Rabu, 27 Februari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Deretan Warung Super Nyeleneh yang Hanya Bisa Ditemui di Indonesia

Posted: 27 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bagi masyarakat Indonesia, warung makan tampaknya sangat mudah ditemukan di setiap wilayah. Tentu keberadaan warung sangat membantu masyarakat ketika mencari berbagai kebutuhan, mulai dari makanan hingga perintilan rumah tangga.

Banyak kebiasaan di warung yang tak akan kamu jumpai di tempat lain. Misalnya saja kasbon atau berutang belanjaan, obrolan-obrolan seru yang cuma ada di warung dan suasana kekeluargaan yang bisa kamu rasakan.

Bicara soal warung, biasanya para pemilik melakukan berbagai cara untuk membuat warung mereka menarik minat para calon pelanggannya. Misalnya saja dengan menyediakan fasilitas tertentu, atau membuat nama yang unik buat warungnya. Dengan begitu, para calon pelanggan bakal penasaran dan mampir ke warung tersebut.

Tapi, apa jadinya ya jika ada penampakan absurd di warung yang biasa kamu kunjungi sehari-hari? Pasti waktu mau beli malah gagal paham nih.

Nah, penasaran seperti apa? Berikut potretnya seperti melansir dari berbagai sumber.

1. Biar makin dingin kali ya, jadinya di kipasin 

Warung Super Nyeleneh yang Hanya Bisa Ditemui di Indonesia

2. Ada spesialis lontong nih

Warung Super Nyeleneh yang Hanya Bisa Ditemui di Indonesia

3. Spanduk sama yang dijual beda gitu ya

Warung Super Nyeleneh yang Hanya Bisa Ditemui di Indonesia

4. Loh, ada yang jagain nih

Warung Super Nyeleneh yang Hanya Bisa Ditemui di Indonesia

5. Enggak salah tarus banner-nya nih?

Warung Super Nyeleneh yang Hanya Bisa Ditemui di Indonesia

6. Awas ketahuan emak-emak

Warung Super Nyeleneh yang Hanya Bisa Ditemui di Indonesia

Reporter:

Weni Arfiyani

Sumber: Brilio.net

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Pertamina Mudahkan Pelanggan Dapat Bahan Bakar Minyak

Posted: 27 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira datang untuk pelanggan Pertamina di  Jakarta. Setiap pemesanan bahan bakar Pertamax Racing, Pertamax Turbo, dan Pertamina Dex lewat fitur Go-Pertamina, dalam aplikasi Go-Life Indonesia, pelanggan di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan akan mendapatkan voucher bensin Rp 25.000 dan gratis ongkos kirim. 

Hal itu berlaku selama periode promo 26 Februari hingga 21 Maret 2019. Sejak 2018, Pertamina telah menghadirkan jasa pengantaran bahan bakar melalui aplikasi di perangkat selular (smartphone) di beberapa lokasi.

Go-Pertamina menjadi pioneer jasa pemesanan online dan pengantaran bahan bakar resmi di Indonesia. 

Unit Manager Comm & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III, Dewi Sri Utami mengatakan, kolaborasi Pertamina dengan Go-Life merupakan cara Pertamina mengakomodir tren gaya hidup pelanggan masa kini yang on demand.

"Fitur Go-Pertamina memberikan kemudahan akses bagi pelanggan. Proses transaksinya juga aman dan transparan," ujar Dewi.

 

 

Selanjutnya

Petugas mengisi BBM pada sebuah mobil di SPBU, Jakarta, Sabtu (5/1/2019). PT Pertamina (Persero) menurunkan harga BBM non subsidi yakni, Pertalite Rp 150 per liter, Pertamax Rp 200 per liter dan Pertamax Turbo Rp 250 per liter. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dewi juga menuturkan, cara mengikuti promo cukup mudah. Pelanggan yang sudah memesan dapat langsung mem-posting satu instagram story yang menceritakan pengalaman pribadi menggunakan fitur Go-Pertamina.

Posting turut menyertakan tag akun Instagram @golifeindonesia dan @pertamaxid.  Saat Pengantar BBM (Runner) Go-Pertamina tiba, pelanggan dapat langsung menunjukan hasil posting Instagram Story miliknya untuk mendapatkan voucher bensin Pertamina senilai Rp 25.000 secara gratis.

Jam pemesanan program ini dapat dilakukan mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB. "Runner Go-Pertamina yang professional dan terpercaya siap mengantarkan bahan bakar Pertamina langsung ke tempat pelanggan. Para Runner juga sudah terlatih sesuai standar kualitas HSSE (kesehatan, keselamatan, dan keamanan lingkungan) ala Pertamina," ujar Dewi.  

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Deretan Bisnis Mertua Syahrini, Rosano Barack

Posted: 27 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ayah dari Reino Barack, Rosano Barack adalah pengusaha sukses Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mencegah Rambut Rontok Berlebihan, Cukup dengan Bahan Alami

Posted: 27 Feb 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebagai mahkota pada wanita, rambut menjadi salah satu bagian penting untuk menghasilkan penampilan yang sempurna. Tapi masalah pada rambut pun sering dialami oleh sebagian besar wanita yaitu kerontokan rambut.

Tentu saja jika mengalami rambut rontok secara berlebihan akan merasa ketakutan. Oleh karena itu banyak orang yang mencari cara mencegah rambut rontok agar mereka tak mengkhawatirkannya lagi.

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sabagai cara mencegah rambut rontok. Penyebab rambut rontok pun bermacam-macam. Akan tetapi kerontokan pada rambut yang masih bisa dibilang normal ialah jika kamu mengalami kerontokan rambut sebanyak 40 hingga 120 helai. Namun kamu harus berhati-hati jika mengalami kerontokan lebih dari itu.

Meskipun masih bisa dibilang normal, akan tetapi jika mengalami kerontokan cukup banyak pasti akan mempengaruhi penampilan serta kepercayaan diri.

Cara mencegah rambut rontok pun pasti banyak dilakukan oleh kaum hawa, salah satunya bisa jadi dengan melakukan perawatan atau hair treatment yang tentu saja bisa mengurusa isi kantong.

Namun sebenarnya cara mencegah rambut rontok yang berlebihan bisa kamu lakukan dengan bahan alami. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/2/2019), berikut ini faktor penyebab rambut rontok serta cara mencegah rambut rontok menggunakan bahan alami yang bisa kamu praktikkan di rumah.

Faktor penyebab rambut rontok

Mencegah rambut rontok/copyright shutterstock

Sebelum mengetahui bagaimana cara mencegah rambut rontok, kamu juga perlu mengetahui apa saja penyebab rambut rontok. Beberapa orang memiliki permasalahan rambut rontok dengan penyebab yang berbeda. Akan tetapi faktor eksternal menjadi penyebab dari rambut rontok yang mungkin sangat umum.

Selain itu, faktor internal seperti perubahan hormon pun dapat memicu adanya kerontokan pada rambut. Berikut ini beberapa faktor penyebab kerontokan pada rambut.

1. Faktor keturunan

Penyebab kerontokan rambut yang pertama sering kali diakibatkan karena faktor keturunan ataupun genetik. Maksudnya ialah jika orangtua kamu memiliki masalah rambut rontok, maka kamu pun memiliki kemungkinan mengalami rambut rontok. Meskipun banyak wanita yang mengalami kerontokan rambut, akan tetapi untuk faktor genetik lebih banyak dialami oleh kaum pria.

2. Kehamilan

Pada wanita yang sedang hamil, mereka akan lebih sering mengalami kelelahan, dehidrasi serta ketidakseimbangan hormon. Hal ini lah yang bisa mengakibatkan peningkatan pada kepekaan folikel rambut.

Jika folikel rambut mengalami peningkatan kepekaan, maka kondisi kulit kepala pun cenderung tidak sehat. Ini pula yang bisa mengakibatkan kerontokan pada rambut.

3. Perubahan hormon

Perubahan hormon sering terjadi pada kaum wanita terutama saat sedang mengalami siklus menstruasi. Perubahan pada hormon inilah yang mengakibatkan kerontokan pada rambut. Hal ini dikarenakan adanya pelemahan di akar rambut serta peningkatan kepekaan pada folikel rambut.

4. Pengobatan dan perawatan

Terlalu sering menggunakan produk perawatan pun tidak dianjurkan. Karena produk perawatan dari dokter pun tetap memiliki kandungan bahan kimia di dalamnya.

Apabila kamu sering melakukan perawatan dengan menggunakan alat yang cukup panas untuk membentuk model rambut, maka rambut kamu akan sangat cepat mengalami kerusakan dan juga kerontokan.

Selain itu, jika kamu sedang menjalankan proses pengobatan secara terus-menerus maka kemungkinan besar efek yang akan ditimbulkan ialah mengalami kerontokan rambut atau kebotakan.

5. Stres fisik dan mental

Faktor kerontokan pada rambut berikutnya ialah stres. Jika kamu mengalami stres fisik dan mental secara terus menerus maka bisa mengakibatkan turunnya berat badan secara berlebihan.

Selain itu kerja fisik yang terlalu berat pun bisa menyebabkan tubuhmu kelelahan dan juga dehidrasi. Tentu saja kedua hal ini bisa mempengaruhi pada gizi ataupun nutrisi yang terserap pada rambut. Hingga pada akhirnya kamu bisa mengalami kerontokan dengan sangat cepat.

 

Cara mencegah rambut rontok

Jika kamu telah mengetahui faktor penyebab rambut rontok, maka tak ada salahnya kamu juga perlu mengetahui cara mencegah rambut rontok secara alami.

Karena cara mencegah rambut rontok yang berlebihan menggunakan bahan alami, justru akan menambah nutrisi pada rambut. Berikut ini beberapa cara mencegah rambut rontok menggunakan bahan alami yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

1. Lidah buaya

gel lidah buaya (sumber: pixabay)

Kandungan dalam lidah buaya memang sangat tinggi akan nutrisi, maka tak heran jika lidah buaya digunakan sebagai salah satu cara mencegah rambut rontok. Kandungan pada lidah buaya pun dipercaya bisa merangsang pertumbuhan rambut. Cara mencegah rambut rontok menggunakan lidah buaya pun cukup mudah.

Sebelumnya kamu perlu membasahi rambut terlebih dahalu, kemudian tunggu hingga setengah kering. Kemudian usapkan lendir yang ada pada lidah buaya ke akar rambut.

Diamkan 15 hingga 20 menit agar nutrisi yang ada pada lidah buaya bisa terserap hingga ke akar rambut. Setelah itu, bilas menggunakan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, sebaiknya gunakan 2 hingga 3 kali dalam seminggu secara teratur.

2. Buah Alpukat

Ilustrasi alpukat (Sumber: pixabay)

Buah alpukat yang kaya akan protein dan juga lemak ini sang bagus bila digunakan untuk mencegah rambut rontok. Kandungan protein pada buah alpukat ini pun dipercaya bisa merangsang pertumbuhan rambut dan juga menguatkan akar rambut.

Cara mencegah rambut rontok dengan alpukat pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan daging buah kemudian balurkan pada rambut dan juga kulit kepala. Diamkan kurang lebih 20 menit, setelah itu bilas hingga bersih. Untuk hasil yang optimal, lakukan perawatan secara rutin.

3. Jambu Biji

Makan Biji Jambu Bisa Sebabkan Usus Buntu?

Buah yang kaya akan vitamin B3, B5 dan B6 ini ternyata ampuh untuk memperbaiki rambut rusak serta mengurangi kerontokan pada rambut. Kamu bisa menggunakan jambu biji sebagai masker. Caranya kamu hanya perlu menghaluskan buah jambu biji serta rambahkan satu putih telur.

Setelah itu aduk hingga tercamput rata kedua bahan tersebut. Kemudian oleskan pada arambut hingga akarnya. Diamkan kurang lebih 40 menit dan oihajt kulit kepala secara halus. Setelah itu kamu bisa membilasnya hingga bersih.

 

4. Yoghurt

Cara Mencerahkan Wajah Kusam dengan yoghurt (sumber: istockphoto)

Selain sehat bagi pencernaan ternyata yoghurt pun sangat bagi untuk menutrisi rambut. Terutama bagi kamu yang memiliki jenis rambut kering. Salah satu penyebab rambut rontok ialah kurangnya nutrisi, dan yoghurt bisa membantu mengembalikan nutrisi yang hilang.

Cara penggunaannya kamu hanya perlu mencampurkan yoghurt, madu dan juga minyak kelapa. Kemudian aduk ketiga bahan tersebut hingga merata, setelah itu oleskan pada rambut sampai ke akar rambut. Diamkan kurang lebih 30 menit dan setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

5. Bawang putih

Bawang putih. (iStockphoto)

Siapa yang bakal mengira jika bawang putih bisa digunakan untuk mencegah rambut rontok? Ternyata salah satu bumbu dapur ini juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mencegah rambut rontok.

Cara menggunakannya pun mudah dilakukan, kamu hanya perlu menghaluskannya untuk dijadikan masker rambut. Namun saat membilas dengan air, kamu harus benar-benar membersihkannya hingga bersih serta menggunakan shampo.

Hal ini karena menggunakan bawang putih sebagai masker bisa meninggalkan aroma cukup menyengat pada rambut kamu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Resmikan JPO di Sudirman, Anies Baswedan Asyik Swafoto

Posted: 27 Feb 2019 09:10 PM PST

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (28/2). JPO di Jalan Jenderal Sudirman mencuri perhatian masyarakat karena desain yang artistik. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (28/2). JPO di Jalan Jenderal Sudirman mencuri perhatian masyarakat karena desain yang artistik. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) mendengarkan penjelasan saat meresmikan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (28/2). Namun, lift JPO masih belum beroperasi ketika diresmikan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) mendengarkan penjelasan saat meresmikan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (28/2). Namun, lift JPO masih belum beroperasi ketika diresmikan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri) saat meresmikan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (28/2). JPO yang diresmikan adalah JPO Gelora Bung Karno dan JPO Bundaran Senayan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri) saat meresmikan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (28/2). JPO yang diresmikan adalah JPO Gelora Bung Karno dan JPO Bundaran Senayan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berswafoto saat meresmikan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (28/2). JPO yang diresmikan adalah JPO Gelora Bung Karno dan JPO Bundaran Senayan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berswafoto saat meresmikan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (28/2). JPO yang diresmikan adalah JPO Gelora Bung Karno dan JPO Bundaran Senayan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Fasilitas tong sampah yang ada di jembatan penyeberangan orang (JPO) kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (28/2). Hari ini, Gubernur DKI Anies Baswedan meresmikan JPO yang sudah direvitalisasi di Sudirman. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Fasilitas tong sampah yang ada di jembatan penyeberangan orang (JPO) kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (28/2). Hari ini, Gubernur DKI Anies Baswedan meresmikan JPO yang sudah direvitalisasi di Sudirman. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Man City Terus Pepet Liverpool

Posted: 27 Feb 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Manchester City terus memepet Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris. Kemenangan 1-0 atas West Ham United mempertahankan jarak mereka dengan The Reds, satu poin.

Liverpool sendiri seperti diketahui, menang besar 5-0 atas Watford.

Saat ini, Liverpool mendulang 69 poin dari 28 laga, sedangkan Manchester City mengumpulkan 68 poin. Peringkat ketiga klasemen Liga Inggris ditempati Tottenham Hotspur, yang sudah mengoleksi 60 poin.

Persaingan memperebutkan posisi keempat klasemen Liga Inggris berlangsung sengit. Posisi ini juga merupakan tiket terakhir untuk tampil di Liga Champions musim depan.

Arsenal kini menghuni peringkat keempat, tapi hanya unggul satu poin atas Manchester United (MU), yang berada di posisi kelima. Chelsea menempati posisi keenam, tapi memiliki satu pertandingan lebih sedikit dibanding Arsenal dan MU.

Berikut klasemen Liga Inggris pekan ke-28.

Klasemen Liga Inggris

 

 

Hasil Liga Inggris

Hasil Liga Inggris 27-28 Februari 2019

Cardiff City 0 - 3 Everton

Huddersfield Town 1 - 0 Wolverhampton

Leicester City 2 - 1 Brighton & Hove Albion

Newcastle United 2 - 0 Burnley

Arsenal 5-1 Bournemouth

Southampton 2-0 Fulham

Crystal Palace 1-3 Manchester United

Chelsea 2-0 Tottenham Hotspur

Liverpool 5-0 Watford

Manchester United 1-0 West Ham United

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Tiga Karakter Pembeli Mobil, Anda yang Mana?

Posted: 27 Feb 2019 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya, sekitar 1 juta mobil terjual di Indonesia. Hal tersebut membuat beragam pabrikan otomotif dunia mencoba mencari peruntungan dengan menawarkan mobil andalannya.

Dari sekian banyak pembeli, Honda mengaku terdapat tiga karakter konsumen mobil di Tanah Air, yakni trend seeker, smart buyer, dan everyday user.

"Kalau trend seeker itu pembeli model terbaru yang melihat trend yang sedang berkembang, sedangkan smart buyer merupakan pembeli kritis yang tidak hanya mementingkan fitur tetapi juga running cost, kenyamanan dan resale value," kata Jonfis Fandy sebagai Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Jonfis juga menjelaskan bila karakter konsumen everyday user, merupakan pembeli yang menggunakan mobil mereka untuk kegiatan sehari-hari.

Saat disinggung karakter mana yang sesuai dengan pembeli Honda, Jonfis mengaku dari ketiga kategori yanga ada, trend seeker dan smart buyer merupakan konsumen terbesar perusahaan otomotif Jepang tersebut di Indonesia.

"Di 1 dan 2, mereka itu membeli dengan liat internet, referensi, bandingin ini dan itu, komparasi juga kan sekarang sudah mudah. Nah orang seperti yang ada di zona Honda sekarang," ujarnya.

 

Daftar Mobil Terlaris Honda di Awal 2019

Honda Brio Satya dan Honda Brio RS masih menjadi model dengan penjualan tertinggi untuk Honda di Indonesia di awal tahun ini.

Tercatat Honda Brio Satya mampu terjual 4.798 unit dan menguasai 28 persen pangsa pasar di segmen LCGC.

Sementara itu, Honda Brio RS terjual sebanyak 1.699 unit di bulan Januari lalu dan memimpin pasar City Car dengan pangsa pasar hingga 87 persen.

Secara total, kedua model tersebut memberikan kontribusi hingga 65 persen dari keseluruhan penjualan mobil Honda selama Januari 2019.

Mampu mencapai angka penjualan 10.064 unit, selain kedua mobil tersebut, kontribusi untuk penjualan Honda juga datang dari produk lainnya, yakni Honda Jazz dengan penjualan 1.423 unit, Honda HR-V 1.5L sebanyak 1.171 unit dan Honda HR-V 1.8L sebanyak 357 unit.

Posisi selanjutnya ditempati Honda CR-V dengan angka 376 unit, Honda BR-V sebanyak 166 unit, Honda Civic Hatchback sebanyak 27 unit dan Honda City sebanyak 15 unit.  

Sementara itu, Honda Mobilio hanya terjual sebanyak 32 unit di bulan Januari seiring dengan berakhirnya produksi model sebelumnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditanya Soal Denuklirisasi Semenanjung Korea, Ini Jawaban Kim Jong-un

Posted: 27 Feb 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Hanoi - Dalam konferensi singkat sebelum berlanjutnya KTT Vietnam, seorang wartawan bertanya kepada Kim Jong-un, apakah dia bersedia untuk sepenuhnya melucuti persenjataan nuklirnya.

"Jika saya tidak bersedia melakukannya, saya tidak akan berada di sini sekarang,: jawab Kim melalui penerjemahnya, sebagaimana dikutip dari CNN pada Kamis (28/2/2019).

Seorang penerjemah CNN mengatakan frasa asli Kim Jong-un juga dapat diartikan sebagai "Saya tidak akan datang ke sini, jika saya tidak memiliki kemauan."

Kim Jong-un telah berulang kali mengatakan pada KTT di Korea Selatan dan Singapura, bahwa ia bersedia menyerahkan persenjataan nuklirnya.

Tetapi, menurut para ahli, sejauh ini hanya ada sedikit bukti kemajuan dalam pembuktian denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Sementara itu, Donald Trump mengatakan, hubungan kedua pemimpin itu "benar-benar bagus."

"Kami membuat banyak kemajuan," kata Trump tentang pertemuan puncak pertama mereka. "Saya pikir kemajuan terbesar adalah hubungan kami, benar-benar bagus."

Ditanya apakah KTT ini akan menghasilkan deklarasi politik untuk mengakhiri Perang Korea, Trump mengatakan: "Kita lihat nanti."

Di lain pihak, Kim mengatakan dia "yakin akan mencapai hasil yang luar biasa yang akan disambut oleh semua orang."

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Batal Melakukan Bincang Pagi di Tepi Kolam Renang

Kim Jong-un dan Donald Trump saat makan malam di acara KTT AS - Korea Utara jilid 2 di Hanoi, Vietnam. (AP)

Sebelumnya, Donald Trump dan Kim Jong-un membatalkan agenda bincang santai di tepi kolam renang Sofitel Legend Metropole Hanoi, hotel legendaris yang menjadi lokasi pertemuan awal dan jamuan makan malam kedua pemimpin negara.

Menurut pantauan media di Hanoi, Donald Trump dan Kim Jong-un memindahkan agenda obrolan tersebut ke dalam hotel karena cuaca yang panas dan lembab.

Badan cuaca Vietnam melaporkan suhu udara di Hanoi adalah 73 derajat Fahrenheit (sekitar 23 derajat Celsius), namun dengan kelembapan yang sangat tinggi, hingga mencapai 93 persen.

Pagi ini, Donald Trump dan Kim Jong-un disebut mengenakan setelan lengkap yang merepresentasikan kepemimpinan masing-masing.

Belum ada kabar lebih lanjut tentang rangkaian pertemuan Trump-Kim pada hari kedua KTT Vietnam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta tentang Kampanye Golput di Media Sosial

Posted: 27 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Yogyakarta - Departemen Politik dan Pemerintahan (DPP) Fisipol UGM melalui Laboratorium Big Data Analytics melakukan analisis big data tentang isu golput menjelang Pemilu 2019. Golput yang merupakan akronim dari golongan putih dapat diartikan sebagai sikap atau perilaku untuk tidak menggunakan hak suara dalam pemilu.

Data diperoleh melalui beberapa sumber, yakni percakapan di media sosial Twitter dan pemberitaan di 276 media online. Metode pengambilan data menggunakan Application Programming Interface dalam rentang waktu 27 Januari sampai 19 Februari 2019.

Analisis peta potensi golput menjelang Pemilu 2019 menguak lima fakta yang mengejutkan. Pertama, pemetaan isu golput berdasarkan sebaran geografis cenderung Jawa sentris.

Analisis data Twitter menunjukkan bahwa Jawa Barat (21,60 persen), DKI Jakarta (14,94 persen), dan Jawa Timur (14,64 persen) adalah daerah dengan percakapan isu golput terbanyak jika dibandingkan dengan daerah lain.

"Salah satu wujudnya diekspresikan lewat tagar yang berbicara soal golput dan kampanye soal golput," ujar Arya Budi, dosen DPP Fisipol UGM, Senin, 25 Februari 2019.

Tagar yang dimaksud bertuliskan tetap golput, mari golput, suara golput, 2019 tetap golput, coblos samping, pemilu membunuhmu, dan sebagainya.

Kedua, terjadi peningkatan pembicaraan isu golput di media sosial pada 5 Februari dan 18 Februari 2018. Hal ini ditandai dengan terjadi 500 percakapan per hari pada kedua tanggal itu, sedangkan hari biasa hanya sekitar 50 percakapan golput per hari.

Arya menilai ada dua hal yang menyebabkan peningkatan percakapan pada kedua hari itu. Pada tanggal 5 Februari, isu golput masif berputar dalam percakapan publik karena ada pihak-pihak berpengaruh, misal, akun dengan jumlah pengikut ribuan atau jutaan, yang secara sengaja atau tidak memulai perbincangan.

Sedangkan, pada tanggal 18 Februari 2019, peningkatan perbincangan isu golput di media sosial karena momentum politik, yakni debat calon presiden yang digelar satu hari sebelumnya.

 

1 dari 10 Perbincangan di Media Sosial adalah Kampanye Golput

Departemen Politik dan Pemerintahan (DPP) Fisipol UGM melalui Laboratorium Big Data Analytics melakukan analisis big data tentang isu golput menjelang Pemilu 2019.(Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Ketiga, satu dari dari 10 percakapan tentang golput adalah percakapan untuk mengampanyekan golput. Penelitian ini menganalisis 2.840 percakapan tentang golput dan menemukan 269 percakapan ditujukan untuk mengampanyekan golput.

Mereka juga mengidentifikasi akuntan yang dibuat khusus untuk berkampanye Golput atau mengajak orang untuk tidak berpartisipasi dalam pemilu.

Keempat, terdapat tiga provinsi di Jawa yang paling banyak mengampanyekan golput di media sosial, yakni DKI Jakarta sebanyak 20 titik, Jawa Barat ada 17 titik, dan Jawa Tengah sejumlah 12 titik.

Arya berharap kepada penyelenggara dan peserta pemilu dapat menindaklanjuti data-data analisis tentang isu golput itu.

"Hal ini penting karena selain munculnya problem legitimasi, pemilu hanya akan dinikmati elite jika publik memilih diam di rumah," ucap Arya.

 

Ancaman bagi Demokrasi

Departemen Politik dan Pemerintahan (DPP) Fisipol UGM melalui Laboratorium Big Data Analytics melakukan analisis big data tentang isu golput menjelang Pemilu 2019.(Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Wawan Mas'udi, wakil dekan dan dosen DPP Fisipol UGM, berpendapat golput memberi dampak delegitimasi demokrasi di Indonesia. Demokratisasi masih dalam proses pematangan dan terus menghadapi ancaman ketidakpercayaan.

"Demokrasi tidak berfungsi optimal tanpa keterlibatan warga negara danmasifnya golput akan menjadi ancaman bagi legitimasi demokrasi," tutur Wawan.

Ia juga memaparkan sejumlah alasan munculnya potensi golput di masyarakat antara lain, tidak puas dengan petahana, tetapi oposisi juga dipandang tidak layak, kandidat yang dipandang tidak mewakili dan sikap golput sebagai voting protes, sistem politik atau rezim dipandang tidak legitimate dan memberi suara hanya akan memberi legitimasi sistem yang ada, sistem yang ada tidak menjamin keadilan sehingga muncul golput sebagai bentuk perlawanan, dan memilih atau tidak menjadi hak konstitusional.

"Menjelang Pemilu 1997, golput sangat tinggi karena rezim dipandang tidak legitimate dan kalau sekarang sebenarnya tidak seperti itu, tetapi dari percakapan di media sosial seolah-olah masih dirasakan," kata Wawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live di Indosiar, Ini Jadwal Piala Presiden 2019 Selengkapnya

Posted: 27 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gong Piala Presiden 2019 ditabuh Sabtu (2/3/2019). Laga tuan rumah Persib Bandung lawan PS Tira Persikabo di Grup A, di Stadion Si Jalak Harupat akan jadi pembuka ajang pramusim yang disiarkan di Indosiar ini.

Usai laga Persib vs PS Tira-Persikabo, laga kedua mempertemukan Perseru Serui vs Persebaya Surabaya di stadion yang sama. Seperti Persib dan PS Tira Persikabo, Perseru dan Persebaya juga bernaung di Grup A.

Total, ada 20 tim peserta yang akan berpartisipasi di Piala Presiden 2019. Mereka dibagi ke dalam lima grup: A-E.

Indosiar sendiri akan menayangkan total 40 pertandingan. Mulai dari fase grup hingga partai puncak alias final.

Berikut jadwal Piala Presiden 2019 di Indosiar, selengkapnya.

 

Grup A

Stadion Si Jalak Harupat, Bandung

Sabtu, 2 Maret 2019

16.00 WIB, Persib Bandung vs Tira-Persikabo

19.00 WIB, Perseru Serui vs Persebaya Surabaya

Kamis, 7 Maret 2019

15.30 WIB, Tira-Persikabo vs Perseru Serui

18.30 WIB, Persebaya Surabaya vs Persib Bandung

Selasa, 12 Maret 2019

15.30 WIB, Tira-Persikabo vs Persebaya Surabaya

18.30 WIB, Persib Bandung vs Perseru Serui

Grup B

Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi

Minggu, 3 Maret 2019

15.30 WIB, Bhayangkara FC vs Semen Padang

18.30 WIB, Bali United vs Mitra Kukar

Minggu, 10 Maret 2019

15.30 WIB, Mitra Kukar vs Bhayangkara FC

18.30 WIB, Semen Padang vs Bali United

Rabu, 13 Maret 2019

15.30 WIB, Semen Padang vs Mitra Kukar

18.30 WIB, Bhayangkara FC vs Bali United

Grup C

Stadion Moch Soebroto, Magelang

Rabu, 6 Maret 2019

15.30 WIB, PSM Makassar vs Kalteng Putra

18.30 WIB, PSIS Semarang vs Persipura Jayapura

Senin, 11 Maret 2019

15.30 WIB, Kalteng Putra vs PSIS Semarang

18.30 WIB, Persipura Jayapura vs PSM Makassar

Sabtu, 16 Maret 2019

15.30 WIB, Persipura Jayapura vs Kalteng Putra

18.30 WIB, PSIS Semarang vs PSM Makassar

Grup D

Stadion Maguwoharjo, Sleman

Selasa, 5 Maret 2019

15.30 WIB, PSS Sleman vs Madura United

18.30 WIB, Persija Jakarta vs Borneo FC

Jumat, 8 Maret 2019

15.30 WIB, Bonreo FC vs PSS Sleman

18.30 WIB, Madura United vs Persija Jakarta

Jumat, 15 Maret 2019

15.30 WIB, Madura United vs Borneo FC

18.30 WIB, PSS Sleman vs Persija Jakarta

Grup E

Stadion Kanjuruhan, Malang

Senin, 4 Maret 2019

15.30 WIB, Persita Tangerang vs Persela Lamongan

18.30 WIB, Arema FC vs Barito Putera

Sabtu, 9 Maret 2019

15.30 WIB, Barito Putera vs Persita Tangerang

18.30 WIB, Persela Lamongan vs Arema FC

Kamis, 14 Maret 2019

15.30 WIB, Barito Putera vs Persela Lamongan

18.30 WIB, Arema FC vs Persita Tangerang

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kate Middleton Tampil Mewah dengan Gaun Seharga Puluhan Juta Rupiah

Posted: 27 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan Kate Middleton tak jarang jadi pusat perhatian. Seperti beberapa waktu lalu saat berkunjung ke Empire Music Hall di Belfast, Irlandia, gaun yang dipakai ibu tiga anak ini menarik perhatian tak sedikit pasang mata.

Di sebuah unggahan di akun Instagram @kengsintonroyal, baru-baru ini, bersama Pangeran William, Kate terlihat tengah menghadiri pesta perayaan setempat. Hadir di tengah publik, Duchess of Cambridge tampil menawan mengenakan balutan gaun Misoni bewarna hijau mint.

Di kesempatan itu, Kate memilih model matallic lurex midi dress dengan detail crossover. Sementara bagian bawahnya dilengkai aksen giltter. Dilansir dari InStyle, Kamis (28/2/2018), gaun yang dikenakan Kate Middleton dibanderol harga 2.480 dolar Amerika atau setara Rp 34,9 juta.

Bersama gaun puluhan juta rupiah tersebut, Kate melengkapi penampilan dengan memakai perhiasan dari Kiki McDonough berupa kalung Amethyst. Aksesori tersebut bernilai sekitar 1.422 dolar Amerika atau setara Rp 20 juta.

Sepasang anting mewah bewarna mint juga tampak menghiasi telinga putri kerajaan itu. Dengan harga kurang lebih 1.991 dolar Amerika atau setara Rp 28 juta, anting yang dikenakan tampak serasi dengan kalungnya.

Istri Pangeran William itu tampil klasik memakai high heels merek Gianvito Rossi bewarna nude seharga 675 dolar Amerika atau sekitar Rp 9 juta. Tak mau melawatkan semuanya, ia juga memakai Mulberry 'Bayswater' clutch berwarna nude.

Semakin sempurna, Kate Middleton merias wajahnya dengan makeup tipis. Seperti biasa, perempuan 37 tahun tersebut hanya tampil sedikit bold di bagian mata, namun mengandalkan warna merah muda di pipi dan bibir. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Telinga yang Mendadak Tertutup Usai Renang, Harus Dipancing Pakai Air?

Posted: 27 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa saja yang senang berenang, pasti pernah mengalami telinga yang mendadak tertutup. Seolah-olah ada air yang 'mengganjal' di dalam telinga. Hal ini pun membuat telinga jadi tak nyaman.

Biasanya, yang kemudian dilakukan adalah memasukkan air lalu memiringkan telinga agar indera pendengaran kita ini kembali normal. Namun, pada beberapa kasus, ada yang tak mempan hanya dengan melakukan itu saja. Apa yang sebenarnya terjadi?

Menurut dokter spesialis telinga hidung tenggorokan, bedah kepala dan leher dari RS Pondok Indah - Bintaro Jaya, Hably Warganegara, telinga mendadak tertutup yang biasanya dirasakan setelah berenang memiliki dua kemungkinan; ada air yang terperangkap atau adanya kotoran.

Hably, menjelaskan, telinga kebanyakan orang memiliki bentuk yang berlekuk-lekuk atau belok. Sehingga air yang terperangkap tidak bisa keluar.

"Pada kondisi ini, harus dipancing pakai air buat mengangkatnya," kata Hably di Jakarta pada Selasa, 27 Februari 2019.

 

Ilustrasi anak bermain di kolam renang. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Namun, hal serupa tak bisa dilakukan jika kondisi tersebut disebabkan adanya kotoran. Lantaran kotoran bisa mengembang jika kena air. "Jadi, kalau dimasukkan air lagi, akan sama saja," ujarnya.

Guna mengetahui apakah yang terperangkap di telinga setelah berenang adalah air atau kotoran, Hably menyarankan agar melihatnya isi dalam kuping menggunakna senter yang ada di ponsel.

Bila yang terlihat adalah air, bisa dipancing memakai air. Jika ternyata itu adalah kotoran, atau mungkin ragu menentukannya, sebaiknya ke dokter.

"Ke dokter THT akan dibantu," Hably menekankan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Ajang Ini, Para Petani Sawit Berkumpul Bahas Perkembangan Sawit

Posted: 27 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan nasional petani kelapa sawit Indonesia bertajuk "Sawit Indonesia Berdaulat, Bermartabat dan Berkelanjutan" digelar pada Kamis (28/2/2019).

Pertemuan nasional ini digelar sebagai wadah silaturahmi dan diskusi antara petani-petani sawit dengan pemerintah.

Hadirkan beberapa tokoh seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan dan Ketua Harian DPP APKASINDO, Amin Nugroho, pertemuan yang digelar di Hotel Orchardz, Jakarta ini memiliki beberapa tujuan penting.

"Pertemuan ini tentunya digelar untuk sharing informasi baik itu identifikasi masalah di perkebunan sawit, usulan solusi hingga dukungan pemerintah terhadap pengembangan perkebunan sawit," ungkap Amin dalam paparannya di Jakarta, Kamis pekan ini.

Tercatat sekitar 400 orang petani kelapa sawit dan 22 provinsi di Indonesia mengikuti pertemuan ini.

Diharapkan pertemuan ini dapat mempererat tali silaturahmi antar petani kelapa sawit sekaligus dapat menambah wawasan mengenai pengembangan perkebunan kelapa sawit.

 

Kemenko Perekonomian Belum Berencana Ubah Aturan Pungutan Ekspor CPO

Ilustrasi Kelapa Sawit (iStockphoto)

Sebelumnya, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian, Muzdalifah Machmud memastikan belum ada rencana terkait perubahan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang pungutan ekspor kelapa sawit.

Pernyataan itu, sekaligus merespons pergerakan harga CPO di tingkat internasional.

"Belum ada (rencana perubahan PMK), masih mau dilihat, analisa dulu. Karena posisi kita sekarang ini masih terjepit dari mana-mana. Kita diomongin apalah, pungutan yang kadang-kadang diskriminatif sama Indonesia," kata dia saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Senin 25 Februari 2019.

Muzdalifah mengatakan, pihaknya masih membutuhkan kajian apakah nantinya PMK tersebut dapat diubah atau tidak. "Kita melihat di hulunya, di mananya, supaya nanti kita saat ambil kebijakan baru itu tidak mengganggu," imbuhnya.

Dia menambahkan, besar kecil pungutan yang diatur melalui PMK Indonesia tetap akan ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) dan produk turunannya.

"Tetap harus ekspor, kalau enggak, siapa yang mau beli petani kita. Meskipun kita naikkan pungutan, bagaimana dengan petani. Meskipun misalnya kita turunkan, kita tetap harus ekspor terus, produksi naik," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Xiaomi Redmi 4 Pro, Smartphone Murah Kualitas Istimewa

Posted: 27 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Terbilang pendatang baru, Xiaomi rupanya telah menjadi primadona bagi para pecinta smartphone murah. Produsen smartphone asal Cina ini telah meraup hasil penjualan yang fantastis.

Salah satu produk andalan dari smartphone Xiaomi adalah seri Xiaomi Redmi. Xiaomi telah merilis beberapa seri dari Xiaomi Redmi. Nah pada 2016 silam, Xiaomi resmi merilis tiga varian dari Xiaomi Redmi 4.

Tiga varian dari Xiaomi Redmi 4 ini adalah Redmi 4A, Redmi 4 (Standard Edition), dan Redmi 4 (Pro Edition). Varian yang terakhir, Redmi 4 Pro merupakan varian yang paling unggul dari ketiga varian ini. di Indonesia sendiri Redmi 4 Pro dikenal dengan Redmi 4 Prime.

Meski tak banyak perbedaan dari segi tampilan maupun spesifikasi dari Redmi 4X, namun ada perbedaan yang cukup mendasar. Yakni prosesor Snapdragon 625 yang lebih bertenaga alih-alih Snapragon 430 seperti di Redmi 4X. Harga Xiaomi Redmi 4 Pro pun dinilai cukup terjangkau.

Nah jika tertarik dengan smartphone asal Negeri Tirai Bambu ini, ada baiknya jika Anda mengetahui harga Xiaomi Redmi 4 Pro dan spesifikasinya agar lebih yakin untuk memilihnya. Berikut harga Xiaomi Redmi 4 Pro dan spesifikasinya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/2/2019).

Layar Memuaskan

Xiaomi Redmi 4 Pro memiliki 3 varian warna yaitu gold, silver, dan dark gray. Smartphone ini memiliki ukuran layar 5 inci dengan dimensi 141.3 x 69.6 x 8.9 mm dan berat 156 g.

Untuk kualitas layar, Xiaomi Redmi 4 Pro dibekali resolusi 1080 x 1920 pixels dengan kepadatan layar hingga 443 ppi pixel. Xiaomi Redmi 4 Pro juga mempunyai panel layar berjenis IPS LCD capacitive touchscreen 16 juta warna. Dengan kualitas layar menakjubkan ini, kegiatan seperti menonton video, mengambil gambar atau bermain game menjadi lebih memuaskan.

Dapur Pacu

Performa tangguh Xiaomi Redmi 4 Pro dibekali dengan RAM 3 GB dengan dukungan prosessor Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, CPU Octa-Core 2.0 GHz Corte-A53 dan GPU Adreno 506.

Perpaduan ini membuat Xiaomi Redmi 4 Pro tak dapat diragukan lagi performanya. Anda dapat dengan nyaman melakukan kegiatan multitasking pada smartphone ini.

Selain itu, Xiaomi Redmi 4 Pro juga telah didukung dengan sistem operasi Android Marshmallow (6.0) yang membuat tampilan smartphone ini semakin menarik. Xiaomi Redmi 4 Pro didukung oleh memori penyimpanan internal yang cukup besar yaitu 32 GB.

Selain itu, slot penyimpanan eksternal Xiaomi Redmi 4 Pro dapat mendukung kapasitas penyimpanan hingga 256 GB. Anda tak perlu khawatir kekurangan ruang penyimpanan lagi.

Kamera, Konektivitas dan Baterai

Xiaomi Redmi 4 Pro dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi 13 MP dan kamera depan 5 MP. Kamera ini juga didukung dengan fitur seperti Autofocus, Continuous shooting, Digital zoom dan masih banyak lagi.

Dengan kualitas kamera tersebut, Anda sudah mendapatkan kualitas foto dan video HD yang akan mendukung segala kebutuhan dan aktivitas.

Untuk konektivitas, Xiaomi Redmi 4 Pro telah dilengkapi dengan Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth, dan USB. Selain itu, smartphone ini telah didukung oleh jaringan 4G, 3G, dan 2G yang memungkinkan Anda terhubung internet dengan cepat dan mudah.

Smartphone ini menggunakan baterai jenis non-removable Li-Ion dengan kapasitas 4100 mAh. Kapasitas baterai tersebut dapat mendukung semua performa yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi 4 Pro.

Antarmuka Eksklusif MIUI

Selain dikenal dengan smartphone murah, Xiaomi juga terkenal akan MIUI. MIUI adalah perangkat tegar stok dan alternatif yang dikembangkan oleh Xiaomi untuk telepon cerdas dan komputer tablet yang berbasis pada perangkat lunak bebas sistem operasi Android. Antarmuka ini mirip dengan dan bersaing dengan antarmuka iOS milik Apple dan TouchWiz milik Samsung.

MIUI juga memiliki berbagai aplikasi yang tidak tersedia pada sistem operasi Android bawaan, karena tampilan MIUI ini HP Xiaomi semakin banyak digandrungi.

Harga Xiaomi Redmi 4 Pro

Saat pertama diluncurkan, harga Xiaomi Redmi 4 Pro dibanderol dengan harga Rp 1,7 jutaan. Namun seperti smartphone lainnya, seiring berjalannya waktu harga Xiaomi Redmi 4 Pro juga mengalami penurunan.

Jika dipantau dari beberapa situs jual beli online, harga Xiaomi Redmi 4 Pro baru saat ini berada pada kisaran Rp 1,3 hingga Rp 1,4 juta. Untuk harga Xiaomi Redmi 4 Pro dalam kondisi bekas berada pada kisaran Rp 850 ribu hingga Rp 1,2 juta. Harga Xiaomi Redmi 4 Pro bekas ini pastinya menyesuaikan dengan kondisi perangkat yang ada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kesaksian Korban Selamat Tambang Emas Longsor

Posted: 27 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Korban longsornya tambang emas di Sulawesi Utara terus bertambah. Korban selamat bercerita tidak ada tanda-tanda bahwa tambang yang mereka masuki akan longsor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tayang Hari Ini, Film Dilan 1991 Siap Acak-Acak Emosi Penonton

Posted: 27 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Waktu yang ditunggu-tunggu bagi para penggemar film Dilan 1991 telah tiba. Terhitung hari ini, Kamis (28/2/2019), film Dilan 1991 mulai tayang serentak di bioskop-bioskop Tanah Air.

Dilan 1991 masih berkisah tentang kisah cinta dua remaja SMA, Dilan (Iqbaal Ramadhan) dan Milea (Vanesha Prescilla).

Dalam Dilan 1990, gombalan ala Dilan kepada Milea tak pernah gagal membuat yang menontonnya ikut merasakan getaran cinta keduanya.

Namun dalam Dilan 1991 ini, gombalan-gombalan Dilan tidak terlalu banyak. Sebab lebih banyak konflik yang dihadirkan, seperti yang diceritakan dalam novel karya Pidi Baiq.

 

Acak Emosi Penonton

Premiere Dilan 1991 di Bandung (Budy Santoso/KapanLagi)

Film berdurasi 2 jam 1 menit itu sukses mengacak-acak emosi para penontonnya. Perasaan penonton begitu tak karuan seketika Dilan dan Milea menghadapi konfliknya.

Mulai dari Dilan yang kembali menggila dengan geng motornya, hingga kehadiran tokoh-tokoh baru yang ada di antara hubungan Dilan dan Milea. Yugo dan Mas Herdi misalnya.

 

Adegan Lucu

Premiere Dilan 1991 di Bandung (Budy Santoso/KapanLagi)

Bahkan tidak sedikit yang tak mampu membendung air matanya saat menyaksikan gala premiere film Dilan 1991 di kota asalnya, Bandung, beberapa waktu lalu.

Tak melulu bersedih-sedihan, film Dilan 1991 juga membuat para penontonnya terpingkal lewat dialog lucu atau adegan kocak dari Bi Eem (Tike Priyatna), Pak Dedi (Ence Bagus), dan pemain lain.

Bukan rahasia lagi jika di film Dilan 1991 ini, Dilan dan Milea akan berpisah. Namun apakah perpisahan itu sementara ataukah selamanya? Jawabannya bisa ditemukan di akhir film tersebut.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Butuh 4 Hal Ini Agar Industri 4.0 Berjalan Sempurna

Posted: 27 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hal mudah bagi Indonesia untum melaju dan berevolusi ke era industri 4.0. Pasalnya, Indonesia butuh sejumlah persiapan matang untuk mengembangkan ekosistem industir 4.0.

Disampaikan oleh akademisi dan pengamat industri, Mari Elka Pangestu, ada beberapa pilar yang akan menopang terciptanya ekosistem dari industri 4.0. Di antaranya seperti Internet of Things (IoT), Big Data, Cloud Computing, Machine Learning, Robotik, hingga kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence).

"Dalam mengimplementasikan industri 4.0, negara kita harus butuh beberapa hal. Pertama, peningkatan volume data, daya komputasi, dan konektivitas," kata Mari Elka di Algoritma Data Science Center, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Seperti diketahui, data menjadi 'bahan bakar' sempurna untuk memberikan 'tenaga' kepada industri 4.0.

Namun kenyataannya, di lapangan, Indonesia memiliki data yang tersebar dalam berbagai bentuk, ada dalam bentuk manual dan kertas, dan juga ada dalam bentuk digital.

"Butuh waktu lama untuk bisa mendigitalisasikan data ini, dan lagi-lagi kita butuh SDM Data Scientist," sambung mantan Menteri Perdagangan periode 2004-2011 ini.

Adapun hal berikutnya, adalah kemampuan analitis dan bisnis intelijen. SDM pun, lagi-lagi dibutuhkan untuk bidang ini.

 

Dua Hal Lainnya

Mari Elka Pangestu di Algoritma Data Science Center. Liputan6.com/Jeko I.R.

Berlanjut ke hal berikutnya, bentuk baru dari interaksi manusia dengan mesin, seperti Augmented Reality dan Touch Interface, diakui Mari Elka juga menjadi penopang implementasi industri 4.0.

Dan yang terakhir, Indonesia juga harus membutuhkan pemahaman seperti pengembangan transfer intruksi digital ke dalam bentuk fisik, seperti robotik dan cetak 3D.

SDM Jadi Tantangan

Founder of  Purana Nonita Respati, Mari Elka Pangestu saat memberikan paparan mengenai peran strategis womenpreneur dalam perekonomian Indonesia di Jakarta, Jumat (21/04). (Liputan6.com/Gempur Surya)

Industri 4.0 menjadi salah satu topik sorotan di Indonesia pada awal tahun ini. Terlebih, roadmap industri 4.0 sudah mulai digaungkan pemerintah sejak awal tahun lalu.

Pemerintah pun mulai mendukung semua pihak, khususnya perusahaan dan startup yang bergerak di bidang teknologi, untuk masuk ke industri 4.0. Namun untuk bisa bergerilya ke era ini, tentu bukan perkara mudah bagi Indonesia.

Pasalnya, sumber daya manusia (SDM) menjadi tantangan besar yang dialami Indonesia saat ini untuk industri 4.0. 

Dalam sesinya, Mari Elka membenarkan SDM menjadi salah satu tantangan pemerintah untuk bergerak ke revolusi industri 4.0. Apalagi, industri 4.0 membutuhkan SDM yang handal di bidang ilmiah dan teknologi.

"Indonesia sekarang menghadapi tantangan talent development untuk industri 4.0. Padahal kebutuhan lapangan akan SDM di bidang data scientist, coding, dan software development terus meningkat," ujar Mari Elka.

Adapun pemicu tantangan ini, diungkapkan Mari Elka, dikarenakan rendahnya pengetahuan masyarakat tentang industri 4.0. Hal tersebut tentu menjadikan negara ini belum siap sepenuhnya untuk mengadopsi industri 4.0.

Wanita berkacamata ini juga mengungkapkan sejumlah upaya yang bisa dilakukan pemerintah untuk mendongkrak SDM lokal agar bisa melaju ke industri 4.0.

Pertama, adalah upaya reformasi kurikulum pendidikan formal berbasis STEAM (Science, Technology Art, Engineering, and Math).

Adapun yang kedua, sekolah kejuruan--khususnya di bidang ilmiah dan teknologi--juga harus lebih difokuskan agar menyerap lebih banyak SDM.

"Yang terakhir adalah menyeimbangkan talenta lokal dengan talenta asing, agar bisa sama-sama bersinergi untuk menciptakan ekosistem SDM di bidang ini," tutupnya.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

[vidio:Mari Elka: Jadi Menparekraf, Saya Jadi Lebih Cinta Indonesia 3]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bersama Komunitas Kesehatan, Jokowi Hadiri Dialog Silaturahmi

Posted: 27 Feb 2019 08:58 PM PST

Calon Presiden nomer urut 01 Joko Widodo berbincang dengan perwakilan Komunitas Kesehatan, di Gedung Bidakara, Jakarta, Kamis (28/2). Jokowi menghadiri Dialog Silaturahmi Paslon Presiden dan Wakil Presiden. (Liputan6.com/HO/Cendi Safitri)

Calon Presiden nomer urut 01 Joko Widodo berbincang dengan perwakilan Komunitas Kesehatan, di Gedung Bidakara, Jakarta, Kamis (28/2). Jokowi menghadiri Dialog Silaturahmi Paslon Presiden dan Wakil Presiden. (Liputan6.com/HO/Cendi Safitri)

Calon Presiden nomer urut 01 Joko Widodo memberikan sambutan pada acara Dialog Silaturahmi Paslon Presiden dan Wakil Presiden Bersama Komunitas Kesehatan di Gedung Bidakara Jakarta, Kamis (28/2). (Liputan6.com/HO/Cendi Safitri)

Calon Presiden nomer urut 01 Joko Widodo memberikan sambutan pada acara Dialog Silaturahmi Paslon Presiden dan Wakil Presiden Bersama Komunitas Kesehatan di Gedung Bidakara Jakarta, Kamis (28/2). (Liputan6.com/HO/Cendi Safitri)

Calon Presiden nomer urut 01 Joko Widodo tiba menghadiri Dialog Silaturahmi Paslon Presiden dan Wakil Presiden Bersama Komunitas Kesehatan di Gedung Bidakara Jakarta, Kamis (28/2). (Liputan6.com/HO/Cendi Safitri)

Calon Presiden nomer urut 01 Joko Widodo tiba menghadiri Dialog Silaturahmi Paslon Presiden dan Wakil Presiden Bersama Komunitas Kesehatan di Gedung Bidakara Jakarta, Kamis (28/2). (Liputan6.com/HO/Cendi Safitri)

Calon Presiden nomer urut 01 Joko Widodo tiba menghadiri Dialog Silaturahmi Paslon Presiden dan Wakil Presiden Bersama Komunitas Kesehatan di Gedung Bidakara Jakarta, Kamis (28/2). (Liputan6.com/HO/Cendi Safitri)

Calon Presiden nomer urut 01 Joko Widodo tiba menghadiri Dialog Silaturahmi Paslon Presiden dan Wakil Presiden Bersama Komunitas Kesehatan di Gedung Bidakara Jakarta, Kamis (28/2). (Liputan6.com/HO/Cendi Safitri)

Calon Presiden nomer urut 01 Joko Widodo tiba menghadiri Dialog Silaturahmi Paslon Presiden dan Wakil Presiden Bersama Komunitas Kesehatan di Gedung Bidakara Jakarta, Kamis (28/2). (Liputan6.com/HO/Cendi Safitri)

Calon Presiden nomer urut 01 Joko Widodo tiba menghadiri Dialog Silaturahmi Paslon Presiden dan Wakil Presiden Bersama Komunitas Kesehatan di Gedung Bidakara Jakarta, Kamis (28/2). (Liputan6.com/HO/Cendi Safitri)

Calon Presiden nomer urut 01 Joko Widodo foto bersama dengan Komunitas Kesehatan pada acara Dialog Silaturahmi Paslon Presiden dan Wakil Presiden. di Gedung Bidakara, Jakarta, Kamis (28/2). (Liputan6.com/HO/Cendi Safitri)

Calon Presiden nomer urut 01 Joko Widodo foto bersama dengan Komunitas Kesehatan pada acara Dialog Silaturahmi Paslon Presiden dan Wakil Presiden. di Gedung Bidakara, Jakarta, Kamis (28/2). (Liputan6.com/HO/Cendi Safitri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta-Fakta Persidangan Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet

Posted: 27 Feb 2019 08:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ratna Sarumpaet hari ini menjalani sidang perdana kasus penyebaran hoaks mengenai penganiayaannya. Sidang yang dilangsungkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Kamis (28/2/2019) ini dimulai sekitar 09.30 WIB.

Ratna mengenakan kemeja putih dan rompi tahanan warna oranye. Terlihat sang anak, Atiqah Hasiholan turut hadir dalam sidang perdana tersebut.

Ketika awak media meminta foto ketika duduk di kursi persidangan, Ratna Sarumpaet sempat mengacungkan dua jarinya.

Sidang perdana ini digelar terbuka untuk umum. Meski begitu, Ketua Majelis Hakim Joni tetap membatasi media untuk tidak menyiarkan secara langsung persidangan tersebut.

"Dan kepada awak media saya sampaikan persidangan tidak boleh disiarkan live sesuai aturan sidang. Mari menjaga kehikmatan sidang ini untuk kelancaran dan kebaikan bersama," kata Joni sesaat sebelum persidangan di PN Jakarta Selatan dimulai, Kamis (28/2/2019).

Sidang pun dimulai. Sejumlah nama-nama terkenal sempat disebut di sidang dakwaan. Nama-nama yang muncul itu adalah Capres Prabowo Subianto, akademisi Rocky Gerung, aktivis buruh Said Iqbal, Fahri Hamzah, hingga Amien Rais.

Berikut fakta-fakta gelaran sidang perdana kasus penyebaran hoaks mengenai penganiayaan Ratna Sarumpaet dihimpun Liputan6.com:

 

1. Sebut Tokoh-Tokoh Terkenal

Suasana sidang dakwaan perdana dengan Terdakwa Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Kamis (29/2). Ratna menjalani sidang dakwaan perdana atas kasus penyebaran berita hoaks yang menyebutkan wajah lebam. (Liputan6.com/Herman Zakharia) 

Sejumlah nama-nama terkenal disebut di sidang dakwaan kasus hoaks Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Nama-nama yang muncul itu adalah Capres Prabowo Subianto, akademisi Rocky Gerung, aktivis buruh Said Iqbal, Fahri Hamzah, hingga Amien Rais.

Dalam pertemuan dengan sejumlah nama tersebut, Ratna menceritakan sebab kondisi yang dialaminya. Kepada sejumlah nama itu Ratna mengaku dianiaya di halaman Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Alhasil, kicauan Ratna tersebut direspons sejumlah tokoh dengan mem-posting kondisi wajah Ratna yang lebam. Padahal, kondisi tersebut adalah karena tindakan medis operasi perbaikan muka (facelift) atau tarik muka (pengencangan kulit muka).

"Sebagaimana yang sudah dijadwalkan dengan saksi dr. Sidik Setiamihardja SPBp," kata jaksa penuntut umum dalam pembacaan dakwaan di PN Jakarta Selatan, Kamis (28/2/2019).

Ratna dioperasi pelastik di Rumah Sakit Khusus Bedah Bina Estetika. Ratna ditempatkan di ruang perawatan kamar B1 lantai 3 untuk menjalani rawat inap sejak Jumat, tanggal 21 September 2018 sampai dengan Hari Senin tanggal 24 September 2018.

 

2. Ratna Sempat Kirim Pesan Need You Badly

Terdakwa penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet tiba di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (28/2). Ratna Sarumpaet menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan dari jaksa penuntut umum. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dalam sidang itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengungkap adanya pesan singkat yang dikirim Ratna Sarumpaet ke Rocky Gerung.

"Bahwa pada hari Selasa tanggal 25 September 2018 sekitar pukul 20.43 WIB terdakwa juga mengirimkan beberapa foto wajahnya yang lebam dan bengkak kepada saksi Rocky Gerung melalui Whatsapp dengan pesan: '21 September 2018 jam 18.50 WIB. area bandara Bandung' dan pukul 20.44 WIB dengan pesan: 'Not For Public'," ungkap jaksa saat membacakan dakwaan.

Kemudian, sambung dia, pada Rabu 26 September 2018 sekitar pukul 22.24 WIB, Ratna Sarumpaet kembali mengirim berita kepada Rocky Gerung dengan pesan, 'sakit seputar rongga mata, retak di pelipis dan rahang. Tak sepedih kitab terkoyak ditangan kanan manganga'. Lalu pada pukul 22.32 WIB, Ratna juga mengirim beberapa foto wajahnya yang lebam dan bengkak dengan pesan, 'Hari ke 5'.

"Bahwa pada hari Kamis tanggal 27 September 2016 sekitar pukul 16.30 WIB. Terdakwa mengirim lagi berita kepada saksi Rocky Gerung dengan pesan: 'Hei Rocky negerinya makin gila dan hancur need badly :).'

Dan pukul 16.33 WIB dengan pesan: 'Need you badly', pukul 16.36 WIB dengan pesan: 'Pasti kamu bahagia sekali di sana ya. Penghormatan pada alam, bless you'," ujar jaksa.

Pada Jum'at 28 September 2018 pukul 19.22 WIB, sambung jaksa, Ratna Sarumpaet kembali mengirim lagi melalui Whatsapp bebarapa foto wajah yang lebam dan bengkak kepada Rocky Gerung, "Dengan pesan: Day 7th."

 

3. Dakwaan Ratna Sarumpaet

Ratna Sarumpaet duduk di kursi terdakwa Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Kamis (29/2). Ratna menjalani sidang dakwaan perdana atas kasus penyebaran berita hoaks yang menyebutkan wajah lebam. (Liputan6.com/Herman Zakharia) 

Jaksa pun membacakan dakwaan kasus hoaks penganiayaan yang dialami Ratna Sarumpaet. Dalam dakwaan, terungkap bahwa Ratna menangis mengaku dipukuli sehingga mukanya lebam dan bengkak.

Jaksa menyatakan, pada Jumat 21 September 2018 sekira pukul 16.00 WIB, Ratna Sarumpaet memberitahukan kepada saksi Ahmad Rubangi, Saharudin, dan Makmur Julianto alias Pele akan pergi ke Bandung.

"Namun ternyata, terdakwa tidak pergi ke Bandung melainkan pergi ke Rumah Sakit Khusus Bedah Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat untuk melakukan tindakan medis operasi perbaikan muka (facelift) atau tarik muka (pengencangan kulit muka)," kata jaksa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (28/2/2019).

Bedah medis tersebut, sudah dijadwalkan dengan dr Sidik Setiamihardja. Kemudian Ratna Sarumpaet ditempatkan di ruang perawatan kamar B1 lantai 3 untuk menjalani rawat inap sejak Jumat, 21 September 2018 sampai dengan Senin 24 September 2018.

"Bahwa selama menjalani rawat inap tersebut, terdakwa beberapa kali mengambil foto wajahnya dalam kondisl lebam dan bengkak akibat tindakan medis dengan menggunakan handphone merk Iphone. Setelah selesai menjalani rawat inap. Pada hari Senin tanggal 24 September 2018, terdakwa pulang ke rumah," kata jaksa.

Di dalam perjalanan, Ratna mengirim beberapa foto wajah dalam kondisi lebam dan bengkak tersebut melalui whatsappnya kepada saksi Ahmad Rubangi. Saksi Ahmad kemudian menanggapi foto tersebut dengan membalas pesan Ya Allah, Kak sampai begitu.

Ratna pun membalas. "Dipukulin 2 laki-laki," kata Jaksa.

Jaksa mengatakan, sesampainya di rumah, Ratna meminta Ahmad Rubangi untuk memanggil saksi Saharudin dan saksi Makmur Julianto alias Pele masuk ke kamar.

Ratna Sarumpaet lalu bercerita sambil menangis bahwa dipukuli orang dengan menunjukkan wajah lebam dan bangkak.

"Kemudian terdakwa mengatakan ingin istirahat. Selelah itu saksi Ahmad Rubangi dan saksi Makmur Julianto alias Pele dan saksi Saharudin keluar dari kamar terdakwa," kata jaksa.

 

4. Ratna Sarumpaet Meminta Maaf dan Minta Jadi Tahanan Rumah atau Kota

Terdakwa Ratna Sarumpaet memberikan salam dua jari Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Kamis (29/2). Ratna menjalani sidang dakwaan perdana atas kasus penyebaran berita hoaks yang menyebutkan wajah lebam. (Liputan6.com/Herman Zakharia) 

Usai jaksa penuntut umum membacakan dakwaan, Ratna Sarumpaet bersuara.

"Saya mengerti, walaupun saya merasa ada beberapa poin yang tidak sesuai dengan fakta," ujar Ratna Sarumpaet.

Hakim kemudian memberikan waktu kepada Ratna Sarumpaet untuk menyampaikan kembali apa yang ingin diungkapkan.

"Sebenarnya tidak dalam kontek materi kasusnya, tapi saya ingin menyampaikan sebagai warga negara yang berhadapan dengan pengadilan, bahwa pengalaman saya sejak ditangkap dan apa yang saya ketahui, saya memang betul melakukan kesalahan," ungkap Ratna Sarumpaet.

"Saya hanya ingin mengatakan saya salah, tapi sebenarnya yang terjadi di lapangan dan proses penyidikkan, saya sadar ini politik, saya berharap kalau dipenjara karena pengadilan ini tidak apa, bahwa segalanyan di atas hukum, bukan kekuasaan," Ratna Sarumpaet memungkasi.

Selain itu, Ratna meminta Majelis Hakim Penagadilan Negeri Jakarta Selatan untuk mengalihkan status penahanannya dari tahanan Polda Metri Jaya menjadi tahanan rumah atau kota.

Permohonan tersebut disampaikan Ratna melalui tim pengacaranya ke majelis hakim persidangan, usai pembacaan berkas dakwaan di PN Jakarta Selatan

"Bahwa kami mengajukan jenis pernahanan dari Rumah Tahanan Polda Metro Jaya menjadi tahanan rumah atau tahanan kota," kata pengacara Ratna Sarumpaet.

Selain itu, dalam permohonan tersebut disampaikan bahwa putri Ratna Sarumpaet, Atiqah Hasiholan menjadi penjamin dalam peralihan tahanan tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peternak Tasikmalaya Terima KUR Dari Pemerintah

Posted: 27 Feb 2019 08:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Untuk meningkatkan akses pembiayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pemerintah kembali menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk 632 debitur di Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Pemerintah mendorong sinergi pondok pesantren dengan program pembiayaan kredit usaha, supaya dapat memperkuat perekonomian Indonesia," kata Presiden Jokowi di Pondok Pesantren Miftahul Huda Desa Kalimanggis, Manonjaya, Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (27/2).

Menurut Jokowi, pemerintah telah menggelontorkan anggaran bantuan KUR Ketahanan Pangan dan Aksi Ekonomi Untuk Rakyat sebesar Rp34,3 miliar bagi sekitar 632 debitur.

"Ponpes memiliki potensi besar sebagai pusat pengembangan ekonomi umat agar semakin mandiri. Sedangkan KUR telah menjadi perhatian saya diawal 2018. Bunga KUR juga diturunkan sampai tujuh persen dimana pada 2017 mencapai sembilan persen," kata Jokowi dalam sesi silaturahmi bersama para petani, peternak, serta santri milenial.

Jokowi berharap, para petani dan peternak dapat memanfaatkan KUR ini secara optimal, sehingga mampu menjalankan usaha sendiri. Jadi mereka tidak perlu mengandalkan lapangan kerja dari pabrik atau mencari pekerjaan ke kota.

"Semoga KUR ini dapat dimanfaatkan dengan baik supaya ekonominya juga meningkat. Dengan KUR, masyarakat dapat melakukan wirausaha, sekaligus menciptakan lapangan kerja dan membangun desa," katanya.

Sementara itu terkait pembiayaan program ini, pemerintah telah membuat program Bank Wakaf Mikro yang didirikan untuk pondok pesantren di seluruh Indonesia.

"Maksimal pembiayaan Rp8 milyar dan sudah berjalan dua tahun. Selain itu, kami minta Balai Latihan Kerja (BLK) komunitas di pondok pesantren, agar mendapat latihan keterampilan, seperti bertani, beternak, menjahit, teknologi informatika dan lain-lain," katanya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia Darmin Nasution mengatakan bahwa program ini merupakan perluasan jenis KUR yang dulu hanya dapat diakses oleh pedagang. Berbeda dengan dulu, saat ini program KUR dapat diakses langsung oleh para petani dan peternak.

"Ini menunjukkan keberpihakan pemerintah pada rakyat terutama UMKM. Saya juga telah meminta semua bank penyalur KUR supaya mempermudah penyaluran kepada masyarakat," ujaranya.

Kemenko Perekonomian, kata Darmin, akan terus mendorong sektor pertanian, peternakan, dan industri kecil agar terus berproduksi. Bahkan, jika program ini mampu disinergikan dengan e-commerce, menurut Darmin hasilnya akan lebih optimal dan memuaskan.

"Termasuk dalam pengembangan usaha petani terkait perlunya penetapan standar dan penentuan grade, sehingga harganya akan lebih tinggi. Untuk itu petani harusnya berkelompok dan melakukan kerjasama alias jangan sendiri-sendiri," tukasnya.

Sekadar diketahui, sejak 2015 hingga 2018 program KUR tercatat sudah dinikmati oleh 687,897 debitur dengan total plafon sebesar Rp14,4 triliun. Untuk tahun 2019 pemerintah telah menargetkan 25,3 Triliun untuk 1,1 juta petani dan peternak. Sedangkan 19,7 triliun digunakan untuk 905 ribu petani dan 5,6 triliun digunakan untuk 240 ribu peternak.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) I Ketut Diarmita yang hadir mewakili Menteri Pertanian, menambahkan program KUR ini nantinya akan memiliki sistem kelompok yang dikelola secara bersama dalam bentuk klaster.

"Tentu dengan menggunakan mitra usaha, baik penjamin pasar (off taker) maupun penjamin kredit (avalis), terutama untuk peternakan sapi dan ternak perah," katanya.

Sedangkan untuk KUR peternakan, nantinya dapat dimanfaatkan untuk komoditas peternakan rakyat baik pembibitan dan budidaya unggas seperti sapi, domba dan kambing yang terintegrasi dengan pertanian, perkebunan dan peternakan.

"Dan realisasi KUR sub sektor peternakan ini nilainya lebih tinggi dibandingkan Realisasi KUR Sektor Perikanan dan Sektor Konstruksi, dimana pada 2018 nilainya mencapai Rp5,06 triliun dengan jumlah debitur sebanyak 222.264," katanya.

Adapun dalam rangkaian acara ini turut dihadiri Pemda Provinsi Jawa Barat, Pemda Kabupaten Tasikmalaya, Perbankan dan Asosiasi terkait, serta masyarakat (petani atau peternak).

Dalam acara ini ada tiga peternak yang mendapat bantuan KUR. Mereka adalah Dian Wiraadiguna peternak ayam petelur dari Kabupaten Tasikmalaya yang memperoleh KUR sebanyak Rp500 juta, Nani Sumarni peternak ayam petelur Kabupaten Tasikmalaya sebesar Rp15 juta dan Supriyanto peternak domba Kabupaten Cismis sebanyak Rp50 juta.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Tas dari Tali Kur, Mudah bagi Pemula

Posted: 27 Feb 2019 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang senang mengkoleksi tas? Mungkin jika kamu penggemar tas, ada beberapa tas yang kamu miliki dibuat dengan tali kur. Tas dengan bahan dasar tali kur ini memang sedang booming di Indonesia. Siapa pun bisa menggunakan tas dengan tali kur, dari mulai anak-anak, remaja, dewasa atau bahkan kalangan ibu-ibu.

Tas dari tali kur ini merupakan tas yang dirajut ataupun dirangkai sedemikian rupa hingga membentuk sebuah tas. Ada yang berpikir cara membuat tas dari tali kur ini susah. Namun jika kamu mengetahui tahapannya, maka cara membuat tas dari tali kur ini cukup mudah loh. Tas dari tali kur ini memang cenderung simpel, akan tetapi jika sudah ahli, kamu bisa membuat berbagai jenis model tas dengan tali kur.

Memiliki tas yang terbuat dari tali kur ini memiliki keuntungan sendiri. Tas dengan tali kur cocok dikenakan dalam berbagai acara, mulai dari acara formal ataupun santai. Selain itu, karena bahan tas dibuat dari tali kur yang dirangkai, maka tas ini tentu saja lebih awet digunakan.

Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019) tali kur sendiri telah ada sejak abad ke-13. Tali kur merupakan benang yang disebut dengan macrame pada saat itu.

Mudah dipraktikkan

Cara membuat tas dari tali kur ini pun bisa kamu praktikan sendiri dirumah. Karena cara membuat tas dari tali kur ini mirip dengan merajut. Hanya saja ukuran benang yang berbeda. Tali kur sendiri merupakan sebuah tali sejenis dengan bahan wol tebal.

Selain itu, jenis tali kur pun berbeda-beda. Yang membedakan jenis tali ini ialah tingkat elastisitas tali. Karena semakin elastis atau lentur talinya, maka semakin mudah pula untuk merangkainya.

Tas dari tali kur sendiri merupakan tas yang dibuat menggunakan berbagai jenis simpul. Yang menarik jika kamu tahu cara membuat tas dari tali kur ialah, kamu bebas membentuk model tas sesuai dengan keinginan. Selain menjadikannya tas, tali kur juga bisa digunakan untuk membuat dompet ataupun ikat pinggang. Tentu saja kamu bisa membuatnya jika sudah terampil.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana cara membuat tas dari tali kur, kamu bisa menyimak langkah-langkahnya dibawah ini.

Siapkan Alat

Cara Membuat Tas dari Tali Kur (Sumber: iStock)

Cara membuat tas dari tali kur yang pertama tentu saja kamu harus menyiapkan berbagai perlengkapannya. Jangan sampai ada yang tertinggal ya, karena jika ditengah proses cara membuat tas dari tali kur ini kamu hentikan, bisa jadi kamu lupa atau bahkan bingung. Jadi alat dan juga bahan yang harus disiapkan ialah:

1. Tali kur.

Berapa banyak ataupun panjang tali kur yang dibutuhkan sesuai dengna kebutuhan dan juga seberapa besar tas yang akan kamu buat. Karena semakin besar tasnya maka, tali kur yang kamu butuhkan pun semakin banyak. Akan tetapi jika terlalu banyak menggunakan tali kur, maka tas yang kamu buat pun akan terasa berat.

2.Gunting.

Kamu perlu penyiapkan gunting untuk memotong tali kur menjadi beberapa bagian.

3. Korek api.

Kenapa kamu memerlukan korek api? Karena korek api ini akan digunakan untuk menggabungkan ujung tali serta menutup ujung tali jika tas yang dibuat telah selesai.

4. Jarum dan benang.

Selain menggunakan korek api untuk menggabungkan tali kur, kamu juga bisa menggunakan jarum dan benang untuk menggabungkannya. Tentu saja tidak semua potongan dari tali kur ini digabungkan menggunakan jarum dan benang.

5. Resleting, manik-manik, dan kancing.

Ketiganya bisa kamu gunakan sebagai hiasan pada tas. Namun jika kamu tak menginginkan adanya hiasan, maka kamu tak perlu untuk menyiapkannya. Resleting jug bisa kamu gunakan, jika tas yang kamu buat ingin menggunakan resleting.

Langkah-langkah cara membuat tas dari tali kur

Setelah kamu menyipkan segala peralatan dan juga bahan, kamu bisa mulai untuk merajut tali kur.

1. Pada langkah pertama cara membuat tas dari tali kur ini, kamu bisa mengambil dua heli tali dengan panjang tali sama. Kemudian lipat tali menjadi 2 bagian dan sejajarkan. Maka kamu akan memperoleh 4 ujung tali. Beri nomor pada tali agar memudahkan kamu, yaitu nomor 1, nomor 2, nomor 3 dan nomor 4 dari kiri ke kanan.

2. Ambil tali nomor 4 kemudian silangkan kebelakang tali lainnya menuju arah 1. Cara membuat tas dari tali kur selanjutnya ialah letakan tali nomor 1 pada bagian belakang tali 4. Sehingga urutannya menjadi nomor 4, 1, 2 dan 3.

3. Langkah dari cara membuat tas dari tali kur selanjutnya adalah ambil ujung tali nomor 1 kemudian kunci dengan cara memasukan pada lubang dari tali nomor 3 dan 4. Selanjutnya tarik tali nomor 1 dari arah kiri dengan tali nomor 4. Hal ini dilakukan untuk mengunci dan juga melipat untuk memasukannya ke lubang belakang.

4. Kemudian tarik kuat masing-masing tali untuk mengutakan dan juga mengunci. Ini merupakan langkah dasar cara membuat tas dari tali kur. Kamu perlu membuat dasar tas ini dengan jumlah yang genap. Hal ini agar lebar tas seimbang anatar kiri dan juga kanan. Jadi, semakin besar tas yang ingin kamu buat, maka semakin banyak pula pola dasar yang harus kamu buat.

5. Untuk menyambungkan 2 pola dasar tas ini, cara yang digunakan pun sama, hanya saja dua kepala yang dirangkau ini dijadikan satu dengan menjejerkan tali-tang ada. Kemudian dua utas tali pada bagian kanan dan dua utas tali pada bagian kiri atau ambil tengah tali untuk menyatukannya. Cara yang digunakan pun sama, karena untuk menyambungkannya kamu juga perlu menggunakan 4 tali.

6. Lakukan menbuat pola dasar ini untuk membentuknya menjadi tas. Jka telah mebentuk kotak ataupun persegi panjang, kamu hanya perlu menggabungaknnya untuk membentuknya menjadi tas menggunakan benang dan jarum ataupun korek api.

Namun apabila benang yang kamu gunakan sebelumnya telah habis namun rangkaian tas belum selesai, kamu bisa menambahkan ujung benang dengan benang lainnya menggunakan korek api. Yang perlu kamu lakukan adalah membakar sedikit ujung benangnya kemudian gabungkan. Disarankan untk tidak terlalu lama dari waktu membakar dan menggabungkannya.

Jenis tas tali kur

Bagi kamu yang awam dengan tas tali kur, kamu perlu tahu jika jenis yang kamu bisa buat untuk tali kur ada beragam. Namun jenis yang cukup mudah digunakan ialah motif garis dua warna dan juga miring. Meski begitu masih banyak pula motif dari tas dengan tali kur yang bisa kamu jumpai. Jenis motif tas dari tali kur antara lain:

1. Tas tali kur motif garis 2 warna

2. Tas tali kur motif miring

3. Tas tali kur motif sisik

4. Tas tali kur motif bunga

5. Tas tali kur motof ketupat

6. Tas tali kur motif panah, dan

7. Tas tali kur motif kerang

Banyaknya model dan juga jenis tas tali kur ini pun menandakan bahwa tas ini cukup ramai peminatnya. Kamu bahkan bisa menemui tas dengan bahan tali kur ini di mall ataupun pemeran UMKM.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Diprediksi Akan Kekurangan SDM Berkualitas, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Posted: 27 Feb 2019 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pendidikan merupakan investasi jangka panjang dan utama untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Dengan begitu, pendidikan mampu membentuk kreativitas, kepemimpinan, kemampuan beradaptasi, serta kemampuan pemecahan masalah.

Berdasarkan studi Talent Crunch yang dilakukan oleh Korn Ferry pada 2016, Indonesia diprediksi akan mengalami defisit SDM lulusan universitas yang dinilai siap dan kompeten menghadapi tuntutan dunia kerja.

Kekurangan sumber daya ini mencapai 1,3 juta pada tahun 2020, dan semakin besar pada tahun 2030 dimana defisit akan mencapai 3,8 juta (29,9% dari total angkatan kerja lulusan universitas).

Fakta lain dari Koalisi Perempuan Indonesia, sekitar 5 juta penduduk Indonesia masih buta huruf, dan yang menyedihkan, sebagian besar mereka adalah perempuan. Salah satu langkah preventif yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan taraf pendidikan masyarakat Indonesia. Diperlukan adanya kesadaran penuh terkait pendidikan dari setiap sektor.

Namun, acap kali kebutuhan finansial menjadi jurang yang menghalangi para perempuan mengenyam pendidikan perguruan tinggi. Maka dari itu, salah satu solusi agar pendidikan bukan halangan ialah melalui beasiswa.  

Merujuk hal tersebut, demi memajukan pendidikan di Indonesia, Fair & Lovely menyelenggarakan program 'Fair & Lovely Bintang Beasiswa' demi memajukan pendidikan Indonesia, khususnya bagi para perempuan.

Beasiswa dengan Bimbingan Karaker

Program Fair & Lovely Bintang Beasiswa bekerja sama dengan Hoshizora Foundation kembali memberikan Beasiswa Kuliah untuk 50 wanita muda Indonesia dan menyiapkan para penerima beasiswa untuk menghadapi tantangan dunia kerja dan berkontribusi di masa mendatang melalui pendampingan karakter setiap tahunnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan penerima Beasiswa bukan hanya berprestasi, naum juga berkompeten dalam menghadapi tantangan dunia kerja di masa mendatang.

Program Fair & Lovely Bintang Beasiswa bekerja sama dengan Hoshizora Foundation kembali memberikan Beasiswa Kuliah untuk 50 wanita muda Indonesia

Pendaftarannya mudah, klik www.voteuntukimpianku.com lalu registrasi pada halaman tersebut. Setelah registrasi kamu akan mendapatkan link via email untuk informasi lebih lanjut mengenai program beasiswa tersebut.

Bagi kamu yang terpilih, akan mendapatkan pendampingan berkala selama empat tahun yang meliputi pembangunan karakter, berpikiran kritis dan berkontribusi pada komunitas, perencanaan karier, serta kesiapan berkarier.

Kamu juga bisa mempersiapkan dirimu mengikuti tes masuk kuliah dengan membeli Fair & Lovely Edisi Khusus dan menukarkan kode unik di dalam kemasan dengan akses ruangbelajar gratis di Ruangguru. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik tautan ini.

Yuk, raih mimpi kamu bersama  'Fair & Lovely Bintang Beasiswa'

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Beri Bonus Rp 200 Juta untuk Pemain Timnas U-22

Posted: 27 Feb 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan bonus Rp 200juta untuk para pemain Timnas U-22, yang telah memenangi AFF U-22 2019. Selain dari Jokowi, para pemain asuhan Indra Sjarif ini juga telah mendapat bonus dari Menteri Pemuda dan Olaharaga (Menpora) Imam Nahrawi senilai Rp 65 juta.

"Terakhir kemarin Menpora memberi bonus berapa? Masing-masing pemain Rp 65 juta. (Bonus) dari saya masing-masing 200 (juta), sudah," kata Jokowi di depan para pemain Timnas U-22 di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Selain para pemain, Jokowi juga memberikan bonus Rp 200 juta untuk pelatih Timnas U-22 Indra Sjarif dan asisten pelatih.

"Pelatih dan asisten pelatih juga dapat (bonus) semua. Dokternya juga dapat," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi mengaku sangat bangga terhadap para Timnas U-22 yang berhasil membawa pulang trofi AFF U-22 2019. Dia berharap prestasi ini dapat menjadi kebangkitan sepak bola di Indonesia.

"AFF sudah kita harapkan, AFC juga dapat. Nanti lagi di akhir tahun, di Sea Games saya kira arahnya ke sana. Saya senang sekali melihat prestasi ini," ujar Jokowi.

Pertahankan Semangat

Arak-arakan penggawa Timnas Indonesia U-22 saat melintasi Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (29/2). Timnas Indonesia U-22 merengkuh tropi Piala AFF U-22 2019 usai menumbangkan Thailand 2-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dia berpesan kepada Bagas Adi Nugraha dkk agar dapat mempertahankan semangat dan prestasi sepak bola agar tak redup.

"Sehingga prestasi ini betul-betul menjadi sebuah arah baru generasi baru kebangkitan sepakbola Indonesia," tutur Jokowi.

Gelar Piala AFF U-22 2019 menjadi yang pertama diraih Indonesia pada kalender 2019. Selanjutnya, Timnas Indonesia U-22 akan mempersiapkan diri untuk event selanjutnya yakni Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 di Thailand pada Maret mendatang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perang Dagang Bikin Ekspor RI Sulit Meningkat

Posted: 27 Feb 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai, turunnya ekspor Indonesia pada awal 2019  merupakan dampak dari perang dagang yang belum usai hingga saat ini.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan, Benny Soetrisno mengatakan, di tengah kondisi global seperti saat ini, industri mengalami kesulitan dalam meningkatkan ekspornya ke negara lain.

"Menurunnya ekspor di Januari 2019 diakibatkan meningkatkan impor bahan bakar. Ekspor industri juga turun karena ada perang dagang Amerika Serikat dan China yang saat ini sedang dilakukan perundingan, yang belum tahu kapan akan selesai," ujar dia dalam Seminar Perdagangan Nasional di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Dalam urusan ekspor, lanjut dia, Indonesia saat ini juga harus bersaing keras dengan negara lain yang sudah lebih unggul seperti China bahkan Vietnam.

"Pesaing kita makin banyak. China dulu tidak ada apa-apanya, sekarang hebat sekali. Vietnam juga ekspornya tinggi, Kamboja juga. V‎ietnam bisa masuk ke AS dan Eropa karena mereka punya perjanjian dagang," kata dia.

Oleh sebab itu, kata Benny, Kadin mendorong pemerintah untuk segera menyelesaikan perundingan perjanjian perdagangan Indonesia dengan negara lain. Dengan demikian, Indonesia akan mendapatkan kemudahan ekspor ke negara tersebut. ‎

"Masalah tarif juga, seperti untuk Pakistan dan India, Inggris memberikan previlage bagi mereka‎. Jadi hubungan multilateral dan bilateral ini menentukan bagi kita supaya bisa menembus pasar-pasar itu," tandas dia.

 

Sri Mulyani Ungkap Sulitnya Genjot Ekspor Indonesia

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani saat memberi keterangan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/5). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani blak-blakan mengenai sulitnya mendongkrak ekspor Indonesia. Saat ini, pertumbuhan ekspor berada di bawah 7 persen. Banyak masalah yang berbeda menjadi penghambat ekspor. Salah satunya kebijakan, struktural dan daya saing.

"Masalah ekspor Indonesia sangat detail dan pelik. Sekarang pertumbuhannya di bawah 7 persen, saya ingin besok 15 persen, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dinamika butuh kebutuhan mengelolanya, dari ujung ke ujung," kata Menkeu Sri Mulyani di Kantor Exim Bank, Jakarta, Rabu 27 Februari 2019.

Selain itu, dia menyebutkan populasi manusia di dunia teramat banyak. Sehingga cukup sulit mengidentifikasi apa saja yang mereka butuhkan dari Indonesia. Bahkan untuk memahami kebutuhan antar daerah di Indonesia saja masih sulit dilakukan.

"Saya ingin sampaikan, potensi market itu unlimited kalau kita memahami geografi global. Jangan kan seluruh global, kenal Indonesia seluruhnya saja enggak. Banyak yang lahir, sekolah, meninggal di satu kabupaten yang sama. Kalau gak ngerti, gimana punya pemahaman orang-orang butuh apa," ujarnya.

Oleh sebab itu dia menegaskan harus pandai memahami apa saja yang tengah dibutuhkan oleh pasar. "Kalau kita gak pernah memahami, kita enggak tahu what kind of commodity yang bisa masuk. You should know the market," ujarnya.

Dia berharap kemampuan memetakan market atau pasar bisa lebih ditingkatkan. Supaya ekspor Indonesia dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan beragam dengan tentunya diimbangi dengan kemampuan meningkatkan produksi di dalam negeri.

"Dan tidak hanya tradisional market yang rising star tapi juga falling star. Kalau kita bisa memetakan berarti kita makin mampu mengetahui positioning di setiap komoditas kita secara detail di masing-masing destinasi market baik yang sudah eksis, solid maupun yang masih baru. Dan juga yang masih belum kita identifikasi," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu Lagi Pemain Ajax Masuk Radar Barcelona

Posted: 27 Feb 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona bakal beraroma Ajax Amsterdam musim depan. Blaugrana sudah memastikan mendapatkan gelandang Ajax, Frenkie de Jong. Dua penggawa Ajax lainnya mungkin menyusul.

Selain bek Matthijs de Ligt, Barcelona kini juga kepincut dengan kiper Ajax Andrey Onana. Pemain 22 tahun itu merupakan binaan tim akademi Barcelona. 

Onana bergabung dengan Barcelona tahun 2010, saat itu dia baru 13 tahun. Onana menghabiskan lima tahun di Ajax sebelum hijrah ke Ajax di tahun 2015.

Bersama Ajax, Onana sukses besar. Onana menjadi kiper nomor satu. Dia mampu membuat 54 clean sheet dari 121 penampilan bersama klub raksasa Belanda itu.

Catalunya Radio melaporkan Barcelona akan mencoba merekrut pemain asal Kamerun itu musim panas nanti. Onana baru akan direkrut jika Jasper Cillessen jadi pergi.

 

Cillessen

Andrey Onana (Istimewa)

Cillessen konon ingin cabut dari Nou Camp karena selama ini jarang mendapat kesempatan bermain. Cillessen kalah bersaing dengan Marc Andre Ter Stegen.

Harga Onana diyakini akan berkisar 30 juta euro. Pasalnya Onana masih terikat kontrak bersama Ajax hingga 2021.

Klasemen Liga Spanyol

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Kampanye Prabowo di Yogyakarta Ricuh

Posted: 27 Feb 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kampanye Prabowo Subianto di Yogyakarta diwarnai aksi ricuh. Kericuhan bahkan membuat polisi sempat menembakan pistol ke udara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Momen Pertemuan Timnas Indonesia U-22 dan Jokowi di Istana

Posted: 27 Feb 2019 08:41 PM PST

Timnas Indonesia U-22 tiba di Istana Negara untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jakarta, Kamis (28/2). Jokowi mengadakan pertemuan dengan Timnas U-22 Indonesia yang baru saja menjuarai turnamen Piala AFF U-22. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Timnas Indonesia U-22 tiba di Istana Negara untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jakarta, Kamis (28/2). Jokowi mengadakan pertemuan dengan Timnas U-22 Indonesia yang baru saja menjuarai turnamen Piala AFF U-22. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemain dan ofisial Timnas U-22 Indonesia tiba untuk bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Kamis (28/2). Jokowi mengadakan pertemuan dengan Timnas U-22 Indonesia yang baru saja menjuarai turnamen Piala AFF U-22. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemain dan ofisial Timnas U-22 Indonesia tiba untuk bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Kamis (28/2). Jokowi mengadakan pertemuan dengan Timnas U-22 Indonesia yang baru saja menjuarai turnamen Piala AFF U-22. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi menerima pemain Timnas U-22 Indonesia dan ofisial di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/2). Timnas U-22 turut didampingi Menpora Imam Nahrawi dan pelatih Timnas U-22 Indra Sjafrie. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi menerima pemain Timnas U-22 Indonesia dan ofisial di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/2). Timnas U-22 turut didampingi Menpora Imam Nahrawi dan pelatih Timnas U-22 Indra Sjafrie. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tertawa melihat aksi Marinus Wanewar saat menerima pemain Timnas U-22 Indonesia yang baru saja menjuarai Piala AFF U-22 2019, di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tertawa melihat aksi Marinus Wanewar saat menerima pemain Timnas U-22 Indonesia yang baru saja menjuarai Piala AFF U-22 2019, di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi menerima pemain Timnas U-22 Indonesia dan ofisial di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/2). Timnas Indonesia U-22 baru saja mengharumkan nama negara, usai menjuarai Piala AFF U-22 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi menerima pemain Timnas U-22 Indonesia dan ofisial di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/2). Timnas Indonesia U-22 baru saja mengharumkan nama negara, usai menjuarai Piala AFF U-22 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi menerima pemain Timnas U-22 Indonesia dan ofisial di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/2). Jokowi mengadakan pertemuan dengan Timnas U-22 Indonesia yang baru saja menjuarai turnamen Piala AFF U-22. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi menerima pemain Timnas U-22 Indonesia dan ofisial di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/2). Jokowi mengadakan pertemuan dengan Timnas U-22 Indonesia yang baru saja menjuarai turnamen Piala AFF U-22. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi menerima pemain Timnas U-22 Indonesia dan ofisial di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/2). Jokowi mengadakan pertemuan dengan Timnas U-22 Indonesia yang baru saja menjuarai turnamen Piala AFF U-22. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi menerima pemain Timnas U-22 Indonesia dan ofisial di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/2). Jokowi mengadakan pertemuan dengan Timnas U-22 Indonesia yang baru saja menjuarai turnamen Piala AFF U-22. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo bersiap berfoto bersama pemain Timnas U-22 Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/2). Jokowi mengadakan pertemuan dengan Timnas U-22 Indonesia yang baru saja menjuarai turnamen Piala AFF U-22. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo bersiap berfoto bersama pemain Timnas U-22 Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/2). Jokowi mengadakan pertemuan dengan Timnas U-22 Indonesia yang baru saja menjuarai turnamen Piala AFF U-22. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Cara Cek Kuota Internet Simpati Tanpa Aplikasi dan Gratis

Posted: 27 Feb 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dengan semakin majunya teknologi, para penyedia layanan seluler di Tanah Air berlomba-lomba memenangkan hati calon pelanggannya. Hampir semua perusahaan yang bergerak dalam bidang operator seluler kini memanjakan pelanggannya dengan berbagai fasilitas paket telepon, SMS, maupun internet.

Ditambah lagi, inovasi aplikasi sosial media mulai menjamur. Maka, tak heran jika para penyedia layanan seluler menawarkan banyak pilihan paket internet yang menggiurkan.

Oleh karena itu, banyak pula yang mulai memperluas jangkauan jaringan dengan merambah daerah-daerah terpencil. Namun, nampaknya permasalahan jangkauan jaringan tidak berlaku untuk penyedia layanan seluler bernama Telkomsel.

Jangkauan jaringan yang luas

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jangkauan jaringan Telkomsel tidak pernah mengecewakan pelanggannya. Di daerah terpencil pun, di mana operator seluler lain menyumbang hanya dua atau satu garis sinyal, Telkomsel justru berjaya dengan garis sinyalnya yang penuh. Alhasil, banyak orang yang beralih menggunakan Telkomsel agar tetap bisa berkomunikasi di segala jenis tempat.

Berkat jangkauan jaringannya yang luas, layanan internet Telkomsel bahkan dinobatkan sebagai koneksi paling baik di Indonesia. Hal ini berdasarkan pengujian pada tools speed test nPerf di sepanjang tahun 2018.

Pengujian yang dilakukan meliputi tes kecepatan, tes streaming, dan tes browsing. Hasilnya Telkomsel menduduki posisi pertama sebagai operator seluler yang mampu menghadirkan kecepatan internet terbaik di Indonesia.

Selain itu, harga smartphone yang kian ramah kantong juga menjadi sumber terciptanya kemajuan di bidang telekomunikasi. Sehingga para penyedia layanan seluler turut berusaha untuk mengembangkan produk-produk mereka, agar bisa bersaing dengan perusahaan teknologi elektronik untung memajukan aspek finansial.

Harga dan kualitas yang seimbang

Berbicara mengenai komunikasi online, operator Telkomsel khususnya Simpati menawarkan deretan paket kuota telepon, sms, internet, maupun gabungan dari ketiganya.

Meski terkenal cukup menguras kantong, namun kualitas yang ditawarkan sebanding dengan harganya. Paket kuota inilah yang menjadi senjata untuk teteap terhubung dengan keluarga dan kolega.

Namun, sebagian besar pengguna layanan seluler seringkali terlena dan lepas kontrol akan penggunaan paket kuota, sehingga tahu-tahu jumlah kuota sudah terpangkas banyak. Bahkan yang lebih parah, pulsa pun mungkin akan tersedot karena ternyata kuota paket sudah habis terpakai.

Kelalaian terjadi murni kesalahan pengguna karena penyedia operator seluler tidak ikut campur dalam penggunaan kuota, kecuali terjadi eror yang tidak disengaja. Untuk itu, memeriksa kuota secara berkala adalah langkah paling tepat dalam menjaga sisa kuota tetap aman, sehingga bisa menggunakannya dengan terstruktur, serta untuk mencegah kantong bocor.

Agar kuota internet selalu aman terkendali, Liputan6.com punya 4 cara cek kuota internet Simpati yang bisa digunakan untuk memeriksa sisa kuota secara berkala. Dengan 4 cara tersebut, Anda bisa selalu memonitor sisa dan penggunaan kuota internet dengan mudah, tanpa harus menyesal nantinya.

Berikut adalah 4 cara cek kuota internet Simpati tanpa aplikasi, yang khusus dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, bagi Anda pengguna Simpati di seluruh Indonesia, Kamis (28/2/2019).

Cara Cek Kuota Internet Simpati lewat Dial USSD

Cek Kuota Internet Simpati lewat Dial USSD

Cara cek kuota internet Simpati bisa dilakukan dengan dial nomor. Cara yang pertama ini bisa dilakukan dengan dua alternatif. Pertama, Anda cukup dial *888# tunggu sebentar hingga muncul beberapa opsi. Pilih opsi nomor 5 yaitu Cek Pulsa & Kuota, dengan cara ketik angka 7 di keypad lalu tekan 'send'. Setelah itu, Anda bisa memilih opsi Cek Kuota pada nomor 3 dengan cara yang sama.

Lalu akan muncul pilihan cek kuota paket, di situ tertulis Cek kuota internet ada di nomor 2. Untuk itu, ketik angka 2 di keypad untuk mengetahui sisa kuota internet Simpati yang Anda miliki. Kelebihan dari cara pertama ini adalah Anda tidak perlu khawatir pulsa akan berkurang, karena cara ini gratis.

Cek Kuota Internet Simpati lewat Dial USSD

Selanjutnya, cara cek kuota internet Simpati yang kedua berupa dial nomor adalah melalui dial *363#. Caranya seperti cara pertama. Pilih opsi nomor 7 yaitu Cek Kuota dengan cara ketik angka 7 di keypad.

Maka, Anda akan segera mendapat pesan teks yang berisi keterangan sisa kuota internet yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga akan mengetahui masa berlaku kuota Anda.

Cara Cek Kuota Internet Simpati lewat SMS

Cek Kuota Internet Simpati lewat SMS

Selain cara cek kuota internet Simpati melalui dial nomor, Anda juga bisa mengetahui sisa kuota melalui SMS. Jangan khawatir, Anda tidak memerlukan pulsa untuk mengirim sms ini alias gratis.

Cukup ketik UL(spasi)INFO lalu kirim ke 363. Maka akan muncul informasi lengkap rincian sisa kuota yang Anda miliki beserta masa berlaku paket.

Cek Kuota Internet Simpati lewat SMS

Ada pula cara lain yang bisa Anda tempuh untuk mengetahui informasi kuota internet melalui SMS. Caranya dengan mengetik Flash(spasi)infov2 dan kirim ke 3636. Ini adalah layanan SMS tanpa tarif sehingga pulsa Anda tidak akan terpotong. Cara ini merupakan cara paling mudah yang bisa Anda coba di rumah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atiqah Hasiholan Datangi Sidang Ratna Sarumpaet Bareng Kakak-kakaknya

Posted: 27 Feb 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini, Kamis (28/2/2019), Ratna Sarumpaet menjalani sidang perdana kasus penyebaran berita bohong alias hoaks di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam sidang perdananya itu, putri Ratna Sarumpaet, Atiqah Hasiholan, tampak hadir untuk memberikan dukungan kepada ibunya.

Tak sendirian, Atiqah Hasiholan ditemani oleh kakak-kakaknya untuk ikut menyaksikan jalannya sidang perdana ‎Ratna Sarumpaet.

"Ya support dong. Ini sama kakak-kakak semua," ucap Atiqah Hasiholan sambil berjalan menuju ruang sidang.

Atiqah Hasiholan mengatakan, ibunya mengaku siap menjalani sidang kasus hukum yang menjeratnya. Ia dan kakak-kakaknya akan memberikan dukungan dan mengharapkan keadilan bagi Ratna Sarumpaet.

Mengharapkan Keadilan

(Instagram/atiqahhasiholan)

"Ya pastinya (mengharapkan keadilan)," kata Atiqah Hasiholan.

Ratna Sarumpaet saat ini berstatus sebagai terdakwa kasus penyebaran berita bohong atau hoaks. Ia mengaku dipukuli orang saat sedang berada di Bandung, Jawa Barat. Tapi setelah diselidiki, ternyata bekas luka di wajah Ratna Sarumpaet merupakan bekas operasi plastik.

Terancam Dipenjara

Terdakwa Ratna Sarumpaet memberikan salam dua jari Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Kamis (29/2). Ratna menjalani sidang dakwaan perdana atas kasus penyebaran berita hoaks yang menyebutkan wajah lebam. (Liputan6.com/Herman Zakharia) 

Atas kebohongannya itu, Ratna Sarumpaet ditahan pada Jumat, 5 Oktober 2018 di Polda Metro Jaya. Penahanan itu terjadi selang satu hari penangkapan dirinya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.

Akibat hoaks kabar penganiayaan itu, Ratna pun terancam dipenjara 10 tahun. Ia dijerat Pasal 14 Undang Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 Juncto Pasal 45 Undang Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK: Pemilu Berlangsung Aman, yang Ribut di Media Sosial

Posted: 27 Feb 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menjamin pemilihan umum presiden atau Pilpres 2019 berlangsung aman dan damai. Sebab, berkaca dari pada pengalaman sebelum-sebelunya kontestasi demokrasi selama ini tidak pernah diwarnai kericuhan.

"Dalam sejarah Indoensia kita sudah melakukan 11 kali Pilpres. Pilegnya yang ke 12 dan Pilpresnya bersama. Selama 11 kali itu relaitf aman dan damai," kata dia saat menjadi pembicara di CNBC Economic Outlook 2019, di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

JK mengatakan, kondisi pemilihan umum yang akan digelar serentak ini justru dibuat gaduh di media sosial. Keributan-keributan atau kabar pemberitaan hoaks pun begitu bebas berkeliaran di media sosial.

Kondisi tersebut yang kemudian membuat prespektif masyarakat hingga pelaku pasar mengkhawatirkan akan terjadinya kericuhan pada saat pemilu mendatang. Padahal, apabila melihat kondisi di lapangan aman-aman saja tidak seperti yang digambarkan di media sosial.

"Jadi kita tidak perlu khawatirkan yang ribut itu bukan di lapangan, (tapi) di medsos saja. Di lapangan aman-aman saja bahkan cium-ciuman, tidak ada yang bawa kita khawatir tentang pemilu," kata JK.

"Kecuali satu kali di Lapangan Banteng 1998. Kemudian beberapa kota ada bakar-bakaran, tambah JK.

Tak Ada Korban

JK menambahkan, sejak reformasi bahkan tidak ada yang menjadi korban jiwa karena pemilu berlangsung.

"Apabila kita lihat pemilu di Filipina, Pakistan, dan India asal pemuilu kadang-kadang ratusan orang meninggal karena konflik pemilu. Tapi kalau di Indonesia setelah reformasi tidak ada satupun yang meninggal karena pemilu," pungkas JK.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Nama-Nama yang Disebut Jaksa dalam Dakwaan Ratna Sarumpaet

Posted: 27 Feb 2019 08:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ratna Sarumpaet telah didakwa jaksa penuntut umum (JPU) dalam sidang perdana kasus penyampaian berita bohong atau hoaks di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam dakwaannya, jaksa menyebut sejumlah nama-nama.

Berikut ini daftar nama-nama yang disebut jaksa saat membacakan dakwaan terhadap Ratna Sarumpaet:

Prabowo Subianto, Amien Rais, Said Iqbal, Nanik S Deyang, Rocky Gerung, Fahri Hamzah, Rizal Ramli, Dahnil Anzhar, Rachel Maryam, Fadli Zon, Hanum Rais, Mardani Ali Sera, Deden Syarifuddin, Ahmad Rubangi, Makmur Julianto alias Pele, Saharudin, Ferdinand Hutahaean, dr Sidik Setiamihardja, Ridwan Kamil, dan dr Tompi.

Nama-nama yang disebut jaksa tersebut di antaranya berstatus sebagai saksi. Antara lain, dr Sidik Setiamihardja, Deden Syarifuddin, Ahmad Rubangi, Makmur Julianto alias Pele, Saharudin, Said Iqbal, Nanik S Deyang, dan Rocky Gerung. 

Selebihnya, merupakan nama-nama yang ditemui Ratna Sarumpaet dan yang mengemukakan pendapatnya di media sosial terkait pengakuan Ratna. 

Mengakibatkan Kegaduhan

Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan dakwaan terhadap Ratna Sarumpaet dalam sidang perdana kasus penyampaian berita bohong atau hoaks di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam dakwaannya, jaksa menyatakan apa yang dilakukan Ratna Sarumpaet telah menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

"Akibat rangkaian cerita seolah-olah memar disertai foto-foto wajah dan kondisi lebam mengakibatkan kegaduhan, keonaran di masyarakat baik di media sosial dan terjadi unjuk rasa," ungkap jaksa, Kamis (28/2/2019).  

Perbuatan Ratna Sarumpaet, sambung Jaksa, dengan mengaku menjadi korban penganiayaan disertai kata-kata dan pemberitahuan kepada banyak orang ternyata berita bohong tersebut telah mencipatakan pro dan kontra di kelompok masyarkat.

"Perbuatan terdakwa (Ratna Sarumpaet) itu melanggar Pasal 28 ayat 2 junto Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)," kata jaksa. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Hari Ini di Solok Selatan Akibatkan 11 Orang Luka dan 101 Rumah Rusak

Posted: 27 Feb 2019 08:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gempa bermagnitudo 5,6 yang berpusat di darat pada kedalaman 10 km berpusat di 50 km tenggara Solok Selatan menimbulkan dampak korban luka dan rumah rusak. Gempa dirasakan sedang selama sekitar 3 detik pada 28/2/2019 pukul 06.27 WIB.

"BPBD Kabupaten Solok Selatan terus melakukan pendataan dampak gempa. Hingga 28/2/2019 pukul 10.00 WIB dampak gempa 11 orang luka ringan dan 101 unit rumah rusak akibat gempa," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan, Kamis (28/2/2019).

Daerah yang mengalami kerusakan tersebar di 4 nagari di Kecamatan Sangir Balai Janggo dan Kecamatan Sangir Batanghari Kabupaten Solok Selatan.

11 orang mengalmi luka ringan. Mereka tersebar di sejumlah wilayah yaitu 1 orang di Nagari Talunan dan 10 orang di Nagari Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Janggo.

Sementara 101 unit rumah rusak tersebar di 4 nagari yaitu. 30 Unit rumah rusak sedang terdapat di Nagari Talunan Maju Kecamatan Sangor Balai Janggo. 4 Unit rumah rusak berat dan 6 unit rumah rusak sedang di Nagari Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Jangjo.

"1 Unit rumah rusak berat dan 30 unit rumah rusak sedang dan rusak ringan di Nagari Sungai Kunyit Barat Kecamatan Sangir Balai Janggo. 30 unit rumah rusak sedang dan ringan di Nagari Ranah Pantai Cermin Kecamatan Sangir Batanghari," ujar Sutopo.

BPBD Kabupaten Solok Selatan masih melakukan pendataan. Posko kesehatan didirikan di Sungai Kunyit. Tenda didirikan untuk logistik dan pengungsi.

"Dampak gempa tidak besar sehingga diperkirakan kerusakan tidak luas," ujar dia.

Gempa M 5,6

Gempa berkekuatan 5,2 SR guncang Malang, Jawa Timur pada Rabu, 8 Agustus 2018. (Ilustrasi: iStockphoto)

 Gempa magnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat pagi ini, Kamis (28/2/2019). Lindu terjadi pada pukul 06.27 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, lokasi gempa berada di 1.40 Lintang Selatan 101.55 Bujur Timur atau 38 km Timur Laut Pasaman, Sumatera Barat.

BMKG menyatakan, gempa di kedalaman 10 kilometer tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Piala AFF, Inilah Target Utama Timnas Indonesia U-22

Posted: 27 Feb 2019 08:35 PM PST

Jakarta - Timnas Indonesia U-22 sukses menjadi kampiun Piala AFF U-22 2019. Namun pelatih Indra Sjafri menyebut menjadi juara Piala AFF bukanlah target utama Garuda Muda.

Pesan tersebut dilontarkan Indra saat Timnas Indonesia tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (27/2019) malam. Rombongan Timnas Indonesia U-22 mendapat sambutan meriah dari suporter yang setia menanti sejak sore. 

Indra Sjafri menegaskan tugas timnya belum selesai. Tim Garuda masih harus tampil dalam dua turnamen pada tahun ini, yaitu kualifikasi Piala AFC U-23 2020 pada 22-26 Maret dan SEA Games pada November 2019.

"Ini baru awal dari pekerjaan yang ditugaskan kepada kami. Tahun pertama kami menghadapi AFF, kualifikasi AFC, dan SEA Games. Piala AFF bukan target utama, tapi lolos ke Piala AFC dan meraih emas SEA Games adalah target utama," ujar Indra Sjafri.

"Kami memerlukan dukungan, kami membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk Kemenpora, karena PSSI tidak bisa berjalan sendiri," lanjutnya.

Timnas Indonesia U-22 menyegel gelar juara setelah mengalahkan Thailand dengan skor 2-1. Adapun Indonesia akan memulai perjuangan pada kualifikasi Piala AFC U-23 pada 22 Maret 2019. 

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Pengacara: Jika Donald Trump Kalah Pemilu 2020, Transisi Kekuasaan AS Tak Akan Damai

Posted: 27 Feb 2019 08:33 PM PST

Liputan6.com, New York - Mantan pengacara dan "penyelesai masalah" Donald Trump, Michael Cohen, baru saja menyelesaikan kesaksiannya di depan Kongres Amerika Serikat (AS).

Dia memperingatkan bahwa jika Donald Trump kalah dalam pemilu presiden AS 2020 mendatang, "tidak akan pernah ada transisi kekuasaan yang damai", demikian sebagaimana dikutip dari Vox.com pada Kamis (28/2/2019).

"Loyalitas saya kepada Tuan Trump telah mengorbankan banyak hal: kebahagiaan keluarga saya, persahabatan, lisensi hukum saya, perusahaan saya, mata pencaharian saya, kehormatan saya, reputasi saya dan, segera, kebebasan saya. Dan saya tidak akan diam membiarkannya melakukan hal yang sama pada negara ini," kata Cohen pada penutupan persidangan.

"Mengingat pengalaman saya bekerja untuk Tuan Trump, saya khawatir jika dia kalah dalam pemilu 2020, maka tidak akan pernah ada transisi kekuasaan yang damai, dan inilah sebabnya saya setuju untuk tampil di hadapan Anda hari ini," lanjutnya.

Cohen juga memilih menggunakan pidato penutupnya untuk mengkritik Donald Trump dalam segala hal, mulai dari isu imigrasi, pemisahan keluarga, penutupan pemerintahan (government shutdown), hingga serangan presiden AS ke-45 itu terhadap media.

Kesaksian Cohen sempat terputus ketika Perwakilan Republik Mark Meadows bereaksi marah atas Perwakilan Rashida Tlaib --dari kubu Demokrat-- tentang komentar, bahwa membawa seorang wanita kulit hitam untuk menyangkal rasisme, sebenarnya adalah tindakan rasis.

"Keponakan-keponakan saya adalah orang-orang kulit berwarna," serunya.

Setelah sidang, beberapa pihak menilai bahwa apapun yang diyakini Meadow tentang isu ras, dia adalah salah satu pendukung kuat teori konspirasi rasis tentang tempat kelahiran mantan Presiden Barack Obama, yang sempat menghebohkan AS pada awal-awal masa pemerintahannya.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Cohen Dijatuhi Penjara 36 Bulan

Suasana Hotel Loews Regency, di mana  FBI menggeledah kantor pengacara pribadi Donald Trump, Michael Cohen di Manhattan, New York City, Senin (9/4). Sekitar selusin agen FBI dilaporkan menggeledah kantor dan tempat tinggal Cohen. (Drew Angerer/AFP)

Sedikit kilas balik, Michael Cohen dijatuhi hukuman penjara 36 bulan di New York pada Rabu 12 Desember 2018.

Dia terbukti berbohong ke Kongres AS dan memfasilitasi pembayaran ilegal untuk membungkam dua wanita, yang diduga pernah menjalin hubungan dekat dengan Trump.

Dikutip dari The Guardian, putusan yang diketuk oleh hakim William Pauley di Manhattan itu, secara mengejutkan, membalik sikap yang biasa ditujukan Cohen terhadap mantan kliennya, Donald Trump.

Cohen diketahui selalu "siap pasang badan" untuk melindungi Donald Trump. Namun, setelah vonis hukuman penjara diumumkan, dia balik berkata dalam suasana emosional, bahwa ia kecewa dengan mantan kliennya itu.

Cohen juga mengatakan bahwa dia telah melakukan kejahatan di bawah "kesetiaan buta" kepada Donald Trump.

"Saya telah memenjarakan diri dan mental sejak hari ketika saya menerima tawaran untuk bekerja untuk seorang maestro real estate, yang ketajaman bisnisnya sangat saya kagumi," kata Cohen. "Saya tahu sekarang, pada kenyataannya, hanya sedikit yang bisa dikagumi dari dia."

"Saya bertanggung jawab penuh atas setiap tindakan yang saya akui," kata Cohen kepada hakim.

"Secara pribadi untuk saya dan yang melibatkan presiden Amerika Serikat .... itu adalah tugas saya untuk menutupi perbuatan kotornya," tambah Cohen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ANTAM Targetkan Pertumbuhan Produksi dan Penjualan Komoditas Utama

Posted: 27 Feb 2019 08:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) mengumumkan bahwa perusahaan menargetkan pertumbuhan signifikan produksi dan penjualan komoditas utama, yakni feronikel, emas, bijih nikel, dan bijih bauksit pada 2019. Untuk feronikel, ANTAM menargetkan volume produksi tahun ini sebesar 30.280 ton nikel dalam feronikel (TNi) atau meningkat 21 persen dibandingkan dengan realisasi produksi unaudited 2018 sebesar 24.868 TNi.

Peningkatan target tersebut sejalan dengan strategi ANTAM untuk meningkatkan utilisasi operasi pabrik Feronikel Pomala dan mulai beroperasinya pabrik Feronikel di Halmahera Timur pada semester kedua 2019. ANTAM juga menargetkan penjualan feronikel sebesar 30.280 TNi atau meningkat 25 persen dibandingkan realisasi penjualan unaudited 2018 sebesar 24.135 TNi.

Sementara itu, untuk komoditas emas, ANTAM menargetkan produksi tahun ini sebesar 2.036 kg (65.458 troy oz (t.oz)) dari tambang emas Pongkor dan Cibaliung dengan tingkat penjualan emas mencapai 32.036 kg           (1.029.981 t.oz). Angka ini tumbuh sebesar 14 persen dibandingkan realisasi penjualan emas unaudited tahun lalu yang sebesar 27.894 kg (896.812 t.oz). Peningkatan penjualan ini seiring dengan ekspektasi peningkatan jangkauan pemasaran produk Logam Mulia ANTAM, baik di pasar domestik maupun ekspor.

Direktur Utama ANTAM, Arie Prabowo Ariotedjo, mengatakan bahwa pada 2019, perusahaannya menargetkan pertumbuhan kinerja operasional melalui peningkatan kinerja produksi dan penjualan komoditas utama ANTAM yang berbasis pada nikel, emas dan bauksit.

"Selain itu, kami berfokus untuk menjaga level biaya tunai produksi tetap rendah, sejalan dengan komitmen ANTAM untuk memberikan nilai yang positif bagi para pemegang saham dan pemangku kepentingan. Kami optimistis kinerja perusahaan akan terus tumbuh di masa yang akan datang," ujarnya

Guna mendukung peningkatan target produksi feronikel, tahun ini ANTAM menargetkan total produksi bijih nikel sebesar 10,50 juta wet metric ton (wmt) atau meningkat 12 persen dibandingkan capaian produksi bijih nikel unaudited 2018 yang sebesar 9,32 juta wmt. Peningkatan produksi bijih nikel ini akan digunakan sebagai bahan baku produksi feronikel ANTAM serta untuk mendukung penjualan bijih nikel.  

Sementara itu, total penjualan bijih nikel ANTAM 2019 ditargetkan sebesar 8 juta wmt yang ditujukan untuk memenuhi permintaan pasar domestik dan ekspor. Angka ini tumbuh 26 persen dibandingkan realisasi penjualan unaudited 2018 sebesar 6,33 juta wmt.

Untuk bijih bauksit, ANTAM menargetkan produksi di tahun 2019 sebesar 3,17 juta wmt atau tumbuh 188 persen dibandingkan realisasi produksi unaudited 2018 sebesar 1,10 juta wmt. Sementara itu, untuk penjualan bijih bauksit 2019 ditargetkan sebesar 3,22 juta wmt, naik sebesar 250 persen dibandingkan realisasi penjualan unaudited  2018 sebesar 920 ribu wmt. Peningkatan produksi dan penjualan bijih bauksit seiring untuk pemenuhan permintaan pasar domestik maupun ekspor.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terindikasi Buang Limbah Sembarangan, Pabrik Teh Prendjak Ditutup

Posted: 27 Feb 2019 08:32 PM PST

Batam - Kabar duka bagi para penggemar teh dan suka menikmati wangi khas Teh Prendjak. Pasalnya, Polda Kepri menyegel pabrik PT Panca Rasa Pratama di Tanjungpinang, perusahaan yang memproduksi Teh Prendjak.

Apa penyebabnya? Subdit IV Kriminal Khusus mengendus aktivitas tak lazim pembuangan limbah perusahaan yang berada di Km 8, Jalan DI Panjaitan, Tanjungpinang ini.

Hasil penyelidikan terindikasi kuat pengolahan limbah berupa oli yang membahayakan lingkungan. Limbah tersebut dibuang ke parit dan tidak adanya tempat penampungan dan pengelolaan selama ini.

Direkrimsus Polda Kepri, Kombes Pol Rustam Mansur menjelaskan jika penindakan ini dilakukan terkait pelanggaran undang-undang lingkungan hidup dan sumber daya air.

"Limbah dibuang ke selokan dan tidak ada tempat pengelolaan. Sumber air berasal dari sumur bor (air dari tanah) untuk memproduksi beberapa produk yang dihasilkan oleh perusahaan dengan pemilik atas nama Bandi tersebut," terang Rustam, Selasa, 26 Februari 2019.

Dari pengamanan lokasi tersebut, selain menemukan gudang produksi Teh Prendjak, polisi juga menemukan minuman kemasan mineral Ravel dan Minuman Canbo serta kecap asin Chez's.

PT Panca Rasa Pratama mempunyai beberapa anak perusahaan yakni PT Karisma Petro Gemilang (Transporter BBM Non Subsidi), PT Bumi Karisma Pratama (Agen penyalur LPG), PT Candi Pulau Mas (Transporter LPG), PT Bumi Indraya Pratama (SPBU), PT Staff Mara Pratama (Distributor Makanan) serta PT Panbaruna (distributor makanan).

Penyegelan ini dilakukan pada Jumat, 22 Februari 2019, lalu. Pemilik perusahaan dijerat Pasal 103, 104 UU No 32 Tahun 2009 Tentang Lingkungan Hidup. Kemudian Pasal 2, Pasal 94 ayat 3 huruf b UU nomor 7 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air. 

Penyidik Polda Kepri memanggil Manager Operasional PT Panca Rasa Pratama, perusahaan produksi Teh Prendjak Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Pemanggilan terkait pencemaran lingkungah atau pembuangan limbah ke saluran pembuangan berupa parit.

"Kita memanggil Taufik yang berperan sebagai Manager Operasional PT Panca Rasa Pratama. Kita panggil akan kami periksa untuk mengambil keterangan," ujar Rustam Mansur.

Ia menyebutkan, untuk saat ini baru satu orang tersebut yang bersedia hadir. Selain Manager Operasional, polisi juga akan memanggil Direktur PT Panca Rasa Pratama, HSE, berikut manajer produksi.

Rustam menuturkan, Ditkrimsus Polda Kepri tak akan berkompromi jika hasil dari pemeriksaan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepri terbukti melanggar.

 

Baca berita menarik di Batamnews.co.id

 

Nasib Karyawan

Suasana di sekitar perusahaan Teh Prendjak Tanjungpinang (Foto: Yogi/Batamnews)

Pabrik Teh Prendjak, PT Panca Rasa Pratama, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, setop beroperasi. Puluhan karyawan dan karyawati tanpa pemberitahuan dilarang bekerja oleh pihak perusahaan, Rabu, 27 Februari 2019 sore.

Nasib mereka pun ke depan belum diketahui. "Mereka (pengawas) tiba-tiba matikan, terus kami dikumpulkan," kata salah seorang karyawan.

Pemberhentian tersebut pada shif sore. Pada shif kedua tersebut terdapat sekitar 70 orang karyawan. Perusahaan itu diperkirakan mempekerjakan ratusan karyawan.

Para pekerja tersebut bingung harus berbuat apa. "Setelah itu mereka bilang tunggu panggilan, belum tahu sampai kapan," katanya.

Para pekerja di perusahaan tersebut didominasi perempuan. Beberapa karyawan memutuskan langsung pulang.

Untuk perusahaan Teh Prendjak karyawan hampir bejumlah 200 orang. Sebelumnya pabrik Teh Prendjak ini disegel aparat Polda Kepri. Diduga melakukan membuang limbah berbahaya secara sembarangan.

Penyidik menemukan sejumlah galon dan drum berisi limbah, serta selokan tempat pembuangan limbah tersebut.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga iPhone 5SE dan Spesifikasi, Si Mungil dengan Spek Setara 6S Plus

Posted: 27 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Apple salah satu brand smartphone asal Amerika Serikat yang sukses merajai pasar gadget global. Apple memang terkenal dengan kualitas produknya yang kelas atas. Itu mengapa, harga iPhone 5SE juga tergolong tinggi pada saat awal peluncurannya.

Aneh rasanya jika Apple mengeluarkan iPhone harga murah. Ya, karena memang Apple menyasar untuk golongan kelas atas. Tak heran jika Apple dikenal sebagai perusahaan gadget premium dan mengutamakan eksklusivitas.

Setelah sukses dengan smartphone iPhone 5 dan iPhone 5s, pada tahun 2016 lalu Apple merilis sebuah smartphone generasi penerus bernama iPhone SE. Hal ini bertujuan untuk kembali bersaing di pasar smartphone kelas mid-range atau kelas menengah.

Tentunya sebagai smartphone kelas menengah, iPhone SE memiliki desain sangat mewah dan dibekali dengan spesifikasi yang sangat baik. Berikut harga iPhone 5SE dan spesifikasi yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/2/2019).

Desain dan Layar

Dari sisi layar, iPhone 5SE menggunakan layar berukuran 4 inci. Tentu saja dengan ukuran layar yang kecil akan membatasi para penggemar gadget yang menyukai layar yang lebar.

Untuk urusan resolusi, iPhone 5SE menawarkan resolusi sebesar 640 x 1136 piksel yang apabila dibandingkan dengan ukuran layarnya setidaknya memiliki kerapatan kurang lebih sebesar 326 piksel/inci. Dengan kerapatan piksel yang demikian, kamu akan cukup puas dengan kualitas gambar yang ditampilkan.

Sebagai tambahan, iPhone 5SE menggunakan layar berteknologi LED-Backlit IPS LCD touchscreen dengan capacitive touchscreen 16M colors. Dengan fitur ini menjadikan tampilan warna layar tampak begitu indah dan nyata, yang menjadi spesifikasi unggulan iPhone 5SE dalam lini tampilan layar. Smartphone ini tidak ada lapisan perlindungan seperti corning Gorilla Glass pada iPhone SE, sehingga layarnya rawan terhadap goresan.

Dapur Pacu dan Penyimpanan

iPhone 5SE dibekali dengan prosessor Dual-core 1.84 GHz Twister yang ditanam pada chipset Apple A9. Untuk menunjang kinerjanya, smartphone ini dilengkapi dengan RAM 2 GB dan GPU PowerVR GT7600 (six-core graphics).

Dapur pacu pada iPhone 5SE menggunakan hardware yang sama persis dengan iPhone 6S Plus, sehingga dari segi kinerja tidak ada perbedaan antara keduanya.

iPhone 5SE memiliki penyimpanan internal dengan kapasitas bervariasi, mulai dari 16 GB, 32 GB hingga 64 GB. Smartphone ini tidak memiliki slot penyimpanan eksternal.

Kamera

Dengan harga iPhone 5SE yang lumayan terjangkau, ponsel ini memiliki fitur kamera belakang dengan ukuran 12 MP (f/2.2, 29mm, 1/3″, 1.22 µm) lengkap dengan autofocus dan LED flash. Kamera utama ini dapat menghasilkan video dengan kualitas 2160p @30fps, 1080p @30/60fps, 1080p @120fps dan 720p @240fps.

iPhone 5SE juga dilengkapi kamera depan dengan ketajaman sensor kamera dengan resolusi 1.2 MP (f/2.4, 31mm). Kamera sekunder ini dapat menghasilkan video dengan kualitas 720p @30fps.

Beberapa fitur tambahan pada sisi fotografi yang dimiliki iPhone 5SE yaitu Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR (photo/panorama). Fitur tambahan tersebut menjadi pelengkap bagi spesifikasi dan harga iPhone 5SE yang sebanding dalam bidang fotografi.

Konektivitas

Untuk fitur konektivitas, iPhone 5SE telah didukung teknologi jaringan 4G. Walaupun kemampuan yang ditawarkan oleh iPhone 5SE masih digolongkan dalam kategori Cat4 dengan kecepatan 150/50 Mbps, rasanya sudah cepat apabila digunakan di Indonesia yang masih tergolong baru dalam menerapkan teknologi 4G.

iPhone 5SE juga mendukung teknologi 3G berkualitas HSDPA yang bergerak pada frekuensi 850 / 900 / 1900 / 2100 dan 2G 850 / 900 / 1800 / 1900. iPhone 5SE dilengkapi dengan teknologi standar seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dan mampu menjadi hotspot.

Fitur standar Bluetooth telah disematkan pada versi 4.2 A2DP yang tentunya lebih cepat dalam transfer data daripada versi sebelumnya. Fitur konektivitas istimewa iPhone 5SE adalah dukungan NFC yang dapat digunakan untuk mengakses fitur Apple Pay. Untuk urusan navigasi, iPhone 5SE telah dilengkapi dengan dual sistem navigasi yakni A-GPS dan GLONASS.

Baterai dan Sistem Operasi

iPhone 5SE dibekali dengan baterai berkapasitas 1624 mAh. Baterai berjenis Lithium Polimer ini berjenis non-removable sehingga tidak dapat dilepas pasang sendiri.

Untuk menunjang kinerjanya, iPhone 5SE dilengkapi dengan beberapa sensor seperti sensor fingerprint pada bagian depan, accelerometer, gyroscope, proximity dan kompas.

Apple iPhone SE menggunakan sistem operasi iOS 9.3.2 yang dapat diupgrade ke iOS 11.2. Salah satu yang menjadi keunggulan iOS adalah Siri yang tertanam dalam iOS. Siri dapat digunakan sebagai asisten pribadi yang dapat mengerti dan menerjemahkan suara manusia sebagai input. Siri dirasa lebih baik dari Cortana buatan Microsoft dan Google Assistant milik Google.

Harga iPhone 5SE

· Harga iPhone 5SE 16GB baru

Rp 2.599.000

· Harga iPhone 5SE 32GB baru

Rp 2.799.000

· Harga iPhone 5SE 64GB baru

Rp 2.999.000

· Harga iPhone 5SE 16GB bekas

Rp 1.999.000

· Harga iPhone 5SE 32GB bekas

Rp 2.299.000

· Harga iPhone 5SE 64GB bekas

Rp 2.499.000

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangun dan Ubah Kapal Ikan Harus Peroleh Izin Kementerian Kelautan

Posted: 27 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menegaskan setiap pembangunan dan perubahan kapal ikan harus memperoleh persetujuan KKP.

Hal disampaikan Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan, M. Zulficar Mochtar, saat dikonfirmasi mengenai pembangunan kapal ikan.

"Iya betul. Setiap pembangunan modifikasi kapal ikan harus atas sepengetahuan dan persetujuan KKP. Tidak boleh sembarang membangun kapal," ujar  Zulficar Mochtar, saat dihubungi Liputan6.com, lewat pesan singkat, Kamis (28/2/2019).

Ia menegaskan, untuk penerbitan persetujuan pengadaan kapal perikanan juga memiliki dasar hukum sesuai dengan UU Perikanan. Adapun aturan itu tertuang dalam UU Nomor 45 Tahun 2009 tentang perikanan.

Pada pasal 35 ayat satu disebutkan setiap orang membangun, mengimpor, atau memodifikasi kapal perikanan wajib terlebih dahulu mendapatkan persetujuan.

Pengadaan kapal baru atau bekas itu perlu dikendalikan agar sesuai dengan daya dukung sumber daya ikan (SDI). Ini sebagai penjelasan pasal 35 ayat 1 tersebut.

Bagi pihak melanggar ada sanksi pidana. Sanksi itu antara lain pidana penjara paling lama satu tahun dan denda paling banyak Rp 600 juta bagi yang tidak mendapat persetujuan sebagaimana dimaksud pada pasal 35 ayat 1 UU Perikanan (pasal 95 UU Perikanan).

 

Aspek Legal

Petugas damkar berusaha menjinakan api yang membakar kapal nelayan di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (23/2). Sebanyak 18 kapal nelayan terbakar yang belum diketahui penyebabnya. (merdeka.com/Imam Bukhori)

Bagi pihak yang ingin membangun usaha perikanan tersebut ada sejumlah aspek legal untuk dokumen kapal perikanan dan konsekuensinya antara lain:

1.Penerbitan Surat Izin Usaha Perikanan

Pada pasal 26 UU Perikanan disebut, bagi setiap orang yang melakukan usaha perikanan di bidang penangkapan, pembudidayaan, pengangkutan, pengolahan dan pemasaran ikan di WPP-RI wajib memiliki Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP). Kewajiban ini dikecualikan bagi nelayan kecil.

Bagi pihak yang tidak memiliki SIUP dapat dikenakan sanksi pidana. Sanksi tersebut yaitu pidana penjara paling lama delapan bulan dan dendah paling banyak Rp 1,5 miliar bagi yang tidak memiliki SIUP sebagaimana dimaksud pada pasal 26 UU Perikanan (Pasal 92 UU Perikanan).

2. Penerbitan Persetujuan Pengadaan Kapal Perikanan

Adapun dasar hukum untuk penerbitan persetujuan pengadaan kapal perikanan juga berdasarkan pasal 35 ayat 1. Setiap orang yang membangun, mengimpor, atau memodifikasi kapal perikanan wajib terlebih dahulu mendapat persetujuan menteri.

Pengadaan kapal baru atau bekas perlu dikendalikan agar sesuai dengan daya dukung SDI.

Adapun sanksi pidana penjara paling lama satu tahun dan denda paling banyak Rp 600 juta bagi yang tidak mendapat persetujuan sebagaimana dimaksud pada pasal 35 ayat 1 UU Perikanan (pasal 95 UU Perikanan).

3. Penerbitan Surat Ukur, Grosse Akta dan Surat Tanda Kebangsaan Kapal Indonesia

Untuk ketentuan tersebut dasarnya berdasarkan UU Pelayaran. Pertama, untuk pengukuran kapal berdasarkan pasal 155 UU Pelayaran. Kedua, pendaftaran kapal untuk pasal 158 UU Pelayaran. Ketiga, penetapan kebangsaan kapal berdasarkan pasal 163 UU Pelayaran.

Adapun sanksi pidanya yaitu penjara paling lama enam bulan atau denda paling banyak Rp 100 juta bagi yang tidak memasang tanda pendaftaran sebagaimana dimaksud pada pasal 158 UU Pelayaran.

4. Penerbitan Buku Kapal Perikanan

Untuk kapal perikanan milik orang Indonesia yang dioperasikan di WPP-RI dan laut lepas wajib didaftarkan terlebih dahulu sebagai kapal perikanan Indonesia (Pasal 36 UU Perikanan).

Untuk penerbitan buku kapal perikanan ini tidak ada sanksi pidana. Namun, ketiadaan BKP membuat kapal tidak dapat memperoleh Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI)/ Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI).

5. Penerbitan Surat Izin Penangkapan dan Surat Izin Kapal Penangkapan Ikan

Untuk penerbitan surat zin tersebut wajib memiliki SIPI yang tertuang dalam pasal 27 ayat 1 UU Perikanan. Kemudian kewajiban memiliki SIKPI yang tertuang dalam pasal 28 UU Perikanan.

Adapun sanksi pidananya yaitu pidana penjaran paling lama enam tahun dan denda paling banyak Rp 2 miliar bagi yang tidak memiliki SIPI sesuai ketentuan pasal 27 ayat 1 UU Perikanan (pasal 93 ayat 1 UU Perikanan).

Kemudian pidana penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp 1,5 miliar bagi yang tidak memiliki SIKPI sesuai ketentuan pasal 28 ayat 1 UU Perikanan (Pasal 94 UU Perikanan).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Persiapan Ratna Sarumpaet Sebelum Sidang

Posted: 27 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ratna Sarumpaet menjalani sidang perdana kasus penyebaran hoaks. Ternyata ada beberapa persiapan yang ia lakukan sebelum sidang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Momo Geisha Melahirkan Anak Pertama

Posted: 27 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Momo Geisha dan suami, Nicola Reza Samudra, kini tengah berbahagia. Momo Geisha melahirkan anak pertamanya yang diketahui berjenis kelamin perempuan. Kabar bahagia tersebut diungkap Nicola Reza Samudra di akun Instagram, Kamis (28/2/2019).

Dalam unggahannya itu, suami Momo Geisha terlihat berswafoto bersama bayi mungil yang sedang tertidur. Di keterangan foto, Nicola Reza Samudra turut menuliskan nama dari anak pertamanya tersebut. "Hello, Sheena Gabriella Aurora Samudra," tulisnya.

Selain itu pria yang menikah dengan Momo Geisha sejak dua tahun lalu tersebut, mengungkapkan rasa beyukur kepada Sang Pencipta atas kelahiran sang buah hati. "Terima kasih Tuhan #babyG #miripbapakerek @therealmomogeisha," ungkap Nicola Reza Samudra.

Dalam foto lainnya, pria berkacamata itu juga tampak mencium kening Momo Geisha yang sedang terbaring di tempat tidur rumah sakit. Nicola pun menyematkan kata-kata penyemangat. "Here we go." 

Acara Baby Shower

Momo Geisha

Sebelum memasuki hari kelahiran anaknya, Momo Geisha sempat diberi kejutan baby shower dari sang suami, pada 4 Februari 2019 lalu. Dengan mengusung dekorasi dominan berwarna merah muda, hal tersebut seolah memberikan jawaban tentang jenis kelamin dari anak yang sedang di kandungnya kala itu.

Momen tersebut turut dibagikan Momo Geisha di akun Instagram, ia pun kerap mengungkapkan sudah tak sabar menantikan kelahiran anaknya. "My baby shower. Can't wait to welcome our little precious gift!," tulis Momo Geisha dalam unggahannya tersebut.

Pernikahan

Momo Geisha dan Nicola Reza Samudra (Instagram/@therealmomogeisha)

Setelah menggelar lamaran di bulan Oktober 2016, Momo Geisha resmi dipersunting oleh Nicola Reza Samudra sejak 8 April 2017. Dan pernikahan keduanya dilaksanakan di kota Malang, Jawa Timur.

Usai menikah, wanita bernama lengkap Narova Morina Sinaga tersebut ikut menetap bersama sang suami di Malang. (Siti Fuadah/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Kicauan Lucu Warganet Soal Pernikahan Syahrini dan Reino Barack

Posted: 27 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Syahrini dan Reino Barack dilaporkan sudah resmi menikah pada hari ini, Rabu (27/2/2019). Pernikahan keduanya pun dibicarakan banyak orang, termasuk warganet.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, tagar #SyahriniReinoSatuAtap bertengger di puncak Indonesia trends Twitter. Tak hanya ucapan selamat atas pernikahan keduanya, berbagai twit lucu pun berhamburan di situs microblogging tersebut.

Berita di atas, menjadi berita yang paling disorot pembaca kami pada Rabu (27/2/2019). Tak cuma itu, ada dua berita lain yang juga tak kalah populernya, seperti kehadiran smartphone Energizer dengan baterai tebal 18.000mAh dan Grab yang dinobatkan sebagai perusahaan paling inovatif kedua di dunia.

Lebih lengkap, yuk simak rangkuman ketiga berita di atas berikut ini.

1. Kicauan Kocak Warganet soal Tagar Syahrini Reino Satu Atap

Syahrini dan Reino Barack telah resmi menjadi pasangan suami istri. Keduanya diketahui telah menjalani ijab kabul di Masjid Tokyo Camii & Turkish Culture Center, Jepang, Rabu (27/2/2019).

Instagram Story dari akun @teamsyahreino, menunjukkan bahwa Syahrini dan Reino Barack sudah resmi menikah. Namun, dalam unggahan tersebut hanya tampak para tamu undangan, sementara Syahrini dan Reino Barack belum terlihat.

Berita pernikahan Syahrini dan Reino Barack memang menjadi perbincangan hangat selama sepekan terakhir. Berbagai tanggapan negatif dan positif pun datang dari khalayak ramai.

Selengkapnya baca di sini

2. Pakai Baterai Babon 18.000mAh, Ini Wujud Smartphone Energizer Super Tebal

Energizer akhirnya memamerkan smartphone terbarunya, Power Max P18K Pop di gelaran Mobile World Congress (MWC) 2019.

Yang menjadi sorotan, smartphone ini hadir dengan wujud yang tak biasa, berbeda dengan fisik smartphone kebanyakan di pasaran sekarang.

Selengkapnya baca di sini

3. Grab Dinobatkan Jadi Perusahaan Paling Inovatif Kedua di Dunia

Capaian besar baru saja diraih Grab pada awal tahun ini. Alasannya, startup yang berbasis di Singapura itu baru saja masuk dalam daftar perusahaan paling inovatif.

Dikutip dari Business Insider, Rabu (27/2/2019), Grab berada di urutan kedua perusahaan paling inovatif.

Perusahaan ini bahkan mengalahkan perusahaan teknologi lain seperti Apple dan Alibaba.

Sekadar informasi, daftar perusahaan inovatif ini dirilis oleh Fast Company, majalah bisnis asal Amerika Serikat.

Grab juga dinobatkan sebagai perusahaan nomor satu untuk kategori transportasi.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Debat Cawapres, Anies Beri Saran Tentang Kebijakan Pendidikan ke Sandi

Posted: 27 Feb 2019 08:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku memberikan saran kepada calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno untuk persiapan debat ketiga Pilpres 2019. Dia mengaku Sandiaga meninta saran mengenai persoalan pendidikan.

"Dia tanya soal kebijakan-kebijakan pendidikan apa yang perlu menjadi perhatian," kata Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2019).

Kendati begitu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu enggan merinci secara detail pembahasan pendidikan bersama Sandiaga. Tak hanya itu, Anies menyebut tidak ada pembahasan lain selain soal pendidikan.

Sebelumnya, calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno mengungkapkan, dia sudah mulai menyiapkan dan menerima masukan materi untuk menjalankan debat cawapres pada 17 Maret 2019.

Salah satunya, Sandiaga berkonsultasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Saya sempat diskusi dan makan siang dengan Pak Anies. Dan Pak Anies juga menyampaikan pokok-pokok pikirannya karena waktu kita di DKI sama-sama berjuang, beliau juga Menteri Pendidikan," ujar Sandiaga di Roemah Djoeang Prabowo-Sandi, Jakarta Selatan, Rabu (27/2/2019).

Sandi mengatakan, dalam pembahasannya dengan Anies Baswedan hal paling utama yang akan diperjuangkannya dalam sektor pendidikan adalah perbaikan sistem.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank BRI Dukung Ekonomi Kerakyatan dengan Penyaluran KUR Ketahanan Pangan

Posted: 27 Feb 2019 08:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI kembali menyelenggarakan kegiatan penguatan ketahanan pangan melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor pertanian dan peternakan rakyat. Bank BRI, anggota Himpunan Bank-Bank Milik Negara (HIMBARA), serta bank penyalur KUR lainnya hadir sebagai undangan dalam kegiatan tersebut.

Acara yang digelar di Pondok Pesantren Miftahul Huda, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Rabu (27/2), tersebut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo yang didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Darmin Nasution dan Menteri Koperasi dan Usaha  Kecil Menengah (UKM) RI A.A.G. Ngurah Puspayoga

KUR Ketahanan Pangan merupakan salah satu program KUR Pemerintah dalam bentuk dukungan pembiayaan kepada petani (termasuk peternak), baik modal kerja maupun investasi. Melalui program ini, diharapkan dapat membantu para petani dalam meningkatkan skala ekonomi usahanya sehingga dapat mendorong terwujudnya ketahanan pangan nasional.

"Sejak tahun 2015 – 2018 lalu, kami telah menyalurkan KUR Ketahanan Pangan sebesar 53,6 triliun kepada lebih dari 3,2 juta petani. Penyaluran tersebut didominasi oleh sektor pertanian tanaman perkebunan (33%), pertanian padi (20%), pertanian buah dan sayuran (15%), budidaya sapi potong (11%) dan pertanian palawija (9%), sedangkan 12% lainnya merupakan gabungan dari peternakan unggas (3%), domba atau kambing potong (3%), pertanian perkebunan peternakan atau mixed farming (3%), dan lain-lain (3%)," Direktur Mikro & Kecil Bank BRI Priyastomo yang turut hadir dalam acara tersebut.

Ia melanjutkan "Hal tersebut dinilai selaras dalam mendukung program pengembangan komoditas pangan strategis yang menjadi prioritas pemerintah diantaranya padi, jagung, kedelai, bawang, cabai, daging sapi, dan gula," ungkap Direktur Mikro & Kecil Bank BRI Priyastomo. 

Dalam kesempatan tersebut, Bank BRI menyalurkan KUR senilai Rp 525 juta secara simbolis kepada 2 debitur KUR masing-masing KUR Mikro Rp 25 juta dan KUR Kecil Rp 500 juta, juga menyalurkan KUR dengan total Rp 9,33 milyar untuk 300 peserta yang merupakan petani dan peternak dengan nilai plafond bervariasi mulai Rp 5 juta hingga Rp 300  juta. Selain itu Bank BRI berkesempatan pula menyerahkan CSR berupa bantuan renovasi bangunan Pondok Pesantren Miftahul Huda sebesar Rp 248 juta.

"Kami berupaya untuk terus hadir dalam menyukseskan program-program ekonomi kerakyatan yang diinisiasi pemerintah seperti Kewirausahaan Pertanian, KUR Ketahanan Pangan, Rumah Kreatif BUMN dan Kartu Tani. Hal ini sebagai wujud nyata  komitmen Bank BRI dalam mendukung pemberdayaan masyarakat desa dan tercapainya swasembada pangan dalam rangka ketahanan pangan nasional yang akhirnya turut meningkatkan kesejahteraan para petani Indonesia", imbuh Priyastomo.

 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Darmin Nasution (tengah) menyerahkan KUR BRI sektor pertanian senilai total Rp 525 juta kepada dua petani secara simbolis

Khusus untuk wilayah Kabupaten Tasikmalaya telah dilakukan berbagai dukungan dari BRI untuk memajukan ekonomi kerakyatan. Diantaranya, dukungan yg diberikan oleh Bank BRI kepada PT. Mitra Desa Bersama (MDB) Cisuka berupa 1 unit truk roda 6 dan 1 unit kendaraan pick up.

Selain itu, Bank BRI juga memiliki Rumah Kreatif BUMN (RKB) di Tasikmalaya bernama Rumah Kreatif Tasikmalaya yang sudah memiliki anggota sebanyak 1.518 UMKM termasuk para petani. Keberadaan Rumah Kreatif ini diharapkan dapat membantu pengembangan bisnis dan peningkatan jejaring pemasaran produk pertanian petani. Tercatat sampai dengan 31 Desember 2018 lalu, KUR Ketahanan Pangan yang telah disalurkan Bank BRI di wilayah Tasikmalaya sebesar Rp 44,7 Miliar.

Sepanjang tahun 2018 yang lalu Bank BRI telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat dengan total mencapai Rp.80,2 Triliun kepada lebih dari 3,9 Juta debitur di seluruh Indonesia. Apabila di total, sejak tahun 2015 hingga 2018 jumlah KUR yang telah disalurkan BRI mencapai Rp.235,4 Triliun kepada lebih dari 12,6 juta pelaku UMKM.

Dengan adanya program KUR Ketahanan Pangan dan program-program ekonomi kerakyatan lainnya dapat meningkatkan ketersediaan pangan, memacu petani untuk mengembangkan usahanya, menggerakkan perekonomian petani dan dalam jangka panjang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para petani.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mencoba Honda Mobilio Terbaru, Apa yang Bisa Dibanggakan?

Posted: 27 Feb 2019 08:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Honda di Indonesia resmi meluncurkan mobil di kelas Low MPV, new Honda Mobilio, Kamis (21/02/19) lalu.

Meski tak mengalami perubahan besar, pabrikan otomotif asal Jepang tersebut mendapat penyegaran pada eksterior serta adanya beberapa fitur tambahan baru pada sisi interior.

Nah, kali ini Liputan6.com berkesempatan menjajal bagaimana rasanya new Honda Mobilio. Untuk pengujian kali ini, HPM mendesain acara pengujian hanya sekitar wilayah Cilandak, Jakarta Selatan hingga Ancol, Jakarta Utara.

Eksterior

Secara tampilan, tak ada perubahan besar pada mobil ini. Hanya saja Mobilio terbaru telah disematkan lampu LED daytime running light, 15 inch two tone alloy wheel design, new front side dan rear spoiler.

Interior

Hadirnya new black/ivory interior color (two tone) serta new 6,2 inch esistive touchscreen display audio with Bluetooth & hands free telephone diklaim mampu memberikan rasa nyaman lebih bagi konsumen.

Namun nyatanya, saat Liputan6.com mencoba mobil keluarga itu dengan dua perwakilan media nasional lainnya, head unit yang dibanggakan tak bisa dioperasikan.

Selanjutnya

Sejak awal perjalanan hingga garis akhir, satu satunya media hiburan dalam kabin mobil tidak bisa menyala. Sehingga, perubahan yang terjadi pada new Honda Mobilio tak bisa dinikmati di tengah jalanan macet dan panas.

Tak hanya head unit, lampu kabin dan keyless entry juga tak bisa berfungsi. Hal itu membuat pengendara harus mengunci mobil dengan cara manual.

Saat dikonfirmasi kepada HPM, teknisi mencoba memeriksa mobil di garis akhir dan menemukan titik masalahnya. Teknisi tersebut mengaku bila pihaknya lupa mengecek sekring yang berkaitan dengan head unit sebelum digunakan.

Mesin

Tak ada perubahan dari sisi dapur pacu, new Honda Mobilio tetap mendapat mesin 1.5L i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga hingga 116 Tk pada 6.600 rpm dan telah dilengkapi dengan transmisi CVT with Earth Dreams Technology.

Untuk meredam benturan saat terjadi kecelakaan, mobil terbaru ini dilengkapi dual front SRS airbags dan sistem pengereman ABS serta EBD. Sedangkan untuk varian Honda Mobilio RS mendapat tambahan fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cara Menyetel Gitar Ukulele Untuk Pemula, Belajar Musik dengan Mudah

Posted: 27 Feb 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi beberapa orang, musik adalah bagian terpenting dalam hidup yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sehari-hari. Hanya dengan mendengarkan musik favorit, hari yang semula kelabu bisa berubah jadi lebih cerah. Maka tak heran jika sehari tanpa mendengarkan musik terkadang membuat semangat hidup berkurang.

Nyatanya, musik memang memiliki segudang manfaat dalam hidup manusia. Misalnya, jika dilihat dari aspek kesehatan. Dikutip Liputan6.com dari laman Inminutes, Kamis (28/2/2019), mendengarkan musik bisa memperbaiki tekanan darah dan detak jantung.

Selain itu, musik juga dapat menjaga otak tetap sehat hingga meningkatkan kemampuan visual dan komunikasi.

Saking banyaknya manfaat musik, tidak sedikit orang yang mempelajari cara memproduksi musik yang enak didengar. Bahkan, tak jarang yang sampai membuat lirik lagu hingga membentuk lagu dengan lirik yang indah. Biasanya, mereka terinspirasi dari kehidupan sehari-hari atau dari kejadian yang tidak sengaja dilalui.

Pengertian Gitar Ukulele

(Sumber: iStockphoto)

Terlebih lagi, alat musik beragam jenisnya sehingga setiap orang bisa memilih jenis alat musik seperti apa yang ingin ditekuni. Salah satunya adalah ukulele.

Ukulele seringkali disebut sebagai gitar mini. Memang benar jika dilihat dari fisiknya, ukulele memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dari gitar pada umumnya. Oleh karena itu, ukulele kerap disebut gitar ukulele oleh banyak orang.

Berbeda dengan gitar pada umumnya, ukulele memiliki tuning sendiri. Keuntungan memilih alat musik ini adalah ukurannya yang kecil sehingga mudah untuk kamu bawa kemanapun kamu pergi Instrumen musik ini berasal dari Hawaii yang ditemukan sekitar tahun 1879. Meskipun kecil, tapi suara yang dihasilkan sangatlah merdu dan punya keunikan tersendiri.

Nah, bagi kamu yang masih belajar memainkan musik, gitar ukulele bisa kamu pilih untuk melatih jari-jari tanganmu yang penuh bakat itu. Namun, sebelum berlatih memainkan gitar ukulele, kamu harus mengetahui cara menyetel gitar ukulele.

Kira-kira seperti apa caranya? Daripada penasaran, yuk simak cara menyetel gitar ukulele agar kamu bisa memproduksi bunyi-bunyian indah untuk mewarnai hari-harimu, seperti yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/2/2019).

Cara Menyetel Gitar Ukulele

(Sumber: wikiHow)

Sebelum mulai menyetel gitar ukulele, kamu harus tahu bahwa ukulele yang umum digunakan terdiri dari dua macam, yaitu ukulele sopran dan tenor. Keduanya memiliki 4 senar dengan pitch GCEA. Secara berurutan dari atas ke bawah, pitch GCEA berlaku untuk senar 4, 3, 2, dan 1.

Pastikan semua senar ukulele kamu telah terpasang dengan baik. Jika belum, kamu bisa mengencangkan ataupun mengendurkan tiap senar dengan pemutar di ujung papan petik.

Kencangkan senar untuk menaikkan nada. Atau kendurkan senar untuk menurunkan nada. Namun, jangan menyetel senar terlalu kencang karena bisa membuat senar putus.

Jika sudah paham dengan urutan senar, selanjutnya kamu cocokkan nada tiap senar agar dapat berbunyi dengan nyaring. Kamu bisa menggunakan alat musik lain, seperti piano.

Bisa juga dengan aplikasi online yang ada di Playstore atau App Store. Sesuaikan bunyi senar ukulele hingga nadanya sama dengan bunyi yang dikeluarkan piano atau melalui aplikasi online.

Cara Menyetel Gitar Ukulele Menggunakan Aplikasi Online

Jika kamu memilih untuk menggunakan aplikasi online, kamu bisa download aplikasi 'Ukulele Tuner Free' di Playstore maupun App Store. Setelah diinstall, mulailah untuk menyamakan nada tiap senar ukulele dengan aplikasi. Saat memetik senar, aplikasi akan menunjukkan apakah nadanya sudah sesuai.

Caranya adalah dengan mengatur posisi senar menggunakan alat pemutar yang berada di samping ujung kepala ukulele hingga menghasilkan bunyi yang sesuai. Kelebihan dari cara pertama ini adalah aplikasi tersebut akan menunjukkan nada yang paling tepat dengan sendirinya.

Cara Menyetel Gitar Ukulele Menggunakan Piano

Cara menyetel ukulele yang kedua adalah dengan menyamakan nada di tiap tuts piano. Mungkin caranya lebih rumit dari cara pertama menggunakan aplikasi online. Pasalnya, selain harus menyiapkan piano, kamu juga harus menekan tuts piano dengan tanganmu sendiri hingga senar ukulele mengeluarkan bunyi yang sama dengan tuts piano.

Cara Menyetel Gitar Ukulele Menggunakan Pipa Penyetem

Selain aplikasi online dan piano, kamu juga bisa menggunakan pipa penyetem untuk mengetahui cara menyetel gitar ukulele. Kamu bisa memilih pipa penyetem kromatik atau pipa penyetem yang dibuat khusus untuk ukulele.

Caranya adalah tiup pipa sesuai dengan nada yang kamu butuhkan, lalu petik senar ukulele dan sesuaikan hingga menghasilkan nada yang sesuai.

Nah, itulah tiga cara menyetel gitar ukulele yang bisa kamu lakukan di rumah. Perlu diperhatikan bahwa perubahan suhu ruangan ternyata bisa mempengaruhi setelan ukulele. Maka jangan heran ketika setelan nada ukulele kamu berubah saat kamu membawanya ke luar.

Selain itu, setelan nada ukulele juga tidak akan bertahan lama. Jadi, kamu tidak boleh bosan menyetel gitar ukulele. Usahakan untuk lebih sering mengencangkan senar ketimbang mengendurkannya. Namun, pastikan untuk tidak mengeluarkan tenaga terlalu besar karena senar ukulele bisa putus sewaktu-waktu karena tarikan yang terlalu kencang.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-22 Juara, Sekjen PSSI Terharu

Posted: 27 Feb 2019 08:20 PM PST

Jakarta - Ratu Tisha Destria sangat senang timnas Indonesia U-22 sukses menjuarai Piala AFF U-22 2019. Sekjen PSSI itu menilai timnas Indonesia U-22 memberikan kebanggaan di tengah polemik persepakbolaan nasional.

Timnas Indonesia U-22 tiba di Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Rabu (27/2/2019) malam. Para pemain dan ofisial tim mendapatkan sambutan meriah, termasuk dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

Tisha mengatakan filosofi merah putih sebagai kunci keberhasilan Tim Garuda Muda menjadi kampiun. 

"Tidak terkira rasa haru yang saya rasakan atas prestasi yang didapatkan oleh Timnas Indonesia U-22. Terlepas dari segala macam hal yang harus diperbaiki, baik itu secara organisasi maupun kompetisi, hati kita semua tidak pernah padam untuk Merah Putih," ujar Ratu Tisha di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Rabu (27/2/2019) malam.

"Filosofi merah putih adalah kunci. Merah yang memiliki arti berani, Timnas indonesia U-22 harus bermain dengan berani. Putih artinya sudi. Para pemain harus bermain dengan sportivitas, respek, dan disiplin," lanjutnya.

Ratu Tisha berterima kasih kepada pemerintah Indonesia lewat Menpora Imam Nahrawi dan seluruh pendukung Timnas Indonesia U-22. 

"Terima kasih kepada pemerintah atas dukungan yang sudah diberikan. Juga kepada suporter, klub yang sudah menemukan pemain-pemain ini. Insya Allah apa yang kita cita-citakan bisa tercapai," ujar Sekjen PSSI itu.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Juri Kompetisi Drum Online, Ikmal Tobing Merasa Seperti Atta Halilintar

Posted: 27 Feb 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ikmal Tobing menjadi satu dari tiga juri lokal dalam kompetisi drum online, Tama Groove Session 2018. Tama Groove Session 2018 sendiri merupakan kompetisi drum yang diselenggarakan Mahkota Musik Indonesia (MMI).

Ikmal Tobing harus menilai 185 peserta yang telah mensubmit video solo drumnya melalui YouTube. Dari 185 peserta, telah terpilih tiga juara yakni Winaldy Senna Praditya (juara 1), Bohemian Renaissance Purnama (juara 2) dan Akram Rosyid (juara 3).

Lucunya, menjadi juri dalam kompetisi drum ini membuat Ikmal Tobing merasa seperti Atta Halilintar. Pasalnya, di setiap waktu sejak Tama Groove Session 2018 dibuka yaitu 1 November, hingga ditutup pada 31 Desember 2018, Ikmal Tobing harus selalu rutin membuka dan memerhatikan YouTube.

"Suatu kehormatan besar buat saya pribadi dipercaya jadi salah satu juri di Tama Groove Session 2018 ini. Memang animo drummer Indonesia udah banyak banget, kita jadi Atta Halilintar dadakan ya, buka YouTube mulu untuk nilai peserta," kata Ikmal Tobing saat ditemui di Chic's Musik, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (27/2/2019).

 

Mencari Drummer Berbakat

Ikmal Tobing bersama pemenang kompetisi Tama Groove Session 2018 (ist)

Ikmal Tobing berharap adanya kompetisi drum ini bisa semakin memperkaya industri musik Indonesia dengan kehadiran drummer-drummer baru.

"Hadirnya Tama Groove Session ini sangat berguna, menginstankan drumer baru. Di sini kan ada anak-anak juga yang ikutan kompetisi, dan itu jadi nilai plus juga kita mencari bakat-bakat drummer yang bertalenta," harap Ikmal Tobing.

 

Hadiah Senilai Rp40 Juta

Ikmal Tobing (ist)

Ketiga juara yang menyingkirkan ratusan peserta kompetisi drum online itu mendapat hadiah yang luar biasa. Juara ketiga yakni Akrom Rosyid mendapatkan Tama Pedal Drum Speed Cobra, untuk Bohemian Renaissance Purnama sebagai juara kedua mendapatkan Rama Snare Drum S.L.P G-Walnut.

Sementara untuk juara pertama Tama Groove Session 2018 yakni Winaldy Senna Praditya, berhasil mendapatkan hadiah New Tama Starclassic Walnut/Birch, inovasi terbaru dari Tama dengan harga Rp40 juta. Tak hanya itu, Winaldy juga berkesempatan mengunjungi Guangzhou, China pada pertengahan Februari lalu untuk tampil di Panggung Pameran International Music Guangzhou 2018 serta secara langsung datang melihat proses pembuatan drum Tama di pabrik Guangzhou Hoshino.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miss Universe 2018 Catriona Gray Bagikan Tutorial Makeup di Malam Penobatan

Posted: 27 Feb 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Catriona Gray, Miss Universe 2018 yang berbagi cara mendapatkan look menawan dengan kesan wajah bercahaya seperti di malam penobatan ajang kecantikan bergengsi tersebut, beberapa waktu lalu.

Lewat sebuah video di akun YouTube Vouge yang diunggah baru-baru ini, perempuan asal Filipina tersebut membagikan tutorial makeup dari look dirinya di malam penobatan Miss Universe 2018 dengan langkah-langkah cukup mudah untuk ditiru.

Terlihat di sana, Catriona mengaplikasikan rangkaian skincare terlebih dulu sebelum memulas makeup. Pertama, ia mengaplikasikan micellar water setelah mencuci wajah. Diikuti dengan pemakaian serum, eye cream, dan terakhir, lip balm.

Berlanjut ke makeup, langkah pertama yang diambil Catriona adalah mengaplikasikan primer ke seluruh wajah, diikuti foundation. "Aku sangat suka memusatkan pemakaiannya di bagian tengah (wajah). Aku tidak suka memoleskan foundation di atas ini (sambil menunjuk bagian dahi paling dekat rambut) karena tidak akan tercampur baik," tuturnya.

Aplikasi beauty item satu ini dilakukan Catriona Gray menggunakan tangan, kemudian diratakan dengan beauty blender. Kemudian, ia memulas concealer dalam jumlah minim. "Hanya untuk mengoreksi apa yang harus dikoreksi," tutur Catriona,

Miss Universe 2018 Catriona Gray dari Filipina. (dok.Instagram @missuniverse2018_/https://www.instagram.com/p/BreQCi-gBsh/Henry

Langkah selanjutnya adalah baking. Catriona terlihat memulas bedak tabur di bagian bawah mata untuk mengunci concealer yang dipakai. Aplikasi bedak tabur ini juga sebagai bentuk antisiapsi dari produk eyeshadow yang sangat mungkin jatuh.

Beralih ke makeup mata, Catriona memakai eyeshadow berwarna cerah untuk meng-highlight bagian bawah alisnya. "Lalu, aku akan mengaplikasikan (eyeshadow) hingga ke bagian luar kelopak mata dan membawanya sedekat mungkin ke ujung alis," ujarnya.

Setelah dianggap presisi, ia memulas warna lebih gelap untuk menciptakan kesan dalam di bagian luar kelopak mata. Lalu, memakai shimmer eyeshadow di bagian depan dan di-blend memakai brush agar lebih menyatu.

Sebelum memakai liquid eyeliner, Catriona akan menggambar dulu bingkai yang diinginkan dari aplikasi produk tersebut. Menyesuaikan dengan riasan eyeshadow, biasanya ia hanya akan menarik garis tak sebegitu panjang di ujung mata hingga menciptakan sedikit kesan cat eye.

Ia kemudian kembali memakai shimmer eyeshadow berwarna silver di bagian tengah kelopak mata. Beauty item satu ini, sebagaimana diucapkan Catriona Gray, dipakainya, baik ketika dinobatkan sebagai Miss philippines maupun Miss Universe.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tutorial Makeup untuk Dapatkan Look Layaknya Miss Universe 2018 Catriona Gray

Miss Universe 2018, Catriona Gray dari Filipina. (dok.Instagram @catriona_gray/https://www.instagram.com/p/BrmUcNmgPzd/Henry

Miss Universe 2018, Catriona Gray, memberi tips memulas makeup. Ia biasanya selalu memeriksa kembali aplikasi beauty item, lantaran setelah ditambah beberapa produk terkadang hasilnya tak seperti pertama.

"Jadi, reapply untuk memastikan ia terpulas sesuai keinginan penting dilakukan," tuturnya. Setelah puas dengan hasil aplikasi eyeshadow-nya, Catriona baru memakai liquid eyeliner. Lalu, ia menjepit bulu matanya dan diikuti dengan pemakaian mascara.

"Jangan dijepit secara berlebihan kalau ingin memakai bulumata palsu. Kalau iya, bulu mata aslimu akan menghadap ke belakang dan malah menganggu tampilan," kata perempuan 25 tahun tersebut.

Dalam beberapa kesempatan, Catriona mengungkap, dirinya memakai dua lapis bulu mata palsu untuk tampilan lebih pas. Ia kemudian memakaikan lem di bulu mata palsu, dibiarkan sedikit kering, kemudian mengaplikasikan lem kembali hanya di kedua ujung bulu mata palsu.

Hal ini dilakukan, lantaran Catrona menilai, bagian-bagian itulah yang rentan lepas ketika dipakai dan nantinya malah membuat Anda kurang nyaman. Setelah terpasang, ia kembali memakaikan mascara di bulu mata palsu.

Sementara untuk bagian bawah mata, Catriona memilih mengaplikasikan eyeshadow dengan warna yang sama seperti layer pertama eyeshadow di kelopak mata dan tak lupa pakai mascara di bulu mata bagian bawah mata, juga menambahkan sedikit eyeliner di ujung mata bagian dalam.

Selesai di makeup mata, ia menyapu bedak tabur yang tadi dipakai untuk bake concealer dengan mengaplikasikan sheer powder. Catriona kemudian mengambil eyebrow palette untuk menciptakan contour di bagian hidung dan pipi.

Kemudian, blush on jadi item selanjutnya yang dipulas Catriona. "Lalu, aku akan memakai highlight hanya di dekat mata," jelasnya. Kemudian, beralih ke alis. Ia menggambar bentuk alis yang diinginkan sebelum mengisinya dengan warna lebih gelap.

Hingga sampai di lipstik, Catriona memberi dua opsi warna. Pertama, ia memakai lipstik dengan dominasi warna lebih cokelat. "Tapi, kalau kalian pikir ini terlalu cokelat, maka bisa tambahkan lipstik merah sedikit di bagian tengah untuk bibir lebih berwarna," katanya.

Lalu, warna kedua yang direkomendasikan adalah merah menyala yang mempertegas kesan bold di riasan wajah. Sebagai penutup, Catriona tak lupa memakai setting spray untuk mengunci semua produk yang dipakai sehingga lebih tahan lama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-22 Diarak ke Istana Negara

Posted: 27 Feb 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 diarak menuju Istana Negara, Jakarta, Kamis (28/2/2019), usai menjuarai Piala AFF U-22 di Kamboja. Skuat racikan Indra Sjafri ini juara setelah mengandaskan Thailand 2-1 di partai final, Selasa (26/2/2019).

Arak-arakan Timnas Indonesia U-22 mengambil rute dari kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melewati jalan Sudirman-Thamrin sebelum tiba di Istana Negara.

Pasukan Indra Sjafri menaiki bus Transjakarta yang disulap menjadi berwarna merah dan terbuka di tingkat dua. Di badan bus, terdapat tulisan Indonesia Juara.

Bus yang membawa Witan Sulaeman dan kawan-kawan dikawal sejumlah voorijder. Komunitas pengendara motor gede pun ikut ambil bagian.

Sepanjang jalan, Timnas Indonesia U-22 mendapat sambutan meriah. Warga dari beragam profesi berbaris di titik-titik tertentu. Mulai dari penyapu jalan, tukang ojek online, hingga karyawan kementerian yang kantornya terletak di sekitar rute yang dilalui Timnas Indonesia U-22.

Sambutan Warga

Arak-arakan penggawa Timnas Indonesia U-22 saat melintasi Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (29/2). Arak-arakan sebagai bentuk perayaan kemenangan di Piala AFF ini menggunakan bus

Arak-arakan Timnas Indonesia U-22 melintas di Bundaran Hotel Indonesia sekitar pukul 09:00 WIB. Tampak di atas bus Indra Sjafri lebih banyak duduk ditemani salah satu asistennya.

Sementara itu, para pemain seperti Witan, M. Luthfi Kamal, dan Marinus Wanewar berdiri sembari melambaikan tangan kepada warga. Sesekali terdengar teriakan warga yang memanggil nama pemain timnas Indonesia U-22.

"Witan, witan," ujar salah seorang warga.

Tiba di Istana

Timnas Indonesia U-22 tiba di Istana Negara, Jakarta, sekitar pukul 09:30 WIB. Mereka lebih dulu berputar melewati persimpangan Harmoni, sebelum masuk ke kompleks Istana lewat pintu Sekretariat Negara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Banyak Perempuan Indonesia seperti Dian Sastro

Posted: 27 Feb 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani bertemu dengan aktris Dian Sastro untuk saling berbagi cerita mengenai kehidupan dan karier. Pujian pun diberikan oleh Sri Mulyani kepada Dian atas pencapaiannya.

Menurut Sri, pertemuan mereka berdua disebut sebagai sesi "coaching" dan mentoring". Mulanya topik yang dibahas adalah pengembangan karier dan akademik, hingga kemudian kedua wanita ini membahas sisi personal kehidupan.

"Pada akhirnya kita berdiskusi bagaimana kita sebagai perempuan menjalani pengalaman hidup, berkeluarga dan perjalanan karier. Saya senang berbagi pengalaman dengan Dian," tulis Sri seperti dikutip dari akun Instagramnya, seperti ditulis Kamis (28/2/2019).

Di antara hal yang Dian Sastro ceritakan adalah minat belajar dan meneruskan sekolah, dan mengembangkan karier menjadi produser film. Sri Mulyani pun memuji Dian yang dipandangnya peka terhadap isu sosial.

Selain itu, kehidupan Dian Sastro sebagai seorang ibu juga dibahas. Ini mengingat Dian yang terus aktif berkarier walau sudah berkeluarga dan memiliki dua anak.

 
 
 
View this post on Instagram

Hari ini saya mendapat kunjungan tamu istimewa : Dian Sastro - (Dian Sastrowardoyo) - artis muda berprestasi, pemenang Best Actress di Piala Citra dan the Deauville Asian Film Festival. Dian @therealdisastr bertemu saya untuk diskusi mengenai pengembangan karir dan ketertarikannya untuk pengembangan akademik. Dian menyebut pertemuan ini sebagai sesi "coaching" atau "mentoring". Pada akhirnya kita berdiskusi bagaimana kita sebagai perempuan menjalani pengalaman hidup, berkeluarga dan perjalanan karir. Saya senang berbagi pengalaman dengan Dian. Mendengarkan cerita dan melihat seorang perempuan muda seperti Dian yang terus ingin meningkatkan diri dengan belajar dan meneruskan sekolah, dengan membuat aktivitas yang makin beragam selain main film (Dian mulai menjadi produser), juga kegiatan produktif lainnya. Dian juga memiliki kepekaan dan kepedulian sosial dengan kegiatan filabtropisnya membantu anak tidak mampu melalui pemberian bea siswa. Berkeluarga, memiliki dua anak, dan berbagai keberhasilan yang sudah dicapai tidak menghentikan Dian untuk terus membangun dan meningkatkan intelektualitasnya, untuk terus berkarya serta menjadi manusia yang produktif, inspiratif bagi perempuan lainnya. Saya yakin di Indonesia, banyak perempuan hebat seperti Dian yang terus menginspirasi perempuan lainnya untuk terus maju dan peduli dengan bangsa Indonesia dengan pikiran dan tindakan positif dan prestasi hebat. Go Girl..! Jakarta, 27 Februari 2019

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati) on

"Berkeluarga, memiliki dua anak, dan berbagai keberhasilan yang sudah dicapai tidak menghentikan Dian untuk terus membangun dan meningkatkan intelektualitasnya, untuk terus berkarya serta menjadi manusia yang produktif, inspiratif bagi perempuan lainnya," ujar Sri Mulyani.

Dian pun didaulat Sri Mulyani sebagai contoh yang baik bagi perempuaan Indonesia untuk berkarya dan terus menjadi produktif.

"Saya yakin di Indonesia, banyak perempuan hebat seperti Dian yang terus menginspirasi perempuan lainnya untuk terus maju dan peduli dengan bangsa Indonesia dengan pikiran dan tindakan positif dan prestasi hebat. Go Girl..!" tutur Sri Mulyani.

Sri Mulyani Curhat Selalu Dikira Mau Nagih Pajak Tiap Ketemu Pengusaha

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani saat memberi keterangan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/5). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

 Menteri Keuangan Sri Mulyani bercerita dirinya selalu diidentikan dengan pajak oleh orang lain. Pasalnya, setiap bertemu dengan seorang pengusaha hal pertama yang diucapkan adalah mengenai pembayaran pajak.

"Dari tadi saya semenjak dijemput di lift sampai sekarang semua selalu mengatakan "Bu saya sudah bayar pajak, Bu saya sudah". Saya tidak bertanya, saya enggak ngapa-ngapain, saya diam saja. Kenapa orang kalau ketemu saya selalu harus ngomong sudah bayar pajak," kata dia di hadapan ratusan pengusaha muda yang tergabung dalam HIPMI, di Ritz Carlton, Jakarta, Rabu, 27 Februari 2019.

Dia menilai dirinya selalu diidentikan sebagai penagih pajak. Terutama oleh para pengusaha. "Itu loh kayaknya muka saya itu muka tukang nagih (pajak) kali ya, padahal saya tuh diam saja," ujarnya.

Kendati demikian dia menegaskan sangat berterima kasih kepada para pengusaha yang telah taat pajak. Terlihat dari penerimaan pajak yang mengalami peningkatan di tahun 2018.

"Saya ke sini ingin menyampaikan terima kasih bahwa para pengusaha Indonesia tahun lalu memberikan kontribusi pajak yang sangat baik. Terima kasih," ujarnya.

Dia menjelaskan, pendapatan yang diperoleh dari pajak selalu digunakan untuk hal produktif atau belanja negara.

"Penerimaan yang cukup besar itu kita belanjakan sebesar Rp 2.200 triliun itu terealisir ini adalah tertinggi dalam juga history belanja Indonesia itu. Jadi jangan merasa bahwa kalau Anda bayar pajak seolah-olah kemudian uangnya itu saya taruh di dalam lemari besi atau saya taruh di Bank Indonesia. Lebih banyak dan itu menjadi faktor untuk menggerakkan ekonomi Indonesia," tutupnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: