Senin, 11 Februari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: Selamat, Ryana Dea Hamil Anak Kedua

Posted: 11 Feb 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lewat instagram pribadinya, Ryana Dea menyampaikan kabar bahagia. Ia tengah mengandung buah hatinya yang kedua.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Segera Keluarkan Surat Keputusan Pencoretan Mandala Shoji dari Daftar Caleg

Posted: 11 Feb 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos segera memerintahkan seluruh petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), untuk mencoret nama caleg Partai Amanat Nasional (PAN) Mandala Shoji. Pasalnya, artis tersebut terbukti melanggar Undang-Undang Pemilu.

"Nanti kami diminta mengomunikasikan kepada semua KPPS yang ada di dapil tersebut agar (namanya) di TPS dicoret dari DCT-nya," kata Betty saat hadir dalam acara Forum Silaturahmi Kamtibmas Kapolda Metro Jaya Bersama Tokoh Lintas Agama Menjelang Pemilu 2019, di Mapolda Metro Jaya, Selasa (12/2/2019).

Menurut dia, pihaknya juga terus berkomunikasi dengan KPU RI. Termasuk soal surat keputusan pencoretan Mandala Shoji.

"Mandala Shoji Dapil 1 dari PAN tentu sudah kami teruskan kepada KPU RI yang menetapkan Mandala sebagai caleg DPR RI adalah KPU. Sejauh komunikasi saya dengan ketua KPU RI sedang ditindaklanjuti, nanti dikeluarkan surat keputusannya," ujar Betty.

Pencoretan nama Mandala Shoji itu, lanjut dia, berdasarkan keputusan bersama.

"Pencetakan DCT sudah terjadi dan nanti kalau ketika kami coret berdasarkan surat keputusan KPU DKI dan KPU RI," pungkasnya.

Sebelumnya, presenter yang terjun ke politik, Mandala terbukti melanggar aturan saat melakukan kampanye. Ia kedapatan membagikan kupon umrah dan door prize kepada masyarakat di sekitar Pasar Gembrong Lama, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Dengan begitu permasalahan inipun diangkat di meja hijau hingga pengadilan memutuskan, artis yang juga calon anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional ini divonis 3 bulan penjara dan denda Rp 5 juta subsider 1 bulan penjara.

"Menyatakan terdakwa Mandala Abadi dan Lucky Andriyani terbukti bersalah melakukan tindak pidana pemilihan umum," ujar ketua majelis hakim Disbeneri Sinaga saat membacakan amar putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018).

Sempat Buron

Mandala Shoji (Instagram/ https://www.instagram.com/p/Bh0XUXUAYtM/)

Artis sekaligus calon legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) Mandala Shoji menyerahkan diri ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat setelah sempat buron. Dia pun dikirim ke Lapas Salemba setelah ditetapkan bersalah melakukan pidana pemilu.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat, Kuntadi mengapresiasi sikap gentle Mandala untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Eksekusi dilakukan setelah administrasinya selesai diurus di Kantor Kejari Jakpus.

"Hari ini yang bersangkutan secara gentle dan kita apresiasi langkahnya menyerahkan diri dan tadi langsung kita kirim ke LP Salemba untuk pidananya selama 3 bulan," ujar Kuntadi di kantornya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/2/2019).

Mandala Shoji sendiri sejatinya dieksekusi pada 21 Januari 2019 setelah salinan putusan pengadilan diterima jaksa. Namun Mandala sempat menghilang selama sekitar dua pekan hingga akhirnya menyerahkan diri.

Meski begitu, kejaksaan tidak memasukkan Mandala Shoji  ke dalam daftar pencarian orang (DPO) atau menjadikannya sebagai buronan.

"Karena ini pelanggaran pidana pemilu, pada prinsipnya kita kedepankan persuasif. Masih dalam tahap imbauan (memenuhi panggilan jaksa), tapi kalau memang batas imbauan nggak dipenuhi pasti langsung kita ambil langkah-langkah," tutur Kuntadi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Rangkuman Kasus Mandala Shoji, Kini Dipenjara

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sebut Pariwisata Punya Peluang Jadi Penyumbang Devisa Terbesar

Posted: 11 Feb 2019 10:30 PM PST

Jakarta - Hadir dalam acara gala dinner ulang tahun ke-50 Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) di Puri Agung Convention Hall Jakarta, Senin malam, 11 Februari 2019, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, pariwisata Indonesia hanya perlu digarap agar bisa memberikan devisa yang besar.

"Peluang pariwisata sangat besar sekali. Kita masuk enam besar negara terindah di dunia. Kemudian, kita juga masuk 10 besar negara yang wajib dikunjungi," katanya seperti dilansir dari Antara, Selasa (12/2/2019).

"Ini brand yang tinggal kita garap agar pariwisata bisa memberi devisa paling banyak, meskipun devisa pariwisata sudah mencapai 17 miliar dolar AS. Sudah mengalahkan kelapa sawit, mengalahkan CPO. Sekarang sudah paling tinggi," sambungnya.

Melihat potensi yang ada, Jokowi beranggapan Indonesia harus berbenah. Karenanya, ia memerintahkan Menteri PUPR untuk konsentrasi menggarap empat destinasi pariwisata prioritas, yakni Mandalika, Danau Toba, Labuan Bajo, dan Borobudur, dari 10 Bali Baru yang sedang dikembangkan dari sisi infrastruktur.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi meminta Pemerintah Daerah untuk merespons pembangunan infrastruktur, khususnya jalan tol dengan kebijakan terkait pariwisata. "Kita harapkan tolong tol ini disambungkan dengan kawasan-kawasan wisata yang ada di daerah bapak-ibu sekalian," tuturnya.

Jika tidak sanggup, Presiden menegaskan agar Pemda segera melaporkan pada Kementerian PUPR agar dibangun dan diambil alih pemerintah pusat. "Tapi, jangan semuanya dibangun pemerintah pusat," tegas Jokowi.

Masih di momen yang sama, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengapresiasi kinerja sektor pariwisata Indonesia yang tumbuh tiga kali lipat dari pertumbuhan ekonomi dunia atau mencapai 22 persen. Jadi, ia meminta pada para pelaku industri untuk memberi saran dan masukan melalui Menpar Arief Yahya terkait kebutuhan infrastruktur pendukung agar semakin tepat sasaran.

Jokowi berharap PHRI terus bekerja sama dengan pemerintah agar pariwisata Indonesia bisa terus diperbaiki, mengingat potensi dalam negeri sangat mendukung untuk mendorong sektor tersebut secara lebih berkembang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5.000 Relawan Bersihkan Pantai Super Kotor, Perubahannya Menakjubkan

Posted: 11 Feb 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pantai adalah salah satu objek wisata yang masih memiliki daya tarik bagi kebanyakan orang. Keindahan pantai dengan deburan ombak menjadi magnet pengunjung untuk datang ke pantai. Walaupun hanya sekedar menikmati pemandangan, berfoto dan berkumpul dengan keluarga.

Pantai yang indah dan bersih tentu saja memberikan keuntungan bagi sebagian orang yang tinggal di sekitar pantai. Maka dari itu banyak orang dan organisasi yang gencar untuk terus menjaga kebersihan pantai agar tak kotor.

Pantai yang kotor akan memberikan dampak langsung pada air di laut lepas sehingga berdampak buruk pula bagi kesehatan manusia dan juga hewan-hewan laut. Salah satu pantai yang memiliki tingkat kebersihan yang rendah terdapat di Teluk Manila.

Dilansir Liputan6.com dari Worldofbuzz, Selasa (12/2/2019), Teluk Manila telah dikenal lama sebagai kawasan perairan kotor dengan tingkat polusi sampah yang tinggi. Bahkan Teluk Manila memiliki kualitas air 100 juta kali kotor diambang batas untuk berenang.

Warga Sekitar Telah Terbiasa Dengan Kondisi Kotor

View this post on Instagram

The first 6 pictures show how dirty Manila Bay was in the last few months. And this is in Baywalk, a tourist destination and a spot for joggers and health-conscious individuals. The last 2 pictures show a cleaner bay, where the sand can now be seen. The last 2 photos were taken in November last year. Cleaners there say, because of Amihan, there is no garbage in the area as winds transport them to other places. But when Habagat returns, so will the garbage. The challenge now is not just to do clean up operations , but really a change of mindset among the people. There should be less trash to begin with. Less wastes, less plastic. It's actually easier said than done, but it's not impossible.

A post shared by Jekki Pascual (@jekkipascual) on

 

Memasuki musim penghujan, ombak di Teluk Manila membawa banyak sampah ke pesisir pantai. Sampah-sampah yang terbawa ombak ini mengubah pantai menjadi kotor dan penuh dengan sampah-sampah. Semakin banyak sampah yang menumpuk, menghasilkan gunungan sampah di pinggiran Teluk Manila.

Gunung-gunung sampah itu seolah menjadi pembatas dinding hantaman ombak yang terus membawa sampah. Saluran air juga tertutupi oleh sampah sehingga polusi di Teluk Manila menjadi pemandangan yang buruk. Fenomena ini sudah terjadi selama bertahun-tahun sehingga penduduk di sekitar Teluk Manila sudah terbiasa dengan keadaan kotor tersebut.

Pembersihan Sampah Hingga 45,59 Ton

Pada tanggal 27 Januari 2019 lalu, Departemen Lingkungan dan Sumber Daya Alam memimpin sekitar 5000 relawan yang bertekad untuk membersihkan sampah-sampah di Teluk Manila. Kegiatan ini disebut sebagai 'Pertempuran Teluk Manila' seperti dikutip dari Sora News 24 (27/1/2019).

Pembersihan kawasan tersebut menampung sekitar 45,59 ton sampah di hari pertama menurut Metropolitan Manila Development Authority (MMDA). Mereka juga membersihkan saluran air yang tercemar akibat sampah. Pemerintah memberikan denda bagi perusahaan di sekitar lokasi yang berkonstribusi terhadap limbah.

Pantai Teluk Manila Kini Tampak Menakjubkan

 

Setelah dibersihkan dan air di pesisir pantai tak terkontaminasi lagi, pemandangan Teluk Manila terlihat luar biasa. Banyak orang yang datang untuk menikmati pemandangan di sana. Khususnya saat matahari tenggelam.

Pemerintah telah menegaskan bahwa proyek ini tidak akan menjadi acara satu kali. Setelah ini akan kembali menugaskan 5.700 relawan untuk melakukan lebih banyak pembersihan setiap minggu.

Upaya pembersihan seperti ini mengingatkan bahwa kita semua benar-benar dapat membuat perbedaan. Sementara manusia melakukan kerusakan parah pada lingkungan, kita dapat terinspirasi untuk sadar bahwa kita semua dapat berperan untuk menyembuhkan dan memulihkan dunia. Seperti kata pepatah, "Tidak ada yang bisa melakukan segalanya, tetapi semua orang bisa melakukan sesuatu."

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulan Jameela ke Surabaya dalam Kondisi Terburu-Buru

Posted: 11 Feb 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada Senin (11/2/2019), Mulan Jameela terbang ke Surabaya, Jawa Timur. Kunjungannya ke sana dalam rangka menjenguk Ahmad Dhani yang saat ini sedang berada di Rutan Medaeng Sidoarjo.

Mulan Jameela buru-buru terbang setelah ia mendengar kabar bahwa sang suami jatuh sakit di dalam rutan.

"Tadi pagi (kemarin) dia (Mulan Jameela) jalan, mau nengok, dia terbang ke sana," kata Lieus Sungkharisma, salah seorang kerabat Ahmad Dhani saat di Pengadilan Tinggi Negeri, Jakarta Pusat, Senin.

Hingga saat ini, Lieus mengaku belum mengetahui penyakit yang diidap Ahmad Dhani. Ia hanya mengetahui bahwa kondisi pentolan Dewa 19 itu drop sejak dipindahkan ke Surabaya.

Sidang Pencemaran Nama Baik

Jika terpilih sebagai Gubernur, Ahmad Dhani akan benahi angkutan ibu kota.

"Nah, belum tahu sakit apa. Makanya saya berencana mau ke Surabaya juga," katanya.

Diketahui, Ahmad Dhani kini mendekam di Rutan Medaeng untuk menjalani sidang pencemaran nama baik di Pengadilan Negeri Surabaya. Pemindahan itu dilakukan guna mempermudah proses persidangan.

(Reporter : Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Penjelasan Soal Kecanduan Media Sosial Serupa Narkoba

Posted: 11 Feb 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banyak generasi milenial yang tak menyadari kalau sebenarnya mereka sudah kecanduan media sosial. Beberapa penelitian bahkan mengaitkan hal ini dengan narkoba.

Orang yang kecanduan media sosial juga diajukan untuk masuk daftar Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental, namun hingga kini masih diperdebatkan.

Berita di atas, menjadi berita terpopuler kanal Tekno Liputan6.com edisi Senin (11/2/2019).

Tak cuma itu, ada dua berita lain yang cukup menyorot perhatian. Di antaranya seperti harga Galaxy M20 dan cara menyetop update otomatis aplikasi Android di Google Play.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita tersebut berikut ini.

1. Benarkah Kecanduan Media Sosial Serupa Narkoba? Ini Penjelasannya

Mengutip laman Medical Daily, kecanduan media sosial sendiri bisa diparalelkan dengan kecanduan narkoba karena keserupaannya: ketergantungan terhadap sebuah sumber kesenangan tertentu, begitu parah hingga kita merasa 'sakit' jika tidak mendapatkannya.

Para psikolog telah mencatat bagaimana Like, komentar, atau follower baru di akun jejaring sosial bisa memicu riliskan hormon dopamin, mirip ketika kita mengonsumsi opioid.

Dengan kata lain, notifikasi di smartphone kita secara tak disadari membuat kita senang karena otak merespons seakan kita mendapatkan hadiah.

Selengkapnya baca di sini

2. Harga Samsung Galaxy M20 yang Resmi Meluncur di Indonesia

Setelah hadir di India akhir bulan lalu, Samsung memboyong Galaxy M20 ke Indonesia. Perangkat ini merupakan smartphone kelas menengah dengan harga terjangkau. Di Indonesia, Galaxy M20 dibanderol Rp 2,799 jutaan.

Perangkat ini menyasar generasi milenial dengan sederetan fitur kekinian. Misalnya, baterai tahan lama, prosesor berkinerja prima, dan layar dengan notch kecil yang disebut Samsung sebagai Infinity-V. Galaxy M20 juga hadir dengan kamera ganda dengan lensa ultra-wide.

Selengkapnya baca di sini

3. Cara Mudah Setop Update Otomatis Aplikasi di Google Play

Kamu pernah merasa kesal saat sistem di Android memperbarui berbagai aplikasi secara auto-update (otomatis) tanpa persetujuanmu?

Tentu hal ini sangat mengesalkan, apalagi jika kuota paket data kamu sudah habis.

Jika ingin menghentikan hal ini, sebenarnya cukup mudah caranya. Berikut adalah beberapa tips agar aplikasi di ponsel Android kamu tidak melakukan auto-update.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Menteri BUMN Era Soeharto Diskusi Soal Ekonomi dengan Ma'ruf Amin

Posted: 11 Feb 2019 10:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Tanri Abeng berkunjung ke kediaman calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Keduanya membicarakan cara untuk memajukan perekonomian Indonesia secara merata dan tanpa kesenjangan. Salah satunya melalui konsep Badan Usaha Milik Rakyat (BUMR).

"Ini adalah koorporatisasi dari usaha-usaha kecil menengah, koperasi dan berskala. Dan di dalam pengembangan itu, dia bisa bekerja berskala besar. Dan salah satu usaha besar itu, BUMN itu sendiri. Kalau dia berkolaborasi dan bekerjasama maka dua-duanya diuntungkan. Usaha besar mendapatkan barang baku murah dan berkualitas dan usaha kecil menengah memperoleh pasar serta dorongan dari industri yang besar," kata Tanri di jalan Situbondo, Jakarta, Selasa (12/2).

Dia mengklaim sepemikiran dengan Ma'ruf Amin soal konsep ekonomi yang berkeadilan.

"Ternyata Pak Kiai sudah menulis buku, yang intinya keadilan. Keadilan itu inti dari BUMR ini. Sebenarnya tidak ada negara yang berkesinambungan dengan tanpanya keadilan itu. Maka ekonomi kita harus berkeadilan," ungkap Tanri.

Selain itu, Tanri juga memuji rencana Ma'ruf yang ingin membekali santri dengan keterampilan ekonomi.

"Santri itu sudah ada modal yang utama, yaitu mereka punya integritas, yang kita butuhkan ilmunya. Ilmunya saya berikan, integritasnya dari pesantren. Jadi kita bayangkan, kita membangun kekuatan dari integritas ke keilmuan jadi satu. Ini menjadi aset bangsa," jelas Tanri.

 

Pelibatan Kaum Santri

Dengan hadirnya BUMR, kata Tanri, kaum santri bisa dilibatkan untuk menerapkan ilmu ekonomi yang mereka dapat.

"BUMR ini dari daerah-daerah. Jadi kita butuh orang daerah. Mungkin mereka di pesantren," tukasnya.

Sementara, Ma'ruf Amin mengaku berterimakasih atas kehadiran Tanri Abeng untuk berdiskusi dengannya. Dia kembali menegaskan, konsep yang akan dibawa yaitu arus baru ekonomi Indonesia.

"Ini supaya menghilangkan disparitas-disparitas, jadi memang ide ini sudah pas betul dan kita harapkan ini menjadi program pemerintah ke depan. Siapapun yang berkuasa di negeri ini. Tapi saya dan Pak Tanri punya pikiran yang sama," tandasnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hotel di New Delhi Terbakar, 17 Orang Tewas

Posted: 11 Feb 2019 10:25 PM PST

Kondisi Hotel Arpit Palace setelah kebakaran yang terjadi dini hari di Distrik Karol Bagh, New Delhi, Selasa (12/2). Pasukan pemadam kebakaran berhasil menyelamatkan 35 orang dari bangunan berlantai lima itu. (AP Photo/Manish Swarup)

Kondisi Hotel Arpit Palace setelah kebakaran yang terjadi dini hari di Distrik Karol Bagh, New Delhi, Selasa (12/2). Pasukan pemadam kebakaran berhasil menyelamatkan 35 orang dari bangunan berlantai lima itu. (AP Photo/Manish Swarup)

Personel kepolisian berada di luar Hotel Arpit Palace yang terbakar di Distrik Karol Bagh, New Delhi, Selasa (12/2). Sebanyak 20 truk pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi setelah panggilan darurat pada subuh waktu setempat. (Prakash SINGH / AFP)

Personel kepolisian berada di luar Hotel Arpit Palace yang terbakar di Distrik Karol Bagh, New Delhi, Selasa (12/2). Sebanyak 20 truk pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi setelah panggilan darurat pada subuh waktu setempat. (Prakash SINGH / AFP)

Petugas pemadam kebakaran melihat keluar jendela yang rusak setelah kebakaran Hotel Arpit Palace di Distrik Karol Bagh, New Delhi, Selasa (12/2). Sejauh ini belum diketahui penyebab munculnya api yang memicu kebakaran tersebut. (Prakash SINGH / AFP)

Petugas pemadam kebakaran melihat keluar jendela yang rusak setelah kebakaran Hotel Arpit Palace di Distrik Karol Bagh, New Delhi, Selasa (12/2). Sejauh ini belum diketahui penyebab munculnya api yang memicu kebakaran tersebut. (Prakash SINGH / AFP)

Personel pemadam kebakaran berada di luar Hotel Arpit Palace setelah memadamkan kebakaran di Distrik Karol Bagh, New Delhi, Selasa (12/2). Sebagian besar korban sedang tidur saat kebakaran terjadi. (Prakash SINGH / AFP)

Personel pemadam kebakaran berada di luar Hotel Arpit Palace setelah memadamkan kebakaran di Distrik Karol Bagh, New Delhi, Selasa (12/2). Sebagian besar korban sedang tidur saat kebakaran terjadi. (Prakash SINGH / AFP)

Kondisi Hotel Arpit Palace setelah insiden kebakaran di Distrik Karol Bagh, New Delhi, Selasa (12/2). Insiden itu mengangkat kembali pertanyaan seputar standar keamanan yang buruk yang mengatur hotel-hotel untuk kalangan kurang mampu (Prakash SINGH / AFP)

Kondisi Hotel Arpit Palace setelah insiden kebakaran di Distrik Karol Bagh, New Delhi, Selasa (12/2). Insiden itu mengangkat kembali pertanyaan seputar standar keamanan yang buruk yang mengatur hotel-hotel untuk kalangan kurang mampu (Prakash SINGH / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri PUPR Sebut Ada Kemungkinan Tarif Tol Trans Jawa Turun

Posted: 11 Feb 2019 10:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memanggil Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang tergabung dalam Asosiasinya Tol Indonesia (ATI) pada Selasa pagi. Pemanggilan tersebut untuk membahas rumusan tarif Tol Trans Jawa yang banyak dikeluhkan mahal oleh para pengguna.

Basuki mengatakan, langkah pemanggilan ini untuk mendengar pendapat dari para operator tol terkait kemungkinan pemangkasan tarif. Namun begitu, sambungnya, banyak pertimbangan lain yang juga harus dipikirkan lebih lanjut sebelum hasil akhir diketok palu.

"Seperti saya sampaikan, sebetulnya tidak semata-mata tarif, ada beberapa hal lain yang mesti dipertimbangkan. Misalnya disampaikan kalau tarif diturunkan nanti pedagang di Pantura juga pada protes katanya. Kalau diturunkan pengguna jalan banyak pindah ke tol, warung usahanya jadi sepi," ungkap dia di kantornya, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Opsi selanjutnya, ia menambahkan, pemerintah turut menyoroti penggunaan transportasi yang 95 persen masih didominasi oleh jalan raya. Dia menginginkan agar pengguna jalur darat seperti Tol Trans Jawa bisa coba beralih moda transportasi menuju kereta api atau kapal laut, sehingga jalan raya dan tol bisa lebih terawat dan awet.

Selain itu, Basuki juga ikut mengamati keberadaan angkutan domestik berlebih muatan (Over Dimension Over Load/ODOL) yang kerap memadati jalan tol.

"Mereka kan tidak bisa lari lebih dari 40 kilometer per jam, sehingga mereka masuk tol pun menjadi lambat dan tidak perlu cepat. Nah kalau tidak perlu cepat mereka lewat jalur Pantura," ujar dia.

Namun demikian, berbagai faktor tadi disebutkannya tengah ditindaklanjuti oleh tim kecil buatan BPJT dan ATI, untuk kemudian dirumuskan berapa kira-kira besaran penurunan tarif Tol Trans Jawa.

Sebab, lanjutnya, perhitungan tarif pun harus mempertimbangkan beberapa opsi lain semisal masa konsesi jalan tol. "Mudah-mudahan satu-dua hari ini bisa dirumuskan, baru nanti kita serahkan ke Kemenkeu baru lapor ke Presiden (Joko Widodo)," tandasnya.

Pengusaha Truk Keluhkan Tingginya Tarif Tol Trans Jawa

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana berpose di Jembatan Pelengkung Kalikuto, Kendal, Jawa Tengah, Kamis (20/12). Jokowi meresmikan tiga ruas Tol Trans Jawa. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pengusaha truk mengeluhkan tarif Tol Trans Jawa yang dinilai terlalu mahal. Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Nofrisel menyebutkan tarif Tol Trans Jawa sangat berpengaruh terhadap pengeluaran perusahaan.

Bahkan jika diakumulasikan, tarif tol meningkat pesat dibanding sebelumnya. "Sebenarnya bukan kemahalan. Kita membacanya bukan rate tarifnya. Kita membacanya bahwa penerapan tarif itu berpengaruh terhadap struktur cost kita, dari sisi pengusaha truk," kata dia di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Dia mengungkapkan, bila melalui jalur Tol Trans Jawa, biaya operasional truk kian membengkak. Padahal, tarif tol mengambil perann cukup besar dari total pengeluaran logistik.

 

 

 

"Kita dengan komponen seperti itu, maka kita merasakan adanya implikasi cost yang naik di struktur cost kita. Jadi kita merasa bahwa komponen tol cukup signifikan pengaruhnya terhadap struktur cost kita," ujar dia.

Dia mengungkapkan, semula biaya untuk jalan tol hanya berkisar antara Rp 500 hingga Rp 600 ribu. Sekarang tarif tersebut membengkak hingga dua kali lipat.

"Cukup signifikan ya (pengaruhnya), kalau sekarang tarif tol hampir sejuta lebih, belum fuel, orang yang bolak-balik. Dua kali lipat," ujarnya.

Dia menyatakan pihaknya berharap tarif tol Trans Jawa dapat ditinjau ulang dengan mempertimbangkan banyak aspek. Diharapkan tarif tol Trans Jawa bisa diturunkan hingga 20 persen.

"Jadi kita berharap bisa dipertimbangkan untuk tarif tol, di-adjust, ditinjau kembali. Sementara yang dilakukan teman-teman Aptrindo ya sebagian tidak lewat jalan tol. Mereka memilih jalur pantura biasa," tutup dia.

Konektivitas di Pulau Jawa kini semakin berkembang. Terutama dengan banyak dibukanya ruas-ruas jalan tol baru yang menghubungkan banyak daerah. Namun kondisi tersebut masih menyisakkan satu permasalahan. Yaitu tarif yang tidak murah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Fakta di Balik Kasus Pelecehan Marko Simic

Posted: 11 Feb 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Langkah striker Persija Jakarta, Marko Simic, menghadapi babak play off Liga Champions Asia 2019 tidak berjalan mulus. Pemain asal Kroasia itu dituduh melakukan pelecehan terhadap wanita di sebelahnya dalam penerbangan dari Bali menuju Australia. 

Marko Simic bertolak ke Australia untuk memperkuat Persija Jakarta menghadapi Newcastle Jets, Selasa malam waktu setempat (12/2/2019). Ini merupakan play-off kedua setelah sebelumnya, Macan Kemayoran berhasil mengalahkan Home United 3-1, 5 Februari lalu. 

Media Australia, 9news.com.au melaporkan, Marko Simic langsung ditanyai oleh Polisi Federal Australia tidak lama setelah mendarat di Australia, Minggu (10/2/2019). Pemain asal Kroasia itu didakwa melakukan tindakan tak senonoh tanpa persetujuan kepada seorang wanita. 

Hari ini, Simic mendatangi pengadilan Downing Centre. Pengacara Simic mengatakan, mereka bakal segera menyelesaikan masalah itu. Namun hakim yang menangani kasus ini, Jennifer Atkinson menyampaikan bahwa skandal yang menimpa Simic akan diperlakukan seperti kasus lain dengan prosedural yang adil terhadap semua pihak termasuk kepolisian.  

Seperti apa kasus ini berdampak pada Marko Simic dan apa saja fakta-fakta yang sudah terungkap? Simak halaman berikutnya. 

Fakta Kasus Marko Simic

Striker Persija Jakarta, Marko Simic, bersiap mengambil tendangan penalti saat melawan Mitra Kukar pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Minggu (9/12). Persija menang 2-1 atas Mitra. (Bola.com/Yoppy Renato)

1. Marko Simic bertolak dari Bali menuju Australia, Minggu (10/2/2019)

2. Pemain asal Kroasia itu terbang ke Australia untuk memperkuat Persija Jakarta  berhadapan dengan Newcastle Jets pada play off Liga Champions Asia, Selasa (12/2/2019). 

3. Polisi Federal Australia telah menanyai Simic di bandara sesaat setelah mendarat. 

4. Kasusnya telah dilimpahkan ke pengadilan Downing Center

5. Marko Simic masih berlatih bersama pemain Persija pada Senin malam.

6. Pengadilan meminta Marko Simic menyerahkan paspornya dan tinggal hingga persidangan berikutnya, 4 April 2019. 

7. Marko Simic terancam dipenjara bila terbukti bersalah. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Yusuf Mansur dan Pilihan Politiknya, Diklaim Masuk ke Kubu Jokowi

Posted: 11 Feb 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan Ustaz Yusuf Mansur? Salah satu seorang pendakwah islam di Indonesia ini sekaligus pengusaha yang sukses.

Yusuf Mansur adalah seorang tokoh pendakwah, penulis buku, pengusaha, serta pimpinan pondok pesantren Daarul Quran Bulak Santri dan pimpinan pengajian Wisata Hati.

Baru-baru ini hangat dibicarakan mengenai pilihan politik Yusuf Mansur. Pendiri sekaligus presiden komisaris PT Veritra Sentosa Internasional atau PayTren ini memberikan kesaksian tentang kebiasaan ibadah Capres Jokowi.

Yusuf Mansur menegaskan, kesaksiannya itu hanya untuk bicara kebaikan. Termasuk menjawab tuduhan fitnah dan ibadah pencitraan yang selama ini kerap disematkan kepada Jokowi.

Profil Yusuf Mansur

Yusuf Mansur lahir di Jakarta 19 Desember 1976 dari keluarga berkecukupan, ayahnya Abdurrahman Mimbar dan ibunya Humrifiah. Dia memiliki seorang istri bernama Siti Maemunah dan dikaruniai 3 anak yaitu Qumii Rahmatul Qulmul, Wirda Salamah Ulya, dan Aisyah Humairoh Hafidzoh.

Sejak usia 9 tahun, kelas 4 MI (Madrasah Ibtidaiyah), ia sering tampil di atas mimbar untuk berpidato. Di Usia, 14 tahun, ia lulus dari MTs. Chairiyah Mansuriyah, pada tahun 1988/1989, sebagai siswa terbaik. Dari MTs. Chairiyah Mansuriyah, kemudian ia melanjutkan ke Madrasah Aliyah Negeri 1 Grogol.

Yusuf Mansur merupakan lulusan terbaik dari Madrasah Aliyah Negeri 1 Grogol, Jakarta Barat, tahun 1992 dan pernah kuliah di jurusan Informatika namun berhenti di tengah jalan karena lebih suka balapan motor. Meski tak sempat menuntaskan kuliah, Ustadz Yusuf bersama dua temannya mendirikan perguruan tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika.

Lika-liku Kehidupan Yusuf Mansur

Yusuf Mansur (via yusufmansur.com)

Pada tahun 1996, ia terjun ke dunia bisnis informatika namun sayang ia malah terlilit hutang dan harus masuk rumah tahanan selama 2 bulan dan terulang kembali di tahun 1998. Selama di penjara Yusuf Mansur menemukan hikmah tentang hebatnya sedekah. Sehingga selepas dari penjara ia memulai usaha dari nol dengan berjualan es di terminal Kali Deres. Berkat keikhlasan sedekah, akhirnya bisnis beliau berkembang. Tak lagi berjualan dengan termos, tapi memakai gerobak, ia juga mulai punya anak buah.

Hidup Yusuf Mansur mulai menemukan titik terang setelah bertemu dengan seorang polisi yang memperkenalkannya dengan LSM. Selama bekerja di LSM itulah, ia membuat buku "Wisata Hati Mencari Tuhan yang Hilang". Buku yang terinspirasi oleh pengalamannya sewaktu di penjara saat rindu dengan orang tua. Tak disangka buku ini mendapat sambutan yang luar biasa.

Berkat buku tersebut, Yusuf Mansur sering diundang untuk mengisi bedah buku. Dan dari sinilah, undangan ceramah mulai menghampiri beliau. Di setiap kesempatan saat beliau ceramah, ia selalu membubuhkan kisah-kisah nyata kedahsyatan sedekah.

Yusuf Mansur dan Pilihan Politiknya

Baru-baru ini hangat dibicarakan mengenai pilihan politik sang ustaz berada di kudu manakah pada pilpres 2019 ini. Yusuf Mansur mengaku ia berada di tengah dalam pemilihan pilpres 2019 dengan kata lain netral. Yusuf Mansur menyebut posisinya tidak berada di salah satu pasangan calon presiden dan wapres. Ia mengaku berada di tengah.

"Saya sih maunya jadi ustaz, ulama, sekarang posisi masih baru, belum ulama, doain bisa jadi ulama. Kan gini yang main di tengah ini, perlu ada yang ngademin," katanya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (31/8). Dikutip Liputan6.com dari Merdeka.com, Selasa (12/2/2019).

Menurutnya, dengan menjadi orang yang tak berpihak atau di tengah, maka akan membawa kesejukan.

"Posisinya bawa kesejukan, juga berdoanya buat semua, saya memilih posisi itu atas izin Allah SWT. Tapi kan di sini saya juga belajar banyak. Saya bersyukur di usia ini diizinkan Allah peristiwa besar, orang lain ngelihatnya dari deket, deket dengan pak Jokowi, deket Kiai Ma'ruf, deket Pak Prabowo, deket pak Sandi," ujarnya.

Meski demikian, ke depannya ia tidak dapat memastikan apakah akan tetap berada di tengah atau konsisten tidak memihak salah satu kubu paslon.

"Kalau dibilang tidak akan, kan tidak boleh. Kesannya kan kaya ngeduluin. Gimana ntarnya dah haha," ucapnya.

 

Diklaim Akan Masuk Kubu Jokowi

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf sekaligus Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mengklaim ustaz kondang Yusuf Mansur bakal bergabung dengan kubu Jokowi.

Sebelumnya, Ma'ruf Amin juga menceritakan bahwa Yusuf Mansur ingin ikut mendukungnya. Alasannya, Ma'ruf Amin adalah guru Yusuf Mansur. Keduanya pernah melakukan pertemuan di rumah Ma'ruf Amin kawasan Koja, Jakut, Kamis (30/8/2018) lalu.

"Saya belum cek secara langsung tetapi kalau itu benar, dan pasti benar. Karena Kiai Ma'ruf sebagai posisi (calon) Wakil Presiden tidak mungkin menyatakan suatu data yang tidak benar," kata Karding di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (31/8/2018).

Karding mengungkapkan, Yusuf Mansur akan masuk ke tim kampanye karena dia memiliki simpati pada Jokowi. Dia pun rencananya akan diberi posisi sebagai dewan pengarah.

"Alhamdulillah tim kita tambah energi, tambah kekuatan, apapun Kiai Yusuf Mansur itu adalah tokoh muda yang menjadi panutan, jadi contoh dan memiliki pengaruh dan popularitas yang besar. Saya kira ini energi baru dan kekuatan yang baru bagi pemenangan Jokowi," ungkapnya.

"Bisa saja beliau masuk di tim kampanye nasional sebagai salah satu pengarah atau masuk sebagai jurkam atau melekat langsung ke kiai Ma'ruf atau model-model relawan. Jadi terserah pilihan-pemilihan beliau nyamannya di mana," sambungnya.

Menurutnya dengan bergabungnya Yusuf Mansyur di tim kampanye akan menambah kekuatan koalisi Jokowi-Ma'ruf serta bisa merangkul tokoh muslim lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengalaman Gagal Audisi Bikin Yotari Kezia Semangat Bernyanyi

Posted: 11 Feb 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama Yotari Kezia memang belum banyak dikenal di kancah musik Tanah Air. Namun wajahnya sudah seringkali muncul dalam beberapa ajang pencarian bakat menyanyi.

Dari mulai Idola Cilik, X-Factor, Rising Star, hingga Indonesian Idol pun beberapa kali ia ikuti. Namun, Yotari Kezia belum juga beruntung menjuarai ajang pencareian bakat tersebut.

Meski gagal, Yotari Kezia tak menyerah. Kali ini, setelah menjuarai Joox Karaoke Superstar, Yotari Kezia kembali lewat sebuah single debutnya berjudul "Warna Baru".

"Single ini (Warna Baru) merupakan lagu yang aku tulis sendiri yang ceritanya tentang pengalaman cinta aku," kata Yotari Kezia saat ditemui di kantor label musik Warner Music Indonesia, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

 

Ciptaan Sendiri

Yotari Kezia (Adrian Putra/Fimela.com)

Tak hanya pandai menyanyi, Yotari juga rupanya pandai merangkai kata-kata menjadi sebuah lirik. Single terbaru Yotari Kezia ini bercerita tentang pengalaman asmaranya yang ia tuangkan ke dalam "Warna Baru".

"Ini lagu aku nulis sendiri. Basically aku lebih suka nulis daripada nyanyi. Apa yang aku alami atau orang lain alami itu kayak ada di kepala aku, ada nadanya, ada musiknya. Warna baru itu pengalaman aku jatuh cinta. Aku selama dua puluh tahun itu kayak enggak pernah ngerasain jatuh cinta. Waktu aku kuliah aku kenal cowok, kita itu pernah melakukan Pendekatan (PDKT) dan sampai aku ngerasain jatuh cinta. Itu soal pertama kali ngerasain jatuh cinta," jelas Yotari.

Pengalaman

Yotari Kezia.

Pencapaian Yotari ini tak lepas dari pengalaman berharga yang ia dapat selama mengikuti beragam ajang pencarian bakat. Untuk itu, ia juga berpesan kepada generasi muda agar tidak mudah menyerah ketika menemui kegagalan.

"Banyak sih (pelajaran yang didapat), lebih ke bagaimana caranya agar gak mudah menyerah. Apalagi untuk anak muda seumuran aku yang punya mimpi, dll. Tapi ketika langkahnya terhenti langsung ngeluh," kata Yotari Kezia.

Ia melanjutkan, "aku belajar kayak 'ketika lo gagal, itu bukan akhir dari segalanya. Tapi awal dari proses'. Aku belajar untuk encounters my feeling. Kalau aku gagal berarti ada yang aku harus upgrade. Lebih ke mental sih," jelasnya lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musik Remix Pedagang Keliling Roti dan Es Krim Ini Bikin Semangat Beli

Posted: 11 Feb 2019 10:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kamu mungkin tentu sudah sering melihat penjual roti dan es krim keliling. Ada yang menggunakan sepeda ada juga yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

Biasanya padagang keliling roti dan es krim ini identik dengan musik khas yang dipasang di kendaraan pedagang.

Musik yang dipasang oleh pedagang dalam kendaarannya mimiliki ciri dan kreasi yang menarik untuk menarik hati pelanggan.

Namun apa jadinya jika musik pedagang keliling yang menjual roti dan es krim diremix sedemikian rupa sehingga makin enak didengar. Kreasi musik ini adalah karya YouTuber bernama Qbcle

Berikut Liputan6.com rangkum musik remix pedagang keliling roti dan es krim yang makin bikin semangat belinya, Selasa (12/2/2019).

1. Musik remix ini dibuat dengan menggabungkan ciri khas musik dari pedagang keliling roti dan es krim.

2. Makin enak didengar dan makin ingin mencicipi es krim dan rotinya nih.

3. Kreasi musik ini adalah karya YouTuber bernama Qbcle. Untuk versi lengkapnya bisa langsung kamu lihat di YouTube-nya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurang Pendampingan, UMKM RI yang Go Digital Masih Minim

Posted: 11 Feb 2019 10:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) digadang-gadang menjadi tonggak ekonomi Indonesia.

Hanya saja, di tengah perkembangan era digitalisasi, UMKM Indonesia belum mampu memaksimalkan peluang dan potensi itu sebagai alat mengembangkan usahanya.

Pengamat Ekonomi Digital, Yudi Candra mengatakan, hingga akhir 2018  jumlah usaha mikro sebanyak 58,91 juta unit, usaha kecil 59.260 unit dan usaha besar 4.987unit. Namun begitu yang sudah go digital baru lima persen saja. Sisanya masih sangat konvensional dalam pengembangan usahanya. 

"Kalau di Amerika Serikat sudah 90 persen yang sudah go digital, Indonesia baru sekitar 5 persenan saja," ujar dia di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Dia menuturkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan UMKM Indonesia mengalami perlambatan pertumbuhan usaha yaitu permodalan, sumber daya manusia (SDM), dan kemampuan untuk menembus pasar. 

"Selain modal, UMKM kita terkendala masalah jaringan pasar. Itulah pentingnya UMKM melek media supaya mampu merambah pasar lebih luas," ungkap dia.

Hanya saja, di tengah hiruk pikuk kemudahan promosi yang bisa dilakukan di media berbasis online seperti media sosial (medsos), kurang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM. Ini karena minimnya pendampingan dari pemerintah akan pemahaman tentang digitalisasi, dan potensi media sosial sebagai sarana promosi.

"Yang sadar dan tahu melakukan promosi melalui medsos masih sangat minim. Masih sangat banyak sekali pelaku usaha yang belum membuat medsos, bahkan tidak sedikit pula yang sudah punya hanya saja tidak bisa mengoperasikan karena dibuatkan orang. Lantas bagaimana mereka bisa mempromosikan produknya kalau tidak punya akun atau tidak mengoperasikan medsos," ujar dia.

Untuk itu, pria yang juga menjabat sebagai CEO PT Duta Sukses Dunia ini berharap‎ pemerintah mulai memberikan perhatian secara serius terhadap UMKM nasional guna mendongkrak ekonomi nasional dan terlebih mampu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat luas.

"UMKM butuh perhatian lebih, bukan dibiarkan liar jalan sendiri-sendiri," kata dia.‎

 

Cara Instagram Dorong UMKM Go Online

Pengunjung melihat pakaian di Skybridge Tanah Abang, Jakarta, Jumat (4/1). Pemerintah menargetkan Penyaluran kredit usaha (KUR) untuk 2019 ditetapkan sebesar Rp 140 triliun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Head of Emerging Business and SMBs Facebook dan Instagram South-East Asia, Ferdy Nandez, mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung program UKM Go Digital yang digalang Pemerintah.

Menurut dia, dukungan yang diberikan Instagram berupa edukasi dan pelatihan kepada calon pelaku usaha yang hendak go digital, maupun kepada pelaku yang sudah terlibat dalam bisnis digital dan hendak memperluas jaringan bisnis.

"Kami juga melakukan pelatihan, gratis tidak berbayar. Pelatihan tersebut kurang lebih sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh UMKM. Misalnya ada yang baru mau mulai kita berikan pelatihan yang dasar menggunakan fitur-fitur di Instagram. Ada juga kita berikan yang tingkat advance. Kita juga berikan training untuk fotografi," kata dia, saat ditemui, di Kawasan GBK, Jakarta, Kamis 8 November 2018.

"Ada juga pelatihan kepada ibu-ibu rumah tangga bagaimana caranya mencari job sampingan. Ini yang coba kita berdayakan karena mereka main Instagram setiap hari bagaimana bisa untuk bisnis juga," lanjut dia.

Selain itu, Instagram kerap bekerja sama dengan pemerintah, misalnya dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Koperasi untuk memberikan pelatihan di berbagai wilayah di Indonesia.

Diharapkan dengan kegiatan sejenis, makin banyak pelaku UMKM yang didorong untuk dapat memasarkan dan memperluas cakupan bisnis secara online.

"Kita kerja sama dengan Kominfo, Kementerian Koperasi untuk laju digital, kita pergi dari barat Indonesia sampai timur. Terakhir kita akan ada di Manokwari. Kita akan ada di 15 kota. Per hari kita akan ada 600 sampai 800 UKM yang datang," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat, Jangan Pernah Mendengarkan Musik Saat Naik Motor

Posted: 11 Feb 2019 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mengurangi rasa bosan saat bepergian, tak jarang pengendara sepeda motor yang memilih untuk mendengarkan musik saat berkendara sepeda motor. Biasanya, si biker menggunakan earphone, baik dengan volume kecil atau hanya memasang di satu telinga.

Namun, mendengarkan musik saat berkendara ternyata memiliki risiko yang sangat besar. Pasalnya, saat berkendara, dibutuhkan konsentrasi penuh, dan jangan ada hal yang merusak hal tersebut.

Melansir laman Suzuki Indonesia, jangan hanya untuk kesenangan semata, malah justru bisa memecah fokus Anda ketika melaju di jalan saat mengendarai motor.

Menutup telinga dengan memakai earphone, sama saja dengan mengurangi fungsi telinga, yaitu mendengar. Padahal, saat berkendara di jalanan umum, banyak hal yang wajib kita dengar dan perhatikan.

Kalau telinga sudah diisi dengan suara lain, maka itu sama saja dengan kita tidak tahu dan mendengar apa yang ada di sekitar kita, contohnya klakson dari kendaraan lain.

 

Selanjutnya

Anda pasti tahu bahwa suara klakson yang dikeluarkan dari kendaraan lain mungkin saja peringatan yang perlu diperhatikan, karena mungkin saja sedang dalam kondisi bahaya, dan perlu diperingati.

Tidak cuma itu, suara-suara yang keluar dari earphone juga bisa membawa Anda dalam ruang imajinasi, sehingga akan terpecahlah konsentrasi.

Walaupun menggunakan earphone ketika mengemudi tidak secara eksplisit ilegal, tetapi tetap berbahaya dan bisa menjadi penyebab kecelakaan karena suara yang datang dari earphone menyebabkan gangguan yang cukup signifikan. Pengendara berisiko tidak punya kontrol yang penuh terhadap kendaraan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Tegaskan Bergerak Sesuai Fakta di Kasus Slamet Ma'arif

Posted: 11 Feb 2019 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polri menegaskan tidak ada tebang pilih dalam saat menjadikan Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Ma'arif sebagai tersangka atas dugaan pelanggaran kampanye di luar jadwal.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, polisi bergerak sesuai fakta hukum dalam penegakannya.

"Kita tidak mengandai-andai suatu peristiwa pidana, basic-nya adalah suatu fakta hukum yang dilaporkan dalam hal ini Bawaslu melaporkan. Artinya, dilengkapi fakta karena ranahnya pemilu bawaslu dalam hal ini jadi leading sector," kata Dedi di PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (12/2/2019).

Menurut Dedi, sesuai dengan laporan Bawaslu, alasan Slamet dijadikan tersangka karena yang bersangkutan melanggar jadwal kampanye, dan juga materi kampanye yang dibawakannya saat agenda tabligh akbar.

"Jadi Bawaslu telah melakukan assessment, analisa terhadap bentuk pelanggaran Pemilu yang dilakukan oleh ketua PA 212 di Surakarta itu ya," jelas jenderal bintang satu ini.

Dedi menegaskan, kepolisian melalui Polda setempat tidak akan berdiri sendiri dalam melakukan penindakan, melalui kordinasi dengan sentra penegakkan hukum terpadu atau Gakumdu.

"Proses pemeriksaan akan diverifikasi kembali sesuai dengan fakta diajukan oleh Bawaslu menyangkut masalah dan bentuk pelanggaran pemilu dilakukan," terang Dedi.

Pemeriksaan Diundur

Saat ini diketahui, penyidikan Slamet Maarif telah diteruskan ke Polda Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan pertimbangan berbagai aspek penyidik yang memahami di lapangan. Seperti, aspek keamanan, aspek efektifitas dan efisiensi pekerjaan, secara teknis.

"Pemeriksaan yang bersangkutan, sedianya dilakukan Rabu tapi diundur jadi Senin. Itu permintaan pengacaranya, dan tetap kita layani," Dedi menyudahi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran Hotel di Ibu Kota India Tewaskan 17 Orang

Posted: 11 Feb 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, New Delhi - Kebakaran melanda sebuah hotel di ibu kota India, New Delhi, di mana sedikitnya menewaskan 17 orang, termasuk seorang anak di bawah umur, lapor otoritas setempat.

Kobaran api muncul pada Selasa dini hari di Hotel Arpit Palace yang berlokasi di tengah kepadatang pusat kota New Delhi, demikian sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Selasa (12/2/2019).

Regu pemadam kebakaran dan petugas kepolisian India mengatakan jumlah korban tewas, sejauh ini mencapai 17 jiwa, dan empat orang lainnya dilaporkan terluka.

Setelah upaya pengendalian selama berjam-jam, petugas pemadam kebakaran India berhasil menyelamatkan 35 orang yang terjebak di dalam bangunan hotel.

Berbagai foto yang beredar di media sosial menunjukkan api yang diikuti oleh asap tebal mengepul dari lantai atas hotel, yang populer di kalangan pelancong dengan anggaran terbatas.

Belum diketahui pasti apa penyebab kebakaran tersebut, dan pihak berwenang berjanji segra mengklarifikasinya dalam waktu dekat.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Sering Terjadi Kebakaran di India

Ilustrasi bendera India (AFP Photo)

Kebakaran yang tidak disengaja sering terjadi di seluruh India karena standar keselamatan yang buruk, dan lemahnya penegakan peraturan.

Pada Desember lalu, enam orang tewas ketika api melahap sebagian area salah satu rumah sakit di Mumbai, ibukota negara bagian Maharashtra, di pesisir barat negara itu.

Kebakaran juga terjadi di Mumbai pada 2017 lalu, yakni ketika api melahap habis sebuah restoran populer di pusat kota. Sebanyak 14 orang dilaporkan tewas dalam kejadian tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Malaysia Tangkap 2 Orang Terduga Pemutilasi Pengusaha Asal Bandung

Posted: 11 Feb 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyampaikan, pihak kepolisian Malaysia (PDRM) telah mengamankan dua terduga pelaku pembunuhan disertai mutilasi terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) atas nama Nuryanto yang merupakan bos tekstil asal Bandung dan stafnya, Ai Munawaroh.

"Dari PDRM sudah amankan dua terduga pelaku Warga Negara Pakistan yang merupakan teman bisnis dari korban tersebut," tutur Dedi di Gedung Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Selasa (12/2/2019).

Untuk itu, Polri terus memberikan setiap data yang dibutuhkan oleh pihak kepolisian Malaysia dalam upaya mengusut tuntas kasus tersebut. Baik berupa DNA keluarga, data seluler dan internet, hingga sejumlah dokumen terkait korban.

"Penguatan alat bukti ini sangat penting yakinkan kepolisian Diraja Malaysia untuk identifikasi korban dan untuk memutuskan betul-betul kedua tersangka yang saat ini diduga dalam proses penanganan PDRM betul pelakunya. Keterkaitan hubungan ini erat peristiwa pidana," jelas Dedi.

Berdasarkan informasi keluarga, Nuryanto berangkat ke Malaysia untuk urusan bisnis dan penagihan uang. Penyelidikan itu menjadi ranah kepolisian Malaysia dalam wewenang motif kasus pembunuhan tersebut.

"Itu didalami. Itu ranah PDRM yang bertanggung jawab setuntas-tuntasnya peristiwa mutilasi yang kebetulan korban WNI," Dedi menandaskan.

Polisi Malaysia menginformasikan bahwa jasad diduga Nuryanto ditemukan di sekitar sungai Buloh, Selangor, pada 26 Januari 2019. Dia merupakan pengusaha tekstil asal Bandung.

Dari pihak keluarga sendiri menyampaikan bahwa Nuryanto berangkat ke Malaysia dalam rangka urusan bisnis pada Kamis 17 Januari 2019. Hanya saja, mereka kehilangan kontak pada 22 Januari 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibanderol Fantastis, Apa Istimewanya Hijab Ini?

Posted: 11 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangan tren fashion, model hijab pun juga kian beragam dan terus berinovasi. Kini ada begitu banyak model hijab yang bisa dipilih para muslimah. Persaingan pasar membuat banyak produsen hijab berlomba-lomba menjual hijab dengan harga yang murah. Namun, bukan berarti tak ada yang berani menjual dengan harga tinggi ya.

Buktinya sebuah produsen busana muslim asal Negeri Jiran, Malaysia, telah meluncurkan koleksi hijab dengan harga yang fantastis. Dikutip dari Malaysia stylo news, brand hijab Malaysia bernama Bawal Exclusive (BE) baru memecahkan rekor dengan menjual hijab seharga RM 33.000 atau setara dengan Rp 112 Juta untuk sehelai hijabnya.

Sebelumnya, pada tahun 2017 brand ini juga berhasil memecahkan rekor hijab termahal di Malaysia, yakni sehelai hijab dibanderol seharga R, 21.600 atau setara dengan Rp 73 Juta.

Nyatanya yang membuat hijab ini berharga fantastis ialah taburan swarovski di atasnya. Dengan inovasi ini mereka telah berhasil meraup untung hingga RM 6 Juta atau setara dengan Rp 20 Miliar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Hijab Termahal?

hijab termahal di dunia? (foto: Bawal Exclusive)

Bawal Exclusive akan kembali memproduksi koleksi hijab premiumnya ini pada hari raya Idul Fitri 2019 mendatang. Tak tanggung-tanggung, mereka akan memproduksi hijab dengan taburan swarovski yang lebih banyak sehingga akan dihargai senilai Rp 170 Juta.

Salah satu perwakilan dari brand BE mengatakan bahwa mereka akan menggunakan taburan swarovski dari Austria. Tak cukup sampai di situ, bahan untuk hijabnya sendiri juga akan diimpor dari Jepang. Untuk harga sendiri, masih akan disesuaikan dengan jumlah swarovski yang akan digunakan.

Nah, bimana apa kalian berminat untuk membeli?

Reporter:

Syifa Fauziah

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU vs PSG: 3 Duel Menarik yang Akan Terjadi di Old Trafford

Posted: 11 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Leg pertama babak 16 besar Liga Champions dibuka dengan laga Manchester United (MU) kontra Paris Saint Germain (PSG), Rabu (12/2/2019) dinihari WIB. MU akan bertindak sebagai tuan rumah pada leg pertama yang berlangsung di Old Trafford.

Laga MU vs PSG menjadi salah satu duel yang paling dinantikan publik. Pasalnya, kedua tim dihuni para pemain bintang dan terbaik di dunia.

Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer sudah memprediksi laga di Old Trafford akan spesial. "Kami sangat menantikan laga ini," kata Solskjaer seperti dilansir situs resmi klub.

Di sisi PSG, tim asuhan Thomas Tuchel akan datang tanpa Neymar, Marco Verratti, dan Edinson Cavani. Ketiganya terpaksa absen karena cedera.

Namun demikian, absennya ketiga bintang itu tak akan mengurangi antusiasme publik. Pasalnya, ada beberapa duel menarik yang bakal tetap bisa disaksikan.

Berikut tiga duel tersebut

 

1. Ole Gunnar Solskjaer vs Thomas Tuchel

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer  (Owen Humphreys/PA via AP)

Pertemuan MU vs PSG berarti duel taktik antara dua manajer muda. Solskjaer di kubu MU dan Tuchel bersama PSG.

Berbeda dengan Tuchel di PSG, Solskjaer tergolong baru menukangi MU. Ia masuk ke Setan Merah menggantikan Jose Mourinho yang dipecat pada Desember tahun lalu.

Kendati demikian, Solskjaer sudah menunjukkan kinerja positif. Paul Pogba dan kawan-kawan belum terkalahkan dalam 11 pertandingan sejak diasuh Solskjaer.

Sementara itu, Tuchel sudah melatih PSG sejak awal musim ini. Satu trofi Piala Prancis telah dipersembahkannya bagi Le Parisien.

Untuk urusan formasi, Tuchel lebih sering memakai 4-3-3 dengan memaksimalkan trio Mbappe, Neymar, dan Cavani di lini depan.

Hal yang sama berlaku bagi Solskjaer di MU. Hanya saja, Solskjaer tak jarang mengubah formasi itu menjadi 4-4-2 atau 4-3-1-2.

2. Kylian Mbappe vs Marcus Rashford

Kylian Mbappe. (AP/Scott Heppell)

Reputasi Mbappe sebagai salah satu bintang muda mendapat saingan dari Marcus Rashford. Ya, striker muda MU ini sedang berada dalam penampilan terbaiknya di bawah asuhan Solskjaer.

Sejak menembus skuat inti MU tiga musim lalu, Rashford menjelma sebagai salah satu bintang masa depan. Di usia yang baru 21 tahun, ia telah mencatatkan 153 penampilan dan 42 gol bagi MU.

Mbappe sendiri baru berusia 20 tahun. Namun untuk urusan gol, ia telah mencetak 74 gol dalam 143 pertandingan di level profesional.

Duel adu tajam antara Mbappe dan Rashford pun layak dinantikan. Solskjaer sendiri mengatakan, Rashford dan Mbappe akan sama-sama dominan di masa depan.

"Para striker tidak benar-benar mendominasi sepak bola. Tetapi keduanya akan punya kesan luar biasa di sepak bola untuk 10 tahun ke depan. Mereka akan meramaikannya," kata Solskjaer.

3. Gianluigi Buffon vs David de Gea

Kiper Manchester United, David De Gea. (AP/Rui Vieira)

Duel terakhir yang tak kalah menarik adalah antara dua kiper beda generasi, Gianluigi Buffon (PSG) dan David de Gea (MU). Meski berbeda usia, Buffon dan De Gea masuk dalam deretan kiper terbaik di dunia.

Buffon yang kini berusia 40 tahun tentu ingin menutup kariernya dengan trofi Liga Champions. Namun, ia harus melewati adangan De Gea yang juga ingin meraih trofi itu untuk pertama kali bersama MU.

Kehadiran keduanya di bawah mistar gawang masing-masing tentu menyulitkan lini serang untuk menciptakan gol. Patut ditunggu, gawang siapakah yang lebih dulu bobol di Old Trafford nanti.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat, Kondisi Kerja yang Timbulkan Stres Berat

Posted: 11 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit pekerja yang menghadapi kondisi kerja yang menimbulkan stres berat. Kondisi tersebut diantaranya kurang waktu istirahat, pekerjaan yang semakin kompleks, dan ketidakjelasan karier di masa depan.

Temuan kondisi kerja yang paling banyak menimbulkan stres berat bagi pekerja tersebut didapat dari hasil Survei Faktor Psikologi Kerja. Survei ini dilakukan oleh Serikat Pekerja Media dan Industri Kreatif untuk Demokrasi (SINDIKASI).

Hasil survei stres pada pekerja dipaparkan dalam diskusi Kerja Waras untuk Pekerja Lepas yang pada Sabtu, 9 Februari 2019 untuk memeringati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Praktisi Kesehatan Mental, Jiemi Ardian mengakui, kondisi kerja yang tidak sehat bisa menjadi pemicu stres. Hal itu meningkatkan ambang stres pekerja.

"Puncaknya adalah mental breakdown, depresi, gangguan kesehatan mental. Untuk mengenalinya (mental breakdown) cukup dengan melihat, apakah ada gangguan tidur," ujar Jiemi dalam rilis, ditulis Selasa, 12 Februari 2019.

Mental breakdown adalah istilah yang menggambarkan stres emosional atau fisik sementara yang membuat seseorang tidak dapat menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari. Gejala mental breakdown, salah satunya dapat dilihat dari pola tidur.

"Kondisi itu bisa dilihat dari jadwal tidur yang tidak teratur, baik tidur terlalu banyak atau tidak cukup," kata Praktisi Kesehatan Jiwa Timothy Legg, dilansir dari Medical News Today.

Oleh karena itu, perusahaan atau pemberi kerja perlu mewujudkan tempat kerja yang sehat untuk mental para pekerja. Stres pun bisa dikontrol.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Risiko kerja yang pengaruhi kesehatan mental

Risiko kelelahan karena terlalu banyak lembur.(iStockphoto)

Peneliti dan Divisi Riset & Edukasi SINDIKASI Fathimah Fildzah Izzati mengungkapkan, survei kondisi pekerja ini menggunakan enam standar faktor psikologi yang terdapat dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 5 Tahun 2018 tentang K3, yakni ketaksaan (ambiguitas) peran, konflik peran, beban berlebih kuantitatif, beban berlebih kualitatif, pengembangan karir, dan tanggung jawab terhadap orang lain.

Namun, standar tersebut dinilainya belum mencakup risiko kerja yang memengaruhi kesehatan mental, terutama pekerja di industri media dan kreatif.

Risiko yang dimaksud berupa kelelahan karena terlalu banyak lembur dan kekerasan seksual di tempat kerja. Risiko lainnya di luar tempat kerja, seperti kemacetan.

"Pekerja juga harus menghadapi victim blaming, kalau mengeluh banyak kerjaan dianggap banyak mengeluh, tidak siap kerja, tidak siap dengan risiko pekerjaan. Jadi, mereka memilih tidak melaporkan karena takut disalahkan atau takut kehilangan pekerjaan," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wow, Mike Tyson Isap Ganja Raksasa

Posted: 11 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mike Tyson menghadiri festival ganja di Los Angeles, AS. Dalam acara tersebut ia mengisap ganja berukuran 30 cm.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angka pada Hati Ayam Bikin Geger Jemaat Gereja, Ini Kata Dokter Hewan

Posted: 11 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penampakan hati ayam bertuliskan angka membuat heboh jemaat salah satu gereja di Kupang. Temuan aneh pada hati ayam itu awalnya diketahui ibu-ibu bagian konsumsi acara rapat tahunan Gereja Sonaf Neka Huilelot.

Sebelumnya, bagian konsumsi membeli dua ekor ayam di Kota Kupang untuk dipotong dan dimasak pada acara tersebut. Saat ayam dibersihkan, ada tulisan jelas pada hati ayam.

Seorang jemaat gereja, Nelcina Pong Baung kepada Liputan6.com mengatakan, pada hati ayam itu tertera angka 10D2E01. Sementara di bagian ujungnya juga tertulis jelas angka 2020.

Menanggapi temuan tersebut, Sri Hartati, seorang dokter hewan di Jakarta saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (12/2/2019) mengatakan, hati ayam yang asli warnanya polos. Kelainan pada bentuk umumnya berkaitan dengan pertumbuhan sel yang menyimpang.

"Tapi itu jarang terjadi pada hewan," ungkap Sri.

Dari sisi medis, Sri tidak bisa menjelaskan kelainan apa yang terdapat pada ayam, karena tulisan pada hati ayam itu tampak sempurna, rapi, dan bagus.

"Itu seperti ditulis, kalau kelainan berantakan dong bentuknya," ungkap Sri.

Sementara itu, temuan aneh tersebut sudah dilaporkan ke pihak klasis gereja. Saat ini, hati ayam ajaib itu disimpan di kulkas milik pendeta Viktor Paulus Boru. Rencananya hati ayam bertuliskan angka itu akan dikuburkan pada Rabu, 13 Februari 2019, setelah rapat klasis.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bebas dari Anti Dumping,Krakatau Steel Genjor Ekspor ke Malaysia

Posted: 11 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tim Dumping PT Krakatau Steel (Persero) Tbk berhasil membebaskan perusahaan ini dari pengenaan anti dumping duty atas produk hot rolled coil (HRC) di Malaysia. Upaya tersebut dilakukan melalui mekanisme administrative review yang diajukan sejak Juli 2018.

Ministry of International Trade & Industry Malaysia pada keputusan akhirnya menyatakan jika saat ini tidak ada industri dalam negeri di Malaysia yang menyuplai produk HRCsehingga pengenaan anti dumping duty menjadi tidak relevan lagi. Secara resmi pengenaan anti dumping duty terhadap Krakatau Steel mulai dicabut pada 9 Februari 2019.

Proses administrative review yang memakan waktu 6 bulan ini meliputi berbagai tahapan proses, diantaranya pembuatan aplikasi permohonan, pengisian kuesioner dan pembuatan tanggapan/sanggahan.

Langkah pencabutan pengenaan ini diharapkan akan dapat meningkatkan volume ekspor HRC Krakatau Steel ke Malaysia.  

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim mengapresiasi kerja keras dari Tim Dumping Perseroan yang berhasil melakukan tugasnya serta menyambut baik kebijakan yang dilakukan pemerintah Malaysia tersebut. Perseroan memperkirakan bahwa kebutuhan baja di Malaysia mencapai 9,4 juta per tahun.

"Dengan ini kami akan meningkatkan ekspor ke Malaysia karena mereka customer setia Krakatau Steel dari dulu. Dan dijaman saya kita dorong lagi supaya ikut meningkatkan ekspor nasional," jelas Silmy.

Dia memetakan jika ekspor baja Krakatau Steel pada tahun ini akan berkisar 400.000-500.000 ton ke Malaysia. Sehingga ekspor perseroan pada tahun ini diperkirakan bisa naik dua kali lipat dibanding 2018.

"Nilai ekspor total kami targetkan akan berjumlah sekitar US$ 200 juta atau kurang lebih 10 persen dari total penjualan," jelasnya.

Langkah serupa dilakukan pemerintah Australia. Direktur Pemasaran PT Krakatau Steel Purwono Widodo menambahkan Australia juga tidak memperpanjang kebijakna anti dumping produk baja Indonesia sejak akhir Desember 2018. Dengan terbukanya peluang tersebut, ekspor Perseroan tidak hanya mengincar pasar ASEAN tapi juga Australia.

"Jadi baik ke Malaysia maupun Australia ekspor HRC dan Hot Rolled Plate (HRP) dari Krakatau Steel direncanakan meningkat," kata Purwono.

Purwono juga menjelaskan secara keseluruhan jumlah ekspor ke Australia memang tidak sebesar di Malaysia. Perseroan menargetkan akan menyuplai 5.000 ton baja ke Australia per kuartal.

 

 

Pekerja mengikat baja yang akan dipindahkan untuk di kirim melalui Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Kamis (15/12). Di Indonesia peluang pengembangan industri dan konstruksi baja nasional masih terbuka lebar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pada Januari lalu, pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan pembatasan impor baja lewat Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 110 tahun 2018 tentang Ketentuan Impor Besi atau Baja, Baja Paduan, dan Produk Turunannya.

Peraturan ini mulai berlaku pada 20 Januari 2019 dan diharapkan dapat memberikan peluang pertumbuhan bagi industri baja nasional karena penggunaan baja impor akan dibatasi dan lebih mengutamakan penggunaan baja lokal.

"Kami optimis bahwa tahun ini Krakatau Steel dapat menaikan penjualan dan produksi baja sebesar 20%-30% dibanding tahun 2018," tambah Purwono.

Terkait kinerja, pada kuartal ketiga 2018, perseroan mampu mencatatkan peningkatan volume penjualan sebesar 14,21 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu menjadi 1.595.260 ton.

Kontribusi kenaikan ini disumbang meningkatnya penjualan baja lembaran panas dan long product sebesar 26,20 persen dan 12,92 persen menjadi 913.619 ton dan 216.738 ton dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Kenaikan volume pendapatan ini, mendorong perseroan meraih pendapatan bersih sebesar USD 1.274,10 juta atau meningkat 22,71 persen dibanding Q3 tahun 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampakan Tiang Pancang Turap yang Terbengkalai di Aliran Sungai Ciliwung

Posted: 11 Feb 2019 10:00 PM PST

Tiang pancang turap aliran anak kali ciliwung yang terbengkalai di kawasan Jalan Gudang Air, Jakarta, Selasa (12/2).Pengerjaan yang tak kunjung selesai menyebabkan jalan hadidji dan sekitar kerap banjir jika hujan deras.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tiang pancang turap aliran anak kali ciliwung yang terbengkalai di kawasan Jalan Gudang Air, Jakarta, Selasa (12/2).Pengerjaan yang tak kunjung selesai menyebabkan jalan hadidji dan sekitar kerap banjir jika hujan deras.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana proyek tiang pancang turap aliran anak kali ciliwung yang terbengkalai di Jalan Gudang Air, Jakarta, Selasa (12/2).Pengerjaan yang tak kunjung selesai menyebabkan jalan hadidji dan sekitar kerap banjir jika hujan deras.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana proyek tiang pancang turap aliran anak kali ciliwung yang terbengkalai di Jalan Gudang Air, Jakarta, Selasa (12/2).Pengerjaan yang tak kunjung selesai menyebabkan jalan hadidji dan sekitar kerap banjir jika hujan deras.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tiang pancang turap aliran anak kali ciliwung yang terbengkalai di kawasan Jalan Gudang Air, Jakarta, Selasa (12/2).Pengerjaan yang tak kunjung selesai menyebabkan jalan hadidji dan sekitar kerap banjir jika hujan deras.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tiang pancang turap aliran anak kali ciliwung yang terbengkalai di kawasan Jalan Gudang Air, Jakarta, Selasa (12/2).Pengerjaan yang tak kunjung selesai menyebabkan jalan hadidji dan sekitar kerap banjir jika hujan deras.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Proyek tiang pancang turap aliran anak kali ciliwung yang terbengkalai di kawasan Jalan Gudang Air, Jakarta, Selasa (12/2).Pengerjaan yang tak kunjung selesai menyebabkan jalan hadidji dan sekitar kerap banjir jika hujan deras.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Proyek tiang pancang turap aliran anak kali ciliwung yang terbengkalai di kawasan Jalan Gudang Air, Jakarta, Selasa (12/2).Pengerjaan yang tak kunjung selesai menyebabkan jalan hadidji dan sekitar kerap banjir jika hujan deras.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana proyek tiang pancang turap aliran anak kali ciliwung yang terbengkalai di Jalan Gudang Air, Jakarta, Selasa (12/2).Pengerjaan yang tak kunjung selesai menyebabkan jalan hadidji dan sekitar kerap banjir jika hujan deras.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana proyek tiang pancang turap aliran anak kali ciliwung yang terbengkalai di Jalan Gudang Air, Jakarta, Selasa (12/2).Pengerjaan yang tak kunjung selesai menyebabkan jalan hadidji dan sekitar kerap banjir jika hujan deras.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hotman Paris Ingin Kirim Uang ke Guru Yang Ditantang Muridnya

Posted: 11 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Insiden Pak Alim, guru yang ditantang muridnya di sebuah sekolah SMP di Gresik, Jawa Timur, mencuri perhatian pengacara kondang Hotman Paris.

Tak cuma memuji sikap Pak Alim yang sabar menghadapi tantangan sang murid, Hotman Paris juga berniat untuk memberikan uang untuk guru berstatus honorer itu.

Melalui Instagram, Hotman Paris mengunggah video insiden Pak Alim ditantang muridnya saat aktivitas belajar mengajar di kelas sedang berlangsung. Melalui video itu, Hotman Paris menuliskan keterangan berisi keinginan membantu Pak Alim.

"Guru yg sabar walaupun di tangtang dan diejek oleh muridnya! Gaji honornya sangat kecil! Saya mau kirim uang beli baju kpd guru ini! Agar bajunya rapi dan berwibawa di kelas !," tulis Hotman Paris.

 

 

 

 

 

Ajak Anak Patungan

Hotman Paris akan bantu guru (Sumber: Instagram/@hotmanparisofficial)

Hotman Paris bahkan mengajak anak-anaknya untuk ikut membantu Pak Alim. Caranya, dengan patungan memberikan uang untuk membeli baju. 

Tak lupa, Hotman Paris juga meminta bantuan warganet untuk mengirimkan nomor telepon sang guru honorer tersebut.

"3 anakku akan patungan uang dari gaji anak ukt beli baju utk guru ini! Siapa yg punya no hp guru sabar ini! Kita naikkan harkat dan wibawa guru!," tulisnya lagi.

 

Sukses Karena Guru

Foto jadul Hotman Paris Hutapea. (Sumber Brilio.net)

Bagi Hotman Paris, bisa sukses menjadi pengacara kondang juga berkat didikan dan ajaran guru di sekolah. Sehingga, ia tak bisa tinggal diam menyaksikan guru dilecehkan oleh murid dengan cara ditantang berkelahi.

"Hotman sukses krn guru( segera subscribe di my youtube: hotman paris official . Agar selalu dapat berita!)! Di jakarta juga banyak oknum sakit ,ada buang anak, buang bini, buang janda, sana sini cari duit dgn dekatin janda dan wanita karir! Kena lapor polisi mulu! Bukan guru yg salah ! Ada juga bawan biologis keturunan!," dia menambahkan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Orang Ditahan Gara-Gara Sebarkan Hoaks dan Body Shaming Lewat WhatsApp

Posted: 11 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Selain menjadi tempat untuk memviralkan misinformasi, WhatsApp juga dipakai untuk membuat viral body shaming atau ejekan bersifat fisik.

Kejadian ini berlangsung di India, tepatnya di daerah Kannur. Hal ini bermula dari sebuah foto pernikahan antara Anoop P Sebastian (29 tahun) dan Juby Joseph (27 tahun). Foto tersebut memperlihatkan kedua pengantin tengah berpose dengan keluarga dan teman-temannya.

Kemudian, foto tersebut dipublikasikan di sebuah koran lokal. Dari situlah, ledekan terhadap bentuk tubuh pengantin perempuan pun menjadi viral.

Mengutip laman News18, Selasa (12/2/2019), foto ini rupanya dijepret dari koran kemudian menjadi viral di media sosial dan aplikasi pesan WhatsApp disertai dengan pesan seksis dan menyebarkan kebohongan tentang pasangan yang tengah berbahagia itu.

Lantas, pesan apa yang sebenarnya disebarkan di WhatsApp dan medsos?

Rupanya, pesan yang dikirim bersama foto berbunyi, 'wanita dalam foto itu berusia 48 tahun, sedangkan pria berusia 25 tahun. Aset pengantin perempuan sebanyak 25 Crore Rupee (setara Rp 49,4 miliar) dan 25 Lakh Rupee (Rp 494 juta) ditambah harta lainnya.'

Sejak pesan WhatsApp tersebut viral, sang pengantin perempuan yakni Juby Joseph dibanjiri pesan yang melecehkan dari warganet yang tak dikenal di media sosial. Kebanyakan dari pesan-pesan itu bernada jahat dan mengatai penampilan fisik Juby yang dianggap gemuk.

Lima Orang Ditahan

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Karena banyaknya pesan yang tak menyenangkan, pasangan inipun melaporkannya ke kepolisian.

Menurut laporan Times of India, kasus ini adalah satu kasus body shaming yang dilaporkan. Gara-gara hal ini, lima orang ditahan karena melakukan dan menyebarkan body shaming di media sosial.

Keluarga pengantin pun sama-sama tidak mengetahui siapa kelima tersangka tersebut dan tak paham alasan para tersangka menyebarkan pesan hoaks tentang pasangan ini.

Tidak hanya di WhatsApp, di medsos, pesan serupa ditujukan untuk mempermalukan pengantin wanita melalui komentar-komentar seksis tentang usia dan harta kekayaan yang dimilikinya.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penuhi Panggilan KPK, Ketua Komisi III DPR Kahar Muzakir Bungkam

Posted: 11 Feb 2019 09:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi III DPR RI Kahar Muzakir memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kahar yang mengenakan jaket hitam ini memilih langsung masuk ke dalam lobi gedung KPK tanpa memberikan keterangan kepada awak media.

Kahar Muzakir diperiksa terkait kasus dugaan suap pembahasan dana alokasi khusus (DAK) Kebumen yang menjerat Wakil Ketua nonaktif DPR Taufik Kurniawan.

Selain Kahar, penyidik KPK akan memeriksa anggota DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Ahmad Riski Sadig dan anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Said Abdullah.

Pada kasus ini, KPK menetapkan Taufik Kurniawan sebagai tersangka. Taufik diduga menerima Rp 3,65 miliar yang merupakan bagian dari komitmen fee 5 persen atas Dana Alokasi Khusus (DAK) Kebumen yang disahkan sebesar Rp 93,37 miliar.

Taufik diduga menerima suap tersebut dari Bupati nonaktif Kebumen Muhammad Yahya Fuad. Yahya sebelumnya sudah dijerat KPK dalam kasus suap DAK bersama delapan orang lainnya.

KPK mengisyaratkan kemungkinan ada keterlibatan pihak lain selain Taufik dalam kasus dugaan suap pengurusan DAK Kabupaten Kebumen ini.

"Memang ada upaya dari kepala daerah, MYF waktu itu, untuk mendekati beberapa pimpinan DPR. Meskipun sejauh ini baru ada satu orang," kata Febri beberapa waktu lalu. 

Tak Mungkin Dilakukan Satu Orang

Febri juga sempat menyatakan jika proses pembahasan dan pengurusan DAK Kebumen ini tak mungkin dilakukan hanya satu orang.

"Kalau memang tersangka ingin membuka peran pihak lain, silakan saja. Karena proses anggaran pembahasan ini tidak mungkin dilakukan oleh satu orang," kata Febri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejar Target Laba, Surveyor Indonesia Jalin Kerja Sama dengan 6 BUMN

Posted: 11 Feb 2019 09:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Surveyor Indonesia (Persero) (PTSI) menandatangani Nota Kesepahaman dengan enam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Pertamina (Persero), PT Len Industri (Persero), PT PGN (Persero) Tbk, PT Dirgantara Indonesia (Persero), PT Dahana (Persero), serta PT Pertamina Bina Medika.

Adapun ruang lingkup kerjasama yang dilakukan meliputi jasa survei, konsultasi, inspeksi, verifikasi dan monitoring di bidang Pengadaan Tanah, Cargo Monitoring, Pipeline Integrity Management, Konsultasi Pengawas Pembangunan Jaringan Fiber Optik, Konsultasi Design, Testing & Commisioning untuk signal/railway system di Railway Transportation (LRT & MRT) hingga, Konsultasi Pengembangan Roadmap Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno, juga turut menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman tersebut.

"Kami itu sedang melakukan kerja sama khususnya untuk survei Indonesia dengan beberapa BUMN lainnya. Tujuannya untuk mempermudah dalam rangka pelaksanaan proyek-proyek pengembangan yang dilakukan oleh masing masing perusahaan." ujar dia di Gedung Kementerian BUMN, Selasa (12/02/2019).

Secara lebih detail, pembagian kerjasama meliputi bidang Manajamen Aset dan Kegiatan Monitoring Kualitas dan Kuantitas Terminal BBM Pertamina di seluruh Indonesia dengan Pertamina (Persero), Pemastian Opmitalisasi Kegiatan dan Distribusi Gas Bumi Bersama PGN (Persero), Layanan Kesehatan dengan Pertamina Bina Medika, Penerapan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dengan Dirgantara Indonesia (Persero), supervisi pembangunan pabrik bahak peledak dengan PT Dahana (Persero), serta Konsultasi Pengujian railway system dengan Len Industri (Persero).

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Direktur Utama Surveyor Indonesia Dian M Noer menambahkan, dengan adanya sinergi BUMN ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam menjalani tugas BUMN sebagai penyelenggara perekonomian nasional untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara optimal.

Sinergi ini juga bertujuan untuk mewujudkan tagline One Nation, One Vision, One Family to Excellence sehingga BUMN Hadir untuk Negeri dan bersinergi sebagai kunci peningkatan produktivitas dan pencapaian nilai dalam mewujudkan keberhasilan yang tidak hanya meningkat tetapi juga melompat.

Dian menambahkan, kerjasama ini merupakan langkah positif bagi PTSI dalam memenuhi target tahun 2019, yang mana PTSI ditargetkan dapat membukukan laba bersih sebesar Rp 150 miliar, naik 11,5 persen dari target RKAP 2018. Tidak hanya dari segi revenue, ekspansi pasar PTSIpun diharapkan akan meluas dengan kerjasama ini.

"Ini adalah kesempatan yang baik bukan hanya sekadar dari revenue size tapi dari segi market, market kita ekspansi. Kalau kita hanya di natural resources, ya, nggak kemana-mana, nggak bervariasi." imbuhnya.

 

2019, Surveyor Indonesia Perkuat Bisnis Digital

Ilustrasi Bisnis Media Online (iStockphoto)

Sebelumnya, PT Surveyor Indonesia (Persero) (PTSI) memiliki misi bisa memperkuat bisnis berbasis digitalnya pada 2019. Upaya ini dilakukan sebagai bagian dari transformasi perusahaan dalam menghadapi perkembangan teknologi.

Salah satunya, PTSI akan membuat suatu produk berupa aplikasi yang bisa digunakan untuk sinkronisasi data lintas perusahaan atau lembaga pemerintahan. 

"Di Indonesia kesulitan soal data ini, data BPS dan Kementerian saja tidak ada kesesuaian. Itu satu peluang bagi kami untuk masuk," kata Direktur Utama PTSI Dian M Noer pada 19 Oktober 2018. 

Alasan Dian masuk ke pasar ini, karena saat ini belum ada perusahaan yang memiliki kemampuan dalam sinkronisasi data tersebut.  Bahkan, manajemen perusahaan menetapkan tranformasi yang dilakukan saat ini menuju Surveyor Indonesia 3.0.

Dian menyadari, untuk memperkuat layanan digital ini membutuhkan usaha yang tidak mudah. Demi memperkuat layanan jasa berbasis digital ini, PTSI juga tengah melakukan investasi Sumber Daya Manusia (SDM). Program pendidikan fast track tengah dilakukan untuk mendidik para SDM yang dimilikinya.

"Pertengahan tahun ini kita sudah ada program pendidikan cepat, 6 bulan hingga 1 tahun. Kita akan tarik talenta bukan hanya latar belakang teknik tapi juga yang berkemampuan teknologi digital dan mampu menghasilkan satu hal yang baru dan inovatif," tambah dia.

Saat ini hingga 2019, PT Surveyor Indonesia menargetkan akan merekrut minimal 300 karyawan baru untuk fokus dalam peningkatan bisnis jasa berbasis digital ini. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Kerjasama dengan Malaysia Usut Kasus Mutilasi WNI Bos Tekstil

Posted: 11 Feb 2019 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polri bekerjasama dengan pihak kepolisian Malaysia dalam upaya mengusut tuntas kasus pembunuhan dengan mutilasi dua Warga Negara Indonesia (WNI). Salah satunya merupakan pengusaha tekstil asal Bandung.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyampaikan, pihak KBRI turut berkoordinasi dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM). Dari hasil komunikasi, pihak PDRM meminta sejumlah bukti tambah untuk memperkuat identifikasi korban atas nama Nuryanto dan Ai Munawaroh.

"Data-data yang diminta PDRM yang akan dilengkapi KBRI antar lain dari sidik jari. Kebetulan sidik jari yang diketemukan di TKP baru satu tangan. Diidentifikasi tangan tersebut tangan laki-laki. Jadi sangat besar kemungkinan tangan tersebut milik saudara Nuryanto," tutur Dedi di Gedung Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Selasa (12/2/2019).

Menurut Dedi, pihaknya juga memberikan informasi detail dari hasil percakapan Whatsapp korban.

"Kemudian juga diminta dari pihak Malaysia informasi transaksi rekening keuangan rekening BCA atas nama saudara Nuryanto. Itu juga akan kita berikan. Penguatan alat bukti tersebut sangat penting ungkap kasus ini setuntas-tuntasnya," jelas dia.

Untuk identifikasi korban, Polri memberikan pula sampel DNA keluarga korban ke kepolisian Malaysia. Hal itu tentu demi meyakinkan PDRM terkait proses pidana para terduga pelaku yang disasar.

"Dari pihak kepolisian bantu support sepenuhnya apa yang dibutuhkan PDRM melalui KBRI dan Kemenlu," Dedi menandaskan.

Polisi Malaysia menginformasikan bahwa jasad diduga Nuryanto ditemukan di sekitar sungai Buloh, Selangor, pada 26 Januari 2019. Dia merupakan pengusaha tekstil asal Bandung.

Dari pihak keluarga sendiri menyampaikan bahwa Nuryanto berangkat ke Malaysia dalam rangka urusan bisnis pada Kamis 17 Januari 2019. Hanya saja, mereka kehilangan kontak pada 22 Januari 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Banjir, Warga Bandung Gotong Royong Pasang Tanggul dan Brojong

Posted: 11 Feb 2019 09:53 PM PST

Fokus, Bandung - Tim gabungan TNI, Polri, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang dibantu warga bahu membahu memasang tanggul darurat dan bronjong untuk mencegah kembali meluapnya air dari aliran sungai ke permukiman warga di kawasan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (12/2/2019), usai terjadinya banjir bandang, lumpur dengan ketebalan hingga mencapai 10 sentimeter masih mengendap di akses jalan permukiman warga.

Sebagian warga juga masih melakukan upaya bersih-bersih di dalam rumah akibat perabotannya hancur diterjang banjir.

Sementara, pemerintah Kabupaten Bandung terus melakukan pendataan kerusakan rumah warga dan akan mengkaji ulang pembangunan di wilayah hulu terutama kawasan Bandung Utara yang diduga memicu berkurangnya resapan air hingga menyebabakan banjir.

Banjir bandang yang terjadi pada akhir pekan lalu ini dipicu jebolnya sebuah tanggul penahan sungai yang diduga tidak kuat menahan gerusan air saat hujan deras. 

Namun, adanya alih fungsi lahan di wilayah hulu Bandung Utara juga diduga kuat menjadi pemicu tanggul jebol. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Ini Jatuh Cinta Hingga Punya Anak dengan Selingkuhannya yang Gay

Posted: 11 Feb 2019 09:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jatuh cinta memang bisa bikin hati berbunga-bunga. Kadang bikin senyum-senyum sendiri dan bahagia sepanjang hari. Meski terkadang, kalau cinta tak berjalan sesuai rencana dan harapan bisa membuat sedih dan terluka.

Tiap orang pasti pernah jatuh cinta. Uniknya, jatuh cinta adalah fenomena yang sulit dijelaskan. Orang tak jarang jatuh cinta pada seseorang yang jauh dari perkiraannya.

Seperti pasangan asal Fillipina, Angelica Mabuhay jatuh cinta dengan Jeffrey, selingkuhan pacarnya yang gay. Tentu ini adalah sesuatu yang tak seorang pun berpikir ini akan terjadi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Elitreaders pada, Selasa (12/2/2019).

Awal pertemuan Angelica dan Jeffrey

(sumber: elitreaders)

Semuanya berawal dari Angelica mengetahui bahwa Justin, yang saat itu adalah kekasihnya mulai berubah dan mulai mengabaikan Angelica.

Karena penasaran, akhirnya Angelica mulai menyelidiki, saat itulah dia mengetahui bahwa Justin memiliki kekasih sesama jenis.

Merasa kesal, Angelica mengirim pesan kepada selingkuhan pacarnya yang gay, Jeffrey Urieta. Terlepas dari rasa sakit yang dia rasakan saat itu, ia tetap sopan ketika mengirim pesan kepada Jeffrey.

Bermula dari pesan singkat tersebut Angelica dan Jeffrey menjadi akrab hingga akhirnya berteman.

Setelah lelah menjalani hubungan dengan Justin, akhirnya Angelica memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan Justin.

Beberapa waktu kemudian, Justin juga memutuskan hubungan dengan Jeffrey. Meskipun keduanya putus dengan Justin, tetapi persahabatan antara Angelica dengan Jeffrey tetap berlanjut.

Angelica jatuh cinta dengan Jeffrey

(sumber: elitreaders)

Hubungan antar Angelica dan Jeffrey menjadi sangat dekat, terlalu dekat hingga Angelica akhirnya menyadari bahwa ia jatuh cinta pada Jeffrey.

Ia pun tidak malu untuk mengungkapkan perasaanya kepada Jeffey dan mengejarnya sampai Jeffrey berkata "ya."

Tetapi Jeffrey merasa canggung karena dia penyuka sesama jenis dan tidak pernah bersama seorang wanita. Jeffrey tidak cinta pada Angelica, namun ia tetap menghargai cinta dan kebaikan yang Angelica berikan.

Keadaan menjadi rumit ketika Justin kembali ke kehidupan Jeffrey, usut diusut keduanya menjalin hubungan di belakang Angelica.

Setelah mengetahui hal itu, Angelica bertindak tegas dengan membuat Jeffrey memilih antara Angelica atau Justin. Dan pada akhirnya Jeffrey memilih Angelica sebagai pelabuhan hatinya.

Angelica dan Jeffrey telah memiliki buah hati

(sumber: elitreaders)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Bidik Tersangka Lain Kasus Pencurian Barang Bukti Skandal Pengaturan Skor

Posted: 11 Feb 2019 09:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi meringkus tiga pelaku pencurian dan perusakan barang bukti terkait skandal pengaturan skor di Kantor Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. Dari situ, tim satgas antimafia bola melakukan pengembangan atas kemungkinan adanya tersangka baru.

"Tidak menutup kemungkinan nanti dari hasil pengembangan ada tersangka baru. Kalau sudah ada penetapan akan di sampaikan ke rekan-rekan," tutur Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Gedung Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Selasa (12/2/2019).

Menurut dia, pihaknya telah menyelidiki peran dari ketiga tersangka pencurian dan perusakan barang bukti terkait skandal pengaturan skor itu, yakni M Mardani Mogot alias Dani, Musmuliadi alias Mus, dan Abdul Gofur.

"Saat ini terus proses penyidikan dan akan terus didalami perannya, sudah jelas siapa yang merusak, siapa yang mengambil CCTV, siapa yang ngambil DPR-nya (GDPR), siapa yang ambil sebagian dokumen itu, sudah didalami seluruh barang bukti terkait perusakan dan penghilangan beberapa barang bukti dan juga saat ini barang bukti yang disita dan akan dikembangkan," jelas dia.

Penyidik masih perlu melakukan penyelidikan mendalam kaitan antara kasus pencurian dan perusakan barang bukti terkait skandal pengaturan skor tersebut dengan manajemen Persija. Termasuk panggilan pemeriksaan terhadap pihak tersebut.

"Saat ini satgas masih mendalami tiga tersangka itu. Kalau itu sudah jelas, nanti ada perlu penambahan penyitaan barang bukti untuk penguatan pemeriksaan. Tidak menutup kemungkinan akan ke pelaku-pelaku lain," Dedi menandaskan.

Tak Ditahan

Polisi menetapkan tiga orang sebagai tersangka kasus pencurian dan pengerusakan barang bukti terkait skandal pengaturan skor di Kantor Komisi Disiplin (Komdis) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Jalan Taman Rasuna Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Syahar Diantono mengungkapkan, ketiga tersangka yang ditangkap masing-masing bernama M Mardani Mogot alias Dani, Musmuliadi alias Mus, dan Abdul Gofur.

"Persangkaan tindak pidana bersama-sama melakukan pencurian dengan pemberatan dan atau memasuki dengan cara membongkar, merusak, atau menghancurkan barang bukti yang telah dipasang police line oleh penguasa umum," ujar Syahar melalui keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu (9/2/2019).

Mereka dijerat dengan Pasal 363 dan atau Pasal 235 KUHP dan atau Pasal 233 KUHP dan atau Pasal 232 KUHP dan atau Pasal 221 KUHP jo Pasal 55 KUHP. Namun polisi tidak menahan ketiganya setelah diperiksa sebagai tersangka.

"Para tersangka tidak ditahan dengan pertimbangan kooperatif saat pemeriksaan," tutur Syahar.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ketiga tersangka masuk ke Kantor Komdis PSSI yang telah dipasangi garis polisi untuk mengambil barang bukti berupa rekaman CCTV, laptop, ponsel, dan beberapa dokumen. Padahal area yang disegel dengan garis polisi tidak boleh diakses karena dalam proses penegakan hukum.

Para tersangka dikabarkan berprofesi sebagai office boy di Kantor PSSI dan di sebuah klub sepakbola Indonesia serta sopir salah satu pengurus PSSI. Namun hingga berita ini ditulis, polisi belum mengonfirmasi latar belakang tersangka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Selebriti dengan Busana Pink di Grammy Awards 2019

Posted: 11 Feb 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Grammy Awards kembali digelar yang ke-61 kalinya di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu malam, 10 Februari 2019, waktu setempat. Berbagai busana terbaik pun terlihat dikenakan para selebriti.

Dilansir dari eonline.com, Senin, 11 Februari 2019, pink jadi tren warna busana di ajang penghargaan bergengsi tersebut. Warna terkesan feminin ini dibawakan dalam berbagai shade, mulai dari flamingo-pink, hingga highlighter pink. Dari sekian banyak, berikut beberapa artis yang meramaikan tren busana warna pink di Grammy Awards 2019.

Kylie Jenner

Ibunda dari Stormi ini mengenakan pantsuit berwarna pink rancangan Balmain. Melengkapi gaun yang dipakai, Kylie kedapatan memakai sepatu berwarna senada. Makeup yang dipulas juga didominasi warna pink dengan sentuhan bold  di bagian mata 

Tampil serba pink, Katy Perry bagaikan Barbie dalam acara Grammy Awards 2019. (dok @ayshadergi/https://www.instagram.com/p/Btu5Og9j9gE/Esther Novita Inochi)

Katy Perry

Sama dengan Kylie Jenner, Katy Perry mengenakan busana rancangan Balmain. Bedanya, gaun pelantun lagu Fireworks ini memiliki aksen silver di bagian dada dan gaya ruffle di bagian bawah gaun baby pink tersebut.

Camila Cabello

Pelantun lagu Havana ini memakai gaun panjang berwarna hot pink rancangan Armani Prive. Gaun terkesan feminin nan ceria ini mengekspos kulit telanjang di bagian punggung Camila. Dengan aksen glitter di seluruh bagian, tak heran kalau kesan glamor juga terpancar dari penampilan perempuan 21 tahun tersebut.

Anna Kendrick

Aktris Anna Kendrick memakai gaun penuh bulu berwarna flamingo-pink ketika hadir di Grammy Awards 2019. Gaun pendek rancangan Ralph and Russo tersebut dilengkapi detail berlian di pinggang, dada, dan bagian bawahnya. Anna juga melengkapi penampilan heels berwarna silver.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Selebriti Lelaki dengan Busana Bernuansa Pink

Walaupun pria, Post Malone tampil serba pink dari jaket hingga sepatu. (dok. Instagram @familyfaroficial/https://www.instagram.com/p/Btu3SF0A9gU/Esther Novita Inochi)

Post Malone

Rapper asal Amerika, Post Malone, tampil berani memakai busana warna pink, mulai dari jaket, hingga sepatunya. Pakaian yang dikenakan Post pun tampak bertatahkan permata di beberapa bagiannya.

Hit Boy

Rapper berusia 31 tahun ini juga memakai jas berwarna pink. Bedanya, Hit Boy memadukan fashion item tersebut dengan kemeja, celana panjang, dan sepatu berwarna hitam. (Esther Novita Inochi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

McKinsey: 50 Persen Nasabah Pertimbangkan Buka Rekening Digital Bank

Posted: 11 Feb 2019 09:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi akan terus berlanjut untuk mengubah bisnis perbankan di Indonesia ke depan.

Berdasarkan laporan survei terbaru terhadap pelanggan jasa keuangan menunjukkan penggunaan internet dan mobile banking semakin meningkat di Indonesia.

Hal itu mengindikasikan saluran digital perbankan akan meningkat tajam untuk memberikan layanan kepada pelanggan dan menghasilkan pertumbuhan di sektor jasa keuangan.

Hasil laporan tersebut yang dirilis McKinsey&Company, perusahaan konsultan bisnis yang berkantor pusat di Amerika Serikat (AS). Laporan tersebut disusun oleh Sonia Barquin, Guillaume de Gantes, Vinayak HV, dan Duhita Shrikhande.

McKinsey mensurvei 900 pelanggan jasa keuangan di seluruh Indonesia pada 2017. Survei tersebut dilakukan untuk kebiasaan menggunakan jasa bank. Responden itu juga bagian dari survei terhadap 17 ribu nasabah di 15 negara di Asia.

Dari laporan berjudul Digital Banking in Indonesia:Building loyalty and generating growth, menunjukkan ada tiga tren utama yang akan terus berlanjut mengubah bentuk untuk nasabah ritel perbankan di Indonesia.

Tiga hal itu antara lain diversifikasi hubungan perbankan, meningkatnya penerimaan konsumen terhadap teknologi digital peningkatan penggunaan saluran digital oleh pelanggan.

Analis McKinsey menyebutkan sejumlah faktor mendukung perpindahan ke teknologi digital perbankan di Indonesia. Selain peningkatan penggunaan internet dan smartphone, pertumbuhan e-commerce juga mendorong perbankan di Indonesia juga memenuhi permintaan untuk penggunaan digital.

Bank berusaha mendorong nasabah atau pelanggan dan menjelaskan mengenai perbankan online yang sering digunakan sehingga membuat nasabah mencoba saluran digital.

"Kami percaya tiga tren ini mulai dari diversifikasi hubungan perbakan, peningkatan penerimaan saluran digital, dan meningkatnya penggunaan digital oleh konsumen akan terus berlanjut untuk mengubah sektor ritel perbankan," tulis McKinsey dalam laporannya, seperti dikutip Selasa (12/2/2019).

Dari laporan McKinsey terkait diversifikasi hubungan perbankan menunjukkan, kalau Indonesia di antara negara Asia lainnya menunjukkan pertumbuhan untuk penetrasi produk. Dari rata-rata 2,2 pada 2014 menjadi 2,7 berdasarkan survei terakhir. Namun, penetrasi itu masih di bawah rata-rata negara maju di Asia sekitar 5,7 persen.

Pada saat yang sama, hubungan perbankan dengan nasabah meningkat. McKinsey melihat peningkatan itu seiring ekonomi Indonesia terus tumbuh dan nasabah yang matang terhadap keuangan.

Meningkatnya penetrasi produk ini akan merepresentasikan kesempatan untuk meningkatkan pertumbuhan secara signifikan, tapi juga menyeimbangkan tingkat suku bunga dan kompetisi dari financial technology atau fintech.

Perbankan di Indonesia akan membutuhkan aksi nyata untuk mengatasi penurunan loyalitas nasabah.

Selain itu, laporan tersebut menyebutkan potensi tingginya keterbukaan nasabah dan masyarakat terhadap penerapan digital perbankan. McKinsey melihat pelanggan di Indonesia sangat terbuka untuk perbankan digital.

Lebih dari tiga tahun ini, penggunaan saluran digital di Indonesia meningkat dua kali lipat dibandingkan negara berkembang di Asia lainnya.

Sekitar 55 persen nasabah nondigital menyatakan kalau ingin menggunakan saluran digital dalam enam bulan ke depan. Ini merupakan peringkat kedua tertinggi setelah Myanmar.

 

Pengguna Saluran Digital Perbankan Lebih Loyal

Ilustrasi Bank

Survei ini juga menekankan kesempatan bagi pemain digital dengan 50 persen responden mempertimbangkan peralihan ke bank tanpa kehadiran fisik.

Mayoritas responden itu menyatakan keyakinannya kalau mereka akan mengalihkan 25 persen menjadi 50 persen dari saldo mereka ke bank digital murni meski jaringan cabang masih penting.

Empat dari lima responden di Indonesia menyatakan kalau lokasi ATM juga menjadi salah satu pertimbangan memilih bank.

Ini karena transaksi digital masih terbatas digunakan oleh nasabah karena membingungkan dan mempertimbangkan keamanan. Oleh karena itu, kantor cabang masih dapat menjadi bagian untuk meredakan kekhawatiran itu.

Kemudian tren lain yang disebutkan dalam laporan ini mengenai pengguna aktif saluran digital perbankan yang meningkat. Pelanggan aktif digital perbankan di Indonesia tumbuh 2,5 kali sejak 2014.

Saat ini pelanggan tersebut meliputi 32 persen dari populasi perbankan. Pertumbuhan ini lebih signifikan. Biasanya pengguna digital oleh nasabah akan lebih loyal ketimbang non digital. Apalagi pengguna digital perbankan lebih banyak beli produk bank pada 2017 ketimbang nasabah nondigital.

Dari laporan itu menunjukkan persaingan dari luar sektor perbankan akan semakin ketat. Bank harus melanjutkan upaya digitalisasinya dan bergerak cepat menarik pelanggan baru dan membangun loyalitas pada pelanggan yang sudah ada.

Selain itu, nasabah akan cepat meningkat untuk membuka diri menggunakan saluran digital perbankan. Pengguna aktif digital perbankan juga akan lebih memberikan dampak ekonomi terhadap perbankan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tatapan Tajam Lady Gaga di Grammy Awards 2019 Jadi Meme

Posted: 11 Feb 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Dalam perhelatan Grammy Awards 2019 yang digelar Senin (11/2/2019) kemarin, Lady Gaga tak hanya membawa pulang piala dari ajang penghargaan prestisius ini. Ia juga tampil membawakan "Shallow", soundtrack A Star Is Born, yang diaransemen ulang dalam nuansa rock.

Dengan gaya khasnya, Lady Gaga tampil energik di atas panggung saat membawakan "Shallow". Nah, ternyata ada salah satu momen dalam penampilan ini yang begitu menarik perhatian pemirsa Grammy Awards di rumah.

Yakni pada bagian Lady Gaga saat menatap lekat-lekat kamera dengan leher yang sedikit menekuk. Sudut pengambilan gambar dari bagian bawah, menambah intens momen ini.

Bahkan saking tak terlupakannya, bagian ini langsung menjadi meme yang ramai beredar di media sosial.

Tatapan Tajam

(Twitter/ @AkafiAli)

Salah satu warganet, @AkafiAli misalnya, menyamakan penampilan Lady Gaga dengan mimik wajahnya saat ia menatap makanan di oven. Warganet lain, menganggap foto ini pas untuk mengekspresikan emosi saat mereka naik darah.

Ada juga warganet yang menganggap ekspresi Lady Gaga ini cocok menggambarkan orang yang tak sabar menantikan belanjaan dari situs online tiba di rumah.

Saking ramainya meme ini, sejumlah media ternama pun menulis hal ini. Sebut saja Time, HarpersBazaar, Billboard, W Magazine, dan lainnya.

(Twitter/aquacheeseplz)

Tampil di Piala Oscar

Bradley Cooper dan Lady Gaga dalam adegan film

Selain Grammy Awards, Lady Gaga juga dijawalkan untuk tampil dalam Piala Oscar yang akan digelar pada 25 Februari pagi waktu Indonesia. Dalam perhelatan ini, ia akan membawakan kembali "Shallow", tapi ditemani oleh lawan mainnya di A Star Is Born, Bradley Cooper.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Mochtar Ali Ngabalin, Tenaga Ahli Presiden yang Dikabarkan Terserang Stroke

Posted: 11 Feb 2019 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ali mochtar Ngabalin dikenal sebagai politisi dengan penampilan unik dan nada bicara lantang serta tegas. Isi pernyataan politiknya yang vokal, menjadikan Ali Mochtar Ngabalin salah satu bintang politisi Senayan yang sering menjadi sorotan media massa.  

Beberapa waktu ini beredar kabar bahwa Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden, Ali mochtar Ngabalin terkena penyakit stroke.

Fotonya yang sedang dirawat di sebuah rumah sakit ini diketahui beredar melalui WhatsApp dan langsung viral di media sosial. Dalam foto yang beredar terlihat Ali Mochtar Ngabalin tebaring di ranjang rumah sakit.

Ia mengenakan kaus berwarna hitam, dan ada beberapa alat medis menempel pada kaki dan tangannya. Foto lainnya, masih dengan pakaian yang sama, terlihat Ali Mochtar Ngabalin sedang duduk di kursi roda dengan tangan kiri yang terinfus.

Sedangkan foto terakhir yang viral memperlihatkan Ali berbaring dengan mengenakan kaus putih sambil menunjukkan pose mengangkat jempol. Pada pergelangan tangan kanannya terdapat gelang tanda pasien rawat inap.

Sempat dikabarkan stroke

ali mochtar ngabalin (Sumber:  Twitter/@MuhammadRusdi2)

Viralnya foto-foto Ali Mochtar Ngabalin yang terbaring di ranjang rumah sakit ini menuai berbagai dugaan dari para netizen. Foto-foto ini awalnya beredar melalui beberapa grup WhatsApp dan lantas begitu cepat menyebar ke berbagai platform media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Banyak netizen yang menduga bahwa Ali Mochtar Ngabalin terserang stroke hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Bahkan demi meyakinkan banyak orang, beberapa akun media sosial mengungkapkan kalau kabar tersebut valid ataupun benar adanya.

Klarifikasi Ali Mochtar Ngabalin

ali mochtar ngabalin  (Sumber: facebook.com/ali.Mocthar.ngabalin)

Kabar dirinya terkena stroke langsung dibantah oleh Ali Mochtar Ngabalin sendiri. Melalui akun facebooknya ia menyampaikan bahwa keadaannya baik-baik saja. Pada Minggu (10/2/2019) Ali Mochtar Ngabalin mengunggah fotonya yang sedang duduk di ranjang rumah sakit didampingi oleh dua orang pria sambil mengacungkan jempol.

"Alhamdulillah saya sehat wal'afiah insja Allah besok sdh bisa masuk kantor di Bina Graha seperti biasa. Salam Ali Mocthar Ngabalin  dari Jogjakarta International Hospital (JIH) Hari ini, Ahad 10 Februari 2019," ungkap Ali Mocthar Ngabalin pada unggahannya tersebut.

Unggahan Ali Mocthar Ngabalin di akun Facebook pribadinya ini lantas menepis kabar bahwa Ali Mocthar Ngabalin mengalami penyakit stroke.

Hanya lakukan medical check up

Ali Mocthar Ngabalin hanya melakukan rangkaian medical check-up saja. Disebutkan juga kalau ia melakukan tes kesehatan di Jogjakarta International Hospital (JIH) pada Minggu kemarin (10/2/2019).

Pose-posenya di ranjang rumah sakit dengan berbagai peralatan medis hanyalah serangkaian proses medical check-up yang ia lakukan. Tak ada indikasi penyakit serius yang diderita Ali Mocthar Ngabalin seperti kabar yang viral sebelumnya. Ali Mocthar Ngabalin juga menyampaikan akan segera berkantor seperti biasa di Bina Graha.

Tampak sehat dan ceria

Senin (11/2/2019) Ali Mocthar Ngabalin terlihat sehat dan ceria saat kembali masuk kantor. Dikutip Liputan6.com dari Brilio Selasa (12/2/2019) hal ini dibuktikan dengan postingan beberapa tokoh yang sempat melakukan pertemuan dan berdialog dengan Ali Mocthar Ngabalin pada hari Senin itu.

Seperti postingan akun Facebook Ansari Yamamah. Ia menuliskan kalau baru saja berdialog dengan Ali Mocthar Ngabalin di Kantor Staff Kepresidenan pada Senin (11/2/2019). Selain itu beredar juga sebuah video di mana Ali Mocthar Ngabalin mengklarifikasi kondisi kesehatannya. Video ini beredar melalui akun twitter @GuritnaPramana.

Pada video tersebut terlihat Ali Mocthar Ngabalin tampak ceria bahkan sampai melompat-lompat untuk membuktikan dugaan penyakit stroke itu tidak benar.

"saya dalam keadaan sehat walafiah, hari ini 11 Februari 2019, banyak orang bilang saya sakit stroke, makan ente punya stroke, gua lagi sehat ini Alhamdulillah, oke sekarang lagi ada di kantor Staf Presiden, dan kita maafkan semua yang menyebarkan berita bohong"

Begitu kurang lebih penuturan Ali Mocthar Ngabalin pada video yang berdurasi 29 detik tersebut. Ali Mocthar Ngabalin juga memaafkan pihak-pihak yang menyebarkan berita bohong terkait kesehatannya.

Jadi Staf Ahli Utama Kepresidenan

Ali Mochtar Ngabalin resmi ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden, pada Mei 2018 silam.

Meski dikenal sebagai sosok yang kerap mengkritik pemerintah, Ngabalin mempunyai alasan mengapa dirinya menerima permintaan bergabung di lingkungan Istana.

"Ya politik itu kan sebetulnya dinamis. Saya pikir teman teman di media tahu, politik itu dinamis dan itulah khasanah politik yang membuat kita menjadi kaya," ucap Ngabalin.

Deputi Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden, Eko Sulistyo, menjelaskan pertimbangan di balik terpilihnya Ngabalin.

"Karena kita masih memerlukan aktor yang punya passion network untuk komunikasi politik terhadap ormas Islam dan pesantren," kata Eko di gedung Bina Graha, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (24/5/2018).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Tak Mungkin Bersaing Jika Stunting Masih Tinggi

Posted: 11 Feb 2019 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk terus menurunkan stunting atau tumbuh tidak sempurna. Jokowi mengatakan, apabila angka stunting berada di titik terendah, sumber daya manusia Indonesia dapat bersaing dengan negara lain.

"Tidak mungkin kita bersaing sama negara lain dengan SDM kita, jika stunting setinggi itu. Tidak mungkin," kata Jokowi saat membuka Rapat Kerja Kesehatan Nasional di ICE BSD, Tangerang Banten, Selasa (12/2/2019).

Pada 2014, Jokowi mengatakan, angka stunting berada di angka 37 persen dan saat ini sudah turun menjadi 30 persen. Jokowi ingin stunting di Indonesia terus menurun dan hilang.

"2014 stunting kita 37%. Alhamdulillah berkat kerja keras kita semua sudah turun menjadi 30%. Ini harus turun lagi menjadi 20%, menjadi 10%, dan hilang," jelasnya.

Untuk itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta kepala-kepala dinas kesehatan di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota untuk berkonsentrasi menghilangkan stunting di daerah.

"Kalau di kabupaten, kota, atau provinsi masih ada stunting. Kejar ini, selesaikan ini," ucap Jokowi.

Cegah Kematian Ibu

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta seluruh jajaran Kemenkes untuk mencegah adanya angka kematian ibu. Dia ingin masalah angka kematian Ibu segera diselesaikan sehingga Indonesia dapat bersaing dengan negara lain.

"Jangan sampai negara lain sudah berbicara virtual realty, internet of things, big data tapi kita berbicara stunting saja belum selesai, urusan angka kematian ibu belum rampung. Bagaimana negara ini akan bersaing, berkompetensi. Seperti ini yang harus kita selesaikan terlebih dahulu," jelasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tokoh Lintas Agama Ikrar Pemilu Damai Tanpa Hoaks

Posted: 11 Feb 2019 09:35 PM PST

Sejumlah tokoh lintas agama membacakan ikrar Pemilu damai tanpa hoaks dalam silaturahmi Kamtibmas Kapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (12/2). Acara ini bertujuan agar tercipta Pemilu aman dan damai. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah tokoh lintas agama membacakan ikrar Pemilu damai tanpa hoaks dalam silaturahmi Kamtibmas Kapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (12/2). Acara ini bertujuan agar tercipta Pemilu aman dan damai. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah tokoh lintas agama membacakan ikrar Pemilu damai tanpa hoaks dalam silaturahmi Kamtibmas Kapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (12/2). Masyarakat diharapkan menjadi cooling system agar tidak terjadi kegaduhan. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah tokoh lintas agama membacakan ikrar Pemilu damai tanpa hoaks dalam silaturahmi Kamtibmas Kapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (12/2). Masyarakat diharapkan menjadi cooling system agar tidak terjadi kegaduhan. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah tokoh lintas agama membacakan ikrar Pemilu damai tanpa hoaks dalam silaturahmi Kamtibmas Kapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (12/2). Acara ini juga dihadiri unsur kopolisian, TNI, KPUD, dan MUI. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah tokoh lintas agama membacakan ikrar Pemilu damai tanpa hoaks dalam silaturahmi Kamtibmas Kapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (12/2). Acara ini juga dihadiri unsur kopolisian, TNI, KPUD, dan MUI. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Tokoh lintas agama membacakan ikrar Pemilu damai tanpa hoaks dalam silaturahmi Kamtibmas Kapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (12/2). Menurut Wakapolda Brigjen Wahyu Hadiningrat, saat ini permasalahan kita adalah maraknya hoaks. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Tokoh lintas agama membacakan ikrar Pemilu damai tanpa hoaks dalam silaturahmi Kamtibmas Kapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (12/2). Menurut Wakapolda Brigjen Wahyu Hadiningrat, saat ini permasalahan kita adalah maraknya hoaks. (Merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta-Fakta Tol Balikpapan-Samarinda, Ada Terowongan Khusus Perlintasan Hewan

Posted: 11 Feb 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jalan tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol yang direncanakan akan menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Jalan tol ini merupakan yang pertama dibangun di Pulau Kalimantan.

Proyek pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang 99,35 Km ini dimulai pada tanggal 12 Januari 2011 lalu. Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan proyek Jalan Tol Balikpapan – Samarinda dapat diselesaikan pada penghujung 2018, sehingga dapat beroperasi penuh pada awal 2019. Namun, hinga awal Februari 2019 ini pembangunan konstruksinya mencapai 85,7%.

Proyek tol Balikpapan yang dikerjakan oleh PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) ini membutuhkan investasi sekitar Rp 9,9 triliun dengan komposisi pendanaan 70 persen pembiayaan dan 30 persen ekuitas perusahaan.

Jalan Tol Balikpapan – Samarinda sendiri terdiri atas lima seksi, yaitu: Seksi 1 mulai dari Km 13 hingga Samboja sepanjang 21,95 Km. Seksi 2 dari Samboja hingga Muara Jawa sepanjang 30,05 Km. Seksi 3 dari Muara Jawa hingga Palaran sepanjang 18,20 Km. Seksi 4 dari Palaran hingga Samarinda sepanjang 17,15 Km. Seksi 5 dari Km 13 Balikpapan hingga Bandara Sepinggan sepanjang 11,09 Km.

Jalan tol Balikpapan-Samarinda yang terdiri dari ruas Viability Gap Fund (VGF) yaitu Seksi 1 dan 5 sepanjang 33,525 Km dan ruas investasi (Seksi 2, 3 dan 4) sepanjang 65,825 Km ini akan menjadi cikal bakal Trans Kalimantan.

Berikut fakta-fakta jembatan tol Balikpapan – Samarinda yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (12/2/2019).

Fakta Tol Balikpapan-Samarinda

1. Proyek pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang 99,35 Km ini merupakan jalan tol yang pertama dibangun di Pulau Kalimantan.

Proyek pembangunan jalan tol Balikpapan diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak. Peresmian ditandai pemancangan batu pertama di kawasan Manggar, Balikpapan.

2. Kehadiran Jalan Tol Balikpapan – Samarinda dapat memangkas total perjalanan Balikpapan – Samarinda, dari sebelumnya 150 km melalui jalan nasional menjadi hanya 100 km saja.

Efisiensi jarak tempuh ini juga berbanding lurus dengan efisiensi waktu perjalanan Balikpapan ke Samarinda, dari 3-4 jam jadi dipersingkat hanya 1 jam. Dengan begitu, warga Balikpapan bisa hemat waktu 2-3 jam jika ke Samarinda lewat tol. Begitu pula sebaliknya.

3. Pengurangan waktu tempuh itu dipandang dapat memangkas biaya logistik karena distribusi barang antar kedua kota menjadi lebih cepat.

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional, Jalan Tol Balikpapan – Samarinda diharapkan menjadi salah satu solusi upaya meningkatkan perekonomian dan pemerataan pembangunan di wilayah antar kota, khususnya di Kalimantan. Sehingga mampu mendorong pengembangan kawasan-kawasan industri yang bergerak di sektor kelapa sawit, batubara, migas, dan pertanian.

Di Jalan Tol Balikpapan ada Terowongan Khusus Perlintasan Hewan

4. Terdapat jalur persilangan hewan yang berbentuk terowongan di Seksi 2 Tol Balikpapan-Samarinda. Seksi 2 pembangunan tol yang berawal di Simpang Susun (SS) Samboja nantinya akan menembus Taman Hutan Raya Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Di area ini memang suka ada binatang yang lewat, seperti beruang madu atau monyet. Fasilitas lain yang nantinya akan tersedia di seksi 2 antara lain 9 jembatan, 5 overpass, 2 underpass, 2 jembatan penyeberangan orang (JPO), dan 2 rest area.

5. Dalam proyek pembangunan Tol Balikpapan – Samarinda, JBS memiliki dua porsi seksi lainnya, yakni Seksi 3 dan 4. Progres Seksi 3 sepanjang 17,3 km kini 76,683 persen, dan akan dilengkapi oleh 3 jembatan, 5 overpass dan 2 underpass.

Sementara Seksi 4 yang sepanjang 17,55 km saat ini progres pengerjaannya baru 45,6 persen karena masih ada lahan yang belum terbebaskan. Nantinya, jalur ini bakal memiliki 3 jembatan, 6 overpass dan 4 underpass.

6. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk ikut serta dalam pembiayaan sindikasi proyek pembangunan jalan tol Balikpapan – Samarinda, Kalimantan Timur. pihaknya berkomitmen mengucurkan dana sampai dengan Rp 300 miliar.

Secara total ada 14 lembaga keuangan yang terlibat dalam proyek ini, masing-masing 12 bank dan 2 lembaga pembiayaan. Total kredit sindikasi yang dikucurkan senilai Rp6,98 triliun. Pembiayaan jalan tol sepanjang 99,35 kilometer ini juga salah satunya dilakukan dengan skema pembiayaan syariah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelombang Tinggi Menerjang Perairan Sangihe dan Talaud, Nelayan Enggan Melaut

Posted: 11 Feb 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Sangihe - Wilayah kepulauan Provinsi Sulawesi Utara, khususnya Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud dihantam gelombang tinggi sejak, Senin, 11 Februari 2019. Hal ini membuat sejumlah nelayan enggan melaut.

"Sudah sejak Minggu malam gelombang tinggi. Kami khawatir situasi di laut tidak menguntungkan, sehingga untuk sementara tidak turun melaut," ungkap Jantje Takasihaeng, salah satu nelayan di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Jantje tidak sendirian. Dia bersama sejumlah nelayan lainnya memilih untuk 'memarkir' perahu mereka sambil menunggu situasi di laut lebih kondusif untuk mencari ikan. "Kalau sudah mulai mereda gelombang, baru kami akan ke laut," ujar Butje Jangkobus.

Situasi hampir sama juga terjadi di Kabupaten Kepulauan Talaud. Sejumlah nelayan enggan mencari ikan dan memilih menepi ke darat. "Mudah-mudahan kondisi laut kembali normal agar kami bisa kembali mencari ikan," ujar Jansen Parapaga, warga Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meluncurkan peringatan dini tinggi gelombang untuk tiga hari ke depan, Senin hingga Kamis, 14 Februari 2019. Warga di beberapa daerah, seperti Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara diminta waspada.

BMKG mengimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi serta wilayah pelayaran padat agar tetap selalu waspada.

Dalam siaran pers yang disampaikan BMKG, wilayah yang berpotensi terkena gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter, yaitu Laut Natuna Utara Perairan Utara Kepulauan Natuna, Perairan Utara Sulawesi, Laut Sulawesi, Perairan Kepulauan Sangihe - Kepulauan Talaud. Selain itu, Laut Maluku Bagian Utara, Perairan Utara Halmahera, Laut Halmahera, dan Samudra Pasifik Utara Halmahera hingga Papua Barat.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

40 Tahun Revolusi, Iran Salah Satu Negara Paling Demokratis di Dunia?

Posted: 11 Feb 2019 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Iran mengklaim negaranya sebagai salah satu yang paling demokratis di dunia. Hal itu disampaikan oleh Duta Besar Iran untuk Indonesia, Valiollah Mohammadi, pada peringatan 40 tahun Revolusi Islam Iran, Senin 11 Februari 2019.

"Republik Islam Iran telah berdiri secara demokratis berdasarkan 98,88% suara rakyat yang menginginkan terciptanya demokrasi agama. Hari ini setelah 40 berjalan, kami dengan penuh percaya diri mengumumkan bahwa Iran ... negara paling stabil di Timur Tengah," kata Valiollah dalam pidatonya, yang bertempat di Hotel Indonesia Kempinski. 

"Dalam perspektif kemajuan sosial, saya dengan segala bangga menyatakan bahwa Iran adalah salah satu negara paling demokratis di dunia," lanjutnya.

Valiollah mendasarkan klaimnya atas keberadaan berbagai macam etnis, agama, serta politik, yang disebut mampu untuk "hidup secara harmonis dan bebas dalam menyampaikan pendapat."

Duta Besar Iran itu menyebut beberapa kepercayaan yang dianut di dalam negeri, di antaranya Islam, Katolik, Protestan, Zoroastrianisme, dan Yahudi.

Menurut data dari lembaga Robert S Strauss Center for International Security and Law, Islam menjadi agama terbesar yang dianut oleh 90 persen warga negara Iran. 

Dalam kesempatan yang sama, Valiollah menuturkan bahwa seluruh agama telah diberikan kesetaraan hak sosial dan benar-benar bebas dalam melaksanakan ritual serta upacara keagamaan.

 

Simak pula video berikut:

Hak Perempuan dalam Demokrasi Iran

Menko PMK, Puan Maharani berjabat tangan dengan Wakil Presiden Iran Masuomeh Ebtekar seusai pertemuan di Jakarta, Rabu (2/5). Dalam pertemuan, Masoumeh berharap bisa bekerja sama dalam bidang pemberdayaan perempuan. (Liputan6.com/HO/Humas Kemenko PMK)

Peringatan 40 Tahun Revolusi Islam Iran dirayakan secara beragam di media sosial. Sebagian besar mengucap syukur, dan beberapa mengingatkan negeri terkait kekurangan yang masih dimiliki.

Mengingat hak perempuan adalah salah satu pilar penting dalam demokrasi, sebuah unggahan di Instagram dari aktivis bernama Faranak Amidi (@faranak_amidi) menjadi sangat menarik.

Aktivis hak perempuan itu membagikan sebuah video yang berisi pidato Imam Khomeini.

"40 tahun lalu dalam video ini Khomeini pemimpin revolusi mengingatkan perempuan, apabila mereka berfikir mereka dapat mengenakan baju renang dan berenang di laut ... mereka akan dikuliti hidup-hidup. Sebuah ekspresi untuk menunjukkan hukuman yang tegas. Pilar utama rezim ini adalah segregasi gender dan diskriminasi. Itu doktrin dari negara. #40yearsofrevolution," tulisnya dalam Bahasa Parsi.

Kiriman itu telah dilihat oleh 66.475 pengguna dengan 743 komentar.

Menurut data Global Gender Gap dari World Economic Forum yang memelajari 145 negara dan mengurutkannya berdasar kesenjangan antara laki-laki dan perempuan di bidang pendidikan, kesehatan, politik, kekuasaan, dan ekonomi; Iran menempati peringkat 141. Pada laporan 2015, WEF melihat kesenjangan yang signifikan pada kesempatan politik dan ekonomi.

Sementara itu, menurut Minky Worden of Human Rights Watch, perempuan di Iran dianggap menghadapi diskriminasi di bidang hukum serta pembatasan hak-hak.

Meskipun demikian, pemerintah telah berusaha mengakomodasi hak politik perempuan. Pada 2017 lalu, Presiden Iran Hassan Rouhani, menunjuk dua wakil presiden perempuan. Ia berusaha menjawab kritikan tajam terkait hak-hak perempuan dan perpoplitikan negara, khususnya dalam kabinet yang ia pimpin.

Dua orang perempuan tersebut adalah Masumeh Ebtekar yang mengisi posisi Wapres bidang keluarga dan urusan wanita. Satu orang lagi ialah Laya Joneydi sebagai Wapres urusan hukum.

Selain dua orang perempuan sebagai Wapres, posisi penting lain yaitu Asisten Presiden bidang Hak Sipil juga diduduki seorang perempuan, Shahindokht Mowlaverdi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Kabar Terbaru Ahmad Dhani dari Rutan Medaeng Surabaya

Posted: 11 Feb 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berkerudung merah muda, istri Ahmad Dhani mendatangi Rutan Klas 1 Medaeng, Sidoarjo, Surabaya untuk melihat kondisi musikus yang menjadi terdakwa kasus ujaran kebencian itu, Senin 11 Februari 2019.

Tak banyak yang terucap dari mulut pelantun Cinta Mati ini saat awak media berusaha mengorek keterangan darinya. 

Ahmad Dhani resmi ditetapkan menjadi tersangka oleh Polda Jawa Timur terkait ujaran kebencian yang dilontarkan kepada warga Jawa Timur yang menolaknya dalam kampanye #2019GantiPresiden.

Atas perbuatannya tersebut, Dhani divonis 1 tahun 6 bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dari Rutan Cipinang, ayah dari Al, El, Dul ini lalu dipindahkan sementara ke Rutan Medaeng, Surabaya, Jatim hingga proses persidangan kasus pencemaran nama baik selesai.

"Pemindahan sementara penahanan di Medaeng. Status penahanan kewenangan Pengadilan Negeri Jakarta. Kami tidak menahan," tutur Hakim Ketua Anton Widyopriyono.

Rencananya hari ini, Selasa (12/2/2019), Ahmad Dhani akan kembali mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Surabaya, dalam kasus dugaan pencemaran nama baik.

Berikut ini kabar terbaru Ahmad Dhani dari Rutan Medaeng?

1. Masih Jalani Pengenalan Rutan 1 Minggu

Pengacara Ahmad Dhani, Aldwin Rahardian keberatan kliennya ditahan di Rutan Medaeng, Surabaya.

Saat baru menghuni Rutan Medaeng, pria yang akrab disapa Dhani ini menjalani masa pengenalan lingkungan atau mapenaling selama tiga hingga tujuh hari bersama 100 warga binaan lainnya sejak 7 Februari 2019.

Ahmad Dhani akan berada di rumah tahanan sampai sidang kasus dugaan ujaran kebencian yang digelar di Pengadilan Negeri Surabaya selesai.

"Berdasarkan penetapan hakim, posisi terdakwa berada di sini sampai sidang selesai. Nanti setelah selesai, akan dikembalikan ke Jakarta," kata Kepala Rutan Kelas 1 Surabaya Teguh Pamuji.

2. Kondisi Kesehatan Menurun

Foto preskon Ahmad Dhani Tentang Sidang Pra Peradilan Farhat Abbas Yang Ditolak PN Jakarta Selatan (Wimbarsana/Doc: Bintang.com)

Baru beberapa menghuni rutan, kondisi kesehatan musikus bertangan ini dikabarkan menurun. Mendengar kabar tersebut, istri Ahmad Dhani, Mulan Jameela segera bergegas ke Surabaya untuk menengok suaminya.

"Mulan dengar itu langsung tadi pagi dia jalan, mau nengok, dia terbang ke sana," ungkap Lieus Sungkarisma, teman Ahmad Dhani, di Pengadilan Tinggi Jakarta, Senin (11/2/2019).

Namun, Lieus mengaku belum mendengar sakit apa yang diderita pentolan grup band Dewa ini.

"Belum tahu nih saya pengin juga ke sana," ucap Lieus Sungkarisma.

 

3. Gembira Dijenguk Istri

Mulan Jameela untuk pertama kalinya menjenguk suaminya, Ahmad Dhani Prasetyo di Rumah Tahanan (Rutan) Klas 1 Surabaya, di Medaeng Waru Sidoarjo Jawa Timur, Senin (11/2/2019). (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sesampainya di Rutan Medaeng, Wulan sempat ditolak pihak lapas karena tidak memiliki izin kunjungan. Setelah menunggu beberapa menit, dia diizinkan masuk.

Dalam pertemuan tersebut, kuasa hukum Ahmad Dhani menceritakan bagaimana saat keduanya bertemu. Karena ini adalah kali pertama Dhani dijenguk sejak ditahan di Medaeng pada 7 Februari 2019 lalu.

"Dhani dan Mulan hanya ngobrol ringan dan bercanda seperti biasa. Tidak ada tangis-tangisan," ucap Syahid.

Sementara itu, Ketua Bidang Kampanye Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno wilayah Jawa Timur, Didik Darmadi mengatakan, kalau kondisi Dhani cukup gembira ketika dijenguk istri dan para sahabatnya.

Pentolan grup band Dewa itu bahkan meminta sarung untuk dipakai dalam tahanan.

4. Minta Penangguhan Penahanan

Penyanyi Mulan Jameela dan Ahmad Dhani foto bersama di depan situs bersejarah Petra yang berada di Amman, Yordania. Mulan Jameela dan Ahmad Dhani sedang menjalani wisata religi. (Instagram/@mulanjameela1)

Atas hukuman ini, Ahmad Dhani mengajukan permohonan penangguhan penahanan ke Pengadilan Tinggi Jakarta. Penangguhan diajukan dengan beberapa pertimbangan.

"Pertimbangannya itu, Dhani masih punya anak kecil," ujar Lieus Sungkarisma di Pengadilan Tinggi Jakarta, Senin kemarin.

Jika penangguhan penahanan ini dikabulkan, maka pentolan Dewa tersebut akan kooperatif dan mengikuti semua prosedur hukum.

"Dia tidak akan melarikan diri, tidak akan menghilangkan barbuk (barang bukti-red), itu ada. Dan saya sangat memohon Pengadilan jangan ikut berpolitik, tegakkan hukum sebagaimana adanya," ucap pihak keluarga Ahmad Dhani tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangunan Ambles Terseret Banjir, Pemilik Salon di Semarang Hanyut

Posted: 11 Feb 2019 09:30 PM PST

Patroli, Semarang - Salon milik Sri Murtini di Jalan Bumirejo, Kelurahan Pudakpayung, Kota Semarang, ambles diterjang banjir. Banjir yang datang secara tiba-tiba membuat sang pemilik ikut hanyut terseret banjir, lantaran berada di bagian belakang salon. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Selasa (12/2/2019), warga yang mendengar suara bangunan runtuh langsung berdatangan ke lokasi.

Sementara itu, dua pelanggan salon berhasil menyelamatkan diri sebelum bangunan roboh diterjang banjir. 

Petugas gabungan diturunkan untuk menyisir lokasi longsor dan sungai terdekat. Namun, hingga Senin petang, 11 Februari 2019, jasad korban belum ditemukan. Pencarian kembali dilanjutkan Selasa pagi. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Tanda Tangani Pakta Integritas Jamin Kerahasiaan Pertanyaan Debat Capres

Posted: 11 Feb 2019 09:30 PM PST

Fokus, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kian intensif mempersiapkan debat kedua yang diikuti calon presiden dalam Pemilu 2019. Untuk debat yang digelar hari Minggu, 17 Februari nanti, KPU juga telah menggelar penandatanganan pakta integritas bagi para moderator dan panelis.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (12/2/2019), pakta integritas itu intinya menekankan agar moderator dan panelis menjamin kerahasiaan pertanyaan debat.

Awalnya, KPU menunjuk delapan panelis dari kalangan akademisi dan LSM. Namun, seorang panelis mengundurkan diri, sehingga debat kedua ini ditangani oleh tujuh panelis.

Sementara itu, Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro didapur untuk menjadi moderator debat capres putaran kedua. 

Debat kedua bertema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur juga akan dikemas berbeda dengan debat perdana 17 Januari lalu.

Perubahan ini berdasarkan hasil evaluasi debat perdana, antara lain para kandidat kali ini tidak diberikan kisi-kisi pertanyaan. Kemudian, walau segmentasi debat masih sama, yakni enam segmen, nantinya dalam segmen empat, kedua capres diberi kesempatan berdebat secara bebas.

Perjalanan para capres ke lokasi debat juga menjadi salah satu video yang akan ditampilkan. KPU berharap debat kedua yang diikuti capres dalam Pemilu 2019 ini tak hanya menarik tapi juga tepat sasaran.

Televisi kesayangan Anda Indosiar akan menyiarkan secara langsung debat kedua capres Pemilu 2019 mulai pukul 18.00 WIB. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Debat dengan Jerinx SID, Ashanty Mengaku Bersalah

Posted: 11 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ashanty belum lama ini terlihat beradu argumen dengan Jerinx SID di media sosial saat membahas Rancangan Undang-undang (RUU) Permusikan. Kini, ia mengaku menyesal karena tidak menyelami sosok Jerinx terlebih dahulu. Ia pun baru tahu bahwa sebelumnya Jerinx pernah menyindir Anang Hermansyah.

"Aku tahu orangnya ya berarti aku tidak boleh meladeni sih. Aku salah sih kemarin," ujar Ashanty saat di kawasan Depok, Jawa Barat, Minggu (10/2/2019).

Menurut Ashanty, saat pertama kali membalas unggahan komentar Jerinx, ia sama sekali belum mengenal sosok drummer band Superman is Dead (SID) itu. Ia juga tak menyangka topik pembahasan tersebut bakal melebar dari RUU Permusikan.

"Aku tuh tidak tahu siapa dia dan tidak (menyangka) bakal seekstrem itu juga," ujarnya.

Terpancing

Preskon film Mama Mama Jagoan (Nurwahyunan/Fimela.com)

Diakui Ashanty, unggahan Jerinx memang telah membuat emosinya terpancing. Sehingga ia meladeni cibiran atau komentar pedas yang awalnya ditujukan kepada Anang.

Reaksi ini pula yang membuatnya semakin heran, karena dia dan Anang termasuk sosok yang tak mudah terbawa perasaan.

Ashanty semakin takut meladeni Jerinx setelah pria asal Bali itu mengungkit bisnis yang dikelolanya.

"Cuma kemarin memang bahasanya kalau aku ngasih tahu dia ngatain merembet ke bisnis gitu-gitu, jadi menurut aku waduh kok seram ya," katanya.

Tak Sesuai Harapan

(Instagram/ashanty_ash)

Menurut Ashanty, awalnya ia ingin menjelaskan soal RUU Permusikan karena menganggap Jerinx tidak memahami legislasi yang masuk Proglegnas Prioritas DPR tersebut. Namun, reaksi yang didapat ternyata tak sesuai harapannya.

"Dianggap aku membela dan tidak terima aku dikritik. Padahal yang mengkritik banyak banget. Dan aku diam, dan yang mengkritik sebenarnya semuanya, cuma salah paham," ucapnya.

Ashanty menjelaskan bahwa suaminya hanya bertindak sebagai anggota DPR yang mempunyai hak mengusulkan RUU. Anang, lanjutnya, bukan politisi yang menulis atau merumuskan RUU tersebut.

"Mas Anang punya hak di DPR buat memperjuangkan sesuatu membuat undang-undang," jelasnya.

(Reporter : Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Striker MU Tebar Ancaman untuk PSG

Posted: 11 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Striker Manchester United (MU), Romelu Lukaku menebar ancaman kepada Paris Saint-Germain (PSG). Dia mengatakan, PSG akan mendapat teror yang mengerikan di Old Trafford.

Ya, Old Trafford akan menjadi venue leg pertama yang menggelar pertandingan babak 16 besar Liga Champions antara MU vs PSG. Menurut Lukaku, Old Trafford bakal memberikan mimpi buruk untuk tim asuhan Thomas Tuchel.

"Di Prancis, mereka punya banyak stadion indah. Namun saya tidak merasa atmosfernya sama seperti di Old Trafford," ucap Lukaku, seperti di situs resmi MU.

"Mereka menjulukinya Theatre of Dreams dengan alasan. Saya pikir ini akan menjadi momen bagus bagi kami untuk menunjukkan kepada dunia soal bagaimana cara kami bermain."

Lukaku sangat yakin Old Trafford bakal membungkam PSG. Terlebih, MU sedang dalam rasa percaya diri tinggi. Setan Merah, sebutan MU, mencatatkan 10 kemenangan dan sekali hasil imbang di semua kompetisi sejak dinakhodai Ole Gunnar Solskjaer Solskjaer.

 

Tim Favorit

Liga Champions: Manchester United Vs PSG (Bola.com/Adreanus Titus)

Berkunjung ke markas Setan Merah, PSG kehilangan tiga pemain bintangnya, Marco Verratti, Edinson Cavani dan Neymar. Verratti absen karena mengalami cedera pergelangan kaki, Cavani dan Neymar mengalami masalah yang sama, cedera kaki.

Kendati demikian, Lukaku menyebut PSG lebih diunggulkan ketimbang MU. Striker berusia 25 tahun itu mengatakan PSG sebagai salah satu tim terbaik di Eropa.

"Kami mungkin melawan salah satu tim terbaik di Eropa, yakni PSG. Saya pikir ini akan menjadi tantangan nyata untuk kami karena PSG di Eropa, dalam dua tahun terakhir, selalu mencoba untuk memenangkan Liga Champions. Kami juga ingin melaju jauh," kata Lukaku.

 

MU Sulit Dikalahkan

Pada ajang Liga Champions, MU menalan kekalahan 0-1 dari Juventus di Old Trafford Stadium, pada matchday ketiga. Itu menjadi satu-satunya kekalahan dalam 11 pertandingan mereka di Old Trafford. Rinciannya, MU menang tujuh kali, imbang tiga kali, dan sekali kalah.

Sejak dinakhodai Solskjaer, akhir Desember 2018, MU menjadi sulit dikalahkan. Dalam 11 pertandingan terakhir, MU mencatatkan 10 kemenangan dan sekali imbang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rusia Bakal Putuskan Seluruh Jaringan Internet

Posted: 11 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rusia dikabarkan akan memutuskan seluruh jaringan internet di negaranya.

Dengan demikian, jika hal ini benar dilakukan, rakyat bekas negara Uni Soviet itu tak akan bisa mengakses apa-apa lewat internet.

Namun, tidak diketahui apakah pemutusan jaringan internet ini bersifat sementara atau tidak.

Dilansir Mirror, Selasa (12/2/2019), wacana penutupan jaringan internet ini diinisiasi oleh Regulator Telekomunikasi Rusia atau Roskomnazor.

Hal tersebut merupakan tujuan dari Rusia untuk menguji ketahanan siber mereka dan mempersiapkan diri jika nanti benar-benar berperang dengan Amerika Serikat (AS) dan NATO.

Rusia juga dilaporkan menerapkan sistem pemutusan jaringan internet seperti Tiongkok. Cara kerja sistem ini mirip dengan Great Firewall.

Undang-Undang Parlemen Rusia

Ilustrasi Rusia (AP)

Wacana ini sebetulnya juga menjadi respons terhadap tanggapan terhadap undang-undang yang diusulkan dan diperkenalkan Parlemen Rusia pada Desember 2018.

Berkas pertama undang-undang tersebut, ingin memastikan Roskomnazor untuk bisa membuka independensi ruang internet Rusia dengan agregasi asing.

Jika nanti memang harus demikian, semua perusahaan telekomunikasi di Rusia juga harus menginstal sarana teknis mengubah semua rute lalu lintas internet Rusia ke point pertukaran data yang disetujui dan dikelola Roskomnazor.

Rusia Pamer Robot Canggih, Ternyata Isinya Manusia

Boris, robot yang bisa bernyanyi. (Foto: Dream)

Rusia sebagai salah satu negara terdepan di bidang teknologi, belum lama ini memperkenalkan robot canggih mereka melalui saluran televisi terkemuka.

Pujian pun dilayangkan oleh acara itu kepada Boris, sang robot  humanoid yang bisa tampil bernyanyi, menari, bahkan berinteraksi dengan penonton di forum remaja yang membahas dunia robotika tersebut.

Terlihat dalam sebuah tayangan video, Boris tengah beraksi di depan publik yang tercengang dengan aksinya.

"Saya sudah pandai matematika tetapi sekarang saya ingin belajar seni dan komposisi musik," kata Boris dengan suara metalik seperti terlihat dalam tayangan.

"Boris si Robot sudah belajar menari, dan dirinya tidak buruk dalam hal itu," lanjut sang pembawa acara.

Tak lama setelah itu, beredar gambar-gambar yang dibagikan secara online dari belakang panggung di acara tersebut.

Gambar ini memperlihatkan sosok yang diduga manusia di dalam pakaian robot Boris. Sosok itu terlihat dari balik celah antara bodysuit dan headpiece.

Selain foto-foto tersebut, seorang Blogger menemukan situs web Robot Show, di mana terdapat satu set kostum robot Boris yang bernama "Alyosha Robot". Dalam situs itu, Alyosha Robot diperjual belikan.

Menurut informasi yang dilansir The Guardian, setelah video ini viral, acara Rusia-24 pun segera mengklarifikasi dengan melakukan konferensi pers.

Penyelenggara acara itu mengaku tak pernah mengklaim bahwa Boris merupakan robot asli.

"Saya benar-benar yakin semua orang akan menyadari itu adalah kostum, seperti Sinterklas, bahwa ini adalah proyek yang dibuat untuk anak-anak," katanya.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak yang Bingung, Ini Beda Body Lotion, Body Butter dan Body Serum

Posted: 11 Feb 2019 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya wajah saja yang membutuhkan perawatan agar tetap terjaga kesehatannya. Tubuh kamu juga membutuhkan perawatan agar tetap terjaga kesehatannya baik itu dijaga melalui dalam maupun luar. Nah, untuk merawat tubuhmu dari luar, kamu bisa mencoba cara sederhana yaitu dengan menggunakan pelembab khusus untuk kulit tubuh.

Namun, banyaknya produk pelembab tubuh (moisturizer) terkadang membuat bingung untuk memilihnya. Ada beberapa jenis pelembab tubuh seperti body serum, body lotion, dan body butter. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk kebutuhan kulitmu.

Semua pelembab kulit dibuat dengan karakteristik tersendiri sehingga memiliki kombinasi air, tipe minyak, dan emolien (pengencer) yang berbeda antara satu sama lainnya. Untuk mendapatkan yang terbaik, kamu harus memilih pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit kamu.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih pelembab kulit yang tepat untuk dirimu antara lain seberapa kering kulit tubuh kamu, iklim tempat tinggal, dan bagian tubuh mana yang paling membutuhkan pelembab.

Berikut Liputan6.com rangkum dari beberapa sumber bedanya body lotion, body butter, dan body serum yang tentunya memiliki fungsi berbeda untuk menutrisi kulit kamu, Selasa (12/2/2019).

Body Lotion

Beda Body Lotion, Body Butter dan Body Serum

Pelembab satu ini memiliki tekstur yang paling encer dibanding pelembab kulit lainnya terutama body butter. Body lotion merupakan pilihan paling tepat jika kamu membutuhkan pelembab yang bisa digunakan untuk seluruh tubuh.

Body lotion juga sangat baik digunakan untuk kamu yang berkulit normal cenderung kering serta tidak terlalu bermasalah. Lotion yang baik itu adalah yang lotion yang tidak terlalu berminyak dan menyerap dengan cepat. Lotion merupakan pilihan yang tepat jika kamu hidup di iklim yang lembap atau ketika cuaca mulai panas.

Body Butter

Beda Body Lotion, Body Butter dan Body Serum (Foto: fashionising.com)

Tekstur body butter sangat pekat menyerupai mentega. Memiliki bahan dasar yang mengandung lemak seperti kacang-kacangan dan buah-buahan. Paling cocok digunakan pada bagian kulit ekstra kering dan pecah-pecah, seperti siku, lutut dan tumit.

Sebaiknya body butter digunakan pada malam hari sebelum tidur agar paginya kulit kembali lembap. Waktu penyerapan body butter ke kulit sangat lama hingga berjam-jam. Body butter sangat disarankan untuk ibu hamil. Khususnya pada area perut, pinggang, dan paha untuk mencegah timbulnya stretchmark akibat kehamilan.

Body Serum

Beda Body Lotion, Body Butter dan Body Serum

Formula body serum lebih ringan dibandingkan body lotion dan body butter. Formula dari body serum cepat meresap di kulit, karena mengandung molekul aktif dan konsentrasi yang lebih tinggi.

Body serum mampu menargetkan langsung ke bagian yang bermasalah. Biasanya produk serum ini water-based, sehingga kandungan di dalamnya seperti vitamin, antioksidan, latic acid dan glicolic acid mudah diserap kulit. Latic acid dan glicolic acid sendiri bekerja sama dengan fungsi untuk mencegah kulit kering serta kasar.

Body serum sangat baik digunakan bagi kamu yang memiliki kulit super kering, atau kurang suka dengan rasa lengket dari body lotion. Serum mampu bekerja lebih dalam untuk melembabkan sekaligus menutrisi kulit. Selain itu, tekstur body serum lebih ringan dan tidak meninggalkan rasa lengket karena cepat diserap oleh kulit tubuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Formula Baru, Pertamina Klaim Jual Avtur di Bawah Patokan

Posted: 11 Feb 2019 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) akan mengikuti pemerintah dalam menetapkan harga avtur, dengan mengacu pada formula yang telah dibuat. Hal ini untuk menjaga agar harga avtur tetap kompetitif.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, pemerintah telah menerbitkan formula harga berbagai jenis Bahan Bakar‎ Minyak (BBM) salah satunya adalah avtur. Sehingga dalam menetapkan harga avtur Pertamina mengacu pada formula tersebut.‎

"Jadi kita mengikuti aturan yang dikeluarkan pemerintah, sama halnya dengan BBM kamarin," kata Nicke, di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Menurut Nicke, saat ini pihaknya masih melakukan perhitungan perubahan harga avtur, dengan mengacu pada formula harga yang telah diterbitkan pemerintah.

"Belum tau sih, lagi dihiitung simulasikan. Kan ada formulanya, ditetapkan pemerintah, kita ikutin aturannya," tutur dia.‎

Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Basuki Trikora Putra mengatakan, dalam formula harga avtur ada patokan harga tertinggi, sehingga Pertamina tidak bisa melebihi harga tersebut dalam menetapkan besaran harga avtur.

"Ya kan dikasihnya harga patokan, ya kita ikut aja sama harga patokan," tuturnya.

Dia pun mengklaim, harga avtur Pertamina belum melebihi patokan harga yang ditetapkan dalam formula. Sehingga harga avtur Pertamina tidak bermasalah jika mengacu formula.

‎"Sepanjang tidak melebihi harga patokannya ya nggak apa-apa lah. Selama ini harga avturnya masih di bawah," tandasnya.

 

Harga Avtur Mahal, Jokowi akan Panggil Dirut Pertamina

Avtur Pertamina.(Liputan6.com / Nefri Inge)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mendapat keluhan dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) tentang mahalnya harga avtur. Mahalnya harga avtur ini membuat tiket pesawat mahal serta kamar- kamar hotel menjadi sepi.

Jokowi pun mengaku kaget mendengar hal tersebut. Untuk itu, dia akan memanggil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati untuk meminta kejelasan harga avtur di dalam negeri.

"Berkaitan dengan harga tiket pesawat saya terus terang kaget dan malam hari ini saya baru tahu mengenai pak CT (Chairul Tanjung) mengenai avtur. Yang ternyata avtur yang dijual di (Bandara) Soetta itu di monopoli oleh Pertamina sendiri," kata Jokowi saat menghadiri acara Gala Dinner PHRI di Hotel Sahid Jakarta, Senin 11 Januari 2019.

["Sehingga besok pagi (hari ini) saya akan undang Dirut Pertamina," sambungnya.

Jokowi mengatakan dirinya akan memberikan dua pilihan kepada Pertamina, yaitu menurunkan harga atau mengizinkan perusahaan minyak lainnya untuk menjual avtur. Hal ini lantaran dia menilai harga avtur yang tinggi akan berdampak negatif kepada sektor-sektor lainnya.

"Karena memang segitu menggangu, saya belum sempat mengundang, tapi sudah disampaikan dulu Pak Hariyadi," ucapnya.

Saat menghadiri acara tersebut, Jokowi mendapat gelar sebagai Bapak Pariwisata Nasional. Ketua PHRI Hariyadi Sukamdani, mengatakan gelar tersebut diberikan karena Jokowi dinilai berperan besar terhadap pengembangan pariwisata di Indonesia.

"Kami sudah memperhatikan Bapak sejak di Solo, kami melihat perhatian Bapak. Bapak membangun infrastruktur secara masif dan mengejar ketertinggalan infrastruktur," jelas Hariyadi di lokasi.

Untuk itu, Hariyadi meminta agar penghargaan tersebut tidak dikaitkan dengan hal-hal politik.

"Penghargaan kami kepada bapak adalah objektif melihat kinerja yang dilakukan bukan karena bapak saat ini sedang sibuk kampanye. Kami berharap tidak dikaitkan dengan politis," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Selain itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: