebih tinggi, produktivitas yang lebih tinggi, dan biaya tenaga kerja yang lebih rendah.

Di samping itu, Greenfield juga mengatakan, pekerja sementara berada pada posisi yang kurang menguntungkan.

"Penggunaan tenaga kerja sementara dikaitkan dengan pemberian upah yang lebih rendah. Namun hal itu justru menimbulkan produktivitas yang lebih rendah tanpa mencapai keuntungan signifikan dalam biaya unit kerja," kata Greenfield.

Laporan tersebut juga menemukan, pelatihan di tempat kerja merupakan pendorong inovasi yang penting.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Butuh Uang, George Clooney Pensiun dari Dunia Akting?

Posted: 05 Nov 2017 09:40 PM PST

Sejak tahun lalu, George Clooney tak juga kedengaran akan bergabung dalam sebuah proyek film baru. Ternyata, bagi ayah dua anak ini, berakting bukan lagi sebuah prioritas baginya.

Alasannya, kini ia sudah hidup bergelimang harta. "Dulu aku akting untuk menyambung hidup, tapi sekarang aku menjual perusahaan tequila seharga US$ 1 miliar. Aku enggak butuh uang," tuturnya dalam sebuah wawancara dengan The Sunday Times, seperti dilansir dari People, Senin (6/11/2017).

(AFP/Tiziana Fabi)

Pada Juni lalu, George Clooney memang baru menjual perusahaan pembuat tequila miliknya dan dua rekan bisnisnya, Casamigos. Perusahaan minuman keras asal Eropa, Diageo, membeli Casamigos dengan harga US$ 1 miliar, atau sekitar Rp 13,5 triliun.

Apakah ini berarti George Clooney akan segera pensiun berakting?

Sebaliknya, George Clooney mengatakan bahwa ia akan mengambil proyek-proyek film yang sesuai dengan idealisme dan kreativitasnya.

"Aku punya uang, jadi aku bisa berjuang untuk membuat film-film yang ingin kubuat," kata dia. Ia melanjutkan, hal ini sebenarnya sudah mulai ia lakukan sepanjang 15 tahun belakangan.

"Kalau kau lihat apa yang kulakukan 15 tahun terakhir, aku banyak bergabung dalam film yang tak akan terwujud bila tak kukerjakan. Tak ada yang bakal membuat Good Night, and Good Luck, Michael Clayton, atau Up in the Air. Aku memperjuangkan film-film ini," kata dia.

George Clooney (AFP)

Ia juga mengatakan bahwa ke depannya, peran yang ia ambil mungkin akan jauh dari karakter pria memesona yang selama ini lekat padanya.

"Begini ya, aku sudah berakting sejak lama, umurku juga sudah 56 tahun. Aku sudah bukan pria yang bisa menggaet cewek. Atau setidaknya, aku seharusnya bukan pria yang bisa mendapatkan karakter perempuan di film," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Bungkam Grizzlies, Lakers Perbaiki Posisi di Wilayah Barat

Posted: 05 Nov 2017 09:40 PM PST

Brook Lopez memasukkan dua tembakan bebas untuk memastikan kemenangan LA Lakers atas Memphis Grizzlies pada lanjutan NBA 2017-2018. Lakers berjaya 107-102 di Staples Center, Minggu (5/11/2017) atau Senin (6/11/2017) WIB.

Hasil ini membuat Lakers mencatat 50 persen kemenangan pada awal NBA musim ini, menyamai Utah Jazz, New Orleans Pelicans, dan Denver Nuggets dalam persaingan memperebutkan posisi kedelapan di Wilayah Barat.

Memimpin tiga angka pada detik-detik akhir pertandingan, Lopez memaksimalkan tembakan bebas untuk mempersulit posisi Grizzlies. Tim tamu akhirnya gagal memperkecil kedudukan karena Marc Gasol gagal memasukkan tembakan tiga angka.

Total Lopez menghasilkan 21 poin pada pertandingan tersebut, tertinggi di antara rekan-rekannya. Brandon Ingram menyusul dengan 20 angka, diikuti Kentavious Caldwell-Pope dan Jordan Clarkson masing-masing lewat 15 nilai.

Pemain cadangan Tyreke Evans jadi kontributor terbesar Grizzlies melalui 26 poin. Mike Conley membuntuti lewat 23 nilai, disusul Gasol yang mencatat 15 angka.

Lakers akan berharap dapat terus memperbaiki rapor untuk lolos play-off. Terakhir kali mereka mencapainya pada 2012-2013.

Ketika itu Lakers langsung tersingkir di putaran pertama dengan kalah 0-4 dari San Antonio Spurs.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Puan Maharani Luncurkan Bantuan Pangan Non Tunai 2018

Posted: 05 Nov 2017 09:39 PM PST

Pemerintah tengah mempersiapkan perluasan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2018. Hal ini dibahas dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Menteri (RTM) yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, Senin (6/11/2017).

Program tersebut sekaligus menjadi "kick off" pelaksanaan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2017 Tentang Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Secara Non Tunai dan Persiapan Perluasan Program BPNT Tahun 2018. Rakor yang berlangsung di Kemenko PMK itu juga membahas mekanisme kerja tim pengendali, membentuk tim pelaksana, pentahapan BPNT (10 juta KPM), jenis bantuan pangan, serta buku Pedoman umum program BPNT.

Dalam arahannya, Puan mengungkapkan kembali apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada Ratas 16 Maret 2016, Ratas 26 April 2016, dan Ratas 19 Juli 2016 terkait Bansos Non Tunai. Arahan Presiden itu berisi perihal penggunaan beragam kartu dalam menyalurkan dana bansos agar dapat diintegrasikan dalam satu kartu dan disalurkan secara non tunai untuk semua bantuan yang pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Menko PMK.

Presiden Joko Widodo juga menginstruksikan agar penyaluran Rastra diganti dengan menggunakan kartu yang akan diberikan langsung kepada keluarga penerima sasaran. Kartu tersebut dapat digunakan untuk menebus beras dan telur di elektronik warung gotong royong (e-warong) yang merupakan agen perbankan anggota Himbara sesuai harga yang berlaku.

Selain itu, rakyat juga harus memperoleh nutrisi yang lebih seimbang, tidak hanya karbohidrat yang selama ini didapat dari penyaluran Rastra, tetapi juga protein, seperti telur. Pemerintah pun menargetkan 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat ter-cover oleh BPNT tahun 2018 nanti. Adapun pemberiannya akan dilakukan secara bertahap mulai bulan Januari, Februari, Juli, dan Agustus 2018.

Selain tahapan jangkauan 10 juta KPM, hal penting yang juga harus dipersiapkan, menurut Puan adalah jangkauan ketersedian dan kesiapan E-Warong. Dijelaskannya, dibutuhkan 75.500 E-Warong hingga Agustus 2018 (Dengan Rasio 1:250).

"Perlu dipastikan bahwa satu kelurahan memiliki dua E-Warong," ujarnya.

Puan juga menegaskan bahwa pemerintah membentuk Tim Pelaksana, yang dalam hal ini akan bertugas mengawasi dan mengawal program Bansos Non Tunai, agar tepat sasaran dan tepat manfaat. Pihaknya juga telah meminta BI dan OJK untuk mendukung BPNT melalui anggota Bank Himbara yang ada untuk menyalurkan bantuan.

Sebagai penutup, dirinya mengatakan kepada peserta RTM, bahwa Perpres nomor 63 Tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai telah dapat dilaksanakan mulai Senin (6/11/2017.

"Saya berharap pelaksanaan penyaluran BPNT tahun 2018 nanti lebih baik dari tahun sebelumnya," ucap Puan.

Hadir dalam RTM antara lain Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Sekretaris Eksekutif Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Bambang Widianto, serta perwakilan K/L terkait.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Absen, Sidang Praperadilan Wali Kota Batu Ditunda Pekan Depan

Posted: 05 Nov 2017 09:38 PM PST

Sidang perdana permohonan praperadilan yang dilayangkan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko atas status tersangka dugaan suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan ditunda.

Sidang yang semula dijadwalkan Senin hari ini, tidak dihadiri oleh pihak termohon, yakni KPK. Hakim tunggal Iim Nurohim pun menunda sidang gugatan praperadilan ini hingga pekan depan.

"Karena pihak termohon tidak hadir maka hakim akan memanggil termohon dan kepada juru sita PN Jaksel untuk hadir pada Senin 13 November 2017," ujar Iim dalam persidangan di Ruang 4 PN Jakarta Selatan, Senin (6/11/2017).

KPK sebenarnya mengirimkan utusan, hanya saja bukan dari Biro Hukum yang biasanya berperan sebagai kuasa hukum lembaga antirasuah itu. Utusan tersebut hanya diperintahkan untuk mengantarkan surat permohonan penundaan sidang praperadilan.

"Ini sebenarnya masuk dalam administrasi, karena dalam persidangan ini adalah kuasa hukum yang sah. Jadi penyampaian surat ini harus melalui registrasi umum," kata Iim.

Karena pihak termohon dianggap tidak hadir, sidang perdana permohonan praperadilan yang dilayangkan Eddy ditutup dan ditunda hingga pekan depan.

"Pihak yang hadir hari ini diharapkan hadir pada persidangan nanti. Sidang selesai," ucap hakim Iim.

KPK menetapkan Wali Kota Batu, Jawa Timur, Eddy Rumpoko sebagai tersangka setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) oleh tim penindakan KPK di Batu, Jawa Timur pada Sabtu 16 September 2017.

Selain Eddy, KPK juga menetapan dua orang lainnya sebagai tersangka. Mereka adalah Kepala Bagian Unit Layanan Pengaduan (ULP) Pemkot Batu Eddi Setiawan dan pengusaha bernama Filipus Djap.

Tiga orang tersebut dijadikan tersangka karena diduga terlibat tindak pidana korupsi penerimaan hadiah atau janji terkait proyek pengadaan meubelair di Pemerintah Kota (Pemkot) Batu tahun anggaran 2017.

Dari operasi senyap tersebut, tim penindakan KPK mengamankan uang sekitar Rp 300 juta. Uang Rp 200 juta diterima oleh Eddy Rumpoko sedangkan Rp 100 juta diberikan kepada Eddi Setiawan dari Filipus.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selop Ukuran Spesial untuk Jan Ethes di Pernikahan Kahiyang Ayu

Posted: 05 Nov 2017 09:31 PM PST

Pernak-pernik untuk pelengkap busana pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution satu per satu terungkap. Salah satunya adalah selop. Keluarga Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memesan delapan pasang selop di salah satu UKM Solo, Jawa Tengah. Delapan pasang itu termasuk selop untuk Jan Ethes, cucu pertama Jokowi.

Pasangan Agustinus Lasmono dan Miasih adalah sosok yang membuat selop itu. Mereka memiliki bengkel pembuatan selop Winna yang tempatnya tak jauh dengan Terminal Tirtonadi, Solo. Pasangan ini sudah merintis usaha tersebut sejak 1989.

"Pesannya sekitar sebulan lalu. Jadi yang pesan dari desainernya (Hanif Nanjaya dan Doddy Nanjaya). Kalau mereka ada pesanan kebaya, selopnya pasti pesan di sini," ujar Lasmono di bengkel pembuatan selop miliknya, Senin (6/11/2017).

Delapan selop itu diperuntukkan bagi keluarga Presiden Jokowi, termasuk sang mempelai Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Satu hal yang menarik perhatian adalah selop milik Jan Ethes, cucu pertama Joko Widodo.

Serupa dengan selop dewasa, selop milik Jan Ethes yang berukuran nomor 17 menggunakan bahan kulit. Namun, selop buaya itu ada tali di belakangnya. Jika dipasangi tali, selop itu layaknya sepatu sandal selop.

Bagi Lasmono dan Miasih, sebenarnya pesanan kali ini bukan yang pertama. Ia beberapa kali pernah dipesan Gibran Rakabuming untuk membuat selop Jan Ethes. "Kalau Mas Gibran ada acara dan butuh selop, pasti ke sini," ujar Lasmono.

Bahkan, Jan Ethes sudah mengenakan selop itu sejak berumur dua bulan. Dengan bertambahnya usia, ukuran Jan Ethes semakin naik. "Ini sekarang ukurannya 17, ukurannya spesial," kata Lasmono dengan tertawa terkekeh.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Jokowi temani cucu pertamanya Jan Ethes main air. (Foto: Youtube/Presiden Joko Widodo)

Jan Ethes Srinarendra sempat mencuri perhatian ketika kakeknya, Presiden Jokowi menemaninya naik kereta-keretaan di Solo Paragon Mall, Jawa Tengah. Wajah putra pertama Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda itu tampak semringah saat berada dalam kereta bersama kakeknya.

Meski saat ini berstatus orang nomor satu di Indonesia, Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi tetaplah manusia biasa. Hal itu tampak dalam sebuah unggahan di laman Facebook resminya, beberapa jam lalu.

"Mal sudah menjelang tutup tapi sang cucu ingin bermain dengan kakeknya yang jarang ia temui. Jadilah malam tadi saya membawa Jan Ethes bermain di wahana anak-anak di Solo. Dia senang, saya pun senang. Bahagia itu sederhana," tulis Jokowi dalam akun Facebook pribadinya pada Minggu, 17 September 2017.

Tampak Gibran Rakabuming Raka serta sang istri, Selvi Ananda, dan Kaesang Pangarep turut serta. Mereka terlihat kompak mengenakan pakaian berwarna senada, putih.

Jokowi yang dikenal dengan sikap bersahajanya itu tak segan menggendong sang cucu naik eskalator menuju lantai dua mal tersebut. Mereka menuju wahana permainan "Happy Time".

Tampak dalam foto yang diunggah di laman Facebooknya, Jokowi duduk di gerbong paling belakang bersama Jan Ethes dan Kaesang. Beliau tampak gembira bisa menghabiskan waktu bersama sang cucu. Unggahan tersebut pun langsung banjir like.

Meski mengaku jarang bertemu Jan Ethes, ini bukan kali pertama Presiden Jokowi tertangkap lensa media melakukan kegiatan bersama sang cucu. Sebelumnya, Jokowi pun pernah menemani Jan Ethes potong rambut di sebuah mal di daerah Jakarta Pusat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonomi RI Tumbuh 5,06 Persen, IHSG ke Level Tertinggi di 6.047

Posted: 05 Nov 2017 09:31 PM PST

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali catatkan level tertinggi pada sesi pertama perdagangan saham awal pekan ini. Penguatan IHSG itu di tengah rilis data pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,06 persen pada kuartal III 2017.

Mengutip data RTI, sesi pertama, Senin (6/11/2017), IHSG naik tipis 8,03 poin atau 0,13 persen ke posisi 6.047,57. Indeks saham LQ45 menguat 0,19 persen ke posisi 1.007,41. Sebagian besar indeks saham acuan menguat.

Ada sebanyak 159 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. 141 saham melemah sehingga menahan penguatan IHSG. 117 saham lainnya diam di tempat.

Pada sesi pertama, IHSG berada di level tertinggi 6.055,90 dan terendah 6.025,07. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 155.275 kali dengan volume perdagangan 5,1 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 3,2 triliun. Investor asing mencatatkan aksi beli Rp 84,61 miliar. Posisi dolar Amerika Serikat berada di kisaran Rp 13.516.

Secara sektoral, sebagian besar sektor saham tertekan. Sektor saham tambang melemah 0,70 persen, dan catatkan penurunan terbesar. Disusul sektor saham perdagangan melemah 0,66 persen dan sektor saham barang konsumsi tergelincir 0,59 persen. Indeks saham industri dasar naik 1 persen, dan catatkan penguatan terbesar.

Saham-saham yang menguat antara lain saham RBMS naik 18,57 persen ke posisi Rp 166 per saham, saham BVIC menguat 18,25 persen ke posisi Rp 298 per saham, saham CMPP mendaki 15,17 persen ke posisi Rp 835 per saham.

Saham-saham yang tertekan antara lain saham RIMO melemah 24,85 persen ke posisi Rp 254, saham KONI tergelincir 9,84 persen ke posisi Rp 330 per saham, dan saham MTWI susut 9,63 persen ke posisi Rp 244 per saham.

Sebagian besar bursa saham Asia bervariasi. Indeks saham Hong Kong Hang Seng turun 0,59 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi susut 0,59 persen, indeks saham Singapura tergelincir 0,13 persen dan indeks saham Taiwan susut 0,09 persen.

Sedangkan indeks saham yang menguat yaitu indeks saham Jepang Nikkei naik 0,01 persen dan indeks saham Shanghani mendaki 0,04 persen.

Penguatan IHSG terjadi di tengah rilis data pertumbuhan ekonomi hingga kuartal III 2017. Ekonomi RI tumbuh 5,06 persen hingga kuartal III 2017 dari periode sama tahun sebelumnya 5,02 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,06 persen pada kuartal III 2017 dibandingkan periode kuartal III 2016 sekitar 5,02 persen.

"Pertumbuhan ekonomi 5,06 persen ini menggembirakan karena ini lebih tinggi dibandingkan kuartal I dan II yang sebesar 5,01 persen," ujar Kepala BPS Suhariyanto, pada Senin (6/11/2017).

Adapun secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi di kuartal I-III dibandingkan periode sama 2016 sebesar 5,03 persen.

Pertumbuhan ekonomi hingga kuartal III 2017 itu juga lebih tinggi dari periode kuartal I dan II 2017 sebesar 5,01 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Sebelumnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada awal sesi perdagangan saham Senin ini. Pelemahan IHSG ini berlawanan dengan bursa Asia.

Pada pembukaan perdagangan saham, Senin 6 November 2017, IHSG turun 7 poin atau 0,12 persen ke posisi 6.031,77. Indeks saham LQ45 melemah 0,17 persen ke posisi 1.003,79.

Ada 79 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Adapun, 42 saham melemah dan 91 saham lainnya diam di tempat. Pada awal sesi, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.037,59 dan terendah 6.025,07.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 11.922 kali dengan volume perdagangan saham 413 juta saham. Nilai transaksi harian saham Rp 325,3 miliar. Investor asing melakukan aksi beli Rp 15 miliar di pasar reguler. Posisi dolar Amerika Serikat berada di kisaran Rp 13.520.

Secara sektoral, sebagian besar sektor saham melemah, pelemahan dipimpin sektor saham pertambangan 0,56 persen kemuydian sektor saham perdagangan 0,52 persen dan sektor saham aneka industri 0,33 persen.

Sedangkan saham yang menguat dipimpin oleh saham infrastruktur dengan penguatan 0,61 persen.

Saham-saham yang menguat dan tercatat sebagai top gainers antara lain saham TFCO naik 11,11 persen ke posisi Rp 685 per saham, saham TFCO mendaki 11,11 persen ke posisi Rp 1.000 per saham, dan saham KIOS menanjak 10 persen ke posisi Rp 2.200 per saham.

Adapun saham-saham yang tertekan antara lain saham RIMO melemah 24,85 persen ke posisi Rp 254 per saham, saham KBLV tergelincir 15,83 persen ke posisi Rp 505 per saham, dan saham PALM susut 5,92 persen ke posisi Rp 318 per saham.

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang menguat pada perdagangan saham awal pekan ini. Rilis data ekonomi akan pengaruhi laju IHSG.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya menuturkan, pola pergerakan IHSG masih terlihat kuat untuk kembali menguat. Apalagi level support IHSG dapat terjaga cukup kuat. William menambahkan, fundamental ekonomi Indonesia juga akan menjadi sentimen pergerakan IHSG di awal pekan ini.

"IHSG akan bergerak di kisaran 5.939-6.088 pada Senin pekan ini," ujar William dalam ulasannya, Senin (6/11/2017).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1: Sriwijaya FC Jauhi Zona Degradasi

Posted: 05 Nov 2017 09:30 PM PST

Sriwijaya FC menjauh dari zona degradasi Liga 1. Laskar Wong Kito, sebutan Sriwijaya FC, menang telak 10-2 melawan Gresik United di Stadion Bumi Sriwijaya, Minggu (5/11/2017), pada pekan ke-33 Liga 1.

Sepuluh gol Laskar Wong Kito dicetak Alberto Goncalves (tiga gol), Tijani Belaid (dua gol), Hilton Moreira (dua gol), dan Slamet Budiyono (tiga gol). Adapun gol hiburan Gresik United dicetak Al Maruf dan Sembiring.

Kemenangan tersebut membuat Sriwijaya FC menjauh dari zona merah. Saat ini, Laskar Wong Kito berada di urutan ke-13 dengan 41 poin. Sementara itu, Gresik United semakin terbenam di dasar klasemen dengan 10 poin.

Sementara itu, Madura United menang 3-1 atas Barito Putera di Stadion Gelora Bangkalan, kemarin. Kemenangan ini menjaga peluang Madura United menjadi juara Liga 1.

Saat ini, Madura United berada di urutan keempat dengan 60 poin, tertinggal tiga angka dari Bhayangkara FC yang memuncaki klasemen Liga 1.

Berikut hasil lengkap Liga 1, Minggu (5/11/2017):

Persela Lamongan 2-2 Persiba Balikpapan

Sriwijaya FC 10-2 Gresik United

Madura United 3-1 Barito Putera

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Tiga Tahun Jokowi dalam Buku Wujud Kerja Nyata

Posted: 05 Nov 2017 09:30 PM PST

Ketua Umum Nawacita Jokowi, Mas Raden Suryo Admanto memberi sambutan saat peluncuran buku tiga tahun Jokowi di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (6/11). Peluncuran buku tersebut bertemakan

Ketua Umum Nawacita Jokowi, Mas Raden Suryo Admanto memberi sambutan saat peluncuran buku tiga tahun Jokowi di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (6/11). Peluncuran buku tersebut bertemakan

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj memberi sambutan saat peluncuran buku tiga tahun Jokowi di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (6/11). Peluncuran buku tersebut bertemakan

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj memberi sambutan saat peluncuran buku tiga tahun Jokowi di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (6/11). Peluncuran buku tersebut bertemakan

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj memberi sambutan saat peluncuran buku tiga tahun Jokowi di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (6/11). Peluncuran buku tersebut bertemakan

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj memberi sambutan saat peluncuran buku tiga tahun Jokowi di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (6/11). Peluncuran buku tersebut bertemakan

Ketua Umum Nawacita Jokowi, Mas Raden Suryo Admanto memberikan buku kepada Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj saat peluncuran buku tiga tahun Jokowi di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (6/11). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum Nawacita Jokowi, Mas Raden Suryo Admanto memberikan buku kepada Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj saat peluncuran buku tiga tahun Jokowi di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Senin (6/11). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Pangling, Saat Akad Mytha Lestari Disebut Mirip Vicky Shu

Posted: 05 Nov 2017 09:30 PM PST

Mytha Lestari kini telah resmi menjadi istri dari Barry Maheswara. Keduanya menggelar pernikahan di Klub Golf Estate Bogor Raya, Jawa Barat, pada Minggu (5/11/2017) kemarin.

Bicara soal pernikahan selebritas pasti tidak pernah lepas dari penampilan sang pengantin. Di hari spesialnya kemarin, Mytha Lestari dan Barry menggunakan tema adat Jawa.

Mytha Lestari dan Barry Maheswara resmi menikah [foto: instagram.com/heksaw.makeover]

Sejak akad nikah hingga resepsi, Mytha Lestari menggunakan sanggul dan paes. Bedanya, saat akad rambut Mytha dihiasi ronce bunga melati, sementara di waktu resepsi diganti dengan bunga mawar merah.

Untuk pakaiannya, Mytha Lestari mengenakan kebaya warna putih. Saat resepsi, pelantun "Aku Cuma Punya Hati" itu berganti dengan gaun putih berhiaskan bulu-bulu, sementara Barry tetap memakai beskap.

"Alhamdulillah Mytha Barry SAH!" ungkap Mytha Lestari di Instagram pribadinya usai dirinya dan Barry resmi menjadi suami istri.

 

Riasan wajah Mytha Lestari saat akad juga ikut menjadi sorotan. Saking cantiknya, wajah penyanyi 26 tahun itu bikin semua orang pangling.

Riasan Mytha Lestari saat akad nikah [foto: instagram.com/heksaw.makeover]

Bahkan banyak yang salah mengira Mytha Lestari adalah Vicky Shu. "Cantik bgttt mirip bgt vicky shu," puji @desy_andez.

"Cantik bangeet kaaa, iyh bener mirip vicky shu," sahut @binanurhayati24.

"sumpahhh manglingi bgt make up nyaaaaaa... cantiikk bgt!!.. beda sama keseharian mukanyaaaaa..." @inna.meiranti menimpali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPOM Temukan Banyak Penyalahgunaan Obat di Bangka Belitung

Posted: 05 Nov 2017 09:30 PM PST

 

Tingginya temuan sarana dan produksi dan distribusi obat yang tidak memenuhi ketentuan menjadi dasar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bekerjasama dengan Provinsi Bangka Belitung dalam pengawasan obat dan makanan. Hal ini ditandai dengan penandatangan Kesepahaman Bersama oleh Kepala BPOM Penny Lukito dan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman pada Senin, 6 November 2017.

Dalam sambutannya, Penny mengungkapkan tindak lanjut pengawasan obat dan makanan dibutuhkan peran dan komitmen kemeterian, lembaga, pemerintah daerah. Baik berupa sanksi administrasi atau pidana.

"Perlindungan masyarakat merupakan tujuan pengawasan Badan POM RI. Badan POM mengajak Pemerintah Provinsi Bangka Belitung untuk bersama bekerja melakukan pengawasan agar masyarakat terlindungi dari obat dan makanan yang berisiko terhadap kesehatan," kata Penny lagi.

Di dalam Kesepahaman Bersama berisi tentang upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan dan perlindungan obat dan makanan terpadu yang disalahgunakan.

Lalu, meningkatkan kapasitas fasilitas kefarmasian berupa fasilitas produksi, fasilitas distribusi dan fasilitas pelayanan kesehatan agar dapat memenuhi ketentuan cara produksi, cara distribusi, dan pelayanan kefarmasian yang baik. Sehingga meningkatkan keamanan, mutu, dan gizi pangan olahan hasil industri rumah tangga pangan.

Selain itu BPOM dan Bangka Belitung juga bekerja sama meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam memilih produk obat dan makanan yang aman, bermanfaat, dan bermutu sebagai salah satu upaya pemberdayaan masyarakat seperti mengutip rilis dari pom.go.id pada Senin (6/11/2017).

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Hasil pengawasan rutin Balai POM di Pangkal Pinang pada 2017 menunjukkan masih banyak ditemukan sarana produksi, distribusi obat dan makanan yang tidak memenuhi ketentuan, baik yang bersifat administratif, menjual produk ilegal atau kedaluwarsa ataupun perizinan di Provinsi Bangka Belitung.

Selain itu, sudah beberapa tahun terakhir di Bangka Belitung masih marak kasus penyalahgunaan obat ilegal (Somadryl) dan obat-obat tertentu (Tramadol) di jalur dan sarana ilegal, penyalahgunaan obat batuk Komix, dan penyalahgunaan minuman berenergi Torpedo sebagai bahan campuran obat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

EOS M100, Kamera Mirrorless Terbaru Canon dengan LCD Touchscreen

Posted: 05 Nov 2017 09:30 PM PST

Bersamaan dengan penyelenggaraan kompetisi fotografi terbesar di Indonesia, pt Datascrip selaku distributor utama Canon di Indonesia juga merilis kamera mirrorless terbarunya, EOS M100.

EOS M100 hari untuk memenuhi permintaan pasar terhadap kamera mirrorless yang berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir.

Ukurannya yang ringkas namun dengan teknologi dan kualitas yang hampir sama dengan kamera DSLR membuat permintaan kian tinggi.

Selama beberapa terakhir, Canon pun menghadirkan beragam kamera mirrorless untuk konsumen di Indonesia, termasuk menghadirkan EOS M100.

Canon EOS M100, kamera mirrorless terbaru Canon (Dokumentasi: Canon)

Canon Division Director pt. Datascrip, Merry Harun mengatakan, Canon M100 merupakan jawaban bagi konsumen yang menginginkan kamera ringkas dengan kulitas tinggi sekaligus desain trendi.

Adapun teknologi terbaru kamera ini di antaranya adalah sensor CMOS APS-C beresolusi 24,2MP yang didukung prosesor Digic 7 hingga ISO 25600 guna mendapatkan foto tajam meski dalam pencahayaan minim. Pada kamera ini juga tersemat Dual Pixel CMOS AF yang membuat pencarian fokus lebih cepat dan akurat.

Kamera ini juga bisa digunakan memotret kontinu, sehingga tiap momen tidak akan lepas dari bidikan.

 

Canon EOS M100, kamera mirrorless dengan LCD Touchscreen (Sumber: Dokumentasi Canon)

Selain fitur di atas, EOS M100 hadir dengan desain trendi dan berkelas. Bentuknya yang ringkas dan bobot yang ringan memudahkan pengguna saat memotret tiap hari. Kamera ini tersedia dalam opsi abu-abu, putih, dan hitam.

Tombol putar pada kamera ini juga memudahkan pengguna memilih pengaturan untuk memotret.

Selain itu, fitur lain yang terbaru adalah kehadiran LCD touchscreen (layar sentuh) yang bisa ditekuk 180 derajat. Dengan LCD yang bisa dilipat, pengguna bisa mengatur dengan lebih cepat dan memotret dari sudut tertentu, termasuk memudahkan foto selfie.

Dengan LCD touchscreen, pengguna bisa memilih fokus dengan menekan bagian layar yang diinginkan.

Untuk merekam video, EOS M100 juga dilengkapi format video Full HD beresolusi 60 piksel. Dengan teknologi dual pixel CMOS AF dan lensa STM, untuk hasil rekam yang lebih baik.

Teknologi IS juga mampu meredam guncangan kamera. EOS M100 juga dilengkapi fungsi rekam timelapse untuk hasil perekaman lebih kreatif.

Tak lupa, Canon juga menyematkan fitur WiFi dan NFC yang membuat koneksi kamera dengan smartphone lebih mudah. Dengan begitu foto langsung bisa diunggah ke medsos.

Ada pun kamera ini hadir dengan dua pilihan kit lensa, yang masing-masing dibanderol dengan harga: EOS M100 dengan lensa 15-45mm Rp 8,3 jutaan serta EOS M100 dengan lensa 15-45mm/22mm seharga Rp 10,3 jutaan.

Selain kedua lensa tersebut, kamera ini juga dipasangkan dengan lebih dari 70 lensa seri EF/ EF-s dengan tambahan mount adapter.

(Tin//Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPK: Program Cetak Sawah Kementan Sesuai Aturan

Posted: 05 Nov 2017 09:29 PM PST

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyatakan program cetak sawah yang dilaksanakan Kementerian Pertanian (Kementan) dan TNI Angkatan Darat (AD) sejak 2015 telah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ketua BPK Rizal Djalil mengatakan, berdasarkan hasil audit yang dilakukan BPK, pihaknya menyimpulkan ada dua hal yang harus dipahami masyarakat. Pertama, ‎program cetak sawah ini telah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 khususnya soal pengadaan barang dan jasa.

"Tidak ada yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berada di atasnya, demikian juga yang di bawahnya," ujar dia di Kantor Kementan, Jakarta, Senin (6/11/2017).

Kedua, lanjut Rizal, sebelum melibatkan TNI, program ini tidak berjalan dengan lancar. Namun setelah menggandeng TNI justru program cetak sawah ini semakin nyata dan konkrit.

"Capaian hektarnya sampai kuartal II 2017 sudah tercetak 150.995 ha dari seluruh wilayah yang sudah diprogramkan. Dengan alokasi realisasi anggaran Rp 2,6 triliun dari Rp 4,1 triliun anggarannya," kata dia.

Meski demikian, BPK menilai ada sejumlah hal yang harus disempurnakan agar program ini bisa berjalan lebih baik lagi ke depan. Salah satunya yaitu soal status kepemilikan lahan.

‎"Khusus mengenai status kepemilikan lahan kami menyarankan tadi supaya je‎las, jadi proses hibahnya mohon diproses bahwa diserahkan kepada masyarakat. Sehingga tidak ada ketidakjelasan tentang status aset yang sudah dikerjakan oleh TNI," jelas dia.

Selain itu, BPK juga merekomendasikan agar program ini tetap dijalankan di tahun selanjutnya.

"Dalam pelaksanaan ini tentu saja ada hal-hal yang harus kita sempurnakan, yang harus kita kerjakan lagi, itu harus dilaksanakan. Kami rekomendasikan untuk dilaksanakan dalam program berikutnya. Hal-hal lain yang terkait masalah teknis akan disesuaikan setelah program berikutnya berjalan," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

50 Pasukan Becak Siap Jemput Tamu Pernikahan Kahiyang Bobby

Posted: 05 Nov 2017 09:27 PM PST

 

Sebanyak 50 becak yang tergabung dalam Forum Komunikasi Keluarga Becak (FKKB) Kota Solo siap melayani tamu Presiden Joko Widodo pada resepsi pernikahan anak keduanya, Kahiyang Ayu yang diselenggarakan Rabu (8/11).

"Awalnya kami menawarkan kepada anggota dan ternyata mereka langsung siap," kata Koordinator Lapangan FKKB Kota Solo Sardi Ahmad di sela acara cuci becak bersama di depan Rumah Makan Omah Sinten Solo, Jumat.

Ia mengatakan pada kegiatan tersebut para pemilik becak ini sifatnya mangayubagyo, yang artinya tidak ditugaskan secara khusus melainkan hanya memberikan dukungan melalui tenaga.

Oleh karena itu, FKKB sudah mengkoordinasikan kepada para tukang becak agar tidak mematok tarif tertentu kepada para penumpangnya.

"Jadi mereka bekalnya harus ikhlas dulu kalau mau ikut acara ini, karena tidak ada patokan khusus seperti sehari-hari," katanya.

Nantinya masing-masing becak hanya diberikan jatah maksimal empat kali mengantarkan tamu karena ia mengantisipasi adanya tukang becak yang kelelahan.

"Tetapi kalau masih ada juga tamu yang harus diantar maka kami akan berembug dulu, benar-benar mencari pembecak yang masih kuat. Jangan sampai keselamatan dipertaruhkan," katanya.

Tidak mematok tarif tertentu, katanya, juga dilakukan pada dua tahun silam yaitu saat resepsi pernikahan anak pertama Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

"Pada saat itu para penumpang membayar ongkos bervariasi, mulai dari Rp10.000-Rp100.000," katanya.

Sementara itu, ia melanjutkan, nantinya titik penjemputan akan dilakukan di kantung parkir, di antaranya di Lapangan Sumber dan Banyuayar menuju ke Gedung Graha Saba Buana yang jaraknya sekitar 1 km.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puluhan Warga Sukabumi Keracunan Bubur

Posted: 05 Nov 2017 09:25 PM PST

Hingga Senin pagi ini dari 21 orang yang dirawat akibat keracunan bubur ayam sebagian besar sudah bisa pulang. Sedangkan dua orang di antaranya masih dirawat di Rumah Sakit R Syamsudin, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (6/11/2017), 21 warga Citamiang itu terpaksa harus masuk rumah sakit karena mengalami diare dan muntah-muntah. Kebanyakan korban adalah anak-anak diduga keracunan makan bubur ayam yang dibeli dari tetangga mereka. Untuk memastikannya dinas kesehatan sudah mengambil sampel untuk diteliti.

Mengingat jumlah korban cukup banyak yakni 21 orang pemerintah daerah setempat menggolongkan hal ini sebagai kejadian luar biasa dan akan menanggung seluruh biaya pengobatan. Warga juga diimbau untuk waspada dalam mengonsumsi makanan yang dijajakan.

Sampel untuk memastikan apa yang menyebabkan keracunan masih diperiksa di balai pengawasan obat dan makanan di Bandung. Saat ini juga kasus sudah ditangani Polsek Citamiang. Sejauh ini belum ada tersangka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Lillard Gemilang, Blazers Bekuk Thunder

Posted: 05 Nov 2017 09:20 PM PST

Damian Lillard berhasil memenangi duel dengan Russell Westbrook. Lillard tampil gemilang dan membantu Portland Trail Blazers menang 103-99 atas Oklahoma City Thunder pada lanjutan NBA, Minggu (5/11/2017) waktu setempat atau Senin (6/11/2017) pagi WIB.

Dalam laga di Moda Center ini, Lillard membuat double-double dahsyat dengan 36 poin dan 13 assists. Westbrook sendiri menyumbang 25 poin dan sembilan assists. 

Blazers memulai laga dengan baik. Di kuarter pertama mereka unggul jauh 28-20. Thunder bangkit di kuarter dua dan bisa memangkas jarak menjadi hanya tertinggal empat angka saat jeda babak pertama.

Petaka menimpa Thunder di kuarter tiga. Carmelo Anthony diusir wasit akibat menyikut Jusuf Nurkic saat kuarter tiga tersisa empat menit 26 detik.

Keluarnya Anthony membuat Blazers bisa terus memperlebar margin keunggulan atas Thunder. Dimotor Lillard, Blazers unggul hingga 16 poin. Lillard membuat 14 angka di kuarter tiga.

Ilustrasi Bola Basket (hdwallpapervault.com)

Blazers mengendor di kuarter empat. Mereka tak membuat angka selama lebih dari empat menit. Akibatnya Thunder bisa mengejar dan cuma tertinggal dua poin setelah Westbrook membuat dua poin.

Lillard muncul sebagai pahlawan dalam situasi genting. Layup Lillard saat laga tersisa 30 detik membuat Blazer unggul 98-94.

Ilustrasi Bola Basket (sklarchiropractic.com)

Thunder akhirnya harus mengakui keunggulan Blazers setelah Westbrook gagal mengeksekusi tiga hadiah lemparan bebas beruntun.

Selain Lillard, Nurkic juga main bagus dengan sumbangsih 25 angka dan delapan rebound. Di kubu Thunder, Paul George yang menjadi top scorer dengan 27 angka.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Umumkan Nama Anak Lewat Video Ini, Olla Ramlan Bikin Mewek

Posted: 05 Nov 2017 09:20 PM PST

Olla Ramlan akhirnya mengumumkan nama lengkap anak ketiganya, Minggu (5/11/2017). Seperti yang diketahui, istri Aufar Hutapea itu baru melahirkan bayi perempuan melalui persalinan cesar, 3 November 2017 lalu.

 

Melalui sebuah video, Olla Ramlan juga menunjukkan wajah sang bayi yang sebelumnya dirahasiakan. Mulai dari persiapan, proses operasi cesar, hingga saat-saat sang bayi lahir ke dunia, terlihat dalam video garapan Rio Motret tersebut.

Ekspresi cemas tampak menghiasi wajah Olla Ramlan saat menjalani proses menegangkan tersebut. Sang bayi yang masih terisak pun langsung dipeluk Olla Ramlan dan Aufar Hutapea dengan penuh kehangatan.

"Welcome to the world my number 3... ADREENA NAIRA HANA HUTAPEA," tulis Olla Ramlan. Namun sayang, artis kelahiran 15 Februari 1980 itu belum memaparkan arti di balik nama indah sang buah hati.

 

 

Para pengguna Instagram yang menyaksikan video itu langsung meninggalkan tanggapan positif melalui kolom komentar. Sebagian besar dari mereka mengaku tersentuh, bahkan meneteskan air mata.

Pemeran dan presenter Olla Ramlan baru saja dikaruniai anak ketiga. Bayi berjenis kelamin perempuan itu lahir pada Jumat (3/11/2017). Teman selebriti hingga Wakil Gubernur terlihat hadir menjenguk Olla. (Instagram/ollaramlanaufar)

Tak sedikit pula yang menyamakan pengalaman mengharukan Olla Ramlan dengan mereka. Saat itu, kolom komentar seakan berubah menjadi wadah curahan hati para ibu di Tanah Air.

"Tetep sedih tiap liat lahiran karna saya ngelahirinny sendirian tampa didampingi suami yg lg dinas diluar kota. Selamat ya ka olla atas kelahiran putrinya," tulis @fantharina_81.

"Mami olla selamat ya, semoga anak2nya mami menjadi anak yang soleh dan solehah, aku terharu bgt sampe nangis liat videonya," sahut @dinrum.

"Ya Allah aku merinding nontonnya sampe gak sadar netesin air mata, terharu. congratulations yaa mba," ungkap @diandhe46.

"Jatuh air mata lt video ini sedih mb @ollaramlanaufar sy jg lg menunggu lahiran anak yg k 3 oprasi caesar jg smga menjadi anak2 yg soleh n soleha," imbuh @vazuhura_vrz.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Inilah Delapan Kereta Kuda untuk Pernikahan Kahiyang dan Bobby

Posted: 05 Nov 2017 09:18 PM PST

Jelang pernikahan putri Presiden Jokowi, delapan kereta kuda telah disiapkan untuk mengantar Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, pada 8 November 2017 mendatang. Kedelapan kereta kudatersebut telah selesai diservis dan diperiksa kesiapannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahasiswi Angel Ngadiman Ingin Punya Bisnis Level Internasional

Posted: 05 Nov 2017 09:12 PM PST

Mahasisiwi President University ternyata tak hanya menguasai Bahasa Inggris, tetapi juga Bahasa Mandarin. Hal ini dibuktikan oleh mahasisiwi jurusan International Business angkatan 2015, Angel Ngadiman, yang berhasil menjadi runner up di National Mandarin Competition (NMC) 2017. Skornya hanya selisih 0,3 poin dengan sang juara.

National Mandarin Competition (NMC) 2017 yang diselenggarakan oleh Binus Mandarin Club itu mempertandingkan 3 kategori, yaitu Speech, Story Telling, dan Singing. Pada ajang kompetisi yang sudah memasuki tahun ke- enam ini, putri tunggal kelahiran Jakarta 21 tahun lalu tersebut mengikuti kategori speech.

Setelah mengikuti babak penyisihan yang berlangsung pada awal Oktober, alumni Jakarta Taipei International School ini lolos ke babak semifinal yang berlangsung pada tanggal 27 Oktober 2017. Setelah melalui persaingan yang sengit, akhirnya Angel bisa melangkah ke final pada hari berikutnya dan berhasil menjadi juara 2.

"Saya sangat bersyukur menjadi runner up, semoga apa yang saya raih bisa memberikan inspirasi kepada teman-teman di kampus, agar bisa mendorong mereka untuk menunjukkan bakat dan kemampuan mereka sendiri di depan umum. Keberhasilan ini juga berkat dukungan pihak kampus terutama dari Kaprodi Manajemen, dan juga dari dosen, organisasi dan teman-teman di kampus," ujar Angel, yang masuk ke President University dengan mendapatkan beasiswa.

Bahasa Mandarin memang sudah tidak asing lagi bagi Angel karena sejak SD hingga sekarang sudah banyak mengikuti berbagai lomba yang mengasah kemampuan Bahasa Mandarin. Ada beberapa prestasi yang pernah diraihnya, seperti Juara 1 dan 2 Mandarin Speech Competition, Juara 1 Mandarin Story-Telling Competition, dan Juara 2 Mandarin Writing Competition. 

"Untuk menghadapi event NMC 2017 yang saya persiapkan adalah membuat naskah, kemudian menghafalkannya dan latihan berkali-kali agar dapat menyampaikan speech-nya dengan baik dan lancar," ucap Angel. 

Selain aktif mengikuti kompetisi, Angel juga aktif berorganisasi.

"Saya berkontribusi dalam PUMA Management (President University Major Association), atau yang biasanya dikenal HIMA (Himpunan Mahasiswa) selama dua tahun. Pada tahun pertama saya menjabat sebagai member dari Divisi Humas. Dan pada tahun kedua, saya menjabat lagi sebagai Ketua Divisi Humas," ungkap Angel yang juga sering menjadi panitia dalam event-event kampus, seperti ospek untuk international students dan juga event Prodi Manajemen lainnya.

Selain Bahasa Mandarin, dirinya juga punya minat tinggi dalam bidang bisnis. Hal ini juga sejalan dengan jurusan yang dia pilih, yaitu International Business karena ingin mempunyai bisnis sendiri yang bisa menembus pasar internasional. Untuk itu, memilih kuliah di President University yang memiliki Full-English Environment menurutnya sangat tepat, karena akan memudahkannya berkomunikasi di pergaulan internasional.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Babak Belur Dihajar Warga, Begal Dilarikan ke Rumah Sakit

Posted: 05 Nov 2017 09:11 PM PST

Satu dari tiga perampok yang beraksi di Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, berhasil ditangkap warga. Bahkan, pelaku perampokan dihakimi massa hingga babak belur dan dilarikan ke Puskesmas. Sementara itu, aparat kepolisian berhasil menemukan sepeda motor milik korban yang dilarikan pelaku.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (6/11/2017), dalam kondisi babak belur pria berusia 20 tahun itu dilarikan ke Puskesmas Peninjauan, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Pria tersebut terluka parah akibat dihakimi massa karena tertangkap dalam aksinya merampok sepeda motor yang ditumpangi dua remaja wanita di Jalan Poros Desa Tanjung Makmur.

Dalam aksinya, dua begal berhasil melarikan diri. Namun, aparat kepolisian yang mengejar para pelaku ke kawasan hutan berhasil menemukan sepeda motor milik korban yang diduga ditinggalkan pelaku. Hingga kini, polisi masih mengejar dua pelaku yang melarikan diri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Via Vallen Dapat Cincin, Dilamar?

Posted: 05 Nov 2017 09:10 PM PST

Via Vallen masih menjalani perawatan di rumah sakit lantaran sakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang menyerangnya. Di tengah kebosanannya, ia pun mendapat kejutan.

Via Vallen masih sempat bercanda meski tengah dirawat di rumah sakit karena penyakit tifus. (Instagram)

Dirinya mendapat cincin dengan mata yang cukup besar berwarna biru. Hal itu dipamerkan Via Vallen di akun Instagramnya, Senin (6/11/2017). Via dilamar?

 Ternyata bukan. Cincin tersebut diberikan sebuah perusahaan motor atas dedikasi yang diberikan Via Vallen. Itu tertulis di luar kotak perhiasan tersebut.

Pelantun "Sayang" ini pun memperlihatkannya dalam video singkat. Via Vallen pun terlihat senang menerimanya.

Via Vallen dapat cincin bermata satu (Foto: Instagram)

"Wah so cute, terima kasih banyak. Makasih buat cincinnya, lucu banget," ungkap Via Vallen dalam video yang ditonton lebih dari 344 ribu kali oleh pengguna Instagram.

Perusahaan tersebut pun mendoakan Via Vallen agar cepat sembuh dan bisa beraktivitas kembali.

 

 

Sejak kemunculannya di belantika musik dangdut Tanah Air, nama Via Vallen perlu diperhitungkan. Ia pun disebut-sebut sebagai tandingan Ayu Ting Ting yang lebih dulu terjun sebagai penyanyi.

Bahkan, Instagram gosip @komentatorpedas menyebutkan kalau lagu milik Via Vallen berjudul "Sayang" telah mengalahkan single Ayu Ting Ting "Sambalado".

Pelantun lagu Sambalado itu juga memuji lagu Sayang yang dipopulerkan Via Vallen. Bahwa suaranya bagus dan itu menjadi rezeki bagi penyanyi asal Jawa Timur tersebut. Ia juga berhubungan baik dengan Via. (Bambang E. Ros/Bintang.com)

Sejak diunggah pada 24 Februari 2017, single Via Vallen tersebut telah ditonton lebih dari 81 juta orang. Sedangkan lagu Ayu Ting Ting hanya meraih 51 juta penonton sejak dua tahun lalu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Porzingis Cetak Poin Tertinggi, Knicks Hajar Pacers

Posted: 05 Nov 2017 09:10 PM PST

Kristaps Porzingis terus menunjukkan sinarnya pada NBA 2017-2018. Pemain asal Latvia itu membawa New York Knicks mengalahkan Indiana Pacers 108-101 di Madison Square Garden, Minggu (5/11/2017) waktu setempat atau Minggu (6/11/2017).

Porzingis mencetak 40 poin pada laga tersebut, tertinggi sepanjang kariernya di NBA.

Sumbangsihnya membantu Knicks bangkit dari ketertinggalan 19 angka dan meraih kemenangan kelima dari sembilan pertandingan di awal musim ini.

Ini bukan kali pertama Porzingis menunjukkan kontribusi positif bagi Knicks. Dia membukukan rata-rata 32,6 nilai dari enam laga terakhir. Sebanyak lima di antaranya berbuah kemenangan.

Torehan poin paling sedikit terjadi saat menghadapi Houston Rockets. Ketika itu Porzingis hanya menciptakan 19 angka dan Knicks tumbang 97-119.

Jika ditotal, Porzingis membukukan 29,0 poin per partai. Dibandingkan pemain NBA lain, dia hanya kalah dari LeBron James (29,1) dan Giannis Antetokounmpo (31,0).

Lawan-Poin-Hasil Laga

Vs Thunder 31 84-105

Vs Pistons 33 107-111

Vs Celtics 12 89-110

Vs Nets 30 107-86

Vs Cleveland 32 114-95

Vs Nuggets 38 116-110

Vs Rockets 19 97-119

Vs Suns 37 120-107

Vs Pacers 40 108-101

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alwaleed, Pangeran Arab yang Ditangkap Pernah Ribut dengan Trump

Posted: 05 Nov 2017 09:09 PM PST

Putra mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman menangkap 11 pangeran Arab terkait kasus korupsi. Dari 11 nama tersebut, ada satu nama yaitu Pangeran Alwaleed bin Talal.

Alwaleed dikenal sebagai orang terkaya di dunia dan masuk jajaran Forbes. Dia juga punya gurita bisnis lewat perusahaannya Kingdom Holding. Yang menarik, Pangeran Alwaleed punya koneksi dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. Bahkan keduanya pernah terlibat perseteruan pada 2015 lalu.

Meski perseteruan itu terjadi di sosial media, keduanya nampak kesal satu sama lain. Hal itu terjadi pada masa kampanye Donald Trump yang dinilai mendiskreditkan orang Muslim.

Pangeran Alwaleed secara langsung mencuit ke akun twitter Donald Trump. Mengatakan bahwa Trum adalah aib tak hanya untuk GOP (grand old party/Partai Republik) melainkan untuk seluruh orang Amerika Serikat.

Dia juga berharap Trump mengundurkan diri dari pencalonan Presiden AS yang diyakininya tak akan pernah dimenangkan Trump.

"@realDonaldTrump You are disgrace not only to GOP but to all America. Withdraw from the US presidential race as you will never win," tulis sang Pangeran melalui akunnya Alwaleed_Talal pada 12 Desember 2015 lalu.

Diketahui pada masa kampanyenya, Trump pernah memberikan pernyataan kontroversial yang melibatkan orang Muslim. Dia melarang orang Muslim datang ke Amerika Serikat jika terpilih jadi presiden.

Menanggapi cuitan dari Alwaleed, Trump pun membalas bahwa Alwaleed ingin menguasai politik Amerika Serikat dengan uang ayahnya. Trump menyebut itu tak akan bisa jika dia terpilih jadi Presiden.

"Dopey Prince @Alwaleed_Talal wants to control our U.S. politicians with daddy's money. Can't do it when I get elected. #Trump2016" ujar Trump di hari yang sama.

Sebenarnya, hubungan Trump dan Alwaleed sebelumnya baik-baik saja. Bahkan Pangeran Alwaleed pernah membantu Trump saat pengusaha properti Amerika Serikat ini mengalami masalah keuangan.

Dilansir CNBC, Senin (6/11/2017), antara tahun 1991-1995, Pangeran Alwaleed menyelamatkan Trump, yang punya masalah keuangan. Bin Talal membeli kapal pesiar Trump dan membantu jaringan bisnis Trump keluar dari masalah.

 

 

Hanya dalam itungan jam setelah didirikan, lembaga antikorupsi Arab Saudi yang dipimpin Putra Mahkota Mohammed bin Salman melakukan penangkapan besar-besaran.

Sebanyak 11 pangeran, empat menteri, dan belasan mantan menteri ditahan pada Sabtu malam 4 November 2017. Salah satunya adalah Pangeran Alwaleed bin Talal, yang namanya masuk daftar orang terkaya di dunia versi Forbes.

Penangkapan bos King Holding Company tersebut diungkap salah satu bawahannya, secara anonim, kepada The Associated Press.

Menggunakan bendera King Holding Company, Pangeran Alwaleed bin Talal diketahui punya investasi di sejumlah perusahaan ternama seperti Twitter, Apple, News Corporation, Citigroup, jaringan hotel Four Seasons, dan perusahaan layanan berbagi transportasi asal Amerika Serikat Lyft.

Alwaleed adalah cucu dari pendiri Arab Saudi, Raja Abdulaziz al-Saud, dan keponakan raja yang menjabat saat ini, Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Ia juga dikenal sebagai sosok yang blak-blakan, telah lama memposisikann diri sebagai pembela hak-hak perempuan di Arab Saudi. Alwaleed juga pemilik mayoritas Rotana Group.

Sejauh ini, pihak Pemerintah Arab Saudi hanya mengumumkan bahwa penyelidikan antikorupsi sedang dilakukan. Sementara, media yang dekat dengan penguasa, Al Arabiya melaporkan bahwa sejumlah pangeran dan menteri ditangkap, tanpa menyebut siapa saja nama mereka.

Sementara itu, seperti dikutip dari CNN, Minggu (5/11/2017), juga ada dalam daftar mereka yang ditangkap adalah kepala staf istana kerajaan Khaled Al-Tuwaijri, pengusaha media Waleed Al-Ibrahim, dan Pangeran Turki Bin Nasser.

Badr Asaker, manajer biro Putra Mahkota Mohamed bin Salman, mengungkapkan daftar sejumlah nama yang ditahan melalui akun Twitter miliknya.

Selain itu, tiga menteri dikeluarkan dari jabatan mereka, dan puluhan mantan menteri ditahan, sebagai bagian dari kampanye antikorupsi baru yang diprakarsai oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud, demikian seperti dikabarkan Al Arabiya.

"Raja Salman memerintahkan inisiatif antikorupsi baru sebagai bagian dari agenda reformasi aktif yang bertujuan menanggulangi masalah terus-menerus yang telah menghambat usaha pembangunan di Kerajaan dalam beberapa dekade terakhir," demikian diungkap dalam siaran pers Kementerian Komunikasi Arab Saudi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Kutuk Penembakan Gereja Texas Adalah Tindakan Jahat

Posted: 05 Nov 2017 09:06 PM PST

Presiden Donald Trump mengecam insiden penembakan Texas sebagai sebuah "tindakan jahat" dan "mengerikan".  Penembakan massal AS kali ini terjadi di dalam First Baptist Church di kota Sutherland Springs, Texas. Peristiwa itu menewaskan 26 orang.

Dikutip dari laman CNN (6/11/2017), Trump, yang saat ini tengah dalam tur Asia-Pasifik turut memberikan dukungan kepada para korban dan keluarga.

"Tindakan jahat ini terjadi ketika korban dan keluarga sedang beribadah bersama di tempat yang suci (gereja). Kata-kata mungkin tidak dapat menggambarkan rasa sakit dan kesedihan yang sedang kita alami. Kami juga tak dapat membayangkan penderitaan mereka yang ditinggal oleh orang tercinta," ujar Trump dalam pernyataan yang ia bacakan di Kedutaan AS di Tokyo. 

Orang Nomor satu AS itu juga ikut memberikan tanggapan melalui Twitter, yang berisi, "Semoga tuhan bersama warga Sutherland Springs, Texas. FBI dan pelaku hukum sudah berada langsung di tempat kejadian. Saya terus memantau situasi ini dari Jepang."

Trump sendiri kini tengah berada di Tokyo, dalam rangka melakukan pertemuan dengan para pelaku bisnis di Kedubes AS di Jepang. 

Putra dari Fred Trump juga menegaskan, langkah terbaik yang dapat dilakukan guna menanggapi insiden tadi adalah persatuan. Namun, ia belum mengambil langkah legislatif atau kebijakan lainnya terkait kasus penembakan. 

Trump menjanjikan, pihak pemerintah negara bagian Texas dan otoritas setempat akan menyelidiki tindak kejahatan ini hingga tuntas.

Freeman Martin, selaku Direktur Regional Departemen Keamanan Texas menyatakan, terdapat banyak korban luka lainnya di samping 26 korban tewas. Rentang usia korban berkisar antara 5 sampai 72 tahun.

Dua petugas penegak hukum setempat menambahkan, pelaku penembakan sendiri teridentifikasi dengan nama Devin Patrick kelley, pria berusia 26 tahun.

 

Penembakan gereja juga sebelumnya pernah terjadi di AS, tepatnya pada 24 September 2017. Pria bersenjata dan bertopeng membunuh seorang wanita dan melukai enam orang lainnya saat menembaki sebuah gereja di dekat Nashville, Tennessee, pada Minggu pagi.

Seperti dikutip dari Telegraph, di antara korban luka adalah pastor di Kapel Burnette, Joey Spann. Menurut putranya, sang pastor mendapat luka tembak di dada. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai kondisinya.

BBC melansir, wanita yang tewas itu bernama Melanie Smith (39). Ada pun The Guardian menyebut jumlah korban luka adalah tujuh orang.

Juru Bicara Kepolisian Metro Nashville, Don Aaron mengatakan, "Seorang pria bersenjata mengenakan topeng tiba di tempat parkir dan melukai wanita yang tengah berjalan menuju kendaraannya".

Aaron menjelaskan, pria bersenjata tersebut yang belakangan diidentifikasi sebagai Emanuel Kidega Samson (25) asal Murfreesboro lalu memasuki gereja kecil tersebut dan mulai melepaskan tembakan.

"Pada saat ini, enam orang terluka akibat peristiwa tersebut. Mereka dilarikan ke rumah sakit terdekat," tutur Aaron.

Pelaku dilumpuhkan dengan timah panas oleh seorang penjaga. Yang bersangkutan kini berada di rumah sakit terdekat dan dalam pengawasan polisi.

Seorang saksi, Minerva Rosa, memuji tindakan penjaga yang menembak pelaku. Menurutnya pria bernama Robert Engle itu adalah seorang pahlawan.

"Dia luar biasa. Tanpa dia, saya pikir kondisinya bisa lebih buruk," kata Rosa, yang telah delapan tahun menjadi jemaat gereja tersebut.

Tersangka dilaporkan tidak berkata apa-apa saat melakukan aksi brutalnya. Hanya teriakan pastor yang terdengar saat pria bersenjata itu mulai berjalan menyurusi lorong.

"Lari! Lari! Ada penembak!" terang Rosa.

Motivasi pelaku tidak diketahui secara pasti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menghemat Biaya Liburan Bareng Keluarga

Posted: 05 Nov 2017 09:04 PM PST

Berlibur adalah suatu yang menyenangkan dan paling ditunggu semua orang. Pasalnya, dengan liburan bersama kita bisa terlepas dari aktivitas yang penat sehari-hari.

Namun biasanya meski sudah merencanakan dengan matang, terkadang rencana tersebut meleset dari perkiraan, anggaran misalnya.

Lalu bagaimana menghadapi masalah kelebihan anggaran yang kerap terjadi saat liburan? Berikut ulasan agar hemat saat liburan:

Pilih kuliner lokal

Untuk berhemat saat liburan, yang pertama direncanakan ialah mengenai makanan dan minuman. Alangkah baiknya Anda dan keluarga tidak makan di hotel atau restoran. Pilihlah kulineran lokal, atau pondok makan yang mampu menyajikan kuliner lokal daerah yang seringkali harganya jauh lebih murah.

Tak hanya itu, lokasi juga berperan. Di suatu tempat di tepi pantai mungkin akan jauh lebih mahal daripada restoran di pinggir jalan di mana makanannya mungkin sama saja rasanya.

Jika Anda bisa menemukan tempat di mana penduduk lokal setempat makan, biasanya harga lebih murah, dan makanannya seringkali terasa lebih enak.

Cermati saat berwisata

Untuk berwisata, Anda mungkin bisa menghemat uang dengan tiket kombinasi. Untuk biaya biasanya lebih murah daripada membeli tiket wisata satuan di beberapa tempat.

Terlebih lagi, dalam beberapa kasus tiket ini juga berfungsi sebagai tiket perjalanan. Sebelum bepergian, cek beberapa situs wisata online yang menawarkan pilihan tiket wisata kombinasi. Tiket yang dipesan secara online terkadang harganya juga bisa jauh lebih murah.

Menawar saat belanja

Saat liburan, biasanya selain kuliner hal yang membuat liburan boros adalah belanja. Tak tanggung-tanggung, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk belanja, oleh-oleh misalnya.

Untuk itu, jangan sungkan untuk melakukan tawar-menawar dengan pedagang, karena harga yang biasa disebutkan pedagang lebih mahal. Tentu saja cara ini akan menguntungkan dan menghemat pengeluaran Anda.

Transportasi

Untuk perjalanan liburan, Anda bisa memakai mobil pribadi. Selain menghemat, dengan mobil pribadi Anda bisa leluasa menggunakannya saat liburan.

Jangan sampai perjalanan jauh Anda dan keluarga terganggu atau kurang nyaman karena salah memilih kendaraan. Pilihlah kendaraan yang memang sudah terkenal akan hematnya, seperti Toyota Avanza dan Veloz.

Dengan tipe MPV (Multiple Purpose Vehicle), jenis mobil ini bisa memastikan perjalanan jauh jadi tetap menyenangkan, apalagi karena memiliki daya angkut penumpang cukup banyak (7 seater) dan juga kapasitas bagasi yang luas.

Tak hanya soal kapasitas, mobil yang tepat adalah mobil yang bisa menyesuaikan dengan kondisi jalanan yang beragam. Seperti Toyota Avanza yang sudah terbukti mampu melibas berbagai jenis jalan.

 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Idealkah Mengganti Oli Mesin Mobil Setiap 10.000 Km?

Posted: 05 Nov 2017 09:03 PM PST

Teknologi oli untuk mobil semakin lama semakin canggih, sehingga beberapa pabrikan mengklaim oli tersebut dapat digunakan hingga 10.000 km sebelum pergantian selanjutnya. Namun, apakah hal tersebut aman untuk dilakukan?

Oli merupakan komponen yang sangat penting di dalam mesin mobil. Jika oli mesin tidak sehat, maka mesin mobil tidak dapat terlumasi dengan optimal. Nah, untuk mendapatkan waktu ideal untuk mengganti oli sebenarnya sudah tertuliskan di dalam buku manual dari mobil kesayangan Anda.

Misalkan pada Honda Brio Satya, pada halaman 125, dijelaskan waktu penggantian oli yang disarankan dalam kondisi normal adalah setiap 6 bulan sekali atau 10.000 km. Sedangkan dalam kondisi berkendara yang berat, waktu dan jarak yang disarankan adalah setengahnya, yakni setiap 3 bulan sekali atau 5.000 km.

Seperti apakah kondisi berat bagi mesin untuk mobil passenger seperti Brio Satya?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Buku manual brio.(Istimewa)

Menurut buka manual tersebut dijelaskan, beberapa poin:

1. Jika sekali perjalanan kurang dari 8 km, atau pada suhu udara dingin kurang dari 16 km per perjalanan.

2. Jika berkendara di suhu yang sangat panas, seperti di atas 35 derajat celcius.

3. Sering berada dalam kondisi idle, atau menghadapi kondisi stop and go.

4. Rak berisi muatan, atau di medan pegunungan yang mempengaruhi beban kinerja mesin.

5. Jalanan berlumpur, berdebu.

Dari poin tersebut dapat terlihat, mobil yang berada di kota-kota besar, seperti Jakarta berada dalam kondisi berkendara yang berat. Terutama poin yang menunjukkan mobil yang sering berada dalam kondisi idle.

"Masalahnya kan kalau di Indonesia macet meski jarak dekat, mesin tetap bekerja. Menunggu jarak untuk ganti oli, takutnya pelumasnya itu tidak akan maksimal lagi kerjanya," terang Gordon Alexander Lit, Chief Technical and Training Officer Liqui Moly, oli asal Jerman untuk wilayah kerja Asia Pasifik di Jakarta, Rabu (6/9).

Oleh karena itu, Gordon menilai idealnya ganti oli untuk kendaraan di kota-kota besar dihitung berdasarkan durasi pemakaian saja.

"Setahun dua kali ganti oli untuk mobil itu tidak cukup. Saya rekomendasikan tiap tiga atau empat bulan ganti (tiga kali dalam setahun), meski belum sampai 10.000 km (atau jarak ideal penggantian oli)," tambahnya.

Nah, untuk lebih mengenali kebutuhan mobil Anda, jangan lupa untuk mempelajari buku manual mobil Anda. Karena setiap mobil memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

 

Maraknya produk oli yang dipalsukan ternyata dirasakan perusahaan pelumas PT Shell Indonesia. Hal ini membuat Shell Indonesia, khususnya Shell Lubricants, menerapkan teknologi Jam Jar.  

Menurut Direktur Pelumas PT Shell Indonesia, teknologi Jam Jar merupakan terobosan baru untuk menjaga keaslian produk Shell yang beredar di pasaran.

"Kami berkomitmen untuk menyediakan produk terbaik bagi pelanggan kami dan kami akan terus membawa inovasi untuk memastikan pelanggan mendapatkan produk terbaik dan tetap menjaga keaslian produk yang beredar di masyarakat," ungkap Dian saat ditemui di pabrik Shell Indonesia di Merunda, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (18/10/2017).

Teknologi Jam Jar memiliki kode QR pada lapisan kedua yang dapat dipindai dan terhubung ke serverShell Anti-Counterfeit System (sistem Shell untuk anti-pemalsuan).

Letak kode ini terdapat di bagian tutup kemasan yang juga memiliki hologram anti rusak.

Untuk mengecek keaslian pelumas Shell, hal yang dilakukan dengan cara dipindai. Namun, konsumen juga dapat mengunjungi ac.shell.com dan memasukkan 16 angka yang tertera di lapisan kedua pada segel pengaman untuk melakukan verifikasi produk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imut dan Lucu, Ini Selop Jan Ethes di Pernikahan Kahiyang Ayu

Posted: 05 Nov 2017 09:01 PM PST

Pernak-pernik untuk pelengkap busana pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution satu persatu terungkap. Keluarga Presiden Joko Widodo telah memesan delapan pasang selop di salah satu UKM Solo. Delapan pasang itu termasuk selop untuk Jan Ethes, cucu pertama Presiden Jokowi.

Pasangan Agustinus Lasmono dan Miasih adalah sosok yang membuat selop itu. Mereka memiliki bengkel pembuatan selop Winna yang tempatnya tak jauh dengan Terminal Tirtonadi, Solo. Pasangan ini sudah merintis usaha tersebut sejak tahun 1989.

"Pesannya sekitar sebulan lalu. Jadi yang pesan dari desainernya (Hanif Nanjaya dan Doddy Nanjaya). Kalau mereka ada pesanan kebaya, selopnya pasti pesan di sini," ujar Lasmono di bengkel pembuatan selop miliknya, Senin, (6/11/2017).

Delapan selop itu diperuntukkan bagi keluarga Presiden Jokowi, termasuk dua mempelai. Satu hal yang cukup mengganggu mata adalah selop milik Jan Ethes. Selop milik Jan Ethes berukuran 17 dari bahan kulit. Menariknya, selop ini dilengkapi tali pada bagian belakangnya. Alhasil jika dipasangi tali, selop itu layaknya sepatu sandal.

Bagi Lasmono dan Miasih, sebenarnya pesanan kali ini bukan yang pertama. Ia beberapa kali pernah dipesan Gibran Rakabuming untuk membuat selop Jan Ethes. "Kalau Mas Gibran ada acara dan butuh selop, pasti ke sini," ujar Lasmono.

Bahkan Jan Ethes sudah mengenakan selop itu sejak berumur 2 bulan. Dengan bertambahnya waktu, ukuran Jan Ethes semakin naik. "Ini sekarang ukurannya 17, ukurannya spesial," kata Lasmono menambahkan. 

Selop untuk Jan Ethes didesain khusus oleh Agustinus Lasmono dan Miasih dengan ukuran kaki 17. Foto: Fajar Abrori/ Liputan6.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Kecele, Saking Canggihnya 6 Foto Ini Dikira Lukisan

Posted: 05 Nov 2017 09:00 PM PST

Sekarang ini hanya dengan seni lukis surealis, hasil karya bisa benar-benar mirip seperti aslinya di dunia nyata, sehingga sulit dibedakan. Tak jarang banyak orang juga menganggap karya seni lukis sama halnya seperti foto.

Namun, apakah kamu pernah melihat hasil foto seperti lukisan? Walaupun tidak dapat dipercaya, berikut merupakan sejumlah gambar yang ternyata hasil jepretan kamera, melansir My Modern Met, Minggu (5/10/2017)

1. Foto lukisan rumah-rumahan

 

Foto perumahan di kota Meksiko. Source: Oscar Ruiz via mymodernmet.com

Jika orang pertama kali melihatnya mungkin tidak ada yang menyadari bahwa rumah tersebut merupakan rumah asli. Namun, foto tersebut berhasil diabadikan oleh fotografer Oscar Ruiz di atas perumahan wilayah Kota Meksiko. Ia mengambil foto ini melalui helikopter.

2. Lembah warna-warni

Lembah warna-warni di Steptoe Butte, Washington. Source: Michael Brandt via http://mymodernmet.com

Sekilas orang pasti menebak gambar ini seperti lukisan. Sayangnya, ini merupakan sebuah foto yang diambil oleh Michael Brandt di Palouse Valley, Washington, Amerika Serikat. Gundukan padang rumput yang berwarna-warni itu dikenal dengan Steptoe Butte. Bentuk geografis alam ini tentunya menyajikan keindahan pada mata.

3. Foto lukisan sungai di Taiwan

 

Sungai tercemar di Provinsi Anhui, Taiwan. Source: Jianan Yu via mymodernmet.com

Foto ini menunjukkan banyak warna sungai yang pastinya akan menipu banyak orang saat pertama melihatnya. Jianan-Yu merupakan fotografer di balik gambar ini. Sungai dengan warna-warni tersebut memang terlihat indah. Sayangnya, foto dalam gambar merupakan sungai yang terletak di Provinsi Anhui, Taiwan, yang mengalami polusi parah. Warna hijau pada sungai di dalam foto tersebut merupakan ganggang alga.

Foto dari permukaan air. Source: Denis Collete via http://mymodernmet.com

Siapa yang mengira kalau foto ini benar-benar mirip lukisan? Foto ini diambil oleh seorang desainer grafis bernama Denis Collete. Foto ini ia dapatkan dari pantulan yang muncur pada permukan air danau dekat pondok di kampung halamannya. Riak air pada fotonya memberikan kesan seperti karya lukisan Van Gogh dan Monet.

5. Pepohonan di Nambia

Foto pepohonon di bukit gurun Nambia. Source: Frans Lanting via mymodernmet.com

Tidak banyak yang percaya bahwa gambar ini merupakan sebuah foto asli. Walaupun benar-benar mirip seperti lukisan, fenomena kejadian ini sempat diambil oleh fotografer Frans Lanting di Nambia. Lokasi pengambilan foto ini tepatnya berada di Namib-Naukluft Park, yang terdapat bukit pasir yang dikelilingi ranting-ranting pohon mati. Warna oranye di belakang pepohonan ini terpancar indah saat diambil ketika fajar.

6. Kertas kusut dari langit

Foto mirip kartun yang ternyata merupakan ukiran bangunan buatan Neil Dawson. Source: thisismarvelous.com

Percayalah bahwa semua orang yang pertama kali melihat foto ini merasa kebingungan. Pasalnya foto ini seperti editan dan dibuat tidak benar-benar asli. Jika, kamu berpikir demikian maka kamu salah. Di New Zealand sendiri ternyata memang ada ukiran bangunan yang dibuat seperti kertas kusut yang jatuh dari langit. Seniman di balik ukiran bangunan tersebut yakni Neil Dawson.

Tidak hanya di New Zealand, Dawson, juga banyak ukiran semacam ini di Australia, Asia, dan Inggris. Memang karya yang ia buat sengaja dibuat untuk menipu mata kita.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Napak Tilas Rute Perang Gerilya Kemerdekaan ke-24 di Tanah Jawa

Posted: 05 Nov 2017 09:00 PM PST

Sebagaimana daerah lainnya, Banjarnegara memiliki kisah kepahlawanannya. Apalagi, daerah ini berdekatan dengan dua tempat kelahiran dua pahlawan besar masa revolusi kemerdekaan, Jenderal Soedirman dan Jenderal Gatot Subroto.

Dua nama itu, hingga hari ini menjadi kebanggaan wilayah eks-Karesidenan Banyumas. Tak kurang, Jenderal Soedirman menjadi nama universitas negeri di Purwokerto, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Cilacap pun tak mau ketinggalan dan menamai gedungnya dengan Gedung Dakwah Jenderal Soedirman.

Tak salah memang. Musababnya, eks-Karesidenan Banyumas, pada masa itu adalah titik paling strategis bertemunya para tokoh pejuang, terutama di tanah Jawa. Para pemberani dari ujung timur Jawa hingga bali bertemu dengan pemuda revolusioner dari ujung barat Jawa dan Sumatera.

Maka, di berbagai wilayah, muncul jalur perang gerilya yang hingga kini masih terus diabadikan dalam bentuk artefak jalur. Salah satunya adalah jalur  merebut kemerdekaan yang terdapat di Banjarnegara. Perjalanan napak tilas ini sesuai dengan aslinya, sehingga menantang lantaran banyak melalui jalur setepak yang curam.

Koordinator Panitia Pelaksana, Arif Tlewang, mengatakan napak tilas jalur perjuangan di Banjarnegara ini merupakan salah satu perang gerilya Jawa, yang membentang mulai Jawa Barat hingga Jawa Timur. Jalur itu saling terhubung meski berada di tengah hutan.

Perjalanan akan dibagi menjadi tiga etape. Etape pertama dimulai dari Desa Leksana, Kecamatan Karangkobar, dengan tujuan Desa Pejawaran, Kecamatan Pejawaran, sejauh kurang lebih 34 kilometer. Pada etape kedua, peserta napak tilas melanjutkan perjalanan dari Desa Pejawaran menuju Desa Kutayasa, Kecamatan Madukara, sejauh sekitar 48 kilometer.

Adapun etape terakhir, peserta memulai perjalanan napak tilas dari Desa Kutayasa Madukara menuju titik akhir di Pendopo Kabupaten Banjarnegara di pusat kota sejauh sekitar 15 kilometer.

 

 

 

Gladi bersih rute gerilya Perang Kemerdekaan di Banjarnegara, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo/KNPI)

Ia mengaku prihatin dengan minimnya pengetahuan masyarakat mengenai sejarah perjuangan para pahlawan di daerahnya masing-masing. Oleh sebab itu, napak tilas ini menjadi cara untuk mengingatkan beratnya perjuangan sekaligus menumbuhkan patriotisme.

Menurut Arif, napak tilas akan lebih berkesan karena sejumlah veteran ikut serta dalam kegiatan itu. "Peserta dari berbagai daerah, antara lain Pekalongan, Bumiayi, Trenggalek, Bandung, Cianjur, Semarang dan Jakarta dan berbagai kalangan. Di samping napak tilas, peserta dari kota ingin merasakan jalan jalan di desa," kata Arif, Jumat, 3 November 2017.

Arif menjelaskan, ini adalah napak tilas yang ke 24 yang diselenggarakan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Pemkab Banjarnegara. Napak tilas dengan rute perang gerilya pejuang kemerdekaan ini pertama kali diadakan pada 1992 silam oleh para pencinta alam dan KNPI.

Napak tilas ini akan diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah. Mereka akan berjalan kaki mengikuti rute yang dilalui para pahlawan dulu saat perang gerilya dalam memerebutkan kemerdekaan dari tangan penjajah.

Panitia pelaksana juga menyelipkan misi konservasi lingkungan. Kegiatan ini sekaligus bagian dari ekspedisi untuk memetakan daerah-daerah rawan bencana semisal tanah longsor di sekitar rute napak tilas. Dengan pemetaan yang tepat, pihaknya bisa mengedukasi masyarakat setempat agar mau terlibat dalam upaya konservasi di daerah masing masing.

"Kami bawa bibit aren dan kopi. Tanaman kopi sebagai pengikat tanah untuk cegah longsor. Sementara Aren untuk melindungi mata air di daerah yang sumbet mata airnya terus menurun," ujarnya.

Selain itu, kata Arif, kegiatan ini dalam rangka memperkenalkan potensi alam dan pariwisata di Banjarnegara kepada masyarakat luar. Jika rute gerilya yang dilalui berdekatan dengan objek wisata alam, peserta napak tilas akan diajak mampir sejenak untuk menikmati keindahan alam di objek itu.

Hingga saat ini, sudah ada 120 peserta napak tilas yang telah mendaftarkan diri ke panitia. Pihaknya masih membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin merasakan getirnya perjuangan para pejuang terdahulu dalam bergerilya.

"Targetnya peserta berjumlah 500 orang, dari Banjarnegara dan luar daerah," katanya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keren, Keindahan Indonesia Mejeng di Jalan-Jalan Kota London

Posted: 05 Nov 2017 09:00 PM PST

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) makin gencar melakukan promosi Wonderful Indonesia ke berbagai negara demi menjaring lebih banyak lagi turis mancanegara. Salah satu kabar terbaru adalah Kemenpar memasang branding logo Wonderful Indonesia di 180 unit London Cab, mobil transportasi yang kerap hilir-mudik di jalan-jalan Kota London.

Mobil tersebut dikonsep dengan desain berbagai destinasi wisata unggulan di Indonesia, mulai dari Candi Borobudur, Pulau Bali, Komodo, Danau Toba, hingga Raja Ampat. Mobil-mobil ini akan terus terlihat hilir mudik hingga 12 November mendatang.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Senin (6/11/2017), promosi wisata juga dilakukan dengan menggunakan media billboard di beberapa lokasi strategis di Kota London, seperti di Victoria Stasion dan Borough Market. Tak hanya itu, beberapa stasiun televisi luar negeri juga ramai dengan tayangan Wonderful Indonesia, mulai dari Sky News, Sky Sports, hingga Sky Arts yang menayangkan keindahan 420 spot keindahan sejak 5 November kemarin.

 

Sebanyak 180 unit London Cab, mobil transportasi yang kerap hilir-mudik di jalan-jalan Kota London, dipenuhi gambar destinasi wisata Indonesia. Foto: Dok. Kemenpar.
Inggris merupakan salah satu pasar pariwisata Indonesia di Eropa yang peningkatannya sangat signifikan. Foto: Dok. Kemenpar.

Terkait hal ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya menurut siaran tertulisnya mengatakan, dengan promosi di Kota London ini diharapkan dapat meningkatkan citra destinasi wisata Indonesia di benak masyarakat Inggris.

"Pada akhirnya meningkatkan minat orang Inggris untuk berkunjung ke Indonesia," ungkap Arief Yahya.

Inggris sendiri merupakan salah satu target pasar utama pariwisata Indonesia di wilayah Eropa. Jumlah kunjungan wisman Inggris ke Indonesia pada 2016 sebanyak 328.882 wisman, atau meningkat 21,9 persen dari 2015 yang sebanyak 269.798 wisman. Sedangkan tahun ini kunjungan wisman Inggris ditargetkan sebanyak 384.000 wisman, sementara posisi pada Januari hingga Agustus 2017 tercatat sebanyak 244.638 wisman atau tercapai 63,71 persen dari target yang sudah ditetapkan. Kementerian Pariwisata optimistis target kunjungan wisman Inggris akan terlampaui, mengingat jumlah kunjungan tersebut akan meningkat signifikan pada musim liburan akhir tahun atau saat peak season.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanggapi Konten Dewasa, WhatsApp Akui Tak Bisa Pantau GIF

Posted: 05 Nov 2017 08:59 PM PST

Pihak WhatsApp akhirnya angkat bicara terkait ditemukannya konten dewasa dalam aplikasinya. Aplikasi chatting itu menyebut konten GIF yang ada di dalam aplikasi berasal dari pihak ketiga dan memang tak dapat dipantau.

"Di Indonesia, WhatsApp memungkinkan orang mencari GIF dengan menggunakan layanan pihak ketiga. Kami tidak bisa memonitor GIF di WhatsApp karena konten enkripsi end-to-end," ujar juru bicara WhatsApp dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (6/11/2017).

Kendati demikian, aplikasi chatting milik Facebook tersebut mengakui telah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia secara langsung. Hal tersebut dilakukan agar layanan pihak ketiga dapat memonitor konten mereka.

"Kami telah berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia untuk secara langsung bekerja sama dengan layanan pihak ketiga tersebut dalam memonitor konten mereka," tutur perwakilan WhatsApp .

Sekadar informasi, pengguna aplikasi chatting di Indonesia kembali dihebohkan dengan konten berbau pornografi. Kali ini, giliran pengguna WhatsApp yang melaporkan ada konten dewasa di aplikasi milik Facebook tersebut.

Konten yang dimaksud merupakan bagian dari fitur GIF untuk berkirim pesan dalam percakapan. Jadi, pengguna dapat mencari konten GIF bernuasa dewasa di WhatsApp yang tak disensor.

Cara melakukannya pun terbilang mudah dan dapat dilakukan langsung di dalam aplikasi. Namun hal ini yang menjadi perhatian para pengguna karena dapat digunakan pula oleh pengguna di bawah umur.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mengapresiasi banyaknya laporan warganet terkait adanya konten porno berupa GIF di aplikasi pesan instan WhatsApp.

Saat ini, pihaknya tengah menanggulanginya dengan menghubungi Facebook--selaku pemilik WhatsApp--untuk mempertanggungjawabkan hal tersebut.

"Kemkominfo sudah mendapatkan laporan dari berbagai pihak dan masyarakat. Kami juga mengapresiasi laporan-laporan yang sudah diterima," ujarnya melalui pesan singkat.

Lebih lanjut ia juga menuturkan, pihaknya akan berusaha terus hingga filtering tersebut dapat dilakukan. Sebelumnya, ia memang sempat menyebut tim Kemkominfo telah menghubungi WhatsApp segera setelah kasus ini mencuat.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

60 Polwan Jadi Pagar Ayu Pernikahan Kahiyang-Bobby

Posted: 05 Nov 2017 08:55 PM PST

Rangkaian prosesi pernikahan putri Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Kahiyang Ayu, mulai digelar hari ini. Sejumlah pihak pun dilibatkan dalam pernikahan akbar ini.

Salah satunya adalah polwan yang akan bertugas menjadi pagar ayu untuk menyambut para tamu.

Sejumlah polwan tampak mendapatkan pengarahan di depan gedung lokasi pernikahan di Graha Sabha Buana Solo, Senin (6/11/2017) pagi. Masing-masing koordinator menyampaikan tugas yang akan dilakukan polwan nanti saat acara berlangsung.

Kabag Sumda Po‎lresta Solo, Kompol Sis Raniwati mengatakan, para polwan mendapat tugas untuk menjadi pagar ayu dalam prosesi pernikahan Kahiyang-Bobby. Jumlah polwan yang bertugas menjadi pagar ayu sebanyak 60 personel.

"Tugasnya pagar ayu nanti mengarahkan para tamu undangan yang datang," kata Raniwati di Graha Sabha Buana, Solo.

Polwan yang bertugas menjadi pagar ayu, akan menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

"Nanti pakai baju adat. Posisinya nanti di luar dan dalam gedung," ucap Raniwati.

 

Hari ini, putri Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kahiyang Ayu, akan menggelar acara Wilujeng Kenduri. Acara ini berisi pengajian yang akan dilakukan oleh keluarga dan kerabat dekat Kahiyang.

Wilujeng Kenduri sejatinya adalah doa untuk meminta kelancaran dan keselamatan selama prosesi pernikahan. Acara Wilujeng Kenduri ini akan berlangsung di kediaman Presiden Jokowi, Jalan Kutai Utara Sumber, Banjar Sari, Surakarta, Jawa Tengah.

Acaranya sendiri akan dilangsungkan pada pukul 16.00 WIB hingga selesai. Sementara Senin pagi, pihak kepolisian melaksanakan apel untuk persiapan pengamanan pernikahan putri satu-satunya Presiden Jokowi itu.

Sementara keesokan harinya, acara dilanjutkan dengan pemasangan bleketepe, siraman, dan sadeyan dawet pihak putri bertempat di kediaman pribadi Jokowi.

Prosesi siraman di pihak calon pengantin pria dilakukan pada hari yang sama, tapi di tempat yang berbeda, yakni di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah.

Pada malam harinya, sehari sebelum hari pernikahan, di kediaman pribadi Jokowi digelar prosesi adat serah terima paningset dan midodareni pada pukul 19.00-21.00 WIB.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UMP DKI Jakarta Bakal Ketinggalan dari Bekasi dan Karawang?

Posted: 05 Nov 2017 08:52 PM PST

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menetapkan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta 2018 sebesar Rp 3,6 juta. Angka ini naik 8,71 persen dari UMP 2017.

Namun, angka kenaikan tersebut tidak membuat buruh di Ibu Kota puas. Salah satu alasannya, kenaikan UMP DKI Jakarta ini tidak bisa menyusul besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) Bekasi dan Karawang 2018.

Meski belum ditetapkan, UMK 2018 di dua daerah satelit Jakarta tersebut diperkirakan akan kembali lebih besar dibandingkan dengan UMP DKI Jakarta. Sebab, untuk UMK 2017 saja, Bekasi dan Kawarang sudah berada di angka Rp 3,6 juta. Angka ini kemungkinan akan kembali naik di 2018.

Ketua Departemen Komunikasi dan Media Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Kahar Cahyono menyatakan, hingga saat ini, besaran UMK Bekasi dan Karawang masih digodok. Kemungkinan, UMK 2018 tersebut akan diputuskan pada 21 November 2017.

"Belum (ditetapkan). Kemungkinan tanggal 21 November," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (6/11/2017).

Sementara itu, Presiden KSPI Said Iqbal menyatakan, pihaknya secara tegas menolak besaran UMP 2018 DKI Jakarta. Menurut dia, kenaikan UMP yang telah ditetapkan tidak bisa mengejar ketertinggalan upah minimum di Bekasi dan Karawang.

"Itu bukan tentang besar kecil kenaikannya, maupun mampu atau tidak mampunya pengusaha. Tetapi lebih tentang rasa keadilan terhadap buruh. Karena faktanya memang upah buruh DKI kecil dan murah," ucap dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kahiyang Tak Undang Kepala Negara, tapi Undang Pedagang Kaki Lima

Posted: 05 Nov 2017 08:51 PM PST

Presiden Joko Widodo mengatakan tidak mengundang satu pun kepala negara untuk menghadiri pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu. Presiden juga memastikan segala persiapan kebutuhan pernikahan itu sudah selesai.

"Alhamdulillah sudah selesai semuanya, tinggal nanti, mulai besok siraman, midodareni, nanti hari Rabu ijab kabul dan resepsi," kata Presiden kepada media saat kunjungan kerja ke Kecamatan Dungus, Madiun, hari ini.

Menurut Presiden, keluarga tidak berencana mengundang kepala negara-negara sahabat, sebaliknya mengundang warga kota Solo dan sekitarnya.

"Ya kita undang dari pasar, kita undang dari pedagang kaki lima juga kita undang, dari RT RW kita undang, semuanya," ucap Presiden.

Presiden akan menikahkan Kahiyang Ayu dengan pujaan hati sang putri, Bobby Nasution, Rabu mendatang di Graha Saba Buana, Solo.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution akan menjadi saksi pernikahan ini. (Bayu Prasetyo/AntaraNews)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diwarnai 2 Penalti, Malaysia Ganyang Timnas U-19

Posted: 05 Nov 2017 08:51 PM PST

Timnas U-19 harus menelan malu dalam laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-19 2018, Senin (6/11/2017). Bermain di Paju, timnas U-19 dibantai Malaysia 1-4.

Timnas U-19 coba menekan Malaysia sejak menit pertama. Mereka mendominasi lapangan tengah dan banyak menguasai bola.

Pada menit keenam, Malaysia justru punya peluang pertama. Namun Muhammad Akhyar gagal memanfaatkannya meski sudah tak ada pengawalan.

Tak sampai semenit, Malaysia justru mendapat penalti setelah Rossy menjatuhkan Nik Akif di kotak terlarang. Muhammad Hadi Fayyadh yang menjadi algojo dengan tenang menceploskan bola dan membuat Malaysia unggul 1-0.

Tertinggal satu gol membuat timnas U-19 coba menekan Malaysia. Pada menit ke-10 Hanis Saghara coba melakukan tendangan jarak jauh. Namun usahanya masih jauh dari sasaran.

Enam menit kemudian, Timnas U-19 kembali menebar ancaman. Namun tendangan Firza Andhika masih jauh dari sasaran.

Kemelut sempat terjadi di gawang Malaysia pada menit ke-19. Tetapi ketatnya pertahanan lawan membuat peluang itu kembali mentah.

Setengah jam laga berjalan, timnas U-19 tetap mendominasi laga. Namun beberapa kesalahan membuat penyerangan timnas U-19 menjadi tak efektif.

Keasyikan menyerang membuat pertahanan timnas U-19 lengah. Malaysia mampu mencetak gol kedua pada menit ke-34 setelah Akhyar lolos dari jebakan offside dan berhadapan satu lawan satu melawan Rossy.

Tertinggal dua gol tidak membuat timnas U-19 putus asa. Hasilnya pada menit ke-42, Saghara mencetak gol setelah tendangan Firza tidak bisa diamankan dengan baik oleh kiper Malaysia, Muhammad Azri.

Sayangnya gol Saghara menjadi yang terakhir di babak pertama. Timnas U-19 tertinggal 1-2 melawan Malaysia.

Pada babak kedua, Malaysia yang membuka keunggulan pada menit ke-47. Tendangan penjuru langsung disambar sundulan keras Shivan Pillay tanpa bisa dihalangi bek timnas U-19.

Petaka kembali menimpa timnas pada menit ke-50. Luthfi melakukan pelanggaran keras di kotak terlarang dan membuat wasit kembali menunjuk titik putih. Fayyadh yang ditunjuk menjadi algojo tidak menyia-nyiakan peluang itu dan membuat Malaysia menjauh 4-1.

Egy mendapatkan tendangan bebas pada menit ke-65. Namun eksekusinya melambung jauh di atas gawang Malaysia.

Timnas U-19 kembali mendapat tendangan bebas yang dieksekusi pada pada menit ke-75. Namun tendangannya masih bisa ditepis oleh Azri.

Egy mendapat ruang pada menit ke-80 di muka gawang Malaysia. Tetapi tendangannya masih lemah dan mudah diantisipasi kiper lawan.

Sayangnya hingga laga usai, timnas U-19 gagal menambah gol. Mereka kalah 1-4 melawan Tim Negeri Jiran.

Timnas Indonesia U-19: Rossy; Kadek, Nurhidayat, Firza Andhika, Rifad, Feby/ Saddil (59), Iqbal, Luthfi/ Syahrian(55), Witan/ Egy (45), Hanis, Asnawi

Malaysia: Azri; Shivan, Anwar, Nabil, Nurfais, Nik Akif, Fayyadh, Akhyar, Thivandaran, Syaiful, Ammar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Bacakan Visi-Misi di Paripurna DPRD 15 November

Posted: 05 Nov 2017 08:48 PM PST

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiga Uno mengunjungi rumah dinas Ketua DPRD DKI Jakarta Presetio Edi Marsudi di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Hasilnya, Prasetyo mengatakan DPRD akan paripurna pada 15 November. Namun, paripurna itu bukan paripurna istimewa gubernur baru, melainkan paripurna RAPBD.

"Rapat Paripurna APBD 15 (November), Pak Anies dan Pak Sandi akan membacakan visi misinya setelah membicarakan masalah APBD," kata Prasetyo di Rumah Dinas Ketua DPRD, Jakarta, Senin (6/11/2017).

Menurut Pras, meski tak ada paripurna istimewa, selama ini tak ada masalah anatra DPRD dengan eksekutif.

"Terus terang saja, kita Pak Anies dengan Pak Sandi dengan kita itu nggak ada masalah. Pada waktunya akan membacakan visi-misinya di posisi paripurna yang betul. apalagi kalau paripurna istimewa ini apa yang saya katakan nggak ada nomenklaturnya di saya,'' ucap dia.

 

Politikus PDIP itu mengatakan, siap menggandeng Anies-Sandi untuk membangun Jakarta lima tahun ke depan, sebab pilkada telah usai sehingga tak ada pertarungan lagi.

"Pertarungan pilkada sudah selesai, saya harus menjaga Pak Anies dan Pak Sandi. Pak Anies dan Pak Sandi punya keuangan, saya punya palunya. Kalau keuangan nggak beres saya nggak akan ketok palu,'' ucapnya.

Sementara itu, Anies mengapresiasi pertemuan dengan Prasetyo dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda). Selain anggota dewan, Kapolda Metro Jaya juga ikut hadir pada acara itu.

"Ini pertemuan hangat dan menyenangkan, ini menjadi awal yang baik untuk semuanya. Terima kasih untuk Pak Prasetyo," ucapnya.

Anies lantas berjanji akan mulai membicarakan program usai paripurna digelar 15 November nanti. "Insya Allah," tandas Anies.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPAI Akan Temui Mendikbud Terkait Video Aksi Guru Aniaya Murid

Posted: 05 Nov 2017 08:46 PM PST

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengutuk keras tindak kekerasan terhadap siswa yang diduga dilakukan oleh oknum guru sekolah menengah pertama. Tindak kekerasan tersebut terekam dalam sebuah video yang akhir-akhir ini menjadi viral. 

"Ini sudah masuk kategori penganiayaan berat, karena tidak sekadar ditampar, tetapi siswa pun dibenturkan kepalanya ke dinding. Diduga akibat benturan tersebut, ananda korban mengalami sakit di kepala," ujar Retno Listyarti, Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, melalui rilis resmi yang diterima oleh Liputan6.com.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh KPAI, diketahui kekerasan tersebut terjadi di lingkungan sebuah sekolah menengah di Pangkalpinang, Bangka Belitung. Kejadian itu diduga dipicu oleh hal sepele. Siswa yang menjadi korban dianggap tidak sopan karena memanggil nama guru tanpa menambahkan sebutan "Pak".

Kabarnya, siswa berinisial RHP itu kini terbujur lemah di IGD RSUD Kota Pangkalpinang usai menjadi korban pemukulan yang dilakukan oknum yang diduga guru tersebut.

Retno menilai, tindakan yang dilakukan oleh oknum yang diduga guru tersebut sadis dan membahayakan keselamatan psikologis dan fisik anak-anak didik lainnya. Menurut dia, oknum tersebut tak mampu mengontrol emosi dan harus dievaluasi secara kepegawaian oleh dinas terkait. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

Hari ini, Senin (6/11/2017), KPAI akan menemui Mendikbud RI dan jajarannya di Kantor Kementerian Pedidikan dan Kebudayaan guna menindaklanjuti kasus tersebut.

Selain akan berkoordinasi dengan Mendikbud, KPAI juga akan berkoordinasi dengan Kementerian PPPA, Dinas PPA (Perempuan dan Perlindungan Anak), dan P2TP2A Pangkal Pinang untuk membantu pemulihan trauma healing bagi korban secara psikologis.

Jika diperlukan pendampingan LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban), apabila keluarga membawa kasus ini ke jalur hukum, maka KPAI juga siap berkoordinasi dengan LPSK. 

Kasus kekerasan ini bukan yang pertama diterima oleh KPAI. Dalam empat bulan terakhir, bidang pendidikan KPAI banyak menerima pengaduan terkait kekerasan di pendidikan. Bahkan, penanganan kasus kekerasan di sekolah mencapai angka 34 persen dari total kasus yang diterima terhitung sejak pertengan Juli- awal November 2017. Adapun wilayah kejadian meliputi DKI Jakarta, Sukabumi, Indramayu, Bekasi, Bangka Belitung, Kota Medan, Padangsidempuan, Muaro Jambi, Lombok Barat, dan Aceh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: