Jumat, 16 Maret 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Real Madrid Tak Senang Hadapi Juventus di Liga Champions

Posted: 16 Mar 2018 09:30 PM PDT

Striker Real Madrid, Lucas Vazquez tak senang dengan hasil undian drawing perempat final Liga Champions. Los Blancos, julukan Real Madrid, akan menghadapi Juventus.

Juventus akan terlebih dahulu menjamu Real Madrid di Allianz Stadium, 4 April mendatang. Seminggu kemudian, Los Blancos balik menjamu Juventus di Santiago Bernabeu Stadium.

Duel ini seperti partai ulang final Liga Champions musim lalu. Ketika itu, Real Madrid menang 1-4 atas Si Nyonya Tua, julukan Juventus di Cardiff, Wales.

"Juventus merupakan rival yang sulit dihadapi. Mereka merupakan klub bersejarah di Eropa dan pastinya bakal membuat hidup kami menjadi sulit," ucap Vazquez, dikutip dari Football Italia.

"Namun, Real Madrid ingin melakukan hal yang benar. Kami ingin melewati sistem gugur ini juga," kata pria asal Spanyol itu menambahkan.

Juventus Berubah

Juventus akan menghadapi lawan berat yakni Real Madrid berdasarkan hasil undian yang dirilis UEFA  di Nyon, Swiss, Jumat (16/3/2018).  (AFP/Marco Bertorello)

Vazquez mengatakan, Si Nyonya Tua sudah mengalami banyak perubahan setelah kekalahan di Cardiff. Terlebih lagi, Juventus punya banyak pemain berkualitas.

"Itu (final Liga Champions di Cardiff) adalah hal yang berbeda bagi kedua tim. Juventus dalam kondisi bagus sekarang, mereka berada di puncak klasemen Serie A dan pastinya akan tangguh," ujar Vazquez.

"Mereka memiliki pemain hebat seperti Gianluigi Buffon, Gonzalo Higuain dan Paulo Dybala."

Pengalaman Buruk Real Madrid

Catatan sejarah menunjukkan, Real Madrid 'tak berdaya' jika bersua Juventus pada fase knock-out. El Real selalu tereliminasi saat empat kali berjumpa Juventus.

Catatan tersebut membuat kubu Si Putih asal Madrid tak akan bisa leluasa menghadapi Juventus. Setidaknya, Real Madrid wajib mendapatkan hasil memuaskan saat tandang ke Allianz Stadium.

Fakta lain yang tak boleh terlewatkan Real Madrid adalah Juventus hanya kalah dua pertandingan dari delapan pertemuan terakhir di pentas Liga Champions. Kali terakhir Real Madrid menang terjadi pada final Liga Champions musim lalu, yakni unggul 4-1 di Cardiff.

Total, Real Madrid sudah bertemu Juventus sebanyak 19 pertandingan. Hasilnya, Real Madrid mengoleksi 9 kemenangan, 2 seri dan 8 kekalahan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kode untuk Herjunot Ali, Tatjana Saphira Ingin Nikah di Pulau

Posted: 16 Mar 2018 09:30 PM PDT

Setiap orang pasti punya konsep pernikahan yang didambakan, tak terkecuali bagi Tatjana Saphira.

Perempuan yang tengah menjalin hubungan dengan Herjunot Ali itu rupanya ingin pesta serba sederhana di hari bahagianya kelak.

Terdengar seperti pernikahan Chicco Jerikho dan Putri Marino, Tatjana Saphira juga ingin mengundang sejumlah orang terdekat agar suasana terasa intim.

Tak hanya itu, aktris film Sweet 20 tersebut juga punya lokasi impian untuk acara sakral itu.

 

 

 

 

 

 

Nikah di Pulau

Tatjana Saphira  (Sumber foto: tatjanasaphira/instagram)

"Penginnya wedding yang kecil di mana aku ngundang teman-teman dan juga keluarga yang memang dekat. Penginnya sih kalau bisa di pulau gitu mungkin," ujar Tatjana Saphira saat ditemui di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jumat (16/3/2018).

Makeup Sederhana

Tatjana Saphira dan Herjunot Ali(Instagram/herjunot7ali)

Bicara soal riasan wajah, Tatjana Saphira juga ingin segalanya tampak sederhana. Alasannya, pemeran Hulya dalam Ayat-Ayat Cinta 2 itu ingin menjadi dirinya sendiri, meski sedang menjadi ratu sehari.

"Makeup untuk pernikahan sih aku maunya se-natural mungkin. Mungkin cuma sedikit dibedain kalau ada acara siang atau malamnya. Tapi aku penginnya tetap natural, aku tetep pengin jadi diri aku sendiri," lanjut Tatjana Saphira.

Kapan Nikah?

Tatjana Saphira dan Herjunot Ali (Instagram/herjunot7ali)

Konsep acara hingga makeup pernikahan sudah ada di angan Tatjana Saphira. Lantas, kapan kah hari bahagianya dengan sang kekasih Herjunot Ali akan terwujud?

Tiga Tahun Lagi

Tatjana Saphira dan Herjunot Ali, pasangan kekasih yang jarang memamerkan kemesraannya di depan umum. Melihat foto-foto di akun Instagramnya, mereka pun jarang mengunggah foto kebersamaannya. (Instagram/herjunot7ali)

Soal itu, pasangan tersebut sepakat menunda pernikahan hingga keduanya puas berkarier di dunia hiburan. Melalui sebuah wawancara, Herjunot Ali menyatakan bahwa prosesi sakral itu kemungkinan akan terlaksana tiga tahun lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Tetapkan Daftar Pemilih di Pilkada Jabar 31,7 Juta Jiwa

Posted: 16 Mar 2018 09:27 PM PDT

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menetapkan data Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pilkada Jabar mencapai 31.708.330 jiwa pada acara Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPS di Aula Setia Permana Jl. Garut, Bandung, Sabtu dini hari (17/3/2018).

Rapat pleno tersebut dihadiri Bawaslu, Panwaslu,dan Komisioner KPUD Kabupaten/Kota, dan tim kampanye paslon.

Para pemilih terdiri atas 15.941.296 laki-laki dan 15.767.034 perempuan. Para pemilih tersebar di 627 kecamatan, 5.957 desa/kelurahan, dan akan memilih di 74.944 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jabar.

Khusus pemilih disabilitas belum ditetapkan karena dinilai masih belum lengkap.

Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengungkapkan, data pemilih penyandang disabilitas diperlukan untuk pemetaan logistik, karena berkaca pada Pilgub 2013 lalu, masih banyak kebutuhan mereka yang mubadzir atau tidak terdistribusikan dengan baik.

 

Bekerja Maksimal

ilustrasi kotak suara

Kendala yang dihadapi saat melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) menurut Yayat antara lain kesulitan PPDP mengakses sejumlah lokasi tertentu seperti yang terjadi Pondok Pesantren Al Zaitun, Kabupaten Indramayu.

"Kami mendorong KPU dan Panwaslu setempat melakukan koordinasi dan mengkomunikasikan kewajiban tersebut kepada para pihak terkait," ujar dia.

Sementara itu Komisioner Bawaslu, Wasikin Marzuki menyoroti beberapa hal yang dinilainya penting, yakni adanya 20 petugas PPDP yang tidak melaksanakan tugas dengan baik, kesalahan cetak stiker dan leaflet, perbedaan data pemilih non-KTP elektronik versi Disdukcapil dengan KPU, data disabilitas, dan adanya PPDP yang tidak bisa masuk ke kawasan tertentu seperti pemukiman di apartemen

Namun secara umum, dia mengapresiasi kinerja jajaran KPU Jabar yang telah bekerja maksimal.

Apresiasi juga disampaikan tim kampanye keempat paslon, dengan beberapa catatan yang pada dasarnya hampir mirip dengan catatan Bawaslu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalahkan EXO, BTS Paling Populer di Media Sosial

Posted: 16 Mar 2018 09:20 PM PDT

Bangtan Boys atau BTS debut 2013 silam. Hanya dalam bebewara waktu, kerja keras BTS terbayar, berhasil menguasai industri musik dengan karya mereka.

Awalnya, BTS membawa pulang penghargaan bergengsi di Korea Selatan hingga Asia, termasuk MNet Asian Music Awards. Lalu, BTS mengembangkan sayapnya hingga melenggang di industri musik internasional dengan menyabet piala Billboard Music Awards 2017.

Bahkan, BTS berhasil menyingkirikan sederet artis ternama, mulai dari Ariana Grande hingga Justin Bieber. Kini, BTS terus mengukir prestasi, disebut sebagai boyband paling populer di media sosial.

Laporan dari Billboard menuliskan, Sabtu (17/3/2018), BTS berada di posisi teratas, boyband dengan reaksi paling banyak dari penggemar di media sosial. Dari data yang dikumpulkan The Social 50, BTS meraih angka tertinggi.

Angka BTS

BTS memang grup idol yang saat ini sedang terkenal-kenalnya. Bang Shi Hyuk, CEO Big Hit Entertainment merupakan otak di balik kesuksesan BTS selama ini. (Foto: Soompi.com)

BTS mendapatkan 34,2 juta mention yang terus memainggl nama boyband tersebut di Twitter. Selanjutnya, 1,3 juta reaksi di YouTube.

Data memperlihatkan BTS meraih reaksi yang luar biasa dari penggemar melalui media sosial.

EXO

EXO (Foto: Soompi.com)

Berada di posisi kedua, EXO. Boyband asuhan SM Entertainment ini meraih reaksi hangat oleh penggemar, khususnya setelah tampil di Paralympic Games 2018 di Pyeongchang.

Laman Wikipedia EXO dibaca oleh 525 ribu pasang mata. Selain itu, 985 ribu rekasi di Instagram.

GOT7

Lagu Look ini sendiri ditulis oleh leader dari GOT7, JB. Cowok berwajah tampan itu pun menjelaskan makna yang terkandung di lirik lagu Look. (Foto: Soompi.com)

GOT7 yang debut 2014 silam ini menempati posisi ketiga. Single baru "Eyes on You" milik GOT7 mendapatkan sambutan hangat di Twitter.

GOT7 bahkan sempat menduduki posisi teratas di chart ternama dunia Billboard, dengan album Mad yang rilis 2015 silam. Selain itu, videoklip "Never Ever" yang rilis awal 2017 telah ditonton 2.541.635 orang di situs berbagi video YouTube tak lama setelah dirilis.

Wanna One

Wanna One (Foto: Soompi.com)

Tak disangka, Wanna One, boyband pendatang baru ini masuk di 5 besar. Wanna One mendapatkan reaksi 58 ribu dari penggemar di Instagram. Semua itu berkat karya "0+1=1(I Promise You)" yang rilis 19 Maret 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Berharap Para Pemuda Jadi Duta Toleransi

Posted: 16 Mar 2018 09:17 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi jalan pagi di sekitar The Royal Botanical Garden, Sydney, Australia, pagi ini, Sabtu (17/3/2018). Tak hanya didampingi Ibu Negara Iriana, dalam jalan pagi kali ini, dia mengajak sejumlah anak muda Indonesia untuk turut serta.

Sebanyak 18 belas pemuda yang tergabung dalam 'Indonesia-Australia Youth Interfaith Dialogue' tersebut datang dari sejumlah daerah yang ada di Tanah Air. Mulai dari Lombok, Manado, Bali, Jombang, Kudus, Jakarta, hingga Tasikmalaya.

Mereka akan tinggal di Australia selama empat hari sebagai bagian dari peserta program 'Outstanding Youth for the World' Kementerian Luar Negeri.

Melalui kegiatan ini, Jokowi berharap para pemuda dapat menjadi agen toleransi yang dapat berbagi pengalaman tentang kehidupan Indonesia yang sangat beragam kepada dunia internasional.

"Yang paling penting mereka saya titipkan agar menjadi agen toleransi, agen perdamaian yang bisa menceritakan mengenai organisasi yang beragam suku, beragam agama, beragam bahasa daerah tapi kita tetap satu menjadi sebuah bangsa besar Indonesia," ujar Jokowi usai jalan pagi.

Selain itu, Jokowi juga berharap para pemuda mendapatkan pengalaman dan wawasan tambahan terkait dunia luar, khususnya Australia, yang dapat dibagikan di Indonesia.

"Jadi anak-anak muda ini biar kenal dengan saudara-saudara mereka yang ada di Australia," ucap Presiden Jokowi.

Tips dari Jokowi

Presiden Jokowi bersama para pelajar Indonesia di Royal Botanic Garden, Sydney, Australia (foto: biro pers setpres)

Saat berjalan santai selama kurang lebih satu jam, para pemuda memanfaatkan kesempatan tersebut untuk berbincang dan berdiskusi dengan Presiden dan Ibu Iriana. Mulai dari olahraga yang digemari hingga alasan menyukai musik bergenre rock.

"Musik yang memberi semangat karena drum-nya, dug-dug-dug, coba lihat saja, ada yang membawa (pesan) anti korupsi, anti narkoba, perdamaian, diingatkan kita satu saudara loh, kalau dilihat betul mesti ke situ-situ saja," tutur Presiden.

Selain itu, salah satu peserta juga berdiskusi tentang cara merawat kerukunan di Indonesia, yang terkenal dengan keragaman suku, budaya, agama, dan bahasa. Presiden pun memberikan tips kepada para pemuda untuk selalu berfikiran positif.

"Kita ini kalau terbuka, saling bisa menghargai, menghormati, perbedaan-perbedaan yang ada tidak saling mencela, menjelekkan, menyalahkan, semua bisa (rukun)," kata Jokowi.

Sebelum pulang, tak lupa para peserta 'Outstanding Youth for the World' berfoto bersama dengan latar Gedung Opera House yang menjadi salah satu ikon Australia.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana saat jalan pagi adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemain Baru Melempem, Begini Respons Petinggi AC Milan

Posted: 16 Mar 2018 09:15 PM PDT

AC Milan telah menghabiskan dana besar untuk membeli 11 pemain baru pada bursa transfer musim panas tahun lalu. Itu dilakukan demi mengembalikan kejayaan AC Milan. Para pemain anyar tersebut diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam mencapai tujuan tersebut.

Namun, kenyataannya masih belum sesuai harapan. Kebanyakan dari mereka justru melempem di musim pertamanya.

Termasuk Nikola Kalinic, Andre Silva, dan Hakan Calhanoglu, yang masing-masing berharga 25 juta euro, 38 juta euro, serta 22 juta euro.

Kendati demikian, Direktur Olahraga AC Milan, Massimiliano Mirabelli sejauh ini tidak mempermasalahkan hal tersebut. Baginya, wajar jika pemain butuh waktu untuk beradaptasi.

"Kami harus tetap sabar pada mereka. Mereka punya banyak ruang untuk berkembang. Bahkan di pertandingan seperti ini (lawan Arsenal), kami akan melihat perkembangan mereka," ujar Mirabelli, seperti dilansir Football Italia.

Sikap sama juga diberlakukan kepada kiper belia, Gianluigi Donnarumma. Meski digadang-gadang bakal menjadi pewaris Gianluigi Buffon sebagai kiper nomor satu Timnas Italia, kiper 19 tahun itu masih kerap mudah dibobol.

Terakhir kali ia juga melakukan blunder saat bertanding lawan Arsenal di leg kedua babak 16 besar Liga Europa, saat mengantisipasi tendakan Granit Xhaka.

"Dia menjalani pertandingan besar. Terlepas dari kesalahannya, kami tetap menaruh kepercayaan yang besar terhadapnya. Kami berharap dia bisa bertahan bersama kami untuk jangka waktu lama. Dia adalah permata bagi dan kami akan menjaganya sekuat tenaga," Mirabelli menjelaskan.

 

Perpanjang Kontrak Gattuso

Reaksi kecewa dua pemain AC Milan, Nikola Kalinic (kiri) dan Hakan Calhanoglu di tengah laga kontra AS Roma, pada giornata 7 Liga Italia Serie A 1 2017-2018, di Stadion San Siro, Minggu (1/10/2017) malam WIB. AC Milan takluk dengan skor 0-2. (AFP/Miguel M

Pada kesempatan itu, Mirabelli juga memberi sinyal kalau pihaknya akan memperpanjang masa bakti Gennaro Gattuso. Sejak dilatih Gattuso, AC Milan mampu bangkit dari keterpurukan.

Terlepas dari kekalahan kontra Arsenal, mereka sudah tidak terkalahkan di 12 laga di kompetisi domestik.

"Tidak ada keraguan bahwa Rino (sapaan Gattuso) akan bertahan di sini untuk waktu yang lama. Kami akan mengadakan pertemuan dalam beberapa hari ke depan," ujarnya menambahkan.

Sarankan VAR Dipakai di Liga Europa

Bek AS Roma, Kostas Manolas (kiri) berebut bola dengan pemian AC Milan, Nikola Kalinic dalam laga lanjutan Serie A pekan ke-7 di San Siro, Minggu (1/10). Bermain di kandang sendiri, AC Milan menyerah 0-2 dari AS Roma. (MIGUEL MEDINA/AFP)

Mirabelli turut merasakan kegetiran atas kekalahan AC Milan di leg kedua 16 besar Liga Europa, terutama terkait penalti kontroversial yang berikan wasit untuk Arsenal. Seperti diketahui, The Gunners mendapat hadiah penalti atas diving yang dilakukan Danny Welbeck, saat AC Milan sudah unggul 1-0.

Penalti yang dikoversi menjadi gol oleh Welbeck itu lantas menjatuhkan mental para pemain I Rossoneri.

"Kalau ada VAR seperti di liga Italia, pertandingan ini akan berakhir dengan hasil yang berbeda. Kami tidak ingin menganggap diri kami sebagai korban. Namun tanpa insiden itu, pasti hasilnya akan beda. UEFA harus berbenah dan berkaca dari Italia. VAR adalah hal yang bagus," katanya. (Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ucapan Hari Raya Nyepi Ramaikan Medsos, Begini Cuitan Tokoh di Indonesia

Posted: 16 Mar 2018 09:10 PM PDT

Bulan Maret menjadi bulan bagi umat Hindu antusias memperingati Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940. Memang Hari Raya Nyepi menjadi momen yang paling dinantikan oleh masyarakat yang memperingatinya untuk merenungkan diri agar mengembalikan jiwa yang bersih dan suci.

Hari Raya Nyepi yang identik dengan suasana sepi tampaknya tak berlaku di jejaring sosial.

Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, sejak pagi linimasa Twitter telah diramaikan dengan berbagai cuitan ucapan Hari Raya Nyepi yang diutarakan warganet untuk keluarga, teman-teman, artis idola atau pun untuk warganet lainnya.

Namun, tak hanya warganet biasa, para tokoh dan selebriti Tanah Air juga turut berpartisipasi dalam memeriahkan Hari Raya Nyepi di jejaring sosial. Seperti Presiden Joko Widodo. Dalam akun Twitter-nya dengan nama @jokowi, dia menuliskan cuitan yang berisi ucapan Hari Nyepi dan harapan di Tahun Baru Saka 1940.

Selain Presiden Jokowi, adapula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya, Sandiaga Uno yang turut menuturkan ucapan Hari Raya Nyepi bagi masyarakat yang merayakannya. 

 

 

 

 

Cuitan Warganet

Sejumlah umat Hindu melakukan rangkaian upacara Tawur Kesanga di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta, Jumat (16/3). Hari Tawur Kesanga dan Pangerupukan adalah hari terakhir umat boleh beraktivitas dan menggelar keramaian. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Warganet juga tak lupa untuk mencantumkan tagar #SelamatHariNyepi untuk memeriahkan perayaan tahunan tersebut di Twitter.

Saking banyaknya cuitan yang membanjiri linimasa, perbincangan Hari Raya Nyepi pun menjadi topik yang paling ramai dibahas warganet hingga memasuki jajaran teratas trending topic kawasan Indonesia.

Ungkapan selamat warganet kepada masyarakat yang merayakan Hari Raya Nyepi di jejaring sosial menjadi salah satu bentuk toleransi masyarakat Tanah Air.

Umat Hindu sebelumnya melakukan berbagai ritual, diantaranya ogoh-ogoh dan melasti. Ogoh-ogoh merupakan patung simbol perwujudan Butakal, sementara Melasti atau penyucian diri dengan melarungkan sesaji ke sumber mata air dilakukan beberapa jam sebelum Hari Raya Nyepi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aisyiyah Jatim Puji Program Gus Ipul-Mbak Puti

Posted: 16 Mar 2018 09:04 PM PDT

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno berkunjung ke Kantor Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Timur, di Kertomenanggal Surabaya pada Jumat (16/3). Kedatangan Puti diterima langsung Ketua PW Aisyiyah Jawa Timur Siti Dalilah Candrawati, serta pengurus lain.

Kunjungan Puti ke Kantor PWA selain silaturahmi juga untuk mempromosikan program-programnya di Pilkada Jawa Timur 2018. Disusun bersama Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Puti Guntur menyampaikan salah satu program andalannya yakni pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Seperti Program Keluarga Harapan (PKH) Super, yakni pemberian insentif untuk kepala keluarga perempuan," kata Puti Guntur Soekarno.

Program itu untuk memperluas lapangan pekerjaan. Apalagi di daerah yang punya wisata, kelak dikoneksikan dengan Seribu Desa Wisata (Seribu Dewi). Yakni, pensiotaan desa wisata, dengan pemberdayaan kelompok sadar wisata.

Selanjutnya Desa Cemara (desa cerdas maju sejahtera) yang merupakan program pemberian masalah pelayanan di tingkat desa. "Kemudian pendidikan gratis untuk SMA/ SMK Negeri. Serta beasiswa untuk warga miskin, dan penghafal Alquran," terang Puti.

Cucu Bung Karno itu mengenang neneknya, Hj. Fatmawati, yang pernah menjadi pengurus Aisyiyah dan leluhurnya Dato Hasan Din yang menjadi tokoh Muhammadiyah Bengkulu.

"Bung Karno pernah menjadi pengurus dan guru Muhammadiyah di Bengkulu," ujar Puti pada PW Aisyiyiah Jawa Timur. Kesejarahan itulah yang mempertautkan Puti Guntur Soekarno dengan Aisyiyah dan Muhammadiyah.

Pada kesempatan tersebut, Siti Dalilah Candrawati mengungkapkan pihaknya dengan tangan terbuka menerima Mbak Puti hadir di Kantor Pimpinan Wilayah Aisyiyah.

"Semoga segera mendapat kartu anggota keluarga besar Aisyiyah," kata Ketua PWA Jawa Timur Siti Dalilah Candrawati.

 

Kunjungan Puti ke Kantor PWA selain silaturahmi juga untuk mempromosikan program-programnya di Pilkada Jawa Timur 2018.

Siti juga banyak memuji program pasangan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno yang beririsan dengan agenda-agenda yang dikerjakan Aisyiyah. Seperti pemberdayaan UMKM pada kaum gender, memperhatikan pendidikan, persoalan anak serta lansia.

"Meski masih calon, Mbak Puti ini pemimpin. Kalau programnya bagus, dan membawa kebaikan semua manusia, maka dia akan mendapat tempat yang baik pula," kata Siti Dalilah Candrawati.

Candrawati menceritakan saat digelar Tanwir Aisyiyah, 19-21 Januari 2018, di Surabaya, diputar film yang mengisahkan Hj. Fatmawati. "Ketika itu Bu Fat menjahit bendera Merah Putih sambil menyanyikan Mars Aisyiyah," kata dia.

Penggalan lirik Mars Aisyiyah yang dinyanyikan Bu Fat di film itu, "Wahai Warga Aisyiyah Sejati, Sadarlah Akan Kewajiban Suci, Membina Harkat Kaum Wanita, Menjadi Tiang Utama Negara..."

Sekretaris PW Aisyiyah Jawa Timur Nelly Asnifati mendoakan Puti Guntur terpilih menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur, mendampingi Gus Ipul.

"Banyak program Gus Ipul dan Mbak Puti tidak jauh beda dengan Aisyiyah, dan kami telah mengerjakan. Semoga Mbak Puti ini menjadi Wakil Gubernur, nanti tinggal memperkuat kerja sama," ucap Nelly Asnifati.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Si Mungil Chika Jessica Tampil Lebih Jenjang dengan 5 Trik Fashion Ini 

Posted: 16 Mar 2018 09:02 PM PDT

Chika Jessica merupakan salah satu selebritas bertubuh mungil. Namun dengan pemilihan fashion yang tepat, ia mampu menciptakan ilusi tubuh lebih tinggi.

Bahkan pemilik tinggi 155 cm ini juga selalu mengikuti tren fashion terkini yang mungkin ditakuti para wanita bertubuh imut. Seperti celana berpotongan lebar di bagian bawah atau flared atau kulot.

Flared asymmetric jeans

Celana model flared atau melebar di bagian bawah bisa memberikan ilusi tubuh lebih jenjang. Apalagi jika mempunyai potongan high waisted atau berpotongan pinggang tinggi seperti yang dipakai Chika Jessica.

 

 

Let's go back to 80's girls 📽

A post shared by Chika Jessica (@chikajessica88) on

Side Striped Pants

Model celana dengan garis di samping ini sedang digandrungi pecinta mode. Termasuk Chika, ia memilih warna hitam yang memberi kesan kaki panjang serta pinggang berpotongan tinggi. Tertarik mencoba?

 

🖤•••

A post shared by Chika Jessica (@chikajessica88) on

Tone on tone dressing

Selain bermain bentuk, pilihan busana warna senada atau satu warna juga dilakukan Chika. Trik fashion ini akan membuat Anda terlihat lebih tinggi dari ukuran sebenarnya. Begitu juga dengan pemilihan aksesori seperti sandal dan tas senada. 

 

 

🥜mowning

A post shared by Chika Jessica (@chikajessica88) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekor Muri dan Revolusi Jamu Tradisional Cilacap

Posted: 16 Mar 2018 09:01 PM PDT

Pada dekade 1990-an, produksi jamu tradisional di Cilacap, Jawa Tengah, mulai menggeliat dan menggapai puncak pada tahun awal millenium kedua. Ratusan industri jamu skala rumahan dan usaha kecil menengah (UKM) bertebaran.

Lahirnya para produsen jamu dadakan itu nyaris tak terkontrol. Ada di antara mereka yang lantas menggunakan bahan-bahan kimia, di jamu tradisionalnya.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pun tak tinggal diam, para produsen jamu ilegal dan berbahaya pun digaruk. Pasalnya, mereka tak berizin dan diduga menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Padahal, jamu tradisional diklasifikasikan sebagai obat yang memanfaatkan bahan-bahan alami atau herbal, nonkimiawi, dan tentu tak membahayakan.

Pelaku usaha jamu pun berjatuhan satu per satu dan mengalami masa sulit. Apalagi, pabrik besar mulai memainkan jamu tradisional dan herbal sebagai alternatif pengobatan, seiring makin moncernya obat-obatan yang berbau tradisional dan herbal.

Mendapati industri jamu tradisional semakin terpuruk, para pelaku jamu tak tinggal diam. Mereka menggandeng BPOM, Pemerintah Daerah (Pemda) Cilacap, dan berbagai pihak lain untuk merevitalisasi produksi jamu Cilacap yang sempat berjaya, bahkan di luar Pulau Jawa.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Aksi Minum Jamu Massal Pemecah Rekor MURI

Manajer Senior MURI Sri Widayati menyerahkan piagam rekor Muri kepada Ketua PPJAI Mukit Hendrayanto didampingi Kepala Balai BPOM Semarang Endang Pudjiwati. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Perkumpulan Pelaku Jamu Alami Indonesia (PPJAI) Cilacap menggelar pemecahan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) dengan aksi minum jamu dengan peserta terbanyak ini. Sebanyak 20.188 orang dari pelajar dan warga serentak meminum jamu di Alun-alun Cilacap, Jumat, 16 Maret 2018.

Ketua PPJAI Cilacap, Ketua PPJAI Mukit Hendrayanto menegaskan, pemecahan rekor Muri menjadi tonggak awal atau revolusi agar jamu buatan Cilacap maju, legal, dan tanpa bahan kimia obat (BKO).

Dari titik ini, pelaku jamu ingin memberi pesan bahwa jamu tradisional adalah pilihan pengobatan masa depan. Itu ditandai dengan semakin populernya istilah kembali ke alam atau back to nature dan telah menjadi isu dunia.

Jamu merupakan warisan budaya yang tak ternilai harganya. Sebab itu, kekayaan budaya ini harus dijaga bersama. Didukung kekayaan sumber daya alam Indonesia, jamu memiliki kesempatan besar untuk bangkit.

"Kita menggagas aksi minum jamu serentak dalam rangkaian acara HUT Kabupaten Cilacap. Mudah-mudahan ke depan kita juga bisa mengadakan aksi serupa di kabupaten lain di Barlingmascakeb," dia menjelaskan.

Dia mengklaim, industri jamu di Cilacap sudah semakin terkontrol dan membaik. Mereka juga telah memperoleh izin dari Dinas Kesehatan maupun BPOM, sehingga mulai memproduksi jamu-jamu legal serta tidak mengandung bahan-bahan berbahaya.

Revitalisasi Industri Jamu Cilacap

Pahit-pahit, anak-anak tetap meminum jamu tradisional supaya sehat. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

PPJAI merupakan perkumpulan para pengusaha jamu herbal non BKO yang terus merintis dan mengembangkan produk jamu tanpa campuran bahan kimia obat. Perkumpulan ini berkomiten untuk memproduksi jamu legal.

"Jumlah anggota PPJAI Cilacap saat ini mencapai 70 pelaku jamu alami, sembilan di antaranya berupa usaha kecil dan menengah (UKM)," ucap Mungkit.

Kepala Balai BPOM Semarang Endang Pudjiwati mengatakan, BPOM siap mendampingi proses registrasi dan membantu uji laboratorium secara gratis untuk UMKM obat tradisional. Dia juga mengapresiasi semangat PPJAI untuk memopulerkan budaya minum jamu.

Ia pun tak menutup mata bahwa masih ada produsen jamu ilegal yang dapat merusak nama baik jamu tradisional. Itu karena BPOM dan kepolisian tetap menindak industri jamu tradisional yang mencampurkan BKO.

Manajer Senior Muri Sri Widayati mengatakan, aksi minum jamu massal yang diikuti oleh 20.188 orang ini mematahkan rekor sebelumnya yang digelar di Sukoharjo pada 2012 lalu, dengan peserta sebanyak 15.000 orang. Angka 20.188 orang adalah rekor Muri saat ini.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap pun pada 10 tahun lalu sempat mencatatkan rekor Muri jumlah peminum jamu terbanyak, tepanya pada tahun 2007, dengan jumlah peserta 6.956 orang. Serupa dengan sekarang, saat itu, pemkab juga hendak membangkitkan industri jamu yang lesu.

"Cilacap berhasil menumbangkan rekor lama dan tercatat pada Muri dengan nomor rekor 8.360," Sri menerangkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Vs Manchester City, Klopp: Ini Laga Idaman Fans MU

Posted: 16 Mar 2018 09:00 PM PDT

Liverpool akan menghadapi Manchester City di perempat final Liga Champions musim ini. Manajer Liverpool, Jurgen Klopp menilai duel ini bakal menjadi hiburan buat fans Manchester United (MU).

The Reds, sebutan Liverpool, akan menjamu Manchester City terlebih dahulu di Anfield Stadium, 5 April 2018. Seminggu kemudian, Manchester City akan balik menjamu Liverpool.

"Saya tak mengharapkan apa pun, tak menginginkan apa pun. Saya tidak berpikir akan bagus di Liga Champions untuk menghadapi tim dari negara yang sama, tapi inilah yang terjadi," katanya, dilansir dari Goal.

Pertemuan dua tim Inggris ini tentu dianggap Klopp sebagai hiburan untuk fans MU. Setan Merah, julukan MU, tersingkir dari Liga Champions setelah kalah 1-2 dari Sevilla di Old Trafford.

"Tentunya ini adalah hasil undian yang menjadi idaman bagi seluruh fans Manchester United," ujar manajer Liverpool asal Jerman tersebut dengan nada bergurau.

Wajah Tak Senang Petinggi Manchester City

Saat undian perempat final Liga Champions, Klopp mengatakan, dia melihat wajah tidak puas dari direktur sepak bola Manchester City, Txiki Begiristain.

"Saya melihat wajah Begiristain setelah proses undian dan tidak terlihat (ada kepuasan). Ini merupakan babak delapan besar di Eropa, jika menganggapnya mudah maka keliru," kata mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

"Saya benar-benar tak keberatan, masih ada waktu untuk bisa melakukan persiapan, jadi saya akan berpikir lebih banyak sebelum pertandingan. Saya tahu ini akan menjadi sulit, tapi kabar baiknya ini juga akan menjadi kesulitan bagi City."

Pikirkan Watford

Namun, Klopp enggan memikirkan Manchester City untuk sekarang ini. Pada Sabtu (18/3/2018), mereka akan menjamu Watford di Anfield Stadium dalam lanjutan Liga Inggris.

"Akan ada suatu titik di mana saya melihat ke depan, tapi untuk sekarang saya lebih menaruh fokus pada Watford," ucapnya mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu Pacarnya Dapat Kerja, Pejabat Perbatasan Australia Dipecat

Posted: 16 Mar 2018 09:00 PM PDT

Komisioner Angkatan Perbatasan Australia (ABF), Roman Quaedvlieg, dipecat gara-gara membantu pacarnya mendapatkan pekerjaan di dalam organisasi tersebut. 

Quaedvlieg lalu mundur dari posisinya yang bergaji US$ 617.000 (atau setara Rp 6,17 miliar) pada Mei 2017 lalu, sehingga tinjauan atas tingkah lakunya terhadap staf perempuan muda bisa diselesaikan oleh Departemen PM & C.

Investigasi kedua diprakarsai oleh Komisi Integritas Penegakan Hukum, demikian menurut Australia Plus, yang dikutip Sabtu (16/3/2018).

Dalam langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya, Pemerintah Federal Australia memutuskan bahwa posisinya harus dihentikan setelah dua tinjauan independen tersebut.

Pemerintah mengatakan, Quaedvlieg gagal mengungkap sebuah hubungan dengan seorang perempuan yang mencari pekerjaan di lembaganya, saat ia berada dalam posisi untuk memengaruhi keputusan perekrutan.

Pemerintah juga menemukan bahwa ia membuat pernyataan yang salah kepada Menteri Imigrasi Australia tentang hubungannya. Namun, Quaedvlieg membantahnya.

Dalam sebuah pernyataan pada Kamis siang, ia mengulangi penolakan tersebut dan mengatakan bahwa ia memilih untuk tidak mengundurkan diri, karena melakukan hal itu sama saja dengan mengakui keterlibatan dalam kejahatan.

Pemerintah Australia telah menggambarkan pemecatan tersebut sebagai hal yang sangat disayangkan, tapi perlu dilakukan.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Restrukturisasi Kementerian Dalam Negeri

Menteri Imigrasi Australia, Peter Dutton (tengah) melihat langsung kondisi anjing pelacak satuan K-9 Dirjen Bea Cukai Jakarta, Kamis (19/11/2015). Kunjungan ini untuk mempererat hubungan pemberantasan peredaran narkoba. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemecatannya mengakhiri investigasi internal yang berlarut-larut dan mahal, yang akan memicu restrukturisasi dalam Kementerian baru Peter Dutton, Kementerian Dalam Negeri.

Quaedvlieg adalah mantan kepala polisi di Wilayah Ibu Kota Australia (ACT) dan Komisaris ABF.

Sebagai salah satu pegawai negeri dengan bayaran tertinggi di Australia, ia memperoleh lebih dari 500 ribu dolar Australia (atau setara Rp 5 miliar) ketika cuti, sementara Departemen PM & C dan Komisi Penegakan Hukum Integritas menyelidiki tingkah lakunya.

Sekretaris Departemen PM & C, Martin Parkinson, menyelesaikan peninjauannya atas tindakan Quaedvlieg bulan lalu dan menyerahkannya kepada Jaksa Agung Christian Porter, bukan Menteri Dutton.

Keputusan itu dibuat untuk menghindari munculnya bias dan Porter merekomendasikan agar Gubernur Jenderal, Peter Cosgrove, memecat Quaedvlieg.

Lalu Dewan Eksekutif Federal menandatangani keputusan tersebut pada Kamis, 15 Maret 2018 di Canberra.

Quaedvlieg kabarnya frustrasi dengan lamanya penyelidikan, seperti halnya kubu Oposisi Australia, yang berulang kali meminta jawaban.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Badan Penuh Lumpur, Begini Keseruan Perayaan Mud Day di Tel Aviv

Posted: 16 Mar 2018 09:00 PM PDT

Sejumlah peserta tercebur di kolam lumpur saat memulai perlombaan Mud Day di Tel Aviv, Israel (16/3). Sekitar 5.000 orang ikut berpartisipasi dalam lomba Hari Lumpur di Tel Aviv ini. (AFP Photo/Jack Guez)

Sejumlah peserta tercebur di kolam lumpur saat memulai perlombaan Mud Day di Tel Aviv, Israel (16/3). Sekitar 5.000 orang ikut berpartisipasi dalam lomba Hari Lumpur di Tel Aviv ini. (AFP Photo/Jack Guez)

Sejumlah peserta melewati rintangan saat mengikuti Mud Day di Tel Aviv, Israel (16/3). Para peserta harus menyelesaikan lomba lari sepanjang 13 kilometer yang dipenuhi rintangan dan kubangan. (AFP Photo/Jack Guez)

Sejumlah peserta melewati rintangan saat mengikuti Mud Day di Tel Aviv, Israel (16/3). Para peserta harus menyelesaikan lomba lari sepanjang 13 kilometer yang dipenuhi rintangan dan kubangan. (AFP Photo/Jack Guez)

Ekspresi peserta dengan tubuh penuh lumpur saat mengikuti Mud Day di Tel Aviv, Israel (16/3). Sekitar 5.000 orang ikut berpartisipasi dalam lomba Hari Lumpur di Tel Aviv ini. (AFP Photo/Jack Guez)

Ekspresi peserta dengan tubuh penuh lumpur saat mengikuti Mud Day di Tel Aviv, Israel (16/3). Sekitar 5.000 orang ikut berpartisipasi dalam lomba Hari Lumpur di Tel Aviv ini. (AFP Photo/Jack Guez)

Sejumlah peserta merangkak di kolam lumpur saat mengikuti Mud Day di Tel Aviv, Israel (16/3). Dalam acara ini para peserta harus melewati rintangan sepanjang 13 kilometer. (AFP Photo/Jack Guez)

Sejumlah peserta merangkak di kolam lumpur saat mengikuti Mud Day di Tel Aviv, Israel (16/3). Dalam acara ini para peserta harus melewati rintangan sepanjang 13 kilometer. (AFP Photo/Jack Guez)

Seorang pria tercebur di kolam lumpur saat memulai perlombaan Mud Day di Tel Aviv, Israel (16/3). Para peserta harus menyelesaikan lomba lari sepanjang 13 kilometer yang dipenuhi rintangan dan kubangan. (AFP Photo/Jack Guez)

Seorang pria tercebur di kolam lumpur saat memulai perlombaan Mud Day di Tel Aviv, Israel (16/3). Para peserta harus menyelesaikan lomba lari sepanjang 13 kilometer yang dipenuhi rintangan dan kubangan. (AFP Photo/Jack Guez)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mudah Bedakan Busi Asli atau Palsu

Posted: 16 Mar 2018 09:00 PM PDT

Percikan api sempurna dari sebuah busi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi performa sebuah mesin. Percikan tersebut akan menghasilkan ledakan setelah campuran bahan bakar terkompresi dengan tepat di dalam ruang mesin.

Busi berkualitas salah satunya dipengaruhi oleh keasliannya. Busi yang tidak asli justru tidak dapat memproduksi percikan api yang baik, bahkan umur pakainya bisa saja jauh lebih pendek. Celakanya tidak sedikit pemilik kendaraan yang bisa membedakan mana busi asli atau palsu.

Menurut Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, sebenarnya dilihat dari fisik, bisa diketahui pebedaan busi asli dan palsu. 

"Bisa dilihat dari terminal nut-nya. Kalau ulir pada busi asli itu lebih halus dan rapi. Kalau yang palsu akan terlihat kasar dan tidak rapi," terang Diko.

 

Selanjutnya

Nah, langkah berikutnya adalah memperhatikan penulisan part number di busi. Pada busi asli, part number tercetak rapi dan teratur, sedangkan busi palsu tulisannya hitam, tebal dan posisinya tidak rapi.

"Kalau di busi NGK asli, selalu ada namanya nomor lot produksi di bagian hexagonalnya. Sedangkan pada busi palsu tidak ada nomor lot-nya," kata Diko.

Khusus busi NGK asli, gasket sangat sulit untuk dilepas. Bahkan jika bisa lepas pun, gasket ini tidak bisa dipasang kembali. Sementara pada busi palsu gasket atau ringnya mudah lepas atau longgar.

Selain itu, mata shell busi asli terbuat dari baja kuat dan tahan panas karena diproses plating Cr3, sehingga tahan korosi dan warnanya juga lebih cerah dan tidak gampang pudar. Di sisi lain, busi palsu biasanya memiliki warna metal shell yang agak buram dan mudah karat.

"Yang terakhir, perhatikan konstruksi pada ujung elektrodanya. Gap dan penyambungan busi asli itu sangat rapi. Kalau yang palsu tidak rapi," tutupnya.

Sumber : Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Kota Favorit Incaran Pencari Rumah Selain Jakarta

Posted: 16 Mar 2018 09:00 PM PDT

Survei yang dilakukan oleh portal properti Lamudi.co.id mendapat kesimpulan bahwa Bandung, menjadi kota favorit pencarian rumah. Dalam satu bulan ada sekitar 22 ribu orang mencari rumah di Bandung.

Untuk di urutan kedua ada Bekasi, minat untuk membeli rumah di Kota Patriot ini mencapai 20 ribu orang dan di peringkat tiga ada Surabaya dengan total pencarian mencapai 18 ribu orang.

Managing Director Lamudi Indonesia Mart Polman menjelaskan, kota Bandung menjadi area favorit karena kota ini relatif masih dekat dengan Jakarta.

Apalagi saat ini pemerintah sedang gencar untuk membangun sarana infrastruktur yang dapat mempercepat perjalanan dari Jakarta menuju Bandung, contohnya seperti kereta cepat Jakarta-Bandung dan pembangunan tol layang (elevated) Jakarta-Cikampek.

"Kota ini juga sangat cocok untuk para investor properti," katanya dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (17/3/2018).

 

Kawasan Buah Batu

Ilustrasi Investasi (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Dengan besarnya potensi properti di Bandung, makanya tak heran saat ini banyak pengembang yang membangun beragam proyek perumahan di sana.

Contohnya seperti Agung Podomoro Land yang membangun Podomoro Park, perumahan yang berada di kawasan Buah Batu tersebut menyasar segmen pasar atas dengan harga jual per unit mulai dari Rp 1,4 miliar hingga Rp 5 miliar.

Lalu ada juga Kota Baru Parahyangan, proyek berskala kota mandiri tersebut berlokasi di Padalarang, di sana Anda bisa membeli rumah dengan harga mulai dari Rp 800 jutaan dengan luas lahan 84 meter persegi hingga 419 meter persegi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Om Pink, Pelapak yang Melestarikan Pernak-pernik Khas Pontianak

Posted: 16 Mar 2018 09:00 PM PDT

Setiap wirausahawan menyimpan kisah tersendiri soal hal yang memotivasi mereka untuk berhenti menjadi pegawai kantoran. Salah satunya kisah Om Pink--begitu karib disapa--yang menjadi pelapak Bukalapak  untuk memperkenalkan konten-konten lokal dari Pontianak ke seluruh Indonesia.

"Saya ngerasa saya ngerjain sesuatu dari punya orang, saya bangun sesuatu yang punya orang terus, kapan saya punya sendiri?" kata Om Pink kepada Tekno Liputan6.com sambil mengenang keputusannnya menjadi wirausaha.

Sebelumnya Om Pink sempat aktif sebagai pengurus stasiun radio sebelum banting setir menjadi wirausaha dan kemudian menjadi pelapak di Bukalapak. Yang saat ini sedang gencar dipasarkan Om Pink adalah produk tradisional khas daerahnya.

"Saya juga suka local content, mainnya dulu baju-baju tradisional, motif-motif Kalbar (Kalimantan Barat)," kata pria bernama asli Muhammad Syafril ini.

"Karena melihat pangsa besar di Bukalapak dan kesempatannya ada, akhirnya saya bisnis tanjak, topi melayu. Kemudian saya bikin baju kemeja corak insang, coraknya khas Pontianak. Kemudian celana sarung khas Kalbar, coraknya ada yang dayak dan ada yang insang juga," jelasnya.

Berkat jualan online lewat Bukalapak, Om Pink berhasil mempromosikan konten-konten lokal Pontianak ke berbagai kota di Indonesia. Ia pun senang karena konten lokal seperti Tanjak kian populer.

"Ini sudah saatnya kita angkat (konten lokal), untuk dipromosikan," tambah Om Pink.

Produk yang dipasarkan Om Pink cukup terkenal di kalangan pemuka agama. Om Pink sendiri memang aktif di gerakan dakwah.

Ia juga cukup aktif mencari peluang. Misal, ketika ada acara ulang tahun Pontianak, maka produk Om Pink akan dicari-cari oleh pihak pemerintah.

Lapak Om Pink sendiri mengambil pasar menengah ke atas, kisaran Rp 150 ribu sampai Rp300 ribu. Ia masih memiliki toko offline, agar para pelanggan dapat melihat sendiri produk-produk yang ia pasarkan. Ia pun sudah memiliki pegawai sendiri.

"Yang kita jual adalah sesuatu yang unik, budaya itu kan unik. Saya edukasi bahwasanya konten lokal seperti ini bukan hanya milik Melayu, tapi milik Indonesia," ucapnya.

Om Pink berharap, konten lokal seperti Tanjak tak hanya dikenakan untuk acara yang bersifat seremonial, tetapi agar dapat terus populer di kalangan anak muda juga.

 

Keputusan Menjadi Pelapak

Logo Bukalapak

Om Pink pernah takut sebelum keluar dari zona nyamannya sebagai pegawai, tetapi ada dua hal yang memotivasinya. Yang pertama adalah sang istri yang sampai sekarang setia menemaninya mengembangkan bisnis.

"Saya awalnya juga takut, khawatir, saat saya lepas jabatan, saya mau makan apa? Saya diskusi dengan istri yang kemudian memberi support," ucapnya.

Keua, Om Pink juga mengaku terinspirasi dari Rasulullah yang juga memiliki karir sebagai pedagang.

Untuk mereka yang masih ragu-ragu berkarir sebagai pedagang, Om Pink pun memberikan saran.

"Kalau mau ngerasain susah dan enggak susahnya, lepasin yang nyaman, karena kita akan berpacu lebih kencang ketimbang saat di zona nyaman," katanya.

"Yang penting bagaimana kita begaul dengan orang banyak karena membuka link rezeki, karenanya saya bergaul di mana aja," ia menambahkan.

Didukung Bukalapak

Founder dan CEO  Bukalapak Achmad Zaky memberikan keterangan kepada awak media saat merayakan HUT ke-8 Bukalapak di Jakarta, Rabu (10/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Om Pink mengenal Bukalapak pada 2016, dan sejak itu penjualan produknya semakin pesat.

"Berkat bantuan aplikasi bukalapak, pemasarannya nasional, ada pembeli dari Medan, Palembang, Jakarta, bahkan Irian Jaya," ujarnya yang juga bersiap untuk memperluas jangkauannya ke Kuching, Malaysia.

Selain adanya keamanan saat bertransaksi, Om Pink juga mendapat keuntungan lebih lewat fitur yang ditawarkan Bukalapak seperti push.

Hal di luar aplikasi yang Om Pink dapatkan dari Bukalapak adalah aktifnya komunitas-komunitas offline sesama pelapak, serta diberikannya edukasi tentang penjualan dari Bukalapak.

Berkat kopi darat (kopdar) para pelapak yang turut didukung Bukalapak, Om Pink merasa Bukalapak terus hadir untuk menunjang bisnis-bisnis yang dimiliki para pelapak.

Bukalapak sendiri telah melakukan upaya untuk membantu memudahkan para pelapak, terutama dalam hal pengiriman. Salah satunya adalah dengan mengadakan promosi-promosi agar biaya pengiriman menjadi lebih ringan.

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Calon Istri Pangeran Harry, Meghan Markle Wajib Latihan dengan Tentara?

Posted: 16 Mar 2018 09:00 PM PDT

Meghan Markle menjadi istri Pangeran Harry, yang akan dihelat sekitar Mei 2018. Setelah menikah, artis Hollywood ini otomatis akan menjadi anggota keluarga kerajaan.

Sang artis merupakan wanita keturunan kulit hitam pertama yang menjadi anggota keluarga kerajaan Inggris. Meghan Markle pun harus menaati beberapa peraturan dan protokol keluarga bangsawan di Inggris.

Sebagai calon anggota keluarga kerajaan, Meghan Markle disebut-sebut mulai mendapatkan pengawalan ketat. Beberapa pengawal mengikuti Meghan Markle kemanapun ia pergi.

Saat ini, proses pencarian untuk pengawal Meghan Markle tengah dilakukan. Pangeran Harry berharap calon istrinya itu mendapatkan pengawal wanita.

Latihan dengan Tentara

Tunangan Pangeran Harry, Meghan Markle menghadiri acara The Commonwealth Day Service di Westminster Abbey, London, Senin (12/3). Meghan Markle juga terlihat membawa tas kecil berwarna navy dari Mulberry Endgland. (AP Photo)

Di balik kesibukannya bersama Pangeran Harry, Meghan Markle juga harus latihan dengan tentara aktif Inggris. Sebagai istri seorang pangeran, Meghan Markle juga dituntut untuk bisa ilmu bela diri, diwartakan Business Insider, Jumat (18/3/2018).

Jadwal Latihan

Menjadi istri Pangeran Harry, Meghan Markle harus menataati peraturan ini (WHAT WE SEEE/YouTube)

"Meghan Markle telah dijadwalkan melakukan beberapa latihan. Salah satunya, menghadapi penculikan, di mana ia harus dibebaskan," sungkap sebuah sumber.

"Meghan Markle akan terikat di sebuah kursi. Pasukan akan datang menyelamatkannya. Latihannya akan sangat berat, seperti sungguhan," sumber tersebut menambahkan.

Lihat Situasi

Meghan Markle (AFP Photo)

Meghan Markle dituntut untuk memahami dan membaca situasi. Demi mempertahankan dan menyelamatkan diri, Meghan Markle pun harus berlatih.

Latihan Berat

Meghan Markle (YouTube)

"Tidak seperti syuting, latihan ini benar-benar nyata, terasa sangat mencekam. Meghan Markle diberitahu apa yang harus ia lakukan, serta membaca kesempatan untuk menyelamatkan diri," ungkap sumber tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dirazia Dishub, Ojek Online Kocar-kacir

Posted: 16 Mar 2018 09:00 PM PDT

Ratusan pengemudik ojek online yang mangkal di trotoar panik dan berusaha melarikan diri saat petugas Dishub merazia mereka. Sebanyak 18 motor ditangkap petugas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Percaya 6 Mitos tentang Susu Ini

Posted: 16 Mar 2018 09:00 PM PDT

Sebagai salah satu minuman populer, banyak mitos yang beredar tentang susu di masyarakat. Dilansir dari Reader Digest, Jumat (16/3/2018), Ada enam mitos tentang susu yang sebaiknya jangan Anda percayai.

Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Susu skim merupakan yang paling sehat

Susu rendah lemak ini sering dianggap yang paling sehat di antara jenis lainnya. Padahal, mengonsumsi susu berlemak tinggi lebih berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung dan diabetes daripada susu rendah lemak.

Selain itu, susu berlemak tinggi justru dipercaya dapat menurunkan kemungkinan obesitas. Hal ini karena dengan mengonsumsi sedikit susu berlemak tinggi, Anda cukup merasa puas. Berbeda dengan susu rendah lemak, yogurt, dan keju yang justru membuat Anda ingin mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

Meski demikian, Profesor Epidemiologi Nutrisi dari University of Massachusetts Lowell, Katherine Tucker, PhD mengatakan susu rendah lemak juga baik bagi tubuh. Hal ini karena vitamin A dan D pada susu rendah lemak mudah diserap oleh tubuh.

2. Susu dapat menyebabkan hidung tersumbat

Muncul kabar yang mengatakan susu tidak baik dikonsumsi ketika sedang mengalami flu. Padahal, menurut sebuah laporan dari Swiss, batuk dan pilek dapat berkurang jika Anda meminum susu saat flu. Mereka yang mempercayai mitos tersebut umumnya beranggapan susu dapat memproduksi lebih banyak lendir dalam tubuh. Padahal, hal yang terjadi tidaklah demikian.

 

Saksikan juga video berikut ini :

3. Mengonsumsi susu dalam jumlah banyak dapat memperkuat tulang

Ilustrasi Minum Susu (iStockphoto)

Anda pasti mengetahui susu mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Namun demikian, mengonsumsinya dalam jumlah banyak ternyata dapat membawa dampak yang buruk bagi kesehatan tulang.

Sebuah studi dari BMJ yang dilakukan pada 2015 menemukan, orang paruh baya yang mengonsumsi kalsium dengan kadar yang tinggi lebih mudah mengalami patah tulang. Peneliti mengungkapkan tidak ada bukti percobaan klinis yang mengatakan meningkatkan kadar kalsium pada tubuh dapat mencegah patah tulang.

Oleh sebab itu, selain mengonsumsi kalsium, Anda juga dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik, dari yang sederhana seperti berjalan, berlari, dan menari, hingga latihan keseimbangan, seperti yoga dan tai chi.

4. Kebanyakan orang tidak dapat mencerna laktosa dengan baik

Muncul anggapan yang mengatakan tidak semua orang dapat mencerna susu dengan baik. Padahal, tubuh Anda dapat beradaptasi untuk dapat mencerna susu.

Profesor Nutrisi dari Universitas Purdue, Dennis Savaino, PhD, mengatakan sekalipun melakukannya dalam waktu lambat, tubuh manusia masih tetap dapat mencerna susu. Savaino pun mengatakan umumnya susu akan sulit untuk dicerna jika diminum lebih dari segelas.

Tak hanya itu, Savaino juga mengatakan meminum susu secara rutin dapat membuat tubuh terbiasa dalam mencerna laktosa. Namun, jika ternyata laktosa membawa masalah dalam tubuh, sebaiknya Anda periksa ke dokter.

5. Susu merupakan sumber kalsium terbaik

Susu merupakan salah satu sumber kalsium, namun ternyata bukanlah yang terbaik (iStockphoto)

Meski terkenal mengandung kadar kalsium tinggi, rupanya susu bukanlah satu-satunya minuman sumber kalsium. Segelas susu dapat memenuhi 30 persen kebutuhan kalsium dalam sehari. Jumlah ini masih kalah dengan segelas jus jeruk yang dapat memenuhi 35 persen kebutuhan kalsium, dan susu kedelai sebanyak 45 persen dalam sehari.

6. Semua produk susu mengandung vitamin dan mineral yang sama

Beraneka ragam susu ternyata mengandung vitamin dan mineral yang berbeda-beda. Tucker mengungkapkan susu dan yogurt mengandung nutrisi yang lebih jika dibandingkan dengan keju dan krim. Susu mengandung vitamin D paing banyak di antara produk lainnya, sedangkan keju merupakan sumber kalsium dan protein.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris Akhir Pekan Ini

Posted: 16 Mar 2018 08:45 PM PDT

Liga Inggris akan memasuki pekan ke-31. Persaingan terus memanas jelang akhir musim.

Menariknya, pekan ini beberapa klub tidak bisa bertanding karena harus turun turun di Piala FA.

Salah satu klub besar yang berlaga adalah Liverpool. The Reds akan menantang Watford di Anfield, dini hari WIB nanti.

Saat ini Liverpool berada di posisi keempat klasemen Liga Inggris. Anak asuh Jurgen Klopp mengoleksi 60 poin dari 30 laga.

Sementara Watford berada di posisi ke-10 klasemen Liga Inggris. Mereka mengoleksi 36 poin dari jumlah laga yang sama.

Laga Lain

Logo Liga Inggris

Kemenangan bakal membuat Liverpool menggeser Tottenham dari posisi ketiga klasemen. Pasalnya kedua klub hanya berselisih satu poin.

Laga lain yang tak kalah seru adalah Huddersfield kontra Crystal Palace. Kemenangan menjadi wajib untuk menghindari degradasi.

Berikut jadwal Liga Inggris pekan ke-31.

Jadwal Lengkap

Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)

Sabtu (17/3/2018):

Bournemouth Vs WBA

Huddersfield Vs Crystal Palace

Stoke Vs Everton

Liverpool Vs Watford

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Selamat Hari Raya Nyepi, Semoga Membawa Kedamaian

Posted: 16 Mar 2018 08:41 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi 2018. Dia berharap, kekehingan Nyepi membawa harmoni dan kedamaian.

Hal tersebut disampaikan Jokowi melalui akun twitter resminya @jokowi pada Jumat 16 Maret 2018.

"Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 untuk saudaraku umat Hindu. Semoga keheningan Nyepi membawa harmoni dan kedamaian untuk kita semua -Jkw," cuit sang Presiden.

 

 

Sementara itu, Presiden Jokowi kini sedang berada di Sydney, Australia. Kunjungannya ke negara tersebut untuk menghadiri ASEAN-Australia Special Summit 2018 yang membahas penguatan kerja sama ekonomi dan pemberantasan terorisme antara ASEAN dan Australia.

Jokowi beserta rombongan lepas landas menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat pagi, 16 Maret 2018 pagi.

Selain menghadiri ASEAN-Australia Special Summit, Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia dan menghadiri CEO Forum serta konferensi mengenai pencegahan terorisme.

Dari Sydney, Australia, Jokowi akan melanjutkan perjalanan menuju Wellington, Selandia Baru. Kunjungan tersebut untuk memenuhi undangan Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern.

Catur Brata Nyepi

Ribuan umat Hindu dengan khidmat mengikuti prosesi Tawur Agung di Candi Prambanan, Klaten, Jateng, Jumat (16/3). Tawur Agung dilakukan sehari jelang Hari Raya Nyepi. (Liputan6.com/Gholib)

Umat Hindu di Bali mulai menjalani Catur Brata penyepian saat Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1940, mulai Sabtu pukul 06.00 Wita.

Pantauan di wilayah Desa Adat Tuban, Badung, Bali tepat pada pukul 06.00 Wita, jalanan di kawasan tersebut sudah mulai lengang tanpa terlihat adanya aktivitas masyarakat.

Catur Brata penyepian tersebut, yakni Amati Karya (tidak bekerja), Amati Geni (tidak menyalakan api), Amati Lelungan (tidak bepergian) dan Amati Lelanguan (tidak bersenang-senang). Demikian dilansir dari Antara.

Catur Brata penyepian yang dijalani umat Hindu saat Hari Raya Nyepi tersebut berlangsung selama 24 jam, atau hingga Minggu 18 Maret 2018 pukul 06.00 Wita.

Pecalang (petugas keamanan adat Bali) di kawasan Desa Adat Tuban juga tampak mulai berpatroli untuk memastikan tidak ada warga yang melakukan aktivitas di luar rumah.

Pecalang juga mendirikan sejumlah pos jaga di perbatasan desa dan di sejumlah persimpangan jalan untuk memastikan pelaksanaan Nyepi agar tetap tenang dan hening.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andin Komalla Kampanye Anti Narkoba, Hoax dan Radikal

Posted: 16 Mar 2018 08:40 PM PDT

Bersama dengan grup musik Remikustik, penyanyi Andin Komalla meneguhkan hati untuk bermusik dengan tujuan inspiratif. Oleh sebab itu, Andin Komalla mengaku lebih sering tampil pada event-event yang memang menginspirasi anak muda dan kaum disabilitas.    

Salah satu contohnya adalah ketika Andin Komalla manggung dan menjadi bintang tamu dalam acara Seminar Anti Hoax, Radikalisme dan Narkoba di Gedung Rangkayo Basa, Padang, Sumatera Barat, beberapa waktu yang lalu.

Dalam seminar yang diprakarsai Ketua Daerah Bhayangkari, Sumatera Barat, Ade Fakhrizal itu terdapat pesan yang hendak disampaikan agar generasi muda menjauhi hoax, narkoba dan radikalisme. Hal itu berbahaya bagi masa depan bangsa utamanya generasi muda. Dengan tampilnya Andin bersama Remikustik,  grup musik tunanetra ini, diharapkan bisa menginspirasi anak-anak SMA yang hadir pada cara itu.   

"Saya senang bisa tampil di acara itu. Diharapkan bisa menginspirasi  anak-anak muda untuk lebih berpikir positif dan memanfaatkan usia muda untuk kegiatan yang bermanfaat," tutur Andin Komalla dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Jumat (16/3/2018).

 

Dukungan ke Ibu Kapolda

Andin Komalla bersama dengan Remikustik saat tampil di Sumatera Barat

Pada acara itu, Andin bersama Remikustik tampil menyanyikan empat nomor lagu, Rumah Kita (milik God Bless), Akad (Payung Teduh), Love Your Self ( Justin Beiber) dan Kala Cinta Menggoda.

Lebih jauh Andin mengungkapkan bahwa penampilannya lebih sebagai dukungan terhadap  Ibu Kapolda Sumatera Barat dalam kampanye anti hoax, narkoba dan radikalisme.

"Saya mendukung Ibu Kapolda ikut menyuarakan kepada generasi muda agar menghabiskan masa mudanya untuk berkarya dan menghindari diri dari narkoba, hoax dan bahaya paham radikal," ujar Andin.

 

Surprised

Andin Komalla bersama dengan Remikustik saat tampil di Sumatera Barat

Adapun seminar yang digelar di kota Padang tersebut merupakan rangkaian acara HUT Yayasan Kemala Bhayangkari ke 38 tahun 2018.

Ibu Kapolda Sumatera Barat merasa surprised dengan penampilan Andin yang diiringi  Remikustik. Beliau mengaku sangat mendukung para pemusik disabilitas untuk lebih maju lagi. Apalagi ikut terlibat aktif dalam mengkampanyekan anti hoax, narkoba dan radikalisme.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tolak Yerusalem Sebagai Ibu Kota, Bentrokan Palestina-Israel Semakin Memanas

Posted: 16 Mar 2018 08:35 PM PDT

Demonstran Palestina membakar ban saat terjadi bentrokan menyusul demonstrasi di kota Ramallah Palestina (16/3). Mereka melakukan aksi menolak Yerusalem sebagai ibu kota Israel. (AFP Photo/Abbas Momani)

Demonstran Palestina membakar ban saat terjadi bentrokan menyusul demonstrasi di kota Ramallah Palestina (16/3). Mereka melakukan aksi menolak Yerusalem sebagai ibu kota Israel. (AFP Photo/Abbas Momani)

Demonstran Palestina mendorong sebuah wadah sampah untuk menutup jalan saat terjadi bentrokan di kota Ramallah, Palestina (16/3). (AFP Photo/Abbas Momani)

Demonstran Palestina mendorong sebuah wadah sampah untuk menutup jalan saat terjadi bentrokan di kota Ramallah, Palestina (16/3). (AFP Photo/Abbas Momani)

Demonstran Palestina membakar ban dan menutup jalan saat melakukan aksi di desa Kfar Qaddum, Palestina (16/3). Mereka menolak pengakuan Presiden AS Donald Trump atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel. (AFP Photo/Jaafar Ashtiyeh)

Demonstran Palestina membakar ban dan menutup jalan saat melakukan aksi di desa Kfar Qaddum, Palestina (16/3). Mereka menolak pengakuan Presiden AS Donald Trump atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel. (AFP Photo/Jaafar Ashtiyeh)

Pasukan keamanan Israel berusahan membubarkan demonstran Palestina saat terjadi aksi di kota Ramallah Palestina (16/3). Mereka menolak pengakuan Presiden AS Donald Trump atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel. (AFP Photo/Abbas Momani)

Pasukan keamanan Israel berusahan membubarkan demonstran Palestina saat terjadi aksi di kota Ramallah Palestina (16/3). Mereka menolak pengakuan Presiden AS Donald Trump atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel. (AFP Photo/Abbas Momani)

Seorang demonstran Palestina melempar balik tabung gas ke arah tentara israel saat terjadi bentrokan di kota Ramallah, Palestina (16/3). (AFP Photo/Abbas Momani)

Seorang demonstran Palestina melempar balik tabung gas ke arah tentara israel saat terjadi bentrokan di kota Ramallah, Palestina (16/3). (AFP Photo/Abbas Momani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Westbrook Pimpin Thunder Sikat Clippers

Posted: 16 Mar 2018 08:30 PM PDT

Point guard Oklahoma City Thunder Russell Westbrook kembali membuat triple double pada lanjutan NBA. Kali ini aksi Westbrook membantu Thunder menang 121-113 atas Los Angeles Clippers, Jumat (16/3/2018) atau Sabtu (17/3/2018) pagi WIB.

Pada laga ini Westbrook membuat 16 poin, 11 assists dan 10 rebound. Ini menjadi triple double ke-101 Westbrook selama berkiprah di NBA

Clippers sebenarnya mampu merepotkan Thunder di kuarter awal pada laga di Chesapeake Energy Arena. Clippers unggul 30-27.

Petaka menimpa Clippers di kuarter dua. Thunder menggila dengan mencetak 36 poin sehingga berbalik unggul tujuh poin saat jeda babak pertama.

Di kuarter tiga, Clippers mampu memangkas jarak menjadi hanya lima poin. Namun Thunder tak tinggal diam. Aksi-aksi Terrance Ferguson dan Westbrook di kuarter empat membuat Thunder mampu mengamankan kemenangan atas Clippers.

Peran Adams

Steven Adams (Kiri) memblok tembakan Austin Rivers (AP)

Selain Westbrook, center Steven Adams juga berperan penting dalam kemenangan Thunder kali ini. Adams menorehkan 18 poin dan 14 rebound. Di kubu Clippers, Tobias Harris menyumbang 24 poin.

Hasil ini membuat Thuner menyapu bersih tiga pertemuan dengan Clippers di NBA 2017-2018. Secara keseluruhan Thunder menang lima kali beruntun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak Lucunya Anak Jessica Iskandar Coba Buka Baju Sendiri

Posted: 16 Mar 2018 08:30 PM PDT

El Barack, putra kesayangan Jessica Iskandar, memang sangat menggemaskan. Baru-baru ini warganet dibuat terhibur dengan ulahnya.

Jessica Iskandar memvideokan putranya saat berusaha untuk melepas bajunya sendiri sebelum mandi. Dalam video tersebut terlihat putra Jessica Iskandar berusaha keras melepaskan bajunya.

"How to open my tshirt. @alexanderbarackel and @inijedar (cara melepas kaosku)," tulis Jessica Iskandar di unggahannya pada Jumat (16/3/2018).

El barack pun terus mencoba sekuat tenaga untuk melepaskan kaos yang sedang dikenakannya sambil bergerak ke sana ke mari.

Kesal

Jessica Iskandar dan El Barack. (Foto: instagram.com/inijedar)

Setelah beberapa kali mencoba, El barack mulai kesal dan frustasi karena tidak bisa melepas bajunya sendiri.

"It's hard, i can't do this (ini sulit, aku tidak bisa melakukannya)," kata El Barack sambil merengek.

Tak Dibantu

Jessica Iskandar dan El Barack. (Foto: instagram.com/inijedar)

Melihat pemandangan tersebut, Jessica Iskandar sengaja tidak membantunya dan malah terus memvideokan kelucuan putranya. Jedar (sapaan Jessica Iskandar) hanya memberi saran kepada El Barack untuk mencoba cara lain.

"Maybe you have to pulling up from down, and then take it off (mungkin kamu harus menarik dari bawah ke atas dan melepasnya)," kata Jessica Iskandar.

 

 

How to open my tshirt. @alexanderbarackel and @inijedar

A post shared by Jessica Iskandar (@inijedar) on

Hampir Nangis

Jessica Iskandar dan El Barack. (Foto: instagram.com/inijedar)

El Barack pun kembali mencoba cara yang disaramlam oleh ibunya, sayangnya lagi-lagi El Barack tidak bisa melepasnya.

"I can't!" teriak El Barcak sambil menahan tangis.

Gemas

Jessica Iskandar dan El Barack. (Foto: instagram.com/inijedar)

Video itu membuat siapapun yang melihatnya tertawa geli. Warganet gemas melihat ekspresi El Barack sepanjang video tersebut.

"Haha walau pun susah dia terus berusaha mau bukak baju nya sendiri pinter nya anak mama jedar mandiri banget dia😍😍," kata @isma_jessilicious.

"Kenapa harus mondar mandir siii hahaa 😂😂😂," kata @nonajellica.

"Kok dr td muter" nak,jd gemes liat x 😂😂😌," tulis @airyllie_wilver.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun, DJ Yasmin Galang Donasi untuk Anak-Anak Difabel

Posted: 16 Mar 2018 08:20 PM PDT

Tahun ini bakal menjadi momen yang sangat berbeda bagi DJ Yasmin. Pasalnya, di hari ulang tahunnya yang jatuh pada 21 Maret mendatang, DJ Yasmin bakal merayakanya dengan menggalang kado donasi dari para warganet.

Melalui donasi tersebut, DJ Yasmin nantinya akan mengalokasikan dana yang diterimanya untuk disumbangkan kepada yayasan Lombok Care yang berfokus pada anak-anak difabel.

"Aku ingin membantu karena keberadaan mereka jauh dari pusat kota. Sebagian besar anak difabel miskin berada di pelosok desa, sehingga mereka tidak bisa menjangkau fasilitas kesehatan di kota karena terkendala biaya. Aku ingin ulang tahunku bisa membantu mereka," ujar DJ Yasmin dalam sebuah rilis yang diterima Liputan6.com, Jumat (16/3/2018).

Melalui situs Kitabisa.com, DJ Yasmin menumpahkan lebih rinci mengenai tujuan utamanya menggalang dana bagi anak-anak berkebutuhan khusus ini.

Cara yang Berbeda

Fahria Yasmin atau dikenal DJ Yasmin tampil di Festival Jakcloth, Jakarta, Minggu (1/6/2014) (Liputan6.com/Faizal Fanani).

"Aku ingin merayakan ulang tahun aku dengan cara yang berbeda dari sebelumnya, yaitu dengan berbagi dengan orang yang membutuhkan. Menurutku dengan membantu orang yang ada di sekitarku adalah langkah yang tepat sebelum membantu yang lebih jauh lagi," ia mengutarakan.

"Maka dari itu, karena aku kelahiran Nusa Tenggara Barat, aku ingin membantu Yayasan Lombok Care untuk mendapatkan pelayanan Rehabilitasi dan Edukasi yang layak," lanjutnya.

Di mata DJ Yasmin, anak-anak berkebutuhan khusus harus dipandang sama seperti anak-anak lainnya. Namun, ia berharap agar kaum difabel yang masih anak-anak bisa mendapat penanganan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

"Aku sadar kalau masih ada anak-anak dengan kebutuhan khusus yang perlu dibantu dan diperhatikan. Anak difabel merupakan anak yang spesial. Mereka sama dengan anak-anak pada umumnya, tapi mereka memiliki kondisi yang spesial dan harus ditangani dengan tepat beserta fasilitasnya yang memadai," ujarnya.

Cara Donasi

DJ Yasmin menjadi salah seorang juri dalam ajang Bold Xperience: Dubai (Foto: Dok. Bold Xperience)

"Maka dari itu aku ingin ajak teman-teman semuanya untuk bantu Yayasan LombokCare agar dapat terus melanjutkan kegiatannya untuk bantu anak difabel yang membutuhkan," himbau DJ Yasmin.

Tertarik untuk memberi kado istimewa ini kepada DJ Yasmin? Berikut cara donasinya:

Klik "Donasi Sekarang"

Pilih Metode Pembayaran

Transfer ke rekening yang tertera

Donasi yang terkumpul di kampanye ini akan langsung disalurkan ke Yayasan LombokCare dan digunakan untuk Pelayanan Rehabilitasi dan Edukasi Anak Difabel di Lombok.

"Semoga dukungan dari teman-teman dapat bermanfaat bagi anak difabel dan mereka semua akan terus berkembang menjadi lebih baik lagi setiap harinya. Terima kasih!" pungkas pemilik nama Fahria Yasmin Baladraf ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasca-Longsor, Jalur Puncak Kembali Padat

Posted: 16 Mar 2018 08:19 PM PDT

Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat kembali dipadati kendaraan dari arah Jakarta dan sekitarnya. Jalur ini sempat sepi selama dua bulan lebih menyusul terjadinya longsor di jalur tersebut.

Antrean kendaraan sepanjang 1 kilometer terpantau di Gerbang Tol (GT) Ciawi sejak pukul 06.30-09.00 WIB, Sabtu (17/3/2018). Tak hanya itu, kepadatan juga terjadi selepas gerbang tol hingga simpang Gadog atau kemacetan mencapai 3 kilometer.

Kemacetan sepanjang 1 Km juga terjadi di Pasir Muncang. Ini disebabkan karena hambatan bottle neck. Selanjutnya, kepadatan terjadi di Pasir Angin, akibat keluar masuk kendaraan.

Kemudian di Simpang Megamendung, arus lalin cukup padat karena keluar masuk kendaraan yang mau menuju vila dan sekitarannya, serta badan jalan yang cukup kecil. Selain itu, arus lalu lintas di pintu masuk Taman Wisata Matahari juga padat. Ini disebabkan adanya antrean kendaraan yang hendak memasuki kawasan wisata tersebut.

Sementara di titik lokasi lainnya seperti simpang Taman Safari Indonesia dan Warung Kaleng terpantau padat, namun kendaraan masih bisa melaju antara 10-20 Km perjam.

Kepadatan arus kendaraan membuat kepolisian memberlakukan satu arah menuju kawasan Puncak lebih awal, yakni mulai pukul 07.00 WIB.

"Mengingat kepadatan kendaraan cukup lumayan hingga 3 Km sehingga kami mempercepat proses oneway," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama.

Truk dan Belum Diperbolehkan

Sejumlah petugas menggunakan alat berat untuk memperbaiki jalur yang tertimpa longsor di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/2). Pasca penutupan jalur akibat longsor membuat kawasan Puncak berubah seperti kota mati. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Menurut Hasby, akhir pekan kali ini terjadi peningkatan volume kendaraan dibanding akhir pekan sebelum-sebelumnya.

"Pasca-longsor baru weekend kali ini terjadi peningkatan kendaraan," kata dia.

Berdasarkan catatan Jasa Marga, jumlah kendaraan yang keluar pintu Tol Ciawi sebanyak 34.148 unit kendaraan. Sedangkan yang masuk tol sebanyak 22.079 unit kendaraan.

"Untuk akhir pekan pasca-longsor, rata-rata kendaraan yang keluar tol Ciawi dan mengarah ke Puncak tak lebih dari 10 ribu unit kendaraan," ujar Hasby.

Meskipun dipadati berbagai jenis kendaraan, Hasby menegaskan, truk dan bus masih belum diperbolehkan melewati Riung Gunung. Karena di titik lokasi tersebut masih dalam tahap perbaikan jalur akibat longsor beberapa waktu lalu.

"Masih dilarang. Kalau kendaraan dari arah Jakarta mau ke Cianjur atau sebaliknya harus melewati jalur Sukabumi atau Jonggol," kata dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda Resmi Luncurkan Accord Hybrid, Seberapa Keren?

Posted: 16 Mar 2018 08:16 PM PDT

Honda resmi mengumumkan bakal meluncurkan all new Accord hybrid di Amerika Serikat, 23 Maret 2018. Model ini akan menambah jajaran mobil listrik keren milik pabrikan asal Jepang tersebut.

Dengan tenaga terbesar di kelasnya, serta kabin yang lapang, generasi terbaru Honda Accord hybrid menawarkan performa yang fun to drive, efisien, sekaligus fitur premium, dan kenyamanan dalam bentuk yang lebih ringkas.

Untuk memenuhi kebutuhan pembeli sedan hybrid, Honda Accord Hybrid kini hadir dengan 5 varian, yaitu Hybrid, EX (baru), EX-L, EX-L Navi (baru) dan Touring.

Meskipun ditawarkan dengan harga lebih rendah dari model sebelumnya, Honda Accord hybrid tetap menawarkan fitur seperti pelek 17 inci, LED headlight & taillights, Dual-Zone Climate Control, Smart Entry dengan Push Button Start, TFT Digital Meter 7 inch, Multi-Angle Rearview Camera dan Honda Sensing sebagai teknologi keselamatan canggih.

Selain itu, Honda Accord hybrid ini juga dilengkapi Adaptive Cruise Control dengan Low-Speed Follow, Collision Mitigation Braking System, Road Departure Mitigation, Lane Departure Warning dan Traffic Sign Recognition.

Performa

Honda Resmi Luncurkan Accord Hybrid, Seberapa Keren? (foto: Istimewa)

Honda Accord hybrid baru menggunakan mesin Two-Motor Hybrid Powertrain, yang didukung mesin berkapasitas 2,0 liter DOHC i-VTEC Atkinson 4 silinder. Dengan mesin tersebut, mampu menghasilkan efisiensi termal 40 persen untuk menghasilkan torsi 314 Nm dan tenaga 212 Tk.

Seperti sebelumnya, Honda Accord Two-Motor System beroperasi tanpa membutuhkan transmisi otomatis konvensional.

Untuk memaksimalkan energi, Honda Accord hybrid menggunakan Deceleration Selectors. Fungsinya serupa dengan transmisi Paddle Shift, dimana sistem ini memungkinkan pengemudi untuk memindahkan gigi ke dalam empal level berbeda untuk memaksimalkan pengereman.

Selektor sebelah kanan berfungsi meningkatkan kemampuan pengereman secara bertahap, sedangkan selektor sebelah kiri memiliki fungsi sebaliknya, yakni menurunkan pengereman secara bertahap.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembalap Malaysia Gugup Jelang Duel Lawan Rossi di MotoGP Qatar

Posted: 16 Mar 2018 08:15 PM PDT

Hafizh Syahrin, pembalap asal Malaysia gugup jelang debut MotoGP. Dia akan menjalani kiprahnya di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (17/3/2018).

Syahrin mendapat kesempatan emas tampil di MotoGP 2018 setelah ditunjuk Monster Yamaha Tech 3 menggantikan Jonas Folger. Syahrin pun dikontrak selama setahun.

"Saya merasa senang dan luar biasa tapi sedikit gugup karena ini merupakan debut saya di kategori MotoGP," katanya, dikutip dari Motor Sport.

Dia mengaku gugup karena akan melawan idolanya, rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Tak hanya itu, Syahrin juga akan berduel melawan juara MotoGP musim lalu, Marc Marquez.

"Ini balapan pertama saya dengan para legenda. Ada Rossi, Marquez, Jorge Lorenzo, hingga Andrea Dovizioso. Mereka sudah punya nama besar di MotoGP, sementara saya baru datang dari Malaysia," ucap Syahrin.

Minim Pengalaman

Pebalap baru Yamaha Tech 3, Hafizh Syahrin, saat melakoni tes pramusim MotoGP 2018 di Sirkuit Buriram, 16-18 Februari 2018. (MotoGP)

Syahrin juga minder karena pengalamannya di MotoGP sangat minim. Terlebih lagi, dia ditunjuk menggantikan Folger saat menjalani tes pramusim di Thailand.

"Minim pengakaman juga membuat saya gugup. Namun, saya ingin tetap memberikan tantangan kepada mereka sambil menimba pengalaman sebanyak mungkin." katanya.

Namun demikian, Syahrin mengaku sudah siap balapan. Kondisi fisiknya pun diakui Syahrin sudah siap melahap MotoGP Qatar.

""Saya mencoba meningkatkan kondisi fisik saya karena jelas (motor) MotoGP lebih bertenaga, bagian atas badan saya perlu menjadi lebih kuat tapi sekarang itu tidak terlalu buruk," ujarnya.

Target Balapan

Menyadari dirinya tak punya banyak pengalaman. Syahrin hanya berharap dia bisa menyentuh garis finis.

"Targetnya, saya tidak ingin menjadi pembalap di posisi terakhir. Tentu tidak ada pembalap yang ingin finis terakhir, tapi saya mencoba untuk mencapai 20 besar."

"Jika saya mendapat poin, itu adalah bonus. Ini memberi saya motivasi untuk menjadi lebih baik di balapan berikutnya," kata Syahrin mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: 3 Kebiasaan yang Buat Gigi Putih Makin Cepat

Posted: 16 Mar 2018 08:14 PM PDT

Dengan beberapa kebiasaan sehari-hari yang telah banyak berubah, seperti minum kopi tentu membuat gigi Anda semakin kurang menarik. Jika Anda sekarang sedang menghadapi masalah ini, jangan khawatir, coba tiga langkah ini. Simak juga artikel terpopuler lainnya di top 3 lifestyle, Sabtu (17/3/2018)

1. Gigi Putih Lebih Mudah Diwujudkan dengan 3 Cara Ini

Anda bisa menukar pasta gigi yang biasa digunakan mulai dari dua sampai tiga kali dalam seminggu untuk mewujudkan gigi putih. Cari cara lengkapnya di sini

2. Coba 9 Hal Gratis di Internet yang Bikin Hidup Lebih Mudah dan Indah

Ilustrasi main social media (iStockphoto)

Banyak website menarik dan berguna, yang terpenting gratis. Apakah Anda sudah memaksimalkan penggunaannya? Berikut ini adalah beberapa situs yang menguntungkan serta membuat hidup lebih mudah dan indah. Apa saja? Baca di sini 

3. 7 Resep Rumahan agar Alis Tumbuh Alami

Ilustrasi Foto Alis (iStockphoto)

Perawatan medis memang bisa dilakukan untuk menumbuhkan alis. Namun perawatan medis akan memiliki efek samping dalam jangka panjang. Lebih baik menggunakan perawatan rumahan yang memiliki sifat lebih alami sehingga pertumbuhan alis menjadi lebih sehat. Apa saja bahannya? Simak di sini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amnesty International Desak RI Cegah Hukum Pancung di Aceh

Posted: 16 Mar 2018 08:05 PM PDT

Amnesty International mendesak Pemerintah RI untuk turun tangan dan mencegah upaya pemberlakuan hukuman pancung untuk kejahatan pembunuhan di Provinsi Aceh.

Menurut LSM ini, alasan bahwa pemenggalan kepala memiliki efek jera terhadap kejahatan sama sekali tidak berdasar dan tidak dapat diterima.

"Tidak ada bukti bahwa hukuman mati memiliki efek jera khusus terhadap kejahatan, betapapun mengerikannya metode eksekusi itu," kata Direktur Amnesty International di Indonesia, Usman Hamid.

"Pemerintah Aceh tidak dapat menggunakan status otonomi khusus untuk memberlakukan UU dan kebijakan yang secara mencolok melanggar HAM," ujarnya.

Pemerintah Aceh mengungkapkan bahwa pihaknya tengah mempertimbangkan pemberlakukan hukum pancung guna mengurangi kasus pembunuhan di sana.

Pemerintah setempat mengatakan akan melakukan penelitian akhir tahun ini untuk mengukur opini publik mengenai rencana tersebut. Jika mayoritas warga mendukung maka ide itu akan dilaksanakan.

Mereka ingin mengikuti jejak negara-negara, termasuk Arab Saudi, yang "secara efektif mengurangi jumlah pembunuhan" setelah menerapkan hukuman pancung.

"Pemenggalan kepala lebih sesuai dengan hukum Islam dan akan menimbulkan efek jera... hukuman ketat diterapkan untuk menyelamatkan nyawa manusia," kata Kabid Bina Hukum Syariat Islam dan Hak Asasi Manusia Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh Dr Syukri M Yusuf.

"Kami akan mulai menyusun rancangan undang-undang begitu kajian akademis selesai," ia menambahkan.

Menurut Amnesty International, seperti dikutip dari Australia Plus, Jumat (16/3/2018), Aceh dan Indonesia secara keseluruhan harus menghentikan segala bentuk hukuman mati.

"Pihak berwenang perlu fokus pada akar penyebab kejahatan dan perdebatan tentang hukuman mati sebagai pelanggaran HAM. Serta segera menghapuskan hukuman kejam tidak manusiawi dan merendahkan martabat ini," kata Usman.

 

Mencambuk Kaum Gay

Suasana sebelum eksekusi hukuman cambuk dua terpidana kasus liwath alias gay di Banda Aceh, Indonesia, (23/5). Eksekusi hukuman cambuk ini digelar terbuka di hadapan publik. (AP Photo / Heri Juanda, File)

Aceh merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang memberlakukan hukum syariah, sesuai kesepakatan otonomi khusus dengan Pemerintah RI dari satu dekade lalu.

Sejak itu, provinsi ini menjadi semakin ketat, dan secara rutin mencambuk pelaku kejahatan ringan seperti konsumsi alkohol dan perjudian.

Tahun lalu, dua pria dihukum 85 kali cambukan untuk kasus seks gay.

Hubungan seks sesama jenis tidak diperlakukan sebagai kejahatan berdasarkan KUHP saat ini - namun Pemerintah RI sedang menyusun RUU yang nantinya mengkriminalisasi seks gay dan seks di luar nikah.

Amnesty mendesak Jakarta untuk turun tangan dan mencegah upaya di Aceh memberlakukan hukuman pancung.

"Aceh, dan Indonesia secara keseluruhan, harus segera memberlakukan moratorium hukuman mati, dengan tujuan akhir mencabutnya," kata Usman.

Amnesty menentang hukuman mati dalam semua kasus, tanpa kecuali, terlepas dari sifat atau keadaan kejahatan: terbukti bersalah, tidak bersalah atau karakteristik lain dari individu, begitu pula metode eksekusi yang dipergunakan oleh negara.

Dikatakan, saat ini 106 negara telah menghapuskan hukuman mati untuk semua kejahatan dan lebih dari dua pertiga negara di dunia menghapuskannya dalam hukum atau praktik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buat Rumah Jamur, Sandiaga Berharap pada The Power of Emak-Emak

Posted: 16 Mar 2018 08:02 PM PDT

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengikuti acara lagi pagi yang digelar warga Pulo Kambing, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (17/3/2018). Dalam kegiatan itu, Sandi juga memantau hasil budidaya jamur yang digerakkan ibu-ibu warga Pulo Kambing.

Sandi mengatakan, untuk membangun rumah budidaya jamur itu, dia menghimpun dana yang dikumpulkan dalam acara Jakarta Marathon tahun lalu.

"Saat Jakarta Marathon 2017 itu kan kita mengumpulkan dana untuk buat Rumah Jamur yang bermitra dengan warga," kata dia.

Sandiaga mengaku senang lantaran dari Rumah Jamur itu, warga--khususnya kaum ibu--dapat mengambil hasilnya. Tak hanya itu, Rumah Jamur menurutnya juga dapat menjadi peluang usaha bagi warga di sekitar.

"Tadi saat singgah sempet juga saya panen. Yang terwujud sekarang ini yang di Pulo Kambing. Nah kita harapkan ini the power of emak emak, dan terbukti sekarang," ujar Sandiaga Uno.

 

Aksi Pungut Sampah

Wakil Gubernur Sandiaga Uno memberi keterangan usai menemui perwakilan komunitas sepeda

Dalam acara lari pagi itu, Sandi dan ratusan warga berlari sejauh 5 kilometer mengelilingi area Pulo Kambing. Sambil berlari, dia menyambangi beberapa lokasi warga hasil binaan pemprov DKI.

"Hari ini jogging bersama Bank Sampah mitra binaan warga Pulo Kambing, juga ada Pak Wali (Wakil Walikota Jakarta Timur) dan Dirut (Direktur Utama) JIEP juga," ujar Sandiaga Uno.

Sambil berlari, Sandiaga melakukan aksi bersih-bersih dengan memungut sejumlah sampah, namun dia mengaku senang sampah yang yang ada di jalan tidak terlalu banyak.

"Tadinya sambil lari mau sekalian ambil sampah, eh tahunya sudah bersih semua," canda Sandiaga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RSUD SLG Cari Tenaga Kontrak Non-PNS, Anda Berminat?

Posted: 16 Mar 2018 08:01 PM PDT

Sedang cari kerja dan ingin berkarya di sebuah rumah sakit? Rumah Sakit Umum Daerah Simpang Lima Gumul (RSUD SLG) membuka lowongan kerja. Pendaftaran lowongan kerja dibuka hingga 18 Maret 2018.

Para kandidat yang terpilih akan ditempatkan sebagai tenaga kontrak Non-PNS di Unit Pelaksana Tehnis Daerah (UPTD) RSUD SLG pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri.

Melansir laman dinkes.kedirikab.go.id, berikut jabatan yang dibutuhkan, persyaratan umum, persyaratan berkas lamaran, cara dan tempat pendaftaran, materi seleksi, pengumuman, tata cara pendaftaran, dan ketentuan lain-lain lowongan kerja tersebut:

Jabatan yang Dibutuhkan:

Jenis jabatan yang dibuka ada sebanyak 59 jabatan, dengan total penerimaan 221 orang. Jenis jabatan yang dibutuhkan di antaranya dokter umum, bidan, pengadministrasian umum, perawat umum, perawat anak/pediatri, perawat ICU & IGD, perawat bedah, perawat anestasi, dan lain-lain.

Untuk melihat jabatan selengkapnya beserta kualifikasi pendidikan dapat dilihat di sini

Persyaratan Umum:

1. Warga Negara Indonesia, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta memiliki integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

2. Usia minimal 18 tahun dan maksimal berumur 40 tahun per tanggal 1 Januari 2018;

3. Mempunyai pendidikan, kecakapan, keahlian, dan ketrampilan yang diperlukan;

4. Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara/tenaga swasta;

5. Tidak berkedudukan sebagai calon Pegawai Negeri/Pegawai Negeri;

 

Selanjutnya

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

6. Tidak menjadi pengurus partai politik;

7. Berbadan sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna yang dinyatakan dengan surat keterangan dari Fasilitas kesehatan pemerintah (Puskesmas/Rumah Sakit Pemerintah);

8. Berkelakuan baik yang dinyatakan dengan surat keterangan dari Kepolisian;

9. Tidak mengkonsumsi dan menggunakan narkoba, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya yang dibuktikan dengan surat keterangan dari unit pelayanan kesehatan pemerintah yang berwenang.

Catatan: untuk berkas nomor 8 dan 9 dilengkapi setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Persyaratan Berkas Lamaran:

Surat lamaran dilengkapi dengan berkas sebagai berikut:

1. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 cm (di balik foto ditulis nama) sebanyak 4 lembar;

2. Permohonan lamaran

3. Biodata pelamar

4. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-Elektronik) atau Surat Keterangan sudah melakukan perekaman KTP-Elektronik dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan disertai Fotocopy Kartu Keluarga (KK);

Selanjutnya

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

5. Fotocopy ijazah (bukan surat keterangan lulus atau ijazah sementara) dan transkrip nilai sesuai dengan kualifikasi pendidikan pada formasi jabatan yang dipilih dengan ketentuan sebagai berikut:

- Telah dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang (tanda tangan asli dan cap stempel basah).

- Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sesuai program studi yang telah terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan rincian sebagai berikut:

Pendidikan Umum:

- Program studi terakreditasi A: IPK minimal 3,00

- Program studi terakreditasi B: IPK minimal 3,30

Tenaga Kesehatan:

- Program studi terakreditasi A: IPK minimal 2,80

- Program studi terakreditasi B: IPK minimal 3,00

Khusus pelamar Dokter dan Dokter Gigi:

- Program studi terakreditasi A: IPK minimal 2,80

- Program studi terakreditasi B: IPK minimal 3,00

 

Selanjutnya

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

6. Untuk Akreditasi Program Studi dibuktikan dengan Sertifikat Akreditasi yang telah dilegalisir pejabat berwenang atau Surat Pernyataan Akreditasi dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan;

7. Pelamar formasi tenaga kesehatan harus melampirkan fotocopy Surat Tanda Registrasi (STR);

8. Surat pernyataan bermeterai Rp 6.000 yang menyatakan bahwa:

- Tidak pernah dihukum penjara/kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan

- Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai negeri sipil atau sebagai pegawai perusahaan/badan usaha swasta

- Tidak berkedudukan sebagai calon pegawai negeri sipil/PNS

- Tidak menjadi pengurus partai politik

- Tidak menuntut untuk diangkat sebagai tenaga tetap dan/atau pegawai negeri sipil.

Format Surat Pernyataan dapat diunduh di sini (Lampiran 2)

9. Syarat dan ketentuan pengiriman berkas Lamaran Kerja via pos terlampir (Lampiran 1 dan Lampiran 3);

10. Apabila dinyatakan lulus seleksi sanggup untuk menandatangani surat perjanjian kerja sebagai tenaga kerja Non PNS/Tenaga Kontrak dan tidak mengundurkan diri selama masa kontrak;

11. Surat lamaran beserta kelengkapannya dimasukkan dalam amplop lamaran ukuran folio (25x35 cm) warna coklat, pada bagian Kiri Atas ditulis Nomer Kode Jabatan yang dipilih. Pada bagian belakang dituliskan nama dan alamat pengirim;

12. Setiap pelamar hanya diperbolehkan mengajukan 1 jenis formasi jabatan yang dipilih, apabila mengajukan lebih dari satu dinyatakan tidak lulus administrasi.

Cara dan Tempat Pendaftaran

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Permohonan dikirim melalui Kantor Pos mulai tanggal 8 Maret 2018 dan paling lambat tanggal 18 Maret 2018 (stempel cap pos) dengan format sebagai berikut:

Yth : Tim Penerimaan Calon Tenaga Kontrak Non PNS

UPTD Rumah Sakit Umum Daerah Simpang Lima Gumul

d/a Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri

Jl. Pamenang No. 1C. Kab Kediri 64182

Materi Seleksi:

- Tahap I: Seleksi administrasi untuk semua formasi dirangking berdasarkan pembobotan nilai.

- Tahap II:

a. Tes Psikotest bagi yang telah lulus Tahap I (biaya psikotest ditanggung pelamar)

b. Tambahan Tes kemampuan IT bagi tenaga IT

- Tahap III: Wawancara

Pengumuman:

- Hasil seleksi administrasi akan dikirim melalui pos paling lambat dikirimkan minggu kedua bulan April 2018.

- Peserta yang lolos tahap II dan tahap III akan diumumkan melalui website dinkes.

Tata Cara Pendaftaran

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

1. Para pelamar mengajukan surat lamaran (sesuai format Lampiran 2) bermaterai Rp 6.000 ditulis dengan tulisan tangan sendiri (tidak diketik) pada kertas double folio bergaris dengan tinta warna hitam, dengan menyebutkan nama, tempat tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan, pendidikan, IPK, jabatan yang dipilih, dan alamat sesuai KTP, No. HP yang mudah dihubungi, ditujukan kepada Tim Penerimaan Calon Tenaga Kontrak Non PNS UPTD Rumah Sakit Umum Daerah Simpang Lima Gumul d/a Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Jl. Pamenang No. 1 C Kediri.

2. Surat lamaran dilengkapi dengan berkas yang telah disebutkan sebelumnya.

Ketentuan Lain-lain:

- Pendaftaran tidak dipungut biaya.

- Berkas lamaran menjadi milik Panitia Seleksi Penerimaan Calon Tenaga Kontrak Non PNS UPTD Rumah Sakit Umum Daerah Simpang Lima Gumul.

- Segala kesalahan atau ketidaklengkapan dalam pengiriman berkas lamaran adalah tanggung jawab pelamar.

- Seluruh proses penerimaan tenaga kontrak di RSUD SLG bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.

- Keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.

Untuk melihat contoh amplop, surat lamaran, syarat dan ketentuan pengiriman berkas lamaran melalui PT Pos Indonesia, hingga alamat kantor pos cabang Kediri dapat dilihat di sini

Catatan:

Untuk Informasi selengkapnya, dipersilahkan pelamar datang langsung atau menghubungi Tim Penerimaan Calon Tenaga Kontrak UPTD RSUD SLG Kabupaten Kediri di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri pada hari dan jam kerja.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kala House Music Gantikan Gamelan Bali Saat Pawai Ogoh-Ogoh

Posted: 16 Mar 2018 08:01 PM PDT

Terhitung sejak hari ini atau Sabtu (17/3/2018) pukul 06.00 Wita, umat Hindu di Bali mulai menjalani Catur Brata penyepian saat Hari Raya Nyepi 2018 atau Tahun Saka 1940.

Catur Brata penyepian tersebut, yakni Amati Karya (tidak bekerja), Amati Geni (tidak menyalakan api), Amati Lelungan (tidak bepergian), dan Amati Lelanguan (tidak bersenang-senang).

Catur Brata penyepian yang dijalani umat Hindu saat Hari Raya Nyepi tersebut berlangsung selama 24 jam hingga esok hari, Minggu, 18 Maret 2018, pukul 06.00 Wita.

Beberapa jam sebelumnya atau pada Sabtu malam, 16 Maret 2018, umat Hindu Bali menggelar pawai ogoh-ogoh keliling desa. Di Kota Denpasar, pawai ogoh-ogoh dipusatkan di Lapangan Puputan. Secara bergantian mereka mengelilingi patung catur muka yang sudah ditutup sejak sore.

Berbagai jenis boneka raksasa yang terbuat dari anyaman bambu dan atau stirofoam itu diangkut menggunakan batang bambu yang telah diikat menjadi segi empat. Mereka yang mengangkat ogoh-ogoh terdiri dari beberapa orang, tergantung dari besar dan berat ogoh-ogoh.

Semakin besar ogoh-ogoh, maka semakin banyak pula yang mengangkat. Masing-masing banjar atau desa sudah pasti menggunakan kaus yang menuliskan nama kelompok mereka.

Di bagian paling depan, biasanya beberapa orang remaja putri berbaris membawa spanduk yang menunjukkan identitas banjar atau desa tempat mereka berasal. Tak jarang pula mereka membawa obor. Setelah itu, pengarak ogoh-ogoh berjajar mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Di bagian belakang berbaris penabuh (rombongan pemain alat musik gamelan Bali). Biasanya, musik gamelan yang dimainkan anak-anak muda itu mengikuti ritme arak-arakan ogoh-ogoh. Jika sedang berjalan biasa, maka gamelan akan terdengar pelan cenderung lembut.

Saksikan video pawai ogo-ogoh yang diiringi house music di bawah ini:

Simbol Bhutakala

Pawai ogoh-ogoh di Denpasar, Bali. (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Namun, ketika mendekati perempatan, ogoh-ogoh harus diputar dan diturun-naikkan hingga seakan bergerak hidup, maka musik gamelan akan semakin tinggi ritmenya.

Begitulah gamelan Bali yang memang tak bisa lepas dari arak-arakan ogoh-ogoh. Gamelan Bali juga selalu dimainkan hampir di berbagai kesempatan mulai penyambutan tamu, pembukaan acara seremonial hingga upacara adat, seni, agama dan budaya.

Namun, sejak beberapa tahun belakangan, gamelan Bali seakan berganti dengan house music. Ya, belakangan ini, arak-arakan ogoh-ogoh lebih banyak menggunakan house music sebagai musik pengiringnya. Sound system dengan voltase tertentu yang menggukan mesin genset ditaruh di dalam gerobak yang mereka dorong.

Berbagai jenis musik berdentum amat keras memekakkan telinga. Jika sedang berhenti, sudah barang tentu anak-anak mudah berjoged ria mengikuti alunan musik. Mirip diskotek jalanan.

 

Boneka Raksasa Menyeramkan

pawai ogoh-ogoh terpusat di Lapangan Puputan Badung, Denpasar (Liputan6.com)

Memang tak larangan menggunakan house music dalam pawai ogoh-ogoh. Yang patut diingat pawai ogoh-ogoh sehari sebelum Nyepi memiliki makna begitu mensalam bagi umat Hindu Bali.

Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali, Gusti Ngurah Sudiana menjelaskan, ogoh-ogoh merepresentasikan bhutakala. "Bhu arti alam semesta dan waktu, sementara Kala artinya yang tak terukur dan terbantahkan," terang Sudiana saat dihubungi Liputan6.com, Jumat malam, 16 Maret 2018.

Dalam perwujudannya, ogoh-ogoh merupakan boneka raksasa dengan bentuk yang besar dan menyeramkan. Ia akan diarak sehari sebelum Nyepi dilangsungkan atau sering disebut pada saat Malam Pengerupukan.

Seluruh warga mulai dari orang tua, anak muda hingga anak-anak ikut larut dalam kegembiraan mengarak ogoh-ogoh keliling desa mereka.

Penyucian Alam Semesta

pawai ogoh-ogoh di Denpasar (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Menurut Sudiana, pawai ogoh-ogoh merupakan bentuk kesadaran manusia akan kekuatan alam semesta dan waktu. Hal itu juga bermakna penyucian alam semesta yang meliputi kekuatan bhuana agung (alam raya) dan bhuana aliti (diri manusia).

Dalam pandangan tatwa (filsafat), kekuatan ini dapat mengantarkan makhluk hidup, khususnya manusia dan seluruh dunia menuju kebahagiaan atau kehancuran.

"Semua ini tergantung pada niat luhur manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling mulia dalam menjaga dirinya sendiri dan seisi dunia," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Objek Pertama yang Dilihat dari Gambar Ini Ungkap Kegelisahan Anda

Posted: 16 Mar 2018 08:00 PM PDT

Percayakah Anda, tes psikologi bisa mengungkap alam pikiran dan bawah sadar manusia? Misalnya tes menebak kumpulan gambar. Meski sering dianggap sepele, ternyata bisa mengungkap kepribadian seseorang.

Carl Jung menggunakan tes asosiatif sebagai detektor kebohongan untuk mengetahui kepribadian seseorang di abad ke-20. Cara ini digunakan karena mereka memerlukan reaksi instan dan tak memberikan kesempatan pada subjek untuk memikirkan apa yang mereka lihat.

Seperti dilansir dari brightside.me, kami akan mencoba mendapatkan informasi dari pikiran bawah sadar untuk mengungkapkan seperti apa kepribadian Anda lewat tes psikologi di bawah ini.

Lihat gambarnya. 

 

Hewan Apa yang Pertama Kali Kamu Lihat?

Ilustrasi kucing. (Sumber Pexels)

Kucing

Pilihan ini menunjukkan ketidaksediaan Anda untuk memulai kerja setelah menghabiskan libur di akhir pekan. Ada keinginan untuk selalu segera istirahat. Anda ingin menjalani kehidupan dengan nyaman. Duduk santai sambil membaca buku favorit atau menonton TV cukup me-refresh tubuh.

Anjing

Anda merasakan dukungan dari teman untuk memecahkan masalah yang ada. Semangat yang Anda miliki adalah hal baik. Tetapi pertimbangkan dengan kepala dingin untuk melihat apakah Anda mampu menyelesaikannya sendiri.

Singa

Tidak ada yang dapat menghalangi Anda! Ada sesuatu di dalam diri Anda yang menarik orang di mana hal ini membuat mereka hormat dan kagum. Akan tetapi, tidak sedikit yang iri. Karena itu, cobalah untuk memperlakukan orang lain dengan sama dan bukan dengan cara seperti saat ini.

Kuda

Saat ini, ada sesuatu yang membatasi dan menghambat kebebasan Anda. Mungkin Anda butuh liburan! Ingat, semua orang perlu istirahat. Tapi tetaplah tenang dan tunjukkan daya tahan dan efisiensi Anda dalam bekerja.

Angsa

Anda sedang jatuh cinta. Itulah alasan mengapa segala sesuatu di sekitar Anda tampak indah. Ini adalah periode indah, maka cobalah untuk terus memperpanjangnya, selama beberapa waktu, paling tidak sampai Anda menerima gaji.

Sumber: Feed.Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Bintang Serie A yang Bakal Meroket di Liga Inggris

Posted: 16 Mar 2018 08:00 PM PDT

Liga Inggris dan Serie A sering dibanding-bandingkan sebagai kompetisi yang paling sengit di dunia. Tak heran kedua kompetisi tersebut menjadi tempat berkarier idaman bagi pesepak bola dunia.

Meski sempat dipandang sebelah mata, nyatanya Serie A belakangan justru menyalurkan para pemain terbaiknya ke Inggris. Lihat saja dari Philippe Coutinho, kemudian Paul Pogba, dan Mohamed Salah.

Ketiganya sukses menyihir Liga Inggris meski sebelumnya datang dari kompetisi yang dianggap lebih lambat. Nah, jejak ketiganya bisa saja diikuti para pemain di bawah ini.

Ada tiga bintang Serie A yang diprediksi akan curi perhatian andai pindah ke Liga Inggris.

Siapa saja? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda.

1. Gianluigi Donnarumma

Kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma. (AFP/Marco Bertorello)

Donnarumma masih berusia 19, tapi hampir membuat 100 penampilan untuk Rossoneri. Dia diprediksi menggantikan Gianluigi Buffon yang sebagai kiper nomor satu Italia.

Gigio melakukan debutnya pada usia 16 tahun dan telah membuktikan dirinya berpengalaman. Dia juga telah mendapat banyak pujian dari banyak pakar karena kedewasaan dan kemampuannya untuk mengatasi tekanan menjadi seorang kiper tim bersejarah.

Namun, mengingat AC Milan mengalami kemunduran dan belum pernah memenangkan gelar liga cukup lama, akan menarik untuk melihat apakah dia akan tetap di klub atau akan pindah ke tempat lain.

Klub seperti Manchester United dan Chelsea mungkin akan datang untuknya jika David de Gea atau Thibaut Courtois memutuskan untuk pergi musim panas nanti.

2. Lorenzo Insigne

Lorenzo Insigne mengaku bangga bisa mencetak gol ke-100 di sepanjang kariernya, dalam kemenangan tim atas AS Roma, Sabtu (14/10/2017). (AFP / TIZIANA FABI)

Insigne merupakan salah satu pemain Italia paling berbakat dari generasinya. Mampu bermain di posisi mana pun di lini depan, dia sudah memiliki tujuh gol plus delapan assist dalam 26 laga Serie A musim ini.

Posisi terbaik Insigne adalah saat diturunkan di belakang striker murni. Namun, dia juga cukup serbaguna, bisa bermain di sayap kanan dan bahkan sebagai striker.

Musim panas lalu, Insigne dikaitkan dengan Liverpool untuk menggantikan Phillipe Coutinho. Kehadiran Insigne jelas akan memberi mereka kreativitas di tengah, yang terasa hilang sejak kepergian Coutinho.

1. Mauro Icardi

3. Mauro Icardi - Bomber asal Argentina sempat membuat Liga Italia heboh usai menggaet Istri sahabatnya Maxi Lopez yang bernama Wanda Nara, hingga akhirnya menggugat cerai Maxi dan menikah dengan Icardi. (AFP/Marco Bertorello)

Icardi merupakan salah satu pencetak gol paling mematikan akhir-akhir ini. Striker Inter Milan itu telah mencetak 89 gol liga dalam 147 pertandingan.

Dalam tiga musim terakhir dia selalu menjadi mesin gol Inter Milan. Selain itu, Icardi pernah meraih penghargaan pencetak gol terbanyak di liga untuk musim 2014-2015.

Klub seperti Manchester United dan Real Madrid dikabarkan tertarik untuk merekrutnya. Selain itu Chelsea juga penasaran dengan ketajamannya. (Eka Setiawan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maker Fest 2018 Ajak Kreator Merek Lokal Mendunia

Posted: 16 Mar 2018 08:00 PM PDT

CEO Tokopedia, Willliam Tanuwijaya baru saja mengumumkan gerakan independen untuk mendorong pertumbuhan kreator lokal. Mengusung nama Maker Fest, gerakan ini akan menjaring kreator Indonesia untuk mampu beraksi di kancah nasional dan internasional.

"Maker Fest akan menjadi platform independen yang pertama dimulai tahun ini dan akan menjadi gelaran tahunan," tutur William dalam konferensi pers peluncuran Maker Fest 2018 di Jakarta, Jumat (16/3/2018).

Menurut Chairman Maker Fest tersebut, program ini hadir karena terinspirasi dari hasil karya para kreator lokal.

Ia menceritakan, setelah membangun Tokopedia dirinya makin mengenal lebih banyak kreator lokal dengan hasil karya berkualitas. Namun, kebanyakan dari mereka masih tumbuh sebatas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Adanya 2,7 juta penjual yang bergabung di Tokopedia membuat saya berpikir, mereka ini sebenarnya dapat tumbuh lebih pesat jika ditunjang oleh ekosistem yang memadai. Karenanya, Maker Fest ini hadir untuk sama-sama membangun merek lokal yang mendunia," tuturnya.

Turut hadir di acara adalah Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, yang menyambut baik program ini. Ia menuturkan sektor ekonomi kreatif yang dibangun saat ini oleh para kreator lokal telah tumbuh sangat pesat.

"Produk Domestik Bruto (PDB) dari ekonomi kreatif saat ini sudah mencapai hampir Rp 1.000 triliun. Dan, saya harap program ini dapat turut membantu mengembangkan nilai itu jauh lebih tinggi lagi," ujarnya.

Senada dengan Triawan, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih menuturkan, sektor industri kecil dan menengah (IKM) telah berperan menopang perekonomian Indonesia. Hal itu tak lepas pelaku industri yang memang dikenal pintar berkreasi.

"Namun, terkadang menjadikan produk IKM untuk lebih dikenal atau rebranding itu masih sulit dilakukan oleh para pelaku. Untuk itu, kalau didukung dengan kreator yang lebih mumpuni, tentu perekonomian Indonesia akan lebih keren," tuturnya menjelaskan.

Program Maker Fest sendiri didukung oleh sejumlah pihak, baik dari pemerintah dan pelaku industri. Beberapa yang telah bekerja sama adalah Kementerian Perindustrian, Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta JNE dan didukung oleh Tokopedia.

Program Maker Fest 2018

Konferensi Pers Maker Fest 2018 yang diinisasi oleh William Tanuwijaya (liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Menurut William, program Maker Fest ini akan digelar di delapan kota di Indonesia, yakni Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. Ajang ini akan diselanggarakan mulai April hingga Desember 2018.

"Di tiap kota nanti akan diselenggarakan berbagai kegiatan edukasi, workshop, dan sesi berbagi. Kami juga akan membawa para ahli di bidangnya masing-masing untuk membantu para kreator di tiap-tiap kota," tuturnya menjelaskan.

Nantinya, dari tiap kota tersebut, Maker Fest akan memilih tiga kreator konten lokal terbaik dari tiap kota. Setelah terpilih 24 kreator akan mempresentasikan bisnisnya di penutup gelaran Festival Maker Fest 2018 di Jakarta.

"Kami membuka kesempatan bagi seluruh kreator lokal untuk mendaftarkan diri. Jadi, bukan hanya merek yang bergerak di bidang digital tapi juga konsumen. Progam ini juga terbuka untuk kreator yang masih memiliki produk purwarupa," ujar CEO Tokopedia tersebut.

Di penghujung program ini, tiga kreator lokal terbaik akan mendapatkan hadiah masing-masing sebesar Rp 1 miliar, Rp 300 juta, dan Rp 200 juta sebagai modal untuk mengembangkan usahanya.

Para pemenang juga akan mendapatkan akses distribusi, konsultasi kreatif dan produksi, termasuk kampanye merek, didukung sejumlah proyek kolaborasi.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Masalah Asmara, Dua Siswi SMU Parepare Baku Hantam

Posted: 16 Mar 2018 08:00 PM PDT

Detik-detik perkelahian siswi SMU di Parepare terekam kamera. Diduga aksi baku hantam ini akibat masalah asmara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Kunjung Dinikahi, Tatjana Saphira Sabar Menanti Herjunot Ali

Posted: 16 Mar 2018 08:00 PM PDT

Hubungan Herjunot Ali dan Tatjana Saphira menjadi perbincangan publik selama beberapa bulan terakhir.

Kabar tersebut mencuat setelah Herjunot Ali dan Tatjana Saphira rajin mengunggah kemesraan di Instagram masing-masing.

Baik Herjunot Ali atau Tatjana Saphira juga tak menampik kabar bahagia tersebut. Namun, ketika ditanya soal kelanjutan hubungan tersebut, Herjunot Ali mengaku belum siap. 

Melalui sebuah wawancara, Februari 2018 lalu, Herjunot Ali mengungkap dirinya akan menikahi Tatjana Saphira sekitar tiga tahun lagi.

 

Tak Keberatan

Tatjana Saphira dan Herjunot Ali (Instagram/herjunot7ali)

Menanggapi hal tersebut, Tatjana Saphira tampak santai. Pemain film Ayat-Ayat Cinta 2 itu tak keberatan jika dirinya harus menunggu selama tiga tahun untuk menjadi istri Herjunot Ali. 

"Yaa... Gimana ya... Iya kali ya (sabar menunggu). Sekarang juga masih banyak yang dikerjain, dia dengan pekerjaannya, dengan film, dengan musiknya. Aku pun juga lagi fokus sama akting aku, kegiatan aku di luar akting juga," ucap Tatjana Saphira saat ditemui di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Jumat (16/3/2018). 

Menikmati

Tatjana Saphira (Fatkhur Rozaq Rosyidi/Liputan6.com)

Tatjana Saphira pun tak mau ambil pusing soal rencana pernikahannya dengan Herjunot Ali. Alih-alih memikirkan yang belum terjadi, Tatjana Saphira lebih memilih untuk menikmati momen yang tengah dijalani saat ini.

Tak Pakai Target

Tatjana Saphira dan Herjunot Ali (Instagram/herjunot7ali)

"Sebenarnya kata siap itu enggak akan pernah ada. Kalau misalnya memang sudah ada waktunya ya harus kita jalani. Kalau aku sendiri memang tidak pernah menargetkan secara khusus kapan atau gimana, aku percaya bahwa apa yang aku jalani sekarang sudah ada yang mengatur. Jadi aku tinggal ngikutin saja," ucap Tatjana Saphira.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rokok Rendah Nikotin Segera Diciptakan

Posted: 16 Mar 2018 08:00 PM PDT

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration) atau FDA mengumumkan, mereka akan menurunkan kadar nikotin dalam rokok. Hal ini diumumkan pada 15 Maret 2018 waktu setempat.

FDA berencana mengusulkan pembatasan kadar nikotin dalam rokok rokok itu sebagai peraturan baru. Tujuannya untuk menurunkan jumlah senyawa tersebut ke tingkat yang tidak membuat kecanduan.

Dilansir dari Live Science, Jumat (16/3/2018), FDA sedang mengumpulkan komentar publik dan data-data pelengkap untuk mengembangkan peraturan ini.

"Langkah ini bisa membantu menghindarkan dunia dari jutaan kematian akibat rokok," kata Komisioner FDA, Dr Scott Gottlieb.

Menurut Andrew Strasser, Profesor Kesehatan Perilaku di University of Pennsylvania Perelman School of Medicine, Amerika Serikat, yang diusulkan FDA adalah rokok rendah nikotin. Artinya, kandungan nikotin dalam rokok akan dibatasi dalam jumlah tertentu.

Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan rekayasa genetik. Ini berarti, ilmuwan akan melakukan modifikasi gen pada tanaman tembakau sehingga mereka bisa menghentikan produksi nikotin dalam tembakau.

Menurut Strasser, dengan cara itu, tembakau yang dihasilkan tidak akan mengandung nikotin. Tembakau yang dibuat untuk rokok ini nantinya bisa dikombinasikan dengan tembakau biasa, agar menghasilkan rokok rendah nikotin.

 

Simak juga video menarik berikut ini: 

Berbeda dengan Rokok Biasa

Ilustrasi Foto Stop atau Berhenti Merokok (iStockphoto)

Rokok rendah nikotin sebenarnya sudah ada. Rokok semacam ini umumnya digunakan untuk tujuan penelitian.

Namun, sebuah pabrik bernama Vector Tobacco telah memproduksi rokok rendah nikotin bermerek Quest yang dipasarkan pada tahun 2002 hingga 2010.

Menurut William Shadel, Direktur Asosiasi Program Kesehatan Kependudukan di Rand. Corp mengatakan rokok jenis ini berbeda dengan rokok berjenis "light".

Menurut Shadel, rokok "light" memang diubah secara desain untuk memberikan jumlah nikotin yang lebih rendah, bila digunakan dengan cara tertentu.

Namun, sesungguhnya produk itu masih memiliki tingkat kandungan nikotin yang sama dengan rokok biasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Tiket Mudik di Tokopedia Cashback Hingga Rp 100.000, Mudik Gak Pake Panik!

Posted: 16 Mar 2018 08:00 PM PDT

Tak terasa sekira dua bulan lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan dan sebulan setelahnya momen melepas rindu bertemu sanak keluarga di kampung halaman tiba. Ya, aktivitas mudik ke kampung halaman setelah sebulan berpuasa wajib adanya bagi Anda yang berada di perantauan.

Tapi ingat, bukan hanya Anda tapi ada jutaan perantau di luar sana yang berpikir untuk kembali ke kampung halaman, baik di H- atau H+ lebaran. Waktu tiga bulan dari sekarang mungkin terdengar lama tapi "perburuan" tiket wajib Anda lakukan dari sekarang khususnya bagi Anda pengguna kereta api  kalau tidak mau kehabisan.

Di era digital ini Anda tak perlu lagi susah-susah mengantri beli tiket lebaran langsung di stasiun yang menyita waktu dan tenaga. Cukup cek tanggal dan jadwal keberangkatan, hingga reservasi tiket kereta tujuan cukup dalam genggaman Anda di Tokopedia.

Anda pun tak perlu takut kehabisan tiket kereta api karena bisa pesan tiket jauh-jauh hari. Simpan nomor kode booking tiket KAI, cetak tiket kereta api di stasiun keberangkatan dan tiket kereta siap untuk keberangkatan dan kepulangan tempat tujuan. Lebih mudah dan praktis, bukan?

Metode pembayaran yang tersedia juga sangat lengkap dan tepercaya. Mulai dari Kartu Kredit, BCA KlikPay, Mandiri ClickPay, Mandiri e-cash, hingga pembayaran dengan Tokocash. Kabar baiknya untuk pemesanan tiket periode 6-31 Maret 2018 Tokopedia memberikan cashback* hingga Rp 100.000 dengan memasukkan kode promo: MUDIK2018 dan berlaku untuk semua metode pembayaran.

Soal keamanan Anda tak perlu takut membeli tiket kereta api online di Tokopedia,  karena Tokopedia merupakan situs resmi KAI. Oh iya, Anda bisa pilih sendiri tempat duduk yang diinginkan dan bebas dari risiko terpisah dari orang terdekat.

Tiket kereta api sudah dibeli  dan mumpung lebaran masih lama enaknya isi dengan ikut event-event seru yang sedang beredar. Nah, di Tokopedia Anda juga bisa beli tiket event murah. Tak hanya murah Tokopedia juga memberikan cashback hingga Rp 50.000 periode 1-31 Maret 2018 dengan memasukkan kode promo: HAVEFUN, minimal transaksi Rp 350.000. Untuk metode pembayaran sama dengan pembelian tiket kereta api di atas.  

Jangan lewatkan event seru seperti  We The Fest, Brick Live Jakarta, Alcatraz The Last Witness, Fifth Harmony PSA Tour, Scrum Day Bandung 2018.

Sudah siap mudik? #MulaiAjaDulu dari Tokopedia.  

 

*Syarat & Ketentuan Berlaku    

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Jokowi Joging Bersama Pelajar Indonesia di Australia

Posted: 16 Mar 2018 07:55 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berolahraga pagi bersama para pelajar Indonesia di Royal Botanic Garden. Tempat tersebut bersisian dengan Opera House Sydney, Australia, pada Sabtu (17/3/2018).

Jokowi tiba di Royal Botanic Garden sekitar pukul 07.40 waktu setempat mengenakan jaket merah, celana hitam dan sepatu kets warna abu-abu. Sedangkan Ibu Negara Iriana mengenakan topi, jaket dan kaus abu-abu, celana panjang hitam dan sepatu kets.

Sementara 18 pelajar tersebut tergabung dalam program Outstanding Youth for the World 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri dan mengenakan jaket hijau dengan emblem "Milenial ke Luar Negeri bersama Jokowi". Mereka berada di Australia selama empat hari untuk bertemu dengan pemuda-pemudi Australia.

"Saya mengucapkan terima kasih banyak pak, saya berangkat dari Lombok, pertama kalinya Pak, pertama kali naik pesawat, pertama kali makan steak, ikan salmon, enak banget Pak pertama kali keluar negeri," kata Harun Al Rosyid yang berasal dari Madrasah Aliyah Muallimin Nadlatul Wathan Pancor, Lombok.

"Wah baru pertama kali semua dong," jawab Jokowi seperti dilansir dari Antara. 

"Pertama kali ketemu Presiden," kata Harun lagi.

"Saya lihat sepatunya banyak yang baru ini," tanya Presiden yang disambut dengan tertawa para peserta.

"Ini ketemunya di mana?" tanya Ibu Negara Iriana.

"Di Jakarta, dan sebetulnya ada 1 orang sakit, yang dari Kong Hu Chu, nanti dikasih fotonya saja," kata salah satu peserta.

"Nanti malah nangis loh diberi toto tapi tidak ikut," jawab Jokowi terkekeh.

 

Olahraga Favorit Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi foto bareng warga saat tiba di hotel tempatnya menginap di Sydney, Australia, Jumat (16/3). Jokowi antusias menyapa sekaligus menerima ajakan bersalaman serta berfoto bersama. (Liputan6.com/Pool/Biro Pers Setpres)

Ketika salah satu peserta bertanya apa olahraga kesukaannya, Jokowi pun menjawab ia melakukan beberapa olahraga.

"Saya joging, sepedaan, panah, kemarin 'nyoba' tinju," jawab Jokowi.

Selain Jokowi dan Iriana, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan pejabat terkait lainnya juga ikut joging dan berjalan selama sekitar 40 menit.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Film Infinity War Garapan Marvel Siap Guncang Bioskop

Posted: 16 Mar 2018 07:48 PM PDT

Ada film yang menarik pekan ini, salah satu yang ditunggu-tunggu adalah sekuel pahlawan Marvel yakni Infinity War.

Hal yang menarik dan membuat penasaran dari film yang dirilis Jumat kemarin ini menceritakan seluruh super hero sejak Iron Man 10 tahun lalu, berkumpul bersama The Guardian Of The Galaxy melawan musuh paling tangguh Thanos.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (17/3/2018), Infinity War adalah film yang paling ditunggu dari serial Marvel.

Film ini disutradari Joe dan Anthony Russo. Mulai dari Captain America, Hulk, Spiderman hingga Black Panther bersatu bersama The Guardian Of The Galaxy melawan Thanos yang hendak menghancurkan alam semesta. Pada April nanti, film ini akan diputar di biskop di seluruh dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Emery: Tanya Presiden Real Madrid Soal Transfer Neymar

Posted: 16 Mar 2018 07:45 PM PDT

Rumor kepindahan Neymar ke Real Madrid tak kunjung mereda. Pelatih PSG, Unai Emery pun malah memanaskan lagi isu ini.

Neymar baru pindah ke PSG pada musim panas lalu. Bahkan ia memecahkan rekor transfer dengan nilai 222 juta euro.

Menariknya, pemain asal Brasil itu dikabarkan sudah tak betah di Paris. Ia merindukan suasana persaingan di La Liga.

Real Madrid pun sigap mendengar keinginan Neymar. Mereka siap menawarkan kontrak fantastis musim panas nanti.

Neymar diplot untuk menggantikan Karim Benzema yang mulai menurun beberapa musim terakhir.

 

 

Komentar Emery

Suporter Paris Saint-Germain (PSG) saat pertandingan melawan Troyes pada laga Liga 1 Prancis di Stadion Aube, Sabtu (2/2/2018). Troyes takluk 0-2 dari PSG. (AFP/Franck Fife)

"Saya pikir pertanyaan soal Neymar sudah terjawab 30 kali selama jumpa pers. Proyek PSG sangat bagus, dan Neymar ada di dalamnya," kata Emery seperti dilansir Bein.

"Soal dia ke Real Madrid, tanya saja Florentino Perez (Presiden Real Madrid). Saya tidak tahu jawabannya," ujarnya menambahkan.

Performa Neymar

Striker PSG Neymar telah mencatat 13 assist di Ligue 1 pada musim ini. (AFP/Gerard Julien)

Bersama PSG, Neymar sebenarnya tampil cemerlang. Ia mampu mencetak 28 gol dari 30 laga di semua kompetisi.

Tak heran PSG pun berjuang keras agar membuat Neymar betah. Presiden PSG, Nasser Al Khelaifi akan turun tangan langsung dengan menemui Neymar di Brasil dalam waktu dekat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Memberikan Nama untuk Proyek Hunian

Posted: 16 Mar 2018 07:40 PM PDT

"Apalah arti sebuah nama" nampaknya menjadi peribahasa yang tidak berlaku ketika hendak merancang proyek properti. Entah itu untuk perumahan atau apartemen.

Pasalnya jumlah proyek properti baru kian bertambah dari waktu ke waktu. Pertumbuhannya juga sangat pesat di sejumlah kota-kota besar. Jadi jika kurang-kurang kreatif menemukan nama yang pas untuk residensial, dikhawatirkan akan ada duplikat nama.

Dan jika hal itu terjadi, bisa saja menimbulkan mispersepsi ketika konsumen hendak mencari alamatnya secara manual ataupun via peta online. Baca juga: Tahun Anjing Tanah, Tahun Tepat Beli Rumah

Sama halnya seperti menentukan sebuah brand, nama properti yang tepat juga akan berpengaruh terhadap minat konsumen dan bisnis pengembang itu sendiri.

Jika masih bingung menentukan nama yang tepat untuk proyek properti, simak beberapa tips dari Rumah.com berikut ini.

  • Sematkan nama perusahaan

Jika perusahaan sudah berada di level menengah dan hendak mengembangkan sayap ke cakupan yang lebih luas, jangan ragu memberi nama proyek properti dengan menyematkan nama perusahaan.

  • Singkat saja

Membuat nama perumahan yang singkat akan mempermudah calon pembeli untuk mengingatnya terus menerus. Jika memungkinkan, cukup satu atau dua suku kata saja. Misalnya Bintaro Mutiara, Amartha Residence, atau Naya Townhouse.

  • Sesuai Tema

Jika proyek properti mengusung tema atau konsep yang unik, tak ada salahnya mencantumkan kata tersebut dalam nama perumahan. Misalnya jika klaster mengadopsi konsep syariah maka pilihlah kata-kata bernuansa Islami.

Sementara jika arsitektur bangunannya mengadaptasi model kolonial atau eropa, boleh memilih kata-kata berbahasa asing.

  • Nama Lokasi

Ini adalah cara paling mudah ketika sudah buntu mencari nama yang semakin mirip satu dan lainnya. Dengan menyematkan nama area atau lokasi maka pembeli bisa langsung menebak dimana perumahan itu berada.

Beberapa perumahan yang lokasinya dekat dari lokasi favorit bahkan menyematkan nama lokasi tersebut. Misalnya Klaster Bintaro Asri, padahal klaster tersebut berada di kawasan Pondok Kacang atau Jurang Mangu.

Namun usahakan menghindari pemberian nama yang tidak pas dengan lokasi, karena bisa membuat pembeli kecewa ketika melakukan survei lokasi.

Jual Nama Berikut Keunggulan

Akan tetapi, nama saja tentu tidak cukup menjual dan seketika menarik perhatian konsumen. Bagi pencari properti, seperti terungkap dalam survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018, kualitas hidup justru lebih penting dibandingkan harga properti.

Survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2018 ini ditujukan untuk mengetahui respon pasar dari sisi permintaan sekaligus untuk menciptakan transparansi informasi untuk konsumen.

Setidaknya ada lima faktor utama yang dipertimbangkan masyarakat Indonesia dalam membeli rumah.

  • Sebanyak 92% responden mencantumkan 'Lokasi' sebagai salah satu faktornya
  • Sementara ada 75% mencantumkan faktor 'Keamanan'
  • 72% mencantumkan 'Mudah Dijangkau Transportasi Umum'
  • 65% menempatkan 'Infrastruktur dan Fasilitas Umum'
  • 60% responden menempatkan 'Harga Properti' di urutan kelima

Namun, yang menarik, faktor 'Ukuran Rumah' yang pada semester lalu berada di urutan keenam kini bergeser ke urutan ke delapan dengan 55% responden. Sebaliknya, 'Jarak Menuju Transportasi Massal' naik dari urutan ketujuh menjadi urutan keenam dengan 59% responden.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berdalih Hukuman, Guru Ngaji di Jember Cabuli Santriwati

Posted: 16 Mar 2018 07:39 PM PDT

Satuan Reserse Kriminal Polres Jember menangkap MH seorang warga Kecamatan Patrang, Jember. Laki-laki beranak dua yang sehari-harinya mengajar di sebuah Lembaga Pendidikan Madrasah Diniyah ditangkap polisi karena diduga mencabuli sejumlah santriwatinya.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (17/3/2017), setelah diperiksa, MH pun langsung ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan. Menurut keterangan tersangka, tindak pencabulan diduga dilakukan di kamar mandi yang tidak jauh ruang madrasah tempat tersangka mengajar.

Tersangka mencabuli sejumlah korban dengan dalih sebagai hukuman karena mereka tidak mampu menghafal atau mengaji dengan baik.

"Oknum guru ngaji ini diduga melakukan pencabulan. Kronologinya adalah saat oknum guru ngaji ini meraba-raba murid ngajinya. Pada saat murid dari oknum guru ini tidak bisa menghafal ayat, langsung dicubit sambil oknum guru ini meraba alat vital dari muridnya tersebut," kata Kasat Reskrim Polres Jember AKP Erik Pradan.

Sejauh ini, sudah tujuh santriwati dengan rentang usia 6 sampai 13 tahun yang sudah melapor. Tapi polisi masih terus mengembangkan kasus ini karena diduga masih ada korban yang belum melapor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK: Masyarakat Sudah Kesal dengan Korupsi Cagub Maluku Utara

Posted: 16 Mar 2018 07:37 PM PDT

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan, masyarakat Maluku Utara (Malut) sudah mengetahui tindakan korupsi yang dilakukan calon gubernur (cagub) Malut sekaligus Bupati Kabupaten Sula Ahmad Hidayat Mus.

Bahkan, warga di Maluku Utara sudah sangat kesal atas praktik tindak pidana korupsi tersebut.

"Bahkan mereka bilang 'sudahlah, percuma, kau pulang saja'. Maksudnya saking kesalnya warga setempat ke yang bersangkutan. Jadi ini sudah kasus lama, bukan orang tertentu atau menghalangi kesempatan beliau jadi gubernur. Ini kasus yang lama," ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Jumat 16 Maret 2018.

Sementara Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, dia dan beberapa pimpinan KPK sempat berkunjung ke Kabupaten Sula beberapa waktu lalu. Hingga akhirnya tim KPK kemudian turun langsung ke Sula untuk menyelidiki korupsi ini selama 3 bulan.

"Selalu kalau sampai di sana kita pasti disuruh pulang, dimarah-marahin. Tapi kan kita enggak bisa. Harus ngumpulin bukti yang perlu kita selesaikan," ungkap dia.

Menurut dia, ada kasus lain yang melibatkan Politikus Golkar itu, yaitu terkait pembangunan masjid di Sula senilai Rp 25 miliar. Namun, kasus ini sudah berlangsung sampai persidangan dan Ahmad divonis bebas.

"Menyangkut pembangunan rumah ibadah itu kan tadinya kita mau ambil alih, tapi tidak jadi. Jadi ditangani sana, kemudian diputus seperti apa, kita juga tahu," ucap Saut.

 Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Pengadaan Fiktif

Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif (tengah) bersama Saut Situmorang (kiri) dan Jubir KPK Febri Diansyah (kanan) saat jumpa pers di Jakarta, Jumat (16/3). KPK menetapkan cagub Maluku Utara Ahmad Hidayat Mus sebagai tersangka. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, KPK resmi menetapkan calon gubernur Maluku Utara Ahmad Hidayat Mus (AHM) bersama sang adik, Zainal Mus, yang saat itu menjabat Ketua DPRD Kepulauan Sula ZM sebagai tersangka. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka korupsi pembebasan lahan Bandara Bobong, Kabupaten Sula tahun anggaran 2009.

KPK menduga Ahmad dan Zainal Mus telah melakukan pengadaan fiktif dalam pembebasan lahan Bandara Bobong yang menggunakan APBD Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara tahun anggaran 2009. Kasus ini merugikan keuangan negara hingga Rp 3,4 miliar.

"Dugaan kerugian negara berdasarkan perhitungan koordinasi dengan BPK adalah sebesar Rp3,4 miliar, sesuai dengan pencairan kas daerah," ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat 16 Maret 2018.

Dari total kerugian negara sebesar Rp3,4 miliar itu, jelas Saut sebesar Rp 1,5 miliar diduga ditransfer kepada Zainal sebagai pemegang surat kuasa penerima pembayaran pelepasan tanah, dan senilai Rp 850 juta diduga masuk ke kantong Ahmad. Sementara, sisanya diduga mengalir kepada pihak-pihak lain.

Kasus yang menjerat politikus Golkar itu sebelumnya ditangani Polda Maluku Utara. Namun, setelah Ahmad memenangkan gugatan praperadilan, kasus dugaan korupsi tersebut dilimpahkan ke KPK.

Ahmad merupakan calon gubernur Maluku Utara yang mengikuti kontestasi Pilkada Serentak 2018. Dia berpasangan dengan Rivai Umar dan diusung oleh Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hilangkan Barang Bukti Tabrak Lari, Pria China Kubur Mobil

Posted: 16 Mar 2018 07:36 PM PDT

Demi menghindari buruan polisi atas perbuatan salah yang telah ia lakukan, seorang pria di China rela melakukan apa saja untuk menutupi barang bukti.

Dikutip dari laman South China Morning Post, Sabtu (17/3/2018), kejadian bermula ketika pelaku yang menggunakan mobil menabrak dua orang pejalan kaki dan dua orang lain dengan sepeda listrik.

Kejadian ini terjadi di sebuah desa bernama Dali, Provinsi Shaanxi, China Kamis lalu. Bukannya membantu atau bertanggung jawab atas perbuatannya, pria yang tak disebutkan namanya ini kabur begitu saja.

Sementara, korban tabrakan dirawat di rumah sakit akibat patah tulang yang begitu parah.

Polisi yang diterjunkan ke lokasi kejadian kemudian mengumpulkan pecahan-pecahan bumper mobil yang berserakan di lokasi kejadian.

Dari barang bukti itu, polisi mencoba mencari tahu siapa dalang di balik peristiwa tabrak lari tersebut.

Tak hanya berbekal pecahan bagian mobil, polisi China juga membuka rekaman CCTV di lokasi kejadian yang merekam mobil pelaku.

Sementara itu, pelaku yang sudah ketakutan memilih untuk menghilangkan barang bukti. Langkah yang ia lakukan terbilang gila. Ia menggali tanah dan menguburkan mobilnya.

Namun sayang, sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya terjatuh juga. Polisi dapat mengidentifikasi pelaku dan menemukan lokasi penyimpanan mobil yang telah dikubur dalam tanah.

Kini polisi di China masih menyelidiki kasus tersebut lebih lanjut.

 

 

Saksikan juga video berikut:

 

Mobil Tabrak Pejalan Kaki di Melbourne

Paramedis memberikan pertolongan setelah sebuah mobil menabrak kerumunan pejalan kaki di Flinders Street, salah satu ikon kota Melbourne, Kamis (21/12). Flinders Street adalah salah satu ruas jalan tersibuk di Melbourne (Australian Broadcast Corp. via AP)

Kasus tabrak lari sebelumnya juga pernah terjadi di Melbourne, Australia. Dua orang ditangkap setelah sebuah mobil yang tak terkendali menabrak kerumunan pejalan kaki di Melbourne, Australia pada Desember 2017.

Dikutip dari CNN, polisi menyebut insiden yang terjadi pada pukul 16.30 waktu setempat itu sebagai tindakan yang disengaja.

Peristiwa yang melukai belasan orang itu terjadi di Flinders Street di antara Elizabeth and Swanston St, jalan yang terletak di kawasan sentra bisnis terpadu Melbourne.

Meski tersangka telah ditahan, juru bicara Kepolisian Victoria mengatakan kepada awak media bahwa terlalu dini untuk menentukan apa motif di balik peristiwa itu.

Polisi menyarankan agar orang-orang menjauh dari apa yang mereka sebut "Tempat Kejadian Perkara (TKP)".

Dalam sebuah pernyataan, Ambulance Victoria menyebut bahwa petugas paramedis membawa 13 korban luka ke rumah sakit terdekat dan dua orang lainnya dirawat di tempat kejadian. Juru bicara kepolisian mengatakan kepada wartawan, beberapa dari mereka yang terluka berada dalam kondisi kritis.

Di antara korban luka dalam insiden di Melbourne itu, terdapat seorang anak usia pra-sekolah yang dibawa ke rumah sakit dan mengalami cedera kepala.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Jual Investor Asing Bikin IHSG Lesu

Posted: 16 Mar 2018 07:30 PM PDT

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan koreksi pada pekan ini. Saham kapitalisasi besar kembali membebani gerak IHSG sepekan.

Mengutip laporan PT Ashmore Asset Management Indonesia, Sabtu (17/3/2018), IHSG melemah 2 persen dari posisi 6.433 pada 9 Maret 2018 menjadi 6.304 pada 17 Maret 2018. Tekanan IHSG didorong saham-saham kapitalisasi besar yang masuk indeks LQ45 tergelincir 2,59 persen selama sepekan.

Penurunan juga diikuti saham kapitalisasi kecil susut 2,49 persen. Investor asing pun masih melanjutkan aksi jual mencapai US$ 200 juta. Di surat utang atau obligasi, indeks BINDO naik satu persen selama sepekan. Imbal hasil obligasi pemerintah bertenor 10 tahun berada di posisi 6,7 persen. Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) berada di 13.750. Investor asing beli obligasi mencapai US$ 131 juta.

Faktor eksternal dan internal juga memengaruhi laju IHSG selama sepekan. Vice President Sales and Marketing Distribution, PT Ashmore Assets Management Indonesia, Lydia Toisuta menuturkan, faktor internal pengaruhi IHSG berasal dari rilis data ekonomi.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan neraca perdagangan alami defisit  sekitar US$ 0,12 miliar. Angka defisit ini lebih rendah dari defisit Januari 2018 sekitar US$ 677 juta. Berdasarkan konsensus, defisit perdagangan sekitar US$ 200 juta.

Impor masih lanjutkan tren penguatan dengan tumbuh 25,2 persen year on year (YoY) dan ekspor 11,8 persen YoY. Adapun volume ekspor tumbuh 22,3 persen dan impor 25,2 persen. Impor didorong barang konsumsi.

Sentimen lainnya dari laporan lembaga pemeringkat internasional S&P. Laporan menyebutkan kalau S&P belum akan menaikkan peringkat utang Indonesia dalam waktu 12-18 bulan. "Mereka (S&P) tidak melihat kenaikan subsidi menjadi masalah bagi mereka karena mereka mengerti ada tahun politik," ujar dia.

Imbal hasil obligasi Indonesia juga dinilai masih menarik buat investor. Imbal hasil obligasi pemerintah bertenor 10 tahun berada di kisaran 6,7 persen.

Lydia menambahkan, faktor eksternal juga mendominasi pergerakan IHSG, terutama dari Amerika Serikat (AS). Harga konsumen di AS naik 2,2 persen YoY pada Februari 2018. Inflasi naik dari posisi Januari di posisi 2,1 persen. Ini sejalan dengan harapan pelaku pasar. Melihat kondisi itu, kemungkinan bank sentral AS atau the Federal Reserve akan menaikkan suku bunga.

Presiden AS Donald Trump memecat Menteri Luar Negeri Rex Tillerson juga pengaruhi bursa saham. Trump menggantikan Tillerson dengan Direktur CIA Mike Pompeo. Trump memberhentikan Tillerson mendorong spekulasi peningkatan aksi proteksi dagang AS. Trump juga mengangkat Larry Kudlow sebagai penasihat ekonomi menggantikan Gary Cohn. Kudlow mendukung penguatan dolar AS.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Selanjutnya

Pekerja mengecek layar indeks saham gabungan di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (4/4). Pada pemukaan indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini naik tipis 0,09% atau 4,88 poin ke level 5.611,66. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lalu apa yang dicermati ke depan?

Lydia menuturkan, aksi jual investor asing mendorong kinerja IHSG tergelincir sepanjang tahun berjalan 2018. Sedangkan investor lokal belum masuk ke pasar saham.Akan tetapi, investor domestik mampu menahan aksi jual investor asing.

Lantaran investor domestik tidak ikut-ikutan lakukan aksi jual lantaran lebih melihat segi fundamental ekonomi. "Kami melihat valuasi saham jadi menarik dengan price earning ratio (PER) 16 kali untuk IHSG selama 12 bulan. Saham kapitalisasi besar ditransaksikan dengan PER 17 kali dan saham kapitalisasi kecil 10 kali," jelas Lydia.

 Sentimen perang dagang akan terus membayangi laju IHSG.

"Risiko yang kami lihat beralih dari keputusan the Federal Reserve karena inflasi telah melunak.Kini perhatian menuju aksi proteksi dagang AS," ujar Lydia.

Lydia menambahkan, tim regional Ashmore melihat aksi proteksi dagang masih berlanjut meski Trump memberikan fleksibilitas untuk kenaikan tarif impor baja. Namun terjun langsung melakukan aksi proteksi dagang juga cukup membingunkan. Presiden Trump juga meningkatkan stimulus fiskal.

"Potongan pajak Trump yang baru disetujui akan menelan biaya delapan persen dari produk domestik bruto (PDB). Kebijakan bervariasi ini tidak memiliki akhir yang menyenangkan," ujar dia.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buka Toko di Jakarta, Lechia Gdansk Manfaatkan Popularitas Egy Maulana

Posted: 16 Mar 2018 07:30 PM PDT

Lechia Gdansk coba memanfaatkan popularitas Egy Maulana di Indonesia. Klub asal Polandia mencoba membuka toko merchandise di Jakarta.

Melalui situs resminya, Lechia Gdansk mengakui bahwa bergabungnya Egy Maulana meningkatkan popularitas klub di media sosial. Ini terbukti dari jumlah pengikut mereka yang melonjak drastis.

"Munculnya Egy Maulana di Gdansk menghasilkan peningkatan jumlah followers yang sangat besar. Kami mendapat peningkatan terbesar di Instagram, hampir 170 ribu followers baru. Kami juga mencatat ini di Facebook dan Twitter," bunyi pernyataan resmi klub.

Melihat hal tersebut, Lechia Gdansk mencoba meraup pundi-pundi keuntungan. Strategi pemasaran pun langsung mereka pikirkan untuk berdagang di kawasan ibu kota Indonesia.

"Pada saat bersamaan, klub ingin mengambil langkah untuk membuat toko resmi Lechia Gdansk di ibu kota Indonesia, Jakarta, dalam beberapa minggu ke depan. Ini juga menjadi barang dagangan resmi secara on line," jelas pernyataan klub pertama Egy Maulana itu.

Kembali ke Lechia Gdansk

Pesepak bola Indonesia, Egy Maulana memakai jersey nomor 10 saat diperkenalkan sebagai pemain baru Lechia Gdansk di Stadion Energa Gdańsk, Polandia, Minggu (11/3/2018). Dirinya dikontrak Lechia Gdansk selama tiga musim. (Lechia Gdansk)

Egy Maulana menyepakati kontrak berdurasi tiga tahun bersama Lechia Gdansk. Namun, pria berusia 17 tahun itu baru memperkuat Lechia Gdansk pada awal musim depan.

Saat ini, pemain Timnas Indonesia itu sudah berada di Jakarta. Dia akan diumumkan secara resmi menjadi pemain baru Lechia Gdansk pada 8 Juli 2018.

"Egy Maulana akan ikut dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 dan U-23. Dia juga akan melakukan ujian akhir untuk menyelesaikan pendidikannya pada April mendatang. Bulan Mei, dia akan kembali ke Polandia dan berlatih bersama Lechia Gdansk."

Egy Maulana Terpesona

Sementara itu, Egy Maulana kaget dengan sambutan para fans Lechia Gdansk. Terlebih lagi, Egy sempat menyaksikan pertandingan Lechia.

"Saya sangat diterima dengan baik di sana. Saya menyukai stadion dan suasana tribun di sana. Saya tidak sabar menunggu latihan bersama tim," ujar Egy Maulana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: