Rabu, 01 November 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Wajah Dikomentari, Mulan Jameela Tak Terima

Posted: 01 Nov 2017 09:50 PM PDT

Mulan Jameela menjadi salah satu tamu yang diundang Ashanty dalam perayaan ulang tahun pertama putranya, Arsya Akbar Pemuda Hermansyah. Bersama ketiga anaknya, Mulan Jameela berpose dengan Ashanty.

Foto ini pun diunggah Mulan Jameela di akun Instagramnya, Rabu (1/11/2017). Terlihat Mulan Jameela tampil dengan riasan wajah tipis sambil menggendong buah cintanya dengan Ahmad Dhani.

 Mulan Jameela tak terima dihina haters (Foto: Instagram)

Mulan Jameela tak memberikan senyuman, begitu pun dengan kedua anaknya dari pernikahan sebelumnya. sementara di sampingnya Ashanty tersenyum lebar.

Tak ada keterangan apa pun yang ditulis Mulan Jameela untuk foto tersebut. Dirinya hanya mencantumkan tagar arsyabirthdayparty, latepost, dan mulanjameela.

Mulan Jameela pun tak mematikan kolom komentarnya. Alhasil banyak komentar yang ditujukan padanya, termasuk celaan. Semuanya tak ditanggapi oleh istri kedua Ahmad Dhani ini.

 Mulan Jameela dan Ahmad Dhani (Nurwahyunan/bintang.com)

Hanya satu akun yang rupanya membuatnya geram. Seseorang dengan akun @kartikawiidya menulis, "Kenapa mbak mul mukanya keliatan sengsara banget ya."

Mulan Jameela pun langsung membalasnya di tempat yang sama. "@widyakartikart mungkin karna muka mba widya kaya raya.. saya mah apa atuh di banding haters yg luar biasa..."

Ini bukan kali pertama Mulan Jameela menerima hujatan demi hujatan dari para haters. Namun, mantan teman duet Maia Estianty ini tak mau menanggapinya.

Bahkan, warganet pun sempat protes pada Ashanty lantaran dirinya mengundang Mulan Jameela di acara ulang tahun anaknya tersebut.

Acara Tedak Siten Ahmad Syailendra Airlangga anak dari Ahmad Dhani (Nurwahyunan/bintang.com)

Tak hanya itu saja, kedekatan Mulan Jameela dengan putra bungsu Maia Estianty tak membuat ibu empat anak ini mendapat pujian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Pernah Ribut, Kok Aldi Taher Digugat Cerai Istri?

Posted: 01 Nov 2017 09:40 PM PDT

Biduk rumah tangga Aldi Taher dan Georgia Aisyah terancam bubar. Aldi Taher digugat cerai sang istri ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Padahal pesinetron 'Trio Ubur-Ubur Mengejar Cinta' ini mengaku tak pernah terlibat cekcok dengan Georgia Aisyah.

‎"Alhamdulillah enggak ada (keributan)," kata Aldi Taher saat dihubungi, Kamis (2/11/2017).

 

 

Sepengetahuan Aldi, sang istri merasa sudah tidak ada lagi kecocokan dengan Aldi Taher. Sehingga, wanita yang berprofesi sebagai dokter gigi itu melayangkan gugatan cerainya ke pengadilan.

"Sudah dibicarakan, kata Georgia sudah tidak ada kecocokan. Doakan kami ya, kami fokus untuk anak-anak," ucap pria yang pernah menikah dengan Dewi Perssik tersebut.

‎Selain itu, Aldi Taher juga ingin fokus pada penyembuhannya dari sakit kanker. "Makasih doa dan perhatiannya. Aldi mau fokus menjaga kesehatan sebagai pejuang kanker," tutur Aldi Taher. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ambil Alih Freeport, JK Minta Menteri Siapkan Secara Matang

Posted: 01 Nov 2017 09:39 PM PDT

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) meminta kepada para menteri terkait untuk benar-benar mempersiapkan segala hal sebelum mengambilalih mayoritas saham Freeport Indonesia dari Amerika Serikat (AS).

Wapres JK mengaku, soal pengambilalihan perusahaan yang selama ini dikelola asing, dia tidak ingin Indonesia seperti Venezuela.

"Venezuela itu bangkrut gara-gara mereka menaturalisasi semua proyek, akhirnya investor keluar, lalu produksinya turun, ditambah dikorupsi, akhirnya Venezuela jadi seperti sekarang," kata JK di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (2/11/2017).

"Freeport sudah bekerja lama sekali di negeri kita ini, kita ingin percepat divestasinya, padahal masih banyak proyek tambang lainnya yang belum diselesaikan. Jadi soal ini (Freeport Indonesia), tidak usah terlalu cepat mengambil alih," tambah JK.

Dia meminta kepada para menterinya untuk lebih mempersiapkan kemampuan dan teknologi terlebih dahulu sebelum mengambil alih perusahaan yang selama ini menjadi milik asing.

Tidak hanya soal sumber daya manusia dan teknologi, menurut JK, Indonesia membutuhkan modal besar juga jika ingin mengambil alih Freeport Indonesia. Hal ini yang masih menjadi pertanyaan JK.

"Banyak negara yang buru-buru ambil keputusan mengakibatkan banyak orang menjadi tidak percaya dengan negeri itu sendiri. Sekarang ini kita sedang butuh banyak investasi," kata JK.

JK mengaku, saat ini jangan terlalu fokus terhadap divestasi Freeport Indonesia saja, melainkan juga harus memperhatikan berbagai proyek tambang lain yang saat ini belum juga terselesaikan. Seperti salah satunya proses pembangunan smelter.

"Bahwa kalau punya modal cukup bikin smelter saja kita selesaikan dulu, jangan terlalu cepat untuk ambil satu kebijakan. Banyak hal migas kita stagnan, kita butuh lama bangun itu semua karena kita tidak konsiten juga kadang-kadang. Ini kritikan saya juga," tutur dia. (Yas)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Tiga tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) mencatatkan prestasi pada sektor mineral dan batu bara (minerba). Salah satunya kesepakatan PT Freeport Indonesia melepas sahamnya menjadi 51 persen.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana mengatakan, Freeport melepas sahamnya menjadi 51 persen ke pihak nasional bukan hal yang mudah dicapai. Lantaran dalam Kontrak Karya (KK) tidak ada ketentuan pelepasan saham menjadi 51 persen.

Pemerintah pun harus melewati serangkaian perundingan dengan perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut, hingga akhirnya Freeport mau melepas sahamnya.

"Dari prestasi, Freeport menurut saya semua orang mengakui ini prestasi pemerintah," kata Dadan, di Jakarta, Rabu 18 Oktober 2017.

Dadan menuturkan,‎ meski saat ini pemerintah masih melanjutkan perundingan mengenai harga saham dan mekanisme pelepasan saham, hal tersebut tetap harus diakui sebagai prestasi pemerintah. Lantaran sejak Freeport menandatangani KK kedua di 1991, kepemilikan pemerintah baru 9,36 persen.

"Ini sedang proses. Freeport berkomitmen tidak menolak. Kalau harga tinggal menyamakan," ujar Dadan.

Sebelumnya, terkait perundingan Freeport, Jokowi sempat angkat bicara. Dia menganggap kealotan dalam perundingan merupakan hal yang biasa. Pemerintah Indonesia sudah tiga tahun otot-ototan (adu kekuatan) dengan Freeport dalam proses negosiasi.

"Namanya negosiasi alot ya biasa. Sudah tiga tahun kok ini otot-ototan masalah negosiasi itu," ujar dia.

Meski begitu, dia optimistis perundingan akan membuahkan hasil, menemukan jalan keluar yang dapat disepakati kedua belah pihak.‎ Saat ini proses negosiasi hampir selesai, ‎Jokowi menargetkan penyelesaian secepatnya.

"Ini hampir final. Saya yakin win-win-lah. Saya yakin akan selesai.‎ Secepatnya, secepat-cepatnya. Sudah tiga tahun kita bicara ini. Tapi kan kita juga enggak mau kalau tidak dapat win-nya," tutur Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Janji Pengungsi Gunung Agung kepada Petugas BPBD Klungkung

Posted: 01 Nov 2017 09:34 PM PDT

Setelah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Agung dari Awas (Level IV) menjadi Siaga (Level III), para pengungsi mulai kembali ke rumah. Penurunan status itu juga berimplikasi pada luasan zona bahaya Gunung Agung.

Dari sebelumnya radius sembilan kilometer dengan perluasan sektoral 12 kilometer saat Awas, kini menjadi radius enam kilometer‎ dengan perluasan sektoral 7,5 kilometer. Jumlah desa terdampak juga berkurang, dari sebelumnya 28 desa menjadi hanya enam desa.

Artinya, ada 22 desa yang tidak masuk dalam zona bahaya Gunung Agung. Warga pengungsi yang tak masuk dalam zona bahaya Gunung Agung pun kembali ke rumah mereka masing-masing. Hal itu juga sesuai dengan anjuran instansi terkait, dalam hal ini Pemerintah Provinsi Bali.

Namun, sebagian pengungsi masih bertahan di Gelanggang Olahraga (GOR) Swecapura, Kabupaten Klungkung, Bali. Ketika bertepatan dengan Hari Raya Galungan, banyak pengungsi kembali ke rumahnya yang kini telah masuk dalam zona aman.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klungkung, I Putu Widiada, menjelaskan seribu lebih pengungsi dari wilayah aman telah kembali ke rumah masing-masing.

"Ada 1.280 pengungsi dari Kawasan Rawan Bencana (KRB) I dan II yang izin pulang kembali ke rumahnya," ucap Widiada kepada Liputan6.com‎ di GOR Swecapura, Kabupaten Klungkung, ‎Rabu, 1 November 2017.

Meski telah masuk dalam zona aman, kepulangan mereka tetap didata oleh BPBD Klungkung. Ribuan warga yang kembali ke rumahnya itu pun berjanji akan kembali ke pengungsian jika sewaktu-waktu status.

"Mereka juga tadi izin, jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu, misalnya Gunung Agung statusnya dinaikkan lagi atau erupsi, mereka akan kembali mengungsi ke sini lagi," tuturnya.

Kendati begitu, ada pula beberapa warga pengungsi dari desa aman yang masih ingin mengungsi. Mereka berkaca pada pengalaman tahun 1963. Ketika Gunung Agung saat itu meletus, desa mereka terisolasi lantaran terkena lahar dingin.

"Itu alasannya. Mereka ingin memastikan kalau betul-betul aman baru pulang," kata I Putu Widiada.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

‎‎

status awas Gunung agung dievaluasi

‎Umat Hindu Bali merayakan hari suci Galungan, kemarin. Namun, saat perayaan Galungan kali ini, sebagian masyarakat Bali tengah mengungsi akibat aktivitas vulkanik Gunung Agung.

Padahal, biasanya umat Hindu akan menggelar persembahyangan dan setelahnya berkumpul bersama keluarga besar. Warga Hindu Bali yang merantau akan kembali ke tanah kelahirannya untuk merayakan Galungan bersama keluarga besar. Perayaan Galungan mirip Lebaran bagi umat Islam.

Kendati demikian, warga di sekitar lereng gunung berapi yang kini berstatus Siaga (Level III) itu juga ingin khidmat merayakan hari suci umat Hindu itu. Mereka kemudian berbondong-bondong meninggalkan pengungsian.

Salah satunya seperti yang terpantau di Pos Pengungsian Gelanggang Olahraga (GOR) Swecapura, Kabupaten Klungkung. Mereka meminta izin kepada petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk pulang sebentar menggelar persembahyangan. Setelah itu, mereka berjanji akan segera kembali ke pengungsian.

Seorang warga bernama I Luh Sucitawati mengaku telah meminta izin kembali ke rumahnya di Desa Muncan. Sebab, seluruh tetangga yang mengungsi akibat aktivitas vulkanik Gunung Agung juga telah kembali ke rumah untuk persembahyangan.

"Teman-teman sudah pulang semua. Di sana (Desa Muncan) sudah ramai. Jadi saya juga izin pulang sebentar untuk sembahyang," kata Sucitawati ketika ditemui Liputan6.com di GOR Swecapura, Rabu, 1 November 2017.

Rayakan galungan dan kuningan pengungsi Gunung Agung pulang ke rumah

Pengungsi di GOR Swecapura saat ini berjumlah 1.282 jiwa. Di hari raya Galungan, GOR Swecapura tampak sepi. Mereka meminta izin pulang ke rumah untuk melaksanakan persembahyangan meski tahu berada di zona bahaya.

Kepala BPBD Kabupaten Klungkung I Putu Widiada menjelaskan, di Kabupaten Klungkung terdapat 3.758 warga Karangasem asal Kawasan Rawan Bencana (KRB) III.

Pada Rabu pagi, 1 November 2017, sebagian pengungsi di KRB III yang tinggal sementara di GOR Swecapura ada yang meminta izin untuk kembali ke rumahnya menggelar persembahyangan.

Menurut Widiada, sesungguhnya BPBD Klungkung tak mengizinkan juga tak melarang warga yang berkeinginan pulang untuk sembahyang. Meski memberi kesempatan pengungsi merayakan Galungan di rumahnya yang berada dalam zona bahaya, ia memberikan beberapa "bekal" keselamatan bagi mereka.

Yang terpenting adalah mengamankan diri masing-masing dan pergi menjauh jika sirene sebagai tanda bahaya sudah berbunyi.‎

"Kita juga tidak melarang mereka sembahyang. Kita hanya pesan, tolong jaga diri dan hati-hati. Kami tidak mengizinkan, tidak juga melarang," tuturnya.

Bila ada erupsi, ada early warning system. Ada sirene yang akan berbunyi satu jam sebelum Gunung Agung meletus. "Kurang lebih ada dua jam untuk menyelamatkan diri sebelum erupsi," I Putu Widiada memungkasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liburan Spesial dengan Paket Menakjubkan di Resort Ini

Posted: 01 Nov 2017 09:34 PM PDT

Berlibur sudah menjadi agenda wajib bagi setiap orang. Apalagi jika Anda sudah memiliki keluarga, tentu meluangkan waktu berkualitas bersama sang buah hati dan pasangan akan menjadi moment penting yang harus diagendakan.

Tanpa perlu berlibur terlalu jauh, Bali merupakan destinasi tepat yang bisa dipilih untuk liburan Anda bersama keluarga. Dengan segala atraksi yang menjanjikan, jarak tempuh yang tak terlalu jauh dari Jakarta dan kota besar lainnya, serta kekayaan alam yang menakjubkan, maka Bali masih menjadi destinasi favorit bagi para pelancong.

Nah, jika Anda tak memiliki banyak waktu dan hanya ingin bersantai bersama keluarga dengan didukung fasilitas yang beragam, Karma Jimbaran Bali dapat menjadi opsi tepat untuk Anda dan keluarga.

Karma Kandara Jimbaran menawarkan paket spesial untuk liburan Anda bersama keluarga. (Foto: ISTIMEWA/ Karma Kandara Dok.)

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

 

 

Karma Kandara Jimbaran menawarkan paket spesial untuk liburan Anda bersama keluarga. (Foto: ISTIMEWA/ Karma Kandara Dok.)

Resort bintang lima ini menawarkan paket spesial yang akan menjadikan liburan Anda semakin berkesan. Dengan harga USD$433 Anda bisa menginap tiga malam di All Pool Villa Resort, sarapan pagi hingga 6 orang, 75 menit Balinese massage hingga 6 orang, resort credit value senilai Rp.1000.000 net per malam, sajian buah segar setiap harinya, akses ke Karma Beach Resort Bali, dan Anda bisa mengajak sang buah hati menikmati fasilitas di Three Monkeys Kids Beach Club.

Dengan pemandangan alam yang menjanjikan serta fasilitas lengkap, maka Karma Kandara Jimbaran Bali akan membuat Anda semakin betah meluangkan waktu liburan bersama keluarga tercinta. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiper Chelsea: Laga Lawan MU Hidup Mati

Posted: 01 Nov 2017 09:30 PM PDT

Thibaut Courtois memandang laga Chelsea melawan MU sebagai partai hidup-mati. Ia menilai kekalahan akan membuat musim The Blues hancur sebelum memasuki tahun baru.

Kepercayaan diri Chelsea sedang merosot pekan ini. Pasalnya, mereka baru saja takluk 0-3 melawan AS Roma di Liga Champions tengah pekan ini.

Sementara di Liga Inggris, Chelsea masih tertahan di posisi keempat. The Blues baru mengoleksi 19 poin dari 20 laga.

Sementara itu, pemuncak klasemen masih dipegang oleh duo Manchester. City berada di posisi pertama dengan 28 poin, sementara MU membuntuti dengan 23 poin.

"City berselisih sembilan poin dengan kami, MU berselisih empat, dan Tottenham satu. Jadi memang benar ini merupakan laga krusial," kata Courtois, dilansir dari Evening Standard.

"Kami harus menang agar terus berada di papan atas dan menjaga persaingan. Yang jelas kami harus berjuang hingga menit terakhir," kata Courtois yang berperan besar saat Chelsea juara Liga Inggris musim lalu.

Selama ini, duel Chelsea kontra MU memang selalu berlangsung sengit. Apalagi keduanya selalu diperkuat oleh para pemain bintang.

Musim lalu di Liga Inggris, Chelsea dan MU saling mengalahkan. Pada pertemuan pertama di kandang, The Blues menang dengan skor 1-0. Sementara di Old Trafford, MU membalasnya dengan kemenangan 2-0.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terapi Penyelamat Penderita Kanker Selain Kemoterapi

Posted: 01 Nov 2017 09:30 PM PDT

Imunoterapi merupakan terapi baru yang diklaim menghasilkan respon sangat bagus dalam pengobatan kanker kulit melanoma maligna atau melanoma.

Dr Suria Nataatmaja, Medical Director MSD Indonesia menjelaskan, imunoterapi anti PD-L1 dapat digunakan untuk mengobati melanoma sebagai salah satu pilihan pengobatan melanoma selain radioterapi dan kemoterapi.

"Saat ini anti PD-1 merupakan satu-satunya imunoterapi yang sudah masuk ke Indonesia. Tahun lalu, anti PD-1 mendapatkan izin BPOM untuk terapi kanker paru, dan sejak Oktober 2017 lalu mendapatkan tambahan indikasi untuk terapi melanoma," kata dia, di Jakarta, Senin.

Contoh kasus terbaru, dia bilang, adalah mantan Presiden Ameriksa Serikat, Jimmy Carter. Carter yang usianya sudah lebih dari 80 tahun ini dinyatakan "remisi" dari melanoma metastasis dengan pengobatan imunoterapi anti PD-1.

Penelitian Fase 1-3 pengobatan melanoma dengan PD-1 menunjukkan suatu respon positif baik pada kulit Kaukasian dan kulit Asia.

Menurut penelitian, tambahnya, hanya 8 persen pasien melanoma yang mampu bertahan melalui kemoterapi.

Sedangkan, pasien yang diberikan imunoterapi memiliki perbaikan atau kesempatan hidup 4 kali lebih lama, dan rata-rata memiliki usia 9 bulan lebih lama atau 2 kali lebih panjang dibandingkan kemoterapi. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

Nataatmaja memaparkan, cara kerja imunoterapi anti PD-1 adalah mengaktifkan sistem imun tubuh. Limfosit, salah satu sel imun tubuh secara alamiah akan menyerang benda asing yang mengancam kesehatan, termasuk sel kanker.

Saat tetapi, terdapat kondisi di mana sel kanker menghasilkan protein PD-L1 yang membuat ia tidak dikenali sel limfosit. Obat anti PD-1 akan mencegah ikatan PD-1 dengan PD-L1 pada limfosit dan sel kanker sehingga ia dapat mengenali sel tumor sebagai benda asing yang harus dihancurkan.

Di Indonesia, sesuai dengan indikasi yang disetujui, imunoterapi diberikan untuk terapi lini pertama pada pasien melanoma yang unresectable.

Ada perlakuan berbeda imunoterapi untuk kanker paru dan melanoma. Jika untuk kanker paru harus dilakukan pemeriksaan jumlah eskpresi PD-L1 terlebih dahulu, namun untuk melanoma tidak perlu karena hampir hampir semua kanker melanoma mengekspresikan PD-L1.

Anti PD-1 diberikan dalam bentuk suntikan setiap 3 minggu, selama 6 bulan dengan harga Rp35 juta hingga Rp50 juta setiap satu kali suntikan.

"Saat ini obat anti PD-1 belum masuk katalog elektronik BPJS. Sehingga saat ini hanya bisa digunakan pasien non-BPJS. Namun kami masih berjuang agar tahun depan ke BPJS. Dengan masuk ke BPJS lebih banyak lagi pasien melanoma yang terbantu," ujar dia.

(Sella Panduarsa Gareta/AntaraNews)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penggemar Hip Hop Puas dengan Konser Sound Boxxx di Jakarta

Posted: 01 Nov 2017 09:30 PM PDT

Pada 28 Oktober 2017 lalu, Bahaya Records dan Benjamin Live berhasil mengadakan event bertajuk Sound Boxxx dengan tema Hip Hop Rap Festival di Rolling Stone Headquarter Kemang, Jakarta.

Rap yang dikenal saat ini sangat berbeda dengan era 1990-an. Saat ini, jenis musik tersebut memiliki crowd yang sangat besar di media sosial. Namun karena banyak sponsor dan pihak yang meragukan besarnya komunitas ini, maka jarang sekali event besar hip hop diadakan.

Konser Hip Hop Sound Boxxx. (Bahaya Records / Benjamin Live)

Setelah sukses meriuhkan Pekan Raya Jakarta dengan tema HipHop Night, @BenjaminLiveOfficial menghadirkan Sound Boxxx untuk para penikmat music hip hop.

Wadah ini diharapkan mampu mengejar market millenials yang memiliki kekuatan media sosial tinggi untuk dapat berpindah ke aktivasi lain, salah satunya lewat penyelenggaraan event musik hip hop.

 

Terbukti saat event ini berlangsung, banyak yang begitu terlihat menikmati performing dari artis-artis yang tampil malam itu seperti penampilan Dycal, Goldface, A Nayaka, Ben Utomo, Bonnie MC, Mr Nobody, DJ Cruzzy, DJ Slide, Eitaro, dan ditutup dengan penampilan Tuan13.

Konser Hip Hop Sound Boxxx. (Bahaya Records / Benjamin Live)

Event tersebut menjadi konser hip hop keren yang diadakan oleh Bahaya Records bersama Benjamin Live, dan tentunya dinikmati oleh para pecinta hip hop dan rap yang hadir malam itu, serta para penggemar yang juga sangat menikmati musisi favoritnya masing-masing saat acara berlangsung.

Bagi yang belum sempat datang di event Sound Boxxx, Bahaya Records memberi ancang-ancang agar pecinta hip hop bersiap untuk datang di event yang akan diadakan selanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raja Salman dan Putra Mahkota Kutuk Teror Truk di New York

Posted: 01 Nov 2017 09:30 PM PDT

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengutuk serangan teror truk yang terjadi di New York, Amerika Serikat, Selasa lalu. Pesan belasungkawa mereka sampaikan kepada Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

"Atas nama pemerintah Arab Saudi, kami mengutuk segala tindakan teror yang telah terjadi dan menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya untuk keluarga korban yang ditinggalkan," ujar Raja Salman. Demikian dilansir dari laman Arabnews.com, Kamis (2/11/2017).

Ia menegaskan, Kerajaan Arab Saudi menolak segala tindak kekerasan yang dilakukan pelaku teror dalam segala bentuk dan manifestasinya.

Selain itu Raja Salman juga menegaskan bahwa penting bagi dunia internasional untuk bersatu dalam menghadapi dan memberantas praktik terorisme.

Pesan belasungkawa juga dihantarkan putra mahkota. Mohammed turut mengucapkan keprihatinan kepada keluarga korban atas serangan teror di New York.

"Saya menyampaikan dukacita yang mendalam kepada keluarga korban dan warga Amerika Serikat," ujar Mohammed bin Salman.

Delapan orang tewas dan 11 lainnya terluka ketika sebuah truk maut melaju kencang menyusuri jalan bersepeda di dekat lokasi peringatan tragedi 9/11, di Manhattan, New York City, pada Selasa, 31 Oktober 2017 waktu setempat.

Oleh otoritas, pelaku diidentifikasi bernama Sayfullo Saipov (29), kelahiran Uzbekistan yang telah mendapat Green Card -- izin menetap secara permanen di AS.

Kini, Saipov telah diamankan kepolisian New York. Sebelum diringkus, pria itu sempat memicu kepanikan dengan menenteng dua senjata api -- yang ternyata palsu -- beberapa saat setelah keluar dari kendaraan truk mautnya.

Wali Kota New York City Bill de Blasio menetapkan kejadian itu sebagai aksi terorisme. Adapun Gubernur Negara Bagian New York Andrew Cuomo mengatakan, kejadian itu merupakan sebuah serangan "lone wolf" dan tidak ada bukti bahwa peristiwa itu merupakan bagian dari plot teror yang lebih luas.

Seperti dikutip dari NBC News, Presiden AS Donald Trump menyebut peristiwa di New York City itu sebagai sebuah serangan lain yang dilakukan oleh orang sakit dan gila.

Trump juga menyampaikan belasungkawa kepada para korban dan keluarga mereka atas kejadian yang ia sebut sebagai "serangan teroris". Sang presiden juga berjanji untuk meningkatkan keamanan dan pemeriksaan ketat bagi para imigran (mengingat pelaku berasal dari Uzbekistan).

Presiden Argentina Mauricio Macri turut berduka. Lewat akun Twitter pribadinya, ia mengatakan, "Sangat berduka dengan kematian tragis pada Selasa, 31 Oktober waktu setempat di NY. Kami bersimpati bersama dengan keluarga korban."

Ia menyampaikan belasungkawa setelah diketahui, lima dari delapan korban tewas dan satu korban luka merupakan warga negara Argentina.

Sementara itu, Wakil Perdana Menteri yang sekaligus menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Belgia, Didier Reynders, mengatakan, seorang warga negaranya menjadi korban tewas.

Lewat Twitter, Reynerds mengatakan bahwa ia sangat sedih dengan kabar kematian seorang warga Belgia. Ia juga menjelaskan, tiga orang Belgia lainnya "juga terluka" dalam serangan tersebut dan saat ini "berada di ruang operasi".

Selain itu, Perdana Menteri Inggris Theresa May mengatakan bahwa Britania Raya turut bersimpati kepada New York City. Demikian seperti dikutip dari Telegraph.

Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson turut menyampaikan simpati pada korban aksi teror NY. Melalui Twitter, ia menulis, "Inggris berdiri tegar bersama teman kami Amerika Serikat usai serangan mengerikan di NYC. Saya bersimpati kepada para korban dan semua orang yang terdampak. Kami tidak akan menyerah pada teror."

Wali Kota London Sadiq Khan turut menyatakan belasungkawa kepada korban. Ia mengunggah twit yang bertuliskan, "London ikut bersedih dan kami menyatakan solidaritas dengan New York City setelah serangan teroris yang keji dan pengecut di Manhattan."

Seperti dikutip dari The Guardian, Perdana Menteri India Narendra Modi menyatakan ungkapan bernada serupa. Lewat akun Twitter-nya, Modi menulis, "Sangat mengutuk serangan teror di New York City. Ikut bersimpati kepada seluruh keluarga, korban tewas, dan korban luka."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajib Registrasi Ulang Kartu SIM, Bagaimana Nasib WNA?

Posted: 01 Nov 2017 09:30 PM PDT

Pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mewajibkan pengguna seluler untuk kembali mendaftarkan ulang nomor kartu SIM prabayar mulai dari Selasa (31/10/2017) hingga sebelum 28 Februari 2018 mendatang.

Pengguna wajib meregistrasi ulang nomor prabayarnya ke 4444 via SMS atau juga via internet dari platform masing-masing operator. Saat registrasi, pengguna harus memasukkan NIK KTP dan nomor KK.

Lantas, bagaimana nasib Warga Negara Asing (WNA) dan kalangan ekspatriat yang tinggal di Indonesia? Seperti diketahui, mereka memang menggunakan nomor seluler Indonesia, tetapi tidak memiliki KTP atau KK.

Meskipun banyak hal harus kita pertimbangkan, berkarir di luar negeri pastinya memberikan sejuta manfaat tersendiri.

Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Kemkominfo Ahmad M Ramli menjelaskan WNA juga wajib mendaftarkan ulang nomor seluler Indonesianya.

"Ya mereka tetap bisa (daftar ulang). WNA yang ingin melakukan registrasi kartu SIM prabayar bisa mengunjungi gerai layanan pelanggan operator dengan membawa paspor atau KITAS atau juga KITAP," ujar Ramli kepada Tekno Liputan6.com via pesan singkat pada Kamis (2/11/2017).

Berbeda dengan WNI yang bisa melakukan registrasi ulang kartu SIM via online, Ramli menegaskan WNA harus tetap mengunjungi gerai karena proses pendaftaran ulang akan dibantu oleh customer service pada masing-masing gerai operator.

 

Registrasi Kartu SIM Prabayar (Dok. IndonesiaBaik.id)

Seperti yang sudah diketahui, bagi pelanggan yang tidak melakukan registrasi sampai 28 Februari 2018, pemerintah akan memblokir nomor pelanggan secara bertahap hingga batas waktu 28 April 2018.

Apabila gagal registrasi melalui SMS atau situs web operator, pelanggan bisa melakukan registrasi di gerai operator secara langsung.

SMS registrasi kartu SIM perdana maupun aktif tidak dikenakan biaya. Data NIK dan KK dijamin aman, mengingat standar keamanan data operator seluler telah bersertifikat ISO 27001 dan juga dipayungi Peraturan Menteri Kominfo tentang Perlindungan Data Pribadi.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: AS Alami Produksi Gandum Terendah dalam Sejarah

Posted: 01 Nov 2017 09:30 PM PDT

Lahan gandum di Amerika Serikat terus berkurang dan tampaknya bisa mencapai tingkat terendah sejak 1919. Demikian menurut data yang dikeluarkan Departemen Pertanian Amerika. Faktor harga dan iklim, serta adanya kompetisi internasional juga menjadi salah satu penyebab turunnya produksi gandum Amerika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pasca-Teror New York, Trump Desak Undian Green Card Dicabut

Posted: 01 Nov 2017 09:25 PM PDT

Dari pemeriksaan latar belakang pelaku, aparat mengetahui bahwa Syafullo Saipov, pelaku teror New York yang menewaskan delapan orang, masuk ke Amerika setelah mendapat undian Green Card.

Aksi teror ini jadi dasar politisi Washington terkait kebjiakan imigrasi Amerika. VOA

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 WN Korea Selatan Penculik Anak Segera Dideportasi

Posted: 01 Nov 2017 09:23 PM PDT

Polisi akan mendeportasi dua pelaku penculikan seorang anak berkewarganegaraan Korea Selatan. Dua pelaku, Baek Jongwoon (40) dan Sea Songwoon (38), dibekuk di wilayah hukum Polda Metro Jaya pada Rabu 1 November 2017 malam.

Deportasi rencananya dilakukan setelah proses penyelidikan selesai. Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan mengatakan akan berkoordinasi dengan Kedutaan dan Kepolisian Korea.

"Akan kita lakukan deportasi usai kita melakukan investigasi di sini," kata dia di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (2/11/2017).

Kasus itu berawal dari laporan Kedubes Korea Selatan. Ia melaporkan perihal penculikan anak di Korea Selatan.

Korban diduga dibawa ke Indonesia. Polisi lantas bergerak cepat. Jejak pelaku bisa teridentifikasi setelah polisi berkoordinasi dengan imigrasi.

Polisi akan menyerahkan pengusutan kasus ke polisi Korea Selatan.

"Ya kita hanya investigasi awal. Hasil penyidikan penemuan kita di lapangan tadi kemudian kita akan secepatnya serahkan ke Kepolisian Korea Selatan," jelas Hendy.

Rencananya, kedua pelaku penculikan dideportasi besok Jumat 3 November 2017. Sementara orang tua korban rencananya akan menuju Jakarta hari ini.

"Setelah kita lakukan pembahasan, kita jadwalkan deportasi besok jam 22.00 WIB malam," Hendy menandaskan.

 

Bocah warga negara Korsel berinisial KH (10) yang jadi korban penculikan mengaku tidak sadar sedang diculik.

"Pada saat kita amankan dari korban, dia tidak merasa proses penculikan," tutur Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Hendy F Kurniawan, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (2/11/2017) dini hari.

Menurut Hendy, korban hanya menerangkan ponselnya disita. Pelaku, lanjut dia, beralasan agar korban tidak main gadget. Kemudian pelaku mengatakan ponselnya rusak. Alhasil, korban tidak bisa berkomunikasi dengan orangtuanya.

"Korban saat ini masih berada di salah satu hotel dengan pengawalan anggota Jatanras, kemudian masih bersama orang Kedubes Korea," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ade Maya Masih Berharap Rujuk dengan Ibnu Jamil

Posted: 01 Nov 2017 09:20 PM PDT

Sidang cerai Ibnu Jamil dengan Ade Maya digelar di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis (2/11/2017). Dalam sidang beragendakan jawaban dari pihak termohon, Ade Maya masih tetap pada keputusannya untuk bertahan.

Hingga sidang keempat, Ade Maya masih berharap rujuk dengan Ibnu Jamil. Hal itu ditunjukkan dengan kehadirannya selalu dalam persidangan.

"Hasilnya Mbak Ade mengajukan jawaban dari permohonan yang diajukan Ibnu Jamil. Dia masih berharap untuk bisa kembali rujuk," ungkap pengacara Ibnu Jamil, Agus Setiawan usai persidangan.

 

 

Keberadaan anak menjadi pertimbangan Ade Maya tak mau dicerai Ibnu Jamil. Mantan atlet voli itu berharap dengan adanya keluarga yang utuh, dapat memberikan pengaruh baik kepada buah hatinya.

"Alasannya (bertahan) anak. Keutuhan rumah tangga kan kalau keluarga yang utuh itu lebih baik, dibanding harus ada kerusakan," ucap Agus Setiawan.

Meski begitu, Agus memastikan bahwa kemungkinan rujuk Ibnu Jamil dan Ade Maya masih terbuka. "Kita doakan saja. Karena sampai jelang putusan pun masih bisa berdamai. Bahkan, usai putusan pun masih bisa balik lagi. Intinya selama masih ada napa, bisa berbaik lagi untuk rujuk," katanya. (Ras)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Begini Penampilan Neymar Saat Rayakan Halloween

Posted: 01 Nov 2017 09:17 PM PDT

Bek PSG asal Brasil, Dani Alves (kiri) berpose dengan Neymar saat merayakan hari Halloween. Dani Alves tampil dengan mengecat wajah dan rambut berwarna putih. (Instagram/@neymarjr)

Bek PSG asal Brasil, Dani Alves (kiri) berpose dengan Neymar saat merayakan hari Halloween. Dani Alves tampil dengan mengecat wajah dan rambut berwarna putih. (Instagram/@neymarjr)

Penyerang PSG, Neymar (tengah) berpose dengan Kiper PSG, Kevin Trapp dan seorang wanita saat merayakan hari Halloween. Neymar tampil total dengan mengecat rambutnya menjadi hijau dan melengkapi dandanannya dengan kartu. (Instagram/@neymarjr)

Penyerang PSG, Neymar (tengah) berpose dengan Kiper PSG, Kevin Trapp dan seorang wanita saat merayakan hari Halloween. Neymar tampil total dengan mengecat rambutnya menjadi hijau dan melengkapi dandanannya dengan kartu. (Instagram/@neymarjr)

Penyerang PSG, Neymar (kiri) berselfie dengan teman-temannya saat merayakan hari Halloween. Neymar tampil total dengan mengecat rambutnya menjadi hijau dan melengkapi dandanannya dengan kartu. (Instagram/@neymarjr)

Penyerang PSG, Neymar (kiri) berselfie dengan teman-temannya saat merayakan hari Halloween. Neymar tampil total dengan mengecat rambutnya menjadi hijau dan melengkapi dandanannya dengan kartu. (Instagram/@neymarjr)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Redam Towns, Pelicans Tetap Tumbang

Posted: 01 Nov 2017 09:15 PM PDT

DeMarcus Cousins memenangkan pertarungan big man melawan Karl-Anthony Towns saat New Orleans Pelicans menghadapi Minnesota Timberwolves pada lanjutan NBA 2017-2018.

Namun, kontribusi tersebut tidak cukup untuk Pelicans meraih kemenangan di Smoothie King Center, Rabu (1/11/2017) waktu setempat atau Kamis (2/11/2017) WIB.

Pelicans harus mengakui keunggulan Timberwolves 98-104 dan menderita kekalahan kelima pada NBA musim ini.

Cousins menghasilkan 35 angka pada pertandingan ini dan memantapkan posisi di peringkat dua pencetak poin tertinggi. Dia rata-rata menghasilkan 29,4 nilai per laga, hanya kalah dari bintang Milwaukee Bucks Giannis Antetokounmpo (31,3 poin per partai).

Anthony Davis (24 poin) dan Jrue Holiday (14) jadi penyumbang angka tertinggi berikutnya bagi Pelicans.

Tidak hanya produktif, Cousins juga sukses meredam Towns sehingga sang rival hanya mencetak dua angka. Namun, pemain Timberwolves lain memikul beban poin dan tampil kolektif.

Jimmy Butler menghasilkan 23 angka, disusul Andrew Wiggins (18), Gorgui Dieng (12), dan Nemanja Bjelica (12).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hunian Dekat Bandara Soetta Laris Diburu

Posted: 01 Nov 2017 09:15 PM PDT

Laporan Megahubs Internasional Index versi lembaga OAG asal Inggris menyebut Bandara Internasional Soekarno – Hatta (Soetta) menempati peringkat ketujuh dalam daftar bandara paling terkoneksi di dunia.

Kilas balik lima tahun lalu, bandara terbesar di Indonesia ini pernah menduduki peringkat kesembilan sebagai bandar udara tersibuk di dunia. Hasil dikeluarkan Airports Council International (ACI) didasari oleh jumlah trafik penumpang, termasuk penumpang yang melakukan transit.

Setelah Terminal 3 Ultimate resmi beroperasi setahun lalu dan sukses mencuri perhatian publik, PT Angkasa Pura II (Persero) hingga kini masih terus melakukan pengembangan kawasan bandara. Salah satunya membangun Terminal 4 yang berada di kawasan pergudangan Soewarna.

Terminal baru ini rencananya akan dibangun seluas 300.000 meter persegi dengan tahap konstruksi paling cepat tahun depan. Tidak hanya terminal, Angkasa Pura II juga bakal membangun landasan pacu atau runway ketiga dengan ukuran 3.000 x 60 meter persegi.

Yang menarik, pengembangan kawasan yang dilakukan di Soetta membawa dampak positif terhadap proyek-proyek properti, khususnya dalam radius 5 kilometer.

Baca juga: Prospek Cerah Investasi Rumah Dekat Bandara Soetta

Menurut Aleviery Akbar, Associate Director Residential Sales & Leasing Colliers International, adanya Terminal 3 Soekarno Hatta maupun pengembangan yang tengah dilakukan berpengaruh terhadap pertumbuhan properti utamanya di Tangerang serta sisi utara dan barat Jakarta.

"Besar kemungkinan akan ada apartemen, hotel, hingga perumahan baru yang bisa menyerap kebutuhan pangsa pasar yang berkaitan dengan aktivitas di bandara. Baik dari pekerja, penumpang, turis, dan lain-lain. Pengembang, sebaiknya memanfaatkan peluang baik ini," katanya.

Salah satu proyek properti yang terkena imbas positif langsung adalah kawasan Aeroworld 8 yang merupakan bagian dari pengembangan CitraGarden City, Jakarta Barat, dengan total luas lahan 450 hektare.

Dibanding kawasan lainnya, Aeroworld 8 yang dikembangkan di atas lahan seluas 80 hektare berlokasi paling dekat dengan kawasan bandara. Secara hitungan maps, jaraknya hanya sekitar 2,5 kilometer saja atau bisa ditempuh kurang dari 10 menit.

Simak juga: Nilai Investasi Melesat, Pilih Hunian Dekat Bandara

"Seiring dengan perkembangan pembangunan Bandara Soetta, penjualan hunian dan area komersial di Aeroworld meningkat cukup signifikan. Jika dibandingkan per Oktober tahun lalu, penjualan hunian dan area komersial bulan yang sama tahun ini naik sekitar 20%," terang Associate Director PT Ciputra Residence, Merry Lantani kepada Rumah.com.

Ia menambahkan, tidak hanya menghadirkan hunian semata, Aeroworld 8 dengan konsep Airport Central Business District And Living juga akan dikembangkan menjadi Central Business District (CBD) baru di area sekitar bandara.

"Karena lokasinya berdekatan dengan bandara internasional, maka banyak peluang bisnis baik dari luar kota maupun luar negeri. Ke depan kami melihat ada kebutuhan hunian yang nyaman, tenang dan eksklusif, sekaligus memudahkan mereka yang punya aktivitas bisnis di sekitar bandara."

"Kami tawarkan hunian mulai Rp3,5 miliar – Rp5 miliar, sementara untuk rukan dipasarkan Rp2 miliaran. Di triwulan keempat ini kami optimistis dapat memaksimalkan penjualan, terutama area komersial yang memang paling strategis untuk bisnis-bisnis yang membutuhkan akses cepat ke Bandara Soetta," ia mengakhiri.

Kondisi properti di Jakarta Barat yang masih signifikan membuat banyak konsumen sekaligus investor tak segan-segan untuk membeli apartemen maupun rumah tapak di sini. Tertarik punya hunian di Jakarta Barat? Intip daftar harganya mulai Rp500 jutaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengumuman Calon Hakim 2017 Ditunda

Posted: 01 Nov 2017 09:15 PM PDT

Pengumuman calon hakim 2017 ditunda. Nama-nama hakim baru seharusnya diumumkan pada 31 Oktober kemarin.

Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, Abdullah, mengatakan penundaan itu disebabkan panitia seleksi belum menggabungkan nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

"Keputusan menunda pengumuman kelulusan Seleksi Calon Hakim didasarkan atas Surat dari Panselnas, dengan alasan belum selesai mengintegrasikan nilai SKD dan SKB," ucap Abdullah kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu 1 November 2017.

Namun, dia belum tahu kapan nama-nama tersebut diumumkan. Dia enggan memprediksinya kapan pengumuman dilakukan. Surat dari pansel hakim hanya menyebutkan penundaan dilakukan sampai ada penetapan hasil seleksi.

"Saya belum tahu, surat dari Panselnas seperti itu. Semoga hanya beberapa hari saja dan tidak terlalu lama," pungkas Abdullah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Mahkamah Agung memperketat seleksi hakim baru pada tahun ini. Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Achmad Setyo Pudjoharsoyo menyebut, saking ketatnya, banyak anak pimpinan MA tidak lolos.

"Itu tidak mungkin nyatanya anak saya tidak lolos. Kalau itu dimungkinkan, saya kan dahulukan anak saya. Anak pimpinan MA banyak yang ikut. Namun kenyataannya banyak yang tidak lolos. Ibaratnya seperti itu, karena tidak mungkin," ucap Pudjo, panggilan akrabnya, di Jakarta, Jumat 27 Oktober 2017.

Dia menjelaskan, pengetatan itu karena Mahkamah Agung menggunakan sistem Computer Authorized Test (CAT). Juga Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) dengan peesentase tinggi.

"Presentasenya itu 40 persen SKD dan 60 persen SKB. Seperti psikotes kemudian wawancara yang nilainya 50 persen dan CAT yang 50 persen juga (komposisinya). Semuanya sudah komputerisasi dan untuk kegiatan tahap pertahap itu ada pengawasnya. Kalau jumlahnya sekian, bagaimana orang yang mengaku bisa membantu. Bagaimana caranya," jelas Pudjo.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanda Pasangan Anda Sedang Selingkuh

Posted: 01 Nov 2017 09:15 PM PDT

Mungkin rasa curiga sudah terasa sejak lama, namun bagaimana caranya untuk memastikan bahwa pasangan Anda selingkuh? Walaupun Anda memiliki kebiasaan memeriksa ponsel dan membajak media sosialnya, pasangan yang suka selingkuh sebenarnya telah secara tidak sadar menunjukkan perselingkuhannya.

Intinya, Anda hanya harus mencari tahu lebih jauh. Dilansir dari theindependent.co.uk, Kamis (2/11/2017), ada enam tanda yang dapat membuktikan bahwa pasangan Anda telah selingkuh.

David King, seorang investigator pribadi yang berasal dari Australia mengungkapkan ada beberapa perubahan aneh pada perilaku hingga penampilan pasangan. Sayangnya, jika Anda menemukan pasangan mulai menata rambutnya atau berpakaian dengan lebih baik, ini mungkin menjadi pertanda dari sesuatu yang tidak baik.

Selain itu, penggunaan ponsel yang mencurigakan, seperti mengubah kata sandi atau terlalu menutup-nutupi ketika berkirim pesan dengan seseorang. Sedangkan dari segi psikologinya, David mengungkapkan bahwa banyak dari kliennya melaporkan perubahan sikap pasangan mereka yang lebih agresif dari biasanya.

 

Perilaku yang tidak rasional, seperti terus menerus berkelahi atau tiba-tiba pergi dari rumah bisa menjadi satu tanda bahwa pasangan sedang menghindar dari rasa bersalah yang dialaminya akibat selingkuh. Pasangan juga akan terus menemukan alasan untuk tidak pulang ke rumah tepat waktu, atau tiba-tiba keluar tanpa penjelasan yang tepat.

Jika Anda familiar dengan tanda-tanda di atas pada diri pasangan, mungkin ini waktu yang tepat untuk mengunjungi seorang profesional. Apakah Anda sudah menemui tanda dari pasangan yang selingkuh?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangerang Gerebek Pabrik Petasan Ilegal di Tengah Sawah

Posted: 01 Nov 2017 09:13 PM PDT

Polres Tangerang Selatan mengerebek sebuah pabrik petasan ilegal di Cijantra, Pagedangan Kabupaten Tangerang. Pabrik itu tersembunyi di tengah sawah.

Penggerebekan tersebut terjadi pada Rabu, 1 November 2017. Kasat Reskrim Polres Tangsel AKP Ahmad Alexander Yurikho mengatakan, razia pabrik petasan ini untuk menindaklanjuti dan mengantisipasi peristiwa meledaknya pabrik kembang api di Kosambi, Kabupaten Tangerang.

"Penggerebekan dilakukan untuk mencegah kejadian yang tak diinginkan," kata Alexander di Tangerang, Kamis (2/11/2017).

Selain itu, Alex mengungkapkan, pabrik petasan tersebut keberadaannya cukup tersembunyi karena jauh dari pemukiman warga dan berada persis di tengah pematang sawah. Dari keterangan warga yang didapat, keberadaan pabrik tersebut sangat meresahkan.

Makanya, polisi langsung menuju ke lokasi pabrik tersebut yang berada di tanah persawahan RT 02/06, Kampung Undrus, Desa Cijantra, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Petugas pun mendapati banyak sekali petasan siap edar serta berkarung-karung bahan baku.

"Petasan siap edar dan bahan baku pembuat petasan, namun untuk pekerja sudah tidak ada," papar Alex.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, didapati seorang pelaku yang bernama Ade Mukhtar yang merupakan ketua RW 06 di daerah tersebut.

"AM berada di sekitar lokasi tempat pembuatan, selanjutnya saksi beserta barang bukti diamankan ke Polsek Pagedangan guna penyelidikan lebih lanjut," jelasnya.

 

Barang bukti yang dikumpulkan adalah petasan siap edar diameter 5 cm sebanyak 25 karung plastik, petasan siap edar diameter 2 cm sebanyak 24 cetakan, potasium sebanyak 2 kg, belerang sebanyak 10 kg, bron percikan warna abu-abu sebanyak 2 kg.

"Ada juga sumbu siap pakai sebanyak 6 renteng, satu rentengnya sepanjang 30 cm, dan cangkang petasan kosong sebanyak 9 karung," tutur Alex.

Untuk pembuatan petasan tersebut, alat-alat yang digunakan para pelaku semuanya terbuat dari kayu dan bahan-bahan yang sangat mudah sekali didapat. Seperti palu kayu dan cangkang ukuran besar dan kecil.

Hingga kini polisi masih mengejar beberapa pelaku yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) dan bejumlah tiga orang dengan inisial M, MS, dan A.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IDN Soundscape Sukses Dipadati Lebih dari 7 Ribu Pengunjung

Posted: 01 Nov 2017 09:10 PM PDT

Pertama kali digelar, IDN Soundscape Presented by IDN Times sukses menghibur lebih dari 7000 pengunjung pada satu hari pagelaran Sabtu, 28 Oktober 2017 di Eco Park Ancol, Jakarta. Mengusung tema 'Angkatan 2000-an', 11 musisi papan atas Indonesia tampil menghibur masyarakat dengan throwback experience yang belum pernah diadakan sebelumnya.

Kesuksesan festival musik garapan IDN Times ini, semakin menguatkan posisi IDN Media sebagai media generasi Millennials dan Z terbesar di Indonesia.

Slank di IDN Soundscape 2017. (IDN Times)

Chief Operating Officer IDN Media, William Utomo, mengungkapkan rasa terima kasihnya, "Keberhasilan kami menyelenggarakan pagelaran kecantikan pada bulan Maret lalu, mendorong kami untuk kembali menyuguhkan sebuah acara dengan konsep yang berbeda. Festival musik bertema Angkatan 2000an yang kami usung, membuahkan hasil ketika pengunjung yang hadir melebihi target dari yang kami harapkan."

"Pertama kali digelar, dihadiri oleh lebih dari 7000 pengunjung merupakan suatu keberhasilan yang luar biasa. Terima kasih atas dukungan dan apresiasi dari seluruh pihak yang terlibat. Tanpa mereka, IDN Soundscape tidak akan berjalan dengan sangat baik seperti saat ini," ungkapnya.

 

 

 

Pongki Barata di IDN Soundscape 2017. (IDN Times)

Dalam satu hari, panggung IDN Soundscape Presented by IDN Times menyuguhkan penampilan dari 11 musisi tanah air, yakni Float, GAC, Tompi, Pongki Barata, Tulus, D'Masiv, Andra and The Backbone, Kahitna, Naif, Gigi dan Slank. Selain itu, terdapat sederet activity booth sesuai tema seperti ruang kelas, ruang laboratorium, ruang UKS, dan merchandise booth.

Sambil menunggu penampilan musisi favorit, pengunjung dapat mencoba permainan ding dong dan mengunjungi spray station untuk mewarnai baju seragam yang merupakan ciri khas lulus zaman SMA.

"Berbeda dengan festival musik lainnya, kami menyuguhkan experience booth untuk menambah nostalgic moment para pengunjung. Mereka dapat bermain dan berfoto di seluruh area entertainment yang telah disediakan. Tidak hanya itu, kami juga menyediakan snack jajanan kantin sekolah di f&b booth," tambah William.

Gigi di IDN Soundscape 2017. (IDN Times)

Pengunjung IDN Soundscape Presented by IDN Times terlihat memadati area sejak pukul 2 siang. Sebagian dari mereka datang mengenakan seragam putih abu-abu yang merupakan dresscode hasil kolaborasi desainer Danjyo Hiyoji.

Penampilan musisi pertama dimulai oleh Float tepat pukul 3 sore dan ditutup oleh penampilan Slank, pada Minggu pukul 1 dini hari. Walaupun sempat diguyur hujan, namun ternyata tidak menyurutkan semangat penonton untuk terus bernyanyi mengikuti irama lagu.

Melihat antusiasme masyarakat, IDN Soundscape dipastikan akan kembali hadir tahun depan, tentunya dengan tema dan keseruan lainnya. "Kami akan terus berupaya untuk menyatukan aspirasi dan mendorong kreativitas anak muda Indonesia melalui beragam kegiatan menarik. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas antusiasmenya. Semoga IDN Soundscape dapat mengobati kerinduan dan membawa kembali keseruan nostalgia semasa sekolah. Sampai jumpa di IDN Soundscape tahun depan," tutup William.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibadah di Tanah Suci Makin Nyaman di Penginapan Ramah Keluarga

Posted: 01 Nov 2017 09:09 PM PDT

Ibadah ke tanah suci, yakni Mekah dan Madinah, semakin umum dilakukan dengan keluarga. Penginapan ramah keluarga pun membuat perjalanan terasa lebih nyaman. Apalagi dengan fasilitas penunjang, seperti ketersediaan kamar suite dan terhubung satu sama lain.

Pullman Zamzam Madina dan Pullman Zamzam Makkah, bagian dari AccorHotels yang merupakan operator hotel ternama di dunia dan merupakan pemimpin pasar di tanah suci, yakni Mekah dan Madinah. Bersamaan dengan dimulainya musim umrah tahun 1439 Hijriah (tahun 2017–2018), dan kedua hotel unggulan ini melakukan kunjungan bisnis ke Indonesia untuk bertemu dengan para partner bisnis (travel agent) untuk membuka pintu bagi para tamu-tamu setia dari Indonesia yang akan melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci, yakni Mekah dan Madinah.

Jemaah dari Indonesia merupakan pasar utama bagi Pullman Zamzam Madina dan Pullman Zamzam Makkah. Sepanjang 2017, menurut Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, jamaah dari Indonesia menempati posisi lima besar sebanyak 14 persen dari total jamaah yang datang ke tanah suci. Kedua hotel ini juga berkomitmen memberikan pelayanan yang sempurna bagi para jamaah Indonesia dengan menghadirkan menu-menu yang disesuaikan dengan cita rasa otentik dan hasil olahan para juruk masak asal Indonesia.

Pullman Zamzam Madina membawa para tamu merasakan suasana khusyuk dengan sambutan hangat khas Arab saat beribadah di kota suci Madinah. Hotel ini berjarak hanya beberapa menit berjalan kaki menuju Masjid Nabawi. Pullman Zamzam Madina berdiri megah di tengah-tengah tempat beribadah utama bagi para umat Muslim, menyuguhkan pemandangan menakjubkan ketika para tamu beristirahat. Hotel yang baru dibuka di tahun 2016 lalu dan merupakan hotel terbesar kedua di kota Madinah menyediakan 835 kamar dan suite, serta tiga restoran internasional.

	Ibadah ke tanah suci, yakni Mekah dan Madinah, semakin umum dilakukan dengan keluarga sehingga membutuhkan penginapan yang nyaman.

Ashraf Madkour, General Manager Pullman Zamzam Madina mengatakan, pasar pariwisata religi dunia menanggapi pembukaan hotel baru kami yang unik ini dengan sambutan yang sangat baik. Ukuran kamar hotel Pullman Zamzam Madina merupakan yang terbesar di antara hotel bintang 5 lainnya di Madinah, dan restoran kami juga memberikan suatu pengalaman yang lebih dari sekedar kuliner.

"Pemandangan tak terlupakan dari kamar, suite, dan restoran menampilkan Masjid Nabawi dengan sempurna, termasuk Kubah Hijau yang menakjubkan dan Bukit Uhud yang suci. Dikarenakan jumlah kamar yang besar, kami memegang andil untuk memberikan penawaran yang menarik kepada mitra bisnis kami dan menyediakan pengalaman menginap yang unik kepada para peziarah," ujar Ashraf di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pullman Zamzam Madina mengedepankan pelayanan dan keramahan. Para staf profesional siap menyambut para tamu dengan sajian kopi khas Arab serta kurma segar dengan tradisi keramahan Madina.

Saksikan juga video menarik berikut ini.

 

Pullman Zamzam Makkah berdiri di kawasan istimewa di Makkah, berlokasi di area baru spektakuler kompleks Abraj Al Bait dan terhubung langsung dengan Masjidil Haram dan Ka'bah di jantung kota Mekah serta menghadap langsung gerbang Raja Abdulaziz. Hasil karya yang menyuguhkan pelayanan terbaik dengan 1.315 kamar dan suite elegan dilengkapi failitas mewah ini juga menghadirkan dua pilihan restoran.

Pelayanan hotel bintang lima bernuansa spiritual dengan pemandangan langsung menghadap Kabah, menjadikan hotel ini sebagai akomodasi ideal bagi para jamaah.

Mekah merupakan kota paling suci dalam Islam dan merupakan salah satu tempat ajaib di dunia. Kota ini berjarak kurang lebih 73 kilometer dari pelabuhan Jeddah- Arab Saudi menuju Laut Merah. Sebagai tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW, Mekah kini menjadi kota yang hidup dan semarak dengan penduduk dengan ragam budaya Islam.

Hamid Sidine, General Manager Pullman Zamzam Makkah mengatakan, pemerintah Arab Saudi membuka pintu untuk mengakomodasi lebih banyak jamaah dan memperbaiki infrastruktur. Salah satu proyek yang penting adalah pembangunan jalur Kereta Api Cepat Haramain akan menghubungkan dua destinasi suci, Mekah dan Madinah dalam waktu tempuh kurang dari dua jam yang akan rampung dalam beberapa bulan ke depan.

"Sebelumnya jarak kedua kota suci harus ditempuh dalam waktu sekitar empat jam dengan berkendara. Stasiun kereta api yang berlokasi hanya beberapa menit dari kedua hotel Pullman ini terlihat sangat menawan dari segi arsitekturnya dan memberikan pengalaman tersendiri bagi jamaah yang datang dari dalam ataupun luar wilayah Arab Saudi," ujar Hamid Sidine.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keren, Ford Ciptakan Rem Tangan Elektrik untuk Drifting

Posted: 01 Nov 2017 09:09 PM PDT

Ford Performance memperkenalkan all new Drift Stick, sebuah rem tangan elektrik yang terinspirasi oleh reli. Drift Stick didesain dan dikembangkan khusus untuk Focus RS, dan sudah diuji oleh Ken Block.

Diberitakan Carscoops, Drift Stick diciptakan oleh tim yang bertanggung jawab untuk pengembangan mode drift pada Focus RS. Drift Stick dideskripsikan sebagai tuas aluminium yang berada di antara bangku pengemudi dan transmisi manual.

Fungsinya adalah membebaskan kopling penggerak belakang dan memberikan tekanan hidraulis untuk mengunci roda belakang.

"Para insinyur di Ford Performance juga pencinta otomotif," ungkap Dave Perica, Global Director Ford Performance.

Disebutkan, banyak karyawan dilibatkan untuk berpikir outside the box, hingga akhirnya project 'Wicked Stick' terlahir dari sini.

"Insinyur kami belajar banyak dari pengembangan untuk diterapkan di produk Ford Performance di masa depan. Dan bagian terbaiknya adalah semangat inovatif saat bergabung kembali dengan tim insinyur utama," sambungnya.

"Saya pikir ini adalah hal yang keren, Ford Performance menawarkan cara drift dengan sudut besar untuk konsumen Focus RS. Sudah jelas ini menjadi sesuatu yang saya tunggu-tunggu, karena saya terlibat dalam pengembangan mobilnya. Sangat menyenangkan melihat hal tersebut terwujud," ungkap Ken Block.

Berbeda dengan rem tangan hidraulis konvensional. Drift Stick tidak membutuhkan modifikasi tambahan, sehingga mudah untuk dilepas jika tidak terpakai lagi.

Yang perlu diingat, Drift Stick seharga $999 atau setara Rp 13 juta ini hanya untuk digunakan di dalam sirkuit saja.

Brand Ford memang cukup legendaris. Merek perusahaan otomotif asal Amerika Serikat ini telah ada di sejak 1903 atau sekitar 114 tahun lalu. Tak heran beberapa kolektor mobil Ford masih memiliki model-model lawas, termasuk mobil Ford lansiran 1932.

Hanya saja, Ford jadul yang satu ini sangat berbeda, sebab meski desain luar tampak mirip di eranya, kondisi bagian jantung pacu telah banyak dirombak, dan dibenamkan mesin Ferrari 308.

Dilansir dari Motor1, Senin (11/10/2017), mobil yang kini disebut 'Fordrrari' ini telah mengalami transplantasi, khususnya di bagian mesin yang lebih sangar dari Ferrari 308 yaitu mesin V8 berkapasitas 3,0 liter.

Tak hanya itu, para desainer yang memodifikasi mobil ini juga memasangkan turbocharger untuk mengubah Coupe menjadi monster, sehingga daya yang dihembuskan mencapai 950 Tenaga kuda.

Tak lupa, mereka juga melengkapinya dengan lencana kuda jingkrak dan bodi merah satin Vintage Flatz yang menjadi ciri mobil keluaran Ferrari Maranello.

Tak hanya sekadar dapur pacu saja yang diubah, semuanya telah dirombak termasuk suspensi belakang independen dan gearbox manual enam kecepatan Tremec dengan kopling racing.

Bahkan mobil ini telah menggunakan rem cakram pada as roda depan dan belakang yang bersembunyi di balik roda 18 inci custom, dipadukan dengan slick dan suspensi KW suspension.

Namun sayang, meski pada bagian interior tidak dijabarkan secara detail, mobil ini diklaim telah menggunakan beberapa fitur canggih seperti mobil masa kini. Misalnya, power window dan alat pengukur berupa Dakota Digital.

Keren kan? Dan ternyata Anda bisa memilkinya. Sebab, Fordrrari yang merupakan proyek work-in-progress dan sempat hadir di pameran SEMA di Las Vegas.

Kini mobil tersebut siap mencari pemilik baru dan dipajang di dealer MP Classics World yang berlokasi di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Jika berminat, maka untuk menebus mobil hasil kanibal tersebut Anda harus merogoh kocek US$ 250 ribu atau sekitar Rp 3,3 miliar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semarang Akan Punya Taman Budaya Pertama Berkonsep Outdoor

Posted: 01 Nov 2017 09:04 PM PDT

Setelah Galeri Indonesia Kaya, Bakti Budaya Djarum Foundation akan membangun ruang publik lainnya yang berkonsep edukasi untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia. Diberi nama Taman Indonesia Kaya, ruang publik ini akan dibangun di Taman Menteri Soepeno, Mugasari, Semarang. Taman Soepeno sendiri telah lama digunakan masyarakat sebagai tempat untuk sekadar bersantai dari rutinitas pekerjaan.

Dengan memanfaatkan Taman Soepeno yang bakal menjadi taman budaya pertama di Jawa Tengah dengan konsep outdoor, diharapkan masyarakat dan para seniman lokal bisa berekspresi yang langsung dapat dinikmati masyarakat secara gratis.

Terkait pembangunan Taman Indonesia Kaya, President Director Djarum Foundation, Victor Rachmat Hartono mengatakan, pembangunan taman yang dilakukan atas kerjasama dengan Pemkot Semarang ini merupakan wujud komitmen kami untuk terus mempromosikan dan melestarikan kebudayaan Indonesia, khususnya kepada anak-anak milenial.

"Semoga hadirnya taman ini dapat menciptakan dan mengembangkan lebih banyak lagi seniman dan orang-orang kreatif di Jawa Tengah," ungkap Victor, menurut keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis (2/11/2017).

 

 

Foto: Dok. Indonesia Kaya

Sementara itu, Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, pihaknya menyambut baik ide membangun Taman Indonesia Kaya yang memanfaatkan lahan Taman Menteri Soepeno, untuk dijadikan ruang publik berbasis budaya untuk masyarakat. Kehadiran taman ini bisa menjadi rumah bagi para seniman di Jawa Tengah untuk mengadakan beragam kegiatan dan pertunjukkan.

 

Foto: Dok. Indonesia Kaya

"Ruang publik semacam ini dibutuhkan, terutama bagi mereka para seniman dan komunitas kreatif untuk menciptakan ide-ide baru. Kami sangat mendukung upaya apapun untuk mengembangkan seni budaya Jawa Tengah dan mendorong lebih banyak lagi orang-orang kreatif, khususnya dari generasi muda," ungkap Hendrar.

Taman Indonesia Kaya Semarang sendiri akan dibangun di area seluas 5.000 meter persegi. Taman ini akan dilengkapi fasilitas panggung luar ruang dan akan digelar pementasan tiap bulannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Tak Bisa Terjadi di Luar Angkasa, Mayat Korban Mutilasi

Posted: 01 Nov 2017 09:02 PM PDT

Astronot adalah pekerjaan yang terkesan menyenangkan dan membanggakan. Pasalnya, hanya segelintir orang yang punya kesempatan untuk menggeluti profesi itu.

Menjadi astronot memang tidak mudah karena harus rela hidup dalam jangka waktu yang cukup lama di luar angkasa. Wilayah tanpa gravitasi yang membuat aktivitas harus dilakukan dalam kondisi melayang-layang.

Dalam kondisi itu, banyak hal janggal yang akan dialami tubuh manusia. Seperti tidak bisa sendawa dan BAB secara tidak sadar.

Artikel seputar hal-hal yang tidak bisa terjadi di luar angkasa menjadi yang paling banyak dikunjungi pembaca Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel yang menceritakan penemuan mayat korban mutilasi di Tokyo, Jepang mampu menempati urutan kedua terpopuler. Diikuti artikel tentang tubuh ikan yang nyaris putus akibat sampah, pada urutan ketiga.

Berikut top 3 Citizen6:

1. BAB dan Menangis, 5 Hal Ini Tak Bisa Terjadi di Luar Angkasa

Menjadi astronot memang terdengar sebagai pekerjaan yang menyenangkan karena kamu bisa merasakan bagaimana rasanya hilang dari gravitasi. Selain itu, menjadi astronot juga bisa membuat kamu melihat keindahan planet Bumi yang kamu huni ini.

Selengkapnya..

 

Kasus pembunuhan sekaligus mutilasi menggegerkan masyarakat di Jepang. Potongan sembilan tubuh manusia tersebut ditemukan pihak kepolisian di apartemen kecil di Zama, Prefektur Kanagawa, barat daya Tokyo.

Diketahui bahwa pelaku merupakan penduduk lokal yang bernama Takahiro Shiraishi (27). Menurut laporan kepolisian Shiraishi, Takahiro mengaku bahwa ia telah membunuh para korban sejak pindah ke apartemen kecil tersebut pada Agustus lalu.

[Selengkapnya..](3147148/ "")

[Sampah ](Sampah "")merupakan masalah utama bagi keberlangsungan lingkungan hidup. Terlalu banyak sampah membuat lingkungan rusak. Banyak bencana yang terjadi akibat sampah, seperti banjir karena masyarakat membuang sampah sembarangan.

Tidak hanya berakibat buruk untuk manusia, membuang sampah sembarangan juga berdampak jelek bagi hewan sekitar. Berita kali ini datang dari Kanada. Adam Turnbull mengunggah foto di laman Facebooknya yang menunjukkan akibat dari kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan. Terlihat pada fotonya seekor ikan yang tubuhnya terlihat hampir putus karena sampah.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketika Pengungsi Gunung Agung Berbondong-bondong Pulang

Posted: 01 Nov 2017 09:02 PM PDT

‎Umat Hindu Bali merayakan hari suci Galungan, kemarin. Namun, saat perayaan Galungan kali ini, sebagian masyarakat Bali tengah mengungsi akibat aktivitas vulkanik Gunung Agung.

Padahal, biasanya umat Hindu akan menggelar upacara persembahyangan dan setelahnya berkumpul bersama keluarga besar. Warga Hindu Bali yang merantau akan kembali ke tanah kelahirannya untuk merayakan Galungan bersama keluarga besar. Perayaan Galungan mirip Lebaran bagi umat Islam.

Warga di sekitar lereng gunung berapi yang kini berstatus Siaga (Level III) juga ingin khidmat merayakan hari suci umat Hindu itu. Mereka kemudian berbondong-bondong meninggalkan pengungsian.

Salah satunya seperti yang terpantau di Pos Pengungsian Gelanggang Olahraga (GOR) Swecapura, Kabupaten Klungkung. Mereka meminta izin kepada petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk pulang sebentar menggelar persembahyangan. Setelah itu, mereka berjanji akan segera kembali ke pengungsian.

Seorang warga bernama I Luh Sucitawati mengaku telah meminta izin kembali ke rumahnya di Desa Muncan. Sebab, seluruh tetangga yang mengungsi akibat aktivitas vulkanik Gunung Agung juga telah kembali ke rumah untuk persembahyangan.

"Teman-teman sudah pulang semua. Di sana (Desa Muncan) sudah ramai. Jadi saya juga izin pulang sebentar untuk sembahyang," kata Sucitawati ketika ditemui Liputan6.com di GOR Swecapura, Rabu, 1 November 2017.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

‎‎

Rayakan galungan dan kuningan pengungsi Gunung Agung pulang ke rumah

Pengungsi di GOR Swecapura saat ini berjumlah 1.282 jiwa. Di hari raya Galungan, GOR Swecapura tampak sepi. Mereka meminta izin pulang ke rumah untuk melaksanakan persembahyangan meski tahu berada di zona bahaya.

Kepala BPBD Kabupaten Klungkung I Putu Widiada menjelaskan, di Kabupaten Klungkung terdapat 3.758 warga Karangasem asal Kawasan Rawan Bencana (KRB) III.

Pada Rabu pagi, 1 November 2017, sebagian pengungsi di KRB III yang tinggal sementara di GOR Swecapura ada yang meminta izin untuk kembali ke rumahnya menggelar persembahyangan.

Menurut Widiada, sesungguhnya BPBD Klungkung tak mengizinkan, tapi juga tak melarang warga yang berkeinginan pulang untuk sembahyang. Meski memberi kesempatan pengungsi merayakan Galungan di rumahnya yang berada dalam zona bahaya, ia memberikan beberapa "bekal" keselamatan bagi mereka.

Yang terpenting adalah mengamankan diri masing-masing dan pergi menjauh jika sirene sebagai tanda bahaya sudah berbunyi.‎

"Kita juga tidak melarang mereka sembahyang. Kita hanya pesan, tolong jaga diri dan hati-hati. Kami tidak mengizinkan, tidak juga melarang," tuturnya.

Bila ada erupsi, ada early warning system. Ada sirene yang akan berbunyi satu jam sebelum Gunung Agung meletus. "Kurang lebih ada dua jam untuk menyelamatkan diri sebelum erupsi," I Putu Widiada memungkasi.

Penduduk mengamati Gunung Agung dari Desa Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali, Rabu (11/10). (AP/Firdia Lisnawati)

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Kementerian ESDM, akhirnya menurunkan status Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali. Status Gunung Agung turun dari Awas (Level IV) menjadi Siaga (Level III).

"Perubahan status berdasarkan hasil pengamatan yang ada menunjukkan aktivitas kegempaan menurun cukup drastis selama sembilan hari terakhir," ucap Kepala PVMBG Kasbani di Pos Pengamatan Gunung Agung di Desa Rendang, Kabupaten Karangasem, Minggu, 29 Oktober 2017.

Selain dari aktivitas kegempaan, Kasbani menegaskan, PVMBG juga mengamati data dari berbagai alat lainnya seperti global positioning system (GPS), tiltmeter (alat pengukur deformasi gunung), dan penginderaan jarak jauh.

Ternyata, dari data deformasi yang ditunjukkan oleh GPS dan tiltmeter memperlihatkan adanya pelambatan deformasi. "Data satelit juga ada penurunan termalnya. Kami melihat visual juga bahwa manifestasi aktivitas di kawah sedikit mengalami penurunan," dia memaparkan.

"Atas dasar itu, mulai hari ini pukul 16.00 Wita, status Gunung Agung kami turunkan dari Level IV (Awas) menjadi Level III (Siaga)," ucap Kasbani.

Sementara, zona bahaya dari sembilan kilometer dengan sektoral 12 kilometer saat status Awas, kini menjadi enam kilometer dengan sektoral 7,5 kilometer.

Sudah satu bulan lebih Gunung Agung berstatus Awas sejak ditetapkan oleh PVMBG pada Jumat malam, 22 September 2017, pukul 20.30 Wita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pernikahan Putri Presiden Jokowi Akan Dibawakan dalam 2 Bahasa

Posted: 01 Nov 2017 09:02 PM PDT

Pernikahan Kahiyang Ayu - Bobby Nasution tinggal menghitung hari. Lima orang pembawa acara disiapkan untuk memandu resepsi yang akan dibawakan dalam dua bahasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Serba-Serbi Registrasi Kartu SIM Prabayar Paling Hits

Posted: 01 Nov 2017 09:00 PM PDT

Berbagai informasi terkait registrasi kartu SIM prabayar yang berlaku sejak 31 Oktober 2017 kemarin, masih diburu oleh pembaca Tekno Liputan6.com.

Artikel seputar tata cara pendaftaran ulang, skema pemblokiran, hingga informasi yang perlu diketahui soal registrasi kartu prabayar menghiasi berita terpopuler hingga Kamis (2/11/2017. 

Untuk mengetahui selengkapnya, simak rangkuman tiga artikel terpopuler berikut ini:

1. HEADLINE: Fakta Vs Hoax Registrasi Kartu SIM Prabayar

Banyak berita bohong alias hoax yang menyebar ke aplikasi pesan instan dan media sosial seputar registrasi ulang kartu SIM prabayar.

Dampak dari berita palsu itu pun meluas ke sejumlah pelanggan telepon seluler. Alhasil, mereka merasa bingung dan bertanya-tanya mana berita atau informasi yang benar.

Salah satu kabar yang cukup membuat resah adalah beredarnya informasi palsu yang menyatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan memblokir nomor kartu SIM yang tidak melakukan registrasi menggunakan nomor kartu identitas (NIK) KTP dan nomor kartu keluarga (KK) per 31 Oktober 2017.

Selanjutnya baca di sini

2. Hoax Registrasi Kartu SIM, Kemkominfo Bantah Kurang Sosialisasi

Program registrasi kartu SIM prabayar diiringi dengan banyaknya hoax mengenai hal tersebut. Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) membantah berbagai hoax itu muncul lantaran pemerintah dan operator seluler kurang sosialisasi.

Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo, Noor Iza mengatakan pemerintah dan operator seluler terus memberikan informasi kepada masyarakat mengenai program tersebut.

Kemunculan hoax justru dinilai sebagai kemungkinan besarnya antusisme masyarakat, sehingga banyak orang tak bertanggung jawab memanfaatkan hal tersebut.

Selanjutnya baca di sini

3. Kemkominfo: Jangan Terkecoh Hoax Registrasi Kartu SIM

Proses registrasi kartu SIM prabayar yang dimulai pada Selasa (31/10/2017), memicu berbagai respon dari masyarakat termasuk beredarnya berbagai berita bohong alias hoax.

Salah satu hoax yang saat ini banyak beredar yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) disebut tidak memberlakukan program registrasi tersebut, sehingga masyarakat tidak perlu mendaftarkan nomor kartu SIM prabayar mereka.

Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo, Noor Iza, menegaskan bahwa registrasi kartu SIM prabayar adalah program resmi dari Kemkominfo bekerjasama dengan para operator seluler. Ia pun mengimbau masyarakat jangan sampai terkecoh hoax tersebut.

Selanjutnya baca di sini

(Cas/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemudahan Berbisnis RI Naik Bisa Dongkrak Investasi

Posted: 01 Nov 2017 09:00 PM PDT

Peringkat Indonesia dalam hal kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business (EoDB) kembali meningkat ke posisi 72. Posisi tersebut naik 19 peringkat dari sebelumnya yang menempati urutan ke 91 dari 190 negara.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, kenaikan peringkat ini akan mendorong para investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia karena iklim investasinya semakin membaik.

Selain itu, peringkat manufaktur Indonesia terutama untuk nilai tambah berada di peringkat ke-9 di dunia. Capaian ini sejajar dengan Brazil dan Inggris, bahkan lebih tinggi dari Rusia, Australia, dan negara ASEAN lainnya.

‎"Bahkan, Indonesia merupakan salah satu negara yang kontribusi industri manufakturnya cukup signifikan terhadap PDB," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (2/11/2017).

‎Menurut dia, Indonesia mampu menyumbangkan hingga mencapai 22 persen atau menempati posisi keempat di dunia setelah Korea Selatan sebesar 29 persen, Tiongkok 27 persen, dan Jerman 23 persen.‎‎‎ Sebagai tindak lanjut dari kenaikan peringkat ini, lanjut Airlangga, pihaknya berkomitmen untuk terus menjaga keberlanjutan produksi industri nasional agar mampu memenuhi kebutuhan di pasar domestik dan ekspor.

Langkah strategis yang akan dijalankan, antara lain mempermudah akses terhadap ketersediaan bahan baku, pasokan energi, dan pemberian insentif.

"Akses ini yang perlu diperlancar sehingga mendorong kinerja manufaktur kita jadi semakin positif. Kementerian Perindustrian selama ini fokus dan konsisten memacu daya saing dan produktivitas industri dalam negeri," kata dia.

 

Dia menegaskan, apabila aktivitas produksi di industri berjalan baik, efek ganda yang dibawanya akan berkontribusi pada peningkatan nilai tambah bahan baku, penyerapan tenaga kerja, dan penerimaan devisa dari ekspor. Namun, upaya ini perlu koordinasi dan sinergi yang kuat dengan para pemangku kepentingan terkait.

"Kami telah memetakan segala macam kebutuhan di berbagai sektor. Seperti harga gas dan listrik yang lebih kompetitif. Ini sudah ada dalam bagian dari paket kebijakan ekonomi, supaya bisa cepat terealisasi agar pelaku industri tidak menunggu terlalu lama," papar dia.

Lebih lanjut, Airlangga menyampaikan, pihaknya telah membahas dengan Kementerian Keuangan terkait pemberian fasilitas guna mendongkrak permintaan pasar.

"Misalnya di industri otomotif, salah satunya melalui penurunan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Termasuk juga insentif fiskal untuk industri padat karya berorientasi ekspor," tutur dia.

Menurut Airlangga, potensi pasar ekspor saat ini masih cukup luas. Oleh karenanya, industri nasional perlu didorong untuk mengkombinasikan tujuan pemasaran produknya, selain membidik pasar domestik.

"Pemerintah tengah berupaya menyelesaikan perjanjian-perjanjian internasional agar produk lokal yang kita andalkan untuk ekspor tidak terganggu. Pasalnya, ada beberapa produk kita yang terkena treatment pajak di luar negeri melalui Most Favoured Nation (MFN)," ungkap dia.

Namun demikian, dirinya tetap optimistis terhadap daya saing industri nasional ke depannya dapat lebih kompetitif di kancah global. Selain itu, manufaktur mampu memberikan sumbangan yang signifikan bagi perekonomian nasional. "Pemerintah telah memberikan kemudahan pelayanan dan perizinan bagi para investor dalam menjalankan usahanya di Indonesia," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aldi Taher Digugat Cerai karena Sakit Kanker?

Posted: 01 Nov 2017 09:00 PM PDT

Aldi Taher digugat cerai sang istri, Georgia Aisyah. Gugatan cerai itu telah didaftarkan Georgia Aisyah ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Ironisnya, Aldi Taher dicerai sang istri ketika dirinya sedang berjuang melawan sakit kanker kelenjar getah bening yang diidapnya setahun terakhir.

Tak heran, muncul dugaan Georgia Aisyah menceraikan Aldi Taher karena penyakit kankernya. Benarkah?

"Bukan kok. Karena memang tidak ada kecocokan kata Georgia," ujar Aldi Taher saat dihubungi, Kamis (2/11/2017).

 

 

 

 

Untuk saat ini pesinetron 'Emak Ijah Pengen ke Mekah' itu tak mau terlalu memikirkan perceraiannya dengan sang istri. Aldi Taher mengatakan bahwa dirinya ingin fokus pada pengobatan kankernya.

"Doakan yang terbaik untuk Aldi dan Georgia. Aldi juga harus konsen terhadap kesehatan Aldi sebagai survivor kanker ke depannya," kata Aldi Taher.

"Dan kami sekarang sedang konsen untuk kebahagiaan anak. Mohon doanya ya, terima kasih juga perhatiannya," ia menambahkan.‎

Seperti diketahui, Aldi Taher menikahi Georgia Aisyah pada 25 Oktober 2014. Dari pernikahan dengan dokter gigi itu, Aldi Taher dikaruniai seorang anak bernama Geraldine Nur Ardiansyah pada 18 November 2015. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tahi Lalat, Gejala Kanker Kulit? Waspadalah

Posted: 01 Nov 2017 09:00 PM PDT

Kanker kulit melanoma merupakan salah satu kanker yang kasus kematiannya tidak terlalu tinggi, namun termasuk kanker yang mematikan karena penyebarannya yang cepat ke organ tubuh lainnya. Demikian disampaikan Dokter Aida S Suriadireja dari Rumah Sakit Dharmais.

Meski begitu, kanker melanoma dapat dideteksi sejak dini dengan cara Sakuri atau "Periksa Kulit Sendiri".

"Kita sendiri bisa memeriksa kulit kita untuk mendeteksi adanya ciri-ciri yang timbul. Siapkan saja kaca dengan ukuran sesuai tubuh, cermin kecil dan pengering rambut," ujar Aida di Jakarta, Senin.

Pertama-tama, buka pakaian, periksa tubuh depan, miring ke kanan dengan mengangkat tangan, miring ke kiri, lihat tubuh bagian belakang dan periksa kulit kepala menggunakan cermin kecil dan pengering rambut, serta telapak kaki.

Perhatikan tanda-tanda seperti tahi lalat yang kemungkinan ada di seluruh tubuh, namun dengan ciri-ciri ABCDE atau A untuk Asimetri (simetrisitas), Border (permukaan), Colour (warna) dan Diameter/ Different (lebar lingkar tahi lalat dan ciri berbeda), serta Evolving (perkembangan).

"Untuk tahi lalat normal, biasanya bentuknya simetris, nah melanoma biasanya tidak simetris. Dia akan ada pelebaran di beberapa bagian tahi lalat itu," ujar Aida.

Kemudian, tahi lalat yang normal biasanya memiliki permukaan licin, sedangkan melanoma memiliki permukaan yang kasar ketika diraba.

Selain itu, tahi lalat normal biasanya berwarna gelap, sedangkan melanoma bisa berwarna cokelat atu hitam dengan diameter lebih dari 6 milimeter.

"Melanoma juga akan terlihat berbeda dengan tahi lalat pada umumnya. Secara kasat mata, dokter biasanya mudah membedakan," ungkap Aida.

Terakhir, perhatian perkembangan atau perubahan bentuk yang cepat dari tanda yang seperti tahi lalat tadi.

"Tidak ada rasa gatal atau rasa nyeri di awal pada tanda-tanda melanoma tadi. Namun jika semakin parah, maka rasanya seperti dicapit-capit kepiting," papar Aida.

 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

Menurut Aida, pada stadium 1 hingga 2, kanker kulit melanoma memiliki kemungkinan untuk sembuh, namun akan lebih mematikan jika pemeriksaan dilakukan saat stadium 3.

Aida menambahkan, kanker kulit melanoma adalah jenis kanker yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit yang berfungsi sebagai penghasil melanin.

Adapun orang-orang barat dengan kulit putih, mata hijau dan biru, rambut merah dan pirang, kerap lebih banyak terkena jenis kanker ini, karena mereka memiliki pigmen kulit yang sedikit dan kecil-kecil.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan kanker ini juga menyerang orang Asia karena berbagai hal, misalnya trauma.

"Kalau orang kita biasanya terkena di telapak kaki. Itu karena trauma, misalnya pernah terinjak kerikil atau terjatuh atau hal lain yang masih dibutuhkan penelitian untuk membuktikannya," pungkas Aida. 

(Sella Panduarsa Gareta/AntaraNews)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buku Hujan Bulan Juni Diterjemahkan ke Bahasa Mandarin

Posted: 01 Nov 2017 08:50 PM PDT

Satu hari sebelum penayangan filmya, Antologi Puisi Sapardi Djoko Darmono, Hujan Bulan Juni diterbitkan dalam versi dua bahasa, Indonesia dan Mandarin.

Ini bukanlah kali pertama hasil karya Sapardi Djoko Darmono diterjemahkan ke bahasa asing. Sebelumnya, puisi dengan judul yang sama juga pernah diartikan dalam bahasa Arab, Jepang dan Inggris.

Sapardi Djoko Damono. (Nurwahyunan/bintang.com)

Salah satu alasan T.F. Chan, penerjemah antologi puisi Hujan Bulan Juni, lantaran saat pertama kali membaca, dirinya merasa puisi Sapardi Djoko Darmono memiliki daya tarik tersendiri.

"Saya baru tahu begitu puisi Sapardi. Menimbulkan satu resonansi pada diri saya, dan ada dorongan untuk menerjemahkan ke bahasa mandarin," ujar T.F Chan saat menghadiri acara peluncuran buku Antologi Puisi Hujan Bulan Juni di Central Park, Jakarta Barat, Sabtu (1/11/2017).

Menurut Mirna Yulistiani, Editor Senior bidang sastra Gramedia Pustaka Utama menganggap diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa dapat terus menghidupkan karya sastra di antara para pembacanya.

Para bintang film Hujan Bulan Juni mengunjungi redaksi Liputan6.com seperti Velove Vexia, Surya Saputra, dan Koutaro Kakimoto. (Helmi Afandi/Liputan6.com)

Seperti yang diketahui, sejak dilahirkan pada 1989, puisi Hujan Bulan Juni telah menjadi salah satu frasa yang melekat di hati pembaca Indonesia. Karya ini juga sudah beberapa gen atau beralih wahana menjadi bentuk lain.

Pada 1989 sebagai upaya mengakrabkan puisi di kalangan remaja sekolah, cergam di 2013, novel 2015, buku mewarnai pada April 2016 dan film yang akan tayang mulai 2 November 2017 mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saver, Ajak Pendaki Sadar akan Kebersihan Gunung

Posted: 01 Nov 2017 08:50 PM PDT

Beberapa komunitas pencinta alam lokal dari Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang terbentuk menjadi satu wadah komunitas pencinta alam yang diberi nama SAVER (sahabat volunteer semeru). Komunitas yang berdiri sejak 2014 ini juga tidak dibayar. Saver terbentuk atas kesadaran tentang betapa pentingnya kebersihan gunung. Menurut mereka, kebersihan gunung adalah tanggung jawab bersama.

SAVER juga merupakan penggagas ide edukasi untuk para pendaki Semeru. Edukasi tersebut berupa breafing bersama para pedaki. Berisi informasi tentang kawasan Semeru, mulai dari awal pendakian, estimasi waktu pendakian, prilaku saat pendakian, kearifan lokal Semeru, konservasi dan gunung berapi.

"Karena kita ketahui bersama bahwa tidak semua pendaki tau aturan dan tidak semua pengunjung itu pencinta alam," ujar Cakyo saat briefing pendakian di resort TNBTS Ranupani, Malang Jawa-Timur.

Anggota Saver sendiri terdiri dari beberapa kelompok pecinta alam Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Mereka sadar akan kebersihan dan ekosistem alam di Taman Nasional Semeru, kemudian selalu melakukan aksi bersih gunung setiap satu tahun dua kali.

"Jika tidak dikasih tau dari awal tentang kondisi di kawasan mulai dari suhu, cuaca, dan tentang gunung semeru sendiri akan banyak insiden yang tidak kita inginkan" Cakyo menambahkan.

Sebagai komunitas pencinta alam, SAVER berharap semoga dampak positif bisa sampai ke warrga sekitar dan pelaku wisata lainnya, serta ekosistem alam yang harus dijaga dan dilestarikan. Mereka hanya berharap, tidak ada lagi sampah–sampah di atas Gunung.

 

Penulis:

Dita Anggraeni – Universitas Gunadarma

Finalis Citizen Journalist Academy- Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Babak 1: Timor Leste Merepotkan Timnas Indonesia U-19

Posted: 01 Nov 2017 08:48 PM PDT

Timnas Indonesia U-19 kesulitan menembus lini belakang Timor Leste pada laga kedua Grup F kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Paju Public Stadium, Kamis (2/11/2017). Babak pertama duel kedua tim ditutup dengan skor 0-0.

Pelatih timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri mengambil sebuah keputusan yang terbilang berani pada laga melawan Timor Leste. Itu karena ia mencadangkan pemain inti, Egy Maulana Vikri. Tampaknya, Indra sengaja menyimpan tenaga Egy untuk melawan Korea Selatan dan Malaysia.

Perubahan juga dilakukan di lini depan dengan masuknya Hanis Saghara menggantikan peran Muhammad Rafli Mursalim. Sekadar catatan, Rafli dan Egy sama-sama menyumbang satu gol saat menaklukkan Brunei 5-0.

Tanpa butuh waktu lama, timnas U-19 langsung mendapatkan tendangan ke gawang pertamanya. Tendangan bebas Muhammad Iqbal di menit ketiga memaksa kiper Fernando Da Costa melakukan penyelamatan.

Penguasaan bola masih terus dipegang skuat Garuda Nusantara hingga menit ke-10. Namun, mereka terlihat masih kesulitan masuk ke kotak penalti Timor Leste besutan Kim Shinhwan itu.

Justru, beberapa kali Timor Leste merepotkan pertahanan timnas Indonesia. Gawang timnas U-19 sempat terancam di menit ke-14. Berawal dari skema tendangan bebas, tepisan kiper Muhammad Aqil Saviq menghasilkan bola liar. Untungnya, Ervino Alessandro Soares di menit keempat.

Dua menit kemudian, giliran timnas Indonesia U-19 yang mendapatkan peluang emas. Manuver Rifad Marasabessy menghasilkan sebuah sepakan yang mengenai tiang gawang Timor Leste. Sayang, upaya timnas U-19 belum menghasilkan gol.

 

Sadar kalah penguasaan bola, Timor Leste pun mencoba memainkan bola panjang. Di menit ke-20, upaya mereka nyaris membuahkan gol. Satu menit kemudian, timnas U-19 membalas dengan percobaan Muhammad Luthfi dari luar kotak penalti yang masih sedikit melenceng.

Di menit ke-29, timnas U-19 kembali mendapatkan peluang. Asnawi Mangkualam melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti yang masih bisa ditepis kiper Timor Leste. Di menit ke-34, Timor Leste nyaris mencetak gol lewat Danilson Conceicao.

Untungnya, tendangannya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang timnas U-19. Dua menit kemudian, Danilson kembali mengancam dan lagi-lagi sepakannya mengarah ke sisi kanan gawang Garuda Nusantara.

Di menit ke-38, lagi-lagi peluang timnas U-19 hanya membentur tiang gawang. Sepakan bebas Witan Sulaiman yang sempat mengenai pagar betis mengarah ke tiang atas gawang Timor Leste.

Situasi itu bertahan hingga pertandingan berakhir. Kedua tim harus masuk ke ruang ganti dengan skor 0-0.

 

Timnas Indonesia U-19: Muchamad Aqil Savik; Nurhidayat, Firza Andika, Muhammad Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Muhammad Iqbal, Muhamad Luthfi, Witan Sulaiman, Resky Fandi Witriawan, Asnawi Mangkualam, Hanis Saghara

Pelatih: Indra Sjafri

Timor Leste: Fernando Da Costa; Orcelio Nobelito, Ervino Alrssandro Soares, Tomas Sarmento, Filomeno Junior Da Costa, Gumario Da Silva Moreira, Yohanes Kapitan, Joao Panji Soares, Expedito Soares, Job Mark Freitas, Danilson Conceicao

Pelatih: Kim Shinhwan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bajaj di Jakarta Akan Layani Transaksi Nontunai

Posted: 01 Nov 2017 08:45 PM PDT

Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) yang digalakkan pemerintah juga berlaku pada transaksi di sektor transportasi di Ibu Kota. Setelah bus TransJakarta dan KRL Jabodetabek, bajaj pun kini melayani transaksi nontunai.

Perusahaan swasta melirik bisnis nontunai di sektor transportasi. Salah satunya adalah aplikasi dompet elektronik Paypro. Paypro mulai menggarap pembayaran nontunai untuk penumpang bajaj di Jakarta.

"Kami telah menjalin kerja sama dengan beberapa koperasi bajaj dengan total kurang lebih 800 bajaj dalam hal pembayaran dengan menggunakan aplikasi PayPro," ujar Chief Marketing Officer PayPro Heidi Bokau dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Aplikasi ini ditargetkan bisa mulai digunakan pada akhir November 2017. Setiap bajaj nantinya akan dilengkapi dengan QR Code (barcode) agar penumpang bisa dengan mudah membayar menggunakan aplikasi tanpa harus mengeluarkan uang tunai.

"Kami juga menargetkan agar ke depannya PayPro bisa digunakan untuk pembayaran angkutan umum lainnya," katanya.

"Saat ini juga telah tersedia update (pembaruan) untuk aplikasi PayPro, yaitu PayPro 2.0 bagi pengguna Android maupun Iphone. PayPro 2.0 memberikan tampilan yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya", katanya kembali. 

Ketua Organda DKI Jakarta Shafruan Sinungan mengatakan penerapan nontunai di angkutan umum, termasuk bajaj, sangat positif untuk masyarakat. Sebab, masyarakat akan mulai terbiasa dengan menggunakan uang elektronik di angkutan umum.

"Kemajuan teknologi harus disikapi dan masyarakat harus biasa pakai uang elektronik seperti tol. Ini langkah bagus bisa dilakukan di bajaj. Ini suatu langkah positif yang harus dilakukan," kata Shafruan.

 

Sementara itu, Direktur Program Elektronifikasi Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI, Pungky Purnomo Wibowo, menambahkan Bank Indonesia mendukung siapa saja yang ingin terjun di bisnis uang elektronik. Asalkan, penerapannya berguna untuk masyarakat.

"Kenapa tidak, sepanjang berizin resmi dan masyarakat aman, nyaman serta handal menggunakan uang elektronik, ya monggo," kata Pungky.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) menegaskan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) dengan menggenjot penetrasi penggunaan uang elektronik atau e-money di masyarakat tidak akan menghilangkan uang kartal sebagai alat pembayaran yang sah. Uang kartal ini terdiri atas uang kertas dan uang logam.

"Tidak (menghilangkan) dan tidak menggantikan. Sebagai komplemen atau pelengkap iya," kata Direktur Departemen Pengawasan dan Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Pungky Purnomo Wibowo.

Dia beralasan, kebutuhan uang tidak seluruhnya dapat dipenuhi melalui nontunai. Dia menuturkan, apabila perekonomian bertumbuh dengan baik yang salah satunya lewat transaksi nontunai, maka kebutuhan uang, baik uang kertas maupun uang logam akan meningkat.

"Kalau pertumbuhan ekonomi semakin tinggi, maka kecepatan uang beredar di suatu negara akan semakin tinggi. Dan BI menjaga semuanya termasuk implementasi GNNT aman, lancar, efisien, harga terjangkau, dengan dukungan peraturan yang kondusif, sehingga masyarakat, penyedia sistem jasa pembayaran, serta negara mendapatkan mutual benefit," ujar Pungky.

Dia pun menegaskan GNNT, termasuk kebijakan pembayaran nontunai di gerbang tol, tidak melanggar Undang-undang (UU) Mata Uang. Dalam payung hukum tersebut, Pungky menambahkan, diatur mengenai jenis uang yang berlaku, yakni uang logam dan uang kertas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pakai Kostum Nasi Lemak, Miss Universe Malaysia Dikomentari Warganet

Posted: 01 Nov 2017 08:45 PM PDT

Malaysia memilih tema 'Nasi Lemak' sebagai kostum nasionalnya dalam ajang Miss Universe ke-66. Warganet mengomentari pedas munculnya kostum tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Ketua Kampanye Donald Trump Miliki 3 Paspor

Posted: 01 Nov 2017 08:45 PM PDT

Skandal penasihat kampanye Donald Trump, Paul Manafort dan rekan bisnisnya Rick Gates masih bergulir. Baru-baru ini mengemuka pertanyaan setajir apa Manafort dan Gates dan bagaimana cara mereka bepergian.

Pertanyaan itu terkait dengan sidang pemeriksaan pada Senin 30 November 2017 lalu, setelah keduanya menghadapi dakwaan pertama dari penyidik khusus Departemen Kehakiman, Robert Mueller, terkait dengan investigasi adanya turut campur Rusia dalam pemilihan presiden AS 2016.

Dikutip dari CNN, Kamis (2/11/2017), karena Manafort dan Gates adalah sosok tajir multi-jutawan dan menghadapi tuntutan serius terkait aktivitas mereka di luar negeri, pemerintah AS meminta keduanya tahanan rumah. Juri menyetujui permintaan itu.

Dalam fakta pengadilan baru pada Selasa 31 November 2017, menunjukkan dengan tepat apa yang dikatakan Manafort dan Gates kepada bank dan penyidik ​​tentang kekayaan bersih dan sejarah perjalanan mereka selama beberapa tahun terakhir.

Dalam pernyataan mereka ditemukan sejumlah fakta menarik, di antaranya adalah, Manafort saat ini memiliki tiga paspor AS, masing-masing dengan nomor yang berbeda.

"Dia telah mengajukan 10 aplikasi paspor selama bertahun-tahun," kata jaksa.

"Tahun ini, Manafort melakukan perjalanan ke Meksiko, China dan Ekuador dengan telepon dan akun email yang terdaftar dengan nama palsu, " lanjut jaksa. (Nama itu tidak diungkapkan dalam file)

Sepanjang tahun lalu, Manafort melakukan perjalanan ke Dubai, Cancun, Panama City, Havana, Shanghai, Madrid, Tokyo dan Grand Cayman Island.

Baik Manafort dan Gates sering melakukan perjalanan ke Siprus.

Selain perjalanan, Manafort menulis tentang aplikasi pinjaman dan dokumen keuangan lainnya yang nilainya bernilai antara US$ 19 juta pada bulan April 2012 dan US$ 136 juta pada bulan Mei 2016.

Dalam beberapa bulan, seperti saat dia menjabat sebagai ketua kampanye nasional Trump pada bulan Agustus 2016, penilaian terhadap nilai total kekayaan Manafort berfluktuasi. Pada bulan Agustus 2016, dia mengatakan bahwa asetnya berharga US$ 28 juta, kemudian menulis bahwa dia memiliki US$ 63 juta aset pada aplikasi yang berbeda.

"Gates juga sering mengubah bank dan membuka dan menutup rekening bank," kata jaksa.

Secara keseluruhan, Gates membuka 55 akun dengan 13 lembaga keuangan.

Beberapa rekening banknya ada di Inggris dan Siprus, di mana dia memegang lebih dari US$ 10 juta dari tahun 2010 sampai 2013.

Pengadilan berikutnya dijadwalkan pada Kamis siang. Manafort dan Gates menghadapi hukuman lebih dari 10 tahun jika terbukti bersalah atas semua tuduhan. Keduanya mengatakan mereka tidak bersalah.

Saat ini, Manafort dan Gates berada dalam penahanan rumah. Itu berarti mereka hanya bisa meninggalkan rumah hanya untuk bertemu dengan pengacara atau hadir di pengadilan, atau karena alasan medis dan agama. Keduanya juga harus melapor kepada pihak berwenang setiap hari.

Pengacara Manafort dan Gates telah meminta hakim untuk membebaskan mereka dari tahanan rumah.

 

Manafort yang berusia 67 tahun sempat dikritik karena kedekatannya dengan mantan Presiden Ukraina yang didukung Rusia Viktor Yanukovych.

Dalam pemberitaan New York Times, Agustus 2016 lalu, Manafort dituduh mendapatkan dana tunai dari partai politik di Ukraina yang didukung Rusia sebesar US$ 12,7 juta atau Rp 166 miliar antara 2007 sampai 2012. Tetapi tuduhan itu telah dibantah dan dia menyatakan tak melakukan kesalahan.

Sementara itu, Robbie Mook salah seorang juru bicara Hillary Clinton mengatakan Manafort adalah contoh lain dari hubungan Trump dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Anda dapat menyingkirkan Manafort, tapi itu tidak mengakhiri bromance aneh yang dimiliki Trump dengan Putin," kata Robbie Mook.

Manafort adalah mantan penasihat George HW Bush dan Bob Dole, bergabung dengan kampanye Trump pada bulan Maret untuk membantu mengamankan nominasi partai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Song Joong Ki Tunda Bulan Madu demi Mendiang Kim Joo Hyuk

Posted: 01 Nov 2017 08:40 PM PDT

Kepergian aktor Kim Joo Hyuk nampaknya meninggalkan duka mendalam bagi para selebritas Korea Selatan. Buktinya, sejak kabar meninggalnya aktor Reply 1988 ini tersebar, para figur publik Negeri Ginseng tak henti mendatangi rumah duka, Song Joong Ki salah satunya.

Song Joong Ki melayat Kim Joo Hyuk (Sumber: AllKpop)

Menggunakan setelan jas berwarna hitam, pemain Battleship Island itu menyempatkan diri untuk hadir di Ansan Medical Center, Korea Selatan, Rabu (1/11/2017). Kehadiran Song Joong Ki yang tersebar melalui media sosial itu pun menarik perhatian warganet.

Para peselancar dunia maya merasa kagum akan sikap Song Joong Ki yang menyempatkan diri untuk melayat Kim Joo Hyuk usai merayakan pesta pernikahan dengan Song Hye Kyo pada Selasa (31/10/2017), atau satu hari sebelumnya.

 

Apalagi beredar kabar bahwa Song Joong Ki juga rela menunda bulan madunya bersama Song Hye Kyo demi memberikan penghormatan terakhir kepada Kim Joo Hyuk.

"Walaupun lelah, dia tetap menyempatkan diri untuk melayat," tulis akun @daar.eyn. Kemudian akun @xminzi "aku sangat menghargai sikapnya yang menyempatkan waktu untuk melayat usai acara pernikahan".

Kim Joo Hyuk [foto: Koreaboo]

Kim Joo Hyuk tewas akibat kecelakaan, di mana mobil yang dikendarainya menabrak tiang apartemen pada Senin (30/10/2017). Semula kematian Kim Joo Hyuk diduga karena serangan jantung.

Namun, setelah dilakukan autopsi Kim Joo Hyuk dipastikan meninggal akibat cedera yang cukup parah di bagian kepala.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Boston Lanjutkan Tren Kemenangan di NBA

Posted: 01 Nov 2017 08:36 PM PDT

Boston Celtics melanjutan tren kemenangan dalam laga lanjutan NBA 2017-2018. Kyrie Irving dan kawan-kawan merebut enam kemenangan beruntun.

Hasil itu didapat setelah Boston mempermalukan Sacramento Kings di depan pendukungnya dalam laga kedelapan NBA musim ini. Boston menang 113-86 dalam yang berlangsung di TD Garden, Kamis (2/11/2017) pagi WIB.

Bagi Sacramento, hasil ini menambah deretan kekalahan mereka menjadi tujuh sejauh musim ini. Buddy Hield dan kolega baru meraih satu kemenangan.

Bermain di kandang, Sacramento mampu mengimbangi permainan Boston yang tengah performanya tengah menanjak. Kendati demikian, pasukan Dave Joerger tertinggal 24-27.

Memasuki kuarter kedua, Boston kembali tampil dominan. Sebanyak 31 poin dicetak Irving dan kolega pada kuarter ini untuk memimpin 58-45.

Di kuarter ketiga, Sacramento semakin keteteran menghadapi permainan Celtics. Mereka hanya mampu mencetak 15 poin, 16 angka lebih sedikit dari yang diraih Boston.

Tuan rumah hanya mampu unggul di kuarter akhir dengan mencetak 26 poin, unggul dua angka dari Celtics. Namun, hasil itu tak mampu menghindarkan Sacramento dari kekalahan.

PemaiSacramento Kings Skal Labissiere mencoba merebut bola dari pema Boston Celtics Semi Ojeleye dalam lanjutan laga NBA 2017-2018 di Boston, Kamis (2/11/2017) pagi WIB. Celtics menang 113-86. (AP Photo / Mary Schwalm)

Jaylen Brown dan Kyrie Irving menjadi penyumbang angka terbanyak untuk Boston Celtics. Keduanya sama-sama mencetak 22 poin. Selanjutnya ada Jayson Tatum dan Terry Rozier dengan 12 poin.

Sementara di kubu Sacramento, Buddy Hield tercatat sebagai penyumbang angka terbanyak dengan 17 poin. Diikuti oleh Zach Randdolph dengan 16 poin dan George Hill dengan 10 poin.

Dengan hasil ini, Boston memimpin klasemen sementara wilayah Timur hasil dari enam kali menang dan dua kalah. Sedangkan Sacramento menghuni dasar klasemen sementara wilayah Barat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan: Nasib Pegawai Alexis Bukan Urusan Saya

Posted: 01 Nov 2017 08:35 PM PDT

Penghentian izin Hotel dan Griya Spa Alexis menyisakan potensi persoalan nasib karyawannya. Lantas, bagaimana solusi Pemprov DKI?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pemprov DKI tidak berkewajiban mencari solusi untuk para mantan pegawai Alexis. Menurut dia, urusan para pegawai Alexis yang hilang pekerjaan adalah urusan manajemen Alexis sendiri.

"Bukan urusan saya itu. Masa nanya ke saya. Kalau Anda tanya staf Pemprov, saya jawab," kata Anies di Perkemahan Cibubur, Kamis (2/11/2017).

Pengelola Alexis mengaku ada 1.000 orang menggantungkan hidup di sana, yakni 600 pekerja tetap dan 400 pekerja lepas.

Selain soal nasib karyawan, Anies juga menanggapi kemungkinan Alexis menggugat Pemprov secara hukum. Ia tak mau ambil pusing.

Anies sekali lagi menegaskan punya bukti praktik prostitusi di Alexis.

"Kita punya data-datanya. Ada bahkan kalau mau buka-bukaan," ujar dia.

Hotel dan Griya Pijat Alexis tesmi ditutup setelah DKI tidak memproses perpanjangan izin usaha pada 27 Oktober lalu.

 

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno, mengaku akan membantu para pekerja Alexis. Ia mengkhususkan pada mereka yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta.

"Kita akan koordinasikan dalam program Oke Oce. Bahwa yang bekerja di hotelnya kita salurkan melalui Disnaker ke industri hotel terdekat yang beraktivitas di restoran," ujar Sandi.

Menurut dia, banyak restoran rekanan program Oke Oce yang membutuhkan tenaga.

"Yang memiliki KTP DKI, nanti bisa juga masuk ke program untuk kecantikan, kegiatan-kegiatan salon, rias pengantin, dan sebagainya," kata Sandi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wabah Demam Berdarah Menghantui Warga Usai Banjir Cilacap

Posted: 01 Nov 2017 08:31 PM PDT

Sejumlah kecamatan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah dilanda banjir pada awal musim penghujan kali ini. Tak hanya sekali, banjir rendaman telah terjadi empat kali, antara akhir September hingga awal November 2017.

Terakhir, banjir merendam 9 desa di empat kecamatan berbeda, yakni Sidareja, Kedungreja, Kroya, dan Nusawungu selama empat hari dari 29 Oktober–1 November 2017. Sebelumnya, pada pertengahan Oktober lalu, 14 desa di lima kecamatan juga terendam banjir. Tak pelak, berbagai penyakit muncul setelah banjir merendam permukiman penduduk tersebut.

Kepala Puskesmas Kedungreja, Handria Laksita mengatakan, penyakit yang paling sering menjangkit adalah penyakit kulit dan infeksi saluran pernafasan (ISPA). Penyakit ini muncul lantaran lingkungan yang tidak sehat setelah permukiman warga direndam berhari-hari hingga hitungan minggu.

Yang lebih berbahaya, bersamaan dengan tibanya musim hujan dan banjir, wabah demam berdarah dengue (DBD) mengancam wilayah rawan rendaman. Sebab itu, Dinas kesehatan mengerahkan petugasnya untuk memantau sekaligus membuka pelayanan kesehatan gratis, setelah terjadi banjir di belasan desa di Cilacap.

Handria mengemukakan, pihaknya menyisir daerah rendaman baik saat banjir maupun setelah banjir. Petugas menuju ke daerah-daerah rendaman dan mendirikan Posko di daerah tersebut.

"Ini musim banjir belum puncaknya. Daerah Sidareja, itu sekitar aliran Cibeureum sudah tidak asing lagi. Kulit, biasa. Penyakit kulit, pasti. Turun itu sudah rutin. Ada juga ancaman demam berdarah. Pasti ada," dia menjelaskan, Rabu, 1 November 2017.

Melihat kondisi tersebut, Kepala Puskesmas Kedungreja, Handria Laksita pun menganjurkan supaya warga lebih rajin melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Dia menilai, PSN lebih efektif menekan wabah dibanding fogging atau pengasapan.

"Masalahnya, fogging itu hanya membunuh nyamuk dewasa. Kalau PSN justru memberantas sarangnya," dia menegaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Seorang ibu menjemput anaknya dari sekolah di Dusun Cibenon Desa Sidareja Kecamatan Sidareja, Cilacap. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

 

Sementara, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Martono mengatakan banjir yang merendam sembilan desa di empat kecamatan menyebabkan sebanyak 502 jiwa terpaksa mengungsi.

Di Sidareja, pengungsian terdapat di Aula Balaidesa Sidareja, Aula Koramil Sidareja, Aula Kecamatan Sidareja, dan Panti Jompo Sidareja. Adapun di Kecamatan Kroya, pengungsian di Balaidesa, dan rumah warga.

Martono menerangkan, desa-desa itu terendam akibat meluapnya sejumlah sungai, usai dipicu hujan deras sejak Sabtu sore hingga Minggu pagi. Setelah itu, hujan kembali turun pada Minggu malam hingga Senin siang.

"Kami sudah turun, menyalurkan logistik bantuan makanan. Dinas kesehatan juga sudah turun, SOP banjir seperti itu," Martono menerangkan.

Martono menambahkan, banjir awal November ini juga menyebabkan sejumlah ruas jalan nasional dan provinsi sempat terendam. Ruas jalan tersebut yakni antara Purwokerto-Pangandaran dan Cilacap-Tasikmalaya.

Ruas jalan Cilacap-Tasikmalaya terendam di tiga titik, yakni di wilayah Pasar Karna Sidareja dan Desa Gunungreja dan Tinggarjaya.

(Liputan6.com/Idhad Zakaria)

Cuaca buruk dan gelombang tinggi Laut Selatan Jawa yang terjadi sejak awal Oktober 2017 menyebabkan puluhan kapal rusak dan karam. Tak hanya itu, banjir besar yang terjadi dua pekan terakhir di berbagai wilayah menyebabkan tambak dan kolam ikan terendam.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah mendata, kerugian akibat banjir bandang dan cuaca buruk di sektor perikanan Cilacap mencapai Rp 2,5 miliar. Total kerugian tersebut berasal dari tenggelam dan rusaknya puluhan kapal nelayan serta hilangnya ikan atau udang di kolam dan tambak.

Kepala DKP Cilacap, Sujito menerangkan, hingga saat ini, terdata ada 13 kapal compreng berukuran antara 7 hingga 10 Gross Ton (GT) yang tenggelam. Selain itu, ada juga kapal fiber ukuran di bawah 5 GT yang tenggelam selama dua pekan terakhir ini. Secara keseluruhan terdapat 60 kapal di bawah ukuran 10 GT yang rusak, mulai rusak berat dan ringan.

"Perahu tenggelam, compreng yang agak besar dari kayu itu, jumlahnya 13. Kemudian perahu kecil, yang terbuat dari fiber itu, jumlahnya ada 15," ucapnya, saat dihubungi Liputan6.com, Selasa, 24 Oktober 2017.

Imbas cuaca buruk juga dialami oleh pembudidaya tambak dan ikan di kawasan pesisir maupun daratan. Banjir melimpas ke kolam di wilayah Kesugihan, Menganti, Kawunganten, hingga Sidareja.

Pembudidayaan ikan di tiga wilayah distrik yang terdiri dari 11 kecamatan nyaris lumpuh lantaran kolam dan tambak yang berada di dataran rendah terendam.

Menurut Sujito, DKP Cilacap telah melaporkan data peristiwa dan jumlah kerugian yang dialami ke DKP Provinsi maupun ke Kementerian Kelautan Perikanan (KKP).

Sujito berharap ada perhatian dari pusat maupun provinsi agar bisa meringankan kerugian akibat bencana ini. Namun, ia pun tak bisa memastikan jenis bantuan dan nominal yang bakal digelontorkan pemerintah pusat dan provinsi.

"Yang di kolam itu, memang agak besar kerugiannya. Karena banyak yang terkena limpasan air. Itu setelah kami hitung se-kabupaten itu, jumlah kerugiannya berkisar Rp 2,5 miliar. Upaya kami, setelah mendata, kami sudah melaporkan ke Provinsi maupun pusat," dia menerangkan.

Terkait cuaca buruk dan gelombang tinggi yang terjadi dua pekan terakhir, ia meminta agar nelayan berhati-hati kala melaut. Dia mengimbau supaya nelayan mewaspadai kemungkinan badai dan gelombang tinggi yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Ia juga menyarankan agar pengelola kolam dan tambak di para pembudidaya meninggikan tanggul kolam agar saat terjadi banjir relatif aman dari limpasan air.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masalah Limbah Baterai, Bikin Yamaha Ragu Jual Motor Listrik

Posted: 01 Nov 2017 08:31 PM PDT

Menyambut era motor listrik di Tanah Air, banyak pabrikan besar asal Jepang yang sudah bersiap-siap. Salah satunya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), yang sudah menguji coba salah satu motor listriknya, Yamaha E-Vino.

Pabrikan berlambang garpu tala ini menyediakan 10 unit Yamaha E-Vino, untuk diuji coba sebulan penuh oleh empat institusi. Hal tersebut, untuk menguji pasar, sebelum akhirnya motor ini diniagakan di pasar otomotif Tanah Air, baik diproduksi secara lokal maupun didatangkan secara CBU atau impor utuh.

Dijelaskan Wakil Presiden Eksekutif PT YIMM, Dyonisius Beti, pihaknya memang tidak mau gegabah untuk langsung menjual motor listrik. Masih ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, seperti segi keselamatan dan cara berkendara masyarakat Indonesia, karena motor listrik tidak bersuara dan berpeluang terjadi kecelakaan lebih tinggi.

 

"Hal lainnya adalah baterai yang digunakan motor ini, adalah lithium-ion, dan penanganan limbah ini (baterai). Di Indonesia, baterai kecil saja habis pakai langsung dibuang begitu saja," jelas Dyon di sela-sela perkenalan Yamaha E-Vino di Elite Club Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu (1/11/2017).

Lanjut Dyon, jika baterai motor listrik dibuang begitu saja, bakal mencermarkan air dan tanah. Hal tersebut akan berbahaya sehingga penanganan baterai ini harus lebih hati-hati.

"Bahkan, kalau aki sekarang saja bisa dikumpulkan lagi oleh toko, bisa dijual bekas. Nah, kalau baterai ini tidak gampang didaur ulang. Ini menyangkut masa depan anak cucu kita, kalau ini sampai terjadi, bakal jadi racun dan berbahaya. Ini pertimbangan Yamaha bikin tes marketing dahulu," tegasnya.

Namun, hambatan motor listrik ini tidak ingin dijadikan Yamaha sebagai sesuatu yang pesimistis untuk jual motor listrik. Pasalnya, pemerintah sudah memiliki roadmap pada 2025, yakni 20 persen motor yang yang dijual di Indonesia harus motor listrik.

"Perjalanan tidak panjang menuju 2025, hanya tujuh tahun, dan kita sudah mulai. Kita optimistis, tapi optimistis saja tidak cukup karena untuk masuk Indonesia harus memikirkan lebih untuk konsumen, safety, culture, dan masyarakat," pungkasnya.

Motor listrik Yamaha. (Arief/Liputan6.com)

Kehadiran motor listrik di Tanah Air sudah semakin berkembang dengan cepat. Banyak pabrikan atau merek yang mulai unjuk gigi, menghadirkan motor ramah lingkungan tersebut di pasar Indonesia.

Dimulai dengan Viar yang menghadirkan Q1, dan menyusul Gesits awal tahun. Kedua trigger tersebut sepertinya menggoyahkan hasrat dua pabrikan besar roda dua asal Jepang, Honda dan Yamaha. Jika Honda bakal membawa PCX listrik tahun depan, berbeda dengan Yamaha yang baru mulai menguji motor listriknya, dengan menghadirkan E-Vino yang sudah dipasarkan di Jepang dan Taiwan.

Dijelaskan Wakil Presiden Eksekutif PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Dyonisius Beti, pihaknya memang tidak langsung menjual motor ini di Tanah Air. Meskipun, secara manufaktur, pabrikan berlambang garpu tala ini sudah cukup siap.

"Kami sudah produksi Fino di Indonesia, menjadi kendaraan listrik tidak sulit dari sisi teknologi dan manufacturing. Tetapi kami tidak berani gegabah untuk menjual langsung ke pasar," jelas Dyon di sela-sela perkenalan Yamaha E-Vino di Elite Club Epicentrum, Jakarta Selatan, Rabu (1/11/2017).

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memperkenalkan motor listrik sekaligus tes pasar.

Dyonisius menambahkan, bagi Yamaha memang semua tertarik kendaraan listrik, dan pabrikan asal Negeri Matahari Terbit ini sangat memperhatikan generasi terbaru dan masa depan. Tidak hanya penjualan, lalu mendapatkan keuntungan, tapi dampak dari pemasaran juga harus diperhatikan.

"Jual gampang, tapi bagaimana tentang perpindahan konsumen dari bensin ke listrik, dan efek di masyarakat. Kendaraan listrik itu tidak mudah, di negara lain tidak banjir, di Indonesia banyak banjir. Musim hujan pun banjir dilewati. Tapi motor ini berbeda, motor bensin lewat paling mogok, kalau motor bisa nyetrum, dan ini cukup berbahaya," kata Dyonisius.

 

Selain itu, keselamatan kedua yang harus diperhatikan merupakan budaya berkendara motor di Indonesia. Banyak pemotor yang berkendara tidak sesuai aturan, dan motor listrik ini tidak ada suaranya, jadi lebih berisiko.

"Kalau di Indonesia, motor yang tidak ada suaranya banyak sekali terjadi kecelakaan. Faktor ini juga yang Yamaha pertimbangkan dengan matang, di mana culture berkendara di Indonesia berbeda dengan Jepang atau negara Eropa yang sangat taat peraturan," ia menjelaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Aksi Menggemaskan Model Cilik Berlenggok di Atas Catwalk

Posted: 01 Nov 2017 08:31 PM PDT

Seorang anak berjalan di atas catwalk membawakan karya desainer Amelie Wang pada China Fashion Week di Beijing,  31 Oktober 2017. (AP Photo/Andy Wong)

Seorang anak berjalan di atas catwalk membawakan karya desainer Amelie Wang pada China Fashion Week di Beijing, 31 Oktober 2017. (AP Photo/Andy Wong)

Seorang model membetulkan bajunya ketika mengenakan karya desainer Amelie Wang pada China Fashion Week di Beijing,  31 Oktober 2017. (AP Photo/Andy Wong)

Seorang model membetulkan bajunya ketika mengenakan karya desainer Amelie Wang pada China Fashion Week di Beijing, 31 Oktober 2017. (AP Photo/Andy Wong)

Model anak-anak berjalan di atas catwalk memperagakan karya desainer Amelie Wang pada China Fashion Week di Beijing,  31 Oktober 2017. (AP Photo/Andy Wong)

Model anak-anak berjalan di atas catwalk memperagakan karya desainer Amelie Wang pada China Fashion Week di Beijing, 31 Oktober 2017. (AP Photo/Andy Wong)

Seorang model anak berjalan di atas catwalk membawakan karya desainer Amelie Wang pada China Fashion Week di Beijing,  31 Oktober 2017. (AP Photo/Andy Wong)

Seorang model anak berjalan di atas catwalk membawakan karya desainer Amelie Wang pada China Fashion Week di Beijing, 31 Oktober 2017. (AP Photo/Andy Wong)

Seorang anak berjalan di atas catwalk mengenakan karya desainer Amelie Wang pada China Fashion Week di Beijing,  31 Oktober 2017. (AP Photo/Andy Wong)

Seorang anak berjalan di atas catwalk mengenakan karya desainer Amelie Wang pada China Fashion Week di Beijing, 31 Oktober 2017. (AP Photo/Andy Wong)

Seorang model anak berjalan di atas catwalk memperagakan karya desainer Amelie Wang pada China Fashion Week di Beijing,  31 Oktober 2017. (AP Photo/Andy Wong)

Seorang model anak berjalan di atas catwalk memperagakan karya desainer Amelie Wang pada China Fashion Week di Beijing, 31 Oktober 2017. (AP Photo/Andy Wong)

Model anak-anak berjalan di atas catwalk membawakan karya desainer Amelie Wang pada China Fashion Week di Beijing,  31 Oktober 2017. (AP Photo/Andy Wong)

Model anak-anak berjalan di atas catwalk membawakan karya desainer Amelie Wang pada China Fashion Week di Beijing, 31 Oktober 2017. (AP Photo/Andy Wong)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Rockets Petik Kemenangan Kedelapan Beruntun di New York

Posted: 01 Nov 2017 08:30 PM PDT

Houston Rockets menunjukkan kepiawaian dalam memasukkan tembakan tiga angka saat mengalahkan New York Knicks 119-97 pada lanjutan NBA 2017-2018 di Madison Square Garden, Rabu (1/11/2017) waktu setempat atau Kamis (2/11/2017) WIB.

Rockets mencetak 19 dari 52 tembakan (36,5 persen) untuk meraih kemenangan keenam pada sembilan pertandingan di awal NBA musim ini.

Guard James Harden menghasilkan 18 poin dari tembakan tiga angka untuk total mencetak 31 nilai.

Sedangkan Eric Gordon dan Trevor Ariza masing-masing mencetak 12 poin mengandalkan tembakan jarak jauh.

Center Clint Capela turut berkontribusi dengan 12 poin dan 13 rebound. Sementara forward Ryan Anderson menghasilkan 21 angka.

Di kubu Knicks, Tim Hardaway Jr mencetak 23 angka disusul Kristaps Porzingis (19 angka) dan Enes Kanter (12).

Hasil ini membawa Rockets kembali ke jalur kemenangan setelah sebelumnya dikalahkan Memphis Grizzlies dan Philadelphia 76ers. Rockets juga mencatat delapan kemenangan berturut-turut di Madison Square Garden.

Di sisi lain, laju positif Knicks dengan tiga kemenangan berturut atas Brooklyn Nets, Cleveland Cavaliers, dan Denver Nuggets.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serikat Pekerja Tolak Kenaikan UMP Jakarta Rp 3,6 Juta

Posted: 01 Nov 2017 08:30 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengesahkan dan memutuskan kenaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta tahun 2018 sebesar Rp 3.648.035. Besaran angka ini sesuai dengan formula yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Namun, penetapan UMP 2018 ini mendapatkan penolakan dari serikat pekerja yang berafiliasi dengan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Salah satunya, ‎Federasi Serikat Pekerja (FSP) Farkes Reformasi.

Ketua Umum FSP Farkes-Reformasi, Idris Idham mengatakan, ‎penolakan tersebut lantaran kenaikan UMP sebesar Rp 3,64 juta ini di bawah tuntutan pekerja yang menghendaki kenaikan menjadi Rp 3,9 juta.

"Kami menolak keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyatakan UMP DKI tahun 2018 sebesar Rp 3.648.035," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (2/10/2017).

Idris menuturkan, pihaknya menolak nilai UMP DKI 2018 karena dalam menetapkan UMP, Pemprov DKI menggunakan PP 78 tahun 2015. Sedangkan berdasarkan UU Nomor 13 tahun 2003 penetapan UMP seharusnya berdasarkan survei kebutuhan hidup layak (KHL).

Padahal di tahun sebelumnya, kaum buruh yang tergabung dalam Koalisi Buruh Jakarta (KBJ) berhasil memenangi gugatan atas keputusan Pemprov DKI yang menetapkan UMP DKI tahun 2017 berdasarkan PP 78/2015 di PTUN Jakarta.

"Jadi jika penetapan UMP tahun 2018 yang masih menggunakan PP 78/2015 berarti pemerintah melanggar undang-undang," kata Idris.

Oleh sebab itu, kata dia, FSP Farkes Reformasi yang berafiliasi dengan KSPI akan turut serta dalam aksi buruh yang akan berlangsung pada 10 November 2017 bertepatan dengan Hari Pahlawan.

"Kami akan all out turun ke jalan melawan keputusan gubernur. Kepada kawan-kawan buruh, saya minta agar selalu semangat dan kompak dalam memperjuangkan upah layak," kata dia.

Rencananya, aksi ini digelar di hampir seluruh daerah di Tanah Air. Di daerah Jabotabek, aksi akan berpusat di Istana Negara, sedangkan untuk daerah lainnya akan mengambil lokasi di kantor gubernur masing masing daerah.

Seperti telah diketahui, dalam Rapat Sidang Penetapan UMP DKI, Dewan Pengupahan DKI yang terdiri dari unsur SP/SB, mengajukan UMP sebesar 3.917.398, yang diperoleh dari survei KHL ditambahkan dengan pertumbuhan ekonomi dan inflasi 8,71 persen.

Adapun Apindo, yang merupakan utusan pengusaha, mengajukan nilai sebesar Rp 3.648.035 yang didapat berdasarkan PP 78/2015 yaitu inflasi+pertumbuhan ekonomi atau sebesar 8,71 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan UMP DKI Jakarta 2018 sebesar Rp 3.648,035.

Penetapan tersebut diumumkan hari ini, Rabu, 1 November 2017. "Besar kenaikan UMP 8,71 persen, kita tetapkan 2018 Rp 3.648,035," kata Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta.

Sebelumnya, saat pembahasan UMP di Dewan Pengupahan DKI, terdapat tiga usulan yang diserahkan kepada Anies. ‎

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta Priyono mengatakan, Dewan Pengupahan DKI merekomendasikan tiga angka UMP 2018 kepada gubernur.

Usulan UMP 2018 dari Serikat Pekerja sebesar Rp 3.917.398. Angka itu didapat dari kebutuhan hidup layak (KHL) dikali pertumbuhan ekonomi dan inflasi 8,71 persen.

"Ada juga usulan unsur pengusaha dan pemerintah sesuai dengan PP 78 tahun 2015 naik 8,71 persen menjadi Rp 3.648.035," ujar Priyono.

Dari unsur buruh, ucap Priyono, perubahan nilai terjadi karena kenaikan tiga hal, yakni listrik, sewa rumah, dan transportasi.

"(Survei) untuk mengakomodasi keinginan (buruh) karena bagaimanapun juga akan sebagai perbandingan," ujar dia.

Sebelumnya, Sidang Dewan Pengupahan DKI Jakarta berjalan sangat alot karena anggota Dewan Pengupahan dari unsur Serikat Pekerja meminta merevisi nilai KHL yang disurvei minggu lalu.

Nilai KHL yang disurvei pada Jumat, 27 Oktober 2017 yang dilakukan bersama tiga unsur menyepakati angka KHL sebesar Rp 3.149.631. Namun, pada sidang Dewan Pengupahan hari ini, unsur serikat pekerja meminta revisi nilai KHL tersebut.

Tiga komponen KHL diminta direvisi dan dinaikkan. Angka KHL yang direvisi, yaitu kontrakan/sewa rumah yang tadinya 850 ribu menjadi Rp 1 juta, transportasi dari Rp 450 ribu menjadi Rp 600 ribu, dan listrik dari Rp 175 ribu menjadi Rp 300 ribu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Kocaknya Kalau Dinosaurus T-Rex Ikut Lomba Lari Maraton

Posted: 01 Nov 2017 08:30 PM PDT

Saat mendengar "Tyrannosaurus Rex" atau "T-rex", kita biasanya akan langsung membayangkan binatang purba berukuran besar dan buas. Binatang yang kita bayangkan itu sudah punah jutaan tahun lalu, malah T-rex di masa sekarang bisa menghibur dan ikut lomba lari.

T-rex sekarang tentunya merupakan sebuah kostum yang dikenakan manusia. Sebanyak 25 orang menggunakan kostum T-rex dan mengenakan sepatu lari untuk acara "T-rex Stampede" yang telah diadakan kedua kalinya di kota Nashville.

Para pelari itu mengenakan kostum Tyrannosaurus Rex. Mereka berkumpul pada Sabtu di Nashville. Jalur yang mereka lalui dimulai dari jembatan pedestrian John Seigenthaler hingga Broadway. 

Pertama kalinya digelar acara ini, banyak masyarakat menganggap hal ini sebagai lelucon. Di tahun kedua mereka berhasil mengumpulkan 25 peserta yang siap berlari menggunakan kostum T-rex.

"Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih dan kerja keras kepada semua orang yang telah berpartisipasi pada hari Sabtu, sangat menyenangkan, saya tidak dapat menunggu sampai tahun depan! (acara ketiga) Nantikan kabar selanjutnya!" kata salah seorang penyelenggara.

Penyelenggara mengatakan bahwa mereka akan mempertimbangkan untuk mengadakan acara di tahun ini menjelang Natal.

 

Penulis

Reza Sugiharto

 

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sandiaga Akan Memindahkan Bekas Karyawan Alexis ke Ekonomi Syariah

Posted: 01 Nov 2017 08:30 PM PDT

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno berjanji akan memindahkan bekas karyawan Alexis ke sektor ekonomi syariah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Song Song Couple Menikah, Ridwan Kamil Beri Wejangan di Instagram

Posted: 01 Nov 2017 08:30 PM PDT

Euforia pernikahan Song Song Couple--Song Joong-ki dan Song Hye-kyo--masih berlangsung.

Warganet Indonesia yang sebagian besar merupakan penggemar pasangan yang membintangi serial Descendants fo the Sun ini berbondong-bondong mengucapkan selamat atas pernikahan Song Song Couple, tak terkecuali Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Diketahui, pria yang akrab disapa Kang Emil itu turut memberikan ucapan selamat kepada Song Song Couple lewat Instagram.

Dalam unggahan terbaru pada Rabu (1/11/2017), pria kelahiran 46 tahun lalu tersebut mengunggah foto pengantin Song Joong-ki dan Song Hye-kyo.

Artis Tiongkok Zhang Ziyi berfoto bersama kedua mempelai Song Joong Ki dan Song Hye Kyo (AllKpop)

Dalam keterangan fotonya, Ridwan Kamil menuliskan ucapan selamat serta memberikan tips pernikahan dalam bahasa Sunda untuk kedua selebritas papan atas yang baru saja menikah pada Selasa (31/10/2017) lalu.

"Selamat untuk @songjoongkionly dan @kyo1122, semoga 'samawa' selamanya. Salam dari Walikota jaman jigeum ("sekarang" dalam bahasa Korea). Ditunggu kedatangannya di pembukaan Kampung Korea di Bandung. #ReboNyunda. Tips rumah tangga: selalu saling menghargai. Contoh: tiap pagi janganlah rebutan bedak dan pensil alis," tulis Ridwan Kamil.

Sontak saja, unggahan Ridwan Kamil itu menuai beragam respons warganet. Banyak warganet menanggapi celotehan Ridwan Kamil dengan santai dan bahkan ada yang menanggapinya dengan serius.

"Bodoor pisan walikota urang mah," tulis @enjanghasankarunia.

"Kang Emil @ridwankamil ..daebakk.👍," tulis @sunwisoedrajat.

"kapan atuh pak @ridwankamil pembukaan kapung korea teh ? udah kepingin maen kesana atuh ini teh," tulis @shenzhen.0602.

"Walikota jaman jigeum pesen2nya buat songsong couple kocak bet @ummu_ahnaf," tulis @nu_nury.

"Hahahahahaha..... Kocak pak @ridwankamil sukses trs y pak....🙏," ujar @ainibachtiar.

Berikut penampakan buket bunga pada pernikahan Song Hye Kyo dan Song Joong senilai Rp 121 juta. (OSEN/TV Report/ Soompi)

Sekadar informasi, pernikahan Song Song Couple disebut-sebut sebagai pernikahan paling heboh di Korea Selatan.

Keduanya melangsungkan janji suci di Hall Yeong Bin Gwan, The Shilla Hote, Seoul, Korea Selatan. Para penggemar K-pop dan K-drama pun turut memeriahkan pernikahan ini dengan tagar #SongSongCouple dan #SongSongCoupleWedding.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chicco Jerikho Tonjok Baim Wong, Ada Apa?

Posted: 01 Nov 2017 08:30 PM PDT

Selama ini tak terdengar kabar kalau Baim Wong dan Chicco Jerikho berseteru, apalagi keduanya diketahui sebagai teman baik yang tergabung dalam "Humble Glam". Akan tetapi, tiba-tiba Baim ditonjok Chicco.

Rupanya itu hanya candaan yang dilakukan Chicco Jerikho dan Baim Wong di akun Instagram masing-masing. Kala itu, Baim, Chicco, dan beberapa selebritas lainnya foto bersama.

Foto itu diunggah di Instagram masing-masing. Kalau Baim hanya mengunggah satu foto, berbeda dengan Chicco Jerikho. Mantan kekasih Laudya Cynthia Bella ini justru mengunggah dua foto berbeda, Kamis (2/11/2017). Satu saat mereka tertawa, foto lainnya, tampak Chicco Jerikho menonjok wajah Baim Wong.

Baim Wong pose bersama Oka Antara, dan Chicco Jerikho (Foto: Instagram)

Uniknya, Chicco Jerikho memberi keterangan untuk foto tersebut seolah Baim Wong baru saja menggelar pesta pertunangan.

"Selamat ya @baimwong semoga berbahagia," begitu keterangan yang ditulis Chicco Jerikho yang langsung disukai lebih dari 7 ribu pengguna Instagram hanya dalam waktu beberapa jam saja.

Baim Wong yang merasa dirinya dianiaya pun protes yang ditulis di kolom komentar. "Ga ditonjok JUGAAAAA B*****O."

Tak mau kalah, Chicco Jerikho membalasnya, "@baimwong ituuu kann tandaaa selamat darii guee."

Chicco Jerikho tonjok wajah Baim Wong (Foto: Instagram)

Sayangnya, warganet justru tak fokus dengan bercandaan Baim Wong dan Chicco Jerikho, tapi pada keterangan yang ditulis pemain film Filosofi Kopi tersebut. Mereka menganggap kalau Baim baru saja melamar kekasihnya. Ucapan selamat pun mengalir untuknya.

"SOOO HAPPY FOR YOU @baimwong Semoga kita langsung seragaman yaaaa LAFFF!!!" tulis akun @naziracnoer.

Akun @adimasnung pun menimpali, "@baimwong engage nih ceritanya @chicco.jerikho ....??? Ciehhhhh selamat yahhhh @baimwong."

Baim Wong dan Vebby Palwinta dikabarkan putus setelah menjalin hubungan sebentar. Keduanya sama-sama mengunggah kalimat galau dengan latar belakang warna hitam.

Tidak bercerita soal penyebab dari kandasnya hubungannya dengan Vebby, namun Baim menyebut masalah ini sebagai krikil tajam dalam hubungannya sebelum melenggang ke pelaminan. (Instagram/vebbypalwinta)

Dan Vebby Palwinta sempat mengunggah sebuah diagram mengenai pacaran sehat, seolah menyindir Baim Wong.

Namun saat dikonfirmasi, Baim Wong membantah dirinya putus dari Vebby. Hubungan mereka masih baik-baik saja. Mungkinkah Baim telah melamar Vebby Palwinta? 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Hal Ini Diam-Diam Bikin Kamu Jadi Sahabat yang Buruk

Posted: 01 Nov 2017 08:30 PM PDT

Sahabat adalah sosok yang kita pilih untuk berbagi tawa dan duka. Bahkan, sebuah pepatah mengatakan, sahabat adalah saudara yang kita dapat dari orangtua yang berbeda. Tanpa mereka, kerap kali hidup terasa gersang. Namun sayangnya, tak semua orang bisa menjadi sahabat yang baik.

Terkadang ada beberapa hal yang tanpa disadari membuat kita menjadi sahabat yang buruk. Ini tentunya secara langsung akan memengaruhi persahabatan. Apa saja hal-hal yang membuat kita jadi sahabat yang buruk? Simak daftarnya di bawah ini, melansir laman Purewow, Kamis (2/11/2017).

1. Menggagalkan rencana di menit terakhir

Sesekali mengirim pesan untuk menunda atau menggagalkan rencana di detik terakhir tentunya bisa dimaklumi. Terkadang kondisi membuat kita tak mungkin memenuhi janji dengan sahabat. Namun, bila kita selalu menggagalkan rencana untuk menghabiskan waktu dengan mereka, hal ini jelas bukan tindakan yang bijaksana.

2. Menunggu sahabat menghubungi

Hubungan apa pun, persahabatan atau percintaan, perlu dijaga. Bila sahabat kamu yang selalu menghubungi untuk menghabiskan waktu bersama, bukan tak mungkin mereka akan berpikir bahwa kamu egois dan tak tertarik untuk berteman dengan mereka.

Perbaiki hal itu dengan bergantian mentraktir mereka di resto favorit misalnya. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

 

3. Berharap persahabatan akan tetap sama

Faktanya setiap orang berubah. Bila kamu berharap persahabatan kalian akan selalu sama, itu tak akan terjadi. Seperti hidup, persahabatan pun akan berevolusi. Namun, bila persahabatan mulai berubah ke arah negatif, ada baiknya kita mulai introspeksi.

Persahabatan memang tak selamanya mulus. Terkadang kesibukan membuat kita sulit bertemu dengan sahabat. Baiknya tetap jaga hubungan melalui fasilitas yang ada seperti pesan singkat atau media sosial.

4. Terlalu berharap

Meski kita dan sahabat memiliki ikatan yang spesial dibandingkan dengan teman-teman lainnya, bukan berarti sahabat harus selalu ada untuk kita. Kamu tak boleh marah atau kesal bila suatu waktu sahabat menggagalkan rencana untuk bertemu karena kesibukan mereka yang tak terhindarkan. Pahami dan maklumi bahwa mereka pun punya kehidupan pribadi.

5. Cepat berganti sahabat

Bila kamu terlalu cepat berganti teman atau sahabat, mungkin saatnya memikirkan ulang bentuk pertemanan yang telah terjalin. Dalam hidup, kita memang akan selalu bertemu dengan orang baru yang besar kemungkinan akan menjadi sahabat. Namun bila kita memiliki terlalu banyak persahabatan singkat, ada baiknya untuk mulai introspeksi diri, adakah perilaku kita yang membuat orang menjauh?

6. Selalu mengkritik

Sebagai sahabat yang baik, kita tentu menginginkan hal-hal yang baik bagi sahabat. Hal ini terkadang membuat kita jadi pribadi yang over-protective. Semisal, kita melihat bahwa pacar sahabat bukanlah individu yang baik, kita kemudian terus-menerus mengkritik perilakunya. Bila dilakukan sesekali, tak mengapa. Tapi bila sering, ini akan membuat sahabat merasa kita tidak mendukungnya.

Jadi, bila sahabat sesekali tak mendengarkan kritik atau saran kamu. Tak ada salahnya untuk sesekali memberinya ruang agar belajar dari kesalahan yang dia lakukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: