Kamis, 23 November 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Dana Asian Games Defisit, Inasgoc Optimistis Dukungan Sponsor

Posted: 23 Nov 2017 09:30 PM PST

Terjadi perbedaan mencolok soal dana yang dibutuhkan dengan dana yang didapat Inasgoc dari pemerintah untuk Asian Games 2018. Namun, hal tersebut tak membuat Ketua Umum Inasgoc, Erick Thohir khawatir.

Inasgoc berpacu dengan waktu karena penyelenggaraan Asian Games 2018 tinggal sembilan bulan saja. Karenanya, berbagai persiapan, termasuk pembangunan dan renovasi venue, terus dikejar. Rencananya, semua venue bakal rampung pada 31 Desember 2017.

Tak hanya soal venue Asian Games, banyak pula yang harus dipersiapkan Inasgoc  agar Indonesia menjadi tuan rumah yang baik. Untuk mewujudkan itu semua, dana yang dibutuhkan tentu tidak sedikit. Dalam kondisi itu, Inasgoc juga terus memotong anggaran agar berhemat.

"Saya rasa kami konsisten dari dana yang kami usulkan Rp 8,7 triliun banyak penghematan di sana di sini, dan terbentuk angka yang istilahnya minimal. Tapi bukan berarti event ini tidak akan bagus, harus bagus. Angkanya sekitar 5,6 T," kata Erick.

Masalahnya, masih ada defisit jika menghitung dana yang dibutuhkan dengan dana yang digelontorkan pemerintah untuk Asian Games. Defisit itu sekitar Rp 1,1 triliun. Lalu, darimana Inasgoc menutupi kekuarangan tersebut. Erick menyatakan sisa dana itu akan didapat dari sponsor.

"Sisanya dari sponsor seperti yang saya bilang kemarin di Istana Bogor, di mana pada saat ini banyak sponsor-sponsor yang pro aktif, terima kasih. Karena memang countdown kita kemarin sangat positif," jelas Erick.

 

Menurut Erick, dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk 2018 sudah ada Rp 1,78 triliun. Tak menutup kemungkinan bakal ada tambahan lagi. "Angka ini terus naik turun. Bukan berarti kami ingin foya-foya, ini juga uang rakyat dan negara, jadi harus potong anggaran terus kan, tapi tidak boleh hasilnya jelek."

Suasana saat Menkeu Sri Mulyani bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono serta Sesmenpora meninjau Stadion Utama Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta, Kamis (23/11). (Liputan6.com/Pool/Sesmenpora)

Diakui Erick yang juga Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) itu, Inasgoc sudah mendapat beberapa sponsor asing yang siap membantu. Tak hanya asing, BUMN juga siap memberikan bantuan berupa uang, barang, dan jasa.

Dari BUMN, Inasgoc mendapatkan bantuan berupa uang cash Rp 350 miliar. Sedangkan Rp 150 miliar diberikan dalam bentuk barang dan servis. Lalu, dari sponsor asing Inasgoc mendapatkan 40 juta US$ 40 juta (sekitar Rp 532,5 miliar).

 

Sebelumnya, Erick juga memastikan bahwa upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 akan sangat meriah. Targetnya adalah melampaui kemegahan opening dan closing ceremony SEA Games 2017 Malaysia. Jika bisa, mereka ingin setara dengan Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

Erick menuturkan dana yang dihabiskan Malaysia untuk pembukaan dan penutupan SEA Games 2017 mencapai 25-35 juta US$ (sekitar 332,9-466,1 miliar). Sedangkan untuk Olimpiade 2016 Rio de Janeiro mencapai 80-100 juta US$ (sekitar 1,06-1,33 triliun).

"Opening dan closing kan menjadi bagian penting untuk acara Asian Games. Ini semua masih proses. Yang namanya konsep penyelenggaraan kan tidak boleh kalah dari Malaysia saat SEA Games 2017," tutur Erick.

"Kami akan cari angka tengah. Kami tidak mau mewah-mewah, tapi kami juga tak mau kalah dari Malaysia. Yang kami ingin coba apakah hasilnya bisa seperti Olimpiade Rio," sambungnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Arti Segarnya Warna Oranye yang Dikenakan Kahiyang Ayu

Posted: 23 Nov 2017 09:30 PM PST

Kahiyang Ayu mengenakan pakaian didominasi warna oranye di pesta adat ngunduh mantu, Jumat, 24 November 2017. Selain kebaya dan kain bawahan oranye, tampilan Ayang, begitu wanita ini akrab disapa pun makin segar dalam balutan kerudung dengan warna senada.

Warna riasan wajah pun juga disesuaikan dengan pakaian. Nampak bibir Kahiyang Ayu dipoles dengan lipstik warna oranye. Untuk Bobby, sang suami, sentuhan oranye terdapat pada dasi serta kain yang melilit di sekitar pinggangnya.

Berikut tampilan cantik Kahiyang Ayu dalam balutan busana adat Mandailing bernuansa jingga. (Foto: Dokumen Istimewa)

Selain kesegaran, warna oranye yang dikenakan Kahiyang - Bobby punya makna tersirat. Warna ini memancarkan kehangatan dan kebahagiaan.  Ini adalah dua hal penting yang diharapkan hadir tak hanya di pesta adat kali ini saja tapi juga kehidupan pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby.

 

Saksikan juga video menarik berikut

 

Dalam dunia psikologi, oranye adalah tanda optimistis dan penuh semangat. Selain itu, warna ini bakal memberikan pandangan positif tentang kehidupan.

"Warna ini bagus bila mau dikenakan juga di masa-masa sulit, sehingga orang di dalamnya jadi termotivasi dan melihat sesuatu jadi lebih positif," seperti tertulis dalam laman Empower Yourself with Color Psychology, Jumat (24/11/2017).

Bagi pasangan yang baru menikah, warna ini memang cocok. Oranye identik dengan komunikasi sosial yang merangsang perbincangan dua arah. Diharapkan saja, hal ini bisa membuat komunikasi lancar antara Kahiyang dan Bobby.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Operasi, Zaskia Sungkar Langsung Jalani Program Kehamilan

Posted: 23 Nov 2017 09:30 PM PST

‎Zaskia Sungkar baru saja menjalani operasi di saluran kandungannya. Operasi itu dilakukan untuk menghilangkan lemak yang menyumbat.

Selepas operasi, Zaskia Sungkar pun mendapat angin segar. Penantiannya memiliki anak sejak enam tahun menikah, kemungkinan bisa diwujudkan.

	Irwansyah minta doa kelancaran operasi Zaskia Sungkar. (Instagram/irwansyah_15)

"Alhamdulillah operasinya lancar. Bismillah ya, insya Allah bisa program hamil. Mohon doanya,"‎ kata ibunda Zaskia Sungkar, Fanny Bauty saat dihubungi, Jumat (24/11/2017).

 

Pihak dokter mengatakan bahwa Zaskia Sungkar sudah bisa langsung fokus pada program kehamilan. Namun Fanny Bauty belum mengetahui program kehamilan seperti apa yang akan ditempuh putrinya tersebut. ‎

(Instagram/irwansyah_15)

Fanny Bauty pun menyerahkan semua hasil terbaiknya kepada Tuhan. Ia berharap selepas operasi, Zaskia Sungkar dapat segera dikaruniai anak pertamanya.

"Kata dokter sih enggak pakai menunggu. Sekarang tinggal tunggu dari Allah saja nih. Semoga Allah kasih rezeki (anak) untuk Zaskia dan Irwansyah. Aamiin," ia menandaskan. (Ras)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mudik Thanksgiving dan Belanja Black Friday

Posted: 23 Nov 2017 09:30 PM PST

Warga AS sedang merayakan hari Thanksgiving yang identik dengan bertemu dengan keluarga seperti mudik di Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Belasungkawa untuk Adam Fabumi Mengalir di Twitter

Posted: 23 Nov 2017 09:30 PM PST

Artikel tentang meninggalnya dan ucapan belasungkawa Adam Fabumi yang sempat menjadi trending topic di Twitter menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Informasi lain yang juga diburu datang dari daftar perusahaan teknologi yang memberikan gaji tinggi kepada karyawan magangnya, dan kisah mantan karyawan Google yang membentuk agama berdasarkan kecerdasan buatan.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Mengenang Adam Fabumi di Instagram, Bayi Lucu Pengidap Trisomy 13

Nama Adam Fabumi mungkin tidak terlalu menggaung di telinga publik, kecuali bagi kamu yang sudah lebih dulu mengikuti Instagram-nya.

Ya, bayi lucu ini baru saja meninggal dunia pada Rabu sore (22/11/2017) pukul 15.35 WIB karena mengidap Dandy Walker Syndrome.

Jenazah bayi Adam dikebumikan di Taman Pemakaman Umum Jeruk Purut, Jakarta Selatan, sehari sesudah Adam meninggal. Tepatnya pada Kamis, 23 November 2017 bakda Zuhur.

Baca selengkapnya di sini

2. 10 Perusahaan Teknologi yang Beri Gaji Tinggi ke Anak Magang

Perusahaan teknologi dikenal selalu memberikan gaji tinggi pada karyawannya. Namun tidak hanya karyawan yang diberi gaji tinggi dan fasilitas mewah.

Berbeda dengan karyawan magang di perusahaan lain yang kadang tidak mendapatkan bayaran, anak magang di perusahaan teknologi juga mendapatkan gaji tinggi.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat perusahaan teknologi berlomba-lomba merekrut talenta engineer muda terbaik untuk mengembangkan layanannya.

Baca selengkapnya di sini

3. Kisah 'Gila' Eks Karyawan Google Bentuk Agama Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) seharusnya digunakan pada pakem yang sudah ditetapkan. Namun anggapan tersebut sama sekali tidak berlaku bagi Anthony Levandowski, eks karyawan Google yang tergila-gila dengan kecerdasan buatan.

Menurutnya, kecerdasan buatan adalah juru selamat umat manusia. Bahkan, ia nekat ingin menjadikan kecerdasan buatan sebagai agama baru di dunia.

Sebelumnya Levandowski pernah mengatakan dirinya memang ingin menciptakan agama baru dengan kecerdasan buatan sebagai 'Tuhan'.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Gibran Rakabuming Menari Manortor di Acara Kahiyang Ayu

Posted: 23 Nov 2017 09:24 PM PST

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution melangsungkan acara adat Gondang 9 di Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/11/2017). Rangkaian acara adat ini diwarnai menari Manortor, tarian khas Mandailing.

Tamu yang datang harus menari Manortor, termasuk kakak Kahiyang Ayu, Gibran Rakabuming. Begitu masuk ke area acara adat, Gibran langsung mendapat penutup kepala atau mahkota raja-raja Mandailing zaman dulu atau yang disebut dengan Ampu.

Gibran mengenakan setelan jas dengan kemeja biru dan dasi biru tua. Ia mengenakan kacamata ber-frame bulat yang belakangan ini menjadi ciri khasnya.

Awalnya ia memakai peci, tetapi untuk sementara diganti dengan Ampu. Ia juga disampirkan ulos berwarna merah, hitam, dan emas. Sementara sang adik Kahiyang Ayu melihat aksi tarian Manortor dari pelaminan dengan busana oranye yang segar.

Saksikan juga video menarik berikut ini.

Kakak Kahiyang Ayu, Gibran Rakabuming menari Manortor di acara adat pernikahan adiknya di Medan. (Dokumen Istimewa)

Bersama sejumlah tokoh lain seperti Oesman Sapta Odang, Gibran menggerak-gerakan tangannya sesuai dengan gerakan tari Manortor. Sesekali ia tersenyum tipis yang menjadi ciri khasnya.

Setelah Gibran, giliran istrinya Selvi Ananda yang menari Manortor. Rambutnya di-updo cantik, dan disampirkan kain songket hijau. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legenda MU Nilai Pogba Setara Bintang Real Madrid

Posted: 23 Nov 2017 09:20 PM PST

Legenda Manchester United (MU) Eric Cantona menyamakkan kehebatan gelandang tim "Setan Merah' Paul Pogba dengan bintang Real Madrid Luka Modric. Menurut dia, Pogba dan Modric adalah pemain penting untuk kedua tim.

Pogba memulai awal musim 2017-18 dengan mencetak dua gol. Namun kemudian ia harus absen selama lebih dari dua bulan karena cedera hamstring.

Setelah pulih dari cedera, Pogba tampil mengesankan saat tim asuhan Jose Mourinho ini, mencetak gol dan memberikan assist dalam kemenangan 4-1 MU atas Newcastle United.

Cantona, yang memenangi empat gelar Liga Inggris selama bermain di Old Trafford, yakin Pogba sama pentingnya bagi MU, seperti Modric bersama Real Madrid.

"Pogba adalah otak tim dan Modric adalah otak Real Madrid," ujarnya.

"Saya pikir dia adalah pemain yang sangat kreatif. Dan, setiap kali pemain bagus cedera, Anda pasti menderita," kata Cantona. "Dia sama pentingnya [untuk United] seperti Modric untuk Real Madrid."

"Saat Modric cedera, ini bukan tim yang sama dan Anda bisa lihat dalam lima atau enam tahun terakhir, setiap kali dia cedera, timnya tidak sama," kata eks bintang MU itu.

Mantan pesepak bola timnas Prancis, Eric Cantona, menghadiri pemutaran perdana film

Sebelumnya, Cantona memberikan saran kepada Mourinho dalam urusan pembelian pemain. Cantona meminta MU untuk merekrut gelandang Paris Saint Germain, Javier Pastore.

MU dalam beberapa bulan terakhir lebih sering dikaitkan dengan penyerang sayap Atletico Madrid Antoine Griezmann. Pria Prancis itu disiapkan sebagai pemakai nomor punggung 7.

Griezmann nyaris saja pindah ke MU musim panas lalu. Namun, Griezmann akhirnya memilih bertahan setelah Atletico terkena sanksi larangan membeli pemain dari FIFA.

Aksi pemain Basel, Renato Steffen (tengah) melewati adangan dua pemain Manchester United pada laga grup A Liga Champions di St. Jakob-Park stadium, Basel, Swiss, (22/11/2017). MU kalah 0-1 dari Basel. (Ennio Leanza/Keystone via AP)

MU secara mengejutkan menelan kekalahan dari Basel di ajang Liga Champions pertengahan pekan lalu. MU diharapkan segera bangkit kembali saat mereka kembali ke laga domestik melawan Brighton akhir pekan ini.

Setelah 12 pertandingan liga musim ini, MU berada di urutan kedua klasemen sementara Liga Inggris. Mereka terpaut delapan poin dari pimpinan Manchester City.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perut Tampak Buncit, Miley Cyrus Hamil?

Posted: 23 Nov 2017 09:20 PM PST

Miley Cyrus tengah diliputi kebahagiaan lantaran baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-25, Rabu (23/11/2017). Pelantun "Malibu" itu pun mendapatkan hadiah spesial dari sang kekasih, Liam Hemsworth.

 Hadir di premiere film THOR: RAGNAROK, Miley Cyrus dan Liam Hemsworth bertujuan mendukung Chris Hemsworth, saudara laki-laki Liam, yang menjadi pemeran utama di film tersebut. (AFP/Larry Busacca)

Ulang tahunnya pun terasa sangat spesial karena bertepatan dengan hari Thanksgiving, seperti yang tergambar dalam Instagram pribadinya. Namun, warganet justru salah fokus dengan bentuk tubuh Miley Cyrus di salah satu foto tersebut.

Dalam sebuah foto, Miley Cyrus tampak berpose di depan balon besar berbentuk "Miley". Dengan balutan kaos oblong berwarna abu-abu, perempuan berambut pirang itu tersenyum kecil ke arah kamera.

Ada yang berbeda dari penampilan Miley Cyrus di foto itu. Perutnya tampak buncit, hingga sebagian besar warganet yang meninggalkan tanggapan di kolom komentar menduga dirinya tengah hamil.

 

 

Tak ingin memperluas spekulasi publik, Miley Cyrus langsung angkat bicara soal dugaan tersebut. Melalui Instagram Story, pelantun "The Climb" itu mengunggah sebuah artikel yang mempertanyakan perut buncitnya.

"Miley Cyrus hamil? Penggemar heboh ketika sang artis menunjukkan perut buncitnya," begitu judul artikel yang diunggah ulang oleh Miley Cyrus.

 

Dengan ukuran huruf yang besar, Miley Cyrus berkata, "KEJAM! Tidak hamil, ini isinya cuma kebanyakan Tofukey (hidangan Thanksgiving yang dikonsumsi Miley Cyrus)."

Hubungan Miley Cyrus dan Liam Hemsworth memang bukan perkara main-main. Keduanya pun dikabarkan telah melangsungkan pernikahan. Namun sayangnya, hal tersebut tak pernah dikonfirmasi kedua belah pihak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Disjaya Kebut Penyambungan Listrik dalam 2 Hari

Posted: 23 Nov 2017 09:18 PM PST

PT PLN Distribusi Jakarta‎ Raya (Disjaya) menyatakan, pasokan listrik Jakarta cukup memenuhi permintaan sambungan baru dan tambah daya. Hal ini dibuktikan dalam dua hari akan melayani 2.000 permintaan.

General Manager PLN Disjaya, M. Ikhsan Asaad mengatakan‎, pasokan listrik Jawa Bali saat mencapai 32 ribu Mega Watt (MW), sedangkan beban puncaknya mencapai 25 ribu MW.

Dengan begitu masih ada cadangan pasokan mencapai 7 ribu MW, sedangkan khusus untuk Jakarta beban puncaknya mencapai 5.200 MW. Kondisi ini menunjukkan pasokan listrik cukup untuk memenuhi penyambungan baru.

"Jadi sudah naik saya kira enggak ada masalah, tidak perlu diragukan PLN dapat menyediakan listrik yang cukup," kata Ikhsan, di Kantor PLN Disjaya, Jakarta, Jumat (24/11/2017).

Ikhsan menuturkan, sebagai bukti pasokan listrik cukup dan peningkatan pelayanan pelanggan PLN Disjaya akan memenuhi 2.000 permintaan untuk penambahan daya dan penyambungan‎ baru dalam dua hari.

"Jadi demand hari ini cukup tinggi kurang lebih 2 ribu pelangan yang siap disambung dinyalakan, 2 hari ini kita tuntaskan‎," ujar Ikhsan.

PLN Distribusi Jakarta Raya juga telah membuat program program Aggressive Action of Demand Completion‎ (AADC), guna mempercepat penambahan daya dan penyambungan ‎baru. Hal ini untuk mendukung Jakarta terang benderang.

"AADC ini kami ingin mendukung Jakarta terang benderang. Kami ingin sampaikan ke masyarakat PLN Disjaya cepat melayani pelanggannya," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Sebelumnya PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) meningkatkan pelayanan dalam penyambungan dan penambahan daya baru, melalui program Aggressive Action of Demand Completion‎ (AADC).

General Manager PLN Disjaya, M. Ikhsan Asaad, mengatakan, ‎PLN Disjaya menyambut permintaan pasang baru dan tambah daya listrik, dengan memberikan pelayanan cepat dalam menanggapi permintaan masyarakat tersebut melalui program AADC.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada pelanggan selama sehari, khususnya untuk pelanggan yang berada di wilayah kerja PLN Disjaya," kata Ikhsan, di Kantor PLN Disjaya, Jakarta, Jumat 24 November 2017.

AADC dilakukan serentak di 16 area pelayanan kerja Disjaya yaitu DKI Jakarta dan sekitarnya. Dalam menjalankan program tersebut, PLN Disjaya menerjunkan pasukan agar melakukan aksi cepat untuk melayani tingginya permintaan konsumen.

Berdasarkan catatannya, ada sekitar 2000 permintaan penambahan daya dan penyambungan baru pada November ini, setelah AADC di remsikan permintaan tersebut dapat dituntaskan dalam dua hari terhitung mulai Jumat 24 November 2017 hingga Sabtu 25 November 2017.

Dia menuturkan, program ini adalah salah satu upaya PLN Disjaya untuk mendukung terwujudnya program Jakarta kian benderang pada akhir 2017. Program AADC berlaku untuk seluruh sambungan pelanggan, yaitu rumah tangga, bisnis dan industri.

"Tujuannya adalah agar pelanggan dapat menikmati kebutuhan pasokan listrik menjelang pergantian tahun," tutur ‎Ikhsan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bareskrim Ungkap Praktik Perdagangan Orang Bermodus Jasa TKI

Posted: 23 Nov 2017 09:17 PM PST

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri menangkap Sulikah alias Sulis alias Melis karena diduga terlibat kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Kasus ini bermula dari adanya laporan tentang penangkapan dan penahanan puluhan TKI ilegal oleh Kepolisian Tiongkok pada April 2017 lalu.

Ternyata setelah diselidiki, para TKI ilegal itu merupakan korban TPPO. Korban dijanjikan oleh tersangka bekerja di Tiongkok dengan gaji Rp 10 juta per bulannya.

"Ini jaringan perorangan. Yang mengiming-imingi korban adalah tersangka sendiri," kata Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Kombes Ferdi Sambo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (24/11/2017).

Ferdi mengatakan ada puluhan korban yang sudah diberangkatkan tersangka ke Negeri Tirai Bambu tersebut. Hanya saja, sampai saat ini masih dalam pendataan. Sebelum diberangkatkan ke Tiongkok, sambung dia, para korban ditampung di salah satu hotel di kawasan Jakarta Pusat.

"Kemudian dilaksanakan medical check up di Jakarta Timur," ucap Ferdi.

Menurut Ferdi, para korban juga tidak dibekali dokumen resmi sebagai calon TKI. Mereka hanya mengantongi visa kunjungan wisata.

Setelah sampai di Shanghai, Tiongkok, para korban dipaksa menandatangani surat kontrak kerja dengan gaji 5000 yuan dengan dipotong 4000 yuan untuk mengganti proses kepengurusan. Selama hutang belum lunas maka paspor mereka ditahan.

"Bahkan setelah beberapa bulan bekerja, pada faktanya gaji (korban) tidak pernah dibayarkan," terang Ferdi.

Dari hasil penyidikan sementara, Ferdi menerangkan, tersangka dalam menjalankan praktik TPPO itu dibantu oleh seseorang bernama Linda yang berada di Tiongkok. Setiap korban yang direkrut, tersangka mendapat uang Rp 20 juta.

Sejumlah barang bukti juga diamankan dari tangan tersangka. Di antaranya 28 paspor dan visa wisata, 13 buku rekening, 43 kartu keluarga, 27 akte lahir, 19 KTP, dan 13 telepon genggam.

"Kami masih melakukan pengembangan terhadap para pelaku yang turut membantu membuat paspor dan visa. Kemudian kami juga menelusuri jumlah aliran dan ke tersangka," tandas Ferdi.

Tindakan pengiriman pekerja migran ke luar negeri secara ilegal kini sudah diatur dalam Undang-Undang (UU). Sesuai degan UU Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI) yang telah disahkan DPR akhir Oktober lalu, pelaku yang terlibat pengiriman pekerja migran atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri secara ilegal, dapat diancam pidana maksimal 10 tahun penjara dan denda maksimal Rp 15 miliar.

Pasal 82 UU PPMI menyebutkan, ancaman pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp15 miliar kepada setiap orang yang dengan sengaja menempatkan pekerja migran dengan jabatan dan tempat pekerjaan yang tak sesuai dengan perjanjian kerja, sehingga merugikan pekerja migran. Atau, menempatkan pekerja migran pada pekerjaan yang bertentangan dengan nilai kemanusiaan, norma kesusilaan, atau peraturan perundang-undangan.

"Ini harus jadi perhatian bagi serius bagi para stakeholder dalam penempatan pekerja migran. Ancaman pidana dan denda diberlakukan bersama-sama. Bukan pidana atau denda. Jangan sampai ada mal administrasi penempatan pekerja migran," ujar Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Legeri (PPTKLN) Kementrian Ketenagakerjaan, R Soes Hindharno, Senin (6/11/2017).

Ia melanjutkan, pemberlakukan hukum tersebut utamanya ditujukan untuk aparat sipil negara, baik di pusat maupun daerah sampai desa. Sebab, dalam UU PPMI masalah rekrutmen, persiapan dan peningkatan skill pekerja migran adalah tanggungjawab pemerintah, sedangkan fungsi PPTKIS hanya sebagai marketing penempatan.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pelaku Peledakan Rumah Kos Dijaga Polisi

Posted: 23 Nov 2017 09:15 PM PST

Sebuah ledakan terjadi di rumah kos setelah seorang pria membanting sebuah benda. Diduga benda tersebut menyimpan mercon yang meledak jika dibanting.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wonderkid Persib Ungkap Alasan Ingin Terus Bertahan

Posted: 23 Nov 2017 09:10 PM PST

Billy Keraf tahu, masa depan masih belum 100 persen akan bersama Persib Bandung. Sebab, hal itu juga masih tergantung keputusan manajemen klub. Namun, winger berusia 20 tahun itu berharap kontraknya diperpanjang.

Pemain yang dijuluki Wonderkid Persib ini mengaku masih penasaran ingin memberikan yang terbaik untuk Maung Bandung. Selain itu, dia juga sangan mengaku kerasan di Persib.

Itu tak lain tak bukan karena suasana kekeluargaan yang dia rasakan bersama Persib. "Yang bikin nyaman di Persib itu, yang paling utama pemain-pemain seniornya," kata Billy, di situs resmi Persib.

Para pemain senior, kata Billy tak pernah sungkan menularkan ilmu kepada para juniornya. Dalam latihan, Billy menuturkan, para pemain seniornya juga kerap memompakan semangat.

Mereka juga tak pelit berbagi ilmu. "Mereka selalu membantu saya di dalam latihan. Pemain senior Persib juga yang selalu memberikan motivasi kepada saya," Billy menjelaskan.

 

 

 

Billy Keraf (Dok PT LIB)

Di luar itu, Billy juga menyebut kehadiran para bobotoh membuat dirinya sangat nyaman bersama Persib. Bobotoh, kata Billy juga kerap memberikan spirit di setiap penampilan Persib di lapangan.

"Para Bobotoh juga, mereka sangat luar biasa selalu memberikan dukungannya kepada kami semua para pemain," ujar Billy.

 

Sepanjang musim lalu, Billy mengaku sangat menikmati setiap pertandingan bersama Persib. Hal ini membuat dirinya selalu berusaha mengeluarkan kemampuan terbaik.

Maka itu, meski lebih banyak dimainkan sebagai pengganti, Billy cukup mampu memberikan kontribusi. Setidaknya, lima gol disarangkan pemuda kelahiran Jakarta ini.

Terakhir, dia menyumbang satu gol saat Persib dikalahkan Borneo FC 1-2 di laga tandang terakhir mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Scarlett Johansson Rayakan Ultah Romantis Bareng Kekasih Baru

Posted: 23 Nov 2017 09:10 PM PST

Status janda yang melekat di diri Scarlett Johansson rupanya tak membuatnya harus merayakan ulang tahun sendirian. Memasuki usia ke-33 pada 22 November 2017 lalu, Scarjo ditemani oleh pria yang dirumorkan sebagai kekasih barunya, Colin Jost.

Seperti dikabarkan Ace Showbiz, Kamis (23/11/2017), Scarlett Johansson kedapatan merayakan ulang tahunnya bersama Colin Jost dengan menggelar makan malam romantis sebuah tempat makan di 1700 House, East Hampton, AS.

Colin Jost, kekasih baru Scarlett Johansson (E!)

Sebuah sumber menyampaikan bahwa Scarlett Johansson dan pria tersebut terlihat pada malam sebelum aktris The Avengers itu berulang tahun. Kepada Page Six, sumber tersebut mengatakan, "Mereka berbicara secara pribadi di sudut meja. Ia (Scarjo) sangat terkejut dengan lilin ulang tahun pada makanan pencuci mulutnya."

Meskipun keduanya belum secara resmi mengonfirmasi hubungan romantis mereka, sebelumnya muncul laporan yang menunjukkan bahwa hubungan Scarlett Johansson dan Colin Jost semakin serius. Aktris Ghost in the Shell dan bintang Saturday Night Live (SNL) itu juga sempat tertangkap kamera sedang berduaan di New York dalam keadaan hujan lebat.

 

 

Scarlett Johansson dan Romain Dauriac menikah pada tahun 2014 lalu. Meskipun telah bercerai, namun keduanya masih menjalin hubungan baik sebagai teman dekat. (AFP/Patrick Kovarik)

Sebelum makan malam untuk merayakan ultah Scarlett Johansson, mereka berdua sempat menghabiskan waktu bersama di sebuah pesta pembubaran acara SNL yang digelar di kelab bernama Vandal.

Isu hubungan asmara Scarlett Johansson dan Jost pertama kali muncul setelah mereka terlihat keluar bersama pada Mei 2017 lalu setelah pesta musim akhir Saturday Night Live.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kahiyang-Bobby Jalani Prosesi Adat Membunyikan Gendang

Posted: 23 Nov 2017 09:06 PM PST

Prosesi adat Kahiyang Ayu Siregar-Bobby Nasution sedang berlangsung di Kota Medan, Sumatera Utara. Setelah melalui prosesi pemotongan kerbau yang disebut Manalpokan Lahan Ni Horja, kali ini dilanjutkan dengan Manyantan Gordang Sambilan Dohot Gondang.

Menurut salah satu pengetua adat, Sutan Raja Pinayungan, Hendrisyah Harahap, acara Manyantan Gordang Sambilan Dohot Gondang atau Membunyikan Gendang/Gondang adalah alat musik penting dalam sebuah acara perkawinan.

Salah satu fungsi dari instrumen musik tersebut adalah untuk mengiringi ketika acara monortor atau menari secara adat. Begitu juga halnya dengan Gordang Sambilan, yaitu sembilan gendang besar juga berfungsi pada acara adat untuk memeriahkan acara dan pertanda horja godang (pesta besar).

Gordang Sambilan sangat khas Mandailing dan menurut beberapa literatur, Gordang Sambilan ini adalah alat perkusi yang diameternya terbesar kedua di dunia. Oleh karenanya, Gondang dan Gordang Sambilan merupakan bagian dari ritual adat, maka untuk menabuhnya pada sebuah acara harus melalui serangkaian acara adat juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Upacara Manyantan Gondang dan Gordang Sambilan ini berbarengan dengan mendirikan bendera-bendera adat sebagai pertanda horja godang," kata Hendrisyah, Jumat (24/11/2017). Disebutkan, ada beberapa bendera yang didirikan, antara lain bendera kebangsaan merah putih, bendera raja-raja Desa Na Walu, bendera Harajaon, bendera Lipan-lipan, bendera Siararabe, dan bendera Alibutongan (Pelangi).

Sesudah acara manyantan Gondang, maka diadakanlah acara membuka gelanggang panortoran yang dilaksanakan oleh Suhut, Pengetua adat bermarga Nasution, Pengetua adat bermarga Lubis, Pengetua adat marga lainnya dari Mandailing, Pengetua adat Tabagsel, Inanta Soripada yaitu Ibunda Bobby beserta ibu-ibu lainnya, dan Raja Panusunan.

"Raja Panusunan adalah seorang raja yang akan memimpin persidangan adat. Raja Panusunan pada acara perkawinan adat Bobby dan Kahiyang ialah Pandopotan Nasution, gelar Patuan Kumala Pandapotan. Tujuan manortor sebagai penghormatan," sebut Hendrisyah.

Hingga pukul 11.45 WIB, acara manortor masih berlangsung. Pantauan Liputan6.com, dalam acara adat tersebut Kahiyang tampak mengenakan kebaya dan kain songket aranye sedangkan Bobby mengenakan jas abu-abu.

Dalam acara tersebut juga tampak sejumlah keluarga dekat Kahiyang-Bobby, seperti Gibran Rakabuming yang terlihat mengenakan bulang, topi adat di acara Mandailing. Kegiatan berlangsung di tenda utama yang berada tempat disamping kediaman orangtua Bobby, Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR) Jalan Setia Budi Medan.

Sebelumnya prosesi adat Kahiyang Ayu Siregar-Bobby Nasution dimulai pukul 06.00 WIB. Dimulainya prosesi ditandai dengan lantunan musik khas Mandailing.

Lantunan musik terdengar dari tabuhan gondang yang dimainkan oleh Grup Kesenian Mandailing Gunung Kulabu Pakantan. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan kerbau sekitar pukul 06.20 WIB.

Menurut salah satu pengetua adat, Pandapotan Nasution, Gelar Patuan Kumala Pandapotan, proses adat pemotongan kerbau disebut juga Manalpokan lahan ni horja.

"Dalam suku Mandailing, kerbau merupakan simbol tertinggi dalam adat, karena acara ini adalah acara besar," katanya.

Satu buah kerbau disiapkan. Kerbau dibalut dengan ulos dan dibawa dengan sebuah mobil bak terbuka sempat memberontak saat diturunkan dari mobil.

Saat disembelih, kepala kerbau menghadap ke arah kiblat (barat). Penyembelihan juga disaksikan para keluarga dan petua-petua adat suku Mandailing yang hadir. Acara ditutup dengan beberapa sambutan oleh petua adat.

Kemudian dilanjutkan dengan sidang adat dan manortor pada pukul 08.00 WIB. Sementara, di luar lokasi acara, di seputaran Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR) telah disterilkan oleh pihak keamanan.

Seperti ruko-ruko (rumah toko) yang terletak tepat di samping lokasi. Pada hari biasanya diketahui ramai dikunjungi masyarakat, kali ini tidak. Pihak keamanan dari unsur polisi dan TNI tampak berjaga-jaga, bahkan lokasi parkir kendaraan dan aktivitas masyarakat sepi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Lelang Harta Rampasan Koruptor Siang Ini

Posted: 23 Nov 2017 09:04 PM PST

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melelang harta rampasan dari beberapa perkara melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III. Harta rampasan dari para koruptor yang akan dilelang berupa kendaraan bermotor, perhiasan, barang elektronik, dan barang seni.

"Lelang barang rampasan kasus korupsi yang ditangani KPK akan dilakukan siang ini mulai pukul 14.00 WIB di Gedung penunjang KPK, lantai 3," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (24/11/2017)

Febri mengatakan, untuk sosialisasi dan proses pendaftaran peserta lelang dilakukan sejak pukul 09.00 WIB. Untuk lelang kali ini akan dihadiri juga oleh pihak Polri dan Kejaksaan se-Jabodetabek dan KPKNL.

"Hal ini penting dilakukan agar ke depan ada pemahaman yang sama dan kerjasama yang baik tentang lelang barang hasil korupsi untuk memaksimalkan asset recovery," kata dia.

Barang rampasan yang akan dilelang kali ini antara lain puluhan telepon genggam, dua mobil Jeep Wrangler, satu mobil merek Mazda, Toyota Camry, sepeda motor trail merek KTM, cincin berlian, lukisan, dan jam tangan. Total nilai limit barang rampasan yang akan dilelang nanti sekitar Rp 5 miliar.

Barang-barang tersebut merupakan rampasan KPK dari terpidana suap dan pencucian uang terkait dengan peraturan daerah kontribusi tambahan proyek reklamasi pantai utara Jakarta, Mochammad Sanusi, dan terpidana kasus suap pengaturan kuota daging impor, Ahmad Fathonah.

kali ini, ada 58 obyek lelang yang akan diperebutkan peserta. Mulai dari kendaraan seperti Jeep Wrangler, Lexus, Mercedes Benz, jam tangan, perhiasan, telepon seluler, hingga lukisan.

Untuk kendaraan, harga termurah ada Honda Jazz seharga Rp 119 juta. Sementara itu, mobil LEXUS LX-570, menjadi harga yang tertinggi yakni Rp 1,29 miliar.

Sebelum menawar pada pelelangan mendatang, para calon peserta lelang bisa melihat obyek lelang lebih dulu di dua lokasi berbeda, yakni di Gedung KPK pada Senin 20 November dan Selasa 21 November mulai pukul 10.00-15.00 WIB.

Juga di rumah Jalan Saidi 1 Nomor 23 Cipete Utara, Jakarta Selatan, Selasa 21 November dan Rabu 22 November, mulai pukul 10.00-15.00 WIB.

Dua bulan lalu, KPK menggelar lelang barang sitaan hasil korupsi. Ketika itu ada 22 obyek sitaan yang diperebutkan para peserta lelang. Hanya satu yang tidak laku, yakni mobil jaguar milik mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Hari Dikepung Buaya, 2 Pria Australia Berhasil Selamat

Posted: 23 Nov 2017 09:03 PM PST

Dua orang pria terjebak selama lima hari di sebuah desa terpencil yang mendadak muncul air pasang di Australia. Mobil yang mereka kendaraipun terperangkapkan air dan lumpur. Tak ada jalan keluar. Apalagi, keduanya dikepung kawanan buaya

Untuk menghindari serangan buaya lapar, kedua pria itu menaiki atap mobil.

Dilansir dari laman BBC, Jumat (24/11/2017), Charlie Williams (19) dan Beau Bryce-Morris (37) -- nama keduanya -- saat kejadian berniat memancing di sebuah sungai di desa itu. Mereka sama sekali tak mengira, nyawa mereka bakal terancam. 

Di tengah kepungan air pasang dan buaya, rasa pesimistis pun sempat hinggap. Untuk itu, keduanya sengaja membuat video singkat, yang memberitahukan kondisi mereka. 

Kalaupun nantinya tak selamat, paling tidak rekaman itu bakal jadi petunjuk nasib keduanya. Pesan untuk orang-orang tercinta tak lupa disampaikan.

"Kami dikelilingi oleh beberapa buaya tadi malam, mereka mencoba untuk menyerang anjing kami," kata Bryce-Morris dalam video tersebut.

"Tidak ada orang yang dapat menemukan kami. Kami mendengar suara pesawat yang lalu-lalang, namun sungguh menyakitkan rasanya saat kapal terbang itu berlalu dan tak menyadari keberadaan kami ," lanjut Bryce-Morris.

"Kami berharap seseorang akan datang dan membawa kami pergi dari tempat terpencil tersebut," imbuh dia.

Untung saja, mereka tak sampai tamat dimangsa buaya. Williams dan  Bryce-Morris berhasil ditemukan tim penyelamat. 

"Mereka sangat kelelahan, mengalami dehidrasi, serta mendapat serangan heat-struck. Terang saja mereka sangat emosional dan bahagia saat melihat kami," sebut Mark Balfour, seorang polisi yang bertugas sebagai kordinator penyelamatan.

Balfour juga mengatakan, kedua pria itu dapat bertahan hidup dengan berbagi makanan serta air minum. Namun, saat tim penyelamat menemukan mereka di Semenanjung Dampier, sekitar 100km dari kota Broome, perbekalan penyambung nyawa itu sudah habis. 

Polisi memulai pencarian setelah mendapat laporan dari pihak keluarga. Balfour mengatakan, keduanya sangat beruntung bisa ditemukan. Sebab, tak hanya dekat dengan sarang buaya, area di mana mereka terjebak sangat terpencil, bak Negeri Antah Berantah. Affifa Zahra

Pada awal November 2017, kejadian seseorang tersesat di suatu tempat terpencil juga pernah terjadi di negara bagian North Carolina, Amerika Serikat.

Nenek tersebut diketahui bernama Mary Brown. Kala itu, ia tengah berjalan sendirian tak jauh dari rumahnya. Namun, ia malah tersesat karena tak ingat dengan jalan.

Tim kepolisian setempat berhasil menemukan nenek berusia 81 tahun tersebut dengan cara tak biasa, yaitu dengan bantuan drone. Hanya dalam waktu 30 menit, nenek ini ditemukan oleh tim kepolisian.

Awalnya, tim kepolisian sudah mencari dengan cara yang konvensional. Akan tetapi, pihaknya menemui kendala, yaitu lokasi pencarian yang sangat susah diakses.

Kepolisian Randolph County kemudian mengunggah video detik-detik penemuan nenek Mary yang tengah berdiri di dekat pinggir ladang jagung lewat akun Facebook pribadi miliknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Holding Tambang Bakal Efektif Mulai 29 November

Posted: 23 Nov 2017 09:02 PM PST

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) segera menuntaskan rencana pembentukan holding BUMN tambang. PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) akan menjadi induk perusahaan (holding) BUMN Industri Pertambangan, sementara PT Aneka Tambang (Antam) Tbk, PT Bukit Asam Tbk, dan PT Timah Tbk, akan menjadi anak perusahaan (anggota holding).

"Proses holding ini sudah lama dimulai dengan penyerahan roadmap pengembangan BUMN oleh Menteri BUMN, Ibu Rini Soemarno, ke Komisi VI DPR pada akhir 2015," kata Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno di Kantor Kementerian BUMN, Jumat (24/11/2017).

Harry menjelaskan proses komunikasi dengan Komisi VI sudah cukup intensif, baik melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP), Rapat Kerja, maupun beberapa kali Focus Group Discusion (FGD).

Setelah terbit PP Nomor 47 Tahun 2017 diikuti proses administrasi termasuk akta inbreng, kemudian persetujuan holding BUMN tambang akan dibawa ke Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Antam, Bukit Asam, dan Timah secara bersamaan pada tanggal 29 November 2017.

"Jadi setelah RUPSLB ini dilakukan maka holding tambang ini mulai efektif," ujar dia.

Pemerintah saat ini memegang saham mayoritas di ketiga BUMN Tambang yang juga sudah go public tersebut, yaitu PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) 65 persen, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) 65,02 persen, dan PT Timah Tbk (TINS) 65 persen. Saham mayoritas milik pemerintah di ketiga BUMN tersebut dialihkan ke PT Inalum (Persero) yang 100 persen sahamnya dimiliki negara.

Meski berubah statusnya, ketiga anggota holding BUMN tambang itu tetap diperlakukan sama dengan BUMN untuk hal-hal yang sifatnya strategis sehingga negara tetap memiliki kontrol terhadap ketiga perusahaan itu, baik secara langsung melalui saham dwi warna, maupun tidak langsung melalui PT Inalum. Hal itu diatur pada PP 72 Tahun 2016.

Dengan demikian, Harry menuturkan, segala hal strategis yang dilakukan oleh perusahaan anggota holding, semua tetap dalam kontrol negara sama dengan sebelum menjadi anggota holding, termasuk yang terkait hubungan dengan DPR apabila akan diprivatisasi.

"Perubahan nama dengan hilangnya 'Persero- juga tidak memberikan konsekuensi hilangnya kontrol Negara dan kewenangan pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat," ujar dia. (Yas)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Sebelumnya Pemerintah berencana membentuk beberapa induk usaha (holding) badan usaha milik negara (BUMN). Salah satu yang santer dibicarakan ialah pembentukan holding tambang.

Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada A Tony Prasetiantono mengatakan, jika tujuan pembentukan holding untuk meningkatkan efisiensi, maka hal itu dianggap kurang tepat.

"Sebetulnya untuk meningkatkan efisiensi manajemen BUMN tambang itu lebih tepat dimerger, bukan holding," kata dia di Jakarta, Senin 20 November 2017.

Namun, dia juga menuturkan, merger juga bukan berarti tanpa risiko. Pasalnya, merger berdampak pada pengurangan tenaga kerja. Lalu, dibutuhkan pula situasi yang kondusif untuk merealisasikan hal tersebut.

"Dengan merger, maka jumlah direksi dan komisaris serta karyawan bisa dikurangi, cuma kalau merger pasti ada gejolak, karena akan ada pengurangan direksi dan karyawan. Cuma merger itu butuh situasi yang kondusif dan saya lihat waktunya kurang tepat saat ini," terang dia.

Sebab itu, Tony menuturkan pembentukan holding BUMN perlu dikaji lebih lanjut. Dia bilang, lebih baik pemerintah belajar dari pengelaman sebelumnya saat membentuk holding semen dan perkebunan.

"Coba lihat, holding semen juga enggak efektif karena mereka masih bawa entitas masing masing dan membawa budaya organisasi masing-masing," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Perut Penuh Batu, Suami Siram Istri dengan Air Keras

Posted: 23 Nov 2017 09:00 PM PST

Sarapan sangat penting bagi setiap orang. Tanpa sarapan, manusia tidak akan mendapat asupan energi untuk beraktivitas memulai hari.

Selain itu, jika tidak sarapan, kondisi tubuh terutama perut juga akan terganggu. Bahkan malas atau jarang sarapan bisa berakibat sangat buruk.

Seperti yang terjadi pada Chen, seorang wanita asal China yang di perutnya ditemukan 200 batu. Dokter asal Inggris yang melakukan operasi pada Chen mengatakan bahwa hal ini terjadi karena Chen tidak pernah sarapan pagi selama bertahun-tahun.

Artikel seputar batu-batu di perut Chen itu menjadi yang paling banyak dikunjungi pembaca Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel tentang seorang istridi India yang disiram air keras oleh suaminya sendiri, berada di urutan kedua terpopuler. Diikuti artikel seputar barang-barang di rumah yang perlu rutin diganti.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Akibat Jarang Sarapan, Perut Wanita Ini Dipenuhi Batu

 

Sarapan memang sangat penting bagi setiap orang, terlebih ketika memiliki aktivitas yang dimulai sejak pagi hari. Sarapan dapat dibuat simpel, misalnya telur goreng, roti, sosis, sereal, dan lainnya. Sayangnya, kebanyakan orang sekarang ini jarang melakukan sarapan.

Selengkapnya..

Seorang perempuan dari India, baru-baru ini mengalami nasib malang. Hanya karena telah mendapat pekerjaan, suaminya dengan tega menyiram dirinya dengan cairan asam.

Zakira Ali Sheikh memutuskan untuk bekerja paruh waktu sebagai pembuat sabun, setelah suaminya, Roobab menolak bekerja sebagai penarik becak.

Kemalasan sang suami membuatnya tidak memiliki biaya untuk menghidupi kedua anaknya. Maka, dia memilih untuk mencari nafkah sendiri.

Selengkapnya..

Membersihkan rumah memang penting dilakukan agar membuat kediaman kita menjadi nyaman untuk ditinggali. Rumah yang bersih juga bisa menjaga kesehatan penghuninya.

Selain menyapu dan mengepel lantai, ternyata kita juga harus rutin mengganti barang-barang ini di rumah kita.

Berikut ini sejumlah barang-barang di rumah yang harus rutin diganti dan dibersihkan, termasuk bagian tempat tidur, kamar mandi, dan dapur.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yang Perlu Diketahui dari Guyana, Calon Lawan Timnas Indonesia

Posted: 23 Nov 2017 09:00 PM PST

Nama Guyana menjadi perhatian bagi pencinta sepak bola tanah air. Mereka akan menjadi lawan uji coba bagi Timnas Indonesia, besok (25/11/2017).

Pertandingan tersebut akan berlangsung di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat. Lalu, dari mana kah sesungguhnya Guyana berasal hingga dipilih menjadi lawan uji coba untuk Timnas Indonesia?

Untuk lokasi, Guyana terletak di pesisir utara Amerika Selatan. Menariknya, Guyana tergabung di Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, tengah, dan Karibia (Concacaf), bukan Konfederasi Amerika Selatan (Conmebol)

Seperti dilansir Wikipedia, Federasi Sepak Bola Guyana (GFF) resmi berdiri pada 1902. Di lapangan hijau, bila Timnas Indonesia dijuluki Tim Garuda, Timnas Guyana mendapat julukan Golden Jaguars. 

Mereka resmi menjadi anggota FIFA pada 1968. Laga pertama mereka terjadi pada 21 Juli 1905 melawan Trinidad dan Tobago, di mana Guyana kalah 1-4.

Federasi Sepak Bola Guyana. (Bola.com/Dok. GFF)

Selama 2017, Guyana hanya dua kali menjalani pertandingan internasional. Yang pertama kalah 0-1 dari Grenada pada 7 Oktober 2017, lalu imbang 1-1 kontra Trinidad dan Tobago pada 14 November 2017.

Dalam lawatannya ke Tanah Air, Timnas Guyana membawa 19 pemain. Ke-19 pemain tersebut mayoritas bermain di luar negeri. Hanya tujuh pemain yang bermain bagi tim lokal di Liga Guyana.

Meski bukan tergolong tim kuat di kawasan Amerika, beberapa pemain timnas Guyana tetap harus diwaspadai. Tiga di antaranya antara lain Daniel Jodah, Brandon Bereshford, dan Anthony Abrams. Guyana dilatih Wayne Dover. 

Daniel Jodah merupakan bomber klub asal Kanada, Sigma FC. Dari 15 kali main, bomber berusia 22 tahun ini mencetak 4 gol dari 15 kali main.

Selanjutnya, ada nama Brandon Bersehford. Saat ini, Bereshford bermain bagi klub asal Amerika Serikat, Rochester Rhinos. Bereshford pernah mengecap sukses bersama Michigan Bucks dengan menjuarai kejuaraan usia muda, Premier Development League pada 2014.

Terakhir ada nama Anthony Abrams. Di timnas Guyana, Abrams sudah cukup senior. Pemain yang memperkuat Fruta Conquerors di Liga Guyana ini telah berusia 38 tahun. Di timnas, Abrams telah tampil 55 kali dan mencetak 13 gol.

Prediksi Indonesia Vs Guyana (Liputan6.com/Abdillah)

Daftar Pemain Guyana:

Kiper: Akel Clarke (North East Star FC/Trinidad dan Tobago), Andrew Durant (San Juan Jabloteh FC/Trinidad dan Tobago)

Belakang: Christopher Bourne (Islington Admiral United FC/Inggris), Jake Newton (Walton & Hersham FC/Inggris), Jelani Smith (Sigma FC/Kanada), Jeremy Garett (Fruta Conquerors FC/Guyana), Cecil Jackman (Fruta Conquerors FC/Guyana)

Tengah: Dwain Jacobs (Police FC/Guyana), Brandon Beresford (Rochester Rhinos FC/Amerika Serikat), Anthony Benfield (S.V. Nishan 42/Suriname), Daniel Wilson (S.V. Nishan 42/Suriname), Trayon Bobb (Uitvulgt FC/Guyana), Curtez Kellman (Georgetown FC/Guyana), Denzil Fordyce (Milercok FC/Guyana)

Depan: Shaquille Agard (Durham United FC/Kanada), Kelsey Benjami (Caledonia/Trinidad dan Tobago), Devonte Small (Reynir FC/Islandia), Daniel Jodah (Sigma FC/Islandia), Anthony Abrams (Fruta Conquerors FC/Guyana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Liburan Asyik dengan Aplikasi Google

Posted: 23 Nov 2017 09:00 PM PST

Aplikasi penelusuran Google atau Google App kembali merilis inovasi baru untuk memberikan kemudahan menemukan informasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Melalui kampanye bertajuk #LiburanDenganGoogle, aplikasi Google menghadirkan fitur knowledge panel untuk membantu pengguna mengambil keputusan sebelum melakukan perjalanan.

Aplikasi Google kini bisa menampilkan pilihan hotel, informasi seperti foto, ulasan, lokasi dan harga secara komprehensif. Selain itu, pengguna juga bisa langsung melihat perbandingan harga dan promosi secara langsung di Google. Fitur baru ini diklaim dapat membantu pengguna mengambil keputusan sesuai dengan biaya sebelum melakukan pemesanan.

"Bulan November adalah saat dimana banyak masyarakat Indonesia mulai mencari dan merencanakan liburan akhir tahun mereka. Dengan banyaknya pilihan dan penawaran yang ada di internet, kami mendesain aplikasi Google untuk membantu Anda mengambil keputusan dengan lebih cepat dan mudah, dari urusan harga hingga pilihan lokasi," kata Search Marketing Manager Google Indonesia, Mira Sumanti.

Seiring dengan kehadiran fitur baru ini, Google memberikan lima cara mudah merencanakan liburan dengan aplikasinya.

1. Cari perbandingan harga tiket pesawat

Cari perbandingan harga tiket pesawat (Foto: Google)

Pada aplikasi Google, cukup ketik atau gunakan pencarian suara "Ok Google" dengan kata kunci, misalnya, "Tiket ke Bali". Lalu akan muncul beberapa informasi penerbangan dari fitur Google Flights berupa deretan maskapai yang bisa dipilih mulai dari harga terendah hingga termahal.

Untuk melihat informasi lebih rinci, pengguna cukup mengklik tanda panah di bagian bawah bertuliskan "Tampilkan penerbangan". Setelah itu, kalian bisa mengurutkan maskapai penerbangan berdasarkan harga, waktu dan durasi penerbangan.

2. Temukan hotel terbaik

Temukan hotel terbaik (Foto: Google)

Kalian juga bisa memanfaatkan fitur "filter" untuk mencari hotel yang diinginkan seperti yang memiliki promo, paling disukai hingga mewah. Ada banyak informasi hotel sesuai dengan preferensi seperti jumlah tamu, harga maksimal per malam, kelas hotel hingga peringkat dari pengguna.

Misalnya, saat melakukan pencarian dengan kata kunci "Hotel di Bali" di Google App, kemudian akan muncul daftar hotel di wilayah tersebut. Kalian juga bisa bisa melihat foto-foto hotel tersebut.

 

3. Temukan atraksi menarik

Temukan atraksi menarik (Foto: Google)

Cukup ketik "Atraksi di Lombok" atau "Atraksi di Surabaya" pada aplikasi Google, maka kalian akan mendapatkan beberapa rekomendasi tempat menarik terpopuler di destinasi liburan yang diinginkan. Kalian juga bisa melakukan pencarian mengenai wilayah lain seperti Bukittinggi dan Bangka Belitung.

Hasil pencarian pun dilengkapi dengan foto-foto menarik dan informasi bermanfaat lainnya.

4. Pemandu wisata

Google menjadi pemandu wisata (Foto: Google)

Aplikasi Google sekaligus bisa menjadi pemandu wisata digital yang bermanfaat. Jika kurang mengetahui destinasi wisata yang akan dikunjungi, maka kalian bisa memanfaatkan aplikasi tersebut.

Google App akan memberikan saran perjalanan yang menarik, seperti mengenai waktu kunjungan terbaik. Misalnya setelah melakukan pencarian suara atau mengetik "Atraksi di Lombok", untuk melihat rincian informasinya maka kalian harus mengklik pilihan "Tempat populer lainnya di Pulau Lombok". Lalu akan ada deretan pilihan di bagian atas yang bisa digeser, kemudian pilih "Pemandu Wisata".

5. Rencanakan biaya perjalanan

Rencanakan biaya perjalanan (Foto: Google)

Kalian juga bisa merencanakan perjalanan sesuai dengan biaya yang dimiliki. Aplikasi Google secara otomatis akan memberikan perkiraan harga perjalanan yang sesuai dengan isi kantong.

Dalam aplikasi Google, cukup gunakan pencarian suara atau ketik, misalnya, "Atraksi di Lombok". Kemudian pilih "Tempat populer lainnya di Pulau Lombok", lalu akan ada deretan pilihan di bagian atas yang bisa digeser dan pilih "Rencanakan Perjalanan".

Kalian dapat menyesuaikan opsi seperti tanggal keberangkatan, lamanya waktu menginap, rincian lain seperti kelas hotel dan informasi transit yang dapat diubah sesuai dengan kebutuhan liburan.

Lima tips sederhana ini bisa menjadi pertimbangan kalian yang ingin merencanakan liburan. Namun untuk melakukannya, kalian harus terlebih dahulu memiliki aplikasi Google atau Google App yang bisa diunduh di Play Store. Selamat mencoba!

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengaji Bersama Fatih Saferagic, Irwansyah Grogi

Posted: 23 Nov 2017 09:00 PM PST

Pekan lalu, hafiz asal Amerika Serikat, Fatih Saferagic, menggelar tur di Indonesia yang bertajuk "Heaven on Earth". Beberapa artis Tanah Air berkesempatan bertatap muka dan bercengkrama langsung dengan hafiz muda ini. Salah satunya Syahrini.

Selain Syahrini, Irwansyah juga berhasil mendapatkan kesempatan emas itu. Fatih Saferagic singgah ke Medan, Sumatera Utara dan mengunjungi toko kue milik suami Zaskia Sungkar tersebut. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, Irwansyah pun mengaji bersama sang hafiz.

"Ya Allah! Make the Quran a companion of our hearts, make it the light in our hearts, and make its absence cause us sadness. Ameen!" tulis Fatih Saferagic di Instagramnya, Kamis (23/11/2017).

Bila diterjemahkan berarti, "Ya Allah! Jadikan Quran sebagai pendamping hati kita, jadikan itu cahaya di dalam hati kita, dan buatlah ketidakhadirannya menyebabkan kita sedih. Amin."

 

Irwansyah [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]

Dalam keterangan itu Fatih Saferagic menyertakan video singkat saat dirinya dan Irwansyah membacakan surat Asy Syams, secara menyambung ayat. Melantunkan ayat suci Alquran bersama hafiz ternama rupanya sempat membuat Irwansyah grogi.

"Alhamdulillah bisa ngaji bareng sm @therealfatih , nervous sih tp insyaAllah mudah2an bs menginspirasi buat temen2 semua," tulis Irwansyah di Instagram.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahaya Besar Kalau Anda Sembarangan Pakai Obat

Posted: 23 Nov 2017 09:00 PM PST

 

Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta terapkan 5 strategi cerdas menggunakan obat untuk masyarakat. Kelima strategi itu, yakni Regulasi dan Advokasi, Edukasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Komunikasi dan Publikasi, serta Optimalisasi Peran Tenaga Kesehatan.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Hardiyah Juliani mengatakan strategi melalui regulasi tertuang dalam SK Menteri Kesehatan tentang Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat). Regulasi ini menjadi acuan nasional untuk memberikan pemahaman terkait penggunaan obat yang bijak.

"Masyarakat paham menggunakan obat artinya masyarakat dapat menggunakan obat secara rasional sesuai resep dokter," kata Hardiyah pada Temu Blogger terkait Cermat Menggunakan Obat di Yogyakarta, Selasa, (21/11).

Selain itu, pemerintah daerah telah melakukan edukasi mengenai penggunaan obat dengan rasional di beberapa daerah di Yogyakarta, serta optimalisasi peran tenaga kesehatan dalam hal ini apoteker.

Selain memberikan obat, apoteker berkewajiban memberikan pengetahuan tentang obat yang akan diberikan kepada masyarakat, tentang dosis dan cara penggunaan. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat paham menggunakan obat.

 

Selain apoteker, masyarakat pun dituntut paham mengenai obat yang akan dikonsumsi dan patuh pada aturan penggunaan.

"Pentingnya strategi ini diterapkan mengingat tingkat masalah kesehatan di Yogyakarta masih jauh dari angka nasional," kata Hardiyah.

Berdasarkan data Pembangunan Kesehatan Yogyakarta menurut Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) 2013, misalnya hipertensi mencapai 24,44% dari angka nasional yakni 24,33%, gangguan mental 8,14% sementara angka nasional 5,98%.

Salah satu penyebabnya, tambah Hardiyah, adalah kurangnya pengetahuan tentang penggunaan obat dan tanpa resep dokter, kepatuhan pasien terhadap dosis penggunaan dinilai rendah. Penggunaan obat tanpa pengetahuan dapat menyebabkan masalah kesehatan, salah satunya resistensi yang apabila penggunaannya tidak sesuai resep dokter.

Karenanya, melalui strategi itu diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam menggunakan obat rasional serta mengubah perilaku masyarakat dalam menggunakan obat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Unik, Salon untuk Permak Hewan Peliharaan

Posted: 23 Nov 2017 09:00 PM PST

Sebuah salon hewan di Rusia bisa mengubah tampilan hewan peliharaan. Misalnya seekor anjing yang diubah tampilannya seperti seekor lebah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepatu High Heels Canggih yang Bisa Berubah Menjadi Sepatu Flat

Posted: 23 Nov 2017 09:00 PM PST

Sepatu hak tinggi memang mampu mempercantik penampilan. Namun pemakaian sepatu high heels dalam jangka waktu lama akan membuat kaki merasa pegal. Anda mungkin pernah mengalami kondisi di mana kaki tak nyaman karena mengenakan sepatu hak tinggi terlalu lama dan ingin segera menggantinya dengan sepatu datar tanpa hak.

Aspirasi Anda sudah terwujud. Perusahaan start-up pembuat sepatu Runway Heels menciptakan inovasi alas kaki yang bisa berubah dari high heels menjadi flat shoes dan sebaliknya.

Anda cukup menekan satu tombol di sepatu tersebut dan "keajaiban" pun terjadi. Melansir halaman New York Post pada Jumat (24/11/17), Runway Heels mencipatakan sepatu tersebut melalui kerjasama dengan insinyur dari Silicon Valley.

 

"Sebagai seorang yang sering bepergian, ibu sekaligus pekerja, saya melihat kebutuhan untuk memiliki sepatu yang versatile," ucap Melody Avecilla, pendiri dari Runway Heels. Pebisnis ada Los Angeles, Amerika, ini mengatakan bahwa ide untuk membuat sepatu canggih tersebut datang saat dirinya sedang hamil. Saat itu, kakinya kerap merasakan sakit sehabis pulang kerja karena memakai sepatu berhak.

 

Sepatu dari Runway Heels tersebut dipasarkan dengan harga 249 dollar Amerika atau sekitar 3,3 juta rupiah. Perusahaan-perusahaan lain pun telah meluncurkan sepatu serupa. Namun perubahan dari high heels ke flat shoes atau sebaliknya tidak dilengkapi teknologi canggih. Salah satunya adalah Camileon Heels yang dijual seharga 300 dollar Amerika atau setara 4 juta rupiah. Untuk mengubah flat shoes menjadi high heels, Anda perlu menarik hak secara manual, begitupun sebaliknya.

Sementara itu, brand asal Paris Tanya Heath menjual sepatu convertible dengan harga 300 dollar Amerika, yang haknya bisa dibongkar-pasang. Setelah hak dilepas, maka Anda pun wajib membawanya ke mana pun apabila nantinya ingin mengubah sepatu tersebut jadi high heels.

Bio In God Bless

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pacar Digandeng Orang, Jali Malah Dikeroyok Hingga Perut Robek

Posted: 23 Nov 2017 08:57 PM PST

Seorang pemuda 23 tahun bernama Jali dikeroyok sejumlah orang hingga mengalami luka bacok di perut, lengan kiri, dan bahu kanan.

Penganiayaan terjadi di Jalan Tenlis I, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis 23 November 2017 malam.

Kanit Reskrim Polsek Metro Tanah Abang Kompol Mustakim mengatakan, peristiwa bermula saat korban mendapati pacarnya jalan dengan orang lain bernama Luthfi alias Cibe (22). Korban yang terbakar cemburu lantas menghampiri rumah Cibe.

"Korban mendatangi seorang pelaku bernama Cibe di rumahnya sambil teriak-teriak karena cemburu cewek korban diajak jalan pelaku," ujar Mustakim, Jumat (24/11/2017).

Tak terima dengan sikap korban, Cibe lantas memanggil rekan-rekannya dan mengeroyok korban.

Cibe kalap dan membacok korban beberapa kali hingga tersungkur tak berdaya.

"Korban mengalami luka robek di perut sebelah kiri hingga usus keluar, luka bacok lengan kiri, dan luka bacok bahu belakang kanan," kata dia.

 

Kakak korban bernama Saroh (29), yang mendengar adanya kericuhan, berusaha menolong adiknya. Saat mengevakuasi adiknya, Saroh sempat dipukul dan didorong pelaku hingga mengalami patah tulang pada kaki kirinya.

"Korban Jali dibawa ke RSAL Mintohardjo untuk mendapatkan perawatan," ucap Mustakim.

Saat ini, Cibe bersama lima rekannya yakni Gustam, Adi, Teduh, Fikri, dan Doni telah diringkus polisi.

Mereka dijerat Pasal 170 KUHP tentang Pengeroyokan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpar Tinjau Progress Bandara Silangit Tapanuli Utara

Posted: 23 Nov 2017 08:52 PM PST

Menteri Pariwisata Arief Yahya kembali melakukan peninjauan ke Bandar Udara Silangit, Siborong-Borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Kamis (23/11), Menpar meninjau progress perkembangan pembangunan fisik bandara yang akan menjadi pintu masuk utama wisatawan ke destinasi kelas dunia, Danau Toba ini.Semua bangunan dicek. Termasuk bangunan terminal internasional yang diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat (24/11).
 
Terbang menggunakan maskapai Citilink, Menpar tiba di Bandara Silangit pukul 12.50 waktu setempat dari Jakarta. Didampingi Kepala Bandara Internasional Silangit Hotasi Manalu, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarhanor dan anggota Badan Otorita Danau Toba, tanpa menyia-nyiakan waktu Menpar langsung berkeliling meninjau bangunan bandara. 
 
Menpar menyambangi bagian dalam dan luar bandara. Melihat amenitas fisik penerimaan calon wisatawan/penumpang pesawat serta restoran atau kafe yang mulai beroperasi. 
 
Menpar secara detail melihat bagian per bagian. Terutama bangunan utama yang menjadi view utama setiap wisatawan atau penumpang yang datang baru saja mendarat di Bandara Silangit. Menpar pun cukup puas dengan progress pembangunan yang ada. Terutama dengan hadirnya kafe-kafe di lingkungan bandara. 
 
"Tumbuhnya amenitas seperti ini menandakan menggeliatnya pariwisata, dampak dari peningkatan aksesibilitas udara," ujar Menpar Arief Yahya. 
 
Menpar mengatakan, sejak diresmikan menjadi bandara internasional pada 8 September 2017, bandara Silangit memang terus berbenah. Angkasa Pura II dan AirNav Indonesia telah melakukan berbagai pembenahan. Mulai dari pembangunan fisik bandara serta infrastruktur penunjang lainnya. 
 
"Di akhir tahun 2017 runway Bandara Internasional Silangit juga akan memiliki lebar 45 meter. Sehingga dapat mengakomodasi pesawat narrow body sekelas Airbus A320 dan Boeing 737-800," ujar Arief Yahya. 
 
Menpar mengatakan, kesiapan bandara Silangit akan memberikan manfaat penting dalam pengembangan pariwisata Danau Toba. Arus wisatawan akan semakin besar ke depannya. Sehingga amenitas harus dapat dipenuhi secara maksimal.
 
"Dengan peresmian terminal internasional oleh Bapak Presiden Jokowi besok, tentunya akan menambah daya tarik untuk Danau Toba. Arus wisatawan akan semakin mudah. Masyarakat juga akan langsung menerima manfaatnya," ujar Menpar.
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toyota Rush Sudah Tidak Berkonde, Rasa SUV-nya Hilang?

Posted: 23 Nov 2017 08:52 PM PST

Model terbaru dari low sport utility vehicle (LSUV) PT Toyota Astra Motor (TAM), all new Toyota Rush resmi hadir di Indonesia. Model ini datang dengan berbagai ubahan yang cukup radikal, mulai dari eksterior, interior, mesin, dan berbagai fitur keselamatan.

Selain itu, Toyota Rush anyar ini juga sudah tidak menggunakan konde (ban cadangan di pintu belakang). Padahal, selama ini konde sudah menjadi ciri khas Toyota Rush, dan memperjelas karakternya sebagai sebuah SUV.

Dijelaskan Eiji Fujibayashi, Chief Engineer Toyota Rush, tidak adanya ban cadangan di belakang, merupakan hasil dari pengembangan, melihat tren desain yang berkembang, dan juga utilitas konsumen saat ini.

"Dengan melihat dua hal tersebut, kami simpulkan tidak lagi menaruh ban di belakang, dan memindahkan ke bawah bumper belakang," jelas Fujibayashi, di sela-sela peluncuran all new Toyota Rush The Westin Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan.

Lanjut Eiji, dengan tidak adanya ban cadangan di belakang, dimensi Toyota Rush anyar ini justru bisa bertambah 230 mm dari model lawas, dan menjadi 4.435 mm.

"Dengan pindahnya ban serep ke bawah, panjangnya bertambah sekitar 15 mm (bodi belakang), jadi dimensi panjangnya (keseluruhan) lebih sekitar 230 mm," pungkas Eiji.

All new Toyota Rush (Arief A/Liputan6.com)

All New Toyota Rush yang berubah total dari pendahulunya resmi bertarung di segmen low sport utility vehicle (LSUV) Tanah Air. Model ini akan menjadi senjata baru PT Toyota Astra Motor (TAM), untuk bersaing dengan Honda BR-V, serta bisa menjadi model penghadang Mitsubishi Xpander.

Dijelaskan Eiji Fujibayashi, Chief Engineer all new Rush, tidak ada kesan Toyota Rush model lawas di model baru ini. "Tidak ada, karena semua totally baru," jelasnya di sela-sela peluncuran All New Toyota Rush di The Westin Jakarta, Kamis (23/11/2017).

All new Toyota Rush hadir dengan eksterior yang didesain lebih high-end, kualitas interior lebih baik, mesin dan teknologi baru, serta fitur keselamatan yang lebih lengkap.

Untuk interiornya, dengan konsep true 7-seater SUV dengan tujuh sabuk pengaman tiga titik, 7-head rest, dan jarak bangku baris ke dua dan ketiga mencapai 700 mm.

Khusus tipe TRD Sportivo, bagian panel depan dilapisi material lembut, dashboard yang lebih mewah, dan semua tipe dilengkapi AC double blower. Untuk tipe G dan TRD Sportivo dilengkapi pengaturan audio di roda kemudi, dan pengaturan telepon untuk tipe TRD Sportivo.

Pengaturan AC menggunakan layar digital, dimana tipe TRD memiliki fungsi otomatis dan tipe G memiliki sistem memori yang dapat menyimpan 2 pengaturan.

Fitur entertainment, all new Rush tipe TRD Sportivo dilengkapi DVD AVX 7 inci dengan internet, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, Miracast, Weblink, Support Multitasking dan Smart Phone Remote App.

Sedangkan untuk all new Toyota Rush tipe G, fitur entertainment dilengkapi DVD AVX 7 inci, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, HDMI, dan Miracast. Kemewahan ini didukung surround audio system dengan 8-speaker untuk tipe TRD Sportivo dan 6-speaker untuk tipe G.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Melahirkan, Ryana Dea Malah Terserang Penyakit

Posted: 23 Nov 2017 08:50 PM PST

Hingga kini, Ryana Dea masih harap-harap cemas lantaran bayi yang dikandungnya belum juga mau keluar dari perutnya. Secara mendadak, tubuhnya pun terserang penyakit.

 Sedang hamil, Ryana Dea terserang flu  (Foto: Instagram/@ryana_dea)

Ryana Dea pun langsung berkonsultasi pada seorang dokter yang menangani kehamilannya. Untungnya, penyakit yang diderita pemain FTV ini tergolong ringan.

Pembicaraan Ryana Dea pun diunggah di Instagram Story, Kamis (23/11/2017). Dengan memberikan emotikon sedih, istri Puadin Redi ini pun menceritakan keresahannya.

"Mendekati lahiran mendadak batuk pilek. Panic attack?!" tulisnya sebagai keterangan gambar.

 

 

Sejak hamil besar, Ryana Dea tak aktif lagi dengan pekerjaannya sebagai bintang sinetron. Ia memilih berkonsentrasi pada kehamilan pertamanya.

Dalam akun instagram, pesinetron Ryana Dea dan presenter Puadin Redi sepertinya sudah tidak sabar lagi untuk menimang anak. Kini, usia kandungan Ryana telah memasuki usia sembilan bulan. (Instagram/ryana_dea)

Lantaran si buah hati tak kunjung keluar, Ryana Dea pun mulai kangen syuting. Ia mengungkapkan perasaannya di akun Instagramnya, Jumat (24/11/2017).

"Kangen syuting," tulisnya yang disukai lebih dari 13 ribu peselancar Instagram.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga: Tanah Abang Bersih Walau Katanya Semrawut

Posted: 23 Nov 2017 08:50 PM PST

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan, saat ini kawasan Tanah Abang sudah tak semrawut seperti sebelumnya. Hal ini dia katakan setelah berkeliling melihat kondisi Tanah Abang dengan sepeda.

"Sudah keliling naik sepeda sama komite Indonesia dan tadi sempat setop di Tanah Abang. Alhamdulillah tadi lumayan tapi, bersih, walaupun katanya semrawut, tadi terlihat bersih," ucap Sandiaga di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (24/11/2017).

Menurut Sandiaga, hasil pantauannya tersebut akan dilaporkan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sebab, kata dia, pemberitaan di media kawasan Tanah Abang itu tampak semrawut.

"Apa karena saya mau datang disiapin dulu, saya enggak ngerti," ujar dia.

Sandiaga menjelaskan, saat kedatangan tadi, trotoar di kawasan Tanah Abang tampak bersih. Masyarakat pengguna kereta listrik (KRL) Commuter Line juga terarah saat keluar dari stasiun.

"Sudah enggak melebar ke jalan lagi, tadi sudah tiga perhentian karena ada headway-nya sekitar 3 menit saya lihat susah mulai diatur oleh PT KAI," jelas Sandiaga.

Sandiaga Uno menginginkan Tanah Abang, Jakarta Pusat, menjadi seperti pusat perbelanjaan di Istanbul, Turki. Nantinya, Tanah Abang dapat bersaing dengan pusat perdagangan di kota-kota besar di dunia.

"Skalanya nanti seperti Grand Bazaar Istanbul, seperti pusat-pusat yang ada di kota besar dunia lainnya," ucap Sandiaga di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu 15 November 2017.

Sandiaga menjelaskan, untuk mencapai hal itu pihaknya akan menerapkan konsep transit oriented development (TOD), yakni kawasan itu akan terintegrasi dengan transportasi publik lainnya di Ibu Kota.

"Kuncinya bagaimana kita menghadirkan integrasi transportasi maupun kegiatan sosial ekonomi," ujar dia.

Tak hanya itu, Sandiaga juga menginginkan pusat perbelanjaan terbesar di Asia Tenggara itu kembali menjadi sejarah dalam perekonomian atau perdagangan.

"Kita mendorong agar Tanah Abang kembali sebagai sejarah, pusat ekonomi, commerce terbesar," jelas dia.

Pada Grand Bazaar di Istanbul terdapat sekitar 5 ribu toko dengan luas 1 hektare dan dapat menampung sekitar 400 ribu pengunjung setiap harinya.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Program AADC, PLN Percepat Sambungan Listrik

Posted: 23 Nov 2017 08:47 PM PST

PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) meningkatkan pelayanan dalam penyambungan dan penambahan daya baru, melalui program Aggressive Action of Demand Completion‎ (AADC).

General Manager PLN Disjaya, M. Ikhsan Asaad, mengatakan, ‎PLN Disjaya menyambut permintaan pasang baru dan tambah daya listrik, dengan memberikan pelayanan cepat dalam menanggapi permintaan masyarakat tersebut melalui program AADC.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada pelanggan selama sehari, khususnya untuk pelanggan yang berada di wilayah kerja PLN Disjaya," kata Ikhsan, di Kantor PLN Disjaya, Jakarta, Jumat (24/11/2017).

AADC dilakukan serentak di 16 area pelayanan kerja Disjaya yaitu DKI Jakarta dan sekitarnya. Dalam menjalankan program tersebut, PLN Disjaya menerjunkan pasukan agar melakukan aksi cepat untuk melayani tingginya permintaan konsumen.

Berdasarkan catatannya, ada sekitar 2000 permintaan penambahan daya dan penyambungan baru pada November ini, setelah AADC di remsikan permintaan tersebut dapat dituntaskan dalam dua hari terhitung mulai Jumat 24 November 2017 hingga Sabtu 25 November 2017.

Dia menuturkan, program ini adalah salah satu upaya PLN Disjaya untuk mendukung terwujudnya program Jakarta kian benderang pada akhir 2017. Program AADC berlaku untuk seluruh sambungan pelanggan, yaitu rumah tangga, bisnis dan industri.

"Tujuannya adalah agar pelanggan dapat menikmati kebutuhan pasokan listrik menjelang pergantian tahun," tutur ‎Ikhsan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Sebelumnya PT PLN (Persero) siap berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi‎ melalui pemenuhan pasokan listrik. Pasalnya, dengan pasokan listrik yang memadai, dapat mendatangkan investasi baru.

‎Direktur Regional Jawa Bagian Barat PLN, Haryanto WS mengatakan, saat ini kondisi pasokan listrik cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Bahkan cadangan listrik di wilayah Jawa Bali berlebih. Saat ini daya mampu pasokan jaringan Jawa Bali mencapai 30 ribu Mega Watt (MW), dengan cadangan mencapai 8 ribu MW.

"Untuk Jawa Bali sekarang 31 persen, cadangannya dari 30 ribu MW, jadi hampir 7.000 sampai 8.000 MW," kata Haryanto, di Jakarta, Selasa 21 November 2017.

Menurut dia, dengan cadangan pasokan lis‎trik sebesar 31 persen, PLN akan berkontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi. Cadangan tersebut dapat memenuhi investasi baru, baik industri, bisnis maupun perumahan.

"Harapannya bahwa PLN berkontribusi di dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, dengan menyediakan listrik untuk kebutuhan industri bisnis dan perumahan," tutur Haryanto.

Dia mengungkapkan, pasokan listrik akan semakin bertambah ke depannya, seiring dengan beroperasinya pembangkit yang masuk dalam program 35 ribu MW.

Pada tahun depan, PLN akan mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLMG) Muara Karang berkapasitas 500 MW dan Tan‎jung Priok 1.000 MW,

"Tahun depan Muara Karang 500 MW, Priok 1000 MW.‎ Dengan program 35 ribu MW saat ini kondisi nasional sudah cukup dayanya, apalagi ada program 35 ribu MW bisa membantu pengusaha di Indonesia," tutup Haryanto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Ingin Pensiun, El Loco Siap Dampingi Timnas Indonesia U-19

Posted: 23 Nov 2017 08:45 PM PST

Status Cristian 'El Loco' Gonzales hingga kini masih sebagai pemain aktif. Meski begitu, El Loco tak akan menolak jika benar ada tawaran PSSI untuk menukangi Timnas Indonesia U-19.

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi sebelumnya menyebut Bima Sakti dan El Loco akan menjadi duet pelatih Timnas Indonesia U-19. Keduanya mengisi posisi yang ditinggalkan Indra Sjafri.

Meski belum resmi karena hanya sekadar ucapan, El Loco tetap senang menyambut kabar tersebut.

"Saya belum bisa jawab apa-apa karena dari PSSI juga belum memberitahu. Yang pasti ia masih ingin bermain. Tapi juga siap membantu Timnas Indonesia agar bisa lebih baik. Poinnya seperti itu," kata istri Gonzales, Eva, saat dihubungi.

Saat ini El Loco masih terikat kontrak dengan Arema FC. Namun, masa depan pemain berusia 41 tahun itu belum pasti. Pasalnya, ikatan kerjanya hanya berlaku hingga Februari 2018.

El Loco adalah pemain yang sangat berpengalaman dan mengenal sepak bola Indonesia. Sudah banyak klub yang menikmati servis terbaiknya.

Cristian Gonzales (kanan) saat membela Timnas Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Petualangannya di Indonesia dimulai bersama PSM Makassar pada 2003. Setelah itu, ia sempat memperkuat Persik Kediri, Persib Bandung, Persisam Putra Samarinda, dan Arema pada 2013. Tercatat, sejak 2010, ia juga sudah 28 kali membela timnas Indonesia dan mengemas 12 gol.

"Yang penting kita lihat saja, kita tunggu, kalau benar, PSSI pasti menghubungi. Saya juga ikut senang. Gonzales masih onfire, tapi juga siap 1.000 persen untuk membantu Indonesia. Ia ingin mengharumkan nama bangsa seperti saat 2010 (Piala AFF)," tutur Eva.

Eva juga menuturkan terkait situasi El Loco bersama Arema. "Sekarang kami belum bisa ngomong apa-apa. Ofisial sedang ada sedikit masalah. Jadi kami biarkan mereka fokus pada masalahnya. Kami santai-santai saja soal itu," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Libas Jalanan Selama 14 Tahun, Toyota Jadi Idaman Indonesia

Posted: 23 Nov 2017 08:43 PM PST

Mendapat julukan mobil sejuta umat memang cocok untuk mobil keluarga Toyota Avanza. Sejak pertama kali Avanza diperkenalkan di 2003, mobil tersebut selalu menjadi yang terlaris di Indonesia. Selain itu, keluarlah besutan lainnya, yaitu Toyota Veloz.

Toyota Avanza dan Veloz menjadi pilihan karena di desain sesuai dengan karakteristik geografis di Indonesia, serta mampu menampung banyak penumpang.

Mobil tersebut memiliki berbagai keunggulan, seperti menampung kapasitas tujuh penumpang memiliki bagasi memadai, mesin mumpuni, fitur keselamatan yang lengkap, serta sistem gerak roda belakang yang kuat menampung beban berat.

Dengan usianya yang memasuki tahun ke-14 dan telah menemani aktivitas lebih dari 1,6 juta masyarakat Indonesia.

Salah satu keunggulan yang dimiliki ialah pada bagian bangku penumpang. Kini semua grade mobil Avanza dan Veloz telah dilengkapi dengan 3-point seatbelt dan headrest untuk ke tujuh penumpang.

Secara ringkas, Toyota Avanza dan Veloz mampu memuat tujuh penumpang dan tetap membuat penumpangnya nyaman selama perjalanan berkat ground clearance tinggi yang mampu melibas berbagai jenis jalan.

Semua kebutuhan masyarakat Indonesia dibantu dengan mobil yang ringkas, tangguh dan mampu menyesuaikan beragam kondisi jalanan ada dalam satu paket bernama Toyota Avanza dan Veloz.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wonderful Indonesia Packages Sihir Melbourne Australia

Posted: 23 Nov 2017 08:41 PM PST

Terobosan baru terus dilakukan Kementerian Pariwisata untuk menarik wisatawan mancanegara datang ke Indonesia. Kementerian yang dipimpin oleh Arief Yahya ini sukses menyihir Melbourne, Australia dengan paket wisata bertajuk Wonderful Indonesia Packages 2017.
 
Bertempat di Westfield Southland Melbourne, paket wisata yang disodorkan Kemenpar laris manis diserbu calon wisatawan mancanegara (Wisman) dari Australia. 
 
"Respon pasar sangat bagus, karena harga sangat murah dan ini akan terus menjadi perhatian pengunjung Mall dan masyarakat Melbourne. Bayangkan saja, hanya dengan  $ 1.189 dolar, sudah bisa ke Bali dan menginap selama 7 malam di Bali. Ini cara sangat efektif sekali, kita tawarkan 6 harga dengan destinasi yang berbeda-beda," ujar Emil Hadi Ridwan, Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Kemenpar. 
 
Promosi bekerjasama dengan salah satu tour travel raksasa di Australia Helloworld itu digelar dari tanggal 20 November hingga 3 Desember 2017, mendatang. Rinciannya, kegiatan promosi dan penjualan terintegrasi berlangsung antara tanggal 20 November hingga 3 Desember 2017 dengan kegiatan aktivasinya berlangsung antara tanggal 20 hingga 26 November mendatang.
 
Menyempatkan hadir di acara tersebut perwakilan Kemenpar Priyantono Rudito (Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Manajemen Strategis), Micky Irfandi (General Manager Garuda Indonesia Melbourne), dan Konjen Indonesia di Melbourne Dewi Safitri Wahab) serta Banga Malenia (Vice Consul Economy) di Westfield Southland Melbourne, Kamis, 23 November 2017.
 
Priyanto menambahkan, munculnya paket wisata yang murah meriah dan ditawarkan ke masyarakat Melbourne adalah bagian dari strategi Kemenpar berkoordinasi dengan Garuda Indonesia dan semua industri yang ada di Indonesia.
 
"Kami bersyukur akhirnya kami hadir langsung di pusat dan jantung originasi dan pasar utama pariwisata Indonesia. Karena Australia merupakan 10 persen berkontribusi dalam pencapaian target Wisman di tanah air kita. Nah ini sesuai dengan arahan pak Menteri Pariwisata Arief Yahya, kita integrasikan paket wisata yang dibuat dengan Helloworld melalui booth, offline dan dilayani langsung maupun online," beber pria yang biasa disapa Pak Pri itu.
 
Menurut Pri, ini merupakan implementasi dari strategic marketing yang diarahkan oleh Menpar Arief Yahya dimana membuat penawaran yang costumer tidak bisa menolaknya. 
 
"Resepnya adalah dengan pendekatan utilisasi atau pemanfaatan idle capacity, jadi kita tahu untuk membuat over capacity diperlukan penawaran-penawaran yang menarik terkait dengan akses, amenitas dan atraksi. Akses kami bersyukur sudah bekerjasama dengan Garuda Indonesia, amenitas kita sudah berkoordinasi dengan Hotel-hotel di Bali dan Lombok serta atraksi juga sudah disiapkan di Bali dan Lombok," kata pria berkacamata itu.
 
Jadi setelah muncul idle capacity, maka kita bersinergi ketiganya dan bisa ditawarkan kepada wisatawan di Melbourne Australia ini. "Makanya muncullah paket-paket  yang bisa menarik minat wisatawan originasi unggulan di Australia ini. Kita lakukan ini di bulan November agar mereka di bulan Desember berbondong-bondong ke tanah air," kata Pri. 
 
General Manager Garuda Indonesia Melbourne Micky Irfandi juga sangat sumringah dengan action yang dilakukan Kemenpar ini. Karena dengan paket tersebut, maka permintaan wisatawan akan semakin tinggi dan meningkat dari Melbourne ke Bali dan Lombok. "Bahkan saya sangat mengharapkan paket-paket ini terus berkesinambungan dari tahun ke tahun dan kami siap mendukung,"kata Micky.
 
Menteri Pariwisata Arief Yahya memang sangat konsentrasi dengan pasar Australia. Kata Arief, kegiatan Integrated Promotion sekaligus kerjasama  inkind dengan Helloworld salah satu travel agent perjalanan terbesar Australia ini sebuah solusi briliant.
 
"Target penjualan harus terealisasi dengan baik. Acara itu harus dapat meningkatkan penjualan paket-paket wisata ke destinasi di Indonesia. Mantan Dirut Telkom itu menjelaskan, jumlah wisman Australia ke Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan. Dalam kurun waktu satu tahun, dari  2015 ke 2016 mengalami peningkatan sebesar 14 persen. Karena itu, perlu upaya untuk meningkatkan kerja sama dengan travel agent besar (wholesaler) serta airlines melalui joint promotion dan insentif untuk membuka rute penerbangan selain Bali dan Jakarta, demi memperluas akses wisman Australia ke destinasi di Indonesia selain Bali.
 
"Creating 10 New Bali menjadi program pemerintah untuk mengembangkan destinasi wisata di luar Bali. Para investor dan pebisnis Australia dapat berinvestasi di sektor pariwista bekerja sama dengan Indonesian counterparts, seiring kemudahan berinvestasi di Indonesia," ujar Menpar Arief Yahya.
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

‎Ini Penyebab Zaskia Sungkar Jalani Operasi Saluran Kandungan

Posted: 23 Nov 2017 08:40 PM PST

Zaskia Sungkar baru saja menjalani operasi di Malaysia. Istri Irwansyah itu melakukan operasi di bagian saluran kandungan. 

Dari hasil pemeriksaan medis, diketahui terjadi penyumbatan lemak di saluran kandungan Zaskia Sungkar.

"Dia operasi kandungan. Ada sedikit kerawat atau lemak di saluran kandungannya," kata ibunda Zaskia Sungkar, Fanny Bauty, saat dihubungi, Jumat (24/11/2017).

 

Selama beberapa jam terbaring di meja operasi, dokter berhasil mengangkat lemak tersebut. Kini Zaskia Sungkar tengah menjalani pemulihan kesehatannya.

"Sudah selesai kok operasinya. Alhamdulillah berjalan lancar," tutur mantan istri Mark Sungkar ini.

Selepas operasi pengangkatan lemak di saluran kandungan, Zaskia Sungkar mendapat angin segar. Kabarnya, ia sudah dapat menjalankan program kehamilan dalam waktu dekat.‎

"Insyaallah ke depannya bisa program punya anak. Doakan saja ya," ucap Fanny Bauty. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyandang Tuna Rungu Raih Juara Tinju Asia

Posted: 23 Nov 2017 08:38 PM PST

Melatih tinju adalah keseharian Zulfren Saragih. Penyandang tuna rungu ini adalah pelatih tinju asal Tangerang yang kini melatih di Sasana Dirgantara Boxing Camp, Markas Besar TNI Angkatan Udara Cilangkap, Jakarta Timur. Sebanyak 20 atlet tinju berlatih setiap harinya mulai pukul 6.00 hingga 12.00 WIB.

Sejak 2000, Zulfren berprofesi sebagai pelatih tinju amatir dan profesional. Zulfren Saragih telah mencetak puluhan juara nasional tinju dan juara Asia.

Bagimana kisahnya? Saksikan Liputan6 Siang SCTV, Jumat (24/11/2017), pukul 12.00 WIB di https://www.vidio.com/live/204-sctv-tv-stream 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan PKB Usung Marwan Jafar di Pilgub Jateng 2018

Posted: 23 Nov 2017 08:37 PM PST

Wakil Ketua DPW PKB Jawa Tengah Muh Zen Adv menyatakan, partainya punya alasan kuat saat memutuskan mengusung Marwan Jafar sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Tengah 2018.

Mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia itu, dinilai punya prestasi nasional. Hal itu, kata Zen, bisa dijadikan modal kuat untuk bersaing dengan calon lain di Jateng.

"Marwan Jafar merupakan kader terbaik dari Jawa Tengah. Kami akan tetap mengusungnya menjadi calon gubernur. Beliau punya prestasi dan pengalaman, baik di legislatif maupun eksekutif," kata Muh Zen, Jakarta, Jumat (24/111/2017).

Zen menyatakan, pihaknya akan berjuang keras untuk menjadikan Marwan Jafar sebagai cagub Jateng. Keyakinan itu didasari dengan komposisi kursi PKB yang cukup besar, yakni 13 kursi.

"Kami tentunya sangat menginginkan kader asli terbaik maju bertarung di Pilgub Jateng," ujarnya.

Zen mengatakan, pihaknya terus membangun komunikasi politik dengan partai lain guna meracik skema terbaik di Pilgub Jateng.

"Komunikasi politik untuk membangun koalisi terus dilakukan. Kami masih terus mencari format yang pas untuk Pilgub Jateng," jelasnya.

Selain membangun komunikasi politik secara intensif lintas partai, Zen mengatakan, pihaknya secara internal terus melakukan konsolidasi. Termasuk, kata dia, tim di internal PKB terus melakukan survei sebagai acuan untuk mencari pasangan yang tepat bagi Marwan Jafar.

"Tim survei juga terus bekerja untuk mencari figur yang pas untuk menjadi pendamping Marwan Jafar. Sampai hari ini kita terus bekerja dan membangun komunikasi intensif untuk mengusung Marwan Jafar di Pilgub Jateng," ujarnya.

Sejauh ini sejumlah nama telah menghiasi daftar kontestasi Pilgub Jateng 2018. Selain Marwan, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan  mantan Menteri ESDM Sudirman Said disebut sebagai calon yang akan meramaikan Pilkada Jateng 2018.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Partai Dukung Deddy Mizwar-Syaikhu di Pilgub Jabar 2018

Posted: 23 Nov 2017 08:37 PM PST

Tiga partai sepakat mengusung Deddy Mizwar dan Achmad Syaikhu sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Jabar 2018.

Ketiga partai tersebut yaitu Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua Pengurus Harian DPP PAN Bima Arya Sugiarto membenarkan, partainya mengusung Deddy Mizwar dan Achmad Syaikhu sebagai bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilgub Jabar 2018.

Bahkan, Surat Keputusan (SK) pengusungan Demiz, sapaan Deddy Mizwar dan Syaikhu sudah ditandatangani pengurus DPW PAN Jabar. 

Surat rekomendasi untuk Deddy Mizwar-Achmad Syaikhu

 

"Ya (SK sudah keluar dari DPW PAN Jabar)," kata Bima Arya, Jumat (24/11/2017).

Sebelum SK tersebut dikeluarkan DPD PAN, kata Bima, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, sebelumnya sudah mengumumkan terlebih dulu mengusung Deddy Mizwar.

"PAN ke Demiz sudah diumumkan Ketum sejak bulan lalu," ujar Bima.

Sementara itu, Asep Wahyuwijaya, kader Partai Demokrat yang juga anggota DPRD Provinsi Jabar mengatakan, SK pengusungan Deddy Mizwar-Syaikhu sebagai calon gubernur dan wakil gubernur telah ditandatangani masing-masing ketiga pimpinan partai di tingkat Jabar pada Kamis, 23 November 2017.

"Ketiga partai sudah resmi mengusung Deddy Mizwar-Syaikhu. Mudah-mudahan Jawa Barat ngahiji dan kahiji," ujar anggota DPRD Jabar daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor.

 

Tiga nama calon gubernur diprediksi muncul dalam Pilkada Jabar 2018. Ketiganya sudah sering disebut oleh publik, yakni Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, dan Dedi Mulyadi.

"Jadi kalau dilihat kemungkinan besar tiga. Karena ada yang berpeluang untuk maju, walaupun tergantung rekomendasi partai lagi," ucap Direktur Populi Center, Usep S Akhyar, dalam sebuah diskusi di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 8 November 2017.

Dia yakin Ridwan Kamil yang diusung Nasdem, PKB, PPP, dan Golkar, akan memilih Daniel Muttaqien. Hal ini karena memang banyak tokoh kuat di Golkar.

"Ridwan Kamil akan memilih dari Golkar. Golkar itu banyak yang menyebar dan tidak sekedar Dedi Mulyadi. Karena ada tokoh kuat lain," jelas Usep.

Sementara itu, lanjut dia, Deddy Mizwar sendiri akan terjadi perebutan antara Gerindra dan PKS. Meskipun partai pimpinan Prabowo Subianto akan mengalah.

"Kalau belakangan Deddy dengan Ahmad Syaikhu, masih tetap," tutur Usep.

Selain itu, lanjut dia, yang terakhir akan muncul nama Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi akan maju. Dia diprediksi berduet dengan kader PDIP Puti Guntur Soekarno.

"Terakhir Dedi Mulyadi dengan Puti. Mungkin sekitar itu dan paling tampak," pungkas Usep.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerugian Banjir Bandang Malangbong Garut Capai Miliaran Rupiah

Posted: 23 Nov 2017 08:33 PM PST

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut mencatat, berdasarkan perhitungan sementara hasil rapat koordinasi tingkat Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, total kerugian banjir bandang dan longsor yang menimpa Kecamatan Malangbong, Rabu petang lalu, (22/11/2017) mencapai Rp 5,4 miliar.

"Angka itu baru perhitungan sementara kerugian material, belum imaterialnya seperti trauma warga dan lainnya," ujar Kepala Pelaksana BPBD Garut, Dadi Djakaria, Jumat (24/11/2017).

Berdasarkan data yang dihimpun dari pihak Kecamatan Malangbong, bencana alam yang terjadi sejak Rabu petang itu mengakibatkan 149 rumah penduduk rusak, mulai dari rusak ringan, sedang, dan berat. Kemudian 147 kepala keluarga atau sekitar 768 jiwa terpaksa diungsikan.

Sementara fasilitas umum yang rusak meliputi 8 masjid, 2 sekolah dengan 6 ruang kelas, 7 jembatan, 4 titik irigasi, dan 2 titik jalan. "Sedangkan yang terancam akibat musibah itu mencapai 464 KK atau 1.600 jiwa," ujar Dadi.

Total rincian estimasi kerugian akibat bencana banjir bandang dan longsor Kecamatan Malangbong yang berhasil dicatat, yakni kerusakan rumah penduduk mencapai Rp 1,6 miliar, fasilitas publik Rp 3,4 miliar, perikanan Rp 125 juta, peternakan ayam Rp 200 juta, kendaraan Rp 50 juta, ternak sapi Rp 15 juta serta kerugian harta benda Rp 10 juta.

 

Banyak sekali lahan pertanian yang rusak akibat terendam banjir. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin).

Camat Malangbong, Teten Sundara, menambahkan, hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Malangbong dan sekitarnya mulai pukul 14.30 WIB hingga 18.00 WIB pada Rabu, 22 November 2017 lalu, menyebabkan air dari dua sungai yaitu Citatapa dan Cideres meluap.

"Awalnya air menabrak rumah Ujang yang berada dekat sungai hingga temboknya jebol, seluruh isi rumah termasuk satu kendaraan roda tiga, hanyut," ujarnya.

Kemudian dalam waktu singkat, air langsung menggenangi Kampung Cipeuyeum dan Kampung Cijanur, Desa Sukamanah yang jaraknya berdekatan. "Sebenarnya tanda-tanda bencana mulai terlihat pukul 16.00 WIB saat hujan turun," ujarnya.

Namun, karena terjadi penyempitan di jembatan, air yang datang berputar dan naik ke perkampungan lain hingga mencapai ketinggian 1,5 – 2 meter. "Selain merendam perkampungan, air juga mengakibatkan banyak tembok di bantaran sungai terkikis hingga mengakibatkan longsor dan menghanyutkan benda yang dilaluinya," papar Teten.

Selain menimpa Kampung Cipeuyeum dan Kampung Cijanur, banjir bandang juga mengakibatkan rusaknya jembatan di daerah Tanjaknangsi, Desa Malangbong akibat meluapnya Sungai Cikurutug.

Adapun banjir di Kampung Ciwahang, Desa Sukamanah, terjadi akibat air yang datang dari daerah pegunungan. Air tersebut melewati jalan dan selokan dan kemudian menimpa perkampungan. "Kami terus melakukan evakuasi dan pendataan korban berikut kerugian," ujar dia.

Teten menambahkan, selain menggenangi dua kampung tadi, hujan lebat yang terjadi dua hari lalu, mengakibatkan sejumlah desa di Kecamatan Malangbong mengalami longsor seperti Desa Girimakmur, Desa Campaka, Desa Mekarmulya, Desa Cihaurkuning, Desa Cikarag, Desa Barudua, Desa Cinagara, dan Desa Sekarwangi.

"Para korban membutuhkan bantuan makanan, pakaian, selimut, obat-obatan dan peralatan masak," ujarnya.

 

Banjir di Garut. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Selain menyebabkan kerusakan permukiman penduduk dan fasilitas umum lainnya, hujan deras yang terjadi Rabu kemarin, menyebabkan arus transportasi Kereta Api (KA) yang melintasi jalur selatan Jawa terputus hingga 24 jam.

Gangguan ini berasal dari material longsoran tebing di samping rel yang menutupi bantalan perlintasan kereta, hingga akhirnya menghentikan perjalanan kereta yang melalui jalur selatan tersebut.

Kepala Humas Daop 2 Bandung Joni Martinus mengatakan, rute perlintasan Kereta Api (KA) jalur selatan Jawa, baru bisa dilalui rangkaian KA jika proses pembersihan material longsor bisa selesai malam tadi.

"Perlintasan Kereta Api berada di Kecamatan Malangbong dipastikan bisa dilalui rangkaian sekitar pukul 23.00 WIB jika tidak terjadi hujan kembali," ujarnya, Kamis malam (23/11/2017).

Menurutnya, perlintasan kereta jalur selatan terpaksa dialihkan ke jalur utara, paska terjadinya longsor di wilayah di Bumiwaluya - Cipendeuy berada di Kampung Cikadongdong, Desa Mekarmulya, Kecamatan Malangbong, Rabu petang kemarin.

Bahkan, sejak dilakukan pendataan, terdapat delapan titik perlintasan yang berada di Kampung Ciherang dan Kampung Cidahu, Desa Haur Kuning, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, ikut tertimbun material longsor dari tebing yang berada di samping perlintasan.

"Yang paling parah berada di KM 231+01 sepanjang 100 meter dengan kondisi ketebalan 7 meter dan 232+89 sepanjang 50 meter ketebalan 3 meter," ujarnya.

Sulitnya akses kendaraan yang menuju perlintasan kereta api dari Cipendeuy sampai Bumiwaluya, menyebabkan upaya pembersihan material longsor dilakukan secara manual petugas Daop 2 Bandung dengan bantuan masyarakat sekitar.

"Penanganan masih terus dilakukan oleh 200 orang bantuan dari masyarakat sekitar, kami melihat material longsoran yang menimbun perlintasan tersebut disebabkan tanah labil," tuturnya.

Akibat kondisi medan yang sulit itu, ujar dia, hingga kini perjalanan KA melalui jalur selatan masih dialihkan melalui jalur utara melalui rute Purwakarta, Cikampek, Cirebon, Purwokerto dan Kroya dengan cara memutar dan kembali lagi ke jalur selatan.

"Sampai sekarang ini tidak ada pemberhentian bagi penumpang meskipun ada keterlambatan 5 jam," ujarnya.

Sementara itu, bagi para penumpang yang mengalami keterlambatan, lembaganya siap mengembalikan uang tiket 100 persen tanpa potongan.

"Semua penumpang sejak kemarin malam hingga pagi telah menggunakan bus yang disiapkan dibeberapa stasiun mulai dari Tasikmalaya, Garut, Ciamis dan Banjar," ungkapnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jamin Takaran BBM SPBU Tepat, YLKI Minta Setahun Diperiksa 2 Kali

Posted: 23 Nov 2017 08:32 PM PST

Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia (YLKI) meminta Badan Metrologi melakukan pengukuran takaran pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik PT Pertamina (Persero) dua kali dalam setahun.

Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumber Indonesia ‎(YLKI) Tulus Abadi mengatakan, mutu layanan pada SPBU harus ditingkatkan, terutama pada takaran BBM yang dikeluarkan dari dispanser di SPBU. Inilah alasan pemeriksaan takaran harus dilakukan dua kali dalam satu tahun.

"Pengawasan dilakukan satu kali setahun menurut saya kurang, minimal dua tahun sekali untuk keabsahan meterologi," kata Tulus, di Jakarta, Jumat (24/11/2017).

Menurut Tulus, meski Pertamina juga melakukan ‎sendiri pemeriksaan pengukuran, dengan menggunakan lembaga independen. Peningkatan pengukuran oleh badan metrologi juga harus tetap dilakukan. Apalagi untuk di wilayah yang jauh dari pusat kota.

"Walau Pertamina punya standar tertentu. Saya kira pengawasan lebih intensif terutama daaerah remote," tutur Tulus.

Kepala Divisi Unit Teknis Metrologi Jakarta Johan Taruma Jaya ‎menyatakan, lembaganya siap mengikuti, jika diminta untuk melakukan uji ukur takaran di SPBU dua kali dalam satu tahun. Meski saat ini baru ada kewajiban melakukan pemeriksaan satu kali dalam setahun.

"Kita kewajiban setahun sekali, kalau setahun dua kali ‎kita siap melakukan itu," imbuhnya.

Tonton Video Pilihan Ini:

YLKI juga mengingatkan pemerintah untuk mewaspadai modus pedagang eceran (pengecer) yang memanfaatkan program Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga untuk mengeruk keuntungan besar.

Tulus Abadi mengatakan, ‎program BBM satu harga di seluruh Indonesia akan menjadi tidak efisien, jika pasokan BBM yang baru tiba di lembaga penyalur resmi langsung habis diserbu pengecer.

"BBM satu harga ini enggak efektif juga di wilayah terdepan, terpencil dan terluar (3 T)," kata Tulus, di Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Dia mengaku, mendapatkan informasi langsung terkait stok BBM dari lembaga penyalur resmi, yang dijual dengan harga sesuai ketentuan pemerintah habis akibat diborong pengecer.

Kondisi ini membuat masyarakat tetap membeli BBM melalui pengecer, dengan harga yang mahal. ‎"Menurut saya yang dapet info ketika di drop di SPBU diborong habis,‎ akhirnya harganya tetap mahal," ungkap Tulus.

Menurut Tulus, kondisi ini perlu diwaspadai pemerintah, dengan meningkatkan pengawasan terhadap penyaluran BBM satu harga. Pasalnya, jika dibiarkan akan membuat program yang bertujuan untuk memberikan keadilan tersebut tidak efektif.

"Sayang juga uang yang sudah dikeluarkan Pertamina Rp 800 miliar tidak menolong juga. Karena di SPBU habis, akhirnya beli yang dijual pengecer juga, akhirnya tidak dijual satu harga juga," tutup Tulus.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Clippers Ditinggal Pemain Anyarnya hingga Akhir Musim

Posted: 23 Nov 2017 08:30 PM PST

Malapetaka terus menghampiri Los Angeles Clippers. Di rentetan hasil buruk di NBA 2017-2018, rival sekota LA Lakers itu mendapat kabar buruk dari point guard Patrick Beverley. 

Beverley mengalami cedera lutut kanan. Dia harus naik meja operasi untuk menyembuhkan cedera tersebut. Jurnalis senior ESPN, Adrian Wojnarowski, mengklaim Beverley butuh waktu sembilan bulan untuk pemulihan.

Dengan harus istirahat sembilan bulan, Beverley tidak akan bisa bermain lagi di NBA 2017-2018.

Cederanya Beverley membuat Clippers krisis pemain di posisi point guard. Sebelumnya, mereka sudah ditinggal cedera Milos Teodosic. Small forward Danilo Gallinari juga masih cedera.

Praktis pelatih Doc Rivers hanya bisa mengandalkan putranya Austrin Rivers di posisi point guard dengan di lapis dua rookie putaran kedua, Jawun Evans and Sindarius Thornwell.

Pelatih Clippers Doc Rivers (ISt)Beverley sendiri baru bergabung dengan Clippers musim panas lalu. Dia pindah ke Staples Center sebagai bagian dari trade Chris Paul ke Houston Rockets.

Performa Clippers akhir-akhir ini menurun drastis. Setelah memulai musim dengan empat kemenangan beruntun, Clippers sudah sembilan kali kalah berturut-turut.

Dengan banyaknya pemain yang cedera, Clippers akan sulit lolos ke play-off NBA.

Andai sulit merebut tiket play-off, Clippers kemungkinan akan melego beberapa pemain bintangnya. Center DeAndre Jordan dan shooting guard Lou Williams yang kemungkinan dikorbankan sebelum batas waktu trade ditutup.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Kapal Besar Tabrak Kantor Syahbandar

Posted: 23 Nov 2017 08:30 PM PST

Kapal penumpang Jetliner menabrak kantor Syahbandar di Pelabuhan Kendari, Sulawesi Tenggara, sekitar pukul 17.00 WITA (23/11). Tidak ada korban akibat peristiwa ini, namun kantor yang ditabrak rusak parah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Diet 7 Hari Bisa Turun 6 Kg, Adam Fabumi Meninggal Dunia

Posted: 23 Nov 2017 08:30 PM PST

Artikel seputar tips diet yang ampuh menyita perhatian banyak pembaca di kanal Health. Ya, banyak yang selama ini mati-matian diet tapi selalu gagal. Namun, ternyata ada jurus jitu menurunkan berat badan hanya dalam waktu seminggu. Wah, boleh juga dicoba nih.

Sementara itu artikel soal bayi lucu bernama Adam Fabumi yang populer di Instagram, banyak mengundang penasaran setelah tips diet kilat di atas. Masyarakat Indonesia ikut berduka. Penyakit langka yang ia derita, membuat bayi menggemaskan itu meninggal dunia. Artikel ketiga terpopuler masih terkait meninggalnya Adam Fabumi. Ada cerita haru bagaimana orangtua bayi lucu tersebut bisa tabah dengan kepergian anak tercintanya. 

Berikut Top 3 Health:

1. Diet 7 Hari Ini Bisa Turunkan Berat Badan hingga 6 Kg

Ada banyak pilihan diet yang bisa dicoba untuk menurunkan berat badan, salah satunya diet GM. Diet yang ditujukan bagi karyawan General Motors ini diklaim dapat menurunkan berat badan sekitar 6,8 kg dalam seminggu.

Diet GM merupakan jenis diet yang dijalani selama tujuh hari, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang diatur dalam diet tersebut. Setelah menjalani diet GM, Anda bisa menurunkan berat badan hingga 6,8 kg.

Selengkapnya..

Telah berpulang kepada Tuhan bayi lucu yang memikat hati banyak orang di Instagram, Adam Fabumi Kamaludin. Bayi yang lahir pada 24 April 2017 ini meninggal dunia pada Rabu 22 November 2017.

"Innalillahi Wainnaillahi Rajiun... Telah berpulang ke rahmatullah, Ketua geng komplek jagoan kita, Adam Fabumi Kamaludin. Pukul 15.35 WIB," begitu seperti disampaikan lewat Instagram Stories @adamfabumi. 

Selengkapnya..

Perjuangan Ratih dan Ludi, orangtua dari bayi dengan penyakit langka Adam Fabumi Kamaludin, mengajarkan banyak hal. Satu diantaranya mengenai semangat pantang menyerah memberikan yang terbaik kepada anak walau didiagnosis penyakit langka.

Ketegaran Ratih dan Ludi bisa terlihat dalam video klip RAN featuring Yura Yunita bertajuk Melawan Dunia. Walaupun dokter mendiagnosis Adam dengan kondisi langka Trisomi 13 dan memprediksi umurnya tidak panjang, pasangan suami istri ini tetap berusaha memberikan terbaik untuk Adam Fabumi.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rendy Pandugo dan Dipha Barus Meriahkan Noice Fest 2017

Posted: 23 Nov 2017 08:30 PM PST

Noice Fest 2017 bertekad untuk memanjakan penikmat musik di Ibukota. Selama dua hari, yakni 23-24 November 2017, Noice Fest 2017 menghadirkan musikus dari beragam genre musik. Mereka berbagi panggung untuk menghibur penonton yang hadir.

Acara yang digelar di Kuningan City, Jakarta Selatan selama dua hari itu berusaha menyajikan pertunjukan musik yang berbeda.

 

"Ini event perdana kita. Di sini penonton bisa berekspresi di tengah kesibukan kota. Target kita kaum urban yang progresif. Kita pengin bikin event beda," kata Oktoberi Surbakti, selaku Program Director MCM Production yang merupakan penyelenggara Noice Fest 2017, saat ditemui di acara tersebut, Kamis (24/11/2017).

 

 

 

 

 

 

Menariknya, penyelenggara Noice Fest 2017 tak menggelar acara musik itu di dalam mal. Melainkan di area parkir, yakni lantai P6 dan PJ Kuningan City, yang disulap menjadi arena konser dengan tata panggung dan visual nan menawan.

"Dari penonton masuk ke ticket box-nya, sampai perjalanan ke venue, itu sudah beda pengalamannya. Ini di luar ekspektasinya mereka (penonton lah," Oktoberi Surbakti menyambung.

Sejumlah musikus dihadirkan untuk membuat pertunjukan musik Noice Fest 2017 semarak. Diantaranya, Yuka Tamada, The Trees And The Wild, Rendy Pandugo, Stars and Rabbit, Dipha Barus, Rhye, hingga Peking Duk tampil di hari perdana.

Sementara hari kedua diisi oleh penampilan Polka Wars, Sore, Float, The Paper Kites, Alina Baraz, Gaung dan banyak lagi yang lainnya.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Telkomsel Tambah Kapasitas Jaringan di Pesta Adat Kahiyang-Bobby

Posted: 23 Nov 2017 08:28 PM PST

Telkomsel turut melakukan pengawalan infrastruktur untuk mendukung kebutuhan komunikasi seluler pelanggan dan masyarakat yang berada di lokasi pesta adat Kahiyang-Bobby di Medan, Sumatera Utara.

Selain melakukan optimalisasi jaringan, Telkomsel juga meningkatkan kapasitas jaringan di seluruh titik penting selama acara berlangsung.

Executive Vice President Telkomsel Area Sumatera Paulus Djatmiko mengatakan kebutuhan telekomunikasi seluler dipastikan akan meningkat, mengingat pesta adat Kahiyang-Bobby tidak hanya sekadar diramaikan oleh undangan maupun awak media, tetapi juga masyarakat Medan yang antusias menantikan acara ini.

"Hal ini berpotensi meningkatkan trafik komunikasi, baik suara maupun layanan data. Untuk menjaga agar pelanggan dapat terus berkomunikasi dengan nyaman dan menikmati kualitas terbaik, maka Telkomsel menambah kapasitas jaringan, khususnya untuk menjaga kualitas layanan data," ujar Paulus Djatmiko.

Tingginya penggunaan layanan data tersebut antara lain dipicu oleh aktivitas media sosial serta penggunaan aplikasi pesan instan oleh para tamu undangan dan masyarakat, seperti mengunggah foto dan video di lokasi kegiatan.

Di samping itu, pengunjung pesta adat Kahiyang-Bobby juga memanfaatkan layanan data untuk mengakses berbagai informasi penting dari berbagai sumber, termasuk informasi terkait acara Ngunduh Mantu itu sendiri.

Optimalisasi jaringan yang dilakukan Telkomsel di seluruh area kegiatan antara lain menempatkan Compact Mobile Base Station (COMBAT) 2G/3G/4G di Main Hall, penambahan BTS dan peningkatan kapasitas BTS 4G di kawasan Bukit Hijau Regency yang mampu menampung lonjakan trafik hingga 360 persen dari kondisi normal atau setara dengan 15.000 pelanggan yang menggunakan layanan seluler secara serentak.

Dari peningkatan ini pelanggan akan tetap dapat menikmati akses layanan data dengan cepat dan nyaman meski di sekitar lokasi kegiatan terbilang dipadati oleh pengguna seluler.

Selain itu, Telkomsel juga menyiagakan Mobile Backup Power (MBP) untuk mengantisipasi jika terjadi putusnya catuan daya listrik ke BTS di sekitar kegiatan.

MBP tersebut ditempatkan pada setiap site yang meng-cover acara ini terutama di lokasi COMBAT, sehingga bila terjadi permasalahan terkait catuan daya listrik, maka MBP siap menggantikannya.

Seluruh persiapan pengawalan infrastruktur dan layanan komunikasi dalam menyambut pesta adat Kahiyang-Bobby yang telah dinanti oleh seluruh lapisan masyarakat telah dipersiapkan TelkomGroup secara matang sebagai upaya menciptakan great experience seluruh tamu undangan dan masyarkat Indonesia, khususnya warga medan yang turut menghadiri acara ini.

Serangkaian acara adat khas Tapanuli Selatan untuk Kahiyang Ayu-Bobby Nasution kembali dilangsungkan. Khusus acara adat yang dimulai dengan penyembelihan kerbau atau Manalpokkon Lahan (pulungan), akan berlangsung semalam suntuk hari ini.

Para raja adat akan berkumpul pada malam harinya guna memanjatkan doa untuk kebahagiaan Kahiyang-Bobby, yang diakhiri dengan manortor atau menari tor-tor secara bergantian, sampai Sabtu, 25 November 2017, pukul 08.00 pagi. Satu jam kemudian, acara adat yang lain dijalankan lagi.

Paman Bobby Nasution, Doli Sinomba Siregar yang bertindak sebagai Suhut mengatakan, acara adat yang akan dipenuhi dengan Harojoan, Notoras, Suhut, Anak Boru, dan Raja-Raja ini akan dibuka oleh tokoh adat Nasution.

Setelah penyembelihan kerbau, acara akan dilanjutkan dengan manyantan gordang sambilan dan gonda, membuka galang-galang atau manortor bagian pertama, mangaloalo mora di balakka sitolu-tolu, dan istirahat sebentar untuk melaksanakan salat Jumat bersama.

Dari jadwal yang diterima Liputan6.com, pukul 02.00 WIB siang acara dimulai kembali dengan marlongit yang diisi oleh Harajoan Mandailing dan Harajoan Tabagsel. Ini akan berlangsung selama empat jam, mendekati kumandang azan magrib.

"Pada bagian ini, ada yang namanya sidang adat atau maralok-alok. Ini untuk membicarakan bagaimana kelanjutan dari acara untuk malam hari dan hari selanjutnya. Setelah itu akan ada acara tor-tor dari Surut, Anak Boru, sampai pihak raja-raja.

"Kalau ada pihak dari Kahiyang yang mau ikut serta menari tor-tor, akan kita persilakan," kata Doli kepada Liputan6.com di Medan, Sumatera Utara.

Manortor kedua atau Margalanggang inilah yang akan berlangsung semalam suntuk. Dari pukul 20.00 sampai 08.00 pagi esok harinya, yang mana kemudian masih dilanjutkan dengan manortor ketiga dan seterusnya.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Kunjungi Aston Villa, Kate Middleton Tutupi Perut Buncitnya dengan Ini

Posted: 23 Nov 2017 08:27 PM PST

Duchess of Cambridge, Kate Middleton mengunjungi markas klub sepakbola Aston Villa di Birmingham, Rabu (22/11). Kate tampil sporty dengan kaos hitam dan skinny jeans senada dipadu jaket ski merah yang tebal dari Perfect Moment. (AP Photo/Pool)

Duchess of Cambridge, Kate Middleton mengunjungi markas klub sepakbola Aston Villa di Birmingham, Rabu (22/11). Kate tampil sporty dengan kaos hitam dan skinny jeans senada dipadu jaket ski merah yang tebal dari Perfect Moment. (AP Photo/Pool)

Kate Middleton berbincang dengan anak-anak peserta program mentoring Coach Core di markas klub sepakbola Aston Villa, Birmingham, Rabu (22/11). Coach Core merupakan program yang membantu menciptakan para pelatih muda yang inspirasional. (AP Photo/Pool)

Kate Middleton berbincang dengan anak-anak peserta program mentoring Coach Core di markas klub sepakbola Aston Villa, Birmingham, Rabu (22/11). Coach Core merupakan program yang membantu menciptakan para pelatih muda yang inspirasional. (AP Photo/Pool)

Pangeran William dan Kate Middleton berbincang dalam kunjungan mereka ke markas klub sepakbola Aston Villa di Birmingham, Rabu (22/11). Kedatangan mereka dalam rangka ikut serta membangun proyek masa depan sepakbola Inggris. (AP Photo/Pool)

Pangeran William dan Kate Middleton berbincang dalam kunjungan mereka ke markas klub sepakbola Aston Villa di Birmingham, Rabu (22/11). Kedatangan mereka dalam rangka ikut serta membangun proyek masa depan sepakbola Inggris. (AP Photo/Pool)

Kate Middleton mengamati kegiatan anak-anak peserta program mentoring Coach Core di markas klub sepakbola Aston Villa, Birmingham, Rabu (22/11). Perut Kate yang mulai membuncit terlihat dari balik jaket ski merahnya yang tebal. (AP Photo/Pool)

Kate Middleton mengamati kegiatan anak-anak peserta program mentoring Coach Core di markas klub sepakbola Aston Villa, Birmingham, Rabu (22/11). Perut Kate yang mulai membuncit terlihat dari balik jaket ski merahnya yang tebal. (AP Photo/Pool)

Duchess of Cambridge, Kate Middleton mengunjungi markas klub sepakbola Aston Villa di Birmingham, Rabu (22/11). Kate tampil sporty dengan kaos hitam dan skinny jeans senada dipadu jaket ski merah yang tebal dari Perfect Moment. (AP Photo/Pool)

Duchess of Cambridge, Kate Middleton mengunjungi markas klub sepakbola Aston Villa di Birmingham, Rabu (22/11). Kate tampil sporty dengan kaos hitam dan skinny jeans senada dipadu jaket ski merah yang tebal dari Perfect Moment. (AP Photo/Pool)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPRD DKI Dikirimi Karangan Bunga Sindir RAPBD 2018

Posted: 23 Nov 2017 08:26 PM PST

Pemandangan berbeda terlihat di samping gedung DPRD DKI Jakarta. Sebuah karangan bunga diletakan di sana.

Pantauan Liputan6.com, karangan bunga itu berukuran 1,5x1,5 meter. Ada pesan dalam karangan bunga itu.

Isinya ditujukan untuk tujuh fraksi di DPRD DKI. Tulisannya berbunyi:

DPRD DKI, PDIP, PPP, Demokrat, Hanura, Golkar, PKB, Nasdem

Tolak Pemborosan APBD DKI 2018

Tolak Kenaikan Pajak dan Retribusi

Lawan Korupsi

Bela Pancasila

Adijaya Nusantara

Menurut salah satu pekerja harian lepas (PHL), Basuki, karangan bunga itu datang pukul 08.00 WIB.

"Baru satu (karangan bunga) saja," kata Basuki di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (24/11/2017).

Dalam papan karangan bunga itu tertulis atas nama Bonnie dan teman-teman untuk DPRD DKI, dan tertanggal hari ini.

Entah apa maksud karangan bunga itu. Yang jelas, bisa jadi keberadaannya terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau RAPBD DKI Jakarta 2018 yang memicu kontroversi.

Sebab, sejumlah mata anggaran era Gubernur Anies Baswedan mengalami kenaikan. Sebut saja, alokasi anggaran Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) sebesar Rp 28,5 miliar. Dana di pos anggaran ini naik sekitar 12 kali lipat jika dibandingkan RAPBD DKI 2017 yang hanya Rp 2,3 miliar.

 

Sebelumnya, menjelang pelantikan Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan pasangannya Sandiaga Uno, terlihat juga beberapa karangan bunga yang ditujukan pada Anies-Sandi.

Isi kalimat berupa ucapan selamat dan harapan pemenuhan janji pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Anies-Sandi ini mewarnai karangan bunga. Namun, ada kalimat menarik dari salah satu karangan bunga tersebut. Sang pemilik karangan bunga, Sanjiono, menuliskan perumpamaan yang di luar dugaan.

"Selamat dan sukses atas pelantikan gubernur baru Jakarta, semoga amanah dan bisa melanjutkan perjuangan Ahok Djarot walaupun menyamai prestasi Ahok-Djarot sama mustahilnya seperti merebut Raisa dari Hamish," tulisnya pada karangan bunga bernuansa merah, biru, dan kuning.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Dia Kebiasaan Generasi Zaman Now Usir Rasa Bosan

Posted: 23 Nov 2017 08:21 PM PST

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya rasa bosan. Entah itu karena jenuh dengan kegiatan yang dijalani atau mendadak merasa bosan tanpa sebab yang jelas. Walaupun terkesan sepele, apabila rasa bosan dibiarkan berlarut-larut maka dapat memberikan efek yang tidak baik, membuat kita bermalas-malasan hingga menyebabkan pekerjaan jadi terbengkalai.

Untuk mengusing rasa bosan, setiap orang tentu memiliki cara yang berbeda-beda, termasuk generasi zaman now yang familiar dengan dunia digital teknologi. Bisa dibilang mereka adalah generasi Y dan Z. Karena memiliki minat yang tinggi terhadap teknologi dan pop culture, maka cara mengusir rasa bosannya pun tak jauh dari hal yang berbau internet dan entertainment. Kira-kira yang Kamu banget mana ya?

1. Online Shopping

Kini, kalau bosen tinggal buka toko online. Gak perlu beranjak dari tempat duduk dan keluar tenaga. Cukup buka dari ponsel maupun laptop. Sekedar lihat barang-barang diskon dan kalau tergiur tinggal beli. Online shopping bukan berarti berkaitan dengan baju, bisa juga kuliner-kuliner yang lagi hits.

2. Nonton Online

Sekarang gampang banget buat bisa nonton film. Tinggal cari judul yang diinginkan atau masuk ke website yang berhubungan tentang film. Bisa tonton film box office maupun film seri yang hits di fox, HBO, maupun Netflix.

3. Main Game Online

Main game selalu sukses usir bosan, gak hanya buat cowok tapi buat cewek juga. Kalau cowok pasti sudah familiar sama yang namanya mobile legends. Bisa main ramai-ramai maupun online dengan teman kita nan jauh di sana.

4. Aktif Social Media

Ini bisa jadi cara paling ampuh mengusir kebosanan. Berselancar di social media membuat kita bisa tahu banyak hal dan melupakan masalah. Bisa tahu gosip artis terbaru, berita politik, kuliner, bisnis hingga spot-spot traveling paling menarik.

Informasi yang didapat pun bisa bikin perasaan campur aduk, mulai dari penasaran banget sampai ngiri abis. Bahkan gara-gara social media, kamu bisa dapat rejeki dan kesempatan ketemu artis lho.

Buat kamu #generasizamannow di kota Palembang, inilah saatnya untuk bisa lebih dekat dengan Mio S dan Isyana Sarasvati. Kolaborasi ini akan hadir di kotamu dalam event "Mio S Roadshow Concert" featuring Isyana Sarasvati. Akan banyak keseruan yang pastinya bisa kalian nikmati bersama teman-temanmu.

Mio S Roadshow Concert

Siswa SMA dan mahasiswa di Palembang, berkesempatan ketemu langsung dengan Isyana dengan cara ikut Talent Competition mewakili sekolah dan kampusmu. Tunjukkan bakat terbaik kalian seperti menyanyi, bermusik, dance atau bakat unik lainnya. Pemenang utama akan tampil bersama Isyana Sarasvati saat konser ditambah kalian bisa lebih lagi dekat dengan Isyana dalam "Intimate Meet & Greet".

Selain itu warga Palembang dan sekitarnya juga berkesempatan untuk bertemu langsung Isyana. Caranya gampang, upload pertanyaan seputar Isyana Sarasvati di social media kalian dengan disertai hashtag #tanyaisyana. Pertanyaan terbaik akan dipilih langsung oleh Isyana untuk ikutan "Intimate Meet & Greet with Isyana". Isyana juga akan menjawab secara langsung semua pertanyaan yang terpilih. Seru kan!

Mio S adalah generasi terbaru sepeda motor Yamaha Mio dengan desain yang modern, irit dan juga dilengkapi fitur-fitur terbaru yang pastinya kalian suka. Desainnya body yang ramping semakin modern karena didukung tampilan lampu depan LED yang menawan.

Fitur-fiturnya oke punya. Ruang pijakan kaki yang lega membuat berkendara semakin nyaman dan rileks. Answer Back System membantu kamu untuk menemukan motor saat diparkiran. Hazard lamp membantu memberikan tanda saat kondisi darurat. Ban lebar dan tubelessnya membuat berkendara semakin stabil di segala kondisi jalanan jadi tetap nyaman.

Isyana aja pilih Mio S, kini waktunya kamu semua Isyanation dan Yamaha Lovers kota Palembang untuk jadikan Mio S teman berkendaramu.

Jadi ayo, ikutan kompetisinya dan seru-seruan di "Mio S Roadshow Concert" featuring Isyana Sarasvati di Palembang Indah Mall, 25 November 2017. Jangan sampai kelewatan ya.Cari tau informasi lengkapnya di Instagram @yamahaindonesia dan cek website www.yamaha-indonesia.co.id. Tunggu kolaborasi selanjutnya di kotamu.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marcel Chandrawinata - Deasy Priscilla Menikah Hari Ini di Bali

Posted: 23 Nov 2017 08:20 PM PST

Kabar bahagia datang dari Marcel Chandrawinata yang hari ini, Jumat (24/11/2017), menikahi kekasihnya, Deasy Priscilla. Pernikahan mereka dilaksanakan di Bali.

Marcel Chandrawinata dan Deasy Priscilla menikah [foto: instagram.com/mischach]

Dalam video yang diunggah adik kembarnya, Mischa, Marcel Chandrawinata tampak mengenakan setelan jas warna krem. Di sana, terlihat pula sosok Nadine Chandrawinata yang tampil cantik dalam balutan gaun warna pink.

"Wedding day," tulis Mischa di dalam videonya.

Di video selanjutnya, kekasih Jessica Mila itu memperlihatkan suasana gereja tempat Marcel Chandrawinata dan Deasy akan mengikat janji suci. Terlihat empat bocah kecil berjalan menghampiri Marcel yang sudah ada di depan altar.

Marcel Chandrawinata dan Deasy Priscilla akan menikah [foto: instagram.com/city_tahu]

Sementara itu, Deasy Priscilla tampak cantik dalam balutan gaun warna putih dan mahkota. Dalam foto yang diunggah @city_tahu, Deasy diapit lima bridesmaid-nya yang kompak mengenakan gaun warna pink.

"Happy wedding @deasypriscilla and @marcelchandra .." tulisnya di keterangan foto.

 

Percepat Pernikahan?

Sebelumnya, pernikahan Marcel Chandrawinata dan Deasy Priscilla dikabarkan akan digelar pada Februari 2018. Namun, belum lama ini salah satu akun Instagram gosip mengunggah foto undangan pernikahan mereka.

Marcel Chandrawinata dan Deasy Priscilla gelar upacara sangjit [foto: instagram.com/marcelchandra]

Dalam undangan berwarna putih tersebut, tertulis nama kedua calon mempelai. Di sana juga tertera hari dan tanggal pernikahan mereka, yakni Jumat, 24 November 2017.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, belum diketahui di mana lokasi pernikahan Marcel Chandrawinata dan Deasy Priscilla. Sepekan lalu keduanya juga sudah sempat menggelar upacara sangjit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Turun Tajam, Saham Adhi Karya Kini Naik 2 Persen

Posted: 23 Nov 2017 08:16 PM PST

Di tengah laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang tertekan pada sesi pertama perdagangan Jumat pekan ini, saham PT Adhi Karya Tbk (ADHI) berada di zona hijau usai turun tajam kemarin.

Berdasarkan data RTI, Jumat (24/11/2017) pukul 10.46 WIB, saham PT Adhi Karya Tbk naik 1,99 persen ke posisi Rp 2.050 per saham. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 3.406 kali dengan nilai transaksi saham Rp 86,4 miliar.

Saham ADHI sempat berada di level tertinggi Rp 2.120 dan terendah Rp 2.050 per saham. Pada pembukaan perdagangan saham Jumat pekan ini, saham ADHI naik Rp 50 ke posisi 2.060.

Sementara itu, laju IHSG turun 18,47 poin atau 0,30 persen ke posisi 6.044. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 103.343 kali dengan nilai transaksi Rp 1,8 triliun. Ada sebanyak 122 saham menghijau sehingga menahan pelemahan IHSG. 142 saham melemah. 113 saham diam di tempat.

Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menuturkan, ada kabar kalau PT Kereta Api Indonesia (KAI) tetap menjadi investor untuk proyek LRT menjadi sentimen positif bagi PT Adhi Karya Tbk.

Pada penutupan perdagangan saham, Kamis 23 November 2017, saham ADHI masuk jajaran top losers atau alami tekanan tajam. Saham ADHI turun 7,8 persen ke posisi Rp 2.010 per saham. Investor asing pun melakukan aksi jual saham ADHI mencapai Rp 32,9 miliar.

Tekanan terhadap saham ADHI kemarin tersebut lantaran ada kabar ketidakpastian pendanaan proyek light rail transit (LRT) dan usulan perubahan kepemilikan LRT. Dikabarkan ada usulan PT KAI hanya bertindak sebagai penyelenggara dan pengoperasian sarana LRT Jabodebek. Ditambah ada kenaikan nilai investasi proyek LRT Jabodebek menjadi Rp 31,8 triliun.

Saat dikonfirmasi mengenai hal itu, Sekretaris Perusahaan PT Adhi Karya Tbk Ki Syahgolang Permata menuturkan, pekerjaan pembangunan proyek LRT Jabodebek terus jalan. Terkait skema pembayaran, Ki Syagolang menuturkan, saat ini masih dalam proses.

"Kami berharap akan final dalam waktu dekat," kata Ki Syagolang saat dihubungi Liputan6.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menuturkan, koreksi tajam yang dialami saham PT Adhi Karya Tbk lantaran ada ketidakpastian soal pendanaan proyek kereta ringan atau light rail transit (LRT).

Pendanaan proyek LRT sebelumnya berasal dari penyertaan modal negara (PMN) senilai Rp 9 triliun. Angka itu terdiri dari PMN kepada PT Adhi Karya Tbk Rp 3,4 triliun dan PMN kepada PT KAI sebesar Rp 5,6 triliun. Sedangkan sisa pendanaan dari sindikasi bank. Sebelumnya juga dikabarkan membengkaknya dana LRT dari Rp 26,7 triliun menjadi Rp 31,8 triliun.

"Kemungkinan asumsi di market pendanaan proyek LRT. Bisa saja ada rumor pemilik proyek tidak mau danai. Jadi dana LRT tunggu APBN, dan atau Adhi Karya diminta untuk danai proyek tersebut. Ini jadi sentimen negatif di pasar," ujar Reza saat dihubungi Liputan6.com.

Akan tetapi, Reza menilai penurunan harga saham PT Adhi Karya Tbk tersebut hanya sementara. Diharapkan juga manajemen PT Adhi Karya Tbk dan PT KAI dapat memberikan klarifikasi mengenai pendanaan LRT. "Ini pihak manajemen Adhi Karya dan KAI perlu klarifikasi soal pendanaan LRT. Dengan ada sentimen ini pelaku pasar realisasikan aksi ambil untung," kata Reza.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaka Turut Senang AC Milan Hajar Austria Wien

Posted: 23 Nov 2017 08:15 PM PST

Ricardo Kaka turut gembira melihat AC Milan meraih kemenangan telak 5-1 saat menghadapi Austria Wien pada Grup D Liga Europa, Kamis (23/11/2017) atau Jumat (24/11/2017) dini hari WIB.

Hasil itu menempatkan AC Milan sebagai juara Grup D dan melaju ke babak 32 besar.

"Menyenangkan berada di San Siro pada malam sepert ini, di mana tim bermain dengan sangat baik dan mengamankan kemenangan meski sempat kebobolan," ujar Kaka kepada Sky Sport Italia.

Kaka menjadi tamu spesial di pertandingan tersebut. Mendapat kostum spesial, dia sempat melambai ke arah suporter. Ketika ditanya bagaimana perasaannya, Kaka tak mampu berkata banyak.

"Tidak bisa dijelaskan rasanya berada di sini, di Milan, berjalan di kota di mana saya pernah melewati begitu banyak kenangan di dalam hidup saya. Luar biasa rasanya. Saya tidak bisa menjelaskan bagaimana hubungan saya dengan kostum dan AC Milan," kata pria 35 tahun itu.

Kaka baru saja mengakhiri kontraknya bersama Orlando City pada 16 Oktober lalu. Sejauh ini, pria 35 tahun itu belum memutuskan masa depannya.

"Saya harus menimbang situasi profesional saya dan memutuskan apakah akan bermain untuk setahun lagi atau tidak. Saya tidak mau membuat keputusan di sisa musim ini karena saya ingin tenang sejenak. Saya akan berkeliling Eropa dan menghabiskan waktu," kata pemain AC Milan ini.

Kemarin, Kaka sempat dikabarkan ditawari menjadi pengurus klub AC Milan. Namun, dia masih mempertimbangkan tawaran tersebut.

"Jika saya memutuskan tidak bermain lagi, maka pintu Milan akan terbuka dan saya punya hubungan yang luar biasa dengan klub ini. Saya sampaikan kepada fans Milan agar yakin. Ini adalah tahun pertama di bawah pemilik baru. Ada banyak yang ragu, tapi siapa pun yang mencintai klub ini harus yakin," kata legenda timnas Brasil ini.

Pemain AC Milan, Andre Silva melakukan tendangan ke gawang Austria Wien pada matchday kelima Liga Europa di Stadion San Siro, Jumat (24/11). AC Milan memastikan diri lolos sebagai juara Grup D usai menang 5-1. (AP/Antonio Calanni)

Sejak meninggalkan AC Milan pada 2014, Kaka tetap menjaga penampilannya sebagaimana yang ia tunjukkan selama bermain di Italia. Ia mengungkapkan, rahasia di balik itu adalah karena kehadiran Antonio Nocerino di Orlando City.

"Kami menjalin obrolan yang baik dan dia membantu saya menjaga penampilan," ujar Kaka.

Adapun Kaka merupakan salah satu pemain terbaik milik AC Milan. Dalam dua periode membela I Rossoneri, yakni 2003-2009 dan 2013-2014, ia tampil dalam 306 pertandingan, dengan kontribusi 104 gol dan 55 assist. Kaka turut mempersembahkan gelar Scudetto di tahun 2004.

Puncak kegemilangannya terjadi di musim 2006/2007 di mana ia menjadi top scorer Liga Champions sekaligus mengantarkan AC Milan juara. Di tahun yang sama pula, dia menyabet gelar Ballon d'Or serta pemain terbaik FIFA. (Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: