Rabu, 20 Februari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jalur Penghubung 2 Desa di Lampung Putus Diterjang Banjir

Posted: 20 Feb 2019 10:12 PM PST

Fokus, Lampung Timur - Akibat banjir yang telah terjadi selama lebih dari empat hari, akses jalan penghubung dua desa di Batang Hari, yakni Desa Buana Sakti dan Rejo Agung, Lampung Timur, putus.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (21/2/2019), sejumlah siswa yang akan bersekolah terpaksa diangkut menggunakan perahu karet milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung lantaran jalan penghubung desa mereka terendam banjir setinggi lebih dari 1,5 meter.

Banjir yang disebabkan luapan Sungai Waysekampung ini diakibatkan guyuran hujan deras. Meski memutus jalur penghubung desa, namun permukiman warga terhindar dari terjangan banjir. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengawali Tahun, Daihatsu Langsung Jual 16.274 Unit Kendaraan

Posted: 20 Feb 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tutup tahun dengan menempati peringkat kedua selama 10 tahun berturut-turut dalam penjualan ritel otomotif nasional, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) langsung tancap gas tahun ini. Pabrikan asal Jepang ini, mampu menjual sebanyak 16.274 unit ritel pada bulan pertama 2019, dan wholesale sebesar 14.769 unit.

Berdasarkan data yang dikirimkan PT ADM, dengan penjualan retail tersebut, Daihatsu meraih pangsa pasar sebesar 18,7 persen dari volume retail nasional sebesar 87.048 unit. Sementara untuk wholesale, Daihatsu meraih market share sebesar 18,7 persen dari volume nasional sebesar 81.677 unit.

Penjualan retail sales Daihatsu didominasi Sigra, dengan 4.260 unit atau berkontribusi sebesar 26 persen. Diikuti oleh Gran Max (PU) 3.424 unit (21 persen), dan Terios 2.426 unit (15 persen).

Sementara untuk LMPV andalan, Xenia hanya terdistribusi 2.299 unit (14 persen), Ayla mencapai 2.182 unit (13 persen), dan Gran Max (MB) 1.304 unit (8 persen). Sedangkan untuk line-up Daihatsu lainnya, yakni Luxio, Sirion & Hi-Max, mencapai 379 unit (3 persen).

Untuk penjualan wholesale, tidak berbeda cukup jauh dengan retail masih didominasi Sigra sebanyak 3.827 unit (26 persen), diikuti Gran Max (PU) sebesar 3.212 unit (22 persen), dan Xenia 3.037 unit (21 persen).

Selanjutnya

Kemudian, ada Ayla dengan torehan sebesar 1.825 unit (12 persen), Terios 1.459 (10 persen), dan Gran Max (MB) 1.042 unit (7 persen). Untuk model lainnya (Luxio, Sirion, dan Hi-Max) berkontribusi 367 unit (2 persen).

"Kami bersyukur, Daihatsu mengawali tahun 2019 dengan capaian penjualan yang cukup baik. Daihatsu akan terus meningkatkan pelayanan penjualan dan purna jual bagi seluruh Sahabat Daihatsu di Indonesia," ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM, seperti dalam siaran resmi yang diterima Liputan6.com, Kamis (21/2/2019).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Ini Alasan Mengapa Tombol Keyboard Tak Berurutan Sesuai Abjad

Posted: 20 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banyak individu yang selalu menggunakan keyboard dalam bekerja, ataupun ketika mengetik pesan di smartphone. Tetapi apakah kamu pernah bertanya-tanya mengapa urutan huruf yang ada di keyboard tidak berurut sesuai abjad? 

Tata letak tombol keyboard QWERTY yang hingga sekarang kita gunakan, pertama kali dibuat dan dirancang pada tahun 1860, oleh pencipta mesin tik modern pertama, Christopher Sholes. Ia merupakan editor surat kabar yang tinggal di Milwaukee.

Awalnya, tata letak karakter pada mesin tik yang ia ciptakan disusun berdasarkan abjad. Dengan kinerja mesin tik waktu itu, yaitu karakter huruf diletakkan di ujung batang logam yang akan mengenai kertas ketika tutsnya ditekan.

Awalnya disusun secara urut sesuai abjad

keyboard komputer. kredit foto: stockvault

Namun, saat seorang operator mencoba mengetik dokumen pada mesin tik tersebut secara cepat, batang-batang yang diletakkan pada huruf-huruf itu saling berdekatan di papan ketik dan bertumpu satu sama lain. Akhirnya sang operator terpaksa mengetik secara manual.

Salah satu rekan bisnis Sholes, yakni James Dendmore menyarankannya untuk memisahkan tuts-tuts yang sering digunakan secara bersama sama. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses mengetik dan mencegah satu batang logam dan lainnya saling menempel dan bertemu.

Sebenarnya ada beragam pendapat tentang penataan ulang huruf di keyboard. Seperti penataan urutan huruf QWERTY pada keyboard didasarkan pada penggunaan huruf dalam bahasa Inggris.

Namun, beberapa sumber juga menjelaskan bahwa pengaturan tata letak huruf pada keyboard ini untuk memperlambat kecepatan pengetikan untuk menghindari kerusakan pada antara tuts satu dan lainnya. Penataan tata huruf pada keyboard akhirnya dikelola sedemikian rupa sehingga kita dapat menggunakannya hingga sekarang.

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Unviersitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:keyboard-ipad-logitech-130227-1.mp4]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Calon Pengganti Allegri di Juventus Musim Depan

Posted: 20 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Juventus mengalami penurunan performa di tahun 2019. I Bianconeri sudah terdepak dari Liga Europa dan terancam tersingkir di babak 16 besar Liga Champions.

Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan tidak berkutik di leg pertama 16 besar saat dijamu Atletico Madrid. Juventus kalah 0-2 berkat gol Jose Gimenez dan Diego Godin. 

Dengan hasil ini Juventus wajib menang 3-0 saat ganti menjamu Atletico. Sebuah misi yang sangat berat. Atletico punya pertahanan yang sangat kokoh.

Jika sampai gagal lagi menjuarai Liga Champions, pelatih Massimiliano Allegri kemungkinan besar akan dipecat oleh Juventus. Gelar juara Serie A tidak akan menyelamatkan Allegri.

Juventus sangat ingin juara Liga Champions. Oleh karena itu mereka bersedia merekrut Ronaldo dari Real Madrid musim panas lalu.

Ada beberapa kandidat pelatih yang mungkin akan dipakai Juventus bila memecat Allegri. Siapa saja mereka? Simak di halaman berikutnya:

 

3. Gian Piero Gasperini

Gian Piero Gasperini (AFP PHOTO/Marcello PATERNOSTRO)

Nama Gasperini layak dipertimbangkan Juventus untuk melatih Ronaldo cs musim depan. Gasperini sukses besar di Atalanta musim ini.

Atalanta dibawa Gasperini menyingkirkan Juventus dari Coppa Italia. Juventus belum bisa menang atas Atalanta dalam dua pertemuan musim ini.

Permainan Atalanta dibawah asuhan Gasperini sangat menghibur dan menyerang. Mereka menjadi salah satu tim paling produktif kedua di Serie A 2018-2019.

2. Didier Deschamps

Didier Deschamps mengaku bangga dengan penampilan skuat Prancis pada laga melawan Argentina. (doc. FIFA)

Deschamps merupakan pemain legendaris Juventus. Juventus pernah memakai jasa Deschamps saat terpuruk akibat Calciopoli dan harus main di Serie B.

Ketika itu Deschamps membantu Juventus promosi kembali ke Serie A. Sayangnya Deschamps cuma setahun saja di Juventus akibat konflik dengan pengurus klub.

Para petinggi Juventus saat ini sudah berubah 180 derajat. Deschamps mungkin akan mau kembali melatih La Vecchia Signora dibawah komando langsung Andrea Agnelli.

1. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane  (AP Photo/Paul White)

Sama seperti Deschamps, Zidane penah menjadi idola Juventus saat masih bermain. Zidane menjadi incaran utama Juventus untuk menggantikan Allegri.

Juventus kepincut dengan tangan dingin pria Prancis itu. Zidane mampu membawa Real Madrid juara Liga Champions tiga kali beruntun. Kebetulan Zidane saat ini sedang menganggur. Dia memutuskan mundur dari Real Madrid akhir musim lalu.

Untuk mendapatkan Zidane, Juventus harus saling sikut dengan banyak klub besar Eropa. Chelsea, Paris Saint Germain hingga Manchester United konon juga berminat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikembangkan 8 Tahun, Ini Lho Teknologi Unggulan Galaxy Fold

Posted: 20 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Selain mengumumkan Galaxy S10 series, Samsung juga memamerkan smartphone layar lipatnya yakni Galaxy Fold yang bakal dijual 26 April 2019 dengan harga Rp US$ 19.80 atau sekitar Rp 27,8 jutaan.

Perangkat ini memiliki layar 4,6 inci. Namun ketika layar dibuka bisa menjadi tablet 7,6 inci.

DJ Koh, Presiden dan CEO Divisi Komunikasi IT & Mobile Samsung Electronics mengatakan, inovasi Galaxy Fold mengubah apa yang mungkin terjadi pada smartphone dengan layar Infinity Flex milik Samsung.

"Kami menciptakan Galaxy Fold untuk mereka yang ingin merasakan apa yang dapat dilakukan oleh perangkat lipat premium, di luar batasan smartphone konvensional," kata DJ Koh.

Sekadar informasi, inovasi Galaxy Fold bukan main-main, pasalnya Samsung mengembangkan teknologi layar lipatnya ini selama delapan tahun.

"Galaxy Fold menyatukan inovasi material, teknik, dan tampilan, yang dikembangkan lebih dari delapan tahun setelah debut prototipe layar fleksibel pertamanya di tahun 2011," kata Samsung dalam keterangannya.

Lantas, keunggulan teknologi seperti apa yang membuat Samsung mengembangkan Galaxy Fold selama delapan tahun lamanya?

1. Material Layar Baru

Samsung menggunakan layar Infinity Flex yang bisa dilipat. Mengutip keterangan Samsung, layar bagian dalam smartphone ini tidak melengkung namun terlipat.

Lipatan ini merupakan gerakan yang lebih intuitif dan menjadikan inovasi yang sulit untuk diwujudkan.

Samsung menciptakan lapisan polimer baru dan membuat layar lebih tipis sekitar 50 persen dari tampilan layar smartphone pada umumnya.

Dengan material layar baru ini, Galaxy Fold jadi lebih fleksibel dan tangguh, serta tahan lama.

 

Mekanisme Engsel

Galaxy Fold. (Doc: Samsung)

2. Mekanisme Engsel Baru

Galaxy Fold diklaim mudah dibuka dan natural seperti buku. Saat ditutup, perangkat ini begitu ringkas dengan sekali klik.

Rupanya, ini juga bukan inovasi mudah. Untuk sampai pada taraf ini, Samsung merekayasa engsel canggih dengan beberapa konsep yang saling terpaut.

Nah, sistem engsel ini dibuat tersembunyi dari tampilan sehingga penampakan fisik Galaxy Fold lebih elegan dan mulus.

3. Elemen Desain Baru

Segala elemen yang dipakai pada Galaxy Fold tidak terlepas dari fungsi masing-masing. Misalnya, pemindai sidik jari terdapat di satu tempat di mana ibu jari paling mudah diletakkan dan ini membuat perangkat jadi mudah di akses.

Dua baterai dan komponennya didistribusikan secara merata sehingga Galaxy Fold terasa seimbang dalam genggaman.

Antarmuka Galaxy Fold

Galaxy Fold. (Doc: Samsung)

Sesuai yang dijanjikan Samsung, Galaxy Fold hadir dengan antarmuka khusus yang intuitif dan menyesuaikan ketika layar dilipat maupun dibuka.

Antarmuka yang dibuat khusus untuk Galaxy Fold ini memiliki Multi-active Window, yakni dirancang untuk pengalaman multitasking terbaik.

Penggunanya dapat membuka tiga aplilkasi sekaligus di layar utama. Dengan demikian pengguna dapat berselancar, texting, bekerja, menonton dan berbagi tanpa ketinggalan apapun.

Antarmuka ini juga memastikan adanya kesinambungan aplikasi (app continuity). Di mana, transisi berjalan secara intuitif dan mulus antara penutup dan layar utama.

Saat Galaxy Fold terbuka dan tertutup, aplikasi terakhir yang ditinggalkan akan muncul secara otomatis.

Kemudian, jika pengguna mengambil foto, mengedit, atau mengamati feed, mereka bisa membuka layar untuk tampilan lebih besar dan kanvas yang lebih penuh.

Samsung menyebut, pihaknya bekerja sama dengan Google dan komunitas pengembang Android untuk memastikan bahwa aplikasi dan layanan favorit pengguna - seperti Facebook, WhatsApp, dan YouTube - tersedia untuk UX/pengalaman pengguna Galaxy Fold.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarik Ulur Kasus Perusakan Rumah di Makassar

Posted: 20 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Makassar - Penanganan kasus pidana dugaan perusakan rumah milik warga Jalan Buru, Kecamatan Wajo, Makassar yang terkatung-katung nyaris selama dua tahun akhirnya melebar.

Korban dalam hal ini pelapor, Irawati Lauw, melalui kuasa hukumnya, Jermias Rarsina, mengaku tak tahu harus berbuat apa lagi, agar kasus perusakan terhadap rumah yang ia laporkan ke Polda Susel sejak tahun 2017 lalu bisa segera mendapatkan kepastian hukum dan para tersangka dapat segera diseret hingga meja hijau untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

"Kasus ini sangat jelas dan seluruh alat bukti sangat mendukung. Tapi sangat aneh hingga dua tahun tak juga dapat dinyatakan rampung (P.21)," kata Jermias kepada Liputan6.com saat ditemui di kediamannya di Jalan Buru, Kecamatan Wajo, Makassar, Rabu (20/2/2019).

Beberapa alat bukti yang dimaksud, beber Jermias, di antaranya bukti putusan praperadilan yang menyatakan keabsahan proses penyelidikan hingga penyidikan kemudian mengenai penetapan tersangka.

"Seluruh proses hingga prosedur penetapan tersangka telah sesuai dan dinyatakan sah oleh sidang praperadilan yang bernomor 32/Pid.Pra/2017/PN.Makassar tertanggal 4 Desember 2017. Jadi jelas kan alat buktinya," beber Jermias.

Tak hanya itu, bukti pembebanan pidana pada kedua tersangka dalam kasus perusakan rumah yang dilaporkan korban, juga telah didukung oleh putusan praperadilan lainnya, yakni putusan praperadilan bernomor 15/pid.Pra/2016/PN.Makassar tertanggal 16 Agustus 2016.

Di mana dalam putusan tersebut menyatakan tegas jika para buruh yang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polsek Wajo, tidak dapat dibebankan pidana karena mereka hanya menjalankan pekerjaan untuk memperoleh upah.

Sehingga berdasarkan putusan praperadilan tersebut, penyidik Polsek Wajo menghentikan proses penyidikan terhadap para buruh yang dimaksud.

"Putusan praperadilan ini juga kami lampirkan sebagai bukti dalam pelaporan awal dugaan perusakan rumah milik korban di tingkat Polda Sulsel," terang Jermias.

Sehingga di tangan penyidik Polda Sulsel, kasus dugaan perusakan rumah tersebut telah menjerat pemilik rumah dan pemborong pekerjaan sebagai tersangka. Keduanya masing-masing Jemis Kontaria dan Edy Wardus Philander.

"Jadi semua alat bukti sangat kuat. Utamanya kedua putusan praperadilan yang kami lampirkan. Yang kami takut jangan sampai alat bukti ini tidak dilampirkan dalam berkas perkara sehingga berdampak pada kejelasan perkara atau berkas sulit untuk dinyatakan P.21," tutur Jermias.

Prasangka itu, diakui Jermias, bukannya tidak mendasar. Melainkan dengan melihat pertimbangan petunjuk jaksa yang menekankan kepada penyidik Polda Sulsel agar mendalami unsur 'vicariuos Liability' atau pertanggung jawaban pidana pengganti dalam perkara tersebut sebagai kelengkapan berkas perkara.

"Inilah yang menjadi petunjuk jaksa yang harus dipenuhi penyidik Polda Sulsel dan hingga saat ini belum dipenuhi. Padahal jika merujuk pada putusan praperadilan No.15/Pid.Pra/2016/PN.Makassar, tanggal 16 Agustus 2016, petunjuk yang dimaksud tidak perlu ada," ungkap Jermias.

Sejak korban melapor di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sulsel sesuai Nomor Laporan Polisi :LPB/343/VIII/2017/SPKT tertanggal 8 Agustus 2017 tentang perusakan rumah secara bersama-sama, korban telah melengkapi barang bukti berupa surat putusan praperadilan No.15/Pid.Pra/2016/PN.Makassar, tanggal 16 Agustus 2016 dalam rangka pendukung proses penyelidikan.

Dimana inti dalam putusan praperadilan tersebut menghentikan penyidikan perkara terhadap buruh/pekerja bangunan dengan alasan mereka menjalankan pekerjaan untuk mendapatkan upah, olehnya itu tidak dàpat dimintai pertanggung jawaban pidana kepada buruh/pekerja bangunan.

Sehingga sejak awal penyelidikan perkara, penyidik Polda Sulsel telah mengantongi alat bukti putusan praperadilan tersebut yang dijadikan dasar bagi korban untuk kembali melapor ulang di Polda Sulsel terhadap pemilik rumah, Jemis Kontaria dan pemborong Edy Wardus Philander, bukan lagi buruh/pekerja bangunan.

"Di sinilah peran ahli hukum pidana untuk mendudukkan pertanggung jawaban pidana pemilik rumah dan pemborong sebagai 'vicarous liability' dalam hubungannya dengan para buruh/pekerja yang sudah nyata merusak rumah/bangunan, namun mereka tidak dapat dipidana sebagaimana telah dipertimbangkan dalam putusan praperadilan terdahulu," Terang Jermias yang juga seorang akademisi Uki Paulus Makassar itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Penjelasan Jaksa

Korban sekaligus pelapor dugaan perusakan rumah di Makassar, Irawati Lauw (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Terpisah, Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulsel, Salahuddin mengatakan petunjuk jaksa terkait unsur 'vicarous liability' atau pelimpahan pertanggung jawaban pidana dalam perkara ini, sudah sesuai dengan kajian jaksa selaku penuntut umum.

Namun, apakah petunjuk tersebut dinilai pihak korban atau pelapor sebagai petunjuk yang keliru karena telah dibantah oleh putusan praperadilan yang menyatakan para buruh/pekerja tidak dapat dikenakan pidana melainkan pidana perusakan rumah dibebankan kepada pemilik rumah dan pemborong yang saat ini sudah berstatus tersangka. Menurut Salahuddin, jaksa belum melihat putusan praperadilan tersebut.

"Pertanyaannya, apakah putusan praperadilan itu dilampirkan dalam berkas perkara? Itu yang perlu diperjelas," kata Salahuddin.

Tak ingin berpolemik, lanjut Salahuddin, jaksa penuntut umum akan mengundang penyidik Polda Sulsel untuk hadir dalam gelar bersama untuk membahas permasalahan yang ada.

"Upaya saat ini, jaksa akan undang penyidik bahas kendala perkara ini melalui gelar bersama di Kantor Kejati Sulsel," Salahuddin menandaskan.

Diketahui, kasus dugaan pengrusakan rumah di Jalan Buru, Kecamatan Wajo, Makassar awalnya dilaporkan oleh korbannya, Irawati Lauw pada tanggal 8 Agustus 2018 dengan bukti LP Nomor STTLP/343/VIII/2017/SPKT Polda Sulsel.

Dalam perjalanan penyelidikan kemudian ditingkatkan ke tahap penyidikan, penyidik Polda Sulsel kemudian menetapkan dua orang tersangka masing-masing Jemis Kontaria (pemilik rumah) dan Edi Wardus Philander (pemborong)

Meski keduanya menyandang status tersangka dan dijerat dengan sangkaan pasal 170 KUHP Juncto Pasal 406 KUHP dan atau pasal 167 KUHP, penyidik Polda Sulsel tak menahan keduanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aura Kasih Sering Nangis Selama Hamil, Kenapa?

Posted: 20 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aura Kasih sedang dalam masa penantian menyambut buah hatinya yang pertama. Pelantun "Mari Bercinta" itu saat ini tengah mengandung buah cintanya dengan sang suami, Eryck Amaral.

Selama hamil, Aura Kasih mengaku menjadi lebih sensitif. Bahkan tak jarang Aura Kasih sampai menangis karena tersinggung oleh orang di sekitarnya.

Hal itu diakuinya saat ditemui di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (20/2/2019).

"Lebih sensitif aja, lebih sering kesinggung kalau ada orang ngomong apa, biasanya kan kalau sebelum hamil kita marah tuh. Kalau sekarang kayak 'Kok gitu sih, ya Allah kok gitu?' Terus nangis," kata Aura Kasih.

Lebih Protektif

Aura Kasih mengaku telah menikah siri dengan Eryck Amaral di Bangkok, September 2018 (Busan/Kapanlagi)

Bersamaan dengan itu, sang suami pun menjadi lebih protektif kepada Aura Kasih. Apalagi soal asupan makanan untuknya dan sang bayi di kandungannya.

"Lebih kayak dia (suami) mikirin makananku. Kalau dia lagi enggak ada kerjaan, dia bangun pagi terus masak. Sampai dinner di rumah ya, ya sudah dia masakin yang sehat gitu," ungkap Aura Kasih.

Fokus ke Kandungan

(Instagram/aurakasih)

Kendati demikian, Aura Kasih mengaku tidak memiliki makanan khusus selama hamil. Aura Kasih hanya fokus kepada asupan nutrisi, protein, dan vitamin untuk kandungannya.

"Enggak ya aku lebih mikirin ke vitaminnya. Misalnya kalau makan harus ada buah, terus yang aku pikirin kayak protein. Dulu kan makannya bodo amat. Salad berapa kali atau rujak seharian sekarang kan enggak boleh," kata Aura Kasih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gudang Kimia Bangladesh Terbakar, 45 Tewas

Posted: 20 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran besar melanda sebuah gudang kimia di Bangladesh, akibatnya 45 orang tewas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Murah Plastik Tidak Sebanding dengan Risiko Kesehatan yang Muncul

Posted: 20 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sudah banyak kampanye mengurangi penggunaan plastik di dunia, namun masalah kesehatan dari pemakaian plastik masih dianggap terabaikan. Perlu ada tindakan segera untuk mengadopsi pendekatan yang lebih hati-hati untuk melindungi manusia dari krisis polusi plastik.

"Dampak krisis polusi plastik terhadap kesehatan manusia telah diabaikan terlalu lama dan harus menjadi pertimbangan utama dari semua keputusan tentang plastik ke depannya," ujar Pemimpin Kampanye Plastik Global Greenpeace, Graham Forbes dalam rilis yang diterima Health Liputan6.com. Ditulis Kamis (21/2/2019).

Laporan terbaru dari Center for International Environmental Law (CIEL) yang berjudul "Plastic&Health: The Hidden Costs of a Plastic Planet" menemukan, plastik membuat risiko yang berbeda terhadap kesehatan manusia di setiap tahapan siklus hidupnya.

Bahan kimia berbahaya yang dilepaskan selama ekstraksi dan pembuatan bahan baku, paparan zat kimia selama penggunaan, serta polusi terhadap lingkungan dan makanan kita dalam bentuk limbah, semuanya membahayakan manusia.

Selain itu, partikel-partikel mikroplastik seperti fragmen dan serat dapat masuk ke dalam tubuh melalui kontak langsung, tertelan, atau terhirup. Ini semua berkontribusi pada berbagai dampak kesehatan karena ukurannya yang sangat kecil dan kemampuannya menembus jaringan dan sel.

Simak juga video menarik berikut ini:

Mengurangi produksi plastik sekali pakai

Relawan Nepal mengikat kantong plastik daur ulang membentuk replika Laut Mati di Kathmandu pada 5 Desember 2018. Kegiatan ini diharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan banyaknya sampah plastik yang mencemari lautan dunia (PRAKASH MATHEMA / AFP)

Industri dan pemerintah juga dianggap menjadi pihak-pihak yang bertanggung jawab atas masalah ini. Keduanya dirasa mempertaruhkan kesehatan masyarakat demi mempertahankan status quo dan keuntungan.

Ketidakpastian dan kesenjangan pengetahuan, termasuk kurangnya transparansi, membuat banyak yang menganggap remeh dampak kesehatan dari plastik. Serta mencegah konsumen, masyarakat, serta regulator membuat keputusan berdasarkan informasi yang lengkap.

"Bukan hanya lautan dan hewan laut kita yang menderita karena kecanduan plastik ini, kesehatan kita juga. Meskipun masih banyak yang harus dipelajari tentang semua dampak plastik terhadap kesehatan manusia, kami cukup tahu untuk mengadopsi prinsip kehati-hatian dan mulai mengurangi plastik sekali pakai ini untuk selamanya," tulis Forbes.

Forbes menilai, harga plastik yang murah tidak sebanding dengan risiko yang ditimbulkan. Selain membunuh hewan, mereka berkontribusi pada perubahan iklim dan membuat manusia tergantung pada bahan bakar fosil. Selain itu, produk ini juga mencemari udara, air, dan persediaan makanan.

"Jawabannya adalah, perusahaan harus segera mengurangi produksi plastik sekali pakai dan mulai bergerak menuju sistem isi ulang dan penggunaan kembali. Sudah waktunya untuk menilai konsumsi berlebih dan korporasi yang terus menjual plastik sekali pakai pada kita," tambah Graham.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, Kenali 6 Tanda Orang Insecure Agar Kamu Tidak Terpengaruh

Posted: 20 Feb 2019 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berhubungan dengan orang insecure bisa menjadi sangat merepotkan. Orang-orang ini tidak bisa merasa nyaman pada diri mereka sendiri.

Maka mereka juga tidak bisa membuat orang lain merasa nyaman saat bersama sedang bersama. Kadang kamu tidak sadar, apakah kamu insecure dan merugikan orang terdekatmu atau tidak.

Insecure berarti perasaan tidak aman, tidak yakin, tidak kuat atau yang paling sering dikatakan oleh orang-orang adalah tidak percaya pada diri sendiri, alias tidak PD. Bukan tidak mungkin sifat insecure bisa menular ke orang lain jika terus menerus dekat dengan orang ini.

Berikut 6 tanda orang insecure agar tidak mudah terpengaruh yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/2/2019).

Tanda Orang Insecure

1. Mereka Membuatmu Merasa Insecure Juga

Orang insecure akan membuatmu merasa insecure juga. Bila kamu merasakan orang yang kamu ajak bicara rendah diri, tak berdaya, maka itu sudah menjadi tanda bahwa lawan bicara adalah seorang insecure.

Alasannya, karena setiap orang akan cenderung membuat orang lain merasa seperti apa yang dia rasakan terhadap dirinya sendiri. Setelah bergaul dengan mereka, kamu akan merasa tidak pantas mendapatkan apa yang kamu mau. Semangatmu menghilang dan kamu merasa tidak berguna. Bukannya memotivasi, namun malah memberikan pandangan begitu buruk terhadap diri sendiri.

 

2. Merendahkan Orang Lain

Orang insecure suka sekali mencari perhatian dengan cara merendahkan orang lain. Tujuannya adalah agar mereka terlihat hebat dan punya sesuatu untuk dipandang atau iri hati.

Hal ini dilakukan agar mereka bisa memberi pembuktian bahwa ada yang lebih buruk daripada mereka. Biasanya mereka menyerang dengan cara membuat orang lain merasa malu.

 

3. Gampang Tersinggung

Hal ini terjadi karena orang-orang tersebut terlalu mendengarkan orang lain. Mereka selalu mengira bahwa setiap orang sedang membicarakan dirinya.

Orang insecure biasanya terlalu sensitif. Karena bila mereka sudah tersinggung, mereka akan terus memikirkannya berulang-ulang. Itu sebabnya orang insecure cenderung baper.

Tanda Orang Insecure

4. Merendahkan Diri Sendiri

Orang-orang insecure terlalu fokus mengeluhkan kekurangan yang mereka miliki. Akibatnya mereka memusingkan hal-hal yang sesungguhnya tidak perlu dipusingkan. Mereka selalu butuh pengakuan berulang kali dari orang lain. Ironisnya, mereka tidak akan pernah puas.

 

5. Ingin Semua Orang Menyukai Mereka

Mereka selalu menyetujui apa yang dikatakan orang lain. Mereka jenis orang yang tidak bisa menolak dan akhirnya terjebak dalam keputusan yang salah.

 

6. Jago Melihat Peluang untuk Curhat

Berhubung apa yang dipikirkan oleh orang insecure adalah masalah pribadi, maka apapun yang keluar dari mulut mereka juga demikian. Mereka paling pandai melihat peluang untuk curhat.

Sekalipun dalam situasi yang menggembirakan, mereka dapat menyisipkan curhat di dalam kata-kata mereka. Tampaknya mereka tidak menyadari bahwa kelakuan mereka ini hanya merusak suasana.

Berhati-hatilah bila kamu memutuskan untuk mempertahankan hubungan atau berteman dengan orang insecure. Mereka punya sederet kebiasaan buruk yang bisa membuat kepercayaan dirimu jatuh. Mereka dapat mempermalukanmu, membuatmu merasa bersalah, dan kecil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Morgan Stanley: Fintech Pimpin Pasar Pembayaran Digital di RI

Posted: 20 Feb 2019 09:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemakaian pembayaran digital makin pesat selama dua tahun terakhir di Indonesia. Hal itu mendorong Indonesia lebih dekat ke China dan India dalam ekonomi digital.

Hal disebutkan dalam laporan Morgan Stanley bertajuk financial technology (fintech) terus pimpin pasar pembayaran digital yang disusun oleh Analis Morgan Stanley Mulya Chandra dan Yulinda Hartanto, seperti dikutip pada Kamis (21/2/2019).

Dalam laporan itu menunjukkan Indonesia berada empat tahun di belakang India untuk pangsa pasar pembayaran digital. Pembayaran digital Indonesia yaitu dari transaksi nontunai melompat dari 1,3 persen pada 2016 menjadi 2,1 persen pada 2017. Kemudian 7,3 persen pada 2018.

Hal ini menempatkan Indonesia pada tingkat yang sama dengan India. Pangsa pasar pembayaran digital di India bergerak dari 6,4 persen pada 2014 hingga menjadi 10,9 persen pada 2015.

Dibandingkan China, Indonesia berda tiga tahun di belakang negara itu dalam penetrasi smartphone. Penetrasi ponsel pintar naik dari 28 persen pada 2014 menjadi 54 persen pada 2017. Jumlah ini sama dengan China sebesar 52 persen pada 2017, dan dua kali lipat dari India pada 2017.

Lonjakan pertumbuhan uang elektronik mirip dengan China pada tiga tahun lalu.  Biasanya adopsi revolusioner ditandai dengan lonjakan nilai transaksi. Ini ditunjukkan di Indonesia dengan pertumbuhan 381 persen pada 2018. Kondisi itu mirip China pada 2016.

Indonesia juga memiliki populasi yang tidak memiliki rekening bank lebih tinggi dari India dan China. Bank Dunia menyatakan Indonesia  masih memiliki 51 persen populasi yang tidak memiliki rekening bank pada 2017. Angka ini jauh lebih tinggi dari India dan China, kedua negara itu memiliki populasi 20 persen pada 2017.

Selain itu, Morgan Stanley menyebutkan pembayaran digital dari e-commerce masih tertinggal dari fintech. Secara kelompok, 90 persen responden menggunakan fintech e-wallet dan hanya 35 persen menggunakan e-commerce.

Pola penggunaan pembayaran digital di Indonesia pun berbeda dengan China dan India. Survei menunjukkan kalau penggunaan pembayaran digital di Indonesia untuk transportasi, pemesanan makanan online dan mobile. Sedangkan di China dan India, pembayaran digital untuk belanja online.

 

Potensi Capai USD 50 Miliar

Pedagang kaki lima (PKL) dan ojek online memadati kawasan Stasiun Palmerah, Jakarta, Kamis (6/12). Keadaan ini mengganggu arus lalu lintas dan pejalan kaki. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Dalam laporan Morgan Stanley yang disusun berdasarkan survei Alphawise tersebut, pasar pembayaran Indonesia digital Indonesia terus berkembang berkat layanan fintech. Potensinya mencapai USD 50 miliar pada 2027.

Sementara perbankan tidak sepenuhnya terancam, meski pertumbuhan e-money yang eksponensial bisa mendorong terjadinya skenario terburuk dari ekspansi fitur yang dilakukan.

Dari rangkuman laporan itu disebutkan kalau transaksi e-money meningkat empat kali lipat pada 2018 menjadi Rp 47,2 triliun. Hal itu setara dengan laju pertumbuhan majemuk tahunan (CAGR) lima tahun terakhir sebesar 75 persen. Pangsa pasar e-money sebesar 7,3 persen dari transaksi nontunai, menempatkan Indonesia empat tahun di belakang India.

Financial technology memimpin ruang pembayaran digital, melampaui bank, e-commerce dan perusahaan telekomunikasi.

Responden Morgan Stanley mengaku rata-rata mengalami float sebesar lima persen dari transaksi tahunan di akun e-money, jauh lebih rendah dari asumsi sebelumnya 100 persen-130 persen.

Namun, survei ini tidak mencakup responden dan merchant dengan saldo tinggi. Laju tinggi adopsi e-money relative sesuai kebutuhan konsumen, sedangkan efisiensi operasional bank melalui adopsi teknologi digital masih dianggap belum memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen.

Oleh karena itu, Morgan Stanley meninjau kembali asumsinya dan mengeluarkan proyeksi peluang pembayaran digital lebih rendah sebesar USD 50 miliar dibanding sebelumnya USD 70 miliar.

Survei juga menunjukkan dampak yang tidak terlalu mengganggu untuk bank dari pada yang diduga sebelumnya, terutama rendahnya retensi float pengguna. Namun, dengan volume transaksi yang berkembang pesat, pembayaran digital financial technology tetap menjadi disrupsi yang potensial.

Beberapa faktor yang menurut Morgan Stanley dapat membuat financial technology menjadi lebih disruptif untuk bank antara lain ekspansi fitur e-money oleh regulator, meningkatnya keterbukaan merchant untuk penggunaan financial technology, dan konversi lebih cepat dari uang tunai ke nontunai.

Ini mengingat financial technology lebih unggul dari bank dalam hal kemudahan penggunaan.

Berdasarkan hasil survei itu, Morgan Stanley memberikan pandangan lebih lanjut mengenai pembayaran digital tersebut. Pertama, penggunaan dimotivasi oleh kemudahan berupa diskon dan promosi. Inilah yang membuat financial technology lebih untung ketimbang bank.

Kedua, upaya fintech membangun jaringan top-up mereka sendiri melalui pengemudi terbuktif efektif dan disukai oleh para pengguna. Hal ini juga menjadikan financial technology lebih mandiri dari pada bank yang menurut Morgan Stanley menjadi faktor risiko untuk bank.

Ketiga, keterbukaan merchant untuk mengadopsi financial technology juga menjadi tantangan utama bagi financial technology. Bank, sejauh ini unggul dibandingkan financial technology dalm hal ini adopsi merchant.

Morgan Stanley melihat bank perlu melindungi keunggulan bank ini sebagai bagian dari kemudahan yang ditawarkan untuk melawan dominasi financial technology dalam pembayaran digital.

Perubahan asumsi yang utama oleh Morgan Stanley adalah memotong rasio transaksi float/tahunan dari 1-1,3 kali menjadi 0,2-0,8 kali untuk meningkatkan nilai transaksi basis uang elektronik menjadi Rp 47 triliun pada 2018 dan Rp 12 triliun pada 2017.

Selain itu, Morgan Stanley mengurangi asumsi efisiensi biaya bank dari 20 persen menjadi 18 persen, mengingat tidak ada kemajuan berarti dalam satu tahun terakhir.

 

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Turap Ambrol, Rumah Warga di Tirta Mandala Depok Tertimpa Longsor

Posted: 20 Feb 2019 09:52 PM PST

Fokus, Depok - Sejumlah alat berat diturunkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat  untuk menanggulangi longsor yang terjadi di perumahan Tirta Mandala, Depok, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (21/2/2019), sejak pagi, material longsor terus dikeluarkan dari saluran air yang berada di sisi perumahan. Ambrolnya turap pembatas dua perumahan ini diduga karena kesalahan teknis.

Sementara itu, warga berharap perbaikan dapat berlangsung cepat agar mereka dapat kembali menggunakan akses jalan perumahan.

Rabu sore, turap perumahan setinggi 20 meter ambrol dan menimpa rumah warga di perumahan Tirta Mandala.

Petugas dari pemadam kebakaran dan Tagana Kota Depok melakukan evakuasi puing-puing yang menimpa rumah warga. Tidak ada korban jiwa atas kejadian ini. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pembunuh Satu Keluarga di Bekasi Segera Disidangkan

Posted: 20 Feb 2019 09:50 PM PST

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono (dua kanan) bersama tersangka pembunuh satu keluarga di Bekasi Haris Simamora (tengah) saat akan pelimpahan berkas ke Kejari Bekasi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (21/2). (Merdeka.com/Imam Buhori)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono (dua kanan) bersama tersangka pembunuh satu keluarga di Bekasi Haris Simamora (tengah) saat akan pelimpahan berkas ke Kejari Bekasi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (21/2). (Merdeka.com/Imam Buhori)

Tersangka pembunuh satu keluarga di Bekasi Haris Simamora (dua kanan) mendapat pengawalan polisi bersenjata di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (21/2). Selain Haris, polisi juga akan menyerahkan barang bukti dalam kasus ini. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Tersangka pembunuh satu keluarga di Bekasi Haris Simamora (dua kanan) mendapat pengawalan polisi bersenjata di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (21/2). Selain Haris, polisi juga akan menyerahkan barang bukti dalam kasus ini. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Tersangka pembunuh satu keluarga di Bekasi Haris Simamora (tengah) mendapat pengawalan polisi bersenjata di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (21/2). Haris segera diseret ke meja hijau untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Tersangka pembunuh satu keluarga di Bekasi Haris Simamora (tengah) mendapat pengawalan polisi bersenjata di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (21/2). Haris segera diseret ke meja hijau untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. (Merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perawatan Kecantikan dengan Teknologi Sel Punca di Klinik De’Eleriz

Posted: 20 Feb 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dunia kecantikan saat ini semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Bukan hanya produk, perawatan kecantikan juga semakin mengalami pembaruan. Apapun bisa dilakukan untuk membuat seseorang tetap awet muda.

Wajah cantik bisa dimiliki oleh siapa saja berkat kemajuan teknologi. Salah satu yang saat ini ramai diperbincangkan adalah "Mesenchymal Stem Cell". Beragam produk maupun perawatan kini mulai muncul dengan mengedepankan sel punca ini.

Mereka yang ingin menjaga kecantikan mulai menjadikan teknologi itu sebagai salah satu alternatif untuk perawatan kecantikan. Dengan meningkatkan dan merangsang sel induk, stem cell dapat merevitalisasi dan meremajakan berbagai organ dalam tubuh.

Sebut saja jantung, otak, paru-paru, ateries, tangan, lutut, pinggul, sendi-sendi bahkan organ vital dapat disembuhkan, menurut Pinz Wijaya selaku pemilik klinik De' Eleriz Beauty and Health Center, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Dengan bertambahnya usia, sel-sel induk kita tidak memiliki kemampuan untuk memperbaharui dan mereplikasi menjadi sel fungsional untuk mempertahankan fungsi normal organ.

Kebiasaan buruk seperti merokok, konsumsi alkohol, dan kurang berolahraga ikut berkontribusi mengurangi rentang hidup dan kualitas sel induk. Dengan terapi ini, transfusi baru dan sel induk muda dapat diperbaiki, serta meregenerasi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Terapi tersebut bisa Anda dapatkan di klinik De'Eleriz yang baru saja mengadakan peluncuran klinik sekaligus peluncuran produk Stem Cell dari Amerika Serikat untuk pertama kalinya di Indonesia.

Acara berlangsung pada Minggu, 17 Februari 2019, bertempat di area Rukan Permata Senayan, Jakarta. Peluncuran klinik ini juga dihadiri oleh para pemerhati kecantikan dan sosialita ibukota, seperti Olla Ramlan dan Nindy.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Tim Diaduk dan Tidak Diaduk, Cara Konsumsi Bubur Ayam Ini Tuai Kontroversi

Posted: 20 Feb 2019 09:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Saat ini banyak sekali beragam jenis masakan yang ada di Indonesia mulai dari yang tradisional hingga modern. Salah satu yang cukup banyak digemari oleh orang-orang adalah bubur ayam. Bubur ayam menjadi salah satu makanan yang enak disantap kapan saja.  

Di Indonesia, bubur terbagi menjadi dua jenis, yakni bubur gurih dan bubur manis. Meski terdiri dari dua jenis, namun ragamnya ada banyak karena masing-masing daerah di Indonesia mempunyai bubur sesuai dengan ciri khas daerahnya sendiri.

Nah, bagi kamu penggemar bubur ayam tentu sudah tahu cara memakan makanan ini. Biasanya ada orang yang mengaduk sebelum memakannya dan ada juga yang tidak perlu mengaduk hingga langsung di makan perlahan-lahan.

Namun, sekarang ada cara memakan bubur ayam yang anti mainstream sehingga tidak perlu diaduk atau tidak diaduk. Baru-baru ini ada acara memakan bubur ayam yang baru yaitu dengan memakan bubur ayam disedot.

Ini cara lain menikmati bubur ayam.

bubur ayam pakai sedotan

Seperti yang diposting oleh Agung Pangestu dilaman Facebooknya memberikan tentang perdebatan bubur diaduk atau tidak diaduk ketika memakan bubur ayam. Agung Pangestu memberikan ajaran baru yaitu dengan memakan bubur ayam melalui sedotan atau disedot.

Bubur ayam pakai sedotan (Sumber: Facebook/ Agung Pangestu)

Kalau kamu bagaimana?

Hal inipun mendapat beragam reaksi dari netizen dan memberikan komentar terhadap unggahan memakan bubur ayam melalui sedotan atau disedot.

Bubur ayam pakai sedotan (Sumber: Facebook/ Agung Pangestu)

Ada yang komen 'aliran sesat' lho, haha

Bahkan ada yang berkomentar bahwa ini merupakan ajaran 'sesat' dan tidak kebayang rasanya seperti memakan bubur ayam melalui sedotan atau disedot.

Bubur ayam pakai sedotan (Sumber: Facebook/ Agung Pangestu)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Kepala BKN untuk 92 PNS Baru

Posted: 20 Feb 2019 09:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus bisa menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan menjunjung sikap netralitas agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada publik.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana dalam acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan CPNS Tahun Anggaran (TA) 2017 di lingkungan BKN yang digelar di Kantor Pusat BKN, Jakarta, pada Selasa 19 Februari 2019.

Dalam acara tersebut, sebanyak 92 CPNS TA 2017 telah resmi dilantik oleh Kepala BKN menjadi PNS.

Dikutip dari laman BKN, Bima juga mengatakan, PNS merupakan salah satu unsur perekat NKRI yang harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia dan senantiasa siap berkontribusi terbaik bagi kemajuan Negeri.

Selain itu, PNS juga memiliki tugas yang besar dan harus memenuhi tanggung jawab melalui kompetensi dan kemampuan sosio kultural untuk menciptakan sistem yang lebih baik pada birokrasi.

 

PNS baru diharap menunjukan kualitas kerja terbaik

Pelantikan CPNS Tahun Anggaran (TA) 2017 di lingkungan BKN yang digelar di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Selasa (19/2/2019). (Sumber: BKN)

Pada akhir sambutannya, Bima mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan dan mengarahkan agar para PNS baru menunjukan kualitas kerja terbaik bagi birokrasi.

"Tunjukkan pula kesetiakawanan sebagai bagian Korps Pegawai Negeri (Kopri) dengan membangun solidaritas dan kerja sama satu sama lain," ujar Bima.

Salah satu CPNS yang telah dilantik menjadi PNS dengan jabatan Analis Hukum pada Sekretariat Badan Pertimbangan Kepegawaian (Bapeg) BKN, Muhammad Rizky Ramdhani mengungkapkan rasa bahagia dan berkomitmen untuk senantiasa berikhtiar memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

"InsyaAllah saya akan berusaha melayani dan bekerja secara ikhlas untuk memberikan pelayanan terbaik," ungkapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Mesra dengan Lewis Hamilton Bocor, Nicole Scherzinger Cemas

Posted: 20 Feb 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Nicole Scherzinger kini tengah mengalami satu kejadian yang sangat tak menyenangkan. Dilansir dari Fox News, Kamis (21/2/2019), sebuah video yang memperlihatkan dirinya bersama mantan kekasih, Lewis Hamilton beredar di publik.

Dalam video berdurasi dua setengah menit tersebut, Nicole Scherzinger terlihat sedang berciuman dan berpelukan di atas tempat tidur bersama pembalap tersebut.

Seorang sumber yang dekat dengan Nicole Scherzinger menyebutkan kejadian ini membuat mantan personel Pussycat Doll tersebut merasa stres.

"Ini benar-benar memalukan untuknya dan membuatnya stres, melihat sesuatu yang sangat intim dan privat tersebar ke luar sana," tutur sumber tersebut.

 

Awal Mimpi Buruk?

Lewis Hamilton dan Nicole Scherzinger ketika masih mesra. (AFP/Mark Thompson)

Tak hanya itu, wanita 40 tahun tersebut kini merasa cemas. Ia takut video dan foto-foto serupa akan kembali bocor.

"Dia merasa terganggu seseorang melihat gambar-gambar privatnya dan merasa khawatir ini akan menjadi awal dari sebuah mimpi buruk," tutur sumber ini.

Diretas?

Nicole Scherzinger, mantan anggota Pussycat Dolls. (AFP/Bintaang.com)

Sumber ini menambahkan bahwa ada satu hal yang membuat Nicole bertambah cemas. "Dia terutama khawatir karena ia sudah menghapus videonya sejak lama. Jadi itu pasti diretas dari Cloud," kata sumber ini.

Nicole Scherzinger sendiri telah putus dengan Lewis Hamilton sejak 2015 lalu. Keduanya menjalani hubungan putus-nyambung selama sekitar delapan tahun. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Bergerak Stabil, Potensi Penguatan Masih Terbuka

Posted: 20 Feb 2019 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak stabil pada perdagangan Kamis ini. Sentimen yang mempengaruhi gerak rupiah masih mengenai keputusan Bank Sentral AS atau the Federal Reserve (the Fed).

Mengutip Bloomberg, Kamis (21/2/2019), rupiah dibuka di angka 14.049 per dolar AS, tak berbeda jauh dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.044 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.041 per dolar AS hingga 14.070 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah menghguat 2,37 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.057 per dolar AS, tak berbeda jaug pula dengan hari sebelumnya yang ada di angka 14.055 per dolar AS.

Rupiah diprediksi menguat pasca rilis risalah pertemuan dewan kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (Fed) atau Federal Open Market Committee (FOMC) Minutes Meeting pada Rabu (20/2) semalam.

"Minutes meeting pertemuan The Fed pada 29-30 Januari lalu mencatat The Fed tidak yakin akan ada kenaikan suku bunga kecuali terjadi inflasi di atas perkiraan," kata ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih dikutip dari Antara.

Ia menambahkan, suku bunga saat ini antara 2,25-2,5 persen, bahkan dianggap sudah mencapai pada tingkat netral.

"The Fed juga mensinyalkan akan mengakhiri penurunan aset dalam neracanya sebelum akhir 2019, yang artinya kebijakan moneter ketat akan berakhir," ujar Lana.

The Fed menyatakan akan bersabar ketika menentukan penyesuaian di masa depan terhadap kisaran target suku bunga, mengingat perkembangan ekonomi dan keuangan global serta tekanan inflasi yang lemah.

"Peserta menunjuk berbagai pertimbangan yang mendukung pendekatan 'sabar' terhadap kebijakan moneter pada saat ini sebagai langkah yang tepat dalam mengelola berbagai risiko dan ketidakpastian dalam prospek," tulis risalah tersebut.

The Fed menggambarkan "pendekatan yang sabar dan fleksibel" sebagai cara untuk mengelola risiko-risiko sambil menilai informasi yang masuk mengenai prospek ekonomi.

Lana memperkirakan pada hari ini rupiah kemungkinan menguat ke tingkat 14.000 per dolar AS hingga 14.040 per dolar AS.

Faisal Basri: Rupiah Masih akan Bergejolak di Tahun Politik

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat, Jakarta, Kamis (23/10/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Ekonom Faisal Basri mengatakan bahwa kestabilan nilai tukar rupiah masih akan menghadapi tantangan di tahun politik. Bahkan rupiah dinilai masih mengalami pelemahan di 2019 ini.

Faisal mengatakan, meski di awal tahun waktu rupiah sempat menguat ke level 13.000 per dolar AS, tetapi saat ini rupiah kembali ke 14.000 per dolar AS.

"Rupiah tidak menguat secara signifikan, masih akan naik turun. Secara psikologis dan historis rupiah masih akan melemah," ujar dia pada Rabu 13 Februari 2019. 

Tekanan terhadap rupiah masih bersumber dari defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD). Oleh sebab itu, penting bagi pemerintah untuk menurunkan CAD agar rupiah bisa menguat dan stabil di 2019.

"Karena masih CAD, kalau current account ini defisit ya rupiah melemah. Karena CAD ini terdiri dari ekspor impor barang dan jasa. Nah kalau utang tidak setiap bulan. Jadi (penguatan) rupiah yang mengandalkan utang tidak akan sustainable. Tapi kalau mengandalkan CAD bisa sustain," kata dia.

Selain itu, meski ekspor dan impor merupakan kegiatan yang wajar dilakukan oleh sebuah negara, namun Indonesia harus bisa menekan impor khususnya untuk barang-barang yang sebenarnya bisa diproduksi di dalam negeri dan menggenjot ekspor nonmigas.

"Ekspor-impor sebetulnya suatu hal yang lumrah dilakukan oleh suatu negara. Kalau kita tidak bisa bikin suatu produk, ya terpaksa impor. Tapi kita juga harus jual produk kita ke pasar negara lain. Ini supaya seimbang," tandas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terbukti, 4 Hari Kerja dalam Seminggu Bikin Karyawan Lebih Produktif

Posted: 20 Feb 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bekerja menjadi sebuah kewajiban untuk bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan seseorang. Setiap perusahaan tentunya memiliki aturan, kultur ataupun jam kerja yang berbeda.

Ada perusahaan yang menerapkan lima hari bekerja ataupun enam hari bekerja. Tetapi rupanya bekerja selama empat hari dalam seminggu mampu membuat karyawan lebih produktif lho. Mungkin bagi perusahaan bekerja empat hari dalam seminggu adalah waktu yang sedikit yang dikhawatirkan akan menghambat kinerja perusahaan.

Dilansir Liputan6.com dari laman Big Think, Kamis (21/2/2019) seorang Psikolog Adam Gran dan penulis Rutger Bregman mengungkapkan bekerja empat hari dalam seminggu mampu membuat karyawan lebih produktif.

Adam Grant seorang psikolog dari Wharton School di Pennsylvania melakukan eksperiman untuk mengurangi jam kerja pada sejumlah karyawan, dan hasilnya memuaskan.

4 Hari Kerja Membuat Lebih Fokus

Seseorang yang bekerja empat hari kerja dalam seminggu nampak lebih fokus dan kreativitas yang dihasilkan pun lebih tinggi. Dengan mengurangi jari kerja, para pekerja memiliki waktu lebih untuk kehidupan mereka di luar pekerjaan, mereka pun juga lebih loyal pada perusahaan.

Adam Grant mengatakan, "Saya pikir kami memiliki beberapa eksperimen bagus yang menunjukkan bahwa jika Anda mengurangi jam kerja, orang-orang dapat memusatkan perhatian mereka secara lebih efektif. Mereka tetap memproduksi dengan jumlah yang sama dengan kualitas dan kreativitas yang lebih tinggi. Dan mereka juga lebih loyal kepada organisasi karena bersedia memberi mereka fleksibilitas untuk peduli dengan kehidupan mereka di luar pekerjaan."

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ekonom dan sejarawan Rutger Bregman, penulis Utopia for Realists.

Ia setuju, dan menjelaskan bahwa jumlah hari kerja yang lebih singkat sebenarnya sudah dicoba pada beberapa pengusaha kapitalis besar pada zaman dulu dan terbukti hasilnya para pekerja lebih produktif.

Rutger mengatakan "Selama beberapa dekade, semua ekonom utama, filsuf, sosiolog, hingga pada tahun 1970-an, mereka semua percaya bahwa kita akan bekerja semakin sedikit," katanya.

"Pada 1920-an dan 1930-an, sebenarnya ada pengusaha kapitalis besar menemukan bahwa jika Anda mempersingkat minggu kerja, karyawan menjadi lebih produktif. Henry Ford, misalnya, menemukan bahwa ia mengubah jam kerja dalam sepekan dari 60 jam menjadi 40 jam, karyawan akan menjadi lebih produktif, karena mereka tidak terlalu lelah di waktu luang mereka. " imbuh Rutger.

Berdasarkan hasil penelitian

Hal ini juga didukung oleh penelitian akademik. Berbagai studi menemukan bahwa hari kerja yang lebih pendek akan membuat orang lebih bahagia dan lebih produktif.

Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) juga menunjukkan bahwa negara-negara dengan budaya jam kerja yang panjang sering mendapat skor buruk untuk produktivitas dan PDB per jam bekerja.

Sementara itu, salah satu perusahaan di Selandia Baru melakukan uji coba bekerja selama empat hari per minggu. Tahun lalu mereka mengonfirmasi akan menerapkannya secara permanen.

Para akademisi yang melakukan uji coba juga melaporkan seorang pekerja memiliki tingkat stres yang lebih rendah, tingkat kepuasan kerja yang lebih tinggi, dan mengalami peningkatan keseimbangan kehidupan kerja. Secara kritis, mereka juga mengatakan pekerja 20% lebih produktif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Munajat 212, Polisi Siapkan Pengalihan Lalu Lintas di Sekitar Monas

Posted: 20 Feb 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitaran kawasan Monumen Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (21/2/2019). Rekayasa dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan pada acara Munajat 212 yang digelar pada malam hari.

"Kita siapkan rekayasa pengaturan lalu lintas menuju dan dari sekitaran kawasan Monas," kata Kasubag Min Bag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Jamal Alam saat dikonfirmasi.

Jamal mengimbau para pengendara memperhatikan rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan polisi. Dirinya harap pengendara memaklumi rekayasa lalin tersebut karena diprediksi ribuan orang akan hadir pada kegiatan Munajat 212 yang bertema 'Mengetuk Pintu Langit untuk Keselamatan Bangsa dan Negara' itu.

Berikut rencana rekayasa pengaturan lalu lintas yang telah disiapkan polisi:

1. Arus lalin dari arah Hayam Wuruk yang akan menuju ke Jalan Majapahit dibelokan kiri ke Jalan Juanda;

2. Arus lalin dari arah Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran III diluruskan ke Lampu Merah Harmoni;

 

Dari Merdeka Timur

3. Arus lalin dari Jalan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Merdeka Utara dibelokan ke kanan ke Jalan Perwira;

4. Arus lalin dari Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Merdeka Timur, bila massa kumpul di Patung Kuda Arjuna Wiwaha;

5. Arus lalin dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jalan Budi Kemulian diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalin dari Jalan Fachrudin yang akan belok kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis, apabila massa kumpul di Patung Kuda Arjuna Wiwaha;

6. Arus lalin dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokan ke kiri maupun ke kanan, ke arah Jalan Abdul Muis maupun Jalan Fachrudin;

7. Arus lalin dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokan ke kanan Jalan Gajah Mada.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocah SD di Sukoharjo Hamil Diduga Dicabuli Ayah Angkat

Posted: 20 Feb 2019 09:31 PM PST

Patroli Indosiar, Sukoharjo - Seorang siswi kelas VI sekolah dasar (SD) di Sukoharjo, Jawa Tengah, diduga menjadi korban pencabulan oleh ayah angkatnya. Kini, siswi tersebut hamil enam bulan.   

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (21/2/2019), kehamilan TA pertama kali diketahui oleh bibinya, Muryani. Awalnya Muryani curiga melihat perut TA semakin membesar.

Saat sang bibi memeriksakan TA ke bidan. Dari hasil pemeriksaan, TA dipastikan tengah hamil 6 bulan. Dia lalu melaporkan kehamiln keponakannya tersebut ke Polre Boyolali.

Kepada polisi remaja yang tinggal di Desa Manang, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah ini mengaku telah dicabuli oleh JS, yang tidak lain ayah angkatnya.  

Untuk mengungkap kasus pencabulan anak di bawah umur ini, Polres Boyolali bersama Polres Semarang, mengejar JS yang dikabarkan sudah melarikan diri.  (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris Pekan ke-27: Duel Panas MU Vs Liverpool

Posted: 20 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jadwal Liga Inggris pekan ke-27 akan diwarnai pertarungan sengit tim papan atas. Manchester United (MU), yang performanya kini tengah menanjak di liga domestik akan menjamu Liverpool, di Old Trafford.

Laga ini bagi MU dan Liverpool sangat krusial dalam menjaga persaingan di papan atas Liga Inggris. Liverpool membutuhkan kemenangan untuk merebut kembali puncak klasemen dari Manchester City.

Liverpool dan Manchester City sebenarnya mengoleksi poin yang sama, yakni 65 poin. Tapi, Liverpool berada di peringkat kedua karena kalah seilisih gol dari The Citizens. Liverpool baru mencetak 59 gol, sementara City 74 gol.

Kemenangan juga dibutuhkan MU yang sedang bersaing untuk finis di posisi empat besar Liga Inggris. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer berada di peringkat keempat dengan 51 poin.

Tergantung Hasil MU

Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak Paul Pogba ke gawang Fulham pada laga Premier League di Stadion Craven Cottage, London, Sabtu (9/2). Fulham kalah 0-3 dari MU. (AFP/Ian Kington)

Selain duel menarik MU vs Liverpool, Liga Inggris juga akan menyajikan laga Arsenal vs Southampton. Bagi Arsenal, kemenangan menjadi hal penting.

Arsenal ingin mengambil alih lagi posisi empat besar dari MU. Pasalnya, MU hanya unggul satu poin dari Arsenal yang mengemas 50 poin. Tapi, hasil ini juga tergantung pertandingan MU kontra Liverpool.

Berikut jadwal Liga Inggris pekan ke-27

Sabtu (23/2/2019)

02:45 WIB, Cardiff City vs Watford

02:45 WIB, West Ham United vs Fulham

19:30 WIB, Burnley vs Tottenham Hotspur

22:00 WIB, AFC Bournemouth vs Wolverhampton

22:00 WIB, Newcastle United vs Huddersfield

Minggu (24/2/2019)

00:30 WIB, Leicester City vs Crystal Palace

21:05 WIB, Arsenal vs Southampton

21:05 WIB, Manchester United vs Liverpool

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat Berbagai Sisi Trio Galaxy S10 di San Francisco

Posted: 20 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, San Francisco - Samsung akhirnya meramaikan pasar smartphone dengan flagship terbarunya, seri Galaxy S10. Samsung tidak hanya menyuguhkan serangkaian peningkatan teknologi dari seri sebelumnya, tapi juga dari sisi desain.

Salah satu teknologi baru yang hadir melalui seri ini adalah sensor sidik jari ultrasonic. Namun, fitur baru ini hanya ada pada dua varian Galaxy S10 yaitu Galaxy S10 Plus dan Galaxy S10. Namun tetap ada sejumlah fitur yang sama di antara ketiganya.

Dari sisi desain, seri Galaxy S10 tampil cukup berbeda dibandingkan pendahulunya yakni Galaxy S9. Misalnya saja, jumlah kamera belakang dan letaknya pada Galaxy S10 Plus yang berbeda dibandingkan Galaxy S9 Plus.

Nah untuk lebih rinci, kalian bisa melihat tampilan dan sejumlah fitur seri Galaxy S10 dari berbagai sisi melalui sejumlah foto berikut ini:

Galaxy S10 Plus

Galaxy S10 Plus menjadi yang paling premium di antara ketiga varian smartphone ini. Galaxy S10 dilengkapi layar Quad HD+ Curved Dynamic AMOLED berukuran 6,4 inci dengan aspek rasio 19:9.

Tampak depan Galaxy S10 Plus. Liputan6.com/ Andina Librianty

Smartphone ini pun memiliki tiga kamera belakang dan Dual OIS. Tiga kamera ini diletakkan secara horizontal, sementara dual kamera belakang Galaxy S9 Plus didesain vertikal.

Tampak belakang Galaxy S10 Plus. Liputan6.com/ Andina Librianty

Sementara itu, terdapat dua kamera depan dengan hasil selfie yang diklaim lebih baik. Sebelumnya, Galaxy S9 Plus hanya memiliki satu kamera pada bagian depan perangkat.

Dual kamera selfie di Galaxy S10 Plus. Liputan6.com/ Andina Librianty

Galaxy S10 Plus memiliki dimensi 74,1 x 157,6 x 7,8 mm dengan berat 175 gram.

Tampak sisi kanan Galaxy S10 Plus. Liputan6.com/ Andina Librianty

Tampak samping kiri Galaxy S10 Plus. Liputan6.com/ Andina Librianty

Bodinya pun terasa kokoh saat digenggam. Smartphone ini memiliki dua tombol fisik di sisi kanan, yaitu berfungsi untuk fitur Bixby dan volume, sedangkan on/off berada di sisi kiri perangkat.

Galaxy S10

Tampilan saming Galaxy S10. Liputan6.com/ Andina Librianty

Galaxy S10 memiliki desain serupa saudara "besarnya", tapi dengan sejumlah perbedaan dari ukuran layar, kamera depan, dan kapasitas baterai. Selain itu, pilihan RAM dan memori internalnya tidak sebanyak Galaxy S10 Plus.

Tampilan depan Samsung Galaxy S10. Liputan6.com/ Andina Librianty

Galaxy S10 memiliki jenis layar yang sama dengan Galaxy S10 Plus, tapi berukuran lebih kecil yakni 6,1 inci. Smartphone ini juga memiliki tiga kamera belakang dengan kemampuan sama seperti Galaxy S10 Plus.

Tampilan belakang Samsung Galaxy S10. Liputan6.com/ Andina Librianty

Berbeda dengan Galaxy S10 Plus yang memiliki dual kamera depan, Galaxy S10 hanya dilengkapi satu. Samsung melengkapi kamera depan smartphone ini dengan resolusi 10MP dengan F1,9 (80°).

Galaxy S10 memiliki dimensi bodi 70,4mm x 149,9 x 7,8 mm dengan berat 157 gram.

Galaxy S10e

Cover belakang Samsung Galaxy S10e. Liputan6.com/Andina Librianty

Sementara itu, Galaxy S10e menjadi yang paling kecil dengan layar Full HD+ Flat Dynamic AMOLED berukuran 5,8 inci dan aspek rasio 19:9. Sebagai bagian dari keluarga flagship, Samsung mengklaim Galaxy S10e dilengkapi serangkaian fitur premium, tapi dengan bodi yang lebih compact.

Samsung Galaxy S10e. Liputan6.com/Andina Librianty

Galaxy S10e memiliki dua kamera belakang dengan OIS. Kamera pertama memiliki resolusi 12MP untuk Wide-angle dengan F1,5 (77°) dan 16MP untuk Ultra Wide (123°). Sedangkan, pada bagian depan hanya memiliki satu kamera dengan resolusi 10MP, F2,2 (80°).

Kamera belakang Samsung Galaxy S10e. Liputan6.com/Andina Librianty

Dimensi perangkat ini adalah 69,9 x 142,2 x 7,9mm dengan berat 150 gram. Pada bodi Galaxy S10e juga terdapat tiga tombol, yaitu dua di sisi kanan untuk Bixby dan volume, serta di bagian kiri berfungsi sebagai sensor sidik jari, sekaligus tombol on/off.

Samsung Galaxy S10e. Liputan6.com/Andina Librianty

Ketiga smartphone ini akan menyambangi pasar Indonesia pada bulan depan dengan harga jual mulai dari Rp 10.499.000. Pre-order akan digelar mulai 22 - 28 Februari 2019 melalui sejumlah mitra penjualan online Samsung, termasuk Bukalapak, Blibli, Erafone, dan JD.id.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suap Proyek Infrastruktur, KPK Kembali Periksa Bupati Nonaktif Mesuji

Posted: 20 Feb 2019 09:30 PM PST

Bupati nonaktif Mesuji Khamami (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/2). Khamami diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati nonaktif Mesuji Khamami (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/2). Khamami diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati nonaktif Mesuji Khamami (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/2).  Khamami akan menjalani pemeriksaan lanjutan terkait dugaan suap proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati nonaktif Mesuji Khamami (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/2). Khamami akan menjalani pemeriksaan lanjutan terkait dugaan suap proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati nonaktif Mesuji Khamami (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/2). Khamami diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati nonaktif Mesuji Khamami (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/2). Khamami diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati nonaktif Mesuji Khamami (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/2).  Khamami akan menjalani pemeriksaan lanjutan terkait dugaan suap proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati nonaktif Mesuji Khamami (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/2). Khamami akan menjalani pemeriksaan lanjutan terkait dugaan suap proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati nonaktif Mesuji Khamami (kanan) bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/2). Khamami diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati nonaktif Mesuji Khamami (kanan) bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (21/2). Khamami diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Manchester City Menang Tipis di Kandang Schalke

Posted: 20 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manchester City berhasil menang tipis 3-2 atas Schalke 04 pada pertandingan babak 16 besar Liga Champions di Veltins Arena di Gelsenkirchen, Jerman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama Ini Numpang, Jordyn Woods Kini Angkat Kaki dari Rumah Kylie Jenner

Posted: 20 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Jordyn Woods dikenal publik sebagai sahabat Kylie Jenner yang paling kental. Saking akrabnya, wanita 21 tahun tersebut pernah dibelikan mobil dan perhiasan mewah oleh Kylie Jenner.

Tak hanya itu, Jordyn Woods diketahui telah cukup lama tinggal di rumah Kylie Jenner.

Namun nampaknya hubungan keduanya tak semanis dulu lagi. Apa lagi kalau bukan karena kabar perselingkuhan Tristan Thompson, kekasih Khloe Kardashian, dengan Jordyn Woods.

Dilansir dari People, Kamis (21/2/2019), Jordyn Woods bahkan disebutkan telah angkat kaki dari rumah Kylie Jenner.

"Ini adalah masa yang berat dan dia patah hati tentang ini. Dia pulang ke rumah agar bisa bersama ibunya," tutur seorang sumber yang dihubungi People.

Awalnya Tak Percaya

Jordyn Woods - Kylie Jenner. (instagram/jordynwoods)

People juga mengonfirmasi dengan sejumlah sumber, bahwa keluarga Kardashian benar-benar tak mengira hal ini akan terjadi.

"Saat mereka pertama mendengar kabar ini pada Senin, soal Tristan yang mencumbu Jordyn, tak ada yang percaya," tutur seorang sumber.

"Kalau soal Tristan yang kelakuannya tak pantas, ya semua orang tahu ia tak menjaga kelakuan. Tapi kalau tentang Jordyn yang berciuman dengannya, awalnya itu terasa seperti rumor," tuturnya.

 

Unfollow

Kim Kardashian. (Matt Winkelmeter/Gety Images North America/AFP)

Meski keluarga Kardashian belum ada yang buka suara secara langsung, tapi mereka memperlihatkan tindak-tanduk yang memperkuat kabar ini. Kim Kardashian, salah satunya.

Istri Kanye West ini telah meng-unfollow Tristan Thompson dan Jordyn Woods di Instagram.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai IPO, Armada Berjaya Mau Perluas Wilayah Bisnis Perseroan

Posted: 20 Feb 2019 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Armada Berjaya Trans Tbk resmi mencatatkan saham perdana pada Kamis ini. Usai pencatatan saham, emiten dengan kode saham JAYA ini berencana untuk mengembangkan kawasan bisnisnya.

Direktur Utama PT Armada Berjaya Trans Tbk, Darmawan Suryadi mengatakan, wilayah kerja perseroan saat ini masih terpusat di Jawa Barat. Dia menambahkan, kehadiran Jalan Tol Trans Jawa di kawasan bisnisnya juga turut membantu gerak bisnis angkutan logistik yang dijalankan perseroan.

"(Keberadaan Tol Trans Jawa) sebetulnya pasti membantu, sangat membantu. Cuma kami sebetulnya (lingkup kerjanya) masih di Jawa barat aja. Belum ekspansi ke luar," ujar dia di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Dia melanjutkan, gerak bisnis Armada Berjaya di wilayah tersebut lebih banyak terpusat pada sektor manufakturing. 

"Kita sebenarnya customer-nya kebanyakan manufacturing. Kita enggak based on project. Manufacturing kan investasi mesin. Kalau proyek, proyeknya selesai, susah. Kita mesti cari lagi," sambungnya.

Pasca IPO, Darmawan pun membuka kemungkinan Armada Berjaya Trans akan mengembangkan bisnis manufakturingnya di wilayah lain, seperti di Jawa Tengah.

"Sebetulnya yang Jawa barat sendiri ada kekurangan kebutuhan juga. Untuk mencukupi nanti ada kelebihannya, nanti kita (ekspansi ke) Jawa tengah," pungkas dia.

 

Jaya Catatkan Saham Perdana di BEI

Pekerja melintas di layar sekuritas di Jakarta, Senin (1/8). IHSG mengakhiri perdagangan hari ini ditutup di teritori positif. Seharian, IHSG bergerak di zona hijau dan ditutup melesat hingga nyaris 3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, PT Armada Berjaya Trans Tbk, perusahaan bergerak di usaha angkutan motor untuk barang umum mencatatkan saham perdana pada Kamis 21 Februari 2019. Perseroan mencatatkan saham di papan pengembangan dengan kode JAYA.

Mengutip data KSEI, emiten ke-6 yang catatkan saham pada 2019 ini melepas 150 juta saham dengan nilai nominal Rp 100 ke publik dalam rangka penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO). Jumlah tersebut sebanyak 40 persen saham dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan setelah IPO. Harga perdana saham Rp 288. Jadi total dana yang diraup dari hasil IPO sebesar Rp 43,20 miliar.

Selain itu, perseroan juga menerbitkan sebanyak 75 juta waran seri I yang menyertai saham baru perseroan. Jumlah tersebut sebanyak-banyaknya 33,33 persen dari total jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh. Waran seri I diberikan secara cuma-Cuma sebagai insentif bagi pemegang saham baru yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham.

Setiap pemegang dua saham baru, perseroan berhak memperoleh satu waran dengan setiap waran memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru. Harga pelaksanaan waran sebesar Rp 680. Waran ini diberikan sebagai pemanis dalam IPO untuk menarik investor.

Distribusi saham dan waran secara elektronik dilakukan pada 20 Februari 2019. Awal perdagangan waran seri I pada 21 Februari 2019, akhir perdagangan waran seri I di pasar regular dan negosiasi pada 16 Februari 2019 dan di pasar tunai pada 18 Februari 2019. Periode pelaksanaan waran seri I pada 21 Agustus 2019-21 Februari 2021. Berakhirnya masa berlaku waran seri I pada 19 Februari 2021.

Dana hasil IPO antara lain digunakan untuk pembelian 61 unit truk berdasarkan perhitungan harga beli saat ini, sekitar 11,12 persen untuk pembuatan karoseri unit truk, dan 0,24 persen untuk modal kerja.

Dalam pelaksanaan IPO ini, perseroan telah menunjuk PT UOB Kay Hian Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek dan penjamin emisi efek.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Kepribadian Menurut Waktu Lahir, Kamu Jam Berapa?

Posted: 20 Feb 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua orang bisa membaca atau menebak kepribadian seseorang, terutama jika baru kenal. Sebagian besar dari kamu pasti menginginkan memiliki kemampuan untuk bisa melihat kepribadian seseorang.

Hal itu bertujuan agar kamu bisa memahami sifat setiap orang. Ada begitu banyak hal yang bisa membantu menebak kepribadian seseorang. Salah satunya berdasarkan waktu lahir.

Apakah kamu ingat jam berapa kamu lahir atau pernah dengan cerita dari orangtuamu? Jika belum, kamu bisa tanya pada orangtuamu tentang waktu lahirmu. Berikut kepribadian menurut waktu lahir yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/2/2019).

Pagi Sampai Sore

ilustrasi persahabatan/copryight Pexels

1. Jam 05.00-07.00

Kamu yang lahir di waktu ini adalah orang yang sangat lembut, suka kebersihan dan juga suka berpakaian rapi. Kamu yang lahir di waktu kelinci ini sangat ramah juga rendah hati. Selain itu memiliki sopan santun yang baik. Cocok untuk menjadi seorang psikolog, karena karakternya yang bisa memahami orang lain, murah hati, baik hati dan selalu mau membantu orang lain.

2. Jam 07.00-09.00

Kamu yang lahir di waktu naga, memiliki ambisi tinggi, tidak sabar. Namun kamu juga memiliki komitmen kuat, sifat jujur, harga diri tinggi yang membuatnya bisa mencapai masa depan cerah berkat usahanya sendiri.

3. Jam 09.00-11.00

Kamu yang lahir di waktu ular, akan tumbuh menjadi pribadi yang memerhatikan penampilan. Kamu juga memiliki sifat tenang, ceria, pintar, pandai berbicara dan pandai menyimpan perasaan. Kamu menyukai persaingan, dan sangat senang jika bisa berada di puncak. Kamu juga seorang perencana yang bijak.

4. Jam 11.00-12.00

Jam ini dipercaya adalah waktu kelahiran para atlet, yang memiliki banyak energi dan kekuatan. Kamu yang lahir di jam ini juga seorang petualang, dan murah hati. Cinta kepada keluarga dan temannya akan membuatnya menjadi seorang pekerja keras.

5. Jam 12.00-13.00

Kamu yang lahir di waktu siang adalah orang yang aktif dan energik. Penuh rasa ingin tahu dan suka bermain. Selain itu, kamu memiliki kemampuan mengajar yang bagus. Kamu akan menjadi orang yang ambisius namun penuh tanggung jawab. Kamu juga akan mudah menemukan jati diri, karena kamu tahu apa yang diinginkan dalam hidup ini.

Sore Sampai Pagi

ilustrasi pertemanan/copyright Pexels/ELEVATE

6. Jam 14.00

Kamu yang lahir di waktu ini, akan tumbuh menjadi petualang dan menyukai spontanitas. Ketika kamu tumbuh dewasa, kamu akan selalu mencari tantangan untuk mengembangkan kemampuan.

7. Jam 15.00

Kamu yang lahir di jam ini, memiliki sopan santun baik, ramah, tenang, dan lembut. Kamu juga sering terlihat sedih, padahal kamu hanya sedang berpikir. Jika mendapat perlakuan buruk, kamu akan melawan dan membela diri. Kepercayaan dirimu tersembunyi di balik sikap yang tenang. Kamu membenci kekerasan, namun juga keras kepala untuk meraih prestasi sebanyak-banyaknya.

8. Lahir di sore hari

Nah kalau kamu lahir pada pukul 15.00-21.00, kamu termasuk orang yang punya kepribadian pemberani dan tidak takut mencoba hal baru. Namun, kamu suka tidak pikir panjang dalam mengambil keputusan dan gampang emosi karena salah paham.

9. Lahir di malam hari

Kalau kamu lahir di malam hari pukul 21.00-04.00, kamu juga termasuk orang yang suka kerja keras untuk meraih impiannya dan punya kepribadian yang menyenangkan. Selain itu, kamu juga termasuk orang yang kreatif dan penuh semangat sehingga selalu terlihat menyenangkan bagi banyak orang. Namun, kamu termasuk orang yang pendiam.

10. Jam 04.00-05.00

Kamu yang lahir di waktu dini hari menjelang pagi, akan tumbuh menjadi komunikator ulung. Kamu juga penuh rasa ingin tahu. Peluang kamu untuk sukses dalam karier sangatlah besar. Kamu selalu berusaha keras dan teguh menjaga harga diri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main Film Horor, Ussy Sulistiawaty Dimarahi Andhika Pratama

Posted: 20 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ussy Sulistiawaty saat ini tengah sibuk di dunia akting. Bahkan, belum lama ini ia terlibat dalam sebuah film horor terbaru berjudul Lukisan Ratu Kidul.

Di balik keputusannya bermain film horor, Ussy Sulistiawaty ternyata sempat dimarahi oleh suaminya, Andhika Pratama. Pasalnya, Ussy Sulistiawaty sebenarnya adalah orang yang penakut.

Hal itu disampaikannya saat konferensi pers film Lukisan Ratu Kidul di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

"Waktu ditawarin, memang aku dikabarin itu film horor dan suamiku itu agak sedikit marah karena dia tahu aku penakut banget, 'Kamu yakin mau main film horor?'" kata Ussy Sulistiawaty.

Sempat Ragu

(Instagram/ussypratama)

Ussy Sulistiawaty sendiri mengakui bahwa dirinya sempat ragu menerima tawaran tersebut. Di saat yang bersamaan, di balik keraguan itu terdapat dorongan untuk berani menerima tantangan baru.

"Terus di setengah hati aku bilang, 'Aduh iya kayaknya enggak mungkin ya kan aku penakut'. Tapi setengah lagi bilang 'Masa enggak berani sih, ini kan tantangan baru'. Terus aku sempat mikir tuh. Akhirnya ya sudahlah Bismillah," Ussy Sulistiawaty mengakui.

Trauma

(Instagram/ussypratama)

Keputusannya untuk ikut terlibat dalam film horor ini meninggalkan dampak yang cukup besar baginya. Ussy Sulistiawaty sempat merasa trauma dan menyesal bermain film horor.

"Trauma sih, untuk kemarin sih pas syuting karena aku di lokasi yang menyeramkan. 'Duh nyesel nih'. Pas aku kelar syuting mah sudah enggak. Cuma memang seru banget," ungkap Ussy Sulistiawaty.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 650 Orang Dilibatkan Dalam Pelipatan Kertas Suara di KPU Bogor

Posted: 20 Feb 2019 09:15 PM PST

Suasana kegiatan pelipatan kertas suara DPD RI di Gudang KPU, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/2). Sebanyak 650 relawan dilibatkan dalam kegiatan penyortiran dan pelipatan  kertas suara untuk Pemilu 17 April 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Suasana kegiatan pelipatan kertas suara DPD RI di Gudang KPU, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/2). Sebanyak 650 relawan dilibatkan dalam kegiatan penyortiran dan pelipatan kertas suara untuk Pemilu 17 April 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas kepolisian Babinkamtibmas Pabuaran Bogor mengawasi pelipatan kertas suara DPD RI di Gudang KPU, Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/2). 650 relawan dilibatkan dalam penyortiran dan pelipatan  kertas suara Pemilu 17 April 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas kepolisian Babinkamtibmas Pabuaran Bogor mengawasi pelipatan kertas suara DPD RI di Gudang KPU, Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/2). 650 relawan dilibatkan dalam penyortiran dan pelipatan kertas suara Pemilu 17 April 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas kepolisian Babinkamtibmas Pabuaran Bogor mengawasi pelipatan kertas suara DPD RI di Gudang KPU, Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/2). 650 relawan dilibatkan dalam penyortiran dan pelipatan  kertas suara Pemilu 17 April 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas kepolisian Babinkamtibmas Pabuaran Bogor mengawasi pelipatan kertas suara DPD RI di Gudang KPU, Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/2). 650 relawan dilibatkan dalam penyortiran dan pelipatan kertas suara Pemilu 17 April 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Relawan saat melipat kertas suara DPD RI di Gudang KPU, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/2). Sebanyak 650 relawan dilibatkan dalam kegiatan penyortiran dan pelipatan  kertas suara untuk Pemilu 17 April 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Relawan saat melipat kertas suara DPD RI di Gudang KPU, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/2). Sebanyak 650 relawan dilibatkan dalam kegiatan penyortiran dan pelipatan kertas suara untuk Pemilu 17 April 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Suasana kegiatan pelipatan kertas suara DPD RI di Gudang KPU, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/2). Sebanyak 650 relawan dilibatkan dalam kegiatan penyortiran dan pelipatan  kertas suara untuk Pemilu 17 April 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Suasana kegiatan pelipatan kertas suara DPD RI di Gudang KPU, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/2). Sebanyak 650 relawan dilibatkan dalam kegiatan penyortiran dan pelipatan kertas suara untuk Pemilu 17 April 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Relawan melipat kertas suara DPD RI di Gudang KPU, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/2). Sebanyak 650 relawan dilibatkan dalam kegiatan penyortiran dan pelipatan  kertas suara untuk Pemilu 17 April 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Relawan melipat kertas suara DPD RI di Gudang KPU, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/2). Sebanyak 650 relawan dilibatkan dalam kegiatan penyortiran dan pelipatan kertas suara untuk Pemilu 17 April 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Suasana kegiatan pelipatan kertas suara DPD RI di Gudang KPU, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/2). Sebanyak 650 relawan dilibatkan dalam kegiatan penyortiran dan pelipatan  kertas suara untuk Pemilu 17 April 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Suasana kegiatan pelipatan kertas suara DPD RI di Gudang KPU, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/2). Sebanyak 650 relawan dilibatkan dalam kegiatan penyortiran dan pelipatan kertas suara untuk Pemilu 17 April 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kecewa Pada Suami, Ibu Bunuh Bayi Baru Lahir

Posted: 20 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mengaku kecewa pada suaminya, seorang ibu malah menumpahkan kekesalannya dengan membunuh bayi yang baru dilahirkannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Impor Jagung Jadi Polemik, Pemerintah Ingin Adil antara Konsumen dan Produsen

Posted: 20 Feb 2019 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polemik data pangan menjadi persoalan di antara kementerian dan lembaga. Salah satunya mengenai data jagung yang berujung pada keputusan impor demi memenuhi kebutuhan pakan para peternak.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono, mengatakan masalah data jagung ini terletak pada metode pengukuran kebutuhan konsumsi dalam negeri yang masih berfokus pada perusahaan pakan besar. Sehingga, belum ada data yang betul-betul akurat dalam persoalan ini.

"Kami dari Kemenko Perekonomian menilai sangat penting data dan neraca akurat terkait komoditi pangan strategis. Ini penting untuk jadi dasar pengambilan kebijakan. Kita butuh dasar pengambilan kebijakan yang akurat," ujar dia di Kantornya, Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Susiwijono mengatakan, pengambilan keputusan harus dilakukan sangat hati-hati terkait kebijakan pangan seperti jagung. Pemerintah dalam hal ini mempertimbangkan dua, hal yakni antara kepentingan produsen dan konsumen.

"Perlu impor atau tidak yang kita jaga kepentingan produsen dan dari sisi konsumen. Ini tidak mudah karena ada kepentingan-kepentingan yang berbeda sehingga keputusan yang diambil harus menjaga balancing. Kalau harga terlalu tinggi akan memberatkan peternak kita dan komponen masyarakat kita juga," tutur dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution angkat suara terkait perdebatan impor jagung sebanyak 50.000 ton hingga 100.000 ton pada akhir 2018. Perdebatan dipicu adanya klaim produksi jagung surplus 13 juta ton tahun ini.

Menurut Darmin, impor jagung dilakukan atas permintaan Kementerian Pertanian (Kementan). "Rapatnya saja dibuat karena permintaan Menteri Pertanian, surat usulannya juga Menteri Pertanian. Jangan mereka mulai membelok-belokan. Jadi sederhana saja," ujarnya beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, meskipun ada klaim produksi surplus namun kenyataannya harga di pasaran naik. Hal ini kemudian memicu kegelisahan masyarakat yang mengancam akan melakukan demo.

"Begini, yang melakukan impor itu Mendag, tapi rekomendasinya itu Mentan. Walaupun mereka bilang produksinya surplus 13 juta ton, harganya naik. Harganya naik, banyak yang marah, mau demo segala macam. Kemudian Mentan bilang, minta diimpor deh. Berapa? 100.000 ton. Bikin surat dong, jangan nanti tiba-tiba enggak ngaku," katanya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Pengusaha Pakan Ingatkan Harga Jagung Masih Tinggi

Bambang Sugiharto menyatakan bahwa berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS) disimpulkan produksi dan pasokan jagung tahun 2018 surplus sebesar 12 juta ton pipilan kering (PK).

Pengusaha makanan ternak mengingatkan harga jagung untuk pakan saat ini masih tinggi meski tidak ada kendala suplai dan sudah mulai memasuki masa panen.

"Kalau di Jawa Timur, masih sekitar Rp 4.800 per kilogram. Belum sampai Rp 3.000-an," kata Dewan Pembina Gabungan Pengusaha Makanan Ternak, Sudirman, seperti mengutip Antara, Kamis (21/2/2019).

Sudirman menjelaskan harga kisaran jagung pakan Rp 4.800 per kilogram (kg) masih termasuk tinggi, karena dalam kondisi normal jelang masa panen, harga jagung yang sampai ke tingkat pabrik pakan bisa Rp 3.500 per kg.

"Kalaupun di tingkat petani, acuannya Rp 3.150 per kilogram. Normal tinggi. Itu harganya sudah mempertimbangkan keuntungan petani dan kewajaran penerimaan pabrik pakan," jelas dia.

Mengenai komoditas jagung yang mulai memasuki masa panen, Sudirman mengatakan ini memang sesuai di mana secara musiman panen terjadi pada Maret-Mei.

Ia justru mengharapkan adanya pasokan jagung yang terjaga hingga akhir tahun, agar tidak terjadi kelangkaan dan kenaikan harga pada periode November-Januari, yang dapat dipenuhi melalui peran Bulog.

"Bulog juga mesti mengisi stoknya, supaya nanti ketika lagi tidak panen, Bulog bisa membantu pabrik pakan," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Sudirman juga mengingatkan kebutuhan jagung untuk pakan ternak meningkat pada 2019 dengan proyeksi mencapai 20 juta ton.

Lebih jauh ia menilai para petani telanjur mendapatkan janji harga tinggi sehingga membuat harga ke tingkat pabrik pakan ikut melonjak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Ledakan Mal Taman Anggrek, Area Foodcourt Ditutup

Posted: 20 Feb 2019 09:12 PM PST

Patroli Indosiar, Jakarta Pasca-ledakan di lantai 4 Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, akses masuk menuju area foodcourt ditutup. Para pekerja dan seluruh aktivitas di area tersebut tak bisa beroperasi.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (21/2/2019), area ditutup untuk mengetahui penyebab pasti ledakan.

Akibat kejadian ini, tujuh orang dibawa ke Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta Barat. Tiga di antaranya harus menjalani perawatan intensif karena mengalami luka bakar di atas 20 persen. Sementara, dua orang sudah diperbolehkan pulang.  

"Tiga orang ini dimasukan ke ruang intensif karena trauma inhalasi dan luka bakarnya lebih dari 20 persen," ujar Kadiv Pelayanan Medis RS Royal Taruma dr. Elfrida Rinawaty M.  

Sebelumnya pada Rabu siang, ledakan terjadi di foodcourt lantai 4 Mal Taman Anggrek. Hasil olah TKP, ledakan bukan berasal dari bahan peledak atau bom, tetapi dari bocornya saluran pipa gas yang berada di depot makanan betawi. (Karlina Sintia Dewi) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Online, Mudah dan Praktis

Posted: 20 Feb 2019 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Salah satu fungsi utama dari WhatsApp adalah sebagai aplikasi berkirim pesan. Aplikasi yang banyak digunakan orang di seluruh dunia ini memang memberi banyak kemudahan dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Dengan WhatsApp seseorang dapat saling berkirim pesan baik itu berupa teks, gambar, video atau suara. WhatsApp juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan percakapan melalui grup chat.

Dengan kemudahan WhatsApp ini tak ada alasan lagi bagi seseorang untuk ketinggalan informasi atau kesulitan untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga.

Namun, pernahkan Anda ingin mengabaikan sebuah pesan WhatsApp atau ingin meghilang sejenak dari percakapan, tapi disisi lain Anda juga ingin tetap membaca pesan-pesan WhatsApp yang masuk.

Mungkin Anda menerima sebuah pesan dari seseorang atau grup namun tidak ingin segera membalasnya karena tidak ingin memulai percakapan. Terkadang Anda juga ingin membaca pesan-pesan WhatsApp yang masuk tanpa menampilkan status online Anda.

Status Online WhatsApp

Seperti yang diketahui, status online dapat terlihat saat Anda membuka aplikasi WhatsApp dan melakukan aktivitas seperti membalas atau membaca pesan di WhatsApp. Saat ini WhatsApp memang belum memungkinkan penggunanya untuk menghilangkan sepenuhnya status online pada WhatsAppnya.

Sebenarnya WhatsApp memiliki fitur untuk menghilangkan status online WhatsApp Anda. Anda cukup menuju ke setelan>akun>privasi>'terakhir dilihat' atau 'last seen' lalu pilih opsi 'tidak ada' atau 'nobody'

Namun fitur ini hanya akan menghilangkan informasi kapan terakhir Anda online. Anda akan tetap terlihat online ketika membuka dan membaca sebuah pesan di WhatsApp.

Tapi ada cara lain agar Anda dapat membuka pesan WhatsApp tanpa harus ketahuan online. Anda dapat menggunakan trik khusus pada ponsel atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda membaca pesan WhatsApp melalui aplikasi lain.

Berikut cara membaca pesan WhatsApp tanpa menampilkan status online dilansir Liputan6.com dari Androidpit, Kamis(21/2/2019).

Membuka dan Membalas Pesan Secara Offline

Cara Baca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Online (sumber: istockphoto)

Cara paling ampuh untuk membuka dan membalas pesan WhatsApp tanpa ketahuan online adalah dengan menonaktifkan koneksi jaringan di ponsel saat Anda membalasnya.

Ketika Anda mendapatkan notifikasi pesan WhatsApp dan ingin membalasnya tanpa ketahuan online, Anda dapat nonaktifkan Wi-Fi dan koneksi jaringan seluler.

Setelah itu buka WhatsApp dan percakapan yang ingin Anda baca dan balas. Tulis balasan kemudian tutup kembali aplikasi WhatsApp Anda.

Aktifkan kembali Wi-Fi atau koneksi jaringan seluler. WhatsApp akan mengirim pesan tanpa menampilkan status online Anda. Dengan begitu penerima pesan tak mengetahui Anda sedang online atau mengetik pesan untuk membalas pesannya.

Melihat Pesan dari Notifikasi

Cara Baca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Online (sumber: istockphoto)

Cara yang paling mudah selanjutnya untuk membaca pesan WhatsApp tanpa harus membuka dan ketahuan online adalah dengan melihatnya melalui motifikasi. Buka notifikasi dengan menggulirkan kebawah notification bar Anda. Anda dapat membalas pesan tanpa membuka aplikasi dengan mengklik tombol Balas di notification bar tersebut. Namun jika pesan yang Anda dapat merupakan pesan yang panjang, Anda tidak dapat membaca keseluruhan pesannya.

Jika Anda memiliki jam tangan pintar atau Android Wear, Anda dapat menanggapi pesan WhatsApp langsung dari jam tangan Anda dengan aman tanpa memunculkan status online.

Anda juga dapat mengaktifkan notifikasi pop up pada WhatsApp sehingga Anda dapat membaca pesan yang diterima melalui pop up tanpa ketahuan online atau menampilkan centang biru. Dengan pop-up ini Anda juga dapat membaca pesan WhatsApp yang panjang sekalipun tanpa harus membukanya langsung di aplikasi WhatsApp.

Caranya adalah dengan mengaturnya pada menu settings> Notifications> Pop Up Notifications> lalu aktifkan mode pop-up notifications.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara selanjutnya untuk membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan online adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini dapat diunduh gratis melalui Play Store atau App Store.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuka dan membaca pesan WhatsApp yang masuk diluar aplikasi WhatsApp itu sendiri. Dengan begitu Anda dapat membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan online.

Unseen

Cara Baca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Online (sumber: play google)

Unseen adalah aplikasi yang memungkinkan Anda melihat pesan WhatsApp, Telegram, Viber dan Facebook Messenger tanpa menampilkan status online. Trik ini tidak memberikan Anda kemampuan untuk membalas pesan secara offline, tetapi hanya membaca pesan yang diterima tanpa diketahui orang tersebut meski Anda tidak menonaktifkan fitur 'Read Receipts' Anda.

Setiap kali Anda menerima pemberitahuan pesan masuk dari WhatsApp Anda, Anda juga akan menerima pemberitahuan dari aplikasi Unseen. Dengan mengklik tab WhatsApp pada aplikasi Unseen, Anda dapat membaca pesan yang Anda terima tanpa diketahui si pengirim. Dengan begitu Anda dapat membaca pesan WhatsApp tanpa ketahuan online.

WhatsRemoved+

Cara Baca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Online (sumber: play google)

Selain mengetahui pesan yang telah dihapus, Aplikasi WhatsRemoved+ juga dapat membaca pesan yang diterima tanpa ketahuan online dan meninggalkan centang biru.

Anda cukup membuka pesan WhatsApp yang masuk melalui aplikasi ini. Setelah mengaktifkan WhatsRemoved+ untuk WhatsApp semua notifikasi yang masuk akan terekam. Aplikasi ini dapat memperlihatkan pesan yang dihapus baik berupa teks, gambar, video, atau suara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengendarai Sepeda Motor dengan Kaki, Bocah Ini Kena Batunya

Posted: 20 Feb 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki sebutan kids zaman now, beragam aksi berani dan nekat sekaligus nyeleneh saat ini banyak dilakukan bocah kekinian.

Salah satu yang banyak dilakukan ialah aksi berbahaya saat berkendara sepeda motor. Beredarnya anggapan "ga keren ga bawa motor", menjadikan sejumlah anak di bawah umur sudah berani membawa kendaraan bermotor tanpa didampingi orang tua.

Sayangnya, karena kurang pengawasan orang tua dan kelalaian di jalan, hal ini justru membahayakan nyawa sang anak dan juga pengendara lain.

Selain itu, banyak kasus kecelakaan kerap terjadi karena pengendaranya sering kali melakukan aksi tak masuk diakal, seperti yang dilakukan dua remaja ini.

Sebuah rekaman video yang di-upload akun Instagram @pandeglang.keras, Kamis (21/02/19) menunjukkan aksi berbahaya dua orang bocah dengan sepeda motor yang dikendarai.

 

Selanjutnya

Bagaimana tidak, pengemudi motor yang harusnya memegang setang dengan kedua tangan justru menggunakan kaki. Bahkan, kedua remaja tersebut terlihat bercanda dan berliuk-liuk.

Akibat aksi tersebut, keduanya kehilangan keseimbangan dan terjauh dari sepeda motornya. Tanpa menggunakan pelindung kepada atau helm,tak diketahui pasti luka yang dialami keduanya.

Saksikan videonya dibawah ini :

 
 
 
View this post on Instagram

Ke-kerasan bocah Pandeglang

A post shared by PANDEGLANG KERAS (@pandeglang.keras) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Senyum Lebar Warga Bandung Terima E-KTP Pertama dengan Kolom Kepercayaan

Posted: 20 Feb 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Bonie Nugraha Permana tersenyum lebar saat menunjukkan Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP barunya. Hal itu lantaran sudah ada kolom keterangan kepercayaan dalam identitas kependudukan penghayat kepercayaan ini.

Pria berusia 46 tahun itu adalah warga Kota Bandung pertama yang memiliki e-KTP dengan kolom penghayat kepercayaan. Sebab, pria yang menjabat sebagai Ketua Presidium Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI) Kota Bandung ini merupakan orang pertama yang mengajukan kepercayaan di kolom agama pada e-KTP di Bandung.

Bonie sendiri mengajukan perubahan kolom agama di e-KTP ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) pada Agustus 2018 lalu. Penghayat kepercayaan Akur Cigugur ini mendaftarkan diri bersama istri dan anaknya.

Sempat mengalami kendala teknis, e-KTP baru miliknya akhirnya tercetak pada Februari 2019 ini. Selain e-KTP, Bonie juga menerima Kartu Keluarga (KK) dengan kolom kepercayaan.

"Baru Februari ini lah pertama kalinya Disdukcapil Kota Bandung menerbitkan e-KTP saya dengan kolom keperacayaan," kata Bonie ditemui di Los Cihapit, Kota Bandung, Rabu, 20 Februari 2019.

Awalnya, Bonie mengaku dihubungi oleh petugas Dukcapil Kota Bandung pada Rabu pagi. Ia diberitahu bahwa e-KTP barunya sudah bisa diambil.

"Saya langsung dikabari oleh orang Disdukcapil bahwa e-KTP dan KK saya, istri dan anak saya sudah jadi. Sebelum ke kantor saya mendatangi Disdukcapil. Tadi penyerahannya langsung diberikan dari kepala seksi identitas penduduk," katanya.

Warga penghayat lainnya yang mendapatkan e-KTP berisi kolom kepercayaan didapatkan Nanang, warga Kecamatan Mandalajati. Bonie menerangkan, Nanang bersama istri dan anaknya juga sudah mendapat pengakuan resmi dari pemerintah atas keyakinannya sebagai warga negara.

"Yang sudah diterbitkan sampai hari ini jumlahnya enam orang," ujar pria yang sehari-hari bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu.

Di Bandung Raya, kata Bonie, jumlah pengikut penghayat secara de facto mencapai 150 ribu jiwa. Mulai dari orang tua hingga anak-anak. "Kalau di Jabar mencapai 500-600 ribu," ucapnya.

Bonie berharap langkah yang ia lakukan dapat diikuti para penghayat kepercayaan yang lain.

Jalan Panjang yang Harus Diperjuangkan

Bonie menunjukkan e-KTP dengan kolom penghayat. (Huyogo Simbolon)

Pencantuman kepercayaan dalam e-KTP Bonie tidak lepas setelah keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2017 silam. MK mengabulkan gugatan penghayat kepercayaan di Indonesia, terkait Undang-Undang Administrasi Kependudukan.

Upaya Bonie bersama warga penghayat lainnya berhasil, dan MK mengabulkan seluruh tuntutan komunitas penghayat kepercayaan dari seluruh Indonesia.

Salah satu tindak lanjutnya diumumkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Penghayat kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sudah bisa menerima KTP elektronik yang mencantumkan kolom kepercayaan.

Sebelum uji materi itu dikabulkan, kolom agama di kartu identitas para penghayat aliran kepercayaan dikosongkan atau diberi tanda strip (-). Bahkan, Bonie terpaksa mendompleng agama lain karena khawatir kesulitan memperoleh pendidikan atau pekerjaan.

"Kalau selama ini saya seolah-olah dapat perlakuan diskriminasi atau penekanan dari negara bahwa jika ingin mengikuti aturan negara, harus mengikuti aturan yang sementara aturan itu hanya memfasilitasi hanya agama besar," kata Bonie.

Menurut Bonie, perubahan status keyakinan dalam e-KTP dalam dirinya punya makna yang mendalam.

"Kalau sekarang sudah tidak lagi khawatir. Saat ini, saya bersama warga penghayat lain tidak perlu lagi ngumpet-ngumpet, tidak lagi perlu pinjam agama lain. Seratus persen eksistensi saya sebagai warga negara Indonesia dengan keyakinan yang saya percaya," ujarnya.

Untuk diketahui, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan yang Maha Esa dan Tradisi yang selama ini menjadi induk warga penghayat, berkoordinasi dengan Dirjen Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Hasilnya, terbuatlah sistem aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) versi 7 yang sudah bisa dioperasikan operator kecamatan di seluruh Indonesia untuk pengisian kepercayaan di kolom agama dalam KTP.

Tak hanya itu, Kemendikbud telah menerbitkan panduan kurikulum dan buku pegangan bagi guru pelajaran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Pemerintah juga menjamin hak-hak siswa penghayat kepercayaan untuk memperoleh pelajaran sesuai aliran yang diyakininya. Pemerintah juga akan menyetarakan hak penghayat dalam mengakses pekerjaan sebagai PNS maupun anggota TNI/Polri.

Sementara itu, Kepala Departemen Sipil Politik Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung Harold Aron mengapresiasi pemerintah dalam menjalankan putusan MK terkait pencantuman kolom penghayat kepercayaan dalam kolom e-KTP.

"Ini perlu diapreasiasi dalam mendorong layanan publik yang tidak diskriminatif terhadap warga minoritas. Dan perlu ditiru oleh pemerintahan lainnya di daerah lain," ujar Harold saat dihubungi.

Namun, ia berharap pengakuan terhadap penghayat kepercayaan tidak semata berhenti dengan adanya kartu identitas. Institusi atau lembaga lain, kata dia, harus memiliki pandangan yang luas agar hak-hak warga penghayat juga diakui.

"Poin pentingnya adalah bagaiamana pengakuan terhadap hak-hak mereka juga. Harus dilakukan di semua bidang layanan seperti pendidikan dan kesehatan," tegasnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dicurigai Merencanakan Serangan Teror, Petugas Penjaga Pantai AS Dipolisikan

Posted: 20 Feb 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Seorang petugas Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) ditangkap karena dicurigai merencanakan serangan teror, tulis sebuah dokumen pengadilan.

Polisi menemukan gudang senjata dan amunisi di rumah Christopher Paul Hasson (49) di negara bagian Maryland, demikian sebagaimana dikutip dari BBC pada Kamis (21/2/2019).

Jaksa penuntut menyebut Hasson sebagai seorang nasionalis kulit putih, yang mengklaim telah menyusun daftar politikus Demokrat sebagai target serangan teror.

"Terdakwa bermaksud untuk membunuh warga sipil tak berdosa dalam skala besar di negara ini," kata Jaksa Distrik AS Robert Hur dalam dokumen pengadilan.

"Terdakwa adalah teroris domestik, bertekad melakukan tindakan berbahaya bagi kehidupan manusia, yang dimaksudkan untuk mempengaruhi perilaku pemerintah," lanjutnya menjelaskan.

Selain itu, jaksa juga mengungkap sebuah konsep surel (email draft) dari Juni 2017, di mana Hasson menulis:

"Saya memimpikan cara untuk membunuh setiap manusia yang tersisa di Bumi. Saya pikir wabah adalah cara paling ampuh, tetapi bagaimana cara mendapatkan flu Spanyol yang dibutuhkan, botulisme, dan antraks? Tidak yakin, tapi akan menemukannya suatu hari."

Hasson ditangkap pada Jumat pekan lalu, atas tuduhan kepemilikan senjata dan obat-obatan berbahaya. Dia dijadwalkan menjalani sidang pertama pada Kamis ini.

Menurut polisi, Hasson mendapat inspirasi teror dari insiden pembunuhan massal yang dilakukan oleh Anders Behring Breivik di Norwegia, pada 2011 lalu.

Sejak 2017, Hasson diketahui telah mempelajari bagian-bagian dari sebuah manifesto oleh Anders Breivik, tentang bagaimana mengumpulkan senjata api dan menyusun daftar target, kata jaksa penuntut.

Breivik membunuh 77 orang dalam dua serangan teror pada 2011 lalu. Dia membunuh delapan orang dengan bom mobil di pusat Kota Oslo. Dia kemudian menembak mati 69 lainnya di sebuah kamp Partai Buruh, di mana banyak dari korban adalah remaja.

 

Simak video pilihan berikut: 

Ditemukan 15 Unit Senjata

Ilustrasi Foto Senjata Api (iStockphoto)

Media AS mengatakan bahwa Hasson adalah seorang letnan di markas Coast Guard --satuan penjaga pantai-- yang berpusat di Washington DC, dan diketahui tinggal di Kota Silver Spring, negara bagian Maryland.

US Coast Guard mengkonfirmasi bahwa seorang anggota mereka telah ditangkap, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Lima belas senjata dan lebih dari 1.000 butir amunisi ditemukan ruang bawah tanah di rumah Hasson, bersama dengan obat-obatan terlarang, kata kantor pengacara setempat.

Adapun daftar target yang disusun oleh Hasson, menurut polisi, mungkin mencakup Ketua DPR AS Nancy Pelosi, dan pemimpin minoritas Senat Demokrat Chuck Schumer, serta tokoh-tokoh media termasuk Chris Hayes dari MSNBC dan Joe Scarborough.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Momen Kocak Pria Ketika Memasak, Kreatif tapi Lebay Banget

Posted: 20 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memasak erat kaitannya dengan wanita. Ya, sebagian besar dari wanita tentu berusaha untuk bisa memasak terlebih bagi mereka yang telah menikah. Memasak memang dikatakan susah-susah gampang. Makanya tak semua wanita bisa memasak, terlebih lagi para pria.

Meski saat ini telah banyak pria yang akrab dengan dapur dan lihai memasak. Namun, sebagian besar dari mereka tentu sangat jarang menyentuh dapur. Sayangnya, tentu ada beberapa momen yang mengharuskan mereka "terjun" ke dapur.

Tentunya ada begitu banyak hal lucu yang dilakukan para pria ketika harus memasak di dapur. Kebanyakan dari mereka dengan kreatif menggunakan pengaman agar tak terkena minyak ketika memasak, khususnya menggoreng makanan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut momen kocak para pria ketika memasak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1. Tips biar mata enggak perih saat potong bawang

momen kocak pria memasak (foto: brilio)

2. Pakai ponco untuk melindungi diri dari cipratan minyak panas

momen kocak pria memasak (foto: 1Cak)

3. Helm ternyata bermanfaat juga ya untuk memasak

momen kocak pria memasak (foto: brilio)

4. Boleh juga idenya

momen kocak pria memasak (foto: brilio)

5. Masak sambil dengerin lagu enggak masalah sih, tapi jangan gini juga kali

momen kocak pria memasak (foto: brilio)

6. Kalau ini lengkap dengan jaket kulitnya

momen kocak pria memasak (foto: brilio)

7. Ini terniat sih, sampai pakai tameng segala

momen kocak pria memasak (foto: 1cak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Rencana Pensiun? Ini 3 Jurus Mempersiapkannya

Posted: 20 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Terkadang kata 'pensiun' menjadi hal yang menakutkan bagi para pekerja. Ini karena belum siapnya mereka untuk menghadapi situasi ini.

Seharusnya, pensiun menjadi sesuatu yang membahagiakan karena di saat seperti itulah Anda dapat benar-benar beristirahat dari kejamnya dunia kerja dan tidak memikirkan tumpukan tugas serta target yang harus dilampaui.

Namun bagi orang yang belum mempersiapkan hal tersebut dengan baik, maka mereka patut takut dan cemas karena jika pada saat itu Anda tidak akan mendapatkan lagi tunjangan tinggi per bulannya.

Jangan khawatir masih ada waktu bagi Anda untuk mempersiapkannya, mau tau langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mempersiapkan pensiun Anda? Berikut merupakan 3 tipsnya:

1. Membeli properti

Mulailah memikirkan untuk memiliki properti sejak dini karena aset ini lah yang tiap tahun nilainya akan selalu naik. Memiliki aset ini selagi kerja akan tidak terasa begitu sulit karena Anda masih memiliki penghasilan untuk menutupi biaya angsuran tiap bulannya.

 

2. Memiliki Deposito

Ilustrasi nabung | Via: bogota.gov.co

Jika Anda sudah menabungkan uang untuk tabungan pensiun, dan tidak ingin mengganggu tabungan tersebut maka ada baiknya tabungan tersebut Anda depositokan saja.

Dengan deposito Anda dapat menabung dengan aman dan pada waktu yang telah ditentukan Anda mendapatkan suku bunga tertentu.

3. Mulailah untuk Berbisnis Online

Jika Anda sudah mau mendekati masa pensiun, maka mulailah untuk berpikir dan membuat bisnis online. Jika bisnis sudah sukses sebelum Anda pensiun maka hal ini akan membantu keuangan Anda saat ini.

Mulailah dengan bisnis yang sederhan misal menjual pakaian atau makanan serta kue-kue lucu yang selalu menjadi incaran pembeli. Tidak hanya itu saja, saat masa pensiun tiba Anda tidak perlu memusingkan untuk mendapatkan uang dari mana lagi. 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salmafina Sunan Sudah Tahu Konsekuensi Atas Keputusannya

Posted: 20 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Salmafina Sunan beberapa waktu lalu menghebohkan publik karena keputusannya untuk melepas hijab yang telah lama ia kenakan. Bahkan, hal tersebut turut mengundang reaksi positif dan negatif dari para warganet.

Kabarnya, Salmafina Sunan melepas hijab lantaran dirinya tak tahan dengan komentar pedas dari warganet yang kerap dilontarkan kepadanya.

Terlepas dari itu, melalui akun Instagramnya, Salmafina Sunan menyampaikan klarifikasi mengenai keputusannya tersebut.

"Beberapa hari lalu, seperti yang mungkin anda perhatikan, saya membuat keputusan untuk melepas hijab saya, Saya telah mempertimbangkan keputusan ini, meskipun sudah tampak lama mengenakan hijab ini," tulis Salmafina Sunan di unggahannya pada Kamis (21/2/2019).

Awal Kenakan Hijab

Putri Sunan Kalijaga, Salmafina Khairunnisa [foto: instagram/@salmafisunan]

Anak dari pengacara Sunan Kalijaga itu pun menceritakan bagaimana awalnya ia memutuskan untuk mengenakan hijab. Salmafina Sunan turut mengungkapkan bahwa sebelum memutuskan berhijab, kehidupannya sempat mengalami kekacauan.

"Saya mulai mengenakan hijab beberapa tahun lalu. Saya adalah seorang anak muda yang tersesat, hidup dalam kekacauan. Saya membutuhkan bimbingan dan disarankan untuk mendekatkan diri kepada Allah," paparnya.

Setelah disarankan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, Salmafina Sunan akhirnya mempelajari tentang Islam sampai akhirnya membuat pilihan untuk mengenakan hijab.

"Saya mempelajari dunia Islam, dan menemukan rasa ketenangan, tanpa sadar saya membuat identitas berdasarkan religiositas, dan saya berhijab," ucapnya.

Pasang Surut

(Sumber: Instagram/salmafinasunan)

Selanjutnya, Salmafina Sunan menyatakan bahwa dirinya sempat mengalami pasang surut dalam mengimani keyakinannya. Hal itu terjadi saat ia bercerai dengan Taqy Malik dan menyandang status janda.

Sejak saat itu Salmafina Sunan mengaku banyak mendapatkan cibiran yang tidak mengenakkan hati.

"Kemudian ada pasang surut, dan setelah mengalami pernikahan terburuk, saya mulai mendapat kebencian, orang mulai menghina saya," ungkapnya.

Salmafina Sunan juga menyadari konsekuensi yang akan ia terima dari keputusannya tersebut. Bahkan, mantan istri Taqy Malik itu mengaku bisa menerima segala hinaan dari banyak orang, tetapi itu ada batasnya.

"Saya menyadari konsekuensi dari keputusan saya. Saya bisa menerima penghinaan, tetapi tentu saja sampai batas tertentu," kata Salmafina Sunan.

(Siti Fuadah/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Jokowi, Gubernur Riau Diminta Tak Jadi Timses

Posted: 20 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Riau yang juga kader Partai Amanat Nasional (PAN), Syamsuar menyatakan dukungan kepada capres petahana Jokowi di Pilpres 2019. Dukungan tersebut tentu bersebrangan dengan sikap DPP PAN secara resmi mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno menegaskan di PAN, Syamsuar bukan pengurus. Pihaknya menghormati keputusan itu. 

"Jadi menurut saya simpel saja. Dia bukan pengurus, jadi kalau dia menyampaikan apresiasi terhadap kinerja pemerintah Pak Jokowi, ya saya kira sah saja," kata Eddy, Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Meski begitu, Eddy meminta Syamsuar tidak bergabung dalam tim sukses Jokowi-Ma'ruf. Anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi ini berharap Syamsuar bisa menepati janji-janji kampanyenya. 

"Kita sudah minta beliau jangan jadi tim sukses. Baik itu timses 01 maupun 02. Beliau itu diangkat sebagai gubernur itu untuk melaksanakan janji kampanyenya," ungkapnya. 

 

Pernyataan Dukungan

Eddy Soeparno yakin dukungan Syamsyuar pada Jokowi tak akan pengaruhi elektabilitas Prabowo dan Sandiaga di Riau. Sebab, mesin partai koalisi Prabowo-Sandi sudah menjalar ke akar rumput. 

"Saya kira tidak ya. Kita sudah cek beberapa kali, Riau itu kita merasa sangat kuat posisinya Prabowo-Sandi," kata Eddy.

Eddy menilai gubernur tidak akan berperan dominan dalam mempengaruhi pilihan masyarakat. Menurutnya, masyarakat sudah memiliki pilihannya masing-masing. 

"Mau gubernur apapun menghimbau untuk mendukung A mendukung B itu saya percaya pada akhirnya Masyarakat sudah cerdas dan bisa menentukan pilihannya berdasarkan logika dan akal sehatnya sendiri," ungkapnya. 

Gubernur Riau Syamsuar menyatakan dukungannya terhadap Joko Widodo atau Jokowi dalam kontestasi Pilpres 2019. Hal itu dikatakan Syamsuar usai dilantik Jokowi sebagai Gubernur Riau di Istana Negara Jakarta.

"Saya berharap beliau bisa dua periode," ujar Syamsuar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

 

Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Galaxy S10 Masuk Indonesia, Ini Rincian Harganya

Posted: 20 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Samsung resmi melepas seri terbaru Galaxy S10 ke pasaran. Berikut rincian harga ketiga varian Samsung Galaxy S10.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 69 Orang Tewas Akibat Kebakaran Besar di Dhaka Bangladesh

Posted: 20 Feb 2019 09:00 PM PST

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api setalah api melahap gedung apartemen yang juga digunakan sebagai gudang bahan kimia di Dhaka (21/2). Setidaknya 69 orang tewas dalam kebakaran besar tersebut. (AFP Photo/Munir Uz Zaman)

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api setalah api melahap gedung apartemen yang juga digunakan sebagai gudang bahan kimia di Dhaka (21/2). Setidaknya 69 orang tewas dalam kebakaran besar tersebut. (AFP Photo/Munir Uz Zaman)

Petugas penyelamat membawa jenazah korban setelah kebakaran di gedung apartemen di Dhaka (21/2). Setidaknya 69 orang tewas dalam kebakaran besar yang melanda gedung  yang juga digunakan sebagai gudang bahan kimia. (AFP Photo/Munir Uz Zaman)

Petugas penyelamat membawa jenazah korban setelah kebakaran di gedung apartemen di Dhaka (21/2). Setidaknya 69 orang tewas dalam kebakaran besar yang melanda gedung yang juga digunakan sebagai gudang bahan kimia. (AFP Photo/Munir Uz Zaman)

Petugas penyelamat membawa jenazah korban setelah kebakaran di gedung apartemen di Dhaka (21/2). Setidaknya 69 orang tewas dalam kebakaran besar yang melanda gedung  yang juga digunakan sebagai gudang bahan kimia. (AFP Photo/Munir Uz Zaman)

Petugas penyelamat membawa jenazah korban setelah kebakaran di gedung apartemen di Dhaka (21/2). Setidaknya 69 orang tewas dalam kebakaran besar yang melanda gedung yang juga digunakan sebagai gudang bahan kimia. (AFP Photo/Munir Uz Zaman)

Petugas penyelamat membawa jenazah korban setelah kebakaran di gedung apartemen di Dhaka (21/2). Setidaknya 69 orang tewas dalam kebakaran besar yang melanda gedung  yang juga digunakan sebagai gudang bahan kimia. (AFP Photo/Munir Uz Zaman)

Petugas penyelamat membawa jenazah korban setelah kebakaran di gedung apartemen di Dhaka (21/2). Setidaknya 69 orang tewas dalam kebakaran besar yang melanda gedung yang juga digunakan sebagai gudang bahan kimia. (AFP Photo/Munir Uz Zaman)

Petugas pemadam kebakaran menggunakan tangga berusaha menaiki gedung apartemen setelah kebakaran di Dhaka (21/2). Setidaknya 69 orang tewas dalam kebakaran besar tersebut. (AFP Photo/Munir Uz Zaman)

Petugas pemadam kebakaran menggunakan tangga berusaha menaiki gedung apartemen setelah kebakaran di Dhaka (21/2). Setidaknya 69 orang tewas dalam kebakaran besar tersebut. (AFP Photo/Munir Uz Zaman)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendunia, Kopi Indonesia Diminati Pasar Mesir

Posted: 20 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kualitas kopi asal Indonesia berhasil memikat pasar dunia, termasuk Mesir. Hal ini dibuktikan dengan masyarakat Mesir yang rela antre demi mencicip kopi di acara Hari Indonesia-Mesir di Luxor, sekitar 650 kilometer dari Kairo.

Agenda kebudayaan dan perdagangan di Perpustakaan Umum dan Luxor Conference Hall, Luxor, ini berlangsung pada 19 Februari 2019, di mana penyelenggaraannya merupakan kerja sama KBRI Cairo dengan Pemerintah Provinsi Luxor.

Acara dimeriahkan dengan pementasan kesenian, stand kerajinan dan produk dari kedua negara. Indonesia sendiri memamerkan kopi, rempah, mi instan, dan biskuit, sedangkan Mesir membawa sejumlah kerajinan tangan warga Luxor. Ada pula satu stand khusus yang menampilkan produk karya anak-anak penyandang disabilitas.

Para pengunjung diberi kesempatan menyeduh kopi atau mi instan dengan air panas yang telah disediakan. Antusiasme yang besar tampak dari antrean yang mengular, lantaran penasaran ingin mencicipi produk Indonesia.

"Kopi Indonesia memang sangat khas, aromanya sangat lezat," komentar warga Luxor, Mahmud, lewat keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com pada Kamis, (21/2/2019).

Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzi, dalam sambutannya menyampaikan gembira atas terlaksananya kegiatan kebudayaan RI-Mesir di Luxor, Mengingat Luxor kaya dengan peradaban sejarah Mesir kuno dan menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

"Kegiatan ini tidak lepas dari upaya untuk memperkuat kerja sama Mesir dan Indonesia di bidang perdagangan dan kebudayaan," kata Helmy.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4G Kini Sudah Diadopsi 97 Persen Orang Indonesia

Posted: 20 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seperti diwartakan sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) baru saja menyelesaikan pembangunan Palapa Ring Paket Barat dan Tengah.

Dan, dalam waktu dekat, Palapa Ring Paket Timur juga akan diselesaikan dan dikomersialisasikan oleh pemerintah.

Dengan diselesaikannya paket Palapa Ring ini, diharapkan dapat mempercepat konektivitas broadband di seluruh Indonesia, khususnya di daerah terdepan terluar dan terpencil yang selama ini belum menikmati layanan broadband.

Merza Fachys, Wakil Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), berkata selesainya Palapa Ring Pekat Barat dan Tengah, yang nanti disusul dengan Paket Timur, tentu akan membantu operator telekomunikasi untuk membangun di daerah-daetah yang selama ini enggan digarap oleh operator.

Operator enggan membangun jaringan di daerah 3T, dikarenakan mahalnya pembangunan backbone fiber optic. Padahal, backbone fiber optic adalah syarat mutlak untuk mendukung layanan broadband 4G LTE.

"Dengan selesai pembangunan Palapa Ring kami operator yang tergabung dalam ATSI, dapat dengan mudah dan cepat melakukan pembangunan di daerah yang selama ini belum terjangkau broadband," papar Merza.

"Contohnya saja Smartfren yang selama ini belum menjangkau daerah Natuna karena mahalnya membangun infrastruktur backbone. Kini dengan adanya Palapa Ring, bulan Maret nanti Smartfren akan komersialisasi di sana. Dengan adanya Palapa Ring investasi operator untuk membangun backbone yang selama ini mahal dalam memakan waktu sangat lama, bisa kami dapatkan solusinya," tambahnya.

Saat ini Smartfren sudah menggelar layanan broadband di lebih dari 200 kota kabupaten di Indonesia.

Adapun Telkomsel sudah mencapai 514 kabupaten kota atau setara dengan 97 persen dari total populasi. Sementara XL telah melayani 400 Kota kabupaten dengan internet kecepatan tingginya.

Semua Kota Bisa Menikmati Broadband

Merza Fachys, Presiden Direktur Smartfren Telecom. Liputan6.com/Iskandar

Merza mengatakan, dengan adanya Palapa Ring semua kota yang dilewati bisa langsung menikmati broadband.

Anggota ATSI tinggal koneksi ke last mile-nya saja sehingga akan lebih mudah dan murah. Efesiensi ini terjadi akibat adanya Palapa Ring.

Selain terjadinya efesiensi, adanya Palapa Ring menurut Merza bisa menjadi peluang untuk menggali potensi ekonomi yang selama ini belum dikembangkan di suatu daerah.

Masuknya Palapa Ring akan membuat potensi ekonomi yang selama ini terpendam dapat tereksploitasi. Sehingga bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional.

"Kita selalu pelaku usaha telekomunikasi mendukung agar Palapa Ring dapat segera terselesaikan seluruhnya agar anggota ATSI dapat segera menghidupkan layanan telekomunikasi di daerah yang dilewati jaringan Palapa Ring," tutur Merza.

"Kita sebagai anggota ATSI memiliki kewajiban untuk membangun ekonomi nasional dengan cara membangun jaringan telekomunikasi. Tujuannya agar saudara-saudara kita di daerah 3T juga mendapatkan hak yang sama layaknya penduduk yang bermukim di Pulau Jawa," lanjutnya.

 

Dampak Bagi Pelaku Startup

Ilustrasi Startup (iStockPhoto)

Salah satu startup lokal penggembang aplikasi yang sudah dapat menikmati layanan broadband adalah Endang Ahmad.

Startup yang membuat aplikasi TukangSayur.co ini mengatakan, dengan adanya 4G LTE akan mempermudah akses para petani untuk menjual hasil panannya kepada penjual.

Petani juga bisa menggetahui harga dan waktu tanam sayuran yang baik secara real-time.

"Dengan adanya aplikasi tukang sayur dan layanan broadband 4G LTE, petani bisa mengetahui berapa kebutuhan dan waktu yang tepat untuk menanam. Sehingga petani tidak over produksi," kata Ahmad.

"Yang kerap terjadi saat ini adalah tak adanya data produksi sehingga terjadi over produksi yang mengakibatkan harga jatuh," pungkasnya. 

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uji Coba Pemberian Cairan Diberikan untuk Pasien Obesitas Sunarti

Posted: 20 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah menjalani operasi pengecilan lambung (bariatrik), pasien obesitas dari Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sunarti, coba diberikan cairan oleh tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Bandung. 

Pemberian cairan itu berupa test feeding selama empat jam, dan enteral hipokalori 50 mililiter sebanyak enam kali. 

Ahli gizi dari Instalasi Gizi RSHS, Trijana Pudji Rahayu menjelaskan test feeding itu dilakukan sebagai percobaan pemberian cairan untuk mengetahui fungsi dan absorbi lambung dan usus. Sedangkan pemberian enteral hipokalori, adalah pemberian makanan cair dengan jumlah kalori yang rendah.

"Isi dari test feeding berupa cairan clear water atau air bening kalau untuk Ibu Sunarti. Biasanya kita menggunakan dextrose. Untuk enteral hipokalori, berisi cairan turunan dari gula berkalori rendah 6 x 50 mililiter dengan formula ensure coklat. Karena pasiennya tidak suka formula rasa vanilla, maka diganti dengan rasa coklat," kata Trijana di Bandung, Rabu, 20 Februari 2019.

Trijana, mengatakan, cairan test feeding mau pun enteral hipokalori, yang seluruhnya dikonsumsi seperti biasa melalui mulut (oral). Trijana menuturkan tahap selanjutnya untuk makanan yang akan dikonsumsi diserahkan kepada dietisien lainnya di ruangan rawat inap.

 

Pindah Ruangan

Sunarti, pasien penderita obesitas dirawat di ruang fresia RSHS Bandung. (Huyogo Simbolon)

Karena usai dirawat di ruang intensif Instalasi Gawat Darurat (IGD) usai operasi dua hari lalu, tadi pagi Sunarti sudah pindah ke ruang perawatan biasa. Rencananya kata Trijana, makanan yang akan diberikan selanjutnya adalah makanan tinggi serat.

"Hanya disesuaikan dengan asupan dan kondisi pasiennya. Untuk saat ini, asupan makanan padat terhadap pasiennya sangat sedikit karena ada gangguan batuk. Sehingga belum dilakukan pemberian makanan selanjutnya," ujar Trijana.

Adanya gangguan batuk tersebut, memaksa Sunarti harus mengkonsumsi cairan enteral hipokalori, turunan dari gula berkalori rendah 6 x 50 mililiter dengan formula ensure coklat. Sebelum operasi dilakukan, Sunarti telah menjalani diet ketat dengan mengkonsumsi 11 menu makanan cair tinggi serat yang disusun oleh ahli gizi.

 

Menu yang Diberikan

Pasien obesitas asal Kabupaten Karawang Jawa Barat, Sunarti. (Foto: Arie Nugraha)

Contoh menu yang disajikan untuk pasien perempuan berusia 39 tahun di pagi hari adalah nasi putih, semur telur, opor tahu, tumis labu siam, buncis dan jagung semi. Memasuki pukul 10.00 WIB, makanan ringan seperti buah dan puding diberikan masing - masing satu porsi.

Sedangkan untuk menu makan siang terdiri dari nasi putih kembali disajikan dengan lauk pauk berupa ayam asam manis, tahu goreng, sayur asem dan lalab ditambah pisang raja sereh. Pada pukul 16.00 WIB, buah dan puding diberikan lagi dengan porsi yang serupa.

"Menu makan malam berupa nasi putih, ikan, filet, buah - buahan, acar, sup sayuran dan sayur tumis serta tempe goreng," jelas dietisien Instalasi Gizi RSHS Bandung, Dyah Widyastuti, menjelang operasi beberapa waktu lalu.

Sunarti menjalani operasi bariatrik guna mengurangi kapasitas penampungan makanan di lambung yang juga membuang sensor lapar. Sehingga volume makanan yang dikonsumsi oleh pasien perempuan sedikit, tidak akan merasa lapar seperti sebelumnya. Namun, pasca operasi pengecilan lambung ini memiliki dampak negatif yaitu berkurangnya asupan vitamin.

(Arie Nugraha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Sampai Ratusan Juta, OOTD dari Netizen Ini Justru Bikin Baper

Posted: 20 Feb 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemberitaan harga outfit yang hingga ratusan juta sempat menjadi viral di media sosial, khususnya anak muda di Indonesia. Dalam video tersebut menampilkan sejumlah orang dalam sebuah acara. Beberapa orang tersebut diwawancarai tentang harga-harga outfit yang mereka gunakan.

Saat wawancara, mereka mengungkapkan bahwa harga outfit tersebut seharga ratusan juta rupiah. Seperti topi Rp 9 juta, jaket Rp 40 juta dan jam tangan yang seharga Rp 130 juta. Jika fashion sering dikaitkan dengan perempuan, nyatanya laki-laki juga tertarik dengan bidang itu.

Dalam video yang sempat viral beberapa waktu lalu, tentu mendapatkan sorotan dari banyak netizen pengguna media sosial. Mereka ramai-ramai memberikan komentar soal anak muda yang rela menghabiskan uang ratusan juta untuk outfit yang dibilang berkelas.

Dirangkum dari Twitter oleh Liputan6.com, Kamis (21/2/2019), beberapa netizen mengungkapkan outfit mereka yang tak sampai ratusan juta. Dengan meramaikan OOTD, mereka membeberkan outfit yang justru nyeleneh dan bikin baper.

1. Akhlak dan budi pekerti

OOTD dari Netizen (sumber: Twitter/radenrauf)

2. Balutan sambat alias keluhan ala anak Twitter

OOTD dari Netizen (sumber: Twitter/ridwanalam94)

3. Sebuah panutan

OOTD dari Netizen (sumber: Twitter/Mithaprstw)

4. Outfit menyambut lebaran

OOTD dari Netizen (sumber: Twitter/auliaaafff)

5. Outfit jemuran

OOTD dari Netizen (sumber: Twitter/abcdefghitsje)

6. Berbalut kulit lumpia

OOTD dari Netizen (sumber: Twitter/diikalesmana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Direktur Dana Perimbangan Kemenkeu

Posted: 20 Feb 2019 08:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan Direktur Dana Perimbangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Putut Hari Satyaka. Putut akan dimintai keterangannya dalam kasus dugaan suap pengurusan dana perimbangan pada APBN-P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat.‎

"Putut Hari Satyaka akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka NPS ‎(‎Penjabat Kepala Dinas PU Kabupaten Pegunungan Arfak, Natan Pasomba)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (21/2/2019).

Selain Putut, penyidik lembaga antirasuah juga turut memanggil Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu Boediarso Teguh Widodo dan Kasubdit DAK Fisik II Kemenkeu Yuddi Saptopranowo.

"Keduanya juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka NPS," kata Febri.

Sebelumnya, KPK menetapkan anggota DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Sukiman sebagai tersangka. Selain Sukiman, KPK juga menjerat Pelaksana Tugas atau PJ Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pegunungan Arfak, Papua, Natan Pasomba.

Sukiman diduga menerima hadiah atau janji dari Natan Pasomba terkait pengurusan dana perimbangan pada APBNP 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat

Awalnya, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pegunungan Arfak melalui Dinas PUPR mengajukan dana alokasi khusus (DAK) kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Kemudian pihak Kemenkeu meminta bantuan Sukiman agar bisa membantu Natan Pasomba.

Diduga terjadi pemberian dan penerimaan suap terkait dengan alokasi anggaran dana alokasi khusus (DAK) atau dana alokasi umum (DAU), atau dana insentif daerah (DID) untuk Kabupaten Pegunungan Arfak.

Beri Suap Rp 4,41 Miliar

Natan Pasomba diduga memberi Rp 4,41 miliar yang terdiri dari mata uang rupiah sebesar Rp 3,96 miliar dan valas USD 33.500. Dari jumlah tersebut, SKM (Sukiman) diduga menerima suap sebesar Rp 2,65 miliar dan USD 22 ribu.

Dari pengaturan tersebut, Kabupaten Pengunungan Arfak mendapat alokasi DAK pada APBNP 2017 sebesar Rp 49,915 miliar dan APBNP 2018 sebesar Rp 79,9 miliar. Sukiman sendiri sempat diperiksa dalam proses penyelidikan pada November 2011.

Penetapan tersangka ini berdasarkan pengembangan perkara dari operasi tangkap tangan (OTT) pada 4 Mei 2018 yang menjerat anggota Komisi XI DPR Amin Santono, pejabat Kemenkeu Yaya Purnomo, Eka Kamaludin dan Ahmad Ghiast sebagai swasta.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Persib Bandung Sebut Arema FC Tertekan

Posted: 20 Feb 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung akan kembali berduel lawan Arema FC di laga kedua 16 besar Piala Indonesia, Jumat (22/2/2019). Kali ini, Tim maung Bandung akan bertandang ke markas lawan di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Sebelumnya, di laga pertama, saat bermain di kandang Persib, Si Jalak Harupat, Senin (18/2), kedua tim bermain imbang 1-1. Gol Persib ketika itu dicetak Erwin Ramdani, sementara balasan Arema FC dilesakkan Muhammad Rafli.

Pelatih Persib, Miljan Radovic, menyebut pasukannya dalam kondisi siap tempur. Pria asal Montenegro itu justru mengatakan Arema FC yang harus berhati-hati lantaran tuntutan harus menang dari suporter mereka, Aremania.

"Saya pikir Arema FC tertekan, stres di kepala. Mereka tahu kita main bagus di sini karena kemarin ada beberapa kesempatan 3-4 peluang kita bisa hasilkan skor, mereka tahu itu," ungkap Radovic seperti dikutip dari Ayo Bandung.

Apalagi, kata Radovic, jika Persib  bisa mencuri satu gol. Tekanan akan bertambah berat bagi tuan rumah.

"Kalau masuk satu gol saja di sana, mereka harus pusing. Arema tahu dan mengerti itu. Kalau kamu pergi main dua pertandingan itu normal, tapi sekarang mereka pusing," ujarnya.

N'Douassel Tampil Lagi

Gelandang Arema Malang, Makan Konate, ditarik oleh gelandang Persib Bandung, Srdan Lopicic, pada laga Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (18/2). Persib bermain imbang 1-1 melawan Arema. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Di Malang, kepercayaan diri Persib juga kian tinggi. Pasalnya, mereka sudah bisa kembali diperkuat penyerang andalan Ezechiel N'Douassel.

"Saya percaya untuk pemain saya, karena saya pikir kita punya jalan bagus. Saya pikirkan itu karena saya sudah bicara, ada 2-3 pemain lagi plus Ezechiel, Supardi, Esteban (Vizcarra), itu banyak. Itu lima pemain. Tapi tidak apa-apa main kemarin bagus," ujarnya.

Bersiap Piala Presiden

Selain Piala Indonesia, Persib juga harus mempersiapkan diri tampil di ajang pramusim Piala Presiden 2019. Ajang tahunan ini akan digelar mulai Sabtu, 2 Maret 2019.

Persib sendiri mendapat kehormatan sebagai tim yang tampil pertama di ajang yang disiarkan Indosiar ini. Di partai pembuka mereka akan berhadapan dengn PS Tira-Persikabo di Stadion Si Jalak Harupat.

Sumber: Ayo Bandung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Melacak Lokasi Pacar? 5 Aplikasi Ini Bisa Kamu Gunakan

Posted: 20 Feb 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Buat kamu yang memiliki pacar atau kekasih yang kerap berbohong dan selingkuh, terkadang apa saja yang dikatakannya tidak bisa dipercaya sepenuhnya. Selalu saja ada rasa curiga yang menghampiri. Apalagi saat kamu dan pacar sedang tidak berada di lokasi yang sama.

Pasti kamu memiliki perasaan cemas untuk ingin mengetahui keberadaannya saat itu. Sifat suka berbohong dari sang pacar, yang membuatmu tidak percaya sepenuhnya membuat jadi makin resah. Mungkin saja pacar kamu mengatakan sedang berada di lokasi A, namun ternyata tidak.

Nah, kali ini kamu nggak perlu galau lagi untuk mengetahui lokasi pacar. Sudah banyak aplikasi digital yang dibuat untuk melacak keberadaan seseorang. Kamu bisa memanfaatkan fitur pelacakan berdasarkan lokasi.

Aplikasi ini bakal membantu kamu untuk mengawasi dimana saja keberadaannya. Berikut Liputan6.com, Kamis (21/2/2019) merangkum dari berbagai sumber terkait aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melacak lokasi pacar kamu.

Aplikasi lacak lokasi orang lain

1. WhatsApp

WhatsApp juga menyediakan fitur melacak lokasi. Kamu hanya perlu meminta secara baik-baik kepada pacar yang lokasinya ingin dilacak dengan menggunakan WhatsApp. Minta pacar kamu untuk mengaktifkan fitur Live Location, yang terdapat di bagian Attachment.

Kalau sudah mengaktifkan fitur Live Location, maka secara real time kamu bisa mengetahui posisi pacar kamu.

2. Zenly

Aplikasi ini sangat unik. Cukup dengan nomor telepon, kamu sudah bisa melacak keberadaan pacar. Kamu bisa mengetahui lokasi pacar kamu dengan Zenly, syaratnya pacar kamu juga sudah mendaftar dan menggunakan aplikasi ini.

3. Line Here

Aplikasi ini memudahkan kamu untuk melacak posisi pacar dengan sangat mudah. Cukup sign in dengan menggunakan akun Line kamu, setelah itu kamu bisa mengakses aplikasi ini sepenuhnya.

Kamu bisa melacak posisi pacar sedang di mana, kalau kamu dan pacar sama-sama sudah berteman. Langsung saja pilih nama pacar di daftar kontak dan atur waktu pelacakannya. Secara otomatis avatar pacar kamu dan lokasinya akan muncul di layar utama.

Mudah digunakan

4. Glympse

Berfungsi seperti media sosial pada umumnya. Aplikasi ini bisa melacak keberadaan pacar kalau kamu sudah saling follow. Kalau sudah saling berteman, maka kamu dan pacar bisa saling melacak lokasi masing-masing di mana pun berada.

5. Find My Friend

Aplikasi ini dapat membantu kamu mengetahui keberadaan lokasi pacar secara real time. Pastikan pacar yang ingin kamu lacak lokasinya, juga harus menginstal aplikasi Find My Friends, ya.

Namun, mengetahui lokasi seseorang tanpa seizin dari orang tersebut merupakan perbuatan yang menyalahi privasi. Kamu bisa berdiskusi dengan pacarmu saat ingin menginstal aplikasi yang digunakan untuk melacak lokasi tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: