Rabu, 06 Februari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Intip Gaya Keren Joo Ji Hoon Saat Pemotretan di Bali

Posted: 06 Feb 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Denpasar - Joo Ji Hoon menambah panjang daftar seleb K-Pop yang menjalani pemotretan di Bali. Pada Januari lalu, aktor 36 tahun ini ini terbang ke Bali untuk menjalani pemotretan sebuah majalah. Kehadirannya pun sempat disambut para penggemar di bandara Ngurah Rai. 

Joo Ji Hoon sendiri tak pelit dalam masalah berbagi aktivitas dengan para penggemarnya. Lewat akun Instagram resminya, aktor yang juga pernah menjadi model ini mengunggah sejumlah foto di balik layar saat ia menjalani pemotretan di Bali.

 

Joo Ji Hoon membagikan beragam foto. Mulai dari foto close up hingga cuplikan saat ia beraksi di depan kamera. 

Di salah satu foto, ia tampak sedang berjalan di antara kano-kano yang dijajarkan di pantai. Tampak beberapa orang di belakang Joo Ji Hoon, yang tampaknya tak sadar ikut terpotret bersama seorang aktor populer Korea Selatan.

 

 

Pantai hingga Sofa

Joo Ji Hoon (Instagram/ _jujihoon)

Joo Ji Hoon juga mengunggah fotonya yang memakai kemeja putih bermotif. Di foto pertama, tampak ia duduk berpose di sofa dengan memakai cardigan warna biru aquamarine. Di depannya berjejer makanan khas Nusantara. Entah untuk dimakan atau hanya sekadar properti.

Masih memakai kemeja yang sama, bintang Princess Hours ini juga berpose dengan menghadap ke arah pantai dan langit.

Sibuk Akting

Joo Ji Hoon (Instagram/ _jujihoon)

Joo Ji Hoon sendiri kini tengah disibukkan dengan sejumlah proyek akting. Setelah serial Kingdom yang diproduksi oleh Netflix, selanjutnya ia akan tampil dalam drama Item (Kapanlagi.com/ Rahmi Safitri)

Joo Ji Hoon (Instagram/ _jujihoon)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Kecelakaan Pesawat Emiliano Sala Masih Belum Jelas

Posted: 06 Feb 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Nantes - Penyebab kecelakaan pesawat yang ditumpangi pemain baru Cardiff City, Emiliano Sala, belum bisa dipastikan. Sejumlah analisa penyebab kecelakaan itu muncul ke permukaan.

Kejadian bermula ketika Emiliano Sala dalam perjalanan menggunakan pesawat kecil bermesin satu dari Nantes ke Cardiff City. Sala dibeli Cardiff seharga 15 juta pound sterling.

Namun, pesawat yang ditumpangi oleh pemain asal Argentina itu secara mendadak hilang dari radar. Pencarian yang dilakukan oleh pihak berwajib tidak menemui hasil.

Pihak keluarga Sala lalu melakukan penggalangan dana melalui GoFundMe untuk menyewa jasa swasta. Sejumlah pesepak bola dunia ikut menyumbang untuk pencarian Emiliano Sala.

Dua minggu pencarian pun menemui hasil, bangkai pesawat yang ditumpangi oleh sang pemain ditemukan di dasar laut dekat kompleks kepulauan Inggris.

Laporan terakhir pencarian menyebutkan bahwa terdapat tubuh di dalam rongsokan pesawat yang ditumpangi oleh pemain asal Argentina itu. Saat ini, proses pengangkatan tubuh tersebut sedang dijalankan oleh tim pencari yang dipimpin oleh ahli kelautan, David Mearns.

Akan tetapi, kondisi cuaca yang tidak memungkinkan membuat proses pengangkatan bergerak lambat. Oleh karena itu, mereka pun tak bisa memberikan konfirmasi lebih lanjut mengenai kejelasan tubuh yang berada di dalam bangkai pesawat itu.

"Kondisi ombak yang kencang membuat kami hanya bisa menggunakan remotely operated vehicle (ROV) dalam waktu yang terbatas setiap harinya, dan ini menyebabkan proses berjalan lambat," terang Air Accidents Investigation Branch (AAIB) dikutip dari Goal.

 

Hasil Pencarian

Ekspresi pendukung FC Nantes yang larut dalam kedukaan. Hal tersebut terjadi setelah mendengar kabar mantan bintang mereka, Emiliano Sala tewas karena pesawat yang ditumpanginya hilang dari kontak. (AFP/Loic Venance)

"Selain dari hasil pencarian, kami tidak akan membuat pernyataan lebih lanjut hingga keluarga mendapat pemberitahuan," demikian pernyataan itu.

Mengapa pesawat tersebut bisa terjatuh? Pertanyaan sederhana itu menguak dalam beberapa pekan terakhir sebagai respon dari insiden menyedihkan itu. Komandan Jorge Polanco mencoba memaparkan analisisnya kepada TyC Sports.

"Saya sangat terkejut bahwa mereka melakukan operasi penerbangan ini pada malam hari, dengan musim dingin Eropa pada saat ini. Ini seperti terbang di Antartika pada musim dingin dengan pesawat berukuran seperti ini, yang bisa membuat lapisan es di sayap pesawat, lalu menghentikan mesin dan saya pikir suatu seperti itu telah terjadi," paparnya.

Situasi Sulit

Opini tersebut berseberangan dengan pernyataan dari otoritas penerbangan sipil, Richard Taylor. Ia mengungkapkan bahwa pesawat yang ditumpangi oleh Emiliano Sala diperbolehkan dan bisa terbang pada malam hari di situasi yang sulit.

"Tak ada yang bisa menghalani pesawat single engine terbang secara komersil pada malam hari. Mereka dibatasi pada siang hari dalam bentuk operasi komersil hingga beberapa tahun lalu untuk pesawat bertenaga turbin," ujar Taylor seperti yang dikutip dari Wales Online.

"Sekarang mereka bisa terbang pada malam hari dan dalam situasi yang sulit. Tapi sekarang, kami tak tahu mesin apa yang digunakan oleh pesawat itu," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didakwa Kasus 'Idiot', Ahmad Dhani Ajukan Nota Keberatan

Posted: 06 Feb 2019 10:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Terdakwa pencemaran nama baik, ujaran kebencian Idiot, Ahmad Dhani Prasetyo menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan di ruang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (7/2/2019).

Suami Mulan Jameela itu hanya menjalani sidang selama 20 menit. Politikus Partai Gerindra itu ruang sidang sekitar pukul 09.20 WIB hingga 09.40 WIB. Ahmad Dhani didakwah melanggar Pasal 27 ayat 3 UU ITE tahun 2016 tentang pencemaran nama baik.

Dakwaan itu dibacakan atas kasus ujaran kebencian 'idiot' yang dilakukan Ahmad Dhani pada saat acara deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya beberapa waktu lalu, tepatnya saat ia terhadang sejumlah massa di dalam Hotel Majapahit.

Usai pembacaan dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum Deddy Arisandi, kuasa hukum Ahmad Dhani keberatan.

"Kami dari pihak kuasa hukum merasa keberatan dan akan mengajukan eksepsi (nota keberatan)," ucap Kemal Sahab Kuasa Hukum Dhani pada Ketua Majelis Anton Widyopriyono.

Dari nota keberatan yang disampaikan kuasa hukum Dhani, Ketua Majelis Hakim Anton Widyopriyono menyampaikan eksepsi akan dibacakan pekan depan.

"Sidang akan dilanjutkan Selasa (12/2/2019) pekan depan dengan agenda pembacaan nota keberatan," kata Anton sambil mengetok palu tiga kali tanda berakhirnya persidangan.

 

Tempati Rutan Medaeng

Terdakwa Ahmad Dhani memberi salam kepada wartawan usai menjalani sidang lanjutan atas kasus ujaran kebencian di PN Jakarta Selatan, Senin (28/1). Hakim menuntut Ahmad Dhani dengan pidana penjara 1 tahun 6 bulan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Usai menjalani sidang kilat tersebut, Hakim Ketua Anton Widyopriyono mengatakan bahwa pemindahan penahanan Ahmad Dhani dari Rutan Cipinang menuju Rutan Klas 1 Medaeng langsung dilakukan usai sidang selesai.

"Pemindahan sementara penahanan di Medaeng. Status penahanan kewenangan Pengadilan Negeri Jakarta. Kami tidak menahan," tutur Anton.

Selanjutnya, terdengar teriakan Allahuakbar yang diucapkan berkali-kali oleh puluhan pendukung Ahmad Dhani. Teriakan Allahuakbar dipekik saat Ahmad Dhani dibawa ke mobil tahanan milik Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati Jatim).

"Allahuakbar! Allahuakbar! Allahuakbar!," teriak pendukung Ahmad Dhani.

Ahmad Dhani resmi ditetapkan menjadi tersangka oleh Polda Jawa Timur. Penetapan tesangka itu terkait dengan ujaran idiot yang dilontarkan istri Mulan Jameela itu kepada warga Jawa Timur yang menolaknya dalam kampanye #2019GantiPresiden.

Dalam kasus ini, musisi asal Kota Surabaya ini dijerat Pasal 28 Ayat (2) Jo 45A ayat (2) dan atau 27 Ayat (3) serta Pasal 45 ayat (3) Undang undang Nomor 19 Tahun 2016 UU ITE dengan ancaman hukuman minimum enam tahun penjara.

Sebelumnya, terdakwa ujaran kebencian, Ahmad Dhani Prasetyo mengenakan baju hitam bertuliskan Tahanan Politik dengan blangkon hitam memasuki ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, sekitar pukul 09.20 WIB, Kamis (7/2/2019).

Saat ditanya mengenai persiapan jelang sidang perdana pencemaran nama baik, ujaran kebencian idiot, Ahmad Dhani hanya mengumbar senyuman. "Nanti saja mas, ramai - ramai," ucap Dhani.

Terdakwa ujaran kebencian, Ahmad Dhani Prasetyo sudah tiba di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya sekitar pukul 06.29 WIB. Politikus Partai Gerindra tersebut diagendakan menjalani persidangan ujaran kebencian idiot pada pukul 10.00 di Ruang Cakra.

Suami Mulan Jameela itu tiba di Bandara Juanda Surabaya sekitar pukul 05.47, selanjutnya dibawa ke PN Surabaya menggunakan mobil tahanan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Sampai di PN Surabaya sekitar pukul 06.29 dengan dikawal petugas dari kejaksaan.

Musisi asal Surabaya tersebut tidak mengenakan rompi tahanan. Seperti biasa, Dhani hanya mengenakan blangkon dan kaos oblong dengan setelan celana jeans warna hitam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Romantis Jihan Fahira dan Primus Yustisio Saat Menunggu Kereta

Posted: 06 Feb 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejak menikah pada 17 September 2004, tak pernah terdengar gosip tak sedap dari pasangan Jihan Fahira dan Primus Yustisio. Rumah tangga mereka terkesan adem ayem dan semakin lengkap setelah kelahiran empat anak mereka.

Pasangan yang sama-sama mengawali karir sebagai model dan bintang sinetron ini belakangan menyibukkan diri dengan kajian keagamaan. Penampilan Jihan dan Primus bahkan kini jauh berbeda dibandingkan saat masih aktif di layar kaca.

Meski begitu, mereka tetap tak segan menampilkan keromantisan. Salah satunya terlihat dalam unggahan Jihan melalui akun Instragram @trujf.

Dalam tiga potret berbeda, Jihan dan Primus terlihat menunggu KRL. Dari layout stasiun, mereka sepertinya berada di kawasan Bintaro.

Salah satu potret menunjukkan bagaimana pasangan itu masih menjaga keromantisan, yakni saat keduanya menaiki tangga sambil bergandengan tangan. Jihan yang mengenakan gamis dengan khimar warna lavender mengikuti langkah suaminya yang saat itu mengenakan kemeja biru dan celana joger.

Dalam potret itu, ia mengungkapkan saat naik KRL yang tak berjalan sesuai rencana. "Grasak grusuk dr subuh tetep aja kretanya jam 9. untung aja stasion cm 3 mnt dr rmh," tulisnya, Kamis (7/2/2019).

Kedekatan Jihan dan Primus terus bertahan saat mereka duduk berdampingan menunggu kereta. Ibu dari Lana Devina Yustisio itu bahkan mengajak sang suami berpose selfie sambil menanti KRL datang.

Lewat sarung ponsel Jihan diketahui bila Primus kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR. Ia mendapat nomor urut 1 di partai pimpinan Zulkifli Hasan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sektor Jasa Masih Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Posted: 06 Feb 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2018 mencapai 5,17 persen. Angka ini menjadi salah satu capaian tertinggi pertumbuhan ekonomi Indonesia sejak 2014.

Ekonom Faisal Basri menyebutkan, penopang utama pertumbuhan ekonomi 2018 masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yakni sektor jasa atau sektor non-tradable. Menurutnya, dari 14 sektor jasa, 11 di antaranya tumbuh di atas pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB).

"Sebaliknya, ketiga sektor penghasil barang (tradable) tumbuh lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi," kata Faisal seperti dikutip dari laman resminya, Kamis (7/2/2019).

Faisal mengatakan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan konsumsi rumah tangga juga meningkat cukup signifikan dari 4,94 persen pada 2017 menjadi 5,05 persen pada 2018. Faktor ini juga menjadi kunci pertumbuhan PDB bisa lebih tinggi dari tahun lalu, mengingat sumbangan konsumsi rumah tangga lebih dari separuh PDB.

Penyumbang terbesar kedua adalah pertumbuhan investasi fisik atau pembentukan modal tetap bruto. Komponen ini diperkirakan mampu menyumbang 32,29 persen dalam PDB, juga mengalami peningkatan pertumbuhan, dari 6,15 persen pada 2017 menjadi 6,67 persen pada 2018.

"Komponen yang mengerek pertumbuhan ke bawah adalah pertumbuhan impor yang melonjak dan sebaliknya pertumbuhan ekspor merosot," katanya.

Faisal menambahkan, sektor industri manufaktur masih menjadi penyumbang terbesar bagi PDB. Oleh sebab itu, utuk mengerek pertumbuhan ekonomi ke depan pemerintah harus lebih mengoptimalkan sektor ini. Sebab. secara trennya sektor industri manufaktur terus melanjutkan penurunan perannya, dari 20,52 persen pada 2016 menjadi 20,16 persen pada 2017 dan turun lagi ke aras di bawah 20 persen tahun 2018.

"Tiada pilihan lain kecuali mengakselerasikan industri manufaktur untuk membuat pertumbuhan ekonomi lebih berkualitas," pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

BPS: Ekonomi RI Tumbuh 5,17 Persen pada 2018

Pekerja tengah mengerjakan proyek pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Sabtu (15/12). Pemerintah menargetkan angka proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun 2019 sebesar 5,3 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal IV-2018 sebesar 5,18 persen secara year on year (yoy). Angka ini naik tipis jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2018 yang hanya 5,17 persen.

Kepala BPS, Suhariyanto, menyampaikan secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi dari kuartal I-IV 2018 mencapai 5,17 persen. Namun, secara kuartal ke kuartal, pertumbuhan ekonomi Indonesia menurun sebesar 1,69 persen.

"Ekonomi indonesia tumbuh 5,18 persen kalau dibandingkan kuartal IV-2017. Jadi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2018 5,18 persen dibandingkan kuartal III-2018 kuartal ke kuartal (q to q) minus 1,69 persen," ujar Kepala BPS Suhariyanto di kantornya, Rabu (6/2/2019).

Suhariyanto menjelaskan, laju pertumbuhan kuartal IV-2018 ini juga lebih rendah dibandingkan periode yang sama pada 2017 sebesar 5,19 persen. Namun, pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2018 sebesar 5,17 persen jauh lebih baik sejak 2014. 

"Dengan pertumbuhan ekonomi indonesia 5,18 persen maka sepanjang 2018 sebesar 5,17 persen. Ini tren yang bagus sekali terbaik sejak tahun 2014 ke depan banyak kebijakan ekonomi Indonesia lebih bagus di tengah ekonomi global tidak tentu arahnya," tutur dia.

Berdasarkan data BPS, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2014 hanya mencapai 5,01 persen. Kemudian, untuk 2015 menurun menjadi 4,88 persen. Di 2016 menunjukan kenaikan kembali sebesar 5,03 persen, dan pada 2017 mencapai sebesar 5,07 persen.

"Saya akan bilang 5,17 sepanjang 2018 capaian yang cukup menggembirakan," ujar dia.

Sebelumnya, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir prediksi, pertumbuhan ekonomi pada 2018 capai 5,2 persen.

"Karena 3 triwulan tahun 2018 saja sudah 5,17 persen. Dengan perkiraan pertumbuhan triwulan IV sebesar 5,2 persen maka pertumbuhan 2018 mendekati kisaran 5,2 persen," ujar Iskandar melalui pesan singkat, Jakarta, Senin 4 Februari 2019.

Iskandar mengatakan, faktor pendukung pertumbuhan ekonomi sepanjang 2018 adalah konsumsi dan investasi. Sementara itu ekspor belum terlalu menggeliat disebabkan oleh perlambatan yang terjadi selama beberapa bulan.

"Kalau ekspor mesti di nett kan dengan impor yang hasilnya mendekati 0. Jadi kalaupun ekspor melambat tapi nett nya hampir 0. Dengan melihat perkembangan tersebut dan pertumbuhan konsumsi 5,1 persen akibat pilpres dan pileg," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal PS Keluarga USU Vs Sriwijaya FC, Laskar Wong Kito di Atas Awan

Posted: 06 Feb 2019 10:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pada leg pertama Piala Indonesia 2019 antara PS Keluarga USU vs Sriwijaya FC. Laskar Wong Kito sukses meraih hasil positif dan menang telak dengan skor 6-2 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Rabu (30/1/2019).

Laga Leg kedua babak 32 besar Piala Indonesia kembali berlanjut. Pertandingan PS Keluarga USU vs Sriwijaya FC akan dimainkan di Stadion Mini USU, Medan, Kamis (7/2/2019).

Pertandingan ini akan kembali disiarkan langsung oleh Jawapos TV dan PSSI TV pukul 15.00 WIB.

PS Keluarga USU mengejar margin gol

Berkaca pada laga sebelumnya pertandingan-pertandingan terbuka dan jual beli serangan akan kembali dipertontonkan.

Ambisi tuan rumah untuk membuat keajaiban di lagi ini mungkin akan semakin berat. Minimal tim PS Keluarga USU harus menyarangkan empat gol tanpa balas untuk berlaga di babak selanjutnya.

PS Keluarga USU kemungkinan akan memaikan skema menyerang sejak laga dimulai untuk bisa mengejar margin gol yang cukup besar.

Apalagi pada leg pertama babak 32 besar Piala Indonesia lalu gaya permainan Sriwijaya FC sudah bisa diketahui oleh tim PS Keluarga USU.

Sriwijaya FC selangkah ke 16 besar

Peluang Sriwijaya FC jelas lebih besar dibanding PS Keluarga USU untuk melaju ke babak 16 besar Piala Indonesia 2018-2019.

Sriwijaya FC hanya butuh hasil imbang berapapun skornya ataupun kalah tak lebih dari 0-3 di kandang Keluarga USU.

Pertandingan PS Keluarga USU vs Sriwijaya FC akan menarik untuk disaksikan. Sebagai peserta liga 3 vs mantan liga 1 terlihat tidak seimbang.

Di atas kertas, Sriwijaya FC selangkah lebih dulu untuk berlaga di Piala Indonesia. Untuk itu, Sriwijaya FC menargetkan kemenangan terbaik atas PS Keluarga USU untuk memuluskan langkah ke babak 16 besar piala Indonesai 2019.

Oleh karena itu, Laskar Wong Kito jangan sampai terlena apalagi misi yang di usung oleh PS Keluarga USU untuk membuat keajaiban bermain di kandangnya.

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Foto Ini Buktikan Warteg Indonesia Sumber Kelucuan

Posted: 06 Feb 2019 10:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menu makanan yang bervariasi serta murah membuat warteg menjadi salah satu tempat makan favorit bagi kebanyakan orang Indonesia. Yang membuat warteg lebih menarik lagi adalah berbagai hal menarik di dalamnya.

Kamu bisa menemukan obrolan lucu khas warteg, papan iklan yang unik, hingga serba-serbi lainnya yang cuma kamu bisa temukan di warteg.

Berikut beberapa meme kocak yang dihimpun dari berbagai sumber sebagai bukti warteg adalah salah satu tempat yang bisa mengundang tawa.

1. Ada top rangking utang, dong

Doc: Brilio.net

2. Cukup pesan, makanan datang dari lubang

Doc: Brilio.net

3. Jangan takut kelaparan di jalan, ada warteg keliling

Doc: Brilio.net

4. Biar ga ketahuan kalau lagi bokek suka makan di warteg

Doc: Brilio.net

5. Milih makanan cukup sentuh kacanya saja

Doc: Brilio.net

6. Malas keluar, bisa diantarkan juga kok

Doc: Brilio.net

Reporter: Weni Arfiyani

Sumber: Brilio.net

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maruf Amin: Jokowi Telah Berikan Landasan Kuat Pembangunan di Sumbar

Posted: 06 Feb 2019 10:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden Ma'ruf Amin menyambangi Sumatera Barat. Dalam kampanyenya di sana, ia meyakini bisa meraih kemenangan.

Sumbar merupakan jadi lumbung suara bagi Prabowo saat Pilpres 2014 lalu. Dimana, Jokowi hanya meraih 23,08 persen suara. Sedangkan, Prabowo bisa meraup suara 76,92 persen.

Menurut Ma'ruf Amin, masyarakat Sumbar dinilai sudah dapat melihat perubahan di daerahnya selama pemerintahan Jokowi. Dia menyebut Jokowi telah sukses memberikan pondasi pembangunan.

"Banyak mulai berubah. Kalangan masyarakat, pemerintahan mulai bisa memahami bahwa Pak Jokowi sebenarnya telah berhasil memberikan landasan pembangunan yang kuat untuk ke depan. Tinggal lagi nanti, bagaimana memperbesar," ucap Ma'ruf saat tiba di Bandar Udara Internasional Minangkabau (BIM), Padang Pariaman, Sumbar, Kamis (7/2/2019).

Selain itu, masyarakat juga perlahan-lahan mengetahui kebenaran isu miring yang dialamatkan kepada Jokowi. Informasi tak benar itu dinilai sudah mulai diketahui rakyat.

"Kedua, isu-isu miring masyarakat sudah tahu bahwa itu hoaks dan fitnah. Sedikit demi sedikit informasi ini sudah menyebar ke seluruh rakyat," uungkap Ma'ruf.

Karena itu, Ketua nonaktif Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini menegaskan, masyarakat Sumbar tidak terpengaruh lagi dengan hoaks. Ia ingin Pilpres ini berjalan lancar dan kondusif.

"Hoaks tidak begitu besar mempengaruhi lagi di Sumatera Barat," pungkasn Ma'ruf Amin.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

All New BMW X4 Resmi Meluncur, Berapa Harganya?

Posted: 06 Feb 2019 10:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - All new BMW X4 resmi diluncurkan oleh BMW Group Indonesia pada hari ini (7/2/2019). Kendaraan yang termasuk dalam kategori SAV (Sport Activity Vehicle) tersebut dibanderol Rp 1.459.000.000 berstatus off the road.

Bertempat di Museum MACAN (The Museum Of Modern and Contemporary Art in Nusantara), acara tersebut turut dihadiri oleh President Director of BMW Group Indonesia yaitu Ramesh Divyanathan, Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia yaitu Jodie O'tania, Vice President of Sales BMW Indonesia yaitu Bayu Riyanto, serta Director of Museum Macan yaitu Aaron Seeto.

Pada kesempatan tersebut, President Director BMW Group Indonesia mengatakan bahwa All-new BMW X4 hadir sebagai pelopor di segmen kendaraan premium Sports Activity Coupe ukuran menengah.

"Lebih dari 200.000 unit BMW X4 generasi pertama laris terjual secara global dalam kurun waktu hanya empat tahun. Salah satu alasan untuk popularitasnya yang luar biasa adalah sama seperti semua model BMW X sebelumnya, BMW X4 merupakan trendsetter," ujar Ramesh.

"BMW adalah pelopor yang menggabungkan perpaduan karakteristik antara fitur sebuah BMW X dengan keanggunan Coupe," sambung Ramesh.

Tampil dengan desain eksterior yang lebih sporty, X4 terbaru ini sukses menunjukkan jati dirinya sebagai BMW X yang lebih dinamis dan maskulin.

"Siluet dinamis, tampilan sporty, serta performa tangguh menjadikan all new BMW X4 sebagai pilihan ideal bagi seluruh penggemar Sports Activity Coupe di Indonesia," tambah Ramesh.

 

Selanjutnya

Untuk pasar Indonesia, mobil ini hanya hadir dengan 1 pilihan varian saja, yaitu BMW X4 xDrive30i M Sport X. Varian tersebut hadir dengan mesin berkapasitas 2.0 liter empat silinder yang mampu memuntahkan tenaga hingga 252 Tk dan torsi 350 Nm.

Tenaga tersebut akan disalurkan ke sistem penggerak all-wheel drive xDrive melalui sistem transmisi steptronic delapan percepatan. Dengan perpaduan drivetrain tersebut, all new BMW X4 mampu melesat hingga 240 km/jam.

Mobil ini dikatakan juga akan memiliki sistem suspensi M Sport dengan Vertical Dynamic Control dan Variable Sport Steering sebagai varian standarnya. Untuk mode pengendaraannya, X4 terbaru ini memiliki 3 mode berkendara yaitu ECO Pro, Comfort, dan Sport.

Bagian dalam mobil ini juga akan memiliki sentuhan sporty dengan beragam fitur serta sistem infotainment yang modern dan terkini.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Strategi Kampanye Hati ala PDIP Raup Kemenangan di Cianjur

Posted: 06 Feb 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, TB Hasanuddin mengungkap target pemenangan pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Hasanuddin mengatakan targetnya minimal 60 persen.

"Target kita di Pilpres adalah 60 persen," kata Hasanuddin dalam konsolidasi pemenangan pilpres dan pileg di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (7/2/2019).

Adapun strategi yang bakal dilakukan adalah dengan kampanye rumah ke rumah. Atau yang disebut mantan anggota Komisi I itu kampanye hati. Beriringan dengan pemenangan pilpres, PDIP juga memiliki target perolehan suara partai sebesar 30-33 persen di Cianjur.

Jika diterjemahkan dalam angka, maka 10 anggota legislatif di DPRD Kabupaten Cianjur, 2 anggota DPRD tingkat Jawa Barat dari Cianjur dan 2 anggota DPR RI mewakili Cianjur. Menurut Hasanuddin, itu hitungan realistis.

"Tentu tanpa perjuangan kita, ini semua takkan tercapai. Mari kita menangkanJokowi-KH Ma'ruf Amin," kata dia.

Ketua DPC PDI Perjuangan Cianjur Budiyono menyebut target tersebut bukan tugas mudah. Namun, pihaknya optimis untuk melakukan kampanye rumah ke rumah. Dia bakal mewajibkan kader untuk turun ke rumah-rumah.

"Kami sebut sebagai kampanye hati, antarsaudara. Dengan ini, bukan main, kita bisa bekerja dengan baik," kata Budiyono.

PDIP melakukan safari kebangsaan ketujuh di Jawa Barat, selama 7-9 Februari. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto memimpin rombongan partai bersama Wasekjen PDIP Ahmad Basarah, serta Habib Sholeh Almuhdar dari tim KH Ma'ruf Amin.

Reporter:  Ahda Bayhaqi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Banyak Bocoran, SUV Baru DFSK Mengaspal Sebelum IIMS 2019?

Posted: 06 Feb 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - DFSK Indonesia sepertinya tidak akan berdiam terlalu lama, setelah kehadiran SUV baru dari pesaing satu negaranya, Wuling Almaz. Pasalnya, pabrikan asal Cina ini, juga berencana untuk menghadirkan SUV baru, sebagai 'adik' dari Glory 580.

Sebelumnya, bocoran dari model yang diperkirakan bakal bernama DFSK Glory 560 sudah banyak beredar di dunia maya. Meskipun masih tertutup kamuflase, namun penampakan wajah depan model anyar ini sudah terlihat jelas, dengan adanya perbedaan desain grille dari Glory 580, letak logo, bumper, kap mesin, dan juga desain lampu.

Untuk desain grille, calon SUV baru DFSK ini memiliki garis besar dengan logo DFSK di bagian tengah, serta headlamp yang sudah LED dengan foglamp yang juga memiliki desain baru. Terakhir, terdapat tambahan bodi berkelir hitam, yang semakin mempertegas kesan tangguh dari SUV baru DFSK tersebut.

Lalu, kapan model baru yang siap menantang Wuling Almaz ini mengaspal di Tanah Air?

"Jadi, tahun ini DFSK berencana meluncurkan SUV baru. Semoga bisa direalisasikan di semester pertama ini untuk produk barunya," jelas Arviane D.B, PR Digital Manager & Marketing DFSK saat berbincang dengan Liputan6.com, melalu pesan elektroniknya, Kamis (7/1/2019).

Namun, wanita yang akrab disapa Ane ini belum menjelaskan secara detail, terkait kapan waktu peluncuran SUV barunya tersebut. Tapi, kemungkinan besar, SUV baru ini bakal hadir di Tanah Air sebelum gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Selanjutnya

Spesifikasi Dongfeng S560 (ist)

Untuk diketahui, SUV baru DFSK ini kemungkinan besar bakal menggunakan platform yang sama dengan Dongfeng Fengguang S560. Mobil berkapasitas tujuh penumpang ini, diluncurkan pada November 2017.

Berbicara dimensi, mobil ini bakal lebih ramping dari Glory 580, dengan panjang 4.515 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.735 mm. Fascia keduanya juga memiliki guratan yang mirip. Namun bentuk buritan dan lampu belakang sipit, seperti terinspirasi dari Range Rover Sport. Mungkin desain ini dilekatkan biar mobil punya cita rasa premium.

Fengguang S560 menawarkan dasbor yang elegan. Mirip seperti kakaknya, Glory 580. Tapi ia pakai head unit floating monitor, jok kulit, atap panoramic sunroof yang besar, dashcam, kamera 360 derajat, cruise control, dan juga VSC. Yang bikin makin keren, rem parkir pakai model elektronik. Jadi Anda tinggal menyentuh tombol saja.

Sedangkan jantung penggeraknya, mobil ini dipersenjatai dua pilihan mesin, yaittu mesin bensin, 1,5 liter turbo dan 1,8 liter naturally aspirated. Jantung mekanis turbo memberi tenaga 150 Tk dengan torsi maksimum 220 Nm. Sedangkan engine 1,8 liter menyuplai daya 139 Tk dan torsi 187 Nm. Kedua mesin, sama seperti yang dimiliki Glory 580.

Meskipun memiliki spesifikasi yang cukup keren, namun pertimbangan harga tetap penting untuk pasar Indonesia. Jika melihat harga Glory 580 paling murah Rp 245 jutaan, SUV baru ini harusnya bisa dibanderol tidak lebih dari Rp 235 jutaan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Israel Segera Aktifkan Kembali Kedubes Virtual di Kawasan Teluk

Posted: 06 Feb 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Tel Aviv - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Israel mengaktifkan kembali kedutaan virtual yang bertujuan mempromosikan dialog damai dengan negara-negara Teluk.

Pertama kali diluncurkan pada pertengahan 2013, kedutaan virtual itu telah aktif di Twitter selama kurang dari setahun, sebelum hiatus sejak 2014.

"Kami sangat senang mengumumkan peluncuran kembali situs 'Israel di Teluk' yang bertujuan untuk mempromosikan dialog damai dengan negara-negara setempat," kata kemlu Israel, Selasa 5 Februari 2019.

"Kami berharap kedutaan virtual ini akan berkontribusi untuk memperdalam pemahaman antara masyarakat Teluk dan rakyat Israel di berbagai bidang," katanya menambahkan, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Kamis (7/2/2019).

Ofir Gendelman, juru bicara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, berbicara di Twitter sebelum peluncuran terkait, mengimbau agar negara-negara Teluk berpartisipasi pada situs tersebut, "dengan tujuan untuk mempromosikan berbagai dialog yang saling menguntungkan".

Meski Israel tidak memiliki hubungan diplomatik dengan salah satu dari enam negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC), para analis mengatakan beberapa anggotanya tidak menentang normalisasi hubungan dengan Tel Aviv.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Klaim Meningkatnya Hubungan Positif

PM Israel Benjamin Netanyahu memberi sambutan saat peresmian Kedubes Guatemala di Yerusalem, Rabu (16/5). Netanyahu menyebut peresmian tersebut adalah tepat karena Guatemala menjadi negara kedua yang mengakui Israel pada 1948. (Ronen Zvulun/Pool via AP)

Pada Oktober tahun lalu, Netanyahu melakukan kunjungan kejutan ke ibu kota Oman, Muscat, menyusul undangan dari penguasa setempat, Sultan Qaboos.

Tak lama setelah kunjungan itu, Menteri Kebudayaan dan Olahraga Israel Miri Regev menghadiri turnamen judo di Abu Dhabi, di mana lagu kebangsaan Negeri Bintang David juga dimainkan.

Pejabat Israel lainnya yang baru-baru ini mengunjungi kawasan Teluk, termasuk Menteri Komunikasi Ayoub Kara, yang memberikan pidato selama konferensi telekomunikasi di Dubai pada 30 Oktober.

Sementera itu, selama setahun terakhir, PM Netanyahu diketahui sering berbicara tentang meningkatnya hubungan positif antara dunia Arab dan Israel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Angkat Bicara Soal Tuduhan Gunakan Konsultan Politik Amerika

Posted: 06 Feb 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden Joko Widodo atau Jokowi tak ingin berkomentar banyak terkait pernyataan Badan Pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang menyebut dirinya memakai jasa konsultan politik Amerika Serikat, Stanley B Greenberg. Jokowi menyebut, pernyataan tersebut hoaks atau bohong.

"Hehehe. Hoaks itu, enggak perlu dijawab," kata Jokowi usai menghadiri perayaan Imlek Nasional 2019 di Ji-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (7/2/2019).

Sebelumnya, Juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade mengaku mendapatkan informasi soal dugaan keterlibatan Stanley B Greenberg dengan Jokowi lewat website www.political-strategist.com. Dalam website itu, tertulis Stanley merupakan salah satu kontributor di lembaga The Political Strategist tersebut. Stanley dijelaskan sebagai seorang peneliti, konsultan politik dan penulis buku.

"Kami menemukan di web The Political Strategist, Stanley B Greenberg masang di bionya dia bilang konsultan Pak Jokowi," kata Andre saat dikonfirmasi, Rabu (6/2).

Kliennya beragam, mulai dari politikus, partai politik, perusahaan dan organisasi akar rumput. Stanley merupakan Pendiri Greenberg Quinlan Rosner Research, lembaga riset dan perusahaan konsultan strategi politik yang berbasis di Washington DC, Amerika Serikat.

Selain itu, web itu juga menyebut Stanley membimbing kandidat atau koorporasi terkait isu yang sedang tren perubahan iklim, transdivasi peran gender, peran milenium dan redivasi politik. Stanley mengumpulkan data dan fakta melalui penelitian yang mendalam dan ekstensif.

Di website itu juga, tertera daftar klien dari Stanley. Para tokoh dan pemimpin dunia disebut pernah memakai jasa Stanley. Seperti Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, Wakil Presiden Amerika Serikat Al Gore, Perdana Menteri Inggris Tony Blair, Senator Amerika Serikat John Kerry, Kanselir Jerman Gerhard Shroder hingga Presiden Jokowi.

Reporter: Supriatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengakuan Fahmi Darmawansyah soal Tarif Sel Mewah di Lapas Sukamiskin

Posted: 06 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung Sidang lanjutan kasus suap untuk terdakwa Mantan Kepala Lapas Sukamiskin, Wahid Husen kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bandung. Kali ini Fahmi Darmawansyah bersaksi untuk dimintai keterangan terkait sel mewah di dalam lapas.

Fahmi mengungkapkan, ia membayar sel hingga Rp700 juta kepada seorang perantara yang juga narapida di Lapas Sukamiskin.

Pesan sel di Lapas Sukamiskin tersebut, kata dia, bahkan bisa dilakukan saat kasusnya masih dalam proses persidangan.

Mulanya, suami dari aktris Inneke Koesherawati ini menyebutkan informasi dari penasihat hukumnya, untuk menyewa sel tersebut di Lapas Sukamiskin itu berebut. Untuk mendapatkan kamar mewah, kata Fahmi, diperlukan biaya.

"Jadi kalau mau dapat kamar booking dulu. Dari informasi itu mengutus orang ke Sukamiskin. Setelah dicek ternyata benar," ujar Fahmi saat menjadi saksi untuk terdakwa Wahid Husen, Rabu, 6 Februari 2019.

Fahmi membeberkan, uang muka diberikan oleh seorang utusan Fahmi kepada broker secara tunai sebesar Rp100 juta. Sisa pembayaran dilakukan melalui transfer.

"Awalnya dikasih DP Rp100 juta, setelah itu melalui transfer Rp600 juta," kata Fahmi yang juga terdakwa dalam kasus suap Lapas Sukamiskin.

Setelah kasusnya divonis majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta untuk kasus suap Badan Keamanan Laut, Fahmi masuk bui. Namun, ia sudah mendapatkan fasilitas mewah tersebut. Selain itu, Fahmi pun hanya menjalani masa isolasi selama satu hari.

"Sel isolasi pada zaman saya hanya satu hari. Sudah itu masuk kamar. Kemudian saya dikasih kunci gembok kamar," ujarnya.

Selama mendekam di dalam sel, Fahmi juga mengaku bebas membuat saung dan keluar masuk sel tanpa batasan waktu. "Berlaku jam sel hanya pada saat isolasi," ucapnya.

Seusai persidangan, Fahmi membeberkan sel mewah dilengkapi alat pendingin ruangan, kulkas hingga televisi. Untuk pembayarannya, Fahmi mengaku membayar kepada seorang broker yang juga napi di Lapas Sukamiskin.

Broker tersebut bernama Ihsan, napi tipikor BUMD di Sukabumi. "Bayarnya ke warga binaan juga. Tapi dia sudah keluar, kasusnya tipikor BUMD Sukabumi," ucap Fahmi.

Selain biaya sel, Fahmi juga mengungkap adanya iuran bulanan sebesar Rp1,5 juta. Lantaran Fahmi menggunakan AC, ia harus membayar penambahan biaya sebesar Rp500 ribu.

Harga Bikin Saung Rp1,7 M

Lapas Sukamiskin, Bandung, Jakarta. (Liputan6.com/Arie Nugraha)

Dari kesaksian Fahmi Darmawansyah juga terungkap harga pembuatan saung elite di Lapas Sukamiskin. Fahmi mengatakan, harga pembuatan saung mencapai Rp1,7 miliar.

"Rp1,7 miliar Yang Mulia," kata Fahmi menjawab pertanyaan hakim soal harga pembuatan saung di Lapas Sukamiskin.

Hakim pun kembali menanyakan mahalnya harga pembuatan saung tersebut. Menurut Fahmi, uang tersebut bukan hanya untuk saung melainkan untuk tanaman herbal dan taman kolam.

"Memang terlalu mahal, kalau di luar Lapas cuma Rp500 juta," katanya.

Fahmi menjelaskan, saung miliknya dikelola oleh Andri Rahmat, tahanan yang selama ini mendampingi Fahmi di lapas. Ia juga mempekerjakan dua orang tahanan lain untuk mengurus kebersihan saung.

"Gaji orang-orang kebersihan, yang bayar Andri," katanya.

Fahmi mengaku saung itu dibuat sebelum Wahid Husen menjabat sebagai Kalapas Sukamiskin. Saat Wahid menjabat, dirinya melakukan perbaikan terhadap saungnya.

Fahmi sempat mengelak soal perbaikan itu. Namun, setelah dikonfrontasi dengan Andri Rahmat, Andri mengakui ada perbaikan penambahan toilet dan wallpaper. "Oh iya ada perbaikan," ujar Fahmi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap-Siap, Pemerintah Pastikan Pembukaan Rekrutmen PPPK Mulai 8 Februari

Posted: 06 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) kembali menegaskan, pemerintah akan memulai proses penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada 8 Februari 2019.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Kementerian PANRB Mudzakir menyatakan, perekrutan tenaga honorer untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) ini akan diumumkan pada 8 Februari 2019.

"Insya Allah tanggal 8 Februari 2019 pengumumannya," ucap dia saat dikonfirmasi Liputan6.com, Kamis (7/2/2019).

Mudzakir pun menyebutkan, waktu pelaksanaan seleksi tesnya sendiri juga akan digelar pada bulan yang sama. "Iya, bulan Februari ini," ujar dia.

Kendati begitu, ia belum bisa memberitahukan apakah rincian jumlah formasi seleksi PPPK ini akan ikut diumumkan pada Jumat besok. "Detail formasi nanti diinfokan," sambungnya.

 Ia juga menginformasikan, ada tiga bidang formasi yang bakal dibuka pada seleksi penerimaan tenaga PPPK tahap pertama ini, antara lain untuk tenaga honorer penyuluh di bidang pertanian, kesehatan dan pendidikan.

Sebelumnya, Menteri PANRB Syafruddin sempat mengatakan, ketiga sektor tersebut merupakan bidang yang tenaganya banyak dibutuhkan oleh pemerintah.

"Jadi tenaga honorer pada tiga sektor tersebut tidak perlu kuatir karena penerimaan PPPK diprioritaskan bagi tenaga honorer yang sebelumnya sudah bekerja di bidangnya masing-masing. Penerimaan dilakukan karena pemerintah memang membutuhkan banyak tenaga pada sektor tersebut," tutur Syafruddin.

 

Siapkan Anggaran

Menteri PANRB Syafruddin (Foto:Liputan6.com/Maulandy R)

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menyatakan, pemerintah telah selesai menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

"(Anggaran?) Sudah siap. Kemarin saya sudah rapat dengan Kementerian Keuangan," ucap dia di Gedung Kementerian PANRB, Jakarta, Kamis 31 Januari 2019.

Kendati demikian, ia mengatakan, nominal anggaran tersebut belum bisa disampaikan kepada publik. Sebab, masih butuh perhitungan lebih rinci untuk tiap pelaksanaan seleksi.

"Besarannya harus dihitung rinci, soalnya nanti eselonnya enggak bisa ngomong langsung sekian, tidak. Tapi kalau proses rekrutmennya ada anggarannya, itu sudah," tegas dia.

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjelaskan, pemerintah menargetkan perekrutan tenaga PPPK Tahap 1 pada bulan depan.

"Diharapkan seleksi tenaga PPPK Tahap 1 akan dibuka Februari 2019 nanti. Itu buat tiga bidang, yakni guru, tenaga kesehatan dan penyuluh pertanian," sebut Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan kepada Liputan6.com.

Untuk bidang di luar itu, dia menambahkan, akan ada penarikan tenaga PPPK tahap kedua yang ditargetkan berlangsung usai Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg).

Begitu juga untuk perekrutan CPNS 2019, yang rencananya bakal digelar pasca dua event terbesar dalam tahun politik ini selesai. "Pelaksanaannya bakal setelah Pileg dan Pilpres," sebutnya.

Senada, Syafruddin pun menyampaikan, pengumuman resmi seleksi CPNS 2019 rencananya bakal dikeluarkan pada triwulan III tahun ini. "Nanti di kuartal (2019) selanjutnya, triwulan ketiga," tandasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kusta Terdeteksi Dini, Pasien Bisa Sembuh Total Tanpa Cacat

Posted: 06 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kusta yang terdeteksi dini dapat sembuh total dalam waktu tiga bulan. Pasien pun kembali pulih tanpa mengalami kelumpuhan dan kerusakan saraf bila langsung mendapatkan pengobatan. 

Dalam pemaparan soal kusta, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan RI, Wiendra Waworuntu memperlihatkan foto anak yang sudah sembuh dari kusta.

"Ini contohnya ada anak yang menderita kusta. Lihat kan foto dia sebelum dan sesudah. Dia akhirnya sembuh total setelah minum obat selama tiga bulan. Kuncinya, gejala kustanya terdeteksi dini," jelas Wiendra dalam konferensi pers 'Stop Diskriminasi: Ayo Sukseskan Eliminasi Kusta' di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Gejala kusta berupa bercak putih dan merah pada kulit. Gejala yang khas adalah pada bagian kulit yang ada bercak itu mati rasa. Terkadang bercak berbentuk berupa benjolan-benjolan pada lengan dan wajah.

Pada foto anak yang sudah sembuh dari kusta, seperti yang dijelaskan Wiendra, wajah anak itu penuh dengan benjolan dengan bercak merah dan putih. Kemudian benjolan itu hilang sepenuhnya setelah ia minum obat secara rutin. 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

 

Pengobatan kusta

Yohei Sasakawa berinteraksi dengan pasien kusta di Brazil. (Foto: The Nippon Foundation/Natsuko Tominaga untuk Liputan6.com)

Bila mendapati gejala kusta, segera ke puskesmas. Pengobatan dilakukan multi-drugs therapy (MDT), yakni lebih dari satu jenis obat yang diberikan gratis di puskesmas.

Lama waktu pengobatan kusta tergantung dari jenis kusta. "Sebanyak 6 blister/keping untuk kusta tipe kering diminum selama enam bulan. Lalu 12 blister/keping untuk kusta tipe basah diminum selama 12 bulan.

Kusta kering berupa kulit kering bersisik, sedangkan kusta basah berupa kulit yang basah sehingga tampak mengkilap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Opsi Chelsea Jika Eden Hazard Hengkang ke Real Madrid

Posted: 06 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Eden Hazard kembali menjadi berita utama minggu ini. Itu setelah pemain asal Belgia itu, mengungkapkan bahwa dia telah membuat keputusan tentang masa depannya.

Sejak memantapkan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik dunia, ia dikaitkan dengan kepindahan dari Chelsea. Dan, Real Madrid adalah tim yang diharapkan mendaratkannya.

"Saya tahu apa yang akan saya lakukan, saya telah membuat keputusan," kata Eden Hazard dalam sebuah wawancara dengan RMC, dilansir Mirror.

Meski Hazard belum mengumumkan pilihannya, banyak penggemar menyimpulkan bahwa dia akan keluar dari Stamford Bridge.

Terlebih, Hazard sudah lama dikaitkan dengan Los Blancos selama beberapa tahun sekarang. Dan, dengan kontraknya di Chelsea semakin sempit, klub harus menguangkannya di musim panas ini atau berisiko kehilangan dia tanpa imbalan.

Jadi, mungkin sudah waktunya bagi Eden Hazard untuk melambaikan tangan ke Liga Inggris, setelah tujuh musim berada di Inggris. Jika Hazard meninggalkan musim panas ini, berikut adalah tiga cara Chelsea agar bisa bertahan tanpa dia.

Bayaran Besar

4. Eden Hazard (Chelsea) - 10 gol dan 10 assist (AFP/Ben Stansall)

Menjual pemain bintang mereka ke Real Madrid akan membuat The Blues mendapat bayaran besar dari transfer - kemungkinan akan naik di atas 100 juta pounds. Dan, Roman Abramovich dapat memilih untuk menginvestasikan kembali uang itu.

Ada sejumlah bintang top di Eropa yang terbuka untuk pindah ke London - dan salah satunya adalah Hirving Lozano. Penyerang Meksiko ini mengalami musim yang hebat bersama PSV di Eredivisie.

Lozano mungkin berada di puncak daftar, tetapi ada pemain lain yang bisa didatangkan Chelsea juga. Sementara Maurizio Sarri mungkin juga lebih suka menyerang mantan klubnya Napoli untuk Lorenzo Insigne sebagai gantinya.

Penyerang Baru

1. Christian Pulisic – Dortmund ke Chelsea £57.60M (AFP/Javier Soriano)

Chelsea memiliki pilihan kedua - dan itu datang dalam bentuk Christian Pulisic. Pemain asal Amerika itu bergabung dengan The Blues bulan lalu dengan nilai sekitar 58 juta pounds sebelum dipinjamkan langsung ke Borussia Dortmund.

Pada saat itu, dia tidak dilihat sebagai pengganti langsung untuk Hazard. Tapi keadaan itu bisa berubah.

Sangat masuk akal bagi Chelsea untuk membelanjakan lebih banyak uang untuk penyerang baru. Tapi, Pulisic setidaknya harus diberi kesempatan untuk mengisi lubang.

Namun, sepertinya Sarri tidak banyak bicara dalam langkah ini dan itu bisa menjadi masalah. Ia mungkin lebih suka membawa pemain yang dia inginkan dan percayai sebagai gantinya.

Bintang Masa Depan

Striker Chelsea, Callum Hudson-Odoi, melakukan selebrasi usai membobol gawang PAOK Thessaloniki pada laga Liga Europa di Stadion Stamford Bridge, Kamis (29/11). Chelsea menang 4-0 atas PAOK Thessaloniki. (AP/Matt Dunham)

Ada satu opsi lagi juga dan itu mungkin satu yang paling disukai penggemar Chelsea. Ketimbang menandatangani nama baru, Sarri akhirnya bisa memanfaatkan Callum Hudson-Odoi dan memberinya peran awal di Stamford Bridge.

Jika dia melakukannya, tidak ada yang menghentikan Chelsea saat memainkan Pulisic di satu sayap dan Hudson-Odoi di sisi lain. Keduanya berusia di bawah 21 dan dapat membentuk kemitraan top yang bisa bertahan selama bertahun-tahun.

Tapi, sifat klub itu mungkin sulit. Abramovich biasanya lebih suka kesuksesan jangka pendek daripada perencanaan jangka panjang.

Jika Chelsea tidak memenangkan satu pun trofi musim ini atau finis di luar empat besar, maka penekanan akan diberikan pada persaingan untuk hal-hal itu tahun depan - dan akan ada sedikit ruang bagi bintang muda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Di Nganjuk, Sandiaga Disambut Pendukung Jokowi-Ma'ruf

Posted: 06 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sandiaga Uno melakukan kampanye di Nganjuk, Jawa Timur. Saat datang ia disambut pendukung Jokowi-Ma'ruf yang membawa poster di sepanjang jalan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aura Kasih Klarifikasi Soal Gosip Video Asusila dengan Ariel NOAH

Posted: 06 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aura Kasih akhirnya angkat bicara mengenai gosip adanya skandal dengan Ariel NOAH pada 2010 lalu. Kala itu, selain Luna Maya dan Cut Tari, Aura Kasih juga diisukan memiliki video panas dengan vokalis berusia 37 tahun tersebut.

Sembilan tahun berselang, Aura Kasih akhirnya memberi klarifikasi. Ia mengatakan bahwa dirinya sama sekali tak melakukan apa yang dituduhkan oleh publik. Bahkan berteman baik dengan Ariel NOAH saja, Aura Kasih merasa tidak pernah. Hubungan mereka pun hanya sebatas rekan kerja.

"Aku sampai marah sama manajemen aku. Drop-nya karena sesuatu yang tidak pernah kita lakukan. Ibaratnya aku satu kerjaan sama Ariel saja aku enggak pernah ngobrol. Sama sekali enggak pernah ngobrol," kata Aura Kasih dalam Insertlive, Rabu (6/2/2019).

"Tapi waktu itu aku inget banget, mungkin media nyeletuk saja kayaknya 'Aura Kasih ada enggak?' satu, dua, tiga, terus membendung akhirnya AK ada nih," ia menyambung pernyataan.

Berani Bersumpah

[Foto: Potongan Video Insertlive]

Aura Kasih bahkan berani bersumpah bahwa ia tidak pernah melakukan hal tak senonoh dengan Ariel NOAH, apalagi sampai membuat konten video yang memuat unsur asusila.

"Aku sampai bilang, gue mau sumpah apapun gue berani, gue enggak pernah, nyolek dia pun gue enggak pernah. Aku sampai ngomong-loh. Gue sumpah apapun gue lakuin," imbuh istri Eryck Amaral tersebut.

Telah Berlalu

(Budi Santoso/KapanLagi)

Isu tersebut sempat membuat Aura Kasih drop dan kesal. Namun ia bersyukur karena semua itu telah berlalu, dan kini pelantun lagu "Mari Bercinta" itu telah hidup bahagia bersama suami tercintanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Devil May Cry 5 Versi Demo Sudah Bisa Diunduh ke PS4 Sekarang

Posted: 06 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Devil May Cry 5 baru akan meluncur di platform PlayStation 4, Xbox One, dan PC, pada 8 Maret 2019.

Jelang peluncuran gim tersebut, gamer yang ingin bermain Devil May Cry 5 lebih dahulu dapat mengunduhnya di konsol mereka.

Salah satu platform konsol yang lebih dahulu memiliki kesempatan mencoba gim buatan Capcom tersebut adalah pemilik konsol Xbox One.

Lalu bagaimana dengan pemilik konsol PlayStation 4 (PS4) dan PC? Usai meluncur di Xbox One, kini giliran pemilik konsol PS4 yang berkesempatan memainkan demo gim Devil May Cry 5.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (7/2/2019), bagi kamu pemilik akun PSN (PlayStation Network) Asia sudah dapat mengunduh dan memainkan gim tersebut sekarang.

Sebagaimana tertulis di dalam deskripsi gim di PlayStation Store, kamu dapat memainkan protagonis gim Devil May Cry 5, Nero.

Bersenjatakan Devil Breaker miliknya, kamu bakal melawan gerombolan iblis di Red Grave City dengan beragam skill fantastis dan memiliki ciri khas seri Devil May Cry sebelumnya.

Menariknya, bagi kamu yang mengunduh dan memainkan gim demo tersebut dapat mentransfer save data ke versi full-nya untuk mendapatkan bonus 30,000 Red Orbs.

Belum ada informasi berapa lama gamer dapat memainkan gim demo Devil May Cry 5 ini.

 

Devil May Cry 5 Hadirkan Karakter Baru dan Lama

Devil May Cry 5. (Doc: Capcom)

Lebih lanjut, Devil May Cry 5 versi demo ini menghadikran salah satu karakter protagonis di dalam gim, yaitu Nero.

Di gim ini, Nero harus berhadapan dengan berbagai macam iblis di Red Grave City berbekal pedang Red Queen, pistol Blue Rose, dan lengan cybernetik-nya.

 

Spek PC untuk Main Gim Devil May Cry 5

Gamer PS4 di Asia sudah bisa unduh gim Devil May Cry 5. (Doc: Capcom)

Dikutip dari laman CNET, Rabu (26/9/2018), spek minimum yang dibutuhkan untuk memainkan gim, termasuk prosesor Intel Core i7-4770 (3.4GHz atau lebih baik).

Adapun spesifikasi hardware lain yang dibutuhkan untuk memainkan gim itu, termasuk RAM 8GB, kartu grafis Nvidia GeForce GTX 760 dan kapasitas penyimpanan sebesar 35GB.

Bagi gamer PC yang ingin bermain gim Devil May Cry 5 dengan tampilan grafis yang lebih mulus, perusahaan hanya merekomendasikan peningkatan dalam hal kartu grafis yang digunakan setidaknya seri GeForce GTX 960 atau lebih baik.

Prosesor, RAM, dan kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan masih sama dengan spek hardware minimum.

Agar lebih seru lagi main Devil May Cry 5-nya, Capcom menyarankan gamer agar menggunakan kontroler ketika bermain di PC.

Gimana? Apakah spesifikasi hardware PC kamu mencukupi untuk bermain gim Devil May Cry 5?

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal 25 Persen Anggaran Negara yang Bocor, Jokowi: Laporkan Saja ke KPK

Posted: 06 Feb 2019 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjawab pernyataan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto bahwa anggaran negara yang bocor sebanyak 25 persen per tahun. Jokowi meminta Prabowo berbicara berbasis data dan fakta.

"Jangan asal," kata Jokowi sambil menunjuk mulutnya sendiri usai menghadiri perayaan Imlek Nasional 2019 di Ji-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (7/2/2019).

Calon presiden petahana ini meminta Prabowo segera melaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bila memiliki bukti kebocoran anggaran negara. Dengan begitu, tidak ada informasi simpang siur yang beredar di masyarakat.

"Kalau memang bocor sampai 25 persen laporin saja ke KPK. Duit gede banget itu," ujar Jokowi.

Dia kemudian menyinggung tuduhan Prabowo pada 2014 lalu bahwa ada kebocoran anggaran negara sebanyak Rp 7.200 triliun.

"Dulu 2014 coba diingat-ingat, katanya bocor Rp 7.200 triliun. Sekarang itu bocornya kalau 25 persen itu berarti Rp 500 triliun. Duitnya gede banget Rp 500 triliun. Laporin ke KPK dengan bawa bukti-bukti dan bawa fakta-fakta," ucap Jokowi.

Taksiran Kerugian Prabowo

Saat menghadiri acara HUT Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, di Mahaka Square, Jakarta Utara, Rabu (6/2/2019), Prabowo menyebut ada kebocoran sebanyak 25 persen dari total anggaran pemerintah.

Prabowo mengaku pernyataan itu berdasarkan indikator-indikator dan ia sudah tulis dalam bukunya. Dia melihat, adanya kebocoran anggaran disebabkan penggelembungan dana di setiap proyek yang dikerjakan pemerintah. Misalnya seperti proyek jembatan.

"Saya hitung dan saya sudah tulis di buku kebocoran dari anggaran rata-rata taksiran saya mungkin lebih sebetulnya 25 persen taksiran saya anggaran bocor," ujar Prabowo.

 

Reporter: Titin Supriatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarif Listrik Tidak Naik, PLN Jamin Tetap Untung

Posted: 06 Feb 2019 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah tidak menaikkan tarif listrik seluruh golongan pada tahun ini. Tidak adanya kenaikan tak membuat PT PLN (Persero) khawatir mengalami kerugian.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, PLN akan tetap untung meski tarif listrik tidak naik sepanjang 2019. Pada 2018 pun tarif listrik tidak mengalami perubahan. "Nggak rugi, dijamin untung," kata Sofyan, di Jakarta, ‎Kamis (7/2/2019).

‎Direktur Perencanaan Korporat PLN, Syofvi Felienty Roekman mengatakan,‎ kerugian perusahaan atas penerapan tarif listrik yang tidak naik bisa dihindari. Ini karena pemerintah telah memberikan insentif berupa harga patokan tertinggi batu bara ‎untuk sektor kelistrikan sebesar USD 70 per ton.

Selain itu PLN juga telah melakukan penyederhanaan zonasi sumber energi primernya. Sehingga dapat memangkas biaya transportasi pengadaan energi. Di sisi lain perusahaan juga akan melakukan efisiensi.

"Dukungan batu bara pemerintah, penyederhanaan zonasi buat ngangkut batu bara, efisien," ‎jelas dia.

 

 

Rincian Besaran Tarif

Suasana ruang panel listrik di Rusun Benhil, Jakarta, Kamis (5/11/2015). Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, per 1 Januari 2016, harga tarif listrik pelanggan 450 VA akan tetap dan tidak berubah, yakni Rp415 per kWh. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

‎Berikut besaran tarif tenaga listrik pada kuartal I 2019:

- Golongan pelanggan tegangan tinggi, yaitu I-4 Industri besar dengan daya 30 MVA ke atas Rp 997 per kWh

- Golongan pelanggan tegangan menengah, yaitu B-3 Bisnis besar, dengan daya di atas 200 kVA dan P2 Kantor Pemerintah, dengan daya di atas 200 kVA Rp 1.115 per kWh

- Golongan pelanggan tegangan rendah, yaitu R-1 Rumah tangga kecil dengan daya 1300 VA, R-1 Rumah tangga kecil dengan daya 2200 VA, R-1 Rumah Tangga menengah dengan daya 3.500-5.500 VA, R-1 Rumah tangga besar dengan daya 6.600 VA ke atas, B-2 Bisnis menengah dengan daya 6.600 VA sd 200 kVA, P-1 Kantor Pemerintah dengan daya 6.600 VA sd 200 kVA, dan Penerangan Jalan Umum Rp1.467 per kWh

- Pelanggan Layanan Khusus, Rp1.645 per kWh untuk

- Golongan rumah tangga daya 900 VA (R-1 900 VA-rumah tangga tidak mampu (belum diterapkan tariff adjustment) Rp 1.352 per kWh

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Potret Netizen Lagi Pacaran sama 'Si Kuncir' Ini Bikin Ketawa Geli

Posted: 06 Feb 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Orang yang tidak memiliki kekasih atau hidup sendiri kerap dikatakan sebagai jomblo. Banyak penyebab kenapa seseorang bisa menjadi seorang jomblo.

Saat kamu menjadi jomblo, maka kebutuhan kasih dan cinta dari pasangan tidak dapat kamu dapatkan. Ketika orang lain berpasang-pasangan, si jomblo hanya pergi sendirian.

Namun, untuk menyiasati kesendirian itu terkadang para jomblo punya beragam cara untuk menunjukkan eksistensinya agar tidak dibilang sendiri.

Seperti baru-baru ini yang dilakukan oleh netizen jomblo. Kalangan jomblo memosting foto-foto bersama pasangan imajinasinya yang bernama 'si kuncir'.

Berikut Kamis (7/2/2019) Liputan6.com 8 potret netizen lagi pacaran dengan si kuncir yang bikin ketawa geli.

1. Berawal dari postingan @jek__ yang menggugah foto bersama si kuncir

2. Ada yang menyanggah bahwa si kuncir lagi bersama cowok lain

3. Si kuncir katanya lagi kecebur ke laut

4. Si kuncir mencoba untuk selingkuh dengan menelepon cowok lain

5. Si kuncir lagi pergi kondangan dengan cowok lainnya

6. Foto berdua dengan si kuncir berambut hitam

7. Si kuncir pergi liburan ke luar negeri namun minta gendong

8. Jodohnya ternyata si kuncir berambut hitam

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baby Shower Serba Pink, Momo Geisha Ungkap Jenis Kelamin Bayi

Posted: 06 Feb 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan baby shower belakangan ini semakin banyak dilakukan di kalangan artis, tak terkecuali penyanyi Momo Geisha yang kehamilannya kini memasuki usia delapan bulan. Bila Momo tampil dengan gaun monokrom berbalut jaket hitam, sang suami hanya mengenakan kaus hitam lengan panjang.

Warna pink mendominasi dekorasi acara yang digelar pada 4 Februari 2019 itu. Meski dilakukan di dalam ruangan, acara tersebut tetap menghasilkan kesan garden party dengan penambahan sejumlah tumbuhan hijau. Pada meja ditaruh beberapa pot bunga mawar yang membuat aura pesta semakin feminin.

"My baby shower. Can't wait to welcome our little precious gift ! 💝," tulis Momo lewat akun Instagram pribadinya, @therealmomogeisha.

Menurut perempuan bernama lengkap Narova Morina Sinaga itu, acara baby shower tersebut merupakan hadiah kejutan dari sang suami. Dalam kesempatan itu, ia dan suami mengungkap jenis kelamin calon bayi mereka lewat pernak-pernik yang dihadirkan, seperti balon berbentuk bayi maupun pajangan huruf yang ditata menjadi kata 'Baby Girl'.

kebahagian baby shower Momo

 

 "Thank you for all the surprise ! Thank you for organizing such a wonderful day . It's my baby shower 😍🍼👶🏼. It was fun and special for me. Much love ! 💕," tulisnya lagi.

Acara baby shower tersebut menjadi lebih seru karena semua yang hadir mengenakan celemek bayi di leher. Tak ketinggalan pernak-pernik yang menghiasi juga dipilih yang berbentu unik, seperti botol susu yang mereka gunakan untuk bersulang.

Wajah bahagia memang tak bisa disembunyikan dari diri Momo Geisha. Apalagi, sejumlah sahabat memeriahkan acara tersebut walau tak terlihat satu pun personel Geisha. Sederet foto kebersamaan dengan para sahabat itu sempat pula diunggahnya ke media sosial.

Sebelum menggelar acara itu, Momo sempat melakukan sesi pemotretan kehamilan. Tidak hanya sekali, tetapi dua kali. Pada pemotretan pertama, ia mengusung konsep bak ratu lengkap dengan tiara di kepalanya. Sedangkan pada pemotretan kedua, Momo Geisha menyebutnya dengan Sleeping Beauty. (Indah Permata Niska)

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengejutkan, DKI Jakarta dan Sulawesi Utara Tersenggol dari Top 64 LIDA 2019 Indosiar

Posted: 06 Feb 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta LIDA 2019 terus menyita perhatian pemirsa Indosiar. Konser Top 64 LIDA 2019 telah dimulai sejak Jumat lalu dengan menampilkan Duta Provinsi dari Group 1 – 5. Siapa sangka wakil dari propinsi DKI Jakarta dan Sulawesi Utara yaitu Ayu (DKI Jakarta) dan Rama (Sulawesi Utara) harus  tersenggol di Konser Top 64, Selasa (5/2/2019) malam. 

Sebelumnya Puji dan Milla dari DKI Jakarta serta Yanti (Sulawesi Utara) telah lebih tersingkir dari panggung LIDA 2019. Berarti DKI Jakarta serta Sulawesi Utara telah kehilangan seluruh Duta Provinsinya untuk berkompetisi di ajang pencarian bakat menyanyi dangdut terbesar di Indonesia ini.

Drai siaran pers yang diterima redaksi dijelaskan, selain Ayu dan Rama, Resky (Jambi) dari Group 1, Anisa (Sumatera Utara) dari Group 2, Rhanda (Bengkulu) dari Group 3 juga harus menghentikan perjuangannya di panggung LIDA 2019.

Konser Top 64 Group 5 LIDA 2019 Selasa malam berlangsung meriah dengan kehadiran para dewan juri yaitu Soimah, Inul Daratista, Zaskia Gotik, Nassar dan Richie Five Minutes, Selasa  malam.

Nuansa Imlek terasa dengan tampilnya sang fashion guru Caren Delano yang bergaya ala Mandarin serta kemunculan trio host, Gilang Dirga, Ramzi dan Irfan Hakim dari balik panggung dengan kostum barongsai.

 

 

Bagus

LIDA 2019 Top 64 Grup 5 (Indosiar)

Kemeriahan berlanjut ke penampilan Selly (Banten) membawakan lagu "Goyah" dan Cut (Aceh) dengan lagu "Ijuk" yang berhasil mendapatkan seluruh dukungan dari dewan juri dan panel provinsi. Menurut Soimah Selly sudah menyanyi dengan bagus namun sedikit terganggu dengan gerakan tangannya yang terlihat masih kaku.

Pujian juga dilontarkan Nassar untuk Cut yang mengatakan "Dinamika kamu bagus dan indah, sepanjang kompetisi kamu yang terbaik membawakan lagu ini. Semoga ke depannya kamu tetap ber-progress". Baik Selly dan Cut yang sukses mendapatkan seluruh lampu dari dewan juri dan panel provinsi berkesempatan mengambil angpao yang berisi uang Rp. 10.000 dan Rp 50.000.

Tidak seperti Selly dan Cut, Dedi (Sumatera Barat) yang menyanyikan lagu "Kertas & Api" hanya mampu mendapatkan 4 lampu dari panel provinsi dan 1 Lampu dari dewan juri. Menurut Zaskia Gotik "Kamu belum berhasil menyanyikan lagu ini dengan baik. Kamu seperti asik sendiri. Rasa di lagu ini tidak sampai ke aku. Ada juga nada yang fals dan cengkok juga ada yang kurang enak didengar".

Not Aslinya

LIDA 2019 Top 64 Grup 5 (Indosiar)

Begitupun dengan Rama (Sulawesi Utara) yang terlihat mengecewakan dewan juri dengan lagu "Musik". Karena menurut Soimah "Banyak sekali tempo dari awal sampai akhir, banyak not yang salah, not asli nya saja kamu belum benar, apalagi di overtune nya. Overtune kamu ngagetin dan goyangan kamu juga nggak tempo".

Keempat duta provinsi telah membawakan penampilan terbaik mereka diatas panggung LIDA 2019. Namun sayang bagi Rama (Sulawesi Utara) yang harus tersenggol karena mendapatkan nilai terendah 15.62. Sementara Cut (Aceh) 35.40, Selly (Banten) 29.05 dan Dedi (Sumatera Barat) 19.93 terus melaju ke babak selanjutnya.

LIDA 2019 akan berlanjut ke Konser Top 64 Group 6 pada malam ini Rabu tadi malam, menampilkan Arman (Aceh), Hijrah (Sulawesi Barat), Linda (Kalimantan Selatan) dan Nony (Papua).

Saksikan terus LIDA 2019 setiap hari LIVE pukul 19.00 WIB hanya di Indosiar Luar Biasa!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Warga Tionghoa Tak Takut Datang ke TPS

Posted: 06 Feb 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh warga suku Tionghoa yang berada di Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya pada Pileg dan Pilpres 2019. Warga Tionghoa diminta mendatangi TPS yang berada di dekat rumah masing-masing pada 17 April 2019 mendatang.

Ini disampaikan Jokowi saat menghadiri perayaan Imlek Nasional 2019 di Ji-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (7/2/2019).

"Saya titip agar kita semuanya hadir ke TPS-TPS yang ada di lingkungan bapak ibu sekalian. Jangan sampai ada satu pun yang tak hadir ke TPS," pesan Jokowi.

Capres petahana yang berpasangan dengan Ma'ruf Amin ini juga mengingatkan warga suku Tionghoa jangan mendengarkan seruan tokoh-tokoh politik yang menakut-nakuti.

"Jangan takut ditakut-takuti. Semuanya 100 persen harus hadir di TPS karena ini menentukan bangsa kita ke depan," ujarnya.

Jokowi melanjutkan, TNI-Polri menjamin keselamatan seluruh warga suku Tionghoa yang menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019.

"Oleh karena itu, kita berharap masyarakat semua datang. Setuju enggak?" kata Jokowi.

"Setuju," jawab para hadirin kompak.

Di Pilpres 2019, Jokowi dan Ma'ruf Amin akan 'bertarung' melawan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno untuk memperebutkan kursi 01 RI. Pagelaran Pilpres dijadwalkan dilaksanakan pada 17 April 2019.

Rayakan Imlek

Jokowi menghadiri perayaan Imlek Nasional 2019 di Ji-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. Imlek kali ini mengusung tema 'Merajut Kebhinekaan, Memperkokoh Persatuan'.

Pantauan merdeka.com di lokasi, Jokowi tiba pukul 09.55 WIB. Dia mengenakan batik hitam bercorak cokelat lengan panjang.

Mantan Gubernur DKI ini datang bersama Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Tampak hadir juga Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang.

Saat memberikan sambutan, Jokowi mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek kepada seluruh warga Tionghoa yang berada di Indonesia menggunakan bahasa China.

"Saya mengucapkan xin nian kuai le, selamat tahun baru. Dan juga gong xi fat cai semoga selamat dan sejahtera. Shi ru yo semoga keinginan kita terpenuhi," kata Jokowi.

Jokowi juga mengungkap alasan dirinya baru menghadiri perayaan Imlek. Empat tahun belakangan ini, Jokowi memang tak pernah menghadiri perayaan Imlek yang digelar suku Tionghoa di Indonesia.

"Saya tidak hadir di perayaan Imlek tahu kenapa? Karena ada forum di sini yang mengadakan, asosiasi di sana mengadakan, terpecah-pecah. Saya nggk mau kalau seperti ini. Tapi sekarang saya datang karena sudah rukun, bersatu merayakan Imlek bersama-sama," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Manchester City Puncaki Klasemen Liga Inggris

Posted: 06 Feb 2019 09:33 PM PST

Bek Manchester City, Nicolas Otamendi berebut bola dengan pemain Everton, Dominic Calvert-Lewin selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium (6/2). Hasil ini membuat City memuncaki klasemen Liga Inggris. (Peter Byrne/PA via AP)

Bek Manchester City, Nicolas Otamendi berebut bola dengan pemain Everton, Dominic Calvert-Lewin selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium (6/2). Hasil ini membuat City memuncaki klasemen Liga Inggris. (Peter Byrne/PA via AP)

Striker Manchester City, Gabriel Jesus (33) tertawa bersama gelandang Kevin De Bruyne usai pertandingan melawan Everton pada lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium (6/2). Jesus mencetak satu gol di pertandingan ini. (Peter Byrne/PA via AP)

Striker Manchester City, Gabriel Jesus (33) tertawa bersama gelandang Kevin De Bruyne usai pertandingan melawan Everton pada lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium (6/2). Jesus mencetak satu gol di pertandingan ini. (Peter Byrne/PA via AP)

Bek Manchester City, Aymeric Laporte berselebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Everton pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium (6/2). Hasil ini membuat City memuncaki klasemen Liga Inggris. (Peter Byrne/PA via AP)

Bek Manchester City, Aymeric Laporte berselebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Everton pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium (6/2). Hasil ini membuat City memuncaki klasemen Liga Inggris. (Peter Byrne/PA via AP)

Striker Manchester City, Sergio Aguero berusaha melewati dua pemain Everton, Idrissa Gueye dan Michael Keane selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium (6/2). City menang atas Everton 2-0. (Peter Byrne/PA via AP)

Striker Manchester City, Sergio Aguero berusaha melewati dua pemain Everton, Idrissa Gueye dan Michael Keane selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium (6/2). City menang atas Everton 2-0. (Peter Byrne/PA via AP)

Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan berebut bola dengan pemain Everton, Kurt Zouma selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium (6/2). Hasil ini membuat City memuncaki klasemen Liga Inggris. (Peter Byrne/PA via AP)

Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan berebut bola dengan pemain Everton, Kurt Zouma selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium (6/2). Hasil ini membuat City memuncaki klasemen Liga Inggris. (Peter Byrne/PA via AP)

Gelandang Manchester City, Leroy Sane saat dilanggar pemain Everton, Jonjoe Kenny selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium (6/2). City memiliki poin 62 sama seperti Liverpool.  (Peter Byrne/PA via AP)

Gelandang Manchester City, Leroy Sane saat dilanggar pemain Everton, Jonjoe Kenny selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di Goodison Park Stadium (6/2). City memiliki poin 62 sama seperti Liverpool. (Peter Byrne/PA via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Percakapan Netizen ‘Di Toko Buku’ Ini Kocak Banget

Posted: 06 Feb 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Toko buku adalah tempat yang di dalamnya menjual berbagai jenis buku yang tersusun rapi di rak-rak buku dan alat-alat yang terkait dengan buku itu sendiri. Buku memang masih menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi masyarakat.

Dengan berbagai jenis buku yang dijual, pembeli tak jarang meminta bantuan penjaga toko.

Bila seharusnya penjaga toko melayani pembeli dengan baik, namun tidak dengan aksi nyeleneh netizen di media sosial.

Salah satu percekapan nyeleneh netizen yang berawal dari akun twitter milik @bayu_joo, memosting percakapan kocak antara penjaga toko dan calon pembelinya seperti dilansir dari Liputan6.com, Kamis (7/2/2019).

Cuitan dari akun @bayu_joo telah di-retweet sebanyak 4.077 kali dan mendapatkan banyak respon dari pengguna twitter lainnya. Berikut 4 percakapan netizen di twitter di toko buku yang nyeleneh dikutip dari Twitter.

1. Rak buku misteri

(sumber: Twitter)

2. Jodoh juga misteri

(sumber: Twitter)

3. Jual buku Death Note juga nih

(sumber: Twitter)

4. Sayangnya buku nikah nggak ada di toko buku

(sumber: Twitter)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Koboi Bupati Konawe Saat Apel dengan Satpol PP

Posted: 06 Feb 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Konawe - Bupati Kabupaten Konawe, Kery Saiful Konggoasa membuat heboh saat pelaksanaan apel gabungan instansi di Kabupaten Konawe, Senin, 4 Februari 2019. Ketika memeriksa pasukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kery Saiful Konggoasa mencabut sebuah pistol lalu diacungkan ke udara.

Aksi ini dilakukan di hadapan puluhan anggota Satpol PP Konawe yang bersiap di lapangan. Dalam video yang beredar, Bupati Konawe meneriakan kata Indonesia dan siap lawan Tionghoa kepada anggota Satpol PP.

Pada video itu juga terlihat Bupati menendang dan mendobrak tameng Satpol PP sebanyak 11 kali. Mendorong tameng dengan tenaga penuh, sejumlah anggota terlihat terlempar beberapa langkah ke belakang karena aksi bupati.

"Ini mau lawan China ini, Jackie Chan," teriak Bupati sambil mendobrak tameng berbahan dasar fiber yang dipegang anggota Satpol PP.

Usai menguji tameng, bupati kemudian meminta sebuah pistol dari salah seorang pejabat Satpol PP Kabupaten Konawe. Saat pistol diberikan, Bupati langsung mengarahkan dan menembakkan pistol ke udara.

"Uuuh, tiada pelurunya," ujarnya usai berusaha menembakkan peluru.

Pernyataan bupati langsung dijawab salah satu pejabat, jika magazen senjata sengaja dikosongkan. Katanya, pelurunya disimpan dalam tas di luar lapangan apel.

Setelah itu, Bupati menemui ratusan anggota Satpol PP dan menegaskan mereka untuk meningkatkan kemampuan bela diri. Katanya, sebagai penegak peraturan daerah (perda) Satpol PP harus memiliki kemampuan lebih.

"Di Konawe, kebetulan banyak perusahaan yang beroperasi. Mereka yang tidak melaksanakan kewajibannya untuk negara, kita sikat!!!," tegas Bupati Konawe sambil menyebut nama sejumlah perusahaan di wilayahnya.

Dikonfirmasi soal ini, Kasatpol PP Konawe Syahlan Saleh Saranani mengatakan aksi bupati ini sehubungan dengan kesiapan pasukan mengawal penegakan perda di Konawe. Katanya, anggota Satpol PP Konawe saat ini berjumlah sekitar 200 dan hanya memiliki 51 tameng fiber.

"Namun, jika ada perintah Bupati soal penertiban TKA ya kami akan laksanakan," ujar Syahlan Saleh Saranani.

Syahlan menambahkan, soal kepemilikan senjata api oleh Satpol PP di lapangan apel, dibolehkan dalam undang-undang. Ada dua instansi sipil yang membolehkan membawa senjata api dengan berbagai persyaratan khusus.

"Pol PP punya kewenangan, ada dua instansi menurut undang-undang yakni pihak Kehutanan dan Satpol PP. Meskipun, sesuai aturan tidak semua anggota bisa pakai, hanya sebagian orang saja," ujarnya.

 

Usir Tenaga Kerja Asing dari Konawe

Bupati Kabupaten Konawe, Kery Saiful Konggoasa membuat heboh saat pelaksanaan apel gabungan instansi di Kabupaten Konawe, Senin (4/2/2019). Dia memeriksa pasukan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP). (Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Pada Senin, 28 Januari 2019, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengancam akan mengusir Tenaga Kerja Asing (TKA) di salah satu perusahaan bila tak melunasi pembayaran Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA). Berdiri sejak 2014, perusahaan tersebut dinilai Bupati lalai akan kewajibannya.

"Kalau sampai belum dibayar, saya akan kerahkan Satpol PP untuk mengusir TKA di PT VDNI," ujar Kery.

Kery mengatakan, sejauh ini pihak perusahaan tambang di Konawe belum menyelesaikan izin domisili bagi ribuan TKA di Konawe. Padahal, pemilik perusahaan Hendro Toni harusnya sudah menyelesaikan kewajibannya.

Sikap Bupati Konawe meminta hak masyarakat kepada perusahaan tambang di Sultra mendapatkan dukungan dari tokoh pemuda Sulawesi Tenggara, La Ode Rahmat Apiti. Namun, ada cara strategis yang ditawarkan La Ode Rahmat daripada mengambil langkah yang mengarah kepada adu fisik.

"Buat komunikasi antara Pemda dengan perusahaan. Misalnya, adanya komitmen soal perbandingan jumlah karyawan lokal dan asing, itu lebih baik sehingga semua bisa mendapatkan keuntungan," ujar La Ode Rahmat.

Katanya, menuntut hak masyarakat dengan mempersiapkan aparat mendatangi perusahaan, Bupati Konawe bisa disebut salah satu kepala daerah paling berani di Indonesia. Sebab, selama ini hampir tidak ada bupati di Indonesia yang mengambil langkah serupa.

"Perlawanan Bupati terhadap kehadiran tenaga kerja asing patut didukung dalam hal positif jika merugikan masyarakat. Namun, cara-caranya harus prosedural. Kalau sudah seperti ini, bukan saja masyarakat Konawe yang dukung, tetapi masyarakat Sulawesi Tenggara juga," La Ode Rahmat Apiti memungkasi.

 

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepolisian India Tangkap Wanita Penembak Patung Mahatma Gandhi

Posted: 06 Feb 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, New Delhi - Kepolisian India menangkap seorang pemimpin sayap kanan Hindu, pasca memerankan ulang penembakan terhadap Mahatma Gandhi. Tindakan itu berhasil direkam oleh seorang saksi mata, yang kemudian menjadi viral.

Dalam video tersebut, Pooja Pandey menembak patung Gandhi dengan pistol angin. Sebelumnya, perempuan itu memasang terlebih dahulu foto Nathuram Godse, penembak tokoh kemerdekaan India tersebut.

Reka ulang penembakan pemimpin nasional terjadi di Uttar Pradesh, bertepatan dengan acara Peringatan 71 Tahun Pembunuhan Gandhi, yang diadakan oleh kelompok Hindu Mahasabha pada Rabu, 30 Januari 2019.

Setelah viralnya video tersebut, kepolisian menyelidiki keberadaan oknum dan suaminya, yang juga terlibat dalam video. Keduanya saat ini telah ditahan, demikian dikutip dari BBC News, Kamis (7/2/2019).

Berkaitan dengan video penembakan patung Mahatma Gandhi, polisi telah menangkap beberapa oknum hingga saat ini.

"Kami telah menahan sembilan orang dalam sepekan, dan sedang mencari dua terduga lain," tutur otoritas polisi, Neeraj Jadaun.

Perlu diketahui, Gandhi sering kali dianggap terlalu moderat oleh kelompok Hindu sayap kanan. Ia dianggap terlalu liberal karena dekat dengan umat Islam, serta berkontribusi terhadap terpisahnya Pakistan dari India pasca-kemerdekaan dari Inggris pada 1947.

Pembunuh asli, Godse, yang menembaknya pada 30 Januari 1948 adalah seorang aktivis nasional sayap kanan, yang juga bagian dari Hindu Mahasabha.

Kasus ini bukanlah kali pertamanya terjadi. Selain merayakan pembunuhan Mahatma Gandhi, kelompok yang sama juga berencana memasang patung Godse di enam distrik bagian selatan dari negara bagian Karnataka.

 

 

Saksikan video berikut:

Partai Kongres Lancarkan Protes

7 Juni 1893, Ghandi memutuskan untuk melawan ketidakadilan dan membela hak-haknya sebagai orang India, serta manusia (Wikipedia).

Dikutip dari media lokal, Indian Express, juru bicara Partai Kongres India, Pawan Khera, memberikan komentar tegas terhadap kasus ini, pada Minggu 3 Februari 2019.

Khera menuduh reka ulang adegan sebagai sebuah pemberian legitimasi dan persetujuan terhadap tragedi pembunuhan pahlawan. Ia mengkritik sikap oposisi partainya, BJP atau Partai Bharatiya Janata, baik di pusat maupun daerah yang seolah mendukung tindakan kelompok sayap kanan tersebut.

Tidak hanya menuduh BJP, salah seorang anggota parlemen dari Partai Kongres juga menuduh bahwa pemerintah cenderung berada di pihak yang sama dengan BJP.

"Pemerintah selalu bersama dengan (Nathuram) Godse," katanya.

Sebagai informasi, Partai BJP adalah partai nasional berlandaskan pada prinsip yang disebut sebagai 'integral humanisme'. Partai ini menjunjung tiggi kemanusiaan, namun memiliki komitmen terhadap Hindutva dan nasionalis Hindu. Selain itu, BJP juga mendukung konservatisme baik dalam domestik maupun luar negeri.

Partai Kongres telah mengusahakan berbagai protes sejak Senin, 4 Februari 2019. Protes inilah yang mendukung adanya penangkapan terhadap sejumlah oknum yang hingga saat ini masih ditangani oleh kepolisian India.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Baru Bahar bin Smith, Dijerat Pasal Berlapis hingga Ancaman Penjara

Posted: 06 Feb 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kasus dugaan penganiayaan terhadap dua remaja yang melibatkan Bahar bin Smith telah rampung dan dinyatakan lengkap atau P21 oleh Kejaksaan Negeri Cibinong, Senin, 4 Februari 2019. Dengan begitu proses persidangan akan segera dimulai.

Kasus ini mencuat pertama kali berdasarkan laporan yang diterima Polres Bogor atas dugaan penganiayaan. Laporan tersebut diterima dengan nomor LP/B/1125/XII/2018/JBR/Red Bogor pada 5 Desember 2018.

Isi laporan tersebut menyatakan, penceramah muda itu bersama beberapa orang lainnya diduga telah melakukan tindak kekerasan terhadap dua remaja di muka umum.

Mereka adalah MHU (17) dan Ja (18). Akibat penganiayaan tersebut keduanya mengalami luka-luka.

Penganiayaan yang dilakukan Bahar bin Smith diduga terjadi di sebuah pesantren di Kampung Kemang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 1 Desember 2018, sekitar pukul 11.00 WIB.

Dari hasil penyelidikan serta barang bukti yang dikumpulkan penyidik, Bahar bin Smith resmi ditetapkan menjadi tersangka pada 18 Desember 2018 atas kasus penganiayaan anak.

"Benar, sudah ditetapkan sebagai tersangka, dan ditahan penyidik Polda Jabar," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada Liputan6.com Selasa, 18 Desember 2018.

Dalam kasus penganiayaan ini, Bahar bin Smith dan kelima temannya dijerat Pasal 170 KUHP dan atau 351 KUHP dan atau Pasal 333 KUHP dan atau Pasal 55 Ayat (1) KUHP dan atau Pasal 80 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Berikut fakta terbaru kasus Bahar bin Smith usai kasusnya dinyatakan P21:

1. Dikawal Kendaraan Lapis Baja

Bahar bin Smith. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Sebelum dinyatakan lengkap atau P21 oleh Kejaksaan Negeri Cibinong, Bahar bin Smith mendapat pengawalan ketat dari aparat saat digiring ke ke Mapolres Bogor.

Selain tim gegana dan kendaraan lapis baja, Satu unit mobil barakuda pun bersiaga di antara kantor Kejaksaan Negeri Cibinong dan Mapolresta yang letaknya berdekatan.

Bahar bin Smith tiba di Polda Jawa Barat, Senin, 4 Februari, pukul 09.30 WIB.

Turun dari mobil tahanan, Bahar mengenakan koko putih berpeci hijau masuk ke ruangan Satreskrim Polres Bogor. Saat ditanya wartawan tentang kondisi kesehatannya, ia hanya menjawabnya secara singkat. "Sehat," ucap Bahar.

2. Sudah P21

Habib Bahar bin Smith tiba di Gedung Bareskrim Polri Jakarta, Kamis (6/12). Habib Bahar diperiksa sebagai saksi terlapor terkait kasus video ceramah yang diduga menghina Presiden Jokowi dan viral di media sosial. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Pada tanggal 4 Februari 2019, kasus penganiayaan penceramah muda ini telah diserahkan Polres Bogor ke ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibinong. Setelah dinyatakan lengkap atau P21, proses persidangan akan segera dimulai.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko membenarkan berkas Bahar Bin Smith bersama dua Rekannya yakni MAB (31) dan AY (31) telah dilimpahkan.

Sebelumnya kasus ditangani pihak Sat Reskrim Polres Bogor dan Direktorat Reskrimum Polda Jabar.

"Saat ini berkas perkara serta barang buktinya telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Cibinong dan telah dinyatakan P21 oleh Jaksa Penuntut atau lengkap penyidikannya," kata Trunoyudo dikutip dari JawaPos.com, Senin, 4 Februari 2019.

3. Dijerat Pasal Berlapis

Habib Bahar bin Smith dikerumuni awak media saat tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Polri Jakarta, Kamis (6/12). Habib Bahar bin Smith tampil mengenakan kacamata hitam saat memenuhi panggilan Bareskrim. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Sementara itu, akibat kasus penganiayaan anak yang menjeratnya, menurut Kasat Reskrim Polres Bogor, AKP Benny Cahyadi, Bahar bin Smith diduga telah melanggar pasal berlapis.

Pasal-pasal tersebut di antaranya Pasal 170 KUHP, Pasal 351 KUHP, Pasal 333 KUHP, Pasal 55 Ayat (1) KUHP, dan Pasal 80 UU Tahun 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Akibat dijerat pasal-pasal tersebut, pendiri Majelis Pembela Rasulullah ini terancam pidana maksimal di atas 5 tahun penjara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi YouTuber dengan 10 Juta Subscribers, Atta Halilintar Berpose dengan Sosok Super

Posted: 06 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Atta Halilintar baru saja mendapat pencapaian sejarah sebagai satu-satunya YouTuber dari Asia Tenggara yang memiliki 10 juta lebih subscribers. Hasil dari pencapaiannya tersebut diperlihatkan di akun Instagramnya.

Pada unggahan foto, Atta Halilintar terlihat sedang berbaring di rumah sakit, berpose memegang laptopnya yang bertuliskan 10 juta lebih subscribers. Meski dalam kondisi kesehatan menurun, pria 24 tahun ini tetap mengucap syukur atas pencapaiannya tersebut.

"Alhamdulillah Sejarah Youtube Asia Tenggara. Hari penuh Air mata. Maaf kalau aku banyak salah kata dan belum jadi orang baik Doain Aku ya," tulis Atta Halilintar, tulisnya sebagai keterangan foto, Selasa (5/2/2019).

Diketahui, atas pencapaiannya tersebut, Atta Halilintar mendapatkan ucapan selamat dari para YouTuber lainnya, seperti Ria Ricis, Boy William, dan Young Lex.

 

Pahlawan Super

Atta Halilintar (Foto: Instagram)

Di pencapaian 10 juta subscribersnya, Atta Halilintar juga mengunggah foto kebersamaan dengan kedua orang tuanya, Rabu (6/2/2019). Ia menyebutkan mereka adalah sosok pahlawan super di kehidupannya.

Di foto itu terlihat Atta Halilintar sedang merangkul kedua orang tuanya. Mereka tampak harmonis.

"Alhamdulillah Post photo pertama setelah 10M Subs Pertama Asia Tenggara ❤️ Malaikat dan Super Hero Hidup aku," tulis Atta Halilintar di keterangan fotonya tersebut.

Lalu, Atta Halilintar mengutarakan permintaan maaf kepada kedua orang tua atas kesalahannya selama ini, dan ia berharap dapat menjaga kedua orang tuanya itu sampai kapan pun.

"Maaf kalau banyak salah sama Abi Umi ya ❤️ Semoga bisa jaga Papa Mama sampai kapan pun itu ❤️," Atta Halilintar menambahkan.

 

Terbawa Perasaan

Atta Halilintar. (Adrian Putra/Fimela.com)

Lantaran Atta Hlilintar mengunggah kebersamaan dengan kedua orang tua, beberapa warganet mengaku terharu dan terbawa perasaan.

"Terharu gua bang😭," kata @alfhin_fhin.

"Ah jadi , bapeerr😍,bang @attahalilintar," tulis @, aidianfr132.

"Duh jadi baper baca captionnya... Sukses selalu ya bang!" ungkap akun @ jurnalpotret. (Siti Fuadah/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2.334 Konten Negatif dari Aplikasi Live Chat Diblokir Kemkominfo

Posted: 06 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 2.334 konten negatif dalam 11 aplikasi live chat telah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) di sepanjang 2018.

Adapun 11 aplikasi yang dimaksud, antara lain adalah Bigo, Bigo Live, Cheez, Go Live, Gogo Live, Kwai Go, Live Me, Nonolive, Smule, TikTok, dan Vigo.

Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu mengatakan, berdasarkan pantauan Direktorat Pengendalian Konten Internet Ditjen Aplikasi Informatika, aplikasi yang paling banyak diblokir kontennya adalah Smule. Jumlah konten negatif yang diblokir di Smule mencapai 613 konten.

"Pemblokiran dilakukan karena pakaian yang digunakan menunjukkan kevulgaran," kata pria yang karib disapa Nando tersebut, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari keterangan resmi Kemkominfo, Kamis (7/2/2019).

Aplikasi kedua yang kontennya paling banyak diblokir adalah TikTok dengan jumlah 591 konten.

"Pertimbangan pemblokiran karena pakaian yang digunakan tampak vulgar sebanyak 293 konten, isu yang mengganggu dalam bentuk tato sebanyak 227 konten, menunjukkan konten merokok, meminum minuman keras, dan obat-obatan terlarang sebanyak 48 konten, selebihnya karena aksi, bahasa, dan memuat anak di bawah umur," kata Nando.

Kemudian, di urutan ketiga adalah aplikasi Kwai Go dengan jumlah yang diblokir sebanyak 424 konten.

Dari jumlah konten yang diblokir, 172 konten menunjukkan aksi yang tidak layak atau vulgar, 103 konten menunjukkan pakaian vulgar, dan 79 konten memperlihatkan aksi yang membahayakan.

Selebihnya, konten di Kwai Go diblokir karena menampilkan erotisme, aktivitas merokok, minuman keras, dan penyiksaan makhluk hidup.

Daftar Konten Negatif di Aplikasi Live Chat

Aplikasi TikTok di Google Play Store. (Doc: Google Play Store)

Lebih lanjut, hasil pantauan konten negatif ditemukenali di aplikasi Vigo (sebanyak 225 konten), Go Live (197 konten), Nanolibe (sebanyak 124 konten), Bigo (sebanyak 89 konten), Bigo Live (32 konten), Gogo Live (sebanyak 20 konten), Live Me (sebanyak 13 konten), Cheez (sebanyak 6 konten).

"Berdasarkan kategori konten terbanyak, ditemukan konten yang tidak layak atau vulgar dari penggunaan pakaian sebanyak 1.653 konten," ujar Nando.

Kemudian, konten mengganggu berupa tato sebanyak 227 konten dan konten aksi vulgar sebanyak 97 konten.

Adapun laporan itu diterima dari Kemkominfo melalui @aduankonten dan website aduankonten.id dan sudah ditindaklanjuti dengan tindakan pemblokiran oleh Kemkominfo.

Pemblokiran Lewat Filtering IP

Ilustrasi (ist.)

Pemblokiran dilakukan dengan penapisan (filtering) mencakup IP filtering, hosting, URL, dan aplikasi. Dalam melakukan pemblokiran, Kemkominfo juga bekerja sama dengan pihak-pihak pengelola layanan atau aplikasi.

Sekadar informasi, sesuai dengan Undang-Undang No 11 Tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, terdapat 12 kelompok konten yang dikategorikan sebagai konten negatif.

Kategori konten negatif itu antara lain pornografi/pornografi anak, perjudian, pemerasan, penipuan, kekerasan/kekerasan anak, fitnah/pencemaran nama baik, pelanggaran kekayaan intelektual, produk dengan aturan khusus, provokasi sara, berita bohong, terorisme/radikalisme, serta informasi/dokumen elektronik melanggar undang-undang lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kemkominfo mengimbau warganet untuk melaporkan konten internet dan media sosial yang diduga mengandung konten negatif melalui saluran pengaduan konten Twitter @aduankonten, website aduankonten.id dan nomor WhatsApp 08119224545.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Penduduk Terseret Longsor di Bolivia

Posted: 06 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rekaman longsoran lumpur menghantam penduduk yang melintas. Belum diketahui jumlah korban dalam insiden ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelindo III Tingkatkan Layanan di Pelabuhan Tanjung Emas

Posted: 06 Feb 2019 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelindo III akan menyiapkan fasilitas sambungan listrik dari darat (shore power connection) untuk memenuhi kebutuhan listrik pada kapal yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. 

Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Faruq Hidayat menuturkan, untuk tahap awal pihaknya akan uji coba dengan penyiapan fasilitas sambungan listrik tersebut di Terminal Dwimatama yang dioperasikan oleh PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC). 

Faruq menuturkan, fasilitas yang disiapkan di Terminal Dwimatama akan memiliki daya sebesar 1 mega watt dengan 1 unit shore power connection.

"Kami sudah menandatangani kerja sama dengan PT Pupuk Indonesia Logistik yang merupakan bagian dari PIHC.  Sementara kami siapkan terlebih dahulu untuk kepentingan PIHC, tidak menutup kemungkinan akan kami siapkan di Terminal Peti Kemas Semarang maupun terminal lainnya di Pelabuhan Tanjung Emas," ujar Faruq di kepada wartawan, Kamis (7/2/2019).

Dia menjelaskan, penggunaan shore power connection dapat menekan biaya operasional kapal sekitar 25-40 persen.

Hal tersebut didapat dari penurunan penggunaan bahan bakar minyak karena kapal tidak perlu lagi menyalakan mesin saat sedang bersandar di dermaga pelabuhan.

"Selama ini kapal jika bersandar mesin mereka tetap menyala untuk memenuhi kebutuhan listrik. Dengan shore power connection selain lebih efisien karena hemat BBM tentunya juga lebih ramah lingkungan karena emisi gas buang di pelabuhan juga berkurang," lanjutnya.

Saat ini beberapa terminal yang dikelola oleh Pelindo III telah dilengkapi dengan shore power connection diantaranya BJTI Port, Terminal Teluk Lamong,dan Pelabuhan Benoa Bali.  

Pelindo III menunjuk dari grup usahanya, PT Lamong Energi Indonesia (Legi) sebagai operator pelaksana penyediaan shore power connection.

 

 

Selanjutnya

Terminal pelabuhan Manyar di kawasan JIIPE dikelola oleh PT Berlian Manyar Sejahtera.

Sementara itu, Direktur Utama PT Lamong Energi Indonesia (Legi), Purwanto Wahyu Widodo mengatakan, permintaan sambungan listrik melalui shore power connection di beberapa terminal pelabuhan di lingkungan Pelindo III cukup tinggi. 

Pihaknya tengah mengkaji kemungkinan untuk mengaplikasikan shore power connection di seluruh terminal pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III di tujuh provinsi.

"Saat ini kami tengah melakukan kajian untuk penyiapan di seluruh pelabuhan, kami menghitung kebutuhan daya di masing-masing daerah karena kebutuhan listrik untuk kapal ini masih menggunakan dipenuhi oleh PLN," kata Purwanto.

Purwanto menambahkan, permintaan kebutuhan sambungan listrik melalui shore power connection saat ini lebih banyak diminta oleh pelayaran peti kemas domestik.

Beberapa operator pelayaran nasional seperti Meratus, Tempuran Emas, dan SPIL sudah menggunakan layanan sambungan listrik tersebut. Selain itu, perusahaan pelayaran lainnya saat ini masih proses untuk mencapai kesepakatan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Everton Vs Man City, Ini Strategi Liverpool Geser The Citizens

Posted: 06 Feb 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manchester City menang 2-0 atas Everton dalam laga lanjutan Premier League di Goodison Park, Rabu (6/2/2019). Hasil ini membuat Manchester City mengambil alih puncak klasemen sementara dari Liverpool.

Manchester City saat ini mendulang 62 poin unggul selisih gol atas The Reds di posisi kedua klasemen sementara Premier League. Artinya, wajah klasemen bisa terus berubah-ubah, sisa musim ini dipastikan akan berjalan seru.

Mendongkrak mental pemain The Citizens

Gabriel Jesus menutup kemenangan dengan gol keduanya di menit ke-90 pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di stadion Goodison Park, Liverpool, Kamis (7/2). Man City menang 2-0 atas Everton. (AFP/Paul Ellis)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola mengakui persaingan antara kedua tim itu bisa semakin panas. Dia pun menjamin skuat Manchester City masih belum menyerah, belum lelah meski harus bertanding di empat kompetisi berbeda.

Pertandingan pembuka pekan ke-26 ini semakin mendongkrak mental pemain dalam persaingan perebutan gelar juara musim ini atau mempertahankan gelar jawara di tanah Inggis.

"Kami bisa saja tertinggal tujuh poin beberapa hari yang lalu. Sekarang kami menjadi yang pertama. Itu adalah pelajaran yang bagus untuk tidak pernah menyerah," kata Guardiola dilansir Liputan6.com dari Bola.com, Kamis (7/2/2019)

Kemenangan ini akan jadi modal penting Manchester City untuk menjamu Chelsea, Minggu (10/1) mendatang.

Pada paruh pertama musim ini, Manchester City takluk di kandang Chelsea, laga ini bisa jadi momentum penting bagi skuat Guardiola.

Tekanan berada di Liverpool

1. Liverpool - 60 poin (AFP/Paul Ellis)

Kemenangan dua gol tanpa balas oleh skuad The Citizens atas The Toffees, memberikan langkah baik baik Manchester City untuk menduduki puncak klasemen Liga Inggris.

Meskipun Manchester City telah dahulu memainkan laga, secara tidak langsung posisi saat ini memberikan tekanan kepada Liverpool yang harus tergusur ke peringkat dua.

The Reds masih memiliki kesempatan kembali ke puncak klasemen Liga Inggris asal bisa meraih poin ketika menghadapi Bournemouth di Stadion Anfield pada Sabtu (9/2).

Dengan memperoleh hasil seri saja, Liverpool bisa kembali menggeser Manchester City dari puncak. Namun, hasil imbang ini nantinya sedikit banyak akan memberikan tekanan mental yang besar bagi Moh Salah dan tim.

Namun skor imbang bukanlah target yang diincar Juergen Klopp melihat persaingan untuk menjadi juara Liga Inggris butuh banyak kemenangan.

Kiper Liverpool, Alisson Becker, menuntut timnya untuk menyapu bersih semua laga sisa di Liga Inggris demi memenangi kompetisi tersebut.

"Kami harus siap untuk melawan segala keadaan buruk yang mengadang kami. Aku yakin tim kami berada di jalur yang benar. Sekarang kami tidak punya banyak ruang untuk ragu-ragu.

Jika kami ingin menjadi juara, kami harus memenangkan semua pertandingan mulai sekarang," kata Alisson di Soccerway dilansir oleh Liputan6.com

Akhir pekan yang menengangkan

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, memberikan instruksi saat melawan Arsenal pada laga Premier League di Stadion Anfield, Liverpool, Sabtu (29/12). Liverpool menang 5-1 atas Arsenal. (AP/Rui Veira)

Akhir pekan nanti, Liverpool akan menjamu Bournemouth di Anfield. Meski diunggulkan, The Reds tak boleh meremehkan The Cherries.

Bournemouth akan menjadi batu sandungan dan tekanan besar bagi Liverpool untuk bangkit dari masa sulit.

Memang di atas kertas Liverpool di favoritkan untuk menumbangkan Bournemouth demi memberi jarak kepada Manchester City.

Namun, The Cherries bukanlah lawan yang mudah, apalagi laga terkahir Bournemouth harus tunduk di markas Cardiff City.

Hal ini merupakan momen tersendiri bagi The Cherries untuk menjauhi zona degradasi. Namun berkaca pada hasil kekinian, Liverpool wajib fokus penuh untuk meraih hasil gemilang.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Gerebek Laboratorium Ganja Milik WNA di Apartemen Tanah Abang

Posted: 06 Feb 2019 09:22 PM PST

Patroli Indosiar, Jakarta Polisi menggerebek sebuah laboratorium pengembangan tanaman ganja milik seorang warga negara asing (WNA) di kawasan Tanah Abang, Jakarta Barat. Dari pengerebekan, polisi menyita bibit tanaman ganja yang berhasil dikembangkan beserta sejumlah peralatan lain. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (7/2/2019), pelaku berinisial L mengembangkan bibit ganja yang dibawanya dari negaranya Amerika Serikat. Dia menggunakan metode sintesis utraviolet buatan.

Selama lima bulan, pelaku yang berprofesi sebagai instruktur kebugaran mengaku berhasil  mengembangbiakan empat boks tanaman ganja dengan ketinggian variatif mulai 5 sentimeter hingga 10 sentimeter.  

Selain bibit tanaman ganja, polisi juga menyita ganja kering seberat lebih dari 100 gram serta sejumlah peralatan yang digunakan untuk mengembangkan tanaman ganja.  

Hingga kini, polisi masih menyelidiki apakah pelaku mengembangkan ganja untuk tujuan penjualan.  

"Modus operandi seperti ini baru pertama kali. Dimana kultivasi ganja ada di dalam ruangan," ujar Wadirtipid Narkoba Polri Kombes Pol Krisno Siregar. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bandara Juanda Ditutup, Ini Penyebabnya

Posted: 06 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kerusakan pada landasan pacu atau runway di Bandara Juanda, Surabaya, membuat kegiatan penerbangan di lapangan udara tersebut menghadapi beberapa kendala pada hari ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Michelle Ziudith Kesulitan Berbahasa Jawa dalam Film Calon Bini

Posted: 06 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Michelle Ziudith kembali beradu akting dengan Rizky Nazar lewat film produksi Screenplay Films, Calon Bini. Ini merupakan film pertama Michelle Ziudith yang bergenre komedi romantis.

Dalam film ini Michelle Ziudith berperan sebagai Ningsih, seorang gadis desa asal Yogyakarta yang memiliki impian untuk membahagiakan orangtuanya. Menariknya, Michelle Ziudith juga dituntut untuk berbahasa Jawa dalam filmnya.

Mengingat ia tak menguasai bahasa Jawa, tentu peran ini memiliki tingkat kesulitan luar biasa. Meski sudah berlatih keras, namun eksekusinya tak semudah yang dibayangkan.

"Karena saat di lokasi bahasa Jawanya beda sama yang udah dipelajari selama satu bulan," ujar Michelle Ziudith dalam gala premiere di Gandaria City, Jakarta Selatan, Rabu (6/2/2019).

"Kata-katanya ternyata harus disesuaikan sama keadaan. Perbedaan itu tipis, tapi mana yang paling nyaman dipakai. Aku udah pelajari banyak tapi diubah last minute itu susah sih," sambungnya tentang film yang diproduksi Screenplay Films itu.

Take Berulang-ulang

Michelle Ziudith - Rizky Nazar, pemain film Calon Bini (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Saking sulitnya, Michelle Ziudith melakukan banyak kesalahan saat berdialog. Hal ini membuat adegan harus di-take berulang kali oleh sutradara Asep Kusdinar.

"Kalau ditonton mungkin cuma kelihatan dialognya bentar tapi itu berlembar-lembar. Tek-tokan sama yang udah fasih berbahasa Jawa kadang ada yang bilang ini salah, yang bener ini, terus dibilang ini udah bener cuma kromonya gini," jelasnya tentang film yang skenarionya ditulis Titiem Wattimena dan Novia Faisal itu.

Keluar dari Zona Nyaman

(Adrian Putra/Fimela.com)

Namun perjuangannya terbayar. Sebab hasilnya, Michelle Ziudith dapat memerankan karakter sebagai orang Jawa dengan apik dan terkesan natural. Ini merupakan kebanggaan tersendiri.

"Aku coba untuk keluar dari zona nyaman. Aku percaya sama proses dan sekarang aku dikasih momen untuk jalani proses itu. Ini pengalaman besar," ujar artis 20 tahun tersebut.

Calon Bini bakal tayang pada 14 Februari 2019 di bioskop Tanah Air. Film ini juga dibintangi oleh Rizky Nazar, Slamet Rahardjo, Minati Atmanegara, Niniek L.Karim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sidang Perdana Ahmad Dhani di Surabaya Hanya Berjalan 20 Menit

Posted: 06 Feb 2019 09:19 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Ahmad Dhani Prasetyo menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan di Ruang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (7/2/2019). Sidang perkara ujaran kebencian tersebut hanya berlangsung 20 menit.

Sidang politikus Partai Gerindra itu berlangsung dari pukul 09.20 WIB hingga 09.40 WIB.

Jaksa mendakwa Ahmad Dhani dengan dugaan pelontaran ujaran kebencian dengan menyebut kata "idiot" yang dilakukan suami Mulan Jameela tersebut pada saat acara deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya beberapa waktu lalu. Saat itu, dia tengah diadang massa di Hotel Majapahit.

Hakim Ketua Anton Widyopriyono mengatakan, selanjutnya, sidang Ahmad Dhani akan digelar dua kali dalam seminggu. Sidang selanjutnya dilaksanakan pada Selasa 12 Februari dan Kamis 14 Februari, pekan depan. Hal itu dilakukan agar persidangan cepat selesai.

"Penjadwalan sidang seminggu dua hari, Selasa dan Kamis, supaya cepat selesai. Ini kejaksaan minta dipindahkan ke Surabaya biar mudah dalam proses persidangan," kata Anton di sela-sela sidang.

 

Tak Pakai Rompi Tahanan

Terdakwa Ahmad Dhani memberi salam kepada wartawan usai menjalani sidang lanjutan atas kasus ujaran kebencian di PN Jakarta Selatan, Senin (28/1). Hakim menuntut Ahmad Dhani dengan pidana penjara 1 tahun 6 bulan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Terdakwa ujaran kebencian, Ahmad Dhani Prasetyo mengenakan baju hitam bertuliskan Tahanan Politik dengan blangkon hitam memasuki ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, sekitar pukul 09.20 WIB, Kamis (7/2/2019). 

Saat ditanya mengenai persiapan jelang sidang perdana pencemaran nama baik, ujaran kebencian idiot, Ahmad Dhani hanya mengumbar senyuman. "Nanti saja mas, ramai-ramai," ucap Dhani. 

Ahmad Dhani Prasetyo sudah tiba di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya sekitar pukul 06.29 WIB. Politikus Partai Gerindra tersebut diagendakan menjalani persidangan ujaran kebencian idiot pada pukul 10.00 di Ruang Cakra.

Suami Mulan Jameela itu tiba di Bandara Juanda Surabaya sekitar pukul 05.47, selanjutnya dibawa ke PN Surabaya menggunakan mobil tahanan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Sampai di PN Surabaya sekitar pukul 06.29 dengan dikawal petugas dari kejaksaan.

Musisi asal Surabaya tersebut tidak mengenakan rompi tahanan. Seperti biasa, Dhani hanya mengenakan blangkon dan kaos oblong dengan setelan celana jeans warna hitam.

Sebelumnya, Polda Jatim menetapkan Ahmad Dhani Prasetyo sebagai tersangka pencemaran nama baik. Musisi asal Surabaya itu terjerat kasus mengucapkan kata 'idiot' yang menyinggung salah satu unsur massa pengunjuk ras yang menolak deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya beberapa waktu lalu. 

"Yang bersangkutan, saudara AD alias  Ahmad Dhani kami tetapkan sebagai tersangka atas laporan pencemaran nama baik karena ujaran (idiot)," tutur Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera di Mapolda Jatim Kamis, (18/10/2018).

Penyidik Subdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur, memanggil politikus Partai Gerindra Ahmad Dhani Prasetyo untuk hadir pada Jumat 28 September 2018, terkait video ujaran idiot jelang deklarasi #2019GantiPresiden beberapa waktu yang lalu di Surabaya. 

"Iya, surat panggilannya hari ini yang bersangkutan dimintai keterangan," tutur Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera, Jumat (28/9/2018). 

Dhani dilaporkan oleh aktivis Koalisi Bela NKRI ke Polda Jatim. Pelapor merupakan salah satu elemen yang berdemo menolak deklarasi #2019GantiPresiden.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nastasia Urbano, Eks Model Bertarif Miliaran Kini Jadi Gelandangan

Posted: 06 Feb 2019 09:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berapa lama seseorang eksis di dunia modelling pun tak ada yang mengetahui, begitu pula dengan mantan model bernama Nastasia Urbano.

Di masa jayanya, Nastasia Urbano merupakan model majalah Vogue.

Ia pernah memperoleh penghasilan hingga Rp 14 miliar. Penghasilan itu ia peroleh hanya dengan bekerja selama 20 hari dalam setahun. Namun siapa sangka, sang model yang memiliki penghasilan miliaran tersebut kini harus hidup menjadi seorang gelandangan.

Nastasia Urbano kini hidup menjadi gelandangan dengan tidur di emperan toko dan juga mendapat bantuan dari orang lain.

Nasib Mantan Model Ternama Jadi Gelandangan

Dilansir Liputan6.com dari The Sun, Kamis (7/2/2019), Nastasia Urbano merupakan salah satu model terkenal di era 1980-an. Wanita yang kini berusia 57 tahun itu sering kali terlihat saat acara catwalk bersama dengan rekan model terkenal lainnya seperti Linda Evangelista pada masa kejayaannya.

Namun siapa yang menyangka bahwa mantan model ini kini tinggal dengan menumpang di rumah teman. Ataupun di lobi bank dengan pintu otomatis, sehingga tidak mengganggu pengguna yang akan mengakses mesin ATM. Hal ini mulai terjadi saat sang mantan suaminya mengambil semua harta yang dimiliki oleh Urbano.

Ditinggalkan Suami dan Anak-anaknya

Saat masih menjalani karir sebagai model, ia selalu berpergian bersama teman-temannya.

"Suatu hari saya makan malam bersama Jack Nicholson, hari berikutnya dengan Andy Warhol atau bahkan Roman Polanski. Saya di pesta dengan Melanie Griffith, Don Johnson, dan Simon dan Garfunkel," kata Urbano dalam sebuah wawancara.

Meskipun ia memiliki gaya hidup serba mewah pada saat itu, akan tetapi semuanya berakhir saat mantan suami meninggalkannya. Urbano hanya ditinggali pakaian yang tengah digunakan olehnya. Ia pun mengatakan bahwa saat masih mencintai sang suami, Urbano menjadi buta dan juga bodoh. Ia rela menandatangani sebuah cek pada saat itu.

Nastasia Urbano (Sumber: Instagram/nurbano518)

"Dia membayar semuanya dengan uang saya. Hanya dua hari setelah mengenalnya, dia ingin saya membeli BMW dan saya, seperti orang bodoh, saya menandatangani cek. Saya jatuh cinta," tambahnya.

Nastasia Urbano sendiri sering mengalami depresi akibat sering diusir dari rumah sewaan karena tak mampu untuk membayar. Bukan hanya bertahan hidup saja, ia lelah meminta uang dari orang-orang. Orang terdekat pun lambat laun pergi dan ia tidak terkejut.

Menjadi Brand Ambassador Brand Terkenal

Nastasia Urbano (Sumber: Instagram/nurbano518)

Nastasia Urbano sendiri memiliki keinginan kuat saat ini. Ia ingin pulih dan menjalani hidup seperti sedia kala dan juga baik-baik saja. Ia pun ingin melihat anak-anaknya dengan keadaan yang lebih baik agar sang anak bisa bangga padanya.

Urbano sendiri pernah menjadi model dan juga brand ambassador dari merek terkenal dunia. Selain menjadi model untuk majalah Vogue, Urbano pernah menjadi model dari Revlon dan juga Yves Saint Laurent. Tentu saja Urbano pun sering diminta menjadi model sampul majalah terkenal lainnya.

Sementara itu, beberapa rekan modelnya terdahulu ingin memberikan bantuan agar bisa membangkitkan kembali semangat Nastasia Urbano ini. Seorang mantan model bernama Ruth Schuler pun mengatakan, bahwa pada masanya Urbano berada di tingkat atas.

"Ini membuat saya kaget. Tidak ada yang mengharapkan ini. Kami berada di level putri, tapi dia, dia berada di level dewi," ujar Ruth Schuler.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertengkar Hebat? Begini Cara Redam Amarah Pacar Menurut Golongan Darah

Posted: 06 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah hubungan, pertengkaran kadang tak bisa dihindari. Saat pertengkaran sudah terjadi, langkah selanjutnya adalah bagaimana kembali berdamai dan memperbaiki keadaan.

Cuma masalahnya, kadang sulit untuk meredam amarah pasangan yang seringkali tak terkendali. Pastinya kamu akan sangat kebingungan ketika menghadapi pasangan yang sedang marah besar. Terlebih ketika pacar kamu memilih untuk diam tanpa ingin mengungkapkan permasalahan yang sebenarnya.

Lalu bagaimana cara terbaik yang harus dilakukan saat menghadapi pacar yang marah agar tidak memperkeruh pertengkaran? Ada cara yang cukup efektif untuk meredam amarah pasangan, yaitu memilih cara yang sesuai dengan kepribadian berdasarkan golongan darahnya. Berikut cara meredam amarah pacar menurut golongan darah yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/2/2019).

Pasangan Golongan Darah A

Redam amarah pacar (sumber: Pexels)

Untuk meredam amarah pasangan yang bergolongan darah A, kamu bisa langsung mengakui kesalahanmu padanya. Meskipun sebenarnya kesalahan itu bukan benar-benar karena keteledoranmu, kamu perlu mengakui kalau kamu salah terlebih dahulu supaya hatinya tenang. Karena terkadang si A sulit mengalah.

Pasangan Golongan Darah B

Redam amarah pacar (iStockphoto)

Jika pasanganmu bergolongan darah B, jangan ikut terbawa emosi setelah bertengkar dengannya. Sebaiknya diskusikan dan obrolkan masalah yang ada bersama. Tunggu sampai dia yang menawarkan solusi atau jalan keluar. Baru setelah itu kamu bisa mencoba sepakat dengan solusi yang ditawarkannya itu.

Pasangan Golongan Darah AB

Redam amarah pacar (iStockphoto)

Untuk bisa kembali berdamai dengan si AB harus benar-benar sabar. Sebaiknya cari penengah atau mediator untuk membantu mendamaikan keadaan. Jika tidak ada orang yang bisa jadi penengah, kamu bisa menunggu sampai ada perbaikan sikap darinya terlebih dahulu.

Pasangan Golongan Darah O

Redam amarah pacar

Cara terbaik untuk meredam amarah dan berdamai dengan si pemilik golongan darah O adalah dengan segera minta maaf terlebih dulu. Segera minta maaf dan peluk dia. Maka, hatinya pun bisa kembali luluh dan tenang.

 

Cara-cara di atas bisa jadi referensi kamu untuk memperbaiki keadaan atau meredam amarah setelah bertengkar. Siapa tahu dengan menggunakan cara di atas, pertengkaran dan perselisihanmu dan pasangan bisa cepat terselesaikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri PANRB: Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Terus Meningkat

Posted: 06 Feb 2019 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin mengatakan, hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) membuahkan hasil yang membanggakan.

Hasil evaluasi SAKIP di wilayah II yang meliputi Provinsi Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan dan Lampung ini mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

"Sehingga ke depanya diharapkan seluruh daerah dapat terus meningkatkan nilai SAKIP sebagai sebuah pedoman dalam pelaksanaan pembangunan yang efektif dan efisien," ujar dia di Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Syafruddin mengungkapkan, evaluasi dan penilaian SAKIP ini bukan untuk berkompetisi, melainkan berkolaborasi dan saling membina satu sama lain. Menurut dia, saat ini bukan saatnya bekerja yang berorientasi pada laporan semata, melainkan bagaimana mampu memberikan kemanfaatan pembangunan dari hulu hingga hilir.

"Yang sudah mendapat nilai BB berhak atas dana insentif daerah, dan dengan SAKIP ini produk pembangunan dapat bergerak lebih cepat sehingga dapat memberikan manfaat pembangunan yang maksimal untuk kesejahteraan rakyat menuju Indonesia maju dan madani," kata dia.

Salah satu daerah yang berhasil meningkatkan SAKIP-nya yaitu Kota Denpasar. Pada 2018, ibukota Provinsi Bali ini berhasil meningkatkan nilai SAKIP dari B menjadi BB dengan nilai 70,07.

 

Sakib

Menteri PANRB Syafruddin (Foto:Liputan6.com/Maulandy R)

Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra‎ menyatakan, selama ini pihaknya gencar dalam memaksimalkan SAKIP melalui beragam upaya mulai dari menggelar pemahaman SAKIP yang menyasar OPD, perencangan klinik SAKIP serta memberikan pemahaman SAKIP di setiap kegiatan masyarakat.

Tidak hanya sebatas nilai, Rai Mantra juga berharap capaian ini dapat menjadi dorongan semangat bagi seluruh jajaran untuk tetap menyelaraskan inovasi dan program mulai dari perencanaan, penganggaran hingga capaian kinerja yang eektif dan efisien. Dengan demikian, ke depanya mampu mendukung program pembangunan keberlanjutan yang memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat.

"Tentunya ke depan program dan inovasi wajib memberikan dampak positif dan manfaat maksimal bagi masyarakat," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Everton vs Man City: Guardiola Sebut The Citizens Tak Pernah Menyerah

Posted: 06 Feb 2019 09:14 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Man City tampil gemilang saat jadi tamu Everton di lanjutan Liga Inggris, Rabu (6/2) atau Senin dini hari WIB. Dari Goodison Park, The Citizens, akhirnya sukses membawa pulang kemenangan 2-0.

Aymeric Laporte membuka kemenangan Man City di menit ke-45. Sementara gol pamungkas dicetak Gabriel Jesus pada menit ke-90.

Dengan kemenangan ini, Man City pun sukses menggeser Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris. Keduanya memang memiliki nilai sama, 62, namun The Citizens unggul dalam selisih gol.

Hanya memang, jumlah pertandingan Man City lebih banyak, 26 dibanding Liverpool, 25. Artinya, jika Liverpool kembali menang, The Citizens akan turun lagi ke posisi kedua. Liverpool sendiri baru akan memainkan laga pekan ke-26 lawan Bournemouth, Sabtu (9/2).

Namun begitu, fakta ini tetap membuat manajer Man City, Josep Guardiola, semringah. Dia pun memuji semangat juang pasukannya di laga ini.

"Pelajaran bagus kami dapat di pertandingan ini, jangan pernah menyerah," ujar Guardiola. "Bermain di Goodison Park memang selalu berat. Tapi, kami berhasil membuktikan kekuatan kami."

Jangan Lengah

Gabriel Jesus menutup kemenangan dengan gol keduanya di menit ke-90 pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di stadion Goodison Park, Liverpool, Kamis (7/2). Man City menang 2-0 atas Everton. (AFP/Paul Ellis)

Namun begitu, Guardiola meminta pasukannya jangan lengah. Termasuk soal posisi mereka di puncak klasemen. Sebab, posisi itu masih sangat rawan diambil lagi oleh Liverpool.

"Berada di puncak klasemen memang hal bagus. Tapi, Liverpool punya satu pertandingan sisa lebih banyak daripada kami," ujarnya.

Jadwal Ketat

Guardiola juga meminta pasukannya untuk kembali fokus. Sebab, Minggu (10/2) mereka harus kembali turun gelanggang di Liga Inggris, melawan Chelsea.

Setelah itu, laga penting di Liga Champions dan Piala FA sudah menunggung. "Persiapan kami sangat singkat untuk pertandingan-pertandingan ini. Pertandingan-pertandingan seperti tak pernah berhenti. Nonstop," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Harap Polda Segera Tangkap Penganiaya 2 Pegawainya

Posted: 06 Feb 2019 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap Polda Metro Jaya segera membekuk penganiaya dua pegawainya di Hotel Borobudur Jakarta. Dua pegawai tersebut diduga dianiaya saat tengah menyelidiki adanya dugaan tindak pidana korupsi.

"Kami harap dalam waktu tidak terlalu lama pelaku penyerangan bisa ditemukan," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Dia mengatakan, berdasarkan informasi yang dia terima dari Polda Metro Jaya, perkembangan penanganan kasus ini sudah signifikan. Polisi sudah memeriksa sejumlah saksi, dan melihat langsung korban di rumah sakit.

Selain itu, polisi sudah mengantongi rekaman CCTV dan juga hasil visum dua penyelidik yang dianiaya. Febri yakin, hasil visum dan rekaman CCTV akan menjadi bukti kuat untuk menjerat pelaku.

"Jadi visum yang dari rumah sakit itu sudah berada di tangan pihak Polda, sehingga dari sana tentu diharapkan bisa semakin kuat terbukti bahwa indikasi penganiayaan itu memang terjadi," kata dia.

Sebelumnya, dua pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dianiaya di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat saat sedang melakukan penyelidikan adanya dugaan tindak pidana korupsi.

Febri Diansyah mengatakan, awalnya lembaga antirasuah menerima informasi akan terjadinya tindak pidana korupsi di hotel tersebut. KPK kemudian menugaskan dua pegawainya untuk menyelidiki kebenaran laporan tersebut.

"Pegawai ini ditugaskan secara resmi oleh KPK, setelah kami mendapatkan informasi dari masyarakat tentang indikasi tindak pidana korupsi," ujar Febri di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (4/2/2018).

Febri mengatakan, dua penyelidik KPK itu kemudian mendatangi Hotel Borobudur pada Sabtu 2 Februari 2019. Saat hari berganti, Minggu 3 Februari 2019 dini hari, dua penyelidik tersebut diinterogasi oleh sekelompok orang.

"Pegawai KPK dibawa ke satu tempat di hotel tersebut, bertanya beberapa hal sampai akhirnya pegawai KPK menyatakan kami ditugaskan secara resmi dan merupakan pegawai KPK," kata Febri.

Sudah Beri Kartu Identitas

Meski dua penyelidik tersebut sudah memperlihatkan kartu identitas, menurut Febri, sekelompok orang tersebut tetap menganiaya hingga akhirnya dua penyelidik itu dilarikan ke rumah sakit untuk dioperasi.

"Ini yang saya kira kami sesalkan, karena atas alasan apapun juga, apalagi kalau dibaca dari pernyataan yang disampaikan oleh pejabat di Papua itu dikatakan hanya karena mengambil foto. Tapi atas alasan apapun juga tidak diperbolehkan melakukan tindakan main hakim sendiri," kata Febri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecelakaan Bus Kramat Jati Di Cicalengka Tewaskan 2 Orang, Sopir Masih Buron

Posted: 06 Feb 2019 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan transportasi kembali terjadi. Pada hari Rabu (6/2) lalu telah terjadi kecelakaan transportasi bus di Jalan Raya Bypass Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Kecelakaan tersebut melibatkan bus Kramat Jati yang berangkat dari Wonogiri menuju Bandung.

Kecelakaan Bus Kramat Jati dengan nomor plat D 7591 AF tersebut menewaskan 2 orang dan 12 orang lainnya alami luka-luka.

Diduga Sopir Tak Konsentrasi

Bus Kramat Jati terbalik di bawah jalan layang Garut-Bandung sekitar pukul 04.00. Lokasinya berada di Jalan Raya Bypass Cicalengka, Kampung Cipetag RT 02 RW 07, Desa Tenjolaya, Kecamatan Cicalengka.

Kecelakaan tersebut diduga akibat sopir yang kurang berkonsentrasi, sehingga bus menjadi oleng.

"Akibat dari kejadian tersebut dua penumpang meninggal dunia dan satu orang mengalami luka berat dan 10 mengalami luka ringan selanjutnya korban dibawa ke RSUD Cikopo Cicalengka," kata Truno, dikutip dari Merdeka, Kamis (7/2/2019) oleh Liputan6.com.

Sopir Bus Kramat Jati Masih Buron

Setelah 4 jam kecelakaan, badan bus Kramat Jati dievakuasi menggunakan alat berat khusus. Juru bicara SAR Bandung, Joshua Banjarnahor, turut melakukan evakuasi bangkai bus Kramat Jati.

"Evakuasi menggunakan alat khusus RAR (Road Accident Rescue). Tim membuat akses dengan memotong body bus menggunakan combicutter agar segera dapat mengevakuasi korban," ujarnya.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa setelah kecelakaan, sopir bus tidak berada di lokasi.

Sopir yang bernama Asep kini masih diburu oleh pihak kepolisian guna dimintai keterangan atas insiden tersebut. Asep yang sempat menabrak pohon sebelum bus yang ia kemudikan terjun, diduga melarikan diri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bernilai Rp 3,5 Miliar, Apa Hebatnya Motor Tua yang Satu Ini?

Posted: 06 Feb 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Paris - MV Agusta berencana untuk melelang sekitar 90 sepeda motor mereka di Prancis pada 9 Februari 2019 mendatang . Semua unit yang dilelang merupakan produk koleksi dan prototype

Mengutip dari Artcurial.com, harga produk tertinggi diperkirakan bisa mencapai EUR220.000, sekitar Rp3,5 miliaran. Angka tersebut adalah milik MV Agusta 750 Prototype Turbo (EUR1 = Rp15.844).

Motor keluaran tahun 1975 ini adalah prototype atau purwarupa yang dibuat sebelum versi produksi massalnya. Seperti namanya, motor klasik ini dibekali turbocharger dengan 2 turbin.

Komponen lainnya juga terbilang istimewa. Blok silindernya terbuat dari bahan aluminium. Mesinnya berkapasitas total 830 cc dari 4-silinder inline. Istimewanya lagi, dapur pacu ini menggunakan pelapisan plasma layaknya roket untuk menghilangkan panas.

Karena masih purwarupa, body aluminium MV Agusta 750 Prototype Turbo masih belum dilapisi cat sama sekali. Instrumen panelnya pun masih tampak klasik dengan beberapa indikator analog.

 

 

Selanjutnya

Sayangnya, sudah ada beberapa bagian yang tampak lusuh, seperti mesin, jok, leher knalpot, dan sasis. Karena berusia 44 tahun, ban MV Agusta 750 Prototype Turbo tentunya juga sudah tak layak pakai.

Selain itu, MV Agusta 750 Prototype Turbo tentu tak bisa digunakan ke jalan raya lantaran kondisinya dan tidak memiliki kelengkapan berkendara. Motor ini tentu hanya akan menjadi koleksi dan harganya terus meningkat.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadiri Rakor RPP Jaminan Produk Halal, Ini Tanggapan Menko Darmin

Posted: 06 Feb 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui sejumlah kementerian masih membahas sejumlah indikator yang masuk dalam produk halal.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution saat ditemui pada rapat koordinasi (rakor) bersama sejumlah kementerian di Kantor Kementerian Sektariat Negara, Kamis (7/2/2019).

Rakor itu membahas Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) turunan Undang-Undang (UU) Nomor 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal. 

Darmin Nasution mengatakan, dalam rapat tersebut tidak disinggung mengenai keputusan rencana kapan penandatanganan RPP tersebut dilakukan. Hanya saja, kata dia, beberapa perwakilan dimintai untuk memberikan pandangan dan menyatukan persepsi terkait indikator produk halal.

"Kita memberikan pandangan saja tadi bukan memutuskan. Pada intinya bukan poin-poin apa, tapi kira-kira ada konsen apa menurut masing-masing, ya ini pandangan masing-masing saja tidak ada topik yang jelas dibahas," kata Darmin Kamis (7/2/2019).

Terkait dengan penerbitan RPP tersebut, Darmin mengaku masih tidak mengetahui. Sebab, dalam implementasinya masih ada beberapa bahasan teknis yang sedang digodok.

"Ya nanti kalau final apa enggak tanyanya pak Menteri Sekretariat Negara (Pratikno) bukan kita," ujar dia.

Sebagai informasi, Peraturan Pemerintah (PP) tentang Jaminan Produk Halal (JPH) sebagai turunan Undang-Undang (UU) Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal masih belum juga terbit.

Salah satu yang akan dibahas yaitu terkait BPJPH kemudian soal vaksin dan obat. Diketahui, BPJPH diresmikan oleh Menteri Agama Lukmam Hakim Saifuddin pada 11 Oktober 2017, dengan salah satu pokok kerjanya adalah mensertifikasi produk halal.

Dalam proses penerbitan sertifikat halal, BPJPH akan bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) sesuai amanat UU JPH.

Sebelumnya, Menteri Sekretariat Negara, Pratikno menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama dengan sejumlah kementerian terkait di Kantornya, Jakarta guna membahas Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) turunan Undang-Undang (UU) Nomor 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal. 

Hadir dalam rapat tersebut yakni, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution dan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

Selain itu hadir juga beberapa perwakilan dari kementerian lainnya seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, hingga Kementerian Perindustrian.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

BPJPH Minta Kemenkeu Ringankan Biaya Sertifikasi Halal Produk UMKM

Logo kosmetik halal. (via: twitter.com)

Sebelumnya, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) mengusulkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk memberikan keringanan biaya bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam mendapatkan sertifikat halal untuk produknya.

Hal ini terkait dengan kewajiban sertifikasi halal bagi seluruh produk yang beredar di Indonesia pada 2019.

Ketua BPJPH, Sukoso mengatakan, pihaknya memahami kekhawatiran dari para pelaku UMKM akan biaya yang harus ditanggung untuk mendapatkan sertifikasi halal. Oleh sebab itu, dia mengusulkan agar UMKM mendapatkan keringanan terkait hal ini.

"Kita sedang berkoordinasi dengan Kemenkeu. Usulan kami, UMKM hanya dikenakan 10 persen dari biaya normal. Pembiayaan (untuk UMKM) jelas di UU ditanggung oleh pemerintah," ujar dia di Jakarta, Jumat 21 Desember 2018.

Selain itu, lanjut dia, bantuan bisa diberikan pemerintah yaitu melalui kementerian/lembaga terkait dengan mengalokasikan anggaran untuk membantu UMKM mendapatkan sertifikasi halal tersebut. Pihak swasta juga diharapkan bisa membantu melalui program CSR-nya.

"Misalnya Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM bisa mengajukan binaan-binaan mereka. Mereka akan alokasikan anggaran melalui dipa, kemudian menurunkan anggarannya melalui dinas setempat," kata dia.

Sukoso menjelaskan, uang yang nantinya dikumpulkan dari proses sertifikasi halal sebuah produk tidak hanya akan mengendap dan masuk ke negara, melainkan juga akan digunakan untuk pembinaan dan pelatihan bagi UMKM.

"Kita juga berharap jangan sampai umkm itu nanti tidak berkembang, harus mengalami perbaikan standar, kualitas, kuantitas dan menjangkau lebih luas (pasar ekspor), bukan hanya lokal lagi. Jadi daya saingnya akan muncul untuk jadi produk ekspor," tandas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Menurunkan Berat Badan? Tonton Film Horor Buat Membakar Kalorimu

Posted: 06 Feb 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sedang merasa stres gagal diet gara-gara tadi tak tahan makan cokelat? Jangan sedih dulu, mungkin penemuan para peneliti dari University of Westminter ini bisa menjadi kabar baik untukmu.

Penelitian yang dilakukan ini telah menemukan bahwa ada hubungan antara lonjakan detak jantung seseorang saat menonton film horor dan kehilangan kalori.

Dr. Richard MacKenzie, pemandu para ilmuwan University of Westminter, mengungkapkan bahwa menonton film horor berdurasi selama 90 menit dapat membantu Anda membakar hingga 113 kalori. Ini jumlah kalori yang sama kamu bakar dengan saat berjalan kaki selama 15-30 menit.

 

Adrenalin Akan Meminimalkan Nafsu Makan

sumber: brightside.me

"Ketika denyut nadi lebih cepat dan darah memompa ke seluruh tubuh lebih cepat, tubuh mengalami lonjakan adrenalin," jelas MacKenzie, seorang dokter spesialis metabolisme dan fisiologi sel.

Adrenalin yang cepat ini dikeluarkan pada saat-saat singkat dari rasa takut yang akan meminimalkan nafsu makan dan meningkatkan tingkat metabolisme basal yang menghasilkan kehilangan kalori yang lebih tinggi. 

Ingat ya, penelitian ini didasarkan pada jumlah kalori yang dapat kamu bakar. Nah, jika kamu ingin mencobanya langsung, pastikan jangan nyemil popcorn dan cokelat banyak banyak saat nonton, ya! Dan jangan lupa buat tak menutup mata saat adegan seram muncul. Semakin seram filmnya, semakin banyak juga kalori yang kamu bakar.

Bagaimana, sudah siapkah stok film-film horor kamu?

 

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asia Pasifik Ingin KTT Donald Trump dan Kim Jong-un Membuahkan Hasil Konkret

Posted: 06 Feb 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Pemerintah negara Asia-Pasifik, pada Rabu 6 Februari 2019, mengungkapkan harapan bahwa pertemuan tingkat tinggi ke-2 antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Vietnam akhir Februari ini akan membuahkan hasil konkret yang mengarah pada denuklirisasi sepenuhnya Semenanjung Korea.

Trump mengumumkan dalam pidato kenegaraannya, Selasa 5 Januari 2019 malam waktu Amerika, bahwa KTT ke-2 itu akan berlangsung tanggal 27 - 28 Februari 2019. Vietnam digadang-gadang menjadi lokasi pertemuan.

Seorang juru bicara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan, Korea Selatan berharap AS dan Korea Utara akan menghasilkan kesepakatan yang lebih konkret dan praktis selama pertemuan itu, demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (7/2/2019).

Kedua pemimpin bertemu pertama kali di Singapura, Juni 2018, dan berakhir dengan janji yang tidak jelas dari Kim Jong-un untuk mengusahakan denuklirisasi, atau tanpa rencana konkret bagaimana usaha itu akan dilakukan.

Juru bicara kepresidenan Korea Selatan, Kim Eui-kyeom mengatakan di Seoul, Vietnam akan menjadi tempat yang sangat sesuai bagi AS dan Korea Utara untuk menuliskan sejarah baru hubungan mereka.

Jepang juga berharap, KTT itu akan "berarti" dan mengarah pada denuklirisasi sepenuhnya Semenanjung Korea.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga juga mengangkat masalah warga negara Jepang yang diculik Korea Utara pada 1970-an dan 1980-an, dengan mengatakan bahwa itu merupakan isu paling penting terkait Korea Utara.

Menlu Australia Marise Payne mengatakan, menegakkan sanksi-sanksi internasional yang diberlakukan terhadap Korea Utara merupakan hal penting dalam memastikan komitmen Korea Utara pada denuklirisasi.

 

Simak video pilihan berikut:

Laporan PBB: Korea Utara Masih Menyimpan Senjata Nuklir

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menggapai tangan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un untuk bersalaman dalam pertemuan bersejarah di resor Capella, Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6). (AP Photo / Evan Vucci)

Korea Utara sedang menggerakkan senjata nuklir dan balistiknya untuk menyembunyikannya dari kemungkinan serangan militer Amerika Serikat, menurut seorang diplomat Dewan Keamanan PBB.

Diplomat itu, mengutip "laporan dua tahunan PBB" yang rahasia, juga menyebut bahwa program nuklir dan rudal Korea Utara tetap utuh dan tidak menunjukkan perubahan dalam perilaku, demikian seperti dikutip dari CNN, Rabu (6/2/2019).

Laporan itu mengemuka ketika Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengumumkan tanggal pertemuan tingkat tinggi kedua dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada 27 - 28 Februari 2019. Keduanya diperkirakan akan melanjutkan kesepakatan denuklirisasi hasil dari pertemuan pertama mereka di Singapura pada Juni 2018.

Pekan lalu, Trump memuji Korea Utara untuk "kemajuan luar biasa" dalam negosiasi.

Tetapi, sumber diplomatik PBB mengatakan kepada CNN bahwa "laporan dua tahunan PBB" terbaru menunjukkan Pyongyang berusaha untuk menjaga program nuklir dan balistiknya siap diluncurkan.

Diplomat PBB itu mengatakan, laporan menemukan "bukti tren yang konsisten di pihak DPRK (singkatan dari nama resmi Korea Utara) untuk membubarkan lokasi perakitan, penyimpanan, dan pengujiannya."

Panel para ahli yang menyusun laporan dibentuk setelah beberapa resolusi Dewan Keamanan PBB yang bertujuan menekan Pyongyang untuk menghentikan uji coba nuklir dan peluncuran rudal.

Laporan telah disampaikan kepada komite sanksi Dewan Keamanan PBB yang beranggotakan 15 orang pada Jumat 1 Februari 2019, kata sumber diplomatik PBB itu kepada CNN.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: