Rabu, 13 Februari 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


9 Kado Valentine yang Tidak Biasa Selain Cokelat, Berkesan Buat Si Dia

Posted: 13 Feb 2019 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang yang jatuh pada 14 Februari merupakan hari yang dianggap tepat untuk menunjukkan rasa sayang kepada orang-orang terdekat.

Namun demikian, kamu tidak harus menunggu Hari Valentine untuk mengungkapkan rasa sayang ke orang-orang yang disayangi, karena bisa melakukannya kapan saja, bahkan setiap hari. Namun, karena Hari Valentine memang hari yang spesial, tidak salahnya untuk dirayakan.

Hari Valentine tak melulu harus dirayakan dengan memberikan kado cokelat. Bunga, cokelat dan perhiasan adalah hal umum yang orang-orang berikan pada orang tersayang saat hari Valentine.

Untuk hari spesial yang berbeda, tak ada salahnya kamu merayakannya dengan memberikan kado-kado yang tak biasa untuk pasangan, sahabat, ataupun keluarga. Berikut 9 kado Valentinealentine yang tidak biasa selain cokelat yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/2/2019).

Berikan sesuatu yang ia butuhkan atau sukai

Ilustrasi dompet (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

1. Leather goods

Kalau kamu punya anggaran lebih untuk kado spesial Valentine ini, kamu bisa juga mempertimbangkan untuk memberi barang-barang bermaterial kulit yang cocok untuk pria ataupun wanita.

Pilihannya bisa berupa dompet kartu, organizer, dompet paspor, tempat kacamata, men's atau girl's clutch, hingga tas punggung dan sepatu. Kamu coba berikan kado yang tidak biasa ini untuk pasangan, sahabat ataupun keluarga.

2. Pakaian atau perlengkapan olahraga

Mungkin sebagian dari kamu punya pasangan yang suka berolahraga. Kamu bisa memberinya pakaian olahraga seperti kaus, celana dan topi, atau perlengkapannya seperti dumbbell, earphone tanpa kabel, dan tas pinggang yang dilengkapi dengan botol minum dari brand atau warna favoritnya.

3. Kopi favorit

Bila pasangan, sahabat ataupun keluarga kamu termasuk pecinta kopi, kamu bisa memberikanya kopi dengan cita rasa baru yang belum pernah mereka coba. Kopi ini bisa membuatnya merasa lebih bahagia dan bersemangat menjalani hari-hari. Kamu bisa coba kado anti mainstream ini.

Memberikan sesuatu yang romantis tak selalu cokelat

Ilustrasi lilin aromaterapi (unsplash.com/Nathan Dumlao)

4. Lilin hias aroma terapi

Hadiah ini sangat cocok dan romastis untuk diberikan kepada pasangan, sahabat, ataupun keluarga. Dengan mencium aroma lilin akan membuat rasa lelah, jenuh dan penat berkurang dan membuat badan menjadi lebih rileks ketika bersantai dan menghabiskan waktu bersama.

Ada banyak variasi unik dan aroma relaksasi bunga-bunga segar yang bisa dipilih sesuai dengan aroma favorit pasangan.

5. Tanaman hias

Kamu bisa menjadikan tanaman hias sebagai sebuah kado yang unik dan romantis. Ketika pasangan pada umumnya memberikan rangkaian bunga mawar, tapi kamu memilih memberikan sebuah tanaman hias kepada pasangan.

Tidak sama seperti bunga yang akan layu, tanaman hias bisa bertahan lama jika dirawat dengan baik. Kamu bisa memilih tanaman hias dengan ukuran yang kecil dan mudah dirawat.

 6. Buku dengan pembatas buatan sendiri

Kalau pasanganmu hobi membaca, kamu bisa memberinya kado sebuah buku dengan pembatas yang kamu buat sendiri. Kamu bisa membuat pembatas buku dari kertas atau karton yang bagus. Hias dengan kreativitas sendiri dan tuliskan kalimat romantis di dalamnya.

 

Hobinya bisa kamu jadikan patokan untuk membelikan kado

(Ilustrasi: Humane Pursuits)

7. Buku diari cinta

Kamu bisa memberikan buku diari yang penuh cinta sebagai hadiah Valentine. Tulis rentetan kenangan manis kamu bersama pasangan menjadi sebuah tulisan romantis lengkap dengan tanggal-tanggal yang kamu ingat. Kamu bisa membagikan kenangan atau momen indah bersama pasangan. Jangan lupa untuk menempelkan foto kalau ada.

8. Headphone

Bila pasangan kamu suka mendengarkan musik, terutama saat bekerja atau beraktivitas, kamu bisa memberikan headphone kepadanya. Hadiah ini pasti akan langsung digunakannya dan disimpan baik-baik.

 9. Buku motivasi

Pasti ada saatnya pasangan atau orang yang tersayang memiliki tekanan yang besar dan kerap membuatnya menjadi stres. Untuk itulah, mereka membutuhkan buku-buku motivasi supaya bisa mendapatkan hiburan dan membuat pola pikir mereka jadi lebih positif.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejagung Terima Berkas 6 Tersangka Skandal Pengaturan Skor

Posted: 13 Feb 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan telah menerima lima berkas perkara untuk enam tersangka skandal pengatur skor dari Satgas Antimafia Bola Polri pada Rabu 13 Februari 2019. Lima berkas tersebut atas nama tersangka P dan AYA yang dijadikan satu, DI, ML, NS, dan TLE.

"Kejaksaan Agung telah menerima lima berkas perkara dengan jumlah tersangka sebanyak enam orang dalam kasus dugaan tindak pidana pengatur pertandingan sepak bola Liga Indonesia," ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Mukri dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Kelima berkas perkara skandal pengatur skor tersebut merupakan proses pelimpahan berkas perkara pertama (P19). Sejumlah jaksa pun telah ditunjuk untuk meneliti masing-masing berkas yang telah diterima.

"Masing-masing berkas perkara telah ditunjuk tim jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum yang beranggotakan lima orang jaksa," ucap Mukri.

Berkas tersebut, kata dia, akan diteliti oleh lima orang jaksa yang telah ditunjuk untuk melihat kelengkapan formil dan materiilnya. Apabila dinilai masih ada yang perlu dilengkapi, jaksa akan mengembalikan berkas skandal pengatur skor tersebut kepada penyidik kepolisian untuk diperbaiki.

 

Pasal Sangkaan

Pada berkas tersebut, tersangka P dan AYA disangkakan melanggar Pasal 378 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP dan atau Pasal 372 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP dan atau Pasal 3 Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap dan Pasal 3, Pasal 4, Pasal 5 Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Sementara tersangka NS dan ML disangkakan melanggar Pasal 3 Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap dan Pasal 5 Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Untuk tersangka DI dan TLE disangkakan melanggar Pasal 378 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP dan atau Pasal 372 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP dan atau Pasal 3 Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap dan Pasal 5 Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Batam Tewas Tembak Kepala Sendiri di Ruang Kerja

Posted: 13 Feb 2019 09:21 PM PST

Patroli Indosiar, Batam - Peristiwa polisi yang menembak kepalanya sendiri kembali terjadi. Seorang anggota Polsek Batu Ampar ditemukan bersimbah darah di dalam ruang kerjanya.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (14/2/2019), Bripka Cristian Poltak ditemukan tewas dengan luka tembak di bagian kepala di lantai dua ruang reskrim.

Tubuh korban langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara menggunakan mobil ambulans. Sementara, petugas gabungan dari Polresta Balerang maupun Polda Kepulauan Riau langsung melakukan olah tempat kejadian perkara.

Petugas berwenang belum memberikan konfirmasi atas kasus dugaan bunuh diri. Namun menurut sejumlah saksi, Bripka Cristian menembak kepalanya dengan senjata milik Asep, rekannya yang dinas di Polsek Batu Ampar sekitar pukul 13.20 WIB. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekretaris Ditjen PUM: Jelang Pemilu, Masyarakat Jangan Mudah Terprovokasi

Posted: 13 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Didi Sudiana, mengatakan bahwa penciptaan iklim kondusif perlu dilakukan dalam menyamput Pemilu 2019. Hal ini diperlukan untuk mendukung masyarakat menggunakan hak politiknya secara aman.

"Menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, masyarakat diharapkan mampu meningkatkan kewaspadaan untuk tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab serta mampu meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019," ujarnya, di Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel Bogor.

 

 

Sekretaris Ditjen PUM: Jelang pemilu, masyarakat jangan mudah terprovokasi (foto: merdeka.com)

Menurut Didi, Pemilu sebagai pesta demokrasi nasional harus dapat menjamin hak politik masyarakat. Aspirasi politik masyarakat dalam Pemilu harus tersalurkan secara alamiah. Tak boleh ada tekanan, intimidasi, dan ancaman lainnya.

Terakhir, tak lupa dirinya mengapresiasi seluruh panitia, baik pusat maupun daerah atas sinerginya pada Forum Demokrasi Dalam Rangka Pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2019. 

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Tiket Maskapai yang Turun Harga Setelah Rapat dan Disetujui

Posted: 13 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pesawat menjadi salah satu transportasi yang banyak dipilih masyarakat Indonesia dengan alasan untuk mempercepat waktu tempuh ke tempat tujuan yang jaraknya jauh. Namun, belakangan masyarakat dibuat gelisah perihal kenaikan harga tiket pesawat terbang yang melonjak drastis.

Masalah mahalnya tiket penerbangan Tanah Air ini menimbulkan keluhan dan polemik dari masyarakat. Mereka menyayangkan kenaikan harga tiket moda transportasi pesawat terbang. Kenaikan yang cukup tinggi untuk tiket pesawat terbang diperkirakan memicu inflasi di Januari 2019 lalu.

Setiap maskapai penerbangan mematok harga yang tinggi untuk rute-rute domestik di Indonesia. Hal ini pun sudah terdengar hingga ke Presiden Joko Widodo.

Dilansir Liputan6.com, Kamis (14/2/2019) dari Merdeka, Presiden Jokowi mendapat keluhan dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) terkait mahalnya harga avtur yang berimbas pada sepinya wisatawan asing dan wisatawan lokal.

Harga Tiket Maskapai Mulai Turun

Sebelum persetujuan penurunan harga tiket penerbangan, Presiden Jokowi telah memanggil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati untuk meminta kejelasan harga avtur di dalam negeri.

Kemudian Presiden Jokowi juga mengadakan rapat dengan sejumlah menteri untuk membahas mengenai harga avtur. Avtur adalah aviation turbine yang merupakan komponen tertinggi dalam biaya operasional maskapai penerbangan.

Dilansir Liputan6.com, Kamis (14/2/2019) dari Dream, Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Carriers Association/INACA) sepakat menurunkan harga tiket penerbangan domestik. Penurunan harga tiket penerbangan mulai sejak 11 Januari lalu.

"Kami berkomitmen untuk menurunkan harga tiket. Kami sejak minggu lalu, khususnya Jumat, sudah menurunkan tarif harga domestik," kata Ketua INACA, Ari Askhara, dalam konferensi pers di Jakarta, dikutip dari Merdeka, Minggu 13 Januari 2019.

Maskapai Setuju Turunkan Harga Tiket

Citilink tercatat sebagai maskapai Indonesia pertama yang menerapkan Electronic Flight Bag di Kokpit Pesawat.

Penurunan harga tiket pesawat domestik yang turun sejak Jumat masih dalam rute-rute tertentu. Rute tersebut ialah rute Jakarta-Denpasar, Jakarta-Yogyakarta, Bandung-Denpasar dan Jakarta-Surabaya. Untuk daftar tiket maskapai yang turun harga diketahui ada 5 maskapai.

Daftar maskapai yang turun harga di antaranya yaitu Garuda Indonesia, Sriwijaya Group, dan Citilink yang menurunkan harga tiket penerbangannya antara 20 persen hingga 60 persen.

Maskapai penerbangan Air Asia dan Lion Air Group juga menurunkan harga tiket pesawatnya sesuai dengan persetujuan dari Kementerian Perhubungan.

Ketua INACA mengatakan keputusan untuk menurunkan harga tiket penerbangan di domestik diambil berdasarkan komitmen positif bersama antara para pemangku kepentingan. Pihak yang bersangkutan tersebut yaitu PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Pertamina (Persero).

"Walaupun di tengah kesulitan maskapai nasional yang ada, tapi kami lebih mendengar keluhan masyarakat tentang harga tiket," ungkap Ari, dikutip dari Dream.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Valentine 2019, Prilly dan Maxime Bouttier Pilih Nonton Konser

Posted: 13 Feb 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut hari Valentine 2019, Maxime Bouttier dan Prilly Latuconsina sudah memiliki agenda tersendiri. Mereka memilih untuk menonton konser Rossa yang digelar di The Pallas, SCBD.

Maxime mengatakan bahwa dirinya dan Prilly sebenarnya tidak merayakan Valentine. Namun, mereka tetap menyambutnya dengan menyaksikan pertunjukan musik, demi melepas penat.

"Kita sih enggak ngerayain. Tapi tahun ini kita mau nonton konsernya Rossa. Ya untuk ngilangin stres karena kan pas peluncuran perdana film Kain Kafan Hitam," kata Maxime kepada Antara.

Pria keturunan Prancis itu mengaku bahwa biasanya ia dan Prilly menyambut Valentine dengan makan malam romantis. Namun tidak dengan tahun ini.

Mau yang Sangat Romantis

Prilly Latuconsina dan Maxime Bouttier. (Foto: instagram.com/prillylatuconsina96)

"Paling lunch bareng, dinner. Tapi kalau mau yang sangat romantis kan harus reservasi dulu, prepare itu lama. Buat kita enggak terlalu butuh yang kayak gitu. Tahun ini enaknya kita nonton konser," jelas Maxime.

Maxime dan Prilly juga tidak saling memberikan kado. Bagi mereka, bisa menghabiskan waktu berdua merupakan kado yang istimewa.

"Kita enggak terlalu kasih kado, yang penting kita bersama saja. Karena itu kado yang paling susah," ujar Maxime.

(Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Masa Lalu Jupiter Fortissimo, Tak Kapok-kapok Pakai Narkoba

Posted: 13 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama aktor tampan Jupiter Fortissimo memang mulai tenggelam dari ramainya dunia hiburan di Tanah Air. Namun, artis yang biasa dipanggil Jupe ini namanya muncul kembali di permukaan karena kasus narkoba yang menimpanya.

Pasalnya, polisi kembali menangkap Jupiter Fortissimo atas kepemilikan sabu, Senin (11/2/2019). Dari tangan Jupiter Fortissimo, polisi berhasil mengamankan sabu seberat 0,53 gram sisa pakai. Saat menjalani tes urine beberapa saat setelah penangkapan, Jupiter Fortissimo dinyatakan positif mengonsumsi sabu.

"Pemeriksaan urine sudah positif ya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (13/2/2019).

Saat ini polisi tengah mendalami lebih lanjut kepemilikan narkoba dari tangan Jupiter Fortissimo. Terlebih ini bukanlah kali pertama dirinya berurusan dengan polisi dalam kasus yang sama.

Tak hanya narkoba, polisi juga mengamankan alat hisap sabu dari tangan Jupiter Fortissimo. Saat penangkapan, Jupiter Fortissimo sedang bersama rekannya yang juga kedapatan memiliki sabu.

Tak Kapok Pakai Narkoba

Jupiter Fortissimo

Jupiter Fortissimo sendiri baru saja 5 bulan bebas setelah menjalani hukuman penjara selama 2,5 tahun karena kasus yang sama. Sebelumnya, Jupiter Fortissimo pernah ditangkap terkait kasus yang sama pada 10 Mei 2016. Aktor tersebut ditangkap atas kepemilikan narkoba jenis sabu.

Jupiter ditangkap bersama sang bandar yang memang telah menjadi incaran. Dalam kasus ini, polisi menetapkan Jupiter sebagai tersangka pemakai dan bukan pengedar.

Atas perbuatannya, Jupiter Fortissimo divonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat, 2 tahun 6 bulan penjara. Vonis ini jauh lebih rendah ketimbang tuntutan Jaksa Penuntut Umum, yakni 5 tahun penjara dan denda Rp 800 juta. Setelah menjalani hukuman, Jupiter dinyatakan bebas pada 27 Juli 2018 lalu.

Penasaran bagaimana sosok Jupiter Fouttissimo di masa lalu? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Instagram, Kamis (14/2/2019).

1. Awal perjalanan karir Jupiter Fortissimo menjadi model

2. Jupiter Fortissimo Saat Menjadi cover majalah Gaul pada 2003

3. Jupiter Fortissimo Jadi Model majalah Aneka Yess pada tahun 1998

4. Pemilik nama lengkap Jupiter Fourtissimo Jansen Talloga memiliki senyum yang ramah

6. Jupiter Fortissimo Bersama pemain sinetron 'Pura-pura Buta'

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tinjau Masjidil Haram, Pangeran Mohammed Cium Hajar Aswad

Posted: 13 Feb 2019 09:15 PM PST

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mencium Hajar Aswad saat meninjau Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi, Selasa (12/2). Perluasan Masjidil Haram dilakukan untuk mewujudkan Visi Arab Saudi 2030. (BANDAR AL-JALOUD/SAUDI ROYAL PALACE/AFP)

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mencium Hajar Aswad saat meninjau Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi, Selasa (12/2). Perluasan Masjidil Haram dilakukan untuk mewujudkan Visi Arab Saudi 2030. (BANDAR AL-JALOUD/SAUDI ROYAL PALACE/AFP)

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman melaksanakan salat saat meninjau Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi, Selasa (12/2). Pangeran Mohammed datang dengan pengawalan super ketat. (BANDAR AL-JALOUD/SAUDI ROYAL PALACE/AFP)

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman melaksanakan salat saat meninjau Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi, Selasa (12/2). Pangeran Mohammed datang dengan pengawalan super ketat. (BANDAR AL-JALOUD/SAUDI ROYAL PALACE/AFP)

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman memantau jemaah yang beribadah saat meninjau Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi, Selasa (12/2). Mohammed memberi pengarahan tentang proyek perluasan Masjidil Haram. (BANDAR AL-JALOUD/SAUDI ROYAL PALACE/AFP)

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman memantau jemaah yang beribadah saat meninjau Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi, Selasa (12/2). Mohammed memberi pengarahan tentang proyek perluasan Masjidil Haram. (BANDAR AL-JALOUD/SAUDI ROYAL PALACE/AFP)

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman keluar dari Kabah saat meninjau Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi, Selasa (12/2). Ratusan tentara diterjunkan untuk pengamanan Pangeran Mohammed. (BANDAR AL-JALOUD/SAUDI ROYAL PALACE/AFP)

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman keluar dari Kabah saat meninjau Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi, Selasa (12/2). Ratusan tentara diterjunkan untuk pengamanan Pangeran Mohammed. (BANDAR AL-JALOUD/SAUDI ROYAL PALACE/AFP)

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman saat meninjau Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi, Selasa (12/2). Pangeran Mohammed datang bersama rombongannya dalam jumlah yang cukup besar. (BANDAR AL-JALOUD/SAUDI ROYAL PALACE/AFP)

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman saat meninjau Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi, Selasa (12/2). Pangeran Mohammed datang bersama rombongannya dalam jumlah yang cukup besar. (BANDAR AL-JALOUD/SAUDI ROYAL PALACE/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doa saat Menerima Musibah yang Harus Dibaca agar Tidak Putus Asa

Posted: 13 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tanpa disadari, dalam menjalani hidup ini tak terlepas dari yang namanya musibah. Musibah yang dialami setiap orangn berbeda-beda. Baik itu musibah besar ataupun besar. Itu semua kembali bagaimana manusia menyikapi datangnya musibah tersebut. 

Musibah atau anugerah selalu hadir dalam kehidupan manusia. Umumnya, musibah diidentikkan dengan hal-hal buruk yang terkadang merugikan, sementara anugerah adalah hal-hal baik yang menguntungkan.

Namun, predikat baik-buruk atau untung-rugi tak terletak pada jenis peristiwa atau sesuatu yang Anda terima, melainkan bentuk sikap Anda saat merespon peristiwa atau sesuatu tersebut.

Bisa dikatakan, musibah terkadang menjadi anugerah bagi orang tertentu, namun tidak bagi orang lain. Begitu juga dengan anugerah, justru malah menjelma sebagai musibah bagi sekelompok orang tapi tidak bagi orang lainnya.

Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk tetap bersabar saat menghadapi musibah dan tidak berputus asa.

Berikut Liputan6.com, Kamis (14/2/2019) rangkum dari beberapa sumber terkait hal tentang doa saat menerima musibah yang ternyata dianjurkan oleh Rasulullah.

Doa saat ditimpa musibah

Berikut doa yang bisa Anda lantunkan saat menerima musibah, sesuai dengan apa yang Rasulullah ajarkan.

Innaa lillaahi wainnaa ilaihi raaji'uun. Allaahummaajirni fii mushiibatii wakhluf lii khairam minhaa."

Artinya:

" Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepadaNya lah kami akan kembali. Ya Allah, berikanlah aku pahala dalam musibah ini, gantilah musibahku ini dengan sesuatu yang lebih baik dari padanya."

Di dalam hadits Shahih Muslim, disebutkan bahwa barangsiapa yang membaca doa tersebut, niscaya Allah akan memberikan pahala dalam musibahnya dan memberikan ganti yang lebih baik daripadanya.

Cara memandang musibah

Walaupun musibah berwujud dalam satu bentuk, bisa dimaknai dalam berbagai sudut pandang. Musibah dapat diartikan sebagai adzab atau peringatan atau sebagai ujian atau cobaan.

Cara memahami musibah dari perspektif pertama ini lebih utama karena dapat menimbulkan intropeksi (muhasabah) yang mendorong manusia untuk mengoreksi kekurangan-kekurangannya, dan berusaha untuk memperbaiki diri.

Nah, doa di atas ini memberi pesan tentang hakikat kepemilikan yang seluruhnya dikembalikan kepada Allah SWT sebagai pemilik sejati. Juga tentang ajaran bahwa segenap musibah tak ada yang sia-sia, bahkan bisa berpahala, bila Anda, penerima musibah mampu menyikapinya dengan tepat.

Doa tersebut juga mengandung sebuah keoptimisan, yang ditandai dengan harapan kepada Tuhan atas karunia pengganti yang lebih baik.

Jika ditimpa musibah lakukan ini

Musibah yang menimpa seseorang perlu disikapi dengan sabar. Islam mengajarkan bagaimana seseorang harus menghadapi musibah yang menimpanya.

Hal ini seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW dan keluarganya ketika ditimpa kesulitan adalah melaksanakan shalat. Demikian pula seluruh Nabiyullah dan para sahabat, jika mengalami kesulitan, mereka akan segera sibuk dengan shalat.

"Dan suruhlah keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah atasnya. Kami tidak meminta rezeki darimu. Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat yang baik bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Thaha : 132

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Valentine, Omzet Penjual Bunga di Pasar Rawa Belong Malah Lesu

Posted: 13 Feb 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hari Valentine atau hari kasih sayang biasanya dimanfaatkan bagi sejumlah pedagang bunga untuk mendapatkan pendapatan lebih.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, para penjual mengklaim tidak mendapatkan peningkatan omzet seperti yang diharapkan.

Hal ini diungkapkan oleh salah seorang penjual bunga yang sudah berjualan lebih dari 10 tahun di Pasar Bunga Rawa Belong. Pak Min (63) menuturkan, dirinya biasanya mendapatkan setidaknya Rp 3 juta dari hasil berjualan bunganya. Namun kini, ia hanya meraup untung Rp 500 ribu hingga Rp 800 ribu saja.

"Ya dulu sempat ramai sekali, banyak yang beli, langganan biasanya ambil banyak. Tapi sekarang sudah berkurang, padahal saya target omzet lebih dari Rp 3 juta, tapi enggak mungkin kayaknya. Sekarang stabil di angka ratusan saja," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (14/2/2019).

Hal yang sama diungkapkan oleh Rudi (21), pedagang bunga aster. Ia berujar bunga-bunga hanya laku saat Valentine saja, itupun peningkatannya tidak terlalu signifikan dari hari biasa.

"Kalau aster enggak terlalu banyak yang beli, mungkin pada minatnya ke bunga mawar. Tapi kalau saya memang stabil, Valentine begini juga stabil saja," ungkapnya.

Rata-rata harga bunga mawar di Pasar Rawa Belong dibanderol sekitar Rp 70 ribu hingga Rp 100 ribu per ikatnya. Sedangkan untuk per tangkainya, bunga mawar dihargai sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu.

Hingga saat ini, para pedagang pasar bunga belum dapat memastikan hingga kapan bunga-bunga mereka akan laku terjual. Para pedagng pun tidak terlalu berharap mendapatkan untung yang besar. Mereka mengklaim, hanya pedagang tertentu saja yang bisa kebanjiran order.

"Soalnya sudah punya langganan sendiri-sendiri, jadi ya kita enggak terlalu berharap juga. Ini saja kalau bunga asternya enggak laku dan layu biasanya ada yang ambil, dimanfaatkan buat hal lain," ungkap Rudi.

 

Penjualan Bunga Mawar di Pasar Rawa Belong Melonjak di Hari Valentine

Pasar Bunga Rawa Belong. Liputan6.com/Athika Rahma

Sebelumnya, hari Valentine yang jatuh pada 14 Februari 2019, membuat sejumlah pedagang bunga di Pasar Bunga Rawa Belong kebanjiran pembeli. Permintaan bunga segar meningkat hingga 2-3 kali lipat dari hari biasa.

Rofi (23), pedagang bunga mawar mengaku lapaknya diburu pembeli sejak dua hingga tiga hari menjelang Valentine. Ini terutama untuk bunga mawar.

Dia menjual bunga mawar dengan harga bervariasi per bucket. Jika biasanya Rp 70 ribu per bucket, menjelang Valentine harganya naik menjadi Rp 90 ribu per bucket. Khusus untuk mawar merah, harganya bisa mencapai Rp 100 ribu per bucket.

"Untuk mawar kita naik biasanya Rp 70 ribu jadi Rp 90 ribu. Kalau mawar merah jadi Rp 100 ribu karena banyak yang pesan," ujarnya kepada Liputan6.com di Pasar Rawa Belong, Kamis 14 Februari 2019.

Rofi mengungkapkan jika permintaan pasar akan bunga segar cenderung stabil, hampir sama seperti Valentine tahun lalu. Namun, ia tidak dapat memastikan jumlahnya. Yang jelas, ia tidak begitu merasakan perbedaan omzet yang signifikan.

Dia tidak dapat memperkirakan hingga kapan bunga jualannya bakal ludes terjual. Berkaca dari tahun lalu, ketahanan permintaan bunga hanya sampai pada hari H Valentine.

"Sekarang nggak tahu sampai kapan datang pesanan. Kalau kemarin sih cuma sampai hari Valentinenya aja," ungkapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawaslu: 12 TPS di Solok Selatan, Rawan

Posted: 13 Feb 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Padang - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, mencatat setidaknya terdapat 12 tempat pemungutan suara (TPS) yang dinilai rawan geografis dan kecurangan. Ketua Bawaslu Solok Selatan, Muhammad Anshar, menyebutkan TPS yang dinilai rawan secara geografis dan kecurangan antara lain berada di tiga nagari (desa adat) di Kecamatan Sangir Batanghari.

Ketiga nagari tersebut yakni, Nagari Lubuk Ulang Aling Induk, Lubuk Ulang Aling Tengah dan Lubuk Ulang Aling Selatan.

Selain jauh dari pusat kecamatan Abai maupun Ibu Kota Kabupaten Padang Aro, untuk mencapai ketiga daerah itu harus menempuh jalur darat maupun air karena harus melintasi Sungai Batanghari, hingga dua jam lebih.

"Selain rawan geografi, di ketiga nagari tersebut juga kami nilai rawan dengan sumber daya penyelenggara pemilu yang bisa memicu rawan kecurangan," ujar Anshar seperti dilansir Antara, Kamis (14/2/2019).

Sebagai upaya pencegahan melalu pengawas pemilu kecamatan dan petugas pengawas lapangan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan KPU mulai dari pendistrbusian logistik hingga pasca pemilihan.

Selain itu, Bawaslu akan mengoptimalkan kinerja pengawas TPS yang disiagakan satu petugas per TPS.

"Kami juga bakal menekankan kepada para saksi dari partai politik agar ikut andil dalam menciptakan pemilu yang bersih," kata Anshar.

Selain ketiga nagari tersebut, imbuh dia, satu lagi daerah yang perlu mendapatkan pengawasan ekstra yakni Jorong Log Batu Sandi Nagari Sei Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, yang berbatasan dengan Provinsi Jambi.

Menurut dia, di daerah itu dinilai rawan terhadap mobilisasi peladang sehingga perlu pengawasan dalam pendistribusian model C-6 atau surat pemanggilan untuk memilih.

"Kami nanti akan berkoordinasi dengan KPU agar C-6 benar-benar diserahkan kepada pemilih yang terdaftar," ujar Ketua Bawaslu Solok Selatan.

 

Pencegahan KPU

Pekerja menempelkan stiker pada kotak suara Pemilu di kawasan Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Rabu (13/2). KPU Kota Depok mempersiapkan 27.686 kotak suara untuk didistribusikan ke 5.759 TPS di 11 kecamatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu Ketua KPU Solok Selatan Nila Puspita menyebutkan sebagai upaya mencegah terjadinya kecurangan pihaknya akan memulai dari perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang independen. "Artinya tidak berafiliasi dengan partai politik, calon atau tim," ujarnya.

Dalam waktu dekat pihaknya juga akan menyurvei dan monitoring tempat pemungutan suara mana saja yang dianggap rawan. "Biasanya kan di daerah-daerah sulit, seperti Lubuk Ulang Aling," ujarnya.

Pada hari pemilihan, imbuhnya KPU akan menugaskan staf di tempat pemungutan suara yang dianggap rawan yang juga melipat penyelenggara dari tingkat kecamatan hingga nagari.

Sementara untuk distribusi logistik, imbuhnya, akan meminta pengamanan dari pihak kepolisian dan TNI. Selain itu, pihaknya juga akan mencari lokasi yang aman untuk menyimpan logistik menjelang pemilu.

"Personel juga akan kami tambah menjelang hari pemilihan untuk pengamanan logistik," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Mesin, Perawatan Daihatsu Xenia 1.3 Lebih Murah Dibanding 1.5

Posted: 13 Feb 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan pilihan mesin baru berkapasitas 1,5 liter, Daihatsu Xenia kini memiliki 5 varian, yaitu 1.3 X, 1.3 X Deluxe, 1.3 R, 1.3 R Deluxe, dan 1.5 R Deluxe.

Memiliki perbedaan mesin, apakah kedua memiliki perbedaan dari sisi biaya perawatan di bengkel resmi?

Menanggap hal tersebut, Bambang Supriyadi, Head Product Improvement, Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor menjelaskan ada beberapa biaya tambahan yang harus dikeluarkan pemilik Xenia.

"Pertama itu pada kuantiti oli ya, itu ada bedaa sedikit perbedaan, 0,3 liter secara kuantiti. Untuk yang 1.3 itu butuh 2,7 atau 3 liter, kalau yang 1.5 ini 3,5 liter atau dibulatkan 4 liter. Jadi lebih mahal 70.000-an untuk 1.5L di tiap pergantian oli 10.000 kilometer, tapi itemnya tetep sama (jenis olinya)," kata Bambang.

Selain itu perbedaan juga terdapat pada kuantiti minyak rem. Pada Xenia 1.5 pemilik harus menghabiskan 2.2 botol setiap menempuh 40.000 kilometer.

"Jadi 1.5 sudah ABS di mana kontrolnya kan diatur komputer tapi pelaksananya minyak rem. Kalau yang 1.3 ada minyak rem tapi kuantitinya tak sebesar 1.5. Jadi yang tanpa ABS itu kan 2 botol, ini bisa 2,5 botol," ujar Bambang.

Selanjutnya

Terkait harga, minyak rem setiap satu botolnya dihargai Rp 50.000, apabila membutuhkan 3 botol untuk ABS 1.5, pemilik harus mengeluarkan uang Rp150.000.

"Selain itu hampir semuanya sama, komponen untuk biaya fast moving-nya, transmisi juga sama," tutur Bambang.

Terkait jadwal servis, Xenia 1.5 dan 1.3 harus diperlakukan hal yang sama, artinya jadwal servis berkala 6 bulan atau 10.000 harus diperhatikan dengan baik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembalikan Hukuman Mati, Sri Lanka Buka Lowongan untuk Algojo

Posted: 13 Feb 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Colombo - Sri Lanka mengumumkan lowongan pekerjaan untuk posisi algojo, setelah menyatakan hendak mengembalikan hukuman mati.

Menurut iklan di sebuah surat kabar, negara itu mengharuskan pengeksekusi hukuman mati adalah pria, berumur 18 hingga 45 tahun, memiliki karakter yang baik, serta fisik dan mental yang sehat.

Iklan dipasang di media sesaat setelah Presiden Maithripala Sirisena mengatakan akan memberlakukan kembali hukuman mati dalam dua bulan, berkaitan dengan kasus narkoba.

Sebagaimana yang diketahui, meskipun moratorium hukuman mati telah ada sejak 1976 di Sri Lanka, belum pernah ada terdakwa yang benar-benar dijatuhi sanksi eksekusi. Kasus berat seperti pembunuhan, pemerkosaan, dan pengedaran narkoba biasanya hanya berhenti pada hukuman seumur hidup, dikutip dari CNN pada Kamis (14/2/2019).

Meskipun demikian, Presiden Sri Lanka berkeputusan meniru "hukum besi" seperti yang dilakukan oleh Filipina. Dalam sebuah kunjungan kenegaraan beberapa waktu lalu, Presiden Sirisena mengapresiasi kebijakan Presiden Roderigo Duterte memerangi obat terlarang.

"Perang melawan kejahatan dan narkoba yang Anda lakukan adalah contoh bagi seluruh dunia, secara pribadi bagi saya", kata Sirisena dalam sebuah perjamuan negara bagian.

"Ancaman narkoba merajalela di negara saya dan saya merasa bahwa kami harus mengikuti jejak Anda untuk mengendalikan bahaya ini," lanjutnya.

 

Simak pula video berikut:

Dikecam Aktivis HAM Internasional

Aktivis dari Amnesty International melakukan aksi tolak eksekusi hukuman mati dengan suntik di depan penjara Bang Kwang di Nonthaburi, Bangkok (19/6). Lebih dari 500 tahanan di Thailand kini menunggu eksekusi. (AFP PHOTO / Romeo Gacad)

Biraj Patnaik, Direktur Asia Tenggara untuk Amnesty International --sebuah organisasi nirlaba untuk hak asasi manusia-- menyatakan kecaman dalam sebuah kiriman di Twitter pribadinya.

"Ini adalah iklan (lowongan) pekerjaan yang seharusnya tidak pernah ada. Pemerintah Sri Lanka mengiklankan untuk (posisi) pengeksekusi. Tidak ada tempat untuk hukuman mati di negara yang beradab."

Dalam kiriman itu, Patnaik juga menyematkan foto dari iklan pekerjaan di surat kabar yang ia maksud.

Sementara itu, Wakil Direktur Amnesty International Asia Selatan, Omar Waraich, juga menyampaikan kecaman dalam sebuah pernyataan .

"Apakah dia ingin melihat Sri Lanka yang paling miskin menjadi tempat di mana ketika masyarakat bangun setiap pagi menemukan mayat-mayat baru tergeletak di jalan-jalan dalam genangan darah?," kata Waraich.

Ia juga mempertanyakan niatannya untuk mengembalikan hukuman mati, yang ia anggap sebagai usaha untuk menjadikan aparatur negara sebagai instrumen pembunuh bagi masyarakat sipil.

"Apakah dia ingin pasukan keamanan direduksi menjadi perusahaan kriminal yang mendukung pembunuhan terhadap sipil?" lanjutnya.

Hingga berita ini terbit, belum ada tanggapan dari pemerintah Sri Lanka terkait kecaman dari aktivis hak asasi manusia internasional itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inspirasi Menu Instagramable Low Budget untuk Valentine

Posted: 13 Feb 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tak sedikit para cewek yang kerap kali memasak untuk pasangan mereka. Tak hanya untuk mengasah kemampuan memasak, hal tersebut juga dilakukan untuk menunjukkan kasih sayang mereka kepada sang kekasih.

Memasak untuk pacar juga bisa dilakukan sebagai cara ngedate yang antimainstream. Ya, untuk menghabiskan waktu bersama pacar kalian tak harus melulu pergi ke luar rumah. Cobalah sesekali memasak bersama karena bisa membuat hubungan semakin dekat.

Namun biasanya banyak para cewek yang kehabisan ide untuk memasak makanan yang simpel untuk pacar dan tentunya enak. Tenang, kalian bisa mencoba inspirasi menu masakan yang satu ini. Tak perlu mengeluarkan uang mahal, kalian bahkan bisa mendapatkannya hanya dengan mengeluarkan uang Rp 10 ribu saja loh.

Caranya ialah dengan memasak mie instan. Eits... tapi bukan mie instan biasa, kalian bisa membuatnya seperti makanan ala restoran super mahal dengan tutorial yang satu ini. Kuncinya adalah pada tahap plating, kalian bisa mengkreasikannya menjadi sangat cantik sehingga tampak seperti menu makanan pada restoran bintang lima. Lalu seperti apa sih tutorialnya? Yuk disimak...

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Dessert

menu valentine low budget (foto: @masakdarurat)

Menu instagramable namun murah meriah ini diunggah oleh akun @masakdarurat dan bisa menjadi inspirasi bagi kalian yang ingin memasak untuk kekasih di hari valentine.

Tak hanya makanan utama, ada pula menu hidangan penutupnya loh yang pastinya murah meriah. Bahan-bahannya cukup jajanan yang bisa kalian temukan di warung loh dan kuncinya tetap pada plating ya. Berikut tutorialnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditjen Polpum Gelar Sosialisasi Bela Negara di Makassar

Posted: 13 Feb 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengadakan sosialisasi bela negara lewat acara Forum Dialog Peningkatan Kesadaran Bela Negara Dalam Rangka Penguatan Karakter Bangsa Bagi Aparat/Aparatur dan Masyarakat di Hotel Singgasana, Kota Makassar, Selasa (13/2/219). 

Penyelenggaraan sosialisasi tersebut dilakukan berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Bela Negara Tahun 2018-2019. Tujuannya untuk memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta meningkatkan kesadaran bela negara dan jiwa nasionalisme.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum), Soedarmo, mengatakan bahwa upaya meningkatkan jiwa nasionalisme warga negara tersebut diselaraskan dengan Program Ditjen Polpum.

 

"Rela berkorban bagi bangsa dan negara, yakni setiap langkah dan tindakan tidak hanya mementingkan diri sendiri, tetapi lebih dari itu bahwa kemaslahan umumlah yang utama, dan mampu melihat kepentingan jauh kedepan untuk kepentingan negara dan bangsa," ujarnya.

Acara Forum Dialog Peningkatan Kesadaran Bela Negara Dalam Rangka Penguatan Karakter Bangsa Bagi Aparat/Aparatur dan Masyarakat tersebut diikuti oleh 230 peserta yang terdiri dari Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Wilayah Indonesia Timur.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terdakwa Kasus Suap Izin Meikarta Ungkap Permintaan Duit dari Pejabat Daerah

Posted: 13 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung Sidang lanjutan kasus dugaan suap izin proyek Meikarta menghadirkan kesaksian dari terdakwa Fitra Djaja Purnama untuk terdakwa lainnya Billy Sindoro. Fitra mengungkap aliran suap kepada pejabat Pemkab Bekasi hingga Pemprov Jabar.

Fitra yang disebut dalam dakwaan sebagai konsultan Lippo Group ditanyai jaksa dari KPK terkait rapat di Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) yang dipimpin oleh Deddy Mizwar yang kala itu menjabat sebagai Wakil Gubernur Jabar.

"Prinsipnya menindaklanjuti rapat di Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda). Hasil di situ, teknis detil apa-apa yang harus dilengkapi Lippo, kemudian karena saat itu tidak hadir dari Pemkab Bekasi, tapi ada poin untuk Pemda Bekasi. Jadi lebih banyak untuk Lippo melengkapi dokumen," kata Fitra dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (13/2/2019).

"Saat pengurusan itu apakah RDC (Rekomendasi Dengan Catatan) ujungnya apa?," tanya jaksa. "Ya sebagai tindak lanjut," kata Fitra.

Jaksa lalu menanyakan soal pemberian kepada Kepala Seksi Pemanfaatan Ruang pada Bidang Penataan Ruang Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Pemprov Jabar, Yani Firman. Fitra menyebut pemberian bukan saat rapat BKPRD melainkan setelah keluarnya RDC.

"Proses pemberiannya seperti apa ke Yani Firman?," tanya jaksa.

"Ya ada beberapa poin yang jadi hasil rapat BKPR, Lippo diminta melengkapi poin-poin termasuk amdal, amdal lalin, daya dukung, daya tampung pengolahan sampah. Poin-poin itu sudah dilengkapi semua tapi kok tidak kunjung keluar RDC. Dari situ, saya minta Taryudi mengecek sampai di mana, di situ dapat info dari Taryudi berkas ada di Pak Yani. Terus Yudi bilang Yani minta ketemu saya, lalu saya ketemu Yani dengan Henry. Muncul Pak Yani bilang perlu untuk teman-teman staf yang urus," ujar Fitra.

"Disampaikan berapa jumlahnya?," tanya jaksa.

"Dia ngomongnya 'gatau deh 500 (juta) cukup atau enggak'," ujar Fitra menirukan ucapan Yani Firman.

"Berapa akhirnya diberikan?," tanya jaksa. "Saya tahunya dalam dollar Singapura. Saya nggak tahu tepatnya, tapi kurang lebih Rp1 M," kata Fitra.

Dalam dakwaan, Yani Firman disebut diberi uang SGD 90 ribu. Yani sendiri mengakui telah menerima uang tersebut pada Januari 2018 dari Fitra.

Selain ke pejabat Pemprov Jabar, Fitra juga mengaku memberikan fulus kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi. Saat itu, pihak Lippo tengah mengurus kerangka acuan. Namun Fitra menyebut pemberian itu bukan dalam rangka pengurusan kerangka acuan.

"Setelah apa pemberian?," tanya jaksa. "Setelah SKKLH (surat keputusan keterangan lingkungan hidup). Itu saat Lebaran," kata Fitra.

Fitra menjelaskan teknis pemberian saat itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Daryanto mengajak bertemu.

"Dalam pertemuan, Daryanto minta untuk ada perhatian karena ini kerja berat untuk anak-anak. Tapi lupa sebelum puasa atau saat puasa yang jelas pemberian itu sekitar Lebaran," katanya.

Dalam dakwaan, Daryanto menerima Rp500 juta dalam tiga tahap yaitu Rp200 juta, Rp150 juta, dan Rp150 juta di dalam bungkusan plastik warna hitam. Dari total uang itu, Daryanto memberikan Rp200 juta ke Bupati Neneng dengan ucapan, 'Ini ada rezeki dari pengurusan Amdal Meikarta'.

Gaji 1.000 Dolar Singapura per Hari

Dalam keterangannya, Fitra Djaja juga mengaku ia dipekerjakan Billy Sindoro untuk mempercepat proses perizinan Meikarta yang macet. Selama bekerja, ia mendapatkan gaji seribu dolar Singapura per hari.

Fitra mengaku mengenal Billy melalui Henry Jasmen yang sama-sama menjadi terdakawa dalam kasus ini. Pertemuan pertama keduanya terjadi di Bandara Juanda, Surabaya.

Ia berkata, saat perkenalan dengan Billy, dirinya saling mengenal dan salah satu yang disinggung terkait soal peraturan daerah (perda).

Jaksa kemudian menanyangkan tangkapan layar percakapan WhatsApp (WA) antara Billy dan Fitra. Dalam bukti percakapan tersebut, tampak Billy mengirimkan file bertuliskan Perda Jabar No 12. 2014.

Jaksa kemudian menanyakan, apakah pertemuan itu membahas soal Perda Jabar tersebut. Sebab, perda yang mengatur tentang pengelolaan pembangunan dan pengembangan metropolitan dan pusat pertumbuhan di Jabar inilah yang jadi dasar perizinan Meikarta disetop.

"Sempat menyinggung Perda Jabar ini?," tanya jaksa. "Pada saat pertemuan itu tidak. Tapi saya dikirimi perda itu," ujar Fitra.

Penjelasan soal pengiriman file ini tak berlanjut. Jaksa lalu membahas soal kedatangan Fitrad ke Jakarta pada 11 Agustus 2017. Fitra mengaku awalnya tak tahu akan dipekerjakan untuk urusan perizinan Meikarta.

"Sebelumnya saya dihubungi oleh Henry ada urusan pekerjaan. Belum disampaikan pekerjaan apa. Saya dikasih kliping media, saya memahami itu terkait Meikarta," katanya.

Saat ke Jakarta, Fitra menghadiri pertemuan di sebuah tempat yang tak dia ingat namun berada di kawasan Lippo Karawaci. Dalam pertemuan itu turut hadir Billy Sindoro, Henry Jasmen dan Christopher Mailool, keponakan Billy. Pertemuan tersebut membahas soal mandegnya perizinan Meikarta

"Pertemuan di Karawaci membahas apa?," tanya jaksa. "Membahas soal Meikarta yang proses perizinannya mandeg," kata Fitra.

"Siapa yang sampaikan perizinan mandeg?," tanya jaksa kembali. "Saya lupa karena ada beberapa orang, saya lupa tepatnya," kata Fitra.

Fitra mengatakan, dalam pertemuan tersebut ada opsi datang dari seorang pengacara yang tak ia ketahui namanya. Opsi tersebut meminta perlindungan hukum ke Mahkamah Agung (MA).

"Terkait mandeg ini, saudara diminta pendapat?," tanya jaksa.

"Saya menyampaikan pendapat sesuai perda yang ada kita musti urus rekomendasi gubernur sekalipun rekomendasi gubernur dasar hukum belum utuh," kata Fitra.

Karena belum ada keputusan opsi mana yang diambil, Fitra lantas kemnali ke Surabaya. Tanggal 23 September 2017, ia diminta lagi datang ke Jakarta.

Jaksa lantas membacakan berita acara pemeriksaan (BAP) Fitra. Dalam BAP disebutkan bahwa Henry meminta Fitra ke Jakarta mengurus solusi yang dia tawarkan.

"Begitu sampai Cengkareng, saya dijemput Henry Jasmen ke Hotel Axia dan melakukan pertemuan di restoran Hotel Axia dengan Bartholomeus Toto dan Edi Dwi Soesianto. Saat pertemuan Toto mengatakan tidak dipenuhi rekomendasi ke MA maka rekomendasi gubernur diurus. Toto menanyakan bagaimana mengurus rekomendasi itu. Saya berpisah meja dan gabung dengan Billy. Kami sampaikan sudah satu pemahaman dengan dengan Toto dan Edi Soes. Saya sampaikan tidak banyak karena sudah disampaikan ke Billy. Billy menyampaikan 'ya udah mas tolong dikawal'," kata jaksa membacakan BAP terdakwa.

Jaksa menanyakan maksud 'ya udah mas tolong dikawal'. "Ya sudah itu (rekomendasi gubernur) yang diurus. Saya memahaminya begitu," jawab Fitra.

Singkat cerita, Fitra pulang ke Surabaya. Tak lama berselang ia kembali ke Jakarta pada 28 September 2017. Keesokan harinya, bertemu lagi dengan Billy di Imperium Karawaci Golf (IKG). Fitra saat itu diminta untuk ikut rapat di Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda).

Pekerjaan pertamanya dimulai pada 3 Oktober 2017. Saat itu Fitra dan Henry berangkat ke Ditjen Otda mengikuti rapat. Selain dia dan Henry, perwakilan dari Lippo saat itu ada Edi Dwi Soesianto dan Satriadi.

"Apa output dari Otda?," tanya jaksa.

"Prinsipnya ada tiga, pertama pihak Lippo melengkapi permohonan. Kemudian pihak provinsi Jabar melalui BKPRD memberikan RDC (Rekomendasi Dengan Catatan). Ketiga, Pemkab Bekasi melakukan percepatan perizinan," paparnya.

Setelah rapat itu, Fitra mengaku melakukan pertemuan lagi dengan Billy dan Bartholomeus Toto. Peretemuan itu membahas soal hasil rapat Otda.

"Apakah kemudian disampaikan harus intens? Bagaimana menyampaikannya?," tanya jaksa.

"Ya intinya butuh intensitas mengurus RDC," jawab Fitra.

"Siapa waktu itu yang menyampaikan?," tanya jaksa lagi. "Pak Billy," jawab Fitra.

Jaksa lalu membacakan BAP lagi. Dalam BAP Fitra, Billy menyampaikan meminta Fitra meluangkan waktu 80 persen di Jakarta. Berikut isi BAP yang dibacakan.

"Pak Billy menyampaikan meminta saya meluangkan waktu 80 persen di Jakarta. Saya akan mendapatkan kompensasi 1000 dollar Singapura per hari kalau bekerja. Fitra pun membenarkan isi BAP tersebut.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Bukti Kalau Bahasa Jawa Memang Super Simpel, Cukup Satu Kata

Posted: 13 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mempelajari sebuah bahasa memang perlu untuk dilakukan. Dikarenakan perkembangan dunia semakin pesat, maka tuntutan untuk menguasai bahasa asing pun dibutuhkan. Bahasa asing yang sangat umum dipelajari ialah Bahasa Inggris. Apalagi Bahasa Inggris juga ditetapkan sebagai bahasa internasional di mana dijadikan sebagai alat komunikasi dengan negara lain.

Meski adanya pengaruh global yang menuntutmu untuk bisa mempelajari bahasa asing, tentu saja kamu tak boleh untuk melupakan Bahasa Indonesia ataupun bahasa daerah. Bagaimana pun, menggunakan Bahasa Indonesia bisa menjadi perekat antar suku. Seperti diketahui, di Indonesia sendiri memiliki banyak suku dan juga bahasa daerah yang berbeda.

Berbicara mengenai bahasa daerah, bahasa yang terdengar umum untuk bahasa daerah ialah Bahasa Jawa. Hal ini karena banyak pula orang dari tanah Jawa melakukan transmigrasi ke berbagai daerah di Indonesia, sehingga Bahasa Jawa pun tak terlalu asing untuk didengar.

Bahasa Jawa sendiri merupakan bahasa yang paling simpel untuk digunakan. Hal ini terbukti dari beberapa cuitan yang diunggah oleh netizen melalui laman Twitter mereka. Berikut ini telah dirangkum Liputan6.com dari akun Twitter @SefrizalHD soal simpelnya menggunakan Bahasa Jawa di keseharian, Kamis (14/2/2019).

1. Memang simpel banget ya

2. Singkatnya kalau jatuh kepala duluan ya begini

Bahasa Jawa Simpel (Sumber: Twitter/khalid_ora_dadi)

3. Kata lain dari Nih!

Bahasa Jawa Simpel (Sumber: Twitter/ainnainnie)

4. Kalau ini sedikit ngegas ya

Bahasa Jawa Simpel (Sumber: Twitter/irmaardhi)

5. Kadang memang bikin ngakak juga

Bahasa Jawa Simpel (Sumber: Twitter/adityajuliannn)

6. Yang penting berangkat

Bahasa Jawa Simpel (Sumber: Twitter/safaaaaaaya)

7. Bahasa Jawa memang sesimpel itu ya

Bahasa Jawa Simpel (Sumber: Twitter/WArmstrong182)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zodia, Tanaman yang Bikin Nyamuk DBD Tidak Betah di Rumah

Posted: 13 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Zodia merupakan salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk demam berdarah dengue (DBD). 

"Zodia merupakan tanaman yang paling tidak disukai oleh nyamuk," kata Staf Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Saleha Sungkar.

Sebenarnya, bukan hanya nyamuk yang tidak suka aroma zodia, manusia juga. Dalam indera penciuman manusia aroma tanaman ini sedikit tajam. 

Selain zodia, dalam seminar "Demam Berdarah yang Tak Kunjung Musnah, Mengapa?" di Gedung IMERI FKUI, Jakarta Pusat ini Sungkar juga menyebutkan ada beberapa tanaman lain yang tidak disukai nyamuk. Diantaranya sereh, jahe, lengkuas, kemangi, kencur, dan jeruk purut.

 

Tak cukup dengan tanam tanaman antinyamuk

PSN dilakukan secara mandiri di instansi pemerintah dan sekolah untuk mencegah DBD. (Foto: Liputan6.com/Humas Pemkab Banyumas/Muhamad Ridlo)

Di kesempatan yang sama, Sungkar juga mengungkapkan bahwa tak cukup dengan menanam tanaman antinyamuk untuk memberantas DBD. Perlu juga tindakan Pemberantasan Sarang Nyamuk. Salah satunya dengan 3M (Menguras, Menutup, Menimbun). 

Sungkar menyarankan untuk melakukan 3M satu minggu sekali. Hal ini dilakukan secara rutin sehingga bisa mengendalikan nyamuk yang ada di sekitar rumah.

Ia juga mengingatkan agar tidak membiarkan tanaman yang ada di depan rumah terlalu rimbun. Pastikan juga tanaman yang dipilih tidak bisa menampung air. 

 

Saksikan juga video menarik berikut 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polresta Depok Gelar Rekonstruksi Kasus Ayah Banting Anak Tiri

Posted: 13 Feb 2019 09:00 PM PST

Patroli Indosiar, Depok - Kasus penganiayaan ayah tiri kepada anak balitanya yang berusia dua tahun terus bergulir. Dari prarekonstruksi yang dilakukan polisi, diketahui tersangka juga melakukan pelecehan terhadap korban yang sudah tidak bernyawa.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (14/2/2019), tersangka peragakan 20 aksi penganiayaan yang dilakukan pada 5-8 Februari.

Pada 5 Februari, korban dianiaya dan dibanting di depan istri tersangka yang merupakan ibu kandung korban. Sementara pada 8 Januari, korban kembali dianiaya karena pelaku kesal dengan sang istri.

Saat itulah korban mengalami kejang. Tersangka sempat memanggil tetangga untuk membawa korban kerumah sakit tetapi korban telah tewas diperjalanan. Jasadnya pun dibawa kembali ke rumah.  

Namun ketika mendapati istrinya belum juga pulang ke rumah meski sang anak telah meninggal dunia, tersangka pun merasa kesal. Ia melakukan aksi pelecehan seksual terhadap korban.  

"Intinya prarekonstruksi dengan BAP sudah sesuai," ujar Kasubag Humas Polresta Depok AKP Firdaus.  

Rencananya tersangka akan kembali menjalani pemeriksaan psikologis guna mengetahui kondisi kejiwaan.  (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memutar Waktu ke Zaman Edo di Noboribetsu Date Jidaimura

Posted: 13 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Noboribetsu - Zaman Edo menjadi salah satu periode penting sejarah Jepang yang hingga kini mewarnai spirit kehidupan warga setempat. Saat itu, shogun berkuasa melebihi kekuatan kaisar dan samurai begitu dihormati.

Bila tak ada gambaran seperti apa zaman Edo, bayangkan saja serial animasi Samurai X. Para lelaki memanjangkan rambut dan mengikatnya dengan gaya khas, berkimono, dan membawa pedang yang disebut katana ke mana-mana, sementara para perempuan menggelung rambutnya dan juga berkimono dalam keseharian.

Suasana itu langsung terasa di Noboribetsu Date Jidaimura yang berlokasi di Noboribetsu, kota kecil sekitar satu jam dari Sapporo, Hokkaido, Jepang, sejak di gerbang masuk. Sapaan 'irasshaimase' langsung diterima pengunjung dari para penjaga yang berkostum samurai dan tak keberatan berfoto bareng.

Bila beruntung, Anda juga bisa bertemu ninja yang berpakaian hitam-hitam dan berfoto dengannya. Kadang dia berpose mematung hingga tak bisa dibedakan antara manusia asli, lain waktu ia beraksi dengan ala Naruto.

Noboribetsu Date Jidaimura (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Keiji Yamada, Director of Entertainment Department taman tematik itu menjelaskan, nama Date merujuk pada nama samurai ternama, Date Masamune. Lelaki yang hidup pada 1567-1636 itu melayani Shogun Tokugawa Ieyasu dan memerintah di wilayah Sendai.

Berdasarkan berbagai sumber, Date Masamune terkenal juga dengan nama dokuganryu alias One-Eyed Dragon of Oshu. Itu karena ia kehilangan satu matanya.

Date Masamune memerintah di wilayah Sendai. Kota di utara Pulau Honshu dimakmurkan dalam masa pemerintahannya sebelum kemudian pindah ke Hokkaido untuk mengelola tanah kosong sekaligus menjaganya dari pendudukan negara asing, Rusia.

Menghormati Date, sebuah taman dibuat merujuk pada puisi Zen yang dibuatnya. Letaknya di tengah-tengah Noboribetsu Date Jidaimura. Jembatan dan paviliun berwarna oranye yang ditata apik kontras dengan salju putih yang menutupi taman saat Liputan6.com datang bersama rombongan JNTO Indonesia pada Selasa, 12 Februari 2019.

Noboribetsu Date Jidaimura (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Tak hanya taman, perkampungan Zaman Edo yang berdiri di atas lahan 283 ribu meter persegi itu memiliki sebuah replika rumah Katakura Kojiro, samurai yang menjadi perpanjangan tangan Date Masamune di Hokkaido. Lokasinya paling ujung dari perkampungan tersebut.

Belasan anak tangga harus dilalui sebelum memasuki gerbang rumah yang tampilannya megah itu. Karena berada lebih tinggi, Anda bisa mengamati keseluruhan perkampungan Edo dari depan gerbang rumah.

Rumah itu sebenarnya memiliki taman batu di halaman depan. Namun, salju menutupinya sehingga hanya terlihat tonjolan bulat-bulat di beberapa sudut dan pohon pinus yang diikat tali agar tak rubuh.

"Pohon itu kami beli dari Pulau Honshu, usianya 28 tahun. Harganya 1 juta yen," tutur Yamada sambil menyebut siapa yang berfoto di foto itu, akan beroleh keberuntungan.

Samurai dan Katana

Noboribetsu Date Jidaimura (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Rumah itu ternyata tak hanya menarik sebagai latar foto, tetapi juga berfungsi sebagai museum kecil hingga set pengambilan gambar untuk film. Tak jauh dari pintu masuk yang berada di sayap kiri rumah, Anda langsung melihat baju zirah samurai lengkap dengan helm besi yang dipasang jimat nama dewa.

"Tujuannya agar samurai itu dilindungi dewa saat bertempur. Baju zirah dibuat dengan jahitan padat agar tak mudah ditembus senjata lawan," kata Yamada.

Memasuki bagian utama museum adalah ruang pajang katana alias pedang samurai. Pedang dalam hidup samurai berperan penting karena menentukan bagaimana hidup mereka berakhir. Karena percaya pedang yang kuat akan mengalahkan pedang yang lebih rapuh, samurai sangat bergantung pada keterampilan kanuchi alias pembuat pedang.

"Untuk membuat satu pedang itu membutuhkan banyak orang dengan keahlian berbeda-beda," kata Yamada.

Bahan utama pedang adalah pasir besi yang dicampur dengan arang dan dibentuk dalam bara api panas tinggi. Butuh beberapa tahap hingga pedang bisa digunakan.

"Pedang ini harus keras sekaligus lentur. Tidak boleh terlalu keras karena akan mudah patah, tetapi juga jangan lembek karena nanti tak kuat untuk bertarung," lanjutnya lagi.

Pembuat katana kini semakin terbatas. Maka itu, harganya selangit. "Ada yang sampai 1,5 juta yen," katanya.

Pertunjukan Teater Gratis

Pertunjukan teater di Noboribetsu Date Jidaimura, Hokkaido, Jepang. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Meski disebut gratis, Anda tetap diharapkan memberikan tips kepada para pemain pertunjukan. Ada tiga jenis pertunjukan tersedia dengan jadwal tertentu, yakni pertunjukan ninja, oiran, dan samurai. Saya kebagian pertunjukan ninja saat itu.

Sebelum masuk, Anda akan dibagikan kertas putih tipis dan keterangan tentang pertunjukan yang akan berlangsung. Serunya, kami mendapatkan kertas penjelasan dalam Bahasa Indonesia.

Sebelum teater dimulai, seorang ninja menjelaskan apa yang boleh dan tidak dilakukan penonton selama dan sesudah pertunjukan berlangsung. Jangan khawatir tak mengerti penjelasan panjangnya yang disampaikan dalam bahasa Jepang karena ia akan menjelaskan secara singkat dalam Bahasa Inggris tanpa grammar.

Salah satunya adalah penjelasan saat memberikan tips. Kertas putih tipis yang dibagikan di awal ternyata berfungsi membungkus uang tips. Anda lalu diminta melempar ke atas panggung setelahnya pertunjukan berdurasi 20 menit berakhir.

"Jangan lempar tipsnya ke tubuh ninja ya," katanya.

Dialog para pemain dibawakan dalam Bahasa Jepang. Nah, itulah gunanya kertas keterangan yang dibagikan sebelum pertunjukan. Meski begitu, jangan terlalu dipusingkan dengan kalimat-kalimat tak dimengerti karena atraksi utamanya, jurus-jurus ala ninja, tetap bisa dinikmati dengan baik, bahkan bisa tertawa lepas.

Setelah pertunjukan usai, ingin langsung bergaya ala warga zaman Edo? Anda bisa menyewanya di salah satu bangunan yang tak jauh dari gerbang masuk. Namun, saya tak sempat menanyakannya detail harga karena keterbatasan waktu saat itu.

Taman tematik ini dibuka tiap hari dengan jam buka mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore saat musim panas, dan pukul 9 pagi hingga pukul 4 sore pada musim dingin. Biayanya 2.900 yen untuk orang dewasa, 1.500 yen untuk anak sekolah, dan 600 yen untuk anak balita usia 4 tahun ke atas.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Bercadar, Adelia Pasha Didoakan Istikamah

Posted: 13 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Madinah - Pasha Ungu sedang menjalankan ibadah umrah bersama istrinya, Adelia Wilhelmina. Selama di Tanah Suci, keduanya kerap membagikan momen spesialnya.

Melalui akun Instagram @adeliapasha, wanita 29 tahun itu mengunggah beberapa foto bersama sang suami.

Adelia Pasha itu tampil modis dengan busana serba hitam. Gamis dan khimar bersatu padu memberi kesan santun pada penampilannya.

Namun di salah satu foto, ada yang berbeda dengan penampilan Adelia Pasha. Ia mengenakan niqab sebagai pelengkap busana syari.

Adelia Pasha tampak berpose sambil mengadahkan tangan di pelataran Masjid Nabawi. Ia terlihat seperti sedang berdoa. Matanya yang dipejamkan menambah kesan khusyuk.

"Assallamu alaika Ya Rasullallah..." tulisnya di keterangan foto, dikutip Dream.co.id, Rabu 13 Februari 2019.

Banjir Doa

Belum diketahui pasti apakah Adelia memang telah memutuskan untuk bercadar, atau hanya sekadar momen tertentu.

Namun, penampilan bercadarnya itu sontak mengundang komentar warganet. Adelia kebanjiran doa dan pujian dari warganet. Banyak yang berharap agar ia terus memakai niqab.

"Masyaallah cantik banget mommy semoga sehat selalu dan diberikan kesehatan menjalankan ibadah umroh," ujar akun @ratnawatinannaratnawatianna.

"Ademm liatnya teh," kata akun @erlanda_fashion menimpali.

"Masya Allah.. semoga niqabnya berlanjut sampai tanah air dan seterusnya," kata akun @dini_official_01. (Amrikh Palupi/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pria Mengaku Jenderal Bisa Gandakan Uang Gaib

Posted: 13 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria mengaku jenderal bintang tiga mengaku bisa menggandakan uang gaib.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Coklat, Pilihan Makanan yang Bisa Jadi Rekomendasi di Hari Valentine

Posted: 13 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang telah tiba. Di bulan yang penuh cinta dan identik dengan cokelat ini, banyak orang dari berbagai belahan dunia merayakannya dengan memberikan hadiah kepada orang tersayang.

Setiap pasangan, pasti memiliki cara sendiri memberikan hadiah untuk pasangannya di Hari Valentine. Mungkin bagi sebagian orang memberi pasangan hadiah cokelat sangat membosankan. Pasalnya hampir setiap perayaan Valentine pasti memberikan cokelat sebagai hadiah.

Untuk Anda yang merasa bosan memberikan cokelat di Hari Valentine, berikut rekomendasi makanan yang tidak kalah romantis yang bisa Anda berikan ke pasangan Anda, seperti dikutip dari TunaiKita:

1. Cupcake

Memberikan setangkai atau buket bunga sudah biasa, kini saatnya merayakan Hari Valentine dengan cupcake. (Fimela.com/Nurwahyunan)

Kue manis yang mungil ini memang sangat lembut dan menggemaskan. Anda bisa berkreasi dengan memberikan hiasan-hiasan lucu bertema Valentine. Anda juga bisa menambahkan krim berwarna pink agar lebih terasa nuansa Valentine-nya.

2. Martabak

Inovasi martabak manis membuat makanan ini tetap hits dan kekinian (Foto: Dok. Lakupon)

Anda bisa memberikan pasangan Anda martabak. Siapa sih orang Indonesia yang bisa menolak kelezatan martabak? Kudapan ini bisa Anda santap bersama pasangan di Hari Valentine. Anda bisa mengganti bahan makanan menjadi serba warna pink agar perayaan Valentine menjadi lebih terasa.

3. Salad Buah

ilustrasi salad buah/copyright Unsplash/Dana DeVolk

Bagi Anda atau pasangan yang sedang menjalani diet, salad buah menjadi kado yang tepat. Sebab, jika Anda memberikan cokelat sudah pasti tidak akan dimakan, kan?

Kamu bisa kreasikan dengan buah-buahan berwarna merah, seperti semangka, strawberi, buah naga, dan sebagainya. Selain sehat, Anda mau makan sebanyak apapun tidak akan membuat berat badan naik.

4. Sandwich

(sumber: pixabay)

Gunakan alat pencetak roti berbentuk hati, kemudian Anda bisa berkreasi dengan memberi isian sandwich yang akan Anda buat. Seperti daging ham, telur, keju, daun selada dan tomat.

Ini bisa Anda jadikan sebagai hadiah Valentine untuk si dia. Akan sangat terasa romantis jika Anda membuatnya sendiri dan mengirimkannya langsung untuk makan siang pasangan Anda.

5. Pizza

ilustrasi resep pizza/copyright unsplash/Nicolás Perondi

Makanan terakhir yang bisa menggantikan posisi cokelat adalah pizza. Kamu juga bisa kreasikan dengan topping dan bentuk yang unik. Ini akan menjadi sangat menyenangkan untuk Anda dan pasangan.

6. Macaroon

(sumber: pixabay)

Makanan manis nan lembut ini cocok dijadikan hadiah Valentine dan menyantapnya bersama si dia. Jangan lupa membuatnya dengan membentuk hati sebagai tanda cinta Anda pada pasangan.

7. Heart Cake Pop

Heart Cake Pop (Foto: Flickr/Sweet Lauren Cakes)

Cake imut dengan ukuran easy bite ini akan membuat pasangan Anda tidak bisa berhenti memakannya. Selain rasanya yang manis dan bikin nagih. Anda bisa merangkainya menjadi satu buket berisikan heart cake pop ini.

8. S'more Love

S'more Love (foto: etsy.com/thefavorbox)

Camilan empuk ini bisa jadi kado andalan di Hari Valentine. Selain membuat Anda ketagihan bentuknya yang lucu membuat pasangan Anda makin sayang, lho. Jangan lupa campurkan marshmallow agar rasanya makin lembut.

9. Hot Chocolate

Cokelat panas. | via: veggieandthebeastfeast.com

Secangkir cokelat hangat bertabur marshmellow berbentuk hati sangat cocok untuk menemani Anda dan pasangan merayakan Valentine dinikmati pada malam hari. Sambil Anda mengobrol tentang masa indah selama kalian bersama.

10. Lava Cake

Chocolate Salted Egg Lava Cake BAE by Socieaty (Foto: Liputan6.com/ Novi Nadya)

Kue lembut yang meleleh di mulut ini bisa membantu mencairkan hubungan Anda dengan si dia yang sedang tidak akur di Hari Valentine, lho. Bawakan lava cake ini ke dia dan katakan kepadanya kalau "Your lava is for him", sudah pasti akan membuat hatinya meleleh.

Itulah 10 makanan yang bisa Anda berikan dan nikmati bersama pasangan di Hari Valentine, makanan apapun yang dinikmati selama menikmatinya bersama orang terkasih akan jadi nikmat. Selamat mencoba!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bella Hadid Tampil Cantik Bergaun Hitam di NYFW

Posted: 13 Feb 2019 09:00 PM PST

Model Bella Hadid mengenakan gaun hitam koleksi terbaru dari Oscar de la Renta berjalan di atas catwalk selama New York Fashion Week, AS (12/2). Gaun yang dikenakan Bella Hadid dihiasi motif simetris. (AFP Photo/Slaven Vlasic)

Model Bella Hadid mengenakan gaun hitam koleksi terbaru dari Oscar de la Renta berjalan di atas catwalk selama New York Fashion Week, AS (12/2). Gaun yang dikenakan Bella Hadid dihiasi motif simetris. (AFP Photo/Slaven Vlasic)

Model Bella Hadid berjalan di atas catwalk mengenakan koleksi terbaru dari Oscar de la Renta dalam New York Fashion Week, AS (12/2). Bella Hadid tampil cantik dengan gaun hitam panjang tanpa lengan. (AFP Photo/Slaven Vlasic)

Model Bella Hadid berjalan di atas catwalk mengenakan koleksi terbaru dari Oscar de la Renta dalam New York Fashion Week, AS (12/2). Bella Hadid tampil cantik dengan gaun hitam panjang tanpa lengan. (AFP Photo/Slaven Vlasic)

Model Bella Hadid berpose mengenakan gaun hitam koleksi terbaru dari Oscar de la Renta berjalan di atas catwalk selama New York Fashion Week, AS (12/2). Gaun yang dikenakan Bella Hadid dihiasi motif simetris. (AFP Photo/Slaven Vlasic)

Model Bella Hadid berpose mengenakan gaun hitam koleksi terbaru dari Oscar de la Renta berjalan di atas catwalk selama New York Fashion Week, AS (12/2). Gaun yang dikenakan Bella Hadid dihiasi motif simetris. (AFP Photo/Slaven Vlasic)

Model Bella Hadid berjalan di atas catwalk mengenakan koleksi terbaru dari Oscar de la Renta dalam New York Fashion Week, AS (12/2). Bella Hadid tampil cantik dengan gaun hitam panjang tanpa lengan. (AFP Photo/Slaven Vlasic)

Model Bella Hadid berjalan di atas catwalk mengenakan koleksi terbaru dari Oscar de la Renta dalam New York Fashion Week, AS (12/2). Bella Hadid tampil cantik dengan gaun hitam panjang tanpa lengan. (AFP Photo/Slaven Vlasic)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ajaib, Teknologi Ini Bisa Bikin Hukuman 8 Jam Serasa 1.000 Tahun

Posted: 13 Feb 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi untuk masa depan baru saja dikembangkan oleh para ilmuwan.

Teknologi berjenis 'bioteknologi' ini, dapat menipu pikiran narapidama dengan berpikir bahwa mereka telah menjalani hukuman 1000 tahun, tetapi dalam waktu yang sebenarnya hanya delapan jam.

Teknologi futuristik yang mengelabui durasi hukuman ini dikembangkan oleh seorang ilmuwan dari Universitas Oxford, Rebecca Roache.

Kepada Telegraph, Roache mengungkapkan idenya untuk memperburuk hukuman penjara bagi para narapidana berkasus serius dengan memperpanjang hidup mereka.

"Beberapa kejahatan sangat buruk sehingga mereka membutuhkan hukuman yang sangat lama, dan banyak orang yang tampaknya keluar dari hukuman itu dalam keadaan meninggal," kata Roache.

"Jadi kupikir, mengapa tidak membuat hukuman penjara untuk napi yang sangat jahat dengan memperpanjang hidup mereka?" lanjutnya.

Tujuan dari ide ini yaitu untuk mengubah sistem hukuman yang terkesan konvesional serta hukuman-hukuman yang tak lagi manusiawi bagi napi seperti hukuman mati, pelecehan fisik, kurungan isolasi, dan penjara seumur hidup.

Pasalnya, sistem hukuman sekarang ini lebih mengutamakan hukuman pembalasan dibanding memikirkan rehabilitasi narapidana.

Alih-alih memberi efek jera dan tobat pada narapidana, yang ada narapidana mengalami kerusakan mental dan lebih memperburuk keadaan.

Keuntungan Bagi Negara Berkembang

Ilustrasi Napi di Penjara

Ide tersebut juga memberi keuntungan bagi negara-negara berkembang yang kuantitas lapasnya lebih sedikit dibanding jumlah narapidananya, sehingga tak terjadi lagi over kapasitas dalam satu sel penjara.

Sebab, transisi pergantian tahanan sangat cepat, terutamanya di Indonesia saat ini.

Dilansir dari majalah Aeon, Roache mengatakan teknologi ini dikembangkan dari obat-obatan psikoaktif untuk mengubah pikiran tahanan menjadi berpikir bahwa waktu berjalan lebih lambat.

Tergantung Aturan Negara

Kehidupan napi di penjara seperti alam liar

"Ada sejumlah obat-obatan psikoaktif yang mengubah perasaan waktu orang, sehingga Anda bisa membayangkan mengembangkan pil atau cairan yang membuat seseorang merasa seperti mereka menjalani hukuman 1000 tahun, pil yang memperlambat waktu akan menjadi inovasi yang cukup radikal dalam sejarah teknologi hukuman", katanya.

Dari gagasan ini, semua kembali dari masyarakat dan aturan negara masing-masing tentang bagaimana harus menghukum penjahatnya, dan hasil apa yang harus diproiritaskan serta yang diharapkan pada pihak lain dari akhir suatu jenis hukuman, tergantung dari tingkat kasus yang dihadapi.

Reporter: Brilio

Sumber: Brilio.net

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal LTMPT, Lembaga Khusus Seleksi Masuk Perguruan Tinggi 2019

Posted: 13 Feb 2019 08:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ada yang berbeda dari skema seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di tahun 2019 ini. Jika tahun sebelumnya untuk dapat mengikuti SMPTN peserta harus melakulan pendaftaran terlebih dahulu baru melakukan tes, di tahun 2019 ini alurnya cukup berbeda.

Peserta harus mengikuti tes terlebih dahulu kemudian mendapat nilai dan barulah peserta dapat mendaftarkan diri ke perguruan tinggi negeri.

Perubahan skema SMPTN ini bersamaan dengan dibentuknya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT. Lembaga ini dibentuk sebagai lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi negeri yang befokus untuk mengembangkan instrumen tes masuk perguruan tinggi.

LTMPT resmi diluncurkan dalam rangkaian rapat kerja nasional (Rakernas) Kemenristekdikti 2019 di Gedung Profesor Soedarto, Universitas Diponegoro Semarang Jumat(4/1/2019) oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir.

"Hal ini merupakan terobosan yang luar biasa yang telah dilakukan MRPTNI setelah melalui berbagai kajian. Memang ujian masuk perguruan tinggi dari waktu ke waktu mengalami perubahan, namun sejatinya tidak ada perubahan di dalamnya." Terang Menristekdikti Mohammad Nasir pada Jumat(4/1/2019).

Tugas LTMPT

LTPMT sendiri diketuai oleh Rektor Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Ravik Karsidi. Lembaga ini bertugas mengelola dan mengolah data calon mahasiswa untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Dalam skema baru seleksi masuk PTN 2019 yang ditentukan oleh Ristekdikti, disebutkan bahwa LTMPT berfungsi untuk mengelola dan mengolah data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh Rektor PTN serta melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

LTMPT dibuat dengan pertimbangan atau prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, akuntabel, serta disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi di era digital yang terus berkembang. Diklaim bahwa lembaga ini akan memberikan keuntugan dalam penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

LTMPT diharapkan mampu memberikan persepsi positif kepada masyarakat mengenai sistem SMPTN yang lebih efektif dan transparan.

Melalui LTMPT calon mahasiswa dapat mengetahui berbagai informasi resmi seputar Seleksi Masuk Perguruan Tinggi (SMPTN). Informasi tersebut dapat diakses bebas melalui laman resmi LTMPT yaitu ltmpt.ac.id.

Disni para calon mahasiswa dapat menemukan informasi seputar penerimaan mahasiswa baru seperti jalur penerimaan dan alokasi daya tampung mahasiswa baru, pengembangan materi tes,dan pelaksaanaan tes. Jadwal-jadwal penting seputar penerimaan mahasiswa baru juga dapat dilihat pada laman ini.

LTMPT Melaksanakan UTBK

Salah satu tugas LTPMT adalah melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA), sebagai salah satu kriteria seleksi calon mahasiswa oleh PTN jalur SBMPTN dan Mandiri.

UTBK dilaksanakan di 74 lokasi pusat layanan UTBK PTN, sebanyak 10 kali layanan. Hasil tes diserahkan ke siswa 10 hari setelah ujian. Lembaga ini diklaim akan memberikan keuntugan dalam penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

UTBK dapat mengurangi kesalahan pengisian identitas, kode soal, dan pengisian lembar jawaban.

"Sekarang, daftar tes (UTBK) dulu, terus keluar nilai. Nilai inilah yang digunakan untuk mendaftar ke PTN yang dipilih. Pakai sistem skoring," kata M Nasir.

Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran UTBK SBMPTN dimulai 1 Maret hingga 1 April 2019. Pelaksanaan tes 13 April hingga 26 Mei.

Sementara untuk SNMPTN (seleksi berdasarkan nilai rapor) yakni pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) pada 4 hingga 25 Januari 2019 dan pendaftaran SNMPTN pada 4 hingga 16 Februari 2019.

Lebih lanjut, pola seleksi masuk PTN tahun 2019 tetap akan dilaksanakan melalui tiga jalur dengan rincian sebagai berikut.

1. SNMPTN Minimal 20%

Penerimaannya ditentukan berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan kriteria lainnya (yang ditetapkan PTN). Biaya sepenuhnya ditanggung pemerintah.

2. SBMPTN Minimal 40%

Penerimaannya berdasarkan hasil UTBK dan kriteria lainnya (ditetapkan bersamaan oleh PTN). Biaya UTBK ditanggung peserta dan disubsidi pemerintah.

3. MANDIRI Maksimal 30%

Jalurnya dapat menggunakan hasil UTBK. Biaya sepenuhnya ditanggung peserta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doa Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno untuk Kesembuhan Ani Yudhoyono

Posted: 13 Feb 2019 08:51 PM PST

Fokus, Jakarta - Pagi tadi Calon Wakil Presiden nomor 01 Ma'ruf Amin bertolak dari kediamannya menuju Cianjur, Jawa Barat. Dalam kunjungannya, Ma'ruf berencana mendatangi tiga titik lokasi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (14/2/2019), Ma'ruf Amin mendatangi pondok pesantren untuk bersilaturahmi kepada para pemuka agama dan para santri. Ma'ruf juga berpesan agar masyarakat menggunakan hak pilihnya serta tidak percaya isu hoaks. Dirinya yakin akan memperoleh 70 persen suara di wilayah Cianjur.

Sebelum bertolak, Ma'ruf juga mendokan kesembuhan Ani Yudhoyono yang tengah dirawat di Singapura. Ma'ruf berharap istri dari Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) segera kembali ke tanah air dalam keadaan sehat.

Doa yang sama juga disampaikan Cawapres nomor 02 Sandiaga Uno untuk kesembuhan Ani Yudhoyono saat menerima dukungan alumni SMA Pangudi Luhur di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Menurut dirinya, istri dari Presiden ke-6 itu merupakan sosok wanita yang menginspirasi. Sandi juga memahami situasi SBY saat ini yang tidak bisa ikut berkampanye karena harus mendampingi sang istri.

Sementara itu, malam tadi, Sandi juga mengukuhkan Jaringan Prabowo-Sandi (JPS) dan Komunitas Prabowo Sandi atau Kipas di rumah pemenangan Menteng, Jakarta Pusat. Acara yang dihadiri kaum ibu-ibu ini memantapkan dukungannya kepada paslon nomor 02. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Lengkap Nama Pemain Persib Bandung

Posted: 13 Feb 2019 08:49 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung akan menghadapi Arema FC pada babak 16 besar Piala Indonesia. Pada leg pertama, pertandingan akan dihelat di kandang Persib Bandung, Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Senin (18/2/2019) Setelahnya, leg kedua dijadwalkan digelar di Stadion Kanjuruhan Malang, Jumat (22/02).

Tidak hanya mempersiapkan diri di babak 16 besar Piala Indonesia, Persib Bandung juga harus mempersiapkan diri yang akan menjadi tuan rumah sekaligus tempat pembukaan turnamen Piala Presiden 2019 yang rencananya akan digelar mulai 2 Maret 2019.

Menurut kabar, selain Bandung, Jakarta, Surabaya, Bali, dan Malang juga akan jadi tuan rumah Piala Presiden 2019. Miljan Radović sebagai pelatih sudah mempersiapkan para pemain untuk berlaga dan mengejar gelar bagi Persib Bandung.

Skuat Utama Persib Bandung

Pemain Persib Bandung merayakan gol yang dicetak oleh Ezechiel Ndouasel ke gawang Persiwa Wamena pada laga Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (11/2). Persib menang 7-0 atas Persiwa. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Dilansir dari laman resmi persib.co.id skuat Pangeran Biru memang masih belum lengkap karena masih banyak pemain incaran lainnya yang akan di datangkan Bandung. Namun beberapa pemain di antaranya dipastikan bertahan.

Untuk posisi kiper, M Natshir Fadhil Mahbuby dan Muhammad Aqil Savik, dan I Made Wirawan. Sementara untuk lini belakang, Persib masih menggunakan jasa dari Supardi Nasir, Henhen Herdiana, Indra Mustafa, M Sabillah, Ardi Idrus, Mario Jaldel, Zalnando dan Bojan Malisic.

Lini tengah diisi oleh Febri Hariyadi, Dedi Kusnandar, Agung Mulyadi, Hariono, Puja Abdillah, Ghozali Muharam Siregar, Kim Kurniawan, B Nugraha, Syafril, Abdul Azis, Srdjan Lopicic, Esteban Viscarra, Erwin dan Gian Zola.

Sedangkan lini depan diisi oleh Ezechiel N'Douassel, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, dan Muhmmad Wildan Ramdani, Qolba dan Frets Butuan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wenger Dukung Keputusan Pelatih Manchester United Cadangkan Alexis

Posted: 13 Feb 2019 08:48 PM PST

Liputan6.com, London - Arsene Wenger mendukung keputusan Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer yang mencadangkan Alexis Sanchez dan terus mempercayai Anthony Martial.

Sejak didatangkan dari Arsenal pada awal tahun 2018 lalu, Alexis kesulitan untuk menemukan performa terbaiknya di Manchester United. Situasi jadi makin sulit baginya karena ia juga kerap cedera.

Dan meski sudah pulih, pemain asal Cile itu tak kunjung bisa bermain secara maksimal seperti saat di Arsenal dahulu. Padahal Solskjaer juga telah berusaha membantunya sekuat tenaga.

Pada akhirnya, Solskjaer terus memainkan Anthony Martial. Pemain asal Prancis itu berhasil menjawab kepercayaan sang manajer dengan tampilan yang apik.

Wenger jelas memahami betul kelebihan Sanchez. Meski demikian manajer asal Prancis ini meyakini keputusan Solskjaer untuk meninggalkannya di bangku cadangan MUsepenuhnya dibenarkan.

"Alexis telah kehilangan posisinya, tetapi ia bermain di posisi Martial," kata Wenger kepada beIN SPORTS. "Hari ini, siapa yang akan membantah bahwa Martial sangat diperlukan untuk [Manchester United? Itu sebuah kompetisi. Itu kompetisi yang adil menurut saya," tegasnya.

 

Solskjaer Puji Martial

Solskjaer sempat memuji Martial sebelumnya. Ia menyebut pemain berusia 23 tahun itu bisa berada di level yang sama dengan Cristiano Ronaldo.

"Itu [gol Ronaldo ke gawang Fulham pada 2007] terjadi jelang laga berakhir dan kami bermain buruk. Ronaldo kemudian mencetak gol," buka Solskjaer dikutip dari Four Four Two.

"Ia [Martial] memang punya kemiripan dengan Ronaldo, tentu saja. Jika ia mau, ia bisa berada pada level Ronaldo dan Martial tahu apa yang harus dilakukan. Semua terserah padanya. Ia memiliki bakat itu," pungkasnya.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Bulan Buron, Pembunuh Caleg Lampung Ditangkap

Posted: 13 Feb 2019 08:47 PM PST

Patroli Indosiar, Lampung - Setelah buron sejak Oktober 2018, 2 dari 4 pelaku pembunuhan seorang calon legislatif (caleg) di Teluk Betung Barat, Lampung, berhasil diamankan polisi. Para pelaku merupakan satu keluarga.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (14/2/2019), aparat Satreskrim Polresta Bandar Lampung meringkus Kurni (23) dan Sofyan (30) yang merupakan warga Negeri Olok Gading, Telung Betung Barat.

Keduanya diamankan di lokasi terpisah di wilayah Jawa Barat. Motifnya para pelaku menghabisi Reki Nelsen, caleg DPRD Mesuji karena tidak terima dengan korban yang sempat memukuli salah satu pelaku. Korban memukul pelaku lantaran kepergok mencuri di kedai teh milik korban.  

Sebelumnya, Reki Nelsen, ditemukan tewas di depan kedai teh miliknya di Perumahan Citra Garden, Olok Gading, Bandar Lamung. Polisi masih memburu dua pelaku lainnya yang juga terlibat dalam pembunuhan. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jubir TKN: Debat Pilpres Jilid Dua, Temanya Jokowi Banget

Posted: 13 Feb 2019 08:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Ace Hasan Syadzily mengklaim tema debat pilpres jilid dua, terutama soal infrastruktur, sudah "Jokowi banget". Diketahui, infrastruktur termasuk dalam tema debat, bersama dengan energi, pangan, dan sumber daya.

"Boleh dikatakan tema debat II ini Jokowi banget, terutama tentang infrastruktur. Karena Pak Jokowi bukan lagi berjanji tapi sudah memberi bukti dengan capaian yang dirasakan oleh rakyat," kata Ace lewat pesan tertulis diterima Liputan6.com, Kamis (14/2/2019).

Ace menilai, infrastruktur adalah hal paling nyata dirasakan dalam kepemimpinan Jokowi-JK. Menurut dia, lebih dari empat tahun, Jokowi telah meletakkan paradigma pembangunan Indonesia Sentris.

"Infrastruktur dibangun bukan hanya di Jawa, tetapi di seluruh pelosok Indonesia, di perbatasan, di kawasan pinggiran, di pulau terdepan, maupun di kawasan terisolasi," jelas Ace terkait tema debat pilpres.

Ace menambahkan, dengan pembangunan infrastruktur, Jokowi juga mendorong terbukanya lapangan pekerjaan.

 

Siap dengan Serangan Balik

Namun, respons keberhasilan permbangunan infrastruktur ini masih disikapi sebelah mata. Seperti soal pembiayaan yang disebut bersumber dari utang, mahalnya biaya dihabiskan, dan kualitas yang dipertanyakan.

"Tapi tenang, Pak Jokowi sudah sangat siap dengan pertanyaan itu bahkan akan membuat 'serangan' balik yang sangat tajam," klaim politikus Golkar ini.

Nantinya dalam debat, Ace menyebut Jokowi akan mengangkat visi misinya dalam bidang infrastruktur. Tentunya, dalam melanjutkan pembangunan lebih merata, tidak hanya mengandalkan APBN tapi juga mengembangkan pembiayaan kreatif dan inovatif melibatkan swasta, BUMN dan BUMD.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNI Syariah Cetak Laba Rp 416,08 Miliar Sepanjang 2018

Posted: 13 Feb 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT BNI Syariah membukukan laba sebesar Rp 416,08 miliar. Laba tersebut naik  36,67 persen secara tahunan atau year-on-year (yoy) dibandingkan 2017 sebesar Rp 307 miliar.

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo menuturkan, per Desember 2018, aset Perseroan mencapai Rp 41,05 triliun atau tumbuh sebesar 17,88 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. 

Sedangkan dari sisi bisnis dana pihak ketiga (DPK) BNI Syariah mencapai Rp 35,50 triliun atau tumbuh 20,82 persen dengan jumlah nasabah mencapai lebih dari Rp 3 juta. 

"Komposisi DPK tersebut didominasi oleh dana murah (Giro dan Tabungan) yang mencapai 55 82 persen. Komposisi dana murah ini juga meningkat jika dibanding tahun sebelumnya 51.60 persen," ujar dia di Gedung BNI Syariah, Jakarta Selatan, Kamis (14/2/2019).

Sementara itu, dari sisi penyaluran dana, Perseroan telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 28,30 triliun atau naik 19,93 persen.

Komposisi pembiayaan pada 2018 disumbang oleh segmen konsumer sebesar Rp 13,92 triliun atau setara 49,17 persen. 

"Itu diikuti segmen komersial sebesar Rp 7 triliun, segmen kecil dan menengah sebesar Rp 5,97 triliun, segmen mikro Rp 1,08 triliun, dan Hasanah Card sekitar Rp 332,69 miliar. Kemudian Non Performing Financing (NPF) 2018 dibawah 3 persen yaitu sebesar 2.93 persen," ujar dia.

Untuk strategi tahun ini, BNI Syariah akan meningkatkan ekspansi pembiayaan kepada sektor komersial secara selektif kepada nasabah yang memiliki tingkat risiko rendah seperti BUMN. 

"Tapi secara bankwide kami akan meningkatkan porsi pembiayaan pada segmen ritel (small and medium) dan sedikit menurunkan porsi segmen komersial. Kami menargetkan segmen komersial tumbuh di kisaran 20 persen," tutur dia.

 

Total Aset BNI Tembus Rp 800 Triliun pada Akhir 2018

ATM BNI di Hong Kong

Sebelumnya, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) telah mengelola aset Rp 808,57 triliun di akhir 2018. Angka tersebut tumbuh 14 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

"Pada akhir 2018, untuk pertama kalinya BNI berhasil mencatatkan total aset melampaui Rp 800 triliun, tepatnya Rp 808,57 triliun atau tumbuh 14 persen yoy dibandingkan akhir 2017 yang tercatat Rp 709,33 triliun," kata Adi, di Jakarta, Rabu 23 Januari 2019.

Pertumbuhan aset BNI ini jauh melampaui pertumbuhan aset di industri perbankan yang mencapai 9,1 persen per November 2018. Kinerja positif ini juga ditopang oleh positifnya pencapaian anak-anak perusahaan.

"Kinerja anak perusahaan BNI sepanjang 2018 menunjukkan tren peningkatan yang positif dan memberikan kontribusi terhadap laba bersih BNI," ujar dia.

Seperti diketahui, BNI memiliki 5 perusahaan anak yang meliputi BNI Syariah, BNI Life, BNI Multifinance, BNI Sekuritas dan BNI Asset Management. Kelima perusahaan ini mampu memberikan kontribusi 9,24 persen terhadap total laba BNI konsolidasi.

Selain itu, hal itu juga didukung oleh kemampuan dalam mengelola likuditas secara optimal. "Meskipun berada pada kondisi pasar likuiditas yang sangat ketat, BNI mampu menjaga pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 12,1 persen yoy, yaitu dari Rp 516,10 triliun pada Desember 2017 menjadi Rp 578,78 triliun pada Desember 2018," kata dia.

Penghimpunan DPK BNI tersebut diiringi dengan menurunnya Cost of Fund dari 3,0 persen pada Desember 2017 menjadi 2,8 persen pada Desember 2018.

Hal ini tersebut tercapai karena BNI berhasil menumbuhkan rasio dana murah (CASA) dari level 63,1 persen pada Desember 2017 menjadi 64,8 persen pada Desember 2018.

"Perbaikan rasio dana murah ini tidak terlepas dari pertumbuhan giro sebesar 18,2 persen yoy dan tabungan sebesar 13,0 persen yoy, yang lebih tinggi dibandingkan peningkatan deposito BNI yaitu 6, persen," tutur dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lupakan Liga Champions Asia, Pelatih Persija: Piala Indonesia Sangat Penting

Posted: 13 Feb 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta akan bertemu PS Tira Persikabo di babak 16 besar Piala Indonesia. Laga itu sesuai penetapan PSSI akan digelar pada Minggu (17/2/2019).

Jadwal pertandingan Piala Indonesia baru dapat dipastikan karena Persija telah memainkan laga kualifikasi kedua Liga Champions Asia melawan Newcastle Jets pada Selasa (12/2/2019).

"Kami langsung mengalihkan fokus ke pertandingan ini. Kompetisi ini juga sangat penting bagi kami. Kami akan memaksimalkan waktu yang ada untuk persiapan," jelas Pelatih Persija, Ivan Kolev, seperti dilansir situs resmi klub.

Selain itu, PSSI juga nantinya mempertimbangkan jadwal Macan Kemayoran di Piala AFC 2019. Setelah kalah dari Newcastle Jets dan gagal lolos Liga Champions Asia, Persija dipastikan tampil di Piala AFC 2019.

Persija akan menjamu PS Tira Persikabo lebih dulu di Stadion Pakansari, Cibinong. Kick-off laga pada 17 Februari 2019 itu digelar pukul 15.00 WIB.

 

Lawan PS Tira Persikabo

Pelatih Persija Jakarta, Ivan Kolev, lupakan kekalahan di kualifikasi Liga Champions Asia. (Bola.com/Yoppy Renato)

Sementara untuk leg kedua akan berlangsung pada Kamis, 21 Februari 2019 dengan kick off pukul 19.00 WIB. Rencananya laga ini akan berlangsung di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi.

Persija berstatus juara Liga 1 2018, sehingga berhak berlaga di kualifikasi Liga Champions Asia. Kendati menang melawan wakil Singapura Home United di kualifikasi pertama Liga Champions Asia, Persija gugur di kualifikasi kedua.

Sempat 1-1

Persija takluk 1-3 dari Newcastle Jets di Australia. Padahal, Ismed Sofyan dan kawan-kawan sempat menahan imbang 1-1 hingga 90 menit, tapi dua gol tuan rumah di babak tambahan tak terhindarkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Kembali Dalami Kasus Suap Bupati Lampung Tengah Hari Ini

Posted: 13 Feb 2019 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat mantan Bupati Lampung Tengah, Mustafa. 10 saksi direncanakan diperiksa hari ini, Kamis (14/2/2019).

Panggilan tersebut menjadi rangkaian proses penegakan hukum sejak Senin 11 Februari 2019.

"Diagendakan pemeriksaan terhadap 10 orang saksi di SPN Polda Lampung," tutur Juru Bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Mereka yang diperiksa adalah Sekretaris Komisi IV DPRD Lampung Tengah, Bonanza Kesuma; Anggota Komisi IV DPRD Lampung Tengah, Pindo Sarwoko; Anggota DPRD Komisi IV, Ikade Asian Nafiri; Anggota Komisi IV DPRD Lampung Tengah, Heri Sugiyanto; dan Anggota Komisi IV DPRD Lampung Tengah, Gatot Sugianto.

Kemudian Anggota Komisi IV DPRD Lampung Tengah, Muhammad Soleh Mukadam; Anggota Komisi IV DPRD Lampung Tengah Dedi D Saputra; Anggota Komisi IV DPRD Lampung Tengah, Slamet Anwar; Manager PT Sorento Nusantara, Tafip Agus Suyono; dan Direktur PT Purna Arena Yuda, Agus Purwanto.

"Sebelumnya sejak Senin sampai Rabu telah diperiksa 29 orang saksi. Para saksi diperiksa untuk seluruh tersangka yang sedang diproses di penyidikan saat ini, baik dari pihak bupati, pimpinan DPRD, dan swasta," kata Jubir KPK.

 

Fee Ijon Proyek

Pekerja membersihkan debu yang menempel pada tembok dan logo KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). KPK menilai rata-rata skor Indeks Penilaian Integritas 2017 di 36 kementerian dan pemerintah daerah berada di angka 66. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

KPK kembali menetapkan mantan Bupati Lampung Tengah Mustafa sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi.

Mustafa diduga menerima hadiah atau janji terkait dengan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah tahun anggaran 2018 dan penerimaan-penerimaam hadiah atau janji lainnya dari calon rekanan proyek-proyek di lingkungan Dinas Bina Marga Kabupaten Lampung Tengah.

Mustafa juga diduga menerima fee dari ijon proyek-proyek di lingkungan Dinas Bina Marga dengan kisaran fee sebesar 10 persen hingga 20 persen dari nilai proyek. Total dugaan suap dan gratifikasi yang diterima Mustafa yaitu sebesar sekurangnya Rp 95 Miliar.

Total Rp 95 miliar tersebut diperoleh Mustafa dari kurun waktu Mei 2017 hingga Februari 2018 dengan rincian Rp 58,6 milyar dengan kode IN BM berasal dari 179 calon rekanan, dan sebesar Rp 36,4 milyar dengan kode IN BP berasal dari 56 calon rekanan.

Penetapan ini merupakan pengembangan kasus suap terkait persetujuan pinjaman daerah untuk APBD Lampung Tengah tahun 2018 yang membuat Mustafa divonis 3 tahun pidana penjara dan denda sebesar Rp 100 juta subsider 3 bulan kurungan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditjen Polpum Kemendagri Gelar Rakornas Persiapan Penyelenggaraan Pemilu 2019

Posted: 13 Feb 2019 08:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa dua bulan lagi masyarakat Indonesia akan merayakan pesta demokrasi alias Pemilu, tepatnya pada 17 April 2019. Berbagai persiapan pun sudah mulai dilakukan sejak sekarang agar Pemilu serentak 2019 dapat berjalan aman dan lancar. 

Salah satu pihak yang telah melakukan persiapan dalam menyukseskan Pemilu adalah Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Polpum Kemendagri). Mereka memahami bahwa salah satu hal penting untuk kesuksesan penyelenggaraan Pemilu adalah kesiapsiagaan aparat keamanan dalam mengantisipasi berbagai potensi kerawanan.

Guna membicarakan hal tersebut, Ditjen Polpum Kemendagri menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) untuk menyiapkan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Hotel Claro,Makassar, Selasa (12/2). Hadir dalam kegiatan tersebut 1500 peserta yang terdiri dari unsur TNI-Polri, penyelenggara dan pengawas pemilu, Badan Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta Forkompimda se-wilayah Indonesia Timur.

Soedarmo, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, dalam sambutan pembukaan acara mengatakan bahwa sebagaimana diamanatkan pasal 434 Undang undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, di mana pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan bantuan dan fasilitas untuk kelancaran penyelenggaraan pemilu sebagai upaya pencapaian pemilu yang demokratis.

"Potensi kerawanan Pemilu merupakan suatu tantangan demokrasi. Oleh karena itu pemerintah dan pemerintah daerah bersama dengan aparat keamanan perlu terus bersinergi dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan pemantapan guna menyukseskan Pemilu serentak tahun 2019," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Kewaspadaan Nasional Kemendagri, Akbar Ali, menambahkan tujuan lain dari penyelenggaraan rapat ini adalah menjalin sinergitas pemerintah pusat, pemerintah, dan daerah stakeholder terkait, agar tercipta iklim demokrasi yang kondusif, aman, dan damai. 

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foxtrot Six Masuk Kategori Film Dewasa, Produser Kecewa Berat

Posted: 13 Feb 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - MD Pictures bersama Rapid Eye bekerja sama memproduksi film bergenre laga, Foxtrot Six. Ini merupakan film pertama di Indonesia yang menggunakan dialog berbahasa Inggris penuh.

Karena mengandung banyak unsur kekerasan, Lembaga Sensor Film (LSF) rupanya memberi Foxtrot Six rating 21+ alias kategori film dewasa. Produser tampaknya agak keberatan dengan rating tersebut.

"Saya baru tahu film ini mendapat rating 21+ menurut saya ini terlalu berlebihan. Saya enggak terpikir kalau harus dilabei 21+" ujar sang eksekutif produser, Mario Kassar, dalam konferensi pers di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (13/2/2019).

Sementara produser dari MD Pictures, Manoj Punjabi merasa bahwa film yang dibintangi oleh Oka Antara dkk itu masih layak mendapat rating 17+. Manoj pun mempertanyakan seperti apa standar penetapan sensor perfilman Indonesia terhadap Foxtrot Six.

Heran

Para pemain Foxtrot Six (Foto: Zulfa Ayu Sundari)

"Ini yang kita harus pertanyakan, kriteria kita apa? Kalau memang pada akhirnya beberapa shot, beberapa adegan harus dibuang oke untuk 17 tahun. Kalau tayang di luar negeri film ini mungkin PG13; 13 tahun ke atas dengan bimbingan orangtua," katanya di tempat yang sama.

"Tapi di sini bahkan enggak 17, tapi 21, saya jadi merasa kriteria censorship kita enggak jelas. Tapi kalau film asing dapat 17 tahun maksimal. Tapi film begini 21 tahun, anak saya 17 tahun saya berani kasih lihat," sambung Manoj Punjabi.

Penonton Terbatas

Chicco Jerikho, Arifin Putra dan Oka Antara, pemain film Foxtrot Six. foto: Instagram (@foxtrotsixmovie)

Karena rating yang diberikan adalah 21+ maka sasaran penontonnya menjadi sangat terbatas. Padahal produser ingin menunjukkan bahwa Foxtrot Six sangat berpotensi untuk menarik pasar Internasional.

"Saya buat film ini dengan tujuan menarik Hollywood untuk aktif bikin film dengan Indonesia seperti co-produksi atau kalian tahu agar film Indonesia dikenal di market Internasional. Tapi ketika film seperti ini mendapat 21+, seperti memotong kesempatan itu," ungkap Mario Kassar.

Foxtrot Six bercerita tentang kondisi Indonesia pada masa depan. Dikisahkan, seorang mantan anggota marinir bersama teman-temannya. Mereka berjuang menyelamatkan Indonesia dari kemiskinan dan kepemimpinan sebuah partai pemberontak yang kejam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Lawan Kekerasan dengan Menari di Hari Valentine

Posted: 13 Feb 2019 08:36 PM PST

Siswa dari St. Scholastica's College mengambil bagian dalam gerakan One Billion Rising pada Hari Valentine di Manila, Filipina, Kamis (14/2). Kegiatan itu bagian dari kampanye melawan kekerasan terhadap perempuandan anak-anak. (TED ALJIBE/AFP)

Siswa dari St. Scholastica's College mengambil bagian dalam gerakan One Billion Rising pada Hari Valentine di Manila, Filipina, Kamis (14/2). Kegiatan itu bagian dari kampanye melawan kekerasan terhadap perempuandan anak-anak. (TED ALJIBE/AFP)

Siswa dari St. Scholastica's College mengambil bagian dalam gerakan One Billion Rising di Manila, Filipina, Kamis (14/2). Lebih dari 3.000 siswa berpartisipasi dalam acara yang digelar yang bertepatan dengan Hari Valentine tersebut. (TED ALJIBE/AFP)

Siswa dari St. Scholastica's College mengambil bagian dalam gerakan One Billion Rising di Manila, Filipina, Kamis (14/2). Lebih dari 3.000 siswa berpartisipasi dalam acara yang digelar yang bertepatan dengan Hari Valentine tersebut. (TED ALJIBE/AFP)

Siswa dari St. Scholastica's College mengambil bagian dalam gerakan One Billion Rising pada Hari Valentine di Manila, Filipina, Kamis (14/2). Kegiatan itu bagian dari kampanye melawan kekerasan terhadap perempuandan anak-anak. (TED ALJIBE/AFP)

Siswa dari St. Scholastica's College mengambil bagian dalam gerakan One Billion Rising pada Hari Valentine di Manila, Filipina, Kamis (14/2). Kegiatan itu bagian dari kampanye melawan kekerasan terhadap perempuandan anak-anak. (TED ALJIBE/AFP)

Siswa dari St. Scholastica's College mengambil bagian dalam gerakan One Billion Rising di Manila, Filipina, Kamis (14/2). Lebih dari 3.000 siswa berpartisipasi dalam acara yang digelar yang bertepatan dengan Hari Valentine tersebut. (TED ALJIBE/AFP)

Siswa dari St. Scholastica's College mengambil bagian dalam gerakan One Billion Rising di Manila, Filipina, Kamis (14/2). Lebih dari 3.000 siswa berpartisipasi dalam acara yang digelar yang bertepatan dengan Hari Valentine tersebut. (TED ALJIBE/AFP)

Siswa dari St. Scholastica's College mengambil bagian dalam gerakan One Billion Rising pada Hari Valentine di Manila, Filipina, Kamis (14/2). Kegiatan itu bagian dari kampanye melawan kekerasan terhadap perempuandan anak-anak. (TED ALJIBE/AFP)

Siswa dari St. Scholastica's College mengambil bagian dalam gerakan One Billion Rising pada Hari Valentine di Manila, Filipina, Kamis (14/2). Kegiatan itu bagian dari kampanye melawan kekerasan terhadap perempuandan anak-anak. (TED ALJIBE/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wenger Pernah Rayu Jadon Sancho Gabung Arsenal

Posted: 13 Feb 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, London - Selama melatih Arsenal, Arsene Wenger terbilang cukup sering mengandalkan pemain belia. Baik dari tim mudanya ataupun hasil beli dari klub lain. Salah satu pemain yang pernah dibidiknya adalah Jadon Sancho.

Mencari pemain muda untuk Arsenal sudah bukan lagi tugas Wenger saat ini. Sebab pada penghujung musim 2017-2018 lalu, hubungannya dengan The Gunners yang telah berjalan selama 22 tahun lamanya menemui titik akhir.

Hingga kini, ia masih belum menemukan klub yang tepat untuk dilatih. Namun kemungkinan, sesuai dengan pernyataannya beberapa bulan lalu, Wenger bakal membuka diri untuk berbagai pinangan yang masuk di tahun 2019 ini.

Untuk mengisi waktu luang, Wenger kerap menunjukkan batang hidungnya sebagai salah satu pembicara di beIN Sport. Dalam satu kesempatan, ia mengaku pernah mendekati bintang Borussia Dortmund, Jadon Sancho, sewaktu masih membela tim muda Manchester City dulu.

"Itu adalah cerita yang luar biasa. Tekanan kepada anak muda sekarang di umurnya yang masih dini sudah sangat besar. Yang kedua adalah tekanan dari semua klub, " tutur Wenger, seperti yang dikutip dari Joe.

"Saya mengatakan itu secara bebas, sebab saya ingin membawanya dari Man City saat ia jarang mendapat kesempatan bermain, saya juga mencoba memancingnya... karena dia berasal dari London. Saya mencoba membawanya ke Arsenal," lanjutnya.

 

Tagar Wengertries

Pernyataan soal Arsene Wenger yang ingin membajak pemain muda dari klub lain sempat menjadi ejekan dari publik. Sebab, ia terbilang cukup sering mengatakan hal itu saat seorang pemain muda mulai menampakkan sinarnya di atas lapangan.

Candaan itu bahkan sempat ramai di beragam media sosial. Salah satunya bisa dilihat di Twitter dengan tagar #WengerTries. Tagar tersebut marak dibicarakan di tahun 2014 lalu, bahkan sampai ada yang membuat akun Twitter khusus untuk itu, @Wengertries.

Joe juga menyertakan beberapa nama yang pernah masuk dalam daftar pembelian yang, diakui Wenger, hampir atau bisa bergabung dengan Arsenal. Di antaranya adalah Yaya Toure, Cristiano Ronaldo, Zlatan Ibrahimovic, hingga N'Golo Kante.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Program Indonesia Pintar Beri Harapan Anak Seorang Petani

Posted: 13 Feb 2019 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Program Indonesia Pintar (PIP) yang merupakan salah satu program prioritas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Salah satu penerima manfaatnya adalah Maya Rosa, siswi kelas VIII SMPN 4 Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Maya telah menerima dana manfaat PIP sejak tahun 2018 lalu. Walaupun baru sekali menerima dana manfaat PIP, yakni sebesar Rp. 750.000,- tapi bagi Maya dana sebesar itu sangat membantu.

"Senang sekali, alhamdulillah bisa bantu orang tua, tidak minta ke orang tua lagi untuk keperluan sekolah seperti seragam, sepatu, dan peralatan sekolah lainnya," kata Maya saat dihubungi melalui telepon, pada beberapa hari lalu.

Terlahir dari keluarga petani yang sederhana, Maya tak pernah patah semangat untuk sekolah. Siswi yang bercita-cita ingin menjadi guru ini berharap akan mendapatkan dana PIP berikutnya.

"Saya mau dapat lagi bantuan PIP, karena saya kan sekolah masih lama, supaya bisa mengejar cita-cita saya jadi guru, biar bisa berbagi ilmu ke orang banyak," ujarnya penuh harap.

Sebelum memperoleh dana manfaat PIP, anak pertama dari dua bersaudara ini juga mendapat beasiswa dari sekolahnya karena prestasi yang diraihnya.

"Maya ini siswa yang berprestasi. Sejak Sekolah Dasar (SD) sampai sekarang dia selalu menjadi juara kelas," jelas Mohammad Solihin, Plt. Kepala Dinas Pendidkan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Berbagai lomba pernah diikuti Maya untuk mewakili sekolahnya, seperti lomba Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia.

"Waktu SD pernah juara lomba cerdas cermat mewakili sekolah," ujar Solihin.

Semangat Maya yang tak pernah putus untuk mengejar cita-citanya membuat orang tuanya berharap PIP akan terus berlanjut.

"Terima kasih karena Maya sudah dapat bantuan PIP, mudah-mudahan bisa terus ada supaya Maya bisa sekolah sampai menjadi guru seperti cita-citanya," ujar Asep, ayah Maya, penuh harap.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anwar Ibrahim: Saya Mungkin Akan Memimpin Malaysia Kurang dari Dua Tahun Mendatang

Posted: 13 Feb 2019 08:32 PM PST

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Dalam sebuah wawancara terbaru dengan stasiun televisi Bloomberg TV di New York, Amerika Serikat (AS), Anwar Ibrahim mengatakan bahwa dia kemungkinan mengambil alih kursi perdana menteri Malaysia dari Mahathir Mohammad, kurang dari dua tahun mendatang.

"Tentu saja ini bukan pemerintahan lima tahun, karena beliau sudah menjelaskan bahwa pemerintahannya tidak akan lebih dari dua tahun," kata Anwar, pemimpin Parti Keadilan Rakyat, demikian sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Kamis (14/2/2019).

"Namun, penting untuk digarisbawahi, bahwa beliau juga berkemungkinkan memerintah secara efektif (baca: lebih lama) karena kami tengah berada dalam masa yang sangat sulit," tambahnya.

Mahathir Mohamad telah berjanji selama kampanye pemilu Malaysia tahun lalu, mendukung Anwar begitu dia diampuni atas hukuman sodomi yang kontroversial, di mana pernyataan itu keluar sepekan setelah kemenangan oposisi yang mengejutkan, pada bulan Mei.

Dr M yang kini berusia 93 tahun, mengatakan hanya akan memimpin Malaysia selama satu atau dua tahun sejak menang pemilu, dan akan menyerahkan tampuk kekuasaan pada Anwar Ibrahim.

Anwar setuju, mengatakan bahwa dia berencana untuk bepergian dan menghabiskan waktu bersama keluarganya setelah lebih dari tiga tahun dipenjara.

Sikap publik itu menyudahi puluhan tahun permusuhan di antara keduanya, yakni ketika Mahathhur memecat Anwar sebagai wakilnya pada 1998 silam, menyusul perselisihan tentang bagaimana menanggapi krisis keuangan Asia.

Tidak lama kemudian, Anwar dipenjara atas kasus sodomi dan penyalahgunaan kekuasaan, yang terus dibantahnya. Dia mengatakan bahwa tuduhan itu bermotivasi politik.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Tidak Akan Berkompromi dengan Goldman Sachs

Ilustrasi skandal 1MDB Malaysia (AFP PHOTO/Manan Vatsyayana)

Di kesempatan yang sama, Anwar Ibrahim juga mengatakan bahwa Malaysia "tidak akan berkompromi" dalam pembicaraannya dengan Goldman Sachs Group mengenai skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB), dan bahwa bank tersebut "harus memikul tanggung jawab".

"Malaysia memiliki tanggung jawab untuk mengungkap kejahatan yang mungkin dilakukan oleh bank investasi tersebutt," katanya.

Ditambahkan oleh Anwar, bahwa dia tidak yakin apakah Malaysia bisa mendapatkan US$ 7,5 miliar (setara Rp 105 triliun) dari Goldman sebagai kompensasi atas skandal 1MDB.

Malaysia mengajukan tuntutan pidana terhadap bank investasi yang berkeduduk di New York itu pada Desember lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Ekspektasi vs Realita Netizen Saat Hari Valentine, Bikin Miris

Posted: 13 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bulan Februari merupakan bulan yang penuh dengan kasih sayang. Hal ini karena Hari Valentine dirayakan pada bulan ini. Valentine sendiri merupakan hari kasih sayang dimana sesorang akan menunjukan cinta dan kasihnya kepada orang yang mereka sayangi.

Hari Valentine identik dengan kasih sayang dan juga cokelat, tapi kamu tak perlu membuat hari khusus untuk memberikan kasih sayang serta coklat pada sang kekasih. Hanya saja beberapa orang akan menganggap kasih sayang dan cokelat yang diterima pada hari Valentine terasa lebih istimewa.

Hari Valentine kerap dikaitkan dengan momen romantis bersama sang kekasih. Akan tetapi, sayangnya tak semua orang memiliki pasangan untuk merayakan Valentine.

Ada pula orang jomblo yang berekspektasi merayakan valentine, namun kenyataannya harus merayakan hari kasih sayang seorang diri. Dimedia sosial pun beredar bagaimana ekspektasi dan juga realita yang ada saat hari valentine.

Dalam media sosial Twitter saja topik yang berkaitan dengan hari Valentine ini ramai dibicarakan, bahkan beberapa ada yang membuat kamu tertawa namun ada juga yang bikin miris jika dibaca.

Berikut ini dikutip Liputan6.com dari akun @andihiyat, Kamis (14/2/2019) bagaimana ekspektasi dan realita saat merayakan valentine ini dijamin bikin miris untuk membacanya.

Realita Hari Valentine yang tak sesuai dengan ekspektasi

1. Siapa nih yang senasib juga?

2. Menyayangi diri sendiri juga bagus loh.

Ekspektasi vs Realita Valentine (Sumber: Twitter/@sedikitsajaya)

3. Yang sabar aja ya kalau realitanya kaya gini.

Ekspektasi vs Realita Valentine (Sumber:Twitter/@ekadwisafitri97)

4. Kalau cuma dianggap sekadar teman ya mau gimana lagi.

Ekspektasi vs Realita Valentine (Sumber: Twitter/@Yunitabudi1)

Bagaimana realita kehidupanmu di Hari Valentine?

5. Hanya mengenang terkadang juga menyedihkan.

Ekspektasi vs Realita Valentine (Sumber: Twitter/@anaanjay)

6. Harus merelakan dengan ikhlas ya.

Ekspektasi vs Realita Valentine (Sumber: Twitter/@fitriaugustin)

7. Kalau ini sedih banget sih.

Ekspektasi vs Realita Valentine (Sumber: Twitter/@hendraromero)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesawat Boeing 737-800NG Kini Bisa Mendarat di Bandara Silangit

Posted: 13 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bandara Internasional Silangit di Tapanuli Utara mulai melayani penerbangan pesawat sekelas Boeing 737-800 Next Generation (NG), Rabu kemarin (13/2/2019). Hal ini menjadi kabar baik bagi sektor pariwisata nasional khususnya kawasan wisata Danau Toba.

Sriwijaya Air merupakan maskapai perdana yang mengoperasikan Boeing 737-800 NG di rute Jakarta – Silangit sejak kemarin.

Sebelumnya, Sriwijaya Air menggunakan pesawat Boeing Classic berkapasitas 120 penumpang atau lebih sedikit dibandingkan dengan 737-800 NG yang mampu mengangkut 150-160 penumpang.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan pariwisata di Danau Toba akan semakin tumbuh seiring dengan meningkatnya kemampuan Bandara Silangit dalam melayani penerbangan.

"Maskapai menyambut baik karena Silangit sekarang bisa didarati pesawat 737-800 NG atau yang sekelas seperti 737-900 ER dan Airbus A320, karena biaya operasional jauh bisa ditekan dan di sisi lain kapasitas kursi (seat capacity) penumpang justru meningkat," kata Awaluddin, Kamis (14/2/2019).

Setelah Sriwijaya Air, Garuda Indonesia rencananya juga akan mengoperasikan 737-800 NG di rute Jakarta – Silangit mulai 18 Februari 2019. Sebelumnya, Garuda menggunakan pesawat jenis Bombardier CRJ-1000 yang berkapasitas di bawah 100 penumpang.

Diharapkan dalam waktu dekat, satu maskapai lagi akan membuka penerbangan langsung di rute Jakarta – Silangit.

"Sebelum ini ada keraguan di pihak maskapai untuk membuka penerbangan di Bandara Silangit karena hanya jenis pesawat tertentu yang bisa mendarat, padahal armada maskapai nasional banyak diperkuat 737-800 NG, 737-900 ER dan Airbus A320. Tapi sekarang, maskapai akan sangat tertarik membuka penerbangan di Bandara Silangit," jelasnya.

 

Perluasan Terminal

Bandara Internasional Silangit (Rizki Akbar Hasan/Liputan6.com)

Di samping meningkatkan kapasitas runway, AP II juga akan memperluas terminal penumpang pesawat hingga lima kali lipat dari saat ini 2.500 meter persegi menjadi 10.499 meter persegi.

Perluasan terminal itu membuat Bandara Silangit bisa mengakomodir pergerakan hingga 1 juta penumpang per tahun, dari saat ini hanya sekitar 500.000 penumpang.

Dalam suatu kesempatan, Presiden Joko Widodo juga mengatakan bahwa pengembangan Bandara Silangit sudah dilakukan dan saat ini sudah lebih baik.

"Saya minta perbaiki, perbaiki runway, perpanjang runway, perluas terminalnya," ujar Presiden.

Sekarang, lanjut Presiden, berdasarkan laporan yang diterima beliau, penerbangan ke Silangit selalu penuh.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa Danau Toba termasuk dalam 4 kawasan prioritas untuk dikembangkan di antara 10 kawasan yang disiapkan menjadi Bali Baru.

"Pemerintah memiliki program 10 Bali Baru, di mana dari daftar itu ada 4 prioritas untuk dikembangkan dan salah satunya adalah kawasan Danau Toba. AP II akan mendukung kawasan Danau Toba sebagai prioritas dengan berkomitmen membangun Bandara Silangit," tambah Awaluddin.

Jumlah penumpang pesawat di Silangit memang terus tumbuh signifikan setiap tahun. Pada 2016 pergerakan penumpang tercatat 155.214 orang, lalu naik 82 persen pada 2017 menjadi 282.586 orang.Kemudian pada 2018 pergerakan penumpang tercatat 425.476 orang atau naik 50,56 persen dibandingkan dengan 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Film Indonesia Ini Tayang Perdana pada Valentine 2019

Posted: 13 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ada yang istimewa pada Valentine tahun ini. Momen yang kerap disebut 'Hari Kasih Sayang' ini, jatuh pada hari Kamis, yang umumnya merupakan jadwal rilis film Indonesia terbaru.

Nah, bila Anda termasuk salah satu penikmat film yang ingin menghabiskan Valentine dengan nonton film Indonesia teranyar, ada sejumlah variasi genre yang bisa dipilih. Mulai dari drama romantis, komedi romantis, hingga horor.

Jadi, film Indonesia apa saja yang tayang pada Valentine tahun ini? 

1. Calon Bini

Rizki Nazar dan Michelle Ziudith kembali dipertemukan, kali ini lewat film Calon Bini. 

Calon Bini menceritakan tentang seorang gadis asal Yogyakarta bernama Ningsih (Michelle Ziudith) yang memiliki cita-cita tinggi, membahagiakan keluarganya. Namun, ia malah dijodohkan dengan seorang lelaki di desanya. 

Akhirnya ia kabur dari desanya, dan mengejar mimpi ke Jakarta. Di kota ini, ia bekerja sebagai asisten rumah tangga di sebuah keluarga, dan bertemu dengan Satria (Rizky Nazar).

 

2. Antologi Rasa

Novel karya Ika Natassa, kini diangkat dalam film yang bertajuk sama. Film ini menceritakan tentang Keara (Carissa Perusset) yang yakin bahwa cinta sejatinya adalah Ruly (Refal Hady), teman sekantor yang sudah ia sukai selama empat tahun. Dengan setia, Keara menunggu Ruly.

Situasi tak jauh berbeda dialami Harris (Herjunot Ali). Ia merasa telah menemukan cinta sejatinya dalam diri Keara. Meski bagi Keara, Harris tak lebih dari sahabat terbaiknya.

 

3. Kain Kafan Hitam

Konferensi pers film Kain Kafan Hitam (Nurwahyunan/Fimela.com)

Untuk yang lebih suka menyaksikan film horor pada Valentine ini, ada Kain Kafan Hitam. Film ini berkisah tentang seorang gadis bernama Evelyn (Haico Van Der Veken) yang terpaksa pindah rumah setelah kedua orangtuanya meninggal. Sang kekasih, Bimo (Maxime Bouttier), membantu mencarikan rumah yang sesuai dengan kemampuan Evelyn dan kedua adiknya, Arya (Rayhan Cornellis) dan Maya (Jessica Lucyana Taroreh).

Akhirnya rumah baru ditemukan, tapi terjadi sejumlah peristiwa di luar nalar di rumah tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Duterte Mau Ganti Nama Filipina jadi Maharlika

Posted: 13 Feb 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Filipina Rodrigo Duterte ingin mengganti nama negaranya. Ia ingin nama Filipina diganti menjadi Maharlika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Bintang Liverpool Rayu Timo Werner

Posted: 13 Feb 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Dua penggawa Liverpool, Naby Keita dan Sadio Mane, tahu betul kualitas penyerang RB Leipzig, Timo Werner. Mereka berdua pun kompak untuk mengajaknya merapat ke Anfield.

Rumor kepergian Werner sudah tercium sejak lama, apalagi dengan mendekatinya masa kontrak yang akan berakhir di penghujung musim 2019-2020 mendatang. Jika Leipzig ingin menjualnya, maka saat terbaik adalah pada musim panas ini.

Berbagai klub dikatakan sedang mencoba untuk membajaknya dari Leipzig sesegera mungkin, termasuk klub raksasa Jerman, Bayern Munchen. Naby Keita, yang pernah bermain bersamanya di Leipzig, pun berupaya untuk memberikan opsi lain untuknya.

Keita, kepada Sport Bild, mengatakan bahwa dirinya cukup akrab dengan Werner saat masih membela Leipzig dulu. Menurutnya, seandainya jika Werner berniat hengkang, ia akan memintanya untuk pindah ke Liverpool.

"Kami bermain sangat baik bersama di Leipzig dan dia adalah salah satu rekan satu tim terbaik saya," ujar Keita.

"Sudah jelas, seandainya dia pindah, maka saya akan meminta Timo untuk bergabung bersama kami di Liverpool," tandasnya.

 

Komentar Mane

Sedangkan Sadio Mane sendiri tak pernah berada dalam satu klub bersama pemain berumur 22 tahun tersebut. Namun, ia mengaku sempat melihat aksinya beberapa kali dan langsung jatuh hati pada kualitasnya.

"Saya menyarankan dia untuk bergabung dengan Liverpool. Saya suka gaya bermainnya. Sangat bertenaga, penyelesaian akhir yang bagus, selalu memberikan 100 persen," tambah Keita.

"Bila dia ingin bergabung degnan kami, maka kami akan menyambut dirinya masuk ke dalam tim. Saat Naby sudah pasti bergabung dengan kami, saya kadang menyaksikan laga Leipzig. Naby absen di beberapa laga penting dan bisa melihat pemain lainnya lebih dekat. Dan Timo pun muncul," tandasnya.

Pada musim ini, Timo Werner telah mencatatkan total 20 penampilan bersama Leipzig di Bundesliga musim ini. Selain itu, ia juga berhasil mengantongi 11 gol dan dua assist.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wasiat Sang Kekasih, Renungan Wali terhadap Tsunami Anyer

Posted: 13 Feb 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wali band kembali memperkenalkan single terbarunya pada 2019 ini, "Wasiat Sang Kekasih". Sebelumnya, mereka merilis single "Matanyo" secara serentak di radio-radio seluruh Indonesia pada akhir 2018.

Single "Wasiat Sang Kekasih" adalah lagu Wali yang diangkat dari kisah nyata. Lagu ini terinspirasi dari musibah Tsunami Banten dan sekitarnya. Di mana, di antara para korban bukan hanya masyarakat pada umumnya tetapi juga menimpa keluarga besar Wali.

Wali merasa betapa tipis perbedaan antara kehidupan dan kematian. Tak peduli kepada siapapun, bahkan terhadap orang orang yang kita cintai, siapapun akan mengalaminya. Termasuk kepada personel Wali.

Berlatar belakang kejadian tersebut dan juga perenungan yang dalam, Apoy sebagai pencipta lagu sekaligus motoris grup band Wali, menitip pesan kepada orang-orang yang Wali cintai. Jika kelak Wali tak ada lagi di dunia ini, maka lagu ini adalah pesan sekaligus wasiat untuk orang-orang yang Wali cintai.

Hadiah untuk Korban

Wali band kembali memperkenalkan single terbarunya pada 2019 ini,

Lagu "Wasiat Sang Kekasih" ini murni hadiah untuk almarhum dan almarhumah yang telah pergi mendahului kita semua, diciptakan dan dipersembahkan sebagai bentuk dedikasi, kepedulian, keprihatinan serta kesedihan mendalam dari Wali untuk orang-orang yang dicintai, baik keluarga besar Wali dan juga keluarga besar NAGASWARA," ucap Apoy.

Konsep musik yang diusung dalam lagu ini masih tetap bergenre pop ala Wali dengan lirik mellow. Disuarakan lewat vokal khas Faank, lagu tersebut menggiring para pendengar larut dan membayangkan betapa dasyatnya musibah tersebut.

Ada kesedihan, ketegaran dan hikmah yang bisa dipetik dari lagu tersebut. Tentunya, betapa terpukulnya jiwa kita, ketika ditinggal pergi oleh orang-orang yang kita cintai secara tidak terduga.

Menjadi Pengingat

Wali band kembali memperkenalkan single terbarunya pada 2019 ini,

Diharapkan, lagu "Wasiat Sang Kekasih" persembahan Wali ini dapat menjadi pengingat kepada kita bersama, bahwa kita semua tidak ada daya dan upaya selain atas pertolongan dan kehendak Yang Kuasa. Karena sangatlah tipis antara kehidupan dan kematian.

Berbuat baik kita di dunia ini, menyayangi dan mencintai orang orang yang selama ini ada di sekitar kita, menjadi salah satu kuncinya. Terutama untuk keluarga, sanak saudara, dan sahabat-sahabat yang selalu mendukung kita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Kabupaten Landak akan Tindak Tegas Pelaku Pungutan Dana PIP

Posted: 13 Feb 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, berkomitmen mendukung Program Indonesia Pintar (PIP) yang digagas Pemerintah untuk memberikan layanan pendidikan kepada anak-anak dari keluarga miskin dan rentan miskin atau anak-anak di panti asuhan.

"PIP merupakan program yang berpihak kepada masyarakat miskin. Melalui program tersebut dapat membantu biaya pendidikan sehingga memotivasi anak-anak untuk terus melanjutkan pendidikan," tutur Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Aspansius, saat ditemui disela-sela acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) tahun 2019, di Pusdiklat Kemendikbud, Bojongsari. Depok, Jawa Barat, Rabu (13/02).

Ia mengatakan, pihaknya bersama dinas terkait dan pelibatan masyarakat selalu menyempatkan untuk melakukan sosialiasi PIP di berbagai kesempatan seperti pertemuan drngan kepala sekolah, guru, dan orang tua.

"Di setiap pertemuan tersebut saya selalu menegaskan penggunaan dana manfaat PIP harus tepat guna untuk memenuhi kebutuhan pendidikan siswa. Tidak boleh ada pungutan dana PIP, dan kami akan tindak tegas jika ditemukan oknum yang melakukan pungutan liar terhadap dana PIP," tegas Aspansius.

Pihaknya, kata Aspansius, akan mengawal dengan baik penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) agar tepat sasaran peruntukannya. Ia tidak akan segan menindak kepala sekolah yang memungut dana PIP dari para penerima manfaat.

"Ditempat kami ada beberapa penerima manfaat yang karena faktor geografis kesulitan untuk mencairkan dana PIP, sehingga memberikan kuasa kepada kepala sekolah untuk mengambilkan dana tersebut. Bila terbukti kepala sekolah tidak amanah, akan langsung diminta untuk mengembalikan," jelasnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, menyampaikan bahwa saat ini penyaluran KIP sudah hampir 100 persen, dan 80 persen penerima KIP sudah menggunakan KIP yang dapat berfungsi sebagai kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

"Jadi KIP sekarang bukan sekedar kartu identitas yang menunjukkan kepemilikan hak, tapi juga bisa digunakan untuk mengambil uang. Sehingga dengan kartu ini, penerima KIP bisa mengambil tidak sekaligus, tapi bisa secara bertahap sesuai kebutuhannya," terang Aspansius.

Saat ini pencairan KIP sangat mudah. Penerima manfaat dapat mencairkan KIP dengan datang langsung ke bank, melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Atau juga bisa melalui agen laku pandai.

"Di beberapa sekolah, koperasi sekolah bisa membuka agen laku pandai, jadi anak-anak penerima KIP bisa mengambil di agen-agen tersebut, dan tidak dikenai biaya," pungkas Mendikbud. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Air Minum Tidak Mengalir Sampai Muara Baru Jakarta

Posted: 13 Feb 2019 08:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bercengkrama di depan teras rumah sambil memakan buah, itulah kegiatan sejumlah warga RT020/017 Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (13/2/2019) petang. Terlihat di depannya, puluhan jeriken berwarna kuning dan biru berjejer menghiasi pandangan.

Jeriken tersebut ditempatkan dalam satu gerobak dorong yang bisa menampung hingga 14 buah. Namun, dalam satu gerobak tak selalu penuh, tergantung kemampuan sang pendorong.

Rupanya jeriken itu berisi air bersih guna memenuhi kebutuhan warga sekitar. Tak gratis, air layak konsumsi tersebut merupakan barang dagangan.

Menurut pengakuan salah seorang warga, beberapa wilayah di Muara Baru memang tak disuplai Perusahaan Air Minum (PAM) sejak lama. Sebab itulah warga membeli air layak pakai dari beberapa orang yang menjualnya dengan jeriken.

"Udah lama banget, saya lupa dari tahun berapa, kira-kira 2000-an awal. Itu juga dari awal nyalanya cuma 2 tahun, habis itu mati," tutur Ika Mustika Ratu, warga Muara Baru kepada Liputan6.com, sambil mengupas dukuh.

Dia tak menampik selama ini keluarganya mengonsumsi air jeriken sekadar untuk mandi dan minum. Kendati demikian, perempuan berusia 46 itu mengaku tak mempersoalkan kualitas airnya lantaran dinilai sudah baik.

Namun, kocek yang harus Ika keluarkan untuk air ini diakuinya tak sedikit. Dia menyebutkan nominalnya dengan nada meninggi sambil mengerutkan dahi.

"Sebulan bisa sampai Rp 500 ribu. Itu saya pakai sekitar 130 pikul," ucap Ika.

Penjual air pakai gerobak memang memberikan jeriken ke pembeli dengan cara dipikul. Satu pikul bisa memuat 2 buah jeriken seharga Rp 4 ribu.

Tak hanya gerobak, menurut Ika, penjual air yang datang juga terkadang menjajakan dagangannya ke Muara Baru melalui mobil angkut air. Mobil ini menawarkan paling sedikit satu kubik.

"Ada yang pakai gerobak, ada yang pakai tangki di mobil baru disalurin baru ada," dia menandaskan.

 

Sosialisasi Tak Pernah Terealisasi

Pegawai PAM kerap mensosialisasikan terkait penyaluran air bersih di Muara Baru. Namun, wacana tersebut tak pernah terealisasi sampai saat ini. (Liputan6.com/Rifqi)

Ika mengaku pegawai PAM tak jarang melakukan sosialisasi terkait penyaluran air bersih. Namun, menurutnya, wacana tersebut tak pernah terealisasi sampai saat ini.

"Sudah lama begitu (sosialisasi). Dulu pernah diusahain pakai pipa besar, tapi enggak jadi," imbuhnya

Pihak PAM pun, kata Ika, sering melakukan pengawasan di sekitar kediamannya. Kendati, dia mengatakan tindakan tersebut sia-sia.

"Mau ngontrol apa pak, enggak ada airnya," ucapnya untuk pertugas PAM.

Belakangan, petugas itu tak lagi datang. Ika juga tak mengharapkan kedatangan itu lantaran keinginannya untuk bisa menikmati air bersih dari PAM sudah kandas sekian lama.

Terkait pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal ambil alih pengelolaan air dari PT Aetra dan PT Palyja, Ika menyambutnya dengan positif.

Dia berharap bisa menikmati air PAM sehingga pengeluarannya bisa berkurang. Selain itu, dia juga tak perlu menunggu penjual air bersih datang.

"Ya kita bersyukur, kita enggak susah air," katanya memungkasi.

 

Lahan Rupiah

Pegawai PAM kerap mensosialisasikan terkait penyaluran air bersih di Muara Baru. Namun, wacana tersebut tak pernah terealisasi sampai saat ini. (Liputan6.com/Rifqi)

Keadaan ini menjadi lahan rupiah bagi sejumlah penjual air bersih. Tak terkecuali Maryati, yang menjajakan airnya dengan jeriken biru dan kuning.

Dia biasa mendapat order sebanyak 3 sampai 4 pikul sehari untuk 1 keluarga. Tergantung kebutuhan per pintu, biasanya beragam dan tak menentu.

"Kalo nyuci kan seminggu sekali, jadi gak terlalu banyak mesennya," ujar dia kepada Liputan6.com, Rabu (13/2/2019).

Warga Muara Baru ini menjelaskan, stok air didapatnya langsung dari salah satu produsen air bersih di wilayah Jakarta Utara. Dia mengaku mengambil untung dari situ.

"Ibu beli perpikul Rp 1500, di sini ibu jual Rp 4000," ucapnya menandasi.

Kendati demikian, sambil mengisi jirigennya melalui selang, dia mengaku tak ambil pusing dengan putusan Gubernur terkait pengambilalihan pengelolaan air.

Dia hanya berharap pemprov DKI memberikan pelayanan terbaik untuk warganya.

"Kalau sih senang. Gapapa pendapatan turun," imbuhnya.

Pemandangan penjualan air minum jeriken di Jakarta tidak hanya terjadi di Muara Baru. Di wilayah Jakarta Pusat, yang tidak jauh dari pusat pemerintahan, Jalan Kali Pasir, Cikini, saban hari tukang air jeriken mondar mandir menjajakan air minum tersebut.

 

20 Tahun Tak Mensejahterakan

Seorang pendemo saat menggelar aksi membawa atribut poster menolak swastanisasi air Jakarta, di depan Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Jumat (3/6). Mereka meminta MA memutus secara adil dan bijak hak atas air. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengambil alih pengelolaan air dari perusahaan swasta. Pengambilalihan akan dilakukan melalui langkah perdata atau renegosiasi kontrak.

Menurut Anies, selama kontrak yang dijalin PAM Jaya dengan PT Aetra dan PT Palyja, warga DKI banyak mengalami kerugian.

"Tujuannya (pengambilalihan) adalah mengoreksi kebijakan perjanjian yang dibuat di masa Orde Baru tahun 1997. Dan kita tahu selama 20 tahun perjalanan perjanjian ini, pelayanan air bersih di Ibu Kota tidak berkembang sesuai dengan harapan," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (11/2/2019).

Anies menjelaskan, saat kerja sama dimulai pada 1998, cakupan air di DKI Jakarta sebesar 44,5 persen. Dan pada 2018, cakupan air bersih baru sebesar 59,4 persen, sementara target awal adalah 80 persen.

"Artinya, waktu 20 tahun hanya meningkat 14,9 persen," ujar Anies Baswedan. 

Meski tak tercapai, PAM Jaya setiap tahunnya harus memberikan jaminan keuntungan 22 persen kepada dua perusahaan swasta itu.

"Targetnya tidak tercapai, tapi keuntungannya wajib dibayarkan oleh negara. Kalau hari ini angkanya tercapai, mungkin lain cerita. Tapi hari ini angka itu tidak tercapai. Target jangkauannya, tapi negara berkewajiban," kata Anies.

Sementara itu, Anggota Tim Evaluasi Tata Kelola Air Minum, Nila Ardhianie, menjelaskan jaminan keuntungan yang harus dibayar DKI sangat memberatkan.

"Nilainya tidak sedikit, sampai triliun-triliunan. Kira-kira kurang lebihnya Rp 8,5 triliun," ujar Nila.

Berbicara dengan Rekanan

Banner Infografis Polemik Swastanisasi Air di Ibu Kota. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Direktur Utama PAM Jaya Priyatno Bambang Hernowo. Dia mengatakan, pihaknya sebenarnya belum memutuskan langkah yang akan diambil Pemprov DKI Jakarta. Putusan baru akan diambil setelah pihaknya berbicara dengan rekanan yang memegang kontrak pengelolaan air di Ibu Kota.

"Kita akan bicara dengan dua mitra (PT Aetra dan Palyja) dan sepakat untuk dijadwalkan selama satu bulan. Akan dilihat progress kita bagaimana. Kemudian, konklusinya seperti apa. Konklusi seperti yang disampaikan Tim Evaluasi kan ada beberapa opsi," jelas Priyatno melalui sambungan telepon, Selasa petang. 

Tiga opsi itu adalah, pertama membiarkan kontrak selesai. Kedua, pemutusan kerja sama saat ini juga. Ketiga, pengambilalihan pengelolaan melalui tindakan perdata. Dia mengatakan, selama sebulan ke depan harus ada kepastian opsi yang diambil.

"Dalam satu bulan kemudian akan ada opsinya," ujar Priyatno.

Dia melanjutkan, jika opsi yang diambil sudah diputuskan, maka akan ada due diligence (uji tuntas kinerja perusahaan). Akan ada pula legal opinion untuk memastikan nilai-nilai yang akan diubah.

"Step selanjutnya adalah transisi untuk kemudian implementasinya," papar Priyatno.

Dia juga memastikan bahwa masa transisi tidak akan berlangsung dalam waktu yang lama, misalnya hingga tahun 2023 atau saat berakhirnya kontrak kerja pengelolaan air dengan PT Aetra dan Palyja.

"Tidak selama itu. Kalau sampai 2023, diam saja kita nanti. Yang jelas kita berniat untuk memperbaiki pelayanan," pungkas Priyatno.

Langkah dan keseriusan Pemprov DKI untuk mengambil alih pengelolaan air di Ibu Kota juga mendapat dukungan dari Koalisi Masyarakat Menolak Swastanisasi Air Jakarta (KMMSAJ). Kelompok ini bahkan menampik putusan PK Kemenkeu sebagai tanda kekalahan Pemprov DKI.

"Kita tidak memandang bahwa kita kalah. Peninjauan kembali itu kita belum mendapat salinan. Walau kalah secara hukum, perkiraan kita putusan PK itu terkait masalah formil saja, apakah itu terkait surat kuasa yang didalilkan maupun mekanisme gugatannya," jelas pengacara publik dari KMMSAJ, Alghifari Aqsa kepada Liputan6.com, Selasa petang.

Dia mengatakan, dari sisi substansi hukum, pihaknya berhasil membuktikan privatisasi air itu buruk, karena tidak ada pemenuhan hak-hak air dan merugikan keuangan negara.

"Seharusnya ini jadi patokan, substansi terkait hak-hak air dan penyelamatan keuangan negara telah berhasil dibuktikan Koalisi Masyarakat Sipil, sehingga ini yang jadi patokan untuk kebijakan selanjutnya," papar staf Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) ini.

Dia pun menyarankan, dalam memutuskan kebijakan selanjutnya, Pemprov DKI harusnya menjadikan putusan Mahkamah Konstitusi yang menghapus UU Sumber Daya Air sebagai acuan. Alasan MK, UU itu dinilai melanggengkan privatisasi dan bertentangan dengan UUD 1945.

"Sehingga pemenuhan ataupun pengelolaan air, harus dikelola oleh negara, BUMN atau BUMD," tegas Alghifari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bailly Yakin MU Melaju di Liga Champions

Posted: 13 Feb 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Eric Bailly mengungkapkan MU belum menyerah untuk melaju di Liga Champions. Bek asal Pantai Gading itu percaya MU bisa bangkit bersama Ole Gunnar Solskjaer.

MU menelan kekalahan perdana sejak Solskjaer menggantikan Jose Mourinho Desember lalu. Mereka kalah 0-2 dalam laga yang digelar di Old Trafford dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Tugas berat pun menanti MU untuk lolos ke babak selanjutnya. Mereka harus menang dengan selisih tiga gol atau 2-0 untuk berlanjut ke babak extra time.

"Solskjaer memberikan kami harapan. Dia berusaha keras agar kami bangkit lagi," ujar Bailly seperti dilansir Evening Standard.

"Jadi untuk sekarang kami akan melupakan kekalahan kemarin. Masih banyak laga yang harus dijalani dan berpikir soal masa depan."

 

 

Kesalahan

1. Eric Bailly - Pemain yang paling berpengaruh di bawah asuhan Jose Mourinho. Namun cedera membuatnya gagal tampil bersinar di Manchester United. Berpindah klub sepertinya pilihan yang bijak buat Eric Bailly. (AFP/Geoff Caddick)

Sayangnya dalam laga leg kedua nanti MU takkan diperkuat Paul Pogba. Gelandang timnas Prancis itu dikartumerah pada babak kedua.

"Kami sebenarnya tampil bagus di babak pertama. Pertahanan kami tampil luar biasa," kata Bailly.

"Namun kami membuat kesalahan pada gol pertama. Setelah itu kami coba memberikan yang terbaik tapi gagal," ujarnya.

Hasil Liga Champions

Bek Manchester United, Eric Bailly (kanan) berjibaku dengan gelandang Chelsesa, Eden Hazard, pada laga lanjutan Premier League 2017-2018, di Stadion Stamford Bridge, London, Minggu (5/11/2017) malam WIB.  (AFP/Adrian Dennis)

Hasil lengkap Liga Champions pekan ini:

MU 0-2 PSG

AS Roma 2-1 Porto

Ajax 1-2 Real Madrid

Tottenham 3-0 Borussia Dortmund

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alokasi Batu Bara Domestik Meningkat pada 2019

Posted: 13 Feb 2019 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan volume batu bara untuk dalam negeri ditetapkan‎ 128 juta ton. Sedangkan target produksi ditetapkan 490 juta ton pada 2019.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (Biro KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi mengatakan, ‎alokasi batu bara dalam negeri pada 2019 lebih tinggi, jika dibanding alokasi batu bara 2018 sebesar 121 juta ton.

"Alokasi batu bara untuk dalam negeri terus mengalami kenaikan, dari tahun ke tahun," kata Agung, di Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Agung menuturkan, agar ‎alokasi batu bara dalam negeri terpenuhi, instansinya telah membuat kebijakan berupa kewajiban untuk perusahaan penambang batu bara memasok 25 persen dari produksi batu baranya ke dalam negeri.

"Pelaku usaha wajib memasok 25 persen untuk dalam negeri," tutur dia.

Agung mengungkapkan, mayoritas batu bara dalam negeri akan digunakan sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), dengan alokasi sebanyak 95,7 juta ton.

"Sisanya dipakai untuk industri lain, seperti pupuk, semen, briket dan tekstile," ujar dia.

‎Sebelumnya, Direktur Pengadaan Strategis PLN, Supangkat Iwan Santoso mengatakan‎, ‎kebutuhan batu bara sektor kelistrikan meningkat ini, sebesar 96 juta ton dari sekitar 90 juta ton per tahun pada 2018.

Menurut Iwan, kenaikan  kebutuhan batu bara tersebut disebabkan bertambahnya PLTU yang beroperasi, untuk memenuhi kebutuhan listrik konsumen.  "Itu sudah termasuk dengan yang baru," tandasnya.

 

 

Kebutuhan Batu Bara Sektor Kelistrikan Capai 96 Juta Ton

Ilustrasi Foto Pertambangan (iStockphoto)

Sebelumnya, PT PLN (Persero) mencatat kebutuhan batu bara sepanjang 2019 mencapai 96 juta ton. Batu bara tersebut digunakan oleh PLN untuk memenuhi kebutuhan energi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Direktur Pengadaan Strategis PLN Supangkat Iwan Santoso mengatakan‎, ‎Kebutuhan batu bara sektor kelistrikan mengalami peningkatan pada tahun ini menjadi 96 juta ton dari sekitar 90 juta ton pada 2018.

"Kebutuhan batu bara untuk tahun ini dalam hitungan kami mencapai 96 juta ton," kata Iwan, di Jakarta, Senin 4 Februari 2019.

Kenaikan kebutuhan batu bara tersebut disebabkan bertambahnya PLTU yang beroperasi. Jadi ada penambahan PLTU baru sehingga kebutuhan naik," ujarnya.

Iwan mengungkapkan, dalam bauran energi porsi batu bara di atas 56 persen naik sekitar 2 persen jika dibanding tahun lalu. sedangkan sisanya Energi Terbarukan mencapai 12 persen serta gas menjadi 22 sampai 23 persen.

"Bauran energi tetap disesuaikan karena untuk menjaga keterjangkaun harga listrik. Kan harga naik terus. Batu bara saja nambah 2 persen," tutur dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: