Minggu, 12 November 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Menyusup Saat Prarekonstruksi, Warga Tinju Dokter Penembak Istri

Posted: 12 Nov 2017 09:34 PM PST

Dokter Helmi, penembak istri di Klinik Azzahra, Cawang, Jakarta Timur, digiring ke lokasi prarekonstruksi. Warga yang geram menyoraki dengan sumpah serapah saat dia tiba. Bahkan, kepalanya kena pukul.

Pantauan Liputan6.com, Senin (13/11/2017) pagi, awal prarekonstruksi dimulai dengan tibanya pelaku ke Klinik Azzahra menggunakan jasa ojek online. Sopir gojek dengan nama Rahmat mengantar langsung pelaku hingga halaman depan klinik.

Saat digiring ke tepi Jalan Dewi Sartika, pelaku nunduk dan menutupi kepalanya dengan seragam tahanan berwarna oranye. Saat melintasi kerumunan wartawan, teriakan kasar terdengar.

"A**** kamu ya!," lantang seorang pria berkacamata dan berpeci hitam mengeluarkan sumpah serapah.

Langsung saja pukulan pria tersebut mendarat ke kepala dokter Helmi. Petugas langsung meringkus pria yang diduga keluarga korban itu. Dia diduga menyusup ke kerumunan wartawan untuk melancarkan niatnya.

Warga pun menyambut aksi terhadap Helmi yang menembak istrinya itu dengan sorakan.

 

Dokter Letty tewas setelah diberondong menggunakan senjata api (senpi) di tempatnya bekerja, Klinik Azzahra, Cawang, Jakarta Timur pada Kamis 9 November 2017. Pelakunya, merupakan sang suami, dokter Helmi.

Hingga saat ini, polisi belum bisa menyimpulkan motif pembunuhan tersebut. Sebab, keterangan pelaku kerap berubah-ubah. Namun, polisi menduga aksi itu dilatarbelakangi masalah rumah tangga. Pelaku juga diduga kerap melakukan kekerasan dalam rumah tangga terhadap istrinya itu.

Helmi mengaku tega memberondong peluru ke tubuh istrinya lantaran mendapatkan bisikan gaib. Dia mengaku mendapatkan perintah untuk menghabisi nyawa istrinya. "(Karena) Diperintah, diperintah," ujar Helmi di Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jumat 10 November 2017.

Helmi berbicara ngelantur saat ditanya alasan membunuh istrinya. Helmi menyebut dia membunuh Letty lantaran ingin mengejar jiwa istrinya yang ia yakini akan berpindah ke tubuh lain.

Akibat perbuatannya itu, dokter Helmi kini ditahan di Mapolda Metro Jaya dan dijerat dengan pasal berlapis. Dia dijerat dengan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana, Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan, dan Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951. Dia terancam hukuman mati atau maksimal 20 tahun penjara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Mesra dengan Sunu, Ini Kata Umi Pipik

Posted: 12 Nov 2017 09:30 PM PST

Umi Pipik sempat membantah kalau dirinya melakukan pernikahan siri dengan teman duetnya, Sunu. Namun baru-baru ini beredar foto kemesraan dirinya dengan mantan vokalis band Matta tersebut.

Janda Ustaz Jefry Al Buchori ini pun membantahnya. Umi Pipik menyampaikan hal tersebut kepada sahabatnya Indadari. 

Umi Pipik tampil cantik mengenakan busana muslim hitam, pendakwah asal Semarang ini pun tak pelit memberikan senyum manisnya. (Fathan Rangkuti/Bintang.com)

"Kata Umi itu fitnah. Editan itu fotonya," terang Indadari, saat dihubungi melalui pesan singkat, Senin (13/11/2017).

Sebagai sahabat, Indadari tentu menanyakan langsung kebenaran mengenai foto Umi Pipik tersebut. Lantaran dirinya menjadi tempat bertanya banyak orang perihal kabar itu. 

"Sudah nanya langsung juga ke Umi karena banyak banget yang nanya," lanjut Indadari.

 

 

 

 

 

 

Umi Pipik menegaskan melalui Indadari kalau foto tersebut hanyalah rekayasa, bukan asli. Sayangnya, mantan istri Lucky Hakim ini tak mau banyak bicara mengenai hubungan sahabatnya dengan Sunu.

Ia juga bercerita saat dirinya mendapat hidayah memakai cadar, Umi pun sadar bahwa sebelumnya terlibat dalam proses syuting film itu dan tak mungkin meminta sang produser untuk tidak menayangkan film tersebut. (Instagram/umi.pipik)

Dirinya kembali menyerahkan permasalahan tersebut kepada pihak terkait, yaitu Umi Pipik itu sendiri. "Kalau saya mah mending tanya orangnya langsung saja," tegas Indadari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pacar Seksi Ronaldo Lahirkan Bayi Wanita

Posted: 12 Nov 2017 09:30 PM PST

Cristiano Ronaldo tengah berbahagia pada pertengahan November ini. Dia resmi menjadi bapak empat anak. Pacar Ronaldo, Georgina Rodriguez melahirkan bayi wanita pada Minggu (12/11/2017) waktu setempat. 

Anak keempat Ronaldo ini diberi nama Alana Martina. Anak pertama Ronaldo bersama Giorginia lahir di Rumah Sakit Quiron Universal yang terletak dekat tempat tinggal kapten Portugal itu.

Ronaldo langsung mengunggah foto anak keempatnya itu di Instagram. Putra pertamanya, Cristiano Jr turut mendampingi eks pemain Manchester United itu saat menunggu kelahiran Alana.

"Alana Martina baru saja lahir. Baik Geo (panggilan untuk Georgina) maupun Alana dalam keadaan sehat! Kami semua bahagia!" tulis Ronaldo di caption foto tersebut.

Dari empat anak yang dimiliki Ronaldo, praktis hanya Alana yang identitas ibunya tak ditutupi oleh Ronaldo. Ketiga anak Ronaldo sebelumnya yakni Cristiano Jr serta si kembar Eva Maria dan Mateo lahir dari ibu pengganti yang dirahasiakan identitasnya.

Cristiano Ronaldo dan Georgina Rodriguez (Instagram/cristiano)

Nama Alana Martina sudah sejak lama dipilih Ronaldo untuk anak keempatnya itu. Alana merupakan pilihan Ronaldo, sedangkan Martina dipilih Georgina.

Ronaldo sempat merahasiakan kehamilan Georgina. Eks pemain Sporting Lisbon itu baru mengungkapkannya pada Juli 2017.

Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo bersama pasangannya, Georgina Rodriguez dan sang putra, Cristiano Ronaldo Jr berpose setibanya di karpet hijau acara The Best FIFA Football Awards, London, Senin (23/10). (Glyn KIRK/AFP)

Georgina mulai berpacaran dengan Ronaldo sejak musim panas lalu. Awalnya Ronaldo menutupi kisah cintanya dengan wanita 22 tahun itu.

Ronaldo baru mengumumkan berpacaran dengan Georgina pada FIFA Football Awards Januari lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Ini Lamar Kekasih dengan iPhone X Seharga Rp 425 Juta

Posted: 12 Nov 2017 09:30 PM PST

Kisah pria yang melamar kekasihnya dengan memanfaatkan iPhone kembali terjadi. Kali ini, giliran pria Tiongkok yang melakukan hal tersebut dengan menggunakan iPhone X.

Adalah Chen Ming, pendesain gim asal Shenzen, Tiongkok yang membeli 25 iPhone X untuk digunakan melamar kekasihnya. Lalu, 25 smartphone itu dirangkai membentuk hati dengan beralaskan kelopak bunga mawar.

Agar rencana itu berhasil, Chen meminta bantuan teman-temannya. Kekasih Chen yang diketahui bernama Lee tak menduga mendapat kejutan tersebut dan sembari menangis ia pun menerima lamaran itu.

Dikutip dari ET Today, Senin (13/11/2017), iPhone X sendiri dipilih karena Chen dan pacarnya merupakan penggemar berat dari gim mobile. Keduanya juga pertama kali bertemu melalui gim yang dikembangkan oleh Chen.

Setelah itu, gim telah menjadi bagian penting dari kehidupan hubungan mereka berdua. Chen memilih angka 25 karena itu menandakan umur sang kekasih.

Lalu, bagaimana dengan 25 iPhone X yang sudah digunakan untuk proses lamaran tersebut? Ternyata, Chen membagikan perangkat itu pada teman-teman yang membantu proses lamaran unik itu.

Kisah ini juga menjadi viral di media sosial Tiongkok. Namun di balik kisah unik ini, hal lain yang menarik adalah biaya yang harus dikeluarkan sang pria untuk membeli produk terbaru Apple tersebut.

Sebagai informasi, iPhone X dibanderol sekitar 8.388 yuan atau sekitar Rp 17 juta di pasar Tiongkok. Dengan kata lain, ia harus merogoh kocek sekitar Rp 425 juta untuk mempersiapkan proses lamaran ini.

Kisah Chen ini sebenarnya bukan pertama kali terjadi di Tiongkok. Pada 2014, seorang pria juga melamar kekasihnya dengan memanfaatkan iPhone di depan umum.

iPhone X. (Doc: Tech Crunch)

Tak tanggung-tanggung, pria yang tak diketahui namanya tersebut menyiapkan 99 iPhone 6s dalam proses lamaran tersebut. Sayang, lamaran tersebut tetap ditolak oleh sang kekasih. 

Saat lamaran itu dilakukan, sang kekasih memilih meninggalkan pria tersebut di jalan. Belum usai dari sakit hati karena ditolak, pria itu juga dibebani utang yang besar. 

Alasannya, ia harus menghabiskan sekitar 500 ribu yuan atau sekitar Rp 1 miliar dengan kurs saat ini untuk mendapatkan 99 iPhone 6s tersebut. 

Peristiwa itu pun sempat viral di media sosial di Tiongkok dan menarik perhatian banyak warganet. Tak sedikit pula yang bersimpati atas peristiwa itu. 

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendadak Alami 12 Gejala Ini Tanda Keracunan Merkuri

Posted: 12 Nov 2017 09:30 PM PST

Merkuri merupakan logam berat yang secara alami berada di lingkungan namun memiliki sifat toksik (racun) yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan jika tidak dikontrol penggunaannya.

Berikut ini adalah beberapa bahan yang dapat mengandung merkuri:

1. Seafood. Beberapa makanan laut – seperti kerang dan ikan tuna – berpotensi mengandung merkuri.

2. Kosmetik. Banyak produk kecantikan dengan label memutihkan wajah dapat mengandung merkuri.

3. Benda elektronik. Benda elektronik di sekitar rumah yang memiliki kandungan merkuri antara lain baterai, layar LCD TV dan laptop.

4. Alat medis. Ada beberapa alat medis yang menggunakan merkuri seperti amalgam gigi, alat tekanan darah, thermometer dan nebulizer.

(dr. Dyah Novita Anggraini/Klik Dokter)

 

Diduga, siswa di Purbalingga ini keracunan jajanan mi gulung seharga Rp 500. (Liputan6.com/Galuh Widoera)

Keracunan merkuri akut atau secara tiba-tiba dapat terjadi dengan gejala seperti nyeri tenggorokan, nyeri perut, mual, dan muntah.

Keluhan ini biasanya terjadi pada pekerja tambang dalam industri pengolahan logam merkuri dan penambangan emas.

Sedangkan tanda dan gejala keracunan yang terjadi jika seseorang yang terpapar merkuri dalam jangka waktu 5 – 10 tahun adalah sebagai berikut:

1. Gangguan penglihatan

2. Gangguan keseimbangan

3. Gangguan berbicara dan pendengaran

4. Kelemahan otot–otot di tubuh.

5. Kesemutan

6. Tremor

7. Gangguan tidur

8. Otot berkedut

9. Sakit kepala

10. Perubahan emosi

11. Sesak nafas

12. Kerusakan ginjal

Karena itu, jika Anda merasa dalam kegiatan sehari-hari terpapar merkuri secara terus menerus dan sering mengalami beberapa gejala di atas, segera konsultasikan dengan dokter.

Selanjutnya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh dan pemeriksaan penunjang untuk merkuri seperti pemeriksaan darah, urine, dan rambut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Densus 88 Geledah Rumah Terduga Pembakar Mapolres Dharmasraya

Posted: 12 Nov 2017 09:29 PM PST

Senin pagi (13/11/2017), sekitar pukul 08.30 WIB, warga Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi dikejutkan dengan kedatangan aparat Densus 88 ke salah satu rumah di daerah itu.

Kedatangan tim Densus 88 diduga untuk menggeledah kediaman Eka Fitria (24), salah satu terduga pembakar Polres Dharmasraya, Sumatera Barat pada Minggu, 12 November 2017.

"Ada beberapa orang datang, cuma tidak lama. Hanya sebentar tak sampai setengah jam kami lihat," ujar Agus, salah seorang warga setempat.

Menurut Agus, dari pengamatannya, sejumlah anggota Densus 88 itu membawa satu buah busur panah dari rumah Eka. Ada juga sebilah golok dan beberapa bundel dokumen. Namun, belum ada keterangan resmi dari kepolisian setempat atas penggeledahan tersebut.

Salah satu sumber di Mapolres Bungo yang enggan disebutkan namanya membenarkan atas penggeledahan tersebut.

Sebelumnya, Kapolda Sumatera Barat, Irjen Fakhrizal mengatakan sudah mengantongi identitas kedua pelaku terduga pembakar Polres Dhamasraya yang lokasinya berbatasan antara Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Jambi.

"Pelaku dua orang, yaitu Eka Fitra (24) dan Enggria Sudarmadi (25). Keduanya berasal dari Provinsi Jambi," kata dia di Padang, kemarin.

Eka Fitria berasal dari Kota Bungo Jambi dan Enggria dari Merangin Provinsi Jambi. "Jasad kedua pelaku akan kami identifikasi untuk mendalami persoalan ini. Kami juga telah berkoordinasi dengan Densus 88 dan BNPT untuk menentukan apakah ini merupakan serangan dari teroris," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Dua pria berbaju hitam ditembak mati polisi di saat sibuk memadamkan api yang menghanguskan Markas Polres Dharmasraya. (dok. istimewa/Dinny Mutiah)

Fakhrizal menyebutkan, pihaknya telah menghubungi keluarga kedua terduga teroris itu untuk dimintai keterangan terkait aktivitas keduanya sebelum terlibat dalam aksi pembakaran itu.

Terkait penyebab kebakaran, pihaknya masih menunggu penyelidikan dan keputusan Labfor untuk mengetahui detail penyebab kebakaran yang menghanguskan bangunan utama Polres tersebut.

Fakhrizal mengatakan, kedua pelaku ini masuk melalui pintu belakang Polres Dharmasraya untuk membakar lokasi itu. Sementara, petugas yang berjaga di Polres berada di pintu depan.

Selain menghanguskan seluruh bangunan utama Mapolres, mobil dinas Kapolres Dharmasraya AKBP Rudy Yulianto juga hangus terbakar dalam insiden itu pada Minggu dini hari, 12 November 2017.

"Iya terbakar saat terparkir di garasi rumah dinas yang berada 50 meter di samping bangunan utama Mapolres yang ludes terbakar," kata Kapolres Dharmasraya AKBP Rudy Yulianto di Pulau Punjung, dilansir Antara.

Ia menjelaskan mobil dinas diduga dibakar pelaku lainnya bersamaan dengan proses pemadaman yang sedang berlangsung. Selain mobil dinas, satu unit motor yang digunakan untuk uji praktek Surat Izin Mengemudi (SIM) Polres Dharmasraya juga terbakar.

Dalam peristiwa itu, nama kedua lelaki yang sudah dikantongi namanya itu menghalang-halangi petugas pemadam kebakaran yang akan memadamkan Mapolres Dharmasraya. Akibatnya, petugas menembak keduanya hingga tewas di tempat.

Sebelumnya, Kapolda Sumatera Barat Irjen Fakhrizal menyatakan polisi telah mengantongi identitas kedua pelaku yang diduga terlibat dalam pembakaran Mapolres Dharmasraya itu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Divonis Lima Tahun Penjara dan Denda 200 Juta Rupiah ini Ekspresi Miryam

Posted: 12 Nov 2017 09:25 PM PST

Terdakwa kasus pemberian keterangan palsu di sidang e-KTP, Miryam S Haryani saat menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/11). Miryam divonis lima tahun penjara dan denda Rp 200 juta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa kasus pemberian keterangan palsu di sidang e-KTP, Miryam S Haryani saat menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/11). Miryam divonis lima tahun penjara dan denda Rp 200 juta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa kasus pemberian keterangan palsu di sidang e-KTP, Miryam S Haryani saat menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/11). Miryam divonis lima tahun penjara dan denda Rp 200 juta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa kasus pemberian keterangan palsu di sidang e-KTP, Miryam S Haryani saat menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/11). Miryam divonis lima tahun penjara dan denda Rp 200 juta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa kasus pemberian keterangan palsu di sidang e-KTP, Miryam S Haryani bersama kuasa hukumnya usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/11). Miryam divonis lima tahun penjara. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa kasus pemberian keterangan palsu di sidang e-KTP, Miryam S Haryani bersama kuasa hukumnya usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/11). Miryam divonis lima tahun penjara. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa kasus pemberian keterangan palsu di sidang e-KTP, Miryam S Haryani usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/11). Miryam divonis lima tahun penjara dan denda Rp 200 juta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa kasus pemberian keterangan palsu di sidang e-KTP, Miryam S Haryani usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/11). Miryam divonis lima tahun penjara dan denda Rp 200 juta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa kasus pemberian keterangan palsu di sidang e-KTP, Miryam S Haryani usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/11). Miryam divonis lima tahun penjara dan denda Rp 200 juta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa kasus pemberian keterangan palsu di sidang e-KTP, Miryam S Haryani usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/11). Miryam divonis lima tahun penjara dan denda Rp 200 juta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa kasus pemberian keterangan palsu di sidang e-KTP, Miryam S Haryani bersama kuasa hukumnya usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/11). Miryam divonis lima tahun penjara. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa kasus pemberian keterangan palsu di sidang e-KTP, Miryam S Haryani bersama kuasa hukumnya usai menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/11). Miryam divonis lima tahun penjara. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa kasus pemberian keterangan palsu di sidang e-KTP, Miryam S Haryani (tengah) keluar dari Pengadilan Tipikor Jakarta usai menjalani sidang putusan, Senin (13/11). Miryam divonis lima tahun penjara. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Terdakwa kasus pemberian keterangan palsu di sidang e-KTP, Miryam S Haryani (tengah) keluar dari Pengadilan Tipikor Jakarta usai menjalani sidang putusan, Senin (13/11). Miryam divonis lima tahun penjara. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bayar Zakat Pakai Saham, Henan Putihrai Gandeng Baznas

Posted: 12 Nov 2017 09:23 PM PST

PT Henan Putihrai Sekuritas bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan Program Shadaqah dan Zakat Saham Nasabah (Sazadah) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin (13/11/2017).

Dengan program ini, investor baik syariah dan konvensional dapat investasi sekaligus berbagi melalui sedekah dan zakat saham. Direktur Henan Putihrai Sekuritas Ferry Sudjono mengatakan, program ini untuk memperkenalkan variasi donasi. Serta, sebagai langkah untuk mendukung pasar modal syariah.

"Peluncuran program ini merupakan kelanjutan dari komitmen Henan Putihrai Sekuritas dalam memperkenalkan variasi sarana donasi, meningkatkan kesadaran berinvestasi dan berbagi serta tak kalah penting mendukung program pasar modal syariah," kata dia di BEI Jakarta, Senin (13/11/2017).

Dia menuturkan, setiap investor bisa berpartisipasi program ini. Syaratnya, investor terdaftar sebagai nasabah Henan Putihrai Sekuritas.

"Siapapun dapat berpartisipasi dalam program Sazadah, investor retail, lembaga institusi, organisasi kemasyarakatan, selama mereka terdaftar sebagai nasabah pemegang rekening Henan Putihrai Sekuritas dan bertransaksi dalam bentuk saham melalui Henan Putihrai Sekuritas," jelas dia.

Sementara itu, Ketua Baznas Bambang Sudibyo mengatakan, sedekah atau zakat yang diserahkan dalam program ini berupa saham itu sendiri.

"Ya mereka menyerahkan sahamnya ke Baznas, yang dikoordinir Henan Putihrai," kata dia.

Dia berharap, program ini dapat menopang penghimpunan zakat dan sedekah. Meski begitu, pihaknya belum bisa memproyeksi jumlah dana yang dihimpun. "Ya harapannya begitu, zakat, saham termasuk kekayaan yang menjadi objek zakat," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Sebelumnya Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah mengkaji pendirian bursa efek syariah di Indonesia. Bukan di Jakarta, Pasar Saham Syariah ini rencananya berdiri di Surabaya, Jawa Timur.

Direktur BEI Tito Sulistio mengatakan, selama ini 70 persen broker saham berada di Jakarta. "Padahal di wilayah lain juga besar market-nya. Jadi dengan wilayah beda investor bisa bertambah," ujar dia di Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu 29 Oktober 2017.

Tito mengaku selama ini berbagai hal seperti sarana sudah terbentuk, bila pasar saham ini beroperasi di Surabaya. Seperti diketahui, beberapa tahun lalu Bursa Efek Surabaya pernah berdiri di Jawa Timur sebelum melebur dengan BEI. Sebab itu Tito mengatakan hanya akan menyempurnakan sarana yang sudah ada.

Dia mengaku, meski tak memasang target khusus namun diharapkan bursa syariah ini bisa segera beroperasi. "Secara teori, sembilan bulan juga bisa jalan," cetus dia.

Tito mengaku, pendirian bursa syariah ini merupakan usulan pengusaha yang disampaikan Ketua Kadin Rosan P Roeslani. "RI bisa jadi hub syariah, hub produk halal dunia, dan kami ingin promotori syariah stock exchange di Indonesia," ujar dia.

Dia berharap, dengan keberadaan pasar modal syariah, maka hambatan dalam pengembangan industri keuangan syariah bisa lebih mudah, terutama dalam proses yang saat ini belum 100 persen syariah.

"Kita selalu bicara produk, masalahnya sebenarnya bukan itu. Tapi prosesnya (yang jadi masalah). Kita punya produk syariah, tapi prosesnya belum syariah," tutur dia.

Dia mengaku sudah mendapatkan dukungan dari beberapa pihak tapi yang terutama dari market atau pasar sebagai penentu berjalannya bursa syariah.

Untuk mendukung rencana ini, BEI menggandeng Dubai Financial Market (DFM). Sebagai sesama negara Muslim, kerja sama antar negara dinilai bisa menjadi peluang untuk memperbesar pasar keuangan syariah di dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pimpinan Pastikan Status Tersangka Setnov Tak Ganggu Kinerja DPR

Posted: 12 Nov 2017 09:22 PM PST

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan kinerja dewan tidak akan terganggu dengan status tersangka Ketua DPR Setya Novanto. Alasannya, kerja pimpinan DPR itu kolektif kolegial atau bersama-sama.

"Keputusan dewan, keputusan pimpinan adalah kolektif kolegial, sehingga kalau hanya salah satu pimpinan itu berhalangan tentunya kinerja dewan tidak akan terpengaruh," ujar Agus di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (13/11/2017).

Jadi, kata dia, kinerja dewan tetap seperti apa yang telah ditetapkan karena masih memenuhi kuorum, dan kuorum itu adalah resmi.

"Kuorum itu adalah sah karena sudah sesuai dengan batasan yang dikehendaki oleh undang-undang," ucapnya.

Yang penting, sambung Agus, para Wakil Ketua DPR lainnya masih tetap bisa bekerja seperti biasa.

"Kan minimal dua pimpinan, dan untuk rapat pimpinan minimal tiga orang. Sehingga apabila kuorum itu terpenuhi, semuanya akan berjalan sesuai dengan apa yang kita tentukan," jelas Agus Hermanto.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menetapkan Ketua DPR Setya Novanto sebagai tersangka kasus megakorupsi KTP elektronik. Status tersebut diumumkan pada Jumat 10 November 2017 lalu di Gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Setelah proses penyelidikan dan ada bukti permulaan cukup, kemudian pimpinan KPK, penyelidik, penyidik, dan penuntut umum melakukan gelar perkara pada 28 Oktober KPK menerbitkan sprindik atas nama tersangka SN, sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang.

Kasus ini diduga mengakibatkan kerugian negara sekurang-kurangnya Rp 2,3 triliun dari total paket pengadaan senilai Rp 5,9 triliun.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemain Persib Malu Kalah dari Perseru di Liga 1

Posted: 12 Nov 2017 09:20 PM PST

Persib Bandung menutup Liga 1 dengan hasil mengecewakan. Tampil di Stadion si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Minggu (13/11/2017), Persib justru kalah dengan skor 0-2.

Celakanya, kekalahan diraih tim papan bawah yang nyaris degradasi, Perseru Serui. Dengan hasil ini, Maung Bandung harus terjerembab di urutan ke-13 klasemen akhir Liga 1. 

Kekalahan ini memicu kemarahan bobotoh atau pendukung setia Persib. Mereka turun ke lapangan dan sempat terlibat keributan dengan pasukan pengamanan. Setelah mereda, para pendukung Maung Bandung juga berusaha menemui para pemain di kamar ganti.

Gelandang Persib Bandung, Gian Zola sangat kecewa dengan hasil ini. Baginya, kata maaf saya tentu saja tidak cukup untuk mengobati kekecewaan yang dialami para bobotoh. 

"Mungkin yang saya sampaikan mewakili pemain ya mau apa lagi minta maaf, mungkin gak cukup tapi ya mau gimana lagi," kata Gian Zola usai pertandingan. 

 

Tampil di depan pendukung sendiri, Persib justru tampil di luar ekspektasi. Hujan yang mengguyur sejak babak kedua juga ikut mempengaruhi permainan Maung Bandung. Sebab skema yang sejak awal dirancang, justru jadi berantakan akibat alam yang tak bersahabat.  

Kedua tim bermain imbang sepanjang babak pertama. Namun pada menit ke-70, tim tamu akhirnya mampu memecah kebuntuan setelah tendangan bebas Ryutaro Karube menghujam gawang Persib yang dikawal M.Natshir. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Perseru.

Persib mulai lebih ofensif dalam melancarkan serangan, kendati kesulitan memainkan umpan-umpan pendek. Namun, mereka malah lengah pada menit ke-81.

Silvio Escobar menggetarkan jala gawang Persib sekaligus mengubah skor menjadi 2-0. Gol itu memastikan kemenangan 2-0 Perseru atas Persib dan selamat dari degradasi. Kemenangan ini membuat Perseru tetap bertahan di Liga 1 pada musim depan. 

 

"Zola sebagai pemain mohon maaf sebesar-besarnya kepada bobotoh di pertandingan penutup ini hasilnya mengecewakan. Mungkin saya sendiri merasa sedih dan malu karena saya asli orang Bandung," kata dia seusai laga.

Zola menyadari dia belum bisa memberikan banyak kontribusi untuk tim kebanggannya.

"Saya di pertandingan tadi juga gak bisa ngasih kontribusi lebih karena main di menit akhir dan hujan juga. Semoga ke depan Persib di musim depan bisa lebih baik," ucapnya. 

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenakan Gaun Menerawang, Bra Millen Cyrus Terlihat

Posted: 12 Nov 2017 09:20 PM PST

Selain memoles wajahnya dengan riasan tebal, kini Millen Cyrus makin sering tampil percaya diri dengan mengenakan busana wanita. Tak main-main, pakaian yang dikenakannya pun cukup terbuka.

Seperti baru-baru ini misalnya, bersama teman wanitanya, pria bernama asli Millendaru itu menghadiri sebuah acara produk kecantikan dengan gaun two pieces berwarna emas dan hitam. Busana ini membuatnya terlihat sangat seksi.

"Attending Grand Finale TRESemmé Runway 2017 with my #RunwayReadyHair. Who will be the next TRESemmé's Digital Face," tulisnya pada Sabtu (11/11/2017).

Gaun bagian atas memiliki model bra hitam yang dilapisi dengan kain berbahan lace atau renda. Jika dilihat, keponakan Ashanty ini seperti memiliki belahan dada. Sementara bagian bawahnya adalah rok mini yang memiliki layer panjang di belakang.

Penampilannya dipercantik dengan high heels berwarna baby pink. Gaya Millen Cyrus yang benar-benar menyerupai wanita, membuat para warganet tercuri perhatiannya.

 

 

"Yg cewek beneran aja ga kyk elu pakaiannya 😅 biar apa sih," @marianaanaria. "wlwpn brpakaian sprti wanita n pke makeup ttp aja auranya cowok," ujar warganet dengan nama akun @dian.anastasius.

"I will always pray for you, may you get back the right path ... ameen YRA," ujar pemilik akun @yuniaareds. "Yang cwe asli mah kalem ya pakaiannya," tambah @s.dhiqa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sepasang Kekasih Sembunyikan Narkoba di Dalam Celana Dalam

Posted: 12 Nov 2017 09:15 PM PST

Sepasang kekasih tertangkap akan menyelundupkan narkoba di Bandara Soekarno-Hatta dengan cara menyimpannya di dalam celana dalam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salam Perpisahan Evan Dimas untuk Bhayangkara FC

Posted: 12 Nov 2017 09:10 PM PST

Evan Dimas mengakui dirinya mungkin tidak akan lagi bermain buat Bhayangkara FC musim depan. Hal itu ia sampaikan dalam jumpa pers di laga penutup Liga 1 2017 melawan Persija Jakarta, Minggu (12/11/2017) di Stadion Patriot.
 

 
Bhayangkara FC menelan kekalahan 1-2 dari Persija Jakarta di laga pamungkas Liga 1 2017. Meski kalah, Bhayangkara tetap ditahbiskan sebagai juara Liga 1 usai torehan 68 poin tak lagi bisa dikejar para pesaingnya. 
 
"Mungkin saya tidak akan bersama teman-teman lagi mulai musim depan. Saya sangat sedih namun juga senang," ujar Evan. 
 
Evan Dimas bergabung dengan Bhayangkara FC di tahun 2016. Mantan kapten timnas Indonesia U-19 ini langsung menjadi jantung permainan tim berjuluk The Guardian tersebut.
 
 
 
 
 
 
 
Statistik mencatat, Evan di musim ini telah bermain 20 kali buat Bhayangkara. Dari 20 kesempatan itu, ia menyumbang satu gol dan lima assists.
 
Penampilan apik Evan di musim ini jadi salah satu kunci sukses Bhayangkara FC juara. Evan pun mengaku bersyukur atas hal tersebut.
 
 "Saya bersyukur atas gelar ini. Ini kesempatan yang langka buat saya," kata Evan menambahkan. 
Kendati telah mengucapkan salam perpisahan, Evan belum mau membeberkan klub yang jadi tujuannya. Rumor yang beredar, Evan bakal bermain di luar negeri. 
 
Dua negara yang kabarnya bakal menjadi tujuan dari Evan adalah Malaysia dan Thailand. Evan sendiri punya persyaratan bagi klub luar yang ingin memakai jasanya.
 
"Saya tidak mau kalau trial dulu, maunya langsung kontrak," ujar Evan mengakhiri. 
 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manisnya Janji yang Diucapkan Song Joong Ki Saat Pernikahan

Posted: 12 Nov 2017 09:10 PM PST

Song Hye Kyo dan Song Joong Ki kini tengah menikmati hari-hari pertama pernikahan mereka. Meski telah dua minggu berlalu, sejumlah pemberitaan tentang Song Song Couple ini masih saja menarik perhatian publik.

Termasuk janji pernikahan yang diucapkan Song Joong Ki saat berdiri di altar pernikahan.

Foto pernikahan Song Hye Kyo dan Song Joong Ki (OSEN/TV Report/ Soompi)

Dilansir dari Koreaboo, Senin (13/11/2017), Dispatch mengungkap bahwa janji pernikahan yang diucapkan Song Joong Ki ini membuat para tamu terharu. Bahkan Song Hye Kyo disebutkan meneteskan air mata saat mendengar kata-kata ini.

Janji pernikahan ini, dimulai dengan pernyataan Song Joong Ki bahwa ia menerima Song Hye Kyo sebagai istrinya. Selanjutnya, ia mengatakan bahwa apa pun yang akan menghadang, ia akan memperjuangkan hubungan mereka.

"Kita berjalan di jalur yang telah dijalani banyak orang sebelum kita di dunia ini. Akan ada masa datangnya hujan, angin kencang bertiup, kita mungkin juga akan tersandung saat berhadapan dengan rintangan. Namun seiring berjalannya waktu, kita akan berdiri lagi dengan berani dan saling bergandengan tangan," tutur Song Joong Ki.

 

Yang lebih manis, Song Joong Ki mengatakan bahwa ia yakin bahwa dirinya dan Song Hye Kyo bisa bangkit bersama setelah menghadapi masalah.

"Kami akan tersenyum satu sama lain dengan bahagia dan berkata, 'itu tadi bukan masalah besar'. Kami akan belajar untuk berjalan bersama, dengan lebih mantap dan lebih berani dari sebelumnya."

Ia pun mengakhiri janji ini dengan panggilan manis untuk Song Hye Kyo. "Untuk istriku yang sangat kuhargai," tutur Song Joong Ki.

Seperti diberitakan sebelumnya, Song Hye Kyo dan Song Joong Ki menikah pada 31 Oktober lalu, di Hotel Shilla, Korea Selatan. Pernikahan ini dilakukan secara tertutup dari media, tapi sempat bocor lewat live streaming yang dilakukan oleh media Tiongkok.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu Imam Besar New York Asal Indonesia Bangun Pesantren di AS

Posted: 12 Nov 2017 09:09 PM PST

Setelah lulus pesantren di Makassar, Shamsir Ali, pria kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan ini merantau ke Pakistan dan Arab Saudi untuk menuntut ilmu di bidang tafsir.

Pada tahun 1997, ia pindah ke New York dan selama 10 tahun telah menjadi Imam di Islamic Cultural Centre of New York. Masjid terbesar di kota tersebut berlokasi di 96th street and 3rd Ave Manhattan.

Bicara pendidikan Islam di USA, masih belum ditemui pusat Pendidikan Islam yang dikelola oleh Muslim Indonesia. Padahal terbukti bahwa muslim Indonesia memiliki warna dakwah yang khas dan unik dari yang disampaikan oleh komunitas Muslim asal Pakistan ataupun dari Timur Tengah.

Untuk itu, Shamsir Ali bersama teman-teman dari Nusantara Foundation berikhtiar untuk membangun pesantren pertama di bumi Amerika bernama: Pondok Nusantara Madani USA. Hingga kini, telah terkumpul Rp 762.205.579 dari target Rp 5.000.000.000.

Yuk bantu niat mulia beliau dengan berdonasi lewat Kitabisa atau klik banner di bawah ini:

 

Lokasi yang dipilih adalah di 613 Town St. Moodus CT 06469 USA. Berlokasi di Kota kecil Moodus, Negara Bagian Connecticut. Cukup dekat dari Kota Metropolitan New York. 

Landscapenya cukup bagus untuk drainase sehingga properti tidak tergenang terutama musim penghujan dan musim dingin dengan badai salju yang cukup signifikan.

Luas dari properti adalah 18.31 Acre atau sebanding dengan 7,4 Hektar. Di atas lahan inilah InshaAllah kami akan mengembangkan serangkaian program pesantren seperti: program tahfiz, seminar & konferensi, community development, university orientation,dll.

Di dalamnya pernah dibangun fasilitas lapangan tennis, lapangan basket (outdoor), serta kolam renang. Kemudian juga terdapat telaga alam (pond) dan hutan kecil sehingga juga memenuhi kebutuhan untuk pelatihan ruhani dan jasmani yang integratif.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seorang Penyerang Mapolres Dharmasraya Anak Anggota Polri

Posted: 12 Nov 2017 09:09 PM PST

Polisi telah mengidentifikasi dua pelaku pembakaran Mapolres Dharmasraya, Sumatera Barat, Minggu, 12 November 2017 dini hari. Keduanya adalah Eka Fitra (24) dan Enggria Sudarmadi (25).

Salah satu pelaku disebut-sebut sebagai anak perwira Polri. Wakapolri Komjen Syafruddin membenarkan informasi tersebut. Namun, dia tidak menyebutkan pelaku yang mana yang merupakan anak perwira Polri.

"Iya betul, tapi yang bersangkutan sudah lama meninggalkan rumahnya dan sudah tidak ada hubungan dengan orangtuanya," ujar Syafruddin di Mapolda Metro Jaya, Senin (13/11/2017).

Saat ini, ucap Syafruddin, keluarga pelaku tengah diperiksa penyidik Polri. Polisi juga menginvestigasi orangtua pelaku.

Hingga saat ini, polisi belum bisa menyimpulkan kedua pelaku berafiliasi dengan jaringan kelompok teroris mana. Polisi masih melakukan pendalaman.

Syafruddin belum mau buru-buru menyimpulkan. Kaitan serangan Mapolres Dharmasraya pada terorisme pun masih ditelisik.

"Bisa saja kelompok tertentu, bisa saja. Tapi indikasi ke situ (teroris) ada. Tapi belum disimpulkan Densus 88 dan aparat keamanan lainnya," ucap Syafruddin.

 

Markas Polres Dharmasraya di Sumatera Barat terbakar hebat. Adanya api mulai diketahui sekitar pukul 02.45 WIB. Seluruh bangunan utama Polres Dharmasraya pun hangus terbakar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com, kebakaran diduga berasal dari ruangan belakang antara Ruang Siwas dan Ruang Sitipol Polres Dharmasraya.

Petugas piket di Sentra Pelayanan Kepolisian Polres Dharmasraya yang melihat gumpalan asap tebal, mencoba untuk memadamkan api dengan peralatan yang ada sambil berteriak mencari pertolongan. Sekitar 15 menit kemudian, dua mobil pemadam kebakaran tiba di markas.

Saat sibuk memadamkan kebakaran, salah seorang petugas pemadam kebakaran melihat dua orang berbaju hitam memegang busur panah berada di sekitar markas Polres Dharmasraya. Ia memberitahukan informasi tersebut kepada polisi yang ada.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terhenti 7 Tahun, RI Kembali Jalin Kerja Sama Energi dengan China

Posted: 12 Nov 2017 09:08 PM PST

Indonesia dan China membuka kembali forum‎ energi yang sempat terhenti selama tujuh tahun. Dengan tersambungnya kembali forum ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama pada sektor kelistrikan, pertambangan, minyak dan gas bumi, serta Energi Baru Terbarukan (EBT).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, dalam ‎forum yang bernama The 5th Indonesia-China Energy Forum (ICEF V)‎, kedua belah pihak telah melakukan penandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU), sebagai payung hukum peningkatan kerja sama pengembangan sektor energi yang meliputi migas, ketenagalistrikan, EBT,dan pertambangan.

Dalam pertemuan yang dihadiri perwakilan dari pemerintah kedua negara tersebut, hadir perwakilan 96 perusaha‎an asal China dan 40 dari Indonesia. Jonan menginginkan ada hasil kerja sama yang nyata.

"Kami berharap dalam diskusi working grup ini ada hasil nyata, dan bisa dilakukan secepatnya," tutur Jonan saat menghadiri ICEF V, di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Senin (13/11/2017).

ICEF sempat dihentikan pada 2010. Kemudian pemerintah Indonesia dan China berkomitmen untuk melanjutkan kembali forum energitersebut, setelah tujuh tahun tidak berjalan.

"Pada hari ini kita menyelenggarakan Indonesia China Energy Forum ke-5.  Terakhir diadakan pada 2010 lalu di Tiongkok," paparnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Administrator National Energy Administration (NEA) Republik Rakyat Tiongkok (RRT), H.E. Nur Bekri mengungkapkan, RRT berkomitmen meningkatkan kerja sama di sektor energi dengan Indonesia.

Alasannya, kerja sama yang telah terjalin selama ini sudah terasa manfaatnya. Seperti menciptakan lapangan kerja di Indonesia dan menumbuhkan‎ pasar di Tiongkok.

"Kerja sama Indonesia dan Tiongkok pada sektor energi, diharapkan kedua belah pihak dapat meningkatkan kerjasama," tutup Nur.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada 2002, ICEF selalu menjadi forum bilateral yang bermanfaat bagi sektor energi kedua negara. Pada penyelenggaraan sebelumnya, ICEF menjadi landasan untuk memulai kerja sama yang konkret antar BUMN dan perusahaan kedua negara.

Beberapa kerja sama yang sudah dilakukan Indonesia dengan RRT adalah, Investasi Perusahaan Minyak dan Gas Bumi RRT di Indonesia.

Beberapa perusahaan RRT berinvestasi dan beroperasi di Indonesia di bidang minyak dan gas bumi dengan wilayah kerja Operasional Blok dan Non-Operasional Blok, yaitu SINOPEC, Petrochina dan CNOOC.

Investasi perusahaan RRT di bidang ketenagalistrikan, berpartisipasi dalam investasi bidang ketenagalistrikan di Indonesia, baik itu dalam Proyek 35 Giga Watt (GW), maupun proyek ketenagalistrikan di luar proyek 35 GW.

Investasi di bidang hilir mineral dan batu bara, yaituAlumunium Corporation of China Ltd. (Chinalco) bersama dengan PT Aneka Tambang Tbk dan PT Inalum membangun Smelter Grade Alumina di Kabupaten Mempawah (SGA Mempawah), Kalimantan Barat.

Smelter yang direncanakan memiliki kapasitas satu juta ton per tahun ini diperkirakan menelan investasi sebesar US$ 1,5-1,8 miliar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buka Toko Kue, Via Vallen Kembali Saingi Ayu Ting Ting

Posted: 12 Nov 2017 09:08 PM PST

Fenomena kue artis terus berlanjut, kini giliran pedangdut Via Vallen yang membuka toko perdananya di Kota Solo. Yang menarik, saat belum dibuka pengikutnya di Instagram sudah mencapai 100 ribu. Bahkan setelah tokonya buka, pengikutnya sudah melebihi jumlah tersebut.

Ternyata jumlah pengikut di Instagram ini dibanding-bandingkan dengan pengikut akun kue milik Ayu Ting Ting yang baru mencapai 50an ribu. Maklum saja, dua penyanyi ini sering dibanding-bandingkan oleh pencinta musik maupun warganet.

Kue milik Via Vallens yang bernama Vallens Cake dengan berbagai varian rasa. Antusiasme masyarakat untuk mencicipinya pun sangat besar. Terlihat dari antrean yang mengular yang terlihat di media sosial.

 

Queen udah datang di @vallenscake wow diarak2 juga wahhh luar biasaaahhh pokoknya 😄😇😅 #vallenscake #viavallen

A post shared by The Queen of Pop Koplo 👰 (@viavallen_fc) on

 

Saksikan juga video menarik berikut ini.

Via Vallen memang sempat mempromosikan kalau antrean toko kuenya mencapai 30 orang akan mendapat kupon meet and greet, sementara bila mencapai 100 pengunjung bisa foto bersama. Dan kupon pun dibagikan pada pukul 01.00 WIB dini hari.

Meski pembagian kupon mulur, tak membuat penggemar Via Vallen mundur dan kembali pulang. Tepat pada pukul 02.00 WIB dini hari, kupon pun mulai dibagikan.

Seperti apa, ya, rasa kuenya? Semoga kue Via Vallen segera bisa dinikmati di lebih banyak kota lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raja Salman Akan Mundur demi Putra Mahkota? Ini Jawaban Saudi

Posted: 12 Nov 2017 09:02 PM PST

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud berusia sepuh, 81 tahun. Sementara, sang putra mahkota, Mohammed bin Salman, meski baru 32 tahun, sudah menempati posisi penting di negeri 'petrodolar'.

Upaya penangkapan besar-besaran atas nama pemberantasan korupsi terhadap 201 orang, termasuk 11 pangeran, menteri, dan pebisnis memicu spekulasi bahwa sang putra mahkota sedang mengonsolidasikan kekuatannya.

Putra kesayangan Raja Salman itu diduga sedang menyingkirkan mereka yang berpotensi jadi rival, demi memuluskan jalannya menuju takhta.

Apalagi, yang ditangkap adalah mereka yang menentang pengangkatan Mohammed bin Salman sebagai putra mahkota dalam sebuah sidang di Dewan Kesetiaan (Allegiance Council), sebuah lembaga yang didirikan Raja Abdullah, yang bertanggung jawab menentukan suksesi kekuasaan pada masa depan.

Sebelumnya, status putra mahkota dipegang Pangeran Mohammed bin Nayef.

Belakangan, muncul dugaan bahwa Raja Salman berencana untuk mundur dan menyerahkan takhta untuk sang putra mahkota. Namun, informasi itu dibantah keras pihak Arab Saudi.

"Tak ada sama sekali peluang bagi raja untuk mundur," kata seorang pejabat senior Arab Saudi yang tak mau disebut namanya kepada Bloomberg, seperti dikutip dari Voice of America, Senin (13/11/2017).

Dia mengatakan, tak ada preseden penguasa Arab Saudi mundur saat masih hidup. Sumber tersebut juga menyebut, Raja Salman saat ini dalam kondisi kesehatan fisik dan mental yang "sempurna".

Sejarah mencatat, Raja Saud bin Abdulaziz mengundurkan diri demi memberi jalan pada saudara sekaligus pewaris takhta, Raja Faisal, pada pertengahan 1960-an, setelah mendapat tekanan dari anggota keluarga yang berkuasa.

Faisal, yang kemudian menjadi raja, kala itu secara faktual sudah memiliki kewenangan besar untuk mengatasi krisis ekonomi yang mendera Arab Saudi.

Spekulasi mundurnya Raja Salman mengemuka pekan lalu setelah media Iran, Press TV, melaporkan putra mahkota akan segera mengambil alih singgasana.

Raja Arab Saudi dikabarkan akan mengambil keputusan dalam waktu dua malam.

 

Pemilihan raja Arab Saudi selama ini dilakukan dengan mengedepankan primus inter pares alias musyawarah di Dewan Kesetiaan daripada monarki absolut.

Pengangkatan Mohammed bin Salman sebagai putra mahkota telah menyingkirkan 36 pangeran senior lain dan menimbulkan pertentangan di internal para bangsawan.

David Des Roches, pengajar National Defense University di Washington mengatakan, pihak Saudi telah membantah isu pengunduran diri Raja Salman.

"Namun, pengamat luar berpendapat, Raja Salman akan mundur ketika putra mahkota sudah dalam posisi aman untuk memimpin," kata dia.

Des Roches menambahkan, orang-orang skeptis pada Raja Salman, juga dengan Arab Saudi, dan menganggap pengunduran diri tersebut adalah untuk mem-bypass atau memotong jalur Dewan Kesetiaan yang terdiri atas para pangeran senior dan memastikan posisi putra mahkota.

Meski demikian, ia berpendapat, karena sejumlah rival potensial putra mahkota telah ditahan dan disingkirkan, pengunduran diri Raja Salman belum dibutuhkan.

"Saat ini, Mohammed bin Salman telah memegang kendali di semua tingkatan kekuasaan," kata dia.

"Ia bisa menunggu ayahnya mangkat untuk mengambil alih negara, baik dalam hal status hingga praktik," kata Des Roches.

Ia menyebut, kekhawatiran yang kini muncul adalah, pergeseran "Saudi Arabia" ke "Salmani Arabia". "Akan ada banyak pangeran yang menggunakan kekuasaan--dan mendapatkan uang dari sana--akan dipotong," kata Des Roches.

"Alih-alih monarki konstitusional--setidaknya bagi para pangeran, bukan rakyat kebanyakan. Kerajaan Arab Saudi akan jadi monarki absolut."

Penahanan para pangeran dan pebisnis dilakukan bertepatan dengan keputusan Arab Saudi meningkatkan retorika terhadap Hizbullah dan Iran yang dianggap sebagai patron. Keduanya dianggap ikut campur dalam urusan di kawasan Arab, juga mendukung pemberontakan Houthi di Yaman.

Koalisi yang dipimpin Arab Saudi terus melancarkan perang melawan Houthi sejak Maret 2015.

Arab Saudi bahkan menuduh Iran melakukan "aksi perang" ketika pemberontak Houthi menembakkan rudal balistik ke arah Bandara Internasional di Riyadh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manfaat Mandi Air Hangat Usai Joging

Posted: 12 Nov 2017 09:00 PM PST

Setelah Anda melakukan aktivitas fisik seperti joging, ternyata otot akan pulih lebih cepat jika Anda mandi dengan air hangat, tulis sebuah studi.

Olahragawan dan beberapa orang yang ditanyai mengenai cara terbaik memulihkan otot yang lelah. Mereka beranggapan, menggunakan semprotan uap dingin, tablet ibuprofen, dan beberapa menggunakan mesin TENS yang menggunakan arus listrik ringan dapat merangsang saraf dan seharusnya mengurangi rasa sakit.

Memang ada bukti ilmiah mendukung metode ini. Tapi faktanya, sejumlah penelitian terbaru menunjukkan, teknik ini, terutama penggunaan obat penghilang rasa sakit antiinflamasi, dapat memperlambat pemulihan otot setelah olahraga keras dan tidak mengurangi rasa sakit.

Lantas, para periset di Institut Karolinska di Swedia dan universitas lain mulai bertanya-tanya mungkinkah otot yang mengeras setelah latihan dapat pulih kembali dengan air hangat?

 

 

Simak video menarik berikut ini:

[vidio:joging-polisi121114-a.mp4]()

Untuk mengetahuinya, mereka mengundang lima orang pria dan wanita untuk mengayuh pedal tangan. Aktivitas ini untuk membuat otot lengan mereka tegang. Saat otot terbakar, mereka akan lelah dan rewel seperti anak-anak yang kelaparan. Jadi peneliti mencoba untuk memenuhi kebutuhan otot saat itu.

Mereka meminta para sukarelawan untuk mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah besar dalam dua jam setelah sesi mengayuh pedal.

Kemudian pada kunjungan selanjutnya ke laboratorium, mereka menyuruh mengulangi latihan dengan mengayuh dua kali lebih banyak, dan segera sesudahnya, menyelipkan manset panjang di atas lengan mereka yang bisa dipanaskan atau didinginkan dengan kumparan air.

Kemudian otot mereka dihangatkan selama satu sesi sampai sekitar 100 derajat Fahrenheit dan yang lain didinginkan selama sekitar 5 derajat. Relawan mengenakannya selama dua jam sembari mengonsumsi karbohidrat.

Di akhir sesi, pria dan wanita diminta kembali mengayuh untuk melihat mana yang kekuatan ototnya pulih lebih dulu.

Masing-masing peserta bisa mengayuh lebih kuat pada saat itu jika otot lengan mereka telah dihangatkan sebelumnya. Para ilmuwan menulis, otot mereka memiliki kekuatan yang kembali lebih cepat dengan air hangat. 

Meski hasil studi ini menarik, namun peneliti tidak bisa menjelaskan mengapa suhu panas bisa memulihkan otot lebih cepat dibanding dingin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Runner Up Liga 1, Bali United Perpanjang Kontrak Widodo

Posted: 12 Nov 2017 09:00 PM PST

Manajemen Bali United memberikan kado manis kepada Widodo Cahyono Putro yang telah mengantarkan klub kebanggaan publik Bali itu sebagai runner-up Liga 1. Eks pelatih Sriwijaya FC itu diberikan perpanjangan kontrak hingga tiga musim ke depan.

Kepastian itu disampaikan langsung oleh owner Bali United, Pieter Tanuri usai pertandingan melawan Persegres di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Minggu (12/11/2017).  Dalam laga itu Bali United menang dengan skor 3-0.

"Soal kontrak Pak Widodo kami perpanjang tiga tahun. Kalau mau langsung lima tahun juga boleh, tapi dia mintanya tiga tahun dulu. Jadi kita kontrak jangka panjang, tiga tahun," kata Pieter.

Bukan tanpa alasan manajemen memberikan kontrak jangka panjang kepada Widodo. Menurut Pieter, finis di posisi kedua jelas melampaui ekspektasi manajemen.

Menurut Pieter, saat kali pertama mengontrak Widodo targetnya hanya agar tak terdegradasi ke Liga 2. Sebab Widodo masuk saat Bali United berada di papan bawah.

"Saya awalnya tidak pernah berpikir kami akan finis kedua. Tentu kami bersyukur dengan pencapaian ini," ucap Pieter.

Pieter pun mengungkapkan kisah pendekatan dengan Bali United. Ia yakin dengan kualitas Widodo meski saat itu baru dipecat Sriwijaya FC.

"Widodo jawab jujur kalau dia dipecat karena hanya bisa jadi juara empat, padahal target manajemen adalah juara satu. Saya langsung berpikir, juara empat saja dipecat. Padahal kita lagi terseok-seok di papan bawah," ujarnya menambahkan.

Widodo pun langsung membuktikan ampuhnya strategi miliknya. Terlebih pada putaran kedua, Bali United sukses menggaet dua bintang timnas Indonesia, Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly.

Akhirnya Bali United finis di posisi kedua klasemen Liga 1 dengan koleksi 68 poin. Walau punya poin sama dengan juara Bhayangkara FC, namun mereka kalah head to head.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Komentar Menteri Perindustrian Seusai Uji Nissan Note e-Power

Posted: 12 Nov 2017 09:00 PM PST

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, hari ini (13/11/2017), mencoba mobil listrik Nissan, Note e-Power. Pengujian ini dilakukan di pelataran gedung ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Pengujian ini untuk mengetahui, bagaimana performa mobil listrik asal Jepang ini saat nanti dipasarkan di Indonesia. Ketika menguji Nissan Note e-Power, Menteri Airlangga sempat melakukan satu putaran di area ICE BSD.

Setelah melakukan pengujian, Airlangga mengatakan performa Nissan Note e-Power cukup powerful. Artinya, akselerasi mobil ini cukup bagus, karena memang mobil ini mengadopsi tenaga listrik bukan bensin.

"Tenaganya powerful, karena mesinnya kan full listrik. Saat jalan juga tidak terdengar mesinnya," jelas Airlangga sesaat setelah mencoba Nissan Note e-Power di hadapan rekan media otomotif nasional.

Lanjutnya, saat mencoba Nissan Note e-Power, ia sempat menggeber mobil listrik ini hingga 80 km/jam. "Ya, kalau secara otomotif sudah layak. Apalagi, dengan mobil listrik emisinya lebih rendah, dan tentu pemerintah mendukung," tambahnya.

 

Nissan e-Power. (Arief/Liputan6.com)

Untuk diketahui, sistem penggerak listrik e-Power yang baru dan inovatif ini menjadi tonggak penting dalam strategi elektrifikasi di bawah arahan visi Nissan Intelligent Mobility.

Sistem Nissan e-Power dilengkapi dengan komponen utama sebagai berikut, yaitu lithium-ion battery, generator listrik, inverter, motor listrik dengan output tinggi, dan mesin bensin kecil yang efisien.

Sistem Nissan e-Power 100 persen menggunakan penggerak motor listrik, yang berarti bahwa roda hanya digerakkan oleh motor listrik.

Kekuatan dari baterai lithium-ion yang kompak, dikirim ke motor listrik output tinggi. Sedangkan mesin bensin kecil berperan untuk mengisi ulang baterai saat dibutuhkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Celana Jeans Awet? Begini Cara Mencucinya dengan Benar

Posted: 12 Nov 2017 09:00 PM PST

Celana jeans merupakan salah satu item wajib yang harus ada di lemari Anda. Selain nyaman dikenakan, celana jeans juga mudah dipadukan dengan atasan apa saja serta bisa dipakai ke mana saja, mulai dari jalan-jalan, ke kampus hingga ke kantor.

Begitu seringnya Anda mengenakan celana jeans favorit, tentu saja Anda pun harus mengetahui cara mencucinya dengan benar agar tetap awet. Meskipun banyak trik mencucinya, tak sedikit pula yang gagal, sehingga celana jeans berubah warna, ukurannya menjadi menyusut atau bahkan menjadi lebih tipis.

Namun, jangan khawatir, coba enam cara mencuci celana jeans dengan benar seperti yang dilansir dari laman Who What Wear, Senin (13/11/2017) berikut ini. 

1. Dianjurkan untuk mencuci celana jeans Anda setiap lima sampai 10 kali pemakaian. Hal ini agar tekstur kain denim-nya tidak cepat berubah. 

2. Jika Anda khawatir mencuci jeans terlalu sering dan warnanya takut memudar, rendam dalam air dingin yang dicampur dengan cuka selama satu jam. Lalu, gantungkan di tempat yang kering.

3. Jika Anda memilih mencucinya dengan mesin cuci, balik celana jeans Anda ke dalam untuk melindungi agar warnanya tidak pudar dan juga untuk memastikan bagian paling kotor dari celana jeans menjadi lebih bersih.

Saksikan juga video menarik berikut ini.

 

4. Rendam celana jeans dengan air dingin dan sedikit deterjen selama 15 sampai 30 menit, lalu bilas. Untuk memastikan celana jeans benar-benar bersih, coba ulangi proses ini dua sampai tiga kali.

5. Saat mengeringkan celana jeans setelah mencuci menggunakan tangan, jangan meremasnya. Sebagai gantinya, gulung dan tekan untuk mengeluarkan airnya. Lalu, baringkan rata atau menggantungnya hingga kering.

6. Saat mengeringkan celana jeans menggunakan pengering di mesin cuci, pastikan untuk menggunakan pengaturan suhu panas yang rendah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelompok Bersenjata Tembak Mobil Patroli di Tembagapura

Posted: 12 Nov 2017 09:00 PM PST

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menembaki mobil patroli Satuan Tugas Amole yang bertugas mengamankan kegiatan operasional PT Freeport Indonesia di sekitar mile 63 Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.

Penembakan terjadi saat kendaraan dengan nomor lambung 01-3447R yang mengangkut anggota Satgas Amole sedang berpatroli pada Minggu, 12 November 2017, sekitar pukul 11.30 WIT.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut karena tembakan mengenai atap mobil.

Mobil Satgas Amole, katanya, ditembaki setelah selesai berpatroli dari Gereja Kalvari yang digunakan sebagai tempat ibadah karyawan dan keluarga PT Freeport.

"Saat penembakan, cuaca di kawasan itu berkabut hingga menghalangi jarak pandang," katanya, dilansir Antara, Senin (13/11/2017).

Aksi penembakan di kawasan Tembagapura yang merupakan areal operasional PT Freeport terjadi sejak awal Oktober. Penembakan sebelumnya bahkan menimpa mobil ambulans yang sedang mengangkut ibu yang baru melahirkan.

Akibatnya, pasien bernama Serina Kobogau itu mengalami luka tembak di paha kanan. Tembakan tersebut juga mengenai helm milik Lexi Titalessy, sopir ambulans.

Lalu, serpihan kaca mengenai penumpang lainnya yakni mengenai wajah Rendi, bayi milik Serina Kobogau, Anditiya Ocha Ferdiana pegawai medis, dan Tomy Dibitau, suami dari Serina.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Kapolda Papua yang baru saja di lantik Irjen Boy Rafli Amar menggantikan Irjen Paulus Waterpau saat acara pelantikan perwira tinggi kepolisian di Mabes Polri, Jakarta, Jum'at (28/4). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dalam waktu bersamaan, Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli mengeluarkan maklumat terkait aksi penembakan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kawasan operasional PT Freeport Indonesia di Tembagapura.

Maklumat tertanggal 12 November 2017 mengacu pada UU No 12 Tahun 1951 tentang kepemilikan senjata api dan senjata tajam.

Dalam maklumat itu, Kapolda Papua memerintahkan seluruh masyarakat sipil yang menguasai, membawa, memiliki, mempergunakan senjata api secara ilegal agar secepatnya meletakkan senjata dan menyerahkan diri kepada aparat penegak hukum.

Maklumat juga meminta warga agar tidak melanggar hukum seperti pengancaman, penganiayaan, perampokan, penjarahan, pemerkosaan, pembunuhan, dan perbuatan kriminal lainnya.

Boy Rafli mengatakan, maklumat segera disebarkan melalui udara. "Saat ini brosurnya sedang diperbanyak dan segera disebarkan agar dibaca dan dipahami serta dilaksanakan," katanya, dilansir Antara.

Dia mengatakan, tindakan KKB saat ini semakin brutal dan membahayakan masyarakat karena dari laporan bahwa karyawan PT Pangan Sari, Martinus Beanal meninggal akibat ditembak.

Satgas penanggulangan KKB juga berupaya untuk membebaskan warga sipil yang disandera dengan melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat. Berbagai persiapan saat ini sudah dilakukan, termasuk 12 unit bus untuk mengangkut mereka dari Tembagapura ke Timika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lucunya Momen Sungkeman Syahnaz Sadiqah ke Raffi Ahmad

Posted: 12 Nov 2017 09:00 PM PST

Hubungan asmara Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda perlahan melangkah ke jenjang yang lebih serius. Minggu (12/11/2017) kemarin, Jeje mengutarakan keseriusannya kepada keluarga besar Syahnaz.

Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda bertunangan [foto: instagram.com/nocture.co]

Jeje Govinda akhirnya resmi melamar Syahnaz Sadiqah, adik bungsu dari Raffi Ahmad. Dengan mengenakan baju batik, Raffi menerima kedatangan Jeje Govinda sekeluarga di rumahnya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Usai melakukan prosesi tukar cincin, Syahnaz Sadiqah pun menjalani sungkeman kepada sang ibu, Amy Qanita, serta Raffi Ahmad. Seperti diketahui, sejak ayah mereka meninggal, Raffi lah yang bertugas menjadi kepala keluarga.

Syahnaz Sadiqah tampak cantik dalam balutan kebaya biru transparan. Ia menyalami dan meminta doa restu kepada Raffi Ahmad.

Syahnaz Sadiqah sungkem ke Raffi Ahmad [foto: instagram/raffinagita1717]

Namun, momen yang seharusnya mengharukan itu malah tampak lucu. Saat proses sungkeman berlangsung, Syahnaz Sadiqah dan Raffi Ahmad tidak mampu menahan tawa karena canggung.

"Moment Sungkem "Kikuk juga antara Kakak paling tua dengan Adik paling bontot," tulis Raffi Ahmad di Instagram pribadinya, Senin (13/11/2017).

 

Syahnaz Sadiqah dan Jeje Govinda bertunangan [foto: instagram.com/nocture.co]

Acara lamaran itu juga sekaligus menentukan tanggal pernikahan Jeje Govinda dan Syahnaz Sadiqah. Setelah diskusi keluarga, momen sakral itu rencananya akan berlangsung pada 21 April 2018 di Bandung, Jawa Barat.

"Rencananya menikah 21 april 2018, Hari Kartini. Jadi setelahnya itu ulangtahun Jeje," kata Syahnaz Sadiqah didampingi Jeje Govinda usai acara lamaran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Bahaya Pakai Aplikasi Android Palsu

Posted: 12 Nov 2017 09:00 PM PST

Popularitas Android diiringi dengan semakin banyak aplikasi pendukungnya menghiasi Google Play Store. Namun, pengguna Android harus berhati-hati karena tidak semua aplikasi di Play Store itu asli.

Layanan populer biasanya menjadi target empuk aplikasi-aplikasi palsu. WhatsApp adalah salah satu contohnya.

WhatsApp termasuk salah satu aplikasi pesan singkat populer dan banyak digunakan termasuk oleh pengguna perangkat Android. Seiring popularitasnya, ditemukan beberapa aplikasi WhatsApp palsu yang telah diunduh oleh sejumlah pengguna.

Mengunduh aplikasi palsu tentu ada risiko keamanan yang akan dihadapi para penggunanya. Aplikasi-aplikasi palsu tidak hanya membahayakan smartphone, tapi juga data penting di dalamnya.

Berikut lima bahaya menggunakan aplikasi Android palsu yang harus kalian perhatian agar tidak menjadi korbannya.

1. Boros pulsa dan kuota

Aplikasi Android palsu biasanya bekerja tidak sebagaimana mestinya. Kebanyakan berisi iklan yang akan terus menguras kuota data. Pasalnya, iklan dapat menyedot kuota data yang cukup besar.

Jika kuota data habis, tentu smartphone yang dipakai menjadi boros pulsa. Kalian tentunya akan membeli kuota data setelah habis, sehingga mau tak mau pulsa pun menjadi berkurang.

2. Rawan serangan malware

Siapa yang bisa menjamin semua iklan yang muncul di smartphone tidak akan merugikan kalian? Bisa saja iklan tersebut sudah disusupi malware dan virus yang bisa menyerang data penting, seperti kontak hingga data perbankan.

Platform iklan besar seperti Google AdSense saja bisa disusupi malware, apalagi aplikasi Android palsu yang sumber iklannya tidak jelas.

3. Pencurian data login

Ketika kalian menggunakan aplikasi palsu dan tidak menyadarinya, tentu ada risiko besar terhadap data-data penting. Hacker di balik aplikasi palsu bisa saja menyimpan data penting seperti nomor telepon dan email.

Aplikasi Android palsu seperti WhatsApp, misalnya, memiliki opsi login. Jadi jika hacker sudah mengetahui data kalian lewat proses login, maka keamanan data bisa saja terancam.

Oleh karena itu, pastikan aplikasi yang digunakan memiliki privacy policy dan permission yang jelas.

 

4. Marak iklan dan konten pornografi

Menurut beberapa laporan, aplikasi palsu yang banyak di Google Play Store tidak bekerja sesuai dengan aplikasi aslinya. Buktinya, aplikasi WhatsApp palsu tidak bisa digunakan untuk chatting dan hanya berisi laman iklan.

Banyaknya iklan ini akan mempermudah malware untuk masuk ke dalam sistem smartphone. Tidak hanya itu, terkadang juga iklan akan mengarahkan kalian ke konten negatif seperti pornografi.

5. Performa smartphone lamban

Jika malware dari aplikasi palsu berhasil memasuki sistem, maka dapat dipastikan performa smartphone turun drastis. Banyak orang merasakan smartphone menjadi lamban setelah memasang aplikasi palsu.

Hal ini jelas karena malware memengaruhi sistem yang ada pada smartphone. Kalian memang bisa menggunakan aplikasi antivirus untuk mendeteksi dan menghapus malware, tapi lebih baik memilih opsi kembali ke pengaturan awal.

Melihat lima bahaya tersebut, sebaiknya kalian selalu berhati-hati ketika hendak mengunduh aplikasi. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siasat Vietnam Manfaatkan Lada RI biar Tembus Pasar Ekspor

Posted: 12 Nov 2017 08:53 PM PST

Vietnam kini menjadi negara produsen dan eksportir lada nomor 1 di dunia. Padahal dulu peringkat tersebut berada ‎di tangan Indonesia.

Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Infrastruktur dan Investasi Muhammad Abduh mengatakan, sebelumnya ekspor lada Vietnam mengalami penolakan dari berbagai negara pengimpor lada seperti Amerika Serikat.

Salah satu sebabnya, terkait dengan isu lingkungan di mana lada Vietnam produksi menggunakan pupuk anorganik.

"Sebenarnya, Vietnam produknya itu tidak diterima oleh beberapa negara maju seperti AS. Karena dia pakai pupuk anorganik. Hal-hal seperti ini sensitif di negara maju," ujar dia di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Senin (13/11/2017).

Namun untuk mengakali hal tersebut, lanjut dia, Vietnam juga membeli lada dari Indonesia yang menggunakan pupuk organik. Kemudian lada tersebut dicampur dengan lada produksinya sehinga bisa diterima di negara tujuan ekspornya.

"Tapi dia impor dari kita yang tidak pakai pupuk anorganik. Dia campur, baru dia ekspor," kata Abduh.

Sebab itu, Abduh mendorong agar Indonesia tidak lagi mengekspor lada ke Vietnam. Lebih baik Indonesia langsung mengekspor lada ke negara importir lada seperti Amerika Serikat (AS), Jerman, Spanyol, Jepang, Arab Saudi dan Singapura.

"Kita harusnya ekspor langsung ke negara konsumen, Vietnam ini bukan konsumen‎. Pengimpor lada terbesar itu AS dengan 26 ribu ton. Kemudian Arab dan Singapura. Tapi Singapura paling kembali diekspor ke beberapa negara," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Saat ini, produksi lada Indonesia kalah dibandingkan dengan Vietnam. Padahal, Indonesia pernah menjadi negara produsen lada nomor 1 di dunia.

Muhammad Abduh mengatakan, saat ini rata-rata produksi petani lada dalam negeri sebanyak 0,6 ton per hektare (ha). Secara total, produksi lada Indonesia hanya sekitar 70 ribu-80 ribu ton per tahun.

"Sedangkan Vietnam produksinya 3,2 ton per ha.‎ Jadi kita bersaing dengan Vietnam yang produksinya (total) 160 ribu ton, kita 70-80 ribuan ton per tahun. Padahal, kita pernah jadi produsen lada nomor 1 dan Vietnam nomor 2," ujar dia.

Menurut dia, ada sejumlah hal yang membuat produksi lada Vietnam bisa meningkat pesat. Pertama, keuletan para petani dalam memproduksi komoditas ini. Kedua, sistem irigasi yang dipakai lebih canggih dibandingkan dengan Indonesia, sehingga lahannya bisa memproduksi lebih banyak.

"Saya pernah ke sana untuk melihat produksi petani. Ada empat sebabnya produksi mereka tinggi. Pertama,‎ petani Vietnam itu rajin dan tangguh‎. Kedua karena sistem pengairannya bagus. Mereka mencontoh Israel. Israel kan daerah padang pasir, tapi tanaman bisa tumbuh subur di sana karena irigasi yang baik," ucap dia.

Selain itu, dukungan modal dari sektor perbankan bagi para petani di Vietnam juga dinilai lebih baik ketimbang di Indonesia.

"Ketiga, mereka menanam lada di sana pakai pohon kapuk (sebagai junjung lada). Ini bisa sampai 7 meter. Dan keempat, sistem perbankan sangat sederhana, mereka bisa dapat kredit hanya dengan rekomendasi dari koperasi (petani)," kata dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segera Menikah, Tommy Kurniawan Rajin Lakukan Ini

Posted: 12 Nov 2017 08:50 PM PST

Hubungan Tommy Kurniawan dengan pramugari bernama Lisya Nurrahmi masih misterius. Duda Tania Nadira itu masih malu-malu ketika ditanya mengenai kelanjutan hubungan mereka.

Seperti diketahui, Tommy Kurniawan pertama menikah dengan Fatimah Tania Nadira pada 11 April 2011 silam. Dari pernikahan itu, dikaruniai dua orang anak. Rumah tangganya dengan Tania resmi berakhir pada 29 Maret 2017. (Instagram/tommykurniawann)

Hanya saja Tommy Kurniawan mengaku serius menjalani pendekatan dengan Lisya Nurrahmi. Bahkan, pemain film Buruan Cium Gue ini sempat menyebutkan rencana pernikahan mereka yang tak lama lagi.

"Saya enggak mau takabur. Saya ingin (menikah) pasti, saya ingin pasti. Undang teman-teman (wartawan) kok. Enggak lama lagi kok," kata Tommy Kurniawan kala itu.

Indikasi rencana pernikahan Tommy Kurniawan dan Lisya Nurrahmi pun semakin terlihat. Pasalnya, duda dua anak itu kini lebih rajin melakukan perawatan tubuh dan wajah.

 

 

"Perawatan penting banget. Soalnya waktu itu sempat dikontrak teve kan, jadi sering make up. Habis kegiatan muka enggak dibersihkan, ditambah hormonal jadi begitu (jerawatan). Sekarang makan diatur, pakai obat dan masker, alhamdulillah terlihat (hasilnya)," ujar Tommy Kurniawan di acara peluncuran produk kecantikan Colina PT Win di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (12/11/2017).

Pemain film, Tommy Kurniawan saat menjadi bintang tamu dalam acara Dear Haters di Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta (Liputan/Gempur M. Surya)

Sayang, Tommy Kurniawan enggan membeberkan tanggal pasti pernikahannya. Aktor 33 tahun itu cuma meminta didoakan agar semua rencana baiknya dapat diberi kelancaran oleh Tuhan.

"Ah, jangan ke situ ah (bahas soal pernikahan). Cuma mohon doanya aja yang terbaik. Kalau saya biarkan mengalir aja, biar Allah yang mengatur semua," ucap Tommy Kurniawan. (Ras)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiba di Klinik, Dokter Penembak Istri Disoraki Warga

Posted: 12 Nov 2017 08:46 PM PST

Dokter Helmi pelaku penembak istri di Klinik Azzahra, Cawang, Jakarta Timur, menjalani prarekonstruksi di lokasi kejadian. Sorakan warga pun tidak terbendung.

Pantauan Liputan6.com, Senin (13/11/2017), Helmi tiba sekitar pukul 11.15 WIB. Dia diantar langsung dari Polda Metro Jaya bersama Tim Inafis.

Saat kendaraan masuk ke klinik, warga langsung meneriakkan sumpah serapah. Mereka tampak emosi dengan perlakuan sadis pelaku terhadap istrinya sendiri.

"Dasar laki-laki biadab," teriak warga.

Lalu lintas makin padat saat pelaku dibawa kembali ke tepi Jalan Dewi Sartika untuk diminta melakukan prarekonstruksi awal turun dari ojek online. Kembali warga meneriaki dokter Helmi dengan nada tinggi dan kata-kata kasar.

Bahkan salah seorang pria yang diduga keluarga korban menyusup ke kerumunan wartawan. Langsung bogem mentah didaratkan ke kepala pelaku yang sedang digiring menuju adegan awal prarekonstruksi. Warga yang emosi tersebut langsung ditenangkan polisi.

Sementara itu, polisi tampak kewalahan menangani warga yang berkerumun menyaksikan prarekontruksi penembakan yang dilakukan Helmi terhadap istrinya yang juga seorang dokter. Garis polisi terpaksa ditarik di sekitaran mobil yang terparkir.

 

Dokter Letty tewas setelah diberondong menggunakan senjata api (senpi) di tempatnya bekerja, Klinik Azzahra, Cawang, Jakarta Timur pada Kamis 9 November 2017. Pelakunya, merupakan sang suami, dokter Helmi.

Hingga saat ini, polisi belum bisa menyimpulkan motif pembunuhan tersebut. Sebab, keterangan pelaku kerap berubah-ubah. Namun, polisi menduga aksi itu dilatarbelakangi masalah rumah tangga. Pelaku juga diduga kerap melakukan kekerasan dalam rumah tangga terhadap istrinya itu.

Helmi mengaku tega memberondong peluru ke tubuh istrinya lantaran mendapatkan bisikan gaib. Dia mengaku mendapatkan perintah untuk menghabisi nyawa istrinya. "(Karena) Diperintah, diperintah," ujar Helmi di Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jumat 10 November 2017.

Helmi berbicara ngelantur saat ditanya alasan membunuh istrinya. Helmi menyebut dia membunuh Letty lantaran ingin mengejar jiwa istrinya yang ia yakini akan berpindah ke tubuh lain.

Akibat perbuatannya itu, dokter Helmi kini ditahan di Mapolda Metro Jaya dan dijerat dengan pasal berlapis. Dia dijerat dengan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana, Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan, dan Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951. Dia terancam hukuman mati atau maksimal 20 tahun penjara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ini Identitas Pelaku Pembakaran Mapolres Dharmasraya

Posted: 12 Nov 2017 08:46 PM PST

Polda Sumatera Barat mengungkap 2 orang pelaku pembakaran Mapolres Dharmasraya. Keduanya diketahui berusia 24 dan 25 tahun, dan tinggal di Jambi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marquez Sempat Takut Jatuh di MotoGP Valencia

Posted: 12 Nov 2017 08:45 PM PST

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, finis ketiga di MotoGP Valencia, Spanyol, Minggu (12/11/2017). Torehan itu membuat Marquez memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2017.

Akan tetapi, selama balapan, Marquez mengaku sempat khawatir mengalami kecelakaan. Rider Yamaha Tech 3, Johann Zarco, sempat terus menguntitnya cukup dekat di awal lomba.

Zarco sendiri mampu menyelesaikan balapan MotoGP Valencia di podium kedua. Sementara podium teratas ditempati rekan setim Marquez, Dani Pedrosa.

"Saya di belakang Zarco dan saya mampu jauh lebih cepat. Tapi, saya katakan, ok, tetap tenang," ujar Marquez, seperti dilansir BT Sport.

Marquez minimal harus di posisi ke-11 dalam balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, MotoGP Valencia, demi mengamankan gelar juara dunia. Selain sempat saling salip di awal balapan, di lap ke-23 juga nyaris bersenggolan antara Zarco dengan Marquez.

 

 

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjadi yang tercepat pada sesi warm up jelang balapan MotoGP Valencia di Ricardo Tormo, Minggu (12/11/2017). (Motorsport)

"Saya berusaha keras menyalip Zarco, karena saya merasa kecepatan saya lebih baik, tapi saya sedikit takut," ujar pembalap The Baby Alien.

"Saya takut bahwa Zarco mendekat dan terjadi kontak. Saya memutuskan mendorong lebih keras, tapi saya juga lebih tertekan," terang Marquez.

Marquez menutup musim 2017 dengan raihan 298 poin. Dia unggul 36 poin atas rider Ducati, Andrea Dovizioso, di posisi runner up dengan koleksi 261 poin. Dovizioso tak mampu menambah koleksi poin pada balapan MotoGP Valencia karena gagal merampungkan balapan setelah terjatuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pangeran Charles Gantikan Peran Ratu Elizabeth II

Posted: 12 Nov 2017 08:45 PM PST

Untuk pertama kalinya Pangeran Charles menggantikan Ratu Elizabeth II dalam sebuah upacara kenegaraan Inggris. Momen ini terjadi saat acara penghormatan jasa militer Inggris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yang Spesial dari Gunungkidul: Durian Kencoro Rukmi

Posted: 12 Nov 2017 08:43 PM PST

Durian atau King Of Fruit menjadi kesukaan sebagian orang di Indonesia. Berbagai jenis durian bermunculan di negeri kepulauan. Seperti di Gunungkidul yang memiliki durian lokal bernama durian Kencono Rukmi.
 
Warna daging durian berwarna kuning keemasan ini miliki rasa manis dan legit. Durian jenis ini juga diklaim cocok bagi penderita hipertensi.  
 
Gunungkidul punya varian durian lokal bernama durian Kencoro Rukmi. Selain rasanya yang manis dan legit, warna kuning keemasan pada daging durian menjadi ciri khas yang membedakan durian ini dengan durian pada umumnya. Tak hanya itu, durian yang diklaim aman untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi ini juga nyaris tidak mengandung alkohol dengan aroma yang tidak terlalu menyengat.
 
Masyarakat Gunungkidul menganggap jenis durian ini makin langka keberadaannya. Di antara satu keluarga yang memiliki lima sampai sepuluh pohon durian, hanya ada satu pohon durian jenis Kencoro Rukmi. Itu pun dengan buah yang tidak banyak. Hanya ada satu buah yang jatuh dalam satu pohon tiap musim panen tiba.
Andriyan, Ketua RT 20 Sumber Tetes, Desa Patuk, Kecamatan Patuk, Gunungkidul kepada Liputan6.com, Minggu (12/11/2017) mengatakan, durian Kencoro Rukmi banyak dicari orang-orang yuang memiliki riwayat penyakit darah tinggi, mengingat durian ini tidak menyebabkan efek samping pada penderita darah tinggi saat dikonsumsi. Bahkan di antara mereka ada yang mencampurnya ke dalam kopi panas.  
"Harga per buahnya antara Rp 50 ribu sampai Rp 70 ribu tergantung besarnya," ungkap Andriyan.
 
 
Foto: Yanuar H/ Liputan6.com.

Andriyan juga mengatakan, durian Kencoro Rukmi yang langka saat ini juga tengah dikembangkan oleh Dinas Pertanian dan Pangan. Bahkan. pemkab juga melakukan pembagian bibit durian jenis ini kepada masyarakat.

"Setiap RT dibagi 17 pohon untuk dibagikan," kata Andriyan. Sementara itu Camat Patuk, Haryo Ambar Suwardi mengatakan, durian Kencono Rukmi saat ini juga sudah didaftarkan menjadi durian lokal khas Kecamatan Patuk, sehingga menjadi ikon daerah setempat. Sebagai ikon, pemerintah daerah setempat terus mempromosikan jenis durian ini kepada wisatawan, termasuk dengan menggelar festivaal durian yang akan berlangsung pada awal Desember mendatang.

"Kami terus berupaya mengenalkan durian Kencono Rukmi ke masyarakat," ungkap Haryo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Patah Hati, Raline Shah Video Call dengan Seungri Big Bang

Posted: 12 Nov 2017 08:40 PM PST

Keakraban Raline Shah dengan personel Big Bang, khususnya Seungri, sudah bukan rahasia. Sejak dua tahun lalu, keduanya memang kerap dikabarkan menjalin hubungan baik. Ada pula yang menganggap mereka berpacaran.

Ternyata Raline Shah dan Seungri BigBang benar-benar berjodoh. (via instagram.com/seungriseyo)

Kedekatan itu pun kembali terlihat dalam sebuah video di Instagram Story Raline Shah yang diunggah ulang oleh akun gosip @lambe_lamis. Wanita 32 tahun itu tampak menunjukkan wajah Seungri dari jarak dekat.

Tampaknya, mereka tengah melakukan video call sambil melemparkan candaan. Seungri yang semringah terlihat menyanyikan lagu "What Do You Mean?" karya Justin Bieber secara asal.

Raline Shah pun menanggapi tingkah konyol Seungri dengan menulis candaan. "Justin Bieber of Korea?" tulis artis sekaligus pengusaha berdarah Melayu tersebut.

Keakraban Raline Shah dan Seungri Big Bang. [foto: instagram]

Keakraban Raline Shah dan Seungri itu lantas membuat para pengguna Instagram iri bukan kepalang. Maklum saja, Seungri Big Bang merupakan salah satu musikus yang paling digemari oleh para pencinta K-Pop Tanah Air.

"Awwww iriiiii sama Raliinneee," tulis @ammare_kids di kolom komentar akun @lambe_lamis.

"Wkwkwkwk banyak VIP potek kalo ini ya," sahut @helloditaaa_.

"TERPOTEQ," imbuh @honeybunchgallery.

"emang temenan baik sama si ralinsyah, kocakk lahhh malah suaranya begitu pulaa," ungkap @meyta_21.

Raline Shah mengunggah foto dirinya bersama Seungri BigBang

Pertemanan Raline Shah dan Seungri sudah mencuat ke muka publik sejak beberapa tahun lalu. Saat itu, Raline Shah dan sang idola K-Pop kedapatan menghadiri acara pernikahan seorang teman. Keduanya pun tampak menikmati liburan bersama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Daun Ketumbar Tembus Rp 100 Ribu per Kg di Pasar Senen

Posted: 12 Nov 2017 08:37 PM PST

Harga jual daun ketumbar terpantau melonjak hingga Rp 70 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp 100 ribu per kg di Pasar Senen. Penyebabnya karena hujan, pasokan terganggu.

Salah seorang pedagang sayur mayur di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jaja (45) mengatakan, daun ketumbar dijual seharga Rp 100 ribu per kg dari sebelumnya Rp 25 ribu per kg. Artinya ada kenaikan Rp 75 ribu per kg.

"Daun ketumbar dari Rp 25 ribu menjadi Rp 100 ribu per kg karena hujan jadi kebanyakan pada busuk," ujar Jaja saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Senin (13/11/2017).

Pria asal Bogor, Jawa Barat, itu mengaku, harga jual daun ketumbar pernah menyentuh Rp 120 ribu-Rp 150 ribu per kg akibat kelangkaan pasokan. "Pernah Rp 120 ribu-Rp 150 ribu per kg beberapa minggu ini, karena tidak ada barangnya," tutur dia.

Meski harganya melambung, Jaja mengatakan, pelanggan rumah tangga, warung makan, sampai restoran tetap membeli daun ketumbar sebagai pelengkap masakan. "Restoran mau berapa pun harganya tetap beli, karena sudah kebutuhan," kata dia.

Pedagang sayur mayur lainnya, Azis (38) asal Jawa Barat mengaku hal yang sama. "Harga daun ketumbar memang pernah Rp 100 ribu per kg, tapi sekarang sudah turun jadi Rp 80 ribu per kg. Itu karena pasokannya tidak ada akibat hujan," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Mengawali pekan ini, harga pangan atau kebutuhan pokok terpantau naik. Harga jual cabai keriting merah, rawit merah, dan cabai hijau besar merangkak naik sekitar Rp 2 ribu-Rp 5 ribu per kilogram (kg).

Salah seorang pedagang sayur mayur di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jaja (45) menyebut cabai keriting merah dari harga Rp 25 ribu pada dua hari lalu menjadi Rp 30 ribu pada awal pekan ini. Cabai rawit merah tercatat naik menjadi Rp 20 ribu per kg dari sebelumnya Rp 15 ribu per kg.

Cabai jenis lainnya, cabai hijau besar, terdorong naik dari Rp 18 ribu per kg menjadi Rp 20 ribu per kg.

"Rata-rata harga cabai naik karena pasokan kurang. Di Pasar Induk Kramat Jati, harganya sudah naik, sebab kiriman dari Cipanas berkurang akibat hujan," tutur Jaja saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Senin, 13 November 2017.

Namun demikian, harga cabai rawit hijau turun dari Rp 20 ribu menjadi Rp 17 ribu per kg dan cabai merah merah besar turun dari Rp 25 ribu menjadi Rp 23 ribu per kg.

"Cabai rawit hijau memang cenderung stabil. Kalaupun naik sedikit dari Rp 17 ribu per kg, pernah Rp 18 ribu, lalu turun lagi Rp 17 ribu dan naik lagi," dia mengatakan.

Jaja menjelaskan, kenaikan harga cabai merupakan hal lazim apabila intensitas hujan mulai tinggi. Sehingga mengganggu pasokan cabai di beberapa sentra produksi.

"Kalau hujan begini terus sampai menjelang Natal dan Tahun Baru, harga cabai bisa melonjak. Karena trennya dua minggu sebelum Hari Raya, harga-harga mulai naik," ujar Jaja.

Pria asal Bogor, Jawa Barat, itu pun mengungkapkan kenaikan harga bawang merah dari Rp 20 ribu menjadi Rp 25 ribu per kg, bawang putih biasa dari Rp 17 ribu menjadi Rp 18 ribu setiap kilonya. Sedangkan bawang putih cutting menjadi Rp 22 ribu dari sebelumnya Rp 30 ribu per kg.

Pedagang sayur mayur lainnya, Azis (38) asal Jawa Barat mengatakan, sayur selada kol mengalami kenaikan Rp 10 ribu dari Rp 20 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram (kg) dan tomat meningkat tipis dari menjadi Rp 10 ribu dari sebelumnya Rp 8 ribu-Rp 9 ribu per kg.

"Pasokannya memang berkurang dari Cipanas (sentra)," kata dia.

Bahan pangan lainnya, antara lain daging sapi tetap bertahan Rp 120 ribu per kg, dan telur ayam ras seharga Rp 20 ribu per kg, sedangkan harga telur ayam kampung Rp 1.800 per butir.

"Telur ayam masih stabil. Tapi biasanya harga pasti naik menjelang Natal dan Tahun Baru. Biasanya paling tinggi harga telur itu Rp 24 ribu per kg," ujar pedagang telur di Pasar Senen, Syaiful (30), asal Pemalang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Strategi Cagub Azwar Anas Raih Suara di Lamongan

Posted: 12 Nov 2017 08:36 PM PST

Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Abdullah Azwar Anas, kembali melakukan konsolidasi politik dengan parpol pengusungnya di Lamongan. Anas mengunjungi Lamongan usai mendatangi sejumlah titik di Tuban, Bojonegoro, dan Gresik.

Di Lamongan, Anas bertemu 300 pengurus dan kader partai pengusung. Konsolidasi dimulai dengan salat isya berjemaah di Masjid Nurus Shobah, Kecamatan Glagah.

"Alhamdulillah, dengan memanfaatkan hari libur di akhir pekan, kami terus mengunjungi daerah-daerah, bertemu dan diskusi dengan banyak kalangan, mulai parpol, tokoh agama, tokoh masyarakat, komunitas anak muda, hingga para relawan lainnya," tutur Anas, Minggu 12 November 2017.

"Sekarang bisa bertemu kawan-kawan di Lamongan, pas jadwalnya memasuki waktu salat isya, jadi kita salat berjemaah dulu. Spirit berjemaah ini adalah gotong royong, kebersamaan mengembangkan daerah," kata Anas yang juga Bupati Banyuwangi itu.

Menurut Anas, Lamongan adalah daerah ke-32 yang dia kunjungi sejak dideklarasikan sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur pada 15 Oktober lalu. Anas dipasangkan dengan Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), dan diusung PDI Perjuangan serta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Usai salat berjemaah yang diikuti para kader laki-laki dan perempuan, konsolidasi dilakukan tak jauh dari masjid yang digunakan untuk salat. Tampak hadir Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan Reso Supranoto hingga jajarannya di tingkat kecamatan dan desa.

Anas mengatakan, konsolidasi politik saat ini terus berjalan untuk memastikan semua mesin pemenangan bekerja dengan baik. Kolaborasi gerak dilakukan mulai jaringan partai, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan berbagai elemen relawan lainnya.

"Gerak tim kita juga makin seirama. Makin kompak dan saling mengisi. Ada yang masuk ke ceruk pemilih perempuan dengan menggerakkan tokoh-tokoh perempuan dan keluarga di desa-desa, lalu ada yang ke pemilih pemula, dan sebagainya," ucap Anas.

Ia juga menekankan, antara dirinya, Gus Ipul, partai pengusung, maupun jaringan relawan, akan mengedepankan kampanye inspiratif dan kreatif, yang mampu menggerakkan orang untuk berbuat baik.

"Bukan menjelekkan orang lain, menghindari permusuhan. Pilkada ini event lima tahunan, sedangkan perkawanan kan berlangsung selamanya," Anas memungkasi.

 

Anas yang sudah resmi diusung PDIP dan PKB itu menambahkan, komunikasi juga dilakukan pada beberapa partai lain.

"Ya kami terus berkomunikasi dengan partai lain, insyaallah akan ada lagi yang bergabung karena kita semua sebenarnya satu visi untuk mengembangkan daerah," ucap Anas.

Sebelumnya, calon Wakil Gubernur Jatim Abdullah Azwar Anas melanjutkan safari politiknya ke Kabupaten Gresik, Lamongan, Bojonegoro, dan Tuban atau yang disebut sebagai kawasan Pantura.

Ini merupakan safari politik lanjutan yang dilakukan Anas setelah menyambangi kawasan Mataraman (Surabaya ke arah barat), Pulau Madura, dan Tapal Kuda (wilayah Surabaya ke arah timur).

"Alhamdulillah, dari daerah ke daerah ini kami merasakan kesolidan yang luar biasa. Yang terpenting, semua menjalani proses politik dengan kegembiraan. Itu paling penting, berpolitik dalam kegembiraan," tutur Anas.

"Dengan menjalani secara gembira, kita tidak akan terjebak pada permusuhan dan menjelekkan orang lain, tapi kita akan menjalankan festival kolaborasi program yang saling memberi masukan untuk pengembangan daerah," kata Anas yang bersama Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) diusung PDIP dan PKB.

Di tiap-tiap daerah tersebut, Anas menggelar pertemuan tertutup dengan para kader partai pengusung. Ratusan pengurus dan kader hingga tingkat kecamatan dan desa hadir di tiap daerah.

"Kita bicarakan strategi-strategi yang fun, kreatif, inspiratif, yang mampu menggerakkan orang untuk menghasilkan manfaat bagi sekitarnya," ucap Anas.

Di wilayah-wilayah yang dikunjungi, Anas juga selalu berkoordinasi dengan para kepala daerahnya. Anas, misalnya, menggelar pertemuan tertutup selama satu jam dengan Bupati Tuban Fathul Huda, Wabup Tuban Noor Nahar Husein, dan Ketua DPRD Tuban Miyadi.

"Semuanya kita jahit, kita perkuat seduluran ini. Alhamdulillah respons semuanya baik, luar biasa pokoknya. Apa bentuk respons baik itu, ya bisa diartikan sendiri," ujar Anas.

Bupati berusia 44 tahun tersebut menambahkan, sejak dideklarasikan sebagai calon wakil gubernur pada 15 Oktober lalu, dia telah mengunjungi 30 kabupaten/kota se-Jatim untuk melakukan konsolidasi politik.

"Konsolidasi terus berjalan. Inisiatif-inisiatif muncul, geraknya seirama. Oke pokoknya," ucap Anas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dokter Helmi Akan Peragakan 23 Adegan Penembakan Istrinya

Posted: 12 Nov 2017 08:35 PM PST

Polisi menggelar prarekonstruksi kasus pembunuhan dokter Ryan Helmi terhadap istrinya sendiri, dokter Letty Sultri. Ada sekitar 23 adegan yang bakal diperagakan dalam prarekonstruksi kali ini.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan mengatakan, tiga adegan dilakukan di Mapolda Metro Jaya. Sisanya, 20 adegan, dilakukan di Klinik Azzahra, Cawang, Jakarta Timur.

"Tiga adegan di daerah Bekasi dan kawasan kantor Wali Kota Jakarta Timur. Di sana dia pesan ojek online dan ada juga saat neduh sambil isi pelurunya. Tapi kita lakukan di sini di Polda Metro Jaya ya," ujar Hendy di Mapolda Metro Jaya, Senin (13/11/2017).

Adegan itu dimulai seolah-olah dokter Helmi memesan ojek online di Bekasi. Kemudian adegan memasukkan peluru dilakukan seolah-olah tengah berteduh dari hujan di sekitar Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

"Karena gerimis, masukkan peluru dan (pistolnya) dimasukkan plastik," kata dia.

Kendati begitu, polisi tak menutup kemungkinan adegan pada prarekonstruksi itu akan bertambah. Sebab, bisa saja polisi akan menemukan fakta baru pada reka adegan kali ini.

"Ya itu lihat di lokasi ya, kalau ada penambahan ya masukan dalam berita acara," ucap Hendy.

 

Dokter Ryan Helmi, laki-laki yang menembak istrinya hingga tewas, dokter Letty Sultri, digiring dari tahanan Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan lanjutan pada Jumat, 10 November 2017. Pria 41 tahun itu terus menutupi wajahnya saat dicecar wartawan.

Helmi mengaku tega memberondong peluru ke tubuh istrinya lantaran mendapatkan bisikan gaib. Dia mengaku mendapatkan perintah untuk menghabisi nyawa istrinya.

"(Karena) Diperintah, diperintah," ujar Helmi di Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Helmi berbicara ngelantur saat ditanya alasan membunuh istrinya. Helmi menyebut dia membunuh Letty lantaran ingin mengejar jiwa istrinya yang ia yakini akan berpindah ke tubuh lain.

"Jiwa Letty akan datang ke tubuh yang lain. Aku mau ngejar dia," lanjut Helmi.

Hingga saat ini, polisi belum bisa menyimpulkan motif pembunuhan tersebut. Sebab, keterangan pelaku kerap berubah-ubah. Namun, polisi menduga aksi itu dilatarbelakangi masalah rumah tangga.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Bikin dan Ganti BPKB Kini Bisa Dilakukan secara Online

Posted: 12 Nov 2017 08:35 PM PST

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin didampingi Menhub Budi Karya Sumadi, Menpan RB Asman Abnur dan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno meninjau tempat Pelayanan pengurusan BPKB online alias e-BPKB di Polda Metro Jaya, Senin (13/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin didampingi Menhub Budi Karya Sumadi, Menpan RB Asman Abnur dan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno meninjau tempat Pelayanan pengurusan BPKB online alias e-BPKB di Polda Metro Jaya, Senin (13/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin didampingi Menhub Budi Karya Sumadi, Menpan RB Asman Abnur dan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno menghadiri acara peresmian Integrated BPKB System di gedung Ditlantas Polda Metro Jaya, Senin (13/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin didampingi Menhub Budi Karya Sumadi, Menpan RB Asman Abnur dan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno menghadiri acara peresmian Integrated BPKB System di gedung Ditlantas Polda Metro Jaya, Senin (13/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Wakalolri Komjen Syafruddin menerima penghargaan MURI kategori Digitalasasi Penerbitan BPKB Pertama dari Ketua Rekor MURI, Jaya Suprana saat peluncuran BPKB berbasis online atau e-BPKB di Polda Metro Jaya, Senin (13/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Wakalolri Komjen Syafruddin menerima penghargaan MURI kategori Digitalasasi Penerbitan BPKB Pertama dari Ketua Rekor MURI, Jaya Suprana saat peluncuran BPKB berbasis online atau e-BPKB di Polda Metro Jaya, Senin (13/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin didampingi Menhub Budi Karya Sumadi, Menpan RB Asman Abnur dan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno meninjau tempat Pelayanan pengurusan BPKB online alias e-BPKB di Polda Metro Jaya, Senin (13/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin didampingi Menhub Budi Karya Sumadi, Menpan RB Asman Abnur dan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno meninjau tempat Pelayanan pengurusan BPKB online alias e-BPKB di Polda Metro Jaya, Senin (13/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin bersama Menhub Budi Karya Sumadi dan Menpan RB Asman Abnur meninjau tempat Pelayanan pengurusan BPKB online alias e-BPKB seusai peluncuran di gedung Ditlantas Polda Metro Jaya, Senin (13/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin bersama Menhub Budi Karya Sumadi dan Menpan RB Asman Abnur meninjau tempat Pelayanan pengurusan BPKB online alias e-BPKB seusai peluncuran di gedung Ditlantas Polda Metro Jaya, Senin (13/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menpan RB Asman Abnur menghadiri peluncuran program layanan proses pengurusan BPKB berbasis online di Polda Metro Jaya, Senin (13/11). Layanan digital yang terintegrasi secara sistem ini disebut 'Integrated BPKB System'. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menpan RB Asman Abnur menghadiri peluncuran program layanan proses pengurusan BPKB berbasis online di Polda Metro Jaya, Senin (13/11). Layanan digital yang terintegrasi secara sistem ini disebut 'Integrated BPKB System'. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perahu Berbahan Bakar Gas Tak Berdaya Hadapi Ombak Laut Selatan

Posted: 12 Nov 2017 08:34 PM PST

Pemerintah getol mengubah konsumsi bahan bakar nelayan perahu kecil dari bensin menjadi gas. Salah satunya, dengan membagikan ribuan konverter kit gas elpiji yang dipasangkan ke mesin tempel perahu.

Bahan bakar gas dinilai lebih ramah lingkungan dan irit dibanding solar maupun pertalite. Diyakini, konverter kit bakal menjadi solusi untuk mengurangi beban pengeluaran kala melaut.

Namun, ternyata, konverter kit yang dibagikan pemerintah itu nyaris tak berfungsi ketika digunakan di perairan pantai selatan Cilacap. Mesin berbahan bakar gas elpiji tak mampu menggerakkan baling-baling. Perahu pun hanya diam dan dengan mudah tersapu ombak laut selatan.

"Yang pakai gas, di sini boleh dibilang gagal total. Karena enggak bisa jalan. Jadi, di sini diuji coba pakai gas elpiji. Itu di darat di-starter bisa jalan. Tetapi, setelah menempuh ombak, mesin tidak mampu tidak bisa gerak," kata seorang tokoh nelayan Teluk Penyu, Cilacap, Hadi Bejo, Sabtu, 11 November 2017.

Dia mengatakan, di kawasan Pantai Teluk Penyu, terdapat sekitar 500 nelayan yang memperoleh konverter kit gratis dari pemerintah. Namun, dari jumlah itu, hanya separuhnya yang masih menggunakan bahan bakar gas. Mereka ada nelayan yang lebih banyak berlayar di Laguna Segara Anakan atau perairan muara.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

Ilustrasi perahu nelayan

Sementara, sebagian nelayan yang lebih banyak mencari ikan di laut, memilih tak menggunakan konverter kit. Sebab, putaran mesin tak cukup kuat untuk mendorong laju perahu saat berhadapan dengan ombak.

"Iya tidak mau mengangkat. Artinya, di darat itu kan tekanan rendah. Tapi, saat sudah terjun ke laut, perahu kan membawa beban. Mesin tidak bisa gerak. Ternyata gagal total. Akhirnya kami tidak pakai lagi," Hadi menjelaskan.

Sementara, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Cilacap, Sujito menerangkan, konverter kit yang dibagikan pemerintah memang bukan untuk digunakan di perairan pantai atau laut. Menurut dia, konverter kit hanya cocok digunakan untuk perahu kecil dan tidak digunakan di perairan bergelombang tinggi, seperti laut selatan jawa.

"Konverter kit juga hanya cocok untuk nelayan sungai, muara, atau Laguna Segara Anakan yang berair tenang," kata Sujito.

Sujito menambahkan, bantuan konverter kit di Cilacap sebenarnya hanya diberikan kepada nelayan sungai atau muara. Namun, lantaran banyak kelompok dengan variasi perairan tangkap, maka konverter kit juga terdistribusi ke nelayan laut yang juga nelayan sungai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandi: Penertiban Gubuk Liar Tanah Abang Sudah Disosialisasikan

Posted: 12 Nov 2017 08:31 PM PST

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, penertiban gubuk liar di sepanjang Jalan Inspeksi kawasan Kanal Banjir Barat (KBB) termasuk dalam penataan di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Penertiban itu juga sudah disosialisasikan sebelumnya, sehingga penghuni berinisiatif membongkar bangunan itu.

"Itu sudah mulai disosialisasikan, (penertiban) hari ini. Ini sudah cukup selama seminggu," kata Sandiaga Uno di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017).

Dia menjelaskan, Jalan Inspeksi di Tanah Abang akan digunakan sebagai tempat kendaraan berat yang akan melakukan pengerukan di KBB. Sebab, saat ini intensitas hujan semakin meningkat.

Sehingga, penertiban gubuk liar perlu dilakukan untuk mengantisipasi adanya banjir saat musim penghujan.

Tak hanya itu, Sandiaga juga telah menginstruksikan beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) setempat untuk tetap siaga.

"Jalan itu dipakai kendaraan-kendaraan dari pemerintah pusat untuk mengeruk. Karena kan curah hujan sudah semakin meningkat," jelas Sandiaga.

Ratusan petugas gabungan TNI, Polri, Satpol PP, dan Tim Kecamatan Jakarta Pusat menata dan menertibkan ratusan gubuk liar di sepanjang Jalan Inspeksi di Kanal Banjir Barat (BKB), Tanah Abang, Jakarta Pusat, hari ini.

"Mereka menempati tempat yang tidak pada tempatnya maka kita ingatkan," kata Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede, saat apel persiapan di Kantor Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017).

Mangara menegaskan, penertiban dilakukan tidak dengan cara kasar, tapi tetap memegang teguh kedisiplinan dan standar operasional prosedur (SOP).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heaven Affair, Band Indie yang Siap Ramaikan Musik Indonesia

Posted: 12 Nov 2017 08:31 PM PST

Musik indie merupakan sebuah musik yang dihasilkan secara independen. Sebagai seorang musisi indie, mereka diharuskan untuk membuat karyanya sendiri tanpa terikat oleh label rekaman komersil manapun. Selain itu, musik yang dihasilkan lebih bebas, tidak mengikuti pasaran yang sedang berkembang.

Di Indonesia, bisa kamu temui banyak band-band indie yang sukses seperti Rocket Rockers, The Sigit, dan lain sebagainya. Banyaknya band indie yang sukses memengaruhi anak-anak milenial pecinta musik. Sebagian besar dari mereka akhirnya memutuskan untuk menjadi musisi indie, salah satunya Heaven Affair.

Band indie yang satu ini berdiri sejak pertengahan November 2015. Sebelum membentuk band, Heaven Affair merupakan projek solo salah satu anggotanya yang bernama Michael. 

"Awalnya ini projek solo semua-semuanya serba sendiri. Lama kelamaan bosenjuga. Ga ada temen seru-seruan bareng. Akhirnya berubah jadi band beranggotakan lima orang, termasuk aku," ujar Michael Dylino, vokalis Heaven Affair.

Sama seperti band-band lainnya, Heaven Affair terdiri dari vokalis yang diisi oleh Michael Dylino, guitarist yang diisi oleh Alexander Samuel dan Danil Priyanda, bass oleh Enrico Joseph dan drum oleh Nathanael David. Berawal dari membuat cover lagu-lagu band ternama, akhirnya, pada awal tahun 2016, Michael dan teman-temannya berhasil membuat lagu pertama mereka yang berjudul Aléatoire.

Judul lagu yang diambil dari bahasa Perancis tersebut berarti bimbang. Lagu yang satu ini menceritakan kehidupan seorang remaja yang beranjak dewasa dan mengalami semua fase depresi dalam kehidupannya. Ke depannya, Heaven Affair juga akan membuat full album yang akan dikeluarkan secara independen. Heaven Affair berharap agar proses pembuatan albumnya dapat berjalan secara lancar dan dapat dinikmati segala kalangan.

"Harapan kedepannya sih semoga pembuatan dan releasenya lancar. Semoga juga album pertama ini bisa menjadi favorit dan dapat dinikmati seluruh kalangan," lanjutnya.

 

Penulis:

Nadia Donna

Sahabat Liputan6

 

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Terpuruk di Liga 1, Pelatih: Saya Siap Didepak

Posted: 12 Nov 2017 08:30 PM PST

Persib Bandung mendatangkan Emral Abus pada putaran kedua kompetisi Liga 1. Kehadirannya untuk menggantikan posisi Djadjang Nurdjaman yang mengundurkan diri. 

Sempat meraih kemangan besar diawal kepemimpinannya dengan menggasak tuan rumah Sriwijaya FC 4-1, prestasi Persib terjun bebas. Di bawah kendali Emral, Persib bahkan tidak sanggup menang pada 8 laga secara beruntun.

Total pada era Emral, skuat Maung Bandung hanya sanggup menang pada dua laga, enam hasil imbang dan lima kekalahan. Terakhir, bobotoh dibikin marah oleh kekalahan yang dialami Maung Bandung saat menjamu Perseru Serui di laga pamungkas Liga 1. 

Kekalahan ini memicu kemarahan bobotoh atau pendukung setia Persib. Mereka turun ke lapangan dan sempat terlibat keributan dengan pasukan pengamanan. Setelah mereda, para pendukung Maung Bandung juga berusaha menemui para pemain di kamar ganti.

Emral kini pasrah dengan nasibnya. Tentunya sebagai pelatih tim besar dia mengetahui segala resikonya. "Pasti risiko pelatih itu kan kalau menang disanjung kalau kalah ya sudah. Kalau gak mau begitu jangan mau jadi pelatih," kata Emral, Minggu (12/11/2017) 

"Saya siap untuk tidak dipakai lagi, yang jelas saya sudah berusaha semaksimal mungkin dengan kemampuan saya," kata dia seusai laga antara Persib Bandung menghadapi Perseru Serui di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (12/11/2017).

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

 

Di awal musim, Persib sebenarnya digadang-gadang menjadi kandidat kuat juara Liga 1 musim ini. Pasokan pemain-pemain berkelas, termasuk Michael Essien membuat bobotoh menaruh harapan besar kepada Maung Bandung mengulang kisah sukses ISL 2014/15.

Namun jauh panggang dari api. Persib justru terus terpuruk. Jangankan bersaing meraih trofi, Maung Bandung justru terpuruk di posisi 13 klasemen sementara dengan 41 poin. 

Emral juga meminta maaf kepada bobotoh lantaran gagal memenuhi harapan. tersebut "Saya minta maaf kepada bobotoh tidak bisa memberikan hasil maksimal," jelasnya.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Buka, Toko Kue Via Vallen Dipenuhi Pengunjung sejak Malam

Posted: 12 Nov 2017 08:30 PM PST

Setelah Ayu Ting Ting, kini giliran Via Vallen untuk membuka toko kue kekinian. Dan ia pun memilih kota Solo sebagai gerai pertama Vallens Cake.

Serunya, toko kue Via Vallen yang dibuka pada Senin (13/11/2017) sudah dipadati penggemar yang disebut Vyanisty sejak Minggu (12/11/2017) pukul 21.00 WIB. Makin malam, bukannya mulai sepi, justru semakin ramai.

Via Vallen (Bambang E. Ros/Bintang.com)

Kehadiran mereka sejak malam, ternyata bukan sekedar ingin membeli kue Via Vallen. Tapi juga berharap mendapatkan kupon meet and greet serta foto bersama pelantun "Sayang" ini.

Via Vallen memang sempat mempromosikan kalau antrean toko kuenya mencapai 30 orang akan mendapat kupon meet and greet, sementara bila mencapai 100 pengunjung bisa foto bersama. Dan kupon pun dibagikan pada pukul 01.00 WIB dini hari.

Meski pembagian kupon mulur, tak membuat penggemar Via Vallen mundur dan kembali pulang. Tepat pada pukul 02.00 WIB dini hari, kupon pun mulai dibagikan.

 

 

 

 

 

Salah satu penggemar Via Vallen, Salsa, yang berasal dari Gunung Kidul, Yogyakarta, tetap bertahan dalam barisan untuk mendapatkan kupon. Baginya, bisa bertemu idolanya menjadi sebuah keharusan.

Antrean panjang penggemar Via Vallen untuk membeli kue miliknya. (Foto: Fajar Abrori)

Namun ia tak sendiri. Salsa ditemani suami dan kedua anaknya. "Ngefans banget sama Via Vallen. Itu dua anakku sama suami di mobil. Berangkat dari Gunungkidul jam 16.00 WIB, sampai Solo jam 22.00 WIB, " jelas Salsa kepada Liputan6.com, Senin (13/11/2017) dini hari.

Hal yang sama dilakukan Asma Eka Saputra. Bersama 30 teman lainnya yang tergabung dalam komunitas Sera Mania Vyanisty Wonogiri, dia rela mengantre di depan toko kue Via Vallen. "Harapannya sih biar dapat tiket meet and greet," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 10 Berita Bola: Marquez Juara Dunia MotoGP

Posted: 12 Nov 2017 08:30 PM PST

Artikel mengenai Marc Marquez menjadi juara dunia MotoGP 2017 mendapat atensi besar dari pembaca kanal Bola Liputan6.com hingga Senin (13/11/2017) pagi WIB.

Pembalap Repsol Honda Team itu finis di posisi ketiga MotoGP Valencia, Minggu (12/11/2017). Sementara rivalnya, Andrea Dovizioso gagal finis.

Berikut top 10 berita bola:

1. Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2017

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menyegel gelar juara dunia MotoGP 2017 setelah finis ketiga pada balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (12/11/2017). Posisi tersebut sudah mengantarnya ke tangga juara dunia karena rival terberatnya, Andrea Dovizioso, gagal merampungkan balapan setelah terjatuh.

Dovizioso yang harus menang untuk menjaga peluang juara MotoGP terjatuh saat balapan berdurasi 30 lap tersisa enam lap lagi. Dia terjatuh di tikungan 8. Baca selengkapnya di sini

2. Klasemen MotoGP 2017: Marquez Juara Dunia, Rossi Kelima

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, hanya finis ketiga pada MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (12/11/2017). Namun, hasil tersebut sudah cukup mengantar Marquez menyegel gelar juara dunia MotoGP 2017.

Marquez menutup musim 2017 dengan raihan 298 poin. Dia unggul 36 poin atas rider Ducati, Andrea Dovizioso, di posisi runner up dengan koleksi 261 poin. Dovizioso tak mampu menambah koleksi poin pada balapan MotoGP Valencia karena gagal merampungkan balapan setelah terjatuh. Baca selengkapnya di sini.

3. Persib Dipermalukan Perseru, Bobotoh Ricuh

Ribuan bobotoh masuk ke lapangan Stadion Si Jalak Harupat usai Persib Bandung dikalahkan Perseru Serui pada laga Liga 1, Minggu (12/11/2017).

Tidak hanya itu, stadion berubah menjadi lautan flare. Bobotoh bahkan melempar kembang api ke dalam lapangan. Baca selengkapnya di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Daftar Hal Terlarang di Internet Jadi Sorotan

Posted: 12 Nov 2017 08:30 PM PST

Daftar hal yang tidak boleh kamu lakukan di internet paling diburu para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com. Berita lain yang juga menyedot perhatian datang dari pernyataan mantan karyawan Facebook yang menyebut raksasa media sosial tersebut membuat pengguna kecanduan teknologi.

Snapchat juga dilaporkan tengah merombak aplikasinya agar lebih mudah digunakan. Perusahaan induk Snap Inc mengungkap, salah satu perombakan besar aplikasi seperti perubahan tampilan antarmuka.

 

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Peringatan, Jangan Lakukan 7 Hal Terlarang Ini di Internet

Internet kini menjadi hal yang tidak bisa terlepas dari kehidupan banyak orang. Berbagai hal dilakukan menggunakan internet, mulai dari memesan transportasi online, makanan, membeli barang di toko daring, hingga bekerja.

Begitu seringnya orang mengakses internet membuat mereka kadang melakukan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan saat sedang berselancar di dunia maya.

Berikut ada tujuh hal yang terlarang dilakukan saat kamu menggunakan internet. Apa saja?

Baca selengkapnya di sini

2. Mantan Petinggi Sebut Facebook Bikin Kecanduan seperti Heroin

Facebook diakui telah menjelma menjadi raksasa media sosial saat ini. Dengan beragam fitur anyar, media sosial itu sudah memiliki 2 miliar pengguna aktif bulanan hingga saat ini.

Kendati demikian, kesuksesan tersebut ternyata tak dirasa memuaskan bagi sebagian orang yang bergabung saat awal terbentuknya Facebook.

Bahkan, salah satunya mengaku menyesal telah ikut mengembangkan media sosial itu. Adalah Sean Parker, mantan presiden Facebook yang baru-baru ini mengaku dalam sebuah wawancara.

Baca selengkapnya di sini

3. Dianggap Ribet, Snapchat Akhirnya Rombak Tampilan Antarmuka

Snapchat dilaporkan tengah merombak aplikasinya agar lebih mudah digunakan. Perusahaan induk Snap Inc mengungkap, salah satu perombakan besar aplikasi seperti perubahan tampilan antarmuka.

Menurut yang dilaporkan Mashable, Minggu (12/11/2017), dengan demikian, tampilan antarmuka Snapchat akan lebih mudah diakses.

Pasalnya, tak sedikit pengguna setia Snapchat mengeluhkan antarmuka Snapchat yang terlalu semrawut. Belum lagi, aplikasi terlalu berat untuk dijalankan.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudah Tidur di Mana Saja Gejala Diabetes, Benarkah?

Posted: 12 Nov 2017 08:30 PM PST

Anda yang merasa mudah sekali mengantuk dianjurkan untuk mengecek kondisi kesehatan. Kondisi yang membuat Anda mudah tertidur sekali pun tidak mengonsumsi makanan yang bikin cepat menguap, merupakan satu dari 11 gejala khas penyakit diabetes.

Bagaimana dengan orang-orang yang mudah tidur di mana saja alias nempel molor (pelor)? Baru sebentar bersentuhan dengan bantal, tahu-tahu sudah pulas.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrin, Metabolik, dan Diabetes Rumah Sakit Pondok Indah-Pondok Indah, dr Wismandari Wisnu SpPD-KEMD mengatakan, pelor tidak termasuk gejala diabetes karena biasanya "sifat buruk" satu ini sudah ada sejak lama, bukan baru terjadi.

"Sering mengantuknya itu yang tadinya tidak mudah mengantuk, belakangan jadi mudah sekali mengantuk," kata Wismandari kepada Health Liputan6.com baru-baru ini.

 

 

Cuma Duduk dan Tidur di Sofa, Wanita Ini Digaji Rp 13 Juta | foto : Odditycentral.com

Tidak hanya diabetes, penyakit lain pun ada yang punya gejala mudah mengantuk. Satu di antaranya adalah hipotiroid atau ketidakmampuan kelenjar tiroid memproduksi cukup hormon tiroid.

Namun, untuk rasa mengantuk yang Anda alami karena diabetes atau tidak, harus dilihat juga gejala lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Indahnya Tarian Ribuan Burung Jalak di Atas Laut

Posted: 12 Nov 2017 08:30 PM PST

Ribuan burung Jalak menari di atas laut sebelum matahari terbenam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PN Jaksel Gelar Sidang Perdana Praperadilan Jonru Ginting

Posted: 12 Nov 2017 08:27 PM PST

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggelar sidang perdana permohonan praperadilan yang dilayangkan tersangka ujaran kebencian Jonru Ginting.

Sidang dimulai pukul 11.30 WIB usai Hakim Tunggal Lenny Wati Mulasimadhi menyatakan seluruh dokumen terpenuhi.

"Sudah ya semua data-data pemohon, termohon 1 dan termohon 2. Kita mulai dengan pembacaan permohonan," kata Lenny di Ruang Oemar Seno Adjo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (13/11/2017).

Sidang dihadiri seluruh pihak yang berperkara. Bang Japar, Tim Pengacara Jonru Ginting selaku pemohon, Tim Hukum Polda Metro Jaya selaku termohon I, dan Tim Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta selaku termohon II.

Sidang perdana praperadilan Jonru seharusnya sudah dimulai pekan lalu. Namun, sidang ditunda lantaran pihak Kejaksaan Tinggi DKI yang hadir hanya membawa surat perintah, bukan surat kuasa.

 

Jonru Ginting dilaporkan oleh seorang pengacara bernama Muannas Alaidid ke Polda Metro Jaya terkait sejumlah posting-an di akun Facebook-nya yang dianggap bernuansa ujaran kebencian.

Laporan yang dilayangkan Muannas diterima polisi dengan nomor LP/4153/ VIII/2017/ PMJ/Dit. Reskrimsus tertanggal 31 Agustus 2017.

Jonru diduga melanggar Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Tewas Gempa Iran-Irak Jadi Lebih dari 100 Orang

Posted: 12 Nov 2017 08:27 PM PST

Korban tewas akibat gempa berkekuatan 7,3 SR yang melanda perbatasan Iran-Irak mencapai ratusan orang.

Sementara itu, korban luka dilaporkan ribuan orang.

Sekitar 130 korban jiwa berasal dari Provinsi Kermanshah, Iran. Kata media pemerintah Iran, Press TV, seperti dikutip dari CNN, Senin (13/11/2017).

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sulaimaniya di Irak mengatakan, empat orang tewas dan 12 lainnya terluka di kota yurisdiksinya di Darbandikhan.

Menurut laporan Agence France Presse, lindu juga menghancurkan sejumlah bangunan di Kota Darbandikhan.

Media Iran lainnya, Fars News Agency melaporkan, korban luka akibat lindu itu mencapai sekitar 1.000 orang, kata kepala Iran Emergency Services. Namun tak dijelaskan asal mereka.

Dilansir CNN, gempa terasa di seluruh wilayah Irak dan sebagian di Iran. Lindu menyebabkan kepanikan massal dan memicu warga berhamburan keluar dari rumah masing-masing.

Sementara itu, sejumlah masjid di Baghdad, Ibu Kota Irak, meminta warga untuk menggelar salat bencana setelah situasi tenang.

Kantor berita Iran, IRINN melaporkan tim SAR telah datang ke lokasi bencana.

"Kerusakan dilaporkan melanda delapan desa," kata Morteza Salim, Kepala Palang Merah Iran. "Beberapa desa mengalami mati lampu dan sistem telekomunikasi mereka terganggu," ia melanjutkan.

Badan Meteorologi Iran, lewat televisi pemerintah, meminta warga untuk tetap di luar rumah, menghindari gempa susulan yang mungkin bisa meruntuhkan bangunan.

Gempa juga dilaporkan terasa hingga Israel, Turki, Pakistan dan Lebanon. Menurut US Geological Survey (USGS) pusat gempa berada di kota Halabja, sekitar 350 km di utara Baghdad, pada kedalaman 33,9 km.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Warga Subang Tewas Tersambar Petir Saat Beraktivitas di Sawah

Posted: 12 Nov 2017 08:26 PM PST

Hujan deras disertai petir yang mengguyur wilayah Patokbesi, Subang, Jawa Barat, Minggu sore membawa korban jiwa.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (13/11/2017) tiga warga meninggal dunia akibat disambar petir saat beraktivitas di area persawahan.

Dua korban yang merupakan kembaran tersambar petir saat sedang menggembala ternak sedangkan satu lainnya saat sedang membajak sawah.

Ketiga jasad korban ditemukan Minggu malam setelah dicari pihak keluarga. Namun pihak keluarga menolak proses autopsi jenazah karena menganggap kematian ketiga korban sebagai musibah.

Polisi mengimbau warga untuk tidak beraktivitas di luar rumat saat hujan disertai petir agar tidak jatuh korban.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: