Minggu, 19 November 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Musikus Dunia Mengenang Pendiri AC/DC Malcolm Young

Posted: 19 Nov 2017 09:40 PM PST

Mantan gitaris sekaligus pendiri band rock AC/DC yang keluar pada 2014 lalu, Malcolm Young, meninggal dunia pada usia 64 tahun di rumahnya di Elizabeth Bay, Sydney, Australia, pada Sabtu (18/11/2017) lalu waktu setempat. Tak cuma fans yang meluapkan kesedihan, beberapa musikus bahkan ikut berdukacita.

Dikabarkan Fox25boston.com, Minggu (19/11/2017), beberapa musikus yang berduka adalah band Foo Fighters dan Guns N' Roses. Para personel kedua band rock fenomenal itu membuat penghormatan khusus untuk mengenang Malcolm Young yang semasa hidupnya telah banyak berkontribusi terhadap perkembangan musik rock dunia.

Lagu-lagu khusus untuk mendiang gitaris rhythm AC/DC yang meninggal setelah didiagnosis terserang dementia tiga tahun lalu itu, dinyanyikan Foo Fighters dan Guns N' Roses dalam penampilan konser masing-masing kedua band tersebut.

Foo Fighters mengenang Malcolm Young dengan membawakan versi sendiri dari lagu AC/DC yang rilis 1977, "Let There Be Rock" dalam konser Corona Capital Festival di Mexico City, seperti disampaikan Rolling Stone.

 

Serangan teror di Paris, Perancis beberapa waktu lalu mengundang simpati banyak orang dari berbagai kalangan. Tak terkecuali bagi grup band kenamaan asal Amerika, Foo Fighters yang memiliki cara sendiri untuk bersimpati. (Bintang/EPA)

"Kami akan memainkan lagu rock n roll untuk Malcolm malam ini," ujar Dave Grohl, vokalis Foo Fighters, kepada penonton sambil memperlihatkan foto Malcolm Young di belakang mereka melalui layar video besar festival.

Sebelumnya di hari yang sama, penghormatan secara tertulis kepada Malcolm Young diutarakan Dave Grohl. "Film konser 1980 AC/DC Let There Be Rock mengubah hidup saya," kata Dave kepada Rolling Stone.

Guns N' Roses formasi reuni (Fott: www.alternativenation.net)

Sementara itu, Guns N' Roses memberi penghormatan kepada Malcolm dalam konser yang digelar di Sacramento, California pada Sabtu (18/11/2017). Mereka membawakan lagu milik AC/DC, "Whole Lotta Rosie". "Kami akan mendedikasikan ini untuk Malcolm Young, yang akan sangat dirindukan. Bahkan melebihi saudaranya Angus," kata Axl Rose selaku vokalis Guns N' Roses.

Axl Rose sendiri kini didapuk sebagai vokalis tamu AC/DC menggantikan Brian Johnson sejak 2016. Axl sendiri diajak gabung AC/DC setelah Malcolm keluar dan belum pernah di atas panggung bersama sang gitaris. Namun, ia sangat akrab dengan adik Malcolm yang juga personel AC/DC, Angus Young, seperti disampaikan Rolling Stone.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toyota Fortuner Bakal Punya Pilihan Suspensi Baru, Ini Bocorannya

Posted: 19 Nov 2017 09:40 PM PST

PT Astra Otoparts (AOP) sebagai distributor resmi KYB, sudah meluncurkan dua suspensi premiumnya, new KYB SR Special 1 set (empat unit) dan 1 set KYB Lowfer Sports. Kedua produk ini, ditunjukan untuk model-model seperti Mazda CX-5, Honda Jazz, dan Nissan Elgrand.

Dijelaskan Koji Kaneko, KYB Asian Pacific Corporation, pabrikan suspensi asal Jepang ini bakal mengekspansi pasar shockbreaker aftermarket untuk kelas medium SUV. Jadi, suspensi ini untuk mobil-mobil, seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Honda HR-V.

"Jika tidak ada halangan, kita bakal luncurkan tahun depan, sekitar April 2018," jelas Koji saat berbincang dengan wartawan di Tangerang, akhir pekan lalu.

Untuk produk yang ditawarkan, yaitu new KYB SR Special satu set (empat unit), dan satu set KYB Lowfer Sports.

"Astra Otoparts melihat pasar, dan apa yang sedang ramai kita request ke KYB Jepang. Jadi, produk yang nanti diluncurkan merupakan request Indonesia karena mobil yang saat ini mempunyai pasar yang besar," tambah Rio Sanggau, Chief Executive Marketing PT AOP, di tempat yang sama.

Namun, Rio belum memberikan lebih detail spesifikasi suspensi yang bakal meluncur tahun depan. Pastinya, suspensi ini bakal meningkatkan kemampuan dan penampilan mobil dengan suspensi baru tersebut.

"Kami bakal tetap mengutamakan kebutuhan konsumen, terlebih yang tidak puas dengan shockbreaker bawaan pabrikan," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

PT Astra Otopart (AOP) selaku distributor resmi suspensi KYB di Indonesia, resmi meluncurkan dua produk barunya. Kedua produk tersebut, adalah KYB NEW SR dan KYB Lowfer Sports.

Dua produk yang masih diimpor langsung dari Jepang ini, menawarkan keseimbangan dalam hal performa dan kenyamanan berkendara. Selain itu, produk ini juga ditujukan untuk mobil di segmen premium, serta mobil hasil modifikasi.

Dijelaskan Rio Sanggau, Chief Executive Marketing PT AOP, untuk pemasangan dua suspensi baru KYB ini menawarkan kemudahan pemasangan, karena produk ini dikembangkan sesuai suspensi standar pabrikan.

"Jadi pemasangan tinggal plug n play, tanpa perlu modifikasi apapun di mobil," jelas Rio saat peluncuran dua model KYB, di Dante Coffe, Summarecon Mall Serpong, Tangerang Selatan, akhir pekan lalu.

Lanjut Rio, modifikasi yang dimaksud, misalkan menggunakan suspensi merek lain kadang harus diubah jalur kabel rem, pasang braket, atau karet, dan lain-lain.

"Jadi kalau menggunakan KYB seperti pasang shockbreaker biasa, di bengkel manapun bisa pasang shockbreaker biasa," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Harga Bahan Pokok Awal Pekan Ini

Posted: 19 Nov 2017 09:40 PM PST

Harga bahan pokok sebagian besar terpantau stabil pada ‎awal pekan ini. Meski beberapa jenis sayuran tercatat nauk akibat intensitas hujan yang tinggi akhir-akhir ini.

Ini berdasarkan pantauan Liputan6.com, di Pasar Mampang Prapatan Jakarta, Senin (20/11/2017).

Harga jenis sayuran yang stabil yakni, bayam Rp 2.500 per ikat,‎ kangkung Rp 2.500 per ikat, bawang merah Rp 25‎ ribu per kilo gram (kg)‎, cabai rawit Rp 25 ribu per kg.

Kemudian ‎bawang putih Rp 20 ‎ribu per kg, buncis Rp 15 ribu per kg, kentang Rp 15 ribu per kg, mentimun turun dari Rp 10 ribu menjadi Rp 8 ribu. Tomat dari Rp 8.000 per kg menjadi Rp 12 ribu.

"Jadinya stok sedikit‎, seperti Tomat musim hujan buahnya nggak jadi‎," kata seorang penjual sayuran Sukartinem, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Pasar Mampang Prapatan.

Namun ada beberapa jenis sayuran yang harganya naik akibat tingginya intensitas hujan, yaitu cabai merah keriting dari Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 40 ribu per kg, kacang panjang dari Rp 12 ribu per kg menjadi Rp 15 ribu per kg, sawi putih dan hijau dari Rp 6 ribu per kg menja‎di Rp 10 ribu per kg.

Kol dari Rp 5.000 per kg jadi Rp 8.000 per kg, buncis dari Rp 10 ribu per kg menjadi Rp 15 ribu per kg, wortel dari Rp 10 ribu per kg menjadi Rp 10 ribu per kg.

 

Di pasar tersebut, daging sapi dibandrol Rp 100 ribu per kg, harga tersebut tidak mengalami perubahan pada awal pekan ini. Namun kenaikan harga terjadi pada daging ayam negeri dari Rp 35 ribu menjadi Rp 45 ribu.

"Ayam boiler (negeri) per kg Rp 45 ribu. Sekarang lagi mahal karena musim hujan, biasanya Rp 35 per kg," kata pedagang daging ayam Yatmi (55).

Sedangkan untuk beras, tidak‎ mengalami perubahan, beras kualitas rendah dijual Rp 8 ribu per kg, medium Rp 10 ribu per kg.

Menurut penjual beras Yanto (39), meski intensitas hujan tinggi pasokan beras masih normal kondisi ini yang membuat harga beras stabil.

"Harga beras masih normal. Pasokan aman nggak pengaruh musim hujan," jelasnya

Tidak seperti beras, harga telur mengalami kenaikan secara bertahap. Pada beberapa hari lalu harga telur ayam negeri Rp 21 ribu per kg‎, kemudian merangkak naik hingga hari ini menyentuh level Rp 24 ribu per kg.

Namun Yanto membatah kenaikan harga telur diakibatkan tingginya intensitas hujan, sehingga membuat pasokan mengalami penurunan.

"Pasokan tetap normal. kan mau menjelang maulid. Bukan karena musim hujan. Tiap mau ada perayaan pasti naik," Dia menandaskan.‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guardiola akan Bunuh Pemain Manchester City yang Cepat Puas

Posted: 19 Nov 2017 09:40 PM PST

Manajer Manchester City, Pep Guardiola mengatakan bakal membunuh setiap pemainnya yang cepat merasa puas. Manajer asal Spanyol ini ingin para pemainnya terus berjuang hingga akhir.

"Itu (rasa cepat puas) tak akan terjadi karena saya manajer mereka. Saya akan membunuh mereka. Rasa cepat puas tidak ada di tim saya," kata Guardiola seperti dilansir Soccerway.

Manchester City sedang berada di atas angin dalam perburuan gelar juara Liga Inggris. The Sky Blues -julukan Manchester City- memimpin klasemen sementara dengan 34 poin, unggul 8 poin dari pesaing terdekatnya, Manchester United.

Selain itu, Manchester City juga menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan. Hingga pekan ke-12, City mengemas 11 kemenangan dan satu kali imbang.

Pada pertandingan pekan ke-12, Manchester City menang 2-0 atas Leicester City. Dua gol Manchester City masing-masing tercipta lewat aksi Kevin de Bruyne dan Gabriel Jesus.

 

 

Catatan tanpa kalah Manchester City terasa semakin manis lantaran mereka juga saat ini berstatus sebagai tim terproduktif. Dari 12 pertandingan, Manchester city telah membukukan 40 gol.

Itu artinya, Manchester City mampu mencetak rata-rata tiga gol di setiap pertandingannya. Dalam jumlah gol, Manchester City jauh meninggalkan rival terdekatnya, Manchester United yang baru mengemas 27 gol.

"Para pemain saya punya keinginan untuk menguasai bola dan bermain. Kami bukan tim yang suka berspekulasi. Itu tak akan terjadi," kata Guardiola mengakhiri.

Main: 12

Menang: 11

Kalah: 0

Memasukan: 40

Kemasukan: 7

Poin: 34

Pencetak gol terbanyak: Sergio Aguero (8 gol)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

De Bruyne Sanjung 'Bek Dadakan' Manchester City

Posted: 19 Nov 2017 09:30 PM PST

Gelandang serang Manchester City Kevin de Bruyne memuji kinerja rekan setimnya Fabian Delph yang tampil gemilang dalam kemenangan 2-0 atas Leicester pada Sabtu (18/11/2017) lalu. Delph dianggap berhasil menahan laju salah satu pemain terbaik Liga Inggris Riyad Mahrez di laga tersebut.

De Bruyne menyumbangkan gol kedua The Citizens. Tapi dia merasa pemain yang paling bekerja keras dalam laga tandang di King Power Stadium adalah Delph.

Delph sebenarnya adalah gelandang bertahan. Tapi, belakangan dia jadi bek kiri untuk menggantikan Benjamin Mendy yang absen hingga April 2018 akibat cedera ACL.

"Delph luar biasa. Bermain melawan Mahrez, yang merupakan salah satu sayap terbaik di liga selama bertahun-tahun," ujar De Bruyne dilansir Manchester Evening News, Senin (20/11).

"Dia melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Mahrez akhirnya tidak banyak menciptakan peluang saat melawannya," tutur gelandang 26 tahun itu.

Manchester City kini telah memenangkan 16 pertandingan di berbagai ajang pada musim ini. Mereka hanya kehilangan dua poin dalam 12 partai di Liga Inggris yang membuat City kokoh di puncak klasemen.

 

De Bruyne juga ikut berkomentar tentang kartu kuning yang diterima kapten Vincent Kompany pada menit ketiga pertandingan. Kompany dianggap beruntung masih berada di lapangan karena sudah melakukan pelanggaran keras terhadap striker Leicester Jamie Vardy.

"Saya tidak berpikir itu kartu merah dan juga saya tidak tahu apakah dia sendirian karena dia menuju di antara kedua bek," kata De Bruyne.

 

Musim 2017/2018:

Liga Inggris

Main: 7

Gol: 1

Assist: 1

Liga Champions

Main: 4

Gol: -

Assist: -

EFL Cup

Main: 1

Gol: -

Assist: -

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Rilis Aplikasi Creator untuk Olah Video

Posted: 19 Nov 2017 09:30 PM PST

Rencana Facebook untuk terus menggenjot konten video dalam layanannya semakin serius. Hal itu ditunjukkan perusahaan tersebut dengan meluncurkan aplikasi terbaru untuk para kreator konten video.

Dikutip dari CNET, Senin (20/11/2017), Facebook baru saja merilis aplikasi bernama Creator. Aplikasi ini sudah tersedia di iOS dan akan segera menyusul menyambangi Android.

Creator merupakan aplikasi tersendiri yang sebenarnya tetap mengandalkan akun Facebook penguna. Melalui aplikasi ini, kreator dapat memantau aktivitas termasuk keterlibatan follower soal konten yang diunggahnya.

Aplikasi ini juga menyediakan sejumlah fungsi mengedit video. Dengan kata lain, aplikasi ini memungkinkan para kreator berkreasi untuk membuat konten video yang siap diunggah ke Facebook.

Kreator yang akan melakukan siaran langsung juga dapat melakukannya melalui aplikasi ini karena di dalamnya sudah tersedia filter atau efek wajah lainnya.

Sebagai tambahan, kreator juga dapat melihat metrik dan pesan yang masuk saat siaran berlangsung. Untuk informasi, kehadiran aplikasi anyar Facebook ini memang sudah terdengar sejak pertengahan 2017.

Ketika itu, aplikasi ini disebut akan dibekali beragam kemampuan edit video, termasuk intro, outro, stiker, dan frame tambahan. Menurut kabar itu, aplikasi ini sebelumnya hanya tersedia untuk akun terverifikasi, seperti jurnalis, selebritis, atau influencer.

 

 

Keputusan perusahaan menghadirkan aplikasi ini disebut tak lepas dari jumlah penonton video yang terbilang besar. Sejak akhir tahun lalu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg menuturkan aplikasi ini akan lebih memprioritaskan konten video.

Bahkan awal tahun ini, Facebook telah menerapkan iklan di dalam video yang diunggah ke Creator. Cara ini dilakukan sebagai upaya media sosial itu mulai menerapkan monetisasi pada layanannya.

Namun, sedikit berbeda dari layanan lain, iklan akan ditampilkan tak lama setelah video diputar. Meski sudah diterapkan, kebijakan ini tak akan berpengaruh pada video yang diunggah oleh pengguna biasa.

Rencananya, perusahaan akan berbagi sekitar 55 persen dari pendapatan iklan di video. Melalui kebijakan ini, diperkirakan perusahaan dapat menghasilkan uang dari video dalam layanannya.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Labrak Jennifer Dunn, Ayah: Setop Buka Aib

Posted: 19 Nov 2017 09:30 PM PST

Faisal Haris mulai bereaksi setelah mengetahui video anaknya, Shafa, melabrak Jennifer Dunn, viral di media sosial. Sejak lama, Jennifer Dunn dituding merusak rumah tangga Faisal Haris dengan Sarita Abdul Mukti, yang tak lain merupakan orangtua Shafa.

Melalui kuasa hukumnya, Firman Chandra, pria yang berprofesi sebagai pengusaha itu meminta agar urusan rumah tangganya, utamanya yang menyangkut Jennifer Dunn, tak lagi diumbar ke masyarakat.

"Tolong masalah aib keluarga jangan dibuka," kata pengacara Faisal Harris, Firman Chandra, saat ditemui di kawasan Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Senin (20/11/2017).

"Biarkan itu menjadi privasi rumah tangganya (Haris) dengan Sarita," Firman Chandra menambahkan.

 

Pengacara Faisal Haris juga menganggap wajar apa yang dilakukan Shafa Haris, anak kliennya, saat melabrak Jennifer Dunn di sebuah pusat perbelanjaan.

"Apa yang terjadi spontanitas anak di bawah umur yang kasih sayangnya diambil orang lain. Itu saya wajarkan," Firman Chandra mengungkapkan.

Sayangnya, menurut Firman, ekspresi kekesalan Shafa terhadap Jennifer Dunn justru disebarkan melalui video di media sosial hingga urusan rumah tangga kliennya kembali jadi konsumsi masyarakat.

"Makanya, maunya (Faisal) disetop membuka aib keluarga," dia memungkasi.

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Aksi Nekat 58 Orang Naiki Satu Motor di India

Posted: 19 Nov 2017 09:30 PM PST

Aksi anggota Tornado dari Army Service Corps (ASC) membawa 58 orang dengan satu motor 500 cc di Bangalore (19/11). Tim Tornado memecahkan rekor sebelumnya dari 56 pria yang dimenangkan Army Signal Corps (Daredevils) pada 2010. (AFP Photo/Manjunath Kiran)

Aksi anggota Tornado dari Army Service Corps (ASC) membawa 58 orang dengan satu motor 500 cc di Bangalore (19/11). Tim Tornado memecahkan rekor sebelumnya dari 56 pria yang dimenangkan Army Signal Corps (Daredevils) pada 2010. (AFP Photo/Manjunath Kiran)

Tim Tornado dari Army Service Corps (ASC) terjatuh saat memecahkan rekor dunia membawa 58 orang dengan satu motor 500 cc di Bangalore (19/11). Tim Tornado menciptakan rekor dunia baru setelah 58 orang naik satu motor 500 cc. (AFP Photo/Manjunath Kiran)

Tim Tornado dari Army Service Corps (ASC) terjatuh saat memecahkan rekor dunia membawa 58 orang dengan satu motor 500 cc di Bangalore (19/11). Tim Tornado menciptakan rekor dunia baru setelah 58 orang naik satu motor 500 cc. (AFP Photo/Manjunath Kiran)

Aksi anggota Tornado dari Army Service Corps (ASC) membawa 58 orang dengan satu motor 500 cc di Bangalore (19/11). Tim Tornado memecahkan rekor sebelumnya dari 56 pria yang dimenangkan Army Signal Corps (Daredevils) pada 2010. (AFP Photo/Manjunath Kiran)

Aksi anggota Tornado dari Army Service Corps (ASC) membawa 58 orang dengan satu motor 500 cc di Bangalore (19/11). Tim Tornado memecahkan rekor sebelumnya dari 56 pria yang dimenangkan Army Signal Corps (Daredevils) pada 2010. (AFP Photo/Manjunath Kiran)

Tim Tornado dari Army Service Corps (ASC) saat memecahkan rekor dunia membawa 58 orang dengan satu motor 500 cc di Bangalore (19/11). Tim Tornado menciptakan rekor dunia baru setelah 58 orang naik satu motor 500 cc. (AFP Photo/Manjunath Kiran)

Tim Tornado dari Army Service Corps (ASC) saat memecahkan rekor dunia membawa 58 orang dengan satu motor 500 cc di Bangalore (19/11). Tim Tornado menciptakan rekor dunia baru setelah 58 orang naik satu motor 500 cc. (AFP Photo/Manjunath Kiran)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awas, Berbahaya Jika Iklan Rokok Dipajang di Warung

Posted: 19 Nov 2017 09:30 PM PST

Ketua Yayasan Lentera Anak Lisda Sundari mengatakan, tren produsen rokok dalam mengiklankan produk tersebut kini mengalami perubahan pola. Hal ini dapat berdampak lebih berbahaya bagi anak-anak, mengapa?

Lisda mengatakan, tren produsen dalam mengiklankan rokok dulu lebih banyak diiklankan di billboard. Tapi sekarang, iklan rokok justru lebih banyak terpampang di spanduk warung dan pinggir jalan. Hal ini jauh lebih berbahaya dan lebih mudah mempengaruhi anak-anak.

"Dulu iklan rokok itu di billboard, hanya bisa dilihat di jalan protokol. Sekarang, iklan rokok bisa dilihat di spanduk warung. Sangat mudah dijangkau anak-anak," ucap Lisda saat memberikan materi dalam pelatihan bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta di Bogor, Jawa Barat, ditulis Senin (20/11/2017).

Lisda memaparkan, saat ini sebanyak 73 persen iklan diiklankan di spanduk. Hal ini dinilai membawa dampak buruk karena anak-anak dapat dengan mudah tergiur untuk membeli rokok. Apalagi rokok dapat dibeli dengan harga yang sangat murah.

Dari survei yang dia lakukan, rata-rata uang jajan anak sekolah berkisar antara lima hingga sepuluh ribu rupiah. Sementara, harga rokok per batang berkisar antara Rp 400 hingga Rp 1.000 rupiah. 

"Spanduk berisi iklan rokok bisa dilihat di ribuan titik. Iklan dengan spanduk menjadi lebih massive dan mudah mempengaruhi anak-anak. Ini semakin mengerikan karena iklan akan semakin dekat dengan target. Untuk itu, diperlukan adanya langkah tegas dari pemerintah untuk mengatasi hal tersebut," kata dia.

 

Saksikan video menarik berikut :

 

Lisda Sundari saat memberikan materi dalam pelatihan bersama AJI Jakarta pada Minggu (19/11/2017). Foto : Umi Septia

Lisda mengatakan, produsen rokok yang memasang iklan spanduk di warung memiliki keuntungan dibandingkan memasang iklan di billboard. Biaya yang lebih rendah, bebas pajak dan menjangkau sasaran membuat spanduk iklan rokok semakin menjamur.

"Kami konfirmasi ke Pemda, mereka bilang spanduk itu tidak bayar pajak. Jika tidak bayar pajak, selain bahaya spanduk mengurangi pendapatan daerah. Itu berarti iklan di spanduk merupakan iklan ilegal," lanjut dia.

Lisda mengimbau kepada pemerintah untuk mengatur regulasi yang tegas bagi para produsen rokok. Jika tidak, perokok berusia anak dan remaja akan semakin meningkat. Hal ini akan menjadi masalah kesehatan di kemudian hari.

Selain itu, dia juga mengimbau pada masyarakat untuk menurunkan spanduk iklan rokok untuk meminimalisir pengaruh rokok pada anak-anak. Aksi penurunan spanduk rokok ini sebelumnya juga pernah dilakukan oleh ratusan anak Sekolah Dasar (SD) di Bekasi, Tangerang Selatan dan Kabupaten Bogor.

"Beberapa bulan lalu kami juga sudah melakukan aksi tolak jadi target iklan rokok. Hal itu kami lakukan dengan menurunkan spanduk iklan rokok di warung dan membawanya ke istana negara," kata Linda.

Linda menjelaskan, meski dalam aksi tersebut anak-anak banyak menemukan kendala, tapi akhirnya banyak pemilik warung yang mau menurunkan spanduknya.

"Sempat beberapa warung tidak mau menyerahkan spanduknya, karena mereka dibayar sama pengiklan. Tapi anak-anak ini pintar, mereka kumpulkan koin untuk pemilik warung sebagai gantinya," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Nyinyir, Deretan Karangan Bunga untuk Setya Novanto

Posted: 19 Nov 2017 09:30 PM PST

Kecelakaan Setya Novanto menarik perhatian warga. Belakangan banyak karangan bunga yang ditujukan kepadanya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Kedatangan Gelombang II Korban Sandera Kelompok Bersenjata

Posted: 19 Nov 2017 09:29 PM PST

Setelah sempat menolak dievakuasi, sekitar 500 warga asli Papua yang berada di Kampung Banti, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua, yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) akan dievakuasi ke Timika, Senin (20/11/2017).

Kapolda Papua, Irjen Boy Rafli Amar mengatakan diperkirakan sebanyak 500-an warga tersebut akan tiba di Timika sekitar pukul 13.00 WIT dengan menggunakan 12 unit bus dengan pengawalan ketat oleh anggota Satuan Tugas Penanganan KKB.

Menurut Boy, tim Satgas telah melakukan pendekatan pada masyarakat di Banti pada Sabtu-Minggu, 18-19 November 2017. Akhirnya, mereka meminta kepada satgas terpadu untuk direlokasi sementara.

"Relokasi sementara ini dilakukan karena beberapa alasan seperti pelayanan kesehatan, layanan pendidikan yang tidak berjalan, ketersediaan logistik, dan penanganan psikis akibat tindakan KKB kepada masyarakat," kata Boy, di Timika, dilansir Antara.

Menurutnya, semua hal terkait kesiapan evakuasi telah dikoordinasikan dengan pemkab setempat, termasuk persoalan pendidikan anak-anak yang dievakuasi.

Ia berharap agar proses evakuasi dapat berjalan lancar dan ketika warga korban sandera kelompok bersenjata tiba di Timika, dapat ditangani dengan baik untuk pemulihan kondisi kesehatan dan psikis warga.

Sebanyak 344 warga nonPapua dan belasan warga orang asli Papua yang tinggal di kampung Kimbeli dan longsoran telah dievakuasi ke Timika menggunakan 10 unit bus dengan pengawalan ketat anggota keamanan pada Sabtu malam, 18 November 2017.

Warga yang dievakuasi kemudian diserahkan dari pihak Kepolisian kepada Pemkab setempat dan seterusnya diserahkan kepada masing-masing ketua paguyuban untuk pemulangan mereka ke rumah masing-masing.

Sedangkan, sekitar 100-an warga suku Jawa yang dievakuasi diagendakan akan pulang ke kampung halaman tapi prosesnya masih dalam pengurusan. "Pada intinya, kami lihat kondisi mereka baik meskipun di antara mereka ada yang mendapat perawatan kesehatan," ujar Boy.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

Warga kampung di sekitar Tembagapura dievakuasi sehari setelah kelompok bersenjata menembaki mobil Freeport dan pos polisi. (istimewa)

Sebelumnya, rencana tim Satgas menyerbu KKB yang berada di Banti dan Kimbeli pada Kamis, 16 November 2017, urung dilakukan mengingat saat itu kelompok separatis tersebut membaur dengan masyarakat.

"Saat itu anggota sudah meminta izin kepada Pangdam untuk segera mengatasi KKB karena jarak mereka hanya sekitar 30-50 meter dan ada anggota KKB yang menenteng senjata api," kata Kepala Penerangan Daerah Militer XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi, beberapa waktu lalu.

Namun, Pangdam Cenderawasih menginstruksikan jika KKB masih membaur dengan masyarakat sipil, tidak boleh diapa-apakan karena operasi penumpasan KKB Tembagapura itu lebih mengutamakan keselamatan warga sipil.

Selanjutnya pada Jumat pagi, 17 November 2017, sejumlah pentolan KKB yang baru bangun langsung bergerak ke pos-pos di wilayah ketinggian yang sudah mereka dirikan. Di pos-pos itu dilaporkan juga terdapat sejumlah bendera kelompok separatis Papua Merdeka.

Saat itulah, pasukan TNI merangsek menyerbu ke Kampung Kimbeli dan Banti secara serentak. Kelompok separatis bersenjata itu langsung kocar-kacir menyelamatkan diri ke dalam hutan dan ke area ketinggian sambil menyerang aparat dengan tembakan bertubi-tubi.

Saat penyerbuan itu dilakukan, dilaporkan jarak pandang di lokasi itu hanya sekitar tiga hingga lima meter karena kondisinya masih berkabut tebal.

Setelah KKB lari kocar-kacir meninggalkan kedua kampung itu, aparat gabungan TNI dan Polri lainnya bergegas menuju ke dua kampung itu untuk membebaskan ratusan warga yang disandera.

Kolonel Aidi mengatakan saat proses evakuasi warga masih berlangsung, kontak senjata antara aparat TNI-Brimob dan KKB masih terus berlangsung dalam kurun waktu kurang dari dua jam.

"Kami belum bisa memastikan apakah dari pihak mereka ada korban atau tidak," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sesi I, IHSG Cetak Level Tertinggi di 6.088

Posted: 19 Nov 2017 09:21 PM PST

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali cetak rekor tertinggi baru pada penutupan sesi pertama perdagangan saham awal pekan ini.

Pada penutupan sesi pertama perdagangan saham, Senin (20/11/2017), IHSG naik 36,98 poin atau 0,61 persen ke posisi 6.088,71. Pada awal sesi, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.098,77, dan secara intraday merupakan level tertinggi sepanjang sejarah. Sedangkan posisi terendah 6.063,43. Sebelumnya IHSG sempat sentuh level tertinggi sepanjang sejarah di posisi 6.060 pada 7 November 2017.

Ada sebanyak 160 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Sedangkan 138 saham melemah dan 121 saham diam di tempat. Indeks saham LQ45 naik 0,88 persen ke posisi 1.019,87. Sebagian besar indeks saham acuan kompak menghijau.

Total frekuensi perdagangan saham 160.448 kali dengan volume perdagangan 4,7 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 2,6 triliun. Investor asing melakukan aksi beli Rp 29,37 miliar di pasar reguler. Posisi dolar Amerika Serikat berada di posisi Rp 13.527.

Saham-saham yang menguat pada sesi pertama antara lain saham GGRM naik 3,75 persen ke posisi Rp 80.900, saham HMSP melonjak 3,17 persen ke posisi Rp 4.230 per saham, dan saham LPPF mendaki 2,96 persen ke posisi Rp 11.300 per saham.

Saham-saham yang merosot antara lain saham RIMO turun 12,50 persen ke posisi Rp 196 per saham, saham SMRA tergelincir 3,31 persen ke posisi Rp 875 per saham, dan saham MPPA susut 1,89 persen ke posisi Rp 520 per saham.

Sebagian besar bursa saham Asia bervariasi. Indeks saham Hong Kong Hang Seng naik 0,04 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi mendaki 0,03 persen, dan indeks saham Singapura naik 0,07 persen.

Sementara itu, indeks saham Jepang Nikkei susut 0,58 persen, indeks saham Shanghai turun 0,85 persen dan indeks saham Taiwan tergelincir 0,25 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

Sebelumnya gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berlawanan dengan bursa saham Asia pada awal sesi perdagangan. Bahkan, IHSG dibuka ke level tertinggi baru.

Pada prapembukaan perdagangan saham, Senin (20/11/2017), IHSG naik 15,01 poin atau 0,25 persen ke posisi 6.066,74. Indeks saham LQ45 mendaki 0,38 persen ke posisi 1.014,82. Sebagian besar indeks saham acuan kompak menghijau.

Penguatan IHSG berlanjut pada pukul 09.00 WIB. Pada pembukaan perdagangan saham pukul 09.00 WIB, IHSG naik 19,36 poin atau 0,32 persen ke posisi 6.071,10. Indeks saham LQ45 naik 0,44 persen ke posisi 1.015. Seluruh indeks saham acuan kompak menghijau.

Ada sebanyak 98 saham menguat, sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Sedangkan 19 saham melemah dan 89 saham lainnya diam di tempat. Pada awal sesi IHSG berada di level tertinggi 6.074,17 dan terendah 6.063,43.

Total frekuensi perdagangan sekitar 8.586 kali dengan volume perdagangan 231,8 juta saham. Nilai transaksi harian saham Rp 138,7 miliar.

Investor asing mencatatkan aksi beli Rp 8,55 miliar di seluruh pasar. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 13.527.

Saham-saham yang catatkan top gainers antara lain saham TFCO naik 10,39 persen ke posisi Rp 850, saham FMII melonjak 10 persen ke posisi Rp 595 per saham, dan saham WINS naik 5,29 persen ke posisi Rp 398 per saham.

Sedangkan saham-saham yang merosot antara lain saham YULE turun 4,21 persen ke posisi Rp 182 per saham, saham TBLA tergelincir 2,88 persen ke posisi Rp 1.350 per saham, dan saham MLPT susut 2,53 persen ke posisi Rp 700 per saham.

Sebagian besar bursa saham Asia tertekan. Indeks saham Hong Kong Hang Seng turun 0,25 persen, indeks saham Jepang Nikkei tergelincir 0,64 persen, indeks saham Shanghai susut 1,2 persen, indeks saham Singapura turun 0,13 persen, dan indeks saham Taiwan melemah 0,05 persen.

Secara sektoral, 10 sektor saham kompak menghijau. Sektor saham aneka industri naik 0,87 persen, dan catatkan penguatan tertinggi. Sektor saham manufaktur mendaki 0,66 persen dan sektor saham industri dasar naik 0,74 persen.

Sebelumnya, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang menguat pada perdagangan saham pada awal pekan ini. Penguatan IHSG ditopang oleh fundamental ekonomi Indonesia yang masih cukup kuat.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya menuturkan, IHSG masih akan terlihat cukup kuat untuk kembali melaju di zona positif pada awal pekan ini. Hal ini terlihat dari sisi fundamental ekonomi yang cukup kuat ditunjang dengan pola pergerakan IHSG yang terlihat masih berada dalam jalur uptren penguatan hingga jangka panjang.

"IHSG berpotensi menguat di kisaran 5.972-6.123," ujar William dalam ulasannya, Senin, 20 November 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kekasih Tepis Rumor Selingkuh Ronaldo dengan Cara Ini

Posted: 19 Nov 2017 09:20 PM PST

Cristiano Ronaldo tengah diterpa isu tak sedap tidak lama setelah kekasihnya Georgina Rodriguez melahirkan anak keempatnya, Alana Martina. Seorang wanita bernama Natacha tiba-tiba memberikan pengakuan mengejutkan tentang hubungannya dengan CR7. 

Natacha mengaku pernah menjadi selingkuhan Ronaldo. Menurutnya, kisah terlarang mereka bermula sata dia mengirim foto seronok ke akun Instagram mantan pemain MU tersebut. 

Singkat cerita, keduanya kemudian berkenalan. Ronaldo bahkan kabarnya pernah mengajak Natacha mengunjungi rumah mewahnya di Lisbon, Portugal, 5 Oktober 2016. 

Dugaan perselingkuhan ini memang tidak terjadi baru-baru ini. Menurut Natacha, hubungan mereka terjalin saat Ronaldo masih jadi kekasih model seksi asal Rusia, Irina Shayk.  Meski demikian, pengakuan Natacha tentu mengganggu hubungan Rodriguez dan Ronaldo saat ini. 

Seperti dilansir Mirror.co.uk, rumor perselingkuhan Ronaldo kemudian diikuti dengan kabar keretakan hubugannya dengan Rodriguez. Bahkan seperti dilansir Mirror.co.uk, celoteh Natacha kabarnya membuat Ronaldo terancam ditinggal oleh kekasihnya, Rodriguez.

Benarkan demikian? 

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

 

 

Rodriguez ternyata tidak terlalu memperdulikan rumor perselingkuhan kekasihnya. Dia bahkan punya cara untuk membantah kabar keretakan rumah tangganya dengan Ronaldo. Ya, Rodriguez memilih untuk mengenalkan pekerjaan ayahnya kepada putri tercinta. 

Ditemani oleh ibu mertua, Dolores Aveiro, dan adik perempuan CR7 , mereka tampak duduk di sofa menyaksikan pertandingan Real Madrid saat melawan Atletico Madrid, Sabtu lalu. Selain menghadirkan Alana, mereka juga mengaja si kembar, Mateo dan Eva Maria. 

Kekasih Cristiano Ronaldo, Georgina Rodriguez.

Dalam foto yang diunggah lewat akun Instagram-nya, Georgina tampak bahagia. Mengenakan baju ketat merah, Georgina jadi salah satu yang sadar kamera. Dia tidak menggendong Alana. Bocah menggemaskan itu dititipkan kepada salah seorang adik CR7.  Sementara calon ibu mertua tampak menggendong salah satu bayi kembar Ronaldo. 

 

Tiga hari setelah bayi perempuan itu lahir, Georgina mengunggah foto dirinya bersama sang anak. Georgina pun menyampaikan isi hatinya setelah melahirkan anaknya yang diberi nama Alana Martina. (Instagram/cristiano)

Rodriguez melahirkan pekan lalu di Rumah Sakit Quiron Universal, yang berlokasi tidak jauh dari kediaman Ronaldo. Dengan demikian, CR7 kini memiliki 4 anak dari ibu yang berbeda. 

Meski demikian, Ronaldo belum puas. Dia masih berniat menambah keturunan. Dia menginginkan tujuh anak agar sejalan dengan target Ballon d'Or-nya, 7 trofi. 

"Selama saya bermain, saya akan berjuang sekuat tenaga untuk meraih kemenangan," kata Ronaldo told L'Equipe. "Impian saya meraih gelar Ballon d'Or kelima. Saya juga ingin punya anak. Bagi saya, hidup tanpa anak kecil tidak akan berarti apapun," katanya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putri Cantik The Rock Diangkat Jadi Duta Golden Globes 2018

Posted: 19 Nov 2017 09:20 PM PST

Dwayne Johnson alias The Rock ternyata punya putri cantik yang kini tengah beranjak remaja. Ia adalah Simone Alexandra Johnson, buah cintanya dengan sang mantan istri, Dany Garcia.

Simone, kini telah berusia 16 tahun dan tumbuh menjadi seorang gadis cantik yang juga berprofesi sebagai seorang model. Tak hanya itu, kini Simone juga mulai menapak jalan di industri perfilman Hollwood.

Simone Alexandra Johnson (Sumber: Instagram/ simonegjohnson)

Dilansir dari People, Senin (20/11/2017), Simone baru-baru ini ditunjuk sebagai Duta Golden Globes 2018. Ia menggantikan posisi tiga putri cantik Sylvester Stallone yakni Sophia, Sistine, dan Scarlet, yang menyandang tugas serupa tahun lalu.

The Hollywood Foreign Press Association (HFPA) yang menyelenggarakan perhelatan ini menyebut putri The Rock tersebut adalah orang yang tepat untuk posisi Duta Golden Globes 2017.

"Kami tidak bisa memilih perwakilan yang lebih baik dari Simone untuk meneruskan tradisi ini, karena nilai-nilai yang ia anut persis seperti yang diperjuangkan oleh HFPA," tutur Presiden HFPA, Meher Tatna.

 

Tugas Simone dalam ajang Golden Globe 2018 mendatang, adalah sebagai orang yang akan mengarahkan para pemenang untuk naik dan turun dari panggung. Ia juga akan membawa piala Golden Globes pada para pemenang.

Duta Golden Globes, adalah tradisi yang telah lama dilakukan dalam ajang prestisius di bidang akting ini.

Simone Alexandra Johnson, Dwayne 'The Rock' Johnson, dan personel Fifth Harmony, Dinah Jane (Sumber: Instagram/ simonegjohnson)

Sejumlah anak-anak para bintang Hollywood, telah mendapat kohormatan untuk menempati posisi ini. Bahkan ada dari mereka yang menjadi artis populer, salah satunya adalah bintang 50 Shades of Grey, Dakota Johnson.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKL Kota Tua Minta Kelonggaran Jualan pada Sandiaga Uno

Posted: 19 Nov 2017 09:18 PM PST

Pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, mengadu kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Kedatangan mereka untuk meminta kelonggaran waktu selama berjualan.

Salah satu PKL, Sugiarto mengatakan mereka berjualan usai pengunjung meninggalkan tempat wisata Kota Tua sekitar pukul 22.00 WIB. Mereka pun mengeluhkan sepinya pembeli.

Karena hal itu, Sugiarto meminta kelonggaran berjualan mulai pukul 17.00 WIB hingga tengah malam, yakni sekitar pukul 02.00 WIB.

"Sampai jam 02.00-03.00 WIB (atau) jam 00.00 WIB. Kalau Sabtu-Minggu bebas," ucap Sugiarto di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (20/11/2017).

Namun, Sandiaga mengatakan dengan berjualan dimulai sore hari akan berdampak terjadi kesemrawutan.

"Saya waktu ke sana semrawut banget, dorong-dorongan ke mana-mana," kata Sandi.

Oleh karena itu, dia akan mendiskusikannya bersama staf khususnya, yaitu Rustam Effendi untuk membahas keluhan pedagang ini.

 

Tak hanya itu, PKL lainnya Irma Yuningsih menyatakan juga meminta mereka dapat direlokasi ke pasar yang dibangun konsorsium Kota Tua di Jalan Lada. Sebab, kata dia kawasan itu rencananya akan diisi oleh berbagai perusahaan.

"Pokoknya pinggir trotoar itu, kayak semula saja. Karena enggak semua perdagang bisa direlokasi ke (Jalan) Cengkeh, Taman Intan, sudah enggak maksimal," jelas Irma.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK: Setya Novanto Respons Pertanyaan Penyidik dengan Wajar

Posted: 19 Nov 2017 09:17 PM PST

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung menjalani pemeriksaan pada Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanyo atau Setnov terkait kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP, Senin (20/11/2017).

Setya Novanto yang sejak semalam sudah resmi ditahan di tahanan KPK itu langsung diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP.

"Setelah dilakukan penahanan lanjutan selama 20 hari ke depan terhitung 19 November 2017, penyidik melakukan pemeriksaan awal terhadap SN sebagai tersangka," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi.

Penyidik terlebih dahulu menyampaikan hak Setnov sebagai tersangka saat diperiksa. Hak-hak itu antara lain pendampingan dari pengacara. Setnov, kata Febri, cukup kooperatif dalam menjawab pertanyaan penyidik.

"SN telah bersedia menandatangai Berita Acara pencabutan pembantaran dan penahanan lanjutan. Pertanyaan yang diajukan pun direspons dengan wajar," ujarnya.

Pemeriksaan Setnov hari ini dilakukan KPK, usai lembaga antirasuah itu mendapat rekomendasi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang memeriksa Novanto selama berada di RSCM.

"Pemeriksaan sudah dapat dilakukan sesuai dengan hasil kesimpulan IDI yang menyatakan SN fit to be questioned atau sudah dapat dilakukan pemeriksaan dalam proses hukum yang sedang berjalan," dia menandaskan.

 

Tersangka korupsi e-KTP Setya Novanto resmi mengenakan rompi oranye saat dibawa ke Gedung Merah Putih, tempat KPK berkantor, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Usai diperiksa KPK selama satu jam, Setya Novanto memberikan keterangan kepada awak media.

Banyak hal yang dia ungkapkan. Selain keluh kesah soal penahanan dirinya, Setya Novanto juga mengungkapkan upaya yang dia lakukan agar bisa terbebas dari kasus ini. Berikut pernyataan lengkap Setya Novanto sesaat sebelum dimasukkan ke Rutan KPK, Senin (20/11/2017) dini hari:

Saya sudah menerima. Tadi dalam kondisi saya yang masih sakit, masih vertigo karena tabrakan. Dan saya tadi juga tidak nyangka bahwa malam ini. Saya pikir masih diberi kesempatan untuk recovery tapi ya saya mematuhi hukum.

Dan saya sudah melakukan langkah-langkah dari mulai melakukan SPDP di kepolisian dan mengajukan surat kepada perlindungan hukum kepada Presiden, maupun kepada Kapolri, Kejaksaan Agung, dan saya sudah pernah praperadilan.

Dan saya belum pernah mangkir. Yang tiga kali saya diundang saya selalu memberikan alasan, jawaban karena ada tugas-tugas. Yaitu menyangkut saksinya saudara Anang.

Dan saya dipanggil menjadi tersangka baru sekali, tahu-tahu sudah dijadikan sebagai penangkapan tersangka. Dan saya dari kemarin memang sudah niat untuk datang bersama-sama DPD 1 jam 8, tapi saya diminta untuk wawancara di Metro.

Dan di luar dugaan saya, ada kecelakaan sehingga saya selain terluka, terluka berat, dan juga di kaki, di tangan, dan juga di kepala masih memar. Tetapi saya tetap mematuhi masalah hukum dan apa pun saya tetap menghormati.

Saksikan video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MKD Putuskan Sikap soal Nasib Setya Novanto di DPR Hari ini

Posted: 19 Nov 2017 09:15 PM PST

Mahkamah Kehormatan Dewan akan menentukan sikap terkait Ketua DPR Setya Novanto. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Mahkamah MKD DPR Sarifudin Sudding.

"Saya kira hari ini MKD akan mengambil sikap dan saya sudah berkoordinasi dengan pimpinan," ujar Sudding di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (20/11/2017).

Setya Novanto ditetapkan sebagai terangka dalam kasus korupsi e-KTP oleh KPK. Ia pun kini telah mendekam di tahanan.

Situasi tersebut, menurut Sudding, bisa mengaktifkan klausul dalam Pasal 37 dan 87 UU MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3). Di sana dijelaskan soal pimpinan Dewan yang tidak dapat menjalankan tugasnya.

Pergantian juga bisa dilakukan bila pimpinan dewan melakukan pelanggaran etika. Keputusan soal kode etik, sambung Sudding, menyangkut masalah integritas.

Dia mengatakan, ketika seseorang ditahan institusi penegak hukum, maka hal itu berkait erat dengan masalah integritas.

"Saya kira ini menyangkut marwah kedewanan sebagaimana ini diamanahkan dalam tata tertib kita dan acara di MKD," kata dia.

 

 

 

Sudding menawarkan dua opsi atau terkait dengan Novanto. Pertama, MKD mengundang seluruh pimpinan fraksi. Mereka akan diminta pandangan terhadap posisi Novanto.

Opsi kedua, lanjut Sudding, pergantian pimpinan dewan dilakukan atas rekomendasi MKD. Aturan yang ada memungkinkan hal tersebut.

"Terbuka ruang di pasal 42 di tatib, bahwa pergantian pimpinan dewan bisa dilakukan atas rekomendasi MKD," terang dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rompi Oranye KPK untuk Setya Novanto

Posted: 19 Nov 2017 09:15 PM PST

Ketua DPR Setya Novanto akhirnya langsung ditahan KPK usai diperiksa selama satu jam Senin dinihari. Ketua Umum Partai Holkar itu keluar dari ruang pemeriksaan mengenakan rompi oranye didampingi penyidik dan tim kuasa hukum.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Senin (20/11/2017), Rompi oranye sebagai tanda tersangka langsung dijebloskan ke rumah tahanan baru di Gedung KPK, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Namun kali ini Setnov tidak lagi menggunakan kursi roda seperti saat ia dibawa dari RSCM.

Setya Novanto terkejut dengan langkah penahanan ini sehingga kini ia minta perlindungan dari berbagai pihak termasuk dari presiden. Namun Setnov mengaku siap mengikuti proses hukum. Setya Novanto dijemput dari RSCM setelah sebelumnya tim dokter memastikan bila Setnov tidak perlu mendapat perawatan inap.

Setnov meninggalkan RSCM dengan menggunakan kursi roda. Setya Novanto kembali ditetapkan sebagai tersangka untuk kedua kali kasus KTP elektonik yang merugikan negara Rp 2,3 triliun setelah ia memenangkan gugatan praperadilan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

REI Optimistis Lampaui Target Bangun 200 Ribu Rumah Rakyat

Posted: 19 Nov 2017 09:13 PM PST

Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) optimistis mampu mencapai target pembangunan 200 ribu unit rumah rakyat hingga akhir tahun ini. Bahkan, bukan tidak mungkin bisa melampaui target tersebut.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun DPP REI, hingga November 2017, jumlah rumah yang sudah dibangun anggota REI di seluruh Indonesia mencapai 168 ribu unit. Angka itu di luar 14 ribu unit Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang dibangun DPD REI DKI Jakarta.

"Kalau melihat laporan dari daerah-daerah kami optimis target pembangunan tercapai, bahkan mungkin bisa terlampaui karena belum semua daerah memberikan data riil yang komplit," kata Ketua Umum DPP REI, Soelaeman Soemawinata kepada wartawan yang ditulis Liputan6.com, Senin (20/11/2017).

Eman, demikian dia akrab dipanggil, mensinyalir masih banyak anggota yang membangun rumah rakyat namun belum melapor, terutama di dua wilayah yakni Banten dan Jawa Barat. Padahal kedua daerah ini merupakan lumbung pasokan rumah bersubsidi.

Sebagai contoh di Maja telah selesai dibangun sekitar 6.000 unit rumah MBR di Citra Maja Raya oleh Ciputra Group, namun belum dimasukkan dalam data REI. Ada juga proyek Rumah Susun Sederhana Milik (Rusunami) di Tangerang sebanyak 2.000 unit pun belum masuk data.

Kemudian di Jawa Barat dilaporkan baru terbangun 16 ribu unit, padahal ada satu pengembang yang tahun ini bangun sampai 25 ribu unit, ini juga belum masuk data, sehingga di Jawa Barat saja potensi pasokan diperkirakan hampir 40 ribu unit.

"Oleh karena itu, khusus untuk di Jawa Barat dan Banten yang jumlah pengembang dan proyeknya banyak sekali, kami sudah buat sebuah metode untuk menyisir data perusahaan per perusahaan, supaya tidak ada yang terlewatkan. Sementara untuk daerah lainnya pendataan tetap dari masing-masing DPD," ujar alumni Teknik Planologi Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Beberapa DPD hingga November ada yang melaporkan sudah melampaui target pembangunan tahun ini. Seperti Banten, Jawa Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara. Selain itu, menurut data DPP REI, banyak pula daerah yang jumlah unit terbangunnya lebih tinggi dibandingkan realisasi akad kredit seperti Jambi, Bengkulu dan Sumatera Barat.

Hal itu tentu membutuhkan dukungan perbankan, sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang dapat menikmati rumah layak huni.

Sesuai komitmen REI sebagai garda terdepan pembangunan rumah rakyat, menurut Eman, dirinya secara rutin terus memonitor pembangunan rumah untuk MBR di daerah-daerah. Sedikitnya dua kali sebulan Eman mengaku berkunjung daerah, sehingga mendengar dan melihat langsung persoalan yang dihadapi anggota REI.

REI, kata dia, punya posisi strategis untuk berkarya mendukung program-program strategis di bidang perumahan dan permukiman, khususnya Program Nawa Cita yang diusung pemerintahan Presiden Joko Widodo. Oleh karena itu, asosiasi perusahaan properti tertua dan terbesar di Indonesia itu akan terus membangun rumah untuk MBR.

Terkait kendala utama dalam pembangunan rumah untuk MBR dalam setahun terakhir, menurut Eman, sebagian besar masih masalah perizinan yang rumit dan berbelit-belit. Meski pemerintah pusat sudah menerbitkan sejumlah regulasi untuk penyederhanaan perizinan, namun kondisi di mayoritas daerah belum banyak berubah khususnya untuk perizinan rumah rakyat.

"Kami berharap pemerintah senantiasa mendukung bisnis properti secara konkrit terutama terkait perizinan di daerah, karena terbukti industri ini dapat menjadi stimulan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor riil," ungkap dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Lonzo Ball Triple Double Lagi, Lakers Hajar Nuggets

Posted: 19 Nov 2017 09:10 PM PST

Lonzo Ball berhasil membuat triple double keduanya di NBA. Kali ini triple double Ball mampu membawa Los Angeles Lakers menang telak 127-109 atas Denver Nuggets, Minggu (19/11/2017) waktu setempat atau Senin (20/11/2017) pagi WIB. 

Pada laga di Staples Center ini, Ball membuat 11 poin, 11 assists dan 16 rebound. Ball baru bisa mengamankan triple double di awal kuarter empat saat umpannya diselesaikan oleh Julius Randle.

Kemenangan Lakers ini tak lepas dari start sempurna pasukan Luke Walton. Mereka unggul 32-26 di akhir kuarter pertama.

Lakers menggila di kuarter dua. Ball dkk sukses melesakkan 38 angka berbanding 22 sehingga unggul 22 poin saat turun minum.

Di kuarter tiga, Nuggets sempat memangkas jarak. Tim tamu merebut kuarter tiga 36-29. Tapi Lakers tak memberi ampun di kuarter empat. Walton kembali memainkan Ball dan Randle guna mengamankan kemenangan.

 

Top scorer Lakers di laga ini adalah Randle dengan 24 poin, disusul Brook Lopez dengan 21 angka. Pemain cadangan lainnya Jordan Clarkson juga main bagus dengan sumbangsih 18 angka.

Sedangkan di kubu Nuggets, Gary Harris jadi pemain tertajam dengan mencetak 20 angka.

Ini menjadi triple double kedua Ball sejak debut di NBA. Bedanya, pada triple double pertamanya, Ball tak mampu membawa Lakers meraih kemenangan.

12 November lalu, Lakers kalah 90-98 dari Milwaukee Bucks saat Ball membuat triple double pertamanya di NBA pada usia 20 tahun 15 hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lipsync di Panggung AMAs 2017, Selena Gomez Bikin Kecewa

Posted: 19 Nov 2017 09:10 PM PST

Selena Gomez hadir di American Music Awards 2017 (AMAs 2017) dengan membawa kejutan. Tak seperti biasanya, perempuan yang kabarnya menjalin hubungan kembali dengan Justin Bieber itu tampil dengan rambut pirang.

Setelah mengidap lupus, kondisi salah satu organ tubuhnya juga bermasalah. Selena Gomez diharuskan menjalani transplantasi ginjal lantaran kondisinya yang melemah. Beruntung, ada sahabat yang menolongnya. (AFP/Matt Winkelmeyer)

Tak sampai di situ, kejutan lain ditunjukkan Selena Gomez ketika naik panggung untuk menyanyikan lagu terbarunya dengan DJ Marshmello, "Wolves". Itu merupakan penampilan Selena satu-satunya yang tayang di televisi sepanjang 2017.

Namun sayang, tak semua orang puas dengan pertunjukan bertema thriller yang dibawakan Selena Gomez tersebut. Pasalnya, pelantun "The Heart Wants What It Wants" itu diduga melakukan lipsync.

 

 

Dugaan bahwa Selena Gomez tidak bernyanyi secara langsung dilontarkan sejumlah warganet melalui Twitter. Bahkan, ada pula yang mengungkap bahwa artis berusia 25 tahun itu telah merusak panggung American Music Awards 2017.

"Bukannya mau mengejek, tapi Selena Gomez benar-benar lipsync #AMAs," tulis akun @ClarCrdr.

"Aku suka Selena Gomez, tapi dia benar-benar menunjukkan bahwa dirinya lipsync dengan menutupi setengah wajahnya dengan rambut di sepanjang pertunjukan," ujar seorang warganet.

"Aku baru saja ingin memuji semua musisi yang tampil karena bernyanyi secara langsung.... eh, Selena Gomez malah lipsync," ungkap @jswarley.

Meskipun begitu, Selena Gomez tetap punya penggemar setia yang akan selalu membelanya. Bagi beberapa orang, lipsync merupakan hal yang biasa dan wajar dilakukan seorang penyanyi di atas panggung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Singgung Elite Politik yang Teriak Antek Asing dan PKI

Posted: 19 Nov 2017 09:06 PM PST

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyinggung elite-elite politik yang tidak memberikan pendidikan politik dengan baik bagi generasi muda. Salah satunya mereka yang berteriak antek asing dan membawa isu kebangkitan PKI.

"Coba kita lihat banyak yang masih berteriak-teriak mengenai antek asing. Istilah seperti itu, antek asing. Mengenai PKI bangkit. Kalau saya PKI bangkit gebuk saja, gampang," kata Jokowi saat menghadiri acara Simposium Nasional Kebudayaan, di Balai Kartini Jakarta Selatan, Senin (20/11/2017).

Jokowi juga menyebut para elite politik banyak yang tidak mencerminkan sikap politikus yang baik. Hal-hal tersebut seharusnya tidak perlu dibicarakan. Apalagi landasan hukumnya sudah sangat jelas. Seperti masalah PKI, masih berlaku TAP MPR Nomor 25 Tahun 1966 yang tidak membolehkan PKI berdiri lagi.

"Mengenai anti-Islam, anti-ulama, saya pikir cara-cara berpolitik yang beretika harus juga mulai kita sampaikan," imbuh Jokowi.

Kepada para purnawirawan TNI yang hadir dalam acara tersebut, Jokowi meminta untuk membantu para generasi muda agar berpolitik dengan baik. Dia ingin generasi mida memiliki karakter yang baik dan berpolitik.

"Bagaimana cara-cara berpolitik yang beretika. Cara bicara yang beretika. Bagaimana menghargai senioritas. Bagaimana menjaga nilai-nilai kesantunan," tandas dia.

Untuk itu, Ia berharap ada pendidikan politik yang baik untuk generasi muda. Hal tersebut agar budaya bangsa dalam politik tetap terjaga.

"Cara politik yang baik kita kembangkan, kita sampaikan pada anak kita sehingga nilai Indonesia betu-betul tidak hilang," Jokowi menandaskan.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Adu Ganteng Penampilan Boyband Korea BTS di Karpet Merah AMA 2017

Posted: 19 Nov 2017 09:03 PM PST

Penampilan boyband Korea Selatan, Bangtan Boys alias BTS di karpet merah ajang American Music Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (19/11). Kehadirkan BTS di AMA menjadi penampilan kedua mereka di acara penghargaan musik Amerika. (Mark Ralston/AFP)

Penampilan boyband Korea Selatan, Bangtan Boys alias BTS di karpet merah ajang American Music Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (19/11). Kehadirkan BTS di AMA menjadi penampilan kedua mereka di acara penghargaan musik Amerika. (Mark Ralston/AFP)

Dua personel boyband Korsel, Bangtan Boys alias BTS berpose di karpet merah ajang American Music Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (19/11). Grup vokal dengan gaya dance keren itu merupakan grup K-pop pertama yang tampil di ajang AMA. (Mark Ralston/AFP)

Dua personel boyband Korsel, Bangtan Boys alias BTS berpose di karpet merah ajang American Music Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (19/11). Grup vokal dengan gaya dance keren itu merupakan grup K-pop pertama yang tampil di ajang AMA. (Mark Ralston/AFP)

Personel boyband Bangtan Boys alias BTS, Jimin dan J-Hope di karpet merah ajang American Music Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (19/11). Jimin mencuri perhatian dengan jaket warna silver dan J-Hope tampil keren dengan rambut merahnya. (Mark Ralston/AFP)

Personel boyband Bangtan Boys alias BTS, Jimin dan J-Hope di karpet merah ajang American Music Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (19/11). Jimin mencuri perhatian dengan jaket warna silver dan J-Hope tampil keren dengan rambut merahnya. (Mark Ralston/AFP)

Dua personel boyband Korea Selatan, Bangtan Boys alias BTS berpose di karpet merah ajang American Music Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (19/11). Meski tampil hampir serupa, ketujuh anggota BTS tentu tidak terlihat sama. (Mark Ralston/AFP)

Dua personel boyband Korea Selatan, Bangtan Boys alias BTS berpose di karpet merah ajang American Music Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (19/11). Meski tampil hampir serupa, ketujuh anggota BTS tentu tidak terlihat sama. (Mark Ralston/AFP)

Boyband Korea Selatan, Bangtan Boys alias BTS berpose di karpet merah ajang American Music Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (19/11). Kehadiran mereka pun cukup menarik perhatian dan menghebohkan para ARMY (sebutan fans BTS). (Mark Ralston/AFP)

Boyband Korea Selatan, Bangtan Boys alias BTS berpose di karpet merah ajang American Music Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (19/11). Kehadiran mereka pun cukup menarik perhatian dan menghebohkan para ARMY (sebutan fans BTS). (Mark Ralston/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemberi Miras ke Satwa di Taman Safari Terancam 3 Bulan Penjara

Posted: 19 Nov 2017 09:03 PM PST

Kepolisian Resor Kota Bogor memeriksa pelaku pemberi minuman keras (miras) terhadap hewan milik Taman Safari Indonesia, pada Minggu 19 November sore. Polisi memeriksa dua pelaku atas nama Alyssa Dwi Fitri yang diduga mengunggah video serta Philip Biondi pemberi minuman keras terhadap hewan di Mako Polres Bogor.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Senin (20/11/2017), Minggu malam dua pelaku lainnya menyusul diperiksa polisi juga sebagai saksi. Sebelumnya pada Sabtu sore lalu kedua pelaku menggelar jumpa pers untuk meminta maaf atas perbuatan yang mereka lakukan.

Pascainsiden ini, pihak Taman Safari akan memperketat kembali pengawasan serta keamanan di dalam lingkungan wahana satwa. Bagi para pelaku mereka terancam dijerat pasal tentang penyiksaan terhadap satwa dengan ancaman hukuman tiga bulan penjara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Planet Nibiru, Ini 3 Teori 'Kiamat' yang Berpotensi Terjadi

Posted: 19 Nov 2017 09:01 PM PST

Baru-baru ini, sebuah prediksi tentang akhir zaman kembali muncul. Para pencetus teori konspirasi dan pegelut ilmu semu (pseudoscience) mengklaim bahwa pada 19 November lalu, benda angkasa luar sebesar planet bernama Nibiru akan menghantam dan menghancurkan Bumi.

Pada kenyataannya, Bumi masih berputar hingga hari ini. Dan berbagai lembaga, seperti Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA), terus konsisten membantah eksistensi planet Nibiru tersebut beserta teori kiamat yang menyertainya.

Meski begitu, narasi dan diskursus tentang kiamat atau bencana besar selalu tak lekang dari proses komunikasi maupun interaksi sekelompok manusia.

Beberapa bahkan memiliki pandangan yang lebih "realistis" tentang bencana tersebut, mengasosiasikannya dengan tensi geopolitik dan militer dunia yang tengah hangat pada masa kini atau berbagai gejala alam jauh yang lebih potensial, ketimbang Planet Nibiru.

Dari berbagai contoh, berikut tiga skenario yang dianggap sebagai kejadian yang paling berpotensi memicu kiamat atau setidaknya bencana besar, seperti yang Liputan6.com rangkum dari Newsweek, Senin (20/11/2017).

Intip beragam pemandangan menakjubkan dari 6 taman nasional yang ada di dunia berikut ini. (Taman Nasional Yellowstone -iStockphoto)

Gunung berapi di taman nasional Yellowstone, Amerika Serikat, secara periodik kerap menjadi subjek narasi kiamat dalam berbagai berita atau kisah.

Ketika ditanya mengenai kepopuleran Yellowstone dalam narasi kiamat, ahli geologi Christy Till mengatakan kepada Newsweek bahwa, "Kecenderungan itu berasal dari frekuensi gempa yang sering terjadi di Yellowstone. Meski begitu, klaim tentang gunung berapi di sana justru sulit untuk dipahami."

Meski begitu, beberapa ilmuwan lain tak senada dengan Till. Ada yang menyebut bahwa teori Yellowstone Supervolcano mungkin masih relevan. Apa lagi mengingat, sempat terjadi erupsi dahsyat di kawasan tersebut pada masa prasejarah.

Dan, ketakutan akan konsekuensi dari erupsi dahsyat--yang meliputi selimut abu yang bisa membahayakan kehidupan di Bumi--jika peristiwa seperti itu benar terjadi, membuat teori tersebut sangat menakutkan.

Kendati demikian, jika dan ketika teori itu semakin mendekati kenyataan, kemungkinan besar United States Geological Society (USGS), lembaga yang memonitori Yellowstone, akan membuat early warning system bagi seluruh masyarakat yang mungkin akan terdampak atas bencana tersebut.

 

Ilustrasi bom nuklir (iStock)

Keyakinan akan potensi perang nuklir besar telah diwariskan oleh peradaban manusia modern secara turun-temurun selama beberapa lintas generasi yang dimulai sejak Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada Agustus 1945.

Potensi itu kian di ambang pintu ketika Krisis Rudal Kuba 1962 terjadi pada masa Perang Dingin AS-Uni Soviet. Kala itu kedua negara blok kekuatan dunia itu secara harafiah saling berhadap-hadapan menghantarkan misil nuklir mereka sangat dekat dengan satu sama lain.

Namun, beberapa dekade berlalu, paranoid perang nuklir masih terus bertahan hingga kini. Apalagi sejak kemunculan negara seperti Korea Utara yang secara agresif nan provokatif mengklaim akan meluncurkan hulu ledak nuklir, yang mereka klaim punya.

Meski begitu, seorang analis menyebut bahwa potensi perang nuklir--meski realistis-- mungkin sulit untuk dapat benar-benar terjadi.

"Negara pemilik senjata nuklir sangat jarang terlibat dalam konflik militer langsung, mengesampingkan banyak pertempuran kebijakan AS-Uni Soviet selama Perang Dingin. Hanya ada beberapa negara pemilik senjata nuklir yang sempat terlibat dalam bentrokan singkat. Namun bentrokan itu tak begitu serius dan bersifat nonnuklir, seperti China dengan Rusia pada 1969 serta India dengan Pakistan pada 1999," kata Peter Beinart, seorang kolumnis dan pemerhati politik.

"Dan sejarah membantu kita memahami kondisi pada masa kini, khususnya dalam konflik antara AS dengan Korea Utara. Tetap saja, pertukaran retorika agresif yang dilakukan oleh Presiden Trump dan Kim Jong-un membuat orang bingung," tambahnya.

 

Ilustrasi asteroid mendekati Bumi. (Via: telegraph.co.uk)

Setiap kali kata asteroid raksasa disebut, maka gagasan yang terlintas pada sejumlah orang adalah potensi benda angkasa luar itu menabrak Bumi dan menimbulkan bencana dahsyat.

Meski begitu, sejumlah pakar menyebut bahwa potensi itu memang ada, tapi sangat kecil kemungkinannya.

Selain itu, jikalau asteroid raksasa benar-benar mampu menyentuh Bumi, kecil kemungkinan benda angkasa luar itu mampu menghancurkan semua kehidupan di Planet Biru. Penelitian terbaru menyebut bahwa asteroid hanya memiliki probabilita 13 persen untuk dapat membasmi kehidupan di muka Bumi.

Pada masa prasejarah, probabilita 13 persen itulah yang justru menyebabkan kepunahan massal yang mengakibatkan kepunahan dinosaurus. Akan tetapi, bencana itu tidak membinasakan makhluk hidup lain seperti hewan dan mamalia.

Kendati demikian, potensi kehancuran dahsyat yang dapat disebabkan oleh asteroid membuat Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Lembaga Mitigasi Bencana dan Situasi Darurat AS (FEMA) menggelar latihan bersama untuk mempersiapkan kemungkinan hipotetis sebuah asteroid yang menyerang Bumi.

"Latihan itu bukan masalah 'jika peristiwa itu terjadi', namun 'kapan manusia akan menghadapi situasi seperti itu', alias tinggal menunggu waktu," kata Thomas Zurbuchen, Associate Administrator untuk Direktorat Misi Sains NASA, mengatakan dalam siaran pers NASA di Washington.

"Tidak seperti waktu lain dalam sejarah, sekarang kami memiliki kemampuan untuk menanggapi dampak ancaman melalui pengamatan, prediksi, perencanaan respons, dan mitigasi lanjutan," tambah Zurbuchen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serentak di 3 Kota Besar, Begini Keseruan Indonesia Menari 2017

Posted: 19 Nov 2017 09:01 PM PST

Indonesia Menari merupakan suatu program yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2012. Bakti Budaya Djarum Foundation kembali menghadirkan Indonesia Menari 2017 yang bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia mengenal dan lebih dekat dengan tarian tradisional yang dikemas secara modern.

Lebih dari 3000 peserta yang terdaftar, Indonesia Menari 2017 dilangsungkan secara indoor dan berlangsung serentak di tiga kota yaitu, Jakarta, Bandung, dan Solo.

"Indonesia Menari merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan seni tari tradisional Indonesia dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Melihat antusiasme masyarakat yang berada di luar Jakarta, di tahun ini kami melakukan penambahan kota yaitu di Solo dan Bandung. Kami harap melalui Indonesia Menari 2017, khusunya generasi muda bangga dan ingin mempelajari tarian tradisional Indonesia," ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

 

Indonesia Menari 2017 dilangsungkan dengan bentuk tarian massal koreografi yang menggabungkan beberapa gerakan tari tradisional nusantara dan tarian modern dengan durasi 4 menit. Pongky Prasetyo  dipercayai untuk mengaransemen lagu Indonesia Menari 2017.

Pongky menggabungkan lagu daerah dari Aceh (Bungong Jeumpa), Kalimantan (Cik Cik Periuk), Jawa Barat (Cingcangkeling), Maluku (Rasa Sayange), Sulawesi Utara (Si Patokaan) dan Nusa Tenggara Timur (Gemu Fa Mi Re).

Untuk gerakan Indonesia Menari 2017, dikonsep oleh Rosmala Sari Dewi dari CIOFF INDONESIA dengan gerakan tari tradisional yang dikemas secara modern.

"Saya mengkolaborasikan beberapa gerakan tari tradisional dari beberapa daerah dengan menyisipkan sedikit gerakan tari modern. Gerakannya cukup mudah diikuti, jadi siapapun bisa berpartisipasi. Menari dan melestarikan tarian daerah bukan hanya tugas penari, tetapi menjadi tugas kita semua," kata Rosmala Sari Dewi.

Untuk wilayah Jakarta, Indonesia Menari 2017 diselenggarakan di Grand Indonesia. Baik penari ataupun bukan, siapapun dapat berpartisipasi dalam acara ini. Tema Indonesia Menari 2017 adalah kostum etnik modern.

 

Penulis

Reza Sugiharto

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Pusaka Warisan Tokoh Mataram yang Diyakini Punya Kekuatan Besar

Posted: 19 Nov 2017 09:01 PM PST

Keris dalam kehidupan masyarakat Jawa memiliki kedudukan yang terhormat. Hampir setiap orang Jawa dahulu memiliki keris sebagai pusaka sekaligus identitas status sosial dalam masyarakat. Sebagian orang juga percaya keris maupun pusaka lainnya memiliki aura yang mampu meningkatkan pamor pemiliknya.

Di Nusantara, terdapat beberapa pusaka yang melegenda, baik dari cerita maupun kekuatan yang tersimpan dalam senjata tersebut. Pusaka-pusaka itu ada di antaranya yang merupakan peninggalan dari tokoh-tokoh Mataram dan kini tersimpan rapi di Keraton Yogyakarta.

Berikut keris dan tombak pusaka yang dipercaya menyimpan kekuatan besar di dalamnya.

Kanjeng Kyai Ageng Kopek

Keris ini merupakan pusaka utama di lingkungan Keraton Yogyakarta. Pusaka ini hanya dipegang oleh Sultan yang tengah bertakhta di Keraton Yogyakarta. Keris Kanjeng Kyai Ageng Kopek ini perlambang Sultan sebagai pemimpin rohani dan duniawi.

Kanjeng Kyai Joko Piturun

Pusaka ini berada pada urutan kedua dunia keris di lingkungan Keraton Yogyakarta. Kanjeng Kyai Joko Piturun akan diberikan kepada putra mahkota Keraton Yogyakarta. Disebut-sebut keris ini pernah dimiliki Sunan Kalijaga yang ditempa oleh pande besi kenamaan di Kerajaan Demak.

Baca berita menarik dari krjogja.com lainnya di sini

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Kanjeng Kyai Pleret

Kanjeng Kyai Pleret merupakan tombak milik Danang Sutowojoyo atau Panembahan Senopati pendiri Kraton Mataram (sekarang menjadi Keraton Yogyakarta). Konon Kanjeng Kyai Pleret ini merupakan sperma dari Syeh Maulana Maghribi. Saat itu Syeh Maulana Maghribi tak sengaja melihat adik perempuan Sunan Kalijaga, Rasa Wulan yang tengah mandi di Sendang Beji.

Sperma Syeh Maulana Maghribi kemudian menetes ke air sendang hingga akhirnya Rasa Wulan menjadi hamil. Tetesan yang lainnya tiba-tiba mengeras dan kemudian berubah wujud menjadi sebuah mata tombak yang kemudian dinamai Kanjeng Kyai Pleret.

Kanjeng Kyai Baru Klinting

Pusaka ini juga berupa tombak bernama Kanjeng Kyai Baru Klinting. Tombak sakti ini pernah dipergunakan seorang abdi dalem kraton bernama Ki Nayadarma untuk menumpas pemberontakan yang dipimpin Adipati Pati Pragola.

Tombak ini merupakan titisan dari Naga Baru Klinting. Ki Ageng Mangir Wanabaya yang merupakan ayah Baru Klinting menghukum anaknya yang berwujud ular naga tersebut untuk melingkari Gunung Merapi.

Tinggal kurang sedikit lagi Baru Klinting berhasil melingkari Merapi. Agar kepalanya dapat menyentuh ekor, Baru Klinting lalu menjulurkan lidahnya.

Hal itu tak disukai Ki Ageng Mangir Wanabaya dan mengangap anaknya telah berbuat curang. Ki Ageng Mangir Wanabaya lalu memotong lidah tersebut hingga kemudian menjadi sebuah mata tombak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Uji Coba Timnas Indonesia Sepanjang November

Posted: 19 Nov 2017 09:00 PM PST

Timnas Indonesia senior maupun U-23 pada November ini sama-sama sudah melakoni laga uji coba melawan Suriah U-23. Sayangnya, Suriah U-23 selalu mampu memenangi kedua pertandingan tersebut.

Pada Kamis (16/11/2017), timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Suriah U-23 dengan skor 2-3. Gawang timnas U-23 dijebol pemain Suriah, Momen Naji, saat laga berjalan setengah jam.

Enam menit kemudian, timnas U-23 bisa menyamakan skor berkat gol Septian David Maulana. Namun, Suriah kembali unggul di menit 43 setelah Naji membuat gol kedua.

Timnas U-23 Indonesia dengan cepat membalas gol Najini melalui sundulan Osvaldo Haay di menit 45. Di babak kedua, gawang Indonesia kebobolan lagi oleh Al Rahman Barakat. Kali ini Garuda Muda tak mampu membalasnya hingga peluit panjang ditiup.

Dua hari kemudian, giliran timnas senior yang dipermalukan 0-1. Laga ini menjadi debut bagi pemain naturalisasi Ilija Spasojevic.

Sayangnya bomber Bhayangkara FC itu gagal memberikan kemenangan. Gol tunggal Mouhamad Anez di menit 84 merusak debut dari Spasojevic.

Timnas Indonesia masih memiliki satu laga uji coba lagi bulan ini. Sabtu (25/11/2017), pasukan Luis Milla akan bersua Guyana. Timnas Indonesia akan memainkan pemain U-23 ditambah Spasojevic di laga tersebut.

Hasil Timnas Indonesia

Timnas Indonesia U-23 2-3 Suriah U-23

Timnas Indonesia Senior 0-1 Suriah U-23

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shafa Haris Malah Dimarahi Ayah Setelah Labrak Jennifer Dunn

Posted: 19 Nov 2017 09:00 PM PST

Shafa Haris kebanjiran pujian dari warganet saat melabrak Jennifer Dunn, artis yang dituding jadi orang ketiga dalam rumah tangga kedua orangtuanya, Sarita Abdul Mukti dengan Faisal Harris.

Sayangnya, pujian itu tak berlaku bagi Faisal Harris. Usai insiden dengan Jennifer Dunn tersebut, Faisal Harris diketahui langsung memarahi anak gadisnya. Kemarahan Faisal Harris disampaikan melalui teguran kepada Shafa.

"Shafa sudah diingatkan sama daddy-nya, tidak selayaknya anak di bawah umur melakukan hal yang tak patut," ucap pengacara Faisal Harris, Firman Chandra, saat ditemui di kawasan Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Senin (20/11/2017).

 

 

 

 

 

 

Meski memarahi, disebutkan Firman Chandra, Faisal Harris tetap menjaga perasaan putrinya. Sebagai ayah yang bijak, Faisal Harris juga memberi nasihat positif saat menegur anaknya.

"Shafa kan anak bawah umur, jiwanya belum stabil. Dia melihat semua dengan apa yang dipikirkan. Mas Harris bilang, 'Shafa kehidupan itu indah'," Firman Chandra menambahkan.

Soal pukulan yang kabarnya diterima Shafa dari ayahnya, Firman Chandra menolak menjelaskan. Ia hanya mengatakan jika urusan itu murni hubungan ayah dan anak.

"Sempat ada kejadian waktu itu, tapi itu sudah diselesaikan. Shafa itu anak yang baik dan dia sayang sama papanya. Bahkan sebelum kejadian ini, Shafa itu kalau tidur selalu bareng sama papanya," Firman Chandra mengakhiri.

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Doa Bersama Lengserkan Pemerintahan Zimbabwe

Posted: 19 Nov 2017 09:00 PM PST

Sejumlah aktivis di Zimbabwe melakukan doa bersama dan ritual untuk mendesak Presiden Robert Mugabe mengundurkan diri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Bahagia Jadi Dean, Orang Ini Operasi Kelamin Jadi Deana

Posted: 19 Nov 2017 09:00 PM PST

Setiap menjalin hubungan asmara, Deana O'Riordan, 25 tahun, tidak pernah mengungkapkan masa lalunya kalau dirinya transgender kepada sang kekasih. Wanita transgender yang sekarang tinggal di Exeter, Inggris ini menderita siksaan psikologis saat menjadi anak laki-laki selama masa kecil.

Bahkan ia mencoba memotong penisnya sendiri saat berusia 6 tahun. Saat dirinya sudah dewasa, tekadnya semakin bulat untuk mengubah kelaminnya.

Perubahan ini terjadi empat tahun yang lalu. Ia melakukan operasi perubahan alat kelamin di National Health Service.

Deana sekarang menikmati kehidupan sebagai seorang wanita, dilansir dari Devon Live, Senin (20/11/2017). Ia tidak pernah memberitahu kepada kekasih yang pernah menjalin hubungan dengan dirinya kalau dia dilahirkan sebagai pria, yang bernama Dean.

Beberapa mantan kekasihnya bahkan bereaksi marah saat wanita transgender ini menyembunyikan jenis kelamin aslinya. Tapi Deana mengatakan, itu bukan hak mereka untuk mengetahuinya.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Deana adalah salah satu pasien termuda di Inggris, yang menjalani operasi  perubahan jenis kelamin pada Januari 2013, sebulan sebelum ia berusia 21 tahun.

Deana pernah punya kekasih dan hubungan asmaranya sudah berjalan dua setengah tahun. Tapi ia menutup rapat-rapat fakta kalau dirinya transgender.

"Saya bilang kepadanya, kalau saya kehilangan keperawanan saat saya berusia 22 tahun. Dia (kekasih) hanya menatap saya dan menjawab itu tidak masalah. Dia mencintaiku apa adanya, tapi akhirnya kami harus berpisah," ujar Deana.

Setelah berpisah, Deana memutuskan menjadi wanita sepenuhnya untuk pertama kalinya dalam hidupnya.

Saat kecil, Deana sudah memiliki masalah sendiri terkait tubuhnya. Untungnya, kedua orangtuanya mengerti. Mereka membiarkan Deana mengenakan pakaian wanita dan bermain dengan boneka.

Deana juga lahir dengan kondisi interseks, yang berarti tubuhnya hampir tidak menghasilkan testosteron (hormon seksual pria). Kala dirinya remaja, suaranya tidak membesar atau berubah layaknya pria pada umumnya.

Kondisi itu semakin membuatnya yakin bahwa sebenarnya dirinya seorang gadis, yang kebetulan dilahirkan dengan penis. Deana mendapat pengalaman mengerikan saat menjadi pria. Ia sangat tersiksa. Hal itu menyebabkan ia menyakiti diri sendiri. Bahkan mencoba bunuh diri.

"Ada satu insiden saat saya berusia 6 atau 7 tahun. Saya mencoba memotong penis pakai gunting. Untungnya, ada teman ibuku yang melihat. Dia meraih gunting yang saya pegang. Mengingat peristiwa itu, rasanya seperti baru terjadi kemarin," tutur Deana.

Deana bahkan pernah mandi dengan pemutih untuk membersihkan dirinya dari maskulinitasnya. Ketika Deana memutuskan untuk mengubah kelamin, keluarganya tidak marah atau berkomentar.

"Keluarga saya sangat berpikiran terbuka. Ya, hingga saya memutuskan untuk menjalani operasi mengubah jenis kelamin," lanjutnya.

Pada seorang psikolog anak yang menyelidiki masalah jenis kelaminnya, Deana hanya menyampaikan, ia ingin menjadi gadis.

"Itu adalah pertempuran yang panjang. Ini sudah jelas, bagaimana perasaan saya di dalam adalah saya itu seorang gadis. Tapi saya memiliki penis. Ini sangat mengerikan dan membuat saya sangat tertekan. Saya merasa seperti menjadi anak laki-laki adalah kutukan," ungkap Deana.

Deana mengubah sepenuhnya alat kelamin menjadi wanita, yang menjadikan dirinya wanita transgender. (Foto: TRIANGLE NEWS)

Setelah menjalani operasi kelamin, kini Deana bisa berhubungan intim layaknya wanita lainnya. Deana juga melakukan operasi memperbesar payudara untuk menyempurnakan penampilan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Nintendo Switch di Daftar Penemuan Terbaik Majalah TIME

Posted: 19 Nov 2017 09:00 PM PST

Siapa yang akan menyangka konsol baru besutan Nintendo yang bernama Switch ini bakal sesukses seperti saat ini.

Didukung dengan sejumlah judul gim buatan pihak ketiga dan desain yang unik, konsol ini pun berhasil menyedot perhatian gamer baru dan kawakan sekalipun.

Nyatanya, tak hanya gamer yang dibuat terpukau dengan konsol baru buatan Nintendo ini. Salah satu pihak yang dibuat terpukau adalah majalah TIME.

Diketahui, majalah TIME menobatkan konsol Nintendo Switch sebagai salah satu produk yang masuk dalam daftar 25 penemuan terbaik di 2017. Demikian yang dikutip dari laman Nintendo Life, Senin (20/11/2017).

Dalam caption-nya, TIME memuji kemampuan Nintendo Switch sebagai konsol gim yang memungkinkan gamer bermain di mana saja dan kapan saja berkat konsep hybrid.

Seperti yang sudah kamu ketahui, konsep hybrid ini memungkinkan konsol buatan perusahaan yang berbasis di Kyoto, Jepang ini dapat berubah dari konsol rumahan ke konsol handheld, dan sebaliknya.

Sekadar informasi, Nintendo Switch saat ini sudah terjual hingga 7,63 juta unit sejak konsol ini meluncur di pasaran pada Maret 2017. Diprediksi, angka penjualan Switch bakal melampaui angka penjualan konsol perusahaan sebelumnya, Wii U.

Tak hanya terus mendominasi dalam angka penjualan, Nintendo terus berusaha keras membuktikan kepada pengembang tentang kemampuan hardware konsol Switch ini.

Id Software buka uji coba tahap beta Doom akhir bulan ini (google.com)

Meski beberapa pengembang gim merasa ragu, nyatanya mereka tetap percaya terhadap salah satu perusahaan yang erat dengan sejarah industri gim dunia ini.

Salah satu pengembang yang menaruh kepercayaan penuhnya kepada konsol Switch ini adalah id Software dan Bethesda.

Tak tanggung-tanggung, kedua pengembang gim ini meluncurkan seri gim terbaiknya, yakni Doom dan Wolfenstein di Nintendo Switch.

Kira-kira akan seperti apa masa depan konsol Nintendo Switch ini? Kejutan apa lagu yang akan mereka perlihatkan pada 2018? Hanya waktu yang akan mengungkapnya.

(Ysl/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Khawatir Jujur Tentang 6 Hal Ini Kencan Pertama

Posted: 19 Nov 2017 09:00 PM PST

Kesan pertama di kencan pertama memang penting, sehingga Anda perlu menyiapkan segala hal dengan sebaik-baiknya. Salah mengatakan sesuatu bisa merusak suasana, terutama bagi orang yang belum mengenal baik Anda.

Namun, jangan khawatir untuk jujur tentang beberapa hal di bawah ini saat kencan pertama, seperti dilansir dari popsugar.com, Senin (20/11/2017). Penasaran apa saja?

1. Hubungan di masa lalu

Mungkin Anda terbaisa mendengar bahwa tidak boleh menyebutkan mantan saat kencan pertama. Bukan membeberkan segala hal yang pernah terjadi di masa lalu, namun jujur mengenai keadaan yang terjadi bukan masalah besar.

Ini akan memberikan pandangan kepada pasangan apakah Anda telah siap atau masih membutuhkan waktu. Siapa yang tahu jika pasangan memiliki harapan yang berbeda?

2. Pandangan politik

Ya, saat ini pandangan politik menjadi satu hal yang penting diketahui dari pasangan sebelum Anda memutuskan untuk berhubungan. Ini akan memberikan Anda pandangan yang baik tentang bagaimana pribadinya.

3. Apa yang Anda sukai dari pekerjaan

Jika Anda bergairah melakukan sesuatu, maka katakanlah. Pasangan akan lebih tertarik menemukan diri Anda yang menyukai satu hal.

Namun, bertahanlah untuk tidak mengatakan semuanya, tahan pembicaraan negatif. Anda tentu tidak ingin waktu bersamanya menjadi sesi pelepasan emosi saat kencan pertama.

 

4. Apa yang Anda lakukan di waktu bebas

Anda tentu ingin berbagi minat dan hobi, maka tidak masalah untuk membagikan kegiatan di akhir pekan. Ini akan memberikannya gagasan yang lebih baik tentang apa yang Anda sukai dan apa yang tidak disukai.

5. Tujuan

Ambisi itu seksi, jadi jangan takut untuk memberitahu pasangan tentang apa yang ingin Anda capai dalam waktu dekat. Ingat, ini bukan wawancara, sebutkan apa yang Anda suka tanpa mencoba menjual diri.

6. Anak-anak

Beberapa orang mungkin akan menyarankan Anda untuk tidak menyebutkan tentang anak-anak saat kencan pertama, namun ini adalah informasi yang cukup penting. Anda tidak perlu berdiskusi terlalu jauh, namun jika ada satu hal yang ingin dibagikan, maka bagikanlah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skema Pembiayaan Inovatif, Jadi Solusi Untuk Infrstuktur

Posted: 19 Nov 2017 08:59 PM PST

Infrastruktur menjadi fokus Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla saat ini. Hal itu tercermin melalui jumlah anggaran pembangunan infrastruktur pada anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Hal itu bisa dilihat dari anggaran infrastruktur terus meningkat setiap tahun. Pada 2014, Rp 154,7 triliun menjadi Rp 269,1 triliun pada 2016 dan mencapai Rp 401,1 triliun pada APBN-P 2017.

Tahun depan, anggaran infrastruktur kembali meningkat menjadi sedikitnya Rp 410 triliun, dan digunakan untuk mewujudkan keadilan sosial bagi rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Bayangkan, sepanjang 865 kilometer jalan baru, 25 kilometer jalan tol, 8.695 meter jembatan, 620 kilometer jalur kereta, 8 bandar udara, dan lain sebagainya bakal dibangun untuk kemakmuran Tanah Air.

Proyek infrastruktur yang mangkrak pun dikebut agar manfaatnya dapat dirasakan masyarakat. Sebut misalnya, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu atau Becakayu. Setelah pembangunannya terhenti selama dua dekade, tol tersebut akhirnya beroperasi pada November ini.

Tiang-tiang yang sebelumnya terbengkalai tak lagi terlihat sejak PT Waskita Toll Road mengakuisisi PT Kresna Kusuma Dyandra Marga dan memulai pengerjaan jalan tol pada awal 2015. Sejak itulah pembangunan jalan tol yang terbengkalai itu kembali dilakukan.

Hadirnya Tol Becakayu bukan saja dapat menjadi alternatif masyarakat menuju Jakarta atau Bekasi, melainkan juga turut menambah jaringan jalan tol di Jabodetabek. Tol juga segera tersambung dengan Jalan Tol Wiyoto Wiyono dan Jakarta-Cikampek.

Selain jalan tol, pembangunan infrastruktur transportasi massal seperti mass rapid transit (MRT) Jakarta serta light rail transit (LRT) Jabodetabek juga dikebut. Bahkan, pada awal 2019 nanti diperkirakan MRT sudah dapat dinikmati warga Jakarta.

Lebih dari itu, geliat pembangunan infrastruktur juga membuat citra Indonesia makin bersinar di kancah internasional.

Menurut laporan Global Competitiveness Index 2017-2018 yang dirilis World Economic Forum pada September lalu, daya saing Indonesia meningkat dari peringkat ke-41 pada 2016 menjadi ke-36 pada tahun ini. Infrastruktur menjadi salah satu tolok ukur peningkatan daya saing tersebut.

Walaupun tengah dikebut, kualitas infrastruktur Indonesia ada di peringkat ke-52 dari 137 negara, atau masih tertinggal dibandingkan negara tetangga. Sebut misalnya Singapura yang berada di peringkat ke-2 atau Malaysia di urutan ke-22.

Kian inovatif

Dalam pembangunan infrastuktur pemerintah terus melakukan inovasi untuk merancang skema pembiayaan yang lebih luwes. Inovasi itu adalah dengan tidak hanya mengandalkan kantong APBN untuk membangun infrastruktur.

Maka, selain badan usaha milik negara (BUMN), pihak swasta pun diajak terlibat aktif mendanai infrastruktur. Nantinya, diharapkan mempercepat pembangunan sehingga dampak kehadiran infrastruktur bisa segera dirasakan publik.

Hasil studi Dana Moneter Internasional (2014) menunjukkan, kenaikan investasi infrastruktur publik akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, baik jangka pendek maupun menengah.

Satu persen kenaikan investasi infrastruktur publik di negara berkembang bakal meningkatkan output sebesar 0,1 persen pada tahun tersebut, dan 0,25 persen empat tahun kemudian.

Merujuk hal itu, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Robert Pakpahan, pembiayaan inovatif diperlukan untuk menggenjot infrastruktur.

Bekerja sama dengan swasta atau public private partnership dapat menjadi alternatif selain pembiayaan APBN dan penugasan terhadap BUMN. Dengan begitu, pemerintah bisa lebih fokus pada pengembangan proyek infrastruktur yang kurang diminati investor, misalnya proyek air minum dan irigasi.

"Saat ini pun sudah ada sejumlah proyek pemerintah yang bekerja sama dengan swasta, seperti Palapa Ring dan pembangkit listrik di Batam," ujar Pakpahan pada diskusi Forum Merdeka Barat 9 bertajuk "Amankah Pembiayaan Infrastruktur Negara?" Jumat (17/11/2017) di Jakarta.

Terkait beragamnya skema pembiayaan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, hal tersebut baik untuk mempercepat konektivitas transportasi Tanah Air.

Budi menuturkan, kebutuhan anggaran sektor transportasi setiap tahunnya dapat mencapai Rp 1.500 triliun. Dari jumlah tersebut, pembiayaan dari APBN per tahun sekitar Rp 250 triliun.

"Ada gap antara kebutuhan dan anggaran yang ada sehingga diperlukan kerja sama dengan swasta," ujarnya.

Budi melanjutkan, Kementerian Perhubungan senantiasa mendorong kerja sama BUMN dan swasta dalam mengelola aset negara di wilayah kerja Kementerian Perhubungan, seperti bandara dan pelabuhan. Kerja sama itu untuk meningkatkan pelayanan, daya saing ekonomi, dan partisipasi modal untuk mengembangkan aset.

Meski begitu, pemerintah memiliki tiga klasifikasi proyek infrastruktur sebelum melakukan kerja sama dengan swasta. Pertama, jika suatu proyek kurang layak secara ekonomi (feasible), maka akan dibangun menggunakan APBN murni.

Klasifikasi kedua adalah jika proyek di antara layak dan tidak. Untuk kategori iniproyek pembangunan akan didanai dengan cara kerja sama operasi (KSO) antara pemerintah daerah atau BUMN dengan swasta.

Adapun yang terakhir adalah jika proyek itu berpotensi menguntungkan secara ekonomi, yang mana proyek tersebut bisa dikerjakan oleh swasta. Tentunya, untuk pengelolaan aset tersebut ada jaminan bagi swasta dari pemerintah.

Sejauh ini, lanjut Budi, ada 10 bandara dan 20 pelabuhan yang pengelolaannya bakal ditawarkan pada swasta. Tentunya, bandara dan pelabuhan yang ditawarkan pengelolaannya itu berpotensi menguntungkan secara ekonomi.

Bandara itu antara lain Labuan Bajo, Sentani, Radin Inten, Tarakan, Palu, Sabang, Sibolga, dan Bengkulu. Sementara itu, pelabuhan tersebut antara lain Bitung, Ternate, Manokwari, Kendari, dan Biak.

Kerja sama itu bakal menggunakan skema pengelolaan aset milik negara. Adapun jangka waktu kerja sama operasional terbatas maksimal 30 tahun. Selain itu, semua aset juga tetap dikuasai negara.

Dari kerja sama dengan swasta itu, imbuh Budi, anggaran negara bahkan dapat dihemat hingga Rp 1 triliun. Anggaran itu tentunya dapat dialihkan untuk hal-hal produktif lain, yakni membangun infrastruktur di daerah terluar, tertinggal, terdepan (3T).

Pada forum yang sama, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani menuturkan, pembiayaan swasta baik untuk mempercepat pengoperasian jalan tol.

"Jasa Marga memiliki konsesi 1.260 kilometer jalan tol, dan yang telah beroperasi tahun lalu sekitar 593 kilometer. Masih banyak kilometer mesti dikejar dan diselesaikan," katanya.

Dalam kurun waktu 3 tahun, yaitu 2017-2019, Jasa Marga juga harus mengoperasikan 667 kilometer jalan baru dengan target 200 kilometer per tahunnya. Sebagai korporasiJasa Marga memiliki keterbatasan modal dan utang. Mau tak mau, Jasa Marga membutuhkan sumber pundi-pundi baru untuk mengakselerasi pembangunan tol itu.

Dengan ekuitas Rp 16,3 triliun, Jasa Marga juga mesti berhati-hati menentukan jumlah pinjamannya. Pasalnya, Jasa Marga adalah perusahaan terbuka, yang sewaktu-waktu pemegang sahamnya dapat khawatir saat menilai pinjaman terlalu tinggi.

"Jadi kami putuskan melakukan sekuritisasi. Kami cari mana nih skema yang tidak berbenturan dengan regulasi," kata Desi.

Artinya, sekuritisasi aset negara berupa jalan tol bukanlah penjualan aset, namun lebih kepada kerjasama pembiayaan proyek.

Menurut Desi, selama ini Jasa Marga memiliki historis laporan keuangan yang stabil sehingga kebijakan sekuritasi pendapatan masa depan menjadi hal logis. Calon investor pun yakin terhadap reputasinya.

Pada tahap pertama sekuritisasi, Jasa Marga telah melepas ruas Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) dengan jangka waktu 5 tahun.

"Hasilnya kami bisa dapat sampai Rp 2 triliun. Ke depannya mungkin akan sekuritisasi lagi, karena ini kan baru awal, istilahnya tes pasar," ujar Desi.

Desi menambahkan, selain kerja sama dengan swasta, Jasa Marga juga membuat anak usaha lebih mandiri mencari pendanaan. Misalnya, dengan menjual obligasi berbasis proyek. Hal itu sebagaimana telah dilakukan pada ruas Tol JORR W2 (Meruya-Ulujami).

"Sekuritisasi aset itu hanya menjual future income, bukan menjual aset. Aset-aset yang disekuritisasi Jasa Marga adalah jalan-jalan tol yang income-nya sudah stabil selama bertahun-tahun sehingga bisa mendapat kepercayaan investor," tambah Desi.

Melihat fakta itu, pembangunan infrastruktur tentunya tak dapat dilakukan sendirioleh pemerintah, tetapi butuh kerja sama dengan pihak lain, seperti swasta.

Muara dari semua itu adalahsemua lapisan masyarakat bisa merasakan hasil dari infrastruktur yang terbangun. Keadilan sosial pun niscaya terwujud merata bagi segenap rakyat, dari ujung barat hingga timur di Indonesia.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasak Kusuk Calon Dirjen Pajak, Ini Kata Tim Ahli Wapres

Posted: 19 Nov 2017 08:58 PM PST

Masa bakti Ken Dwijugiasteadi sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan akan berakhir pada 1 Desember 2017. Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati kabarnya tengah sibuk mencari pengganti Ken.

Menurut sumber Liputan6.com sebelumnya, Sri Mulyani telah mengusulkan tiga nama calon pengganti Dirjen Pajak kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tiga nama yang digadang-gadang tersebut adalah Hadiyanto, Sekretaris Jenderal Kemenkeu; Suryo Utomo, Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak; serta Awan Nurmawan Nuh, Staf Ahli Menteri Keuangan bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak.

Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden (Wapres), Sofjan Wanandi mengaku Sri Mulyani belum mengajukan nama-nama calon Dirjen Pajak.

"Belum diajukan. Kalau sudah diakukan saya harusnya tahu. Tapi ini betul-betul belum diajukan," tegas Sofjan saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (20/11/2017).

Dia menjelaskan, mencari sosok pengganti Dirjen Pajak harus melalui Tim Penilai Akhir (TPA) yang terdiri dari Presiden dan Wapres. Hingga saat ini, Sofyan menegaskan, belum ada pembicaraan tim TPA terkait pengganti Dirjen Pajak.

"Tim TPA yang menentukan siapa Dirjen, bukan menterinya. Sri Mulyani dalam mengusulkan juga mesti memperhatikan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN). Tidak sembarangan usul-usul saja," tegasnya.

Menurut Sofjan, meski 1 Desember 2017, Ken resmi pensiun, bukan berarti langsung harus ada Dirjen Pajak tetap. "Tidak mesti tetap, bisa saja nanti ada Pelaksana Tugas dulu. Hal ini tidak akan mengganggu kinerja Ditjen Pajak, kan kinerja bukan tergantung satu orang," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati tengah mencari sosok pengganti Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak, Ken Dwijugiasteadi yang bakal memasuki masa pensiun per 1 Desember 2017. Kabar yang beredar, Sri Mulyani telah mengajukan tiga nama calon Dirjen Pajak ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pokoknya kita cari yang terbaik yang bisa menjalankan tugas. Nanti saya sampaikan kalau sudah ada hasilnya," kata Sri Mulyani singkat di Gedung DPR, Jakarta, Senin (23/10/2017).

"Ini dipastikan tidak seleksi terbuka, hanya mutasi biasa. Berarti hampir pasti dari Eselon I Kementerian Keuangan," kata sumber tersebut.

Sementara itu, saat dikonfirmasi ke Juri Bicara Presiden, Johan Budi mengaku belum mengetahuinya. "Aku cek dulu ya, apakah sudah ada nama atau usulan tersebut," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tepat 1 Desember 2017, Ken Dwijugiasteadi akan pensiun sebagai Direktur Jenderal/Dirjen Pajak Kementerian Keuangan. Ke mana Ken akan berlabuh usai mengakhiri pengabdiannya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS)?

Saat ditanyakan langsung kepada Ken mengenai hal tersebut, dia menjawab dengan banyolan khasnya. "Aku? Jadi supir uber," canda Ken.

Mantan Staf Ahli Menteri Keuangan bidang Peraturan dan Penegakan Hukum Pajak mengaku, tidak akan pernah pensiun dalam berpikir untuk kemajuan bangsa dan negara ini.

"Aku tidak akan pernah pensiun. Orang pajak tidak akan pernah pensiun dan tidak akan pernah pensiun. Otaknya akan jalan terus," tutur Ken.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rapat Pleno Golkar Akan Bahas Nasib Setya Novanto

Posted: 19 Nov 2017 08:58 PM PST

Desakan pergantian pucuk pimpinan Golkar makin menguat setelah Ketua Umum Golkar, Setya Novanto, ditahan KPK. Internal Golkar pun menunjukan gelagat mengakomodir aspirasi itu.

Hal itu terlontar dari Ketua DPP Golkar Andi Sinulingga. Ia menyadari permintaan publik yang besar terkait pergantian pimpinan di partai beringin.

"Insyaallah, banyak orang menghendaki begitu untuk kepentingan partai dan juga merespons aspirasi publik," ujar Andi ketika dihubungi di Jakarta, Senin (20/11/2017).

Proses penggantian Ketua Umum sendiri memerlukan waktu. Pertama-tama hal itu akan dibicarakan dalam rapat pleno.

"Besok atau lusa di (rapat) pleno," jelas Andi.

Sebelumnya, politisi senior Partai Golkar, Fadel Muhammad, meminta partai beringin melakukan pembenahan. Hal ini menyusul penetapan tersangka dan penahanan Ketua Umum Golkar Setya Novanto oleh KPK.

Fadel mendorong Golkar mencari sosok pimpinan yang lebih baik. Ia memberikan beberapa kriteria penting.

"Mencari pemimpin juga (harus) bersih dan berwibawa," ujar dia, kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (20/11/2017).

Novanto sendiri terjerat dalam kasus korupsi e-KTP. Selain menjabat Ketua Umum Partai Golkar, Novanto juga merupakan Ketua DPR.

Karena itu, Fadel meminta dua posisi yang diduduki novanto dicari penggantinya.

"Cari pemimpin baru baik di DPP maupun di DPR," Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu menegaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Mewahnya Gaun Pengantin Serena Williams

Posted: 19 Nov 2017 08:55 PM PST

Pemain tenis dunia Serena Williams baru saja melangsungkan pernikahan dengan sang kekasih Alexis Ohanian. Pada pernikahannya ini, Serena terlihat sangan memukau dalam balutan ball gown glamor bernuansa putih.

Gaun pengantin dengan cutting ball gown yang sangat besar ini merupakan rancangan Sarah Burton untuk Alexander McQueen. Penampilannya dihari bahagia tersebut terlihat sempurna dan dibagikan untuk pertama kalinya kepada Vouge.

"Saya terbang ke London untuk bertemu dengan Sarah dan akhirnya jatuh cinta dengan siluet ball gown, saya akan memilih yang terbaik untuk diri saya sendiri," kata pengantin wanita Serena Williams tentang gaun glamornya seperti dilansir dari situs TheGrio, Senin (20/11/2017).

Sarah Burton merupakan desainer yang dikenal di industri fashion. Sederet selebritas dan pesohor juga sering menggunakan rancangannya. Sarah juga mendesain gaun pernikahan untuk Kate Middleton. Dia juga perancang pilihan untuk putri Anna Wintour Bee Shaffer dan gaun yang dia kenakan ke Met Galas.

Gaun glamor dengan potongan ball gown dan jubah pada bagian belakang ini semakin sempurna dengan sentuhan perhiasan 24 karat dengan harga sekitar 3,5 juta Poundsterling atau setara dengan Rp 62 miliar.

 

Mempelai pria Alexis Ohanian juga terlihat mengagumkan berdampingan dengan Serena Williams dalam balutan setelan dari Armani. Pasangan ini bahagia menikah dalam sebuah upacara intim di New Orleans, Louisiana. Tamu termasuk Kris Jenner, Jay Z, Beyonce, pacar Pangeran Harry dan aktris Meghan Markle, serta LaLa Anthony terlihat dalam pernikahan tersebut.

 

Official. 📸 @melbarlowandco @allanzepedaphotography

A post shared by Alexis Ohanian Sr.🗽 (@alexisohanian) on

Selain gaun dari Alexander McQueen, Serena Williams juga berganti busana dengan gaun putih yang tidak kalah glamor dari Versace. Gaun bernuansa putih tanpa tali ini dilengkapi renda dan bulu-bulu yang indah. Gaun ini dikerjakan dengan detail untuk hari bahagia Serena Williams. 

"Kami bekerja tanpa henti untuk memastikan rincian terkecil ditangani dengan sempurna, dengan total 1.500 jam," kata Donatella Versace. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persatuan Delman Betawi Jakarta Tagih Janji Sandiaga Uno

Posted: 19 Nov 2017 08:52 PM PST

Persatuan Delman Betawi Jakarta menyambangi Balai Kota, DKI Jakarta. Mereka menagih janji Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang akan membolehkan delman kembali beroperasi di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sempat melarang angkutan tradisional delman yang biasa digunakan sebagai angkutan wisata di lapangan Monumen Nasional (Monas). Keputusan tersebut dikeluarkan menyusul hasil pemeriksaan laboratorium terhadap kuda di Monas menunjukkan positif mengandung parasit yakni telur cacing strongyloides sp.

Perwakilan dari Persatuan Delman Betawi Jakarta, Yudi mengatakan di hadapan Sandi, dirinya dan teman lainnya sudah 10 hari tidak beroperasi karena tidak ada izinnya.

"Tidak boleh beroperasi oleh Pamdal, pengamanan Monas oleh security-nya dan Satpol PP. Makanya kita menghadap Pak Wagub," kata Yudi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (20/11/2017).

Kata dia, Sandiaga telah menjanjikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan pembinaan serta penataan delman di kawasan Monas. Lanjut dia, Sandiaga juga telah menyerahkan kegiatan itu kepada salah satu stafnya.

"Iya katanya (bisa beroperasi), insyaallah, (Sandiaga) menyerahkan ke stafnya,"ujar dia.

 

Ahok sempat melarang delman di Monas karena hasil pemeriksaan sejumlah kuda menunjukkan positif mengandung parasit yakni telur cacing strongyloides sp.

"Dari pada ada yang mati. Ini bukan kata saya loh. Ini hasil laboratorium," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta (28/3/2016).

Ahok menuturkan, dari 30 kuda yang diperiksa laboratorium, 28 ekor dinyatakan positif terjangkit parasit itu. Masyarakat patut was-was, sebab parasit itu tidak hanya menyerang kuda namun juga manusia dan dapat menyebabkan kematian.

Penertiban delman pun akan terus digencarkan. Saat ini kuda-kuda yang sakit mulai dipindahkan dan dirawat di Rumah Sakit Hewan Ragunan, Jakarta.

"Kalau saya enggak larang dan pindahin, nanti ada yang mati. Saya juga yang disalahkan," tegas Ahok.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trik Kasih Jawaban Esai Agar Lolos Jadi Pencerah Nusantara

Posted: 19 Nov 2017 08:51 PM PST

 

Dalam penilaian seleksi Pencerah Nusantara, jawaban esai menjadi salah satu kunci yang akan membawa kamu lolos menuju tahap seleksi Pencerah Nusantara selanjutnya. Namun, seringkali peserta seleksi lupa bahwa menjawab esai Pencerah Nusantara tidak sama dengan menjawab esai ujian sekolah. Beberapa kesalahan yang sering terlihat dalam esai peserta seleksi diantaranya tidak memberi jawaban yang menjelaskan, tidak mengoptimalkan keberadaan data, jawaban tidak relevan dengan isu kesehatan bahkan pengejaan dan tata bahasa yang berantakan.

Sebenarnya bagaimana sih menulis jawaban esai yang baik dan bisa diterima oleh Pencerah Nusantara? Apakah harus menyertakan data? Apakah jawaban harus dalam Bahasa Inggris? Yuk kita simak lima tips berikut agar jawaban esai kamu bisa membawamu tembus ke seleksi tahap II Pencerah Nusantara!

1. Baca Pertanyaan Esai Baik-baik

Mungkin kamu berpikir bahwa pertanyaan esai Pencerah Nusantara dari tahun ke tahun selalu sama. Sayangnya, anggapan kamu kurang tepat. Setiap tahunnya, Pencerah Nusantara selalu melakukan penyesuaian dalam setiap pertanyaan agar sesuai dengan konteks pengembangan program yang akan dilaksanakan di lapangan. Sangat penting bagi peserta untuk membaca pertanyaan baik-baik agar mampu mengembangkan jawaban yang sesuai dengan harapan panitia seleksi. Panitia akan mulai menilai apakah peserta memiliki karakter yang dicari oleh panitia.

2. Riset dan Data adalah Kunci Emas menuju Keberhasilan

Berkecimpung dalam sektor kesehatan berarti kamu harus familiar dengan riset dan data. Dalam setiap intervensi kesehatan, keberadaan hasil riset dan data akan memperkaya wawasan dalam proses pengambilan keputusan serta memperkuat intervensi yang harapannya mampu menjawab kebutuhan masyarakat. Jika kamu menggunakan data dari kementerian, lembaga statistik, maupun organisasi internasional, maka kamu sudah menunjukkan bahwa kamu memahami data mana yang dapat dijadikan sebagai acuan atau referensi. Keberadaan hasil riset dan data juga akan memperkaya jawaban esai yang kamu berikan sehingga jawaban esai kamu berdasarkan bukti dan bukan berdasarkan insting semata.

3. Sentuhan Personal

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Begitu juga dalam seleksi Pencerah Nusantara, khususnya dalam menjawab esai. Jika kamu adalah seorang bidan yang pernah membantu persalinan ibu hamil di daerah pedalaman dimana akses listrik hanya 6 jam sehari, atau jika kamu adalah seorang pemerhati kesehatan yang tergerak untuk membangun kebun gizi di masyarakat karena kasus malnutrisi yang tinggi, pengalaman tersebut harus dioptimalkan sebagai nilai tambah agar esai kamu lebih menonjol dibanding peserta lainnya. Terlebih lagi, jika pengalaman ini menjadi penggerak (drive) yang membuat kamu mengambil keputusan bulat untuk mengabdi di sektor kesehatan. Selain menjadi nilai tambah, pengalaman pribadi ini nantinya akan menjadi faktor penentu pada saat dua atau lebih peserta memiliki nilai yang sama tinggi.

4. Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar tentunya akan mempermudah pembaca esai untuk memahami pesan yang kamu ingin sampaikan. Selain itu, penggunaan Bahasa Indonesia yang baik akan mendukung pelaksanaan program di daerah penempatan ketika kamu terpilih sebagai tim Pencerah Nusantara.

5. Panjang Pendek Jawaban Terserah Kamu, tapi...

Harus menjawab pertanyaan. Seringkali peserta memberikan jawaban yang panjang namun tidak menjawab pertanyaan yang diajukan atau tidak sesuai dengan situasi dan kondisi pembangunan kesehatan Indonesia saat ini. Beberapa peserta juga sering lupa bahwa jawaban yang singkat, padat dan tepat sasaran selalu lebih baik karena kamu dianggap mampu memberikan gambaran yang lebih jelas dan terstruktur tentang wawasan yang kamu miliki secara efektif dan efisien.

Jika kamu merasa belum mengaplikasikan tips-tips penulisan esai di atas, kamu belum telat untuk mencobanya karena pendaftaran Pencerah Nusantara masih dibuka hingga 1 Desember 2017. Yuk cepat daftarkan dirimu di www.pencerahnusantara.org.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Baju Kebesaran, Sarwendah Cuci Mobil Sendiri

Posted: 19 Nov 2017 08:50 PM PST

Sarwendah memang menjadi wanita yang sangat mandiri sejak memiliki seorang putri. Hampir semua pekerjaan rumah dilakukan seorang diri.

Istri Ruben Onsu ini seolah tak ingin mengandalkan orang lain, seperti yang dilakukannya kali ini. Sopir Sarwendah berhalangan datang padahal dirinya harus mengantar buah hatinya ke sekolah serta kegiatan lainnya. Namun, itu tak membuatnya resah.

 

 

Sebelum bepergian, Sarwendah tak ingin mobil mewahnya itu terlihat kotor. Ia pun langsung mencucinya. Kegiatan ini direkam dan diunggah Ruben Onsu, sang suami ke akun Instagram, Senin (20/11/2017).

Dalam video berdurasi singkat itu tampak Sarwendah mengenakan daster andalannya. Dirinya tengah jongkok karena sedang menyikat ban mobil. Ibu satu anak ini pun tak menyadari kalau aktivitasnya direkam oleh Ruben Onsu.

"Situasi pagi ini, berhubung driver gak masuk dan mobil hrs di pake jd cuci sendiri kata bunda," tulisnya sebagai keterangan video.

 

 

Ini bukan kali pertama Sarwendah melakukan pekerjaan rumah tangga. Sebelumnya, Sarwendah juga memperlihatkan dirinya mencuci baju sendiri tanpa bantuan pembantu.

Sarwendah cuci mobil sendiri (Foto: Instagram)

Tak sampai di situ, Sarwendah kerap mengajak buah hati semata wayangnya, Thalia Putri Onsu untuk berbelanja sayuran di pasar tradisional. Mengenakan daster dan sandal jepit, ia pun asyik memilih-milih barang dagangan.

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Tak Ingin Ikut Pilpres 2019, Ini Tanggapan Jokowi

Posted: 19 Nov 2017 08:50 PM PST

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku tak pernah membicarakan masalah Pilpres 2019 dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK. Apalagi, kata dia, soal keinginan JK yang tak akan maju pilpres kembali.

"Kita ini urusan komunikasi, urusan kerja. Tidak sampai urusan itu (pilpres 2019)," kata Jokowi di Balai Kartini, Jakarta, Senin (20/11/2017).

Sebelumnya, Jusuf Kalla menegaskan tidak akan ikut bertarung pada Pilpres 2019. Dia ingin patuh pada undang-undang. Selain itu, dia cukup puas dengan perjalanan politiknya.

"Enggak lagi, enggak lagi. Pertama umur, kedua sesuai UUD 1945," kata Jusuf Kalla.

Menurut dia, belum pernah ada politikus yang mengalahkan rekornya dalam berpolitik pada era Reformasi.

"Tidak ada orang seperti saya, 3 kali ikut Pilpres. 2 kali menang, 1 kali kalah. Jadi tahu pengalaman itu. Megawati 2 kali, SBY 2 kali, Wiranto 2 kali, Prabowo 2 kali, cuma saya 3 kali," ujar Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla berpendapat, saat ini belum tepat bila partainya menentukan calon wakil presiden pendamping Jokowi pada Pilpres 2019.

"Memang perlu. Tapi persoalannya, apa sudah waktunya. Kan Presiden dan Wapres itu selalu bukan keinginan satu partai. Jadi pembicaraannya koalisi, bahwa Golkar sudah menyiapkan calonnya, itu tentu baik-baik saja. Itu penting juga," kata pria yang akrab disapa JK.

Namun, kata dia, tak masalah jika sekadar mengusulkan dan menyeleksi kader untuk jadi wakil presiden.

"Belum waktunya diajukan. Golkar perlu mengevaluasi kader yang cocok untuk itu," ujar JK.

JK pun menegaskan bukan dirinya yang akan menjadi calon wakil presiden untuk mendampingi Jokowi.

"Yang jelas bukan saya. Saya kan mau istirahat setelah ini. Pastilah itu ingin menikmati dengan cucu dan sebagainya," tandas Jusuf Kalla.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hilang Sejak Kamis, Jasad Bocah di Ngawi Ditemukan Mengambang

Posted: 19 Nov 2017 08:47 PM PST

Jembatan Kali Bengawan Solo di Desa Sone, Kecamatan Pitu, Ngawi, Jawa Timur, didatangi warga yang mendengar jenazah bocah 14 tahun yang dicari-cari sejak Kamis lalu itu ditemukan. Jasad korban bernama Atmat Muhadi itu ditemukan mengambang dan hanyut mengikuti aliran air sungai sekitar tujuh kilometer dari lokasi kejadian awal di Desa Sidojalu, Kecamatan Widodaren.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Senin (20/11/2017), jenazah siswa SMP itu kemudian digiring hingga ke tempat yang mudah untuk dievakuasi. Identifikasi awal dilakukan di tepi bantaran kali untuk memastikan apakah jasad tersebut memang Atmat Muhadi.

Atmat Muhadi siswa kelas 8 SMP itu hanyut lalu hilang pada 16 November 2017 saat sedang mencari ikan bersama kedua orangtuanya di aliran Sungai Bengawan Solo yang melintasi Desa mereka. Sejak saat itu pencarian dilakukan oleh Tim SAR Gabungan dan baru hari Minggu kemarin jasadnya ditemukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Counterpain Mud Warrior 3 Hadirkan 23 Tantangan, Berani Ikutan?

Posted: 19 Nov 2017 08:46 PM PST

Setelah sukses di Jakarta dan Yogyakarta, Counterpain Mud Warrior event olahraga lari penuh tantangan atau Obstacle Course Racing yang dipastikan memacu adrenalin, hadir di Ubaya Training Center, Trawas, Jawa Timur, 26 November 2017.

Obstacle Course Racing merupakan lomba lari halang rintang yang dirancang untuk membentuk daya tahan fisik dan ketangguhan mental "Can-Do Attitude" serta kekompakan kerja tim.

OCR World Counterpain Mud Warrior adalah pionir obstacle course racing di Indonesia, dan telah laksanakan event pertama di Taman Budaya Sentul dan kedua di Tahura Bunder, Yogyakarta. Berkat dukungan dan antusias masyarakat Indonesia, Counterpain Mud Warrior 3 akan segera dilaksanakan di Trawas, Jawa Timur.

Bertajuk Counterpain Mud Warrior 3, para peserta akan berkompetisi di bawah kaki Gunung Penanggungan dengan rute sejauh 7 KM plus 23 obstakel alami dan buatan. Terdapat 2 kategori lomba, yakni Elite Runner dan Warrior Runner.

 Counterpain Mud Warrior, event olahraga lari penuh tantangan atau Obstacle Course Racing hadir di Ubaya Training Center, Trawas, Jawa Timur.

Obstacle ini diantaranya; Lompat Pagar, Laser Trip, Belly Slide, Slippery Hill, River Bed, Monkey Do, Rattle Snake, Warrior Climb, hingga The Great Wall.

Anda tidak harus miliki fisik seorang pasukan tempur untuk ikut dalam kegiatan Counterpain Mud Warrior 3. Siapapun Anda, selama yang menyukai olahraga tantangan, baik pria maupun wanita, individu maupun kelompok di atas usia 16 tahun dapat memulai dan menyelesaikan lomba dengan tekad dan ketangguhan mental.

Sangat cocok bagi karyawan korporat, dan instansi pemerintah sebagai program team building dan outing bersama.

Counterpain Recovery Lounge

'Counterpain Recovery Lounge menyediakan layanan fisioterapi bagi pelari

Counterpain sebagai sponsor utama Mud Warrior 3 menyediakan 'Counterpain Recovery Lounge' dengan layanan fisioterapi bagi pelari untuk mendapatkan penanganan cidera olahraga ringan tanpa dikenakan biaya.

"Counterpain sangat mendukung kegiatan positif generasi millenial yang mempunyai semangat dan usaha extra untuk menunjukan dengan bangga kemampuan yang mereka punya. Cedera atau terkilir tidak membuat mereka berhenti tetapi justru semakin semangat untuk bisa mencapai," ungkap Luli Berliana, Brand Manager Counterpain.

Seleb di Counterpain Mud 3 ?

Selain menantikan deretan tantangan, hal yang patut dinanti adalah kehadiran selebriti yang ambil bagian dalam event Counterpain Mud Warrior 3.

Pada dua event Counterpain Mud Warrior sebelumnya, pasangan selebriti Ganindra Bimo dan Andrea Dian ikut ambil bagian di Sentul, Bogor. Sementara event di Yogyakarta, ada Verrel Bramasta yang sudah merasakan keseruan Obstacle Course Racing dari Counterpain Mud Warrior.

Andrea Dian dan Ganindra Bimo di event Counterpain Mud Warrior 2017 di Taman Budaya, Sentul City.

So, jangan lewatkan acara seru ini. Segera ajak teman dan tim anda untuk bergabung! Dapatkan info pendaftaran di http://sportshangout.id/mudwarrior/ atau hubungi Customer Service kami di +62 818 356 777. Atau silahkan menghubungi fanspage facebook No Pain No Gain Indonesia untuk tiket gratis bagi yang beruntung.

NO PAIN NO GAIN!

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selangor Siapkan Gaji Rp 269,7 juta untuk Evan Dimas

Posted: 19 Nov 2017 08:45 PM PST

Evan Dimas Darmono tinggal selangkah lagi ke Selangor FA. Klub asal Malaysia itu menginginkan Evan Dimas menggantikan Andik Vermansah enggan memperpanjang kontrak.

Seperti dikutip Harian Metro, Selangor FA bakal memberikan gaji mahal kepada Evan Dimas. Gelandang Timnas Indonesia itu akan menerima gaji 83 ribu ringgit atau Rp 269,7 juta per bulannya.

Pelatih Selangor FA, P Maniam mengatakan, dia sudah menantikan kehadiran Evan Dimas. Hanya saja, Selangor FA harus bersabar karena eks Persebaya Surabaya itu juga diincar banyak klub Indonesia.

"Kami sedang membuat keputusan bersama Evan Dimas. Tapi, kami juga bersaing dengan beberapa tim di Liga Indonesia yang tertarik kepadanya," katanya, dikutip dari Harian Metro.

 

P Maniam sangat percaya diri bisa merekrut Evan Dimas. Pasalnya, gelandang yang memperkuat Bhayangkara FC itu telah menolak tawaran klub Thailand, Chonburi FC.

"Secara pribadi, saya menunggu kedatangan Evan Dimas ke skuat Selangor FA. Namun hal terpenting adanya kesepakatan terlebih dahulu. Saya harap dia bisa beradaptasi dengan cepat bila sudah ada kesepakatan," ujar P Maniam.

Bila resmi menemui kata sepakat, Evan Dimas akan menjadi pemain kelima Indonesia yang bermain untuk Selangor FA. Sebelumnya ada Ristomoyo Kassim, Bambang Pamungkas, Elie Aiboy dan juga Andik Vermansah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Netty Heryawan: Regenerasi Petani Penting untuk Kedaulatan Pangan

Posted: 19 Nov 2017 08:44 PM PST

Ketika menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia, Kamis (9/11) lalu di Bogor, Istri Gubernur Jawa Barat, Netty Heryawan mengenakan kerudung kuning dan membawa kipas berwarna merah. Mengenai warna tersebut, dia menyebutnya sebagai simbol kekayaan pangan dan sayuran bumi Jawa barat.
 
Kipas merah yang dibawah Netty digambarakan seperti semangka dan buah naga, segar. Sedangkan kerudung kuning, seperti jagung dan jeruk, cerah. Karena segar dan warna cerah inilah disebut Netty sebagai pangan kesukaannya.
 
Dalam konteks lain, segar dan cerah inilah yang dipandang harus selalu dipertahankan Jabar sebagai pusat lumbung pangan nasional. Bagaimana tidak, Jabar tercatat sebagai penyuplai terbesar beras di tanah air. 

Netty Heryawan mengenakan kerudung kuning dan membawa kipas berwarna merah saat peringatan Hari Pangan Sedunia.

"Jawa Barat juga jagonya komoditas hortikultura (sayur mayur), mencapai 40%. Termasuk supplay 50 persen unggas nasional untuk kebutuhan protein hewani," kata Netty. Dengan angka itu, maka tak salah, Jabar berkontribusi besar pada Republik. 
 
Menurut Netty, warga Jabar harus memanfaatkan kesuburan dan kekayaan alam yang melimpah untuk meraih kedaulatan pangan. Sebab di Provinsi ini paling baik tingkat kesuburannya. 
 
"Maka, sangat diperlukan regenerasi petani.  Demi terwujud tujuan nasional sebagai lumbung pangan dunia pada tahun 2045," ungkap Netty.
 
Peringatan Hari Pangan Sedunia yang berlangsung di Lapangan Stadion Pakan Sari, Kabupaten Bogor bernuansa penuh kemeriahan dan berwarna-warni. 
 
Begitu meriah dengan sejumlah aneka pangan dan olahannya. Mulai hari ini sampai dua hari kedepan digelar serangkaian acara dalam peringatan Hari Pangan Sedunia Tingkat Jawa Barat.  Acara itu meliputi pameran, demo dan gelar teknologi pertanian, talkshow, senam sehat, fun run dan hiburan lainnya. Hari Pangan digelar rutin dan menjadi panggung apresiasi bagi para pelaku pertanian dan ketahanan pangan di Jawa Barat.
 
Segmen acara rakyat petani itu dihadiri langsung oleh Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan (Aher) yang didampingi istri, Netty Prasetiyani. Netty diundang tentu sesuai kapasitasnya yang konsen dalam pemberdayaan keluarga melalui kiprahnya di 3 (tiga) organisasi di Jabar yaitu PKK, Dekranasda dan P2TP2A.
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Event Besar Sukses Menarik Ribuan Wisatawan ke Surabaya

Posted: 19 Nov 2017 08:41 PM PST

Kota Surabaya diserbu wisatawan selama akhir pekan. Pemantiknya adalah dua event keren yang berlangsung di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur ini, yakni "Surabaya Shooting Tournament 2017" dan "Bulak Fest 2017". Dengan keunikan dan daya tarik masing-masing, kedua acara tersebut sukses menarik minat wisatawan untuk datang dan mengeksplorasi segala potensi yang ada di kota Surabaya.

Acara pertama adalah "Surabaya Shooting Tournament 2017". Event berskala internasional yang berlangsung di Lapangan Kodam V Brawijaya ini menghadirkan empat kategori, yakni tembak reaksi, tembak target, AA IPSC, dan berburu.

Kompetisi menembak tersebut diikuti 400 peserta yang datang dari sejumlah kabupaten/kota di Indonesia serta sejumlah negara. Empat kategori menembak digelar di satu areal lapangan, sehingga bisa dibayangkan bagaimana keriuhan suara letusan senjata selama pertandingan yang berlangsung sejak Jumat (17/11/2017) hingga Minggu (19/11/2017).

Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Hendro Gunawan, mengatakan bahwa kegiatan tersebut tidak hanya berperan penting dalam rangka upaya pembibitan atlet olahraga menembak di Surabaya, tetapi lebih dari itu, juga berdampak positif bagi Surabaya dan masyarakatnya, terutama di sektor pariwisata.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya, M. Afghany Wardhana, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya siap membangun lapangan tembak di kawasan Suramadu.

"Nantinya anak-anak muda dan juga masyarakat bisa memanfaatkan sarana ini," ujar Hendro.

Sementara itu, event kedua yang tidak kalah kerennya adalah "Bulak Fest 2017". Kegiatan yang berlangsung selama bulan November ini menghadirkan berbagai agenda acara menarik yang mengukuhkan Bulak sebagai tujuan wisata pantai. Beragam kegiatan itu antara lain lomba olahan ikan, lomba videography bertema "The Sunrise of Bulak", dan lomba fashion nelayan.

"Ada juga parade kapal rakyat yang akan dilaksanakan pada Minggu (19/11). Parade ini melibatkan nelayan Bulak dan juga beberapa peserta dari luar Surabaya seperti Pasuruan dan Probolinggo. Total ada 60 kapal dan 10 kapal dari luar Surabaya," kata Camat Bulak, Soeprayitno.

Bulak Fest 2017 merupakan agenda yang sudah memasuki tahun kedua dalam pelaksanaannya. Tahun lalu, ribuan orang ikut serta dalam kegiatan ini.

Soeprayitno mengatakan, agenda Bulak Fest 2017 sangat penting untuk mengangkat promosi Bulak sebagai tujuan wisata pantai. Selama ini Bulak yang berada di kawasan utara Surabaya telah memiliki beberapa ikon wisata, seperti Sentra Ikan Bulak (SIB) yang menjadi idola para pecinta kuliner seafood dan Jembatan Surabaya yang juga dilengkapi dengan fasilitas air mancur warna-warni.

"Jadi Bulak Fest 2017 ini penting untuk promosi destinasi wisata walaupun Bulak sudah dikenal," ujarnya.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, sebelumnya menyatakan bahwa Surabaya memang tidak kalah dengan daerah-daerah lain untuk potensi wisata, baik dari wisata alam, buatan, maupun budaya. Menjadi salah satu contoh bahwa kota Surabaya telah beberapa kali dipercaya menjadi tuan rumah berbagai event internasional.

"Momentum ini menjadi kesempatan untuk memperkenalkan budaya, tradisi, dan pariwisata yang ada di Surabaya ke dunia internasional," ucapnya.

Kota Surabaya memang punya banyak tempat menarik untuk dieksplorasi. Kota Surabaya punya banyak monumen, seperti Monumen Pahlawan, Patung Buddha Empat Wajah, Monumen Kapal Selam, Museum WR Soepratman, Klenteng Hong Tiek Hian, Rumah Batik, dan House of Sampoerna. Surabaya juga punya banyak taman-taman indah yang sayang untuk dilewatkan. Ada Taman Bungkul, Taman Apsari, dan Taman Dr. Soetomo.

Kuliner Surabaya juga tak kalah menarik. Mulai dari Nasi Goreng Jancuk, Sate Klopo Ondomohen, Rawon Setan, Lontong Balap, hingga Soto Ayam Lamongan Cak Har, dijamin membuat lidah berselera.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, ikut merespona hal ini. Menurutnya, penyelenggaraan sebuah festival ataupun event-event berskala besar, baik nasional dan internasional, merupakan cara yang paling efektif dalam mempromosikan satu daerah.

"Even itu memiliki manfaat ganda, yakni manfaat langsung dan tidak langsung. Manfaat yang pertama adalah memperkenalkan destinasi dan bisa menjadi ikon untuk mendatangkan wisatawan langsung pada saat acara berlangsung. Selanjutnya dapat memacu masyarakat lokal dalam mengembangkan kreativitas dan secara langsung terlibat dalam kepariwisataan," kata dia.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Pembunuh Bayaran, Nirina Zubir Bikin Suami dan Anak Takut

Posted: 19 Nov 2017 08:40 PM PST

‎‎Nirina Zubir menjajal peran baru di film 5 Cowok Jagoan. Istri Ernest Cokelat ini memerankan karakter Debby, seorang pembunuh bayaran yang jutek dan ketus.

Banyak pengorbanan yang dilakukan Nirina Zubir untuk mendalami peran Debby. Untuk memperoleh tubuh kekar, ibu satu anak itu harus melakoni latihan fisik 10 jam sehari. ‎

"Debby ini enggak ada bercandanya. Karena tugasnya kan pembunuh bayaran, hidupnya serius terus. Untuk jadi Debby ini setiap hari harus olahraga loh, 10 jam dan enggak makan tepung-tepungan. Berat banget, kan?" kata Nirina Zubir di kawasan Kasablanka, Jakarta Selatan, Minggu (19/11/2017).

 

Nirina Zubir pun menuturkan pengalaman tak mengenakkan ketika memiliki tubuh kekar dan sixpacks. Mantan VJ MTV itu mengakui bahwa penampilan barunya itu cukup membuat anak dan suaminya ketakutan.‎

"Anak takut. Suami juga takut dengan ototnya Debby. Katanya kalau lagi gandengan, kayak lagi megang cowok. Soalnya kering banget dan enggak punya lemak. Pokoknya katanya (suami) kayak laki-laki, deh," ujar pemain film Get Married ini.

Beruntung Nirina Zubir tak perlu lagi khawatir. Pasalnya ia sudah kembali memiliki tubuh yang ideal seperti dulu.

"Sixpacks dan berototnya cuma sampai Lebaran aja. Setelah Lebaran sudah melar lagi. Tahu sendiri kan ketemunya opor, ketupat dan lainnya," ucap Nirina Zubir. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Menegangkan Evakuasi Kakak-Adik Tewas Dalam Sumur

Posted: 19 Nov 2017 08:38 PM PST

Diduga karena menghirup gas beracun, dua kakak beradik di Bandung, Jawa Barat, tewas di dalam sumur sedalam 25 meter. Proses evakuasi berlangsung selama lima jam anggota Tim SAR Basarnas jatuh pingsan.

Ia ditarik dari dalam sumur lantaran kehabisan oksigen saat berupaya mengangkat satu korban terakhir dari dalam sumur.

Seperti ditayangkan Patroli Siang Indosiar, Senin (20/11/2017), insiden menegangkan ini terjadi saat Tim SAR Basarnas mengevakuasi kakak-adik Wawan dan Suryana dari dalam sumur rumah mereka di kawasan Parongpong, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu 29 November.

Kondisi sumur yang dalam dengan hanya diameter 50 sentimeter ini menyulitkan petugas. Namun Tim SAR akhirnya berhasil mengangkat seluruh korban.

Kakak beradik ini terjebak dalam sumur sedalam 25 meter saat sedang memperbaiki mesin pompa. Pertama kali sang kakak yang turun ke dalam sumur. Karena pingsan sang adik turun untuk menyelamatkan kakaknya.

Naas keduanya tewas karena kehabisan oksigen dan menghirup gas beracun. Pihak keluarga menolak autopsi kedua jenazah karena dianggap sebagai musibah sehingga langsung dimakamkan di pemakanan umum setempat Minggu sore.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Gampang Lolos Jadi Pencerah Nusantara

Posted: 19 Nov 2017 08:36 PM PST

 

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan program yang dikenal dengan sebutan Pencerah Nusantara. Program pengabdian satu tahun ini bertujuan untuk mewujudkan paradigma sehat di wilayah kerja puskesmas ini sedang membuka pendaftaran untuk Pencerah Nusantara angkatan 6.

Setiap tahunnya, Pencerah Nusantara hanya menerima kurang lebih 50-an orang, sedangkan ribuan orang berharap dapat bergabung dalam program ini.

Bagaimana cara agar Anda bisa menjadi salah satunya? Yuk, baca baik-baik syarat yang harus Anda penuhi agar dapat lolos seleksinya.

1. Lulusan D3/D4/S1 jurusan apa saja dengan IPK lebih dari 3,0

Pencerah Nusantara terbuka untuk seluruh pemuda lulusan D3/D4/S1 dengan latar belakang pendidikan apa pun, dengan syarat IPK tidak kurang dari 3,0 dan maksimal lulus kuliah 5 tahun lalu. Apabila kamu berprofesi sebagai dokter, dokter gigi, perawat, bidan, dan tenaga kesehatan masyarakat, maka kamu bisa menjadi Pencerah Nusantara sebagai tenaga kesehatan dengan syarat: memiliki STR atau sedang mengurus STR, yang dapat ditunjukkan kepada panitia pendaftaran hingga sebelum tanggal keberangkatan.

Jika kamu dari jurusan lain, kamu juga tetap bisa mendaftar sebagai pemerhati kesehatan dengan syarat IPK lebih dari 3,0. Namun, untuk pemerhati kesehatan jumlahnya akan disesuaikan dengan kebutuhan di setiap penempatan. Job description kamu pun akan disesuaikan dengan keahlian dan ilmu yang sudah kamu pelajari semasa kuliah.

 

2. Usia kurang dari 30 tahun dan belum menikah

Pencerah Nusantara adalah usiamu tidak lebih dari 30 tahun dan belum menikah. Berdasarkan Undang-Undang No. 40 Tahun 2009, pemuda adalah mereka yang berusia 16 hingga 30 tahun. Pencerah Nusantara fokus mencari tenaga kesehatan muda, jadi usia pendaftar pun menjadi persayaratan khusus dari tim pengelola.

3. Berjiwa pemimpin dan memiliki kemampuan komunikasi yang tinggi

Kemampuan memimpin dan komunikasi yang baik menjadi salah satu syarat penting di Pencerah Nusantara. Selama 1 tahun ditempatkan di Daerah Bermasalah Kesehatan yang lokasinya di kawasan terpencil dan sub-urban di Indonesia, tim Pencerah Nusantara akan menghadapi berbagai macam tantangan. Tantangan dan permasalahan di lapangan ini lah yang akan menguji kepemimpinan dan keterampilan komunikasi yang kamu miliki. Terlebih lagi, kamu harus bekerjasama dengan empat hingga lima orang anggota tim yang memiliki latar belakang berbeda. Di samping itu, kamu juga dituntut untuk dapat mempererat kerja sama lintas sektor dan masyarakat yang karakternya pun tak sama. Selain itu, kamu juga memiliki tugas untuk menjalankan advokasi program atau kebijakan kepada pemerintah daerah, sehingga keterampilan dalam komunikasi dan advokasi berperan penting dalam kesuksesan program yang dijalankan.

 

4. Peka dan peduli terhadap pembangunan kesehatan di Indonesia

Sebagai gerakan yang memiliki tujuan untuk mengubah paradigma masyarakat mengenai kesehatan, syarat utama yang harus kamu penuhi adalah kamu harus peka dan peduli terhadap situasi dan kondisi pembangunan kesehatan di Indonesia, sehingga kehadiranmu nanti sebagai Pencerah Nusantara dapat memberikan perubahan yang berkelanjutan. Tugas Pencerah Nusantara bukan hanya mendekatkan akses dan fasilitas layanan kesehatan primer kepada masyarakat, tetapi juga memberdayakan masyarakat supaya mereka dapat terus mempraktikkan pola hidup sehat meskipun Pencerah Nusantara sudah tidak bertugas lagi di daerah penempatan

5. Bersedia ditempatkan di mana pun

Mungkin saat ini kamu tinggal di lokasi yang terjangkau dari kota, dan wilayah yang akses layanan kesehatan primernya sudah dekuat. Namun, di Indonesia masih banyak daerah yang membutuhkan tenagamu untuk memperbaiki sistem dan layanan kesehatan. Sayangnya, mayoritas daerah yang masih membutuhkan dukungan untuk mewujudkan pembangunan kesehatan berlokasi di daerah terpencil, sub-urban dan tidak jarang memiliki keterbatasan akses infrastruktur dan telekomunikasi. Pencerah Nusantara memprioritaskan teman-teman yang memiliki fleksibilitas tinggi terkait lokasi penempatan. Sebelum mendaftar sebagai Pencerah Nusantara, pastikan kamu memiliki fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi yang kuat agar pengalaman dan petualanganmu sebagai seorang Pencerah bisa maksimal di daerah penempatan.

Nah, sudahkah kamu penuhi persyaratannya? Pastikan lima hal ini sudah ada dalam diri kamu, ya! Apabila kamu sudah merasa layak menjadi bagian dari Pencerah Nusantara, segera daftarkan diri kamu sekarang sebelum pendaftaran ditutup pada tanggal 1 Desember 2017.

Kunjungi website pencerahnusantara.org/apply untuk mendaftar.

"Pencerah Nusantara tidak akan dapat menyelesaikan semua persoalan kesehatan bangsa. Bersama, kita bisa percikkan semangat perubahan yang diharapkan dapat menggerakkan bangsa ini untuk bersama menuju Indonesia sejahtera."

dr. Mochammad Fadjar Wibowo, MSc GH, Outreach and Partnership Coordinator Center for Indoensias Strategic Development Initiatives

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fadel: Golkar Harus Cari Pemimpin Baru yang Bersih dan Berwibawa

Posted: 19 Nov 2017 08:35 PM PST

Politikus senior Partai Golkar, Fadel Muhammad, meminta partai beringin melakukan pembenahan. Hal ini menyusul penetapan tersangka dan penahanan Ketua Umum Golkar Setya Novanto oleh KPK.

Fadel mendorong Golkar mencari sosok pemimpin yang lebih baik. Ia memberikan beberapa kriteria penting.

"Mencari pemimpin juga (harus) bersih dan berwibawa," ujar dia, kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (20/11/2017).

Novanto terjerat dalam kasus korupsi e-KTP. Selain menjabat Ketua Umum Partai Golkar, Novanto juga merupakan Ketua DPR.

Karena itu, Fadel meminta dua posisi yang diduduki Setya Novanto segera dicari penggantinya.

"Cari pemimpin baru, baik di DPP maupun di DPR," mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu menegaskan.

Sementara itu, pengurus Golkar tampaknya belum ada persiapan untuk mengganti pucuk pimpinan. Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Bobby Adhityo Rizaldi, menyatakan, DPP Golkar belum membahas siapa yang akan menggantikan posisi Setya Novanto sebagai Ketua Umum.

Mereka cenderung menunggu arahan Novanto. Bagaimanapun, menurut Bobby, Novanto secara de facto masih pemimpin di Golkar.

"Kita masih menunggu perintah beliau (Setya Novanto), karena beliau masih menjadi ketua umum kami di partai dan organisasi," kata Bobby.

 

Sebelumnya, KPK resmi menahan Setya Novanto selama 20 hari. Penahanan itu berlaku mulai Jumat, 17 November 2017.

"KPK melakukan penahanan terhadap SN selama 20 hari ke depan terhitung 17 November 2017 di Rutan Negara Kelas 1 Jakarta Timur cabang KPK," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Namun, karena kondisi kesehatannya belum pulih, KPK membantarkan penahanan Setya Novanto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: