Kamis, 21 Februari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pensiun dari Musisi, Maia Estianty Ingin Jadi Motivator

Posted: 21 Feb 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Maia Est‎ianty memilih vakum dari dunia musik yang telah melambungkan namanya. Kini, istri Irwan Murssy asyik mengepakkan sayapnya di dunia bisnis, dan mengikuti jejak suaminya menjadi pengusaha.

Buat Maia Est‎ianty ia sudah mulai jenuh setelah bert‎ahun-tahun bermusik. Terlebih Maia Estianty telah mendapatkan apapun yang ia inginkan dari bermusik.

Ditambah, ibu tiga anak itu mengaku sebagai orang yang mudah bosan dan ingin menjajal sesuatu hal yang baru.

‎"Memang dari aku sendiri yang ingin berhenti. Aku orangnya gampang bosen. Kalau sudah di titik tertentu, dan aku sudah mencapai apa yang aku mau, pasti aku pindah. Jadi butuh tantangan baru," ujar Maia Estianty saat ditemui dalam acara  nonton bareng film Anak Hoki di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (21/2/2019).

 

Kegalauan Hati

Maia Estianty. (Foto: instagram.com/maiaestiantyreal)

Selain sebagai pebisnis, Maia Estianty kini sering terlihat mengisi acara sebagai seorang motivator. ‎Terlebih banyak orang yang kagum dengan perjuangan Maia Estianty, saat menapaki karier ketika harus bercerai dengan Ahmad Dhani yang memilih menikahi teman duetnya Mulan Jameela.

"Ya mungkin juga aku bisa memberikan motivasi kepada mereka yang merasa galau dengan pengalaman yang sama pernah aku lewati.  Tapi saya masih ingat nih bagaimana mengatasi kegalauan hidup gitu," ujar Maia Estianty.

Kan Capek

Tata Janeeta syuting video klip (Deki Prayoga/bintang.com)

Setiap ada orang yang galau karena kehidupan asmara dan rumah tangga, Maia Estianty selalu menyarankan agar bangkit dan melupakan masa lalu. Sebab bila terbuai dengan masa lalu tidak akan membuat orang t‎ersebut maju.

"Sama sekali aku tidak pernah memikirkan masa lalu. Dan buatku, ngapain sih ngelihatin spion terus? Kan capek, gitu lho," kata Maia Estiant‎y.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biodata BTS dan Fakta 7 Membernya, Buat Kamu yang Baru Jadi K-Popers

Posted: 21 Feb 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Para K-Popers pastinya tidak asing dengan group asal korea yang bernama Bangtan Boys atau yang kerap dikenal dengan nama lain BTS. BTS merupakan salah satu group idol asal Korea Selatan yang memulai debutnya pada 13 Juni 2013 dengan single No More Dream. Single debut ini merupakan salah satu single dan album perdana BTS yang bertajuk 2 Cool 4 Skool.

Saat ini member BTS terdiri dari 7 anggota yakni Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V dan Jungkook. Tiap personil BTS memiliki peran dan posisi masing-masing dalam grup. BTS masuk dalam label Big Hit Entertainment.

Aliran genre musik yang dibawakan BTS adalah K-Pop, EDM, R&B dan hip hop. BTS termasuk boyband Korea terpopuler dan banyak meraih penghargaan musik nasional dan internasional.

Popularitas BTS sangat besar tidak hanya di Korea Selatan saja, namun di Jepang dan negara Asia lain termasuk Indonesia. Bahkan BTS juga sukses menembus pasar musik Internasional. Beberapa lagu Korea terbaik dari BTS juga sukses menembus chart Billboard di Amerika Serikat. Berikut biodata BTS yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/1/2019).

1. RM

Rap Monster BTS (Foto: Allkpop.com)

Biodata BTS member pertama yang dibahas adalah Kim Nam Joon atau yang akrab disapa dengan nama panggung Rap Monster atau yang sekarang lebih dikenal RM. Ia lahir lahir pada 12 September 1994. RM merupakan leader sekaligus rapper dari Bangtan Boys.

Sebelum debut bersama BTS, ia dikenal sebagai rapper underground yang memiliki nama panggung Runch Randa yang sempat berkolaborasi dengan Zico, yang ketika itu juga merupakan seorang rapper underground.

2. Jin

Jin BTS (Instagram/@jin.bts)

Biodata BTS member selanjutnya adalah Jin. Pria yang memiliki nama asli Kim Seok Jin ini lahir di Gwaecheon pada 4 Desember 1992 ini mengisi posisi sebagai vokalis dalam group.

Sebelum debut, Jin terlebih dahulu menjalani training selama tiga tahun. Selain itu Jin memiliki kemampuan memasak yang lebih baik dari member lainnya, sehingga Jin ditunjuk sebagai juru masak di dorm tempat tinggal para member BTS.

3. Suga

Suga BTS (Foto: Twitter/BigHitEnt)

Biodata BTS member ini sebelum debut dengan grupnya sekarang merupakan seorang rapper underground yang cukup terkenal di daerah Daegu dengan nama "Gloss". Pria kelahiran Daegu 9 Maret 1993 dan lulusan Apujeong High School ini memiliki nama asli Min Yoon Gi.

Saat ini Suga ditunjuk sebagai lead rapper dari BTS. Pada 16 Agustus 2016, BTS Suga mengeluarkan mixtape bertajuk Agust D untuk pertama kalinya dan meluncurkan 2 Music Video (MV) sekaligus untuk lagu Agust D serta Give it to Me. Kedua MV tersebut berhasil ditonton lebih dari satu juta kali di YouTube hanya dalam kurun waktu 12 jam saja.

4. J-Hope

J-Hope BTS (Foto: Facebook/bangtan.official)

Biodata BTS selanjutnya adalah Jung Ho Seok atau biasa akrab dipanggil J-Hope. Ia menempati posisi sebagai lead rapper dan main dancer dalam group. Selain itu pria kelahiran Gwangju 18 Februari 1994 ini pernah bergabung dalam grup street dance yang bernama NEURON sebelum ia bergabung bersama BTS.

Biodata BTS penyuka warna hijau ini dianggap sebagai member yang selalu membawa kebahagiaan kepada member lainnya dan dianggap sebagai ibu bagi para member. Pasalnya J-Hope selalu bisa berhasil menemukan solusi dalam setiap masalah.

5. Jimin

Jimin BTS (Foto: soompi.com)

Biodata BTS berikutnya adalah Jimin. Member kelahiran Busan, 13 Oktober 1995 ini merupakan lead vokal dan main dancer dalam grup. Terlahir dengan nama asli Park Ji Min ini memiliki beberapa nama panggilan, diantaranya Chim Chim, Dolly, Park Jimine.

Jimin sendiri ternyata sangat mengidolakan Big Bang, terutama Taeyang. Selain itu Jimin adalah member BTS yang paling memperhatikan urusan diet, karena dia paling tidak suka jika ada yang mengatakan berat badannya naik.

6. V

V atau Kim Tae Hyung `BTS` (wikia)

Biodata BTS selanjutnya adalah Kim Tae Hyung atau yang lebih dikenal dengan nama panggung V. Ia merupakan vocalist dalam grup Bangtan Boys. V lahir di Daegu pada tanggal 30 Desember 1995. Selain itu, diantara semua member, V dianggap sebagai member yang paling unik dan aneh dan dianggap sebagai member yang paling misterius.

Nama V pun terkenal dengan kepribadian 4D, yakni istilah orang Korea yang memiliki kepribadian yang tak terduga dan cenderung absurd. V juga sering mendapat julukan Blank Tae karena ekspresi wajahnya selalu kosong atau blank. Selain bernyanyi, V juga dikenal akan kemampuannya dalam berakting.

7. Jungkook BTS

Jungkook BTS (Instagram/bts.bighitofficial)

Biodata BTS member terakhir adalah Jeon Jung Kook atau yang biasa disapa dengan Jungkook. Ia merupakan main vocalist, lead dancer, sub rapper, center, dan maknae dari Bangtan Boys. Lahir di Busan pada 1 September 1997, Jungkook pernah bersekolah di Seoul School Performing Arts.

Sebelum tergabung bersama BTS, Jungkook yang saat itu masih berusia 13 tahun mengikuti audisi Superstar K3, namun gagal dalam audisi tersebut. Meskipun begitu, Jungkook ternyata telah diincar oleh beberapa perusahaan. Salah satunya adalah Big Hit Entertainment. Akhirnya, Jungkook memutuskan untuk bergabung dengan Big Hit Entertainment pada tahun 2011.

Pada 2012, Big Hit mengirimnya ke Los Angeles untuk belajar menari di sebuah akademi tari terkenal di sana. Setelah menjalani trainee di LA, Jungkook resmi debut bersama dengan 6 member lainnya dalam grup BTS.

Nah, itu tadi Biodata BTS, siapa nih member BTS favoritmu?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: [CEK FAKTA] Viral Video Kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin Berbahasa Mandarin

Posted: 21 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video tentang kampanye untuk mencoblos calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin viral di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajer Chelsea Jawab Rumor Diminati AS Roma

Posted: 21 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, London - Manajer Chelsea, Maurizio Sarri menjelaskan kabar yang menyebutkan ia akan bergabung ke AS Roma. Manajer asal Italia itu mengaku masih punya kontrak yang lama di Chelsea.

Belakangan ini nasib Sarri sebagai manajer Chelsea menjadi penuh tanda tanya. Pasalnya, performa The Blues belum konsisten bersama eks pelatih Napoli tersebut.

Salah satu klub yang dikabarkan mendekatinya adalah AS Roma. Bahkan AS Roma kabarnya sudah mengirim petingginya, Franco Baldini untuk bernegosiasi dengan Sarri di London.

"Semua itu omong kosong. Saya masih punya kontrak selama dua tahun di Chelsea," kata Sarri seperti dilansir Metro.

"Ya, saya membacanya dari koran Italia kalau sudah bertemu dengan Baldini. Namun Baldini sedang di Afrika Selatan dan sangat sulit untuk makan malam dengannya," ujarnya.

 

 

Fokus

5. Maurizio Sarri - Kemampuan Sarii di kancah Serie A sudah terbukti usai membawa Napoli konsisten di papan atas. Sebelumnya, tim gurem Empoli sukses ia bawa promosi dari Serie B. (AFP/Ben Stansall)

Chelsea memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Europa. Mereka juga masih bersaing di empat besar klasemen Liga Inggris.

Peluang pertama untuk meraih trofi juga datang akhir pekan ini. Mereka akan menantang Manchester City di final Piala Liga Inggris.

"Tentu saja fokus kami menghadapi City. Dua pekan lalu kami kalah telak dan sekarang kami akan mencari solusinya," kata Sarri.

Hasil

Ekspresi Manajer Chelsea, Maurizio Sarri (kanan) selama laga melawan Bournemouth pada lanjutan pekan ke-24 Premier League 2018-2019 di Bournemouth, Inggris, Rabu (30/1). Chelsea kalah 4-0. (Glyn KIRK/AFP)

Hasil Liga Europa

Dinamo Zagreb 3 - 0 FC Viktoria Plzen

FC Salzbourg 4 - 0 Club Bruges KV

Napoli 2 - 0 FC Zürich

Eintracht Frankfurt 4 - 1 Shakhtar Donetsk

Valencia 1 - 0 Celtic

Zenit 3 - 1 Fenerbahçe

Villarreal 1 - 1 Sporting

Arsenal 3 - 0 BATE

Internazionale 4 - 0 Rapid Vienne

KRC Genk 1 - 4 SK Slavia Prague

Bayer Leverkusen 1 - 1

Chelsea 3 - 0 Malmö FF

Real Betis 1 - 3 Stade Rennais

Dynamo Kyiv 1 - 0 Olympiakos Piraeus

Benfica 0 - 0 Galatasaray

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menunggu Hampir 1 Abad, Kota Terlarang China Akhirnya Buka Malam Hari

Posted: 21 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Beijing - Pemerintah China membuka Museum Istana Beijing bernama Forbidden City (Kota Terlarang) untuk pertama kalinya dalam 94 tahun pada malam hari.

Kesempatan langka tersebut merupakan bagian dari perayaan Festival Lampion Beijing, yang hanya dilaksanakan pada Selasa-Rabu, 19-20 Februari 2019. Acara itu diadakan untuk menandai berakhirnya liburan tahun baru Imlek.

Sebelumnya, Kota Terlarang hanya dibuka hingga pukul 4.30 sore pada musim dingin dan 5 sore di musim panas. Hanya tamu kehormatan China yang dapat menikmati pemandangan musium kerajaan tersebut pada malam hari. Misalnya adalah Donald Trump pada 2017 lalu, sebagaimana dikutip dari CNN pada Jumat (22/2/2019).

Pada Selasa malam, ribuan pengunjung yang beruntung mendapatkan tiket, membanjiri situs. Hanya tersedia 3000 tiket untuk setiap malam, sebagaimana dilaporkan oleh Channel News Asia. Itu berarti hanya 6000 tiket yang dijual untuk kesempatan langka 19-20 Februari 2019.

Pengunjung memasuki museum untuk menyaksikan pertunjukan lampion yang disuguhkan bersama dengan pertunjukan orkestra dan hiburan lainnya. Hampir semua dari mereka merasa bersyukur menjadi bagian dari momen langka tersebut.

Salah satu dari pengunjung adalah Zhang Zhifu, seorang sukarelawan keamanan publik berusia 77 tahun yang diberi tiket gratis oleh pemerintah China.

"Saya tumbuh di Beijing dan mengunjungi Kota Terlarang setiap tahun. Namun, saya belum pernah melihatnya malam hari," kata Zhifu.

"Tidak semua orang bisa datang. Ku dengar sangat suli mendapatkan tiket. Benar-benar suatu kehormatan diberi hak istimewa ini," lanjutnya mengungkapkan rasa syukur.

 

Simak pula video pilihan berikut:

Lentera Mirip Lampu Disko

Siluet pengunjung terlihat ketika mengunjungi Kota Terlarang atau Forbidden City  yang diterangi pertunjukan cahaya selama perayaan Festival Lentera di Beijing, Selasa (19/2). Festival itu menandai berakhirnya liburan Tahun Baru Imlek (AP/Andy Wong)

Acara malam itu penuh dengan cahaya, sebagaimana tradisi Festival Lampion yang telah berjalan selama ribuan tahun. Semburat cahaya berwarna-warni, membentuk citra yang sangat indah bangunan kuno museum kerajaan.

Namun pada malam itu, terdapat hal yang tidak biasa. Penyelenggara festival memutuskan untuk menggunakan lampu LED dibandingkan dengan lampion kertas dan lilin merah. Hal itu dilakukan demi alasan keamanan, mengingat kedua bahan tersebut mudah menyebabkan kebakaran.

Penggunaan lampu LED mendapatkan kritikan dari beberapa orang.

"Saya sangat kecewa. Saya sangat berharap dengan standar estetika Museum Istana. Lampu LED tidak cocok dengan suasana keanggunan Kota Terlarang," kata seseorang yag tidak disebutkan namanya.

Sumber lain berkomentar bahwa Kota Terlarang justru terlihat seperti diskotik dengan adanya lampu LED yang berwarna-warni.

"Acara LED terlalu norak. Apakah kaisar memiliki malam disko?", kata seseorang melalui Weibo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tulus Kejutkan Penonton Konser Siti Nurhaliza

Posted: 21 Feb 2019 09:30 PM PST

Penyanyi Siti Nurhaliza (kiri) berduet dengan Tulus dalam konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Tulus muncul saat Siti Nurhaliza tengah membawakan lagu Seindah Biasa. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penyanyi Siti Nurhaliza (kiri) berduet dengan Tulus dalam konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Tulus muncul saat Siti Nurhaliza tengah membawakan lagu Seindah Biasa. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penyanyi Siti Nurhaliza (kiri) duet dengan Tulus dalam konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Duet Siti dengan Tulus sontak membuat para penonton bernyanyi dan merekam momen tersebut. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penyanyi Siti Nurhaliza (kiri) duet dengan Tulus dalam konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Duet Siti dengan Tulus sontak membuat para penonton bernyanyi dan merekam momen tersebut. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penyanyi Siti Nurhaliza (kiri) berduet dengan Tulus dalam konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Suara tepuk tangan dan teriakan penonton terdengar di tengah duet. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penyanyi Siti Nurhaliza (kiri) berduet dengan Tulus dalam konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Suara tepuk tangan dan teriakan penonton terdengar di tengah duet. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penyanyi Siti Nurhaliza (kiri) berduet dengan Tulus dalam konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Siti mengaku gugup saat berduet dengan Tulus. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penyanyi Siti Nurhaliza (kiri) berduet dengan Tulus dalam konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Siti mengaku gugup saat berduet dengan Tulus. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penyanyi Siti Nurhaliza (kiri) berduet dengan Tulus dalam konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Tulus mengaku sangat senang karena bisa berduet dengan legenda musik seperti Siti. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penyanyi Siti Nurhaliza (kiri) berduet dengan Tulus dalam konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Tulus mengaku sangat senang karena bisa berduet dengan legenda musik seperti Siti. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penyanyi Siti Nurhaliza (kiri) berduet dengan Tulus dalam konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Siti berharap bisa membuat album dengan Tulus. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penyanyi Siti Nurhaliza (kiri) berduet dengan Tulus dalam konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Siti berharap bisa membuat album dengan Tulus. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penyanyi Siti Nurhaliza (kiri) berduet dengan Tulus dalam konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Tulus undur diri dari panggung setelah membawakan lagu 'Sewindu'. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penyanyi Siti Nurhaliza (kiri) berduet dengan Tulus dalam konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Tulus undur diri dari panggung setelah membawakan lagu 'Sewindu'. (Fimela.com/Bambang E Ros)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Leeteuk Super Junior Ungkap Kekaguman kepada Rossa

Posted: 21 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rossa dan Super Junior memang belum masuk dapur rekaman untuk mengerjakan proyek kolaborasinya. Namun kedua pihak tampaknya sudah melihat sisi positif dari diri masing-masing.

Dalam acara penandatanganan kerja sama antara SM Entertainment dengan Trans Media yang digelar di Jakarta, Kamis (21/2/2019) kemarin, Leeteuk Super Junior mengungkapkan pujiannya kepada Rossa.

Tak hanya itu, Leeteuk Super Junior juga sudah mendengar tentang kiprah Rossa di industri hiburan. 

"Setahu saya Rossa orang ternama di Indonesia, juga di Asia. Dia sudah menjadi artis dari 17 tahun dan pengalamannya luas. Saya sangat mengagumi beliau di pembukaan Asian Games," kata pelantun yang kondang dengan "Sorry Sorry" itu.

 

Deg-degan

Leeteuk Super Junior dan Rossa. (Instagram/ xxteukxx https://www.instagram.com/p/BuIhwlHAC3u/)

Leeteuk Super Junior juga mengatakan keinginannya untuk segera mengadakan konser bersama Rossa di Indonesia atau negara Asia lainnya. 

Di sisi lain, Rossa mengaku deg-degan sekaligus bahagia bisa berkolaborasi bersama Leeteuk dan rekan-rekannya di Super Junior. 

Legenda K-Pop

Leeteuk Super Junior, Rossa, dan pendiri SM Entertainment Lee Soo Man. (Instagram/ xxteukxx https://www.instagram.com/p/BuIhwlHAC3u/)

"Aku deg-degan sebetulnya. Suatu kebahagiaan, Super Junior legenda dalam K-Pop, pastinya untuk saya bisa jadi penyanyi Indonesia, atau berbahasa Melayu dan bisa berkolaborasi dengan Super Junior. Saya menantikan kolaborasinya seperti apa," kata Rossa. 

Sumber: Antara

Penulis: Lia Wanadriani Santosa

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertama dalam 8 Tahun, Apple Bakal Rilis MacBook Pro Paling Besar

Posted: 21 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Analis Apple Ming-chi Kuo memprediksi Apple akan merilis sebuah laptop MacBook Pro yang memiliki layar 16 inci pada tahun ini.

Mengutip laman Business Insider Singapura, Jumat (22/2/2019), layar 16 inci pada sebuah MacBook Pro merupakan yang paling luas yang pernah dirilis Apple dalam delapan tahun terakhir. Pasalnya, sejak 2011, Apple tak pernah merilis laptop dengan layar besar.

Pada 2011, Apple merilis MacBook Pro 17 inci. Sementara saat ini laptop MacBook Pro paling besar layarnya adalah 15 inci.

Apple diketahui menghentikan produksi model MacBook Pro 17 inci pada Juni 2012, yakni saat perusahaan merilis MacBook Pro edisi tahun 2012.

Layar laptop 16 inci bisa dibilang agak aneh dari segi ukuran. Pasalnya saat ini layar laptop memiliki ukuran 13 inci, 14 inci, 15 inci, dan 17 inci.

Saat ini, laptop Apple punya ukuran mulai dari 12 inci, 13 inci, dan 15 inci.

Belum diketahui rencana apa yang coba dibuat Apple dengan merilis MacBook Pro 16 inci ini. Justru, ada pertanyaan tentang MacBook Pro 16 inci ini, yakni bobotnya ketimbang laptop milik perusahaan pesaing.

Sebelumnya, MacBook Pro 17 inci juga sangatlah besar dan bisa dipahami alasan Apple tak merilis laptop dengan layar besar selama bertahun-tahun. Pasalnya, Apple ingin menghadirkan perangkat yang lebih kecil, ringkas, dan ringan.

Produk-Produk Apple di 2019

IPhone XS (kiri) dan XS Max diperlihatkan saat peluncuran produk baru Apple di California (12/9). iPhone XS dan XS Max tersedia tiga warna (gold, silver, abu-abu) dan tiga konfigurasi memori (64GB, 256GB, dan 512GB). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Selain MacBook Pro, Apple juga diprediksi merilis berbagai jenis produk tahun ini. Apa saja?

1. iPhone 11

Salah satu yang ditunggu-tunggu dari Apple tentu iPhone 11. Kuo menyebut, tahun ini Apple bakal merilis tiga tipe iPhone, yakni iPhone 5,8 inci, 6,1 inci, dan 6,5 inci.

Perangkat yang punya layar paling besar ini kemungkinan menggunakan jenis layar OLED. Sementara, perangkat yang lebih murah menggunakan layar LCD.

Sayangnya, Apple masih mempertahankan port Lightning Cable ketimbang USB-Type C.

Untuk notch, perangkat ini masih mempertahankan bentuk notch yang seperti saat ini. iPhone 11 juga akan hadir dengan fitur Face ID.

iPhone 11 juga akan dibekali tiga kamera utama, baterai berkapasitas lebih baterai, dan dukungan fitur pengisian daya nirkabel seperti milik Huawei Mate 20.

Kuo juga menyebut, kemampuan nirkabel iPhone 11 ini bisa terhubung dengan perangkat lain seperti AirPod 2 dan Apple Watches.

 

iPod Touch dan iPad

2. iPod Touch

iPod Touch (Macrumor)

Masih menurut Kuo, Apple juga berencana merilis iPod Touch sebagai perangkat gaming milik Apple.

iPod Touch sebelumnya belum menawarkan opsi untuk para gamers, makanya kehadiran iPod Touch kemungkinan bisa menghadirkan perangkat gaming Apple yang lebih murah ketimbang iPhone.

Bahkan, beredar pula rumor yang menyebut Apple menghadirkan langganan Netflix untuk mendukung iPod.

3. iPad

iPad Pro 2018. (Doc: Apple)

Apple kabarnya juga akan merilis generasi terbaru iPad. Namun dibandingkan sebelumnya, ukuran iPad ini lebih besar (dibanding iPad sebelumnya) yakni dengan ukuran 10,2 inci.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Susun Big Data Industri Jasa Konstruksi

Posted: 21 Feb 2019 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memanfaatkan revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan perkembangan pesat teknologi internet untuk menyusun sistem informasi jasa konstruksi yang terintegrasi dan akan menjadi big data rantai pasok industri jasa konstruksi.

"Kita memasuki era kompetisi. Dalam era kompetisi yang sangat terbuka ini, bukan proteksi yang dikedepankan, tapi kompetensi khususnya dibidang konstruksi. Untuk memenangkan kompetisi global, kita harus lebih cepat, lebih murah dan lebih baik," imbuh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/2/2019).

Menurut laporan Kementerian PUPR, sistem informasi jasa konstruksi yang terintegrasi sudah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Lebih lanjut, Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Dewi Chomistriana menyampaikan, keberadaan big data tersebut bakal memudahkan tahap konstruksi suatu proyek.

"Sekarang banyak sistem informasi yang masih tersegmentasi dan sedang kami integrasikan. Big data ini nantinya akan menyediakan data yang dibutuhkan seluruh tahapan penyelenggaraan konstruksi, mulai dari perencanaan, pelelangan, konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan," jelasnya.

Salah satunya yakni data terkait tenaga kerja konstruksi yang akan dikembangkan melalui mekanisme sertifikasi digital.

Kementerian PUPR telah merintis hal tersebut lewat kerjasama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri agar seluruh data tenaga kerja konstruksi terakses dalam data kependudukan.

Manfaatnya pada saat pelelangan, penyedia jasa tidak perlu lagi menyertakan data-data tenaga ahlinya, cukup menggunakan Nomer Induk Kepegawaian (NIK), maka data-data yang dibutuhkan bisa diakses oleh Pokja Pengadaan Barang dan Jasa.

 

Ilustrasi industri 4.0 (iStockPhoto)

Tenaga ahli yang boleh mengikuti lelang hanyalah yang teregistrasi dan telah melalui proses validasi. Dengan demikian akan meminimalisir tenaga ahli yang menggunakan NIK dan sertifikat keahlian palsu.

Selain data tenaga kerja, Dewi melanjutkan, Kementerian PUPR juga tengah mengumpulkan data alat berat dan material konstruksi dalam Sistem Informasi Material dan Peralatan Konstruksi (SIMPK).

"Karena jumlahnya yang banyak, kami lakukan secara bertahap. Ke depan alat berat yang boleh digunakan untuk pekerjaan konstruksi hanya alat berat yang sudah teregistrasi dan sudah diuji layak fungsinya," sambungnya.

Dia menilai, tantangannya adalah mengintegrasikan data tenaga kerja, material dan alat berat tersebut, termasuk dengan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE). "Keberhasilan pengintegrasian data tentunya membutuhkan keterlibatan para penyedia jasa, vendor, tenaga kerja konstruksi dalam pengisian dan pembaharuan data," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Koordinasi dengan Kemenlu Terkait WNI yang Diculik Kelompok Bersenjata di Filipina

Posted: 21 Feb 2019 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polri siap membantu pembebasan warga negara Indonesia (WNI) yang diculik kelompok bersenjata di Filipina. Saat ini, Polri tengah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI sebagai leading sector penanganan kasus tersebut.

"Polri pada prinsipnya akan membantu sepenuhnya. Leading sector kan Kemenlu. Kami sedang koordinasi dengan tim diplomasi," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo kepada Liputan6.com, Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Sebelumnya, beredar video yang memperlihatkan dua pria, yang diduga warga negara Indonesia tak berdaya ditodong dengan golok di Filipina.

Keduanya tak mengenakan pakaian dan mata ditutupi dengan kain hitam. Di sekeliling dua pria itu ada sejumlah orang bertopeng yang membawa senjata diduga kelompok teroris pimpinan Abu Sayyaf di Filipina.

 

Ditangkap Saat Mencari Ikan

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal membenarkan video yang memperlihatkan dua orang Indonesia disandera komplotan bersenjata.

Iqbal menyatakan, dua orang itu ditangkap saat sedang menangkap ikan di perairan Sandakan, Sabah, Malaysia pada 5 Desember 2018. Mereka berlayar bersama seorang warga negara Malaysia.

Iqbal menyatakan, keduanya diculik kelompok bersenjata di Filipina Selatan. Mereka adalah warga asal Wakatobi, Sulawesi Tenggara, bernama Hariadin dan Heri Ardiasyah.

Hingga kini, Kementerian Luar Negeri belum berhasil membebaskan mereka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Cara Memperbarui Play Store di Android dengan Mudah

Posted: 21 Feb 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ponsel Android adalah satu produk smartphone yang paling banyak diminati orang-orang. Tak hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia. Selain banyak harganya yang terjangkau, ponsel Android juga sangat mudah digunakan dengan berbagai fitur canggih dan tampilan yang elegan. Salah satu fitur yang penting dalam Android adalah Google Play Store.

Google Play Store adalah salah satu aplikasi yang wajib ada di ponsel Android. Biasanya Play Store sudah bawaan dari ponsel tersebut. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang penting sebagai media untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi lain yang dapat digunakan untuk pengguna Android.

Sebagai pengguna Android, kamu pasti pernah mendapatkan pemberitahuan untuk memperbarui aplikasi-aplikasi di ponselmu. Memperbarui aplikasi yang ada di ponselmu biasanya melalui aplikasi Play Store. Pembaruan Play Store ini terjadi untuk penyesuaian konten yang seiring dengan dirilisnya beberapa versi baru dari Android.

Tapi pernahkah kamu mengalami bahwa ternyata Play Store-mu error dan butuh untuk diperbarui?

Nah, dalam artikel ini akan membahas tentang cara memperbarui Play Store yang bisa kamu tiru dengan mudah. Memperbarui Play Store memang penting dan wajib agar aplikasi lain di ponsel kamu bisa berjalan dengan baik.

Dilansir Liputan6.com, Jumat (22/2/2019) dari berbagai sumber, ada dua untuk cara memperbarui Play Store yang akan membantu kamu sebagai solusinya. Kamu bisa simak dibawah ini cara-cara memperbarui Play Store dengan mudah.

Cara Memperbarui Play Store Langsung dari Google Play Store

Cara yang pertama adalah kamu bisa gunakan cara memperbarui Play Store langsung dari aplikasi Google Play Store itu sendiri. Cara ini lebih mudah dan aman. Sebagai catatan pastikan koneksi internet kamu terhubung dan berjalan stabil. Karena jika tidak, maka akan menimbulkan masalah. Berikut Cara memperbarui play store langsung dari Google Play Store di ponslemu.

1. Buka aplikasi Google Play Store di ponselmu, kemudian ikon pada bagian kiri atas.

2. Kemudian pilih menu Settings atau Setelan.

3. Geser ke bawah, klik Play Store version atau Versi bentukan.

4. Setelah diklik, maka akan muncul kotak dialog. Jika Play Store terdapat versi yang lebih terbaru maka akan muncul opsi untuk ijin download dan install versi terbaru. Jika muncul kotak dialog yang bertuliskan 'Versi Google Play Store Sudah Yang Terbaru' maka Play Store kamu sudah menggunakan yang versi terbaru.

5. Selesai.

Cara Memperbarui Play Store Menggunakan File Apk

Cara memperbarui Play Store yang kedua adalah menggunakan file Apk. File Apk adalah Application Package File. File Apk atau berkas paket aplikasi Android merupakan format berkas yang digunakan untuk mendistribusikan dan memasang software dan middleware ke ponsel dengan sistem operasi Android.

Menggunakan file Apk kamu bisa memperbarui Play Store dengan catatan bahwa file Apk harus dengan versi terbaru. Cara memperbarui Play Store menggunakan file Apk sebagai berikut.

1. Download Google Play Store dengan format Apk. Kamu bisa cari file Apk di berbagai situs di internet.

2. Kemudian cari aplikasi Google Play Store format Apk yang telah kamu download tadi. Pastikan jika file Apk yang kamu download adalah versi terbaru dan aman.

3. Selanjutnya install file tersebut di ponsel Android.

4. Setelah diinstal maka Play Store bisa langsung kamu gunakan karena tak perlu menunggu lama saat harus di update.

5. Selesai.

Dari dua cara memperbarui Play Store di atas, kamu bisa pilih cara sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Dari kedua cara diatas memiliki keuntungannya masing-masing. Dari segi keamanan, kamu disarankan untuk menggunakan cara pertama.

Cara pertama lebih aman karena langsung dari aplikasi bawaan Play Store itu. Untuk cara yang kedua, kamu harus lebih berhati-hati saat mencari file Apk di internet. Banyak file Apk yang ada di internet, belum tentu aman dari virus-virus maka kamu harus ekstra jeli memilihnya.

Memperbarui Play Store memang diperlukan agar aplikasi di ponselmu dapat berjalan dengan baik dan selalu mendapatkan versi terbaru. Aplikasi lain yang ada di ponsel Android juga bergantung pada Play Store untuk dapat memperharuinya. Jadi, kamu perlu memperbarui Play Store-mu agar tidak rusak.

Jika kamu tidak memperbarui Play Store dengan waktu yang lama, maka bisa saja kamu tidak bisa membuka aplikasi Play Store itu. Dengan begitu kamu harus mengunduhnya melalui file Apk seperti cara memperbarui Play Store yang kedua diatas.

Demikian cara memperbarui Play Store semoga dapat bermanfaat dan membantumu untuk memperbarui aplikasi Android tersebut. Kamu bisa bagikan cara ini ke teman-teman dan kerabatmu jika mengalami hal yang sama agar komunikasi kamu bisa tetap berjalan dengan baik

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempi Pakai Baju Ala Cinderella, Gading Marten: Cantiknya Anak Papa

Posted: 21 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gading Marten agaknya ikut tren artis jadi YouTuber. Tengoklah, putra aktor kawasan ini sudah punya channel di kanal video berbagi itu. Bahkan kini sudah memiliki lebih dari 383 ribu subscribers.

Lewat channel YouTube-nya, Gading Marten cukup rajin mengunggah vlog atau konten kreatif yang menarik warganet. Salah satunya kebersamaan dengan putri kesayangannya, Gempita Nora Marten.

Meski telah bercerai dengan Gisella Anastasia, Gading tetap memberi perhatian pada putri semata wayangnya. 

Setelah video 'Valentine With Gempi', kini Gading Marten kembali mengunggah video terbaru bertajuk 'MY CINDERELLA'.

Rupanya, video tersebut diabadikan olehnya saat Gempi sedang menjalani pemotretan bersama fotografer tersohor, Rittar Alfina Nurmala. Untuk tema photoshoot kali ini, Gempi pun berdandan secantik princess dengan dress biru yang mirip dengan Cinderella.

Pujian

Gading Marten unggah kebersamaannya dengan anaknya, Gempi (Istimewa/YouTube Gading Marten)

Dalam video singkat berdurasi 1 menit 16 detik itu, kamu bisa melihat seperti apa pesona kecantikan Gempita Nora Marten yang secantik Cinderella. Dengan kostum princess favoritnya, ia berpose sempurna di depan kamera.

Rambut panjang berponi miliknya dibiarkan tergerai begitu saja. Gempi yang dikenal fotogenik pun memamerkan berbagai ekspresi cantik yang lucu dan menggemaskan. Nggak heran kolom komentar Gading langsung dibanjiri berbagai pujian.

Pujian Gading

Gading Marten hobi fotografi (Instagram/gadiiing)

Selain gaya lucu Gempi, masih ada hal menarik dalam vlog kali ini. Alih-alih cuma memakai lagu sebagai backsound, Gading lebih memilih untuk menyelipkan pesan manis yang mampu bikin siapapun terharu saat mendengarnya.

"Hari ini ada yang mau jadi Cinderella katanya. Karena hari ini Gempi mau foto sama papa Gading. Walaupun sebentar, tapi dia seneng banget. Cantiknya anak Papa.Thank you Gem, I love you," tutur Gading. 

Sumber: Kapanlagi.com

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diet OCD adalah Boleh Makan Sesuka Hati, Ini Tata Caranya yang Benar

Posted: 21 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memiliki bentuk badan yang ideal menjadi hal yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Tidak hanya kaum wanita yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal, kaum Adam pun juga sama. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang ideal adalah dengan melakukan diet.

Diet enggak melulu soal ngurusin badan atau ngurangin makan. Pengertian diet sendiri adalah sebuah metode yang mengatur asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, guna mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol.

Perlu diketahui, pengertian diet bagi setiap orang berbeda-beda, karena setiap orang memiliki tujuan masing-masing dalam melakukan diet.

Pada beberapa kasus, ada orang yang menjalani diet demi menjaga kesehatan tubuhnya, akan tetapi ada juga orang yang menjalankan diet karena menderita penyakit tertentu, dan ada juga mereka yang melakukan diet karena memang berat badannya sudah berlebihan.

Diet OCD

Program diet banyak macamnya dan setiap orang belum tentu akan sama hasilnya dalam menerapkan program diet yang sama. Oleh karena itu, alangkah baiknya sebelum Anda melakukan diet, konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli gizi.

Nah, pada tahun 2013 lalu, muncul diet baru yang muncul di Indonesia. Diet yang dipopulerkan oleh artis asal Indonesia bernama diet OCD. Merupakan akronim dari Obsessive Corbuzier's Diet (OCD) yang dikenalkan dan dipopulerkan oleh mentalist ternama Indonesia, Deddy Corbuzier.

Sempat menuai kontra, namun nyatanya banyak yang turut mengikuti diet OCD dan memberikan testimoni yang positif terkait mengikuti program OCD ini.

Banyaknya testimoni atau keberhasilan yang diraih oleh para penganut diet OCD ini, serta bukti nyata dari seorang artis, membuat diet OCD ini menjadi terkenal. Deddy menuturkan bahwa diet OCD adalah sama saja dengan melaksanakan puasa. Perbedaannya adalah kalau puasa untuk menambah pahala, namun kalau diet OCD adalah untuk menurunkan berat badan.

Uniknya diet OCD adalah kebalikan dari diet pada umumnya. Kalau diet pada umumnya dikenal sebagai cara menurunkan berat badan dengan mengurangi jatah dan porsi makan, maka diet OCD adalah kebalikannya. Pada waktu tertentu, Anda diperbolehkan untuk makan sesuka hati, namun tetap dalam batas normal alias tidak gila makan.

Di dalam e-book yang menjelaskan tentang diet OCD adalah sebutan khas yang dipakai untuk melabeli penerapan diet OCD, yakni Jendela Makan. Merupakan istilah yang merujuk pada pengaturan waktu kapan Anda diperbolehkan makan, dalam jangka waktu tertentu.

Nah, daripada Anda bingung membayangkan seperti apa menjalankan diet OCD ini, Liputan6.com, Kamis (24/1/2019) akan menjelaskannya secara lengkap yang dirangkum dari beberapa sumber.

Cara Menjalankan Diet OCD

1. Jendela Makan Pertama

Pada jendela makan yang pertama ini, Anda memiliki waktu makan selama 8 jam, kemudian dilanjutkan dengan berpuasa selama 16 jam. Contohnya seperti ini:

  • Anda mulai makan pukul 10 pagi, maka Anda tetap bisa memakan apapun selama 8 jam ke depan, lebih tepatnya hingga pukul 6 sore.
  • 16 jam selanjutnya, Anda diharuskan untuk berpuasa. Tapi tenang, Anda hanya perlu puasa makan. Anda masih bisa minum, namun hanya meminum air mineral saja, bukan minuman yang lain.

Tapi perlu diingat juga bahwa Anda bisa makan semau Anda namun masih dalam wajar, bukan gila makan.Jendela makan pertama ini dapat diterapkan sebagai cara diet OCD untuk pemula. Lakukan hingga tubuh beradaptasi baru kemudian naik pada tingkatan selanjutnya.

2. Jendela Makan Kedua

Jendela makan kedua ini tentu saja memiliki waktu yang berbeda. Pada tingkatan kedua diet OCD, Anda memiliki waktu bebas makan 6 jam dan 18 jam sisanya berpuasa.

  • Misal Anda mulai makan pukul 11 siang, maka waktu makan berakhir pada pukul 5 sore dan sisanya berpuasa.
  • Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan jendela makan pertama dan merasa berat melakukan jendela makan kedua, Anda bisa mengombinasikannya.

Contoh, dalam seminggu Anda melakukan jendela makan pertama selama 6 hari, 1 hari sisanya melakukan jendela makan kedua. Terus lakukan peningkatan agar tubuh Anda dapat terbiasa dengan jendela makan kedua.

3. Jendela Makan Ketiga

Semakin meningkat, tentu waktu Anda untuk makan semakin terbatas. Level tiga dari diet OCD adalah hanya memperbolehkan Anda makan selama 4 jam saja dan 20 jam sisanya Anda harus berpuasa.

  • Misalkan Anda mulai makan pukul 11 siang, maka Anda hanya bisa makan hingga pukul 3 sore dilanjutkan dengan 20 jam berpuasa.
  • Anda masih belum kuat untuk mempraktekkannya? Anda bisa mengombinasikan dengan 2 tingkatan jendela makan sebelumnya. Anda bisa melakukannya bertingkat, misalnya: Senin hingga Kamis menerapkan jendela makan pertama, Jumat dan Sabtu menerapkan jendela makan kedua, pada hari Minggu menerapkan jendela makan ketiga.
  • Atau Anda bisa mengombinasikannya secara bergantian. Hari ini jendela makan pertama, besok jendela makan kedua, lusa jendela makan ketiga.
  • Jangan lupa untuk meningkatkan intensitas jendela makan ketiga agar tubuh Anda dapat terbiasa.

4. Jendela Makan Keempat

Jendela makan terakhir sekilas terdengar mengerikan, karena Anda harus berpuasa selama 24 jam. Berpuasa selama 24 jam, bukan berarti Anda tidak makan sama sekali. Namun hanya makan sekali dalam sehari, dan waktunya Anda yang menentukan. Misalnya, Anda makan pukul 11 siang, maka Anda bisa makan lagi pukul 11 siang keesokan harinya.

Terdengar ekstrem, tapi ingat, di jendela terakhir ini Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan 3 tingkatan jendela makan lainnya.

Tips Diet OCD

Tips diet (Sumber Foto: UrbanWired)

1. Menghindari Sarapan

Deddy berpendapat bahwa sarapan hanya menambah insulin yang membuat Anda mengantuk. Mulailah makan 3-4 jam setelah Anda terbangun dari tidur.

2. Tidak Makan Berlebihan

Bagi Anda yang pemula, jangan langsung memulai dengan level susah. Lakukan dulu secara bertahap. Mulai dari jendela pertama, hingga jendela akhir.

Mulai dengan melakukan jendela makan pertama selama 1 minggu, kemudian pada minggu berikutnya jika tubuh telah terbiasa atau beradaptasi tingkatkan pada jendela makan kedua. Jika berhasil, pada minggu ketiga mulai terapkan jendela makan ketiga. Nah, pada minggu ke empat bukan berarti Anda harus menerapkan jendela makan keempat setiap hari. Selingi jendela makan ketiga dengan jendela makan keempat.

3. Berolahraga Rutin

Tetap jaga diet OCD Anda dengan olahraga rutin. Lakukan saja olahraga yang ringan-ringan saja seperti jogging, sit-up, dan push-up.

Itu tadi penjelasan tentang diet OCD dengan langkah-langkah menjalankannya. Yang terpenting dari diet OCD adalah komitmen. Walaupun terkesan mudah, tapi tanpa komitmen yang tinggi, akan percuma. Oleh karena itu, demi kesuksesan diet OCD Anda, lakukan dengan komitmen dan dengan cara yang benar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta Sirkuit Mandalika, Gandeng Prancis hingga Tarik Ribuan Tenaga Kerja

Posted: 21 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah balapan MotoGP pada 2021. Balapan ini akan diselenggarakan di Mandalika , Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pengembang kawasan Mandalika yaitu PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC mengaku telah mendapat kontrak penyelenggaraan balapan.

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Abdulbar M Mansoer mengatakan pihaknya telah melakukan penandatangan kontrak dengan pihak penyelenggara MotoGP yaitu Dorna.

Untuk mengetahui secara detail, berikut empat fakta Sirkuit Mandalika:

1. Mulai dibangun Oktober 2019

Pembangunan sirkuit MotoGP ini akan dimulai pada kuartal IV tahun 2019, tepatnya pada bulan Oktober 2019. Pengembang kawasan Mandalika, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC telah melakukan kontrak dengan Dorna, pihak penyelenggara MotoGP.

Untuk pembangunan sirkuit, ITDC menggunakan infrastruktur dasar seperti jalan, sedangkan untuk pengembangannya, ITDC bekerjasama dengan perusahaan asal Perancis, Vinci Construction Grands Project untuk melapisi jalan sirkuit, pembangunan fasilitas dan pengembangan kawasan sekitar sirkuit.

Pembangunan sirkuit sendiri akan memakan waktu sekitar 6 hingga 9 bulan.

2. Sirkuit jalan raya pertama di MotoGP

Sirkuit balapan Mandalika digadang akan menjadi sirkuit yang berbeda. Pasalnya, jika biasanya setelah pertandingan selesai sirkuit kosong, sirkuit Mandalika justru tetap beroperasi sebagai jalan raya yang dilalui kendaraan umum.

"Sirkuit jalan akan dibangun dari nol, tidak seperti trek di Singapura dan Monako. Ketika tidak ada balapan, itu akan digunakan sebagai jalan raya biasa di daerah tersebut," ujar Abdulbar M Mansoer, Direktur Umum PT Pengembangan Pariwisata Indonesia.

 

3. Bakal tarik banyak wisatawan

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. (Liputan6.com/Fiki Ariyanti)

Selain untuk kebutuhan penyelenggaraan MotoGP, pembangungan sirkuit juga ditujukan untuk menarik banyak wisatawan ke Mandalika. Abdulbar mengatakan, untuk satu kali balapan butuh waktu minimal 4 hari dari tahap kualifikasi hingga balapan.

Sehari saja diperkirakan akan ada 100 ribu orang yang hadir. Ditambah lagi, dengan keindahan alam Nusa Tenggara Barat yang didominasi pemandangan gunung dan pantai, wisatawan juga bisa sekaligus berlibur di sana.

"Nanti bisa lihat sendiri. Sirkuitnya akan mengelilingi gunung, akan terlihat pantai, lalu putar balik. Jadi menonjolkan keindahan alam di kawasan Mandalika," kata Abdulbar.

Selain itu, akan dibangun resort mewah di sekitar sirkuit untuk menunjang pariwisata, Paramount Lombok Resort & Residence. Targetnya, resort ini sudah bisa mengoperasikan lebih dari 400 kamar. Sebelumnya hotel Royal Pullman dan Royal Tulip juga sudah dibangun di Mandalika.

4. Digadang bisa cetak 1.800 lowongan kerja

Abdulbar menerangkan, pembangunan sirkuit sekaligus akomodasi seperti resort dan hiburannya tentu membutuhkan ribuan tenaga kerja. Hotel-hotel di Mandalika seperti Royal Pullman, Novotel dan Paramount akan membutuhkan 1.800 pekerja.

Tenaga kerja yang diserap beragam, mulai dari tenaga perhotelan hingga teknisi balap. Pemerintah daerah akan menerima pendapatan tambahan dari penjualan tiket. Bahkan, masyarakat sekitar juga bisa menikmati untuk dengan menjual souvenir.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cara Memblokir FB Sendiri Permanen atau Semetara, Mudah dan Cepat

Posted: 21 Feb 2019 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Facebook (FB) adalah salah satu media sosial paling populer. Tak bisa dipungkiri, hampir semua orang terkoneksi di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut. Berbagai fitur di Facebook memang memudahkan kita untuk keep-in-touch lagi dengan teman lama, keluarga jauh, atau teman-teman dekat di sekitar kita. 

Namun, sejak munculnya soal kebocoran data di Facebook. Di AS, data privasi pengguna Facebook dibocorkan dan disalahgunakan untuk mempengaruhi suara politik dari masyarakat, dan akan berimbas besar ke hasil pemungutan suara di Pemilu Presiden 2016 lalu. Tentu ini adalah sesuatu yang mencoreng nilai demokrasi.

Parahnya, Facebook menyatakan ada 10 negara yang disinyalir datanya disalahgunakan oleh Cambridge Analytica, dan di antara daftar tersebut ada Indonesia. Namun kini Facebook tak lagi semenyenangkan dulu. Banyak hal yang membuat makin lama kita makin malas berjejaring lagi di Facebook.

Sudah banyak kampanye bergulir untuk memboikot Facebook, senada dengan tagar #DeleteFacebook yang telah jadi tren global. Menghapus akun Facebook pun telah dilakukan oleh banyak sekali pengguna di seluruh belahan dunia.

Setelah melihat perkembangan Facebook saat ini apakah kamu masih ingin menggunakan Facebook?

Apakah kamu ingin tahu cara memblokir akunmu Facebook sendiri baik sementara atau permanen? Berikut liputan6.com rangkum cara memblokir FB sendiri baik secara permanen atau sementara.

A. Cara memblokir FB sendiri 'permanen' lewat PC atau Laptop

Umumnya cara memblokir akun Facebook secara permanen ini akan memakan waktu selama 14 hari hingga 90 hari, tergantung banyaknya pos yang kamu kirim di Facebook selama kamu jadi pengguna.

Untuk lebih aman, kamu juga disarankan untuk 'download copy' atau unduh salinan berbagai pos di Facebook kamu mulai dari kiriman Wall personal, foto, dan profil. Caranya, tinggal masuk ke menu pengaturan, lalu pilih "unduh salinan" yang berada di paling bawah, lalu klik "unduh arsip".

Ini cara memblokir FB sendiri permanen lewat PC atau Laptop.

1. Buka browser kamu dan login pada halaman Facebook seperti biasa. Lanjut dengan mengunjungi halaman berikut ini https://www.facebook.com/help/delete_account.

2. Di sini kamu bisa melihat halaman yang terbuka berdasarkan link yang telah disebutkan sebelumnya. Klik tombol Hapus Akun Saya.

3. Setelah itu akan muncul konfirmasi untuk mengisi password dan kode yang disediakan. Setelah kamu mengisi keduanya, klik tombol OK. Bagian ini akan mengonfirmasi jika kamu benar-benar ingin memblokir FB sendiri secara permanen.

4.  Jika kamu sudah yakin, klik OK. Akun kamu sudah berhasil diatur dalam perintah pemblokiran.

5.  Kemudian, akan terdapat informasi yang diberikan oleh Facebook atau pemberitahuan bahwa kamu masih dapat membatalkan tindakan pemblokiran akun Facebook kamu.

6.  Caranya dengan login ke Facebook seperti biasa dalam kurun waktu 14 hari ke depan. Jika kamu tidak login sama sekali selama 14 hari tersebut maka akun Facebook kamu akan diblokir  secara permanen atau selamanya.

7.  Setelah melakukan langkah di atas, Facebook otomatis mengembalikan ke halaman awal sebelum login.

B. Cara memblokir FB sendiri 'sementara' lewat PC atau Laptop

Bagi kamu yang berencana untuk memblokir akun FB hanya untuk sementara waktu. Berikut langkah-langkah yang harus kamu ikuti.

1.  Buka browser pada PC atau Laptop. Lalu login akun Facebook yang akan kamu blokir.

2.  Pada halaman Beranda, klik tanda panah bawah di akhir menu dan kemudian pilih pengaturan.

3.  Kemudian kamu akan mendapati halaman Pengaturan Umum Akun dan Klik Edit pada bagian Kelola Akun.

4.  Setelah itu akan muncul pengaturan di bawah Kelola Akun. Pada bagian Nonaktifkan akun kamu, klik tulisan Nonaktifkan akun kamu yang berwarna biru.

5.  Langkah selanjutnya adalah kamu kamu harus memberi alasan menonaktifkan akun Facebook. Kamu bisa memiliih bermacam alasan dan setiap alasan yang kamu pilih, jangan lupa untuk menjelaskannya pada kolom yang ada tulisan harap jelaskan lebih lanjut.

6. Kamu juga dapat mencentang bagian tolak email, jika kamu tidak ingin ada inbox yang masuk ke email kamu dari Facebook nantinya. Kemudian, klik tombol Tutup.

7. Kemudian akan muncul kotak dialog yang akan meverifikasi kamu kembali. Jika yakin untuk menonaktifkan akun Facebook kamu, klik tombol nonaktifkan Sekarang.

8. Selanjutnya ini akan terlihat info bahwa akun Facebook kamu telah berhasil dinonaktifkan sementara.  Namun, untuk mengaktifkannya kembali, Anda bisa login seperti biasa.

C. Cara memblokir FB sendiri lewat Hp Android

Nggak jauh berbeda dengan PC/laptop, cara memblokir facebook sendiri melalui aplikasi dan browser di Android juga bisa kamu dilakukan.

1. Buka aplikasi Facebook pada Android kamu, dan login. Klik pada menu tiga garis horizontal.

2. Lakukan scrolling ke bawah, pilih Settings & Privacy.

3. Pilih Account Settings.

4. Klik opsi General.

5. Klik Manage Account.

6. Klik Deactivate untuk menonaktifkan akun.

7. Pilih alasan menonaktifkan akun sementara. Jangan lupa untuk mengisi alasannya pada kolom yang tersedia di bawah opsi.

8. Centang untuk menolak email dari Facebook dan klik tombol Deactivate.

9. Akun kamu sudah berhasil dinonaktifkan sementara.

10. Klik OK untuk keluar dari akun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Doa Ular Besar di Balik Meluapnya Sungai Bulango

Posted: 21 Feb 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Bone Bolango - Sebagian masyarakat Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo, masih mempercayai hal-hal mistis, seperti penyebab dari banjir lima tahunan yang terjadi di wilayah itu. Pasalnya, banjir ini bukan disebabkan karena penggundulan hutan.

Sebagian masyarakat Kecamatan Bulango Ulu mempercayai bahwa banjir bandang lima tahunan akibat meluapnya Sungai Bulango itu merupakan doa seekor ular besar di hutan.

Menurut kepercayaan mereka, konon katanya di hutan belantara yang tidak jauh dari kecamatan itu tinggal ular-ular besar yang sudah tua, sehingga tidak bisa lagi bergerak. Ular tersebut menurut mereka sudah tidak bisa mencari makan sendiri, bahkan tinggal menunggu mangsa yang lewat saja.

"Dari dulu ini memang kepercayaan kami sejak nenek moyang dulu, mereka menceritakan bahwa banjir lima tahunan yang terjadi akibat meluapnya Sungai Bulango ini merupakan doa ular-ular yang ada di hutan belantara," ujar Hahmud M Harun, warga Kecamatan Bulango Ulu, kepada Liputan6.com.

Bapak yang berumur 75 tahun ini menambahkan, nenek moyangnya dulu bencerita ular-ular ini berdoa agar ada hujan bisa membawa mereka ke laut.

"Namun, karena mereka sudah mulai kesulitan makanan, menurut orang-orang tua saya dulu, ular itu kemudian berdoa untuk meminta hujan supaya mereka hanyut ke laut, karena di laut banyak makanan yang bisa dimangsa oleh mereka," katanya.

Hahmud mengakui dirinya belum melihat sosok ular-ular itu. Hanya saja, sampai dengan saat ini pasti setiap 5 atau 6 tahun terjadi banjir bandang. "Hujan lebat selama satu minggu tidak pernah berhenti hingga meluapnya sungai Bulango, jadi saya berpikir bahwa ini mungkin yang diceritakan orang tua dulu ada benarnya," kata dia.

Namun, di sisi lain, tidak semua percaya dengan cerita tersebut. Diduga banjir bandang ini terjadi karena rusaknya ekosistem akibat ulah manusia. "Jadi hanya sebagian saya yang mempercayai hal ini, mitos atau tidak itu saya tidak tahu, tetapi secara pribadi saya ada benarnya juga dan banyak sebagian orang mempercayai itu," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Emak-Emak Berulah, Korbannya Menabrak Tembok

Posted: 21 Feb 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Emak-emak menggunakan sepeda motor belakangan menjadi viral di dunia maya. Sebab, beberapa emak-emak yang berkendara di jalan raya memiliki karakter berkendara yang unik dan sering kali membut celaka pengendara lainnya.

Bahkan istilah the power of emak-emak muncul, untuk menggambarkan kekuatan mereka saat memacu kendaraan di jalan, seperti video yang diunggah @roda2blog di Instagram.

Dilansir dari akun tersebut, sebuah video memperlihatkan bagaimana seorang emak-emak akhirnya mencelakakan pengendara lainnya saat hendak mengambil jalur kiri.

Terlihat seorang wanita muda tengah memacu kendaraan dengan kecepatan sedang, bersama emak-emak yang membawa anak dan berboncengan menyalip dari jalur sebelah kanan.

 

Simak Videonya Dibawah Ini

Tanpa jarak yang cukup saat mendahului, emak-emak tersebut langsung mengambil jalur sebelah kiri seperti ingin menepi, pengendara yang ada di jalur tersebut kaget dan kehilangan kendali.

Kecelakaan tunggal tak bisa dihindarkan karena wanita tersebut menabrak tembok toko dengan sepeda motornya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Krisis Venezuela Kian Memanas, Nicolas Maduro Tutup Perbatasan dengan Brasil

Posted: 21 Feb 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Caracas - Presiden Venezuela Nicolás Maduro mengumumkan pada Kamis 21 Februari 2019 malam bahwa ia menutup perbatasan dengan Brasil, terkait krisis bantuan kemanusiaan asing yang terus memanas.

Dalam sebuah siaran televisi, Maduro mengatakan bahwa ia juga mempertimbangkan untuk menutup perbatasan dengan Kolombia, guna menghentikan upaya oposisi dalam mendistribusikan bantuan ke rakyat Venezuela.

Dikutip dari BBC pada Jumat (22/2/2019), Maduro menyangkal adanya krisis dan menyebut rencana pengiriman bantuan itu sebagai intervensi yang diatur Amerika Serikat (AS).

Didampingi oleh Menteri Pertahanan Venezuela Vladimir Padrino Lopez, dan komandan militer top lainnya, Maduro mengumumkan bahwa perbatasan dengan Brasil akan ditutup "sepenuhnya dan mutlak" mulai pukul 20.00 waktu setempat, hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Maduro juga menambahkan: "Saya tidak ingin mengambil keputusan seperti ini, tetapi saya sedang mengevaluasinya, penutupan total perbatasan dengan Kolombia."

Dia mengatakan pengiriman bantuan adalah bagian dari upaya yang dipimpin AS untuk menggulingkan pemerintahannya, dan merebut cadangan minyak Venezuela.

Sementara itu, pemerintah sayap kanan Brasil Presiden Jair Bolsonaro adalah salah satu yang mengakui Juan Guaido sebagai pemimpin sah Venezuela, selama menunggu digelarnya pemilu ulang.

Juru bicara kepresidenan Brasil, Jenderal Otávio Régo Barros mengatakan pada hari Selasa --dengan koordinasi AS-- bahwa makanan dan obat-obatan akan tersedia di kota perbatasan Pacaraima, untuk dikumpulkan oleh "truk-truk Venezuela yang dipimpin pejabat presiden sah Juan Guaido, dan dikendarai oleh penduduk lokal".

"Brasil mengambil bagian dalam inisiatif internasional yang penting ini, untuk mendukung pemerintah Guaido dan rakyat Venezuela," tambah Jenderal Barros.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Oposisi Terus Berupaya Mendistribusikan Bantuan

Puluhan ribu demonstran antipemerintah menuntut pengunduran diri Presiden Venezuela Nicolas Maduro di Caracas, Venezuela, Sabtu (2/2). Tokoh oposisi Juan Guaido mendeklarasikan dirinya sebagai 'presiden interim'. (AP Photo/Juan Carlos Hernandez)

Di saat bersamaan, sebagaimana dikutip dari The Guardian, pemimpin oposisi Juan Guaido memimpim konvoi ke perbatasan Kolombia dari ibu kota Caracas.

Perkelahian pecah dan gas air mata ditembakkan ketika konvoi kendaraan oposisi sempat dihentikan oleh pasukan keamanan Venezuela di sebuah jalan dekat Mariara, sebelah barat Caracas.

Namun, hal itu berhasil direndam dan konvoi pun melanjutkan perjalannya menuju perbatasan Kolombia, tempat di mana Guaido dan sekutunya mengupayakan masuknya bantuan makanan dan obat-obatan.

Guaido mengatakan 600.000 relawan telah mendaftar untuk membantu membawa bantuan ke negara itu pada akhir pekan lalu.

Venezuela sebelumnya menutup perbatasan laut dan udara dengan Curacao, sebuah pulau Karibia milik Belanda di lepas pantai utara, yang direncanakan untuk menampung bantuan AS.

Sejauh ini, militer Venezuela telah memblokir pengiriman bantuan dari AS dan para sekutunya, agar tidak melintasi perbatasan dengan Kolombia.

Meskipun menyangkal adanya krisis kemanusiaan, Maduro mengumumkan pada pekan ini bahwa 300 ton bantuan akan dikirim ke Venezuela dari sekutunya, Rusia.

Lebih dari tiga juta rakyat Venezuela telah melarikan diri dalam beberapa tahun terakhir, ketika negara itu bergulat dengan hiperinflasi dan kekurangan hal-hal penting, seperti makanan dan obat-obatan, kata PBB.

Nicolás Maduro, yang telah berkuasa sejak 2013, menuai kritik tajam dari berbagai pihak di dalam dan luar negeri, karena dinilai telah membuat ekonomi Venezuela jatuh ke dalam jurang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Penakut, Ternyata Begini Kepribadian Orang yang Takut Gelap

Posted: 21 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketika masih kecil, sebagian besar dari kita tentu takut ketika berada di tempat gelap. Biasanya mereka akan merasa ketakutan dan panik ketika berada di kegelapan.

Sayangnya, kebiasaan tersebut kerap terbawa hingga dewasa bagi sebagian orang. Nyatanya peneliti mempercayai bahwa ketakutan terhadap gelap ini adalah respon alami genetik yang menghubungkan manusia untuk menghindari pemangsa di malam hari.

Namun, secara kognitif orang yang takut akan gelap secara terus-menerus tidaklah normal. Terlebih lagi untuk orang yang memiliki penglihatan normal sejak lahir.

Tak banyak yang menyadari bahwa rasa takut terhadap kegelapan bisa mengungkapkan kepribadian. Mungkin banyak yang salah kaprah dan mengira bahwa seseorang yang takut akan gelap adalah seseorang yang penakut. Padahal nyatanya tidak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Kreatif

Mungkin saja ada satu atau dua ruang yang terasa gelap meski siang hari. Ini cara membuatnya terlihat terang.

Orang yang takut akan gelap dikatakan memiliki nyctophobia. Namun bukan berarti mereka orang yang penakut, orang yang takut akan kegelapan memiliki kreativitas tinggi.

Tak hanya itu, mereka juga memiliki imajinasi aktif lantaran otaknya bekerja sangat baik dan secara aktif membentuk banyak gambar di dalam pikirannya. Begitupun ketika sedang berada di kegelapan, mereka akan menggambarkannya dengan sesuatu yang menakutkan.

Reporter:

Febi Anindya Kirana

Sumber: Fimela.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjalanan Cinta Anak Bos Krisna Bali Sebelum Berlabuh di Pelaminan Mewah

Posted: 21 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Resmi sudah putra pemilik usaha oleh-oleh, Krisna Bali, Gusti Ngurah Berlin Bramantara, melepas masa lajang. Pada Sabtu, 16 Februari 2019, Berlin, sapaan akrabnya, telah secara resmi menikah dengan sang kekasih, Annie Fransisca.

Sampai ke tahap pernikahan, perjalanan panjang sudah lebih dulu dilewati keduanya. Sembari mengucap terima kasih atas doa, kehadiran, dan restu yang diberikan, lewat unggahan di akun Instagram-nya, @berlinbramantara, beberapa waktu lalu, Berlin pun menceritakan sedikit perjalanan cintanya dengan Annie.

Ia menuliskan, sudah mengenal perempuan yang sekarang telah berstatus sebagai istrinya itu sejak 10 tahun silam. "Kami sudah jadi teman, sahabat, dan lebih seperti saudara," tulisnya di keterangan foto yang dimaksud.

Kendati demikian, pernikahan yang berlangsung di gedung Krisna Oleh-Oleh Bali di Banjar Blangsinga, Desa Saba Blahbatuh, Gianyar, Bali, Minggu, 17 Februari 2018, ditunggu keduanya selama tujuh tahun.

Dengan memantapkan hati, putra pengusaha Krisna Bali itu menyebut, ia dan Annie yakin melangkah ke fase hidup baru sebagai suami-istri. "Terima kasih atas dukungan, cinta, dan doa yang telah diberikan pada kami," ujar Berlin.

Pernikahan mereka sendiri berlangsung mewah dan membuat tak sedikit pasang mata melirik. Dimulai dengan turun dari kereta kencana bak raja dan ratu, Berlin dan Annie tampil elegan memakai baju pengantin berdominasi warna deep purple dan emas rancangan desainer ternama Anne Avantie.

Busana itu pun selaras dengan dekorasi ruangan yang sebagian besar berupa karangan bunga. Venue bernuansa Bali yang sudah didekorasi dengan begitu indah bertambah tambah hangat dengan kedatangan para tamu undangan.

Dari sekian banyak, tampak beberapa figur kenamaan turut hadir memberi ucapan selamat bagi kedua mempelai. Mereka adalah Prilly Latuconsina, Vichy Shu, Indah Dewi Pertiwi, Gading Marten, Verrell Bramasta, Kaka Slank, Glen Alinskie, dan Chelsea Olivia.

Tampak pula pengacara kondang Hotman Paris Hutapea dan YouTuber Atta Halilintar, juga pelawak Sule sebagai MC, serta penampilan Yovie and Nuno yang menghangatkan suasana resepsi pernikahan putra pengusaha Krisna Bali.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menutup Akun Facebook Sementara dan Permanen dengan Mudah

Posted: 21 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Media sosial memang sangat dibutuhkan oleh banyak orang saat ini. Hal ini karena media sosial bisa membuat kamu untuk terus mengetahui aktivitas seseorang dan juga terus menjalin komunikasi. Naum tentu saja mungkin ada saatnya bagi kamu merasa bosan terus-terusan bermain media sosial.

Lelah dengan segala hal yang ada di media sosial dan lebih memilih untuk berinteraksi di dunia nyata. Tentu saja hal tersebut tidak ada salahnya, dan sangat wajar untuk kamu lakukan. Salah satu cara agar kamu bisa berhenti bermain media sosial yaitu dengan menutup akun milikmu.

Media sosial yang masih digemari dan banyak penggunanya hingga saat ini ialah Facebook. Untuk kamu yang telah bosan dengan segala pemberitaan yang ada ataupun isi dari timeline di Facebook, kamu bisa loh untuk menutup akun Facebook. Cara menutup akun Facebook pun tidaklah rumit.

Selain itu, kamu pun tak perlu khawatir jika masih ingin bermain Facebook suatu saat nanti. Karena cara menutup akun Facebook sendiri terdiri atas 2 macam. Kamu bisa menutup akun Facebook secara permanen atau menghapusnya, ataupun dengan cara menutup akun Facebook secara sementara atau menonaktifkan akun.

Kedua cara menutup akun Facebook ini pun cukup mudah kamu lakukan. Karena Facebook pun memberikan panduan bagaimana cara menutup akun Facebook, baik itu sementara ataupun menghapusnya.

Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019) berikut ini beberapa cara menutup akun Facebook yang mudah kamu ikuti.

1. Menutup akun Facebook sementara

(sumber: Facebook)

Cara menutup akun Facebook sementara ini sama halnya dengan menonaktifkan akun. Sehingga kamu bisa untuk kembali aktif bermain media sosial satu ini. Tentu saja amat disayangkan jika kamu langsung menghapus akun Facebook milikmu.

Karena pastinya telah banyak file foto ataupun video yang kamu unggah diakun Facebook milikmu. Selain itu, jalinan pertemanan dalam akun Facebook pun akan hilang jika kamu menghapus akun Facebook.

Nah berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan akun Facebook milikmu.

1. Log in pada akun Facebook kamu

Tentunya cara menutup akun Facebook yang pertama kamu harus masuk dalam akun milikmu.

2. Klik tombol navigasi pada bagian kanan atas

Setelah berhasil masuk dalam akun Facebook, kamu pilih tombol navigasi yang terletak di bagian kanan atas akun. Tanda ini berbentuk segitiga terbalik. Setelah kamu meng-klik tombol tersebut maka akan ada dorp down pilihan buat kamu.

3. Pilih pengaturan/ setting

Setelah muncul drop down pilihan, carilah pengaturan atau setting pada pilihan tersebut. Setelah itu klik pengaturan atau setting jika menggunakan bahasa Inggris.

4. Pilih kelola akun dan pilih nonaktifkan akun

Setelah masuk dalam pengaturan, pilihlah menu kelola akun, setelah itu pilih nonaktifkan aku pada bagian bawahnya. Setelah kamu memilih menonaktifkan akun, kamu akan dimintai keterangan alasan.

Terdapat berbagai pilihan alasan kenapa kamu ingin menonaktifkan akun. Jika kamu ingin menonaktifkan akun sementara, kamu bisa memilih pada pilihan "Ini hanya sementara. Saya akan kembali".

5. Selesai

Setelah kamu memilih alasan mengapa kamu ingin menutup akun sementara, kamu hanya perlu menutup halaman tersebut pada pilihan tutup dibawah. Setelah itu akun kamu berhasil di nonaktifkan secara temporary atau sementara waktu.

 

2. Menutup akun Facebook permanen

(Sumber: Facebook)

Sebelumnya adalah cara menutup akun Facebook secara sementara. Namun jika kamu menang benar-benar ingin menutup akun Facebook secara permanen, kamu bisa melakukan dengan menghapus akun Facebook milikmu.

Tentu saja apabila kamu memilih untuk menghapus akun Facebook, maka kamu tidak akan bisa kembali bermain media sosial ini dengan akun yang telah kamu hapus.

Akan tetapi pihak Facebook pun tetap memberikan jangka waktu tertentu sebelum benar-benar menghapus akun milikmu. Pihak Facebook akan memberikan waktu kurang lebih satu bulan.

Jika dalam satu bulan kamu tidak membuka kembali akun yang telah kamu hapus, maka Facebook benar-benar akan menghapusnya. Namun jika dalam waktu satu bulan kamu masih mencoba login akun Facebook itu, maka penghapusan akun tersebut akan dibatalkan.

Berikut ini beberapa langkah untuk menghapus akun Facebook secara permanen yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

1. Login ke Akun Facebook

Sama seperti menonaktifkan akun Facebook, kamu juga diharuskan untuk masuk ke dalam akun Facebook milikmu.

2. Buka halaman Facebook https://www.Facebook.com/help/delete_account .

3. Pilih hapus akun

Setelah meng-klik halaman tersebut yang bertuliskan hapus akun selamanya, kamu hanya perlu memilih opsi hapus akun. Selanjutnya kamu ikuti langkah-langkah yang dijelaskan pada halaman Facebook tersebut.

4. Selesai

Setelah semua langkah kamu ikuti, maka akun Facebook kamu berhasil untuk dihapus selamanya. Tentunya dalam jangka waktu yang diberikan oleh Facebook, kamu tidak boleh untuk mencoba masuk dalam akun Facebookmu lagi ya.

Setelah kamu menghapus akun Facebook milikmu, maka kini saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal pada akun Facebookmu. Semoga cara menutup akun Facebook diatas bisa bermanfaat untuk kamu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nostalgia Menperin Airlangga Kembali ke UGM Usai 30 Tahun

Posted: 21 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menghadiri peringatan Hari Pendidikan Teknik ke-73 Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada (UGM). Yogyakarta. Peringatan tersebut mengangkat tema 'Membangun Kedaulatan Teknologi di Era Disrupsi'.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Airlangga bercerita, tidak pernah membayangkan hadir kembali di UGM sebagai pembicara usai meluluskan pendidikan di kampus ini sekitar 30 tahun lalu.

"Pada kesempatan ini saya merasa terhormat dan bangga diundang untuk hadir dalam forum ini memberikan pandangan saya mengenai industri 4.0," ujar Menteri Airlangga di Universitas UGM, Jogjakarta, Jumat (22/2/2019).

"Sebelumnya tidak pernah terbayang bahwa saya dalam waktu 30 tahun kembali lagi ke UGM dalam acara resmi rapat senat terbuka. Oleh karena itu, saya mengapresiasi dan berterimakasih dan sebagai alumnus UGM saya bangga dan senang kembali ke UGM," sambungnya.

Menperin melanjutkan, banyak perubahan fisik yang terjadi di UGM selama beberapa tahun belakangan. Universitas yang memiliki banyak peminat di Indonesia tersebut, menurutnya semakin maju dan kuat di tengah perubahan jaman.

"Secara fisik tentu kita lihat banyak perubahan banyak gedung-gedung yang telah berubah. Namun gajah mada, nuansa dan semangatnya tidak pernah berubah bahkan semakin kuat dan besar. Sebagaimana sebagai mesin, bukan karena saya lulusan mesin, fakultas tenik ini semakin dinamis dan semakin terakselerasi maju di masa yang akan datang," jelasnya.

 

Menperin Airlangga Hartarto melakukan test drive saat penyerahan 10 mobil listrik dari Mitsubishi Motors kepada pemerintah Indonesia. Mobil tersebut terdiri dari delapan unit Mitsubishi Outlander PHEV dan dua unit i-MiEV. (Liputan6.com/JohanTallo)

Masih dalam kesempatan yang sama, Ketua Partai Golkar itu, menyempatkan memberi pantun bagi mahasiswa-mahasiswi yang hadir. Pantun tersebut pun mendapat tepuk tangan yang meriah dari peserta dan petinggi UGM yang hadir.

"Saya ingin memberi pantun, sebab pantun menjadi bagian kebudayaan kita. UGM ada di Jogjakarta, gemanya menyebar ke empat penjuru, kita sambut dengan gembira industri 4.0, dukung Indonesia maju," jelasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Dominasi Juventus, Geliat AC Milan

Posted: 21 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Klasemen Liga Italia hingga pekan 24 masih dipegang juara bertahan Juventus. Tim besutan Masimiliano Allegri itu belum pernah kalah di Liga Italia musim ini.

Hingga pekan kemarin, Juventus sudah mengoleksi 66 poin di klasemen Liga Italia. Juventus pun menjadi satu-satunya klub yang belum terkalahkan di Liga Italia bahkan Eropa.

Fenoma Juventus ini tentu tak terlalu mengejutkan. Soalnya, klub bermarkas di Turin itu sudah menjuarai Liga Italia selama tujuh musim berturut-turut.

Untuk mengejar Juventus musim ini, meski masih menyisakan 14 pekan lagi, sedikit mustahil. Dengan peringkat dua, Napoli saja, Juventus sudah berjarak 13 poin.

Di luar itu, pantas ditunggu geliat AC Milan di klasemen Liga Italia. Saat ini, Milan wajib terus menang agar posisi empat klasemen tidak lepas.

Klasemen Liga Italia

Ilustrasi Bola

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Yohana: Kesetaraan Gender terhadap Perempuan Belum Tercapai

Posted: 21 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise mengungkapkan, kesetaraan gender dalam hal akses ekonomi terhadap kaum perempuan masih belum tercapai. Faktor ekonomi ini termasuk kesenjangan akses untuk perempuan dalam bidang pembangunan.

Dalam pembangunan, masih ada kesenjangan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat, khususnya terhadap perempuan dan anak. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016, tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan sebesar 50, 77 persen.

"Jumlah itu lebih kecil jika dibandingkan dengan laki-laki mencapai 81,97 persen. Artinya, kesetaraan gender dalam hal akses ekonomi belum tercapai," ujar Menteri Yohana dalam acara dialog Menteri PPPA bersama stakeholder di Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah di Jakarta dalam rilis, ditulis Jumat, 22 Februari 2019.

Oleh karena itu, Menteri Yohana, komitmen pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG) yang masih kurang menjadi salah satu penyebabnya. Padahal sesuai Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 9 Tahun 2000, mengharuskan semua Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah (Pemda) melaksanakan PUG.

Pengarusutamaan gender adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistimatis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

"Penyusunan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang kita lakukan harus menggunakan perspektif gender," jelas Menteri Yohana.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Ketersediaan fasilitas untuk perempuan

Ruang ASI di Taman Pengasuhan Anak Serama Kementerian Kesehatan RI. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Sejak dikeluarkan Surat Edaran Bersama tentang Strategi Nasional Percepatan PUG melalui Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) tahun 2012 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Kementerian Keuangan, Kementerian PPN/Bappenas, dan Kementerian Dalam Negeri, pemerintah gencar mengawal pelaksanaan PUG dan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender.

Saat ini, Strategi Nasional PUG melalui PPRG sedang dalam proses untuk ditingkatkan menjadi Peraturan Presiden (Perpres).

Menteri Yohana juga memberikan gambaran keberhasilan PUG. Misal, dalam pelayanan publik, yakni mendorong ketersediaan ruang menyusui, tempat penitipan anak, dan ruang terbuka hijau yang respnsif gender.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Richie Five Minutes Bandingkan Istrinya dengan Vernita Syabilla

Posted: 21 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rumah tangga Richie Five Minutes dengan Angel Qulbiah sedang diguncang prahara. Richie disebut telah bermain hati dengan wanita lain bernama Vernita Syabilla.

Terkait hal ini, untuk kedua kalinya Richie Five Minutes menyampaikan permohonan maaf kepada istrinya lewat media sosial. Ia tampak menyesal karena telah melakukan perbuatan yang menyakiti hati Angel Qulbiah.

"Maafkan aku istriku sayang. Kamu yang terbaik dari segalanya, kamu istri saliha. Kamu malaikat bagi anak-anak kita. Kamu surgaku," tulis sang vokalis, Kamis (21/1/2019).

Ya, di mata Richie Five Munutes, sang istri adalah sosok wanita yang sangat baik, dan tidak bisa dibandingkan dengan wanita mana pun.

"Enggak ada yang bisa gantiin kamu sayang. Enggak ada sedikit pun kekurangan dari kamu sayang. Cuma aku yang bodoh demi wanita yang sangat-sangat jauh dibandingkan kamu," sambungnya.

Simak juga video berikut:

Respons

[Foto: Instagram Richie]

Warganet pun merespons unggahan tersebut.

"Salut kang mengakui kesalahan sendiri itu jiwa pemberani seorang laki2..laatahzan tetap semangat lakukan yg terbaik karna hidup terus berjalan," kata @iwans_tea. 

"Tetep semangat a @richie_fm setiap rumah tangga pasti ada batu kerikil nya... Klo kalian berdua bisa melewati nya insyaallah kalian akan langgeng aminnn," tambah @adindanirwana7.

Bantahan

Richie Five Minutes (Foto: Instagram)

Sementara itu, Vernita Syabilla mengatakan bahwa ia tidak punya hubungan spesial dengan vokalis band Five Minutes tersebut. Ia juga bingung mengapa Richie sampai mengungkapkan hal tersebut.

"Enggak ngerti kenapa Richie ngomong gitu. Karena ucapan Richie itu ngebut, orang-orang menyangka aku tuh benar selingkuhan atau pelarian dia," ujar Vernita ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (21/2/2019).

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Logam Meteor yang Memusnahkan Dinosaurus Jadi Kunci Penyembuh Kanker?

Posted: 21 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Logam  yang terbawa di dalam meteor yang memusnahkan dinosaurus di Bumi, diklaim dapat menyebuhkan kanker. Logam tersebut bernama Iridium.

Dilaporkan Mirror, logam  Iridium merupakan elemen langka di dunia. Logam ini dapat meledak dengan bantuan sinar laser.

Logam yang meledak menghasilkan oksigen beracun, di mana dapat mematikan sel tumor. Namun, okisen beracun ini tak berbahaya bagi sel-sel sehat.

Eksperimen menunjukkan Iridium dapat menembus inti sel kanker dengan menempel ke albumin protein darah. Hasil eksperimen tersebut diduga akan menjadi revolusi dunia pengobatan.

Peneliti Fakultas Kimia di Universitas Warwick, Inggris, Profesor Peter Sadler, takjub dengan kemampuan logam tersebut. Dia mengungkap, temuan ini dapat mengurangi dampak dari kemoterapi.

"Jika teknologi ini dapat diterjemahkan ke klinik, mungkin efektif melawan kanker yang resistan dan mengurangi efek samping kemoterapi," kata Sadler.

Sadler mengatakan, logam Iridium dapat digunakan dalam dosis yang lebih kecil.

Setelah mengetahui kandungan logam ini, tim peneliti, kata dia akan melanjutkan uji coba ke hewan pra-klinis.

Daapat Menghancurkan Sel Kanker Paru-Paru

Secara umum, puasa tampaknya menyebabkan sel kanker menghancurkan diri mereka sendiri pada akhirnya.

Kemampuan Iridium menghancurkan sel kanker paru-paru diketahui di laboratorium.

Tim peneliti menggunakan teknik terapi fotodinamik (photodynamic therapy) untuk memaksimalkan kandungan Iridium.

Cara kerjanya adalah, fotosensitiser terkena sinar dengan panjang gelombang tertentu, mereka akan menghasilkan bentuk oksigen yang membunuh sel-sel di dekatnya.

Studi yang diterbitkan dalam Angewandte Chemie International Edition menemukan senyawa berbasis Iridium adalah fotosensitiser yang sangat baik.

Radiasi Sinar Laser Merah

Sel inti atau sel punca dapat mengobati kanker otak (Sumber: www.bbc.com/)

Iridium aktif kemudian dapat dihidupkan oleh radiasi sinar laser merah.

Sadler percaya logam mulia lain seperti Iridium, yang aman dengan efek samping minimum, berpotensi melawan resistensi sel kanker.

"Sekarang saatnya untuk mencoba menggunakan iridium secara medis yang dikirimkan kepada kita oleh asteroid 66 juta tahun yang lalu," ucap dia.

Reporter: Maulana Kautsar

Sumber: Merdeka.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Datangi Mal dan Pasar Modern Tangerang Selatan, Pedagang Heboh

Posted: 21 Feb 2019 08:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mendatangi pusat perbelanjaan, Jumat (22/2/2019). Kali ini, Jokowi mengunjungi Mal Bintaro Jaya Xchange, Tangerang.

Jokowi tiba pukul 10.26 WIB. Dia didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Sofian Djalil dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Di Mal Bintaro Jaya Xchange, Jokowi dikerubuti warga. Mereka meminta foto bersama dan bersalaman. Setelah 10 menit menyusuri mal, Jokowi bergerak menuju Pasar Modern Bintaro Jaya yang terletak di Tangerang Selatan.

Kedatangan Jokowi di pasar tersebut membuat pedagang dan pengunjung heboh.

"Pak Jokowi, Pak Jokowi," seru warga.

Usai melayani foto dan bersalaman, Jokowi berbincang dengan pedagang buah. Jokowi juga berdialog singkat dengan pedagang beras.

Setelah blusukan, Jokowi menuju Masjid Raya Bani Umar, Graha Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan, untuk melaksanakan salat Jumat. Di lokasi yang sama, Jokowi akan menyerahkan sertifikat tanah wakaf kepada warga.

Blusukan di Pasar Minggu

Sebelum ke Tangerang, Jokowi sebelumnya mengunjungi Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Jokowi tiba di pasar pukul 08.05 WIB.

Kepala Negara mengenakan baju putih khasnya dengan celana hitam. Kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta ini disambut histeris para pedagang dan pengunjung pasar.

Sejumlah pedagang pasar juga meneriakkan yel-yel sambil menyalami Jokowi.

"Pak Jokowi siapa yang punya. Yang punya kita semua," seru mereka.

Setiba di pasar, Jokowi berbincang dengan pedagang. Jokowi juga membeli ikan gabus kering 1,7 kg seharga Rp 300 ribu, Kedondong 4 kg Rp 60 ribu, 2 ekor ayam Rp 70 ribu, jeruk peras 2 kg Rp 12 ribu dan jeruk nipis 2 kg Rp 12 ribu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suara 6 'Tuhan' di Jember Tentukan Pemenang Pilpres 2019

Posted: 21 Feb 2019 08:51 PM PST

Liputan6.com, Jember - Enam 'Tuhan' akan menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres 17 April 2019. Suara mereka yang akan menentukan Jokowi atau Prabowo Subianto yang layak menjadi Presiden Indonesia, pada 17 April 2019 nanti.

Enam Tuhan tersebut masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan mencoblos di Jember dalam pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Legeslatif 17, april mendatang.

Kepastian masuknya enam 'Tuhan' dalam DPT ini disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Jember Jawa Timur, Ahmad Hanafi.

"Tuhan merupakan nama warga Jember yang berada di lima kecamatan, yakni Kecamatan Arjasa, Balung, Kencong, Patrang dan Sumber baru," tutur Hanafi saat hubungi Liputan6.com, Kamis petang (21/2/2019).

Dia menjelaskan, keenam orang bernama Tuhan tersebut sebelumnya juga masuk dalam data pemilih tetap Pemilu Kepala daerah dan wakil kepala daerah 2015 lalu. Tahun ini nama tersebut, muncul kembali. 

"Selama orangnya masih ada dan tidak pindah wilayah, pasti akan muncul dalam DPT. Apalagi, penentuan DPT berbasis KTP elektronik," kata mantan wartawan televisi swasta ini.

Nama enam Tuhan ini tercatat Dalam DPT berada di enam desa pada lima Kecamatan di kabupaten Jember, yaitu pertama beralamat di Dusun Darungan RT 01 RW 08. Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa terdaftar di TPS 15.

Kedua beralamat di Dusun kebon RT 03 RW 14 Desa Tutul Balung masuk DPT TPS 22.  Selain itu Tuhan ketiga beralamat Dusun Gumuk Banji RT 02 RW 35 Desa Kencong Kecamatan Kencong, di TPS 79.

Tuhan keempat beralamat di Jalan Manyar Krajan RT 01 RW 06 Kelurahan Slawu Patrang tercatat di TPS 12.

Kelima beralamat Dusun Racekan RT 58 RW 11 tercatat di TPS 19 Desa Pringgowirawan  Kecamatan Sumberbaru. Dan Tuhan keenam beralamat di Dusun Karang Anom RT 03 RW 10 Desa Karang Bayat Sumber baru, ada di TPS  13.     

Hanafi juga menjelaskan, nama Tuhan sempat menghebohkan masyarakat Jember, karena dinilai tak lazim. 

"Kok ada ya, orang bernama Tuhan. Warga bertanya-tanya karena dianggap aneh. Saya kira kembali kepada orang tua masing-masing, yang memberi nama tersebut," tutur Hanafi sambil tersenyum.

 

Muncul 4 Tahun Lalu

Pekerja menyusun kotak suara Pemilu 2019 di Gudang Logistik KPU Kota Bekasi, Rabu (20/12). Komisioner bidang logistik KPU Kota Bekasi masih kekurangan 1.100kotak suara untuk memenuhi kesiapan 6.720 TPS di Kota Bekasi. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sejak kemunculan empat tahun lalu atau tahun 2015 lalu, nama Tuhan sebagai pemilih juga bikin heboh. Yang mirip-mirip juga banyak, seperti Tohan, namun yang persis bertuliskan Tuhan ada 6 orang.     

Hanafi mengaku tidak mengetahui persis, apa salah nama atau kurang lengkap saat menyampaikan namanya saat mengajukan pembuatan KTP. Tapi yang jelas nama Tuhan, tertera dalam enam KTP warga Jember.

Hanafi menambahkan, jumlah total pemilih di Kabupaten Jember sebanyak 1,8 juta orang, yang memiliki hak pilih dan terdaftar dalam DPT pemilu 2019. Mereka terbagi dalam 7666 Tempat Pemungutan suara (TPS) dan empat TPS di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas 2A Jember, jadi jumlah totalnya 7670 TPS. Tersebar di 31 Kecamatan dengan 248 kelurahan/Desa di Kabupaten Jember.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Macam-Macam Sistem Operasi Komputer, Kelebihan dan Kekurangannya

Posted: 21 Feb 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di era digital saat ini banyak orang yang sangat membutuhkan teknologi seperti laptop atau komputer untuk membantu menyelesaikan tugas pekerjaan, tugas sekolah atau hal lainnya. Di dalam komputer terdapat macam-macam sistem operasi komputer untuk membantu kita menyelesaikan pekerjaan agar lebih cepat dan mudah. Sebelum membahas macam-macam sistem operasi komputer ada baiknya kamu ketahui dulu apa itu sistem operasi.

Sistem operasi adalah perangkat lunak atau software yang berfungsi sebagai pengatur semua sumber daya yang terdapat pada komputer. Sistem operasi atau operating system (OS) menjadi penghubung antara software – hardware – brainware (pengguna). Ia mengatur agar kesemuanya dapat berkomunikasi dengan baik dan membuat nyaman pengguna komputer.

Nah, fungsi sistem operasi adalah untuk menjalankan operasi dasar, mengatur hardware, mengatur berbagai macam aplikasi, untuk menyajikan sebuah tampilan, untuk koordinasi perangkat komputer dan untuk fungsi komputer yang optimal. Setelah mengetahui fungsi sistem operasi, sekarang mari membahas macam-macam sistem operasi komputer.

Macam-Macam Sistem Operasi Komputer

Macam-macam Sistem Operasi Komputer (Sumber: Pixabay)

Sistem operasi biasanya sudah terpasang saat kita pertama kali membeli komputer. Sebagian besar pengguna komputer langsung menggunakan sistem operasi tersebut, tetapi kita dapat mengubahnya dengan sistem operasi yang lain.

MS DOS

Untuk macam-macam sistem operasi komputer yang pertama adalah sistem operasi DOS. Sistem ini merupakan nenek moyang serta menjadi awal dari sistem operasi yang ada pada perusahaan Microsoft. DOS merupakan singkatan dari Disk Operating System.

Kelebihan dari sistem DOS:

1. Memiliki ukurannya yang kecil.

2. Penggunaan memori juga cukup ringan

3. Dengan berbagai perangkat pun sangat kompatibel.

Kekurangan sistem DOS adalah hanya berupa tulisan serta tidak ada grafiknya, karena memang generasi pertama.

Microsoft windows

Microsoft windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan antar muka pengguna grafis atau GUI yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan komputer menggunakan tampilan visual yang sangat memudahkan pengguna. Sistem operasi ini telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah system operasi yang berbasis text dengan penggunaan baris perintah.

Windows versi 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983 tetapi baru dipasarkan di November tahun 1985. Sampai saat ini windows telah mengeluarkan berbagai macam sistem operasi dan yang terakhir adalah windows 10 yang diperkenalkan pada 29 Juli 2015. Berikut ini adalah perkembangan windows dari tahun ke tahun:

  • Windows 1.0 pada tahun 1983.
  • Windows 2.0 pada tahun 1987.
  • Windows 3.0 pada tahun 1990.
  • Windows 3.1 pada tahun 1992.
  • Windows 95 pada tahun 1995.
  • Windows 98 pada tahun 1998.
  • Windows milenium edition pada tahun 2000.
  • Windows NT 3.1 yang ada di tahun 1993.
  • Windows NT 3.5 yang ada di tahun 1994.
  • Windows 2000 atau Windows NT 5.0 pada tahun 2000.
  • Windows XP yang ada pada tahun 2001.
  • Windows Vista pada tahun 2006.
  • Windows 7 pada tahun 2009.
  • Windows 8 yang ada di tahun 2012.
  • Windows 8.1 ada pada tahun 2013.
  • Windows 10 pada tahun 2015.

Kelebihan dari windows:

  • Windows juga sudah user friendly sebab telah memiliki tampilan anta muka.
  • Dalam proses instalasinya jauh lebih mudah.
  • Windows juga sangat support driver.
  • Banyak sekali perusahaan yang membuat software maupun aplikasi yang mana kompatibel dengan windows, karena memang hampir semua orang memakai sistem operasi windows.
  • Selain itu, windows memiliki perkembangan yang sangat cepat, kita bisa melihat hampir pada setiap tahunnya akan selalu ada sebuah perubahan dari windows tersebut.

Kekurangan dari sistem windows:

  • Windows tidak memiliki open source.
  • Perlu untuk membeli sebab memang close source.
  • Sangat mudah untuk di retas karena sistem keamanannya masih cukup lemah.
  • Perlu membeli aplikasi rentan terkena virus terlebih dahulu, apabila tidak mempunyai software bawaan.

Linux

Macam-macam sistem operasi komputer selanjutnya adalah Linux. Sistem operasi linux ini adalah sistem operasi open source yang sangat populer di tengah masyarakat yang ada di dunia dengan tingkat kepopulerannya juga ada di bawah windows dan juga mac OS. Hal ini dikarenakan sifatnya yang open source maka pengguna dapat bebas mengembangkan sistem operasinya.Beberapa keuntungan Linux adalah gratis dan tersedia banyak varian Linux yang dapat Anda pilih sesuai keinginan Anda.

Kelebihan pada Linux:

Karena memang open source, tidak akan ada biaya lisensi untuk pembelian dan menggunakannya.

Jika dahulu penggunaan linux sangat susah, tapi setelah dilakukan pengembangan menjadi jauh lebih mudah.

Sebagian aplikasi yang ada di windows juga ada di linux.

Perkembangannya jauh lebih cepat sebab dikembangkan oleh orang banyak.

Kekurangan pada Linux:

Perlunya diadakan sebuah pelatihan untuk pengguna awal sehingga dapat terbiasa dengan linux.

Tidak semua support hardware yang cocok dengan linux.

Proses instalasinya cukup susah apalagi untuk softwarenya.

Mac OS X

Mac OS adalah sistem operasi yang dibuat oleh Apple. Sistem operasi ini sudah terpasang pada semua komputer Macintosh (disebut Mac) baru. Banyak orang lebih menyukai tampilan sistem operasi Mac OS X daripada Windows walaupun harga komputer Apple cenderung lebih mahal.

Unix

Unix merupakan sistem operasi yang dibuat oleh sebuah perusahaan AT&T, general electric dan juga MIT pada tahun 1965 untuk DARPRA. Unix ini juga adalah sebuah sistem operasi baku yang dapat dipakai dari segala komputer dan termasuk juga untuk komputer mini.

Kelebihan unix:

Terdapat portabilitas.

Multiuser, sebab ialah sistem dari operasi jaringan.

Multitasking, kita dapat mengerjakan serta menjalankan tugas bersamaan.

Sulit terkena virus.

Termasuk kedalam sistem operasi gratis.

Kekurangan unix:

Tampilannya kurang menarik.

Penyimpanan memori yang cukup besar.

Driver tidak banyak di unix.

Beberapa hardware sulit menyediakan driver untuk unix sendiri.

Cukup sulit serta membingungkan.

Amiga

Amiga merupakan salah satu sistem operasi terdahulu dan sampai sekarang masih ada yang khusus digunakan untuk laptop Amiga. Sistem operasi ini juga sudah menggunakan tampilan antar muka bagi penggunanya. 

Selain macam-macam sistem operasi komputer diatas, ternyata ada lho system operasi komputer hasil dari karya anak bangsa. Sistem opreasi komputer tersebut adalah Garuda OS dan BlankOn.

Macam-macam sistem operasi komputer karya anak bangsa

Garuda OS

Garuda OS dikembangkan untuk digunakan masyarakat supaya mereka bisa mendapatkan sistem operasi yang open source, freeware dan tetap sesuai dengan SNI atau standar nasional Indonesia. Namun, Garuda OS kurang mendapatkan perhatian masyarakat Indonesia sendiri sehingga operasi sistem ini belum terkenal.

BlankOn

Para pembuat OS ini adalah YPLI dengan tujuan supaya bisa memenuhi kebutuhan sistem operasi dari para pengguna komputer masyarakat Indonesia pada umumnya, khususnya bidang pendidikan, perkantoran dan juga pemerintahan. Kekurangan dari BlankOn adalah  masih kurang stabil dan terbilang lambat, dan masih kalah terkenal dan pamor dengan sistem operasi terkenal lainnya.

Demikianlah beberapa info tentang macam-macam sistem operasi komputer dan penjelasan singkatnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Akhir Pekan, Harga Cabai dan Bawang Putih Naik

Posted: 21 Feb 2019 08:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pada akhir pekan di minggu ketiga Februari ini, harga bahan pokok bergerak bervariasi di Pasar Pulo Gadung, Jakarta. Kenaikan harga terjadi pada cabai yang lebih mahal hingga Rp 5.000 per kg.

Suhadi (36), pedagang bahan pokok di Pasar Pulo Gadung, mengatakan kenaikan harga berlaku untuk semua jenis cabai. Cabai rawit merah naik dari Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu per kg, cabai keriting naik dari Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu per kg dan cabai rawit hijau naik dari Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per kg.

Kenaikan juga berlaku pada komoditas bawang putih. Minggu lalu, bawang putih cutting dihargai Rp 35 ribu per kg, sekarang naik menjadi Rp 40 ribu per kg.

Suhadi menyatakan, kenaikan harga ini disebabkan semakin berkurangnya petani cabai. "Kalau untuk cabai, katanya orang sana sih karena petaninya pada cari pekerjaan lain, gitu. Makanya jadi mahal," jelas dia di Pasar Pulo Gadung, Jumat (22/2/209).

Ayam potong pun mengalami kenaikan harga, yang tadinya sempat turun jadi Rp 38 ribu, kini naik menjadi Rp 46 ribu per kg. Sementara daging sapi masih stabil di angka Rp 135 ribu per kg.

Pantauan di Awal Pekan

Aktifitas jual beli di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Kamis (24/9/2015). Perayaan Idul Adha membuat sejumlah harga sayur mengalami kenaikan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Memasuki pertengahan Februari 2019, sejumlah harga bahan pokok di pasar mengalami pergerakan yang cukup variatif. Ada yang mengalami kenaikan, turun dan ada juga yang tetap.

Hasil pantauan Liputan6.com di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, untuk komoditas yang mengalami kenaikan harga setidaknya ada lima jenis. Kenaikan paling tinggi untuk jenis cabai rawit merah.

"Rawit merah ini sekarang Rp 40 ribu per kilonya, kalau dibandingkan beberapa hari lali sudah naik Rp 10 ribu," kata Winarti (38), salah satu pedagang saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (18/2/2019).

Kenaikan juga terjadi untuk jenis cabai merah besar yang kini dijual dengan harga Rp 36 ribu per kg, atau naik Rp 4.000 per kg. Dan cabai rawit hijau juga mengalami kenaikan Rp 4.000 per kg menjadi Rp 24 ribu per kg.

Tidak hanya itu, bahan pangan yang mengalami kenaikan adalah bawang putih yang kini dijual dengan harga Rp 28 ribu per kg. Padahal sebelumnya dijual dengan harga Rp 24 ribu per kg. Sedangkan kenaikan juga terjadi untuk jenis tomat yang hanya naik Rp 1.000 per kg menjadi Rp 15 ribu per kg.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Spanyol Pekan ke-25: Jalan Terjal Barcelona

Posted: 21 Feb 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Barcelona bakal menghadapi jalan terjal di jadwal Liga Spanyol akhir pekan ini. Untuk mempertahankan posisi puncak agar aman dari kejaran rival, Barcelona bertandang ke markas Sevilla.

Jalan terjal memang harus ditempuh Barcelona. Soalnya setelah lawan Sevilla, Barcelona akan menghadapi jadwal Liga Spanyol yang berat lainnya.

Pekan depan, mereka harus bertandang ke markas rival abadi Real Madrid. Tak hanya satu kali tapi dua kali karena harus melakoni semifinal leg kedua Copa del Rey.

Sevilla vs Barcelona menjadi salah satu sorotan duel di jadwal Liga Spanyol akhir pekan ini. Madrid juga akan menghadapi tantangan bertandang ke markas Levante.

Meski dapatkan laga berat di jadwal Liga Spanyol akhir pekan ini, Barcelona masih unggul 7 poin dari peringkat dua Atletico Madrid. Ingin tahu jadwal lengkap Liga Spanyol? Simak di halaman berikutnya:

Jadwal Liga Spanyol Pekan Ke-25

Lionel Messi dikawal ketat pemain Olympique Lyon. (AFP/Jean-Philippe Ksiazek)

Sabtu, 23 Februari

03.00 WIB  Espanyol vs Huesca

19.00 WIB  Getafe vs Rayo Valecano

22.15 WIB  Sevilla vs Barcelona

Minggu, 24 Februari

00.30 WIB  Deportivo Alaves vs Celta de Vigo

02.45 WIB  Athletic Bilbao vs Eibar

18.00 WIB  Leganes vs Valencia

22.15 WIB  Atletico Madrid vs Villareal

 

Jadwal Liga Spanyol ke-25

Senin, 25 Februari

00.30 WIB  Real Valladolid vs Real Betis

02.45 WIB  Levante vs Real Madrid

 

Selasa, 26 Februari

03.00 Girona vs Real Sociedad

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Siti Nurhaliza Tampil Memukau Saat Konser di Jakarta

Posted: 21 Feb 2019 08:45 PM PST

Penampilan penyanyi Siti Nurhaliza saat menggelar konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Siti tampil dengan busana hijau yang dihiasi payet biru berkilau. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penampilan penyanyi Siti Nurhaliza saat menggelar konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Siti tampil dengan busana hijau yang dihiasi payet biru berkilau. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penampilan penyanyi Siti Nurhaliza saat menggelar konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Siti juga mengenakan sunting Melayu di kepalanya. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penampilan penyanyi Siti Nurhaliza saat menggelar konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Siti juga mengenakan sunting Melayu di kepalanya. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penampilan penyanyi Siti Nurhaliza saat menggelar konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Siti membawakan sejumlah lagu di antaranya Joget Berhibur, Joget Kasih Tak Sudah, dan Nirmala. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penampilan penyanyi Siti Nurhaliza saat menggelar konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Siti membawakan sejumlah lagu di antaranya Joget Berhibur, Joget Kasih Tak Sudah, dan Nirmala. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penampilan penyanyi Siti Nurhaliza saat konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Siti juga membawakan beberapa lagu miliknya yang jarang dibawakan ketika tampil di atas panggung. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penampilan penyanyi Siti Nurhaliza saat konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Siti juga membawakan beberapa lagu miliknya yang jarang dibawakan ketika tampil di atas panggung. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penampilan Siti Nurhaliza saat konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Lagu yang ikut dinyanyikan adalah Demi Kasih Sayang, Bila Harus Memilih, Cuba Untuk Mengerti, dan Intrig Cinta. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penampilan Siti Nurhaliza saat konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Lagu yang ikut dinyanyikan adalah Demi Kasih Sayang, Bila Harus Memilih, Cuba Untuk Mengerti, dan Intrig Cinta. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penampilan penyanyi Siti Nurhaliza saat menggelar konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Siti beberapa kali melontarkan candaan kepada hadirin yang menonton. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penampilan penyanyi Siti Nurhaliza saat menggelar konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Siti beberapa kali melontarkan candaan kepada hadirin yang menonton. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penampilan penyanyi Siti Nurhaliza saat menggelar konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Konser Siti Nurhaliza menghadirkan banyak kejutan. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penampilan penyanyi Siti Nurhaliza saat menggelar konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Konser Siti Nurhaliza menghadirkan banyak kejutan. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Pertunjukan wayang dengan iringan musik gamelan dan tiupan terompet mengawali konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Siti Nurhaliza menyanyikan 14 lagu dalam konser tersebut. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Pertunjukan wayang dengan iringan musik gamelan dan tiupan terompet mengawali konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Siti Nurhaliza menyanyikan 14 lagu dalam konser tersebut. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penonton menyaksikan penampilan Siti Nurhaliza saat menggelar konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Indonesia dipilih sebagai negara pertama yang dukunjungi dalam tur Siti Nurhaliza.  (Fimela.com/Bambang E Ros)

Penonton menyaksikan penampilan Siti Nurhaliza saat menggelar konser 'Dato Sri Siti Nurhaliza on Tour' di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (21/2). Indonesia dipilih sebagai negara pertama yang dukunjungi dalam tur Siti Nurhaliza. (Fimela.com/Bambang E Ros)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bintang Serial TV “Empire” Jussie Smollett Rekayasa Kasus?

Posted: 21 Feb 2019 08:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bintang Serial TV "Empire" Jussie Smollett diduga membuat laporan palsu. Ia mengaku menjadi korban kekerasan rasisme.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Polri Bersihkan Sepak Bola dari Mafia

Posted: 21 Feb 2019 08:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kasus pengaturan skor bola diusut tuntas. Dia berpesan agar mafia bola segera dibersihkan.

"Itu sudah menjadi kewenangan Polri untuk menyelesaikan ini. Jadi kalau saya ya, selesaikan sampai tuntas agar sepak bola kita benar-benar bersih," kata Jokowi di Gelanggang Remaja, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2019).

Jokowi berharap setelah kasus pengaturan skor diselesaikan maka laga sepakbola di Tanah Air berjalan sesuai harapan. Tidak ada lagi oknum-oknum yang memainkan skor bola.

"Yang juara juga betul-betul juara. Agar jangan sampai kita sudah terlanjur wah (euforia kemenangan) wah juara, juara, tapi ternyata ha ha ha. Ternyata banyak pengaturan skor. Itu yang saya kira dituntaskanlah sampai rampung," ujarnya.

Mengenai desakan agar Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB), Jokowi tak banyak berkomentar. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada PSSI untuk mengambil sikap.

"Perkara nanti PSSI mau kongres, ya itu AD/ART silakan sesuai aturan FIFA dan AD/ART PSSI sendiri. Ya itu urusannya PSSI lah," pungkas Jokowi.

 

15 Tersangka

Kasus pengaturan skor bola berembus kencang belakangan ini. Kapolri Tito Karnavian membentuk Satgas Antimafia Bola untuk mengungkap siapa saja pemain utama pengaturan skor bola.

Hingga saat ini Satgas Anti Mafia Bola sudah menetapkan 15 tersangka. Salah satu di antaranya Plt Ketua umum Joko Driyono.

Joko Driyono atau yang kerap disapa Jokdri ditetapkan sebagai tersangka atas perusakan barang bukti dugaan pengaturan skor. Dia menjadi aktor intelektual aksi di bekas kantor PT Liga Indonesia itu.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Denada Tak Pernah Bohongi Putrinya soal Kemoterapi

Posted: 21 Feb 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Putri penyanyi Denada, Shakira Aurum, tengah berjuang melawan penyakit kanker darah. Shakira yang masih berusia enam tahun itu, harus menjalani pengobatan setidaknya hingga dua tahun mendatang di sebuah rumah sakit di Singapura.

Denada tak pernah membohongi putrinya soal rangkaian kemoterapi yang harus dijalaninya. Termasuk perawatan yang paling ditakuti Shakira, penyuntikan langsung di sumsum tulang belakangnya.

"Kalau dia memang harus kemoterapi yang paling dia takuti, disuntik langsung ke sumsum tulang belakangnya, saya bilang ke dia. Saya tidak pernah membohongi dia. Anak saya seminggu sekali menjalani itu," ujar Denada dalam tayangan saluran Cumicumi, Kamis (21/2/2019).

Hingga saat ini, Shakira tak mengetahui soal pengobatannya yang semakin berat untuk membunuh sel kanker di aliran darahnya.

"Sampai sekarang dia tidak tahu kondisi kesehatannya yang berat. Setahu dia, sedang dalam pengobatan yang biasa-biasa saja," sambung Denada.

Denada Kabulkan Keinginan Shakira

(Instagram/denadaindonesia)

Sejak sakit, Shakira Aurum tak pernah mau melihat dirinya di cermin. Hingga akhirnya, Denada menutupi semua cermin di rumahnya dengan koran. Belum lama ini, tiba-tiba putri semata wayangnya itu ingin membuka koran tersebut.

"Cermin-cermin di rumah saya tutupi dengan koran karena dia tidak senang melihat refleksi dirinya di cermin. Tiba-tiba suatu hari dia bilang, 'ibu, Shakira mau dibuka saja deh korannya'," tutur Denada.

Kontan saja hal ini membuat Denada mengabulkan keinginan putrinya. Wanita 40 tahun itu bersyukur Shakira telah menerima kondisi kesehatan lantaran efek kemoterapi yang dijalaninya. Hanya berlangsung beberapa hari, ia menangis dan ingin kembali menutup cerminnya.

"Saya pikir alhamdulillah, berarti dia sudah mulai berdamai dengan keadaannya. Akhirnya saya buka, tapi ternyata hanya bertahan beberapa hari. Kemudian dia nangis lagi dan minta untuk ditutup kembali," ucapnya.

Senantiasa Mendampingi

(Instagram/denadaindonesia)

Meski tak mudah, Denada senantiasa berusaha untuk mendampingi dan menyemangati putrinya.

"Masih dua tahun lagi kemoterapi, pengobatan yang harus dijalani anak saya. Banyak roller coaster-nya dan banyak up and down-nya. Saya masih betul-betul berusaha setiap harinya untuk bisa terus mendampingi dan menyemangati anak saya," ucap Denada.

(Lavenia/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Bungkus Kado Unik dan Kreatif, Bisa Kamu Coba di Rumah

Posted: 21 Feb 2019 08:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah hadiah akan menjadi lebih bermakna jika diberikan dengan cara dan tampilan yang manis. Oleh sebab itu, cara bungkus kado pun harus kreatif agar kadomu menjadi lebih terkenang dan berkesan bagi si penerima. Ada banyak kreasi atau cara bungkus kado unik dan kreatif.  Banyak orang yang belum paham bagaimana cara bungkus kado unik dan kreatif. 

Kado adalah sebuah hadiah yang berupa barang dan atau bisa saja bukan berupa barang secara fisik. Kado itu biasanya diberikan kepada orang yang dinilai istimewa, atau diberikan pada waktu-waktu tertentu yang dianggap istimewa bagi orang tersebut.

Membungkus kado terkadang terlihat mudah, namun sebenarnya dibutuhkan ketekunan dan kreativitas. Berikut cara bungkus kado unik dan kreatif yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019).

1. Cara Bungkus Kado Unik Bentuk Baju

Beberapa waktu belakangan ini kado bentuk baju memang sangat populer. Cara bungkus kado bentuk baju juga cukup mudah. Bahan-bahannya pun cukup mudah di dapat dan tidak ribet. Siapkan satu kertas kado secukupnya, selotip, dan gunting.

· Cara bungkus kado pertama, rekatkan kedua ujung kertas dengan ukuran yang sama menggunakan selotip atau lem.

·  Lipatlah ujung bawah keatas sekitar 8cm kemudian tarik sisi atasnya ke bawah.

·  Jika sudah berbentuk datar lipat kedua sisi yang telah ditarik tadi lalu rekatkan masing-masing sisinya.

·  Setelah kertas kado berbentuk kotak dan bagian bawahnya tertutup rapat masukkan kado. Lalu dibagian atas sekitar 5cm gunting bagian sisi kanan dan kirinya.

·  Lipat kertas yang sudah digunting tadi sampai membentuk kerah baju dan rekatkan dengan solasi atau lem.

·  Pada sisi tadi yang digunting rekatkan kembali menggunakan lem supaya terlihat lebih rapi. Bisa juga digunting miring sedikit pada bagian pinggir atas supaya lebih terlihat seperti baju. Jika ingin terlihat lebih cantik, bisa ditambahkan pita.

2. Cara Bungkus Kado Unik Bentuk Tas

Cara Bungkus Kado unik (sumber: Unsplash)

Cara bungkus kado unik bentuk tas juga bisa jadi alternatif yang pas dan mudah. Cara bungkus kado bentuk tas ini cukup mudah dan tidak memerlukan banyak bahan. Bisa langsung ditiru untuk membuat bungkus kado yang unik dan kreatif. Cukup siapkan kertas kado, pita, slotip, lem dan cutter atau gunting.

- Cara bungkus kado pertama, lipat kedua sisi dengan lipatan di satu sisi lebih banyak. Lekatkan kedua ujungnya menggunakan lem kemudian lipat bagian bawanya kira-kira seperempat dari bungkus kado. Rapikan kemudian rekatkan dengan isolatip hingga membentuk datar seperti paper bag.

- Untuk bagian atasnya bisa langsung dilipat kemudian tempelkan pita yang sudah disediakan. Atau lipat bagian atasnya, setelah merekatkannya dengan selotip, buatlah lubang di sisi kanan dan sisi kiri untuk memasang tali.

3. Cara Bungkus Kado Unik dan Cantik

Ada cara bungkus kado yang gampang untuk ditiru. Kalau kamu suka gambar menggambar, mungkin cara bungkus kado simple ini akan jadi lebih mudah. Biar lebih terkesan kamu bisa membuat bungkus kado dengan desain gambaran kamu sendiri. Bungkus kado dengan kertas krep akhir-akhir ini lagi banyak dipakai untuk membuat bungkus kado yang unik dan cantik.

- Cara bungkus kado pertama siapkan kertas krep secukupnya sesuaikan ukurannya dengan kado yang akan diberikan. Lalu siapkan juga spidol beberapa warna, pastikan warnanya tidak mati kalau dipasangkan dengan bungkus kado.

- Cara bungkus kado selanjutnya, bungkus kadonya dengan bentuk sesuai kreasi yang kamu suka. Setelah kado berhasil dibungkus seperti biasa kemudian coret-coret bungkus krepnya dengan gambar yang kamu inginkan.

- Buatlah bentuk yang simple dan tidak terlalu ramai. Ulangi coretan sampai kertas kadonya penuh dengan gambar kamu.

4. Cara Bungkus Kado Unik Bentuk Permen

Cara Bungkus Kado unik (sumber: Unsplash)

Cara bungkus kado unik lainnya, Kamu bisa mencoba membuat bungkus kado yang bentuknya mirip dengan permen. Bentuknya unik dan cara membuatnya juga cukup simple. 

Siapkan kertas kado dan sesuaikan dengan besarnya kado yang akan diberikan. Siapkan juga solasi bening atau solasi bermotif lucu yang cocok dengan kertas kadonya, jangan lupa juga untuk menyiapkan tali.

·  Cara bungkus kado, kemudian bentuklah kadonya memanjang, lalu tempatkan kado diatas kertas. Setelah itu, gulung kertas kado bersamaan dengan kadonya. Jika sudah membentuk gulungan, rekatkan kertasnya menggunakan solasi yang sudah disediakan.

·  Dibagian sisi bawah dan atas (batas kado yang ada di dalam kertas), rekatkan supaya membentuk permen. Tarik pelan-pelan bagian ujungnya supaya lebih mekar. Gunakan tali yang tadi disiapkan pada bagian perekat ujungnya supaya lebih lucu.

5. Cara Bungkus Kado Unik dan Lucu

Cara Bungkus Kado unik (sumber: Unsplash)

Selanjutnya cara bungkus kado yang lucu adalah dengan menambahkan pernak-pernih hiasan kertas seperti confetti. Kamu tahu kan kalau confetti itu cukup meriah dan unik? Ide ini bisa digunakan dalam membuat bungkus kado yang beda dari yang lain. Bahan yang perlu disiapkan adalah bungkus kado polos, kertas krep warna-warni, gunting, selotip, lem.

- Cara bungkus kado unik dengan tema ini, kamu harus memotong krep yang disediakan secukupnya.

- Setelah kado dibungkus dengan kertas dan sudah terlihat rapi, oleskan lem ke bagian kertasnya.

- Bisa kamu oleskan secara merata atau hanya setengah bagiannya saja agar terlihat lebih lucu. Lalu tempelkan kertas krep yang tadi sudah dipotong, selang-seling warnanya supaya tampak lebih hidup.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai BI Tahan Bunga Acuan, Rupiah Melemah Tipis

Posted: 21 Feb 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah tipis pada perdagangan Jumat ini. rupiah kemungkinan melemah ke level 14.080 per dolar AS hingga 14.100 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Jumat (22/1/2019), rupiah dibuka di angka 14.077 per dolar AS, melemah tipis jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.070 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.070 per dolar AS hingga 14.085 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 2,17 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.079 per dolar AS, melemah tipis jika dibandingkan dengan sehari sebelummnya yang ada di angka 14.057 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah pada Jumat melemah seiring ditahannya suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (7DRRR) oleh Bank Indonesia.

"BI telah menaikkan kebijakan suku bunganya sejak Mei 2018 lalu mencapai 175 basis poin dari 4,25 persen menjadi 6 persen. Kendati demikian kenaikan tersebut belum direspons oleh perbankan dengan menaikkan suku bunga kreditnya secara signifikan," kata ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih dikutip dari Antara.

Untuk suku bunga kredit modal kerja, lanjut Lana, naik tipis 0,08 persen sejak Mei hingga Desember 2018, bahkan untuk suku bunga kredit konsumsi turun 0,67 persen, dan suku bunga investasi turun 0,19 persen.

"Turunnya suku bunga ini indikasi fokus perbankan yang cenderung memperbesar kredit konsumsi," katanya.

Dengan kondisi tersebut, kemungkinan BI bisa mempertahankan suku bunganya di 6 persen hingga akhir 2019.

Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada Kamis (21/2) lalu kememutuskan suku bunga acuan 7DRR tetap di level 6 persen. Begitupun untuk suku bunga Deposit Facility tetap 5,25 persen dan suku bunga Lending Facility tetap 6,75 persen.

BI menyatakan keputusan tersebut diambil dengan mempertimbangkan upaya penguatan stabilitas eksternal khususnya untuk mengendalikan defisit transaksi berjalan dalam batas yang aman dan mempertahankan daya tarik aset keuangan domestik.

Lana memperkirakan pada hari ini rupiah kemungkinan melemah ke level 14.080 per dolar AS hingga 14.100 per dolar AS.

Faisal Basri: Rupiah Masih akan Bergejolak di Tahun Politik

Petugas menata tumpukan uang kertas di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Kamis (6/7). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan hari ini masih tumbang di kisaran level Rp13.380/USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Ekonom Faisal Basri mengatakan bahwa kestabilan nilai tukar rupiah masih akan menghadapi tantangan di tahun politik. Bahkan rupiah dinilai masih mengalami pelemahan di 2019 ini.

Faisal mengatakan, meski di awal tahun waktu rupiah sempat menguat ke level 13.000 per dolar AS, tetapi saat ini rupiah kembali ke 14.000 per dolar AS.

"Rupiah tidak menguat secara signifikan, masih akan naik turun. Secara psikologis dan historis rupiah masih akan melemah," ujar dia pada Rabu 13 Februari 2019. 

Tekanan terhadap rupiah masih bersumber dari defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD). Oleh sebab itu, penting bagi pemerintah untuk menurunkan CAD agar rupiah bisa menguat dan stabil di 2019.

"Karena masih CAD, kalau current account ini defisit ya rupiah melemah. Karena CAD ini terdiri dari ekspor impor barang dan jasa. Nah kalau utang tidak setiap bulan. Jadi (penguatan) rupiah yang mengandalkan utang tidak akan sustainable. Tapi kalau mengandalkan CAD bisa sustain," kata dia.

Selain itu, meski ekspor dan impor merupakan kegiatan yang wajar dilakukan oleh sebuah negara, namun Indonesia harus bisa menekan impor khususnya untuk barang-barang yang sebenarnya bisa diproduksi di dalam negeri dan menggenjot ekspor nonmigas.

"Ekspor-impor sebetulnya suatu hal yang lumrah dilakukan oleh suatu negara. Kalau kita tidak bisa bikin suatu produk, ya terpaksa impor. Tapi kita juga harus jual produk kita ke pasar negara lain. Ini supaya seimbang," tandas dia.

 
 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi AC Milan Vs Empoli: Andalkan Ketajaman Piatek

Posted: 21 Feb 2019 08:35 PM PST

Jakarta AC Milan akan menghadapi Empoli pada lanjutan Serie A 2018-2019, di San Siro, Milan, Jumat (22/2/2019) waktu setempat. I Rossoneri kembali akan mengandalkan striker yang sedang haus gol, Krzysztof Piatek.

Kemenangan juga bisa menjadi modal bagus bagi AC Milan sebelum main tandang melawan Lazio di semifinal Coppa Italia leg pertama.

Empoli belum sekali pun meraih kemenangan tandang di Serie A musim ini (M0 S4 K7). Melawan AC Milan yang sedang panas-panasnya, Empoli harus rela dianggap sebagai underdog dalam laga nanti.

Milan selalu menang dan selalu mencetak tiga gol dalam dua laga terakhirnya di Serie A. Anak-anak asuh Gennaro Gattuso berturut-turut mengalahkan Cagliari 3-0 di San Siro dan menang 3-1 atas tuan rumah Atalanta.

Ketika menang di kandang Atalanta, Piatek memborong dua gol. Sementara itu, Hakan Calhanoglu menyumbang satu assist dan satu gol.

Piatek, yang direkrut dari Genoa bulan Januari kemarin, selalu mencetak gol dalam empat penampilan terakhirnya untuk Milan di semua ajang. Penyerang 23 tahun Polandia itu berturut-turut membobol gawang Napoli (Coppa Italia), AS Roma, Cagliari dan Atalanta.

Piatek sudah mencetak enam gol dalam lima penampilan untuk AC Milan. Dia telah membuat Rossoneri kembali jadi tim yang menakutkan.

Cuma Imbang

Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso. (dok. AC Milan)

Pada giornata 6 musim ini, Milan cuma mampu meraih hasil imbang 1-1 di kandang Empoli. Milan sempat unggul melalui gol bunuh diri Leonardo Capezzi menit 10, tapi penalti Francesco Caputo menit 71 memastikan kedua tim berbagi satu poin.

Namun Empoli pasti sadar kalau Milan yang akan mereka hadapi nanti adalah Milan yang berbeda. Milan yang ini memiliki striker yang benar-benar berbahaya.

Empoli sendiri sudah merasakan kehebatan Piatek, yang telah mengemas 17 gol di Serie A 2018/19. Pasalnya, Empoli adalah korban gol perdana Piatek di liga tertinggi Italia ketika ditekuk Genoa 1-2 pada pertandingan pertamanya.

Prediksi Starter

Perkiraan susunan pemain

Milan (4-3-3): G Donnarumma; Calabria, Musacchio, Romagnoli, Rodriguez; Kessie, Bakayoko, Paqueta; Castillejo, Piatek, Calhanoglu. Pelatih: Gennaro Gattuso.

Empoli (3-5-2): Dragowski; Veseli, Silvestre, Dell'Orco; Di Lorenzo, Acquah, Bennacer, Krunic, Pasqual; Caputo, Farias. Pelatih: Giuseppe Iachini.

Sumber: bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Momen Langka, Badai Musim Dingin Picu Salju di Las Vegas

Posted: 21 Feb 2019 08:34 PM PST

Liputan6.com, Las Vegas - Badai musim dingin pada Februari kali ini, membawa peristiwa alam yang sangat langka di sebagian wilayah barat daya Pantai Barat Amerika Serikat (AS), di mana salju tipis turun di Los Angeles dan Las Vegas.

Di negara bagian Nevada, badai musim dingin menutupi atap banyak gedung kasino, dan membuat orang-orang antusias untuk keluar ruangan, dan bersenang-senang dengan salju yang sangat jarang terjadi itu.

Dikutip dari The Guardian pada Jumat (22/2/2019), turunnya salju itu membuat area Bandara Internasional McCarran di Las Vegas kembali tertutup salju, setelah momen serupa terjdi lebih dari satu dekade lalu.

Menurut laporan Layanan Cuaca Nasional (NWS) setempat, Las Vegas ditimpa salju berukuan 0,8 inci (setara 2 sentimeter) sejak Kamis sore.

Sebelumnya, kantor berita Associated Press melaporkan bahwa turunnya salju di Las Vegas sebagai "peristiwa pertama pada jenisnya sejak pencatatan dimulai pada 1937 silam". Klaim itu dibantah oleh para ahli meteorologi, yang langung memberikan klarifikasi.

Ahli meteorologi Chris Outler mengatakan salju tersebut jauh lebih kecil dibandingkan kejadian serupa pada 17 Desember 2018, yang tercatat setinggi 3,6 inci, atau 9,1 sentimeter.

Turunnya salju tersebut membuat lalu lintas jalan raya dan beberapa penerbangan di Las Vegas terganggu, meski tidak begitu fatal.

"Kami tidak memiliki alat penyapu salju," kata juru bicara bandara setempat, Christine Crews, seraya menyebut sekitar 100 jadwal penerbangan disesuaikan ulang.

Sementara itu, salju juga membuat pihak berwenang setempat menutup sebagian dari jalan raya utama yang menghubungkan Los Angeles, Las Vegas, dan Phoenix karena salju, es, dan jarak pandang yang terbatas.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Turut Berdampak pada Wilayah Sekitar

Ilustrasi salju (iStock)

Di saat bersamaan, salju menutupi area gurun besar di luar Los Angeles, dan menyebabkan kemacetan lalu lintas di dekat taman nasional Joshua Tree.

Bagian operasi udara departemen pemadam kebakaran Los Angeles memposting video salju yang jatuh di Pegunungan Santa Monica di atas Malibu Kamis sore.

Salju juga dilaporkan menutup Interstate 5 --salah satu jalan utama di California-- sehingga menutupi sudut Tejon Pass di pegunungan utara Los Angeles.

Di Arizona, badai memaksa penutupan bandara di Flagstaff, Arizona.

Barney Helmick, direktur dari Flagstaff Pulliam Airport, mengatakan satu-satunya landasan pacu ditutup ketika tingkat visibilitas mencapai nol. Salju yang lebat juga memaksa penutupan sekolah dan bisnis di wilayah tersebut.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inter Vs Rapid Wina, Icardi Bikin Isyarat Pergi Lewat Topi

Posted: 21 Feb 2019 08:33 PM PST

Liputan6.com, Milan - Mauro Icardi tidak turut serta kala Inter Milan membantai Rapid Wina 4-0 dalam laga leg kedua babak 32 besar Liga Europa pada hari Jumat (22/2) kemarin. Namun, kehadirannya di bangku penonton stadion Giuseppe Meazza sempat mengundang perhatian publik.

Absennya Icardi merupakan imbas dari pencabutan ban kapten yang telah disematkan kepadanya sejak tahun 2015 silam. Jabatan tersebut lantas diberikan kepada sang kiper, Samir Handanovic, sesuai dengan pengumuman resmi melalui akun media sosial Twitter milik klub.

Pemain berumur 25 tahun tersebut tak terlibat dalam tiga pertandingan terakhir Nerazzurri, termasuk laga kontra bekas klubnya, Sampdoria, di ajang Serie A akhir pekan kemarin. Tanpa kehadirannya, Inter Milan tetap mampu menyapu bersih tiga laga tersebut dengan kemenangan.

Meski tidak turut serta dalam kemenangan 4-0 Inter atas Wina, namun Icardi tetap terlihat di bangku penonton bersama sang istri sekaligus agennya, Wanda Nara. Kehadiran Icardi sendiri mengundang sebuah rumor terbaru.

Pada laga tersebut, ia tampak mengenakan sebuah topi baseball dengan kombinasi warna putih dan hitam. Topi tersebut memiliki gambar elang dengan tulisan 'Freedom', atau dalam bahasa Indonesia berarti 'Kebebasan'.

Publik langsung beranggapan bahwa Icardi sedang mengirimkan sebuah pesan kepada publik melalui topi tersebut. Hal itu juga semakin memperkuat keyakinan bahwa penyerang berumur 25 tahun itu sudah semakin dekat dengan pintu keluar Inter Milan.

Tidak Selebrasi

Penyerang Inter Milan, Mauro Icardi. (AFP/Miguel Medina)

Selain itu, tindak-tanduk Icardi dan juga Wanda selama pertandingan juga menarik perhatian publik. Keduanya sempat tertangkap kamera setelah penyerang Inter Milan, Matteo Politano, mencetak gol keempat pada menit-menit akhir pertandingan.

Keduanya tampak dingin dalam menyambut gol mantan pemain Sassuolo tersebut. Lebih parahnya lagi, Icardi dan Wanda Nara tidak terlihat berselebrasi sama sekali.

Buruknya Hubungan

Buruknya hubungan Icardi dan Inter Milan juga terlihat selepas pertandingan. Dalam konferensi persnya, Spalletti menyebutkan Icardi tidak menunjukkan batang hidungnya sama sekali di ruang ganti tim setelah laga berakhir.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AJI Kecam Dugaan Persekusi Sejumlah Wartawan di Lokasi Munajat 212

Posted: 21 Feb 2019 08:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah wartawan diduga menjadi korban persekusi saat meliput Munajat 212 di kawasan Monas, Jakarta, Kamis, 21 Februari 2019 malam. Persekusi diduga dilakukan sejumlah massa yang menggunakan atribut Front Pembela Islam (FPI).

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (22/2/2019) Koordinator Liputan (Korlip) CNN Indonesia TV Joni Aswira yang saat kejadian berada di lokasi menjelaskan, malam itu belasan jurnalis dari media berkumpul di sekitar pintu masuk VIP dekat panggung acara. Mereka menunggu sejumlah narasumber untuk melakukan wawancara.

Namun pada pukul 21.00 WIB, terjadi keributan di tengah suara selawatan. Diduga ada pencopet yang ditangkap oleh sejumlah massa. Mendadak sontak kejadian itu memancing para jurnalis mendekati lokasi kejadian, termasuk pewarta foto CNN Indonesia TV.

Menurut pengakuan Joni, kamera jurnalis cukup mencolok, sehingga menjadi bahan buruan beberapa orang. Mereka mengintervensi wartawan foto tersebut untuk segera menghapus gambar kericuhan yang sempat tertangkap.

"Kalian dari media mana? Dibayar berapa? Kalau rekam yang bagus-bagus saja, yang jelek enggak usah," ucap Joni menirukan oknum massa, Jumat (22/02/2019).

Joni melanjutkan, nasib serupa dialami wartawan Detikcom saat sedang merekam kericuhan. Massa menyuruhnya menghapus gambar, tapi wartawan itu tak mau memberikan ponselnya.

"Massa kemudian menggiring wartawan Detikcom ke dalam tenda VIP sendirian. Meski telah mengaku sebagai wartawan, mereka tetap tak peduli. Di sana, dia juga dipukul dan dicakar, selain dipaksa jongkok di tengah kepungan belasan orang," ucap dia.

Jurnalis CNNIndonesia yang meliput di lokasi kejadian ikut menjadi saksi kekerasan tersebut. Sementara jurnalis Suara yang berusaha melerai kekerasan dan intimidasi itu terpaksa kehilangan ponselnya.

Ketua Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Jakarta, Asnil Bambani Amri, mengutuk dugaan penganiayaan tersebut. Dia menilai, tindakan menghapus rekaman video maupun foto wartawan secara paksa merupakan perbuatan melawan hukum.

Dia merujuk ketentuan Pasal 8 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers menyatakan, dalam menjalankan profesinya jurnalis mendapat perlindungan hukum. Sementara, bisa dijerat pidana merujuk pada KUHP, serta Pasal 18 UU Pers, dengan ancaman dua tahun penjara atau denda Rp500 juta.

"Mengecam keras tindakan intimidasi dan kekerasan yang dilakukan massa FPI terhadap para jurnalis yang sedang liputan Munajat 212," ucap Asnil.

 

Bantah Ada Penganiayaan

Tanda pengenal jurnalis diletakkan saat unjuk rasa di depan Kedubes Myanmar, Jakarta, Jumat (7/9). Mereka mendesak pemerintah Myanmar membebaskan Wa Lone dan Kyaw Soe Oo yang menulis laporan serangan militer di Rakhine. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Koordinaror Humas Persaudaraan Alumni 212 Novel Bamukmin menampik adanya penganiayaan terhadap wartawan. Namun, dia membenarkan ada pencopet yang diamankan oleh massa.

"Enggak ada. Namanya kan ada copet, jadi laskar (massa) tuh ngamanin semuanya, semuanya diamanin. Kan, kita enggak tahu mana beneran wartawan mana bukan, takutnya kan cuma ngaku aja. Makanya diamanin," katanya menandasi.

Novel juga menjelaskan, pada saat kejadian, tak terlihat tanda pengenal yang diduga wartawan tersebut. Namun, setelah diketahui kalau itu wartawan, pihaknya langsung melepasnya.

"Nah, itu enggak ada. Enggak dipakai. Pas diamanin, trus ditanya-tanya ya kita lepas pas tahu itu wartawan," ucapnya memungkasi. 

(Rifqi Aufal Sutisna)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SMA Negeri 7 Bandung Siap Pertahankan Gelar Tim Esports SMU Terbaik Indonesia

Posted: 21 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berhasil menjuarai JD.ID High School League (HSL) 2018, SMA Negeri 7 Bandung bertekad untuk mempertahankan gelar tim esports SMU terbaik di Indonesia.

Bakal bersaing dengan 19 tim SMA/SMK terbaik lainnya di JD.ID HSL Liga Seri A Musim Kompetisi I 2019, tim dipunggawangi Rizki, Haikal, Agung, Rico, dan Dekis ini akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya guna mempertahankan gelar.

"Kami sangat bangga dengan prestasi yang ditorehkan di JD.ID HSL 2018, dimana ini merupakan liga esports SMU pertama dan terbesar di Indonesia," ujar Agung, Kapten Tim Esports SMA Negeri 7 Bandung, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi, Jumat (22/2/2019).

"5 unit komputer personal lengkap dengan gaming gear ini akan kami manfaatkan untuk berlatih mengasah serta meningkatkan kemampuan bertanding," ucap Agung.

Untuk mempertahankan gelar, tim esports SMA Negeri 7 Bandung harus kembali bersaing dengan pemegang gelar runner up SMA Negeri 23 Bandung, dan peringkat ketiga SMA Marsudirini Bekasi.

Selain ketiga tim esport sekolah tersebut, terdapat tim-tim esports sekolah menengah atas lainnya yang siap menggeser tahta SMA Negeri 7 Bandung.

 

Tim yang Bakal Rebut Tahta SMA Negeri 7 Bandung

SMA Negeri 7 Bandung Siap Pertahankan Gelar Tim Esports SMU Terbaik. (Doc: HSL)

Tim-tim tersebut adalah SMA Bhakti Anindya Tangerang, SMAN 2 Bandung, SMAN 8 Malang, SMKN 1 Cipanas, SMKN 4 Bandung, SMAN 1 Solo, SMA/SMK Yadika 2 Jakarta, SMK 1 BPK Penabur Bandung, SMAN 1 Bandar Lampung, SMAN 1 Makassar, SMAN 10 Bandung, SMAN 15 Surabaya, SMAN 6 Cimahi, SMAN 9 Surabaya, SMAN 1 Sidoharjo, SMK Letris Indonesia 2 Jakarta, dan SMKN 8 Malang.

Tekad untuk kembali menjadi tim esports pelajar sekolah menengah atas terbaik se-Indonesia juga mendapatkan dukungan penuh dari para guru SMA Negeri 7 Bandung.

Nur Afni, salah satu guru yang mendampingi tim esports SMA Negeri 7 Bandung mengungkap, sekolah akan terus memberikan dukungan penuh atas partisipasi siswa-siswa mereka dalam kegiatan esports yang sarat dengan nilai-nilai edukasi ini.

"JD.ID HSL tidak sekadar turnamen esports, namun liga ini mengusung nilai-nilai pendidikan yang bermanfaat bagi pengembangan mental dan karakter anak," tutur Nur Afni.

 

JD.ID HSL Dukung Nilai Edukasi

Babak final JD.ID HSL 2018 dimulai. (Doc: HSL)

Misi mengusung nilai-nilai edukasi yang mendapat dukungan dari sekolah-sekolah peserta, menurut Vice President JD.ID HSL 2019, Sonny Hadi Sukotjo, akan tetap menjadi komitmen yang dijunjung tinggi pada penyelenggaraan JD.ID HSL 2019.

"Kami mendedikasikan JD.ID HSL sebagai ajang aktualisasi serta peningkatan kualitas siswa SMA dan SMK di Indonesia, serta ajang pencarian talenta-talenta baru penuh potensi untuk kami dorong menjadi andalan Indonesia di kompetisi esports antar bangsa," ucap Sonny

Berkaca dari fakta esports tumbuh menjadi sebuah industri yang menyediakan karir yang beragam.

Lewat kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi sumbangsih dunia esports Indonesia dalam menyiapkan generasi produktif bermental dan berkarakter terpuji yang siap berkrontribusi dalam mewujudkan kejayaan Indonesia di era 4.0.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Diskon KPR dan KKB dari BCA? Kunjungi Pameran Ini

Posted: 21 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menginjak usia ke-62 tahun, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali hadir dengan layanan terbaik kepada nasabah melalui gelaran rutin BCA Expo sebagai wadah one stop services dimana nasabah dapat menemukan berbagai solusi perbankan dan keuangannya di dalam satu tempat.

Kali ini, BCA Expo akan dikemas dalam rangka menyemarakkan HUT ke-62 BCA dengan nama 'BCA Expoversary' yang digelar secara terbuka untuk umum dan berlangsung dari tanggal 22 hingga 24 Februari 2019 pukul 09.00 hingga 21.00 WIB di ICE BSD Tangerang.

Gelaran ini tentunya akan menjawab segala macam kebutuhan nasabah seperti kendaraan idaman, hunian idaman, suguhan food beverages kekinian, fashion trendy, gadget terbaru, elektronik, dan promo tiket pesawat murah untuk paket wisata menarik ke dalam dan luar negeri.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja menyampaikan, dibutuhkan upaya, kerja keras, dan konsistensi untuk dapat mempenahankan customer loyalty para nasabah yang tersebar dl seluruh pelosok negeri.

"Lebih dari 18,5 juta rekening nasabah yang saat ini tercatat memotivasi kami untuk terus memberikan kepuasan kepada nasabah setia. Untuk meningkatkan loyalitas tersebut, BCA berfokus pada customer engagement yang kali ini kami implementaslkan melalui gelaran BCA Expoversary," kata Jahja, di ICE BSD, Tangerang, Jumat (22/2/2019).

Jahja menambahkan, BCA Expoversary 2019 ini spesial hadir di lima hall sekaligus dan dilaksanakan serentak di Jakarta, Surabaya dan Palembang serta diwarnai dengan promo istimewa bagi nasabah dan masyarakat di kurang lebih 260 tenant yang berpartisipasi dalam gelaran ini.

"BCA Expoversary 2019 melibatkan kurang lebih 23 merk mobil, 11 dealer motor, 11 developer terkemuka, puluhan tenant food & beverages, puluhan fashion & beauty ternama, dan masih banyak lagi. Nasabah akan dimanjakan dengan Penukaran Reward BCA dan berbagai discount menarik jika bentransaksi menggunakan channel pembayaran BCA misalnya Debit BCA, Kartu Kredit BCA, Flazz, Sakuku hingga QRku dan tentunya sangat sayang untuk dliewatkan," ungkap Jahja.

Promo spesial lainnya bagi nasabah yang ingin memiliki kendaraan idaman, BCA memberikan bunga cicilan spesial 3,50 persen tenor 1 tahun Selain ltu, untuk mewujudkan implan nasabah memiliki hunian idaman, BCA juga menawarkan program bunga speslal KPR BCA dengan suku bunga fix 5,62 persen.

 

Khusus Prioritas

Singapore Airlines-BCA Travel Fair 2018 kembali digelar di Gandaria City, 10-12 Agustus 2018 (Liputan6.com/Novi Nadya)

Khusus bagi nasabah BCA Solitaire dan BCA prioritas, tersedia Private lounge untuk memenuhi kebutuhan layanan dan kemudahan bertransaksi dalam gelaran ini. Para nasabah juga bisa menikmati berbagai layanan dan penawaran spesial dari patner BCA Solitaire dan BCA Prioritas antara lain Da Vinci, Parkway Hospitals Singapore, Farrer Park Hospital Singapore, Sunway Medical Centre, OMNI Hospitals, Mayapada Hospital, KMN EyeCare (Klinik Mata Nusantara), Soundlife, EF (Education First), Vista Education Corp, Step Up, Hydra Thera, Yoyic, Teh Caaya , Campina, Infinite Delight, Dilmah Tea.

"Mengukuhkan posisi sebagai bank andalan masyarakat, BCA tidak hanya berfokus pada pelayanan perbankan saja. Melihat kebutuhan masyarakat yang kini mulai meluas, kami senantiasa berupaya memberikan kemudahan bagi nasabah dalam memenuhi kebutuhannya di segala segmen," ujarnya.

"Kami Berharap BCA Exposary ini dapat bermanfaat mengukuhkan posisi BCA memasuki usia ke-62 tahun ini sebagai bank yang senantiasa di sisi anda," tutup Jahja.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isi Soundtrack Dilan 1991, Hanin Dhiya Tak Mau Nonton Filmnya

Posted: 21 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hanin Dhiya menjadi salah satu pengisi soundtrack dalam film Dilan 1991. Penyanyi 18 tahun itu mengisi soundtrack Dilan 1991 lewat single berjudul "Kau Ada".

Hanin Dhiya mengungkapkan bahwa single "Kau Ada" ini bercerita tentang kisah cinta yang menyakitkan. Seperti yang dialami oleh Dilan dan Milea dalam film Dilan 1991.

Hal itu disampaikan sendiri oleh Hanin Dhiya saat menggelar konferensi pers lagu tema Dilan 1991 itu di kantor Warner Music Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (21/2/2019).

"Kalau single yang tadi ("Kau Ada") dibawain, masih bercerita tentang seputar cinta-cintaan juga, tapi yang lebih sakit sih," kata Hanin Dhiya.

Sedikit Berbeda

Rilis trailer film Dilan 1991 (Adrian Putra/Fimela.com)

Lagu tersebut diciptakan oleh orang yang juga menulis novel asli Dilan 1990 dan Dilan 1991. Oleh karena itu, single "Kau Ada" ini memiliki musik yang sedikit berbeda dengan single-single lain milik Hanin Dhiya.

"Yang nulisnya kan Pidi Baiq, lagunya juga masuk di OST Dilan 1991. Warna musik agak sedikit berbeda karena featuring sama The Panas Dalam band. Warnanya berbeda," lanjut Hanin Dhiya.

Mempengaruhi Perasaan

Berikut kisah Hanin Dhiya tentang lagunya yang jadi OST Dilan 1991. (Deki Prayoga/Fimela.com)

Lucunya, meski lagunya dijadikan soundtrack untuk film Dilan 1991, Hanin Dhiya justru mengaku enggan menonton film tersebut. Alasannya, ia takut film Dilan 1991 nantinya akan mempengaruhi perasaannya.

"Aku enggak mau nonton filmnya, takut. Enggak cuma Dilan saja sih. Kalau ada film romance lain juga aku enggak pernah mau nonton. Takutnya ngaruh sama mood aku nantinya," kata Hanin Dhiya.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menghapus Akun Gmail di Android, Ternyata Mudah

Posted: 21 Feb 2019 08:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pengguna Android akun Gmail merupakan akun yang harus dimiliki untuk dapat memaksimalkan pengunaan Android itu sendiri.

Akun Gmail di Android digunakan untuk mengakses Play Store atau menyingkronkan perangkat dengan aplikasi-aplikasi di perangkat Android. Yang lebih penting lagi, dengan menyambungkan akun Gmail ke Android, kamu dapat mengakses email langsung lewat Androidmu.

Terkadang seseorang ingin menghapus akun Gmail di Android. Ada banyak alasan orang ingin menghapus akun Gmail di Android. Bisa karena ingin mengganti ponselnya dengan ponsel baru, mengganti dengan akun Gmail yang baru, atau mungkin ia menggunakan Gmail di hp orang lain dan ingin segera menghapusnya.

Banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menghapus akun Gmail di Android. Hal ini karena jika pengguna membuka langsung pada aplikasi Gmail di Android, pengguna tidak dapat menemukan pilihan log out atau keluar dari akun Gmail tersebut.

Hal ini membuat bingung sebagian orang bingung mencari bagaimana cara menghapus akun Gmail di Android. Sebenarnya cara menghapus akun Gmail di Android dapat dilalukan melalui pengaturan pada ponsel Android itu sendiri.

Berikut cara menghapus akun Gmail di Android yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Jumat (22/2/2019)

Cara Menghapus Akun Gmail di Android Pertama

1. Masuk ke menu Setting atau pengaturan di perangkat Android kamu.

2. Buka menu Accounts atau Akun, lalu klik Google. Disini akan terlihat seluruh akun Gmail yang tersambung di ponsel Androidu

3. Pilih akun Gmail yang ingin dihapus, lalu pilih opsi Remove Account atau hapus akun dengan mengetuk ikon 3 titik vertikal di pojok kanan layar.

4. Akun kamu sudah berhasil terhapus di perangkat Android tersebut.

Cara Menghapus Akun Gmail di Android Kedua

1. Buka Aplikasi Gmail di perangkat Android kamu

2. Setelah itu kertuk ikon tiga strip di pojok kiri atas

3. Ketuk pada informasi email yang menampilkan nama dan Alamat email kamu

4. Pilih opsi Manage Account

5. Kamu akan langsung diarahkan pada pengaturan akun seperti pada cara menghapus akun Gmail di Android yang pertama.

6. Pilih Google

7. Lalu pilih akun Gmail yang ingin dihapus dari perangkat Androidmu.

8. Selesai

Cara Menambah Akun Gmail di Android

Setelah mengetahui cara menghapus akun Gmail di Android,mungkin kamu juga ingin tahu bagaimana menambahkan akun Gmail di Android. Sebagai informasi, kamu dapat menambahkan lebih dari satu akun Gmail di sebuah perangkat Android. Begini caranya:

1. Buka aplikasi Gmail di perangkat Android kamu

2. Setelah itu kertuk ikon tiga strip di pojok kiri atas

3. Ketuk pada informasi email yang menampilkan nama dan Alamat email kamu

4. Lalu pilih Add Account

5. Pilih Google, lalu masukkan alamat Gmail dan kata sandi

6. Selesai

Cara membuat akun Google baru di Android

Cara membuat akun Google baru di HP pada dasarnya sama seperti cara membuat akun google baru di komputer

1. Cari menu setting atau pengaturan di HP

2. Cari menu account atau akun.

3. Pilih add account atau tambah akun.

4. Cari ikon google.

5. Akan muncul pilihan sign in dan create a new account.

6. Pilih create a new account.

7. Isi nama depan dan nama belakang.

8. Klik next.

9. Lalu isi tanggal lahir dan jenis kelamin.

10. Klik next.

11. Pilih nama sebagai username

12. Klik next.

13. Jika ternyata terdapat tulisan "That username is taken. Try another" Itu tandanya orang lain telah memakai username yang kamu pilih.

14. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka.

15. Klik next.

16. Selanjutnya adalah memilih password. Masukkan password minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa. Samakan isian kolom atas dengan bawah.

17. Klik next.

18. Langkah selanjutnya adalah tidak wajib diisi. Jika ingin mengisinya kemudian klik next. Jika tidak, klik skip.

19. Akan muncul kotak Privacy and Terms.

20. Klik I Agree.

21. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password.

22. Klik Next.

23. Lalu klik Next.Aplikasi akan memproses. Setelah itu kamu akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa kamu telah memiliki akun Gmail baru.

24. Dengan memiliki akun email di Gmail, kamu akan dengan semakin mudah mengakses layanan lain seperti YouTube, Google, dan Play Store. Oleh karena itu buatlah akun email di Gmail dengan cara di atas.

 

Manfaat menggunakan akun Gmail

Gmail menjadi salah satu layanan email terbesar di dunia. Jumlah pengguna aktif Gmail terus mengalami pertumbuhan. Berdasarkan data terbaru yang diumumkan di Twitter, jumlah pengguna aktifnya kini telah mencapai 1,5 miliar.

Pencapian ini kian menguatkan posisi Gmail sebagai salah satu layanan email populer. Sebagai catatan, biasanya sejumlah orang memiliki beberapa akun Gmail. Fitur dan tampilan Gmail juga mudah untuk digunakan semua orang. Berikut fitur-fitur Gmail yang dapat mempermudah penggunanya dalam berkirim surat elektronik:

1. Penyaringan Spam

Memang sebagian besar layanan email menawarkan semacam penyaringan sekarang ini, dan penyaringan spam miliki google sangat efektif. Gmail mencoba menyaring adanya upaya spam, virus, dan phising iklan, tapi tidak penyaringan yang 100 persen efektif.

2. Merger dengan Google Hangouts

Dekstop Gmail menampilkan kontak hangouts di sisi kiri layar, sehingga kamu dapat mengetahui siapa saja kontak email kamu yang menggunakan hangouts. Hangouts merupakan sebuah aplikasi messenger yang memiliki kelebihan yakni dapat melakukan video call dengan banyak orang.

3. Akses offline

kamu dapat mengakses Gmail secara offline pada komputer kamu meskipun tidak terhubung dengan internet. Caranya adalah dengan memasang ekstensi Gmail offline chrome pada web browsermu.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP 2019: Waspadai Yamaha dan Ducati, Honda Tetap Pede

Posted: 21 Feb 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Tokyo - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig menyatakan bahwa uji coba pramusim MotoGP Qatar di Sirkuit Losail pada 23-25 Februari akan jadi momen yang sangat krusial bagi timnya untuk mengembangkan performa RC213V lebih jauh. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya bersama situs MotoGP.

Puig menyatakan bahwa uji coba pramusim MotoGP di Sepang, Malaysia pada awal bulan ini memberikan indikasi yang baik bagi timnya untuk meningkatkan performa RCV. Sayangnya, usaha ini dirasa tak maksimal karena Marc Marquez yang masih cedera bahu harus bekerja sendirian dan Jorge Lorenzo terpaksa absen.

"Pada dasarnya kami sudah tahu arah mana yang harus kami tuju soal pengembangan motor. Kami hanya tinggal menunggu para rider lebih siap. Marc telah bekerja sangat keras di Sepang, karena ia jelas tidak berada dalam kondisi terbaiknya. Meski begitu, ia tetap bisa melaju cepat," ujar Puig.

Puig memastikan Lorenzo, yang masih dalam tahap pemulihan patah tulang scaphoid pergelangan tangan kiri, bakal turun di Qatar. "Kami ragu ia bakal 100% fit, tapi penting baginya untuk kembali berkendara dan mulai memahami situasi. Tentu takkan mudah, tapi kami yakin ia akan mengejar dan akan memahami motor kami dalam waktu singkat," tuturnya.

Di lain sisi, eks manajer pribadi Dani Pedrosa ini juga menyatakan bahwa uji coba MotoGP Qatar akan sangat penting bagi timnya untuk memahami level performa motor mereka, sebelum benar-benar dipakai balapan di tempat yang sama pada 8-10 Maret mendatang.

"Qatar akan menjadi uji coba terakhir sebelum musim balap dimulai, jadi lintasan yang dipakai juga sama. Jadi apa pun yang kami coba di sana, apa pun setup yang kami dapat, bisa dikatakan bakal sangat membantu kami untuk mempersiapkan seri pembuka," ungkapnya.

 

 

Awasi Yamaha dan Ducati

Dua pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (kiri) dan Jorge Lorenzo (kanan), diperkenalkan sebagai pembalap untuk MotoGP 2019 di Madrid, Rabu (23/1/2019). (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Puig juga mengakui bahwa kondisi Marquez dan Lorenzo yang tidak fit ini menjadi kerugian tersendiri bagi timnya, dan menyadari bahwa Yamaha dan Ducati akan menjalani awal musim lebih maju daripada mereka. Yamaha diketahui telah kembali tampil kompetitif usai terpuruk selama dua musim, dan Ducati terus mengembangkan teknologi mereka demi memajukan Desmosedici.

"Yamaha ada di MotoGP selama bertahun-tahun, jelas mereka akan menyediakan motor yang baik, begitu juga dengan Ducati. Saya tak tahu teknologi macam apa yang diterapkan mereka, yang membuat motor mereka sangat cepat," terang Puig.

 

Sangat Membantu

"Jadi kedua tim ini sangat memahami dunia balap, dan saya yakin target utama mereka adalah mengalahkan kami. Kami yakin level performa kedua tim ini, berikut para pebalapnya bakal sangat tinggi. Tapi kami juga yakin motor dan pebalap kami tak kalah garang," jelasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pacaran dengan Jo Byung Gyu, Kim Bo Ra Minta Maaf kepada Penggemar

Posted: 21 Feb 2019 08:20 PM PST

Seoul - Lokasi syuting Sky Castle ternyata menyemai benih-benih cinta antara Kim Bo Ra dan Jo Byung Gyu. Hal ini diakui oleh Kim Bo Ra, dalam pesan yang ia tulis kepada penggemar, pada hari yang sama dengan berita kencannya menyebar pada Kamis (21/2/2019) kemarin.

Dilansir dari Soompi, Jumat (22/2/2019), pemeran Kim Hyena itu mengawali pesannya ini dengan permintaan maaf karena telah mengejutkan para penggemar.

Ia juga mengaku baru melihat berita tentang kencannya dengan Jo Byung Gyu setelah menerima telepon dari direktur agensinya.

"Setelah melihatnya, aku hanya berpikir bagaimana caranya untuk menceritakan ini kepada penggemar. Aku minta maaf untuk penggemar yang telah mendukungku dalam 15 tahun ini," tuturnya.

Ia lantas menceritakan awal kedekatannya dengan Jo Byung Gyu

"Kami mulai dekat melalui drama dan secara alami saling membangun perasaan setelah terus berhubungan setelah drama," kata Kim Bo Ra. 

 

Simak berita menarik lain di JawaPos.com

 

Maaf dan Terima Kasih

Kim Bo Ra dan Jo Byung Gyu (Soompi)

Ia pun membenarkan bahwa hubungannya dengan pemeran Cha Ki Joon itu baru dimulai pada awal Februari ini. Ia mengaku memiliki banyak hal yang ingin didiskusikannya dengan para penggemar. Ia juga berterima kasih kepada mereka yang mendukung hubungannya dengan Jo Byung Gyu itu setelah kabar tersebut muncul.

"Terima kasih telah mendukung kami dan aku sangat minta maaf telah membuat kalian terkejut. Aku akan terus bekerja keras sehingga para penggemar bisa selalu tersenyum," ujarnya.

 

Foto Saat Kencan

Seperti diketahui, Kim Bo Ra dan Jo Byung Gyu dikonfirmasi berkencan setelah foto-foto kebersamaan mereka dirilis oleh media The Fact, Kamis (21/2). Kabar ini pun kemudian dibenarkan oleh agensi keduanya.

Sumber: JawaPos.com

Penulis: Deti Mega Purnamasari

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Varian Autech yang Hilang dari Nissan Serena dan Livina

Posted: 21 Feb 2019 08:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) telah meluncurkan  MPV andalan mereka, yaitu all-new Livina dan all-new Serena di Indonesia beberapa waktu lalu.

Keduanya kini tampil lebih modern dan gagah berkat konsep V-Motion khas Nissan. Hanya saja, all-new Livina dan all-new Serena kini tak memiliki varian Autech seperti generasi sebelumnya.

Sayangnya, pihak NMI masih belum memberikan keterangan lebih lanjut mengenai varian Autech pada all-new Livina dan all-new Serena. Ada kemungkinan bahwa varian ini akan menyusul dalam beberapa bulan ke depan.

Namun, tak menutup kemungkinan bahwa varian Autech disuntik mati. Hal ini terpaksa dilakukan untuk menjaga harga kedua MPV tersebut supaya tak jauh berbeda dengan rivalnya.

Sebenarnya, bukanlah hal sulit bagi NMI untuk menghadirkan all-new Nissan Serena Autech di Indonesia. Pasalnya, varian tersebut telah beredar untuk pasar Jepang. Bahkan, di negara asalnya, big MPV ini juga memiliki varian Nismo, mesin hybrid, dan listrik.

 

Selanjutnya

Di Jepang, all-new Nissan Serena Autech bahkan hadir dalam 4 tipe, yaitu Autech Standard, Autech V Package, Autech Safety Package, dan Autech Sports Package. Keempatnya dijual dengan harga yang bervariasi, tergantung pada ubahannya.

Sekadar informasi, Autech adalah anak perusahaan Nissan yang berfokus pada modifikasi eksterior mobil-mobil perusahaan asal Jepang tersebut. Di Indonesia, mereka membuat produk Nissan tampil lebih sporty dan mewah.

Tak hanya itu, Autech juga kerap memodifikasi mobil supaya lebih ramah digunakan oleh penyandang disabilitas dengan nama Life Care Vehicle. Salah satu karyanya yang terkenal di Indonesia adalah taksi Nissan Serena C26.

Sumber: Otosia.com 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Amran: Kementan Berhasil Kembangkan Bahan Bakar Biodisel B100

Posted: 21 Feb 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Sukabumi Kementerian Pertanian (Kementan) melalui program penelitian berhasil mengembangkan bahan bakar Biodisel B-100 atau 100 persen Biosolar. Biodiesel B100 adalah satu bahan bakar yang tidak lagi menggunakan minyak berbasis fosil tapi dari yang lebih terbarukan seperti jagung, kelapa sawit atau lainnya.

"Impian Indonesia ciptakan biodisel B100 dari CPO (Crude Palm Oil) berhasil terwujud. Bahan bakar yang berasal dari 100 persen CPO dengan rendemennya 87 persen ini masih terus dikembangkan. Semua tidak ada campuran," demikian ungkap Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat meninjau Balai Penelitian Tanaman Industri Penyegar, Badan Litbang Pertanian Kementan, tempat pembuatan B100 di Sukabumi, Kamis (21/2).

"B100 ini inovasi dari Badan Litbang Pertanian. Ingat ini B100 bukan B20 atau B30," sambungnya.

Amran menjelaskan bahan bakar B100 ini memiliki keunggulan jika diproduksi nantinya yakni lebih efisien 40 persen dibanding bahan bakar fosil. Dengan menggunakan bahan bakar fosil seperti solar, 1 liternya hanya dapat menempuh jarak 9,4 kilometer, sedangkan dengan menggunakan B100 dimungkinkan menempuh jarak hingga 13 kilometer per liter.

 

Bahan bakar B100 ini inovasi dari Badan Litbang Pertanian.

Selain itu, penggunaan B100 diyakini akan lebih murah, ramah lingkungan, dan dapat mensejahterakan petani sawit, serta tentunya menghemat devisa. Karenanya, adanya B100 ini dipastikan dapat memperkuat ketahanan energi nasional.

"Kita punya CPO 38 juta ton. Kita ekspor 34 juta ton. Bisa bayangkan kita bisa menghemat berapa triliun. Ini adalah energi masa depan indonesia," terang Amran.

Ke depan, lanjut Amran, B100 ini mungkin akan diproduksi untuk digunakan masyarakat umum. Namun demikian, hal ini membutuhkan waktu dan kerja keras dan bersama semua pihak.

"Kita optimalkan CPO. Produksi CPO kita 46 juta per tahun. Kita yang mensuplai dunia," terang Amran.

Pada kunjungan ini, Peneliti Utama Bidang Ekofisiologi Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar, Kementerian Pertanian, Prof. Dr. Dibyo Pranowo mengatakan dari seluruh analisis, hanya satu determinan yang perlu di kaji kembali, yaitu karbon residu yang dihasilkan dari B100 CPO Sawit. Sedangkan 19 determinan lainnya sudah lolos uji.

"Sampai sekarang ini sudah memproduksi hampir 2 Ton dengan menggunakan Reaktor Biodiesel ciptaan sendiri. Produksi ini merupakan penyempurnaan parameter dengan metode Dry Oil," jelasnya.

"Dalam 1 bulan ini, percobaan telah dilakukan dengan pengaplikasian B100 CPO Sawit untuk bahan bakar kendaraan. Kendaraan yang dipergunakan adalah Hilux," tambahnya.

 

Peneliti Utama Bidang Ekofisiologi Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar, Kementerian Pertanian, Prof. Dr. Dibyo Pranowo bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Dibyo menyebutkan kendaraan Double Cabin yang sudah menempuh jarak 1.600 km menggunakan bahan bakar B100 CPO Sawit. Tidak lama lagi, setelah 2.000 km akan membongkar mesin kendaraan tersebut untuk meneliti karbon residu yang ditimbulkan.

"Ada beberapa bahan Biodisel, misalkan dari kemiri sunan, nyampulung, pongamia, kelapa, kemiri sayur, termasuk dari biji karet," sebutnya.

Saat di tanya kenapa CPO Sawit menjadi yang utama, Dibyo menjelaskan penggunaan CPO Sawit merupakan yang terbaik sampai saat ini. Pasalnya, di lihat dari skala jumlah industri sawit yang sudah siap dan juga pasokan yang melimpah.

"Teknologi B100 menjadi teknologi bahan bakar terbaru yang akan menjadi alternatif untuk Indonesia di masa depan. Pemerintah berusaha mendorong hal ini melalui Kementerian Pertanian," pungkasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Defisit Neraca Perdagangan dengan China Melebar, Pemerintah Harus Waspada

Posted: 21 Feb 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menyoroti defisit perdagangan antara Indonesia-China yang cukup besar. Defisit perdagangan dengan China itu melemahkan perekonomian dalam negeri.

Oleh karenanya, lembaga menyerukan kepada pemerintah untuk menaruh perhatian lebih demi mengurangi defisit neraca perdagangan dengan negeri China.

Ekonom senior Indef Didik J Rachbini mengungkapkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), defisit transaksi berjalan negara sepanjang tahun lalu merupakan yang terburuk selama 20 tahun terakhir.

"Kita baru mendengar dari BPS bahwa defisit neraca berjalan merupakan yang terbesar sepanjang sejarah 20 tahun terakhir ini. Ini apa artinya? sektor luar negeri kita lemah, kedodoran, kehilangan strategi ekonomi dan dagang," keluhnya, dikutip Jumat (22/2/2019).

Sebagai informasi, BPS pada tahun lalu mencatat, neraca perdagangan Indonesia sepanjang 2018 terhitung defisit hingga USD 8,57 miliar.

Lebih lanjut, Didik mengatakan, faktor utama membengkaknya neraca perdagangan tahun lalu yakni lantaran Indonesia mengalami defisit besar dengan China. Oleh sebabnya, ia meminta agar hal ini menjadi perhatian dan strategi pemerintah ke depan.

"Jika tidak maka ekonomi Indonesia akan sangat lemah, nilai tukar rupiah akan rapuh dan kepastian bisnis tidak kuat. Ini merupakan isu penting yang terkait dengan nasib ekonomi Indonesia ke depan," imbuhnya.

"Saya melihat isu ekonomi politik Indonesia dengan China belum menjadi isu yang diangkat oleh calon presiden," dia menambahkan.

 

Langkah Amerika

Suasana saat Presiden AS Donald Trump (kiri) dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjalan di taman Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6). Trump dan Kim optimis bahwa KTT akan sukses. (Anthony Wallace/Pool/AFP)

Dia juga turut mengutip langkah Amerika Serikat yang memukul bendera perang setelah mengetahui Negeri Paman Sam menderita defisit perdagangan dengan China hingga sekitar USD 375 miliar.

Menurutnya, Pemerintah RI pun harus ikut bertindak agar perekonomian nasional ke depannya tidak terus melemah.

"Sekarang perang itu sedang berlansung dan mempengaruhi ekonomi global. Indonesia defisit dagang cuma nerimo saja, padahal ini melamahkan ekonomi ke depan," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: