Jumat, 08 Februari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Petaka di Rumah Kontrakan, Suami Habisi Nyawa Selingkuhan Istri

Posted: 08 Feb 2019 09:43 PM PST

Patroli, Bangka Tengah - Memergoki istri berduaan dengan lelaki di dalam kamar, seorang pria di Koba, Bangka Tengah, Bangka Belitung, nekat menghabisi nyawa kekasih gelap istrinya. Pelaku sempat menggotong jasad korban menuju kantor polisi untuk menyerahkan diri.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Sabtu (9/2/2019), sebuah rumah kontrakan di Koba, Kabupaten Bangka Tengah, menjadi saksi bisu kekejian tersangka Joni saat menghabisi nyawa selingkuhan istrinya. 

Petaka terjadi saat pelaku pulang sekitar pukul 01.00 dini hari. Namun, ketika mengetuk pintu rumah tak ada jawaban dari sang istri, pelaku berusaha mengintip ke kamar melalui jendela.

Alangkah terkejutnya saat pelaku melihat sang istri sedang berduaan di dalam kamar bersama seorang lelaki berinisial FR.

Pelaku kemudian menyerang korban dengan sebilah pisau hingga korban akhirnya roboh. Tersangka sempat menggotong jasad korban menuju kantor polisi untuk menyerahkan diri. Namun, baru 200 meter lantaran kelelahan, ia meletakan tubuh FR di sebuah lahan kosong. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Keanu Massaid, Putra Angelina Sondakh yang Jago Main Piano

Posted: 08 Feb 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama anak Angelina Sondakh dan mendiang Adjie Massaid, Keanu Massaid, sudah jarang terdengar di telinga publik. Sejak sang ibu mendekam di bui, kabar anak laki-laki berumur sembilan tahun itu bagai hilang ditelan bumi.

Kini dikabarkan anak laki-laki yang biasa dipanggil Keanu itu diasuh oleh kakek, nenek beserta pengasuhnya. Keanu pun tumbuh sebagai anak laki-laki cerdas yang berwajah rupawan seperti mendiang ayahnya.

Artikel tentang potret Keanu Massaid, putra Angelina Sondakh yang jago main piano terpopuler di kanal Citizen6 Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni Hotman Paris blak-blakan perihal prostitusi online di kalangan selebritas Indonesia.

Adapun artikel ketiga terpopuler adalah beberapa guyonan tulisan pak polisi menilang cowok yang merusak sepeda motor,

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Potret Keanu Massaid, Putra Angelina Sondakh yang Jago Main Piano

Ketampanan Keanu Massaid yang bikin warganet pangling. [foto: instagram/aaliyah.massaid]

Keanu Massaid adalah anak Angelina Sondakh dan mendiang Adjie Massaid. Namun, namanya sudah jarang terdengar di telinga publik. Penasaran bagaimana potret Keanu Massaid saat ini?

Selengkapnya...

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

2. Hotman Paris Blak-blakan Perihal Prostitusi Online di Kalangan Selebriti Indonesia

Preskon film Stop Bullying (Adrian Putra/bintang.com)

Di media sosial, kasus prostitusi online banyak dibahas berbagai kalangan yang menyayangkan tindakan sejumlah aktris dan model yang dikabarkan mengikuti bisnis tersebut.

Selengkapnya...

 

3. 8 Guyonan Tulisan Pak Polisi Tilang Cowok yang Merusak Motor, Kocak Abis

(sumber: Twitter)

Sebuah video seorang pemuda merusak sepeda motornya viral di dunia maya. Pemuda itu berusaha mengangkat dan memreteli bagian-bagian sepeda motor. Tapi, hal yang menarik perhatian adalah sikap pak polisi dan terlihat tenang bahkan sembari menulis. Sebenarnya pak polisi menulis apa sih?

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Warriors Lumat Suns

Posted: 08 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Golden State Warriors memberikan kado ulang tahun spesial untuk shooting guard Klay Thompson. Warriors menghajar Phoenix Suns 117-107 pada lanjutan NBA, Jumat (8/2/2019) waktu setempat atau Sabtu (9/2/2019) pagi WIB. 

Thompson merayakan ulang tahun ke-29 tepat pada laga kontra Suns. Thompson bermain bagus pada laga NBA ini dengan menyumbang 25 poin.

Berkunjung ke markas Suns, Warriors telat panas. Di kuarter pertama mereka tertinggal 26-31. Bahkan Suns sempat unggul hingga 14 poin. 

Warriors bangkit di kuarter dua. Stephen Curru dan kawan-kawan berbalik unggul saat jeda setelah melesakkan 34 poin berbanding 22 poin di kuarter dua. 

Suns coba membalas di kuarter tiga. Mereka kembali unggul tipis di akhir kuarter tiga setelah unggul 32-22 di kuarter tiga. 

Sayangnya tren positif ini tak berlanjut di kuarter terakhir. Warriors membalikkan keadaan berkat mencetak 35 poin dan meredam Suns hanya melesakkan 22 poin. 

Kevin Durant membuat 21 poin di laga ini untuk Warriros. Curry menyusul dengan 20 angka. Di kubu Suns, guard Kelly Oubre finis dengan 25 angka. 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Investor Asing Lepas Saham, IHSG Melemah pada Pekan Ini

Posted: 08 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cenderung tertekan selama sepekan. Aksi jual investor asing dan kekhawatiran investor terhadap kondisi global menekan IHSG.

Berdasarkan laporan PT Ashmore Assets Management Indonesia, Sabtu (9/2/2019), IHSG koreksi 0,26 persen selama sepekan. IHSG susut dari posisi 6.538 pada 1 Februari 2019 menjadi 6.521 pada 8 Februari 2019.

Pada pekan ini, investor asing jual saham USD 10 juta atau sekitar Rp 139,73 miliar (asumsi kurs Rp 13.973 per dolar AS).

Sementara itu, indeks obligasi naik 0,76 persen selama sepekan. Hal ini seiring imbal hasil surat berharga AS melemah.

Sejumlah sentimen pengaruhi pasar keuangan global yang berdampak terhadap pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Dari eksternal, perkembangan perang dagang masih jadi perhatian pelaku pasar. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan tidak akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping sebelum 2 Maret yang merupakan tenggat waktu kesepakatan perdagangan AS-China.

Pernyataan Trump terjadi usai laporan pejabat senior menyatakan kalau pertemuan itu sangat tidak mungkin terjadi dalam beberapa waktu mendatang. Sementara itu, Trump dan Xi masih diperkirakan bertemu.

Namun, ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk selesaikan kesepakatan dengan China. Trump juga mempersiapkan pertemuan dengan pimpinan Korea Utara Kim Jong Un pada 27-28 Februari 2019.

Selain perang dagang, perkembangan Brexit juga dicermati pelaku pasar. Eropa mengatakan kepada Perdana Menteri Inggris Theresa May kalau tidak akan membuka kembali pembicaraan mengenai perjanjian Brexit saat di Brussel untuk membujuk para pemimpin Uni Eropa menyetujui perubahan penting seperti yang diminta Parlemen Inggris.

Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker menuturkan, Uni Eropa hanya dapat "menambahkan kata-kata" pada deklarasi politik tentang apa yang diinginkan dalam hubungan di masa depan.

 

Mantan Pimpinan The Fed Sebut Ada Peluang Penurunan Suku Bunga

Foto: Economic Policy Journal

Sentimen lainnya yaitu, mantan pimpinan The Federal Reserve Janet Yellen menyarankan untuk penurunan suku bunga jika perlambatan pertumbuhan global berlanjut. "The Federal Reserve mungkin akan memangkas suku bunga jika pertumbuhan di seluruh dunia melemah dan berimbas ke AS," ujar Yellen.

Melihat ekonomi saat ini, ia melihat ada kekuatan meski ada ancaman dari luar negeri. "Sejauh ini data ekonomi AS solid dan kuat. Seperti yang diketahui tingkat pengangguran terendah dalam 50 tahun, kinerja sektor tenaga kerja yang baik, inflasi rendah," tutur dia.

Ia memperkirakan, pertumbuhan ekonomi sekitar tiga persen pada 2019.

Sentimen Dalam Negeri

Adapun sentimen dari dalam negeri yaitu rilis cadangan devisa Indonesia. Bank Indonesia (BI) melaporkan cadangan debisa turun dari USD 120,7 miliar pada Desember 2018 menjadi USD 120,1 miliar pada Januari 2019.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Agusman menilai, penurunan cadangan devisa didorong oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Selain itu, penerimaan pajak pada Januari 2019 diperkirakan tumbuh 11-12 persen secara year on year (YoY), ini relatif mendatar. Pada Januari 2018, penerimaan pajak sekitar Rp 78,9 triliun.

Pada pekan ini, BI juga melaporkan defisit transaksi berjalan. Defisit transaksi berjalan Indonesia melebar pada kuartal IV 2018. Akan tetapi ada upaya membatasi impor sehingga neraca pembayaran Indonesia kembali surplus untuk pertama kali dalam setahun.

Data BI menunjukkan defisit transaksi berjalan melebar ke USD 9,1 miliar atau 3,57 persen dari produk domestik bruto (PDB) pada kuartal IV 2018,

Akan tetapi, Indonesia mencatatkan surplus USD 5,4 miliar dalam neraca pembayaran seiring aliran portofolio yang kuat masuk pada Oktober-Desember 2018 dibandingkan tiga bulan sebelumnya defisit USD 4,4 miliar.

 

Aliran Dana Investor Asing

Pekerja tengah melintas di dekat papan pergerakan IHSG usai penutupan perdagangan pasar modal 2017 di BEI, Jakarta, Jumat (29/12). Pada penutupan perdagangan saham, Jumat (29/12/2017), IHSG menguat 41,60 poin atau 0,66 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lalu apa yang dicermati ke depan?

Ashmore menyoroti aliran dana investor asing ke Indonesia. Aliran dana investor asing masuk cukup kuat ke pasar saham Indonesia pada Januari 2019.

Berdasarkan data BEI, hingga 30 Januari 2019, aksi beli investor asing capai Rp 25,36 triliun. Hal ini berbeda dengan aliran dana yang keluar pada Desember 2018.

Akan tetapi, investor asing merealisasikan keuntungan baru-baru ini didorong kecemasan kesepakatan perdagangan China-AS. Ditambah ketakutan terhadap pertumbuhan global yang melambat.

Ashmore melihat, kesepakatan perdagangan AS-China terlihat macet. Ini menjadi masuk akal bagi investor asing untuk gelisah. Oleh karena itu, sentimen tersebut menjadi alasan aksi jual di seluruh pasar negara berkembang pada 2018.

Akan tetapi, Ashmore memandang kalau kesepakatan perdagangan tidak ada kenaikan tarif lebih lanjut antara China dan AS tanpa korbankan pertumbuhan di AS.

"Kami terus melihat kalau itu akan hadirkan masalah bagi peluang pemerintahan Trump untuk jalankan kampanye yang baik pada 2020," tulis Ashmore dalam laporannya.

Selain itu, kekhawatiran perlambatan ekonomi global karena Bank sentral Eropa, Bank of England merekomendasikan pertumbuhan kurang baik. Hal tersebut bukan hal baru.

"Kami telah melihat konsensus pertumbuhan produk domestik bruto negara maju melambat pada 2019. Kemungkinan berlanjut pada 2020. Kami percaya itu salah satu alasan mengapa banyak investor memasuki negara berkembang lebih awal. Ini disebabkan sifat pertumbuhan produk domestik bruto negara berkembang lebih stabil," tulis Ashmore.

Hal itu dinilai memberikan sedikit kepercayaan diri meski kondisi global masih berisiko. Investor pun sudah aktif kembali masuk melihat fundamental ekonomi negara berkembang dan Indonesia.

"Kami harapkan investor asing kembali ke Indonesia dulu. Mengingat kurangnya pilihan di luar sana. Kami percaya Indonesia unggul dalam produk domestik bruto (PDB) dan penguatan mata uang dapat menjadi kekuatan menarik bagi aliran dana investor asing. Ambil peluang ketika pasar melambat, Indonesia masih berada di tiga besar untuk pilihan investor pada 2019," tulis Ashmore.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indra Bekti Kenang Momen Tertawa Bareng Olga Syahputra

Posted: 08 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada 8 Februari merupakan hari kelahiran mendiang Olga Syahputra. Di tanggal tersebut, banyak yang mengenang mendiang Olga Syahputra, salah satunya adalah Indra Bekti.

Indra Bekti mengenang masa-masa ketika dirinya bersama dengan Olga Syahputra bercanda bersama. Kenangan tersebut diunggahnya ke dalam Instagram di hari kelahiran Olga Syahputra.

"hari ini tgl 8 february tepat ulang tahun almarhum Olga Syahputra, gak akan kita melupakan becandaan elo yang gokil itu ga, pernah kita telponan ampe 4 jam elo ngelawak di HP ampe panas kuping gw, dan masih banyak kenangan kenangan kita gaaaa...," tulis Indra Bekti pada Jumat (8/2/2019).

 

Foto Kenangan

Indra Bekti

Tak hanya itu saja, Indra Bekti juga menyertakan sebuah foto yang menampilkan dirinya bersama dengan Olga Syahputra dan Indy Barends saat masih dalam satu acara.

"sampe waktu elo dirawat di Singapore itu elo malah sempet dateng ke mimpi gw, tetep bikin gw ketawa juga , dan foto ini waktu kita di Ceriwis dulu bareng tendy," tulis Indra Bekti.

Doa

Indra Bekti

Terakhir, Indra Bekti memanjatkan doa terbaik untuk sahabatnya itu. "Untuk Olga kita doain semoga elo diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah amin, Alfatihah," tulisnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemotor Ngamuk di Tangsel Terancam Hukuman Penjara di Atas 6 Tahun

Posted: 08 Feb 2019 09:23 PM PST

Patroli, Tangerang Selatan - Aksi perusakan motor seorang pemuda saat ditilang polisi di Tangerang Selatan, berbuntut panjang. Polisi menjerat pelaku dengan pasal berlapis dan terancam hukuman penjara di atas 6 tahun. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Sabtu (9/2/2019), Adi Supriadi, pria yang mengamuk dan menghancurkan sepeda motor yang ditumpangi bersama rekan wanitanya, telah ditetapkan sebagai terangka oleh Satreskrim Polres Tangerang Selatan.

Dirinya dikenakan pasal berlapis di mana terdapat unsur pidana penadahan sepeda motor, karena ketidak sesuaian nomor kerangka dengan surat-surat kendaraan. Unsur pidana lainnya yang menjerat tersangka lantaran melakukan perusakan barang bukti di hadapan petugas.

Pelaku merasa kesal dan tak terima saat ditilang karena pelanggaran lalu lintas, akibat tidak memiliki SIM, tidak memasang nomor polisi serta tidak memakai helm.

Selain mengamankan barang bukti, polisi juga melakukan tes urine kepada tersangka karena dikhawatirkan berada di bawah pengaruh narkoba. Namun hasilnya dinyatakan negatif.(Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap 3 Pencuri Barang Bukti Skandal Pengaturan Skor di Kantor PSSI

Posted: 08 Feb 2019 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menetapkan tiga orang sebagai tersangka kasus pencurian dan pengerusakan barang bukti terkait skandal pengaturan skor di Kantor Komisi Disiplin (Komdis) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Jalan Taman Rasuna Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Syahar Diantono mengungkapkan, ketiga tersangka yang ditangkap masing-masing bernama M Mardani Mogot alias Dani, Musmuliadi alias Mus, dan Abdul Gofur.

"Persangkaan tindak pidana bersama-sama melakukan pencurian dengan pemberatan dan atau memasuki dengan cara membongkar, merusak, atau menghancurkan barang bukti yang telah dipasang police line oleh penguasa umum," ujar Syahar melalui keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu (9/2/2019).

Mereka dijerat dengan Pasal 363 dan atau Pasal 235 KUHP dan atau Pasal 233 KUHP dan atau Pasal 232 KUHP dan atau Pasal 221 KUHP jo Pasal 55 KUHP. Namun polisi tidak menahan ketiganya setelah diperiksa sebagai tersangka.

"Para tersangka tidak ditahan dengan pertimbangan kooperatif saat pemeriksaan," tutur Syahar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ketiga tersangka masuk ke Kantor Komdis PSSI yang telah dipasangi garis polisi untuk mengambil barang bukti berupa rekaman CCTV, laptop, ponsel, dan beberapa dokumen. Padahal area yang disegel dengan garis polisi tidak boleh diakses karena dalam proses penegakan hukum.

Para tersangka dikabarkan berprofesi sebagai office boy di Kantor PSSI dan di sebuah klub sepakbola Indonesia serta sopir salah satu pengurus PSSI. Namun hingga berita ini ditulis, polisi belum mengonfirmasi latar belakang tersangka.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hailey Baldwin Ungkap Sulitnya Menjadi Istri Justin Bieber

Posted: 08 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Di penghujung 2018 lalu, Justin Bieber dan Hailey Baldwin memutuskan untuk menikah. Jalinan asmara yang sempat kandas, akhirnya berlabuh dalam ikatan suci pernikahan.

Kini Justin Bieber dan Hailey Baldwin baru saja menjalani wawancara perdana mereka dengan majalah Vogue. Ditanya tentang banyak hal, pasangan ini pun berbagi cerita suka dan duka selama membina rumah tangga bersama.

Tanpa diduga-duga, ternyata Hailey Baldwin mengaku, ia mengalami banyak hal berat selama menikah dengan Justin Bieber. Baginya, pernikahan tak melulu soal cinta-cintaan dan selamanya bahagia, karena tantangannya jauh lebih besar daripada itu.

"Masalahnya, menikah itu sangat berat. Itu adalah kalimat yang harus membimbingmu. Itu benar-benar sangat sulit," jawab Hailey Baldwin saat ditanya soal pernikahannya dengan Justin Bieber.

Hailey juga mengaku di minggu-minggu awal pernikahannya, ia sempat merasa kangen orangtuanya. Padahal mereka sudah hidup terpisah selama kurang lebih 5 tahun. Bukan tanpa alasan, itu semua karena ia sangat tertekan dengan komentar haters.

"Aku berdoa agar aku bisa tenang dengan keputusan itu (menikah dengan Justin), hingga akhirnya itu benar-benar terjadi. Aku sangat mencintainya. Aku sudah mencintainya sejak lama," tutur model cantik berambut blonde ini.

Perjuangan Awal

Hailey Baldwin dan Justin Bieber (dok. Instagram @haileybieber/https://www.instagram.com/p/BtlmrFuFTVH/Putu Elmira)

Tidak hanya berhenti sampai di situ saja, Hailey juga mengaku ingin membina hubungan yang sehat bersama Justin. Dan ia juga ingin semua orang tahu seperti apa perjuangan mereka dari awal hingga akhirnya memutuskan untuk menikah.

"Kami memilih untuk belajar sambil menjalani (pernikahan ini). Aku tidak bisa hanya duduk dan berbohong, bilang kalau ini semua adalah sebuah keajaiban. Ini pasti akan sulit. Ini adalah sebuah pilihan. Kamu tak akan merasakannya setiap hari. Kamu takkan bakal bangun dan terus-terusan bilang, 'Aku sedang jatuh cinta, dan kamu begitu sempurna'. Itu bukanlah makna sebuah pernikahan," ungkap Hailey.

Berkomitmen

(instagram/justinbieber)

Ia menambahkan, "Ada sesuatu yang indah di dalamnya, rasa ingin bertengkar tentang suatu hal, komitmen untuk membangun hubungan dengan seseorang. Kami sangat muda, dan itu adalah aspek yang menakutkan. Kami pasti akan banyak berubah. Namun kami berkomitmen untuk tumbuh bersama dan tetap saling support selama masa perubahan itu. Itu sudut pandangku. Pada akhirnya, dia adalah sahabatku dan aku tak pernah bosan dengannya."

"Dan kamu adalah my baby boo," tutur Justin menimpali seraya tersenyum menatap sang istri. Tidak hanya dewasa, rupanya hubungan di antara mereka benar-benar romantis bukan? (Soraya/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orang yang Kamu Bantu Pertama Kali di Gambar Ini Ungkap Kepribadianmu

Posted: 08 Feb 2019 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manusia hidup dengan keputusan yang berbeda-beda setiap harinya. Misalnya, pagi ini kamu memilih bangun awal agar bisa sarapan bubur. Besoknya, kamu memilih bangun siang karena kamu ingin bersantai di kamar.

Pilihan hidup dapat mencerminkan kepribadian. Contohnya, dengan hanya melihat sebuah gambar, kamu bisa mengetahui kepribadian seseorang.

Jika biasanya tes kepribadian dilakukan dengan menentukan gambar pertama yang kamu lihat, lain halnya dengan tes kepribadian kali ini.

Pada tes kepribadian ini, kamu hanya perlu memilih orang yang akan kamu bantu pertama kali. Perhatikan dengan seksama gambar berikut, lalu tentukan siapa yang sangat ingin kamu bantu.

Tes Kepribadian (foto: The Minds Journal)

Selanjutnya, simak penjelasan lengkap yang dirangkum Liputan6.com dari The Minds Journal, Sabtu (9/2/2019).

Suster yang menjatuhkan buku

Jika kamu memilih seorang suster yang tidak sengaja menjatuhkan buku sebagai orang pertama yang akan kamu bantu, artinya kamu adalah tipe yang easy going. Kamu enggak pernah merasa terganggu dengan adanya masalah serius.

Selain itu, kamu juga menyukai warna-warna cerah yang menandakan kamu adalah sosok yang optimis. Pola pikirmu yang santai juga membuatmu merasa terbuka dengan orang sekitar sehingga kamu biasa berkomunikasi dengan baik.

Bagimu, semua orang pasti akan mengalami keterpurukan. Tapi, kamu percaya bahwa kondisi itu hanya terjadi untuk sementara. Sama seperti hujan yang akan digantikan oleh pelangi.

Pria yang kakinya terluka

Pada gambar tersebut, terdapat seorang pria yang tidak sengaja menjatuhkan kruknya. Jika kamu memilih membantu pria ini, artinya kamu terlahir sebagai pemimpin.

Kamu akan segera membantu pria tersebut karena kamu tahu bahwa dia akan kesulitan untuk berjalan tanpa alat itu. Selanjutnya, kamu akan membantunya berdiri.

Tindakanmu ini mencerminkan kemampuan kepemimpinanmu. Karena kamu sering membantu orang lain, tak jarang kamu sering menarik perhatian orang di sekitarmu.

Selain itu, alasanmu membantu pria itu adalah karena kamu menghargai usaha pria tersebut yang tetap beraktivitas meskipun dengan kondisi kakinya yang memprihatinkan.

Bayi yang menangis

Ada bayi yang sedang menangis dan tidak ada yang tahu penyebabnya. Jika kamu memilih untuk membantu menenangkan bayi tersebut, artinya kamu adalah tipe yang sangat peka dan nggak suka melihat orang lain menderita.

Apalagi, bayi belum bisa berbicara sehingga mereka tidak tahu bagaimana mengungkapkan perasaannya. Akhirnya, menangis menjadi satu-satunya cara yang akan mereka lakukan.

Meskipun kamu tidak tahu apa alasan di balik tangisan bayi tersebut, kamu tetap mengulurkan tanganmu untuk membantunya. Terkadang, karena kamu sering melakukan hal ini, perasaanmu jadi sering terluka.

Nenek yang sedang berjalan

Gambar tersebut dengan jelas menggambarkan seorang nenek yang kesulitan berjalan. Meskipun nenek tersebut mengenakan kacamata hitam, tidak bisa langsung disimpulkan bahwa nenek itu adalah seorang tunanetra.

Jika kamu memilih nenek tua tersebut, artinya kamu memiliki indera perasaan yang kuat. Kamu menghargai nilai-nilai tradisional dan sangat menghormati budaya serta peninggalannya. Kamu juga sangat menghormati orang yang lebih tua.

Pada dasarnya, kamu adalah tipe yang optimis. Kamu paham bahwa seseorang yang sudah tua pun masih bisa berkontribusi di masyarakat. Untuk itu, kamu merasa bahwa sudah menjadi tugasmu untuk membantu mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Negatif Narkoba, Adi Saputra Jalani Tes Kejiwaan

Posted: 08 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Adi Saputra, pria yang mendadak viral karena merusak motor saat ditilang terbukti tidak memakai narkoba. Ia kini akan menjalani tes kejiwaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DBD Menyerang Tasikmalaya, 2 Orang Meninggal Dunia

Posted: 08 Feb 2019 09:11 PM PST

Fokus, Jakarta - Keluarga Sarjono yang tinggal di Jalan Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, diliputi duka mendalam menyusul tewasnya sang anak Alifah Sofiana. Nyawa bocah berusia 4 tahun itu tak tertolong lantaran menderita demam berdarah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (9/2/2019), demam Alifah sempat turun pada Jumat kemarin. Alifah ditengarai sebagai korban meninggal dunia pertama awal tahun ini di Jakarta Barat.

Demam berdarah dikenal punya tiga fase. Setelah fase demam tinggi, biasanya demamnya turun, tetapi itulah yang dikenal sebagai fase kritis.

Sementara, kesedihan juga dirasakan pasangan Rompi dan Lia, warga Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya. Anak bungsunya yang pada 11 Februari lusa genap berusia 3 tahun, meninggal dunia dengan gejala seperti demam berdarah.

Selain demam tinggi, trombositnya juga menurun drastis dalam waktu singkat. Kendati sempat dibawa ke rumah sakit, bocah itu tidak bisa diselamatkan.

Meninggal akibat demam berdarah tidak hanya dialami anak-anak. Agus Suherlan (55) yang merupakan warga Kampung Aboh, Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya, juga meninggal dunia.

Pria yang berprofesi sebagai pencari barang bekas itu sempat dirawat dua hari di rumah sakit sebelum menghembuskan napas terakhirnya. Selama bulan Januari hingga Februari 2019, sebanyak tiga orang warga Tasikmalaya meninggal dengan gejala demam berdarah. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Cabut Remisi Pembunuh Jurnalis di Bali

Posted: 08 Feb 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah mendapat kiritikan dan masukan dari berbagai pihak, Presiden Jokowi akhirnya meneken pembatalan remisi yang diberikan terhadap I Nyoman Susrama, terpidana pembunuh berencana wartawan Radar Bali (Jawa Pos Group), AA Gde Bagus Narendra Prabangsa.

Hal itu dikatakan Jokowi usai menghadiri puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Grand City, Surabaya, Sabtu (9/2/2019).

Momen itu terjadi di sela-sela Presiden Jokowi bersalaman dengan para peserta yang hadir dalam perhelatan tersebut. Saat itu Pemimpin Redaksi Jawa Pos Koran, Abdul Rokhim menanyakan ke Presiden Jokowi mengenai remisi yang didapat oleh Susrama.‎ Terpidana pembunuh AA Gde Bagus Narendra Prabangsa.

"Pak Jokowi, kami masih menagih revisi remisi pembunuh Prabangsa Pak," tanya Abdul Rokhim ke Presiden Jokowi‎ di lokasi.‎‎

Dengan senyuman, Presiden Jokowi pun menimpali pertanyaan itu, bahwa dirinya telah meneken Kepres pembatalan remisi yang didapat Susrama.

"Sudah-sudah saya tanda tangani," timpal Jokowi sambil tersenyum kecil.

Langsung saja momen tersebut membuat bahagia Abdul Rokhim. Karena di puncak Hari Persa Nasional, Sursuma tidak jadi mendapat remisi.

"Terima kasih Pak Jokowi, Redaksi Jawa Pos Pak, terima kasih," kata Abdul Rokhim seperti dikutip dari jawapos.com

‎Presiden Jokowi sebelumnya memberikan remisi terhadap I Nyoman Susrama. Susrama adalah terpidana yang menjadi otak pembunuh berencana wartawan Radar Bali Jawa Pos Group, AA Gde Bagus Narendra Prabangsa, pada 2009 silam.

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas II B Bangli, Made Suwendra, membenarkan adanya grasi dari Presiden Jokowi untuk terpidana Susrama.

Menurut Suwendra, remisi yang diberikan kepada Susrama adalah perubahan hukuman dari pidana seumur hidup menjadi 20 tahun penjara.

 

Keppres Remisi

Capres petahana Joko Widodo atau Jokowi menghadiri deklarasi dukungan di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Adapun dalam surat keputusan presiden (Keppres) setebal 40 halaman itu, nama Susrama berada di urutan 94 dengan keterangan perkara pembunuhan berencana yang dilakukan secara bersama-sama, berdasar putusan PN Denpasar Nomor: 1002/Pid.B/2009/PN.DPS/ tanggal 15 Februari 2010 juncto putusan PT Denpasar Nomor 29/PID/2010/PT.DPS tanggal 16 April 2010 juncto putusan Kasasi MA Nomor 1665K/PID/2010 tanggal 24 September 2010.

Keputusan presiden itu ditetapkan di Jakarta tanggal 7 Desember 2018 bernomor: 29/2018 tentang Pemberian Remisi Berupa Perubahan Dari Pidana Penjara Seumur Hidup Menjadi Pidana Penjara Sementara. Salinan keputusan tersebut ditandatangani Asisten Deputi Bidang Hukum Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Budi Setiawati.

Kasus pembunuhan berencana itu terjadi pada 11 Februari 2009 silam di kediaman Nyoman Susrama yang berlokasi di Banjar Petak, Bangli. Eksekusi pembunuhan diperkirakan dilakukan sekitar pukul 16.30 hingga 22.30 WITA‎.

Diketahui, Nyoman Susrama bukan pelaku langsung, melainkan aktor intelektual yang mendalangi aksi keji itu. Selain Susrama, polisi juga menetapkan 6 orang lainnya sebagai tersangka, yaitu Komang Gede, Nyoman Rencana, I Komang Gede Wardana alias Mangde, Dewa Sumbawa, Endy, dan Jampes.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahyudin Jelaskan Perbedaan Peran MPR Sebelum dan Setelah Reformasi

Posted: 08 Feb 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ratusan masyarakat Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, memenuhi Aula Serbaguna, Kantor Camat Loa Janan, pada Sabtu (9/2/2019). Mereka yang terdiri dari ibu-ibu, pelajar, pramuka, guru, dan masyarakat umum berada di sana untuk mengikuti Seminar Empat Pilar MPR.

Dalam acara tersebut, hadir Wakil Ketua MPR, Mahyudin, sebagai pembicara utama. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan bahwa MPR sebelum UUD Tahun 1945 diamandemen merupakan lembaga tertinggi negara. Sebagai lembaga tertinggi, MPR yang beranggotakan anggota DPR, utusan golongan, dan daerah, bermusyawarah untuk menentukan masa depan bangsa.

"MPR saat itu dianggap sebagai representasi rakyat Indonesia," ujar Mahyudin.

Setelah adanya gerakan reformasi yang dilalukan oleh mahasiswa pada 1998 dengan tuntutan adanya demokratisasi, membuat tatanan bernegara dan berbangsa berubah.

"Akhirnya UUD Tahun 1945 diamandemen," ucap Mahyudin.

Amandemen yang terjadi membuat MPR tak lagi menjadi lembaga tertinggi.

"Anggotanya pun juga berubah," kata Mahyudin.

Selepas reformasi, anggota MPR terdiri dari anggota DPR dan DPD. Kedudukan MPR pun menjadi setara dengan DPR, DPD, MK, KY, BPK, dan lembaga negara lainnya.

Walaupun MPR tak lagi sebagai lembaga tertinggi, ujar Mahyudin, MPR tetap memiliki kewenangan tertinggi, yaitu mengamandemen Undang-Undang Dasar (UUD). Namun, ia mengakui bahwa melakukan amandemen memerlukan proses yang rumit. Misalnya, tahap awal harus diusulkan oleh sepertiga anggota MPR disertai alasan mengapa perlu amandemen. 

Perubahan lain yang terjadi setelah amandemen adalah metode pemilihan presiden.

"Dulu presiden dipilih anggota MPR, sekarang dipilih langsung oleh rakyat," ujar Mahyudin.

Selain itu, masa jabatan seseorang untuk menjadi presiden kini dibatasi dua periode.

"Berbeda pada masa sebelum era reformasi," ucap Mahyudin.

Berbicara soal Pemilu Presiden, ia berharap agar masyarakat menggunakan hak pilihnya. Menggunakan hak pilih secara elegan. Jangan mencaci maki, memfitnah, dan menyebar hoax tentang calon presiden yang ada. 

Mahyudin mengatakan, bangsa Indonesia sedang dalam proses perjalanan menuju ke titik ideal soal demokratisasi dan Pemilu Presiden. Calon presiden bisa berasal dari mana saja.

"Bisa saja nanti ada Presiden dari Kalimantan Timur. Mungkin ia dari pelajar yang hadir dalam acara ini," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Mahyudin juga memaparkan tugas MPR. Tugas MPR antara lain, memasyarakat Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, melakukan kajian ketatanegaraan, dan menyerap aspirasi masyarakat.

Terkait memasyarakatkan Empat Pilar, menurutnya hal ini penting dilakukan sebab ada tantangan kebangsaan yang menghadang bangsa ini. 

"Dulu semua elemen masyarakat wajib mengikuti Penataran P4. Beberapa tahun setelah reformasi, model seperti itu tak ada lagi sehingga MPR melihat ada kekosongan dalam masalah pemantapan ideologi," ujar Mahyudin.

Ia mengakui, kekosongan pemantapan ideologi menimbulkan perubahan perilaku masyarakat. Hadirnya teknologi komunikasi seperti handphone membuat perilaku masyarakat berubah drastis.

"Masyarakat sekarang lebih suka main handphone. Bahkan, di kamar antara suami dan istri main handphone sendiri-sendiri. Sebelum ada handphone masyarakat suka gotong royong," ucap Mahyudin.

Tak hanya itu yang terjadi, imbuhnya, bangsa ini sekarang juga mengalami krisis ketauladanan kepemimpinan. Mahyudin mengatakan, sekarang banyak pejabat negara dan daerah ditangkap karena melakukan korupsi.

"Dari ketua lembaga negara, wakil rakyat, kepala daerah, sampai kepala desa ada yang ditangkap karena korupsi," kata Mahyudin.

Dirinya pun merasa prihatin atas fenomena di atas. Untuk itu, ujar Mahyudin, MPR melakukan sosialisasi agar masyarakat ingat nilai-nilai luhur bangsa dan mengimplementasikan dalam keseharian.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yamaha Setuju Motor Masuk Tol, tapi..

Posted: 08 Feb 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wacana motor masuk tol yang beberapa waktu ini berkembang menuai pro dan kontra. Yamaha, salah satu pabrikan motor terbesar di Indonesia, setuju hal itu.

Tentu saja sebagai pelaku industri, mereka hanya bisa menunggu apa yang sudah ditetapkan pemerintah. Apalagi merek berlambang garpu tala ini, masih berharap adanya keuntungan dari bertambahnya populasi motor.

Hal ini diungkapkan oleh Dyonisius Beti Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) beberapa waktu lalu.

"Motor sport kami baru keluarkan R25, sebelumnya R15. Sekarang kami lagi menunggu apakah pemerintah mengizinkan perubahan pajak atau tol. Kalau motor 250 cc ke atas bisa masuk tol, itu lebih bagus," jelasnya.

Meski berharap motornya laris, Yamaha ternyata masih menekankan perlunya perhatian seksama sebelum menyajikan skema jalan tol untuk motor ini di berbagai wilayah Indonesia.

"Kami tentunya mendukung pemerintah. Namun juga harus hati-hati jika motor masuk tol. Seharusnya, tidak semua motor masuk jalan tol. Karena keselamatan pengendara sangat penting," tutur Dyon.

Maksud Dyon, harus ada pembatasan jelas jenis motor yang diizinkan masuk ke jalur berkecepatan tinggi itu. Pun dengan pengendara yang dibolehkan untuk melajukan kuda besinya di jalan tol. Haruslah memiliki kompetensi yang baik dan memiliki wawasan serta legalitas untuk melintas.

"Di negara maju, konsumen sudah terdidik dengan baik. Surat izin mengemudi baik. Dengan hal itu, otomatis kemampuan berkendaranya bagus. Biasanya kalau kita lihat di tol-tol Amerika, Eropa, motor kan boleh masuk. Tapi pengendaranya benar-benar perhatian dengan safety dan disiplin.

 

Selanjutnya

Untuk diketahui, di Indonesia sudah ada jalan tol yang bisa diakses oleh masyarakat pengguna motor. Adalah ruas tol Bali dan Suramadu.

Namun kedua jalan tol itu memiliki jalur khusus yang memisahkan ruang jalan untuk mobil dan motor. Dengan konsep ini, tak perlu ada pembatasan kapasitas mesin maupun tenaga dari motor untuk melintasi jalan tol, sebab mereka tak perlu mengikuti kecepatan mobil. Penerapan konsep inipun membutuhkan investasi lebih pada sektor infrastruktur tol yang sudah ada.

Konsep kedua, seperti yang digunakan beberapa negara maju. Yakni menggabungkan motor dan mobil pada satu lintasan.

Namun pada jenis tol ini, biasanya ada regulasi tambahan, berupa pembatasan performa minimum motor, kecepatan rata-rata yang harus bisa dijalani dengan stabil, hingga kompetensi pengemudi yang dilihat dari kelayakan SIM-nya. Konsep kedua inilah yang sepertinya diyakini Yamaha lebih visible untuk diaplikasikan pada kondisi Indonesia.

"Kami bersiap untuk transisi ini, memang belum tahu kapan terjadinya, namun kemungkinan potensinya akan seperti ini," tutup Dyon sambil berharap. 

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkat Tangan Kreatif Seniman, Kucing Imut Bak Raksasa di Tengah Kota

Posted: 08 Feb 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dia lucu, imut, kadang manja dan sukanya bermalas-malasan. Wah, kita lagi nggak ngomongin pacar kamu, ya. Kita lagi ngomongin tingkah laku hewan kecintaan semua orang, Kucing!

Berkat tingkah laku kucing yang bermacam-macam inilah, seniman dari Pakistan bernama @Fransditta ini bakal bikin kita senyum lewat foto-foto editannya berikut ini. Check it out!

 

 

1. Jalanannya jadi macet deh, Cing.

sumber: @Fransditta

2. Ups.. Maaf aku injek, nggak sengaja..

sumber: @Fransditta

3. Jangan ngamuk di jalanan, bahaya.

sumber: @Fransditta

4. Aku mau berenang lebih cepat dari kapal sebelahku.

sumber: @Fransditta

5. Aku mau istirahat dulu di tengah jalan ah.

sumber: @Fransditta

6. Nyantai dulu ah disini.. Pemandangan lautnya bagus.

sumber: @Fransditta

7. Aku abis bangun tidur nih.

sumber: @Fransditta

8. Jalanannya sampai retak gitu.

sumber: @Fransditta

9. Pohonnya kecil banget, panjat gedung aja deh.

sumber: @Fransditta

10. Makanya jangan nakal, ditangkep deh sama Pak Polisi.

sumber: @Fransditta

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Pilihan Video di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zona Bahaya Gunung Karangetang Lebih Dari 2,5 Kilometer dari Puncak

Posted: 08 Feb 2019 09:02 PM PST

Fokus, Sulawesi Utara - Hingga Sabtu pagi, masyarakat Desa Batubulan, Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, yang wilayahnya terdampak bencana alam erupsi Gunung Karangetang terus dievakuasi Tim SAR gabungan.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (9/2/2019), lokasi pengungsian bertambah, termasuk di shelter Kelurahan Paseng, Kecamatan Siau Barat. Bantuan logistik juga terus mengalir.

Sejauh ini, tempat pengungsian relatif layak dan lengkap dengan dapur darurat dan pos kesehatan yang masih dapat mengakomodasi jumlah pengungsi sebanyak 195 jiwa.

Sementara itu, Pemkab meminta warganya untuk terus menjauhi zona bahaya yang direkomendasi pihak PVMBG, yakni lebih dari 2,5 km dari puncak gunung. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rokok Elektrik Meledak, Pria di Texas Tewas

Posted: 08 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria di Texas, Amerika Serikat meninggal karena stroke, setelah rokok elektrik yang dia gunakan meledak dan merobek arteri karotisnya. Kejadian itu terjadi pada 27 Januari lalu dan pemuda itu meninggal dua hari kemudian.

Dilaporkan CNN, William Brown (25) meninggal setelah serpihan vape meledak dan mengenai arteri karotis kirinya. Potongan metal rokok eletrik tersebut mengenai wajah dan lehernya seperti mengutip South China Morning Post pada Sabtu (9/2/2019).

Berdasarkan saksi mata, Brown sempat berusaha bertahan kemudian terjatuh dari mobil. Dia mencoba mengembalikan keseimbangan di kap mesin sebelum terjatuh lagi.

Manajer toko rokok elektrik yang baru saja didatangi Brown segera memanggil ambulans saat ledakan itu terjadi di dalam mobil di depan tokonya. Brown tidak membeli apa-apa ketika masuk ke dalam toko tersebut. Dia hanya menanyakan tentang sebuah merek yang tidak tersedia di toko itu.

Brown dilaporkan mengalami koma yang diinduksi secara medis. Sinar X menunjukkan bahwa serpihan rokok elektrik itu bersarang di tenggorokannya.

"Tiga potongan benda itu masuk ke tenggorokannya dan terjebak di sana," kata sang nenek Alice kepada KTVT.

Namun, pihak keluarga tidak mengerti mengapa dokter tidak segera mengoperasinya. "Dia memiliki masa depan, kehidupan di depannya," kata Alice menyesalkan.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Bukan pertama kali

Ilustrasi Rokok Elektrik atau Vape (iStockphoto)

Meninggalnya Brown akibat rokok elektrik yang meledak bukan pertama kali di Amerika Serikat. Sebelumnya, seorang pria di Florida tewas karena vape meledak kemudian mengenai kepalanya.

Dalam studi oleh Tobacco Control, ada lebih dari dua ribu ledakan vape dan luka bakar di AS dari 2015 hingga 2017. US Fire Administration mempersalahkan kejadian semacam itu karena adanya prevalensi baterai lithium-ion yang ditemukan dalam rokok elektrik.

"Kontak dekat antara tubuh dan baterai yang paling bertanggung jawab atas parahnya cedera yang terlihat," tulis US Fire Administration dalam sebuah laporannya.

Centers for Disease Control and Prevention menyatakan, vape dan rokok elektrik lainnya menggunakan baterai untuk menyalakan peralatan yang memanaskan cairan, untuk dihisap sama seperti rokok biasa. Cairan ini biasanya mengandung nikotin dan terkadang mengandung perasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perseteruan Isco dengan Pelatih Real Madrid Makin Panas

Posted: 08 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hubungan pelatih Real Madrid Santiago Solari dengan gelandang Isco semakin memburuk. Solari membalas dengan pedas kritikan Isco di media sosial.

Isco mengalami mimpi buruk sejak Solari ditunjuk melatih Real Madrid menggantikan Julen Lopetegui. Pria Spanyol itu sangat jarang dimainkan oleh Solari. 

Kesal lebih sering dicadangkan, Isco kemudian curhat di media sosial belum lama ini. Dia mengeluh tak mendapat kesempatan yang sama seperti rekan-rekannya di Real Madrid.

"Ketika Anda tidak mendapatkan peluang yang sama seperti rekan setim, itu bisa mengubah segalanya," kata Isco di akun Twitter pribadinya.

Ulah Isco ini membuat berang Solari. Pria Argentina itu balas menyerang Isco dalam jumpa pers. Solari menyindir Isco yang tak profesional dan ogah-ogahan saat berlatih.

 

Sindiran Solari

Gelandang Real Madrid, Isco, merayakan gol ke gawang AS Roma pada laga Grup G Liga Champions, di Santiago Bernabeu, Rabu (19/9/2018). (AFP/Oscar del Pozo)

"Tugas seorang pesepakbola profesional adalah bekerja dan berlatih 100% untuk melayani tim. Tim ini bagus dan para pemain semuanya bekerja dengan baik sehingga tim adalah prioritas," kata Solari.

"Sepak bola merupakan pekerjaan dan talenta. Anda harus memberikan segalanya dalam latihan dan tersedia ketika Anda harus bermain," sindir Solari.

Isco pada musim 2018-2019 baru membuat satu gol dan satu assist dalam 15 penampilan di ajang Liga Spanyol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Facebook Ketiban Rezeki Rp 209 Triliun di Awal 2019

Posted: 08 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, New York - Bos Facebook Mark Zuckerberg menorehkan rekor di awal tahun 2019. Penambahan kekayaan di awal tahun 2019 tercatat paling tinggi di antara miliarder lain.

Dilaporkan oleh Bloomberg, Mark Zuckerberg meraup USD 15 miliar atau setara Rp 209 triliun (USD 1 = Rp 13.976) di awal tahun 2019. Pendapatan itu jauh melewati yang diraup CEO Amazon Jeff Bezos yang merupakan orang terkaya di dunia.

Bezos tercatat laba USD 11 miliar (Rp 153 triliun), kemudian diikuti bos Louis Vuitton Bernard Arnault yang mendapat USD 9,43 miliar (Rp 131,5 triliun) di awal tahun 2019.

Lonjakan kekayaan bos Facebook membuatnya kembali ke daftar 5 orang terkaya di dunia. Sebelumnya, ia sempat terlempar dan harus menempati posisi 7.

Harta Zuckerberg kembali melonjak karena dipengaruhi pemasukan Facebook di kuartal ke-IV 2018 melebihi ekspektasi analis. Saham Facebook pun semakin moncer dan meroketkan kekayaan Zuck.

Tercatat, saham Facebook sempat menyentuh nilai tertinggi semenjak September 2018. Meski begitu, pada pertengahan tahun lalu, saham Facebook sudah menembus USD 217 sebelum akhirnya terbanting.

Kala itu, Facebook kehilangan USD 100 miliar dan menderita kerugian terburuk di sejarah bursa saham AS. Ketika itulah Zuckerberg terlempar dari 5 besar orang terkaya di dunia.

Badai Berlalu, Bos Facebook Kembali Masuk Jajaran 5 Orang Terkaya di Dunia

Presiden Parlemen Eropa Antonio Tajani (kanan) menyambut CEO Facebook Mark Zuckerberg di Brussel, Belgia, Selasa (22/5). Zuckerberg menemui Parlemen Eropa untuk mendiskusikan isu penjualan data ke Cambridge Analytica. (AP Photo/Geert Vanden Wijngaert)

Walau orangnya sangat introvert, CEO Facebook Mark Zuckerberg berhasil membawa perusahaannya keluar dari badai kontroversi. Kini, saham Facebook meroket dan meningkatkan kekayaan Zuckerberg.

Berdasarkan data terbaru Bloomberg Billionaire Index, kekayaan bos Facebook bertambah USD 6,1 miliar atau Rp 851 triliun (asumsi kurs USD 1 = Rp 13.962). Akarnya berasal dari pendapatan Facebook yang mencuat, melebihi estimasi Wall Street.

Dengan ini, Zuck kembali masuk ke jajaran 5 orang terkaya di dunia. Total hartanya mencapai USD 65,6 miliar (Rp 915 triliun).

Zuck sempat terlempar ke peringkat 7 dalam beberapa bulan ke belakang. Meroostnya kekayaannya dipengaruhi turunnya saham Facebook akibat bermacam perkara yang dihadapi terkait iklan.

Padahal, sebelum muncul kontroversi, Zuckerberg sempat berada di posisi 3 orang terkaya di dunia, mengalahkan investor legendaris Warren Buffett.

Nasdaq mencatat, pada kuartal 4, pemasukan Facebook di Amerika Serikat (AS) dan Kanada, atau 50 persen total pemasukan, naik 32 persen menjadi USD 8,43 miliar (Rp 117 triliun).

Pengguna aktif bulanan Facebook juga naik 9 persen menjadi 2,133 miliar orang. Nasdaq mempreiksi, pendapatan Facebook di kuartal 1 2019 akan melompat 23,49 persen menjadi USD 14,78 miliar (Rp 206,3 triliun).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raja Thailand Kecam Pencalonan Putri Ubolratana sebagai Perdana Menteri

Posted: 08 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bangkok - Raja Thailand Maha Vajiralongkorn mengutuk pencalonan kakaknya, Putri Ubolratana sebagai perdana menteri, Jumat (8/2).

Ia mengecam upaya pencalonan itu sebagai hal yang bersifat "tidak pantas", serta "menentang budaya bangsa".

Langkah Putri Ubolratana untuk turut berkontestasi dalam pemilihan Maret mendatang, dianggap mematahkan tradisi kerajaan Thailand untuk tidak terlibat dalam politik.

"Meskipun dia telah melepaskan gelar kerajaannya secara tertulis, namun dia mempertahankan statusnya dan menjadikan dirinya sebagai anggota Dinasti Chakri," kata Raja Vajiralongkorn dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh seluruh jaringan TV Thailand, dikutip dari BBC News, Sabtu (9/2/2019).

"Keterlibatan anggota keluarga kerajaan yang berpangkat tinggi dalam politik, dengan cara apapun, dianggap sebagai tindakan yang menentang tradisi, adat,dan budaya bangsa, dan karenanya dianggap tidak pantas," lanjutnya.

Sebelumnya, Putri Ubolratana membela diri melalui sebuah kiriman di instagran, terkait keputusan untuk mencalonkan diri sebagai perdana menteri.

Dalam kiriman itu, ia mengatakan telah melepaskan semua gelar kerajaannya dan sekarang hidup sebagai rakyat jelata. Dia juga menyatakan akan bekerja dengan segala ketulusan dan tekad demi kemakmuran rakyat Thailand.

Simak pula video berikut:

 

Berpotensi Gagalkan Pemimpin Kudeta

Putri Thailand Chakri Sirindhorn (kiri ) dan Putri Ubolratana mengikuti prosesi kremasi almarhum Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok, Thailand (26/10). Ubolratana  adalah anak pertama dari Raja Bhumibol dan Ratu Sirikit. (AFP Photo/Royal Thai Bureau)

Pencalonan Putri Ubolratana sendiri disebut menjadi "drama politik". Keberadaannya dalam perpolitikan seolah memutar prediksi kuat dimana sebelumnya, pemimpin junta, Prayut Chan-o-cha dianggap akan berhasil dengan mulus menjadi perdana menteri.

Keberadaan putri yang didukung oleh Thaksin Shinawatra, miliarder yang sering memenangkan pemilu, disinyalir akan kuat dalam pentas politik Maret mendatang. Mengingat meskipun Thaksin dibenci oleh militer, namun klan itu dipuja oleh kaum miskin pedesaan, dikutip dari Channel News Asia. Thaksin telah menerapkan skema kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan, yang diapresiasi oleh rakyat kecil.

Thaksin sendiri digulingkan dalam kudeta 2006, untuk kemudian saudara perempuannya, Yingluck diusir dari kekuasaan dalam pengambilalihan oleh militer pada 2014.

Analis politik mengatakan bahwa intervensi Raja Thailand kemungkinan dapat menyebabkan komisi pemilihan umum mendiskualifikasi Ubolratana.

Sementara itu, Profesor Anusorn Unno dari Thammasat University mengatakan bahwa pencalonan putri juga belum tentu berarti awal dari sebuah demokrasi, meskipun berpotensi mengalahkan pemimpin junta.

"Saya tidak berpikir itu adalah kemenangan bagi rakyat, saya pikir ini adalah bagian dari adaptasi elit yang berkuasa dalam mengubah lanskap politik," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kuasa Hukum Bahar Bin Smith Pertanyakan Rencana Sidang Dipindah ke Bandung

Posted: 08 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung Kuasa hukum Bahar bin Smith, Sugito Atmo Prawiro, menanggapi rencana pemindahan lokasi persidangan atas kasus kliennya terkait penganiayaan remaja. Sugito mempertanyakan alasan rencana pemindahan tersebut.

Sebelumnya, berkas kasus tersebut telah dilimpahkan dari Polda Jabar ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibinong, Bogor, beberapa hari lalu. Awalnya sidang tersebut akan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Cibinong. Namun karena alasan keamanan, Kejari Cibinong mengajukan permohonan ke Mahkamah Agung (MA) agar sidang digelar di PN Bandung.

Sugito kemudian menanggapi alasan pemindahan tersebut. Menurutnya, alasan keamanan tidak masuk akal. Justru ia khawatir kasus kliennya itu akan digunakan untuk membuat isu-isu bernuansa politis.

"Mungkin dalam bahasa umumnya memainkan isu, opini dan sebagainya, saya khawatir itu," ujar Sugito, Jumat (8/2/2019).

Bila kasus kliennya murni peristiwa hukum, kata Sugito, sidang bisa dilaksanakan di PN Cibinong.

"Kalau menyangkut mengenai keamanan, saya jamin teman-teman akan disiplin untuk hal yang semacam ini dan akan menghormati proses hukum yang dijalankan," ucapnya.

Jika terbukti ada unsur lain di balik faktor keamanan, lanjut Sugito, pihaknya akan keberatan dan mengajukan eksepsi dalam persidangan.

"Tapi kalau nanti dari pihak pengadilan atau kejaksaan bisa menjelaskan yang masuk akal tentu akan kita pikirkan. Tapi kalau secara hukum dan secara hal lain tidak bisa dijelaskan secara masuk akal, tentu kita akan keberatan," jelasnya.

Menurut Sugito, kliennya sendiri berharap sidang digelar di Bogor. Selain lebih mudah untuk berkoordinasi dengan kuasa hukum, persidangan di Bogor juga mendekatkan Bahar dengan keluarga.

"Pertama ada keluarga, locus dan tempus delicti di Bogor. Terus kita lebih mudah kalau koordinasi. Habib Bahar juga menginginkan di Bogor, bahkan kami sudah buat surat agar ditahan dan disidang di Bogor," ungkapnya.

Siapkan 50 Pengacara

Bahar sendiri rencananya akan didampingi oleh 50 pengacara dalam mengawal kasusnya di persidangan nanti. "Tidak terlalu banyak, mungkin 50," kata Sugito.

Selain itu, pihaknya telah mempersiapkan berbagai keperluan saat sidang nanti. Termasuk menyiapkan saksi dan ahli yang dapat meringankan Bahar.

"Kita punya alasan yang bisa menjelaskan kenapa Habib Bahar pada saat itu melakukan hal semacam itu (penganiayaan)," ungkapnya.

Dalam kasus penganiayaan ini, Bahar bin Smith dijerat Pasal 170 KUHP dan atau 351 KUHP dan atau Pasal 333 KUHP dan atau Pasal 55 Ayat (1) KUHP dan atau Pasal 80 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ngaku Tak Kenal Muncikari, ML Bantah Terlibat Prostitusi Online

Posted: 08 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Mantan finalis ajang kecantikan ML menjalani pemeriksaan di Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, Jumat (8/2/2019). ML diperiksa penyidik sebagai saksi selama tujuh jam dalam kasus dugaan prostitusi online.

ML dicecar 30 pertanyaan oleh penyidik terkait dugaan prostitusi online. Ia baru keluar dari ruang penyidik sekitar pukul 17.00 WIB. "Ada 30 pertanyaan tadi," katanya di Mapolda Jatim.

Model ML mengatakan bahwa dari 30 pertanyaan, penyidik hanya fokus pada keterlibatannya dengan muncikari prostitusi online. ML tetap menyangkal tidak mengenal para muncikari tersebut. "Intinya saya tidak mengenal dengan muncikari tersebut dan saya tidak terlibat," ujarnya.

Pemanggilan Artis dan Model

Ilustrasi Foto

Hingga saat ini ada beberapa artis yang sudah dimintai keterangan mengenai kasus dugaan prostitusi online, mereka adalah F, AC, RF, DP, dan RB. Pemeriksaan ini guna melengkapi berkas terkait dugaan prostitusi online yang dilakukan artis VA bersama para muncikari.

Saat ini artis VA pun telah menjadi tersangka kasus dugaan pornografi. Ia kedapatan mengirim beberapa foto dan video porno kepada muncikari yang diduga sebagai daya tarik kepada konsumen. Sedangkan empat muncikari ditangkap dalam dugaan kasus prostitusi online.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spesifikasi Samsung Galaxy M20

Posted: 08 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy M20 baru saja meluncur di Indonesia. Smartphone terjangkau ini bisa dibeli di Hari Valentine dengan harga Rp 2.799.000 di Lazada.co.id, Blibli.com, dan JD.id mulai 14-21 Februari 2019.

Galaxy M20 memiliki layar Infinity-V dengan resolusi FHD dan ukuran 6,3 inci. Dilengkapi sertifikasi Widevine L1 untuk streaming konten HD tanpa batas melalui aplikasi populer.

Samsung mengemas baterai 5000 mAh di Galaxy M20 dengan fitur fast charging type-C seperti pada smartphone premium, memastikan pengisian daya tiga kali lebih cepat dibandingkan pengisian normal.

Galaxy M20 ditopang prosesor Octa-Core Exynos 7904 terbaru dari Samsung yang meningkatkan pengalaman pengguna melalui kecepatan jaringan yang sangat baik, multitasking yang lancar dan konsumsi daya yang rendah.

Untuk meningkatkan keamanan, Samsung Galaxy M20 hadir dengan fitur face lock dan fingerprint di bagian belakang bodi smartphone.

 

Dual Camera

Samsung Galaxy M20. Dok: Samsung Electronics Indonesia

Dual camera yang powerful juga merupakan sorotan utama dari seri Galaxy M, terutama bagi generasi milenial yang senang untuk mengabadikan momen melalui foto dan video.

Galaxy M20 dilengkapi dengan dual rear camera serta ultra-wide lens. Kamera belakang utama sebesar 13MP yang memiliki aperture f1.9, sementara kamera belakang kedua memiliki fitur ultra-wide lens 5MP. Ditambah kamera selfie 8MP (f2.0).

Ultra-wide lens memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang lebih luas untuk mengabadikan landscape, perkotaan, grup foto, dan lain-lain ketika pengguna ingin mengabadikan banyak hal di dalam satu frame.

Galaxy M20 juga dilengkapi dengan lensa low-aperture terbaik di kelasnya, memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang tajam dan jernih, bahkan dalam kondisi cahaya rendah.

Selain itu, Galaxy M hadir dengan Samsung Experience versi 9.5 UX baru yang dioptimalkan untuk pengalaman pengguna yang cepat dan lancar tanpa hambatan.

 

Spesifikasi Lengkap

Samsung Galaxy M20. Dok: Samsung Electronics Indonesia

Dimensi: 74.5 x 156.4 x 8.8 mm

Tampilan layar: 6.3" Full HD + PLS (19.5:9) Infinity-V

Kamera: kamera utama 13MP AF (F1.9) + 5 MP Ultra Wide Angle, kamera selfie 8MP (F2.0)

Prosesor Exynos 7904 Octa-core

Jaringan: LTE Cat.4

RAM: 3 GB

Internal memory: 32 GB

External memory: Up to 512 GB with a microSD card

Baterai: 5000 mAh dilengkapi Fast Charging

Keamanan: Face lock, Fingerprint Scanner (terletak di belakang bodi)

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ridzki Kramadibrata dan Kunci Sukses Pimpin Grab Indonesia

Posted: 08 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ridzki Kramadibrata membagi beberapa kunci suksesnya dalam memimpin Grab Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Pers Nasional, PDIP Minta Jokowi Batalkan Remisi Pembunuh Jurnalis Bali

Posted: 08 Feb 2019 08:53 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta - PDIP merekomendasikan Presiden Jokowi untuk meninjau ulang dan mencabut remisi yang diberikan kepada I Nyoman Susrama, terpidana otak pembunuhan Anak Agung Gede Narendra Prabangsa, wartawan Jawa Pos Radar Bali.

"Remisi ini harus ditinjau ulang dan dicabut. PDI Perjuangan merekomendasikan pembatalan remisi tersebut, dan kami yakin pemerintahan demokratis Pak Jokowi akan membatalkan remisi tersebut," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, di sela Safari Kebangsaan VII, di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/2/2019).

Sebelumnya, Susrama mendapatkan remisi dari hukuman seumur hidup menjadi 20 tahun. Remisi itu berdasarkan pasal Keputusan Presiden RI Nomor 174 Tahun 1999 tentang Remisi.

Keputusan tersebut menuai kecaman dari kalangan pers. Menurut Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Denpasar keputusan tersebut kemunduran kebebasan pers.

Sikap politik PDIP ini disampaikan dalam rangka Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari.

Hasto mengatakan, indikasi demokrasi sehat adalah kebebasan pers. Maka itu pers harus bebas dari intimidasi dan kekerasan.

"Indonesia harus bebas dari intimidasi, dan kekerasan terhadap insan pers," ujarnya.

 

Peran Pers dalam Pembebasan Bangsa

Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto dan politikus PDIP Djarot Saiful Hidayat (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dia menuturkan sepanjang sejarah, pers terlibat dalam perjuangan pembebasan bangsa Indonesia dari penjajahan, dan penindasan. Karenanya penuh penghormatan terhadap demokrasi, keadilan dan kemanusiaan.

Hasto bercerita, Bung Karno menegaskan pers melahirkan kekuatan terang peradaban. Hal itu disampaikan dalam diplomasi internasional di Amerika Serikat dalam perjuangan pembebasan Irian Barat. Sang proklamator mengutip pernyataan Mark Twain bahwa di dunia ada kekuatan yang bisa memberikan terang.

"Pertama adalah Matahari sebagai Ciptaan Allah SWT, dan kedua dalah pers. Karena itulah pers tidak hanya menjadi pilar keempat demokrasi, namun juga penjaga peradaban demokrasi dan sekaligus penjaga kemanusiaan itu sendiri," kata Hasto.

"Dirgahayu Pers Indonesia. Kobarkan semangat juang, perkuat jalan demokrasi kerakyatan, keadilan, dan kemanusiaan, perkuat kedaulatan dan kebebasan pers Indonesia," tandas Hasto mengucapkan selamat Hari Pers Nasional.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singgahi Bandung, Marquez Cicipi Bus Bandros

Posted: 08 Feb 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Juara dunia MotoGP, Marq Marquez telah tiba di Bandung, Jawa Barat. Pembalap tim Repsol Honda ini pun sudah menjalani beberapa agenda di Kota Kembang.

Salah satunya adalah agenda konvoi bersama. Lewat Instastory di akun instagramnya, Marquez pun mengunggah keseruan konvoi tersebut.

Dalam video singkatnya, Marc Marquez terlihat menaiki bus Bandros khas kota Bandung. Dari belakang, puluhan pengedara sepeda motor Honda mengikuti bus Bandros yang ditumpangi Marquez.

"Kami sekarang berada di Bandung, Indonesia. Kami menumpang bus dan tidak mengendarai motor. Apa kabar Indonesia?" kata  Marc Marquez.

Marquez diketahui akan menghadiri salah satu acara di Trans Studio Mall, Sabtu (9/2/2019) hari ini. Acara tersebut digagas PT Astra Honda Motor dalam tajuk Honda Sport Motorshow.

 

Bersama Pembalap Motorcross

Marc Marquez saat berada di bandung (Instagram @marcmarquez93)

Saat menaiki Bandros, Marquez tidak sendirian. Pembalap asal Spanyol ini ditemani kompatriotnya, Jose Luis Martinez.

Ia diketahui merupakan pembalap motorcross. Keseruan mengikuti acara di Bandung pun diunggah Martinez di akun instagramnya.

Marquez dijadwalkan akan kembali mengikuti tes pramusim pada 20 Februari mendatang di sirkuit Jerez, Spanyol. MotoGP musim ini akan dimulai 10 Maret mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gadis Remaja Tewas Terlindas Bus di Jalur Alternatif Puncak Bogor

Posted: 08 Feb 2019 08:44 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta - Seorang gadis remaja, Annisa tewas setelah terlindas bus PO Budiman saat motor yang ditumpanginya berusaha menyalip bus tersebut di jalur alternatif Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Gadis berusia 18 tahun itu tewas mengenaskan di lokasi kejadian. Warga Kampung Salak, Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol itu mengalami luka parah di bagian kepala.

Insiden itu terjadi pada Jumat 8 Februari 2019 sekitar pukul 19.30 WIB. Saat itu kondisi arus lalu lintas di jalur alternatif menuju Puncak, Cianjur dan Bandung ini ramai lancar.

Menurut Petugas Sub Unit Agro Cileungsi Aiptu Mulyana, berdasarkan keterangan saksi di lokasi kejadian, sepeda motor yang dikemudikan perempuan yang baru tamat SMA ini melaju dari arah Cileungsi menuju Jonggol.

Setiba di lokasi kejadian, tepatnya di daerah Kampung Pojok Salak, Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol, korban menyalip dari sebelah kiri bus berplat nomor Z 7526 ME.

Namun nahas, belum sempat mendahului bus, roda depan sepeda motor Yamaha Mio terperosok di ujung aspal. Kecelakaan maut pun tak terhindarkan.

Korban yang terjatuh dari motor berpelat nomor AB 2849 FO langsung terkena ban belakang bus jurusan Bogor-Tasikmalaya ini. Sementara motor milik korban tidak mengalami kerusakan parah.

"Motor keluar jalur karena jaraknya terlalu sempit. Akibat tidak ada keseimbangan, korban terjatuh dari motor," kata Mulyana.

 

Dievakuasi ke RSUD Cileungsi

Ilustrasi Jenazah (iStockphoto)

Seketika itu pula warga dan pihak kepolisian langsung mengevakuasi jasad korban ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cileungsi.

"Bus dan motor sudah diamankan. Begitu juga sopir bus dibawa ke Unit Laka Lantas Cileungsi untuk dimintai keterangan," ungkap Mulyana.

Peristiwa kecelakaan tersebut sempat membuat lalu lintas di jalan alternatif yang menuju kawasan Puncak Bogor dan Cianjur itu macet beberapa jam akibat banyaknya warga yang menyaksikan insiden itu. Lalu lintas kembali normal setelah pihak kepolisian mengevakuasi korban dan membawa bus ke Unit Laka Lantas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kinerja Perdagangan Pertanian Meningkat Pesat pada 2018

Posted: 08 Feb 2019 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Upaya peningkatan produksi pertanian dalam berbagai kebijakan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memberi dampak secara langsung terhadap peningkatan kinerja perdagangan, terutama komoditas pertanian strategis. Hal ini terlihat dari catatan Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan bahwa neraca perdagangan hasil pertanian Indonesia 2018 surplus senilai 10 miliar dollar AS. Sementara itu, nilai ekspor pada tahun yang sama naik sebesar 29 miliar dollar AS atau hampir dua kali lipat dari nilai impor yang hanya 19 miliar dollar AS.

Lebih lanjut, isi volume ekspor pada 2018 jumlahnya mencapai 42, 5 juta ton atau dengan kata lain lebih tinggi jika dibandingkan dengan volume ekspor pada 2017 yang sebesar 41,3 juta ton.

"Dengan angka tersebut, artinya peningkatan kita sebanyak 1,2 juta ton," ujar Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan), Kuntoro Boga Andri, Jumat (8/2/2019).

Menurutnya, jika diakumulasikan selama empat tahun, yakni periode 2015-2018, total nilai ekspor mencapai Rp 1.764 triliun. Selain itu, nilai ekspor 2018 juga meningkat sebesar 29,7 persen bila dibandingkan dengan 2016 yang mencapai Rp 384,9 Triliun.

"Peningkatan nilai ekspor ini didukung sejumlah terobosan Kementan dalam kebijakan maupun program," ucap Kuntoro.

Ia menjelaskan, terobosan yang dimaksud antara lain deregulasi kebijakan dan perizinan, pengendalian impor, dan mendorong ekspor dengan sistem layanan karantina jemput bola (in line inspection).

"Kami juga mendorong modernisasi pertanian, kemudian melakukan kerjasama dengan KADIN, HKTI, KTNA, Universitas, Eksportir, Pameran, Promosi, dan Kontak Bisnis," kata Kuntoro.

Lanjutnya, selama empat tahun terakhir peningkatan ekspor turut didorong oleh peningkatan nilai investasi. Misalnya, pada periode tahun 2013-2018, total investasi pertanian di Indonesia mencapai Rp 270,1 triliun.

"Selama kurun waktu tersebut, nilai investasi pertanian tahun 2018 mencatat rekor tertinggi, yaitu Rp 61,6 triliun. Capaian investasi tahun 2018 tersebut meningkat 110,2 persen dibandingkan investasi tahun 2013 senilai Rp 29,3 triliun," ujar Kuntoro.

Meski demikian, peningkatan investasi pada sektor pertanian juga sangat tergantung pada ketersediaan lahan serta peran para pengusaha sebagai faktor produksi.

"Karena itu transparansi, kemudahan, kepastian penyelesaian proses dan prosedur, waktu, biaya, serta kualitas administrasi lahan menjadi faktor kritis dalam mendorong berkembangnya investasi di sektor pertanian," ucap Kuntoro.

Sebagai informasi, pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla telah menciptakan iklim yang kondusif bagi pelaku usaha domestik maupun mancanegara yang berinvestasi di sektor pertanian. Salah satu program terobosannya adalah kemudahan perizinan.

Di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan) sendiri, kemudahan ini sudah terealisasi melalui sistem layanan berbasis Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Perizinan Pertanian secara Elektronik. Sistem ini memperpendek waktu layanan perizinan, sehingga lebih transparan dan akuntabel.

Selain itu, Kementan juga sudah membentuk satgas kemudahan berusaha di sektor pertanian. Misalnya, Tim Percepatan Investasi Tebu, Sapi, dan Jagung. Tim ini mengumpulkan bahan, terkait dengan persyaratan dan proses untuk memperoleh izin dan lahan, serta mengkompulasikan pengalamannya mendampingi calon investor, mengurus perizinan investasi, dan lahan.

"Kementan bekerja sama dengan KADIN ataupun lembaga yang terkait secara langsung untuk memroses pemberian izin dan lahan untuk investasi. Kami juga turut memfasilitasi komunikasi antara investor dengan pemerintah daerah maupun petani setempat," kata Kuntoro.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Fulham Vs Manchester United: Kesempatan Tembus 4 Besar

Posted: 08 Feb 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, London - Manchester United (MU) akan ditantang Fulham pada laga pekan ke-26 Liga Inggris 2018/19 di Stadion Craven Cottage, London, Sabtu (9/2/2019). Setan Merah berusaha untuk melanjutkan tren positif.

Semenjak ditangani Ole Gunnar Solskjaer, MU belum pernah menelan kekalahan. Dari 10 laga di berbagai ajang, sembilan di antara berujung kemenangan.

Performa impresif Manchester United berujung hasil individu bergengsi. Solskjaer terpilih sebagai manajer terbaik Premier League pada Januari 2019, dan striker Marcus Rashford sebagai pemain terbaiknya.

Manchester United berpeluang besar menduduki peringkat tertinggi mereka pada musim ini. Jika mampu mengalahkan Fulham dan pada laga lain Chelsea takluk, Manchester United berhak masuk ke posisi empat besar.

"Masuk empat besar merupakan satu di antara beberapa target kami. Jika mampu, kami akan bertahan di sana dan bisa semakin meningkat," kata Solskjaer.

"Apa yang terjadi selama dua bulan terakhir sungguh luar biasa. Sekarang bagaimana mempertahankan konsistensi dan terus berkembang," lanjut Solskjaer.

Kesempatan Manchester United mengalahkan Fulham cukup besar. Sang lawan merupakan penghuni zona degradasi yang berada di peringkat ke-19.

"Kami tahu di mana posisi kami. Kami tahu ini sangat berat dan sekarang butuh para pemain yang mau berjuang hingga akhir musim ini," ujar manajer Fulham, Claudio Ranieri.

"Kami siap untuk berjuang. Saya harus memotivasi mereka dan memberikan hal positif. Namun, sangat menguntungkan bermain di kandang," tambah Ranieri.

Pada musim ini, MU sudah berjumpa Fulham pada pertemuan di Old Trafford, 8 Desember 2018. Saat itu, Setan Merah menang 4-1 atas The Cottagers.

Perkiraan susunan pemain

Fulham: Sergio Rico; Cyrus Christie, Denis Odoi, Maxime Le Marchand, Joe Bryan; Calum Chambers, Jean Michael Seri; Tom Cairney, Luciano Vietto, Ryan Babel; Aleksandar Mitrovic

Manajer: Claudio Ranieri

Manchester United: David de Gea; Diogo Dalot, Eric Bailly, Victor Lindelof, Luke Shaw; Paul Pogba, Nemanja Matic, Ander Herrera; Jesse Lingard, Marcus Rashford, Anthony Martial

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer

 

Data dan Fakta

Head to head

8/12/2018 - Manchester United 4-1 Fulham (Premier League)

9/2/2014 - Manchester United 2-2 Fulham (Premier League)

2/11/2013 - Fulham 1-3 Manchester United (Premier League)

2/2/2013 - Fulham 0-1 Manchester United (Premier League)

26/1/2013 - Manchester United 4-1 Fulham (Piala FA)

Lima pertandingan terakhir Fulham

2/2/2019 - Crystal Palace 2-0 Fulham (Premier League)

29/1/2019 - Fulham 4-2 Brighton and Hove Albion (Premier League)

20/1/2019 - Fulham 1-2 Tottenham Hotspur (Premier League)

12/1/2019 - Burnley 2-1 Fulham (Premier League)

6/1/2019 - Fulham 1-2 Oldham (Piala FA)

Lima pertandingan terakhir Manchester United

3/2/2019 - Leicester City 0-1 Manchester United (Premier League)

29/1/2019 - Manchester United 2-2 Burnley (Premier League)

25/1/2019 - Arsenal 1-3 Manchester United (Piala FA)

19/1/2019 - Manchester United 2-1 Brighton and Hove Albion (Premier League)

13/1/2019 - Tottenham Hotspur 0-1 Manchester United (Premier League)

Prediksi

Fulham 45-55

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Sebut Gilang Dipukul Sebelum Mengaku Pegawai KPK

Posted: 08 Feb 2019 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Polda Metro Jaya terus mengusut kasus pemukulan terhadap pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Gilang Wicaksono di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu. Berdasarkan penyelidikan sementara, Gilang diketahui dipukul sebelum mengaku sebagai pegawai KPK.

"Penganiyaaan terjadi sebelum diketahui korban sebagai pegawai KPK. Setelah dilakukan pemukulan baru korban mengaku anggota KPK," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono kepada wartawan, Sabtu (9/2/2019).

Atas alasan itu pula, kata Argo, Gilang kemudian dibawa ke Polda Metro Jaya untuk mempertegas pengakuannya sebagai pegawai KPK.

"Saat diinterogasi Gilang mengaku sebagai pegawai KPK. Dia menunjukkan ID. Untuk itu anggota langsung koordinasi dengan KPK dan dipastikan korban adalah pegawainya. Besoknya korban langsung dijemput salah satu pimpinan KPK," ucapnya membeberkan.

Argo menuturkan, dugaan penganiayaan itu terjadi saat Pemerintah Daerah (Pemda) Papua sedang menggelar rapat di lantai 19 Hotel Borobudur, Jakarta Pusat pada Sabtu, 2 Februari 2019 malam. Saat rapat berlangsung, ada seseorang memotret kegiatan tersebut.

Acara kemudian dilanjutkan dengan santap makan malam. Di situ, pegawai KPK tersebut diduga masih melakukan pemotretan tanpa izin.

"Di lobby ternyata masih ada orang yang memotret. Motret kan tidak izin ya, terus yang motret ini didatangi lalu ditanya dan cekcok terjadi keributan akhirnya teman-teman kita itu (pegawai KPK) dibawa ke Polda Metro Jaya," kata Argo.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fakta Adi Saputra, Banting Motor Hingga Ditangkap Polisi

Posted: 08 Feb 2019 08:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Video viral pria merusak motor yang ia tumpangi bersama teman wanitanya berbuntut panjang.

Setelah merusak motor, ia membakar STNK hingga akhirnya diamankan polisi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Billy Syahputra Ungkap Saat-Saat Terakhir Bersama Olga Syahputra

Posted: 08 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presenter Raffi Ahmad bertandang ke kediaman mendiang Olga Syahputra. Di dalam kamar almarhum, Billy Syahputra menceritakan kenangan terakhir bersama kakaknya kepada Raffi.

Kala itu, mendiang Olga Syahputra tengah berada di ruangan ICU dan tak mau makan kecuali disuapi oleh Billy Syahputra. Selain itu, almarhum pun mengamanatkan sang adik untuk menjaga dan senantiasa mengasihi keluarga.

"Ketika di ICU, almarhum sudah lemas banget dan merasa sakit. Saat itu di ruangan gue bertiga sama bapak dan manajer gue. Dokter menyuruh Olga untuk makan. Bapak mau suapi pisang, tapi Olga 'Enggak mau, maunya bang Billy'," ujar Billy Syahputra, saat mengenang Olga Syahputra dalam tayangan di Rans Entertainment, Jumat (8/2/2019).

"Akhirnya gue suapi pisang, makan, terus nangis. Bapak di pojokan nangis juga. Almarhum terakhir bilang sama gue 'jagain keluarga ya bang Billy. Jagain mama, bapak, dan adik-adik, disayangi'," sambung Billy Syahputra.

Kritis di dalam Pesawat

Olga Syahputra

Saat itu juga, kondisi kesehatan Olga Syahputra semakin memburuk hingga akhirnya dilarikan ke salah satu rumah sakit di Singapura. Saat berada di dalam pesawat, almarhum berhasil melewati masa kritisnya.

"Malam itu almarhum sudah mulai drop. Akhirnya langsung dilarikan ke rumah sakit Singapura. Ketika di dalam pesawat, tiba-tiba dokter bilang napasnya almarhum sudah hilang. Momen itu sangat mengerikan dalam hidup gue, di situ gue nangis. Setelah dipakai alat pacu jantung, dokter bilang 'ada lagi detak jantungnya'. Akhirnya tibalah di Singapura," papar Billy Syahputra.

Hampa

Preskon trailer film Tumbal Arwah Nyai (Nurwahyunan/Fimela.com)

Selepas kepergian Olga, Billy mengaku hampa dalam menjalani hidup. Sosok almarhum yang bertanggung jawab dan perhatian semakin membuatnya merasa kehilangan.

"Merasa hidup gue ada yang kurang, hampa. Merasa enggak ada pondasi dan ujung tombak. Kalau adanya almarhum kan semuanya dia yang maintenance dari segi materi dan kasih sayang, semua dipenuhi sama almarhum. Dia juga sangat perhatian sama adik-adiknya," imbuhnya.

Sosok Kakak Terbaik

Meninggal dunia di tahun 2015 silam, sosok  Olga Syahputra hingga kini masih berharga di mata sahabat. Terbukti saat Olga berulang tahun pada 8 Februari 2018 kemarin, doa dan ucapan terindah masih untuknya. (Instagram/bilsky16)

Bagi Billy, mendiang Olga adalah sosok kakak terbaik yang selalu mengasihi dan mendoakan adik-adiknya. Selain berjuang untuk menaikkan derajat keluarga, Olga Syahputra menjadi perantaranya dalam memasuki industri hiburan Tanah Air.

"Billy mau ucapkan terima kasih banyak atas kebaikan, perhatian, kasih sayang, dan doa yang terbaik dari Yoga. Yoga ini adalah sosok kakak terbaik. Dia yang mengangkat derajat hidup keluarga Billy. Bisa dibilang, almarhum adalah jembatan Billy masuk di dunia hiburan. Hal ini membuat Billy selalu bersyukur," ucap Billy Syahputra.

(Lavenia/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

14.000 Keluarga Kurang Mampu di Cianjur Dapat Listrik Gratis

Posted: 08 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali bersinergi memberikan bantuan listrik gratis kepada masyarakat tidak mampu di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Sebanyak 14.000 rumah tangga tidak mampu di Cianjur bisa menikmati listrik.

Secara simbolis, Menteri BUMN Rini Soemarno menyalakan listrik di lima rumah penduduk di Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, pada Jumat 8 Februari 2019.

"Ini merupakan kepedulian BUMN sebagai agen pembangunan yang tidak hanya menciptakan keuntungan tetapi juga terlibat dalam program-program yang secara nyata mendorong perbaikan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Saya senang, masyarakat yang tadi hanya mengambil listrik di tetangga, sekarang sudah bisa menikmati listrik dari PLN, ini sangat membantu," ungkap Rini dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/2/2019).

Penyambungan listrik di Kabupaten Cianjur merupakan bagian dari program penyambungan listrik di Jawa Barat melalui skema sinergi BUMN.

Masyarakat yang mendapatkan bantuan merupakan masyarakat atau rumah tangga tidak mampu Berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Sebelumnya, sinergi bersama BUMN untuk penyambungan listrik gratis telah dilakukan di Kota Bogor, Kab. Bogor, Kab. Bandung, Kab. Garut, Kab. Tasikmalaya, Kab. Pangandaran dan Kab. Sukabumi dengan total 100.970 rumah tangga tidak mampu telah menikmati listrik.

 

Warga Magetan Kini Nikmati Listrik Langsung dari PLN

Ilustrasi sutet listrik.

Sebelumnya, sebanyak 24 rumah tangga miskin dan rentan miskin di Desa Mojopurno dan Cepoko, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, kini akan dapat menikmati aliran listrik gratis dari PLN, Jumat 1 Februari 2019.

PLN berkolaborasi dengan PGN dan Angkasa Pura I melaksanakan program penyambungan listrik gratis di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Dalam program ini, warga memperoleh penyambungan listrik dengan daya 450 VA secara gratis. Daya ini cukup untuk  menyalakan televisi, penanak nasi, lampu dan berbagai elektronik lainnya.

Sesuai data BDT TNP2K, 128.098 Kepala Keluarga (KK) di Jawa Timur belum berlistrik atau menyalur (levering) untuk bisa menikmati listrik. Warga tersebut terpaksa membayar Rp 40.000-Rp 50.000 untuk lampu setiap bulan atau menggunakan penerangan lain seperti lampu minyak.

"Melalui program sambung listrik gratis ini, warga dapat menikmati listrik langsung dari PLN. Warga dapat melakukan penghematan untuk pengeluaran setiap bulannya. Program ini pun diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi warga," tutur Djoko R. Abumanan,  Direktur Regional Jawa Bagian Timur Bali & Nusa Tenggara yang turut hadir dalam acara tersebut.

Djoko menambahkan, program sinergi BUMN ini membantu warga tidak mampu. "Sesuai data TNP2K untuk biaya penyambungannya dan setiap bulannya warga hanya perlu membayar  sekitar Rp 30.000 untuk listrik PLN, tidak perlu lagi menyalur serta membayar biaya yang lebih mahal," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Menjadi Trend pada 1999, Engineered Jeans Muncul Kembali

Posted: 08 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Industri denim terus berkembang dan berinovasi. Setelah 20 tahun diperkenalkan dan sukses menjadi trend fesyen pada 1999, Levi's melansir koleksi terbarunya, Engineered Jeans.

Koleksi jeans dipandang progresif dan revolusiner karena diciptakan sebagai hasil rekayasa ulang secara keseluruhan dari Levi's 501.

Konsepnya jeans ini bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam beraktivitas dan bergerak karena desain yang ergonomis. Inovasi baru ini membuat siapapun yang mengenakan Levi's Engineered Jeans dapat tetap bergerak aktif, berlari, bahkan menari dengan leluasa.

Dalam koleksi Spring/Summer 2019, Levi's menampilkan karakter patch merah dengan dua logo kuda yang menonjol. Ini sebagai bentuk penghormatan kepada koleksi Red dan desain yang memutarkan jahitan sisi kiri dan kanan ke arah dalam. Desainnya sendiri mengarah pada tatanan siluet yang lebih ramping agar dapat meningkatkan keseimbangan antara jeans dan sepatu.

Bahan strecth yang lembut dan nyaman seperti 12.68 oz 4WAY, memberikan kenyamanan luar biasa pada penggunanya. Bahan ini belum ada 20 tahun lalu. Koleksi ini dua lini yang berbeda.

Untuk laki-laki terdiri dari trucker jacket, kemeja, dan celana jeans dengan berbagai fit, sedangkan perempuan, terdiri dari dua celana jeans dengan dua fit, yaitu Wide Cropped dan Tapered Jeans, serta Cropped Trucker Jacket. Anda ingin mencoba?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Pemerintah Jamin Prinsip Kemerdekaan Pers

Posted: 08 Feb 2019 08:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat kepada insan media yang tetap dipercaya masyarakat sebagai penyampai informasi faktual dibanding media sosial.

Jokowi mengutip hasil penelitian Edelman Trust Barometer 2018 bahwa di tahun 2016, tingkat kepercayaan masyarakat kepada media konvensional sebesar 59 persen dibanding 45 persen media sosial. Lalu di 2017 58 persen dibanding 42 persen, dan 2018 sebesar 63 persen dibanding 40 persen.

"Semakin ke sini masyarakat semakin tidak percaya pada media sosial. Saya sangat bergembira, selamat kepada insan pers atas kepercayaan masyarakat yang terus meningkat," katanya dalam sambutan puncak peringatan Hari Pers Nasional 2019 di Grand City Surabaya, Sabtu (9/2/2019).

Presiden mengatakan, era digital yang diikuti perkembangan masif media sosial, membuat masyarakat disajikan berlimpahnya infromasi. Setiap orang bisa menjadi wartawan bahkan pemred. Kadang juga menebar kegaduhan, ketakutan dan rasa pesimisme.

"Di era seperti ini, justru media arus utama dibutuhkan sebagai rumah penjernih informasi, dibutuhkan untuk menyajikan informasi terverifikasi, dibutuhkan untuk menjalankan peran sebagai communication of hoax, dan dibutuhkan untuk bisa memberikan harapan- harapan besar untuk bangsa Indonesia," ujarnya.

Presiden berharap media bisa menjadi amplifier atas informasi tentang pembangunan dan kekurangan yang harus terus dibenahi bersama.

"Pemerintah juga menjamin prinsip kemerdekaan pers dan kebebasan berpendapat. Kebebasan yang beretika dan bertata krama. Saya sampaikan kepada seluruh insan pera di seluruh tanah air selamat hari pers nasional 2019," kata Jokowi.

Dalam puncak HPN 2019 itu, Presiden Jokowijuga mendapatkan medali Kemerdekaan Pers yang diberikan Margiono dan Yosep Adi Prasetyo.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Huddersfield Vs Arsenal: Lanjutkan Catatan Positif

Posted: 08 Feb 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Huddersfield - Arsenal berpeluang meraih poin penuh saat menjamu tim juru kunci Huddersfield Town pada pekan ke-26 Liga Inggris di John Smith's Stadium, Sabtu (9/2/2019). The Gunners punya catatan bagus setiap kali bersua The Terriers.

Dalam empat pertemuan terakhir, Arsenal selalu menang atas Huddersfield. Bahkan, tim London Utara pernah menang dengan skor telak 5-0 atas Huddersfield di Premier League tahun 2017.

Namun Arsenal tidak akan mudah mempertahankan torehan positif itu. Apalagi, skuat asuhan Unai Emery gagal menang dalam enam laga tandang terakhir. Arsenal terakhir kali menang di kandang lawan saat menang 2-1 atas Bournemouth, 25 November 2018.

"Sekarang kami harus memulihkan kepercayaan diri kami, untuk memulihkan penampilan seperti sebelummya, dan kesempatan terdekat melawan Huddersfield," ujar Emery.

Di laga ini, Arsenal diperkirakan bisa diperkuat Laurent Koscielny dan Pierre-Emerick Aubameyang yang sempat bermasalah dengan kondisi fisik mereka. Selain itu, Emery bisa tersenyum karena dapat menggunakan tenaga, Henrikh Mkhitaryan, yang absen karena cedera kaki sejak Desember 2018.

Kembalinya Mkhitaryan diharapkan bisa menjadi solusi bagi Arsenal untuk meraih tiga poin di laga ini. Arsenal butuh kemenangan agar tidak tercecer dalam persaingan dengan Manchester United dan Chelsea untuk lolos ke Liga Champions musim depan.

Sementara itu, manajer Huddersfield Jan Siewert masih memiliki keyakinan bisa mengubah nasib timnya. Aaron Mooy dan kawan-kawan saat ini menempati posisi juru kunci klasemen sementara Premier League.

"Selama secara matematis masih mungkin untuk bertahan, maka segalanya masih mungkin. Cara kami bekerja meyakinkan saya kami bisa melakukannya," ucap Siewert jelang laga kontra Arsenal.

Data dan Fakta

Perkiraan susunan pemain

Huddersfield Town (4-3-3): Jonas Lossl; Tommy Smith, Zanka, Christopher Schindler, Terence Kongolo; Philip Billing, Juninho Bacuna, Aaron Mooy; Elias Kachunga, Steve Mounie, Adama Diakhaby

Manajer: Jan Siewert

Arsenal (4-3-1-2): Bernd Leno; Stephan Lichtsteiner, Laurent Koscielny, Shkodran Mustafi, Nacho Monreal; Denis Suarez, Lucas Torreira, Matteo Guendouzi; Aaron Ramsey; Alexandre Lacazette, Pierre-Emerick Aubameyang

Manajer: Unai Emery

Lima Pertemuan Terakhir

08/12/2018 Arsenal 1-0 Huddersfield (Premier League)

13/05/2018 Huddersfield 0-1 Arsenal (Premier League)

30/11/2017 Arsenal 5-0 Huddersfield (Premier League)

30/01/2011 Arsenal 2-1 Huddersfield (Piala FA)

22/01/1972 Arsenal 1-0 Huddersfield (Divisi Utama)

Lima Pertandingan Terakhir Huddersfield

06/01/2019 Bristol 1-0 Huddersfield (Piala FA)

12/01/2019 Cardiff 0-0 Huddersfield (Premier League)

20/01/2019 Huddersfield 0-3 City (Premier League)

30/01/2019 Huddersfield 0-1 Everton (Premier League)

02/02/2019 Chelsea 5-0 Huddersfield (Premier League)

Lima Pertandingan Terakhir Arsenal

12/01/2019 West Ham 1-0 Arsenal (Premier League)

20/01/2019 Arsenal 2-0 Chelsea (Premier League)

26/01/2019 Arsenal 1-3 United (Piala FA)

30/01/2019 Arsenal 2-1 Cardiff (Premier League)

03/02/2019 City 3-1 Arsenal (Premier League)

Prediksi Bola.com: 45-55

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Ajukan Tawaran Besar, Bek Atletico Madrid Tolak Berkhianat

Posted: 08 Feb 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Bek Atletico Madrid, Lucas Hernandez, mengakui dia pernah menolak tawaran dari Real Madrid dua tahun lalu. Lucas Hernandez pilih setia bersama Los Colchoneros.

Menurut Lucas, tawaran Real Madrid kala itu amat penting dalam kariernya. Namun, setelah mempertimbangkan dengan matang, pemain berusia 22 tahun memilih menolak tawaran itu.

Kesetiaan kepada Atletico Madrid Lucas Hernandez membuatnya tidak mungkin berkostum Los Blancos. Dia mengaku sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut.

"Saya hanya bisa menjawab bahwa banyak hal telah dikatakan dan ditulis, tetapi yang benar adalah bahwa dua musim panas yang lalu Real Madrid membuat penawaran penting kepada perwakilan saya," ucap Lucas Hernandez, seperti dilansir AS.

Meski begitu, Lucas mengungkapkan bahwa dia tidak tahu berapa nilai yang diajukan Real Madrid untuknya. Yang jelas, menurut sang agen jumlahnya melebihi apa yang dia terima di Atletico Madrid dua tahun lalu.

Berutang Budi

Antoine Griezmann (kiri) bersama Lucas Hernandez di bangku cadangan Atletico Madrid (JAVIER SORIANO / AFP)

"Tetapi saya mengatakan kepada mereka bahwa saya tidak ingin tahu apa pun atau nilai yang ditawarkan secara nyata kepada saya," katanya.

"Semua orang tahu berapa banyak saya berutang pada Atlético Madrid," tutur pemain berpaspor Prancis ini.

Disiarkan SCTV

Atletico Madrid malam ini akan menjamu Real Madrid dalam pertandingan lanjutan Liga Spanyol. Laga Derbi Madrid ini akan disiarkan secara langsung oleh SCTV.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap Fakta di Balik Emosi Pemuda Ngamuk Saat Ditilang Polisi

Posted: 08 Feb 2019 08:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Adi Saputra kini menjadi tersangka. Tidak hanya karena telah melanggar sejumlah peraturan lalu lintas, belakangan terkuak motor yang dihancurkanya didapat dari hasil ilegal.

"Kedua, kami sangkakan pasal pidana terkait perbuatannya. Yakni menghancurkan motor dan pidana tentang kepemilikan kendaraan motor yang didapat dari hasil ilegal atau tidak benar," tutur Kapolres Tangsel, AKBP Ferdy Irawan, Jumat, 8 Februari kemarin.

Dia pun disangkakan dengan pasal berlapis, yakni pengrusakan barang bukti berupa sepeda motor dan pembakaran STNK. Karenanya Adi terancam hukuman 6 tahun penjara.

Sebelumnya, video seorang pemuda berkaus putih merusak sepeda motor matik viral di media sosial. Adi Saputra membanting dan menghancurkan motornya lantaran tak terima ditilang petugas Satlantas Tangerang Selatan, Bripka Oky.

Sebenarnya apa alasan pemuda 21 tahun itu hingga begitu emosi melampiaskan kekesalannya? Berikut sejumlah fakta Adi Saputra, pemuda ngamuk yang tak terima ditilang polisi.

1. Susah Payah Beli Motor Malah Ditilang

Pelanggar lalu lintas, Adi Saputra (21) yang merusak kendaraannya saat ditilang polisi, menangis di Polres Tangerang Selatan. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Emosi berlebihan yang diperlihatkan Adi Saputra saat ditilang Bripka Oky lantaran pemuda itu telah bersusah payah mengumpulkan uang untuk membeli motor matic tersebut.

"Karena yang bersangkutan merasa, selama ini sudah susah payah ngumpulin uang untuk beli sepeda motor dalam waktu yang lama," ujar Kapolres Tangsel AKBP Ferdi Irawan di kantornya, Jumat (8/2/2019).

Askinya pun lalu berbuntut panjang, hingga membawanya menjadi tersangka dan dijerat pasal berlapis dengan ancaman 6 tahun penjara.

2. Bakar STNK

Dalam video tersebut terlihat sosok pria mengenakan kaos putih dan celana jeans berwarna gelap, tengah membakar lembaran STNK dengan menggunakan korek api gas. (Istimewa)

Merasa belum puas menghancurkan motor dan memarahi petugas, Adi lantas membakar STNK-nya.

Dalam video yang viral tersebut terlihat sosok pria mengenakan kaus putih dan celana jeans berwarna gelap, tengah membakar lembaran STNK dengan menggunakan korek api gas.

"Ini ya, STNK motor yang tadi pagi gue bakar," ujar pria tersebut.

Menurut Kapolres Tangsel AKBP Ferdi Irawan, pemuda yang tengah membakar lembaran STNK tersebut adalah benar pelakunya Adi Saputra.

"Betul, video pembakaran dilakukan oleh Adi, dia melakukan itu dengan sadar," ujarnya.

Adi membakar STNK tersebut di hari yang sama, setelah motornya ditilang. Alasannya, karena merasa STNK yang dipegangnya sudah tidak berguna lagi.

3. Negatif Narkoba

cowok ngamuk ditilang (sumber: Istimewa)

Meski dianggap reaksinya berlebihan dan mencurigakan saat ditilang, pemuda 21 tahun itu negatif narkoba ketika Resor Tangsel melakukan pemeriksaan urine.

Kapolres Tangsel, AKBP Ferdy Irawan mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk enam jenis narkoba. Yaitu amphetamin, metamphetamin, THC, Benzodiazepin, morphin, hingga COC.

"Dari seluruh zat narkoba yang dilakukan, tes hasilnya negatif," ujar Ferdy, di Mapolres Tangsel, Jumat (8/2/2019).

"Jadi pelaku ini dalam keadaan sadar dan tidak terpengaruh zat narkoba jenis apapun," ujar Ferdy.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenalkan Sosok Samanov, Sandi: Namanya Seperti Orang Rusia Padahal Asli Condet

Posted: 08 Feb 2019 08:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 2, Sandiaga Uno menepis tudingan menggunakan konsultan politik dari Rusia dalam kontestasi Pilpres 2019. Hal itu seiring bergulirnya isu yang menyebut Prabowo-Sandi menggunakan konsultan asing dan polemik propaganda Rusia.

"Ini namanya Rustiandy Samanov, namanya seperti orang Rusia, padahal sebetulnya orang Betawi Condet. Mungkin ini yang datanya salah ya dari temen-temen yang pernah (menyatakan) propaganda Rusia, konsultan asing," ujar Sandiaga saat olah raga pagi di bilangan Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat 8 Februari 2019.

Samanov merupakan seorang entrepreneur muda yang berkecimpung di dunia digital dan teknologi informatika. Sandiaga mulai mengenalnya saat Samanov beberapa kali mendapatkan penghargaan dari beberapa instansi dan lembaga.

"Salah satu bidang usahanya adalah data, dan beliau yang sudah bantu saya dari Pilgub DKI, mengelola data yang kita sebut sebagai data internal," ucap Sandiaga.

Mantan Wakil Gubernur DKI itu mengaku tidak tahu persis siapa sosok konsultan asing yang ditudingkan kepadanya. Namun Samanov lah satu-satunya teman dekat Sandiaga yang memiliki nama mirip seperti orang Rusia.

Nama Samanov sendiri, kata Sandiaga, diambil dari kata tsamaniyah yang berarti delapan dan nov dari singkatan November sesuai dengan tanggal dan bulan kelahirannya. Dia asli warga Condet, Jakarta.

Tak mau isu konsultan asing dan propaganda Rusia kontraproduktif dengan substansi Pilpres, Sandiaga pun memperkenalkan Samanov ke media. Dia ingin kampanye yang dilakukan berbasis data ekonomi, bukan isu yang tidak pasti.

"Saya curiga kalau isunya nggak selesai apakah karena salah data atau karena ketidakomplitan dari memganalisa data yang kita miliki. Jadi jangan suudzan, kita konsepnya di sini husnudzan melihat dari sisi baik, berprasangka baik mudah-mudahan pemilu ini bisa hasilkan pemimpin terbaik dan Insya Allah juga menggunakan pola yang damai dan saling merangkul," kata Sandiaga.

 

Ahli IT

Ahli IT Rustiandy Samanov membantu Sandiaga dalam menganalisa data yang diperoleh selama masa kampanye. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Samanov sendiri mengaku bukan sebagai konsultan politik Sandiaga. Dia tidak memiliki latar belakang ilmu politik, tapi IT. Tugasnya hanya membantu menganalisa data yang diperoleh Sandiaga selama menyapa masyarakat di masa kampanye.

"Saya memang terbiasa ngomong atau nulis di media sosial pakai Bahasa Inggris, karena kan istilah di IT, digital yang biasa ditemui itu kan Bahasa Inggris," ucap Samanov.

Dia tidak dikontrak secara khusus untuk bekerja sebagai konsultan Sandiaga, juga tidak masuk dalam struktur Badan Pemenangan Nasional (BPN). Dia hanya membantu dalam kapasitasnya sebagai seorang teman.

"Banyak juga kok kawan-kawan muda lain yang ikut suport ke timnya Bang Sandi," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Monyet Bergaya Bak Dokter Kecantikan Ini Kocak banget, Hibur Banyak Orang

Posted: 08 Feb 2019 08:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pada umumnya, orang-orang memilih kucing atau anjing untuk dijadikan peliharaan. Selain lucu dan menggemaskan, kucing dan anjing juga bebas berkeliaran di dalam rumah. Bahkan, tak jarang orang yang mengajak kucing dan anjing untuk tidur bersama setiap malam.

 

Namun, berbeda dengan seorang gadis muda asal Pekanbaru bernama lengkap Detri Angga Rita alias Imaih. Ia memilih monyet sebagai hewan peliharaannya di rumah, yang dia beri nama Ibal.

Gadis dengan nama akun Instagram @anggarita4 ini adalah salah satu anak bangsa yang berkarya sebagai seorang selebgram.

Dilansir Liputan6.com, Sabtu (9/2/2019), dalam akun Instagram Imaih, salah satu videonya bersama Ibal menjadi viral karena aksi keduanya yang sangat lucu.

Aksi Kocak Monyet Bergaya Layaknya Dokter Kecantikan

Video tersebut menggambarkan Ibal yang seolah beraksi sebagai dokter kecantikan. Selain itu, penampilan Imaih yang mengenakan handuk mandi sebagai kerudung juga membuat penonton tersenyum-senyum.

Dalam video yang diunggah pada 23 Januari 2019 lalu, Imaih menjelaskan bahwa dirinya sedang melakukan treatment kecantikan bersama 'dokter bapak monyet'.

"Pagi guys. Jadi sekarang tuh, gue lagi melakukan treatment kecantikan di bapak monyet tapi seperti baruak, ya pak. Ini dalam tahap pengolahan."

Aksi Ibal yang terlihat serius mengobservasi wajah Imaih persis seperti dokter kecantikan pada umumnya. Melihat aksi monyet tersebu, tak heran video tersebut mengundang gelak tawa penonton.

Apalagi, narasi Imaih yang khas dengan bahasa daerahnya membuat videonya semakin lucu. Di awal video tersebut, Ibal menelisik alis Imaih seolah-olah dirinya sedang mencari kutu.

"Ternyata, kata pak dokter ini alisnya ada telur kutu katanya. Jangan cari-cari kutu pula, pak. Itu ada kamera, malu kita nampak nanti di fans saya bawa kutu," ujarnya saat Ibal menyentuh alisnya.

Setelah itu, Imaih memperkenalkan Ibal sebagai sosok dokter kecantikan ternama. Seolah paham dengan apa yang Imaih katakan, Ibal mengalihkan pandangannya dari wajah Imaih lalu menghadap kamera seperti mengisyaratkan memang benar bahwa dirinya adalah seorang dokter.

View this post on Instagram

Yg selalu ditanyakan🐒

A post shared by #AYAMBATINO (@anggarita4) on

Aksi Ibal Mengundang Gelak Tawa

Saat ditanya darimana asal Ibal, Imaih yang bertindak sebagai vlogger dalam video itu mewakilkan perkataan Ibal. "Dia malas menyebutkan katanya nanti banyak orang minta perawatan kecantikan. Katanya malas dia." Ungkap Imaih.

Ibal terlihat bertindak profesional dengan tetap fokus pada pekerjaannya, yaitu dengan meraba-raba wajah Imaih sambil sesekali bermain dengan rambutnya.

Imaih mengimbuhkan bahwa dirinya berencana untuk melakukan sulam alis dengan bantuan Dokter Ibal. Dokter Ibal kemudian berujar, melalui Imaih, bahwa alis Imaih sedang dalam tahap perombakan, biar jadi bangunan rumah Gadang.

Narasi Imaih yang spontan memang selalu kreatif. Ditambah, keakrabannya dengan Ibal seolah terbukti dari komunikasi antara keduanya yang terlihat lancar.

Di akhir videonya yang viral itu, Ibal nampaknya sudah lelah bermain-main dengan Imaih. Akhirnya, Ibal memilih merebahkan diri sambil menguap karena rasa kantuknya yang tidak tertahan. Ibal juga sesekali menyentuh kamera yang sepertinya menarik perhatiannya.

Akun Instagram Imaih yang memiliki jumlah pengikut hingga 65 ribu itu tidak pernah sepi dengan komentar warganet. Tak sedikit komentar yang menitipkan salam kepada monyet lucu miliknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kesedihan Keluarga dan Kerabat Korban Kebakaran Flamengo

Posted: 08 Feb 2019 08:06 PM PST

Seorang pria mengenakan jersey Flamengo berdoa saat Misa peringatan untuk para korban kebakaran di akademi sepakbola Brasil, di Rio de Janeiro, Brasil (8/2). Kebakaran tersebut menewaskan 10 pemain muda dan tiga luka-luka. (AP Photo/Leo Correa)

Seorang pria mengenakan jersey Flamengo berdoa saat Misa peringatan untuk para korban kebakaran di akademi sepakbola Brasil, di Rio de Janeiro, Brasil (8/2). Kebakaran tersebut menewaskan 10 pemain muda dan tiga luka-luka. (AP Photo/Leo Correa)

Dua wanita mengenakan jersey Flamengo berpelukan saat Misa peringatan untuk para korban kebakaran di akademi sepakbola Brasil, di Rio de Janeiro, Brasil (8/2). Kebakaran merajalela ketika para peman sedang tertidur pulas. (AP Photo/Leo Correa)

Dua wanita mengenakan jersey Flamengo berpelukan saat Misa peringatan untuk para korban kebakaran di akademi sepakbola Brasil, di Rio de Janeiro, Brasil (8/2). Kebakaran merajalela ketika para peman sedang tertidur pulas. (AP Photo/Leo Correa)

Para pemain muda Flamengo berdoa dalam Misa peringatan untuk para korban kebakaran di sebuah akademi sepakbola Brasil, di Rio de Janeiro, Brasil (8/2). (AP Photo/Leo Correa)

Para pemain muda Flamengo berdoa dalam Misa peringatan untuk para korban kebakaran di sebuah akademi sepakbola Brasil, di Rio de Janeiro, Brasil (8/2). (AP Photo/Leo Correa)

Foto-foto para pemain pemuda yang tewas dalam kebakaran di sebuah akademi sepak bola Brasil, dipajang di altar selama Misa peringatan untuk para korban kebakaran di sebuah akademi sepakbola Brasil, di Rio de Janeiro, Brasil (8/2). (AP Photo/Leo Correa)

Foto-foto para pemain pemuda yang tewas dalam kebakaran di sebuah akademi sepak bola Brasil, dipajang di altar selama Misa peringatan untuk para korban kebakaran di sebuah akademi sepakbola Brasil, di Rio de Janeiro, Brasil (8/2). (AP Photo/Leo Correa)

Pemain pemuda Flamengo Leoni Pereira (kiri) merangkul rekan setimnya dalam Misa peringatan untuk para korban kebakaran di akademi sepakbola Brasil, di Rio de Janeiro, Brasil (8/2). (AP Photo/Leo Correa)

Pemain pemuda Flamengo Leoni Pereira (kiri) merangkul rekan setimnya dalam Misa peringatan untuk para korban kebakaran di akademi sepakbola Brasil, di Rio de Janeiro, Brasil (8/2). (AP Photo/Leo Correa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marc Marquez Naik Bandros di Kota Kembang, Ada Apa?

Posted: 08 Feb 2019 08:02 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Marc Marquez bersama Repsol Honda Team ditemani manajemen PT Astra Honda Motor (AHM) naik Bandros berkeliling kota Bandung untuk menyapa fansnya di Kota Kembang ini.  

Marc Marquez bersama rombongan menggunakan 2 unit Bandros. Berdesain terbuka tanpa jendela, kendaraan wisata khas Bandung ini memungkinkan Juara Dunia MotoGP lima kali ini melemparkan pandangannya ke sekeliling rute sekitar 16 km yang dilalui.

Marc Marquez memulai perjalanan keliling Bandung dari Trans Studio Mall di Jalan Gatot Subroto, ditemani 100 bikers dari komunitas Honda CBR series dan Honda Big Bike Bandung. Mereka menyusuri beberapa kawasan terkenal kota Bandung seperti Jalan Asia Afrika yang terkenal dengan gedung Merdeka,Jalan Braga, Fiaduck, Wastu Kencana.

Mereka juga melintasi Jalan Merdeka, Dago, Dipati Ukur sebelum akhirnya berhenti di Gedung Sate. Setibanya di Gedung Sate, pebalap Repsol Honda Team ini disambut oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Jawa Barat Drs. H. Dady Iskandar, MM.

Selama singgah di Gedung Sate, Marc Marquez juga berkesempatan untuk mengenal lebih dekat sejarah kota Bandung di Museum Gedung Sate yang langsung disampaikan oleh Bapak Dady Iskandar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-Hati, Anda Bisa Gagal Seleksi PPPK Gara-Gara Hal Ini

Posted: 08 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tinggal di depan mata. Tanggal 10 Februari 2019 mendatang, pendaftaran administrasi sudah bisa dilakukan secara online.

Pada prosesi seleksi, ada tes wawancara yang memastikan pendaftar memiliki netralitas dalam pileg dan pilpres mendatang serta komitmen mereka pada Pancasila dan UUD 45.

"Yang berbeda juga ada tahap wawancara dengan pejabat pembina kepegawaian setempat," ujar Kepala Biro Humas BKN M. Ridwan di Jakarta seperti ditulis Sabtu (9/2/2019).

"Bagaimana tanggapannya (peserta) tentang Pancasila, UUD 45? Tidak boleh menyimpang. Harus netral dalam pilpres, pileg, hal-hal seperti itu," tegasnya.

Itu tidak berhenti di tahap wawancara saja, melainkan akan berlangsung secara berkelanjutan sebagai pertimbangan perpanjangan kontrak kerja. Komitmen PPPK terhadap Pancasila dan UUD 45 akan selalu dipastikan.

Masa kontrak paling singkat bagi rekrutmen PPPK adalah satu tahun. Ridwan menyebut, pegawai yang berstatus PPPK diharapkan bisa terus bertugas hingga masa pensiun jika bertugas dengan baik dan mengikuti ketentuan yang berlaku.

"Jika memang baik, maka dia akan lanjut, tidak perlu tes lagi. Istilahnya ekstensi kontrak. Tapi mudah-mudahan waktunya sampai pensiun," pungkas Ridwan.

Catat! Ini Jadwal Lengkap Rekrutmen PPPK

Peserta CPNS di Jakarta Barat. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) baru saja mengungkapkan tanggal-tanggal pelaksanaan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Ditargetkan, bulan Februari ini semua prosesi selesai.

"Mudah-mudahan proses sebelum Pileg dan Pilpres 2019, teman-teman PPPK sudah mulai tugas. Sudah dengan status PPPK," ujar Kepala Biro Humas BKN M. Ridwan, Jumat (8/2/2019) di Jakarta. 

Pada rekrutmen tahap 1 ini, prioritasnya adalah pegawai honorer K2 di bidang pendidikan, kesehatan, dan penyuluhan pertanian. Berikut jadwal rekrutmen PPPK tahun 2019:

8 Februari: Pengumuman dibukan di SSCASN. Harap perhatikan bahwa hari ini hingga besok hanya ada pengumuman mengenai daerah yang membuka PPPK.

10 - 16 Februari: dimulai pendaftaran online untuk K2 atau yang eligible (memenuhi syarat) mengikuti tahap ini. Pada saat bersamaan, pihak BKN melakukan validasi pada mereka yang mendaftar.

17 Februari: proses verifikasi administrasi selesai.

18 Februari: Hasil verifikasi diumumkan. Rencana sejauh ini, pengumuman akan dilakukan melalui aplikasi SSCASN.BKN.go.id

23 - 24 Februari: Pelaksanaan tes di sekitar 530 kabupaten/kota. Jadwal ini tentatif. Tes dilakukan dengan Computer Assisted Test (CAT).

Namun, belum tentu 530 titik itu melakukan tes, sebab masih harus dilihat mengenai daerah mana saja yang mengikuti rekrutmen.

25 - 28 Februari: penilaian

1 Maret: pengumuman hasil PPPK

BKN Ingatkan Waspada Informasi Palsu Penerimaan PPPK Tahap I

3 Tes Kesehatan Wajib untuk CPNS (Liputan 6)

Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) Tahap I akan segera diumumkan. Namun banyaknya peminat PPPK, justru disalahgunakan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oknum yang tak bertanggung jawab itu menyebarkan informasi palsu terkait penerimaan PPPK, seperti iming-iming kelulusan dan sebagainya yang akhirnya membuat masyarakat resah. 

Terkait hal itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun Twitter resminya, @BKNgoid, meminta masyarakat untuk waspada terhadap informasi palsu penerimaan PPPK yang beredar.

BKN mengingatkan kepada masyarakat agar hanya percaya informasi dari website resmi (.go.id) dan media sosial Instansi yang bersangkutan.

Untuk lebih mudahnya, BKN mengimbau masyarakat untuk mem-follow Twitter BKN, @BKNgoidterkait informasi seputar penerimaan PPPK agar tidak salah.

Di akhir, BKN kembali menegaskan bahwa Seleksi PPPK/P3K Tahap I hanya untuk eks THK2 guru, tenaga kesehatan (nakes), Tenaga Harian Lepas (THL) Pertanian dan dosen PTN baru.

"Penerimaan Pegawai Pemerintah dg Perjanjian Kerja (P3K) Tahap I akan segera diumumkan. Pastikan hanya percaya info *.go.id & medsos mereka. Biar gampang, follow mimin saja agar tdk salah

Seleksi P3K Tahap I hanya u/ eks THK2 guru, nakes, THL Pertanian & dosen PTN baru

#P3K2019"

Sementara itu, untuk proses persiapan penerimaan PPPK sendiri, BKN saat ini masih tengah berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), serta Kementerian Agama (Kemenag) untuk memastikan validitas eks THK2 yang sudah ada di database BKN.

Menteri PANRB Ajak Generasi Muda Tingkatkan Daya Saing

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin saat rapat kerja dengan Komisi II DPR di Jakarta, Selasa (30/10). Rapat diikuti Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). (Liputan6.com/JohanTallo)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin mengajak, para generasi muda untuk meningkatkan daya saing, inisiatif, kreativitas, dan inovasi. Sebab, generasi muda menjadi kunci kemajuan bangsa.

Hal tersebut diungkapkan Syafruddin dalam Silaturahmi Nasional Pemuda Remaja Masjid Indonesia, di Asrama Haji Jakarta.

"Remaja adalah generasi cerdas yang berkontribusi positif demi kemajuan bangsa," ujar dia di Jakarta, 26 Januari 2019. 

Dia menuturkan, generasi muda juga akan menghadapi berbagai tantangan di era digitalisasi dan virtualisasi serta revolusi industri 4.0 yang sedang terjadi saat ini.

Namun, dia berharap para pemuda dapat memanfaatkan media digital untuk mencegah hoax, provokasi, dan agitasi.

"Perhatian kami curahkan sebagai wujud kepedulian terhadap perkembangan pemuda sebagai penerus estafet kepemimpinan bangsa ini di masa yang akan datang," kata Syafruddin.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI)  mengungkapkan, saat ini banyak negara di belahan dunia termasuk negara Islam yang bergejolak karena konflik antar sesama anak bangsa.

Oleh sebab itu, perbedaan yang ada harus dijadikan sumber kekuatan bukan sebagai sumber keruntuhan suatu bangsa.

"Indonesia satu-satunya negara yang berhasil meleburkan pilar nasionalisme dan agama menjadi pondasi yang kokoh menopang negara," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Clippers Ingin Duetkan Durant dengan Leonard di NBA Musim Depan

Posted: 08 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Los Angeles Clippers memiliki rencana super dahsyat untuk NBA musim depan. Clippers ingin mendatangkan dua super star sekaligus yakni Kevin Durant dan Kawhi Leonard.

Leonard pada NBA 2018-2019 bermain untuk Toronto Raptors setela di trade dari San Antonio Spurs musim panas lalu. Namun Leonard akan berstatus free agent di musim panas 2019. 

Sama seperti Leonard, Durant juga akan berstatus free agent akhir musim nanti. Saat ini dia membela Golden State Warriors. Durant menjadi incaran utama New York Knicks.

Jurnalis ESPN Brian Windhorst melaporkan Clippers memiliki ambisi menduetkan Leonard dengan Durant di NBA musim depan. Peluang tersebut cukup terbuka.

Clippers sudah menyiapkan langkah menampung Durant dan Leonard dengan mengosongkan salary cap mereka. Clippers baru saja melepas pemain bintangnya Tobias Harris ke Philadelphia 76ers.

Dengan demikian Clippers bisa mengontrak dua nama besar dengan kontrak maksimal musim panas nanti.

 

Jerry West

Walau Knicks juga siap memberikan kontrak maksimal untuk Durant, peluang Clippers menyalip cukup besar. Durant diketahui sanga menghormati Jerry West. Saat ini West bekerja untuk Clippers.

Sebelum memutuskan membela Warriors di tahun 2016, Durant berbicara lewat telepon dengan West. Ketika itu West masih bekerja untuk Warriors.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Status Tanggap Darurat Gunung Karangetang Berlaku 7 Hari

Posted: 08 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Sulut - Pemkab Kepulauan Sitaro, Sulut, menaikkan status Gunung Karangetang dari siaga darurat menjadi tanggap darurat terhitung sejak Rabu, 6 Februari 2019. Keputusan ini diambil lantaran guguran lahar panas gunung api di Sulawesi Utara itu yang terus meluas.

Peningkatan status tersebut ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Kepulauan Sitaro setelah sebelumnya dilakukan rapat koodinasi seluruh instansi teknis di ruang Media Center BPBD Sitaro.

"Setelah rapat, kita sepakat status penanganan bencana kita naikkan menjadi tanggap darurat, sejak Rabu malam. Jadi semua kegiatan penanganan bencana erupsi Karangetang akan dilaksanakan oleh Tim Komando Tanggap Darurat dikomandani Bapak Wakil Bupati," ungkap Kepala Pelaksana (Kalak) Kepala BPBD Sitaro, Bob Wuaten.

Bob mengatakan, alasan utama dinaikkannya status menjadi tanggap darurat karena tingkat ancaman erupsi Gunung Karangetang yang terus meluas.

"Materialnya sudah melebar, sehingga beberapa area yang harus disterilkan bertambah, dari satu area menjadi tiga area yaitu Dusun Beba, Kampung Kawahang dan Kampung Batubulan. Ini juga sesuai dengan rekomendasi dari tim dari BNPB," katanya.

Sementara itu di tempat terpisah, Kasubdit Penyiapan Sumber Daya BNPB Radito Pramono Susilo mengatakan, status penanggulangan bencana sudah dinaikkan menjadi tanggap darurat dengan pertimbangan situasi dan kondisi di lapangan yang membutuhkan penanganan lebih.

"Bisa dilihat dari sudah terjadinya erupsi, sudah ada ancaman, sudah ada masyarakat yang dievakuasi, sudah ada kerusakan serta daerah terisolir," kata Radito.

Dirinya menambahkan, kehadiran BNPB untuk mendampingi pemerintah daerah dalam pelaksanaan operasi penanganan darurat. "Apabila ada masukkan yang sekiranya bisa bermanfaat dalam pelaksanaan operasi ini semoga bisa digunakan oleh BPBD dan pemerintah daerah," katanya.

Hingga Sabtu (9/2/2019) pagi, Pemkab Sitaro masih terus menangani para pengungsi yang kini tinggal di beberapa penampungan seperti gedung gereja.

Penetapan tanggap darurat ini berlaku 7 hari dari 6 sampai 12 Februari. Jika dipandang perlu, status itu dapat ditinjau kembali sesuai kebutuhan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sontek, Cara Ampuh Ussy Jauhkan Anak dari HP

Posted: 08 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anak zaman sekarang tak bisa lepas dari gawai. Entah itu ponsel pintar, tablet, televisi.  Orangtua harus putar otak agar anak tidak terus menerus terpapar gawai. Terkait hal ini selebritas Ussy Sulistiawaty punya cara jitu.

Ibu 4 anak ini berhasil menghindari dua putrinya yang paling kecil dari paparan gadget berlebihan.

"Elea dan Sheva enggak pegang handphone selama 2 bulan terakhir. Aku bangga sekali," ujarnya, saat ditemui di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Istri dari Andhika Pratama ini tak ingin tumbuh kembang anak-anaknya terhambat gara-gara terus menerus bermain gawai secara berlebihan. 

"Memang aku punya inisiatif aja. Aku bilang, kalau sering main HP nanti sarafnya terganggu. Memang aku banyak lebay-nya," tutur Ussy Sulistiawaty.

 

Andhika Pratama ingin tambah anak dari Ussy Sulistiawaty (Instagram/andhiiikapratama)

Ussy rupanya selalu memgalihkan perhatian sang anak dengan hal lain saat mereka ingin bermain HP. Mulai dari mainan, buku hingga hal lain.

"Kalau dia mau main HP, aku ajak main. 'Udah ayo sini, mama punya buku cerita, punya mainan baru'. Dia jadi ter-distraksi," cerita Ussy.

 

Penulis: Cynthia Amanda Male/Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Kabar Mobil Tesla Roadster di Luar Angkasa Bikin Penasaran

Posted: 08 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mobil Tesla Roadster milik Elon Musk sudah setahun berada di luar angkasa. Kabar mengenai mobil ini bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Informasi lain yang tak kalah menarik datang dari warganet Indonesia seakan tak kehabisan bahan candaan terkait berbagai hal yang tengah viral.

Kemarin, Jumat (8/2/2019), muncul tagar #tilangngehe terkait video viral Adi Saputra yang merusak motornya karena tidak terima ditilang oleh polisi.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini. 

1. Setahun di Luar Angkasa, Apa Kabar Mobil Tesla Roadster?

Setahun yang lalu, SpaceX untuk pertama kali meluncurkan roket Falcon Heavy ke luar angkasa.

Peluncuran roket ini menuai kesuksesan, terlebih saat itu Falcon Heavy juga memboyong proyek terbaru SpaceX, Starship dan Super Heavy dengan muatannya mobil Tesla Roadster milik Elon Musk pribadi dalam perjalanan.

Mobil mewah itu juga membawa sebuah manekin Starman yang duduk di belakang kemudi dan terbang melintasi luar angkasa. Bagaimana kabarnya?

Baca selangkapnya di sini 

2. Guyon Tagar Tilangngehe Bikin Riuh Twitter Hari Ini

Warganet Indonesia seakan tak kehabisan bahan candaan terkait berbagai hal yang tengah viral. Kali ini, muncul tagar #tilangngehe terkait video viral Adi Saputra yang merusak motornya karena tidak terima ditilang oleh polisi.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Jumat (8/2/2019), #tilangngehe pada hari ini menduduki posisi nomor dua di Indonesia trends.

Tagar ini bukan merupakan bentuk dukungan terhadap Adi, tapi guyonan warganet terkait insiden tersebut.

Baca selangkapnya di sini 

 

3. Diancam Soal Foto Mesum, Jeff Bezos Jadi Bahan Perbincangan Warganet

Jeff Bezos, salah satu orang terkaya dunia. (Kevin Wolf/AP Images for Human Rights Campaign)

Bos Amazon Jeff Bezos baru-baru ini menyebut dirinya diancam dan diperas oleh David Pecker dan perusahaannya American Media Inc (AMI).

Bezos mengklaim, para eksekutif perusahaan tersebut mengancam bakal mempublikasikan sejumlah foto telanjang dirinya dan foto seksi selingkuhannya, Laura Sanchez.

Namun secara terbuka, mantan suami MacKenzie ini justru mempublikasikan email ancaman tersebut. Jeff Bezos ogah menuruti keinginan si pemeras.

Baca selangkapnya di sini

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fenomena Langka Kawanan Hiu Menyerbu Pantai di Israel, Ada Apa?

Posted: 08 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Tel Aviv - Memasuki musim dingin, sekitar 50 sampai 100 ekor hiu masuk ke wilayah perairan dangkal di lepas pantai kota Chadera, sekitar 50 kilometer di utara Tel Aviv, Israel.

Populasi besar ikan karnivora ini sebelumnya jarang terlihat, kata peneliti kelautan Ejal Bigal, yang telah mempelajari selama empat tahun gerak-gerik hewan-hewan itu di bagian timur Laut Tengah.

Selama 100 tahun terakhir, 95 persen hiu di Laut Tengah telah dimusnahkan, kata Ejal Bigal. Lantaran mereka lebih suka berada di air dangkal dekat pantai, maka mereka lebih mudah ditangkap oleh para nelayan setempat.

Padahal, jenis hiu Carcharhinus plumbeus yang terlihat di pantai Israel tersebut termasuk jenis yang lambat berkembang biak -- rata-rata setelah 20 tahun.

Namun yang lebih lebih mengherankan adalah begitu banyak jenis hiu ini yang berkumpul di satu tempat. Fenomena tersebut pun dianggap sebagai pemandangan langka.

Tertarik berkeliaran di air hangat?

Hiu-hiu itu tampaknya tertarik oleh air hangat yang dipompa ke laut dari pembangkit listrik terdekat, kata Ejal Bigal, ilmuwan dari Universitas Haifa.

"Di tengah Jacuzzi," candanya, seperti dikutip dari DW Indonesia, Jumat (8/2/2019). Itu sebabnya banyak hiu Carcharhinus plumbeus datang ke lepas pantai Chadera.

Ejal Bigal sudah memasang sensor khusus padai 41 ikan hiu untuk memantau pergerakan mereka. Dua ekor hiu sudah ada di Chadera sejak dua tahun lalu, sedangkan yang lain adalah pendatang baru.

Ejal Bigal dan rekan-rekannya melakukan penelitian dan sudah mengumpulkan sampel darah hiu-hiu itu. Penelitian di "laboratorium di tengah-tengah alam" ini memang ideal, kata mereka.

Para peneliti bisa mengamati perilaku hewan-hewan di ini di air dangkal, tanpa harus menarik mereka keluar dari laut.

 

saksikan video pilihan berikut ini:

Menarik Perhatian Warga Sekitar

Ilustrasi hiu (AFP)

Banyaknya populasi ikan hiu itu juga menarik para pemburu dan penyelam ke daerah terkait. Hiu-hiu ini bahkan bisa dilihat dari pantai dengan mata telanjang.

"Tidak mungkin untuk mencegah orang menonton hiu," kata Ejal Bigal. Tapi dia juga melihat ini sebagai peluang untuk mencerahkan orang perihal hiu.

Bagaimanapun, hiu sangat penting bagi ekosistem, karena mereka memakan hewan laut yang sakit dan mengendalikan populasi spesies lain.

Para ilmuwan Israel berasumsi bahwa ikan hiu akan terus berdatangan sampai bulan Mei, karena banyak makanan di tempat itu. Setelah itu, mereka akan bermigrasi kembali ke perairan yang lebih dingin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serba Hitam, Potret Kehamilan Raisa Lebih Elegan

Posted: 08 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi cantik Raisa Andriana tak lama lagi akan menjadi seorang ibu. Ia tengah mengandung anak pertamanya dari Hamish Daud. Memang Raisa jarang mengabarkan perkembangan kehamilannya. Sehingga, pelantun "Terjebak Nostalgia" ini sering membuat publik penasaran.

Pada Kamis (7/2/2019) kemarin, Raisa mengunggah potret terbaru kehamilannya. Ia memamerkan foto hasil dari sesi pemotretan maternity. Raisa mengunggah potret dirinya sembari menunjukkan perut besarnya (baby bump).

"Portrait Of A Woman," tulis Raisa pada foto unggahannya.

Raisa tampil memesona dengan gaun menjuntai. Potret maternity Raisa ini diabadikan oleh fotografer Jacky Suharto. Sementara riasan Raisa dipoles oleh makeup artist Bubah Alfian.

Mencuri Perhatian

Raisa saat hamil besar. Instagram/@raisa6690

Pemotretan maternity Raisa ini mencuri perhatian warganet. Tak sedikit orang menuliskan ucapan dan doa melalui kolom komentar. 

"Cntk bingitzz..smg dilancarkan y proses kelhirannya @raisa6690," kata pemilik akun @arinarukmana. 

"Akhirnya muncul foto maternity nya jg,," tulis pengguna akun @lusi_jafrakonsultan.

Penasaran

Hamish Daud dan Raisa bertemu pertama kali pada lima tahun silam saat keduanya bertemu dalam film bertajuk Rectoverso. Saat itu suara Raisa lah yang mengisi soundtrack film tersebut. (Instagram/hamishdw)

Banyak juga yang penasaran dengan usia kandungan Raisa seperti akun @febriyanti.anggraeni, "Brapa bulan yaya?...sehat terus sampai persalinan nanti..amin.."

Tak sedikit warganet yang menantikan kelahiran anak pertama Raisa dan Hamish. Banyak warganet menduga wajah anak mereka bakalan tak jauh berbeda dari pesona Raisa dan Hamish. 

"Ditunggu anak nyaaaa kaaa, kek nyaaaa gk jauh dr ayah dn ibu nyaa ni huaaa," ungkap akun @claisyaaaaaaa.

(Vindiasari Putri/Brilio.net)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tanpa Pemandu Acara, Ini Konsep Baru Oscar 2019

Posted: 08 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ajang penganugerahan bergengsi ini sebentar lagi akan digelar. Namun tahun ini kabarnya akan disuguhkan dengan konsep baru. Gimana jadinya ya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: