Minggu, 18 Maret 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Insiden Dramatis Saat Petani Jambi Melintas di Sarang Buaya

Posted: 18 Mar 2018 09:30 PM PDT

Teror serangan buaya kembali terjadi di Provinsi Jambi. Kali ini, hewan predator itu menyerang seorang petani di Desa Catur Rahayu, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim).

Dari informasi warga, serangan buaya itu terjadi pada Jumat, 16 Maret 2018. Bermula saat seorang petani bernama Masukin tengah bekerja di kebun sawit miliknya di Desa Catur Rahayu. Saat melintasi sebuah semak-semak rimbun, tiba-tiba kaki sebelah kirinya disambar moncong buaya.

"Kuatnya terkaman buaya sampai korban terbanting," ujar Puji, salah seorang warga Desa Catur Rahayu saat dihubungi Liputan6.com, Senin (19/3/2018).

Beruntung, korban saat itu mengenakan sepatu bot yang biasa dipakai para petani sawit. Sehingga gigitan buaya tidak sampai melukai kakinya dengan serius.

Saat buaya tersebut melepaskan gigitannya, Masukin lantas berlari sembari berteriak minta tolong. Warga yang kaget langsung berdatangan dan mengejar buaya yang diketahui tengah bertelur tersebut.

"Buayanya berhasil ditangkap karena lemas dikejar-kejar warga. Namun setelah itu dilepaskan lagi ke sungai," ucap Puji.

Menurut dia, buaya tersebut berukuran lumayan panjang, sekitar tiga meter. Desa Catur Rahayu, kata dia, memang dikenal banyak terdapat buaya. Sebab, wilayahnya sebagian besar adalah rawa yang dipenuhi sungai-sungai kecil.

 

Penemuan Telur Buaya

Tim BKSDA Jambi melepasliarkan bayi-bayi buaya langka hasil perdagangan gelap di kawasan koservasi di Kabupaten Tanjabtim, Jambi. (Foto: Dok BKSDA Jambi/B Santoso)

Secara terpisah, Kepala Seksi Wilayah III, Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi, Faried membenarkan kejadian tersebut.

Menurut dia, usai menerima laporan dari warga akan keberadaan buaya, tim BKSDA Jambi langsung turun mengecek lokasi.

"Buayanya sudah dilepas oleh warga di sungai. Setelah dicari hanya ditemukan telurnya dan kita amankan," ujar Faried.

Untuk itu, ia pun mengimbau agar warga lebih berhati-hati saat beraktivitas. Sebab, Kabupaten Tanjabtim memang memiliki populasi buaya yang cukup banyak.

Daerah Tanjabtim bahkan cenderung lebih banyak terdapat populasi buaya dibanding daerah lain di Jambi. Selain terdapat banyak rawa, daerah itu juga dialiri banyak anak Sungai Batanghari.

Akan tetapi, seiring perkembangan kehidupan manusia, kawasan rawa dan hutan kini sudah beralih fungsi menjadi permukiman maupun perkebunan.

"Alih fungsi ini memengaruhi habitat buaya sehingga kerap muncul. Dan bahkan bisa terjadi konflik dengan manusia," ucap Faried menandaskan.

 

Buaya Mati Telentang

Warga Desa Catur Rahayu, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjabtim, Jambi dihebohkan dengan penemuan seekor buaya mati telentang di pinggir sungai. (Foto: Istimewa/B Santoso)

Pada 5 Februari 2018 lalu, warga Desa Catur Rahayu juga dihebohkan atas penemuan seekor buaya yang mati teletang di pinggir sungai.

Awalnya, warga menduga buaya tersebut mati terpapar racun usai memakan bangkai binatang di sungai. Namun setelah dicek oleh tim BKSDA Jambi, buaya tersebut diduga mati karena ditombak warga yang panik saat bertemu buaya.

Menurut Kepala Seksi Wilayah III, BKSDA Jambi Faried, buaya mati tersebut bukanlah korban perburuan. Namun, diperkirakan karena ada warga yang reflek dan panik saat melihat buaya di sungai.

"Mungkin ada buaya lewat perkebunan sawit. Warga yang melihat kemudian reflek menombak kepala buaya menggunakan dodos sawit," ujar Faried.

Dodos merupakan alat memanen buah kelapa sawit. Ujungnya sedikit melebar tajam yang diberi gagang panjang untuk memudahkan menjangkau buah sawit yang tinggi.

BKSDA Jambi mengimbau agar masyarakat tidak mudah panik saat bertemu buaya atau binatang lainnya. Jika melihat sosok buaya, warga diharapkan segera melapor melalui call center BKSDA Jambi di nomor 0823-7779-2384.

 

Deretan Teror Buaya di Jambi

Dua orang perempuan di Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi dalam waktu berdekatan meninggal dunia akibat serangan buaya di sungai Batanghari. (Foto: Dok Polres Tebo/B Santoso)

Serangan buaya menjadi momok menakutkan bagi warga Jambi terutama yang tinggal di bibir sungai. Belum lama ini, serangan buaya menyebabkan dua orang perempuan di Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi meninggal dunia.

Mereka adalah Hofsah (53) dan Samsidar (66). Keduanya meninggal di sungai dengan jasad tak utuh diduga karena diserang buaya.

Korban pertama adalah Samsidar, warga Desa Melako Intan, Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo, ini awalnya dinyatakan hilang pada Rabu, 21 Februari 2018 sekitar pukul 15.00 WIB. Ia diduga diserang buaya saat tengah menyeberangi Sungai Batanghari saat pulang dari kebun miliknya.

Jasad Samsidar ditemukan selang sehari kemudian dengan kondisi mengenaskan. Saat ditemukan, tubuhnya mengambang di sungai dan sudah tak utuh lagi. Kedua tangannya hilang, bagian perut ke bawah hingga kaki juga hilang.

Sekitar empat hari sebelumnya, warga Desa Pulau Jelmu, Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo, juga baru dibuat heboh. Seorang warganya bernama Hofsah (55) meninggal dunia usai diterkam dan diseret buaya ke dalam sungai.

Peristiwa nahas tersebut terjadi pada Sabtu pagi, 17 Februari 2018. Saat itu, korban tengah mencuci bersama seorang temannya di pinggir Sungai Batanghari yang tak jauh dari rumahnya.

Saat hendak berdiri, tiba-tiba ada seekor buaya dengan moncong menganga langsung menyambar kaki Hofsah. Sontak tubuh perempuan paruh baya itu langsung terempas diseret hewan predator itu ke tengah sungai.

Menurut saksi mata, usai menarik paksa korbannya, buaya ganas tersebut sempat menampakkan diri ke permukaan air sebelum akhirnya menghilang.

Jasad korban baru bisa ditemukan 24 jam setelahnya. Ia ditemukan pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB pada Minggu, 18 Februari 2018. Lokasi penemuan berjarak sekitar satu kilometer dari lokasi hilangnya korban, yakni di Desa Koto Joyo yang memang bersebelahan dengan Desa Pulau Jelmu.

Teror buaya bukan kali ini saja terjadi di Jambi. Pada Desember 2016, masih di Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo tepatnya di Kelurahan Pulau Temiang, seorang bocah SD umur 12 tahun bernama Rio juga ditemukan meninggal usai menjadi korban keganasan buaya di Sungai Batanghari.

Jasad bocah malang itu yang masih mengenakan seragam sekolah itu ditemukan rusak, diduga akibat serangan buaya.

Kemudian antara Maret dan April 2017, buaya diketahui menyerang dua warga di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Jambi, di lokasi berbeda. Meski berhasil menyelamatkan diri, keduanya diketahui mengalami luka-luka akibat serangan buaya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LSM RI Kutuk Arab Saudi yang Eksekusi Mati TKI Madura Tanpa Pemberitahuan

Posted: 18 Mar 2018 09:30 PM PDT

Berbagai lembaga swadaya masyarakat pemerhati isu buruh migran Indonesia mengutuk sikap Pemerintah Arab Saudi, yang tanpa pemberitahuan, mengeksekusi mati TKI bernama Zaini Misrin asal Bangkalan, Madura pada Minggu, 18 Maret 2018 di Mekkah.

Seperti dikutip dari sebuah rilis gabungan  pada Senin (19/3/2018), Migrant Care, Serikat Buruh Migran Indonesia, Jaringan Buruh Migran, dan Human Rights Working Group, "Mengecam dan mengutuk eksekusi hukuman mati terhadap Zaini Misrin. Eksekusi tersebut merupakan bentuk pelanggaran hak asasi manusia yang paling dasar: yaitu hak atas hidup."

Lebih lanjut, keempat LSM itu menjelaskan bahwa "Pemerintah Arab Saudi telah melanggar prinsip-prinsip tata krama hukum internasional dengan tidak pernah menyampaikan Mandatory Consular Notification baik pada saat dimulainya proses peradilan ... dan juga pada saat eksekusi hukuman mati dilakukan."

Keempat LSM itu juga mendesak Pemerintah RI untuk mengeluarkan Nota Protes Diplomatik kepada Pemerintah Arab Saudi, serta mengerahkan sumber daya politik dan diplomasi untuk mengupayakan pembebasan ratusan buruh migran yang terancam hukuman mati di seluruh dunia.

Menurut catatan Kementerian Luar Negeri RI, ada sekitar 142 WNI di seluruh dunia yang terancam hukuman mati. Sebagian besar di antaranya berada di Arab Saudi dan Malaysia.

Kasus Zaini Misrin

Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri RI (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Zaini Misrin dituduh membunuh majikannya di Kota Mekkah pada tahun 2004. Kemudian, pada tahun 2008, Pengadilan Mekkah menjatuhkan vonis hukuman mati kepada Zaini.

Sepanjang proses hukum itu berjalan, otoritas Saudi tak memberikan kabar kepada pihak pemerintah Indonesia.

Pemerintah Arab Saudi baru memberitahu proses hukum yang dijalani oleh Zaini kepada pihak RI ketika yang bersangkutan sudah divonis hukuman mati, yakni pada 2008. Usai itu, barulah pemerintah Indonesia melakukan langkah-langkah penundaan dan pembebasan Zaini dari vonis hukuman mati.

Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia, Hariyanto mengindikasikan, selama proses hukum berjalan, pemerintah Saudi tidak memberikan pemenuhan hak-hak hukum yang optimal kepada Zaini.

"Ditambah lagi, menurut informasi yang kami peroleh, sepanjang proses hukum, Zaini berkali-kali mengaku tidak melakukan pembunuhan itu. Kita juga menyayangkan sikap Saudi yang tidak memberikan hak-hak hukum yang optimal bagi Zaini sepanjang proses hukum tersebut," kata Hariyanto saat dihubungi Liputan6.com, Senin 19 Maret 2018.

Sementara itu, rilis gabungan dari Migrant Care, Serikat Buruh Migran Indonesia, Jaringan Buruh Migran, dan Human Rights Working Group juga mengindikasikan hal serupa.

"Menurut pengakuan Zaini Misrin (sebelum dieksekusi), ia dipaksa untuk mengakui melakukan pembunuhan setelah mengalami tekanan dan intimidasi dari otoritas Saudi Arabia. Pada proses persidangan hingga dijatuhkan vonis hukuman mati, Zaini Misrin juga tidak mendapatkan penerjemah yang netral dan imparsial."

Keempat LSM itu juga menjelaskan bahwa ada sejumlah 'kejanggalan dan ketidakadilan' dalam proses hukum tersebut, serta 'pengabaian terhadap prinsip peradilan yang bebas'.

Kabar eksekusi mati Zaini Misrin beredar di kalangan media Indonesia pada Senin, 19 Maret 2018 pagi hari, lewat sebuah rilis resmi berantai dari Migrant Care, Serikat Buruh Migran Indonesia, Jaringan Buruh Migran, dan Human Rights Working Group.

Hingga berita ini turun, pihak Kementerian Luar Negeri RI belum menyampaikan keterangan resmi.

Namun, menurut informasi yang diperoleh Liputan6.com, Kemlu RI telah berkoordinasi dengan berbagai otoritas terkait dan pelbagai LSM pemerhati buruh migran Indonesia. Termasuk berencana untuk menggelar konferensi pers terkait langkah Arab Saudi mengeksekusi mati Zaini Misrin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Pria Tewas Jatuh dari Tebing Gara-Gara Main Smartphone

Posted: 18 Mar 2018 09:30 PM PDT

Lantaran terlena keasyikan bermain smartphone, pria asal Tiongkok tewas secara mengenaskan saat beribadah di sebuah wihara.

Dikabarkan, pria ini sedang dalam posisi nyantai dengan menyender dan berselonjor saat duduk di sebuah bangku. Tanpa ia sadari bangku tersebut tidak punya penyangga.

Ia pun terjatuh dari ketinggian 25 kaki dan langsung dibawa orang-orang ke rumah sakit. Artikel ini bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Sementara berita lain yang menghebohkan pembaca datang dari polisi cantik dituding maling hanya karena menemukan iPhone 8 plus seseorang, dan Indosat Ooredoo imbau masyarakat untuk lakukan registrasi kartu SIM .

Untuk lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Asyik Main Smartphone Saat Ibadah, Pria Ini Tewas Jatuh dari Tebing

Penampakan pria yang tewas dari tebing wihara Gunung Jiuhua karena asyik bermain smartphone. (Foto: Mirror)

Menggunakan smartphone, harus tahu batasan tempat dan waktu. Kalau tidak, kejadiannya bisa seperti pada pria yang satu ini.

Diketahui, pria asal Tiongkok itu tewas secara mengenaskan saat beribadah di sebuah wihara. Menurut informasi yang dilansir Mirror pada Minggu (18/3/2018), si pria beribadah di wihara Flesh Palace yang berlokasi di Gunung Jiuhua.

Sekadar informasi, gunung tersebut adalah salah satu dari empat gunung suci di Tiongkok, bersama dengan gunung Putuo, Emei, dan Wutai.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Temukan iPhone 8 Plus Orang, Polisi Cantik Ini Malah Dituding Maling

Irene (kiri), polisi Malaysia yang menemukan iPhone 8 Plus. Foto: Brilio.net

Jika barang hilang, tentu kita otomatis panik karena takut lantaran tak bakal menemukannya. Ada banyak alasan barang bisa hilang, yang paling sering ya karena dicuri.

Untuk itu, kita terkadang harus mengikhlaskan jika barang tersebut tidak dapat ditemukan kembali atau menghilang selamanya.

Tetapi, jika memang masih menjadi rezeki dan ditakdirkan kembali, tidak menutup kemungkinan juga barang tersebut akan kembali ke tanganmu.

Baca selengkapnya di sini

3. Indosat Ooredoo Imbau Masyarakat Segera Lakukan Registrasi Kartu SIM

Deretan nomor selular prabayar baru di Jakarta, Jumat (3/11). Mulai 31 Oktober 2017, pelanggan kartu SIM prabayar baru (perdana) diwajibkan melakukan registrasi dengan mencantumkan NIK dan nomor Kartu Keluarga (KK). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Indosat Ooredoo kembali mengimbau para pelanggan untuk segera melakukan registrasi ulang kartu SIM prabayar.

Operator seluler itu menyarankan pelanggan untuk melakukan registrasi kartu SIM secara mandiri, untuk menghindari berbagai hal tak diinginkan, seperti penyalahgunaan data oleh pihak lain.

"Kami mengimbau kepada para pelanggan kartu prabayar Indosat Ooredoo untuk segera melakukan registrasi ulang kartu prabayarnya," kata Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Deva Rachman, dalam keterangan resminya, Minggu (18/3/2018).

Baca selengkapnya di sini

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SBY Klaim Lebih Dulu Blusukan Ketimbang Jokowi

Posted: 18 Mar 2018 09:24 PM PDT

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY mengatakan, pihaknya lebih dulu blusukan jauh sebelum Presiden Joko Widodo melakukan hal serupa dalam kepemimpinannya.

"Ketika 10 tahun emban amanat rakyat. Saya dan teman-teman sering kunjung ke daerah. Termasuk komunitas tidak mampu dan masyarakat miskin. Sebelum Pak Jokowi blusukan kami lebih dulu blusukan lihat kondisi nyata," kata SBY dalam sambutan acara Seminar Nasional Hari Perempuan Internasional 2018 yang diadakan oleh Fraksi Partai Demokrat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/3/2018).

Hal itu, kata SBY, dilakukannya saat berkunjung ke daerah dan bertemu masyarakat tidak mampu.

Dia sedikit bercerita, bahwa ia banyak bertemu dengan masyarakat di daerah terutama perempuan dan anak-anak yang mengalami kesulitan dan kemiskinan.

Sehingga, sebagai pimpinan negara ia langsung membuat rangkaian kebijakan yang fokus untuk mengatasi masalah tersebut.

"Kami menginisiasi munculnya sejumlah kebijakan dan program tujuannya mengurangi kemiskinan. Semua bertujuan menurunkan kemiskinan dan taraf hidup rakyat. Hasilnya nyata," ungkapnya.

 

Beber Program

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersalaman dengan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang yudhoyono (SBY) usai memukul gong pada Rapimnas Partai Demokrat  di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3).  (Liputan6.com/Angga yuniar)

Pria yang menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat ini pun membeberkan apa yang telah dia lakukan ketika berusaha mengurangi kemiskinan. Mulai dari pemberian usaha mikro hingga fasilitas kesehatan.

"Ini dari esensi kebijakan dan program pengurangan kemiskinan kita membangun kekuatan dan kemampuan akhirnya bisa mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi komunitas miskin," ucapnya.

"Kita kasih kailnya bukan ikanya. Kita berikan kesehatan, usaha mikro," SBY menandaskan.

 

Reporter: Sania Mashabi 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Menang Lawan Arema, Supardi Ingat Pesan Van Dijk

Posted: 18 Mar 2018 09:24 PM PDT

Persib Bandung susah payah mengalahkan Arema FC dengan skor 2-1 di laga uji coba yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Minggu (18/3/2018). Kemenangan ini begitu berkesan bagi bek sekaligus kapten Persib, Supardi.

Dua gol Persib pada pertandingan ini masing-masing dicetak Oh In Kyun menit ke-25 dan Airlangga Sutjipto menit ke-83. Sementara gol tunggal Singo Edan diciptakan Dendi Santoso menit ke-57.

"Pertandingan ini sangat penting buat kami karena apapun namanya Persib, orang tidak lihat apa itu friendly match, apa itu lawannya di bawah kami, mereka tidak lihat karena mereka maunya menang," ujar Supardi usai laga.

Kemenangan ini juga mengingatkan Supardi kepada mantan striker Persib musim lalu, Sergio van Dijk. Menurutnya, penyerang berkepala plontos itu telah memberikan petuah agar tidak boleh kalah dalam pertandingan.

"Saya selalu ingat bahasanya Sergio van Dijk dulu, Sergio punya tiga opsi dulu waktu bicara ketika launching (Liga 1 2017) dulu, juara juara juara, dan saya punya opsi menang, menang, menang," kata pesepakbola berusia 34 tahun ini.

Persiapan Liga 1

Pertandingan persahabatan ini merupakan perayaan hari jadi Persib ke-85, yang jatuh tepat pada 14 Maret. Selain itu, laga ini juga merupakan bagian dari persiapan kedua tim untuk menghadapi kompetisi Liga 1 2018, yang bakal bergulir mulai 23 Maret.

Setidaknya, kedua tim kini mulai menemukan komposisi yang dianggap cocok untuk Liga 1 2018. Terutama untuk Persib, yang berambisi kembali jadi juara.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Janji Katy Perry kepada Fans Menjelang Tur WITNESS di Jakarta

Posted: 18 Mar 2018 09:20 PM PDT

Katy Perry akan kembali menyapa para penggemarnya di Indonesia. Kali ini ia akan membawakan banyak hal spesial dalam rangkaian tur "WITNESS"-nya.

Dalam tur kali ini, Katy Perry akan tampil spesial di hadapan para penggemarnya. Katy Perry mengumumkan dirinya akan membawa semua perlengkapan dan segala pernak-pernik show-nya ke Asia.

Ini akan menjadi aksi yang sama seperti konser Katy Perry sebelumnya di Amerika Utara. Katy Perry ingin tampil istimewa dalam tur "WITNESS"-nya di Indonesia nanti.

Katy Perry melakukannya agar semua penggemar bisa melihat, menyaksikan, mendengarkan, dan merasakan secara langsung betapa istimewanya konser kali ini.

Tur Besar

Katy Perry WITNESS tur (Helmi Sugara Promotions)

Katy Perry akan hadir bersama tim yang hebat dan meyakinkan bahwa turnya kali ini memiliki skala produksi terbesar. Tur "WITNESS" ini diramalkan bakal menjadi pertunjukan konser yang paling heboh.

Dalam konsernya kali ini, Katy Perry membawa 50 ton kargo perlengkapan konsernya. Katy Perry juga akan berganti kostum enam kali dan membawa baju khusus untuk setiap show-nya.

Spesial

(JEAN-BAPTISTE LACROIX / AFP)

Katy Perry juga akan membawakan 11 lagu hitsnya dengan 10 penari dan juga dua penyanyi latar. Dalam konsernya kali ini, ia juga membawa lima pemain musiknya, termasuk pemain basnya yang telah bersama Katy sejak album pertama.

Dalam tur "WITNESS" ini juga dikabarkan Katy Perry kemungkinan besar akan membawa ikan hiu untuk berada di antara para penggemarnya di Jakarta.

WITNESS

(JASON MERRITT / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Konser tur "WITNESS" Katy Perry di Jakarta ini akan diselenggarakan pada 14 April 2018 di INDONESIA CONVENTION EXHIBITION (ICE), BSD CITY.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Ketua KPK: Hanya 4 Persen Ibu Ajarkan Anak Kejujuran

Posted: 18 Mar 2018 09:20 PM PDT

KPK melakukan survei di dua kota Jawa Tengah. Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengungkapkan temuannya hanya 4 persen ibu mengajarkan nilai kejujuran kepada anaknya.

"Kajiannya mengatakan hanya 4 persen Ibu yang mengajarkan tentang kejujuran kepada anak-anaknya," ujar Basaria saat memberikan sambutan dalam seminar Peran Perempuan dalam Pencegahan Korupsi di Lingkungan Kemendikbud, Jakarta Selatan, Senin (19/3/2018).

Menurut dia, nilai kejujuran merupakan inti dan awal mula terjadinya tindak pidana korupsi. Selain itu, Basaria menyebut kejujuran juga dasar untuk membangun integritas.

"Jujur di dalam berkata, jujur di dalam berpikir, jujur di dalam bertindak, harus menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Itu yang kita sebut dengan integritas," papar Basaria.

Survei yang dilakukan KPK pada tahun 2012-2013 itu juga menunjukan 80 persen anak mengaku mendapatkan pendidikan dari ibu ketimbang ayah.

Basaria meminta agar para ibu di Indonesia, yang mayoritas berprofesi sebagai ibu rumah tangga, menanamkan nilai kejujuran sejak dini kepada anak-anak. Sebab, anak mendapat lingkungan pendidikan pertama dari rumah.

Istri Berperan Cegah Korupsi

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Selain itu, Basaria turut mendorong agar perempuan berperan aktif mencegah tindak pidana korupsi di lingkungan terkecil yakni keluarga. Misalnya, dia meminta agar istri aktif memantau apabila suami mendapatkan penghasilan di luar gaji yang seharusnya.

"Kalau asal-usulnya tidak jelas itu yang harus ibu pertanyakan," tutur Basaria kepada audiens.

Dengan mencegah tindak pidana korupsi sedini mungkin dari lingkungan keluarga, Basaria berharap nilai-nilai anti korupsi bisa tertanam kapan pun dan di mana pun.

"Minimal, ibu mencegah anak, suami, dan diri ibu sendiri dari tindak pidana korupsi," imbuhnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ketika Jokowi Disambut Salam Tradisi Maori di Selandia Baru

Posted: 18 Mar 2018 09:20 PM PDT

Presiden Indonesia Jokowi bersalaman dengan tetua Maori saat upacara penyambutan di Government House di Wellington, Selandia Baru (19/3). Jokowi ke Government House untuk bertemu Gubernur Jenderal Selandia Baru Sir David Gascoigne. (AFP/Marty Melville)

Presiden Indonesia Jokowi bersalaman dengan tetua Maori saat upacara penyambutan di Government House di Wellington, Selandia Baru (19/3). Jokowi ke Government House untuk bertemu Gubernur Jenderal Selandia Baru Sir David Gascoigne. (AFP/Marty Melville)

Presiden Indonesia Joko Widodo menerima Maori Hongi atau salam dari seorang tetua Maori saat upacara penyambutan di Government House di Wellington, Selandia Baru (19/3). (AFP/Marty Melville)

Presiden Indonesia Joko Widodo menerima Maori Hongi atau salam dari seorang tetua Maori saat upacara penyambutan di Government House di Wellington, Selandia Baru (19/3). (AFP/Marty Melville)

Seorang prajurit Maori tampil saat upacara penyambutan untuk Presiden Indonesia Joko Widodo di Government House di Wellington, Selandia Baru (19/3). (AFP/Marty Melville)

Seorang prajurit Maori tampil saat upacara penyambutan untuk Presiden Indonesia Joko Widodo di Government House di Wellington, Selandia Baru (19/3). (AFP/Marty Melville)

Upacara penyambutan Presiden Indonesia Joko Widodo di Government House di Wellington, Selandia Baru (19/3). Kunjungan Jokowi ini juga merupakan kunjungan untuk menandai peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Selandia Baru. (AFP/Marty Melville)

Upacara penyambutan Presiden Indonesia Joko Widodo di Government House di Wellington, Selandia Baru (19/3). Kunjungan Jokowi ini juga merupakan kunjungan untuk menandai peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Selandia Baru. (AFP/Marty Melville)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asosiasi Minta Sopir Taksi Online Ikut Bikin SIM A Murah dan Uji KIR Gratis

Posted: 18 Mar 2018 09:20 PM PDT

Para pengemudi armada taksi online mengaku sangat terbantu dengan langkah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan fasilitas uji kelayakan mobil (KIR) gratis di 10 kota besar di Indonesia. Upaya lainnya dengan menyelenggarakan acara pembuatan SIM A Umum dengan harga murah. 

Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek, telah menetapkan beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para sopir taksi online. Di antaranya, yaitu mengantongi SIM A Umum dan mobil lulus uji KIR.

Dua regulasi tersebut kerap kali dikeluhkan oleh para sopir taksi online. Pasalnya, biaya yang akan dihabiskan untuk membuat SIM A Umum bisa mencapai Rp 500 ribu per orang. 

"Kami sambut positif bantuan tersebut. Sangat membantu driver online memenuhi persyaratan dengan biaya murah," kata Ketua Umum Asosiasi Driver Online (ADO), Christiansen F. Wagey kepada wartawan di Jakarta, Senin (19/3/2018).

Diharapkan Christiansen, karena besarnya manfaat tersebut, ADO mendorong semua pihak untuk memanfaatkannya. Namun demikian, pihaknya memohon agar bantuan Kemenhub dilaksanakan dengan memberikan subsidi ke semua pengemudi taksi online dengan harga terjangkau, bukan dengan harga murah tapi terbatas.

ADO mendukung PM 108 karena sudah menjadi payung hukum. Apabila dijalankan sepenuhnya dan pemerintah tegas, maka beleid ini mengembalikan aplikator sebagai penyelenggara aplikasi bukan penyelenggara angkutan.

Pengamat transportasi dari MTI, Djoko Setiawarno mengingatkan perlunya komitmen semua pihak untuk implementasi penuh peraturan Menhub 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek yang mengatur tentang Angkutan Sewa Khusus.

"Pemerintah harus jalan terus. Kondisi angkutan umum di Indonesia dalam posisi kritis bahkan, beberapa daerah sudah lenyap. Adanya transportasi online menjadi penyejuk sesaat publik terhadap keberadaan angkutan umum. Namun itu tidak memberikan dampak jangka panjang, nanti pasti tarifnya tidak murah," kata Djoko.

Sebelumnya, Kemenhub memfasilitasi pembuatan KIR dan SIM A Umum bagi mitra sopir taksi online untuk memenuhi peraturan Menhub Nomor 108/2017.

Menhub Gelar Uji KIR Gratis bagi Taksi Online

Menhub Budi Karya Sumadi memantau uji KIR gratis (Liputan6.com/ Pramita Tristiawati)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menggelar layanan uji KIR gratis bagi taksi online mulai minggu depan. Upaya ini sebagai bagian dari kemudahan layanan agar para pengemudi taksi bisa memenuhi persyaratan yang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 108 Tahun 2017 terkait operasional taksi online.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, setelah memberikan kemudahan layanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) A Umum bagi pengemudi taksi online, Kemenhub berencana untuk melakukan hal yang sama untuk uji KIR.

"Ke depan, kita juga akan ada program KIR gratis. Minggu depan kira-kira akan kita lakukan di sini (Jakarta), seluruh Indonesia," ujar dia di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 25 Februari 2018. 

Melalui program ini, diharapkan dapat mengakomodir para pengemudi taksi online untuk memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan pemerintah, seperti SIM A Umum dan uji KIR bagi kendaraannya.‎

"Kita memang melihat bawasannya antusiasme hari ini membuat saya terharu, banyak anak anak karena masih bersekolah semester 7, semester 8 meraka antusias sekali. Ada ibu-ibu, bahkan yang sepuh pun juga ada. Ini menunjukkan bahwasanya profesi sebagai driver online dan konvensional ini memang sangat diminati dan memberikan penghasilan rakyat banyak," jelas Budi Karya Sumadi.

Sebelumnya, salah satu pengemudi taksi online, Dewi Kurniasih (54) berharap pemerintah juga bisa mengakomodasi layanan uji KIR bagi kendaraan taksi online. Sebab menurut dia, untuk bisa uji KIR, pengemudi dikenakan biaya hingga Rp 1 juta.

"(KIR) Sekarang mau dipermudah juga. Dulu kita (taksi online) menentang KIR karena diketrik, itu asuransi kita hilang, sekarang dikasih kemudahan, dihapus. Dia tidak dimesin, dan stikernya bisa dicopot, karena tadinya kan paten seperti angkot. Biaya KIR-nya sepertinya mau gratis, normalnya ada yang bilang Rp 1 juta," tandas Dewi. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kate Middleton Mengulang Pakai Mantel Sama di St. Patrick's Day

Posted: 18 Mar 2018 09:16 PM PDT

Kate Middleton yang sedang hamil besar tetap terlihat menjalani aktivitasnya seperti biasa. Bahkan istri Pangeran William ini cukup berani beraktivitas dalam cuaca dingin. Pada perayaan St. Patrick's Day tahun ini, Kate Middleton kembali mengenakan mantel hijau.

Mantel ini kerap digunakan oleh Kate Middleton dalam beberapa kunjungan kerajaan. Meski sering digunakan, mantel ini nampak tidak membosankan.

Seperti apa padu padan Kate Middleton dengan mantel hijaunya di St. Patrick's Day 2018? Lihat di sini 

Mantel hijau Kate Middelton

 

March 17, 2018| The Duchess looked elegant in Green for St Patrick's Day! * The Duke and Duchess of Cambridge visited the 1st Battalion Irish Guards for St Patrick's Day Parade * The Duke is colonel of the regiment, it was his first honorary position in the army. * :: Outfit Details:: ::Coat::🧥Kate choose her beautiful green Catherine Walker coat she debuted in Sweden in January ::Accessories::🧣She accessorised her coat with a faux fur collar, faux fur cuffs from Troy London ::Fascinator:: 👒 Gina Foster Meribel hat first worn in 2014 ::Shoes:: 👠 Tod's suede pumps ::Jewellery:: ✨ Kiki McDonough Green Tourmaline, Green Amethyst and Diamond ::Brooch:: 🍀 The Irish Guards gold shamrock brooch, worn by The Queen Mother and Princess Anne

A post shared by HRH The Duchess of Cambridge (@hrh_duchess_kate) on

Kate Middleton nampak memancar aura positif sebagai ibu hamil di perayaan St.Patrick's Day yang diselenggarakan di London pada Sabtu (17/3/2018) waktu setempat. Kate Middleton terlihat kembali memakai mantel hijau dari Cathtrine Walker. Mantel ini kembali digunakan dengan sarung tangan hitam, topi baret hijau, syal hitam, legging hitam, dan sepatu pump hitam. Tak lupa bros yang menyerupai rumput hijau di dada sebelah kiri.

Mantel hijau ini sendiri nampak familiar digunakan oleh Kate Middleton. Sebelum digunakan untuk St. Patrick's Day, Kate Middleton pernah menggunakan mantel serupa ketika berkunjung ke Stockholm bersama Putri Victoria dan Daniel pada 30 Januari 2018.

Tidak bosan menggunakan mantel yang sama

Meski dipakai beberapa kali, mantel ini nampak tidak membosankan saat dipakai Kate Middleton. Kate Middleton selalu menggunakan mantel hijau ini dengan cara yang berbeda. Sehingga menjadi inspirasi para wanita untuk menggunakan pakaian yang sama dengan look yang berbeda.

Kate Middleton menemani sang suami mengujungi Batalion satu di Hounslow. Mereka hendak melihat parade dari 350 tentara Irlandia di Parade Square. Kate Middleton terlihat cukup berani menerjang angin ketika melihat parade tersebut.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek AC Milan Masuk Bidikan Real Madrid

Posted: 18 Mar 2018 09:15 PM PDT

Bek AC Milan Leonardo Bonucci masuk dalam bidikan Real Madrid. Klub raksasa Spanyol itu kembali menghidupkan minatnya kepada pemain berusia 30 tahun tersebut di bursa transfer musim panas 2018.

Bonucci belum semusim berkostum AC Milan setelah diboyong dari Juventus pada musim panas 2017. Meski demikian, hal itu tidak menyurutkan niat Presiden Real Madrid Florentino Perez untuk mendapatkan jasa Bonucci.

Niat Real Madrid mendatangkan bek tengah lantaran buruknya performa lini pertahanan. Sejauh musim ini, Los Blancos telah kebobolan 33 gol di Liga Spanyol.

Jumlah tersebut dua kali lipat lebih dari jumlah gol kemasukan Barcelona dan Ateltico Madrid. Barcelona baru kemasukan 13 gol. Sedangkan Atletico 14 gol.

Upaya Real Madrid mendapatkan Bonucci tentu tidak akan mendapat restu AC Milan. Akan tetapi, bukan tidak mungkin klub Italia itu harus melepas pemain Timnas Italia tersebut jika harus mematuhi peraturan Financial Fair Play UEFA.

Seperti diketahui, AC Milan menghabiskan 194,5 juta euro untuk merekrut 11 pemain baru pada bursa transfer musim panas 2017. Bonucci tercatat menjadi rekrutan termahal dengan nilai 42 juta euro.

Agar tak terkena sanksi UEFA, AC Milan harus melepas salah satu pemainnya. Hal ini bisa memberi Real Madrid lampu hijau untuk mendapatkan Bonucci.

Bukan Hanya Bonucci

Real Madrid dikabarkan tengah bersaing dengan Juventus untuk mendapatkan tanda tangan bek Chelsea, David Luiz pada bursa transfer 2018. (AFP/Glyn Kirk)

Real Madrid tidak hanya mengincar Bonucci, sejumlah bek tengah sudah masuk dalam daftar klub raksasa Spanyol itu. Bek Chelsea, David Luiz, salah satu di antaranya. Madrid akan memanfaatkan hubungan Luiz dengan Manajer Antonio Conte.

Bek tengah lainnya yang diincar Madrid adalah pemain Inter Milan, Milan Skriniar. Selain itu ada Clement Lenglet. Pemain 22 tahun itu punya peran besar saat Sevilla mengalahkan Manchester United 2-1 pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions pada pertengahan pekan lalu

Liga Champions

Andre Silva mencetak gol penentu kemenangan AC Milan atas Chievo dalam lanjutan Liga Serie Italia di Stadion San Siro, Minggu (18/3/2018) malam WIB. AC Milan menang 3-2. (MIGUEL MEDINA / AFP)

Sementara itu, AC Milan baru saja tersingkir dari babak 16 besar Liga Champions. Rossoneri kalah agregat 1-5 dari Arsenal.

Namun, pasukan Gennaro Gattuso itu punya kesempatan bermain di Liga Champions musim depan. Andre Silva dan kolega sudah mengoleksi 50 poin dan berada di peringkat enam klasemen sementara Liga Italia. Milan hanya terpaut lima poin dari Inter Milan yang ada di peringkat empat atau batas akhir zona Liga Champions.

Selain itu, Milan juga berkesempatan memenangkan gelar Coppa Italia. Milan akan menghadapi Juventus di laga final pada 9 Mei mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menurut Survei, Ini Usia Rentan Habiskan Paling Banyak Uang

Posted: 18 Mar 2018 09:15 PM PDT

Uang menjadi hal yang dibutuhkan setiap orang untuk membeli semua kebutuhan hidupnya. Namun, pernahkah Anda merasa bahwa hidup Anda tidak bisa menjadi lebih mahal? Anda merasa tidak ada barang yang begitu mahal, sehingga Anda tidak mampu membelinya. Waspadalah! Ini bisa menjadi indikasi bahwa Anda sudah begitu boros untuk hidup Anda. Namun, kapan Anda akan benar-benar menghabiskan banyak uang?

Dilansir dari Independent pada Senin (19/3/2018), sebuah survei yang dilakukan ClearScore, sebuah perusahaan pengecekan kartu kredit, mengatakan bahwa kemungkinan Anda menghabiskan banyak uang dan menjadi begitu boros di usia 31 tahun. Kenapa di usia 31 tahun?

Kenapa usia 31 tahun?

Ilustrasi uang (iStockphoto)

Pada berusia 31 tahun biasanya kedewasaan seseorang sudah solid. Anda sudah tidak lagi dikatakan orang dewasa muda. Ini menjadi saatnya Anda mempertimbangkan berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan.

Dari 3.000 responden yang disurvei oleh ClearScore menunjukkan bahwa rata-rata orang di usia 31 tahun akan menghabiskan sekitar 60 ribu dolar per tahun, atau sekitar Rp 780 juta. Di Inggris sendiri, gaji tahunan sekitar 37.917 dolar AS atau sekitar Rp 492 juta. Dengan penghasilan segitu, sebaiknya Anda mulai menabung dari sekarang.

Lalu, untuk apa uang sebanyak itu? Bukan hanya untuk kesenangan semata, kebanyakan orang berusia 31 tahun juga menggunakan uangnya untuk acara spesial, seperti menikah. Berdasarkan data dari ClearScore, 27 persen dari responden menyatakan bahwa mereka menikah di usia 31 tahun. Dari biaya pernikahan tersebut, pembelian rumah menjadi aspek yang paling banyak memakan biaya.

Menikah jadi pengeluaran terbesar

Ilustrasi uang (iStock)

Selain rumah, 20 persen responden lainnya mengatakan bahwa uang paling banyak dihabiskan untuk anak. Sedangkan 14 persen lainnya mengatakan bahwa bulan madu menjadi pengeluaran terbesar. Meski sudah menikah dan memiliki kehidupan sendiri, banyak pasangan suami istri yang masih mendapat bantuan keuangan dari orang tuanya.

Justini Basini selaku chief executive dari ClearScore mengaku tidak terkejut dengan jumlah uang dihabiskan oleh orang berusia 31 tahun.

"Banyak tonggak kehidupan yang cenderung berdekatan, sehingga membuat mereka menghabiskan begitu banyak uang pada satu tahun," ujar Justini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahyudin Melawan, Tolak Lepas Jabatan Wakil Ketua MPR ke Titiek Soeharto

Posted: 18 Mar 2018 09:15 PM PDT

Politikus Golkar Mahyudi menyatakan, penggantian dirinya sebagai Wakil Ketua MPR tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3). Itu sebabnya dia enggan lengser dari posisi  tersebut.

"Saya konsisten melaksanakan UU No 17 tahun 2014. Saya tidak akan mengundurkan diri," ucap Mahyudin kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (19/3/2018).

Mahyudin menyatakan, harusnya Golkar fokus meningkatkan elektabilitas dan bukan melakukan hal-hal yang berpotensi memunculkan kisruh.

"Mestinya Golkar fokus meningkatkan elektabilitas. Bukan membuat kisruh dan perpecahan baru," ungkap Mahyudin.

Sebelumnya, Pleno Partai Golkar menyetujui Titiek Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto mengisi kursi pimpinan MPR menggantikan Mahyudin. Dalam pengambilan keputusan tersebut, forum setuju atas keputusan yang diambil Ketua Umum Airlangga Hartarto.

"Sudah disetujui, sudah disahkan bahwa Wakil Ketua MPR kepada Mbak Titiek Soeharto," ujar Ketua DPP Golkar Ace Hasan Sadzily usai pleno di Kantor DPP, Jalan Anggrek Nelly Murni, Jakarta Barat, Minggu 18 Maret 2018.

Menurut Ace, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto telah bertemu langsung dengan Mahyudin dan meminta memindahtugaskan dia ke tempat lain.

Bantah Balas Jasa

Tujuh Orang Calon Ketua Umum dari kiri : Mahyudin, Aziz Syamsuddin, Ade Komarudin, Airlangga Hartarto, Priyo Budi Santoso, Syahrul Yasin Limpo saat foto bersama di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Minggu (15/5).(Liputan6.com/JohanTallo)

Ace tidak menjelaskan mekanisme apa yang akan diambil dalam pergantian posisi Wakil Ketua MPR tersebut. Sebab, dalam UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), pimpinan MPR hanya bisa diganti apabila meninggal dunia, berhalangan tetap, atau mengundurkan diri.

"Ketum sudah berbicara dengan Pak Mahyudin, harusnya Pak Mahyudin bisa memahami apa yang menjadi alasan partai meminta kepada Beliau untuk mendapatkan penugasan lain," jelasnya.

Dia menampik bahwa ada politik balas jasa antara Titiek Soeharto dan Airlangga. Ace berdalih Menteri Perindustrian tersebut mendorong keterwakilan perempuan dan juga aspirasi para kader Golkar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sebut Kids Zaman Now Sukanya Via Vallen

Posted: 18 Mar 2018 09:15 PM PDT

Jokowi dikenal sebagai penyuka musik rock dan metal. Hal tersebut diungkapkan pria bernama lengkap Joko Widodo itu saat berbincang dengan peserta program "Outstanding Youth for the World" di Sydney, Australia.

"Musik yang memberi semangat karena drumnya, dug-dug-dug, coba lihat saja, ada yang membawa (semangat) anti-korupsi, anti-narkoba, perdamaian, kita diingatkan satu saudara loh dan apa yang berkaitan dengan itu, tapi yang paling penting itu, drumnya dug-dug-dug memberi semangat," kata Presiden RI itu, 17 Maret 2018.

Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat bercanda mengenai musik kesukaan kids zaman now atau remaja masa kini. Dia menyebut nama musisi dangdut Via Vallen sebagai penyanyu yang digandrungi anak muda.

"Tapi anak muda sekarang senangnya Via Vallen ya?" kata Presiden saat duduk di salah satu sudut taman Sydney Opera House.

Pernyataan Jokowi itu pun langsung disambut dengan teriakan dari para peserta. Via Vallen adalah penyanyi dangdut ternama saat ini dan punya penggemar bernama "Vyanisty dengan single terkenal antara lain "Selingkuh" dan "Sayang".

Program Kementerian Luar Negeri

Presiden Jokowi bersama para pelajar Indonesia di Royal Botanic Garden, Sydney, Australia (foto: biro pers setpres)

"Outstanding Youth for the World" merupakan program Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) yang mengajak anak muda Indonesia untuk mengenalkan Indonesia ke negara lain. Anak muda itu diajak untuk menjadi agen perdamaian dan agen toleransi.

18 pesertanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Antara lain, dari Lombok, Manado, Bali, Jombang, Kudus, Jakarta, Tasikmalaya dan lainnya.

"Ini merupakan kerja keras dari Bu Menteri, saya di tepi pantai, di pinggir Opera House di Sydney nah ini, dah dah, dah foto semua kan?" ungkap Presiden Jokowi sambil berusaha menaikkan telepon selularnya ke arah Sydney Opera House.

Tips Merawat Kerukunan ala Jokowi

Suasana saat warga menyambut Presiden Joko Widodo atau Jokowi setibanya di hotel tempatnya menginap di Sydney, Australia, Jumat (16/3). Kedatangan Jokowi kali ini untuk menghadiri ASEAN-Australia Special Summit 2018. (Liputan6.com/Pool/Biro Pers Setpres)

Salah satu peserta juga berdiskusi tentang cara merawat kerukunan di Indonesia, yang terkenal dengan keragaman suku, budaya, agama, dan bahasa. Presiden juga memberikan tips kepada para pemuda untuk selalu berpikir positif.

"Kita ini kalau terbuka, saling bisa menghargai, menghormati, perbedaan-perbedaan yang ada tidak saling mencela, menjelekkan, menyalahkan, semua bisa (rukun)," kata Jokowi.

Sebelum pulang, tak lupa para peserta Outstanding Youth for the World berfoto bersama dengan latar Gedung Opera House yang menjadi salah satu ikon Australia.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana saat jalan pagi adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fahri Hamzah: Ucapan Sohibul Iman Rusak Citra dan Reputasi Saya

Posted: 18 Mar 2018 09:13 PM PDT

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fahri Hamzah memenuhi panggilan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Kedatangannya terkait laporan terhadap Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sohibul Iman, atas dugaan pencemaran nama baik.

Fahri tiba sekira pukul 10.35 WIB, bersama tiga orang lainnya yang diduga kuasa hukumnya.

"Saya membawa kembali semua bukti dan laporan yang pernah saya buat. Sehingga mudah-mudahan saya bisa mengisi semua BAP dengan cepat, saya berharap kasus ini bisa cepat selesai. Isitilahnya bisa sampai di ujung," ujar Fahri di lokasi, Senin (19/3/2018).

Menurut Fahri, kata-kata Presiden PKS Sohibul Iman telah merusak citranya. Sehingga menurutnya, hal ini tidak bisa didiamkan.

"Dia melakukan, bisa dikatakan menyerang di depan publik dengan mengatakan saya berbohong dan membangkang. Ini kalimat yang dia tidak punya dasar untuk menyatakannya," ujarnya.

"Ada dasar pun, saya bisa menjadi tergerus reputasinya, atau pernyataan beliau itu bisa menjadi tidak menyenangkan, atau bisa menjadi fitnah apalagi dia menyatakan tanpa dasar," sambungnya.

Dengan pemanggilan ini, Fahri mengaku membawa bukti-bukti yang memperkuat laporannya saat itu.

"Kalau kemarin sudah kita bawa video. Ada link media yang memuat penyataan saudara Sohibul Iman dan saya kira, kita melengkapi data data lain apabila diperlukan, sebab apa dasar dari pernyataan beliau, kita sudah siapkan dokumennya," Fahri memungkasi.

Respons Sohibul Iman

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyampaikan mengenai audit KPK kepada pers usai melakukan pertemuan di Posko Pengaduan Pansus Angket KPK

Terkait hal ini, Liputan6.com berupaya meminta respons Sohibul Iman. Namun dia menolak berkomentar terkait laporan Fahri.

menolak berbicara panjang lebar terkait laporan Fahri Hamzah. "Tidak ada yang perlu dikomentari, Mas," kata dia melalui pesan WhatsApp, Kamis (8/3/2018) sore.

Sebelumnya seperti diberitakan, konflik Fahri bermula saat dirinya dipecat saat menjadi kader PKS. Fahri lalu mengajukan gugatan pada 14 November 2016, Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan mengabulkan gugatan Fahri terkait pemecatannya dari PKS. PN Jakartta Selatan memutuskan pemecatan Fahri tidak sah dan menghukum PKS membayar Rp 30 miliar kepada Fahri.

Gugatan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah kepada PKS terkait pemecatannya dikuatkan di tingkat banding. Namun, dalam tingkat banding ini dimenangkan juga oleh Fahri. Dengan dikuatkanya putusan itu, Fahri tetap menjadi anggota PKS dan menghukum partainya membayar gugatan Rp 30 miliar.

 

Reporter: Ronald

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Muda, Angelina Jolie Senang Warnai Rambut Pakai Spidol

Posted: 18 Mar 2018 09:10 PM PDT

Angelina Jolie dikenal sebagai salah satu aktris dengan penampilan menarik di jagat Hollywood. Garis tulang wajahnya yang tegas dan bibirnya yang sensual, menjadi ciri khas Angelina Jolie yang paling dikenal.

Meski penampilannya dipuji banyak orang, Angelina Jolie menjelaskan ia mesti hati-hati dan penuh perhitungan saat memulas makeup di wajahnya.

"Aku memiliki bagian wajah yang penuh dan mencolok. Jadi kalau aku memakai semua makeup, aku terlihat seperti badut. Aku terlihat berlebihan," kata dia dalam sebuah wawancara dengan Instyle, seperti dilansir dari Entertainment Tonight, Senin (19/3/2018).

Angelina Jolie menceritakan bahwa kesalahan ini sempat ia lakukan di masa muda.

 

Spidol untuk Rambut

Angelina Jolie. (Khalil MAZRAAWI/AFP)

"Aku yakin dulu waktu muda aku pernah memakai makeup di seluruh wajahku, tapi dulu aku sedikit tomboi dan agak nge-punk," kata dia.

Bahkan, dulu Angelina Jolie pernah melakukan hal menggelikan untuk menunjang penampilannya. "Sekarang mengecat rambut dengan warna biru, misalnya, sedang populer. Zamanku dulu kamu harus mem-bleaching rambut lalu diwarnai dengan spidol Sharpie," ujarnya.

Hadapi Penuaan dengan Santai

Angelina Jolie menjelaskan ia mesti hati-hati dan penuh perhitungan saat memulas makeup di wajahnya. (AFP Photo/Emmanuel Dunand)

Dalam kesempatan wawancara tersebut, Angelina Jolie juga bercerita bahwa ia menyadari penampilannya kini telah jauh berubah dari saat ia muda dulu.

Namun, ia tak menyesali perubahan ini. Sebaliknya, ia justru bersyukur mengalami penuaan. "Aku melihat diriku mulai menua, dan aku menyukainya karena itu berarti aku hidup," kata ibu enam anak ini.

Dianggap Keluarga

Angelina Jolie. (AFP/Michael Loccisano)

Ia juga memiliki pandangan menarik mengenai kekurangan dirinya. "Aku melihat kekurangan diriku. Namun aku tidak melihatnya sebagai struktur atau penampilanku. Aku lebih melihatnya sebagai keluarga di wajahku. Aku melihat umurku," tutur Angelina Jolie.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gol Morata dan Pedro Antar Chelsea Melaju ke Semifinal Piala FA

Posted: 18 Mar 2018 09:08 PM PDT

Gelandang Leicester City, Riyad Mahrez (tengah) berusaha mengontrol bola dari kawalan dua pemain Chelsea, N'Golo Kante dan Marcos Alonso saat bertanding pada perempatfinal Piala FA di stadion King Power, Inggris (18/3). (AP Photo / Frank Augstein)

Gelandang Leicester City, Riyad Mahrez (tengah) berusaha mengontrol bola dari kawalan dua pemain Chelsea, N'Golo Kante dan Marcos Alonso saat bertanding pada perempatfinal Piala FA di stadion King Power, Inggris (18/3). (AP Photo / Frank Augstein)

Penyerang Chelsea, Alvaro Morata melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Leicester City pada perempatfinal Piala FA di stadion King Power, Inggris (18/3). The Blues akan menghadapi Southampton pada laga semifinal. (AP Photo / Frank Augstein)

Penyerang Chelsea, Alvaro Morata melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Leicester City pada perempatfinal Piala FA di stadion King Power, Inggris (18/3). The Blues akan menghadapi Southampton pada laga semifinal. (AP Photo / Frank Augstein)

Penyerang Leicester City, James Vardy berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain Chelsea, N'Golo Kante saat bertanding pada perempatfinal Piala FA di stadion King Power, Inggris (18/3). Chelsea menang 2-1 atas Leicester. (AP Photo / Frank Augstein)

Penyerang Leicester City, James Vardy berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain Chelsea, N'Golo Kante saat bertanding pada perempatfinal Piala FA di stadion King Power, Inggris (18/3). Chelsea menang 2-1 atas Leicester. (AP Photo / Frank Augstein)

Gelandang Chelsea, Pedro melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Leicester City pada perempatfinal Piala FA di stadion King Power, Inggris (18/3). The Blues akan menghadapi Southampton pada laga semifinal. (AP Photo / Frank Augstein)

Gelandang Chelsea, Pedro melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Leicester City pada perempatfinal Piala FA di stadion King Power, Inggris (18/3). The Blues akan menghadapi Southampton pada laga semifinal. (AP Photo / Frank Augstein)

Penyerang Chelsea, Olivier Giroud berebut bola udara dengan bek Leicester City, Wes Morgan saat bertanding pada perempatfinal Piala FA di stadion King Power, Inggris (18/3). Chelsea menang 2-1 atas Leicester. (AP Photo / Frank Augstein)

Penyerang Chelsea, Olivier Giroud berebut bola udara dengan bek Leicester City, Wes Morgan saat bertanding pada perempatfinal Piala FA di stadion King Power, Inggris (18/3). Chelsea menang 2-1 atas Leicester. (AP Photo / Frank Augstein)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mudah Menjual Mobil Bekas Eropa

Posted: 18 Mar 2018 09:08 PM PDT

Menjual mobil bekas pabrikan Eropa bisa terbilang gampang-gampang susah. Konsumennya memang memiliki karakteristik yang berbeda dibanding konsumen yang mencari mobil bekas lansiran pabrikan Jepang. Namun, sejumlah konsumen cukup setia terhadap merek Eropa, meskipun harga onderdil dianggap menguras kantong.

Soal pasar yang tidak surut dengan pembeli loyal, hal tersebut pun diakui Krishadi dari gerai Maxindo.

Banderol dari merek yang rata-rata didominasi pabrikan Jerman ini terbilang masih sehat, baik yang baru, maupun ketika dijual kembali.

"Kalau pasar Eropa masih baguslah. Harga barunya lumayan. Second-nya juga masih okelah. Yang paling lumayan (banyak peminat) BMW, Mercedes," kata dia.

Kalau misalnya pembaca memiliki dan punya minat untuk menjualnya, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Tips tersebut, seperti dikatakannya, terutama supaya mobil yang dijual bisa menarik peminat.

"Service, bunga aftersales-nya kami bantu," kata dia mengingat mobil-mobil Eropa punya harga di atas pasaran mobil Jepang.

Satu hal lagi adalah tetap mempertahankan wujud aslinya. Namun, tidak pantang untuk membuatnya sedikit lebih manis dengan aksesori.

"Sama mempercantik mobil, misalnya karpet dan aksesori lain yang mungkin tidak terlalu mahal tetapi menarik. Mobil tetap standar tetapi ada pernak-pernik," kata dia. "

Penulis : Dimas Wahyu

Sumber : Otosia.com

Bukan Mesin, Ini yang Bikin Mobil Bekas Harganya Terjun Bebas

CAP Automotive mengatakan bahwa harga mobil bisa turun hingga 2.000 pound sterling (Rp 41 juta) karena pemiliknya merokok.

Bagi Anda yang berniat menjual mobil, harga jual kendaraan bekas bisa turun lebih rendah dari harga pasar. Ternyata penyebabnya tidak hanya berasal dari kondisi bodi, interior, dan mesin. Ada hal lain yang yang bisa membuat harga jual mobil bekas terjun bebas.

 

 

Melansir Autoexpress, Senin (2/10/2017), pakar industri dalam penelitian terbaru menunjukkan bahwa kebiasaan merokok bakal membuat harga mobil lebih rendah dibanding mobil bekas lainnya.

James Dower, Editor Cap-Hpi.com mengatakan, mobil yang dimiliki oleh seorang perokok berat, bakal kehilangan kurang lebih 2.000 poundsterling atau setara dengan Rp 35,6 juta saat dijual. Selain itu, banyak juga diler yang menurunkan harga mobil bekas perokok secara signifikan.

Begitu juga menurut survei Carbuyer.co.uk, banyak calon pembeli mobil bekas yang tidak tertarik dengan bau tidak sedap. Bahkan, sebanyak 87 persen pembeli menolak membeli mobil bekas perokok.

Untuk menghilangkan bau rokok di dalam kabin memang bukan perkara mudah, karena saat merokok di dalam mobil asap akan meresap ke dalam pelapis mobil. Tidak hanya itu, ketika merokok juga bisa merusak AC, karena ketika kaca dibuka debu bakal masuk ke AC, terlebih jika AC tidak dimatikan.

Di Inggris, untuk membersihkan kabin dari bau rokok, pemilik mobil harus membayar hingga 150 poundsterling atau setara dengan Rp 3 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Periksa 5 Saksi terkait Jatuhnya Besi Rusun Pasar Rumput

Posted: 18 Mar 2018 09:03 PM PDT

Polisi mendalami kasus jatuhnya besi proyek rumah susun di Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu 18 Maret 2018. Hingga kini, lima orang yang diperiksa sebagai saksi.

"Kita sudah periksa 5 saksi," ujar Kapolsek Setiabudi AKBP Irwa Zaini Adib saat dihubungi, Senin (19/3).

Akibat jatuhnya besi rusun Pasar Rumput itu, seorang wanita bernama Tarminah meninggal dunia usai dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

Berdasarkan keterangan dari saksi, Tarminah sedang belanja sayuran pukul 09.25 WIB. Tarminah langsung tersungkur setelah besi sepanjan tiga meter, mengenai kepalanya.

Dalam pemeriksaan saksi itu, Irwa tak menjelaskan hasilnya. Namun, ia menegaskan kalau kasus besi rusun Pasar Rumput ini tengah didalami oleh penyidik Polres Jakarta Selatan.

"Sudah dilimpahkan ke Polres Jakarta Selatan," ujarnya.

 

Mohon Maaf

Lokasi kecelakaan kerja di proyek rusun Pasar Rumput 2018. (Merdeka.com/Ahda Bayhaqi)

Sementara itu, Kepala Proyek pembangunan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Pasar Rumput Made Arie Bawadana meminta maaf dan berjanji menanggung semua keperluan korban hingga proses pemakanam.

Arie menjelaskan, proyek pembangunan Rusunawa Pasar Rumput dihentikan sementara sampai hasil evaluasi selesai dilakukan.

Dirinya menegaskan prosedur keselamatan dalam pembangunan proyek telah dilakukan, seperti pemasangan safety net.

 

Reporter: Ronald

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Pilih Ibu untuk Ungkap Kepribadian, Foto Dramatis Buktikan Bumi Semakin Panas

Posted: 18 Mar 2018 09:03 PM PDT

Ada beragam cara untuk mengungkap kepribadian. Salah satunya bisa ditentukan melalui pilihan kita akan sesuatu. Keputusan kita dalam mengambil jalan hidup serta mencari jawaban atas persoalan tertentu merupakan bagian dari dalam dirimu. 

Untuk mengungkap sisi kepribadian, kamu juga bisa memilihnya melalui gambar. Tes satu ini misalnya, kamu perlu memilih mana ibu yang asli dari anak itu untuk menentukan kepribadian. Salah satu wanita yang kamu pilih dapat menguak sisi kepribadian yang belum kamu ketahui.

Artikel tentang memilih ibu asli dari anak dalam gambar menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel kedua terpopuler yakni tentang enam foto yang menunjukan bahwa bumi kita semakin panas. Disusul dengan artikel ketiga yakni, objek pertama yang dilihat dapat menungkap caramu jatuh cinta.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Siapa Ibu Asli dari Anak Ini? Pilihanmu Ungkap Kepribadianmu

 

(Foto: Soul Travel Rules)

Manusia pasti akan selalu dihadapkan dengan pilihan dan jawaban dalam kehidupan mereka. Di balik itu, hal apapun yang kita pilih atau kita jawab sebenarnya juga bisa menjadi cara untuk mengungkap kepribadian.

Seperti gambar ini misalnya, kamu perlu memilih satu di antara dua wanita ini yang menjadi ibu dari bayi dalam gambar. Melansir Soul Travel Rules, pilihanmu pada gambar ini berkaitan erat dengan kepribadianmu.

Selengkapnya..

 

 

2. Ngeri, 6 Foto Dramatis yang Jadi Bukti Bumi Kita Makin panas

(Foto: This will blow my mind via Brilio.net)

Sebagaian orang mungkin masih menganggap bahwa pemanasan global hanya isapan jempol belaka. Padahal penebangan liar serta pencemaran, punya pengaruh besar pada kerusakan bumi. Sehingga bumi kita yang semakin panas bukan hanya sebuah wacana saja.

Selain gunung-gunung es yang mulai berubah karena meleleh pada setiap tahunnya. Benda-benda di sekitar kita juga dapat mengalami hal yang serupa akibat panas matahari dan bumi. Yuk, kita simak foto-foto yang dilansir dari thiswillblowmymind ini.

Selengkapnya..

Objek Pertama yang Dilihat dari Gambar Ini Ungkap Caramu Jatuh Cinta

Tes Kepribadian (yourtango.com)

Setiap orang memiliki kepribadian berbeda, termasuk soal percintaan. Ternyata dengan mengikuti sebuah tes kepribadian juga bisa mengungkap bagaimana seseorang jatuh cinta lo. Gambar pertama yang kamu lihat di gambar ini bisa mengungkapkan bagaimana caramu jatuh cinta.

Apakah kamu adalah tipe orang yang memberikan segalanya untuk pasanganmu atau kamu adalah orang yang susah move on untuk memulai hubungan baru? Biar enggak penasaran, yuk langsung ungkap bagaimana caramu jatuh cinta lewat tes kepribadian seperti melansir dari Yourtango.

Selengkapnya..

Saksikan Video pilihan di Bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siapkan Perda, Gowa Siap Eleminasi Kusta hingga Tuntas

Posted: 18 Mar 2018 09:02 PM PDT

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Muchlis M, SE, MM, mengatakan Gowa siap menjadi daerah percontohan yang sukses mengeliminasi kusta. Hal ini disampaikannya dalam Pertemuan Pembuat Keputusan Gowa bersama Duta Eliminasi Kusta dari WHO, Yohei Sasakawa, Senin pagi (19/3/2018) di kantor bupati Gowa, Sulawesi Selatan.

Dalam acara tersebut, dipresentasikan juga Peraturan Daerah (Perda) TB/Kusta/HIV. Perda ini nantinya akan mengatur hak dan kewajiban penderita penyakit sekaligus petugas kesehatan dan kader-kader yang bergerak memerangi ketiga penyakit.

Asriady Arasy, ST, Ketua Komisi IV DPRD Gowa, mengatakan Perda TB/Kusta/HIV ini adalah salah satu kebijakan pro masyarakat miskin di Gowa. Saat ini, Gowa menjadi satu-satunya daerah di seluruh Indonesia yang memiliki Perda untuk ketiga penyakit.

Asriady mengatakan, dasar lahirnya Perda ini adalah: temuan kasus penyakit di lapangan tinggi, kualitas layanan dan pengetahuan petugas masih minim, masih besarnya diskriminasi, dan tidak ada perlindungan terhadap petugas/kader kesehatan. Kemandirian daerah dalam pengendalian TB/Kusta juga mendorong lahirnya Perda tersebut.

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

Isi Perda TB/Kusta/HIV

adanya Perda ini diharapkan usaha Gowa mengeliminasi kusta bisa melampaui target.

Secara garis besar, isi Perda TB/Kusta/HIV ini nantinya akan mengatur:

1. Perlindungan masyarakat luas terhadap penyakit menular TB/Kusta/HIV.

2. Memberikan keadilan terhadap semua masyarakat, terutama penderita.

3. Memberikan arah kerja yang jelas bagi pemangku kebijakan, dari atas sampai bawah.

4. Upaya peningkatan masyarakat.

5. Payung hukum APBD

6. Memberikan kekuatan hukum bagi petugas kesehatan dan kader.

Muchlis menekankan, sampai sejauh ini Gowa sudah berhasil mencapai peningkatan yang signifikan mengeliminasi ketiga penyakit tadi, terutama kusta. Dengan adanya Perda ini diharapkan usaha Gowa mengeliminasi kusta bisa melampaui target.

"Ketika Bapak Sasakawa datang lagi ke sini nanti, mudah-mudahan kusta di Gowa sudah tereliminasi," katanya dengan penuh semangat.

Muchlis menekankan, sampai sejauh ini Gowa sudah berhasil mencapai peningkatan yang signifikan mengeliminasi ketiga penyakit, terutama kusta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terseret Arus, 4 Warga Hilang

Posted: 18 Mar 2018 09:01 PM PDT

Dua belas warga Garut Jawa Barat terseret arus Sungai Curug Teko di kecamatan Cisurupan pada minggu siang.

Delapan orang berhasil selamat, sementara empat orang lainya masih hilang terbawa arus sungai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Investigasi Kasus Ambruknya Atap RSAL Surabaya

Posted: 18 Mar 2018 09:00 PM PDT

Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr. Ramelan Surabaya, Laksamana Pertama TNI dr Nalendra Djaya Iswara, akan memanggil rekanan kontraktor yang mengerjakan renovasi atap Pavilun VII Ruang Saraf yang roboh.

Pemanggilan kontraktor ini dalam keperluan investigasi POMAL dan pihak rumah sakit terkait insiden ini.

"Hari Senin sudah harus menghadap kami. Dari Mabes TNI telah meminta kami untuk melakukan investigasi, memanggil rekanan, dan harus menjelaskan apa adanya," ujarnya kepada Suarasurabaya.net, Minggu, 18 Maret 2018, sore.

Nalendra mengatakan, sebenarnya ruangan stroke center RSAL Surabaya itu belum diserahterimakan dari rekanan kepada pihak rumah sakit. Namun, karena saking banyaknya pasien rujukan dari berbagai daerah, maka terpaksa ruangan tersebut digunakan untuk perawatan pasien.

Di Surabaya ini ada dua rumah sakit besar yang selalu menjadi pusat rujukan pasien BPJS dari berbagai daerah di Jatim yang butuh penanganan khusus, yaitu RSUD dr Soetomo dan RSAL dr. Ramelan Surabaya. Sehingga, setiap harinya di IGD RSAL selalu banyak pasien yang harus ditangani.

"Setiap hari ada 100 pasien di IGD, kami harus memberi pelayanan. Kami tidak mungkin menolak, bagi kami yang penting menolong dulu, administrasi belakangan," katanya.

 

Baca berita menarik lainnya dari Suarasurabaya.net di sini.

Dugaan Penyebab Ambruknya Atap RSAL

Sejumlah pasien dievakuasi. Foto: (Dian Kurniawan/istimewa)

Laksamana Pertama TNI dr IDG Nalendra Djaya Iswara, Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Dr Ramelan menduga, ambruknya atap kamar 3 (kelas II), Ruang VII Saraf, RSAL Dr Ramelan, Minggu (18/3/2018) pagi, karena tidak kuat menahan hujan deras yang terjadi Sabtu (17/3/2018) malam.

"Memang kejadian ini terjadi jam 8.25 pagi, mungkin karena semalam hujan lebat, tiba-tiba pagi atap roboh. Tapi Alhamdulillah korban hanya menderita luka ringan, dan kami langsung evakuasi kita pindahkan ke ruangan-ruangan," kata Laksmana.

Dia menambahkan, pihak TNI AL telah melaksanakan investigasi. Mencari permasalahan apa yang terjadi sehingga atap ruangan tersebut bisa roboh.

"Kita pasti mengabarkan setelah hasil investigasi apabila terjadi permasalahan kita sampaikan ke rekan-rekan pers," katanya.

Nalendra mengatakan, ruangan itu baru 3 bulan direnovasi. Bangunan sebelumnya yang terdiri dari rangka atap kayu diganti rangka galvalum.

"Betul, ruangan ini juga termasuk bangunan lama yang sudah kita lihat harus direnovasi karena itu dari kayu, kami ganti galvalum. Harusnya lebih kuat, kan?" katanya.

Dia mengatakan, sebelumnya kejadian seperti itu belum pernah terjadi. Pihak RSAL tidak bisa menjelaskan lebih lanjut apa penyebab robohnya atap di bangunan itu sebelum ada hasil resmi investigasi yang dilakukan oleh Pomal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Pertama Opick Hadir Melayat Wulan Mayasari

Posted: 18 Mar 2018 09:00 PM PDT

Penyanyi religi Opick tengah berduka. Istri keduanya, Wulan Mayasari, meninggal dunia pada Minggu (18/3/2018). Saat ini jenazah disemayamkan di rumah duka di kawasan Jakarta Timur, Senin (19/3/2018).

Warga dan orang terdekat tampak menghadiri rumah duka. Kehadiran mereka untuk memberikan ucapan bela sungkawa sekaligus menyalatkan jenazah, termasuk istri pertama Opick, Dian Rositaningrum.

Dari pantauan Liputan6.com, Dian Rositaningrum melayat mengenakan pakaian serba hitam. Tak sendirian, ia ditemani oleh seorang wanita yang hadir bersamanya.

Disalatkan

Wulan, sosok yang disebut-sebut istri kedua Opick. (Instagram @wulan7869)

Saat ini jenazah istri kedua Opick tengah disalatkan di rumah duka yang biasa digunakan Opick untuk menggelar pengajian. Setelah disalatkan, rencananya jenazah akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Budidarma, Semper, Jakarta Utara, Senin (19/3/2018) siang.

Poligami

Opick dan Wulan (Instagram/@maklambeturah)

Nama Wulan Mayasari mendadak populer setelah dikabarkan menikah siri dengan Opick. Saat itu, istri pertama Opick, Dian Rositaningrum, mencurahkan isi hatinya di media sosial tentang poligami.

Belum lama ini, Dian menggugat cerai Opick di Pengadilan Agama Jakarta Timur, pada 5 Februari 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Chef Harada Meninggal Usai Berjuang Melawan Sakit

Posted: 18 Mar 2018 09:00 PM PDT

Sempat terbaring lemah di rumah sakit, Chef Harada menghembuskan napas terakhir.Sempat terbaring lemah di rumah sakit, Chef Harada menghembuskan napas terakhir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mohamed Salah Bikin Real Madrid Patah Hati

Posted: 18 Mar 2018 09:00 PM PDT

Mohamed Salah tampil gemilang bersama Liverpool musim ini. Ketajaman pemain asal Mesir ini membuat Real Madrid sangat tertarik untuk merekrutnya musim panas lalu.

Salah saat ini memimpin daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris dengan koleksi 28 gol. Semalam Salah membuat empat gol ke gawang Watford saat Liverpool menang 5-0. 

Tak hanya gelar pencetak gol terbanyak Liga Inggris, eks pemain Fiorentina itu juga berpeluang merebut Sepatu Emas Eropa. Dia unggul empat gol dari Lionel Messi (Barcelona) dan Ciro Immobile (Lazio).

Performa apik Salah juga membuat cemas fans Liverpool. Pasalnya, Real Madrid siap membajaknya musim panas nanti.

Salah disiapkan Real Madrid untuk menjadi pengganti Gareth Bale. Madrid sudah kehabisan kesabaran terhadap Bale karena sering diganggu cedera.

 

Ingin Membuktikan Diri

Gelandang Liverpool, Mohamed Salah (AFP/Lindsey Parnaby)

Godaan Real Madrid tidak membuat Salah tergiur. Eks pemain AS Roma itu menenangkan fans Liverpool dengan memastikan masih betah di Anfield dan ingin lama merumput di Liga Inggris.

"Di Chelsea, saya tidak bermain, jadi saya tidak mendapatkan kesempatan saya. Saya memberitahu teman-teman saya, saya pikir saya juga mengatakan di beberapa wawancara bila saya ingin kembali ke Liga Inggris. Saya merasa liga ini cocok dengan gaya bermain saya. Saya senang main di Liga Inggris."

Bahagia

Gelandang Liverpool, Mohamed Salah  (AFP/Lindsey Parnaby)

"Saya mengatakan sejak hari pertama saya bahagai di sini, di Liverpool, dan saya ingin menunjukkan sepak bola saya di sini," tegas Salah kepada ESPN Brasil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Impor Garam 3,7 Juta Ton, Buat Apa Saja?

Posted: 18 Mar 2018 09:00 PM PDT

Para pelaku usaha industri menyambut positif diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) terkait impor garam industri. Adanya payung hukum ini diharapkan memberikan kepastian bagi industri dalam mendapatkan garam sebagai bahan baku produksinya.‎

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi S Lukman mengatakan, industri makanan dan minuman membutuhkan setidaknya 550 ribu ton garam sebagai bahan baku setiap tahunnya.

Angka tersebut naik sekitar 22 persen dibandingkan kebutuhan tahun lalu yang hanya 450 ribu ton. "Hal ini seiring dengan peningkatan investasi dan ekspansi di sektor industri makanan dan minuman," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (19/3/2018).

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat, laju pertumbuhan industri makanan dan minuman pada pada 2017 mencapai 9,23 persen, jauh di atas pertumbuhan PDB nasional sebesar 5,07 persen.

Peran sektor ini terhadap PDB sebesar 6,14 persen dan terhadap PDB industri nonmigas mencapai 34,3 persen, terbesar dibandingkan sektor lainnya pada periode yang sama. Sektor ini juga menyerap tenaga kerja cukup banyak, yakni lebih dari 3,3 juta orang.

 

Bahan Baku Industri Kimia Dasar

Para petani garam di Kedung Jepara memanen garam yang tahun 2017 berasa manis. (foto : Liputan6.com/edhie prayitno ige)

Sementara itu, Direktur PT Asahimas Chemical Eddy Sutanto menyatakan, garam industri merupakan bahan baku utama di sektor industri kimia dasar yang dibutuhkan lebih dari 400 perusahaan nasional.

Kebutuhan garam industri ini juga untuk menopang peningkatan ekspor, salah satunya pabrik kimia di Cilegon, Banten yang telah melakukan perluasan usaha sejak 2016 dengan nilai investasi lebih dari Rp 5 triliun.

"Selain itu, ekspansi yang dilakukan dalam rangka mengurangi impor bahan kimia dan mengamankan pertumbuhan industri kimia dan industri-industri turunannya. Maka itu, kebutuhan garam industri pun meningkat seiring dengan perluasan investasi tersebut," papar dia.

Eddy menjelaskan, untuk industri kimia, garam industri yang diimpor dilakukan langsung oleh industri kimia dan diterima di pelabuhan sendiri dan digunakan sendiri.

"Jadi, tidak ada broker, hal ini untuk menjaga keberlangsungan produksi yang beroperasi 24 jam non-stop dan menjaga cost competitiveness dari produk kimia tersebut untuk kebutuhan di dalam negeri dan persaingan di pasar ekspor," tuturnya.

 

Kebutuhan Garam Nasional

Ini dia manfaat lain dari garam dapur yang bisa Anda coba untuk membersihkan barang di dapur. (Foto: iStockphoto)

Merujuk data Kemenperin, kebutuhan garam industri nasional di 2018 sekitar 3,7 juta ton. Bahan baku ini akan disalurkan kepada industri Chlor Alkali Plant (CAP), untuk memenuhi permintaan industri kertas dan petrokimia sebesar 2.488.500 ton.

Selain itu, bahan baku garam juga didistribusikan kepada industri farmasi dan kosmetik sebesar 6.846 ton serta industri aneka pangan 535 ribu ton. Sisanya, kebutuhan bahan baku garam sebanyak 740 ribu ton untuk sejumlah industri, seperti industri pengasinan ikan, industri penyamakan kulit, industri pakan ternak, industri tekstil dan resin, industri pengeboran minyak, serta industri sabun dan detergen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara SIM Bergambar The Simpson, Pria Ini Diamankan Polisi Inggris

Posted: 18 Mar 2018 09:00 PM PDT

Seorang pria di Inggris diamankan oleh polisi setempat akibat lelucon yang ia lakukan. Mobilnya pun disita, termasuk segala dokumen dikumpulkan saat digiring ke kantor polisi untuk penyelidikan lebih lanjut.

Dikutip dari laman UPI.com, Senin (19/3/2018), kejadian bermula ketika polisi wilayah Milton Keynes, Inggris melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor.

Banyak pengemudi yang diidentifikasi, termasuk pria yang tak disebutkan identitas aslinya ini. Saat dimintai surat izin mengemudi (SIM) oleh polisi Inggris, lelaki itu malah menunjukkan sebuah kartu yang membuat petugas kaget.

Pasalnya, pria itu menunjukkan sebuah SIM palsu bergambar tokoh kartun The Simpson. Foto pengemudi pun dipelesetkan dengan cetakan foto tokoh Homer Simpson dengan ekspesi D'oh yang begitu terkenal.

Tak hanya foto, keterangan nama dalam SIM pun juga tertulis sebagai Homer Simpson.

"Awal minggu ini, polisi menghentikan sebuah mobil di Milton Keynes, Inggris. Ketika petugas hendak mengidentifikasi identitas pengemudi, ia malah menunjukkan kartu berikut (bergambar The Simpson)," tulis polisi dalam akun Twitter @ThamesVP, sambil mengunggah foto barang bukti.

Lucunya, unggahan foto ini juga mendapat kecaman dari netizen yang paham betul dengan identitas karakter Homer Simpson.

Pria itu memuat beberapa kesalahan dengan mencetak alamat dan tanggal lahir yang salah untuk sebuah karakter kartun terkenal.

"Semua orang tahu bahwa Homer Simpson tinggal di 742 Evergreen Terrace, dasar Amatir... " tulis seorang pengguna Twitter.

Polisi tidak terhibur dengan lelucon yang diciptakan oleh pria tersebut. Kini ia diamankan untuk dimintai keterangan dan dicari tahu apakah ada bentuk kesalahan lainnya.

"Mobil pengemudi disita dan ia kini juga tersangkut kasus mengemudi dengan tunggakan pajak kendaraan dan tanpa lisensi yang layak," jelas polisi Inggris.

Ejekan Kartun The Simpsons

Kartun The Simpsons ejek 100 hari kerja Donald Trump (Screenshot from Animation on FOX)

Saking terkenalnya serial animasi The Simpson, muncul banyak lelucon lain yang diciptakan untuk mengolok-olok seseorang. Orang nomor satu di Amerika Serikat saat inipun tak luput dari ejekan tersebut.

Menandai masa 100 hari kerja Presiden Donald Trump, kartun ini kembali mengolok-olok suami dari Melania Trump tersebut pada April 2017.

Video berdurasi 1 menit 36 detik itu dibuka dengan satire yang memperlihatkan Juru Bicara Gedung Putih, Sean Spicer, gantung diri dengan tulisan 'Aku Berhenti' di dadanya.

Adegan itu disusul kaburnya penasihat Gedung Putih, Kellyanne Conway, sambil berkata bahwa ia tak ingin menggantikan posisi Spicer.

Sementara itu Kepala Strategi Gedung Putih, Steve Bannon dan penasihat senior sekaligus menantu Trump, Jared Kushner, terlihat saling mencekik.

Di sisi lain, Donald Trump tampak senang dengan kemajuan yang ia buat selama 100 hari dirinya menjabat sebagai Presiden AS -- jatuh pada 29 April 2017.

"100 hari memerintah. Sangat banyak pencapaian. Makin mahir bermain golf; saya menjadi pengikut akun Twitter 700 lebih banyak; dan terakhir, kita bisa menembak beruang yang hibernasi. Anak laki-lakiku akan menyukai itu," ujar Trump.

Dalam adegan berikutnya, Ivanka Trump terlihat diberi kursi milik Ruth Bader Ginsburg di Mahkamah Agung, sembari memamerkan merek baju miliknya.

Dikutip dari News.com.au, semua hal tersebut dianggap terlalu berat bagi Marge yang melihat tayangan di televisi itu bersama Homer. Saat itu, Marge baru tersadar bahwa ia telah kehabisan Prozac miliknya -- obat yang digunakan untuk mengatasi beberapa gangguan psikologi, salah satunya depresi.

"Ini seharusnya bisa bertahan selama empat tahun," ujar Marge sambil memegang botol Prozac yang kosong.

"Marge, tolong lah, beri Presiden Amerika Serikat waktu," balas Homer. "Ia baru berumur 70 tahun."

Video itu diakhiri dengan peringatan bahwa pemerintahan Donald Trump baru berjalan sebanyak 6,8 persen.

Simak video The Simpson dalam 'memperingati' 100 hari kerja Donald Trump sebagai Presiden AS:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ombudsman: Penyalahgunaan Data Registrasi Perlu Perhatian Pemerintah

Posted: 18 Mar 2018 09:00 PM PDT

Ombudsman Republik Indonesia ikut menyoroti penyalahgunaan data kependudukan (NIK dan nomor KK) untuk registrasi jutaan nomor pelanggan prabayar fiktif.

Menurut Ombudsman dalam keterangannya, penyalahgunaan data kependudukan perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah.

"Ombudsman RI memandang kejadian tersebut disebabkan karena pemerintah kurang bersungguh-sungguh dalam melegislasi dan memberlakukan perundang-undangan yang bersifat fundamental dalam perlindungan data pribadi," demikian pernyataan Ombudsman terkait penyalahgunaan NIK dan nomor KK dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (19/3/2018).

Untuk itu, Ombudsman menyebut pemerintah dapat bekerja sama dengan DPR dan pihak lain untuk memperbaiki hal-hal bersifat sistemik guna melindungi masyarakat selaku subjek data.

Anggota Ombudsman Alamsyah Saragih mengatakan, "penundaan berlarut dalam pembentukan regulasi untuk melindungi warga sebagai subjek data merupakan maladministrasi yang bisa merugikan warga negara secara luas."

"Ombudsman mengingatkan agar pemerintah segera melakukan langkah-langkah perbaikan sistemik secara konsisten agar tidak ada lagi warga negara yang dirugikan," kata Alamsyah.

Ada beberapa rekomendasi yang diberikan Ombudsman kepada pemerintah terkait keamanan data kependudukan. Berikut urutannya.

Rekomendasi Ombudsman

Anggota Ombudsman Republik Indonesia Alamsyah Saragih saat media briefing mengenai network sharing dan interkoneksi di Jakarta.

1. Ombudsman meminta pemerintah pempercepat proses legislasi RUU perlindungan data pribadi untuk memastikan hak masyarakat selaku subjek data terlindungi.

2. Kemkominfo disarankan mengatur kewajiban memutakhirkan sistem keamanan teknolologi informasi di semua institusi baik pemerintah maupun korporasi yang terkait dengan penggunaan data pribadi.

3. Kemkominfo juga diminta untuk memastikan seluruh operator telekomunikasi dan penjual kartu prabayar menghentikan penggunaan instrumen robotik dan upaya lainnya dalam memanfaatkan data kependudukan yang sifatnya manipulatif registrasi kartu prabayar. Selanjutnya, jika pada praktiknya ditemukan ada registrasi yang tak wajar, pemerintah dan operator wajib menonaktifkan nomor prabayar tersebut.

4. Ombudsman meminta Kemkominfo mengusut penjual atau operator telekomunikasi yang tidak melakukan upaya perbaikan atas manipulasi registrasi prabayar.

5. Pemerintah diminta untuk mengupayakan pencabutan semua regulasi yang memberi peluang untuk melakukan praktik pemberian, pertukaran, dan jual beli data pribadi yang bisa merugikan warga negara.

Registrasi Kartu Prabayar Harus Terus Digalakkan

Registrasi kartu prabayar

6. Membatasi penggunaan klausula baku dalam berbagai perjanjian terkait pemanfaatan data pribadi yang cenderung menempatkan subjek data dalam posisi lemah.

7. Melakukan pengawasan dan pembenahan tata niaga voucher atau kartu perdana untuk menghindari penyalahgunaan data kependudukan dan praktik bisnis tak sehat melalui potensi mark up data pelanggan atau rekayasa laporan keuangan pada operator

8. Kemkominfo diminta segera menertibkan pemanfaatan jaringan dan frekuensi untuk penyebaran promosi bisnis sepihak ke peralatan telekomunikasi yang dimiliki oleh warga negara.

Ombudsman menilai, meskipun registrasi kartu SIM prabayar mengalami banyak kendala, kebijakan registrasi harus terus dijalankan sesuai aturan. Hal ini lantaran tujuannya untuk tertib administrasi dan menciptakan industri telekomunikasi yang sehat. 

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Selamat, Siti Nurhaliza Melahirkan Anak Perempuan

Posted: 18 Mar 2018 08:55 PM PDT

Siti Nurhaliza melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan di Kuala Lumpur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasar Rakyat Gratis Jadi Komitmen Dedi Mulyadi jika Jadi Wagub Jabar

Posted: 18 Mar 2018 08:53 PM PDT

Calon Wakil Gubernur Jawa Barat bernomor urut 4 Dedi Mulyadi berkomitmen menata pasar tradisional di seluruh Jawa Barat. Pria yang lekat dengan iket Sunda warna putih itu menegaskan pemerintah provinsi harus bersinergi dengan pemerintah kabupaten/kota.

Sinergitas keduanya dalam rangka mempercepat pembangunan dan penataan pasar tradisional. "Saya memiliki program pasar rakyat gratis. Teknisnya, pemerintah provinsi membangun kerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota," katanya, ditulis Senin (19/3/2018).

Kondisi semrawut dan kotor menjadi pemandangan yang biasa tersaji di pasar tradisional. Menurut Dedi Mulyadi, kondisi tersebut harus segera diakhiri karena melahirkan ketidaknyamanan, baik bagi penjual maupun pembeli.

"Pasar tradisional itu identik dengan semerawut dan becek. Ini tidak boleh terlihat lagi di pasar tradisional Jawa Barat. Pedagang dan pembeli harus merasakan kondisi nyaman saat bertransaksi," ucapnya.

Program yang tercetus dari gagasan Dedi Mulyadi ini tidak terlepas dari keluhan pedagang setempat. Asep (56), pedagang ikan di Pasar Baru, mengatakan dia merasa tidak nyaman saat berdagang.

Bukan saja di bagian dalam pasar, di area luar pun kemacetan lalu lintas tak terelakkan karena kendaraan diparkir sembarangan. "Pak, di sini pengap dan becek. Kenapa Bapak enggak takut becek-becekan. Di sini kotor Pak, belum di luar selalu macet," keluh Asep.

 

Borong Jengkol

Dedi Mulyadi bersama warga merobohkan rumah seorang nenek di Bekasi

Bupati nonaktif Purwakarta dua periode tersebut terlihat memborong jengkol di Pasar Baru. Beberapa pengunjung pasar dengan tanpa malu-malu meminta jengkol yang dibeli oleh Dedi Mulyadi.

"Saya mau jengkolnya dong, Pak," kata Tiah (38).

Saat menjabat sebagai Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, sukses menata Pasar Leuwi Panjang menjadi Pasar Ki Sunda. Seluruh kios di pasar tersebut dibagikan secara gratis untuk para pedagang.

Mereka cukup membayar retribusi harian untuk kebersihan. Para petugas kebersihan selalu bersiap di pasar tersebut untuk membersihkan sampah. Dini hari, sampah-sampah itu diangkut dengan menggunakan truk-truk besar menuju Tempat Pembuangan Akhir atau TPA.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangganya Sabil Bisa Memperkuat Persib

Posted: 18 Mar 2018 08:51 PM PDT

M Al-Amin Syukur Fisabilillah sangat senang bisa memperkuat tim besar seperti Persib Bandung. Mantan pemain Persibat Batang itu melakoni debutnya di Persib pada laga uji coba melawan Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Minggu (18/3/2017).

Pemain yang akrab disapa Sabil ini mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi pada babak kedua. Dia dipercaya tim pelatih untuk menggantikan Wildansyah di menit ke-70.

Usai laga, Sabil tak bisa menyembunyikan kegembiraannya dapat bermain bersama Persib. Momentum kemenangan 2-1 melawan Arema FC juga menambah kepercayaan dirinya.

"Saya sangat senang karena dikasih kesempatan untuk turun oleh pelatih di pertandingan persahabatan ini. Apalagi lawan yang saya hadapi Arema FC, tetapi saya pribadi merasa belum bisa maksimal," ujar Sabil.

Sementara itu terkait masa depannya di Persib, Sabil mengaku masih belum tahu. Namun seandainya terpilih, mantan pemain Persijap Jepara ini menegaskan akan memberikan yang terbaik untuk tim kebanggaan Bobotoh ini.

 

Belum Jelas

"Status saya belum tahu. Kalau pun saya lolos seleksi, saya sangat berbahagia sekali karena bisa bermain di tim sekelas Persib. Kalau saya memang terpilih, target saya adalah bisa membawa Persib juara dan cari posisi inti," katanya.

Sabil merupakan salah satu pemain yang tengah mengikuti proses seleksi di Persib. Massa trial telah dilakoni Sabil terhitung sejak Rabu (14/3) lalu.

Selain Sabil, Maung Bandung turut menyeleksi pemain lainnya yakni Bobby Satria. Namun pada pertandingan persahabatan ini, mantan pemain tim nasional (timnas) U-23 Indonesia itu tak nampak di lapangan.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syahrini Ajak Asisten Rumah Tangga Keliling Eropa

Posted: 18 Mar 2018 08:50 PM PDT

Syahrini diketahui kerap keliling dunia di waktu senggangnya. Tapi kali ini dirinya tak sendirian, pelantun "Sesuatu" ini mengajak asisten rumah tangganya yang bernama Elin.

Keduanya saat ini sudah berada di Belanda. Syahrini mengajak Elin untuk berpose dengan latar belakang kincir angin besar.

Syahrini pun mengunggah foto kebersamaannya dengan asisten rumah tangganya di akun Instagramnya, Minggu (18/3/2018). Tampak dirinya bergelayut manja dengan wanita tersebut.

Rupanya, mengajak asisten rumah tangga keliling Eropa merupakan janji Syahrini. Maklum saja, Elin sudah cukup lama bekerja pada mantan teman duet Anang Hermansyah itu. 

 

Ke Jerman

Sumber Foto: instagram.com/princessyahrini

Setelah dari Belanda, esok lusa Syahrini akan mengantarkan Elin ke Jerman dan negara lainnya.

"Now Elin Mau Keliling Europe Dulu Sebelum Amerika Yaaaa ....Khaaannnn ...Lusa Elin Melaju Ke Germany," tulis Syahrini sebagai keterangan foto.

 

12 Tahun

Syahrini (Foto: Instagram)

Elin sudah 12 tahun menjadi asisten rumah tangga Syahrini. Ia mengaku tak akan bisa hidup tanpa Elin.

Bagi Syahrini, Elin adalah segalanya. "Saatnya Membahagiakan Elin Setelah 12 Tahun Hidup Menemani Incesss," lanjutnya.

 

Jadikan Model

(Instagram/@syh55)

Belum lama ini, Syahrini menyindir seseorang yang sudah meminjamkan baju namun tak kembali. Ia bersama sang adik, Aisyahrani kompak menjadikan Elin untuk menjadikan model foto seolah dia lah si pelaku.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Keseruan Tradisi Mandi Lumpur Usai Perayaan Nyepi di Bali

Posted: 18 Mar 2018 08:45 PM PDT

Warga Bali bersiap pergi ke hutan manggrove untuk mandi lumpur tradisional atau yang dikenal sebagai Mebuug-buugan di desa Kedonganan, Bali (18/3). Para warga menggelar tradisi unik usai perayaan hari Nyepi lewat mandi lumpur. (AFP/Sony Tumbelaka)

Warga Bali bersiap pergi ke hutan manggrove untuk mandi lumpur tradisional atau yang dikenal sebagai Mebuug-buugan di desa Kedonganan, Bali (18/3). Para warga menggelar tradisi unik usai perayaan hari Nyepi lewat mandi lumpur. (AFP/Sony Tumbelaka)

Warga Bali berjalan bersama menuju hutan manggrove untuk mandi lumpur tradisional atau yang dikenal sebagai Mebuug-buugan di desa Kedonganan, Bali (18/3). (AFP/Sony Tumbelaka)

Warga Bali berjalan bersama menuju hutan manggrove untuk mandi lumpur tradisional atau yang dikenal sebagai Mebuug-buugan di desa Kedonganan, Bali (18/3). (AFP/Sony Tumbelaka)

Ekspresi seorang anak dengan badan penuh lumpur saat mengikuti Mebuug-buugan di desa Kedonganan, Bali (18/3). Tradisi ini sarat dengan makna filosofi. Mebuug-buugan berasal dari kata Buug yang artinya tanah atau lumpur. (AFP/Sony Tumbelaka)

Ekspresi seorang anak dengan badan penuh lumpur saat mengikuti Mebuug-buugan di desa Kedonganan, Bali (18/3). Tradisi ini sarat dengan makna filosofi. Mebuug-buugan berasal dari kata Buug yang artinya tanah atau lumpur. (AFP/Sony Tumbelaka)

Dua remaja berpose dengan badan penuh lumpur saat mengikuti Mebuug-buugan di desa Kedonganan, Bali (18/3). Tujuan dari tradisi ini tak lain untuk menetralisir dan membersihkan dari hal-hal atau sifat buruk. (AFP/Sony Tumbelaka)

Dua remaja berpose dengan badan penuh lumpur saat mengikuti Mebuug-buugan di desa Kedonganan, Bali (18/3). Tujuan dari tradisi ini tak lain untuk menetralisir dan membersihkan dari hal-hal atau sifat buruk. (AFP/Sony Tumbelaka)

Seorang remaja berpose dengan badan penuh lumpur saat mengikuti Mebuug-buugan di desa Kedonganan, Bali (18/3). Mebuug-buugan ini diadakan sehari setelah Nyepi, bertujuan untuk menetralisir sifat-sifat buruk. (AFP/Sony Tumbelaka)

Seorang remaja berpose dengan badan penuh lumpur saat mengikuti Mebuug-buugan di desa Kedonganan, Bali (18/3). Mebuug-buugan ini diadakan sehari setelah Nyepi, bertujuan untuk menetralisir sifat-sifat buruk. (AFP/Sony Tumbelaka)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP 2018 Usai Balapan di Qatar

Posted: 18 Mar 2018 08:45 PM PDT

Seri pertama MotoGP 2018 telah digelar di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (18/3/2018). Pada balapan MotoGP Qatar tersebut, pembalap Ducati, Andrea Dovizioso tampil sebagai juara setelah memenangi duel kontra Marc Marquez.

Sejatinya, Dovi harus memulai balapan MotoGP Qatar dari urutan kelima. Ia sedikit tidak beruntung meski mampu menunjukkan dominasinya hampir sepanjang latihan bebas. Sayang, pada kualifikasi ia harus berada di belakang empat pembalap.

Di awal balapan pun ia gagal melakukan start yang bagus. Pembalap asal Italia itu hanya bisa menyaksikan duel antara Johann Zarco, Marquez, Danilo Petrucci, dan Valentino Rossi. Namun, mendekati akhir balapan, Dovi menunjukkan kemampuannya.

Dovi yang unggul kecepatan pada trek lurus mengambil alih balapan MotoGP Qatar sejak lap ke-19. Namun, ia juga harus meladeni pertarungan sengit dari Marquez, pembalap Repsol Honda.

Bahkan, The Baby Alien nyaris menyalipnya di tikungan terakhir pada lap terakhir pula. Beruntung, Dovi mampu menjaga keunggulannya hingga finis lebih dulu 0,027 detik dari Marquez. Sedangkan posisi ketiga dihuni Rossi, pembalap Movistar Yamaha, dengan selisih 0,797 detik.

 

 

Klasemen MotoGP

1. Andrea Dovizioso: 25

2. Marc Marquez: 20

3. Valentino Rossi: 16

4. Cal Crutchlow: 13

5. Danilo Petrucci: 11

6. Maverick Vinales: 10

7. Dani Pedrosa: 9

8. Johann Zarco: 8

9. Andrea Iannone: 7

10. Jack Miller: 6

11. Tito Rabat: 5

12. Franco Morbidelli: 4

13. Alvaro Bautista: 3

14. Hafizh Syahrin: 2

15. Karel Abraham: 1

16. Thomas Luthi: -

17. Takaaki Nakagami: -

18. Bradley Smith: -

19. Aleix Espargaro: -

20. Scott Redding: -

21. Xavier Simeon: -

22. Pol Espargaro: -

23. Alex Rins: -

24. Jorge Lorenzo: -

Hasil Balapan MotoGP Qatar

1. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP18) 42m 34.654s

2. Marc Marquez ESP Repsol Honda (RC213V) 42m 34.681s

3. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha (YZR-M1) 42m 35.451s

4. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 42m 37.535s

5. Danilo Petrucci ITA Pramac Ducati (GP18) 42m 38.475s

6. Maverick Viñales ESP Movistar Yamaha (YZR-M1) 42m 38.542s

7. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda (RC213V) 42m 39.275s

8. Johann Zarco FRA Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1) 42m 41.766s

9. Andrea Iannone ITA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 42m 47.611s

10. Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP17) 42m 49.248s

11. Tito Rabat ESP Reale Avintia (GP17) 42m 49.835s

12. Franco Morbidelli ITA EG 0,0 Marc VDS (RC213V)* 42m 50.928s

13. Alvaro Bautista ESP Angel Nieto Team (GP17) 42m 54.442s

14. Hafizh Syahrin MAL Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1)* 42m 54.953s

15. Karel Abraham CZE Angel Nieto Team (GP16) 42m 57.941s

16. Thomas Luthi SWI EG 0,0 Marc VDS (RC213V)* 42m 58.843s

17. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)* 42m 59.208s

18. Bradley Smith GBR Red Bull KTM Factory (RC16) 43m 6.358s

19. Aleix Espargaro ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 43m 9.366s

20. Scott Redding GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 43m 12.295s

21. Xavier Simeon ESP Reale Avintia (GP16)* 43m 21.360s

22. Pol Espargaro ESP Red Bull KTM Factory (RC16) DNF

23. Alex Rins ESP Suzuki Ecstar (GSX-RR) DNF

24. Jorge Lorenzo ESP Ducati Team (GP18) DNF

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kian Dekat Waktu Kejatuhan, Ada Peluang Tiangong-1 Tiba di Indonesia

Posted: 18 Mar 2018 08:45 PM PDT

Prediksi mengenai jatuhnya stasiun luar angkasa Tiongkok, Tiangong-1, sudah diketahui sejak beberapa bulan lalu. Namun, hingga saat ini, para peneliti belum dapat memprediksi tepatnya lokasi jatuhnya stasiun luar angkasa tersebut.

Dikutip dari Space.com, Senin (19/3/2018), European Space Agency (ES) Space Debris Office di Darmstadt, Jerman, mempunyai prediksi terbaru. Menurut mereka, puing-puing Tiangong-1 diperkirakan akan kembali ke Bumi pada 30 Maret hingga 6 April 2018.

Masuknya kembali stasiun yang memiliki bobot 8,5 ton itu diprediksi akan jatuh di wilayah dengan cakupan antara 43 derajat lintang utara dan 43 derajat lintang selatan. Cakupan itu termasuk luas, bahkan tak tertutup kemungkinan puing-puing tersebut dapat jatuh di Indonesia.

"Akan tetapi, hingga saat ini, belum ada prediksi pasti mengenai lokasi dan waktu jatuhnya stasiun itu," tulis ESA. Di Indonesia sendiri, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sudah memantau soal jatuhnya stasiun luar angkasa ini.

Kepala LAPAN, Thomas Djamaludin melalui blog-nya juga menuturkan hingga saat ini masih belum dapat dihitung secara akurat posisi jatuhnya Tiangong-1. Sebab, hal itu tergantung beberapa faktor, seperti kerapatan atmosfer yang dipengaruhi aktivitas matahari dan medan magnet Bumi.

"Variasi aktivitas Matahari bisa menyebabkan rentang ketidakpastian waktu jatuhnya cukup besar. Tingkat akurasinya akan bertambah dengan makin dekatnya waktu jatuh. Sampai dengan pertengahan Maret, prakiraan waktu jatuh sekitar April, dengan ketidakpastian +/- 7 hari," tulisnya.

Karena itu, LAPAN akan terus menginformasikan perkembangan pemantauan jatuhnya Tiangong-1 di situs resmi LAPAN. Sebelumnya, LAPAN juga beberapa kali sudah mengindentifikasi benda jatuh luar angkasadi Gorontalo, Lampung, Bengkulu, Madura, serta terbaru di Agam.

Prediksi Jatuhnya Tiangong-1 ke Bumi

Ilustrasi wahana angkasa Tiangong-1 milik China. (Sumber (Adrian Mann/Bisbos.com)

Prediksi mengenai jatuhnya stasiun luar angkasa Tiangong-1 sebenarnya sudah diketahui sejak awal tahun ini. Namun, lokasi dan waktu jatuhnya stasiun itu masih belum dapat dipastikan. 

Aerospace Corporation memprediksi Tiangong akan memasuki atmosfer Bumi pada minggu pertama April. Sementara, European Space Agency menyebut stasiun ini akan jatuh antara 24 Maret hingga 19 April 2018.

Aerospace Corporation juga memperkirakan ada sebagian kecil stasiun itu bakal jatuh dalam keadaan cukup utuh. Mereka menuturkan, apabila kondisi tersebut benar-benar terjadi, puing-puing itu dapat berukuran hingga ratusan kilometer.

Mereka juga memperingatkan, sisa stasiun luar angkasa mungkin membawa bahan bakar beracun dan merusak bernama hydrazine. Perkiraan awal posisi jatuhnya stasiun ini ada di 43 derajat lintang utara dan 43 derajat lintang selatan.

Kendati demikian, Aerospace yakin kemungkinan puing-puing tersebut jatuh di wilayah yang berpenghuni di tiap-tiap negara tersebut sangat kecil. Mereka menuturkan, dalam sejarah, tak pernah ada seseorang yang terluka karena puing-puing luar angkasa.

Diketahui Sejak Awal Tahun

Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS) (NASA)

Prediksi soal Tiangong-1 diketahui menyusul pernyataan Tiongkok yang menyebut pihaknya sudah kehilangan kontrol terhadap stasiun luar angkasan tersebut pada 2016.

Sekadar informasi, Tiangong-1 merupakan stasiun luar angkasa yang ukurannya cukup besar. Bahkan, beratnya bisa berkisar di 9.500 kilogram dan memiliki banyak komponen.

Para ilmuwan memperkirakan, 10-40 persen bagian dari bangkai stasiun luar angkasa akan memasuki atmosfer. Jika dihitung, sekitar 1-4 ton puing stasiun ini akan mendarat di Bumi.

Tiangong-1 sendiri diluncurkan pada 2011. Stasiun ini sekaligus menjadi simbol akan kemutakhiran inovasi teknologi Tiongkok. Pada 2012, stasiun tersebut dihuni oleh astronot wanita Tiongkok pertama, Liu Yang.

Walau ukurannya kecil ketimbang stasiun luar angkasa lain--apalagi ISS (International Space Station)--Tiangong dianggap berpengaruh bagi dunia aeronautika Tiongkok.

Stasiun ini digadang-gadang membawa misi dan mimpi akan masyarakat Tiongkok untuk melihat luar angkasa di masa depan.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Tambah Kuota untuk Mudik Gratis Motor 2018

Posted: 18 Mar 2018 08:44 PM PDT

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menambah kuota mudik gratis motor bagi masyarakat. Penambahan ini sebagai bentuk komitmen Kemenhub dalam mengurangi angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2018.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menjelaskan, selain mengurangi angka kecelakaan, penambahan kuota mudik gratis ini juga berdasarkan animo masyarakat yang cukup tinggi dalam program ini.

"Kereta api ini dipercaya dan sudah 15 ribu peserta yang mendaftar dari 18 ribu peserta kuota yang disediakan. Tadi diskusi dengan Dirjen Perkeretaapian akan ditambah 5.000 menjadi 23 ribu peserta," ucap Budi Karya, Senin (19/3/2018).

Terkait rencana penambahan kuota mudik gratis ini, Budi Karya meminta agar PT Kereta Api Indonesia (Perseri) menyediakan sarana untuk mengangkut sepeda motor bagi para calon pemudik.

Lebih lanjut dijelaskan Budi, Kementerian Perhubungan juga menyelenggarakan mudik gratis sepeda motor dengan menggunakan truk dan kapal.

"Selain kereta api kami juga akan menggunakan truk kapasitasnya 5.000 peserta dan kapal 10 ribu peserta saya minta yang sudah daftar di sini (moda kereta api) bisa kita switch ke truk. Kalau yang ke Semarang bisa menggunakan kapal," jelasnya.

Informasi lebih lanjut terkait program mudik gratis untuk pesepeda motor pada masa Idul Fitri tahun 2018 dapat dilihat pada laman mudikgratis.dephub.go.id.

 

Pendaftaran

Menhub Budi Karya akan meninjau pelepasan mudik gratis sepeda Mmotor dengan kapal laut, Rabu (21/6/2017).

Untuk diketahui, Kemenhub mulai membuka pendaftaran bagi warga yang hendak mudik gratis dengan bus pada pekan ini. Tidak hanya bus gratis, Kemenhub juga sudah menyiapkan angkutan kapal feri gratis bagi pemudik saat lebaran.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi mengatakan, ada ribuan bus untuk berbagai rute dan truk pengangkut motor yang telah ia persiapkan, dengan pemberangkatan awal di Jakarta.

"Sudah saya rapatkan, ada ribuan unit bus, termasuk beberapa truk untuk angkut motor. Kita persiapkan beberapa rute dari Jakarta, yaitu ke Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, Sumatera Selatan, dan Sumatera Barat," jelasnya ketika dihubungi Liputan6.com.

Dia menuturkan, pemudik yang hendak berangkat dengan bus mudik gratis itu sudah bisa mendaftar secara manual mulai Senin atau Selasa besok di kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Jabodetabek.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Hakim PN Tangerang Terkait Kasus Suap Rp 30 Juta

Posted: 18 Mar 2018 08:42 PM PDT

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap hakim pada Pengadilan Negeri (PN) Klas IA Khusus Tangerang, Hasanuddin. Dia akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap hakim PN Tangerang senilai Rp 30 juta.

"Yang bersangkutan akan dimintai keterangan sebagai saksi utuk tersangka WWN (Wahyu Widya Nurfitri)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (19/3/2018).

Dalam mengusut kasus ini, penyidik juga memanggil tiga saksi lainnya. Mereka antara lain, dua orang swasta bernama Bahrun Amin dan Reza serta seorang ibu rumah tangga bernama Hj Momoh.

"Mereka juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka WWN," imbuh Febri.

Sebelumnya, KPK menggelar OTT terhadap panitera pengganti PN Tangerang Tuti Atika. Tuti ditangkap usai menerima suap dari pengacara bernama Agus Wiratno. Agus memberi suap atas kesepakatan dengan sesama pengacara bernama HM Saipudin.

 

OTT KPK

Penyidik KPK menunjukan uang pecahan Rp 50 ribu hasil pengembangan OTT di Walikota Kendari di gedung KPK, Jakarta, Jumat (9/3). Diduga uang tersebut terkait pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Kendari tahun 2017-2018. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Agus memberikan uang Rp 22,5 juta kepada Tuti di parkiran PN Tangerang. Suap diberikan agar Hakim Wahyu Widya memenangkan gugatan perdata terkait hak waris yang ditangani oleh Agus dan Saipudin.

Uang suap senilai Rp 22,5 juta merupakan pemberian kedua setelah sebelumnya Agus dan Saipudin memberikan Rp 7,5 juta.

KPK pun menetapkan keempat orang tersebut sebagai tersangka dan langsung ditahan di rutan berbeda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melahirkan, Siti Nurhaliza Rahasiakan Wajah dan Nama Anak

Posted: 18 Mar 2018 08:40 PM PDT

Penantian panjang Siti Nurhaliza dan Datuk Seri Khalid Mohamad Jiwa akhirnya berbuah manis. Senin (19/3/2018) pukul 8.17 pagi waktu setempat, pelantun "Bukan Cinta Biasa" itu akhirnya melahirkan anak pertamanya.

Siti Nurhaliza diketahui melahirkan seorang anak perempuan melalui persalinan caesar. Kabar bahagia ini dibagikan oleh asistennya yang bernama Rozi Abdul Razak melalui Instagram pribadi penyanyi berusia 39 tahun itu.

Sayangnya, Siti Nurhaliza memilih merahasiakan wajah dan nama anaknya. Siti dan suami berencana mengenalkan buah hati mereka ke publik di waktu yang tepat.

"Soal wajah dan nama anak, Siti dan Khalid minta waktu sebelum mengumumkannya," jelasnya.

 

Di Bulan Rajab

Siti Nurhaliza dan Datuk Khalid Mohammed Jiwa.

Siti Nurhaliza dan suami rupanya sengaja memilih Senin (19/3/2018) sebagai tanggal kelahiran anak mereka. Pasalnya hari tersebut bertepatan dengan 1 Rajab.

"Pasangan ini memilih hari Isnin (Senin) untuk kelahiran anak pertama mereka kerana bersamaan dengan hari kelahiran Nabi Muhammad (Rasulullah s.a.w) selain jatuh pada tarikh 1 Rejab," ungkapnya.

 

11 Tahun Menanti

Siti Nurhaliza bersama suami, Datuk Khalid Mohammed Jiwa (Hazelnartwork Studio/Instagram Siti Nurhaliza)

Rasa bahagia dan bersyukur tidak dapat disembunyikan Siti Nurhaliza dan sang suami. Apalagi mereka sudah menantikan kehadiran anak selama 11 tahun lamanya. Meski Khalid sendiri sejatinya sudah memiliki empat anak dari pernikahan sebelumnya.

"Suami beliau, Dato' Sri Khalid Mohamad Jiwa melahirkan rasa syukur kerana segalanya telah selamat. Siti dan suami juga ingin mengucapkan terima kasih di atas doa dan sokongan daripada ahli keluarga, rakan-rakan, peminat dan juga pihak media," tambahnya.

 

Nikmati Status Baru

Siti Nurhaliza

Untuk saat ini Siti Nurhaliza belum bisa ditemui lantaran masih dalam kondisi pemulihan. Pelantun "Bukan Cinta Biasa" itu juga ingin menikmati momen indahnya sebagai seorang ibu baru.

"Saat ini Siti ingin minta waktu untuk istirahat dan fokus menikmati hari-hari awalnya sebagai ibu," jelasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggota TGUPP Anies-Sandi Masih Tahap Seleksi

Posted: 18 Mar 2018 08:39 PM PDT

Menjelang akhir Maret, Anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Anies Baswedan-Sandiaga Uno belum kunjung rampung. Dari lima bidang yang direncanakan, baru terealisasi tiga bidang.

Tiga bidang yang sudah terisi itu adalah Yakni Bidang Pencegahan Korupsi, Bidang Harmonisasi Regulasi, dan Bidang Percepatan Pembangunan. Sementara Bidang Pengelolaan Pesisir, serta Bidang Ekonomi dan Pembangunan, belum kunjung terisi.

Menurut Sandiaga, belum diumumkan siapa saja anggota TGUPP lantaran saat ini pihaknya masih dalam tahap seleksi.

"Kita masih seleksi, masih kita coba bangun talenta pool-nya. Kita harapkan ada sebagian juga dari internal yang bergabung dan ada sebagian juga dari non-PNS," kata Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Senin (19/3/2018).

Sandiaga lantas membeberkan alasan memilih Amin Subekti, mantan Direktur PLN sebagai Ketua TGUPP.

"Pak Amin ini kalau misalnya cari kerja di tempat lain mah gampang banget. Dia bekas Direktur PLN, perusahaan salah satu yang terbesar di Indonesia. Tapi dia mau untuk membangun Jakarta," ujar Sandiaga.

Ia mengaku terkesan dengan kepemimpinan Amin di beberapa tempat. Sandiaga menilai Amin memiliki pemikiran yang sangat komprehensif.

"Dan troubleshooting-nya hebat," kata dia.

 

 

Bukan Penampungan Timses

Wakil Gubernur Sandiaga Uno memberi keterangan usai menemui perwakilan komunitas sepeda

Sebelumnya, Sandiaga memastikan TGUPP bukanlah tempat penampungan Tim Sukses Anies-Sandi. "Kami pastikan ini bukan tempat penampungan tim sukses. Kita akan betul-betul put the right man at the right place," ujar Sandi di Balai Kota Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Sandi menjamin proses rekrutmennya bisa dipertanggungjawabkan dan lewat proses seleksi terbuka.

"Ini akan terbuka, kita akan buka terang-benderang," ucap dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gus Ipul Kagumi Keberhasilan Surabaya dan Banyuwangi

Posted: 18 Mar 2018 08:35 PM PDT

Calon Gubernur Jawa Timur (Jatim) nomor urut 2, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, mengajak generasi muda menjadi pengusaha-pengusaha yang mengerti pasar dengan baik. Dengan begitu, produknya akan diterima pasar.

"Pemuda punya kesempatan maju menjadi orang besar dan sukses. Lewat kreativitas untuk menciptakan lapangan pekerjaan," kata Gus Ipul kepada wartawan usai menghadiri Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Gerakan Persaudaraan Pemuda (Gema) Keadilan di Gedung Juang 45, Surabaya, Minggu (18/3/2018).

Gus Ipul mengaku ingin mendengar apa yang menjadi keinginan pemuda. Tidak bisa kita memaksa mereka menuruti kemauan yang kita inginkan. Khawatirnya kalau kita bikin sesuatu tidak sesuai dengan kemauan mereka malah jadi muspro.

"Banyak usulan dari mereka sebenarnya. Apa sih yang diinginkan mereka, supaya policy pemerintah, pembinaan kita dan pendampingan betul-betul efektif," ujar calon gubernur yang berpasangan dengan calon wakil gubernur Puti Guntur Soekarno di Pilkada Jatim 2018 ini.

Yang paling penting, kata Keponakan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini, mereka ingin diberi semacam akses. Baik permodalan maupun akses lain dalam rangka meningkatkan kemampuan mereka melalui inkubasi atau pelatihan dan pendidikan.

"Paling tidak, mereka dibantu untuk membentuk suatu iklim kerja kreatif yang baik. Contoh, kita bikin coworking, tapi akhirnya tidak sukses, karena tidak sesuai dengan kemauan mereka. Jadi kita bikin sesuatu harus tanya mereka. Mereka biasanya optimistis, tidak mau dipaksa-paksa, ingin dibimbing dengan kejujuran," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul mengaku kagum dengan program yang dilakukan bupati dan wali kota di Jatim. Seperti, Surabaya dan Banyuwangi. Misalnya, program Desa Cerdas di Banyuwangi. Lewat program ini, bisa melayani warga dengan waktu panjang.

"Pelayanan seperti dini perlu dikembangkan. Intinya di sana ada industri kreativitas. Ada pemberdayaan ekonomi yang bisa dikembangkan. Manfaatkan kemajuan teknologi untuk kepentingan teknologi," kata Gus Ipul.

Naik Ring Jawara Pencak Dor di Kediri

Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Selain itu, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) kembali menunjukkan kepedulian terhadap seni di Jawa Timur.

Setelah pada Jumat, pria yang akrab disapa Gus Ipul ini menyaksikan film karya anak muda asal Malang, Bayu Moekito, berjudul Yowis Ben, sehari setelahnya, Sabtu hingga Minggu dini hari giliran ia menyaksikan atraksi seni lokal asal Kediri, Pencak Dor.

Keponakan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini menyempatkan hadir di tengah petunjukan adu tanding setelah ia menuntaskan kunjungannya di Trenggalek di hari yang sama.

Wakil Gubernur Jatim yang sedang cuti ini tiba sekitar pukul 23.00 WIB. Ia tak sendiri melainkan bersama Abdullah Abu Bakar (Wali Kota Kediri), M Nur Arifin (Wakil Bupati Trenggalek), serta Supriono (Ketua DPRD Tulungagung).

Untuk diketahui, meskipun atraksi ini berlangsung di Kota Kediri, pesertanya melibatkan dari berbagai daerah, termasuk Tulungagung, Blitar, hingga Trenggalek.

Banyak atlet silat dari berbagai perguruan unjuk kekuatan pada ajang duel satu lawan satu ini.

Gus Ipul yang hadir di tengah acara pun tak cukup melihat atraksi pencak ini dari podium kehormatan yang menjadi tempat tamu VIP menonton.

Kandidat yang akan berpasangan dengan Calon Wakil Gubernur, Puti Guntur Soekarno ini bahkan ikut naik ring, tempat para juara bertanding.

Dari atas panggung, Gus Ipul pun mengapresiasi para petarung dan pendukungnya yang mau menjaga sportifitas selama bertanding.

"Saya bangga bisa naik ke atas panggung bersama orang pilihan. Teman-teman ini pukul-pukulan, antem-anteman, sampai saduk-sadukan. Namun, begitu acara selesai, salaman, guyu, dan rangkul-rangkulan," puji Gus Ipul dari atas ring.

"Di atas panggung kita lawan, namun di bawah kita adalah saudara. Namun, pada dasarnya, semua yang ada di atas panggung adalah juara," tegasnya.

Lebih lanjut, seni tradisional Pencak Dor harus terus dijaga kelestriannya. Sebab, bukan hanya berpotensi menaikkan nilai wisata, namun juga sekaligus bisa menjadi ajang untuk melahirkan banyak atlet.

"Ini adalah ajang untuk mewadahi para petarung agar tak berkelahi di jalanan. Seni ini adalah panggungnya para pemberani," ujarnya.

Melalui seni ini, Jawa Timur kemudian berhasil melahirkan banyak atlet pencak profesional.

"Ajang ini sudah berjalan bertahun-tahun. Bahkan, di antara mereka ada yang menjadi petarung profesional. Oleh karena itu, ajang ini juga menjadi perhatian nasional," pujinya lagi.

"Oleh karenanya, pemerintah harus ikut memberikan perhatian agar seni tradisional ini tetap lestari," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bonita, Harimau Cantik nan Liar Penuh Misteri

Posted: 18 Mar 2018 08:30 PM PDT

Hingga Senin (19/3/2018), perburuan terhadap harimau Bonita telah memasuki hari ke-75. Tim gabungan berburu untuk menangkap dan menyelamatkan harimau Sumatera itu.

Harimau Bonita diburu petugas gabungan sejak menerkam hingga tewas dua warga Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Pertama, karyawati perusahaan sawit, Jumati (33), Januari 2018 lalu. Kedua, buruh bangunan bernama Yusri Efendi (34), pada 10 Maret silam.

Hingga Senin (19/3/2018), perburuan terhadap harimau Bonita telah memasuki hari ke-75.

Seperti dilansir laman Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, bbksdariau.id, Bonita telah membuat sebagian orang yang tahu kisahnya merinding. Meski namanya cantik, Bonita telah memangsa korban jiwa.

Penduduk Desa Tanjung Simpang, Kelurahan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir, dan wilayah sekitarnya sangat menghindari perjumpaan dengan Panthera tigris sumatrae yang disebut penduduk setempat Datuk Belang ini.

Namun, saat ini tim rescue gabungan sedang gencar mencarinya.

"Bukan untuk diburu, sama sekali bukan. Namun, untuk diselamatkan. Diselamatkan dari kegeraman warga yang ingin balas dendam dengannya, diselamatkan dari kemungkinan dia sakit yang menyebabkan perilakunya berubah, dan terutama diselamatkanlah jiwa warga Pelangiran dan sekitarnya dari ancaman maut si Bonita," tulis BBKSDA Riau.

Perilaku Bonita yang berbeda dari satwa liar lainnya menjadi perhatian khusus tim gabungan. "Dengan genit Bonita melenggang mendekati kendaraan maupun camera trap dan box trap yang telah dipasang untuknya. Tak sedikit pun dia tertarik untuk mencicipi hidangan yang dipersiapkan khusus oleh tim untuknya," ucap BBKSDA Riau.

Sosialisasi dan pemasangan box trap di daerah lintasan harimau sudah dilakukan tim sejak lebih dua bulan yang lalu. Memberikan sejenis makanan kesukaan yang mengandung sedative dan pemakaian obat bius pun telah diupayakan. Namun, hingga saat ini, harimau Bonita tetap tidak mempan rayuan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Ultimatum Warga

Harimau Sumatera bernama Bonita yang menerkam karyawati perkebunan sawit dan buruh bangunan berkeliaran di Desa Tanjung Simpang, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. (Foto: Dok. BBKSDA Riau/M Syukur)

Pada 10 Maret lalu, harimau Bonita memangsa Yusri, buruh bangunan asal desa di Pulau Muda. Lokasi Desa Pulau Muda dengan lintasan harimau yang berkonflik tidaklah dekat, sekitar kurang lebih 20 kilometer.

Seorang warga dari Pulau Muda bekerja di tempat harimau yang masih berkeliaran. "Dengan kondisi harimau belum berhasil dievakuasi, ada petani walet mencoba membangun rumah walet baru dan mempekerjakan orang dari luar kampung di daerah konflik harimau yang sedang terjadi. Amatlah disayangkan," tulis BBKSDA Riau.

Dengan munculnya korban jiwa ini, penduduk Desa Pulau Muda berduyun-duyun mendatangi kantor PT THIP mendesak tim gabungan segera menangkap harimau tersebut. Mereka mengultimatum jika dalam waktu tiga hari tim tidak mampu mengevakuasi Bonita, maka masyarakat Pulau Muda yang akan membunuh satwa liar tersebut dengan cara apa pun.

Di tengah warga yang berkerumun, M. Hendri, seorang Polisi Kehutanan BBKSDA Riau yang saat itu memimpin kerja tim gabungan di lapangan, naik ke podium menenangkan massa. Dengan suara tenang dan lantang dia menyampaikan duka yang sangat mendalam dan mengharapkan hal tersebut tidak akan pernah terulang.

Mediasi dilakukan. Dalam keadaan yang tidak merdeka, tim gabungan diminta untuk menandatangani ultimatum masyarakat Desa Pulau Muda. Tiga hari waktu yang diberikan molor menjadi tujuh hari.

Poin terakhir dari ultimatum tersebut menyatakan bahwa jika sampai waktu yang telah disepakati tim tidak berhasil dan masyarakat Pulau Muda membunuh harimau tersebut, maka tidak akan ada tuntutan hukum apa pun dikemudian hari.

"Akankah hukum tetap diterapkan dalam ketidakmerdekanya seseorang untuk memberikan tanda tangan? Akankah si Bonita tahu bahwa tim gabungan datang bukan untuk memburunya, tapi untuk menyelamatkannya dari kematian?"

"Dan yang lebih harus kita pikirkan bersama adalah, akankah anak cucu kita kelak masih bisa menyaksikan si belang datuk nan wibawa menjaga rimba di tanah Melayu? Mari Kita Selamatkan Satwa harimau Sumatera (Phantera tigris sumaterae) yang hampir punah."

"Satwa ini merupakan satu-satunya yang menjadi kebanggaan negeri ini dan merupakan tanda-tanda kebesaran Allah serta sebagai ilmu pengetahuan untuk masa depan. Pepatah Melayu mengatakan, 'Takkan Hilang Melayu di Bumi."

"Jangan sampai hilang Datuk Belang di Bumi Lancang Kuning ini. Karena Datuk Belang dan Datuk Godang yang menjaga Tanah Melayu ini," tulis BBKSDA yang dilansir di laman resminya, bbksdariau.id.

 

Kisah Mistis Beredar Seiring Perburuan Bonita

Harimau Sumatera bernama Bonita yang menerkam karyawati perkebunan sawit dan buruh bangunan berkeliaran di Desa Tanjung Simpang, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. (Foto: Dok. BBKSDA Riau/M Syukur)

Berdasarkan informasi yang diperoleh Liputan6.com, kisah mistis tersebar seiring sulitnya memburu harimau Bonita. Kisah mistis itu beredar di kalangan warga di Dusun Danau, Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau, sejak Bonita memakan dua korban.

Harimau Bonita tak bisa ditembak walaupun petugas sudah berada pada jarak 3 meter. Begitu juga dengan peluru bius yang pernah ditembakkan, hanya terlontar sekitar 4 meter.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono, membenarkan kejadian tersebut. Haryono juga menceritakan susahya Bonita ditembak.

Kejadian pertama dialami pada Februari 2018. Saat itu, tim pencari jejak berhadapan langsung dengan Bonita dengan jarak kurang lebih 3 meter. Sempat dua jam tim di lokasi harimau Bonita dengan posisi penyerang.

Kepanikan timbul, di mana seorang anggota yang memegang senjata api berpeluru tajam terpaksa menembak karena jarak harimau Bonita sudah mengancam.

"Senjata meletus, tapi anehnya tak mengeluarkan peluru. Aneh juga memang, seharusnya keluar peluru kalau ditembakkan," terang Haryono.

Kejadian berikutnya pada Sabtu, 10 Maret 2018 ketika warga bernama Yusri diterkam. Kala itu petugas sudah membidik harimau Bonita dengan jarak tembak terukur. Senjata bius diletuskan setelah Bonita terbidik. Namun, senjata bius hanya terlontar sekitar 4 meter saja.

"Padahal, jarak tembakan itu bisa mencapai 20-30 meter," sebut Haryono.

 

Menghilang Usai Roboh Kena Peluru Bius

Petugas sempat meletuskan senjata api ke udara, tapi harimau yang diburu malah makin galak. (Foto: Dok. BBKSDA Riau/M Syukur)

Adapun dua bulan lebih memburu harimau Bonita, tim terpadu sempat berhasil menembak harimau Sumatera betina yang sudah menerkam dua warga hingga tewas di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Petugas menembak Bonita dengan senapan berpeluru bius, pada Jumat malam, 16 Maret 2018.

Hanya saja, bius yang digunakan tak terlalu lama bekerja terhadap Panthera tigris sumatrae yang disebut penduduk setempat Datuk Belang ini. Harimau Bonita cepat sadarkan diri, serta menghilang di gelapnya malam setelah masuk ke perkebunan sawit.

"Bonita usai tertembak, tidak terpantau lagi," ucap Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono, saat dikonfirmasi Liputan6.com dari Kota Pekanbaru.

Pria yang dipanggil Haryono ini mengaku mendapat informasi dari petugas di lapangan. Dia menyebut harimau Bonita ditembak di kawasan Eboni. Kawasan ini merupakan perkebunan sawit yang dipasang beberapa perangkap.

Lokasi ini termasuk perlintasan harimau Bonita sesudah keluar perkampungan di Dusun Danau, Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir. "Tepatnya di Jalan Poros Tengah Eboni, posisinya ditembak ketika melintas di boks 3 dan 4," tutur Haryono.

Begitu petugas menembak Bonita, bius langsung bekerja. Harimau Bonita langsung berjalan pelan dan roboh karena pengaruh bius tadi. Meski begitu, petugas tak berani langsung mendekat.

"Lokasi penembakan Bonita dengan jarak dia tertidur itu, kira-kira dua menit jalan kaki," sebut Haryono.

Tim penembak langsung menghubungi tim evakuasi. Hanya saja, mobil tim evakuasi terperosok di lumpur hingga tak bisa berjalan. Di saat petugas sibuk mengangkat mobil tadi, Bonita terbangun lagi.

Situasi di lapangan, menurut Haryono, sangat mencekam. Petugas masih waspada karena diduga Bonita masih berkeliaran. Petugas tetap bersama-sama sambil menenteng senapan bius. Harimau yang ditembak ini dipastikan Haryono adalah Bonita. Hal itu melihat kebiasaan serta pola belangnya. Apalagi, harimau ini tak takut dengan manusia.

Harimau Bonita ketika melihat petugas, langsung mendekat. Tingkah ini disebut Haryono sering dilakukan Bonita ketika melihat manusia di perkampungan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bibir Kylie Jenner Tampak Lebih Tebal, Tambah Filler?

Posted: 18 Mar 2018 08:30 PM PDT

Kylie Jenner memiliki bibir yang diidamkan olah banyak wanita. Bahkan muncul sebuah alat yang mampu membuat bibir seseorang mirip dengan Kylie Jenner. Namun belakangan bibir Kylie Jenner nampak lebih besar dari yang sebelumnya.

Di mana Kylie Jenner terlihat cemberut dengan bibir yang lebih tebal di Los Angeles pada Rabu (14/3/2018) waktu setempat. Seorang ahli bedah pun mengungkapkan fakta menarik tentang bibir Kylie Jenner yang nampak lebih tebal, seperti dilansir dari Hollywoodlife pada Senin (19/3/2018).

Apakah Kylie Jenner suntik bibir lagi?

 

🤩

A post shared by Kylie (@kyliejenner) on

Bibir Kylie Jenner yang menjadi tren di kalangan penggemarnya pun bukanlah bibir aslinya. Kylie Jenner pun mengaku bahwa pada 2016 ia melakukan filler bibir. Ia merasa bibirnya sangat tidak sesuai sehingga Kylie Jenner merasa membutuhkan filler pada bagian bibir. Akhirnya, Kylie Jenner mendatangi Dr Simon Ourian dari Epione di Beverly Hills untuk menyuntik bibirnya.

Menurut Dr Moretz dari Beverly Hills Board Certified Plastic Surgeon mengatakan bahwa kemungkinan besar Kylie Jenner melakukan suntik bibir lagi.

"Sampai tingkat tertentu dia bisa membuat wajahnya terlihat cemberut. Ini berpotensi menimbulkan bibirnya terdistorsi. Tapi kemungkinan besar apa yang terjadi adalah bahwa dia mendapat suntikan baru di bibirnya dan masih ada beberapa pembengkakan yang terjadi," ungkap Moretz.

Moretz mengungkapkan bahwa sejauh ini belum dihubungi oleh Kylie Jenner untuk merawat bibirnya yang masih bengkak. Dengan suntik bibir yang dilakukan Kylie Jenner ini menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian orang. Karena Kylie Jenner baru saja melahirkan Stormi Webster, namun ia sudah melakukan tindakan operasi plastik lagi.

Amankah untuk ibu menyusui?

Kris mengatakan bahwa Stormi bahagia dan sehat. Dan semua orang di rumah pun dalam keadaan baik. (instagram/kyliejenner)

Namun, Moretz mengungkapkan bahwa tidak masalah untuk melakukan injeksi sekitar dua hingga empat minggu pasca melahirkan.

"Tidak ada masalah dengan dia mendapatkan filler seperti Juvaderm atau Restylane saat sedang menyusui. Ini benar-benar aman karena tetap berada di dalam jaringan lokal dan tidak bergerak atau memasuki aliran darah. Tidak akan dianjurkan untuk melakukan botox saat menyusui," ungkap Moretz.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menjijikkan, Rumah Pasutri Penuh Kotoran Manusia dan Hewan

Posted: 18 Mar 2018 08:30 PM PDT

Ketika melihat rumah ini dijamin Anda bisa langsung mual. Bukan cuma sampah yang berserakan, tapi juga kotoran manusia dan hewan!

Pasangan suami istri Robert Rickman (45) dan Ceri Ann (32) ini memelihara 14 ekor kucing dan dua anjing peliharaan. Saking penuhnya dengan sampah, sulit sekali untuk bisa berjalan di dalam rumah.

Tak hanya sampah dan kotoran manusia serta hewan, petugas juga menemukan begitu banyak botol-botol yang ternyata berisi air kencing manusia. Duh, menjijikkan!

Dalam sidang di Pengadilan Magistrat Swansea terungkap bahwa temuan ini bermula ketika petugas Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals (RSPCA) mengunjungi kediaman Rickman di Cimla, Neath, Juni tahun lalu. Jaksa penuntut, Jon Tarrant mengungkap bahwa petugas memeriksa kamar demi kamar di kediaman tersebut.

Mereka menemukan kotoran, sampah, hingga botol-botol berisi air kencing. Kawanan lalat pun terbang dengan bebas di rumah itu, demikian dilaporkan WalesOnline.

Hewan peliharaan pasangan suami istri itu juga mengenaskan, bulu rontok, dan kurang gizi. Selain itu, hewan-hewan itu juga menunjukkan tanda-tanda stres karena terisolasi.

Jaksa juga mengungkapkan, ketika salah satu petugas keluar rumah untuk mencari udara segar--menghindar dari bau menyengat di dalam rumah-- dia menemukan ada kutu yang merangkak di celana panjangnya.

Dalam sidang ini, pasangan suami istri mengaku bersalah atas penderitaan kucing dan anjing mereka.

Sementara hakim distrik Neale Thomas menilai pasangan tersebut melakukan kelalaian serius dalam periode cukup lama. Namun, dia juga mengatakan, pasangan tersebut memiliki masalah kesehatan mental.

Pasangan Rickman itu kemudian diperintahkan untuk menjalani rehabilitasi dan tidak boleh memelihara hewan apapun selama 10 tahun.

Sumber: Feed.Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chef Harada Lama Vakum Jadi Koki

Posted: 18 Mar 2018 08:30 PM PDT

Koki Hiromitsu Harada, atau yang lebih dikenal dengan nama Chef Harada, meninggal dunia pada Senin (19/3/2018) pukul 02.15 WIB di Rumah Sakit Puri Cinere. Ia meninggal setelah mengalami gangguan pada organ lambungnya.

Karena penyakitnya ini, Chef Harada telah vakum dari pekerjaannya sebagai seleb koki sejak akhir tahun lalu. Chef asal Negeri Sakura Jepang ini memilih beristirahat dan fokus pada proses pengobatan.

"Mulai Desember sudah enggak aktif (bekerja) karena mulai pengobatan. Masuk rumah sakitnya sejak 15 Februari. Dari Desember awal, berobat jalan aja," ujar istri Chef Harada, Dewi, saat dihubungi melalui sambungan telepon.

 

Kesehatan Sempat Membaik

(Instagram/ayummyy426)

Sebenarnya, kondisi Chef Harada sempat mengalami perkembangan setelah menjalani operasi otot virus lambung. Namun pada Senin (19/3/2018), kesehatannya tiba-tiba menurun drastis hingga nyawanya tak bisa diselamatkan lagi.

 

Tak Bisa Jalan

Chef Harada sakit. [foto: instagram/ayummyy426]

"Bisa ngobrol. Habis operasi enggak bisa jalan. Tapi kalau ngobrol-ngobrol aja bisa. Baru tadi pagi langsung (kondisinya menurun). Habis operasi sudah menunjukkan perbaikan padahal ya," Dewi menerangkan.

 

Dimakamkan

(Instagaram/chef_harada)

Rencananya jenazah Chef Harada akan dikebumikan pada hari ini, Senin (19/3/2018) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut. Chef Harada meninggalkan satu orang istri dan dua orang anak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuplikan Video Barcelona Bungkam Athletic Bilbao

Posted: 18 Mar 2018 08:30 PM PDT

Barcelona belum terbendung di La Liga. Mereka mempertahankan rekor tidak terkalahkan hingga 29 pertandingan musim ini.

Teranyar Barcelona membungkam Athletic Bilbao 2-0 di Camp Nou, Minggu (18/3/2018) atau Senin (19/3/2018) WIB.

Tidak diperkuat Luis Suarez, Paco Alcacer dan Lionel Messi menjadi pahlawan kemenangan tuan rumah pada kesempatan kali ini.

El Azulgrana kini memiliki 75 angka. Mereka meninggalkan Atletico Madrid yang terpeleset di markas Villarreal. Tumbang 1-2, Los Colchoneros berada 11 poin di belakang Messi dan kawan-kawan.

Berikut cuplikan video Barcelona mempertahankan rapor tidak terkalahkan melawan Bilbao:

Cuplikan Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Berbagi Tips Gunakan Smartphone dan Internet untuk Keluarga

Posted: 18 Mar 2018 08:30 PM PDT

Apple mengumumkan laman baru, Families, di situs web miliknya. Melalui laman tersebut, Apple memberikan sejumlah tips bagi orangtua agar anak-anak tetap aman saat menggunakan smartphone dan internet.

Dilansir Phone Arena, Senin (19/3/2018), bagian pertama dari laman itu menginformasikan cara agar anak-anak tidak membuka aplikasi, bermain gim dan melihat konten yang tidak sesuai dengan umurnya.

Salah satu contohnya, Apple merujuk pada bagian Kids di App Store. Bagian ini bisa digunakan orangtua untuk memilih rentang umur untuk aplikasi yang sesuai dengan anak-anak.

Apple juga mengatakan, orangtua tidak hanya bisa melarang anak mereka memasang aplikasi baru, tapi juga bisa menonaktifkan browser Safari pada perangkat iOS.

Selain itu, laman tersebut juga berisi pesan agar orangtua tidak harus selalu mengirim pesan kepada anak-anak untuk mengetahui keberadaan mereka. Berbekal fitur Find My Friend, orangtua bisa mengetahui lokasi anak-anak mereka berada.

Anggota keluarga juga bisa menggunakan Family Sharing untuk memiliki aplikasi, film acara TV, musik dan buku, yang sama pada perangkat mereka. Selain itu, juga bisa membuat album foto dengan kapasitas penyimpanan hingga 2TB dan bisa dibagikan kepada anggota keluarga.

Tips lain yang diberikan Apple adalah orangtua dan anak-anak bisa menggunakan mode Night Shift agar membuat layar iPhone dan iPad "menghangat" dengan menghilangkan cahaya biru, agar aktivitas istirahat tidak terganggu.

Untuk lebih lengkap, semua informasi yang berguna untuk keluarga ini, bisa di akses melalui laman https://www.apple.com/families/.

Apple Sebar Undangan WWDC 2018

Sebuah Apple Store di Valencia, Spanyol.

Apple sedang sibuk menyiapkan acara Worldwide Developer Conference (WWDC). Seperti sebelumnya, Apple dipastikan kembali menggelar WWDC pada tahun ini.

Apple juga telah mengumumkan jadwal gelaran WWDC ke-29 ini. WWDC 2018 akan digelar mulai 4 - 8 Juni di McEnery Convention Center, California, Amerika Serikat (AS).

Perusahaan sudah membuka pendaftaran bagi pengembang yang tertarik mengikuti acara itu. Kendati demikian, tidak semua pendaftar dapat mengikuti gelaran ini. Apple dilaporkan akan mengacak pendaftar yang dapat menghadiri acara tersebut.

Pendaftar yang terpilih, nantinya diharuskan membayar US$ 1.599 atau sekitar Rp 21 juta. Pendaftaran untuk pengembang akan dibuka mulai 22 Maret 2018 pukul 10.00, waktu AS.

 

Sekilas WWDC

Penampakan wajah Apple Park dari drone. (Foto: Storyful)

WWDC 2017 sendiri dihelat pada 5-9 Juni 2017. Salah satu yang menjadi sorotan pengunjung pada saat itu adalah iOS.

Kala itu, tema besar yang diangkat waktu meliputi pengembangan ide dan pengalaman pengguna, bersamaan dengan teknologi.

"Teknologi saja tidak cukup, tapi harus berdampingan dengan unsur pengetahuan budaya dan kemanusiaan, agar dapat menciptakan ide baru dan pengalaman yang dapat memaksimalkan potensi masyarakat," tulis Apple dalam undangan WWDC.

Untuk tahun ini, Apple diyakini juga akan mengumumkan berbagai inovasi terbarunya di WWDC 2018.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Pemberitahuan, Arab Saudi Eksekusi Mati TKI Asal Madura

Posted: 18 Mar 2018 08:30 PM PDT

Pemerintah Arab Saudi telah mengeksekusi mati seorang TKI bernama Zaini Misrin asal Bangkalan, Madura. Eksekusi mati itu dilakukan di Mekah pada Minggu, 18 Maret 2018 pukul 11.00 waktu setempat.

Berdasarkan keterangan pers gabungan dari berbagai lembaga swadaya masyarakat pemerhati isu buruh migran Indonesia, eksekusi mati itu amat sangat disayangkan karena dilakukan tanpa memberitahu pihak pemerintah RI terlebih dahulu.

"Berdasarkan keterangan dari pihak Kementerian Luar Negeri RI, otoritas Kerajaan Arab Saudi sama sekali tidak memberitahu mengenai eksekusi itu, alias tanpa mandatory consular notification kepada perwakilan RI," ucap rilis pers gabungan dari Migrant Care, Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI), Jaringan Buruh Migran, dan Human Rights Working Group, yang diperoleh Liputan6.com pada Senin (19/3/2018).

Zaini Misrin dituduh membunuh majikannya di Kota Mekah pada 2004. Kemudian, pada tahun 2008, Pengadilan Mekah menjatuhkan vonis hukuman mati kepada Zaini.

Sepanjang proses hukum itu berjalan selama empat tahun, otoritas Saudi tak memberikan kabar kepada pihak pemerintah Indonesia.

Pemerintah Arab Saudi baru memberitahu proses hukum yang dijalani oleh Zaini kepada pihak RI ketika yang bersangkutan sudah divonis hukuman mati, yakni pada 2008. Usai itu, barulah pemerintah Indonesia melakukan langkah-langkah penundaan dan pembebasan Zaini dari vonis hukuman mati.

Namun, eksekusi mati itu ternyata tetap dilaksanakan kemarin.

Hingga berita ini turun, pihak Kementerian Luar Negeri Indonesia belum menyampaikan keterangan resmi.

Namun, menurut informasi yang diperoleh Liputan6.com, Kemlu RI telah berkoordinasi dengan berbagai otoritas terkait dan pelbagai LSM pemerhati buruh migran Indonesia. Termasuk berencana untuk menggelar konferensi pers terkait langkah Arab Saudi mengeksekusi mati Zaini Misrin.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

Menyayangkan Sikap Pemerintah Arab Saudi

Ilustrasi Bendera Arab Saudi (iStockphoto via Google Images)

Ketua Umum SBMI Hariyanto menyayangkan sikap otoritas Saudi yang sangat terlambat mengabarkan pihak pemerintah Indonesia terkait proses hukum terhadap Zaini Misrin.

"Akhirnya pemerintah RI baru melakukan upaya diplomasi pada 2008, ketika Zaini telah dijatuhi vonis hukuman mati," kata Hariyanto saat dihubungi Liputan6.com, Senin (19/3/2018).

"Ditambah lagi, menurut informasi yang kami peroleh, sepanjang proses hukum, Zaini berkali-kali mengaku tidak melakukan pembunuhan itu. Kita juga menyayangkan sikap Saudi yang tidak memberikan hak-hak hukum yang optimal bagi Zaini sepanjang proses hukum tersebut," tambahnya.

Sementara itu, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah menjelaskan, sejak 2008, pemerintah RI sejatinya sudah melakukan berbagai upaya diplomasi dan hukum untuk membebaskan Zaini dari jerat hukuman mati.

Termasuk dalam tataran tertinggi antara kepala negara, yakni dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud.

Hukuman mati itu sempat ditunda selama satu tahun tiga bulan. Namun kemudian, tetap dilaksanakan tanpa memberitahu pihak RI.

"Sikap pemerintah Arab Saudi dalam melakukan eksekusi mati tanpa memberitahu pihak pemerintah Indonesia sangat disayangkan. Padahal, di satu sisi, pemerintah Indonesia dan lembaga swadaya sudah melakukan pengawalan untuk Zaini Misrin ketika kasus pidananya bergulir sejak 2008 lalu," jelas Ketum SBMI Hariyanto menimpali.

Sejatinya, menurut hukum yang berlaku di Arab Saudi, eksekusi mati terhadap warga negara asing bisa tetap dilakukan tanpa memberitahu pihak pemerintah WN asing yang bersangkutan. Namun, berbagai organisasi HAM, termasuk di Indonesia, telah lama mengkritik kebijakan tersebut.

"Ini kan masalah nyawa dan hidup manusia. Masa iya, mereka akan terus melakukannya tanpa memberitahu pemerintah WN asing yang bersangkutan? Apalagi, masih ada beberapa WNI kita yang terancam vonis hukuman mati di sana," kata Hariyanto.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos PLN: Proyek Listrik 35 Ribu MW Tidak Ada yang Mangkrak

Posted: 18 Mar 2018 08:30 PM PDT

PT PLN (Persero) memastikan proyek pembangkit listrik 35 ribu MW (Megawatt) berjalan lancar, sehingga tidak ada pembangunan terhenti alias mangkrak akibat terhambat.

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir mengatakan, pembangunan pembangkit listrik 35 ribu MW tidak ada yang mangkrak, bahkan saat ini pembangunan bergerak lebih cepat.

"Tidak ada proyek mangkrak, justru yang bisa dibilang percepatan," kata Sofyan seperti dikutip di Jakarta, Senin (19‎/3/2018).

Menurutnya, dalam pembangunan proyek tersebut, pemerintah membantu dalam pembebasan lahan. Selain itu, PLN diberikan kesempatan untuk membebaskan lahan dengan harga pasar, sehingga proses negosiasi pembebasan lahan lebih cepat.

"Kenapa hari ini pembebasan cepat dan jauh lebih baik, pertama beli harga pasar, dikawal kejaksaan, sehingga prosesnya kita melakukan konsinyiasi pengadilan," tutur Sofyan.

Sofyan melanjutkan, selain perbaikan mekanisme pembebasan lahan, PLN juga melakukan perbaikan dalam pemilihan kontraktor. ‎Ada syarat yang diberlakukan PLN untuk melihat keseriusan kontraktor dalam menggarap proyek pembangkit listrik 35 ribu MW.

Dia mencontohkan, salah satu syaratnya jika menggunakan perusahaan China, perusahaan tersebut harus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) China, selain itu juga menyiapkan uang jaminan 10 persen dari nilai proyek.

"Kontraktornya kalau yang China, BUMN China, enggak mau swasta. Taruh uang 10 persen dulu sebagai jaminan memang pemenang ini bergerak di kelistrikan," tandas Sofyan Basir

Jonan: Program Kelistrikan 35 Ribu MW Terus Berjalan

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan bahwa komitmen seluruh sektor menjadi kunci utama suksesnya pelaksanaan RUEN.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan bahwa program ketenagalistrikan 35 ribu Mega Watt (MW) tidak jalan di tempat. Saat ini pembangunan infrastruktur kelistrikan tersebut terus berjalan mengikuti kebutuhan.

Jonan mengatakan, program kelistrikan tersebut telah berjalan 2,5 tahun, tetapi proses pembangunan pembangkit membutuhkan waktu melebihi dari 2,5 tahun.

"Ini dimulai pertengahan 2015. Kalau pembangkit besar-besar enggak mungkin dua tahun. Kontruksi, penandatanganan PPA (jual beli listrik), pengadaan dan perencanaan," kata Jonan, di Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Jonan menambahkan, meski pembangunan sudah selesai‎, pengoperasian pembangkit masih membutuhkan waktu lebih lama menyesuaikan jenis pembangkit dan kapasitas.

Saat ini sebanyak 17.116 MW program kelistrikan sedang dalam tahap konstruksi. Selebihnya ada yang sudah tanda tangan kontrak dan ada yang dalam tahap pengadaan serta tahap perencanaan.

"Untuk yang tahap konstruksi ini tetap berjalan. Tidak ada masalah," tekan Jonan.

Sudah 40 Persen

Progress sebaran pembangkit listrik dan jaringan tranmisi yang telah dibangun PT. PLN demi program 35.000 MW untuk Indonesia.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir mengungkapkan, secara total kemajuan pembangunan proyek 35 ribu MW sudah mencapai 30 persen hingga 40 persen.

"Kalau ditanya 35.000 MW sudah selesai dalam dua tahun pasti saya berbohong. Tapi, kalau berbicara progress pembangunnnya itu sudah 30 persen sampai 40 persen," kata Sofyan.

Sofyan menjabarkan masa pembangunan pembangkit. Untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA) memakan waktu sekitar 6 tahun, untuk pembangkit panas bumi (PLTP) membutuhkan waktu sekitar 5 tahun, untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di atas 600 MW bisa mencapai 6 tahun dan di bawah 600 MW mencapai 3 tahun.

"Yang lebih cepat itu (pembangkit listrik berbahan bakar) gas bisa 8 bulan sampai 1 tahun," ujarnya.

 

Bukti Nyata

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan PLTU Jawa 7, 9 dan 10 dengan total kapasitas 4 ribu Mega Watt (MW), Kamis (5/10/2017). (Wicak/Liputan6.com)

Salah satu bukti kemajuan adalah pembangunan PLTU Jawa 7, PLTU Jawa 9, PLTU Jawa 10 dengan total kapasitas 4 ribu MW yang baru diresmikan Persiden Jokowi pada 5 Oktober 2017. Selain itu, masih ada PLTU Jawa I di CIlacap yang penyelesainnya sudah mencapai 37 persen.

Di samping program 35 ribu MW, Pemerintah juga tengah menyelesaikan Program 7 ribu MW yang terdiri dari lanjutan Fast Track Program (FTP) I, FTP II dan regular.

Status program tersebut sebanyak 6.424 MWatau sekitar 82 persen sudah bisa beroperasi hingga Januari 2018 dan 1.407 MW atau 18 persen dalam tahapan konstruksi.

Sebagaimana diketahui bahwa total kapasitas terpasang pembangkit listrik nasional hingga akhir 2017 sekitar 60 GW.

Kapasitas terpasang tersebut meningkat dibanding tahun 2014 yang sebesar 53 GW. Artinya dalam 3 tahun terakhir, tambahan pembangunan pembangkit listrik mencapai 7 GW.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pendekatan Menyentuh Duta WHO pada Penderita Kusta

Posted: 18 Mar 2018 08:30 PM PDT

Yohei Sasakawa, Ketua The Nippon Foundation dan Duta WHO, masih kuat keliling dunia guna menjalankan misi mengeliminasi kusta. Sasakawa berkeliling Sulawesi, mulai dari Gowa hingga Palu dijelajahi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: