Kamis, 07 Februari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kurdi di Irak Takut Kehilangan AS

Posted: 07 Feb 2019 10:06 PM PST

Liputan6.com, Baghdad - Para petinggi Pasukan Peshmerga Kurdi di Irak mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) seharusnya tidak menarik diri dari Suriah. Hal itu dikarenakan ISIS masih secara konsisten memberikan ancaman, demikian dilaporkan oleh Al Jazeera, Jumat (8/2/2019).

Dalam sebuah kesempatan, Peshmerga menyebutkan bahwa ISIS memiliki persenjataan yang membahayakan. Hal itu mereka saksikan sendiri saat pertempuran antara pasukannya melawan ISIS dua tahun lalu.

"Mereka penuh dengan bahan peledak ketika kami menangkap mereka," tutur Komandan Peshmerga, Jenderal Sirwan Barzani.

Meskipun ISIS telah diusir dari Kota Mosul dan beberapa kota di Irak Utara, saat ini mereka masih berada di daerah sekitar Erbil (25 kilometer dari pusat kota), di dekat ibukota wilayah semiotonom Kurdi di Irak Utara.

Peshmerga Kurdi khawatir, mengingat medan yang berat seperti berbukit curam dan gua, membuat keberadaan ISIS sangat sporadis dan sulit untuk dideteksi.

Selain itu, pasukan ISIS juga mendiami daerah selatan dan barat dari garis wilayah Peshmerga, dimana lokasi itu dikuasai oleh pasukan militer Irak. Sedangkan, pasukan Kurdi sering kali memiliki konflik dengan pasukan tersebut. Hal itu menyusahkan keduanya untuk bekerja sama melenyapkan ISIS.

Sebetulnya pasukan militer Irak dan Peshmerga pernah bekerja sama. Namun hubungan mereka memburuk sejak Oktober 2017. kala itu, pasukan Irak yang didukung Iran merebut kembali kekuasaan atas wilayah Kirkuk yang kaya minyak dan daerah lain yang sebelumnya ditempati Kurdi sejak 2014.

Belum lagi, sikap Irak dan beberapa negara di dunia semakin keras semenjak diadakannya referendum Kurdi tentang hak kemerdekaan.

Kurdi, sebetulnya adalah sekutu AS dalam konflik Suriah, khususnya dalam melawan ISIS. Namun sayangnya, Negara Adidaya itu terkesan cuci tangan karena tidak melakukan apapun untuk menghentikan ancaman yang mengarah ke Kurdi, baik yang dilakukan oleh ISIS maupun militer Irak.

Barzani, secara terang-terangan menyatakan ketakutannya bahwa AS akan meninggalkan Kurdi di Irak dan Suriah.

Simak video berikut:

AS Akan Terus Memantau, Tapi ...

Presiden Amerka Serikat (AS) Donald Trump siap meluncurkan sanksi paling berat terhadap Iran, Senn, 5 November 2018  (AFP).

Penarikan sekitar 2.000 tentara AS dari Suriah memicu kontroversi. terlebih, terkait klaim Trump bahwa ISIS telah dikalahkan.

Selain itu, banyak pula pihak yang mengaku khawatir atas kemungkinan pengabaian sekutunya, Kurdi, jika Trump benar-benar menarik penuh pasukannya.

Donald Trump memberikan pernyataan pada pekan pertama Februari, bahwa ia akan terus memantau keadaan dan akan kembali jika kondisi mengharuskannya.

"Kami akan kembali jika harus," katanya. "Kami memiliki pesawat terbang yang sangat cepat, kami memiliki pesawat kargo yang sangat bagus. Kami dapat kembali dengan sangat cepat, dan saya tidak akan pergi. Kami memiliki markas di Irak, dan itu adalah bangunan yang fantastis," tuturnya.

Meskipun demikian, pernyataan tersebut seolah ditujukan bukan untuk Kurdi, namun untuk sekutu dekatnya, Israel, maupun demi menghalau ancaman yang datang dari Iran, sebuah negara yang berpotensi menjadi negara "revisionis" di kawasan Timur Tengah.

"Kita harus melindungi Israel," katanya. "Kita harus melindungi hal-hal lain yang kita miliki. Lihat, kami melindungi dunia. Kami menghabiskan lebih banyak uang daripada yang pernah dihabiskan orang dalam sejarah."

Donald Trump juga mengklaim AS telah menghabiskan US$ 50 miliar (setara Rp 697 triliun) setahun di Afghanistan selama lima tahun, dan mengatakan dia siap untuk mempertahankan kehadiran intelijen di sana.

Pasukan AS memimpin invasi ke Afghanistan pada Oktober 2001, sekitar 17 tahun yang lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Menyalakan Foglamp di Malam yang Cerah, Ini Alasannya

Posted: 07 Feb 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik mobil, tidak jarang yang masih belum mengetahui fungsi dari foglamp atau lampu kabut. Sejatinya, foglamp memang bukan aksesori tambahan di mobil mewah, dan lampu ini tentunya memiliki fungsi tersendiri.

Sesuai dengan namanya, foglamp digunakan bagi pengemudi untuk melihat dengan jelas saat kondisi berkabut atau hujan yang sangat deras. Namun ingat, jangan pernah menyalakan lampu kabut pada malam hari dengan cuaca yang cerah.

Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, kenapa foglamp jangan pernah dinyalakan pada malam hari di cuaca yang cerah, karena sorotan foglamp cenderung melebar ketimbang pendaran cahaya lampu utama yang lebih jauh ke arah depan, sehingga cahaya yang dihasilkan memang akan menjadi lebih terang tapi jarak pencahayaannya tidak akan jauh.

Jika dipakai pada cuaca cerah di malam hari, paparan foglamp, baik foglamp yang di depan maupun belakang, bisa membuat pengemudi akan terganggu pandangannya karena silau.

Perilaku ini sudah pasti berisiko membahayakan pengendara lain maupun diri sendiri. Terlebih jika foglamp penempatannya tidak presisi, sehingga menyebabkan paparan lampu menjadi sangat tajam.

Jenis Foglamp

Foglamp sendiri ada dua jenis, yaitu front foglamp (lampu kabut depan) dan rear foglamp (lampu kabut belakang). Front foglamp dipasang di bumper depan bagian bawah sisi kanan dan kiri. Sementara rear foglamp dipasang menyatu dengan lampu belakang mobil yang memancarkan warna merah terang.

Parahnya lagi adalah masih banyak ditemui di jalan ketika malam hari dengan kondisi tidak hujan dan tidak berkabut tapi lampu kabut belakang dinyalakan.

Hal ini justru membahayakan pengemudi di belakang, karena silaunya lampu rear foglamp itu akan mengganggu pandangan dari mobil di belakang Anda.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hercules TNI Bantu Sebar Cabai Banjarnegara ke Luar Pulau

Posted: 07 Feb 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Banjarnegara - Sepertinya tak perlu memahami secara detail teori ekonomi klasik Adam Smith untuk mengetahui hukum saat pasokan barang berlimpah, maka harga sebuah komoditas akan turun. Pun dengan petani cabai di Banjarnegara, Jawa Tengah.

Sejak Januari lalu, harga cabai terus menukik turun sejak Januari lalu. Petani pun menjerit. Semula, harga cabai turun menjadi Rp 7.000 per kilogram.

Akibatnya, sebagian petani menahan diri untuk tak segera memanen cabai yang masih menggantung di pohon. Namun, bukannya membaik, harga cabai justru semakin jatuh ke harga Rp 4.000 per kilogram pada Februari 2019 ini.

Nestapa petani tak berhenti di situ. Di tengah harga yang jatuh, satu per satu tanaman cabai membusuk dan mati. Serangan bakteri menyebabkan petani semakin merana.

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara sebenarnya juga tak tinggal diam dengan kondisi ini. Akhir Januari lalu, Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan Industri dan UMKM menggelar bazar cabai.

Cabai dari petani itu langsung dijual dengan harga eceran, sebesar Rp 15 ribu per kilogram. Harapannya, bazar cabai ini memicu kepedulian masyarakat, utamanya ASN, untuk turut membantu petani dengan cara membeli hasil panen dengan harga normal.

Tampaknya, upaya itu tak begitu efektif. Lepas bazar cabai, harga cabai tetap turun hingga akhirnya hanya dihargai Rp 4.000 per kilogram.

"Kita kembali menggelar bazar, pasar tani, tidak hanya cabai," ucap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjarnegara, Totok Setya Winarno, Kamis, 7 Januari 2019.

 

Produk Olahan Komoditas Hortikultura

Petani cabai di Banjarnegara, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Upaya lainnya, Dinas Pertanian Banjarnegara dan sejumlah wilayah lain berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk mengantisipasi jatuhnya harga cabai dan beragam komoditas hortikultura. Kesimpulannya, harga jatuh lantaran terjadi penumpukan satu komoditas di tempat tertentu.

Sementara, di wilayah berbeda, luar Jawa misalnya, harga cabai dan berbagai komoditas masih terhitung stabil. Karenanya, dibutuhkan distribusi yang cepat agar hasil pertanian lebih cepat sampai ke daerah lain.

Salah satu opsi agar harga sebuah komoditas tak jatuh adalah adalah dengan mengirim hasil pertanian ke luar pulau. Masalahnya, untuk mengirim hasil panenan secara cepat dibutuhkan alat angkut pesawat yang memerlukan biaya tinggi.

Sebab itu, Kementerian Pertanian meminta Penglima TNI untuk mengerahkan pesawat Hercules untuk diperbantukan mendistribusikan cabai dan berbagai komoditas pertanian ke luar pulau. Hal itu dilakukan untuk menanggulangi jatuhnya harga berbagai komoditas pertanian pada masa panen raya ini.

"Responnya bagus. Karena ini merupakan tanggung jawab bersama," dia mengungkapkan.

Totok mengatakan, Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian telah berkirim surat ke Panglima TNI usai berkoordinasi dengan dinas pertanian kabupaten di Jakarta. Harapannya, pesawat hercules bisa mendistribusikan komoditas pertanian secara cepat ke daerah yang membutuhkan.

"Yang intinya, kita di Jakarta itu mencari solusi. Di mana, memang, transportasi udara itu kan mahal. Maka, kemarin itu Pak Dirjen langsung membuat surat permohonan kepada Panglima TNI, untuk mengerahkan hercules," ucapnya.

Totok menerangkan, panen serentak di berbagai daerah dan sistem distribusi hasil pertanian yang belum bisa diandalkan untuk menjangkau luar pulau menjadi pangkal anjloknya harga komoditas pertanian.

"Biar nanti, distribusi ke luar pulau bisa lancar," dia menambahkan.

Dalam jangka panjang, dinas pertanian di wilayah mendorong petani melakukan pengolahan pascapanen. Produk dijual bukan dalam bentuk segar, melainkan sudah menjadi olahan siap saji.

"Daya simpannya lebih panjang," dia menerangkan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gandeng 2 BUMN, Sarinah Bangun Kompleks Bisnis di Jalan Thamrin

Posted: 07 Feb 2019 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Sarinah (Persero) menggandeng PT Wijaya Karya (Wika)Tbk dan PT Pembangunan Perumahan (PP) (Persero) Tbk dalam pengembangan kompleks komersil di atas lahan milik Sarinah di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Direktur Utama PT Sarinah, GNP Sugiarta Yasa mengatakan, di atas lahan seluas 1,7 hektare (ha) tersebut akan dibangun dua gedung (tower) untuk area bisnis dan komersil, di antaranya terdiri dari mal, gedung perkantoran, area pameran dan pertemuan, area hiburan serta apartemen.

"Di Jalan Thamrin, Wahid Hasyim, Sunda itu kurang lebih 2,8 ha tapi Sarinah yang memiliki lahan 1,7 ha. Yang kita bangun pertama dulu 1,7 ha dulu kita akan bangun untuk menjadi gedung 41 lantai dengan tiga basement. Nanti kita membuat kawasan open jadi smart building juga," ujar dia di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Dia menjelaskan, nilai investasi dari proyek tersebut mencapai Rp 1,8 triliun. Proyek sebanyak 70 persen pendanaannya berasal dari pinjaman perbankan BUMN dan sisanya dari internal perusahaan.

"Dengan hitungan kasar saja dengan gedung baru aset Sarinah meningkat empat kali lipat. Nilainya (aset saat ini) kurang lebih Rp 400 miliar," kata dia.

Proyek tersebut akan mulai dibangun pada Maret 2019. Untuk tahap pertama ditargetkan selesai 2020.

‎"Insya Allah bulan depan sudah mulai groundbreaking. (Waktu pengerjaan)‎ 16 bulan tahap pertama. Tower baru minimal dua . Dengan yang existing artinya ada tiga tower," ungkap dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Wijaya Karya Tbk, Tumiyana mengatakan, kerja sama antara Sarinah, Wika dan PP tersebut  berbentuk joint venture, dengan Sarinah memiliki porsi 55 persen.

"Kita bertiga, Sarinah sebagai pemilik lahan, jadi majority share holder. Sarinah 55 persen, kita berdua (PP dan Wika) 45 persen," ujar dia.

 

Wika Anggarkan Belanja Modal Rp 22 Triliun pada 2019

Pekerja tengah melintas di bawah papan pergerakan IHSG di BEI, Jakarta, Jumat (29/12). Karena hal tersebut, Jokowi memberi apresiasi kepada seluruh pelaku industri maupun otoritas pasar modal. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Direktur Utama PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) Tumiyana menyatakan bahwa perseroan mengalokasikan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 22 triliun pada 2019. Hal tersebut disampaikan pada acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

"Total capex Rp 22 triliun," ujarnya di Gedung Wika, Jakarta Timur, Senin 28 Januari 2019.

Untuk sumber pendanaan capex ini berasal dari kas internal dan eksternal. Dari sisi eksternal, perusahaan berencana menerbitkan perpetual bond senilai Rp 1,4 triliun dari total perpetual bond sebesar Rp 2 triliun.

Dana capex ini antara lain akan digunakan untuk mendukung rencana bisnis perusahaan di tahun 2019 dimana WIKA akan berinvestasi lebih agresif pada lini bisnis energi, properti, dan infrastruktur.

"Akumulasi order book jadi Rp 145 triliun, itu terbesar di industri. Sedangkan revenue tahun ini diproyeksikan sebesar Rp 42,13 triliun, tumbuh 25 persen," ujarnya.

Adapun dia menjelaskan, kontrak baru diharapkan dapat tumbuh 32 persen menjadi Rp 66,74 triliun tahun ini, dibandingkan sebesar Rp 50,65 triliun per Desember 2019.

"Guna mencapai target tersebut, Perseroan telah menyiapkan strategi yang terintegrasi. Bisnis WIKA pada sektor infrastruktur dan bangunan yang telah sustain, akan mendukung pertumbuhan pada sektor energi & industrial plant, industri serta properti di tahun 2019," tandasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramalan Zodiak Virgo Hari Ini, Harus Hati-hati dan Jangan Mudah Tergoda

Posted: 07 Feb 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Virgo: 22 Agustus - 23 September

Virgo adalah orang yang suka bekerja dan sellau menginginkan hasil kerja yang sempurna. Selain itu, Virgo juga mengutamakan kesehatan, disiplin, dan memilih hidup yang praktis.

Virgo adalah penganalisa yang cukup baik. Mereka ingin segala sesuatunya dikerjakan dengan sempurna, dan selalu mendapatkan perhatian dari sekelilingnya karena kesempurnaan dan keefisienannya. Mereka memiliki cita rasa tinggi namun konservatif.

Para virgo masuk dalam golongan orang yang sangat perfeksionis. Berikut ramalan harian virgo hari ini yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/2/2019).

Ramalan Harian Virgo

Virgo (Sumber foto: Bintang.com/DI: Muhammad Iqbal Nurfajri)

Ramalan harian Virgo hari ini kamu mungkin merasa hal-hal tidak sesuai rencana hari ini. Seseorang akan membantu kamu jika kamu mau bertanya. Sisihkan kekecewaan kamu pada suatu hal hari ini, dan selesaikan secara perlahan, tidak harus menyelesaikan semuanya sekaligus. Fokuskan hari kamu pada masalah spiritual. Dengarkan musik yang kamu sukai hari ini untuk menjaga mood kamu.

Menurut Tarot dan Numberlogy hari ini, pikiran menjadi masalah utama kamu hari ini. Kamu akan memiliki kesempatan untuk membetulkan kesalahan yang kamu buat di masa lalu dan yang masih kamu pikirkan.

Kabar baik akan segera terjadi. Tenang saja. Hari ini adalah hari yang baik untuk membuat upaya besar, tapi hari ini bukan waktunya untuk memulai sesuatu yang baru.

Ramalan Zodiak Virgo segi keuangan, karier dan percintaan

Keuangan

Hati-hati dengan pengeluaran tak terduga hari ini. Hati-hati dengan godaan dan apa yang diinginkan sesaat. Bijaklah menyikapi sesuatu dan menggunakan uangmu. Kapan mengetahui waktu terbaik menentukan batasannya? Lihat limit tabungan dan tujuan masa depanmu.

Pekerjaan

Hari ini akan ada penilaian ulang atas kinerja kamu selama ini. Jangan membuat pembahasan yang ada menjadi menyimpang tanpa alasan yang jelas. Kamu tahu apa yang perlu diselesaikan.

Cinta

Kedamaian adalah hal yang paling kamu inginkan, tapi hal itu justru bisa membuat pasangan kamu frustasi. Hati-hati dalam berbicara dengan pasangan kamu hari ini, karena keegoisanmu hari ini bisa membuatnya salah paham.

Warna keberuntungan hari ini : Cream

Angka keberuntungan hari ini : 12

Waktu keberuntungan hari ini : 07.00 – 20.45

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Baik Hati, Beri Nasihat Sederhana Besarkan Putri untuk Para Ayah

Posted: 07 Feb 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada yang lebih besar dari kasih sayang orangtua kepada anaknya. Membesarkan seorang anak tentu tidak mudah bagi seorang Ayah. Disela-sela kesibukannya, para Ayah harus bisa memberikan kasih sayang dan cinta yang cukup untuk anaknya. Selalu ada hubungan dan kisah yang selalu menarik antara ayah dan anak perempuan.

Memang tidak ada rumus yang sempurna bagi para Ayah untuk bisa membesarkan anaknya. Namun, Michael Mitchell, seorang Ayah yang memiliki putri kecil ini, membuat sebuah blog berisi nasihat-nasihat untuk para ayah di luar sana mengenai bagaimana membesarkan seorang putri.

Bukan asal memberikan nasihat, namun semua itu ia dapatkan dari pengalaman-pengalamannya setiap hari dalam mengurus putri kecilnya. Berikut beberapa nasihat yang dikutip dari blog Michael Mitchell, yakni lifetoheryears.com:

1. Cintai dan hormati ibunya

Jangan malu untuk mengekspresikan kasih sayangmu meskipun di depan umum. Ketika putri kecilmu beranjak dewasa, ada kemungkinan bagus bahwa ia akan jatuh cinta kepada pria yang menyayanginya seperti kau menyayangi ibunya.

2. Cobalah untuk selalu berada disisinya

Perhatikan kualitas dan juga kuantitas dari setiap waktu yang kau habiskan bersamanya. Bersikaplah tulus dan tertarik tentang hal yang penting baginya. Selalu berpartisipasilah di setiap langkah dalam hidupnya.

3. Beritahu padanya bahwa ia adalah gadis yang cantik

Selalu, dan setiap hari. Ketika ia beranjak dewasa, media tidak lagi akan mempengaruhinya.

4. Nikmati setiap waktu bersamanya

ilustrasi ayah dan anak/copyright shutterstock

5. Ada saatnya ia akan bertengkar dengan ibunya. Pilihlah sisi yang bijak.

6. Biarkan ia mencoba banyak hal. Banyak sekali hal yang menarik dan mencengangkan di luar sana.

7. Ajarkan ia untuk dapat bijak menggunakan uang.

8. Ia akan menunggumu pulang ke rumah. Jangan sampai terlambat.

9. Berikan bahumu untuknya menangis, karena tidak ada tempat yang lebih baik dari itu

Ilustrasi menangis

10.Jangan pernah melupakan hari ulangtahunnya dan selalu pegang janjinya.

11. Belajarlah untuk percaya kepadanya. Berikan kebebasan seiring ia tumbuh dewasa.

12. Beri tahu ia bahwa ia selalu bisa pulang ke rumah.

Selamat mempraktikannya, para Ayah!

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KLB Rabies, Warga Dompu NTB Vaksinasi Anjing Peliharaannya

Posted: 07 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Dompu Kejadian Luar Biasa (KLB) rabies sedang terjadi di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) bersama unit bidang penyakit hewan FAO ECTAD segera melakukan investigasi dan penanganan rabies di wilayah tersebut.

"Pada 2017 pemerintah sudah menyatakan provinsi NTB ini bebas rabies. Tapi awal tahun ini Kabupaten Dompu telah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) Rabies," ujar Kepala Balai Besar Veteriner Denpasar, Kementerian Pertanian, I Wayan Masa Tenaya saat sosialisasi pencegahan dan pengendalian rabies di Kantor Bupati Dompu, NTB seperti dalam rilis yang diterima Health-Liputan6.com pada Jumat (8/2/2019).

Pemberian vaksinasi antirabies terhadap anjing, khususnya anjing peliharaan warga merupakan cara penanganan yang tengah dilakukan. Warga di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, NTB membawa anjing peliharaan mereka untuk divaksin antirabies.

Agar pemberian vaksin anti rabies berjalan sukses, pelatihan vaksinasi turut ditujukan kepada petugas lapangan di Kabupaten Dompu, Bima, dan Sumbawa. Pelatihan vaksinasi anti rabies sekaligus menyosialisasikan penanganan Tata Laksana Kasus Gigitan Terpadu (Takgit).

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Eliminasi anjing liar

Vaksinasi anti rabies pada anjing. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Pelatihan vaksinasi antirabies diberikan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas terkait pencegahan dan pengendalian rabies di wilayah Dompu, Sumbawa, dan Bima.

Laporan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu sepanjang 2018 hingga Februari 2019 telah terjadi 544 gigitan hewan penular rabies (anjing) dengan angka kematian mencapai 5 orang. Korban diketahui digigit anjing sejak 2018. 

Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Zainal Arifin, selain vaksinasi terhadap anjing peliharaan warga. Ada juga upaya eliminasi tertarget untuk anjing liar.

"Kami juga mengupayakan agar tidak terjadi lalu lintas hewan penular rabies keluar dari wilayah Dompu ke wilayah lainnya. Karena sampai saat ini,  di semua kecamatan di Kabupaten Dompu telah dilaporkan terjadi gigitan hewan penular rabies," tambah Zainal. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Bintang Liga Inggris yang Gagal Total di Barcelona

Posted: 07 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Barcelona nampaknya menyesal dengan keputusan membeli Philippe Coutinho. Pemuda Brasil itu tak mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya di Nou Camp.

Coutinho bergabung dengan Barcelona pada Januari 2018 setelah melalui perburuan yang rumit dan panjang. Blaugrana harus membayar mahal untuk memiliki Coutinho senilai 142 juta pound. 

Sayangnya Coutinho kini malah lebih banyak dicadangkan. Performa Coutinho tidak sebaik saat masih di Liverpool. Barcelona konon mempertimbangkan menjualnya dalam waktu dekat.

Beberapa klub Liga Inggris seperti Chelsea dan Manchester United bersaing untuk mendapatkan jasa mantan pemain Inter Milan itu.

Jauh sebelum Coutinho, ada juga beberapa bintang Liga Inggris yang tak sukses saat membela Barcelona. Siapa saja mereka? Simak di halaman berikutnya:

 

 

 

- Emmanuel Petit

Gelandang Emmanuel Petit menggiring bola dari kawalan Edgar Davids saat pertandingan tim Prancis 98 dengan tim FIFA 98 di Arena U, Paris (12/6). Pertandingan ini memperingati 20 tahun kemenangan Prancis di Piala Dunia 1998. (AFP Photo/Thomas Samson)

Petit bergabung dengan Barcelona di tahun 2000. Saat itu Barcelona merekrut Petit bersama Marc Overmars dari Arsenal. Petit dibeli setelah bersinar bersama Arsenal dan timnas Prancis.

Sayangnya, Petit tampil buruk selama di Nou Camp. Dia cuma main 38 kali dengan mayoritas masuk sebagai pemain pengganti. Petit kemudian menyerah dan cuma semusim saja membela Barcelona.

Petit menyesali keputusannya pindah ke Barcelona. Dalam buku autobiografinya, Petit mengecam pelatih Barcelona saat itu Llorenc Serra Ferrer.

- Alex Song

Alex Song (AFP/Lluis Gene)

Barcelona membeli Alex Song dari Arsenal di musim panas 2012. Blaugrana tertarik dengan Song karena bisa bermain sebagai gelandang bertahan dan juga bek tengah.

Song dibeli setelah Barcelona gagal mendapatkan Javi Martinez dari Athletic Bilbao. Sial bagi Barcelona, Song ternyata tidak cocok. Dia tak mampu menunjukkan permainan bagus baik sebagai bek maupun gelandang.

Pemain Kamerun itu akhirnya hanya dua musim saja bermain di Barcelona dan kemudian pindah ke West Ham United. Sejak saat itu, karier Song tidak jelas.

- Aleksandar Hleb

Aleksandr Hleb (AFP/Josep Lago)

Hleb diboyong Barcelona tahun 2008, juga dari Arsenal. Hleb dibeli setelah tampil sangat bagus bersama Arsenal selama tiga musim.

Akan tetapi Hleb kesulitan beradaptasi di Barcelona. Hleb tak banyak bermain pada musim saat Barcelona meraih treble. Bahkan Hleb tak bisa membuat gol untuk Barcelona.

Hleb kemudian dipinjamkan ke VfB Stuttgart, Birmingham City dan VfL Wolfsburg. Karier pria Belarusia itu hancur lebur selepas dibeli Barcelona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Hari Kelahiran Olga Syahputra, Raffi Ahmad Berziarah ke Makam Sang Sahabat

Posted: 07 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 8 Februari menjadi hari spesial untuk presenter kondang Raffi Ahmad. Ini, adalah tanggal kelahiran mendiang sahabatnya, Olga Syahputra.  Untuk memperingati hari kelahiran Olga Syahputra, pria 31 tahun itu lantas menyempatkan waktu untuk berziarah ke makam sahabatnya.

Di Instagram, Raffi Ahmad mengunggah potret dirinya tengah berada di pusara Olga Syahputra. Mengenakan baju berwarna hitam, ia tampak memandangi nisan Olga Syahputra.

Raffi Ahmad menyebut ia akan selalu mengenang kebaikan Olga Syahputra semasa hidupnya. Ayah satu anak itu pun tak lupa mendoakan agar almarhum diberikan tempat yang terbaik di sisi Tuhan.

Pada Jumat (8/2/2019) Raffi Ahmad menulis, "8 Februari hari lahirnya sahabat yang bernama Olga Syahputra. Kebaikannya akan selalu kami kenang. Semoga Almarhum Olga Syahputra selalu tenang disisi-Nya dan mendapat tempat terbaik disisi-Nya."

 

Ikut Mendoakan

Raffi Ahmad mengunjungi makam Olga Syahputra (Instagram/ raffinagita1717)

Unggahan terakhir Raffi Ahmad di Instagram itu dibanjiri dengan komentar warganet yang mendoakan mendiang Olga Syahputra. Deretan selebritas pun ikut mengirimkan surah Al-Fatihah untuk mendiang Olga, seperti Chand Kelvin, Tarra Budiman dan Indra Bekti. 

Persahabatan

Raffi Ahmad dan Olga Syahputra.

Raffi dan Olga kerap kali kerja bareng dalam mengisi sebuah acara. Setiap hari bertemu, membuat persahabatan keduanya semakin akrab. Bahkan, saat ayahanda Raffi meninggal, Olga senantiasa mendampingi dan menegarkannya.

Olga Syahputra mengembuskan napas terakhirnya pada 27 Maret 2015 lalu. Kala itu, Raffi Ahmad tengah beribadah di Tanah Suci dan segera kembali ke Indonesia untuk berbelasungkawa kepada keluarga almarhum.

(Lavenia/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Duet Bareng Anak, Duta Sheila On 7 Bikin Pangling

Posted: 07 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Momen duet antara Duta Sheila on 7 dengan putrinya, Aisha, bikin pangling warganet. Pasalnya mereka terlihat lebih mirip seperti kakak beradik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dampak Pemanasan Global, Bumi Bakal Alami Peristiwa Ini 81 Tahun Lagi

Posted: 07 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - NASA  mengumumkan prediksinya lewat sebuah dataset, Bumi akan mengalami perubahan iklim besar-besaran dalam waktu 81 tahun lagi, tepatnya di tahun 2100.

Pihak NASA merilis dataset tersebut lewat sebuah peta prediksi dan proyeksi perubahan Bumi yang akan terjadi di 2100.

Pada peta itu, terlihat hampir semua wilayah di berbagai belahan Bumi berwarna merah.

Artinya, iklim yang terjadi di wilayah itu akan berubah drastis dan memanas. Menurut para ilmuwan yang sedang meneliti fenomena ini, hal tersebut disebabkan oleh lapisan karbondioksida di atmosfir Bumi yang nantinya akan mencapai angka yang sangat tinggi, yakni 935 ppm (parts per million).

Untuk saat ini, lapisan karbondioksida tersebut sedang berada di angka 400 ppm. Demikian dilansir Mirror, Jumat (8/2/2019).

Jika nanti ternyata prediksi yang diumumkan benar terjadi, maka sebagian besar wilayah Bumi akan mengalami perubahan iklim drastis yang menjadi sangat panas.

 

Suhu Ekstrem di Afrika, India, dan Amerika Selatan

Karbon dioksida bukan penyebab utama pemanasan global, menurut Dr Evans. (foto: Express)

Bahkan nanti di wilayah Afrika, India dan Amerika Selatan, temperatur hariannya bisa mencapai angka 45 derajat Celcius.

"NASA memang sedang meneliti perubahan iklim yang terjadi di Bumi untuk jangka waktu yang panjang. Kami juga sedang mempelajari mengapa hal ini bisa terjadi. Pun begitu, pihak kami akan mempersiapkan sebuah terobosan baru yang akan menjadi penolong umat manusia menghindari adanya fenomena seperti ini di masa depan," ungkap Ellen Stofan, Chief Scientist NASA.

Lebih lanjut, peta perubahan iklim tersebut juga tidak hanya memperlihatkan wilayah mana yang akan mengalami perubahan iklim drastis, tetapi juga memperlihatkan wilayah curah hujan yang bisa berubah-ubah di beberapa dekade ke depan.

 

Adaptasi Perubahan Iklim

ilustrasi pemanasan global (AP/J David)

"Dengan dataset global terbaru ini, semua orang di seluruh Bumi setidaknya bisa mempersiapkan rencana dan bahkan terobosan terbaru agar bisa dipakai untuk beradaptasi dengan perubahan iklim ini," lanjut Stofan.

Tak hanya terbakar, nantinya perubahan iklim yang akan terjadi di Bumi akan terjadi lewat beberapa fenomena, seperti banjir, kemarau, dan kekeringan di beberapa wilayah.

Saat ini, pihak NASA pun telah menjalin kerjasama dengan beberapa pemerintah negara untuk membuat rencana kontijensi agar dapat mengantisipasi hal ini terjadi di masa depan.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

[vidio:INTERMEZO : Pemanasan Global, Beruang Kutub Jadi Kanibal Beruang Lain]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin: Milenial Itu Cerdas, Tahu Potensi Paslon 01

Posted: 07 Feb 2019 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Populi Center merilis hasil survei yang dilakukan pasca-debat capres perdana. Dalam survei tersebut, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin relatif lebih unggul ketimbang Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dari berbagai aspek, khususnya milenial.

Menanggapi hal ini, Ma'ruf Amin mengatakan, dengan hasil survei tersebut, sudah jelas bahwa milenial cerdas dalam memilih pemimpin, untuk keberlangsungan para milenial ke depan.

"Karena milenial itu cerdas, tahu, potensi apa yang akan diberikan oleh 01. Program yang realistis, program yang akan membawa Indonesia maju, kan mereka akan menjadi pemegang estafet. Dan siapa yang bisa memberikan hasil yang baik, pasti akan mendukung. Ini yang memberikan manfaat bagi generasi muda," ucap Ma'ruf usai bertemu dengan para relawannya di Kota Padang, Sumatera Baraf, Jumat (8/2/2019).

Salah satu faktor yang membuat milenial memberi dukungan menurut dia, adalah adanya infrastruktur yang digalakkan oleh pemerintah di masa pemerintahannya selama ini.

Ma'ruf juga menuturkan, ke depannya jika Jokowi dan dirinya terpilih lagi, maka infrastruktur akan terus ditambah.

"(Infrastruktur) yang sudah dan yang akan. Yang akan itu akan diperbesar, akan ditambah. Bukan mengurangi dari dasar. Mereka (kaum milenial) paham betul itu," pungkasnya.

Dari survei tersebut, dari segi sebaran pemilih, Jokowi-Ma'ruf dipilih oleh 50,0 persen kalangan milenial (pemilih di bawah usia 34 tahun). Sementara generasi milenial yang memilih Prabowo-Sandi hanya sebesar 38,1 persen. Sementara 14,9 persen sisanya menjawab tidak tahu.

"Begitu juga dengan pemilih di atas usia 35 tahun atau non-milenial, lebih banyak yang memilih pasangan Jokowi-Ma'ruf dengan persentase sebesar 55.9 persen, sedangkan Prabowo-Sandi sebesar 28,0 persen. Temuan ini bersifat indikatif mengingat jumlah responden yang terbatas," ujar peneliti Populi Center, Dimas Ramadhan di kantornya, Slipi, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Kampanye Bermartabat

Sementara, mengenai tudingan Badan Pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang menyebut dirinya memakai jasa konsultan politik Amerika Serikat, Stanley B Greenberg, Ma'ruf Amin tak mau ambil pusing. Dia menegaskan, biar masyarakat saja yang menilai.

"Itu biar saja, nanti kan masyarakat yang menilai," ucap Ma'ruf.

Dia menuturkan, bisa dilihat sebenarnya dalam berkampanye. Mana yang menggunakan cara bermartabat dan tidak.

"Mana yang berkampanye dengan cara bermartabat, dan menjunjung tinggi nilai kesantunan. Mana yang menyerang, dan nanti kita kembalikan ke masyarakat," jelas Ma'ruf.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Distribusi LPG 3 Kg Sasar Nelayan dan Petani Kecil

Posted: 07 Feb 2019 09:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kian masif menjalankan program pendistribusian dan pemasangan paket konverter kit (konkit) Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kg untuk kalangan nelayan dan petani di seluruh wilayah Indonesia.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, upaya ini digencarkan lantaran ia mendapat laporan dari para nelayan yang menunjukan bahwa ikan hasil tangkapannya lebih segar dan tidak berbau Solar bila menggunakan konkit LPG.

"Kalau mesin kapal kecil itu, kalau pakai minyak solar, hasil tangkapan ikannya kadang bau solar, jadi harganya jualnya tidak bisa baik. Kita ganti pakai gas, sehingga tidak bau. Dan biaya menggunakan LPG ini sekali melaut bisa hemat kira-kira Rp 50 ribu. Ini bisa meningkatkan daya beli nelayan juga," ungkap Jonan, Jumat (8/2/2019).

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi menyatakan, pemerintah akan terus menyokong para nelayan dengan paket komplit seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Khusus tahun ini, kami juga akan menyediakan 1.000 unit konkit LPG 3 Kg untuk para petani kecil di lima kabupaten. Pemerintah ingin para petani di wilayah tersebut bisa membuat hasil panen mereka lebih produktif dengan adanya bantuan konkit," jelas dia.

Kelima kabupaten tersebut, lanjut Agung, yang bakal diprioritaskan mendapatkan paket bantuan konkit LPG 3 Kg antara lain Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupatem Sragen, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Malang.

 

Disebar ke 36 Wilayah

Pekerja mereproduksi tabung gas elpiji 3 kg di Depot LPG Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (29/1). Pemerintah dan Badan Anggaran DPR menyepakati kenaikan anggaran subsidi energi Rp 4,1 triliun di tahun 2019 menjadi Rp 160 triliun. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sementara itu, untuk nelayan kecil pemerintah telah mengalokasikan sebanyak 13.305 unit konkit pada 2019 ini yang akan didistribusikan tersebar ke 36 wilayah di seluruh Indonesia.

Agung meneruskan, pemerintah berharap paket bantuan konkit ini dapat meringankan beban operasional sehari-hari. Sehingga mampu menggenjot produktivitas ekonomi masyarakat yang berpenghasilan rendah.

"Kami sudah mengalokasikan dana konkit ini sebesar Rp 11,2 miliar untuk nelayan kecil dan Rp 8,1 miliar agar manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat," ungkap Agung.

Diharapkan konverter kit ini bisa menghemat pengeluaran bahan bakar nelayan. "Program (konkit) ditujukan supaya biaya operasional nelayan lebih rendah sehingga pendapatan nelayan bisa membaik. Ini bisa menghemat biaya operasional penggunaan LPG sampai dengan sekitar 30 persen dengan asumsi tanpa ada subsidi bahkan 50 persen bila ada subsidi," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Obrolan Ke Pasangan 'Aku Pengen Punya Anak' yang Bikin Ngakak

Posted: 07 Feb 2019 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagain pasangan memiliki anak adalah suatu anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan yang maha kuasa.

Terkadang ada pasangan sudah lama ingin memiliki anak, namun masih belum bisa kesempatan untuk memilikinya.

Namun, apa jadinya jika pasangan kamu yang belum memilki status resmi terus secara tiba bilang 'aku pengen punya anak'.

Kira kira apa yang kamu pikirkan dan jawaban apa yang akan kamu berikan. Nah, untuk kamu yang pengen cari referensi jawaban.

Berikut Jumat (8/2/2019) Liputan6.com rangkum 8 obrolan ke pasangan 'aku pengen punya anak' yang bikin ngakak dan bisa kamu jadikan referensi jawaban.

1. Pilih gender anak dulu ya

2. Nggak anak ayam juga atuh!

3. Tolong, sebelum tanya pastikan dulu itu pasangan atau bukan ya.

4. Jangan kaget, baca lagi benar nggak ajakannya.

5. Jawaban paling standart adalah nikah dulu

6. Nah, gitu dong. Pahamin dulu syarat dan ketentuan sebelum punya anak ya.

7. Kalau jawabannya adalah anak macan. Fix, harapan kamu tipis sodara.

8. Ya nggak dibeli juga kali, itu anak bukan sabun mandi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bongkar Isi Lemari, Zaskia Sungkar Ajari Cara Rapikan Baju hingga Pamer Tas Favorit

Posted: 07 Feb 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Zaskia Sungkar, dressing room adalah tempat paling favoritnya di apartemen. Dipandu sang adik, Kia, biasa dipanggil, membongkar isi lemarinya yang memenuhi satu ruangan besar lewat tayangan di Youtube Chanel The Sungkar's Family.

Dalam tayangan yang diunggah pada 31 Januari 2019, Zaskia memilih warna putih untuk mewarnai lemari enam pintu yang memenuhi dinding ruangan. Terdapat pula beberapa laci dan rak kaca untuk menaruh koleksi tasnya di tempat terpisah. Di tengah ruangan, ia menaruh lemari display terbuat dari kaca yang diduga untuk menyimpan koleksi aksesori dan perhiasan. 

Dipandu sang adik, Shireen Sungkar, Kia menjelaskan bahwa pakaiannya sengaja ditata menurut warna. Pada lemari tengah misalnya, ia menggantung sederet busana berwarna putih. Sementara di lemari sebelahnya, ia menyatukan sejumlah blus bernuansa hitam. Hal itu agar ia mudah mencari pakaian yang dibutuhkan.

"Aku tuh tipikal orang yang pengennya disusun dengan rapi. Aku tuh paling enggak suka nyari barang, item-item aku itu susah. Jadi, tips buat teman-teman yang ingin lemarinya rapi, bisa dikelompokkan sesuai warna," kata Kia.

Ia juga mengelompokkan mantel pada satu deret gantungan yang bisa ditarik ke bawah. Begitu pula dengan luaran (outer) yang diletakkan pada lemari di sampingnya. Sementara, koleksi bawahan yang didominasi rok dideretkan dalam lemari berbeda. 

Kepada sang adik, ia mengungkapkan perubahan preferensi warna yang terjadi belakangan. Sebelumnya, Zaskia dikenal dengan rancangan yang didominasi warna hitam putih. Namun sekarang, ia menambahkan warna-warna bumi, seperti coklat, beige, mustard, hingga hijau army dengan sentuhan pastel dalam deretan koleksi busananya.

"Biar kita terlihat lebih ceria gitu," ujar Kia.

 

 

 

 

Tas Koleksi Terbatas

Zaskia Sungkar menunjukkan tas favoritnya kepada Shireen Sungkar. (dok. Youtube @thesungkarsfamily/Dinny Mutiah)

Tak ketinggalan dari isi lemari Zaskia Sungkar adalah jilbab. Kia sengaja membeli gantungan khusus berbentuk bulat yang ternyata berfungsi menggantung khimar dan jilbab instan agar tak kusut. Sementara, jilbab segi empat dilipat dan ditata berdasarkan motif dan non-motif.

 

Yang tak kalah menarik perhatian adalah deretan tas yang mencapai belasan buah di lemari kaca. Menurut Kia, koleksi itu hanya setengah dari yang dimilikinya. Hal itu karena sebagian besar sudah dijualnya.

"Katanya kalau sudah 40 hari barang di kita dan tidak terpakai, itu sudah dihisab," celotehnya.

Sementara itu, ia tetap menyimpan tas favoritnya yang bermerek Channel. Menurut Kia, tas tersebut dibelinya sendiri saat mengikuti fashion week di Dubai dan merupakan koleksi terbatas. Berdasarkan penelusuran di laman channel.com, tas yang mirip dengan yang dimiliki Kia itu dibanderol mulai Rp 60 jutaan. (Indah Permata Niska)

Saksikan video pilihan di bawah ini :

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Impian Terkabul, Atta Halilintar Siap Tepati Janjinya Bangun Masjid

Posted: 07 Feb 2019 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi vlogger dengan subscriber terbanyak di Asia Tenggara, Atta Halilintar mengungkapkan syukur. Kini, ia sudah memiliki 10 juta pelanggan di chanel Youtube miliknya.

Pada akhir 2018, Atta Halilintar sempat melontarkan nazar untuk membangun masjid jika impiannya memiliki 10 juta subscriber terkabul.

Setelah harapannya terkabul, anggota keluarga Gen Halilintar itu pun berniat mewujudkan janji yang telah diucapkannya. Atta bahkan sudah mulai mencari lokasi untuk membangun masjid.

"10 juta subscriber, aku niat mau bangun masjid. Dari sekarang aku sudah lihat-lihat tanahnya," kata Atta Halilintar dalam tayangan vlog yang ia unggah pada 28 Desember 2018.

Meminta Bantuan

Atta Halilintar. (Adrian Putra/Fimela.com)

Lewat unggahan Instagram Stories, Atta juga meminta bantuan warganet yang mengetahui informasi mengenai tanah dijual. 

"Info tanah buat masjid boleh juga email ya ke aku, God Bless you," tulis Atta Halilintar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surya Paloh Ziarah ke Makam Bung Karno

Posted: 07 Feb 2019 09:39 PM PST

Liputan6.com, Blitar - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh ziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur. Begitu tiba di kompleks pemakaman, dia menyalami puluhan kader Nasdem yang telah menunggu untuk menyambutnya.

Ziarah diawali terlebih dahulu dengan doa bersama untuk Presiden Pertama RI Sukarno.

"Jelaslah bagaimanapun ini penghormatan dan penghargaan bagi kita anak bangsa ini pada proklamator bangsa. Pada kesempatan yang memang ada pada diri saya untuk hari ini, untuk itulah saya prioritaskan untuk melakukan ziarah sebagai bagian daripada penghormatan," tutur Surya di Makam Bung Karno, Blitar, Jawa Timur, Jumat (8/2/2019).

Menurut Surya Paloh, ziarah ini juga bermanfaat agar dia diberikan motivasi untuk melanjutkan perjuangan Sukarno membangun Indonesia.

"Seandainya saya bisa berdialog kebatinan dalam semangat dan spirit jiwa yang ada, saya yakin perintah Bung Karno hanya satu, jagalah negara ini, negara kesatuan ini dari berbagai cobaan dan rintangan yang mencoba mengganggunya," ujar Surya.

"Saya berharap pada seluruh keluarga besar bangsa ini akan mengambil hikmah arti keberadaan kita sebagai bangsa yang merdeka, yang dimerdekakan oleh sang proklamator bangsa ini," tandas Surya Paloh.

Akan ke Tulungagung

Pantauan di lokasi, Surya tiba tepat pukul 10.00 WIB di lokasi bersama dengan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate, Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya, Ketua Bappilu DPP Partai Nasdem Effendy Choirie atau Gus Choi, dan Sukmawati Soekarnoputri.

Seusai ziarah, Surya diagendakan akan segera berangkat ke Tulungagung. Di sana, ia akan melakukan safari untuk menemui para caleg NasDem di daerah pemilihan VI Tulungagung, Kediri, Blitar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: PMI Terima Bantuan 10 Truk Tangki Air

Posted: 07 Feb 2019 09:36 PM PST

Presdir PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto berjabat tangan dengan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla pada acara penyerahan bantuan 10 unit truk tangki air di Kantor PMI, Jakarta, Jumat (8/2). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Presdir PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto berjabat tangan dengan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla pada acara penyerahan bantuan 10 unit truk tangki air di Kantor PMI, Jakarta, Jumat (8/2). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Plh Ketum PMI Ginandjar Kartasasmita memberikan penghargaan kepada Astra International yang diwakili Chief of Corcomm, Social Responsibility & Security Astra International Pongki Pamungkas di Kantor PMI, Jakarta, Jumat (8/2). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Plh Ketum PMI Ginandjar Kartasasmita memberikan penghargaan kepada Astra International yang diwakili Chief of Corcomm, Social Responsibility & Security Astra International Pongki Pamungkas di Kantor PMI, Jakarta, Jumat (8/2). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Ketum PMI Jusuf Kalla, Presdir PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto dan Plh Ketum PMI Ginandjar Kartasasmita berfoto bersama pada acara penyerahan bantuan 10 unit truk tangki air di Kantor PMI, Jakarta, Jumat (8/2). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Ketum PMI Jusuf Kalla, Presdir PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto dan Plh Ketum PMI Ginandjar Kartasasmita berfoto bersama pada acara penyerahan bantuan 10 unit truk tangki air di Kantor PMI, Jakarta, Jumat (8/2). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla memberikan sambutan pada penyerahan bantuan 10 unit truk tangki air di Kantor PMI, Jakarta, Jumat (8/2). PMI mendapat 10 truk tangki air dari Astra untuk operasi kemanusiaan di wilayah bencana. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla memberikan sambutan pada penyerahan bantuan 10 unit truk tangki air di Kantor PMI, Jakarta, Jumat (8/2). PMI mendapat 10 truk tangki air dari Astra untuk operasi kemanusiaan di wilayah bencana. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Ketum PMI Jusuf Kalla dan Presdir PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto melihat truk tangki air di Kantor PMI, Jakarta, Jumat (8/2). PMI mendapat 10 truk tangki air dari Astra untuk operasi kemanusiaan di wilayah bencana. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Ketum PMI Jusuf Kalla dan Presdir PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto melihat truk tangki air di Kantor PMI, Jakarta, Jumat (8/2). PMI mendapat 10 truk tangki air dari Astra untuk operasi kemanusiaan di wilayah bencana. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Ketum PMI Jusuf Kalla berbincang bersama Presdir PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto dan Plh Ketum PMI Ginandjar Kartasasmita pada acara penyerahan bantuan 10 unit truk tangki air di Kantor PMI, Jakarta, Jumat (8/2). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Ketum PMI Jusuf Kalla berbincang bersama Presdir PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto dan Plh Ketum PMI Ginandjar Kartasasmita pada acara penyerahan bantuan 10 unit truk tangki air di Kantor PMI, Jakarta, Jumat (8/2). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Situs Sscasn.bkn.go.id untuk Daftar PPPK Buka Serentak Pukul 4 Sore Ini

Posted: 07 Feb 2019 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan segera dapat dilakukan. Jadwalnya adalah hari ini, Jumat (8/2/2019) pukul 4 sore.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menyebutkan, pendaftaran PPPK akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) via https://sscasn.bkn.go.id yang dapat diakses secara serentak sore ini pukul 16:00 WIB.

"Selanjutnya untuk proses seleksi akan menggunakan sistem seleksi Computer Asissted Test (CAT) Ujian Nasional Berbasis Komputer Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kata Ridwan.

Rekrutmen PPPK pada tahap I, menurut Kepala Biro Humas BKN, meliputi THL (Tenaga Harian Lepas) Penyuluh, Dosen PTN (Perguruan Tinggi Negeri) Baru, serta eks Tenaga Honorer Kategori II (eks THK-II) untuk jabatan Guru (termasuk Guru Kemenag), Tenaga Kesehatan, Penyuluh Pertanian dari yang ada dalam database BKN tahun 2013 dan memenuhi persyaratan Peraturan Perundang-Undangan, salah satunya usia pelamar P3K maksimal 1 tahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan yang akan dilamar.

Menurut Ridwan, ada beberapa persyaratan pada rekrutmen PPPK tahap I yakni:

1. Jabatan Guru di lingkungan Pemerintah Daerah mempunyai kualifikasi pendidikan minimal S-1 dan masih aktif mengajar sampai saat ini (dapat dicek di http://info.gtk.kemdikbud.go.id )

2. Tenaga Kesehatan mempunyai kualifikasi pendidikan minimal D-III bidang Kesehatan dan mempunyai STR (Surat Tanda Registrasi) yang masih berlaku (bukan STR internship), kecuali untuk Epidemiolog, Entomolog, Administrator Kesehatan, dan Pranata Laboratorium Kesehatan mempunyai kualifikasi pendidikan D-III/S-1 Kimia/Biologi; 

3. Penyuluh Pertanian mempunyai kualifikasi pendidikan minimal SMK bidang Pertanian atau SLTA plus sertifikasi di bidang pertanian.

Bagi yang lolos PPPK, mereka akan menjadi pegawai kontrak dengan jabatan minimal sampai 1 tahun. Untuk masa perpanjangan disesuaikan dengan kebutuhan instansi.

BKN Ingatkan Waspada Informasi Palsu Penerimaan PPPK Tahap I

Calon pendaftar mencoba mengakses situs Sistem Seleksi CPNS 2018 (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) Tahap I akan segera diumumkan. Namun banyaknya peminat PPPK, justru disalahgunakan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oknum yang tak bertanggung jawab itu menyebarkan informasi palsu terkait penerimaan PPPK, seperti iming-iming kelulusan dan sebagainya yang akhirnya membuat masyarakat resah. 

erkait hal itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun Twitter resminya, @BKNgoid, meminta masyarakat untuk waspada terhadap informasi palsu penerimaan PPPK yang beredar.

BKN mengingatkan kepada masyarakat agar hanya percaya informasi dari website resmi (.go.id) dan media sosial Instansi yang bersangkutan.

Untuk lebih mudahnya, BKN mengimbau masyarakat untuk mem-follow Twitter BKN, @BKNgoidterkait informasi seputar penerimaan PPPK agar tidak salah.

Di akhir, BKN kembali menegaskan bahwa Seleksi PPPK/P3K Tahap I hanya untuk eks THK2 guru, tenaga kesehatan (nakes), Tenaga Harian Lepas (THL) Pertanian dan dosen PTN baru.

"Penerimaan Pegawai Pemerintah dg Perjanjian Kerja (P3K) Tahap I akan segera diumumkan. Pastikan hanya percaya info *.go.id & medsos mereka. Biar gampang, follow mimin saja agar tdk salah

Seleksi P3K Tahap I hanya u/ eks THK2 guru, nakes, THL Pertanian & dosen PTN baru

#P3K2019"

Sementara itu, untuk proses persiapan penerimaan PPPK sendiri, BKN saat ini masih tengah berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), serta Kementerian Agama (Kemenag) untuk memastikan validitas eks THK2 yang sudah ada di database BKN.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Begini Susunan Tempat Duduk Para Musikus di Grammy Awards 2019

Posted: 07 Feb 2019 09:32 PM PST

Foto penyanyi Miley Cyrus tertempel di tempat duduk untuk perhelatan Grammy Awards 2019 di Staples Center, Los Angeles, Kamis (7/2). Grammy Awards ke-61 diadakan pada 10 Februari pukul 20.00 waktu setempat. (Kevin Winter/Getty Images for NARAS/AFP)

Foto penyanyi Miley Cyrus tertempel di tempat duduk untuk perhelatan Grammy Awards 2019 di Staples Center, Los Angeles, Kamis (7/2). Grammy Awards ke-61 diadakan pada 10 Februari pukul 20.00 waktu setempat. (Kevin Winter/Getty Images for NARAS/AFP)

Foto grup vokal, Backstreet Boys tertempel di tempat duduk untuk perhelatan Grammy Awards 2019 di Staples Center, Los Angeles, Kamis (7/2). Grammy Awards ke-61 diadakan pada 10 Februari pukul 20.00 waktu setempat. (Kevin Winter/Getty Images for NARAS/AFP)

Foto grup vokal, Backstreet Boys tertempel di tempat duduk untuk perhelatan Grammy Awards 2019 di Staples Center, Los Angeles, Kamis (7/2). Grammy Awards ke-61 diadakan pada 10 Februari pukul 20.00 waktu setempat. (Kevin Winter/Getty Images for NARAS/AFP)

Foto rapper Kendrick Lamar tertempel di tempat duduk untuk perhelatan Grammy Awards 2019 di Staples Center, Los Angeles, Kamis (7/2). Grammy Awards ke-61 diadakan pada 10 Februari pukul 20.00 waktu setempat. (Matt Sayles/Invision/AP)

Foto rapper Kendrick Lamar tertempel di tempat duduk untuk perhelatan Grammy Awards 2019 di Staples Center, Los Angeles, Kamis (7/2). Grammy Awards ke-61 diadakan pada 10 Februari pukul 20.00 waktu setempat. (Matt Sayles/Invision/AP)

Foto penyanyi Katy Perry tertempel di tempat duduk untuk perhelatan Grammy Awards 2019 di Staples Center, Los Angeles, Kamis (7/2). Grammy Awards ke-61 diadakan pada 10 Februari pukul 20.00 waktu setempat. (Matt Sayles/Invision/AP)

Foto penyanyi Katy Perry tertempel di tempat duduk untuk perhelatan Grammy Awards 2019 di Staples Center, Los Angeles, Kamis (7/2). Grammy Awards ke-61 diadakan pada 10 Februari pukul 20.00 waktu setempat. (Matt Sayles/Invision/AP)

Pengaturan tempat duduk untuk para musikus yang menghadiri perhelatan Grammy Awards 2019 di Staples Center, Los Angeles, Kamis (7/2). Grammy Awards ke-61 akan diadakan pada 10 Februari pukul 20.00 waktu setempat. (Matt Sayles/Invision/AP)

Pengaturan tempat duduk untuk para musikus yang menghadiri perhelatan Grammy Awards 2019 di Staples Center, Los Angeles, Kamis (7/2). Grammy Awards ke-61 akan diadakan pada 10 Februari pukul 20.00 waktu setempat. (Matt Sayles/Invision/AP)

Foto bintang rap ternama Drake tertempel di tempat duduk untuk perhelatan Grammy Awards 2019 di Staples Center, Los Angeles, Kamis (7/2). Grammy Awards ke-61 akan diadakan pada 10 Februari pukul 20.00 waktu setempat. (Matt Sayles/Invision/AP)

Foto bintang rap ternama Drake tertempel di tempat duduk untuk perhelatan Grammy Awards 2019 di Staples Center, Los Angeles, Kamis (7/2). Grammy Awards ke-61 akan diadakan pada 10 Februari pukul 20.00 waktu setempat. (Matt Sayles/Invision/AP)

Foto penyanyi Jennifer Lopez tertempel di tempat duduk untuk perhelatan Grammy Awards 2019 di Staples Center, Los Angeles, Kamis (7/2). Grammy Awards ke-61 akan diadakan pada 10 Februari pukul 20.00 waktu setempat. (Matt Sayles/Invision/AP)

Foto penyanyi Jennifer Lopez tertempel di tempat duduk untuk perhelatan Grammy Awards 2019 di Staples Center, Los Angeles, Kamis (7/2). Grammy Awards ke-61 akan diadakan pada 10 Februari pukul 20.00 waktu setempat. (Matt Sayles/Invision/AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karakter Jump Force Kini Lengkap! Simak Daftarnya di Sini

Posted: 07 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bandai Namco Amerika Serikat (AS), baru saja mengumumkan daftar semua karakter yang dapat dimainkan dalam Jump Force.

Gim yang akan dirilis pada 15 Februari ini, menghadirkan berbagai karakter dari manga yang bertarung satu sama lain.

Beberapa daftar protagonis dari manga One Piece, Dragon Ball, Naruto, Hunter x Hunter, dan lainnya, akan meramaikan daftar karakter yang dapat dimainkan. Total, ada 42 karakter bisa dimainkan nanti.

Dilansir dari Dual Shockers pada Jumat (8/2/2019), karakter Light Yagami dari Death Note belum dapat dimainkan saat rilis nanti.

Terdapat empat karakter yang didesain langsung oleh Akira Toriyama dalam Jump Force, tetapi yang dapat dimainkan hanya dua, Galena dan Kane.

Berikut ini adalah daftar lengkap karakter yang dapat dimainkan di Jump Force.

Black Clover: AstaBleach: Ichigo Kurosaki, Rukia Kuchiki, Sosuke Aizen, Renji Abarai

City Hunter: Ryo Saeba

Dragon Ball Z: Son Goku, Vegita, Freeza, Cell, Piccolo, Trunks

Dragon Quest The Adventure of Dai: Dai

JoJo's Bizarre Adventure: Jotaro Kujo, Dio

Fist of the North Star: Kenshiro

Rurouni Kenshin: Kenshin Himura, Makoto Shishio

Hunter X Hunter: Gon Freecss, Killua Zoldyck, Kurapika, Hisoka

My Hero Academia: Izuku Midoriya

Naruto/Boruto: Naruto Uzumaki, Sasuke Uchiha, Boruto Uzumaki, Gaara, Kakashi Hatake, Kaguya Otsutsuki

One Piece: Monkey D. Luffy, Roronoa Zoro, Sanji, Sabo, Black Beard/Marshall D. Teach, Boa Hancock

Saint Seiya: Pegasus Seiya, Dragon Shiryu

Yu-Gi-Oh!: Yugi Mutou

Yu Yu Hakusho: Yusuke Urameshi, Younger Toguro

Karakter yang didesain Akira Toriyama: Galena, Kane

Jika karakter favoritmu tidak ada dalam daftar, mungkin Bandai Namco akan menambahkannya nanti dalam DLC. Melihat dari daftar, masih banyak karakter dari manga populer yang belum dihadirkan pada perilisan kali ini.

Namun, yang menjadi unik adalah kehadiran karakter Dai dari Dragon Quest The Adventure of Dai, di mana karakter ini belum pernah menjadi karakter gim hingga kini.

Empat Karakter Naruto Bergabung di Jump Force

Luffy One Piece. (Toei)

Bandai Namco mengungkap telah menambah jajaran karakter yang dapat dimainkan di gim Jump Force.

Karakter tersebut berasal dari anime Naruto, seperti Boruto Uzumaki, Kakashi Hatake, Gaara, dan Kaguya Ootsutsuki.

Dilansir dari Comicbook, Rabu (30/1/2019), karakter ini ditunjukkan dalam scan majalah Weekly Jump yang memperlihatkan penampilan Boruto pada Jump Force.

Terkait informasi rinci terkait bagaimana empat karakter tersebut bertarung, tidak disinggung di scan itu.

Jump Force sendiri merupakan gim fighting lintas anime yang diisi dari berbagai karakter manga mulai dari Dragon Ball, Hunter x Hunter, One Piece, Saint Seiya, Naruto, dan masih banyak lagi.

Selain bertarung secara online, Jump Force juga menyediakan mode story dan pengguna dapat membuat avatar untuk karakternya sendiri.

Jump Force sendiri sedang dalam pengembangan untuk PS4, Xbox One, dan PC. Gim ini rencananya akan rilis pada 14 Februari mendatang pada platform Xbox One dan PS4.

Namun, sejauh ini belum ada kabar apakah gim Jump Force juga akan dirilis ke Nintendo Switch.

Trilogi Naruto Shippuden Akhirnya Sambangi Nintendo Switch

Pameran

Dari puluhan ribu serial anime dan manga yang ada, banyak yang sepakat kalau Naruto adalah salah satu seri terpopuler di dunia saat ini.

Terbukti, petualangan sang ninja dengan rambut khas berwarna kuning ini telah 'menelurkan' berbagai judul gim yang cukup sukses di pasaran.

Kini ada kabar baik bagi penggemar Naruto. Gim terbaru Naruto yang sudah lebih dulu meluncur di PS4, Xbox One, dan PC, Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm, bakal hadir untuk para pemilik konsol gim Nintendo Switch.

Dikutip dari majalah Shonen Jump via Gamerant, Senin (26/2/2018), gim Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm akan menjadi seri pertama dari trilogi gim yang akan menyambangi konsol Switch.

Sayang, pihak pengembang masih belum memberikan informasi lebih detail tentang kapan gim ini bakal meluncur di pasaran.

Meski begitu, kehadiran gim Naruto di konsol anyar milik Nintendo tersebut bisa menjadi pertanda yang baik bagi gamer penggila Naruto. Kenapa?

Karena saat ini, Namco Bandai Games Inc. dan CyberConnect2, selaku penerbit dan pengembang gim sedang mempersiapkan seri anyar Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm 4.

Dengan kehadiran seri pertama dan dua seri lainnya, bukan tidak mungkin seri keempat gim tersebut juga meluncur untuk Nintendo Switch.

(Surya Handika R/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernyataan Resmi Cardiff City usai Emiliano Sala Dinyatakan Tewas

Posted: 07 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, London - Cardiff City mengeluarkan pernyataan resmi usai Emiliano Sala dinyatakan tewas dalam kecelakaan pesawat terbang. Pesawat Piper Malibu yang membawa Sala dan pilot David Ibbotson jatuh di Selat Inggris pada 21 Januari lalu.

Pada Kamis (7/2/2019), kepolisian Dorset mengeluarkan pernyataan resmi, jenazah yang mereka angkat di Selat Inggris dari kepingan pesawat adalah Emiliano Sala.

"Dengan sangat sedih kami melaporkan pernyataan dari HM Coroner, mayat yang dibawa ke Portland telah diidentifikasi milik Emiliano Sala," demikian pernyataan resmi Cardiff City.

Klub asal Wales tersebut juga menyampaikan rasa belasungkawa kepada keluarga Emiliano Sala yang berada di Argentina.

"Keluarga Sala dan Ibbotson sudah diberitahu tentang berita ini. Kami sangat bersimpati dan berbelasungkawa kepada keluarga Emiliano Sala. Dia dan Ibbotson akan selamanya berada dalam pikiran kami."

 

Tinggal Sang Pilot

Pesawat yang ditumpangi penyerang anyar Cardiff City, Emiliano Sala, kehilangan kontak saat berada di dekat mercusuar Casquets, Alderney di Kepulauan Channel, Senin (21/1/2019) malam waktu setempat. (AFP)

Di dalam puing-puing pesawat tersebut terdapat satu jenazah yang akhirnya dikonfirmasi sebagai Sala. Sedangkan keberadaan Ibbotson masih belum diketahui.

Sang pilot diperkirakan juga sudah meninggal. Kini pihak terkait masih mencari mayat dari Ibbotson.

 

Penemuan Pesawat

Pesawat naas itu ditemukan pada Minggu (3/2/2019) oleh pemburu kapal karam, David Mearns. Dia dan timnya disewa untuk menemukan pesawat nahas itu berkat bantuan dana dari pemain bintang dunia, termasuk Lionel Messi, hingga mencapai 325 ribu pound sterling.

Sala dan Ibbotson terbang pada 21 Januari lalu menuju Cardiff. Saat itu Sala baru saja menyelesaikan proses transfer yang membuatnya hengkang dari Nantes menuju Cardiff. Saat itu, Sala bertekad untuk bisa mengejar sesi latihan bersama rekan-rekan setim anyarnya di Cardiff keesokan harinya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Potret Challenge Mandi di Sungai Tiru Artis Ini Kocak Abis

Posted: 07 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berbagai challenge dilakukan oleh warganet untuk meramaikan linimasa media sosial. Ternyata tak cuma warganet non selebriti saja yang memulai riuhnya challenge di media sosial. Malah terkadang yang mempopulerkan sebuah tantangan datang dari kalangan selebriti.

Belum lama ini seorang aktris dan juga penyanyi asal Malaysia, Maya Karin menjadi inspirasi warganet untuk membuat challenge mandi di sungai.

Challenge ini terjadi secara tiba ketika Maya Karin memposting foto baru di akun Twitter pribadinya.

Namun kocaknya, tiba-tiba postingan tersebut dibalas oleh netizen dengan gaya potret mandi di sungai namun hasilnya lucu-lucu.

Berikut liputan6.com rangkum 8 potret challenge mandi di sungai yang kocak abis yang dirangkum dari Twitter, Jumat (8/2/2019).

Begini gaya warganet saat mandi di sungai

1. Kalau ini bukan mandi, tenggelam!

2. Mirip sih, tapi bibirnya gak gitu juga dong.

3. Bersantai di sungai.

4. Ini panik, ketika airnya masuk ke hidung.

Hasilnya kocak banget

5. Ramean biar makin seru.

6. Nah, ini baru mirip.

7. Pasti susah nahan nafasnya.

8. Joss pak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tipe Orang yang Layak di-Unfollow

Posted: 07 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang butuh rekomendasi kriteria meng-unfollow orang di medsos? Cek Semenit Berfaedah kali ini! Kita kasih tahu beberapa tipe orang yang layak di-unfollow.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Della Perez, Ruben Onsu Jalankan Amanat Mendiang Jupe

Posted: 07 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Della Perez telah menjalani proses pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan prostitusi online di Polda Jawa Timur pada Rabu (6/2/2019). Sebab, sejumlah foto Della ditemukan dalam ponsel salah satu muncikari yang telah ditahan.

Presenter Ruben Onsu yang merupakan sahabat mendiang kakak Della, Julia Perez, mengundang Della Perez ke acara yang dipandunya untuk mengklarifikasi kasus tersebut.

"Saat aku kemarin berbincang-bincang di kepolisian, kan ditanya, 'kamu tahu enggak kenapa kamu saya panggil ke sini'. 'Saya tahu dipanggil karena prostitusi online, tapi saya enggak tahu kenapanya'. 'Karena ada foto kamu di salah satu (ponsel) muncikarinya'," ujar Della, dalam tayangan di salah satu televisi swasta, Kamis (7/2/2019).

Rupanya, foto tersebut diambil dari media sosial Della Perez. Ibu dua anak itu pun mengaku tak mengenal kedua muncikari yang disebutkan.

"Kan dikasih lihat chatting-an dan foto-fotonya. Karena itu foto yang ada di Instagram dan Google, jadi aku bilang 'ini fotonya dapat dari Google dan aku enggak kenal sama kedua muncikari itu'. Polisi memanggil aku untuk memastikan aku kenal atau tidak dengan mereka," sambung Della Perez.

Tidak Bersalah

Ruben Onsu. (Bintang.com)

Sebelumnya, mendiang Julia Perez menitipkan sang adik kepada ruben Onsu. Sehingga saat Della Perez dikaitkan dengan prostitusi, ayah satu anak itu merasa sedih dan panik. Kini, Della telah mengklarifikasi untuk membuktikan dirinya tak bersalah.

"Perasaan saya sedih dan panik, karena mereka ini kan genggaman tangan saya. Saya suka sama orang-orang yang punya prestasi, kalau kayak gini bukan prestasi. Mereka berani datang ke sini untuk membuktikan kalau mereka tidak bersalah," ujar Ruben Onsu.

"Jadi saya ambil handphone-nya pada saat itu, semuanya saya cek. Tapi enggak ada. Bahkan banyak orang yang kegatalan dan menggodai, tapi enggak ada yang dia tanggapi," imbuhnya.

Kontrak Ditangguhkan

Della Perez (Deki Prayoga/bintang.com)

Diketahui, kedua adik mendiang Julia Perez, yakni Della dan Nia, membuat duo bernama D'Perez dan baru saja merilis single berjudul "Dimanja Kamooh". Namun dengan adanya pemberitaan miring ini, sejumlah kontrak D'Perez ditangguhkan.

"Ketika adanya berita ini, saya harus ada di garda depan untuk mereka. Apalagi kan baru keluarin single, ngetop juga belum lagunya. Dengan adanya pemberitaan ini, ada beberapa yang mereka sudah kontrak, akhirnya 'nanti dikabari lagi ya'," ucap Ruben Onsu.

(Lavenia/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perdana Maju Pemilu, Putri Thailand Siap Berebut Kursi Perdana Menteri

Posted: 07 Feb 2019 09:29 PM PST

Liputan6.com, Bangkok - Kakak perempuan dari raja Thailand saat ini, Putri Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Barnavadi (67), dicalonkan menjadi perdana menteri. Ini adalah pertama kalinya seorang keluarga kerajaan akan berpartisipasi dalam pemilihan umum.

Putri Ubolratana adalah satu-satunya calon yang secara resmi diusung oleh Thai Raksa Chart Party, pada Jumat 8 Februari 2019, sesaat sebelum ditutupnya pendaftaran para calon. Ia akan menghadapi Prayut Chan-o-cha, pemimpin junta militer yang didukung oleh Palang Pracharath Party, dikutip dari the Straits Times, Jumat (8/2/2019).

Perlu diketahui bahwa dalam ketentuan pemilu Thailand yang baru, partai-partai yang akan bertarung untuk jabatan perdana menteri, harus menyebutkan calon mereka terlebih dahulu.

Ketua Pengurus Thai Raksa Chart Party, Preechapol Pongpanich, menyatakan bahwa keluarga raja itu sangatlah sesuai menjadi perdana menteri.

"Dewan (partai) setuju dengan (pencalonan) Putri Ubolratna, orang yang berpendidikan dan terampil, adalah pilihan yang tepat," kata Preechapol.

Untuk memenangkan Putri Ubolratna, Thai Raksa Chart Party, yang memenangkan pemilihan 2011 lalu, telah mengatur strategi. Salah satunya, berkoalisi dengan Partai Pheu Thai, partai utama klan Shinawatra.

Pemilihan itu akan menjadi yang pertama sejak militer menggulingkan pemerintahan Yingluck Shinawatra hampir lima tahun yang lalu, untuk menulis ulang konstitusi, memberangus perbedaan pendapat dan menunjuk sekutu militer penting di seluruh birokrasi.

Pemilihan umum Thailand akan diadakan selambat-lambatnya akhir Februari. Sayangnya, karena penandatanganan dekret oleh Raja Maha Vajiralongkorn terlambat, pemilu diperkirakan akan molor beberapa pekan dari rencana awal.

Simak video berikut:

Sulit Dikalahkan

Ubolratana Rajakanya dari meninggalkan status ningrat Thailand karena menikah dengan kalangan biasa. (Sumber Wikimedia Commons)

Putri Ubolratana adalah anak tertua dari Raja Bhumibol Adulyadej. Pada usia 21 tahun, Putri Bhumibol bersedia melepaskan gelar kerajaannya demi menikah dengan seorang mahasiswa di Massachusetts Institute of Technology (MIT), salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat.

Bahtera rumah tangganya tak semulus yang dibayangkan, pada 1998 ia bercerai dari sang suami. Putri Ubolratana lalu kembali ke Thailand dan menjalani hidup sebagai bangsawan.

Putri Ubolratana adalah seorang yang kerap menjadi sorotan di media sosial. Ia memiliki sekitar 100.000 pengikut di instagram.

Dr. Paul Chambers, seorang ahli Asia Tenggara di Universitas Naresuan di Thailand, mengatakan bahwa Putri Ubolratana akan sangat sulit untuk dikalahkan.

"Akan sulit bagi partai untuk melawan sang putri. Akan sulit bagi siapapun untuk berkampanye melawannya. Para pemilih akan kesulitan untuk memilih seseorang yang bukan bagian dari bangsawan, karena ideologi Thailand menempatkan bangsawan di atas," katanya.

Sementara itu, Prayut Chan-o-cha yang didukung oleh Palang Pracharath Party tidak ingin kalah begitu saja.

Prayut telah dibantu oleh empat menteri kunci dalam kabinet pasca-junta militer, yang telah mencopot jabatannya pada akhir Januari untuk berfokus pada pemenangan pemilu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jawaban JK soal Tudingan Tarif Tol di Indonesia Termahal se-Asia Tenggara

Posted: 07 Feb 2019 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi tudingan Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Suhendra Ratu Prawiranegara yang menilai bahwa harga tarif tol di Indonesia termahal se-Asia Tenggara. Dia menilai tidak semua tarif tol mahal.

"Tapi tidak semua mahal. Ke Bandung saya murah, Cipularang yang mahal itu yang baru-baru," kata JK usai menghadiri Penyerahan Bantuan Kendaraan Tangki Air dari PT Astra Internasional Tbk di Palang Merah Indonesia, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Jumat (8/2/2019).

Dia pun menjelaskan harga tarif tol mahal jika investasi baru dijalankan. "Tergantung kapannya, kalau investasinya baru memang agak mahal," lanjut JK.

Kemudian, dia mengatakan harga tarif tol di Malaysia pun cukup mahal dibandingkan Indonesia. Terbukti kata JK, tarif Tol Jagorawi yang termurah di Indonesia.

"Saya tidak tahu bandingannya. Tapi di Malaysia rasanya juga mahal, kita kan tergantung berapa tahun. Kalau yang termurah justru ke Bogor itu Tol Jagorawi itu mungkin termurah di dunia malah," kata JK.

Sebelumnya, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Suhendra Ratu Prawiranegara menilai, pembangunan infrastruktur jalan tol Trans Jawa oleh pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi tidak memberikan efek positif bagi ekonomi rakyat.

Ada beberapa alasan yang diungkap Suhendra. Salah satunya tarif tol Trans Jawa yang terlampau mahal. Suhendra mengatakan, mahalnya tarif tol sudah dirasakan para pengusaha logistik. Sehingga, angkutan truk pembawa logistik kini telah berpindah kembali menggunakan jalan nasional.

"Tarif tol Trans Jawa bisa mencapai Rp 1,5 sampai Rp 2 juta. Ini tentu membuat para pengusaha logistik menjerit. Mereka sudah lakukan protes kepada pemerintah. Pemerintah melalui kementerian yang berwenang berupaya merevisi besaran tarif. Ini bukti pemerintah mengakui tarif tol Trans Jawa kemahalan," kata Suhendra.

 

Termahal di Asia Tenggara?

Suhendra mengatakan, tarif tol di Indonesia merupakan tarif tol termahal di Asia Tenggara. Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum 2005-2009 ini merincikan, rata-rata tarif tol di Indonesia berkisar Rp 1.300 hingga Rp 1.500/km. Sementara di negara-negara tetangga, seperti Singapura Rp 778/km, Malaysia Rp 492/km, Thailand dalam kisaran Rp 440/km, Vietnam dalam kisaran Rp 1.200/km, dan Filipina Rp 1.050/km.

"Dengan merujuk fakta dan angka di atas, bukan hal yang aneh jika para pengguna jalan tol di Indonesia protes atas tarif tol yang mahal," ujarnya.

Tak hanya bertarif mahal, pembangunan tol Trans Jawa sudah mengakuisisi lahan-lahan produktif pertanian dan perkebunan. Baik itu lahan milik perorangan atau milik korporasi, bahkan ada juga lahan produktif milik BUMN.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Bank Wakaf Mikro, Jokowi Akan Bangun Balai Latihan Kerja di Pesantren

Posted: 07 Feb 2019 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan telah mengembangkan beberapa hal yang berkaitan dengan ekonomi keumatan seperti Bank Wakaf Mikro (BWM).

"Kita dirikan di pondok-pondok yang memiliki lingkungan komunitas bisnis yang baik, sehingga berkembanglah ekonomi umat. Karena saya juga cek langsung ke beberapa pondok yang berjalan ini, alhamdulillah sangat baik," ujar Jokowi seperti dikutip dari laman Setkab, Jumat (8/2/2109).

Jokowi juga menyampaikan untuk pengembangan ekonomi umat melalui BWM berkembang dengan baik karena telah ada yang berpindah dari berjualan keliling menjadi memiliki warung misalnya.

"Yang dulunya misalnya di lingkungan itu ada bakso di gerobak, setelah mendapatkan pinjaman dari Bank Wakaf Mikro bisa memiliki warung, jualan di warung. Yang dulunya jualan gorengan, setelah mendapatkan bantuan dari Bank Wakaf Mikro bisa berjualan gorengan dan nasi uduk. Ya memang ini ekonomi super mikro yang kita tuju memang ke sana," tambahnya.

Tahun ini, lanjut Presiden, pemerintah juga akan membangun 1.000 Balai Latihan Kerja (BLK) khusus di pondok pesantren yang dimiliki.

"Memang baru 1.000, tapi 1.000 itu juga jumlahnya banyak, juga gede. Karena kita akan bangun bangunannya plus isinya. Sebuah pondok ingin skill yang ingin di-upgrade garment, ya berarti kita berikan di situ peralatan yang berkaitan dengan garment atau pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan garment," ujarnya.

 

 

Keuangan Syariah

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan di hadapan para kiai dan habib se-Jadetabek di Istana Negara, Jakarta, Kamis (7/2). Pertemuan dihadiri 400 kiai dan habib se-Jadetabek. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Saat bersilaturahmi dengan para Kiai datau Habib se-Jadetabek, di Istana Negara, Jokowi juga bercerita bahwa dirinya Ketua Nasional Keuangan Syariah (KNKS).

"Kalau negara-negara lain ketuanya menteri, di sini saya amabil alih. Kenapa saya sendiri, saya melihat Indonesia sebagai sebuah negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Ekonomi syariah kita baru berkembang 5 persen, Malaysia 23 persen, Saudi 51 persen, Uni Emirat Arab 19 persen," ujarnya.

Mengenai capaian yang baru 5 persen, menurut Presiden harus dibenahi karena Indonesia adalah pasar yang besar bagi ekonomi dan keuangan syariah. Ia menambahkan bahwa bahkan Indonesia kalah dengan Korea, kalah dengan Inggris, dan kalah dari Perancis.

"Ini ada sesuatu yg harus kita benahi, kita perbaiki. Penduduk kita 260 juta. 87 persen kita muslim, artinya sekali lagi Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia tapi keuangan syariahnya baru 5 persen, ini ada sesuatu. Sehingga saya juga pengen ngerti ini ada tantangannya di mana, hambatannya di mana, saya pengen ngerti, sudah saya ketuai sendiri," jelasnya.

Jika nantinya sudah berjalan, menurut Presiden, dirinya akan menyerahkan soal itu ke menteri yang terkait dengan ini. Ia juga menegaskan bahwa hal ini tidaklah mudah atau gampang karena banyak hal yang mesti diluruskan.

"Yang terakhir, saya titip betul yang namanya semburan fitnah, hoaks ini harus diluruskan agar perpecahan, gesekan, atau menuju ke sebuah gesekan bisa kita hindari," pungkas Presiden.

Dalam acara tersebut, Presiden didampingi oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Tiga Menit Menikah, Pasangan Ini Putuskan Bercerai

Posted: 07 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan adalah momen yang diidamkan oleh banyak orang. Selain momen yang diidamkan, pernikahan adalah salah satu momen yang sakral. Sebelum menikah, masing-masing pasangan biasanya telah memiliki komitmen yang kuat untuk hidup bersama dalam keadaan apapun sehingga perpisahan bisa dihindarkan.

Perpisahan atau perceraian merupakan sebuah momok yang tak diingankan oleh setiap pasangan. Tapi tidak demikian dengan pasangan di Kuwait ini.

Dilansir oleh Liputan6.com dari Daily Mail, Jumat (8/2/2019) pasangan tersebut bahkan memutuskan bercerai setelah menikah selama tiga menit. Pernikahan ini pun disebut sebagai pernikahan tersingkat yang pernah dicatat di Kuwait.

Alasan bercerai

Pasangan pengantin (Sumber: Pixabay)

Usut punya usut, alasan mereka memutuskan untuk berpisah padahal baru 3 menit menikah adalah karena sang wanita tak terima dengan kata-kata yang diucapkan oleh pasangannya. Sesaat setelah mereka dinyatakan sah menjadi suami istri, sang pengantin wanita ingin langsung meninggalkan acara tersebut.

Menurut Q8 News yang dilansir Liputan6.com pada Jumat (8/2/2019), mereka hanya menandatangani surat pernikahan di depan penghulu dan kemudian tiba-tiba pengantin wanita langsung berjalan keluar gedung.

Pengantin pria yang tak terima, kemudian mengejek istrinya atas aksinya yang hendak langsung keluar dari acara dengan menyebutnya 'bodoh'. Pengantin wanita yang tak terima dengan ejekan tersebut, langsung mengajukan perceraian dan menuntut penghulu membubarkan pernikahan mereka.

Komentar warganet atas keputusan sang wanita

Dari kejadian ini, banyak wanita yang memberikan komentarnya di media sosial. Rupanya tak sedikit setuju dengan apa yang dilakukan pengantin wanita untuk mengakhiri pernikahannya.

"Jika lelaki bersikap seperti itu sejak awal, adalah lebih baik untuk meninggalkannya," komentar salah satu pengguna media sosial Twitter, dikutip dari Daily Mail oleh Liputan6.com, Jumat (8/2/2019).

"Pernikahan yang tidak saling menghargai, adalah salah satu kegagalannya dari awal," timpal lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petinggi Timses Prabowo-Sandi Gelar Rapat Pemenangan di Solo

Posted: 07 Feb 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto - Sandiaga Uno menggelar rapat konsolidasi di Solo, Jawa Tengah yang dipimpin langsung Ketua BPN Prabowo-Sandi, Djoko Santoso.

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Ferry Juliantono mengatakan, rapat tertutup pada Jumat (8/2/2019) ini adalah lanjutan dari rapat-rapat yang sebelumnya digelar di Jakarta untuk terus membahas langkah-langkah memenangkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 02.

"Rapat konsolidasi ini dilaksanakan tertutup karena membicarakan langkah-langkah pemenangan di sisa hari menjelang 17 April nanti. Konsolidasi ini juga diharapkan akan memantapkan langkah njajah ndeso milang kori (safari) dalam rangka penetrasi teritorial dalam rangka yang akan dilakukan oleh partai koalisi, serta relawan untuk seluruh wilayah termasuk khususnya Jawa Tengah," kata Ferry di sela-sela Rapat BPN di Solo.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menambahkan, awalnya rapat akan digelar di Posko BPN Prabowo-Sandi Solo. Namun karena jumlah peserta rapat BPN melebihi kapasitas, sehingga digelar di Hoter Lor-In Solo.

"Ya itu pertimbangannya karena jumlah banyaknya yang hadir dan di posko tidak memungkinkan, kita pindah tempat rapat," ungkap Ferry.

Mereka yang Hadir

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto - Sandiaga Uno menggelar rapat konsolidasi di Solo. (Merdeka.com/ Muhammad Genantan)

Selain Djoko Santoso, rapat ini juga dihadiri petinggi BPN serta partai koalisi. Ferry mengatakan, rapat BPN di Solo menunjukkan keseriusan bahwa pendukung Prabowo-Sandi menyeluruh di Pulau Jawa, termasuk Jawa Tengah.

"Ada Pak Fuad Bawazier, Bu Rachmawati Soekarnoputri, ada Pak Sudirman Said, ada Mas Hanafi Rais, Ferry Mursyidan Baldan dan seluruh direktorat BPN," kata Ferry.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Ini Lapor Polisi Kehilangan Mobil Ternyata Cuma Lupa Parkir

Posted: 07 Feb 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kamu saat ke tempat parkir dan merasa kalau mobil kamu dicuri? Padahal sebenarnya kamu cuma lupa parkir di mana.

Seperti pengalaman seorang pria yang berprofesi sebagai kontrator di Malaysia ini, dia bahkan sudah melaporkan kepada kepolisian setempat.

Dikutip Liputan6.com dari Harian Metro, Jumat (8/2/2019), seorang pria berprofesi sebagai kontraktor berumur 31 tahun mengajukan laporan kehilangan atas mobilnya.

Pria ini mengajukan laporan kehilangan pada pukul 11.45 pada tanggal 3 Februari 2019 yang lalu. Di Kantor Polisi Mantin Malaysia, Pria ini mengatakan bahwa mobilnya hilang dari tempat parkir yang dia parkir 3 jam yang lalu.

(sumber: Harian Metro)

Kepala Kepolisian Daerah Nilai, Inspektur Mohd Nor Marzukee Besar mengatakan bahwa pria itu mengklaim dia memarkir mobilnya dalam keadaan terkunci di tempat parkir biasanya di dekat Flat Seri Pajam, Mantin pada pukul 19:30.

Siapa sih yang tidak akan panik, kalau tiba-tiba mobil mereka hilang dari tempat parkir? Kepolisian Daerah Nilai melakukan penyelidikan menyeluruh atas laporan kendaraan curian dan segera menemukan mobilnya dalam waktu kurang dari 24 jam.

Wah, ternyata gesit banget Kepolisian Daerah Nilai ini. Ternyata, mobil itu sebenarnya tidak dicuri tetapi Pria itu hanya lupa bahwa dia memarkir mobilnya di rumah bosnya sekitar 7 km dari tempat dia tinggal. Benar-benar konyol.

Inspektur Mohd Nor Marzukee Besar mengklarifikasi

"Mobil orang itu tidak dicuri. Dia hanya lupa di mana dia parkir. Peristiwa itu terjadi ketika dia membawa mobil perusahaannya ke kantor dan meninggalkan kendaraannya di kediaman bosnya."

Kronologi awalnya adalah Pria itu mampir ke rumah rekan kerjanya setelah pulang kerja dan benar-bener lupa di mana dia memarkir mobilnya yang berwarna biru itu.

Pria itu tidak pernah berpikir untuk memarkirkan mobilnya di luar tempat biasanya dia parkir. Saking paniknya Pria itu membagikan ke seluruh nomer di WhatsApp tentang insiden 'pencurian mobil' ini, dan meminta bantuan rekan-rekan untuk mencarinya.

Pria itu kemudian meminta maaf kepada polisi karena telah mengajukan laporan kehilangan yang sebenarnya tidak benar-benar terjadi dan hanya karena keteledorannya.

Bahkan lucunya kejadian ini buka lah yang pertama terjadi di Daerah Nilai. Laporan kehilangan mobil yang sebenarnya hanya lupa memarkirkannya sudah terjadi sebanyakan tiga kali.

Dalam tahun ini sudah ada tiga orang yang melaporkan kehilangan mobil yang sebenarnya hanyalah lupa parkir, hal ini di ungkapkan Kepala Inspektur Polisi Daerah Nilai.

"Ini baru saja masuk awal bulan Februari, tapi kami sudah menerima tiga kali laporan kehilang mobil yang benarnya hanyalah lupa parkir"

Untuk semua pemilik kendaraan di luar sana, inilah saran dari Kepala Inspektur Polisi Daerah Nilai Mohd Nor Marzukee Besar,

"Kami polisi ingin mengingatkan masyarakat untuk selalu mengingat di mana Anda memarkir kendaraan Anda. Selalu potret foto mobil Anda dengan tanda atau landmark untuk menghindari insiden seperti ini terjadi lagi."

Apa yang kamu pikirkan tentang kejadian ini? Pernahkah kamu lupa di mana kamu memarkir dan mengira mobil atau motor kamu dicuri. Jangan langsung panik, karena panik hanya membuat kamu tidak bisa berpikir jernih. Jangan sampai lupa tempat parkir kamu, ya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibunda Marini Zumarnis Meninggal Dunia

Posted: 07 Feb 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka tengah menyelimuti aktris senior Marini Zumarnis. Ibunda tercinta, Fatmawati Patanduk, meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusart, Jumat (8/2/2019) sekitar pukul 08.45 WIB.

Kabar meninggalnya ibunda Marini Zumarnis disampaikan oleh bintang sinetron Lulu Zakaria.

Dalam unggahannya, Lulu Zakaria juga meminta didoakan agar ibunda Marini Zumarnis diberikan tempat yang layak di sisi-Nya, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.

"Telah berpulang ke RahmatullahBunda dari sahabat kita Marini Zumarnis: Ibu FATMAWATI Binti PATUNDAK pada seputar jam 8.45 pagi di RSPAD Gatot Subroto... mohon doanya agar Almarhum Husnul Khotimah dan keluarga yg ditinggalkan di beri ketabahan dan kekuatan," tulis Lulu Zakaria dalam akun instagramnya @luluzakaria70.

 

Doa Warganet

Marini Zumarnis. (Adrian Putra/Bintang.com)

Warganet ikut mengucapkan belasungkawa atas kepergian ibunda Marini Zumarnis ke pangkuan Sang Khalik. Mereka juga mendoakan agar mendiang mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

"Inalilahi wa inalilahi rojiun turut berduka cita,semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran," tulis @eko_supriyanto.

"Inalilahi wa inalilahi rojiun. Allahumagfir laha, warhamha. Waj'al lahaa husnulkhotimah.. aamiin," tulis pemilik akun @widya.murad.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, jenazah ibunda Marini Zumarnis akan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, usai salat Jumat. Meski begitu hingga kini Marini Zurmanis dan orang terdekat masih belum bisa dihubungi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Kendaraan Ditarik Leasing, Ini Risiko Terkena Kredit Macet

Posted: 07 Feb 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bagi masyarakat Indonesia, membeli kendaraan dengan sistem cicilan lebih diminati dibanding tunai. Bahkan bentuk promo yang diberikan oleh dealer apabila pembelian dilakukan dengan sistem kredit bermacam-macam.

Ada yang menawarkan uang muka kredit yang ringan, bisa dicicil, bahkan ada juga yang memberikan diskon langsung hingga puluhan juta rupiah.

Namun, konsumen yang ingin melakukan pembelian dengan sistem kredit harus menimbang-nimbang apakah hal itu akan menjadi keputusan finansial yang tepat.

Karena debitur yang mengalami kredit macet akan mendapat beberapa risiko, salah satunya, sulit melakukan pembelian dengan sistem kredit kembali.

Selanjutnya

"Sekarang ini sudah maju, apabila memang mengalami kasus kredit macet, ke depannya tentu akan sulit dipercaya kembali untuk melakukan pembelian dengan sistem kredit. Pembelian apapun, kendaraan, rumah, elektronik pasti akan sulit," kata Direktur Penjualan, Servis dan Distribusi Adira Finance Niko Kurniawan di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Selain itu, Niko menegaskan adanya sistem BI Checking dan Kopindo akan membuat pihak leasing lebih mudah memeriksa riwayat customer yang hendak melakukan pembelian dengan sistem kredit.

"Jadi sekarang kita udah semakin maju, sudah pake E-KTP, semua single ID. Kalau sekarang kita posisinya kredit macet otomatis terekam di sistem BI checking dan Kopindo," ujar Niko.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Panglima TNI Pimpin Operasi Gaktib dan Yustisi 2019

Posted: 07 Feb 2019 09:04 PM PST

Prajurit TNI mengikuti upacara Gelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Yustisi POM TNI 2019, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (8/2). Operasi ini upaya menekan dan mencegah pelanggaran yang dilakukan anggota TNI dan Polri. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Prajurit TNI mengikuti upacara Gelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Yustisi POM TNI 2019, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (8/2). Operasi ini upaya menekan dan mencegah pelanggaran yang dilakukan anggota TNI dan Polri. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) memeriksa pasukan peserta upacara gelar Operasi Penegakan Ketertiban (Gaktib) dan Yustisi POM TNI Tahun 2019 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (8/2). (Merdeka.com/Imam Buhori)

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) memeriksa pasukan peserta upacara gelar Operasi Penegakan Ketertiban (Gaktib) dan Yustisi POM TNI Tahun 2019 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (8/2). (Merdeka.com/Imam Buhori)

Prajurit TNI bersiap mengikuti upacara Gelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Yustisi POM TNI 2019 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (8/2). Operasi ini upaya menekan perbuatan melanggar hukum yang dilakukan anggota TNI & Polri. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Prajurit TNI bersiap mengikuti upacara Gelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Yustisi POM TNI 2019 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (8/2). Operasi ini upaya menekan perbuatan melanggar hukum yang dilakukan anggota TNI & Polri. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Prajurit TNI bersiap mengikuti upacara Gelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Yustisi POM TNI 2019 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (8/2). Operasi ini upaya mencegah perbuatan melanggar hukum yang dilakukan anggota TNI & Polri (Merdeka.com/Imam Buhori)

Prajurit TNI bersiap mengikuti upacara Gelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Yustisi POM TNI 2019 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (8/2). Operasi ini upaya mencegah perbuatan melanggar hukum yang dilakukan anggota TNI & Polri (Merdeka.com/Imam Buhori)

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyematkan tanda operasi Penegakan Ketertiban dan Yustisi POM TNI 2019 kepada prajurit TNI dalam upacara di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (8/2). (Merdeka.com/Imam Buhori)

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyematkan tanda operasi Penegakan Ketertiban dan Yustisi POM TNI 2019 kepada prajurit TNI dalam upacara di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (8/2). (Merdeka.com/Imam Buhori)

Prajurit TNI bersiap mengikuti upacara Gelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Yustisi POM TNI 2019, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (8/2). Operasi ini upaya menekan & mencegah pelanggaran yang dilakukan anggota TNI dan Polri. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Prajurit TNI bersiap mengikuti upacara Gelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Yustisi POM TNI 2019, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (8/2). Operasi ini upaya menekan & mencegah pelanggaran yang dilakukan anggota TNI dan Polri. (Merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Loyalitas Bang Yodas, Wartawan Lawas Idola Selebritas

Posted: 07 Feb 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Garut - Satu di antara wartawan senior tercetak di Jawa Barat. Dialah Yoyo Dasriyo atau biasa dipanggil Bang Yodas. Wartawan senior merangkap sebagai penulis skenario, pemain dan sutradara film asal Garut, Jawa Barat ini, termasuk beken di zamannya. Banyak artis terkenal saat itu pernah mengisi perjalanan kariernya.

Saking cintanya pada profesi dunia jurnalistik, Yodas akhirnya tidak sempat menikmati indahnya pernikahan. Dia memilih membujang seumur hidupnya hingga mengembuskan nafas terakhir pada 2015 lalu, ketika berusia 64 tahun.

"Banyak sekali wartawan yang berguru ke Beliau," ujar Janur M. Bagus, salah satu saksi hidup sekaligus salah seorang 'murid' Yodas, saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis, 7 Februari 2019 petang.

Abah Janur, biasa ia dipanggil di kalangan wartawan Kota Intan Garut, mengenang pertemuan pertama kali dengan Bang Yodas terjadi pada dekade 1990-an. Saat itu, Janur yang merupakan kontributor salah satu televisi swasta itu mengetahui, jika Yodas merupakan wartawan senior yang luwes dan pandai bergaul. "Tapi memang spesifikasinya ke wartawan hiburan," ujar dia.

Yodas, ujar dia, memang terlahir untuk menulis. Banyak karya jurnalistiknya yang dipublikasikan media lain, terutama soal hiburan, wisata, dan sosial budaya. Gaya penulisannya mendayu, seakan merayu orang penasaran memahami tulisannya. "Namun, Bang Yodas selalu menulis dengan tuntas hingga dua tiga episode, sehingga pembaca senang," kata dia.

Ia mengakui Bang Yodas tidak hanya sebagai sahabat, tetapi juga guru di bidang seni aktor. "Banyak artis lainnya misalkan Rieke Diah Pitaloka, kang Dicky Chandra dan lainnya, sudah menganggap guru pada Kang Yodas," ujar dia.

Mengawali tulis-menulis di dunia jurnalis sejak dekade 1970-an, sosok Yodas memang kenyang pengalaman menulis dunia hiburan. Kemampuannya dalam mengolah kata untuk mengekspresikan rasa, berbanding lurus dengan bakatnya dalam menulis naskah cerita film.

Tak ayal banyak sekali alur cerita film dan sinetron yang dibuatnya, kemudian digarap rumah produksi secara profesional. "Cerita Bendi Keramata, Nyi Endit, dan lainnya merupakan contoh hasil garapan tulisan Beliau," ujarnya.

Dengan segudang kemahirannya itu, menjadi modal penting Yodas dalam mewawancarai artis terkenal Tanah Air saat itu, untuk menjadi narasumber utamanya. "Kenapa artis senang ditulis Bang Yodas, sebab tulisannya mencair tidak kaku, sehingga meskipun dibaca saat ini tetap enak dibacanya," tutur dia.

Sebut saja Rhoma Irama, Elvy Sukaesih, Rita Sugiarto hingga artis dekade 2000-an, pernah merasakan betul pertanyaan demi pertanyaan dari Bang Yodas, sebagai bahan untuk menulis berita hiburan. "Memang keunggulan dia di penulisan berita hiburan, tetapi yang lain pun tetap mahir," dia menambahkan.

 

Soko Guru Artis Nasional

Foto kenangan Yoyo Dasriyo, wartawan multitalenta asal Garut, Jawa Barat (Liputan6.com/Dok.Pribadi)

Memiliki keahlian dalam tulis-menulis naskah cerita, membuka jalan bagi Yodas untuk membuka relasi dengan semua kalangan, terutama artis. Banyak artis nasional asal Priangan Timur, terutama Garut, merasakan betul kehadiran Yodas.

Sebut saja Rieke Diah Pitaloka atau si Oneng, kemudian Epy Kusnandar atau Kang Mus dalam sinetron dan film layar lebar Preman Pensiun dan lainnya. "Soal pergaulan, mungkin generasi sekarang kalah sama Bang Yodas," ujar Janur.

Janur kemudian menceritakan ihwal kegalauan Rieke Diah Pitaloka saat itu, antara memilih karier sebagai seniman atau melanjutkan pendidikan di dunia kampus. Kemudian meminta Yodas yang menjadi penyusun naskah sinetron mini seri "Impian Pengantin" yang tayang di RCTI tahun 1993 itu untuk mengundurkan jadwal syutingnya.

"Usulin atuh sama Pak Yodas, undurin aja jadwal syutingnya dong, biar Keukeu (Rieke Diah Pitaloka) ikutan main lagi," ujar lakon si Oneng dalam sinetron Bajaj Bajuri mengenang, salah satu seri film yang tengah digarapnya saat itu.

Kemudian sosok Epy Kusnandar, lakon Kang Mus dalam sinteron dan layar lebar Preman Pensiun itu, secara terang-terangan mengakui jika Yodas merupakan salah satu mentornya.

Sikap Yodas yang mudah bergaul dan luwes memberikan banyak kemudahan dalam berinteraksi dengan semua kalangan. Namun, kepekaan terhadap isu dan jiwa kreatifnya dalam menulis, membuat banyak tulisannya kerap ditunggu pembaca.

Bahkan dalam beberapa kali gelaran Festival Film Bandung (FFB), secara rinci dan mendalam, Yodas selalu mengupas kesuksesan salah satu festival besar film Tanah Air itu. Namun, kini Yodas sudah tiada, rasa kehilangan sosok wartawan panutan, yang selalu menghasilkan tulisan ringan, renyah, dan enak dibaca berbagai kalangan.

Wartawan Lintas Generasi

Yodas bersama Nike Ardila dalam salah satu sesi wawancara tahun 1990-an (Liputan6.com/dok.pribadi)

Sebagai wartawan senior yang ditempa dalam beberapa masa pemerintahan, Yodas memiliki banyak pengalaman ihwal peta politik Tanah Air termasuk Garut. Sehingga setiap isu politik nasional yang heboh di masyarakat, langsung dikupasnya dengan satu tulisan lengkap. "Meskipun sudah sepuh, tapi tulisannya selalu up to date," ujar dia.

Janur kemudian mencontohkan soal kehebohan pemecatan Bupati Aceng HM Fikri dan pengunduran Wakil Bupati Dicky Chandra. Maka Yodas kemudian membuat sebuah tulisan 'Luka Sejarah Kepepimpinan Daerah'. "Orangnya kreatif, dan selalu tuntas dalam menyelesaikan tulisan hingga enak dibaca," kenang Janur.

Dengan pengalamannya itu, Janur tak sungkan menyematkan julukan Legend bagi Yodas. "Meskipun beliau sudah terkenal, tetapi tetap sopan, belum pernah saya melihat Bang Yodas marah," kata dia.

Yodas memang terlahir untuk menjadi penulis handal. Namun meskipun demikian, ia tak pelit berbagi ilmu dengan wartawan muda. Banyak wartawan Garut saat ini yang mengakui betul dedikasinya. "Saya sendiri secara tidak langsung banyak menyerap banyak pengalaman dan ilmu menulis dari Beliau," ujar Janur menambahkan.

Kini, tiga tahun sudah Yodas meninggalkan kita semua, banyak karyanya yang akan mengingatkan kebesaran salah satu pelopor majalah hiburan Aktuil ini. Selamat jalan Bung, semoga pengabdian karyamu itu di Hari Pers Nasional (HPN) tahun ini, selalu menjadi penyemangat wartawan untuk menghasilkan sebuah karya tulisan yang berkualitas.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Studi: Angka Bunuh Diri Menurun Drastis di Seluruh Dunia, tapi...

Posted: 07 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, London - Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal kesehatan bernama British Medical Journal (BMJ) pada Kamis, 7 Februari 2019, kasus bunuh diri tercatat telah menurun 30 persen sejak 1990.

Secara angka absolut, terdapat 817.000 orang bunuh diri di dunia pada 2016. Sedangkan menurut usia dan ukuran populasi, tingkat bunuh diri menurun menjadi 11,2 --setelah sebelumnya sebesar 16,6, dihitung dari jumlah kematian per 100.000 orang.

Berdasarkan penelitian, angka bunuh diri yang telah menurun secara drastis sejak 1990 itu, disebabkan oleh pelayanan kesehatan yang semakin baik serta kemiskinan yang menurun, dikutip dari The Guardian, Kamis (7/2/2019).

Menurut Heather Orpana, peneliti dari Badan Kesehatan Masyarakat Kanada sekaligus kontributor dalam artikel jurnal tersebut, bunuh diri dianggap sebagai penyebab kematian yang dapat dicegah. Ia juga mengatakan bahwa setiap orang harus berkontribusi dalam menekan jumlahnya.

"Dengan upaya lebih, kita bisa melakukan pengurangan dalam kematian yang disebabkan bunuh diri," tutur Orpana.

Simak video berikut:

Bunuh Diri Masih Tinggi di Sebagian Kawasan

Ilustrasi Foto Bunuh Diri (iStockphoto)

Bunuh diri adalah masalah yang serius. Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO), sebanyak 800.000 orang mengakhiri hidupnya setiap tahun.

Meskipun jumlah kasus bunuh diri berdasarkan usia dan ukuran populasi telah menurun, Institute for Health and Metrics Evaluation --sebuah lembaga yang meneliti kasus itu berdasarkan lokasi, gender, usia, dan penyebab yang mendasari kasus--, mengingatkan bahwa di sebagian kawasan, kasus masih sangat tinggi.

Sebagai contoh, bunuh diri memang menurun sebesar 64,1 persen di China sejak 1990, namun di Zimbabwe, jumlah kasus justru bertambah dua kali lipat dalam rentang waktu yang sama.

The Global Burden of Disease, yang bernaung di bawah institut yang telah disebutkan sebelumnya, juga menyebutkan bahwa laki-laki mendominasi kasus bunuh diri.

Di seluruh kawasan di dunia, dibandingkan dengan perempuan dan kelompok umur lain, laki-laki berusia 15-19 tahun paling banyak mengakhiri hidup.

Jika diberikan indeks secara global menurut jenis kelamin, laki-laki yang mengakhiri hidup berada pada angka 15,6 sedangkan perempuan menempati 7,0 --indeks yang dimaksud dihitung setiap 100.000 penduduk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Kian Fokus Hadapi Persiwa di Piala Indonesia

Posted: 07 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persib Bandung makin fokus menjelang laga kedua mereka di 32 besar Piala Indonesia lawan Persiwa Wamena. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Senin (11/2).

Pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya menyebut, pihaknya terus menjaga agar Supardi dan kawan-kawan berkonsentrasi penuh ke pertandingan. Mereka tak ingin ada hal lain di luar teknis, yang mengganggu fokus para pemain.

"Tim pelatih sudah meminta agar pemain tetap konsentrasi untuk game tanggal 11 Februari nanti. Kita semua tetap harus fokus," Yaya menegaskan di situs resmi Persib.

Seperti diketahui, di laga pertama, kedua tim bermain imbang 0-0. Ketika itu, Persiwa berlaku sebagai tuan rumah di Stadion Wijaya Kusuma, Cilacap.

Yaya juga menyebut, mereka benar-benar fokus kepada metode latihan yang diterapkan pelatih Miljan Radovic. Dengan begitu mereka berharap bisa meraih kemenangan di laga Persib lawan Persiwa.

"Sekarang ini tetap fokus dengan segala aktivitas dan program latihan kita sendiri. Tentunya masih ada persiapan sampai tanggal 11 Februari dan kita harus betul-betul memanfaatkannya," ujar Yaya.

 

Asah Skema Permainan

Skuat Persib tetap menggelar latihan. (Huyogo Simbolon)

Sementara itu, Persib berlatih di Lapangan Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Tamansari, Jumat (8/2) pagi. Dalam sesi latihan ini, Radovic coba memantapkan skema permainan.

Mereka menggelar simulasi pertandingan 11 pemain vs 11 pemain. Radovic, yang juga mantan gelandang Persib menyebut, hari ini, hanya digelar satu sesi latihan.

Biasanya, dalam sepekan terakhir, Persib menggelar dua sesi latihan: pagi dan sore.

 

6 Pemain Latihan Terpisah

Sementara itu, untuk enam pemain: Kunihiro Yamashita, M. Wildan Ramdhani, Agung Mulyadi, Puja Abdillah, Dedi Kusnandar dan M. Syafril Lestaluhu, tim pelatih memberikan program khusus. diberikan program khusus.

Pada latihan pagi di Sabuga, keenam tersebut, berlatih terpisah didampingi Yaya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjuangan PDKT ala Zaman Dahulu, Anak Kekinian Pasti Enggak Ngerti

Posted: 07 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menjalin hubungan dengan seseorang, tentu diperlukan yang namanya pendekatan atau PDKT. Nah, momen pendekatan tersebut sebaiknya dimanfaatkan sebaik mungkin. Pasalnya, jika kamu salah langkah dalam memulai obrolan, bisa saja momen pendekatan tersebut akan gagal.

Momen PDKT yang menjadi awal suatu hubungan ini memang paling diingat deh. Berbagai lika-liku pendekatan hingga jatuh bangun perasaan pasti pernah dirasakan. Apalagi untuk generasi zaman dulu yang jauh dari kecanggihan teknologi.

Bagaimana tidak? Generasi zaman 80-90an atau pendahulunya harus melakukan pendekatan dengan berbagai keterbatasan. Namun, segala keterbatasan akses komunikasi dan interaksi itu ternyata justru menjadi memori unik dan menarik untuk diceritakan sepanjang masa.

PDKT ala generasi zaman dulu atau jadul ini juga beragam caranya. Mulai dari menulis puisi-puisi cinta, menitipkan salam melalui teman dan radio dan lain sebagainya. Pokoknya, PDKT zaman dulu berbeda banget sama zaman sekarang. Apalagi zaman sekarang kamu bisa berkomunikasi melalui berbagai media sosial.

Nah, berikut berbagai meme kocak cara PDKT zaman dulu yang pasti tak dirasakan anak kekinian ya

1. Perjuangan banget ya PDKT zaman dulu

Perjuangan PDKT Jadul, Anak Kekinian Pasti Enggak Ngerti--blm

2. Kamu pernah ngelakuin kaya gini enggak?

Perjuangan PDKT Jadul, Anak Kekinian Pasti Enggak Ngerti--blm

3. Hayo, siapa yang pernah begini?

Perjuangan PDKT Jadul, Anak Kekinian Pasti Enggak Ngerti--blm

4. Dulu kalo ngetik ribet ya

Perjuangan PDKT Jadul, Anak Kekinian Pasti Enggak Ngerti--blm

5. Nah, ini khas banget PDKT zaman dulu

Perjuangan PDKT Jadul, Anak Kekinian Pasti Enggak Ngerti--blm

6. Seru kan PDKT zaman dulu?

Perjuangan PDKT Jadul, Anak Kekinian Pasti Enggak Ngerti--blm

Reporter:

Weni Arfiyani

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biar Tak Merusak Motor Saat Marah, Ini 3 Cara Atur Emosi

Posted: 07 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Rasa marah adalah sebuah keadaan emosional yang alami. Namun, perlu waspada ketika hal tersebut sudah merugikan orang lain, misalnya seperti fenomena pria yang merusak motor kekasihnya karena ditilang baru-baru ini.

Secara alami, cara manusia untuk mengekspresikan kemarahan adalah merespons secara agresif. Marah merupakan respons alami dan adaptif terhadap suatu ancaman. Namun, kita tidak bisa secara fisik menyerang setiap orang atau benda yang membuat kita jengkel. Masih ada hukum, norma, dan akal sehat guna membatasi seberapa jauh kemarahan mengontrol kita.

Mengutip laman resmi American Psychological Association apa.org pada Jumat (8/2/2019), psikolog yang mengkhususkan diri mempelajari kemarahan Dr. Charles Spielberger mengatakan ada tiga cara utama untuk mengatur kemarahan. Tiga cara itu adalah mengekspresikan, mengendalikan, dan menenangkan.

Mengekspresikan perasaan marah dengan cara yang tegas dan tidak agresif adalah cara paling sehat untuk mengekspresikan kemarahan. Untuk melakukan ini, Anda harus belajar mengetahui apa yang Anda butuhkan, serta bagaimana mencapainya tanpa menyakit orang lain. Bersikap asertif bukan berarti memaksa atau menuntut. Ini berarti menghormati diri sendiri dan orang lain.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

Menenangkan diri dari dalam

Penting pelajari cara manajemen rasa marah agar tidak merusak atau melukai orang lain (iStockphoto)​​

Selain itu, kemarahan bisa ditekan, dikonversi, dan dialihkan. Ini terjadi ketika Anda menahan amarah dan berhenti memikirkannya. Fokuslah pada sesuatu yang positif. Tujuannya adalah menghambat atau menekan amarah dan mengubahnya menjadi perilaku yang lebih konstruktif.

Namun, ketika jenis respons kedua tidak bisa diekspresikan, rasa marah bisa berbalik ke dalam diri sendiri. Bahkan, bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti hipertensi dan depresi.

Spielberger mengatakan, ketika kemarahan tidak terekspresikan, ini bisa menciptakan masalah lain dan menyebabkan ekspresi kemarahan patologis. Misalnya perilaku pasif-agresif (membalas orang lain secara tidak langsung tanpa memberitahu alasannya, ketimbang berhadapan langsung) dan bermusuhan dengan orang lain secara terus menerus.

Mau tidak mau, Anda harus bisa tenang dari dalam diri sendiri. Ini berarti Anda tidak hanya mengendalikan perilaku fisik, namun juga respon internal. Ambillah langkah-langkah untuk menurunkan detak jantung, menenangkan diri, dan membiarkan perasaan mereda.

"Ketika tidak satupun dari tiga teknik ini berhasil, saat itulah seseorang atau sesuatu, akan terluka," kata Spielberger.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Cepat Hilangkan Stres saat Bekerja

Posted: 07 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Stres merupakan hal yang wajar dan sering terjadi bagi setiap orang yang hidup di muka bumi ini, terkhususnya bagi para pekerja.

Merasakan beban yang berat saat di kantor seperti deadline tugas yang menghantui setiap hari, atasan yang marah, atau begitu banyaknya tugas yang tidak dapat diselesaikan, klien yang menggagalkan hubungan kerjanya merupakan pemicu stres bagi orang-orang yang bekerja.

Meskipun stres sangat wajar bagi pekerja, namun ternyata hal ini tidak dapat diwajari begitu saja. Karena ini dapat memicu munculnya berbagai penyakit dalam tubuh yang terkadang dapat membahayakan nyawa Anda.

Meditasi merupakan kunci untuk menghilangkan stres bagi para pekerja.

Dilansir pada laman Civilized, meditasi telah terbukti dapat mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi kecemasan, depresi, insomnia, dan dapat meningkatkan kesehatan serta vitalitas. Selain itu, meditasi dapat mengurangi efek penuaan pada otak.

Namun sayangnya banyak pekerja yang merasa tidak sempat atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk bermeditasi selama bekerja. Apakah Anda salah satu yang merasakan hal yang sama? Jangan risau karena ternyata, meditasi dapat Anda lakukan saat jam kerja tiba.

Berikut tips yang dapat Anda lakukan:

 

1. Lakukanlah Teknik Pernapasan yang Benar

Ilustrasi stres (iStockphoto)

Bekerja terasa begitu banyak tekanan? Membuat Anda panik dan sulit bernapas dengan mudah? Maka bernapaslah dengan benar maka semuanya akan kembali terasa ringan.

Bernapas disini bukan napas yang selalu dilakukan setiap detiknya. Ada teknik pernapasan sendiri dalam bermeditasi untuk menghilangkan stres yang melanda.

Teknik pernapasan sederhana berikut dapat menjinakan serangan stres yang membuat Anda sulit bernapas.

'Tarik napas dalam-dalam, tahan hingga itungan ke empat, lalu hembuskan perlahan-lahan.'

Hal ini mensirkulasi oksigen yang ada di paru-paru sehingga akan banyak udara segar yang kaya oksigen akan masuk kedalam paru-paru Anda sehingga dapat mengurangi tekanan negatif dalam diri Anda secara alami.

Anda dapat mencoba bernapas dengan cara seperti ini selama tiga atau empat kali, karena begitu banyak yang telah membuktikan khasiat dari cara pernapasan begitu dan terbukti berhasil.

 

2. Gunakan Jam Makan Siang secara Efektif

Ilustrasi Meditasi (iStockphoto)

Selain dengan teknik bernapas diatas, meditasi juga dapat Anda lakukan dengan cara yang lain yaitu salah satunya dengan cara 'menenangkan pikiran' sejenak.

Waktu makan siang merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk mengistirahatkan sejenak pikiran dari beban pekerjaan yang melanda.

Namun terkadang banyak sekali pekerja yang masih menggunakan waktu makan siangnya untuk bekerja dengan dalih agar pekerjaannya selesai lebih cepat, ternyata hal tidak benar.

Saat makan siang tiba, istirahatlah. Jangan sekali-kali Anda mengganggu waktu makan siang dengan mengerjakan tumpukan pekerjaan di meja kerja Anda.

Keluarlah untuk makan siang di kantin, atau di tempat makan jika Anda membawa bekal. Setelah itu, jangan langsung kembali ke meja kantor. Anda dapat menggunakan sisa waktu istirahat makan siang dengan cara menenangkan sejenak pikiran Anda dengan cara tidur atau bahkan hanya duduk-duduk santai di ruangan yang tersedia di kantor.

Jangan ragu untuk menggunakan fasilitas karena itu ada juga untuk membantu Anda. Setelah semuanya selesai, Anda akan mendapatkan energi baru dan tumpukan pekerjaan yang ada akan terselesaikan dan semua beban pun akan hilang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gaya Santai Susi Pudjiastuti Makan Bakso Pinggir Jalan

Posted: 07 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Saat berkunjung ke Trenggalek, Susi Pudjiastuti tertangkap kamera sedang makan bakso di pinggir jalan dengan gaya santainya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Bersama di Cover Vogue, Justin Bieber dan Hailey Baldwin Pakai Outfit Senada

Posted: 07 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan romansa Justin Bieber dan Hailey Baldwin tiada hentinya menjadi perbincangan. Setelah sempat bungkam soal pernikahan, pada 23 November 2018, Justin akhirnya mengakui bahwa ia telah menikahi pujaan hati.

Berstatus sebagai pengantin baru, Justin Bieber dan Hailey Baldwin tidak jarang memamerkan kemesraan di publik atau media sosial. Baru-baru ini, mereka bahkan didaulat sebagai cover majalah ternama, Vogue untuk edisi Maret 2019.

Dalam potret, Justin yang hanya mengenakan celana panjang hitam terlihat memangku sang istri. Sedangkan, Hailey duduk dipangkuan sembari memeluk Justin. Ia tampil cantik dalam balutan sleeveless dress berbelahan dada rendah berwarna putih.

Hailey Baldwin dan Justin Bieber (dok. Instagram @haileybieber/https://www.instagram.com/p/BtlmrFuFTVH/Putu Elmira)

Perempuan berusia 22 tahun itu juga membagikan potret kekompakannya dengan Justin untuk urusan outfit. Ia mengunggah foto, di mana Justin dan dirinya sedang duduk di meja dapur memakai outfit pink dengan motif bunga.

Justin masih tampak tak mengenakan atasan dan memamerkan deretan tato dan memakai celana bermotif dan warna sama dengan sang istri. Sementara, Hailey memakai short jumpsuit sleeveless sembari berpose duckface dan menarik rambutnya.

Tak ketinggalan, lewat unggahan di Instagram pribadi pada 7 Februari 2019, Hailey Baldwin juga membagikan potret kompaknya bersama Justin. Ia terlihat dalam balutan bikini dan outer navy blue dan sentuhan polkadot putih.

Lalu, Justin Bieber pun mengenakan celana panjang berwarna dan motif yang sama dengan Hailey Baldwin. Nah, itu dia kekompakan pengantin baru ini di sederet potret majalah Vogue. Anda tertarik untuk pakai outfit kembaran dengan pasangan?

Saksikan vidoe pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diancam Soal Foto Mesum, Jeff Bezos Jadi Bahan Perbincangan Warganet

Posted: 07 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bos Amazon Jeff Bezos baru-baru ini menyebut dirinya diancam dan diperas oleh David Pecker dan perusahaannya American Media Inc (AMI).

Bezos mengklaim, para eksekutif perusahaan tersebut mengancam bakal mempublikasikan sejumlah foto telanjang dirinya dan foto seksi selingkuhannya, Laura Sanchez.

Namun secara terbuka, mantan suami MacKenzie ini justru mempublikasikan email ancaman tersebut. Jeff Bezos ogah menuruti keinginan si pemeras.

Alhasil, keberanian Bezos itu malah menjadi bahan pembicaraan warganet di Twitter.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (8/2/2019), Jeff Bezos menjadi trending topic di linimasa Twitter Indonesia. Kendati begitu, obrolan yang terjalin banyak menggunakan Bahasa Inggris.

Di antara warganet, ada yang memuji keberanian Jeff Bezos yang ogah menuruti para pemerasnya. Namun, tak sedikit juga yang menyinyiri adanya foto telanjang orang terkaya di dunia ini.

Pengguna dengan akun @scottjohnson mengatakan, dirinya yakin bahwa Jeff Bezos adalah pria pemberani.

Pengguna lain dengan akun @ExiledHeroine justru kaget ada foto-foto telanjang Bezos yang bocor.

Cuitan Kocak Warganet

Jeff Bezos (AP PHOTO)

Lucunya, saking tak ingin melihat foto-foto Bezos di Twitter, seorang pengguna sempat membungkam linimasanya dari kata Jeff Bezos dan segala hal yang berkaitan dengan Bezos.

Pengguna lainnya dengan akun @aenemated membuat guyonan. Menurutnya, jika Bezos menambahkan catatan, surat pembelaannya itu bakal lebih lucu lagi.

 

Tentang Jeff Bezos dan Ancaman

Dalam sebuah postingan berjudul "No thank you, Mr. Pecker" Jeff Bezos mengklaim para eksekutif AMI mengancam akan mempublikasikan sejumlah foto telanjang Bezos dan foto seksi wanita selingkuhannya, yakni Lauren Sanchez.

Foto-foto tersebut tidak akan dipublikasikan bilamana Jeff Bezos setuju untuk secara terbuka, dan membuat pernyataan agar menghentikan penyelidikan terhadap AMI, dengan mengatakan perusahaan tersebut tidak pernah "Termotivasi dan dipengaruhi oleh kekuatan politik."

Sebagai informasi, National Enquirer adalah media pertama di Amerika Serikat (AS) yang mengungkap skandal Jeff Bezos, yang berujung dirinya bercerai dari MacKenzie.

Tak ingin tunduk karena ancaman tersebut, Bezos pun kembali memposting artikel lainnya ke Medium.

Pada postingan tersebut, Bezos mengatakan, Pecker dan AMI pernah diinvestigasi karena hubungan mereka dengan pemerintah Arab Saudi dan keterlibatan AMI ke dalam kampanye Presiden Trump 2016.

Pecker dan AMI mendapatkan kekebalan hukum sebagai imbalan setelah bekerja sama dengan investigasi dan mengungkap rincian tentang praktik "catch and kill".

Praktik ini melibatkan aksi pembelian cerita-cerita yang memberatkan calon kandidat presiden AS ke-45, Donald Trump.

Aksi tersebut dilakukan untuk mencegah publikasi buruk oleh outlet media lain.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Terima Undangan dari Syahrini, Hotman Paris Tanya ke Anak Ini

Posted: 07 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan Syahrini dan Reino Barack makin santer diperbincangkan publik. Keduanya dikabarkan akan menikah pada akhir Februari 2019 di Tokyo, Jepang.

Mengaku belum terima undangan dari Syahrini, pengacara Hotman Paris ingin memastikan kebenaran kabar pernikahan sahabatnya itu dengan Reino Barack.

Uniknya, pria 59 tahun itu mengundang Naomi Angelia, remaja yang mengaku indigo, ke acara yang dipandunya pada Kamis (7/2/2019).

"Katanya Reino dan Syahrini bakal menikah tanggal 21 Februari, benar enggak? Saya teman dekat Syahrini, tapi sampai sekarang undangan belum ada. Saya telepon tidak dijawab, biasanya dia selalu telepon," tanya Hotman Paris dalam tayangan Hotman Paris Show, Kamis (7/2/2019).

Naomi pun menerawang dan menjelaskan bahwa keduanya telah berniat untuk menikah. Namun, Reino Barack masih memiliki keraguan. "Sebenarnya memang sudah ada niat untuk menikah, tapi masalahnya Reino masih ragu untuk menikah," balas Naomi Angelia.

Masih Banyak Pertimbangan

Preskon film Stop Bullying (Adrian Putra/bintang.com)

Kontan saja hal ini membuat Hotman Paris semakin penasaran. Ia bertanya dengan menduga Reino Barack meragukan kesetiaan Syahrini.

"Kenapa? Apakah Syahrini terlalu top sebagai artis sehingga Reino ragu 'ini bakal setia engga sih'. Lalu, akhir bulan ini mereka bakal menikah enggak?," tanya Hotman Paris.

Bukan soal kesetiaan, Naomi melihat Reino Barack masih mempunyai banyak pertimbangan. Peramal itu juga menangkal kabar pernikahan Syahrini dan Reino pada akhir Februari mendatang.

"Bukan soal kesetiaannya, tapi masih banyak pertimbangan-pertimbangannya yang aku lihat sebetulnya. Kalau untuk menikah akhir bulan kayaknya enggak," ucap Naomi.

Emoji Hati

Reino Barack buka-bukaan soal hubungannya dengan Syahrini dan Luna Maya

Sebelumnya, Reino Barack sempat beberapa kali mengomentari unggahan Syahrini dengan emoji hati berwarna ungu di Instagram. Hal ini membuat warganet semakin penasaran dan mendoakan mereka segera menikah.

(Lavenia/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Konvoi Bantuan Kemanusiaan Tiba di Perbatasan Venezuela

Posted: 07 Feb 2019 08:53 PM PST

Truk-truk bantuan kemanusiaan untuk Venezuela menuju Jembatan Tienditas di perbatasan Kolombia-Venezuela, Cucuta, Kolombia, Kamis (7/2). Kedatangan bantuan ini disambut gembira oleh sekelompok migran Venezuela. (Edinson ESTUPINAN/AFP)

Truk-truk bantuan kemanusiaan untuk Venezuela menuju Jembatan Tienditas di perbatasan Kolombia-Venezuela, Cucuta, Kolombia, Kamis (7/2). Kedatangan bantuan ini disambut gembira oleh sekelompok migran Venezuela. (Edinson ESTUPINAN/AFP)

Truk-truk bantuan kemanusiaan untuk Venezuela menuju Jembatan Tienditas di perbatasan Kolombia-Venezuela, Cucuta, Kolombia, Kamis (7/2). Militer Venezuela masih memblokade Jembatan Tienditas untuk mencegah masuknya bantuan. (Edinson ESTUPINAN/AFP)

Truk-truk bantuan kemanusiaan untuk Venezuela menuju Jembatan Tienditas di perbatasan Kolombia-Venezuela, Cucuta, Kolombia, Kamis (7/2). Militer Venezuela masih memblokade Jembatan Tienditas untuk mencegah masuknya bantuan. (Edinson ESTUPINAN/AFP)

Polisi mengawal truk-truk bantuan kemanusiaan untuk Venezuela menuju Jembatan Tienditas di perbatasan Kolombia-Venezuela, Cucuta, Kolombia, Kamis (7/2). Kedatangan bantuan bertepatan dengan pertemuan menteri Eropa dan Amerika Latin. (RAUL ARBOLEDA/AFP)

Polisi mengawal truk-truk bantuan kemanusiaan untuk Venezuela menuju Jembatan Tienditas di perbatasan Kolombia-Venezuela, Cucuta, Kolombia, Kamis (7/2). Kedatangan bantuan bertepatan dengan pertemuan menteri Eropa dan Amerika Latin. (RAUL ARBOLEDA/AFP)

Polisi mengawal konvoi bantuan kemanusiaan untuk Venezuela menuju Jembatan Tienditas di perbatasan Kolombia-Venezuela, Cucuta, Kolombia, Kamis (7/2). Menteri Eropa dan Amerika Latin meminta Nicolas Maduro mengadakan pemilu. (Schneyder Mendoza/AFP)

Polisi mengawal konvoi bantuan kemanusiaan untuk Venezuela menuju Jembatan Tienditas di perbatasan Kolombia-Venezuela, Cucuta, Kolombia, Kamis (7/2). Menteri Eropa dan Amerika Latin meminta Nicolas Maduro mengadakan pemilu. (Schneyder Mendoza/AFP)

Truk-truk bantuan kemanusiaan untuk Venezuela menuju Jembatan Tienditas di perbatasan Kolombia-Venezuela, Cucuta, Kolombia, Kamis (7/2). Bantuan tersebut tengah diatur oleh pemimpin oposisi Juan Guaido. (Edinson ESTUPINAN/AFP)

Truk-truk bantuan kemanusiaan untuk Venezuela menuju Jembatan Tienditas di perbatasan Kolombia-Venezuela, Cucuta, Kolombia, Kamis (7/2). Bantuan tersebut tengah diatur oleh pemimpin oposisi Juan Guaido. (Edinson ESTUPINAN/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendaftaran PPPK Dimulai Serentak Lewat Sscasn.bkn.go.id pada Jumat Sore Ini

Posted: 07 Feb 2019 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Guna memenuhi kebutuhan terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mendesak, -emerintah membuka Rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap I.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, pendaftaran PPPK akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) via https://sscasn.bkn.go.id yang dapat diakses secara serentak pada Jumat, 8 Februari 2019 pukul 16:00 WIB.

"Selanjutnya untuk proses seleksi akan menggunakan sistem seleksi Computer Asissted Test (CAT) Ujian Nasional Berbasis Komputer Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kata Ridwan dikutip dari laman Setkab, Jumat (8/2/2019).

Rekrutmen P3K pada tahap I, menurut Ridwan, meliputi THL (Tenaga Harian Lepas) Penyuluh, Dosen PTN (Perguruan Tinggi Negeri) Baru, serta eks Tenaga Honorer Kategori II (eks THK-II) untuk jabatan Guru (termasuk Guru Kemenag), Tenaga Kesehatan, Penyuluh Pertanian dari yang ada dalam database BKN tahun 2013 dan memenuhi persyaratan Peraturan Perundang-Undangan, salah satunya usia pelamar PPPK maksimal 1 tahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan yang akan dilamar.

Menurut Ridwan, ada beberapa persyaratan pada rekrutmen PPPK tahap I yakni:

Jabatan Guru di lingkungan Pemerintah Daerah mempunyai kualifikasi pendidikan minimal S-1 dan masih aktif mengajar sampai saat ini (dapat dicek di http://info.gtk.kemdikbud.go.id ); Tenaga Kesehatan mempunyai kualifikasi pendidikan minimal D-III bidang Kesehatan dan mempunyai STR (Surat Tanda Registrasi) yang masih berlaku (bukan STR internship), kecuali untuk Epidemiolog, Entomolog, Administrator Kesehatan, dan Pranata Laboratorium Kesehatan mempunyai kualifikasi pendidikan D-III/S-1 Kimia/Biologi; dan Penyuluh Pertanian mempunyai kualifikasi pendidikan minimal SMK bidang Pertanian atau SLTA plus sertifikasi di bidang pertanian.

 

Dapat Diperpanjang

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat pengecekan keabsahan administrasi di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ditegaskan Ridwan, bahwa masa hubungan kerja P3K paling singkat 1 tahun dengan perpanjangan berdasarkan pada pencapaian kinerja dan kebutuhan instansi sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018.

"Adapun masalah perolehan gaji untuk P3K pada Instansi Pusat dibebankan pada APBN, dan untuk P3K di Instansi Daerah dibebankan pada APBD, serta dapat menerima tunjangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," jelas Ridwan,

Sementara itu, aturan teknis dari PP No. 49 tahun 2018, menurut Ridwan, akan diteruskan melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Peraturan BKN.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Buka 75 Ribu Formasi

Peserta bersiap mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS diselenggarakan mulai 26 Oktober hingga 17 November 2018. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pada rekrutmen PPPK tahun 2019 ditawarkan sebanyak 150 ribu formasi dalam dua fase. "Besok sudah buka pendaftaran. Formasinya P3K 150 ribu," kata Syafruddin di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Kamis (7/2/2019).

Jika pada 2018 pemerintah membuka formasi CPNS sebanyak 238.015 kursi. Jumlah tersebut diperuntukkan bagi 76 Kementerian/Lembaga dan 525 Pemerintah Daerah. Namun pada rekrutmen PPPK khusus honorer, jumlah formasi akan lebih sedikit dibanding CPNS 2018, yakni hanya sekitar 75 ribu.

"Tidak serumit CPNS kalau P3K ini. Karena jumlahnya juga tidak begitu banyak. Kalau CPNS kan sampai 230 ribuan. Kalau ini sekitar 75 ribu," kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Kementerian PANRB Mudzakir.

3 Profesi yang Dapat Prioritas

Peserta CPNS di Jakarta Barat. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengatakan untuk pengadaan PPPK Tahap I Tahun 2019, pemerintah prioritaskan rekrutmen pada tiga bidang, yakni Tenaga Pendidikan, Tenaga Kesehatan, dan Penyuluh Pertanian.

Menteri PANRB, Syafruddin menambahkan bahwa ketiga sektor tersebut merupakan bidang yang tenaganya banyak dibutuhkan oleh pemerintah.

"Jadi tenaga honorer pada tiga sektor tersebut tidak perlu kuatir karena penerimaan PPPK diprioritaskan bagi tenaga honorer yang sebelumnya sudah bekerja di bidangnya masing-masing. Penerimaan dilakukan karena pemerintah memang membutuhkan banyak tenaga pada sektor tersebut," ujar dia di Jakarta, Senin (4/2/2019). 

Usia Pelamar Maksimal 1 Tahun Sebelum Batas Usia Pensiun pada Jabatan yang Dilamar

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham melihat panduan pengisian jawaban sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Perihal syarat batas usia pelamar, Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa rekrutmen PPPK tidak terpaku pada aturan maksimal 35 tahun seperti CPNS.

"Sebaliknya, maksimal usia pelamar PPPK paling tinggi 1 tahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan yang akan dilamar dan untuk perjanjian kerja PP 49/2018 mengakomodasi masa hubungan kerja paling singkat 1 tahun dan perpanjangan didasarkan pada pencapaian kinerja dan kebutuhan instansi," ungkap dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Juventus Belum Terkejar

Posted: 07 Feb 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Liga Italia telah memasuki pekan ke-22. Juventus masih mendominasi klasemen untuk sementara.

Ya, Si Nyonya Tua telah mengoleksi 60 poin. Hebatnya, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan belum tersentuh kekalahan sama sekali.

Sementara di posisi kedua masih dikuasai oleh Napoli. Mereka terpaut sembilan poin dengan Juventus.

Di posisi ketiga klasemen Liga Italia sendiri dipegang oleh Inter Milan. Anak asuh Luciano Spalletti mengoleksi 40 poin dari 22 laga.

Meski demikian persaingan di posisi ketiga bakal ketat karena Inter hanya berselisih poin tipis dengan Lazio dan AC Milan. Berikut klasemen Liga Italia hingga pekan ke-22:

 

Klasemen

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo berebut  bola dengan kiper Lazio, Thomas Strakosha pada pekan ke-21 Serie A di Stadion Olimpico, Minggu (27/1). Sempat tertinggal, Ronaldo membawa Juventus menang 2-1 atas Lazio. (AP/Gregorio Borgia)

 

Jadwal Liga Italia

Pemain Juventus, Paulo Dybala menyundul bola di dekat pemain Lazio, Wallace pada pekan ke-21 Serie A di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (27/1). Juventus secara dramatis menang dengan skor 2-1 atas tuan rumah, Lazio. (AP/Gregorio Borgia)

Jadwal Liga Italia Pekan Ke-23

Jumat, 8 Februari 2019

02.30 WIB Lazio vs Empoli

Sabtu, 9 Februari 2019

02.30 WIB Chievo vs AS Roma

Minggu, 10 Februari 2019

00.00 WIB Fiorentina vs Napoli

02.30 WIB Parma vs Inter Milan

18.30 WIB Bologna vs Genoa

21.00 WIB Sampdoria vs Fronsinone

21.00 WIB Atalanta vs SPAL

21.00 WIB Torino vs Udinese

Senin, 11 Februari 2019

00.00 WIB Sassuolo vs Juventus

02.30 WIB Milan vs Cagliari

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Ini Mengira Rumahnya Berhantu, Kenyataannya Bikin Syok

Posted: 07 Feb 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang hantu atau pengalaman supranatural menjadi hal yang seru kala berkumpul dengan teman atau saudara. Namun, tak jarang juga menjadi momok yang menakutkan ketika kamu merasakan ada mahluk halus yang ada di rumah. Tentunya kamu menjadi merasa resah dan was-was.

Seperti yang dirasakan oleh seorang mahasiswa Universitas North Carolina. Dilansir Liputan6.com dari Odditycentral, Jumat (8/2/2019) ia mengira apartemennya ada 'penunggu' setelah segala sesuatunya mulai menghilang.

Namun pelajar perempuan yang dikenal sebagai Maddie itu akhirnya menyadari bahwa ia sedang tidak berurusan dengan hantu, tetapi sesuatu yang sama menakutkannya dengan hantu.

Pasalnya ia menemukan seorang pria aneh bersembunyi di lemari pakaiannya dan mengenakan pakaiannya. Tidak kalah menyeramkannya bukan?

Rumahnya disusupi seorang pria tak dikenal

Pencuri masuk rumah (sumber: odditycentral)

Maddie berpikir bahwa ada hantu di apartemennya setelah pakaiannya mulai menghilang dan sidik jari aneh mulai muncul di cermin dan dinding.

Namun, pada hari Sabtu, Maddie mendengar suara gemerisik dari lemari dan suaranya terdengar seperti rakun. Kemudian Maddie bertanya "Siapa di sana?" dan seseorang menjawab, "Oh, nama saya Drew"

Maddie pun membuka pintu dan melihat lelaki tersebut ada di lemari, mengenakan pakaian, kaos kaki, sepatu dan tas yang penuh dengan buku dan baju Maddie.

Meskipun panik, Maddie pun berhasil menjaga ketenangannya dan dengan cepat menelfon pacarnya. Dia mulai berbicara dengan pria aneh di lemarinya untuk mengalihkan perhatiannya dan mengulur waktu. Menyeramkannya, pria tersebut terlihat menginginkan lebih dari sekedar obrolan.

"Dia mencoba topiku. Dia pergi ke kamar mandi dan melihat ke cermin dan kemudian seperti 'kamu sangat cantik, bisakah aku memelukmu?' ucap Maddie pada Fox8.

"Tapi dia tidak pernah menyentuhku." Imbuhnya.

Ketika pacar Maddie tiba di apartemennya, dia membuat tamu tak diundang itu pergi dan menelepon polisi.

Ditangkap polisi dan dipenjara

'Hantu lemari' itu kemudian ditangkap di dekat gedung apartemen dan diidentifikasi sebagai Andrew Swofford yang berusia 30 tahun.

Pada hari Senin, ia dipenjara di Guilford County dengan denda $26,000 atau setara dengan Rp 363 juta rupiah atas tuduhan 14 pencurian termasuk pencurian identitas.

Maddie berkata bahwa dia beruntung menemukan "Drew" di lemarinya karena dia datang saat jam makan siang untuk mengambil beberapa barang, yang mungkin tidak dia harapkan.

Belum diketahui caranya masuk rumah

Namun, baik siswa maupun polisi tidak dapat menjelaskan bagaimana ia berhasil masuk ke dalam apartemen, karena pintunya selalu terkunci dan tidak ada tanda-tanda masuk secara paksa. Perusahaan pengelola properti yang bertanggung jawab atas pembangunan apartemen juga berusaha mencari tahu bagaimana hal seperti ini terjadi.

Rupanya ini adalah kedua kalinya Maddie menemukan orang asing di apartemennya hanya dalam waktu sebulan. Pada bulan Desember yang lalu dia pulang, dan menemukan dua pria aneh di ruang tamunya.

Maddie pun memberi tahu kantor leasing tentang hal itu dan mereka mengubah kunci di pintu depan, tetapi tidak memberi tahu polisi tentang kejadian itu.

Meskipun akhirnya misteri 'hantu lemari' itu telah berhasil dipecahkan, Maddie mengatakan dia tidak merasa aman tinggal di apartemen lagi.

Semoga kejadian Maddie ini bisa menjadi pelajaran untuk kita agar selalu waspada dimanapun kita berada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Dekat dengan Tuhan, Justin Bieber Puasa Seks di Luar Nikah

Posted: 07 Feb 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Justin Bieber dan Hailey Baldwin (yang kini telah menggunakan nama Hailey Bieber), baru saja menjalani pemotretan eksklusif untuk cover terbaru Vogue. Tak hanya berpose di depan kamera, pasangan ini juga membicarakan banyak hal mengenai kehidupan pribadi dalam sebuah wawancara mendalam.

Dalam wawancara ini, Justin Bieber membuat sebuah pengakuan yang mengejutkan banyak orang.

Ia mengatakan bahwa sebelum kembali menjalin hubungan dengan Hailey pada Juni tahun lalu, pelantun "Never Say Never" ini telah puasa seks sekitar setahun.

Dilansir dari situs Vogue, Jumat (8/2/2019), ia mengaku sempat mengalami "masalah seksual yang terbilang serius". Justin Bieber mengaku bahwa hubungan seks tak lagi memberinya kepuasan.

Dekati Tuhan

Justin Bieber. (FREDERIC J BROWN / AFP)

Justin lantas memutuskan untuk puasa seks agar bisa kembali merasa dekat dengan Sang Pencipta.

"Dia (Tuhan) meminta kita untuk tidak melakukan seks bukan karena ia ingin mengatur atau semacamnya. Dia seperti, 'Aku mencoba melindungi kalian dari rasa sakit'. Kurasa seks bisa memberikan banyak luka dan rasa sakit," kata Justin Bieber.

Ia melanjutkan bahwa kadang seseorang melakukan hubungan seks karena merasa diri mereka kurang bernilai.

"Perempuan melakukannya dan pria melakukannya. Aku ingin kembali mendedikasikan diriku kepada Tuhan dengan cara ini karena kupikir ini lebih baik untuk jiwaku," tuturnya.

 

Pencarian Berakhir

Hailey dan Justin Bieber. (Instagram/@haileybaldwin)

Justin Bieber lantas memuji Hailey, yang menurutnya sebagai balasan dari Tuhan atas perilakunya ini. "Aku yakin Tuhan memberkatiku dengan Hailey sebagai hasilnya. Ini adalah imbalannya. Kamu mendapat hadiah atas perilaku yang baik," tuturnya.

Pria 24 tahun ini mengakui, salah satu pertimbangannya untuk cepat-cepat menikahi Hailey adalah kembali melakukan hubungan seks. Namun, itu bukan satu-satunya alasan.

"Saat aku melihatnya Juni lalu, aku lupa betapa aku mencintainya dan merindukannya, dan betapa kehadirannya memberi dampak positif kepada hidupku. Aku kayak gila, ini yang kucari selama ini," kata Justin Bieber.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hal Ini Buat Ma'ruf Amin Optimistis Menang di Sumbar

Posted: 07 Feb 2019 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin, optimistis bisa menang di Sumatera Barat. Sebab, di pilpres pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin telah didukung oleh 10 plus.

Partai-partai itu yaitu PDIP, PKB, Golkar, PPP, NasDem, PSI, Perindo, Hanura, PKPI, dan yang paling baru adalah PBB. Kemudian, yang membuatnya plus, lanjut dia, didukung oleh kader-kader partai, yang secara struktural sudah mendukung paslon lain.

"Setelah saya bertemu, optimistis betul, pasangan 01 memenangkan Pilpres di Sumatera Barat. Karena potensi yang kita miliki besar. Pendukungnya 10 partai, besar. Bahkan ada beberapa partai secara struktural tidak mendukung, tapi di beberapa daerah mendukung. 10 plus. Termasuk mudah-mudahan di Sumatera Barat," ucap Ma'ruf Amin saat bertemu dengan para relawan Forum Komunikasi Relawan Pemenangan Jokowi (FKRPJ), Kota Padang, Jumat (8/2/2019).

Dia menegaskan, di Sumbar, relawannya besar, rata-rata yang sudah mendukung adalah kepala daerah, bupati, wali kota.

"Dan setelah tanya di sini, prestasi Pak Jokowi periode pertama apakah sudah dinikmati atau belum, sudah. Apakah itu prasarana, di pendidikan, kesehatan, maupun di keluarga harapan. Sebenarnya potensi itu besar sekali. Tinggal bagaimana mengkonversi itu menjadi elektabilitas," ungkap Ma'ruf Amin.

Oleh karena itu, lanjut dia, gerakan relawan hendaknya berkoordinasi dengan partai yang ada. "Saya optimistis bahwasanya 01 akan memenangkan pilpres yang akan datang di Sumatera Barat," ucap Ma'ruf.

 

PKS Berikan Dukungan

Sementara itu, Ketua FKRPJ Sumbar Hartind Asrin menuturkan, sudah ada 24 relawan di bawahnya. Menurut dia, ke depan akan bisa bertambah lagi.

"Kami sudah dikukuhkan tanggal 2 Agustus 2018. Sudah bekerja di lapangan. Hasil nyatanya 17 kepala daerah dari 19 (di Sumbar) sudah mendukung 01. Yang belum hanya 2, Pasaman Barat dan Kota Padang," kata Hartind.

Dia menuturkan, semuanya berkaitan dengan infrastruktur yang dilakukan Jokowi di periode pertama. "Pasti dong. Kalau berpikir strategis. Dan saya sudah mengukur di lapangan," tutur Hartind.

Dia juga menuturkan, Gubernur Sumbar secara pribadi mendukung Jokowi-Ma'ruf. Tapi karena partainya mendukung Prabowo-Sandi, sehingga dia menjalankan etika politiknya.

"Secara pribadi yes, tetapi secara, karena kelembagaan dan ada etika politiknya," tukasnya.

Dia juga memaparkan, Wali Kota Payakumbuh, yang merupakan kader PKS, juga memberikan dukungan paslon 01.

"Itu sudah oke aman. PKS itu. Sekarang (mendukung) Jokowi," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: