Sabtu, 23 Februari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Penyandang Disabilitas di Lampung Dicabuli Ayah dan 2 Saudara Kandung

Posted: 23 Feb 2019 09:31 PM PST

Patroli, Lampung - Petugas kepolisian masih melakukan penyelidikan tambahan di rumah milik JM (45), tempat kejadian pemerkosaan hubungan sedarah terhadap anak kandungnya AG (18), seorang penyandang disabilitas.

Tragisnya, tak hanya JM sang ayah, korban juga diperkosa berulang kali oleh kakak dan adik kandungnya yang masing-masing berusia 24 tahun dan 17 tahun.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (24/2/2019), aksi bejat ketiga pelaku terbongkar berkat laporan masyarakat dan sebuah organisasi perlindungan perempuan dan anak.

Berdasarkan pemeriksaan polisi, aksi pencabulan ketiga pelaku dilakukan sejak tahun 2018.

Kepada penyidik, motif pelaku melakukan pemerkosaan sedarah lantaran melihat korban tidak berdaya karena penyandang disabilitas. Ditambah lagi karena dua pelaku kerap melihat pornografi.

Akibat perbuatannya, ketiga pelaku kini dijerat Undang-Undang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara ditambah 1/3 dari ancaman maksimal. Lantaran dilakukan orang-orang yang mempunyai hubungan sedarah.

Sementara itu, korban AG kini dalam proses pemulihan trauma dan ditempatkan di salah satu rumah perlindungan petugas kepolisian. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia: Kesempatan Juventus Menjauh

Posted: 23 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Turin - Juventus berpeluang menjauh dari kejaran para pesaingnya di Liga Italia. Si Nyonya Tua akan menantang Bologna nanti malam.

Saat ini Juventus masih memuncaki klasemen Liga Italia. Mereka mengoleksi 66 poin dari 24 laga.

Sementara Bologna masih tertahan di zona degradasi. Mereka mengoleksi 18 poin dari jumlah laga yang sama.

Dari catatan pertemuan, Juventus juga unggul atas Bologna. Dalam lima pertemuan terakhir, Juventus selalu menang atas tuan rumah.

Selain Juventus ada beberapa laga Liga Italia yang juga digelar hari ini. Berikut jadwal selengkapnya:

 

 

Jadwal

Pemain Juventus, Sami Khedira merayakan golnya ke gawang Sassuolo pada lajutan Serie A di Allianz Stadium, Turin (4/2/2018). Juventus menang 7-0. (Alessandro Di Marco/ANSA via AP)

Minggu, 24 Februari

18.30 WIB Sampdoria vs Cagliari

21.00 WIB Chievo vs Genoa

21.00 WIB Bologna vs Juventus

21.00 WIB Sassuolo vs SPAL

Jadwal Lain

Aksi Alvaro Morata pada leg 1, babak 16 besar Liga Champions yang berlangsung di stadion Wanda Metropolitano, Madrid., Kamis (21/2). Atl Madrid menang 2-0 atas Juventus (Javier Soriano)

Senin, 25 Februari

00.00 WIB Parma vs Napoli

02.30 WIB Fiorentina vs Inter Milan

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gisella Anastasia Pilih Balikan dengan Gading Marten

Posted: 23 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gisella Anastasia hadir di salah satu konten YouTube Deddy Corbuzier. Dalam konten tersebut, Gisella Anastasia diminta untuk menjawab satu dari dua kemungkinan jawaban.

Salah satu pertanyaan yang menarik adalah ketika Gisella Anastasia disuruh memilih untuk berpacaran dengan Deddy Corbuzier atau balikan dengan sang mantan suami.

Setelah mendengar opsinya, ibunda Gempita Nora Marten itu tampak kebingungan. Kendati demikian, ia tetap diharuskan untuk memilih satu jawaban.

"Balikan (dengan Gading Marten) saja-lah," ujar Gisella Anastasia sembari tertawa dalam video yang diunggah pada Sabtu (24/2/2019) tersebut.

 

Menegaskan

Gading Marten dan Gisella Anastasia. (Foto: instagram.com/gisel_la)

Deddy Corbuzier kemudian menegaskan apakah Gisella Anastasia yakin dengan jawaban yang dia pilih. "Berarti balikan sama Gading nih?" tanya ayah satu anak tersebut.

Artis jebolan ajang pencarian bakat ini kemudian melempar candaan dengan memilih kedua opsi pilihan yang disebutkan oleh Deddy Corbuzier.

Pilih Keduanya

[Foto: Youtube Deddy Corbuzier]

"Ya kan suruh milih. Atau pacaran dulu (dengan Deddy) terus balikan (dengan Gading) deh gimana?" ucapnya dengan tertawa.

"Jadi enak, dua-duanya," imbuh mantan Kalina Ocktaranny tersebut menanggapi Gisella Anastasia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

20 Jam Lebih Petugas Berjibaku Padamkan Kebakaran di Pelabuhan Muara Baru

Posted: 23 Feb 2019 09:23 PM PST

Patroli, Jakarta - Musibah kebakaran di Dermaga Pelabuhan Nizam Zachman, Muara Baru, Penjaringan, belum benar-benar padam. Kendati petugas telah berjibaku lebih dari 20 jam, pagi tadi, kobaran api kembali muncul di bangkai kapal nelayan yang berada tak jauh dari titik awal kebakaran.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (24/2/2019), kobaran api diduga berasal dari ruangan di bawah kabin tempat tangki BBM. Kobaran api yang disusul kepulan asap tebal terus membesar setelah menyambar ceceran bahan bakar minyak yang mengapung di perairan.

Sabtu siang kemarin, kebakaran menghanguskan puluhan kapal nelayan yang tengah bersandar di Dermaga Muara Baru, Jakarta Utara.

Petugas pemadam kebakaran sempat kewalahan menjinakkan api lantaran angin berembus kencang dan posisi kapal kayu yang saling berhimpiran di dermaga.

Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran yang diduga berasal dari percikan api dari proses pengerjaan pengelasan salah satu kapal. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kopi Lada Hitam Khas Entikong Dipromosikan di Festival Cross-Border

Posted: 23 Feb 2019 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sabtu (23/2) pagi, cuaca disekitar Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kalimantan Barat, mendung. Suasana pun menjadi dingin. Namun, cuaca itu berubah menjadi momen yang nikmat. Karena, 1000 cup kopi dibagikan. Tapi bukan kopi sembarangan, loh. Namanya Kopi Lada Hitam. Kalau penasaran, buruan ke Festival Cross-border Entikong 2019. Event ini berlangsung hingga Minggu (24/2).

Itulah gambaran hari pertama Festival Crossborder Entikong 2019. Sabtu pagi sebelum acara dibuka, seluruh pengunjung diberikan kopi khas Entikong, Kopi Lada Hitam. Kopi-kopi nikmat itu dibagikan oleh booth oleh-oleh Perbatasan Mami Ayu.

Menurut owner Oleh-Oleh Mami Ayu Wahyu Widayati, Kopi Lada Hitam siap memeriahkan Festival Cross-border Entikong.

"Kita sejak awal awal memang komitmen untuk mendukung Festival Cross-border Entikong. Dan kita memanfaatkannya untuk mengenalkan oleh-oleh dan kuliner kahs Entikong. Salah satunya lewat Kopi Lada Hitam hasil kreasi kita," tutur Wahyu Widayati yang biasa disapa Ayu.

Menurutnya, Kopi Lada Hitam sangat unik dan sangat khas. Sesuai namanya, kopi ini memadukan biji kopi dengan lada hitam. Namun, rasa kopinya dijamin tidak hilang. Justru menjadi lebih nikmat. Apalagi jika diseduh saat dingin dan diminum saat hangat.

"Kopi Lada Hitam adalah salah satu produk unggulan daerah perbatasan. Perpaduan antara kopi dan lada hitam. Manfaatnya sangat banyak. Terutama buat pria. Yang menarik, rasa kopi tidak hilang. Justru menjadi lebih nikmat dengan rasa lada hitam," katanya.

Menurut Ayu, manfaat yang bisa dirasakan dari Kopi Lada Hitam dan menyembuhkan masalah pencernaan. Namun, untuk menjadi obat, Kopi Lada Hitam harus diminum dengan rutin.

Kepala Bidang Pemasaran Area III Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Sapto Haryono, sangat mendukung hadirnya kuliner khas dalam event cross-border.

"Event seperti ini memang harus dimanfaatkan untuk mengenalkan potensi daerah. Seperti kuliner, souvenir, seni dan budaya. Event cross-border ini melibatkan negara tetangga. Oleh karenanya sayang sekali jika tidak di maksimalkan," paparnya.

Sapto menambahkan, kekayaan kuliner juga disiapkan menjadi event cross-border. Hanya saja, konsep yang akan digunakan sedang dimatangkan.

"Kita sedang siapkan event Festival Kopi dan Bazar Mini Entikong. Isinya kuliner khas Entikong. Tapi seperti apa nanti pelaksanaannya, masih kita matangkan konsepnya. Yang pasti kita akan beri ruang ke UMKM untuk mengenalkan produk kuliner," papar Sapto.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung sangat senang event crossborder bisa dimaksimalkan UMKM.

"Itu sebenarnya harapan kita. Event yang digelar Kementerian Pariwisata bisa membetikan impact terhadap UMKM. Khususnya secara ekonomi. Oleh sebab itu, kita mengajak para pelaku usaha dan UMKM agar terlibat aktif dalam event yang kita selenggarakan," kata Adella, yang dibenarkan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan event crossborder adalah momen tepat untuk mengenalkan seluruh potensi daerah.

"Baik itu potensi budaya, seni, hingga kuliner. Harus dimanfaatkan. Karena, crossborder melibatkan negara-negara tetangga. Festival Crossborder Entikong dan Aruk digelar dua hari. Maksimalkan dengan baik. Dan nikmati rangkaian acaranya," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ragam Film Anak Seru untuk Disaksikan Bersama Keluarga

Posted: 23 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menonton film bersama keluarga dapat menjadi salah satu cara bonding yang menyenangkan. Lewat kegiatan ini, orangtua dan anak bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama, menikmati keseruan film bareng, dan saling mendiskusikannya ketika sudah selesai. Ikatan kekeluargaan pun akan kian kuat terjalin.

Selain itu, film juga dapat menjadi media edukasi. Orangtua bisa menyampaikan pesan moral yang ada di setiap film kepada sang buah hati.

Karena itu, sebisa mungkin luangkan waktu untuk menonton bersama keluarga yuk. Berikut beberapa film keluarga seru yang dapat Anda pilih.

1. Stand By Me Doraemon

Doraemon telah menjadi kucing favorit banyak orang yang hidup pada era 1980-an dan 1990-an. Banyak orang ingin memiliki kucing yang memiliki banyak alat-alat canggih laiknya Doraemon. Serialnya sendiri menjadi tontonan wajib banyak orang setiap akhir pekan selama bertahun-tahun.

Namun, anak-anak Anda mungkin belum terlalu kenal dengan Doraemon. Nah, Anda bisa memperkenalkannya lewat film Stand By Me Doraemon yang baru tayang pada 2014.

Film Stand by Me Doraemon. (Foto: via xeroz86.blogspot.com)

Film tersebut menceritakan tentang perpisahan Doraemon dengan Nobita. Ceritanya dimulai dengan pertemuan awal Nobita dengan Doraemon pada abad 22. Doraemon sengaja dikirim ke abad 22 untuk menjadi sahabat Nobita dan membuatnya bahagia agar masa depannya indah. Singkat cerita, Doraemon berhasil membuat Nobita bahagia dan dipaksa kembali ke masa depan. Mau tak mau, Nobita harus mengucapkan selamat tinggal kepada sahabatnya.

Lewat Stand By Me Doraemon, Anda dapat mengajarkan tentang pentingnya arti persahabatan, cinta, dan keluarga kepada anak. Selain itu, Anda juga bisa menjelaskan tentang perpisahan dalam cara yang ringan. Psst.. Siap-siap menangis bersama ya saat liat Nobita berpisah dengan Doraemon!

2. Trolls: The Beat Goes On

Cuplikan film Trolls

Yuk, bernyanyi dan berjoget bersama anak sambil menoton serial Trolls. Yup, Trolls juga tersedia dalam versi serial, lho. Judulnya Trolls: The Beat Goes On. Di serial ini, Poppy, Branch, dan teman-temannya tetap asyik berpesta serta menjalani hari-hari yang menyenangkan di Troll Village. Dijamin, Anda dan keluarga juga akan ikut merasa senang saat menontonnya. Apalagi, banyak terdapat lagu-lagu enak yang dinyanyikan para Trolls.

3. Dragons - Race To The Edge

Jadwal penayangan How to Train Your Dragon ditunda hampir satu tahun. (Via: aceshowbiz)

Apabila Anda memiliki anak laki-laki dan suka film aksi, maka kalian wajib menonton serial Dragons - Race To The Edge. Serial ini merupakan bagian dari How To Train Your Dragon universe. Di serial ini, kalian akan mengikuti perjalanan Hiccup, Toothless, dan Dragon Riders menemukan sebuah objek misterius yang berisi rahasia. Objek ini mereka temukan saat melakukan perjalanan mencari Dagur the Deranged.

Season 1 serial tersebut bisa Anda saksikan secara penuh di HOOQ. Begitu juga dengan film Stand By Me Doraemon dan Season 4 Trolls: The Beat Goes On.

Tahukah Anda, kalau sekarang HOOQ juga bisa diakses lewat aplikasi Grab? Jadi, Anda dan keluarga tetap bisa menonton bersama meski sedang berada di perjalanan.

Online-to-Offline (O2O) mobile platform terkemuka di Asia Tenggara, Grab, berkolaborasi dengan layanan on-demand pertama dan terbesar di Asia, HOOQ, memberikan hiburan berkualitas bagi jutaan pengguna di Asia Tenggara. HOOQ akan terintegrasi dengan aplikasi Grab untuk menghadirkan layanan dan pengalaman menonton video streaming tanpa hambatan. Pelanggan dapat menikmati layanan video streaming dengan berbagai genre lewat segmen "Video" yang ada di dalam aplikasi Grab. Kemitraan ini menjadi salah satu langkah Grab dalam mewujudkan visi sebagai everyday superapp terkemuka di kawasan Asia.

Selain ketiga film di atas, di #GrabHOOQ Anda juga bisa menikmati beragam konten populer HOOQ yang berasal dari Indonesia, Asia, dan Hollywood. Anda juga bisa menyaksikan 19 free-to-air TV. Asyik banget, kan?

"Banyak juga tayangan berkualitas dari Korea, India, dan Thailand. Kolaborasi ini menjadi jawaban bagi pengguna yang tidak ingin menyimpan aplikasi banyak-banyak. Cukup lewat satu aplikasi, Anda sudah bisa memesan jasa transportasi sambil menikmati video on-demand," ucap Country Head HOOQ Indonesia, Guntur Siboro, di Empirica, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Saat ini, layanan tersebut sudah bisa dinikmati oleh pelanggan Grab dengan kategori Platinum. Pelanggan dapat menikmati semua tayangan yang ada di HOOQ secara gratis selama tiga bulan. Setelah tiga bulan, pengguna dapat mendaftar sebagai anggota dengan membayar Rp 100.000 per bulan lewat OVO.

Cara mengaksesnya pun cukup mudah. Cukup tekan menu Video di halaman depan aplikasi Grab Anda, dan seketika daftar tayangan HOOQ langsung muncul. Setelah memilih film yang hendak ditonton, segera klik 'Nonton Sekarang', film pun langsung bisa dinikmati.

Penasaran?

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 2 Animator Indonesia yang Sukses Tembus Oscar 2019

Posted: 23 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Hollywood - Sineas asal Indonesia berhasil menembus Oscar 2019. Bukan sebagai pribadi, namun tim dalam animator film Ready Player One dan Avengers: Infinity War yang masuk dalam nominasi efek visual terbaik. Mereka adalah Rini Sugianto dan Ronny Gani.

Seperti dilansir dari The Guardian, Ready Player One diadaptasi dari novel berjudul yang sama karya Ernest Cline. Setelah dipublikasi, Ready Player One ternyata menjadi salah satu buku terlaris dan telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 20 bahasa dan kini diadaptasi menjadi film oleh Steven Spielberg.

Steven Spielberg butuh waktu 10 tahun untuk menulis naskah Ready Player One, yang akhinya sudah dirilis pada 29 Maret kemarin. 

Ready Player One bercerita tentang Wade Watts, seorang remaja berusia 18 tahun yang hidup di Columbus, Ohio pada 2045. Satu-satunya waktu Wade (Tye Sheridan) benar-benar terasa hidup ketika ia pergi ke Oasis, sebuah dunia maya yang imersif tempat sebagian besar manusia menghabiskan hari-harinya.

 

Rini Sugianto

Rini Sugianto | Sumber Foto: carrotacademy.com

Di balik kesuksesan film ini ada Rini Sugianto yang berbasis di California, AS dan Ronny Gani yang tinggal di Singapura. "Iya, saya ikutan dalam penggarapan film ini tahun lalu sekitar tiga bulan ya," kata Rini Sugianto dikutip dari VOA Indonesia.

Rini, yang pada waktu itu masih bekerja perusahaan Industrial Light and Magic yang merupakan anak perusahaan dari Lucas Film di California, bertanggung jawab sebagai animator yang menggerakkan karakter-karakter dalam film Ready Player One.

Ia mengaku tidak kaget jika film ini mendapat nominasi Oscar 2019, mengingat efek visual yang banyak terlihat dan proses pengerjaannya yang cukup lama. "Senang yah, kalo dinominasi dari hasil kerja keras kita," katanya.

 

Ronny Gani

Film-film animasi box office itu ternyata mendapat sentuhan tangan dingin anak-anak muda Indonesia yang sukses berkarir di rumah produksi internasional itu.

Sementara Ronny Gani adalah animator film Avengers: Infinity War. Ronny menyadari bahwa tantangan pekerjaannya sangat besar.

Karena, ia mengerjakan proyek film superhero Marvel yang banyak dinanti para fans.

"Jadinya saya juga mempersiapkan diri untuk memberikan yang terbaik dalam karya-karya saya dan setiap hari waktu ngerjain juga saya terus bilang ke diri saya kalau 'okay, this is a big one, I have to give all my best and be positive, be creative to push the works to be better and better,'" kata Ronny. (Fimela.com/ Puput Puji Lestari)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menambah Followers Twitter dengan Gratis, Mudah, dan Aman

Posted: 23 Feb 2019 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Saat ini media sosial menjadi tempat yang tepat untuk mengekspresikan diri. Ragam jenis jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga YouTube memiliki keunggulannya masing-masing. Setiap media sosial bisa dimanfaatkan dengan tujuan yang berbeda-beda.

Tujuan setiap orang untuk menggunakan media sosial pun bermacam-macam. Ada yang menggunakannya untuk aktualisasi diri, hiburan, atau bahkan berbisnis. Jayson DeMers selaku SEO demystify dan pebisnis online marketing mengatakan pada Forbes, bahwa Twitter merupakan salah satu alat yang ampuh untuk melakukan bisnis jika digunakan dengan benar.

 

Di Twitter Anda bisa mendapatkan arahan, memperkenalkan produk Anda, dan membangun koneksi dengan prospek yang baik. Namun, ada masalah yang dihadapi saat membangun bisnis dengan menggunakan media sosial Twitter adalah untuk mendapatkan pengikut atau followers.

Memiliki followers aktif di Twitter bukan hanya persoalan gengsi, dan followers bukan hanya soal angka. Mengapa? Followers di Twitter memiliki nilai nyata untuk kelangsungan bisnis ataupun tujuan hiburan Anda. Kenyataannya, 36% pebisnis mengatakan bahwa mereka telah mendapatkan pelanggan dengan menggunakan Twitter.

Nah, oleh karena itu penting untuk memiliki jumlah followers yang cukup signifikan guna kelancarakan bisnis. Berikut Liputan6.com, Sabtu (23/2/2019) telah merangkum dari Forbes, cara menambah followers Twitter. Twitter memiliki pilihan iklan berbayar yang sangat bagus dan sangat efektif untuk bisa mendapatkan followers. Namun, di dalam penjelasan berikut hanya dijelaskan bagaimana cara menambah followers Twitter secara gratis.

Cara menambah followers Twitter dengan gratis

1. Follow lebih banyak orang

Penelitian menunjukkan korelasi antara jumlah orang yang diikuti dengan jumlah pengikutnya. Follow banyak akun Twitter, terutama akun yang dikelola oleh orang yang Anda kenal dalam keseharian.

2. Gunakan alat seperti Hootsuite atau SproutSocial

Hal ini berguna untuk menjadwalkan posting tweet Anda. Dengan melakukan posting atau nge-tweet secara teratur, mampu meningkatkan keterlibatan dan visibilitas Anda. Sehingga mampu meningkatkan jumlah followers Anda.

3. Gunakan Twiends untuk menemukan pengguna Twitter baru yang dapat dihubungi

Nah, dengan mendaftarkan diri Anda di platform ini, maka pengguna lain yang memiliki minat sama dengan Anda akan dengan mudah menemukan dan mengikuti Anda.

4. Optimalkan bio Twitter

Pengguna Twitter yang ingin mengikuti Anda sebelumnya past tertarik untuk mengetahui tentang diri Anda terlebih dahulu. Mereka akan mengunjungi profil Twitter Anda dan melihat bio Anda.

Oleh karena itu, optimalkan bio Twitter Anda. Pastikan bio Anda dibuat dengan baik, lengkap, dan benar-benar mewakili Anda atau bisnis Anda.

5. Gunakan tautan di tweet Anda

Tweet dengan tautan akan mendapatkan lebih banyak retweet daripada yang tidak menggunakannya.

Cara menambah followers dengan mudah

Ilustrasi Twitter (Liputan6.com/Sangaji)

6. Gunakan kata kunci yang relevan di bio Twitter

Hal ini akan mempermudah akun Anda dalam pencarian. Jangan lupa untuk mencantumkan nama kota atau wilayah Anda untuk menarik pengguna lokal.

7. Gunakan tagar atau hashtag

Menggunakan tagar atau hashtag di setiap postingan tweet Anda akan menarik setidaknya dua kali lebih banyak orang untuk terlibat. Selain itu, akan membantu Anda menarik pengikut baru atau followers baru yang sedang mencari kata kunci atau hashtag tersebut.

8. Minta retweet di posting-an

Tweet yang menyertakan 'Silakan Retweet' dalam cuitannya, maka mereka akan mendapat empat kali retweet lebih banyak.

9. Cantumkan kontak e-mail di Twitter

Anda bisa menemukan orang yang Anda kenal dengan mengunggah kontak e-mail Anda ke Twitter. Cara ini memungkinkan Anda untuk diikuti kembali, terutama karena mereka mengenal Anda di kehidupan nyata.

10. Cantumkan gambar pada tweet

Penelitian menunjukkan bahwa tweet yang menggunakan gambar akan lebih banyak menerima keterlibatan dari pengguna lain sebanyak 18% daripada yang tidak menggunakannya.

Menambah followers Twitter dengan cara aman

11. Promosikan akun

Anda bisa mempromosikan akun Twitter Anda di setiap materi atau media pemasaran. Anda bisa melakukannya di kartu pengenal bisnis Anda, brosur, situs web, atau tanda pengenal lainnya.

12. Jangan menggunakan logo

Pada foto profil akun Twitter Anda, sebaiknya menampilkan foto diri Anda. Menampilkan foto yang menggambarkan diri Anda dengan jelas akan sangat lebih penting, daripada menggunakan logo bisnis. Perlihatkan bahwa ada sosok orang sungguhan di balik produk atau brand bisnis Anda dengan menggunakan foto pribadi.

13. Promosikan akun Twitter di media sosial

Pastinya Anda memiliki lebih dari satu akun media sosial. Promosikan akun Twitter Anda di akun media sosial lainnya seperti Facebook dan Instagram. Ajak orang lain untuk memfollow akun Twiter Anda dengan cara yang menarik. Misalnya, bujuk calon followers dengan menyebut kalau Anda sedang mengadakan obrolan menarik di akun Twitter Anda.

14. Nge-tweet di akhir pekan

Penelitian dan Zarrella menunjukkan bahwa brand produk, atau apa saja akan mendapatkan keterlibatan sebanyak 17% lebih banyak di akhir pekan.

15. Cantumkan tweet di dalam akun media sosial lainnya

Menampilkan tweet yang sangat menarik atau populer di postingan blog, Instagram, atau Facebook dapat menarik pengikut Anda di media sosial terssebut untuk mengunjungi dan mengikuti Anda di Twitter.

Beberapa cara menambah followers Twitter di atas bisa Anda ikuti. Tak hanya untuk pebisnis yang memiliki produk, namun bisa juga digunakan oleh pegiat lainnya seperti motivator, entertainer, politikus, penulis, internet marketer dan profesi lainnya.

Selama Anda memiliki konten khusus yang dibuat atau dibentuk, menggunakan cara di atas untuk mendapatkan followers sangat dianjurkan. Mudah dipraktikkan, bukan? Selamat mencoba!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kondisi Kapal-Kapal di Muara Baru Usai Dilalap Api

Posted: 23 Feb 2019 09:15 PM PST

Petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan kapal yang ludes dilalap api di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Minggu (24/2). Dalam peristiwa tersebut sebanyak tiga orang mengalami sesak napas. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan kapal yang ludes dilalap api di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Minggu (24/2). Dalam peristiwa tersebut sebanyak tiga orang mengalami sesak napas. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan kapal yang ludes dilalap api di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Minggu (24/2). Hingga kini belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan kapal yang ludes dilalap api di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Minggu (24/2). Hingga kini belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan kapal yang ludes dilalap api di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Minggu (24/2). Kebakaran diduga akibat korsleting yang dipicu oleh aktivitas pengelasan di KM Arta Minajaya. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan kapal yang ludes dilalap api di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Minggu (24/2). Kebakaran diduga akibat korsleting yang dipicu oleh aktivitas pengelasan di KM Arta Minajaya. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sejumlah pria melakukan pendinginan kapal yang ludes dilalap api di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Minggu (24/2). Sebanyak 23 unit kendaraan pemadam dikerahkan untuk memadamkan api saat kebakaran. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sejumlah pria melakukan pendinginan kapal yang ludes dilalap api di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Minggu (24/2). Sebanyak 23 unit kendaraan pemadam dikerahkan untuk memadamkan api saat kebakaran. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Seorang pria melakukan pendinginan kapal yang ludes dilalap api di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Minggu (24/2). Belum diketahui mengenai taksiran kerugian materil akibat kebakaran tersebut. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Seorang pria melakukan pendinginan kapal yang ludes dilalap api di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Minggu (24/2). Belum diketahui mengenai taksiran kerugian materil akibat kebakaran tersebut. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan kapal yang ludes dilalap api di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Minggu (24/2). Saat ini, polisi juga telah memeriksa tujuh saksi terkait kebakaran tersebut. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Petugas pemadam kebakaran melakukan pendinginan kapal yang ludes dilalap api di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Minggu (24/2). Saat ini, polisi juga telah memeriksa tujuh saksi terkait kebakaran tersebut. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Polisi memantau proses pendinginan kapal yang ludes dilalap api di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Minggu (24/2). Saat ini belum ada penetapan tersangka karena sejumlah saksi masih diperiksa. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Polisi memantau proses pendinginan kapal yang ludes dilalap api di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Minggu (24/2). Saat ini belum ada penetapan tersangka karena sejumlah saksi masih diperiksa. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Petugas menggunakan kapal tongkang saat mengevakuasi sebuah kapal yang disebut titik awal kebakaran di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Minggu (24/2). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Petugas menggunakan kapal tongkang saat mengevakuasi sebuah kapal yang disebut titik awal kebakaran di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Minggu (24/2). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Terima Jalurnya Diambil, Penjalan Kaki Lakukan Hal Nekat Ini

Posted: 23 Feb 2019 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi tempat penyeberangan bagi pejalan kaki di jalan raya, penggunaan zebra cross saat ini sering disalah gunakan kendaraan bermotor.

Meski terdapat garis putih sebagai tanda batas kendaraan bermotor berhenti saat lampu lalu lintas berwarna merah, nyatanya hal tersebut banyak dilanggar.

Salah satu bukti terlihat pada video yang diunggah instagram @polantasindonesia. Dalam rekaman tersebut terlihat sebuah sedan putih berhenti diatas zebra cross meski jalur terlihat lengang.

Beberapa penjalan kaki terlihat biasa dan menyebrang meski terhalang mobil. Namun, secara tiba-tiba seorang pria nampak kesal dan melewati mobil dengan menginjak bagian kap mesin.

Tak terima dengan ulah penjalan kaki tersebut, sang pemilik kendaraan marah dan mencoba mengejar pejalan kaki tersebut. Tak peduli dengan reaksi si pemilik kendaraan, pria tersebut tetap melanjutkan perjalanannya.

Banyak yang menyebut video ini hanya settingan, namun setidaknya bisa menjadi pelajaran bagi pengendara mobil dapat tertib pada aturan lalu lintas.

Saksikan Videonya Dibawah Ini

Seorang pejalan kaki lain menahan pemilik kendaraan dan mencoba memberitahu kesalahannya karena berhenti tepat di atas zebra cross meski lampu peringatan untuk pejalan kaki berwarna hijau.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Petani, Ribuan Jus Buah Gratis Dibagikan di CFD Jakarta

Posted: 23 Feb 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Pengusaha Muda Nasional (REPNAS) DKI Jakarta mengkampanyekan konsumsi buah lokal dengan cara berbagi jus buah naga dan buah apel gratis di acara Car Free Day (CFD), Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (24/2/2019).

Direktur Digital Repnas DKI Jakarta, Ardy Notowidigdo menyebutkan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mendukung petani buah lokal agar harga jualnya tidak jatuh di pasaran saat sedang musim panen.

"Kita mau mendukung petani lokal Indonesia dan ini benar-benar buah lokal asli jadi kita juga campaign-nya bahwa buah lokal itu nomor satu, juga memang tidak kalah dengan buah impor. Dan ini bukti nyata bahwa kita membantu supprot petani - petani Indonesia," kata dia saat ditemui di lokasi.

Dalam acara kali ini buah naga dan buah apel terpilih sebagai komoditas yang dibagikan sebab kedua jenis buah tersebut tengah memasuki panen raya nasional.

Ardy mengungkapkan, buah naga yang dibagikan berasal dari Banyuwangi yang dibeli langsung dari petani. Sementara buah apel dibeli dari petani buah di Pasuruan. Buah yang dibagikan adalah kualitas terbaik grade A.

"Apel ini ada 160 dus, yang buah naga ada 50 krat (peti). Buah naga tuh kan lagi panen nasional di Banyuwangi juga kebetulan lagi panen besar. Apel pasuruan karena apel kebetulan banget ini baru panen beberapa hari yang lalu langsung dibawa kesini," ujarnya.

Ada sekitar 6 ton yang terdiri dari 36.000 biji buah apel yang dibagikan gratis hari ini. Sementara buah naga yang dibagikan sekitar 5.000 buah dan menjadi 4.000 gelas jus.

Dalam proses pembagiannya, ada sekitar 102 orang perwakilan dari UKM dan penjual buah di Ibu Kota yang juga ikut berpartisipasi.

"Blendernya kita kerjasama dengan UKM UKM dengan para penjual penjual buah yang ada di DKI. Jadi mereka kita ajak bareng - bareng kesini untuk kerjasama," ujarnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan masyarakat menjadi lebih gemar mengkonsumsi buah lokal dibanding buah impor.

"Kita campaign untuk petani lokal kita buktikan komitmen kita untuk mendukung buah lokal tuh tidak kalah dengan buah impor. Kita ingin buah lokal ini menjadi nomor satu bisa bersaing di pasar Indonesia."

Reporter: Yayu Agustini Rahayu Achmud

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Makan Seseorang Bisa Ungkap Kepribadiannya

Posted: 23 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ana suka makan dengan dengan terburu-buru atau perlahan-lahan? Lalu, saat makan termasuk tim dicampur atau dipisah? Masing-masing jawaban Anda rupanya bisa mengungkapkan kepribadian yang sesungguhnya. 

Menurut Juliet A. Boghossian, behavioral food expert penggagas Food-ology cara seseorang menyantap makanan pun berkaitan erat dengan tipe kepribadiannya. Setelah melakukan penelitian dan observasi selama lebih dari 20 tahun, Boghossian mengklasifikasikan karakteristik kepribadian berdasar beberapa kategori umum.

Berikut penjelasannya yang dirangkum dari situs Divine Caroline.

1. Makan perlahan-lahan

Kamu selalu jadi orang yang paling akhir menghabiskan makanan saat makan bersama? Berarti kamu termasuk tipe orang yang suka makan perlahan-lahan. Kamu lebih suka menikmati makananmu lambat-lambat, memastikan tidak ada sensasi rasa yang terlewat.

Menurut hasil observasi Boghossian, tipe orang seperti ini adalah pribadi yang patuh menjalankan rutinitas, bukan jenis orang yang mau melakukan aktivitas spontan. Mereka cenderung keras kepala dan mendahulukan kepentingan diri sendiri terlebih dahulu sebelum memperhatikan kepentingan orang lain.

Sisi baiknya, orang-orang yang makan perlahan seperti kamu ini biasanya memperhatikan detail dalam mengerjakan segala hal. Dan kamu tidak pernah melakukan sesuatu tanpa perencanaan yang matang.

2. Makan terburu-buruOrang-orang yang terbiasa makan dengan cepat biasanya kurang cakap dalam menentukan skala prioritas. Tak jarang mereka keteteran saat harus mengerjakan beberapa tugas sekaligus.

Tetapi para fast eater ini mau mengesampingkan kepentingan diri sendiri demi orang-orang yang dianggap penting dalam hidup mereka. Mereka sangat produktif dan gerak cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

3. Suka mencampur makanan

Bubur Ayam

3. Suka mencampur makanan

Kalau kamu suka mengaduk makananmu sebelum menyantapnya atau mencampur beberapa lauk sekaligus berikut sambal di sendok, berarti kamu termasuk tipe kepribadian yang satu ini.

Kamu adalah orang yang bisa menjalankan beberapa tanggung jawab sekaligus dengan efisien. Kamu cukup handal dalam multi tasking.

Tetapi kamu seringkali kesulitan memutuskan apa yang paling penting untuk dicapai terlebih dahulu. Kamu juga sulit berkonsentrasi pada tugas tertentu, karena terbiasa mengerjakan semuanya secara bersamaan.

4. Memisah-misahkan makanan

Seperti apa caramu menyantap burger, pizza, atau Oreo? Melahapnya langsung dalam beberapa gigitan atau memisahkannya berdasar bagian-bagian yang paling kamu sukai hingga yang paling tidak kamu sukai, baru kemudian menyantapnya satu per satu?

5. Memotong semua makanan baru dimakan

Cara makan burger (Sumber: Istockphoto)

5. Memotong-motong daging sebelum makan

Bagaimana caramu menyantap steak? Mengiris sepotong setiap kali atau memotong-motongnya sekaligus sebelum mulai makan? Kalau kamu termasuk jenis yang kedua berarti kamu adalah orang yang metodis, strategis, dan berpikir ke depan.

Orang dengan tipe kepribadian seperti ini sangat cocok untuk posisi yang membutuhkan pemikiran logis dan presisi seperti bidang teknik, akuntansi, atau teknologi komputer.

6. Suka mencoba makanan baru

Kamu tidak segan mencoba menu-menu makanan baru yang namanya saja terdengar asing di telinga? Atau kamu suka bereksperimen mencoba mencampur-campurkan beberapa makanan untuk menciptakan rasa yang berbeda?

Berarti kamu adalah orang yang kreatif dan tidak segan melawan arus. Sama seperti kebiasaanmu mencoba makanan baru, kamu juga tak takut mengeksplorasi hal-hal baru dalam hidup. Tetapi ini kadang membuat hidupmu jadi terlalu penuh kejutan dan tidak pasti.

 

Penulis: Tantri Setyorini/Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu Petinggi Real Madrid, Marcelo Segera Hengkang dari Bernabeu

Posted: 23 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bek Real Madrid, Marcelo, semakin dekat dengan pintu keluar Real Madrid. Ia akan bereuni dengan mantan rekan setimnya Cristiano Ronaldo di Juventus.

Diario AS mengutip stasiun televisi Spanyol Telemadrid, mengabarkan bahwa bek kiri asal Brasil itu, telah mengadakan dua pertemuan dengan petinggi Real Madrid untuk membahas kepergiannya musim panas ini.

Marcelo dikaitkan dengan kepindahan ke Italia selama bursa transfer Januari, setelah kehilangan posisinya di starting line up. Pelatih Real Madrid, Santiago Solari, selalu memberikan posisinya pada Sergio Reguilon.

Pemain berusia 30 tahun itu, mulanya menepis desas-desus tentang keinginannya untuk pergi pada awal musim. Tapi, situasinya sekarang tampaknya telah berubah setelah Solari lebih sering menaruh kepercayaan pada pemain lain.

Sikap Berbeda

Bek asal Brasil, Marcelo mengikat kontrak bersama Real Madrid hingga 2020 dengan bayaran per pekan sebesar 100.000 pound sterling. (AFP/Gabriel Bouys)

Marcelo dalam wawancara dengan Esporte Interativo pekan lalu, mengatakan bahwa jika dirinya tidak lagi diinginkan klub maka ia akan pergi. Tapi, klub belum menyatakan rencana masa depan mereka untuk bek berpengalaman ini.

Sebelumnya, Marcelo sudah menunjukkan sikap berbeda. Seperti dilansir AS, Marcelo, belakangan bahkan mulai menempuh cara-cara yang dilakukan Cristiano Ronaldo sebelum meninggalkan Santiago Bernabeu.

Salah satunya dengan menunjukkan ketidak betahannya di Real Madrid demi membuat manajamen memberi lampu hijau kepadanya.

Pemain Pengganti

Di sisi lain, Real Madrid kini tengah mengamati pemain Real Betis, Junior Firpo. Pemain ini berpeluang sebagai pengganti Marcelo.

Meski demikian, Presiden Real Madrid, Florentino Perez, kemungkinan tidak akan melepas Marcelo yang sempat berstatus sebagai bek kiri terbaik di dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menebak Kepribadian Seseorang yang Takut Darah, Kamu Termasuk?

Posted: 23 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu berbeda dalam banyak hal, mulai dari karakter, sifat, kesukaan dan lainnya. Untuk mengetahui bagaimana kepribadian seseorang kini bisa dilihat dari berbagai hal, seperti apa penampilannya.

Namun selain itu, kepribadian juga bisa diungkap dari apa yang disuka dan tidak disuka, seperti ketakutan akan darah atau biasa disebut hemofobia. Orang seperti ini biasanya akan merasa pusing, mual bahkan pingsan hanya karena melihat setetes darah. 

Melihat tetesan darah dari luka atau pun dari kantong darah secara otomatis memicu mekanisme pertahana tubuh sehingga bisa meningkatkan jantung dan tekanan darah pada saat itu.

Dokter ilmu saraf Jordan Gaines Lewis mengatakan bahwa ini adalah refleks primitif yang ada di dalam otak untuk menunjukkan tanda bahaya (karena biasanya darah keluar saat terjadi luka), sehingga sebenarnya wajar jika orang ketakutan melihat darah. Ini adalah tanda bahwa dirimu memiliki kesadaran diri yang baik dalam menjaga diri dan umumnya memiliki kepribadian yang tenang dan tertata.

 

Punya Insting Kuat

Ilustrasi golongan darah (iStockphoto)

Selain itu, individu yang takut darah juga punya insting kuat mempertahankan diri dan bersikap dalam berbagai kondisi. Mereka juga sangat peduli untuk menjaga tubuhnya sehat dan bugar. Tak heran jika mereka sangat mencintai dirinya sendiri dan menjaganya agar selalu dalam kondisi baik.

 

Nah, apakah kamu termasuk seseorang yang takut darah?

Reporter:

Febi Anindya Kirana

Sumber: Fimela.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkah dan Momok Lahan Gambut

Posted: 23 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Siak- Adanya lahan gambut di Riau serta beberapa provinsi di Sumatera, Kalimantan dan Papua, menjadi anugerah sekaligus momok bagi Indonesia. Di satu sisi, gambut membuat tanaman di atasnya subur dan berproduktivitas tinggi karena kandungannya.

Gambut bisa pula menjadi pemicu bencana ekologis, seperti kabut asap yang bisa saja memakan korban jiwa. Hal ini disebabkan pembuatan kanal untuk mengeringkannya tanpa ada tindakan membasahkannya lagi.

Hingga kini, tercatat 2,5 juta hektare lahan gambut luluh lantak, termasuk di Riau. Keseimbangan ekosistemnya hilang karena pembukaan hutan tanaman industri, perkebunan oleh korporasi ataupun masyarakat secara massif sejak belasan tahun belakangan.

Menurut Kepala Badan Restorasi (BRG) Gambut Nazir Foead, butuh waktu berpuluh-puluh tahun mengembalikan ekosistem gambut seperti sedia kala. Salah satu cara yang bisa dilakukan sekarang adalah manajemen kanal, sumur bor dan embung (kolam).

Di Riau sendiri, sudah ada ribuan sekat kanal dan sumur bor dibangun BRG sebagai upaya restorasi. Pekerjaan sejak dua tahun lalu ini mulai menunjukkan hasil, di mana radius 2,5 kilometer dari sekat kanal ataupun sumur bor tidak lagi ada kebakaran hutan.

"Lantas pertanyaannya, kenapa masih ada kebakaran lahan gambut di Riau sampai sekarang?" kata Nazir di Desa Bandar Sungai, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak, sebelum meninjau sekat kanal dan sumur bor yang dibangun bersama masyarakat sekitar.

Menurut Nazir, gambut yang terbakar itu berada di atas radius 2,5 kilometer dari sekat kanal ataupun sumur bor buatan BRG bersama warga. Oleh karena itu, pemerintah daerah dan masyarakat diminta membuat sekat kanal supaya tak terjadi lagi kebakaran.

Dengan sekat kanal, kebasahan gambut tetap terjaga. Sumur bor juga berfungsi bagi petani untuk mendapatkan sumber air guna membasahi gambut jika musim kemarau panjang datang.

"Ini yang kini tengah kami dorong bersama pemerintah untuk memperbanyak sekat kanal dan sumur bor ini. Tahun ini targetnya 450 sumur bor, 331 sekat dan embung dua, di Meranti, Siak, Bengkalis serta lokasi terbakar saat ini," terang Nazir.

Pembuatan sekat dan sumur tentu saja tidak sembarangan. Tinggi muka air harus sesuai dengan kedalaman gambut, begitu juga dengan lebar sekat serta ketinggian pembendung.

Sisi Ekonomi Lain

Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko (bertopi hitam) berbincang dengan masyarakat soal sekat kanal. (Liputan6.com/M Syukur)

Sementara itu, pembuatan sekat dan sumur bor ini mendapat perhatian dari Kepala Staf Presiden Jenderal (Purn) TNI Moeldoko. Mantan Panglima TNI ini menyempatkan diri meninjau sekat kanal di Desa Bandar Sungai, Siak.

Didampingi Gubernur Riau Syamsuar dan Nazir, Moeldoko sempat berbincang dengan salah seorang warga. Warga tadi menyebut sekat kanal sangat bekerja membasahi gambutnya karena ketersediaan air bisa dijaga saat musim kemarau.

"Ini sudah hampir dua pekan tak turun hujan, tanpa sekat biasanya kanal sudah kering, ini masih ada," sebut warga tadi.

Warga tadi juga menyebut sudah ada beberapa sumur bor dibuat di lahan masyarakat. Sumur ini akan dihisap airnya oleh mesin pompa untuk membasahi permukaan gambut. Anggaran penyediaan mesin disebutnya sudah dianggarkan desa dan dibantu juga oleh BRG.

Selain membasahi, warga tadi juga menyebut masyarakat desanya juga ingin mengembangkan agrowisata di lahan gambut sebagai pembelajaran bagi generasi penerus. Diapun menyebut menyebar bibit ikan di kanal agar juga bernilai ekonomis.

"Tadi ada yang menyebut bisa disebar bibit, saya rasa sangat bagus dikembangkan," terang Moeldoko usai berbicara dengan warga tadi.

Terkait kebakaran yang terus terjadi di Riau, Moeldoko menyebut hal ini menjadi perhatian serius dari Presiden Joko Widodo. Diapun menyebut pemerintah pusat telah mengirim bantuan ke Riau untuk pemadaman api.

"Tadi dilihat di bandara, helikopternya sudah ada, mulai memadamkan api," terang Moeldoko.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesaing Gojek Jadi Perusahaan Paling Inovatif di Dunia

Posted: 23 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pesaing utama Gojek, yakni Grab, masuk ke dalam daftar 50 perusahan paling inovatif di dunia, versi perusahaan publikasi bisnis global asal Amerika, Fast Company.

Tidak tanggung-tanggung, Grab menjadi perusahaan paling inovatif kedua di dunia.

Meski begitu, Grab bukan perusahaan Singapura pertama yang pernah ada di daftar inovatif, sebelumnya di tahun 2016, sebuah perusahaan pemesanan tour online BeMyGuest menempati urutan ke-33 daftar yang sama.

Mengutip laman New Strait Times, Minggu (24/2/3019), Grab menjadi satu-satunya perusahaan Singapura yang masuk dalam daftar tersebut. Selain itu, di antara perusahaan-perusahaan lainnya, hanya Grab yang bergerak di bidang transportasi.

Grab dianggap pantas menempati posisi perusahaan paling inovatif nomor dua karena jargonnya sebagai super app.

Grab menyebut aplikasinya merupakan super app karena menggabungkan berbagai layanan untuk menghubungkan pengguna dengan pelaku bisnis lokal.

Tahun lalu misalnya, saingan utama Gojek tidak hanya menawarkan jasa pesan antar makanan dan bisnis travel kepada 130 juta penggunanya.

Grab juga menghadirkan layanan pembayaran, serta berencana menambahkan layanan kesehatan mulai tahun ini.

Di Indonesia sendiri, layanan lain Grab, selain transportasi dan pemesanan makanan GrabFood adalah layanan belanja kebutuhan sehari-hari yang bekerja sama dengan HappyFresh, pengiriman paket, layanan pembelian pulsa, dan bayar listrik.

Tak Lepas dari Akuisisi Uber

Ternyata Penumpang Grab Indonesia Paling Banyak ke 7 Tempat Ini

Keberhasilan Grab ini tak lepas dari bergabungnya operasional Uber di Asia Tenggara dengan bisnis Grab pada 2018.

Fast Company menyebut, akuisisi bisnis Uber di Asia Tenggara oleh Grab membantu perusahaan Singapura ini mencapai pendapatan US$ 1 miliar atau setara Rp 14 triliun (US$ 1 = Rp 14 ribu) di tahun 2018.

Selain itu, pendanaan yang didapatkan Grab pun mencapai US$ 3 miliar atau Rp 42 triliun, setelah akuisisi bisnis Uber.

Co-Founder Grab Tan Hooi Ling mengatakan, perusahaan kini berfokus pada "penggunaan teknologi global terbaik guna menyelesaikan tantangan sehari-hari yang dihadapi orang Asia Tenggara."

Perusahaan-Perusahaan Inovatif Lainnya

© Shutterstock.com

Lantas, siapakah perusahaan paling inovatif di dunia versi Fast Company? Rupanya, Grab harus tunduk pada perusahaan teknologi asal Tiongkok Meituan Dianping.

Platform ini menyediakan layanan booking dan pengiriman makanan. Fast Company menyebut, Meituan Dianping mencatatkan 27,7 miliar transaksi dengan nilai US$ 33,8 miliar oleh lebih dari 350 juta pengguna di 2.800 kota pada paruh pertama 2018.

Selanjutnya, perusahaan Amerika National Basketball Association (NBA) berada di posisi ketiga sebagai perusahaan paling inovatif di dunia.

Perusahaan ini memecahkan rekor jumlah penonton terbanyak dalam empat musim berturut-turut. Belum lagi, NBA juga melihat adanya pertumbuhan jumlah penonton dan pendapatan lewat layanan streaming-nya.

Kemudian, di nomor empat ada The Walt Disney Company. Dilanjutkan dengan perusahaan e-Commerce Stitch Fix yang menghadirkan layanan jasa styling personal.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Resmikan Sudut Film Dilan di Bandung

Posted: 23 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meresmikan satu lokasi yang sebagai salah satu pojok literasi yang dinamakan sebagai Sudut Film Dilan.

Sebelumnya, lokasi tersebut disebut-sebut sebagai Taman Dilan, namun Ridwan Kamil mengubahnya karena menurutnya nama Sudut Film Dilan dirasa lebih sesuai.

Sudut Film Dilan ini berlokasi di salah satu area di GOR Saparua. Peresmian Sudut Film Dilan adalah sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap kesuksesan industri film khususnya untuk film Dilan 1991 ini.

"Itu istilah aja. (Kalau) Taman itu kan luas, ada lapangan, gedung, dan lain-lain. Nah ini ada sudut literasi. Namanya Sudut Film Dilan. Itu masalah istilah aja sih," kata Ridwan Kamil usai melaksanakan prosesi peletakan batu pertama di Sudut Film Dilan, Minggu (24/2/2019).

 

Tingkatkan Minat Baca

Rilis trailer film Dilan 1991 (Adrian Putra/Fimela.com)

Dengan adanya Sudut Film Dilan ini diharapkan mengembalikan minat membaca masyarakat Indonesia, khususnya bagi warga Bandung.

"Literasi kita kan buruk. Orang Indonesia kan baca buku males. Supaya kita bisa mengubah kebiasaan menjadi untuk bisa membuat tulisan. Sudut ini kan kurang termanfaatkan, jadi kita ubah menjadi positif," kata Ridwan Kamil.

 

Lokasi Favorit

Pemain Dilan 1991 berkunjung kerumah Dinas Ridwan Kamil (Adrian Putra/Fimela.com)

Vanesha Prescilla, pemeran Milea dalam film Dilan 1990 dan Dilan 1991 ini turut pula menyaksikan prosesi peletakan batu pertama Sudut Film Dilan. Vanesha Prescilla bahkan mengatakan bahwa lokasi ini jadi lokasi favorit yang akan ia kunjungi setiap ke Bandung.

"Ini akan jadi agenda aku kalau ke Bandung," kata Vanesha Prescilla.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pria Sulap 1200 Pensil Warna Jadi Gitar Elektrik

Posted: 23 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang seniman membuat sebuah gitar elektrik yang unik. Keunikan gitar adalah terbuat dari 1200 pensil warna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung Semifinal Piala AFF: Timnas Indonesia U-22 Vs Vietnam

Posted: 23 Feb 2019 08:45 PM PST

Jakarta Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Vietnam dalam pertandingan semifinal Piala AFF U-22 2019 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019).

Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-22 2019 sebagai runner-up Grup B. Kemenangan 2-0 atas Kamboja dalam laga pamungkas fase grup pada Jumat (22/2/2019), menjadi titik balik bagi Bagas Adi Nugroho dkk. untuk melangkah ke fase selanjutnya.

Timnas Indonesia U-22 pun langsung dipastikan menghadapi Vietnam dalam pertandingan semifinal Piala AFF U-22 2019. Vietnam melangkah ke semifinal Piala AFF U-22 2019 dengan sangat meyakinkan.

Vietnam meraih kemenangan 2-1 atas Filipina di pertandingan pertama dan kemenangan telak 4-0 atas Timor Leste di pertandingan kedua Grup A. Hasil imbang tanpa gol dengan Thailand membuat mereka lolos sebagai juara grup.

Timnas Indonesia U-22 optimistis bisa mengatasi permainan Vietnam meski tim asuhan Nguyen Quoc Tuan dengan cukup meyakinkan di fase grup. Mengandalkan Marinus Wanewar yang sedang bersaing dengan striker Vietnam, Tran Danh Trung, di daftar pencetak gol terbanyak, patut dinantikan apakah tim asuhan Indra Sjafri itu bisa melangkah ke partai final.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiket Kereta Lebaran Dijual Mulai Senin Pukul 00.00 WIB, Cek Info Lengkapnya

Posted: 23 Feb 2019 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (persero) atau PT KAI membuka pemesanan tiket kereta api untuk hari raya Lebaran 2019 pada Senin (25/2/2019) besok. Penjualan akan dibuka tepat pada tengah malam ini atau jam 00.00 WIB.

 
Berdasarkan keterangan resmi PT KAI, pemesanan dapat dilakukan di situs kai.id serta KAI access. Untuk penjualan via chanel eksternal disesuaikan berdasarkan kebijakan mitra penjualan.

 
Selama lebaran 2019, KAI mengoperasikan 356 kereta api reguler dan 50 kereta api tambahan dan totalnya 406 kereta api. Jumlah itu naik 3 persen dari tahun sebelumnya yaitu 393 kereta api.
 
Tiket kereta api yang bisa dipesan besok adalah untuk H-10, hari H, hingga H+10. PT KAI memproyeksi puncak mudik adalah 29 Mei 2019 (H-7) dan 9 Juni 2019 (H+3). 
 
Berikut jadwalnya, dari tanggal dibuka dan keberangkatannya:
 
1. 25 Februari 2019. H-10. 26 Mei 2019
2. 26 Februari 2019. H-9. 27 Mei 2019
3. 27 Februari 2019. H-8. 28 Mei 2019
4. 28 Februari 2019. H-7. 29 Mei 2019
5. 1 Maret 2019. H-6. 30 Mei 2019
6. 2 Maret 2019. H-5. 31 Mei 2019
7. 3 Maret 2019. H-4. 1 Juni 2019
8. 4 Maret 2019. H-3. 2 Juni 2019
9. 5 Maret 2019. H-2. 3 Juni 2019
10. 6 Maret 2019. H-1. 4 Juni 2019
11. 7 Maret 2019. H1. 5 Juni 2019
12. 8 Maret 2019. H2. 6 Juni 2019
13. 9 Maret 2019. H+1. 7 Juni 2019
14. 10 Maret 2019. H+2. 8 Juni 2019
15. 11 Maret 2019. H+3. 9 Juni 2019
16. 12 Maret 2019. H+4. 10 Juni 2019
17. 13 Maret 2019. H+5. 11 Juni 2019
18. 14 Maret 2019. H+6. 12 Juni 2019
19. 15 Maret 2019. H+7. 13 Juni 2019
20. 16 Maret 2019. H+8. 14 Juni 2019
21. 17 Maret 2019. H+9. 15 Juni 2019
22. 18 Maret 2019. H+10. 16 Juni 2019
 
 
 
 

Tiket H-10 Lebaran

Ilustrasi tiket kereta api (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

PT Kereta Api Indonesia (Persero)/KAI memastikan akan mulai menjual tiket kereta api H-10 Lebaran dalam waktu dekat. Perayaan Idul Fitri pada 2019 akan jatuh pada 5-6 Juni 2019.

"Nanti pada 25 Februari akan mulai dijual untuk tiket H-10 Lebaran," kata VP Public Relation KAI Agus Komarudin, saat berbincang dengan Liputan6.com, Minggu (24/2/2019).

Dengan kata lain, untuk kereta api dengan keberangkatan 26 Mei 2019 akan mulai dijual pukul 00.01 WIB pada 25 Februari 2019.

"Itu untuk kereta reguler yang selama ini sudah dioperasikan," tegas Agus.

Sebelumnya, sekitar 90 hari lagi arus mudik Lebaran akan segera dimulai. Bagi yang yang hendak melakukan perjalanan menggunakan kereta api, kini tiket untuk mudik sebentar lagi sudah dapat dibeli.

Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa mengatakan, pihaknya kembali menjadi channel official PT KAI untuk penjualan tiket kereta pada 2019.

"Kita akan jadi channel official dari H-90 tapi kita belum dapat confirmation pastinya kapan. Tapi sudah dekat, minggu-minggu ini(tiket sudah dapat dibeli)," kata Gaery dalam acara konferensi pers di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 21 Februari 2019.

Dia mengungkapkan, untuk lebih memberikan layanan terbaik pada masa penjualan tiket kereta api untuk Lebaran, tiket.com memberikan promo potongan Rp. 30.000; yang mulai berlaku 18 hingga 24 Februari 2019.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bibir, Tampak Merah Merona Secara Alami

Posted: 23 Feb 2019 08:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Minyak zaitun telah lama dikenal memiliki banyak manfaat. Minyak zaitun banyak dimanfaatkan untuk bahan kecantikan dan kesehatan. Sejak dulu hingga sekarang pun masih banyak orang yang memanfaatkan minyak zaitun sebagai bahan alami untuk perawatan yang aman dan ampuh.

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea) yang berasal dari pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lebat, memiliki batang keriput berwarna abu-abu ramping dengan banyak cabang.

Buah zaitun memiliki bentuk bulat berwarna hijau ketika mentah dan berwarna kekuning-kuningan ketika sudah matang. Pada umumnya minyak dari buah zaitun dapat digunakan untuk memasak, bahan kosmetik, obat herbal, sabun dan bahan bakar untuk lampu minyak.

Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk merawat tubuh karena dalam minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang tinggi, utamanya asam oleik dan polifenol. Kini banyak produk minyak zaitun yang mudah didapatkan. Kamu bisa mendapatkan dengan mudah minyak zaitun yang banyak dijual di toko-toko obat herbal di seluruh Indonesia.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (24/2/2019) minyak zaitun sangat baik digunakan sebagai bahan merawat tubuh. Salah satunya adalah manfaat minyak zaitun untuk bibir.

Dengan cara yang alami, manfaat minyak zaitun untuk bibir bisa menjadi salah satu cara jika kamu memiliki masalah pada bibirmu. Manfaat minyak zaitun untuk bibir sudah dibuktikan oleh banyak orang karena mengandung nutrisi. Manfaat minyak zaitun untuk bibir adalah sebagai berikut:

1. Menjaga kelembaban bibir

Bibir lembab

Minyak zaitun yang kaya akan nutrisi membuat manfaat minyak zaitun untuk bibir ini banyak digunakan oleh banyak orang khususnya wanita. Minyak zaitun dapat memberikan nutrisi pada bibir, membuat bibir lembab dan segar. Agar mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk bibir, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut.

· Gunakan air hangat untuk membersihakn bibir

· Kemudian gunakan handuk bersih dan lembut untuk mengeringkannya

· Oleskan secara merata minyak zaitun pada permukaan bibir

· Kemudian pijat secara perlahan bibirmu dengan lembut agar minyak zaitun dpat meresap dengan baik

· Diamkan sampai keesokan harinya

· Lalu bersihkan minya zaitun dari bibir.

Untuk dapat melembabkan bibirmu, kamu harus gunakan minyak zaitun dengan cara tersebut secara teratur namun tetap jangan sampai berlebihan. Jika berlebihan ada kemungkinan justru kulitmu akan berminyak.

2. Meremajakan bibir

Manfaat minyak zaitun untuk bibir selanjutnya dalah minyak zaitun mampu meremajakan bibirmu. Caranya sebagai berikut,

· Campurkan sedikit minyak zaitun dengan pisang yang sudah dihaluskan sebelumnya

· Aduk minyak zaitun dengan pisang tersebut hingga menyatu

· Oleskan dan pijat bibirmu agar camouran minyak zaitun dan pisang dapat menyerap dengan baik

· Tunggu sampai 20 menit kemudian bilas dan bersihkan dengan air hangat

3. Menghilangkan warna hitam pada bibir

Manfaat zaitun menghilangkan warna hitam pada bibir

Warna bibir yang hitam tentu membuatmu menjadi tak percaya diri. Setiap orang menginginkan bibir yang berwarna merah merona dan tampak segar. Manfaat minyak zaitun untuk bibir tentunya bisa membantumu dalam mengatasi masalahmu tersebut. Langkah untuk mendapatkan bibir yang tampak lebih merah alami sebagai berikut.

· Campur minyak zaitun dengan madu sebanyak satu sendok teh dan tuang pada gelas

· Oleskan campuran minyak zaitun dan madu pada bibirmu yang sudah bersih

· Pijat perlahan agar minyak zaitun dan madu dapat meresap

· Diamkan beberapa menit

· Lalu cuci dengan air hingga bersih.

Manfaat minyak zaitun untuk bibir yang hitam ini cukup ampuh digunakan karena dalam minyak zaitun terdapat kandunan vitamin E dan vitamin K yang bisa memberikan warna alami pada bibir. Kmau bisa melakukan cara tersebut setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mengangkat sel kulit mati pada bibir

Bibir juga memiliki sel kulit mati yang perlu dibersihkan. Cara membersihkannya kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun pada bibir tak hanya memberikan efek lembab dan memberikan warna bibir secara alami tetapi juga mampu mengangkat selsel kulit mati pada bibir. Langkanya sebagai berikut.

· Campurkan satu sendok teh minyak zaitun dan gula

· Oles menggunakan sikat gigi yang lembut pada bibir

· Gunakan pada bibir selama tiga menit

· Kemudian bilas dan bersihkan dengan air hangat dan handuk yang bersih.

Untuk mendapatkan bibir yang cantik tentunya kamu juga tidak boleh melupakan aspek kesehatannya. Kamu bisa memperoleh bibir yang cantik sekaligus sehat dengan memanfaatkan minyak zaitun. Minyak zaitun sudah terkenal dengan manfaatnya yang luar biasa untuk merawat tubuh.

Demikian manfaat minyak zaitun untuk bibir yang bisa kamu coba untuk mempercantik bibirmu agar tampak merah merona secara alami dan sehat. Dengan cara yang alami ini, kamu tak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli kosmetik yang belum tentu menyehatkan bagi bibirmu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Vietnam U-22 Vs Timnas Indonesia U-22: Ulangi, Marinus!

Posted: 23 Feb 2019 08:35 PM PST

Jakarta Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi Vietnam U-22 pada laga semifinal Piala AFF 2019 yang berlangsung di The National Olympic Stadium, Minggu (24/2/2019). Armada Garuda Muda berharap Marinus Wanewar bisa mengulang ketajamannya untuk laga tersebut.

Nama Marinus Wanewar melejit setelah mencetak dua gol ke gawang Kamboja U-22 yang membuat Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF 2019 melaju ke semifinal. Pemain asal Papua itu tanpa ampun menggembosi lini pertahanan tim tuan rumah.

Sakin sulitnya dikendalikan, Marinus sempat beberapa kali diprovokasi oleh pemain Kamboja U-22. Hal itulah yang membuat pemain 21 tahun itu murka sehingga meluapkan kekesalannya melalui selebrasi di depan bench Kamboja U-22.

Meski demikian, Indra Sjafri menilai hal itu tak perlu dibesar-besarkan. Menurut pelatih asal Sumatra Barat itu, Marinus tidak akan seperti itu jika tidak dipancing dan dia pun berharap Marinus bisa mengulang ketajaman dalam laga kontra Vietnam.

Marinus Wanewar melakukan selebrasi pada laga Timnas Indonesia U-22 kontra Kamboja pada Piala AFF U-22 2019, di Olympic Stadium, Phnom Penh, Jumat (22/2/2019). (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

"Bayangkan dalam dua laga Marinus mencetak tiga gol. Belum ada rasanya penyerang Indonesia yang begitu. Saya baru bergabung dengan Marinus selama hampir tujuh pekan dan saya rasa dia banyak perubahan," kata Indra Sjafri kepada wartawan di Phnom Penh, Sabtu (23/2/2019).

"Jadi, itu harus selalu kami dukung supaya kami memiliki Marinus yang lebih baik lagi. Namanya juga manusia, ada kekurangan dan kelebihan," tegas pelatih 56 tahun itu.  

Marinus menjadi ujung tombak Timnas Indonesia U-22 di Kamboja. Dalam dua pertandingan, striker Bhayangkara FC ini mencetak tiga gol. Pada laga terakhir, Marinus ditopang dua penyerang sayap, Osvaldo Haay dan Sani Rizki Fauzi.

Keyakinan Vietnam

Pelatih Vietnam U-22, Nguyen Quac Tuan, yakin timnya bisa mengalahkan Timnas Indonesia U-22 dalam dua babak. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Sementara itu, Vietnam U-22 menatap laga kontra Timnas Indonesia U-22 dengan optimistis. Memiliki waktu jeda selama dua hari jelang laga, pelatih Nguyen Quoc Tuan yakin timnya bisa mengalahkan Timnas Indonesia U-22 dalam dua babak alias 90 menit.

"Kami sangat fokus untuk laga melawan Timnas Indonesia U-22. Saya pikir kami memiliki keuntungan dua hari istirahat sehingga lebih bagus ketimbang Indonesia. Maka, besok akan menjadi laga yang menarik," kata Nguyen Quoc Tuan kepada wartawan. 

"Saya sudah menyaksikan semua laga Timnas Indonesia U-22 dan target saya adalah membawa tim ini menjadi juara. Saya pikir pemenang laga nanti hanya akan ditentukan melalui 90 menit," tegas Nguyen Quoc Tuan.

Prakiraan susunan pemain

Pelatih Indra Sjafri mengakui melakukan perjudian dengan merotasi 2 bek tengah Timnas Indonesia U-22 pada laga melawan Kamboja U-22. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Vietnam U-22 (5-3-2): Y Eli Nie (kiper), Ngo Tung Quoc, Truong Du Dat, Dung Quang Nho, Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Hung Thien Duc (belakang), Bui Tien Dung, Tong Anh Ty, Nguyen Hoang Duy (tengah), Tran Duc Nam, Le Xuan Tu (depan)

Pelatih: Nguyen Quoc Tuan (Vietnam)

Timnas Indonesia U-22(4-3-3): Awan Setho (kiper), Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika (belakang), M. Luthfi Kamal Baharsyah, Witan Sulaeman, Gian Zola (tengah), Oswaldo Haay, Sani Rizki Fauzi, Marinus Wanewar (depan)

Pelatih: Indra Sjafri (Indonesia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 300 Mobil Hangus Terbakar Saat Aero India 2019

Posted: 23 Feb 2019 08:30 PM PST

Petugas pemadam kebakaran berdiri dekat deretan mobil yang terbakar di area parkir pameran dirgantara Aero India 2019, Bangalore, India, Sabtu (23/2). Pejabat pemadam kebakaran menduga rumput kering memicu terjadinya kebakaran. (AP Photo/Parthi Bhan)

Petugas pemadam kebakaran berdiri dekat deretan mobil yang terbakar di area parkir pameran dirgantara Aero India 2019, Bangalore, India, Sabtu (23/2). Pejabat pemadam kebakaran menduga rumput kering memicu terjadinya kebakaran. (AP Photo/Parthi Bhan)

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar deretan mobil di area parkir pameran dirgantara Aero India 2019, Bangalore, India, Sabtu (23/2). Kebakaran diperparah dengan embusan angin yang kencang. (STR/AFP)

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar deretan mobil di area parkir pameran dirgantara Aero India 2019, Bangalore, India, Sabtu (23/2). Kebakaran diperparah dengan embusan angin yang kencang. (STR/AFP)

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar deretan mobil di area parkir pameran dirgantara Aero India 2019, Bangalore, India, Sabtu (23/2). Sejauh ini belum ada laporan mengenai korban jiwa. (STR/AFP)

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar deretan mobil di area parkir pameran dirgantara Aero India 2019, Bangalore, India, Sabtu (23/2). Sejauh ini belum ada laporan mengenai korban jiwa. (STR/AFP)

Asap hitam kebakaran mobil terlihat dari pameran dirgantara Aero India 2019, Bangalore, India, Sabtu (23/2). Aero India 2019 terganggu dengan adanya kebakaran tersebut. (STR/AFP)

Asap hitam kebakaran mobil terlihat dari pameran dirgantara Aero India 2019, Bangalore, India, Sabtu (23/2). Aero India 2019 terganggu dengan adanya kebakaran tersebut. (STR/AFP)

Asap hitam kebakaran mobil terlihat dari pameran dirgantara Aero India 2019, Bangalore, India, Sabtu (23/2). Api yang melahap sekitar 300 mobil diduga akibat rumput kering yang terbakar. (STR/AFP)

Asap hitam kebakaran mobil terlihat dari pameran dirgantara Aero India 2019, Bangalore, India, Sabtu (23/2). Api yang melahap sekitar 300 mobil diduga akibat rumput kering yang terbakar. (STR/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dandanan Menggemaskan Gempita Saat Jadi Cinderella

Posted: 23 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gempita Nora Marten, putri mantan pasangan Gisella Anastasia dan Gading Marten kembali mencuri perhatian warganet. Penampilannya saat menggunakan gaun biru bak Cinderella sangat menggemaskan.

Lewat tayangan di channel Youtube Papa Gading, Gading Marten menerangkan Gempi sengaja berdandan bak salah satu putri Disney itu untuk kepentingan pemotretan bersama Rittar Rajagukguk. Fotografer itu pula yang memotret bocah berusia 4 tahun saat baru lahir dan berpose bak gadis kerudung merah yang memenangkan penghargaan.

Sebelum pemotretan, Gempi mengganti bajunya dengan gaaun biru cantik berdetail beads dan hiasan bunga di dada dan pinggang. Selanjutnya, rambut sebahu Gempi disisir agar rapi dan digerai lepas. Menyempurnakan penampilan, Gempi mengenakan anting chandelier sewarna gaunnya, alih-alih menggunakan tiara.

Pemotretan pun dimulai. Lingkaran bak kereta labu dengan alas dilapisi karpet berbulu menjadi properti utama pemotretan Cinderella kala itu. Ada yang lucu sebelum pemotretan, yakni jawaban Gempi saat ditanyai siapa yang menjadi pangerannya.

"Alex," sahutnya.

"Not me?" balas Gading.

"You're a horse," jawab Gempi lagi. 

Gerakan luwes Gempita saat pemotretan membuat sesi tersebut berjalan lancar. Sambil dipotret, ia diajak bercerita segala rupa. Hal itu untuk menjaga mood-nya tetap baik.

"Tips untuk pemotretan dengan anak seusia Gempi yang sudah punya keinginan sendiri, ya ikutin apa yang dia suka aja. Kalau enggak, kelar," tutur Rittar berbagi saran.

Hasil pemotretan ala Cinderella itu kemudian diunggah Gading ke akun Instagram pribadinya. Ada tiga foto dan dua video singkat yang diunggah. Semuanya memancarkan aura sama, menggemaskan. Atas hasil pemotretan itu, Gading pun menyebut sang putri sebagai 'My Prettiest Cinderella'. (Indah Permata Niska)

Saksikan video pilihan di bawah ini :

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan Ultah, Rihanna Ajak Kekasih Nonton Pertandingan Basket

Posted: 23 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Penyanyi sekaligus pebisnis Rihanna memilih perayaan sederhana di ulang tahun yang ke-31. Ia mengajak sang kekasih, Hassan Jameel, menonton pertandingan basket LA Lakers melawan Houston Rockets.

Rihanna memang amat menggemari olahraga basket, dan kala itu tampil dengan jersey LA Lakers. Ia pun mengunggah keseruan pertandingan ini melalui Instagram Stories.

Rihanna tampak bersorak sorai saat tim dukungannya menang tipis 111-106. Namun seperti biasa, Rihanna tak menunjukkan sosok kekasihnya ini. Keduanya menikmati pertandingan ini setelah menggelar pesta meriah di hari sebelumnya.

Tahun ini, tak ada pesta meriah seperti yang digelar tahun lalu. Tahun ini, Rihanna hanya membuat perayaan privat. Namun, ia mengunggah foto bersama pinata berbentuk unicorn.

Jarang Terlihat Bersama

Penyanyi seksi Rihanna menghadiri peluncuran Fenty Beauty by Rihanna di Duggal Greenhouse, New York, Kamis (7/9). Mantan kekasih Chris Brown ini menggunakan anting kuning emas berukuran besar untuk menambahkan kesan mewah.  (Brent N. Clarke/Invision/AP)

Terlepas dari perayaan sederhana ini, kemunculan Rihanna dan Hassan seolah membuktikan keduanya masih bersama.

Pasangan super sibuk ini memang amat jarang terlihat bersama. Terakhir kali, keduanya tampak dinner bareng pada Desember 2018.

Dua Tahun Berkencan

Penyanyi Rihanna berpose saat menghadiri pemutaran perdana film

Riri dan Hassan dikabarkan telah berkencan sejak Juni 2017. Meski telah dua tahun berkencan, keduanya masih enggan memamerkan kebersamaan di media sosial.

Selama menonton pertandingan basket, Hassan Jameel memilh bersembunyi di balik jaket dan topi hitamnya.

Penulis: Rezka Aulia/Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

20 Kapal Terbakar di Pelabuhan Muara Baru, 3 Diduga Ilegal

Posted: 23 Feb 2019 08:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Belasan kapal terbakar di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara pada Sabtu 23 Februari 2019. Data terkini menyatakan, kapal yang terbakar mencapai 20 unit.

Menurut keterangan tertulis dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang diterima pada Minggu (24/2/2019), dari data terkini 20 kapal yang teridentifikasi terbakar, terdapat tiga kapal yang diduga ilegal. Sebab, tidak tercatat dalam sistem perizinan KKP dan data dari Kementerian Perhubungan.

"1 di antaranya yaitu KM Pesisir Andalan 3, pemilik PT Tanjung Permai Abadi, diduga ilegal. Tidak terdapat dalam sistem perizinan KKP maupun Kemenhub," demikian keterangan tertulis dari KKP.

Sementara itu, petugas pemadam terus memantau kapal yang terbakar di dermaga Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. 

Komandan Peleton Grup C Kecamatan Penjaringan Sudin Gulkarmat Jakarta Utara, Buang Miharja mengatakan, pihaknya berhasil memadamkan api Minggu (24/2/2019) sekira pukul 05.00 WIB. 

"Ini tinggal penuntasan saja. Tadi pagi sudah dinyatakan padam total. Tapi ternyata karena angin kencang meniup-meniup lama-lama muncul asap tebal dan tinggi. Akhirnya kami diperintahkan untuk meluncur unit yang ada di sektor Penjaringan. Empat unit, satu dibantu oleh Pademangan quick response," terang Buang Miharja di lokasi, Minggu (24/2/2019).

Meski begitu, Buang mengatakan, pihaknya tetap menyiagakan mobil pemadam di lokasi kejadian kapal terbakar. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Korban

Komandan Peleton Grup C Kecamatan Penjaringan Sudin Gulkarmat Jakarta Utara, Buang Miharja mengatakan, sejauh ini ada beberapa orang yang terdata menjadi korban kebakaran kapal.

Mereka adalah karyawan dari PT KMC Risma (20) dan Maria (20). Selain itu, ada Anggo Widardo (35), petugas pemadam kebakaran dari Penjaringan Jakarta Utara.

Anggo pingsan saat berupaya memadamkan api. Saat ini seluruh korban sedang dalam perawatan medis.

"Semua korban dibawa ke Rumah Sakit Atma Jaya. Mereka rawat jalan karena sesak napas," ucap dia di lokasi, Minggu (24/2/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vietnam U-22 Vs Timnas Indonesia U-22: Duel Pelatih Beda Formasi

Posted: 23 Feb 2019 08:20 PM PST

Jakarta Timnas Indonesia U-22 akan menantang Vietnam U-22 pada laga semifinal Piala AFF 2019 yang berlangsung di The National Olympic Stadium, Phnom Penh, Minggu (24/2/2019). Laga ini menjadi panggung adu strategi dalam perbedaan formasi pelatih kedua tim, Indra Sjafri dan Nguyen Ngoc Tuan.

Timnas Indonesia U-22 melaju ke semifinal Piala AFF 2019 dengan predikat runner-up Grup B. Pasukan Garuda Muda mengumpulkan lima poin hasil dua kali imbang dan sekali menang.

Di bawah asuhan Indra Sjafri, Timnas Indonesia U-22 menjelma sebagai tim yang mengandalkan penguasaan bola dengan formasi 4-3-3. Hasilnya sebenarnya cukup efektif, namun dalam dua laga awal terlihat kesulitan membongkar lini pertahanan lawan.

Timnas Indonesia U-22 sejauh ini sudah mencetak tujuh gol dan kemasukan tiga kali pada Piala AFF 2019. Mengacu pada data tersebut, lini depan Indonesia sebenarnya cukup berkualitas. Namun, terkadang para pemain belakang kerap lengah karena dua dari tiga gol ke gawang Indonesia berawal dari situasi bola mati.

Sementara itu, Vietnam U-22 yang meraih predikat juara Grup A menjadi tim tersubur di Piala AFF 2019. Tran Dan Trung dkk tercatat mencetak enam gol dan baru kebobolan sekali.

Hal ini menjadi bukti kalau skema yang diusung pelatih Nguyen Quoc Tuan yakni 5-3-2 sangat efektif. Vietnam U-22 memiliki lini pertahanan yang kukuh dan sangat mematikan ketika melakukan serangan baik melalui skema permainan terbuka maupun melalui lini sayap.

Bisa dipastikan hal ini menjadi ancaman buat lini pertahanan Timnas Indonesia U-22. Apalagi Vietnam U-22 memiliki penyerang tajam bernama Tran Danh Trung yang sejauh ini sudah mencetak tiga gol, sejajar dengan bomber Timnas Indonesia U-22, Marinus Wanewar.

Faktor Psikologis

Pelatih Vietnam U-22, Nguyen Quac Tuan, yakin timnya bisa mengalahkan Timnas Indonesia U-22 dalam dua babak. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Menghadapi Timnas Indonesia U-22, Nguyen Quoc Tuan mempersiapkan mental skuatnya. Secara fisik, Vietnam memiliki keunggulan jeda satu hari lebih banyak dari Indonesia.

"Sebelum memasuki semifinal, tim pelatih juga menentukan bahwa faktos psikologis akan menjadi penentu melawan Indonesia. Jadi kami punya waktu untuk mempersiapkan pertandingan ini," katanya.

Menurutnya, Indonesia memiliki banyak pemain muda berkualitas. Ia melihat keberhasilan Indonesia menjuarai Piala AFF U-16. 

Nguyen Quoc Tuan menegaskan timnya harus melakukan sesuatu untuk menghabiskan energi Indonesia. Marinus Wanewar adalah pemain yang menurutnya harus diwaspadai secara maksimal.

"Secara pribadi, saya memperhatikan Marinus Wanewar, yang mencetak 3 gol untuk Indonesia, harus diwaspadai," tegasnya.

Sebagaimana timnas senior, Vietnam U-22 juga dekat dengan sepak bola Korea Selatan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepatu Jebol di Lapangan, Nike Rugi Rp 20,5 Triliun

Posted: 23 Feb 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Durham - Baru saja menjadi sorotan karena memakai mantan pemain NFL Colin Kaepernick di iklan mereka, sekarang Nike kena kritik karena sepatunya jebol di lapangan. Alhasil, saham perusahaan langsung anjlok.

Dilansir Reuters, peristiwa terjadi saat pertandingan antara Universitas Duke dan Universitas North Carolina pada Rabu, 20 Februari 2019. Barack Obama pun turut hadir menyaksikan pertandingan.

Pertandingan baru berjalan 33 detik ketika pemain Universitas Duke bernama Zion Williamson terpeleset saat menggiring bola. Pemain setinggi 2 meter itu tampak memegang kaki kirinya yang kesakitan, dan terlihat pula sepatunya jebol.

Para pecinta basket pun bereaksi keras atas kejadian ini, dan saham Nike langsung terjun 1 persen sehari setelah insiden terjadi. Walau hanya 1 persen, kerugian yang diderita perusahaan mencapai USD 1,4 miliar atau Rp 20,5 triliun (USD 1 = Rp 14.057).

Sepatu yang dikenakan Wiliamson adalah Nike PG 2.5 keluaran tahun 2018. Harganya dibanderol sekitar USD 95 (Rp 1,3 juta) - USD 105 (Rp 1,4 juta).

Nike juga telah menyampaikan rasa prihatin atas kasus ini. Perseroan pun berjanji akan menyelediki kasus ini, serta menolak generalisasi pada produk mereka.

"Kami tentunya khawatir dan berharap Zion segera pulih. Kualitas dan performa produk kami adalah keutamaan tinggi. Meski kejadian ini adalah kasus tak biasa, kami bekerja untuk mengidentifikasi permasalahannya," tulis Nike.

Menperin: Nike Bakal Alihkan Produksi ke Indonesia

Menperin Airlangga Hartarto melakukan test drive saat penyerahan 10 mobil listrik dari Mitsubishi Motors kepada pemerintah Indonesia. Mobil tersebut terdiri dari delapan unit Mitsubishi Outlander PHEV dan dua unit i-MiEV. (Liputan6.com/JohanTallo)

Produsen sepatu dunia, Nike berencana untuk mengalihkan pesanannya produk sepatunya ke Indonesia. Hal ini seiring dengan meningkatkan permintaan di dalam negeri.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan, pihaknya telah bertemu dengan Nike terkait pengalihan ini. Rencana tersebut kini masih terus dibahas dan dimatangkan. 

"Sedang dibahas. Terutama mereka sedang menyampaikan intention untuk mengisi tambahan demand," ujar dia di Jakarta, Selasa, 8 Januari 2019.

Selama ini, sepatu Nike memang telah diproduksi di Indonesia. Biasanya Nike menentukan produk untuk diproduksi oleh perusahaan-perusahaan alas kaki yang ada di Indonesia sebagai perusahaan subkontraknya atau biasa disebut makloon.‎

Namun karena permintaan terus meningkat di Indonesia, maka perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut akan menambah ordernya dari Indonesia.

"Mereka akan memberikan kesempatan untuk Indonesia," kata dia.

Menurut Airlangga, selain Nike, ada sejumlah produsen lain yang juga akan berproduksi di Indonesia. Namun dia masih enggan menjelaskan lebih rinci terkait hal tersebut.

"Beberapa brand yang lain. Untuk otomotif akan ada tambahan kapasitas. Kemudian di sepatu juga ada tambahan, garmen juga," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Rockets Tundukkan Warriors

Posted: 23 Feb 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, California - Houston Rockets berhasil mengalahkan tuan rumah Golden State Warriors pada lanjutan pertandingan NBA di ORACLE Arena, Minggu (24/2/2019) pagi WIB. Rockets menang dengan skor 118-112.

Eric Gordon jadi penyumbang poin terbanyak Rockets di laga ini. Ia melesakkan 25 poin dan empat assist. Chris Paul juga tak kalah impresif. Pemain 33 tahun itu mencatatkan 17 assist dan 23 poin.

Sejak laga dimulai, Rockets langsung bermain agresif. Hasilnya, tim tamu unggul 35-20 di kuarter pertama. Warriors yang tak mau malu di depan pendukungnya kemudian bermain lebih baik di tiga kuarter berikutnya.

Akan tetapi, usaha mereka mengejar Rockets tak membuahkan hasil. Hingga laga usai, skor tetap 118-112 untuk keunggulan tim tamu.

Di kubu Warriors, Kevin Durant jadi penyumbang poin terbanyak dengan 29. Disusul Stephen Curry dengan 25 angka dan Klay Thompson 20 angka.

Bagi Warriors, ini adalah kekalahan perdana mereka setelah sebelumnya DeMarcus Cousins dan kawan-kawan memenangi lima laga beruntun di NBA.

Sementara bagi Rockets, kemenangan jadi modal kebangkitan mereka usai kekalahan di tangan Minnesota Timberwolves dan Los Angeles Lakers.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal Terbakar di Pelabuhan Muara Baru, 2 Karyawan dan 1 Pemadam Dirawat

Posted: 23 Feb 2019 08:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 18 kapal yang bersandar di dermaga Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara terbakar pada Sabtu 23 Februari 2019. Sejumlah orang pun dilarikan ke rumah sakit karena kebakaran ini.

Komandan Peleton Grup C Kecamatan Penjaringan Sudin Gulkarmat Jakarta Utara, Buang Miharja mengatakan, sejauh ini ada beberapa orang yang terdata menjadi korban kebakaran kapal.

Mereka antara lain karyawan dari PT KMC Risma (20) dan Maria (20). Selain itu ada Anggo Widardo (35), petugas pemadam kebakaran dari Penjaringan Jakarta Utara.

Anggo pingsan saat berupaya memadamkan api. Saat ini seluruh korban sedang dalam perawatan medis.

"Semua korban dibawa ke Rumah Sakit Atma Jaya. Mereka rawat jalan karena sesak napas," ucap dia di lokasi, Minggu (24/2/2019).

Sebelumnya, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Reynold EP Hutagalung juga memastikan tidak ada korban jiwa pada kebakaran yang menghanguskan belasan kapal di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu, 23 Februari 2019. 

"Korban jiwa tidak ada, karena kami bersama stake holder terkait menjaga agar tetap aman baik untuk pekerja maupun pabrik," ucap Reynold di lokasi kebakaran. 

Pendinginan

Sementara itu, api yang membakar kapal telah dipadamkan pada Minggu (24/2/2019) sekitar pukul 05.00 WIB. Saat ini, tinggal proses pendinginan.

"Ini tinggal penuntasan saja. Tadi pagi sudah dinyatakan padam total. Tapi ternyata karena angin kencang meniup-meniup lama-lama muncul asap tebal dan tinggi. Akhirnya kami diperintahkan untuk meluncur unit yang ada di sektor Penjaringan. Empat unit, satu dibantu oleh Pademangan quick response," terang Buang.

Meski begitu, Buang mengatakan, pihaknya tetap menyiagakan mobil pemadam di lokasi kejadian. Ini untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Itu bentuknya mungkin panas karena masih panas berasap. Tapi kalau dibiarkan kena angin lama-lama jadi api," ujar dia.

Buang menargetkan proses pendinginan akan selesai pukul 12.00 WIB.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasangan Sejenis Perdana Menteri Serbia Melahirkan Bayi Laki-laki

Posted: 23 Feb 2019 08:01 PM PST

Liputan6.com, Belgrade - Pasangan hidup Perdana Menteri Ana Brnabic dari hubungan sejenis melahirkan bayi laki-laki. Kantor PM menyebutnya sebagai peristiwa bersejarah meskipun negara konservatif itu tidak secara hukum mengakui pernikahan atau kemitraan sesama jenis.

Ana Brnabic adalah salah seorang perdana menteri pertama yang pasangannya melahirkan saat ia masih menjabat.

"Pertama di dunia sebagai pasangan sesama jenis," demikian pernyataan kantor Perdana Menteri Brnabic.

Salah seorang pejabat kantor PM Brnabic mengatakan bahwa persalinan berjalan dengan lancar.

"Persalinan berjalan dengan baik. Ibu dan bayinya baik-baik saja".

Menurut media setempat, bayinya diberi nama Igor, sebagaimana dikutip dari DW Indonesia pada Sabtu (23/2/2019).

Brnabic (43) menjadi salah satu dari sedikit pemimpin pemerintahan yang menyatakan diri sebagai gay atau lesbian secara terbuka ketika ia diangkat sebagai perdana menteri pada Juni 2017.

 

Simak pula video berikut:

Menolak Berkomentar Soal Legalisasi

Ilustrasi pernikahan sesama jenis (AFP Photo/Odd Andersen)

Meskipun Perdana Menteri Serbia Ana Brnabic melakukan pernikahan sesama jenis, dia belum menjadi advokat vokal tentang masalah LGBT di negara di mana homofobia tersebar luas.

Pada Februari saja, setidaknya ada dua tindakan vandalisme di pusat LGBT di Beograd.

Saat menghadiri Pride Parade di Beograd pada 2017, Brnabic menolak untuk mengomentari apakah dia ingin melihat pernikahan sesama jenis dilegalkan di negaranya.

"Saya tidak bisa memberikan pendapat pribadi saya sekarang karena saya di sini sebagai perdana menteri yang mewakili pemerintah Serbia," katanya saat itu.

Meskipun negara tersebut memiliki berbagai tindakan hukum yang menangani identitas gender dan diskriminasi anti-gay, aktivis HAM mengatakan bahwa implementasinya buruk.

Kampanye untuk mengadopsi undang-undang tentang kemitraan sesama jenis, di mana para aktivis berharap mendapatkan dukungan perdana menteri, belum berhasil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menguji Kekuatan Santri di Lintasan Lomba Marathon Nasional 2019

Posted: 23 Feb 2019 08:01 PM PST

Liputan6.com, Garut - Indonesia Student and Youth Forum (ISYF) bakal menggelar Santri Milenial Run 2019 di Garut, Jawa Barat, 17 Maret 2019 mendatang. Adu cepat di lintasan lari marathon ini, diklaim pertama kali digelar sejak pemerintah mengakui hari santri nasional tiga tahun lalu.

Satrio Guardian, manager Santri Milenial Run 2019 mengatakan, gelaran perdana olahraga atletik bagi santri untuk memacu semangat mereka. Kejuaraan bertemakan 'Indonesia kuat' itu, sekaligus menjadi wadah silaturahmi bagi komunitas mereka.

"Garut itu kan dikenal sebagai kota sejuta santri," ujarnya di Garut, Sabtu (23/2/2019).

Dengan membiasakan hidup sehat dengan berolahraga, jadi bekal mereka saat kembali ke masyarakat. "Istilahnya ke depannya bisa memperkuat silaturahmi seluruh santri," kata dia.

Garut dipilih menjadi kota pertama dengan mempertimbangkan banyaknya santri yang mondok di pesantren.

Ada dua ketegori jarak yang dilombakan, yakni 6K atau 6 kilometer, serta 10K atau kelas 10 kilometer. Untuk kategori 6K peserta sebagian besar dari kalangan santri seluruh pondok pesantren.

Untuk kategori 10K, peserta dibagi menjadi tiga kriteria yakni umum, master A dengan interval usia 40-49 tahun, serta master B dengan usia 50 tahun ke atas.

"Bagi santri yang memenuhi syarat boleh, namun jika baru pertama kali kami anjurkan mengikuti kelas 6K," ujar dia.

Sebagai kejuaraan marathon pertama santri nasional, panitia menerapkan aturan ketat, mulai standar kesehatan, serta penempatan para marshal yang bertugas mengawal lomba.

Pokonya setiap 100 meter ada marshal yang siap membantu peserta jika dibutuhkan," kata dia.

Dan untuk mengamankan jalannya lomba, panitia menerjunkan petugas gabungan TNI, Polri, dan Dishub ditambah ambulans, yang siap mengamankan jalannya lomba.

 

Rute yang Ditempuh dan Hadiah

Soal rute yang akan ditempuh yakni, jalur 6K, start pertama dimulai di lapangan Kerkof, kemudian ke arah jalan Cimanuk, simpang lima kemudian belok kanan hingga Terusan Pembangunan, lanjut ke arah Proklamasi, belok ke arah Guntur Melati dan kembali berakhir di lapangan Kerkof. 

Untuk jalur 10K, perjalanan start hingga area Simpang Lima ke arah Otista, Cipanas, Pandai, Tarogong, jalan Suherman, lanjut ke arah Proklamasi, belok ke arah Guntur Melati dan kembali berakhir di lapangan Kerkof. 

Bagi mereka yang beruntung, panitia telah menyiapkan sejumlah hadiah dan doorprize menarik, dengan total hadiah nyaris mencapai Rp 150 juta.

"Kami mengharapkan dukungan segenap masyarakat Garut dan rakyat Indonesia agar kegiatan Santri Milenial Run 2019 berlangsung sukses dan lancar," pinta dia.

Rencannya, panitia menargetkan peserta hingga 2000 santri. Bagi anda yang berminat mengikuti lomba, panitia telah membuka pendaftaran peserta mulai 11 Februari lalu melalui website Santri Milenial Run 2019 di www.isyf.or.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Rekor Pertemuan Timnas Indonesia U-22 Vs Vietnam

Posted: 23 Feb 2019 08:00 PM PST

Jakarta Laga penting akan dihadapi Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF U-22 2019. Timnas bakal menghadapi Vietnam dalam laga semifinal yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019).

Timnas Indonesia dan Vietnam sudah sering berjumpa. Dan, jika bicara pertemuan kedua tim di level U-22 atau U-23, bisa dibilang masih imbang, meski jika melihat ranking FIFA Vietnam berada di atas Indonesia.

Pertemuan pertama Timnas Indonesia U-22 dan Vietnam terjadi di SEA Games 2011 yang digelar di Jakarta. Saat itu, kedua tim bertemu di semifinal, di mana Timnas Indonesia U-23 asuhan Rahmad Darmawan lolos sebagai runner-up Grup A.

Menghadapi Vietnam yang lolos sebagai juara Grup B, Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan dalam pertandingan itu. Tim Garuda Muda berhasil menang 2-0 atas Vietnam berkat dua pemain asal Papua, Patrich Wanggai dan Titus Bonai, dan melangkah ke final.

Kiper Timnas Indonesia U-22, Awan Setho, berusaha menangkap bola saat latihan di Stadion National Olympic, Phnom Penh, Sabtu (23/2). Latihan ini persiapan jelang laga semifinal Piala AFF U-22 melawan Vietnam. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Namun, Vietnam mampu meraih kemenangan ketika bertemu dengan Tim Garuda Muda untuk kedua kalinya. Pertemuan kedua tim terjadi di SEA Games 2015, tepatnya dalam perebutan medali perunggu dalam cabang sepak bola pesta olahraga negara Asia Tenggara yang tengah digelar di Singapura itu.

Vietnam meraih kemenangan meyakinkan dalam kesempatan ini. Tim Garuda Muda harus menelan kekalahan telak 0-5 dari Vietnam di perebutan tempat ketiga itu. Kekalahan dengan skor serupa dengan ketika Tim Garuda Muda menghadapi Thailand di semifinal.

 

Partai Sengit pada Pertemuan Terakhir

Duel Timnas Vietnam U-22 vs Timnas Thailand U-22 di Piala AFF U-22 2019 di Olympic Stadium, Kamis (21/2/2019). (Bola.com/Dok. VFF)

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi di SEA Games 2017. Pada ajang itu, untuk pertama kalinya tim peserta menggunakan kategori usia di bawah 22 tahun. Vietnam tampil meyakinkan dalam tiga pertandingan pertama sebelum berhadapan dengan Timnas Indonesia U-22.

Sementara Tim Garuda Muda asuhan Luis Milla sempat ditahan oleh Thailand yang kemudian berlanjut dengan dua kemenangan atas Filipina dan Timor Leste. Vietnam pun menjadi momok yang cukup menakutkan bagi Timnas Indonesia U-22.

Namun, pada akhirnya Tim Garuda Muda mampu menahan imbang Vietnam di laga keempat Grup B SEA Games 2017 yang digelar di Stadion Selayang. Kedua tim bermain imbang tanpa gol dalam laga tersebut.

Pemain Vietnam menghalangi pemain timnas U-22, Ezra Walian pada laga grup B SEA Games 2017 di Stadion Selayang, Selangor, Malaysia, Selasa (22/8). Indonesia menahan Vietnam dengan tampil sepuluh pemain sejak menit ke-60. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Akhirnya Timnas Indonesia U-22 berhasil lolos ke semifinal setelah pada laga terakhir menang 2-0 atas Kamboja. Tim Garuda Muda menggeser Vietnam dari posisi runner-up berkat kemenangan telak 3-0 yang diraih oleh Thailand atas Vietnam di laga terakhir Grup B.

Patut dinantikan apakah Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri bisa meraih kemenangan atas Vietnam seperti yang pernah diraih Tim Garuda Muda delapan tahun lalu di Jakarta?

Atau justru Vietnam yang dalam beberapa tahun terakhir memperlihatkan perkembangan signifikan di dunia sepak bola internasional yang akan membungkam Timnas Indonesia U-22?

 

Sumber: bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Penyakit Akibat Kebiasaan Buang Sampah Sembarangan

Posted: 23 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat yang membuang sampah sembarangan masih mudah ditemukan di Indonesia. Entah itu di pinggir jalan, sungai bahkan laut. Namun, hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Sampah yang dibuang sembarangan dan tidak diolah dengan benar dapat membuat mengontaminasi tanah, udara, dan air. Patogen (bakteri, parasit, jamur, dll) yang terdapat dalam tumpukan sampah jika tak sengaja dikonsumsi oleh manusia dalam jumlah tertentu dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Berikut beberapa masalah yang bisa ditimbulkan akibat kebiasaan buang sampah sembarangan:

Bahaya air yang tercemar

World Health Organization (WHO) telah mengeluarkan larangan untuk minum air yang terkontaminasi. Menurut Badan Kesehatan Dunia itu, air tercemar dapat meningkatkan risiko beragam penyakit, seperti hepatitis, kolera, disentri, demam tifoid, dan polio.

Minum air yang terkontaminasi, seperti yang langsung dari keran, juga dapat berisiko menyebabkan tubuh terkontaminasi bahan logam. Berdasarkan laporan dari the Detroit Water and Sewage Department pada 2014, di Kota Flint, Michigan, Amerika Serikat, warga yang minum air mentah langsung dari sumber Sungai Flint mengalami paparan berbagai bahan kimia seperti timbal, trihalomethanes, tembaga, dan klorin.

Air yang terkontaminasi bahan kimia tersebut juga dapat tak sengaja dikonsumsi oleh hewan laut seperti ikan, kerang, dan udang. Jika dikonsumsi oleh manusia, makanan laut yang sudah tercemar ini dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit.

 

Warga melewati jembatan bambu di atas Sungai Kalibaru yang sudah menjadi tumpukan sampah di Kampung Bambu Kuning, Bojong Baru, Bogor (12/9). (Merdeka.com/Arie Basuki)

Tak hanya kontaminasi air, tumpukan sampah - terutama jika dibakar - dapat menghasilkan bahan toksik seperti karbon dioksida, metana, dan gas beracun lainnya. Sekitar 40-50 persen dari sampah yang dibakar akan menghasilkan karbon dioksida, sekitar 40 persen akan menghasilkan polycyclic aromatic hydrocarbons (PAH), dan 10 persen akan menghasilkan emisi merkuri.

Seluruh senyawa hasil pembakaran sampah itu dapat meningkatkan risiko infeksi paru serta gangguan pada saraf, penyakit jantung, dan kanker.

Berisiko penularan penyakit

Selain itu, berkontak langsung dengan sampah yang dibuang sembarangan juga dapat meningkatkan risiko penyakit yang ditularkan oleh binatang (seperti tikus dan nyamuk). Tikus dan nyamuk merupakan binatang yang berhabitat dan "senang" dengan tumpukan sampah.

Penyakit yang ditularkan melalui nyamuk, antara lain malaria dan demam berdarah. Malaria merupakan penyakit yang dapat mengancam jiwa yang disebabkan oleh parasit Plasmodium melalui gigitan nyamuk Anopheles. Pada tahun 2015, lebih dari 210 juta orang terjangkit malaria di dunia dan 429.000 orang dilaporkan meninggal dunia karena malaria.

Sementara itu, DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus berkelamin betina. Tumpukan sampah dan air yang menggenang dapat membuat seseorang berisiko alami DBD. Baik malaria maupun DBD, jika tidak ditangani segera bisa menyebabkan berbagai komplikasi bahkan meninggal dunia.

Sampah berserakan akibat kebiasaan buang sampah sembarangan juga bisa meningkatkan risiko penyakit leptospirosis. Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteria Leptospira. Biasanya, bakteri ini terdapat pada urine hewan seperti tikus dan sapi. Seseorang bisa terinfeksi leptospirosis apabila berada di air yang terkontaminasi dalam waktu lama atau melalui kontak dengan luka terbuka.

 

Penulis: dokter Nadia Octavia/Klikdokter.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Tingkah Usil yang Bikin Jengkel

Posted: 23 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ada saja tingkah konyol seseorang yang ingin mengusili orang-orang terdekatnya, bahkan jika nekat mereka akan mengusili orang-orang yang tidak dikenal. Tentu itu bukan hal yang menyenangkan ya jika tidak kelewat batas. Namun, biasanya aksi usil segelintir orang hanya untuk guyon semata.

Artikel tentang potret usilnya orang yang bikin gregetan menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni restoran Italia sediakan menu udara goreng.

Adapun artikel ketiga terpopuler adalah begini jadinya kalau artis-artis Hollywood berpose dengan diri mereka versi mereka.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Potret Usilnya Orang Ini Dijamin Bikin Kalian Geregetan

foto: Instagram/@awreceh.id

Menghabiskan waktu bersama teman tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan ya. Terlebih lagi jika sedang bercanda satu sama lain. Kalian tentu memiliki teman yang memiliki tingkah nyeleneh sekaligus usil ketika bercanda bukan?

Selengkapnya...

2. Bikin Penasaran, Restoran di Italia Sediakan Menu 'Udara Goreng'

udara goreng (foto: feedytv)

Gorengan menjadi makanan ringan yang kerap dikonsumsi sebagian besar orang di Indonesia. Ada begitu banyak pilihan gorengan yang bisa dinikmati seperti pisang goreng, bakwan, risol, dan masih banyak lainnya. Namun berbeda dengan jenis gorengan yang ada di Italia ini.

Selengkapnya...

3. Begini Jadinya Kalau Artis-Artis Hollywood Berpose dengan Diri Mereka Versi Muda

sumber: photo_time_travelling/Instagram

Proses penuaan merupakan hal yang nyata adanya. Dari proses masih bayi, tumbuh menjadi remaja, kemudian bertambah dewasa, hingga menjadi tua. Hal ini tentu berlaku dan terjadi pada semua orang, bahkan kepada artis terkenal sekalipun. Ya, tentunya ketenaran dan uang yang banyak tidak membuat seseorang bisa menunda proses penuaan.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemain Film Dilan 1991 Sarapan Bareng Ridwan Kamil

Posted: 23 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Minggu (24/2/2019) menjadi hari bersejarah bagi para warga Bandung. Hari ini ditetapkan sebagai hari Dilan, bertepatan dengan gala premiere film Dilan 1991.

Hari Dilan dibuka dengan sambutan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Para cast film Dilan 1991 pun melakukan santap pagi bersama Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil mengaku sebagai pecinta film. Untuk itu, Ridwan Kamil sangat mendukung kegiatan promo film Dilan 1991 di Bandung.

"Saya ini pecinta film. Kadang-kadang kalau ada waktu, saya movie marathon. Tidak pernah tidak ke bioskop untuk menonton film," kata Ridwan Kamil pada Minggu (24/2/2019).

Ridwan Kamil pun berharap film Dilan 1991 ini bisa menyambung kesuksesan film sebelumnya. Hal itu sedikit terbukti lewat antusiasme yang luar biasa untuk tiket film Dilan 1991 yang sudah terjual di satu hari di seluruh bioskop di Bandung.

Sold Out

Rilis trailer film Dilan 1991 (Adrian Putra/Fimela.com)

"Pencapaiannya (Dilan 1990) luar biasa ya. Kombinasi setting dan novel yang luar biasa. Saya berharap kesuksesan itu menjadi kesuksesan berikutnya. Tiket di Bandung sold out  (dengan harga) Rp 10 ribu. Itu menunjukkan antusiasme yang luar biasa," kata Ridwan Kamil.

Sudut Film Dilan

Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Vanesha Prescilla (Huyogo Simbolon)

Di Hari Dilan ini juga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meresmikan sebuah lokasi yang kemudian dinamakan Sudut Film Dilan. Sudut Film Dilan ke depannya akan difungsikan sebagai salah satu pojok literasi di kota Bandung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fitur Biometrik WhatsApp di iOS Ternyata Bermasalah

Posted: 23 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Awal bulan ini, WhatsApp menerapkan fitur keamanan biometrik Face ID atau Touch ID untuk pengguna perangkat iOS. Dengan cara ini, aplikasi WhatsApp hanya dapat dibuka dengan sistem Face ID atau Touch ID dari pemilik perangkat.

Namun laporan terbaru dari forum Reddit mengungkap, fitur ini menyimpan masalah. Salah satu akun Reddit menyebutkan, ada celah keamanan di fitur ini yang memungkinkan orang lain masih dapat membuka WhatsApp, meski fitur otentikasi Face ID atau Touch ID aktif.

Jadi seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu (24/2/2019), masalah ini timbul saat pengguna tidak menyetel fitur keamanan biometrik dalam posisi 'immediately'. Maksudnya, fitur keamanan biometrik ini harus aktif begitu aplikasi WhatsApp ditutup.

Sekadar informasi, fitur otentikasi biometrik di WhatsApp ini memang menyediakan opsi pengaturan bagi penggunanya.

Dengan cara ini, pengguna dapat mengatur kapan fitur ini aktif, mulai dari satu menit, satu jam, hingga sesegara mungkin (immediately) setelah aplikasi ditutup. 

Akan tetapi, saat opsi yang dipilih bukan 'immediately', aplikasi WhatsApp ternyata masih leluasa dibuka. Kendati demikian, kondisi ini berlaku dengan memanfaatkan fitur Share Sheet yang ada di iOS.

Pengguna cukup membuka Share Sheet di iOS dan pilih WhatsApp, setelah diminta untuk memasukkan Face ID atau Touch ID, keluar dari opsi tersebut. Lalu, keluar ke laman depan iOS dan buka WhatsApp tanpa perlu memasukkan verifikasi kembali.

Pihak WhatsApp sendiri menyadari adanya masalah ini dan berjanji untuk segera mengatasinya. Karenanya, sambil menunggu masalah ini diselesaikan, aplikasi chatting milik Facebook itu meminta agar pengguna menyetel opsi keamanan biometrik menjadi 'immediately'.

Fitur Pemindai Wajah dan Sidik Jari di WhatsApp

Ilustrasi Whatsapp (Foto: Unsplash.com/Christian Wiediger)

Untuk diketahui, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunci dan membuka aplikasinya dengan sidik jari dan pengenalan wajah.

Fitur keamanan dari WhatsApp ini guna untuk membantu mencegah orang lain mengambil telepon kamu dan membaca pesan pribadi.

Namun, fitur keamanan ini hanya berlaku untuk smartphone yang memiliki fitur Face ID atau Touch ID yang tersedia pada perangkat iOS saja.

Adapun cara agar bisa menggunakan fitur ini, kamu perlu memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi yang terbaru yaitu WhatsApp 2.19.20.19 melalui App Store.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Driver Ojol Terjang Banjir Demi Antar Pesanan

Posted: 23 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Demi memberikan pelayanan terbaik, seorang driver ojek online rela menembus banjir yang setinggi pinggang orang dewasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marcelo Minta Segera Dijual Real Madrid?

Posted: 23 Feb 2019 07:55 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Spekulasi mengenai masa depan Marcelo memasuki babak baru. Wakil Kapten Real Madrid itu dikabarkan sudah mengajukan permohonan transfer kepada manajemen Real Madrid baru-baru ini.

Sejak bergabung dengan Real Madrid di tahun 2006 silam, Marcelo sudah menjadi pemain penting El Real. Ia selalu menjadi sosok yang diandalkan di sisi kiri pertahanan Los Blancos.

Dalam beberapa tahun terakhir, peran Marcelo semakin krusial. Pasalnya ia dipercaya untuk mendampingi Sergio Ramos sebagai wakil Kapten El Real.

Namun 12 tahun kebersamaan Marcelo dan Real Madrid akan berakhir. Dilansir Sport, sang bek sudah mengajukan permintaan transfer ke manajemen Real Madrid.

Menurut laporan itu, alasan utama Marcelo ingin pergi dari Real Madrid karena jam bermainnya yang berkurang drastis.

Musim ini sang bek memang kerap absen dari tim utama El Real. Ia kerap mengalami cedera dan cedera itu membuatnya tampil inkonsisten dalam beberapa pertandingan.

Dengan situasi tersebut, Santiago Solari tidak mau ambil resiko. Ia lebih memilih memainkan Sergio Reguilon yang tampil konsisten menjaga sisi kiri pertahanan Madrid selama Marcelo pergi, dan hingga Marcelo pulih ia kesulitan untuk menggeser kehadiran jebolan tim Castilla Real Madrid tersebut.

 

Ke Italia

Bek kiri Real Madrid asal Brasil, Marcelo. (AFP/Gabriel Bouys)

Laporan yang sama mengklaim bahwa Marcelo mengajukan permintaan transfer karena ia ingin pindah ke Italia.

Sejak awal musim kemarin, ia dirumorkan akan bergabung dengan Juventus. Hal ini dikarenakan mantan rekan setimnya, Cristiano Ronaldo sering mengajaknya untuk menyusulnya ke Turin.

Opsi Bagus

Dengan situasinya saat ini, Marcelo menilai pindah ke Juventus akan menjadi opsi yang bagus untuk kelangsungan karirnya, sehingga ia baru-baru ini menemui manajemen Madrid untuk meminta dijual di musim panas nanti.

Marcelo masih terikat kontrak di Real Madrid hingga tahun 2022 mendatang.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petugas Pemadam Pantau Pendinginan Kapal Terbakar di Pelabuhan Muara Baru

Posted: 23 Feb 2019 07:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Petugas pemadam kebakaran menjinakkan api yang membakar sejumlah kapal di dermaga Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Belasan kapal yang bersandar di pelabuhan tersebut terbakar pada Sabtu 23 Februari 2019.

Komandan Peleton Grup C Kecamatan Penjaringan Sudin Gulkarmat Jakarta Utara, Buang Miharja mengatakan, pihaknya berhasil memadamkan api Minggu (24/2/2019) sekira pukul 05.00 WIB. Saat ini, tinggal proses pendinginan.

"Ini tinggal penuntasan saja. Tadi pagi sudah dinyatakan padam total. Tapi ternyata karena angin kencang meniup-meniup lama-lama muncul asap tebal dan tinggi. Akhirnya kami diperintahkan untuk meluncur unit yang ada di sektor Penjaringan. Empat unit, satu dibantu oleh Pademangan quick response," terang Buang Miharja di lokasi, Minggu (24/2/2019).

Meski begitu, Buang mengatakan, pihaknya tetap menyiagakan mobil pemadam di lokasi kejadian kapal terbakar. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Itu bentuknya mungkin panas karena masih panas berasap. Tapi kalau dibiarkan kena angin, lama-lama jadi api," ujar dia.

Buang menargetkan proses pendinginan akan selesai pukul 12.00 WIB. "Kapal nggak di sini saja nih, ada juga yang ngumpul di sana tuh. Sekarang fokus di sini nanti bergeser. Yang sedang dipadamkan dulu nanti bergseser ke sebelah utara," pungkas dia.

Pantauan di lokasi, petugas pemadam kebakaran masih menyemprotkan air ke sebuah kapal yang kondisinya sudah hangus terbakar. Kapal itu posisinya tengah bersadar di Pelabuhan Muara Baru. Air dialiri ke bagian-bagian yang masih terlihat mengeluarkan asap. .

Ada 18 Kapal

Sebelumnya, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu melaporkan ada 18 kapal yang terbakar di dermaga Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu 23 Februari 2019.

"Hingga saat ini ada 18 kapal yang terbakar," demikian disampaikan Kasudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Satriadi Gunawan, seperti dilansir dari Antara, Sabtu (23/2/2019). 

Api hingga pukul 20.30 WIB belum bisa dipadamkan meski 15 unit kendaraan pemadam yang terdiri dari tujuh unit pompa, tujuh unit pendukung dan 1 unit kapal pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan sumber api tersebut.

Suara ledakan sempat terdengar pada sekitar pukul 15.44 WIB dari salah satu kapal yang terbakar di Pelabuhan Muara Baru.

Selain petugas pemadam kebakaran, personel dari PMI, AGD, Satpol PP, Kepolisian, TNI, dan dinas perhubungan turut dikerahkan untuk membantu pemadaman.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konflik Perbatasan, Venezuela Putus Hubungan Diplomatik dengan Kolombia

Posted: 23 Feb 2019 07:49 PM PST

Liputan6.com, Caracas - Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, memutuskan hubungan diplomatik dengan negara tetangga, Kolombia, pada hari Sabtu, 23 Februari 2019, setelah negara itu diklaim menjadi tempat penampungan bantuan kemanusiaan dari Amerika Serikat.

"Kita tidak bisa terus menjalin hubungan dengan Kolombia, yang digunakan untuk menyerang Venezuela," tegas Maduro pada rapat umum, yang dikutip dari NBC News, Minggu (24/2/2019). "Untuk alasan itu, aku memutuskan untuk mengakhiri semua hubungan dengan pemerintah fasis Kolombia. Semua diplomat harus angkat kaki dari sini dalam waktu 24 jam. Pergi! Keluarlah. Cukup sudah."

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Kolombia menanggapi sikap Maduro dengan menyatakan bahwa negara itu tidak mengakui legitimasi Maduro dan mendukung penuh Juan Guaido, sosok yang diakui oleh Donald Trump sebagai presiden sah Venezuela.

"Kolombia selalu bertindak secara kemanusiaan dan damai, serta akan terus melakukannya untuk membantu menciptakan kondisi yang akan memunculkan demokrasi dan kebebasan di Venezuela, sekali lagi," tulis Kemlu Kolombia dalam sebuah pernyataan.

Sebagaimana diketahui, Nicolas Maduro masih bersikukuh menolak makanan dan pasokan medis dari Negeri Paman Sam. Ia merasa curiga bahwa seluruh pertolongan itu akan digunakan oleh Amerika Serikat sebagai sarana untuk menjilat pasukannya dan menggulingkan pemerintahannya.

Pada Sabtu malam, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, menanggapi sikap Maduro melalui cuitan di akun Twitter pribadinya, "AS akan mengambil tindakan terhadap mereka yang menentang pemulihan demokrasi secara damai di #Venezuela."

Sedangkan pemimpin oposisi, Juan Guaido, mengatakan pada hari yang sama bahwa ia berencana untuk bertemu dengan Wakil Presiden AS, Mike Pence, di Bogota pada hari Senin (25/2/2019) dalam pertemuan darurat para menteri luar negeri Amerika Latin.

Guaido membatalkan permintaannya kepada para pendukungnya untuk menerobos perbatasan demi mendapatkan bantuan, tetapi ia terus mendesak pasukan Venezuela untuk membelot.

"Berapa banyak dari kalian, penjaga nasional, yang memiliki ibu yang sakit?" ia berkata. "Berapa banyak dari kalian yang punya anak di sekolah, namun tidak pernah kalian beri makan?"

Di satu sisi, sebagaimana dikabarkan oleh The Guardian, empat orang dilaporkan tewas dan ratusan lainnya luka-luka dalam gelombang kekerasan yang mengguncang daerah perbatasan Venezuela pada hari Sabtu, ketika para aktivis oposisi berusaha menentang larangan pemerintah dan membawa makanan serta pasokan medis ke negara krisis itu.

Meskipun Guaido tidak mengamankan pembelotan massal yang ia harapkan sebelumnya, namun setidaknya 60 penjaga perbatasan meninggalkan pos mereka dan melarikan diri ke Kolombia, karena anggota pasukan keamanan lain yang setia kepada Nicolas Maduro menggunakan gas air mata dan peluru karet untuk memaksa kembali para demonstran dan menghentikan warga sipil yang mengawal persediaan bantuan.

Tiga truk pemasok bantuan dibakar oleh granat gas air mata ketika mereka mendekati pos pemeriksaan perbatasan pertama di jembatan Santander, yang menghubungkan Venezuela ke Kolombia. Otoritas Kolombia melaporkan setidaknya 285 orang terluka.

Di selatan, aktivis oposisi mengklaim bantuan telah mencapai Venezuela, tetapi meskipun ada dua truk yang meninggalkan Brasil, kedua kendaraan berat ini berhenti hanya beberapa meter di dalam perbatasan.

Sedangkan di kota Santa Elena de Uairen, terjadi bentrokan terparah sepanjang sejarah Venezuela, dengan gerombolan bersenjata pro-pemerintah dan anggota penjaga nasional turun ke jalan untuk mencoba dan membubarkan pendukung oposisi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Tanggapan AS

Presiden Nicola Maduro di hadapan rakyat Venezuela - AFP

Akibat keputusan Maduro, senator AS, Marco Rubio pun ikut angkat bicara. Ia memperingatkan Maduro pada hari Sabtu bahwa kekerasan di perbatasan membuka kemungkinan intervensi.

"Setelah diskusi diadakan pada malam ini bersama beberapa pemimpin regional, sekarang jelas bahwa kejahatan berat yang dilakukan pada hari ini oleh rezim Maduro telah membuka pintu bagi berbagai tindakan multilateral potensial yang tidak ada di meja hanya 24 jam yang lalu," uajrnya melalui Twitter.

Rubio adalah anggota Komite Senat urusan Hubungan Luar Negeri dan telah menyarankan pemerintahan Donald Trump di Venezuela.

Bulan lalu, Donald Trump menyatakan bahwa ia mendukung Juan Guaido sebagai presiden sah Venezuela. Sikap Trump ini memicu meningkatnya ketegangan dengan rezim Maduro dan menginspirasi pemimpin Venezuela ini untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain Kunci Timnas Indonesia U-22 Lawan Vietnam

Posted: 23 Feb 2019 07:45 PM PST

Jakarta Ujian berat akan dihadapi Timnas Indonesia U-22 saat bentrok dengan Vietnam pada Piala AFF U-22 2019 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (24/2/2019). Komposisi terbaik wajib disiapkan oleh Pelatih Indra Sjafri.

Sejauh ini Timnas Indonesia U-22 sudah memainkan tiga laga di Piala AFF U-22 2019. Dua hasil imbang ketika menghadapi Myanmar dan Malaysia, kemudian menang 2-0 atas Kamboja di laga pamungkas Grup B. 

Indra Sjafri sudah melakukan beberapa rotasi pemain, baik sejak awal pertandingan maupun di tengah permainan. Komposisi terbaik dengan pemain yang siap tampil menjadi pilihan Indra Sjafri agar Tim Garuda Muda selalu tampil maksimal.

Namun, pertandingan menghadapi Vietnam di semifinal Piala AFF U-22 2019 merupakan momentum yang harus disiapkan Timnas Indonesia U-22 dengan sangat baik. Vietnam adalah tim yang kini sangat disegani, tak hanya di level Asia Tenggara, tetapi juga di Asia.

Pertemuan kontra Vietnam ini tak hanya menjadi tantangan yang harus dihadapi untuk melangkah ke final Piala AFF U-22 2019.

Pertandingan ini juga menjadi uji coba sangat bagus bagi tim asuhan Indra Sjafri yang akan kembali menghadapi Vietnam di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Vietnam menjadi tuan rumah untuk grup yang terdiri atas Indonesia, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Indra Sjafri dipastikan akan mempersiapkan pemain-pemain terbaik Garuda Muda untuk pertandingan kali ini. Bola.com memilih tiga pemain yang bisa menjadi kunci permainan Timnas Indonesia U-22 di pertandingan menghadapi Vietnam.

Marinus Wanewar

Penyerang Timnas Indonesia U-22, Marinus Wanewar, punya alasan khusus penggunaan nomor punggung tak lazim. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Striker Timnas Indonesia U-22 yang musim lalu berseragam Bhayangkara FC ini sudah mengemas tiga gol di fase grup Piala AFF U-22 2019. Bahkan dua gol yang dicetaknya ke gawang Kamboja dalam laga terakhir Grup B memastikan Tim Garuda Muda melangkah ke semifinal.

Satu gol lain dicetak oleh Marinus Wanewar ketika Timnas Indonesia U-22 bermain 2-2 dengan Malaysia di pertandingan kedua Grup B. Tak hanya berstatus sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol di skuat Garuda Muda kali ini, Marinus Wanewar juga berada di daftar teratas pencetak gol terbanyak sementara Piala AFF U-22 2019.

Namun, Marinus tak sendirian di puncak daftar tersebut. Striker Vietnam, Tran Danh Trung, juga sudah mengemas tiga gol. Otomatis pertandingan antara Timnas Indonesia U-22 kontra Vietnam di semifinal ini menjadi ajang pembuktian ketajaman dari kedua striker itu.

Posisi dalam daftar pencetak gol terbanyak juga menjadikannya termotivasi untuk kembali mencetak gol di pertandingan semifinal. Agresivitas dan nalurinya ketika berada di kotak penalti lawan tak perlu diragukan, hanya tinggal dibuktikan kembali saat menghadapi Vietnam.

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman menegaskan Timnas Indonesia U-22 wajib meraih kemenangan pada laga pamungkas Grup B kontra Kamboja U-22. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Pemain yang mampu bermain di sejumlah posisi ini juga bisa menjadi kunci permainan Timnas Indonesia U-22 ketika menghadapi Vietnam. Pergerakan yang dinamis di sejumlah area membuat Witan Sulaeman akan menjadi momok bagi pertahanan tim lawan.

Witan mampu bermain bagus sebagai gelandang serang. Namun, stamina dan kecepatan kerap membuatnya juga mampu tampil cemerlang ketika bermain di sisi sayap penyerangan.

Bahkan dalam kemenangan 2-0 yang diraih oleh Timnas Indonesia U-22 saat menghadapi Kamboja, gol pertama Marinus Wanewar berawal dari pergerakan tanpa menyerah yang dilakukan Witan.

Pemain muda yang senang mengumbar senyum itu mematahkan pergerakan bek kiri Kamboja yang bermaksud menghalau bola. Dengan keseimbangan yang bagus, Witan melepaskan umpan kepada Marinus yang akhirnya berbuah gol pertama bagi Tim Garuda Muda.

Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah

Pemain Timnas Indonesia U-22, Luthfi Kamal, melepas dahaga usai latihan di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Kamis (24/1). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF U-22. (Bola.com/Yoppy Renato)

Pergerakan luar biasa lini tengah Timnas Indonesia U-22 merupakan hasil kreasi dari pemain yang satu ini. Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, pemain yang mampu menjaga keseimbangan bertahan dan menyerang Tim Garuda Muda.

Luthfi merupakan orang pertama yang akan menghalau serangan-serangan Vietnam sebelum pemain lawan merangsek masuk ke lini pertahanan Timnas Indonesia U-22. Kemampuannya untuk membantu lini pertahanan tak perlu diragukan lagi.

Luthfi juga kerap menjadi penyokong serangan Tim Garuda Muda dengan berbagai cara. Umpan terobosan dari tengah lapangan ke kedua sisi sayap maupun ke jantung pertahanan lawan merupakan satu dari beberapa keahliannya.

Kemampuan set-piece, baik dari sepak pojok maupun dari tendangan bebas kerap menjadi awal dari terciptanya peluang-peluang yang didapatkan oleh Timnas Indonesia U-22.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kecelakaan Pesawat di Mansfield Tewaskan Pilot dan Siswanya

Posted: 23 Feb 2019 07:45 PM PST

Sebuah pesawat kecil menabrak tanah di Bandara Kota Mansfield, Massachusetts, AS, Sabtu (23/2). Korban tewas kecelakaan merupakan seorang pilot instruktur dan siswanya. (Jared Higginbotham/WBZ-TV, Boston via AP)

Sebuah pesawat kecil menabrak tanah di Bandara Kota Mansfield, Massachusetts, AS, Sabtu (23/2). Korban tewas kecelakaan merupakan seorang pilot instruktur dan siswanya. (Jared Higginbotham/WBZ-TV, Boston via AP)

Sebuah pesawat kecil menabrak tanah di Bandara Kota Mansfield, Massachusetts, AS, Sabtu (23/2). Belum diketahui penyebab dari kecelakaan tersebut. (Jared Higginbotham/WBZ-TV, Boston via AP)

Sebuah pesawat kecil menabrak tanah di Bandara Kota Mansfield, Massachusetts, AS, Sabtu (23/2). Belum diketahui penyebab dari kecelakaan tersebut. (Jared Higginbotham/WBZ-TV, Boston via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri PUPR Resmikan 3 Rusun untuk Santri dan Mahasiswa Pekalongan

Posted: 23 Feb 2019 07:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah meresmikan tiga Rumah Susun (Rusun) di Pekalongan, Jawa Tengah, yang dipusatkan di Universitas Pekalongan (Unikal).

Sebanyak dua unit yang diresmikan merupakan Rusun Santri Pondok Pesantren (Ponpes), yakni Rusun Ponpes Yayasan Madrasah Islamiyah (YMI) dan Ponpes Modern Gondang di Kabupaten Pekalongan, sedangkan satu rusun lainnya adalah Rusun Mahasiswa Universitas Pekalongan (Unikal).

Dalam acara peresmian pada Sabtu (23/2/2019) kemarin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berpesan agar Rusun yang dibangun dengan APBN tersebut bisa dirawat dengan baik oleh para penghuninya.

"Saya ucapkan selamat memanfaatkan Rusun kepada Unikal, Ponpes Modern Gondang dan Ponpes Yayasan Madrasah Islamiyah (YMI). Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung agar mahasiswa lebih berprestasi," kata Menteri Basuki.

Dia juga mengatakan, selain untuk santri dan mahasiswa, rusun yang dibangun itu pun ditujukan bagi para pekerja, MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), TNI/Polri. Adapun salah dua Rusun Ponpes yang diresmikan dibangun pada 2018 oleh kontraktor PT Aya Sophia Primatama.

Rusun Ponpes YMI memiliki 3 lantai dengan tipe kamar barak sebanyak 12 unit. Rincian biayanya berasal dari APBN sebesar Rp 7,5 miliar. Sedangkan Rusun Ponpes Modern Gondang memiliki 2 lantai dengan kamar barak 8 unit. Biaya pembangunannya sebesar Rp 4,9 miliar.

Untuk Rusun Mahasiswa Universitas Pekalongan, dilaksanakan pada tahun anggaran 2018 dengan biaya pembangunan sebesar Rp 14,8 miliar. Rusun tersebut terdiri dari 1 Tower Blok (TB) 4 Lantai dengan tipe 24 berjumlah 50 unit dengan kapasitas 196 mahasiswa.

Ketiga rusun yang diresmikan tersebut telah dilengkapi fasilitas dasar yakni jaringan air bersih, sanitasi dan listrik. Selain itu, setiap kamar juga telah dilengkapi dengan meubelair, seperti lemari, meja, kursi, dan tempat tidur di masing-masing kamarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Alasan Johann Zarco Tolak Honda dan Terima Pinangan KTM

Posted: 23 Feb 2019 07:35 PM PST

Liputan6.com, Paris - Johann Zarco mengaku dirinya bakal mudah tampil kompetitif andai benar-benar membela Repsol Honda, namun yakin bahwa membela Red Bull KTM Factory Racing merupakan tugas yang lebih menantang untuk MotoGP 2019. Hal ini dinyatakan Zarco dalam wawancaranya dengan Tutto Motori.

Zarco memang sempat santer dikabarkan bakal menjadi tandem Marc Marquez, namun ia yakin Marquez akan terus menjadi rider nomor satu Repsol Honda di MotoGP. Di lain sisi, KTM sangat menginginkannya, dan berjanji memberinya segala perangkat terbaik baginya untuk merebut gelar dunia.

"Saya bisa katakan KTM lah yang lebih menginginkan saya. Meski pada suatu titik saya bisa membela Honda, sejatinya tak ada tawaran nyata, dan saya harus ambil keputusan. Saya percaya pada tantangan baru ini. Jelas dengan Honda bakal lebih mudah bertarung di depan, tapi inilah keputusan saya dan saya menyukainya," ujarnya.

Sebelum santer dikabarkan ke Honda dan KTM, Zarco juga sempat terang-terangan mengincar salah satu kursi di tim pabrikan Yamaha. Sayang, keinginannya tak terwujud karena Yamaha memilih mempertahankan Valentino Rossi dan Maverick Vinales untuk MotoGP 2019. Keputusan ini ternyata menyulut amarah eks manajer Zarco kala itu, Laurent Fellon, yang menuduh Rossi sengaja memblokir langkah Zarco ke tim pabrikan.

Meski begitu, Zarco membantah bahwa ia sepemikiran dengan Fellon soal hal ini. "Saya tak punya apa-apa untuk dikatakan. Ini hanyalah kata-kata yang beredar di dalam paddock. Meski saya kerap berpikiran sama dengan mantan manajer saja, saya tak sungguh-sungguh sepakat dengan pernyataannya yang satu ini," ungkapnya.

 

Jalan Panjang

Johann Zarco memulai petualangan baru dengan KTM di MotoGP (FRANCK FIFE / AFP)

Bersama KTM, Zarco memang masih punya jalan panjang untuk ditempuh, mengingat motor RC16 masih ada dalam tahap pengembangan. Meski begitu, juara dunia Moto2 2015-2016 ini mengaku akan bersabar demi meraih gelar ketiganya di masa depan.

"Saya harap bisa meraih gelar sesegera mungkin dengan KTM. Saya rasa 'mission: impossible' melakukannya pada tahun pertama, karena masih ada banyak hal yang harus diperbaiki. Pada tahun kedua, barulah kita lihat apakah kami bisa masuk lima besar. Bila progresnya terus begini, saya bakal senang bertahan pada 2021-2022 dan mengejar gelar," tuturnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Balikkan Agregat Lawan Atletico, Juventus Harus Sempurna

Posted: 23 Feb 2019 07:30 PM PST

Liputan6.com, Turin - Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, menilai timnya harus tampil sempurna untuk membalikkan keadaan melawan Atletico Madrid di Liga Champions.

Juventus tumbang 0-2 di tangan Atletico pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Wanda Metropolitano. Untuk bisa lolos, Bianconeri harus menang dengan selisih tiga gol pada leg kedua, bulan depan.

Sebelum laga itu, Juventus harus melakoni tiga laga Serie A melawan Bologna, Napoli dan Udinese. "Kami memiliki 20 hari untuk mempersiapkan tantangan besar melawan Atletico," kata Allegri di Soccerway.

"Itu pasti akan menjadi malam yang menyenangkan. Saya tidak tahu apakah kami akan berhasil atau tidak, kita akan lihat pada 12 Maret, tetapi kami harus melakukan segalanya untuk memastikan kami dalam kondisi terbaik selama tiga pertandingan Serie A berikutnya."

 

 

Tantangan Besar

(AP Photo/Manu Fernandez)

Menurut Allegri, misi membalilkan agregat dua gol adalah tantangan besar bagi timnya.

"Itu tidak akan mudah pada 12 Maret, karena kami bermain melawan tim yang telah menang banyak dalam sembilan tahun terakhir. Jadi, 12 Maret, yang merupakan tantangan, kami harus berusaha sekuat tenaga untuk membalikkan keadaan."

Tetap Optimistis

Allegri mengaku tetap percaya diri dengan peluang Bianconeri lolos ke perempat final. 

"Satu-satunya kepastian yang saya miliki adalah bahwa kami akan siap pada 12 Maret. Saya pikir kami memiliki peluang bagus untuk lolos. Kami harus mengubah apa yang terjadi di Madrid menjadi peluang untuk melakukan sesuatu yang luar biasa," Allegri menambahkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puji Antusiasme Penggemar Indonesia, Mamamoo: Mantul

Posted: 23 Feb 2019 07:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mamamoo menggelar fan meeting perdananya di Indonesia pada hari ini, Sabtu (23/2/2019). Acara yang diselenggarakan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat ini, dibuka tepat pukul delapan malam, sesuai dengan yang dijadwalkan.

Pada awal fan meeting bertajuk "Hello Moomoo 2019 Mamamoo Asia Fan Meeting in Jakarta", kuartet ini tampil dengan kostum serba putih. Di fan meeting yang dipromotori Wowstar Entertainment bersama Boart Indonesia ini, Mamamoo langsung menggebrak dengan single "Egotistic".

Dalam lagu bernuansa Amerika Latin ini, Mamamoo yang terdiri dari Solar, Wheein, Moonbyul, menunjukkan kualitas vokalnya secara live. Moomoo, sebutan bagi para penggemar Mamamoo.

Fan meeting langsung dilanjutkan dengan lagu mid tempo bertajuk "Wind Flower".

Cedera

Mamamoo menggelar fan meeting perdananya di Indonesia pada Sabtu (23/2/2019) di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat. (Ratnaning Asih)

Dalam fan meeting kali ini, Wheein melakukannya dengan duduk di atas kursi. Meski begitu, ia masih mengikuti koreografi dengan tangan dan badannya.

Pada akhir tahun lalu, Wheein memang mengalami cedera pada pergelangan kaki. Meski begitu, hal ini tak mengurangi antusias penggemar.

Solar mengaku begitu bahagia melihat sambutan hangat dari Moomoo.

"Ini pertama kali ketemu Moomoo Jakarta dan saya senang sekali karena antusiasnya tinggi sekali."

Mantul

Mamamoo menggelar fan meeting perdananya di Indonesia pada Sabtu (23/2/2019) di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat. (Ratnaning Asih)

Antusiasme para penggemar tetap tinggi setelah kuartet ini menyanyikan lagu selanjutnya, "No More Drama".

Mamamoo lantas bereaksi dengan mengucapkan satu "bahasa gaul" di Tanah Air.

"Mantul," kata para anggota Mamamoo, memuji antusiasme para penggemar.

Tak hanya sekali, ternyata para anggota Mamamoo ketagihan mengucapkan kata yang berarti 'mantap betul' tersebut. Keempatnya menggunakan kata ini saat games atau kala bereaksi melihat penampilan rekannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puisi Neno Warisman, Ma'ruf Amin: Kok Pilpres Jadi Seperti Perang Badar?

Posted: 23 Feb 2019 07:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyesalkan perkataan Neno Warisman dalam acara Munajat 212 di Monas, Jakarta. Dia menilai puisi doa Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga itu berlebihan, karena mengaitkan antara pilpres dan perang badar.

"Pertama kok pilpres kok jadi kayak perang badar. Perang badar itu kan perang habis-habisan. Hidup mati. Kita kan hanya memilih pemimpin," kata Ma'ruf di Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (23/2).

Ma'ruf juga mengatakan perkataan Neno Warisman kurang tepat mengaitkannya dan Jokowi sebagai orang kafir.

"Masa Pak Jokowi dengan saya dianggap orang kafir. Itu sudah tidak tepat. Menyayangkanlah. Kita kan pilres bukan perang badar," kata Ma'ruf.

 

Orasi Berkedok Politik

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding menilai, apa yang diucapkan Neno Warisman dalam acara Munajat 212 di Monas pada Kamis 21 Februari 2019, tidak pantas disebut sebagai doa. Melainkan orasi politik pragmatis berkedok agama.

"Pilihan diksi dalam ucapannya tampak sekali dibuat untuk menggiring opini publik. Seolah-olah hanya merekalah kelompok yang menyembah Allah. Sedangkan kelompok lain yang berseberangan bukan penyembah Allah," ujar Karding melalui keterangan tertulis, Sabtu (23/2/2019).

Dia mempertanyakan dari mana Neno Warisman bisa mengambil kesimpulan seperti diungkapkan dalam doa tersebut.

"Apa ukurannya sampai bisa mengatakan jika pihaknya kalah maka tak akan ada lagi yang menyembah Allah?" ujarnya.

Dia menegakasn, kasus doa Neno Warisman adalah contoh gamblang bagaimana agama dijadikan kedok untuk tujuan politik. Ia menafikan kenyataan bahwa Pak Jokowi-Maruf didukung oleh begitu banyak kiai, santri pondok pesantren, dan umat Islam.

"Apa Neno merasa cuma dia dan kelompoknya yang menjalankan ibadah? Menjadikan Tuhan untuk tujuan politik seraya menggiring opini seolah lawan politiknya tidak menyembah Tuhan jelas hal mengggelikan," sambungnya.

Sebelumnya, beredar video saat Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Neno Warisman, membacakan 'Puisi Munajat 212'. Potongan video saat Neno membacakan puisi itu ramai dibagikan di media sosial.

Berikut ini isi potongan puisi dari video yang beredar:

Jangan, jangan Engkau tinggalkan kami

dan menangkan kami

Karena jika Engkau tidak menangkan

Kami khawatir ya Allah

Kami khawatir ya Allah

Tak ada lagi yang menyembah-Mu

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kartu Tani Bakal Jadi Syarat untuk Mendapatkan Pupuk Bersubsidi

Posted: 23 Feb 2019 07:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian (Kementan) mensyaratkan petani memiliki Kartu Tani untuk mendapatkan pupuk subsidi dan bantuan pemerintah lainnya. Karena itu, Kementan mendorong daerah untuk segera menyelesaikan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) karena RDKK jadi database pangkalan data Kartu Tani dan pembagian pupuk bersubsidi.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhy, mengatakan bahwa dengan kartu tani, program pupuk bersubsidi dapat diterima petani kecil yang selama ini kesulitan mendapatkan pasokan.

"Dengan kartu tani, pemerintah bisa mengetahui dengan tepat data petani yang membutuhkan pupuk dan jumlah pupuk yang dibutuhkan. Oleh karena itu, distribusi pupuk subsidi akan lebih tepat sasaran dan efisien," ujarnya, Sabtu (23/2/2019).

Sistem RDKK pun terus ditingkatkan agar pemerintah dapat mengukur secara tepat jumlah petani dan jumlah pupuk yang dibutuhkan.

"Perbaikan sistem dan validasi e-RDKK terus dilakukan untuk penyaluran pupuk bersubsidi sehingga nantinya pupuk bersubsidi bisa lebih tepat sasaran sekaligus sinkron dengan database yang akan digunakan sebagai Kartu Tani," ucap Sarwo.

Sistem tersebut sudah diterapkan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hortikultura Kabupaten Cianjur mencatat ada 80.000 petani di wilayahnya yang sudah memiliki Kartu Tani. Kasi Penyuluhan Dinas Pertanian, Deni Dadan Susila Putra, mengatakan bahwa penyuluhan dan pendataan terkait Kartu Tani sudah dilakukan sejak dua tahun lalu sesuai dengan program pemerintah pusat.

"Nantinya, kartu tani itu dapat digunakan oleh petani untuk membeli pupuk bersubsidi di kios resmi yang sudah ditentukan. Selain itu, juga dapat digunakan untuk meminjam modal di salah satu bank milik pemerintah," kata dia.

Dani menjelaskan, Kartu Tani akan berisi kuota sesuai dengan kebutuhan petani. Jumlah kuota tergantung dari luas lahan yang dimiliki setiap petani. Namun, kartu tersebut tidak dapat diuangkan.

"Kartu Tani ini merupakan program dari pusat, kita hanya sebagai fasilitator. Mudah-mudahan dapat terealisasi tahun ini, nantinya akan disalurkan secara bertahap," ujarnya.

Bagi petani yang belum memiliki Kartu Tani, imbuh Dani, nantinya tidak diperbolehkan untuk membeli pupuk subsidi. Namun, kalau tidak memiliki Kartu Tani tetapi sudah terdata di RDKK, boleh membeli pupuk bersubsidi.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solari: Real Madrid Akan Habis-habisan di La Liga

Posted: 23 Feb 2019 07:15 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Pelatih Real Madrid, Santiago Solari, menegaskan timnya akan berjuang di La Liga sampai titik darah penghabisan. Bagi Solari, tak ada yang mustahil dalam sepak bola.

Real Madrid saat ini berada di posisi tiga klasemen La Liga. Los Blancos tertinggal 12 poin dari Barcelona di singgasana.

Meski jauh, namun Solari belum menyerah. Ia memastikan Real Madrid akan berjuang habis-habisan untuk menyalip Lionel Messi dan kawan-kawan.

"Setiap pertandingan dimainkan dengan komitmen maksimal. Komitmen kami adalah berjuang untuk liga hingga akhir musim," kata Solari di Soccerway.

"Kami ingin memangkas poin dan itu adalah tujuan kami. Kami belum melakukannya pekan lalu dan kami harus memangkas lagi. Kami juga harus memiliki ketegangan yang diperlukan untuk menghadapi pertandingan berikutnya melawan Levante."

 

 

Lawan Levante

 (AFP/Filippo Monteforte)

Madrid akan tandang ke Levante, Senin (25/2/2019) dini hari WIB. Bagi Solari, fatal jika timnya menganggap remeh tuan rumah.

"Levante adalah tim yang sangat cepat, kami harus pergi ke sana sejak menit pertama untuk memainkan permainan kami. Kami harus memberi tekanan dan bermain agresif. Para pemain adalah orang yang masuk dan menentukan pertandingan, kami ingin lebih dekat dengan gol dan menang, tetapi kami harus berjuang," Solari menambahkan.

Sering Menyulitkan

Levante sendiri memang sering menyulitkan Madrid. Dalam tiga laga terakhir, mereka bahkan memetik satu kemenangan dan dua kali seri saat melawan Los Blancos.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: