Senin, 04 Februari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Maurizio Sarri Diprediksi Dipecat Chelsea di Musim Panas

Posted: 04 Feb 2019 10:50 PM PST

Liputan6.com, London - Chelsea mencatat hasil impresif di awal musim bersama Maurizio Sarri. Eden Hazard dan kawan-kawan tak tersentuh kekalahan dalam 12 pertandingan pertama Liga Inggris.

Namun, manajer Italia itu gagal membawa Chelsea bersaing memperebutkan gelar Liga Inggris musim ini. Bahkan, posisi mereka di empat besar saat ini sedang terancam.

Chelsea bahkan sempat menelan dua kekalahan beruntun di Liga Inggris dari Arsenal (0-2) dan Bournemouth (0-4). Untungnya, mereka mampu bangkit pada akhir pekan lalu dengan menghajar Huddersfield Town 5-0.

Tidak Terkejut

Manajer Chelsea asal Italia, Maurizio Sarri. (AP/Matt Dunham)

Masa depan Sarri di Stamford Bridge kabarnya sudah mulai diragukan. Garry Neville tak akan terkejut jika Sarri pada akhirnya akan kehilangan pekerjaannya pada akhir musim nanti.

"Saya pikir Chelsea tidak akan memecat dia selama musim masih berlangsung. Tetapi, ada tanda-tanda bahaya yang membuat Anda berpikir bahwa tidak akan mengejutkan kalau pemecatan itu dilakukan selepas musim panas," kata eks pemain Manchester United itu kepada Sky Sports.

Banyak Politik

"Bukan karena saya menginginkan dia pergi - saya pikir dia sedang melakukan sebuah pekerjaan yang bagus, tapi melihat situasinya dia mungkin sadar dengan pekerjaan dia. Dia harus memandang para pemain dan melihat para pemain tidak akan melakukan apa yang dia ingin mereka lakukan," tambah Neville.

"Mungkin mereka tidak akan pernah melakukannya. Tidak ada manajer yang sanggup mempertahankan pekerjaannya di Chelsea dalam waktu yang lama. Tidak ada manajer yang punya kendali. Manajer memang seharusnya mengendalikan dan menjadi suara dari klub sepakbola, tapi ada banyak politik yang terjadi."

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Api Hanguskan Wihara di Bandung, Jemaat Dievakuasi Petugas Damkar

Posted: 04 Feb 2019 10:49 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Terjadi kebakaran di Vihara Satya Budhi, Jalan Kelenteng, Kota Bandung. Sebanyak 17 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api di wihara itu.

Kesigapan para petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung dibantu polisi, TNI, dan petugas pengamanan setempat mempercepat proses pemadaman. Petugas setempat mengerahkan penggunaan tabung APAR yang tersedia di lokasi kejadian. Karena semua tabung berfungsi dengan baik sehingga mempermudah proses pemadaman api.

"Secara tupoksi kami melaksanakan tugas secepat mungkin melakukan pemadaman. Selain itu, kita melakukan pemblokiran yang kita tahu objek terbakar mengandung bahan kimia yaitu lilin," kata Kepada Diskar PB Kota Bandung Ferdy Ligaswara, Selasa (5/2/2019).

Kondisi terkini di lokasi, api sudah padam. Para petugas mulai berangsur meninggalkan lokasi sejak pukul 12.30 WIB. Menurut Ferdy, pihaknya menerima laporan kebakaran sekitar pukul 10.44 WIB. Petugas kemudian diterjunkan ke wihara untuk memadamkan api.

"Saat kejadian sedang ada yang beribadah. Lalu ada titik api dari salah satu pusat peribadatan. Api kemudian menyebar ke bangunan," katanya.

Untuk memadamkan api, kata Ferdy, petugas menemui hambatan karena angin kencang. "Angin cukup kencang pada saat kita manuver cukup terhambat. Tapi secara umum tim kita bisa menanggulangi," jelasnya.

Kejadian ini membuat dua orang petugas pemadam kebakaran mengalami luka saat berusaha menjinakkan si jago merah. "Ada beberapa anggota kita terluka. Posisinya berada di ring satu karena terkena lelehan lilin. Ada dua orang," ucapnya.

Ferdy menambahkan, selain memadamkan api, pihaknya juga membantu mengevakuasi jemaat yang tengah beribadah di wihara. "Selain pemadaman dan pemblokiran api, kita lakukan evakuasi manusia dan barang. Dibantu kepolisian, TNI dan PMI," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Airlangga: Kekuatan Golkar di Parlemen Dorong Pemerintah Buat Kebijakan Berkualitas

Posted: 04 Feb 2019 10:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlngga Hartarto meyakini bergabungnya Glkar dalam barisan partai pengusung Jokowi telah membuat pemerintah saat ini semakin kuat dalam membuat suatu kebijakan.

Salah satu faktor yang dapat yang dapat mempengaruhi yaitu besarnya suara Golkar di parlemen. Kekuatan itu dianggap menjadi nilai positif bagi pemerintah dalam membuat kebijakan yang pro terhadap rakyat.

"Bergabungnya Golkar, maka kekuatan parlemen bertambah, sehingga pembangunan bisa berjalan secara baik. Dan di pemilu, suara Golkar banyak, sehingga bisa mendorong pemerintahan yang kuat," ucap Airlngga Hartarto saat berkunjung ke Kantor DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Senin, 4 Januari 2019.

Airlangga menjelaskan pentingnya dukungan parlemen bagi pemerintah dalam membuat sebuah kebijakan. Menurut dia, dukungan parlemen akan menghasilkan sebuah produk kebijakan yang baik.

Tak hanya itu, produk perundang-undangan yang disetujui oleh mayoritas parlemen juga akan menghasilkan perundang-undangan yang baik. 

"Karena parlemen itu sumber Undang-undang, seluruh pejabat publik disumpah untuk menjalankan tugasnya, jika undang-undang dihasilkan kurang berkualitas, maka turunannya ikut tidak berkualitas," kata Menteri Perindustrian itu. 

Kader Terbina

Terkait dengang kualitas kadernya di parlemen, Airlangga memastikan seluruh anggota parlemen dari Golkar merupakan orang-orang terpilih dan layak menjadi wakil rakyat.

"Kalau yang mengawal kader Golkar, semua adalah orang-orang yang terbina, bukan kader loncat dari kiri ke kanan yang tidak berproses," kata dia.

Dia pun meyakini besarnya suara Golkar di tiap pemilu dikarenakan masyarakat sudah yakin dengen kapasitas Golkar yang rekat dengan pembangunan bangsa. Di pemilu 2019 ini, dia pun memasang target menang. 

"Dari zaman dahulu sampai sekarang, Golkar terkait dengan pembangunan, karena pembangunan itu hasil karya dari kader-kader Golkar, atau bagi manusia indonesia yangg berbakti pada negara," Airlangga menandaskan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tunda Kenakan Bagasi Berbayar, Citilink Tunggu Evaluasi Kemenhub

Posted: 04 Feb 2019 10:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan Citilink Indonesia memastikan menunda kebijakan pemberlakuan bagasi berbayar yang awalnya akan diterapkan pada 8 Februari 2019. Penundaan merujuk kepada koordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
 
"Citilink mengapresiasi arahan dari Kementerian Perhubungan dan akan menunda pemberlakuan kebijakan bagasi berbayar," ucap Resty Kusandarina, VP Corporate Secretary Citilink Indonesia di Jakarta, Selasa (5/2/2019).
 
Pemberlakuan pengenaan biaya bagasi ini akan menunggu hasil evaluasi atau kajian lebih lanjut dari Kementerian Perhubungan. Kemudian barulah kebijakan ini disosialisasikan lebih lanjut kepada masyarakat. 
 
Namun, sosialisasi mengenai rencana pengenaaan biaya bagasi berbayar masih terus dilakukan sebagai langkah edukasi kepada masyarakat atas kebijakan yang didasari oleh PM 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.
 
Diharapkan dengan penundaan penerapan kebijakan ini dapat memberikan waktu sosialisasi kepada masyarakat. 
 
Sebelumnya, maskapai Lion Air dan Citilink sempat menuai polemik karena kebijakan bagasi berbayar. Berbagai protes pun datang seperti dari YLKI yang menyebut kebijakan ini adalah trik menaikkan harga tiket.
 
 
 
 
 

Kemenhub Siapkan Standar Tarif Bagasi Maskapai Bertarif Murah

Banner Infografis Bagasi Pesawat Berbayar Maskapai Tarif Rendah. (Foto: AFP)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah merumuskan aturan mengenai penetapan tarif bagasi untuk maskapai Low Cost Carrier (LCC). Upaya ini dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut perlindungan para penumpang dan bisnis maskapai.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyadari kebijakan pengenaan tarif bagasi pada maskapai LCC ini dikeluhkan para penumpang. Namun di sisi lain, dia juga menyadari industri maskapai saat ini membutuhkan stimulus.

Untuk itu, demi menjaga keseimbangan antara kepentingan maskapai dan menjaga daya beli penumpang maskapai, Menhub tengah menyiapkan aturan yang berisi formula pentarifan bagasi pesawat.

"Sebenarnya secara internasional regulasinya seperti ini. Tapi mungkin supaya tegas kita sedang siapkan aturan di mana tarif itu ditetapkan dengan suatu tarif yang membuat kalkulasi akhirnya masih terjangkau," kata Menhub saat berbicang dengan Liputan6.com, Senin (4/2/2019).

Dia mengaku, pengguna maskapai berbiaya murah di Indonesia sangatlah besar. Dengan harga terjangkau tanpa menghilangkan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, menjadikan siapa saja kini bisa terbang menggunakan pesawat.

Di tengah kebiasaan ini, Menhub mengakui penerapan bagasi berbayar membuat para penumpang kaget. Alhasil banyak gelombang protes yang dilayangkan.

Ditegaskan pula, penerapan bagasi berbayar oleh maskapai berbiaya murah ini tidak menyalahi aturan. Karena yang berhak memberikan fasilitas ini adalah maskapai kelas medium dan first class.

"Di Amerika itu LCC ya begitu, barang sedikit, kalau nambah bayar. Jadi orang-orang di Indonesia saja yang belum terbiasa. Mungkin dengan tarif sekarang kurang memadai. Tapi saya tidak sekedar bela maskapai saja tapi mereka juga harus efisiensi sehingga bisa berikan tarif memadai," pungkas Menhub.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kocaknya Chat Bapak dan Anak yang Salah Paham Karena Nama Restoran

Posted: 04 Feb 2019 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Komunikasi dua arah memang tak selalu berjalan dengan mulus. Kadang menimbulkan salah persepsi sehingga apa yang sebenarnya kita maksudkan tak sepenuhnya diterima oleh lawan bicara.

Salah paham memang bukan hal yang bisa dihindari dan tak pandang usia pada siapa akan timbul. Salah paham juga bisa terjadi ketika kamu tidak menggunakan kalimat yang tepat, bisa-bisa dia salah paham atau bahkan tersinggung denganmu.

Seperti yang diceritakan oleh akun Twitter @panca66 pada Kamis (31/1/2019). Ia menampilkan hasil tangkapan layarnya tentang seorang anak bernama Liong yang akan dicoret dari Kartu Keluarga akibat salah paham nama restoran.

Nama restorannya bikin salah paham

Memang menjadi hal yang wajar ketika orang tua merasa khawatir karena anaknya belum pulang ketika waktu pulang tiba. Sang bapak pun menanyakan dimana keberadaan anaknya.

Namun tidak diduga, jawaban dari Liong mengundang amarah bapak, pasalnya nama restoran tersebut bermakna umpatan. Sontak bapak pun menjawab "Nanti pulang, baju kamu ambil diluar ya, sudah papa coret nama mu dari KK"

Melihat respon bapak seperti itu, Liong inisiatif memfoto papan nama restoran tersebut. Rupanya nama restoran dan bukan umpatan. Sayangnya dalam cerita tersebut tidak ada balasan dari bapak.

Berikut unggahannya yang Liputan6.com kutip dari akun Twitter @panca66, Selasa (5/2/2019).

Respon netizen

Sejak tulisan ini dirilis, unggahan tersebut telah mendapatkan 38 Retweet dan 108 like dari warga net.

Warga net pun juga ikut tertawa akibat unggahan dari akun tersebut, seperti akun twitter @Vetty_moon "Kasian itu Liong, haha."

Sementara ada juga yang mengomentari nama restorannya yang sangat unik bagi orang Indonesia. Seperti akun twitter @ditohanandiyo mengatakan "Restonya ngajak ribut"

Restoran Unik (Sumber: 1Cak)

Hmmm, kira-kira Liong jadi dicoret namanya dari Kartu Keluarga nggak ya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajer Permanen MU Akan Dibekali Rp 3,6 triliun

Posted: 04 Feb 2019 10:35 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) saat ini masih ditangani Ole Gunnar Solskjaer. Dia berstatus sebagai manajer interim alias sementara hingga akhir musim ini.

Meski demikian, banyak yang mendukung agar Solskjaer dijadikan manajer permanan MU. Namun, banyak juga yang berharap MU tak buru-buru mengubah statusnya di Old Trafford.

Jadi untuk saat ini, siapa yang akan mengisi pos manajer itu masih teka-teki. Sementara itu, sejauh ini hanya ada satu nama kandidat yang disebut bisa jadi bos anyar MU.

Selain Solskjaer, yakni manajer Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino juga menjadi calon juru racik MU.

Dana Melimpah

Manajer interim Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer. (AP Photo/ Jon Super)

Namun siapapun manajer anyar itu, ia akan merasa senang. Sebab, ia disebut akan mendapat dana belanja mencapai 200 juta pound atau sekitar Rp 3,6 triliun.

Kabar ini dilansir oleh The Sun. Mereka menyebut rencana ini sudah mendapat persetujuan dari pemilik klub yakni keluarga Glazer.

MU sebelumnya sempat sedikit berhemat pada bursa transfer musim panas dan musim dingin kemarin. Mereka tidak terlalu aktif mendatangkan pemain baru.

Padahal, sebelumnya pada musim panas lalu Jose Mourinho sudah berkoar agar MU tak segan keluar duit banyak, setidaknya demi membeli bek tengah baru.

Pengaruh Solskjaer

Akan tetapi, perekrutan pemain di musim panas nanti tak akan lepas dari campur tangan Solskjaer. Ia akan ikut menentukan siapa pemain yang layak dibeli, meski mungkin saja ia kembali ke Norwegia musim depan.

"Klub akan selalu mendapatkan saran saya jika mereka bertanya kepada saya," seru Solskjaer.

"Itu sangat alami. Siapa pun yang bertanggung jawab dan paling terlibat dengan para pemain," tuturnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungi Wihara Dharma Bakti, Anies Jadi Rebutan Warga 

Posted: 04 Feb 2019 10:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunjungi Wihara Dharma Bhakti di Jakarta Barat. Ia memantau langsung perayaan Imlek di Wihara tersebut.

Kedatangan Anies mendapatkan sambutan warga. Terutama para warga yang mengantre angpao di halaman wihara. Mereka rata-hendak bersalaman dengan orang nomer satu di Jakarta tersebut. Sangking antusiasnya, sebagian orang sampai terjatuh dan terinjak-injak.

Pantauan di lokasi, Anies ditemani putranya. Ia tiba sekira pukul 11.45 WIB. Ia langsung di dekati warga. Mereka meneriaki nama Anies Baswedan.

"Pak Anies, Pak Anies," teriak warga.

Tak hanya itu, Anies juga menjadi buruan warga untuk diajak berfoto bersama. Sayangnya, banyak yang tidak tertib. Akibatnya, tak sedikit yang terjatuh dan terinjak-injak.

Sejumah emak-emak juga terlihat antusias menyambut Anies. Mereka berebut bersalaman dengan Anies Baswedan. Lalu terjadi aksi dorong-dorongan. Beberapa orang bahkan jatuh saat mendekati Anies.

Protokol dari pihak Anies pun langsung membantu membantu untuk berdiri kembali dan menenangkan situasi.

 

Rutin Datang Tiap Imlek

Sementara Anies Baswedan mengatakan, dirinya memang rutin berkunjung ke Wihara Dharma Bhakti saat perayaan Imlek. Ia mengaku kunjungan kali ini sudah yang kelima kalinya. 

"Wihara ini yang tertua di indonesia berdiri 1950an dan di tempat ini lah salah satu pusat perayaan tahun baru imlek. Saya dan anak-anak sudah lima tahun berturut-turut datang ke wihara ini," ucap dia.

Ia pun mengucapkan selamat hari raya imlek. Semoga tahun baru ini membawa keberkahan, dan kesuksesan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Dapat Halangan Rekrut Striker Tajam Leipzig

Posted: 04 Feb 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Rencana Liverpool untuk menggaet Timo Werner tampaknya sulit terwujud. Pelatih Leipzig, Ralf Rangnick Liverpool bukan klub yang tepat bagi pemain berusia 22 tahun tersebut.

Liverpool telah dikaitkan dengan Werner sejak bursa transfer musim panas lalu. The Reds menilai Werner bisa menambah ketajaman di lini depan.

Maklum, meski masih berusia muda namun Werner terus menunjukkan kualitasnya. Selama tiga musim di Leipzig, ia sudah menyumbang 56 gol dari 100 laga.

Liverpool sendiri kabarnya sudah menyiapkan dana sebesar 40 juta euro untuk Werner. Mereka siap bersaing dengan Bayern Munchen dan Juventus yang juga tertarik merekrutnya.

Dan Rangnick berharap jika pindah, Werner tidak memilih Liverpool sebagai pelabuhan barunya. Hal ini mengingat kegagalan Naby Keita yang direkrut Liverpool musim panas lalu namun tak bisa berkembang di sana.

 

 

Komentar Pelatih

Timo Werner. (AP Photo/Jan Woitas)

"Keita pemain yang luar biasa di Leipzig. Tapi Anda lihat di Liverpool dia sangat kesulitan," ujar Rangnick seperti dilansir Evening Standard.

"Sejauh ini Keita bermain tak seperti di sini. Jadi saya pikir Werner harus berpikir ulang jika mau ke Liverpool," katanya menambahkan.

Keita dibeli Liverpool dengan harga 48 juta pound sterling. Namun ia lebih sering duduk di bangku cadangan.

Jadwal

3. Timo Werner – Pemain yang digadangkan akan menjadi masa depan timnas Jerman kelak. Ketajamannya sudah sangat teruji di Bundesliga. (AFP/Robert Michael)

Kamis (7/2/2019)

02.45 WIB Everton Vs Manchester City

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi Ditahan, Artis VA Diharapkan Kuat Fisik dan Mental

Posted: 04 Feb 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artis VA yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pornografi di Surabaya, sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim lantaran maag akut dan sinusitis yang dideritanya. Kini, ia telah dipindahkan ke Rumah Tahanan (Rutan) Polda Jatim, Senin (4/2/2019).

Proses ini telah diketahui oleh ayah artis VA, Doddy Sudrajat. Ia mengaku pasrah dan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak berwajib.

"Saya dan keluarga mengikuti dan menyerahkan sepenuhnya proses hukum yang sedang berjalan. Kalau memang VA harus ditahan, ya silakan saja itu sudah wewenang penyidik," ujar Doddy, saat dihubungi Antara.

Selama artis VA dirawat di rumah sakit, Doddy belum sempat menjenguknya. Hal itu dikarenakan Doddy tak bisa meninggalkan pekerjaannya. 

Harapan

Ayah artis VA, Doddy Sudrajat menggelar jumpa pers di kawasan Buncit, Jakarta, Jumat (25/1). Doddy mengklarifikasi pernyataan artis VA yang mengaku tidak didukung oleh keluarga dalam kasus prostitusi online yang menjeratnya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Meski begitu, Doddy berharap putrinya bisa kuat menjalani cobaan yang tengah menimpanya.

"Harapan saya, Echa (artis VA) bisa menghadapi kasus ini dengan kuat secara fisik dan mental. Harus kooperatif ke penyidik, bicara apa adanya jangan berbohong karena itu akan mempersulit dirinya," lanjutnya.

 

Terjerat UU ITE

Dok: Istimewa

Artis VA ditetapkan tersangka dalam rangkaian kasus prostitusi online yang diungkap Polda Jawa Timur di Surabaya pada 5 Januari lalu. Dari hasil pemeriksaan digital forensik, artis VA diduga terlibat dalam penyebaran atau transmisi konten asusila melalui media elektronik.

Artis VA, diduga melanggar UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Pasal 27 Ayat 1 tentang Kesusilaan, dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara. VA diamankan dalam penggerebekan praktik prostitusi di Surabaya pada 5 Januari lalu.

Dari penggerebekan itu, polisi juga mengamankan model perempuan berinisial AS. Selain itu, polisi juga menetapkan dua muncikari sebagai tersangka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sukseskan Pemilu 2019, Polda Sulut Berikan Pembekalan

Posted: 04 Feb 2019 10:25 PM PST

Liputan6.com, Manado - Polda Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan pembekalan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif dan presiden 2019. Pembekalan tersebut diikuti sekitar 900 personel Polri di Manado.

Kapolda Sulut Irjen Pol Sigit Tri Hardjanto mengatakan, kegiatan ini merupakan sarana sosialisasi kesiapan atas tanggung jawab guna menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2019, khususnya di wilayah Sulut.

"Sehingga tugas yang dilaksanakan dapat memenuhi harapan masyarakat," ujar Sigit, seperti dikutip dari Antara, Selasa (5/2/2019).

Menurutnya, Polri sebagai penanggung jawab keamanan dalam negeri, berkewajiban untuk mengawal, menjaga, dan mengamankan suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.

"Polda Sulut harus melakukan manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif, dengan mengerahkan segala sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama sinergitas dengan penyelenggara Pemilu, TNI, masyarakat dan mitra keamanan," kata dia.

Sigit memaparkan, untuk mengantisipasi berbagai potensi kerawanan yang dapat terjadi pada setiap tahapan Pemilu serta dalam rangka menjamin stabilitas Kamtibmas tetap kondusif, Polri harus dapat menyikapi dengan kematangan berpikir serta bertindak dengan penuh kedewasaan dalam menghadapi setiap tahapan supaya dapat berjalan sesuai dengan rencana.

 

Partisipasi Aktif

Polisi berbaris saat mengikuti Apel Operasi Lilin 2018 di lapangan Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (21/12). Operasi digelar dalam rangka pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sigit mengatakan, personel Polri dan semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan Pileg dan Pilpres tahun 2019 dapat turut serta berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan dan memelihara kondusiflvitas situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Sulut ini.

"Polri tidak mungkin bekerja sendiri dalam pelaksanaan pengamanan Pemilu tahun 2019 ini," pungkas Sigit.

Ratusan personel personel yang mengikuti kegiatan itu terdiri dari pejabat utama Polda Sulut, Kapolresta, Kapolres jajaran, para Kapolsek, Kabag, Kasat dan anggota Bhabinkamtibmas se- Sulut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenis Pekerjaan Ternyata Bisa Dilihat dari Tipe Kepribadianmu, Cek di Sini

Posted: 04 Feb 2019 10:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua bidang pekerjaan bisa cocok dengan diri kamu. Tak semua profesi atau karier bisa kamu tekuni dengan baik. Setiap orang pasti memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam bekerja. Kadang kamu perlu memilih pekerjaan yang tepat dengan mempertimbangkan kecocokannya dengan karakter atau kepribadian. 

Sebenarnya tidak sulit melihat jenis pekerjaan yang cocok untuk kamu. Kamu bisa melihat jenis pekerjaan yang cocok untuk kamu melalui tipe kepribadianmu. Kamu bisa cek dengan melihat tipe kepribadianmu menurut Myers-Birggs Type Indicator (MBTI). 

MBTI) adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. Berikut jenis pekerjaan menurut tipe kepribadianmu yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/2/2019).

Tipe Kepribadian Menurut MBTI

1. Extraversion (E) – Introversion (I)

Indikator ini berbicara mengenai respon sesorang dan bagaimana orang tersebut berinteraksi di lingkungan luar mereka. Jika Ektravert menunjukkan minat pada aksi dan interaksi sosial, maka sebaliknya, Introvert menunjukkan minatnya pada pikiran, menyukai interaksi sosial yang mendalam dan lebih berenergi ketika sendiri.

2. Sensing (S) – Intuition (N)

Kedua indikator ini memberikan pengetahuan tentang bagaimana karakter seseorang dalam mengumpulkan informasi yang ada di luar. Mereka yang memilih sensing akan mengutamakan hal yang nyata yang bisa mereka indera langsung. Berorientasi pada fakta dan hal yang mendetail. Intuisi menunjukkan mereka lebih berorientasi pada probabilitas, memprediksikan sesuatu dan senang berpikir sesuatu yang abstrak.

3. Thinking (T) – Feeling (F)

Thinking dan Feeling menggambarkan bagaimana seseorang menentukan keputusan dari informasi yang mereka terima. Pemikir akan menentukan berdasarkan fakta. Mereka ini berkepribadian konsisten dan logis. Ssedangkan perasa akan mengutamakan emosi saat menentukan sesuatu.

4. Judging (J) – Perceiving (P)

Kedua indicator ini berbicara tentang bagaimana individu menunjukkan sikapnya kepada dunia luar. Orang tipe J akan bersikap tegas terhadap keputusannya. Sedangkan tipe P menunjukkan sikap yang lebih fleksibel.

Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk INTJ

Jika kamu merasa memiliki tipe kepribadian INTJ (introversion, Intuition, Thinking, Judjing) kemungkinan kamu cocok dengan jenis pekerjaan seperti berikut :

1.      Ilmuwan.

2.      Ahli matematika.

3.      Insinyur.

4.      Dokter.

5.      Guru.

6.      Hakim.

7.      Pengacara.

Pekerjaan yang memberi kebebasan bekerja sendiri atau kemandirian juga cukup ideal untuk seorang INTJ. Bidang yang membutuhkan efisiensi dan kemampuan untuk menginterpretasikan informasi kompleks seperti dari bidang hukum, riset, akademis, dan teknik juga cocok untuk orang dengan tipe kepribadian INTJ.

Kemampuan analitis dan logis seorang INTJ juga membuatnya cocok bekerja di bidang atau hal-hal yang mengharuskan mereka mengumpulkan info dari dunia luar untuk membuat sudut pandang atau temuan baru.

Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk ENFP

Jika kamu merasa memiliki tipe kepribadian ENFP (Extraversion, Intuition, Feeling, Perceiving) kemungkinan kamu cocok dengan jenis pekerjaan seperti berikut :

1.      Psikolog.

2.      Jurnalis.

3.      Aktor.

4.      Pembaca berita.

5.      Ahli gizi.

6.      Perawat.

7.      Pekerja sosial.

8.      Politisi.

9.      Konselor.

Pekerjaan yang bergerak di bidang layanan atau jasa juga bisa sangat cocok untuk seorang ENFP. Hal ini berkaitan dengan karakter ENFP yang bisa memiliki rasa empati dan kepedulian yang tinggi pada orang-orang di sekitarnya. Pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tinggi mungkin kurang tepat bagi seorang ENFP.

Apalagi kalau pekerjaannya mengharuskan melakukan hal yang sama berulang-ulang dengan rutinitas tinggi, seorang ENFP bisa merasa bosan hingga stres dan tertekan.

Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk ESFP

Jika kamu merasa memiliki tipe kepribadian ESFP (Extraversion, Sensing, Feeling, Perceiving)  kemungkinan kamu cocok dengan jenis pekerjaan seperti berikut :

1.      Seniman.

2.      Aktor.

3.      Konselor.

4.      Pekerja sosial.

5.      Pelatih olahraga.

6.      Musisi.

7.      Psikolog.

8.      Penyedia jasa penitipan anak.

9.      Desainer fashion.

10.  Spesialis SDM.

Pekerjaan yang memberi ruang untuk banyak berinteraksi dan bersosialisasi bisa sangat cocok untuk seorang ESFP. Kurang cocok bekerja di bidang dengan aturan yang terlalu ketat. Melakukan hal yang sama dalam jangka panjang juga bisa membuatnya gampang bosan hingga akhirnya menyerah.

Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk ESTP

Jika kamu merasa memiliki tipe kepribadian ESFP (Extraversion, Sensing, Thinking, Perceiving) kemungkinan kamu cocok dengan jenis pekerjaan seperti berikut :

1.      Sales agent.

2.      Marketer.

3.      Pengusaha

4.      Polisi.

5.      Detektif.

6.      Teknisi komputer.

7.      Paramedis.

Kemampuan yang baik dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan banyak orang menjadi nilai plus tersendiri untuk orang-orang ESTP. Pekerjaan yang membutuhkan respons cepat juga cukup direkomendasikan untuk orang-orang ESTP.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BTS Bakal Tampil di Grammy Awards 2019

Posted: 04 Feb 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Seoul - BTS akan kembali tampil dalam sebuah acara prestisius berskala internasional. Kali ini mereka akan berpartisipasi di Grammy Awards 2019.

Informasi ini dikabarkan oleh sejumlah media internasional seperti Billboard, Variety, Forbes, Time, dan lainnya, pada hari ini, Selasa (5/2/2019).

Variety melaporkan bahwa BTS akan tampil sebagai presenter untuk membacakan salah satu pemenang Grammy Awards 2019. Belum diketahui kategori apa yang akan diumumkan oleh BTS. Namun yang pasti, ini adalah penampilan perdana RM dan kawan-kawan di perhelatan tersebut.

Kabar ini juga telah dibenarkan oleh agensi BTS, Big Hit Entertainment. "BTS akan menghadiri Grammy Awards ke-61 untuk menyerahkan piala," tutur perwakilan agensi tersebut, seperti dilansir Soompi

Trending Topic

BTS. (AFP/Ethan Miller/Getty IMAGES NORTH AMERICA)

Sementara itu, kabar bahwa BTS akan menghadiri Grammy Awards 2019 langsung disambut sukacita oleh penggemar. Bahkan tak lama setelah kabar ini beredar, tagar BTSxGrammys menjadi trending tropic teratas di dunia, dan juga Indonesia.

Mimpi Tercapai

Suga BTS. (Foto: Soompi.com)

Dengan informasi ini, artinya salah satu impian Suga BTS akan tercapai. Saat tampil di acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon pada September 2018 lalu, Billboard mencatat bahwa Suga pernah mengatakan tentang hal ini.

Kala itu, ia ditanya apa target yang hendak dicapai BTS ke depannya. "Datang ke Grammy," jawab pria bernama asli Min Yoongi tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Mobil Listrik Buatan Cina yang Populer di Negaranya

Posted: 04 Feb 2019 10:08 PM PST

Liputan6.com, Beijing - Pemerintah Cina merupakan salah satu negara yang mendukung perkembangan mobil hybrid dan juga listrik. Sebagai ilustrasi, negara Tirai Bambu tersebut secara nasional memberi subsidi atau insentif 3.000 yuan untuk kendaraan hybrid biasa, 50 ribu yuan untuk hybrid plug-in (yang dilengkapi dengan charger ke colokan listrik) dan 60 ribu yuan untuk mobil listrik murni.

Senada dengan Cina, Pemerintah Guangzhou memberi subsidi para pembeli mobil hybrid baru dengan potongan harga 10.000 yuan atau sekitar Rp. 15juta.

Karena itu, wajar bila saat ini beberapa pabrikan asalnya mulai melakukan produksi dan menjual mobil listrik dengan harga terjangkau di Cina.

Sedikitnya terdapat dua mobil listrik karya pabrikan otomotif Cina yang saat ini mulai dijual. Beberapa diantaranya bahkan pernah datang ke Indonesia, meski belum dijual.

Berikut Daftar Mobil Listrik Asal Cina

Baojun

Pada gelaran GIIAS 2018 awal Agustus lalu, Wuling Motors Indonesia secara resmi memperkenalkan mobil listrik Baojun E100. Belum dijual di Tanah Air, induknya di Cina bahkan telah mengeluarkan adiknya yang tampak lebih modern dan futuristik, Baojun E200.

Nissan Sylphy

Diproduksi di Cina oleh perusahaan joint venture Nissan dengan mitranya Dongfeng Motor Group. Nissan Sylphy merupakan model listrik Nissan pertama yang dibuat di Cina khusus untuk konsumen Cina. Mobil diproduksi di pabrik Dongfeng Nissan, tepatnya di pabrik Huadu.

Senia R7 EV400 SUV

Memiliki bobot 150 kilogram, mobil disegmen SUV ini diklaim mampu mecapai kecepatan 140 kilometer per jam. Dengan motor listrik yang dibenamkan, mobil ramah lingkungan ini mampu menyemburkan tenaga hingga 107 Tk.

Besturn B30 EV

Hadir pertama kali dalam ajang otomotif Beijing Auto Show, Besturn B30 EV diharapkan mampu menjadi salah satu mobil listrik andalan di China. Mendapat perubahan baterai pada tahun 2017, mobil ini mampu menempuh jarak lebih panjang, dari 180km ke 205km.

Junpai D80E EV SUV

Hadir untuk memeriahkan segmen SUV, mobil ini diklaim mampu mecapai kecepatan 160 kilometer per jam. Dengan motor listrik yang dibenamkan, mobil ramah lingkungan ini mampu menyemburkan tenaga hingga 188 Tk.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pembagian Ang Pao Imlek Dikawal Polisi

Posted: 04 Feb 2019 10:07 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tabuhan Beduk Semarakkan Perayaan Imlek di Wilayah Kesultanan Banten

Posted: 04 Feb 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Serang - Vihara Avalokitesvara, di Kelurahan Pabean, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten, menggelar perayaan Imlek 2570 dengan sederhana.

Di wihara yang berdekatan dengan Masjid Agung Kesultanan Banten dan Masjid Pecinan itu masyarakat Tionghoa berharap pada tahun babi tanah, Pilpres 2019 berjalan dengan aman dan lancar.

"Harapannya di tahun ini, kita damai semua, pilpres damai," kata Daliah, saat ditemui usai beribadah di Wihara Avalokitesvara, Kota Serang, Banten, Selasa (5/2/2019).

Warga Jakarta Barat ini tak lupa melepas 58 burung emprit, sebagai simbol kebebasan dari malapetaka. "Kebebasan, berderma intinya. Jumlah burung yang dilepas sesuai umur, tapi ada juga yang melepas delapan, ada juga yang 10," terangnya.

Wihara ini dibangun hampir bersamaan dengan Masjid Agung Kesultanan Banten itu. Di dalamnya, terdapat beduk yang merupakan simbol Islam dan neng-neng yang menjadi simbol agama Buddha. Biasanya, pada perayaan Imlek, beduk ditabuh 108 kali, sementara neng-neng ditabuh tiga kali.

Keduanya sudah berusia ratusan tahun di Vihara Avalokitesvara. Ornamen ini menjadi simbol toleransi antaragama dan etnis.

"Nyambut Imlek saja, itu sudah tradisi. Kalau beduk (ditabuh) 108, neng-neng (ditabuh) tiga kali. Neng-neng sudah tua, kayaknya ada 100 tahun," kata Tek An, pemukul beduk dan neng-neng, saat ditemui di Bukhara Avalokitesvara, Kota Serang, Senin malam (4/2/2019).

 

Sejarah Kependudukan Warga Tionghoa di Banten

Beduk di Vihara Avalokitesvara, di Kelurahan Pabean, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. (Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6.com, Wihara Avalokitesvara, awalnya berdiri tahun 1759 dan berlokasi di Loji Belanda. Lalu pada tahun 1725, pindah ke selatan menara Masjid Pecinan Tinggi. Hingga akhirnya pada 1774 Masehi menempati lahan di Kampung Pamarican, Desa Pabean, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, hingga saat ini, yang jaraknya sangat dekat dengan Masjid Agung Kesultanan Banten.

Banten yang saat itu sebuah kesultanan besar dengan Pelabuhan Karangantu yang mendunia, membuat seorang putri bernama Ong Tin Nio bersama Anak Buah Kapal (ABK), dalam perjalanan dari China menuju Surabaya, memutuskan bermalam di Pamarican. Daerah itu merupakan penghasil merica.

Putri Ong pun merasa betah tinggal di Banten dan mendirikan wihara yang awalnya berada di bekas kantor bea (douane). Namun, kehadirannya oleh masyarakat sekitar dianggap dapat merusak akidah dan kebudayaan mereka.

Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah pun menegur keras masyarakat Banten dan memediasi antara kedua belah pihak. Sunan Gunung Jati menjelaskan tidak ada paksaan untuk memeluk agama dalam Islam.

Setelah masalah dapat diselesaikan, Sunan Gunung Jati menawarkan kepada sang putri dan pengikutnya untuk memeluk Islam tanpa adanya paksaan. Hingga akhirnya, sang putri yang cantik jelita beserta pengikutnya menjadi mualaf.

Kedatangan masyarakat Tiongkok ke Banten memiliki banyak versi. Ada yang menyebutkan, masyarakat Tionghoa datang ke Kesultanan Banten sekitar abad 17 masehi dengan bukti banyak ditemukan perahu China yang berlabuh di Banten dengan tujuan berdagang dan barter dengan lada pada abad itu.

Berdasarkan catatan sejarah dari JP Coen, banyak perahu China yang membawa dagangan senilai 300 ribu real. Di mana, dalam kelanjutannya, masyarakat China tak hanya berdagang, tapi bermukim di Banten dengan jumlah lebih dari 1.300 kepala keluarga (KK).

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Libur Imlek, Sistem Buka Tutup di Puncak Dipersingkat

Posted: 04 Feb 2019 10:00 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Klub Paling Boros di Bursa Transfer Januari Lalu

Posted: 04 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bursa transfer musim dingin telah ditutup pekan lalu. Meski tak ada transfer yang menonjol, namun ada beberapa yang menarik perhatian.

Salah satu pemain yang memutuskan pindah pada bursa transfer Januari adalah Gonzalo Higuain. Bomber Argentina itu datang ke Chelsea dengan status pinjaman dari Juventus.

Namun, ada juga proses kepindahan pemain yang melibatkan biaya transfer. Bahkan beberapa di antaranya membuat klub harus merogoh kocek yang tidak sedikit.

Berikut ini lima klub yang mengeluarkan banyak uang pada bursa transfer Januari 2019 seperti dilansir Fox Sports Asia.

 

 

 

Newcastle dan Bournemouth

5. Miguel Almiron – Atlanta United FC ke Newcastle United £21.60M (AFP/Elsa)

1. Newcastle

Manajer Newcastle United Rafael Benitez sempat mengancam akan meninggalkan klub pada akhir musim jika tidak dibelikan pemain baru. Namun, The Magpies akhirnya bersedia mengeluarkan uang di bursa transfer.

Newcastle mengeluarkan 24 juta euro untuk mendatangkan Miguel Almiron dari Atlanta United. Pemain 24 tahun asal Paraguay itu memecahkan rekor transfer di Newcastle yang sebelumnya disandang Michael Owen pada 2005.

2. Bournemouth

Manajer Bournemoth Eddie Howe terlihat agak sibuk di bursa transfer Januari. Ia berhasil mendatangkan duo Liverpool Nathaniel Clyne (dengan status pinjaman) dan Dominic Solanke.

Solanke didatangkan ke Dean Court dengan transfer permanen. Chris Mepham juga bergabung dengan klub sehingga Bournemouth menjadi salah satu klub terboros di musim dingin.

PSG dan AC Milan

2. Leandro Paredes – Zenith ke PSG £36M (AFP/Olga Maltseva)

3. PSG

Tidak terlalu mengejutkan melihat PSG cukup boros di bursa transfer. Klub Paris itu hanya membeli satu pemain yaitu Leandro Paredes dari Zenit.

Mereka juga ingin merekrut Idrissa Gueye tetapi Everton menolak permintaan mereka. Jika transfer itu terjadi, mereka mungkin akan berada di urutan pertama dalam daftar ini.

4. AC Milan

Meski tengah terhimpit permasalahan Financial Fair Play, AC Milan tetap sibuk di bursa transfer musim dingin. Mereka berhasil mendatangkan dua pemain yaitu Krzysztof Piatek dan Lucas Paqueta.

Piatek dan Paqueta masing-masing menghabiskan biaya transfer sebesar 35 juta euro. Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau Rossoneri merupakan salah satu klub terboros di musim dingin.

Chelsea

Gonzalo Higuain melakoni debut di Chelsea saat mengalahkan Sheffield Wednesday pada putaran keempat Piala FA, di Stamford Bridge, Senin (28/1/2019) dini hari WIB. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

5. Chelsea

Chelsea hanya membeli satu pemain dan sang pemain langsung dipinjamkan kembali ke klub asalnya. The Blues menghabiskan 64 juta euro untuk mendapatkan jasa Christian Pulisic dan The Blues kemudian meminjamkannya kembali ke Borussia Dortmund.

Namun, pada akhir bulan Januari, Chelsea juga menyambut Gonzalo Higuain dengan status pinjaman. Meskipun begitu, The Blues harus membayar biaya 9 juta euro untuk memboyong striker Argentina itu sampai akhir musim ini.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Mengapa Jeruk Wajib Ada Saat Perayaan Imlek

Posted: 04 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Individu keturunan Tionghoa, kini tengah merayakan Tahun Baru Cina atau Imlek yang jatuh pada 5 Februari 2019. Momen setahun sekali ini tentu sangat dinantikan, karena menjadi ajang kumpul, sembahyang dan bagi-bagi angpao bersama keluarga.

Saat Imlek tiba, tentu ada saja tradisi yang tetap dilestarikan dan dilakukan tiap tahunnya. Salah satunya yakni menyiapkan beberapa makanan yang wajib ada saat perayaan Tahun Baru Cina. Nah, ada satu makanan yang harus ada saat Imlek. Makanan ini adalah jeruk.

Pasti kamu penasaran kan mengapa buah ini wajib hadir saat perayaan Imlek? Kata Cina untuk 'jeruk' dan 'emas' terdengar hampir sama. Maka dari itu, menghidangkan jeruk mandarin dipercaya membawa keberuntungan dan kemakmuran.

 

Hal Unik Lainnya

Ilustrasi jeruk (iStock)

Menyediakan jeruk pada saat Imlek dianggap akan memberikan semakin banyak keberuntungan. Jeruk yang dihidangkan pun lebih baik jika memiliki daun. Daun pada jeruk melambangkan panjang umur.

Selain itu, orang Tionghoa juga tidak akan menyediakan jeruk hanya empat buah. Dalam kepercayaan Cina, empat identik dengan kematian. Tak heran jika mereka sangat menghindari angka tersebut.

Sumber: Vemale.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timses Jokowi Minta ASN Tetap Netral di Pilpres 2019

Posted: 04 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap bersikap netral di Pilpres 2019. Meskipun masing-masing memiliki hak untuk memilih pilihan politiknya sendiri.

"Kami berharap ASN tetap menunjukan netralitasnya. Soal hak pilih mereka, kami berharap mereka akan lebih obyektif dengan melihat visi, misi dan program yang lebih menyejahterakan mereka," kata Ace saat dihubungi merdeka.com, Selasa (5/2/2019).

Ace menjelaskan ASN tidak boleh berkampanye pada salah satu pasangan capres-cawapres secara terbuka. Dia meminta ASN untuk memilih berdasarkan visi dan misi yang terbaik.

"Prinsipnya, ASN itu harus menunjukan netralitasnya dalam Pilpres. Mereka secara terbuka tidak boleh mengkampanyekan calon tertentu dalam Pilpres ini," ungkapnya.

"Namun sebagai warga negara mereka memiliki hak untuk menentukan pilihan politiknya," ucapnya.

 

Survei Dukungan Politik ASN

Sebelumnya, Lembaga Survei Charta Politika pernah merekam dukungan PNS hingga perangkat desa kepada calon presiden 2019.

Hasilnya, PNS pendukung Jokowi mencapai 40,4 persen. Jumlah itu lebih kecil dibanding PNS yang mendukung Prabowo-Sandiaga yakni 44,4 persen. Masih ada 14,9 persen PNS yang belum memberikan dukungan suara untuk kedua calon.

Sementara di lingkungan pegawai desa atau kelurahan, pemilih Jokowi-Ma'ruf hanya 30,8 persen. Sedangkan pegawai desa atau kelurahan yang memilih Prabowo-Sandi mencapai 53,8 persen. Masih ada 15,4 persen pegawai desa dan kelurahan yang belum menentukan sikap politiknya di Pilpres 2019.

Survei Charta Politika ini dilakukan pada periode 22 Desember 2018-2 Januari 2019. Melalui wawancara 2000 responden di 34 provinsi. Survei menggunakan metode survei acak bertingkat atau multistage random sampling dengan margin of error 2,91 persen. Tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos KCI Ungkap Keuntungan Penggunaan KMT Dibanding THB

Posted: 04 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memeriahkan momen tahun baru Imlek 2570, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberikan hiburan bagi penumpang, berupa pertunjukan barongsai di hall Stasiun Kota Tua. PT KCI juga meluncurkan KMT bertema tahun baru Imlek.

Direktur Utama PT KCI, Wiwik Widayanti mengatakan kegiatan tersebut juga dilakukan sebagai bentuk sosialisasi dan ajakan bagi masyarakat untuk lebih banyak menggunakan Kartu Multi Trip (KMT).

Menurut dia, terdapat beberapa keuntungan yang bakal diperoleh jika masyarakat menggunakan KMT dibandingkan Tiket Harian Berjaminan (THB).

Pertama, KMT dapat di-top up di mana saja, misalnya di beberapa merchant yang telah bekerja sama dengan KCI. Sementara THB, hanya bisa di-top up di stasiun.

"Kalau KMT itu kan karena bisa diisi di top up. Tidak harus di stasiun," kata dia saat ditemui, di Stasiun Jakarta Kota, Selasa (5/2/2019).

Dengan demikian, pengguna KMT tidak perlu harus mengantre di loket-loket stasiun untuk top up. "Transaksi dipotong langsung dari saldo itu. Berbeda kalau menggunakan Tiket Harian Berjaminan, orang harus antre untuk beli tiket," jelasnya.

"Kalau sudah selesai (perjalanan), dia harus refund lagi kan (THB) berlaku hanya 7 hari saja. Jadi besok dia harus antre lagi. Dengan KMT bisa meniadakan itu semua," imbuhnya.

 

 

 

Penggunaan KMT

Petugas menunjukan Kartu Multi Trip (KMT) di Stasiun Sudirman, Jakarta, Jumat (16/3). PT Commuter Indonesia bersama PPD  meluncurkan KMT sebagai pelayanan moda transportrasi massal terintegrasi commuter line dan bus kota. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Dia mengatakan pihaknya akan terus mensosialisasikan serta mengajak masyarakat untuk menggunakan KMT. Saat ini, penggunaan THB masih mendominasi dengan 40 persen dari total transaksi.

KMT menduduki posisi kedua dengan porsi 35 persen sedangkan sisanya, 15 persen uang elektronik yang diterbitkan perbankan.

"(KMT) 35 persen, 40 persen THB, sisanya uang elektronik dari bank," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Barongsai Hibur Penumpang Commuter Line Saat Tahun Baru Imlek

Posted: 04 Feb 2019 10:00 PM PST

Penumpang menyaksikan pertunjukan Barongsai di stasiun Jakarta-Kota, Selasa (5/2). Di Tahun Baru Imlek ini PT KAI menghadirkan hiburan Barongsai serta meluncurkan KMT tematik dan pemberian fortune cookies bagi pengguna jasa KRL. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Penumpang menyaksikan pertunjukan Barongsai di stasiun Jakarta-Kota, Selasa (5/2). Di Tahun Baru Imlek ini PT KAI menghadirkan hiburan Barongsai serta meluncurkan KMT tematik dan pemberian fortune cookies bagi pengguna jasa KRL. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Barongsai menghibur penumpang kereta api di stasiun Jakarta-Kota, Selasa (5/2). Di Tahun Baru Imlek ini PT KAI menghadirkan hiburan Barongsai serta meluncurkan KMT tematik dan pemberian fortune cookies bagi pengguna jasa KRL. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Barongsai menghibur penumpang kereta api di stasiun Jakarta-Kota, Selasa (5/2). Di Tahun Baru Imlek ini PT KAI menghadirkan hiburan Barongsai serta meluncurkan KMT tematik dan pemberian fortune cookies bagi pengguna jasa KRL. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Barongsai menghibur penumpang kereta api di stasiun Jakarta-Kota, Selasa (5/2). Di Tahun Baru Imlek ini PT KAI menghadirkan hiburan Barongsai serta meluncurkan KMT tematik dan pemberian fortune cookies bagi pengguna jasa KRL. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Barongsai menghibur penumpang kereta api di stasiun Jakarta-Kota, Selasa (5/2). Di Tahun Baru Imlek ini PT KAI menghadirkan hiburan Barongsai serta meluncurkan KMT tematik dan pemberian fortune cookies bagi pengguna jasa KRL. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Barongsai menghibur penumpang kereta api di stasiun Jakarta-Kota, Selasa (5/2). Di Tahun Baru Imlek ini PT KAI menghadirkan hiburan Barongsai serta meluncurkan KMT tematik dan pemberian fortune cookies bagi pengguna jasa KRL. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Barongsai menghibur penumpang kereta api di stasiun Jakarta-Kota, Selasa (5/2). Di Tahun Baru Imlek ini PT KAI menghadirkan hiburan Barongsai serta meluncurkan KMT tematik dan pemberian fortune cookies bagi pengguna jasa KRL. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Penumpang menyaksikan pertunjukan Barongsai di stasiun Jakarta-Kota, Selasa (5/2). Di Tahun Baru Imlek ini PT KAI menghadirkan hiburan Barongsai serta meluncurkan KMT tematik dan pemberian fortune cookies bagi pengguna jasa KRL. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Penumpang menyaksikan pertunjukan Barongsai di stasiun Jakarta-Kota, Selasa (5/2). Di Tahun Baru Imlek ini PT KAI menghadirkan hiburan Barongsai serta meluncurkan KMT tematik dan pemberian fortune cookies bagi pengguna jasa KRL. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Barongsai menghibur penumpang kereta api di stasiun Jakarta-Kota, Selasa (5/2). Di Tahun Baru Imlek ini PT KAI menghadirkan hiburan Barongsai serta meluncurkan KMT tematik dan pemberian fortune cookies bagi pengguna jasa KRL. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Barongsai menghibur penumpang kereta api di stasiun Jakarta-Kota, Selasa (5/2). Di Tahun Baru Imlek ini PT KAI menghadirkan hiburan Barongsai serta meluncurkan KMT tematik dan pemberian fortune cookies bagi pengguna jasa KRL. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Barongsai menghibur penumpang kereta api di stasiun Jakarta-Kota, Selasa (5/2). Di Tahun Baru Imlek ini PT KAI menghadirkan hiburan Barongsai serta meluncurkan KMT tematik dan pemberian fortune cookies bagi pengguna jasa KRL. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Barongsai menghibur penumpang kereta api di stasiun Jakarta-Kota, Selasa (5/2). Di Tahun Baru Imlek ini PT KAI menghadirkan hiburan Barongsai serta meluncurkan KMT tematik dan pemberian fortune cookies bagi pengguna jasa KRL. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dubes RI Beberkan Detail Perkembangan Penyelidikan Teror Bom Gereja Filipina

Posted: 04 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Manila - Duta Besar RI untuk Filipina, lewat pernyataan tertulis resmi, menjelaskan perkembangan penyelidikan teror bom gereja di Jolo, Provinsi Sulu, Filipina selatan pada 27 Januari 2019 lalu.

Bom ganda meledak saat Misa Minggu di di Katedral Our Lady of Mount Carmel, menewaskan 23 orang dan melukai lebih dari 100 lainnya.

Kasus itu menjadi sorotan di Indonesia. Di samping kedekatan wilayah Filipina dengan Tanah Air, sorotan pada kasus itu juga dipicu oleh salah satu pejabat di Manila yang menyebut bahwa "dua orang Indonesia" menjadi bomber teror nahas tersebut.

Berikut penjelasan resmi dari Duta Besar RI untuk Filipina Sinyo Harry Sarundajang dalam pernyataan tertulisnya, seperti yang dimuat Liputan6.com pada Selasa (5/2/2019):

Keterangan ini adalah untuk memberikan detail dan update yang diperoleh dari pihak KBRI (Manila).

Peristiwa pemboman di gereja Katedral Our Lady of Mount Carmel di Jolo, Sulu, terjadi pada Minggu, 27 Januari 2019. Pemboman tersebut menggunakan 2 (dua) improvised explosive devices (IED) atau bahan peledak rakitan yang meledak dengan interval ledakan kurang lebih 1 (satu) menit. Serangan mengakibatkan 22 orang meninggal dunia dan lebih dari 111 korban luka-luka.

Dalam keterangan pers pada acara Barangay Peace and Order Peace Summit di Leyte, Provinsi Visayas, pada 1 Februari 2019, Menteri Dalam Negeri Eduardo Aňo, menyampaikan bahwa pemboman di Jolo merupakan bom bunuh diri.

Menurut Aňo, pelaku bom bunuh diri tersebut adalah pasangan suami istri WNI bernama Abu Huda dan seorang perempuan yang tidak disebutkan namanya. Kedua pelaku tersebut dibantu oleh Kamah (Alias Kamah a.k.a Kammah L Pae) yang merupakan anggota kelompok Ajang Ajang, salah satu faksi Abu Sayyaf Group (ASG), dan Hatib Hajan Sawadjaan, yang merupakan calon pengganti Isnilon Hapilon, mantan pemimpin IS Asia Tenggara yang telah tewas di Marawi. Faksi tersebut telah menyatakan dukungannya kepada jaringan teroris IS.

Polisi mengevakuasi kantong jenazah pasca ledakan bom di Gereja Katolik Jolo, Filipina Selatan, Minggu (27/1). Dua bom meledak, Sedikitnya 27 orang tewas dan 57 orang lainnya mengalami luka. (Nickee Butlangan/AFP)

Menteri Ano menggarisbawahi "i'm certain they are Indonesians" berdasarkan kesaksian yang dikumpulkan oleh pihak kepolisian. Lebih lanjut, disampaikan pula bahwa pola serangan di Jolo dinilai memiliki kemiripan dengan pola serangan bom yang terjadi di Indonesia.

Sulu Provincial Police Office Director, Senior Superintendent Pablo Labra, menyampaikan bahwa saksi mata dilaporkan melihat seorang wanita memasuki katedral dan duduk tepat di tempat asal ledakan. Labra menyampaikan bahwa pihaknya telah mengumpulkan affidavits dari 36 saksi.

Sejak serangan di Jolo terjadi, KBRI Manila maupun KJRI Davao terus berkoordinasi dengan pihak Western Mindanao Command (Westmincomd), Armed Forces of the Philippines (AFP), Intelligence Service Armed Forced of the Philippines (ISAFP), National Intelligence Coordinating Agency (NICA) dan Philippine National Police (PNP). Pada saat dihubungi oleh KBRI Manila, pihak Westmincomd menyatakan bahwa saat ini pihak militer masih melakukan investigasi.

Terkait dengan pernyataan Menteri Dalam Negeri Aňo, Westmincomd menyampaikan bahwa belum ada basis valid atas pernyataan tersebut, dan pihaknya belum dapat mengidentifikasi siapapun sebagai pelaku ledakan di Jolo.

Susana pasca ledakan bom di Gereja Katolik Jolo, Filipina Selatan, Minggu (27/1). Sedikitnya 27 orang tewas dan 57 orang lainnya mengalami luka akibat dua bom meledak di dalam gereja dan tempat parkir. (Angkatan Bersenjata Filipina/HO/AFP)

Dari beberapa kesaksian dan bukti-bukti di lapangan belum dapat disimpulkan bahwa serangan merupakan bom bunuh diri, apalagi menyimpulkan pelaku bom bunuh diri adalah WNI. Pihak Westmincomd akan menghubungi KBRI Manila apabila ada perkembangan lebih lanjut.

Presiden Rodrigo Duterte dan Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana pada beberapa kesempatan juga menyebutkan bahwa mengacu kepada data intelijen Filipina, terdapat kemungkinan pelaku pemboman berasal dari Indonesia atau Yaman, karena teroris lokal dinilai belum memiliki keberanian untuk melakukan bom bunuh diri.

Namun, Presiden Duterte menyinggung bahwa terdapat conflicting reports mengenai pelaku pemboman adalah orang asing. Presiden menyampaikan "Indonesian, while the looks of it … no part of the body can be found. It exploded. It's really suicide (bombing)."

Berdasarkan hasil pendalaman KBRI Manila dan KJRI Davao, diperoleh informasi bahwa otoritas setempat yaitu PNP (Kepolisian Nasional Filipina) belum mengeluarkan hasil uji DNA serta gambar resmi hasil rekaman CCTV di lokasi ledakan, yang menyatakan bahwa kedua pelaku sebagaimana dinyatakan oleh Menteri Ano adalah WNI.

Tentara Filipina berjaga di dalam gereja pasca ledakan bom di Gereja Katolik Jolo, Filipina Selatan, Minggu (27/1). Dua bom meledak, Sedikitnya 27 orang tewas dan 57 orang lainnya mengalami luka. (Angkatan Bersenjata Filipina/HO/AFP)

Intelijen Filipina mengakui bahwa pihaknya belum mengetahui dasar penyampaian informasi yang diberikan oleh Mendagri Ano tentang keterlibatan WNI pada bom bunuh diri. Saat dihubungi oleh KBRI Manila, NICA (National Intelligence Coordinating Agency) secara informal menyatakan keterbukaannya untuk melakukan joint investigation dengan pemerintah RI.

Berdasarkan catatan KBRI, berita keterlibatan WNI dalam aksi bom bunuh diri dan serangan teror sudah beberapa kali disampaikan pemerintah Filipina pada media massa tanpa ada dasar pembuktian dan hasil investigasi terlebih dahulu.

Tuduhan keterlibatan WNI pernah disampaikan pada saat peledakan bom di Kota Lamitan, Provinsi Basilan pada 31 Juli 2018 dan bom jelang tahun baru 2019 di Cotabato City atas nama Abdulrahid Ruhmisanti. Meski demikian, hasil investigasi menunjukkan tidak ada keterlibatan WNI dalam dua pemboman tersebut sebagaimana pernyataan aparat dan pemberitaan-pemberitaan media tersebut.

KBRI Manila akan meminta klarifikasi langsung melalui menteri luar negeri dan menteri dalam negeri Filipina, serta mengirimkan nota verbal untuk meminta klarifikasi kepada pemerintah Filipina serta menyatakan keberatan karena tidak adanya notifikasi dari pemerintah Filipina mengenai dugaan keterlibatan WNI pada peristiwa serangan di Jolo.

*Selanjutnya di halaman kedua

 

Simak video pilihan berikut:

Lanjutan...

Polisi mengevakuasi kantong jenazah pasca ledakan bom di Gereja Katolik Jolo, Filipina Selatan, Minggu (27/1). Ledakan pertama terjadi tepat ketika Misa Minggu berlangsung, sekitar pukul 08.45 waktu setempat. (Nickee Butlangan/AFP)

Perkembangan terkini adalah:

Pernyataan Wali Kota Jolo, Kherkar Tanah

Dalam sebuah wawancara dengan Inquirer tanggal 3 februari 2019, Wali Kota Tan menyampaikan bahwa telah mengajukan permohonan ke kelompok pegiat HAM lokal dan internasional untuk datang ke Jolo dan menginvestigasi pengeboman gereja tersebut. Walikota Tan mengatakan "saya meminta kelompok-kelompok HAM untuk datang kesini, melakukan sebuah pencarian fakta yang independen. Saya khawatir pengeboman itu dapat ditutup-tutupi."

Penduduk beserta keluarga korban yang meninggal dan terluka dalam ledakan ganda tersebut menolak untuk percaya pernyataan pejabat-pejabat pemerintah bahwa pengebom bunuh diri asal Indonesia yang mungkin telah melakukan serangan tersebut.

 

Polisi dan tentara berjaga pasca ledakan bom di Gereja Katolik Jolo, Filipina Selatan, Minggu (27/1). Dua bom meledak, Sedikitnya 27 orang tewas dan 57 orang lainnya mengalami luka. (Nickee Butlangan/AFP)

 

Pada tanggal 4 Februari 2019, Kepala Kepolisian Nasional Filipina (PNP), Chief Oscar D Albayalde memberikan keterangan pers bahwa Kammah L Pae seorang pria warga Jolo, yang diyakini pihak PNP sebagai tersangka utama dan juga adalah donatur peristiwa pengeboman di jolo telah menyerahkan diri bersama 4 orang lainnya:

• Albaji Kisae Gadjali, alias Awag

• Rajan Bakil Gadjali, alias Radjan

• Kaisar Bakil Gadjali, alias Isal

• Salit Alih, alias Papong

Kelima orang tersebut adalah anggota kelompok 22 personel Abu Sayyaf di bawah pimpinan Hatib Hajan Sawadjaan. Mereka menyerah karena operasi pengejaran besar-besaran yang dilakukan oleh kepolisian dan militer.

Kamah diyakini sebagai bagian dari anggota tim yang memandu para pelaku bom bunuh diri, yaitu pasangan Asia yang belum teridentifikasi pada tanggal 24 Januari tiba dengan menggunakan perahu di Jolo.

Kepala Kepolisian Filipina menyatakan masih menunggu hasil pemeriksaan DNA kedua tubuh yang belum teridentifikasi yang ditemukan di sekitar area katederal Jolo untuk mengonfirmasi teori mereka. Sampai saat ini belum ada hasilnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liburan ke Spanyol, Richard Kyle Kemalingan

Posted: 04 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jessica Iskandar, bahagia bisa merayakan ulang tahun ke-31 bersama kekasihnya, Richard Kyle. Kegembiraan semakin bertambah, lantaran keduanya menghabiskan waktu tak di Indonesia, melainkan ke Amerika Serikat hingga Spanyol.

Sayangnya, di tengah kebahagiaan itu, Richard Kyle mengalami hal tak menyenangkan. Saat berada di Barcelona, barang-barang milik pria yang membawa acara My Trip My Adventure ini hilang dicuri orang.

Bukan hanya Richard Kyle yang merasa kehilangan, sang kekasih, Jessica Iskandar juga menjadi sedih.

"Hari itu aku nangis terus, sedih karena kerampokan. Yang hilang itu kamera, lensa-lensa dan Go Pro dia. Jadi, ya udah sedih deh aku nya," terang Jessica Iskandar, di kawasan Kapten Tendean, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (4/2/2019).

 

Hilang di Apartemen

Jessica Iskandar dan Richard Kyle

Barang-barang itu hilang bukan saat sedang dibawa, melainkan di dalam apartemen. Keduanya sudah melaporkan kepada polisi, tapi sayangnya barang tersebut tak juga ditemukan.

"Belum ketemu. Kayaknya yang ambil owner-nya. Karena kan kami nginep di apartemen, terus sama sekali enggak ada yang rusak," tutur Jessica Iskandar.

 

Kamera Kesayangan

Jessica Iskandar dan Richard Kyle (Instagram/@nobibhumi)

Diakui ibu satu anak ini, ia ikut merasa kehilangan kamera kesayangan Richard Kyle. Pasalnya, di dalam kamera tersebut terdapat foto-foto mereka selama liburan di sana.

Juga foto-foto momen spesial saat merayakan ultahnya masih tersimpan rapi di sana. Sementara, di ponsel hanya beberapa saja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Imlek, Sarwendah dan Ruben Onsu Foto Bareng Barongsai

Posted: 04 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Imlek disambut suka cita dan penuh antusiasme termasuk dari selebritas Tanah Air. Pasangan Sarwendah dan Ruben Onsu contohnya, yang memilih menghabiskan makan malam menyambut Imlek.

Sarwendah dan Ruben Onsu kompak mengunggah potret mereka melalui akun Instagram masing-masing. Keduanya turut mengajak sang buah hati, Thalia untuk berfoto bareng barongsai.

"Imlek Dinner Gong Xi FAT CAI 2570," tulis Ruben Onsu di kolom keterangan Instagram pribadinya pada Senin, 4 Februari 2019.

Dalam potret, Sarwendah tampil menawan mengenakan atasan blouse lengan panjang berwarna dasar merah dan terdapat sentuhan putih di bagian kerah dan pergelangan tangan. Lalu, ia juga memakai rok flare yang berwarna senada.

Sementara itu, Ruben dalam balutan sweater hitam, celana motif plaid, dan sneakers. Kemudian, buah hati mereka tampil imut mengenakan dress pink dengan hiasan kepala yang tak kalah cantik.

Di belakang mereka, terdapat barongsai yang juga ikut berpose. Tarian barongsai adalah satu di antara sederet budaya Tionghoa yang dikenal di zaman dinasti Tang.

Barongsai sendiri adaah simbol binatang singa yang dipercaya mempunyai kekuatan mistis dan magis untuk mengusir roh dan membawa keberuntungan, kebahagiaan, serta kedamaian.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Takut Gemuk Saat Imlek, Jangan Duduk Dekat Meja Makan

Posted: 04 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berkumpul dengan keluarga sambil membagikan angpau kepada mereka yang belum menikah adalah ciri khas dari perayaan Imlek. Selain itu, yang paling ditunggu juga adalah momen saat menyantap makanan khas Imlek

Bagi yang sedang diet, beberapa di antaranya memilih untuk tidak menyantapnya karena takut berat badan naik. Sebenarnya, ada lho cara mudah agar tak gampang gemuk meski menyantap makanan khas Imlek yang beragam.

Mulai bakkwa (dendeng babi), yusheng (salad ikan), kue keranjang, dan berbagai hidangan khas Imlek mungkin sudah menanti di meja makan. Hmm, membayangkannya saja sudah bikin senang!

Namun, hindarilah menyantap semuanya sekaligus. Ada baiknya Anda makan dalam porsi yang kecil supaya Anda bisa mencoba seluruh suguhan yang ada tanpa takut berat badan melonjak. Batasi juga konsumsi camilan khas Imlek yang tinggi kalori, seperti kue keranjang, kue nastar, kue semprong, dan sebagainya.

 

Menjauh dari Meja Makan

Jangan duduk atau berdiri terlalu dekat dengan makanan

Anda tak ingin berat badan melonjak usai perayaan Imlek? Salah satu kiatnya adalah hindari duduk atau berdiri terlalu dekat dengan makanan.

Sering kali tanpa disadari ketika Anda duduk di dekat meja makan sambil mengobrol dengan sepupu, satu stoples kue nastar sudah kosong melompong gara-gara Anda habiskan sendirian. Jadi, agar tidak makan secara berlebihan, jangan duduk atau berdiri terlalu dekat dengan makanan.

Hindari pergi dengan perut kosong

Tradisi makan bersama keluarga sering kali dilakukan di restoran atau rumah kerabat. Salah satu "kesalahan" yang sering dilakukan orang adalah, keluar rumah dengan perut kosong karena membayangkan akan menikmati berbagai santapan khas Imlek di tempat tujuan. Padahal, pergi dengan perut kosong bisa membuat Anda kalap saat makan di tempat tujuan nanti.

Jadi lebih baik sebelum pergi, makanlah dulu sedikit di rumah. Misalnya jika Anda pergi di pagi hari, ada baiknya sarapan terlebih dahulu di rumah dengan menu yang sehat. Anda dapat memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan kaya serat seperti roti gandum atau oatmeal. Lalu jika pergi di malam hari, Anda bisa makan buah atau salad dulu. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat akan membuat Anda kenyang lebih lama dan terhindar dari kalap nantinya.

 

Piring Kecil

Gunakan piring kecil

Menurut penelitian yang dimuat di International Journal of Obesity tahun 2010, makan dengan piring makan standar dapat meningkatkan porsi makan Anda ketimbang makan dengan piring kecil.

Semakin besar piring Anda, semakin besar juga makanan yang Anda letakkan di piring. Untuk itu, ketika makan gunakanlah piring kecil seperti yang biasa Anda gunakan ketika mengambil buah atau salad.

 

Olahraga

Olahraga

Saat liburan hari raya, bukan berarti Anda juga libur berolahraga. Tetaplah berolahraga, apalagi jika makanan yang Anda konsumsi mengandung kalori yang tinggi. Usahakan untuk berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. Anda tidak perlu melakukan olahraga intensitas tinggi, yang terpenting adalah Anda tetap aktif bergerak.

Penulis : Nadia Octavia / Klik Dokter

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pesan Tulus di Balik Monokrom

Posted: 04 Feb 2019 10:00 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Libur Imlek, Antrean Kendaraan Mengular di Lembang Bandung

Posted: 04 Feb 2019 09:49 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Antrean kendaraan dari arah Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Bandung Barat, sudah terlihat ekornya di sepanjang ruas Jalan Setiabudhi, Kota Bandung.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (5/2/2019), kendaraan didominasi mobil pribadi dari luar kota seperti Jabodetabek dan juga bus pariwisata. Meningkatnya volume kendaraan hari ini karena banyak warga memanfaatkan libur Imlek untuk menuju lokasi wisata.

Sebaliknya, arus lalu lintas dari Lembang menuju Bandung relatif lancar. Aparat kepolisian Resort Cimahi memberlakukan rekayasa arus dengan sistem buka tutup jika kemacetan parah terjadi dua arah.

Para pengendara bisa memilih jalur alternatif, seperti kawasan Dago dan Jalan Kolonel Masturi Kota Cimahi. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fakta Unik Shio Babi Tanah Menurut Fengshui

Posted: 04 Feb 2019 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dalam tradisi Tionghoa setiap tahunnya disimbolkan dengan shio.

Tahun ini merupakan shio babi tanah yang diharapkan membawa keberuntungan untuk semua orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta-Fakta Pembagian Angpau Imlek di Wihara Petak Sembilan

Posted: 04 Feb 2019 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Imlek diindetikkan dengan pembagian angpau. Tradisi pembagian angpau itu juga terjadi di Wihara Dharma Bhakti dan Wihara Dharma Sakti di Petak Sembilan, Taman Sari, Jakarta Barat.

Biasanya, orang-orang berdatangan ke wihara tersebut untuk berharap mendapatkan angpau Imlek, khususnya para pengemis. Mereka berharap kebaikan hati para pengunjung yang datang ke tempat ibadah tersebut.

Pembagian angpau ini berlangsung selama seminggu. Oleh karena itu, para pengemis sengaja berdatangan ke wihara berharap mendapatkan angpau dari peringatan tahun baru Cina tersebut.

Salah seorang pengemis Vivi mengaku dirinya rutin mendatangi wihara tersebut untuk mendapatkan angpau. Bahkan, dirinya bersama sang anak sudah datang sejak Senin, 4 Februari 2019.

"Sudah menunggu dari pagi ini, tahun ini lagi sepi. Biasanya sudah ada nasi Padang jam segini, tapi sekarang belum ada," ujar salah seorang pengemis, Vivi, di Wihara Dharma Bakti, Glodok, Jakarta, Senin, 4 Februari 2019 siang.

Berikut fakta-fakta pembagian angpau Imlek di Wihara Dharma Bhakti dan Wihara Dharma Sakti di Petak Sembilan, Taman Sari, Jakarta Barat yang dihimpun Liputan6.com:

 

1. Kegiatan Rutin

Ratusan pengemis memadati halaman Wihara Dharma Bakti, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Senin (4/2/2019). Mereka menunggu sedekah para pengunjung wihara yang ingin berbagi rezeki.

Deretan pengemis memang biasa datang saat menjelang Tahun Baru Imlek karena sejumlah pengunjung memang membagikan rezeki, baik itu uang atau makanan.

"Menjelang Imlek memang mereka berdatangan karena berharap mendapatkan rezeki dari pengunjung yang bersembahyang," kata Abi, seorang pengurus Vihara Dharma Sakti.

"Tapi malam ini tidak seperti malam tahun lalu yang penuh sampai ke pojok halaman," kata Abi.

Hal itu dibenarkan oleh salah seorang pengemis Vivi. Ia yang merupakan warga Karang Anyar, Jakarta Pusat mengaku setiap tahun datang ke Wihara Dharma Bakti sehari sebelum Imlek. Dia berharap mendapat berkah angpau yang dibagikan pengunjung yang ingin bersedekah.

"Ya dikasih Rp 2.000 tadi sama orang baik aja, yang mau amal, yang mau ibadah. Tapi ini dorong-dorongan kan tadi, jadi diminta tertib," ujar Vivi sambil tersenyum.

 

2. Rela Menunggu Seharian Demi Dapat Angpau

Ratusan pengemis memadati halaman Wihara Dharma Bakti, Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Senin (4/2/2019). Mereka menunggu sedekah para pengunjung wihara yang ingin berbagi rezeki.

Vivi mengaku, ia akan menunggu seharian di wihara berharap mendapatkan angpau Imlek. Ia juga ingin melihat atraksi barongsai bersama dengan anaknya. Walau atraksi tersebut belum pasti ditampilkan, ia akan tetap sabar menunggu.

"Kadang suka ada barongsai, ini bagi-bagi angpau juga bakal terus ada sampai seminggu, jadi akan ke sini terus nunggu angpau," kata Vivi.

Begitu pula dengan Maskur (68), yang datang sejak Senin 4 Februari pagi. Ia berharap bisa mendapat banyak angpau di kelenteng itu.

Pria yang mengaku tidak memiliki pekerjaan itu, mengatakan sudah tujuh tahun terakhir selalu datang ke beberapa vihara di Taman Sari saat Imlek.

"Biasanya ada dikasih angpau. Jumlahnya tak pasti. Pernah sampai ratusan ribu. Pernah juga cuma sedikit," kata Maskur.

 

3. Ratusan Warga Datang Sembahyang

Warga bersembahyang rayakan Imlek di Petak Sembilan.

Ratusan warga Tionghoa memadati Wihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Jakarta Barat untuk beribadah di Hari Imlek. Sekitar pukul 7.30 WIB Vihara sudah dipadati umat yang ingin beribadah.

Kori (45) berharap ekonomi di Indonesia semakin baik dan sejahtera.

"Semoga mudah rezeki, ekonomi bertambah," kata Kori usai beribadah Wihara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Jakarta Barat, Selasa (5/2/2019).

Dia mengatakan, selalu berdoa dan merayakan Imlek di Wihara Dharma Bakti. Dia mengaku bahagia lantaran kaumnya bisa bersuka cita bersama di tahun Babi Tanah ini. Tidak hanya itu dia juga berharap di tahun politik ini juga Indonesia damai dan saling bertoleransi antar umat beragama.

"Di tahun politik ini semua umat bisa saling toleransi antar umat beragama," kata Kori.

Tidak hanya Kori, Chico pemilik toko di Kawasan Glodok juga berharap ekonomi di Indonesia semakin baik. Dan keamanan khususnya di Jakarta juga semakin baik.

"Semoga di tahun Babi Tanah ini semua semakin baik," kata Chico.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bom Mobil Guncang Ibu Kota Somalia, 10 Orang Tewas

Posted: 04 Feb 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Mogadishu - Sebuah bom meledak di tengah pusat perbelanjaan yang ramai di ibu kota Somalia, Mogadishu, pada siang waktu setempat, atau petang waktu Indonesia bagian barat. Ledakan tersebut menewaskan sedikitnya sepuluh orang, dan melukai puluhan lainnya, lapor polisi dan saksi mata.

Kapten Farah Osman, seorang perwira polisi Somalia di tempat kejadian, mengonfirmasi bahwa ledakan itu merusak sebuah mal yang berlokasi di distrik Hamarweyne, yang merupakan pusat bisnis di Mogadishu.

Dikutip dari CNN pada Selasa (5/2/2019), korban tewas kemungkinan bertambah, mengingat polisi masih melakukan pencarian, dan beberapa korban luka dalam kondisi kritis.

Ibrahim Jama, seorang saksi mata, mengatakan ledakan bom mobil itu mengguncang jendela beberapa bangunan bisnis di dekatnya.

Di tempat terpisah, kelompok teroris Al-Shabaab mengaku bertanggungjawab atas serangan di ibu kota Somalia itu.

Kelompok teror yang berafiliasi dengan Al-Qaeda itu juga bertanggung jawab atas tiga bom mobil pada November lalu, yang menewaskan sedikitnya 52 orang dan sekitar 100 lainnya terluka.

Bom-bom itu diledakkan di dekat sebuah hotel yang populer di kalangan warga asing di Mogadishu.

 

Simak video pilihan berikut:

Meneror Sejak 2006

Petugas membawa jenazah korban di lokasi serangan bom mobil di Distrik Hamarwayne, Mogadishu, Ibu Kota Somalia (4/2). Setidaknya sembilan orang tewas dan beberapa lainnya cedera akibat serangan bom mobil tersebut. (AFP Photo/Abdirazak Hussein Farah)

Sejak 2006, kelompok Al-Shabaab telah melakukan beberapa serangan di Mogadishu, yang menargetkan para relawan internasional, jurnalis, pemimpin sipil, dan penjaga perdamaian, serta pihak pemerintah dan militer Somalia.

Kelompok militan itu ingin mengubah Somalia menjadi negara Islam fundamentalis, Kata kementerian luar negeri setempat.

Serangan terbaru menandai rangkaian teror besar kedua yang dilakukan oleh Al-Shabaab awal 2019, setelah pengepungan selama berjam-jam di ibukota Kenya, Nairobi.

Setidaknya 21 orang tewas ketika pasukan militan dari kelompok teror itu mengepung kompleks DusitD2, yakni sebuah kompleks toko dan fasilitas hotel kelas atas di Nairobi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ronaldo Siap Sambut Marcelo di Juventus

Posted: 04 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Turin - Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, siap menyambut jika Marcelo tinggalkan Real Madrid untuk mendarat di Turin. Ronaldo ingin menjadi rekan setim Marcelo lagi.

Sebelum Ronaldo hengkang dari Los Blancos musim panas lalu, Marcelo merupakan sahabatnya di klub ibu kota Spanyol itu. Belakangan, beredar rumor Marcelo berniat meninggalkan Real Madrid.

Juventus salah satu klub yang dikaitkan dengan bek kiri internasional Brasil tersebut. Ronaldo mengaku hanya mendengar kabar dari media tentang rumor transfer Marcelo.

Ronaldo mengatakan kepada Gazzetta dello Sport sebelum Natal: "Saya tahu mereka menulis tentang James (Rodriguez), (Gareth) Bale, (Marco) Asensio tetapi, jujur, Juventus tidak membutuhkan pemain.

"Anda harus bertanya itu (transfer pemain) kepada presiden (Andrea Agnelli, Presiden Juventus," ucap kapten Timnas Portugal ini.

Marcelo Kuat

Cristiano Ronaldo dan Marcelo saat masih di Real Madrid. (AP/Hassan Ammar)

Ronaldo memuji kualitas yang akan dibawa Marcelo jika bergabung dengan Juventus. Namun, mantan pemain Manchester United ini menyerahkan keputusan kepada klub terkait perekrutan Marcelo.

"Marcelo kuat, kami akan membuka pintu bagi pemain bagus dan Marcelo adalah salah satunya," ungkap Ronaldo.

17 Gol

Ronaldo sejauh ini memimpin daftar pencetak gol terbanyak Liga Italia dengan 17 gol dan enam assist. Padahal ini merupakan musim debut pemain berusia 33 tahun itu di Italia. 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikritik soal RUU Permusikan, Anang Hermansyah: Jerinx SID Beri Masukan Baik

Posted: 04 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - RUU Permusikan masih menjadi perdebatan masyarakat. Khususnya bagi pelaku seni musik di Indonesia. Yang cukup menarik perhatian publik adalah perseteruan Jerinx SID dengan Anang Hermansyah dan sang istri, Ashanty.

Ashanty sempat tidak terima dengan apa yang disampaikan Jerinx SID kepada Anang Hermansyah. Bahkan Ashanty menantang Jerinx SID untuk berdebat secara terbuka soal RUU Permusikan.

Sementara Anang Hermansyah justru menanggapinya dengan santai.

"Kan aku bilang Jerinx SID punya masukan yang baik. Bagi aku itu justru masukan yang baik," kata Anang Hermansyah saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (4/1/2019).

 

Lihat Nanti

Anang Hermansyah saat ditemui di acara diskusi di Cilandak Town Square

Soal masalahnya dengan Jerinx SID, Anang Hermansyah seakan tak mau memperpanjangnya. Ia menegaskan bahwa sementara ini Anang Hermansyah ingin berfokus dengan RUU Permusikan.

"Makanya kita akan lihat nanti perkembangan lanjutnya seperti apa mudah-mudahan dari pertemuan hari ini memberikan hal-hal baik untuk direnungkan dengan tenang, tidak bisa emosi," ujarnya.

Laporan

Anang Hermansyah saat ditemui di acara diskusi di Cilandak Town Square

Sebelumnya, sempat dikabarkan bahwa Anang Hermansyah dan Ashanty akan melaporkan Jerinx SID ke ranah hukum. Ketika disinggung soal hal tersebut, Anang Hermansyah mengindahkan pertanyaan itu dan memilih untuk mengakhiri perbincangan.

"Oke terima kasih ya temen-temen, sorry aku harus berangkat ke bandara," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fotografer Ini Ciptakan Foto Unik untuk Abadikan Pernikahan Wanita Tunanetra

Posted: 04 Feb 2019 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Foto pernikahan adalah salah satu momen tak terlupakan bagi orang yang menikah. Dari foto pernikahan momen-momen bahagia menjelang pernikahan diabadikan sebagai kenangan yang indah. 

James Day, seorang fotografer terkenal dari Sydney, Australia mengabadikan momen bahagia para calon pengantin. Selain memotret, ia tak jarang juga turut andil dalam pembuatan desain hasil foto pernikahan dalam bentuk fisik (album).

Salah satu pengalaman unik yang pernah ia alami, saat James menjadi fotografer bagi pasangan Steph dan Rob. Steph adalah wanita yang kehilangan penglihatannya saat bertemu dengan Rob. Steph mewarisi kelainan mata dari ibunya.

Pernikahan Steph dan Rob

Pernikahan Steph dan Rob (Sumber: Brightside)

Dengan kondisi penglihatan yang ia alami, Steph sempat menyerah dengan rencana pernikahannya. Ia tak dapat melihat pernikahan yang selama ini ia idamkan.

"Saat Steph masih kecil, ia mendambakan pernikahan seperti pernikahan di negeri dongeng. Dan kami sangat sedih ketika dia tidak bisa melakukan itu semua," ucap ibunya seperti yang dikutip dari Brightside oleh Liputan6.com, Selasa (5/2/2019).

James Menciptakan Foto Pernikahan Unik

Pernikahan Steph dan Rob (Sumber: Brightside)

James Day yang saat itu menjadi fotografer untuk Steph dan Rob, mencoba melakukan hal agar Steph dapat menikmati momen yang tak terlupakan ini. Dengan ide darinya, akhirnya Steph mau untuk melakukan foto pre wedding.

"Saya ingin ini menjadikan momen yang spesial. Saya ingin mencari jalan agar mereka semua dapa berbahagia," ucapnya.

Persiapan Selama 12 Bulan

Pernikahan Steph dan Rob (Sumber: Brightside)

James mencari tahu semua hal yang bisa membantunya. Mulai dari mencari di internet hingga ia bertanya pada orang-orang di bidangnya. Ia ingin memberikan momen yang 'real' bagi Steph.

Selama 12 bulan mempersiapkan pemotretan, ia akhirnya mendapatkan jalan keluar. James menggunakan 10 kain yang diberi minyak esensial yang berbeda-beda. Setelah menjalani pemotretan dan menghasilkan foto album pernikahan, ia menyerahkannya ke Linda, ibu Steph.

Melihat Dari Aroma Minyak Esensial

Pernikahan Steph dan Rob (Sumber: Brightside)

"Luar biasa, malam itu, Linda benar-benar bisa mencium aroma dari minyak di foto itu. Ia mengingat semua aroma yang sama saat momen hari yang spesial itu," ucap James.

Kain dan aroma yang sesuai dengan momen dimasukkan ke dalam album pernikahannya. Setiap halaman berisi cuplikan audio, foto, kain dan aroma yang membantu Steph untuk mengingat momen bahagianya.

"Luar biasa, kalian semua telah benyak menghadapi masalah untuk memastikan ini menjadi pernikahan yang indah. Ini sangat berarti bagiku," seru Steph yang dikutip dari Brightside.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyakit DBD Marak, Penjual Jambu Biji Kebanjiran Pesanan

Posted: 04 Feb 2019 09:22 PM PST

Fokus, Brebes - Bisa dibilang saat penyakit demam berdarah dengue (DBD) mulai merebak, jambu biji merah pun menjadi buah yang banyak diburu. Kandungannya yang kaya vitamin c membuat dikenal sebagai alternatif meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan infeksi virus penyakit DBD.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (5/2/2019), tak heran, dalam beberapa minggu terakhir permintaan jus jambu biji meningkat. Di sebuah kedai di Jember, Jawa Timur, permintaan jus jambu biji merah meningkat dua kali lipat hingga bisa menghabiskan lima kilogram jambu biji per hari.

Sebetulnya selain buahnya, daun jambu biji pun punya khasiat. Flavonoid Kuercetin yang terdapat pada daunnya membantu mengurangi pendarahan yang kerap terjadi pada penderita DBD.

Bila tak ada masalah pencernaan, jambu biji dan air rebusan daunnya bisa diberikan hingga 4 kali sehari bagi penderita DBD. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imlek, Yeslin Wang Berniat Mengunjungi Keluarga Delon

Posted: 04 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Imlek tahun ini dilalui Yeslin Wang dengan suasana yang berbeda. Pasalnya, ia baru saja resmi bercerai dari Delon, pada 24 Januari 2019. Yeslin Wang pun menceritakan apa yang akan ia lakukan pada Imlek tahun ini. 

"Paling bedanya kalau tahun lalu kan malam tahun barunya sama keluarga mantan suami, ya kalau sekarang sama keluarga sendiri," ujar Yeslin Wang, belum lama ini.

Namun, Yeslin mengatakan tetap akan mengunjungi keluarga mantan suaminya, Delon, untuk bersilaturahmi, walau tidak tepat pada hari-H perayaan Imlek.

"Tapi mungkin besok-besoknya pasti mengunjungi keluarga Delon juga, kan kita masih bersahabat juga," tutur Yeslin.

 

Simak berita menarik lain di JawaPos.com

 

Meriah

Yeslin Wang (Adrian Putra/bintang.com)

Yeslin Wang juga menceritakan tradisi Imlek di keluarganya.

"Imlek sendiri kan perayaan tahun baru Tiongkok, jadinya kita ngumpul-ngumpul, makan-makan biasanya, terus sama bagi-bagi angpao ke keponakan yang kecil-kecil paling," tutur Yeslin.

Berbagai makanan pun disiapkan dengan meriah. Menurut Yeslin, makanan yang disajikan pun memiliki persyaratan khusus. 

"Malamnya dinner besar. Jadinya ada ikan, ayam, burung dara. Jadi, semua unsur ada unsur tanah, laut, unsur udara semuanya harus ada di meja biar meriah. Seperti Lebaran lah, makin banyak makanannya makin meriah," sambungnya.

 

Ingin Hidup Manis

Yeslin Wang

Yeslin mengungkapkan kue keranjang juga wajib ada dan menjadi makanan kecil khas hari raya Imlek yang tidak boleh terlupakan.

"Kue keranjang itu kan kayak dodol gitu, jadi itu simbol aja sih kan manis. Jadi, biar hidupnya manis," tukas Yeslin.

Sumber: JawaPos.com (Reporter: Yuliani)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawaslu Bantul Gencar Ikuti Kampanye Caleg Agar Antipolitik Uang

Posted: 04 Feb 2019 09:19 PM PST

Liputan6.com, Bantul - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menggencarkan sosialisasi antipolitik uang kepada masyarakat setempat maupun partai politik maupun calon anggota legislatif atau caleg peserta Pemilu 2019.

"Yang antipolitik uang kita akan berusaha sosialisasi secara masif, bahkan saat ada caleg yang kampanye kami sudah lakukan sekaligus sosialisasi di konstituen tersebut," ujar Anggota Bawasalu Bantul Supardi, seperti dilansir Antara, Selasa (5/2/2019).

Menurut dia, belum lama ini Bawaslu dan jajarannya telah melakukan beberapa kali sosialisasi mengenai antipolitik uang atau hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh parpol maupun caleg dengan ikut serta ke kegiatan kampanye mereka.

"Saya sudah lakukan tiga kali yaitu dengan PKS di Banguntapan dan Jetis, kemudian Gerindra di Jetis, jadi ada caleg yang kampanye kita diminta sampaikan tentang larangan boleh tidaknya membagi-bagi bahan kampanye kita sampaikan biar masyarakat tahu," ucap Supardi.

Ia mengatakan, dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilu, sudah diatur tata cara kampanye termasuk bahan kampanye yang boleh dibagikan, namun masih belum dipahami oleh sebagian peserta Pemilu.

"Aturannya sudah ada, namun masih ada caleg yang ragu-ragu, misalnya boleh tidak membagi kaos atau baju atau tutup kepala, itu boleh saja asalkan nilainya tidak lebih dari Rp 60 ribu per buah, meskipun di situ (bahan kampanye) ada logo parpol," papar Supardi.

 

Tidak Boleh Bagikan Sembako

Aktivitas perdagangan di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat (20/4). Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengklaim harga pangan terkendali. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Supardi menjelaskan, jika pembagian berbentuk sembilah bahan pokok atau sembako, maka itu tidak boleh dilakukan.

"Kalau Sembako biasanya kita arahkan ke bazar, itu malah boleh, bazar itu kampanye dalam bentuk lain," kata dia.

Supardi mengatakan, termasuk pemberian uang transpot oleh caleg atau parpol kepada konstituen yang diundang dalam kegiatan kampanye juga diperbolehkan asalkan nominalnya sesuai dengan SHBJ (sesuai harga barang jasa), misalnya sebesar Rp 30 ribu.

"Tapi kan uang transport itu tidak mesti semua memberi, terserah masing-masing caleg. Tetapi itu bagian dari dana kampanye dan di saat laporan atau pengeluaran dana kampanye muncul, jangan sampai tidak muncul," pungkas Supardi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Rahasia Fengshui untuk Menambah Kemakmuran

Posted: 04 Feb 2019 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah kalau Anda dapat meningkatkan peluang keberuntungan dan rezeki dengan memanfaatkan fengshui?

Pada 2019, terdapat sebuah energi yang dapat dimaksimalkan untuk membawa kemakmuran, kekayaan, kesuksesan dan kekuasaan.

Energi ini ialah Wealth flying star 8. Energi ini dapat dimanfaatkan dengan menempatkan beberapa simbol kesejahteraan.

Elemen dari flying star 8 adalah bumi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menjauhi elemen tanaman atau tumbuhan karena dianggap dapat menyerap energi kemakmuran dan kesejahteraan yang datang.

Berikut beberapa benda yang dapat mengaktivasi energi flying star 8, dikutip dari thechinesezodiac.org:

1. PigYear Golden Statue

Babi diyakini merupakan hewan yang cocok merepresentasikan kekayaan yang ditunjukan dalam ilustrasi patung PigYear Golden Statue.

Digambarkan babi di patung ini sedang menduduki koin-koin. Patung ini diyakini merupakan simbol kekayaan dan keberuntungan.

Dalam budaya China, babi adalah hewan yang jujur, dapat diandalkan dan bertanggung jawab. Babi juga merupakan hewan yang baik hati dalam persahabatan serta memiliki rasa keadilan yang mendalam. 

Kepercayaan China mengatakan, meletakkan hal-hal yang berhubungan dengan hewan ini dapat meningkatkan hal-hal baik dan kekayaan Anda.

Patung babi dipercaya akan membuat Anda menjadi lebih mudah melewati masalah keuangan, memastikan keberadaan orang-orang setia di sekitar dan menghalangi orang-orang yang berniat mengkhianati Anda.

 

2. Golden Happy Buddha Holding Ingot Statue

Ilustrasi Feng Shui

2. Golden Laughing Happy Buddha Holding Ingot Statue

Di patung ini, Buddha terlihat sangat bahagia. Buddha digambarkan duduk di atas karung yang berisi koin melimpah dan membawa keharmonisan dalam sebuah rumah. Ia memiliki Yu Ri, salah satu elemen feng shui yang memiliki makna kekuasaan, kepemimpinan dan autoritas.

Anda dapat meletakkan patung ini pada:

- Ruang tamu. Letakkan patung dengan koin dan nugget, disarankan menghadap ke arah pintu masuk. Hal ini diyakini dapat menarik keberuntungan dan keharmonisan dalam rumah serta mengusir kemalangan yang datang.

- Meja bekerja. Letakkan patung ini dengan koin dan nugget untuk membantu Anda melepaskan stres setelah bekerja atau belajar serta membantu Anda untuk fokus dalam meraih target karier dan studi Anda.

- Toko atau warung. Letakkan patung mengharap ke pintu masuk untuk melancarkan bisnis, menarik banyak pembeli dan menghindari saingan bisnis.

3. Pohon Uang Red Agate dan Pi Yao/Pi Xiu

Ilustrasi uang

3. Pohon Uang Red Agate and Pi Yao/Pi Xiu

Pohon uang Red Agate memberikan energi harmonis dan kebahagiaan yang berlimpah. Letakan pohon uang berwarna merah ini di rumah maupun toko Anda pada arah timur laut. 

Di pohon ini terdapat karakter China bernama Pi Yao. Pi Yao adalah sebuah kekuatan yang dapat membawa keberuntungan dan biasa dijadikan jimat. Pi Yao juga merupakan aktivator yang dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan.

Naga ini diyakini sebagai karakter yang protektif, patuh dan setia. Ada yang mengatakan  Pi Yao selalu berusaha mengabulkan setiap permintaan pemiliknya.

Kegunaan lain yang tak kalah penting dari Pi Yao adalah Pi Yao dapat menangkal rotasi Tai Sui yang datang membawa takdir buruk bagi manusia. 

4. Patung Naga Emas untuk Kesuksesan

Ilustrasi perempuan sukses dengan berbagai proses dialaminya. (Picture: diaiz.co)

4. Patung Naga Emas

Naga adalah seekor hewan surgawi yang sangat dihargai dan dihormati dalam tradisi dan kebudayaan Cina. Hewan ini melambangkan simbol Yang, yang bermakna maskulinitas dan keberanian. Ia baik hati, penuh vitalitas dan kekuatan. Anda dapat meletakkan patung naga emas dimana saja dengan arah kemana saja.

Dari generasi ke generasi, naga menjadi simbol kekayaan, kemakmuran, kejayaan dan kekuasaan. Hanya kaisar dan keturunan kerajaan saja yang dapat menggunakan simbol ini di benda-benda di kehidupan mereka.

Kini, Anda dapat turut merasakan kemakmuran dan kejayaan keturunan kerajaan dengan meletakkan patung naga emas di rumah Anda.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atasi Penyebab Laptop Lemot dengan 11 Cara Ini, Mudah dan Praktis

Posted: 04 Feb 2019 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Selain handphone, di era digital ini laptop juga merupakan benda yang masuk dalam kebutuhan primer. Pasalnya, laptop tergolong lebih praktis daripada komputer untuk mengerjakan sesuatu.

Fungsi laptop yang melebihi handphone ini biasanya digunakan untuk mengerjakan sesuatu yang tidak bisa dikerjakan di handphone seperti mengedit video untuk durasi yang panjang, atau menulis artikel yang panjang.

Meski lebih praktis dari komputer, laptop pun bisa menjadi lemot. Buat kamu yang juga aktif menggunakan laptop, mendapati laptop yang tiba-tiba menjadi lemot pasti kesal. Berbagai cara pun dilakukan agar penyebab laptop lemot tersebut bisa segera diatasi.

Kamu bingung mengapa laptop bisa menjadi lemot? Berikut Liputan6.com, rangkum dari berbagai sumber penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya, Selasa (5/2/2019).

Penyebab Laptop Lemot

1. Harddisk yang Sudah Lama

Kalau harddisk kamu sudah lama, maka kamu perlu menggantinya. Karena Harddisk juga memiliki batasan usia. Harddisk yang sudah tua, akan mempengaruhi performa laptop secara keseluruhan.

2. Harddisk Penuh

Data yang banyak juga memberikan faktor penyebab laptop lemot. Kalau harddiskmu sudah hampir penuh mencapai 95 persen, sangat besar kemungkinan laptopmu akan lemot.

3. Banyak Startup Programs

Kalau kamu memiliki banyak aplikasi di laptop, hal itu bisa menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Soalnya, beberapa aplikasi itu akan berjalan di background secara otomatis saat kamu mulai menyalakan laptop. Makin banyak aplikasi yang berjalan otomatis ketika booting, akan menjadikan laptop semakin lemot.

4. Banyak Add-ons

Secara tidak sadar, kamu suka menambahkan add-ons pada laman browser. Hal ini lah penyebab laptop lemot. Jadi, kamu perlu teliti sebelmum memasang add-ons, ya.

5. Banyak Menjalankan Aplikasi

Tak jarang kamu membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. Hal ini juga merupakan penyebab laptop lemot, karena terbatasnya RAM.

Penyebab Laptop Lemot Lainnya

6. Banyak Browser Tab yang Dibuka

Nah, membuka terlalu banya tab pada browser juga dapat menguras RAM laptop, lho. Apalagi kalau situs yang sedang dibuka memiliki fitur auto-refreshing.

7. Kena Virus

Virus pada perangkat elektronik ini memang bisa memperlambat bahkan merusak laptop. Oleh karena itu, waspada saat menerima file baik secara online maupun offline.

8. Antivirus yang Terlalu Aktif

Untuk mengatasi adanya virus pada laptop, pasti kamu sudah bersiap dengan aplikasi antivirus. Namun, kalau aplikasi antivirus ini terlalu aktif, juga menjadi penyebab laptop lemot karena berjalan di background.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengatur waktu tertentu untuk melakukan secanning secara rutin.

9. Ukuran RAM Kecil

Besarnya RAM yang terdapat pada laptop menjadi salah satu faktor penting terhadap kecepatannya. Kalau RAM Anda kecil, bisa coba ganti ke RAM yang lebih besar.

10. Jarang Melakukan Update OS

Pengguna laptop Windows atau MacOS, kamu  tetap perlu rutin memperbarui sistem operasinya. Hal ini guna untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada laptop. Kalau jarang melakukan update, siap-siap saja laptop akan menjadi lemot.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Ilustrasi orang sedang mengetik di laptop

Kalau laptopmu sudah terlanjur lemot, tenang saja, ada beberapa cara untuk mengatasi laptop lemot yang sangat mengganggu kegiatan ini. Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi laptop lemot:

1. Uninstall Aplikasi

Kalau kamu memiliki banyak aplikasi di laptop, mulailah untuk mengurangi aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Banyaknya aplikasi pada laptop akan membuat kapasitas penyimpanan di Drive C akan penuh dan membuat sistem akan menjadi lama membaca harddisk.

Mulailah untuk menyeleksi aplikasi mana saja yang jarang dipakai. Setelah itu kamu bisa melakukan uninstall terhadap aplikasi-aplikasi tersebut untuk mengurangi lemot. Kamu cukup menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan, karena aplikasi yang menganggur akan memenuhi laptop dan membuat kinerja laptop menurun.

2. Gunakan Antivirus

Virus pada perangkat elektronik menjadi salah satu penyakit yang membuatnya menjadi lemot. Seperti yang telah dijelaskan di atas tadi. Gunakan aplikasi antivirus dan gunakan dengan semestinya.

3. Gunakan Aplikasi untuk Mengatasi Laptop Lemot

Ketahuilah tentang spesifikasi laptopmu. Hal ini berguna untuk memasangkan aplikasi sesuai dengan spesifikasi prosesor dan RAM yang dimiliki laptop. Jika terlalu memaksakan install aplikasi, padahal laptop tidak mampu menampung atau menerima, maka siap-siap saja laptop menjadi lemot.

4. Buka Aplikasi Pilihan

Menyalakan aplikasi secara berlebihan menjadi salah satu penyebab laptop lemot, karena hal ini memaksakan kinerja RAM. Kamu perlu menyesuaikan penggunaan aplikasi dengan spesifikasi laptop yang dimiliki. Atau kamu bisa mengaktifkan task manager untuk mengontrol penggunaan RAM pada saat menjalanlan beberapa aplikasi sekaligus.

5. Bersihkan Desktop

Menaruh banyak aplikasi di bagian desktop juga merupakan salah satu penyebab laptop lemot dalam merespon perintah dari user. Selain itu, pastikan juga untuk mengawasi aplikasi yang berjalan ketika laptop sedang dalam aktivitas starup.

Usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan, karena ini akan menjadi penyebab laptop lemot. Sebab aplikasi tersebut menjadi working in background, yang diam-diam memakan kapasitas RAM.

6. Tambah Kapasitas RAM

Cara mengatasi laptop lemot lainnya ada pada penambahan RAM. Namun jangan asal menambah kapasitas RAM, perhatikan spesifikasi RAM (RAM DDR3, atau RAM DDR3L, serta RAM DDR4) dan juga kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop.

Cara Mengatasi Penyebab Laptop Lemot

7. Lakukan Pembersihan Drive C

Jika laptop sudah berusia tua, biasanya di atas 3 tahun, kinerjanya pasti akan menurun. Untuk itu, salah satu solusinya adalah melakukan pembersihan drive C. Lakukan juga uninstall dari program dan juga aplikasi yang dianggap memberatkan kinerja laptop untuk memperbaiki kinerjanya.

8. Reset Ulang Windows

Usia laptop yang sudah tua tidak hanya mempengaruhi kinerja hardware saja, tapi juga software. Oleh karena itu, kamu perlu mereset atau install ulang software yang digunakan. Selain itu kamu juga bisa mengganti software yang sebelumnya, untuk meningkatkan kinerja perangkat laptop.

9. Gunakan Thermal Paste

Kegunaan Thermal Paste adalah untuk mendinginkan dan menjaga suhu prosesor agar tidak cepat panas. Kalau suhu prosesor stabil, tentunya akan membantu kinerja laptop menjadi lebih stabil dan tidak cepat lemot.

10. Gunakan Cooling Pad

Cooling pad berguna untuk menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas. Karena kalau laptop terlalu panas, akan membuat laptop menjadi lemot.

11. Ganti Memori HDD dengan SSD

Harddisk HDD memiliki kecepatan data yang relative lambat. Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu menggantinya dengan penyimpanan SSD.

12. Gunakan Aplikasi Pemacu Kinerja Laptop

Untuk mengatasi aplikasi lemot, kamu bisa menggunakan aplikasi yang berfungsi mendukung kinerja laptop agar menjadi lebih cepat. Kamu bisa mencoba aplikasi seperti CCleaner, Razer Game Booster, IObit Advanced SystemCare, Advanced System Optimizer, dan lain sebagainya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uniknya Motif-Motif Batik Khas Daerah di Indonesia, dari Semarang hingga Madura

Posted: 04 Feb 2019 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tradisi membatik telah diperkenalkan secara turun temurun sejak Kerajaan Majapahit. Saat itu, membatik dilakukan di dalam lingkungan kerajaan untuk membuat pakaian keluarga kerajaan. Kini, batik telah menjadi simbol kebudayaan Indonesia yang mendunia. Bahkan, UNESCO sebagai organisasi dunia yang bergerak di bidang kebudayaaan menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia non-bendawi.

Dalam perkembangannya ada berbagi macam jenis batik yang tersebar di Indonesia. Motif yang beragam biasanya bergantung pada setiap daerah sesuai ciri khasnya.

Setiap motif mengandung makna dari leluhur mereka. Bahkan, ada motif tertentu yang hanya dipakai keluarga keraton untuk menunjukkan status seseorang. Berikut enam motif batik khas beragam daerah di Indonesia, seperti dilansir dari buku Pesona Wisata Belanja Indonesia, Senin, 4 Februari 2019.

Batik semarang

Kebangkitan kembali batik Semarang salah satunya dipelopori Batik Semarang 16. Berbagai produknya tidak saja digemari masyarakat umum, tapi juga menjadi buruan pejabat, artis, serta desainer kenamaan.

Proses penciptaan motif Batik Semarang 16 umumnya terinspirasi oleh artefak dan landmark yang ada di Kota Semarang. Itulah yang menjadi daya tarik motif ragam hias Batik Semarang 16 di antaranya motif batik Tugumuda Kekiteran Sulur dan motif Batik Lawangsewu Kekiteran Asem.

Motif batik Tugumuda Kekiteran Sulur, Motif Batik ini menggambarkan Tugumuda yang dikelilingi sulur atau tanaman menjalar. Pola ini terinspirasi dari pembangunan Tugumuda sebagi monumen Pertempuran Lima Hari di Semarang. Motif ini menyimbolkan semangat kepahlawanan.

Sementara, motif batik Lawangsewu Kekiteran Asem merupakan motif varian dari Tugumuda Kekiteran Sulur. Pada motif ini, ikon yang ditampilkan adalah Lawang Sewu, bangunan bersejarah di Kota Semarang. Motif ini melambangkan semangat pelestarian warisan budaya dan juga pelestarian lingkungan.

Batik Pekalongan

Pekalongan telah menjadi kota batik yang terkenal sejak zaman penjajahan Belanda. Batik Pekalongan merupakan batik yang digemari karena motifnya yang dinamis dan harganya yang relatif murah.

Batik ini biasanya berwarna cerah seperti merah, hijau, biru, oranye, dan kuning, dengan tanaman sebagai motif yang mencolok. Salah satu motif asli batik Pekalongan adalah Jilamprang yang menyerupai titik-titik yang dianggap sebagai motif geometris dan berkembang oleh pengerajin batik keturunan Arab.

Motif lainnya ialah Semen, yang mencerminkan batik Solo dan Yogya menggunakan garuda dan tumbuhan sebagai motifnya jika dilihat sekilas.

Batik Sidoarjo

Kerajinan yang khas di Sidoarjo yaitu Batik Tulis Sidoarjo. Di sidoarjo terdapat kampung pengrajin batik yang bernama Kampoeng Batik Jetis. Pengusaha dan pengerajin di kampung ini mengembangkan usaha dengan metode turun temurun. Batik Jetis ini diyakini sebagai warisan leluhur di Sidoarjo. 

Batik Jetis ini mulanya diajarkan oleh Mbah Mulyadi yang konon merupakan keturunan Raja Kediri yang lari ke Sidoarjo. Bersama para pengawalnya, Mbah Mulyadi mengawali berdagang di "Pasar Kaget" yang kini dikenal dengan nama Pasar Jetis.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Deretan Motif Batik Populer di Indonesia

Makna tersembunyi di balik Batik Mega Mendung Cirebon (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Batik Cirebon

Tradisi Batik Cirebon konon dipelopori oleh Ki Gede Trusmi. Secara umum, Batik Cirebon diklasifikasi ke dalam Batik Pesisira, yang memiliki keunikan warna-warni dan meriah sebagai cerminan dari daerahnya yang terbuka dan rentan terhadap pengaruh asing.

Salah satu motif batik yang terkenal adalah Mega Mendung yang datang dari kelompok Batik Klasik Cirebon. Motif itu menggambarkan pola awan dalam bentuk garis yang eksplisit.

Pada mulanya, warna batik ini didominasi oleh biru dan marun, sebagai simbol maskulinitas dan sifat dinamis. Namun, para pengrajin mengadaptasi motif ini sesuai dengan perkembangan zaman dengan kombinasi Mega Mendung seperti motif tumbuhan, hewan, dan lain sebagainya.

Batik Garut

Batik Garut lebih dikenal dengan nama Batik Garutan (dari kata Garut), pertama kali dikenalkan pada 1945 dan mencapai masa kejayaannya pada 1967-1985. Batik Garutan ini memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan batik dari daerah lain.

Batik Garutan menampilkan hiasan seperti bentuk datar, bentuk geometris diagonal runcing, bentuk kawung, bentuk belah ketupat, dan bentuk tumbuhan juga hewan.

Yang paling terkenal di antaranya adalah Rereng Peutey, Rereng Kembang Corong, Rereng Merak Ngibing, Rereng Cupat Manggu, Bilik, dan Sapu Jagat. Warna seperti biru langit, krem, atau putih gading sering menjadi pilihan para perajin batik khas Garut ini.

Batik Madura

Batik Madura tidak seperti batik yang monoton dan rumit, Batik Madura merupakan contoh utama dari batik pesisir yang kuat. Batik Madura melukiskan obyek realistik seperti tumbuhan dan hewan dengan warna yang tersusun. 

Batik ini di warnai dengan susunan warna yang cerah seperti merah, biru, atau hijau. Hal ini dipengaruhi oleh lautan biru dan bukit kapur, begitu juga dengan bendera Majapahit. Motifnya seringkali acak dan tidak simetris dibanding batik batik yang berasal dari Jawa Tengah.

Batik Madura memiliki empat pusat produksi batik di antaranya Bangkalan, Sampang, Pamakesan, dan Sumenep. Dari keempat pusat produksi batik Madura, Bangkalan dan Pamekesan menghasilkan batik-batik terbaik. (Indah Permata Niska)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ritual Imlek di Wihara Dharma Bhakti, Nomor 2 Keluar dari Bambu

Posted: 04 Feb 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah ritual untuk menyambut perayaan Imlek atau Sin Cia dilakukan di Wihara Dharma Bhakti, Senin 4 Februari malam. Salah satunya meminta petunjuk Dewi Kwan Im.

Pengurus Wihara Dharma Bhakti Gunawan Djaya Putra mengatakan, pihaknya para jemaat selalu meminta petunjuk Dewi Kwan Im melalui ritual yang dinamakan chuan chi saat Imlek.

"Kita mengocok bambu berukuran besar. Di dalam bambu ada banyak bambu kecil dengan penomeran. Kebetulannya semalam sudah kita lakukan," kata dia, Selasa (5/2/2019).

Gunawan menyebut, ada dua nomor yang keluar dari bambu tersebut. Untuk keselamatan bangsa dan negara secara umum yang keluar adalah nomor dua. Sedangkan, untuk pengusaha dan pebisnis keluar nomor tujuh.

 

Angka Bagus

"Angkanya bagus. Jadi tidak usah khawatir jalan saja tidak usah takut rugi. Begitu juga masalah keamanan bangsa dan negara keluar nomor dua, jadi bagus tidak khawatir siapa presidennya yang penting Pilpers berjalan dengan aman, tentram dan lancar," jelas dia.

Gunawan tidak menjelaskan secara rinci arti dari angka yang keluar tersebut. "Cuma penomoran rak-rak saja. Chuan chi (bambu) di ambil. Kita tahu bagusnya setelah keluar," ia memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Moge Adventure Baru Asal Cina Pesaing Honda CB500X

Posted: 04 Feb 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Beijing - Pabrikan motor Cina semakin serius menunjukkan eksistensinya di industri otomotif dunia. Beberapa produsen bahkan telah mulai memasarkan motor gede (moge) di berbagai segmen, salah satunya Lifan.

Seperti dilansir Newmotor.com.cn, Minggu (5/2/19), Lifan baru saja merilis moge adventure baru bernama KPT500. Motor dual-purpose ini tak hanya terlihat tangguh, tapi juga futuristik.

Terlahir sebagai motor adventure, Lifan KPT500 dibekali dengan berbagai aksesori khas motor petualang, sebut saja setang lebar, hand-guard, adjustable windshield, skid-plate, crash-bar, dan knalpot tinggi.

Pabrikan asal Cina tersebut juga menyematkan berbagai fitur lain, seperti full-LED lighting, instrumen panel full-digital, suspensi depan upside-down, dan box aftermarket.

Ground-clearance Lifan KPT500 juga cukup tinggi, mencapai 200mm, berkat pelek jari-jari (spoke wheel) berdiameter 19 inci di depan dan belakang 17 inci. Keduanya menggunakan ban dual-purpose dan dikawal rem cakram berteknologi ABS.

 

Selanjutnya

Sayangnya, tak ada informasi lebih lanjut terkait detail mesin dan harga moge adventure ini. Yang jelas, banderolnya akan lebih murah dari produk Jepang sekelasnya, seperti Honda CB500X, Kawasaki Versys 650, dan Suzuki V-Strom 650.

Hal itu tentu tak terlepas dari image motor Cina yang selalu dibandrol dengan harga lebih murah dibanding pabrikan Jepang dan Eropa.

Sumber : Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Raya Imlek, Yuk Ketahui Fakta-Fakta Tahun Babi Tanah

Posted: 04 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Hari Raya Imlek 2019, masyarakat berbondong-bondong membeli hiasan, souvenir bahkan amplop angpao untuk dirayakan bersama keluarga dan teman-teman bagi yang merayakan.

Namun, berbeda dari tahun sebelumnya, souvenir dan hiasan yang dijual di pasaran bertemakan satu hewan ternak, yaitu Babi. Apakah makna di balik Babi yang terdapat pada hiasan-hiasan tersebut? Simak makna dan peruntungan di balik tahun Babi Tanah tahun ini dilansir dari travelchinaguide.com.

Babi adalah yang kedua belas dalam siklus 12 tahun tanda zodiak Cina. Tahun Babi meliputi tahun 1923, 1935, 1947, 1959, 1971, 1983, 1995, 2007, 2019, 2031, 2043 ...

Babi tidak dianggap sebagai hewan pintar di Cina. Ia suka tidur dan makan dan menjadi gemuk. Dengan demikian biasanya fitur kemalasan dan kecanggungan.

Di sisi positif, ia berperilaku sendiri, tidak memiliki rencana untuk menyakiti orang lain, dan dapat membawa kemakmuran kepada orang-orang. Akibatnya, hal ini dianggap sebagai simbol dari kekayaan.

 

Saksikan Video Pilihan Lainnya:

 

Tahun Pasang Surut

ilustrasi imlek/copyright Pixabay/Silentpilot

Sebagai Tahun Lahir Zodiak (Ben Ming Nian) bagi orang-orang yang memiliki Shio Babi, 2019 bisa menjadi tahun yang penuh pasang surut dalam segala hal bagi mereka. Mereka dapat menerima dukungan dan bantuan dari kolega dan pemimpin mereka, tetapi mungkin merasa stres di bawah terlalu banyak peraturan. Kaya dalam kekayaan itu adil.

Meskipun mereka dapat mengharapkan kenaikan gaji dan juga mendapatkan lebih banyak pendapatan dari produk keuangan, mungkin ada banyak pengeluaran tak terduga mengimbangi kenaikan uang yang menguntungkan. Adapun hubungan cinta, perempuan lajang zodiak Cina ini mungkin memiliki keberuntungan yang cukup baik dan bisa memulai hubungan yang manis di Tahun Babi.

 

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Rizky Nazar Soal Hubungannya dengan Michelle Ziudith

Posted: 04 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rizky Nazar sempat dikabarkan memiliki hubungan dengan Michelle Ziudith. Keduanya selalu tampil mesra saat bermain dalam sebuah film atau sinetron. Namun, Rizky membantahnya. Padahal, Michelle sempat memamerkan foto cincin di media sosial.

"Gosip dari mana, nih? Bukan, bukan, nggak tahu dari mana itu (cincin)," kata Rizky Nazar seraya tertawa saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Rizky Nazar sendiri mengaku sedang menikmati kesendiriannya. Pria berwajah tampan ini mengatakan belum mau mencari kekasih baru.

"Jomblo itu nikmat. Ya, nggak tahu sih, gue emang senang sendiri," ujar Rizky Nazar.

 

Tak Menampik

Rizky Nazar (Deki Prayoga/Fimela.com)

Tak menampik kedekatan, Rizky mengaku hubungannya dengan Michelle hanyalah sebatas teman dalam dunia peran. Oleh karena itu, tak ada yang spesial antara dirinya dan Michelle.

"Ya, emang dekat. Kita emang sahabatan. Sahabatan aja cukup, lah. Bener," jelas Rizky.

 

Pujian

Media visit pemain film Calon Bini (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Namun, Rizky tak sungkan memuji Michelle yang dianggapnya hanya sebagai teman. Bahkan, Michelle disebut sebagai tipe perempuan yang disukai semua pria.

"Michelle itu orang yang smart, aktingnya jago, baik, lucu, always happy. Enak aja suasananya kalau ada dia. Michelle mah tipe semua cowo," pungkas Rizky.

 

Sumber: Jawapos.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Upaya Dokter RSHS Turunkan Berat Badan Narti Sunarti

Posted: 04 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung Tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyiapkan langkah penanganan terhadap Sunarti (39), penderita obesitas asal Karawang, Jawa Barat. Upaya untuk menurunkan berat badan Narti Sunarti dilakukan melalui proses menjaga pola makan hingga melakukan tindakan pembedahan Bariatrik.

Tim penanganan Narti Sunarti, Hikmat Permana, mengatakan pembedahan pengecilan lambung dilakukan mengingat kondisi tubuh pasien sudah cukup membebani, sehingga perlu dilakukan tindakan medis.

"Kami berencana melakukan tindakan untuk mengurangi beban hidup kesehatan. Pernafasan terutamanya mengganggu aktivitas pasien," kata Hikmat, Senin (4/1/2019).

Saat ini, kata dia, tim dokter terus memantau kondisi Sunarti yang bobotnya mencapai 148 kilogram. Terutama mengatur pola makan yang beda dari biasanya.

Mengingat kondisi kelebihan berat badannya, Sunarti dirawat menggunakan tempat tidur khusus anti borok atau antidekubitus. Sebab, dikhawatirkan tekanan tubuh Sunarti akan menyebabkan luka atau lecet.

"Karena minimnya gerak tubuh, dia ditempatkan di tempat tidur khusus. Kita juga gunakan penghalang supaya tidak jatuh," ujarnya.

Menurut spesialis konsultan endokrin metabolik diabetes ini, Sunarti tidak perlu melakukan puasa untuk mengurangi berat badannya.

"Tidak perlu puasa, hanya perlu mengatur jumlah kalori. Kita sudah mencari data apa saja yang dia makan selama ini. Misalnya, sehari 2.500 kalori, kita turunkan 10 persennya," jelas Hikmat.

Sebelumnya, pihak RSHS telah membentuk tim penanganan obesitas Sunarti. Tim tersebut terdiri dari 11 dokter spesialis yang terdiri dari spesialis jantung, paru, gizi, nutrisi, psikiatri dan sebagainya.

Selain mengatur pola makan, Hikmat menyebutkan, pihaknya akan melakukan tindakan bedah Bariatrik.

"Kami tim medis dan pembedahan akan merencanakan tindakan yang terbaik. Pasien sudah dijamin BPJS dan KIS," ucapnya.

Hanya saja, kata Hikmat, pasien masih membutuhkan biaya tambahan untuk peralatan bedah.

"Semua tim akan bekerja sesuai regulasi yang berlaku. Pembedahan ini tentu akan berhasil kalau ada kerja sama dari semua pihak. Sekaligus mengurangi beban pasien itu sendiri," katanya.

Pembedahan sendiri dapat dilakukan kapan saja. Mengingat setelah pengecekan kesehatan Narti Sunarti tidak ditemukan masalah.

"Sebetulnya kita sudah dapat hasil, tinggal dianalisis ahli gizi. Besok juga dipersiapkan. Tapi bedah ini perlu alatnya dan harus dipesan. Kalau sudah tersida akan kita lakukan pembedahan. Secara pronsip bisa segera dioperasi," katanya.

Tindakan Bedah Bariatrik

Pasien obesitas Sunarti dirawat di ruang fresia RSHS Bandung. (Huyogo Simbolon)

Dokter bedah digestif dari RSHS, Reno Rudiman menyebutkan bedah Bariatrik sangat efektif untuk tindak lanjut pada penderita obesitas. Ia menjelaskan, bedah pengecilan lambung tersebut merupakan suatu tindakan untuk menurunkan berat badan apabila seluruh program yang dijalankan pasien obesitas tidak berhasil.

"Bedah ini untuk mengecilkan volume lambung. Selain itu, pasien akan beradaptasi pola makannya karena otomatis makannya jadi terbatas," jelasnya.

Program diet biasanya dilakukan untuk mengurangi berat badan. Namun sering gagal karena nafsu makan dan psikis tidak berubah. Lalu, biasanya terjadi konflik batin dalam diri seseorang.

Sedangkan bedah Bariatrik, kata Reno, akan membuang sensor atau saraf yang membuat nafsu makan seseorang.

"Ikut terbuang waktu operasi sehingga tidak ada lagi rasa lapar. Malah dari tim gizi nantinya mengingatkan untuk makan," katanya.

Menurut Reno, setelah bedah dilakukan, dalam dua tahun pasien sudah mencapai berat badan ideal. Dengan syarat tetap menjaga pola makan dengan baik dan jenis makanan yang dikonsumsi harus tetap hati-hati.

"Setelah dua tahun terbiasa, lambung yang diperkecil akan melebar kembali tapi tidak seperti semula. Akhirnya lama-lama kembali ke berat badan tersebut," jelasnya.

Sebelum operasi dilakukan, pasien harus dicek kondisinya. Seluruh organ mulai dari jantung, paru-paru dan sebagainya harus dalam keadaan baik.

Adapun pembedahan memerlukan alat khusus bernama Hemorrhoidal Circular Stapler. Alat yang dipakai untuk operasi ini hanya untuk satu kali proses. "Alat yang sekali pakai untuk pasien harganya tinggi karena masih impor dari luar negeri," kata Reno.

 

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Pecat Mourinho, Paul Pogba Jadi Bahan Ledekan di Sesi Latihan

Posted: 04 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) memecat Jose Mourinho pada 18 Desember 2018. Mourinho dipecat usai Setan Merah, julukan MU, kalah 1-3 dari Liverpool di Anfield Stadium.

Setelah itu, Setan Merah menunjuk Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih carataker. Dengan pergantian manajer tersebut, Paul Pogba terlihat menjadi yang paling senang.

Hal itu diungkapkan oleh striker MU, Romelu Lukaku. Menurut penyerang asal Belgia tersebut, Pogba lebih banyak mengumbar senyum saat sesi latihan dipimpin oleh Solskjaer.

"Sejak kepergian (Jose) Mourinho, situasinya berubah, beberapa pemain lebih positif, lebih sering tersenyum, harapannya ini akan berlanjut," kata Lukaku, seperti dikutip dari Manchester Evening News.

"Pogba? Dia bahagia. Di sesi latihan kami sering meledeknya dan mengatakan jika beberapa pekan ini ia terlihat lebih bahagia dari biasanya," ujarnya menambahkan.

Pada musim ini, Mourinho memang terlibat perseteruan dengan Pogba. Bahkan, Mourinho mencabut jabatan gelandang berusia 25 tahun itu sebagai wakil kapten MU.

 

Persaingan

Dua pemain Manchester United, Paul Pogba dan Anthony Martial. (AFP/Oli Scarff)

Lukaku melanjutkan, sejak dinakhodai Solskjaer, para pemain MU kian bersemangat berlatih. Mereka ingin mendapat tempat di starting line up Setan Merah.

"Paul Pogba, Marcus Rashford, saya, Anthony Martial, dan semua pemain, Anda dapat merasakan persaingan untuk tempat utama," ucap mantan pemain Everton tersebut.

"Pada setiap sesi latihan, kami akan membentuk tim beranggotakan 6 hingga 8 pemain dan saling menghadapi satu sama lain. Setiap pemain ingin membuktikan jika mereka pantas berada dalam tim, tetapi kepentingan tim tetap yang utama."

 

Statistik Lukaku

Berikut statistik Paul Pogba selama MU dilatih Ole Gunnar Solskjaer:

Main: 10

Menit main: 900

Gol: 6

Assist: 6

Kartu kuning: 2

Kartu merah: 0

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Rayakan Imlek, Warga China Berdoa di Kuil Lama

Posted: 04 Feb 2019 09:00 PM PST

Orang-orang memegang dupa saat berdoa di Kuil Lama di Beijing (5/2). Orang-orang China merayakan hari pertama Tahun Baru Imlek pada hari Selasa, Tahun Babi di zodiak Tiongkok dengan berdoa di kuil. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Orang-orang memegang dupa saat berdoa di Kuil Lama di Beijing (5/2). Orang-orang China merayakan hari pertama Tahun Baru Imlek pada hari Selasa, Tahun Babi di zodiak Tiongkok dengan berdoa di kuil. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Seorang bhiksu memperhatikan orang berdoa di Kuil Lama di Beijing (5/2). Orang-orang China merayakan hari pertama Tahun Baru Imlek pada hari Selasa, Tahun Babi di zodiak Tiongkok dengan berdoa di kuil. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Seorang bhiksu memperhatikan orang berdoa di Kuil Lama di Beijing (5/2). Orang-orang China merayakan hari pertama Tahun Baru Imlek pada hari Selasa, Tahun Babi di zodiak Tiongkok dengan berdoa di kuil. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Seorang wanita memegang dupa berdoa di Kuil Lama di Beijing (5/2). Orang-orang China merayakan hari pertama Tahun Baru Imlek pada hari Selasa, Tahun Babi di zodiak Tiongkok dengan berdoa di kuil. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Seorang wanita memegang dupa berdoa di Kuil Lama di Beijing (5/2). Orang-orang China merayakan hari pertama Tahun Baru Imlek pada hari Selasa, Tahun Babi di zodiak Tiongkok dengan berdoa di kuil. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Seorang wanita memegang dupa berdoa di Kuil Lama di Beijing (5/2). Orang-orang China merayakan hari pertama Tahun Baru Imlek pada hari Selasa, Tahun Babi di zodiak Tiongkok dengan berdoa di kuil. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Seorang wanita memegang dupa berdoa di Kuil Lama di Beijing (5/2). Orang-orang China merayakan hari pertama Tahun Baru Imlek pada hari Selasa, Tahun Babi di zodiak Tiongkok dengan berdoa di kuil. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Orang-orang memegang dupa saat berdoa di Kuil Lama di Beijing (5/2). Orang-orang China merayakan hari pertama Tahun Baru Imlek pada hari Selasa, Tahun Babi di zodiak Tiongkok dengan berdoa di kuil. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Orang-orang memegang dupa saat berdoa di Kuil Lama di Beijing (5/2). Orang-orang China merayakan hari pertama Tahun Baru Imlek pada hari Selasa, Tahun Babi di zodiak Tiongkok dengan berdoa di kuil. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Seorang wanita memegang dupa berdoa di Kuil Lama di Beijing (5/2). Orang-orang China merayakan hari pertama Tahun Baru Imlek pada hari Selasa, Tahun Babi di zodiak Tiongkok dengan berdoa di kuil. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Seorang wanita memegang dupa berdoa di Kuil Lama di Beijing (5/2). Orang-orang China merayakan hari pertama Tahun Baru Imlek pada hari Selasa, Tahun Babi di zodiak Tiongkok dengan berdoa di kuil. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Warga memegang karangan bunga dan dupa ketika mereka berdoa di Kuil Lama di Beijing (5/2). Orang-orang China merayakan hari pertama Tahun Baru Imlek pada hari Selasa, Tahun Babi di zodiak Tiongkok dengan berdoa di kuil. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Warga memegang karangan bunga dan dupa ketika mereka berdoa di Kuil Lama di Beijing (5/2). Orang-orang China merayakan hari pertama Tahun Baru Imlek pada hari Selasa, Tahun Babi di zodiak Tiongkok dengan berdoa di kuil. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Makna Terdalam dari Perayaan Tahun Baru Imlek

Posted: 04 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tidak jauh berbeda dari Hari Raya Idul Fitri, Imlek pun identik dengan bagi-bagi angpao dan sajian makanan manis yaitu kue keranjang. Tak hanya itu, lilin besar berwarna merah, barongsai, dan ikan mas juga dengan mudahnya kita temui saat Tahun Baru Cina berlangsung. 

Namun, rasa-rasanya sedikit orang yang tahu makna dari Imlek itu sendiri. Termasuk apa saja yang harus ada ketika perayaan Imlek itu berlangsung. 

Pada sebuah kesempatan, tim Health Liputan6.com bertemu dan membahas banyak hal perihal Imlek bersama Pakar Psycocybernatic, Suhu Naga. Mulai dari pengertian dari Imlek itu sendiri, sampai apa saja yang tidak boleh sampai dilupakan selama perayaan Imlek

Menurut Suhu Naga, Imlek merupakan satu akar budaya. Saat perayaan itu berlangsung, seluruh keluarga berkumpul dan bersama-sama secara khusyuk mengenang leluhurnya.

"Di saat kumpul keluarga itu juga, semuanya saling berbagi. Kita saling berbagi rezeki, semangat baru, dan hal-hal baik lainnya," kata Suhu Naga.

Meski tak sedikit masyarakat yang merayakan Imlek dengan segala `aturan` budayanya, tapi ada beberapa hal yang tidak boleh dilupakan dan harus ada selama perayaan Imlek berlangsung. Apa saja?

 

1. Lilin Besar

Lilin besar berwarna merah harus ada di tiap perayaan Imlek. Dikatakan Suhu Naga, lilin merah tersebut melambangkan cahaya dan terang. Untuk prinsip dari lilin besar itu sendiri adalah menebarkan kebaikan, meskipun diri sendiri harus berkorban banyak hal.

 

2. Barongsai

Barongsai merupakan salah satu kebudayaan Cina yang sangat identik dengan perayaan Imlek. Menurut Suhu Naga, barongsai merupakan atribut kerajaan untuk mengusir kekuatan jahat dan demi menghadapi perubahan masa, dan apa saja yang akan terjadi di kehidupan yang akan datang.

 

3. Ikan Mas

Di zaman dulu, kata Suhu Naga, hanya ada ikan mas dan ikan bandeng yang hidup dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat pada saat itu.

Untuk itu, ikan mas melambangkan sebuah rezeki yang datang dari alam dan berikan Tuhan untuk umat-Nya. Maka itu, di tiap perayaan Imlek, ikan mas harus tetap ada.

 

4. Kue Keranjang

Kue keranjang yang bercita rasa sangat manis, dianggap sebagai kenikmatan yang tidak akan pernah habis. Rasa manisnya, merupakan simbol manusia agar selalu sejahtera dalam mengarungi kehidupannya.

 

5. Angpau

Suhu Naga mengatakan bahwa angpau merupakan simbol agar manusia belajar berbagi. Berbagi kepada keluarga dan orang lain.

"Sebenarnya angpau itu ada standar baku dari sananya. Yang belum nikah, tidak boleh kasih angpau walaupun sudah sukses," kata Suhu Naga.

Alasan mengapa seseorang yang belum menikah tidak boleh memberikan angpau, karena angpau dianggap lambang bagi yang sudah berkeluarga membagi kepada si kecil. Dengan kata lain, bagi yang masih sendiri dianggap masih kecil.

"Angpau itu seperti orangtua ngasih ke anaknya. Maka itu, kurang pantas yang belum menikah memberikan angpau. Angpau bukan diukur dari kesuksesaannya, tapi lebih kepada kekeluargaannya," kata Suhu Naga lagi.

 

6. Dilarang Bersih

Menjelang Imlek, dilarang keras membereskan rumah. Menurut Suhu Naga, simbol ini lebih kepada jangan melakukan hal-hal yang tidak penting.

Sebab, pentingnya dari perayaan Imlek itu sendiri adalah kebersamaan dan membuang sejenak pekerjaan membosankan yang telah dilakukan selama setahun ke belakang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Indahnya Festival Lampion Imlek di China

Posted: 04 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dalam merayakan musim semi dan juga tahun baru Imlek, China menggelar festival lampion. Lihat keindahannya!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diklaim Bisa Prediksi Kematian, Uji Genetika Mulai Marak di Australia

Posted: 04 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Canberra - Uji genetika di bidang kedokteran baru kini berkembang dan mulai sering digunakan di Australia. Tes tersebut menawarkan jaminan atau pun kabar buruk mengenai berapa lama usia seseorang.

Bagi warga Australia dengan riwayat kesehatan tertentu, uji genetik saat ini sudah gratis.

Tesnya dimaksudkan untuk menentukan adanya penyakit motor neuron (MND), penyakit Huntington, sindrom X rapuh dan kanker tertentu, demikian dikutip dari ABC News Indonesia, Selasa (5/2/2019).

Seiring dengan semakin murahnya biaya, cakupan uji genetika pun bertambah.

Pengujian untuk beberapa penyakit bahkan dapat menunjukkan dengan tepat kapan penyakit tersebut akan bermanifestasi.

Dua bersaudara Kaitlin dan kakaknya Jessica Ellis, sudah menjalani tes terkait dan dinyatakan positif membawa gen yang memicu penyakit MND.

Penyakit ini menyebabkan kematian ibu mereka, Susan, pada tahun 2017, dan paman mereka pada tujuh tahun sebelumnya.

Hasil tes menyebutkan adanya peluang 99 persen bagi keduanya menderita MND, kemungkinan pada usia sama dengan ibu mereka, yakni 57 tahun.

"Rasanya seperti dijatuhi hukuman mati," kata Kaitlin.

Meskipun sulit diterima, Kaitlin mengaku keputusan menjalani tes tidak sulit.

"Baik saya tahu atau tidak, pasti saya akan selalu memikirkannya," imbuhnya.

Dengan mengetahuinya, kini Kaitlin bisa lebih proaktif. Belakangan dia tahu peluang mengidap penyakit MND lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

[vidio:Whazz On: Rekayasa Genetika Nyamuk Atasi Demam Berdarah Dengue]()

Program Bayi Tabung

Ilustrasi gen (iStock)

Sampai saat ini belum ada obat untuk MND. Kaitlin dan Jessica harus ikut program bayi tabung jika tak ingin menurunkannya ke anak-anaknya.

Jessica melihat dilema ini secara berbeda.

"Katakanlah kita tak punya anak tetapi gen itu ternyata tidak aktif. Artinya, saya menyia-nyiakan seluruh hidup dan tak bisa mewujudkan impian untuk memiliki anak," katanya.

Pendamping uji genetika bagi Kaitlin dan Jessica, Ashley Crook, informasi hasil uji genetika tetap berguna meski seseorang dipastikan membawa gen penyakit yang belum ada obatnya.

"Meskipun secara medis tidak ada manfaatnya, namun informasi itu membantu mengubah rencana hidup mereka," katanya.

Crook memperkirakan ada sekitar 300 pendamping uji genetika di Australia.

Menurut dia, saat ini uji genetika semakin banyak tersedia dan juga semakin murah.

Nantinya, katanya, uji genetika akan dilakukan oleh sebagian besar warga Australia.

Pemerintah Australia menyediakan program senilai 500 juta dolar untuk uji genetika bagi 10 ribu pasangan yang istrinya belum hamil atau di masa awal kehamilan.

Menurut Crook, semakin banyak dokter juga merekomendasikan pengujian genetika ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arti di Balik Propaganda Ala Rusia yang Diucapkan Jokowi

Posted: 04 Feb 2019 08:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden nomor urut 01 Jokowi beberapa hari lalu menyebut ada tim sukses yang melakukan propaganda ala Rusia. Pengamat pertahanan, yang juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet pemerintahan Jokowi, Andi Widjajanto, menjelaskan apa yang dimaksud oleh orang nomor satu di republik Indonesia itu.

"Propaganda Rusia yang dimaksud Pak Jokowi mengarah ke modus operandi yang dikenal sebagai Operasi Semburan Fitnah (Firehose of Falsehood). Operasi ini digunakan Rusia antara tahun 2012-2017 dalam krisis Crimea, konflik Ukraina, dan perang sipil di Suriah," kata Andi kepada Liputan6.com, Selasa (5/2/2019).

Ketua Tim Cakra 19 ini, menuturkan, propaganda seperti itu sudah muncul sejak dekade 1870-an melalui gerakan Narodniki. Gerakan ini dulu dilakukan untuk menjatuhkan Czar Rusia dengan cara terus menerus memunculkan isu-isu negatif.

Hasilnya, menurut dia, muncul ketidakpercayaan masif dari rakyat Rusia terhadap sistem politik yang kemudian dikapitalisasi oleh Lenin di Revolusi Oktober 1917.

Andi menjelaskan, evolusi paling mutakhir dari modus operandi ini muncul di beberapa pemilihan umum seperti AS, Brazil, dan Brexit. Dalam tarung pilpres antara Donald Trump melawan Hillary Clinton, strategi semburan fitnah mencapai puncaknya.

"Ada pelibatan konsultan politik Roger Stone yang jago dalam menebar kampanye negatif yang sangat ofensif melalui 3 taktik: serang, serang, serang. Ada terabasan data pribadi melalui algoritma Cambridge Analytica. Ada juga indikasi gelar pasukan siber dengan kode topi hitam atau bintang emas yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menggelar bots (robot) yang mampu memainkan operasi tagar secara masif," ungkap Andi.

 

Dusta Mengalahkan Kebenaran

Dia menuturkan, operasi semburan Fitnah bertujuan untuk membuat dusta mengalahkan kebenaran.

"Operasi ini, ingin menghancurkan kepercayaan publik ke otoritas politik, termasuk media. Operasi semburan fitnah akan merusak demokrasi, karena itu harus dihancurkan," kata Andi

Menurutnya, banyak cara yang dilakukan. Salah satunya pengawasan.

"Cara yang paling efektif untuk menghancurkan operasi semburan fitnah adalah menelanjangi bagaimana operasi ini dilakukan," Andi memungkasi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi merasa resah dengan kondisi perpolitikan tanah air. Ia pun meminta semburan hoaks dan propaganda ala Rusia dalam berpolitik harus dihentikan.

"Cara-cara politik seperti ini harus diakhiri, menyampaikan semburan dusta, semburan fitnah, semburan hoaks, teori propaganda Rusia yang kalau nanti tidak benar, lalu minta maaf. Akan tetapi, besoknya keluar lagi pernyataan seperti itu, lalu minta maaf lagi," kata Jokowi di Surabaya, Sabtu (2/2/2019).

 

Menurut Jokowi, banyaknya hoaks yang bertebaran di medsos karena adanya tim sukses (timses) yang melakukan propaganda ala Rusia. Propaganda itu disebut untuk menyebarkan fitnah dan hoaks kepada masyarakat.

"Problemnya adalah timses yang menyiapkan propaganda Rusia, yang setiap saat mengeluarkan semburan fitnah dan hoaks. Ini yang harus segera diluruskan," Jokowi menegaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: