Selasa, 05 Februari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Biar Nggak Cuma Gosipin Orang, 7 Permainan Ini Bisa Jadi Pilihan Saat Ngumpul Bareng

Posted: 05 Feb 2019 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Apa sih yang sering kamu lakukan jika sedang ngumpul bareng teman? Selain bertukar kabar mengenai kegiatan masing-masing pastinya juga sering ngomongin orang kan? Hayo, ngaku aja.

Selain ngomongin orang ataupun kegiatan yang sedang kamu lakukan, setelah itu foto-foto atau bikin boomerang bareng temen-temen. Atau bahkan masih tetap asik dengan gadgetnya sendiri sambil mabar.

Mungkin kumpul bareng temen atau hangout bareng hanya untuk ketemu saja dan lepas penat. Tapi kamu bisa lho melakukan beberapa permaian papan atau game board saat ngumpul. Beberapa café juga ada yang menyediakan permainan untuk dimainkan rame-rame.

Namun jika kamu memang memiliki game board, tak ada salahnya untuk membawanya. Bermain game saat ngumpul bareng temen bisa dilakukan untuk membunuh rasa bosan. Berikut ini dirangkum Liputan6.com dari akun Twitter @Derryours, Rabu (6/2/2019) permainan yang membuat momen ngumpul bareng teman makin rame.

Permaianan untuk menyemarakkan momen ngumpul

1. The Festivals

 

Permainan saat ngumpul bareng temen (Sumber: Twitter/Derryours)

Ternyata The Festivals ini game board buatan lokal anak bangsa loh. Untuk memainkan The Festivals, kamu membutuhkan 2 sampai 4 pemain. Permainan ini dibuat untuk mengelilingi seluruh pulau yang ada di Indonesia dan juga mengetahui festival yang ada.

2. Cluedo

 

Permainan saat ngumpul bareng temen (Sumber: Twitter/Derryours)

Untuk kamu yang suka dengan permainan misteri dan mengungkap kasus, permainan ini cocok nih. Lewat permaian game board Cluedo ini kamu harus bisa memecahkan kasus yang tertera pada kartu dan juga mengungkapkan segala kemungkinan yang ada. Kamu harus bisa menebak pembunuhnya, menggunakan apa dan juga tempat dimana korban dibunuh. Wah mirip dengan film Conan ya.

3. Warewolf

 

Permainan saat ngumpul bareng temen (Sumber: Twitter/Derryours)

Pasti sudah banyak yang tahu dengan permainan ini kan. Warewolf dalam permainan game board ini diperlukan sekitar 8 hingga 12 pemain lho. Para pemain nantinya akan mendapatkan peran masing-masing sesuai kartu yang didapat. Tentunya dalam permainan ini kamu harus bisa menebak siapa yang menjadi Warewolf atau manusia serigala sebelum ia membunuh seluruh manusia yang ada.

Permainan yang mengasah otak

4. Jengga

Permainan saat ngumpul bareng temen (Sumber: Twitter/Derryours)

Jika kamu ingin membuat suasanya kumpul makin rame, mungkin kamu bisa bermain permainan jenga bersama teman-teman kamu. Dalam permainan ini kamu harus menyusun balok terlebih dahulu. Kemudian secara bergantian harus mengambil salah satu balok dan dipindahkan ke bagian paling atas. Tentu saja kamu harus berhati-hati karena apabila susunan balok ini hancur maka kamu akan kalah.

5. Uno, Monopoli, Ular Tangga dan Ludo.

Permainan saat ngumpul bareng temen (Sumber: Twitter/Derryours)

Mungkin diantara permainan game board yang ada, permainan ini yang sangat familiar buat kamu. Selain itu game board ini juga banyak dan sering ditemukan di tempat kalian nongkrong ataupun café. Jadi kamu nggak usah bawa-bawa permainan ini deh.

6. Cenayang

Permainan saat ngumpul bareng temen (Sumber: Twitter/Derryours)

Nah buat kamu yang bosan dengan permainan game board yang itu-itu saja, kamu bisa memainkan permainan Cenayang ini. Karena permainan ini baru saja diluncurkan akhir Januari kemarin loh. Selain itu permainan Cenayang ini juga merupakan game board buatan lokal.

Permainan ini membuat kamu bisa lebih 'blak-blakan' atau terbuka kepada temenmu. Memainkan Cenayang dibutuhkan 3 hingga 6 pemain. Nantinya kamu akan mendapatkan kartu sesuai dengan topik dan juga kartu target yang berisi angka rahasia. Tugas pemain ini kamu harus mengucapkan kalimat cenayang sesuai dengan topik. Kalimat yang diucapkan yang bisa ditanggapi dengan kata 'ya' atau 'tidak'.

7. Card Againts Humanity

Permainan saat ngumpul bareng temen (Sumber: Twitter/Derryours)

Permainan ini sebenarnya sangat simple. Dalam permainan ini kamu akan mendapatkan kartu hitam dan kartu putih. Dimana kartu hitam berisi pertanyana dan kartu putih untuk jawaban. Kamu hanya harus mengajukan pertanyaan kepada seluruh pemain menggunakan kartu hitam yang tersedia. Setelah itu pemain lainnya harus menjawab pertanyaan dengan kartu putih yang ada. Game ini diadopsi dari permainan Indonesia yang bernama 'Santai Aja Lagi'.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos BKPM: Pemilu Bakal Berjalan Aman, Investor Makin Percaya Indonesia

Posted: 05 Feb 2019 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun laju investasi di Indonesia menurun pada 2018, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) optimistis prospek ekonomi dan investasi membaik pada 2019.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Lembong menyampaikan hal itu pada saat  acara Indonesia Economic and Investment Outlook 2019 di kantor BKPM, Jakarta pada Rabu (6/2/2019).

"Realisasi investasi di 2018 cukup mengecewakan, pertumbuhan investasi melambat dari 10 persen pada 2017 dan hanya menjadi 4 persen pada 2018. Tentunya ini menjadi faktor mengapa perekonomian kita melemah," ujar dia.

"Saya optimis 2019 laju investasi Indonesia akan kembali membaik. Karena kita bisa melihat tanda-tanda reborn dengan para investor besar," ia menambahkan.

Thomas menuturkan,  saat ini para investor besar telah semakin nyaman untuk berinvestasi kembali ke Indonesia. 

"Badai sudah berlalu dan sudah lewat, ada keyakinan yang kuat bahwa pemilu mendatang akan berjalan aman dan tertib. Hal inilah yang menjadi alasan kuat mengapa para investor kembali nyaman dan percaya untuk berinvestasi ke Indonesia," tambahnya.

Selain itu, kebijakan pemerintah yang pragmatif dan reformis juga menjadi salah satu penyebab membaiknya investasi pada 2019 setelah sempat melemah pada 2018 . 

Hal senada dikatakan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto. Airlangga menilai, ada perang dagang dan pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pengaruhi investasi.

"2019 kita optimis bahwa investasi akan meningkat dibandingkan tahun lalu, karena tahun lalu di kuartal terakhir ada turbulensi ekonomi dengan fluktuasi cureency dan trade war," ujar dia,

Airlangga optimistis prospek ekonomi dan investasi Indonesia membaik pada 2019. Ini karena ada kerja sama yang baik bersama BKPM, hal ini mengakibatkan sektor industri mulai membaik seperti proyek-proyek utama yaitu petrokimia, dan baja yang sudah menunjukkan perkembangan yang baik.

 

 

Realisasi Investasi 2018

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Sebelumnya, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat total realisasi investasi sepanjang 2018 sebesar Rp 721,3 triliun, meningkat sebesar 4,1 persen dibanding 2017.

Namun, angka ini hanya mencapai 94,3 persen dari target investasi yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) sebesar Rp 765 triliun.

"Di tahun fiskal 2018 kita tidak berhasil mencapai target. Jadi 94 persen dari target realisasi final 2018," kata Kepala BKPM Thomas Lembong dalam konferensi pers, di kantor BKPM, Jakarta, Rabu 30 Januari 2019.

Thomas menyampaikan, total realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) pada periode 2018 mencapai Rp 328,6 triliun, meningkat 25,3 persen dibandingkan 2017 sebesar Rp 262,3 triliun.

Sementara total realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) 2018 adalah Rp 392,7 triliun, atau turun 8,8 persen dibandingkan realisasi investasi PMA 2017 sebesar Rp 430,5 triliun.

"Realisasi 2018 ini merupakan cerminan dari upaya tahun sebelumnya. Kurangnya eksekusi implementasi kebijakan pada tahun lalu berimbas pada perlambatan investasi di tahun ini, di samping adanya hambatan dari faktor eksternal," imbuhnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok Jack Boyd Lapian, Cucu Pahlawan Nasional yang Laporkan Ahmad Dhani ke Polisi

Posted: 05 Feb 2019 10:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini ramai pemberitaan tentang Ahmad Dhani yang divonis bersalah oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ia dijatuhi hukuman kurungan selama 1 tahun 6 bulan atas kasus ujaran kebencian

Kasus yang menimpa Ahmad Dhani bermula dari laporan hukum yang dilakukan oleh Jack Boyd Lapian. Sosok ini pula yang melaporkan Rocky Gerung atas dugaan penistaan agama lantaran Rocky menyebut kitab suci sebagai fiksi.

Lalu, siapa sebenarnya sosok Jack Boyd Lapian? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Rabu (6/2/2019) tentang sosok Jack Boyd Lapian.

Jack Boyd Lapian, Cucu dari Pahlawan Nasional

Jack Boyd Lapian adalah cucu dari seorang pahlawan nasional asal Sulawesi Utara, Bernard Wilhelm Lapian. Bernard Wilhelm Lapian  lahir  tanggal 30 Juni 1892. Semasa pendudukan Jepang, ia pernah menjadi Gunco (Kepala Distrik), dan pada tahun 1945 menjadi Walikota Manado. Pada 14 Februari 1946 mengibarkan bendera merah putih dan peristiwa ini tersyiar melalui radio ke Australia dan BBC London, radio SanFransisco hingga seluruh dunia.

Sosok Jack Boyd Lapian memang masih jarang diulas. Namanya mencuat setelah ia melaporkan beberapa orang ke polisi terkait dugaan pelanggaran UU ITE. Salah satunya adalah Ahmad Dhani. 

Jack Boyd Lapian selama ini aktif sebagai Sekretaris Jendral Cyber Indonesia. Awalnya ia dan beberapa aktivis lain membentuk organisasi masyarakat yang dinamai Cyber Indonesia. Organisasi tersebut sudah didaftar di Kementerian Hukum dan HAM.

Selain itu ia juga Pendiri BTP Network sebagai dukungan untuk mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Pada tahun 2012 ia adalah relawan dari Ahok dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

Selain itu ia juga menjadi bagian dari anggota Jokowi Ahok Social Media Volunteer (Jasmev). Ia juga mengaku sebagai relawan kubu Jokowi-KH Ma'ruf pada Pilpres 2019 ini.

Pada tahun 2014, Jack Boyd Lapian menjadi relawan di bidang media sosial untuk pemenangan Jokowi – Jusuf Kalla.

Laporkan Ahmad Dhani dan Anies Baswedan

Pada tahun 2018 lalu, Jack Boyd Lapian melaporkan Ahmad Dhani atas kasus ujaran kebencian. Ia juga turut hadir dalam persidangan kasus Ahmad Dhani yakni saat memberikan kesaksian.

Ia bersaksi bahwa selama periode Februari hingga Maret isi cuitan Ahmad Dhani berisi ujaran kebencian. Berdasarkan laporan Jack Lapian, kini Ahmad Dhani dijatuhi vonis bersalah dan kini ditahan.

Masih di tahun 2018, Jack Lapian melaporkan Anies Baswedan terkait dengan kebijakan penutupan Jalan Jatibaru Tanah Abang, Jakarta. Ia mempermasalahkan bahwa penutupan jalan itu bukan jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi di Tanah Abang dan menyalahi Undang-Undang No 38 tahun 2004 tentang Jalan.

Jack Lapian sebelumnya juga pernah melaporkan Anies Baswedan terkait pidatonya soal 'pribumi' tahun 2017 silam. Saat itu, ia datang ke Bareskrim, membawa sejumlah barang bukti berupa berkas lampiran pidato Anies Baswedan berikut dengan video.

Laporkan Rocky Geruk Soal Penistaan Agama

Tahun 2019 ini, Jack Lapian kembali membuat laporan ke kepolisian. Kali ini ia melaporkan Rocky Gerung terkait pernyatannya 'kitab suci dalah fiksi'. Rocky menyebutkan bahwa Jack Lapian tidak paham kata 'fiksi' yang berbeda dengan 'fiktif'.

"Pelapor gagal paham. Saya terangkan berkali-kali, bahwa fiksi itu energi untuk mengaktifkan imajinasi, itu penting dan baik. Beda dengan fiktif yang cenderung mengada-ada. Itu intinya," ujar dia di Polda Metro Jaya, Jumat (1/2) malam dikutip dari Merdeka, Rabu (6/2/2019). 

Namun saat tampil di Indonesian Lawyer Club (ILC), Jack tampak santai. Ia mengungkapkan perkataan Rocky harus diuji secara hukum. Makanya ia malaporkan kasus tersebut ke polisi dan bukan bermaksud melakukan kriminalisasi.

"Ya silahkan buktikan, makanya kenapa saya laporkan untuk diuji, jangan ujuk-ujuk ini kriminasilisasi, tidak," ujar Jack.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernah Ingin Bunuh Orang Kulit Hitam, Liam Neeson Menuai Kontroversi

Posted: 05 Feb 2019 10:40 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Sebuah pernyataan yang dikeluarkan Liam Neeson baru-baru ini membuatnya tersandung kontroversi. Ini terjadi setelah hasil wawancaranya dengan The Independent, terbit pada Senin (3/2/2019) lalu.

Dilansir dari People, Rabu (6/2/2019), hal ini berawal karena dalam wawancara tersebut Liam Neeson menceritakan hal yang terjadi sekitar 40 tahun lalu.

Kala itu, salah satu teman Liam Neeson diduga diperkosa oleh seseorang berkulit hitam. Aktor Taken tersebut lantas menceritakan bahwa kala itu ia sempat berkeliaran di jalan sambil membawa senjata untuk membalas dendam.

Namun ia tak berniat untuk mencari pelakunya. Ia justru mengaku ingin membunuh seseorang berkulit hitam, ras dari terduga pemerkosa tersebut. "Sangat buruk, buruk sekali, bila sekarang aku memikirkan tentang perbuatanku itu," kata Liam Neeson kepada Independent.

Ucapan Liam Neeson ini lantas menuai kemarahan sejumlah pihak. Bahkan tak sedikit yang menuding bahwa aktor 66 tahun tersebut adalah seorang rasis.

Bukan Rasis

Aktor Liam Neeson. (Photo by Andy Kropa/Invision/AP)

Untuk menjernihkan suasana, Liam Neeson lantas menjadi bintang tamu di acara Good Morning America, sehari setelah artikel tersebut terbit.

Liam Neeson menyatakan keinginannya membunuh orang berkulit hitam tersebut bukanlah karena ia rasis. Melainkan karena pengaruh dari kejadian yang menimpa temannya tersebut.

"Bila dia (sang teman) mengatakan (pelakunya) orang Irlandia, Skotlandia, Inggris, atau Lituania, aku tahu efeknya bakal sama," kata dia.

Kaget

Aktor Liam Neeson. (Jamie McCarthy / GETTY IMAGES / AFP)

Namun peristiwa tersebut juga membuatnya kaget, karena menurutnya ia mencoba membela kehormatan temannya dengan cara primitif.

"Aku orang yang cukup berpendidikan. Karena itu setelah semua perasaan buruk tersebut menghilang, aku merasa terkejut. Untung tidak ada kekerasan yang terjadi," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terima Suap dan Gratifikasi Eni Saragih Dituntut 8 Tahun Penjara

Posted: 05 Feb 2019 10:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR, Eni Maulani Saragih dituntut 8 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum pada KPK. Eni dianggap terbukti menerima suap Rp 4,750 miliar dari Johannes Budisutrisno Kotjo terkait pengawalan proyek PLTU Riau-1.

"Menuntut pidana penjara terhadap terdakwa Eni Maulani Saragih dengan pidana penjara selama 8 tahun, pidana denda Rp 300 juta, atau subsider 4 bulan kurungan," ucap jaksa Lie Putra Setyawan saat membacakan surat tuntutan milik Eni di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (6/2/2019).

Pada analisis yuridisnya, jaksa merinci perkenalan Eni dengan pemilik Blackgold Natural Resources (BNR) tersebut yang diawali perintah Setya Novanto, mantan Ketua Partai Golkar, kepada Eni agar membantu Kotjo memfasilitasi bertemu dengan Direktur Utama PT PLN persero Sofyan Basir.

Tindakan Johannes menemui Novanto setelah surat yang diajukan ke PT PLN tak mendapat tanggapan. Surat tersebut berisikan permintaan BNR kepada PT PLN agar proyek IPP PLTU Riau-1 masuk ke dalam Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL). 

Novanto kemudian mengutus Eni Saragih sebagai pendamping sekaligus fasilitator Johannes Kotjo bertemu dengan Sofyan Basir dan pejabat terkait di PT PLN. Eni kemudian dianggap berperan aktif mengawal proyek tersebut sesuai keinginan Kotjo.

Setelah pertemuan, beberapa hari kemudian PT PLN memasukan proyek PLTU Riau-1 masuk ke dalam RUPTL dan menunjuk PT BNR sebagai investornya, bersama dengan anak perusahaan PT PLN, Pembangkitan Jawa Bali (PJB). BNR juga menggaet perusahaan asal China Huadian Engineering Co. Ltd (CHEC) sebagau investor.

Di tengah perjalanan pembahasan proyek senilai USD 900 juta itu Idrus Marham mengarahkan Eni meminta uang USD 3 juta dan SGD 400 ribu kepada Kotjo untuk keperluan Munaslub Golkar. Kotjo kemudian bertemu dengan Eni dan Idrus untuk menjelaskan fee agency sebesar 2,5 persen yang akan diterima Kotjo dari Chec Huadian sebagian akan diserahkan ke Eni sebagai pihak yang telah membantu.

Idrus meyakinkan Kotjo agar membantu Eni Saragih, mengingat politikus perempuan itu juga menjabat sebagai bendahara Munaslub Golkar.

Atas desakan Idrus, Kotjo melalui sekretaris pribadinya memberikan uang kepada Eni sebanyak dua tahap 18 Desember 2017 dan 14 Maret 2018, dengan masing-masing besaran Rp 2 miliar.

 

Untuk Pencalonan Suami dan Tuntutan Tambahan

Terdakwa dugaan suap kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1, Eni Maulani Saragih bersiap menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (22/1). Eni menjalani pemeriksaan terdakwa. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Uang kembali diberikan Kotjo setelah ada permintaan dari Eni untuk kepentingan suaminya mencalonkan diri sebagai Bupati Temanggung. Awalnya, Eni meminta uang Rp 10 miliar, namun ditolak dengan alasan sulitnya kondisi keuangan. Peran Idrus melobi Kotjo berhasil dan memberikan uang kepada Eni untuk keperluan sang suami sebesar Rp 250 juta.

Tuntutan tersebut juga mencakup perbuatan pidana penerimaan gratifikasi oleh Eni sejumlah Rp 5,6 miliar dan SGD 40 ribu.

Jaksa juga menuntut Eni pidana tambahan berupa uang pengganti sejumlah Rp 10,350 miliar dan SGD 40 ribu dan pencabutan hak dipilih jabatan publik selama 5 tahun seusai ia menjalani pidana pokok.

Atas perbuatannya Eni dituntut telah melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 undang-undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 Jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cerita di Sepak Bola yang Belum Terdengar, Ada Lionel Messi

Posted: 05 Feb 2019 10:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lionel Messi pertama kali menandatangani kontrak dengan Barcelona saat masih berusia 14 tahun. Ketika itu, Messi meneken kontrak di atas sebuah serbet.

Bersama Barcelona, Lionel Messi memenangkan banyak trofi juara. Ia membantu Blaugrana mengangkat empat trofi Liga Champions, 8 gelar Liga Spanyol, dan lainnya.

Selain itu, sejumlah prestasi individu juga diraih pemain berjuluk La Pulga itu. Dia tercatat sudah lima kali memenangkan lima penghargaan Ballon d'Or.

Namun, ada kisah lain tentang Lionel Messi dengan Barcelona yang belum diketahui publik. Berikut 3 cerita menarik di sepak bola seperti dikutip dari Sokka:

3. Tinggi Lionel Messi

Lionel Messi (Barcelona). (AFP/Lluis Gene)

Sejumlah prestasi telah ditorehkan Lionel Messi. Ia telah memenangkan lima penghargaan Ballon d'Or. Selain itu, bintang asal Argentina ini telah membantu Barcelona mengangkat empat trofi Liga Champions, 8 gelar Liga Spanyol, dan lainnya.

Tapi, tahukah Anda kisah Messi menandatangani kontrak dengan Barcelona saat berusia 14 tahun. Cerita yang paling populer adalah Messi menandatangani kontrak pertamanya di atas serbet.

Cerita lainnya adalah, selain bakatnya, Barcelona menjalin kesepakatan dengan Messi lantaran setuju untuk memberinya obat hormon pertumbuhan dengan biaya US$ 900. Hormon pertumbuhan manusia sebenarnya dilarang di banyak cabang olahraga, tetapi dokter merekomendasikan agar anak itu tumbuh lebih tinggi.

Semua klub di Argentina tidak mampu membayar biaya obat bulanan tersebut. Hal tersebut menjadi faktor penentu saat Messi memutuskan bergabung dengan akademi sepak bola Barcelona, La Masia.

2. Sepak Bola Membuat Perang Dunia 1 Berhenti Sementara

Pasukan Jerman berbaris rapi melewati jalan-jalan Antwerp selama Perang Dunia I di Belgia pada tahun 1914. Perang Dunia I diikuti lebih dari 70 juta tentara. (AP Photo, File)

Pada 1914, sepak bola telah menghentikan Perang Dunia 1. Ketika itu, tentara Inggris, Prancis, dan Jerman mendinginkan permusuhan untuk memainkan permainan yang indah.

Para tentara ini sangat menikmati permainan sepak bola. Bahkan, mereka berpelukan setelah pertandingan. Walau akhirnya pertempuran kembali berlanjut sampai 11 November 1918.

1. Pablo Escobar dan Sepak Bola Kolombia

Mural Pablo Emilio Escobar Gaviria (AFP Photo/Raul Arboleda)

Pablo Emilio Escobar Gaviria merupakan seorang gembong narkoba. Pria itu dianggap sebagai penjahat terkaya dalam sejarah. Pada 1990-an, dia memiliki kekayaan senilai US$ 30 miliar. Menurut sumber yang kredibel, dia memasok 80 persen kokain ke Amerika Serikat selama masa jayanya.

Escobar sangat mencintai sepak bola. Ia menggunakan uangnya untuk membangun lapangan sepak bola dan mendanai klub di semua lingkungan miskin di Kolombia.

Karena investasinya itulah dunia sekarang menikmati pemain-pemain top dari Kolombia. Mereka di antaranya Radamel Falcao, James Rodriguez, Juan Cuadrado, Carlos Bacca, Martinez, dan Zuniga.

Pada 1993, Escobar ditembak polisi karena meningkatnya kejahatan dan bisnis narkoba. Diyakini pemerintah Amerika Serikat berada di balik penembakan itu karena ia adalah target nomor satu untuk perdagangan narkoba.

Penguasa obat bius yang sangat kaya dan terkenal bahkan sempat menawarkan diri untuk melunasi utang luar negeri Kolombia demi menghindari diserahkan kepada AS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gamer Akan Bisa Main Gim Lawas Sony di PlayStation 5?

Posted: 05 Feb 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki tahun kelimanya pada 2019, fans setia konsol PlayStation 4 (PS4) bertanya-tanya tentang kapan Sony meluncurkan konsol penerus PS4 itu.

Walau hingga saat ini Sony masih belum mengungkap informasi detail, sebuah paten berhubungan dengan Sony baru saja muncul di internet.

Disebutkan, PlayStation 5 (PS5) akan dapat memainkan seluruh gim lawas yang pernah muncul di konsol PS--sebuah fitur yang dinanti fans setianya, kutip dari Techspot, Rabu (6/2/2019).

Paten itu dirancang oleh arsitek utama PS4, yakni Mark Cerny. Secara teori, pemilik konsol PS5 akan bisa memainkan gim-gim yang pernah muncul di konsol milik Sony, termasuk PS4, PS3, PS2, dan PSone.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara 'menipu' software gim berjalan pada perangkat aslinya--konsol PS4, PS3, PS2, atau PSone, sebuah proses yang di dalam paten itu disebut sebagai "processor ID spoofing."

Dijabarkan, kemampuan ini akan meniru kemampuan hardware konsol lama, dan memungkinkan software lama untuk dapat dimainkan menggunakan hardware yang baru, atau lebih tepatnya di konsol PS5.

Bila benar, cukup menarik melihat bagaimana tim R&D (research and development) Sony mengoprek arsitektur PlayStation 3 yang terkenal sangat rumit.

Perlu diingat, meski perusahaan asal Jepang itu mengajukan paten untuk sebuah merek dagang, bukan berarti mereka akan mewujudkan seluruh hal yang termasuk di dalam paten PS5 tersebut.

Keceplosan Ungkap PS5?

E3 2016 akan jadi ajang tepat konsol baru muncul. (Playstation.de)

Lebih lanjut, Sony mungkin saja 'keceplosan' mengungkap kehadiran PS5 lewat peluncuran theme (tampilan menu) liburan baru untuk PS4 yang bertuliskan "HAPPY HOLIDAYS PLAYSTATION."

Jika diperhatikan gambar di atas dengan seksama, huruf "S" di kata PlayStation tampak seperti sebuah angka 5.

Belum diketahui apakah perbedaan huruf "S" tersebut akibat dari perbedaan font, atau ini merupakan cara perusahaan membocorkan informasi kehadiran konsol PS5 dalam waktu dekat ini. Demikian seperti dikutip Gamespot, Rabu (26/12/2018).

PS5 Belum Perlu Dirilis?

PlayStation 4.5 akan tampil dengan prosesor lebih tinggi dan dukungan 4K (google.com)

Berkaca dari bagaimana masing-masing perusahaan pembuat konsol (Sony, Microsoft, dan Nintendo) yang berlomba-lomba untuk lebih unggul dari pesaingnya.

Saat ini, Sony tampaknya belum memiliki alasan untuk meluncurkan konsol terbarunya di pasaran.

Bagaimanapun juga, PS4 merupakan salah satu konsol gim paling sukses saat ini.

Selain itu, PS4 juga memiliki beberapa judul gim eksklusif yang bakal meluncur dalam waktu dekat ini, termasuk Death Stranding buatan Hideo Kojima, dan The Last of Us: Part 2.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Makin Prima, Mali Siap Antarkan Prestasi untuk Persib

Posted: 05 Feb 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Bojan Malisic merasa kondisinya makin baik bersama Persib Bandung. Bek asal Serbia itu bahkan menyatakan merasakan peningkatan kondisi fisik yang signifikan.

Kini, Mali siap berlatih bersama dengan para pemain Persib lainnya. Sebelumnya, bek berusia 34 tahun sempat menjalani tambahan, khusus untuk memulihkan kondisi terbaiknya.

"Untuk mengikuti program latihan saya rasa tidak ada masalah. Sekarang saya bisa latihan seperti biasa dan nyaman berlatih bersama tim pelatih baru," ungkap bek bernomor punggung itu di situs resmi Persib.

Kini, Mali mengaku fokus untuk bisa memberikan yang terbaik bersama Persib. "Kita semua sama-sama bekerja untuk membawa prestasi musim ini," dia menegaskan.

Mali sendiri tampil gemilang bersama Persib. Menurut data Soccerway, mantan pemain South China (Hong Kong) itu tampil di 26 dari total 34 pertandingan untuk Persib di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Mali mencetak dua gol.

Persib sendiri menutup musim di posisi keempat.

Adaptasi dengan Pemain Baru

Bek Persib Bandung, Bojan Malisic, bersitegang dengan kapten Persija Jakarta, Ismed Sofyan, pada laga Liga 1 di Stadion GBLA, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018). Persib menang 3-2 atas Persija. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Mali menyebut, dengan kondisinya semakin bagus, dia yakin tak akan ada masalah beradaptasi dengan beberapa pemain baru.

"Kami siap membawa Persib lebih baik musim ini. Beberapa saya sudah mengetahui mereka dan kami berkomunikasi dengan sangat baik," katanya.

Lawan Persiwa Tanggal 11 Februari

Sementara itu, Persib sudah mendapat kepastian terkait laga kedua lawan Persiwa Wamena di 32 besar Piala Indonesia. PSSI menetapkan laga tersebut akan digelar tanggal 11 Februari 2018 di Gelora Bandung Lautan Api.

Untuk laga pertama sendiri sudah digelar di Stadion Wijaya Kusuma, Cilacap (27/1). yang dipilih sebagai kandang Persiwa. Ketika itu, kedua tim bermain imbang 0-0.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPPT Temukan Alat Pendeteksi Dini DBD Mirip Test Pack

Posted: 05 Feb 2019 10:30 PM PST

Fokus, Jakarta - Di tengah merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengembangkan alat pendeteksi dini DBD. Alat pendeteksi itu diklaim mampu mendeteksi penderita dalam waktu 2 hingga 10 menit.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (6/2/2019), BPPT menggelar seminar untuk mematangkan inovasi berupa alat pendeteksi DBD bertentuk seperti test pack.

Dengan menggunakan antigen NS1, yaitu protein yang dihasilkan virus dengue hari pertama hingga kelima usai terjadinya infeksi. Pendeteksian DBD menggunakan antigen tersebut dipastikan lebih efektif.  

Cara kerjanya sederhana. Dengan spesimen berupa darah, kit diagnostik akan menampakan hasil dalam waktu 2 hingga 10 menit. Layaknya tes kehamilan, strip dua berarti positif DBD, strip satu berarti negatif.  

Meski demikian, produk ini masih dikaji lebih lanjut dan belum dijual di pasaran. Penggunaannya pun harus tetap didampingi petugas medis.  (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonomi RI Tumbuh 5,17 Persen pada 2018, Ini Sebabnya

Posted: 05 Feb 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2018 mencapai 5,17 persen.

Angka ini menjadi salah satu capaian tertinggi pertumbuhan ekonomi Indonesia sejak 2014 lalu.

Kepala BPS, Suhariyanto menyampaikan, berdasarkan sumber pertumbuhan tertinggi berasal dari lapangan usaha industri pengolahan sebesar 0,91 persen. Kemudian diikuti oleh perdagangan besar eceran, reparasi mobil sepeda motor sebesar 0,61 persen, dan kehutanan perikanan mencapai sebesar 0,50 persen.

"Di samping itu, informasi dan komunikasi juga tumbuh sebesar 0,36 persen. Sementara pertumbuhan ekonomi Indonesia dari lapangan usaha lainnya sebesar 2,14 persen," kata Suhariyanto, di Kantor BPS, Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Suhariyanto menambahkan, dari sisi pengeluaran sendiri pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,17 persen terjadi pada semua komponen.

Yakni mulai dari komponen pengeluaran konsimsi rumah tangga (PK-RT), pengeluaran konsumsi pemerintah (PK-P), dan pembentukan modal tetap bruto (PMTB) serta ekspor dan jasa.

"Sumber pertumbuhan tertinggi berasal dari komponen PK-RT sebesar 2,74 persen. Kemudian diikuti oleh komponen PMTB sebesad 2,17 persen. Sementara pertumbuhan ekonomi dari komponen lainnya sebesar 0,26 persen," pungkasnya.

Adapun, struktur ekonomi Indonesia secara spasial 2018 didominasi oleh kelompok provinsi di Jawa dan Sumatera. Pulau Jawa memberikan kontribusi terbesar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), yakni sebesar 58,48 persen, diikuti oleh Sumatera sebesar 21,58 persen, dan Kalimantan 8,20 persen.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

BPS: Ekonomi RI Tumbuh 5,17 Persen pada 2018

Pekerja menyelesaikan pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Senin (7/5). Badan Pusat Statistik (BPS) melansir pertumbuhan ekonomi kuartal 1 2018 mencapai 5,06%.(Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal IV-2018 sebesar 5,18 persen secara year on year (yoy). Angka ini naik tipis jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2018 yang hanya 5,17 persen.

Kepala BPS, Suhariyanto, menyampaikan secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan dari kuartal I-IV 2018 mencapai 5,17 persen. Namun, secara kuartal ke kuartal, pertumbuhan ekonomi Indonesia menurun sebesar 1,69 persen.

"Ekonomi indonesia tumbuh 5,18 persen kalau dibandingkan kuartal IV-2017. Jadi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2018 5,18 persen dibandingkan kuartal III-2018 kuartal ke kuartal (q to q) minus 1,69 persen," ujar Kepala BPS Suhariyanto di kantornya, Rabu 6 Februari 2019.

Suhariyanto menjelaskan, laju pertumbuhan kuartal IV-2018 ini juga lebih rendah dibandingkan periode yang sama pada 2017 sebesar 5,19 persen. Namun, pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2018 sebesar 5,17 persen jauh lebih baik sejak 2014 lalu.

"Dengan pertumbuhan ekonomi indonesia 5,18 persen maka sepanjang 2018 sebesar 5,17 persen. Ini tren yang bagus sekali terbaik sejak tahun 2014 ke depan banyak kebijakan ekonomi Indonesia lebih bagus di tengah ekonomi global tidak tentu arahnya," tutur dia.

Berdasarkan data BPS, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2014 hanya mencapai 5,01 persen. Kemudian, untuk 2015 menurun menjadi 4,88 persen. Di 2016 menunjukan kenaikan kembali sebesar 5,03 persen, dan pada 2017 mencapai sebesar 5,07 persen.

"Saya akan bilang 5,17 sepanjang 2018 capaian yang cukup menggembirakan," ujar dia.

Sebelumnya, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir, memprediksi pertumbuhan ekonomi pada 2018 capai 5,2 persen.

"Karena 3 triwulan tahun 2018 saja sudah 5,17 persen. Dengan perkiraan pertumbuhan triwulan IV sebesar 5,2 persen maka pertumbuhan 2018 mendekati kisaran 5,2 persen," ujar Iskandar melalui pesan singkat, Jakarta, Senin 4 Februari 2019.

Iskandar mengatakan, faktor pendukung pertumbuhan ekonomi sepanjang 2018 adalah konsumsi dan investasi. Sementara itu ekspor belum terlalu menggeliat disebabkan oleh perlambatan yang terjadi selama beberapa bulan.

"Kalau ekspor mesti di nett dengan impor yang hasilnya mendekati 0. Jadi kalaupun ekspor melambat tapi nett nya hampir 0. Dengan melihat perkembangan tersebut dan pertumbuhan konsumsi 5,1 persen akibat pilpres dan pileg," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahmad Dhani Sudah Berkali-kali Tenangkan Mulan Jameela

Posted: 05 Feb 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mulan Jameela menceritakan keadaan sebelum Ahmad Dhani divonis bersalah dan dijatuhkan hukuman 18 bulan penjara. Beberapa hari sebelum sidang putusan, Ahmad Dhani rupanya sangat tenang.

Beda dengan Ahmad Dhani, Mulan Jameela justru begitu resah. Mulan mengaku sempat ditenangkan Ahmad Dhani. Ketika itu, Mulan mendapat penjelasan dari pentolan Dewa 19 tersebut mengenai kasus hukumnya.

"Kata dia 'Enggak, tenang-tenang. Aku kan enggak ngapa-ngapain, aku enggak nyebutin nama siapa gitu'. Dan berdasarkan keyakinan Mas Dhani ya saya tenang juga," kata Mulan Jameela dalam program ILC tvOne, Selasa (5/2/2019) malam.

Hari menegangkan pun tiba, Mulan Jameela hadir di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mendampingi suaminya menjalani sidang putusan. Ia bahkan mengajak serta anak-anaknya ke pengadilan.

"Jadi sebelum sidang kan kita menunggu di kafe ngobrol-ngobrol. Justru yang menenangkan tuh dia. Dia bilang 'Tenang ini masih panjang prosesnya masih ada banding'. Saya bilang 'oke oke' semua juga bilang 'Tenang- tenang'," paparnya.

Tak Terpikir

(Instagram/@mulanjameela1)

Persidangan dimulai, dan hal yang tak diinginkan terjadi. Ahmad Dhani dinyatakan bersalah dan langsung dibawa ke LP Cipinang, saat itu juga.

"Enggak terpikir sedikit pun bakal langsung diangkut (ke LP Cipinang) gitu," ungkap Mulan Jameela dengan suara bergetar karena menahan isakan tangis.

Menunggu Berjam-jam

(Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Setelah menenangkan diri, Mulan Jameela mengantar suaminya menuju rumah tahanan. Ia juga menceritakan situasi saat Ahmad Dhani untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di LP Cipinang.

"Di sana Mas Dhani enggak langsung masuk rutan karena katanya berkasnya belum siap jadi menunggu berjam-jam," kata Mulan Jameela.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kelaparan, Warga Venezuela Lintasi Batas Negara

Posted: 05 Feb 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ribuan warga Venezuela memasuki Kolombia untuk mencari makanan dan obat-obatan. Situasi buruk ini terjadi disaat krisis politik juga terus terjadi di Venezuela.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Umumkan Tanggal Pertemuan dengan Kim Jong-un Jilid 2

Posted: 05 Feb 2019 10:27 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump, dalam pidato kenegaraannya, telah mengumumkan bahwa ia akan mengadakan pertemuan tingkat tinggi kedua dengan pemimpin Korea Utara bulan ini.

Presiden mengatakan dalam pidato State of the Union di Kongres AS pada Selasa 5 Januari 2019 bahwa ia akan bertemu Kim Jong-un di Vietnam pada 27 - 28 Februari 2019, demikian seperti dikutip dari BBC, Rabu (6/2/2019).

"Jika saya tidak terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat, kami saat ini, menurut pendapat saya, akan berada dalam perang besar dengan Korea Utara," lanjut Trump usai mengumumkan tanggal pertemuan dengan Kim.

"Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tapi hubunganku dengan Kim Jong-un bagus."

Rencana untuk pertemuan tingkat tinggi kedua telah dilakukan sejak pembicaraan bersejarah kedua pemimpin tahun lalu di Singapura, 12 Juni 2018 --yang pertama antara presiden AS yang masih menjabat dengan pemimpin Korea Utara yang masih berkuasa.

Sementara Korea Utara belum melakukan uji coba rudal nuklir atau balistik sejak musim panas lalu, Pyongyang belum setuju untuk membongkar program senjata nuklirnya.

 

Simak video pilihan berikut:

Utusan AS Akan Melawat ke Pyongyang

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menggapai tangan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un untuk bersalaman dalam pertemuan bersejarah di resor Capella, Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6). (AP Photo / Evan Vucci)

Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, pada Senin 4 Februari 2019, mengatakan bahwa utusan khusus AS untuk Korea Utara, Stephen Biegun, akan menuju Pyongyang pada Rabu 6 Februari.

Biegun berencana membahas pertemun tingkat tinggi jilid dua antara Presiden Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, yang diharapkan akan terlaksana pada akhir Februari 2019, demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia Rabu (6/2/2019).

Selain mempersiapkan pertemuan tinggi, pembicaraan Stephen Biegun dengan pejabat setara dari Korea Utara, Kim Hyok-chol, akan menghasilkan kemajuan lebih lanjut dalam komitmen yang dibuat Presiden Trump dan Kim Jong-un di Singapura, yaitu denuklirisasi menyeluruh, transformasi hubungan Amerika-Korea Utara dan membangun perdamaian yang abadi di semenanjung Korea, kata sebuah pernyataan.

Dalam wawancara dengan jaringan televisi CBS pada Minggu 3 Februari 2019, Presiden Trump mengatakan tanggal dan lokasi pertemuan tingkat tinggi jilid dua sudah disepakati dan kemungkinan akan diumumkan sebelum atau sewaktu ia mengucapkan pidato kenegaraan di Kongres pada Selasa 5 Februari.

Vietnam dipandang sebagai kemungkinan besar lokasi pertemuan tinggi tinggi itu yang diperkirakan akan diadakan bulan ini.

Pekan lalu direktur Badan Intelijen Nasional AS, Dan Coats mengatakan di Kongres bahwa tidak ada kemungkinan Korea Utara bakal melenyapkan semua senjata nuklir dan kapasitasnya untuk membuat senjata itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Gaya Dede Satria, Aktor Muda yang Dikabarkan Dekat dengan Anak Sule

Posted: 05 Feb 2019 10:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dede Satria baru-baru ini dikabarkan dekat dengan Putri Delina, anak perempuan Sule. Kabar kedekatannya bermula kala keduanya membuat cover lagu K-Pop di YouTube. Selain itu Dede juga beberapa kali kedapatan mengunggah momen kebersamannya bersama Putri Delina.

Di dunia hiburan Tanah Air sendiri, Dede Satria sempat mencuri perhatian saat membintangi sinetron SCTV, 'Sodrun Merayu Tuhan'. Dalam sinetron yang tayang perdana pada 18 Desember 2017 lalu itu Dede Satria berperan sebagai Boy, sahabat Sodrun yang setia.

Selain sinetron, Dede Satria juga pernah membintangi film layar lebar. Film pertama Dede yaitu film 'After Met You'.

Namun, terlepas dari semua kabar yang beredar, Dede memiliki style berpakaiannya ala idol K-Pop yang cukup menawan lho. Penasaran dengan style ala Dede Satria? Berikut Liputan6.com rangkum dari akun Instagramnya pada Rabu (6/2/2019)

Pesona yang dimiliki Dede kayak Seleb Korea

1. Terlihat simpel dengan sweater dan celana jeansnya.

2. Sedang memangku dagu gini, jadi terlihat manis ya?

View this post on Instagram

Smile a little more, regret a little less.

A post shared by Dede Satria (@dedesatria__) on

3. Tampil kece dengan Floral Shirtnya.

4. Kemeja dengan stripe biar penampilan enggak terlalu formal.

View this post on Instagram

Focus! 🎩🔥

A post shared by Dede Satria (@dedesatria__) on

Simple tapi elegan

5. Setelan jas yang nampak elegan.

6. Rupanya Dede sering memakai hoodie ya.

7. T-shirt polos bisa jadi fashion yang enggak kalah oke.

Style Dede Satria diatas juga bisa kamu tiru nih, cukup menawan bukan?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala Oscar 2019 Bakal Digelar Tanpa Pembawa Acara, Seperti Apa Jadinya?

Posted: 05 Feb 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Sejak Kevin Hart mundur sebagai host atau pembawa acara Piala Oscar 2019, publik selalu bertanya-tanya siapa yang akan menggantikannya. Hingga memasuki bulan Februari, atau bulan pelaksanaan perhelatan prestisius tersebut, belum ada pengumuman tentang hal ini.

Padahal, banyak hal yang mesti dipersiapkan sebagai pembawa acara Piala Oscar 2019. Mulai dari monolog pembuka hingga gimmick yang selalu menjadi tradisi acara ini.

Kini terungkap bahwa memang tak ada pengganti Kevin Hart yang ditunjuk untuk membawakan Piala Oscar 2019. Dilansir dari BBC, Rabu (6/2/2019), hal ini diumumkan oleh Presiden ABC Entertainment Karey Burke, selaku pihak yang menyiarkan acara ini, dalam sebuah pertemuan dengan media. Ini, adalah yang pertama kali terjadi dalam 30 tahun terakhir.

Lantas, seperti apa pelaksanaan Piala Oscar 2019 pada 24 Februari mendatang ini nantinya?

Presenter Piala Oscar

Piala Oscar. (AFP/Don Emmert)

Karey Burke mengatakan, bahwa pelaksanaan Piala Oscar 2019 lebih menekankan kepada parade presenter yang akan mengumumkan para pemenang.

Meski terdengar aneh, tapi ini bukan yang pertama kali terjadi. Pada 1989, Oscar juga digelar tanpa pembawa acara. Produser kala itu, Allan Carr, ingin lebih menonjolkan seleb yang menjadi presenter dalam pengumuman. 

Walau isu seputar pembawa acara Oscar 2019 ini menuai kontroversi, Karey Burke justru melihat hal ini sebagai sebuah keuntungan. Pasalnya,ia mengatakan orang akan makin tertarik untuk menyaksikan malam puncak Oscar karena hal ini.

Rating Turun

Piala Oscar. (AFP/Don Emmert)

Di luar masalah pembawa acara, perhelatan Piala Oscar memang terus menghadapi tantangan. Salah satunya, adalah rating siarannya yang tahun lalu melorot tajam.

Dan, pada tahun ini, sejumlah film populer seperti Black Panther serta Bohemian Rhapsody masuk dalam nominasi di penyelenggaraan Oscar tahun ini. Hal ini, diperkirakan bakal mendongkrak rating siaran Piala Oscar 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biaya Kargo Udara Mahal, Asosiasi Bakal Sewa Pesawat Kirim Barang

Posted: 05 Feb 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo), Muhammad Feriadi mengatakan, pihaknya tengah kaji rencana menyewa pesawat (charter flight) untuk melayani pengiriman barang atau paket lewat jalur udara.

Tindakan tersebut dilakukan untuk menekan biaya operasional akibat kenaikan tarif Surat Muatan Udara (SMU) yang diterapkan maskapai.

"Asperindo sedang mengupayakan untuk melakukan charter flight bahkan memiliki operator sendiri. Dengan harapan ini nati bisa diutilisasi dengan anggota kami. Nanti kita akan lihat ya bahwa dengan menggunakan charter flight mudah-mudahan harganya jauh lebih bisa diterima oleh anggota Asperindo," ujar Feriadi ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Feriadi menuturkan, rencana penggunaan charter flight khusus pengangkutan barang logistik masih dalam tahap pembahasan.

Pihaknya juga masih menjajaki dengan beberapa operator maskapai agar harga yang didapatkan mengakomodir keinginan seluruh pelaku usaha logistik ekspres.

"Itu masih dibahas. Progres-nya finalnya belum bisa sampaikan. Asperindo punya koperasi dan bekerja sama dengan salah satu operator dan ini nanti anggota akan pakai melalui koperasi Asperindo," ujar dia.

Feriadi belum dapat merinci berapa jumlah biaya yang dapat dihemat dengan menggunakan charter flight. Hal ini akan diumumkan setelah pembahasan dengan seluruh anggota serta maskapai selesai dilakukan.

"Seharusnya begitu (lebih murah) tapi saya belum bisa memberikan informasi detil. Targetnya harusnya sesegera mungkin. Tim kami sedang mendiskusikan," tutur dia.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

Inovasi Bea Cukai Bakal Turunkan Biaya Logistik di Indonesia

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (25/10). Kebijakan ISRM diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan dan efektifitas pengawasan dalam proses ekspor-impor. (Liputan6.com/Immaniel Antonius)

Sebelumnya, kalangan pengusaha menyambut baik inovasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Hal ini terkait dengan sistem terbaru dari pelaporan barang yang masuk ke wilayah pabeanan Indonesia. Inovasi tersebut diberi nama Manifest Generasi III.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Suryadi Sasmita mengatakan, selama ini lambatnya proses pemeriksaan dan penerbitan dokumen untuk barang akan masuk ke Indonesia sering dikeluhkan oleh para pengusaha. Lantaran, barang-barang tersebut umumnya merupakan bahan baku bagi industri.

‎"Ini sering banyak diperdebatkan. Karena (sistem) yang ada sekarang adalah yang tempo hari kita keluhkan. Saya apresiasi ini cepat sekali, karena saya pikir implementasinya baru di 2020, tapi ternyata sekarang sudah bisa," ujar dia di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Senin 7 Januari 2019.

Dia menjelaskan, lamanya bahan baku impor untuk sampai ke pabrik selama ini disebabkan oleh lambatnya proses perizinan dan pemeriksaan di pabean. Namun, dengan manifest generasi III ini, bahan baku akan lebih cepat sampai ke pabrik sehingga menghemat biaya dan waktu.

"Dengan ini biaya menjadi rendah, dulu kapal sampai ke pelabuhan baru di urus dokumen-dokumennya. Akhirnya kita perlu sewa gudang dulu, sambil nunggu selesai. Sekarang, barang sampai bisa langsung keluar, ini kurangi cost di pabrik," kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwader Indonesia (ALFI) Yukki Nugraha Hanafi menyatakan, selama ini biaya logistik di Indonesia mencapai 23,7 persen dari produk domestik bruto (PDB). Namun, dengan ada sistem baru ini diharapkan bisa turun hingga 18 persen.‎

‎"Dari sisi efisiensi waktu sudah jelas. Untuk biaya logistik di 2017 23,7 persen. Dengan proyek adanya proyek infrastruktur yang selesai akan beri dorongan penurunan sekitar 1-1,5 persen, jadi di 2018 mungkin sekitar 22,6 persen. Yang berkaitan dengan ini (Manifes Generasi III) akan memberikan penurunan signifikan, bisa 18 persen per tahun. Jadi efisiensinya sangat banyak," ujar dia.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ubah Gaya Rambut, Kendall Jenner Tampil Lebih Manis

Posted: 05 Feb 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sulit sepertinya memalingkan pandangan dari model kenamaan, Kendall Jenner. Apa-apa tentang dara 23 tahun ini hampir selalu jadi perhatian publik, tak terkecuali saat Kendall kedapatan memamerkan gaya rambut baru.

Di sebuah unggahan di akun Instagram-nya, @kendalljenner, belum lama ini, mantan kekasih Harry Styles tersebut memperlihatkan gaya rambut berbeda dengan tambahan poni yang membuat tampilannya lebih manis.

Di keterangan foto, Kendall bertanya pada warganet, haruskah ia mempertahankan gaya rambut berponinya atau tidak. Reaksi yang diberikan publik pun beragam, tak sedikit orang yang mengatakan Kendall akan tetap cantik dengan atau tanpa poni.

Kendall Jenner. (dok. Instagram @kendalljenner/https://www.instagram.com/p/Bte1wqoDKvt/Asnida Riani)

Bersama poni barunya, rambut Kendall Jenner terlihat ditata dalam potongan layer dengan panjang tak jauh dari bahu. Makeup bernuansa baby pink yang dipoleskan kian mempermanis penampilan anak Kris Jenner tersebut.

Ini bukan kali pertama Kendall mencoba gaya rambut berponi. Saat muncul di American Music Awards (AMA) 2015, ia kedapatan memakai poni clip-in dengan messy bun yang membuatnya jadi headline berita kala itu.

Jika Kendall memutuskan untuk berponi, di mana sekarang ia diduga memakai poni clip-in, hal tersebut bakal jadi perubahan drastis pada penampilannya. Bila saudarinya, Kylie Jenner, secara reguler mengganti warna rambut, Kendall lebih konsisten dengan penampilannya.

Kendall Jenner selalu terlihat berambut hitam dengan variasi hanya di panjang-pendek 'mahkotanya'. Soal rambut, Kendall sepertinya memang enggan bereksperimen dan cenderung nyaman dengan look konstannya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Lippo Group James Riady Hadiri Sidang Korupsi Meikarta

Posted: 05 Feb 2019 10:14 PM PST

Liputan6.com, Bandung - CEO Lippo Group James Riady akhirnya memenuhi panggilan Jaksa Penuntut Umum KPK untuk hadir di sidang kasus suap perizinan Meikarta. Kehadiran James untuk menelusuri pertemuan dengan Bupati Bekasi Neneng dan peran Lippo Group dalam suap izin Meikarta.

James yang menjadi saksi untuk terdakwa Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro, karyawan Lippo Group Henry Jasmen, dan dua konsultan Lippo Group, Fitradjaja Purnama dan Taryudi, tampak hadir di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (6/2/2019).

James hadir sekitar pukul 11.30 WIB. Mengenakan jas hitam, James langsung memilih duduk di bangku tamu.

"Ada saksi yang sudah dua kali kami panggil hari ini hadir, James Riady," kata jaksa dari KPK I Wayan Riana pada majelis hakim pengadilan.

Namun sebelum memberikan keterangan sebagai saksi, jaksa KPK meminta James untuk menunggu di luar ruangan.

"Saksi yang akan dikonfrontir diharapkan keluar sidang dulu," katanya. James pun kemudian meninggalkan ruang persidangan.

Sebelumnya, James tidak bisa hadir pada sidang kasus suap perizinan proyek Meikarta di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (30/1/2019).

Selain James Riady, Jaksa dari KPK kembali menghadirkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa dalam sidang kasus suap perizinan proyek Meikarta. Selain itu, terdapat beberapa saksi lain yang bakal dimintai keterangannya.

Sekitar pukul 10.10 WIB, Iwa sudah hadir di ruang sidang. Ia yang duduk di kursi tamu tampak mengenakan baju batik berwarna hijau.

 

 

Saksi-saksi

CEO Lippo Group James Riady tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/10). James Riady diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap perizinan proyek pembangunan Meikarta. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dalam sidang kali ini jaksa KPK juga memanggil saksi lain seperti Neneng Rahmi Nurlaili tersangka yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Hendry Lincoln Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga, anggota DPRD Jabar Waras Wasisto dan anggota DPRD Kabupaten Bekasi Sulaeman.

Jaksa KPK I Wayan mengakui kehadiran para saksi ini untuk dikonfrontasi terkait bantahan Iwa yang menerima duit Rp1 miliar. Dalam persidangan sebelumnya, nama Iwa disebut menerima duit Rp1 miliar saat proses Raperda Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bekasi.

Penerimaan uang itu melibatkan Neneng Rahmi, Hendry Lincoln, Waras Wasisto dan Sulaeman. Mereka bertemu di rest area kilometer 72.

"Betul, rencananya seperti itu (konfrontasi)," kata Wayan sebelum persidangan dimulai.

Dalam persidangan sebelumnya, Iwa membantah menerima uang Rp1 miliar terkait proyek Meikarta. Bahkan Iwa menganulir berita acara pemeriksaan (BAP) sendiri saat disebut jaksa menerima bantuan berupa banner saat proses penjaringan bakal calon Gubernur Jabar di PDIP.

Iwa menjawab saat diperiksa itu, dia mengaku sedang buru-buru karena ada tugas ke Amerika. "Saya buru-buru supaya cepat selesai. (Soal banner) Saya tidak memberikan desain dan meminta," kata Iwa.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak Ada Perlakuan Khusus ke Ahmad Dhani Selama di Rutan Medaeng

Posted: 05 Feb 2019 10:11 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Rutan Medaeng, Teguh Pambudi, menegaskan tidak memberikan perlakuan khusus kepada Ahmad Dhani, tersangka dalam kasus pencemaran nama baik di Polda Jawa Timur. Adapun Dhani akan menjalani sidang perdananya Kamis 7 Februari 2019 besok.

Teguh mengatakan, Ahmad Dhani akan mendapat perlakuan sama seperti tahanan lain. Dhani akan dikumpulkan dalam sel tahanan pada umumnya berbaur dengan narapidana lainnya.

"Tidak ada perlakuan khusus, di sini sudah penuh, isinya itu 2.900 napi, kapasitasnya 1.500 napi. Makanya tidak ada yang khusus," kata Teguh, Rabu (6/2/2019).

Terpisah, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Jatim, Richard Marpaung juga membenarkan bahwa hari ini Dhani dibawa ke Surabaya. Pihaknya memastikan sudah berkoordinasi dengan Kejari Jaksel, PN Jaksel, dan Ditjen PAS.

"Hari ini, langsung dibawa ke Rutan Medaeng. Kita ada kepentingan menyidangkannya besok di PN Surabaya," ujar Richard.

Sebelumnya, Polda Jatim akhirnya menetapkan Ahmad Dhani Prasetyo sebagai tersangka pencemaran nama baik. Musisi asal Surabaya itu terjerat kasus mengucapkan kata 'idiot' yang menyinggung salah satu unsur massa pengunjuk rasa yang menolak deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya beberapa waktu lalu.

"Yang bersangkutan, saudara AD alias Ahmad Dhani kami tetapkan sebagai tersangka atas laporan pencemaran nama baik karena ujaran I (idiot)," tutur Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera di Mapolda Jatim Kamis, (18/10/2018).

 

Pelaporan Ahmad Dhani

Ahmad Dhani di PN Jaksel

Penyidik Subdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur, memanggil politikus Partai Gerindra Ahmad Dhani Prasetyo untuk hadir pada Jumat 28 September 2018, terkait video ujaran idiot jelang deklarasi #2019GantiPresiden beberapa waktu yang lalu di Surabaya.

"Iya, surat panggilannya hari ini yang bersangkutan dimintai keterangan," tutur Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera, Jumat (28/9/2018).

Dhani dilaporkan oleh aktivis Koalisi Bela NKRI ke Polda Jatim. Pelapor merupakan salah satu elemen yang berdemo menolak deklarasi #2019GantiPresiden.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seniman Ini Pakai Permen untuk Melukis Wajah Artis, Hasilnya Luar Biasa

Posted: 05 Feb 2019 10:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu pecinta seni khususnya seni lukis, tentu saja kamu dapat menikmati ataupun membuat sebuah karya sesuai keinginan kamu. Membuat sebuah karya selain untuk mengekspresikan perasaan, bisa juga sebagai gambaran bagaimana kamu melihat hal di luar sana. 

Beberapa lukisan pun bisa kamu gambarkan sebagai potret seseorang yang kamu sayangi ataupun tokoh publik. Selain itu, media yang kamu gunakan untuk melukis pun saat ini bermacam-macam. Tergantung bagaimana kamu bisa mengeksplorasi media lukis tersebut.

Salah seorang seniman bernama Christiam Ramos contohnya. Ia menggunakan media permen sebagai bahan untuk melukis. Lukisan yang dibuat oleh Ramos adalah potret dari seorang tokoh publik.

Tentunya melukis menggunakan permen merupakan hal yang baru dan juga unik. Permen yang digunakan oleh Ramos bukan hanya satu jenis dan dalam jumlah yang sedikit loh. Ia menggunakan sedikitnya 5.000 permen untuk menghasilkan satu buah karya lukis.

Permen ungkapkan "eye candy" dalam lukisan

1. Potret Marylin Monroe

(Sumber: Facebook/Cristiam Ramos Art)

Christiam Ramos sendiri sering menciptakan potret para tokoh dunia, khususnya para selebritis. Dilansir Liputan6.com dari Boredpanda, Rabu (6/2/2019), ia sering kali melukis beberapa penyanyi terkenal seperti Lady Gaga, Beyonce, Nicki Minaj serta Marylin Monroe. Menurut Ramos melukis menggunakan permen akan menampilkan kesan 'eye candy'.

Pertama kali mendapatkan ide untuk menggunakan permen sebagai media sejak 4 tahun lalu. Ia melihat seorang ayah memberikan permen kepada anaknya untuk menyenangkan sang anak. Sepotong permen tersebut mampu membuat sang anak tersenyum, saat itulah ia menyadari bahwa dengan sepotong permen bisa membuat orang bahagia.

2. Hasil potret Permen Marylin Monroe

 

(Sumber: Facebook/Cristiam Ramos Art)

Dikarenakan ia adalah seorang seniman yang selalu membuat potret seorang tokoh, membuat ia berfikir mengenai permen dan lukisan. Ia berfikir bagaimana jika salah satu artis favorit diabadikan dengan lukisan dari permen favorit?

Penghargaan Dunia berkat lukisan permen

Berkat lukisan permennya ia  pun meraih penghargaan pada tahun 2013 dalam Miracles World Records. Ia memperoleh penghargaan tersebut karena karya potret yang menggambarkan Sandra Bullock dengan menggunakan lebih dari 7 ribu permen.

3. Karya Cristiam Ramos raih penghargaan

(Sumber: Facebook/Cristiam Ramos Art)

Selain itu, ia pun pernah memperoleh penghargaan  di tahun 2014 dengan karyanya life-sized motorcycle  yang menggunakan lebih dari 10 ribu permen.

(Sumber: Facebook/Cristiam Ramos Art)

Selain penghargaan dunia yang pernah ia raih, ia pun pernah meraih penghargaan internasional lainnya sebanyak 20 kali. Ramos juga kerap diundang dalam berbagai acara di program televisi nasional dan juga internasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Valentino Rossi Komentari Motor Baru Yamaha Indonesia

Posted: 05 Feb 2019 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha Indonesia resmi meluncurkan motor sport terbarunya, Yamaha MT-15. Telah cukup lama menarik perhatian karena menjadi perbincangan pecinta otomotif Tanah Air, naked bike tersebut akhirnya resmi dijual.

Dinilai mampu menjadi pelengkap keluarga MT Series di Indonesia, Yamaha MT-15 secara resmi diluncurkan ke publik bersamaan dengan hadirnya dua pembalap MotoGP andalan Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, Senin (4/2).

Mendapat tugas menunggangi MT-15, Valentino Rossi tak lupa memberikan komentar terkait motor terbaru pabrikan otomotif Jepang tersebut.

Pria yang akrab dengan sebutan The Doctor tersebut mengaku motor naked itu bisa bermanuver dengan baik.

"Sangat menyenangkan, apa yang saya suka dari motor ini adalah sangat agresif, posisi dan rasa berkendaranya bagus untuk manuver," kata Rossi.

 

Valentino Rossi dan Maverick Vinales Luncurkan Dua Produk Baru Yamaha di Jakarta

Yamaha Indonesia secara resmi melakukan peluncuran dua produk anyar mereka, yakni MT-15 dan new MX-King kepada publik, Senin (4/2).

Kemunculan dua motor bergenre sport tersebut, diklaim mampu meramaikan pasar sepeda motor nasional, khususnya, di kelas sport naked dan bebek berkapasitas mesin 150-155cc.

Mengawali debut perdananya di Indonesia, MT-15 dan New MX-King diperkenalkan secara langsung oleh pembalap MotoGP dari Yamaha yaitu Valentino Rossi dan Maverick Vinales. MT-15 dan new MX-King diklaim mendapatkan beragam perubahan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan berkendara masa kini, guna menunjang gaya hidup serta aktivitas sehari-hari.

Tampilannya dinilai lebih menarik dan menyatu dengan karakter pengguna sehingga dapat menciptakan rasa berkendara yang lebih menyenangkan. "MT-15 memiliki tampilan sporty dan agresif terutama pada bagian lampu depan yang sudah menggunakan teknologi LED Projector dengan desain MT-family yang begitu kuat. Posisi berkendaranya juga nyaman untuk melakukan berbagai manuver berkat kehadiran suspensi up side down," jelas Valentino Rossi.

New MX-King membawa mesin 150cc fuel injection, 4 valve, dengan 5 percepatan yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 15,5 Tk pada  8.500 rpm dan torsi sejumlah 13,8 Nm pada 7.000 rpm.

Hadir dalam tiga balutan warna baru, yakni Metallic Blue, Matte Red serta Metallic Orange, harga yang ditawarkan yakni Rp 22,900,000 on the road Jakarta.

MT-15 dibekali dengan mesin berkapasitas 155cc 4-katup dengan 6-percepatan yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 19 Tk pada  10.000 rpm dan menghasilkan torsi sebesar 14,7 Nm pada 8.500rpm.

MT-15 hadir dalam tiga pilihan warna yakni Matte Grey, Matte Blue serta Metallic Black dan dipasarkan kepada konsumen seharga Rp 34.950.000 OTR Jakarta.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skor Benchmark Samsung Galaxy S10 Plus Beredar di Internet

Posted: 05 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Informasi baru mengenai smartphone flagship teranyar Samsung, Galaxy S10 Plus, kembali muncul. Kali ini mengenai skornya di platform benchmark Geekbench.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (6/2/2019), berdasarkan hasil benchmark, Galaxy S10 Plus memiliki skor single core 4.472, sedangkan multi core 10.387. Smartphone tersebut disokong prosesor Exynos 9820.

Pada hasil benchmark tersebut, diketahui pengujiannya baru dilakukan pada 3 Februari 2019. Smartphone dengan OS Android 9 ini memiliki kode SM-G975F.

Galaxy S10 Plus merupakan salah satu varian seri [Galaxy S10]( 3882277 "") yang akan diumumkan pada 20 Februari 2019 di San Francisco, Amerika Serikat (AS). Varian lain adalah Galaxy S10 dan Galaxy S10E.

Galaxy S10 akan menjadi lini flagship terbaru Samsung pada awal tahun ini. Selain itu, perusahaan pun disebut akan memberikan informasi baru tentang smartphone lipatnya di acara pengumuman Galaxy S10.

Samsung Galaxy S10 Bakal Meluncur Awal Maret 2019

Booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sebelumnya, juga muncul informasi tentang waktu pemasaran Galaxy S10. Semua varian Galaxy S10 dilaporkan akan mulai dijual pada 8 Maret 2019. Namun, di beberapa pasar mungkin baru tersedia setelahnya.

Seri Galaxy S10 disebut akan hadir dalam tiga varian yakni Galaxy S10E, S10, dan S10 Plus. Harga jualnya akan beragam.

Menurut laporan, Galaxy S10E akan dijual dengan harga 799 euro di Eropa untuk varian RAM 4GB dan memori internal 128GB. Sementara Galaxy S10 dibanderol 929 euro untuk varian RAM 6GB dan memori internal 128GB, sedangkan dengan spesifikasi RAM 8GB dan memori internal 512GB seharga 1.179 euro.

Galaxy S10 Plus akan menjadi yang paling mahal dengan harga jual 1.049 euro untuk varian RAM dan memori internal 6GB/128GB. Versi 8GB/512GB dibanderol 1.299 euro, dan 12GB/1TB seharga 1.599 euro.

Samsung Galaxy S10 akan tersedia dalam pilihan warna Black, White, dan Sea Green. Namun beberapa varian akan memiliki warna tambahan seperti Blue dan Yellow.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

West Ham vs Liverpool: Fabinho Minta The Reds Segera Temukan Solusi di Lapangan

Posted: 05 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Gelandang bertahan Liverpool, Fabinho, mengatakan timnya harus menemukan solusi terkait turunnya performa di lapangan. Maklum, The Reds hanya mampu meraih dua poin dalam dua pertandingan terakhir mereka di Liga Inggris.

Sempat tampil brilian pada bulan Desember lalu, Liverpool seperti kehabisan bensin beberapa pekan ini. Tim besutan Jurgen Klopp hanya dapat bermain imbang saat menjamu Leicester City 1-1 dan yang terakhir saat bertandang ke markas West Ham United dengan skor yang sama.

Fabinho turut mengomentari tentang turunnya performa tim. Ia mengatakan bahwa tim harus melakakukan penyesuaian permainan dalam menghadapai lawan yang bermain bertahan.

"Kami memiliki kepercayaan diri, kami menikmati bulan Desember yang brilian dengan mendapat hasil yang hampir sempurna. Tetapi sekarang kami sedang mengalami penurunan ini," ujar pemain asal Brasil tersebut yang dikutip ESPN.

Menurunnya performa Liverpool memag diikuti naiknya grafik penampilan rival mereka, Manchester City. Dalam pertandingan terakhir tim asuhan Pep Guardiola mampu meraih tiga poin saat bertandang ke markas Arsenal.

Dengan kemenangan kemarin, City berhasil mengurangi defisit poin terhadap Liverpool menjadi tiga poin. Inilah yang menjadi kekhawatiran Fabinho.

Laga Penting lawan Bournemouth

Gelandang Liverpool, Fabinho berebut bola dengan gelandang Manchester City, Bernardo Silva. (AP Photo/Dave Thompson)

Dalam jadwal Liga Inggris, Manchester City dijadwalkan melawan Everton pada, Kamis (7/2/2019) dinihari nanti. Apabila anak asuh Pep Guardiola berhasil membawa pulang tiga poin, maka mereka akan mengkudeta Liverpool diposisi pertama.

Liverpool baru akan bermain pada, Sabtu (9/2) dengan manjamu Bournemouth di Anfield Stadium. Jurgen Klopp diharapkan dapat menemukan solusi bila ingin terus mengejar titel juara Liga Inggris.

Fabinho juga mengungkapkan bahwa laga melawan Bournemouth akan menjadi laga yang sangat penting. Ia juga menegaskan bahwa mendapat tiga poin dalam pertandingan tersebut juga sangat berpengaruh dalam posisi tim.

"Mengalahkan Bournemouth sangat penting untuk melanjutkan perjalanan dengan selisih tiga poin di puncak klasemen. sekarang kita hanya fokus melawan Bournemouth," ujar pemain berkepala plontos tersebut.

 

Puasa Gelar Liverpool

Musim ini menjadi musim impian bagi para fans Liverpool. Mereka ingin The Reds menyudahi puasa gelar Liga Inggris. Terakhir kali Liverpool dapat merengkuh gelar Liga Inggris 29 tahun lalu, tepatnya pada musim 1989-1990.

Saat itu skuat The Reds diisi oleh nama-nama besar, sebut saja; Ian Rush, Steve McMahon, dan Jhon Branes yang dilatih oleh Kenny Dalglish. Liverpool berhasil menjuarai Liga Inggris usai ungul sembilan poin dari posisi kedua yang dihuni Aston Villa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memimpin Penguatan di Asia, Rupiah Tembus 13.888 per Dolar AS

Posted: 05 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) cenderung menguat usai rilis data pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5,17 persen pada 2018.

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah bergerak di kisaran 13.895 per dolar AS. Pada pembukaan Rabu pekan ini, rupiah menguat 16 poin ke posisi 13.945 per dolar AS dari penutupan perdagangan 13.961 per dolar AS. Sepanjang Rabu pekan ini, rupiah bergerak di posisi 13.895-13.950 per dolar AS.

Data RTI menunjukkan, nilai tukar rupiah berada di posisi 13.888 per dolar AS.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) berada di kisaran 13.947 per dolar AS dari periode 4 Februari 2019 di kisaran 13.976 per dolar AS.

Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede menuturkan, nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS) didorong rilis data ekonomi Indonesia pada 2018. Hal tersebut direspons positif oleh pelaku pasar.

"Data BPS cukup positif. Pertumbuhan ekonomi kuartal IV melampaui harapan pasar. Full year sesuai dengan forecast pemerintah kalau dibulatkan menjadi 5,2 persen," ujar Josua saat dihubungi Liputan6.com.

Ia menuturkan, pergerakan rupiah yang menguat memberikan kepercayaan investor. Apalagi dengan rilisnya pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2018. Selain itu, bursa saham Asia juga sebagian besar libur untuk peringati hari raya Imlek sehingga sentimen domestik mempengaruhi pasar keuangan Indonesia.

"Sentimen dari eksternal tidak terlalu pengaruhi. Sentimen domestik membuat rupiah menguat signifikan sehingga memimpin penguatan di Asia," kata dia.

Akan tetapi, Josua mengingatkan, pergerakan nilai tukar rupiah masih dipengaruhi sentimen global. Hal itu terutama dari kebijakan suku bunga bank sentral AS atau the Federal Reserve, perang dagang dan Brexit.

"Selain itu, harga batu bara juga agak menguat. Sebelumnya dolar AS agak menguat usai data PMI AS menurun. Namun, sentimen dalam negeri GDP cukup kuat," kata dia.

Sedangkan dari dalam negeri, pelaku pasar juga menunggu data neraca transaksi berjalan yang rilis pada Jumat pekan ini. Diperkirakan defisit neraca transaksi berjalan melebar pada kuartal IV 2018.

Josua prediksi, pergerakan nilai tukar rupiah masih akan menguat dalam jangka menengah. "Rupiah akan bergerak di kisaran 13.800 per dolar AS," ujar dia.

 

IHSG Menguat 61,66 Poin pada Sesi Pertama

Pekerja melintas di layar sekuritas di Jakarta, Senin (1/8). IHSG mengakhiri perdagangan hari ini ditutup di teritori positif. Seharian, IHSG bergerak di zona hijau dan ditutup melesat hingga nyaris 3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 61,66 poin atau 0,95 persen ke posisi 6.543,11 pada sesi pertama.

Sebagian besar indeks saham acuan menguat kecuali indeks saham DBX turun 0,15 persen. Sementara itu, indeks saham LQ45 mendaki 1,21 persen.

Sebanyak 261 saham menguat sehingga mengangkat IHSG. 129 saham melemah dan 126 saham diam di tempat.

Pada sesi pertama, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.547,84 dan terendah 6.503,57.

Total frekuensi perdagangan saham 246.503 kali dengan volume perdagangan 8,1 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 5 triliun. Investor asing beli saham Rp 146,17 miliar di pasar regular.

Saham-saham yang menguat antara lain saham KONI mendaki 20,19 persen ke posisi 500 per saham, saham WIIM melonjak 19,73 persen ke posisi 352 per saham, dan saham FREN menanjak 16,31 persen ke posisi 164 per saham.

Sedangkan saham-saham yang tertekan antara lain saham OCAP melemah 34,12 persen ke posisi 112 per saham, saham MABA merosot 24,73 persen ke posisi 70 per saham, dan saham ARTA tergelincir 15,28 persen ke posisi 970 per saham.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Bahan Ini Ampuh Bersihkan Kotoran Telinga yang Mengeras

Posted: 05 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bila kebersihan telinga tidak dijaga, kotoran di bagian tubuh tersebut bisa menumpuk dan menyumbat. Ujung-ujungnya, telinga terasa sakit karena penumpukan kotoran tersebut.

Berikut cara membersihkannya seperti dirangkum dari beberapa sumber.

1. Minyak kelapa

Kandungan asam lemak pada minyak kelapa yang merupakan bahan alami, efektif dalam melawan mikroba sehingga menurunkan risiko infeksi saat membersihkan kotoran telinga yang beku.

Caranya, panaskan secukupnya satu sendok makan minyak kelapa, tuang beberapa tes perlahan ke telinga yang sakit. Diamkan selama 10 menit, lalu miringkan kepala untuk mengeluarkan kotoran yang telah meleleh. Ulangi bila perlu.

2. Minyak almond

Minyak ini juga berfungsi sebagai pelumas untuk menghilangkan kotoran telinga. Caranya sama seperti saat menggunakan minyak kelapa.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

3. Baby oil

johnson-baby-oil-125-ml

Baby oil yang merupakan minyak mineral dengan tambahan aroma wangi menenangkan, sangat baik untuk melembutkan kotoran telinga. Siapkan baby oil, pipet penetes, dan bola kapas. Masukkan beberapa tetes baby oil dengan pipet atau bola kapas ke telinga yang tersumbat.

Kemudian, tutup lubang telinga dengan menggunakan bola kapas lainnya. Diamkan selama beberapa waktu, lalu lepaskan dari telinga.

4. Baking soda

merupakan terapi alami yang bisa membersihkan kotoran telinga. Ini juga bisa berfungsi sebagai antiseptik.

Caranya, siapkan 1/4 sendok teh baking soda, 2 sendok teh air, dan kain lembut. Campurkan baking soda dengan air.

Tuang beberapa tetes ke dalam telinga dengan pipet. Biarkan beberapa menit lalu miringkan kepala untuk mengeluarkannya baru dibersihkan dengan kain lembut.

5. Minyak apel

Sifat antibakter dan antijamurnya juga sangat baik untuk mengatasi mikroba berbahaya yang mungkin berada di saluran telinga. Caranya, campurkan minyak apel dengan air, lalu teteskan pada telinga.

Diamkan beberapa menit, miringkan kepala untuk mengeluarkannya.

 

6. Air garam

Nyeri pada Mulut? Kumur Air Garam Saja! (Alexeysun/Shutterstock)

Siapkan air garam dan kapas bersih. Campurkan 1 sdm garam ke dalam air, basahi kapas dengan air garam. Lalu teteskan ke telinga, tutup telinga dengan kapas lainnya baru dibersihkan.

7. Minyak bawang putih

Kandungan antibiotiknya juga ampuh membersihkan telinga yang sakit karena kotoran menumpuk di sana. Caranya, ambil 3 siung bawang putih dan panaskan dengan minyak hingga sedikit menghitam.

Setelah bawang putih meresap minyak, remas perlahan agar minyak dalam bawang menetes keluar. Teteskan hasil minyak tersebut ke dalam telingamu.

 

8. Air hangat

Air hangat | unspalsh.com

Ini dapat melembutkan kotoran telinga yang telah mengeras, menghilangkan debu, minyak, dan lainnya.

Caranya, siram air hangat ke dalam telinga dan diamkan beberapa menit. Lalu miringkan kepala agar kotoran telinga meleleh keluar.

9. Alkohol dan cuka

Campuran kedua bahan ini juga ampuh melarutkan kotoran telinga. Caranya, siapkan masing-masing satu sendok teh alkohol dan cuka. Campurkan keduanya lalu teteskan ke telinga.

Reporter: Nur Luthfiana Hardian

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Terima Ditilang, Pemuda Mengaku Anggota TNI Ludahi Polisi

Posted: 05 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Serang - Tak terima ditilang, seorang pemuda bercelana pendek yang mengaku TNI meludahi anggota Satlantas Polres Serang Kota. Peristiwa tersebut terekam dalam video yang beredar di media sosial. 

Beruntung, anggota polisi yang sedang bertugas tidak terpancing emosi. Anggota polisi lainnya, berusaha menenangkan pengendara yang emosi tersebut.

Usai peristiwa itu, Polres Serang Kota langsung berkoordinasi dengan Kodim 0602/Serang untuk berkoordinasi dan mencari tahu informasi soal pemuda yang mengaku anggota TNI tersebut.

"Kita sudah sudah koordinasi dengan Dandenpom, beliau bukan tentara, hanya sipil biasa saja. Kita cek KTA juga tidak ada. Dandenpom juga menyatakan dia bukan anggota TNI," kata AKBP Firman Affandi, Kapolres Serang Kota kepada Liputan6.com, Rabu (6/2/2019).

Surat pemanggilan sudah dilayangkan ke pemuda itu, untuk menjalani pemeriksaan di Satreskrim Polres Serang Kota.

"Dalam proses penyidikan, sudah dipanggil orangnya. Untuk kita periksa sebagai saksi dulu. Untuk sanksi, (bisa dikenakan) melawan petugas pada saat melakukan kedinasan," terangnya.

Affandi menjelaskan kronologi peristiwa tersebut, awalnya saat ditilang pemuda itu berboncengan dengan temannya, di Jalan Pasar Lama Kota Serang. Temannya tidak menggunakan helm, lalu polantas memberhentikan sepeda motornya dan menilang. Tidak terima ditilang, pemuda itu memaki dan meludahi anggota Satlantas Polres Serang Kota yang sedang bertugas.

Pihak kepolisian juga melakukan tes urine, untuk mengetahui apakah pemuda itu menggunakan narkoba atau dalam keadaan mabuk saat berkendara.

"Kita masih dalami, kita akan tes urine juga pelaku, apakah sedang dalam pengaruh obat terlarang," ujarnya menambahkan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepala Rutan Medaeng Pastikan Ahmad Dhani Tak Dapat Perlakuan Khusus

Posted: 05 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Usai ditahan di LP Cipinang, Jakarta Timur, akibat kasus pencemaran nama baik, Ahmad Dhani kini diterbangkan ke Surabaya. Pentolan Dewa 19 itu akan dipindahkan ke Rutan Kelas 1 Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur.

Pemindahan itu dilakukan karena Ahmad Dhani akan menjalani sidang perkara di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis 7 Februari 2019.

Kepala Rutan Medaeng, Teguh Pambudi, membenarkan bahwa akan menerima pelimpahan sementara tahanan dari Rutan Cipinang. Dia memastikan tahanan itu ialah Ahmad Dhani.

"Iya benar. Saya dapat kabar kalau berangkat dari Cipinang pagi ini. Tapi saya tidak tahu persis apakah langsung dibawa ke sini atau ke kejaksaan dulu," tutur Teguh, Rabu (6/2/2019).

Teguh mengatakan, Ahmad Dhani akan mendapat perlakuan sama seperti tahanan lain. Dhani akan dikumpulkan di dalam sel tahanan pada umumnya berbaur dengan narapidana lainnya.

"Tidak ada perlakuan khusus, di sini sudah penuh, isinya itu 2.900 napi, kapasitasnya 1.500 napi. Makanya tidak ada yang khusus," kata Teguh.

Kepentingan Persidangan

(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Secara terpisah, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Jatim, Richard Marpaung juga membenarkan bahwa hari ini Dhani dibawa ke Surabaya. Pihaknya memastikan sudah berkoordinasi dengan Kejari Jaksel, PN Jaksel, dan Ditjen PAS.

"Hari ini, langsung dibawa ke Rutan Medaeng. Kita ada kepentingan menyidangkannya besok di PN Surabaya," ujar Richard.

Ujaran Idiot

(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Polda Jatim akhirnya menetapkan Ahmad Dhani Prasetyo sebagai tersangka pencemaran nama baik. Musisi asal Surabaya itu terjerat kasus mengucapkan kata 'idiot' yang menyinggung salah satu unsur massa pengunjuk rasa yang menolak deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya beberapa waktu lalu.

"Yang bersangkutan, saudara AD alias Ahmad Dhani kami tetapkan sebagai tersangka atas laporan pencemaran nama baik karena ujaran I (idiot)," tutur Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, di Mapolda Jatim, Kamis, (18/10/2018).

Penyidik Subdit Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur, memanggil politikus Partai Gerindra Ahmad Dhani Prasetyo untuk hadir pada Jumat 28 September 2018, terkait video ujaran idiot jelang deklarasi #2019GantiPresiden beberapa waktu yang lalu di Surabaya.

"Iya, surat panggilannya hari ini yang bersangkutan dimintai keterangan," tutur Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Jumat (28/9/2018).

Dhani dilaporkan oleh aktivis Koalisi Bela NKRI ke Polda Jatim. Pelapor merupakan salah satu elemen yang berdemo menolak deklarasi #2019GantiPresiden.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dirut PT WKE Budi Suharto Kembali Diperiksa KPK

Posted: 05 Feb 2019 10:00 PM PST

Dirut PT Wijaya Kusuma Emindo (WKE) Budi Suharto tiba untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka terkait sejumlah kasus suap proyek pembangunan SPAM TA 2017-2018di Kementerian PUPR di gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/2). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut PT Wijaya Kusuma Emindo (WKE) Budi Suharto tiba untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka terkait sejumlah kasus suap proyek pembangunan SPAM TA 2017-2018di Kementerian PUPR di gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/2). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut PT Wijaya Kusuma Emindo (WKE) Budi Suharto menggunakan kursi roda di kawal petugas tiba di gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/2). Budi diperiksa terkait kasus suap proyek pembangunan SPAM TA 2017-2018di Kementerian PUPR. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut PT Wijaya Kusuma Emindo (WKE) Budi Suharto menggunakan kursi roda di kawal petugas tiba di gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/2). Budi diperiksa terkait kasus suap proyek pembangunan SPAM TA 2017-2018di Kementerian PUPR. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut PT Wijaya Kusuma Emindo (WKE) Budi Suharto tiba menggunakan kursi roda di gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/2). Budi diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap proyek pembangunan SPAM TA 2017-2018di Kementerian PUPR. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut PT Wijaya Kusuma Emindo (WKE) Budi Suharto tiba menggunakan kursi roda di gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/2). Budi diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap proyek pembangunan SPAM TA 2017-2018di Kementerian PUPR. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut PT Wijaya Kusuma Emindo (WKE) Budi Suharto tiba menggunakan kursi roda di gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/2). Budi diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap proyek pembangunan SPAM TA 2017-2018di Kementerian PUPR. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut PT Wijaya Kusuma Emindo (WKE) Budi Suharto tiba menggunakan kursi roda di gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/2). Budi diperiksa sebagai tersangka terkait kasus suap proyek pembangunan SPAM TA 2017-2018di Kementerian PUPR. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Garis Besar Pidato Donald Trump di Kongres AS, Ada Shutdown Government Jilid 2?

Posted: 05 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah menyampaikan pidato kenegaraan awal tahunnya di Kongres AS (parlemen) pada Selasa 5 Februari 2019 pukul 21.00 malam waktu lokal --atau pukul 09.00 WIB pada 6 Februari 2019.

Sesuai tradisi The State of the Union (sebagaimana perhelatan itu dikenal di AS), pidato itu menjadi ajang bagi presiden untuk menyuarakan pelaksanaan kebijakannya tahun lalu dan memproyeksikan kebijakannya yang akan datang pada sepanjang tahun ini.

Dalam pidato keduanya sejak menjabat sebagai presiden, Trump meminta anggota parlemen untuk "memecahkan dekade kebuntuan politik" dan "menyembuhkan luka lama" hanya beberapa pekan setelah penutupan pemerintah parsial atau government shutdown terpanjang dalam sejarah Negeri Paman Sam.

Dengan Ketua House of Representatives (majelis rendah Kongres) Nancy Pelosi dan Wakil Presiden sekaligus Ketua Senat AS (majelis tinggi Kongres) Mike Pence duduk di belakangnya di podium, Presiden Trump berbicara selama hampir satu setengah jam, dengan seringnya tepuk tangan meriah dari anggota Partai Republik yang berseru "USA!" di beberapa titik.

Dalam the State of the Union tahun ini, ruang sidang House of Representatives juga ditandai oleh lusinan legislator perempuan Demokrat yang mengenakan pakaian putih, warna yang secara historis dikaitkan dengan gerakan hak pilih.

Pidato Presiden Donald Trump adalah pidato pertamanya untuk sesi bersama ketika House of Representatives mulai dikendalikan oleh Partai Demokrat yang beroposisi --sejak kemenangan partai itu pada Pemilu Paruh Waktu November 2018 lalu.

Pernyataan Trump juga disampaikan ketika Kongres berupaya membuat kesepakatan mengenai keamanan perbatasan untuk mencegah terjadinya shutdown jilid dua yang tenggat waktunya semakin dekat pada 15 Februari mendatang.

Berikut 8 garis besar pidato the State of the Union Presiden Donald Trump seperti dikutip dari CBS, Rabu (6/2/2019):

 

Simak juga video pilihan berikut:

1. Menekankan Kompromi Bipartisan

(dari kiri ke kanan) Pemimpin oposisi DPR AS Nancy Pelosi, Wapres AS Mike Pence, Presiden Donald Trump, dan Pemimpin oposisi DPD AS Chuck Schumer (AP PHOTO)

Trump memulai pidato kenegaraannya dengan menyerukan Kongres tentang semangat kerja bipartisan (pelibatan bersama kepentingan dua partai politik) dan kompromi.

"Agenda yang saya paparkan malam ini bukan agenda Republik atau agenda Demokrat. Ini adalah agenda rakyat Amerika," kata Trump.

"Kita harus menolak politik balas dendam, perlawanan, dan pembalasan - dan merangkul potensi kerja sama yang tak terbatas, kompromi dan kebaikan bersama," lanjut Trump, meskipun ia dikenal karena secara terbuka menghina dan meremehkan musuh politiknya.

2. Kemajuan Ekonomi dan Keterbukaan Lapangan Pekerjaan

Trump menggembar-gemborkan prestasi pemerintahannya dalam dua tahun pertamanya di kantor untuk tepuk tangan meriah dari sisi Republik dari kamar.

"Ekonomi AS tumbuh hampir dua kali lebih cepat hari ini ketika saya menjabat, dan kami dianggap sebagai ekonomi terpanas di mana pun di dunia," kata Trump, mengulangi perkataan yang kurang lebih sama seperti yang ia sampaikan pada kampanye Pilpres AS 2016, menurut catatan CBS.

Ia juga berbicara tentang tingkat pengangguran yang rendah di antara orang Afrika-Amerika, Asia-Amerika, Hispanik-Amerika, dan perempuan dalam masa jabatannya.

3. Mengkritik Investigasi Campur Tangan Rusia di Pilpres AS

Robert Mueller, Kepala Penyelidik Khusus Kementerian Hukum dan Kehakiman AS yang menangani dugaan skandal campur tangan Rusia dalam Pilpres AS 2016 (AP)

Presiden Trump mengatakan "keadaan persatuan kita kuat," sekali lagi dengan tepuk tangan meriah dan seruan "USA!" dari Partai Republik. Banyak Demokrat tidak bertepuk tangan.

"Kedengarannya bagus," gurau Mr. Trump, menanggapi seruan.

"Sebuah keajaiban ekonomi sedang terjadi di Amerika Serikat - dan satu-satunya hal yang dapat menghentikannya adalah perang bodoh, politik, atau investigasi partisan yang konyol," kata Trump, merujuk pada penyelidikan penyelidik khusus Robert Mueller terhadap campur tangan Rusia pada tahun Pilpres 2016.

"Jika akan ada perdamaian dan legislasi, tidak mungkin ada perang dan investigasi."

4. Shutdown

Presiden AS, Donald Trump berbincang saat melakukan perjalanan untuk melihat prototipe tembok perbatasan AS dan Meksiko di San Diego, Selasa (13/3). Tembok ini adalah perwujudan dari janji Trump pada kampanye presiden 2016 lalu. (AP/Evan Vucci)

Presiden Trump meminta Kongres untuk meloloskan RUU untuk mendanai pemerintah dan efektif memutus kekhawatiran akan adanya government shutdown jilid dua pada 15 Februari mendatang.

Trump menandatangani RUU yang membuka kembali pemerintah pada 25 Januari 2019, namun, tanpa mendapatkan uang untuk tembok perbatasan setelah shutdown 35 hari.

Resolusi berkelanjutan untuk mendanai pemerintah berakhir pada 15 Februari, dan Trump melanjutkan seruannya untuk pendanaan bagi tembok perbatasan.

"Malam ini, saya meminta Anda untuk membela perbatasan selatan kami yang sangat berbahaya karena cinta dan pengabdian kepada sesama warga dan negara kami," kata Trump.

Dia mengulangi argumen yang sering dia buat untuk membenarkan tembok, dengan mengatakan bahwa orang kaya dan berkuasa mendirikan tembok di sekitar rumah mereka untuk melindungi dari penyusup.

Sejumlah politisi Partai Demokrat telah lama menolak usulan Trump, dengan mengatakan bahwa pembangunan tembok adalah "hal yang tidak manusiawi dan membuang-buang anggaran" serta menyarankan sang presiden tentang "opsi lain yang lebih humanis dan tidak mahal."

Menegaskan kembali keinginannya untuk membuat tembok, Trump menggembar-gemborkan proposal "akal sehat" para legislator untuk membangun tembok di perbatasan selatan. Meskipun presiden lain tidak berhasil membangun tembok perbatasan, Trump berkata, "Saya akan membangunnya."

5. Memuji Legislator Perempuan di Kongres AS

Audiens yang tak terduga bersorak di ruang sidang House of Representatives dalam pidato Trump: perempuan Demokrat anggota Kongres.

Ketika Presiden Trump mengatakan bahwa perempuan telah mengisi 58 persen dari kursi legislatif sejak Pemilu Paruh Waktu November 2018, politisi kaum hawa kongres Demokrat melompat dan bersorak.

"Anda tidak seharusnya melakukan itu," gurau Trump ke kubu Demokrat dari kamar itu. "Terima kasih banyak."

Setelah perempuan itu mulai duduk, Presiden Trump mendesak mereka untuk tetap berdiri: "Jangan duduk dulu, Anda akan seperti ini," canda dia.

Dia kemudian mengakui bahwa lebih banyak perempuan yang bertugas di Kongres daripada di waktu lainnya dalam sejarah. Ini disambut dengan tepuk tangan meriah dan sorakan "USA!" Kali ini, Demokrat bergabung dalam sorai itu.

6. Tarif Perdagangan dan Investasi Infrastruktur, Singgung China?

Bendera AS dan China (AP/Andy Wong)

Dalam sebuah pernyataannya yang tampak merespons perang dagang dan saling balas tarif antara AS - China, Trump meminta Kongres untuk mengeluarkan Undang-Undang Perdagangan Resiprokal Amerika Serikat, "sehingga jika negara lain menempatkan tarif yang tidak adil pada produk Amerika, kita dapat membebankan tarif yang sama persis pada produk yang sama yang mereka jual kepada kita."

Dia juga menyinggung rencana infrastruktur yang telah lama dijanjikan, prioritas pemerintahannya sejak menjabat.

"Saya ingin bekerja sama dengan Anda tentang undang-undang untuk memberikan investasi infrastruktur yang baru dan penting, termasuk investasi di industri-industri inovatif di masa depan," katanya.

China telah lebih dulu menggelontorkan investasi serupa berskala global melalui kebijakan 'Belt and Road'-nya, mengindikasikan bahwa rencana Trump tampak menjawab tantangan Beijing dalam aspek yang sama.

7. Mengumumkan Tanggal Pertemuan Kedua dengan Kim Jong-un

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menggapai tangan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un untuk bersalaman dalam pertemuan bersejarah di resor Capella, Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6). (AP Photo / Evan Vucci)

Presiden Trump mengumumkan pertemuan puncak kedua dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un pada akhir bulan ini.

"Jika saya tidak terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat, kami saat ini, menurut pendapat saya, akan berada dalam perang besar dengan Korea Utara," klaim Trump.

"Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tapi hubunganku dengan Kim Jong-un bagus."

Dia mengatakan akan bertemu dengan Kim pada 27 dan 28 Februari di Vietnam.

8. Timur Tengah

Tentara Amerika Serikat di Afghanistan pada Juni 2017 (File / AP PHOTO)

Presiden Trump menyampaikan keputusannya untuk menarik pasukan dari Suriah dan Afghanistan, yang telah mendapat perlawanan dari banyak Partai Republik.

"Kami telah menghabiskan lebih dari US$ 7 triliun dolar di Timur Tengah. Sebagai kandidat untuk Presiden, saya menjanjikan pendekatan baru. Negara-negara besar tidak berperang tanpa akhir," kata Trump.

Dia mengklaim bahwa AS telah membantu membebaskan Suriah dan Irak dari kelompok teroris ISIS, namun, banyak negara Barat lain tidak setuju jika negara itu telah terbebas sepenuhnya dari kelompok teroris.

Trump juga membahas perang di Afghanistan, yang telah berlangsung selama 18 tahun terakhir. Pemerintah saat ini sedang menegosiasikan pembicaraan damai dengan Taliban. Beberapa Republikan khawatir bahwa pemerintah Afghanistan tidak memainkan peran yang lebih besar dalam negosiasi.

"Ketika kita membuat kemajuan dalam negosiasi ini, kita akan dapat mengurangi kehadiran pasukan kita dan fokus pada kontra-terorisme," kata Trump.

"Kami tidak tahu apakah kami akan mencapai kesepakatan - tetapi kami tahu bahwa setelah dua dekade perang, waktunya telah tiba untuk setidaknya mencoba perdamaian."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fahri Desak Jokowi Ambil Langkah Darurat

Posted: 05 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Fahri Hamzah mendesak Presiden Jokowi untuk segera mengambil langkah darurat terkait kasus Ahmad Dhani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyamuk Pembawa DBD pun Senang Hidup di Tempat Bersih

Posted: 05 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nyamuk pembawa demam berdarah dengue (DBD), Aedes Aegypti tidak hanya bersarang di tempat kotor atau tempat yang tidak terawat.

Menurut Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F Moeloek, jentik-jentik nyamuk itu juga suka berada di air bersih yang dibiarkan tergenang.

"Nyamuk DBD (bisa) hidup di air bersih yang tergenang. Di sana nyamuk akan berkembang biak," kata Menkes dikutip dari Sehat Negeriku pada Rabu, 6 Februari 2019.

Letak genangan air bersih bisa terdapat tidak hanya di luar rumah, tapi di dalam rumah pun banyak. Terutama pada barang-barang pribadi seperti tempat penampungan air atau dispenser, bak mandi atau bak penampungan air, dan tempat minum burung.

Menkes pun mengimbau agar masyarakat menjaga kebersihan lingkungan di rumah, mencari jentik-jentik nyamuk, serta meningkatkan pemberantasan sarang nyamuk karena tempat genangan air menjadi tempat berkembang biak jentik nyamuk DBD hingga menjadi nyamuk dewasa.

 

Perlu Adanya Jumantik untuk Berantas DBD

Gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) tuntas dinilai paling efektif menekan angka penularan DBD. (Foto: Liputan6.com/Humas Pemkab BMS/Muhamad Ridlo)

Lebih lanjut, Menkes mengatakan bahwa perlu adanya jumantik di setiap rumah dan di lingkungan tempat tinggal, termasuk di sekolah. Dengan adanya satu rumah satu jumantik dalam memberantas sarang nyamuk, nyawa satu keluarga bisa tertolong dari demam berdarah.

Sebagaimana dikutip dari Loop, The Caribbean Public Health Ageny (CARPHA) mengatakan bahwa pada umumnya nyamuk, tak terkecuali nyamuk pembawa DBD, berkembang biak pada drum, tangki penyimpanan air, dan ban bekas.

Jurnal e-Biomedik tentang Ketahanan Hidup dan Pertumbuhan Nyamuk Aedes spp pada Berbagai Jenis Air Perindukan mengungkapkan bahwa air limbah sabun tidak memungkinkan nyamuk Aedes untuk dapat hidup dan bertumbuh dibandingkan dengan jenis perindukan air comberan, sumur galian dan PAM.

Hal tersebut disebabkan karena faktor yang mempengaruhi ketahanan dan pertumbuhan nyauk Aedes spp didapati pH yang terkandung pada air limbah sabun bersifat basa, yaitu 12,8. Nyamuk Aedes tidak akan mampu betahan atau mati pada saat pH kurang dari 3 atau lebih dari 12.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertemuan Cawagub DKI dengan Fraksi Gerindra Gagal 3 Kali, Kenapa?

Posted: 05 Feb 2019 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan tiga calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno dengan Fraksi Gerindra kembali batal. Seharusnya pertemuan itu diselenggarakan pada 21 Januari 2019.

Selanjutnya pertemuan itu dijadwalkan kembali pada 29 Januari 2019, akan tetapi gagal juga. Kemudian, kedua fraksi juga menjadwalkan ulang pada Rabu, 6 Februari 2019 dan kembali batal.

Ketua Fraksi Gerindra Abdul Ghani menyatakan gagalnya pertemuan cawagub DKI itu lantaran salah satu dari mereka ada kegiatan internal partai. Dia juga menyebut pihaknya telah menerima kabar pembatalan itu.

"Bahwa yang semula sudah dijadwalkan hari ini, jam 10.00 WIB, ternyata ada misskomunikasi. Jadi satu cawagub sedang mendampingi Presiden PKS ke Jawa Tengah," kata Abdul di kantor DPRD DKI Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Tak hanya itu, dia juga menyebut saat ini kehadiran anggota Fraksi Gerindra tak lengkap. Abdul menyebut kedua belah pihak menginginkan adanya kelengkapan cawagub dan anggota Fraksi Gerindra.

"Jadi tim dari tiga cawgub DKI ini lambat memberikan informasi ke Fraksi PKS DPRD DKI. Iya sudah, saya bilang Senin (11 Februari 2019) diagendakan kembali. Karena besok, kita juga kunker," ucapnya.

 

Telah Silaturahmi ke Fraksi-Fraksi

Banner Kursi Wagub DKI Jakarta (Liputan6.com/Triyasni)

Sebelumnya, ketiga calon wakil gubernur DKI Jakarta yakni Ahmad Syaikhu, Agung Yulianto, dan Abdurahman telah bersilahturahmi dengan beberapa fraksi di DPRD DKI Jakarta. Seperti PDI Perjuangan, Golkar, PPP, Hanura dan sebagainya.

Tak hanga itu, ketiga cawagub juga telah menjalani proses fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di Hotel Aston, Jakarta Selatan.

Ketua DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo mengatakan dalam rangkaian fit and proper test yang digelar tertutup tersebut ketiga cawagub ditanyakan mengenai rencana kerja sama Pemprov DKI Jakarta.

"Ditanyakan oleh para panelis kepada kandidat, yang didalami adalah bagaimana rencana kerja sama dengan Pemda penyangga," kata Syakir, Minggu 27 Januari 2019.

Sementara itu, empat orang panelis yang ditunjuk saat fit and proper test yakni Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Syarif, Peneliti LIPI Siti Zuhro, Pakar Kebijakan Publik Eko Prasodjo, dan Pengamat Politik Ubedilah Badrun.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Kocak Penjual Mainan Promosikan Dagangannya, Bak Sales Profesional

Posted: 05 Feb 2019 09:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Salah satu strategi pemasaran agar produk yang ditawarkan dapat dilihat dan digunakan oleh para konsumen adalah dari marketing atau sales. Seorang sales adalah garda terdepan agar produknya terjual.

Tak heran, berbagai cara dilakukan agar produk jualannya laku. Seperti yang dilakukan oleh penjual mainan ini. Meski hanya menjual mainan anak-anak, cara mempromosikan barang dagangannya sangat menarik.

Penjual keliling yang unik

Penjual mainan di Kendari ini hanyalah penjual mainan keliling dengan sepeda motor dan barang-barang mainan di belakangnya. Tak hanya berkeliling, ia juga sangat lihai mempromosikan barang dagangannya bak sales professional. 

Aksi kocaknya dalam mempromosikan dagangannya itu berhasil diabadikan oleh waragnet dan diposting di Twitter oleh akun @motulz. Dalam video itu terlihat si penjual menjelaskan salah satu barang dagangannya, yakni mainan gelembung ke pembelinya. Caranya yang luwes dan kocak dalam menawarkan produknya, membuat video ini viral di media social.

"ini untuk anak bayi, ditekan langsung keluar gelembung manjanya. Ini tidak menggunakan tenaga orang fuh fuh tidak.. langsung ditekan saja keluar balon-balon manjanya.." tuturnya dengan sangat luwes.

Videonya viral di media sosial

Video yang berdurasi hampir dua menit ini diupload pada tanggal 5 Februari 2019 lalu. Video kocak penjual gelembung di akun Twitter @motulz telah ditonton sebanyak 8.814 penonton warganet.

Dilansir Liputan6.com dari Twitter , Rabu (6/2/2019) berikut video yang memperlihatkan aksi kocak penjual gelembung mainan dari Kendari dalam mempromosikan barang dagangannya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Keluhkan Kenaikan Biaya Kargo Pesawat yang Capai 300 Persen

Posted: 05 Feb 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Maskapai Penerbangan menaikkan tarif Surat Muatan Udara (SMU) secara bertahap sejak pertengahan tahun lalu yang kemudian berdampak pada kenaikan biaya kargo. Tidak tanggung-tanggung kenaikan biaya kargo mencapai kenaikan 300 persen jika dihitung sejak pertengahan tahun lalu.

"Persentase kenaikan total mencapai lebih dari 300 persen. Makanya tinggi sekali. Kenaikan itu terjadi pertama sejak Juni 2018. Sampai Januari ini naik dua kali total 300 persen lebih," ujar Ketua Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) Muhammad Feriadi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Feriadi mengatakan, kebijakan menaikkan biaya kargo ini terjadi secara tiba-tiba tanpa didahului pemberitahuan kepada pelaku usaha. Salah satu maskapai yang tercatat melakukan kebijakan kenaikan tarif adalah PT Garuda Indonesia. Perusahaan pelat merah ini tercatat dua kali melakukan kenaikan tarif.

"Tapi yang terjadi saat ini tentu di luar dugaan kita sebelumnya. Maskapai sudah melakukan kenaikan tarif berkali-kali. Sampai Januari pun kalau saya bicara Garuda di bulan Januari ini saja sudah melakukan kenaikan sampai dua kali," jelasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Berdampak ke Masyarakat

Pekerja tengah menata paket pengiriman barang di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat (13/11). PT Angkasa Pura II (Persero) akan membangun cargo village atau kawasan khusus kargo di dalam kompleks Bandara Soekarno-Hatta (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Feriadi menjelaskan, kebijakan ini secara khusus akan berdampak kepada masyarakat yang menggunakan jasa pengiriman barang ekspres dalam memenuhi kebutuhannya.

"Dampaknya dari kenaikan ini adalah user karena berapapun biaya kenaikan itu pada akhirnya  yang harus menanggung user yang ada di belakang kita," jelas dia.

Oleh karena itu, Feriadi meminta agar pemerintah mau memfasilitasi pertemuan antara pelaku usaha logistik dengan maskapai penerbangan. Sehingga ditemukan solusi untuk menekan kenaikan harga kargo udara.

"Dalam hal ini kami berharap airline duduk bareng dulu dengan kita. Mudah-mudahan pemerintah dalam hal ini bisa memfasilitasi dan memediasi. Supaya nanti dalam diksusinya kita ada kesepakatan yang win-win. Belum ada pertemuan dengan maskapai. Kebetulan saya juga mendapatkan informasinya kenaikkan ini tidak dijelaskan latar belakangnya karena apa," tandasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pose Para Influencer Pakai Baju Renang Viral di Media Sosial

Posted: 05 Feb 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Temperatur yang mencapai -50 derajat tak menghentikan deretan influencer ini membuat konten Instagram menarik. Di sejumlah foto, mereka terlihat memakai baju renang selama polar vortex, suhu ekstrem di Amerika Serikat.

Berada di antara potret sungai-sungai bekutak ayal deretan foto berbaju renang ini menarik perhatian warga dunia maya dan tengah jadi perbincangan hangat. Komentar pro-kontra pun tertera di unggahan yang dimaksud.

Adalah Ashley Slech, salah seorang influencer yang terlihat sangat tenang berpose di luar ruang ketika suhu di Chicago menyentuh angka -24 derajat Fahrenheit. Bersandar di dinding rooftop, ia hanya memakai one-piece baju renang berwarna hitam.

 

 

Bryn, salah seorang influencer, yang berpose dengan baju renang di suhu ekstrem. (dok. Instagram @gotbryn/https://www.instagram.com/p/BtRSXbOn24C/Asnida Riani)

Influencer lain, Bryn, terlihat berpose memakai bodysuit dengan hanya menambahkan jaket kulit hitam di suhu Chicago yang mencapai -50 derajat Fahrenheit. Dilansir dari People, Rabu (6/2/2019), Bryn dan sang fotografer, Whitney, sebenarnya sudah menjadwalkan pemotretan di studio, namun memutuskan pindah lokasi di saat-saat terakhir.

"Pemotretan di luar ruang dilakukan dengan spontan. Perubahan ini kami lakukan saat melihat pemandangan menakjubkan dari balkon rooftop yang memperlihatkan deretan gedung tinggi Chicago," jelas Bryn.

Hal itu dianggap sepadan untuk menahan cuaca ekstrem yang mencapai angka baru tahun ini. Pasalnya, Bryn tak mau membuat pemotretan di musim dingin miliknya terkesan begitu-begitu saja dan tak ada titik menarik.

"Sebenarnya apa yang aku unggah di Instagram-ku sama seperti orang lain. Tetap terkait dengan kejadian belakangan, tapi dengan sedikit twist," paparnya. Walau spontan, pemotretan ini, tambah Bryn, dilakukan dengan pemikiran matang.

Ia menyebut, posisi foto pakai baju renang itu berada 0,6 meter dari pintu untuk buru-buru kembali ke dalam. "Strategi kami memotret selama dua menit di luar kemudian kembali ke dalam selama lima menit untuk menghangatkan tubuh. Kami juga membawa selimut sehingga bisa memakainya selama persiapan pemotretan," tutupnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahmad Dhani Akan Dititip ke Rutan Medaeng Sidoarjo

Posted: 05 Feb 2019 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta telah memberikan izin Kejaksaan Negeri Surabaya untuk memindahkan terpidana ujaran kebencian Ahmad Dhani dari Lapas Cipinang ke Lapas Sidoarjo. Pengadilan menyebut, pemindahan pentolan Dewa 19 itu sebagai bentuk 'peminjaman' selama Dhani menjalani persidangan kasusnya di Surabaya.

Kepala Humas PT DKI Jakarta, James Butarbutar mengatakan, permohonan peminjaman itu dilayangkan oleh Kejaksaan Negeri Surabaya, dan sudah ditandatangani oleh Wakil Ketua PT DKI Jakarta.

"Kemarin tandatangan wakil mengabulkan permohonan Kejari untuk dititipkan di Rutan Madaeng, berdasarkan nomor 386/Pen.Pid 2019/PT DKI Jakarta" kata James, di Jakarta Pusat, Rabu (6/2/2019).

Menurut dia, Dhani akan berada di Medaeng selama proses persidangan selesai. Dalam kasus ini, Dhani dijerat pasal pencemaran nama baik.

"Sampai proses persidangan di sana. Menetapkan memberi izin kepada kepala kejaksaan negeri Surabaya untuk menitipkan terdakwa di Rutan kelas 1 Medaeng Surabaya selama pemeriksaan di pengadilan negeri Surabaya atas diri terdakwa atas nama Dhani Ahmad Prasetyo atau Ahmad Dhani," dia memungkasi.

Siapkan Majelis Hakim

Gaya terdakwa Ahmad Dhani usai menjalani sidang lanjutan atas kasus ujaran kebencian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (19/11). Sidang beragendakan pembacaan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sidang perdana perkara pencemaran nama baik dalam vlog ujaran Idiot dengan terdakwa Ahmad Dhani Prasetyo akan digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, Kamis 7 Februari besok.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, Richard Marpaung mengatakan, hingga saat ini, pihaknya belum menerima surat keterangan dikabulkan atau tidaknya pemindahan penahanan Ahmad Dhani Prasetyo dari Lembaga Pemasyarakat Cipinang, Jakarta, ke Surabaya.

Sebelumnya, Juru bicara Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Sigit Sutrisno menuturkan bahwa penetapan jadwal sidang Ahmad Dhani sudah keluar.

"Sidangnya hari Kamis tanggal 7 Februari 2019 mendatang," Rabu (30/1/2019).

Sigit mengatakan, pihaknya juga sudah menunjuk tiga hakim yang bakal memeriksa perkara tersebut nantinya. "Ketiga hakim tersebut yaitu, Hakim Anton, Rohmad dan Syafrudin," kata Sigit.

Reporter: Ronald

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Periksa Pengusaha Penyuap Bupati Lampung Tengah

Posted: 05 Feb 2019 09:42 PM PST

Pemilik PT Purna Arena Yudha (PAY), Simon Susilo menunggu untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/2). Simon Susilo merupakan tersangka kasus dugaan suap terhadap Bupati Lampung Tengah periode 2016-2021 Mustafa. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pemilik PT Purna Arena Yudha (PAY), Simon Susilo menunggu untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/2). Simon Susilo merupakan tersangka kasus dugaan suap terhadap Bupati Lampung Tengah periode 2016-2021 Mustafa. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pemilik PT Purna Arena Yudha (PAY), Simon Susilo menunggu untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Rabu (6/2). Simon diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Lampung Tengah tahun 2018. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pemilik PT Purna Arena Yudha (PAY), Simon Susilo menunggu untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Rabu (6/2). Simon diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Lampung Tengah tahun 2018. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pemilik PT Purna Arena Yudha, Simon Susilo (kiri) menunggu untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/2). Simon Susilo merupakan tersangka kasus dugaan suap terhadap Bupati Lampung Tengah periode 2016-2021 Mustafa. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pemilik PT Purna Arena Yudha, Simon Susilo (kiri) menunggu untuk pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (6/2). Simon Susilo merupakan tersangka kasus dugaan suap terhadap Bupati Lampung Tengah periode 2016-2021 Mustafa. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penilaian Kritikus Film Terbelah soal Alita Battle Angel

Posted: 05 Feb 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Film Alita: Battle Angel sudah menarik perhatian publik sejak diumumkan ke publik. Ini karena film tersebut diadaptasi dari manga populer yang aslinya bertajuk Battle Angel Alita atau Gunnm.

Apalagi, Alita: Battle Angle memiliki konsep fantasi nan futuristik, dan naskahnya ditulis oleh James Cameron sutradara Avatar dan Titanic.

Alita: Battle Angel mengisahkan tentang seorang cyborg (Rosa Salazar) yang ditemukan oleh seorang dokter bernama Ido (Cristoph Watz) di tempat sampah. Cyborg yang lantas diberi nama Alita ini tak ingat satu hal pun tentang masa lalunya.

Alita mencoba membangun kembali hidupnya dengan menjalin pertemanan di Iron City. Ia bahkan menemukan kekuatan dan kemampuan bertarung yang selama ini tersembunyi. Hanya saja, sekelompok cyborg lain mengincar dirinya dan orang-orang di sekelilingnya setelah kekuatan ini muncul.

Film Alita: Battle Angel sendiri, telah ditayangkan di bioskop Tanah Air sejak Selasa (5/2/2019). Artinya, film ini tayang lebih dulu di Indonesia ketimbang Amerika Serikat yang baru akan mulai memutarnya pada 14 Februari mendatang.

Namun, sejumlah kritikus film internasional sudah menyaksikan film yang disutradarai Robert Rodriguez ini. Seperti apa pendapat mereka?

Visual yang Mengagumkan

Alita: Battle Angel (20th Century Fox)

Bila dilihat dari situs agregat Metacritic dan Rotten Tomatoes, pendapat kritikus terbelah atas film ini. Saat berita ini ditulis, Alita mendapat skor 53 di Metacritic dan 59 persen di Rotten Tomatoes.

Banyak yang memuji efek visual dan dunia post-apocalyptic yang dihadirkan dalam film ini.

"Alita: Battle Angel adalah film terbaik Robert Rodriguez selama bertahun-tahun . Film ini ambisius, impresif, spektakuler secara visual, dengan performa pemain yang membuat dunia yang begitu ganjil ini terasa nyata," tulis William Bibbiani dari IGN.

Kurang Orisinal?

Alita: Battle Angel (20th Century Fox)

Hanya saja, tak sedikit pula yang mengkritik bahwa inti cerita dalam film ini terasa tidak orisinal dan terlalu sederhana. Bahkan Peter Bradshaw dari The Guardian menilai bahwa film ini lebih cocok sebagai tontonan anak-anak.

"Tak ada ide yang dewasa, menantang, dan rumit seperti dalam Ghost in the Shell. Sebuah film distopia dengan romansa yang lunak," tulis Peter.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Ketua KPK: Sekarang Banyak yang Mengaku Pancasilais

Posted: 05 Feb 2019 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Taufiequrachman Ruki, menyoroti saat ini banyak orang yang mengaku sebagai Pancasilais.

Hal ini disampaikan saat ia memberikan sambutan dalam acara penyampaian aspirasi kepada Ketua MPR RI tentang mengapa kita harus kembali ke UUD 1945.

"Belakangan dunia politik banyak beredar omongan, mengaku Pancasila, serta tuduhan terhadap kelompok yang tidak paham Pancasila, anti-NKRI," ucap Ruki di Gedung Nusantara IV DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Dia justru mempertanyakan kepada kelompok yang menuding tersebut. "Pancasila yang mana yang mereka maksudkan. Paham kah mereka yang mengaku Pancasilais?" tanya Ruki.

Dia menegaskan, sejak UUD 1945 diamandemen sampai tahun 2002, Pancasila sudah tidak lagi menjadi dasar falsafah negara.

"Dan tidak lagi menjadi sumber kebijakan, pemerintahan serta pengelola negara. Pancasila sudah dinyatakan hanya sebagai salah satu empat pilar kebangsaan. Bahkan, kalau mau jujur, sesungguhnya tidak ada fungsinya," ungkap Ruki.

Karenanya, dia mengkritik amandemen UUD yang membuat UUD 1945 kehilangan roh dan jiwanya.

"UUD 1945 yang merupakan tesis, acuan dasar dalam bernegara dan pemerintah, tahun 2002 sudah dibongkar total. Tidak tanggung-tanggung," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesan Pertama Tunggangi Honda PCX Listrik

Posted: 05 Feb 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) resmi menghadirkan Honda PCX listrik. Menjadi kendaraan ramah lingkungan, motor pabrikan Jepang tersebut sepenuhnya bertenaga listrik alias tidak menggunakan mesin konvensional.

Baru-baru ini, Liputan6.com mendapat kesempatan mencoba Honda PCX listrik di kawasan Kemayoran, Jakarta.

Honda PCX Listrik memiliki desain yang sama persis dengan PCX bermesin konvensional maupun versi hybrid. Perbedaan paling terlihat ada pada bagian belakang karena hugger yang terpasang di belakang power unit.

Skutik ini telah mengadopsi sistem smart key. Saat menyalakan motor, pengendara harus memperhatikan layar speedometer tanda motor telah menyala.

Saat hendak memacu kendaraan, pengendara yang belum pernah menggunakan kendaraan listrik harus lebih memperhatikan bukaan gas awal.

Seperti motor listrik pada umumnya, akselerasi awal motor bisa sangat menyentak. Dan pengendara mesti lebih berhati-hati karena tak ada engine brake.

Selanjutnya

Saat berada di lintasan, motor mampu berbelok dan mengikuti alur dengan baik. Karena desain sangat mirip dengan versi konvensional, pengendara juga bisa mendapat posisi riding yang bervariasi.

Hanya tersedia dalam warna Pearl Glare White, panel instrumen motor ini menampilkan informasi sistem EV.

Indikatornya meliputi speedometer, jam, kapasitas baterai yang tersisa, dan status pengisian daya saat tersambung ke daya listrik.

Menggunakan tipe suspensi belakang lebih panjang, pengendara merasa cukup nyaman berada di atas motor seorang diri.

Telah dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS) pada sistem pengereman bagian depan, PCX Listrik mampu memberikan sistem pengereman dengan baik di kecepatan 40-60 kilometer per jam.

Kesimpulan

Mengendarai PCX Listrik (foto:AHM)

Karena keterbatasan waktu dan tempat, Liputan6.com tidak bisa memacu motor hingga kecepatan tinggi. Pasalnya, lokasi pengujian dilakukan di bawah tenda.

Memiliki bobot 58 kilogram, pengendara tidak merasa kesulitan saat harus memacu kendaraan karena motor cukup nyaman digunakan dalam kecepatan rendah dan jalan berbelok.

Hal itu menjadi tanda, kendaraan listrik cukup nyaman digunakan di jalan perkotaan dengan sistem jalan yang sangat padat.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BKN Ingatkan Waspada Informasi Palsu Penerimaan PPPK Tahap I

Posted: 05 Feb 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) Tahap I akan segera diumumkan. Namun banyaknya peminat PPPK, justru disalahgunakan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oknum yang tak bertanggung jawab itu menyebarkan informasi palsu terkait penerimaan PPPK, seperti iming-iming kelulusan dan sebagainya yang akhirnya membuat masyarakat resah.

Terkait hal itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun Twitter resminya, @BKNgoid, meminta masyarakat untuk waspada terhadap informasi palsu penerimaan PPPK yang beredar.

BKN mengingatkan kepada masyarakat agar hanya percaya informasi dari website resmi (.go.id) dan media sosial Instansi yang bersangkutan.

Untuk lebih mudahnya, BKN mengimbau masyarakat untuk mem-follow Twitter BKN, @BKNgoid terkait informasi seputar penerimaan PPPK agar tidak salah.

Di akhir, BKN kembali menegaskan bahwa Seleksi PPPK/P3K Tahap I hanya untuk eks THK2 guru, tenaga kesehatan (nakes), Tenaga Harian Lepas (THL) Pertanian dan dosen PTN baru.

"Penerimaan Pegawai Pemerintah dg Perjanjian Kerja (P3K) Tahap I akan segera diumumkan. Pastikan hanya percaya info *.go.id & medsos mereka. Biar gampang, follow mimin saja agar tdk salah

Seleksi P3K Tahap I hanya u/ eks THK2 guru, nakes, THL Pertanian & dosen PTN baru

#P3K2019"

Sementara itu, untuk proses persiapan penerimaan PPPK sendiri, BKN saat ini masih tengah berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), serta Kementerian Agama (Kemenag) untuk memastikan validitas eks THK2 yang sudah ada di database BKN.

Menteri PANRB: Penerimaan PPPK Dimulai 8 Februari 2019

Komjen Syafruddin saat dilantik sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8). Syafruddin dinilai mampu melaksanakan program reformasi birokrasi. (Liputan6/HO/Pian)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengungkapkan, pemerintah akan memulai proses penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dari sektor penyuluh pertanian pada 8 Februari 2019. Sehingga penyuluh pertanian yang telah mengabdi sebagai tenaga honorer tak perlu risau atau merasa tak mendapat perhatian pemerintah.

Perekrutan tenaga honorer penyuluh pertanian, akan dilaksanakan bersamaan dengan penerimaan tenaga honorer dari bidang pendidikan, dan bidang kesehatan. Pada tahap awal penerimaan PPPK diarahkan untuk menyerap tenaga honorer pada tiga bidang tersebut. Tiga sektor tersebut merupakan bidang yang tenaganya banyak dibutuhkan oleh pemerintah.

"Jadi tenaga honorer pada tiga sektor tersebut tidak perlu kuatir karena penerimaan PPPKdiprioritaskan bagi tenaga honorer yang sebelumnya sudah bekerja di bidangnya masing-masing. Penerimaan dilakukan karena pemerintah memang membutuhkan banyak tenaga pada sektor tersebut," ujar dia di Jakarta, Senin (4/2/2019).

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Tenaga Pegawai Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (TPHL-TBPP) di GOR Jatidiri, Semarang, Minggu 3 Februari 2019, kemarin. Pada kesempatan tersebut, para tenaga honorer penyuluh pertanian mempertanyakan status pengangkatan mereka sebagai pegawai negeri.

Pada kesempatan itu, Jokowi berharap posisi penerimaan pegawai dapat diisi tenaga honorer penyuluh pertanian yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun. Sebab mengangkat tenaga penyuluh pertanian yang sudah berpengalaman jauh lebih baik.

Jokowi berjanji pada Senin 4 Januari 2019 atau hari ini akan memanggil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk membahas masalah penyuluh pertanian. Dia berjanji masalah tenaga honorer tenaga penyuluh pertanian sudah terjawab pada Rabu 9 Februari 2019.

Seperti kita ketahui, Presiden Jokowi telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Aturan ini membuka peluang seleksi dan pengangkatan bagi tenaga honorer yang telah melampaui batas usia pelamar pegawai negeri sipil (PNS).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Lucu Bill Gates di Hari Pernikahan, Pakai Rumus Matematika Saat Potong Kue

Posted: 05 Feb 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan Bill Gates? Ya, salah satu orang terkaya di dunia sekaligus bos Microsoft ini memang sudah sangat terkenal. Bos perusahaan teknologi raksasa ini ternyata sudah memiliki rasa ingin berbagi sejak dulu.

Menurut laporan Forbes, Bill Gates merupakan orang paling dermawan di Amerika Serikat (AS). Sepanjang hidupnya, dia telah menyumbangkan USD 35,8 miliar atau setara Rp 545,1 triliun (USD 1 = Rp 15.227).

Pasangan Bill dan Melinda Gates memang terkenal hobi berkeliling dunia dalam rangka menumpas kemiskinan lewat Gates Foundation yang mereka dirikan. Mereka telah berdedikasi untuk meningkatkan kualitas hidup semua orang.

Sebagai pasangan yang dinilai pintar dalam hal bidang komputer, keduanya ternyata diam-diam memiliki tingkah yang lucu nan polos lho. Hal itu diungkapkan oleh Melinda, istri Bill Gates lewat akun Instagramnya @melindafrenchgates.

Dalam akun Instagram @melindafrenchgates, ia mengunggah momen pernikahan 25 tahun lalu seperti Liputan6.com kutip pada Rabu (6/2/2019). Pada perayaan ulang tahun pernikahan yang ke-25, Melinda membagikan cerita tentang hari pernikahannya pada 1 Januari 1994 yang diunggah pada Selasa (1/1/2019).

"Hari Tahun Baru di 1994. Kami bilang sudah waktunya untuk memotong kue. Kamu berpikir itu berarti kamu perlu memotong satu irisan untuk semua orang dan melakukan perhitungan cepat yang menakjubkan untuk menghitung seberapa besar setiap irisan seharusnya. Inilah saat saya menyadari apa yang sedang terjadi dan juga saat kamu menyadari bahwa di tengah kue ada kardus dan saya lupa mengatakannya. Saya tertawa sangat keras sehingga saya tidak bisa berbicara. Saya pikir, hati saya penuh kebahagiaan malam itu, tetapi 25 tahun terakhir telah mengajarkan betapa bahagianya saya. Selamat hari jadi, @thisisbillgates!" tulis Melinda dalam unggahan momen tersebut.

Menghitung Agar Semua Mendapat Kue

Bill Gates (Sumber: melindafrenchgates)

Pada pesta pernikahannya, lelaki yang lahir pada 28 Oktober 1955 ini berpikir keras dengan perhitungan matematika secara cepat untuk menentukan seberapa besar potongan ukuran kue tersebut. Agar semua tamu undangan mendapatkan kue tersebut tanpa menyadari ada kardus di tengah-tengah kue tersebut.

Melinda, sang istri yang menyadari perbuatan Bill Gates terheran dengan kelakuan suami barunya sampai lupa memberi tahu kalau pemotongan kue hanya sebagai simbolik dan ada kardus di tengah-tengah mereka.

Saat Bill Gates sadar, Melinda sudah terlanjur tertawa terbahak-bahak sampai tidak bisa berbicara.

Menurut ibu dari tiga anak ini, malam itu merupakan malam yang paling membahagiakan dalam hidupnya. Namun, ternyata selama 25 tahun pernikahan justru mengajarkannya bahwa selama 25 tahun itu juga Melinda mendapatkan kebahagiaan tersebut.

Respon dari Warganet

Bill Gates ( Foto: CNBC.com)

Cerita dari Melinda ini pun banjir pujian dari warganet. Semua memberi respon positif dan salut dengan apa yang dilakukannya.

Salah satu warganet @ ama_d_nomenyo menulis, " Selamat ulang tahun pernikahan untukmu. Kalian berdua adalah berkat Tuhan bagi dunia ini."

Akun lainnya @carmenzbarr, "Selamat ulang tahun salah satu pasangan favorit saya di dunia!! Kalian melakukan banyak hal baik bagi dunia. Semoga sukses!"

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bintang Game of Thrones Kunjungi Latihan MU

Posted: 05 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) mendapat kejutan saat menjalani sesi latihan, Selasa (5/2). Setan Merah mendapatkan kunjungan mendadak dari salah satu bintang film serial terkenal Game of Thrones, John Bradley.

MU tengah dalam persiapan untuk laga kontra Fulham yang digelar pada akhir pekan mendatang. Pertandingan itu sendiri akan berlangsung di markas The Cottagers, yakni Craven Cottage.

Situasi dalam skuat berjuluk MU3888236 sedang positif, di mana mereka sukses meraih sembilan kemenangan dari 10 laga yang telah dijalani bersama Ole Gunnar Solskjaer.

MU berniat melanjutkan torehan positifnya dengan mengalahkan Fulham. Sebab dengan kemenangan, mereka punya peluang untuk mengkudeta Chelsea yang sedang menikmati kedudukannya di posisi empat klasemen Premier League saat ini.

Dukungan tambahan lalu datang dari salah satu pengunjung tempat pelatihan Manchester United, Carrington. Ya, dia adalah John Bradley, pemeran Sam Tarly dalam serial yang sedang populer saat ini, Game of Thrones.

Kehadirannya tersebut disambut dengan positif. Bahkan salah satu staf pelatih Manchester United, Mike Phelan, terlihat berpose dengan pria berumur 30 tahun tersebut dalam sebuah foto yang ia unggah melalui akun Twitter-nya.

 

Tweet Mike Phelan

Bisa dibilang, John Bradley merupakan salah satu penggemar setia Manchester United. Terbukti, ia sempat mengunjungi pusat pelatihan tim saat sedang melawat ke Amerika Serikat guna menjalani rangkaian laga pra-musim di tahun 2017 lalu.

Ia hadir bersama bintang Game of Thrones lainnya yang memerankan sosok Gendry Baratheon, yakni Joe Dempsie. Saat itu, keduanya bertemu dengan pelatih Manchester United, Jose Mourinho, yang pada bulan Desember 2018 lalu dipecat oleh manajemen tim.

John Bradley sendiri bukanlah satu-satunya bintang film yang pernah bertemu dengan skuat Manchester United. Sebelumnya, sosok seperti Gary Oldman juga pernah terlihat berfoto dengan para pemain klub raksasa Premier League tersebut.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikabarkan Segera Menikah, Syahrini dan Reino Barack Hilang dari Medsos

Posted: 05 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengenai hubungan Syahrini dan Reino Barack semakin berkembang. Ada isu beredar keduanya sudah bertunangan. Bahkan baru-baru ini, mereka dikabarkan segera menikah.

Namun, saat dihubungi Showbiz Liputan6.com mengenai kebenaran kabar itu, belum ada klarifikasi dari kedua belah pihak. Syahrini dan Reino Barack masih bungkam. Mereka seperti enggan menanggapinya. 

Bahkan ketika mengintip unggahan di akun media sosial masing-masing, Syahrini dan Reino Barack seolah seperti menghilang dari dunia maya. Unggahan Syahrini di Instagram yang biasanya rajin meng-update, kini sudah ditinggalkan sejak tiga hari lalu.

Reino Barack pun belum mengunggah Instagram Stories maupun foto-foto terbaru yang sudah tak diperbarui lagi sejak Desember 2018. Tak munculnya unggahan baru Syahrini, tentu saja membuat Reino tidak menekan tombol like selama beberapa hari.

Menikah di Jepang?

Reino Barack buka-bukaan soal hubungannya dengan Syahrini dan Luna Maya

Kabar mengenai pernikahan tersebut beredar melalui unggahan di beberapa akun di Instagram, salah satunya adalah akun @jenk_rumpi.

Dalam unggahannya, terdapat kutipan dari akun tabloid seleb yang memuat berita tentang isi pernikahan Reino Barack dan Syahrini. Disebutkan juga bahwa Syahrini dan Reino Barack akan menikah di Jepang.

Unggahan tersebut juga menyatakan bahwa Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. K.H. Nasaruddin Umar, M.A., Ph.D., mengaku telah diundang ayah Reino Barack untuk berangkat ke Jepang.

Imam Besar Masjid Istiqlal

Syahrini

"Prof. K.H. Nasaruddin Umar, M.A., Ph.D.,Imam Besar Masjid Istiqlal "Felling Saya Insya Allah (Reino-Syahrini) Menikah"Saya diundang ke Jepang oleh Pak Rosano Barack. Kebetulan saya bersahabat baik dengan Pak Rosano, ayahnya Reino Barack. Undangan itu memang masih dalam bentuk telepon-teleponan, karena undangan resminya belum dikirim. Rencananya saya akan berangkat dari Indonesia tanggal 24 Februari. Kemungkinan acaranya tanggal 26 dan 27 Februari," begitu yang ditulis dalam unggahan akun tabloid tersebut.

Lebih lanjut, Nasaruddin Umar mengatakan bahwa dirinya belum mengetahui pasti undangan tersebut dalam rangka apa. Ia menduga itu adalah soal pernikahan.

Sebelum ini, Syahrini dan Reino dikabarkan bertunangan di Jepang. Namun, keduanya menghindar saat ditanya kebenarannya.

Sumber yang dekat dengan Reino Barack sempat menyebutkan orang tua pengusaha muda ini senang atau sudah sreg dengan Syahrini. Apakah itu berarti Syahrini sudah direstui melangkah ke pelaminana bersama Reino?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG: Waspada Gelombang Laut Tinggi 3 Hari ke Depan

Posted: 05 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai gelombang tingi yang diperkirakan terjadi tiga hari ke depan sampai Sabtu 9 Februari 2019. 

Melalui laman resminya, BMKG menyebut gelombang tinggi berpeluang terjadi di Samudra Hindia Selatan Jawa Timur hingga NTT, Perairan Barat Yos Sudarso, dan Laut Arafuru Bagian Tengah hingga Timur. Tinggi gelombang diperkirakan berkisar 2,5-4 meter.

Gelombang ini terjadi akibat kecepatan angin yang tinggi di wilayah tersebut.

Oleh karena itu pula, sektor pelayaran perlu memerhatikan risiko tinggi terkait keselamatan nelayan dan awak kapal. Selain itu, BMKG mengimbau agar masyarakat di pesisir di wilayah tersebut tetap waspada.

"Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi serta wilayah pelayaran padat agar tetap selalu berhati-hati dan waspada," tandas BMKG dalam siaran tertulisnya, Rabu (6/2/2019).

(Rifqi Aufal Sutisna)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Donald Trump dan Kim Jong-un Akan Bertemu di Vietnam

Posted: 05 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pertemuan antara Donald Trump dan Kim Jong-un akan kembali dilakukan. Kali ini Vietnam dipilih menjadi tempat pertemuan yang membahas senjata nuklir tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Taliban - Politikus Afghanistan Gelar Pertemuan Langka di Moskow, Berdamai?

Posted: 05 Feb 2019 09:28 PM PST

Liputan6.com, Moskow - Taliban memulai pertemuan yang jarang terjadi dengan para politikus utaam Afghanistan --termasuk di antaranya wanita-- pada Selasa 5 Februari di Moskow, di mana saingan Presiden Ashraf Ghani menyerukan pemerintahan sementara ketika mereka bernegosiasi tanpa dirinya.

Dalam pertemuan langka itu, Taliban menguraikan visi mereka untuk Afghanistan, termasuk di antaranya aturan seputar wanita dan adopsi konstitusi Islam, demikian sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Rabu (6/2/2019).

Menariknya, Taliban berinisiatif untuk memimpin doa dan jamuan makan siang dengan para pejabat tinggi Afghanistan --beberapa musuh bebuyutan--sebelum memulai agenda pembicaraan.

Perundingan di meja bundar itu, yang termasuk membahas hak-hak wanita Afghanistan, terjadi sepekan setelah pemberontak mengadakan pembicaraan dengan para perunding asal Amerika Serikat (AS) di Doha, Qatar, untuk mengakhiri perang 17 tahun.

Pembicaraan Doha dan Moskow, meskipun sepenuhnya terpisah, keduanya mengecualikan pemerintah di Kabul, di mana Ghani telah menyatakan kemarahannya karena semakin tersisih dari negosiasi perdamaian utama.

"Pertemuan di Rusia tidak lebih dari fantasi. Tidak ada yang bisa memutuskan tanpa persetujuan rakyat Afghanistan," kata Ghani kepada kantor berita lokal, TOLOnews, Selasa malam.

"Mereka yang berkumpul di Moskow tidak memiliki otoritas eksekutif. Mereka dapat mengatakan apa yang mereka inginkan," lanjutnya.

Tetapi banyak dari lawan utamanya --termasuk beberapa kandidat dari pemilu presiden Juli lalu-- hadir di ibukota Rusia, dan beberapa menyerukan pembentukan pemerintah sementara yang melibatkan Taliban.

"Pemerintah sementara juga harus membuka jalan bagi pemilu yang transparan," kata Atta Muhammad Noor, seorang mantan panglima perang yang berpengaruh, di Twitter.

"Ini dapat bertindak sebagai transisi di tengah situasi yang rapuh dan berantakan, serta meyakinkan para pemberontak untuk mengambil bagian dalam proses politik," tambahnya.

Konferensi itu, yang diselenggarakan oleh kelompok diaspora Afghanistan, disambut dengan sangat positif oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa pertemuan itu akan memberi manfaat dalam penyusunan kerangka perdamaian di negara yang telah dihancurkan oleh kecamuk perang selama hampir dua dekade itu.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Taliban Tidak Ingin Monoli Kekuasaan, Tapi ....

Pasukan keamanan Afghanistan berjibaku melawan serangan Taliban (AP/Mossoud Hossaini)

Taliban, yang memerintah Afghanistan di bawah interpretasi hukum syariah antara 1996 dan 2001, mengatakan mereka tidak menginginkan "monopoli kekuasaan" tetapi "sistem Islam inklusif".

Namun, mereka sejauh ini menolak untuk terlibat dengan pemerintahan Ghani, meskipun ada tawaran untuk mengadakan pembicaraan. Alih-alih, kelompok tersebut menuding pemerintah Afghanistan saat ini tidak lebih dari boneka AS.

"Ada sesuatu yang tidak masuk akal tentang pertemuan politikus oposisi paling kuat di Afghanistan dengan Taliban, untuk memicu dialog intra-Afghanistan, namun tidak melibatkan pemerintah negara itu sendiri," kata analis Michael Kugelman dari Wilson Center di Washington kepada AFP.

Sementara itu, dalam sebuah momen sangat langka, Taliban mendengarkan dengan seksama ketika para wanita berbicara di meja bundar Moskow.

kelompok pemberontak itu, menurut para pengamat, mengindikasikan bahwa mereka dapat melonggarkan beberapa aturan seputar wanita yang sejalan dengan hukum syariah, dam bahkan meluas ke perwakilan kaum Hawa di parlemen.

Fawzia Koofi, salah satu dari dua wanita yang diundang ke Moskow, mengatakan militan Islam "harus beradaptasi dengan Afghanistan modern".

"Ketika mereka berkuasa, mereka bahkan tidak akan membiarkan wanita meninggalkan rumah mereka," kata Koofi, ketua Komite Parlemen Afghanistan untuk Hak Asasi Manusia dan Hak Asasi Manusia, kepada AFP.

"Tapi sekarang kita mendengar wanita bisa menjadi perdana menteri atau menteri. Itu perubahan saya pikir. Itu adalah langkah positif tetapi tidak cukup," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, ketika memerintah, Taliban sangat membatasi kebebasan wanita, menghalangi mereka dari pekerjaan dan sekolah, dan mengurungnya di rumah mereka.

Wanita hanya diizinkan keluar jika mendapat pengawalan pria yang berlaian darah, atau yang sudah menikah, dan bersembunyi di balik burqa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Polisi Rekonstruksi Pembunuhan Sadis Anak Punk di Pamulang

Posted: 05 Feb 2019 09:22 PM PST

Tersangka kasus pembunuhan anak punk dengan menghilangkan telinga kiri korban, MR (16), melakukan adegan rekonstruksi di perempatan Gaplek, Pamulang, Rabu (6/2). Polres Tangerang Selatan telah meringkus tiga tersangka utama. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Tersangka kasus pembunuhan anak punk dengan menghilangkan telinga kiri korban, MR (16), melakukan adegan rekonstruksi di perempatan Gaplek, Pamulang, Rabu (6/2). Polres Tangerang Selatan telah meringkus tiga tersangka utama. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah tersangka digiring petugas usai rekonstruksi pembunuhan anak punk di perempatan Gaplek, Pamulang, Rabu (6/2). MR dibunuh secara kejam dengan cara ditusuk dan telinga serta kelingkingnya dipotong oleh para tersangka. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah tersangka digiring petugas usai rekonstruksi pembunuhan anak punk di perempatan Gaplek, Pamulang, Rabu (6/2). MR dibunuh secara kejam dengan cara ditusuk dan telinga serta kelingkingnya dipotong oleh para tersangka. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah tersangka menjalani adegan rekonstruksi pembunuhan anak punk, MR (16),  di perempatan Gaplek, Pamulang, Rabu (6/2). Polisi hingga kini masih memburu 4 pelaku lainnya yang diduga terlibat dalam pembunuhan terencana ini. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah tersangka menjalani adegan rekonstruksi pembunuhan anak punk, MR (16), di perempatan Gaplek, Pamulang, Rabu (6/2). Polisi hingga kini masih memburu 4 pelaku lainnya yang diduga terlibat dalam pembunuhan terencana ini. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah tersangka menjalani adegan rekonstruksi pembunuhan anak punk, MR (16),  di perempatan Gaplek, Pamulang, Rabu (6/2). Polres Tangerang Selatan melakukan rekonstruksi pembunuhan sadis anak punk yang terjadi 16 Januari 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah tersangka menjalani adegan rekonstruksi pembunuhan anak punk, MR (16), di perempatan Gaplek, Pamulang, Rabu (6/2). Polres Tangerang Selatan melakukan rekonstruksi pembunuhan sadis anak punk yang terjadi 16 Januari 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah tersangka menjalani adegan rekonstruksi pembunuhan anak punk, MR (16), di perempatan Gaplek, Pamulang, Rabu (6/2). MR dibunuh secara kejam dengan cara ditusuk dan telinga serta kelingkingnya dipotong oleh para tersangka. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah tersangka menjalani adegan rekonstruksi pembunuhan anak punk, MR (16), di perempatan Gaplek, Pamulang, Rabu (6/2). MR dibunuh secara kejam dengan cara ditusuk dan telinga serta kelingkingnya dipotong oleh para tersangka. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Datangi Polda Jatim, Della Perez Umbar Senyuman

Posted: 05 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Senyuman tak bisa lepas dari Della Perez, adik kandung mendiang Julia Perez, saat hadir di Mapolda Jatim, Rabu (6/2/2019).

Mengenakan baju hitam dan rambut dikuncir belakang, Della Perez didampingi beberapa kuasa hukumnya. Ia tiba di Mapolda Jatim sekitar pukul 10.30.WIB untuk memenuhi panggilan penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, terkait dugaan keterlibatannya dalam kasus prostitusi online artis.

Sebelum memasuki ruangan pemeriksaan, Della Perez hanya tersenyum sembari menundukkan kepalanya. Saat ditanya kesiapannya untuk diwawancarai, ia mengangguk sembari tersenyum.

Sementara itu, salah satu kuasa hukum Della Perez, Minola Sebayang, mengatakan kliennya hanya menjadi saksi dalam kasus prostitusi online artis ini. "Hanya diperiksa menjadi saksi," kata Minola di Mapolda Jatim, Surabaya, Jawa Timur.

Empat Muncikari

Ilustrasi prostitusi

Sebelumnya, Penyidik Subdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim terus mendalami kasus prostitusi online yang melibatkan ratusan artis dan model. Mereka sudah menetapkan empat muncikari sebagai tersangka.

Polisi sudah melayangkan surat panggilan kepada delapan artis termasuk Della Perez, adik kandung mendiang Julia Perez. Ia hadir pekan ini sebagai saksi di Mapolda Jatim guna dimintai keterangan agar kasus dugaan prostitusi online ini bisa terungkap secara tuntas.

"Update dari Dirkrimsus ada surat panggilan pada delapan orang untuk tanggal 7 Februari 2019," tutur Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Selasa (5/2/2019).

Sebagai Saksi

Ilustrasi prostitusi

Luki menyampaikan, kedelapan orang yang dipanggil tersebut yaitu SR, GM, CSA, EVL, RB, MS, PP alias HKK, DWS alias DP. Surat panggilan telah terkirim. Status mereka sebagai saksi dalam kasus prostitusi online.

"Mereka akan datang (untuk diperiksa) pada 7 Februari. Kami akan mengusut sampai tuntas kasus prostitusi online ini," kata Luki.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, mengatakan bahwa ada enam artis termasuk Della Perez akan hadir besok Rabu, 6 Februari.

"Kami melayangkan surat pemanggilan untuk hadir tanggal 7 Februari, namun sesuai keterangan penasihat yang bersangkutan, DP mengajukan kepada penyidik untuk hadir hari Rabu besok," ujar Barung pada acara infotainment di salah satu stasiun televisi swasta tadi pagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kamu Introvert? Begini 5 Cara Mudah Berkenalan Agar Cepat Mendapat Teman

Posted: 05 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seseorang yang introvert mungkin merasa nyaman-nyaman saja. Kamu yang memiliki kepribadian ini senang menyendiri dan sulit berbaur dengan orang lain. Tak sedikit dari kamu yang kerap menikmati dunianya sendiri tanpa peduli dengan orang lain. 

Meski menurutmu nyaman, ternyata menjadi pribadi yang introvert memiliki beberapa masalah terutama dalam lingkungan baru. Seperti menjalin koneksi dan menambah teman baru bukan hal yang mudah.

Namun, jangan sedih ada beberapa cara mudah yang bisa diikuti oleh para introver supaya sukses memiliki teman baru dan memperluas koneksi. Berikut 5 cara berkenalan untuk orang introvert agar mudah mendapat teman yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/2/2019).

1. Jadilah diri sendiri

Ilustrasi Pertemanan (Sumber Foto: Pexel)

Kalau kamu merasa terlalu introvert dan itu justru akan menahan diri kamu untuk aktif. Jangan malu untuk menunjukkan diri kamu yang sebenarnya. Jangan berubah jadi orang lain hanya dengan tujuan agar disukai. Walaupun sulit setidaknya kamu mencoba, kamu juga jangan malu untuk menyapa duluan.

Sapalah orang yang kamu temui pagi ini, atau teman satu kosan yang tak sengaja bertemu di jalan. Jangan pernah malu atau enggan menyapa. Yakin saja, langkah sederhana ini bisa membuatmu jadi lebih terbuka terhadap orang lain.

2. Ubah mindset

Daripada berpikir, "Apa yang harus aku katakan para mereka?", lebih baik kamu berpikir, "Bagaimana aku membuat orang yang ada di sekitar ku merasa nyaman." Selalu tersenyum merupakan cara paling sederhana dan gak membutuhkan banyak effort.

Kamu cukup pasang senyum ramah pada semua orang. Bahkan, dengan tersenyum mereka juga jadi tahu bahwa kamu itu ramah dan tidak sombong.

3. Jangan memaksakan diri

Ilustrasi teman curhat (iStockphoto)

Maksudnya, jangan memaksakan diri untuk berakrab-akrab ria dengan orang-orang yang menurut kamu tidak menyenangkan. Jika dari jauh kamu sudah melihat kalau sifatnya kurang baik, jangan capek-capek untuk mendekatinya. Dekatilah mereka yang menurut kamu menyenangkan dan memiliki banyak kesamaan dengan kamu.

4. Jadikan sebagai kebiasaan

Ini merupakan cara terbaik untuk melawan ketakutan kamu adalah dengan menghadapinya. Jadi, ketika melihat ada kerumunan orang di dalam suatu acara atau acara kantor, mendekatlah dan coba bergabung. Tak masalah jika kamu pendiam awalnya, lama-lama kamu akan terbiasa dan mulai ikut membuka suara.

Dan ingat setiap kali kamu terlibat perbincangan dengan orang lain, jangan hanya menjadi pasif. Namun, kamu juga harus memposisikan sebagai si aktif. Sambut obrolan si lawan bicara dengan antusias dan juga ceritakan pengalaman yang kamu punya.

5. Baca berbagai sumber supaya kamu juga punya banyak topik pembicaraan.

Bingung memulai topik pembicaraan? Membaca berbagai sumber bisa dijadikan salah satu solusinya. Dengan membaca berita, novel, atau bahkan komik wawasanmu bakal bertambah. Selain itu, update juga dirimu dengan informasi terkini, entah itu politik, olahraga, isu dunia, atau bahkan film yang sedang booming.

Percaya, wawasan yang kamu punya ini akan mempermudahmu untuk selalu mengawali topik perbincangan dengan orang lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: