Sabtu, 16 Februari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ini Alasan Kenapa Orang Suka Memencet Bubble Wrap, Ternyata Bermanfaat

Posted: 16 Feb 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bubble wrap sering dijumpai dalam bungkusan paket, agar barang kiriman paket tidak mudah pecah dan rusak. Siapapun yang memegang lembaran bubble wrap tanpa sadar akan memencetnya. Mungkin kegiatan ini terlihat hanya membuang waktu.

Plastik yang didesain dengan gelembung-gelembung kecil ini, justru sering jadi rebutan. Anehnya banyak banget orang yang sepertinya mendapatkan kesenangan tersendiri dengan memencet bubble wrap. Apa kamu juga termasuk salah satunya?

Fenomena unik ini tentu saja bukan cuma terjadi di Indonesia saja. Bahkan di Amerika Serikat, ada protes besar-besaran setelah perusahaan iBubble Wrap mengeluarkan inovasi baru yaitu bubble wrap yang tidak bisa meletus.

Secara fungsional produk baru itu jelas lebih mumpuni karena tidak bakalan kempes, tapi ternyata mayoritas konsumen justru menolak habis-habisan.

Manfaat Memencet Bubble Wrap

Nggak cuma jadi kegiatan iseng, meletuskan bubble wrap juga bisa jadi obat stres paling ampuh juga murah

Dillon KM, salah satu anggota Departemen Psikologi di Western New England Collage, Springfield menjadikan topik tersebut sebagai sebuah penelitian. Laporannya yang berjudul "Popping Sealed Air-Capsules to Reduce Stress" dipublikasikan di US National Library Medicine National Institutes of Health.

Penelitian ini melibatkan 30 mahasiswa untuk meletuskan bubble wrap. Sebanyak 75% subjek penelitian merasakan perubahan yang signifikan seperti lebih berenergi, berkurangnya rasa lelah dan lebih tenang setelah meletuskan bubble wrap.

Dilansir Liputan6.com, Minggu (17/2/2019) dari The Health Orange, cara merngurangi stres dengan meletuskan bubble wrap sama seperti peninggalan nenek moyang manusia yang mengurangi stres dengan cara mencari kutu di rambut dan memencetnya.

Kegiatan meletuskan bubble wrap juga merupakan alternatif untuk orang yang memiliki kebiasan menggigiti kuku. Jadi,kamu bisa menyimpan bubble wrap untuk terapi stres. Menurut survei tiga alasan yang dapat menjelaskan dorongan tidak terkendali untuk memencet Bubble Wrap.

1. Dilansir dari Times of India, studi menunjukkan pembungkus gelembung (Bubble Wrap) ini membantu beristirahat sejenak dari berpikir keras. Namun, masih dalam konsentrasi yang sama.

2. Mengurangi ketegangan otot. Psikolog Robert E. Thayer menjelaskan ketika orang stres, mereka cenderung meluangkan waktu sejenak untuk memahami tindakan mereka. Selama kondisi itu mereka tanpa sadar menekan jari, melakukan gerakan dengan kaki, atau bahkan meletuskan bubble wrap.

3. Meletuskan gelembung berkaitan dengan orgasme otak. Saat meletuskan gelembung, otak mendapat kepuasan yang sama seperti ketika berhubungan seks.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran Panti Asuhan di Palembang, Satu Anak Meninggal Dunia

Posted: 16 Feb 2019 09:41 PM PST

Patroli Indosiar, Palembang - Seorang anak berusia 4 tahun tewas akibat kebakaran yang terjadi di panti asuhan kawasan Bukit Sangkal, Palembang, Sumatera Selatan. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Sabtu (17/1/2019), api melalap bangunan Panti Asuhan Az-Zikri di kawasan Jalan Malaka 4, Bukit Sangkal, Kalidono, Palembang.

Bocah bernama Zidan Saky tewas dalam kebakaran tersebut. Jenazah korban dievakuasi petugas pemadam kebakaran dari dalam sebuah lemari plastik yang hangus terbakar.

Korban yang diduga memicu kebakaran karena bermain korek api, bersembunyi di dalam lemari karena ketakutan. Jenazah Zidan kemudiandibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara, Palembang untuk diperiksa. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TKN Sebut Debat Capres Akan Jadi Refleksi Karakter Jokowi dan Prabowo

Posted: 16 Feb 2019 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Hasto Kristianto menyampaikan, debat kedua Pilpres 2019 ini akan menjadi refleksi dari karakter para kandidat calon pemimpin. Masyarakat dapat menilai mana yang pantas menduduki kursi RI 1.

"Mari kita saksikan debat capres tersebut bagaimana rekam jejak, watak, karakter pemimpin, tersebut. Karena itu muncul dari hati, pikiran, dan masa lalu yang baik, akan menjadi dasar tindakan yang baik, kebiasaan yang baik, kultur yang baik," tutur Hasto di Kantor Media TKN Jokowi-Ma'ruf, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019).

Menurut Hasto, sebenarnya apapun tema debat yang diangkat, kombinasi antara hati, pikiran, dan masa lalu yang baik menjadi dasar utama pembentuk karakter pemimpin tersebut. Terlebih, kata dia, berbagai isu negatif, hoaks, bahkan fitnah, marak terjadi dan menjadi upaya politik menghalalkan segala cara yang mematikan demokrasi.

"Kami justru mengangkat pentingnya karakter pemimpin itu. Karakter pemimpin yang justru menjadi fundamen bagaimana pemimpin bertanggungjawab untuk menggunakan seluruh kredibilitas, kewenangan yang dimilikinya untuk memimpin bangsa dan negara berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945," jelas dia.

Untuk Jokowi-Ma'ruf, lanjutnya, debat Pilpres 2019 menjadi ajang mempersiapkan diri lahir dan batin karena itu merupakan podium rakyat untuk menyampaikan gagasan-gagasan terbaik.

"Kiai Haji Ma'ruf Amin nanti beliau juga hadir dalam debat capres tersebut karena doa dan kerja, kerja dan doa yang melandasi niat baik dari pemimpin, itu sangat diperlukan dan di sinilah juga salah satu peran yang sangat penting dari Kiai Haji Ma'ruf Amin," Hasto menandaskan.

Jokowi Ofensif

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Moeldoko menegaskan, Jokowi sangat menguasai tema dan permasalahan dalam debat kedua ini. Dia juga menyebut Jokowi akan ofensif dalam debat nanti.

"Beliau ambil posisi yang kita rasa untuk membela rakyatnya," jelas Moeldoko.

Sementara itu, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir menyebut tema debat yang di moderatori Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki yang paling ditunggu-tunggu Jokowi.

"Untuk debat ini sangat Pak Jokowi banget. Mengenai infrastruktur, dan lainnya. Insyaallah karena ini memang yang ditunggu-tunggu," ucap Erick.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Rincian Utang Luar Negeri RI, Paling Banyak untuk Apa?

Posted: 16 Feb 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah utang sering kali menjadi bahan kritik untuk pemerintah. Hal ini mengingat total utang Indonesia yang terus naik. Meski demikian, apakah utang Indonesia masih aman? Bagaimana rincian utang Indonesia tersebut?

Pemerintah selalu menyatakan kalau pengelolaan utang dilakukan pruden dan akuntabel. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pun pernah menegaskan, meski utang pemerintah meningkat tetapi tidak melanggar amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Yaitu defisit APBN masih terjaga kurang dari tiga persen terhadap produk domestik bruto (PDB) dan rasio utang kurang dari 60 persen dari PDB.

Mengutip berita Liputan6.com, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta masyarakat Indonesia bijak memahami soal utang negara.

"Negara mirip dengan perusahaan. Kalau ingin dikembangkan dengan optimal, butuh dana besar," ujar JK, pada Selasa 29 Januari 2019.

JK menuturkan, jika ingin pembangunan dilakukan pesat, misalnya dalam hal infrastruktur dibutuhkan dana besar. Di sisi lain, anggaran negara juga diperlukan untuk mebiayai hak-hak dasar warga, seperti pendidikan dan kesehatan. Oleh karena itu, dibutuhkan pendanaan lain.

"Utang bukan jumlahnya yang penting, tapi bisa dibayar atau tidak," tutur JK.

Selama utang negara untuk hal-hal produktif, bukan sekedar untuk menggelar konferensi atau bangun kantor pemerintah, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) tersebut berpendapat, itu sah-sah saja.

Misalnya, kata dia, untuk pembangunan MRT, moda angkut massal yang diyakini bisa mengatasi masalah transportasi, terutama di kota-kota besar.

"Kalau yakin dalam 40 tahun bisa dibayar dari hasil MRT, tidak masalah," tambah JK.

Utang, tambah JK, juga digunakan untuk membangun sarana atau infratruktur yang penting untuk orang banyak. Ia menambahkan, uang pinjaman bisa untuk membangun pengairan. Efeknya, kebun dan sawah makin banyak, penghasilan negara dari pajak pun meningkat. "Kita tidak utang untuk foya-foya," tambah JK.

JK menegaskan, tak hanya Indonesia yang punya utang. "Negara-negara besar juga tetap meminjam tetapi meminjam ke dalam, misalnya Amerika Serikat dalam bentuk cetak duit," tutur dia.

Ingin tahu bagaimana perkembangan utang luar negeri Indonesia? Bagimana dengan perkembangan rasio utangnya? Siapa saja pemberi pinjaman?

Berikut rincian utang seperti dikutip dari laman Bank Indonesia (BI):

Bila melihat data BI, utang luar negeri Indonesia cenderung meningkat sejak 2010. Jika dilihat posisi utang luar negeri berdasarkan kelompok peminjam, total utang luar negeri Indonesia mencapai USD 293,32 miliar pada 2014. Jumlah tersebut terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral mencapai USD 129,736 miliar dan swasta sebesar USD 163,59 miliar.

Kemudian pada 2015, total utang luar negeri Indonesia naik menjadi USD 310,730 miliar. Utang itu terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral mencapai USD 142,608 miliar dan swasta sebesar USD 168,123 miliar.

Utang tersebut juga meningkat menjadi USD 320,006 miliar pada 2016. Rincian utangnya terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar USD 158,283 miliar dan swasta sebesar USD 161,722 miliar.

Pada 2017, total utang bertambah menjadi USD 352,469 miliar. Utang itu terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar USD 180,622 miliar dan swasta sebesar USD 171,847 miliar.

Pada Desember 2018, total utang luar negeri berdasarkan kelompok peminjam naik menjadi USD 376,839 miliar. Rinciannya utang pemerintah bank sentral mencapai USD 186,220 miliar dan swasta sebesar USD 190,619 miliar.

Posisi utang luar negeri berdasarkan jenis mata uang

Adapun posisi utang luar negeri berdasarkan jenis mata uang masih terbesar dalam denominasi dolar AS. Totalnya mencapai USD 212,513 miliar pada 2014. Kemudian menjadi USD 222,771 miliar pada 2015.

Selanjutnya utang dalam denominasi dolar AS itu turun menjadi USD 221,307 miliar pada 2016. Utang meningkat lagi menjadi USD 236,620 miliar pada 2017. Pada Desember 2018, totang utang dalam denominasi dolar AS mencapai USD 258,938 miliar.

Negara kreditor terbesar

Kalau dilihat berdasarkan negara pemberi pinjaman antara lain pada 2014 mencapai USD 176,82 miliar. Negara pemberi pinjaman terbesar dari Singapura mencapai USD 60,45 miliar pada 2014. Lalu turun menjadi USD 58,19 miliar pada 2015.

Hal ini berlanjut pada 2016, kreditor utang dari Singapura turun menjadi USD 51,397 miliar pada 2016. Selanjutnya naik lagi menjadi USD 54,95 miliar pada 2017. Desember 2018, utang dari kreditor asal Singapura naik menjadi USD 60,62 miliar.

Jepang juga menjadi salah satu negara pemberi pinjaman terbesar untuk Indonesia. Total pinjaman dari Jepang mencapai USD30,46 miliar pada 2014.

Lalu naik menjadi USD 31,35 miliar pada 2015. Selanjutnya turun lagi menjadi USD 30,23 miliar pada 2016, dan 2017 mencapai USD 29,154 miliar. Pada Desember 2018, utang tercatat USD 29,56 miliar di Jepang. Negara lainnya yang memberi pinjaman terbesar yaitu China dan Amerika Serikat.

Pembiayaan Utang

Adapun pembiayaan utang pada 2014 hingga 2019 antara lain pada 2014 sebesar Rp 255,7 triliun, 2015 sebesar Rp 380,9 triliun, 2016 sebesar Rp 403 triliun, 2017 sebesar Rp 429,1 triliun. Kemudian realisasi pada 2018 turun menjadi Rp 366,7 triliun.

Pembiayaan utang ini membiayai defisit anggaran, pembiayaan investasi terutama PMN kepada BUMN BLU, dan pemberian pinjaman kepada Pemda.

Kementerian Keuangan menegaskan, kebijakan pembiayaan utang ini menerapkan hal kehati-hatian, efisiensi biaya utang, produktivitas dan keseimbangan.

Selanjutnya

Petugas menata tumpukan uang kertas di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Kamis (6/7). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan hari ini masih tumbang di kisaran level Rp13.380/USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

 Utang dilihat dari jangka waktunya

Utang pemerintah dan bank sentral bila dilihat dari jangka waktu yang dimiliki sebagian besar utang jangka panjang lebih dari satu tahun.

Tercatat utang luar negeri pemerintah dan bank sentral yang lebih dari satu tahun mencapai USD 126,075 miliar pada 2014. Dibandingkan utang jangka pendek pada 2014 mencapai USD 3,66 miliar.

Pada 2015, utang jangka panjang bank sentral dan pemerintah mencapai USD 139,65 miliar. Sedangkan utang kurang dari satu tahun mencapai USD 2,95 miliar pada 2015.

Lalu pada 2016, tercatat utang jangka panjang lebih dari satu tahun mencapai USD 157,43 miliar pada 2016. Utang jangka pendek pemerintah dan bank sentral mencapai USD 845 juta pada 2016.

Sedangkan 2017, utang jangka pendek pemerintah dan bank sentral mencapai USD 2,4 miliar. Utang jangka panjang, total utangnya mencapai USD 178,20 miliar.

Pada Desember 2018, tercatat total utang jangka pendek berkurang menjadi USD 900 juta pada Desember 2018. Utang jangka panjang melonjak jadi USD 185,23 miliar.

 

 

Rasio Utang Masih di Batas Aman

Petugas menata tumpukan uang kertas di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Kamis (6/7). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan hari ini masih tumbang di kisaran level Rp13.380/USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Adapun rasio utang terhadap PDB relatif masih aman di bawah 60 persen. Ini sesuai ketentuan, meski rasionya cenderung naik.

Dibandingkan negara lainnya, berdasarkan data tradingeconomics, rasio utang Indonesia terhadap PDB termasuk yang terendah. Dibandingkan AS yang rasio utangnya mencapai 105,40 persen terhadap PDB. Lalu Jepang mencapai 253 persen terhadap PDB, China mencapai 47,60 persen terhadap PDB, dan India sebesar 68,70 persen terhadap PDB.

Selain itu dibandingkan Vietnam, rasio utangnya mencapai 61,50 persen, Malaysia mencapai 50,90 persen, dan Singapura sebesar 110,60 persen terhadap PDB. Lalu Filipina sebesar 41,90 persen terhadap PDB.

Pada 2014, rasio utang terhadap PDB mencapai 32,95 persen. Pada 2015, rasio utang terhadap PDB naik menjadi 36,09 persen pada 2015. Lalu kembali turun menjadi 34,30 persen pada 2016. Selanjutnya rasio utang kembali naik tipis menjadi 34,77 pada 2017. Lalu pada 2018, tercatat rasio utang terhadap PDB menjadi 36,18 persen.

Dilihat dari jenis utang luar negeri, dari sisi pemerintah rinciannya antara lain:

Pinjaman pada 2014 mencapai USD 123,80 miliar yang komposisinya USD 53,923 miliar yang merupakan pinjaman bilateral mencapai USD 26,70 miliar, komersial sebesar USD 23,34 miliar, multilateral sebesar USD 3,72 miliar, dan pemasok 19.

Dari surat utang mencapai USD 69,88 miliar pada 2014. Surat utang itu terdiri dari surat berharga negara (SBN) internasional mencapai USD 32,797 miliar dan SBN domestik mencapai USD 37,08 miliar.

Pada 2015, total utang luar negeri pemerintah capai USD 137,39 miliar. Utang itu terdiri dari pinjaman mencapai USD 54,22 miliar yang terdiri dari pinjaman bilateral sebesar USD 24,48 miliar, komersial sebesar USD 26,09 miliar, multilateral sebesar USD 3,63 miliar. Pemasoknya mencapai 12.

Kemudian surat utang dari SBN internasional mencapai USD 42,68 miliar dan SBN domestik sebesar USD 40,38 miliar.

Pada 2016, total utang luar negeri mencapai USD 154,87 miliar. Utang itu terdiri dari pinjaman sebesar USD 54,188 miliar yang berasal dari pinjaman bilateral sebesar USD 23,32 miliar, komersial sebesar USD 3,35 miliar, pemasok 8. Sedangkan total penerbitan surat utang pada 2016 mencapai USD 100,68 miliar.

Selanjutnya pada 2017, total utang luar negeri pemerintah capai USD 177,318 miliar. Itu dari total pinjaman yang mencapai USD 54,48 miliar yang terdiri pinjaman bilateral sebesar USD 23,15 miliar, komersial sebesar USD 3,14 miliar, multilateral sebesar USD 28,11 miliar dan pemasok 72. Adapun penerbitan surat utang mencapai USD 122,83 miliar pada 2017.

Selanjutnya pada Desember 2018, total utang luar negeri pemerintah mencapai USD 183,19 miliar. Pinjaman itu mencapai USD 56,17 miliar yang rinciannya antara lain pinjaman bilateral sebesar USD 22,85 miliar, pinjaman komersial sebesar USD 2,94 miliar, dan multilateral sebesar USD 29,30 miliar. Pemasok tak ada. Dilihat dari penerbitan SBN capai USD 128,01 miliar.

Posisi utang luar negeri pemerintah berdasarkan lembaga kreditor antara lain dari ADB mencapai USD 8,63 miliar pada 2014. Kemudian naik menjadi USD 9,19 miliar pada 2015 dan berlanjut pada 2016 mencapai USD 9,31 miliar. Pada 2017, tercatat total utang luar negeri dari ADB mencapai USD 9,01 miliar dan 2018 mencapai USD 9,77 miliar.

Kemudian pemberi pinjaman besar lainnya dari lembaga kreditor yaitu IBRD dengan total mencapai USD 8,63 miliar pada 2014. Lalu naik menjadi USD 14,38 miliar pada 2016. Kemudian naik lagi menjadi USD 15,81 miliar pada 2016 dan 2017 tercatat USD 16,56 miliar. Sedangkan utang dari IBRD pada 2018 mencapai USD 9,7 miliar.

 

 

 

Rincian Anggaran dan Realisasi Infrastruktur

Suasana sepi terlihat di proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek lintas pelayanan dua rute Cawang-Dukuh Atas di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (18/6). Seluruh proyek infrastruktur masih ditinggal mudik para pekerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seperti diketahui, pemerintah menyiapkan anggaran untuk infrastruktur, pendidikan dan kesehatan setiap tahun. Anggaran tersebut untuk tiga sektor itu bervariasi tapi catatkan kenaikan.

Dari data Kementerian Keuangan (Kemenkeu), anggaran infrastruktur mencapai Rp 256,1 triliun pada 2015. Lalu meningkat menjadi Rp 269,1 triliun pada 2016, kemudian naik lagi menjadi Rp 388,3 triliun pada 2017. Selanjutnya naik menjadi Rp 410,7 triliun, dan terus meningkat menjadi Rp 415 triliun pada 2019.

Bagaimana dengan anggaran pendidikan?

Anggaran pendidikan mencapai Rp 409,1 triliun pada 2015. Lalu kembali naik menjadi Rp 419,2 triliun pada 2016.  Namun pada 2017, anggaran pendidikan turun jadi Rp 416,1 triliun. Kemudian meningkat menjadi Rp 444,1 triliun pada 2018. Anggaran pendidikan tercatat menjadi Rp 492,5 triliun pada 2019.

Lalu bagaimana anggaran kesehatan?

Anggaran kesehatan tercatat mencapai Rp 65,9 triliun pada 2015. Lalu kembali naik menjadi Rp 92,3 triliun pada 2016. Anggaran tersebut naik lagi menjadi Rp 104,9 triliun pada 2017 dan mencapai Rp 111 triliun pada 2018. Lalu anggaran kesehatan tercatat menjadi Rp 123,1 triliun pada 2019.

Dalam pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sidang tahunan MPR pada 16 Agustus 2018, menyebutkan sejumlah pengembangan infrastruktur. Hal itu antara lain dari 2015-2017, pemerintah terus menguat konektivitas tol laut dengan pembangunan dan pengembangan pelabuhan. Dari 2015 hingga 2017 ada 477 lokasi.

Selain itu, mengutip dari laporan 4 tahun Jokowi-JK untuk infrastruktur konektivitas, hingga 2018 telah terbangun jalan sepanjang 3.432 KM, jalan tol sepanjang 947 KM, jembatan sepanjang 39,8 KM, dan jembatan gantung 134 unit.

Lalu kereta api, hingga 2018 telah terbangun jalur KA termasuk jalur ganda dan reaktivitas 754, km, peningkatan dan rehabilitasi jalur KA 413,6 km, light rail transit (LRT) yaitu di Sumatera Seletan, Jakarta, dan Jabodebek, serta mass rapid transit.

Selanjutnya hingga 2018 telah terbangun 10 bandara baru, revitalisasi dan pengembangan 408 bandara di daerah rawan bencana, terisolasi dan wilayah perbatasan. Kemudian, jembatan udara ada penirinan disparitas harga lima bahan kebutuhan pokok sebesar 57,21 persen untuk masyarakat daerah terpencil dan tertinggi atau daerah yang belum terlayani moda transportasi lain.

Untuk pelabuhan, telah terbangun 19 pelabuhan, 8 pelabuhan sedang dibangun dan selesai 2019. Ada tambahan lima unit kapal penyeberangan penumpangan, tambahan tiga unit kapal motor penyeberangan, dan tambahan 10 pelabuhan penyeberangan,

Di infrastruktur energi, pembangunan jaringan gas kota dan pipa transmisi distribusi gas antara lain pada 2014 ada 200.000 sambungan rumah tangga (SR), kemudian naik jadi 220.363 pada 2015, kemudian 319.514 pada 2016. Selanjutnya naik menjadi 373.190 pada 2017, dan 463.619 pada 2018.

Di infrastruktur telekomunikasi, palapa ring paket baret yang mulai berinovasi pada awal April 2018 di 475 kabupaten dan kota. Penguatan BTS mencapai 175 ribu menara, dan mobile coverage ada 75 ribu kelurahan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak Gol Indah untuk AC Milan, Ini Komentar Piatek

Posted: 16 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta AC Milan kembali mencatat kemenangan pada lanjutan Liga Italia pekan ke-24. Bertandang ke markas Atalanta di Stadion Azzurri D'Italia, Ahad dinihari WIB (17/2/2019), AC Milan menang telak 3-1.

Dua gol kemenangan AC Milan dicetak bintang mereka Krzysztof Piatek. Satu gol lainnya dibuat Hakan Calhanoglu.

Piatek kini sudah mengemas enam gol untuk klub anyarnya AC Milan. Pemain asal Polandia ini direkrut dari Genoa dengan biaya 35 juta euro

Usai pertandingan, Piatek menyatakan mencetak gol sebanyak itu, dalam lima pertandingan lebih dari yang dibayangkan sebelumnya.

"Saya selalu percaya pada diri sendiri dan percaya bahwa saya akan mencetak banyak gol, tetapi saya akui enam dalam lima pertandingan lebih dari yang saya harapkan," katanya kepada DAZN dan Milan TV.

Sangat Cermat

Striker AC Milan, Krzysztof Piatek, berusaha melewati hadangan bek Atalanta, Rafael Toloi, pada laga Serie A di Stadion Atleti Azzurri d'Italia di Bergamo, Sabtu (16/2). Atalanta kalah 1-3 dari Milan. (AFP/Miguel Medina)

Pada bagian lain Piatek juga mengomentari soal gol yang dibuat ke gawang Atalanta lewat tendangan volinya yang memukau.

"Saya tandai dengan cermat, tetapi saya tahu bola akan masuk ke kotak cepat atau lambat, jadi saya melakukan gerakan untuk memastikan saya sampai di sana terlebih dahulu," kata Piatek.

Sundulan Pertama

Sedangkan tentang gol keduanya, dan itu adalah sundulan pertama dari sudut yang dicetak AC Milan di Serie A sejak Maret 2018.

"Saya senang dengan dua gol hari ini dan ingin terus seperti ini. Saya seorang striker, jadi saya ingin mencetak gol di setiap pertandingan," ujar Piatek

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisa Khusyuk Ibadah Bikin Mandala Shoji Senang Berada di Penjara

Posted: 16 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seminggu sudah Mandala Shoji merasakan dinginnya jeruji besi, setelah dirinya menyerahkan diri ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat pada 8 Februari 2019 lalu. Kini, ia berada di Lapas Salemba, Jakarta Pusat.

Di dalam penjara, Mandala shoji harus rela berbagi ruangan dengan 15 orang tahanan lainnya. Tak hanya itu, ia juga harus menikmati kamar mandi dan toilet jongkok di dalam tahanan.

Cerita ini dibagikan sang istri, Maridha Deanova Safriana, di akun Facebook-nya yang diunggah kembali di akun Instagram Mandala Shoji, Jumat (15/2/2019).

Dikatakan Deanova, Mandala Shoji tak pernah mengeluh meski harus berteman dengan kecoa hingga kelabang di dalam sel.

 

Makan Seadanya

(Deki Prayoga/bintang.com)

"Makan seadanya nasi yg entah sprti apa, lauk yg entah sprti apa.. tidak mudah.. km gk ngeluh sm skali..," tutur Deanova mengenai kondisi Mandala shoji selama berada ditahanan.

"Km tetap puasa daud walaupun tidak sahur..tiap aku nengok aku ajak mkan mkanan yg aku bawa km tetep istiqomah puasa..," lanjutnya.

 

Senang

Mandala Shoji merasa ada hal yang janggal terkait dengan suaranya yang hilang pada Pileg lalu.

Mandala Shoji mengaku senang berada di tahanan karena bisa khusyuk beribadah. Ia pun berusaha untuk tetap berpikir positif.

"Km bilang seneng dsna ibadah smua dapet bisa khusyuk bisa konsen curhat k Allah.. bisa ngajakin temen2 dsna shalat bisa berbagi al quran dan ngajakin mreka ngaji.. km slalu brfikir positif d keadaan sprti ini.. masyaAllah alm mamamu sukses mendidikmu anak sholeh yg istiqomah beribadah..," paparnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ani Yudhoyono: Setelah Divonis Kanker, Rasanya Seperti Palu Godam Menimpa Saya

Posted: 16 Feb 2019 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ani Yudhoyono tak pernah mengira jika dirinya akan menderita sakit kanker darah. Saat dokter memvonisnya dengan penyakit mematikan itu, Ani Yudhoyono sangat terkejut.

"Ketika dokter di Singapura menyatakan saya terkena blood cancer, rasanya seperti palu godam menimpa saya. Kaget, tak menyangka sama sekali. Rasanya tak ada riwayat dalam keluarga yang pernah terkena penyakit itu," tulis Ani Yudhoyono dalam akun instagramnya, Minggu (17/2/2019).

Namun, istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ini, dirinya yakin ini adalah ujian dari Tuhan. Ani Yudhoyono pun bersyukur dokter dari Indonesia dan Singapura telah merawatnya dengan baik.

Bahkan, kata Ani, dirinya rajin mencatat pengobatan yang dia jalani seperti kemoterapi, transfusi darah dan lainnya. "Karena pengobatan itu, saya harus ketat, sementara diisolasi untuk menghindari penyakit lain masuk," ucap dia.

Ani Yudhoyono pun yakin dia dapat melawan sakit kankernya. "I can fight this Cancer. With strong supports from everyone in Indonesia and in the world. Thank you very much for your love and care, dear my husband and family. Bismillahirrahmanirrahim I can do this!," tulis Ani Yudhoyono.

 

 
 
 
View this post on Instagram

Menderita sakit, pasti pernah dialami oleh setiap orang, termasuk saya. Wajar saja.. Namun ketika dokter di Singapura menyatakan saya terkena Blood Cancer, rasanya seperti palu godam menimpa saya. Kaget, tak menyangka sama sekali. Rasanya tak ada riwayat dalam keluarga yang pernah terkena penyakit itu. Setelah hati saya, Bapak dan keluarga bisa mulai meresapi dan menerimanya, sadarlah saya bahwa Allah Yang Maha Kuasa akan menguji siapa saja hambanya yang dikehendaki. Kali ini saya yang dipilih. Alhamdulillah, baik dokter Singapura maupun Indonesia, berusaha memberikan yang terbaik untuk saya. Setiap hari saya mencatat pengobatan apa saja yang harus saya jalani, obat, suntikan kemo, transfusi darah dll. Saya jalani dengan tabah, tegar, penuh disiplin. Karena pengobatan itu, saya harus ketat, sementara "diisolasi" untuk menghindari penyakit lain masuk. I can fight this Cancer. With strong supports from everyone in Indonesia and in the world. Thank you very much for your love and care, dear my husband and family. Bismillahirrahmanirrahim I can do this! πŸ™πŸΌπŸ˜‡πŸ’ͺπŸ»πŸ’™ Photo by @ruby_26

A post shared by Ani Yudhoyono (@aniyudhoyono) on

Dirawat di Singapura

Sebelumnya, SBY menyatakan istrinya dirawat di Singapura sejak 2 Februari 2019, atas rekomendasi tim dokter kepresidenan Indonesia.

"Atas nama Ibu Ani dan keluarga besar SBY, saya mohon doa dari para sahabat agar Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa dengan takdir dan kuasanya, memberikan kesembuhan kepada istri tercinta Ibu Ani, atau Kristiani Herawati binti Sarwo Edhie Wibowo, agar Ibu Ani dapat kembali menjalankan kegiatan sehari-harinya di Tanah Air," kata SBY.

SBY mengatakan dirinya amat mengetahui, Ani Yudhoyono adalah sosok yang kuat, tabah, dan tegar dalam menghadapi tantangan kehidupan, termasuk ketika Ani menjalani dalam suka dan duka selama 10 tahun dirinya mengemban tugas memimpin Indonesia dahulu.

"Namun, bagaimanapun, saya, ibu Ani dan keluarga harus bersatu dalam semangat keyakinan dan kekuatan agar semua ikhtiar untuk penyembuhan Ibu Ani dengan izin pertolongan Allah dapat berhasil dengan baik," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelari Asal Kenya Dominasi Juara Chocolate Glenmore Run Banyuwangi

Posted: 16 Feb 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ribuan peserta mengikuti perhelatan Chocolate Glenmore Run 2019. Kompetisi yang digelar di kawasan perkebunan kakao Kendeng Lembu, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi itu akhirnya mendapatkan juara.

Pemenangnya adalah pelari asing bernama Thomas Kipkorir Maritim dari Kenya. Dia menjadi yang tercepat untuk kategori pria, dengan cacatan waktu 32 menit 41 detik. Sementara kategori wanita (Women 10 K), diraih Daisy Cherono yang juga berasal dari Kenya dengan waktu 45 menit 39 detik.

Thomas mengaku sangat senang mengikuti kompetisi yang diikuti ribuan pelari dari nusantara. "Perlombaan ini sangat menyenangkan karena menyuguhkan trek yang cukup menantang. Melewati perkebunan kakao yang berbukit, menembus hutan kecil, dan jalanannya berbatu. Cukup menantang," kata Thomas.

Selain itu, Thomas juga mengaku sangat menikmati lomba ini. Lingkungan serta hawa sejuk di area perkebunan menjadi daya tarik tersendiri selama melalui rute tersebut.

"Meski rutenya menantang, tapi menjadi menarik karena udaranya sejuk dan lingkungan nya bersih. Terutama pemandangannya, sangat menarik," jelasnya.

 

Pemenang Kategori Wanita Chocolate Glenmore Run 2019, Daisy Cherono asal Kenya.

Sementara Daisy Cherono mengungkapkan bahwa lingkungan yang sejuk membantu dia melewati lomba ini dengan baik. "Dari awal start sampai garis finish, saya konsisten tetap berlari. Hawa yang sejuk juga memudahkan saya untuk menyelesaikan lomba. Pemandangannya sangat indah," ujarnya.

Daisy mengaku baru pertama kali ikut lomba lari di Banyuwangi. "Ini jadi ajang saya buat menguji speed karena pada 24 Februari saya juga akan ikut lomba di Malaysia."

Sementara pemenang pada kategori 5 KM didominasi oleh peserta dari luar daerah. Seperti kategori SMA putra diraih oleh Ardi Wirayuda dari SMAN Madinatul Ulum Jombang, SMAN Putri diraih Ernovyan dari SMAN 2 Genteng.

Untuk kategori SMP putri dimenangkan oleh Eva Yunita (15) dari SMPN 1 Rowo Kangkung Lumajang, untuk putra Dandi Sampurna (15) SMPN 1 Gambiran Banyuwangi. Kategori SD Putri diraih Siti Wulandari (9) dari SD Curah Poh 2 Bondowoso dan SD putra diraih Krisna dari MI Islamiah Glenmore, Banyuwangi.

"Medannya lumayan susah karena licin dan melewati sungai. Tapi saya senang bisa menang," kata Ardi Wirayuda.

 

Pemenang Kategori Pria Chocolate Glenmore Run 2019, Thomas Kipkorir Maritim asal Kenya.

Ajang Chocolate Glenmore Run ini dimulai tepat pukul 06.30 WIB di Doesoen Kakao, sebuah kawasan wisata yang terdapat pabrik pengolahan coklat yang lokasinya berada di perkebunan Kendeng Lembu, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi.

Kegiatan yang dibuka oleh Menteri BUMN Rini Soemarno ini melombakan dua kategori, yakni 5 kilometer dan 10 kilometer dan diikuti lebih dari 2.000 peserta dari seluruh wilayah Indonesia, juga manca negara.

Para peserta diajak menyusuri hamparan areal perkebunan kakao dan karet seluas 1.500 hektar. Selain menjelajahi kebun kakao sepanjang rute, para pelari bisa menikmati kuliner berbahan cokelat yang diolah penduduk setempat.

Esok hari, Minggu (17 Februari), masih akan digelar Chocolate Happy Cycling, di mana pembalap akan melintasi rute sejauh 20,4 km dengan mengambil lokasi start dan finish yang sama, yaiu di Doesoen Kakao.

Untuk memeriahkan aksi lari dan bersepeda ini digelar pula Chocolate Jazz and Food Festival di kawasan yang sama selama dua hari yaitu pada 16-17 Februari.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sepeda Motor Listrik Migo Berkeliaran di Jalan Raya, Dishub Lakukan Sosialisasi

Posted: 16 Feb 2019 09:21 PM PST

Petugas Dishub mensosialisasikan kepada pengendara sepeda motor listrik Migo saat melintasi CFD di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/2). Penyewa sepeda motor listrik dihimbau untuk tidak melintasi jalan raya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Dishub mensosialisasikan kepada pengendara sepeda motor listrik Migo saat melintasi CFD di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/2). Penyewa sepeda motor listrik dihimbau untuk tidak melintasi jalan raya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengendara sepeda motor listrik Migo saat melintasi CFD di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/2). Petugas Dishub menghimbau penyewa untuk tidak melintasi jalan raya karena belum memenuhi uji layak operasi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengendara sepeda motor listrik Migo saat melintasi CFD di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/2). Petugas Dishub menghimbau penyewa untuk tidak melintasi jalan raya karena belum memenuhi uji layak operasi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Dishub mensosialisasikan kepada pengendara sepeda motor listrik Migo saat melintasi CFD di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/2). Penyewa sepeda motor listrik dihimbau untuk tidak melintasi jalan raya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Dishub mensosialisasikan kepada pengendara sepeda motor listrik Migo saat melintasi CFD di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/2). Penyewa sepeda motor listrik dihimbau untuk tidak melintasi jalan raya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Dishub mensosialisasikan kepada pengendara sepeda motor listrik Migo saat melintasi CFD di Bundaran HI Jakarta, Minggu (17/2). Sosialisasi dilakukan karena tidak memenuhi teknis kendaraan bermotor di jalan raya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas Dishub mensosialisasikan kepada pengendara sepeda motor listrik Migo saat melintasi CFD di Bundaran HI Jakarta, Minggu (17/2). Sosialisasi dilakukan karena tidak memenuhi teknis kendaraan bermotor di jalan raya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengendara sepeda motor listrik Migo saat melintasi CFD di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/2). Petugas Dishub menghimbau penyewa untuk tidak melintasi jalan raya karena belum memenuhi uji layak operasi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengendara sepeda motor listrik Migo saat melintasi CFD di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/2). Petugas Dishub menghimbau penyewa untuk tidak melintasi jalan raya karena belum memenuhi uji layak operasi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yovie Widianto Tak Menyangka Putranya Meneruskan Jejaknya

Posted: 16 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Arsy Widianto, putra dari musikus senior Yovie Widianto, saat ini semakin serius menggeluti bidang musik. Yang terbaru, ia dan Brisia Jodie merilis single duet berjudul "Dengan Caraku".

Rupanya apa yang dicapai oleh Arsy Widianto saat ini tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh Yovie Widianto. Ia tak berharap anaknya bisa mengikuti jejaknya.

Namun justru putra Yovie Widianto ini menunjukkan hal positif di dunia musik Indonesia.

"Saya sendiri sebetulnya tidak pernah berpikir anak saya untuk mengikuti saya ke musik. Tapi tiba-tiba viewers-nya ada yang 50 juta, banyak viewers-nya menurut saya," kata Yovie Widianto saat ditemui di konser Hedi Yunus di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan, Jumat (15/2/2019).

Warna Unik

Brisia Jodie, Yovie Widianto, dan Arsy Widianto (Foto: Instagram/arsywidianto)

Yovie Widianto berharap agar apa yang disajikan putranya itu bisa menjadi alternatif lain di dunia musik Tanah Air, dan terlepas dari nama besar Yovie Widianto.

"Moga-moga dia bisa memberikan warna yang unik dan juga bisa memeriahkan musik Indonesia dengan gayanya, enggak apa-apa enggak usah ikutin papanya," katanya lagi.

Membebaskan

Yovie Widianto. (Adrian Putra/bintang.com)

Yovie Widianto sendiri sebenarnya membebaskan putranya untuk menjadi diri sendiri. Menjadi apa yang ia inginkan, tidak harus menjadi musisi seperti Yovie Widianto.

"Saya sih bebaskan dia mau jadi apa saja, dia menjadi pelaku ekonomi kreatif, dalam bidang apa saja, dia hobi musik, hobi musik, moga-moga musiknya baik, nyanyinya bagus yang keren, dan juga memberikan inspirasi untuk banyak orang," tutur Yovie Widianto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih Mahal dari Xpander, Apa Kehebatan BMW C 400 X buat Pencinta Moge?

Posted: 16 Feb 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memberikan pilihan bagi pencinta motor gede (moge) di Indonesia, BMW Motorrad Indonesia resmi melepas model terbarunya, BMW C 400 X. Motor yang diproduksi di Cina ini, dibanderol dengan harga yang cukup fantastis, Rp 259 juta off the road.

Dengan banderol yang lebih mahal dari salah satu small MPV populer di Indonesia, Mitsubishi Xpander, apa yang ditawarkan BMW C 400 X ini?

Skutik premium ini memiliki dimensi panjang 2.210 mm, lebar 835 mm dan tinggi 1.305 mm serta dengan jarak sumbu roda 1.565 mm. Untuk bobotnya, motor ini diklaim paling ringan di kelasnya, yaitu sebesar 201 kg.

Dengan DNA BMW sebagai motor adventure, BMW C 400 X memiliki tampilan desain yang gagah. Meskipun diperuntukan sebagai kendaraan di perkotaan, namun sepertinya tidak masalah juga jika harus melewati jalur yang bukan aspal saat digunakan untuk berkendara jarak jauh alias touring.

BMW C 400 X Punya Apa Buat Pecinta Moge Indonesia? (Foto: Arief A/Liputan6.com)

Tampilan muka, dengan lampu yang mirip dengan varian GS yang sudah dilengkapi LED DRL. Bagian buritan, model ini memiliki desain minimalis, dengan cluster lampu belakang yang kecil, dan juga lampu LED.

Satu fitur yang menjadi ciri khas dari model ini, adalah adanya fitur BMW Motorrad connectivity yang memungkinkan pengendara untuk menyambungkan smartphone dengan motor dan helm via Bluetooth.

Selanjutnya

BMW C 400 X Punya Apa Buat Pecinta Moge Indonesia? (Foto: Arief A/Liputan6.com)

Fitur ini didukung dengan layar display TFT berukuran 6,5 inci dan multi controller di bagian kiri handlebar sebagai standar. Dan aplikasinya sendiri, bisa diunduh secara gratis di App Store untuk IOS dan Google Play untuk Android.

Menunjang kenyamanan saat berkendara, BMW C 400 X ini memiliki jok yang ergonomis, tempat pengisian bahan bakar terletak di bawah antara jok dan setang yang memudahkan pengendara saat mengisi bahan bakar. Terdapat juga dua buah laci penyimpanan tertutup di bawah setang motor yang berguna untuk menyimpan barang-barang seperti dompet atau smartphone.

BMW C 400 X Punya Apa Buat Pecinta Moge Indonesia? (Foto: Arief A/Liputan6.com)

Bagasinya cukup besar, dan mampu menampung satu helm half-face di depan dan full-face di belakang, dengan lampu lampu yang memudahkan pengendara saat mengambil barang di bagasi pada malam hari.

BMW C 400 X ini dipersenjatai mesin satu silinder berkapasitas 350 cc. Dengan spesifikasi tersebut, motor ini mampu menghembuskan daya hingga 34 Tk pada 7.500 rpm, dengan torsi 35 Nm pada 600 rpm.

Tersedia dalam tiga varian warna, zenith blue metallic, alpine white, dan black storm

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keseruan Menteri Rini dan Bos BUMN Lari di Sepanjang Kebun Kakao Terbaik di Dunia

Posted: 16 Feb 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Chocolate Glenmore Run merupakan salah satu festival wisata berbasis olahraga yang digelar Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Dalam kegiatan tersebut, Menteri BUMN Rini Soemarno melepas dua ribu peserta Chocolate Glenmore Run di lokasi wisata Doesoen Kakao, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi Sabtu (16/2).

Lomba lari ini menyuguhkan trek perkebunan di Perkebunan Kendenglembu. Para peserta melintasi perkebunan kakao dan karet di sepanjang rute. Dari perkebunan di Glenmore itulah, kakao diekspor ke berbagai belahan dunia menjadi cokelat terbaik.

Sambil menikmati suasana yang sejuk, Menteri Rini pun ikut berlari sejauh lima kilometer bersama peserta lain. "Asyik juga berlari di tengah perkebunan. Udaranya sejuk. Ini ajang sport tourism yang sangat potensial dikembangkan, ujar Rini.

Selain itu, bos-bos BUMN lainnya pun terlihat berlari kecil sambil menyusuri belantara perkebunan kakao yang merupakan bahan baku cokelat.

Dalam acara itu, hadir pula Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, Dirut Bank Mandiri Kartiko Wirjoatmojo, Dirut BRI Suprajarto, Dirut BTN Maryono, Dirut Perhutani Denaldy Maunda, dan para direksi BUMN perkebunan.

 

Para bos BUMN ikut melintasi perkebunan kakao dan karet di sepanjang rute Chocolate Glenmore Run.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro dan sejumlah deputi menteri pun ikut memeriahkan acara. Termasuk Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang ikut berlari bersama rombongan.

Rini dan bos-bos BUMN papan atas Indonesia itu tertawa lepas saat sepatunya basah kuyup saat melintasi sungai kecil di tengah perkebunan. Meski terus berlari dan basah oleh air, Rini tetap sumringah. Tangannya terus melambai. Bibirnya selalu tersenyum. Beberapa kali dia melepas topi dan mengelap peluh yang menetes di dahi.

"Kementerian BUMN sangat mendukung program ini. Kami ingin mendukung Banyuwangi semakin cantik dan terkenal sebagai destinasi wisata nasional maupun internasional. Daerah Glenmore ini pemandangannya sangat indah, punya keterikatan kuat dengan dunia karena cokelatnya merupakan salah satu yang terbaik di dunia," ujar Rini.

Bupati Azwar Anas menyatakan kolaborasi dengan BUMN memungkinkan ada akselerasi dalam pembangunan daerah.

"Pemerintahan Pak Jokowi memang mendesain BUMN sebagai agen pemerataan dan pemercepat pembangunan. Banyuwangi bersyukur bisa terus memperkuat kolaborasi dengan banyak BUMN, termasuk untuk memajukan pariwisata," ujar Anas.

 

Ribuan peserta yang mengikuti acara wisata olahraga Chocolate Glenmore Run di Banyuwangi.

Untuk diketahui Doesoen Kakao adalah kawasan wisata yang menjual eksotika perkebunan kakao lengkap dengan pengolahan cokelat. Lokasinya di Perkebunan Kendeng Lembu, Glenmore, Banyuwangi. Dengan hawa yang sejuk karena terletak di dataran tinggi, kualitas cokelat terbaik, dan aspek historis, Glenmore menjadi favorit wisatawan terutama dari Eropa.

"Dulu di zaman sebelum kemerdekaan, Glenmore adalah favorit Belanda. Sekarang aspek historis itu mampu menarik wisatawan untuk datang," kata Anas.

Perkebunan kakao di Glenmore dikenal sebagai penghasil kakao untuk bahan coklat terbaik di dunia. Kakao Glenmore telah banyak diekspor ke Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang.

"Lewat event ini kami ingin mengenalkan salah satu kakao terbaik dunia. Wisatawan juga bisa menikmati cokelat terbaik yang telah dihasilkan di negeri ini," kata Anas.

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keseruan Menteri Rini dan Bos BUMN Lari di Sepanjang Kebun Kakao Terbaik di Dunia

Posted: 16 Feb 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Chocolate Glenmore Run merupakan salah satu festival wisata berbasis olahraga yang digelar Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Dalam kegiatan tersebut, Menteri BUMN Rini Soemarno melepas dua ribu peserta Chocolate Glenmore Run di lokasi wisata Doesoen Kakao, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi Sabtu (16/2).

Lomba lari ini menyuguhkan trek perkebunan di Perkebunan Kendenglembu. Para peserta melintasi perkebunan kakao dan karet di sepanjang rute. Dari perkebunan di Glenmore itulah, kakao diekspor ke berbagai belahan dunia menjadi cokelat terbaik.

Sambil menikmati suasana yang sejuk, Menteri Rini pun ikut berlari sejauh lima kilometer bersama peserta lain. "Asyik juga berlari di tengah perkebunan. Udaranya sejuk. Ini ajang sport tourism yang sangat potensial dikembangkan, ujar Rini.

Selain itu, bos-bos BUMN lainnya pun terlihat berlari kecil sambil menyusuri belantara perkebunan kakao yang merupakan bahan baku cokelat.

Dalam acara itu, hadir pula Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, Dirut Bank Mandiri Kartiko Wirjoatmojo, Dirut BRI Suprajarto, Dirut BTN Maryono, Dirut Perhutani Denaldy Maunda, dan para direksi BUMN perkebunan.

 

Para bos BUMN ikut melintasi perkebunan kakao dan karet di sepanjang rute Chocolate Glenmore Run.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro dan sejumlah deputi menteri pun ikut memeriahkan acara. Termasuk Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang ikut berlari bersama rombongan.

Rini dan bos-bos BUMN papan atas Indonesia itu tertawa lepas saat sepatunya basah kuyup saat melintasi sungai kecil di tengah perkebunan. Meski terus berlari dan basah oleh air, Rini tetap sumringah. Tangannya terus melambai. Bibirnya selalu tersenyum. Beberapa kali dia melepas topi dan mengelap peluh yang menetes di dahi.

"Kementerian BUMN sangat mendukung program ini. Kami ingin mendukung Banyuwangi semakin cantik dan terkenal sebagai destinasi wisata nasional maupun internasional. Daerah Glenmore ini pemandangannya sangat indah, punya keterikatan kuat dengan dunia karena cokelatnya merupakan salah satu yang terbaik di dunia," ujar Rini.

Bupati Azwar Anas menyatakan kolaborasi dengan BUMN memungkinkan ada akselerasi dalam pembangunan daerah.

"Pemerintahan Pak Jokowi memang mendesain BUMN sebagai agen pemerataan dan pemercepat pembangunan. Banyuwangi bersyukur bisa terus memperkuat kolaborasi dengan banyak BUMN, termasuk untuk memajukan pariwisata," ujar Anas.

 

Ribuan peserta yang mengikuti acara wisata olahraga Chocolate Glenmore Run di Banyuwangi.

Untuk diketahui Doesoen Kakao adalah kawasan wisata yang menjual eksotika perkebunan kakao lengkap dengan pengolahan cokelat. Lokasinya di Perkebunan Kendeng Lembu, Glenmore, Banyuwangi. Dengan hawa yang sejuk karena terletak di dataran tinggi, kualitas cokelat terbaik, dan aspek historis, Glenmore menjadi favorit wisatawan terutama dari Eropa.

"Dulu di zaman sebelum kemerdekaan, Glenmore adalah favorit Belanda. Sekarang aspek historis itu mampu menarik wisatawan untuk datang," kata Anas.

Perkebunan kakao di Glenmore dikenal sebagai penghasil kakao untuk bahan coklat terbaik di dunia. Kakao Glenmore telah banyak diekspor ke Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang.

"Lewat event ini kami ingin mengenalkan salah satu kakao terbaik dunia. Wisatawan juga bisa menikmati cokelat terbaik yang telah dihasilkan di negeri ini," kata Anas.

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menandingi Ginseng Korea dengan Purwoceng Dieng

Posted: 16 Feb 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Purwokerto - Sejak ratusan tahun lalu, purwoceng, tumbuhan endemik Dataran Tinggi Dieng (DTD) diyakini kaya beragam manfaat. Peningkatan stamina dan vitalitas membuat Purwoceng setingkat sebanding dengan Ginseng, Korea.

Berdasar penelitian, purwoceng mengandung saponin, alkaloid dan tonik. Zat ini berfungsi ini meningkatkan stamina. Yang menonjoldi tumbuhan khas Dieng ini adalah kandungan afrodisiak yang berguna untuk meningkatkan gairah seksual.

Afrodisiak berasal dari nama Aphrodite, dewi Yunani lambang kecantikan dan seksualitas. Maka, perlahan terbentuk perpespsi bahwa purwoceng identik dengan efek viagra, meningkatkan vitalitas pria.

Kandungan zat unik di dalam purwoceng membuatnya diburu. Pemanenan Purwoceng secara langsung dari habitatnya tanpa usaha peremajaan membuatnya langka (endangered species).

Alih-alih bisa mengurangi ketergantungan bahan impor tanaman sejenis, populasi purwoceng semakin menurun. Hal ini tak lepas dari kebutuhan yang semakin tinggi produksi obat-obatan tradisional.

Ahli Teknik Pertanian Unsoed, DR Eni Sumarni Farid mengatakan bahan utama tanaman purwoceng yang dipanen adalah akarnya, maka tindakan pemanenan secara otomatis merusak tanaman secara keseluruhan.

Upaya memproduksi purwoceng secara massal pun sebenarnya telah dilakukan oleh petani Dieng, Namun, mereka terkendala mahalnya harga bibit Purwoceng yang mencapai Rp 4.000-Rp 10 ribu per batang. Bahkan harga benih dapat mencapai jutaan rupiah per ons.

Budidaya purwoceng di lahan terbuka terkendala iklim yang fluktuatif akibat hujan dan angin. Kondisi ini juga menyebabkan hasil panen purwoceng tak seragam. Curah hujan tinggi di lahan terbuka juga dapat mengakibatkan sebagian atau seluruh tanaman rusak, dan memicu hama dan penyakit tanaman.

Purwoceng Mampu Gantikan Ginseng Korea

Budidaya Purwoceng di dalam greenhouse. (Foto: Liputan6.com/Humas Unsoed/Muhamad Ridlo)

Sebaliknya, setiap tahun sentra produksi purwoceng mengalami musim kemarau yang dapat menyebabkan cekaman lingkungan dan dapat berdampak negatif bagi tanaman Purwoceng.

Karenanya, perlu upaya untuk pengembangan tanaman purwoceng sekaligus mendukung pariwisata daerah Banjarnegara. upaya peningkatan produksi purwoceng di Sentra Banjarnegara dilakukan melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat Hi-Link (Kemenristekdikti) antara Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dan Kelompok Tani Grend Potato.

Eni menerangkan, program Hi-Link ini mendorong produksi Purwoceng secara terencana, terkendali, bebas pestisida dan memperhatikan konservasi lahan. Produsen atau sentra-sentra produksi purwoceng akan tumbuh dengan adanya transfer teknologi Unsoed.

"Rancang bangun greenhouse terkendali untuk iklim tropika basah seperti Indonesia. Konservasi lahan akan mendorong kelestarian lingkungan dan keberlanjutan pengusahaan purwoceng dalam rangka mengurangi status kepunahan Purwoceng," ucapnya, dalam keterangannya kepada Liputan6,com, dikutip Sabtu, 16 Februari 2019.

Eni mengungkapkan, Indonesia memiliki ketergantungan yang besar terhadap obat impor, sehingga perlu alternatif substitusi produk dalam negeri. Produk ekstrak herbal seperti ginseng memiliki pasar terbesar di dunia.

Klaim terhadap khasiat yang dimiliki, prospek pengembangan serta tren investasi ke depan, komoditas tanaman obat potensial yaitu purwoceng. Purwoceng dapat dikembangkan untuk komplemen dan substitusi ginseng impor.

"Saat ini purwoceng kurang lebih 90 persen digunakan untuk keperluan domestik, sedangkan penggunaan untuk industri farmasi masih terbatas. Industri jamu kekurangan bahan baku dan beralih ke ginseng impor," ucap Eni.

Melalui skema pengabdian Hi Link, Kementrian Ristekdikti melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan membina kelompok tani purwoceng serta bermitra dengan Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banjarnegara untuk membantu peningkatan produksi purwoceng dan olahannya.

"Fluktuasi produksi tanaman obat purwoceng menjadi salah satu kendala pemenuhan permintaan," kata Dosen Program Studi Ilmu Gizi, Jurusan Kesehatan Masyarakat, FIKES, Unsoed ini.

Intensifikasi Budidaya Purwoceng di Greenhouse

Ketua Tim Pengabdian Unsoed, DR Eni Sumarni Farid menunjukkan Purwoceng Kemasan. (Foto: Liputan6.com/Humas Unsoed/Muhamad Ridlo)

Menurut dia, perlu penerapan teknik budidaya yang baik dan pengembangan sentra produksi purwoceng untuk mengurangi ketergantungan yang besar terhadap obat impor. Ini dapat dilakukan dengan penanaman yang terkontrol di dalam greenhouse.

Eni pun mengklaim, mulai 40 hari setelah tanam nampak perbedaan pertumbuhan antara tanaman yang dikontrol di dalam greenhouse dengan purwoceng yang ditanam di luar greenhouse. Teknik irigasi yang diberikan di dalam greenhouse menggunakan irigasi drip atau tetes.

Irigasi tetes adalah metode pemberian air pada tanaman secara langsung, baik pada areal perakaran tanaman maupun pada permukaan tanah melalui tetesan secara kontinyu dan perlahan. Efisiensi penggunaan air dengan sistem irigasi tetes dapat mencapai 80 persen.

Nutrient Film Tehnique (NFT) merupakan metode budidaya tanaman di mana akar tanaman tumbuh di dalam larutan nutrisi sangat dangkal yang membentuk lapisan tipis nutrisi (nutrient film) dan tersirkulasi. Dengan begitu, tanaman dapat memperoleh unsur hara, air, dan oksigen yang cukup.

"Keuntungan sistem aeroponik dan NFT yaitu kemudahan panen, akar dapat dipanen sesuai ukuran dan dapat dilihat melalui slab atau talang, kontrol nutrisi, efisien dalam penggunaan lahan sehingga menguntungkan," ucapnya.

Eni pun mengklaim, teknologi greenhouse dan penanaman secara irigasi drip dan NFT menghasilkan sayuran yang bebas pestisida setelah diuji di Laboratorium Sucofindo (Sumarni, 2015) dan untuk purwoceng tahun 2017. Pengembangan sentra produksi purwoceng ini dapat mendukung ketersediaan obat unggulan daerah dan mencegah kepunahan di sentranya, Dieng.

Rencana ke depan adalah penyempurnaan olahan, kemasan dan diversifikasi produk purwoceng. Produk purwoceng berupa minuman, keripik daun purwoceng. Produk khas purwoceng dengan campuran sidat merupakan produk khusus untuk stamina dan vitalitas pria.

"Produk ini juga mendapatkan perhatian dalam program pengabdian ini, yaitu untuk label komposisi atau kandungan secara jelasnya dan selanjutnya perlu dilakukan pendaftaran sertifikasi halal dalam rangka persiapan pemasaran dan juga perbaikan kemasan agar berdaya saing," Eni Menambahkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Emosi, 4 Zodiak Ini Selalu Serba Salah di Mata Mantan

Posted: 16 Feb 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua hubungan percintaan berakhir dengan indah. Ketika ada hal-hal mendasar yang tidak dapat ditoleransi lagi, biasanya orang akan memilih untuk mengakhiri hubungannya.

Namun terkadang tidak mudah untuk menghadapi mantan, bagaimana pun juga dia adalah orang yang kita sayangi. Mantan juga menjadi alasan banyak orang yang terjebak dalam lubang kelam penyesalan dan lingkaran setan putus-nyambung.

Banyak yang bertanya bagaimana cara melupakan mantan, bagaimana cara move on, bagaimana cara agar mantan balikan dan variasi-variasi pertanyaan soal mantan.

Beberapa orang memilih untuk menghapus mantan dari hidupnya, tapi beberapa orang terkadang selalu terlihat serba salah di mata mantan. Berikut 4 Zodiak yang selalu serba salah di mata mantan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/2/2019).

1. Pisces

(Sumber Foto: PureWow)

Orang dengan zodiak Pisces selalu berusaha membahagiakan orang-orang di sekitarnya. Ketika putus cinta, Pisces biasanya akan berusaha menghilangkan mantan dari hidupnya. Namun, karena pada dasarnya baik, Pisces sulit juga untuk membenci mantan.

Hal ini terkadang membuat Pisces jadi serba salah, dia kangen tapi kalau kontak mantan lagi nanti dikira sok baik dan mengharap. Sebenarnya ini pun jadinya sering kali membuat mantan bingung dengan Pisces, kadang baik, kadang ketus banget dan bikin emosi.

 

2. Cancer

(Ilustrasi: broadly-images.vice.com)

Sama seperti kepiting yang memiliki cangkang keras tapi dagingnya lembut, orang dengan zodiak Cancer terlihat kuat tapi sebenarnya hatinya sangat lembut dan sensitif. Ketika putus cinta, Cancer tentu akan menunjukan sisi kuatnya, dia tegar dan bisa menghadapi ini.

Dalam hatinya pasti terluka. Hal ini terkadang membuatnya serba salah di mata mantan. Terlihat kuat dan biasa saja dibilang enggak punya perasaan karena move cepat. Kangen dan pengen ketemu, dibilang udah enggak ada urusan. Apalagi Cancer sering kali gengsi untuk mengakui perasaan sayang.

3. Libra

Ilustrasi stres. Sumber foto: unsplash.com/Kevin Grieve.

Memang sifat dasar Libra berusaha bersikap adil dan mempertimbangkan pendapat dan perasaan semua orang. Walaupun sudah putus, Libra tetap bisa mengutamakan mantan dibandingkan dirinya.

Masalahnya, Libra bukan hanya mikirin perasaan mantan, perasaan semua orang terkadang dia pikirkan berlebihan. Dan ini sering kali membuat Libra jadi plin plan, tidak bisa tegas pada dirinya sendiri. Sebenarnya hal ini malah bisa membuat mantan semakin kesal.

4. Sagitarius

Kenali Emotional Eating Sebagai Pelarian di Kala Stres (Unsplash.com/Nick Karvounis)

Di balik sifatnya yang spontan, senang berpetualang, sebenarnya Sagitarius bukan tipe orang yang bisa menghadapi putus cinta dengan baik. Kebiasaan zodiak Sagitarius adalah lari dari masalah, bukan menyelesaikannya.

Jadi ketika putus dia akan kabur, mungkin liburan, mungkin sibuk belanja di mal. Namun dia tidak mau menghadapi perasaan sedih dan patah hatinya, sehingga bisa jadi beberapa minggu setelah putus dia baru nangis dan akhirnya malah jadi menghubungi mantan lagi. Hal itu justru membuat mantan makin murka dengan si Sagittarius.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Buku Klasik yang Paling Cocok dengan Zodiakmu

Posted: 16 Feb 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kamu hobi membaca buku? Jika iya, pernahkah kamu merasakan salah membeli buku karena buku yang kamu beli bukan sesuai karaktermu? Berikut kami rangkum buku-buku klasik yang kamu bisa baca sesuai dengan zodiak kamu, dilansir dari buzzfeed:

1. Aries : The Count of Monte Cristo

 

 

Ilustrasi zodiak Aries (iStockphoto)

Jika kamu adalah seorang Aries berarti kamu adalah orang yang bertekad kuat, keras kepala dan mudah termotivasi. Buku yang berkaitan dengan Zodiak kamu adalah tentang petualangan, balas dendam dan mengambil alih hidupmu.

 

2. Taurus: Pride and Prejudice

Jika kamu adalah seorang Taurus, kamu adalah orang yang tangguh, keras kepala, namun sangat setia. Buku klasik yang berkaitan erat dengan Zodiak kamu adalah tentang dua orang yang dulunya musuh dan menjadi pasangan. Film ini menceritakan tentang dua karakter utama yang setia dan juga menyenangkan.

3. Gemini: The Strange Case of Dr. Jekyll and Mr. Hyde

Sebagai seorang gemini, kamu adalah orang yang suka menggoda, bijaksana dan menawan, namun kamu juga sering gagal. Jenis buku yang cocok untuk kamu adalah novel tentang ketidakpastian, mengenai depresi, dan sifat manusia.

4. Cancer: Wuthering Heights

Ilustrasi zodiak Cancer. (Wikipedia/Public Domain)

Sebagai orang yang berzodiak Cancer, kamu adalah orang yang setia, bersemangat namun mood yang sering berubah. Inilah sebabnya buku Wuthering Heights merupakan buku yang sangat cocok denganmu. Novel ini adalah novel yang mengisahkan tentang cinta, rasa memiliki serta kegigihan untuk mendapatkan sesuatu.

5. Leo: 1984

Kamu adalah seorang Leo? Berarti kamu merupakan orang yang percaya diri, ambisius dan berani. Inilah sebabnya kamu cocok dengan buku 1984, sebuah buku tentang melanggar aturan ketat dalam masyarakat.

6. Virgo: To Kill a Mockingbird

Jika kamu adalah seorang Virgo, berarti kamu adalah orang yang suka menganalisa, sederhana dan umumnya logis. Buku yang berkaitan dengan Zodiak kamu adalah tentang memperjuangkan keadilan kepada seseorang yang dituduh melakukan kejahatan.

7. Libra: Jane Eyre

Jika kamu seorang Libra, kamu merupakan orang yang romantis, setia, riang, namun sentimental. Buku yang cocok untuk kamu adalah tentang seorang gadis yang jatuh cinta pada seorang pria dengan rahasia yang suram.

8. Scorpio: The Catcher in the Rye

Zodiak Scorpio (Pixabay)

Kamu seorang yang berzodiak Scorpio? Berarti kamu adalah orang yang tegas, karismatik dan terkadang memiliki tekad yang kuat. Buku yang berhubungan dengan zodiak kamu adalah mengenai kegelisahan dan perjuangan untuk menemukan jati diri di sebuah dunia.

9. Sagitarius: Treasure Island

Jika kamu seorang Sagittarius, berarti kamu adalah orang yang lugas, berani dan suka bertualang. Ini menyebabkan kamu dipasangkan secara sempurna dengan sebuah buku yang berisi petualangan seru yang dilakukan oleh petualang hebat.

10. Carpicorn: Little Woman

Sebagai seorang Carpicorn, kamu biasanya adalah orang yang dapat diandalkan, bijaksana dan sangat memilki pandangan sendiri. Hal ini membuatmu cocok dengan buku tentang pentingnya pertumbuhan keluarga dan juga pertumbuhan pribadi.

 

11. Aquarius: The Alchemist

Jangan Berhenti Bermimpi. (via WallpaperSafari)

Kamu merupakan orang yang cenderung spontan, jeli dan merupakan pemimpi yang hebat, jika kamu seorang Aquarius. Buku yang terkait erat denganmu adalah tentang memperbaiki kesalahan dan berjuang meraih mimpi kamu.

12. Pisces: The Handmaid's Tale

Sebagai seorang Pisces, kamu cenderung orang yang pemberontak, kreatif dan sedikit emosional. BUku yang cocok sekali denganmu adalah tentang memperjuangkan kemerdekaan dan kebebasan dalam masyarakat patriarki bahkan jika hal itu berbahaya.

 

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saran Sandiaga Uno kepada Prabowo Subianto Jelang Debat Capres

Posted: 16 Feb 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden 02 Sandiaga Uno menyebut sudah menerima data dan masukan dari masyarakat soal swasembada pangan dan energi. Menurut Sandi, banyak masyarakat yang menginginkan agar pangan dan energi di Indonesia ditingkatkan.

Untuk itu, Sandi menyarankan agar calon presiden 02 Prabowo Subianto menyinggung soal swasembada pangan dan energi dalam debat putaran kedua Pilpres 2019 yang akan digelar di Hotel Sultan, malam ini.

"Berdasarkan data-data tersebut, saya minta Pak Prabowo lebih fokus membahas masalah pangan, membahas masalah energi, itu yang diinginkan oleh masyarakat," ujar Sandi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (17/2/2019).

Sandi mengatakan, jika dia terpilih mendampingi Prabowo memimpin Indonesia, salah satu fokus yang akan dia kerjakan terkait swasembada energi. Dia berharap bisa menekan biaya listrik agar tak terlalu membebani masyarakat.

"Karena negeri ini kan kaya raya sekali. Negeri ini punya potensi tenaga surya, pembangkit tenaga air, belum dioptimalkan energi baru terbarukan. Di bawah Prabowo-Sandi, ini akan menjadi fokus yang sangat utama" kata Sandi.

Simulasi Debat

Sebelum debat capres sungguhan dimulai, Prabowo dan Sandiaga agak melakukan simulasi. "Simulasi terakhir tetap nanti tanya jawab, saya tetap akan berperan sebagai lawan mitra bicara Pak Prabowo," ujar Sandi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (17/2/2019).

Menurut Sandi, dalam simulasi debat capres yang akan dilakukan di kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan itu akan dihadiri oleh tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) dan beberapa tokoh pendukung.

"Banyak yang akan memberikan masukan. Pak Sudirman, tadi malam sudah dinner terakhir dengan pak Kwik, berapa tokoh-tokoh sudah berikan masukan, terakhir pak Kwik Kian Gie dan beberapa penasehat khusus. Pak Rizal Ramli juga," kata Sandi.

Melihat simulasi debat sebelumnya dengan Prabowo, Sandi merasa yakin jika mantan Danjen Kopassus itu akan mengikuti tahap demi tahap debat putaran kedua dengan tenang. Sandi yakin Prabowo bisa menarik hati masyarakat dalam debat nanti.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Debat Capres Kedua: Prabowo Janjikan Swasembada, Jokowi Unggulkan Freeport

Posted: 16 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang debat capres kedua pilpres 2019, para tim pemenangan sudah menyiapkan jurus-jurus bagi para calon presiden berlaga di panggung debat nanti. Energi menjadi topik sentral yang harus dihadapi.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso, menyebut akan membahas bermacam isu perihal swasembada dan energi terbarukan.

"Nanti akan ada kejutan dari beliau kuasai bidang masalah pangan, energi, energi terbarukan, konsentrasi beliau yang akan bangun swasembada pangan, swasembada energi, swasembada air. Itu kata-kata kuncinya dan ada di pikiran beliau," ucap Priyo.

Masalah kilang minyak turut menjadi bahasan Prabowo di panggung debat capres kedua. Pasalnya, BPN juga menyatakan masalah kilang belum pernah diurus.

Menurut jubir Tim Kampanye Nasional (TKN), Arya Sinulingga, Jokowi juga telah menyiapkan argumen debat kedua seputar pangan, energi, dan lingkungan hidup. Tak mengejutkan jika Freeport akan menjadi andalan petahana.

"Itu salah satu (lingkungan hidup), yang akan jadi unggulan kita, energi juga ya, seperti Freeport diambil, Mahakam diambil, itukan semakin jelas, dalam arti dikuasai bangsa kita, itu jadi keunggulan kita juga," ujarnya.

Debat capres kedua akan dlaksanakan pada Minggu (17/2/2019) besok di Hotel Sultan, Jakarta. Tema melingkupi energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

PLN Pastikan Listrik Tak Padam saat Debat Capres Kedua

Teknisi mengecek Power Bank dan Mobile UPS penyuplai listrik di Hotel Sultan, Jakarta, (15/2). Pemasangan alat yang disediakan PLN itu untuk penyuplai pasokan listrik acara debat capres dan cawspres  kedua pada Minggu besok. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

 PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menyiapkan kehandalan pasokan listrik untuk mendukung pelaksanaan debat kedua Capres 2019 yang akan dilaksanakan pada Minggu 17 Februari di Hotel Sultan.

PLH Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Dita Artsana mengatakan, PLN Distribusi Jakarta Raya telah menyiapkan satu unit Power Bank berkapasitas 1.000 kilo Volt Amper (kVA), dan satu unit Power Bank 630 kVA untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik.

"Listrik menjadi kebutuhan utama menunjang kelancaran acara Debat Capres Cawapres," kata Dita, Di Jakarta, Sabtu (16/2/2019). 

Sebagai cadangan pasokan PLN juga disiapkan tiga unit UPS masing-masing 500 kVA untuk menjamin keandalan pasokan listrik.

Selain itu, langkah mitigasi risiko lain juga disiapkan, termasuk dengan memasok listrik dari 2 sumber yang berbeda dengan dilengkapi Automatic Change Over (ACO).

"Sehingga apabila sumber utama terganggu, dapat secara otomatis berpindah ke sumber pasokan listrik lainnya," jelas Dita.

Menurut Dita, koordinasi terkait pasokan listrik pun telah dilaksanakan oleh petugas PLN untuk memastikan acara berlangsung tanpa hambatan.

"Secara total, daya yang dibutuhkan untuk kelangsungan acara ini adalah 865 kVA meliputi ballroom utama tempat berlangsungnya debat dan broadcast room," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia: Inter Tantang Sampdoria

Posted: 16 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Liga Italia telah memasuki pekan ke-24. Persaingan di papan klasemen semakin memanas.

Nanti malam hingga dinihari akan ada enam laga Liga Italia yang digelar. Dua diantaranya melibatkan klub papan atas, Inter Milan dan Napoli.

Inter Milan akan menantang Sampdoria dinihari WIB nanti. Kemenangan dibutuhkan tuan rumah untuk menjauh dari kejaran AC Milan di papan klasemen Liga Italia.

Saat ini Inter berada di posisi ketiga klasemen dengan koleksi 43 poin. Sementara AC Milan hanya berselisih satu poin.

Di laga lain Napoli akan menantang Torino. Tiga angka juga dibutuhkan Napoli untuk menjaga jarak dengan pemuncak klasemen Liga Italia, Juventus.

Berikut jadwal Liga Italia hari ini:

 

 

Jadwal

Logo Serie A

Minggu (17/2/2019)

18.30 WIB SPAL Vs Fiorentina

21.00 WIB Udinese Vs Chievo

21.00 WIB Genoa Vs Lazio

21.00 WIB Empoli Vs Sassuolo

Jadwal Lain

Serie A Logo Alternatif (istimewa)

Senin (18/2/2019)

00.00 WIB Inter Vs Sampdoria

02.30 WIB Napoli Vs Torino

Selasa (19/2/2019)

02.30 WIB Roma Vs Bologna

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Titi DJ Lebih Mementingkan Tidur yang Cukup Ketimbang Olahraga

Posted: 16 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Titi DJ menyadari bahwa makan bersih saja tidak cukup membuatnya sehat. Dia harus mengimbanginya dengan berolahraga, biar tubuhnya selalu bugar dan tak gampang sakit di tengah jadwal yang begitu padat.

Terlebih saat ini, dirinya tidak hanya bernyanyi tapi juga menjadi mentor di salah satu ajang pencarian bakat.

"Tidur yang cukup dan olahraga itu harus," kata Titi DJ saat berkunjung ke redaksi Liputan6.com di Gondangdia, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Tidur yang cukup lebih Titi prioritaskan. Dia sengaja menempatkan olahraga di posisi nomor dua. Bagi pelantun Imajinasi ini, olahraga menjadi kurang bermanfaat jika kurang tidur.

"Olahraga yang saya pilih pun enggak mau yang terlalu berat. Cukup rajin jalan kaki, atau ada masanya saya yoga," katanya.

 

 

 

 

Titi DJ Memilih Jalan Kaki

Titi DJ

Menurut Titi DJ, berdasarkan informasi yang dia peroleh, jalan kaki selama setengah jam cukup untuk membuat badannya menjadi sehat.

"Buat saya olahraga harus tapi ada masanya kalau kurang tidur enggak mau olahraga. Karena buat saya, olahraga itu harus cukup istirahat," kata Titi DJ.

"Karena percuma. Kalau kurang tidur lalu dipaksakan olahraga, yang ada malah sakit. Itu sih yang badan saya rasakan," Titi DJ menambahkan.

 

 

Titi DJ Harus Tidur 7 Jam Sebelum Olahraga

Titi DJ

Bagi Titi, jika memang mau berolahraga guna mendapatkan hasil yang maksimal, setidaknya dia harus tidur jam terlebih dulu. Meski terkadang tetap saja tak jadi olahraga karena dia harus berkegiatan yang lain.

"Olahraga itu suka menjadi hal yang tersisihkan. Kasihan lho dia," kata Titi DJ sambil tertawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Lagu Berbahasa India, Marshmello Gandeng Shah Rukh Khan di Videoklip

Posted: 16 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Mungkin tak banyak yang mengetahui bahwa DJ Marshmello, ternyata adalah seorang penggemar Shah Rukh Khan dan juga budaya India. 

Bahkan saking kagumnya, pemilik nama asli Christopher Comstock ini menunjukkan rasa kagumnya terhadap Shah Rukh Khan dengan merilis lagu berjudul "Biba".

Berbeda dari lagu-lagu karya sebelumnya, "Biba" hadir dengan nuansa yang sangat kental dengan musik Bollywood. Tak sendirian, Marshmello menggandeng komposer asal India, Pritam Chakraborty dalam membuat lagu tersebut. Tak hanya itu, Marshmello juga menggandeng penyanyi terkenal India, Shirley Setia dalam lagu tersebut.

Lagu tersebut menjadi sangat spesial karena Shah Rukh Khan turut muncul pada akhir videoklip "Biba".

Dalam videoklip ini, Shah Rukh Khan muncul dengan penutup kepala khas Marshmello. Penutup kepala tersebut dibuka setelah sang aktor bertemu dengan pemilik lagu "Alone" tersebut.

Nuansa Bollywood

Marshmello (AFP / Steven Lawton / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Nuansa Bollywood begitu terasa dalam videoklip berdurasi tiga setengah menit tersebut. Marshmello benar-benar menunjukkan rasa kagumnya dengan memasukkan berbagai adegan khas dari film-film yang pernah dibintangi Shah Rukh Khan, seperti dari film Dilwale Dulhania Le Jayenge, Kuch Kuch Hota Hai dan Dil Se.

Belum genap 24 jam setelah video klip dirilis di YouTube, "Biba" sukses memasuki jajaran trending dan ditonton hampir tiga juta kali. 

Cinta India

Marshmello juga mengunggah cuplikan videoklip ini di Instagram pribadinya. Dalam keterangan video, ia menjelaskan mengapa begitu mencintai India. 

"Kapan saja saya datang ke India, saya selalu merasa disambut seperti di rumah. Saya selalu terpesona dengan kekayaan budaya di seluruh negeri. Inilah mengapa Biba sangat berarti bagi saya karena saya dapat menciptakan sesuatu dengan @ipritamofficial dan @shirleysetia yang sangat saya banggakan dan saya harap semua orang dapat menghargai waktu dan upaya yang dilakukan untuk hal ini," tulis Marshamello. 

 

(Brilio.net/ Nisa Akmala)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penemuan Berlian Berbentuk Hati di Rusia

Posted: 16 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berlian berbentuk hati ditemukan di Yakutia, Rusia. Berlian ini memiliki berat 65,7 karat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Maps Bakal Bisa Hapus Riwayat Lokasi Secara Otomatis

Posted: 16 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Google terus menghadirkan fitur baru untuk berbagai layanannya, termasuk Maps. Menurut laporan terbaru, Google Maps akan memiliki fitur terkait riwayat lokasi.

Dilansir Softpedia, Minggu (17/2/2019), Google Maps akan memiliki fungsi baru yang bisa secara otomatis menghapus riwayat lokasi jika pengguna menginginkannya. Namun belum ada konfirmasi tentang tanggal peluncurannya.

Saat ini, Google Maps melacak lokasi pengguna untuk meningkatkan kenyamanan pengguna. Hal tersebut mempermudah pengguna melihat histori lokasinya agar lebih mudah menavigasi ke tujuan tertentu.

Google Maps sebetulnya sudah memiliki opsi untuk menghapus riwayat lokasinya secara manual. Namun dengan fitur baru ini, aplikasi akan bisa melakukannya secara tomatis.

Selain itu, juga akan ada fitur baru lain, di mana Google Maps akan bisa memberikan rekomendasi berdasarkan acara pribadi pengguna.

Artinya, aplikasi pemetaan itu akan bisa melihat ke data kalender yang ada di Gmail. Namun, pengguna nantinya bisa menonaktifkan fitur tersebut.

Google Siapkan Serangkaian Produk Baru Tahun Ini

Kantor pusat Google di Mountain View. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Google dilaporkan tengah berusaha mendorong ekosistem miliknya, tidak hanya software tapi juga hardware.

Perusahaan pun disebut sedang menyiapkan sejumlah produk baru, termasuk jam tangan pintar, ponsel, dan speaker baru untuk tahun ini.

Dilansir Phone Arena, setelah selama beberapa tahun merilis lini smartphone premium dengan seri Pixel, Google dilaporkan sedang menyiapkan produk untuk segmen menengah.

Sejauh ini belum ada informasi tentang harga jual smartphone Pixel "murah", tapi kemungkinan akan lebih murah daripada iPhone XR. Seperti diketahui, iPhone XR merupakan smartphone baru termurah Apple saat ini.

Kehadiran Pixel versi murah ini dinilai akan memiliki peran penting dalam pertumbuhan bisnis hardware Google pada tahun ini. Setidaknya, sampai generasi terbaru dirilis pada 2020.

Selain dari smartphone Pixel, produk lain yang menarik adalah Pixel Watch. Perangkat wearable pertama Google ini awalnya direncanakan debut bersamaan dengan Pixel 3 pada tahun lalu, tapi peluncurannya ditunda karena berbagai alasan.

Kemudian produk lain adalah speaker pintar terbaru. Namun belum ada informasi mengenai produk baru ini.

Sejauh ini belum ada konfirmasi tentang jadwal peluncuran berbagai produk baru tersebut. Namun, Google diperkirakan akan fokus memperluas kerja sama untuk produk-produk barunya di wilayah Asia.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Valentino Rossi Ungkap Rahasia Motivasinya di Usia 40 Tahun

Posted: 16 Feb 2019 08:46 PM PST

Jakarta - Valentino Rossi, buka rahasia di balik suksesnya menjaga motivasi di arena MotoGP hingga usia 40 tahun. Seperti diketahui, Sabtu (16/2), usia pembalap MotoGP asal Italia ini genap menyentuh kepala empat.

Valentino Rossi   menyebut kegagalan jadi juara dunia pada MotoGP 2006 dan 2015 menjadi salah satu sumber motivasinya.

Dia merasa seharusnya bisa memenangi gelar pada musim itu, tapi gagal pada balapan terakhir.  

The Doctor masih penasaran menggenapi titel juara dunia menjadi 10. Dia belum kehilangan minat meskipun kali terakhir merengkuh titel juara dunia sekitar 10 tahun lalu. 

"(Merengkuh titel ke-10) adalah impian yang masih sangat saya percayai. Tapi, itu juga penyesalan terbesar, karena saya merasa mendapatkannya," kata Rossi, pada wawancara dengan Gazzetta dello Sport, pada hari ulang tahunnya ke-40, Sabtu (16/2/2019). 

"Saya kehilangan dua titel (pada 2006 dan 2015) pada balapan terakhir. Saya juga sering jadi runner-up (juga pada 2000, 2014, dan 2016). Jadi, karier saya layak dapat 10 titel. Alasan itulah yang membuat saya terus berusaha,"  imbuh Valentino Rossi

Kesalahan

Penyesalan Rossi saat gagal pada MotoGP 2006 sangat mendalam. Dia merasa seharusnya bisa memenangi balapan terakhir di Valencia itu. 

"Pada Valencia 2006, jika saya tenang dan tidak terjatuh, saya seharusnya menang. Kemudian ada beberapa hal yang saya tak tahu apakah itu kesalahan atau tidak, yaitu pindah ke Ducati, atau pindah ke Yamaha dibanding tetap terus menang bersama Honda,"  ungkap Rossi. 

"Kemudian apa yang terjadi pada akhir 2015, ketika saya sangat disayangkan kehilangan gelar (dari Lorenzo, juga di Valencia). Tapi, kesalahan besarnya adalah 2006, seharusnya saya bisa menang," imbuh Valentino Rossi

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Negara Ini Penghasil Pria Paling Romantis di Dunia

Posted: 16 Feb 2019 08:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setiap wanita pasti mendambakan pria yang romantis, tetapi juga setia. Cara pria mencintai wanita dengan romantis tidak hanya dengan lewat seikat bunga mawar atau kata-kata gombal. Romantis menjadi daya tarik tersendiri dalam memilih pasangan.

Tak hanya untuk berkencan, mungkin ini jadi satu di antara beberapa pertimbangan dalam memilih pasangan hidup. Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa negara yang memiliki pria-pria romantis di dunia.

Mens Health pernah melakukan survei terhadap lebih dari 1.000 perempuan usia 21 hingga 54 tahun dalam sebuah aplikasi. Salah satu survei itu dilakukan Opinion Research Corporation yang berbasis di Princeton, New Jersey.

Mereka lalu mengategorikan ciri-ciri pria idaman tersebut. Selain itu, mereka juga membuat pemeringkatan berdasar presentase karakter yang diidamkan perempuan. Dari hasil tersebut banyak pria-pria yang memenihi kategori dala survei berada di 12 negara di dunia.

Berikut 12 negara penghasil pria paling romantis di dunia yang telah Liputan6.com rangkum dari mens health, Minggu (17/02/2019).

Italia, Brasil dan Prancis

Pemandangan saat Menara Eiffel berhias instalasi cahaya warna kuning di Paris, Perancis, Kamis (13/9). Pertunjukan ini untuk merayakan 160 tahun hubungan diplomatik antara Perancis dengan Jepang. (AP Photo/Christophe Ena)

1. Italia "Roma"

Seperti dikutip dari The Talko, biasanya pria Italia merayu wanita dengan pembawaan mereka yang indah, makanan lezat, wine, kisah hidup dan bahasa yang sangat romantis. Jika menginginkan pria yang dapat memenuhi segala kebutuhan wanita, tidak ada yang lebih baik dari pria Italiano.

 2. Brasil

Pria Brasil memiliki daya tarik romantis yang tidak ada duanya. Satu hal yang wanita sukai dari pria Brasil, adalah mereka yang tidak suka bertele-tele untuk urusan asmara. Kalau mereka melihat seorang wanita menarik, mereka akan mengatakannya secara langsung.

Pria Brasil tahu persis apa yang harus dikatakan untuk membuat wanita merasa istimewa dan seolah-olah dia adalah satu-satunya gadis yang ada.

 3. Prancis

Orang-orang Prancis terkenal dengan sikapnya yang romantis dan mereka sangat mengerti tentang bahasa cinta. Selain itu orang Prancis juga suka membicarakan tentang cinta, dan membuat orang di dekatnya merasa sangat spesial. Selain itu mereka memiliki sebutan French Kiss di mana orang Prancis sangat pandai berciuman.

 

Irlandia, Vietnam, dan Inggris

Ilustrasi Big Ben (iStock)

4. Irlandia

Pria Irlandia sangat cerdik dalam hal berpakaian. Tampak sangat rapi dan tahu bagaimana harus bersikap untuk merayu orang tersayang. Dalam polling tahun 2015, pria Irlandia dinyatakan sebagai pria paling seksi di dunia. Mereka juga sangat mempesona dan romantis.

 5. Vietnam

Jika berkencan dengan pria Vietnam, mereka memperlakukan wanita seperti seorang putri. Pria Vietnam juga bersikap sangat santun.

6. Inggris

Aksen British dikenal sebagai aksen paling seksi. Sopan santun para pria Inggris sering kali membuat orang kagum. Kesopanan dan sikap lembut tersebut yang membuat pria Inggris punya pesona tersendiri.

 

Australia, Norwegia dan Swiss

Earth Hour: Sydney, Australia - Harbour Bridge and Opera House. (Foto: BBC.com)

7. Australia

Tidak ada yang bisa mengabaikan keseksian pria Australia. Pria Australia biasanya tidak curang, mereka kemungkinan besar tidak akan pernah menipu.

Mereka juga akan melindungi wanita dari berbagai gangguan. Pria Australia suka bersenang-senang dan memiliki selera humor yang santai, banyak yang senang berada di dekat mereka.

 8. Norwegia

Orang Norwegia suka menunjukkan kasih sayang di depan umum, seperti berpegangan tangan, berpelukan, dan berciuman. Pria Norwegia bisa menjadi pasangan yang fantastis selama komunikasi terjaga dan paham satu sama lain. Mereka lebih suka mengekspresikan cinta melalui tindakan non-verbal.

 9. Swiss

Meskipun dikenal humoris, pria Swiss cenderung tetap formal dengan orang-orang yang baru saja mereka temui. Kabarnya, pria Swiss sangat santai dengan hal informal yang sensitif, mereka lebih suka meluangkan waktu untuk mengenal orang-orang sebelum yakin untuk membuka diri akan perasaan mereka. Artinya, pria Swiss akan bertahan untuk waktu yang lama saat menjalin hubungan.

Swedia, Kanada, dan Argentina

10. Swedia

Swedia adalah salah satu negara dengan warga paling menarik dan romantis di dunia. Keyakinan pria Swedia dalam kesetaraan gender membuat mereka sempurna untuk dijadikan pasangan.

Rahasia pria Swedia adalah kesediaannya untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Mereka dikenal sangat perhatian pada rumah dan keluarga. Sebuah studi mengungkapkan bahwa sikap pria Swedia menjadikan mereka suami potensial terbaik di dunia.

11. Kanada

Pria kanada umumnya tenang dan misterius. Orang Kanada senang menikmati alam bebas, selalu sopan dan ramah. Mereka juga percaya diri, namun rendah hati dan memiliki aksen yang menawan.

12. Argentina

Pria Argentina dikenal sangat bersungguh-sungguh dan romantis. Ungkapan romantisme pria Argentina dapat dilihat dari ciri khas mereka, tango, tarian paling sensual di dunia.

Pria Argentina benar-benar tahu bagaimana membuat seorang wanita merasa istimewa. Mereka bersedia membukakan pintu, membayar makan malam dan memanjakan telinga dengan pujian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan HUT Ke-40, Valentino Rossi Tetap Setia di MotoGP

Posted: 16 Feb 2019 08:42 PM PST

Jakarta - Valentino Rossi merayakan hari ulang tahunnya yang ke-20, Sabtu (16/2). Tahun ini dia juga bakal tampil di musim ke-20-nya di arena MotoGP. 

Valentino Rossi mengawali kiprah di ajang Grand Prix pada 1996, kemudian empat tahun berselang sudah promosi ke kelas premier, 500 cc dan berganti menjadi MotoGP. Total, dia memperkuat Yamaha selama 14 tahun. 

Pada periode 2000-2003 Rossi menggeber motor Honda, kemudian pada 2011 dan 2012 menuunggangi Ducati. Selama 19 tahun bertualang di kelas premier, Rossi hanya tiga kali mengalami paceklik kemenangan, yaitu 2011 dan 2012 di Ducati, serta pada 2018 di Yamaha. 

Pembalap asal Italia tersebut memenangi GP pertama di kelas 125cc pada 1996 di Brno. Kemudian pada 1997 jadi juara dunia 125 cc, serta menjadi kampiun kelas 250cc pada 1999. Adapun di kelas MotoGP, The Doctor mengantongi tujuh gelar juara dunia, yaitu pada 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, dan 2009.

Seperti dilansir Speedweek, keistimewaan Rossi adalah mampu beradaptasi dengan zaman. Dia bersaing dengan pembalap-pembalap lintas generasi, mulai Jorge Martinez, Loris Capirossi, Tetsuya Harada, Tohru Ukawa, Max Biaggi, Sete Gibernau, Nicky Hayden, Casey Stoner, Jorge Lorenzo, hingga Marc Marquez. Koleksi juga Rossi sangat mengesankan, yaitu 115 kemenangan di ajang GP dan sembilan gelar juara dunia. 

Valentino Rossi punya beberapa julukan. Awalnya di malebeli dirinya "Valentinik", kemudian "Rossifumi", lalu "The Doctor".  

 

Sosok Menghibur

Sisi lain yang juga tak bisa dilepaskan adalah perselisihan panasnya dengan beberapa pembalap, seperti Gibernau, Stoner, Biaggi, hingga Lorenzo, dan Marquez. Rossi seperti selalu membutuhkan musuh untuk melecut motivasinya. 

Rossi pernah mengendarai berbagai jenis motor, mulai Aprila pada kelas 125 dan 250, Honda NSR 500, Honda RC211V, M1 Yamaha, dan the Ducati Desmosedici. Dia juga telah menjajal berbagai ban mulai Dunlop, Michelin, Bridgestone, dan kembali ke Michelin.

Hanya satu yang tak berubah. Valentino Rossi selalu menjadi sosok yang menghibur, hampir selalu punya mood bagus, bisa menyenangkan fans, sangat populer di dunia, serta identik dengan dukungan fanatik di tribune yang didominsi warna kuning hampir setiap balapan.  

Dengan bergudang pengalaman dan pencapaian di ajang balap motor dunia, ulang tahun ke-40 Valentino juga menjadi sorotan.

Berikut ini ucapan ulang tahun untuk Valentino Rossi dari sahabat hingga para rivalnya, seperti dilansir Speedweek

 

Ucapan Meregelli hingga Lin Jarvis

Massimo Meregelli (Manajer Tim Yamaha) 

"Selamat ulang tahun, Vale. Mereka mengatakan kamu berusia 40 tahun, tapi saya ragu." 

Alex Briggs (mekanik yang mendampingi Rossi sejak 2000) 

"Rasanya sangat mengesankan seseorang bisa sangat kompetitif dalam waktu yang sangat lama. Saya senang bekerja untuknya. Sulit dipercaya kami akan lanjut satu tahun lagi atau lebih." 

Brent Stephens (mekanik yang mendampingi Rossi sejak 2000) 

"Dia seseorang yang memotivasi kami. Dia membangunkan kami setiap pagi, pergi ke lintasan, dan bertarung seperti dirinya masih muda. Saya tak menyangka dia bisa terus membalap hingga 40 tahun. Mungkin dia juga tak menyangka." 

Lin Jarvis (Managing Director of Yamaha Factory Racing)

"Vale memiliki karakter Peter Pan yang abadi. Dia bisa menjaga tetap awet muda, tetap bergairah, dan termotivasi." 

Kouchi Tsuji (MotoGP Project Manager di Yamaha Factory Racing)

"Valentino berusia 40 tahun, artinya pengalamannya dua kali lipat dibanding pembalap lain. Itulah yang membuat dia kuat." 

 

Ucapan Crutchlow hingga Brivio

Cal Crutchlow (pembalap LCR Honda)

"Valentino terus membuat saya tercengang. Saya terkejut melihat gairahnya yang luar biasa dan gairahnya untuk terus membalap. Itu menunjukkan kecintaan besar Rossi terhadap olahraga ini dan seberapa besar dia suka menggeber motor. Saya tak bisa membayangkan membalap di usia 40 tahun. Itu pasti." 

Sete Gibernau (mantan rival Rossi di MotoGP) 

"Tentu, dia pahlawan kami. Dia menjalani karier yang sangat panjang. Valentino punya banyak pengalaman dan masih bertarung untuk posisi papan atas. Anda harus mengidolakannya. Saya menyukai sisi dirinya yang itu. Saya mendoakan yang terbaik untuknya." 

Franco Morbidelli (pembalap Petronas Yamaha MotoGP dan murid Rossi)

"Valentino adalah pembalap papan atas dalam gambarannya. Itulah sebabnya dia masih punya potensi besar pada usia 40 tahun. Dia sepertinya lebih kuat dibanding saya 10 tahun yang lalu."  

Davide Brivio (manajer Suzuki Ecstar) 

"Valentino mengejutkan setiap orang selama 20 tahun. Dia belum berhenti, itulah gaya dia. Rasanya luar biasa melihat seorang pembalap berusia 40 tahun masih membalap di level tertinggi. Selamat ulang tahun. Kami berharap melihatnya di sadel untuk waktu yang lama." 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Debat Capres Kedua, Tim Gabungan Jaga 3 Ring Pengamanan

Posted: 16 Feb 2019 08:35 PM PST

Fokus, Jakarta - Sedikitnya 2.000 personel gabungan akan menjaga keamanan dan kelancaran penyelenggaraan debat kedua capres Pemilu 2019. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (17/2/2019), Golden Ballroom 2 Hotel Sultan telah siap dengan tata panggung, lampu, dan dekorasi. Kursi penonton pun telah disusun rapi.

Sementara itu, untuk pengamanan akan difokuskan pada tiga titik area. Area pertama ring satu atau lokasi debat. Area kedua, wilayah sekitar Hotel Sultan. Area ketiga, jalanan sekitar lokasi debat.  

Indosiar akan menyiarkan secara langsung debat kedua capres Pemilu 2019 yang di mulai pada pukul 18.00 WIB. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mengintip Patung Oscar Bertabur Emas dari Olahan Coklat

Posted: 16 Feb 2019 08:35 PM PST

Deretan patung Oscar bertabur emas terbuat dari coklat ditampilkan saat konfrensi pers Ballars Governor Awards di Dolby Theatre, California, (15/2). Coklat tersebut akan disajikan pada malam Academy Awards ke-91. (Kevork Djansezian / Getty Images / AFP)

Deretan patung Oscar bertabur emas terbuat dari coklat ditampilkan saat konfrensi pers Ballars Governor Awards di Dolby Theatre, California, (15/2). Coklat tersebut akan disajikan pada malam Academy Awards ke-91. (Kevork Djansezian / Getty Images / AFP)

Patung Oscar bertabur emas terbuat dari coklat dan aneka makanan ditampilkan saat konfrensi pers Ballars Governor Awards di Dolby Theatre, California, (15/2). Makanan akan disajikan pada malam Academy Awards ke-91. (Kevork Djansezian / Getty Images / AFP)

Patung Oscar bertabur emas terbuat dari coklat dan aneka makanan ditampilkan saat konfrensi pers Ballars Governor Awards di Dolby Theatre, California, (15/2). Makanan akan disajikan pada malam Academy Awards ke-91. (Kevork Djansezian / Getty Images / AFP)

Coklat putih menghiasi aneka makanan ditampilkan saat konfrensi pers Ballars Governor Awards di Dolby Theatre, California, (15/2). Makanan akan disajikan pada malam Academy Awards ke-91. (Kevork Djansezian / Getty Images / AFP)

Coklat putih menghiasi aneka makanan ditampilkan saat konfrensi pers Ballars Governor Awards di Dolby Theatre, California, (15/2). Makanan akan disajikan pada malam Academy Awards ke-91. (Kevork Djansezian / Getty Images / AFP)

Patung Oscar bertabur emas terbuat dari coklat ditampilkan saat konfrensi pers Ballars Governor Awards di Dolby Theatre, California, (15/2). Coklat tersebut akan disajikan pada malam Academy Awards ke-91. (Kevork Djansezian / Getty Images / AFP)

Patung Oscar bertabur emas terbuat dari coklat ditampilkan saat konfrensi pers Ballars Governor Awards di Dolby Theatre, California, (15/2). Coklat tersebut akan disajikan pada malam Academy Awards ke-91. (Kevork Djansezian / Getty Images / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Senam Pagi Bersama Ribuan Emak-Emak di Hambalang Bogor

Posted: 16 Feb 2019 08:34 PM PST

Fokus, Bogor - Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto hadiri senam bersama ribuan emak-emak di kawasan Hambalang, Bogor, Jawa Barat.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (17/2/2019), ribuan emak-emak dan Prabowo mengikuti senam dengan iringan lagu Goyang Gandong.

Dalam acara tersebut turut hadir pula Edhy Prabowo, Ketua Fraksi Gerindra DPR RI Nanik Deyang, Wakil Ketua BPN Prabowo Sandi Muchlido Apriliast.

Senam massal diharapkan menggema ke seluruh Indonesia untuk memenangkan Prabowo-Sandi. (Karlina Sintia Dewi)   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Ingin Seluruh Rakyat RI Sudah Nikmati Listrik, Terwujudkah?

Posted: 16 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) berupaya melistriki hingga ke pelosok daerah di Indonesia. Hal ini agar listrik merata di Indonesia.

Upaya yang dilakukan untuk memeratakan listrik di Indonesia memacu pembangunan jaringan transmisi dan distribusi kelistrikan. Lalu bagaimana perkembangan rasio elektrifikasi di Indonesia?

Mengutip situs Kementerian ESDM,rasio elektrifikasi di Indonesia pun menunjukkan pertumbuhan. Pada 2010, rasio elektrifikasi hanya 67,2 persen. 2018, rasio elektrifikasi mencapai 98,3 persen dari target 97,5 persen secara nasional.

Rasio elektrifikasi itu antara lain dengan komposisi PLN 95,45 persen, dan non PLN sekitar 2,48 persen, dan LTSHE mencapai 0,37 persen.

Adapun pencapaian rasio elektrifikasi pada periode 2010-2019 yaitu pada 2010 mencapai 67,2 persen. Kemudian meningkat menjadi 73 persen pada 2011, 76,7 persen pada 2012. Lalu naik lagi menjadi 80,5 persen pada 2013, sebesar 84,3 persen pada 2014.

Rasio elektrifikasi pun terus meningkat menjadi 88,3 persen pada 2015, selanjutnya naik menjadi 91,2 persen pada 2016, 95,3 persen pada 2018. Akhirnya melebihi target menjadi 98,3 persen untuk rasio elektrifikasi pada 2018. Pada 2019, Kementerian ESDM menargetkan mencapai 99,9 persen.

Tak hanya meningkatkan rasio elektrifikasi, pemerintah juga berupaya mendiversifikasi bauran energi primer untuk pembangkit listrik.

Salah satunya porsi bahan bakar minyak (BBM) dalam bauran energi primer untuk pembangkit listrik cenderung menurun. Hal ini agar biaya produksi listrik lebih efisien.

Berdasarkan data Kementerian ESDM, pangsa BBM pembangkit tenaga listrik mencapai 11,81 persen pada 2014, kemudian turun menjadi 8,58 persen pada 2015, selanjutnya terus turun menjadi 6,96 persen pada 2016, 6 persen pada 2017, dan 5 persen pada 2018.

Kementerian ESDM menyebutkan bauran energi primer pembangkit listrik pada 2018 antara lain batu bara sebesar 60,5 persen, gas bumi sebesar 22,1 persen, BBM dan bahan bakar nabati (BBN) sebesar lima persen, dan energi baru terbarukan 12,4 persen.

 

Energi Baru Terbarukan

Suasana  pembangunan PLTP Unit 5 &  6 di Tompaso, Sulut, Rabu (30/3/2016). PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) terus mengembangkan energi baru terbarukan yang berfokus pada Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lalu bagaimana dengan kapasitas pembangkit energi baru terbarukan selama 2014-2018?

Kementerian ESDM menyebutkan kalau kapasitas pembangkit energi baru terbarukan terus meningkat.

A.Kapasitas terpasang pembangkit panas bumi (MW):

2014: 1.403,5

2015: 1.438,5

2016: 1.643,5

2017: 1.808,5

2018: 1.948,5

Kemudian 140 MW tambahan kapasitas terpasang pembangkit panas bumi dari PLTP Karaha 1 (30MW) dan PLTP Sarulia (110MW)

B.Kapasitas Terpasang PLTS, PLTMH (MW):

2014: 123

2015: 160

2016: 247

2017: 296

2018: 332

C. Kapasitas Terpasang Pembangkit Bioenergi (MW)

2014: 898,5

2015: 1.767,1

2016: 1.787,9

2017: 1.839,5

2018: 1.857,5

Pada 2018, pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) Sidrap beroperasi. Ini pertama kali di Indonesia mengoperasikan PLTB. Kapasitas pembangkit mencapai 75 MW.

 

Subsidi Energi

Tiang pemancang terpasang di pembangunan PLTP Unit 5 &  6 di Tompaso, Sulut, Rabu (30/3). PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) terus mengembangkan energi yang berfokus pada Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lalu bagaimana dengan subsidi energi?

Kementerian ESDM klaim subsidi energi semakin tepat sasaran. Hal ini dialihkan untuk belanja lebih produktif.

Total subsidi pada 2012-2014 mencapai Rp 958 triliun. Subsidi tersebut pun dipangkas untuk belanja produktif. Tercatat subsidi energi mencapai Rp 477 triliun pada 2015-2018.

Lalu untuk apa subsidi energi tersebut diberikan?

2012, total subsidi mencapai Rp 306,5 triliun. Subsidi itu digunakan untuk subsidi BBM/LPG sebesar Rp 211,9 triliun, subsidi listrik mencapai Rp 94,6 triliun.

2013, subsidi BBM/LPG mencapai Rp 210 triliun, subsidi listrik mencapai Rp 100 triliun. Totalnya mencapai Rp 310 triliun.

2014, total subsidi mencapai Rp 341,8 triliun. Subsidi tersebut untuk BBM/LPG sebesar Rp 240 triliun dan subsidi listrik mencapai Rp 101,8 triliun.

2015, total subsidi mencapai Rp 119,1 triliun. Subsidi itu untuk BBM/LPG mencapai Rp 60,8 triliun dan listrik sebesar Rp 58,3 triliun.

2016, total subsidi Rp 106,8 triliun. Total subsidi itu untuk subsidi listrik sebesar Rp 63,1 triliun dan BBM/LPG sebesar Rp 43,7 triliun.

2017, total subsidi mencapai Rp 97,6 triliun. Subsidi itu untuk BBM/LPG sebesar Rp 47 triliun dan listrik sebesar Rp 50,6 triliun.

2018, total subsidi mencapai Rp 153,5 triliun. Subsidi energi itu antara lain untuk subsidi BBM/LPG sebesar Rp 97 triliun dan subsidi listrik sebesar Rp 56,5 triliun.

 

PNBP Melebihi Target

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 3 proyek infrastruktur Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) yang dibangun PT Pertamina (Persero). (Liputan6.com/Pebrianto Eko Wicaksono)

Kemudian penerimaan negara bukan pajak dari sektor ESDM pun terus meningkat.

Pada 2014, realisasi penerimaan negara bukan pajak mencapai Rp 117,8 triliun. Realisasi itu terdiri dari migas mencapai Rp 85,5 triliun, minerba sebesar Rp 29,6 triliun, lainnya sebesar Rp 1,8 triliun.

Pada 2015, realisasi PNBP sektor ESDM mencapai Rp 79,1 triliun yang berasal dari migas sebesar Rp 48,6 triliun, minerba sebesar Rp 27,2 triliun, dan lainnya Rp 2,4 triliun.

Pada 2017,PNBP sektor ESDM mencapai Rp 132 triliun yang berasal dari migas sebesar Rp 88,6 triliun, minerba sebesar Rp 40,6 triliun, dan lainnya sebesar Rp 1,9 triliun.

Pada 2018, PNBP sektor ESDM mencapai Rp 217,5 triliun. Realisasinya antara lain dari migas sebesar Rp 163,4 triliun, sektor minerba sebesar Rp 50 triliun, energi terbarukan sebesar Rp 2,3 triliun, dan lainnya Rp 1,8 triliun. Adapun realisasi PNBP sektor ESDM pada 2018 itu 181 persen dari target APBN 2018 sebesar Rp 120,5 triliun.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Momen Haru Pertemuan Meisya Siregar dengan Bocah Pengidap Kanker Darah

Posted: 16 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang punya cara masing-masing memaknai Hari Valentine yang jatuh pada 14 Februari, begitu juga dengan Meisya Siregar. Di bulan penuh kasih sayang, istri Bebi Remoro tersebut berbagi cerita menyentuh tentang seorang bocah yang berjuang melawan penyakit kanker darah.

"Izinkan saya sharing foto ini bersama Sarah, pejuang kanker darah paliatif cilik, kondisi kanker darah yang sudah tidak bisa diobati lagi, hanya pemberian antinyeri," tulisnya di sebuah unggahan di akun Instagram-nya, @meisya__siregar, beberapa waktu lalu.

"Walaupun kemarin pas ketemu keadaan Sarah lagi nggak baik, nggak banyak bicara. Hanya nangis karena Sarah baru lewatin demam tingginya, badannya banyak bercak-bercak, dan hidungnya mulai berdarah," sambungnya.

Tak mendapat senyum Sarah sampai pulang, Meisya Siregar mengaku paham. Pasal, sakit yang harus dilalui sang bocah teramat berat. Ia pun mengajak warga net untuk memanjatkan doa untuk Sarah dan membantu dengan sedikit menyisihkan rezeki.

"Minggu nanti, tanggal 17 Februari di Play Parq Kemang, Sarah bersama teman-teman seperjuangannya, Cancer Little Warriors, akan hadir menggalang dana lewat penjualan gelang sebagai bentuk support kita untuk mereka. Dateng, yuk! Jam 2 sampai jam 5 sore," terang Meisya.

"Semoga di hari kasih sayang ini, kita bisa berbagi kasih sayang, peduli, juga perhatian kita untuk mereka, para pejuang cilik kekasih Tuhan. Stay strong, Sarah! Stay inspiring! @sahabatayahsarah," tandas Meisya Siregar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Suami yang Ketahuan Struk Belanja Mahal Ini Bikin Ketawa

Posted: 16 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setiap pasangan tentu mendambakan hubungan yang harmonis dengan cinta dan kasih sayang yang tumbuh subur, tak lekang oleh waktu. Bahagia bersama menjalani kehidupan rumah tangga hingga memiliki anak cucu yang juga sama-sama mencintai keluarga.

Namun terkadang hidup berumah tangga pasti mengalami pasang surut, sesekali pasti terjadi konflik dengan pasangan. Misalnya saja bertengkar karena sebuah alasan yang sepele, hal itu juga bisa menganggu pikiran pasangan suami-istri.

Ditambah lagi berbagai tugas berat yang sudah dilalui seperti lelah bekerja, mengurus rumah, atau bahkan mengurus anak-anak, tentu akan menambah pikiran dan emosi masing-masing. Sebenarnya semua permasalahan bisa diselesaikan dengan menurunkan ego dan masalah dibicarakan secara baik-baik.

Maka dari itu kunci utama hidup berumah tangga adalah saling komunikasi satu sama lain, dengan berkomunikasi maka akan menimalisir terjadinya pertengkaran antar suami-istri. Ketika pasangan mau saling mengerti satu sama lain, menjalani kehidupan pernikahan akan berjalan dengan baik dan bahagia.

Seperti kisah pria yang satu ini, yang ketahuan istrinya belanja dengan harga yang cukup mahal. Tentu cerita-cerita seperti pasti pernah kan dialami oleh pasangan suami istri yang ingin membeli sesuatu tapi diam-diam karena harga yang tidak terjangkau sehingga tidak disetujui oleh pasangan.

Berikut cerita kocaknya yang Liputan6.com rangkum dari akun Twitter @ajiliciouz, Minggu (17/2/2019). 

Ketahuan Istri

Sebagai istri tentunya memegang kendali penuh akan keuangan yang ada di dalam rumah tangga. Ia harus memutar otak agar jatah setiap bulannya cukup untuk menghidupi biaya hidup dalam keluarga.

Maka tidak heran, jika istri sangat cermat dengan jika ada belanjaan yang diluar jatah per bulan. Tidak terkecuali dengan cerita pria ini. Pria ini kaget ketika melihat pesan masuk dari sang istri yang menemukan struk belanja di rumahnya.

Dalam pesan tersebut istri memfoto sebuah price tag sebuah brand baju terkenal dengan harga yang tidak ramah di kantong.

(sumber: Twitter/ajiliciouz)

"Mas beli baju kapan?"

"Ini jaket kulit, warna hitam, discount 70%. Pas kick off kemarin, ada di gantungan jaket di PIM"

Melihat hal itu, istri pun hanya menjawab emotikon jempol pada suaminya. Begitulah kira-kira percakapan yang ada di dalam pesan WhatsApp tersebut.

Tetapi kalau dipikir-pikir, arti emotikon jempol ini apa ya? Apakah baik-baik saja?

Viral di Twitter

Lelaki yang diketahui bernama Aji tersebut menuliskannya dalam sebuah cuitan. "Jantung kamu akan bunyi DEG..saat istrimu menemukan bukti pembelanjaan tak terlaporkan, posisi sdg ga di rumah, di foto dan di WA saat subuh"

Cerita tersebut mengundang gelak tawa di linimasa twitter, cuitan tersebut pun viral di media sosial. Hingga pada Minggu (17/2/2019), cuitan tersebut telah mendapatkan sebanyak 1.300 like, dan mendapatkan 500 retweet.

Respons Netizen

Kisah dari pria ini pun mengundang beragam tanggapan dari netizen. Beberapa netizen pun pernah mengalami cerita yang sama dengan Aji.

"Kalo temen ku beli raket, bilang ke istrinya beli 150ribu padahal aslinya 1,5 jt. Tanpa sepengetahuan suami,disuruhlah anaknya yang SD bawa raketnya buat praktik olahraga. Pulang sekolah itu raket udah patah, istrinya cuma bilang 'y cuma 150ribu, beli lgi aja'. Temen ku nangis dalam hati" tulis akun Twitter @irmanur007

Namun, tidak sedikit juga warganet yang menimpalinya sambil bercanda seperti akun Twitter @FahrulPiliang .

"Tidur di sofaaaa, tidur di sofaaaaa, Dan respon (menunjukkan emotikon jempol) itu multi tafsir banget ya om. Sungguhlah sebuah penanda devilish angel yang mirip sama "ntap".Siap-siapin karangan ya om" ungkap @FahrulPiliang .

Semoga pasangan suami istri ini tetap baik-baik saja ya!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Spanyol: Barcelona Jauhi Kejaran Duo Madrid

Posted: 16 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dua tim elite La Liga Spanyol Barcelona dan Atletico Madrid meraih poin penuh pada jornada ke-24. Hasil ini memperkokoh posisi mereka di klasemen sementara.

Barcelona berhasil mengatasi perlawanan Real Valladollid pada lanjutan laga Liga Spanyol yang digelar di Camp Nou, Minggu (17/2/2019) dini hari WIB. Barcelona menang tipis 1-0.

Gol kemenangan Barcelona ditentukan Lionel Messi melalui eksekusi penalti pada menit ke-43. Ini adalah gol ke-30 Messi untuk Barcelona sepanjang musim ini.

Kemenangan ini membuat Barcelona masih kokoh di puncak klasemen sementara Liga Spanyol. Mereka kini sudah mengkoleksi 54 poin.

Gelandang Barcelona, Lionel Messi, melakukan eksekusi penalti saat melawan Valladolid pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Barcelona, Sabtu (16/2). Barcelona menang 1-0 atas Valladolid. (AFP/Pau Barrena)

Jaga Jarak

Pada pertandingan lainnya, Atletico Madrid juga menang tipis 1-0 saat bertamu ke markas Rayo Vallecano, Estadio Vallecas.

Gol tunggal Atletico Madrid dibuat Antoine Griezmann. Hasil ini membawa mereka menyalip Real Madrid di klasemen sementara. Atletico kini ada di urutan ke dua klasemen sementara dengan 47 poin.

Rawan Digusur

Atletico berhasil menjaga jarak dengan pimpinan klasemen Barcelona. Mereka kini hanya terpaut 7 angka.

Namun, posisi Atletico masih rawan tergusur rival satu kota Real Madrid, yang akan menjamu Girona di Santiago Bernabeu, Minggu (17/2/2019) pukul 18.00 WIB. Los Blancos pun diyakini bakal memperoleh kemenangan saat menjamu Girona.

Klasemen Liga Spanyol

 

FcTables.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liam Hemsworth Ungkap Alasan Nikahi Miley Cyrus

Posted: 16 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Pasangan Miley Cyrus dan Liam Hemsworth mengakhiri 2018 dengan cerita manis. Keduanya memutuskan untuk menikah pada 23 Desember 2018, serta menggelar pesta sederhana dan private.

Hanya dihadiri oleh pihak keluarga dan orang-orang terdekatnya, Miley Cyrus dan Liam Hemsworth secara mengejutkan mengumumkan pernikahan mereka lewat media sosial. Tentu saja ini menjadi kabar gembira yang sudah ditunggu-tunggu oleh para fansnya.

Hampir 2 bulan berlalu sejak pernikahan mereka, kini untuk pertama kalinya Liam buka suara. Bintang Isn't Romantic ini baru saja menjalani wawancara bersama Sunday TODAY.

Lewat wawancara itulah Liam Hemsworth mengungkapkan alasan di balik pernikahannya dengan Miley Cyrus. Aktor tampan Australia ini mengaku ia merasa sudah sangat siap untuk menikah, mengingat hubungan mereka sudah berjalan lama.

"Kami sudah melalui banyak hal bersama selama lebih dari 10 tahun terakhir, jadi aku merasa kalau ini sudah waktunya (untuk menikah). Aku merasa sangat bahagia dan beruntung bisa bersama orang baik sepertinya," ungkap Liam.

Ganti Nama

Miley Cyrus. (dok. Instagram @mileycyrus/https://www.instagram.com/p/BtxJt2hhwma/Asnida Riani)

Tidak hanya berhenti sampai di situ saja, Liam juga mengatakan, Miley Cyrus akan mengganti namanya. Seperti yang kita tahu, mengganti nama belakang dengan nama suami memang sudah lazim dilakukan pascamenikah, seperti yang terjadi pada Hailey Baldwin belum lama ini.

Hal Terbaik

Miley Cyrus dan Liam Hemsworth (AP Photo)

"Dia akan tetap dikenal sebagai Miley Cyrus, namun dia sudah memakai namaku. Jujur saja, itu adalah salah satu hal terbaik soal pernikahan. Aku tidak memintanya untuk mengambil namaku, tapi dia bilang, 'Enggak, sudah pasti aku akan memakai namamu'," tuturnya. (Soraya/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Vs MU: Pembalasan Final Musim Lalu?

Posted: 16 Feb 2019 08:28 PM PST

Jakarta - Manchester United (MU) akan bertandang ke markas Chelsea di Stadion Stamford Bridge di babak kelima Piala FA, Senin (18/2) atau Selasa dini hari WIB. Ini merupakan final Piala FA edisi tahun lalu.

Di final kompetisi ini musim lalu, Chelsea besutan Antonio Conte mengalahkan MU racikan Jose Mourinho 1-0 lewat gol penalti Eden Hazard dan keluar sebagai juara.

Kedua tim sudah bertemu sekali di Premier League musim ini, yakni pada pekan ke-9. Laga di Stamford Bridge pada 20 Oktober 2018 itu berkesudahan imbang 2-2.

Waktu itu, Chelsea sudah dilatih Maurizio Sarri, sedangkan United masih ditangani Mourinho.

Chelsea unggul terlebih dahulu melalui gol Antonio Rudiger menit 21, tapi United berbalik memimpin 2-1 lewat sepasang gol Anthony Martial menit 55 dan 73. Chelsea terhindar dari kekalahan berkat gol pemain pengganti Ross Barkley di injury time.

Chelsea dan United baru saja bermain di Eropa, tapi hasilnya berbeda. United tumbang 0-2 menjamu PSG di babak 16 besar Liga Champions leg pertama dan kehilangan Paul Pogba yang dikartu merah.

Itu adalah kekalahan pertama MU (M10 S1 K1) bersama caretaker Ole Gunnar Solskjaer, yang diangkat menggantikan Mourinho sejak 19 Desember 2018. Sementara itu, Chelsea menang 2-1 atas tuan rumah Malmo lewat gol-gol Barkley dan Olivier Giroud di babak 32 besar Liga Europa leg pertama.

Perempat Final

Hanya beberapa hari berselang, mereka harus saling jegal di ajang FA Cup untuk memperebutkan hak lolos ke perempat final.

Chelsea sampai di babak ini setelah mengalahkan Nottingham Forest 2-0 dan Sheffield Wednesday 3-0. United mengalahkan Arsenal 3-1 di putaran keempat, dan sebelum itu menekuk Reading 2-0.

Siapa di antara mereka yang akan melangkah ke putaran berikutnya?

Prakiraan Pemain

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalag; Alonso, Luiz, Rudiger, Azpilicueta; Barkley, Jorginho, Kante; Hazard, Higuain, Pedro

Manajer: Maurizio Sarri

United (4-3-1-2): Romero; Shaw, Jones, Smalling, Young; Pogba, Matic, Herrera; Mata; Lukaku, Rashford

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Akan Simulasi Debat Capres dengan Sandiaga

Posted: 16 Feb 2019 08:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan akan menjadi lawan debat calon presiden Prabowo Subianto. Debat yang akan mereka lakukan bagian dari simulasi menjelang debat putaran kedua Pilpres 2019.

"Simulasi terakhir tetap nanti tanya jawab, saya tetap akan berperan sebagai lawan mitra bicara Pak Prabowo," ujar Sandi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (17/2/2019).

Menurut Sandi, dalam simulasi debat capres yang akan dilakukan di kediaman Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan itu akan dihadiri oleh tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) dan beberapa tokoh pendukung.

"Banyak yang akan memberikan masukan. Pak Sudirman, tadi malam sudah dinner terakhir dengan pak Kwik, berapa tokoh-tokoh sudah berikan masukan, terakhir pak Kwik Kian Gie dan beberapa penasehat khusus. Pak Rizal Ramli juga," kata Sandi.

Melihat simulasi debat sebelumnya dengan Prabowo, Sandi merasa yakin jika mantan Danjen Kopassus itu akan mengikuti tahap demi tahap debat putaran kedua dengan tenang. Sandi yakin Prabowo bisa menarik hati masyarakat dalam debat nanti.

"Saya semakin yakin Pak Prabowo rileks sekali, dan dalam mood yang gembira untuk debat capres kedua ini. Tapi kita strateginya tidak akan menyerang, kita akan menampilkan suatu program yang bersahabat buat masyarakat," kata Sandi.

 

Sandiaga Perankan Jokowi

Dalam simulasi, Sandiaga akan berperan sebagai Jokowi. 

"Kemarin kalau kita lagi simulasi, dia banyak ketawa ketawa. Terus saya bilang bapak udah ngerti semuanya. Saya hanya ingin menambahkan data data terakhir. Saya berperan sebagai Pak Jokowi begitu yang memberikan pertanyaan kepada beliau dan nampaknya beliau siap," ujar Sandiaga, Sabtu 16 Februari 2019.

Sandi memastikan pihaknya dan Prabowo sudah siap debat kedua.

"Insyaallah lancar," kata Sandiaga.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiga Lantai Bangunan di Universitas Rusia Ambruk, 24 Tim Penyelamat Dikerahkan

Posted: 16 Feb 2019 08:22 PM PST

Liputan6.com, St. Petersburg, - Sebuah gedung di St. Petersburg, Rusia, runtuh pada Sabtu 16 Februari 2019 sore waktu setempat. Demikian menurut seorang juru bicara Kementerian Darurat Rusia kepada CNN.

Juru bicara itu mengatakan sebelumnya 86 orang telah dievakuasi dan ada 24 tim unit penyelamat dikerahkan di daerah tersebut.

Kementerian Darurat Rusia mengatakan pada Sabtu malam bahwa operasi penyelamatan dengan anjing sudah selesai pasca-bangunan ambruk.

"Tidak ada yang ditemukan di bawah reruntuhan dan kami tidak menerima laporan kerabat yang hilang," kata seorang juru bicara seraya mengatakan bahwa blok itu milik Universitas Riset Teknologi, Mekanika, dan Optik St. Petersburg.

Pihak kementerian terkait awalnya mengatakan ambruknya bangunan itu terjadi di University of Low Temperatures and Food Technology.

"Tiga lantai gedung runtuh," kata Kementerian Darurat Rusia seperti dikutip dari CNN, Minggu (17/2/2019). 

Kantor pers untuk universitas mengatakan kepada CNN bahwa tidak ada pemberitahuan ada korban jiwa akibat musibah tersebut, dan mereka tidak nisa membuat asumsi tentang penyebab bangunan ambruk.

Sebuah penyelidikan telah dibuka untuk memeriksa pelanggaran keselamatan selama pembangunan gedung, demikian menurut kantor berita pemerintah RIA Novosti mengutip Kementerian Darurat Rusia.

 

Simak video pilihan berikut: 

Apartemen Ambruk

Ilustrasi Foto Garis Polisi (iStockphoto)

Sebelumnya sebuah gedung apartemen ambruk di Magnitogorsk, Rusia pada awal tahun lalu.

Dikutip dari VOA Indonesia, Kamis 3 Januari 2019, bayi berusia 11 bulan dilaporkan mengalami luka-luka akibat insiden tersebut. 

Untuk menyelamatkan bayi ini, otoritas setempat langsung membawa bayi itu ke Moskow, Rusia, dengan menggunakan pesawat agar ia mendapatkan perawatan intensif.

Burung besi yang dikirim oleh Kementerian Kesehatan Rusia tersebut meninggalkan kota Magnitogorsk pada Selasa malam, 1 Januari 2019 waktu setempat, sekitar 6 jam setelah bayi itu ditemukan di bawah puing-puing reruntuhan apartemen.

Bayi berusia 11 bulan itu dilaporkan menderita patah tulang, cedera kepala dan hipotermia, diduga karena ia berada selama lebih dari 36 jam pada suhu di bawah nol derajat Celcius.

Sementara itu, 9 jasad berhasil ditemukan di bawah puing-puing reruntuhan apartemen itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keuntungan Menggiurkan dari Usaha Penyewaan Motor Listrik Migo

Posted: 16 Feb 2019 08:21 PM PST

Liputan6SCTV, Jakarta - Maraknya penyewaan motor listrik atau Migo yang belum dilengkapi dengan payung hukum menimbulkan polemik di masyakarat. Penyewaan motor listrik itu sudah menjamur di berbagai daerah di Jakarta seperti Warakas dan Matraman.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (17/2/2019), motor listrik dianggap sebagai terobosan teknologi kendaraan yang ramah lingkungan. Dengan kondisi baterai penuh, motor listrik tersebut bisa melaju sejuah 40 kilometer dengan kecepatan maksimum 40 km per jam.

Untuk mengendarainya, cukup dengan mengakses aplikasi penyewaan dari smartphone, penyewa dapat membawa satu unit motor listrik, dengan tarif Rp 3 ribu per 30 menit yang bisa dibawa berjalan-jalan kemana pun. Bahkan seringkali penyewa menggunakan motor listrik ke jalan raya.

Tanpa SIM dan kendaraan ber-STNK, mengemudi di jalan raya tentu saja termasuk perbuatan melanggar hukum. Berdasarkan aturan yang berlaku, mengemudi di jalan raya harus dilengkapi dengan surta izin mengemudi (SIM) dan kendaraan pun wajib terdaftar, atau memiliki STNK.

Namun demikian, selain menyenangkan bagi para penyewa, motor listrik tersebut merupakan usaha yang menggiurkan. Hanya cukup menyediakan rumah sebagai pangkalan motor listrik, sang pemilik sudah bisa mendapatkan keuntungan Rp 700 ribu per bulan. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Bikin Icardi Dilupakan Real Madrid

Posted: 16 Feb 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid sempat menjadikan Mauro Icardi sebagai bidikan utama di bursa transfer 2018. Namun, Los Blancos kini sudah tidak lagi punya niat untuk membeli pemain asal Argentina tersebut.

Real Madrid memang begitu kencang disebut ingin mendatangkan Icardi. Pasalnya, dengan reputasi yang sudah ia bangun di Inter Milan, Icardi disebut bakal jadi solusi bagi lini depan Madrid yang acap kali dinilai belum maksimal.

Icardi disebut akan menggantikan peran yang selama ini dibebankan kepada Karim Benzema. Tapi, kabar itu menguap begitu saja.

Bahkan, Real Madrid sudah tidak lagi mengincar Icardi pada bursa transfer Januari 2019.

Gara-gara Wanda Nara

Striker Inter Milan Mauro Icardi (kiri) dan istri, Wanda Nara. (AFP/Marco Bertorello)

Secara teknis, tidak ada yang diragukan dari sosok Mauro Icardi. Dia punya skill yang lengkap sebagai seorang penyerang tengah.

Icardi mampu mencetak gol dengan berbagai macam cara. Baik itu dengan kaki maupun kepalanya, dari jarak dekat maupun jauh.

Namun, dikutip dari Marca, ada satu alasan kuat mengapa Madrid tidak lagi berminat membeli pemain berusia 25 tahun itu.Alasan tersebut tidak lain adalah sosok Wanda Nara, istri sekaligus agen bagi Icardi.

Wanda diketahui kerap terlibat terlalu dalam dengan urusan Icardi dengan pihak klub. Bahkan, juga terkait hubungan Icardi dengan pemain lain.

Marca menyebut jika Madrid begitu resah dengan tingkah laku Wanda dalam kapasitasnya sebagai agen Icardi. Ia sering kali memicu polemik dengan statmen yang diberikan kepada media. Dan, Madrid tak berkenan dengan hal tersebut.

Sikap keras Wanda dan seringnya dia bicara kepada media kini juga berdampak pada status Icardi di Inter Milan.

Situasi Sulit Icardi di Inter

Mauro Icardi adalah figur penting di Inter Milan. Dia adalah kapten tim. Namun, pemain jebolan La Masia tersebut kini seolah menjadi pesakitan. Ban kapten sudah dicopot dari lengannya dan dia tak masuk skuat di laga terakhir.

Masa depan Icardi bisa dikatakan makin buram di Inter Milan. Sebab, skuat Inter dikabarkan sudah tidak lagi berkenan dengan kehadirannya.

Pangkal dari masalah yang dialami oleh Icardi, menurut Marca, adalah sikap Wanda yang tidak kooperatif dengan klub. Wanda juga kerap mengkritik beberapa pemain Inter, Marcelo Brozovic salah satunya. Situasi ini membuat Icardi jadi 'musuh bersama' di Inter.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pekerjaan yang Cocok untuk Para Milenial, Apa Saja?

Posted: 16 Feb 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini, media sosial menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat. Media sosial yang sebelumnya berfungsi sebagai media komunikasi, kini menjadi media untuk ajang eksistensi.

Melihat antusiasme masyarakat Indonesia akan media sosial, terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda manfaatkan. Salah satunya dengan menjadikan media sosial sebagai alat menciptakan lapangan pekerjaan.

Dikutip dari TunaiKita, berikut beberapa jenis pekerjaan yang berhubungan dengan media sosial. Apakah pekerjaan tersebut cocok untuk para milenial yang serba kekinian?

1. Sosial Media Strategist

Ilustrasi Media Sosial. Dok: WinNetNews.com

Tingginya angka pengguna media sosial yang cukup tinggi di Indonesia, membuat pebisnis serta perusahaan memanfaatkannya sebagai alat untuk melakukan bisnis. Tidak hanya perusaan dalam negeri saja, lho, perusahaan multinasional bahkan luar negeri pun sudah menggunakan media sosial untuk memperluas jaringannya.

Maka dari itu, dibutuhkan sosial media strategist, untuk membantu perusahaan dalam membuat strategi pemasaran melalui media sosial. Tugas yang harus dilakukan sosial media strategist ini, yaitu mengoptimalisasikan penggunaan media sosial agar proses pemasaran berjalan dengan baik.

2. Selebgram

Awkarin (dok. Instagram @awkarin/https://www.instagram.com/p/BpRgN5Aj0im/?hl=en&taken-by=awkarin/Putu Elmira)

Punya followers banyak? Anda bisa coba jadi selebgram, lho. Selain mendapatkan penghasilan, Anda juga bisa ikut terkenal.

Memang ini salah satu pekerjaan yang baru trend di kalangan muda karena terlihat kekinian dan menghasilkan. Syarat utama menjadi selebgram adalah Anda diharuskan mempunyai followers yang banyak juga feeds yang menarik. Sehingga banyak endorsement yang datang.

Endorsement menjadi salah satu penghasilan yang kamu dapatkan. Anda bisa kerjasama dengan brand-brand ternama. Seorang selebgram bisa menghasilkan belasan juta sekali posting, lho. Menarik bukan?

3. YouTuber

Rachel Goddard. (Instagram/rachgoddard).

Untuk Anda yang hobi bikin video dan punya ide-ide yang keren, YouTuber profesi yang tepat buat Anda. Dari segi penghasilan, YouTuber sangat menjanjikan sekali, hanya bermodalkan kamera saja, Anda sudah bisa jadi YouTuber, lho.

Tetapi jadi YouTuber dituntut untuk membuat konten-konten yang kreatif dan video yang berkualitas bukan asal sekadar membuat video saja. Kalau konten Anda menarik, otomatis bisa mendapat banyak subscribers.

4. Content Writer

Yuniska Mega Putri (27), Content Writter. (Foto: Dok. Pribadi)

Berikutnya ada content writer. Untuk Anda yang hobi menulis dan sering update di media sosial, content writer menjadi pilihan yang cocok untuk para milenial.

Content writer biasanya bekerja sama dengan para instansi untuk mengisi setiap posting-an dari konten yang dibuatnya kemudian di-posting ke dalam blog. Content writer harus memiliki ide-ide yang selalu fresh dan Anda juga harus melakukan riset sebelum membuat konten.

5. Graphic designer

Graphic designer (Ilustrasi: Pexels.com)

Dunia media sosial rasanya kurang menarik tanpa adanya visualisasi. Hal yang harus Anda lakukan untuk menjadi seorang graphic designer, yakni mempunyai kemampuan memvisualisasikan tulisan menjadi bentuk 2D atau 3D. Fungsi graphic designer untuk mendukung konten tulisan agar lebih menarik.

Bagi Anda yang masih bingung mencari pekerjaan, semoga ulasan di atas bisa membantu dan menjadi referensi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Skenario Pengamanan Saat Debat Capres

Posted: 16 Feb 2019 08:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pasukan gabungan TNI, Polri, Paspampres, dan Pemprov DKI akan melakukan apel pengamanan debat capres di Hotel Sultan, Jakarta Pusat. Apel nantinya akan dilaksanakan pukul 14.00 WIB.

"Itu apel dilaksanakan, nanti itu sekitar pukul 14.00 WIB di (Hotel) Sultan ya. Kalau gladi bersih kemarin udah sekarang tinggal inside aja," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan saat dihubungi merdeka.com, Minggu (17/2/2019).

Kata mantan Kapolres Tangerang Kota ini, dari pengalaman debat pertama kemarin, tak ada personel tambahan.

"Sesuai yang kemarin aja, 2.000 berapalah gitu, itu yang kelebihannya dimasukin semua BKO," ujarnya.

Sementara itu, pihaknya juga mengamankan semua titik sekitar lokasi debat. Termasuk pengamanan di area nonton bareng debat di Parkir Timur Senayan.

"Sekarang juga ada di GBK di Parkir Timur sudah disiapin untuk dua tempat. (Pengamanan) Sudah kita pisahkan dua, ditengah-tengahnya ada petugas polrinya. Ini karena spacenya lebih besar ya mudah mudahan tidak akan ketemu. Karena pintu masuknya juga sudah kita pisahkan, terus masuknya juga tempatnya sudah kita siapin," pungkasnya.

Sementara itu pantauan merdeka.com, lokasi debat capres masih terlihat sepi. Hanya beberapa petugas yang melakukan pengamanan dibantu oleh petugas keamanan hotel.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Bulan Terakhir Serbuan Sampah Kiriman Penuhi Pantai Selatan Bali

Posted: 16 Feb 2019 08:08 PM PST

Liputan6SCTV, Bali - Ribuan pelajar dan relawan membersihkan sampah di sepanjang Pantai Kedonganan hingga Kuta, Bali. 

Dalam lima bulan terakhir tercatat ada sekitar 12 kilometer kawasan pesisir pantai selatan Bali terus mendapat serbuan sampah kiriman.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (17/2/2019), sampah yang memenuhi pantai terdiri dari potongan kayu, buah kelapa, ranting pohon, serta plastik.

Untuk mempercepat proses pembersihan, pelajar dan relawan dibagi menjadi dua kelompok, yang bergerak ke arah selatan dan utara.

Selain sampah kiriman, tumpukan sampah yang mengotori pesisir pantai selatan Bali juga dipengaruhi faktor cuaca. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bersama Jokowi, Ma’ruf Amin Yakin Raih 70 Persen Suara di Jabar

Posted: 16 Feb 2019 08:04 PM PST

Fokus, Cimahi - Dalam kesempatan berkampanye di Kota Cimahi, Jawa Barat, cawapres nomer urut 1, Ma'ruf Amin, mendapat dukungan dari ribuan relawan Barisan Nusantara. Mereka juga mendoakan kelancaran debat untuk Joko Widodo.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (17/2/2019), pertemuan berlangsung di Gedung Cimahi Convention Center.

Ribuan relawan dari berbagai elemen termasuk tokoh masyarakat, agama, dan juga kaum ibu memberikan dukungan sekaligus doa agar pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin bisa terpilih menjadi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.  

Dalam kesempatan tersebut, Ma'ruf Amin meyakinkan jika dirinya bersama Joko Widodo akan bisa meraup 70 persen kantong suara di Jawa Barat pada Pilpres 2019. (Karlina Sintia Dewi)   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Posisi Bagian Depan Pesawat Lion Air Saat Menyentuh Landasan Pacu

Posted: 16 Feb 2019 08:02 PM PST

Fokus, Pontianak - Pesawat Lion Air JT-714  rute penerbangan Jakarta-Pontianak, tergelincir di landasan pacu  Bandara Supadio Pontianak.  

General Manager Bandara Supadio Jhon Mukhtar Rita menyatakan saat kerjadian cuaca di Bandara Supadio tengah turun hujan.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (17/2/2019), pesawat tergelincir sekitar pukul 15.30 WIB.

Posisi badan pesawat bagian depan menyentuh tanah beberapa meter di ujung landasan pacu. Para penumpang langsung dievakuasi melalui tangga darurat.  

Belum diketahui penyebab tergelincirnya Pesawat Lion Air yang terjadi beberapa saat setelah mendarat. Namun, 180 penumpang dewasa, dan dua bayi serta 7 kru dilaporkan selamat.  (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasto: Jokowi Siap Lahir Batin Hadapi Debat Capres

Posted: 16 Feb 2019 08:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto mengatakan, debat capres dengan tema energi, sumber daya alam, lingkungan hidup, pangan dan infrastruktur tidak hanya bicara gagasan, namun program dan rekam jejak pemimpin. Debat pilpres kedua nanti akan dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta.

"Penghayatan atas seluruh tema debat dalam visi misi, program, dan agenda strategis memerlukan topangan karakter dasar pemimpin sebagai hal yang sangat fundamental," kata Hasto dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Menurutnya, karakter seorang pemimpin akan menentukan watak kebijakan dan arah pembangunan masa depan bangsa.

"Pemimpin berkatakter baik dimulai dari pemikiran yang positif, tindakan positif dan dengan demikian memiliki kebiasaan yang baik sebagai syarat dijalankan strategi kebijakan pemerintah, yang pada dasarnya adalah strategi kebudayaan untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa," ujarnya.

Ia menilai, kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf adalah kepemimpinan yang baik yakni dari mulai keluarganya dan juga programnya. Ia juga menganggap, mereka berdua tidak punya rekam jejak buruk di masa lalu.

"Hal-hal baik inilah yang menjadi energi positif bagi debat Pak Jokowi nanti malam. Inilah modal dasar terpenting dalam debat, materi debat hanya konsentrasi kebijakan, namun karakter pemimpin inilah yang menjadi basis kuktural keberhasilan seorang pemimpin. Karena itulah yang dilihat dari pemimpin itu karakternya," ucapnya.

Hasto memastikan, Jokowi siap lahir batin dalam menghadapi debat capres.

"Kekuatan doa dan kerja bersama Ma'ruf Amin semakin menegaskan bahwa apapun tema debatnya, politik itu persoalan hati. Dengan pikiran, hati dan karakter yang baik inilah Pak Jokowi-Ma'ruf Amin akan memimpin dan membawa kemajuan Indonesia Raya," sambungnya. 

Jokowi Ofensif

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Moeldoko menegaskan, Jokowi sangat menguasai tema dan permasalahan dalam debat kedua ini. Dia juga menyebut Jokowi akan ofensif dalam debat nanti.

"Beliau ambil posisi yang kita rasa untuk membela rakyatnya," jelas Moeldoko.

Sementara itu, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir menyebut tema debat yang di moderatori Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki yang paling ditunggu-tunggu Jokowi.

"Untuk debat ini sangat Pak Jokowi banget. Mengenai infrastruktur, dan lainnya. Insyaallah karena ini memang yang ditunggu-tunggu," ucap Erick.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamidou Diallo Juara Kontes Slam Dunk NBA All-Star 2019

Posted: 16 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Guard Oklahoma City Thunder Hamidou Diallo berhasil menjadi juara kontes slam dunk di NBA All-Star 2019, Minggu (17/2/2019) pagi WIB. Dia menjadi pemain Thunder pertama yang menjuarai kontes slam dunk di NBA All-Star.

Diallo mengalahkan guard New York Knicks Dennis Smith Jr pada putaran final kontes slam dunk. Dua peserta lain yang tersingkir di putaran awal awalah John Collins dan jagoan tuan rumah Charlotte, Miles Bridges.

Salah satu dunk spektakuler Diallo terjadi pada kesempatan kedua di putaran awal. Diallo melompati legenda NBA Shaquille O'Neal yang berdiri di depan ring.

Dunk ini juga merupakan tribute untuk dua juara dunk kontes yakni Dwight Howard dan Vince Carter. Diallo memakai kaos Superman yang dulu pernah di pakai Howard. Dia juga kemudian melakukan dunk seperti yang dilakukan Carter dengan bergelantungan di ring.

Mengejutkan

Pada putaran final, dunk yang dilakukan Diallo tak sedahsyat saat melompati Shaq. Namun dia tertolong dengan kegagalan Smith Jr melakukan dunk di kesempatan pertama sehingga mendapat poin kecil.

Sementara itu forward Brooklyn Nets Joe Harris secara mengejutkan menjadi juara kontes tembakan tiga angka. Harris menyisihkan Stephen Curry dan Buddy Hield di babak final.

Buat Sejarah

Sedangkan Jayson Tatum merebut gelar skill challenge. Tatum menang dramatis atas point guard Atlanta Hawks Trae Young. Tatum yang tetinggal dari Young nekat melepaskan tembakan dari tengah lapangan. Bola berhasil masuk.

Tatum juga membuat sejarah sebagai pemain Boston Celtics pertama yang bisa menjuarai skill challenge di NBA All-Star.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Debat Capres: Kritik Prabowo soal Utang dan Faktanya

Posted: 16 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) kembali merilis data terbaru utang luar negeri Indonesia (ULN). Pada akhir kuartal IV 2018, utang luar negeri Indonesia dinilai masih tetap terkendali dengan struktur yang sehat.

Ini terlihat dari rasio pertumbuhan ULN Indonesia terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 36 persen pada akhir Desember 2018.  Tercatat Indonesia memiliki ULN sebanyak USD 376,8 miliar atau Rp 5.333 triliun (kurs USD= Rp 14.154).

Jumlah utang itu meningkat USD 17,7 miliar dibandingkan akhir kuartal sebelumnya. ULN tersebut terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar USD 186,2 miliar, serta utang swasta termasuk juga BUMN sebesar USD 190,6 miliar.

Bicara soal utang luar negeri Indonesia, Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memakai isu tersebut untuk mengkritik pemerintah. Bahkan Prabowo Subianto sempat menyebut Menteri Keuangan Sri Mulyani sebagai menteri pencetak utang.

Pernyataan tersebut juga membuat Sri Mulyani membalas dengan menulis puisi mengenai apa saja yang dikerjakan oleh pemerintah dan terutama Kementerian Keuangan.

Utang luar negeri Indonesia mencapai Rp 5.333 triliun tersebut apakah masih aman? Untuk apa saja utang tersebut digunakan? Berikut rangkuman mengenai utang Indonesia, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1.Utang RI Masih Terendah di ASEAN

Utang Indonesia memang naik secara rasio terhadap produk domestik bruto (PDB) pada era Presiden Joko Widodo (Jokowi). Data terbaru BI menyebutkan kalau rasio pertumbuhan ULN Indonesia terhadap PDB sebesar 36 persen pada akhir Desember 2018. Angka itu masih berada di kisaran rata-rata negara peers.

Selain itu, struktur ULN Indonesia tetap didominasi ULN jangka panjang yang mempunyai pangsa 86,3 persen dari total ULN.

Lalu mengapa perhitungan utang ke rasio PDB itu penting? Mengutip CNBC, perbandingan rasio terhadap PDB menghitung daya bayar negara dan membantu ukur seberapa besar utang menolong pertumbuhan.

Bagaimana di Indonesia? Jika melihat data Global Finance pada akhir tahun lalu, rasio utang Indonesia terhadap PDB adalah terendah kedua di Asia Tenggara, dan hanya dikalahkan Brunei.

Ini dia daftarnya:

Indonesia: 29,8 persen

Malaysia: 55,1 persen

Bruinei: 2,3 persen

Singapura: 112,8 persen

Vietnam: 57,8 persen

Myanmar: 33,1 persen

Filipina: 39,7 persen

Laos: 66,7 persen

Kamboja: 31,7 persen

Thailand: 41,9 persen

 

Utang Naik dalam 10 Tahun

Petugas menata tumpukan uang kertas di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Kamis (6/7). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan hari ini masih tumbang di kisaran level Rp13.380/USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

2. Dalam 10 Tahun Utang Indonesia Terus Naik

Melihat posisi 10 tahun lalu, utang Indonesia ternyata naik. Pada 2008, Indonesia memiliki utang sekitar Rp 1.636,7 triliun atau USD 149,5 miliar dengan rasio utang hampir mirip yaitu 33 persen terhadap PDB.

Kenaikan tersebut bukan tanpa alasan. Mengutip data Kementerian Keuangan, Kamis 17 Januari 2019, utang digunakan untuk genjot pembangunan infrastruktur, pembiayaan pendidikan, pembiayaan kesehatan, perlindungan sosial dan pembiayaan Dana Alokasi Khusus (DAK), fisik dan dana desa.

Adapun kenaikan signifikan terjadi pada 2015 hingga 2017. Penambahan utang sekitar Rp 1.166 triliun.

"Apabila kita bandingkan dalam kurun waktu 2012-2014 dan 2015-2017, utang pemerintah bertambah dari Rp 609,5 triliun menjadi Rp 1.166 triliun yang mengalami kenaikan sebesar 191 persen," demikian dikutip dari laman kemenkeu.go.id, Jakarta.

Kemenkeu menegaskan, walaupun akhir-akhir ini utang pemerintah meningkat, namun tidak melanggar amanat Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara dimana defisit APBN masih terjaga kurang dari 3 persen terhadap PDB dan rasio utang kurang dari 60 persen dari PDB.

Terdapat 3 indikator risiko yang menunjukkan bahwa utang pemerintah dikelola dengan baik. Pertama, penurunan porsi kepemilikan asing dalam utang pemerintah.

Data menunjukkan bahwa rasio utang dalam valuta asing, terhadap total utang pemerintah terus menurun contohnya dari 2015 sebesar 44,5 persen ke 38,6 persen di 2018.

"Hal ini menunjukkan risiko utang yang berasal dari nilai tukar Rupiah terhadap mata uang asing dapat ditekan. Artinya utang Indonesia tidak terdampak apabila ada pengaruh dari luar negeri atau global," tulis Kemenkeu.

Kedua, kenaikan rasio utang dengan tingkat bunga tetap terhadap total utang pemerintah. Hal ini berarti risiko utang pemerintah tidak terlalu terpengaruh oleh situasi pasar yang tidak stabil (floating). Ketiga, kenaikan rasio utang yang jatuh tempo lebih dari 3 tahun terhadap total utang pemerintah.

"Data menunjukkan bahwa dalam 4 tahun terakhir rasio ini meningkat dari 21,4 persen ke 26,5 persen. Hal ini berarti risiko beban pembayaran utang pemerintah dalam jangka pendek memiliki tren menurun, artinya alokasi pembayaran utang dalam APBN akan mengecil, seiring dengan meningkatnya porsi utang yang memiliki jatuh tempo menengah/panjang, sehingga setiap tahunnya APBN tidak akan terbebani oleh cicilan utang dan dapat dialokasikan untuk belanja produktif lainnya," mengutip penjelasan Kemenkeu.

 

Kata BI

Ilustrasi Bank Indonesia

3. Kata BI

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Aida Budiman menuturkan, ULN perlu dikelola dengan hati-hati. Sebab ULN menjadi bagian dari sumber pembiayaan dalam negeri.

"Jadi ULN penting mengantarkan kita ke pusat ekonomi yang baik. Tetapi kita harus bisa melakukan mitigasi risiko," kata Aida di kantornya, Kamis 24 Januari 2019.

Aida menegaskan, saat ini kondisi utang luar negeri RI masih dalam batas aman. BI menyatakan selalu memperhatikan risiko-risiko yang terkait dengan ULN tersebut.

"Kita pastikan hal-hal yang sesuai dengan perekonomiannya. Artinya kita tidak akan melakukan ULN yang berlebihan. Kita pastikan strukturnya. Berbagai macam rasio kita perhatikan dengan baik. Ini akan diberitakan ULN dari bank. Itu aman sesuai dengan kinerja perekonomian, komposisinya pun berimbang antara utang pemerintah dan swasta," ujar dia.

 

Enam Alasan Utang Masih Terkendali

Petugas melakukan pengepakan lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Bank Indonesia (BI) mempersiapkan Rp 193,9 triliun untuk memenuhi permintaan uang masyarakat jelang periode Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

4. Enam Alasan Utang RI Masih Terkendali

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM UI) turut angkat bicara terkait jumlah utang pemerintah. Meski naik cepat dalam empat tahun terakhir, tapi utang pemerintah terkendali.

"Sebagian besar utang berada dalam mata uang domestik. Pada kuartal-III 2018, utang dalam mata uang asing mencapai Rp 1.873 triliun, sementara utang dalam mata uang Rupiah mencapai Rp 2.544 triliun atau setara dengan 58 persen dari total utang. Namun demikian, jika dibandingkan dengan tahun 2014, porsi utang dalam mata uang asing mengalami sedikit penurunan dari 43 persen menjadi 42 persen," kata Kepala Riset LPEM FEUI Febrio Kacaribu.

Rupiah terdepresiasi sekitar 20 persen sejak akhir 2014, proporsi utang dalam mata uang asing yang cukup stabil ini sangat mengesankan.

Hal ini menjelaskan bahwa utang Indonesia yang dikelola dapat bertahan lebih baik terhadap fluktuasi mata uang, menandakan adanya disiplin yang kuat dalam memitigasi risiko nilai tukar serta mampu mengurangi kerentanan terhadap guncangan eksternal terkait dengan utang luar negeri.

Aspek kedua yang dianalisa LPEM UI adalah perbandingan pemberi pinjaman antara domestik dan asing. Pemerintah Indonesia lebih bergantung pada kreditor eksternal dibandingkan kreditor domestik.

Hal tersebut cukup menguatirkan mengingat 57,6 dari utang pemerintah Indonesia berada dalam bentuk Rupiah, dan sekitar 40 (sekitar Rp 850 triliun) di antaranya dimiliki oleh asing.

"Aliran modal portofolio yang secara tiba-tiba mengalami goncangan dapat menimbulkan ancaman serius terhadap nilai tukar, seperti pada contoh di periode 2018 dan 2013-2015," jelas dia.

"Namun, sejalan dengan hal tersebut, jika kita bandingkan dengan apa yang terjadi di tahun 2014, rasio kreditor asing dalam utang pemerintah Indonesia kurang lebih konstan. Di samping itu, pemerintah berhasil menurunkan rasio dari 62 persen pada 2017 menjadi 60 persen pada 2018," lanjut dia.

Aspek ketiga berkaitan dengan rasio nilai utang terhadap PDB. Meskipun terlihat semakin tinggi selama lima tahun terakhir, rasio utang terhadap PDB Indonesia masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan 15 tahun yang lalu.

Perlu dicatat bahwa sebagian besar dari tambahan utang pemerintah Indonesia digunakan untuk investasi 'produktif', terutama pada proyek infrastruktur, yang dapat mendorong aliran PDB di masa depan.

Utang tidak digunakan untuk konsumsi, seperti misalnya, digunakan untuk pembiayaan subsidi sektor energi. Oleh karena itu, peningkatan rasio utang terhadap PDB yang terjadi saat ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan.

Terlihat dalam tiga tahun terakhir, meskipun pembiayaan proyek infrastruktur yang dikeluarkan lebih besar, pemerintah Indonesia telah berhasil secara signifikan memperlambat peningkatan rasio utang dan menahan rasio tersebut berada di bawah 30 persen.

"Di sisi lain, rasio utang terhadap PDB Indonesia relatif jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara berkembang lainnya; seperti Thailand (42 persen), Malaysia (55 persen), Vietnam (58 persen), atau Brazil (88 persen)."

Aspek keempat mengenai kecenderungan pemerintah Indonesia untuk menambah pinjaman jangka panjang dibandingkan jangka pendek. Aspek ini sangat penting dalam pengelolaan utang. Hampir semua utang pemerintah Indonesia merupakan utang yang jatuh tempo dalam jangka Panjang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan utang yang jatuh tempo dalam jangka pendek.

Pinjaman pemerintah tepat dilakukan ketika potensi tingkat pertumbuhan PDB cukup menjanjikan. Utang 'produktif' akan menstimulus pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan infrastruktur maupun sumber daya manusia yang telah ditargetkan.

"Oleh karena itu, pinjaman yang dikelola dengan baik dapat menghasilkan pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan, sejalan dengan peningkatan standar hidup yang dihasilkan melalui peningkatan produktivitas dan beban utang yang terkelola. Dalam hal ini, kami melihat bahwa komposisi utang pemerintah Indonesia saat ini cukup aman," ujar dia.

Sisi positifnya, pemerintah telah menunjukkan komitmen untuk mempertahankan utang dengan meningkatkan dominasi utang jangka panjang, setidaknya dalam enam tahun terakhir.

Data terakhir pada kuartal-III 2018 menunjukkan bahwa total utang pemerintah sebesar Rp 4.416 triliun atau tumbuh sebesar 14,2 persen (y.o.y), sejalan dengan kebutuhan pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur dan kegiatan produktif lainnya.

Secara khusus, berdasarkan waktu jatuh tempo, utang Indonesia didominasi oleh utang jangka panjang, yaitu sekitar Rp 4.296 triliun atau 97 persen dari total utang pemerintah dan tumbuh sebesar 14,7 persen (y.o.y). Sementara utang jangka pendek mencapai Rp120 Triliun atau 2,7 persen dari total utang, turun sebesar 2 persen dari tahun sebelumnya (y.o.y).

"Hal ini menunjukkan bahwa beban pembayaran utang dalam anggaran pemerintah akan menurun bersamaan dengan peningkatan utang jangka menengah dan panjang. Pembayaran utang hanya akan sedikit membebani anggaran di tahun mendatang," ungkap Febrio.

Indikator kelima ialah pembayaran bunga utang. Semakin besar utang, semakin besar pula pembayaran bunganya. Terlepas dari kenaikan nilai nominal utang yang belum terbayar, pembayaran bunga yang lebih tinggi juga disebabkan oleh kenaikan pada imbal hasil obligasi pemerintah, yang nilainya sangat bergantung pada keadaan pasar obligasi pemerintah itu sendiri.

Tren penurunan pembayaran bunga utang relatif terhadap anggaran sebelum tahun 2013 disebabkan oleh menurunnya rasio utang terhadap PDB dan juga oleh penurunan imbal hasil obligasi.

Setelah 2013, imbal hasil obligasi pemerintah cukup stabil di tingkat rata-rata 7 persen, yang memperlihatkan bahwa kenaikan beban bunga pada periode ini disebabkan oleh jumlah utang yang meningkat.

"Lebih rinci, beban pembayaran bunga utang berada konstan di tingkat 10,8 persen dalam dua tahun terakhir. Kami melihat bahwa kenaikan beban pembayaran bunga merupakan kekhawatiran yang masuk akal. Namun begitu, kami juga melihat bahwa pemerintah sudah melakukan upaya yang cukup terkait efisiensi anggaran di mana saat ini anggaran sangat terjaga dan mengalami penurunan meskipun pengeluaran produktif masih tetap tinggi dalam dua tahun terakhir," kata dia.

"Di sisi lain, seiring aliran modal masuk portofolio telah dimulai kembali sejak Oktober 2018, imbal hasil obligasi pemerintah diperkirakan juga akan menurun. Kami mengestimasi beban pembayaran bunga utang akan berkurang pada tahun 2019."

Terakhir, indikator keenam yang diperhatikan ialah dominasi utang jenis sekuritas yang terlihat terlalu besar dalam komposisi utang pemerintah. Kontribusi utang jenis ini terhadap total utang sudah mengalami peningkatan dari 68 persen di kuartal III-2012 menjadi 81 persen di kuartal III-2018. Kondisi ini yang menjadi salah satu penyebab dari relatif tingginya beban pembayaran bunga, khususnya pada saat kondisi pasar sedang tidak menguntungkan bagi obligasi pemerintah.

"Sayangnya, isu-isu penentangan dominansi sekuritas pada total utang ini sering kali merujuk ke era ketika utang pemerintah masih didominasi oleh pinjaman dari organisasi multilateral seperti World Bank, pada saat itu Indonesia masih negara miskin yang memiliki akses ke pinjaman murah," kata dia.

Sebagai kesimpulan, LPEM UI menyatakan, utang pemerintah Indonesia saat ini masih berada dalam tingkatan yang rendah dan dikelola secara hati-hati. Rasio utang terhadap PDB Indonesia merupakan yang terendah jika dibandingkan dengan negara-negara berkembang lainnya. Selain itu, sebagian besar utang terdapat dalam bentuk utang jangka panjang, bukan utang jangka pendek.

 

Sri Mulyani Balas Lewat Puisi

Sri Mulyani pada rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali. Dok: am2018bali.go.id

5. Disebut Menteri Pencetak Utang, Sri Mulyani Balas Lewat Puisi

Dalam puisi tersebut,Sri Mulyani menyebutkan program dan kinerja yang dilakukan pemerintah dalam mengelola anggaran untuk kesejahteraan masyarakat.

Hal itu mulai dari menyelesaikan ribuan kilometer jalan raya, tol, jembatan untuk rakyat, untuk kesejahteraan. Selain itu, menyelesaikan puluhan embung dan air bersih bagi jutaan masyarakat yang kekeringan.

Puluhan ribu rumah untuk mereka yang memerlukan tempat berteduh. Pemerintah sediakan subsidi antara lain jutaan sambungan listrik untuk rakyat untuk menerangi kehiduoan, hingga pelosok terus bekerja, meringankan beban hidup 10 juta keluarga miskin, dan sediakan bantuan pangan bagi 15 juta keluarga miskin.

Selanjutnya menyekolahkan 20 juta anak miskin untuk tetap dapat belajar menjadi pintar.  Menyediakan jaminan agar 96,8 juta rakyat terlindungi dan tetap sehat.

Merawat ratusan ribu sekolah dan madrasah agar mampu memberi bekal ilmu dan takwa, bagi puluhan juta anak-anak untuk membangun masa depannya. Pemerintah juga tak berhenti agar 472.000 mahasiswa menerima beasiswa untuk menjadi pemimpin masa depan.

20.000 generasi muda dan dosen berkesempatan belajar di universitas terkemuka dunia untuk jadi pemimpin harapan bangsa. Puluhan juta petani mendapat subsidi pupuk, benih dan alat pertanian. 170.400 hektar sawah beririgasi untuk petani.

Kemudian jutaan usaha kecil mikro memiliki akses modal yang murah, jutaan penumpang kereta dan kapal yang menikmati subsidi tiket, jutaan keluarga menikmati bahan bakar murah.

Selain itu, jutaan pegawai negeri, guru, prajurit, polisi, dokter, bidan, dosen hingga peneliti mendapat gaji dan tunjangan untuk mengabdi negeri.

Kementerian Keuangan juga terus bekerja agar 74.953 desa mampu membangun, membasmi kemiskinan, 8.212 kelurahan terbantu untuk melayani rakyat lebih baik.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Pertemuan Bos Bukalapak dan Jokowi Jadi Sorotan

Posted: 16 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - CEO Bukalapak, Achmad Zaky, menyampaikan permintaan maaf secara langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait twitnya beberapa hari lalu.

Berita tentang pertemuan mereka berdua nyatanya menjadi artikel terpopuler Tekno Liputan6.com, Sabtu (16/2/2018).

Tak cuma itu, dua artikel yang tak kalah populernya adalah bos Bukalapak menjelaskan twit R&D, NASA ungkap pesan terakhir robot penjelajah Mars.

Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Bos Bukalapak: Pemerintah dan Pelaku Bisnis Harus Kerja Sama Perkuat Riset

Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky (Doc. Bukalapak)

CEO Bukalapak, Achmad Zaky, menegaskan pentingnya riset untuk kemajuan Indonesia.

Ia pun berharap Indonesia bisa maju dengan riset inovasi untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Hal itu disampaikannya usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Sabtu (16/2/2019).

Selengkapnya baca di sini

 

2. Bertemu Jokowi, Bos Bukalapak Jelaskan soal Twit R&D dan Presiden Baru

Founder dan CEO  Bukalapak Achmad Zaky memberikan keterangan kepada awak media saat merayakan HUT ke-8 Bukalapak di Jakarta, Rabu (10/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

CEO Bukalapak, Achmad Zaky, menyampaikan permintaan maaf secara langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait twitnya beberapa hari lalu.

Ia pun menjelaskan maksud twit mengenai kritikannya terhadap dana riset dan pengembangan (R&D) di Indonesia yang terbilang kecil dibandingkan sejumlah negara lain, dan berharap 'presiden baru' bisa melakukan perubahan.

"Secara pribadi saya menyampaikan permintaan maaf kepada Pak Jokowi dan meluruskan yang kemarin juga (twit soal R&D). Saya mengapresiasi apa yang dilakukan pemerintah, dan pemerintah sudah mempunyai rencana membuat Indonesia maju berbasis inovasi," ungkap Zaky saat ditemui usai berbincang dengan Jokowi di Istana Kepresidenan, Sabtu (16/2/2019).

Selengkapnya baca di sini

3. Sedih, NASA Ungkap Pesan Terakhir dari Robot Penjelajah Mars

Wahana jelajah Mars, Opportunity, menyudahi penyelidikan terhadap planet merah selama 15 tahun terakhir (AP Photo)

NASA akhirnya mengumumkan robot rover penjelajah planet Mars miliknya, Opportunity, telah berhenti beroperasi. Hal itu dipastikan setelah teknisi NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL) tidak menerima respon dari robot rover tersebut.

Kondisi itu membuat NASA meyakini bahwa Opportunity tidak lagi berfungsi setelah melakukan misi penjelajahan selama 15 tahun di Mars. Kini, NASA mengungkap pesan terakhir yang dikirimkan robot rover penjelajah itu untuk awak di Bumi.

Dikutip dari Mirror, Sabtu (16/2/2019), pesan terakhir Opportunity itu diungkap oleh salah seorang ilmuwan NASA bernama Jacob Margolis. Menurutnya, pesan terakhir rover penjelajah itu dikirimkan pada 10 Juni 2018.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto-Foto yang Menunjukkan Kondisi Terumbu Karang di Teluk Manado

Posted: 16 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Manado - Manado merupakan salah satu kota dengan garis pantai terpanjang, kaya dengan berbagai biota laut. Meski dihantam proyek reklamasi, namun berbagai upaya rehabilitasi terus dilakukan termasuk menyelamatkan terumbu karang. Bagaimana hasilnya?

Peneliti dan fotografer bawah laut yang tergabung dalam program Scientific Exploration, melakukan dokumentasi terumbu karang di perairan pantai sekitar Tugu Boboca, Teluk Manado, Senin (11/2/2019).

Hasilnya, mereka merilis tiga foto terbaik yang menggambarkan kondisi karang di lokasi pendokumentasian.Perairan sekitar tugu Boboca merupakan satu dari delapan site eksplorasi Teluk Manado. Delapan site yang ditetapkan itu dimulai dari batas kota Manado hingga perairan Tongkaina.

Eksplorasi akan dilakukan dalam kurun lima bulan, sejak Januari hingga Mei 2019. Lewat kegiatan itu, mereka berupaya mengidentifikasi jenis dan sebaran karang di Teluk Manado, serta melahirkan data untuk proses edukasi masyarakat.Pada tahap awal, eksplorasi dilakukan di perairan pantai sekitar tugu Boboca.

Tim Scientific Exploration memilih tiga foto untuk dipublikasi. Mereka berharap, lewat foto-foto yang dirilis, masyarakat dapat mengetahui kondisi bawah laut kota Manado.

Koordinator Marine Biologi-Underwater Survey Biondi Tampanguma mengatakan, foto-foto yang didokumentasikan timnya menunjukkan kesehatan karang di perairan pantai sekitar tugu Boboca.

Foto pertama menunjukkan momen keluarnya tentakel dari satu polip karang. Munculnya tentakel karena aktifitas produksi atau mencari makan, yang biasanya terjadi pada malam hari.

"Tapi, karena ini ada di daerah yang membuat mereka berproduksi atau mencari makan, makanya keluar lah tentakel-tentakel ini. Dia muncul karena karang tidak dalam keadaan stres, bertumbuh baik, tidak terganggu dan sehat," ujar Biondi.

Foto kedua adalah karang berbentuk massif. Keunikan foto ini karena karang bertumbuh dan menempel pada keseluruhan suatu batu karang. Kemudian, foto ketiga, menunjukkan tentakel yang keluar pada karang berbentuk massif.

Biondi berharap, dengan dirilisnya tiga foto terumbu karang di perairan sekitar pantai boboca, masyarakat bisa mengetahui dan ikut menjaga ekosistem laut. Karena kesehatan terumbu karang berbanding lurus dengan berlimpahnya ikan.

"Ini bukti kecantikan karang di Malalayang. Kalau masyarakat tahu, mereka bisa jaga lingkungan sekitar. Agar terumbu karang yang bagus ini bisa terus kita lihat di tahun-tahun berikutnya," terangnya. Koordinator Dokumentasi Scientific Exploration,Toar Pantouw mengatakan, proses pendokumentasian dilakukan pada kedalaman maksimal 19 meter, luas 50 x 50 meter dan suhu air antara 24 hingga 30 derajat celcius.

"Total waktu penyelaman adalah 91 menit. Visibilitas di perairan itu relatif baik, dengan jarak pandang horisontal 18 hingga 20 meter. Kami mendokumentasikan tutupan karang, jenis-jenis karang. Mengambil foto detil, juga video untuk karang," kata Toar.

Ferry Rasubala, videographer kegiatan itu menambahkan, pada wilayah 50 x 50 meter itu, pendokumentasian dilakukan secara random (acak). Meski begitu, tim foto dan video secara bersama-sama menelusuri wilayah yang sudah ditentukan. "Tak ada masalah serius. Hanya pencahayaan. Kalau penentuan objek, ada tim yang mengarahkan," ujar Rasubala.

Tim yang mengikuti kegiatan itu terdiri dari 2 videographer, 1 fotografer target spesies dan 2 orang pendamping. Menurut Stephen Robert, Koordinator Search, Rescue, Casualty Evacuation and Logistics, tim pendamping bertugas menjaga kemanan aktifitas dokumentasi. Sebelum ini, tim Scientific Exploration memang telah menetapkan standar penyelaman.

Kata Stephen, syarat yang harus dipenuhi adalah persiapan dan keamanan alat, serta kualifikasi tim dokumentasi. Syarat itu bertujuan untuk meminimalisir dampak di bawah laut.

"Standar lain adalah setiap penyelam wajib mengisi surat bahaya akan adanya risiko dalam aktifitas penyelaman. Dengan menggunakan formulir itu, orang yang akan turun dalam pengambilan gambar, berbasis saintifik. Harus bersertifikat," jelas Stephen.

Tim Scientific Exploration masih akan melakukan pengamatan bawah laut di sekitar pantai tugu Boboca. Sebab, pada tahap awal, mereka belum berhasil menggambarkan topografi dasar laut, karena permasalahan teknis.

"Kami akan melakukan pemetaan bawah laut pada minggu-minggu ini," ujar Steve Jansen, koordinator Geomorphology and Hydro-oceanography.

Dia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan pemasangan palem pasang-surut (pasut) permanen di perairan Malalayang Dua untuk melihat pergerakan naik-turunnya permukaan air laut secara berkala di Teluk Manado.

Leader Scientific Exploration Rignolda Djamaluddin, menilai, kegiatan pendokumentasian dan identifikasi karang di Teluk Manado dapat disebut sebagai terobosan baru. Sebab, selama ini, belum ditemukan adanya aktifitas riset menyeluruh di kawasan ini.

Menurut dia, studi-studi bawah laut di Teluk Manado terbilang parsial dan terbatas. Belum ada penelitian yang secara spesifik mengkaji sistem di perairan tersebut. Rignolda berharap, kegiatan Scientific Exploration bisa menjadi basis data, serta referensi terkini terumbu karang di Teluk Manado.

"Mudah-mudahan ini bisa jadi percontohan berbasis saintifik dan menarik lebih banyak orang untuk belajar," terang Rignolda.

Setelah ini, tim Scientific Exploration akan melakukan evaluasi untuk memperoleh metode yang lebih baik, efisien dan bisa dipertanggungjawabkan. Mereka juga akan coba mengkaji struktur dan identifikasi komunitas karang. "Harapan kami, mudah-mudahan, kami bisa lakukan identifikasi. Sebisa mungkin hingga spesies, minimal genus," pungkas Rignolda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kocaknya Kelakuan Para Jomblo, Ngakak tapi Sedih

Posted: 16 Feb 2019 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan hari Valentine mungkin menjadi hari yang membahagiakan untuk para pasangan. Sayangnya kebahagiaan ini mungkin tidak dirasakan untuk para jomblo.

Memang tak dapat dipungkiri bahwa mencari pasangan bukanlah perkara mudah. Urusan hati dan perasaaan seseorang merupakan hal yang sulit ditebak.

Artikel tentang deretan potret kocak hal-hal yang dilalui para jomblo bikin ngakak sekaligus sedih terpopuler di kanal Citizen6 Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni seusai jas dihilangkan, muncul foto editan kocak cowok minta ditambahkan dasi.

Adapun artikel ketiga terpopuler adalah bertahan hidup, bocah tanpa otak justru bikin bingung para dokter.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 10 Deretan Potret Kocak Hal-hal yang Dilalui Para Jomblo, Ngakak tapi Sedih

(Foto: drama.sosialmedia/Instagram)

Meski bikin nyesek, sejumlah hal yang kerap dialami oleh para jomblo ini mungkin bakal bikin kamu ngakak, tapi di sisi lain juga ikut merasa sedih. Dikutip dari berbagai sumber ini dia hal-hal yang kerap dialami oleh para jomblo walaupun sedih tapi juga bikin ngakak.

Selengkapnya...

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

2. Usai Jas Dihilangkan, Muncul Foto Editan Kocak Cowok Minta Ditambahkan Dasi

cowok minta editin foto (Sumber: Twitter/dwiputrabayu)

Tak bisa dipungkiri, selera humor dan kreativitas masyarakat Indonesia memang enggak ada habisnya. Media sosial selalu saja diramaikan dengan beragam konten yang menghibur. Mulai dari meme, cuitan kocak, ataupun hasil editan foto yang lucu.

Selengkapnya...

 

3. Bertahan Hidup, Bocah Tanpa Otak Bikin Bingung Para Dokter

(Foto : Noah/Boldsky.com)

Lahirnya seorang bayi kecil di sebuah rumah akan menjadi warna baru dalam kehidupan berkeluarga, di mana canda tawanya akan menjadi kebahagiaan di dalam rumah. Kelahiran menandakan suatu kehidupan yang baru telah lahir, di mana segala harapan memenuhi sang bayi.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: