Jumat, 09 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Shaqiri Bahagia di Liverpool

Posted: 09 Nov 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Liverpool - Xherdan Shaqiri mengaku bahagia di Liverpool. Proses adaptasi gelandang serba bisa asal Swiss ini berjalan lancar di skuat The Reds.

Shaqiri didatangkan Liverpool pada musim panas kemarin. Ia dibeli dari klub yang degradasi ke divisi Championship, Stoke City.

Shaqiri memang tak langsung bisa menjadi starter seperti Naby Keita. Namun saat dipercaya tampil, ia mampu menjawab dengan memberikan performa yang menawan.

Sejauh ini, Shaqiri telah tampil sebanyak 10 kali bersama Liverpool di semua kompetisi. Ia menyumbang satu gol dan tiga assist.

Adaptasi Lancar

Striker Liverpool, Roberto Firmino, melakukan selebrasi bersama Xherdan Shaqiri usai membobol gawang Crvena Zvezda pada laga Liga Champions, di Stadion Anfield, Rabu (24/10/2018). Liverpool menang 4-0 atas Crvena Zvezda. (AP/Jon Super)

Pemain berusia 27 tahun itu saat ini tentu masih harus terus menjalani proses adaptasi sebelum dipercaya untuk tampil sebagai starter dengan lebih sering. Shaqiri pun mengaku proses adaptasinya sejauh ini berlangsung dengan lancar.

"Prosesnya berjalan sangat baik. Saya pikir Anda bisa melihat itu juga di lapangan," serunya pada situs resmi klub.

"Saya sangat senang berada di sini dan saya beradaptasi dengan sangat baik, tetapi saya pikir itu akan jauh, jauh lebih baik semakin lama saya menetap. Saya sangat bahagia," tegas Shaqiri.

Bantuan Banyak Pihak

Shaqiri menambahkan bahwa proses adaptasinya bisa lancar karena ia mendapat banyak bantuan dari berbagai pihak. Baik itu di dalam maupun di luar lapangan.

"Semua orang membantu Anda, di lapangan dan di luar lapangan. Di luar lapangan, saya tidak perlu banyak bantuan karena saya tinggal di sini [di Inggris] sudah tiga tahun dan ketika saya butuh bantuan di lapangan, semua pemain membantu saya dengan sangat baik," terangnya.

"Pelatih telah banyak membantu saya untuk meningkatkan kemampuan saya dan itu yang paling penting," sambungnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keren, Wiro Sableng Raih 8 Nominasi FFI 2018

Posted: 09 Nov 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Film Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 menggila di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2018. Film yang diadaptasi dari novel garapan Bastian Tito itu berhasil meraih 8 nominasi. Nominasi tersebut antara lain Penata Busana Terbaik, Penata Musik Terbaik, Penata Suara Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Efek Visual Terbaik, Penata Rias Terbaik, Penata Sinematografi Terbaik dan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik. 

Dalam nominasi Pemeran Pendukung Wanita Terbaik, Ruth Marini akan bersaing dengan Ayu Laksmi, Dea Panendra, Dewi Irawan, Hannah Al Rashid, dan Karina Suwandi.

Sementara dari kategori Penata Busana Terbaik, Wiro Sableng akan bersaing dengan Chrisye, Wage, dan Marlina, Si Pembunuh dalam Empat Babak. Pakaian yang dipakai di film Wiro Sableng ini memang terlihat jahitan tangan layaknya pada zamannya.

Untuk Pengarah Sinematografi Terbaik, Wiro Sableng akan bersaing dengan Sekala Niskala, Sebelum Iblis Menjemput, Wage dan Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak.

Di nominasi Pengarah Artistik Terbaik, para pesaing film yang dibintangi oleh Vino Bastian itu antara lain, Sultan Agung, Wage, Kafir, Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak.

 

Nominasi Lainnya

Cuplikan film Wiro Sableng (Lifelike Pictures)

Sementara untuk Penata Efek Visual Terbaik, Wiro Sableng akan bersaing dengan Kafir, Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, 22 Menit dan Sultan Agung. 

Nominasi Penata Rias Terbaik pesaing Wiro Sableng antara lain Sultan Agung, Marlina Si Pembunuh Empat Babak, Sebelum Iblis Menjemput dan Wage.

Dalam nominasi Penata Suara Terbaik, Wiro Sableng akan bersaing dengan film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, Sultan Agung dan Sekala Niskala.

Dan untuk nominasi terakhir, Nominasi Musik Terbaik, Wiro Sableng bersaing dengan Kafir, Kulari Ke Pantai, Aruna & Lidahnya dan Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak.

 

22 Kategori

Cuplikan adegan Wiro Sableng (Lifelike Pictures)

Sebanyak 22 kategori bakal diperlombakan dalam FFI 2018 ini. Tema yang diusung oleh FFI pada tahun ini adalah Mencari Mahakarya: Batasnya Hanya Kualitas. 

Tahap penjurian sendiri sudah berlangsung dari tanggal 2 hingga 25 Oktober. Tenaga asosiasi profesi dan komunitas telah menyaring film-film Indonesia yang sudah beredar dari 1 Oktober 2017 sampai 30 September 2018. Acara Malam Anugerah FFI 2018 rencananya akan digelar pada Desember 2018 di Teater Besar Taman Ismail Marzuki.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Tanpa Irving, Celtics Takluk di Kandang Jazz

Posted: 09 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Boston Celtics kembali menelan kekalahan di lanjutan NBA. Tanpa di perkuat point guard Kyrie Irving, Celtics kali ini takluk 115-123 dari tuan rumah Utah Jazz pada laga NBA, Sabtu (10/11/2018) pagi WIB.

Irving absen saat Celtics berkunjung ke Vivint Smart Home Arena karena alasan pribadi. Terry Rozier yang mengisi posisi Irving sebagai starter di point guard. 

Celtics sebenarnya mampu mengimbangi Jazz di kuarter pertama. Pasukan Brad Stevens cuma tertinggal 27-25 di akhir kuarter pertama. Baru di kuarter dua, Celtics mulai kedodoran. Saat jeda, Jazz sudah menjauh dengan unggul tujuh angka.

Margin keunggulan Jazz terus membesar di kuarter dua. Jazz sudah memimpin 13 angka saat memulai kuarter empat. Meski di kuarter terakhir mampu memangkas jarak lima poin, Celtics tetap tak bisa mengejar ketertinggalan.

Joe Ingles jadi bintang kemenangan Jazz dengan 27 poin dan tujuh assists. Torehan 27 poin merupakan perolehan tertinggi Ingles selama berkiprah di NBA.

Donovan Mitchell menyusul dengan 21 poin untuk Jazz. Sedangkan di kubu Celtics, Rozier finis dengan 22 poin, disusul Jayson Tatum dengan 21 poin.

Hayward Kembali

Laga ini menjadi momen kembalinya Gordon Hayward untuk pertama kalinya sebagai musuh Jazz. Hayard dicemooh publik Vivint Smart Home Arena setiap kali memegang bola.

Hayward memilih meninggalkan Jazz tahun lalu. Namun di musim perdananya bersama Celtics, Hayward tak sempat berkunjung ke Vivint Smart Home Arena karena terkena cedera parah di laga perdana NBA 2017-2018. Hayward cuma membuat 13 poin pada laga ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Jokowi Pakai Sepeda Ontel Tanpa Rem di Bandung

Posted: 09 Nov 2018 10:12 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengikuti kegiatan Gowes Bandung Lautan Sepeda. Jokowi mengenakan seragam tentara rakyat dan sepeda ontel berwarna hitam.

Seusai acara, Jokowi menceritakan sepeda ontel yang digunakannya tidak memiliki rem. Akibatnya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini sempat grogi dan khawatir.

"Sepedanya memang dipilihkan beberapa dan saya pilih itu yang paling enteng. Tetapi memang sepeda lama. Enggak ada rem. Itu yang tadi saya agak mikir, agak groginya di situ," kata Jokowi di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/11/2018).

Jokowi mengatakan, rute yang dilaluinya di kawasan Gedung Sate cukup menantang. Ada jalanan yang sedikit menanjak dan menurun.

Di saat melewati jalan turunan, Jokowi terpaksa menabrakkan sepeda ontel ke trotoar agar bisa berhenti atau turun lalu menuntun sepeda tersebut.

"Remnya, enggak ada remnya. Kalau turunnya tajam waduh saya milih turun saya tuntun," ujar Jokowi.

 

Untuk Peringati Hari Pahlawan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (tengah) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) saat mengikuti Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). Jokowi berpakaian khas Sutomo atau Bung Tomo dalam kegiatan tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jokowi melepas sekaligus mengikuti kegiatan Gowes Bandung Lautan Sepeda di Gedung Sate. Acara tersebut diadakan oleh Kodam III/Siliwangi dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2018.

Saat keluar dari Gedung Sate, Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sosial Agus Gumiwang, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Kemudian Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Jokowi lalu bersepeda dari Gedung Sate menuju Jalan Merdeka, kemudian ke Jalan Lembong. Selanjutnya menuju Jalan Asia Afrika, Jalan Sudirman, Jalan Pasir Kaliki, Jalan Pasteur, Jalan Wastu Kencana, Jalan Purnawarman, Jalan Cikapayang, Jalan Surapati kemudian kembali ke kawasan depan Gedung Sate.

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Persipura Vs Bali United di Vidio.com

Posted: 09 Nov 2018 10:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bali United tidak dalam kondisi bagus melawat ke kandang Persipura Jayapura. Pertandingan pekan ke-30 Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak itu akan digelar di Stadion Mandala, Jayapura, Sabtu (10/11/2018) siang WIB.

Lawan Persipura, Bali United tidak diperkuat Ricky Fajrin dan Stefano Lilipaly. Keduanya sedang membela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2018.

Masalahnya, Tim asuhan Widodo Cahyono Putro dihajar badai cedera. Setelah Ahmad Agung, tiga lagi menyusul menepi masuk meja perawatan. Mereka adalah: Yabes Roni, Melvin Platje, dan Ilija Spasojevic.Penderitaan Serdadu Tridadu tak berhenti sampai di situ. Gelandang Brwa Hekmat Nouri dipastikan batal dibawa ke Jayapura karena demam.

Di sisi lain, Persipura menargetkan kemenangan saat jamuan agung kontra Bali United. Mereka ingin melakukan sapu bersih laga sisa musim ini.

Hingga pekan ke-29 Liga 1, Persipura Jayapura bercokol di peringkat 12 klasemen dengan raihan 38 poin. Tim Mutiara Hitam tak ingin menyudahi Liga 1 2018 dengan bertengger di papan tengah.

Live Streaming Persipura Vs Bali United di Vidio.com dimulai pukul 13.30 WIB.Dapatkan link Live Streaming Persipura Vs Bali United di Vidio.com di halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Persipura Vs Bali United di Vidio.com silakan klik di sini...

 

Perkiraan Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman; Yustinus Pae, Ricardo Salampessy, Marcio Nascimento Rozario, Valentinus Telaubun; Muhammad Thahir, Ian Louis Kabes, Prisca Womsiwor; Boaz Solossa, Hilton Moreira, Addison Alves.

 Bali United (4-2-3-1): Wawan Hendrawan; Dias Angga, Mahamadou N'Diaye, Andhika Wijaya, Syaiful Indra Cahya; Nick van der Velden, M Taufiq; Sutanto Tan, Fadhil Sausu, Gede Sukadana; Irfan Bachdim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Harap Masjid Kampus Tak Disisipi Paham Radikal

Posted: 09 Nov 2018 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri workshop penguatan fungsi masjid kampus dalam pembangunan karakteristik mahasiswa yang digagas asosiasi masjid kampus Indonesia. Dia berharap, pengurus dan masjid kampus dapat jadi contoh untuk masjid di sekitarnya.

"Kalau masjid kampus baik, akan jadi contoh untuk masjid yang lain dan sekitarnya. Maka dari itu harapan kita mudah-mudahan semuanya berjalan dengan baik, dan juga bagaimana saling membantu," kata Wapres Jusuf Kalla ketika memberikan sambutan di kantor Kemenristekdikti, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11/2018).

Pria yang kerap disapa JK ini juga meminta kepada pengurus, masjid kampus digunakan positif dan jangan disisipi paham radikal. Dia mempersilakan mahasiswa untuk fanatik dalam hal positif. Namun tidak memiliki paham radikal sehingga tidak menimbulkan masalah.

"Jangan masjid kampus disisipi paham-paham yang radikal, kalau fanatik silakan. Tapi radikal berbeda dalam arti fanatik, itu saya ingin beribadah menjalankan syariah begini. Kalau radikal ya keluar daripada garis wasatiah, keluar dari garis tengah dan lebih malah kadang-kadang merusak," papar JK.

Sehingga, lanjut JK, masjid dapat diberikan contoh dan dapat diberikan kurikulum.

Masjid di Negara Lain

Jusuf Kalla menceritakan perbedaan masjid di negara-negara lain dengan Indonesia. Dia mengatakan di Indonesia masjid diurus oleh masyarakat.

Berbeda dengan di Malaysia, kata JK, sebagian besar diatur oleh negara. Mulai dari khotbah yang terpusat dan harus diawali dengan pembukaan mendoakan raja.

"Kalau di Malaysia sebagian besar masjid dibangun negara. Karena itu khotbah di Malaysia itu tersentralisasi, seragam semuanya. Ada yang menulis pokok banyak itu di depan masjid. Ada kantor pusat, tv, semua dibikin di situ. Karena itu pembukaan khotbah di Malaysia selalu pertama mendoakan raja," kata JK di Kemenristekdikti.

Sementara masjid di Indonesia kata JK. Saat khotbah di masjid sebaliknya tidak ada yang mendoakan Presiden, melainkan mengkritik.

"Di kita mana ada mendoakan presiden, selalu malah mengkritik presiden. Nah itu bahayanya di situ. Karena itu di negara-negara Malaysia, timur tengah, semua pegawai masjid, marbot masjid itu pegawai negeri. Kita berbeda, semua masyarakat," ungkap JK.

Tidak hanya soal khotbah, kotak amal atau uang sumbangan yang terdapat di masjid juga hanya bisa didapati di Indonesia. Karena itu terlihat dari survei yang merilis bahwa Indonesia adalah negara yang dermawan.

"Kita setiap kali ke masjid siapkan duit untuk beramal. Di luar negeri mana ada kotak amalnya, di Malaysia tidak ada kotak amal," ungkap JK.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Janji Kampanye Sandi Kepada UMKM

Posted: 09 Nov 2018 10:08 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menyusuri Sejarah Minangkabau dari Sudut Kawasan Kota Tua Batang Arau Padang

Posted: 09 Nov 2018 10:05 PM PST

Liputan6.com, Padang - Kawasan Kota Tua di Padang dulunya merupakan salah satu kawasan rantau yang didirikan oleh para perantau di kawasan Minangkabau dari dataran tinggi atau disebut juga Darek.

Tempat permukiman pertama adalah perkampungan di pinggir selatan Sungai Batang Arau, di tempat yang sekarang bernama Seberang Pebayan, yang masuk dalam wilayah Kerajaan Pagaruyung.

Sebelum masyarakat pedalaman Minangkabau turun dari Solok dan Agam ke pantai, Kota Padang hanya sebuah daratan rendah dengan hutan yang lebat.

Perkembangan Kota Padang menjadi bandar dagang dimulai pada pertengahan abad ke-14 berdasarkan kebijakan penguasa Pagaruyung masa itu yang mulai menjalin hubungan dagang dengan kawasan pesisir barat Sumatera.

Sejak abad ke-15 hingga abad ke-16, Kota Padang berada dalam kedaulatan Kerajaan Aceh, dan hanya menjadi daerah perkampungan nelayan. Namun, sejak kedatangan pedagang Belanda Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) pada tahun 1663 yang perlahan menyingkirkan Kerajaan Aceh pada tahun 1666 hingga menjadikan Kota Padang sebagai markas besarnya untuk kawasan pantai barat Sumatera (Sumatra Westkust).

Sebuah pelabuhan pun dibangun di muara sungai Batang Arau, karena kawasan ini memiliki muara yang luas dan bagus bersandarnya kapal-kapal dagang.

Hadirnya Kota Tua Padang tidak terlepas dari keberadaan Pelabuhan Muaro yang merupakan pusat peradaban pertama Kota Padang. Pelabuhan yang berada di dekat muara Sungai Batang Arau ini, menghadap langsung ke Samudera Hindia.

Terdapat banyak bangunan dengan arsitektur klasik di kawasan Kota Tua Batang Arau ini. Pada umumnya bangunan-bangunan klasik ini ialah bekas perusahaan-perusahan yang jaya pada masanya, yang menjadi saksi kemajuan ekonomi di kawasan ini pada zaman dulu. Berikut sejumlah bangunan unik yang terdapat di Kota Tua Batang Arau.

Masjid Muhammadan

Di Kota Tua dengan seribu cerita ini terdapat sarana ibadah umat Islam yang dibangun sebelum Indonesia merdeka. Bangunan ini menjadi bukti kejayaan Islam pada masa penjajahan tempo dulu. Masjid tua dengan luas 822 meter persegi ini tetap terawat dan nyaman digunakan untuk beribadah. Masyarakat Muslim di kawasan Muara Batang Arau sangat bangga memiliki masjid ini dari generasi ke generasi.

Masjid Muhammadan merupakan bangunan masjid yang menjadi peninggalan umat Muslim keturunan India. Bangunan ini didirikan pada tahun 1943. Karena sudah ada sebelum negara Indonesia merdeka, masjid ini terbilang menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia.

Kemudian, ada gedung Geo Wehry and Co dengan luas 118 meter persegi. Gedung yang berdiri sejak tahun 1926 ini memiliki lebih kurang 4 lantai ditambah ruang atap. Gedung tersebut merupakan tempat sebuah perusahaan dagang yang terkenal pada masanya. Kini gedung ini digunakan sebagai gudang penyimpanan barang oleh salah satu sesepuh di kawasan ini.

Ada juga gedung De Javasche Bank, merupakan eks gedung Bank Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1830, dengan luas sekitar 100 meter persegi. Aktivitas Bank Indonesia sudah ditutup sejak lama hingga gedung ini beralih fungsi menjadi Museum Bank Indonesia.

Lalu gedung eks PT Surya Sakti, gedung sebuah perusahaan yang jaya pada masanya ini memiliki luas 239 meter persegi. Gedung ini dibangun sekitar akhir abad ke-19 sebagai kantor yang kemudian dibeli oleh seorang konglomerat bernama Dr TD Pardede yang digunakan sebagai gereja.

Kemudian, Padangsche Spaarbank, bangunan berarsitektur indah ini memiliki luas sekitar 493 meter persegi. Berdiri sejak tahun 1908, dahulunya digunakan sebagai Kantor Bank Tabungan Sumatera Barat. Namun, saat ini, gedung tersebut tidak digunakan lagi tanpa ada aktivitas berarti di sana.

Jembatan Siti Nurbaya

Menitik pada perjalanan sejarah kota Padang dari sudut Kota Tua Muara Batang Arau tak terlepas dari ikon yang paling menarik yaitu jembatan sakral dengan cerita rakyat yang tak terlupakan.

Jembatan Siti Nurbaya, dibangun pada tahun 1995. Nama Siti Nurbaya diambil dari legenda klasik daerah ini yang dipopulerkan oleh Marah Rusli.

Legenda ini bercerita tentang Siti Nurbaya dan Samsul Bahri yang harus terpisah ketika Siti Nurbaya terpaksa menikah dengan rentenir tua yang kaya raya bernama Datuk Maringgih sebagai cara untuk melunasi utang ayahnya. Mencoba untuk kabur Siti Nurbaya kemudian dibunuh oleh Datuk Maringgih.

Kawasan Kota Tua yang meliputi muara Sungai Batang Arau ini selain dihuni oleh mayarakat pribumi juga merupakan wilayah domisili etnis Tiongkok terbesar di Sumatera barat.

Jika menelusuri wilayah pondok di kelurahan Berok Nipah yang masih dalam kawasan Muara Batang Arau, kita akan menemui perkampungan China lengkap dengan fasilitas ibadah seperti klenteng, gedung berduka, gedung pertemuan serta kapling-kapling rumah dengan arsitektur unik nan sederhana selayaknya perkampungan China di negara Tirai Bambu sana.

Klenteng See Hien Kiong, tempat peribadatan umat Tionghoa di kawasan Kota Tua Padang ini dibangun sekitar abad ke-19. Banguan ini cukup luas sekitar 647 meter persegi. Sempat mengalami kerusakan cukup parah akibat gempa 2009, lalu bibangun ulang pada 2010 silam.

Bagaimana, menarik bukan wisata sejarah dan budaya di sudut Kota Tua Batang Arau Padang? Minangkabau memang memiliki ciri khas budaya yang arif, tentunya kota Padang yang merupakan kawasan dengan andil besar dalam sejarah ranah minang ketika peradaban itu dimulai pada masa lampau.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenpar Bangkitkan Kembali Pariwisata NTB dengan Sales Mission di Thailand

Posted: 09 Nov 2018 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata terus mempercepat pemulihan pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satunya, melalui program Sales Mission NTB di Thailand. Negeri Gajah Putih dipilih karena tren pertumbuhan wisatawannya positif.

Sales Mission ini digelar Rabu (14/8), di Pullman Bangkok Hotel G, Thailand. Wonderful Indonesia turun full team. Sales Mission NTB di Thailand akan diikuti 16 peserta. Rinciannya terdiri dari 13 TA/TO dan 3 hotel. Ada juga 1 perwakilan dari asosiasi. Mereka pun menyertakan 1 media.

"Pariwisata NTB secepatnya harus bisa pulih. Beragam cara terus diberikan, diantaranya melalui agenda Sales Mission di Thailand ini. Thailand ini dipilih karena potensinya besar. Pergerakan wisatawan di sana sangat positif," ungkap Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani, Kamis (8/11) malam.

Pariwisata Thailand tetap tumbuh sepanjang 2017. Negeri Gajah Putih membukukan pertumbuhan di angka 8,7%. Pergerakan inboundnya mencapai 32,5 Juta wisman pada 2016. Jumlah ini tumbuh 8,91% dari tahun sebelumnya yang mencapai 29,8 Juta wisman. Potensi lain adalah arus penerbangan ke luar yang mencapai 14,3% dari total populasi di tahun 2015. Angka riilnya sekitar 9,7 juta flight setahun.

"Jadi, sangat strategis bila program Lombok Bangkit ini dilakukan di Thailand. Secara postur, Thailand ini sangat menjanjikan. Kemampuan ekonomi masyarakatnya juga bagus seiring kontribusi besar dari pariwisatanya," terangnya lagi.

Pariwisata Thailand juga mampu memberikan impact positif. GDP Thailand pun mencapai 2,8% pada 2015. Nilainya berada pada level USD395,2 Billion. Lalu, pergerakan dari wisman Thailand ke Indonesia juga meningkat 37,7% pada 2017. Jumlah riilnya sekitar 106.510 orang. Lalu, target 125 ribu orang pun dipasang Kemenpar untuk tahun 2018 ini.

"Arus wisman dari Thailand ini sangat positif. Pertumbuhannya sangat kompetitif. Dari situ, ada value besar yag bisa dimanfaatkan khususnya oleh pariwisata NTB yang sedang bangkit. Dengan postur yang ada, kami optimistis Sales Mission di Thailand akan membukukan potensi transaksi yang bagus," ujar Giri Adnyani.

Kawasan selatan Thailand juga jadi potensi market besar. Sebab, pergerakan dari wismannya mencapai 7 juta orang per tahun. Mereka menikmati beberapa destinasi yang ada, yaitu Phuket, Krabi, hingga Koh Samui.

Giri Adnyani menambahkan, koneksi bisnis dengan buyers lokal Thailand memberikan banyak keuntungan.

"Sama seperti program Sales Mission lainnya, para sellers akan bertemu dengan buyers Thailand secara langsung. Dari situ, diharapkan adanya deal bisnis yang positif dan menjanjikan. Ke depannya bisa terus memberikan pengaruh baik bagi pertumbuhan pariwisata Indonesia," tegas Giri Adnyani lagi.

Meski hanya digelar sehari, beragam formulasi terbaik sudah disiapkan Sales Mission NTB di Thailand. Presentasi beragam potensi pariwisata akan dilakukan NTB yang dilanjutkan diskusi. Sesi B to B Meeting (Table Top) pun diberikan. Sebanyak 16 sellers NTB ini akan dipertemukan dengan 50 buyers Thailand. Memberikan keramahan, jamuan makan dan doorprize pun diberikan.

"Percepatan pertumbuhan pariwisata di NTB harus dilakukan. Momentum tersebut ada pada saat ini. Optimalisasi juga harus dilakukan, apalagi sebentar lagi ada perayaan pergantian tahun. Destinasi NTB ini tetap eksotis," kata Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional I Iyung Masruroh.

Menegaskan keindahan bumi NTB, beragam parade seni budaya diberikan. Ada sajian tari tradisional dengan iringan Gendang Beleq. Ada juga Tari Rudat khas Lombok dan Tari Gandrung. Warna lainnya ditunjukan dari pertunjukan live music.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, optimalisasi market Thailand harus dieksplore secara menyeluruh.

"Pasar Thailand ini harus dimanfaatkan. Peluang yang bisa didapatkan di sana sangat besar. Jumlah dari wismannya selalu tinggi per tahun, lalu masyarakat lokalnya juga mobile ke luar. Atraksi di NTB luar biasa, amenitas dan aksesibilitasnya juga sudah bagus. NTB saat ini sudah normal dan tetap nyaman bagi wisman," tutup Menteri.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guardilola Bicara Soal Perselisihan dengan Jose Mourinho

Posted: 09 Nov 2018 10:05 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Derby Manchester yang akan dilangsungkan pada Minggu (11/11/2018) malam WIB tak hanya menyajikan duel pemain-pemain terbaik. Lebih dari itu, laga ini merupakan adu taktik antara dua pelatih terbaik di dunia.

Ya, kualitas Pep Guardiola tidak perlu diragukan lagi. Dia sudah menjuarai banyak trofi di Spanyol, Jerman, dan kini di Inggris. Guardiola mampu membawa City menjuarai Liga Inggris di musim keduanya.

Di sisi lain, Jose Mourinho juga tidak bisa diremehkan. Meski tengah dalam laju buruk di awal musim, saat ini tren Manchester United meningkat. Mourinho juga sudah paham betul dengan cara bermain Guardiola.

Kedua pelatih ini memang kerap kali diadu untuk menentukan siapa yang terbaik.

Orang Baik

Manajer Manchester United (MU) Jose Mourinho. (AFP/Ben Stansall)

Guardiola dan Mourinho memang seringkali diadu media untuk menentukan siapa yang terbaik. Uniknya, hubungan mereka sebenarnya justru lebih baik dari yang dianggap media. Guardiola mengatakannya sendiri.

"Kami berdua adalah pria baik, lebih dari yang Anda duga! Jauh lebih baik, percaya saya," tegas Guardiola di Manchester Evening News.

Guardiola juga berterima kasih duel dua tim tersebut tak fokus pada duelnya dengan Mourinho. Baginya. Tim tetaplah yang lebih penting ketimbang sosok pelatih atau pemain.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Penjaga Hutan Sampai Pengembang Teknologi AI, Ini Dia Para Pemuda Penerima 9th SATU Indonesia Awards 2018

Posted: 09 Nov 2018 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebagai wadah dan pemicu generasi muda untuk mengolah karsa, cipta, dan karya yang terpadu, Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards digelar PT Astra International Tbk setiap tahunnya sekaligus dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

SATU Indonesia Awards merupakan langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif berkontribusi meningkatkan kualitas generasi muda Indonesia. 9th SATU Indonesia Awards 2018 memberi harapan dalam memunculkan generasi muda yang potensial, kreatif, dan mampu melakukan perubahan. Berjalannya apresiasi ini sejak 2010 semakin menginspirasi banyak generasi muda untuk berkreasi dan berinovasi. Semakin tergugah dan terpelihara semangatnya untuk menjadi pemberi solusi guna menyejahterakan masyarakat di sekitarnya.

Apresiasi ini diberikan kepada pemuda bangsa berusia maksimal 35 tahun atas setiap perjuangan di bidang: Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Kesehatan, Teknologi dan satu Kelompok yang mewakili lima bidang tersebut. Astra memberikan bantuan dana kegiatan masing-masing senilai Rp 60 juta dan pembinaan kegiatan kepada para penerima apresiasi 9th SATU Indonesia Awards 2018.

Animo para pemuda Indonesia mengikuti ajang penghargaan bertema positif ini pun begitu baik. Tercatat jumlah peserta pada tahun ini melonjak 84,3% dibandingkan dengan jumlah peserta pada tahun lalu, dari 3.234 pendaftar menjadi 5.961 pendaftar.

Dari 2010 hingga 2018, kini sudah terdapat 53 orang penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tingkat nasional. Selain itu, ada juga 192 anak muda penerima apresiasi tingkat provinsi yang masing-masing juga mendapatkan bantuan dana kegiatan, yakni sebesar Rp 5 juta.6

Seperti apa profil penerima apresiasi 9th SATU Indonesia Awards 2018 yang telah berkontribusi memajukan bangsa? Yuk simak di sini.

1. Nordianto – Menekan Pernikahan Dini, Melahirkan Relawan

Nordianto menggagas kegiatan edukasi kesehatan terhadap remaja usia sekolah. Kegiatan yang bersifat pencegahan terhadap perkawinan usia dini dan seks sebelum menikah ini diberi nama GenRengers Educamp dan pertama kali dilakukan pada 2016. Dengan tagline "Remaja Berdaya, Remaja Berkarya" GenRengers Educamp gencar melakukan edukasi kepada remaja di pinggiran kota bahkan sampai ke desa-desa di Kalimantan Barat. Selengkapnya klik di sini.

2. Surya Dharma – Pejuang Pendidikan Wajib Belajar 12 Tahun

Sebagai seorang pengajar, kondisi tidak mengenakkan hatinya dihadapi Surya Dharma di Palu, Sulawesi Tengah tempat dia mengajar. Guru mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 15 Palu ini terusik melihat masih banyaknya anak-anak muda di Palu putus sekolah dan tidak bisa tuntas belajar minimal sampai lulus Sekolah Menengah Atas (Tuntas Belajar 12 Tahun).

Merasa tergugah jiwa pengajar dan tanggung jawab sosial sebagai pendidik, kelompok masyarakat ini menjadi fokus target program Tuntas Belajar 12 Tahun yang digagas Surya Dharma. Surya berusaha mengajak masyarakat untuk menuntaskan pendidikan mereka minimal setingkat Sekolah Menengah Atas. Ia dibantu Risa Rusiana, istrinya, dan para relawan dari Universitas Tadulako mengajar matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan beberapa mata pelajaran formal lain. Selengkapnya klik di sini.

3. M. Hanif Wicaksono – Pembudidaya Tanaman Buah Langka

Lahir di Blitar Jawa Timur dan kemudian mengabdikan dirinya sebagai penyuluh Keluarga Berencana di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan membuat Mohamad Hanif Wicaksono menemukan hal-hal yang unik dan berbeda. Dari ketertarikan pada buah-buahan dan aktivitasnya keluar masuk hutan pada akhir pekan membuka cakrawala Hanif akan keberagaman flora yang ternyata merupakan indentitas Kalimantan Selatan. Selengkapnya klik di sini.

4. Franly Aprilano Oley – Si Penjaga Hutan

Perekonomian warga Merabu yang terletak di tengah kawasan Hutan Lindung Sungai Lesan ini juga semakin menurun padahal berada di daerah yang memiliki potensi alam berlimpah. Hal ini membuat pemuda kelahiran Modoinding, 27 April 1989 ini tergugah. Terlebih pada saat tahun 2011 dia dipilih menjadi kepala desa untuk periode 2011-2017. Franly ingin menyejahterakan warganya dengan memaksimalkan potensi lokal yang dimiliki tanpa harus menggadaikannya menjadi sawit dan merusak keanekaragaman hayati di dalamnya.

Saat awal menjabat sebagai kepala desa, Franly bertemu dengan peneliti karst yang meneliti hutan pegunungan karst di sekeliling Merabu. Peneliti tersebut mengatakan, karst Merabu sangat baik dan masih sangat alami dan potensinya sangat baik. Di tahun yang sama pula, Franly mendapatkan sosialisasi mengenai perhutanan sosial dari Dinas Kehutanan Kaltim. Intinya, hutan lindung dapat dikelola oleh warga setempat dalam skema hutan desa. Selengkapnya klik di sini.

 5. Narman – Pembuka Cakrawala Baduy

Hukum adat yang melarang untuk mengenyam pendidikan di sekolah formal bukan menjadi satu halangan bagi Narman untuk belajar dan menguasai satu ilmu. Dengan ketekunan dan semangat belajar yang tinggi, pemuda yang tinggal di Kampung Marengo, kawasan Baduy Luar ini mampu menguasai ilmu dan skill yang bahkan para lulusan sekolah formal banyak yang tidak menguasainya. Dengan ilmu tersebut Narman bisa meningkatkan taraf ekonominya serta masyarakat sekitarnya di suku Baduy. Selengkapnya klik di sini.

6. Azza Aprisaufa – Memberdayakan Sarjana Lewat Aplikasi

Sebagian besar masyarakat Aceh Tengah dan Bener Meriah berprofesi sebagai petani kopi Gayo. Dengan nilai kopi yang meningkat, banyak petani kopi bisa menyekolahkan anak mereka sampai lulus pascasarjana dengan biaya sendiri. Di satu sisi sangat positif namun di sisi lain, jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia di daerah tersebut tak sebanding dengan jumlah lulusannya. Sehingga meskipun masyarakat di sana sudah bersekolah tinggi namun tak bisa mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat.

Fenomena ini dihadapi langsung Azza Aprisaufa yang awalnya harus menolak banyak pelamar yang ingin bekerja di lembaga bimbingan belajar Saufa Center miliknya karena keterbatasan tempat. Azza kemudian berpikir bagaimana caranya agar para lulusan sarjana dan pasca sarjana ini mendapatkan pekerjaan dan mengaplikasikan ilmunya tanpa ia harus menyediakan tempat. Tercetuslah ide membuat aplikasi untuk pemesanan guru privat yang bisa dipesan di mana pun dan kapan pun. Selengkapnya klik di sini.

7. Meidy Fitranto & Faris Rahman (Nodeflux) – Pengembang Teknologi Artificial Intelligence

Perkembangan teknologi yang begitu pesat harus direspon dengan sigap supaya tidak ketinggalan. Tidak mau hanya menjadi penonton dan penikmat saja, dua sahabat, Meidy Fitranto dan Faris Rahman, merespon dengan mendirikan Nodeflux pada 2016. Kedua co-founder ini resah dengan tidak adanya startup lokal yang mampu memanfaatkan peluang penggunaan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dalam skala yang besar di Indonesia. Selengkapnya klik di sini.

Mereka tak hanya jadi sosok pemuda yang menggerakkan kemajuan bangsa, tetapi mereka adalah sosok-sosok pahlawan masa kini.

Cari tahu profil 46 sosok inspiratif SATU Indonesia Awards lainnya di website www.satu-indonesia.com atau cek di Instagram @satu_indonesia.

Informasi penerima apresiasi 9th SATU Indonesia Awards 2018 tingkat provinsi dapat di lihat di sini.

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Anti Soak dengan Membaca Angka Voltmeter di Motor

Posted: 09 Nov 2018 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan motor skutik sudah meninggalkan kick-starter karena sudah memiliki electric-starter. Namun, ada saja yang merasa was-was jika suatu saat aki tekor dan motor tak bisa dinyalakan.

Sebenarnya sudah ada satu fitur pada sepeda motor yang bisa memantau tegangan aki yaitu voltmeter. Salah satu skutik yang dilengkapi fitur ini adalah Yamaha FreeGo. Lantas bagaimana cara membacanya?

Menurut M. Abidin GM Aftersales Service & Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, angka voltase aki biasanya 12 ke atas, tercantum 13,7 atau 14,2. Disarankan tegangan aki ada di angka tersebut yang tampak di display. Jika angka yang terlihat mulai 12 atau 11,7 artinya Anda harus berhati-hati.

Motor bisa saja dicoba untuk dinyalakan, tapi permasalahan menghidupkan sepeda motor butuh cranking, alias memerlukan daya ampere yang besar. Ampere awal yang dibutuhkan berkisar 50 - 70 ampere. Dan aki tegangan turun menjadi 10. 

Lantas bagaimana jika starter gagal? Jika voltase berada di 12 ke bawah, dan sudah 3 kali distarter motor tak kunjung menyala, Anda diamkan dulu, tunggu elektroda berpindah dan voltase naik lagi, lalu Anda coba lagi. Tapi tak boleh gagal. Jika gagal tak ada charging dan performa baterai semakin turun. Untuk mencegah hal tersebut, usahakan tegangan aki selalu di atas 12.

Yamaha FreeGo, Skutik dengan Pesona Tersembunyi

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan Yamaha FreeGo di gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 akhir Oktober lalu.

Seminggu setelah peluncurannya, YIMM mengundang awak media massa nasional untuk menguji skutik andalan terbarunya di Sentul, Bogor, Indonesia.

 

 
Namun, jangan membayangkan skutik tersebut akan dipacu sekencang mungkin melahap sirkuit, karena lokasi pengujiannya hanya di lahan parkir saja. Karena di saat yang bersamaan, YIMM juga mengadakan test ride untuk Yamaha R25 di sirkuit.

Sebelum mencicipi FreeGo di tempat pengujian, Liputan6.com mengintip desainnya terlebih dahulu skutik berkapasitas 125 cc ini. Salah satu hal yang mencolok adalah dibenamkannya sistem keselamatan ABS 1-channel untuk varian tertinggi.

Di Indonesia sendiri teknologi ABS pada sepeda motor masih jarang digunakan. Bahkan bisa dikatakan FreeGo S ABS merupakan yang pertama kali mengadopsi teknologi ini di kelasnya.

Speedometer sudah mengadopsi layar digital dengan tampilan informasi tegangan aki, sehingga pemilik tak perlu lagi memasang aksesori. Sayangnya, kami tidak menemukan kehadiran informasi konsumsi bahan bakar rata-rata yang seharusnya sudah menjadi fitur standar.

Fitur lainnya yang cukup menarik adalah kehadiran lampu hazard yang dapat diaktifkan melalui switch di sebelah kanan.

Kunci konvensional digantikan dengan Smart Key System. Anda dapat membuka tutup tangki bensin yang terletak di bagian depan kiri serta membuka jok melalui sentuhan tombol saja.

Penempatan lubang tangki di bagian depan berdampak kepada posisi tangki bensin. Jika biasanya berada di bawah jok, maka tangki FreeGo berada di bagian bawah dek. Sehingga kapasitas bagasi FreeGo mencapai 25 liter yang diklaim lebih besar dibanding NMax.

Meski terletak di bawah, Yamaha menyematkan pelat yang melindunginya sehingga tak khawatir jika terbentur oleh benda keras.

Baca selengkapnya di sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Hari Pahlawan, DJP Gelar Operasi Katarak Gratis

Posted: 09 Nov 2018 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Operasi Katarak gratis untuk masyarakat kurang mampu. Kegiatan ini dilaksanakan Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Wajib Pajak Besar, di Gedung Dr K.R.T Radjiman Wedyodiningrat, Jalan Jenderal Sudirman Kav 56, Jakarta.

Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan mengatakan,‎ baksos ini diselenggarakan guna mewujudkan rasa berbagi dan kepedulian terhadap sesama, sekaligus merayakan Hari Oeang ke-72 yang jatuh setiap 30 Oktober dan memperingati Hari Pahlawan 10 November.

"Kami Direktorat Jenderal Pajak khususnya KPP Wajib Pajak Besar bekerja sama dengan Himbara, Himpunan Bersatu Teguh. Kami menyiapkan tempat dan fasilitas," ujar dia di KPP Wajib Pajak Besar Sudirman, Jakarta, Sabtu (10/11/2018).

Pasien yang dioperasi kataraknya adalah masyarakat yang mendaftar baik melalui narahubung maupun yang langsung datang ke Gedung Radjiman. Sejak pendaftaran dibuka, tercatat lebih dari ‎600 pasien yang mendaftarkan diri untuk operasi.

Kemudian pada tahap pemeriksaan hanya ‎299 pasien yang dinyatakan memenuhi syarat untuk dapat dioperasi kataraknya pada hari ini.‎ Hal-hal yang menentukan kelayakan dioperasi antara lain kondisi kesehatan pasien dan tingkat kematangan katarak.

‎"Kurang lebih ada 300 pasien dilakukan pengambilan katarak pada hari ini, setelah sebelumnya sekitar 600 orang melakukan pendaftaran, kita screening dulu dan yang memenuhi syarat untuk diambil karataknya 300 pasien ini," ungkap dia.

Setelah dilakukan operasi pada hari ini, lanjut Robert, pasien akan diminta datang kembali esok untuk melihat hasil operasinya. Kemudian akan dilakukan pemeriksaan lanjutan pada 17 November dan 24 November untuk memastikan operasi yang dilakukan berjalan dengan baik.‎‎

 

Relawan

Sebanyak 299 pasien lolos tahap screening untuk kemudian dioperasi kataraknya pada Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis.

Tim medis yang‎ menangani pasien yang dioperasi terdiri dari Dokter Mata berjumlah 20 orang, Dokter Umum berjumlah 2‎ orang, perawat berjumlah 2 orang, tim relawan medis berjumlah 15 orang dan nonmedis, yaitu para pegawai‎ DJP di gedung Radjiman berjumlah 56 orang dengan dipimpinoleh 6 koordinator.

Pegawai selain relawan nonmedis yang terlibat di kegiatan berjumlah 70 orang sebagai panitia, petugas registrasi dan sebagai relawan yang membantu para pasien dan pendampingnya.

‎"Ini bakti sosial yang tiap tahun dilakukan dalam rangka membantu pasien karatak yang kurang mampu agar bisa melihat lebih baik," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Aksi Tak Biasa Pencuri yang Kembalikan Motor Curian

Posted: 09 Nov 2018 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki motor sport sudah tentu menjadi kebanggaan. Tapi apa jadinya bila motor tersebut dicuri? Bukan hanya itu, setelah dicuri ternyata pencuri mengembalikan motor tersebut. Tentu ini bukanlah sesuatu yang sering terjadi.

Artikel tentang pencuri yang mengembalikan motor yang ia curi menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara artikel kedua terpopuler yakni tentang twit kocak tentang ditolak secara halus. Disusul dengan artikel ketiga terpopuler yaitu percakapan orang meminjam uang tapi lebih galak dari pada yang meminjamkan uang.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Kembalikan Motor yang Dicuri, Alasan Pria Ini Bikin Terenyuh

pencuri kembalikan motor curiannya (foto: World of Buzz/ Facebook Syafiq Jafri)

Memiliki motor sport tentu saja menjadi dambaan banyak kaum pria. Tak hanya nyaman dikendarai, memiliki motor sport menjadi kebangaan tersendiri bagi mereka. Namun nampaknya kalian harus berhati-hati ketika memarkir motor sport kalian, jangan sampai pencuri mengincarnya ya.

Hal ini baru saja dialami oleh seorang pria asal Malaysia bernama Mohd Khairul. Pada hari Senin (5/11) kemarin, Khairul kehilangan motor sportnya Yamaha R6 yang diparkir di daerah Damansara, Malaysia.

Selengkapnya

2. 6 Twit Kocak Nolak Halus, Bikin Hati Perih

Doc: Twitter.com

Menembak orang yang disukai butuh keberanian. Jika diterima, sudah tentu perasaan seperti berbunga-bunga. Tapi jika tidak, tentu rasanya pahit.

Obrolan saat ditolak pun bisa menjadi bahan guyonan warganet. Melansir dari berbagai akun Twitter, berikut twit lucu cara nolak halus tersebut.

Selengkapnya

3. Galaknya Orang Saat Pinjam Uang, Malah Bikin Warganet Geram

(Foto: @askmenfess/Twitter) Obrolan ini membuat warganet menyampaikan beragam tanggapan. Sebagian besar yang membacanya merasa geram.

Saat kita dilanda kesulitan uang, meminjam pada orang terdekat bisa menjadi salah satu solusi. Namun, saat memerlukan bantuan orang lain, kita juga perlu memperhatikan etika dan sopan santun. Alih-alih bersikap lemah lembut, obrolan orang saat meminjam uang ini justru bikin kita geregetan.

Tidak hanya menggunakan kata kasar, warganet yang membaca obrolan ini malah dibuat merasa sakit hati jika menjadi pihak peminjam uang. Kicauan yang diunggah oleh akun Twitter @askmenfess ini sampai viral dan menjadi bahan pembicaraan warganet.

Selengkapnya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Seni, Musik, dan Kreativitas Berkolaborasi dalam Fair de Braga

Posted: 09 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Dibuka sejak Agustus 2018, de Braga by Artotel menggebrak dengan menggelar Fair de Braga pada 9-11 November 2018. Acara ini memadukan pasar seni, pertunjukan musik, hingga pameran seni dalam satu tempat.

Dalam pagelaran kali ini, karya dari Rega Rahman dan Addy Debil dipertunjukkan di area art space lantai 2. Kedua seniman dengan latar belakang berbeda ini mengusung pameran seni bertajuk "Semblans".

"Semblans itu berbicara soal trace. Saya mengingat kembali saat kecil. Saya fokus ke komik Amerika, seperti Marvel dan DC Comic. Saya terpikat pada bentuk visualnya dan ingin membuat lagi karya yang sama seperti yang saya rasakan waktu kecil," tutur Rega dalam jumpa pers Fair de Braga, Jumat, 9 November 2018.

Rega menggunakan proses kolase digital dengan mengambil gambar-gambar dan deretan bentuk di dalam komik yang ada di internet. Komik dipilih sebagai salah satu contoh mudah representasi membludaknya informasi.

Imej berupa komik dengan alur cerita, informasi, karakter, dan lain sebagainya diubah menjadi hal yang berbeda secara bentuk dengan metode autotrace pada software design. "Bentuk pada komik diubah secara otomatis oleh software dengan sedemikian rupa menjadi sebuah abstraksi imej, tetapi tetap terlihat seperti sebuah komik," kata Rega.

Sementara itu, karya Adi berusaha menggambarkan perasaan mania yang ada pada seorang pengidap bipolar. Berdasarkan berbagai referensi, mania adalah keadaan seseorang yang merasakan euforia yang amat hebat.

Berangkat dari referensi itu, Adi ingin mengimajinasikan bagaimana ketika mania itu muncul pada pengidap bipolar lalu orang tersebut tidur dan bermimpi. Mimpi yang muncul akan melebihi mimpi manusia pada umumnya. Adi lalu membuat lukisan dengan memunculkan karakter-karakter lucu dan absurd dengan ekspresi senang.

 

Pasar Seni dan Musik

Pasar Seni yang berlangsung dalam Fair de Braga di Hotel De Bragaby Artotel, Bandung. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Tak hanya pameran lukisan, Fair de Braga juga menggelar pasar seni yang menempati ruang kafe B Ten. Lebih dari sepuluh brand berpartisipasi, di antaranya Tulisan, Tahi Lalats, Budi Rejeki, dan Notes.

Produk yang ditawarkan beragam sesuai spesifikasi masing-masing. Budi Rejeki misalnya, menawarkan deretan pottery dengan bentuk dasar kasar yang tetap fungsional. Anda bisa menggunakannya sebagai mug atau tempat menyimpan aksesoris.

Selama event digelar, Anda juga bisa mengikuti sejumlah workshop seni. Salah satunya adalah workshop Lino Cut, karya seni yang dihasilkan lewat gambar yang dicungkil. Dibawakan oleh Paru-Paru, peserta gratis mengikuti kegiatan ini.

Ada pula pertunjukan seni yang bisa diikuti. Sederet musikus independen tampil, di antaranya Nonaria, Nissan Fortz, Pemuda Salah Jalan, dan Munireng.

Assistant Director Marketing Communication Artotel Group, Yulia Maria mengatakan Fair de Braga merupakan festival seni, musik, kreativitas, yang rencananya bakal rutin digelar. Gelaran itu seiring dengan visi misi Artotel yang selalu mendukung karya seni anak-anak muda setempat.

"Kami berharap hotel ini menjadi tempat hangout pilihan anak-anak muda," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Bek Calon Pengganti Marcelo di Real Madrid

Posted: 09 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Kepergian Cristiano Ronaldo ke Juventus ternyata memberikan dampak besar bagi Real Madrid. Salah satu bintangnya, Marcelo kabarnya ingin menyusul CR7 ke Italia.

Marcelo sudah berada di ibukota Spanyol sejak tahun 2007 dan memenangkan segalanya di sana. Pada usia 30 tahun, Marcelo bisa mengakhiri hubungannya dengan klub dan mencari tantangan baru.

Real Madrid harus mendatangkan bek kiri baru apabila Marcelo benar-benar meninggalkan klub.

Namun, itu juga bukan pekerjaan yang mudah mengingat sang pemain merupakan pemain yang cukup konsisten di posisinya.

Berikut ini lima bek kiri yang bisa dipertimbangkan Real Madrid seperti dilansir Sportskeeda.

 

 

 

Monreal dan Alaba

Nacho Monreal cetak gol pertama saat Arsenal cukur West Ham United ( IAN KINGTON / AFP)

1. Nacho Monreal

Tidak seperti pemain lain yang berada dalam daftar ini, Monreal akan berguna untuk jangka pendek. Bek Arsenal itu akan memasuki usia 33 tahun depan, meskipun begitu, permainannya sepertinya meningkat seiring bertambahnya usia.

Monreal akan tersedia dengan biaya yang sangat murah dan jika Real Madrid tidak bisa mendapatkan target utama mereka, pemain Spanyol bisa mengisi posisi bek kiri di Santiago Bernabeu.

2. David Alaba

Permainan David Alaba menurun dalam 12 bulan terakhir. Namun, pemain Austria itu tetap menjadi salah satu fullback terbaik dalam sepak bola. Alaba berperan penting dalam dominasi Bayern Munchen di pentas domestik dan dia sudah membuat lebih dari 300 penampilan untuk klub Jerman.

Pemain berusia 26 tahun itu mempunyai gaya permainan yang mirip dengan Marcelo dan kemampuan menyerang pemain Austria itu membuat Madrid tidak akan merasakan kehilangan Marcelo karena Alaba merupakan pengganti yang sempurna. Bayern tidak akan mau kehilangan Alaba di puncak karirnya dan transfer ini bisa melibatkan biaya yang besar.

Rodriguez dan Sandro

Bek AC Milan, Ricardo Rodriguez berebut bola dengan pemain Sassuolo, Pol Lirola pada laga pekan ke-31 Serie A di San Siro, Minggu (8/4). Sassuolo menahan AC Milan dengan skor 1-1 dalam lanjutan laga Serie A. (AFP PHOTO/MIGUEL MEDINA)

3. Ricardo Rodriguez

Sebelum pindah ke AC Milan pada 2017, Rodriguez dikaitkan dengan sejumlah klub top Eropa seperti Real Madrid. Bintang Swiss itu adalah satu-satunya pemain yang bersinar saat Milan mengalami kesulitan dengan tampil 47 kali pada musim debutnya.

Pemain berusia 26 tahun itu sering ikut membantu serangan dan dia akan menawarkan kecepatan, dan punya kemampuan melepas umpan silang yang sangat bagus dari area yang luas. Milan saat ini sedang mengalami periode yang sulit dan Rodriguez mungkin bisa didapatkan dengan mudah.

4. Alex Sandro

Alex Sandro sudah dikaitkan dengan Real Madrid selama beberapa tahun terakhir dan rumor tersebut semakin meningkat sejak Julen Lopetegui dipecat. Jalan pemain Juventus itu menuju tim nasional Brasil terhalang oleh Marcelo. Namun, pindah ke Madrid bisa membuatnya berada di atas Marcelo.

Real Madrid mungkin bisa menawarkan Marcelo untuk mendapatkan servis Alex Sandro. Transfer tersebut sepertinya akan menguntungkan kedua belah pihak.

Alonso

Gelandang Chelsea, Marcos Alonso, tampak kecewa usai ditahan imbang Leicester City pada laga Premier League di Stadion  Stamford Bridge Sabtu (13/1/2018). Kedua tim bermain imbang 0-0. (AP/Matt Dunham)

5. Marcos Alonso

Marcos Alonso merupakan lulusan dari akademi Real Madrid dan bahkan muncul di tim utama pada tahun 2009. Fullback berusia 27 tahun itu belum lama ini menandatangani kontrak baru dengan Chelsea, namun sang pemain masih bisa pergi.

Madrid bisa menarik kembali mantan pemain akademinya itu dan jika Antonio Conte benar-benar ditunjuk sebagai pelatih Real Madrid yang baru, pria Italia itu pasti ingin bekerja sama lagi dengan Alonso setelah mereka berdua menghabiskan dua tahun di London.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tinggi Kasus Japanese Enchepalitis, Haruskah Masyarakat Bali dan Manado Puasa Makan Babi?

Posted: 09 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kelelawar dan babi penyebab terjadinya Japanese Enchepalitis (JE) di Indonesia, dengan reservoar (pembawa) adalah babi atau unggas yang biasa hidup di tempat kotor.

Sementara itu, kasus dari penyakit radang otak tersebut paling tinggi di Bali yang kemudian disusul Manado, Sulawesi Utara di urutan nomor dua.

Baik di Bali maupun Manado, sama-sama dikenal sebagai daerah dengan konsumsi babi cukup banyak. Pada beberapa orang, kelelawar masih dicari buat pengobatan.

Lantas, apakah orang-orang di Bali dan Manado harus berhenti konsumsi babi agar terhindar dari penyakit Japanese Enchepalitis ini?

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, pelarangan tidak bisa dilakukan sebelum melihat bagaimana cara dan di mana penularan penyakit itu terjadi.

Saat kasus flu burung, misalkan, tidak ada larangan untuk berhenti sebentar dari konsumsi ayam dikarenakan penyakit itu tidak menular karena makan unggas, melainkan kontak dengan unggas melalui udara.

"Jadi, yang kita cegah bukan dengan tidak boleh makan ayam, tapi imbauan ke pihak peternakan harus cuci tangan dan lain-lain. Dan ayamnya harus divaksinasi," kata Nadia di The 5th Global Health Security Agenda (GHSA) di Nusa Dua Bali belum lama ini.

 

Kelelawar Hewan Liar

Kelelawar yang menyebabkan JE tergolong hewan liar yang rasanya tidak mungkin untuk divaksinasi. Karena itu, Kemenkes hanya bisa mengingatkan agar orang-orang di sana lebih memerhatikan cara mengolah bahan makanan tersebut.

"Makanan yang baik, matang, juga harus dilihat," kata Nadia.

 

Kerjasama dengan Kementerian Lain

Menurut Nadia, perlu kerjasama dengan kementerian lain guna memberantas JE atau penyakit-penyakit lain yang ditularkan oleh hewan. Dua di antaranya Kementerian Pertanian dan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

Contoh pada sapi. Nadia, mengatakan, sapi-sapi yang berada di hulu sudah dicek dan Departemen Pertanian sudah mengontrol, sekaligus memastikan bahwa daging-daging tersebut harus bebas dari cacing dan antraks.

"Balik lagi, kalau bisa makan steak jangan setengah matang. Matang saja biar aman," ujarnya.

 

Kerjasama Penting

Menurut Nadia, keterlibatan dua kementerian tersebut menjadi sangat penting karena transmisi penularan penyakit yang berasal dari hewan (zoonotic) berbeda-beda.

Nadia pun menekankan bahwa pembatasan konsumsi babi dan kelelawar bukanlah solusi.

"Kementerian Pertanian betul-betul dengan keterlibatannya menjaga kualitas dan kesehatan hewan itu dijaga, untuk mencegah salah satu penyakit itu timbul di manusia," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya 4 Anak, Pola Tidur Zaskia Adya Mecca Tidak Jelas

Posted: 09 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di usia yang masih relatif muda, Zaskia Adya Mecca sudah memiliki empat orang anak kandung, serta satu orang anak sambung. Keadaan ini rupanya membuat pola tidur istri Hanung Bramantyo itu terganggu.

Kepada awak media, Zaskia Adya Mecca mengungkap bahwa dirinya bahkan tak pernah memiliki kualitas tidur yang baik di malam hari. Alasannya, tentu karena ia harus menjadi ibu yang siaga.

"Kalau tidur malam tuh jam 02.00 anaknya bangun lagi. Jam 04.00 bangun subuh tidur lagi jam 05.00. Nanti jam 06.00 bangunin anak yang gede sekolah. Jam 7 bayi gue bangun," jelasnya di Fx Sudirman, Jakarta Pusat (9/11/2018).

Keadaan ini membuat Hanung Bramantyo khawatir bila kesehatan artis berusia 31 tahun tersebut menurun. Beruntung, Zaskia sudah paham cara mengantisipasinya. Salah satunya dengan tidur di pagi hari.

Khawatir

(Instagram/zaskiadyamecca)

"Mas Hanung sih selalu pusing, buat dia 'Gila lo entar lama-lama lo ambruk' makanya aku nggak pernah berani ambil kegiatan sebelum jam 10. Tidurnya baru dari jam 08.00 pagi sampai jam 10.00 siang," jelasnya.

Inilah mengapa Zaskia Adya Mecca masih mengurangi pekerjaan di dunia hiburan, terutama pekerjaan yang membutuhkan waktu di pagi hari.

Batasi Pekerjaan

Zaskia Adya Mecca (Nurwahyunan/Fimela.com)

"Alhamdulillah enggak pernah drop, karena aku sudah tahu ngatur waktunya. Jadi kalau ngerasa badan mulai ngaco ya buru-buru balikin, paling sehari enggak ada kegiatan," papar Zaskia Adya Mecca.

"Jadi memang enggak bisa dulu ngambil kegiatan kayak syuting. Kegiatan yang reguler tuh kayaknya lagi enggak bisa dulu deh. Mungkin ketika anak sudah setahun nanti," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dramatis, Korban Kebakaran Apartemen Lompat dari Jendela

Posted: 09 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Warga selamatkan penghuni apartemen yang lompat dari jendela akibat terjebak kebakaran. Untungnya, tak ada yang terluka dalam insiden ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hadapi Pileg 2019, SBY Beri Pembekalan Caleg Partai Demokrat

Posted: 09 Nov 2018 09:45 PM PST

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat membuka Pembekalan Caleg Partai Demokrat di Jakarta, Sabtu (10/11). Dalam pidatonya, SBY menyoroti masalah politik identitas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat membuka Pembekalan Caleg Partai Demokrat di Jakarta, Sabtu (10/11). Dalam pidatonya, SBY menyoroti masalah politik identitas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat membuka Pembekalan Caleg Partai Demokrat di Jakarta, Sabtu (10/11). Menurut SBY, politik identitas akhir-akhir ini mengemuka jelang Pemilu dan Pilpres 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat membuka Pembekalan Caleg Partai Demokrat di Jakarta, Sabtu (10/11). Menurut SBY, politik identitas akhir-akhir ini mengemuka jelang Pemilu dan Pilpres 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat membuka Pembekalan Caleg Partai Demokrat di Jakarta, Sabtu (10/11). SBY memandang proses politik berubah sejak Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat membuka Pembekalan Caleg Partai Demokrat di Jakarta, Sabtu (10/11). SBY memandang proses politik berubah sejak Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat membuka Pembekalan Caleg Partai Demokrat di Jakarta, Sabtu (10/11). SBY mengajak seluruh komponen bangsa dan para elite politik untuk mencegah politik identitas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat membuka Pembekalan Caleg Partai Demokrat di Jakarta, Sabtu (10/11). SBY mengajak seluruh komponen bangsa dan para elite politik untuk mencegah politik identitas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta mendengarkan kata sambutan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat membuka Pembekalan Caleg Partai Demokrat di Jakarta, Sabtu (10/11). SBY mengajak untuk mencegah paham ideologi ekstrem. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta mendengarkan kata sambutan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat membuka Pembekalan Caleg Partai Demokrat di Jakarta, Sabtu (10/11). SBY mengajak untuk mencegah paham ideologi ekstrem. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ani Yudhoyono saat membuka Pembekalan Caleg Partai Demokrat di Jakarta, Sabtu (10/11). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ani Yudhoyono saat membuka Pembekalan Caleg Partai Demokrat di Jakarta, Sabtu (10/11). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono hadir dalam pembukaan Pembekalan Caleg Partai Demokrat di Jakarta, Sabtu (10/11). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono hadir dalam pembukaan Pembekalan Caleg Partai Demokrat di Jakarta, Sabtu (10/11). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona dan Real Madrid Berebut Bek Belia Brasil

Posted: 09 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona dan Real Madrid tak hanya saling sikut di Liga Spanyol. Kedua klub raksasa tersebut saat ini sedang berebut bek muda berbakat Brasil Leo Santos dari Corinthians.

Santos baru berusia 19 tahun. Namun dia sudah jadi andalan di tim utama Corinthians. Total Santos sudah main 18 kali bersama Corinthians. 

Mundo Deportivo melaporkan nama Leo Santos berada dalam daftar incaran Barcelona dan Real Madrid untuk meremajakan barisan pertahanan mereka.

Kontrak Santos bersama Corinthians masih berlaku sampai tahun 2020. Namun ketertarikan Barcelona dan Real Madrid membuat Corinthians kemungkinan akan merelakan Santos pergi pada tahun 2019.

Santos dilirik Barcelona dan Real Madrid karena kedua klub sama-sama memiliki bek yang sudah termakan usia. Gerard Pique (Barcelona) dan Sergio Ramos (Real Madrid) sudah berusia diatas 30 tahun.

Berburu Talenta Brasil

Barcelona tak mau kalah lagi dari Real Madrid dalam perburuan pemain muda berbakat Brasil. Sebelumnya Real Madrid mengungguli Barcelona dalam perburuan Vinicius Junior dan Rodrygo Goes.

Hanya satu pemain muda Brasil yang berhasil didapat Barcelona yakni gelandang Arthur Melo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ojek Online Bonceng Resmi Mengaspal, Apa Bedanya dengan Go-Jek dan Grab?

Posted: 09 Nov 2018 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi transportasi online bernama Bonceng resmi diperkenalkan, Sabtu (10/11/2018) di Jakarta. Aplikasi karya anak bangsa ini mengklaim siap meramaikan pencarian sarana transportasi melalui smartphone.

Dalam keterangan resminya, Bonceng menjelaskan beberapa hal yang membedakan layanannya dengan transportasi online lain (Go-Jek dan Grab). Salah satunya adalah Bonceng membebaskan segala potongan atau pun beban biaya transaksi kepada driver.

Driver cukup memenuhi persyaratan untuk bisa online agar dapat menerima order. Setiap order transaksi yang terjadi sepenuhnya (100 persen) menjadi milik driver. Berapa pun transaksi yang diperoleh driver, Bonceng mengklaim tidak akan memotong satu rupiah pun.

Lebih lanhut, Bonceng juga memiliki tarif berbeda dengan aplikasi lain. Tarif yang dikenakan bukan lagi per kilometer perjalanan, melainkan harga cluster berdasar radius jarak perjalanan yang dikelompokkan dalam beberapa harga yang bulat. Mulai dari Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 15.000, Rp 20.000 dan seterusnya.

Selain itu, hal lain yang menjadi pembeda antara Bonceng dengan aplikasi lain adalah konsumen dapat memesan layanan penjemputan sesuai dengan waktu yang diinginkan hingga tujuh hari ke depan.

Konsumen bisa memesan lebih awal sesuai jam yang diinginkan. Contohnya, bila konsumen hendak pergi ke sebuah tujuan pada pukul 10.00 WIB, mereka bisa memesan beberapa jam sebelumnya. Ketika waktunya berangkat, konsumen tidak perlu sibuk memesan dan menunggu jemputan dalam waktu yang cukup lama.

 

Jati Diri Asli Indonesia

Dok: Bonceng

Untuk meningkatkan pelayanan dan keamanan, Bonceng juga memiliki panic button dengan ikon lonceng pada saat perjalanan. Bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, konsumen tinggal menekan tombol tersebut dan langsung akan terkoneksi dengan kantor polisi, layanan ambulans, hingga kontak kerabat terdekat.

Kenapa namanya Bonceng? Perusahaan mengklaim ingin membuat brand yang tidak terbebani dengan istilah kebarat-baratan dan dapat menunjukkan jati diri asli Indonesia. Warna dominan dari jaket dan helm pengemudi adalah warna merah dan putih.

Warna tersebut adalah warna kebesaran bendera Indonesia. Bonceng mulai merekrut driver pada 28 Oktober, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Dan Bonceng mulai mengenalkan diri pada 10 November bertepatan dengan Hari Pahlawan.

 

 

2.000 Pengemudi

Dok: Bonceng

Sejak membuka pendaftaran calon pengemudi pada momen sumpah pemuda 28 Oktober lalu, Bonceng sudah memiliki lebih dari 2.000 pengemudi, baik kendaraan roda dua maupun roda empat yang siap melayani warga Jakarta.

Kepada para calon driver yang ingin bergabung dengan Bonceng dapat mendaftarkan diri dengan melakukan beberapa tahapan. Pertama, mendaftar melalui aplikasi atau website bonceng.id, kemudian calon driver akan terlebih dahulu diverifikasi dokumen, disusul dengan pembekalan, sebelum akhirnya driver bisa aktif mencari konsumen.

Untuk para pengguna, mulai hari ini Bonceng sudah bisa digunakan. Khusus di hari Pahlawan ini, dengan sign-up menggunakan kode referensi "Bonceng" untuk dapatkan welcome amount sebesar Rp 100.000 pada e-dompet Bonceng yang dapat digunakan sebagai potongan diskon dalam 20 kali perjalanan pertama.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah dan Gurih, Bikin Ketagihan

Posted: 09 Nov 2018 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Keripik merupakan camilan yang dibuat dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng, dijemur, atau dikeringkan, kemudian diiris tipis-tipis. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah, keripik biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu.

Berdasarkan definisi keripik tersebut, keripik singkong bisa disebut sebagai panganan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis. Irisan singkong kemudian digoreng dengan rasa asli asin dengan beraroma bawang yang gurih. Keripik singkong banyak digemari karena rasanya renyah dan harganya murah. Keripik ini sangat cocok untuk dinikmati di waktu santai bersama teman dan keluarga.

Singkong atau ketela pohon merupakan pohon tahunan tropika dan subtropika. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Olahan dari singkong pun bermacam-macam, ada yang dijadikan sebagai makanan khas seperti getuk, tape dan keripik menjadi salah satu camilan disukai banyak orang

Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

(sumber: pixabay)

Meski terlihat sederhana, dan seringkali dianggap sebagai makanan kalangan bawah, singkong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan gizinya cukup lengkap. Sebagai olahan singkong, maka keripik singkong pun memiliki manfaat, yaitu sebagai berikut:

1. Sumber Vitamin B Kompleks.

Singkong merupakan sumber vitamin B kompleks dan beberapa kelompok vitamin seperti riboflavin, folat, thiamin, piridoksin (vitamin B6), dan asam patotenat. Riboflavin bermanfaat dalam proses pertumbuhan dan proses produksi sel darah merah sehingga bisa mencegah penyakit anemia.

Singkong juga mengandung vitamin B17 atau amygdaline yang berfungsi membantu menghancurkan enzim penyebab kanker. Vitamin B17 bermanfaat sebagai alat pengobatan kanker tanpa kemoterapi.

2. Sumber Vitamin K.

Vitamin K dibutuhkan tubuh untuk membangun massa tulang dengan cara memicu aktivitas osteotrophic dalam tulang. Tulang berfungsi sebagai organ yang melindungi tubuh dari benturan benda tumpul. Mengonsumsi singkong dapat menjaga tulang tetap kuat.

Vitamin K juga dapat membantu mengurangi kerusakan saraf pada otak sehingga berguna dalam pengobatan penderita penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer ditandai dengan menurunnya kemampuan berpikir dan berbicara.

3. Sumber Mineral.

Singkong juga memiliki kandungan beberapa mineral yang penting untuk tubuh. Seperti seng, magnesium, tembaga, besi, mangan dan kalium. Kandungan kalium pada singkong juga cukup tinggi, yaitu sekitar 271 mg per 100 gram singkong.

Kalium merupakan bagian yang sangat penting dari sel dan cairan tubuh, dan memiliki peran dalam membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah. Kekurangan kalium dapat mengakibatkan gangguan pada irama jantung, atau yang disebut aritmia. Selain itu, kalium juga berguna dalam mengantur tekanan darah sehingga mencegah hipertensi.

4. Sumber Energi.

Singkong merupakan bahan makanan rendah lemak dan kolesterol, namun tinggi kalori, yaitu 160 kalori per 100 gr singkong. Dahulu, singkong pernah menjadi bahan makanan pokok sebagian rakyat Indonesia. Di masa sekarang pun, pemerintah kembali menggalakkan gerakan agar umbi-umbian termasuk singkong dijadikan salah satu makanan pengganti nasi.

Singkong adalah umbi-umbian tropis yang kaya akan pati dengan kandungan kalori tertinggi, yang terutama berasal dari sukrosa yang membentuk sebagian besar gula pada umbi-umbian. Kandungan kalorinya dua kali lipat lebih tinggi daripada kentang. Singkong dapat memenuhi kebutuhan kalori tubuh sebagai sumber energi guna melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Sumber Serat.

Serat pangan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena memiliki banyak kegunaan, yaitu:Menurunkan tekanan darah, sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit hipertensi.

Menjaga kadar kolesterol dalam darah, yang berguna untuk mencegah penyakit jantung.

Dahulu, penyakit jantung banyak menyerang kaum lansia, tetapi kini kaum usia muda pun banyak terserang penyakit ini, akibat gaya hidup, konsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol, kurangnya olahraga, dan tingkat sres yang tinggi.

Membantu memperlancar sistem pencernaan.

Mencegah obesitas, karena singkong memiliki kandungan serat yang tinggi namun rendah lemak.

Mengurangi risiko diabetes, karena serat mampu mengendalikan kadar gula darah agar tetap berada dalam batas normal.

Mencegah kanker usus besar, karena kandungan serat yang ada di dalamnya membantu proses buang air besar menjadi lancar.

Mengurangi risiko stroke, yaitu hilangnya fungsi otak dengan cepat yang diakibatkan gangguan aliran darah menuju ke otak.

6. Bebas Gluten.

Belakangan ini, makanan bebas gluten sedang menjadi tren masyarakat yang menggandrungi gaya hidup sehat. Kandungan gluten pada makanan diketahui dapat menyebabkan penyakit celiac, yaitu reaksi tubuh akibat intoleransi terhadap zat gluten. Celiac ditandai kerusakan usus halus sehingga usus kehilangan kemampuan untuk mencerna beberapa nutrisi tertentu.

Keripik Singkong Renyah

(sumber: pixabay)

Keripik singkong yang umum terdapat di pasaran adalah yang rasanya agak asin. Cara membuat keripik singkong ini pun mudah, berikut caranya yang Liputan6.com himpun dari berbagai sumber, Sabtu (10/11/2018).

Bahan cara membuat keripik singkong:

1 kg singkong segar

1 sdm kapur sirih

250 ml air

Bumbu halus cara membuat keripik singkong:

3 sdm garam

1 sdm gula

8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

Minyak secukupnya

 

Cara membuat keripik singkong:

1. Singkong segar dikupas dan dicuci sampai benar-benar bersih.

2. Selanjutnya iris singkong menggunakan alat khusus, agar hasil irisannya berukuran sama.

3. Siapkan air dan masukan kapur sirih kemudian singkong yang sudah dipotong tipis rendam ke dalam air kapur sirih.

4. Kemudian tambahkan pula bumbu yang telah dihaluskan ke dalam rendaman singkong. Biarkan selama 60 menit.

5. Angkat, kemudian sebelum dijemur tiriskan dulu, dan dalam proses penjemuran harus benar-benar kering tanpa terkenal sinar matahari.

6. Selanjutnya goreng singkong pada api sedang sambil terus diaduk. Setelah singkong mengering, angkat lalu tiriskan.

7. Biarkan sampai kering dan dingin, keripik siap dimasukkan ke dalam toples dan siap disajikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Jokowi di Hari Pahlawan: Semangat Majukan Bangsa

Posted: 09 Nov 2018 09:32 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berpesan kepada generasi milenial di Tanah Air agar terus memupuk semangat memajukan bangsa. Pesan tersebut disampaikan Jokowi dalam rangka Hari Pahlawan.

"Semangat memajukan bangsa ini, semangat untuk membuat negara Indonesia ini maju," kata Jokowi di Gedung Sate Jalan Diponegoro, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/11/2018).

Jokowi juga menginginkan anak muda tetap semangat dalam bekerja dan terus berinovasi menciptakan hal-hal baru.

"Semangat semangat semangat. Pahlawan dulu juga sama semangat untuk merdeka setelah itu semangat untuk membangun negara, semangat untuk memajukan negara," ujar dia.

Sebelumnya, Jokowi memimpin upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Cikutra yang terletak di Jalan Cikutra, Neglasari, Cibeunying Kaler, Kota Bandung. Usai upacara, Jokowi menabur bunga di atas makam sejumlah tokoh Pahlawan Nasional.

Mereka di antaranya perintis kemerdekaan Abdoel Moeis, mantan Menteri Dalam Negeri Moh. Yogie SM, dan mantan Gubernur Jawa Barat Letjen TNI (Purn) M Nashudi. Kemudian mantan Dubes Saudi Arabia H Aang Kunaefi, perintis industri penerbangan Laksamana Muda Udara (Anumerta) Nurtanio Pringgoadisuryo, dan mantan Komandan Pangkalan Udara Margahayu Komodor Udara (Anumerta) Sulaiman.

Setelah itu, Jokowi melepas sekaligus mengikuti kegiatan Gowes Bandung Lautan Sepeda di Gedung Sate.

Kenakan Kostum Pejuang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengikuti kegiatan Gowes Bandung Lautan Sepeda di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat. Acara ini diadakan oleh Kodam III/Siliwangi dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2018.

Pada kesempatan ini, Jokowi menggunakan sepeda ontel bersama para peserta lain. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengenakan pakaian pejuang kemerdekaan berwarna cokelat krem dipadu sepatu boots hitam. Tak ketinggalan topi khas pejuang dan tas kecil.

Setelah membuka kegiatan Gowes Bandung Lautan Sepeda, Jokowi mengungkapkan alasannya memakai seragam pejuang.

"Ini kan Hari Pahlawan 10 November, jadi suasana sejarah di tahun 45 di masa masa perjuangan. Suasana itu yang tadi kenapa saya pakai pakaian ini," ucap Jokowi, Bandung, Sabtu (10/11/2018).

Dia pun mengingatkan tentang semangat perjuangan di masa kini. Dia mengatakan, semangat Hari Pahlawan saat ini ialah terus membangun negara.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hajar Timnas Indonesia, Singapura Akhiri Paceklik Kemenangan di Piala AFF

Posted: 09 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Singapura - Singapura meraih kemenangan 1-0 atas Timnas Indonesia di National Stadium, Jumat (9/11/2018) pada laga Grup B Piala AFF 2018. Gol kemenangan Singapura dicetak oleh Harris Harun.

Tentunya, ini mengakhiri paceklik kemenangan Singapura di Piala AFF. The Lions, sebutan Singapura, terakhir kali meraih kemenangan di Piala AFF pada 26 November 2014. Kala itu, Singapura menang 4-2 dari Myanmar, tapi gagal lolos dari fase grup.

Bagi Fandi Ahmad, pelatih Singapura, kemenangan atas Timnas Indonesia meningkatkan mental anak asuhnya. Wajar saja, The Lions sudah gagal lolos ke fase gugur Piala AFF dalam dua edisi terakhir.

"Saya rasa, sekarang kami memiliki mental yang kuat. Para pemain ingin berjuang bersama dan memotivasi satu sama lain di lapangan," ucap Fandi Ahmad di situs resmi FAS.

"Saya katakan kepada pemain (sebelum melawan Timnas Indonesia), kita bermain bukan untuk diri sendiri, tapi untuk sepak bola Singapura dan fans. Kami pantas menang hari ini," katanya menambahkan.

 

 

Patahkan Permainan

Striker Timnas Indonesia, Beto Goncalves, tampak kecewa usai dikalahkan Singapura pada laga Piala AFF di Stadion Nasional, Singapura, Jumat (9/11). Singapura menang 1-0 atas Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Fandi Ahmad juga senang para pemain Singapura berhasil menerapkan instruksinya ke dalam permainan. Singapura berhasil mematahkan permainan Skuat Garuda dari sektor sayap yang mengandalkan Febri Hariyadi dan Irfan Jaya.

Dengan sempurna, para pemain Singapura melakukan 23 tekel untuk menghetinkan kecepatan Febri, Irfan Jaya, hingga Riko Simanjuntak. Bahkan, permainan keras mereka hanya membuahkan satu kartu kuning.

"Kami berhasil menutup permainan sayap mereka, yang sangat cepat. Itu sebabnya, mereka tidak punya peluang," ujar Fandi Ahmad.

 

Hasil Grup B

Berikut hasil Grup B Piala AFF 2018:

Timor Leste 0-7 Thailand

Singapura 1-0 Timnas Indonesia

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inilah Daftar Lengkap Nominasi FFI 2018

Posted: 09 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Festival Film Indonesia 2018 (FFI), kembali digelar. Bila tahun sebelumnya acara penghargaan ini dihelat di Manado, Sulawesi Utara, maka FFI 2018 malam puncaknya akan dilangsungkan di Jakarta, 10 Desember 2018.

Daftar nominasi dari anugerah paling bergengsi bagi insan perfilman Tanah Air ini pun telah diumumkan, Jumat (9/11/2018). Setelah melalui proses penilaian akhirnya terpilih 22 kategori penghargaan.

Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak sendiri berhasil masuk dalam 14 dari 18 kategori film cerita panjang. Peraih nominasi terbanyak berikutnya adalah Aruna dan Lidahnya dengan sembilan kategori.

Wiro Sableng juga tak mau kalah. Film Garapan Angga Dwimas Sasongko ini meraih delapan kategori. Berikut adalah daftar nomine 22 kategori penghargaan FFI 2018.

Nomine

PEMERAN UTAMA WANITA TERBAIK

1. Della Dartyan - LOVE FOR SALE

2. Dian Sastrowardoyo - ARUNA DAN LIDAHNYA

3. Marsha Timothy - MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

4. Prisia Nasution - LIMA

5. Putri Ayudya - KAFIR

 

PEMERAN UTAMA PRIA TERBAIK

1. Adipati Dolken - #TEMANTAPIMENIKAH

2. Ario Bayu - SULTAN AGUNG

3. Gading Marten - LOVE FOR SALE

4. Iqbaal Ramadhan - DILAN 1990

5. Oka Antara - ARUNA DAN LIDAHNYA

6. Vino G Bastian - CHRISYE

 

PEMERAN PRIA PENDUKUNG TERBAIK

1. Egi Fedly - MARLINA PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

2. Yoga Pratama - MARLINA PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

3. Ence Bagus - GURU NGAJI

4. Marthino Lio - SULTAN AGUNG

5. Nicholas Saputra - ARUNA DAN LIDAHNYA

6. Teuku Rifnu Wikana - WAGE

 

PEMERAN WANITA PENDUKUNG TERBAIK

1. Ayu Laksmi - SEKALA NISKALA

2. Dea Panendra - MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

3. Dewi Irawan - AYAT-AYAT CINTA

4. Hannah Al Rashid - ARUNA DAN LIDAHNYA

5. Karina Suwandi - SEBELUM IBLIS MENJEMPUT

6. Ruth Marini - WIRO SABLENG

 

PEMERAN ANAK TERBAIK

1. Alifa Lubis - KOKI-KOKI CILIK

2. Bima Azriel - PETUALANGAN MENANGKAP PETIR

3. Fatih Unru - PETUALANGAN MENANGKAP PETIR

4. Ni Kadek Thaly Titi Kasih - SEKALA NISKALA

5. Ida Bagus Putu Raditya Mahijasena - SEKALA NISKALA

6. Lil'li Latisha - KULARI KE PANTAI

7. Maisha Kanna - KULARI KE PANTAI

 

SUTRADARA TERBAIK

1. Edwin - ARUNA DAN LIDAHNYA

2. Mouly Surya - MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

3. Kamila Andini - SEKALA NISKALA

 

PENULIS SKENARIO ASLI TERBAIK

1. Andi Bachtiar Yusuf, M Irfan Ramli - LOVE FOR SALE

2. Mira Lesmana, Gina S Noer, Riri Riza, Arie Kritinh - KULARI KE PANTAI

3. Kamila Andini - SEKALA NISKALA

4. Mouly Surya, Rama Adi - MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

5. Vera Veridia - KOKI-KOKI CILIK

 

PENULIS SKENARIO ADAPTASI TERBAIK

1. Johanna Wattimena, Upi - #TEMANTAPIMENIKAH

2. Rano Karno - SI DOEL THE MOVIE

3. Titien Wattimena - ARUNA DAN LIDAHNYA

 

PENATA RIAS TERBAIK

1. Darto Unge - SULTAN AGUNG

2. Didin Syamsudin - MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

3. Jerry Okatvianus - WIRO SABLENG

4. Retno Astuti - WAGE

5. Novie Ariyanti - SEBELUM IBLIS MENJEMPUT

 

PENATA BUSANA TERBAIK

1. Adrianto Sinaga, Nadia Adharina - WIRO SABLENG

2. Bambang Sugiarto - WAGE

3. Gemailla Gea Geriantiana - CHRISYE

4. Meutia Pudjowarsito - MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

 

PENGARAH ARTISTIK TERBAIK

1. Adrianto Sinaga - WIRO SABLENG

2. Allan Sebastian, Edy Wibowo - SULTAN AGUNG

3. Frans XR Paat - WAGE

4. Frans XR Paat - KAFIR

5. Frans XR Paat - MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

 

PENATA SUARA TERBAIK

1. Aria Prayogi, M Ichsan Ramadhita - WIRO SABLENG

2. Khikmawan Santosa - MARLINA PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

3. Satrio Budiono, Krisna Purna - SULTAN AGUNG

4. Yasuhiro Morinaga, Trisno, Hardianus Eko - SEKALA NISKALA

 

PENATA MUSIK TERBAIK

1. Aghi Narottama, Bemby Gusti, Toni Setiaji - KAFIR

2. Aksan Sjuman - KULARI KE PANTAI

3. Aria Prayogi - WIRO SABLENG

4. Ken Jenie, Mar Galo - ARUNA DAN LIDAHNYA

5. Keke Khaseli, Yudhi Arfani - MARLINA PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

 

PENCIPTA LAGU TEMA TERBAIK

1. Teman Tapi Menikah oleh Ade Avery, Jessilardus Mates, Ayudia Bing Slamet - #TEMANTAPIMENIKAH

2. Juara oleh Mhala Numata, Tantra Numata - NAURA DAN GENK JUARA

3. Ku Lari Ke Pantai oleh Rayi Putra, Astono Andoko, Anindyo Baskoro - KULARI KE PANTAI

4. Rindu Sendiri oleh Tarapti Iktiar Rinrin, Muhammad Abbidzar Nur Fauzan - DILAN 1990

 

PENATA EFEK VISUAL TERBAIK

1. Canary Project - KAFIR

2. Danny S Kim, Teguh Raharjo - MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

3. Geppetto Animation - 22 MENIT

4. Keliek Wicaksono - WIRO SABLENG5.

5. Joe, Hery Kuntoro - SULTAN AGUNG

 

PENYUNTING GAMBAR TERBAIK

1. Cesa David Lukmansyah - HUJAN BULAN JUNI

2. Dinda Amanda, Dwi Agus Purwanto - MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

3. Teguh Raharjo - SEBELUM IBLIS MENJEMPUT

4. W Ichwan Diardono - ARUNA DAN LIDAHNYA

 

PENGARAH SINEMATOGRAFI TERBAIK

1. Anggi Frisca - SEKALA NISKALA

2. Batara Goempar - SEBELUM IBLIS MENJEMPUT

3. Hani Prayoga - WAGE

4. Ipung Rachmat Syaiful - WIRO SABLENG

5. Yunus Pasolang - MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

 

FILM TERBAIK

1. ARUNA DAN LIDAHNYA

2. MARLINA SI PEMBUNUH DALAM EMPAT BABAK

3. SEKALA NISKALA

4. SULTAN AGUNG

 

FILM ANIMASI TERBAIK

1. KELUARGA SATU SETENGAH

2. KNIGHT KRIS3. SI JUKI THE MOVIE

4. TERRORVISION 3000

5. THANK YOU

6. THE AWAKENING LULLABY

 

FILM DOKUMENTER PANJANG TERBAIK

1. LAKARDOWO MENCARI KEADILAN

2. NYANYIAN AKAR RUMPUT

3. SEMESTA

 

FILM DOKUMENTER PENDEK TERBAIK

1. ANDREAS: MELAWAN REALITAS

2. ANGIN PANTAI SALENKO

3. DEATHCROW 48

4. DI BAWAH LANGIT YANG SAMA

5. LAHID DI DARAT BESAR DI LAUT

6. NERAKA DI TELAPAK KAKI

7. OJEK LUSI

8. O-SEPIG

9. PAGI YANG SUNSANG

10. RISING FOR SILENCE

 

FILM PENDEK TERBAIK

1. ELEGI MELODI

2. HAR

3. JOKO

4. KADO

5. MELAWAN ARUS

6. SIKO

7. TOPO PENDEM

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Kue Brownies Panggang Sederhana, Enak dan Menggugah Selera

Posted: 09 Nov 2018 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak suka dengan kue brownies? Cara membuat kue brownies ini memang memiliki banyak penggemar. Sayangnya banyak orang yang malas membuat kue ini. Banyak yang mengira jika brownies sulit dibuat dan memiliki bahan yang sukar ditemukan, padahal pembuatan brownies sangat mudah dan bahan-bahannya juga mudah ditemukan. Kunci cara membuat kue brownies yang lezat ada pada bahan dan kelengkapan alat membuatnya.

Bagi penyuka kudapan manis, brownies kerap masuk dalam daftar makanan yang harus tersedia dalam daftar snack yang akan disantap. Apalagi, identik dengan cokelat yang gurih brownies belakangan juga banyak ditenteng sebagai buah tangan saat berkunjung ke rumah sanak family ataupun relasi.

Cara membuat kue brownies kini sudah menjadi salah satu kue basah favorit banyak orang. Baik itu brownies kukus sederhana ataupun brownies kukus premium dengan citarasa lumeran dark chocolate yang super enak dan menggiurkan. Bahkan tak heran jika saat ini kue brownies juga dijual secara online karena banyaknya peminat.

Brownies sendiri memiliki dua macam, yakni yang kukus dan panggang. Namun keduanya memiliki citarasa yang berbeda pula. Kalau cara membuat kue brownies kukus teksturnya lebih lembut dan sedikit basah hingga tidak bikin seret ketika dimakan. Sementara itu, cara membuat kue brownies panggang diolah dengan oven tekturnya lebih garing karena tampilannya yang kering dan lembut di dalam.

Baik brownies kukus dan panggang memiliki citarasa yang menggoda. Namun semuanya tergantung selera setiap orang, ada yang suka lembut dan ada yang garing. Berbicara cara membuat kue brownies, ternyata kue cokelat basah yang satu ini memiliki beberapa kreasi rasa dan bentuk yang menggoda.

 

Topping pada brownies panggang juga menambah cita rasa

brownies panggang topping almond (sumber: pixabay)

Untuk menambah rasa brownies, bisa juga dikreasikan dengan toping pilihan seperti kacang mete, almond, keju, nutella dan buah stroberry. Bahan utama yang digunakan untuk bikin brownies juga berpengaruh sangat besar ke rasa.

Selain toping yang digunakan, untuk menambah inovasi rasa di setiap potongan kue brownies dengan menambahkan selai di tengah-tengah kue brownies. Mulai dari selai stroberry, selai nanas, selai blueberry, selai cokelat, kacang, selai apel bahkan nutella manis. Cara membuat kue brownies yang dasarnya memiliki rasa cokelat sehingga mudah dikreasikan dengan apa saja. Dan rasanya pun tetap enak dan menggoda.

Banyaknya peminat olahan brownies aneka rasa, kini brownies pun seringkali dijadikan salah satu menu andalan di sebuah toko kue. Beberapa brand tenama brownies ini seolah berlomba-lomba menciptakan inovasi baru disetiap olahan brownies kukus, brownies panggang dan brownies bakar dengan macam bahan dan bentuk agar menarik pembeli.

Saking banyaknya pencinta brownies, kini banyak bermunculan resep brownies yang bermacam-macam. Mulai dari cara membuat kue brownies tanpa mixer, brownies majic com, brownies tanpa oven (kukus), brownies kukus sederhana, brownies tanpa telur dan masih banyak lainnya. Yah terlepas dari itu semua, kekurangan utama dari kue brownis ini adalah harganya yang relatif mahal dan mending bikin sendiri saja di rumah.

Tak perlu khawatir ribet, ada cara membuat kue brownies panggang yang mudah dan sederhana kok. Berikut cara membuat kue brownies panggang sederhana yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (10/11/2018).

Kue Brownies Panggang

(sumber: pixabay)

Bahan cara membuat kue brownies panggang:

250 gram tepung terigu

400 gram margarin

6 butir telur, kocok sebentar

500 gram dark chocolate, cincang kasar

300 gram gula

1 sdt garam

 

Cara membuat kue brownies panggang:

1. Lelehkan margarin dengan api kecil.

2. Setelah margarin meleleh, matikan api lalu tambahkan dark chocolate yang telah dicincang, gula pasir, dan garam. Aduk hingga coklat meleleh. Angkat dan dinginkan.

3. Setelah itu tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan telur yang telah dikocok. Aduk hingga rata.

4. Siapkan 2 loyang yang hendak dipakai. Olesi dengan margarin. Tuang adonan pada 2 loyang tersebut.

5. Panggang dalam oven pada suhu 170 selama 45 menit.

6. Usai dipanggang, diamkan pada suhu ruangan selama 15 menit.

Kue Brownies Keju

Bahan membuat kue brownies keju:

90 gram tepung terigu

4 butir telur

25 gram susu bubuk vanila

50 gram white chocolate, lelehkan

50 gram keju

30 gram mentega, lelehkan

120 gram gula

1 sdt garam

1 sdt baking powder

1 sdm cake emulsifier (SP/TBM)

 

Cara membuat kue brownies keju:

1. Tim keju dengan menggunakan 2 sdm air panas hingga meleleh. Sisihkan.

2. Ayak tepung terigu dengan baking powder dan susu bubuk. Sisihkan.

3. Kocok telur, gula pasir, dan cake emulsifier sampai berbusa dan pucat.

4. Masukkan tepung terigu, baking powder dan susu bubuk yang telah diayak sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.

5. Tambahkan keju yang telah dilelehkan, white chocolate, mentega, dan garam. Aduk hingga rata

6. Siapkan loyang yang hendak dipakai dan olesi dengan mentega.

7. Tuang adonan ke dalam loyang.

8. Panggang dalam oven pada suhu 170 selama 45 menit.

9. Usai dipanggang, diamkan pada suhu ruangan selama 15 menit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oguri Yui AKB48 Ajak Remaja Indonesia Meraih Mimpi

Posted: 09 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Oguri Yui kembali datang ke Indonesia. Salah satu member dari grup idol AKB48 ini bakal menjadi bintang tamu dalam acara Sweat Dance Cover Competition yang akan berlangsung dari 2 November sampai 7 Desember 2018. 

Oguri Yui pun memberikan dukungan kepada para peserta untuk tidak takut meraih mimpi. Sebagai seorang idol, dirinya  meyakini bahwa penting bagi generasi muda untuk memiliki impian.

"Kalau menurut saya terus bermimpi adalah hal yang sangat penting. Lagipula dengan bermimpi kita bisa mengembangkan diri. Maka dari itu untuk meraih mimpi penting untuk berkeringat," kata Oguri Yui saat jumpa pers Sweat Dance Cover Competition di Jakarta Pusat, Kamis (8/11/2018).

 

 

 

 

 

Mimpi

Oguri Yui  AKB48

Yui pun mengakui jika perjalanan karirnya saat ini merupakan bukti dari kegigihannya dalam meraih impian. Sejak kecil, Yui mengaku bermimpi untuk menjadi idol dan akhirnya tercapai di usianya yang ke-16. 

"Dari kecil saya ingin jadi idol dan juga model. Makanya dari kecil saya sering gonta-ganti baju dan berpose di depan cermin dan kamera. Jadi, waktu audisi idol saya diminta untuk bergaya seperti model. Sekarang saya jadi model di majalah remaja," ujarnya.

Yui berharap kehadirannya di Indonesia membawa semangat bagi para generasi muda untuk meraih impiannya. Salah satu pintu untuk impian menjadi terkenal terbuka lewat ajang tari Sweat Dance Cover Competition.

  

Harapan

Oguri Yui  AKB48

Sementara itu, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, Ricky Suhendar mengaku jika potensi yang dimiliki generasi muda Indonesia sangatlah tinggi. Oleh sebab itu, Pocari Sweat menghadirkan Sweat Dance Cover Competition dengan tujuan untuk mengajak generasi muda mengembangkan potensi diri mereka dan berani berkeringat untuk mengejar mimpi. 

"Sweat Dance Cover Competition  merupakan kompetisi yang dapat diikuti oleh seluruh generasi muda di Indonesia, dengan cara mengunggah video dance cover mereka melalui Instagram. Video tersebut akan dinilai berdasarkan like dan komen terbanyak  dan tentunya juga akan di pilih yang terbaik oleh para juri," ujarnya.

"Ajang kompetisi ini diharapkan dapat menjaring talenta dan bakat dari para generasi muda di seluruh Indonesia. Tujuh tim yang terpilih akan mendapatkan dance coach danjuga akan diberikan tantangan untuk menciptakan koreografi baru. Tim dengan koreografi terpilih akan berkesempatan menjadi bintang iklan Pocari Sweat dan akan syutingbareng di Jepang," tambah Ricky Suhendar.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan MU, Guardiola Minta City Waspada di Menit-menit Akhir

Posted: 09 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester City akan menjamu Manchester United (MU) pada pekan ke-12 Liga Inggris di Etihad Stadium, Minggu (11/11/2018) malam WIB. Laga bertajuk derby Manchester itu lebih dari sekadar tiga poin, kedua tim mempertaruhkan harga dirinya.

City memang lebih difavoritkan dibandingkan MU mengingat laju positif mereka hingga kini. City belum menelan kekalahan dari 11 pertandingan Premier League dan sering mengalahkan lawan dengan skor masif.

Sebaliknya, MU justru terus dilanda masalah sejak musim dimulai. Pertahanan MU tampak lemah dan kesulitan melawan tim-tim yang relatif lebih kecil.

Meski demikian, bukan berarti City bisa meremehkan MU.

Menit Akhir

Gelandang Manchester United, Juan Mata (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Juventus, pada Matchday 4 Grup H Liga Champions, Kamis (8/11/2018) dini hari WIB. MU unggul 2-1.  (AFP / Isabella Bonotto)

Dalam beberapa pertandingan terakhir, MU membuktikan diri sebagai tim yang tidak kenal lelah dan tak mudah menyerah. Beberapa kali MU tertinggal lebih dahulu namun berbalik menang. Terakhir, Juventus jadi korbannya.

"75 menit pertama di pertandingan terakhir, saya ingin bermain dengan cara yang sama, bermain sebaik mungkin selama 75 menit," buka Guardiola dikutip dari goal internasional.

"Namun, MU sudah membuktikan bahwa mereka hanya butuh 10, 15, 20 menit akhir untuk menciptakan banyak peluang. Sensasi yang muncul ketika mereka mendapat bola dengan pemain-pemain di depan, wow, mereka punya talenta yang luar biasa di depan dan di lini tengah."

Kontrol

Karena itu, Guardiola merasa timnya harus memberikan penampilan terbaik jika ingin mengalahkan MU. City harus mengontrol pertandingan seperti biasanya dan memanfaatkan peluang seefektif mungkin.

"Anda harus bertahan dengan baik, bertahan dari umpan silang dengan baik sebab mereka sangat kuat dan lebih baik dari kami dalam situasi bola mati."

"Kami harus menujukkan permainan kami semaksimal mungkin, efektif - itulah pertandingan yang coba kami lakukan," tutup Pep.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1 2018, Persija Siap Gusur Persib

Posted: 09 Nov 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persib Bandung dalam posisi terbuka untuk digusur Persija Jakarta dari urutan kedua klasemen Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. Kekhawatiran itu akan terwujud jika Persija menang atas PS Tira.

Persib secara tak langsung membuka peluang untuk Persija usai kalah dari PSMS Medan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (9/11/2018). Tim besutan Roberto Carlos Mario Gomez itu menyerah 0-1 akibat gol Felipe Martins di menit ke-52.

Kekalahan Persib membuka jalan bagi Persija untuk naik ke posisi kedua. Syaratnya, Persija harus bisa menaklukkan PS Tira di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (10/11/2018).

Jika menang atas PS Tira, Persija akan unggul dua poin atas Persib. Dengan PSM, mereka hanya terpaut dua poin dengan jumlah pertandingan yang sama. Kebetulan, Persija dan PSM akan bertemu langsung pada 16 November 2018.

Persaingan sengit tak hanya terjadi di papan atas. Di papan bawah, tim-tim yang tak ingin terdegradasi juga sedang bersaing. Saat ini, tiga tim yang menempati posisi terbawah adalah PSMS, Perseru Serui, dan PS Tira. Tapi, masih ada peluang bagi mereka untuk menyelamatkan diri.

Klasemen Liga 1

Klasemen Liga 1. (Soccerway)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pentingnya Punya NPWP Bagi Pekerja Muda

Posted: 09 Nov 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 100 mahasiswa dari lima universitas di wilayah Jakarta Barat mengikuti acara Pajak Bertutur di PX Pavilion Ballroom Lippo Mall Puri Kembangan, Jakarta Barat, pada 9 November 2018. Acara diisi oleh pejabat Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak (DJP) Jakarta Barat dan bertujuan mengajak para mahasiswa agar ikut berperan meningkatkan kesadaran pajak di Indonesia.

Eva, mahasiswa semester 7 jurusan akuntansi Universitas Mercu Buana, menyebut tidak hanya kesadaran pajak yang dia pahami di acara ini, melainkan kesadaran berdisiplin untuk mengikuti aturan.

Setelah mendengar penjelasan Kepala Bidang P2 Humas Kanwil DJP Jakbar Henny Suatri Suardi, Eva juga mempelajari pentingnya memiliki NPWP bagi para pekerja muda.

"Seperti yang Ibu Henny bilang, sebenarnya kalau habis lulus, dan kerja, itu wajib buat NPWP," ucapnya seperti ditulis Sabtu (10/11/2018).

Rananda, murid akuntansi semester 5 Universitas Esa Unggul, yang datang bersama kelompok studi akuntansi kampusnya setuju akan pentingnya sosialisasi yang dilakukan mahasiswa. "Jadi, mungkin sosialisasinya saya akan ajak orang lagi untuk lebih taat lagi bayar pajak. Sekarang masih banyak orang yang telat bayar pajak dan belum mengakui bahwa mereka telat bayar pajak," jelasnya.

Pada Pajak Bertutur tahun ini, seorang mahasiswa Universitas Kristen Widya Kencana bernama Reyner menyampaikan ide menarik perihal sosialisasi, yakni mengenai adanya Duta Bayar Pajak.

"Kita malah mengharapkan kalau DJP membuat Duta Bayar Pajak supaya mahasiswa setidaknya ada title, kalau punya title mereka bisa lebih pede saat sosialisasi ke masyarakat," ucap mahasiswa jurusan akuntansi itu.

Reyner turut memberi apresiasi acara Pajak Bertutur tahun ini yang dinilai lebih jelas dalam memberi solusi. "Tahun ini lebih bagus, dan lenjelasannya lebih konkrit. Misal, kita dikasih contoh bahwa sadar pajak tak hanya Ppn saja, ternyata bisa sosialisasi ke teman dekat yang punya penghasilan, atau yang bikin startup, bahwa harus bayar pajak," jelasnya.

Apresiasi mengenai Pajak Bertutur tahun ini disampaikan pula oleh Aprilia. Mahasiswi akuntansi perpajakan Universitas Trisakti itu mendapatkan hadiah sepeda karena menjawab pertanyaan yang benar mengenai pengertian pajak menurut UU.

"Suasananya meriah banget, terus acaranya lebih tertata, kalau tahun lalu kurang," ungkap anggota D'Generation of Tax Universitas Trisakti itu.

Sri Mulyani: Dari 10 Orang RI, Cuma Satu yang Taat Bayar Pajak

Sri Mulyani pada rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali. Dok: am2018bali.go.id

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyentil kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk membayar pajak. Hal ini dia sampaikan saat menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman antara Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Agama (Kemenag), dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

"10 orang yang bekerja di Indonesia, baru satu yang terdaftar sebagai wajib pajak. Dari 10 orang wajib pajak, yang betul-betul bayar pajak hanya 1 orang. Yang betul-betul sampaikan SPT, hanya 5 orang," kata dia, di Kantor DJP, Jakarta, Jumat (9/11/2018).

Ia melanjutkan, kenyataan tersebut tentu akan memberikan kesan negatif terutama bagi para wajib pajak (WP) yang sudah patuh membayar pajak. 

"Ini menggambarkan ketidakadilan. Pembayar pajak patuh melihat kenapa kita harus patuh terus yang lain tidak terkena konsekuensi apa-apa," ungkapnya.

Kurangnya kesadaran wajib pajak di Indonesia dapat dilihat pada persentase tax ratio Indonesia yang bergerak stagnan.

"Kalau dilihat dari tax ratio masih di bawah 15 persen selama 5 tahun terakhir kita berkutat antara 10 sampai 12 persen," ujar dia.

Padahal, menurut Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, potensi penerimaan negara dari pajak masih sangat besar.

"Penerimaan pajak terhadap total penerimaan negara adalah 70 persen. Dan ini masih kecil karena kita lihat potensinya sangat besar," katanya.

"PDB sudah mendekati Rp 16.000 triliun, tapi penerimaan pajak baru Rp 1.600 triliun. Kalau tax ratio bisa dinaikkan dengan negara sekitar 16 persen dari PDB, maka kita punya potensi hampir Rp 750 triliun," imbuhnya.

Karena itu, dia berharap penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan hari ini, dapat mendorong meningkatnya kesadaran WP untuk membayar pajak.

"Tugas ini tidak mudah dibutuhkan satu pemahaman dan kesadaran yang harus ditanamankan sejak usia dini. Oleh karena itu kita senang bikin MoU," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Haru, Kisah Pengantin Pria yang Meninggal Usai Ijab Kabul

Posted: 09 Nov 2018 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sudah sepatutnya pasangan suami istri yang baru menikah diliputi kebahagiaan, terlebih lagi bagi mereka yang baru saja menjalani prosesi ijab kabul. Namun kebahagiaan dua keluarga di Desa Mallimongeng, Bone, Sulawesi Selatan pada Kamis, 8 November 2018 berubah menjadi kesedihan.

Hal ini terjadi usai pengantin pria yang bernama Uttang meninggal dunia sesaat setelah melaksanakan ijab kabul. Menurut kesaksian seorang kerabat yang bernama Siska, Uttang mengalami sesak napas beberapa jam setelah prosesi ijab kabul. Saat itu Uttang telah berada di rumah pengantin perempuan.

"Pengantin laki-laki sudah ada di rumah perempuan karena acara Marola," kata Riska, dikutip dari Dream.

Keluarga lantas segera melarikan Uttang ke Puskesmas untuk kemudian dirujuk ke RS Sinjai. Sayangnya nyawa Uttang tak bisa diselamatkan, dirinya meninggal dunia usai menjalani perawatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Resepsi batal

Ilustrasi Pengantin Menangis. (Sumber Foto: daftynews)

Resepsi pernikahan Uttang dan istri dijadwalkan berlangsung hari ini di rumah pengantin wanita di Dusun Bakkoe. Namun acara yang harusnya membawa kebahagiaan bagi Uttang dan istri tersebut justru berubah jadi acara pemakaman.

Keluarga Uttang dan istri akhirnya memutuskan untuk membatalkan resepsi. Baik yang digelar di rumah pengantin wanita maupun di rumah pengantin pria yang bakal dilaksanakan pada Sabtu besok, 10 November 2018.

Reporter: Ahmad Baiquni

Sumber: Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Dites Jokowi, Panglima TNI Tertarik Pesan Ribuan Unit Gesits

Posted: 09 Nov 2018 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, motor listrik karya anak bangsa Gesits sudah dites oleh Presiden Joko Widodo. Bahkan, orang nomor satu di Indonesia ini berniat untuk memboyong 100 unit roda dua hasil kolaborasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan PT Gesits Technologies Indo (GTI).

Tidak hanya Jokowi yang kepincut motor listrik Gesits, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga tertarik, dan sudah mengumumkannya melalui akun Twitter resminya.

Dalam cuitannya tersebut, Panglima TNI memiliki ide mengalokasikan beberapa ribu unit Gesits untuk operasional Babinsa (Bintara Pembina Desa), setelah melihat Presiden Jokowi mencoba motor listrik tersebut. Bahkan, cuitannya tersebut ditujukan langsung ke akun Twitter sang presiden.

Menurutnya, dengan menggunakan Gesits dan memanfaatkan infrastruktur listrik di pelosok desa akan memudahkan proses pengisian baterainya.

"Yth. Bapak Presiden @jokowi,

Setelah saya melihat foto Bapak mengendarai sepeda motor bermerek GESITS karya anak bangsa ini, muncul ide mengalokasikan beberapa ribu unit untuk operasional Babinsa.

Infrastruktur listrik di pelosok desa akan memudahkan proses pengisian baterenya," tulis Marsekal Hadi Tjahjanto dalam akun Twitter-nya.

Selanjutnya

Panglima TNI Juga Tertarik Pesan Gesits Ribuan Unit (twitter)

Menanggapi hal tersebut, Harun Sjech, Direktur Utama PT GTI menyambut baik ide dari Marsekal Hadi Tjahjanto. Langkah tersebut, merupakan cara untuk bagaimana industri nasional berkembang.

"Mantap itu, Bapak panglima yang sangat nasionalis, Ya gitu kalau mau industri nasional berkembang," jelasnya saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat (9/11/2018).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teatrikal Parade Surabaya Juang Tetap Digelar Usai Insiden Surabaya Membara

Posted: 09 Nov 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menegaskan teatrikal "Parade Surabaya Juang" yang akan digelar mulai dari Viaduk Tugu Pahlawan hingga Taman Bungkul pada Minggu (11/11) tetap akan digelar meski terjadi insiden "Surabaya Membara" pada Jumat 9 November 2018 malam.

"Tetap digelar. Kalau kita yang menggelar selalu melibatkan tidak hanya pihak kepolisan, Satpol PP melainkan juga guru-guru dilibatkan," kata Tri Rismaharini usai upacara Hari Pahlawan di Taman Surya, Surabaya, Sabtu (10/11/2018)

Menurut Risma, pihaknya ingin menjadikan peringatan 10 November sebagai suatu kebangkitan untuk terus memompa semangat anak-anak Surabaya.

"Karena ke depan itu itu berat. Kalau anak-anak tidak punya daya juang, mereka akan kalah bersaing di era persaingan global," katanya dilansir Antara.

Saat ditanya apakah ada konsep yang diubah dalam "Parade Surabaya Juang" tahun ini sebagai antisipasi agar tidak terjadi insiden serupa dengan "Surabaya Membara", Risma dengan tegas mengatakan tidak ada perubahan.

"Tidak ada perubahan. Tapi saya tidak hafal perkembangannya sampai saat ini," katanya.

Kabag Humas Pemkot Surabaya M. Fikser sebelumnya mengatakan bahwa ada perubahan konsep dalam "Parade Surabaya Juang" menyusul insiden "Surabaya Membara".

"Usai upacara kami rapat koordinasi membahas hal itu. Yang jelas ada beberapa titik yang akan dijadikan kegiatan teatrikal. Salah satu titik di viaduk Tugu Pahlawan kemungkinan akan ditiadakan," katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Linmas Kota Surabaya Eddy Christijanto sebelumnya mengatakan acara "Surabaya Membara" yang mengakibatkan tiga orang meninggal dan belasan orang luka-luka, bukan kegiatan dari Pemkot Surabaya.

"Tidak ada permintaan pengamanan dan kesehatan dari Pemkot Surabaya. Dari kami tidak ikut terlibat," katanya.

Meski demikian, lanjut dia, Pemkot Surabaya ikut membantu evakuasi para korban yang terluka untuk dibawa ke rumah sakit dan melakukan pendataan para korban meninggal dan terluka agar bisa dihubungkan dengan pihak keluarga.

Menurut dia, kejadian tersebut berawal dari penonton yang melihat Surabaya Membara dari atas viaduk yang berdekatan dengan rek kereta api. Namun, lanjut dia, pada saat kereta api melewati viaduk tersebut belasan terjatuh dari atas viaduk.

Data sementara yang dihimpun atas insiden Surabaya Membara yakni tiga orang meninggal, 12 orang dirawat ke RSUD Soewandhie, empat dirawat di RSUD Soetomo dan tiga orang dirawat ke RS PHC.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persija Siap Sapu Bersih 6 Laga Sisa Liga 1 2018

Posted: 09 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persija dan PS Tira akan melakoni laga pekan ke-30 Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu (10/11/2018). Ini adalah laga yang penting karena cukup menentukan bagi langkah kedua tim di musim ini.

Terlepas dari nasib buruk yang membuat Persija Jakarta kerap memainkan laga usiran, mereka tetap berada di jalur juara ajang Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. Peluang akan semakin besar jika menaklukkan PS Tira, Sabtu (10/11/2018).

Bagi Persija, ini adalah laga yang cukup krusial. Sedikit saja kesalahan dilakukan, gelar pun bisa melayang. Itu yang disayangkan usai Persija takluk 0-3 dari Persebaya Surabaya pada laga terakhir.

Hingga pekan ke-29, Marko Simic dan kawan-kawan menempati posisi ketiga dengan raihan 48 poin, terpaut satu poin dari Persib Bandung dan lima poin dari PSM Makassar. Namun, Persija memiliki sisa satu laga lebih banyak dan mereka juga akan bertemu PSM secara langsung.

"Kami masih punya enam pertandingan terakhir. Semua pertandingan juga sangat penting buat Persija. Kini kami fokus menghadapi PS Tira. Mereka ada di zona merah, pasti mereka mau poin. Kami pun harus fokus melawan mereka," tutur Teco.

 

Ambisi Tim Tamu

"Untuk menjaga fokus itu tidak mudah, apalagi kita beberapa kali berganti home. Beruntung kami konsisten untuk menjaga peluang juara. Memang target manajemen di posisi ketiga. Namun komponen tim ingin melampaui target itu," Teco menambahkan.

Tak hanya Persija, laga ini juga sangat penting bagi PS Tira. Tim besutan Nil Maizar itu berharap bisa mendongkrak posisi agar keluar dari zona degradasi. Saat ini PS Tira menempati posisi ke-17 klasemen dengan raihan 32 poin dari 28 laga.

Artinya, PS Tira harus bisa memaksimalkan semua laga yang tersisa untuk mendongrak posisinya. Masih ada kemungkinan bagi mereka untuk selama dari degradasi. Pasalnya, PS Tira hanya terpaut satu poin dari Sriwijaya FC yang menempati posisi aman paling minimal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bergaya Bung Tomo, Jokowi Keliling Bandung Naik Sepeda Ontel

Posted: 09 Nov 2018 09:00 PM PST

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (tengah) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) saat mengikuti Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). Jokowi berpakaian khas Sutomo atau Bung Tomo dalam kegiatan tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (tengah) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) saat mengikuti Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). Jokowi berpakaian khas Sutomo atau Bung Tomo dalam kegiatan tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat mengikuti Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). Kegiatan yang diadakan oleh Kodam III/Siliwangi ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat mengikuti Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). Kegiatan yang diadakan oleh Kodam III/Siliwangi ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (tengah) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat mengikuti Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). Kegiatan ini diikuti oleh anggota TNI dan Polri serta masyarakat Kota Bandung. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (tengah) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat mengikuti Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). Kegiatan ini diikuti oleh anggota TNI dan Polri serta masyarakat Kota Bandung. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyapa warga saat mengikuti Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). Jokowi bersepeda mengelilingi Kota Bandung. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyapa warga saat mengikuti Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). Jokowi bersepeda mengelilingi Kota Bandung. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyapa warga saat mengikuti Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). Jokowi menaiki sepeda ontel dalam kegiatan tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyapa warga saat mengikuti Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). Jokowi menaiki sepeda ontel dalam kegiatan tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyapa warga saat mengikuti Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). Jokowi berpakaian khas Sutomo atau Bung Tomo dalam kegiatan tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyapa warga saat mengikuti Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). Jokowi berpakaian khas Sutomo atau Bung Tomo dalam kegiatan tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (tengah) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat mengikuti Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (tengah) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat mengikuti Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (tengah) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat mengikuti Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). Kegiatan ini diikuti oleh anggota TNI dan Polri serta masyarakat Kota Bandung. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (tengah) didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat mengikuti Bandung Lautan Sepeda, Sabtu (10/11). Kegiatan ini diikuti oleh anggota TNI dan Polri serta masyarakat Kota Bandung. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Niat Berjuang untuk ISIS, Paspor Pelaku Teror Melbourne Pernah Dicekal pada 2015

Posted: 09 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Melbourne - Pelaku teror Melbourne, Hassan Khalif Shire Ali, diduga memiliki hubungan dengan ISIS. Demikian yang disampaikan oleh Wakil Komisaris Polisi Federal Australia, Ian McCartney.

Dia mengungkap otoritas pernah mencekal paspor Shire Ali pada 2015. Ketika itu, Australian Security Intelligence Organisation (Organisasi Intelijen Keamanan Australia) menilai Shire Ali berencana melakukan perjalanan ke Suriah untuk membela ISIS.

"Keputusan itu dibuat lantaran pihak berwenang menilai bahwa ia (Shire Ali) memiliki pandangan yang radikal, namun ia tidak menimbulkan ancaman dalam kaitannya dengan keamanan nasional," ucap Ian, sebagaimana dikutip dari The Guardian, Sabtu (10/11/2018).

"Namun insiden kemarin, bagi kami, adalah kenyataan yang sesungguhnya (bahwa ia mengancam keamanan nasional)," lanjutnya.

Akan tetapi, meskipun diketahui oleh polisi dan badan-badan intelijen, Shire Ali tidak diawasi secara aktif sebelum serangan tunggal Bourke Street dilakukannya pukul 16.20 waktu setempat (05.20 GMT), pada Jumat 9 November 2018.

Selain itu, berdasarkan keterangan dari Kepala Komisaris Polisi Victoria, Graham Ashton, pelaku yang berusia 30 tahun, rupanya mempunyai catatan kriminal kepolisisan, seperti kasus narkoba, pencurian, dan tilang kendaraan.

"Ia tinggal di pinggiran barat laut Melbourne dan datang ke Australia dari Somalia pada 1990-an," tutur Ashton.

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, menegaskan kembali bahwa meskipun ia akan menjadi orang pertama yang melindungi kebebasan beragama di negara yang diperintahnya, namun ekstremisme dan paham radikal harus disingkirkan.

"Ada tanggung jawab khusus pada seluruh pemimpin agama untuk melindungi keyakinan umat mereka, serta memastikan bahwa ajaran dan ideologi berbahaya tidak berakar di sini (Australia)," ucap Morrison di Sydney.

Morrison diperkirakan melakukan perjalanan ke Canberra untuk memberikan pengarahan keamanan nasional pada Minggu sore, 11 November 2018, waktu setempat.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pelaku Tewas dan ISIS Klaim Bertanggung Jawab

Seorang pria berlari dekat kendaraan yang terbakar setelah pengemudi menghentikan kendaraan dan menikam sejumlah orang di pusat Kota Melbourne, Australia, Jumat (9/11). (Chris Newport/Courtesy of Chris Newport via Instagram/AFP)

Shire Ali ditembak mati oleh polisi, karena berusaha melawan aparat usai menikam seorang pejalan kaki hingga tewas dan melukai dua lainnya di Bourke Street, Melbourne, Australia.

Saat melancarkan aksinya, ia mengemudikan kendaraan 4x4 yang penuh dengan botol gas ke pusat kota, membakar kendaraan itu, kemudian menyerang siapa saja yang lewat di hadapannya dengan pisau.

Polisi menembaknya di tempat kejadian perkara dan ia meninggal saat mendapatkan perawatan di rumah sakit pada hari itu juga.

Di satu sisi, korban yang meninggal telah diidentifikasi sebagai Sisto Malaspina, 74 tahun, pemilik kafe terkenal di Italia, yaitu Pellegrini's.

Sedangkan korban luka parah ialah Rod Patterson (pensiunan berumur 58 tahun, warga Tasmania) dan seorang laki-laki dari Hampton Park (ia adalah penjaga keamanan berusia 24 tahun). Keduanya kini sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit Royal Melbourne.

Penyidik ​​kontra-terorisme telah melakukan penggerebekan di dua rumah kerabat Shire Ali di Werribee dan Meadows Heights pada Sabtu pagi.

Corong media kelompok teror ISIS, Amaq, mengklaim bertanggungjawab atas peristiwa penikaman dan pembakaran di Melbourne, dengan menyebut pelaku sebagai salah satu anggotanya. Namun, hal tersebut belum terkonfirmasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Japanese Enchepalitis Terbanyak Ada di Bali, Ini Upaya yang Sudah Dilakukan Kemenkes

Posted: 09 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes, Vensya Sitohang, mengatakan, Bali dan Manado menempati urutas teratas kasus Japanese Enchepalitis (JE) di Indonesia.

"Belum semua melaporkan JE ini," kata Vensya. "Akan tetapi kasus di Bali itu paling tinggi. Rangking keduanya itu tidak terlalu dekat angkanya ada di Sulut (Manado), dan Kalbar tapi jauh angkanya," kata Vensya di The 5th Global Health Security Agenda (GHSA) di Nusa Dua Bali belum lama ini.

Menurut Vensya, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia baru memotret penyakit radang otak disebabkan oleh virus Japanese ensefalitis dari beberapa site. Sehingga belum semua daerah melaporkan terkait kasus ini.

Karena itu Kemenkes langsung melakukan intervensi penyakit ini dengan imunisasi.

"Sudah dilakukan di Bali dengan hasil yang cukup bagus, bahkan di luar daripada yang kita harapkan," ujar dia.

Imunisasi ini diharapkan bisa mencegah Japanese Enchepalitis di awal. Jangan sampai terjadi kecacatan karena JE ini. "Kematiannya ada, tapi yang ditakutkan adalah kecacatannya," kata Vensya menjelaskan.

Imunisasi ini, lanjut Vensya, dilakukan di awal 2018. Dengan target awal 962.810 tapi hasilnya mencapai 979.953,"Cakupannya (bisa dibilang) 100 persen."

Setelah intervensi dan imunisasi, Kemenkes terlebih dulu melakukan evaluasi sebelum apakah nantinya akan diperlakukan secara nasional.

"Sasaran imunasinya (usia) 10 bulan, hanya satu kali. Jumlah umur 10 bulan pada saat itu," ujarnya.

Lebih lanjut, perihal penyebab Japanese EnchepalitisVensya, menjawab,"Salah satunya kelelawar. Resevornya babi. Bisa juga dengan burung atau unggas yang bisa hidup di tempat kotor."

 

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Pahlawan Membara di Twitter

Posted: 09 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai tagar terkait Hari Pahlawan bertengger di Indonesia Trends pada hari ini, Sabtu (10/11/2018). Warganet meramaikan lini masa Twitter dengan berbagai kicauan terkait Hari Pahlawan.

Pantuan tim Tekno.Liputan6.com, Sabtu (10/11/2018), saat berita ini ditulis, tagar #HariPahlawan menempati di posisi nomor satu Indonesia trends. Kemudian, juga ada #SemangatPahlawanDidadaku dan #10November di posisi lima besar.

Warganet menggunakan tagar-tagar tersebut untuk menyapaikan ucapan atas jasa para pahlawan. Seperti diketahui, Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November di Indonesia.

Berikut ucapan warganet di Hari Pahlawan ini:

"Langit dipenuhi do'a untuk para pahlawan bangsa hari ini, tapi do'a ku setiap hari memenuhi Langit untuk beliau, wahai ayah pahlawan abadi kami. #HariPahlawan," tulis pemilik akun @annisa_utami20.

"Selamat Hari Pahlawan semoga semangat kepahlawanan selalu ada dalam diri kita. #HariPahlawan," kicau @niarwisdiyanti.

"MoreSelamat hari pahlawan, semoga kita mampu meneruskan perjuangan pahlawan terdahulu #10November #HariPahlawan," tulis @febriansigit.

Twit Hari Pahlawan

Kemensos menggelar persiapan acara Hari Pahlawan yang digelar 10 November. (Liputan6.com/Melissa Octavianti)

Berikut beberapa twit lain terkait Hari Pahlawan lainnya:

"Terimakasih para pahlawanku #10November," tulis @BamsBulaksumur.

"Pahlawan adalah dia yang sadar sepenuhnya bahwa hidup memang harus diperjuangkan. Kalau memang kematian adalah harga yang harus dibayar, mereka tak ragu untuk melunasinya! Selamat #HariPahlawan. Bangsa ini berterima kasih padamu. #10November," kicau pemilik akun @debubertebaran.

"Pahlawan-pahlawan kita namanya tetap diabadikan untuk nama jalan baik di Indonesia maupun di luar negeri #KitaIndonesia #HariPahlawan2018 #SemangatPahlawanDidadaku," tulis @tuty_utut.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kecelakaan Adu Banteng 2 Bus Tewaskan 47 Orang

Posted: 09 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Insiden kecelakaan melibatkan 2 bus terjadi di jalanan antara ibu kota Harare dan Rusape. Akibatnya 47 orang tewas, dua diantaranya anak-anak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampak Kompak, Ferry Salim dan Brandon Ternyata Sering Beda Pendapat

Posted: 09 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan Ferry Salim dengan ketiga anaknya, termasuk Brandon Salim, memang terlihat baik-baik saja di mata publik. Namun begitu, Ferry Salim dan Brandon ternyata kerap berdebat.

Selalu terlihat kompak, Ferry Salim dan Brandon seringkali memiliki pemikiran yang berbeda terhadap beberapa hal.

Namun diakui Ferry, Brandon bukanlah anak yang suka membantah.

"Dia enggak pernah membantah jadi, thanks God. Misalnya dia enggak setuju sama saya, dia bilang, 'Dad, kayaknya kurang nih. Saya kurang suka soalnya gini, gini, gini.'," ujar Ferry Salim seperti dilansir dari KapanLagi.com.

 

Menyuarakan Pendapat

Brandon Salim dan Ferry Salim. (foto: instagram.com/ferrysal1m)

Ferry Salim pun mengakui bahwa caranya dan Brandon dalam mengantisipasi masalah bisa dibilang berbeda. Hal itu justru menimbulkan perdebatan di antara mereka.

Kendati demikian, Brandon kerap berani untuk menyuarakan pendapatnya jika merasa tak suka terhadap sesuatu.

Tanamkan Nilai Keluarga

Brandon Salim dan Ferry Salim. (Instagram/ferrysal1m)

Ferry Salim pun bersyukur anak-anaknya tak pernah membuat kesalahan yang fatal. Sedari dulu, ia sering memberi nasihat kepada anaknya agar selalu jujur, bertanggung jawab, hormat kepada senior, serta punya prinsip.

"Enggak pernah fatal. Jadi kebetulan anak-anak gue punya nilai-nilai keluarga sejak kecil. Jadi mereka terbentuk," kata Ferry Salim.

Penulis: Floria Zulvi

Sumber: Fimela.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SBY: Tantangan Pemilu 2019 Lebih Berat

Posted: 09 Nov 2018 08:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membandingkan antara Pemilu 2014 dengan Pemilu 2019. Menurut dia, persaingan di Pemilu 2019 sangat berat.

Hal itu disampaikannya saat pidato di pembekalan Calon Legislatif DPR RI dan Konsolidasi Partai Demokrat se-Indonesia yang berlangsung di Hotel Sultan, Sabtu (10/11/2018).

"Tantangan yang kita hadapi dalam Pemilu 2019 mendatang jauh lebih berat. Saya ulangi jauh lebih berat. Saya bukan tipe pemimpin yang suka memberikan angin surga. I have to tell the truth," ucap dia.

SBY menjelaskan, setidaknya ada tiga hal yang membuat Pemilu 2019 mendatang jauh lebih berat.

Pertama, SBY menguraikan pemilu 2019 ini dilaksanakan secara serentak yakni pilpres bersamaan dengan pileg. Imbasnya, partai politik yang punya capres sangat diuntungkan. Contohnya, PDIP dan Partai Gerindra.

"PDI P dengan Pak Jokowi sebagai capres kader partai itu dan Partai Gerindra dengan Prabowo sebagai capres kader Partai Gerindra. Suara kedua partai politik itu meningkat tajam. Sebaliknya partai politik yang tidak punya capres dan cawapres suaranya menurun. Anjlok. Itu realitas," papar dia.

Kedua, lanjut SBY, pemilu kali ini akan menggunakan teknik Sainte Lague untuk menghitung suara.

"Sistem penghitungan suara yang baru, Sainte Lague, kembali kemungkina peroleha perolehan PDIP bersama Pak Jokowi dan Partai Gerindra bersama Pak Prabowo juga makin diuntungkan. Itu juga tecermin dari survei saat ini. Itu juga realitas," ujar dia.

Ketiga, terkait diterapkannya ambang batas presiden atau presidential threshold sebesar 20 persen yang mengacu hasil suara pemilu lima tahun yang lalu.

"Partai Demokrat tetap berpendapat bahwa UU itu keliru karena seharusnya kalau pemilunya serentak presidential threshold harus 0 persen sehingga dengan presidential threshold 20 persen itu menggunakan suara 5 tahun lalu kemungkinan partai-partai yang lebih kecil untuk memajukan kadernya menjadi capres dan cawapres juga tertutup," tutur SBY.

Ajak Temukan Jalan Keluar

Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima kedatangan Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hassan di kediamannya di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (25/7). (Liputan6.com/Johan Tallo)

SBY mengatakan, itulah fakta yang harus dihadapi para kader. Namun Partai Demokrat tidak boleh melawan realitas. Dia mengajak untuk menemukan jalan agar tetap sukses dalam pemilu mendatang.

"Don't fight the problem, let's solving. Mari kita carikan jalan keluarnya. Saya harus mengatakan kita Partai Demokrat punya peluang untuk sukses," tukas dia.

Pembekalan Calon Legislatif dihadir Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Kogasma Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua KPP Edhie Baskoro Yudhoyono, Ketua DPD PD se Indonesia dan Calon Legislatif DPR RI se Indonesia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur BI dan Sri Mulyani Raih Penghargaan Komunikator Terbaik

Posted: 09 Nov 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, meraih penghargaan sebagai komunikator terbaik untuk kategori Kepala Lembaga dalam penganugerahan PR Indonesia Best Communicator 2018. Penganigerahan dilakukan pada puncak Jambore PR Indonesia (JAMPIRO) di Semarang pada Jumat, 9 November 2018.

Penghargaan diberikan kepada sosok pemimpin yang memiliki passion berkomunikasi yang tinggi di tengah publik.

Dikutip daari keterangan tertulis, Sabtu (10/11/2018), Perry Warjiyo mendapatkan penghargaan karena dinilai berhasil mewujudkan reputasi positif Bank Indonesia di mata stakeholders.

BI mendapatkan banyak pemberitaan positif di 17 media cetak nasional arus utama selama periode 1 Januari sampai dengan 30 September 2018.

Penghargaan ini sekaligus menunjukkan kepercayaan publik atas kemudahan berkomunikasi dengan Bank Indonesia.

Penghargaan PR INDONESIA Best Communicator 2018 merupakan ajang tahunan yang memberikan penghargaan kepada para praktisi komunikasi atau pimpinan lembaga dari berbagai latar belakang, termasuk dari kalangan swasta maupun instansi pemerintah.

Sri Mulyani Raih Penghargaan Best Communicators of The Year

Sri Mulyani pada rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali. Dok: am2018bali.go.id

Selani Perrry Warjiyo, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga memperoleh penghargaan Best Communicators of The Year ‎dari PR Indonesia lantaran dinilai memiliki kinerja komunikasi yang cemerlang. 

Sri Mulyani menyampaikan, komunikasi merupakan faktor penting dalam sebuah proses kebijakan. Penghargaan ini merupakan apresiasi publik atas kinerja Kementerian Keuangan dan Pemerintah.

"Komunikasi sangat penting dalam menyampaikan kebijakan tentang APBN. Semakin kita berkomunikasi, kita berharap pelaku ekonomi regional dan global akan lebih memahami hal ini" ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (10/11/2018).

Selain Menteri Keuangan, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Nufransa Wira Sakti, mendapatkan penghargaan Gold Winner sebagai Insan PR Indonesia kategori Kepala Biro Humas, dan Ani Natalia (Kepala Subdit Humas, Direktorat P2 Humas, Direktorat Jenderal Pajak) meraih Gold Winner sebagai Insan PR Indonesia kategori Kepala Bagian Humas.

JAMPIRO merupakan ajang tahunan bagi praktisi Humas dan Public Relations (PR) terbesar se-Indonesia dengan rangkaian kegiatan conference, PR Youth Booth Camp, Workshop, PR Indonesia Under 30, serta penganugerahan kepada insan PR Indonesia 2018. 

JAMPIRO #4 yang mengambil tema Public Relations Untuk Keberlangsungan Bangsa diselenggarakan dengan semangat PR seharusnya tidak hanya menjalankan fungsi teknikal. Namun merupakan elemen dan fungsi strategis di institusinya masing-masing dalam mengharmonikan konteks kebangsaan.

Insan PR Indonesia merupakan kompetisi terbuka berbasis penjurian yang diselengggarkan PR Indonesia dengan kategori antara lain Manajer Public Relation/Corporate Communications, General Manager Public Relations/Head of Corporate Communications, Kepala Bagian Humas, serta Kepala Biro Humas terbaik di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Borneo FC Vs PSIS Semarang: Ujian Berat Tuan Rumah

Posted: 09 Nov 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Borneo FC akan menjalani laga bersat saat menjamu PSIS Semarang pada pekan ke-30 Go-Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak. Laga ini akan digelar di Stadion Segiri, Samarinda, Sabtu (10/11/2018).

Mental skuat Pesut Etam tengah terpuruk. Dari empat pertandingan terakhir Liga 1 2018, pasukan Dejan Antonic hanya sekali menang.

Teranyar, Borneo FC takluk 2-3 ketika melawat ke markas PSMS Medan di Stadion Teladan, 3 November 2018. Hasil negatif membuat Pesut Etam sulit merangsek ke papan atas karena hanya mendulang 42 poin di urutan ketujuh klasemen sementara.

Inkonsistensi Borneo berbanding terbalik dengan PSIS. Laskar Mahesa Jenar dalam performa terbaik jika menilik statistik mereka dalam empat pertandingan terakhir.

PSIS meraih tiga kemenangan dan hanya sekali kalah. Pada laga terakhir, mereka mengalahkan Arema 2-1 di Stadion Madya Magelang, 4 November 2018.

Antonic tidak ragu memuji performa PSIS. Meski begitu, sang pelatih tidak gentar dan bertekad meraih poin penuh pada pertandingan tersebut.

"PSIS bermain bagus. Pada pertandingan terakhir juga mereka dapat skor cukup bagus. Sekarang mereka berada di posisi 10 besar dan dekat dengan kami," kata Antonic.

"Kami bermain di kandang, tentu target kami tiga poin. Baik pelatih maupun pemain menargetkan tiga poin," tutur Dejan.

Berbicara komposisi pemain, Borneo FC tidak bisa memainkan tim terbaiknya. Renan Alves dan Abdul Rachman dipastikan absen karena sanksi Komdis PSSI. Adapun Ambrizal Umanaillo mengalami akumulasi kartu kuning.

Prediksi Susunan Pemain

Borneo FC (4-4-2): Nadeo Argawinata; Leonard Tupamahu, Wildansyah, Renan da Silva, Ahmad Putra; Firdaus Ramadhan, Achmad Hisyam Tolle, Mahardirga Lasut, Titus Bonai; Matias Conti, Lerby Eliandry

Pelatih: Dejan Antonic

PSIS Semarang (4-3-3): Jandia Eka Putra: Fauzan Fajri, Haudi Abdillah, Gilang Ginarsa, Safrudin Tahar; Ibrahim Conteh, M Yunus, Neri Alom; Bayu Nug, Hari Nur, Bruno Silva.

Pelatih: Jafri Sastra.

Sumber: Bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Striker MU Diklaim Bisa Lebih Hebat dari Eden Hazard

Posted: 09 Nov 2018 08:35 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Anthony Martial sempat dianggap sebagai salah satu talenta muda terbaik di dunia saat direkrut Manchester United (MU) pada 2015 lalu. Saat itu, ia sempat jadi andalan Louis Van Gaal.

Namun, bakat pemain asal Prancis itu sedikit terkubur setelah Jose Mourinho menduduki kursi manajer MU. Bahkan, Martial sempat disebut akan hengkang dari Old Trafford karena tidak mendapat jatah main reguler.

Apalagi, kontrak Martial akan segera berakhir. Namun belakangan ini, Mourinho kerap memberikan kepercayaan pada Martial untuk bermain lebih sering.

Ternyata kepercayaan itu mampu dijawab dengan baik oleh pemain berusia 22 tahun tersebut. Mantan gelandang MU Paul Ince mengklaim Martial berpotensi berkembang menjadi lebih baik dari Eden Hazard.

Ditakuti

Striker Manchester United, Anthony Martial bersiap mengikuti latihan tim di Carrington di Manchester, Inggris (6/11). Manchester United akan bertanding melawan wakil Italia, Juventus pada grup H Liga Champions. (AFP Photo/Paul Ellis)

Menurut Ince, dengan performa apik yang ditunjukkannya beberapa pekan belakangan ini, Martial sekarang menjadi momok bagi tim-tim lawan Setan Merah.

"Tidak ada tim yang mau menghadapi Anthony Martial sekarang. Ia bermain seperti pemain yang sebelumnya kita tahu seperti apa," cetusnya pada Paddy Power.

"Dan menarik untuk melihat bahwa sekarang Mourinho tampaknya telah menemukan tim dan rumus yang berhasil, mereka terus mendapatkan hasil positif," seru Ince.

Lebih Bagus dari Hazard

Eks gelandang Liverpool ini juga mengaku sangat kagum dengan bakat luar biasa yang terpendam dalam diri Martial. Ia yakin jika Martial terus menggali bakatnya dan mempertahankan performanya sekarang ini, ia bisa berkembang jadi salah satu pemain sayap top di dunia, bahkan melebihi Hazard.

"Ia adalah pemain menyerang kelas dunia, yang dapat melakukan sesuatu yang spesial dan membuat sesuatu terjadi saat Anda sangat membutuhkannya," ujar Ince.

"Ia baru berusia 22 tahun, dan jika ia terus tampil dalam performa seperti ini, ia akan menjadi sebagus, jika tidak lebih baik dari Hazard," klaimnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Liga 1 Persija Jakarta vs PS Tira di Indosiar

Posted: 09 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Bekasi - Persija Jakarta punya peluang untuk kembali menggusur Persib Bandung dari posisi kedua klasemen Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. Namun, mereka harus menaklukkan PS Tira di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (10/11/2018).

Meski dipermalukan Persebaya Surabaya tiga gol tanpa balas, Persija masih berada di jalur juara. Anak asuh Stefano Cugurra Teco itu menempati posisi kedua dengan raihan 48 poin, terpaut lima poin dari puncak klasemen yang ditempati PSM Makassar.

Beruntung bagi Persija, Persib Bandung yang duduk di posisi kedua baru saja menelan kekalahan 0-1 dari PSMS Medan, Jumat (9/11/2018). Jika menang atas PS Tira, tim Macan Kemayoran akan menggusur Persib dari posisi kedua.

Di atas kertas, peluang Persija untuk menaklukkan PS Tira cukup besar. Sejak 2016, mereka selalu menang saat menghadapi PS Tira. Pada pertemuan pertama musim ini, Marko Simic dan kawan-kawan menang lima gol tanpa balas.

Live Streaming Persija Jakarta Vs PS Tira akan disiarkan di Indosiar pukul 15.30 WIB. Dapatkan link live streaming Persija Jakarta Vs PS Tira di halaman berikutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Persija Jakarta Vs PS Tira silahkan klik di sini.

 

Prediksi Susunan Pemain

Persija (4-3-3): Shahar Ginanjar (kiper); Novri Setiawan, Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Michael Orah (belakang); Sandi Sute, Rohit Chand, Renan Silva (tengah); Ramdani Lestaluhu, Osas Saha, Marko Simic (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

PS Tira (4-2-3-1): Angga Saputra (kiper); Muhammad Kassim Slamat, Radanfah Abu Bakr, Didik Wahyu, Abduh Lestaluhu (belakang); Manahati Lestusen, Jeon Woo-young, Ahmad Noviandani, Izmy Yaman Hatuwe, Dmitry Rekish (tengah); Aleksandar Rakic (depan)

Pelatih: Nilmaizar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga di TMP Cikutra Bandung

Posted: 09 Nov 2018 08:30 PM PST

Presiden Joko Widodo bersama para veteran menabur bunga di TMP Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11). Upacara ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjasa untuk Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo bersama para veteran menabur bunga di TMP Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11). Upacara ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjasa untuk Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo bersama para veteran berdoa usai menabur bunga di TMP Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11). Jokowi menabur bunga di atas makam sejumlah Pahlawan Nasional. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo bersama para veteran berdoa usai menabur bunga di TMP Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11). Jokowi menabur bunga di atas makam sejumlah Pahlawan Nasional. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 2018 di TMP Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11). Upacara tersebut untuk mengenang jasa para pahlawan untuk Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 2018 di TMP Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11). Upacara tersebut untuk mengenang jasa para pahlawan untuk Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 2018 di TMP Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11). Upacara ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjasa untuk Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 2018 di TMP Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11). Upacara ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjasa untuk Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 2018 di TMP Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11). Upacara tersebut untuk mengenang jasa para pahlawan untuk Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 2018 di TMP Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11). Upacara tersebut untuk mengenang jasa para pahlawan untuk Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo memberi hormat saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 2018 di TMP Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11). Jokowi didampingi Menko Polhukam Wiranto. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo memberi hormat saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 2018 di TMP Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11). Jokowi didampingi Menko Polhukam Wiranto. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo memegang rangkaian bunga saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 2018 di TMP Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11). Upacara ini untuk mengenang jasa para pahlawan untuk Indonesia.  (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo memegang rangkaian bunga saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional 2018 di TMP Cikutra, Bandung, Sabtu (10/11). Upacara ini untuk mengenang jasa para pahlawan untuk Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Cara Hacker Curi Data Pribadi Bikin Penasaran

Posted: 09 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Cara hacker mencuri data pribadi sensitif milik pengguna internet menarik perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com. Ya, peretasan data adalah ancaman besar bagi kita semua.

Berita lain yang juga bikin penasaran datang dari hacker asal Korea Utara yang diduga menjadi dalang di balik pencurian uang jutaan dolar dari beberapa ATM yang berlokasi di Asia dan Afrika.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Begini Cara Hacker Mencuri Data Pribadi Kita

Peneliti Kaspersky Lab menemukan bahwa para hacker jahat dapat menjual kehidupan digital seseorang yang lengkap dengan harga kurang dari US$ 50 atau Rp 700 ribuan di dark web.

Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)

David Jacoby, Peneliti Keamanan Senior di Kaspersky Lab, mengatakan, peretasan data adalah ancaman besar bagi kita semua. Ini berlaku baik untuk individu dan masyarakat, karena data yang dicuri dapat mendanai banyak kejahatan sosial.

"Untungnya ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk mencegahnya, termasuk dengan menggunakan perangkat lunak keamanan siber, apalagi mengingat banyaknya data yang dibagikan secara gratis, khususnya pada profil media sosial yang tersedia secara publik atau untuk organisasi," ujar Jacoby dalam keterangannya, Jumat (9/11/2018).

Baca selengkapnya di sini 

2. Gawat, Hacker Korut Curi Jutaan Miliar Dolar dari ATM Asia dan Afrika?

Hacker dari Korea Utara (Korut) diduga menjadi dalang di balik pencurian uang jutaan dolar dari beberapa ATM yang berlokasi di Asia dan Afrika.

Hacker asal Rusia kabarnya mencuri data rahasia milik NSA. (Doc: Lifehacker)

Informasi tersebut terungkap dari laporan terbaru perusahaan keamanan siber Symantec.

Seperti dilansir Ubergizmo pada Jumat (9/11/2018), hacker menggunakan malware trojan bernama "Trojan.Fastcash" untuk melancarkan serangan mereka. Diduga kuat, grup hacker tersebut adalah Lazarus.

Laporan lebih lanjut mengumbar kalau malware menginfeksi server yang mengontrol ATM dan dapat menarik uang tunai dari rekening korban.

Baca selengkapnya di sini 

3. Data Kita Ternyata Cuma Dijual Rp 700 Ribuan di Dark Web

Ilustrasi data pribadi. Dok: betanews.co

Mungkin kamu pernah mendengar atau bahkan menjadi korban kejahatan dunia maya seperti pencurian data dan identitas. Namun tak banyak yang tahu seberapa besar nilai informasi yang dicuri tersebut.

Studi baru dari Kaspersky Lab menunjukkan walaupun identitas digital kita mungkin tidak bernilai banyak jika diuangkan, namun merupakan aset penting bagi para hacker yang dapat digunakan dengan cara lain.

Penelitian ini juga menemukan selera para hacker yang melakukan pencurian data dari layanan populer, termasuk melalui akun media sosial dan akses jarak jauh ke situs web gim.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebaya-Kebaya Tak Biasa dari Lemari Lila Yogyakarta

Posted: 09 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang menganggap kebaya hanya cocok dipakai saat wisuda atau pesta pernikahan? Persepsi inilah yang berusaha dipatahkan Lila Imelda Sari saat meluncurkan brand Lemari Lila.

Kebaya kutu baru bermotif wajah Marilyn Monroe. Kebaya kartini dengan potongan asimetris di bagian depan. Atau, kebaya kutu baru berlengan pendek dengan ekor panjang di bagian belakang. Itulah gambaran kebaya-kebaya tak biasa dari Lemari Lila.

"Jadi, busana dari Lemari Lila itu bisa bahan yang dipakai tradisional, seperti batik dan lurik, tetapi desainnya lebih modern, tetapi bisa juga kebalik, bahan ngepop, tapi desainnya tradisional," kata Lila saat ditemui Liputan6.com di #Instamarket, kawasan Go-Food Festival, Jakarta, Kamis, 8 November 2018.

Ia mengaku usaha yang dirintisnya sejak 2010 itu dilatari kesukaannya dengan baju vintage. Di sisi lain, ia juga ingin memajukan bisnis lokal, seperti usaha lurik dari Bantul, Yogyakarta.

Awal mula pemasaran di media sosial, Facebook, Lemari Lila kini membuka toko di Yogyakarta sejak 2015. Meski begitu, sistem penjualan online, terutama lewat Instagram dan website, sangat mendukung pengembangan usahanya.

Menurut Lila, kebaya yang dibuatnya sengaja dibuat tidak terlalu ketat agar memudahkan gerak para pemakainya. Ia juga sering mendengarkan masukan pelanggan sehingga membuat kebaya yang tidak menerawang dan berlengan panjang.

"Momennya tepat, saat ini banyak yang kembali ke old school," kata Lila.

 

Jadi Gaya Hidup

Pemilik brand Lemari Lila, Lila Imelda Sari, memproduksi kebaya-kebaya tak biasa. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Dengan model-model tersebut, ia berharap semakin banyak orang Indonesia yang mau kembali menggunakan kebaya dalam keseharian mereka. Apalagi, material kebaya yang dipakai sengaja dipilih yang tak membuat gerah.

"Kalaupun sifon, dipilih yang enggak gerah. Ada katun, linen juga," ujarnya.

Tak semua produk Lemari Lila adalah kebaya, hanya sekitar 50 persennya. Selain itu, ada kain lilit berbahan batik dan lurik, celana kain, hingga blazer.

"Harganya mulai Rp 225 ribu. Kalau batik cap tulis Rp 460 ribu," sebut Lila.

Dalam seminggu, Lemari Lila bisa menghasilkan 200 potong busana. Yang paling diminati tetap kebaya kutu baru. Ia memanfaatkan momen para wisatawan yang datang ke Yogyakarta yang ingin merasakan hidup seperti orang lokal.

"Jogja kini bukan hanya wisata kuliner, tapi juga gaya hidup. Ada yang nyari untuk reuni atau mau wisuda. Mereka ingin seragaman," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dipha Barus Puji Para DJ Lokal di Paranoia Awards 2018

Posted: 09 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dipha Barus memuji para DJ lokal yang saat ini sedang mulai bermunculan di industri musik elektronik di Indonesia. Menurutnya, scene musik elektronik di Indonesia mulai bangkit.

Dipha Barus mengatakan bahwa para pelakunya pun memiliki sikap yang baik. Hal itu disampaikan Dipha Barus saat menghadiri acara Iceperience.id Paranoia Award 2018.

"Lebih berani. Mereka (DJ lokal) lebih punya attitude yang bagus juga, karena itu penting. Bagi gua selain punya musik yang bagus dan bikin showcase musik itu dengan bagus, attitude juga penting," kata Dipha Barus.

Selain itu, Dipha Barus juga salut terhadap iklim persaingan di industri musik elektronik di Indonesia yang cukup positif. Para DJ lokal saling mendukung satu sama lainnya demi kemajuan scene electronic dance music di Indonesia.

Saling Dukung

Dipha Barus raih gelar DJ Of The Year 2018

"Yang lebih senangnya lagi karena saling mendukung, ini penting banget. Mereka mau maju sama-sama, bikin komunitas yang besar. Enggak ada yang kayak ngerasa saling bersaing, politiknya sehat. Making good community dan circle. Perputaran scene-nya sehat," kata Dipha Barus.

Semakin Maju

Dipha Barus

Bahkan, Dipha Barus optimis musik elektronik di Indonesia bisa semakin maju. Ia berharap nantinya akan ada satu festival musik elektronik yang keseluruhannya diisi oleh talenta-talenta lokal.

"Kenapa enggak. Kalau untuk scene sekarang bagi saya, dance musik sudah jadi tuan rumah di negara sendiri. Acara lokal bisa ramai banget tanpa ada artis luar. Orang tetap enjoy di setiap performance. Semoga semakin banyak lagi produser-produser dan EDM performer yang bisa menghasilkan karya yang lebih seru lagi," harap Dipha Barus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: