Senin, 25 Februari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sulit Kendaraan, KPU Kabupateng Kupang Kirim Logistik Pemilu 2019 Lewat Laut

Posted: 25 Feb 2019 09:42 PM PST

Liputan6.com, Kupang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menggunakan jasa transportasi laut dalam mendistribusikan logistik Pemilu 2019.

Transportasi laut tersebut digunakan untuk kecamatan di kawasan perbatasan Ocusse, Timor Leste yang sulit dijangkau kendaraan umum ketika cuaca buruk.

"Pada saat musim hujan, akses transportasi darat menuju beberapa kecamatan di Amfoang selalu putus total, sehingga untuk mendistribusikan logistik Pemilu 2019, kami mengantisipasinya dengan menggunakan jasa angkutan laut milik ASDP, mengangkut logistik Pemilu menuju kawasan perbatasan Oecusse, Timor Leste," ujar juru bicara KPU Kabupaten Kupang, Johanis Tunbonat, seperti dilansir Antara, Selasa (26/2/2019).

Dia memaparkan, enam kecamatan di kawasan perbatasan Ocusse, Timor Leste itu adalah Kecamatan Amfoang Timur, Amfoang Barat Daya, Amfoang Barat Laut, Amfoang Utara, Amfoang Tengah, dan Amfoang Selatan.

Menurut Johanis, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kabupaten Kupang untuk membantu mendistribusikan logistik Pemilu ke wilayah perbatasan.

"ASDP Kupang sudah memiliki kapal yang rutin melintasi Kupang-Naikliu sehingga distribusi logistik Pemilu bisa dilakukan melalui jalur laut apabila tidak bisa dilakukan melalui jalur darat," kata Johanis.

 

Logistik Pemilu Disortir

Petugas di Gudang Logistik KPU Kota Malang menata surat suara pemilu 2019 yang baru saja tiba (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Menurut salah satu komisioner KPU Kabupaten Kupang ini, proses penyortiran logistik Pemilu sedang berlangsung di aula Gereja Elim Naibonat.

Johanis menegaskan, pendistribusian logistik Pemilu dilakukan mulai awal April 2019 setelah semua logistik Pemilu dalam kondisi lengkap.

"Surat suara Pemilu 2019 sedang dalam pendistribusi dari Makassar menuju Kupang. Apabila sudah sampai di Kupang kami langsung menyortir untuk dimasukkan ke dalam kotak suara sebelum didistribusikan ke 24 kecamatan di Kabupaten Kupang," tegas Johanis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar, Lindungi Tubuh dari Penyakit

Posted: 25 Feb 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan adalah hal wajib yan dilakukan bagi setiap orang. Tubuh yang sehat adalah harta paling berharga dan mahal harganya. Istilah tersebut memang relevan mengingat tubuh yang sehat akan mendukung setiap aktivitas sehari-hari. Maka dari itu menjaga tubuh tetap sehat sangatlah penting.

Salah satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan adalah dengan mencuci tangan. Cara mencuci tangan yang baik dan benar adalah langkah awal untuk kamu bisa menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Budaya mencuci tangan harus diterapkan sejak dini agar terbiasa hingga dewasa.

Tak hanya membasuh tangan dengan air, menurut WHO sebagai Organisasi Kesehatan Dunia ada cara mencuci tangan yang baik dan benar. WHO telah lama menganjurkan agar masyarakat di seluruh dunia untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

Tujuannya tentu saja untuk membunuh bakteri dan kuman yang berada di tangan agar tak memberikan dampak buruk bila masuk ke dalam tubuh.

Bahkan WHO menetapkan tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia pakai sabun yang telah dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Penetapan ini ditujukan sebagai salah satu cara menurunkan angka kematian balita serta mencegah penyebaran penyakit.

Bakteri dan kuman yang mudah menempel pada tangan dikhawatirkan akan menganggu kesehatan tubuh. Hal sederhana yang mampu membuat bakteri dan kuman menempel pada tangan seperti melalui sentuhan tangan lain, memegang gagang pintu, keran, peralatan dapur, peralatan WC dan lain-lain. Maka dari itu, mencuci tangan dianjurkan setiap kali memulai atau setelah melakukan aktivitas.

Jika kamu menganggap cara mencuci tangan yang baik dan benar hanya sekedar membasuh tangan dengan air dan sabun, maka kamu masih menerapkan cara yang salah. Lalu bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar itu?

Cara Mencuci Tangan yang Baik Dan Benar

ilustrasi cuci tangan/copyright Pexels/Burst

Dilansir Liputan6.com, Selasa (26/2/2019) dari berbagai sumber, WHO selaku organisasi internasional dalam bidang kesehatan dunia mengatakan setidaknya ada 7 langkah cara mencuci tangan yang baik dan benar.

1. Basahi kedua telapak tangan dengan air bersih yang mengalir hingga setinggi pertengahan lengan

2. Kemudian gunakan sabun untuk mengusap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut

3. Usap dan gosok pula punggung tangan secara bergantian

4. Tak lupa juga untuk mengusap bagian sela-sela jari tangan, membersihkan sela-sela jari dilakukan secara bergantian

5. Basuh juga sela-sela jari hingga bersih mengggunakan sabun

6. Gosok dengan cara mengusap memutar pada kedua ibu jari secara bergantian

7. Letakkan jari tangan pada telapak tangandengan cara mengatupnya, lalu gosok dengan perlahan lalu tak lupa gosok pergelangan tangan pula kemudian bilas hingga bersih.

Telah Dibuktikan Oleh Para Peneliti

Kepala WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus (AFP)

Cara mencuci tangan yang baik dan benar di atas direkomendasikan oleh WHO telah dibuktikan oleh para peneliti. Para peneliti dari Glasgow Caledonian University di Skotlandia. Mereka mengamati sekitar 42 dokter dan 78 perawat.

Doker dan perawat tersebut telah terbiasa membersihkan tangan menggunakan cairan antiseptik dengan tambahan alkohol setelah merawat para pasien. Mereka mencoba mempraktikkan cara yang direkomendasikan oleh WHO di atas.

Hasilnya para dokter dan perawat yang biasa sakit walaupun telah mencuci tangan dengan bahan-bahan antiseptik nyatanya lebih jarang sakit dari biasanya. Cara mencuci tangan yang baik dan benar dari WHO dengan 7 langkah tersebut memang memakan waktu sedikit lebih lama.

Jacqui Reill, PhD mengatakan bahwa 7 langkah cara mencuci tangan yang baik dan benar dari WHO setidaknya memakan waktu sekitar 42,5 detik untuk dilakukan. Rata-rata orang awam mencuci tangan setidaknya memakan waktu hanya 20 detik.

Waktu yang Tepat Untuk Mencuci Tangan

(sumber: istockphoto)

Saat kamu sudah mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar, kamu juga perlu tahu kapan saja kamu harus mencuci tanganmu agar terhindar dari kuman dan bakteri. Mengingat bahwa bakteri dan kuman adalah mahkluk yang tak bisa hanya dilihat secara langsung atau organisme mikroskopis, maka penting untuk selalu mencuci tangan.

Secara umum mencuci tangan dilakukan saat sebelum dan sesudah melakukan suatu aktivitas. Namun ada waktu yang disarankan bagimu untuk mencuci tangan agar terhindar dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

1. Sebelum dan sesudah menyentuh orang yang sedang sakit atau orang yang terluka

2. Setelah bersin, batuk atau membersihkan ingus

3. Setelah dari kamar mandi

4. Setelah mengganti popok

5. Sebelum dan sesudah masak atau menyiapkan makanan

6. Sebelum makan

7. Setelah membersihkan sampah

8. Sebelum dan sesudah memasang softlens

9. Setelah memegang hewan

Demikian beberapa waktu dan kegiatan yang disarankan untuk kamu mencuci tangan. Dari kegiatan sederhana mencuci tangan artinya kamu turut berkontribusi untuk menjaga kesehatan dirimu sendiri dan juga orang lain.

Jika kamu malas mencuci tangan, tak heran jika kamu akan mudah terserang berbagai penyakit. Penyakit yang sering dialami orang akibat jarang mencuci tangan dengan baik dan benar seperti mudah terserang penyakit pilek. Selain itu diare, terinfeksi bakteri E.Coli, keracunan makanan dan hepatitis A.

Tak mencuci tangan dengan baik dan benar juga bisa menimbulkan penyakit cairan tubuh dan impetigo. Impetigo adalah infeksi menular yang biasanya menyerang anak-anak ditandai dengan kulit kemerahan dan berkembang menjadi lecet kecil.

Cara mencuci tangan yang baik dan benar sangatlah mudah dilakukan. Hal sederhana seperti mencuci tangan dapat menghindari dirimu dari berbagai penyakit sehingga kamu akan terus sehat dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cinlok di Bohemian Rhapsody, Ini Pengakuan Manis Rami Malek soal Lucy Boynton

Posted: 25 Feb 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Kehadiran Rami Malek dalam perhelatan Oscar 2019 yang digelar di Los Angeles, Senin (25/2/2019) kemarin terus menjadi sorotan publik.

Ini bukan hanya karena ia memenangkan piala untuk kategori Aktor Terbaik. Namun juga karena ia sontak mencium sang kekasih, Lucy Boynton, dengan sangat mesra, sesaat setelah ia diumumkan sebagai pemenang dalam kategori ini.

Hubungan Rami Malek dan Lucy Boynton memang terbilang spesial. Pasalnya, kisah cinta mereka berawal dari syuting Bohemian Rhapsody di London, film yang mengantarkan Rami Malek pada piala Oscar pertamanya ini.

Mereka pertama kali dirumorkan berpacaran pada April 2018. Apalagi, mereka kerap tampil mesra di sejumlah acara.

Nah, pada Januari tahun ini, Rami Malek secara terbuka membenarkan kabar ini. Ia menyebut Lucy sebagai 'cintanya' saat menerima penghargaan Breakthrough Artist dari Palm Springs International Film Festival.

Setelah mengakui hubungan mereka, Rami Malek tak jarang mengungkap kalimat manis yang penuh pujian mengenai Lucy Boynton.

Jatuh Hati di Lokasi Syuting

Lucy Boynton dan Rami Malek (Photo by Chris Pizzello/Invision/AP)

Dalam festival film Santa Barbara, ia memuji sang kekasih, sekaligus mengakui bahwa ia sudah jatuh hati kepada wanita berambut pirang ini saat syuting Bohemian Rhapsody.

"Aktor seperti Lucy Boynton, yang saat kulihat matanya, aku berpikir, 'Oh, aku tak perlu berakting. Aku tak perlu melakukan apa-apa'," tuturnya, seperti dilansir dari ET.

Pencuri Hati Rami

(FOTO: AFP)

Saat berbicara kepada wartawan di karpet merah Oscar, aktor 37 tahun ini kembali memuji sang kekasih. "Aku bisa berakting dengan salah satu orang paling berbakat, aktor terkuat, dan dia masih berada di pelukanku," tutur Rami.

Lucy yang berdiri di sebelah Rami pun dibuat tersipu. "Sekarang kamu membuatku malu. Aku enggak mau lihat," kata wanita 25 tahun tersebut.

Setelah menerima pialanya, Rami juga tak lupa memberikan kata-kata romantis untuk sang kekasih, yang ia utarakan di akhir pidatonya. "Lucy Boynton, kau adalah inti dari film ini. Kamu luar biasa berbakat. Kamu telah mencuri hatiku."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-22 Vs Thailand U-22: Adu Strategi Indra Sjafri lawan Alexandre Gama

Posted: 25 Feb 2019 09:33 PM PST

Jakarta - Duel Timnas Indonesia U-22 lawan Thailand di final  Piala AFF U-22 2019 bukan sekadar ajang perebutan gelar. Laga ini juga menjadi media perburuan rekor pribadi kedua pelatih: Indra Sjafri di kubu Indonesia dan Alexandre Gama (Thailand).

Timnas Indonesia U-22 melaju ke final Piala AFF 2019 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0. Pencapaian ini menjadi yang terbaik buat Indra Sjafri bersama tim yang baru dibentuk tak genap dua bulan lalu itu.

Menukangi Timnas Indonesia U-22 juga menjadi pengalaman anyar buat Indra Sjafri. Pria asal Sumatra Barat itu selama ini selalu identik sebagai pelatih kelompok U-19.

Indra Sjafri sebelumnya pernah merasakan gelar juara bersama Timnas Indonesia U-19 pada Piala AFF 2013. Kini, Indra Sjafri bertekad untuk menjadikan final kedua miliknya sebagai pencatatan rekor baru dengan mempersembahkan gelar juara.

Tak hanya Indra Sjafri, Alexandre Gama pun memiliki tekad yang sama. Sebagai asisten pelatih, pria asal Brasil itu sebelumnya lebih berpengalaman sebagai asisten pelatih. Alexandre Gama pernah menukani tim sekelas Timnas Korea Selatan pada 2011 sebagai asisten dengan pencapaian terbaik peringkat ketiga Piala Asia 2011.

Rekor Gama

Adapun untuk gelar, Gama belum sekalipun mampu mencatatkan namanya. Jadi, gelar Piala AFF U-22 2019 bakal mencetak rekor pribadi atas namanya sendiri untuk pertama kalinya. Bisa dipastikan, apapun akan dilakukan Gama demi bisa memberi kebanggaan untuk Timnas Thailand U-22 sekaligus nama pribadinya.

Memiliki skuat yang mayoritas turunan dari Timnas U-19, Indra Sjafri yang berasal dari Ranah Minang diharapkan tak akan kesusahan untuk mengatur anak asuhnya. Hal itu sudah terlihat di mana penampilan Timnas Indonesia mulai mencapai pick performance sejak babak penyisihan sampai semifinal.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Protes Masih Berlangsung di Sudan Pascadeklarasi Keadaan Darurat Nasional

Posted: 25 Feb 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Khartoum - Deklarasi keadaan darurat nasional oleh Presiden Sudan Omar Hassan al-Bashir tidak menyurutkan langkah para demonstran. Massa aksi tetap turun ke jalan menyuruh al-Bashir mundur setelah tiga dekade berkuasa.

Sebelumnya pada Jumat 22 Februari 2019 lalu, al-Bashir mendeklarasikan keadaan darurat nasional, dengan menutup pemerintahan selama satu tahun. Ia juga memecat para pejabat negara federal dan 18 gubernur, kemudian menggantikan dengan militer.

Pada Senin 25 Februari, al-Bashir telah melarang protes dan pertemuan publik, sebagaimana dilaporkan oleh kantor berita Reuters dikutip dari BBC News, Selasa (26/2/2019).

Alih-alih menyusut, protes justru semakin meningkat dengan ribuan demonstran beraksi di Ibu Kota Khartoum dan Omdurman -kota terbesar kedua di Sudan.

Protes besar tersebut dikomandoi oleh Partai Umma National -oposisi pemerintahan- serta Asosiasi Profesional Sudan. Keduanya bersikukuh menginginkan al-Bashir mundur dari jabatan kepresidenan.

Menanggapi demonstrasi, pasukan keamanan menembakkan serangan peringatan. Setidaknya tiga orang dilaporkan terluka akibat luka tembak sejak Minggu.

Saat ini, aparat keamanan memberlakukan sidak untuk mencari sejumlah peserta demonstrasi. Setidaknya, hal itu dilakukan di Distrik Khartoum Sudan.

 

Simak pula video pilihan berikut:

Status Darurat Nasional Mengancam Demonstran

Aksi unjuk rasa disertai kekerasan dilaporkan kian meluas di Sudan (AFP/Ebrahim Ahmad)

Aksi protes oleh warga negara Sudan akan semakin berbahaya jika dilakukan dalam keadaan darurat nasional. Hal tersebut dikarenakan dalam status tersebut personil keamanan memiliki hak yang lebih luas untuk "mengamankan" negara.

"Sesuai dengan konstitusi Sudan, keadaan darurat memberikan polisi, pasukan keamanan dan militer hak untuk menangkap tanpa surat perintah, untuk menyerang rumah-rumah serta siapa pun yang dianggap sebagai ancaman terhadap keamanan nasional dan pembangunan ekonomi dan stabilitas," tutur Hiba Morgan, reporter Al Jazeera.

Lebih lanjut, al-Bashir telah menyebut para oposisi memiliki kepentingan politik yang disusupi oleh agenda asing, sehingga membahayakan nasional. Dengan pernyataan itu ditambah dengan status keadaan darurat nasional, akan lebih banyak pasukan keamanan digunakan untuk melawan pengunjuk rasa.

Protes yang menargetkan pemerintahan Sudan sendiri telah berlangsung sejak 19 Desember 2018. Baru-baru ini, unjuk rasa berubah meminta presiden berusia 75 tahun yang telah menjabat selama tiga dekade, turun dari tampuk kekuasaan.

Lebih dari 1.000 orang dilaporkan telah ditahan oleh Badan Intelijen dan Keamanan Nasional (NISS) sejak protes dimulai. Jumlah tersebut termasuk para pemimpin oposisi, aktivis dan jurnalis.

Sebuah organisasi hak asasi manusia kemudian melaporkan terdapat sekitar 60 orang tewas dalam bentrokan dengan pasukan keamanan.

Meskipun mendapatkan banyak tekanan, para demonstran bersumpah akan terus melancarkan protes hingga al-Bashir meninggalkan jabatannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Fakta di Balik Kebakaran RSUD Kota Tangerang

Posted: 25 Feb 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang mengalami kebakaran pada Senin, 25 Februari 2019 malam sekitar pukul 23.30 WIB. Kepanikan penghuni rumah sakit pun terjadi.

Menurut info dari BPBD Kota Tangerang, kebakaran terjadi pukul 23.27 WIB. Diketahui, saat itu mobil pemadam kebakaran telah diterjunkan untuk menuju ke lokasi yakni sebanyak 10 unit.

Para pasien yang tengah dirawat diungsikan segera ke tempat lebih aman, yakni menuju halaman rumah sakit. Begitu pula pasien dengan kondisi kritis yang mendapat perawatan ICU, PICU dan NICU.

Usai kebakaran panel listrik tersebut, aliran listrik di seluruh gedung RSUD Tangerang mati total. Seluruh operasional di gedung itu pun dihentikan sementara hari ini, Selasa (26/2/2019) karena Labfor Polda Metro Jaya akan menyelidiki penyebab kebakaran.

Berikut fakta-fakta kebakaran RSUD Tangerang yang dihimpun Liputan6.com:

 

1. Ratusan Pasien Diungsikan

RSUD Kota Tangerang Kebakaran, Rarusan Pasien Diungsikan (Liputan6.com/Pramitha)

Suasana panik terjadi di RSUD Kota Tangerang. Rumah sakit itu mengalami kebakaran pada Senin, 25 Februari 2019 malam sekitar pukul 23.30 WIB. Akibatnya ratusan pasien yang tengah dirawat harus diungsikan.

Api membumbung tinggi dari lantai 2 pada panel listrik, hingga ke lantai tiga rumah sakit tersebut. Sejumlah pasien rawat inap seperti lansia, orang tua dan bayi segera dievakuasi ke tempat yang lebih aman yakni menuju halaman rumah sakit.

Sebanyak 156 pasiennya langsung diungsikan ke kantor Kelurahan Kelapa Indah yang berada di depan rumah sakit tersebut. Pasien kritis langsung dilarikan ke RSUD Kabupaten Tangerang.

Keluarga pasien ikut membantu evakuasi. Mereka memboyong dan mendorong tempat tidur pasien, kursi roda serta menenteng infus.

Pagi ini, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah melakukan pengecekan langsung terkait kebakaran tersebut. Menurutnya, semua pasien sejak malam kejadian sudah dievakuasi ke beberapa rumah sakit terdekat.

"Selain RSUD Kabupaten Tangerang, juga ada 23 RS lain," kata Arief.

 

2. Operasional RSUD Tangerang Dihentikan Sementara

Setelah Kebakaran, Operasional RSUD Kota Tangerang Dihentikan (Liputan6.com/Pramitha)

Pascakebakaran panel listrik di RSUD Kota Tangerang, seluruh operasional di gedung tersebut dihentikan sementara. Lantaran, Labfor Polda Metro Jaya akan menyelidiki lebih lanjut penyebab kebakaran tersebut.

"Untuk hari ini memang tidak dioperasikan terlebih dulu, mulai dari rawat inap, rawat jalan ataupun tindakan medis lainnya," ujar Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, saat ditemui di RSUD Kota Tangerang, Selasa (26/2/2019).

Pascakebakaran melanda pada Senin malam, 25 Februari 2019, aliran listrik di seluruh gedung tersebut mati total. Sehingga tidak ada penerangan atapun bisa menghidupkan peralatan penunjang medis.

Untuk itu, seluruh tenaga medis dan karyawan di rumah sakit berpelat merah yang baru berusia sekitar 5 tahun itu, masih berada di halaman rumah sakit. Hanya petugas keamanan dan kebersihan saja yang berada di dalam gedung.

"Jadi yang tidak berkepentingan dilarang masuk dulu, hanya beberapa saja untuk membersihkan lantai yang pada hitam dan becek," ujar Arief.

Sementara, pantauan di lokasi kejadian, seluruh pintu pelayanan memang dijaga satpam dan tertutup. Di papan pengumuman tertulis pelayanan RSUD Kota Tangerang tidak beroperasi per hari ini hingga informasi lebih lanjut.

Pasien dengan rujukan BPJS diminta untuk kembali ke faskes awal untuk mengurus perpindahan rujukan lagi.

 

3. Kebakaran dari Panel Listrik

Kebakaran di RSUD Kota Tangerang. (Liputan6.com/ Pramita Tristiawati)

Percikan api dari panel listrik di lantai tiga, diduga menjadi penyebab kebakaran di RSUD Kota Tangerang pada Senin malam 25 Februari 2019. Hingga akhirnya menyambar ke lantai yang berada di atas dan bawahnya.

Direktur Utama RSUD Kota Tangerang dr Feriansyah memaparkan, kejadian tersebut bermula sekitar pukul 22.45 WIB. Saat itu, dia diinformasikan munculnya percikan api di lantai 3.

Lalu sekitar jam 23.00 WIB, api semakin membesar dan mulai merembat ke lantai 2, terus ke kabel utama di ruang panel listrik itu.

"Yang mengetahui pertama itu chip supervisor keamanan, dia mencium bau kabel kebakar, lalu lapor ke RPSS dan petugas keamanan lain, barulah semua petugas bergerak mengecek masing-masing lantai," tutur Feri, Selasa (26/2/2019).

Barulah sirine kebakaran berbunyi kencang, yang menandakan harus evakuasi pasien keluar dari rumah sakit karena kabakaran. Petugas keamanan dan perawat langsung membantu mengevakuasi pasien melalui tangga darurat.

Feri pun mengaku api tidak merambat hingga ke ruangan, hanya terisolir di kamar panel listrik. Ditambah petugas kebakaran yang sigap memadamkan api, membuat api dengan cepat bisa padam.

"Kita lakukan evakuasi karena itu standar keamanan rumah sakit, ditambah semua listrik padam. Jadi kita evakuasi sebanyak 156 pasien ke halaman, sebagian ke kantor kelurahan, yang kritis langsung masuk ambulans untuk dibawa ke RSUD Kabupaten Tangerang," papar Feri.

Meski begitu, hingga saat ini manajemen rumah sakit juga masih mendata kerusakan atau dampak bangunan yang disebabkan karena kebakaran tersebut.

"Mudah-mudahan sih tidak berdampak, karena memang belum masuk ke panel besarnya, jadi baru kabel utama. Dari mulai gardu mau masuk ke panel dari lantai 1-8," tutur Direktur Utama RSUD Kota Tangerang itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Dominasi Juventus

Posted: 25 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Turin - Juventus tampaknya hanya perlu menunggu waktu untuk meraih gelar juara Liga Italia musim ini. Pasalnya, posisi mereka di puncak klasemen Liga Italia hingga pekan ke-25 belum mampu disalip tim manapun.

Juventus masih memimpin klasemen Liga Italia dengan 69 poin. Bianconeri unggul 13 poin dari pesaing terdekatnya, Napoli yang berada di peringkat kedua.

Tambahan tiga poin diperoleh Juventus setelah menang tipis 1-0 atas tuan rumah Bologna, Minggu (24/2/2019). Gol tunggal Juventus dicetak oleh bintang mereka, Paulo Dybala.

Di saat bersamaan, Napoli berhasil menghempaskan Parma dengan skor 4-0. Tim asuhan Carlo Ancelotti itu telah mengoleksi 56 poin, unggul 11 poin dari Inter Milan.

Persaingan lebih seru justru ada dalam perebutan empat besar klasemen. Inter Milan, AC Milan, dan AS Roma masih saling susul untuk finis di zona Liga Champions.

Inter mengemas 47 poin di peringkat ketiga, sementara AC Milan dan AS Roma menguntit di bawahnya. AC Milan dan AS Roma masing-masing berada di peringkat keempat dan kelima klasemen Liga Italia.

Berikut klasemen Liga Italia selengkapnya.

 

Klasemen Liga Italia

Paulo Dybala mencetak gol ke gawang Bologna pada laga pekan ke-25 Serie A. (AFP/Tiziana Fabi)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Pastikan Aturan Taksi Online Berlaku Juni 2019

Posted: 25 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 118 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus (taksi online) akan berlaku efektif Juni 2019.

Aturan tersebut memuat beberapa revisi aturan sebelumnya yang digugat karena dinilai memberatkan para pengemudi taksi online.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi dalam acara sosialisasi PM 118 di Merlynn Park Hotel, Jakarta, Selasa (26/2/2019).

"(Berlaku efektif) Juni ya," kata Budi.

Dia mengungkapkan, aturan tersebut merupakan aturan paling ideal sebab memuat aspirasi dari semua pihak yang terlibat. Aturan taksi online sebelumnya digugat sebanyak empat kali.

"Ini yang terakhir menurut saya, sudah sangat responsif dan akomodatif. Regulasi ini sebetulnya regulasi gotong royong, sangat responsif sekali prosesnya. Sekarang kita bottom up, bagaimana aspirasi pengemudi, kita sangat akomodatif apa keinginan teman-teman (driver), kita rumuskan bersama," ujar dia.

Dia juga tidak menutup kemungkinan ada beberapa pihak yang masih belum puas dengan aturan baru taksi online kali ini. Namun, bagaimanapun juga aturan harus segera diberlakukan.

"Mungkin belum puas ya enggak apa bagi saya, mungkin mereka merasa ini belum sesuai. Tapi biar ini berlaku dulu, berjalan dulu, nanti saya kira begitu ada perkembangan lagi yang lain, baik menyangkut masalah IT, sistem dan sebagainya bisa saja kita lakukan penyesuaian," ujar dia.

 

 

Hal Apa Saja yang Diatur

Ilustrasi Foto Taksi Online (iStockphoto) ​

Sebelumnya, Dirjen Budi menyebutkan PM 118 ini juga sudah dilengkapi dengan SPM (Standar Pelayanan Minimal) taksi online.

"Sehingga nanti di dalamnya sudah juga memuat menyangkut masalah bagaimana kondisi kendaraan, bagaimana pengemudinya dan juga terhadap aspek-aspek yang di dalamnya memuat terkait perlindungan menyangkut masalah keselamatan, keamanan, kenyamanan dari para penumpang," ujarnya.

Beberapa hal baru yang menjadi revisi dari PM 108 di antaranya adalah dihilangkannya beberapa aturan yaitu kewajiban melakukan uji berkala kendaran bermotor atau KIR dan penggunaan sticker di bodi mobil.

Sementara itu, lanjutnya, ada beberapa hal yang dipertahankan yaitu mengenai aturan tarif dan kuota.

"Yang tetap saya pertahankan itu tarif, kuota, kemudian penandaan plat nomor, tapi itu nanti mungkin daru kepolisian," ujar dia. 

Karena kewajiban KIR dihilangkan, Dirjen Budi meminta aplikator ke depannya lebih selektif dalam menggandeng mitra pengemudi. Aplikator diminta untuk menerapkan standar kendaraan yang dapat digunakan untuk menjadi taksol.

"Kita harapkan dari pihak aplikator akan menerapkan satu standar yang baik, yang menjadi mitra harus mungkin satu usia kendaraan sama sistem perawatan. Mungkin di bengkel lah dan sebagainya, kalau bisa nanti kita harapkan dari kementerian Kominfo apakah bisa operator aplikator itu minimal punya bengkel atau apa," kata dia. 

Selain dari sisi kondisi kendaraan, faktor keselamatan penumpang dan pengemudi pun akan menjadi sorotan. Dimana nantinya pengemudi maupun penumpang diwajibkan dilengkapi dengan panic button yang bisa digunakan saat berada dalam kondisi membahayakan.

"Keselamatan misalnya mungkin apa ada panic button untu mobil-mobil yag dipakai itu. Panic button ini untuk pengemudi dan penumpang, jadi kalau pengemudinya terancam ya harus nyalakan itu ya kalau penumpangnya terancam dia harus menyalakan tapi by aplikasi. Nah dalam peraturan ini kita sudah mulai akan memasukkan bagaimana rule of the gamenya kepada aplikator itu," ujarnya.

PM baru tersebut sudah dilakukan uji publik di beberapa kota besar yaitu Makassar, Surabaya dan Medan.

"Dalam uji publik ini saya juga melibatkan perwakilan aliansi yang bergabung juga yang kita ajak kesana dan kita harapkan mereka bisa mengajak teman - temannya untuk menyampaikan bahwa inilah yang terbaik untuk kita semua," kata dia.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tata Cara Ibadah Haji yang Perlu Dipahami Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Posted: 25 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Haji merupakan salah satu kegiatan ibadah penting bagi umat Islam. Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam kelima, sekali seumur hidup. Ibadah yang dilakukan di Tanah Suci, Mekkah dan Madinah, ini menjadi paripurna dari keislaman seorang muslim. Ibadah haji mempunyai syarat-syarat tertentu. 

Di Indonesia, kalau kamu ingin naik haji, saat ini kamu harus mengikuti antrean dan menunggu agak lama. Karena di Indonesia antusias orang yang ingin naik haji setiap tahunnya sangat banyak sekali.

Sembari menunggu giliran keberangkatan ke Tanah Suci, tak ada salahnya untuk memperbarui wawasan dan pengetahuan agama kamu, khususnya tentang tata cara ibadah haji. Selain bisa datang ke pengajian, berguru pada ahli agama, juga mengikuti manasik haji yang memang diwajibkan beberapa bulan sebelum hari keberangkatan.

Hal penting lainnya yang juga harus dipahami oleh setiap muslim yang akan berhaji adalah manasik/tata cara ibadah haji. Manasik haji merupakan simulasi ibadah haji yang dilakukan sesuai tata cara aslinya Berikut telah liputan6.com rangkum tata cara ibadah haji yang harus dan wajib kamu ketahui sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Rukun Haji

Rukun haji yaitu perbuatan yang wajib dlakukan dan tidak dapat diganti dengan membayar denda. Apabila seseorang meninggalkan satu rukun haji maka tidak sah hajinya. rukun haji ada 6 yaitu:

1.  Ihram atau niat haji

2.  Wukuf di padang Arafah 

3.  Tawaf (keliling ka'bah)

4.   Sa'I (berlari-lari kecil antara bukit safa dan marwah)

5.  Menggunting atau mencukur rambut

6.  Tertib

Wajib Haji

Wajib haji yaitu perbuatan yang harus dikerjakan dalam ibadah haji. Apabila wajib haji dilanggar, maka hajinya tidak sah kecuali dengan membayar dam (denda) dengan cara menyembelih binatang.

Wajib haji ada enam yaitu;

1.  Ihram atau niat berhaji mulai dari miqat (batas yang ditentukan)

2.  Mabit (bermalam) di Muzdalifah pada malam hari raya haji

3.  Melontar tiga jumrah, yaitu : jumrah  ula, jumrah wusta, dan jumrah aqabah.

4.  Mabit (bermalam) di Mina

5.  Tawaf wada' (tawaf perpisahan)

6.  Menjauhkan diri dari larangan atau perbuatan yang diharamkan dalam ihram seperti:

    a.  Bagi pria dilarang memakai pakaian berjahit.

   b.  Menutup kepala bagi pria dan menutup muka bagi wanita

   c. Membunuh hewan buruan.

   d. Memotong kuku.

   e. Memakai wangi-wangian.

    f. Mengadakan aqad nikah.

   g. Bersetubuh

   h. Memotong rambut atau bulu badan yang lain.

Tata cara ibadah haji

1. Sebelum tanggal 8 Dzulhijjah, semua jamaah haji mulai untuk melaksanakan Tawaf Haji di Masjidil Haram (Makkah).

2. Tanggal 8 Dzulhijjah (Hari Tarwiyah) disebut dengan hari tarwiyah, karena para jama'ah haji menyiapkan bekal secukupnya untuk menuju mina dan padang arafah, karena kedua tempat tersebut tidak ada sumber air.

3. Jamaah haji melakukan ihram untuk ibadah haji, dimulai dengan mandi, memakai wewangian serta mengenakan pakaian ihram, sambil ber-talbiyah mengucapkan.

4. Berangkat menuju Mina dan setelah di Mina, mereka mendirikan shalat zhuhur, ashar, maghrib dan isya serta shalat subuh. Setiap shalat dikerjakan pada waktunya, namun shalat yang jumlah rakaatnya empat diqashar sehingga menjadi dua rakaat. Para jamaah tetap berada di Mina sampai matahari terbit pada tanggal 9 Dzulhijjah.

5. Tanggal 9 Dzulhijjah, pagi harinya semua jamaah haji menuju ke padang Arafah untuk melakukan wukuf.  Kemudian semua jamaah haji melaksanakan ibadah Wukuf, yaitu berdiam diri dan berdoa di padang Arafah hingga Maghrib tiba. Disunnahkan bagi jama'ah untuk singgah di namirah dan jika memungkinkan berdiam di sana hingga matahari tergelincir, jika memungkinkan.

Namirah adalah sebuah tempat yang terletak dekat perbatasan arafah, apabila matahari tergelincir, dan masuk maktu zhuhur. Disunnahkan bagi imam atau orang yang diwakilkan untuk menyampaikan khutbah di hadapan para jama'ah, berkenaan dengan kondisi kaum muslimin, agar kembali memperbaharui tauhid, hukum-hukum seputar ibadah haji, dan perkara-perkara penting lainnya.

6. Waktu wukuf di arafah mulai dari terbit fajar tanggal 9 dzulhijah hingga terbit fajar tanggal 10 dzulhijah. Barang siapa yang melakukan wukuf pada waktu tersebut walaupun sebentar, maka ia dianggap telah mengerjakan wukuf, dan hajinya sah.

Barang siapa yang tidak mengerjakan wukuf pada waktu tersebut maka hajinya tidak sah, sebagaimana yang diriwayatkan dalam dari ibnu 'abbas hadits marfu' "barang siapa yang mengerjakan wukuf sebelum matahari terbit (pada tanggal 10 dzulhijjah) maka ia telah mengerjakan haji". [Disahihkan oleh Al-Albani (No. 5995) dalam shahihul jami'.

7. Tanggal 9 Dzulhijjah malam, semua jamaah haji menuju ke Muzdalifah untuk mabit (bermalam di muzdalifah) dan mengambil batu untuk melontar jumroh secukupnya.

8. Tanggal 9 Dzulhijjah tengah malam atau  setelah melakukan mabit, jamaah haji meneruskan perjalanannya ke Mina untuk melaksanakan ibadah melontar Jumroh.

9. Pada Tanggal 10 Dzulhijjah, jamaah haji melaksanakan ibadah melempar Jumroh yaitu sebanyak 7x  ke Jumrah Aqabah sebagai simbol untuk  mengusir setan. Dilanjutkan dengan tahalul yaitu mencukur rambut atau sebagian rambut.

10. Jika jamaah mengambil nafar awal maka dapat dilanjutkan perjalanannya  ke Masjidil Haram untuk Tawaf Haji atau menyelesaikan Haji.

11. Sedangkan jika mengambil nafar akhir, jamaah haji tetap tinggal di Mina dan dilanjutkan dengan melontar jumrah sambungan, yaitu jumrah 'Ula dan jumrah Wustha.

12. Tanggal 11 Dzulhijjah, jamaah haji melempar jumrah sambungan (Ula) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.

13. Tanggal 12 Dzulhijjah, jamaah haji melempar jumrah sambungan (wusta) di tugu pertama, tugu kedua, dan tugu ketiga.

14. Kemudian yang terakhir Jamaah haji kembali ke Makkah untuk melaksanakan Tawaf Wada' yaitu Tawaf perpisahan  sebelum pulang ke negara masing-masing.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dubes AS Apresiasi Kinerja Penyidik KPK

Posted: 25 Feb 2019 09:30 PM PST

Wakil Ketua KPK Laode Syarif bersama Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr memberikan keterangan usai melakukan pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (26/2). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Ketua KPK Laode Syarif bersama Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr memberikan keterangan usai melakukan pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (26/2). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dubes AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr usai melakukan pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (26/2). Joseph R. Donovan Jr mengapresiasi KPK khususnya para penyidik tentang pemberantasan korupsi di Indonesia. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dubes AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr usai melakukan pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (26/2). Joseph R. Donovan Jr mengapresiasi KPK khususnya para penyidik tentang pemberantasan korupsi di Indonesia. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Ketua KPK Laode Syarif bersama Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr memberikan keterangan usai melakukan pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (26/2). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Ketua KPK Laode Syarif bersama Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr memberikan keterangan usai melakukan pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (26/2). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Ketua KPK Laode Syarif bersama Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr memberikan keterangan usai melakukan pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (26/2). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Ketua KPK Laode Syarif bersama Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr memberikan keterangan usai melakukan pertemuan tertutup di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (26/2). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dubes AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr dan Wakil Ketua KPK Laode Syarif keluar gedung KPK, Jakarta, Selasa (26/2). Joseph R. Donovan Jr mengapresiasi KPK khususnya para penyidik tentang pemberantasan korupsi di Indonesia. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dubes AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr dan Wakil Ketua KPK Laode Syarif keluar gedung KPK, Jakarta, Selasa (26/2). Joseph R. Donovan Jr mengapresiasi KPK khususnya para penyidik tentang pemberantasan korupsi di Indonesia. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Pacar Berharap Steve Emmanuel Tak Dihukum Mati

Posted: 25 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Steve Emmanuel tengah menjalani proses hukum terkait kasus kepemilikan narkoba. Hal itu membuat mantan kekasih Steve, Alenka Isbach, begitu sedih. Apalagi, Alenka sempat berusaha menghubungi Steve Emmanuel, namun tak kunjung berhasil.

"Aku sedih banget. Aku kan pernah dekat sama dia dan dia orang yang sangat baik. Kalau masalah narkoba mungkin dia khilaf ya. Semoga enggak sampai hukuman mati atau seumur hidup," ujar Alenka Isbach saat ditemui Kapanlagi.com di kawasan Senayan, Senin (25/2/2019).

"Aku coba hubungin dia tapi enggak bisa, dia juga sudah enggak ada manager kan ya. Menurut info dia kan di Polres Jakarta Barat. Aku sih mau temui dia tapi nanti ya mungkin setelah persidangan atau nanti pas dia sidang perdana aku akan datang," lanjutnya.

Di mata Alenka Isbach, Steve Emmanuel adalah sosok yang sangat rendah hati. Terlepas dari persoalan yang tengah menjeratnya, ia yakin Steve adalah pria baik.

Sosok yang Baik

Mantan kekasih Steve Emmanuel. Alenka Isbach. (Instagram: @alenkaisbach)

"Steve itu baik, humble, bisa berbaur dengan semua kalangan. Dia salah satu orang yang baik yang pernah aku kenal. Ya kalau soal drugs itu kan pilihan hidup masing-masing. Tapi secara personal dia baik gak ada cacatnya," jelas Alenka.

Menangis

Saat mendengar kabar ditangkapnya Steve Emmanuel, Alenka mengaku shock dan sempat menangis. Pasalnya Alenka sama sekali tak pernah melihat Steve mengonsumsi narkoba saat masih bersama dengannya.

"Shock, aku nangis. Apalagi aku dengar langsung dikenakan hukuman seumur hidup atau hukuman mati. Lalu dikaitkan dengan penyelundupan narkoba internasional segala macam. Waktu aku kenal dia aku enggak pernah lihat dia pakai narkoba," tandasnya. (Tyssa Madelina/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketika Kecerdasan Buatan Menangkap Basah Sindikat Penipuan

Posted: 25 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banyaknya layanan financial technology (fintech) yang menawarkan kemudahan transaksi jual beli dan pinjaman tunai, membuat segelintir orang memanfaatkan celah untuk melakukan penipuan.

Baru-baru ini, sindikat penipuan tertangkap basah menggunakan data orang lain saat ingin mengajukan pinjaman di layanan fintech Cashwagon.

Hal ini terdeteksi oleh kecerdasan buatan(artificial intelligence/AI), machine learning, dan big data yang ada dalam sistem Cashwagon.

"Kasus yang kami temui ini sangat berbahaya karena mereka menggunakan data asli milik orang lain, sehingga reputasi orang tersebut bisa menjadi jelek nantinya," kata CEO PT. Kas Wagon Indonesia yang mengoperasikan platform Cashwagon, Asri Anjarsari, dalam keterangannya, Selasa (26/2/2019).

Asri menjelaskan, sindikat penipu melakukan pinjaman dari berbagai perangkat dengan lokasi geografis yang berbeda-beda.

Berdasarkan jejak digital yang diperoleh, platform Cashwagon memungkinkan untuk melacak pola penjahat dan menetapkan identitas pelaku penipuan dan lokasi mereka.

"Dalam kerja sama yang erat dengan polisi cybercrime, Cashwagon menghasilkan bukti kuat kasus penipuan ini. Rincian kasus dilindungi dari pengungkapan publik, tetapi Cashwagon terus bekerja sama dengan polisi cybercrime Indonesia untuk mendeteksi, mengidentifikasi, dan menuntut penipu," Asri memaparkan.

 

Menindak Penipu

CEO PT. Kas Wagon Indonesia. Dok: Cashwagon

Bertujuan untuk menjadi mitra yang andal dan konsisten, Cashwagon bertindak kuat untuk melindungi pelanggannya dan mencegah mereka dari penipuan. Betapa pun kecilnya, kasus penipuan harus diproses oleh hukum.

"Kerja sama yang erat dengan pihak kepolisian, dan kepatuhan ketat terhadap peraturan di Indonesia memungkinkan Cashwagon untuk menindak tegas kasus penipuan yang dilakukan oleh para penjahat dan sindikat penipuan," ujar Asri.

Ia menambahkan, kebijakan anti-penipuan internal Cashwagon sepenuhnya dilakukan untuk mematuhi persyaratan OJK dan dirancang untuk memberikan layanan keuangan yang sehat dan dapat diandalkan kepada publik, melindungi kepentingan investor secara menyeluruh dan mencegah kejahatan.

"Kami akan terus melindungi pelanggan kami dan bekerja sama dengan polisi kejahatan dunia maya untuk memastikan keamanan pengembangan industri fintech," tutupnya.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Gerebek Pabrik Obat Ilegal Beromzet Rp 80 Juta per Bulan

Posted: 25 Feb 2019 09:22 PM PST

Patroli, Tangerang - Rumah yang berlokasi di Balaraja, Tangerang, Banten, Senin malam di grebek Polsek Balaraja karena dijadikan pabrik obat ilegal. Dalam pengerebekan ini, polisi menangkap dua orang pemilik pabrik, yakni Rohman Saefudin dan Heriyanto.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Selasa (26/2/2019), polisi juga menyita bahan baku obat, 4.000 obat siap edar, dan seperangkat mesin.

Pengerebekan adanya pabrik obat ilegal bermula dari informasi warga yang mencurigai aktivitas di rumah yang dikontrak kedua pelaku.

Kepada polisi, kedua pelaku mengaku mampu memproduksi 500 butir obat setiap hari. Dari usaha ilegalnya ini, kedua pelaku mampu mendapatkan uang Rp 80 juta setipa bulan. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga HP Nokia dengan OS Android, Hadirkan Kamera Super Jernih

Posted: 25 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nokia adalah salah satu produsen alat komunikasi yang sangat terkenal di Indonesia bahakan di seluruh dunia. Nokia Cooperation adalah perusahaan produksi peralatan telekomunikasi terbesar di dunia asal Finlandia. Berkantor pusat di kota Espoo, Finlandia hasil produk telepon genggamannya telah dipasarkan ke seluruh dunia.

Jauh sebelum kemunculan smartphone, produk telepon genggam Nokia telah memasuki pasar di Indonesia yang populer di tahun 90-an. Nokia menjadi salah satu merek HP yang berjasa dalam membangun dan mengembangkan industri teknologi gadget dunia.

Banyak masyarakat Indonesia yang telah menggunakan Nokia sebagai alat komunikasi jarak jauh yang praktis sejak dulu. Namun, perkembangan teknologi menggeser banyak produk keluaran Nokia. Khusunya saat mulai muncul tren smartphone.

Nokia sempat redup beberapa waktu belakangan di pasaran gadget terkait dengan maraknya produk smartphone oleh perusahaan berkelas lainnya. Namun hal itu tak berlangsung lama. Kini Nokia muncul dengan tampilan dan ide segar untuk mampu bersaing di pasar dunia.

Perusahaan asal Finlandia tersebut juga tak kalah saing dengan mengeluarkan produk baru. Nokia menghadirkan beberapa HP dan smartphone terbaru dengan sistem operasi Android. Nokia telah banyak mengeluarkan produk HP dan smartphone-nya secara keseluruhan berbasis pada Microsoft Windows Phone 8 dan Nokia Asha. Untuk harga HP Nokia Android ini dipatok sesuai dengan selera konsumen saat ini.

Dilansir Liputan6.com, Selasa (26/2/2019) dari berbagai sumber, beberapa produk dan harga HP Nokia Android keluaran terbaru yang bisa jadi referensimu.

Nokia 8.1

Varian warna Nokia 8.1. (Doc: HMD Global)

Salah satu produk Nokia yang baru dirilis pada Desember 2018 lalu adalah Nokia 8.1. Memiliki bentang layar 6,18 inci dengan LCD touchscreen dengan resolusi layar 1080 x 2280 pixels dengan rasio 19:9. Nokia 8.1 ini memiliki memori internal sebesar 64 GB dengan RAM 4 GB.

Untuk kamera belakang, Nokia 8.1 menghadirkan 12 MP dan kamera depan 20 MP. Baterai tanam dengan 3500 mAh. Untuk performanya, Nokia 8.1 cocok bagi kamu yang gemar bermain game.

Harga HP Nokia Android dengan seri Nokia 8.1 ini dipatok dengan harga Rp 6 jutaan dengan kondisi baru dan Rp 5 jutaan dengan kondisi bekas.

Nokia 7.1

HMD Global resmi merilis Nokia 7.1. (Doc: Nokia)

Nokia 7.1 merupakan HP android Nokia yang dirilis pada Oktober 2018 lalu. Dengan tampilan layar touchscreen, Nokia 7.1 memiliki resolusi layar 1080 x 2280 pixels dengan rasio 19:9. Nokia 7.1 sudah mengadopsi system Android 8.1.

HP Nokia Android ini dilengkapi dengan memori internal sebesar 64 GB dan 4 GB RAM serta 32 GB dan 3 GB RAM. Untuk memori eksternal dilengkapi dengan microSD hingga 400 GB menggunakan 2 slot SIM.

Kamera belakang Nokia 7.1 disematkan kamera 12 MP dan kamera depan 8 MP. Bagi kamu yang gemar menonton film melalui HP, Nokia 7.1 cocok bagimu karena mengusung panel IPS LCD dengan memberikan tampilan yang jernih.

Harga HP Nokia Android dengan seri Nokia 7.1 ini dipatok dengan harga Rp 5,3 jutaan.

Nokia 6.1 Plus

Smartphone Nokia 6.1 Plus resmi meluncur di Indonesia. Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani

Nokia 6.1 Plus adalah produk dari Nokia yang dirilis pada September 2018 lalu. Memiliki bentangan layar 5,8 inchi dengan panel IPS LCD full HD+. Dihadirkan dengan kamera belakang 16 MP + 5 MP yang dilengkapi dengan fitur Dual-LED dual-tone flash, panorama, HDR dan depth sensor. Untuk kamera depan 16 MP cocok bagimu yang gemar berfoto selfie.

Nokia 6.1 Plus dilengkapi dengan memori internal sebesar 64 GB dan 4 GB RAM. Untuk memori eksternal, Nokia 6.1 Plus menyediakan microSD dengan kapasitas hingga 400 GB menggunakan 2 slot SIM.

Untuk harga HP Nokia Android ini dipatok dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp 3 jutaan dengan semua spesifikasi unggulannya.

Nokia 5.1 Plus

Tampak depan Nokia 5.1 Plus. Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani

Dirilis pada Juli 2018 lalu, Nokia 5.1 Plus hadir dengan desain bodi yang elegan dengan bentangan layar 5.86 inci IPS LCD. Memiliki resolusi layar 1520 x 720 pixels dengan rasio 19:9. Nokia 5.1 Plus memiliki memori internal sebesar 32 GB dan RAM 3 GB. Untuk memori eksternal dilengkapi dengan microSD yang hingga 400 GB.

Untuk fitur kamera, Nokia 5.1 Plus disematkan kamera 13 MP + 5 MP dengan LED flash dan depth sensor. Kamera depan hadir dengan 8 MP.

Harga HP Nokia Android dengan seri Nokia 5.1 Plus ini dibanderol dengan harga Rp 2.899.000 dalam kondisi baru dan kondisi bekas seharga RP 2.000.000 saja.

Demikian sedikit penjelasan tentang spesifikasi dan harga HP Nokia Android terbaru yang bisa kamu jadikan referensi jika ingin membeli smartphone. Banyak produk dari Nokia kini yang tak kalah bersaing dengan produk-produk smartphone lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Kalah Cantik, Ini Putri Yeyen Lidya yang Jadi Penyanyi

Posted: 25 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Yeyen Lidya punya kegiatan baru. Selain aktif nge-vlog, artis seksi 40 tahun ini juga tengah memproduseri buah hatinya, Angel Melinda. Single "Kamu" pun menjadi titik awal bagi putri tunggal Yeyen Lidya di industri musik Tanah Air.

Tak cuma paras yang sama cantiknya, darah seni Yeyen Lidya pun mengalir deras di tubuh Angel Melinda. Hal itu terlihat dari karakter bermusik Angel Melinda yang kuat, meski baru menginjak usia 18 tahun.

Dalam single "Kamu", Angel coba mengenalkan musik pop kekinian. Meski bernuansa pop yang kental, Angel menyelipkan unsur modernized 80-an dalam lagu ciptaan Dennis Nussy tersebut.

"Buat aku dalam berkarya, di single perdana aku ini yang penting berani untuk membuat sesuatu yang baru. Dan tentunya sesuatu yang aku suka juga," ungkap putri Yeyen Lidya, Angel Melinda, kepada Liputan6.com, Selasa (26/2/2019).

Paket Komplet

Putri Yeyen Lidya, Angel Melinda. (Istimewa)

Sebagai pendatang baru di dunia hiburan, kemampuan Angel terbilang komplet. Selain mampu memainkan alat musik, cewek berwajah cantik ini juga mahir berjoget seperti yang ditampilkan dalam klip video anyarnya tersebut.

Di bawah naungan AM production, Angel Melinda juga berharap karier musiknya dapat sesukses sang ibunda. "Mulai dari musiknya sampai konsep video klipnya (dikerjakan). Dan aku optimistis dengan single perdana aku ini, semoga bisa diterima semua pencinta musik di Tanah Air," Angel Melinda menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyerang Timnas U-22 Marinus Wanewar Lebih Sering Tersenyum, Apa Rahasianya?

Posted: 25 Feb 2019 09:18 PM PST

Jakarta - Marinus Wanewar jadi bahan pembicaraan di Piala AFF U-22 2019 karena aksi-aksinya. Tidak hanya mencetak tiga gol untuk Timnas U-22, Marinus juga terlihat lebih sering tersenyum. Dia juga kerap melakukan aksi-aksi jenaka.

Sifat tempramental dan mudah marah sebelumnya melekat pada sosok Marinus Wanewar. Hal itu terjadi ketika Marinus melakukan aksi tak senonoh pada SEA Games 2017.

Namun, Marinus sekarang ternyata sudah berubah. Pemain yang baru genap berusia 22 tahun itu memang pada awal laga Piala AFF U-22 2019 sempat marah karena gagal bermain. Hal itu diluapkan Marinus dengan membanting botol minuman.

Namun, pada laga-laga selanjutnya, Marinus tampak semakin sering tersenyum. Selain mendapatkan kesempatan bermain, hal itu ternyata merupakan pesan dari Dokter Timnas U-22 Indonesia, Syarif Alwi.

Pria yang akrab disapa Papi itu bercerita, ketika sedang dalam lorong di The National Olympic Stadium, Phnom Penh, dirinya membisikkan sesuatu pada Marinus. Dokter Timnas U-22  itu meminta agar Marinus lebih sering tersenyum dan tak mudah terprovokasi lawan.

"Jadi, kamu kalau diprovokasi dan diganggu lawan, senyumin saja. Biar mereka yang malah terpancing," kenang Papi ketika berbicara kepada Marinus.

"Akan tetapi, kalau kamu sedang berada di depan gawang dan berhadapan dengan kiper, bikin muka serius dan yang paling seram. Biar itu kiper takut sama kamu sehingga bisa bikin gol," ucap Papi.

Bikin Emosi Lawan

Nasihat yang diberikan Papi ternyata didengar Marinus Wanewar. Berkat aksinya selalu tersenyum mengejek, hal itu lantas sering membuat emosi lawan terpancing sehingga konsentrasi menjadi terpecah.

Marinus Wanewar saat ini menjadi salah satu pencetak gol terbanyak sementara di Piala AFF U-22 2019 dengan koleksi 3 gol. Marinus bakal menjadi andalan Timnas Indonesia U-22 pada laga final kontra Thailand yang berlangsung Selasa (26/2/2019).

 

 
 
View this post on Instagram

Jurnalis KLY Sports, Zulfirdaus Harahap dan Rizki Hidayat akan melaporkan langsung dari Kamboja dan Thailand untuk dua event olahraga berbeda. Di Kamboja, akan ada turnamen Piala AFF U-22 yang berlangsung dari tanggal 17 sampai 26 Februari. Sementara di Thailand akan ada turnamen E-Sports Asia Pacific Predator League 2019, yang mempertandingkan game Dota 2 dan PUBG. Laporan eksklusif akan dikirim oleh kedua reporter Bola.com untuk KLY Sports selama turnamen berlangsung. #BolacomID #LaporanLangsung #Kamboja #Thailand #PialaAFFu22 #ESports

A post shared by Bola.com (@bolacomid) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Kim Jong-un Tiba di Vietnam

Posted: 25 Feb 2019 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kereta lapis baja yang membawa Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, dilaporkan telah tiba di Vietnam, menjelang pertemuan puncak kedua dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Hanoi, 27 dan 28 Februari esok.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawaslu Teken Nota Kesepahaman Pengawasan Pemilu Anti-Hoaks

Posted: 25 Feb 2019 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menandatangani Nota Kesepahaman atau MoU dengan empat pegiat Pemilu, seperti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia (Mafindo), Indonesian Parliamentary Center (IPC), dan Hukum Online.

"Kami menyambut baik hal ini. Karena penyelenggaraan Pemilu 2019 tidak hanya jadi tanggung jawab KPU dan Bawaslu saja tapi juga jadi tanggung jawab masyarakat untuk berpartisipasi," kata Ketua Bawaslu Abhan di Media Center, Jakarta Pusat, Selasa (26/2/2019).

Sebagai penyelenggara, Bawaslu mengaku selalu berikhtiar di Pemilu 2019 sebagai perhelatan yang Langsung Umum Bebas Jujur Adil atau Luberjurdil. Khususnya, jauh dari konten salahguna informasi dan hoaks.

"Jadi kerja sama ini dalam rangka pendidikan pemilih dan penanganan konten disinformasi dan ujaran kebencian di media daring dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019," jelas Abhan.

Melalu partisipasi pegiat Pemilu yang dapat menyebarkan informasi akurat ini, Bawaslu berharap masyarakat tidak lagi terjebak dengan hal yang simpang siur.

"Karena belakangan sangat masif informasi ujaran kebencian. Mudah-mudahan kerja sama ini dapat kita tindaklanjuti dengan kerja konkret dalam rangka membangun demokrasi Indonesianyang lebih baik," Abhan menandasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Pencucian Uang, Fintech Harus Segera Urus Izin ke OJK

Posted: 25 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendesak perusahaan financial technology (fintech) pemberi pinjaman online untuk segera mendaftarkan diri dan memperoleh izin usaha dari OJK.

Hal ini ditekankan untuk mencegah tindak pencucian uang (money laundering) dalam transaksi pinjaman online yang kini mulai marak dilakukan secara daring.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyampaikan, OJK akan lebih mudah memantau kegiatan bisnis perusahaan fintech terdaftar dibanding yang tidak.

"Kalau mendaftar, kita arahkan enggak boleh abusing nasabah. Kamu harus sediakan modal. Kita arahkan jadi baik. Jadi pasti ada dorongan moral untuk tidak menipu," ucap dia di Hotel Ayana, Jakarta, Selasa (26/2/2019).

"Tapi kalau enggak daftar, sudah pasti menetapkan suku bunga tinggi, nagihnya juga kasar. Kalau ada yang terdaftar itu gampang kita ambilnya, langsung kita ambil, kita proses. Kalau enggak terdaftar, kita enggak bisa lihat," tambahnya.

Bila sudah seperti itu, dia meneruskan, risiko terjadinya tindak pencucian uang pasti lebih besar lantaran gerak OJK untuk melakukan penyidikan menjadi terbatas.

 

Sumber Dana

Ketua KPK Agus Raharjo saat mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (27/1/2016). Rapat bersama pimpinan KPK ini terkait legislasi dan pengawasan. (Liputan6/Johan Tallo)

Penegasan serupa pun dilontarkan Ketua KPK Agus Rahardjo. Dia menyatakan, pihak regulator wajib mengetahui siapa saja perusahaan yang berkutat dalam bisnis pemberi pinjaman online.

"Ini kita harus tahu, orang yang memberi pinjaman itu siapa, asal duitnya darimana. Kalau kemudian orang ini tidak berizin kan terbuka kemungkinan dananya itu berasal dari money laundering," tutur dia.

Oleh karena itu, ia mendorong seluruh perusahaan fintech pemberi pinjaman online untuk memperoleh izin usaha, agar lebih mudah terpantau.

"Jadi kita tahu siapa yang melakukan pinjaman, asal dananya darimana. Takutnya asal dananya nanti dari money laundering, atau dari narkoba dan korupsi misalkan. Itu semua tidak kita inginkan," imbuhnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biografi Ahok, Latar Belakang Kehidupan dan Karier Politiknya

Posted: 25 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang politisi di Indonesia, nama Ahok menjadi salah satu politisi yang sering menjadi bahan perbincangan oleh warganet. Tokoh satu ini dikenal dengan gaya kepemimpinannya yang keras dan tegas, ia juga terkenal dengan gaya bicara yang blak-blakan.

Biografi Ahok kali ini akan membahas kiprahnya sebagai politisi di Indonesia. Ahok lahir dari keluarga keturunan Tionghoa pada tanggal 29 Juni 1966 di Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung.

Ahok yang kini memilih disapa dengan BTP, dahulu adalah seorang pengusaha, ia sempat mendirikan perusahaan bernama PT Nurindra Ekapersada yang kemudian pada tahun 1995 berhasil membangun sebuah pabrik pengolahan pasir bernama pabrik Gravel Pack Sand (GPS).

Kalau kamu penasaran tentang bagaimana Ahok bisa terjun dalam dunia politik, baca sampai habis biografi Ahok dalam artikel ini.

Penulis "Merubah Indonesia: The Story Of Basuki Tjahaja Purnama : Tidak Selamanya Orang Miskin Dilupakan." ini mempunyai segudang prestasi yang membanggakan.

Namun, kesuksesan yang bisa ia raih ini bukanlah tanpa usaha, kerja keras, dan pengorbanan. Ada banyak pengorbanan lainnya demi meraih kesuksesan.

Selain itu, ada banyak kisah dalam biografi Ahok yang menarik untuk diketahui. Dengan mengetahui biografi Ahok kamu mungkin akan termotivasi untuk merubah Indonesia menjadi lebih baik lagi. Yuk, simak terus biografi Ahok berikut ini yang sudah dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019)

Keluarga

Nicholas Sean dan sang ayah, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (dok. Instagram @nachoseann/https://www.instagram.com/p/BtAIjmFFENQ/Asnida Riani)

Anak dari Indra Tjahaja Purnama dan Buniarti Ningsing keturunan Tionghoa ini memiliki nama lengkap Basuki Tjahaja Purnama. Ahok memiliki empat adik yaitu Basuri Tjahaja Purnama, Fifi Lety Indra, Harry Basuki, dan Basu Panca Fransetio.

Masa kecil Basuki lebih banyak dihabiskan di Desa Gantung, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, hingga selesai menamatkan pendidikan sekolah menengah tingkat pertama

Setelah sang bapak meninggal, Ahok dititipkan kepada keluarga Misribu. Keluarga Misribu-lah yang membiayai hidup Ahok selama di Jakarta. Almarhumah Misribu Andi Baso Amier ialah sosok ibu angkat Ahok dari Bugis.

Ahok menikah dengan Veronica, kelahiran Medan, Sumatera Utara dan telah dikaruniai 3 buah hati yaitu Nathania Purnama, Nicholas Purnama, Daud Albeenner Purnama. Namun keduanya memutuskan bercerai pada tahun 2018.

Latar Belakang Pendidikan

Senyum Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki T Purnama alias Ahok sesaat sebelum dimulainya sidang lanjutan di PN Jakarta Utara, Selasa (26/12). Persidangan ketiga ini beragenda pembacaan putusan sela oleh majelis hakim. (Liputan6.com/Bagus Indahono/Pool)

Ahok mengambil jurusan Teknik Geologi, Universitas Trisakti dan selesai pada tahun 1989. Setelah menempuh pendidikannya di Jakarta, ia kemudian kembali ke kampung halamannya dan kemudian memulai usaha dengan mendirikan perusahaan bernama CV Panda yang bergerak dibidang kontraktor pertambangan untuk PT Timah yang terkenal di Belitung Timur.

Namun hanya berlangsung selama dua tahun Ahok di dunia pertambangan, ia kemudian melanjutkan kuliahnya dengan mengambil program master manajemen keuangan di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya Jakarta tahun 1992.

Terjun dalam Politik

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat didampingi Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengikuti proses pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada DKI 2017, di KPUD DKI Jakarta, Rabu (21/9). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Seusai menempuh pendidikan S2, Ahok pernah bekerja di PT Simaxindo Primadaya di Jakarta yang bergerak dalam bidang kontraktor listrik. Hingga akhirnya ia kembali ke kampong halamanya, Belitung Timur dan sempat mendirikan perusahaan bernama PT Nurindra Ekapersada.

Dilansir dari situs ahok.org, pabriknya ditutup karena ia melawan kesewenang-wenangan pejabat. Ahok mengalami sendiri pahitnya berhadapan dengan politik dan birokrasi yang korup.

Sempat terpikir olehnya untuk hijrah dari Indonesia ke luar negeri, tetapi keinginan itu ditolak oleh sang ayah yang mengatakan bahwa satu hari rakyat akan memilih Ahok untuk memperjuangkan nasib mereka.

Bermodal keyakinan bahwa orang miskin jangan lawan orang kaya dan orang kaya jangan lawan pejabat, keinginan untuk membantu rakyat kecil di kampungnya, dan juga kefrustasian yang mendalam terhadap kesemena-menaan pejabat yang ia alami sendiri, Ahok memutuskan untuk masuk ke politik di tahun 2003.

Pertama-tama ia bergabung di bawah bendera Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB) yang saat itu dipimpin oleh Dr. Sjahrir. Pada pemilu 2004 ia mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

Dengan keuangan yang sangat terbatas dan model kampanye yang lain dari yang lain, yaitu menolak memberikan uang kepada rakyat, dan memberi nomor handphone Ahok. Ia terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur periode 2004-2009.

Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Belitung Timur tahun 2005, Ahok berpasangan dengan Khairul Effendi, B.Sc. dari Partai Nasional Banteng Kemerdekaan (PNBK) ikut sebagai calon Bupati-Wakil Bupati Belitung Timur periode 2005-2010. Dengan mengantongi suara 37,13 persen pasangan ini terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belitung Timur definitif pertama.

Pada akhirnya Ahok mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Joko Widodo dalam Pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta 2012. Pasangan Jokowi-Ahok ini mendapat 1.847.157 (42,60%) suara pada putaran pertama, dan 2.472.130 (53,82%) suara pada putaran kedua, mengalahkan pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli.

Pada 14 November 2014, DPRD DKI Jakarta mengumumkan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo yang telah menjadi Presiden Republik Indonesia. Setelah pengumuman ini, DPRD DKI Jakarta mengirimkan surat ke Kementerian Dalam Negeri agar Ahok dilantik menjadi gubernur.

 

Penghargaan

Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama ketika menunggu pemeriksaan di ruang tunggu KPK, Jakarta, Selasa (12/4). Ahok memenuhi panggilan KPK terkait pemberian keterangan soal perkara pembelian lahan RS Sumber Waras (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Di tahun 2006, Ahok dinobatkan oleh Majalah TEMPO sebagai salah satu dari 10 tokoh yang mengubah Indonesia. Di tahun 2007 ia dinobatkan sebagai Tokoh Anti Korupsi dari penyelenggara negara oleh Gerakan Tiga Pilar Kemitraan yang terdiri dari KADIN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Masyarakat Transparansi Indonesia.

Pada tahun 2013, Ahok mendapatkan penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award (2013) dan Gus Dur Award pada tahun 2016.

Jago Menembak

Pria kelahiran 29 Juni 1966 itu, ternyata memiliki kemampuan menggunakan senjata api atau menembak. Bahkan ia pernah menunjukkan kemampuannya di depan awak media saat menghadiri acara di Kopassus pada 17 Juni 2015 lalu. Ahok yang saat itu menggunakan pistol Elita G2 buatan PT Pindad, menjajal kemampuannya.

Pada kesempatan pertama, mantan Bupati Belitung Timur itu hanya mampu menyarangkan peluru ke 3 sasaran pelat baja dari total 8 sasaran tembak. Pada kesempatan kedua, ia mampu memberbaiki jumlah sasaran tembaknya, menjadi 4. Kemudian pada kesempatan ketiga, Ahok mampu menembakkan peluru pada 7 sasaran.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Harga Oppo Terbaru All Varian dan Spesifikasi, Banyak Pilihannya

Posted: 25 Feb 2019 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang doyan banget selfie pakai HP, pastinya tahu merek Oppo. Oppo terkenal dengan highlightnya Selfie Expert. Oppo sekarang ini menjadi salah satu smartphone paling popuper di Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, HP Oppo memiliki banyak tipe dengan harga yang bervariasi. 

Berbagai daftar harga Oppo pun datang dengan deretan spesifikasi yang menarik. Selain itu juga menyesuaikan dengan kebutuhan yang pas dengan demografi masyarakat Indonesia. Nah, berikut daftar harga Oppo terbaru yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019).

1. Daftar Harga Oppo Find X

Oppo Find X adalah smartphone papan atas terbaru dari Oppo yang mengusung konsep Panoramic Design pada layar 6,42 inci mereka, yang memadukan dua potongan kaca pada layar depan sehingga menghasilkan kesan panoramik.

Namun keunggulan utama terletak di kamera yang mengusung konsep Stealth 3d Camera, yang pada dasarnya menyembunyikan kamera di dalam bodi dengan konsep sliding, yang membuat layar terbebas dari berbagai sensor seperti di HP konvensional.

Sensor yang terakomodir konsep Stealth ini adalah kamera depan, kamera belakang, sensor proximity, serta 3D Face Recognition System. Soal dapur pacu, terdapat prosesor Snapdragon 845 yang dipadu RAM 8GB, serta baterai besar ukuran 3.730mAh. Berikut daftar harga Oppo Find X. Harga HP Oppo terbaru Find X: 13.499.000

2.  Daftar harga Oppo varian R17

Merupakan smartphone flagship dari Oppo yang hadir dengan desain notch segitiga, dibalut dengan material kaca, serta membawa fitur terbaru berupa sensor sidik jari ke bagian display (in-display fingerprint). Jika pada R17 versi reguler ditenagai dengan chip Snapdragon 670, performa R17 Pro lebih gahar dengan chip Snapdragon 710.

Terkhusus untuk model "Pro", Oppo menyematkan tiga kamera di bagian punggung. Menariknya, R17 Pro membawa dua baterai di dalam perangkat dengan masing-masing kapasitas 1.850 mAh. Namun secara keseluruhan, baterai yang bekerja berkapasitas 3700 mAh.

Dengan dua baterai terpisah tersebut, Oppo mengklaim pengisian daya hingga 40 persen bisa dilakukan dalam waktu 10 menit. Yap, hal tersebut tidak lepas dari dukungan teknologi Super VOOC besutan Oppo. Selain R17 pro, Oppo juga mengeluarkan R17 dengan harga yang lebih murah dan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan R17 pro.

Daftar Harga Oppo terbaru R17 pro Rp 9,2 Juta

Daftar Harga Oppo terbaru R17 Rp 7 Jutaan

3.  Daftar Harga Oppo F9 dan spesifikasi

Smartphone terbaru yang dirilis oleh Oppo Indonesia adalah lini Oppo F9 yang terdiri dari Oppo F9 dan juga Oppo F9 Pro. Lini Oppo F9 sendiri merupakan smartphone dengan 'notch' yang disebut salah satu yang terkecil saat ini. 

Oppo Indonesia secara resmi merilis Oppo F9 di Indonesia, pada Kamis (23/8/2018). Smartphone ini mempunyai layar selebar 6,3 Inch Screen, bodi sebesar 90,8 persen screen ratio dengan resolusi 2340x1080.

Ponsel ini juga mempunyai 9,5:9 Waterdrop Screen. Soal kamera, Oppo F9 mempunyai kamera depan beresolusi 25MP dan untuk kamera utama mengadopsi dual-camera 16MP + 2MP. Sensor kedua digunakan untuk efek bokeh, sementara sensor 16MP memiliki aperture f/1.8.

Soal dapur pacu, Oppo F9 terdapat prosesor MT6771 Helio P60 yang dipadu RAM dengan pilihan varian sebesar 4GB dan 6GB, dan juga memori internal 64GB. Kecepatan ini juga dipadu dengan durabilitas baterai yang mengusung kapasitas baterai 3500 mAh.

Kapasitas baterai tersebut dipadu dengan VOOC flash charge yang membuat Oppo F9 mampu mengisi daya selama 5 menit untuk dipakai 2 jam menelepon. Oppo F9 berjalan di OS terbaru Android 8.1 Oreo yang UI khas Oppo yakni ColorOS 5.2.

Harga HP Oppo terbaru F9: 4.299.000

4. Daftar Harga HP Oppo F7

Oppo F7 rilis pada pertengahan April 2018 lalu, serta meluncur dalam dua varian berbeda berdasarkan kapasitas RAM dan memori internal. Versi Oppo F7 reguler mengusung RAM 4GB, dan memori internal 64GB, sedangkan Oppo F7 varian lebih tinggi hadir dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB.

Keduanya didukung prosesor Helio P60. Dari sisi desain, keduanya sama-sama memiliki layar berukuran 6,23 inci beresolusi Full HD+ dengan aspek rasio 19:9. Untuk urusan kamera, Oppo F7 memiliki kamera depan 25MP lengkap dengan fitur AI Beauty Technology 2.0 di dalamnya. Sementara kamera belakangnya beresolusi 16MP.

Oppo membenamkan ColorOS 5.0 berbasis Android 8.1 Oreo di Oppo F7. Guna menunjang performanya, smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3.400mAh yang dipastikan dapat mendukung kebutuhan sehari-hari pengguna. Berikut daftar harga Oppo F7 berbagai varian.

Harga HP Oppo terbaru F7 RAM 4GB/ROM 64GB: 4.200.000

Harga HP Oppo terbaru F7 RAM 6GB/ROM 218GB: 5.500.000

Harga HP Oppo terbaru F7 Plus: 5.300.000

Harga HP Oppo terbaru F7 Youth: 3.700.000

Harga HP Oppo terbaru A3s: 1.638.800

Harga HP Oppo terbaru A7: 2.599.000

Harga HP Oppo terbaru Realme 2 Pro: 2.851.000

Harga HP Oppo terbaru Realme C1: 1.428.000

Harga HP Oppo terbaru Realme 2: 1.819.000

Harga HP Oppo terbaru Neo 7: 1.799.000

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Tersangka, Begini Peran 3 Ibu yang Lakukan Kampanye Hitam

Posted: 25 Feb 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Polisi menetapkan tiga ibu ibu di Kabupaten Karawang, Jawa Barat sebagai tersangka dugaan kasus kampanye hitam ke Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Mereka memiliki peran masing-masing.

Ketiga tersangka yakni ES (49) dan IP (45) yang merupakan warga Desa Wancimekar, Kecamatan Kota Baru serta CW (44), warga Telukjambe, Desa Sukaraja. Mereka diamankan sejak Minggu malam 24 Februari 2019 sekitar pukul 23.30 WIB setelah adanya laporan dugaan kampanye hitam melalui video yang tersebar di media sosial.

"Ya dua orang (ES dan IP) yang dimaksud dalam konten video. Satu lagi (CW) yang memvideokan dan menambah caption (di twitter)," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko ditemui di Mapolda Jabar, Selasa (26/2/2019).

Pada video kampanye hitam itu, ada dua ibu yang menyebut jika Jokowi-Ma'ruf Amin menang, maka tidak ada lagi suara azan dan pernikahan sejenis akan diizinkan.

Saat ini, proses penyidikan atas kasus tersebut masih berlanjut. Polres Karawang dibantu Polda Jabar melakukan penyelidikan untuk kasus ini. Ketiga tersangka kampanye hitam itu telah ditahan di Polres Karawang.

"Sejak tadi malam sudah dibawa Polres Karawang. Penyidik dari Dirkrimum dan Dirkrimsus Polda Jabar dan pelaksanaan tetap di sana. Nantinya akan dibantu Polda Jabar," ujar Truno.

Pasal Jeratan

Ketiga tersangka dijerat dengan Pasal 28 ayat (2) Jo pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik; dan/atau pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 atau pasal 15 UU RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Mengenai apakah ketiganya terkait dengan salah satu kubu pasangan calon yang bertarung di Pilpres 2019, Truno mengaku hal itu masih dalam penyelidikan.

"Terkait dengan proses perkembangan penyelidikan tentunya akan mengembang tetapi kita menunggu dari hasil penyelidikan. Yang jelas penyelidikan kita lakukan secara profesional, prosedural dan proporsional. Kita merujuk pada yang namanya alat bukti. Termasuk konten video kita akan lakukan transkrip bahasa di video tersebut menjadi berita acara sesuai dengan yang ada dalam video tersebut," kata Truno. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Jenazah Jadi Properti Foto Pernikahan, Pasangan Ini Viral

Posted: 25 Feb 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Kuala Lumpur- Menikah merupakan salah satu moment membahagiakan yang selalu dikenang dan diingat sepanjang hidup. Karena itu, hal umum bila pasangan pengantin memilih tema dan latar belakang yang unik untuk mengambil foto terbaik.

Sebagian besar pasangan memilih lokasi yang menarik, seperti di luar ruangan, bangunan unik, atau jalan-jalan penuh warna untuk mendapatkan foto pernikahan yang indah.

Namun, pasangan yang baru menikah ini memutuskan untuk melakukan sesuatu yang tidak biasa untuk pemotretan foto pernikahan.

Seperti dilansir Worldofbuzz, Selasa (26/2/2019), pasangan asal Malaysia memutuskan untuk menggunakan mobil jenazah sebagai latar belakang selama pemotretan pernikahan mereka.

Dalam sebuah posting Facebook, mempelai pria bernama Mohd Humaidi Asraf Hassan mem-posting foto-foto pernikahan dengan latar mobil jenazah sebagai latar pemotretan.

Selanjutnya

Dalam keterangannya pengantin pria tersebut menjelaskan bila perekerjaannya merupakan sopir mobil jenazah, sehingga ia dan pengantin wanita bernama Khairunnisa Mohd Zaki memilih menggunakan kendaraan tersebut sebagai latar foto.

Pria yang akrab disapa Humaidi itu mengaku, mengambil foto pernikahan dengan mobil jenazah merupakan impiannya sejak lama, karena ia telah bekerja sebagai pengemudi mobil jenazah selama 10 tahun.

"Saya selalu ingin mengambil foto pernikahan saya dengan mobil ini. Sementara pasangan lain mungkin lebih suka foto pernikahan di pantai atau lokasi menarik lainnya, saya hanya ingin mengambil foto dengan mobil pemakaman," kata Humaidi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perahu Motor Rombongan Tenaga Medis Terbalik di Perairan Aisau

Posted: 25 Feb 2019 09:06 PM PST

Jayapura - Kecelakaan laut perahu motor tempel mesin 40 PK terjadi di Perairan Aisau, Distrik Raimbawi, Kabupaten Kepuluan Yapen. Kecelakaan diduga karena ombak dan angin kencang.

Informasi yang diterima KabarPapua.co menyebutkan penumpang dalam longboat ini adalah rombongan Kepala Puskesmas Waindu dan tenaga medis lainnya.

Informasi yang diterima Kapolsek Yapen Timur, Ipda Victor Thethol pada Senin, 25 Februari 2018 sekitar pukul 20.00 WIT disebutkan telah terjadi kecelakaan perahu motor jenis longboat dengan mesin tempel 40 PK di Perairan Aisau, Distrik Raimbawi yang mengakibatkan perahu terbalik. Dalam kejadian ini dikabarkan 2 orang meninggal, sementara 11 orang selamat.

Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP Penri Erison menyebutkan korban selamat sudah dievakuasi ke Kampung Aisau, Distrik Raimbawi, Kabupaten Kepulauan Yapen.

"Kejadian kecelakaan sekitar pukul 14.00 WIT pada Senin 25 Februari 2019 kemarin. Rombongan yang menumpangi longboat ini berangkat dari Kampung Aisau dan di bibir pantai berjarak 20-30 meter langsung dihantam ombak tinggi dan perahu terbalik," jelas Kapolres Kepulauan Yapen, Selasa (26/2/2019).

Data penumpang perahu karam dari Polres Kepulauan Yapen menyebutkan dr Lutfi, Kepala Puskesmas Waindu dan Riko Letrik Wutoi dikabarkan meninggal dunia. Sementara korban selamat adalah dua orang bidan atas nama Israwati dan Nurul cholifah, 4 orang perawat atas nama Nelma Katrin Wayangkau, Abraham Kayai, Aco Jaya, satu orang lagi belum diketahui namanya.

Korban selamat lainnya adalah Usman Azis, petigas Sanitarian, Staf Dinas Kesehatan Kepualuan Yapen Lewi dan motoris Egron.

"Rencana evakuasi korban akan dilakukan hari ini dengan menggunakan Kapal Satuan Polair Polres Kepulauan Yapen dengan menurunkan 6 orang personel bersama 2 orang dari Dinas Kesehatan. Tim evakusi telah diberangkatkan pukul 07.30 WIT," ujar Kapolres Yapen.

Lanjut Kapolres Yapen, saat ini semua korban perahu karam itu sudah ditemukan dan dalam perjalan dari Woda menuju Dawai. Sementara tim evakuasi harus menempuh perjalanan dari Serui ke Aisau sekitar 2,5 jam menggunakan kapal Satuan Polair.

Baca berita menarik lainnya di Kabarpapua.co.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dear Nathan: Hello Salma, Film Cinta yang Mengangkat Fenomena Depresi Remaja

Posted: 25 Feb 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kisah cinta Nathan dan Salma kembali berlanjut di Dear Nathan: Hello Salma. Di akhir film pertama, keduanya sudah berhasil merajut tali cinta. Namun, ternyata mereka masih menemui berbagai halangan yang bisa menghancurkan kisah cinta mereka.

Tantangan terbesar berasal dari ayah Salma. Sang ayah tidak setuju dengan hubungan Salma (Amanda Rawles) dan Nathan (Jefri Nichol). Ia malah menjodohkan Salma dengan lelaki bernama Ridho (Devano Danendra).

Di sisi lain, Nathan harus pindah sekolah karena memukul seorang siswa. Akhirnya, mau tak mau hubungan antara Salma dan Nathan pun harus berakhir. Masing-masing berusaha melupakan cinta mereka dan mulai dekat dengan orang lain. Salma semakin dekat dengan Ridho, sedangkan Nathan mulai dekat dengan teman sekolah barunya, Rebecca. Lalu, akankah Nathan dan Salma bersatu kembali?

Tak hanya membahas kisah percintaan seorang remaja, Dear Nathan: Hello Salma juga mengangkat fenomena depresi remaja. Fenomena yang tak bisa dipungkiri semakin banyak ditemui di kalangan remaja masa kini.

"Depresi ini kan masalah yang enggak bisa dianggap gampang, itu masalah serius dan Nathan sudah mengalaminya sebelum ketemu Salma. Akhirnya dia ketemu Rebecca yang juga datang dari keluarga enggak harmonis, di situ kecocokannya. Nathan menanti Rebecca keluar dari masalahnya," ujar Jefri Nichol, seperti dikutip dari kapanlagi.com (25/10/2018).

Secara keseluruhan, film yang mendapat skor 8,3 di IMDb tersebut mengajarkan tentang cinta, keluarga, dan depresi. Kisahnya sangat dekat dengan kehidupan remaja perkotaan.

Apabila kamu penasaran sama filmnya, sekarang Dear Nathan: Hello Salma sudah bisa ditonton streaming di HOOQ. Begitu juga dengan Dear Nathan.

Kamu bisa mengakses HOOQ lewat aplikasi mobile, situs web desktop, dan aplikasi Grab. Yup, Online-to-Offline (O2O) mobile platform terkemuka di Asia Tenggara, Grab, berkolaborasi dengan layanan on-demand pertama dan terbesar di Asia, HOOQ, memberikan hiburan berkualitas bagi jutaan pengguna di Asia Tenggara. HOOQ akan terintegrasi dengan aplikasi Grab untuk menghadirkan layanan dan pengalaman menonton video streaming tanpa hambatan. Pelanggan dapat menikmati layanan video streaming dengan berbagai genre lewat segmen "Video" yang ada di dalam aplikasi Grab. Kemitraan ini menjadi salah satu langkah Grab dalam mewujudkan visi sebagai everyday superapp terkemuka di kawasan Asia.

Tak hanya Dear Nathan: Hello Salma, di #GrabHOOQ kamu juga bisa menikmati banyak konten populer lain. Mulai dari film Indonesia, Asia, hingga Hollywood. Film dengan berbagai genre pun ada di sana.

Saat ini, layanan tersebut sudah bisa dinikmati oleh pelanggan Grab dengan kategori Platinum. Pelanggan dapat menikmati semua tayangan yang ada di HOOQ secara gratis selama tiga bulan. Setelah tiga bulan, pengguna dapat mendaftar sebagai anggota dengan membayar Rp 100.000 per bulan lewat OVO.

Selamat menonton!

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungi NTT, Sandi Akan Revitalisasi Pasar Wae Kesambi

Posted: 25 Feb 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno mengunjungi Pasar Wae Kesambi, Labuan Bajo, NTT, Selasa (26/2/2019). Salah satu pedagang batu cermin bernama Soraya meminta Sandiaga memperbaiki kondisi pasar yang sudah tidak layak.

Menurut Soraya, pasar tersebut sudah tak bisa menampung pedagang. Saat hujan, kondisinya pun becek dan bocor, sehingga pedagang dan pembeli tidak nyaman.

"Bapak harus dapat solusi soal pasar ini pak. Sudah tidak layak. Apa yang akan bapak lakukan jika terpilih jadi wakil presiden biar kita bisa dagang dengan nyaman pak, lihat saja kondisi sekarang," ucap Soraya seperti dalam siaran pers dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

Sementara pedagang lainnya bernama Petrus berharap, ada permodalan yang diberikan kepada para pedagang pasar. Dia ingin ada modal pinjaman lunak dan tidak mencekik para pedagang.

"Saya ingin bertanya soal permodalan. Apa yang akan bapak lakukan untuk menambah modal para pedagang pasar pak," tanya Petrus kepada Sandiaga.

Sandiaga merespon aspirasi keduanya. Dia menyatakan, salah satu program Prabowo Sandi adalah merevitalisasi pasar supaya suasana nyaman hingga pedagang sejahtera.

Selain itu, fokus utamanya adalah ekonomi dan menggerakkan ekonomi rakyat dengan harga-harga kebutuhan pokok stabil, harga terjangkau serta penyediaan dan penciptaan lapangan kerja.

"Saya beberapa bulan ini selalu mengunjungi pasar dan mendengarkan keluhan yang sama dari pedagang yakni harga stabil dan revitalisasi agar pasar nyaman, tidak becek dan enak didatang," kata Sandiaga Uno.

 

Libatkan Pedagang

"Insyaallah jika diizinkan menjadi pelayan masyarakat Indonesia, saya akan perbaiki dan memenuhi keinginan Ibu Soraya Dan ibu Sudarmin yang terpaksa jualan dengan tenda seadanya, dan pedagang Pasar Baru Waekesambi lainnya," ucap Sandi.

Kemudian, dalam pemerintahannya nanti, Sandi akan melibatkan para pedagang untuk membangun desain bangunan pasar supaya timbul partisipatif dan kolaboratif. Sebab, kata Sandi, pedagang pasar lebih mengetahui apa yang dibutuhkan.

Sementara, untuk masalah permodalan yang diinginkan Petrus, Sandi akan menampung aspirasi tersebut dan akan mengajak tim Gerakan Ekonomi Rakyat (Gerak) OK OCE mendatangi pasar.

Sandi mengatakan, para pedagang akan diberi pendampingan, permodalan, hingga pelatihan supaya pedagang pasar bisa lebih baik.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mencari Aktor Intelektual di Balik Kampanye Hitam ke Jokowi di Karawang

Posted: 25 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendatangi Mapolda Jawa Barat, Senin (25/2/2019). Mereka meminta polisi mengusut dugaan kasus tiga ibu di Karawang, yang melakukan kampanye hitam.

Direktur Hukum dan Advokasi TKN Jokowi-Ma'ruf, Ade Irfan Pulungan menjelaskan, kedatangan ke Polda Jabar dilakukan pihaknya untuk berkoordinasi dengan penyidik terkait kasus yang kini ditangani penyidik Polda Jabar. TKN meminta polisi mengungkap aktor intelektual dibalik aksi tiga ibu tersebut.

"Terhadap ketiga ibu itu kami juga komunikasi ke penyidik seharusnya tidak berhenti di ibu itu. Kami menduga kemungkinan ada aktor intelektual di balik itu apakah ibu itu disuruh melakukan kampanye hitam, sebar fitnah, ujaran kebencian kepada masyarakat di sekitarnya untuk tidak memilih Pak Jokowi," kata Ade.

Ia mengatakan, pihaknya mendorong polisi agar mengusut lebih dalam kasus ini untuk mencari tahu apakah ketiganya merupakan relawan dari pasangan kubu lain.

"Perlu ditelusuri pihak penyidik, apakah dari simpatisan atau relawan resmi dari paslon 02 atau memang mereka disuruh melakukan kampanye negatif yang saya duga ketiga ibu ini tidak paham tentang kalimat atau materi yang mereka ucapkan. Dan tidak paham dampak hukum yang bisa muncul ke mereka. Ini harus ditelusuri supaya terang benderang karena ini sesat menyesatkan, ini peristiwa murni ujaran kebencian ke Pak Jokowi," katanya.

"Ini harus tuntas, di balik ini apakah diduga dari bagian kampanye 02 atau kepentingan kelompok lain yang mendompleng masalah pemilu ini. Ini yang harus diungkap," sambungnya.

TKN sendiri melalui Tim Kampanye Daerah (TKD) Karawang telah melaporkan adanya video itu ke Polres Karawang.

Ade mengatakan konten dari video tersebut sudah jelas merupakan fitnah kepada Jokowi. Ia meluruskan, perbincangan yang dilontarkan ibu kepada seorang kakek yang berdiri di pintu tak mencerminkan sikap Jokowi.

"Ini tidak masuk akal, fitnah dan keji. Kita tahu bersama Pak Jokowi memanggil wakilnya seorang ulama. Dari mana akal sehatnya sampai mengatakan Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin bila terpilih suara azan tidak diperdengarkan. Pergunakanlah akal sehat untuk melakukan kampanye ke masyarakat. Jangan gunakan orang-orang tertentu untuk kepentingan tertentu yang mengakibatkan timbulnya kegaduhan," ujarnya.

Kampanye hitam kali ini menyelimuti pasangan calon presiden dan wakil presiden 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Tiga ibu-ibu yang diduga melakukan kampanye hitam door to door itu terekam kamera.

Ketiganya merupakan warga Karawang, Jawa Barat. Aksi mereka diketahui setelah viral video wanita-wanita melakukan kampanye door to door mengajak warga tak memilih Jokowi lagi. Mereka juga menyebut jika Jokowi menang, tak akan ada lagi suara azan dan pernikahan sesama jenis akan diizinkan.

Polres Karawang bergerak cepat usai mendapat laporan dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin. Pada Minggu 24 Februari malam sekitar pukul 23.30 WIB, aparat kepolisian mengamankan ketiga ibu tersebut.

Penyidik hingga kini masih memeriksa ketiganya di Mapolda Jabar dan belum menentukan status ketiganya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Usaha Kocak Nembak Gebetan Lewat Chat, Ngenes tapi Bikin Ngakak

Posted: 25 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai cara dan usaha dilakukan para pria dalam merebut hati pujaannya. Apalagi saat menembak gebetan, diusahakan agar momen tersebut menjadi momen paling berkesan bagi sang gebetan.

 

Banyak pria yang memiliki nyali besar biasanya akan menembak gebetannya secara langsung. Namun, adapula pria yang sungkan menyatakannya secara langsung dan memilih untuk mengungkapkan rasa cintanya melalui pesan singkat atau telepon.

Akun Twitter @beni_ristian belakangan melakukan percobaan menembak wanita lewat chat. Entah cuma bercanda atau serius, namun ia menawarkan para wanita untuk menjadi pacarnya lewat chat. Padahal mereka belum saling mengenal. 

Hasilnya tentu saja gagal. Penasaran seperti apa? Berikut ini deretan usahanya merangkum dari akun @beni_ristian.

1. Telak, gagal punya pacar deh

(@beni_ristian/twitter.com)

2. Kalau udah enggak sejalan emang susah ya

(@beni_ristian/twitter.com)

3. Garing ya..

(@beni_ristian/twitter.com)

4. Langsung sayang

(@beni_ristian/twitter.com)

5. Ya kali jarang sampo-an

(@beni_ristian/twitter.com)

6. Dari awal udah enggak cocok nih

(@beni_ristian/twitter.com)

7. Belajar dari pengalaman ya mbak?

(@beni_ristian/twitter.com)

Reporter:

Weni Arfiyani

Sumber: Brilio.net

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Wajib Pertahankan Hudson-Odoi

Posted: 25 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Legenda Chelsea John Terry angkat bicara soal perkembangan terkini klubnya. Terry meminta The Blues tidak salah langkah dalam menangani pemain muda Callum Hudson-Odoi.

Masa depan Hudson-Odoi di Chelsea menyisakan tanda tanya besar. Wonderkid Inggris itu kabarnya tidak betah dan berniat pergi pada musim panas nanti. 

Hudson-Odoi diminati klub kaya Jerman Bayern Munchen. FC Hollywood bahkan berniat untuk merekrutnya sejak Januari 2019 lalu. Hudson-Odoi disiapkan jadi penerus Arjen Robben.

Walau gagal pindah Januari lalu, Hudson-Odoi diyakini akan kembali dikejar Munchen musim panas nanti.

Hudson-Odoi juga mulai gelisah di Chelsea. Pasalnya manajer Maurizio Sarri jarang memberikan menit bermain kepadanya musim ini.

 

Komentar Terry

Striker Chelsea, Callum Hudson-Odoi (AP/Matt Dunham)

Kemungkinan Hudson-Odoi pergi membuat cemas Terry. Terry meminta Chelsea harus mempertahankan Hudson-Odoi.

"Kami memiliki pemain seperti Hudson-Odoi dan sangat penting untuk mempertahankannya," ujar Terry seperti dikutip dari Tribal Football.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Susi Bakal Buat Museum Kapal Asing Pencuri Ikan

Posted: 25 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti menyambangi kota Bandung untuk berbincang para pelaku dunia perikanan dan influencer. Susi berbagi prestasi mengenai potensi laut Indonesia serta kapal yang ditenggelamkan.

Susi menyebut sudah ada 488 kapal asing yang ditenggelamkan. Tak hanya menenggelamkan, Susi pun berniat menghadirkan museum kapal asing yang ditangkap di Indonesia.

"Kita akan bikin museum juga. Kita akan kumpulkan kapal, sampel, contoh yang kita tangkap dari beberapa negara," ujar Susi pada Selasa (26/0/2019) di Bandung.

Menteri Susi pun menjelaskan mengapa ia mengebom kapal-kapal asing hingga disiarkan luas. Penghancuran kapal pun dibuat seseram mungkin, walau sebetulnya peledak digunakan untuk melubangi kapal agar tenggelam, bukan menghancurkan berkeping-keping.

Ini digunakan sebagai pengingat agar para pencuri ikan berpikir dua kali sebelum masuk ke wilayah perairan Indonesia. Susi juga mengetahui kapal-kapal itu tak hanya mencuri ikan, melainkan juga menyelundupkan satwa ilegal.

"Kita bikin seram, kalau enggak, (kapal asing) enggak takut," tegas Susi.

Ia pun mengajak orang-orang lebih mencintai laut dengan cara berpikir secara berkelanjutan agar laut dapat dinikmati generasi mendatang, melawan pemakaian plastik, serta mengajak masyarakat agar sering mengunjungi laut.

"Ini hal yang memang harus kita rubah mindset-nya. Kalau kita mau jaga laut kita, mulai sekarang sedikit demi sedikit, mindset kita berubah, dengan pemikiran tentang laut. Dekat dengan laut, sering ke laut, semuanya ke laut, jangan di darat saja," ucapMenteri Susi.

Cerita Menteri Susi Dapat Apresiasi Dunia, tapi Disebut Preman di RI

Menteri KKP Susi Pudjiastuti memberikan keterangan kepada pers di Hotel Prama Grand Preanger Bandung, Senin (25/2/2019). (Huyogo Simbolon)

Menjadi seorang menteri ternyata tidak selalu menyenangkan. Tidak hanya masyarakat, bahkan sesama pejabat pun bisa menjadi lawan dan melancarkan serangan. Seperti yang dialami oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Susi mengungkapkan, pertama menjabat sebagai menteri dia sempat mengira hidupnya akan penuh kehormatan dan dihormati oleh banyak orang.

Namun nyatanya, sebagai seorang menteri, dia mengaku kerap mendapat perisakan dan serangan hoaks atas kinerja dan capaiannya selama memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Bahkan dia mengaku kerap dipanggail preman olah orang-orang yang tidak menyukainya.

"Preman atau apa whatever you name it," kata Susi dalam sebuah acara diskusi di Kantor Staff Presiden, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2019.

Selain itu, Susi Pudjiastuti mengaku kerap mendapat celaan karena kebiasaannya merokok dan memiliki tato di tubuhnya. "Si Smoke, Si Tato," ujar dia menirukan panggilannya tersebut.

"Saya ini pejabat tinggi negara, tapi di-bully kagak ada habis. Saya bilang saya dulu pikir jadi (nenteri) terhormat, dihormati, (malah) di-bully," dia menambahkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenguk Ani Yudhoyono, Xanana Gusmao Tepuk Pipi AHY

Posted: 25 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Singapura Kehangatan terpancar di wajah Xanana Gusmao yang menepuk pipi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Setelah memeluk dan menepuk keras punggung AHY sebanyak tiga kali, Xanana menepuk pipi AHY saat menjenguk Ani Yudhoyono yang tengah tengah menjalani perawatan kanker darah. 

Sambil menatap wajah AHY, tepukan satu kali dari kedua tangan Xanana mendarat manis di pipi putra pertama Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

Kunjungan Mantan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao yang disambut SBY dan AHY untuk menjenguk Ani Yudhoyono yang sedang menjalani perawatan di National University Hospital, Singapura. Xanana tiba di NUH pada Minggu, 24 Februari 2019.

Selain di pipi, Xanana juga menepuk dada AHY tiga kali. Bagi Ani dan keluarga, tepukan serta pukulan tersebut yang menunjukkan keakraban antara Xanana dengan AHY. 

"Sebuah persahabatan tidak mengenal batas ruang dan waktu. SBY dan Bapak Xanana Gusmao mempunyai sejarah persahabatan yang cukup panjang, unik dan menarik. Kemarin beliau datang menjenguk saya di NUH, mendoakan untuk kesembuhan saya. Bapak Xanana menunjukkan keakrabannya kepada SBY dan AHY dengan cara yang unik. Pak Xanana memukul-mukul dada AHY bagaikan putranya sendiri. Terima kasih Bapak Xanana," tulis Ani dalam keterangan videonya.

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Makna tepukan pipi di budaya lain

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berbincang dengan mantan PM Timor Leste Xanana Gusmao yang menjenguk Ani Yudhoyono di NUH Singapura, Minggu (24/2). Xanana diketahui bersahabat baik dengan SBY. (Liputan6.com/HO/Anung Anandito)

Dalam beberapa budaya, tepukan pipi tidak selalu menunjukkan keakraban. Melansir AFAR, di Spanyol, menepuk pipi berarti seseorang tidak tahu malu atau kurang ajar.

Namun, lain halnya di Italia. Penduduk setempat menepuk pipi sebagai tanda pujian. Dalam hal ini, seseorang terkesan baik dan cerdas. Rasa hangat dan akrab pun terjalin baik lewat gestur ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadir di After Pasty Oscar 2019, Kendall Jenner Disangka Tak Kenakan Pakaian Dalam

Posted: 25 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seperti tahun-tahun sebelumnya, pasca pengumuman pemenang Oscar, para selebriti langsung malam dengan berpesta. Tahun ini, penyelenggaraannya diinisasi majalah ternama dunia, Vanity Fair.

Sederet selebriti Hollywood pun terlihat melanggang di karpet merah. Beberapa di antara figur-figur ternama itu adalah Milen Cyrus, Lady Gaga, Winnie Harlow, Emily Ratajkowski, dan Jennifer Lopez.

Kendati mereka tampak menawan, namun perhatian publik disita oleh Kendall Jenner. Bagaimana tidak, berjalan di karpet merah, model 23 tahun tersebut memamerkan hampir seluruh tubuhnya di pesta Vanity Fair Oscar.

Sebagaimana terlihat, Kendall mengenakan gaun halter hitam dengan aksen kain menjuntai. Mini gown tersebut memperlihatkan punggung telanjang saudara tiri Kim Kardashian tersebut. Yang mengejutkan, Kendall disangka tak memakai pakaian dalam.

Padahal, bila dilihat lebih seksama, Kendall memakai celana hitam untuk menutupi bagian tubuh pribadinya. Potongan super thin dari pakaian dalam tersebut dan aksen kain yang menutupi membuat publik sempat menyangka Kendall mengekspos bagian pribadinya.

Dilansir dari E! News, Selasa (26/2/2019), bintang reality show Keeping Up the the Kardashians ini memberi penghormatan pada saudara perempuannya dengan memakai eye shadow KKW Beauty, eyeliner Bobbi Brown, maskara Giorgio Armani dan riasan wajah Nudestix.

Tampaknya Kendall Jenner mengikuti kakaknya, Kim Kardashian, yang belum lama ini menggenakan gaun dinilai terseksi sepanjang kemunculan di depan publik. (Indah Permata Niska)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anies Rotasi 1125 Pejabat Pemprov DKI, Ada Apa?

Posted: 25 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencopot 15 pejabat setara kepala dinas yang dilaksanakan di Balai Kota, Senin, 25 Februari. Apa alasan Anies?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Nasib Benda Pusaka dan Mobil Sport Milik Roro Fitria

Posted: 25 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Roro Fitria dikenal sebagai wanita yang dekat dengan hal-hal klenik. Wanita yang akrab disapa Nyai Roro itu kerap melakukan ritual-ritual menggunakan benda pusaka yang ‎ia miliki.

Lantas, bagaimana nasib ‎benda-benda pusaka tersebut selama Roro Fitria mendekam dipenjara?

Asgar Sjafri, kuasa hukum Roro Fitria, menjelaskan semua benda pusaka milik Roro Fitria itu kini dirawat oleh asistennya.

"Perawatannya diserahkan kepada asistennya," ujar Asgar, kala ditemui di Hotel Kartika Chandra, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (25/2/2019).

 

Tugas Panaskan Mobil

Roro Fitria ketika berpose disamping mobil Ferrari Pininfarina berwarna merah miliknya, di kawasan Kemang, Jakarta, Jumat (26/6/2015). (Liputan6.com/Panji Diksana)

Tak hanya itu, benda-benda berharga lainnya milik Roro Fitria juga ia serahkan kepada asistennya. Ia mempercayakan sepenuhnya yang ia miliki kepada orang kepercayaannya itu.

Salah satunya, soal perawatan mobil sport Roro Fitria. "Rumah dan yang lain-lain termasuk mobil juga harus dipanaskan, ‎jadi diserahin ke asistennya," kata Asgar.

 

4 Tahun Penjara

Roro Fitria. Foto: Panji Diksana/Liputan6.com

Seperti diketahui, Roro Fitria kini mendekam di Rutan Pondok Bambu karena kasus penyalahgunaan narkoba‎.

Ia divonis 4 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan karena kedapatan memiliki sabu seberat 2,4 gram.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menjajal Gim Berbasis Cloud lewat Smartphone 5G Oppo

Posted: 25 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Dengan kecepatan transfer data dan latensi yang lebih kecil, jaringan 5G dapat dimanfaatkan untuk sejumlah aktivitas seperti unggah dan unduh video 4K dan 8K, 3D video call, AR shopping, gim AR/VR multiplayer, atau bahkan 5G cloud gaming.

Pada hajatan Mobile World Congress (MWC) 2019 bersama Ericsson, Oppo hadir di booth Qualcomm untuk memberikan kesempatan pada pengunjung untuk merasakan fitur cloud gaming tersebut.

Gim yang dipertunjukkan yakni Soul Calibur 6, yang merupakan hasil dari kolaborasi dengan Shadow, salah satu perusahaan cloud gaming  ternama di dunia.

Dengan memanfaatkan jaringan 5G, cloud gaming memastikan konfigurasi yang dihasilkan untuk memproses gim PC berada dalam kualitas tertinggi.

Setelah itu, gambar pun ditransmisikan ke smartphone untuk memastikan penundaannya rendah.

 

Pengalaman Bermain yang Berbeda

Doc: Instagram.com/@aryo_ma

Secara singkat, cloud gaming yang memungkinkan pemain menjalankan dan memainkan PC gaming melalui perantara koneksi internet.

Karena itu, jaringan internet yang cepat amat dibutuhkan untuk gim berbasis cloud.

Saat Tekno Liputan6.com menjajal gim tersebut yang disematkan pada smartphone Oppo 5G, harus diakui grafis yang dihasilkan sangat bagus.

Tak hanya itu, didukung dengan kecepatan unduh yang tinggi dan latensi yang rendah, nyaris tidak terasa lag saat gim dimainkan.

 

Pengalaman Mirip dengan Bermain Gim di PC

Menjajal game cloud di booth Qualcomm di MWC 2019 (Liputan6.com/Sulung Lahitani)

Meski dimainkan di smartphone, pemain dapat merasakan pengalaman bermain yang tak jauh berbeda saat menggunakan PC.

Semua tentu berkat koneksi internet yang cepat dan stabil, serta performa chip Snapdragon 855 5G yang disematkan pada smartphone tersebut.

Menarik untuk mengikuti apalagi langkah yang akan diambil Oppo dalam mengeksplorasi gim berbasis cloud di smartphone.

Jelas terlihat bahwa cloud 5G menerobos keterbatasan kinerja komputasi lokal smartphone.

(Sulung Lahitani/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Optimistis KTT Hanoi Berbuah Manis

Posted: 25 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa ia optimistis akan pertemuan puncak (KTT) dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang akan dilaksanakan di Hanoi, Vietnam, 27-28 Februari mendatang.

Sang presiden nyentrik percaya bahwa KTT akan berbuah manis, khususnya dalam konteks mengakhiri ancaman persenjataan senjata nuklir Pyongyang.

"Kami berdua mengharapkan kelanjutan dan kemajuan dari KTT pertama yang dilaksanakan di Singapura. Denuklirisasi?" tulis Trump di Twitter hari Minggu, 24 Februari 2019, dikutip dari VOA Indonesia pada Senin (25/2/2019).

Setelah kembali ke Washington dari pertemuan pertama mereka Juni lalu, Trump dengan bangganya mengatakan, "Semua orang sekarang bisa merasa jauh lebih aman setelah saya menjabat. Tidak ada lagi Ancaman Nuklir dari Korea Utara."

Namun, menjelang pertemuannya dengan Kim Jong-un pada Rabu dan Kamis pekan ini, hanya sedikit bukti konkret bahwa kemajuan telah dibuat.

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan kepada wartawan CNN pada Minggu, 24 Februari 2019 bahwa "tidak ada perubahan" dalam sanksi ekonomi AS terhadap Korea Utara sampai negara itu setuju untuk melakukan "denuklirisasi penuh yang dapat diverifikasi."

Donald Trump mengatakan Amerika Serikat "senang memberi jaminan keamanan" untuk kelangsungan hidup Korea Utara sebagai negara merdeka, untuk "menjadikan Korea Utara lebih seperti Korea Selatan" sebagai negara dengan kekuatan ekonomi. Dia mengatakan AS menawarkan Korea Utara alternatif daripada "menjadi negara paria." 

 

Simak pula video pilihan berikut:

Tak Akan Bahas Soal Korea Selatan

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un melambaikan tangannya dari dalam kereta yang ia tumpangi, saat hendak berangkat ke Hanoi, Vietnam, untuk bertemu dengan Donald Trump. (KCNA)

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pada Jumat, 22 Februari 2019 bahwa KTT di Vietnam antara dirinya dengan Presiden Korea Utara Kim Jong-un, tidak akan membahas penarikan pasukan AS dari Korea Selatan.

Ia menambahkan bahwa pembahasan terkait Korea Selatan sama sekali tidak ada dalam agenda seting pertemuan yang akan diadakan pada 27-28 Februari 2019.

Menurut presiden nyentrik itu, pembicaraan akan berfokus mendesak Korea Utara untuk menghentikan program senjata nuklirnya.

Trump mengemukakan keterangan ini dalam sidang perundingan perdagangan dengan China di Gedung Putih.

Beberapa pejabat senior pemerintahan Trump mengatakan pada Kamis, kedua pihak tidak akan membicarakan penarikan pasukan Amerika dari Korea Selatan melainkan akan fokus mencari pengertian bersama apa yang dimaksud dengan 'denuklirisasi' dalam pembicaraan di Vietnam nanti.

Sebagaimana yang diketahui bahwa dewasa ini terdapat sekitar 28.500 pasukan Amerika di Korea Selatan. Hal itu dilakukan untuk menangkal serangan regional yang dapat datang secara tiba-tiba dari tetangganya, Korea Utara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jokowi Buka Rakernas Korpri di Istana

Posted: 25 Feb 2019 08:57 PM PST

Presiden Jokowi membuka Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) di Istana Negara, Selasa (26/2). Jokowi meminta seluruh aparatur negara mampu merespons perkembangan teknologi yang berjalan sangat cepat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi membuka Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) di Istana Negara, Selasa (26/2). Jokowi meminta seluruh aparatur negara mampu merespons perkembangan teknologi yang berjalan sangat cepat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi membuka Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) di Istana Negara, Selasa (26/2). Jokowi meminta seluruh aparatur negara mampu merespons perkembangan teknologi yang berjalan sangat cepat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi membuka Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) di Istana Negara, Selasa (26/2). Jokowi meminta seluruh aparatur negara mampu merespons perkembangan teknologi yang berjalan sangat cepat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersiap memberikan sambutan saat membuka Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersiap memberikan sambutan saat membuka Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi membuka Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) di Istana Negara, Selasa (26/2). Jokowi meminta seluruh aparatur negara mampu merespons perkembangan teknologi yang berjalan sangat cepat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi membuka Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) di Istana Negara, Selasa (26/2). Jokowi meminta seluruh aparatur negara mampu merespons perkembangan teknologi yang berjalan sangat cepat. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memukul gong saat membuka Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/2) . (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memukul gong saat membuka Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/2) . (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersiap berfoto bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) seusai membuka Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersiap berfoto bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) seusai membuka Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berfoto bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) seusai membuka Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berfoto bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) seusai membuka Rapat Kerja Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) 2019 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Zenfone 3 Max ZC553KL, Baterai dengan Daya Tahan Mumpuni

Posted: 25 Feb 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan besar Asus terus berinovasi dalam mengembangkan produk-produk smartphone canggih. Zenfone 3 Max ZC553KL yang dirilis oleh perusahaan Asus pada awal tahun 2017 lalu ini hadir sebagai smartphone yang ditargetkan bagi kelas menengah dengan harga terjangkau.

Walaupun harga Zenfone 3 Max ZC553KL dipatok untuk kalangan kelas menengah, smartphone besutan Asus ini tak bisa dianggap remeh. Kali ini Asus sangat memikirkan desain dan dapur pacu agar Zenfone 3 Max ZC553KL mampu tampil menawan.

Dengan tagline 'Big Battery, Mega Pixel' smartphone ini hadir dengan daya baterai yang cukup besar. Sehingga smartphone ini cocok buat kamu yang bekerja sepanjang hari dan bermain sepanjang malam.

Kapasitas baterai yang besar tak akan membuatmu khawatir pada daya tahan Zenfone 3 Max ZC553KL. Harga Zenfone 3 Max ZC553KL pun dibanderol cukup terjangkau sehingga tidak perlu menguras kantong dalam-dalam. Berikut harga Zenfone 3 Max ZC553KL dan spesifikasinya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019).

Baterai Tahan Lama

Harga Zenfone 3 Max ZC553KL (sumber: asus)

Zenfone 3 Max ZC553KL memiliki kapasitas baterai hingga 4100 mAh yang mampu bertahan sepanjang hari. Smartphone ini akan bertahan di saat kamu gunakan bekerja sepanjang hari atau untuk bermain game.

Hadir dengan baterai yang lebih pintar yaitu ASUS PowerMaster adalah rangkaian teknologi manajemen daya cerdas yang bekerja untuk mengoptimalkan masa pakai baterai, memastikan keamanan dan kinerja jangka panjang serta memberikan pengisian daya terbaik.

Tak hanya menghadirkan kapasitas baterai hingga 4100 mAh, Zenfone 3 Max ZC553KL juga dilengkapi dengan mode Super Saving di mana dalam keadaan stand by Zenfone 3 Max ZC553KL dapat bertahan 30 jam ketika baterai serendah 10%.

Desain Metal Mewah

Harga Zenfone 3 Max ZC553KL (sumber: asus)

Memperhatikan estetika yang indah, Zenfone 3 Max ZC553KL hadir dengan desain metal yang mewah. Desain metal menutupi cover bagian belakang. Asus ZenFone 3 Max ZC553KL berhasil terlihat cukup premium.

Selain tampak terlihat elegan dengan material metal, perangkat ini juga terasa lebih kokoh secara built-quality. Pada tampilan panel layar depan juga telah dilindungi dengan screen protector Gorrila Glass 3 dengan kontur permukaan 2,5D.

Harga Zenfone 3 Max ZC553KL yang menargetkan kalangan menengah, tak membuat Asus hanya sekedar memproduksi smartphone. Zenfone 3 Max ZC553KL memiliki tampilan layar 5.5 inchi dengan detail yang luar biasa dan kecerahan 450 nits yang intens. Dalam keadaan cerah atau gelap, kamu tetap bisa melihat layar dengan jelas.

Adapun varian warna yang dihadirkan Asus Zenfone 3 Max ZC553Kl juga terlihat lebih beragam dengan tiga pilihan warna metal antara lain Titanium Grey, Sand Gold dan Galcier Silver.

Asus Zenfone 3 Max ZC553KL hadir dengan dimensi berukuran 151.4 x 76.2, dengan ketebalan 8.3 mm serta bobot sekitar 175 gram. Dimensi tersebut ringan dan nyaman untuk dimasukkan ke dalam saku celana maupun dalam genggaman.

Asus ZenFone 3 Max ZC553KL mengadopsi sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow dengan ZenUI 3.0 terbaru. Secara tampilan, ZenUI 3.0 terlihat fresh dan tidak membosankan. Smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik. Contohnya Touch Gesture dan Motion Gesture.

Kamera

Kamera belakang ZenFone 3 Max ZC553KL didukung Sensor 16 megapixel 1/3-inch dengan aperture f2.0 plus sistem autofocus Asus TriTech. Yakni kombinasi antara contrast detection, phase detection, dan laser autofocus. Selain itu, kamera tersebut juga ditemani dual LED flash.

Dengan harga ZenFone 3 Max ZC553KL yang terjangkau, kamu bisa menikmati fitur-fitur yang ada di kameranya. Kamu akan menemukan berbagai mode seperti HDR, Beautification, Low Light, Super Resolution, hingga Manual yang memungkinkan kamu melakukan pengaturan pada ISO, White Balance, Shutter Speed, dan fokus manual.

Sementara untuk kamu yang gemar selfie, ZenFone 3 Max ZC553KL mengandalkan sensor 8 megapixel f2.2 di kamera depan.

Fitur dan Penyimpanan

Smartphone ZenFone 3 Max ZC553KL memiliki memori internal berkapasitas 32 GB yanag akan menyimpan semua file dan aplikasi. Dilengkapi pula memori eksternal berkapasitas 128 GB.

ZenFone 3 Max ZC553KL dilengkapi dengan berbagai fitur lain yang menarik seperti fitur dual SIM dual stand-by yang mendukung jaringan 4G LTE.

Terdapat pemindai sidik jari yang disediakan di ponsel ini juga dapat dengan mudah mendeteksi sidik jarimu. Untuk mengaktifkan ponsel pun cukup meletakkan jari di pemindai sidik jari dan ponsel langsung masuk ke kondisi aktif.

Harga ZenFone 3 Max ZC553KL

Dengan semua fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh Asus, harga ZenFone 3 Max ZC553KL ini dipatok dengan kisaran Rp 3,1 juta. Harga ZenFone 3 Max ZC553KL tersebut adalah harga resmi saat dirilis 2017 lalu.

Untuk saat ini, kamu bisa banyak temukan harga ZenFone 3 Max ZC553KL di berbagai toko online yang menawarkan ZenFone 3 Max ZC553KL di kisaran harga Rp 1,4 juta hingga Rp 1,8 juta saja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Asing Andalan Persib Tak Sabar Tampil di Piala Presiden 2019

Posted: 25 Feb 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung antusias menyambut Piala Presiden 2019. Bek asing mereka, Bojan Malisic, bahkan mengaku sudah tak sabar lagi beraksi di turnamen pramusim yang akan ditayangkan Indosiar ini.

Malisic pun mengusung misi khusus di Piala Presiden 2019. Pemain asal Serbia itu berambisi membawa Persib berpestasi lebih baik, daripada tahun lalu.

"Ya, tidak lama lagi kami segera bermain di Piala Presiden. Kali ini tentu harus lebih baik dari musim kemarin (2018). Saya tentu tidak mau Persib hanya terhenti di babak penyisihan saja seperti yang lalu," kata Mali di situs resmi Persib.

Di Piala Presiden 2018, Persib memang tak mampu bicara banyak. Ketika itu, Persija Jakarta yang jadi juara. Persib sendiri merupakan juara Piala Presiden edisi perdana, tahun 2015.

Di Piala Presiden 2019, tergabung di Grup A bersama PS Tira-Persikabo, Perseru Serui, dan Persebaya Surabaya. Duel Persib vs PS Tira-Persikabo, Sabtu (2/3) di Stadion Si Jalak Harupat, akan jadi laga pembuka Piala Presiden 2019.

 

Tuan Rumah

Bek Persib Bandung, Bojan Malisic, melakukan selebrasi usai membobol gawang Arema FC pada laga Liga 1 di Stadion GBLA, Jawa Barat, Kamis (13/9/2018). Persib menang 2-0 atas Arema FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Persib sendiri memang ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah Piala Presiden 2019. Stadion kandang mereka, Si Jalak Harupat ditetapkan sebagai venue untuk pertandingan di fase Grup A.

Total, ada lima stadion di lima kota yang didaulat jadi tuan rumah Piala Presiden 2019. Selain Bandung dengan Si Jalak Harupat, ada juga Patriot (Bekasi), Moch Soebroto (Magelang), Maguwoharjo (Sleman), dan Kanjuruhan (Malang).

 

Motivasi Besar

Malisic juga mengungkapkan motivasi besar yang saat ini menghinggapi pemain Persib. Pasalnya, mereka baru lolos ke 8 besar Piala Indonesia.Diharapkan sukses ini bisa berimbas ke performa mereka di Piala Presiden 2019.

"Kami sedang dalam situasi yang sangat bagus. Persiapan dan latihan selalu bagus. Tentu semua pemain bersemangat untuk Piala Presiden setelah hasil yang cukup bagus di Piala Indonesia," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkatkan Kualitas PNS, Menteri PANRB Gandeng Australia

Posted: 25 Feb 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) meningkatkan kerja sama dengan Australian Public Service Commissioner (APSC).

Melalui kerja sama ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas sektor SDM aparatur, masalah modernisasi birokrasi, serta kepercayaan publik.

Menteri PANRB, Syafruddin mengatakan, selama ini APSC telah menjalin kerja sama dengan pemerintah Indonesia. Salah satunya bekerjasama dengan Kementerian PANRB.

"Apa yang telah dikerjasamakan selama ini akan terus kita tingkatkan dan akan berlangsung terus. Indonesia dan Australia seperti menjadi satu, apa yang dialami Australia juga dialami oleh Indonesia," ujar dia di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Dia menilai, kerja sama yang telah terjadi dengan APSC selama ini telah memberikan manfaat yang besar dan terjadi perubahan besar pada pengelolaan SDM aparatur Indonesia. Kemudian, peningkatan kerjasama dengan APSC akan dibahas lebih lanjut pada Executive Roundtable Meeting.

"Apa yang direncanakan dan diinginkan semoga dapat terwujud," kata dia.

‎‎Sementara itu, Commissioner of APSC Peter Woolcott menyatakan, pihaknya akan terbuka membantu Indonesia dan juga Kementerian PANRB di bidang national talent management dan public service reform.

"Salah satu bentuk kerja sama APSC dengan Indonesia adalah dalam bidang tata kelola pemerintahan. Pemerintahan yang baik merupakan kunci untuk menentukan kehebatan suatu negara Kerja sama dalam bidang talent manajemen menjadi sangat penting," tandas dia.

Peter juga mengundang Syafruddin beserta jajaran untuk dapat berkunjung ke Australia guna meninjau berbagai aspek dalam sektor pelayanan publik. Kemudian untuk melihat struktur pelayanan publik dalam menciptakan pelayanan, kepercayaan masyarakat, edukasi, serta talent management.

 

BKN: Standar Kinerja PNS di Papua Harus Sama dengan Wilayah Lain

Pengurusan kenaikan pangkat dan pensiun secara online dapat dapat meminimlisir terjadinya praktek pungutan liar.

Sebelumnya, Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Supranawa Yusuf mengatakan, pemetaan potensi dan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi salah satu aspek penting guna mendukung peningkatan pelayanan publik. Ini khususnya di wilayah timur Indonesia seperti di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Untuk itu, lanjut dia, program Pendekatan Pelayanan Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (P2KBKN) tahap II memberikan fokus kepada penilaian potensi dan kompetensi Pejabat Pengawas wilayah Papua dan Papua Barat.

"Standar kinerja ASN di Papua Barat harus sudah sejajar dengan ASN di Indonesia pada umumnya. Oleh sebab itu. Hasil dari kegiatan penilaian potensi dan kompetensi kali ini harus ditindaklanjuti, salah satunya dengan memberikan pengembangan terhadap kesenjangan kompetensi ASN," ujar dia di Jakarta, Senin 11 Februari 2019.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat, Nataniel Mandacan menyatakan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi hal yang mutlak perlu dilakukan jika Pemerintah ingin meningkatkan pelayanan publik.

"Dengan dilakukannya pemetaan ini, kami akan memperoleh gambaran potensi dan kompetensi pegawai yang akan menjadi acuan pengembangan kualitas mereka. Hal itu diharapkan akan mendorong optimalisasi pelayanan publik," tandas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Kembali Periksa Bupati Bengkalis‎ Terkait Kasus Korupsi Proyek Jalan

Posted: 25 Feb 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil kembali Bupati Bengkalis, Amril Mukminin. Dia akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi dalam proyek peningkatan Jalan Batu-Panjang-Pangkalan Nyirih Kabupaten Bengkalis, Riau.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka HOS (Hobby Siregar)," tutur Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (26/2/2019).

KPK juga telah mencekal Amril berpergian ke luar negeri sejak 13 September 2018 hingga enam bulan ke depan.

Selain Amril, penyidik juga memanggil saksi lain dari unsur pengusaha untuk tersangka HOS. Mereka adalah Pemilik PT Liwaus Sabena Hendri Sukardi, Pemilik PT Everest International Romi Robindi Lie, dan Operasional Lapangan PT Mawatindo Road Construction, Johan. Lalu dua pihak swasta yakni Doso Prihandoko dan Thjin Franky Tanujaya.

 

Dua Tersangka

Sebelumnya, KPK menetapkan dua tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam proyek peningkatan Jalan Batu Panjang-Pangkalan Nyirih Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau tahun 2013-2015.

Mereka adalah Kadis PU Kabupaten Bengkalis tahun 2013-2015 Muhammad Nasir yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Direktur Utama PT Mawatindo Road Construction Hobby Siregar.

Keduanya diduga memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu koorporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara dalam proyek jalan di Bengkalis.

Diduga terjadi kerugian keuangan negara sekurang-kurangnya Rp 80 miliar.

KPK menyangka keduanya dengan Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Ingin Penataan Lahan Kawasan Hutan Dipercepat

Posted: 25 Feb 2019 08:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan sejumlah menteri untuk membahas permasalahan tanah di kawasan hutan pada Selasa siang ini. Menurutnya, masih banyak tanah-tanah sengketa yang masuk dalam kawasan hutan.

Hadir dalam rapat tersebut diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno dan beberapa menteri lain.

"Saya ingatkan kebijakan tanah di kawasan hutan sangat penting dalam rangka perlindungan hukum, terutama bagi rakyat yang memanfaatkan tanah di di kawasan hutan," kata Jokowi di Kantor Presiden, Selasa (26/2/2019).

Dia menceritakan, dari kunjungannya ke Bengkulu beberapa waktu lalu, dirinya berdialog dengan beberapa warga, dimana salah satunya tengah menghadapi sengketa tanah tempat tinggalnya.

Sengketa ini timbul karena tempat tinggalnya berada di dalam konsesi hutan yang dimanfaatkan oleh swasta. Hasilnya warga tersebut kalah dalam proses hukum.

Persoalan ini, diyakini Jokowi tidak hanya terjadi di Bengkulu, bahkan di Pulau Jawa masih banyak persoalan serupa.

"Di Jawa ini terutama dalam kawasan Perhutani. Banyak kampung di kawasan Perhutani yang jalannya tidak bisa di aspal karena tiap mau di aspal harus izin dulu. Ino harus segera diseslaikan. Saya kira penataan dan pendataan tanah di kawasan hutan harus dipercepat," tegasnya.

Selain itu, Jokowi juga meminta untuk proses verifikasi dan inventarisasi tanah di kawasan hutan tidak berbelit-belit.

Menteri Rini Ingin Pemanfaatan Hutan Sosial Pecahkan Masalah Ekonomi

Ilustrasi hutan. Sumber foto: unsplash.com/Julien R.

Sebelumnya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali bersinergi memberikan dukungan bagi optimalisasi penggunaan lahan negara untuk kesejahteraan masyarakat.

Kali ini, Menteri BUMN, Rini M Soemarno mengunjungi kawasan Perhutanan Sosial Desa Burno, Kecamatan Senduro yang merupaan salah satu kawasan hutan sosial di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur pada Jumat (15/02/2019).

 

Hutan Sosial Desa Burno merupakan kawasan hutan negara yang diberikan kepada masyarakat setempat untuk dioptimalkan menjadi sumber pendapatan dan penggerak ekonomi masyarakat.

Pemerintah memberikan dukungan berupa SK pengakuan dan perlindungan kemitraan bagi kelompok Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wonosari Lestari di Desa Burno dengan luas lahan sebesar 940 Ha dan anggota sebanyak 367 KK.

Petani di Desa Burno memanfaatkan hutan sosial ini untuk aktivitas peternakan, pemeliharaan rumput, madu dan perkebunan kopi. Dua BUMN yaitu Perum Perhutani dan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk bersinergi dalam program ini.

Perhutani menyediakan lahan hutan yang siap digunakan untuk mendukung program perhutanan sosial, sementara BNI memberikan pembiayaan kredit usaha rakyat (KUR) kepada petani penggarap.

Menteri Rini mengungkapkan, program Perhutanan Sosial di Kabupaten Lumajang merupakan wujud nyata keseriusan pemerintah dalam mendorong perbaikan kesejahteraan petani dan pemerataan ekonomi di wilayah tersebut.

Konsep Perhutanan Sosial akan memberikan aspek legal masyarakat dimana masyarakat menanam di hutan rakyat sembari melestarikan sumber daya hutan.

"Saya senang kawasan hutan sosial sudah dimanfaatkan masyarakat, yang artinya optimalisasi lahan sudah berjalan dan masyarakat atau Petani di sini sudah merasakan manfaatnya. Kawasan di sini sangat potensial dan ke depan harus ditingkatkan. Terima kasih juga kepada BUMN yang sudah bersinergi mendukung upaya pemerintah dalam mendorong kesejahteraan Petani," ungkap Menteri Rini.

Di hutan sosial Desa Burno, Petani Rumput Gajah tercatat memanfaatkan lahan seluas 133 Ha dan menghasilkan 1.700 ikat per hari. Petani Sapi perah tercatat memiliki jumlah sapi sebanyak 804 ekor dan menhasilkan susu 5.172 liter per hari. Sementara petani madu dapat memanen setiap 3 bulan dan menghasilkan 30 liter untuk sekali panen.

Di kawasan hutan sosial tersebut juga dibangun fasilitas-fasilitas yang mendukung produktivitas dan kegaiatan pertanian melalui program bina lingkungan BNI seperti bantuan pembuatan Reaktor biogas yang dimanfaatkan untuk penanganan limbah ternak, bantuan kandang sapi terpadu serta pembuatan jalan menuju kandang.

Dari sisi pembiayaan, BNI mencatat hingga saat ini perseroan telah melakukan penyaluran KUR sebesar Rp 4,6 miliar bagi petani di Desa Burno. Fasilitas KUR dicairkan dalam bentuk Kartu Tani yang terkoneksi dengan sistem database Kelompok Tani yang sudah teregistrasi dari hulu sampai hilir yaitu mulai pengadaan pupuk, penanaman sampai pemasaran hasil pertanian dan perkebunan.

Menteri Rini berharap, melalui skema pemberdayaan dan pendampingan, kehadiran Perhutanan Sosial di Kabupaten Lumajang pada akhirnya mampu memberikan manfaat terutama dalam memecahkan persoalan sosial ekonomi masyarakat.

Dengan konsep Perhutanan Sosial, petani penggarap dapat memperoleh akses sumber pendanaan, mendapatkan kepastian pasar atau serapan hasil produksi, mendapatkan pembinaan intensif dari departemen terkait serta perbankan serta mendapatkan pendapatan tambahan yang pada akhirnya mampu meningkatan kesejahteraan hidup para petani.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Daftar GrabBike Online Terbaru 2019, Bagi Anda yang Ingin Jadi Driver

Posted: 25 Feb 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi yang pesat tak hanya mempermudah kegiatan sehari-hari. Manfaat lain dari perkembangan teknologi adalah dengan terbukanya pintu rezeki untuk banyak orang. Misalnya, dengan hadirnya transportasi umum yang bisa dipesan secara online dari semua tempat, yang sekaligus membuka lapangan pekerjaan untuk para driver. 

Seperti halnya inovasi moda transportasi terbaru, yakni Grab. Saat ini, Grab menjadi andalan banyak orang dalam mobilisasi setiap hari. Perusahaan transportasi ini awalnya dikenal dengan nama GrabTaxi.

Namun, pendirinya, Anthony Tan ingin perusahaannya mudah diingat oleh semua konsumennya. Alhasil, dia mengubahnya menjadi Grab yang mana lebih singkat dari nama sebelumnya.

Perusahaan Transportasi Terbesar di Asia Tenggara

Dalam mengembangkan bisnisnya, Anthony Tan memulai semuanya dari nol dan melewati perjalanan panjang. Dengan kegigihan dan kesabarannya, peluh keringat Anthony Tan kini mendapat predikat perusahaan transportasi terbesar di Asia Tenggara.

Grab akhirnya bisa berkembang dengan pesat. Bahkan, Grab kini melebarkan sayapnya dengan merambah daerah terpencil.

Selain menyediakan transportasi umum yang disediakan online, Grab juga mencoba peruntungan dengan fitur pesan-antar makanan. Kenyamanan transportasi yang ditawarkan kemudian tak heran membuat Grab banyak digemari masyarakat Indonesia.

Kiprah Grab sejak pertama kali masuk Indonesia, yaitu sejak tahun 2014 hingga kini membuahkan hasil dengan menguasai pasar ride hailing Indonesia.

Peluang Driver Grab

Melihat betapa larisnya Grab di Indonesia, peluang menjadi driver Grab pun banyak dilirik orang. Selain cukup menjanjikan dari segi pendapatan, sistem dari transportasi online ini sangat mudah sehingga banyak orang yang berbondong-bondong ingin bergabung menjadi bagian dari perusahaan transportasi terbesar Asia Tenggara ini.

Terutama GrabBike yang banyak diminati banyak orang karena lebih gesit dan lebih murah. Tak hanya bermanfaat bagi pelanggannya, hadirnya GrabBike juga menambah pemasukan bagi para drivernya. Alhasil, banyak orang yang mencari cara daftar GrabBike.

Dokumen dan Syarat Mendaftar

Sebelum mendaftar menjadi driver GrabBike, harap perhatikan beberapa dokumen dan syarat yang harus dipersiapkan untuk menjadi biker. Berikut adalah dokumen dan syarat menjadi biker yang dilansir dari situs resmi Grab, Selasa (26/2/2019).

1. Warga Negara Indonesi maksimal berusia 55 tahun saat mendaftar

2. Sehat jasmani dan rohani

3. Bisa membaca dan menulis

4. Menguasai area domisili

5. Mengisi formulir pendaftaran

6. Fotocopy KTP yang masih berlaku

7. Fotocopy SIM C yang masih berlaku

8. Surat Keterangan Domisili (Bagi KTP luar kota / alamat KTP berbeda dengan alamat tinggal saat ini)

9. Fotocopy STNK yang masih berlaku

10. Fotocopy Kartu Keluarga Terbaru

11. Surat keterangan sehat dari dokter untuk usia lebih dari sama dengan 50 tahun.

12. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku.

13. Membayar uang Top Up awal sebesar Rp150.000,- untuk mereka yang mencicil HP.

14. Membayar uang Top Up awal sebesar Rp100.000,- bila sudah mempunyai HP (min. Android dengan kapasitas RAM 1 MB).

15. Kendaraan bermotor dengan tipe non-trekking, body masih layak untuk dikendarai, dan mesin masih bisa beroperasi dengan baik. 

Setelah mengetahui dokumen dan syarat mendaftar GrabBike, selanjutnya berikut Liputan6.com paparkan langkah lengkap cara daftar GrabBike online untuk Anda yang ingin mendaftar jadi driver.

Mencoba cara daftar GrabBike secara online sebaiknya dilakukan melalui komputer atau laptop. Pasalnya, akan ada beberapa berkas dokumen yang harus diunggah. Supaya mempermudah langkah pendaftaran, komputer atau laptop lebih dianjurkan.

Cara Daftar GrabBike Online

1. Cara daftar GrabBike online yang pertama adalah dengan membuka website resmi Grab melalui link berikut: https://www.grab.com/id/

2. Setelah itu akan muncul tampilan halaman awal Grab dalam bahasa Indonesia. Klik kotak yang bertuliskan 'Bergabung dengan Grab'.

3. Karena Anda akan mendaftar sebagai driver GrabBike, klik opsi GrabBike & GrabExpress Driver

4. Selanjutnya terdapat beberapa kolom yang harus diisi sesuai identitas Anda. Pastikan untuk mengisi semua kolom dengan sebenar-benarnya dan tanpa rekayasa. Untuk kode referensi, Anda bisa mengisinya dengan angka 0 jika tidak ada.

5. Kemudian centang kotak yang bertuliskan 'Saya menyetujui syarat & ketentuan yang berlaku' serta kolom di bawahnya yaitu 'I'm not a robot'.

6. Jika sudah yakin telah mengisi data diri dengan benar, klik 'DAFTAR SEKARANG' untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya dari cara daftar GrabBike.

7. Tunggu hingga Anda mendapatkan kode OTP yang dikirim melalui SMS ke nomor hp yang Anda daftarkan. Masukkan kode OTP 4 digit yang Anda terima untuk login.

8. Lalu, Anda akan diminta mengisi data pribadi beserta mengunggah kelengkapan administrasi berupa berkas yang telah dijelaskan sebelumnya. Klik KIRIM jika Anda telah melengkapi semua persyaratan.

9. Anda hanya perlu menunggu konfirmasi panggilan untuk seleksi yang biasanya dikirim melalui email. Untuk itu, pastikan Anda selalu memeriksa kotak masuk email Anda agar tidak ketinggalan informasi.

Itulah langkah cara daftar GrabBike secara online. Cara tersebut bisa Anda bagikan ke kerabat maupun rekan lain yang tertarik bergabung dengan perusahaan transportasi terbesar di Asia Tenggara ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaun Super Seksi Kendall Jenner di Pesta Oscar 2019 Bikin Geger

Posted: 25 Feb 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Kendall Jenner dikenal kerap kali berpakaian super seksi dalam beberapa acara. Nah, ia kembali melakukannya saat menghadiri acara pesta selepas Oscar, yang diselenggarakan Vanity Fair, Senin (25/2/2019) atau Minggu malam waktu setempat.

Dilansir dari People, dalam acara tersebut Kendall Jenner mengenakan gaun koleksi musim semi 2019 rancangan Rami Kadi.

Bagian atas pakaian ini, terbuka di bagian depan sehingga memperlihatkan sebagian dada wanita 23 tahun tersebut. Tak hanya itu, gaun hitam ini juga memperlihatkan sebagian besar tubuh bawahnya.

Pasalnya bagian rok dari gaun ini hanya berbentuk kain yang menjuntai, di bagian depan tubuhnya. Alhasil, Kendall Jenner pun mengumbar seluruh bagian dari kaki jenjangnya.

Sejumlah media seperti People, Vogue, US Weekly, dan lainnya, menyebut baju ini penuh risiko. Pasalnya bila lengah sedikit, bagian tubuh intim Kendall Jenner bisa tersingkap begitu saja. 

 

Bertemu Ayah

Kendall Jenner dalam acara pesta selepas Oscar 2019  (Photo by Evan Agostini/Invision/AP)

Dalam acara ini, Kendall Jenner ternyata sempat bertemu dengan sang ayah, Caitlyn Jenner. Keduanya lantas berpose di depan kamera para pewarta foto.

Berbeda dengan putrinya, Caitlyn Jenner mengenakan gaun sequin yang lebih tertutup.

Bisa Dapat Oscar

Caitlyn Jenner (AFP)

Caitlyn Jenner juga sempat berbicara dengan wartawan mengenai putrinya. Ketika ditanya siapa di antara anggota keluarganya yang bisa meraih Oscar, Caitlyn merasa orang itu adalah Kendall.

"Sejujurnya kurasa Kendall bisa melakukannya. Kalau kamu memperhatikan hal yang ia lakukan di depan kamera, di luar acara, dia selalu brilian," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra NTT: Komodo Saja Teriak 02

Posted: 25 Feb 2019 08:36 PM PST

Liputan6.com, Kupang - Ketua DPD NTT, Esthon Foenay, mengatakan siap memenangkan Prabowo-Sandiaga di NTT. Ia mengaku bangga dan bahagia atas kehadiran Sandiaga Uno.

"Nomor 1 persaudaraan dan persahabatan, tetapi nomor 2 pilihan kita bersama. Komodo saja sudah teriak 02," ujar Esthon bercanda dan disambut yel-yel kemenangan warga, Senin (25/2/2019).

"Dalam politik kita berkompetisi, dalam Tuhan kita bersaudara. Kalau bukan Prabowo-Sandi, siapa lagi? Bae sonde bae, Prabowo-Sandi lebe bae," tambah Esthon.

Dia meminta pendukung Prabowo-Sandi tetap menjaga keamanan dan kedamaian di NTT agar proses pemilu berjalan dengan baik.

Sementara, cawapres Sandiaga Uno mengatakan akan mengembangkan UKM untuk memasarkan produk-produk Indonesia.

"NTT punya potensi luar biasa, dari ekonomi, pariwisata dan produk UKMK. Kami akan terus lakukan pendekatana agar UMKM NTT bangkit," ujar Sandi saat menggelar pertemuan dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda/mahasiswa, tokoh perempuan, caleg, dan koalisi di Rumah Dapur Nekamese, Penfui, Kota Kupang, Senin (25/2/22019).

Dia berpesan agar momentum Pilpres tidak dimanfaatkkan untuk menyebarkan ujaran kebencian. Kami sudah berkomitmen akan berkampanye damai, sejuk, dan santun. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Final Piala AFF U-22 2019, Begini Perjalanan Timnas Indonesia U-22 dan Thailand ke Partai Puncak

Posted: 25 Feb 2019 08:35 PM PST

Jakarta Timnas Indonesia U-22 bakal melakoni pertandingan penentuan juara Piala AFF U-22 2019 pada Selasa (26/2/2019) di Olympic Stadium, Kamboja. Thailand, lawan yang dihadapi bukan tim yang asing.

Thailand, spesialis sukses di berbagai level turnamen Asia Tenggara. Tim Negeri Gajah Putih mungkin sudah bosan mengangkat trofi sanking seringnya menjadi juara.

Sementara itu, Tim Merah-Putih selalu kesulitan menjadi yang terbaik. Semenjak 1991 menjadi juara SEA Games, Indonesia baru mengakhiri paceklik gelar pada Piala AFF U-19 2013, dan kemudian diikuti kesuksesan di Piala AFF U-16 2018 lalu.

Di level senior, nama Timnas Indonesia tak pernah masuk dalam catatan buku sejarah sebagai juara.

Menariknya Indra Sjafri, yang menukangi Timnas Indonesia U-22 saat ini adalah aktor sukses Timnas Indonesia U-19 lima tahun silam.

Sang mentor dianggap sosok yang membangkitkan euforia sepak bola usia dini. Di tangannya lahir bintang-bintang berkelas macam Evan Dimas, Putu Gede, Ilham Udin Arymain.

Bersama Timnas Indonesia U-22, Indra membawa bintang-bintang wajah baru. Osvaldo Haay, Marinus Wanewar, Lutfi Anwar, bersiap mencetak sejarah baru bagi sepak bola Indonesia, yang tengah koyak dengan kasus-kasus pengaturan skor di kompetisi domestik. 

Timnas Indonesia U-22 Sempat Terseok di Penyisihan

Para pemain Timnas Indonesia U-22 merayakan gol yang dicetak Witan Sulaeman ke gawang Malaysia U-22 pada laga Piala AFF U-22 2019 di Stadion National Olympic, Phnom Penh, Selasa (20/2). Kedua negara bermain imbang 2-2. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Langkah Timnas Indonesia U-22 menunju final Piala AFF U-22 2019 tak mulus. Terutama saat melakoni tiga laga penyisihan Grup B.

Pada laga pertama penyisihan Grup B, Tim Garuda Muda ditahan 1-1 oleh Myanmar. Ketika itu lawan lebih dulu menjebol gawang Indonesia, sebelum akhirnya Rachmat Irianto mencetak gol pada menit ke-38 dan membawa Indonesia meraih poin satu.

Dari segi hasil, Timnas Indonesia U-22 masih belum ada peningkatan saat melakoni laga kedua di Grup B (20/2/2019). Berjumpa musuh bebuyutan, Malaysia, Tim Merah-Putih kembali meraih skor imbang, kali ini 2-2.

Timnas Indonesia U-22 sempat unggul dua kali, lewat Marinus Wanewar menit ke-52 dan Witan Sulaeman menit ke-77, namun dua kali pula gawang Indonesia jebol, hingga akhirnya Indonesia terpaksa berbagi poin lagi dengan lawan. 

Pada laga terakhir Grup B, partai terakhir, yang sekaligus jadi penentu kelolosan ke semifinal, Timnas Indonesia U-22 dengan gagah berani menantang tuan rumah, Kamboja (22/2/2019).

Meski sudah memastikan lolos ke semifinal sebagai juara grup sejak laga kedua berkat kemenangan beruntun, Kamboja tetap merepotkan Indonesia. Namun, tekad tak mau angkat koper dan mengharumkan nama bangsa, menyelimuti setiap pemain Tim Garuda.

Marinus Wanewar jadi sorotan dalam laga ini menyusul brace yang dicetaknya pada menit ke-19 dan ke-83. Indonesia akhirnya menyudahi perlawanan Kamboja dengan skor 2-0.

Indonesia memastikan tempat di semifinal dengan koleksi poin lima dan jadi runner-up Grup B, menantang Vietnam yang berstatus juara Grup A.

Grafik Timnas Indonesia U-22 kian menanjak. Di semifinal, Bagas Adi cs. merontokkan Vietnam, satu di antara kandidat juara turnamen ini.

Vietnam ke semifinal sebagai juara Grup A, namun Timnas Indonesia U-22 tak gentar. Tim Merah-Putih tampil cukup apik untuk menahan setiap gempuran lawan.

Bahkan, mampu menjebol gawang Vietnam lewat tendangan bebas cantik yang dieksekusi Luthfi Kamal pada menit ke-69. Itulah satu-satunya gol yang tercipta, dan Indonesia pun ke final.

Timnas Indonesia U-22 tentu diharapkan mampu menyuguhkan permainan yang kian moncer dan mencapai puncaknya pada partai final melawan Thailand. Dengan begitu, trofi juara bisa dibawa pulang ke Tanah Air.

 

Thailand Kelelahan di Semifinal

Duel Timnas Vietnam U-22 vs Timnas Thailand U-22 di Piala AFF U-22 2019 di Olympic Stadium, Kamis (21/2/2019). (Bola.com/Dok. VFF)

Sebaliknya, langkah Timnas Thailand U-22 cenderung mulus hingga ke laga puncak.

Tim asuhan Alexandre Lima, belum tersentuh kekalahan serta kebobolan dalam waktu normal pertandingan selama Piala AFF U-22 2019. Sang arsitek asal Brasil yang didapuk jadi nakhoda tim pada awal November 2018 terlihat sukses menjaga tempo permainan Timnas Thailand U-22.

Menghadapi jadwal padat turnamen, Thailand tak habis-habisan di awal namun gembos di akhir. 

Di fase penyisihan Grup A Thailand menang 1-0 dan 3-0 masing-masing atas Timor Leste dan Filipina, bermain tanpa gol kontra Vietnam.

Mereka melaju ke semifinal dengan status runner-up Grup A. Memasuki periode knock-out Tim Negeri Gajah Putih Muda bersua tuan rumah Kamboja yang jadi tim kuda hitam di penyisihan.

Thailand menang 5-3 dalam adu penalti atas Kamboja (0-0) di semifinal.

Pelatih Thailand, Alexandre Gama, mengakui kalau anak asuhnya mengalami kesulitan dengan gaya permainan Timnas Kamboja U-22. Timnas Thailand U-22 akan menghadapi Timnas sepak bola Indonesia U-22 di final Piala AFF U-22.

Sebab Timnas Thailand U-22 kerap mengalami masalah saat berusaha membangun serangan. Apalagi pada laga tersebut anak asuh Gama juga jarang memegang bola.

"Saya tahu bahwa kami bisa bermain lebih baik jika kami memegang bola lebih banyak. Tapi itu adalah sesuatu yang bisa kami tingkatkan dari laga ke laga," kata Gama.

Pernyataan Gama jangan diartikan secara harafiah bahwa Timnas Thailand U-22 punya persoalan jelang laga final. Pernyataan model ini seringkali dilontarkan pelatih berbagai tim untuk mengecoh lawan.

Realitasnya Thailand di berbagai level dikenal sebagai tim jagoan turnamen level Asia Tenggara. Sudah sering terjadi mereka bermain biasa saja di penyisihan, namun intensitas permainan ditingkatkan begitu memasuki periode knock-out.  Timnas Indonesia U-22 perlu mencermati hal ini, karena Tim Merah-Putih kerap tersandung di pengujung turnamen.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Banjir Kiriman dari Bogor Rendam Kebon Pala

Posted: 25 Feb 2019 08:31 PM PST

Warga menggendong putrinya melintas banjir yang merendam permukiman di Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta, Selasa (26/2). Banjir karena Sungai Ciliwung meluap akibat air kiriman dari Bogor itu menyebabkan aktivitas warga terganggu. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Warga menggendong putrinya melintas banjir yang merendam permukiman di Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta, Selasa (26/2). Banjir karena Sungai Ciliwung meluap akibat air kiriman dari Bogor itu menyebabkan aktivitas warga terganggu. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Seorang warga melintas saat banjir merendam permukiman di Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta, Selasa (26/2/2019). Banjir setinggi 1,5 meter itu terjadi karena air Sungai Ciliwung meluap akibat air kiriman dari Bogor, Jawa Barat. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Seorang warga melintas saat banjir merendam permukiman di Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta, Selasa (26/2/2019). Banjir setinggi 1,5 meter itu terjadi karena air Sungai Ciliwung meluap akibat air kiriman dari Bogor, Jawa Barat. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Aktivitas warga saat banjir merendam permukiman di Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta, Selasa (26/2/2019). Banjir setinggi 1,5 meter tersebut terjadi karena air Sungai Ciliwung meluap akibat air kiriman dari Bogor, Jawa Barat. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Aktivitas warga saat banjir merendam permukiman di Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta, Selasa (26/2/2019). Banjir setinggi 1,5 meter tersebut terjadi karena air Sungai Ciliwung meluap akibat air kiriman dari Bogor, Jawa Barat. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Banjir merendam permukiman di Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta, Selasa (26/2). Aktivitas warga setempat terganggu banjir setinggi 1,5 meter yang terjadi karena Sungai Ciliwung meluap akibat air kiriman dari Bogor tersebut. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Banjir merendam permukiman di Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta, Selasa (26/2). Aktivitas warga setempat terganggu banjir setinggi 1,5 meter yang terjadi karena Sungai Ciliwung meluap akibat air kiriman dari Bogor tersebut. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Seorang anak bermain saat banjir merendam permukiman di Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta, Selasa (26/2/2019). Banjir karena Sungai Ciliwung meluap akibat air kiriman dari Bogor itu menyebabkan aktivitas warga terganggu. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Seorang anak bermain saat banjir merendam permukiman di Kebon Pala, Jatinegara, Jakarta, Selasa (26/2/2019). Banjir karena Sungai Ciliwung meluap akibat air kiriman dari Bogor itu menyebabkan aktivitas warga terganggu. (Merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Humas AS Pindah dari Hotel yang Diduga Tempat Inap Kim Jong-un di Vietnam

Posted: 25 Feb 2019 08:31 PM PST

Liputan6.com, Hanoi - Markas besar humas protokol Amerika Serikat (AS) mendadak pindah dari The Melia Hanoi, menyusul desas-desus bahwa Kim Jong-un akan menginap di jaringan hotel mewah asal Spanyol itu.

Kim Jong-un dilaporkan tiba di Stasiun Dong Dang di perbatasan utara Vietnam pada Selasa pagi pukul 08.15 waktu setempat, dan melanjutkan perjalanan ke Hanoi dengan sedan Mercedes Benz, yang diiringi oleh lapisan keamanan tingkat tinggi.

Dikutip dari The Straits Times pada Selasa (26/2/2019), Kementerian Luar Negeri Vietnam mengatakan dalam sebuah twit, bahwa pusat humas protokol AS pindah dari The Melia Hanoi ke pusat media internasional, yang berjarak beberapa blok jauhnya.

Sementara itu, The Melia Hanoi telah dikelilingi oleh pengamanan berlapis sejak Senin malam, dan akses menuju hotel bintang lima tersebut sangat dibatasi.

Tentara bersenjata dan dua kendaraan militer besar ditempatkan di luar bangunan hotel.

Di saat bersamaan, pengawal dan staf pemerintahan Kim Jong-un dilaporkan terlihat beredar di dalam The Melia Hanoi. Beberapa lantai hotel dilaporkan terhalang pandangannya dari bawah, serta bendera AS dan Korea Utara dikibarkan berdampingan di halaman lobi.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Menampung Banyak Jurnalis AS

Seorang pekerja Vietnam bersiap untuk mencetak kaus bergambar wajah Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Hanoi, Jumat (22/2). Pembuatan kaus itu menyambut KTT kedua AS-Korea Utara pada 27 Februari mendatang. (Nhac NGUYEN/AFP)

Sebelumnya, pada Senin 25 Februari, manajemen The Melia Hanoi telah memberi tahun para tamu hotel, bahwa mereka akan mengalami peningkatan keamanan yang tinggi "karena kunjungan seorang Kepala Negara".

Namun, pihak hotel tidak mengidentifikasi secara jelas siapa sosok kepala negara tersebut.

Selain sempat menjadi lokasi pusat humas AS, hotel ini juga menampung banyak jurnalis Negeri Paman Sam, yang bepergian ke Hanoi untuk meliput KTT kedua antara Donald Trump dan Kim Jong-un.

Belum diketahui apakah para jurnalis tersebut ikut pindah dari The Melia Hanoi atau tidak.

Sementara itu, Gedung Putih belum juga mengatakan di mana Kim Jong-un dan Donald Trump akan menginap selama pertemuan di Hanoi.

Kedua pemimpin negara akan memulai pertemuan mereka pada Rabu malam, dengan apa yang disebut Juru Bicara Gedung Putih Sarah Sanders sebagai "jamuan sosial".

Dua lokasi yang kemungkinan menjadi tempat berlangsungnya jamuan tersebut adalah Hanoi Opera House dan Sofitel Legend Metropole. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Mengetahui Kehamilan Secara Alami Tanpa Test Pack

Posted: 25 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar pasangan suami istri pasti menginginkan hadirnya buah hati untuk melengkapi manisnya rumah tangga mereka. Bahkan, para mertua pun juga tidak sabar menunggu lahirnya sang cucu untuk ditimang.

Setiap wanita memang memiliki pola kehamilannya masing-masing. Ada yang tingkat kesuburannya tinggi sehingga sel telur yang dibuahi oleh sperma tumbuh dan berkembang dengan pesat hingga membentuk janin yang sehat. Namun, ada juga yang harus melewati program kehamilan agar segera mendapat momongan.

Terlepas dari hal tersebut, tak sedikit wanita yang kadang kurang awas dengan tanda kehamilan. Alhasil, terkadang mereka baru menyadarinya saat usia kandungan menginjak tiga minggu sampai satu bulan. Padahal, wanita hamil harus menjaga kondisi tubuh agar calon jabang bayi bisa lahir dengan sehat.

Oleh karena itu, penting untuk para wanita untuk mulai kenali cara mengetahui kehamilan sejak dini agar bisa bisa mempersiapkan yang terbaik semasa kehamilan. Selain itu, tanda kehamilan penting untuk diketahui agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk itu, yuk simak 7 cara mengetahui kehamilan secara alami tanpa test pack, seperti yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019).

1. Perubahan Suasana Hati dan Energi

(Ilustrasi: broadly-images)

Cara mengetahui kehamilan yang pertama adalah dengan adanya perubahan suasana hati dan energi. Biasanya, tanda awal kehamilan yang sering terjadi adalah tubuh yang mudah lelah. Padahal, tidak ada perubahan rutinitas keseharian seperti waktu tidur ataupun waktu makan.

Hal ini terjadi akibat hormon progesteron pada kehamilan dan perubahan pada aliran darah, serta metabolisme tubuh wanita hamil. Tak hanya itu, hormon kehamilan juga bisa membuat suasana hati cepat berubah.

Bisa jadi dalam sehari Anda akan merasa lebih mudah marah, frustasi, maupun merasa sangat emosional. Gejala ini memang hampir mirip dengan gejala yang dialami sebelum menstruasi.

2. Perubahan Selera Makan

Mual Muntah Selama Hamil, Apa Dampaknya Bagi Janin?

Kehamilan identik dengan mengidam sesuatu, entah itu makanan maupun keinginan lain. Ngidam sendiri seringkali diartikan sebagai keinginan untuk makan sesuatu yang tidak biasa. Namun sebaliknya, kehamilan bisa juga berupa rasa tidak suka terhadap beberapa makanan ataupun minuman tertentu.

Jika Anda mengalami kejadian ini, kemungkinan Anda sedang hamil. Misalnya, saat bangun pagi, Anda merasa mual saat hendak makan sesuatu atau saat menghirup bebauan.

Meskipun tidak semua wanita hamil merasa mual, namun biasanya di awal-awal kehamilan sekitar seperempat wanita hamil akan mengalami fenomena mual sebagai tanda kehamilan. Menurut buku What to Expect When You're Expecting, hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen pada tubuh Anda.

3. Catatan Siklus Menstruasi

menstruasi/copyright: shutterstock

Wanita yang normal pasti mengalami menstruasi sekali dalam sebulan. Biasanya, lamanya menstruasi berkisar antara 5 sampai 7 hari. Menstruasi yang normal juga menunjukkan kondisi tubuh yang sehat.

Selain itu, siklus menstruasi juga bisa digunakan sebagai cara mengetahui kehamilan. Apabila Anda tidak mengalami haid saat waktunya tiba, sesuai catatan siklus menstruasi, ini bisa menjadi pertanda awal kehamilan Anda.

4. Frekuensi Kencing yang Meningkat

Ilustrasi Foto Kebelet Kencing atau Buang Air Kecil (iStockphoto)

Melansir dari Wikihow, ginjal wanita hamil akan memproduksi lebih banyak cairan karena meningkatnya kadar darah dalam tubuh. Oleh karena itu, banyak wanita yang sering kencing ketika hamil. Jika Anda mengalami kejadian ini, bisa Anda dijadikan cara mengetahui kehamilan.

Pada tahap selanjutnya, terutama pada trimester 2 dan 3 kehamilan, gejala sering berkemih ini disebabkan oleh pembesaran rahim yang terletak di belakang kandung kemih.

5. Muncul Bercak Darah

steadyhealth.com

Terkadang di tanda-tanda kehamilan awal seringkali munculnya bercak-bercak darah yang keluar dari vagina. Bercak darah yang keluar menjadi tanda menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim.

Namun, bercak darah yang muncul sebagai tanda kehamilan berbeda dengan darah menstruasi. Bercak darah kehamilan cenderung berwarna merah muda dan cokelat yang lebih terang dari darah menstruasi. Selain itu, darah yang muncul juga sedikit.

6. Perubahan pada Payudara

(Foto: empowher.com)

Cara mengetahui kehamilan yang keenam adalah adanya perubahan pada payudara. Perubahan hormon pada awal kehamilan dapat membuat payudara terasa lebih kencang dan lebih sensitif. Puting payudara akan terlihat berubah warna menjadi lebih gelap dan bentuknya jadi lebih menonjol.

Jika payudara Anda menjadi sangat sensitif hanya karena sentuhan pelan, bisa jadi Anda hamil. Dua atau tiga minggu saja setelah pembuahan, perubahan hormon akan membuat payudara Anda terasa bengkak, perih, sekaligus sensitif, demikian menurut American Pregnancy Organization.

7. Sakit Kepala

Ilustrasi sakit kepala. (Kristina-Kokhanova/Shutterstock)

Salah satu hal yang akan Anda alami ketika sedang hamil adalah merasa pusing. Perubahan produksi hormon akan memengaruhi semua bagian tubuh, termasuk kepala, yang bisa menjadi awal dari gejala pusing-pusing yang Anda rasakan selama hamil. Pusing bisa jadi adalah sebuah hal yang mengganggu, tapi Anda tidak akan bisa menghindarinya.

Pusing yang menyerang selama kehamilan akibat dari hormon bisa dijadikan acuan cara mengetahui kehamilan. Produksi hormon kehamilan, semisal estrogen dan progesterone, akan meningkat selama kehamilan. Peningkatan produksi hormon akan mengakibatkan ketidakseimbangan yang mempengaruhi pembuluh darah pada kepala.

Pembuluh darah akan melebar karena tekanan darah yang meningkat, membuat darah mengalir lebih cepat dan pembuluh darah akan menekan otot dan syaraf kepala.

Penekanan pada syaraf dan otot kepala inilah yang akan memicu seorang perempuan hamil mengalami pusing-pusing yang bisa menyerang kapan saja.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkatkan BLU, Kemenkeu Godok Aturan Baru Berbagi Likuiditas

Posted: 25 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) selaku Pembina Keuangan Badan Layanan Umum (BLU) berencana menggodok aturan baru mengenai pemanfaatan BLU dengan skema kerja sama berbagi likuiditas.

Ini merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk terus berinovasi dan berkolaborasi memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat melalui BLU

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemekeu, Marwanto Harjowiryono mengatakan, dengan aturan tersebut diharapkan bagi BLU yang memilki kekurangan likuiditas, dapat memanfaatkan BLU yang memiliki likuiditas yang lebih. Dengan demikian, ini diharapkan dapat menjaga keseimbangan keuangan BLU lainnya.

"Ini kami sedang godok regulasi yang memberikan landasan untuk tercipta sebuah sharing sumber daya dalam memanfaatkan likuiditas di beberapa BLU, sementara di BLU lain mengalami keterbatasan likuiditas. Saat ini sedang kita sounding dengan otoritas moneter sehingga yang kelebihan likuiditas yang lain kesulitan di kolaborasi sesuai peraturan perundang-udangan yang ada nanti," kata dia dalam Rapat Koordinasi Nasional Badan Layanan Umum, di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (26/2).

Marwanto mengatakan, kondisi BLU sepanjang 2018 mampu memberikan kontribusi besar bagi penerimaan negara. Ini terlihat dari penerimaan BLU pada 2018 mencapai sebesar Rp 55,4 triliun. Angka ini lebih tinggi daripada target yang dipatok pemerintah sebesar Rp 43,3 triliun.

"Pendapatan negara di 2018 mampu melibhi target dalam APNN yaitu 102.5 perzdn dan salah satu yang menyumbang adalah penerimaan BLU," kata dia.

Hingga saat ini, terdapat 218 BLU Pemerintah Pusat yang tersebar di 30 provinsi di Indonesia. Namun, dari beberapa BLU tersebut diakuinya masih belum optimal dan masih banyak tantangan-tantangan ke depan yang mesti dihadapi.

"Tantangan pertama bagi BLU yang kami prediksikan akan semakin beragam, secara internal masih ada kondisi yang perlu perhatian khsusus seperi di bebebrapa BLU belum dapat mengenai dari sumber daya internal terutama pengalihan aset yang ada di BLU," kata dia.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Anggaran Rp 4,5 Triliun untuk Badan Pengelola Lingkungan Hidup

Bibit pohon mangrove yang ditanam di atas tumpukan sampah kawasan hutan mangrove Ecomarine, Jakarta Utara, Minggu (18/3). Bibit mengrove itu ditanam petugas Sudin Lingkungan Hidup dibantu Petugas Prasarana dan Sarana Umum. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Sebelumnya, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan membentuk badan baru yang khusus mengurusi masalah lingkungan serta penyelesaian hutan dan lingkungan di Indonesia. Badan tersebut dinamakan Badan Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup (BPDLH).

Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono, mengatakan BPDLH nantinya tidak hanya terdiri dari KLHK. Namun juga melibatkan beberapa kementerian dan lembaga lainnya yang terkait. Badan ini juga akan melibatkan pihak asing untuk memberikan suntikan dana di dalam BPDLH.

"Peraturan ini mengatur bagaimana keuangan pemerintah ini bisa didukung oleh donor-donor yang satu pintu agar tidak tercecer. Nanti akan segera masuk dukungan luar negeri, dari negara yang respons dan pro dengan kita (dalam penyelesaian masalah lingkungan hidup)," kata Bambang dalam sebuah acara diskusi di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Selasa 12 Februari 2019.

Bambang mengungkapkan, selama ini, untuk mengatasi dan menyelesaikan segala macam permasalahan terkait lingkungan hidup, khususnya di hutan-hutan di luar konsensi area industri, tercecer di berbagai kementerian.

Dengan adanya BPDLH, diharapkan segala jenis persoalan mulai dari pendanaan hingga kebijakan yang akan diambil menjadi lebih relevan karena menjadi satu pintu antar kementerian dan lembaga.

Sementara itu, dana untuk pembenahan lingkungan dan hutan berasal selama ini selalu saja mengandalkan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Dana dari Badan Layanan Umum (BLU) memang sudah ada. Namun dengan adanya BPDLH, sumber pendanaan nantinya diharapkan akan lebih beragam sehingga tidak akan membebabni dompet negara.

Untuk tahap awal, kemungkinan modalnya masih menggunakan dana APBN. Dia menghitung, saat ini di KLHK mengendap dana sebesar Rp 2 triliun untuk penanganan masalah lingkungan dan hutan.

Kementerian juga punya dana cadangan Rp 2 triliun. "Jadi, sementara dana pakai yang ada. Nanti ada Rp 4,5 triliun di sana mungkin ada jadi modal pertama," kata dia.

Bambang mengatakan masih ada satu kali pertemuan dengan Kementerian Keuangan untuk membahas pembentukan BPDLH. Targetnya paling lambat Maret 2019.

Nantinya dana tersebut akan dikelola lewat bank kustodian, tapi dia masih belum tahu bank yang mana yang bakal ditugaskan.

Untuk negara yang bakal membantu di antaranya Norwergia, Finlandia, Amerika Serikat, dan Norwegia.

Dia mengatakan, bantuan ini bukan berarti pemerintah menanggulangi kerusakan lingkungan hidup yang dibuat dari aktivitas industri di dalam hutan, tapi yang terjadi di lahan-lahan kritis. "Tahun ini rehabilitasi hutan Rp 3 triliun di seluruh Indonesia, dengan berbagai pendekatan seperti DAS. Kalau pakai APBN tidak mencukupi," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: