Selasa, 26 Februari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Bendungan Leuwikeris akan Pasok Air 3 Kabupaten di Jawa Barat

Posted: 26 Feb 2019 10:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mendukung Jawa Barat untuk terus menjadi salah satu lumbung pangan nasional.

Langkahnya antara lain dengan membangun bendungan untuk menjamin suplai air irigasi yang sebelumnya mengandalkan tadah hujan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan bendungan akan meningkatkan kapasitas tampungan air sehingga kontinuitas suplai air irigasi ke sawah terjaga.

"Saat ini dari 7,3 juta hektar lahan irigasi, hanya 11 persen yang mendapatkan jaminan air dari bendungan. Melalui program pembangunan 65 bendungan maka akan bertambah menjadi 19-20 persen," ujar dia, Rabu (27/2/2019).

Salah satu bendungan yang tengah dibangun Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy, Ditjen Sumber Daya Air yakni Bendungan Leuwikeris yang terletak di dua kabupaten yakni Ciamis dan Tasikmalaya. Bendungan multifungsi ini memiliki kapasitas tampung 81,44 juta m3.

Bertindak sebagai kontraktor pelaksana yakni untuk Paket I PT PP dan PT Bahagia Bangun Nusa lewat Kerjasama Operasi (KSO), Paket II PT Waskita Karya–PT Adhi Karya (KSO) dan Paket III dikerjakan oleh PT Hutama Karya.

Manfaat keberadaan bendungan tersebut yakni mengairi jaringan irigasi di Daerah Irigasi (DI) Lakbok Utara Seluas 6.600 hektare (ha) dan DI Manganti seluas 4.616 ha. Air yang ditampung juga menjadi sumber air baku Kota Banjar, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Ciamis sebesar 845 liter per detik.

Keberadaan Bendungan Leuwikeris juga akan mereduksi banjir periode 25 tahunan sebesar 11 persen, dari semula 509 m3 per detik menjadi 450 m3 per detik. Selain itu memiliki potensi pembangkit listrik tenaga air sebesar 20 MW, konservasi air tanah dan pariwisata.

 

Anggaran

Pembangunan Bendungan Leuwikeris. Dok Kementerian PUPR

Dibangunnya Bendungan Leuwikeris membutuhkan anggaran sebesar Rp 1,94 triliun yang pekerjaannya telah dimulai 2016 dan ditargetkan selesai 2021. Progres konstruksinya hingga Februari 2019 sudah mencapai 36,7 persen.

Disamping itu, Kementerian PUPR juga memulai Program Padat Karya Tunai P3TGAI (Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi) di Kelurahan Setiaratu, Kecamatan Cibereum, Kota Tasikmalaya.

Melalui program ini, masyarakat yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) diberdayakan untuk melakukan pembangunan jaringan irigasi tersier sepanjang 402 meter yang dikerjakan oleh 20 orang per hari. Saat ini sudah selesai dikerjakan 139,5 meter atau sekitar 30 persen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Melakukan Sujud Sahwi Beserta Bacaan dan Waktu Pelaksanaannya

Posted: 26 Feb 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lupa akan sesuatu merupakan hal lazim bagi seorang manusia. Bahkan, lupa juga kerap dialami seseorang ketika sholat. Melakukan sholat menjadi hukum yang wajib bagi umat Muslim. Pernakah kamu lupa saat sedang sholat? Mungkin saja kekurangan rakaat sholat atau bahkan kelebihan.

Dalam kajian fikih, jika seseorang lupa jumlah rakaat atau salah satu gerakan sholat, maka dianjurkan untuk melakukan sujud sahwi sebanyak dua kali sebelum sholat.

Sujud sahwi adalah sujud yang dilakukan karena adanya unsur lupa melakukan salah satu rukun sholat. Dengan kata lain, orang yang melaksanakan sholat lalu kemudian ia lupa akan salah satu rukun shalat, baik dalam shalat wajib atau sholat fardhu, maupun dalam shalat sunnah, seperti lupa membaca surah al-fatihah, dll. Maka ia disunahkan untuk melaksanakan sujud sahwi.

Berikut cara melakukan sujud sahwi yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/2/2019).

Cara Melakukan Sujud Sahwi

Seperti yang telah dijelaskan dalam beberapa hadits bahwa sujud sahwi dilakukan dengan dua kali. Sujud sahwi dilakukan di akhir shalat (sebelum atau sesudah salam). Ketika ingin sujud dianjurkan untuk mengucapkan takbir "Allahu akbar", begitu pula ketika ingin bangkit dari sujud dianjurkan untuk bertakbir.

Cara melakukan sujud sahwi sebelum salam dijelaskan dalam hadits 'Abdullah bin Buhainah,

"Setelah beliau menyempurnakan shalatnya, beliau sujud dua kali. Ketika itu beliau bertakbir pada setiap akan sujud dalam posisi duduk. Beliau lakukan sujud sahwi ini sebelum salam." (HR. Bukhari no. 1224 dan Muslim no. 570)

Cara melakukan sujud sahwi sesudah salam dijelaskan dalam hadits Abu Hurairah,

"Lalu beliau shalat dua rakaat lagi (yang tertinggal), kemudia beliau salam. Sesudah itu beliau bertakbir, lalu bersujud. Kemudian bertakbir lagi, lalu beliau bangkit. Kemudian bertakbir kembali, lalu beliau sujud kedua kalinya. Sesudah itu bertakbir, lalu beliau bangkit." (HR. Bukhari no. 1229 dan Muslim no. 573)

Cara melakukan sujud sahwi sesudah salam dan ditutup lagi dengan salam sebagaimana dijelaskan dalam hadits 'Imron bin Hushain,

"Kemudian beliau pun shalat satu rakaat (menambah raka'at yang kurang tadi). Lalu beliau salam. Setelah itu beliau melakukan sujud sahwi dengan dua kali sujud. Kemudian beliau salam lagi." (HR. Muslim no. 574)

Doa Ketika Melakukan Sujud Sahwi

Sebagian ulama menganjurkan doa ini ketika sujud sahwi,

"Subhana man laa yanaamu wa laa yas-huw" (Maha Suci Dzat yang tidak mungkin tidur dan lupa). Namun dzikir sujud sahwi di atas cuma anjuran saja dari sebagian ulama dan tanpa didukung oleh dalil. Ibnu Hajar rahimahullah mengatakan,

"Perkataan beliau, "Aku telah mendengar sebagian ulama yang menceritakan tentang dianjurkannya bacaan: "Subhaana man laa yanaamu wa laa yas-huw" ketika sujud sahwi (pada kedua sujudnya), maka aku katakan, "Aku tidak mendapatkan asalnya sama sekali." (At Talkhis Al Habiir, 2/6)

Sehingga yang tepat mengenai bacaan ketika sujud sahwi adalah seperti bacaan sujud biasa ketika shalat.

"Subhaanakallahumma robbanaa wa bi hamdika, allahummagh firliy." (Maha Suci Engkau Ya Allah, Rabb kami, dengan segala pujian kepada-Mu, ampunilah dosa-dosaku).

Sujud Sahwi Saat Sholat Jamaah

Hal yang perlu diperhatikan tentang sujud sahwi saat sholat berjamaah adalah:

1. Kalau imam lupa, maka makmum laki-laki yang mengingatkan imam dengan membaca 'Subhanallah'. Sementara makmum perempuan menepukkan tangannya.

2. Jika imam sujud sahwi sebelum salam, maka makmum juga ikut, termasuk makmum yang masbuk.

3. Kalau imam sujud sahwi setelah salam, maka makmum masbuk tidak boleh ikut sujud sahwi. Sedangkan makmum yang mengikuti sholat dari awal, mereka harus mengikuti sujud sahwi bersama imam.

4. Dalam sholat berjamaah, makmum yang lupa bacaan shalat, misalnya tertukar antara doa rukuk dan sujud, maka makmum tidak wajib sujud sahwi. Karena makmum tidak boleh sujud sahwi sendirian, sementara imam tidak sujud sahwi.

5. Jika lupa dalam sholat, namun dia tidak sujud sahwi maka makmum berhak mengingatkan imam agar dia sujud sahwi dan diikuti makmum lainnya.

Lupa Melakukan Sujud Sahwi

Saat seseorang lupa dalam sholatnya, maka harus melakukan sujud sahwi di akhir sholatnya. Baik dilakukan sebelum ataupun sesudah salam. Namun, tidak jarang kamu lupa untuk melakukan sujud sahwi. Lalu bagaimana jika kamu melupakan sujud sahwi?

1. Jika wudhunya belum batal dan jedanya belum lama, maka boleh langsung sujud sahwi. Termasuk kasus imam lupa ketika sholat, namun dia tidak tahu cara sujud sahwi. Maka dia boleh sujud sahwi ketika diberitahu makmum. Ini merupakan pendapat Imam Malik, Imam Syafii dalam qoul qadim, al-Auza'i dan yang lainnya.

2. Jika wudhunya sudah batal, ulama memberikan 2 rincian.

· Pertama, jika kasus lupanya berupa kelebihan rakaat, maka dia langsung wudhu dan sujud sahwi. Karena fungsi sujud sahwi di sini adalah menghina setan. Demikian keterangan Syaikhul Islam dalam Majmu' al-Fatawa.

· Kedua, jika kasus lupanya selain kelebihan rakaat, maka dia mengulangi shalatnya dari awal. (Shahih Fiqh Sunah).

Hikmah Sujud Sahwi

Sujud sahwi sangat dianjurkan dengan tujuan memperbaiki sholat kita yang cela. Allah yang Maha Penyayang masih mau menerima ibadah kita walaupun ada cacat celanya. Segala amalan yang dituntut dalam Islam pasti ada hikmahnya.

Dalam perihal sujud sahwi, kita sebagai hamba banyak kekurangannya. Maka, Rasulullah SAW mengajar kita cara sujud sahwi sebagai salah satu cara menutup kekurangan kita. Kita sebagai hamba perlu segera memohon ampunan kepada Allah jika khilaf. Hanya kepada Allah tempat kita bersujud dan memohon ampunan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sakit Hati, Khloe Kardashian Sindir Jordyn Woods?

Posted: 26 Feb 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Hubungan Khloe Kardashian dan Tristan Thompson berakhir dengan ironi. Bagaimana tidak, dugaan perselingkuhan kembali menjadi penyebab keduanya berpisah.

Kecewa dan sakit hati kini sedang dirasakan oleh Khloe Kardashian. Bagaimana tidak? Ia harus rela hubungannya berakhir karena perselingkuhan yang dilakukan Tristan Thompson. Yang lebih mengejutkan lagi, Tristan telah main serong dengan wanita yang dikenalnya.

Wanita itu adalah Jordyn Woods, orang yang selama ini dikenal sebagai sahabat dekat Kylie Jenner. Sulit dipercaya, Jordyn yang begitu dekat dengan keluarga Kardashian rela mengkhianati mereka hanya untuk cinta dari seorang pria.

Sempat mengungkapkan kegalauannya di media sosial dalam kurun waktu beberapa hari terakhir, kini kesabaran Khloe Kardashian tampaknya benar-benar sudah habis. Yang terbaru, ia justru menuliskan kata-kata pedas di Instagram.

Hal itu temukan dalam postingan Instagram Story Khloe Kardashian belum lama ini. Bintang Keeping Up With the Kardashians ini mendadak menuliskan sindiran yang diduga untuk Jordyn Woods dan Tristan Thompson, seperti yang dilansir dari Us Magazine.

Seekor Ular

Khloe Kardashian (CINDY ORD  GETTY IMAGES NORTH AMERICA  AFP)

"Tak peduli seberapa banyak ular mengganti kulitnya, dia tetap saja seekor ular," tulis Khloe sambil menambahkan emotikon berbentuk ular. Tak pelak postingan ini berhasil mencuri perhatian para fans dan follower-nya. Banyak yang menduga jika sindiran itu memang ditujukan pada Tristan dan Jordyn.

Sempat Dilabrak

Jordyn Woods (Instagram/jordynwoods)

Sebelumnya Khloe sempat dilaporkan menemui Jordyn untuk meminta penjelasan. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang sumber, "Saat Khloe bertatap muka dengan Jordyn, awalnya dia (Jordyn) mengelak hal itu (perselingkuhan Tristan). Tapi kemudian, ia mengakuinya."

"Khloe enggak pernah menemui wanita-wanita yang pernah jadi selingkuhan Tristan sebelumnya," tutur sumber tersebut menambahkan. (Soraya/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indahnya Masjid Camii, Tempat Pernikahan Syahrini dan Reino Barack

Posted: 26 Feb 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Maia Estianty dan Irwan Mussry menghadiri pernikahan Syahrini dan Reino Barack di Masjid Camii, Tokyo, Jepang, Rabu (27/2/2019). Kehadiran Maia dan Irwan di tempat itu membuat kenangan tersendiri bagi keduanya.

Pada akhir Oktober 2018 lalu, Maia dan Irwan juga mengucapkan ijab kabul di masjid bersejarah tersebut. Ia pun mengunggah dua di masjid tersebut.

Masjid Camii disebut sebagai masjid terindah di Jepang. Keindahan dan kenyamanan rancangan masjid serta suasana khidmatnya dapat mencuri hati banyak orang. Terletak di kawasan Shibuya, masjid ini awalnya dibangun oleh komunitas Turki di Jepang pada 1938.

Bangunan masjid didominasi oleh marmer putih dengan aksen abu-abu. Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 700 meter persegi dengan kubah berdiameter 25 meter. Permadani warna biru terhampar di lantai masjid dan kaca patri warna senada.

Interior masjid dihiasi tulisan kaligrafi yang terpasang pada dinding keramik biru. Masjid terasa lapang dengan atap tinggi. Keberadaan chandelier tepat menggantung di tengah aula salat utama menambah kemegahan masjid.

Aula utama terbagi dua lantai, di bagian atas menjadi tempat salat perempuan. Ada pula mimbar yang dijangkau dengan meniti tangga. Sementara, lantai dasar masjid difungsikan sebagai perpustakaan dengan koleksi buku cukup lengkap.

"Tempat bersejarah kami menjadi suami istri... Masjid Camii Tokyo," tulis Maia, Rabu (27/2/2019).

Maia cantik dengan gaun panjang pink, sedangkan Irwan tampak gagah dengan kemeja putih yang dibalut jas biru muda. Mereka tampak semringah foto di tempat tersebut.

Dalam foto yang lain, Maia dan Irwan terlihat menuruni tangga masjid. Mereka terlihat mesra bergenggaman tangan. Dalam keterangan foto, Maia menuliskan tagar #happywife #semakintuasemakinbahagia.

Sementara itu, Irwan juga mengunggah dua foto yang sama. Ia menuliskan keterangan sebagai suami istri.

"Walking down memory lane this fine morning, visiting Camii Mosque in Tokyo, as Mr and Mrs Mussry (Berjalan menyusuri jalan kenangan di pagi yang cerah, mengunjungi Masjid Camii, sebagai Tuan dan Nyonya Mussry)," tulis Irwan Mussry.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Tambang Emas di Bolaang Mongondow Runtuh

Posted: 26 Feb 2019 10:11 PM PST

Liputan6.com, Bolaang Mongondow - Proses evakuasi terhadap puluhan penambang yang tertimbun longsor di areal Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara, Selasa (26/02/2019) masih terus dilakukan. Bagaimana peristiwa itu terjadi?

Kepala Seksi Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong Abdul Muin Paputungan mengungkapkan, peristiwa longsor terjadi di dalam lubang pengambilan material olahan emas ilegal lokasi Busa dalam areal kontrak karya PT JRBM pada Selasa 26 Februari 2019 sekitar pukul 21.00 Wita.

"Saat itu diperkirakan puluhan warga masyarakat sedang berada di dalam lubang untuk mengambil material olahan emas, karena banyaknya warga yang sedang mengambil material olahan emas dengan cara digali dengan menggunakan linggis," ungkap dia.

Benturan linggis dengan dinding lubang itulah yang kemudian membuat area pertambangan itu ambruk. Warga yang berada di dalamnya tertimpa reruntuhan dinding. Diketahui, lokasi tersebut sejak tahun 2018 dijadikan warga sekitar untuk mengambil material olahan emas secara ilegal.

"Pada saat terjadi longsor diperkirakan terdapat puluhan warga yang sedang berada di dalam lubang untuk mengambil material olahan emas," ungkap dia.

Runtuhnya dinding lubang tambang itu segera diketahui warga yang berada di luar lubang. Mereka langsung menghubungi warga lainnya untuk meminta bantuan. Proses evakuasi seadanya mulai dilakukan sejak Selasa tengah malam, sebelum datangnya bantuan peralatan yang lebih memadai.

Paputungan menyebutkan, data sementara diperkirakan sebanyak 60 orang lebih tertimbun material longsoran tanah dan bebatuan di lokasi areal tambang rakyat.

Hingga siang ini, sudah berhasil di evakuasi sebanyak 16 orang dengan rincian orang meninggal dunia 2 orang dan 14 orang luka ringan dan berat.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sebelum Bertemu Kim Jong-un, Trump Temui Presiden Vietnam

Posted: 26 Feb 2019 10:10 PM PST

Suasana pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong di Istana Kepresidenan, Hanoi (27/2). Trump dan Kim Jong-un akan melakukan pertemuan empat mata selama 20 menit  di Metropole Hotel pukul 18.30 WIB. (AFP Photo/Saul Loeb)

Suasana pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong di Istana Kepresidenan, Hanoi (27/2). Trump dan Kim Jong-un akan melakukan pertemuan empat mata selama 20 menit di Metropole Hotel pukul 18.30 WIB. (AFP Photo/Saul Loeb)

Presiden AS, Donald Trump saat bertemu dengan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong di Istana Kepresidenan di Hanoi (27/2). Trump dan Kim Jong-un akan makan malam bersama selama sekitar 1,5 jam. (AFP Photo/Saul Loeb)

Presiden AS, Donald Trump saat bertemu dengan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong di Istana Kepresidenan di Hanoi (27/2). Trump dan Kim Jong-un akan makan malam bersama selama sekitar 1,5 jam. (AFP Photo/Saul Loeb)

Presiden AS, Donald Trump saat bertemu dengan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong di Istana Kepresidenan, Hanoi (27/2). Pertemuan Trump dan Kim akan menjadi yang kedua setelah pembicaraan bersejarah di Singapura, Juni tahun lalu. (AFP Photo/Luong Thai Linh)

Presiden AS, Donald Trump saat bertemu dengan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong di Istana Kepresidenan, Hanoi (27/2). Pertemuan Trump dan Kim akan menjadi yang kedua setelah pembicaraan bersejarah di Singapura, Juni tahun lalu. (AFP Photo/Luong Thai Linh)

Presiden AS Donald Trump dan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong menyaksikan penandatanganan antara CEO perusahaan penerbangan Vietnam Nguyen Thi Phuong Thao dan CEO Boeing Commercial Airplanes Kevin McAllister di Hanoi (27/2). (AFP Photo/Luong Thai Linh)

Presiden AS Donald Trump dan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong menyaksikan penandatanganan antara CEO perusahaan penerbangan Vietnam Nguyen Thi Phuong Thao dan CEO Boeing Commercial Airplanes Kevin McAllister di Hanoi (27/2). (AFP Photo/Luong Thai Linh)

Presiden AS Donald Trump dan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong menyaksikan penandatanganan Ketua Bamboo Airways Trinh Van Quyet dan CEO Boeing Commercial Airplanes Kevin McAllister jelang KTT AS-Korut kedua di Hanoi (27/2). (AFP Photo/Luong Thai Linh)

Presiden AS Donald Trump dan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong menyaksikan penandatanganan Ketua Bamboo Airways Trinh Van Quyet dan CEO Boeing Commercial Airplanes Kevin McAllister jelang KTT AS-Korut kedua di Hanoi (27/2). (AFP Photo/Luong Thai Linh)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Ungkap Dampak Industri 4.0 di hadapan Pengusaha

Posted: 26 Feb 2019 10:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan dampak dari perkembangan teknologi revolusi industri 4.0 di hadapan para pengusaha. Dikatakan jika perkembangan bisnis revolusi industri saatini cukup terasa.

Otomatisasi dalam big data maupun adanya artificial intelligence atau kecerdasan buatan memberikan suatu opsi baru dari para pelaku bisnis.

Ini dia ungkapkan saat menjadi pembicara dalam acara Kadin Enterpreneurship Forum 2019 di Jakarta.

"Ini suatu opsi yang dulu dianggap tidak relevan, sekarang menjadi real di depan mata kita," kata Sri Mulyani dalam sambutannya, Rabu (27/2/2019).

Dengan kondisi ini, secara otomatis pelaku bisnis dihadapkan dengan situasi yang sulit. Apakah harus berubah atau tetap mengikuti kondisi yang sama seperti sebelumnya.

"Itu semua dihadapkan dengan adanya opsi teknologi yang memungkinkan model bisnis mereka berubah dan konsumen yang attach atau gunakan teknologi, sehingga cara melakukan konsumsi juga berubah. dengan demikian, teknologi mengubah cara hidup," jelas dia.

Bendahara negara ini menambahkan, kondisi tersebut juga membawa perubahan besar terhadap masyarakat.

"Baik dari bisnis ataupun kehidupan sehari-hari, dalam sosial dan berkeluarga, sekarang jadi lebih mudah. Tapi ada downside risk yang kita tahu. Misal quality relationship mereka yang lambat mengenali teknologi, tidak melihat bahwa banyak aspek diubah dengan teknologi," pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Sempat Disinggung Saat Debat Capres, Apa Itu Industri 4.0?

Ilustrasi industri 4.0 (iStockPhoto)

Revolusi industri ke-4 atau industri 4.0 kembali jadi bahan perbincangan. Khususnya pasca debat calon presiden (capres) kedua yang berlangsung pada Minggu 17 Februari 2019. 

Sejumlah pihak, khususnya dari kubu pendukung capres nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) menyebut jika capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak paham soal industri 4.0 ini.

Lantas apa sebenarnya industri 4.0 ini?

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjabarkan perkembangan industri di dunia. Dikatakan jika dalam setiap tahapan revolusi industri mulai dari yang pertama hingga saat ini memiliki tantangan dan dampak berbeda.

Revolusi industri ke-1 pada abad ke-18, dikatakan ditandai dengan penemuan mesin uap untuk upaya peningkatkan produktivitas yang bernilai tambah tinggi. Misalnya di Inggris, saat itu, perusahaan tenun menggunakan mesin uap untuk menghasilkan produk tekstil.

"Tetapi di Indonesia, saat ini masih ada yang menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM). Selain itu, di perusahaan rokok kretek, masih menggunakan mesin lintingan tangan. Jadi, semua itu menggunakan teknologi yang bersifat padat karya. Pemerintah mempunyai keberpihakan untuk melindungi teknologi tersebut, terutama untuk menyerap tenaga kerja," ujar Airlangga dalam keterangannya beberapa waktu lalu, Senin (18/2/2019).‎

Pada revolusi industri ke-2 di era 1900-an, ditandai dengan penemuan tenaga listrik. Pada fase ini, beberapa industri di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signfikan, seperti sektor agro dan pertambangan.

"Jadi, revolusi yang kedua ini terkait dengan teknologi di lini produksi," lanjut dia.

Kemudian, di era revolusi industri ke-3, saat otomatisasi dilakukan pada 1970 atau 1990-an hingga saat ini karena sebagian masih berjalan. "Jadi pada saat memasuki revolusi industri ketiga, memang penyerapan tenaga kerja masing-masing di industri sudah berbeda. Sehingga, ini kita bedakan ada yang kelompok industri labour intensive," ungkap Airlangga.

Pada revolusi industri ke-4, Menperin menyampaikan, efisiensi mesin dan manusia sudah mulai terkonektivitas dengan internet of things.

"Hari ini kita berbicara otomatisasi yang berbasis pada data dan internet, dan ini yang dilakukan di era Industri 4.0. Kalau dahulu, di dalam manufaktur, produsen dan konsumen terpisah. Tetapi saat ini, memungkinkan adanya co-creation antara pembeli dan produsen yang dapat menumbuhkan mikromanufaktur," jelas dia.

Airlangga juga menyatakan, perbedaan penerapan Industri 3.0 dengan Industri 4.0 adalah dari faktor penggeraknya. Industri 3.0 digerakkan oleh profit, sedangkan 4.0 lebih didorong oleh harga dan biaya.

"Bedanya Industri 3.0 dengan 4.0 adalah value chain-nya. Banyak produk-produk yang dari cost itu tentunya berujung pada value added dan supply chain," tutur dia.‎

Di samping itu, hasil studi yang dilakukan oleh Boston Consulting Group terhadap industri yang telah menelah menerapkan industri 4.0 seperti di Jerman, menunjukkan jika permintaan tenaga kerja akan meningkat secara signifikan pada segmen R&D dan pengembangan software hingga 96 persen.

Kemudian, akan muncul permintaan jenis pekerjaan baru yang kompatibel dengan system Industri 4.0di antaranya adalah profesi industrial data scientist dan masih banyak lagi," ungkapnya.

Diproyeksi, beberapa pekerjaan baru yang terkait dengan pengembangan internet of things, antara lain professional tribercloud architectindustrial network engineermachine learning scientistplatform developervirtual reality designremote health carerobotics specialist, dan cyber security analyst.

Menperin mengatakan, salah satu pendorong keberhasilan dalam upaya mengimplementasikan Industri 4.0 adalah inovasi yang dihasilkan. Saat ini, tingkat inovasi Indonesia masih berada pada level 0.3 persen, sedangkan agar bisa unggul dalam bersaing dibutuhkan tingkat inovasi 2 persen.

"Ini akan ditingkatkan dengan cara memperkuat peran perguruan tinggi. Dari sanalah diharapkan tercipta inovasi yang akan mendorong efektivitas industri," tuturnya.

Menurut Airlangga, faktor inovasi menjadi penting dalam rangka memaksimalkan nilai tambah pada setiap tahapan rantai industri.Langkah lain yang juga penting diupayakan adalah produktivitas pekerja. Hal ini akan dibenahi dengan meningkatkan program pendidikan vokasi.

"Industri 4.0 akan membuat kontribusi manufaktur akan mencapai 25 persen pada 2030 dan menyumbangkan peningkatan pertumbuhan hingga 1-2 persen," tandasnya.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Ngakan Timur Antara, mengatakan dalam upaya memasuki Industri 4.0, pemerintah pun aktif menarik investasi baru dan mendorong industri berekspansi.

"Sejauh ini memang sudah ada kajian investasi yang dibutuhkan untuk menghadapi Industri 4.0, yakni dengan menguraikan sektor-sektor industri mana yang diunggulkan. investasi menjadi agenda semua pihak demi mengejar daya saing dan peningkatan ekspor," paparnya.

Berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, terdapat lima sektor industri yang akan menjadi pendorong dan percontohan dalam penerapan Industri 4.0.

Lima sektor tersebut adalah industri makanan dan minuman, kimia, tekstil, elektronik, dan otomotif. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harap Sabar, Inden Toyota Avanza 2019 Mencapai 2 Bulan

Posted: 26 Feb 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah resmi menghadirkan low multi purpose vehicle (LMPV) barunya, Toyota Avanza. Model ini diklaim mendapat respons yang bagus dari masyarakat, dengan berbagai penyegaran yang sudah disematkan raksasa asal Jepang tersebut.

Menurut Anton Jimmi, Direktur Pemasaran PT TAM, Toyota Avanza baru ini sudah mendapatkan surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 15 ribu unit.

"Itu (SPK) mulai dari pertengahan januari. Masih varian 1.3 L yang paling banyak, hanya tipe Veloz yang awal-awal tinggi," jelas Anton di sela-sela test drive new Toyota Avanza di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (27/2/2019).

Namun, dari jumlah SPK tersebut, Toyota baru mengirimkan unitnya secara wholesale (pabrik ke diler) sebanyak 5.568 unit. "Indennya masih 1,5 sampai 2 bulan," tegasnya.

Sementara itu, berbicara soal tipe yang paling laris, memang masih didominasi tipe G sekitar 50 persen kontribusi. Meskipun begitu, Veloz di awal kehadiran memang menjadi yang lebih tinggi, dan kemudian mulai merata setiap tipenya.

"Tipe Veloz itu kontribusinya 30 sampai 35 persen. Sedangkan target penjualan sekitar 7.500 unit, tapi Januari kemarin kita hanya kirim 5.500-an unit, karena baru launching jadi pabrik produksinya belum maksimal," pungkasnya.

Avanza 2019 Pakai Mesin Lama, Ini Alasan Toyota

PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan Avanza dan Veloz terbaru dengan perubahan dari sisi interior dan eksterior.

Tak ada perubahan dari sisi dapur pacu, TAM mengaku mesin lama Avanza masih sangat layak digunakan saat ini.

 

 
 

 

"Prinsipnya saat membuat Avanza baru ini kita melihat kebutuhan masyarakat kita. Jadi kita lihat secara enginefull performance dan efisiensi saya rasa sangat diterima masyarakat Indonesia," kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto di Senayan, Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Saat disinggung kapan dan faktor apa saja yang membuat Avanza dan Veloz akan mendapatkan mesin baru, Henry menegaskan masukan dari konsumen adalah hal utama terkait model dan fitur baru yang akan disematkan, termasuk dari sisi dapur pacu.

"Selama ini masukan masyarakat seperti itu. Kalau ditanya sampai kapan kita juga melakukan riset dan mendengarkan feedback dari konsumen, pokoknya kita ini selalu mendengarkan masukan dari semua pihak," ujarnya.

 

Sebagai informasi, seluruh varian Avanza dan Veloz terbaru telah menggunakan console boxyang dilengkapi illumination lamp, power slot (row 1 dan 2), dan USB port (row 3).

Terkait harga, Avanza terbaru dibanderol mulai dari Rp188.6 juta hingga Rp221.25 juta, sedangkan Veloz mulai dari Rp215.65 juta sampai Rp239.45 juta on the road Jakarta.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Tuan Rumah KTT Trump dan Kim Jong-un, Vietnam Siapkan 3.000 Cangkir Kopi Telur

Posted: 26 Feb 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Hanoi - Pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tengah berlangsung di Hanoi, Vietnam. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) kedua negara akan berlangsung hingga esok hari, 28 Februari 2019.

Dalam rangka menyukseskan acara besar itu, Vietnam sebagai tuan rumah telah mempersiapkan banyak hal. Tidak hanya dalam konteks akomodasi dan pengamanan bagi tamu VIP, Hanoi juga telah mempersiapkan minuman khusus bagi para 'tamu'.

Dilaporkan oleh media lokal Vietnam News, Hanoi telah memesan sebanyak 3.000 cangkir kopi telur selama tiga hari. Minuman itu adalah salah satu dari menu lokal yang disajikan kepada sekitar 3.500 wartawan lokal dan internasional yang meliput KTT Trump dan Kim Jong-un.

"Ibu Kota Hanoi memesan sekitar 3.000 cangkir kopi telur selama tiga hari (dari Selasa hingga Kamis). Staf kami akan menyajikan 300 gelas tiga kali sehari. Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk melayani pertemuan penting seperti itu. Ini juga merupakan peluang untuk minuman buatan Nam ini dipromosikan ke rekan-rekan internasional," kata Vũ Khắc Sơn, manajer kedai kopi Giảng, sebagaimana dikutip dari Vietnam News pada Rabu (27/2/2019).

Selain kopi telur, sang tuan rumah juga menghadirkan berbagai menu tradisional. Hanoi memang telah berkomitmen untuk menghidangkan makanan lokal berkualitas dalam KTT Trump dan Kim Jong-un, sebagaimana disampaikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Le Hoai trung pada konferensi pers, Senin 25 Februari 2019.

Le Hoai Trung mengatakan bahwa Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc telah mengatakan kepada stafnya untuk menyajikan hidangan lokal yang populer di media. Di antara makanan tersebut adalah phởnem (lumpia) dan xoi khuc (beras ketan), sebagaimana dikutip dari South China Morning Post. Nguyen berharap tindakan tersebut dapat sekaligus mempromosikan makanan Vietnam kepada publik internasional.

"Orang Vietnam sangat serius dalam mengurus makanan -sama seperti orang Singapura tahun lalu. Karya-karya beberapa 'pengrajin kuliner Ha Noi akan ditampilkan di pusat pers internasional," kata Bhavan Jaipragas, wartawan South China Morning Post.

 

Simak pula video pilihan berikut:

Kopi Telur, Minuman Vietnam Bertekstur Kental

Ilustrasi cangkir kopi (iStock)

Kopi telur adalah sebuah minuman tradisional yang bertekstur kental dan rasanya yang creamy. Busa putih telur keluar berpadu dengan krim yang bertengger di permukaan atas kopi Vietnam.

Minuman itu ditemukan pada 1946 oleh Nguyễn Văn Giảng, seorang bartender hotel bintang lima Sofitel Legend Metropole. Saat itu, Giảng menggunakan telur dalam kopi karena kelangkaan susu kental.

Meskipun dipesan untuk jurnalis KTT, kopi telur Vietnam dapat dijumpai dengan cukup mudah di beberapa kedai Hanoi.

Menurut pengakuan salah seorang pemilik kedai, kopi telur telah dipesan oleh para wisatawan dan jurnalis secara pribadi sejak Minggu 24 Februari 2019.

"Beberapa kelompok turis dan jurnalis internasional telah datang ke kedai kopi kami minggu ini," kata Vũ Khắc Sơn.

Hidangan lain yang direkomendasikan termasuk chảcá (ikan dimasak dengan kunyit dan dill), bánh tôm (kue udang), bún cá (sup mie dengan ikan goreng) dan bún riêu cua (sup mie dengan kepiting air tawar).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga HP LG V20 serta Spesifikasinya, Kamera Tajam dan Audio Gahar

Posted: 26 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta LG merupakan perusahaan elektronik terbesar kedua di dunia. Perusahaan yang berasal dari Korea Selatan ini memang terkenal dengan produk elektroniknya yang beragam. Mulai dari peralatan rumah tangga hingga peralatan kantor.

Tak hanya produk elektronik saja yang menjadi unggulannya. LG juga menawarkan pilihan produk IT seperti smartphone, laptop, dan sebagainya. Hal ini membuat LG selalu menyuguhkan produk yang berkualitas. Tak heran kalau banyak orang saat ini menjadikan LG sebagai salah satu pilihan produk elektronik yang wajib dimiliki.

Life's Good merupakan slogan dari LG yang nampaknya benar-benar menjadi tonggak kesuksesan mereka membangun kepercayaan pelanggannya.Tak tanggung-tanggung, untuk menarik minat pembeli, LG pernah menggunakan grup idola asal Negara Korea Selatan.

LG Bikin Gebrakan Sensasional

Harga HP LG V20 (liputan6.com/Iskandar)

Ya, grup idol BTS ini pernah menjadi model untuk salah satu produk smartphonenya. Sontak kolaborasi yang dilakukan LG ini menyedot banyak perhatian pasar khususnya bagi para pecinta K-Pop.

Tepat pada tahun 2016 lalu, LG telah merilis smartphone anyarnya, LG V20. Pada tahun tersebut, LG memastikan bahwa smartphone pertama yang menggunakan perangkat OS Android 7.0 Nougat adalah LG V20.

Smartphone ini hadir menyusul LG G5 yang lebih dulu hadir pada pertengahan 2016. LG menyematkan sejumlah fitur anyar pada smartphone ini. Sebut saja seperti dukungan kamera ganda dan dilengkapi dengan Quad-DAC yang mampu menghadirkan kualitas audio berkualitas tinggi.

Fitur lain yang juga disematkan pada smartphone ini adalah layar ganda. Sama seperti pendahulunya yaitu LG V10. Nah, untuk urusan spesifikasinya sendiri, smartphone ini sudah didukung dengan chipset Snapdragon 820 dan RAM 4 GB.

Harga HP LG V20 terbaru waktu awal rilis mencapai Rp 9.499.000 untuk pasar Indonesia. Nah kali ini Liputan6.com, Selasa (26/2/2019) telah merangkum dari berbagai sumber untuk mengulas singkat HP LG V20 serta harga terbarunya di tahun 2019.

Desain dan Layar Ganda

LG V20 yang rilis pada tahun 2016 ini, memiliki layar ganda yang sudah ada di seri pendahulunya, yaitu LG V10. Layar ini memiliki fungsi sama seperti always-on display yang ada di LG G5. Namun ini dihadirkan dalam bentuk yang lebih ringkas.

Layar ganda ini dapat menampilkan shortcut ke sejumlah aplikasi yang terpasang, seperti memo, messaging, file manager, termasuk dari pihak ketiga. Layar ganda ini cukup membantu Anda agar tak perlu selalu membuka layar smartphone.

Bagaimana bisa? Ya, karena hal ini dimungkinkan karena notifikasi untuk masing-masing aplikasi akan muncul di layar ini. Begitu juga saat Anda bermain game atau menonton video. Notifikasi yang terpasang di layar ganda ini akan dimunculkan.

LG V20 dengan tipe CandyBar ini memiliki dimensi 159.7 x 78.1 x 7.6 sehingga memiliki berat 174 gram. HP ini tergolong berat karena sudah mengusung bentang di atas 5 inci. Smartphone ini disajikan dengan beberapa varian warna yaitu Titan, Silver, Pink.

Bentang layar yang digunakan LG V20 ini berukuran 5.7 inci, dengan resolusi 1440 x 2560 pixels. Layar ini pas banget buat Anda yang suka bermain game dan nonton film, pasti akan sangat puas menatap layarnya.

Adapun kualitas warna yang ditawarkan juga cukup jernih dengan didukung panel layar IPS LCD capacitive touchscreen. Tak hanya itu, HP ini juga dibekali dengan fitur MIL-STD-810G certified, LG UX 5.0 yang menjadikan HP tampak elegan dan premium.

Kamera dan Baterai

Sama seperti pendahulunya LG G5, LG V20 ini sudah didukung dengan lensa ganda di kamera utamanya. Lensa yang satu dengan resolusi 16 MP berfungsi untuk mengambil gambar dengan sudut pandang standar, sedangkan lensa lain beresolusi 8 MP dengan sudut pandang lebih luas. Fitur wide angle pada LG V20 dapat digunakan pada kamera depan.

LG V20 ini dibekali dengan spesifikasi yang bisa dibilang sangat canggih. Hal ini membuat HP ini membutuhkan daya suplai yang tinggi juga. Ya, HP ini memiliki baterai dengan kapasitas sebesar 3200 mAH.

Konektivitas dan Performa

LG V20 dihadirkan untuk pengguna kelas menengah ke atas. Berada di kelas premium, smartphone ini dibekali teknologi jaringan internet yang super cepat.

Yakni dengan teknologi jaringan internet 4G LTE berkecepatan hingga LTE, menjadikan pengguna puas dan nyaman untuk internetan. Tak hanya itu, LG V20 ini juga dibekali dengan fitur Wi-Fi, dual-band, Wi-Fi direct, DLNA, hotspot.

Untuk jeroan LG V20 ini sendiri turut menggunakan sistem operasi Android terbaru pada masanya, yaitu Nougat. Selain itu, LG V20 ini juga dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 820, dual-core.

LG V20 ini juga dibekali dengan RAM sebesar 4 GB. Membuat Anda mampu menjalankan berbagai aplikasi dengan kapasitas besar secara bersamaan atau multitasking.

Harga HP LG V20 Terbaru Februari 2019

Dari sejumlah penelusuran di situs jual-beli online, harga HP LG V20 terbaru tahun 2019 dibanderol pada kisaran mulai Rp 3.750.000 untuk varian 32 GB. Sedangkan harga HP LG V20 varian 64 GB dibanderol sekitar Rp 5.849.000. Anda yang ingin memiliki HP LG V20 ini bisa membelinya di situs belanja online ataupun e-commerce langganan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikira Yogurt, Kakek 90 Tahun Justru Makan Setengah Kaleng Cat Tembok

Posted: 26 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Yoghurt salah satu produk olahan susu yang dibuat dengan proses fermentasi dan digemari banyak orang. Tak hanya nikmat, yoghurt juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Semua orang dari berbagai kalangan menyukai yoghurt yang biasanya tersedia dengan berbagai varian rasa ini.

Salah satunya kakek berusia 90 tahun bernama Bobby ini. Bobby sangat menyukai yoghurt dan selalu mengonsumsinya setiap hari. Setiap minggunya, anak Bobby bahkan membeli tujuh liter yoghurt untuk sang ayah.

Sayangnya, suatu hari Bobby justru tak sengaja mengonsumsi setengah kaleng cat tembok yang dikiranya sebagai yoghurt. Hal ini diketahui melalui unggahan sang cucu di Twitter dengan akun @alexsteinnn.

"Jadi, kakekku telah memakan setengah kaleng cat tembok yang dia pikir adalah yoghurt," ujar Alex dengan mengunggah foto sang kakek dengan kondisi mulut berwarna hijau muda.

 

kakek makan cat yang dikira yogurt (foto: twitter/@alexsteinnn)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tak Mengalami Kendala Kesehatan

kakek makan cat yang dikira yogurt (foto: twitter/@alexsteinnn)

Sontak saja unggahan Alex tersebut menjadi viral. Banyak orang yang khawatir akan kondisi Bobby usai menelan setengah kaleng cat tembok. Beruntung, Bobby tak mengalami kendala kesehatan usai insiden tersebut. Alex lantas menjelaskan bahwa kakeknya tersebut tetap benar-benar terobsesi dengan yogurt dan hidup untuknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Satu Desa Tumbang, Diduga Keracunan Mi Rebus

Posted: 26 Feb 2019 10:00 PM PST

Labuhan Batu Utara - Sebanyak 70 orang di Desa Gunung Melayu, Kecamatan Kualah Selatan, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Sumut, dikabarkan mengalami keracunan diduga lantaran mengonsumsi mi rebus.

Peristiwa itu terjadi Selasa (26/2/2019). Saat itu, warga setempat bernama Atun menggelar pengajian di rumahnya. Dia memasak mi rebus sebagai makanan yang biasa disajikan usai pengajian. Mi dibagikan kepada keluarga dan tetangganya.

Mi pun disantap mereka. Tiga jam kemudian, sejumlah warga merasa mual dan pusing tak tertahankan. Bahkan ada yang sampai muntah. Dugaan keracunan menyeruak.

Para korban dibawa ke Puskesmas terdekat. Hingga kini, kondisi Puskesmas masih ramai. "Begitu makan mi itu, tiga jam kemudian kok pusing rasanya. Rupanya banyak yang juga ke Puskesmas," ujar Kasni (45), salah satu korban seperti dikutip laman Jawapos.

Bahkan dari 70 korban keracunan yang terdata, di antaranya ada 5 perempuan hamil dan 8 anak-anak. Mereka dikabarkan sudah mendapat perawatan medis. Di Puskesmas, suasana begitu sesak. Bahkan Puskesmas sampai kehabisan tempat perawatan. Korban ada yang dirawat dengan alas tikar.

Kasat Reskrim Polres Labuhan Batu AKP Jamakita Purba mengatakan, pihaknya sedang melakukan penyelidikan atas kasus dugaan keracunan itu. Polisi juga sudah meminta keterangan sejumlah saksi. Termasuk pemilik warung yang menjual mie tersebut.

"Kami sudah mengambil sampel dan sedang diteliti Dinas Kesehatan setempat. Apakah mie itu home industri atau sumber yang lain, masih kami selidiki," terang Jamakita, hari ini, Rabu (27/2/2019).

Baca juga berita Jawapos.com lainnya di sini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stroke Terlambat Ditangani, Pembuluh Darah Otak Bisa Pecah

Posted: 26 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Serangan stroke adalah gangguan fungsi otak yang timbul mendadak dan berlangsung selama 24 jam atau lebih. Hal ini terjadi karena gangguan peredaran darah otak.

Bila serangan stroke terlambat ditangani dapat berakibat fatal. Seseorang dapat mengalami penyempitan hingga pecahnya pembuluh darah.

"Jika tidak dikendalikan atau diobati dapat memperburuk dan terjadi penyempitan atau pecah pembuluh darah," kata dokter spesialis saraf Dewanta.

"Segera bawa ke rumah sakit terdekat dan diutamakan (rumah sakit) yang mempunyai dokter spesialis saraf juga fasilitas unit stroke. Waktu yang tepat akan menyelamatkan otak," ungkap dokter spesialis saraf Dewanta dalam keterangan pers kepada Health Liputan6.com, ditulis Rabu, (27/2/2019).

Anda harus memerhatikan gejala awal stroke berupa rasa kantuk yang sangat berat atau hilang kesadaran, pusing, kesemutan, dan baal (mati rasa) separuh badan. Gejala lain, yakni gangguan penglihatan satu atau pada dua mata.

"Anda perlu waspada, itu adalah serangan awal stroke," ujar Dewanta, yang sehari-hari berpraktik di Siloam Hospitals Bogor, Jawa Barat.

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Menghindari kematian atau kecacatan

Atasi stroke agar terhindar dari kematian atau kecacatan. (iStockPhoto)

Pertolongan yang akurat dan cepat harus segera di lakukan untuk menghindari kematian atau kecacatan. Dewanta menambahkan, setiap menit keterlambatan pertolongan bertujuan otak tidak kekurangan darah.

"Kalau terlambat berarti 1,9 juta sel otak dan serabut otak akan mati," papar dia.

Kecenderungan stroke juga dipicu faktor keturunan atau genetik. Pada beberapa kasus, stroke yang terjadi dialami anak-anak atau remaja. Biasanya karena ada arteri vena malformasi atau aneurisma berupa kelainan pembuluh darah otak.

Pola hidup sehat

Perbanyak makan sayur dan buah untuk cegah stroke. (iStockphoto)

Faktor lain yang memicu stroke adalah kegemukan (obesitas), stres, merokok, alkohol, dan pola hidup tidak sehat. Semua ini bisa dikendalikan dengan menjalankan pola hidup sehat.

Agar terhindar dari stroke, Dewanta menganjurkan, hentikan kebiasaan merokok, konsumsi makanan sehat (rendah lemak jenuh dan kolesterol), menambah asupan kalium dan mengurangi natrium.

"Perbanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Olahraga yang cukup dan teratur dengan melakukan aktifitas fisik yang punya nilai aerobik (jalan cepat, bersepeda, berenang) secara teratur minimal 30 menit dan minimal 3 kali seminggu," Dewanta  menambahkan.

Berat badan pun perlu diturunka atau dipertahankan sesuai berat badan ideal dengan basal metabolik indeks (BMI), yakni kurang dari  25kg/m2, garis lingkar pinggang kurang dari 80 cm wanita, dan garis lingkar pinggang kurang dari 90cm pada pria.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pelatih Bidikan Real Madrid Musim Depan

Posted: 26 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid rupanya belum puas dengan performa Santiago Solari musim ini. Mereka pun terus membidik beberapa nama untuk dijadikan pelatih musim depan.

Kepergian Zinedine Zidane meninggalkan lubang besar di Santiago Bernabeu . Penggantinya, Julen Lopetegui ternyata gagal mendongkrak performa Los Blancos sehingga membuatnya dipecat pada bulan Oktober dan digantikan oleh Santiago Solari.

Solari mampu membuat performa Los Merengues lebih stabil. Banyak yang berharap bahwa ia bisa memberikan dampak yang sama seperti Zidane, tetapi sejauh ini masih bisa terwujud.

Petinggi Los Blancos sepertinya tidak menganggap Solari sebagai manajaer untuk jangka panjang. Karena itu, Real Madrid mungkin bisa mencari sosok lainnya yang lebih berpengalaman.

Berikut ini tiga calon pelatih Real Madrid musim depan:

 

1. Jose Mourinho

Pelatih Manchester United Jose Mourinho memberikan arahan kepada pemainnya saat melawan Huddersfield dalam pertandingan Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). (Nigel French / PA via AP)

Jose Mourinho adalah salah satu pelatih yang paling sukses dalam sepak bola dunia. Pelatih asal Portugal itu sudah menangani klub terbesar di sepak bola dunia seperti Inter Milan, Chelsea, dan Manchester United. Saat ini, ia menganggur setelah dipecat Setan Merah pada Desember tahun lalu.

Mantan pelatih Chelsea itu memimpin Real Madrid antara 2010 hingga 2013. Ia berhasil mengakhiri dominasi Barcelona di La Liga dan masih memegang rekor poin terbanyak dalam satu musim La Liga.

Los Blancos akan melalui fase transisi di mana pemain kunci seperti Luka Modric, Sergio Ramos, Marcelo, dan Karim Benzema semuanya sudah berusia 30-an. Madrid membutuhkan pelatih yang bisa memberi jaminan trofi saat membangun ulang tim mereka. Selain itu, Mourinho saat ini sedang menganggur sehingga mudah untuk mendapatkan tanda tangannya.

Presiden Real Madrid Florentino Perez diyakini masih menyukai Mourinho dan dikabarkan ingin membawanya ke Santiago Bernabeu pada musim depan.

2. Antonio Conte

Pelatih Chelsea, Antonio Conte, saat pertandingan melawan Leicester City pada laga perempat final Piala FA di Stadion King Power, Minggu (18/3/2018). Leicester City takluk 1-2 dari Chelsea. (AP/Frank Augstein)

Antonio Conte sebelumnya menangani Chelsea dan membantu mereka memenangkan Premier League pada musim pertamanya, dan Piala FA pada tahun berikutnya. Sebelum datang ke Chelsea, Conte memimpin Juventus dan berhasil memenangkan tiga trofi Seri A secara beruntun.

Pelatih asal Italia itu adalah pemenang dan dia dikenal karena berhasil memenangkan gelar liga. Juventus asuhan Conte juga masih memegang rekor poin terbanyak di Serie A dalam satu musim.

Meski memenangkan Liga Champions tiga kali secara beruntun, Los Blancos tidak mampu menunjukkan performa yang sama di La Liga. Mereka adalah klub paling sukses di Spanyol, tetapi mereka merasa kesulitan mendominasi pentas domestik. Namun, dengan Conte, mereka akan memiliki pelatih yang tahu cara memenangkan gelar liga dan tampil secara konsisten.

Mantan pelatih Chelsea itu pernah dikaitkan dengan Real Madrid ketika Zinedine Zidane pergi dan juga setelah Juan Lopetegui dipecat oleh klub. Jika keadaan tidak berjalan dengan baik, Conte jelas merupakan pilihan yang harus dipertimbangkan Florentino Perez. Conte saat ini juga sedang menganggur sehingga membuatnya menjadi pilihan yang menarik.

3. Arsene Wenger

Reaksi manajer Arsenal, Arsene Wenger melihat timnya melawan Atletico Madrid pada laga leg kedua semifinal Liga Europa di Wanda Metropolitano, Kamis (3/5). Kegagalan Arsenal lolos ke final Liga Europa membuat Wenger bersedih. (AP/Francisco Seco)

Wenger merupakan salah satu sosok yang cukup dihormati di dunia sepak bola. Mantan pelatih AS Monaco itu dikenal karena memainkan sepak bola menyerang yang indah dan pada saat yang sama, ia berhasil mengembangkan bakat muda dan memolesnya menjadi pemain kelas dunia.

Wenger sudah memenangkan 3 gelar Premier League dan 7 Piala FA, meski Arsenal memiliki kendala keuangan. Mantan pelatih Arsenal itu sudah dianggap sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia sepak bola dan rekornya sangat mendukungnya.

Madrid berada dalam fase transisi dan mereka membutuhkan pelatih yang berpengalaman. Dengan Wenger, mereka akan memiliki pelatih yang sangat berpengalaman dan dia bisa memainkan sepak bola yang menyenangkan juga. Selain itu, ia bisa mengembangkan pemain muda seperti Vinicius Jr, Mariano Diaz, Alvaro Odriozola, dan Sergio Reguilon menjadi pemain kelas dunia.

Seperti Mourinho dan Conte, Wenger saat ini juga sedang menganggur. Mengingat rekam jejaknya, Wenger bisa mendapat respek dari para pemain Madrid, karena itu akan membantunya mengendalikan ruang ganti.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ahmad Dhani Menangis di Ruang Sidang, Ada Apa?

Posted: 26 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ahmad Dhani menangis di sela-sela persidangan kasus pencemaran nama baik di PN Surabaya hari Selasa (26/2). Apa sebabnya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syahrini Menikah dengan Reino Barack, Luna Maya Unggah Foto Topless

Posted: 26 Feb 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kabar bahagia, Syahrini resmi menjadi istri Reino Barack, mata publik kembali tertuju pada Luna Maya.

Seperti diketahui, Reino Barack dan Luna Maya telah menjalin asmara selama lima tahun. Tak lama setelah itu, Reino dikabarkan menjalin asmara dengan Syahrini.

Kabar soal pernikahan Syahrini dan Reino Barack juga sampai ke telinga Luna Maya. Beberapa kali, Luna memperlihatkan kalimat-kalimat sedih di akun Instagram-nya.

Dan berita kebenaran pernikahan Syahrini dan Reino Barack terungkap, Rabu (27/2/2019) pagi ini. Dan Luna Maya mengunggah foto dirinya sedang topless di Instagram di saat bersamaan.

Masa Kecil

Luna Maya (Foto: Instagram)

Eiit, jangan berpikir yang buruk dulu. Luna Maya tampil topless saat dirinya masih kecil. "Cheeky lil Luna," tulisnya sebagai keterangan foto.

Dikuatkan

Luna Maya

Tak sedikit warganet yang memberikan dukungan kepada Luna Maya. Mereka menyampaikan di kolom komentar.

"Semoga Allah memberi jodoh yg baik menerima kekurangan dn kelebihan mb bulan... Aamiin...," tulis akun @ny_erdin.

"Strong kak @lunamaya," tambah akun @arnie_harahap.

"Keep strong ka @lunamaya," lanjut akun @lysaafaa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga: Tak Ada Penolakan Kampanye di Labuan Bajo

Posted: 26 Feb 2019 09:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kunjungan cawapres Sandiaga Uno di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Labuan Bajo, Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa 26 Februari kemarin sempat diwarnai keributan.

Peristiwa itu terjadi lantaran sejumlah massa pendukung Prabowo-Sandi berkerumun tepat di depan tempat jualan salah seorang pedagang ikan. Sandiaga menjelaskan, bahwa hal tersebut bukanlah penolakan kampanye seperti yang tersebar di media sosial.

Sandi menerangkan, pedagang yang diketahui bernama Kornelis itu marah lantaran banyaknya pendukung Prabowo-Sandi yang berkumpul di daerah tersebut menutupi dagangannya.

"Biasalah, relawan kan berebut ada yang model-model gini kan. Ada yang naik-naik ke atas, terus penjaga tokonya marah. Ada yang diinjek-injek ikannya, ada yang disuruh turun," kata Sandiaga Uno di kawasan Bulungan, Jakarta, (27/2/2019). 

Meski ada kejadian tersebut, kata Sandi, pedagang ikan di kawasan itu tetap mengizinkan dirinya berkampanye. "Lalu saya sampaikan, boleh kita lanjutkan di sini? boleh, boleh," tuturnya.

Oleh karena itu, Sandi mengingatkan kepada para pendukungnya supaya memperhatikan tempat sekitar dan menjaga kesejukan dalam setiap kampanye.

"Karena setiap ke pasar itu semua ada yang antusias ingin salaman dan sebagainya, dalam antusiasmenya itu barang dagangan tidak sengaja terinjak dan terjatuh. Saya sampaikan minta maaf. Maaf boleh saya melanjutkan. Beliau menyampaikan silakan-silakan. Jadi bukan penolakan? Saya sih melihatnya bukan penolakan" tandas Sandiaga

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Gerebek Rumah Pasutri Diduga Pengedar Narkoba di Lampung

Posted: 26 Feb 2019 09:53 PM PST

Patroli, Lampung Utara - Tim Reskrim Narkoba Polres Lampung Utara memeriksa rumah pasangan pasutri di Jalan Ahmad Yani, Lampung Utara yang diduga sebagai bandar narkoba. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (27/2/2019), petugas berpakaian preman sampai naik ke plafon rumah kedua pelaku. Benar saja, di dalam sebuah kaleng biskuit, polisi menemukan barang bukti sabu seberat 1 kilogram.

 

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya kedua pelaku dijerat sejumlah pasal Undang-undang Narkotika dengan ancaman penjara seumur hidup hingga hukuman mati. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menggambar Bunga Mawar dengan Mudah, Cocok untuk Anak-Anak

Posted: 26 Feb 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas belajar pada anak dimulai pertama kali di rumah. Sebagai orangtua, Anda menjadi guru pertama untuk anak. Ada banyak hal yang bisa dipelajari si kecil dari Anda, seperti berkomunikasi dengan orang lain atau memahami emosi mereka sendiri. Mereka juga mendapatkan keterampilan hidup dasar di rumah seperti membaca, manajemen waktu, dan bahkan melipat baju-baju mereka.

Kegiatan sederhana yang Anda lakukan dengan anak di rumah membantu menambah pembelajaran mereka. Selain bercerita sebelum tidur, menyanyi dan melakukan permainan sensorik, menggambar bersama anak adalah kegiatan lain yang bermanfaat.

Anak bisa menggambar apapun sesuai dengan imajinasi dan kreativitasnya. Namun tak ada salahnya jika Anda sebagai orang tua mengajarinya untuk menggambar suatu objek.

Objek yang sering digambar anak adalah tumbuhan seperti pohon atau bunga. Anda bisa mengajarinya cara menggambar bunga pada si kecil. Banyak macam bunga yang dapat digambarkan, yang paling mudah adalah menggambar bunga dengan lima kelopak yang sudah sangat umum digambar.

Namun bagaimana jika Anda mengajarinya cara menggambar bunga mawar? Mungkin cara menggambar bunga mawar terlihat susah dilakukan anak karena gambar kelopak-kelopaknya yang rumit. Tapi sebenarnya cara menggambar bunga mawar cukuplah mudah dan dapat dipraktekkan oleh anak.

Ada beberapa tutorial cara menggambar bunga mawar yang mudah dipraktekkan untuk anak, salah satunya adalah cara menggambar bunga mawar yang Liputan6.com lansir dari Hellokids Rabu (27/2/2019), Anda dapat langsung mempraktikkannya sendiri bersama sang buah hati. Berikut langkah-langkahnya:

Siapkan peralatan

(sumber: istockphoto)

Siapkan peralatan menggambar seperti kertas gambar, pensil, penghapus dan pewarna. Anda dapat memilih alat warna seperti pensil warna atau krayon untuk mewarnai hasil dari gambaran si kecil.

Cara Menggambar Bunga Mawar: Pusat Bunga Mawar

(sumber: HelloKids)

Langkah pertama, gambarkan sebuah lingkaran kecil mirip biji kopi. Lingkaran ini nantinya akan menjadi pusat atau bagian tengah dari bunga mawar

Langkah kedua, tambahkan garis spiral melingkari lingkaran biji kopi tersebut.

Cara Menggambar Bunga Mawar: Tambahkan Kelopak

(sumber: HelloKids)

Langkah ketiga, gambar dua garis berlekuk di sebelah spiral. Garis-garis ini akan membentuk beberapa kelopak mawar.

Langkah keempat, buat tiga garis seperti pada contoh gambar untuk membentuk kelopak bagian tengah mawar.

 

Cara Menggambar Bunga Mawar: Tambahkan Kuncup

(sumber: HelloKids)

Langkah kelima, pada tiga garis yang dibuat tadi, tambahkan dua helai kelopak yang akan melengkapi kuncup mawar.

Langkah keenam, gambarlah kelopak luar dengan membuat kurva sederhana.

Cara Menggambar Bunga Mawar: Tambahkan batang dan daun

(sumber: HelloKids)

Langkah ketujuh, buat pangkal mawar dengan menggambar dua daun kecil di bawah kelopak mawar. Gambar batang dengan membuat garis melekuk vertikal.

Langkah kedepalan, tambahkan daun pada batang untuk melengkapi mawar Anda. Dengan begitu mawar sudah selesai dibuat.

Manfaat Menggambar Pada Anak

Aktivitas menggambar sangat bermanfaat. Hal ini bukan tanpa alasan, faktanya aktivitas menggambar dapat memiliki manfaat bagi pertumbuhan si kecil. Berikut manfaat menggambar untuk anak dilansir Liputan6.com dari The Asian Parents Rabu (27/2/2019)

1. Mengembangkan keterampilan motorik halus anak

Saat anak Anda belajar bagaimana memegang pensil, ini adalah kesempatan Anda untuk membantu mengembangkan keterampilan motorik halusnya dan meningkatkan ketangkasannya. Keterampilan ini adalah hal-hal penting dikuasai sejak dini karena natinya akan berperan penting saat ia melakukan tugas sehari-hari.

2. Mengasah seni dan kreativitas bawaan anak anda

Anak-anak secara alami terlahir kreatif. Melalui menggambar, Anda dapat membantu memelihara bakat seni dan kreativitas alami ini.

Dengan pensil di tangan, tidak ada batasan untuk apa yang dapat dibuat anak Anda. Bicaralah padanya saat dia menggambar untuk mencari tahu apa yang akan ia ciptakan.

Anda mungkin akan terkejut melihat bagaimana kotak biasa diibaratkan kastil dan kurva adalah naga ganas, hal ini menunjukkan bahwa anak imajinatif dan kreatif.

3. Melatih visual

Beberapa anak adalah pembelajar visual. Hal ini dapat berarti mereka belajar lebih baik melalui gambar. Menggambar dengan anak Anda bisa menjadi cara yang baik bagi Anda untuk mengajarkan hal-hal dan ide-ide baru padanya.

Anda dapat meminta anak Anda untuk menggambar jawabannya pada pertanyaan Anda. Beberapa hal yang dapat Anda tanyakan adalah mainan, makanan, karakter kartun, dan tempat favoritnya.

Saat ia mempelajari huruf-huruf alfabet, Anda dapat meminta anak Anda untuk memberi label gambarnya. Ini memberi Anda kesempatan untuk mengajarinya cara mengeja kata-kata tertentu dengan benar dan juga melatih keahlian menulisnya.

4. Belajar mengekspresikan diri melalui seni

Menggambar dengan anak akan memberi Anda kesempatan untuk mengajar ekspresi diri melalui seni. Tunjukkan pada si kecil bahwa menggambar dapat digunakan sebagai cara untuk menunjukkan emosi, pikiran, suka dan tidak suka.

Melalui penggunaan simbol, warna, dan arsiran dalam gambar mereka, kepribadian anak-anak muncul. Menjadikan ini sebagai kegiatan bersama tidak hanya memungkinkan anak-anak mengekspresikan diri mereka sendiri, tetapi juga membantu orang tua belajar lebih banyak tentang mereka.

Saat menggambar dengan anak Anda, jaga tangan dominannya. Pastikan pensil selalu digenggam dengan benar juga. Dengan kontrol tangan yang lebih baik, Anda akan mulai melihat corat-coret berlekuk berubah menjadi garis dan kurva yang lebih padat.

5. Menciptakan ikatan keluarga

Menggambar bersama bisa menjadi aktivitas ikatan non-gadget yang bagus untuk keluarga Anda. Jadikan akitvitas ini lebih menyenangkan dengan menjelajahi berbagai opsi aktivitas saat menggambar bersama anak Anda. Satu ide adalah untuk menyelesaikan gambar secara estafet, dengan masing-masing anggota keluarga menggambar untuk melengkapi ilustrasi.

Jika Anda ingin menggunakan warna, buat coretan krayon acak di atas kertas dan minta si kecil menggambar di atas coretan untuk membentuk gambar.

Jadikan menggambar dengan anak Anda kegiatan rutin untuk meningkatkan pembelajaran dan perkembangannya. Ini juga akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi Anda untuk melihat berbagai karya seni yang Anda buat sambil membuat kenangan berharga satu sama lain.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

73.158 Pelamar Ikuti Seleksi Kompetensi PPPK Tahap I

Posted: 26 Feb 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tercatat dari 73.381 pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) Tahap I yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi, sejumlah 73.158 mengikuti tahapan Seleksi Kompetensi yang digelar pada tanggal 23 hingga 24 Februari 2019 lalu.

Itu artinya, tidak semua peserta PPPK hadir dalam tes. Dari 73.381 pelamar yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi, terhitung tingkat kehadiran peserta tes kompetensi mencapai 99,7 persen atau hanya 73.158 yang mengikuti tahapan Seleksi Kompetensi, atau dapat diambil kesimpulan bahwa 0,3 persennya atau 233 peserta tidak hadir dalam tes tersebut.

Dikutip dari keterangan tertulis BKN, Rabu (27/2/2019), rangkaian tes kompetensi PPPK dilakukan dengan berbasis Computer Assisted Test (CAT) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) dan tahapan wawancara. Lokasi tesnya tersebar di 360 Kabupaten/Kota yang dilaksanakan di 417 SMA/SMK.

BKN juga menjelaskan, sebelum sampai pada tahapan Seleksi Kompetensi, pelamar PPPK sudah melakukan registrasi online terlebih dahulu melalui portal nasional Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Selanjutnya, dilakukan tahapan verifikasi administrasi oleh instansi masing-masing. Dari hasil verifikasi tersebut, kemudian diumumkan daftar pelamar PPPK yang lulus administrasi dan berhak mengikuti seleksi kompetensi.

Secara rinci, jumlah pelamar yang lulus administrasi meliputi 70.381 pelamar Instansi Pemerintah Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota) dan 2.994 pelamar Instansi Pusat (Perguruan Tinggi Negeri).

Lebih lanjut, berdasarkan jenis jabatan yang dilamar, 73.381 peserta lulus administrasi terdiri dari 59.267 pelamar Tenaga Pendidikan, 2.149 Tenaga Kesehatan, dan 11.965 Tenaga Penyuluh.

Mereka yang melampaui ambang batas (passing grade) akan diusulkan penetapan NIP oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) kepada BKN.

Proses selanjutnya dapat dilihat pada Peraturan BKN Nomor 1 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PPPK/P3K.

Intip Standar Kelulusan Seleksi PPPK

Peserta bersiap mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS diselenggarakan mulai 26 Oktober hingga 17 November 2018. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Seperti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), seleksi bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) juga harus lolos ambang batas (passing grade) kelulusan. 

Hal itu ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 4/2019 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Guru, Dosen, Tenaga Kesehatan, dan Penyuluh Pertanian. 

"Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri PANRB yang menentukan nilai ambang batas seleksi PPPK," ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRBMudzakir di Jakarta, Sabtu (23/2/2019).

Nilai ambang batas untuk kompetensi teknis, manajerial, serta sosial kultural paling rendah 65 (akumulatif), dan nilai kompetensi teknis paling rendah 42.

Jika peserta memenuhi nilai ambang batas tersebut, maka juga harus melampaui nilai ambang batas wawancara berbasis komputer paling rendah 15.

Setiap peserta seleksi PPPK harus melalui tiga tahapan yakni seleksi administrasi, seleksi kompetensi, dan seleksi wawancara. 

"Dalam tes yang akan berlangsung tanggal 23  dan 24 Februari ini, setiap peserta harus mengerjakan 100 soal, terdiri dari 90 soal kompetensi teknis, manajerial, serta sosial kultural, dan 10 soal wawancara berbasis komputer," imbuh Mudzakir.  

Seleksi PPPK saat ini dibuka untuk Tenaga Honorer (TH) Eks K-II yang telah mengikuti tes pada 2013 pada jabatan guru, dosen, dan tenaga kesehatan yang terdapat dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Khusus untuk Penyuluh Pertanian, database-nya ada pada BKN dan Kementerian Pertanian, dan database Kemenristekdikti untuk dosen. Sebanyak 372 Pemda (Provinsi/Kabupaten/Kota) telah menyampaikan usulan kebutuhan PPPK.

Pelamar seleksi yang belum terverifikasi oleh instansi terkait, belum dapat diikutsertakan dalam tes pengadaan Calon PPPK saat ini. (Yas)

Seleksi Digelar 23-24 Februari 2019

Suasana jelang tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS dilakukan di 269 titik lokasi tes di 34 provinsi di Indonesia. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) mendadak menunda tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi para dosen dan guru. Ini termasuk para tenaga eks honorer K2 serta dosen

Penundaan ini dilakukan tepat H-1 pelaksanaan tes kompetensi PPPK.  Pihak Kemenag menyebut, seleksi akan ditunda hingga tahap II yang rencananya berlangsung pada Mei hingga Juni 2019.

"Seleksi PPPK tahap I kita tunda hingga pengadaan tahap II," ujar Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag Ahmadi seperti dikutip dari situs kemenag.go.id

Ahmadi berkata, penundaan seleksi PPPK tahap I ini disebabkan masih ada kebutuhan koordinasi antara satuan kerja dengan Kemenag pusat dan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Sebab, tenaga honorer eks K2 Guru dan Dosen Kementerian Agama tersebar di seluruh provinsi.

Oleh sebab itu, Kemenag minta para pelamar agar terus memantau situs resmi https://ssp3k.bkn.go.id atau www.kemenag.go.id. "Kita akan koordinasikan terlebih dahulu antar pihak. Untuk yang sudah daftar, silahkan memantau perkembangannya di website Kementerian Agama atau BKN," jelas Ahmadi. 

Sebelumnya, BKN mengabarkan seluruh pelamar PPPK Kemenag tidak bisa ikut tahap selanjutnya, yakni tes kompetensi. Ini disebabkan Kemenag masih belum melakukan validasi hingga H-1.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bersama Perwakilan Parpol, KPU Gelar Rapat Sosialisasi Iklan Kampanye Pemilu 2019

Posted: 26 Feb 2019 09:49 PM PST

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan (kanan) berbincang bersama perwakilan parpol jelang rapat bersama, Jakarta, Rabu (27/2). Rapat membahas jadwal kampanye, rapat umum serta sosialisasi fasilitasi iklan kampanye Pemilu 2019. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan (kanan) berbincang bersama perwakilan parpol jelang rapat bersama, Jakarta, Rabu (27/2). Rapat membahas jadwal kampanye, rapat umum serta sosialisasi fasilitasi iklan kampanye Pemilu 2019. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan (tengah) memimpin rapat bersama perwakilan parpol, Jakarta, Rabu (27/2). Rapat membahas jadwal kampanye dan rapat umum serta sosialisasi fasilitasi iklan kampanye Pemilu 2019 di media massa. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan (tengah) memimpin rapat bersama perwakilan parpol, Jakarta, Rabu (27/2). Rapat membahas jadwal kampanye dan rapat umum serta sosialisasi fasilitasi iklan kampanye Pemilu 2019 di media massa. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan (tengah) memimpin rapat bersama perwakilan parpol, Jakarta, Rabu (27/2). Rapat membahas jadwal kampanye dan rapat umum serta sosialisasi fasilitasi iklan kampanye Pemilu 2019 di media massa. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan (tengah) memimpin rapat bersama perwakilan parpol, Jakarta, Rabu (27/2). Rapat membahas jadwal kampanye dan rapat umum serta sosialisasi fasilitasi iklan kampanye Pemilu 2019 di media massa. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan (tengah) memimpin rapat bersama perwakilan parpol, Jakarta, Rabu (27/2). Rapat membahas jadwal kampanye dan rapat umum serta sosialisasi fasilitasi iklan kampanye Pemilu 2019 di media massa. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan (tengah) memimpin rapat bersama perwakilan parpol, Jakarta, Rabu (27/2). Rapat membahas jadwal kampanye dan rapat umum serta sosialisasi fasilitasi iklan kampanye Pemilu 2019 di media massa. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan bersiap memimpin rapat bersama perwakilan parpol, Jakarta, Rabu (27/2). Rapat membahas jadwal kampanye dan rapat umum serta sosialisasi fasilitasi iklan kampanye Pemilu 2019 di media massa. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan bersiap memimpin rapat bersama perwakilan parpol, Jakarta, Rabu (27/2). Rapat membahas jadwal kampanye dan rapat umum serta sosialisasi fasilitasi iklan kampanye Pemilu 2019 di media massa. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

15 Penambang Emas di Bolaang Mongondow Berhasil Dievakuai, 1 Orang Tewas

Posted: 26 Feb 2019 09:46 PM PST

Patroli, Bolaang Mongondow - Beginilah suasana lokasi tambang emas tanpa izin (peti) yang ambruk di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (27/2/2019), saat ini masih dilakukan pencarian oleh tim gabungan yakni Basarnas Pos Kotamobagu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolaang Mongondow, TNI, dan Polri.

Hingga Rabu pagi, 15 orang berhasil dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu. Namun, dari 15 korban, satu di antaranya meninggal dunia.

Sementara itu, sejumlah korban kini telah dijemput pihak keluarga dan dibawa pulang. Kini tinggal dua korban yang mendapat perawatan di rumah sakit. Sedangkan korban yang dirawat menderita patah tulang serta luka benturan di kepala sehingga harus dirujuk ke rumah sakit lainnya.

Selasa malam, 26 Februrari kemarin, puluhan penambang di lokasi pertambangan emas tanpa izin (peti) Desa Bakan tertimbun saat sedang mengambil material. Lokasi tiba-tba ambruk. Sebagian penambang bisa menyelamtkan diri,  namun 60 penambang lainnya diduga tertimbun material bercampur batu dan tanah yang mengandung emas.

Evakuasi saat ini dilakukan dengan alat seadanya dan belum nampak alat berat yang digunakan. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belahan Gaun Magenta Marion Jola Saat Manggung Bikin Salah Fokus

Posted: 26 Feb 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama Marion Jola mulai dikenal orang sejak mengikuti ajang pencarian bakat Indonesia Idol. Penyanyi yang memiliki suara khas tersebut ternyata memiliki daya tarik sendiri.

Bukan hanya soal gaya bernyanyinya yang energik, gaya busananya pun kerap menjadi sorotan media. Ia dinilai sering terlihat seksi karena pilihan busananya.

Salah satunya saat perempuan berusia 18 tahun itu manggung di perayaan ulang tahun Mal Ciputra Jakarta. Mengenakan gaun berwarna magenta Marion tampil seperti gadis dewasa. Pasalnya, belahan depan gaun itu cukup terbuka.

Meski begitu, ia menyangkal gaun seksi yang dikenakannya merupakan pilihannya sendiri. "Jadi kalau yang kayak gini sebenarnya ini klien sendiri yang milih sih. Kita nyiapin beberapa choose,trus  kliennya milih," ujar pelantun lagu Jangan tersebut.

Penyayi asal Kupang itu merasa jika gaya busana yang dikenakannya tidak selalu seksi. Tetapi, orang-orang selalu menilainya seksi.

"Kadang-kadang sesuai kayak acaranya gimana. Aku kalau baju tertutup pun jatuhnya kayak gitu. Jadi sebenarnya bukan masalah gaya fashion, tapi ya emang bawaan dari diri aku aja," ujar Marion.

Meski begitu, ia mengaku pakaian yang dikenakannya tetap sesuai dengan tempat dan norma yang berlaku. Saat bekerja, kekasih Julian Jacob itu menggunakan busana yang sesuai dengan izin dan bagaimana situasi tempat ia bekerja.

Berbeda halnya saat gaya busana untuk sehari-hari Marion lebih memilih menggunakan baju yang nyaman dan dinilai tidak melanggar aturan di Indonesia. "Kalau aku pribadi untuk diri aku sehari-hari, aku sesantai mungkin senyaman mungkin, sesukanya aku," ucapnya.

Dengan citra seksi yang ditampilkannya, Marion mengaku keluarganya tak pernah komplain atau bahkan melarangnya.

"Karena mereka tahu kalau misalnya, aku tahu menahan dirinya gimana sih. Jadi nggak pernah ada masalah soal cara aku berpakaian," tambahnya.

Penampilaannya saat manggung di Mal Ciputra tidak membuatnya merasa ribet dan terganggu. Membawakan delapan buah lagu, Marion Jola mampu membuat penonton merasa terhibur dengan gaya bernyayinya yang luar biasa. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ada Enam 'Tuhan' akan Ikut Mencoblos di Jember

Posted: 26 Feb 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta KPUD Jember mencatat ada enam pemilih bernama Tuhan yang akan ikut dalam Pemilu 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menanam Bawang Merah di Pot di Halaman Rumah, Mudah dan Dapatkan Khasiatnya

Posted: 26 Feb 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bawang merah dikenal sebagai salah satu bumbu masak utama dunia yang berasal dari Iran, Pakistan, dan pegunungan-pegunungan di sebelah utaranya. Namun kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia, baik sub-tropis maupun tropis.

Selain digunakan sebagai bumbu wajib memasak, bawang merah ternyata juga bisa dikonsumsi dengan cara lain, loh. Misalnya saja dijadikan bawang goreng, acar sebagai pelengkap masakan, atau bahkan di makan mentah.

Tak hanya dikonsumsi sebagai makanan, bawang merah juga biasa digunakan untuk pengobatan tradisional. Banyaknya fungsi bawang merah ini karena ia memiliki banyak kandungan yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Banyaknya manfaat dari bawang merah ini, tak ada salahnya jikalau ingin menanamnya sendiri di rumah. Nah, kalau kamu tertarik untuk membudidayakan bawah merah, kamu bisa mencobanya sendiri menanam di rumah. Berikut Liputan6.com, Rabu (27/2/2019) telah merangkum yang dikutip dari berbagai sumber cara menanam bawang merah di pot.

Cara menanam bawang merah di pot

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

1. Pot

2. Tanah subur

3. Bibit bawang merah

Kamu bisa mendapatkan bibit dari bawang merah di rumah.

Cara Menanam Bawang Merah di Pot

1. Siapkan pot dan tanah subur sebagai media tanamnya. Campurkan sedikit pupuk ke dalam tanah tersebut.

2. Pilihlah bawang yang bagus sebagai bibit. Hindari bawang merah yang sudah memiliki bercak hitam, karena bisa mengakibatkan penyakit.

3. Potong bagian ujung bawang merah sedikit saja. Kalau sudah ada daun di bawang merahnya, tidak usah dipotong.

4. Letakkan beberapa siung bawang merah yang sudah tua tadi ke dalam pot. Bawang merah yang sudah tua memiliki ciri fisik sedikit kering dan terkadang sudah memiliki sedikit daun yang muncul.

5. Taruh di kedalaman 5 hingga 7 cm ke dalam tanah, lalu timbun kembali dengan tanah. Jangan menekan saat menanamnya, ya.

6. Jangan lupa untuk menyiram calon bawang merah setiap pagi dan sore. Hindarkan air menggenang dalam pot.

7. Bawang merah biasanya bisa dipanen setelah 60 – 90 hari. Tanda-tanda bawang merah yang sudah bisa dipanen adalah sudah memiliki daun yang layu dan sedikit kering. Nah, kalau menanamnya di pot, biasanya terdapat bawang yang menjulang ke atas.

8. Bawang merah yang sudah dipanen sebaiknya kamu jemur 1 – 2 minggu, agar kandungan airnya berkurang. Sehingga bawang merah menjadi lebih awet saat disimpan.

Manfaat Bawang Merah

Tak hanya sedap untuk dijadikan bumbu di berbagai olahan masakan. Namun ternyata bawang merah juga mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, loh. Dilansir dari Klik Dokter, Jurnal Phytotheraphy Research menyebutkan bahwa bawang merah merupakan salah satu sumber antioksidan yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, masih ada sederet manfaat lain dari bawang merah untuk kesehatanmu. Berikut Liputan6.com, Rabu (27/2/2019) telah merangkum dari Boldsky, beberapa manfaat dari bawang merah untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kalau kamu sulit mendapatkan kualitas tidur yang baik, kamu bisa coba mengonsumsi bawang merah. Kandungan probiotik dapat meningkatkan kualitas tidur dan meredakan stress, loh. Selain itu, bakteri baik pada bawang merah dipercaya mampu merangsang kinerja otak juga.

2. Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan sulfur yang terdapat pada bawang merah rupanya baik untuk kesehatan mata, loh. Zat tersebut mampu merangsang produksi protein yaitu glutathione yang berperan sebagai antiosidan. Selain itu, vitamin E yang terkandung pada bawang merah juga sangat baik untuk mata.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Beberapa peneliti menyebutkan bahwa bawang merah mampu mencegah osteoporosis. Tak hanya itu, bawang merah juga dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang dengan menjaga massa tulang.

4. Mencegah Peradangan

Kandungan quercetin pada bawang merah dipercaya dapat meredakan radang, loh. Jadi buat kamu yang sedang mengalami radang tenggorokan khususnya, bisa coba mengonsumsi bawang merah. Selain itu, bawang merah juga dapat membantu mengurangi nyeri kepala karena sinus dan hidung tersumbat. Hal ini karena kandungan sulfur yang terdapat pada bawang merah, yang mampu menghancurkan mukus.

5. Melancarkan Pencernaan

Saat kamu mengalami gangguan pencernaan, mulailah coba mengonsumsi bawang merah. Kandungan serat yang terdapat pada bawang merah ini baik bagi pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Selain itu, bawang merah juga dapat mencegah diare dan sembelit.

Bawang Merah untuk Kesehatan

6. Memperlancar Sistem Pernapasan

Merupakan salah satu obat antiradang, bawang merah juga dipercaya dapat memperlancar sistem pernapasan. Oleh sebab itu, penderita asma dan alergi disarankan untuk mengonsumsi bawang merah.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kalau kamu memiliki riwayat sakit jantung atau masalah pada jantung, cobalah konsumsi bawang merah. Kandungan flavonoid yang terkandung di dalam bawang merah dapat membantu kerja jantung. Selain itu, kandungan organosulfur pada bawang merah dapat mencegah resiko munculnya penyakit kardiovaskuler. Masih ada lagi, kandungan tiosulfinat mampu menurunkan resiko penyakit stroke.

8. Mencegah Kanker

Kandungan quercetin dan antosianin pada bawang merah dipercaya mampu menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh. Nah, tak heran kalau bawang merah ini terkenal menjadi salah satu obat mujarab untuk menghancurkan kanker sel kolon dan payudara.

9. Kadar Gula Darah Menurun

Kandungan sulfur yang terdapat di dalam bawang merah dipercaya mampu menurunkan gula darah, loh. Kalau kamu memiliki masalah dengan gula darah, kamu bisa coba selalu menambahkan bawang merah ke dalam menu makanan, ya.

10. Memperkuat Sistem Imun

Kandungan selenium pada bawang merah dipercaya mampu meningkatkan sistem imun. Memakan bawang merah mentah atau matang, maka sistem imun akan bekerja dan kamu akan terhindar dari infeksi penyakit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suara Mirip Nike Ardilla, Resha Finoza Nostalgia Para Fans

Posted: 26 Feb 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Resha Finoza membuktikan janji beberapa bulan yang lalu untuk mengeluarkan single barunya. Resha Finoza menceritakan cinta yang universal dengan single berjudul 'Tentang Kamu'.

Proses pembuatan single Resha Finoza ini dikerjakan selama 6 bulan. Lagunya sendiri bercerita tentang perasaan seorang wanita yang mencintai kekasihnya, namun akhirnya merasa disakiti. Hal tersebut berkaca dari pengalaman dari kebanyakan orang, terutama kaum wanita 

"Ini single perdana aku yang lirik lagunya sih galau ya tentang patah hati wanita. Jadi menceritakan seorang wanita yang disakiti hatinya. Bukan pengalaman pribadi sih, tapi ini bisa saja dialami oleh banyak wanita," ujar Resha Finoza saat ditemui di Sahid Sudirman Center, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

"Proses bikin lagunya sih cepat ya, tiga hari. Tapi yang lama itu menggarap aransemennya yang pas dan sesuai dengan pasar sampai enam bulan," papar Resha Finoza.

 

Nike Ardilla

Resha Finoza

Resha Finoza mengaku tidak main-main dalam peluncuran single barunya ini. Dengan karakter suara berbeda, dirinya ingin memunculkan konsep nostalgia sang legenda Almarhumah Nike Ardilla lewat lagunya tersebut

"Banyak orang yang bilang karakter suara aku mirip dengan karakter suara Nike Ardilla, meski sebenarnya ini adalah karakter suara asliku. Single yang aku rilis ini mungkin bisa sedikit mengobati nostalgia penggemar almarhum lantaran genre lagunya pop balad seperti lagu-lagu almarhumah," ujar Resha.

 

Musik Pop

Resha Finoza

Dalam berkarya Resha mengusung genre musik pop dan berharap lagunya meledak di pasaran.

Berdarah Arab-Betawi-Sunda, Resha menyebut bakat menyanyinya itu telah ada sejak lama. "Kalau aku memang dari kecil suka nyanyi ya, alhamdulilah bakatku tersalurkan. Sekarang aku harus bisa bagi waktu antara menyanyi, bisnis kuliner dan kecantikan. Semoga semuanya berjalan dengan lancar," pungkas Resha Finoza.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendagri Beber Beda e-KTP untuk WNI dan WNA

Posted: 26 Feb 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepemilikan e-KTP tenaga kerja asing (TKA) warga negara China menjadi sorotan warganet. Dirjen Disdukcapi Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan, yang berhak memiliki e-KTP adalah WNI dan WNA yang memiliki izin tinggal tetap.

"Pasal 63 UU 24/2013, WNA yang punya izin tetap bisa memiliki KTP elektronik," kata Zudan di Gedung Kemendagri, Rabu (27/2/2019).

Dia mengatakan, kepemilikan e-KTP bagi warga asing diatur dalam UU Administrasi Kependudukan Pasal 64 dan 64. Meski demikian, e-KTP untuk warga asing dan warga Indonesia.

"WNA ada masa berlaku, ada kewarganegaraan dan dalam penulisan kolom agama, status pernikahan dan pekerjaan ditulis dalam bahasa asing," kata dia.

Meski memiliki e-KTP, Zudan memastikan WNA tidak memilki hak pilih dalam pemilihan umum (Pemilu). "Karena dalam aturan pemilu yang bisa coblos adalah WNI," ucapnya.

Menurut Zudan saat ini total terdapat 1.600 e-KTP bagi WNA seluruh Indonesia. "Terbanyak di Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur," tandas Zudan.

Harus Sudah Kantongi Izin

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jawa Barat Heri Suherman mengatakan, WNA yang sudah mengantongi izin tinggal di Indonesia dari kantor Imigrasi sekarang sudah dapat mengurus E-KTP yang berlaku selama satu tahun.

Dengan catatan, kata Heri, WNA yang ingin memiliki KTP wajib memenuhi syarat seperti izin tinggal tetap, sesuai dengan UU Administrasi dan Kependudukan (Adminduk).

"WNA itu bisa mendapatkan KTP tapi KTP untuk WNA bukan KTP WNI. Bentuknya sama tapi warga negaranya kan berbeda," kata Heri, Selasa (26/2/2019).

Heri menjelaskan, tidak semua WNA yang tinggal menetap di Indonesia berhak memiliki KTP. Sebab, ada persyaratan ketat yang harus dipenuhi.

Izin tinggal tetap WNA harus diterbitkan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Adapun izin tinggal sendiri pada umumnya memiliki batas waktu tertentu dan bukan seumur hidup. Misalnya izin tinggal dalam waktu satu tahun, dua tahun atau tiga tahun.

"Dan itu tidak semua WNA yang tinggal di sini punya KTP. Ada syaratnya, harus punya Kitap (Kartu Izin Tinggal Tetap) dari Imigrasi. Syarat untuk mendapatkan Kitap itu ketat," ujarnya.

Ia juga memastikan, WNA tidak bisa menggunakan e-KTP untuk mencoblos di Pemilu 2019. Sebab, syarat untuk mencoblos adalah WNI sementara dalam e-KTP tercantum status sebagai WNA.

"Sekarang kan diributkannya karena menghadapi pemilu. Memang disangkanya WNA yang punya KTP elektronik itu bisa milih? Ya enggak lah, yang punya hak memilih kan WNI," kata Heri

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Ungkap Kesiapan RI Masuk Revolusi Industri 4.0

Posted: 26 Feb 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Indonesia masih membutuhkan lebih banyak upaya dan waktu untuk bisa memasuki revolusi industri 4.0.

Sebab, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang besar dengan kondisi geografis yang cukup luas.

"Karena kita ini besar, langkah yang harus dilakukan menjadi lebih banyak dan membutuhkan waktu lebih lama," ujarnya dalam acara Kadin Entrepreneurship Forum 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta Rabu (27/2/2019).  

Bendahara negara ini mengatakan, untuk bisa memasuki revolusi industri 4.0 pemerintah berkomitmen mendorong perbaikan industri secara nasional.

Salah satu contohnya dengan pembangunan infrastruktur secara merata di seluruh Indonesia dan juga mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

"Peningkatan SDM ini dilakukan dengan pendidikan vokasi dan pemberian beasiswa," ujar dia.

Di samping itu, dari segi ekonomi makro pihaknya juga mendorong kesiapan dengan berbagai kebijakan agar menjaga kestabilan perekonomian. Ini dilakukan melalui kebijakan fiskal serta berbagai insentif untuk mendorong peningkatan investasi dalam negeri.

"Jadi untuk perbaiki kesiapan Indonesia dibutuhkan dari berbagai elemen. Mulai dari institusinya, infrastruktur yang baik, makro ekonomi stabil dan sehat, kemampuan SDM dan produktivitas market. OSS juga harus dilakukan, efisiensi dilakukan, infrastruktur meski kita bangun terus kini kita di rangking 71, artinya masih membutuhkan lagi," paparnya.

Sri Mulyani menambahkan, kesiapan Indonesia dalam menghadapi perkembangan industri di era digitalisasi saat ini masih berada di peringkat ke 45 di dunia pada 2018.

Posisi ini meningkat apabila dibandingkan pada 2017 yang berada di posisi ke 47. Sementara di antara negara ASEAN posisi Indonesia berada di peringkat 4.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

RI Bersaing dengan Thailand

Menperin Airlangga Hartarto melakukan test drive saat penyerahan 10 mobil listrik dari Mitsubishi Motors kepada pemerintah Indonesia. Mobil tersebut terdiri dari delapan unit Mitsubishi Outlander PHEV dan dua unit i-MiEV. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sebelumnya, negara-negara di kawasan ASEAN saat ini telah bergerak mengadopsi revolusi industri ke-4 atau industri 4.0 melalui ASEAN 4.0. Di antara negara ASEAN lain, Thailand masih memimpin dalam penerapan industri 4.0 tersebut.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartato menyatakan, dalam penerapan industri 4.0, Indonesia sebenarnya tidak kalah dibandingkan dengan Negeri Gajah Putih tersebut.‎ Sejumlah industri nasional telah mampu berdaya saing global di era digital.

Beberapa industri bahkan menjadi percontohan dalam penerapan industri 4.0, di antaranya PT Schneider Electric Manufacturing Batam di sektor industri elektronika dan PT Chandra Asri Petrochemical di industri kimia.

Selanjutnya, PT Mayora Indah Tbk di industri makanan dan minuman, Sritex di industri tekstil dan pakaian, serta PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia di industri otomof. Di industri-industri tersebut sudah diaplikasikan teknologi digital, seper artificial intelligent dan internet of things.

"Beberapa industri itu tidak hanya menjadi percontohan di Indonesia, tetapi juga bagi Singapura. Bahkan, mereka akan dijadikan sebagai lighthouse di negara-negara ASEAN lain," ujar dia di Jakarta, Senin 11 Februari 2019.

‎Dari data World Economic Forum (WEF) pada 2017, Indonesia berada di peringkat kelima dunia, melalui peranan kontribusi sektor industri pengolahan kepada produk domestik bruto (PDB) nasional. Negara-negara industri di dunia, kontribusi sektor manufakturnya terhadap perekonomian rata-ratasekitar 17 persen.

Lima negara yang sektor industri pengolahannya mampu menyumbang di atas rata-rata tersebut, yakni China (28,8 persen), Korea Selatan (27 persen), Jepang (21 persen), Jerman (20,6 persen), dan Indonesia (20,5 persen). Artinya, PDB manufaktur Indonesia merupakan yang terbesar di kawasan Asean.

"Selain itu, apabila melihat indeks daya saing global, yang saat ini diperkenalkan metode baru dengan indikator penerapan revolusi industri 4.0, peringkat Indonesia naik dari posisi ke-47 pada tahun 2017 menjadi level ke-45 di 2018," ungkap Airlangga.

Menurut dia, industri 4.0 juga sangat penting karena mengingatkan dunia industri untuk melakukan capital expenditure (capex) atau alokasi anggaran untuk perbaikan, misalnya melakukan perbaikan alat produksi serta modernsisasi agar bisa berdaya saing.

"Dari tahun 2000-an, China investasinya sudah besar-besaran, sehingga menjadi power house," ungkap dia.

Bahkan, negara-negara di dunia yang berbasis manufaktur menilai bergulirnya era industri 4.0 sebagai hal penting karena akan menjadi peluang dalam mendorong pertumbuhan ekonominya. Hal ini tercermin dari penyiapan berbagai program dan kebijakan yang disusun dalam peta jalan mereka.

"Awalnya Jerman yang mulai memperkenalkan industri 4.0 pada 4-5 tahun lalu. Kemudian negara-negara lain, termasuk di Asia ikut mengadopsi. Misalnya, India mempunyai Make in India dan Thailand punya Thailand 4.0," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid vs Barcelona: Los Blancos Tak Pernah Takut kepada Messi

Posted: 26 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Pelatih Real Madrid, Santiago Solari menegaskan, anak asuhnya tidak gentar dengan bintang Barcelona, Lionel Messi jelang leg kedua semfinal Copa Del Rey di Estadio Santiago Bernabeu, Rabu (27/2/2019) atau Kamis dini hari WIB.

Messi tercatat sebagai pemain aktif Barcelona yang paling banyak menghadapi Real Madrid. Dia sudah terlibat dalam laga bertajuk El Clasico dalam 39 pertandingan.

Pemain Timnas Argentina itu juga tercatat sebagai top scorer El Clasico. Dia sudah mencetak 26 gol ke gawang Real Madrid.

"Kata-kata itu (takut dengan Messi) tidak ada dalam kamus mereka yang bertanding dalam sepak bola. Kami menikmati jalannya kompetisi, kami akan memberikan jiwa dan raga kami setiap hari."

"Kami masuk ke lapangan untuk bertarung guna memenangkan setiap pertandingan. Perspektif kami adalah menikmatinya," ucap Solari, seperti dikutip dari situs resmi Real Madrid.

 

Catatan Minus Messi

Lionel Messi menciptakan kemelut di pertahanan Real Madrid (JAVIER SORIANO / AFP)

Meski top scorer Barcelona di ajang El Clasico, seorang Messi tetap saja punya catatan minus. Pemain berusia 31 tahun itu tak mampu mencetak gol ke gawang Real Madrid di ajang El Clasico.

Bahkan, pada semifinal leg pertama Copa Del Rey, 7 Februari lalu, Lionel Messi tak amin akibat cedera. Namun pada leg kedua nanti, Messi dipastikan bermain.

 

Statistik Messi

Berikut statistik Lionel Messi di ajang El Clasico:

Main: 39

Gol: 26

Hat-trick: 2

Assist: 14

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Merawat Bayi Baru Lahir, dari Ujung Rambut hingga Kaki

Posted: 26 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran buah hati merupakan momen paling membahagiakan bagi tiap orangtua. Para orangtua pasti telah mempersiapkan sedemikian rupa kebutuhan sang calon buah hati sejak dalam masa kandungan.

Setelah lahir ke dunia, perjuangan orangtua akan makin ditempa, diawali dengan merawat sang buah hati yang baru lahir. Bagi orangtua baru, cara merawat bayi baru lahir pastinya juga merupakan hal yang baru.

Dilansir Liputan6.com dari KlikDokter Rabu (27/2/2019), Bayi yang berusia 0 sampai 28 hari pertama disebut dengan istilah neonatus (berasal dari kata neo= baru, natus/natal= lahir).

Saat baru lahir ke dunia, bayi harus mulai membiasakan diri dengan lingkungan sekitarnya yang tentu sangat berbeda dengan 'dunianya' pada saat dalam kandungan ibu. Dalam proses pembiasaan diri tersebut, bayi menghadapi beberapa hal ini:

- Sistem pertahanan tubuh (imunitas) yang belum berkembang sempurna

- Organ-organ tubuh yang sedang berkembang, yang sebelumnya tidak aktif maupun hanya sedikit aktif

- Pematangan berbagai jaringan vital dalam tubuh

- Tulang belulang yang masih lunak

Cara merawat bayi baru lahir bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kesabaran dan kehati-hatian dalam merawat bayi yang baru lahir. Berikut cara merawat bayi baru lahir dari ujung rambut hingga ujung kaki dilansir Liputan6.com dari Fitpregnancy Rabu (27/2/2019) cara merawat bayi baru lahir ini telah direkomendasikan dokter ini untuk menjaga bayi Anda bersih dan nyaman.

Cara merawat bayi baru lahir: wajah dan kulit kepala

ilustrasi bayi/copyright Pexels/Daniel Reche

Wajah

Sangat membingungkan melihat bayi baru lahir dengan wajah merah dan berbintik, tetapi bintik pada bayi adalah kondisi umum dan tidak berbahaya. Cuci muka bayi setiap hari dengan sabun bayi yang lembut.

Kulit Kepala

Banyak bayi baru lahir mengalami kondisi kulit kepala bersisik yang disebut cradle cap. Biasanya kondisi ini dapat menghilang dalam beberapa bulan pertama.

Cuci rambut bayi Anda dengan sampo bayi yang lembut tidak lebih dari tiga kali seminggu. Sikat sisik dengan lembut setiap hari menggunakan sikat rambut bayi atau sikat gigi lembut.

Cara merawat bayi baru lahir: mata dan hidung

Memandikan bayi/copyright: shutterstock

Mata

Beberapa bayi mengeluarkan cairan kekuningan atau belek di mata atau kelopaknya. Hal ini biasanya disebabkan oleh saluran air mata yang tersumbat. Kondisi ini dapat berlangsung beberapa bulan. Usap area mata menggunakan bola kapas yang dibasahi dengan air hangat untuk menghilangkan belek pada mata bayi.

Hidung

Hidung memiliki cara untuk membersihkan dirinya secara alami. Jika hidung bayi terlihat kotor atau berlendir cukup bersihkan bagian luar hidung bayi.

Jika bayi Anda pilek dan terdapat lendir yang menyumbat hidung. Coba untuk mengeluarkan lendir dengan lembut menggunakan penyedot atau aspirator seukuran hidung bayi.

Cara merawat bayi baru lahir: kuku dan kulit

Foto: Johnson's

Kuku

Kuku bayi yang baru lahir biasanya bertekstur lebih lunak, tetapi kuku bayi juga bisa menggores kulit sensitifnya. Gunakan gunting kuku bayi atau gunting berujung tumpul. Potong kuku bayi setelah mandi ketika kuku dalam keadaan lembut, atau ketika bayi dalam keadaan tidur sehingga jari-jarinya rileks.

Kulit

Beberapa bayi mengalami bercak merah dan gatal yang disebut eksim atau dermatitis atopik. Batasi waktu mandi hingga 10 menit. Gunakan sabun lembut yang tidak mengandung pewangi, dan air hangat. Oleskan krim kulit hypoallergenic segera setelahnya. Kenakan pakaian berbahan katun pada bayi.

Pembuluh darah pada kulit bayi akan terlihat melalui kulit halusnya, hal ini akan memberi efek warna merah muda atau kemerahan pada bayi. Kulit bayi baru lahir juga terlihat keriput karena ia baru saja menghabiskan sembilan bulan dalam cairan dan pada saat keluar ke dunia ia terpapar udara kering, ditambah lagi ia sedikit dehidrasi setelah lahir.

Sistem peredaran darahnya belum cukup cepat, jadi ketika dia tidur, tangan dan kakinya mungkin terlihat kebiru-biruan. Jika Anda khawatir, angkat dan perhatikan kulitnya kembali ke warna normal.

Cara merawat bayi baru lahir: tali pusat, pantat bayi, dan kaki

Memilih popok yang salah dapat menyebabkan kulit bayi iritasi dan lecet. Lalu, bagaimana cara memilih popok yang benar?

Tali pusar

Jaga bekas potongan tali pusat tetap bersih dan kering. Tali pusat akan lepas dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Jangan oleskan apapun pada tali pusat. Tali pusat tidak perlu ditutup dengan kasa atau popok maupun gurita. Jika tali pusat kotor, segera bersihkan dengan air bersih dan sabun lalu keringkan dengan kain bersih.

Pantat bayi

Kelembaban tinggi ditambah kulit sensitif dapat menimbulkan ruam popok bagi banyak bayi. Ganti popok sesering mungkin. Bilas pantat bayi Anda dengan air setiap kali ganti popok dan keringkan.

Hindari menggunakan tisu karena mereka dapat mengiritasi kulit. Krim seperti petroleum jelly atau white zinc oxide, dapat membantu menyeimbangkan kelembaban kulit pada pantat bayi.

Ruam popok terlihat sangat umum di tahun pertama, terutama pada bayi dengan kulit sensitif. Beberapa deterjen dan pelembut kain juga bisa menyebabkan ruam popok. Anda bisa mencegah ruam popok dengan sering mengganti popok bayi. Pastikan bayi bersih dan kering setiap saat.

Kaki

Kaki bayi yang baru lahir cenderung tidak lurus. Hal ini normal mengingat tempat tinggal mereka di Rahim ibu yang sebelumnya sempit.

Jangan khawatir tentang hal itu kaki bayi Anda akan lurus dengan sendirinya dalam enam hingga 18 bulan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Origami Burung Bangau dengan Praktis dan Menarik

Posted: 26 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Origami merupakan keterampilan membuat bermacam-macam bentuk benda dengan menggunakan kertas origami atau kertas lipat. Keterampilan ini berasal dari Jepang.

Kertasnya yang mudah dibentuk, memudahkan pengguna untuk membuat sesuatu yang unik, menarik tapi simpel. Cara membuat origami ini sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, asalkan dia memiliki keterampilan dan keuletan.

Kata origami sendiri terdiri dari kata 'ori' yang artinya 'lipat' dan 'kami' yang artinya 'kertas'. Sekitar tahun 741 Masehi, tradisi melipat kertas mulai mulai berkembang di Jepang. Ini berawal dari seringnya masyarakat Jepang membuat penutup botol sake (arak Jepang) dari kertas yang dilipat.

Dengan berkembangnya zaman, seni melipat kertas asal Jepang atau origami menjadi sangat populer dan banyak diminati masyarakat dunia dan tidak terkecuali di Indonesia. Bukan hanya melatih keterampilan tangan, membuat origami juga mengasah kreativitas yang kamu miliki.

Salah satu bentuk origami yang sering dibuat adalah origami burung. Ada bermacam-macam jenis origami burung yang bisa kamu buat dengan kertas origami. Salah satu bentuk origami yang paling sering dibuat adalah origami burung bangau. Berikut liputan6.com rangkum cara membaut origami burung bangau Rabu, (27/2/2019).

Cara membuat origami burung bangau tahap pertama

Siapkan selembar kertas origami. Biasanya kertas origami ada yang berbentuk persegi dan persegi panjang. Jika kamu memiliki kertas origami persegi panjang, ubahlah kertas itu menjadi bentuk persegi sama sisi dengan melipat sudut atas ke bawah secara diagonal.

Kamu bebas untuk memilih kertas origami dengan warna apa pun. Namun, sebaiknya pilihlah kertas bermotif berwarna-warni, karena dengan kertas warna-warni kepakan sayap burung akan semakin indah.

Jika kertas memiliki warna yang berbeda pada kedua sisinya, tentukan sisi mana yang menghadap ke atas dan sisi mana yang menghadap ke bawah.

Jika kertas kamu memiliki warna yang sama di kedua sisinya, buatlah tanda atau gambar kecil untuk mengenali kedua sisi tersebut. Sisi yang menghadap meja adalah sisi yang akan kamu lihat ketika burung selesai dibuat.

Cara membuat origami burung bangau tahap kedua

Setelah persiapan kertas selesai, cara membuat origami burung bangau selanjutnya adalah buatlah lipatan diagonal. Mulailah dengan meletakkan kertas persegi tersebut di depan kamu, dengan sudut bawah kertas menunjuk ke dada kamu.

Pertemukan sudut atas kertas ke sudut bawah, kemudian gunakan jari untuk menegaskan lipatan. Sekarang kertas telah berbentuk segitiga yang sudutnya menghadap ke kamu. Kemudian buka kembali lipatan tersebut sehingga kertas kembali berbentuk persegi.

Cara membuat origami burung bangau tahap ketiga

Cara membuat origami burung bangau dengan membaut lipatan diagonal yang lain. Putar posisi kertas dan buatlah lipatan lagi, kali ini pertemukan sudut yang lain dengan sudut di seberangnya. Pertegas lipatan kedua dengan jari. Kedua lipatan tersebut akan membentuk huruf X pada kertas.

Cara membuat origami burung bangau tahap keempat

Lipatlah kertas menjadi dua secara horizontal. Letakkan kertas di depan kamu dengan posisi tepi bawah kertas sejajar dengan dada. Lipatlah kertas menjadi dua, pertemukan tepi atas kertas dengan tepi bawahnya. Pertegas lipatan dengan jari. Buka kembali lipatan tersebut sehingga kertas kembali berbentuk persegi.

Lipatlah kertas menjadi dua sekali lagi. Putarlah kertas ke samping dan lipatlah menjadi dua sekali lagi, kemudian pertegas lipatan tersebut dengan jari. Buka kembali lipatan tersebut. Sekarang kamu telah memiliki empat bekas lipatan yang berpotongan di tengah kertas persegi.

Cara membuat origami burung bangau tahap kelima

Jepitlah sisi-sisinya untuk membentuk persegi yang lebih kecil. Jepitlah kedua sisi kertas sepanjang lipatan horizontal, pertemukan sudut kiri dan kanan menuju sudut bawah. Kedua sisinya akan bertemu di tengah, dan sudut atasnya akan terlipat menumpuk di atasnya untuk membentuk persegi yang lebih kecil.

Lipatlah sisi kanan. Dengan sudut bawah kertas mengarah ke dada kamu, lipatlah lapisan depan kertas dari sudut kanan ke dalam sehingga tepinya sejajar dengan lipatan tengah.

Lipatlah sisi kirinya. Lakukan hal yang sama dengan melipat lapisan depan kertas dari sudut kiri ke dalam sehingga tepinya sejajar dengan lipatan tengah. Gunakan jari untuk mempertegas lipatan.

Cara membuat origami burung bangau tahap keenam

Jaga Kesehatan Mental dengan Seni Melipat Origami (AnastasiaNi/Shutterstock)

Balikkan kertas untuk membuat lipatan yang sama. Sekarang kertas terlihat seperti layang-layang di kedua sisinya. Bukalah layang-layang tersebut. Arahkan posisi kertas sehingga sudut bawahnya (bagian yang lipatannya dapat dibuka untuk memperlihatkan bagian dalamnya) mengarah ke dada.

Balikkan kertas. Ulangi lipatan tadi pada sisi yang lain. Bukalah layang-layang yang ada di sisi belakang kertas.

Lipatlah kedua bagian yang berada di bawah ke atas secara diagonal. Bukalah lipatan tersebut sehingga kertas kembali berbentuk wajik. Balikkan kertas dan bukalah lipatan. Lipatlah ujung salah satu bagian diagonal kertas ke bawah.

Lipatan terbalik ini akan membentuk kepala. Lipatlah salah satu sayap ke bawah. Balikkan sisi burung tersebut. Tariklah ekor untuk mengepakkan sayap. Dan selesai deh.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Antusiasme Pengunjung Berburu Buku di Islamic Book Fair 2019

Posted: 26 Feb 2019 09:30 PM PST

Sejumlah anak mencari buku yang mereka inginkan pada Islamic Book Fair 2019 di Jakarta Convetion Center, Jakarta, Rabu (27/2). Pameran buku ini berlangsung hingga 3 Maret. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah anak mencari buku yang mereka inginkan pada Islamic Book Fair 2019 di Jakarta Convetion Center, Jakarta, Rabu (27/2). Pameran buku ini berlangsung hingga 3 Maret. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung mencari buku di Islamic Book Fair 2019 di JCC, Jakarta, Rabu (27/2). Pameran buku tersebut menghadirkan 213 penerbit buku di Indonesia serta mancanegara dengan 48.250 judul dan 3,6 juta eksemplar buku. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung mencari buku di Islamic Book Fair 2019 di JCC, Jakarta, Rabu (27/2). Pameran buku tersebut menghadirkan 213 penerbit buku di Indonesia serta mancanegara dengan 48.250 judul dan 3,6 juta eksemplar buku. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung mencari buku yang mereka inginkan pada Islamic Book Fair 2019 di Jakarta Convetion Center, Jakarta, Rabu (27/2). Pameran buku ini berlangsung hingga 3 Maret. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung mencari buku yang mereka inginkan pada Islamic Book Fair 2019 di Jakarta Convetion Center, Jakarta, Rabu (27/2). Pameran buku ini berlangsung hingga 3 Maret. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang anak melihat buku di Islamic Book Fair 2019 di JCC, Jakarta, Rabu (27/2). Pameran buku tersebut menghadirkan 213 penerbit buku di Indonesia serta mancanegara dengan 48.250 judul dan 3,6 juta eksemplar buku. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang anak melihat buku di Islamic Book Fair 2019 di JCC, Jakarta, Rabu (27/2). Pameran buku tersebut menghadirkan 213 penerbit buku di Indonesia serta mancanegara dengan 48.250 judul dan 3,6 juta eksemplar buku. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang pria merapihkan buku selama Islamic Book Fair 2019 di Jakarta Convetion Center, Jakarta, Rabu (27/2). Pameran buku ini berlangsung hingga 3 Maret. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang pria merapihkan buku selama Islamic Book Fair 2019 di Jakarta Convetion Center, Jakarta, Rabu (27/2). Pameran buku ini berlangsung hingga 3 Maret. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung mencari buku yang mereka inginkan pada Islamic Book Fair 2019 di Jakarta Convetion Center, Jakarta, Rabu (27/2). Pameran buku ini berlangsung hingga 3 Maret. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung mencari buku yang mereka inginkan pada Islamic Book Fair 2019 di Jakarta Convetion Center, Jakarta, Rabu (27/2). Pameran buku ini berlangsung hingga 3 Maret. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang pria merapihkan buku selama Islamic Book Fair 2019 di Jakarta Convetion Center, Jakarta, Rabu (27/2). Pameran buku ini berlangsung hingga 3 Maret. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang pria merapihkan buku selama Islamic Book Fair 2019 di Jakarta Convetion Center, Jakarta, Rabu (27/2). Pameran buku ini berlangsung hingga 3 Maret. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Puluhan Penambang Emas Tertimbun, 1 Meninggal

Posted: 26 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tanah longsor menimbun puluhan penambang di Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Satu diantanya dinyatakan tewas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KTT Kedua AS dan Korea Utara Membuat Jepang Merasa Tersisih?

Posted: 26 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Tokyo - Dalam Sidang Umum PBB yang diadakan pada September 2018, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan bahwa ia siap untuk "memecahkan keraguan" dengan Korea Utara dan mengadakan pertemuan puncak (KTT) dengan pemimpinnya, Kim Jong-un.

Namun sejak itu, di tengah hiruk pikuk KTT antara Amerika Serikat dan Korea Utara, Korea Selatan dan Korea Utara, serta China dan Korea Utara, Jepang khawatir bahwa Donald Trump mungkin akan mencapai kesepakatan dengan Pyongyang tanpa berkonsultasi dengan Tokyo.

Hingga saat ini, Jepang belum mencapai kesepakatannya sendiri dengan Korea Utara, sehingga menurut para pengamat internasional, pertemuan kedua antara Trump dan Kim Jong-un mencerminkan posisi genting Negeri Sakura sekarang.

"Di budaya Jepang, ketimbang berharap sesuatu yang baik terjadi, orang berharap sesuatu yang buruk tidak terjadi," ujar seorang pejabat Jepang yang enggan disebutkan namanya, sebagaimana dilansir dari situs foreignpolicy.com, Rabu (27/2/2019).

Pada pertemuan puncak mereka di Vietnam, Donald Trump dan Kim Jong-un kabarnya akan membahas potensi konsesi Korea Utara mengenai perlucutan senjata nuklir. Sekutu, diam-diam, takut bahwa Kim bisa mengalahkan Trump dalam upayanya untuk mengamankan politik luar negeri.

Ketakutan Terbesar

Kekhawatiran utama lainnya yakni Pyongyang, lagi-lagi, bisa mengingkari janjinya dari langkah-langkah nyata untuk denuklearisasi --masalah yang telah menjengkelkan para diplomat top AS dalam beberapa dekade terakhir. Kepala intelijen AS menyebut, Korea Utara tidak mungkin menghancurkan seluruh program dan situs nuklirnya. Di samping itu, negosiasi antara Trump dan Kim dalam KTT Singapura pada Juni 2018 dinilai gagal total.

Sementara itu di Korea Selatan, Presiden Moon Jae-in telah berusaha untuk menjalin hubungan yang sangat erat dengan Kim Jong-un, dalam upayanya untuk memperbaiki hubungan antara kedua negara.

Jepang, di sisi lain, harus ikut andil dengan urusan Korea Utara melalui Seoul atau Washington, karena Pyongyang belum menanggapi tawaran diplomatik dari Tokyo. Sikap Pyongyang ini membuat Shinzo Abe merasa terjebak di antara dua pemimpin tersebut.

Beberapa ahli menekankan bahwa Jepang berada dalam posisi diplomatik yang kuat, mengingat hubungan pribadi Abe dengan Trump yang karib. Meskipun Korea Utara menolak untuk terlibat dengan mereka, tetapi Abe seolah kembali dipaksa untuk menyaksikan apa yang akan terjadi dari KTT Hanoi.

"Ketika berbicara dengan pejabat Jepang, mereka merasa khawatir. Mereka merasa terisolasi," kata Bruce Klingner, seorang sarjana di Heritage Foundation dan mantan wakil kepala divisi CIA untuk Korea.

Saat disinggung tentang keputusan presiden AS, Klingner menegaskan, "Mereka waspada akan kejutan."

Setelah KTT Singapura, Donald Trump secara sepihak mengumumkan bahwa dia akan mengakhiri beberapa latihan militer bersama dengan Korea Selatan, menyentak sekutu dan bahkan beberapa di Departemen Pertahanan AS.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

KTT Hanoi Harus Ingat Jepang?

Presiden AS, Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berbincang selama pertemuan mereka di Resor Mar-a-Lago, Florida, Selasa (17/4). Pertemuan untuk mencari pemahaman bersama mengenai masalah nuklir Korea Utara. (AP/Pablo Martinez Monsivais)

Pada Desember 2018, Trump kembali mengejutkan sekutu AS, dengan menarik seluruh pasukannya dari Suriah dan Afghanistan. Keputusan tersebut mendorong Menteri Pertahanan AS, James Mattis, dan utusan tinggi untuk penanggulangan ISIS, Brett McGurk, mengundurkan diri.

Kabar itu pun menggema di seantero Asia Timur dan menggetarkan saraf sekutu AS, menurut Jung Pak, ketua studi Korea di Brookings Institution.

Apa yang disisakan untuk sekutu di kawasan tersebut, katanya, adalah "rasa tidak aman, lindung nilai (suatu investasi yang dilakukan khususnya untuk mengurangi atau meniadakan risiko pada suatu investasi lain), serta frustrasi yang konon muncul karena ulah Trump.

Jepang tetap sangat bergantung pada aliansinya, AS, mengingat adanya peningkatan ancaman militer China dan Korea Utara dalam pengembangan program nuklir dan rudal.

Konstitusi antiperang Jepang, yang dibuat setelah Perang Dunia II, membatasi penggunaan militer hanya untuk tindakan defensif, meskipun pemerintah Shinzo Abe berusaha untuk mereformasi konstitusi dan mengubah Pasukan Pertahanan Jepang (Self-Defense Forces) menjadi militer layanan penuh.

Ada ketakutan umum lain yang terjadi pada Tokyo, yakni Donald Trump dapat mencapai kesepakatan dengan Kim Jong-un yang menangkal ancaman terhadap AS, namun meninggalkan sekutu regional dalam kesulitan. Demikian menurut Hiroyuki Akita, seorang komentator untuk kantor berita lokal: Nikkei.

"Tetapi saya tidak tahu apakah hubungan pribadi Trump dan Abe akan menjadi faktor penting dalam KTT Hanoi. Saya tidak begitu yakin sejauh mana relasi mereka akan cukup efektif untuk mencegah Trump membuat kesepakatan yang tidak menguntungkan bagi Jepang," Akita menjabarkan.

Kesepakatan hipotetis ini mencakup pada rudal balistik antarbenua milik Korea Utara yang mencapai puncak denuklirisasi terhadap daratan AS, namun rudal jarak pendek dan menengahnya tetap dijalankan sehingga bisa mengancam Jepang.

"Masa depan banyak negara bergantung pada kesepakatan yang keluar dari KTT Hanoi, situasi genting Jepang dapat menjadi lebih jelas," ucap Naoko Aoki, seorang rekan di Rand Corp. Sebagai salah satu hasil potensial dari KTT kedua Trump dan Kim: para negosiator AS telah mendirikan kantor penghubung di Korea Utara, meskipun kantor itu akan berada jauh dari kedutaan besar.

Aktor utama lainnya, termasuk Rusia dan China, memiliki kedutaan besar di Pyongyang, sementara Korea Selatan mendirikan kantor penghubung sendiri dengan Korea Utara pada September lalu.

"Itu berarti, Jepang akan menjadi satu-satunya negara utama (di kawasan) tanpa kehadiran atau saluran diplomatik yang dapat digunakan antara kedua negara," pungkas Aoki.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mertua Sakit, Fitri Carlina Sedih Belum Bisa Beri Cucu

Posted: 26 Feb 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ibu dari suami Fitri Carlina, sudah dikabarkan sakit sejak sekitar pertengahan bulan Februari 2019. Saat ditemui di kawasan Kedoya, Jakarta Barat, baru-baru ini, Fitri Carlina memberikan kabar perkembangan kesehatan sang ibu mertua.

Fitri Carlina menyebutkan bila saat ini keadaan ibu mertuanya sudah mulai membaik meski masih ada sedikit gangguan pada saraf komunikasinya.

"Untuk tingkat ingatan beliau masih sedikit terganggu karena saraf komunikasi dia yang tersumbat, tidak teraliri darah, pelan pelan sedang recovery. Memori dia masih ingat dengan yang lama-lama, dia ingatnya papih masih hidup padahal sudah almarhum, terus dia juga menganggap saya sedang hamil," terangnya.

Melihat keadaan ibu mertua yang menganggap dirinya hamil, nyatanya Fitri Carlina mengaku sampai saat ini masih belum berbadan dua. Ia juga merasa sedih dan tak enak hati jika harus menuturkan kebenaran tersebut kepada mertuanya itu.

 

 

Belum Hamil

Fitri Carlina (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Sedih sih pastinya karena dalam kondisi seperti ini, kondisi beliau dalam keadaan terpuruk, aku belum bisa memberikan cucu buat beliau. Ini menjadi pukulan berat buat aku dan suami," curhat Fitri Carlina.

"Rasanya hati ini seperti teriris-iris  kalau aku ketemu mama dan dia bilang 'baik-baik ya' sambil pegang perut aku. Aku juga nggak tega menjelaskan keadaan sebenarnya bahwa aku belum hamil, takutnya kenapa-napa karena sepertinya itu juga yang membuat penyemangat dia untuk sehat dengan menganggap aku sedang dalam keadaan hamil," dia melanjutkan.

 

Diberi Keturunan

Fitri Carlina (Nurwahyunan/bintang.com)

Meski belum hamil, Fitri Carlina mengaku ia dan sang suami sudah berupaya sebisa mungkin agar segera diberi keturunan.

"Yah, kami sudah berusaha berbuat maksimal mungkin sampai hampir semua yang dikatakan teman-teman yang kasih nasihat hampir aku jalani, dari kurma muda, mengamalkan surat, itu sudah sampai kesehatan aku malah sampai terpuruk," tuturnya.(Kapanlagi.com/ Dadandeva)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mahfud MD Temui Pimpinan KPK

Posted: 26 Feb 2019 09:24 PM PST

Pakar hukum dan tata negara, Mahfud MD menjawab pertanyaa seusai menemui pimpinan KPK, Jakarta, Rabu (27/2). Mahfud Md memenuhi undangan para unsur pimpinan KPK untuk berdiskusi tentang tindak pidana korupsi dan pencegahannya. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pakar hukum dan tata negara, Mahfud MD menjawab pertanyaa seusai menemui pimpinan KPK, Jakarta, Rabu (27/2). Mahfud Md memenuhi undangan para unsur pimpinan KPK untuk berdiskusi tentang tindak pidana korupsi dan pencegahannya. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pakar hukum dan tata negara, Mahfud MD meninggalkan gedung KPK seusai menemui pimpinan lembaga antisurah itu, Jakarta, Rabu (27/2). Mahfud Md menemui pimpinan KPK untuk berdiskusi tentang tindak pidana korupsi dan pencegahannya. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pakar hukum dan tata negara, Mahfud MD meninggalkan gedung KPK seusai menemui pimpinan lembaga antisurah itu, Jakarta, Rabu (27/2). Mahfud Md menemui pimpinan KPK untuk berdiskusi tentang tindak pidana korupsi dan pencegahannya. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pakar hukum dan tata negara, Mahfud MD meninggalkan gedung KPK seusai menemui pimpinan lembaga antisurah itu, Jakarta, Rabu (27/2). Mahfud Md menemui pimpinan KPK untuk berdiskusi tentang tindak pidana korupsi dan pencegahannya. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pakar hukum dan tata negara, Mahfud MD meninggalkan gedung KPK seusai menemui pimpinan lembaga antisurah itu, Jakarta, Rabu (27/2). Mahfud Md menemui pimpinan KPK untuk berdiskusi tentang tindak pidana korupsi dan pencegahannya. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud Md berada dalam mobil ketika meninggalkan Gedung KPK, Rabu (27/2). Mahfud Md memenuhi undangan para unsur pimpinan KPK untuk berdiskusi tentang tindak pidana korupsi dan pencegahannya. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud Md berada dalam mobil ketika meninggalkan Gedung KPK, Rabu (27/2). Mahfud Md memenuhi undangan para unsur pimpinan KPK untuk berdiskusi tentang tindak pidana korupsi dan pencegahannya. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kicauan Kocak Warganet soal Tagar Syahrini Reino Satu Atap

Posted: 26 Feb 2019 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Syahrini dan Reino Barack dilaporkan sudah resmi menikah pada hari ini, Rabu (27/2/2019). Pernikahan keduanya pun dibicarakan banyak orang, termasuk warganet.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Rabu (27/2/2019), tagar #SyahriniReinoSatuAtap bertengger di puncak Indonesia trends Twitter. Tak hanya ucapan selamat atas pernikahan keduanya, berbagai twit lucu pun berhamburan di situs microblogging tersebut.

Berikut sejumlah twit tersebut:

"Syahrini nikah di Jepang biar tidak perlu pawang hujan, soalnya Indonesia lagi musim ujan #SyahriniReinoSatuAtap," tulis @celindry.

"Syahrini sengaja nikah di jepang karena kalau nikah di indonesia isi amplop nya kosong tapi dipegangnya tebel #SyahriniReinoSatuAtap," kicau @tiara_newa.

"Syahrini Reino nikah di Jepang, biar gak ada tetangga yang bolak balik ngambil soto sama es buat dirumahnya #SyahriniReinoSatuAtap," tulis pengguna dengan akun @miqbalbal91.

Syahrini dan Reino Barack Menikah di Jepang

Reino Barack buka-bukaan soal hubungannya dengan Syahrini dan Luna Maya

Syahrini dan Reino Barack telah resmi menjadi pasangan suami istri. Keduanya diketahui telah menjalani ijab kabul di Masjid Tokyo Camii & Turkish Culture Center, Jepang, Rabu (27/2/2019).

Instagram Story dari akun @teamsyahreino, menunjukkan bahwa Syahrini dan Reino Barack sudah resmi menikah. Namun, dalam unggahan tersebut hanya tampak para tamu undangan, sementara Syahrini dan Reino Barack belum terlihat.

Berita pernikahan Syahrini dan Reino Barack memang menjadi perbincangan hangat selama sepekan terakhir. Berbagai tanggapan negatif dan positif pun datang dari khalayak ramai.

Bahkan, segelintir orang masih ada yang mengait-ngaitkan tentang hubungan Reino Barack dan mantan kekasihnya, Luna Maya. Seperti yang diketahui, sebelum menjalin kedekatan dengan Syahrini sampai akhirnya menikah, Reino Barack dan Luna Maya sempat berpacaran selama lima tahun.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Harap e-Court Bisa Wujudkan Transparansi Yudisial

Posted: 26 Feb 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi Mahkamah Agung (MA) yang telah menerapkan sistem aplikasi pengadilan elektronik atau e-Court. E-Court merupakan adalah layanan pendaftaran perkara online, pembayaran online dan pemanggilan online.

Sistem e-court MA memungkinkan penggugat melakukan permohonan atau gugatan perdata/perdata agama/TUN di seluruh Indonesia secara elektronik tanpa perlu datang langsung ke gedung pengadilan.

Jokowi mengatakan, penerapan e-Court akan mempercepat terwujudnya pelayanan peradilan yang sederhana, cepat dan berbiaya ringan.

"Saya berharap implementasi e-Court juga sebagai jalan untuk mewujudkan transparansi yudisial," ucap Jokowi saat sambutan Pleno MA 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2019).

Jokowi juga menginginkan e-Court bisa membangun kultur baru di lingkungan MA. Misalnya kultur meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang inovatif.

Alumni Universitas Gajah Mada (UGM) ini melanjutkan, sistem e-Court MA memang sangat diperlukan untuk mengembalikan kepercayaan rakyat terhadap hukum dan sistem peradilan Indonesia. Sebelumnya, kata Jokowi, banyak yang beranggapan bahwa hukum dan keadilan di Indonesia bisa diperjual belikan.

Untuk Perbaikan

Banyak juga yang beranggapan bahwa peradilan perdata mahal, lama, rumit dan sulit dieksekusi. Kemudian ada yang menyebut yang berkuasa di Tanah Air adalah mafia kasus dan mafia peradilan.

"Banyak yang beranggapan bahwa keadilan tidak akan pernah ditemukan di ruang-ruang pengadilan. Tapi saya yakin bahwa dengan perbaikan, dengan pembaharuan, dengan reformasi, dengan sistem peradilan Indonesia yang dilakukan secara konsisten oleh MA semua anggapan negatif tersebut akan mulai berubah," kata Jokowi.

 

Reporter: Titin Supriatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat NPWP Pribadi Online dan Offline Serta Syarat yang Wajib Disiapkan

Posted: 26 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sudah pernah mendengar istilah NPWP kan? NPWP sendiri ialah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. Nomor ini hanya dimiliki oleh seseorang wajib pajak sebagai sarana administrasi perpajakan. Selain itu, NPWP juga digunakan sebagai tanda identitas diri bagi wajib pajak untuk melakukan hak dan juga kewajibannya.

NPWP sendiri merupakan kartu yang dikeluarkan dari kantor pelayanan pajak pratama. Kartu NPWP sendiri memiliki bentuk yang sama dengan Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Kartu NPWP bisa dimiliki oleh perorangan atau pribadi, bisa juga dimiliki oleh badan usaha. NPWP digunakan sebagai sarana administrasi perpajakan, maksudnya ialah sebagai acuan untuk pembayaran pajak ataupun pelayanan umum lainnya.

Cara membuat NPWP sendiri kamu diharuskan untuk memenuhi persyaratannya. Sama halnya dalam membuat kartu identitas, beberapa persyaratan pun harus kamu penuhi terlebih dahulu. Selain itu, membuat NPWP di masa sekarang pun bisa kamu ajukan secara online.

Cara membuat NPWP secara online ini tentu saja karena adanya perkembangan teknologi, sehingga semakin mempermudah kamu dalam mengurusnya. Bagi kamu yang telah memenuhi syarat sebagai wajib pajak sebaiknya segera melakukan pendaftaran NPWP. Karena bila tidak memiliki NPWP, maka kamu bisa terjerat sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan pajak.

Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (27/2/2019), cara membuat NPWP pribadi bisa kamu lakukan secara online dan juga offline. Namun sebelum mengetahui cara membuat NPWP pribadi, sebaiknya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu syarat wajib pajak dan juga syarat membuat NPWP.

Syarat Wajib Pajak

Seseorang dikatakan sebagai wajib pajak bila telah memenuhi syarat yang ada. Syarat bagi peserta wajib pajak ialah penghasilan dalam satu tahun melebihi PTKP atau Penghasilan Tidak Kena Pajak. PTKP sendiri berlaku bagi semua orang. Syarat PTKP sendiri telah diatur dalam PMK No.101/PMK.010/2016, sebagai berikut.

1. Untuk wajib pajak orang pribadi Rp 54 juta

2. Tambahan bagi wajib pajak yang telah kawin Rp 4,5 juta

3. Untuk istri dengan penghasilan yang digabungan dengan suami Rp 54 juta

4. Tambahan maksimal tiga orang untuk keluarga sedarah dalam satu garis keturunan, semenda, atau anak angkat sebesar Rp 4,5 juta

Singkatnya, jika kamu memiliki penghasilan sebesar Rp 4,5 juta perbulan, maka kamu dibebaskan dari pajak penghasilan. Akan tetapi jika penghasilan kamu melebihi Rp 4,5 juta, maka kamu wajib untuk membayar pajak penghasilan.

Syarat membuat NPWP

Sebelum mengetahui cara membuat NPWP ada baiknya kamu mengetahui syarat membuat NPWP. Hal ini agar saat kamu mengurus di kantor pelayanan pajak ataupun secara online kamu tidak ada kebingungan harus menyiapkan apa saja.

1. Wajib pajak orang pribadi.

Bagi kamu yang akan membuat NPWP bagi wajib pajak orang pribadi yang tidak menjalankan usaha sendiri ini syaratnya.

- Fotocopy KTP bagi WNI

- Fotocopy paspor atau kartu izin tinggal sementara atau kartu izin tinggal tetap bagi WNA

Selain itu, meskipun kamu tidak berada di daerah asalmu alias sedang merantau, kamu hanya perlu menyiapkan fotocopy KTP. Jika kamu mendaftar secara online maka kamu perlu menyiapkan softcopy KTP.

2. Wajib pajak pribadi yang menjalankan usaha/pekerjaan bebas.

- Fotocopy KTP bagi WNI

- Fotocopy paspor atau kartu izin tinggal sementara atau kartu izin tinggal tetap bagi WNA

- Surat pernyataan bermaterai yang menerangkan kegiatan usaha dan lokasi usaha

- keterangan tertulis atau elektronik dari penyedia jasa aplikasi online yang menerangkan bahwa kamu merupakan mitra usaha penyedia jasa aplikasi online

3. Wajib pajak wanita yang ingin melaksanakan hak dan kewajiban pajak berbeda dari suami

- Fotocopy KTP bagi WNI

- Fotocopy paspor atau kartu izin tinggal sementara atau kartu izin tinggal tetap bagi WNA

- Fotocopy NPWP suami

- Dokumen perpajakan luar negeri jika suami adalah WNA

- Fotocopy akta perkawinan

- Fotocopy Kartu Keluarga

- Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta atau surat pernyataan menghendaki melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami

- Surat pernyataan bermaterai yang menerangkan kegiatan usaha dan lokasi usaha

- keterangan tertulis atau elektronik dari penyedia jasa aplikasi online yang menerangkan bahwa kamu merupakan mitra usaha penyedia jasa aplikasi online.

Cara membuat NPWP pribadi secara online

NPWP (Sumber: ereg.pajak.go.id)

Cara membuat NPWP sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu cara membuat NPWP secara online dan juga cara membuat NPWP secara offline. Meskipun cara membuat NPWP ini terdapat dua jenis, namun cara membuat NPWP keduanya ini cukup mudah diterapkan. Berikut ini langkah-langkah yang harus diperhatikan saar membuat NPWP secara online dan juga offline. Cara membuat NPWP pribadi secara online

- Kunjungi situs Dirjen Pajak di www.pajak.go.id atau kamu juga bisa langsung mengunjungi halaman pendaftaran di ereg.pajak.go.id/login. Setelah kamu masuk pada halaman pendaftaran akun untuk membuat NPWP secara online, kamu bisa memilih menu e-registration

- Melakukan pendaftaran dengan mengisi identitas.

Kamu hanya perlu mengklik daftar pada halaman yang tertera di monitor. Setelah itu isi dengan nama, alamat email serta password. Selain itu kamu pun harus menuliskan kode yang tertera.

- Aktivasi akun.

Setelah melakukan pengisian identitas, kamu akan mendapatkan konfirmasi akun pada alamat email yang kamu tuliskan. Setelah itu, ikuti langkah yang tersedia pada email

- Isi formulis pendaftaran.

Setelah kamu mengaktivasti akun, kamu bisa mengisi formulir pendaftaran yang tersedia. Kamu hanya perlu mengikuti semua tahapan yang ada dengan benar.

- Kirim formulir pendaftaran.

Setelah formulir untuk daftarkan NPWP terisi dengan lengkap dan benar, maka kamu hanta perlu mengirimkan formulir pendaftaran. Maka formulir pendaftaran yang telah terisi akan langsung terhubung dengan kantor pelayanan pajakan tempat kamu terdaftar.

- Cetak formulir.

Langkah selanjutnya dalam cara membuat NPWP ialah mencetak formulir registrasi dan juga surat keterangan terdaftar sementara. Kemudian kamu tandatangani berkas tersebut dan jadikan satu dengan berkas kelengkapan lainnya.

- Kirim formulir ke KPP.

Setelah semua terisi dan berkas telah lengkap, kamu bisa mengirimkannya ke kantor pelayanan pajak atau KPP tempat kamu terdaftar. Selanjutnya kamu bisa langsung menyerahkannya ke KPP ataupun dikirim melalui pos. Pengiriman ini dilakukan paling lambat 14 hari setelah formulir terkirim secara elektronik. Akan tetapi jika kamu tak ingin repot untuk mengirim berkas ke KPP ataupun melalui pos, kamu bisa menunggah berkasnya dalam pentuk softfile. Tentu saja berkas ini kamu unggah pada aplikasi e-registration yang sama dengan formulir yang kamu isi sebelumnya.

- Cek status dan tunggu kartu NPWP dikirm.

Setelah semua langkah kamu ikuti, kamu hanya perlu menunggu kartu NPWP dikirim pada alamat yang kamu tulis saat pendaftaran.

Cara membuat NPWP pribadi secara offline

Untuk cara membuat NPWP secara offline kamu bisa melakukannya dengan mendatangi langsung kantor pelayanan pajak atau KPP terdekat dari tempat tinggal kamu. Namun bila tempat tinggal kamu berbeda dengan yang ada pada KTP, maka kamu perlu menyiapkan surat keterangan tempat tinggal dari kelurahan setempat.

Selain itu, semua dokumen persyaratan pun harus kamu lengkapi. Untuk formulir pendaftaran kamu bisa mendapatkan dan mengisinya saat melakukan pendaftaran di KPP. Setelah semua formulir terisi, kamu hanya perlu menyerahkannya pada petugas yang ada untuk mendapatkan tanda terima pendaftaran. Tanda terima pendaftaran ini nantinya harus kamu tunjukan untuk mendaptkan NPWP.

Kamu juga hanya perlu pengikuti arahan dari petugas yang ada di KPP tersebut. Waktu untuk mendapatkan kartu NPWP sendiri hanya satu hari. Selain itu, membuat NPWP ini pun gratis tidak ada pungutan biaya. Meskipun kartu NPWP ini dikirim melalui pos, kamu pun tak perlu mengeluarkan biaya untuk pengirimannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahmad Dhani Menangis Tak Bisa Rayakan Ultah Safeea

Posted: 26 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Surabaya Ahmad Dhani menampakan raut muka sedih jelang persidangan di Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa (26/2/2019). Pasalnya, dia tidak bisa merayakan ultah anaknya Safeea Ahmad karena mendekam di rutan Medaeng.

Ahmad Dhani tampak menangis usai mengikuti sidang lanjutan. Para simpatisan pendukungnya memberi kue tart berhias lilin angka delapan yang telah menyala yang ditujukan untuk Safeea yang berulangtahun ke-8.

Ahmad Dhani terlihat mengusap air matanya dan terus berjalan menuju ruang jaksa. Dhani juga menyampaikan ucapan ulang tahun kepada anak perempuannya itu.

 

Ucapan

Ultah Safeea Anak Ahmad Dhani & Mulan Jameela (Nurwahyunan/bintang.com)

"Selamat ulang tahun kepada anakku tercinta Safeea Ahmad yang ke-8 tahun. Maaf Ayah nggak bisa hadir," kata Ahmad Dhani.

Saat ditanya harapannya untuk sang anak, Ahmad Dhani tak bisa berkata banyak. Dhani menyampaikan bahwa proses hukum yang menjeratnya adalah bagian dari perjuangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Mudah dan Praktis

Posted: 26 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Barang bekas yang dibiarkan terkadang membuat lingkungan di rumah menjadi terlihat kurang nyaman. Padahal, barang bekas bisa disulap menjadi peralatan yang bermanfaat. Selain itu, daur ulang barang bekas seperti barang-barang berbahan dasar plastik juga bisa menyumbang kelestarian lingkungan hidup.

Selain dijual ke tukang rongsok, Anda juga bisa memanfaatkan barang bekas di rumah menjadi kerajinan tangan. Selain bisa mengurangi jumlah barang bekas di rumah, kerajinan tangan juga bisa membuat pemandangan di rumah menjadi enak dilihat.

Penasaran seperti apa caranya? Berikut Liputan6.com kumpulkan cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dan praktis, yang dijamin bakal membuat rumah Anda semakin indah dan lebih terorganisir, seperti yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (27/2/2019).

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Plastik Bekas

Kehadiran barang sehari-hari yang berbahan plastik mungkin menguntungkan manusia dalam beraktivitas. Namun, makhluk hidup lain yang menempati bumi ini tidak merasakan sisi positif dari adanya barang plastik. Nyatanya, hewan-hewan di lautan belakangan ini seringkali terdampak bahayanya barang plastik.

Banyak sekali berita yang menyebutkan kejadian nahas yang dialami ikan-ikan di laut. Misalnya saja kura-kura yang hidungnya tersumbat sedotan plastik sehingga harus dicabut hingga berdarah. Tak hanya itu saja, seekor paus sperma pun ditemukan mati dalam keadaan perutnya yang dipenuhi dengan ribuan plastik.

Dari fenomena tersebut, sudah jelas bahwa plastik sangatlah berbahaya karena tidak dapat terurai. Untuk itu, alangkah baiknya memanfaatkan barang-barang berbahan plastik, seperti botol minum plastik bekas untuk didaur ulang menjadi kerajinan tangan.

Untuk itu, berikut Liputan6.com sajikan cara membuat kerajinan tangan dari botol plastik bekas agar bumi ini bisa langgeng ditinggali anak cucu di masa depan kelak. Yuk simak selengkapnya, yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (27/2/2019).

Pot Bunga dan Sayuran Gantung

Cara Membuat Kerajinan Tangan (Sumber: Boredpanda)

Banyak orang yang suka mengonsumsi minuman bersoda yang di jual di supermarket atau toserba terdekat. Namun, tahukah Anda bahwa botol plastik pembungkus minuman soda itu bisa dijadikan kerajinan yang cantik dan menyegarkan mata? Anda bisa mempraktikkan caranya di rumah agar bisa membuat taman dadakan.

Pertama, siapkan botol plastik bekas berukuran 1.5 liter dengan jumlah sesuai kebutuhan. Usahakan untuk mengumpulkan botol plastik bekas yang masih tertutup rapat. Selanjutnya, lubangi bagian tengah botol dengan pisau sehingga seperti membentuk persegi panjang seperti yang terlihat pada gambar.

Lalu, masukkan tanah subur khusus untuk menanam bunga dan sayuran. Kemudian tanam berbagai bunga kecil atau sayuran yang sekiranya cukup ditampung botol plastik bekas tersebut. Kaitkan setiap botol hingga membentuk susunan cantik seperti pada gambar. Jangan lupa untuk rajin menyirami tanaman Anda agar selalu indah dipandang mata.

Lampu Gantung ala Restoran Mewah

Cara Membuat Kerajinan Tangan (Sumber: Boredpanda)

Ketimbang melukai hewan-hewan tidak berdosa, mending botol plastik yang sudah tidak dipakai Anda manfaatkan menjadi hiasan di rumah. Rupanya, selain bisa dijadikan pot bunga, botol plastik juga bisa dibuat lampu gantung ala restoran mewah, lho!

Anda hanya perlu menyiapkan botol plastik 600 ml dengan jumlah sesuai kebutuhan. Jika bisa, siapkan banyak botol plastik untuk membuatnya terlihat besar. Potong setiap ujung botol dengan ukuran seperti pada gambar. Tempelkan kumpulan ujung botol tersebut hingga membentuk setengah lingkaran.

Selanjutnya, masukkan bohlam lampu berwarna putih dan kabelnya melalui celah di atas setengah lingkaran ujung botol. Salurkan dengan listrik dan lampu gantung ala restoran mewah sudah siap dipajang di rumah Anda. Tunggu dulu! Sisa botol yang tidak dipakai bisa didaur ulang menjadi kerajinan tangan lain, seperti yang akan dijelaskan setelah ini.

Sapu dari Botol Minum Bekas

Cara Membuat Kerajinan Tangan (Sumber: Boredpanda)

Karena ujung botol sudah dipakai, akan sayang jika sisanya hanya dibuang karena akan menyebabkan masalah lingkungan lain. Jangan khawatir, Anda bisa gunakan sisa botol minum bekas menjadi sapu. Caranya pun sangat mudah. Anda hanya membutuhkan kayu untuk pegangan lalu ikat kayu dan botol menggunakan kawat.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Ban Bekas

Selain botol plastik bekas, Anda juga dapat mengkreasikan ban bekas menjadi kerajinan tangan. Entah itu ban motor maupun ban mobil bekas, keduanya bisa disulap menjadi perkakas yang indah dipandang.

Cermin Indah dari Ban Motor Bekas

Cara Membuat Kerajinan Tangan (Sumber: Boredpanda)

Untuk yang satu ini, Anda hanya perlu menyiapkan ban motor bekas dan cermin dengan bentuk menyesuaikan ukuran ban. Selanjutnya, cat ban motor bekas tersebut dengan warna putih agar terlihat aestetik, seperti yang terlihat pada gambar.

Meja Unik di Kafe

Cara Membuat Kerajinan Tangan (Sumber: Boredpanda)

Jika Anda punya ide membangun sebuah kafe untuk nongkrong, Anda bisa memanfaatkan ban bekas mobil untuk dikreasikan menjadi meja. Dua ban mobil bekas sekiranya cukup untuk membuat satu meja unik seperti pada gambar. Jangan lupa untuk mengecat ban tersebut sehingga terlihat indah.

Tempat Menyimpan Payung

Cara Membuat Kerajinan Tangan (Sumber: Boredpanda)

Di mana ada niat, di situ ada jalan. Seperti contoh cara membuat kerajinan tangan berikut, Anda bahkan bisa membuat tempat menyimpan payung dari ban mobil bekas. Anda hanya perlu melubangi ban bekas sesuai kebutuhan hingga muat untuk dimasukkan payung. Alhasil, Anda tidak akan lupa menaruh payung.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan Bekas

Vas Bunga Sedotan

Cara Membuat Kerajinan Tangan (Sumber: Hative)

Sedotan plastik bekas bisa dikreasikan menjadi vas bunga indah yang bisa dipajang di ruang tamu rumah Anda. Caranya adalah dengan mengumpulkan sedotan plastik dan ditempelkan satu sama lain hingga membentuk vas bunga seperti yang terlihat pada gambar.

Kotak Pensil

Cara Membuat Kerajinan Tangan (Sumber: Hative)

Selain menjadi vas bunga, sedotan juga bisa disulap menjadi kotak pensil putra putri Anda di rumah. Kumpulkan sedotan plastik sebanyak-banyaknya dan tekuk dengan sisi yang sama sebanyak empat kali hingga terbentuk persegi. Lalu tumpuk sedotan plastik yang telah ditekuk untuk ditempelkan pada tabung karton agar menjadi kotak pensil.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas

Bingkai Foto

Cara Membuat Kerajinan Tangan (Sumber: Moondoggiesmusic)

Kardus bekas rupanya bisa dibuat menjadi bingkai foto. Caranya adalah dengan menyiapkan kardus bekas untuk dibuat berlapis-lapis seperti pada gambar. Buat juga tatakan untuk menyangga bingkai foto dari kardus bekas. Jangan lupa untuk membuat pola untuk menghias tampilan bingkai atau bisa juga dengan mengecatnya.

Rak Buku

Cara Membuat Kerajinan Tangan (Sumber: Moondoggiesmusic)

Selain kardus bekas besar yang biasa Anda temukan, Anda juga bisa memanfaatkan kardus bekas bungkus susu bubuk yang Anda konsumsi. Misalnya adalah untuk membuat rak buku maupun laci ala-ala. Caranya adalah dengan menumpuk kardus-kardus tersebut hingga membentuk rak buku ataupun laci.

Tatakan atau Alas Laptop

Cara Membuat Kerajinan Tangan (Sumber: Moondoggiesmusic)

Bagi seorang mahasiswa atau murid sekolah, laptop mungkin menjadi barang penting untuk menunjang pendidikan. Biasanya, mereka akan membutuhkan tatakan laptop agar tidak asal taruh.

Selain itu, tatakan laptop juga berfungsi untuk menghindari panas berlebih yang diakibatkan sentuhan meja dengan laptop. Maka, Anda bisa memanfaatkan kardus bekas berukuran tebal untuk dijadikan tatakan meja seperti pada gambar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadin Akui Marketplace Berikan Akses Pasar Besar buat UKM

Posted: 26 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Rosan P Roeslani, mengungkapkan jika keberadaan marketplace seperti Bukalapak dan Tokopedia menjadi penting di tengah perkembangan teknologi saat ini. Sebab, kehadirannya mendongkrak sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Terutama keberadaan marketplace ini mereka bisa memberikan akses pasar yang sangat luar biasa kepada UKM kita," kata Rosan dalam acara Kadin Enterpreneurship Forum 2018, di Satoo Garden, Shangri-La Hotel Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Rosan mengatakan, saat ini sudah banyak sekali para UMKM yang memanfaatkan keunggulan pemasaran melalui internet dan digital. Mereka juga memanfaatkan keberadaan sejumlah e-commerce atau pasar digital yang menawarkan tempat promosi dan pemasaran.

"Yang di masa lampau mungkin tidak menpunyai akses pasar yang begitu terbuka. Ini sangat bisa menjangkau tidak hanya Indonesia tapi juga bisa menjangkau di seluruh dunia," kata Rosan.

Sebelumnya, Rosan memproyeksikan bahwa pada 2025 Indonesia berpotensi memiliki pasar ekonomi digital hingga mencapai sekitar Rp 2.000 triliun. Sementara, untuk pasar Asia pada 2025 mencapai USD 240 miliar atau sekitar Rp 3.480 triliun (kurs Rp 14.500).

"Kalau kita lihat dari angka angka itu Indonesia menjadi leader Asia Tenggara," katanya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Suntikan Asing di 2 Sektor Ini Jadi Penyelamat Investasi RI

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Thomas Lembong menyebutkan, investasi asing ke unicorn menyelamatkan iklim investasi asing di Indonesia keseluruhan.

"Kalau bukan karena investasi dan arus modal yang deras masuk ke dalam unicorn  juga banyak ke start up lainya maka investasi internasional turun, bukan naik," kata Thomas dalam sebuah acara diskusi di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Dia mengungkapkan, arus modal masuk ke ekonomi digital berasal dari dua sektor yang menyelamatkan investasi internasional menjadi naik. Pertama, e-commerce. Kedua adalah smelter atau pabrik pengolahan dan pemurnian logam.

"Jadi, saya tentunya terima kasih atas tren ini. Kalau bukan karena investasi dan arus modal deras yang masuk ke dalam unicorn dan juga ekonomi digital, investasi global itu malah turun loh," ujar dia.

Dia melanjutkan, investasi untuk unicorn menjadi sorotan sebab memiliki valuasi cukup besar. Selain itu, unicorn juga dinilai sangat membantu dalam mengembangkan roda perekonomian masyarakat.

Banyak kemudahan yang ditawarkan dan dinikmati oleh masyarkat luas dengan kehadiran unicorn tersebut.

"Saya ini selalu mengingatkan, kita harus melihat, tak hanya kuantitas investasi, tapi juga kualitas investasi. Kita kejar target, kita harapkan nilai besar. Tapi juga berkualitas tinggi," ujar dia.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tambang Emas Runtuh di Bolaang Mongondow, Puluhan Orang Tertimbun

Posted: 26 Feb 2019 09:14 PM PST

Liputan6.com, Bolaang Mongondow Puluhan penambang tertimbun longsor di areal Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Sulawesi Utara pukul 21.00 WITA, Selasa (26/2).

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, peristiwa tersebut terjadi saat puluhan orang sedang menambang emas. Tiba-tiba, tiang dan papan penyanggah lubang galian patah akibat kondisi tanah yang labil dan banyaknya lubang galian tambang.

"Data sementara diperkirakan sebanyak 60 orang lebih tertimbun material longsoran tanah dan bebatuan di lokasi areal tambang rakyat," ujar Sutopo dalam keterangan resminya kepada Liputan6.com, Rabu (27/2/2019).

Sampai dengan Rabu pukul 05.00 Wita sudah berhasil dievakuasi sebanyak 14 orang, dengan rincian satu orang meninggal dan 13 orang luka ringan dan berat. Diperkirakan masih terdapat puluhan korban terjebak di dalam reruntuhan lubang galian tambang.

Upaya yang telah dilakukan saat ini setelah menerima informasi dari masyarakat, BPBD Bolaang Mongondow langsung berkoordinasi dengan Basarnas Pos SAR Kotamobagu, Polsek Lolayan dan Koramil Lolayan untuk melakukan evakuasi korban tertimbun material longsoran.

"Saat ini masih terus dilakukan evakuasi karena diperkirakan masih banyak korban tertimbun dan diperkirakan masih selamat," kata dia.

Pihak-pihak terkait yang ikut serta dalam proses evakuasi ini yaitu Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow, Basarnas Pos SAR Kotamobagu, Polres Kotamobagu, Polsek Lolayan, Koramil Lolayan, PMI, Rescue JRBM, masyarakat setempat dan penambang yang ada di lokasi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Vivo Y51, Smartphone Murah dengan Tampilan Premium

Posted: 26 Feb 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan besar asal Tiongkok yang memproduksi smartphone dengan merek terkenal Vivo memang tak hentinya terus mengembangkan produk-produknya. Vendor Vivo yang berpusat di Guangdong, Tiongkok ini tak hanya dikenal di negara asalnya namun juga telah merambah ke beberapa negara di dunia. Salah satunya di Indonesia.

Vivo mengembangkan produk telepon genggam yang tak kalah dengan merek-merek smartphone ternama lainnya. Hadirnya Vivo di pasaran membuat semakin banyaknya variasi pilihan telepon pintar bagi para konsumen di tanah air.

Berdiri sejak tahun 2009, hingga kini Vivo masih banyak diminati masyarakat Indonesia sebagai salah satu smartphone yang favorit. Hal ini dibuktikan banyaknya peminat Vivo dengan eksistensinya di pasar Indonesia yang tak perlu diragukan lagi.

Vivo yang tak jarang merilis smartphone dengan harga yang terjangkau namun tetap mengutamakan spesifikasi yang berkelas. Salah satu produk pemasaran yang menargetkan kelas menengah adalah Vivo Y51 yang dirilis pada akhir tahun 2015 lalu.

Harga Vivo Y51 yang terjangkau di kalangan masyarakat menengah ini menghadirkan spesifikasi yang mumpuni. Maka dari itu, saat dirilis Desember 2015 silam, Vivo Y51 cukup menarik perhatian publik karena tampil dengan desain yang premium walaupun dibanderol dengan harga terjangkau.

Dilansir Liputan6.com, Rabu (27/2/2019) yang dirangkum dari berbagai sumber, spesifikasi Vivo Y51 hadir dengan tingkatan kelas premium namun dibanderol dengan harga Vivo Y51 yang cukup ekonomis bagi masayarakat menengah.

Desain dan Tampilan Seperti Kaca

Vivo Y51 hadir dengan tampilan yang premium. Body Vivo Y51 dilapis dengan bahan metal dan cover plastik namun tampak seperti lapisan kaca. Efek tampak seperti kaca ini cukup menarik perhatian karena memberikan kesan premium dan mewah pada bagian belakang smartphone.

Pada bagian sudutnya, Vivo Y51 dilapisi dengan metal sehingga jika dilihat, Vivo Y51 akan berkilauan seperti kaca terpantul oleh cahaya. Belakang cover diberikan logo Vivo yang diletakkan di bagian tengah. Memiliki bentang layar seluas 5 inci dengan 540 x 960 pixels dan IPS LCD capacitive touchscreen membuat layar Vivo Y51 memberikan visual yang tajam serta jernih.

Vivo Y51 memiliki dimensi 143,8 x 7,52 x 71,7 mm dengan berat 157 gram yang termasuk dalam golongan smartphone ringan dan nyaman dalam genggaman. Pada seri Y51, Vivo hanya merilis satu warna saja yaitu warna putih. Dengan harga Vivo Y51 yang terjangkau, membuat banyak masyarakat yang tertarik dengan tampilan premium Vivo ini.

Kamera Mumpuni

Pada fitur kamera, Vivo Y51 membekali kamera utama dengan resolusi 8 MP yang dilengkapi dengan 3264 x 2448 pixels, Autofocus, LED flash, Digital Zoom, Geo-Tagging, Panorama, HDR, Face Detection, ISO setting, Scene Mode dan Touch focus. Hadir dengan berbagai fitur kamera yang mumpuni, Vivo Y51 melengkapi kepuasan konsumennya yang gemar fotografi.

Untuk kamera depan, Vivo Y51 juga tak mau kalah. Menghadirkan resolusi 5 MP pada kamera depannya membuat pecinta foto selfie tak ragu untuk tertarik pada Vivo Y51.

Penyimpanan Memori dan Fitur Lain

Smartphone Vivo Y51 dibekali dengan ruang penyimpanan internal sebesar 16 GB yang cukup untuk menampung banyak file. Dilengkapi dengan 2 GB RAM. Selain itu, disediakan pula ruang penyimpanan eksternal dengan slot kartu memori microSD yang dapat menampung hingga 128 GB.

Untuk baterai, Vivo Y51 memiliki kapasitas 2350 mAh dengan baterai yang tak bisa dilepas. Smartphone ini juga dibekali teknologi jaringan internet yang cepat. Vivo Y51 mengusung system operasi OS v5.1 Lollipop.

Harga Vivo Y51

Dengan segala spesifikasi dan tampilan yang premium, harga Vivo Y51 dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Bagi masyarakat Indonesia, Vivo memang menjadi smartphone yang cukup menarik perhatian.

Saat resmi dirilis harga Vivo Y51 dibanderol dengan harga sekitar Rp 1.850.000. harga Vivo Y51 ini cukup mewakili dengan spesifikasinya yang mumpuni dengan telah dilengkapi jaringan 4G LTE dan juga jaringan 3G yang kecepatan HSDPA 850/900/2100, EDGE, GPRS.

Namun kini kamu tak perlu khawatir karena smartphone Vivo Y51 telah dirilis 4 tahun lalu, harga Vivo Y51 kini banyak ditemukan di pasaran dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Harga Vivo Y51 dalam keadaan baru bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 1.300.000 dan dalam keadaan bekas kamu bisa dapatkan harga Vivo Y51 di kisaran harga Rp 900.000-an.

Demikian spesifikasi dan harga Vivo Y51 yang telah dirilis pada Desember 2015 lalu. Walaupun dibanderol dengan harga yang murah dan terjangkau, untuk spesifikasi, fitur dan tampilan desain Vivo Y51 tak bisa dianggap murahan.

Semoga artikel di atas dapat memberikanmu referensi untuk memilih Vivo Y51 sebagai smartphone yang hendak kamu beli karena harga yang terjangkau hadir dengan segala fitur yang mumpuni.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Princess Syahrini dan Mobil Mewahnya

Posted: 26 Feb 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Princess Syahrini dan Reino Barack resmi menjadi sepasang suami istri setelah menjalani ijab kabul di Masjid Camii Tokyo, Jepang, Rabu (27/2/2019). Pernikahan pelantun "Sesuatu" dengan seorang pengusaha blasteran Jepang-Indonesia itu hanya dihadiri keluarga dan teman-teman dekat.

Wanita dengan nama asli Rini Fatimah Zaelani itu identik dengan kemewahan. Harta, pakaian mahal, popularitas hingga kendaraan-kendaraan mewah ia miliki.

Bicara kendaraan mewah, wanita kelahiran Sukabumi, Jawa Barat itu diketahui memiliki Lamborghini Aventador. Ia bahkan menjabat sebagai ketua klub Priviledge Club Indonesia yang merupakan kumpulan wanita glamour dan sosialita yang memiliki hobi otomotif dan membesut mobil-mobil sport 2 pintu berperforma tinggi.

Mobil mewah dan Syahrini seakan tak bisa terpisahkan. Hal itu terlihat saat dirinya menyambangi Bareskrim Polri untuk menjadi saksi dalam kasus First Travel.

Kala itu Syahrini bersama pengacaranya Hotman Paris datang dengan mobil super mewah, Bentley Mulsanne asal Inggris. Bentley Mulsanne adalah mobil handmade yang diproduksi oleh Bentley Motors Limited.

 

Selanjutnya

Syahrini saat menyambangi dealer mobil mewah di London, Inggris. (Instagram)

Sewaktu berlibur ke London, Inggris, Syahrini menyempatkan diri datang ke showroom mobil mewah.

Syahrini yang tampil kasual dengan rok mini jins dan sepatu flat shoes bertali itu, tampak berpose di depan sebuah mobil sport mewah berwarna hitam yang tak lai McLaren P1 GTR. Ia menyebut mobil ini menjadi mimpi besarnya.

 

Syahrini berlenggak-lenggok turun dari mobil Limousine di New York, Amerika Serikat. (foto: instagram.com/princessyahrini)

Sementara saat sedang di New York, Amerika Serikat, Syahrini yang sebelumnya memperlihatkan kemewahannya naik jet pribadi, kali ini ia memamerkan hal berbeda yakni mobil Limousine.

Kemewahan Syahrini naik mobil Limousine di New York tampak di akun Instagram pribadinya, Rabu (9/9/2015). Ia mengunggah foto sedang duduk manis di dalam mobil tersebut ditemani seorang temannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Tahan Emak-Emak Pelaku Kampanye Hitam

Posted: 26 Feb 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polres Karawang menahan tiga emak-emak yang menjadi pelaku penyebaran kampanye hitam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Banjir Lumpur di Cilacap Viral, Begini Penjelasan BPBD

Posted: 26 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Cilacap - Belakangan, jagat maya Cilacap dan sekitarnya dibikin heboh oleh foto dan video mengenai banjir lumpur yang terjadi di jalur utama Bandung-Purwokerto yang mengarah ke Yogyakarta. Nampak puluhan mobil dan sepeda motor berhenti untuk menunggu banjir surut.

Warga setempat pun menonton dari emperan toko pinggir jalan. Sementara, lumpur berwarna kemerahan bergolak di sepanjang mata memandang.

Belakangan diketahui, peristiwa itu terjadi di Pasar Cileumeuh Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Senin sore, 25 Februari 2019. Banjir lumpur ini sempat membuat macet Jalur Lintas Selatan (JLS) Jawa Tengah.

Soal video viral yang tersebar di media sosial itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majenang, Edi Sapto Prihono kepada Liputan6.com, Selasa (26/2/2019) membenarkan terjadinya peristiwa itu.

"Iya macet. Tapi begitu surut sudah bisa kembali lewat," ucapnya.

Jalan raya yang tergenang banjir lumpur mancapai sekitar 200 meter, terhitung dari pasar Cileumeuh sampai Simpang Tiga Cileumeuh. Ketinggian air kisaran 30-50 centimeter.

Akan tetapi, lantaran deras dan pekatnya banjir lumpur, jarang ada kendaraan yang berani melintas, terkecuali mobil berukuran besar seperti truk dan bus besar. Kebanyakan menunggu banjir surut sehingga menyebabkan macet panjang.

Edi Sapto menjelaskan, banjir lumpur yang terjadi di Cileumeuh itu disebabkan melimpasnya air hujan yang turun dari pegununganan. Sisi jalan sebelah utara memang berimpitan dengan perbukitan lahan perhutani. Sementara saluran air tak berfungsi optimal. Padahal, drainase itu baru dibangun. Tetapi, lantaran alirannya yang tak lancar, banjir lumpur justru melimpas langsung ke jalan raya.

 

Langganan Tiap Tahun

Pembersihan banjir lumpur di JLS Jawa Tengah titik Cimanggu, Cilacap dilakukan hingga berjam-jam. (Foto: Liputan6.com/BPBD CLP/Muhamad Ridlo)

Edi Sapto juga menyebut, drainase itu dibuat dengan model penutup beton sebagai jalur pejalan kaki. Nyatanya, penutup ini juga menyebabkan air tak masuk ke dalam saluran air.

Sebenarnya, di dekat Pasar Cileumeuh pun ada sungai cukup besar, yakni Sungai Cikondang dan aliran irigasi induk Cileumeuh. Posisi saluran irigasi berimpitan dengan Pasar Cileumeuh. Adapun Sungai Cikondang, lebih ke barat sekitar 50an meter.

"Itu alirannya ke timur. Jadi mentok karena tidak langsung terbuang ke sungai," ujarnya.

Edi mengungkapkan, banjir di Pasar Cileumeuh telah menjadi langganan tiap musim hujan. Hanya saja, tahun ini banjir lebih kerap terjadi.

Sebabnya, kini perbukitan sisi utara milik Perhutani tengah digarap oleh masyarakat untuk menanam palawija. Kebetulan, saat ini adalah musim panen sehingga tanahnya begitu gembur.

Kondisi ini berbeda ketika perbukitan itu masih dipenuhi pepohonan keras. Kalau pun banjir, kondisinya tak berlumpur seperti saat ini.

"Ada yang panen kacang tanah. Makanya lumpurnya jadi ikut ke jalan," ucapnya.

Paska-banjir surut, bahaya tak lantas berhenti. Bertkubik-kubik lumpur merah teringgal di jalan raya. Jika dibiarkan, maka akan membahayakan pengendara.

Sebab itu, BPBD dan PU PR mengerahkan aloat berat untuk membersihkan lumpur dan material lain yang menumpuk di jalan raya. Pembersihkan dilakukan hingga pukul 21.00 WIB.

"Ini harus diselesaikan oleh semua pihak terkait. Ada PUPR, Perhutani. Karena ini kan sudah menjadi langganan tiap musim hujan," ungkap Edi Sapto menambahkan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menebak Kepribadian Seseorang yang Takut Berbicara di Depan Umum

Posted: 26 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu salah satu orang yang takut public speaking atau berbicara di depan umum? Memang, berbicara di depan umum bagi segelintir orang bukanlah hal yang mudah dilakukan, bahkan ada juga yang menganggapnya sebagai momok. 

Tentu banyak hambatan-hambatan yang membuat seseorang tidak berani berbicara, di antaranya munculnya rasa gugup, tidak percaya diri, minder, bahkan merasa tidak memiliki kemampuan untuk berbicara didepan umum.

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata ketakutan bicara di depan umum bisa mengungkap kepribadian seseorang?

Menurut Fear Of encyclopedia, mayoritas orang yang punya masalah public speaking adalah orang yang minder, kurang percaya diri namun menginginkan kesempurnaan dalam segala hal yang mereka lakukan. Ternyata orang yang takut bicara di depan umum adalah orang perfeksionis.

Takut Akan Kegagalan

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Bicara di depan umum membuat mereka ketakutan akan penilaian orang dan takut akan kegagalan. Orang seperti ini terus mencari pengakuan dari orang lain dengan cara lain, selain bicara di depan umum, seperti misalnya meraih prestasi di bidang akademik, ilmu pengetahuan dan lainnya, yang sekiranya tidak perlu menghadapi banyak orang.

Meski banyak hambatan ketika ingin memulai berbicara di depan umum, tapi sesungguhnya orang-orang dengan tipe ini hanya ingin kesempurnaan dalam apapun yang mereka lakukan. Nah, apakah kamu termasuk tipe kepribadian seperti ini?

Reporter:

Febi Anindya Kirana

Sumber: Fimela.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persija Ditahan Becamex, Ryuji: Kami Sudah Maksimal

Posted: 26 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta harus puas bermain imbang 0 -0 melawan Becamex Binh Duong dalam pertandingan perdana penyisihan Grup G Piala AFC 2019, Selasa (26/2/2019) sore WIB di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Bek Persija, Ryuji Utomo, menyayangkan hasil imbang kontra wakil Vietnam tersebut. Tapi, Ryuji menilai rekan-rekan setimnya telah tampil maksimal.

Hanya saja Ryuji menyebut keberuntungan belum berpihak kepada Persija. Pemain berusia 23 tahun ini juga menyoroti fokus tim berjulukan Macan Kemayoran itu jelang pertandingan berakhir.

"Kami dari pemain sudah berusaha maksimal. Seperti kata pelatih tadi, 70 menit kita bisa menguasai bola, cuma mungkin di beberapa menit terakhir kita kehilangan fokus," terang Ryuji, seperti dilansir situs resmi Persija.

Selain itu, Ryuji juga memuji dukungan penuh The Jakmania di Stadion GBK. Ryuji menegaskan, dukungan The Jakmania membuat para pemain Persija semakin termotivasi di lapangan.

Kerja Keras

Bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo (kanan). (Bola.com/Yoppy Renato)

"Cuma ya terima kasih juga untuk teman- teman satu tim semuanya, sudah bekerja keras di pertandingan malam ini," ucap mantan kekasih artis Ariel Tatum ini.

Pada pertandingan lanjutan Grup G Piala AFC 2019 berikutnya, pasukan Ivan Kolev bakal menyambangi markas klub Myanmar, Shan United pada 12 Maret nanti.

Jadwal Persija di Piala Presiden 2019

Berikut jadwal lengkap Grup D Piala Presiden 2019 yang akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman:

Selasa, 5 Maret 2019

PSS Sleman vs Madura United (15.30 WIB)

Persija Jakarta vs Borneo FC (18.30 WIB)

Minggu, 10 Maret 2019

Madura United vs Persija Jakarta (15.30 WIB)

Borneo FC vs PSS Sleman (18.30 WIB)

Jumat, 15 Maret 2019

Madura United vs Borneo FC (15.30 WIB)

PSS Sleman vs Persija Jakarta (18.30 WIB)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Hadiri Pleno Laporan Tahunan Mahkamah Agung

Posted: 26 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Pleno Mahkamah Agung (MA) RI tahun 2019 dalam rangka laporan tahunan MA tahun 2018. Pleno MA digelar di Cendrawasih Room, Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2019).

Jokowi didampingi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Hadir juga Jaksa Agung HM Prasetyo, Ketua Mahkamah Agung HM Hatta Ali, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Dalam sambutan, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada jajaran MA yang telah menyelenggarakan laporan tahunan secara rutin. Dia menyebut, upaya ini sebagai tradisi yang baik untuk terus melakukan evaluasi kinerja MA.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada MA yang di era transparansi dan akuntabilitas ini secara konsisten terus menyelenggarakan laporan tahunan. Menyampaikan kepada publik berbagai program kerja, capaian, serta tantangan-tantangan yang dihadapi," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meyakini, laporan tahunan MA menjadi momentum untuk intropeksi diri guna meningkatkan kualitas penegakkan hukum peradilan di Tanah Air di masa mendatang.

"Penyampaian laporan tahunan kepada publik merupakan tradisi instropeksi diri untuk melakukan perbaikan untuk memenuhi harapan masyarakat agar keadilan betul-betul hadir semakin nyata," ucap Jokowi.

Apresiasi Terobosan MA

Jokowi juga mengapresiasi terobosan yang dilakukan MA dalam waktu beberapa tahun terakhir.

Menurut Jokowi, MA telah mendukung langkah pemerintah dengan menegakkan hukum peradilan sehingga berdampak pada menanjaknya peringkat kemudahan berusaha atau ease of doing business.

"Seperti lompatan kemajuan peringkat Indonesia dalam ease of doing business dari 120 menjadi peringkat 73. Di situ ada peran penting dari reformasi di lembaga peradilan yang dipimpin MA," kata dia.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: