Jumat, 09 Maret 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tutup Usia, Ini Kisah Sukses Pendiri Matahari Hari Darmawan

Posted: 09 Mar 2018 09:33 PM PST

Kabar duka menyelimuti dunia usaha Indonesia. Salah satu lagi pengusaha nasional yang juga pendiri Matahari Department Store Hari Darmawan tutup usia.

Hari Darmawan ditemukan tewas di pinggir Sungai Ciliwung, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jenazah pendiri Matahari Department Store ini ditemukan tersangkut batu oleh warga sekitar pukul 06.30 WIB pada Sabtu (10/3/2018).

Nama Hari Darmawan mungkin terasa asing. Akan tetapi, usaha yang dibentuknya siapa yang tidak tahu yaitu Matahari Department Store. Sebelum dijual ke grup Lippo, Hari Darmawan merupakan pendiri dan pemilik Matahari Department Store.

Mengutip dari berbagai sumber, Sabtu pekan ini, Hari Darmawan kelahiran 27 Mei 1940 di Makassar ini berasal dari keluarga pengusaha.Ayah Hari Darmawan, Tan A Siong seorang pengusaha asal Makassar. Ayahnya memiliki usaha produk pertanian.

Pada usia lima tahun, Hari harus melihat usaha keluarganya bakrut. Kemudian orangtuanya kembali membangun usaha kembali dari nol. Sejak usia dini ia sudah diajarkan mengenai kerja keras, ketekunan dan pantang menyerah saat berdagang.Usai lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), Hari Darmawan merantau ke Jakarta untuk mencari pekerjaan.

Kemudian dia bertemu jodohnya Anna Janti yang merupakan putri dari pemilik "Mickey Mouse", toko serba ada berukuran kecil di Pasar Baru. Pada saat itu, pasar baru merupakan distrik perbelanjaan terkenal di Jakarta.

Hari pun berjuang untuk mengembangkan bakat usahanya usai membeli toko serba ada milik mertuanya tersebut. Hari mampu mengelola toko itu hingga berkembang pesat. Pada 1968, ia mendapatkan kesempatan untuk memperluas usaha.

Ia membeli toko serba ada di Pasar Baru bernama Toko De Zon yang artinya The Sun atau Matahari. Hari mengganti nama toko itu menjadi Matahari. Hari membeli toko itu lantaran pemilik De Zion yang merupakan pesaingnya sedang kesulitan keuangan.

Ia membuka gerai pertama Matahari pada 24 Oktober 1956. Gerai tersebut di gedung dua lantai seluas 150 meter persegi di Pasar Baru, Jakarta. Pada 1980-an, Matahari membuka cabang-cabangnya di hampir semua kota besar di Indonesia.

Toko tersebut terkenal sebagai toko jaringan ritel terbesar di Indonesia. Hari memiliki strategis bisnis yang baik. Ia memajang produk dengan lengkap sehingga konsumen datang ke tokonya dan memilih barang yang mereka suka dengan kualitas terbaik.

Dengan konsep penjualan itu, gerai Matahari milik Hari Darmawan mampu meraih banyak pelanggan tetap.Usaha Matahari kian berkembang. Matahari Department Store sebagai toko serba ada merupakan gerai modern dan tanpa saingan pada 1990-an.

Pada saat itu Matahari memiliki masa keemasan. Apalagi dengan pembangunan mal di Jakarta yang begitu masif.Tak hanya itu, Hari Darmawan juga membuka arena bermain Timezone. Ia mampu meraih konsumen dengan konsep sebuah area bermain sehingga orangtua dan anaknya dapat menikmati area bermain tersebut.

 

Menjual Saham ke Grup Lippo

Pengunjung memilih barang obral di Gerai Matahari Mall di Taman Anggrek, Jakarta, Sabtu (25/11). Jelang ditutup permanen, Matahari Mall menggelar diskon besar-besaran, gerai Matahari di Taman Anggrek akan ditutup (3/12/2017). (liputan6.com/Angga Yuniar)

Dengan berjalannya waktu, Hari Darmawan juga hadapi banyak pesaing. Ia pun aktif mencari pendanaan untuk investasi membuka gerai baru Matahari Department Store di berbagai pusat perbelanjaan yang baru dibangun.

Hari Darmawan kemudian menjual sejumlah sahamnya di lantai bursa. Ia mendapatkan dana Rp 400 miliar. Namun dana itu tidak cukup untuk membangun 1.000 gerai baru.Saat itu Matahari Departmen Store juga punya saingan berat dari Wal-Mart sebuah perusahaan ritel dari Amerika Serikat yang dikendalikan Grup Lippo.

Hari Darmawan pun makin ekspansif dengan mendirikan gerai lainnya yaitu Mega Matahari. Pada 1996, Matahari Department Store berada di puncak emas.Akan tetapi, krisis moneter 1997 membuat bisnis Hari Darmawan lesu.

Oleh karena itu, ia setuju menjual sebagian besar saham Matahari Department Store ke James Riady melalui grup Lippo.Setelah melepaskan usahanya, Hari Darmawan tinggal di kawasan Cisarua, Bogor. Pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia memilih menjadi sosial enterpreneru. Ia fokus bekerja di bidang sosial. Bahkan membangun tempat wisata dengan nama Taman Wisata Matahari.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anda Beruntung Jika Punya Tahi Lalat di 5 Titik Ini

Posted: 09 Mar 2018 09:31 PM PST

Tahi lalat adalah bintik kecil berwarna coklat atau agak kehitaman di atas permukaan kulit yang terbentuk dari pengelompokan sel-sel penghasil zat warna kulit bernama melanosit.

Namun, jangan salah, titik hitam yang berada di lokasi tertentu di tubuh Anda itu bukanlah sembarang titik.

Masyarakat China berkeyakinan bahwa tahi lalat bisa menjadi penanda nasib Anda di masa depan.

Dilansir dari speakingtree.in, ada lima titik tahi lalat yang diyakini akan membawa kebaikan dan keberuntungan bagi pemiliknya. Kelima titik itu antara lain:

1. Di Bawah Alis

Tahi lalat di bawah alis dipercaya dimiliki oleh mereka yang cerdas dan kreatif. Dua skill inilah yang nantinya akan membawa kejayaan, sukses, dan kekayaan.

2. Di Atas Bibir

Tahi lalat di lokasi ini adalah mereka yang berpotensi memiliki keluarga besar. Dengan demikian mereka adalah pribadi beruntung karena selalu mendapat dukungan emosional yang konstan yang berguna untuk kehidupannya.

 

3. Di Samping Bibir

Tahi lalat di kiri atau kanan bibir mengindikasikan kehidupan yang imbang dan sukses. Ia akan jadi seseorang yang mapan, terkenal, dan hidup dalam gaya hidup mewah. Khusus untuk wanita, biasanya pemilik tahi lalat ini adalah mereka yang cantik rupawan.

 

4. Di Tengah Dahi

Tahi lalat di tengah dahi mengindikasikan pribadi kreatif, pekerja keras, dan bebas. Biasanya dia adalah pemimpin yang baik dan akan menjadi pengusaha nan sukses.

5. Di Ujung Alis

Mereka pemilik tahi lalat di ujung alis adalah pribadi yang kuat dan memiliki otoritas tinggi. Dengan kelebihan ini mereka dianggap sebagai pemimpin yang ideal bagi perusahaan atau bahkan bisa membuka usaha sendiri.

(Sumber: Feed.Merdeka.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alexis Terpuruk di MU, Mourinho Pasang Badan

Posted: 09 Mar 2018 09:30 PM PST

Manajer Manchester United (MU), Jose Mourinho, mengakui performa Alexis Sanchez kurang oke musim ini. Namun, ia percaya pemain asal Cile itu akan bangkit musim depan.

Alexis resmi menjadi bagian dari skuat MU pada 22 Januari 2018. Pemain 29 tahun itu pindah dari Arsenal lewat skema barter dengan gelandang Henrikh Mkhitaryan.

Hingga kini, Alexis telah membela MU dalam delapan pertandingan di semua kompetisi. Namun, eks pemain Barcelona tersebut baru menyumbangkan satu gol.

"Alexis datang pada saat terburuk musim ini, yang merupakan bursa musim dingin. Karena itulah saya tidak suka bursa musim dingin," kata Mourinho seperti dilansir Soccerway.

"Saya pikir transfer Alexis adalah kesempatan yang tidak ingin kami lewatkan dan kami berhasil melakukannya. Tapi kami tidak percaya banyak dengan bursa musim dingin dan pastinya, musim depan akan lebih baik baginya."

Pembelaan Mourinho

Alexis Sanchez (Nick Potts/PA via AP)

Meski Alexis sering dikritik karena banyak membuang bola, namun Mourinho tetap membela mantan pemain Udinese tersebut.

"Alexis baik-baik saja, dia senang tim mendapatkan hasil bagus. Akhir-akhir ini, dia tidak senang saat kami kalah, tapi dia pria dengan kedewasaan tinggi, dengan sikap baik dan kami tidak bisa lebih bahagia untuknya."

"Alexis tidak takut bertanggung jawab. Tidak takut mencoba membuat sesuatu terjadi. Dia sering mundur, dia mencoba beberapa hal, dia mencoba membangun serangan. Saat dia melakukan kesalahan, dia langsung mencoba mengimbanginya," Mourinho menambahkan.

Lawan Liverpool

MU sendiri bakal menjamu Liverpool pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Old Trafford, Sabtu (10/3/2018). Dalam laga ini, Setan Merah bakal kembali mengandalkan Alexis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maia Estianty Liburan Lagi dengan Irwan Mussry ?

Posted: 09 Mar 2018 09:30 PM PST

Jalinan asmara Maia Estianty sedikit demi sedikit mulai terkuak. Walau tak pernah memperlihatkan wajah sang kekasih, namun ia beberpaa kali menunjukkan tanda-tanda adanya seorang pria yang berhasil meluluhkan hatinya.

Cukup lama tak lagi liburan bareng ke luar negeri, Maia Estianty akhirnya kembali menikmati masa kebersamaannya dengan pria itu yang diduga adalah Irwan Mussry. Kali ini mereka memilih untuk pergi ke Hong Kong.

Seperti biasa, Maia Estianty tak mengunggah kebersamaannya dengan Irwan Mussry. Namun, Tatjana Saphira, yang saat itu juga ikut, menunjukkan pose barengnya dengan pengusaha jam tangan mewah itu.

"Had a really good time at the #toryburchHK event last night. Thank you Pak @irwanmussry and @time.international for having me," tulis Tatjana Saphira. 

 Tatjana Saphira foto bersama Irwan Mussry di Hong Kong (Foto: Instagram)

Foto Bareng

Maia Estianty (Foto: Instagram)

Bertemu dengan desainer Tory Burch menjadi hal yang spesial bagi Maia Estianty. Ia pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk berpose bersama desainer barang-barang fashion bergengsi itu.

Foto ini pun diunggah Maia Estianty di akun Instagramnya, Kamis (8/3/2018). "Sangat beruntung bisa mengambil foto bersama dengan @toryburch , wanita hebat, designer, dan sangat mulia hatinya karena sering melakukan charity dimana mana. Sungguh, inspirasi yang luar biasa..," tulisnya sebagai keterangan foto. 

Bersama Tatjana Saphira

Maia Estianty (Foto: Instagram)

Maia Estianty dan Tatjana Saphira juga tak mau meninggalkan momen seru mereka di Hong Kong. Keduanya bersama seorang fashion stylist berpose di toko baru Tory Burch.

Sudah Dilamar?

(maiaestiantyreal.)

Februari menjadi bulan bahagia bagi Maia Estianty. Dirinya mendapat sebuah cincin bertahtakan berlian besar yang dipamerkan di Instagram Story nya.

Apakah cincin tersebut bertanda kalau Maia Estianty dilamar sang kekasih?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bella Hadid dan David Beckham Habiskan Waktu Bersama Di Paris?

Posted: 09 Mar 2018 09:20 PM PST

Bella Hadid dan David Beckham terlihat duduk bersebelahan saat sedang menonton pertandingan sepak bola antara Paris Saint-Germain and Real Madrid di Paris baru-baru ini. Datang terpisah, Bella Hadid dan David Beckham bertemu satu sama lain di bangku VIP.

Seperti dilansir ElleUk, baru-baru ini, David Beckham terlihat sangat senang duduk berdampingan dengan Bella Hadid. David Beckham dan Bella Hadid pun tampak menggunakan pakaian dengan warna senada.

David Beckham memakai jas hitam kebiruan, sedangkan Bella Hadid terlihat mengenakan jaket tebal warna hitam.

Menikmati

(AP Photo/Francois Mori)

David Beckham dan Bella Hadid juga terlihat berjabat tangan dan sesekali berbincang satu sama lain. Setelah itu, David Beckham maupun Bella Hadid tampak serius menikmati pertandingan yang sedang berlangsung.

Kunjungi

(Sumber: Instagram/bellahadid)

Bella Hadid dan sang kakak, Gigi Hadid, tiba di Paris pekan lalu. Keduanya hadir untuk tampil di acara Fashion Week Paris.

Sebelumnya, Bella Hadid sukses membawakan brand Fendi, Missoni, dan Moschino serta tampil untuk acara Cavalli dan Tod's di Milan.

Acara Adidas

David Beckham (Instagram/davidbeckham)

Sedangkan David Beckham berada di Paris untuk proyek spesial nya bersama merek sepatu olahraga. Ia juga sempat membagikan fotonya di Instagram pribadinya saat dirinya hadir pada acara tersebut. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tewas di Ciliwung, Pendiri Matahari Hari Darmawan Hilang Sejak Jumat

Posted: 09 Mar 2018 09:15 PM PST

Pediri Matahari Departeme Store, Hari Darmawan ditemukan tewas di pinggir Sungai Ciliwung, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sebelum ditemukan tak bernyawa, Hari Darmawan sempat dilaporkan hilang pada Jumat 9 Maret sore.

Jasad pemilik Taman Wisata Matahari (TWM) ini ditemukan tersangkut batu oleh warga sekitar pukul 06.30 WIB, Sabtu (10/3/3/2018). Tim rescue dan kepolisian yang menerima informasi tersebut membawa jasad korban ke RSUD Ciawi untuk divisum.

Manajer Taman Wisata Matahari Baskoro membenarkan atas meninggalnya pemilik wisata terkemuka di kasawan Puncak tersebut.

"Ya benar. Sekarang saya dan jajaran Dirut TWM sedang berada di RSUD Ciawi," kata Baskoro kepada awak media.

 

Polisi Belum Mau Bicara

Hari Darmawan, pemilik Taman Wisata Matahari (TWM) Hari Darmawan, ditemukan tewas di pinggir Sungai Ciliwung, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Namun dirinya enggan membeberkan lebih lanjut perihal kematian pendiri toko jaringan ritel terkemuka tersebut. "Maaf kami sedang berduka," ucap Baskoro.

Begitu juga Kapolsek Cisarua Kompol, Ijang Yusuf Taojiri, belum bersedia memberikan keterangan lebih lanjut.

"Saya sudah WA (WhatsApp) ke Polres Bogor," singkatnya.

Beredar kabar meninggalnya pria kelahirab 27 Mei 1940 ini karena terseret arus Sungai Ciliwung saat nongkrong di pinggir sungai area Taman Wisata Matahari. Ada pula kabar yang beredar, pria berusia 77 tahun ini korban pembunuhan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Klub Polandia Egy Maulana Vikri, Lechia Gdansk

Posted: 09 Mar 2018 09:15 PM PST

Egy Maulana Vikri telah tiba di Polandia. Di sana, gelandang berusia 17 tahun itu membuka lembaran awal sebagai pesepak bola profesional.

Bukan Legia Warsawa, Egy bergabung dengan klub papan tengah Liga Polandia. Adalah Lechia Gdansk, yang beruntung mendapatkan servis pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 tersebut.

Lechia Gdansk bakal memperkenalkan Egy pada Minggu (11/3/2018). Di hari yang sama, siswa Sekolah Olahraga (SKO) Ragunan, Jakarta Selatan ini juga akan membubuhkan tanda tangan kontrak.

Di Lechia Gdansk, Egy dijanjikan tempat di skuat utama. Lantas, ia juga membuat sejarah. Eks jebolan Timnas U-19 ini menjadi pemain Indonesia pertama yang akan menembus tim inti di kompetisi Eropa.

Lechia Gdansk merupakan tim yang berdiri pada 1945 silam. Kesebelasan ini pernah berganti nama 10 kali sebelum identitas klub menjadi tetap pada 2009 lalu.

Sejarah

Egy Maulana Vikri bakal menandatangi kontrak bersama Lechia Gdansk. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Lechia Gdansk didirikan oleh pendukung tim tertua di Polandia, Lechia Lwow yang terbentuk pada 1903 lampau. Pada masa 1950-an, Lechia Gdansk menjadi raksasa di Liga Polandia.

Pada 1948, Lechia Gdansk promosi ke kasta teratas Liga Polandia. Hanya semusim, mereka degradasi ke divisi dua.

Tujuh tahun kemudian, Lechia Gdansk mengakhiri musim di peringkat ketiga. Ini merupakan pencapaian terbaik sepanjang sejarah The Stripes di Liga Polandia.

Lechia Gdansk kemudian terjerembab untuk sementara, sebelum bangkit kembali di medio 1980-an. Klub berjuluk The Stripes ini memenangi Piala Polandia pada 1983. Di tahun yang sama, Lechia Gdansk juga keluar sebagai juara Polandia Super Cup.

Keberhasilan ini membuat Lechia Gdansk berpartisipasi di Piala Winners musim 1983/1984. Sebagai pemenang Piala Polandia, The Stripes berhak menantang kampiun Coppa Italia 1983, Juventus di babak pertama.

 

Musim 2017/2018

Di kesempatan pertamanya berkompetisi di Eropa, Lechia Gdansk babak belur. The Stripes kalah 2-3 di kandang, dan dibabat habis 0-7 oleh Juventus di markasnya. Total, mereka tumbang 2-10 secara agregat.

Melawan Juventus merupakan laga satu-satunya Lechia Gdansk di kompetisi Eropa. Setelah itu, prestasi mereka naik turun. Lechia Gdansk memiliki stadion yang bernama Energa Gdansk. Arena ini berkapasitas 43.615 penonton.

Energa Gdansk menjadi satu dari empat stadion yang menyelenggarakan Euro 2012 Polandia-Ukraina. Arena ini menggulirkan empat partai, dengan salah satunya laga perempatfinal antara Jerman melawan Yunani yang berkesudahan 4-2.

Saat ini, Lechia Gdansk menduduki peringkat ke-12 Liga Polandia dengan 27 poin dari 28 pertandingan. The Stripes terancam degradasi pada musim depan lantaran tim peringkat 9-16 akan mengikuti babak kualifikasi dengan tim kasta di bawahnya.

Menurut situs penyedia data statistik, Transfermarkt, armada Piotr Stokowiec memilik rataan skuat berusia 26, tahun. The Stripes total memiliki 32 pemain untuk musim ini.

Kesempatan Egy

Egy yang dijanjikan bakal masuk skuat utama, akan bersaing dengan beberapa nama yang berposisi sama dengannya. Lantas, bagaimana peluang Egy menembus tim ini?

Dengan kebiasaan Piotr Stokowiec menerapkan formasi 3-4-3, maka Egy kemungkinan akan banyak bermain sebagai inverted winger. Di posisi itu, telah ada tiga pemain, yaitu Marco Paixao, Romario Balde, dan Flavio Paixao. Ketiganya berasal dari Portugal.

Di musim pertamanya berseragam Lechia Gdansk, Egy sepertinya bakal sulit menembus tim inti. Ia memerlukan banyak waktu untuk memelajari kerasnya persaingan sepak bola Eropa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

180 Pasukan Inggris Dikerahkan Terkait Penyelidikan Serangan Eks Mata-Mata Rusia

Posted: 09 Mar 2018 09:10 PM PST

Sekitar 180 pasukan Inggris dikerahkan ke Salisbury untuk membantu investigasi insiden serangan racun saraf yang ditujukan kepada mantan mata-mata Rusia dan anak perempuannya.

Menurut Juru Bicara Kementerian Pertahanan Inggris, personel dari Angkatan Udara, Darat, dan Laut Kerajaan Inggris termasuk di antara 180 pasukan yang dikerahkan ke sana.

Dikutip dari CNN, Sabtu (10/3/2018), dijelaskan bahwa divisi kontraterorisme meminta bantuan militer untuk memindahkan sejumlah kendaraan dan benda-benda dari tempat kejadian.

Eks mata-mata Rusia berusia 66 tahun itu, Sergei Skripal, dan anak perempuannya yang berusia 33 tahun, Yulia, saat ini masih dalam perawatan intensif rumah sakit.

Sergei dan Yulia ditemukan tak sadarkan diri di sebuah bangku di luar pusat perbelanjaan di Salisbury pada Minggu, 4 Maret 2018. Keduanya langsung dilarikan ke rumah sakit dan saat ini mereka dalam kondisi kritis.

Seorang petugas kepolisian yang pertama kali tiba di lokasi kejadian, Nick Bailey, saat ini berada dalam kondisi serius di rumah sakit. Namun, Bailey telah bisa bercakap-cakap dengan orang-orang yang membesuknya.

Otoritas setempat mengungkap bahwa 21 orang menerima perawatan medis setelah insiden itu terjadi. Namun, hanya tiga orang yang kini masih harus berada di rumah sakit.

 

Saksikan Video soal Sergei Skripal, eks mata-mata Rusia yang pernah bekerja untuk Inggris:

Polisi Inggris: Eks Mata-Mata Rusia Diserang Racun Saraf

Ilustrasi

Polisi mengungkap bahwa nerve agent atau zat perusak saraf menjadi zat misterius yang digunakan untuk menyerang Sergei Skripal dan Yulia Skripal.

Kepala Polisi Kontraterorisme, Mark Rowley, mengatakan bahwa ilmuwan pemerintah telah mengidentifikasi jenis nerve agent yang digunakan dalam percobaan pembunuhan eks mata-mata Rusia itu. Namun, pihaknya belum mau mengumumkan kepada masyarakat dalam tahap ini.

"Kasus ini ditangani sebagai insiden besar yang melibatkan percobaan pembunuhan, dengan menggunakan nerve agent," ujar Rowley seperti dikutip dari BBC.

"Setelah ditetapkan bahwa nerve agent menjadi penyebab gejala...Saya juga dapat memastikan bahwa kami yakin dua orang tersebut ditargetkan secara khusus," imbuh dia.

Meski demikian, Rowley mengatakan tidak ada bukti risiko kesehatan yang meluas terhadap masyarakat.

 

Tentang Sergei Skripal

Ilustrasi penjara (iStock)

Kolonel Skripal yang merupakan pensiunan petugas intelijen militer Rusia, dijatuhi hukuman penjara selama 13 tahun oleh Rusia pada 2006 karena telah melakukan mata-mata untuk Inggris.

Ia didakwa telah menyerahkan sejumlah identitas agen mata-mata Rusia yang bekerja di Eropa kepada Badan Intelijen Inggris, MI6.

Sebagai imbalan karena telah memberikan infromasi sejak tahun 1990-an, Skripal dibayar US$ 100.000 atau sekitar Rp 1,37 miliar.

Ia adalah satu dari empat tahanan yang dibebaskan oleh Moskow dalam pertukaran dengan 10 mata-mata Amerika Serikat pada 2010. Skirpal, kemudian diberi perlindungan di Inggris.

Tetangganya di Salisbury mengatakan, Skripal merupakan orang yang ramah. Istri dan anak laki-lakinya diketahui telah meninggal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pendiri Matahari Group Ditemukan Tewas di Sungai Cisadane

Posted: 09 Mar 2018 09:09 PM PST

Pendiri Matahari Group, Hari Darmawan, ditemukan tewas di pinggir Sungai Cisadane. Korban ditemukan satu kilometer dari vilanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendiri Matahari Ditemukan Tewas di Ciliwung, Korban Pembunuhan?

Posted: 09 Mar 2018 09:03 PM PST

Hari Darmawan, pemilik Taman Wisata Matahari (TWM), ditemukan tewas di pinggir Sungai Ciliwung, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jenazah pendiri Departemen Store Matahari ini ditemukan tersangkut batu oleh warga sekitar pukul 06.30 WIB, Sabtu (10/3/2018).

Dia sempat dilaporkan hilang sejak Jumat, 9 Maret 2018 sore.

Tim rescue dan kepolisian yang menerima informasi tersebut langsung mengevakuasi korban ke RSUD Ciawi untuk keperluan autopsi.

Manajer Taman Wisata Matahari Baskoro membenarkan meninggalnya pemilik wisata terkemuka di kasawan Puncak tersebut.

"Ya benar. Sekarang saya dan jajaran Dirut TWM sedang berada di RSUD Ciawi," kata Baskoro, Bogor, Sabtu.

 

Sebab Kematian Belum Jelas

Namun, dia enggan membeberkan lebih lanjut perihal kematian pendiri toko jaringan ritel terkemuka tersebut. "Maaf kami sedang berduka," ucap Baskoro.

Begitu juga Kapolsek Cisarua Komisaris Ijang Yusuf Taojiri belum bersedia memberikan keterangan lebih lanjut.

"Saya sudah WA (WhatsApp) ke Polres Bogor," kata Ijang.

Beredar kabar, pria kelahiran 27 Mei 1940 ini meninggal karena terseret arus Sungai Ciliwung saat nongkrong di pinggir sungai area Taman Wisata Matahari. Ada pula kabar yang beredar, pria berusia 77 tahun ini korban pembunuhan. Namun, kepolisian belum memberikan konfirmasi soal penyebab kematiannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SUV Mewah Korban Tabrakan Konvoi Lamborghini Ternyata Milik Hotman Paris

Posted: 09 Mar 2018 09:01 PM PST

Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea menyatakan bahwa salah satu mobil miliknya terlibat kecelakaan beruntun dalam konvoi Lamborghini di Tol Cipali Km 88.200, Subang, Jawa Barat, Jumat (10/3/2018).

Hanya saja, pengacara kondang itu menyebut mobil yang terlibat itu bukanlah Lamborghini yang kerap ia bawa ke sejumlah acara. Mobil itu adalah SUV premium Lexus.

Meski mobil tersebut miliknya, Hotman sendiri tak ikut langsung terlibat di dalam mobil. Sebaliknya, orang yang mengendarai mobil tersebut adalah ajudan Frank Alexander Hutapea, yang tak lain anak Hotman.

Frank sendiri diakui ikut dalam acara dan mengemudikan salah satu Lamborghini. Beruntung, anak sulung Hotman itu selamat dan mobilnya tidak mengalami kecelakaan.

Hal ini pun diungkapkan pengacara berdarah Batak tersebut diakun resmi Instagramnya @hotmanparisofficial.

"Lambogini konvoi ke Cirebon! Yang tabrakan bukan Lamborgini tapi mobil Jeep Lexus milik Hotman Paris yang disupirin pengawal anaknya Hotman Paris! Yang juga ikut kawal konvoi tour Lambo," tulis akun @hotmanparisofficial.

Sekadar informaasi, sebelum terjadi kecelakaan rombongan Lamborghini bertolak dari Jakarta menuju Cirebon. Namun nahas ketika pukul 12.00 WIB di Tol Cipali Km 88 mobil iring-iringan di bagian belakang mengalami kecelakaan.

Sedikitnya empat kendaraan yang terlibat yaitu Lexus bernomor polisi B 666 RRH, Honda HRV Up B 1571 TIV, sedan dinas polisi nomor lambung 9101 (Denwal Korlantas), dan Lamborghini dengan nomor polisi B 1 DIS.

 

Konvoi Lamborghini Kecelakaan Beruntun, Apa Faktor Penyebabnya?

Tidak ada korban jiwa dalam insiden kecelakaan beruntun tersebut. Namun, menyoal kecelakaan beruntun yang dialami mobil mewah ini, pegiat keselamatan berkendara sekaligus pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu angka bicara.

Menurut dia, biasanya jika terjadi kecelakan beruntun, maka ada beberapa faktor penyebabnya. Salah satunya perilaku pengendara yang secara indikator pengemudi tidak antisipatif.

"Pengemudi yang tidak antispatif adalah ketika mereka melakukan manuver tiba-tiba seperti ngerem mendadak, serong atau berkelit atau swift ke kiri, ke kanan, menyusul, pokoknya manuver tiba-tiba. Itu diindikasikan adalah seorang yang tidak antisipatif," jelas Jusri saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (9/3/2018).

 Lebih lanjut Jusri menyatakan, pengemudi yang tidak antisipatif saat mengemudi di jalan tol diindikasikan karena kaget.

"Karena dia tidak bisa mengindikasi bahaya sejak awal. Dan harusnya dia harus indikasi sejak awal," ucapnya.

"Misalnya dia konvoi, bahaya yang mengancam dia adalah bahaya dari depan dan belakang. Bahaya di depan dia akan ngerem mendadak dan dia akan nabrak. Atau sebaliknya, mobil di belakang menabrak karena ketidakmampuan dia menyikapi," tambahnya.

Jusri menyatakan, jika mengemudi atau konvoi di jalan bebas hambatan dengan kecepatan tinggi, maka pengemudi seharusnya sangat konsentrasi penuh. Meskipun mobil dianggap sangat mumpuni dalam berakselerasi dan sistem pengereman yang cepat, hal itu tidak menjadi acuan.

"Artinya ketika mereka ada di sana, mereka harus full konsentrasi, pintar membaca, menginterprestasikan tanda-tanda bahaya yang sudah menjelma akan menjadi ancaman, maupun yang belum menjelma jadi ancaman," terangnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ilmuwan Temukan Cairan yang Bisa Perbaiki Kornea Mata yang Rusak

Posted: 09 Mar 2018 09:00 PM PST

Dunia medis bisa dibilang dunia yang terus berkembang tiada hentinya. Semakin lama, semakin banyak jenis penyakit yang susah disembuhkan atau bahkan tidak bisa disembuhkan. Maka dari ini para ilmuwan terus berusaha membuat obat atau penawar untuk penyakit yang belum ada solusinya.

Salah satu penyakit yang perlu untuk diobati adalah penyakit yang menyangkut dengan kornea mata. Tidak sedikit orang yang menderita kerusakan mata di muka bumi ini. Sedangkan indera mata sangat penting bagi kehidupan sehari-hari kita.

Beruntungnya, baru-baru ini para ilmuwan Israel mengklaim bahwa mereka telah berhasil membuat cairan yang bisa memperbaiki penglihatan pada mata.

Para ilmuwan di Institut Nanoteknologi dan Material Lanjutan Bar-Ilan, di Tel Aviv, Israel, mengklaim telah menciptakan cairan tetes mata revolusioner bernama nanodrops. Cairan tersebut diklaim dapat menyembuhkan kornea yang rusak dan memperbaiki penglihatan.

 

Nanodrops Telah Berhasil Mengobati Mata Sampel yang Rusak

Dikembangkan oleh dokter mata Dr. David Smadja dan tim ilmuwan dari Shaare Zedek Medical Center dan Universitas Bar-Ilan, sejauh ini nanodrops mereka telah diuji pada babi dengan kornea yang rusak.

Dalam presentasinya, Smadja mengatakan bahwa tetes mata tersebut telah berhasil memperbaiki kornea pada babi. Hasilnya mata babi tersebut menjadi sehat. Babi itu bisa kembali melihat dalam jarak yang pendek maupun jauh.

Untuk menguji pada mata manusia, tim tersebut mengatakan akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Ilmuwan yang bertanggung jawab atas proyek tersebut yakin bahwa nanodrops adalah solusi yang dapat menggantikan kacamata.

 

Nanodrops Membuka Gerbang Baru dalam Dunia Medis

Dr. Smadja mengatakan bahwa nanodrops tidak hanya bisa merevolusi perawatan oftalmologis dan optometri pasien rabun dekat, rabun jauh, dan kondisi refraktori lainnya. Nanodrops juga bisa mengganti lensa multifokal yang memungkinkan orang melihat benda dari berbagai jarak.

Belum diketahui berapa banyak nanodrops yang diperlukan untuk memperbaiki kornea sampai pada titik di mana kacamata tidak lagi diperlukan. Harganya pun belum diketahui mencapai kisaran berapa. Untuk saat ini, kita harus menunggu dan melihat bagaimana uji klinis pada manusia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Trik Bulu Mata Lentik dengan Maskara Tahan Lama

Posted: 09 Mar 2018 09:00 PM PST

Terlepas dari bagaimana keadaan bulu mata Anda, maskara adalah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan kaum wanita. Beberapa orang mengeluhkan cara membuat maskara dalam riasan bertahan lama.

Jika Anda juga bertanya-tanya tentang hal yang sama, melansir dari brit.co, Sabtu (10/3/2018), berikut ini adalah beberapa trik untuk memperpanjang usia bulu mata lentik dengan maskara. Penasaran?

1. Aplikasikan beberapa kali atau lapisi

Melapisi maskara adalah keharusan ketika Anda menginginkannya bertahan sepanjang hari dan mendapatkan efek maksimal. Aplikasikan maskara lama yang memiliki efek tipis ketika digunakan, baru lapisi dengan maskara baru untuk menambahkan volumenya.

 

 

Tips memperpanjang usia maskara

Ilustrasi Maskara (iStockphoto)​

2. Temukan sikat maskara yang tepat

Tergantung pada bulu mata yang Anda miliki, sikat maskara juga dapat disesuaikan. Ada beberapa sikat maskara yang baik digunakan untuk bulu mata kecil, sedangkan beberapa produk lainnya digunakan untuk membuat bulu mata lebih tebal dan bervolume.

3. Selalu mulai dengan penjepit bulu mata

Penjepit bulu mata adalah hal penting untuk menciptakan tampilan mata terbaik, tanpa merusak bulu mata Anda. Penjepit bulu mata akan benar-benar membuat perbedaan besar selama Anda menggunakannya dengan benar.

Tips memperpanjang usia maskara

Ilustrasi Maskara (iStockphoto)​

4. Lakukan dengan gerakan yang tepat

Mulailah mengaplikasikan maskara dari bagian dalam bulu mata ke ujung. Pegang tongkat maskara secara vertikal akan memberikan dimensi lebih kepada bulu mata Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Bola, Siaran Langsung Pertandingan Hari Ini

Posted: 09 Mar 2018 09:00 PM PST

Banyak jadwal siaran langsung bola menarik yang bisa dinikmati sepanjang Sabtu (10/3/2018) dan Minggu (11/3/2018) dinihari WIB. Tim-tim seperti Manchester United, Real Madrid, Chelsea, dan Barcelona akan bermain hari ini.

Untuk jadwal siaran langsung bola pertama yang bisa dinikmati adalah pertarungan antara Eibar dan Real Madrid Estadio Municipal de Ipurua. Meski hampir mustahil untuk menjuarai La Liga, Madrid tetap butuh kemenangan itu menjaga jarak dari Valencia.

Hampir di saat yang bersamaan, ada duel dua tim top di Liga Inggris. Mereka adalah Manchester United melawan Liverpool di Old Trafford. Duel ini juga menentukan posisi kedua tim karena mereka hanya terpisah dua poin.

Tim top yang akan memainkan pertandingan hari ini adalah Chelsea dan Barcelona. Chelsea akan meladeni Crystal Palace di Stamford Bridge. Sedangkan Barcelona akan menantang Malaga di Estadio La Rosaleda.

Jadwal Lengkap

19:00 WIB: Eibar vs Real Madrid (beIN Sports 2)

19:30 WIB: Manchester United vs Liverpool (beIN Sports 1)

22:00 WIB: West Ham vs Burngley (beIN Sports 3)

22:00 WIB: West Bromwich vs Leicester (beIN Sports 2)

22:00 WIB: Everton vs Brighton & Hove Albion (beIN Sports 1)

00:30 WIB: Leverkusen vs M'gladbach (Fox Sports 1)

00:30 WIB: Chelsea vs Crystal Palace (beIN Sports 1)

00:30 WIB: Getafe vs Levante (beIN Sports 2)

02:00 WIB: Nantes vs Troyes (beIN Sports 3)

02:45 WIB: Malaga vs Barcelona (beIN Sports 2)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahli Waris Paku Buwono X Bakal Laporkan Para Penggugat Lahan Bandara Kulon Progo ke Polisi

Posted: 09 Mar 2018 09:00 PM PST

Keluarga trah mendiang Raja Keraton Kasunanan Surakarta, Sinuhun Paku Buwono X melaporkan sejumlah pihak yang mengklaim sebagai keturunan raja tersebut.

Pasalnya, pemalsuan riwayat trah keturunan raja itu digunakan untuk menguasai lahan seluas 1.293 hektare senilai sekitar Rp 701 miliar yang terkena proyek pembangunan Bandara New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) atau Bandara Kulon Progo.

Pembebasan lahan Bandara NYIA itu terkendala oleh gugatan Agus Sutono dan kawan-kawan yang mengklaim sebagai keturunan mendiang Paku Buwono X. Mereka menggugat Paku Alam dan PT Angkasa Pura terkait sebagian lahan bandara baru di Wates.

Saat ini, gugatan tersebut sampai pada tahap persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Wates Kulon Progo. Cucu Pakubuwono X, Muhammad Munier Tjakraningrat mengatakan sejumlah pihak yang mengklaim sebagai ahli waris GKR Pembayun didasarkan atas bukti palsu.

GKR Pembayun yang memiliki nama kecil Sekar Kedathon Koestiyah merupakan anak satu-satunya dari Paku Buwono X (Malikoel Koesno) dengan permaisuri GKR Mas (Moersoedarinah).

"GKR Pembayun menikah dengan MR AAA H Mohammad Sis Tjakraningrat dan memiliki anak BRAy Koes Siti Mariyah (alm), BRAy Koes Sistiyah Siti Mariana, BRM Munier Tjakraningrat dan BRM Mochamad Malikul Adil Tjakraningrat," kata dia di Keraton Surakarta, Kamis malam, 8 Maret 2018.

Klaim Ahli Waris Paku Buwono X

Keluarga besar trah keturunan Paku Buwono X dengan permaisuri GKR Mas menemui Sinuhun Paku Buwono XIII untuk menerima surat keterangan.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Adapun nama-nama yang mengklaim sebagai ahli waris GKR Pembayun, disebutkan dia, di antaranya Agus Sutono, Djoko Widijanto, Seokarno Wahyu Hartono, Suwarsi, Eko Wijanarko dan keluargannya. Klaim mereka sebagai ahli waris GKR Pembayun didasarkan atas bukti-bukti palsu.

"Mereka ahli waris abal-abal. Bukti yang dipalsukan di antaranya fotokopi silsilah besar kerajaan Mataram yang telah ditambah dua kota dengan berisikan nama Kusuwarsih dan RMA Sutono. Surat kekancingan dari Keraton Ngayogyakarta yang dipalsukan. Surat nikah Waluyo, yang diklaim sebagai GKR Pembayun dan lainnya," ungkap Munier.

Dia juga menjelaskan bahwa GKR Pembayun termasuk keturunan dari trah Kasultanan Yogyakarta karena sang ibunda, GKR Mas merupakan permaisuri Paku Buwono X adalah putri dari Sultan Hamengkubuwono VII. Oleh sebab itu, pihak Keraton Kasultanan Yogyakarta juga mengeluarkan kekancingan silsilah kepada para ahli waris GKR Pembayun.

"Keluarga kami juga keturunan trah Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Diberikannya kekancingan silsilah itu menegaskan Keraton Kasultanan Ngayogyakarta mengakui kami adalah cucu dan atau keturunan yang sah dari GKR Mas yang merupakan ibu dari GKR Pembayun," ujarnya.

Bukti Keturunan Trah Paku Buwono X

Keluarga besar ahli waris Paku Buwono X berfoto bersama dengan Sinuhun Paku Buwono XIII Hangabehi.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Selain dari Keraton Kasultanan Yogyakarta, Munier juga mengungkapkan pihak Keraton Kasunanan Surakarta juga mengeluarkan surat keterangan jika putra-putri GKR Pembayun dengan MR RAA M Sis Tjakraningrat merupakan keturunan trah Pakubowo X.

"Surat keterangan itu diberikan langsung oleh Sinuhun Pakubuwono XIII Hangabehi pada Kamis malam di Keraton Surakarta," katanya.

Kuasa hukum keluarga besar GKR Mas, Kevin Alviando mengatakan dengan adanya surat kekancingan dari Keraton Kasultanan Yogyakarta Hadiningrat serta bukti diberikannya surat keterangan dari Sinuhun Paku Buwono XIII Hangabehi bahwa pihak klien merupakan ahli waris yang sah dari GKR Mas (Moersoedarinah).

"Dengan adanya dua bukti baru kekancingan dari Keraton Yogyakarta dan surat keterangan dari Keraton Surakarta, maka jelas sudah siapa yang benar dan siapa yang abal-abal. Kami sudah melaporkan mereka ke Bareskrim," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

[vidio:Pawai Tolak Sosialisasi Bandara Kulon Progo]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Ada Opsi Hijab di AR Emoji Galaxy S9, Apa Kata Samsung?

Posted: 09 Mar 2018 09:00 PM PST

Galaxy S9 resmi hadir di Indonesia. Dalam peluncurannya yang berlokasi di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Jumat (9/3/2018), Model, Artis sekaligus Triathlete Kelly Tandiono menyebut salah satu fitur yang disukainya dari Galaxy S9 adalah AR Emoji.

AR Emoji merupakan fitur baru pada kamera Galaxy S9 yang bisa membuat emoji pribadi pengguna dalam bentuk animasi dan stiker GIF. AR Emoji bisa diaplikasikan pada Galaxy S9 berkat teknologi augmented reality (AR) yang disematkan di flagship smartphone ini.

Dengan AR Emoji, pengguna bisa mengkustomisasi sendiri tampilan emoji pribadinya. Entah itu rambut panjang atau pendek dengan beragam warna, warna baju, hingga bentuk kacamata.

Sayang, tak ada opsi hijab atau kerudung bagi pengguna wanita di Indonesia. Padahal, di Indonesia jumlah wanita yang memakai hijab sangat banyak.

Lantas, apakah Samsung akan menghadirkan pilihan hijab agar bisa dikustomisasi di AR Emoji?

IT and Mobile Marketing Director Samsung Electronics Indonesia, Jo Semidang, pun membenarkan, saat ini pilihan AR Emoji hijab memang belum ada di Galaxy S9. Kendati begitu, Jo menganggap opsi hijab pada AR Emoji Galaxy S9 adalah usulan yang menarik.

"Sekarang memang belum ada, tetapi ini input yang menarik. Kami akan mencoba mengakomodir saran tersebut ke tim developer, kalau oke mungkin akan coba untuk dikembangkan," ucap Jo dalam sesi tanya jawab dengan wartawan usai peluncuran Galaxy S9 di Indonesia.

Jika opsi hijab AR Emoji pada Galaxy S9 dikembangkan, Jo menyebut butuh waktu lama untuk merealisasikannya.

 

Spesifikasi Galaxy S9

Galaxy S9 Plus yang kini sudah tersedia di toko resmi Samsung di Indonesia (liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Sekadar diketahui, Galaxy S9 hadir dalam dua opsi yakni Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Secara spesifikasi, duo Galaxy S9 di Indonesia melenggang dengan prosesor Exynos 8910.

Soal kamera, Galaxy S9 memiliki kamera 12MP dan Galaxy S9 memiliki kamera ganda dengan kemampuan dual aperture F1.5 dan F2.4. Dual aperture ini berfungsi untuk mengambil foto dengan hasil terbaik di segala kondisi cahaya. Sementara, kamera depannya memiliki sensor 8MP dengan aperture F1.7.

Terkait memori, Galaxy S9 dibekali RAM 4GB dengan ruang penyimpanan internal 64GB. Sementara, Galaxy S9 Plus memiliki RAM 6GB dengan pilihan ruang penyimpanan 64GB dan 256GB. Keduanya didukung ruang penyimpanan eksternal melalui slot MicroSD hingga 400GB.

Galaxy S9 juga dibekali sertifikat IP68 yang tahan terhadap air hingga kedalaman 1,5 meter selama maksimal 30 menit. Selain itu, fitur-fitur lain yang dihadirkan Galaxy S9 antara lain adalah speaker berkualitas tinggi dengan teknologi AKG dan Dolby Atmos.

Seperti Galaxy S8, pada Galaxy S9 juga ada asisten pintar virtual Bixby yang kememampuan AR-nya diperbarui, sehingga proses penerjemahan bisa dilakukan secara real-time.

Soal kapasitas daya, Galaxy S9 memiliki baterai 3.000mAh dan Galaxy S9 Plus memiliki baterai 3.500mAh. Pengisian dayanya dilakukan melalui kabel USB Type C. Selain itu, Galaxy S9 juga dilengkapi koneksi NFC dan Bluetooth 5.0.

Harga dan Penjualan Galaxy S9 di Indonesia

Seorang model menunjukkan ponsel Samsung Galaxy S9 Plus dan Samsung Galaxy S9 saat acara Samsung Galaxy S9 Unpacked di Barcelona, Spanyol (25/2). (AFP Photo/Lluis Gene)

Di Indonesia, proses pre-order Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus sudah dilakukan pada 27 Februari hingga 5 Maret 2018. Galaxy S9 yang dibekali RAM 4GB dan memori internal 64GB dibanderol Rp 11,499 juta.

Sementara Galaxy S9 Plus dengan RAM 6GB dengan memori internal 64GB dijual Rp 12,999 juta dan Galaxy S9 Plus dengan RAM 6GB serta memori internal 256GB dijual Rp 14,499 juta.

Di Indonesia Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus hadir dalam 3 pilihan warna yakni Midnight Black, Coral Blue, dan Lilac Purple.

Penjualan perdana Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus bakal dilaksanakan 16-18 Maret 2018 di Mall Kelapa Gading 3 Jakarta Utara, Central Park Jakarta Barat, Sun Plaza Medan, dan Pakuwon Surabaya.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak Tips Bangun Merek Masa Kini dari Hermawan Kartajaya

Posted: 09 Mar 2018 09:00 PM PST

Memasarkan iklan dari suatu merektentunya jadi kewajiban bagi perusahaan agar dilirik konsumen. Namun begitu, ada hal-hal dasar yang harus dikuasai oleh sang pengiklan agar pesan dapat tersampaikan baik kepada pengguna jasa atau barang.

Pakar ilmu pemasaran dan juga pendiri Markplus Inc Hermawan Kartajaya menyebutkan, setidaknya ada 7 prinsip dasar yang harus dicermati sebelum mengiklankan suatu produk.

"Pertama, game of change, yang artinya seorang brand manager harus melihat kesempatan yang terjadi. Siapa yang bisa mendeteksi lebih dulu change itu, dia punya kesempatan lebih banyak untuk terus menyesuaikan agar brand-nya tidak mati," jelas dia, seperti ditulis Sabtu (10/3/2018).

Hal berikutnya yang manajer pemasaran harus perhatikan adalah game of competitor. Ia mengatakan, manajer wajib menentukan pesaing sehingga bisa membuat strategi yang tepat.

Prinsip-prinsip selanjutnya yaitu game of customer, di mana pengiklan bisa melihat segmen mana yang dituju, serta game of company, yaitu bentuk dukungan dari tim di luar pihak yang memasarkan.

"Kelima, game of positioning. Ketika keadaan berubah dari luar, seorang brand manager melakukan reposisi dengan cepat," jelas dia.

Hermawan melanjutkan, hal penting lainnya yang jangan sampai luput adalah game of differentiation. Menurutnya, sebelum suatu produk dari sebuah merek dikeluarkan, perusahaan wajib melihat apakah perbedaan yang ditawarkan komoditasnya itu masih relevan dengan kondisi saat ini atau tidak.

"Ketujuh, baru game of branding itu sendiri, atau game of marketing. Branding itu kan bagian dari marketing, elemen terpenting dari marketing," tuturnya.

 

Faktor Terpenting

Hermawan Kartajaya, Founder dan CEO MarkPlus Inc. (Denny Mahardy/ Liputan6.com)

Hermawan menambahkan, tiga faktor terpenting suatu iklan bisa sukses adalah change (perubahan), diferensiasi (perbedaan), dan proses. "Proses yang tidak ada di tujuh prinsip itu," ujar dia.

Ia menjabarkan, proses adalah elemen puncak dari kegiatan pemasaran. Dia turut menekankan, bahwa faktor ini menuntut tiga aspek, berupa quality, cost, dan delivery.

"Proses itu terpenting, dan harus dibuat lebih efisien mengikuti perkembangan dan mengontrol semua aspek tadi, supaya bisa jadi brand zaman now," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serba-serbi Bahaya Narkoba, Senjata Pembunuh Mengerikan Generasi Milenial

Posted: 09 Mar 2018 09:00 PM PST

Narkotika dan obat-obat berbahaya, atau lebih beken disebut narkoba, merupakan senyawa yang memberi efek kecanduan bagi para penggunanya, baik secara mental maupun kejiwaan.

Dari sisi ilmu kedokteran, narkoba hanyalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa digunakan para dokter atau rumah sakit untuk membius pasien yang hendak menjalani operasi. Namun, masyarakat tampaknya ada yang salah kaprah mengartikan manfaat narkoba, sehingga menggunakannya melampaui ambang batas. Hal ini yang kemudian memengaruhi susunan sistem saraf (neurologis), jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler), kulit (dermatologis), dan paru-paru (pulmoner).

Bahaya narkoba tidak hanya sebatas itu, tetapi juga memengaruhi psikologis seseorang, seperti hilangnya rasa percaya diri dan agitatif serta membawa pengaruh terhadap lingkungan sosial, seperti gangguan mental dan tindakan asusila.

Menurut para ahli psikotropika, serangan yang ditimbulkan setelah mengonsumsi narkoba, sangat bergantung dari jenis narkoba yang dikonsumsi. Narkoba jenis Opioid dapat mengakibatkan depresi berat, apatis, lelah berjalan, kehilangan nafsu makan sampai mual dan muntah. Sementara narkoba jenis kokain membuat denyut jantung bertambah cepat, rasa gembira berlebihan, banyak bicara kemudian gelisah, pergerakan mata tidak terkendali sampai penyumbatan pembuluh darah.

Sementara itu, ganja membuat mata jadi sembab, pendengaran terganggu, tulang gigi menjadi keropos serta menghancurkan saraf mata dan otak. Narkoba jenis ekstasi, membuat seseorang menjadi sangat energik, tapi matanya sayu dan wajahnya pucat, merusak saraf otak dan gangguan liver, dehidrasi dan sulit tidur. Sedangkan narkoba jenis sabu, membuat seseorang jadi paranoid, sulit berpikir serta pecahnya pembuluh darah jantung yang berujung pada kematian.

Bahaya narkoba tersebut kemudian dipelajari dan didalami oleh negara-negara tertentu untuk melumpuhkan kekuatan musuhnya tanpa harus menggunakan sistem persenjataan yang canggih sekali pun. Markas Besar TNI-AD juga menyadari bahwa peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat hingga oknum aparat TNI-Polri dewasa ini merupakan bagian dari perang modern yang digunakan musuh untuk menyerang suatu negara.

"Perang modern tidak lagi menggunakan kekuatan senjata (hard power) seperti yang dibayangkan masyarakat kita selama ini, tetapi lebih cenderung pada perang proxi (menggunakan pihak ketiga sebagai pelaku perang)," kata Mayjen TNI Heboh Susanto, perwira tinggi militer di lingkungan Pusterad Mabes TNI-AD, seperti dikutip dari AntaraNews, Sabtu (10/3/2018).

 

Simak juga video menarik berikut:

 

Peredaran narkoba sama dengan perang proksi

Artis Terjerat Narkoba (Ilustrasi:Abdillah)

Dalam pandangan militer, perang modern atau perang proksi, bukan hanya menyerang sistem ekonomi secara sistemik, tetapi juga ideologi bangsa, politik, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan yang bertujuan merusak sebuah bangsa, dengan merusak terlebih dahulu generasinya melalui peredaran narkoba.

"Perang modern atau perang proksi harus dilakukan secara bersama-sama. Tak bisa hanya mengandalkan aparat negara dalam memberantas peredaran narkoba. Penyalahgunaan narkoba merupakan musuh bersama. Mari kita hadapi bersama pula," kata jenderal berbintang dua itu.

 

Ilustrasi Narkoba 1 (Liputan6.com/M.Iqbal)

Peredaran narkoba sudah di level membahayakan

Ilustrasi Narkoba 4 (Liputan6.com/M.Iqbal)

Mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Budi Waseso, juga sependapat bahwa peredaran gelap narkoba saat ini merupakan sebuah alat perang modern yang bertujuan menghancurkan ketahanan dan masa depan suatu bangsa yang harus dihadapi secara bersama-sama pula.

Dalam catatan BNN, peredaran gelap narkotika dan obat terlarang di berbagai kota di Indonesia sudah pada level membahayakan dengan sasaran generasi muda dan aparatur sipil negara (ASN).

"Ini persoalan serius yang harus ditanggulangi secara bersama-sama," kata Budi Waseso.

 

Ilustrasi narkoba

Belasan ribu orang meninggal setiap tahun

Narkoba, senjata perang modern yang menakutkan.

Mantan Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, juga menyadari sepenuhnya bahwa gencarnya peredaran narkoba di Indonesia saat ini merupakan bagian dari perang candu dan proxy war untuk melumpuhkan kekuatan suatu bangsa dengan menyerang terlebih dahulu generasi mudanya.

"Ini bisnis ilegal terbesar di Indonesia saat ini. Semua bisnis ilegal pasti akan merapat kepada aparat keamanan untuk mencari perlindungan, baik ke polisi maupun TNI. Dan, tahun 2016, tercatat sekitar 5,1 juta penduduk Indonesia terlibat narkoba, dan setiap tahun 15.000 orang meninggal dunia akibat narkoba," papar Nurmantyo.

Puluhan Ribu Korban Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu provinsi termiskin di Indonesia, juga menjadi incaran para pengedar barang-barang berbahaya itu sebagai salah satu upaya untuk melumpuhkan kreativitas generasi daerah lewat perang modern tersebut.

 

Ilustrasi Narkoba

Jenis narkoba yang paling laris manis

Ilustrasi pemakai narkoba.

BNNP Nusa Tenggara Timur mencatat selama tahun 2017 terdapat 32.000 orang warga di wilayah provinsi berbasis kepulauan ini menjadi korban penggunaan narkoba.

"Secara kuantitas, jumlah korban pengguna narkoba memang turun, jika dibandingkan dengan tahun 2016 yang mencapai 49.329 orang, namun ini sudah pada tingkatan yang sangat membahayakan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP NTT Yos Gadhi.

Ia mengakui bahwa turunnya angka korban pengguna narkoba di NTT tersebut tidak lepas dari gencarnya sosialisasi yang dilakukan BNNP NTT tentang bahaya peredaran gelap narkoba.

Dalam catatan BNNP NTT, pengguna narkoba di wilayah provinsi berbasis kepulauan ini lebih banyak mengonsumsi narkoba jenis shabu-shabu serta ganja karena kedua jenis narkoba itu dinilai harganya lebih murah ketimbang ekstasi atau jenis narkoba lainnya.

 

Ilustrasi kecanduan narkoba

Curhat dokter yang tiga tahun hadapi pengguna narkoba pemula

Ilustrasi Narkoba 5 (Liputan6.com/M.Iqbal)

Selain melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan terhadap barang-barang berbahaya tersebut, BNNP NTT juga terus berupaya merehabilitasi pengguna narkoba agar segera lepas dari kecanduan yang telah lama melekat dalam diri seorang pengguna narkoba.

"Sampai sejauh ini, kami sudah melakukan rehabilitasi terhadap 150 warga pengguna narkoba untuk mengembalikan fungsi dan sistem kekebalan tubuh mereka dari kecanduan narkoba," kata Kordinator Klinik Pratama BNNP Nusa Tenggara Timur dr Daulat Samosir.

Proses rehabilitas tersebut diawali dengan mempelajari tingkat kecanduan korban pengguna agar mudah dalam melakukan rehabilitasi.

"Bagi yang masuk kategori kecanduan berat akan didahului dengan proses detoksifikasi guna meminimalisir gejala-gejala kecanduan mengkonsumsi narkoba dengan melakukan terapis medis," katanya.

Dokter Samosir yang sudah tiga tahun bertugas di NTT itu mengakui bahwa rehabilitasi terhadap 150 orang korban pengguna narkoba itu berjalan dengan sukses karena pada umumnya masih sebatas sebagai pengguna narkoba tingkat pemula.

Dalam kurun waktu 2013 sampai 2017, BNNP NTT mencatat hanya lima orang pengguna narkoba masuk dalam kategori pemadat sehingga dikirim ke pusat rehabilitasi narkoba di Lido, Jawa Barat untuk menjalani proses rehabilitasi.

"Mereka sudah pulang semuanya ke NTT dan telah beraktivitas kembali dalam masyarakat," ujar dr Samosir.

 

Ilustrasi Liputan Khusus Artis Narkoba

Solusi jitu sembuh dari ketergantungan narkoba

Ilustrasi Narkoba

Selain itu, Kementerian Sosial juga memberikan bantuan modal usaha sebesar Rp125 juta untuk 25 orang korban penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif (Napza) di Kota Kupang untuk mengembangkan usaha ekonomi produktif (UEP).

"Masing-masing orang mendapat alokasi bantuan Rp5 juta sebagai modal usaha untuk beternak babi, ayam, bengkel, kios dan rumah makan," kata Veronika Wawo, Ketua Yayasan Warna Kasih Kupang, LSM yang bergerak khusus di bidang rehabilitasi korban narkoba.

Kini, narkoba telah menjadi sebuah kekuatan yang sangat menakutkan karena telah merubah perangainya menjadi sebuah sistem persenjataan modern untuk melumpuhkan kekuatan sebuah bangsa dengan menghancurkan terlebih dahulu generasi bangsanya.

(Laurensius Molan/AntaraNews)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transgender Dinda Syarif Raih Penghargaan di Kontes Kecantikan Dunia

Posted: 09 Mar 2018 09:00 PM PST

Acara puncak Miss International Queen 2018 baru saja digelar pada Jumat (9/3/2018). Kontes kecantikan khusus para transgender di seluruh dunia ini juga diikuti salah seorang warga Indonesia yang diwakili oleh Dinda Syarif.

Setiap tahunnya, ajang Miss International Queen digelar di Pattaya, Thailand sejak 2004 silam. Dan perjuangan Dinda Syarif di kontes tersebut berbuah manis.

Meski tak keluar sebagai pemenang, Dinda Syarif berhasil membawa pulang penghargaan untuk kategori kostum nasional terbaik. Dinda menampilkan dirinya dalam balutan kostum yang merepresentasikan Tari Topeng Cirebon, salah satu tarian yang termahsyur di Jawa Barat.

Kabar bahagia ini diperoleh dari akun Instagram @theasianpageantry. "Best National Costume Miss International Queen 2018 is INDONESIA," tulisnya dengan mengunggah foto Dinda Syarif mengenakan kostum Tari Topeng Cirebon bernuansa merah menyala.

 

Si Gagah Menang

Dinda Syarif raih penghargaan di ajang Miss International Queen 2018 [foto: instagram/dindasyarif]

Lewat Instagram Story-nya, Dinda Syarif mengungkapkan kebahagiannya mendapatkan penghargaan itu. "Mbaa si gagah menang @violetaakrein," ungkap Dinda.

 

Kostum 30 Kilogram

Dinda Syarif di ajang Miss International Queen 2018 [foto: instagram/missinternationalqueen]

Kostum Tari Topeng Cirebon itu sendiri diakui Dinda memiliki berat sebesar 30 kilogram. "Gerakan pada topeng Kelana sejatinya menggambarkan sebagai manusia yang mampu mengendalikan nafsu amarah. Tari Topeng Cirebon merupakan sebuah gambaran budaya yang luhur, filsafat kehidupan yang menggambarkan sisi lain dari diri setiap manusia," jelas Dinda.

 

Berbikini

Dinda Syarif di ajang Miss International Queen 2018 [foto: instagram/dindasyarif]

Sama seperti di ajang kecantikan Miss Universe dan Miss World, para peserta Miss International Queen juga diminta tampil dengan mengenakan bikini. Dengan percaya diri, Dinda Syarif berlenggak lenggok di atas panggung memakai bikini two pieces warna hijau.

 

Pemenang

Pemenang Miss International Queen 2018 [foto: instagram/missinternationalqueen]

Mahkota Miss International Queen 2018 ini diraih oleh Nguyen Huong Giang dari Vietnam. Disusul Jacqueline dari Australia dan Rinrada Thurapan di posisi ketiga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Atraksi Mengerikan Tentara India Saat Unjuk Kemampuan

Posted: 09 Mar 2018 09:00 PM PST

Seorang anggota tentara India dari tim motor 'Tornado' melompati cincin api dengan mengendarai motor selama latihan gabungan di akademi pelatihan perwira di Chennai (9/3). (AFP Photo/Arun Sankar)

Seorang anggota tentara India dari tim motor 'Tornado' melompati cincin api dengan mengendarai motor selama latihan gabungan di akademi pelatihan perwira di Chennai (9/3). (AFP Photo/Arun Sankar)

Aksi seorang anggota tentara India dari tim display paramotor PRTC saat terjun payung selama latihan gabungan di akademi pelatihan perwira di Chennai (9/3). (AFP Photo/Arun Sankar)

Aksi seorang anggota tentara India dari tim display paramotor PRTC saat terjun payung selama latihan gabungan di akademi pelatihan perwira di Chennai (9/3). (AFP Photo/Arun Sankar)

Para tentara India dari anggota 'Tornado' beraksi dengan satu motor selama latihan gabungan di akademi pelatihan perwira di Chennai (9/3). (AFP Photo/Arun Sankar)

Para tentara India dari anggota 'Tornado' beraksi dengan satu motor selama latihan gabungan di akademi pelatihan perwira di Chennai (9/3). (AFP Photo/Arun Sankar)

Seorang kadet pelatihan tentara India melompati cincin api saat melakukan latihan senam selama latihan gabungan di akademi pelatihan perwira di Chennai (9/3). (AFP Photo/Arun Sankar)

Seorang kadet pelatihan tentara India melompati cincin api saat melakukan latihan senam selama latihan gabungan di akademi pelatihan perwira di Chennai (9/3). (AFP Photo/Arun Sankar)

Seorang anggota tentara India dari tim motor 'Tornado' menabrak batu bata selama latihan gabungan di akademi pelatihan perwira di Chennai (9/3). (AFP Photo/Arun Sankar)

Seorang anggota tentara India dari tim motor 'Tornado' menabrak batu bata selama latihan gabungan di akademi pelatihan perwira di Chennai (9/3). (AFP Photo/Arun Sankar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Cuma di Indonesia, Pemotor Beli Pulsa Saat Lampu Merah

Posted: 09 Mar 2018 09:00 PM PST

Seorang pengendara motor sempat-sempatnya membeli pulsa saat lampu merah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guru yang Dianiaya Murid di Pontianak Masih Jalani Perawatan

Posted: 09 Mar 2018 08:56 PM PST

Nuzul Kurniawati, guru SMP Darrusalam, Kecamatan Pontianak Timur, Kalimantan Barat, dianiaya muridnya hingga harus dirawat di rumah sakit. Pelaku yang masih di bawah umur ditetapkan sebagai tersangka penganiayaan.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Sabtu (10/3/2018), Nuzul Kurniawati masih dalam perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso Pontianak. Kondisinya berangsur membaik setelah dirawat sejak Rabu siang, 7 Maret lalu. Selain itu, guru bantu di SMP Darussalam ini juga telah bersedia diperiksa oleh penyidik.

Sementara pelaku, seorang siswa kelas 8 berinisial NL telah ditetapkan sebagai tersangka. Namun karena masih di bawah umur, NL dititipkan di flat Badan Pemasyarakatan Khusus Anak.

Nuzul dianiaya seorang siswanya, NL, setelah menegur dan merebut telepon selular pelaku. Tidak terima, NL langsung memukul korban dengan kursi plastik dan melemparkan ponsel dan mengenai leher korban. Meski tengah ditangani kepolisian, upaya mediasi juga dilakukan oleh sekolah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi Yudisial: Redistribusi Hakim Tak Mungkin Lagi Dilakukan

Posted: 09 Mar 2018 08:48 PM PST

Ketua Komisi Yudisial (KY) Aidul Fitriciada Azhari mengatakan, upaya redistribusi hakim untuk menunda rekrutmen sudah tidak mungkin dilakukan. Aidul mengatakan hal tersebut dalam acara Temu Nasional Forum Dekan dan Ketua STIH terkait kajian hukum Rancangan Undang Undang Jabatan Hakim.

"Redistribusi hakim sudah pernah diupayakan oleh Komisi Yudisial, tetapi tampaknya memang kondisinya sudah tidak memungkinkan lagi untuk redistribusi," ujar Aidul di Kendari, Sulawesi Tenggara, Sabtu (10/3/2018).

Redistribusi hakim dilakukan dengan menempatkan jumlah hakim lebih banyak di daerah yang memiliki potensi perkara lebih banyak dibandingkan dengan daerah lain, dan menempatkan lebih sedikit hakim di daerah yang memiliki jumlah perkara lebih rendah dibanding daerah lain.

"Ini sempat menjadi wacana untuk menunda rekrutmen hakim hingga RUU Jabatan Hakim disahkan, namun situasi sudah sangat mendesak dan jumlah hakim memang sudah sangat kurang," kata Aidul seperti dikutip Antara.

Rekrutmen hakim terakhir dilakukan oleh Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial pada 2012.

"Dalam kurun waktu enam tahun tentu ada hakim yang pensiun, ada hakim yang meninggal, sementara jumlah pengadilan terus bertambah karena adanya pemekaran wilayah, maka redistribusi hakim sudah tidak mungkin lagi," jelas Aidul.

Rekrutmen Jalur CPNS

Komisi Yudisial mengumumkan calon hakim agung yang lolos seleksi (Liputan6.com/ Putu Merta Surya Putra)

Karena situasi yang kian mendesak tersebut, Presiden Joko Widodo kemudian menerima skenario rekrutmen calon hakim melalui jalur calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Aidul mengakui bahwa melakukan rekrutmen hakim melalui jalur CPNS memang memiliki banyak konsekuensi.

"Ini memang memiliki konsekuensi yang besar, karena calon hakim yang direkrut belum tentu cukup kompeten untuk langsung menjabat setelah melalui masa pendidikan dan pelatihan selama dua tahun," pungkas Aidul.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Roma Berniat Tiru Juventus di Liga Champions

Posted: 09 Mar 2018 08:45 PM PST

Gelandang AS Roma, Kostas Manolas meminta timnya bisa meniru Juventus, saat menjamu Shakthar Donetsk di leg kedua Babak 16 Besar Liga Champions, tengah pekan depan di Stadio Olimpico. Roma kalah 1-2 di leg pertama, dan harus menang minimal 1-0 jika ingin lolos.

"Kami membutuhkan ketenangan, kepintaran, pengalaman dan keseimbangan. Kami melihat Juventus melawan Tottenham dan Anda membutuhkan hal-hal itu. Kalau tidak, Anda tak akan lolos," kata Manolas seperti dilansir Football Italia.

Seperti diketahui, Juventus berhasil lolos ke Babak 8 Besar setelah mengalahkan Tottenham 2-1 (agregat) 4-3) pada leg kedua. Padahal, Juventus tertinggal lebih dulu dalam pertandingan yang berlangsung di markas Spurs, Stadion Wembley tersebut.

Juventus tertinggal satu gol lebih dulu lewat gol Song Heung Min. Namun pasukan Massimiliano Allegri berhasil membalikkan keadaan berkat gol Gonzalo Higuain dan Paulo Dybala di babak kedua.

 

Bantuan Fans

Fans AS Roma (AFP/Filippo Monteforte)

Manolas menambahkan, selain persiapan teknis, dirinya berharap suporter AS Roma memberikan dukungan maksimal saat harus menjamu Shakhtar. Menurutnya, dukungan suporter akan menambah motivasi para pemain Roma.

"Kami membutuhkan fans karena mereka penting. Kami akan mempersiapkan diri dengan maksimal agar kami bisa mencapai tujuan kami yaitu perempat final Liga Champions," kata Manolas.

Untuk lolos Roma paling tidak harus menang 1-0 atas Shakthar dalam leg kedua nanti. Jika itu terwujud, Roma akan lolos karena lebih produktif di kandang lawan.

Modal Penting

Roma sendiri baru saja mengantongi modal penting untuk menghadapi laga leg kedua tersebut. Pasukan Eusebio Di Francesco baru saja menang 3-0 atas Torino, Sabtu (10/3/2018) dinihari WIB. Manolas menyumbang satu gol dalam laga tersebut.

"Saya senang bisa mencetak gol namun saya lebih senang karena kami menang. Kami adalah Roma dan kami harus melangkah ke lapangan dengan mentalitas pemenang," kata Manolas.

Kemenangan atas Torino menjaga AS Roma tetap berada dalam persaingan memperebutkan empat besar. Roma kini mengoleksi 56 poin dan berada di peringkat ketiga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungi Indonesia, Ini yang Dirasakan Miss Universe 2017

Posted: 09 Mar 2018 08:40 PM PST

Miss Universe 2017 bertandang ke Indonesia untuk kedua kalinya. Ia menghadiri malam puncak pemilihan Puteri Indonesia 2018 digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (9/3/2018).

Demi-Leigh Nel-Peters, Miss Universe 2017 ini pun mengungkap kekagumannya pada Indonesia saat diwawancarai Andhika Pratama di atas panggung.

Menariknya, Miss Universe 2017 menemukan persamaan antara Indonesia dan negara asalnya, Afrika Selatan. Menurut Demi, masyarakat Tanah Air sama hangatnya dengan orang-orang di Afrika Selatan.

 

Ramah

(Adrian Putra/bintang.com)

"Indonesia mengingatkan aku pada Afrika Selatan. Rasanya seperti berasa di rumah sendiri. Orang-orangnya sangat ramah dan hangat," ujar Demi-Leigh Nel-Peters.

 

Wejangan

(Adrian Putra/Bintang.com)

Perempuan yang kini menetap di New York itu pun mengungkap wejangan untuk para finalis Puteri Indonesia 2018. Demi-Leigh Nel-Peters menyarankan mereka agar tidak terlalu gugup dan menikmati malam ini dengan hati tenang.

 

Nikmati

(Adrian Putra/Bintang.com)

"Semua finalis punya keunikan masing-masing ya. Aku akan melihat mereka di barisan terdepan. Teman-teman (finalis Puteri Indonesia 2018), nikmati lah malam ini. Ini adalah kesempatan sekali seumur hidup, maka nikmati lah," ucap Demi-Leigh Nel-Peters.

 

Kegiatan

Miss Universe 2017 Demi-Leigh Nel-Peters (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wanita 22 tahun ini sudah tiba di Jakarta, sejak Kamis (8/3/2018), bersama perwakilan dari Miss Universe Organization. Demi-Leigh Nel-Peters akan melakukan serangkaian kegiatan yang telah disiapkan oleh Yayasan Puteri Indoensia dan Mustika Ratu selama enam hari masa kunjungannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejumlah Mobil Mewah Tabrakan Beruntun di Tol Cipali

Posted: 09 Mar 2018 08:39 PM PST

Tabrakan beruntun yang menimpa rombongan mobil supercar Lamborghini ini terjadi di ruas Tol Cipali, Subang, Jawa Barat.  Tabrakan melibatkan empat mobil kelas premium, yakni Lamborghini, Lexus, Honda C-RV dan mobil patroli pengawal dari kepolisian. Keempat mobil ini merupakan rombongan yang hendak touring dari Jakarta menuju Cirebon.

Seperti yang ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Sabtu (10/3/2018), pengemudi mobil Lexus, yang bernama Maulana, mengatakan, tabrakan beruntun terjadi  saat mobil Lamborghini yang  berada di urutan terdepan mengalami pecah ban dan sayap mobilnya lepas. Kejadian ini menyebabkan mobil patwal polisi  dan mobil kru Lamborgini yang berada di belakangnya melakukan rem secara mendadak. 

Sementara diduga mobil kru Lamborgini tidak mampu menguasai kendaraannya  sehingga menabrak tiga mobil di depannya, termasuk yang dikendarai Maulana. Keempat kendaraan ini  langsung dievakuasi  ke pos PJR Tol Cipali. Kepolisian hingga kini belum bersedia memberikan keterangan, terkait kasus tabrakan beruntun ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Jokowi Ajak AHY Pukul Gong Saat Membuka Rapimnas Demokrat

Posted: 09 Mar 2018 08:35 PM PST

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi membuka Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat 2018 di SICC Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu siang.

Pantauan Liputan6.com, Presiden Jokowi diminta panitia acara untuk membuka Rapimnas dengan memukul gong yang sudah disediakan di atas panggung.

Pembawa acara pun meminta Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekjen Partai Hinca Panjaitan untuk naik ke atas panggung.

Selain SBY, Ketua Komando Tugas Bersama (Kosgama) Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga diminta naik ke atas panggung.

Sebelum memukul gong, Jokowi pun mengundang tepuk tangan dan histeris peserta dengan meminta didampingi AHY. Sikap meminta itu ditunjukkan Jokowi dengan mengayunkan tangan ke arah AHY. Dan ajakan itu pun direspons AHY yang langsung berdiri di samping Jokowi.

Jokowi pun memukul Gong sebanyak lima kali yang disambut riuh peserta rapimnas.

Jokowi Mengaku Demokrat

Sebelumnya, Jokowi sempat memberi sambutan saat membuka Rapimnas Demokrat di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pada pidatonya, Jokowi mengaku sebagai seorang demokrat. Dia percaya diri ciri-ciri demokrat ada padanya. Salah satunya, mau mendengar dan menghargai orang lain.

"Saya ini seorang demokrat," kata Jokowi yang disambut dengan tepuk tangan peserta Rapimnas Demokrat.

Menurut dia, selama ini, ada yang menilainya sebagai pemimpin yang tak gagah dan otoriter. Padahal, dia mengaku tidak memiliki wajah sangar dan otoriter. Dia pun berusaha selalu tersenyum.

"Kenapa kok dibilang ororiter dan saya tidak ada potongan sama sekali potongan otoriter. Penampilan saya tidak sangar dan saya tersenyum," ujar Jokowi.

Dia pun mengaku memiliki sifat yang tak beda jauh dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

"Ciri-ciri demokrat kan mendengar dan menghargai ucapan orang lain. Dan kurang lebih saya memenuhi lah kriteria itu. Artinya, saya sama SBY beda-beda tipis sekali. Kalau saya seorang Demokrat, Pak SBY tambah satu yaitu Ketua Umum Partai Demokrat," ucap Jokowi.

Kogasma Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, Selasa (6/3/2018). (Liputan6.com/Partai Demokrat)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendiri Matahari Grup Ditemukan Tewas di Sungai Ciliwung

Posted: 09 Mar 2018 08:32 PM PST

Pendiri Matahari Group dan pemilik Taman Wisata Matahari, Puncak, Bogor, Hari Darmawan ditemukan tewas di tepi Sungai Ciliwung, Sabtu (10/03/2018) pagi. Jasad Hari ditemukan oleh tim pencari arung jeram yang biasa beroperasi di Taman Wisata Matahari bersama petugas.

Jenazah Hari Darmawan ditemukan di tepi sungai sekitar satu kilo dari lokasi villa miliknya di Desa Jogjogan, Cisarua, Bogor. Dugaan sementara Hari tewas setelah tercebur ke sungai lalu terbawa arus sejauh satu kilometer.

Saksikan berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, sesaat lagi pukul 12.00 WIB. Anda juga dapat menyaksikan tayangan berita SCTV secara live streaming di tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Berharap Bank Wakaf Makin Besar hingga Genjot Ekonomi

Posted: 09 Mar 2018 08:30 PM PST

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan meresmikan Bank Wakaf Mikro Al Fitrah Wava Mandiri pada Jumat 9 Maret 2018. Ini juga sebagai rangkaian kunjungan kerja ke Jawa Timur dan mengunjungi Pondok Pesantaran Assalafi Al Fithrah di Kedinding, Surabaya.

Saat menyampaikan sambutan, Jokowi menjelaskan bank wakaf didorong untuk didirikan. Karena dirinya tidak hanya mengurus yang besar, tetapi juga ingin mengurus yang kecil-kecil.

"Meski pun ini nanti kantornya kecil, enggak apa-apa, modalnya juga kurang lebih Rp 8 miliar enggak apa-apa," tutur Jokowi, seperti dikutip dari laman Setkab, Sabtu (10/3/2018).

Jokowi menuturkan, pembangunan bank wakaf mikro ini berasal dari donasi tokoh-tokoh yang ada di Indonesia. Ia menambahkan dari Cirebon misalnya didonasi oleh pengusaha Dato Tahir.

Jokowi berharap bank wakaf mikro ini harus bisa menyelesaikan masalah-masalah yang tidak bisa diselesaikan oleh perbankan. Karena kalau mau pinjam ke bank itu harus memiliki agunan, dan harus mengumpulkan administrasi yang bertumpuk-tumpuk.

"Di perbankan juga kalau kami lihat, ada bunganya. Bunganya cukup besar. Kalau bank wakaf mikro ini hanya dikenal yang namanya biaya operasional atau biaya administrasi yaitu hanya tiga persen per tahun bukan per bulan (tapi) per tahun," ujar dia.

Ia pun menambahkan, kalau misalnya ada ibu-ibu mau pinjam Rp 2 juta juga dapat meminjam di bank wakaf mikro. Mengenai pemilihan pondok pesantren tempat didirikannya bank wakaf mikro, Jokowi menuturkan, karena pemerintah ingin santri-santri bisa belajar bagaimana mengelola secara profesional sebuah bank.

Jokowi menambahkan, apabila bank ini menjadi besar nantinya diharapkan akan semakin besar ekonomi umat, dan dapat berjalan dengan baik.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Bentuk Bank Wakaf

Tulisan OJK terpampang di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta,(4/11/2015). Pengawas Pasar Modal OJK mengatakan pembahasan enam langkah sudah final karena tidak ada lagi perdebatan dari segi substansi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, OJK juga akan memperluas pembentukan Bank Wakaf Mikro di berbagai daerah dengan menggunakan model Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Serta, mensinergikan dengan program Pemerintah, seperti Kredit Ultra Mikro (UMi), Program Membina Keluarga Sejahtera (MEKAAR), dan Bansos Non-Tunai melalui peran aktif lembaga jasa keuangan.

Menyikapi perkembangan teknologi yang pesat, Wimboh mengatakan, OJK mendukung inovasi produk teknologi di sektor jasa keuangan (fintech). Namun, tetap dalam koridor tata kelola yang baik berdasarkan asas TARIF (Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Independensi dan Fairness) agar aspek perlindungan masyarakat terpenuhi.

Saat ini terdapat 30 perusahaan fintech P2P Lending yang terdaftar atau berizin di OJK dan 36 perusahaan dalam proses pendaftaran. Total pembiayaan bisnis finvech ini telah mencapai Rp 2,6 triliun dengan 259.635 peminjam.

Di tahun 2018 OJK akan mengeluarkan kebijakan di lembaga jasa keuangan, antara lain guiding principles bagi penyelenggara layanan keuangan digital yang mencakup mekanisme pendaftaran dan perizinan serta penerapan regulatory sandbox dan kebijakan tentang crowdfunding.

"Kami mengarahkan lembaga jasa keuangan agar meningkatkan sinergi dengan perusahaan fintech ataupun mendirikan lini usaha fintech. Kemudian menyikapi perkembangan cryptocurrency, OJK melarang lembaga jasa keuangan untuk menggunakan dan memasarkan produk yang tidak memiliki legalitas izin dari otoritas terkait," kata Wimboh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Bantah Bidik Jonathan Bauman dan Jorge Pereyra Diaz

Posted: 09 Mar 2018 08:30 PM PST

Nama dua pemain asal Argentina, Jonathan Bauman dan Jorge Pereyra Diaz tidak pernah usai dikait-kaitkan dengan Persib Bandung. Padahal, tim berjuluk Pangeran Biru ini telah memiliki slot maksimal untuk legiun asing, yaitu empat.

Di skuat musim ini, Bojan Malisic (Serbia), Michael Essien (Ghana), Oh In Kyun (Korea Selatan), dan Ezechiel N'Douassel menjadi penghuni pos pemain asing Persib. Keempatnya masih terus mengikuti latihan dengan klub kebanggaan Bobotoh itu hingga saat ini.

Lantas, bagaimana mungkin Persib dapat menambah pemain asing tanpa adanya pencoretan lebih dulu? Dengan tegas, manajemen Pangeran Biru menyanggah spekulasi merapatnya Bauman dan Diaz.

"Salah semua lah itu. Nanti sajalah kepastiannya daripada rumor-rumor saja kan. Tunggu yang pasti-pasti saja lah. Daripada berspekulasi," ungkap Direktur PT Persib Bandung Bermatabat (PBB), Teddy Tjahjono.

Tapi, Teddy tidak menyangkal kalau manajemen dan tim pelatih memang ingin mencari pemain asing anyar. Dengan risiko, salah satu dari empat legiun impor yang dipunya bakal ditendang.

Coret Pemain Asing

Pelatih Persib Bandung, Mario Gomez. (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomez, kerap kali menyampaikan keinginannya untuk menambah pemain, termasuk legiun asing. Tapi, hingga kini, manajemen Persib tidak kunjung mengabulkan permintaan itu.

Pasalnya, yang diminta Gomez ialah perekrutan striker impor. Kalau begitu, Persib bakal mengorbankan salah satu pemain asingnya.

"Nanti kami carikan solusinya," ujar Teddy.

Berencana Tambah Pemain

Teddy mengakui bahwa manajemen dan tim pelatih Persib mendambakan kedatangan pemain baru. Hingga pendaftaran Liga 1 2018 ditutup pada 29 Maret 2018, Pangeran Biru terus berupaya mewujudkan hasrat itu.

"Jelas akan intens, kami terus berusaha sampai pendaftaran pemain ditutup, kami akan berusaha," tutup Teddy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dinikahi Pria Malaysia, Whulandary Herman Pindah Kewarganegaraan?

Posted: 09 Mar 2018 08:30 PM PST

Whulandary Herman resmi melepas masa lajangnya usai dinikahi Nik Ibrahim, pria asal Malaysia. Keduanya melangsungkan akad nikah di Plataran Heritage Borobudur, Jawa Tengah, pada 10 Februari 2018 lalu.

Setelah menikah, Whulandary Herman langsung diboyong sang suami untuk tinggal di Negeri Jiran. Pertanyaan seputar status kewarganegaraan Whulandary pun berdatangan.

Namun, melalui Instagram pribadinya, Jumat (9/3/2018), Whulandary Herman menegaskan dirinya tetap berstatus sebagai warga negara Indonesia. Wanita berusia 28 tahun itu dengan bangga menunjukkan paspor miliknya dari Indonesia.

"Saya Indonesia I'm proud to be an Indonesian. Walaupun telah tinggal dan Hidup di negara lain, kacintaan saya terhadap Indonesia tidak perlu di ragùkan lagi," ungkap Whulandary Herman di keterangan foto.

 

Negara Kebanggaan

Whulandary Herman dan Nik Ibrahim [foto: instagram.com/whulandary]

Bagi Whulandary, meski dirinya kini sudah tinggal di negeri orang, ia akan selalu bangga menjadi warga Indonesia. Negara tempatnya dilahirkan dan dibesarkan.

"Indonesia tempat saya di lahirkan,tempat saya dibesarkan, selama nya Indonesia akan menjadi kebanggaan saya," papar wanita berdarah Minang itu.

 

Senasib dengan Laudya Cynthia Bella

Laudya Cynthia Bella dan Whulandary Herman [foto: instagram.com/whulandary]

Sebelum Whulandary Herman, ada Laudya Cynthia Bella yang lebih dulu menetap di Malaysia. Bintang film Surga yang Tak Dirindukan itu menikah dengan Engku Emran, seorang duda beranak satu.

"Hi wanita Senasib. Resmi pindah ke KL (Kuala Lumpur) memulai kehidupan baru sebagai istri! Dia bilang padaku "Selamat datang di kelab"," cerita Whulandary saat bertemu Laudya Cynthia Bella.

 

Memulai Hidup Baru

Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran (Foto: instagram.com/laudyacynthiabella)

Sebagai orang yang lebih dulu tinggal di Malaysia, Laudya Cynthia Bella mengajak Whulandary untuk menikmati banyak hal baru yang ada di Negeri Jiran.

"Hey Miss rendang.. mari kita mengexplore hal baru,kita mulai hidup baru di area nasi lemaak ini... *hugs LOVEEEEE YOU Bhulan sayang," kata Bella kepada Whulandary.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Pusingnya Jokowi Pilih Baju Jelang Rapimnas Demokrat karena AHY

Posted: 09 Mar 2018 08:26 PM PST

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat 2018 di SICC Sentul, Bogor, Jawa Barat. Saat memberi sambutan, Jokowi bercerita tentang pusingnya mencari baju untuk dikenakan di Rapimnas Demokrat.

Dia menuturkan kebingungannya ketika hadir di Kongres Demokrat pada 2015. Dia sibuk menebak baju apa yang akan dikenakan Ketua Umum Demokrat, SBY.

"Saya ingat saat hadir Kongres Demokrat ke-4 di Surabaya pada 2015. Saya diundang Demokrat, siap-siapnya setengah hari, terutama untuk urusan pakaian. Sampai saat ini saya masih jauh sekali kalau soal kerapian dengan Pak SBY. Sejak subuh sudah bingung pakai jas yang mana dan saya nebak-nebak pakaian yang mana dipakai SBY," kata Jokowi di Sentul, Sabtu (10/3/2018).

Nah, jelang hadir di Rapimnas Demokrat hari ini, dia pun mengalami hal yang sama. Namun, bebannya bertambah karena telah ada sosok Agus Harimurti Yudhoyono dalam kancah politik nasional.

"Pak SBY belum selesai, sekarang hadir Mas Agus Harimurti. Ini lebih sulit lagi. Orangnya muda, ganteng, pinter, kalau berpakaian juga rapi dan cling. Dengan saya lebih jauh lagi (gayanya). Jadi kalau saya mau hadir di undangan Demokrat harus betul rapi dan rinci karena SBY dan AHY," ujar Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Takkan Remehkan Palace

Posted: 09 Mar 2018 08:24 PM PST

Manajer Chelsea, Antonio Conte tak mau sedikitpun meremehkan tim zona degradasi, Crystal Palace yang akan menjadi lawan mereka pada lanjutan Premier League, Minggu (11/3) dini hari besok. 

Palace boleh saja selalu kalah dalam tiga laga terakhir, tapi pasukan Roy Hodgson sempat merepotkan dua lawan terakhir yang merupakan tim papan atas, Tottenham Hotspur dan Manchester United.

"Mereka kalah di dua laga terakhir tapi mereka layak mendapat hasil lebih baik melawan Tottenham dan Manchester United," ujar Conte seperti dikutip Soccerway.

"Kami harus memberikan perhatian besar. Kami butuh tiga poin dan kami tahu dengan sangat baik bahwa kami bermain melawan tim bagus dengan para pemain bertalenta," lanjutnya.

Chelsea kini duduk di peringkat lima klasemen Premier League dengan koleksi 53 poin, tertinggal lima angka dari tim peringkat empat, Tottenham Hotspur.

Sumber Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengalaman dengan Artis Alay, Ini Komentar Pedas Deddy Corbuzier

Posted: 09 Mar 2018 08:20 PM PST

Pesulap Deddy Corbuzier semakin sering tampil untuk memberikan pendapatnya di akun YouTube miliknya. Seperti yang baru-baru ini dilakukan duda satu anak ini, ia membicarakan mengenai fenomena artis alay.

Dalam videonya, Deddy Corbuzier mengakui bahwa dirinya dapat pertanyaan banyak tentang 'Artis alay tambah banyak dan bisakah artis alay jadi berkelas?'.

Deddy Corbuzier memulai menjawabnya dari pertanyaan kedua. Menurutnya, alay adalah sikap yang berkaitan dengan perilaku. 

"Gue pernah coba bikin artis alay berkelas, enggak bertahan lama balik lagi jadi alay. Kenapa? Because it's an attitude. It's a character yang dibangun dari keluarganya, dari sosialnya, dari lingkungannya," ujarnya. 

Piramida

(Adrian Putra/Bintang.com)

Deddy menjelaskan bahwa ada hukum piramida yang memiliki dua sisi, semakin ke bawah makin besar.

"Jadi gini, ada hukum piramid. Contohnya orang pintar orang bodoh, orang berkelas orang tidak berkelas, orang berpendidikan orang tidak berpendidikan, sukses tidak sukses, kaya tidak kaya," Jelasnya.

Didikan Keluarga

(Adrian Putra/Bintang.com)

Ia menjelaskan bahwa maksud dari piramida itu bisa terlihat, semua berasal dari lingkungan keluarganya sudah mendidik mereka dari kecil untuk melakukan hal-hal alay.

Deddy Corbuzier juga mencontohkan beberapa hal-hal yang dianggap alay. "Contohnya ngeplak kepala didiamkan sama orang tuanya, ngomong kasar, ngomong kotor didiamkan sama lingkungannya. Akhirnya mereka sudah terbiasa dengan hal yang seperti itu," tambah ilusionis berkepala plontos.

Industri Media

(Adrian Putra/Bintang.com)

Deddy Corbuzier melanjutkan jika sifat itu diperbaiki mereka akan kembali lagi seperti semula, karena tidak kuat untuk dijadikan benar.

Sifat alay itu pun dinilai ayah satu anak ini disebabkan oleh industri media sekarang ini yang mengejar rating dan sharing. Selain itu menurut Deddy dengan menjadi alay maka tawaran pekerjaan yang datang untuk artis akan lebih banyak.

Tidak Bisa Diubah

Deddy Corbuzier (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Deddy Corbuzier meyakini menjadi artis alay lebih mudah dari pada harus berpikir, dan berkarya. Begitu pun tingkah lakunya.

"Kita enggak bisa ubah mereka karena attitude tidak bisa diubah," pungkasnya.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Saya Ini Seorang Demokrat

Posted: 09 Mar 2018 08:16 PM PST

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi sambutan saat membuka Rapimnas Demokrat di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Pada pidatonya, Jokowi mengaku sebagai seorang demokrat. Kok bisa?

Dia percaya diri ciri-ciri demokrat ada padanya. Salah satunya, mau mendengar dan menghargai orang lain.

"Saya ini seorang demokrat," kata Jokowi yang disambut dengan tepuk tangan peserta Rapimnas Demokrat. 

Menurut dia, selama ini, ada yang menilainya sebagai pemimpin yang tak gagah dan otoriter. Padahal, dia mengaku tidak memiliki wajah sangar dan otoriter. Dia pun berusaha selalu tersenyum.

"Kenapa kok dibilang ororiter dan saya tidak ada potongan sama sekali potongan otoriter. Penampilan saya tidak sangar dan saya tersenyum," ujar Jokowi.

Dia pun mengaku memiliki sifat yang tak beda jauh dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

"Ciri-ciri demokrat kan mendengar dan menghargai ucapan orang lain. Dan kurang lebih saya memenuhi lah kriteria itu. Artinya, saya sama SBY beda-beda tipis sekali. Kalau saya seorang Demokrat, Pak SBY tambah satu yaitu Ketua Umum Partai Demokrat," ucap Jokowi.

 

Tak Mau Duduk

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat 2018 di SICC Sentul, Bogor, Jawa Barat. Jokowi direncanakan membuka Rapimnas yang akan digelar selama dua hari, 10-11 Maret 2018.

Pantauan Liputan6.com, Presiden Jokowi yang datang mengenakan kemeja putih dibalut jas hitam, masuk ke arena rapimnas didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dan istri Ani Yudhoyono, mantan Wapres Boediono, Mendagri Tjahjo Kumolo serta Menkopolhukam Wiranto.

Tiba di depan panggung, Jokowi pun ikut menyalami para kader yang duduk di bagian depan. Jokowi terlihat santai dengan terus melemparkan senyum.

Usai menyanyikan Indonesia Raya, Himne Demokrat pun dinyanyikan. Sebelum bernyanyi, pembawa acara mengimbau agar para kader tidak duduk terlebih dahulu kecuali para tamu. Namun Jokowi tidak duduk. Dan sikap Jokowi ini disambut riuh suara tepuk tangan peserta.

"Terima kasih Pak Presiden mau tetap dan berkenan berdiri saat Himne Demokrat dinyanyikan," ujar pembawa acara disambut riuh tepuk tangan peserta.

Usai menyanyikan Himne Demokrat, Jokowi pun duduk diapit Presiden dan Wakil Presiden ke-6 RI, SBY dan Boediono.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mourinho: MU dan Liverpool Sama-Sama Punya Kelemahan

Posted: 09 Mar 2018 08:15 PM PST

Laga Manchester United (MU) versus Liverpool di Old Trafford akan meramaikan pekan ke-30 Liga Inggris, Sabtu (10/3/2018). Selain faktor historis, laga nanti akan semakin panas karena kedua tim hanya terpaut dua poin di tabel klasemen.

Manajer MU, Jose Mourinho, menilai calon lawannya itu bukanlah tim yang sempurna. Akan tetapi, Mourinho menyadari timnya pun juga punya kekurangan.

"Mereka bukan tim yang sempurna. Mereka tim yang bagus dan itulah mengapa mereka ada di papan atas, itu sulit," ujar Mourinho seperti dilansir Soccerway.

"Mereka punya kualitas dan kelemahan. Kami pun punya kualitas dan kelemahan," kata Mourinho menambahkan.

Laga MU melawan Liverpool juga jadi ajang adu taktik berbeda antara Mourinho dan Manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Mourinho dianggap mempraktekkan taktik defensif, sementara Klopp taktik menyerang.

Hal ini setidaknya terbukti dari catatan statistik. MU baru kebobolan 22 kali dalam 29 pertandingan Liga, sementara Liverpool telah memasukkan 67 gol. Catatan gol Liverpool itu merupakan yang kedua setelah catatan gol Manchester City.

Paul Pogba (kanan) dan Alexis Sanchez dinilai gagal memenuhi harapan pemain MU (Paul ELLIS / AFP)

Punya Situasi yang Sama

Mourinho menilai MU dan Liverpool kini menghadapi situasi yang sama. Kedua tim kini hanya bersaing untuk memperebutkan posisi runner up.

Pasalnya, Manchester City selaku pemuncak klasemen unggul jauh dalam perolehan poin. Pasukan Pep Guardiola mengoleksi 78 poin, unggul 16 poin dari MU, dan 18 poin dari Liverpool.

Dengan liga musim ini yang hanya menyisakan sembilan pertandingan, sulit rasanya bagi MU dan Liverpool untuk menyalip ManCity. "Kami berada di situasi yang sama dalam hal perolehan poin di Liga Inggris," kata Mourinho.

Statistik Unggulkan MU

Di sisi lain, MU diunggulkan secara statistik atas Liverpool di laga nanti. Ya, Setan Merah baru kalah satu kali dalam lima pertandingan terakhir saat harus menjamu Liverpool.

Satu-satunya kekalahan tersebut terjadi di Liga Inggris musim 2013/14 di mana MU kalah 0-3 dari Liverpool. Sisanya, MU menang dua kali dan imbang dua kali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Meriahnya Upacara Pembukaan Paralympics 2018

Posted: 09 Mar 2018 08:15 PM PST

Kembang api saat menghiasi upacara pembukaan Olimpiade Musim Semi XII Paralimpiade di Stadion Olimpiade Pyeongchang, di Pyeongchang, Korea Selatan, (9/3). (Simon Bruty/OIS/IOC via AP)

Kembang api saat menghiasi upacara pembukaan Olimpiade Musim Semi XII Paralimpiade di Stadion Olimpiade Pyeongchang, di Pyeongchang, Korea Selatan, (9/3). (Simon Bruty/OIS/IOC via AP)

Sejumlah artis tampil dalam memeriahkan Upacara Pembukaan Paralympics 2018 di Stadion Olimpiade Pyeongchang, di Pyeongchang, Korea Selatan, (9/3). (Simon Bruty/OIS/IOC via AP)

Sejumlah artis tampil dalam memeriahkan Upacara Pembukaan Paralympics 2018 di Stadion Olimpiade Pyeongchang, di Pyeongchang, Korea Selatan, (9/3). (Simon Bruty/OIS/IOC via AP)

Seo Soon-Seok dan Kim Eun-jung dari Korea Selatan bersiap menyalakan Paralympic Cauldron dalam Upacara Pembukaan Paralympics 2018 di Stadion Olimpiade di Pyeongchang, Korea Selatan, (9/3). (Simon Bruty/OIS/IOC via AP)

Seo Soon-Seok dan Kim Eun-jung dari Korea Selatan bersiap menyalakan Paralympic Cauldron dalam Upacara Pembukaan Paralympics 2018 di Stadion Olimpiade di Pyeongchang, Korea Selatan, (9/3). (Simon Bruty/OIS/IOC via AP)

Sejumlah artis tampil dalam memeriahkan Upacara Pembukaan Paralympics 2018 di Stadion Olimpiade Pyeongchang, di Pyeongchang, Korea Selatan, (9/3). (Joel Marklund/OIS/IOC via AP)

Sejumlah artis tampil dalam memeriahkan Upacara Pembukaan Paralympics 2018 di Stadion Olimpiade Pyeongchang, di Pyeongchang, Korea Selatan, (9/3). (Joel Marklund/OIS/IOC via AP)

Kembang api saat menghiasi upacara pembukaan Olimpiade Musim Semi XII Paralimpiade di Stadion Olimpiade Pyeongchang, di Pyeongchang, Korea Selatan, (9/3). (Simon Bruty/OIS/IOC via AP)

Kembang api saat menghiasi upacara pembukaan Olimpiade Musim Semi XII Paralimpiade di Stadion Olimpiade Pyeongchang, di Pyeongchang, Korea Selatan, (9/3). (Simon Bruty/OIS/IOC via AP)

Seo Soon-Seok dan Kim Eun-jung dari Korea Selatan bersiap menyalakan Paralympic Cauldron dalam Upacara Pembukaan Paralympics 2018 di Stadion Olimpiade di Pyeongchang, Korea Selatan, (9/3). (Simon Bruty/OIS/IOC via AP)

Seo Soon-Seok dan Kim Eun-jung dari Korea Selatan bersiap menyalakan Paralympic Cauldron dalam Upacara Pembukaan Paralympics 2018 di Stadion Olimpiade di Pyeongchang, Korea Selatan, (9/3). (Simon Bruty/OIS/IOC via AP)

Kembang api saat menghiasi upacara pembukaan Olimpiade Musim Semi XII Paralimpiade di Stadion Olimpiade Pyeongchang, di Pyeongchang, Korea Selatan, (9/3). (Simon Bruty/OIS/IOC via AP)

Kembang api saat menghiasi upacara pembukaan Olimpiade Musim Semi XII Paralimpiade di Stadion Olimpiade Pyeongchang, di Pyeongchang, Korea Selatan, (9/3). (Simon Bruty/OIS/IOC via AP)

Seorang artis berjalan ke tengah panggung saat upacara pembukaan Paralympics 2018 di Stadion Olimpiade Pyeongchang, di Pyeongchang, Korea Selatan, (9/3). (Thomas Lovelock / OIS / IOC via AP)

Seorang artis berjalan ke tengah panggung saat upacara pembukaan Paralympics 2018 di Stadion Olimpiade Pyeongchang, di Pyeongchang, Korea Selatan, (9/3). (Thomas Lovelock / OIS / IOC via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester City Bidik Pemain AS Monaco Lagi

Posted: 09 Mar 2018 08:13 PM PST

Manchester City berencana mendatangkan pemain AS Monaco lagi. Pemain yang dibidik adalah winger timnas Prancis, Thomas Lemar. 

Dilansir dari sportsmole, Lemar bahkan sudah menjadi top target transfer Manchester CIty musim depan. Peluang bergabungnya Lemar pun cukup besar mengingat mantan rekannya di AS Monaco, Bernardo Silva, akan membantu merayu kepindahannya. 

Sebelumnya, Lemar selalu dikaitkan dengan beberapa tim Premier League. Pesepak bola berusia 23 tahun ini menarik perhatian Liverpool, Chelsea, dan Arsenal. Bahkan Arsenal sudah mengirimkan tawaran sebesar 90 juta paun tahun lalu, tetapi Monaco menolak menjual sang pemain.

Manchester City dan Guardiola memang belum mengkonfirmasi kabar ini dan seberapa besar ketertarikan mereka terhadap Lemar. Namun, besar kemungkinan Pep akan berusaha untuk meningkatkan kualitas skuatnya musim ini untuk bersaing dalam perebutan gelar juara musim depan.

Pasalnya, meskipun musim ini dapat dikatakan Manchester City sangat dominan di Premier league, namun jika Pep benar-benar ingin mempertahankan performa skuatnya maka dia harus menambah amunisi musim depan. Hal ini dikarenakan tim-tim seperti Liverpool dan Manchester United juga bersiap untuk mendatangkan pemain top demi meraih gelar juara musim depan.

Sumber Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres AS: Rencana Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un Buktikan Strategi AS Berhasil

Posted: 09 Mar 2018 08:10 PM PST

Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence mengatakan, keputusan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un untuk bertemu dengan Presiden AS Donald Trump membuktikan bahwa strategi isolasi terhadap Korut berhasil.

Keputusan Kim Jong-un dan Donald Trump untuk bertemu pada Mei 2018 membuat banyak pengamat tercengang. Pasalnya, hanya beberapa bulan lalu keduanya saling menghina.

Kim pernah menyebut Trump sebagai lelaki tua. Sebaliknya, Trump menyebut Kim dengan "pria roket".

Jika rencana tersebut terwujud, Trump akan menjadi Presiden AS pertama yang bertemu dengan Pemimpin Korea Utara.

Meski demikian, AS tidak mau bersikap lunak dengan Korea Utara. Trump mengatakan bahwa sanksi terhadap Korut masih berlaku hingga negara pimpinan Kim Jong-un itu sepakat untuk melakukan denuklirisasi.

Dikutip dari BBC, Sabtu (10/3/2018), Juru Bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan, Donald Trump meminta langkah dan aksi konkrit dari Korea Utara sebelum pertemuan dilakukan. Namun, ia tidak merinci apa langkah-langkah yang dimaksud, maupun mengulang jadwal pertemuan yang sebelumnya disebut pada Mei itu.

Trump pun mencuit bahwa kesepakatan dengan Korea Utara sedang dirancang matang-matang.

Sementara itu sejumlah sumber diplomat lokal di Swedia mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Korea Utara, Ri Yong-ho, akan mengunjungi rekan diplomat Swedianya dalam waktu dekat.

Kedutaan Besar Swedia di Pyongyang turut merepresentasikan kepentingan diplomat Amerika Serikat, Kanada, dan Australia di sana.

 

Simak Video Sinyal Rujuk Kim Jong-un dengan Korea Selatan:

Korsel: Donald Trump Siap Bertemu Kim Jong-un

Pemimpin Korut Kim Jong-un menggelar makan bersama dengan delagasi dari Korsel saat menerima kunjungannya di Pyongyang (5/3). Kim dilaporkan menyambut dengan hangat pejabat Korsel yang menyerahkan surat dari Presiden Korsel Moon Jae-in. (AFP/Handout)

Penasihat Keamanan Nasional Korea Selatan, Chun Eui-yong, mengatakan bahwa Donald Trump telah setuju untuk berdialog dengan Kim Jong-un pada Mei 2018. Hal mengejutkan itu disampaikan Chun di depan Gedung Putih pada 8 Maret waktu Washington, DC.

Chung mengatakan, Kim telah menawarkan untuk tidak melakukan uji coba nuklir dan rudal lagi.

"Saya menyampaikan kepada Presiden Trump bahwa pada pertemuan kami dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, ia berkomitmen untuk melakukan denuklirisasi," ujar Chung dalam sebuah konferensi pers.

"Kim berjanji bahwa Korea Utara akan menahan diri dari uji coba nuklir atau rudal lagi," ucap dia.

Pengumuman tersebut disampaikan setelah 10 delegasi Korea Selatan berkunjung ke Pyongyang untuk mengadakan pembicaraan dengan Kim Jong-un dan pejabat Korea Utara pada awal pekan ini.

"Presiden Trump menghargai hal tersebut dan mengatakan bahwa ia akan bertemu dengan Kim Jong-un pada bulan Mei untuk mencapai denuklirisasi permanen," ujar Chung.

 

Kim Jong-un dan Moon Jae-in Direncakan Bertemu pada April 2018

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjabat tangan dengan Kepala Delegasi Korea Selatan Chung Eui-yong saat melakukan pertemuan di Pyongyang (5/3). (AFP/Handout)

Usai berdialog dengan Korea Utara pada awal pekan ini, delegasi Korea Selatan menyampaikan bahwa pemimpin kedua negara, Kim Jong-un dan Moon Jae-in, sepakat untuk bertemu dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pada April 2018.

Kim dan Moon rencananya akan bertemu di Panmunjom, desa yang terletak di Demilitarized Zone (DMZ). Kedua negara juga sepakat untuk membuka sambungan komunikasi hotline antara pemimpinnya.

Dalam pernyaaan yang dirilis Kantor Kepresidenan Korea Selatan, disebutkan bahwa Korea Utara berkeinginan untuk membicarakan penghapusan senjata nuklirnya, dengan syarat keamanan negaranya terjamin.

"Korea Utara menunjukkan keinginannya atas denuklirisasi Semenanjung Korea. Jika ancaman militer terhadap Korea Utara menurun dan keamanan rezim terjamin, Korea Utara memperlihatkan bahwa tak ada alasan untuk mempertahankan nuklirnya," demikian pernyataan tersebut.

Hubungan kedua negara menghangat dalam Olimpiade Musim Dingin 2018 yang digelar di Pyeongchang, Korea Selatan.

Selain pawai di bawah satu bendera, tim hoki es Korut dan Korsel juga bertanding dalam satu regu. Kim Jong-un pun menyebut jamuan Negeri Gingseng begitu mengagumkan terhadap negaranya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klopp Tak Permasalahkan Mourinho Parkir Bus

Posted: 09 Mar 2018 08:08 PM PST

Jelang pertandingan masif antara Manchester United kontra Liverpool pada pekan ke-30 Premier League, Sabtu (10/3) malam WIB, Jurgen Klopp menyebut taktik bertahan ala MU sah-sah saja, sebab yang terpenting adalah meraih kemenangan.

Dilansir dari laman resmi Liverpool, Klopp bahkan menolak penyebutan strategi bertahan tersebut dengan istilah 'parkir bus'. Dikatakannya, dalam dunia sepak bola ada banyak cara untuk meraih kemenangan. 

Klopp pun tidak menilai sepak bola menyerang yang diterapkannya di Liverpool lebih unggul daripada taktik Jose Mourinho. Hal itu, menurut Klopp, disebabkan karena materi pemain yang dimiliki masing-masing klub.

"Saya tidak akan pernah menggunakan kata itu (parkir bus). Saya sama sekali tidak bermasalah dengan taktik bertahan," tegas mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

"Saya memahami situasi saat ini, bahwa banyak pihak yang menilai mereka (MU) memainkan gaya sepak bola tertentu, dan kami memainkan gaya sepak bola tertentu. Bahkan gaya sepak bola kami dianggap sebagai sesuatu yang besar oleh banyak orang, tetapi sebenarnya yang terpenting adalah memenangkan pertandingan dan ada banyak cara untuk melakukan itu."

Dia menambahkan, bahwa dalam beberapa tahun terakhir MU memang lebih unggul dari Liverpool. Mereka harus menerima dan mengakui itu. Tetapi Klopp menegaskan bahwa timnya sama sekali tidak terganggu karenanya.

"Kami menghargai prestasi mereka, tetapi hal itu tidak mengganggu kami saat ini. MU yang sekarang memiliki gaya bermain sepak bola yang khusus, dan saya respek terhadapnya," tandas dia.

Sumber Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi yang Tak Mau Duduk Saat Himne Demokrat Dilantunkan

Posted: 09 Mar 2018 08:08 PM PST

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat 2018 di SICC Sentul, Bogor, Jawa Barat. Jokowi membuka Rapimnas yang akan digelar selama dua hari, 10-11 Maret 2018.

Pantauan Liputan6.com, Presiden Jokowi yang datang mengenakan kemeja putih dibalut jas hitam, masuk ke arena rapimnas didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY dan istri Ani Yudhoyono, mantan Wapres Boediono, Mendagri Tjahjo Kumolo serta Menkopolhukam Wiranto.

Tiba di depan panggung, Jokowi pun ikut menyalami para kader yang duduk di bagian depan. Jokowi terlihat santai dengan terus melemparkan senyum.

Usai menyanyikan Indonesia Raya, Himne Demokrat pun dinyanyikan. Sebelum bernyanyi, pembawa acara mengimbau agar para kader tidak duduk terlebih dahulu kecuali para tamu. Namun Jokowi tidak duduk. Dan sikap Jokowi ini disambut riuh suara tepuk tangan peserta.

"Terima kasih Pak Presiden mau tetap dan berkenan berdiri saat Himne Demokrat dinyanyikan," ujar pembawa acara disambut riuh tepuk tangan peserta.

Usai menyanyikan Himne Demokrat, Jokowi pun duduk diapit Presiden dan Wakil Presiden ke-6 RI, SBY dan Boediono.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakapolri Minta Jangan Lagi Sebut Kata 'Muslim' di Kasus Hoax MCA

Posted: 09 Mar 2018 08:07 PM PST

Menyusul penangkapan belasan anggota Muslim Cyber Army atau MCA, Wakapolri Komjen Syafruddin akhirnya memerintahkan jajarannya untuk tidak menyebut kata "muslim" dalam kasus MCA. Menurut Syafruddin, para tersangka penyebar hatespeech atau hoax yang telah ditangkap itu merupakan orang yang tidak bertanggung jawab, dan tidak mencerminkan perilaku umat muslim.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Sabtu (10/3/2018), maraknya berita bohong atau hoax serta isu SARA di media sosial, diduga juga dimanfaatkan para politikus untuk mencari keuntungan. Indikasi tersebut terlihat di mana para politisi cenderung diam dan baru buka suara saat menjadi korban hoax, namun tidak ada keseriusan untuk melawan hoax.

Sementara pengamat politik, Ray Rangkuti menambahkan jika Indonesia ingin bebas dari berita hoax, maka diperlukan komitmen dari seluruh partai politik untuk memerangi berita berita bohong di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Adu Plesetan Warganet, Bocah Pemberani Nekat Bermain Ular

Posted: 09 Mar 2018 08:06 PM PST

Humor-humor receh, terkenal sederhana dan singkat namun mampu membuat kita tertawa. Salah satunya yang cukup terkenal dari humor receh yakni plesetan kata. Meski membuat kita kesal saat membacanya, plesetan kata saat ini malahan sering digunakan untuk mewarnai isi komentar pada jejaring sosial.

Gambar plesetan kata, lebih tepatnya yang menjadi viral baru-baru ini. Biasanya orang-orang akan memosting gambar yang berisikan tulisan dan gambar yang tak sesuai, namun hampir mirip. Meski begitu, plesetan kata ini selalu membuat orang tertawa ketika melihatnya.

Artikel tentang adu plesetan kata warganet menjadi artikel terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu artikel tentang bocah pemberani yang nekat bermain ular berbisa menempati kedua terpopuler. Disusul dengan artikel zodiak yang dinilai mempunya potensi sebagai ibu terbaik pada urutan ketiga terpopuler. 

Berikut Top 3 Citizen6

1. 10 Adu Plesetan Warganet Dijamin Bikin Kesal Sekaligus Ngakak

(Foto: Brilio.net) Meski receh, pgambar plesetan lucu dibawah ini bikin kamu kesel sekaligus ngakak ketawa

 

Bercandaan receh bersama teman di media sosial, memang terlihat sederhana tapi mampu membuatmu tertawa kegirangan. Akhir-akhir ini ada humor receh yang viral di media sosial, yang bisa kamu bagikan kepada teman-temanmu.

Humor tersebut berisikan plesetan lucu yang tak sesuai gambar yang ditampilkan. Walaupun bikin gemes dan kesal, tapi gambar plesetan ini dijamin bikin ketawa setiap kali dilihatnya. Lucunya, orang-orang kini menggunakan gambar plesetan tersebut untuk menuliskan komentar-komentar yang konyol.

Selengkapnya..

2. Bocah Pemberani, Nekat Main dengan Ular Berbisa

Anak bermain dengan ular (Instagram/videolucu123)

Ular merupakan hewan yang menakutkan bagi sebagian besar orang. Namun, bocah kecil ini seolah tidak peduli dengan itu semua. Mungkin, dia sudah sangat akrab dengan hewan jenis reptil ini.

Meski tubuh si bocah masih mungil, tak tampak sedikit pun rasa takut ketika mendekati dan memegang seekor ular. Bahkan, si bocah itu tampak "membanting" si ular ke tanah.

Selengkapnya..

3. Wanita Berzodiak Ini Dinilai Punya Modal Jadi Ibu Terbaik

Ilustrasi ibu dan anak (pixabay.com)

Ibu adalah orang paling dekat seorang anak, di samping ayah. Perannya yang begitu penting membuat ibu akan menjadi orang terhebat dalam hati anak-anak mereka.

Ya, ibu adalah sahabat terbaik, guru, sekaligus perawat anak-anak. Meski begitu, laman Boldsky menilai, ada zodiak bisa dipakai untuk membedakan kualitas ibu yang satu dengan yang lain.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dortmund Tambah Kontrak Reus

Posted: 09 Mar 2018 08:02 PM PST

Borussia Dortmund berhasil mengamankan masa depan Marco Reus. Pemain nasional Jerman itu resmi memperpanjang kontrak selama empat tahun.

Kontrak awal Reus di Dortmund sejatinya akan berakhir pada 2019 mendatang. Namun dengan perpanjangan ini, pemain 28 tahun itu bakal berada di Signal Iduna Park hingga 30 Juni 2023 mendatang. 

"Sejak 2012 saya mengenakan jersey Borussia. Saya senang dan bangga mengumumkan hari ini bahwa saya akan terus mengenakannya," ujar Reus di laman resmi klub.

"Dortmund adalah rumah saya, Borussia Dortmund adalah klub saya! Sejak masih kecil saya bermimpi bermain dengan jersey hitam dan kuning, bermain untuk klub ini. Dengan keyakinan paling mendalam saya ingin menyampaikan sinyal kepastian masa depan dengan perpanjangan ini," lanjutnya.

"Fakta bahwa Borussia Dortmund, dengan dipimpin Hans-Joachmim Watzke dan Michael Zorc, berulang kali membantu saya juga mempengaruhi keputusan saya ini," tandasnya.

Sumber Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Budi Ajak Santri Sekolah Transportasi

Posted: 09 Mar 2018 08:00 PM PST

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak siswa Pondok Pesantren untuk berkompetisi dengan belajar yang baik agar dapat melanjutkan pendidikan di bidang transportasi melalui Sekolah di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan.

Budi Karya melihat saat ini pesantren terus tumbuh pesat. Santri dan santriwati dinilai sangat antusias menandakan mereka insan yang ingin maju.

"Oleh karenanya saya minta mereka belajar agar memiliki kompetensi sehingga bisa berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan ataupun diklat di lembaga pendidikan dan pelatihan di Kemenhub," jelas Budi usai melakukan kunjungan di Pondok Pesantren Daruttaqwa, Gresik dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/3/2018).

Ia menuturkan, saat ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mencoba melakukan tes di beberapa pesantren di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Dari seleksi tersebut ternyata banyak santri dan santriwati yang berpotensi menjadi tenaga transportasi handal.

 

Selanjutnya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau proyek jalur kereta api dwi ganda Minggu (18/2/2018). (Foto: Kemenhub)

Mengacu apa yang sudah dilakukan tersebut, artinya potensi yang sama bisa terjadi di Jawa Timur. Budi menuturkan, BPSDM Perhubungan memiliki dua macam program pendidikan yaitu lembaga pendidikan tinggi dan diklat pemberdayaan masyarakat.

"Jadi ada dua macam program dari BPSDM Perhubungan, pertama pendidikan formal 1 sampai 4 tahun artinya siswa ini masuk dalam suatu sekolah formal di mana nantinya mereka mendapatkan strata tertentu baik D1, D2, D3, D4 dan Sarjana," terang Budi.

Saat ini Kemenhub memiliki 27 lembaga pendidikan dan pelatihan tinggi bidang transportasi yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Seperti di Jawa Timur ini ada empat lembaga diklat, yaitu Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya, dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang (BP3) Banyuwangi.

Sedangkan yang kedua yaitu program diklat pemberdayaan masyarakat, dimana Kemenhub memberikan kepada 100.000 orang dalam bentuk diklat vokasi bidang transportasi secara gratis. (Yas)

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Akan Sulap Kampung Jakarta Jadi Kampung Mural

Posted: 09 Mar 2018 08:00 PM PST

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka kegiatan pembuatan mural pada tiang-tiang jalan layang non Tol Antasari, Jakarta Selatan, pada Sabtu (10/3/2018) pagi. Anies tak dapat menyembunyikan semyumnya saat membuat huruf "J" dengan cat hijau di salah satu bagian tiang.

"Alhamdulillah, rencana yang sudah dirancang panjang sejak awal kami bertugas salah satunya adalah menjadikan tiang-tiang beton yang sekarang semata-mata sebagai tiang beton, diubah menjadi kanvas untuk ekspresi seni lukis bagi siswa SMA," ujar Anies di bawah jalan layang Antasari.

Anies Baswedan mengatakan kegiatan ini untuk membuat Jakarta lebih indah. Terdapat 63 tiang yang akan dilukis mural oleh perwakilan SMA dan SMK di Jakarta.

"Dari awal kita tegaskan bukan hanya kota yang maju tapi warganya bahagia. Kebahagian bisa dari banyak hal termasuk menikmati karya seni dari watga Jakarta sendiri," kata Anies.

Menurut dia, nantinya kegiatan mural tidak hanya dilakukan di tiang-tiang beton. Dia ingin mural juga dilakukan di kampung-kampung di Jakarta.

"Hari ini untuk tiang beton. Insyaallah bulan depan untuk kampung-kampung di Jakarta," ujar Anies Baswedan.

 

Menteri BUMN Setuju

Mantan Mendikbud itu mengatakan sudah berbicara dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno mengenai rencana mural di kampung ini. "BUMN mendukung 'beautifikasi' kampung Jakarta," kata Anies.

Nantinya, kata Anies, bukan pelukis profesional yang akan mengecat kampung-kampung, melainkan masyarakat setempat. "Awal April, mungkin tanggal 9 atau 10 April, kita akan mulai pengecatannya di kampung-kampung Jakarta," kata Anies.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Rawat Tato Baru yang Sering Diabaikan

Posted: 09 Mar 2018 08:00 PM PST

Tato bukan hanya sekadar tanda di tubuh. Namun tato juga menjadi tren yang menentukan kepribadian seseorang. Oleh karena itu, tato muncul dengan beragam warna dan bentuk yang membuat orang lain terpesona.

Banyak orang baru bertato namun tidak memahami dengan baik cara perawatannya. Sehingga estetika dari tato itu luntur. Melansir dari Boldsky pada Sabtu (10/3/2018), ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk merawat tato.

1. Hindari membuka perban

Setelah selesai membuat tato, si pembuat tato biasanya akan mengoleskan lotion anti-bakteri dan menutupi perbannya. Perban ini berfungsi sebagai pelindung terhadap infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan paparan udara terhadap sinar matahari. Jangan buka perban Anda hingga 2-3 jam tergantung pada kedalaman dan ukuran tato.

Cara Merawat Tato Baru

Ilustrasi tato (iStockphoto)

2. Perhatikan saat mencuci

Ketika pencucian pertama tato, Anda harus melepaskan perban dengan lembut. Cuci tato dengan air hangat. Jangan digosok dengan kasar. Setelah dicuci, keringkan dengan tisu atau handuk kertas. Tidak disarakan untuk menggunakan baju atau spons untuk membersihkan tato.

3. Jangan menggores tato

Sehari atau dua hari mendapatkan tato, kulit Anda mulai sembuh. Saat sembuh, ia akan membuat bekas luka dan menjadi penanda bahwa kulit Anda yang bertato sedang disembuhkan. Jangan pernah mengelupas bekas luka. Biarkan bekas luka tersebut lepas dengan sendirinya. Pengelupasan bekas luka akan membuat pori-pori kecil pada tato. Jika terasa gatal, lebih baik oleskan lotion.

4. Hindari dari sinar matahari

Jangan pernah sekali-kali membiarkan sinar matahari menyinari tato baru Anda. Sinar matahari yang berbahaya akan merusak tato dan cenderung akan memudarkan warna tato Anda. Jika ingin keluar rumah, jangan lupa untuk menutupi tato Anda dengan perban selama 2-3 minggu. Setelah itu, Anda hanya perlu melindungi dari tabir surya.

Cara Merawat Tato Baru

Ilustrasi tato (iStockphoto)

5. Jangan merendam tato

Kulit yang ditato membutuhkan waktu sembuh secara alami. Sementara waktu hindari perendaman tato di air. Hal ini akan menghilangkan tinta dari tato Anda. Sebaiknya beberapa minggu setelah bertato, jangan melakukan aktivitas berenang. Kandungan klorin pada kolam renang akan menimbulkan reaksi kimia pada tato Anda.

6. Jangan gunakan pakaian ketat

Setelah mendapatkan tato, jangan gunakan pakaian ketat untuk sementara. Alasannya karena tinta pada tato baru dapat menempel di pakaian Anda. Jika hal ini terjadi, basahi pada bagian tato kemudian longgarkan kain yang menempel. Ini akan membuat tinta tato yang menempel akan luntur.

7. Gosok tato dengan es batu

Untuk menghindari radang berlebihan, Anda bisa menggunakan es batu. Gosok sebanyak 2-3 kali dalam sehari untuk mengurangi pembengkakan. Anda bisa terus mengulanginya hingga pembengkakan hilang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ungkap Tipe Wanita Idaman, Virzha Ngebet Nikah Tahun Ini

Posted: 09 Mar 2018 08:00 PM PST

Kehidupan pribadi penyanyi Virzha nyaris tak pernah tersentuh publik. Pelantun "Aku Lelakimu" itu lebih senang membagikan karya musiknya daripada mengumbar kehidupan pribadi, terlebih soal percintaan.

Namun, hal berbeda justru terjadi ketika Virzha ditemui di Kuningan City, Jakarta Selatan, Jumat (9/3/2018). Pria yang identik dengan rambut gondrong itu mengungkap bahwa dirinya ingin segera menikah tahun ini.

"Tahun ini mau (nikah) sama cewek yang pasti. Target aku paling limit 29 karena aku pengin jadi papa yang pas anaknya sudah gede aku masih bisa main-main bareng dia," ujar Virzha.

Virzha lantas mengungkap kriteria wanita ideal di matanya. Tak muluk-muluk, pria kelahiran 12 Mei 1990 itu hanya menginginkan wanita yang menarik dari segi fisik.

 

Cantik

Virzha (Foto: Galih W. Satria/Bintang.com)

"Cari yang natural saja. Cuma yang pasti cantik, supaya anaknya bisa cantik dan ganteng, soalnya kan aku jelek. Penginnya dapat yang cantik," kata Virzha penuh canda.

 

Orangtua

(Galih W.Satria/Bintang.com)

Lebih khusus, Virzha ternyata ingin sosok yang mampu mengambil hati kedua orangtuanya. Bukan tanpa alasan, jebolan ajang pencarian bakat di salah satu stasiun televisi swasta itu ingin diterima apa adanya.

 

Kriteria

Eksklusif Virzha (Foto: Bambang E Ros. Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

"Berbibir tipis. Rambutnya panjang. Yang jelas dia harus sayang ke orangtuaku. Itu kriteria yang paling aku cari harus bisa nerima keluarga aku apa adanya," Virzha menandaskan.

 

Target

Virzha Idol

Sayangnya hingga kini, Virzha belum menemukan kriteria tersebut pada wanita di sekelilingnya. Meskipun masih jomblo, Virzha tetap yakin bisa mencapai targetnya untuk menikah tahun ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proliga: Dikalahkan Samator, Pelatih Bank SumselBabel Tetap Puas

Posted: 09 Mar 2018 08:00 PM PST

Tim putra Palembang Bank SumselBabel harus mengakui keunggulan Surabaya Bhayangkara Samator pada seri kedua putaran kedua Proliga 2018. Sempat unggul lebih dulu di dua set awal, skuat asuhan Samsul Jais ini menyerah 2-3 (25-17,25-20, 22-25, 22-25, 13-15).

Dengan hasil ini, Bank SumselBabel telah mengumpulkan 10 poin hasil dari enam pertandingan Proliga. Sedangkan Samator mengantongi delapan poin.

Tim Voley Palembang Bank Sumsel Babel tampaknya belum bisa berbicara banyak meski tampil di kandang sendiri. Pasalnya skuad asuhan pelatihan Syamsul Jais itu harus menelan kekalahan dan menangis dihadapan pendukungnya di putaran dua Proliga 2018.

Dalam laga yang berlangsung di Palembang Sport Convetion Centre (PSCC), Jumat (9/3/2018) malam WIB, Aji Maulana dan kawan-kawan mendominasi di dua set awal. Bahkan, Bank SumselBabel juga punya kesempatan untuk menang di set ketiga. Namun, Samator mampu bangkit dan merebut tiga set berikutnya.

Pelatih Samator Ibarsjah mengatakan motivasi dan keinginan yang kuat untuk menang menjadi kunci kemenangan pemainnya pada laga perdana seri kedua putaran kedua Proliga ini. "Kita main kurang bagus di set pertama dan kedua karena banyak salah passing. Blok, receive tidak bagus selain itu banyak kehilangan poin dari servis. Tapi, kita berikan motivasi lagi untuk bangkit dan akhirnya menang," katanya.

Tetap Puas

Pemain Palembang Bank SumselBabel Joao Gabriel Vol Quintons Kulakuskas melancarkan smes saat melawan Surabaya Bhayangkara Samator pada seri kedua Proliga 2018 Palembang Sport Convetion Centre (PSCC), Jumat (9/3/2018). (Humas PBVSI)

Sementara itu, pelatih Bank SumselBabel Samsul Jais mengatakan cukup puas dengan performa anak asuhnya meski kalah. Ia mengakui jika lawan tampil lebih baik malam ini.

"Saya akui Samator tampil luar biasa, tapi saya juga cukup puas dengan penampilan tim saya," ujar Syamsul.

Meski kalah, peluang Bank SumselBabel ke final four masih tetap terbuka. "Masih ada kesempatan, lawan Bekasi BVN kita wajib menang untuk modal kita ke final four," pungkasnya. [Indra Pratesta]

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Apik Perempuan Bercadar Asal Bantul Tunggangi Motor Sport

Posted: 09 Mar 2018 08:00 PM PST

Berita pelarangan mahasiswi UIN Yogya untuk bercadar menjadi perhatian Herlinda Ira Wulandari (30) atau biasa disapa Linda Bira. Perempuan yang bercadar sejak awal tahun ini menyayangkan sikap kampus yang mengasosiasikan perempuan bercadar identik dengan jaringan radikal, apalagi teroris.

Cadar yang dikenakan perempuan yang beralamat di Jalan Garuda no 320A Panjen, Jaranan, Banguntapan, Bantul itu tak menghalanginya untuk terus menekuni hobi menunggangi motor sport. Iya, jenis sepeda motor yang biasanya digilai kaum adam.

"Berhijab mulai satu tahun ini. Kalau pakai niqab (cadar) awal tahun ini. Terakhir kopdar pakai niqab dan touring ke Wonogiri. Tetap safety, jaket, helm full face, pelindung. Nggak merepotkan saya," katanya saat ditemui di Bamboo Resto, Jumat, 9 Maret 2018.

Ibu dari Abira Galan (8) itu mengaku sudah suka mengendarai motor sport sejak SMP. Hobi alumnus APMD Komunikasi 2006 itu turun dari ayahnya, Herman Ryo Itawan yang merupakan pembalap motor cross.

"SMP sudah pakai sport RGR, suka gas pol. Nggak pernah minta motor, tapi ayah sukanya kasih motor cowok, sengaja dibeliin. Kelas 3 SMP, kalau juara lima besar, lalu dikasih RGR biru. Saya dididik kayak cowok," tuturnya.

Wanita kelahiran 27 Maret 1988 itu lalu berganti kendaraan ke sepeda motor Ninja R dan ganti Ninja RR saat menginjak SMA. Saat ini, ia memiliki kuda besi jantan CBR 250 R yang menemaninya di jalanan Yogyakarta.

"Sekarang CBR 250 R warna merah silver, modif sebatas cutting sticker. Dibeliin ayah tahun 2012 lalu," kata perempuan bercadar itu.

Wanita lulusan SMA 1 Piyungan ini memiliki prestasi bersama dengan komunitas motornya Jogja CBR Riders Independent (JCRI) saat lomba kelompok Honda Safety Riding pada Desember kemarin. Ia dan tim JCRI meraih juara 1 dan 3.

"Dua tahun lalu ikut gabung 2016. Sekarang jumlah anggota resmi ya 80 puluhan," kata Linda.

Hobi naik motor sport ini tak akan ditinggalkannya karena merupakan cara untuk tetap menjalin silaturahmi dengan anggota komunitas lain. Apalagi, ia sudah menganggap komunitas itu sebagai saudara.

"Saya pakai hobby yang istilahnya masih melenceng dari wanita muslimah. Jelas ada batasan juga," katanya.

 

Berubah Pelan-Pelan

Berbagai alat pelindung digunakan saat Linda touring ke luar kota. (Liputan6.com/Yanuar H)

Masuk dalam anggota klub motor tidak membuatnya takut untuk menyampaikan niatnya untuk berhijab. Tentu sebagai satu-satunya anggota tim perempuan, ia menjadi perhatian khusus dari anggota lainnya.

"Saya berubahnya pelan-pelan. Pertama candaan, gimana kalau aku pakai hijab. Lalu saya pakai jilbab pendek dulu, baru panjang, baru niqab. Saya satu-satunya perempuan di CBR," katanya.

Lambat laun, anggota lain komunitas motor berat itu akhirnya menerima cara berpakaian Linda saat ini. Bahkan, Linda ikut serta saat tur ke Wonogiri dengan bercadar.

"Saya touring paling jauh ke Lampung. Waktu itu belum pakai hijab. Kalau pakai niqab baru ke Wonogiri dua minggu lalu, dan nanti bulan 5 (Mei) ke Surabaya," kata perempuan empat bersaudara itu.

Ia senang dengan cadarnya membuat anggota lain teringat soal salat. "Kalau teman-teman denger azan, mereka sudah ngajak ke masjid. Pas touring dari Jogja - Brebes, Brebes - Cirebon, lalu Semarang - Magelang, denger azan, mereka langsung berhenti," katanya.

Wanita yang pernah menggeber motornya sampai kecepatan 167 km per jam itu pernah mengalami kejadian tak terlupakan saat berkendara sendirian. Ia sempat dicegat dua orang saat melintas di Alas Roban.

"Ke Surabaya sendiri malam-malam, di Alas Roban dicegat. Untungnya, di belakangnya ada bis. Saya bisa langsung gas," katanya.

Setelah berhijab, kini Linda hanya menggeber sepeda motor CBR 250 R-nya pada saat-saat tertentu. "Sekarang malam Minggu sama acara tertentu. Kalau harian, pakai matic," katanya.

Pernah Disebut Teroris

Keinginan Linda untuk bercadar karena sering ikut kajian di masjid. (Liputan6.com/Yanuar H)

Linda mengaku sering mengikuti kajian agama Islam di berbagai masjid. Ia pun pernah masuk pondok di Pundong Bantul. Dua hal itulah yang membuatnya mantap untuk menggunakan cadar.

"Sering ikut kajian kajian di masjid temen kajian pakai niqab. Jadi kebawa sendiri," katanya.

Menurutnya, teman-teman kajiannya yang juga menggunakan niqab tidak seperti anggapan orang pada umumnya. Mereka pun tertarik untuk menaiki motor sepertinya dan memminta untuk diajari.

"Uhkti kok bisa sih. Mereka minta ajarin malahan, nggak ada pikiran negatif," katanya.

Linda menyebut berhijab menjadi kewajibannya sebagai seorang muslimah. Ia siap menerima orang yang mengejeknya dan akan segera mendekati orang tersebut.

"Saya berpakaian ini karena agama mengajarkan saya. Niqab itu sunnah dan saya mantap pakai niqab," katanya.

Ia pun sudah memikirkan akibat ia menggunakan cadar ini. Ia pun sudah siap menerima risiko jika berpakaian seperti ini, termasuk disebut sebagai teroris.

"Pernah dikatain orang teroris. Baru kemarin di FB dibilang teroris," katanya.

Menurut Linda, meski mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, masih banyak yang awam terhadap mereka yang bercadar. Padahal, memakai hijab adalah kewajiban muslimah.

"Karena hijab bukan berarti saya sok suci dan saya tetep manusia biasa," katanya.

 

 

Dukungan Keluarga

Linda berpose saat touring ke Wonogiri. (dok. pribadi/Yanuar H)

Keputusan Linda untuk bercadar juga sempat dipertanyakan keluarga. Namun, belakangan sikap mereka berubah. "Keluarga menerima bahkan sekarang ikutan syari," kata perempuan yang pernah menang balapan liar ini.

Bahkan, anaknya yang juga gemar naik motor turut mendukungnya. Tidak ada komentar menyangkal ibundanya menggunakan cadar.

"Anak nggak komentar malah dukung. Anakku malah tanya, mah bisa nafas nggak," katanya.

Ia pun sering mengajak bepergian bersama dengan anaknya menggunakan motor CBR 250 R. Bersama anak semata wayang, ia bepergian ke tempat wisata di Yogyakarta.

"Pernah berdua boncengan ke Puncak Becici. Kalau pelan nggak suka, mah kenceng mah," katanya.

Ia berharap walaupun memakai cadar, ia tetap bisa beraktifitas seperti biasa. Termasuk, jika ia ditawari touring keliling Indonesia.

"Kalau ada sponsor mau biayain, mau saya," kata perempuan yang sibuk mengelola tempat kos itu.

 

Tanggapan Teman Motor

Linda satu-satunya anggota komunitas motor CBR di Yogya yang memakai cadar. (Liputan6com/Yanuar H)

Ferdy Yuniarto, Ketua JCRI mengaku ada perbedaan saat satu-satunya anggota perempuan di klub yang didirikannya itu berhijab. Menurutnya, perubahan sikap berkendara sangat terlihat saat ini.

"Lebih teratur dalam hal berkendara," katanya.

Ia teringat saat Linda masuk dalam komunitasnya termasuk yang kencang dalam berkendara. Namun, ia selalu menyampaikan bahwa di klub ini kecepatan bukanlah yang utama.

"Pesan saya jangan sampai dikuasai oleh motor. Terus hati- hati," katanya.

Ferdy mengatakan anggota komunitas sempat terkejut saat Linda memutuskan bercadar. Namun, sikap mereka kembali seperti biasa seiring waktu.

Lewat komunitas yang kini beranggotakan resmi 42 orang itu, para anggota sering menyalurkan aksi sosial. Komunitas yang dipimpinnya juga wajib bebas dari konsumsi minuman keras untuk menciptakan komunitas yang bersih.

"Dari awal saya dirikan ini, no miras, no drug. Kalau ada yang gitu, saya suruh pulang. Kita kasih teguran, yang penting pas kumpul kita bersih," katanya.

Aturan komunitas juga dibuat untuk para anggotanya. Jika ada anggota yang tidak menaati aturan itu, akan dikenai sanksi. "Kayak mereka nggak pakai sepatu, jaket, body protector, dll itu push up," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: