Minggu, 10 Februari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Balita 2 Tahun di Depok Tewas Diduga Dibanting Ayah Tiri

Posted: 10 Feb 2019 09:38 PM PST

Patroli, Depok - Jasad bocah laki-laki berumur 2 tahun disalatkan di masjid yang tak jauh dari tempat tinggalnya di bilangan Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Bocah ini diduga menjadi korban kekerasan sang ayah tiri.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (11/2/2019), usai disalatkan, warga kemudian memakamkan jasad balita malang ini.

Bocah tersebut diduga mengembuskan napas terakhir setelah dbanting ayah tirinya beberapa hari sebelumnya.

Pada tubuh korban juga ditemukan sejumlah luka lebam. Ayah tiri dan ibu korban yang berprofesi sebagai pengamen saat ini masih dimintai keterangan di Polresta Depok. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saatnya Lajang Tetap Senang di Hari Kasih Sayang

Posted: 10 Feb 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, lajang merupakan pilihan hidup. Orang-orang dengan prinsip seperti ini bisa menikmati kesendirian dengan tetap bahagia tanpa ada pasangan. Begitupun saat Valentine, hari yang identik dengan kasih sayang ini tidak hanya eksklusif bagi pasangan kekasih saja. Valentine juga bisa menjadi momen yang pas untuk menunjukkan kasih sayang pada diri sendiri sebagai apresiasi atas kerja keras dan pencapaian yang didapatkan hingga saat ini.

Sayangnya, banyak tempat menarik menawarkan acara atau promo spesial hanya untuk yang berpasangan. Padahal, kaum lajang juga bisa menikmati istimewanya hari Valentine dengan berbagai kegiatan seru berikut ini:

1. Solo traveling

-

Berjalan-jalan sendirian dapat memberikan banyak keuntungan. Pasalnya, kamu bisa menentukan itinerary perjalanan sebebasnya. Dalam wisata tunggal ini, kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat menarik untuk mendapatkan pengalaman dan kenalan baru.

Pilihlah destinasi yang bisa kamu jelajahi seharian, tanpa harus jauh-jauh pergi dari kota asal. Beberapa ide yang bisa kamu coba di antaranya tur keliling situs-situs bersejarah di Jakarta ataupun berkunjung ke kampung wisata di Jogja. Ide yang seru, bukan?

2. Makan sepuasnya

-

Jika kamu termasuk orang yang suka wisata kuliner, tentu seru rasanya bisa mencicipi berbagai makanan di hari Valentine. Berbekal uang sendiri, manjakanlah perut dan lidah di tempat makan yang selama ini sudah lama ingin kamu coba. Menariknya, di hari Valentine ini Traveloka mengadakan promo diskon 50% untuk kuliner yang membuat kamu bisa hemat setengah harga saat berwisata kuliner ke restoran favorit.

3. Relaksasi tubuh

-

Tunjukkan rasa sayang kamu kepada diri sendiri dengan memanjakan diri melalui perawatan di salon atau spa terbaik. Manfaatkan promo diskon 50% produk Spa dan Kecantikan dari Traveloka agar kamu bisa menikmati pijatan, membersihkan tubuh, dan mengubah penampilan di salon dan spa ternama. Tentunya, relaksasi tersebut akan membuat kamu kembali segar untuk siap menghadapi kesibukan harian esok harinya.

4. Maraton film di bioskop

-

Tidak ada salahnya untuk menonton bioskop sendirian. Saat Valentine nanti, siapkan diri untuk menonton film box office yang tengah menjadi perbincangan dan memiliki rating tinggi. Pilihlah bioskop yang menarik dan memiliki fasilitas keren agar kamu bisa nyaman saat menonton.

Kamu dapat langsung memesan tiket film pilihan menggunakan Traveloka App. Khusus hari kasih sayang ini, Traveloka memberikan promo diskon Tiket Bioskop hingga 50% untuk kamu gunakan saat movie marathon nanti. Seru sekali, bukan?

5. Staycation di hotel cantik

-

Jika ingin menikmati suasana baru, cobalah staycation di hotel unik yang terletak tidak jauh dari lokasi kamu. Selain unik, kamu bisa memilih hotel yang memiliki kesan artsy serta berfasilitas lengkap. Pastikan pula kamar tidurnya sangat nyaman sehingga kamu bisa bermalas-malasan seharian tanpa merasa bosan. Beberapa hotel yang menarik untuk momen ini, misalnya Artotel, Hotel Santika, Pullman Jakarta, dan Ibis Styles.

Promo menarik saat Valentine

Promo Valentine dari Traveloka.

Kesenangan para lajang saat Valentine kali ini akan terasa lebih menyenangkan dengan adanya berbagai diskon dari Traveloka. Mulai dari produk Spa & Kecantikan, Kuliner, hingga Bioskop bisa kamu dapatkan untuk memanjakan diri selama hari kasih sayang. Promo spesial tersebut berlaku sepanjang tanggal 11 – 17 Februari 2019.

Secara spesifik, promo Valentine dari Traveloka ini memberikan diskon hingga maksimal Rp30.000 untuk Tiket Bioskop, dan maksimal Rp50.000 untuk Kuliner serta Spa dan Kecantikan. Dengan transaksi minimal Rp50.000, promo ini bisa kamu nikmati sebanyak satu kali dalam masa periode promo. Untuk mendapatkannya, pastikan kamu memasukkan kode promo berikut: JOMBLOCAKEP (Spa dan Kecantikan), JOMBLOMANIS (Kuliner) dan JOMBLOLUCU (Bioskop) saat melakukan transaksi.

Itulah beberapa cara untuk membahagiakan diri di hari Valentine. Hari yang identik dengan kasih sayang ini merupakan momen yang tepat untuk kamu bisa lebih mencintai diri sendiri. Ditambah dengan berbagai diskon yang disediakan di Traveloka, kamu bisa lebih menikmati momen spesial ini dengan lebih seru. Yuk, buka Traveloka App dan manfaatkan berbagai diskon yang ada sekarang!

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Teknisi, Pria Ini Bikin Kipas Angin Dari Rice Cooker

Posted: 10 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kreativitas itu merupakan suatu anugerah dari Tuhan sehingga seorang individu dapat menciptakan terobosan dan memecahkan masalah dengan cara yang berbeda. Orang yang memiliki kreativitas tinggi bisa memanfaatkan barang-barang bekas menjadi barang yang berguna dan kembali bermanfaat.

Salah satunya adalah pria ini, ia bisa menciptakan beragam kreativitas dengan memanfaatkan barang-barang bekas dan membuat karya secara otodidak atau tanpa pernah belajar khusus. Pria ini adalah orangtua atau ayah dari akun Twitter @JojoanneRant. Akun Twitter tersebut membagikan kisah dan kreativitas ayahnya yang viral di media sosial.

Berikut Liputan6.com rangkum kisah dan kreativitas dari seorang pria multitalenta yang bisa membuat kipas angin dari rice cooker dari akun Twitter @JojoanneRant, Senin (11/2/2019).

1. Akun Twitter @JojoanneRant bagikan kisah ayahnya bikin kipas angin dengan tombol switch rice cooker

2. Walaupun bukan teknisi, pria ini berhasil bikin kipas angin dari rice cooker

3. Pria ini juga jago melukis

4. Ia juga bisa bikin replika bunga dari tempurung kelapa

5. Hanya dari kayu bekas bisa membuat pajangan indah

6. Percaya enggak kalau golok buatan pria ini ternyata 100% kayu?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vanesha Priscella Ajak Nonton Bareng Dilan 1991

Posted: 10 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Bandung Tanggal 24 Februari mendatang ditetapkan sebagai Hari Dilan. Masyarakat dapat menyaksikan film Dilan 1991 di seluruh bioskop hanya dengan harga Rp10 ribu.

Jelang hari tersebut, aktris Vanesha Priscella mengajak penggemar Dilan dan Milea untuk menonton film Dilan 1991.

"Alhamdulillah film ini bisa diapresiasi, pokoknya senang banget film Dilan bisa dispesialkan gitu. Bukan cuma masyarakat Bandung, tapi juga sama yang punya Bandung, Pak Ridwan Kamil sampai dibikinin Taman Dilan juga," kata Vanesha di Bandung, Minggu (10/2/2019).

Vanesha kembali berperan sebagai Milea dalam film Dilan 1991. Adik dari aktris Sissy Priscillia itu menaruh harapan pada film lanjutan Dilan 1990 ini.

"Buat aku tanggal 24 kita bisa membawa kebahagiaan buat masyarakat Bandung. Ya, pasti ikut meramaikan Hari Dilan nanti," ucapnya.

Meski begitu, Vanesha tak punya rencana khusus untuk menyambut penggemar di hari Dilan.

"Belum ada sih, yang pasti aku harus mengikuti jadwal dari promo dulu paling nanti kita promo ke luar kota bareng fans," katanya.

"Pokoknya pasti kan masyarakat Bandung sangat rindu sama Dilan dan Milea, jadi supaya penasarannya terobati harus nonton bareng kita," seru Vanesha.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Dapat Sertifikat Perbankan dari SIMANTAP? Simak Cara Ini

Posted: 10 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) meluncurkan sistem e-Learning bernama  Sistem Informasi Pembelajaran APU PPT Perbankan (SIMANTAP).

Dengan ini, PPATK dapat memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada petugas bank di seluruh Indonesia.

Cukup daftar di simantap.ppatk.go.id, petugas bank dapat mengakses fitur-fitur edukatif yang tersedia. Pengguna juga bisa ikut ujian sertifikasi setelah mendaftar dan mengupload dokumen-dokumen seperti surat penugasan yang memvalidasi identitas sebagai petugas bank. 

Sementara itu, pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  menyebut SIMANTAP dapat menjangkau daerah seperti Papua. Lantaran, Indonesia memiliki banyak bank di berbagai daerah, sehingga pengajaran konvensional tidak bisa sering dilakukan.

"Terkait infrastruktur, pengembangan SIMANTAP ini menjawab keterbatasan kita menjangkau wilayah seluruh negeri kita," ujar Deputi Komisioner Riset dan Internasional Imansyah, Senin (11/2/2019) di Jakarta.

Ujian sertifikasi melalui SIMANTAP memiliki 60 soal yang diacak dan batas waktu pengerjaan 45 menit. Bila mendapat skor minimal 70. Setelahnya, peserta dapat mencetak seerfikat tersebut. Jika gagal, peserta bisa mencoba lagi, tanpa perlu akun baru. 

Diharapkan para frontliner makin memahami rezim anti pencucian uang dan perlawanan terhadap pendanaan terorisme lewat program ini. 

"Frontliners seperti CS, teller, dan marketing, kita tahu mereka garda terdepan, mereka yang pertama engage dengan risiko," tegas Imansyah.

Sementara ini, sertifikasi SIMANTAP  hanya untuk frontliner, tapi PPATK dan OJK berjanji mengembangkan sistem ini ke manajer hingga direksi.

 

PPATK Ajak Frontliner Bank Belajar di Simantap

Ilustrasi Bank

Sebelumnya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) meluncurkan sistem e-learning dalam upaya melawan pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Sistem ini disebut Sistem Informasi Pembelajaran APU PPT Perbankan (SIMANTAP). Sesuai namanya, SIMANTAP diperuntukkan kepada frontliner perbankan agar memiliki program Anti Pencucian Uang (APU) dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (PPT).

Program ini dibuat agar memudahkan proses edukasi kepada frontliner perbankan di seluruh Indonesia.

Edukasi yang dapat berlangsung bertahun-tahun pun menjadi semakin singkat lewat aplikasi yang bisa diakses lewat smartphone dan laptop ini pada simantap.ppatk.go.id. 

"Jumlah bank umum 114 bank, tersebar di seluruh Indonesia. Terbayang bila penguatan kompetisi mereka kalau secara pertemuan di kelas, maka akan sangat terbatas yang bisa dijangkau. Bila dengan model e-learning maka (modul) 5-10 tahun bisa (dipelajari) dalam sebulan," ujar Deputi Bidang Pencegahan PPATK Muhammad Sigit, Senin 11 Februari 2018 di Jakarta pada acara Grand Launching SIMANTAP.

Sigit menyebut, PPATK memerlukan pelaporan berkualitas dari pihak perbankan, sehingga peran frontlinners yang langsung bertemu pelanggan amat penting. Yang termasuk kategori ini adalah teller, customer service, dan marketing.

Rencananya, ada sertifikasi bagi yang mengikuti program oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Tes-tes yang tersedia di SIMANTAP juga sesuai standar BNSP. 

Sigit juga mengapresiasi peran pihak Amerika Serikat (AS) dalam membangun modul SIMANTAP. 

Perwakilan United States Agency of International Development (USAID) Anders Matius menyebut bangga bisa bekerja sama dengan Indonesia dan PPATK melawan pendanaan terosime global. Ia berharap sistem ini menjadikan standar bagi perbankan yang sudah lebih dulu mengembangkan sistem serupa.

"Beberapa bank sudah lebih dulu mengembangkan modul e-learning mereka. AS mengapresiasi usaha tersebut, dan harapannya sistem ini bisa membuat standar baru bagi staf perbankan untuk mengenali aktivitas mencurigakan," ujar dia.

Modul

Ada enam modul yang dapat dipelajari dan dilengkapi pre-test dan post-test bersifat pilihan ganda:

1. Rezim Anti Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme di Indonesia

2. Prinsip mengenali pengguna jasa

3. Kewakiban pelaporan bagi penyedia jasa keuangan

4. Identifikasi pelaporan transaksi

5. Tipologi 

6. Red flag

Para pelajar tak hanya diajarkan mengenai teori dan Undang-Undang, melainkan cara mengenali pribadi yang melalukan transaksi mencurigakan.

Saat ini, SIMANTAP memang ditujukan kepada frontliners. Selanjutnya, e-learning ini akan dikembangkan kepada manager, kepala cabang, hingga direksi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Pemenang Grammy Awards 2019

Posted: 10 Feb 2019 09:28 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Penghargaan musik prestisius Grammy Awards 2019 baru saja selesai diselenggarakan di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat pada Senin (11/2/2019) pagi atau Minggu malam waktu setempat. Banyak musikus populer yang hadir dalam perhelatan ke-61 Grammy.

Alicia Keys tampil sebagi pembawa acara Grammy Awards 2019 sekaligus presenter di beberapa kategori. Sementara musikus yang memanaskan panggung pun bukan nama-nama sembarangan. Ada Cardi B, Post Malone, Lady Gaga, bahkan ada penampilan khusus dari Dianna Ross.

Bicara soal Grammy Awards, tentu tak lengkap bila tak membicarakan para musikus yang membawa pulang piala berbentuk gramofon tersebut. Rapper Childish Gambino menang di kategori prestisius, Record of the Year dan Song of The Year, sementara Dua Lipa menjadi artis pendatang baru terbaik.

Selain mereka, siapa saja yang membawa pulang piala dalam Grammy Awards 2019? Simak sebagian daftar pemenang di bawah ini, seperti dilansir dari Rolling Stone:

Daftar Pemenang Grammy Awards (1)

Childish Gambino (Foto: AFP / Neilson Barnard / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Album of the Year: Golden Hour, Kacey Musgraves

Record of the Year: "This is America," Childish Gambino

Song of the Year: "This is America," Childish Gambino

Best New Artist: Dua Lipa

Best Rap Album: Invasion Of Privacy, Cardi B

Best R&B Album: H.E.R., H.E.R.

Best Country Album: Golden Hour, Kacey Musgraves

 

Daftar Pemenang Grammy Awards (2)

Lady Gaga saat menerima penghargaan Grammy Awads 2019. (Robyn Beck / AFP)

Best Rap Song: "God's Plan," Drake

Best Pop Duo/Group Performance: "Shallow," Lady Gaga dan Bradley Cooper

Best Pop Vocal Album: Sweetener, Ariana Grande

Best Pop Solo Performance: "Joanne (Where Do You Think You're Goin'?)," Lady Gaga dan Mark Ronson

Producer of the Year, Non-Classical: Pharrell Williams

Best Traditional Pop Vocal Album: My Way, Willie Nelson

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Defisit Neraca Pembayaran Tekan Rupiah hingga ke 14.047 per Dolar AS

Posted: 10 Feb 2019 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah pada perdagangan di awal pekan ini. Pelemahan ini disebabkan sentimen dari defisit neraca pembayaran.

Mengutip Bloomberg, Senin (11/2/2019), rupiah dibuka di angka 13.987 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.955 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus tertekan hingga tembus level 14.045 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 13.985 per dolar AS hingga 14.047 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih mampu menguat 2,4 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah di patok di angka 13.995 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan pada Jumat lalu yang ada di angka 13.992 per dolar AS.

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin pagi bergerak melemah seiring rilis defisit Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) 2018 yang dirilis Jumat sore lalu.

"NPI untuk tahun 2018 tercatat defisit sebesar USD 7,1 miliar. Defisit NPI terjadi selama tiga triwulan berturut-turut, namun pada kuartal IV 2018 mencatatkan surplus sebesar USD 5,4 miliar," kata Ekonom Samuel Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih, dikutip dari Antara.

Surplus pada kuartal IV 2018 terjadi karena naiknya neraca modal dan finansial, terutama bersumber dari investasi portofolio sebesar USD 10,4 miliar, sementara investasi langsung atau penanaman modal asing melambat.

Surplus pada kuartal IV 2018 yang tercatat sebesar USD 15,6 miliar bisa menutup defisit pada neraca transaksi berjalan yang tercatat sebesar USD 9,1 miliar pada kuartal IV 2018 atau minus 3,57 persen dari PDB.

Sementara itu, secara keseluruhan tahun 2018, defisit neraca transaksi berjalan tercatat sebesar 2,98 persen dari PDB, meningkat dibandingkan kinerja 2017 yang sebesar 1,6 persen dari PDB.

Ekonom Indef Ragu Rupiah Bakal Terus Menguat

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat, Jakarta, Kamis (23/10/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Pemerintahan Jokowi-JK mematok asumsi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar 15.000 per dolar AS. Angka ini berubah dari Rancangan APBN-2019 sebesar 14.00 per dolar AS.

Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Alviliani, mengatakan bahwa nilai tukar rupiah pada tahun ini memang sulit untuk diprediksi. Sebab, kondisi perekonomian global yang terus bergejolak membuat nominal mata uang Garuda ini cenderung terus bergerak.

"Satu hal terkait dengan rupiah. rupiah saat ini sedang cenderung menguat terus ya. Jadi ini juga satu hal yang perlu kita cermati apakah akan terus menguat, keliatannya belum bisa kita pastikan," kata dia dalam acara Dialog Ekonomi Perbankan, di Jakarta, pada Rabu 30 Januari 2019. 

Aviliani mengatakan, penguatan rupiah yang terjadi saat ini karena didorong berbagai faktor. Salah satunya melalui aliran modal dana asing yang masuk ke Indonesia cukup deras. Namun, dirinya meragukan, penguatan ini tidak akan berlangsung lama.

"Tapi apakah nanti setelah April ini akan terus menguat? artinya bahwa kita harus mengasumsikan nilai tukar rupiah ini lebih cenderung punya namanya antara, jadi jangan sampai pada satu angka, tidak bisa juga kita liat 14.000 per dolar AS ini seterusnya. Tapi kita harus bisa membuat range antara 14.000 per dolar AS hingga Rp 15.000 per dolar AS," jelasnya.

Aviliani menekankan, untuk menjaga kondisi penguatan rupiah pemerintah bersama Bank Indonesia perlu melakukan beebagai langkah. Caranya dengan mengkonversikan rupiah kepada beberapa mata uang negara asal tujuan. Artinya tidak hanya berfokus pada satu mata uang yakni dolar AS.

"Kita perlu cermati mungkin yen, yuan, euro di mana transaksi dagang kita termasuk pinjaman kita banyak yen ke Jepang, tapi belum dikonversi ke yen. Ini salah satu cara menyeimbangkan mata uang kita," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibuat Selama Satu Tahun, Mewahnya Kalung Lady Gaga di Ajang Grammy Awards 2019

Posted: 10 Feb 2019 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lady Gaga tampil serba gemerlap di malam penghargaan Grammy Awards 2019. Penyanyi asal Amerika Serikat ini berhasil meraih tiga penghargaan dari acara penghargaan musik bergengsi tersebut.

Tampil dengan busana serba berwarna silver, penyanyi berusia 32 tahun tersebut mengenakan gaun strapless dengan bawahan asimetris. Gaun tersebut diketahui terinspirasi dari gaya tahun 1980-an dan merupakan rancangan Celine. Tak ketinggalan, sepatu yang dikenakan Lady Gaga pun berwarna senada.

Pemeran A Star Is Born ini melengkapi penampilannya dengan perhiasan serba silver. Namun, ada cerita menarik di balik kalung yang ia kenakan saat itu.

Dilansir dari whowhatwear.com, Senin (11/2/2019), kalung berlian seberat lebih dari 91 karat tersebut dibuat selama lebih dari satu tahun oleh Tiffany and Co. Dalam pembuatan kalung tersebut, dibutuhkan keahlian pengrajin berlian yang sangat terampil. Tak hanya itu, pembuatan kalung bermotif es ini membutuhkan teknik yang tinggi, menurut brand perhiasan asal Amerika Serikat tersebut.

Sementara itu, laman usatoday.com, Senin (11/2/2019), mengatakan Lady Gaga juga memakai anting-anting berlian bergaya princess-cut dari brand yang sama seberat 10 karat seharga $580.000 atau setara Rp 8 miliar. Total perhiasan Tiffany and Co. yang ia kenakan mencapai lebih dari 100 karat.

(Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin Apresiasi Muchdi PR Dukung Jokowi dan Dirinya

Posted: 10 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkapkan, dirinya mengapresiasi langkah anggota Majelis Tinggi sekaligus Wakil Ketua Umum DPP Partai Berkarya Muchdi Purwoprandjono atau Muchdi PR yang mendukung pasangan capres-cawapres 01.

"Apresiasi, sangat apresiasi artinya mereka tidak hanya tergantung pada partainya tapi pada aspirasi hati nuraninya," kata Ma'ruf di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

Ma'ruf menyebut, tidak hanya Muchdi PR yang mendukung dirinya dan Jokowi dalam kontestasi Pilpres 2019, meski berasal dari partai koalisi lawan, dan berasal dari daerah-daerah pemenangan lawan, seperti Kalimatan Selatan, Sumatera Selatan, dan Sumatera Barat.

"Saya menyebutnya 10 partai plus bukan hanya 10, tapi 10 partai plus mereka yang di luar itu ada juga yang memberikan dukungannya makanya tambah optimis," ujar Ma'ruf.

Dalam sebuah video yang diterima, Muchdi RP yang menggunakan kemeja putih bertuliskan "Jokowi-Amin Indonesia Maju" itu, menyatakan alasan dukungannya ke Jokowi.

"Yang pertama karena saya melihat Pak Jokowi ini sudah berbuat banyak. Itu jelas pembangunan yang dirasakan oleh masyarakat dan rakyat Indonesia sudah jelas kan. Mulai jalan tol, masalah pelabuhan, masalah airport, masalah industri dan lain-lain," ucap Muchdi PR, Minggu, 11 Februari 2019.

 

Dukungan Pribadi

Calon presiden Joko Widodo atau Jokowi, kemarin menerima dukungan dari para purnawirawan TNI/Polri, termasuk Mayor Jenderal (Purn) TNI Muchdi PR. (Liputan6.com/Putu Merta)

Bahkan, dengan tegas, dia menyampaikan hal itu tak pernah dilakukan presiden pendahulunya.

"Jelas Pak Prabowo kan kawan saya. Jadi saya kira, itu mungkin tidak bisa dilakukan oleh Pak Prabowo 5 tahun ke depan," tukasnya.

Sementara, Ketua DPP Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang, menegaskan, dukungan Muchdi PR itu hanya dukungan pribadi dan bukan atas nama partai.

"Itu adalah dukungan pribadi bukan dukungan atas nama Partai Berkarya. Walaupun posisi Pak Muchdi di Berkarya sebagai Anggota Majelis Tinggi (pendiri) dan Wakil Ketua Umum DPP Partai Berkarya. Partai Berkarya sebagai pendukung (bukan pengusung) capres paslon 02 Prabowo Sandi tetap berada di barisan pemenangan capres 02," ungkap Badaruddin.

Dia menegaskan, partainya menghargai hak politik para kader dan mengimbau untuk fokus pemenangan pileg dengan caleg-caleg di semua tingkatan dengan target 1 kursi 1 dapil.

"Siapa pun presiden terpilih, partai wajib lolos PT 4 persen tingkat nasional, sehingga fokus perjuangan lewat parlemen sebagai mitra pemerintah adalah yang utama," dia memungkasi.

 

Reporter: Nur Habibie

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lirik Lagu Thank U Next, Ungkapan Hati Ariana Grande untuk Mantan

Posted: 10 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Kisah cinta Ariana Grande memang selalu menarik untuk disimak. Berbagai konflik yang terjadi dalam kehidupan asmaranya, bahkan menjadi nilai jual tersendiri bagi Ariana.

Seperti kisah cintanya dengan para mantan yang akhirnya melahirkan single "Thank U, Next". Dalam lagu ini Ariana Grande turut menyinggung sang mantan, mendiang Mac Miller.

Seperti diketahui, Mac Miller meninggal dunia diduga akibat overdosis obat-obatan terlarang. Semenjak kepergian Mac Miller, Ariana Grande dikabarkan merasa begitu terpukul hingga berujung pada putusnya tali pertunangan dengan Pete Davidson.

Berikut lirik lagu "Thank U, Next" yang menjadi single andalan Ariana Grande saat ini.

Lirik Lagu

Ariana Grande (youtube)

Thought I'd end up with Sean

But he wasn't a match

Wrote some songs about Ricky

Now I listen and laugh

Even almost got married

And for Pete, I'm so thankful

Wish I could say, "Thank you" to Malcolm

'Cause he was an angel

 

One taught me love

One taught me patience

And one taught me pain

Now, I'm so amazing

I've loved and I've lost

But that's not what I see

So, look what I got

Look what you taught me

And for that, I say

 

Thank you, next (next)

Thank you, next (next)

Thank you, next

I'm so f**kin' grateful for my ex

Thank you, next (next)

Thank you, next (next)

Thank you, next (next)

I'm so f**kin'

 

Spend more time with my friends

I ain't worried 'bout nothin'

Plus, I met someone else

We havin' better discussions

I know they say I move on too fast

But this one gon' last'

Cause her name is Ari

And I'm so good with that (so good with that)

 

She taught me love (love)

She taught me patience (patience)

How she handles pain (pain)

That shit's amazing (yeah, she's amazing)

I've loved and I've lost (yeah, yeah)

But that's not what I see (yeah, yeah)

'Cause look what I've found (yeah, yeah)

Ain't no need for searching, and for that, I say

 

Thank you, next (thank you, next)

Thank you, next (thank you, next)

Thank you, next (thank you)

I'm so fuckin' grateful for my ex

Thank you, next (thank you, next)

Thank you, next (said thank you, next)

Thank you, next (next)

I'm so f**kin' grateful for my ex

 

Thank you, next

Thank you, next

Thank you, next

I'm so f**king

 

One day I'll walk down the aisle

Holding hands with my mama

I'll be thanking my dad'

Cause she grew from the drama

Only wanna do it once, real bad

Gon' make that s**t last

God forbid something happens

Least this song is a smash (song is a smash)

 

I've got so much love (love)

Got so much patience (patience)

I've learned from the pain (pain)

I turned out amazing (turned out amazing)

I've loved and I've lost (yeah, yeah)

But that's not what I see (yeah, yeah)

'Cause look what I've found (yeah, yeah)

Ain't no need for searching

And for that, I'll say

 

Thank you, next (thank you, next)

Thank you, next (thank you, next)

Thank you, next

I'm so f**kin' grateful for my ex

Thank you, next (thank you, next)

Thank you, next (said thank you, next)

Thank you, next (next)

I'm so f**kin' grateful for my ex

 

Thank you, next

Thank you, next

Thank you, next

Yeah, yeeThank you, next

Thank you, next

Thank you, next

Yeah, yee

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Tetapkan Ketum PA 212 Jadi Tersangka

Posted: 10 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 Slamet Ma'arif ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pelanggaran pemilu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BKN: Standar Kinerja PNS di Papua Harus Sama dengan Wilayah Lain

Posted: 10 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Supranawa Yusuf mengatakan, pemetaan potensi dan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi salah satu aspek penting guna mendukung peningkatan pelayanan publik. Ini khususnya di wilayah timur Indonesia seperti di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Untuk itu, lanjut dia, program Pendekatan Pelayanan Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (P2KBKN) tahap II memberikan fokus kepada penilaian potensi dan kompetensi Pejabat Pengawas wilayah Papua dan Papua Barat.

"Standar kinerja ASN di Papua Barat harus sudah sejajar dengan ASN di Indonesia pada umumnya. Oleh sebab itu. Hasil dari kegiatan penilaian potensi dan kompetensi kali ini harus ditindaklanjuti, salah satunya dengan memberikan pengembangan terhadap kesenjangan kompetensi ASN," ujar dia di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat, Nataniel Mandacan menyatakan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi hal yang mutlak perlu dilakukan jika Pemerintah ingin meningkatkan pelayanan publik.

"Dengan dilakukannya pemetaan ini, kami akan memperoleh gambaran potensi dan kompetensi pegawai yang akan menjadi acuan pengembangan kualitas mereka. Hal itu diharapkan akan mendorong optimalisasi pelayanan publik," tandas dia.

 

PNS Wajib Tahu, Daftar Larangan yang Harus Diperhatikan Jelang Pilpres

Ilustrasi PNS.

Menghadapi Pemilihan Umum Presiden, Wakil Presiden (Pilpres) dan Anggota Legislatif (Pileg) pada April 2019, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjaga netralitas dan tetap berkomitmen menempatkan peran dan fungsinya secara proporsional.

Sesuai pasal 2 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, Bima Haria menegaskan bahwa penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN antara lain berdasarkan pada asas netralitas.

"Yang dimaksud dengan "asas netralitas" adalah bahwa setiap Pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun," tegas Bima Haria dikutip dari laman Setkab, Minggu (10/2/2019).

Secara rinci, Kepala BKN Bima Haria menyebutkan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilarang memberikan dukungan kepada calon Presiden dan Wakil Presiden dengan cara:

1. Terlibat dalam kegiatan kampanye untuk mendukung calon Presiden dan Wakil Presiden;

2. Menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatan dalam kegiatan kampanye;

3. Membuat keputusan dan atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon selama masa kampanye; dan/atau

4. Mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta Pemilu sebelum, selama dan sesudah masa kampanye meliputi pertemuan, ajakan, imbauan, seruan atau pemberian barang/uang kepada PNS dalam lingkungan kerjanya, anggota keluarga dan masyarakat.

Pemberian dukungan kepada calon Presiden dan Wakil Presiden sebagaimana dimaksud, dalam siaran pers Kepala Biro Humas BKN itu, meliputi kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung termasuk dengan menggunakan media sosial seperti Twitter, Facebook, WhatsApp, BBM, Line, SMS, lnstagram, Blog, dan sejenisnya.

Kepala BKN memerintahkan kepada seluruh PNS agar betul-betul mematuhi ketentuan masalah netralitas ini. Untuk itu, Kepala BKN meminta kepada seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas agar mengawasi bawahannya dalam rangka menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

"PNS yang tidak mentaati ketentuan sebagaimana dimaksud di atas dijatuhi hukuman disiplin," tegas Bima Haria.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dibongkar, Pagar Besi Penghalang Zebra Cross di Pinang Ranti

Posted: 10 Feb 2019 09:12 PM PST

Petugas membongkar pagar pembatas besi di kawasan Pinang Ranti, Jakarta, Senin (11/2). Zebra cross yang berada di samping Tamini Square itu sempat jadi perbincangan lantaran terhalang oleh pagar besi hijau setinggi 1 meter. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas membongkar pagar pembatas besi di kawasan Pinang Ranti, Jakarta, Senin (11/2). Zebra cross yang berada di samping Tamini Square itu sempat jadi perbincangan lantaran terhalang oleh pagar besi hijau setinggi 1 meter. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas membongkar pagar pembatas besi di kawasan Pinang Ranti, Jakarta, Senin (11/2). Zebra cross yang berada di samping Tamini Square itu sempat jadi perbincangan lantaran terhalang oleh pagar besi hijau setinggi 1 meter. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas membongkar pagar pembatas besi di kawasan Pinang Ranti, Jakarta, Senin (11/2). Zebra cross yang berada di samping Tamini Square itu sempat jadi perbincangan lantaran terhalang oleh pagar besi hijau setinggi 1 meter. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aktivitas pekerja yang sedang membongkar pagar pembatas besi di kawasan Pinang Ranti, Jakarta, Senin (11/2). Zebra cross tersebut sempat menjadi perbincangan lantaran terhalang oleh pagar besi hijau setinggi 1 meter. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aktivitas pekerja yang sedang membongkar pagar pembatas besi di kawasan Pinang Ranti, Jakarta, Senin (11/2). Zebra cross tersebut sempat menjadi perbincangan lantaran terhalang oleh pagar besi hijau setinggi 1 meter. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pejalan kaki menyeberang di zebra cross kawasan Pinang Ranti, Jakarta, Senin (11/2). Zebra cross yang berada di samping Tamini Square itu sempat jadi perbincangan lantaran terhalang oleh pagar besi hijau setinggi 1 meter. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pejalan kaki menyeberang di zebra cross kawasan Pinang Ranti, Jakarta, Senin (11/2). Zebra cross yang berada di samping Tamini Square itu sempat jadi perbincangan lantaran terhalang oleh pagar besi hijau setinggi 1 meter. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pengendara motor melintasi saat pekerja sedang membongkar pagar pembatas besi di kawasan Pinang Ranti, Jakarta, Senin (11/2). Zebra cross itu sempat jadi perbincangan lantaran terhalang oleh pagar besi hijau setinggi 1 meter (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pengendara motor melintasi saat pekerja sedang membongkar pagar pembatas besi di kawasan Pinang Ranti, Jakarta, Senin (11/2). Zebra cross itu sempat jadi perbincangan lantaran terhalang oleh pagar besi hijau setinggi 1 meter (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas membongkar pagar pembatas besi di kawasan Pinang Ranti, Jakarta, Senin (11/2). Zebra cross yang berada di samping Tamini Square itu sempat jadi perbincangan lantaran terhalang oleh pagar besi hijau setinggi 1 meter. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas membongkar pagar pembatas besi di kawasan Pinang Ranti, Jakarta, Senin (11/2). Zebra cross yang berada di samping Tamini Square itu sempat jadi perbincangan lantaran terhalang oleh pagar besi hijau setinggi 1 meter. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pria Bertemu Kekasih Lewat #BiroJomblo di Twitter Ini Manis Banget, Bikin Baper

Posted: 10 Feb 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jodoh bisa datang dari mana aja, katanya. Jodoh bisa datang dari belakang, depan, bahkan jodoh bisa datang dari samping. Tapi, untuk menemukan jodoh kamu harus berusaha lebih giat untuk menjemputnya. Terkadang kamu harus menempuh jalan yang panjang dulu sebelum akhirnya bertemu dengan kekasih.

Namun, jodoh bisa juga datang dari hal yang tidak kamu duga lho. Seperti yang dialami oleh pemuda yang satu ini.

Pria ini bertemu dengan kekasihnya lewat kolom komentar ketika iseng ikut-ikutan #birojomblo yang dipelopori oleh @shitlicious.

Berikut liputan6.com rangkum kisah pria yang bertemu dengan kekasihnya lewat kolom komentar, Senin, (11/2/2019).

Kisah pasangan muda ini viral di media sosial

Pria bernama Nurkholis, @Agacheon menceritakan kisah saat pertama bertemu dengan kekasihnya di Twitter. Kala itu, tepatnya pada 24 Maret 2018, Nurkholis iseng-iseng ikut mencari pasangan lewat tagar BiroJomblo. Dia mengunggah foto dirinya dengan caption "Sengaja jomblo biar dipacarin kamu".

Berawal dari cuitan isengnya itu kemudian postingannya dibalas oleh seseorang.

"Fotonya sendiri aja mas, gamau berdua gue apa?" balas seorang cewek.

Dari percakapan singkat tersebut, keduanya bertemu dan menjalin kasih. Bahkan keduanya memamerkan serangkaian momen kebersamaannya kala berlibur di Korea Selatan. Mereka menjadi bukti, jodoh bisa datang dari mana saja termasuk media sosial.

Akhirnya, si pria dipertemukan dengan jodohnya dan membawa kekasihnya ke negeri impian pasanganya. Dia juga mengungkapkan kebahagiaannya karena bisa mewujudkan dua mimpi perempuan yang menjadi kekasihnya sekarang. Pertama, liburan ke Korea dan yang kedua, bertemu kekasihnya.

Sungguh kisah yang manis, bertemu jodoh lewat kolom komentar media sosial. Tertarik mencoba cara pasangan ini untuk mencari jodoh lewat Twitter?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Pemenang Record dan Album of the Year di Grammy Awards 2019

Posted: 10 Feb 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Para penyanyi papan atas internasional memperebutkan piala bergengsi dari Grammy Awards 2019. Dua kategori utama yang ada di pengujung acara ini, Record of the Year dan Album of the Year, telah diumumkan.

Penyanyi rap Childish Gambino yang aslinya adalah aktor Donald Glover, berhasil memenangkan Grammy Awards 2019 kategori Record of the Year berkat lagu "This Is America".

Sementara itu, untuk kategori Album of the Year, penyanyi country Kacey Musgraves sukses menyabet piala Grammy Awards 2019 berkat album Golden Hour.

Childish Gambino juga memenangkan kategori Song of the Year. Sementara Kacey Musgraves juga menyabet piala untuk kategori Best Country Album.

Acara Grammy Awards 2019 digelar di Staples Center, Los Angeles, Minggu (10/2/2019) malam waktu Amerika Serikat atau Senin (11/2/2019) pagi waktu Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Agar WhatsApp Kamu Tak Mudah Dibobol, Mudah dan Simpel

Posted: 10 Feb 2019 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, pengguna WhatsApp diperingatkan dengan adanya aktivitas penipuan berbahaya yang mengatasnamakan sebagai teman di WhatsApp. Modusnya, si penipu membajak akun salah satu pengguna dan dipakai untuk mendapatkan banyak uang dari pembobobal akun WtatsApp. 

Hal ini kemudian menjadi fokus masalah utama, terutama di Inggris di mana penipuan itu terjadi.  Pasalnya, menurut data keamanan siber dari firma keamanan siber McAfee, 46 persen orang Inggris telah jadi korban peretasan. Imbasnya, uang pun ikut melayang.

Adanya kejadian ini membuat pengguna WhatsApp semakin mawas diri dan semakin berhati-hati untuk menggunakan aplikasi chatting WhatsApp ini. Namun kamu tidak perlu terlalu khawatir. Berikut Liputan6.com, Senin (11/2/2019) merangkum beberapa cara melindungi akun WhatsApp kamu. Kali ini telah dirangkum dari berbagai sumber beberapa cara agar WhatsApp kamu tak mudah dibobol.

1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah 

Keamanan pada WhatsApp yang perlu kamu lakukan dan merupakan fitur keamanan yang terbaik. Fungsi mengaktifkan ini untuk memastikan data kamu tidak diakses oleh orang lain. Untuk mengaktifkannya, caranya seperti berikut: Menu > Pengaturan > Akun > Verifikasi dua langkah > Aktifkan. Kemudian ikuti langkah-langkah untuk membuat kode PIN enam digit. 

Untuk berjaga-jaga, kamu bisa menambahkan alamat emailmu. Jikalau nanti kamu lupa kode PIN, kamu bisa mendapatkannya kembali melalui email. Fitur ini juga bisa kamu coba di WhatsApp Web.

2. Periksa Enkripsi untuk Percakapan Sensitif

Untuk memeriksa enkripsi, kamu bisa coba memulai percakapan dengan kontak tersebut. Di room chat atau ruang obrolan, dengan cara ketuk nomor tersebut, lalu ketuk enkripsi. Kamu akan menemukan 40 digit angka yang merupakan kode keamanan kamu.

Kamu dapat memverifikasi kode ini secara manual dengan membandingkan angka, dengan cara meminta kontak untuk memindai kode QR tersebut atau memindai kode kontakmu dengan tombol 'Scan Code'.

3. Aktifkan Pemberitahuan Keamanan

Kamu perlu mengaktifkan pemberitahuan keamanan pada aplikasi WhatsApp. Dengan cara ini, kamu dapat memeriksa enkripsi dengan teman kamu melalui pesan yang berbeda, dan memastikan itu aman.

Untuk mengaktifkan pemberitahuan keamanan tersebut, kamu bisa lakukannya seperti ini: buka WhatsApp > Pengaturan > Akun > Keamanan > Tampilkan pemberitahuan keamanan dan aktifkan tombol hijaunya.

4. Lindungi Privasi

Kamu bisa mengontrol privasimu di WhatsApp dengan memilih apa saja yang perlu diketahui dan tidak perlu diketahui oleh kontak lainnya tentang akunmu. 

Buka Pengaturan > Akun > Privasi. Kamu bisa memilih mana saja yang bisa kamu aktifkan untuk ke sesama kontak, semua jenis kontak, atau tidak ada yang bisa melihat status mu di WhatsApp.

5. Jangan Root Folder WhatsApp

Jangan memberi akses root pada folder WhatsApp mu. Hal ini akan memungkinkan aplikasi-aplikasi jahat akan mencuri data dari WhatsApp mu. Jangan berikan akses roor pada folder WhatsApp agar tidak bisa disadap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Langkah Tetap Sehat di Musim Pancaroba dan Kembali Dekat dengan Sekitar

Posted: 10 Feb 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Musim pancaroba telah tiba. Musim ini ditandai dengan perubahan cuaca ekstrim dari panas panas menjadi hujan deras yang berlangsung tiba-tiba, dengan arah angin yang tak menentu.  Kondisi ini, menyebabkan tubuh bekerja keras untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Oleh karena itu tubuh menjadi rentan terkena penyakit musiman, seperti batuk. 

Berdasarkan data Nielsen 2018, setiap satu dari tiga orang Indonesia mengalami batuk dalam tiga bulan terakhir dan  penderita batuk cenderung menarik diri dari sekitar karena tidak nyaman bagi diri sendiri dan orang lain. Padahal, kita perlu tetap terhubung dengan orang lain walaupun sedang pancaroba. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba, agar terhindar dari penyakit musiman. Caranya dengan mengikuti enam langkah yang disarankan Dokter Riana Nirmala Wijaya dari Sanofi Medical Expert berikut ini:

1. Jaga Kebugaran Tubuh

Olahraga tidak hanya bermanfaat menjaga kebugaran tubuh, tapi juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. "Untuk mempertahankan daya tahan tubuh kita perlu lakukan aktivitas seperti olahraga. Olahraganya pun dapat dilakukan bersama keluarga untuk menambah kedekatan.  Selain itu, minum vitamin supaya tidak gampang sakit," ujar Riana dalam acara Fimela Hood x Bisolvon yang bertajuk Jangan Batuk Berdahak Jauhkan Yang Dekat di Kawasan Kemang,  Jakarta, Jumat (25/1).

Blogger Gathering 'Jangan Batuk Berdahak Jauhkan yang Dekat'.

2. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Perhatikan pola makan Anda. Salah satunya dengan menambahkan menu sayur dan buah sebagai sumber serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Misalnya, Anda dapat mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin c dan antioksidan tinggi seperti bayam,  wortel,  tomat,  jeruk dan stroberi. Sebaiknya hindari pula makanan berminyak dan berlemak, seperti gorengan, makanan pedas, junk food, camilan, dan makanan dengan kandungan gula yang tinggi.

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Jangan remehkan manfaat air putih! Manfaatnya sangat banyak, mulai dari menghidrasi tubuh hingga membersihkan tubuh atau detoks. Oleh karena itu, Anda disarankan minum air putih minimal delapan gelas atau dua liter sehari. Hindari pula minuman bersoda, alkohol, dan minuman berkafein. 

4. Persiapkan Diri Terhadap Perubahan Cuaca

Sedia payung sebelum hujan mungkin merupakan peribahasa yang tepat di musim pancaroba ini. Di musim ini,  cuaca sukar untuk ditebak.  Hujan dan angin kencang bisa tiba-tiba datang meskipun saat cuaca sedang panas.  Maka, pastikan tubuh Anda selalu hangat dan terlindungi. Selalu sediakan topi, jaket, jas hujan, dan payung saat bepergian agar daya tahan tubuh tidak melemah.

5. Gunakan Masker

Menurut Riana masker bermanfaat untuk melindungi diri bahkan orang lain saat dari potensi terserang virus atau bakteri. "Dengan memakai masker saat sakit, kita menghargai orang lain agar tidak tertular. Sebaliknya, bila orang lain sedang sakit dan tak memakai masker, kita bisa menggunakan masker agar tidak tertular dari orang tersebut," ujar Riana.  

Brand Manager Bisolvon Mega Valentia menjelaskan mengenai manfaat Bisolvon.

6. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Kebersihan diri dan lingkungan yang buruk dapat meningkatkan risiko kesehatan seperti infeksi. Mencuci tangan, memperhatikan kebersihan kuku, menyikat gigi dan mandi merupakan cara sederhana menjaga kebersihan yang berdampak bagi kesehatan. Selain itu, kebersihan lingkungan juga patut diperhatikan. Misalnya dengan membersihkan rumah dari debu dan genangan air. Nah, genangan air saat musim pancaroba merupakan tempat ideal pengembangbiakan jentik nyamuk. Untuk itu, waspada munculnya penyakit demam berdarah.

Dengan mengikuti langkah tersebut, niscaya kesehatan Anda akan selalu terjaga selama musim pancaroba ini.  Di musim ini juga waspada terhadap penyakit musiman seperti batuk berdahak. 

Bila terlanjur terkena batuk berdahak, jangan sepelekan karena dapat terjadi komplikasi serius. Oleh karena itu,  segera atasi dengan obat batuk tepat seperti Bisolvon.

Pilihan Obat Batuk yang Tepat

Brand Manager Bisolvon, Mega Valentia mengatakan bahwa Bisolvon merupakan obat batuk dengan kandungan utama Bromhexine HCl. Kandungan tersebut nantinya bekerja dalam tubuh untuk melepaskan, mengencerkan, dan mengeluarkan dahak.

Di tengah puluhan para blogger, Mega menjelaskan kalau ada empat varian  Bisolvon, yaitu Bisolvon Extra (Sirup obat batuk dengan 2 aksi Bromhexine mengencerkan dahak dan Guaifenesin untuk mengeluarkan dahak, dapat digunakan sejak usia dua tahun dengan rasa peppermint), Bisolvon Kids dengan rasa stroberi untuk anak. Bisolvon Solution, sediaan bebas gula sehingga cocok untuk penderita diabetes dan anak-anak. Serta Bisolvon Tablet, sediaan praktis untuk kalahkan batuk berdahak, Sekarang!  Rangkaian produk Bisolvon sudah tersedia di apotek terdekat, Indomaret, Alfamaret, Alfamidi Kimia Farma, Guardian, Watson, Lion Superindo, Carrefour, and supermarket tertentu.

Bisolvon merupakan obat batuk dengan kandungan utama Bromhexine HCl yang mengencerkan dahak.

"Obat tersebut aman diminum sesuai dosis yang tertera di kemasan. Dengan Bisolvon, mengalahkan batuk berdahak jadi lebih mudah," kata Mega.

Untuk diketahui, dosis Bisolvon baik sirup atau tablet diminum tiga kali sehari sesuai takaran. Jadi, dengan mengetahui informasi sederhana ini, dipastikan anda senantiasa kembali dekat dengan sekitar Anda baik di keluarga, pekerjaan, dan teman-teman. Jadi Jangan Batuk Berdahak Jauhkan Yang Dekat. Kalahkan Batuk Berdahak, Sekarang!

 

(Adv)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berburu Motor Bebek, Berikut Daftar Harga per Februari 2019

Posted: 10 Feb 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini motor di segmen moped atau bebek terus tertinggal setelah kehadiran skuter matik (skutik) di Indonesia. Beberapa pabrikan bahkan harus 'menyuntik mati', beberapa model andalannya karena sepi peminat.

Meski demikian motor bebek masih mampu menunjukkan eksistensinya dan dicari penggemar setianya. Walau pasarnya tak seseksi dulu, beberapa pabrikan otomotif tetap memberikan pilihan motor dengan penggerak rantai tersebut.

Masih cukup banyak pilihan, sedkitnya terdapat empat pabrikan otomotif roda dua di Tanah Air yang tetap bertahan memberikan motor bebek bagi konsumen.

Memasuki bulan kedua tahun 2019, bmencoba memberikan informasi dan merinci daftar harga motor di segmen bebek per Februari 2019.

Selanjutnya

Berikut daftar harga motor bebek berstatus on the road Jakarta  seperti diolah dari berbagai situs resmi agen pemegang merek di Tanah Air:

 

Honda

 

Supra X 125 Spoke FI Rp. 17.050.000

Supra X 125 CW Luxury Rp. 18.100.000

Supra GTR 150 Sporty Rp. 22.050.000

Supra GTR 150 Exclusive Rp. 22.300.000

Revo Fit Rp. 13.850.000

Revo CW Rp. 15.550.000

Revo X Rp. 15.550.000

Super Cub C125 Rp. 55.000.000

 

Yamaha

 

MX King Rp 22.900.000

Jupiter MX Rp 18.900.000

Vega Force Rp 15.850.000

Jupiter Z1 Rp 17.250.000

 

Suzuki

 

Smash SR FI Rp 14.700.000Smash FI R Rp 13.900.000

 

TVS

 

TVS Rockz Rp 15.700.000

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri: Teror Bakar Kendaraan di Jateng Dilakukan Organisasi Gelap

Posted: 10 Feb 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, teror pembakaran kendaran yang marak terjadi di Jawa Tengah merupakan perbuatan organisasi gelap. Tjahjo yakin kelompok tersebut merencanakan aksi dengan terencana, sehingga berjalan mulus.

"Ini tidak ada kaitannya dengan dendam. Ini dilakukan oleh orang-orang yang enggak jelas apa motivasinya, tapi terorganisasi. Jadi, bisa masuk kelompok organisasi gelap," ucap Tjahjo di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Dia mengatakan, enam bulan lalu telah memerintahkan kepala desa untuk menggerakkan sistem siskamling. Hal ini diharapkan bisa mencegah teror.

"Karena sekarang ini muncul hal-hal yang tidak terbuka. Saya kira organisasi ini gelap, yang tujuannya mengganggu stabilitas," kata Tjahjo.

Teror pembakaran kendaraan di Jawa Tengah belakangan ini meresahkan masyarakat. Hingga saat ini, tercatat 26 kasus pembakaran di sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sudah memerintahkan jajaran keamanan, seperti Polda dan Kodam, memasang kamera pengawas sebagai langkah antisipasi dan pemantauan teror pembakaran kendaraan. Dia juga menyarankan sistem siskamling digerakkan.

Kantongi Identitas

Polisi sudah mengantongi identitas pelaku teror pembakaran kendaraan di sejumlah lokasi di Jawa Tengah. Teror pembakaran mobil dan sepeda motor oleh orang tak dikenal di Kota Semarang, Jawa Tengah, terjadi berturut-turut selama empat hari.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Syahar Diantono, mengatakan dalam melakukan aksinya, pelaku tidak sendirian alias berkelompok.

"Kalau data banyak di Semarang. Data sudah kita dapat. Sedang kita olah dari beberapa TKP," kata Syahar, Rabu (6/2/2019).

Menurut dia, tim khusus sudah dibentuk dari Polda Jateng maupun polres setempat untuk memburu dan menyelidiki teror pembakaran kendaraan. Bahkan, Densus 88 dan Mabes Polri ikut membantu.

Hasil analisis sementara tim, teror pembakaran mobil tersebut diduga sudah direncanakan oleh para pelaku. Tujuannya, untuk membuat warga resah.

 

Reporter: Rifqi Aufal Sutisna

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begal Sadis yang Potong Tangan Korbannya di Makassar Ditangkap

Posted: 10 Feb 2019 09:01 PM PST

Liputan6SCTV, Makassar - Tim Khusus Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) menciduk Andi Reza di Jalan Nusa Tamalanrea Indah, Makassar, pada Minggu, 10 Februari dini hari kemarin.

Andi Reza dituduh sebagai begal sadis yang tak segan melukai korbannya. Saat dibekuk, pelaku juga tengah menggunakan narkoba jenis sabu. 

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (11/2/2019), sang ibu yang menyaksikan langsung penangkapan tersebut tak kuasa menahan tangis. Dia bahkan meminta polisi tidak menyakiti putranya.

Oraangtuanya bahkan terkejut saat polisi menyodori foto para korban akibat kekejian anaknya tersebut.

Andi Reza lalu digelandang ke Markas Timsus Reskrim Umum Polda Sulsel. Dia terancam terkena Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman 7 tahun penjara.

Selama beberapa waktu ini, Andi Reza buron setelah menjambret di beberapa tempat di Makassar, bersama rekannya, Pokemon. Terakhir, mereka beroperasi di Jalan Insinyur Sutami Kapasa yang membuat korbannya patah tangan. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Potret Tulisan Kocak di Belakang Mobil, Bikin Fokus Buyar Saat Berkendara

Posted: 10 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sudah semestinya para pengendara memperhatikan jalan dengan serius ketika berkendara. Namun ada beberapa hal yang ternyata bisa mengaburkan fokus kita saat berkendara. Contohnya tulisan ataupun stiker super kocak yang ditempatkan di bagian belakang mobil.

Tentu bagi pengendara lain yang melihat tulisan kocak, momen tersebut pasti membuat tertawa hingga tak lupa untuk memotretnya. Selain bikin ngakak, ada juga beberapa tulisan yang terasa menohok diri kita sendiri. 

Dikutip dari berbagai sumber, ini dia potret kocak tulisan kocak di belakang mobil yang dipotret warganet.

1. Ngakak nih

(Foto: Awreceh.id/Instagram)

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. Ada ya yang jual?

(Foto: Kementerian Humor Indonesia/Facebook)

3. Baru tahu kalau ada panitianya

(Foto: Kementerian Humor Indonesia/Facebook)

4. Sip pak!

(Foto: Awreceh.id/Instagram)

5. Ini mah sesat

(Foto: Awreceh.id/Instagram)

6. Cara cepat mendekatkan diri dengan Tuhan

(Foto: Awreceh.id/Instagram)

7. Tolong jaga jarak

(Foto: Kementrian Humor Indonesia/Facebook)

8. Mantap betul quotesnya

(Foto: Awreceh.id/Instagram)

9. Tuh baca biar sadar

(Foto: dramaojol.id/Instagram)

10. Ada yang berani hubungi sang istri?

(Foto: Recehtapisayang/Instagram)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top Skorer Liga Inggris: Aguero Sejajarkan Diri dengan Mohamed Salah

Posted: 10 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan gelar top skor Liga Inggris semakin seru. Kini ada dua pemain yang berada di puncak top skor Liga Inggris, Sergio Aguero dan Mohamed Salah.

Pada pekan ke-26 Liga Inggris, Aguero menggila setelah mencetak tiga gol kala Manchester City menang 6-0 atas Chelsea di Etihad Stadium. Aguero benar-benar striker mematikan di Liga Inggris musim ini.

Buktinya, dia bisa mencetak banyak gol dari semua anggota tubuh. Tercatat, Aguero mencetak gol dengan sundulan sebanyak dua kali, kaki kanan delapan kali, dan kaki kiri tujuh kali.

Striker asal Argentina itu melepaskan 84 sepakan dari 23 penampilan di Liga Inggris musim ini. Tercatat ada 32 sepakan yang dilepaskannya mengancam ke gawang lawan.

Sementara itu, Salah hanya mencetak satu gol kala Liverpool menang 3-0 atas Bournemouth di Anfield Stadium. Dari 17 gol yang dicetaknya, Salah menunjukkan dirinya pemain yang kidal.

Ya, sebanyak 15 gol yang dicetaknya di Liga Inggris pada musim ini tercipta dari kaki kirinya. Sedangkan dua gol lainnya terlahir dari kaki kanan.

Salah tercatat sebagai pemain Liverpool yang paling banyak melepaskan tembakan, 87 kali, 43 di antaranya on target. Artinya, akurasi sepakan bintang Timnas Mesir itu sebesar 49 persen.

Lihat top skor Liga Inggris selengkapnya di halaman berikut.

Top Skor

Sergio Aguero (Manchester City): 17 gol

Mohamed Salah (Liverpool): 17 gol

Aubameyang (Arsenal): 15 gol

Harrt Kane (Tottenham Hotspur): 14 gol

Eden Hazard (Chelsea): 12 gol

Sadio Mane (Liverpool): 12 gol

Rahem Sterling (Manchester City): 12 gol

Paul Pogba (Manchester United): 11 gol

Son Heung Min (Tottenham Hotspur): 11 gol

 

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenalkan, Bajingan Manis dari Temanggung

Posted: 10 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Selain terkenal dengan tembakau srinthil dan kopi, Temanggung juga memiliki banyak makanan khas, salah satunya bajingan. Meskipun namanya terdengar kasar, bajingan memiliki tekstur yang halus dan rasa yang manis.

Bahan dasar makanan unik ini adalah singkong berkualitas, dimasak dengan gula merah, santan kental, dan daun pandan.

Sri Jariati, seorang warga lokal Temanggung pembuat bajingan, menuturkan tidak semua jenis singkong dapat diolah menjadi makanan unik itu. Hanya singkong empuk yang dapat dipilih sebagai bahan baku.

"Biar bisa enak, harus singkong yang mempur. Tidak bisa singkong sembarangan," tutur Sri kepada Liputan6.com, Jumat (8/2/2019) .

 

Menurut dia, singkong empuk dapat diperoleh dari petani atau pedagang tangan pertama. Biasanya, hanya ketela pohon di area subur seperti sawah atau ladang dengan curah hujan cukup, yang mampu menghasilkan bahan baku bajingan berkualitas tinggi.

Sri juga memperingatkan untuk tidak sembarangan membeli bahan baku bajingan. Jika tidak beruntung, kita bisa mendapat singkong yang keras dan alot.

"Kalau enggak tahu, langsung beli di pasar, bisa jadi dapat singkong yang ngganyong. Nanti bajingan bisa-bisa keras dan tidak enak," katanya.

Ia menambahkan, meskipun bercita rasa manis, garam tetap diperlukan dalam proses pembuatan. Hal itu agar makanan terasa lebih gurih.

Bajingan sendiri memiliki makna sejarah dan merupakan makanan mewah pada zamannya. Bajingan dulu disajikan bagi para penarik gerobak tradisional di Temanggung.

Simak pula video berikut:

Bikin Nagih dan Bahagia

Pasar Papringan Goes to Kaum (Liputan6.com/Sulung Lahitani)

Bajingan memiliki banyak penggemar, salah satunya Dian Lisna (25), warga asli Magelang. Ia menuturkan bahwa makanan itu sangat nikmat jika disantap dalam keadaan hangat di pagi atau sore hari.

"Bajingan rasanya manis, tapi enggak bikin enek, enaknya nagih. Makanan ini cocok jadi kudapan pagi atau sore hari pas anget-angetnya," tutur Dian kepada Liputan6.com melalui pesan pribadi, Jumat (8/2).

Sementara itu menurut Abi Yusuf (20), pemuda Temanggung, bajingan dapat membantu mengembalikan suasa hati yang sedih. Dengan demikian, si manis bersaing dengan cokelat, makanan mahal yang dipercaya mampu membuat pengonsumsi merasa bahagia karena mengandung tryptophan dan phenylethylalanine.

"Makanan enak, rasanya manis legit, lebih gurih kalau dicampur santan. Makanan ini cukup untuk mengganjal perut, bisa dimakan pula ketika nonton TV atau bersantai. Sangat memberikan mood yang baik kalau suasana hati sedang buruk atau sedih," kata Abi.

Bagi Anda yang ingin mencoba kenikmatan bajingan, dapat mencarinya di pasar tradisional, salah satunya Pasar Kliwon Temanggung. Selain itu, dapat pula membeli di Pasar Papringan, pasar yang mengangkat tema kerajinan dan kuliner khas daerah setempat.

Pasar Papringan hanya dapat dijumpai pada Minggu Pon dan Wage, maka tandai benar-benar kalender Anda. Terkait harga, bajingan dijual dengan harga yang sangat murah di bawah Rp 10.000.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lady Gaga-Bradley Cooper Menang di Grammy Awards 2019

Posted: 10 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Duet Lady Gaga dan Bradley Cooper berhasil meraih Best Pop Duo/Group Performance di Grammy Awards 2019. Lagu keduanya yang berjudul Shallow adalah salah satu OST A Star is Born.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahasia Rose BLACKPINK Punya Tubuh Ramping

Posted: 10 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rose BLACKPINK punya tubuh ramping dan energik. Pesona salah satu personel idol group asal Korea ini membuat Rose populer di kalangan fansnya.

Wanita yang tepat hari ini, 11 Februari 2019 merayakan hari ulang tahun ke-22 pernah mengungkapkan rahasia diet dan olahraga yang dijalani. Diet dan olahraga itulah yang menjadikan tubuhnya ramping dan energik.

"Aku baru saja memulai latihan pilates. Aku mencoba melakukannya dua hari sekali. Untuk makanan, tidak terlalu rewel sih, aku suka makan banyak sayuran. Suka sekali dengan paprika dan wortel," ujar Rose BLACKPINK, sebagaimana dikutip dari K-Starlive, Senin, 11 Februari 2019.

Kirsten King dari Fluidform Pilates menjelaskan, pilates bermanfaat membuat tubuh ramping. Pilates adalah olahraga yang bekerja pada otot yang menstabilkan dan memastikan postur tubuh menjadi paling optimal.

"Fokus olahraga ini menyasar pada otot perut bagian dalam dan otot oblique serta meregangkan otot di seluruh tubuh," ujar Kirsten, dikutip dari ELLE.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Camilan buah-buahan

Rose BLACKPINK mengemil buah-buahan.

Konsumsi makanan sehat Rose BLACKPINK juga terlihat dari camilan. Jika banyak dari kita yang suka mengemil keripik, maka lain halnya dengan Rose. Ia lebih suka buah-buahan sebagai camilan daripada keripik.

"Aku lebih suka mengemil buah-buahan daripada keripik," ujar Rose.

Dilansir dari Healthline, mengemil buah-buahan termasuk bagian dari diet sehat. Cara ini mencegah Anda dari makan berlebihan. Asupan makan dapat terkontrol baik.

Di sisi lain, Rose BLACKPINK juga sering berjalan kaki atau bersepeda sambil menyusuri di Sungai Han. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian Kelautan Gandeng TNI Berantas Pencurian Ikan

Posted: 10 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng TNI dalam rangka pemberantasan kapal pencuri ikan di perairan Indonesia.

Hal ini tertuang dalam‎ penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Penguatan Ketahanan Pangan dan Pengamanan Sektor Kelautan dan Perikanan.

MoU akan ditandatangani oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mewakili pihak KKP dan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mewakili pihak TNI.

Menteri KKP, Susi Pudjiatuti mengatakan, ‎pihaknya terus mengawal visi-misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Hal ini diwujudkan oleh KKP melalui misi menjadikan laut sebagai masa depan bangsa melalui pilar kedaulatan, keberlanjutan, dan kesejahteraan dalam pembangunan kelautan dan perikanan.

"Apa yang diraih KKP dalam menjaga sumber daya laut merupakan kerjasama dengan TNI, baik Angkatan Laut, Angkatan Darat dan Angkata Udara," ujar dia di Jakarta, Senin (11/2/2019).

Menurut dia, MoU ini akan memperat jalinan kerjasama antara KKP-TNI dalam bidang pelaksanaan program penguatan ketahanan pangan, serta pengamanan dan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan di wilayah Nusantara.

Sejak tanggal ditandatanginya, MoU ini akan berlaku selama 5 tahun mendatang. Berlakunya MoU ini tidak membatalkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang jangka waktunya masih berlaku. 

Meskipun begitu, dengan berlakunya MoU baru ini, Kesepakatan Bersama antara KKP dan TNI AL Nomor KKP 04/MEN-P/KB XII/2014 dan Nomor PKB/17/XII/2014 tentang Peningkatan Pengawasan dan Penegakan Hukum di Bidang Kelautan dan Perikanan pada 1 Desember 2014 akan dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi.

Dalam memberantas kedaulatan, KKP telah berupaya memberantas illegal, unreported, and underregulated (IUU) fishing melalui kerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya TNI, untuk menegakkan hukum di seluruh perairan Nusantara.

Sinergi antara KKP-TNI ini diharapkan akan terus mewujudkan visi-misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

 

 

Perkuat Hukum Pidana, Menteri Susi Ingin Efek Jera ke Pencurian Ikan

Penenggelaman kapal asing pencuri ikan di perairan Belawan, Sumatera Utara. (Liputan6.com/Reza Perdana)

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan memperketat hukuman pidana bagi para pengusaha atau pemilik kapal yang tertangkap melakukan ilegal fishing pada tahun depan.

"Pengusaha kapal itu kalau tertangkap kena pidana yang paling berat saja dihukum 3 tahun penjara dan denda ratusan juta rupiah, padahal yang mereka dapatkan miliaran rupiah," ucapnya di Kantor Kelautan dan Perikanan (KKP), Jumat 21 Desember 2018.

Susi melanjutkan, langkah ini dilakukan guna memberikan efek jera kepada pencuri ikan di perairan Indonesia. Tak hanya itu, Susi juga berharap dapat mengurangi praktik ilegal fishingyang selama ini hukumanya hanya menimpa anak buah kapal (ABK) atau nakhoda saja.

"Kebanyakan yang dihukum dari kapal ilegal itu biasanya nahkoda dan ABK-nya saja. Pemodal enggak mau namanya tercantum. Dia pakai nama pegawainya, yang tertera dikertas itu nama supir, guru, tukang becak. Hal-hal seperti ini jadi tugas Satgas 115 amankan sumber daya perikanan kita," ujarnya.

Tak hanya itu, Susi menjelaskan, pihaknya kini tengah melakukan investigasi terkait para pelaku kejahatan di industri perikanan RI. Itu seperti praktik pencatutan nama dari pihak asing kepada WNI untuk mencuri ikan di laut Indonesia.

"Sudah lebih dari seribu orang Filipina yang sudah dapat KTP orang Indonesia, disalahgunakan, mereka nyamar dan nangkap ikan di indonesia," ungkap dia.

Oleh sebab itu, ia menekankan, ke depan hukuman pidana harus lebih kuat diberlakukan bagi para pelaku kejahatan di wilayah perairan RI. Termasuk salah satunya dengan merevisi undang-undang perikanan.

"Ya nanti ke depan kita coba revisi undang-undang perikanan supaya bisa beri efek jera," tandasnya.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tepis Tuduhan Turki, China Buktikan Musisi Kontroversial Uighur Masih Hidup

Posted: 10 Feb 2019 08:58 PM PST

Liputan6.com, Beijing - Media pemerintah China telah merilis sebuah video yang memperlihatkan seorang musisi Uighur, yang sebelumnya dilaporkan meninggal di kamp penahanan, berada dalam kondisi sehat.

Video tersebut, bertanggal 10 Februari 2019, menampilkan seorang pria yang mengaku bernama Abdurehim Heyit, menyatakan bahwa ia dalam "kesehatan yang baik".

Sebelumnya, sebagaimana dkutip dari BBC pada Senin (11/2/2019), Turki sempat mendesak China untuk menutup kamp-kamp penahanan di provinsi Xinjiang, menyusul laporan tentang kematian Heyit, dan juga dugaan penahanan lebih dari satu juta warga Uighur.

Video itu dirilis oleh layanan berbahasa Turki dari China Radio International, yang mengatakan kritik Turki terhadap Tiongkok tidak berdasar. Di dalamnya, Heyit tampak mengatakan dia "dalam proses penyelidikan karena diduga melanggar hukum nasional".

Sementara itu, di lain pihak, beberapa warga Uighur mempertanyakan keaslian video tersebut.

Nury Turkel, ketua Proyek Hak Asasi Manusia Uighur yang berpusat di Amerika Serikat (AS), mengatakan kepada BBC bahwa beberapa aspek dari video itu "mencurigakan".

"Pemerintah China menanggapi Turki karena pengaruhnya di dunia muslim," kata Turkel, seraya menambahkan bahwa Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres "sangat diam" mengenai masalah penahanan di Xinjiang.

"Bola ada di pengadilan pemerintah Tiongkok. Mereka menahan Heyit. Mereka menahan 10 persen dari populasi Uighur. Mereka berusaha memberi tahu dunia bahwa tidak ada pelecehan, dan ini hanya disebut pusat pelatihan kejuruan. Ini adalah tanggung jawab mereka untuk membuktikan videonya otentik," lanjutnya.

Selain itu, Turkel juga mengatakan bahwa pemerintah China mampu membuat video terkait karena "keunggulan teknologi yang dimilikinya".

Sejauh ini, hanya sedikit negara mayoritas muslim yang bergabung dengan Turki dalam kecaman internasional terhadap tuduhan terkait.

Para analis mengatakan banyak yang takut akan pembalasan politik dan ekonomi dari China.

Namun, Turkel mengatakan rilis video menunjukkan bahwa pemerintah China memang menanggapi tekanan publik.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Desakan Turki untuk Tutup Kamp Penahanan Uighur

Warga muslim Uighur melakukan aksi protes menentang tekanan pemerintah China (AP)

Sebelumnya, pemerintah Turki mengutuk perlakuan China terhadap etnis muslim Uighur sebagai "hal yang memalukan bagi kemanusiaan".

Kecaman tersebut menambah sikap kontra baru-baru ini dari kelompok hak asasi manusia atas penahanan massal terhadap minoritas di China barat daya tersebut, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian.

"Kebijakan asimilasi sistematis otoritas China terhadap warga etnis Uighur adalah hal yang memalukan bagi kemanusiaan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki Hami Aksoy dalam sebuah pernyataan.

Aksoy juga mengatakan bahwa Turki turut berbelasungkawa terhadap kabar kepergian tragis dari sosok penyair dan musisi Uighur Abdurehim Heyit, pada hari Sabtu.

"Kami sangat berduka atas kepergian penyair yang dihormati, Abdurehim Heyit, yang divonis penjara delapan tahun karena karyanya, meninggal di tahun kedua penahanannya," kata Aksoy.

"Insiden tragis ini semakin memperkuat reaksi publik Turki terhadap pelanggaran HAM berat di wilayah Xinjiang," lanjutnya, mengatakan bahwa Turki juga siap melakukan dialog terkait isu ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengapa Penampilan Jennifer Lopez di Grammy Awards 2019 Diprotes?

Posted: 10 Feb 2019 08:55 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Jennifer Lopez menjadi salah satu artis yang tampil dalam Grammy Awards 2019. Ini bukan penampilan sembarangan, melainkan persembahan atau tribute untuk mengenang perjalanan  label Motown.

Ada satu alasan kuat mengapa Motown diberikan persembahan khusus seperti ini di Grammy Awards 2019.

Motown, adalah sebuah label rekaman yang berpusat di Detroit, dan memiliki sebuah peran penting dalam menyebarkan karya musikus kulit hitam ke masyarakat luas.

Dilansir dari situs resminya, sejumlah penyanyi besar pernah menelurkan karyanya lewat label ini seperti Diana Ross and The Supremes, Stevie Wonder, Marvin Gaye, hingga Jackson 5.

Tak heran, penampilan Jennifer Lopez sebagai tribute untuk Motown di Grammy Awards 2019 menjadi salah satu yang paling disorot pemirsa.

Dianggap Tak Pas

Jennifer Lopez. (AP Photo/Chris Pizzello)

Dilansir dari Rolling Stone, dalam momen spesial ini Jennifer Lopez membawakan sejumlah lagu ikonis seperti "Dancing in the Street", "Please Mr Postman", "Money (That's What I Want)", dan lainnya.

Hanya saja, banyak orang yang rupanya kecewa dengan penampilan Jennifer Lopez. Pasalnya, ia dianggap bukan musisi yang pas untuk menampilkan lagu-lagu ini.

Ada yang mempersoalkan kemampuan dan performa Jennifer Lopez, ada pula yang merasa seharusnya penampilan ini dibawakan oleh musikus kulit hitam.

Jadi Kontroversi

(Valerie Macon/AFP)

Twitter pun ramai dengan protes dari para pemirsa Grammy Awards 2019. 

"J Lo menari, para penari dan pertunjukan itu, itu bukan MOTOWN. Aku enggak peduli apa kata orang. Grammy seharusnya menemukan artis yang lebih baik untuk tribute ini," tutur @ShannonSharpe.

"Girl, kamu harus lihat omong kosong ini, mereka menampilkan JLo untuk penampilan tribute Motown," kata @LiveLoveHustle.

"Gila kenapa Jlo yang melakukan tribute untuk Motown padahal ada Alicia Keys dan Janelle Monae di sana," tulis @Sajizzle.

Sejak diumumkan oleh penyelenggara, penunjukan Jennifer Lopez untuk penampilan ini sebenarnya telah menuai kontroversi. Namun keputusan tersebut dibela oleh Smokey Robinson, penyanyi legendaris dari Motown.

"Menurutku tak ada orang pintar yang marah. Kurasa yang marah adalah mereka yang bodoh. Musik Motown adalah untuk semua orang," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sedang Hamil, Penangguhan Penahanan Muncikari Artis VA Dikabulkan

Posted: 10 Feb 2019 08:52 PM PST

Liputan6SCTV, Surabaya - Setelah surat permohonan penangguhan penahanannya dikabulkan Polda Jawa Timur, F, tersangka kasus prostitusi online yang merupakan muncikari dari artis VA, diantar dari Surabaya ke Jakarta dengan menggunakan pesawat terbang, Sabtu, 9 Februari lalu.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (11/2/2019), dikabulkannya permohonan penangguhan penahanan itu didasarkan atas sejumlah pertimbangan kemanusiaan. Di antaranya kondisi F yang kerap mengalami sakit sesak napas dan pusing, serta dalam kondisi hamil 7 bulan.

Selain itu, F juga dikabarkan memiliki lima orang anak yang membutuhkan perhatian dan asuhan.

Polisi juga menilai selama menjalani pemeriksaan, tersangka F dinyatakan kooperatif, karena memberikan keterangan dan data yang bisa digunakan penyidik untuk membongkar kasus prostitusi online yang menyeret sejumlah artis dan model.

Penangguhan penahanan terhadap F, berlaku hingga F selesai melakukan proses persalinan dan jika kondisinya sudah membaik. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Distribusi Surat Suara Pemilu 2019 di Jabar Baru Tiba di 2 Daerah

Posted: 10 Feb 2019 08:51 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menyatakan, hingga saat ini baru dua daerah yang menerima surat suara Pemilu Legislatif 2019. Yakni Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya pada awal Februari.

Sebagian besar surat suara Pemilu Legislatif 2019 secara keseluruhan masih dalam tahap produksi dan akan disalurkan secara bertahap ke daerah oleh KPU RI, dimulai dari surat suara calon legislator DPR RI, provinsi, kabuputan/kota serta dewan perwakilan daerah (DPD).

Menurut Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok, total surat suara Pemilu Legislatif keseluruhan mencapai 160 juta lembar untuk empat kategori.

"Jadi terkait dengan logistik, bahwa pengelolaan dan distribusi logistik sekarang sudah kita lakukan untuk KPU Provinsi Jawa Barat dan KPU Kabupaten Kota di 2018, terkait dengan logistik yang sudah kita terima itu adalah kotak dan bilik suara. Kemudian juga sampul dengan alat kelengkapan tempat pemungutan suara (TPS)," kata Rifqi di Bandung, Senin (11/2/2019).

Rifqi menjelaskan, saat ini seluruh kotak dan bilik suara itu telah berada di KPU kabupaten kota. Proses penyalurannya dilakukan pada 2018 lalu.

Sedangkan untuk sampul dan formulir serta alat kelengkapan TPS tiba di KPU Jawa Barat pada Februari 2019. Seluruh sampul dan formulir serta alat kelengkapan TPS tersebut langsung disalurkan ke seluruh KPU kabupaten kota.

"Bahkan untuk kotak dan bilik suara sudah dilakukan pengesetan di KPU kabupaten kota," ujar Rifqi.

Tak Ada Kerusakan

Rifqi menjamin seluruh logistik Pemilu 2019 tersebut dalam kondisi baik terutama untuk kotak dan bilik suara. Rifqi menyanggah adanya kotak dan bilik suara yang mengalami kerusakan.

Namun yang terjadi, ungkap Rifqi, berkurangnya kualitas kotak dan bilik suara. Hal itu diakibatkan kondisi dan cara penyimpanan yang salah di gudang.

"Jadi tidak rusak tapi yang awalnya kotak dan bilik suara dari kertas duplek ini salah cara menyimpannya sehingga lembab. Yang awalnya keras menjadi lembek dan jangka waktu pemakaiannya jadi berkurang dari waktu yang diperkirakan," tutur Rifqi.

KPU Jawa Barat menyatakan seluruh logistik Pemilu 2019 tidak ada yang disimpan di gudang miliknya. Melainkan langsung disalurkan ke seluruh KPU kabupaten kota.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Gaya Pakaian Tak Biasa Sederet Artis di Red Carpet Grammy Awards 2019

Posted: 10 Feb 2019 08:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Malam Penghargaan musik terbesar di dunia sedang hangat dibicarakan.  Acara Grammy Award ke-61 diadakan di Los Angles, Amerika Serikat, Minggu (10/2/2019) waktu setempat.

Tahun ini  sederet bintang Hollywood ikut menghadirinya. Berjalan di atas karpet merah dengan menggunakan pakaian yang luar biasa, nama artis papan atas tersebut menjadi sorotan dunia.

Siapa saja nama artis besar yang menggunakan pakaian tak biasa? Dilansir dari usmagazine.com inilah nama artis yang menggunakan pakaian memukau pada saat Grammy Award 2019.

Katty Perry

Tampilan baru Katty Perry di Grammy Award  membuat kita terpukau dengan gaun merah muda yang mirip seperti cupcake. Menggunakan gaun dari brand Balmain itu membuatnya tampak lebih anggun.

Jennifer Lopez

Jennifer Lopez saat tampil di red carpet (dok. VALERIE MACON  AFP)

Penyanyi yang berusia 49 tahun tampil luar baisa di red carpet pada Grammy Award 2019. Memilih menggunakan hiasan di kepala dengan topi lebar bewarna putih, Jennizer tampil mewah dengan gaun kreasi Ralph & Russo yang berhias berlian.

Cardi B

Cardi B saat tampil di red carpet (dok.JON KOPALOFF  GETTY IMAGES NORTH AMERICA AFP)

Gaun yang dipakai dalam penampilan red karpetnya ini benar-benar berbeda dengan lainnya. Rapper itu memakai ansambel Mugler vintage dengan kalung mutiara. Ditambah  topi baja yang menghiasi kepalanya.

Susah payah berjuang untuk berjalan ketika dia muncul di red karpet Grammy Awards 2019. Tak membuatnya putus asa, hal tersebut membuatnya tampak seperti tiram menusia yang cantik dan memukau.

Bebe Rexha

Bebe Rexha saat di red carpet (JON KOPALOFF  GETTY IMAGES NORTH AMERICA  AFP)

Penyanyi yang masuk nominasi sebagai artis pendatang baru terbaik ini memilih gaun warna merah di red karpet.  Tampil dengan menggunakan gaun berjenjang Monsoori yang besar pemilik nama lengkap Bleta Rexha ini tampil memukau dengan gaun pilihanya.

Janelle Monae

Janelle Monae tampil di red carpet (dok. JON KOPALOFF / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Tampil memukau di red karpet Dikenal penampilan retro gaun Grammys-nya didesain oleh Jean Paul Gaultier. Dengan desain bahu  tidak runcing terlihat seperti kepompong di sekitarnya. Sementara topi yang digunakan berbentuk baja persegi panjang menambah indah kepalanya.

Tierra Whack

Tierra Whack tampil di red carpet (JON KOPALOFF / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Rapper Philly Tierra Whack, dinominasikan untuk Best Music Video. Muncul di awal Red karpet dengan mantel pelangi yang panjangnya hampir menyentuh lantai. Ditambah lagi gaun yang dipakainya memiliki warna warni dan berilustrasi. Riasan wajahnya Nampak tidak baisa dengan eyeshadow warna pink dan lipstick yang serasi, memberikan nuansa bewarna saat berada di red karpet. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Penyebab Cardi B Alami Depresi Usai Melahirkan

Posted: 10 Feb 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Cardi B mengalami depresi usai melahirkan. Rapper seksi ini mengaku terkena postpartum, suatu kondisi depresi yang terjadi usai seseorang melahirkan. Hal itu pun kabarnya sempat mengusik kariernya sebagai penyanyi.

"Saya pikir saya bisa menghindarinya. Ketika saya melahirkan, dokter memberi tahu saya tentang postpartum, dan aku berkata, 'Ya, saya baik-baik saya sekarang, saya tidak berpikir itu akan terjadi," kata Cardi B kepada Harper Bazaar, dikutip dari laman E!News.

"Tapi entah dari mana, dunia terasa berat di pundakku," ucapnya.

Usai melahirkan, awalnya Cardi B yakin bahwa dirinya akan bisa memulihkan kondisi fisik dan mentalnya dalam waktu enam minggu. Sayangnya perkiraan itu meleset, hingga dirinya harus membatalkan jadwal tur bersama Bruno Mars tahun lalu.

"Saya telah memutuskan tak akan bergabung dengan Bruno pada tur musim gugur ini. Saya pikir setelah melahirkan putri saya, waktu enam minggu cukup untukku pulih secara mental dan fisik. Saya juga berpikir bahwa saya bisa membawanya (anaknya, Kultur) bersama saya dalam tur, tetapi saya pikir saya meremehkan masalah semua ibu satu ini," tutur Cardi B di Instagram beberapa waktu lalu.

Masalah Berat Badan

(MATT WINKELMEYER  GETTY IMAGES NORTH AMERICA  AFP)

"Saya tertekan karena saya tidak bisa berhenti menurunkan berat badan. Dan itu sangat gila karena saat saya pertama kali melahirkan, saya melakukan segalanya untuk menurunkan berat badan," katanya lewat Instagram Live.

Sempat Dipaksa Makan

Cardi B  (JAMIE MCCARTHY / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

"Ini benar-benar membuat saya sedih. Sekarang sangat sulit untuk saya menambah berat badan dan saya membencinya. Kemudian orang tua saya... semakin mereka memaksa saya untuk makan, semakin saya tidak ingin makan," jelas Cardi B. (Lanny Kusumastuti/Fimela.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Bawang Putih Mulai Naik, Cabai Stabil di Pasar Pulo Gadung

Posted: 10 Feb 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menjelang pertengahan Februari, harga bahan pangan bergerak berfluktuasi. Hal ini terbukti dari harga bawang putih cutting yang naik dari Rp 33 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram (kg) di Pasar Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Sulkan (31), pedagang di Pasar Pulo Gadung, menyatakan harga bawang putih diprediksi terus naik perlahan menjelang Idul Fitri 2019.

Bawang merah pun mengalami kenaikan harga dari Rp 28 ribu menjadi Rp 30 ribu per kg. Namun komoditas lain seperti cabai, cenderung stabil dari beberapa minggu sebelumnya karena panen yang berlimpah.

"Kalau cabai sih, mungkin karena panen ya, jadi turun, stabil sekarang." ujarnya kepada Liputan6.com, Senin (11/02/2019).

Harga cabai merah keriting turun dari Rp 40 ribu menjadi Rp 25 ribu per kg dan stabil hingga saat ini.

Begitu pula cabai rawit merah yang turun dari Rp 50 ribu menjadi Rp 30 ribu per kg dan cabai rawit hijau dari Rp 35 ribu menjadi Rp 20 ribu per kg.

 

Harga Pangan Lain

Penjual menunjukkan telur dagangannya. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Pedagang lain, Aldi (18), menyebutkan jika harga telur yang sempat naik dari Rp 24 ribu per kg menjadi Rp 28 ribu per kg, kini turun kembali ke posisi Rp 25 ribu per kg.

Demikian pula harga daging ayam, turun dari Rp 41 ribu, menjadi Rp 38 ribu per kg. Adapun daging sapi has dalam, stabil dari beberapa bulan yang lalu. Harganya di posisi Rp 135 ribu per kg.

Bahkan dia memastikan jika harga tetap sama menjelang Idul Fitri 2019 nanti. "Kalau itu (harga menjelang Idul Fitri 2019) saya nggak yakin stabil, biasanya pasti akan naik." ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisa Jadi Mantu Idaman, 5 Zodiak Ini Ternyata Paling Jago Masak

Posted: 10 Feb 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memasak tidak jarang dijadikan hobi oleh banyak orang. Selain untuk bereksperimen, memasak juga biasanya dilakukan oleh sebagian orang yang memang suka makan. Tak hanya itu, seorang pacar juga biasanya memasak makanan spesial yang dikhususkan untuk kekasihnya tercinta.

Namun, ada juga beberapa orang yang sudah memiliki bakat memasak sejak lahir. Menurut astrologi, orang-orang ini berasal dari 5 zodiak. Cocok banget deh untuk masuk kategori menantu idaman para mertua. Penasaran siapa saja?

Inilah 5 zodiak yang paling jago masak, seperti yang dilansir Liputan6.com dari The Minds Journal, Senin (11/2/2019).

Taurus

zodiak masak (iStockphoto)

Zodiak pertama yang paling jago masak adalah Taurus. Pemilik zodiak Taurus ini punya sisi estetika yang tidak bisa diragukan lagi. Mereka menyukai hal-hal yang memiliki nilai seni dan nilai keindahan, yang mereka bawa sampai ke dapur pula.

Kelima indera pun mereka gunakan saat sedang memasak. Selain itu, pemilik zodiak Taurus juga sangat sabar dan suka bekerja keras. Berkat kesabarannya, mereka juga pandai membuat kue. Keahliannya dalam memasak cocok masuk jadi kategori mantu idaman.

Cancer

zodiak masak  (Sumber: Pixabay)

Pemilik zodiak Cancer memang terlahir dengan naluri keibuan. Mereka suka makanan rumahan yang mengandung banyak nutrisi namun tetap mampu menggoda lidah.

Mereka biasanya akan menuruni resep masakan neneknya disertai dengan kasih sayang tulus khusus untuk orang-orang terkasih mereka. Bukti cinta kepada orang terkasih mereka tunjukkan dengan cara membuat masakan yang enak.

Libra

zodiak masak (iStockphoto)

Pada dasarnya, Libra memang suka makan. Maka, nggak heran jika Libra juga pintar masak. Pemilik zodiak Libra mengutamakan kualitas dan penampilan. Untuk itu, mereka akan menyiapkan segalanya mulai dari salad, menu utama, bahkan hingga hidangan penutup.

Tak lupa, mereka akan sajikan semua itu dengan peralatan makan serta dekorasi yang istimewa pula. Selain itu, Libra juga tipe yang sangat jeli dan tekun saat mereka ingin belajar. Mereka suka bereksperimen dengan berbagai resep baru tapi tetap dengan improvisasi yang mereka buat sendiri.

Capricorn

zodiak masak (via. whytoread)

Capricorn adalah tipe yang sangat terorganisir dan suka kesempurnaan, yang mereka bawa hingga ke dapur. Mereka suka memasak makanan sehat yang diperuntukkan untuk mereka sendiri dan orang-orang terkasih.

Capricorn juga merupakan tipe pekerja keras dan sangat rajin. Mereka akan memanfaatkan waktu memasak untuk bersantai setelah seharian sibuk bekerja. Selain itu, Capricorn juga suka mengundang keluarga besar dan tamu lain untuk makan malam bersama.

Gemini

zodiak masak (iStockphoto)

Gemini sangat suka bersosialisasi. Mereka selalu bersemangat untuk bertemu dengan orang-orang baru. Untuk itu, mereka biasanya menggunakan makanan untuk memecah kecanggungan antar orang yang baru kenal. Gemini juga suka mengontrol makanan yang mereka makan. Mereka lebih memilih makanan sehat meskipun rasanya kurang enak.

Pemilik zodiak Gemini juga suka travelling. Dari situ, Gemini menggunakan pengalamannya untuk bereksperimen saat memasak. Mereka paham beberapa bahan masakan yang akan cocok dengan satu sama lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Olahraga Saat Kampanye, Sandiaga: Tubuh Sehat, Ekonomi Bergerak

Posted: 10 Feb 2019 08:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno kerap berolahraga di setiap daerah yang dia kunjungi dalam kampanyenya. Ada beberapa alasan mengapa mantan Wakil Gubernur Jakarta ini melakukan hal tersebut.

"Kegiatan seperti ini mendapatkan banyak berkah, tubuh sehat, ekonomi bergerak," kata Sandi di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Senin (11/2/2019).

Sandi menjelaskan, dengan olahraga para pedagang atau pegiat UMKM berharap apa yang dijajakannya dapat dibeli mereka yang berolahraga. Dengan demikian, roda ekonomi bergerak.

Selain itu, kata Sandi, dengan berolahraga, maka seseorang akan selalu berfikir positif karena merangsang zat-zat endorfin dalam tubuh

"Sehingga hari-hari yang dijalani bisa produktif," ucap Sandi.

Meski lapangan becek dan berlumpur tidak menyurutkan emak-emak bergoyang menggerakkan tubuhnya, mengikuti instruktur.

 

Reporter: Dewi Larasati

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TKN Minta Sandiaga Tak Serba Salah Saat Debat Lawan Ma'ruf Amin

Posted: 10 Feb 2019 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)- Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily meminta cawapres Sandiaga Uno tidak merasa serba salah saat berdebat cawapres 17 Maret mendatang. Sebab, kata dia, Ma'ruf Amin sudah terbiasa melakukan debat.

"Saya kira Sandiaga Uno tidak perlu serba salah dengan Abah Kiai Ma'ruf yang akan berdebat dalam Debat Cawapres. Biasa saja," kata Ace saat dihubungi merdeka.com, Senin (11/2/2019).

Menurutnya, Ma'ruf kerap melakukan debat saat masih menjadi salah satu pengurus Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tentang isu-isu tertentu. Karena itu, Ace menilai Sandiaga tidak perlu risih.

"Abah Kiai Ma'ruf itu terbiasa dengan debat. Dalam tradisi NU itu ada namanya bahsul masaail yang membahas tentang isu-isu kontemporer terkait masalah fiqh. Jadi tidak perlu risih," ungkapnya.

Lagipula, tambah Ace, debat cawapres bukanlah ajang untuk saling menjatuhkan. Tetapi ajang menyampaikan konsep-konsep terbaik untuk bangsa Indonesia.

"Kan berdebat itu bukan untuk saling menjatuhkan tetapi menawarkan konsep mana yang terbaik untuk bangsa ini," ucapnya.

Sandiaga Kesulitan

Sebelumnya, cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno mengaku kesulitan menghadapi debat antar cawapres pada 17 Maret mendatang. Pasalnya, yang menjadi lawannya merupakan seorang Kiai, yakni Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin.

"Ini akan menyulitkan posisi saya karena di dalam adab, saya diajarkan ulama atau kiai besar seperti Kiai Ma'ruf harus dimuliakan," kata Sandiaga, Minggu (10/2/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Lipa Raih Piala Best New Artist di Grammy Awards 2019

Posted: 10 Feb 2019 08:39 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Para penyanyi papan atas dunia memperebutkan piala bergengsi dari Grammy Awards 2019. Acara ini digelar di Staples Center, Los Angeles, Minggu (10/2/2019) malam waktu Amerika Serikat atau Senin (11/2/2019) pagi waktu Indonesia.

Salah satu kategori yang mendapat sorotan dari para pecinta musik adalah Best New Artist. Setelah diumumkan, diketahuilah bahwa Dua Lipa berhasil menyabet piala Grammy Awards 2019.

Kemenangan Dua Lipa di Grammy Awards 2019 ini sukses menaklukkan nama-nama penyanyi baru lain seperti Chloe x Halle, Luke Combs, Greta Van Fleet, H.E.R., Margo Price, Bebe Rexha, dan Jorja Smith.

Kemenangan ini diumumkan setelah Dua Lipa tampil duet bersama St. Vincent membawakan lagu "Masseduction" dan "One Kiss".

"Kurasa tahun ini kita benar-benar meningkatkannya. Terima kasih kepada para penggemar yang mengizinkanku untuk menjadi versi terbaik dari diriku," katanya dengan nada sedikit menyindir Grammy Awards 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Parma vs Inter Milan: Spalletti Minta Nerrazuri Konsisten

Posted: 10 Feb 2019 08:38 PM PST

Liputan6.com, Parma - Lautaro Martinez keluar sebagai pahlawan dalam laga Parma vs Inter Milan, Minggu (10/2/2019). Pemain asal Argentina itu mencetak satu gol kemenangan Inter Milan di markas Parma, stadion Ennio Tardini.

Pelatih Inter Milan, Luciano Spalletti menuturkan, pekerjaan rumah timnya kini adalah menjaga konsistensi. "Kami sekarang harus tetap merendah untuk menemukan stabilitas," ujar Spalletti seperti dilansir situs resmi klub.

"Kami menunjukkan energi positif hari ini. Tetapi kami harus tampil seperti ini lagi agar konsisten," kata Spalletti menambahkan.

Inter Milan membutuhkan tiga poin di laga melawan Parma demi menjaga jarak dari AC Milan yang sudah mengancam. Nerrazuri -julukan Inter- cuma terpaut empat poin dari seteru sekotanya itu di klasemen Liga Italia.

Mauro Icardi dan kawan-kawan pun tampil menekan saat melawan Parma. Namun buah kerja keras Inter Milan baru terlihat di menit 79 ketika Martinez menciptakan gol tunggal di pertandingan ini.

 

Permainan Rapi

Para pemain Inter Milan merayakan kemenangan atas Parma pada laga Serie A di Stadion Ennio-Tardini, Sabtu (9/2). Inter Milan menang 1-0 atas Parma. (AFP/Miguel Medina)

Spalletti mengatakan, kemenangan atas Parma tidak diraih dengan mudah. Pasalnya, Parma menyimpan potensi yang bisa membahayakan Inter Milan.

Menurut Spalletti, kemenangan ini tercipta berkat permainan rapi Icardi dan kawan-kawan.

"Kami sangat rapi di pertandingan ini dan itu tidak mudah karena Anda tidak bisa kehilangan bola saat mealwan Parma. Inglese selalu memainkan bola dengan baik dan Gervinho sangat buas di ruang kosong," kata Spalletti.

Lima Pertandingan Inter Milan Berikutnya

Jumat (15/2/2019) Rapid Wina vs Inter Milan

Senin (18/2/2019) Inter Milan vs Sampdoria

Jumat (22/2/2019) Inter Milan vs Rapid Wina

Senin (25/2/2019) Fiorentina vs Inter Milan

Senin (4/3/2019) Cagliari vs Inter Milan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aktivis Gelar Aksi Bersihkan Indonesia di Gedung KPU

Posted: 10 Feb 2019 08:35 PM PST

Massa koalisi #BersihkanIndonesia menggelar aksi teatrikal di  Gedung KPU RI, Senin (11/2). Mereka mengajak para calon presiden melakukan tindakan nyata mewujudkan kedaulatan energi yang bersih dan tidak merusak lingkungan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa koalisi #BersihkanIndonesia menggelar aksi teatrikal di Gedung KPU RI, Senin (11/2). Mereka mengajak para calon presiden melakukan tindakan nyata mewujudkan kedaulatan energi yang bersih dan tidak merusak lingkungan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam koalisi #BersihkanIndonesia menggelar aksi teatrikal di  Gedung KPU RI, Jakarta, Senin (11/2). Aksi tersebut bertajuk

Massa yang tergabung dalam koalisi #BersihkanIndonesia menggelar aksi teatrikal di Gedung KPU RI, Jakarta, Senin (11/2). Aksi tersebut bertajuk

Massa koalisi #BersihkanIndonesia menggelar aksi teatrikal di  Gedung KPU RI, Senin (11/2). Mereka mengajak para calon presiden melakukan tindakan nyata mewujudkan kedaulatan energi yang bersih dan tidak merusak lingkungan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa koalisi #BersihkanIndonesia menggelar aksi teatrikal di Gedung KPU RI, Senin (11/2). Mereka mengajak para calon presiden melakukan tindakan nyata mewujudkan kedaulatan energi yang bersih dan tidak merusak lingkungan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam koalisi #BersihkanIndonesia menggelar aksi teatrikal di  Gedung KPU RI, Jakarta, Senin (11/2). Aksi tersebut bertajuk

Massa yang tergabung dalam koalisi #BersihkanIndonesia menggelar aksi teatrikal di Gedung KPU RI, Jakarta, Senin (11/2). Aksi tersebut bertajuk

Massa koalisi #BersihkanIndonesia menggelar aksi teatrikal di  Gedung KPU RI, Senin (11/2). Mereka mengajak para calon presiden melakukan tindakan nyata mewujudkan kedaulatan energi yang bersih dan tidak merusak lingkungan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa koalisi #BersihkanIndonesia menggelar aksi teatrikal di Gedung KPU RI, Senin (11/2). Mereka mengajak para calon presiden melakukan tindakan nyata mewujudkan kedaulatan energi yang bersih dan tidak merusak lingkungan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbangi Arema, Bagaimana Rapor Timnas Indonesia U-22?

Posted: 10 Feb 2019 08:35 PM PST

Jakarta - Timnas Indonesia U-22 belum mampu meraih kemenangan dalam uji coba kedua jelang Piala AFF 2019. Terbaru, Tim Garuda Muda bermain imbang 1-1 melawan Arema FC, Minggu (10/2/2019).

Bermain di Stadion Kanjuruhan, Malang, Timnas Indonesia U-22 mampu tampil mendominasi pertandingan. Pelatih Indra Sjafri mengandalkan Satria Tama, Dandi Maulana, Andi Setyo, Asnawi Mangkualam, Samuel Christianson, Kadek Agung, Gian Zola, Witan Sulaeman, Sani Rizki Fauzi. Billy Keraf, dan Marinus Wanewar.

Para pemain menunjukkan penampilan tenang yang sesekali melakukan tusukan di lini pertahanan Arema FC. Billy Keraf memang sesekali mendapatkan peluang untuk mencetak gol, namun bola hasil tembakannya tak ada yang menemui sasaran.

Sementara itu, Arema FC memilih untuk bermain menunggu dan bersabar. Skema tersebut sempat membuat Timnas Indonesia U-22 terkejut dengan serangan balik yang dikreasikan Singo Edan. Babak pertama pun akhirnya ditutup dengan skor imbang 0-0.

"Persoalannya masih sama. Produktivitas. Namun, bukan berarti kami menyalahkan lini depan, karena melawan tim sekelas Arema dan Bhayangkara, tentu tidak mudah mencetak lima gol," kata Indra Sjafri seusai pertandingan.

Memasuki paruh kedua laga, sejumlah pergantian dilakukan Indra Sjafri. Permainan Timnas Indonesia U-22 sempat hidup ketika melakukan tusukan dari lini tengah.

Timnas Indonesia U-22 akhirnya membuka keunggulan melalui Hanif Sjahbandi pada menit ke-74. Sayang, kemenangan yang sudah didepan mata akhirnya sirna empat menit sebelum waktu normal babak kedua habis.

Arema FC berhasil memanfaatkan kelengahan barisan lini pertahanan Timnas Indonesia U-22. Berawal dari tembakan percobaan yang dilakukan Rivaldi Bawuo dari luar kotak penalti, bola kemudian berusaha ditangkap kiper Nadeo Agrawinata.

Namun, tangkapan tersebut tak berhasil sehingga bola liar memantul. Robert Gladiator yang berdiri bebas di depan gawang timnas Indonesia U-22 akhirnya dengan tenang menaklukkan Nadeo. Skor imbang 1-1 bertahan hingga peluit akhir.

 

Kesalahan Berulang

Winger Arema, Nasir, dikawal Kadek Agung dan Witan Sulaiman pada duel uji coba di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu (10/2/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Timnas Indonesia U-22 seakan mengulang kesalahan dan tak belajar pada uji coba pertama. Ketika itu, mereka juga sempat unggul 2 gol lebih dulu meski akhirnya harus bermain imbang 2-2 melawan Bhayangkara FC.

Pelatih Indra Sjafri sepertinya belum bisa membenahi kelengahan barisan lini pertahanan Timnas Indonesia U-22. Terutama ketika sedang unggul dan selalu salah mengantisipasi tembakan-tembakan spekulasi dari luar kotak penalti yang dilakukan lawan.

"Seandainya tidak ada tendangan spekulasi yang membuahkan gol, saya optimistis bisa menang dan mencetak gol tambahan," ucap Indra Sjafri.

Hal-hal semacam ini sebenarnya yang harus segera dibenahi Indra Sjafri. Apalagi dua laga uji coba membuktikan, Timnas Indonesia U-22 sebenarnya mampu bersaing, hanya selalu lengah menjelang akhir-akhir pertandingan.

Timnas Indonesia U-22 kini memiliki satu laga uji coba sebelum bertolak ke Phnom Penh, Kamboja. Pasukan Garuda Muda akan menantang Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Selasa (12/2/2019). Laga ini menjadi kesempatan terakhir Indra Sjafri untuk menunjukkan hasil evaluasinya dalam dua laga uji coba sebelumnya.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TNI dan Polri Kejar Target Perbaiki Tanggul Jebol di Jati Endah Regency Bandung

Posted: 10 Feb 2019 08:34 PM PST

Petugas dari Satbrimob Polda Jabar, TNI, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mulai memperbaiki Tembok Penahan Tebing (TPT) yang jebol akibat banjir luapan air anak sungai Cipanjalu di Komplek Jati Endah Regency pada Sabtu, 9 Februari 2019.

Jebolnya TPT di Kelurahan Jati Endah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung itu telah menyebabkan banjir bandang dan menewaskan tiga orang warga.

"Target hari ini membuat tanggul yang jebol menggunakan bronjong," tutur Danki 2 Batalion A Pelopor Satbrimob Polda Jabar, Iptu Heru Mustoko, di lokasi, Senin (11/2/2019).

Ia menjelaskan, bronjong yang akan dibangun tersebut menggunakan bronjong kawat yang diisi oleh batu. Pembangunan bronjong ditargetkan untuk bisa rampung hari ini.

Heru mengatakan, setelah pembangunan bronjong selesai, pekerjaan yang akan dilakukan selanjutnya adalah evakuasi tiga mobil menggunakan crane dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Ada tiga mobil yang harus dievakuasi, satu di jurang, dua lagi di atas (pemukiman). Untuk crane dikirim dari PUPR, sekarang sedang dalam perjalanan," katanya.

Sambil melakukan evakuasi mobil, akan dilakukan juga pembersihan lumpur yang memenuhi jalan dan rumah warga akibat banjir. Lumpur yang ada di dalam rumah warga akan dibersihkan dengan menggunakan alat manual, kemudian diangkat oleh loader.

"Kendala yang dihadapi adalah operator loader, kalau operatornya bisa datang lebih pagi, mungkin akan cepat selesai. Sekarang belum datang operatornya," ujar Heru.

Heru melanjutkan, pembersihan lumpur dan pembuatan bronjong dilakukan oleh 35 orang dari TNI dan Polri juga petugas dari BPBD dan pihak lainnya. "Mudah-mudahan saja dalam dua tiga hari bisa beres," dia menambahkan.

 

Baca berita menarik lainnya dari AyoBandung.com.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap Hadir di Indonesia, Cek Spesifikasi Samsung Galaxy M20

Posted: 10 Feb 2019 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung memastikan akan menjual smartphone murah besutannya, Galaxy M20, di Indonesia pada 14 Februari 2019. Smartphone ini mulai dijual di Lazada.co.id, Blibli.com, dan JD.id dengan harga Rp 2.799.000.

Bagi kamu yang tertarik dengan smartphone ini, tim Tekno Liputan6.com akan sedikit mengupas mengenai spesifikasi Galaxy M20. Smartphone ini memiliki layar Infinty-V dengan resolusi FHD dan berukuran 6,3 inci.

Memiliki sertifikasi Widevine L1, pengguna dipastikan dapat mengakses konten HD tanpa halangan dari sejumlah aplikasi populer.

Samsung menyematkan baterai berkapasitas 5.000mAh dengan dukungan fast charging yang menjanjikan pengisian daya tiga kali lebih cepat dari versi biasa. 

Galaxy M20 ditopang chipset Exynos 7904 terbaru dari Samsung yang menjanjikan pengalaman pemakaian lebih baik. Mulai dari kecepatan jaringan yang lebih optimla, multitasking tanpa halangan, hingga konsumsi rendah daya.

Untuk fitur keamanan, Samsung menyediakan dua opsi untuk membuka perangkat, mulai dari face lock dan pemindaian sidik jari yang diletakkan di bagian belakang bodi smartphone.

Hadir dengan Dua Kamera

Samsung Galaxy M20. Dok: Samsung Electronics Indonesia

Galaxy M20 memiliki kamera ganda yang masing-masing beresolusi 13MP aperture f1.9 sebagai lensa utama, sedangkan lensa lain beresolusi 5MP dengan fungsi ultra wide. Urusan selfie diserahkan pada kamera depan 8MP.

Dengan lensa ultra-wide, pengguna dapat mengambil foto yang lebih luas. Lensa ini berguna untuk mengabadikan landscape, perkotaaan, grup foto, dan lain terutama saat pengguna ingin mengambil banyak hal dalam satu frame.

Galaxy M20 juga dilengkapi dengan lensa low-aperture terbaik di kelasnya, memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang tajam dan jernih, bahkan dalam kondisi cahaya rendah.

Selain itu, Galaxy M hadir dengan Samsung Experience versi 9.5 UX baru yang dioptimalkan untuk pengalaman pengguna yang cepat dan lancar tanpa hambatan.

Spesifikasi Lengkap

Samsung Galaxy M20. Dok: Samsung Electronics Indonesia

Dimensi: 74.5 x 156.4 x 8.8 mm

Tampilan layar: 6.3" Full HD + PLS (19.5:9) Infinity-V

Kamera: kamera utama 13MP AF (F1.9) + 5 MP Ultra Wide Angle, kamera selfie 8MP (F2.0)

Prosesor Exynos 7904 Octa-core

Jaringan: LTE Cat.4

RAM: 3GB

Internal memory: 32GB

External memory: Up to 512GB with a microSD card

Baterai: 5000mAh dilengkapi Fast Charging

Keamanan: Face lock, Fingerprint Scanner (terletak di belakang bodi)

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Tusuk Istri hingga Tewas, Pria di Palembang Loncat ke Sungai

Posted: 10 Feb 2019 08:32 PM PST

Patroli, Palembang - Selesai menjalani autopsi, jenazah Linda Fitria seorang ibu rumah tangga yang menjadi korban pembunuhan dibawa ke rumah duka di kawasan Jalan Sempayo, Kecamatan Ilir Barat Dua, Palembang, Sumatra Selatan.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (11/2/2019), korban ditemukan tewas dengan sejumlah tusukan di tubuhnya di tempat tinggalnya kawasan Jalan Sepakat, Kecamatan Iliur Barat Dua, Palembang.

Kuat dugaan, Linda tewas ditangan suaminya sendiri Febrianto yang kemudian meloncat ke Sungai Ogan dari jembatan Kertapati, Palembang, usai melakukan aksi sadisnya.

Sebelum melompat, pelaku sempat menitipkan telepon genggamnya terlebih dahulu kepada warga yang melintas dan meninggalkan sebuah sepeda motor berwarna hijau.

Hingga saat ini, polisi masih mencari keberadaan suami korban yang terjun ke sungai. Polisi juga masih menyelidiki adanya motif permasalahan rumah tangga yang memicu terjadinya pembunuhan terhadap ibu dua anak ini. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Disadari, Jatuh Cinta Bisa Pengaruhi Sistem Kekebalan Tubuh

Posted: 10 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jatuh cinta memang bisa bikin hati berbunga-bunga. Kadang bikin senyum-senyum sendiri dan bahagia sepanjang hari. Meski terkadang, kalau cinta tak berjalan sesuai rencana dan harapan bisa membuat sedih dan terluka. 

Tapi jangan sampai kapok jatuh cinta. Soalnya, jatuh cinta bisa memberi banyak manfaat positif untuk kesehatan termasuk pada sistem kekebalan tubuh.

Cinta memang bukan obat, tapi memiliki dampak yang sama. Jatuh cinta tidak hanya memengaruhi benak seseorang, zat-zat kimia yang muncul juga bereaksi ke seluruh tubuh. Itu sebabnya terkadang kamu merasa ada sensasi seperti bergetar saat melihat orang yang kamu cintai, atau perasaan "mabuk" setelah bertemu seseorang yang spesial di hati.

Berikut penjelasan mengapa jatuh cinta bisa pengaruhi sistem kekebalan tubuh yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/2/2019).

Jatuh cinta pengaruhi sistem otak.

Jatuh cinta memang membawa perubahan bagi seseorang, baik perubahan fisik maupun mental. Salah satunya adalah perubahan pada bagian otak yang berhubungan dengan empati, yang berfungsi mengendalikan stres dan emosi. Ini sebabnya saat jatuh cinta kamu merasa bahagia dan seperti lepas dari stres.

Setelah perubahan pada otak, para ahli juga meneliti sensasi fisik, seperti jantung berdebar dan pemikiran obsesif. Hal ini telah menyebabkan para ilmuwan beranggapan ada perubahan mendasar pada fisiologi manusia.

Penelitian terbaru rupanya membahas lebih dalam lagi pengaruh jatuh cinta pada manusia, yakni memengaruhi sistem kekebalan tubuh manusia.

Jatuh Cinta Bisa Pengaruhi Sistem Kekebalan Tubuh

Para peneliti di University of California di Los Angeles mengambil sampel darah dari 47 wanita muda ketika mereka memulai hubungan baru selama dua tahun. Penelitian mengamati perubahan sistem kekebalan tubuh pada mereka yang jatuh cinta dan menemukan bahwa melakukan hal itu tidak hanya berdampak pada wanita secara psikologis, tetapi juga secara fisik.

Peneliti menemukan bahwa jatuh cinta pada seseorang menyebabkan gen memproduksi interferon-protein yang biasanya digunakan untuk melawan virus.

"Jatuh cinta dikaitkan dengan pengaturan interferon yang konsisten dengan tanggapan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi virus," kata para peneliti, seperti dikutip dari The Independent.

Para ilmuwan juga melihat bagaimana tingkat interferon berubah selama jatuh cinta dan menemukan penurunan interferon pada mereka yang akhirnya putus cinta. Jika melihat pengurangan ekspresi gen yang terkait dengan interferon tersebut, padat disimpulan jatuh cinta bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh belipat-lipat.

Hal yang Terjadi pada Otak Ketika Jatuh Cinta

Ketika sedang jatuh cinta, ada yang mengatakan bahwa bagian perut terasa bergejolak karena perasaan yang berbunga-bunga. Cinta memang kerap dilihat sebagai respons emosional. Ternyata neurologi dan fisiologi otak juga memainkan peran besar untuk membuat hubungan asmara bisa berjalan lebih lama.

Lalu, bagaimana cara otak membuat kamu merasa bahagia saat jatuh cinta? Tentunya, dengan membangun hubungan yang kuat dan menumbuhkan rasa cinta di dalam pikiran kamu.

Menurut seorang ahli antropologi biologis, Helen Fisher, dan ahli syaraf, Lucy Brown, bahwa ketika pasangan memiliki pikiran yang positif antara satu sama lain, maka mereka lebih mudah membuat hubungan tersebut bisa berjalan lebih lama. Salah satu pikiran positif itu adalah mengabaikan hal yang tidak disukai dari pasangan dan berfokus pada apa yang disukai.

Berpikir positif

Studi ini juga menemukan bahwa pasangan yang memiliki hubungan asmara yang bahagia dalam rentang waktu lama, ada 3 wilayah pada bagian otaknya yang menjadi aktif. Wilayah tersebut antara lain:

Bagian otak yang berhubungan dengan empati, bagian otak yang terhubung untuk mengendalikan stres dan emosi, bagian otak yang dihubungkan dengan pikiran positif dan area yang terkait dengan pikiran positif tersebut yang disebut sebagai korteks prefrontal ventromedial. Ini adalah sebuah daerah di mana kamu memproses sebuah keputusan.

Lalu, apa yang terjadi dengan wilayah tersebut saat kamu jatuh cinta? Aktivitas di wilayah tersebut akan menurun karena otak akan memilih menghilangkan perasaan negatif ketika kamu merasakan cinta dan perasan yang terbalaskan oleh pasangan.

Sebuah penelitian dan data fisik menemukan, ketika kamu bisa saling mendukung dan menghormati saat menjalin hubungan asmara, maka saat itulah kamu bisa menunjukkan empati dan keterbukaan akan kelemahan dan kekurangan masing-masing.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apa Kabar Holding BUMN Perbankan?

Posted: 10 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih terus menggodok pembentukan holding BUMN Perbankan.

Pembentukan holding perbankan tersebut, diyakini dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kinerja perusahaan holding.

Direktur Utama BTN, Maryono menyebutkan holding perbankan akan dipercepat. Holding perbankan mundur dari target awal.

Sebelumnya, holding perbankan sempat ditargetkan rampung pada 2018. Namun hingga saat ini, proses tersebut masih terus berlangsung.

"Saya kira holding ini sekarang menjadi perhatian khusus dari BUMN, dan ini sekarang akan di speed up, dipercepat untuk penyelesaian-penyelesaian karena kita harus memberikan beberapa penjelasan-penjelasan yang terkait ke KKSK atau ke Bank Indonesia, OJK dan sebagainya," kata Maryono, saat ditemui di JCC Senayan, ditulis Senin (11/2/2019).

Dia mengungkapkan, lambatnya proses holding BUMN perbankan karena ada beberapa hal yang masih harus diperjelas. "Ya banyak, macam-macam (yang harus diperjelas)," ujar dia.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Selanjutnya

Ilustrasi Bank

Dengan ada holding tersebut, Maryono berharap peran BTN sebagai bank perumahan akan semakin kuat.

"Ya kita memang mengharapkan holding keuangan ini, BTN dijadikan sebagai atau dipertegas perannya sebagai Bank Perumahan," tutur dia.

Sebelumnya, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa survei dan Konsultan Kementerian BUMN, Gatot Trihargo mengatakan, pembentukan holding perbankan sangat penting mengingat banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan bersama. Contohnya, pembiayaan untuk pengadaan rumah yang digarap oleh Bank BTN.

"Holding ini sangat urgent, contoh BTN. BTN backlog perumahan sekitar 13 juta dan BTN baru bisa memberikan pembiayaan sekitar 686 ribu per tahun. Kalau kita lakukan holding seharusnya kalau 13 juta, minimal bisa 2 juta atau 3 juta tiap tahun," ujar Gatot di Kantornya,Jakarta, Senin 20 November 2018.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Spesifikasi Samsung Galaxy M30 Paling Hiits

Posted: 10 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Samsung padahal baru meluncurkan Galaxy M10 dan M20 di India bulan lalu, namun perusahaan sudah siap meluncurkan Galaxy M generasi terbaru.

Artikel seputar spesifikasi dan perkiraan harga Galaxy M30 ketika meluncur di pasaran, menjadi berita terpopuler Tekno Liputan6.com, Minggu (10/2/2019).

Selain berita tersebut, ada dua berita lain yang tak kalah populernya, termasuk 16 smartphone dengan radiasi paling rendah dan medali Olimpiade 2020 bakal terbuat dari smartphone bekas.

Lebih lengkap, kamu bisa simak ketiga berita tersebut berikut ini.

1. Galaxy M30, Smartphone Terjangkau Samsung dengan Spek Tinggi

Peluncuran Samsung Galaxy A9 dan A7 di 4x Fun, Kuala Lumpur, Malaysia. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Samsung dipastikan kian serius menggarap lini Galaxy M yang ditujukan sebagai smartphone terjangkau.

Hal ini dibuktikan dengan kabar terbaru yang menyebut perusahaan sudah bersiap meluncurkan Galaxy M generasi terbaru.

Langkah ini terbilang cepat, mengingat Galaxy M10 dan Galaxy M20 baru diperkenalkan bulan lalu di India.

Selengkapnya baca di sini

 

2. 16 Smartphone dengan Radiasi Paling Rendah

Tampilan depan Galaxy Note 8. Liputan6.com/ Andina Librianty

Tidak hanya smartphone dengan tingkat radiasi paling tinggi, belum lama ini lembaga proteksi radiasi Jerman merilis sebuah laporan yang mengungkap tingkat radiasi pada berbagai model smartphone.

Sekadar informasi, satuan radiasi yang dipakai adalah watt per kilogram. Smartphone yang memiliki skor lebih rendah dianggap lebih aman ketimbang yang memiliki skor tinggi.

Mengutip laman Phone Arena, Minggu (10/2/2019), pengguna perlu tahu bahwa tidak ada angka spesifik yang menyebut batasan skor radiasi smartphone yang aman dipakai.

Selengkapnya baca di sini

3. Jepang Bersiap Bikin Medali Olimpiade 2020 dari Smartphone Bekas

Penari membentangkan bendera berlogo Olimpiade Tokyo 2020 saat acara penutupan Olimpiade Rio 2016 di Stadion  Maracana, Rio de Janeiro, (22/8/2016). (AFP/Greg Baker)

Panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 memang sudah berencana untuk membuat medali penghargaan dari logam yang ditemukan pada limbah elektronik.

Diharapkan, program tersebut dapat rampung pada 31 Maret 2019 dan desain untuk medali olimpiade dan paralimpiade akan terungkap musim panas ini.

Dilansir dari The Verge pada Minggu (10/2/2019), panitia Olimpiade Tokyo 2020 mengharapkan dukungan yang besar dari masyarakat dan perusahaan di seluruh Jepang, serta dari atlet nasional maupun internasional. Sejauh ini, mereka telah mendaur ulang sekitar 47.488 limbah elektronik.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Senang di Penjara, Mandala Shoji Rajin Lakukan Ini

Posted: 10 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mandala Shoji tengah menjalani hukuman di Rutan Salemba, Jakarta Pusat. Presenter sekaligus aktor itu dipenjara akibat vonis tiga bulan dari hakim, terkait dugaan pelanggaran kampanye.

Meski begitu, istri Mandala Shoji, Deanova Shafriana, terus mendukung sang suami. Salah satunya dengan menganggap Mandala tidak sedang dihukum.

"Suamiku lagi dakwah di Pesantren Salemba," kata Deanova Safriana saat menggelar jumpa pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

Menurut Deanova, Mandala Shoji yang menyerahkan diri setelah dicari oleh kejaksaan itu terlihat tetap bahagia meski harus merasakan dinginnya jeruji besi. "Dia senang tuh, di sana dia minta dibawakan Alquran, buku hadis," tambah dia.

Deanova memastikan kondisi suaminya baik-baik saja. Caleg Partai Amanat Nasional itu bahkan bahagia karena bertemu banyak orang dan bisa menularkan ilmu agamanya.

Puasa Daud

Mandala Shoji

Mandala Shouji, lanjut Deanova, bahkan masih tetap menjalankan puasa Daud selama di dalam sel. "Dia senang karena sekamar sama sembilan orang, jadi ramai kan kamarnya. Dia juga puasa Daud," ucap dia.

Jadi Pengurus Masjid

Mandala Shoji (Instagram/ https://www.instagram.com/p/Bh0XUXUAYtM/)

Tak hanya itu, Mandala bahkan berencana menjadi pengurus masjid Rutan Salemba selama menjadi tahanan. "Dia rencana mau bikin pengurus masjid, dia kayaknya happy di sana," imbuh Deanova. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pose 2 Jari di Deklarasi Jokowi, Kuli Bangunan Diamankan ke Polisi

Posted: 10 Feb 2019 08:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tiga orang pria berinisial E, S, dan H sempat diamankan petugas keamanan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat saat acara deklarasi Alumni 375 SMA se-Jakarta yang mendukung pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

Sebabnya, tiga orang tersebut melakukan pose dua jari yang identik dengan pose pendukung Prabowo-Sandiaga.

"Jadi, mereka pegang handphone seperti pose 2, pose handphone itu dipegang seperti telunjuk dan jempol gitu loh. Terus diteriaki sama pendukung yang lain," kata Kapolsek Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono saat dihubungi wartawan, Senin (11/2/2019).

Akhirnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan mereka diamankan oleh keamanan dalam gedung dan dibawa petugas ke Polsek Tanah Abang.

Saat diinterogasi, ketiganya mengaku sebagai kuli bangunan dan cleaning service. Kepada polisi mereka mengaku tidak bermaksud membuat gaduh dengan pose jari yang dilakukan.

Lukman mengatakan, tiga pria tersebut berasal dari Muara Angke, Pantai Indah Kapuk. Mereka hendak menuju  mau ke Blok M dengan menggunakan Trans Jakarta. 

Di tengah perjalanan, mereka melihat pendukung Jokowi yang hendak menuju Senayan.

"Jadi mereka enggak sengaja, ingin datang selfie datang ke situ, tidak rencana ikut deklarasi. Mereka mengaku pendukung Jokowi," beber Lukman.

Lebih lanjut, Lukman mengatakan pihaknya telah memulangkan tiga pria tersebut.

"Ya udah kita pulangkan," dia memungkasi.

Reporter: Ronald

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Man City vs Chelsea: The Blues Terpuruk, Carragher Salahkan Sarri

Posted: 10 Feb 2019 08:22 PM PST

Liputan6.com, London - Jamie Carragher ikut buka suara soal keterpurukan Chelsea di kandang Manchester City, Minggu (10/2/2019). Eks Liverpool itu menyebut pangkal masalah ada pada manajer Maurizio Sarri.

Pada laga lanjutan Premier League tersebut, Chelsea tumbang dengan skor memalukan enam gol tanpa balas. Sergio Aguero menjadi bintang dengan mencetak hattrick, yang kemudian disusul dua gol Raheem Sterling dan satu dari Ilkay Gundogan.

Kekalahan tersebut membuat The Blues tertahan di peringkat enam klasemen sementara dengan koleksi 50 poin. Sedangkan Manchester City semakin kokoh di puncak dengan raihan 65 angka, menyamai perolehan Liverpool yang menduduki peringkat dua.

Reaksi pun bermunculan dari berbagai pihak, salah satunya datang dari Carragher. Kepada Sky Sports, pria berumur 41 tahun tersebut tidak mampu menahan kritikannya untuk Sarri karena dianggap telah mengubah Chelsea seperti Arsenal.

"Memalukan, ini benar-benar buruk," tutur Carragher, yang hanya membela Liverpool dalam 17 tahun kariernya sebagai pemain.

"Dia [Maurizio Sarri] mengubah Chelsea menjadi tim Arsenal yang dulunya pernah babak belur selama tujuh, delapan tahun di laga tandang pada laga-laga besar karena mereka sangat lemah," lanjutnya.

 

Lemah

Manajer Chelsea, Maurizio Sarri, tidak puas dengan hasil imbang yang diraih saat menghadapi West Ham United dalam laga lanjutan Premier League di London Stadium, Minggu (23/9/2018).  (AP Photo/Matt Dunham)

Carragher tampak tak percaya dengan bagaimana Chelsea bisa kalah telak dalam laga yang berlangsung di markas Manchester City, Etihad Stadium tersebut. Ia benar-benar menganggap The Blues bermain dengan sangat buruk.

"Anda tak bisa berkata seperti itu tentang Chelsea, apapun yang sedang terjadi. Tapi mereka sangatlah lemah. Kami menyaksikan sebuah tim sepak bola yang sangat lemah di sini," tandasnya.

Kekalahan atas Manchester City membuat posisi Sarri semakin tersudut. Sebab hasil kontra Bournemouth, di mana mereka juga dibantai dengan skor 0-4, masih teringat jelas dalam benak fans meski mereka sempat menang atas Huddersfield 5-0 pekan lalu.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Man City vs Chelsea: Rudiger Adu Argumen dengan Fans

Posted: 10 Feb 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, London - Antonio Rudiger sangat malu Chelsea dibantai Manchester City, 0-6, Minggu (10/2/2019). Menariknya usai laga ia sempat beradu argumen dengan fans yang kecewa dengan kekalahan tersebut.

Rudiger merupakan salah satu sosok yang turut bertanggung jawab atas kekalahan memalukan Chelsea tersebut. Ia gagal membendung Sergio Aguero hingga penyerang asal Argentina itu berhasil mencetak tiga gol sekaligus ke gawang Kepa Arrizabalaga.

Tak hanya itu, Raheem Sterling serta Ilkay Gundogan pun lolos dari penjagaannya sehingga mampu memborong tiga gol sisanya. Alhasil, Chelsea yang sebelumnya menempati peringkat empat klasemen Premier League harus turun ke posisi enam.

Usai pertandingan, pemain asal Jerman tersebut berniat untuk menyampaikan permintaan maaf kepada para penggemar yang rela mengunjungi Etihad Stadium guna memberi dukungan. Bukannya sambutan hangat, ia justru diteriaki oleh salah seorang fans.

Padahal, sebagai permintaan maaf, Rudiger berniat memberikan seragamnya kepada salah seorang fans. Alhasil, karena sambutan negatif itu, ia tak bisa menahan amarahnya dan beradu mulut dengan oknum fans tersebut.

 

Komentar Rudiger

Pemain Chelsea, Antonio Rudiger dan David Luiz merayakan kemenagan atas  Bournemouth pada laga Piala Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, Kamis (20/12). Chelsea menang 1-0 atas Bournemouth. (AP/Alastair Grant)

"Saya datang ke sini untuk meminta maaf - berdiri di hadapan saya bila Anda ingin berkata sesuatu," tutur Rudiger kepada sang penggemar, seperti yang dikutip dari Goal.

Rudiger bukanlah satu-satunya pemain Chelsea yang meminta maaf usai dikalahkan secara memalukan. Wakil kapten The Blues, Cesar Azpilicueta, juga menyatakan hal yang sama kepada media selepas pertandingan.

"Saat kami menang di Stamford Bridge [2-0 pada Desember lalu], itu karena kami bermain dengan baik dan bersatu. Hari ini tidak seperti itu," ujar Azpilicueta kepada Sky Sports.

"Yang bisa kami lakukan adalah meminta maaf kepada para fans, sebab ini tak bisa diterima," ucapnya.

Sayangnya, Chelsea tak punya waktu lama untuk mengintrospeksi diri setelah pertandingan. Sebab pada hari Jumat (15/2/2019) nanti, mereka harus melawat ke markas Malmo guna melakoni laga leg pertama babak 32 besar Liga Europa.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: