Minggu, 11 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Lucunya 7 Kreasi Coretan di Foto Kucing Duduk Ini Bikin Tersenyum

Posted: 11 Nov 2018 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi hewan peliharaan, kucing memiliki sifat yang berbeda dengan anjing. Bila anjing merupakan hewan yang aktif, loyal, dan suka bergerak ke sana kemari, maka sebaliknya kucing lebih suka bermalas-malasan, masa bodoh, tapi terlihat cool.

Meski demikian, bukan berarti kucing tidak bisa terlihat menggemaskan. Dalam posisi diam pun kucing bisa terlihat begitu lucu.

Misalnya pada foto di atas, awalnya si pemilik hanya mengambil foto kucingnya yang tengah bersantai. Tapi dengan kreativitasnya, foto kucing tersebut pun diedit sehingga menjadi foto-foto yang menggemaskan. Dilansir dari akun Facebook Kucingasm Media, ini contohnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1. Foto awalnya seperti ini, polos saja

Doc: Facebook/Kucingasm Media

2. Kalau yang ini diedit seperti lagi menulis diary

Doc: Facebook/Kucingasm Media

3. Kucingnya jadi pesenam juga bisa

Doc: Facebook/Kucingasm Media

4. Lucu ya kalau kucingnya bisa disuruh bantu pel lantai

Doc: Facebook/Kucingasm Media

5. Lagi asyik baca apa sih?

Doc: Facebook/Kucingasm Media

6. Uwow, bisa berpose kaya model juga

Doc: Facebook/Kucingasm Media

7. Wah, ini buku bacaannya berbahaya

Doc: Facebook/Kucingasm Media

Reporter: Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beli Mobil Toyota Bisa Berhadiah Motor, Begini Caranya

Posted: 11 Nov 2018 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menggaet banyak pembeli dengan cara memberikan promo kerap dilakukan sejumlah dealer otomotif di penghujung tahun. Hal tersebut juga digelar Toyota.

Tak hanya diskon, uang muka atau Down Payment (DP) rendah atau bunga Ringan, tapi konsumen yang membeli Toyota juga berkesempatan mendapatkan TV LED 40 inch, smartphone, uang jutaan rupiah bahkan sepeda motor.

Setidaknya, promo akhir tahun ini diselenggarakan main dealer Toyota untuk kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta, Nasmoco Group.

Calon pelanggan Nasmoco bisa melakukan pembelian seluruh model mobil baru Toyota melalui DP ringan mulai Rp 20 juta atau tawaran program Special Rate 1 persen atau berkesempatan membawa pulang sepeda motor.

"Program Nasmoco YES (Year End Surprise) hanya untuk wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta selama November 2018," ungkap Menurut Managing Director Nasmoco Group, Fatrijanto kepada Liputan6.com, Senin (12/11/2018).

Nasmoco Group bersama PT Toyota Astra Motor di Hari Pahlawan juga menggelar Yaris Fun Drive 2018 di Kota Semarang tepatnya di Lotte Mart Grosir Semarang.

 

Selanjutnya

Dalam kesempatan ini berbagai aktivitas menarik dan interaktif diberikan kepada pengunjung, termasuk  melakukan test drive dengan hatchback, Yaris, bersama pembalap andalan dari Toyota Team Indonesia (TTI).

Tak lupa Yaris Fun Drive ini juga menggelar aksi drifting oleh pembalap TTI, Integrated Customer Gathering dalam rangka kepemilikan Toyota Yaris, dan pentas musik dari Gigi.

Menurut Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, brbagai aktivitas hadir di Yaris Fun Drive di Kota Semarang. Acara ini diharapkan dapat membuat pelanggan setia Toyota dan masyarakat pengunjung lainnya, khususnya yang berjiwa muda pecinta otomotif, merasakan langsung berbagai keunggulan Yaris.

"Tak hanya sebagai sebuah hatchback yang kini tampil makin sporty dan stylish, pengunjung juga dapat menikmati sensasi berkendara dengan fun di acara Yaris Fun Drive ini," kata

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Media Turki: Jasad Jamal Khashoggi Dilarutkan Jadi Cairan, Dibuang ke Selokan

Posted: 11 Nov 2018 10:01 PM PST

Liputan6.com, Ankara - Media Turki kembali mengungkap teori baru seputar kondisi jasad Jamal Khashoggi, jurnalis Arab Saudi yang terbunuh di Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018 lalu.

Desas-desus itu kembali menambah berbagai spekulasi tentang nasib jasad Khashoggi yang hingga kini belum ditemukan.

Menurut surat kabar Turki Sabah pada 10 November, pembunuh Khashoggi melarutkan jasad korban dengan cairan asam dan menuangkannya ke saluran pembuangan, demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (12/11/2018).

Sampel yang diambil dari saluran air di konsulat Saudi di Istanbul menunjukkan jejak asam, kata Sabah, tanpa mengutip keterangan konfirmasi dari narasumber.

Hal itu menguatkan keyakinan penyelidik bahwa mayat Khashoggi memang dilarutkan menggunakan cairan asam, menurut laporan Sabah. Namun, laporan itu belum terkonfirmasi.

Itu menjadi teori ke-sekian dari Sabah tentang kondisi jasad Khashoggi. Pekan lalu, koran itu --dengan mengutip pejabat Turki yang anonim-- melaporkan sebuah teori bahwa tubuh Khashoggi dipotong-potong dan dimasukkan ke dalam lima koper, usai ia dicekik saat memasuki konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu.

Pejabat anonim itu juga mengatakan bahwa kelima koper itu kemudian dibawa ke kediaman konsul jenderal Arab Saudi yang berlokasi dekat dengan konsulat.

Lebih lanjut, narasumber itu mengatakan bahwa Maher Mutreb, Salah Tubeigy dan Thaar al-Harbi adalah tiga tokoh kunci dari 15 anggota tim pembunuh yang dilaporkan terlibat dalam pemotongan tubuh Khashoggi dan mengeluarkannya dari tempat kejadian perkara.

Mutreb adalah salah seorang asisten Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. Sementara Tubeigy adalah kepala badan forensik Saudi Scientific Council of Forensics, serta berpangkat kolonel angkatan darat Saudi.

Sedangkan al-Harbi adalah letnan baru di satuan pengawal kerajaan Arab Saudi. Ia dipromosikan menjadi perwira usai menanggulangi dugaan plot serangan drone di istana putra mahkota di Jeddah tahun lalu.

 

Simak video pilihan berikut:

 

Dipotong Kecil-Kecil Kemudian Dilarutkan

Foto Jamal Khashoggi, wartawan Arab Saudi yang dibunuh di Istanbul (AP/Jacquelyn Martin)

Jasad Jamal Khashoggi mungkin tak akan ditemukan. Meski, aparat Turki telah menyisir sumur hingga hutan untuk mendapatkannya.

Seorang pejabat Turki, Yasin Aktay meyakini, jasad sang jurnalis Arab Saudi itu dilarutkan dalam asam atau bahan kimia lainnya setelah dimutilasi.

"Tak ada formula lain yang menjelaskan mengapa jasad Khashoggi tak ditemukan sebulan setelah ia dihabisi," kata Aktay yang juga penasihat partai berkuasa untuk Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kepada Associated Press, seperti dikutip dari News.com.au, Sabtu 3 November 2018.

Dia mengaku curiga, jasad Jamal Khashoggi yang adalah temannya, dipotong relatif kecil-kecil, sehingga bisa dilarutkan dalam cairan kimia.

"Semua petunjuk mengarahkan pada (dugaan) bagian tubuhnya telah larut," kata dia. Namun, pejabat tersebut tak menawarkan bukti apapun untuk mendukung ucapannya.

Khashoggi hilang tanpa jejak setelah memasuki gedung Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. Ia sedang mengurus dokumen agar bisa menikahi tunangannya, yang kala itu menanti di depan kompleks fasilitas diplomatik tersebut.

Pada Jumat 2 November 2018, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, perintah untuk membunuh Jamal Khashoggi datang dari pejabat tingkat tinggi di lingkaran penguasa Arab Saudi.

Ia menambahkan, komuitas internasional harus bertindak. Untuk 'menguak dalang' di balik pembunuhan sadis itu.

Dalam op-ed atau opini yang dimuat The Washington Post, Erdogan juga mengungkapkan, ia tak yakin bahwa Raja Salman bin Abdulaziz al Saud berada di balik pembunuhan Khashoggi pada 2 Oktober 2018.

Ia menambahkan, hubungan dekat Turki dengan Arab Saudi bukan berarti pihaknya tutup mata terhadap pembunuhan sang jurnalis.

"Kita tahu bahwa perintah untuk membunuh Khashoggi berasal dari level tertinggi pemerintah Saudi," kata Erdogan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kukur Tihar, Festival di Meksiko yang Beri Penghormatan kepada Anjing

Posted: 11 Nov 2018 10:00 PM PST

Orang-orang berkumpul dan bermain dengan anjing mereka selama acara

Orang-orang berkumpul dan bermain dengan anjing mereka selama acara

Seorang wanita mencium anjingnya yang diberikan kalung selama acara

Seorang wanita mencium anjingnya yang diberikan kalung selama acara

Seorang pria mencium anjingnya yang bertabur bubuk berwarna selama acara

Seorang pria mencium anjingnya yang bertabur bubuk berwarna selama acara

Seorang wanita memeluk anjingnya yang diberikan kalung selama acara

Seorang wanita memeluk anjingnya yang diberikan kalung selama acara

Seorang wanita memeluk anjingnya yang diberikan kalung selama acara

Seorang wanita memeluk anjingnya yang diberikan kalung selama acara

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Ayam Stabil, Penjualan Daging Sapi Lesu

Posted: 11 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Awal pekan, harga daging ayam di Pasar Grogol, Jakarta Barat, terpantau stabil di kisaran Rp 30 ribu per kilogram (Kg).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Senin (12/11/2018), harga paha dan dada bervariasi antara Rp 45 ribu - Rp 50 ribu.

"Stabil. Sekilonya Rp 33 - Rp 30 ribu. Kalau daging fillet itu sekilonya Rp 50 ribu. Dada Rp 50 ribu, paha Rp 45 ribu. Kulit sama ceker Rp 20 ribu sekilo," ujar dia. 

Ia pun menjelaskan harga ceker dan kulit adalah harga mati, sehingga tak dipengaruhi naik turunnya daging ayam.  Dari segi omzet, Acong berkata dalam dua minggu terakhir pemasikannya masih normal. Sama dengan Kobir (45) yang  menjual ayam seharga Rp 35 ribu/kg, imenyebut omzet masih standar. 

Daging sapi harganya masih tetap bertahan di Rp 120 ribu per kg dan iga Rp 70 ribu/kg. Namun, pedagang menyebut penjualan turun. "Penjualan turun, mungkin sumber daya masyarakat berkurang mendapat karena mungkin banyak faktor, segi keuangan lagi sulit," ucap Ifong (48).

Pedagang lain Rizky (20) menjual daging sapi seharga Rp 120 ribu per kg, ati dan paru Rp 65 ribu/kg, usus 30 ribu/kg. Namun, ia menyebut penjualan sedang lesu. "Lagi kendor," ucap pria asal Tasikmalaya yang sempat ikut tes CPNS 2018 ini.

Jufran (30) asal Pandeglang, berkata harga [daging sapi](https://www.liputan6.com/bisnis/read/3661837/harga-bawang-merah-turun-dan-daging-stabil-di-pasar-citra-5-jakarta?source=search "") terlalu tinggi, akibatnya konsumsi masyarakat berkurang. Kondisi lesunya penjualan daging disebutnya sudah berlangsung cukup lama.

"Jadi orang-orang konsumsi daging kurang garanya harga Rp 120 ribu tinggi. Idealnya, Rp 100 ribu, itu normal. Kalau 120 ribu orang mikir-mikir," ujar dia.

 

Pantauan Pasar Pekan Lalu

Harga sayuran, daging ayam hingga daging sapi mengalami kenaikan menjelang lebaran. (Liputan6.com/Bawono Yadika)

Sebelumnya, harga sejumlah bahan pangan di pasar tradisional Mampang, Jakarta Selatan bervariasi. Harga sejumlah harga komoditas sedikit naik, adapula yang turun dan sisanya terlihat cukup stabil.

Pantauan Liputan6.com di Pasar Mampang, Jakarta, Jumat 9 November 2018, harga komoditas yang mengalami kenaikan jika dibandingkan minggu lalu adalah jenis cabai rawit merah dan daging ayam.

Cabai rawit merah kini dijual dengan harga Rp 40 ribu per kilogram (kg). Harga ini naik Rp 5.000 jika dibandingkan minggu lalu. Begitu juga dengan daging ayam yang kini dibanderol Rp 40 ribu per ekor, naik Rp 2.000 jika dibandingkan minggu lalu.

"Cabai itu memang suka naik turun, sekarang Rp 40 ribu per kg. Bisa jadi nanti minggu depan turun lagi, atau malah naik lagi," kata salah satu pedagang, Hartini (46).

Sementara untuk komoditas yang turun, seperti cabai merah besar dan cabai merah keriting yang keduanya turun Rp 4.000 menjadi Rp 36 ribu per kg. Penurunan juga terjadi untuk bawang putih yang kini dijual Rp 26 ribu per kg dari minggu lalu Rp 28 ribu per kg.

Sedangkan untuk komoditas pangan yang harganya stabil seperti bawang merah Rp 32 ribu per kg, cabai rawit hijau Rp 40 ribu per kg, telur ayam Rp 22 ribu per kg, minyak goreng Rp 13 ribu per kg dan daging sapi Rp 120 ribu per kg.

"Kalau kami sebagai pedagang intinya jualan laku, masih bisa untung itu sudah cukup. Kalau mau naik ya sewajarnya saja lah, itu biasa," jelas pedang sembako Rohmadi (38).

Di Pasar Mampang ini, untuk beras, yang memiliki kualitas sedang dijual cukup variatif mulai dari Rp 11 ribu hingga Rp 12 ribu per kg. Dan untuk kualitas premiumnya mulai dari Rp 13 ribu hingga Rp 14.500 per kg. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lanjutkan Tekanan, Rupiah Tembus 14.747 per Dolar AS

Posted: 11 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali melemah pada awal pekan ini. Sentimen global dan internal membayangi laju nilai tukar rupiah.

Berdasarkan data Bloomberg, Senin (12/11/2018), rupiah dibuka merosot 85 poin atau 0,5 persen ke posisi 14.762 per dolar AS dibandingkan penutupan pada Jumat lalu di posisi 14.677 per dolar AS.

Pada Senin siang, rupiah berada di posisi 14.745 per dolar AS. Sepanjang awal pekan ini, rupiah bergerak di kisaran 14.732-14.762 per dolar AS. Dengan begitu, rupiah sudah alami depresiasi 8,69 persen sepanjang tahun berjalan 2018.

Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah melemah 115 poin atau 0,78 persen ke posisi 14.747 per dolar AS dari posisi 9 November 2018 di posisi 14.632 per dolar AS.

Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede, mengatakan, pergerakan rupiah dipengaruhi sentimen internal dan eksternal. Dari internal, rilis defisit neraca transaksi berjalan kuartal III 2018 melebar menjadi USD 8,8 miliar atau 3,37 persen dari produk domestik bruto (PDB) bayangi rupiah. Akan tetapi, posisi defisit neraca transaksi berjalan masih batas aman dari periode Januari-September 2018. Tercatat defisit transaksi berjalan mencapai 2,86 persen terhadap PDB.

Josua menuturkan, defisit transaksi berjalan dapat menurun pada kuartal IV 2018. Ini seiring harga minyak melemah sehingga berdampak terhadap impor migas. Selain itu, investasi juga akan sedikit melambat pada kuartal IV 2018.

"Tahun 2019, defisit transaksi berjalan akan turun sehingga itu tetap memberikan kepercayaan terhadap konsumen," kata dia saat dihubungi Liputan6.com.

Sedangkan dari eksternal, menurut Josua, kebijakan moneter bank sentral Amerika Serikat (AS) masih menjadi perhatian. Bank sentral AS mempertahankan suku bunga 2 persen-2,25 persen pada pertemuan November 2018. Namun, dalam rilis disebutkan kalau bank sentral AS akan menaikkan suku bunga bertahap.

Josua memperkirakan, nilai tukar rupiah masih bergerak di kisaran 14.700-14.775 per dolar AS pada awal pekan ini.

 

Pergerakan Rupiah Pekan Lalu

Teller menukarkan mata uang dolar ke rupiah di Jakarta, Jumat (2/2). Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, posisi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang berada di level Rp13.700 hingga Rp13.800.(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih tetap menguat pada perdagangan Jumat pekan ini.  Pergerakan rupiah cenderung mulai tertahan terhadap dolar AS menjelang pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada Desember.

Mengutip Bloomberg, Jumat 9 November 2018, rupiah dibuka di angka 14.645 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.539 per dolar AS. Namun menjelang siang, rupiah menguat ke level 14.607 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.607 per dolar AS hingga 14.684 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih melemah 8,06 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.632 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.651 per dolar AS.

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, pergerakan rupiahcenderung mulai tertahan terhadap dolar AS menjelang pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada Desember.

"Menjelang pertemuan The Fed, pergerakan rupiah berbalik turun," katanya dikutip dari Antara.

Ia menambahkan peluang bagi the Fed untuk kenaikan suku bunga acuannya (Fed Fund Rate/FFR) secara berkala membuat pelaku pasar kembali beralih ke dolar AS.

"Pengetatan moneter di Amerika Serikat masih terus berlangsung hingga tahun mendatang," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, penguatan rupiah dalam beberapa hari terakhir ini juga turut dimanfaatkan oleh sebagian pelaku pasar untuk ambil untung.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, pergerakan dolar AS masuk dalam fase konsolidasi setelah hasil pemilu sela kongres Amerika Serikat yang sudah sesuai prediksi pasar.

"Penguatan dolar AS mengindikasikan investor masih cukup berminat pada aset di Amerika Serikat," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Destinasi Digital Peken Edelweis Siap Hibur Wisatawan Bali

Posted: 11 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Karangasem Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Bali meluncurkan destinasi digital Peken Edelweis di Dusun Temukus, Desa Besakih, Karangasem, Bali, pada Minggu (11/11/2018). Destinasi ini memadukan kreasi modern dengan kekayaan budaya Bali.

"Kami bersyukur acara berjalan baik dan lancar. Beragam sajian kami tampilkan. Ada live music, sajian tarian tradisional, hingga berbagai macam lomba," ujar Juragan Peken Edelweis, Ketut Hery Budiyana.

Sebagai hiburan musik, Pekan Edelweis menghadirkan band Leeyonk Sinatra. Band yang digawangi oleh I Made Yudi Darmawan/Yudik (vocal), I Putu Indra Pratama/Bolo (gitar), dan I Kadek Agustina/Jigo (keyboard) ini siap memanjakan telinga para pengunjung millenial.

Sementara itu, dari segi budaya mereka menampilkan Tarian tradisional Genjek dan Joged. Ada pula penampilan kolaborasi seniman Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. Mereka tergabung dalam Intermingle Art Project (IAP)

"Ada juga lomba foto instagram dan lomba mewarnai untuk anak anak. Pokoknya seru," ucap Hery.

Hamparan bunga edelweis atau biasa disebut kasna dalam Bahasa Bali ini menjadikan taman ini sangat Instagramable. Belum lagi kemegahan Gunung Agung yang menjadi latarnya serta indahnya perbukitan dan hamparan perkebunan masyarakat.

"Keberadaan Peken Edelweis ini sejalan dengan tujuan dari Taman Edelweis Bali, di mana bertujuan menciptakan wisata desa yang dapat dinikmati secara humanis oleh pengunjung. Selain itu sebagai sarana untuk menjaga kesakralan tanaman Kasna," kata Hery.

Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi dan Media, Don Kardono, memberikan apresiasinya untuk kegiatan tersebut. Menurutnya, kehadiran destinasi digital di Bali sangat tepat. Don yakin destinasi ini akan semakin melambung tinggi, apalagi Peken Edelweis melengkapi destinasi yang sudah ada.

"Ini kolaborasi yang pas. Saling melengkapi. Saya yakin destinasi yang sudah ada makin ngehits lagi. Karena anak-anak GenPI ini sangat militan di media sosial. Imbasnya nama destinasi sekitarnya akan ikut terangkat," ujarnya.

Di tempat terpisah, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan bahwa GenPI harus mampu menghadirkan destinasi digital dengan standar tinggi agar mampu bersaing dengan destinasi lainnya. Selain itu, destinasi digital GenPI harus mampu melengkapi destinasi pariwisata yang ada di daerah tersebut.

"Bali itu destinasi terbaik dunia. Predikat itu merupakan keuntungan sekaligus tantangan. Jawabannya ada di tangan generasi muda yang kreatif seperti GenPI yang menciptakan destinasi digital. Destinasi yang diincar wisatawan millenial. Maju terus pariwisata Indonesia. Salam Pesona Indonesia. GenPI! Gasss!," ucapnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Garut Ajukan Gelar Pahlawan untuk RA Lasminingrat dan Kiai Anwar Musaddad

Posted: 11 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Garut - Beberapa kali gagal, pemerintah daerah (Pemda) Garut, Jawa Barat, tak patah arang kembali mengajukan Raden Ayu Lasminingrat dan Prof. KH Anwar Musaddad ke pemerintah pusat, sebagai pahlawan nasional dari Garut.

"Tahun depan kita akan ajukan lagi, tahun lalu kan kekurangannya soal materilnya, saya sendiri tidak tahu apa itu," ujar Bupati Garut Rudy Gunawan, kemarin.

Menurutnya, masyarakat kota Intan sangat merindukan adanya sosok pahlawan nasional dari Garut, upaya itu penting untuk menumbuhkan semangat juang bagi masyarakat dan generasi selanjutnya.

"Kalau menurut kami kedua tokoh itu sudah layak menjadi pahlawan nasional," ujar dia.

Sebelumnya, Garut telah mengajukan dua sosok pejuang asli Garut kepada pemerintah agar dianugerahi pahlawan nasional, mereka adalah Raden Ayu Lasminingrat, salah satu tokoh tokoh literasi apada era sebelum kemerdekaan.

Serta Prof KH Anwar Musaddad, ulama kharismatik yang menguasai beberapa bahasa hingga kerap dikenal sebagai penerjemaah utama Presiden Soekarno pada masanya.

Namun sayang hingga kini kedua tokoh itu belum mendapat pengakuan dari pemerintah pusat. Kurangnya data material kedua sosok itu diduga merupakan pengganjal utama diterbitkannya kriteria pahlawan nasional bagi keduanya.

"Misalkan saat memegang senjata, ya dokumen seputar itu pokoknya kekurangannya syarat materil," ujar Rudy menambahkan.

RA Lasminingrat memang sebuah kebanggaan bagi masyarakat Garut hingga kini. Sosok istri mantan Bupati Garut Arianudatar ini, sejak lama dikenal sebagai tokoh literasi nasional, bahkan banyak karyanya yang telah diterjemaahkan dalam bahasa Belanda, jauh sebelum Kartini (1879) dan Dewi Sartika (1884) lahir.

Namun sayang, minimnya dokumen pendukung tanah air seperti manuskrip dan karya asli lainnya yang tersimpan di perpustakaan nasional, menyebabkan data otentik salah satu tokoh di bidang penulisan dan pendidikan perempuan pertama ini sulit dilacak keberadaannya. Tercatat pada 1871 ia kembali ke tanah air dan menetap di Pendopo Kabupaten Garut hingga menjelang hayatnya.

Sementara itu, Profesor KH Anwar Musaddad adalah salah satu tokoh ulama yang cukup disegani hingga kini, ketokohan dan keilmuannya bahkan hingga kini masih diakui salah satu yang terbaik di Garut. Lembaga pendidikan terbesar Al-Musaddadiyah, Universitas Garut (Uniga), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulloh (UIN) di Bandung, merupakan salah satu bukti hasil tangan dingin KH Anwar Musaddad dalam pengembangan pendidikan tanah air.

Rumah Layak Huni Bagi Veteran

Selain pengajuan ulang kedua tokoh untuk menjadi pahlawan nasional, hal lain yang telah dilakukan Pemda Garut untuk menghormati perjuangan veteran, atau para pejuang yang ikut langsung dalam peperangan dengan penjajah, yakni pemberian rumah layak huni (rutilahu).

"Tahun ini ada 25 rumah rutilahu yang kami bangun buat veteran," ujar Rudy.

Meskipun terbilang minim dibanding jumlah veretan di Garut, namun lembaganya berjanji untuk tetap memberikan perhatian kepada jasa mereka.  "Tahun 2020 semua veteran dapat bantuan dari pemerintah daerah," Janji dia.

Namun meskipun demikian, sesuai dengan harapan pemerintah, datangnya momen hari lahir pahlawan yang dirayakan setiap tanggal 10 November, lembaganya berharap kepada masyarakat terutama generasi muda agar tetap berkarya memberikan terbaik bagi daerahnya.

"Harapannya jadi pahlawan di lingkungan masing-masing, dalam rangka menumbuhkan kembali negara republik Indonesia, jangan berpecah belah dan jaga kesetiakawanan nasional," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kebakaran California, Komentar Trump jadi Kontroversi

Posted: 11 Nov 2018 10:00 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google: Aplikasi dengan Dark Mode Bikin Baterai Android Lebih Hemat

Posted: 11 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Google menambahkan mode gelap alias dark mode ke sejumlah aplikasi Android-nya. Salah satu alasannya adalah untuk mencegah latar belakang putih yang dianggap bisa membutakan mata pengguna.

Selain itu, alasan lainnya adalah, model Android dengan layar AMOLED bisa lebih hemat baterai saat pengguna menerapkan dark mode.

Bagi pengguna yang tak terbiasa mengaktifkan dark mode, pengaturan UI ini membalik layar dari teks gelap dengan latar belakang putih ke teks putih pada latar gelap.

Nah, selama Android Developer Summit, Google memberitahukan ke para pengembang yang hadir untuk menambahkan dark mode di aplikasi besutan mereka agar bisa membuat baterai Android lebih hemat.

Penggunaan baterai lebih hemat saat menerapkan dark mode (Foto: Phone Arena)

Dalam sebuah bagan yang ditampilkan Google pada konferensi pengembang itu, terdapat sebuah contoh. Saat tingkat kecerahan layar smartphone diatur 50 persen, aplikasi YouTube dark mode lebih hemat baterai 14 persen ketimbang mode normal.

Sementara, saat tingkat kecerahan layar diatur 100 persen, tingkat konsumsi baterai pada mode dark mode 60 persen lebih sedikit.

Bagan lain yang ditampilkan Google, dalam kondisi regular mode, sebuah screenshot Google Maps saat tingkat kecerahan layar AMOLED diatur maksimum menghabiskan baterai sebanyak 250mAh. Lalu, saat di layar LCD sebuah iPhone 7, konsumsi baterai mencapai 230mAh.

Dark Mode Bikin Hemat Baterai

Penggunaan baterai lebih hemat saat menerapkan dark mode (Foto: Phone Arena)

Namun, pada saat diterapkan dark mode, konsumsi baterai pada Pixel menurun 63 persen menjadi 92mA.

Bagan berbeda menunjukkan di Pixel edisi 2016, dengan tingkat kecerahan layar maksimum, konsumsi baterai 330mAh. Namun, saat diaktifkan dark mode, konsumsi daya hanya 60mAh.

Saat di Layar AMOLED

Salah satu pengunjung mencoba Pixel 2 XL di SFJAZZ Center, California, Rabu (4/10). Ponsel Pixel 2 dibanderol seharga Rp 8,7 juta, sementara Pixel 2 XL sekitar Rp 11,4 juta. Produk ini tersedia dipasaran 15 November 2017 mendatang. (AP Photo/Jeff Chiu)

Tak seperti layar LCD, layar AMOLED tidak memerlukan penggunaan lampu latar. Jadi, dengan layar AMOLED, warna hitam berarti tidak ada piksel merah, hijau, atau biru yang dihidupkan.

Hal ini tidak hanya menghemat baterai, tetapi juga membuat kontras lebih tajam pada saat membaca teks dengan layar belakang hitam.

Google pun sempat menyebut desain material-nya yang banyak warna putih membuat konsumsi daya di smartphone. Namun, Google ikut melindungi mata dan daya tahan baterai dengan menawarkan dark mode di banyak aplikasinya.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KBRI Singapura Siapkan 50 TPS Jelang Pilpres 2019

Posted: 11 Nov 2018 09:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang berada di Singapura menyiapkan 50 Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

"Intinya kita persiapkan ada 50 TPS dan 9 TPS untuk pemilih melalui pos/surat," ujar Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Ngurah Swajaya saat ditemui di Singapura, Senin (12/11/2018) seperti dilansir dari Antara.

Hingga saat ini, data calon pemilih di Singapura yang telah diperbaharui sampai dengan pertengahan November 2018 total berjumlah 123.000 jiwa.

"Jumlah ini masih akan bertambah melalui serangkaian kegiatan sosialisasi dengan memanfaatkan media sosial maupun lembaga pembinaan kita. Sementara jumlah total Warga Negara Indonesia (WNI) di Singapura diperkirakan sekitar 200 ribu orang," ujar Ngurah.

Ngurah menyatakan tidak ada kendala dalam mendata jumlah seluruh WNI yang berada di Singapura.

"Terkait pendataan tidak ada kendala, mereka sangat mudah untuk melakukan pendaftaran secara online. Namun, kita telpon satu per satu untuk melakukan pengecekan lagi apakah ada data ganda," jelas dia.

Ia memperkirakan antusiasme WNI untuk menggunakan hak suaranya dalam Pilpres 2019 cukup tinggi mengingat Pilpres akan dilaksanakan pada Minggu, 14 April 2019.

"Karena WNI kita kebanyakan itu pekerja migran dan liburnya itu hari Minggu. Harapan saya partisipasi WNI yang mengikuti Pilpres 2019 mencapai 50 persen lebih," ujar dia.

Jalur Khusus

Terkait lajur khusus pendaftaran memilih untuk WNI yang tidak masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan menerima undangan, Ngurah menyatakan mereka masih bisa menggunakan hak pilih untuk mencoblos.

"Ada mekanismenya dari form itu sudah kita siapkan. Isi form itu dan bawa paspor. Kita mengantisipasi kalau ada WNI yang berkunjung ke Singapura, dia bisa juga mencoblos," katanya.

Reporter: Melissa Octavianti

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Selebrasi Jose Mourinho Paling Gila

Posted: 11 Nov 2018 09:55 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Jose Mourinho kembali membuat cerita di Liga Champions. Hal itu dilakukannya setelah Manchester United (MU) mengalahkan Juventus 2-1 pada matchday keempat Grup H Liga Champions di Allianz Stadium, Kamis (8/11/2018) lalu.

Setelah membantu MU membalikkan ketertinggalan, Jose Mourinho masuk ke lapangan setelah pertandingan. Ia menempatkan tangan di belakang telinganya.

Bahasa tubuh tersebut membuat suporter Juventus berteriak lebih kencang. Para pemain Juventus, seperti Leonardo Bonucci, Paulo Dybala, dan Rodrigo Bentancur pun mengkonfrontasi pria berkebangsaan Portugal tersebut.

Jose Mourinho akhirnya dikawal masuk ke kamar ganti. "Saya tidak menghina siapapun di akhir laga. Saya hanya menunjukkan bahasa tubuh kalau saya ingin mendengar mereka lebih keras lagi," ucapnya seperti dilansir Marca.

"Saya mungkin tak seharusnya melakukan itu. Tapi keluarga saya dihina, termasuk keluarga Inter Milan, selama 90 menit laga," tandas Jose Mourinho, yang pernah menangani I Nerazzurri, rival Juventus.

4. Menggoyang Jari di Camp Nou - 2010

Pelatih Inter Milan Jose Mourinho sesaat setelah wasit meniup peluit akhir saat tim asuhannya menyingkirkan Barcelona pada semifinal Liga Champions 2010 di Nou Camp. (AFP PHOTO/PEDRO ARMESTRE)

Inter Milan membuat kejuatan pada 2010 di bawah asuhan Jose Mourinho. Wakil Italia tersebut menyingkirkan Barcelona di semifinal Liga Champions. Skuat racikan Pep Guardiola merupakan juara bertahan.

Inter menaklukkan Barcelona 3-1 di Giuseppe Meazza pada leg pertama. Barcelona berpeluang membalas kekalahan itu saat menjadi tuan rumah leg kedua di Camp Nou.

Namun, Mourinho menerapkan taktik 'parkir bus' di depan gawangnya selama 90 menit. Inter pun hanya kebobolan satu gol dan lolos ke final dengan unggul agregat gol 3-2.

Usai laga, Mourinho berlari ke tengah lapangan sambil menggoyang-goyangkan jarinya. Kiper Barcelona Victor Valdes mencoba untuk menghentikannya, tetapi pria berjuluk Special One itu terus berlari.

Inter akhirnya meriah trofi juara usai mengalahkan Bayern Munchen 2-0 pada laga final.

3. Menunjuk Lambang MU di Old Trafford - 2017

Jose Mourinho menunjuk logo MU usai kemenangan 2-0 atas Chelsea di Old Trafford, Minggu (16/4/2017) (Foto: AFP)

Chelsea mengalahkan Manchester United (MU) 4-0 dalam lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge, Oktober 2016 lalu. Manajer Chelsea Antonio Conte dan para fans merayakan kemenangan itu dengan mengejek Manajer MU Jose Mourinho.

Mourinho kemudian mengingatkan mereka. Ia menegaskan dirinya membantu Chelsea memenangkan tiga gelar Liga Inggris.

Cerita itu berbeda ketika MU menjamu Chelsea di Old Trafford. MU membalas kekalahan tersebut dengan kemenangan dua gol tanpa balas.

Begitu wasit meniup peluit laga berakhir, Mourinho terlihat berjalan ke lapangan dan menunjuk ke arah dada di jaketnya yang merupakan lambang MU. Itu adalah momen yang membanggakan bagi semua pendukung di Old Trafford.

2. Menepuk Dada di Anfield

Jose Mourinho saat masih menjadi manajer Chelsea. (AFP/Ian Kington)

Pada musim 2013-14, Liverpool berada di jalur untuk memenangkan gelar Liga Inggris pertama sejak 1990. Berada di puncak klasemen, skuat racikan Brendan Rogers harus menang melawan Chelsea di Anfiel untuk lebih dekat ke gelar juara.

Tapi, upaya itu digagalkan oleh Jose Mourinho bersama Chelsea. Ia menerapkan taktik bertahan sempurna untuk menghalau serangan Liverpool lewat Luis Suarez dan Daniel Sturridge.

Kesalahan Steven Gerrard yang tergelincir di masa injury time dimanfaatkan Demba Ba untuk menjebol gawang Liverpool. Dua menit kemudian, Willian menggandakan skor 2-0 untuk kemenangan Chelsea.

Mourinho pun tidak bisa menahan emosinya lagi. Dia berbalik ke arah fans Liverpool, merentangkan lengannya dan kemudian menepuk lambang Chelsea di rompi yang dikenakannya.

1. Berlari di Garis Lapangan - Old Trafford 2004

Jose Mourinho. (AFP Photo/Adria Dennis)

FC Porto bukan tim unggulan pada Liga Champions 2004. Namun, wakil Portugal itu menyingkirkan Manchester United (MU) di babak 16 besar.

Porto memenangi leg pertama 2-1 di kandang setelah Roy Keane menerima kartu merah. Semua orang kemudian mengharapkan kembang api di Old Trafford pada leg kedua.

Tapi hal itu tidak terjadi, meski Paul Scholes membuka keunggulan MU. Sebab, gol itu kemudian dibalas Costinha. Tak ada gol lagi dan Setan Merah pun tersingkir.

Mourinho tidak bisa percaya apa yang baru saja terjadi. Dia berlari ke garis pinggir lapangan untuk merayakan kemenangan itu dengan para pemainnya. Dia kemudian memandu timnya dari bintang-bintang yang tidak dikenal atas sukses ini.

Kapten Porto Jorge Costa kemudian berkata, "Mourinho menjadi gila. Semua orang menjadi gila."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Emery: Arsenal Tak Pantas Menang

Posted: 11 Nov 2018 09:55 PM PST

Liputan6.com, London - Arsenal harus puas bermain imbang 1-1 saat menjamu Wolverhampton, akhir pekan lalu. The Gunners tertinggal lebih dahulu saat Wolves mencetak gol di menit ke-13 melalui Ivan Cavaleiro. Henrikh Mkhitaryan jadi pahlawan Arsenal dengan golnya di menit ke-86.

Pertandingan tersebut berjalan sulit bagi Arsenal. Wolves tampil jauh lebih baik di babak pertama, Arsenal kesulitan mengembangkan permainan mereka. Beruntung Bernd Leno tampil gemilang dan Arsenal hanya kebobolan satu gol.

Pelatih Arsenal, Unai Emery mengakui timnya tampil buruk di babak pertama dan harus mengubah beberapa hal untuk babak kedua. Dia pun menilai Arsenal harus lebih berani mengambil risiko. Meski demikan, Emery juga menyebut hasil tersebut sudah adil bagi kedua tim.

Menurut Emery, Wolves bermain sangat baik dalam hal transisi bertahan ke menyerang, pun sebaliknya. Dia menyebut laga berjalan sulit bagi Arsenal karena mereka terpaksa tampil defensif supaya tak kebobolan gol lainnya.

"Sangat sulit mencetak gol atau menembus lini pertahanan mereka. Transisi mereka sangat bagus. Kami tidak ingin kebobolan lagi karena itu akan membuat kami lebih kesulitan, tetapi gagasan kami sedikit berubah setelah bicara di paruh waktu," ungkap Emery di laman resmi Arsenal.

"Kami harus lebih berani mengambil risiko dalam pertandingan itu. Risiko yang membuat kami berpikir kami bisa menang tetapi kami juga butuh keseimbangan yang bagus dalam transisi kami."

 

Karakter Kuat

Lebih lanjut, Emery juga memuji timnya yang menunjukkan karakter kuat. Dia menilai Arsenal bisa saja mencetak lebih banyak gol, namun pada akhirnya hasil imbang tersebut memang yang paling adil untuk kedua tim.

"Saya pikir tim kami bermain dengan karakter dan kami mendapat peluang untuk menyamakan kedudukan sebelum gol kami. Kami juga terus berusaha mencari jalan untuk memenangkan pertandingan tetapi akhirnya kami hanya imbang."

"Dalam lima atau 10 menit terakhir, kami mengambil risiko untuk memenangkan pertandingan. Pada akhirnya kami bisa berkata 'Oke, kedua tim layak mendapatkannya' [hasil imbang]," tutup Emery.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Jatim Beri Santunan untuk Korban Surabaya Membara

Posted: 11 Nov 2018 09:52 PM PST

Patroli Indosiar, Surabaya - Hingga Senin ini, 13 korban luka insiden drama kolosal Surabaya Membara masih dirawat di rumah sakit. Pihak Kementerian Perhubungan Jawa Timur pun memberikan santunan bagi para korban.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (12/11/2018), petugas Kementerian Perhubungan Jawa Tmur mendatangi sejumlah pasien korban insiden drama kolosal Surabaya Membara yang sedang dirawat di Rumah Sakit Dokter Sutomo Surabaya.

Ditemani pihak keluarga, petugas mendatangi satu per satu korban yang tengah dirawat di ruang observasi usai menjalani operasi patah tulang.

Selain mengucapkan keprihatinan, petugas juga memberi santunan kepada keluarga korban. Namun, untuk korban yang meninggal dunia, santunan langsung diberikan kepada ahli waris dengan mendatangi rumah masing-masing.  

Sementara itu, biaya pengobatan dan perawatan korban luka ditanggung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawaslu Sosialisasi Pemilu 2019 Pakai Mobil Keliling

Posted: 11 Nov 2018 09:50 PM PST

Liputan6.com, Kulon Progo - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta mengintensifkan sosialisasi pencegahan pelanggaran Pemilu 2019 kepada masyarakat.

Mereka melakukannya dengan sistem jemput bola berkeliling menggunakan mobil keliling ke kecamatan-kecamatan.

Menurut Ketua Bawaslu Kulon Progo Ria Harlinawati, sosialisasi mobil keliling ini akan berkeliling di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kulon Progo dan berhenti di beberapa titik keramaian.

"Pada titik keramaian tersebut, Bawaslu Kulon Progo beserta Panwaslu kecamatan dan Panwaslu kelurahan/desa akan menyosialisasikan kepada masyarakat, baik dengan sosialisasi lisan maupun dengan membagikan stiker sosialisasi terkait larangan-larangan dalam Pemilu beserta sanksi-sanksinya," ujar Harlinawati, seperti dikutip dari Antara, Senin (12/11/2018).

Menurutnya, sosialisasi mobil keliling ini dilaksanakan dalam kurun waktu dua hingga tiga minggu ke depan. Harlinawati mengatakan, untuk mewujudkan komitmennya, Bawaslu senantiasa berupaya untuk memaksimalkan pencegahan pelanggaran Pemilu.

"Bawaslu Kulon Progo mengoptimalkan dan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat terkait regulasi Pemilu, terutama larangan-larangan beserta sanksi yang dikenakan," kata dia.

Namun, lanjutnya, mengingat keterbatasan waktu, tidak semua desa akan dilewati oleh mobil keliling milik Bawaslu Kulon Progo ini.

"Sosialisasi ini terutama difokuskan di beberapa desa yang rawan terjadi pelanggaran pemilu," ucapnya.

Sebelumnya, menurut Harlinawati, Bawaslu Kulon Progo dan Panwaslu Kecamatan telah memetakan kerawanan desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Kulon Progo berdasarkan lima aspek kerawanan.

"Yakni, pemberian uang atau materi lainnya, aspek netralitas pihak-pihak yang dilarang ikut kampanye, aspek profesionalitas dan integritas penyelenggara pemilu, aspek politik identitas/politisasi SARA, serta aspek konflik," papar dia.

Kelima aspek tersebut, lanjut Harlinawati, memiliki indikator berbeda yang kemudian indikator digunakan sebagai bahan penilaian untuk wilayah yang bisa dikategorikan rawan pelanggaran Pemilu 2019.

"Dan dari hasil pemetaan kerawanan, aspek kerawanan yang paling tinggi adalah terkait politik uang," jelas Harlinawati.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

[vidio:(VIDEO) Sosialisasi Pemilu Difabel - Liputan6 Pagi]()

Harapan Adanya Sosialisasi

Suasana Sosialisasi Pengaturan Kampanye Pemilu 2019 di Jakarta, Rabu (3/10). Acara dihadiri oleh perwakilan partai politik peserta Pemilu 2019 dan tim kampanye capres-cawapres. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum, Sengketa dan Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kulon Progo Panggih Widodo mengatakan, Bawaslu Kabupaten Kulon Progo bersama Panwaslu kecamatan dan panwaslu desa/kelurahan mengadakan sosialisasi mobil keliling yang difokuskan ke desa/kelurahan kategori rawan pelanggaran.

Sosialisasi mobil keliling pertama dilaksanakan di wilayah Wates pada Minggu, 11 November dan berkeliling di beberapa desa dan kelurahan di Wates, mulai dari Desa Bendungan, Giripeni, dan Kelurahan Wates.

"Selanjutnya, Bawaslu Kulon Progo berhenti di beberapa titik keramaian di antaranya Pasar Wates, GKJ Wates, dan Alun-alun Wates untuk membagikan stiker dan menyosialisasikan kepada masyarakat terkait larangan pemilu khususnya kampanye beserta sanksi-sanksinya," kata Panggih.

Harapannya, lanjut dia, dengan adanya sosialisasi mobil keliling ini masyarakat semakin memahami regulasi Pemilu dan semakin paham terkait larangan-larangan pemilu beserta sanksi-sanksinya, sehingga mampu meminimalisir jumlah pelanggaran yang ada.

"Selain menyebarkan stiker, Bawaslu Kulon Progo juga memasang alat sosialisasi berupa spanduk-spanduk di beberapa tempat-tempat strategis di seluruh kecamatan yang ada di Kulon Progo," tegas Panggih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap Pemasok Ganja ke Claudio Martinez di Bogor

Posted: 11 Nov 2018 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menangkap pemasok ganja kepada pemain sinetron Claudio Martinez, berinisial AHO. AHO ditangkap di kawasan Tajur Halang, Bogor, Jawa Barat.

"Iya, pemasok sudah kami amankan pada Jumat malam lalu, tanggal 9," ujar Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Erick Frendriz di Jakarta, Senin (12/11/2018).

Saat ditangkap, polisi juga mengamankan beberapa barang bukti. Hingga kini, AHO dan barang bukti itu masih diperiksa kepolisian.

"Saat diamankan, barbuk narkoba nihil, tapi ada petunjuk transaksi jual beli yang sedang kami teliti apakah bisa jadi alat bukti, sekarang masih pengembangan lanjutan," kata Erick.

Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Barat telah menangkap pesinetron Claudio Martinez. Bintang sinetron 'Tendangan Si Madun' ini ditangkap karena positif menggunakan narkoba jenis ganja di kediamannya di Jalan kawasan Depok, Jawa Barat.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Erick Friendriz mengatakan, Claudio memakai narkoba sebelum tinggal atau berada di Indonesia. Claudio Martinez masuk ke Indonesia tahun 2001.

"Yang bersangkutan itu memakai sejak di negaranya dulu. Kemudian masuk ke Indonesia 2001, 2001-2002 sudah main bola, dan di sana pun yang bersangkutan tersangka menggunakan narkoba," kata Erick saat dikonfirmasi, Jakarta, Sabtu 10 November 2018.

Ancaman Penjara

Claudio Martinez terjerat kasus narkoba. Berdasarkan hasil pemeriksaan, pesinetron berusia 38 tahun tersebut terbukti menggunakan ganja.

Claudio Martinez ditangkap kepolisian di kediamannya di kawasan Depok, Jawa barat. Bintang sinetron Tendangan Si Madun ini dibekuk tanpa melakukan perlawanan.

"Enggak (tidak melawan) dia sangat kooperatif sekali. Intinya dia menyesal pengin berubah cuma proses hukum tetap jalan," papar Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Erick Frendriz, Jumat 9 November 2018.  

Karena kasus ini, Claudio Martinez dijerat Pasal 114 ayat (1) subsider Pasal 111 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Dari kedua pasal, Martinez juga dikenakan ancaman pidana penjara minimal empat tahun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Kepribadian Penggemar Makanan Pedas, Termasuk Anda?

Posted: 11 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Makanan yang Anda dikonsumsi selama ini ternyata dapat memberi gambaran mengenai kepribadian. Seorang ahli neurologi sekaligus penulis buku What Flavor Is Your Personality, Dr. Alan Hirsch menyebut, kepribadian seseorang dapat digambarkan lewat makanan yang disukai.

Setiap orang tentu memiliki makanan kesukaan masing-masing, tak Anda para pemuja cita rasa pedas. Ada yang tidak menyukainya karena sensasi terbakar di lidah, namun ada pula yang justru menikmati sensasi tersebut meski makan sambil bercucuran keringat.

Menariknya, makanan pedas dapat menggambarkan kepribadian Anda, para penyukanya. Anda dikatakan memiliki kepribadian yang berani dan mudah emosi. Hal ini karena para penyuka makanan pedas atau dengan bumbu rempah tajam tercatat suka mengambil risiko.

Penelitian yang dilakukan Penn State menemukan, para siswa yang menyukai makanan pedas lebih suka kegiatan penuh tantangan dan berisiko. Tidak hanya itu, penggemar makanan pedas juga cenderung memiliki tingkat fokus lebih tinggi ketika mengerjakan tugas.

Selain soal mengerjakan tugas, penyuka makanan pedas juga cukup teratur dengan rencana masa depan. Nah, itu dia kepribadian para penyuka pedas, apakah termasuk Anda? (Ivana Okta)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Rini: Tol Trans Jawa Sudah Dinantikan Lebih dari 20 Tahun

Posted: 11 Nov 2018 09:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meninjau langsung kondisi terkini proyek Tol Trans Jawa yang akan beroperasi pada akhir 2018. Peninjauan dilakukan Rini dengan berkendara menempuh rute Surabaya sampai dengan Telkom Landmark Tower yang berada di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, sebagai lokasi finish.

Perjalanan sepanjang kurang lebih 800 kilometer ini memakan waktu sekitar 16 jam dengan meninjau sejumlah titik dan beristirahat.

Turut hadir mendampingi Menteri Rini dalam perjalanan ini jajaran Eselon I Kementerian BUMN, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Putra, dan sejumlah Direksi BUMN lainnya. Adapun beberapa titik yang menjadi fokus dalam tinjauan ini adalah Jembatan Kali Kuto, Jembatan Kali Kenteng dan Rest Area yang terletak di KM 360 B dan KM 260 B.

"Tol Trans Jawa adalah jalur yang dinantikan lebih dari 20 tahun, karena memang sudah dicanangkan sejak lama. Tol Trans Jawa mulai dari Merak sampai Surabaya harus bisa diresmikan pada Desember 2018, hingga kemudian tersambung sampai dengan Banyuwangi," kata Rini dalam keterangannya, Senin (12/11/2018).

Menurut Rini, terkoneksinya Pulau Jawa melalui jalan tol, akan memberikan dampak positif bagi perekonomian. Hal yang paling utama yakni biaya logistik yang tentu akan lebih murah karena akses transportasi yang lebih cepat dan efisien.

Hal itu kemudian akan diikuti dengan terbukanya lapangan kerja serta menggerakan kegiatan perekonomian di daerah yang dilalui ruas tol Trans Jawa.

"Dengan adanya jalan tol, lokasi-lokasi dekat pintu keluar masuk jalan tol pun tentu akan berkembang cepat sebagai kawasan bisnis, baik industri perdagangan, jasa keuangan dan perbankan dan sebagainya. Tol Trans Jawa juga akan meningkatkan pertumbuhan kawasan properti," ujar dia.

 

Waktu Tempuh

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meninjau langsung kondisi terkini proyek Tol Trans Jawa yang akan beroperasi pada akhir 2018. Dok Kementerian BUMN

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani mengatakan bahwa waktu tempuh Jakarta - Surabaya dan sebaliknya akan terpangkas signifikan berkat adanya Tol Trans Jawa. Dimana melalui jalan raya nasional bisa mencapai 20 jam, dengan jalan tol perjalanan bisa ditempuh kurang dari 15 jam.

"Waktu tempuh menjadi lebih singkat berkat adanya Tol Trans Jawa. Idealnya Jakarta - Surabaya 10 sampai dengan 12 jam. Dari Jakarta sampai ke Kota Surabaya sekitar 800 Km, kalau dipacu dengan kecepatan 100 Km per jam saja mungkin hanya 8 jam. Tapi kan tetap perlu beristirahat pengendaranya agar safety, jadi ya bisa 10 sampai 12 jam lah paling lama," jelas Desi.

Penyelenggaraan Ekspedisi Tol Trans Jawa ini merupakan inisiasi Kementerian BUMN bekerja sama dengan sejumlah BUMN seperti Jasa Marga, Waskita Karya, Adhi Karya, Wijaya Karya, PTPP, BNI, Mandiri, BRI, BTN, Pertamina, Telkom, PNM dan PTPN Holding.

Selain itu, kegiatan ini juga didukung oleh PT Astra International Tbk. Sebelumnya Kementerian BUMN juga telah melaksanakan Ekspedisi Tembus Tol Trans Sumatera pada Akhir Agustus lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Kekompakan The Moffatts Liburan Keluarga ke Bali

Posted: 11 Nov 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Band The Moffatts baru saja tampil dalam festival musik "The 90's Festival 2018". Usai tampil dalam acara yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11/2018) ini, The Moffatts rupanya memanfaatkan waktu luang mereka untuk jalan-jalan ke Bali.

Yang menarik, ternyata The Moffatts kompak untuk menghabiskan waktu bersama-sama, termasuk dengan anak dan pasangan mereka. Hal ini terungkap dalam unggahan Dave Moffatt, Senin (12/11/2018).

Dalam foto yang ia unggah tampak Dave bersama dengan pasangannya, Amanda Zieschang, Bob Moffatt, serta Clint Moffatt dan sang anak, Lake.

"Menjalani hari pertama yang menyenangkan di Ubud! Mari bersenang-senang lagi besok," tulisnya sebagai keterangan foto.

Di Mana Scott Moffatt?

Dalam foto ini, memang Scott Moffatt tak terlihat. Tapi bukan berarti ia absen dari liburan keluarga ini.

"Kutebak kalian pasti ingin tahu di mana @the_real_scott_moffatt. Aku yakin banget dia lagi berada di toko untuk mencari celana renang," tulis Dave.

Liburan ini tampaknya memang dinikmati keluarga The Moffatts. Amanda Zieschang, misalnya, mengunggah foto saat ia bersantai di kolam renang. "I (love) BALI," tulisnya.

 

Menikmati Waktu di Jakarta

View this post on Instagram

Love these moments ❤️

A post shared by 🆑i📈✝ 〽️⭕️Ff🅰🈂 (@clintmoffatt) on

Tak hanya momen liburan, The Moffatts tampaknya juga menikmati penampilan mereka di acara The 90's Festival 2018 bersama keluarga. Si bocah kecil Lake bahkan dibawa serta dalam persiapan sebelum konser. 

"Well, itu tadi menyenangkan Jakarta! Terima kasih karena telah ada untuk kami selama bertahun-tahun ini. Kami menyukai setiap menitnya. Sampai jumpa, dengan penuh cinta SCBD," tulis The Moffatts dalam Instagram resmi mereka. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ma'ruf Amin Meminta Masyarakat Obyektif Menilai Pemerintahan Jokowi

Posted: 11 Nov 2018 09:39 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solari: Benzema Luar Biasa

Posted: 11 Nov 2018 09:37 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Penyerang Real Madrid, Karim Benzema bermain bagus ketika melawan Celta Vigo. Pemain asal Prancis tersebut mampu mencetak satu gol. Pujian pun datangg dari pelatih Santiago Solari.

Real Madrid berjumpa Celta Vigo di Balaidos pada laga pekan ke-12 La Liga musim 2018/19 pada Senin (12/11) dini hari WIB. Real Madrid menang dengan skor 4-2 atas tuan rumah. Benzema mencetak gol pembuka Madrid pada menit ke-23.

Tiga gol Real Madrid lain dicetak oleh Gustvao Cabral (gol bunuh diri), penalti Sergio Ramos dan Dani Cebalos. Sementara, Celta Vigo mendapatkan hiburan dari gol yang dicetak oleh Hugo Mallo dan Brais Mendez.

Bagi Benzema, gol ke gawang Celta Vigo membuat dia mampu meneruskan performa apiknya di bawah asuhan Solari. Mantan penyerang Lyon tersebut telah mencetak empat gol dalam empat pertandingan sejak Real Madrid dilatih oleh Solari.

Perfoma Karim Benzema dinilai masih jauh dari ideal pada musim 2018/19, meskipun dia sudah dapat peran sebagai penyerang utama. Benzema belum tampil konsisten. Tapi, situasi itu sudah berubah sejak Santiago Solari ditunjuk jadi pelatih.

Solari memberikan pujian pada Benzema sebagai penyerang yang mampu tampil komplit. Bukan hanya mencetak gol, tapi juga bisa melakukan tugas lain dengan sama baiknya. Seperti, membuka ruang bagi pemain lain dan memberikan umpan.

"Benzema bermain luar biasa, dia menampilkan beberapa permainan hebat untuk membuka gol Real Madrid. Tapi, dia memainkan laga dengan lengkap. Dia bekerja keras, membuka ruang dan terhubung dengan baik untuk tim," puji Solari dikutip dari Football Espana.

 

Kemenangan Tim

Tapi, Santiago Solari tidak hanya memberi pujian pada Karim Benzema seorang. Pelatih berusia 42 tahun menilai Madrid secara umum bermain bagus. Para pemain sudah bekerja dengan maksimal dan menunjukkan karakter yang sangat positif untuk meraih kemenangan.

"Penghargaan harus diberikan kepada para pemain, yang bermain sangat hebat dan mengatasi banyak masalah. Tim bermain solid, kami agresif saat menyerang dan kami bermain dengan karakter. Semua orang menunjukkan karakter yang hebat," tandas Solari.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kedubes Vietnam Jalin Kerjasama dengan RSPAD Gatot Soebroto untuk Tindakan Cuci Otak

Posted: 11 Nov 2018 09:35 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta Kedutaan Besar Vietnam untuk Indonesia menjalin kerjasama dengan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto untuk tindakan Digital Substraction Angiography (DSA). DSA atau yang dikenal dengan brain wash (cuci otak) ini akan menyasar pada 1.000 pasien warga negara Vietnam.

Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Terawan Agus Putranto, mengatakan, penandatanganan kerjasama untuk menangani pasien asal Vietnam yang menderita stroke.

"Penandatanganan kerjasama ini untuk mengakomodir penanganan DSA. Treatment (pengobatan) ditujukan untuk 1.000 orang, teman-teman dari Vietnam," kata Terawan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (12/11/2018).

Penandatanganan tindak DSA terhadap 1.000 pasien Vietnam yang dilakukan hari ini, kata Terawan, merupakan bentuk medical tourism (wisata medis).

Setelah melakukan DSA di RSPAD Gatot Soebroto, 1.000 warga Vietnam ini akan berwisata di sejumlah destinasi wisata di Indonesia.

 

Berkah dari Tuhan

Terawan bersyukur atas terjalinnya kerjasama tindakan DSA dengan Vietnam. Metode DSA yang dikembangkannya ternyata dilirik oleh pasien-pasien negara lain.

"Saya berterimakasih diberikan kepercayaan (untuk tindakan DSA ini). Kami akan memberikan pelayanan terbaik untuk teman-teman dari mancanegara (Vietnam)," kata dia menambahkan.

Terawan yakin adanya penandatanganan ini berkah dari Tuhan. Jumlah pasien dari mancanegara pun diharapkan akan bertambah kelak.

"Kita mulai dari 1.000 pasien. Nanti bisa bertambah jadi 2.000, 3.000 pasien. Ini berkah anugerah dari Tuhan yang Mahakuasa. Saya merasa terhormat dan tersanjung," ujar Terawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir Genangi Wilayah Jakarta Timur dan Selatan

Posted: 11 Nov 2018 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banjir menggenangi wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Informasi ini disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta melalui akun Twitter resminya @BPBDJakarta.

Dalam tabel BPBD DKI Jakarta, yang dikutip Liputan6.com, disebutkan banjir dengan ketinggian 10 hingga 25 sentimeter menggenangi RT 12 dan 13 di RW 04, dan RT 10 dan 11 di RW 05, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Luapan air masuk pada pukul 02.00 WIB menjadi penyebab banjir. Sementara itu, banjir di RW 07 dan 08 sudah surut pada pukul 09.00 WIB

Sementara itu di wilayah Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur juga sempat digenangi banjir selama 6 jam. Air surut pada pukul 07.00 WIB.

Kondisi serupa juga terjadi di Kelurahan Pejaten Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Banjir di tempat ini menggenang selama 3 jam sebelum surut pada pukul 04.00 WIB.

Seluruh banjir tersebut disebabkan oleh luapan Sungai Ciliwung. BPBD DKI Jakarta mengimbau masyarakat agar tetap selalu waspada. (Melissa Octavianti)

Bangun Tanggul Permanen

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi korban banjir di Cawang (Liputan6.com/ Delvira Chaerani Hutabarat)

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meninjau lokasi banjirakibat luapan Kali Sunter di Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur, Minggu malam.

Banjir yang mencapai 80 sentimeter kembali terjadi di permukiman warga di kawasan Cipinang Melayu. Untuk melakukan aktivitas, warga harus menerobos banjir untuk dapat keluar dari rumah mereka.

Gubernur DKI Anies Baswedan yang meninjau lokasi banjir berjanji akan segera melakukan pembangunan tanggul permanen untuk mencegah terjadinya banjir. Namun untuk sementara, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memperkuat bronjongan atau tanggul sementara dari karung pasir.

"Di sini ada tanggul yang pembangunannya terhenti di 2014, ini yang segera ingin kita tuntaskan, tanggul sementaranya ada sambil kita tuntaskan tanggul yang permanen," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam kesempatan ini, Anies juga melihat adanya kasur yang dibuang ke aliran Kali Sunter dan meminta warga agar ikut peduli lingkungan dengan tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Pengeroyokan Guru di Kendal, Kepsek: Hanya Bercanda

Posted: 11 Nov 2018 09:32 PM PST

Patroli Indosiar, Kendal - Beredar video amatir berisi adegan seorang guru dikeroyok oleh para siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kendal, Jawa Tengah. Namun, pihak sekolah membantah ada aksi pengeroyokan.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (12/11/2018), rekaman video yang viral beredar di masyarakat diunggah salah satu siswa pada 8 November di ruang kelas sebuah SMK di Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah.

Meski demikian, pihak sekolah membantah adanya pengeroyokan dan berdalih hal tersebut hanya bentuk candaan yang kerap terjadi di sekolah.  

"Pada saat itu bertanya ke siswa kok tidak bawa alat gambar. Lalu ada yg melempar kertas ke punggung Pak Joko," ungkap kepala sekolah Muhaidin.    

Usai peristiwa tersebut, pelajaran dilanjutkan seperti biasa. Pihak sekolah pun mengaku telah menegur guru dan memberikan pembinaan bagi para siswa.  

Peristiwa ini tentunya menjadi pelajaran penting dalam dunia pendidikan. Bahwa tidak seharusnya aksi di luar batas kesopanan menjadi hal yang biasa di dalam sekolah meskipun dalam batas candaan. Pasalnya hal tersebut bisa saja ditiru siswa lainnya. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rosmah Mansor Akan Didakwa Soal Korupsi Dana Proyek Ratusan Sekolah?

Posted: 11 Nov 2018 09:31 PM PST

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Mantan ibu negara Malaysia, Rosmah Mansor dikabarkan akan dijatuhi beberapa dakwaan baru pekan ini, seputar dugaan keterlibatannya dalam korupsi dana proyek pengadaan panel surya untuk ratusan sekolah di Sarawak.

Proyek itu, yang diinisiasi pada era pemerintahan mantan perdana menteri Najib Razak --suami Rosmah-- diketahui bernilai 1,25 juta ringgit (berkisar Rp 6 triliun).

Selain Rosmah, mantan asisten pribadinya, Rizal Mansor, juga akan menerima dakwaan atas kasus serupa, demikian seperti dikutip dari Asia One, Senin (12/11/2018).

Namun, tidak jelas peran apa yang dimainkan Rosmah atau tuduhan apa yang akan diajukan terhadapnya dalam kasus itu. Mereka yang akrab dengan penyelidikan yang sedang berlangsung itu memilih bungkam.

Terkait kasus yang sama, Najib Razak juga telah diperiksa oleh Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) pada Kamis 8 November 2018. Seorang narasumber MACC menegaskan bahwa Najib diminta untuk memberikan keterangan atas penyelidikan kasus tersebut.

Proyek itu menimbulkan kontroversi ketika berbagai kabar menyebut bahwa kontrak diberikan kepada Jepak Holdings Sdn Bhd --firma yang mengerjakan proyek-- atas "perintah langsung" dari Najib Razak yang masih menjabat sebagai PM Malaysia.

Jepak Holdings ditunjuk pada akhir tahun 2016 untuk penyediaan solar, perbaikan generator dan untuk menyediakan sistem panel surya hibrida untuk 369 sekolah pedesaan di Sarawak. Sampai saat ini, tidak ada sekolah yang memilikinya.

Beberapa orang telah dipanggil untuk ditanyai atas kasus tersebut, termasuk mantan Menteri Pendidikan Mahdzir Khalid, dan mantan staf khusus Najib.

Mantan staf khusus itu ditahan di MACC selama total enam hari sebagai bagian dari pemeriksaan.

Diduga bahwa mantan staf khusus Najib Razak itu telah meminta uang dari perusahaan yang dianugerahi kontrak, yakni, Jepak Holdings Sdn Bhd yang berbasis di Bintulu.

Sedangkan pada Juni 2018, MACC telah menahan direktur perusahaan, manajer direksi dan pengacara Jepak Holdings atas kasus korupsi tersebut.

MAAC telah memulai penyelidikan itu sejak April 2018 atau sebelum Pemilu Malaysia.

 

Simak video pilihan berikut:

MACC Sibuk Menyusun Dakwaan kepada Pejabat Malaysia Korup

Bendera Malaysia (iStockphoto via Google Images)

Jelang akhir tahun akan menjadi periode sibuk bagi MACC, yang berkutat menyiapkan banyak tuduhan yang harus diajukan terhadap anggota pemerintahan sebelumnya yang diyakini terlibat dalam serangkaian kasus korupsi.

Di antara mereka adalah mantan Menteri Federal Territories Datuk Seri Tengku Adnan Tengku Mansor, yang telah ditanyai 12 kali atas negosiasi pembebasan tanah yang melibatkan Balai Kota Kuala Lumpur (DBKL).

Adnan mengatakan bahwa dia tidak ada hubungannya dengan persetujuan transaksi tanah antara DBKL dan pengembang swasta karena dia menyerahkan tanah kembali ke Putrajaya.

Sebuah gugus tugas khusus dibentuk untuk menyelidiki 97 transaksi senilai 5,63 miliar ringgit (berkisar Rp 19 trilun) yang melibatkan 273,27 hektar lahan DBKL.

Sampai sekarang, 14 transaksi telah dihentikan sementara 15 transaksi lainnya dinegosiasi ulang, menghasilkan pendapatan tambahan senilai 49 juta ringgit (berkisar Rp 172 miliar).

Figur lain yang akan menerima dakwaan kasus korupsi adalah anggota parlemen dari negara bagian Baling dan mantan Ketua Tabung Haji Datuk Seri Abdul Azeez Abdul Rahim.

Dia dituduh atas dugaan melakukan suap dan pencucian uang menggunakan dana proyek pemerintah.

Seorang mantan wakil menteri juga diperkirakan akan dituntut atas penggelapan dana Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia yang dimaksudkan untuk Perusahaan Pengembangan Film Nasional (Finas).

Dana itu seharusnya digunakan untuk 1Malaysia Negaraku (simbol persatuan yang diluncurkan oleh Najib pada Agustus tahun lalu). Proyek-proyek tersebut kemudian tidak pernah dilaksanakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: LeBron dan Chandler Menangkan Lakers atas Hawks

Posted: 11 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Los Angeles Lakers menang dramatis pada lanjutan NBA pada Senin (12/11/2018) siang WIB. Bertanding di Staples Center, Lakers hanya unggul setengah bola 107-106 atas Atlanta Hawks.

Bermain di hadapan pendukungnya, Lakers mendapat perlawanan sengit dari Hawks di awal laga. Namun Lakers mampu merebut kuarter satu dengan 28-22. 

Hawks bangkit di kuarter dua. Secara luar biasa Trae Young dan kawan-kawan mampu berbalik unggul setengah bola saat jeda babak pertama.

Kuarter tiga jadi milik Lakers. LeBron James cs menggila. Lakers sempat unggul hingga 15 poin. Lakers memiliki modal keunggulan sembilan poin saat memasuki kuarter empat.

Drama terjadi di kuarter empat. Dimotori Taurean Prince, Hawks mampu berbalik unggul di pertengahan kuarter empat. Keunggulan ini terus dipertahankan Hawks hingga satu menit sebelum laga usai.

Slam dunk pemain kawakan Vince Carter membuat Hawks unggul setengah bola dengan tersisa satu menit 21 detik. LeBron nyaris jadi pecundang. Dia gagal memasukkan dua free throw ketika laga tersisa 20 detik.

Beruntung bagi LeBron, bola bisa didapat kembali oleh pemain Lakers Kyle Kuzma. Kemudian Kuzma mencoba melakukan lay-up, bola tak masuk. Namun LeBron dengan sigap menyambarnya dengan dunk dua tangan. Lakers pun berbalik unggul 107-106.

Chandler

Hawks punya peluang memenangkan pertandingan karena masih tersisa 15 detik. Rookie Trae Young dipercaya menjadi eksekutor. Young nyaris berhasil memenangkan Hawks. Dia sudah memperdaya Brandon Ingram dan berusaha melakukan lay-up. Sial bagi Young, bola berhasil di blok center Lakers Tyson Chandler. Lakers pun menang dengan selisih satu poin.

LeBron mengakhiri laga dengan 26 poin, tujuh rebound dan empat assists. Kuzma menyusul dengan membuat 18 angka. Di kubu Hawks, Young finis dengan double-double (20 poin dan 12 rebound). Pencetak angka terbanyak Hawks adalah Prince dengan 23 poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap Terbang Lagi, Merpati Airlines Pakai Pesawat Buatan Rusia

Posted: 11 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) siap kembali mengudara pada 2019. Ini karena Merpati Airlines telah mendapatkan komitmen suntikan modal dari Intra Asia Corpora sebesar Rp 6,4 triliun.

Dengan modal ini, Merpati Airlines akan menggunakannya untuk kembali mengurus izin operasinya yang sempat dibekukan oleh Kementerian Perhubungan beberapa tahun lalu.

Presiden Direktur Merpati Nusantara Airlines, Asep Ekanugraha, mengatakan jika beroperasi nanti Merpati  Airlines tak akan menggunakan pesawat buatan Boeing dan Airbus.

"Perusahaan nantinya dalam mengoperasikan penerbangan tidak menggunakan pesawat Boeing atau Airbus tapi akan menggunakan pesawat produksi Rusia. Tapi pesawat yang kita gunakan adalah buatan Rusia dan bukan yang pernah kecelakaan di Gunung Salak," kata Asep di Jakarta, Senin (12/11/2018).

Ia menuturkan, pihaknya dalam mengoperasikan MNA pada 2019  tidak akan bermain di segmen maskapai penerbangan bertarif rendah (LCC). Selain akan lebih menyasar penerbangan di wilayah Indonesia timur, pihaknya juga akan melakukan penerbangan ke wilayah Indonesia barat yang dinilai sangat potensial juga memungkinkan ke luar negeri.

"Kami sudah belajar dari kejatuhan perusahaan dan saatnya menatap ke depan yang lebih baik. Apalagi selain pemerintah dan investor swasta yang mendukung, sudah banyak perusahaan asuransi yang ikut mendorong beroperasinya MNA lagi," kata Asep.

Saat ini pun struktur organisasi baru PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) juga sudah selesai disusun dan pihak investor swasta menyatakan tidak minta jatah untuk duduk di struktur organisasi. 

"Investor hanya mau agar dana yang sudah ditanam bisa digunakan sebaik-baiknya, sehingga perusahaan bisa meraup laba seperti yang diharapkan," ujar Asep. (Yas)

 

Intra Asia Corpora Siap Suntik Merpati Rp 6,4 Triliun

Ilustrasi pesawat (iStock)

Sebelumnya, PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) akan benar-benar siap kembali mengudara pada 2019. Ini mengingat maskapai yang telah sekian lama mati suri tersebut telah mendapatkan investor.

Intra Asia Corpora menjadi investor yang menyatakan siap dengan suntikan dananya. Intra Asia Corpora adalah investor dalam negeri ini terafiliasi dengan Asuransi Intra Asia dan PT Cipendawa yang sempat terdaftar di Bursa dengan kode emiten CPDX.

Presiden Direktur Merpati Nusantara Airline, Asep Ekanugraha, menyatakan investor tersebut siap menyuntikkan dana hingga Rp 6,4 triliun demi melihat Merpati Airlines kembali mengudara.

"Kami berkeyakinan dan optimis bakal kembali terbang di tahun depan. Semua persiapan, terutama dana operasional, sudah kami dapatkan komitmennya," kata Asep di Jakarta, Senin 12 November 2018.

Kucuran dana untuk mengoperasikan Merpati, disebutkan tidak sepenuhnya berupa dana segar seutuhnya. Selain itu tidak akan turun sekaligus. Namun, akan turun bertahap sesuai kebutuhan operasional dalam jangka dua tahun. 

Dengan ada dana tersebut, Merpati Airlines setidaknya bisa kembali memiliki pesawat dan mulai mengurus izin rute terbang dan investasi operasional lainnya.

Namun demikian, Asep menambahkan, keputusan Merpati terbang kembali itu, akan sangat tergantung dari proses sidang Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang dijadwalkan pada Rabu, 14 November 2018.

"Memang, titik krusialnya, yang di putusan pengadilan terkait kasus utang kami yang akan diputuskan pada Rabu 14 November nanti. Ya, tentu saja kami berharap, Merpati diberi kesempatan untuk beroperasi lagi. Jika demikian, maka kami akan tancap gas, melaksanakan langkah strategis operasional, yang telah kami siapkan, " pungkas Asep.

Seperti diketahui, kewajiban Merpati Airlines yang harus ditanggung dan belum terbayar saat ini mencapai Rp 10 triliun. Asep optimistis dengan kucuran Rp 6,4 triliun ini bisa menjadi modal awal dalam memulai bisnisnya kembali dan secara bertahap melunasi kewajiban tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konflik Jerinx SID, Via Vallen Marah Disamakan dengan Ini

Posted: 11 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lagu "Sunset di Tanah Anarki" menjadi masalah. Jerinx SID marah besar kepada Via Vallen karena lagu tersebut dinyanyikan dengan musik dangdut koplo tanpa seizinnya.

Dalam sebuah tulisan yang cukup panjang, Jerinx SID mencurahkan kekesalannya terhadap Via Vallen. Mendapatkan kritikan dari Jerinx, Via tak langsung membalas.

Namun setelah beberapa waktu berlalu, akhirnya Via Vallen buka suara dan ia memilih membalasnya melalui akun Instagram pribadinya, @viavallen.

Pedangdut asal Sidoarjo ini menyampaikan klarifikasi dalam beberapa seri tulisan panjang. Ia memberi caption, "Kenapa harus saya ( SAJA ) ??? Semoga klarifikasi dari saya ini sedikit bisa meluruskan beberapa hal yang sudah dianggap salah Mohon digeser sampe tuntas agar tidak ada kesalahpahaman ????????," tulisnya.

Total ada sepuluh halaman yang diunggah Via Vallen di Instagram untuk klarifikasinya mengenai selisih paham dengan Jerinx. Pada postingan pertama, Via mempertanyakan mengapa harus dirinya saja yang dipermasalahkan.

Awalnya ia sempat tak mau membahas tentang masalah ini lantaran tak mau dianggap sebagai penyanyi yang penuh sensasi. Namun pada akhirnya Via Vallen memilih memberikan klarifikasi dan dengan sepenuh hati ia meminta maaf kepada Jerinx SID.

Dalam postingan berikutnya, Via Vallen memberikan klarifikasi tentang tudingan Jerinx mengenai rekaman lagu "Sunset di Tanah Anarki". Via membantah dirinya telah melakukan rekaman lagu tersebut dan dikomersilkan.

Tudingan Jerinx

Jerinx SID (Intagram.com/jrxsid)

Via pun memohon maaf jika yang dimaksud Jerinx adalah DVD bajakan, dirinya juga tidak bisa berbuat apa-apa. Dan ia juga meminta kepada Jerinx untuk memberikan bukti DVD yang dimaksud, jika benar dirinya merekam lagu "Sunset di Tanah Anarki".

Pada pembahasan berikutnya, Via memberikan klarifikasi pada tudingan Jerinx yang menyebut dirinya sudah mencuri karyanya. Via meminta maaf jika dirinya salah, namun sejauh ini dirinya tak pernah mengklaim bahwa "Sunset di Tanah Anarki" adalah lagunya.

Via juga membantah dirinya memperkaya diri dari lagu tersebut lewat dunia maya. Karena sejauh ini, Via tak mengkomersilkan akun Youtube-nya. Sehingga ia tidak mendapatkan keuntungan secara digital.

Marah Besar

Via Vallen (Foto: Bambang E. Ros/Bintang.com)

Bukan tanpa alasan mengapa Via tak membalas Jerinx secara langsung. Ia begitu marah karena disebut dengan kata yang tidak pantas oleh drummer SID tersebut, sehingga akhirnya memilih untuk membalas pernyataan Jerinx lewat dunia maya.

Dalam unggahannya Jerinx sempat menyebut Via Vallen tak ada bedanya dengan f*cking wh*re. Via pun merasa tersinggung karena ia mendapati celaan Jerinx yang menyamakannya dengan pekerja seks komersial (PSK).

Via meminta agar Jerinx lebih menghargai perempuan dengan tidak sembarangan mengeluarkan kata tersebut. Dan ia meminta maaf jika pilihan tindakannya ini salah.

Pada akhir postingan klarifikasinya, Via mengunggah kolase bukti bahwa bukan hanya dirinya yang menyanyikan lagu "Sunset di Tanah Anarki" dengan irama dangdut. Ada banyak penyanyi lain yang juga melakukannya di atas panggung dan direkam serta disebarkan di Youtube.

Inilah yang membuat Via bertanya, mengapa Jerinx hanya mempermasalahkan dirinya saja. Sementara penyanyi dangdut yang lain tidak disebut dalam uneg-uneg yang disampaikan Jerinx di dunia maya. (Wulan Noviarina/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Smartphone Kelas Menengah Samsung Bakal Hadir dengan Sensor Fingerprint di Layar?

Posted: 11 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beredar kabar Samsung akan menghadirkan sensor pemindai sidik jari (fingerprint) dengan teknologi ultrasonic ke flagship smartphone terbarunya, Galaxy S10.

Tak tanggung-tanggung, Samsung juga menggandeng Qualcomm untuk menggarap sensor tersebut. Dengan demikian, sensor ini memungkinkan perangkat disematkan sensor fingerprint dari dalam layar. 

Tak sampai di situ, rumor lain juga menyebut sensor fingerprint ultrasonic ini kabarnya akan hadir di jajaran smartphone kelas menengah (mid-range) Samsung yang akan dirilis pada tahun depan.

"Qualcomm telah menetapkan pemesanan sensor fingerprint ultrasonic generasi berikutnya untuk smartphone mid-range dan high-end Samsung pada 2019. Pengapalannya sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada 2018 atau awal 2019," demikian dikutip laman DigiTimes via Ubergizmo, Senin (12/11/2018). 

Teknologi fingerprint di dalam layar sebetulnya bukan sesuatu yang baru. Vivo, ambil contoh, sudah lebih dulu merilis smartphone dengan teknologi tersebut.

Samsung sendiri dilaporkan hendak mengubah strateginya dalam pemanfaatan teknologi terbaru di smartphone.

Informasi ini diketahui dari pernyataan President Mobile Communications Samsung Electronics, DJ Koh, dalam wawancara terbaru dengan CNBC.

Menurut Koh, sebelumnya Samsung lebih memilih membenamkan teknologi baru di perangkat kelas premium. Namun saat ini, perusahaan asal Korea Selatan tersebut memilih untuk menggesernya ke perangkat kelas menengah.

Galaxy A Rasa Flagship

Samsung Galaxy A7. Liputan6.com/Jeko I.R

Dengan kata lain, teknologi terkini dari Samsung akan lebih dulu menyambangi model Galaxy A sebagai perangkat kelas menengah. Adapun perangkat pertama dari perubahan keputusan ini akan meluncur pada akhir 2018.

"Sebelumnya, kami selalu membawa teknologi baru ke model flagship dan membawanya ke perangkat menengah. Namun, kami telah mengubah strategi itu dengan membawa teknologi baru ke model kelas menengah," tuturnya seperti dikutip dari CNBC, Senin (10/9/2018).

Keputusan ini diambil saat kondisi penjualan smartphone global sedang melambat dan Samsung menjadi salah satu perusahaan yang terdampak.

Hal itu terlihat dari penjualan Galaxy S9 yang dilaporkan lebih rendah dari perkiraan.

Lebih lanjut Koh menuturkan, langkah itu juga diambil untuk menarik perhatian pasar dari generasi milenial.

Karenanya, kini Samsung memilih fokus ke pasar milenial yang seluruhnya belum mampu membeli perangkat flagship.

"Jadi, bagaimana cara kami menyajikan inovasi kepada pengguna milenial? Yakni dengan berupaya memberi alternatif dengan menawarkan perbedaan di kelas menengah," tuturnya.

Untuk itu, Koh sejak awal tahun sudah meminta pihak research and development Samsung bersiap menghadapi perubahan.

Alasannya, Samsung berencana untuk lebih banyak merilis model perangkat kelas menengah dalam satu tahun.

Penjualan Samsung Galaxy S9 Mulai Lesu

Salah satu model di peluncuran Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus di Jakarta, Jumat (9/3/2018). Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani

Sebelumnya, memang sempat dilaporkan penjualan flagship smartphone Samsung, Galaxy S9, pada kuartal II 2018 dilaporkan tidak sebaik tiga bulan sebelumnya.

Menurut laporan, Samsung hanya mengapalkan sembilan juta unit seri Galaxy S9 sepanjang April-Juni 2018.

Dilansir Phone Arena, Senin (23/7/2018), angka pengapalan produk tersebut menandai penurunan dari kuartal I 2018.

Sekadar informasi, Samsung mengapalkan 10,2 juta unit Galaxy S9 pada kuartal I 2018. Kendati demikian, penjualan seri Galaxy S9 diyakini masih melebihi duo Huawei P20.

Secara keseluruhan, penjualan seri Samsung Galaxy S9 pada kuartal I 2018 lebih tinggi daripada kuartal II.

Hal ini memperlihatkan melambatnya penjualan smartphone tersebut. Penjualan kuartal II untuk seri Galaxy S biasanya lebih tinggi dibandingkan kuartal I.

Misalnya, Galaxy S7 dan S7 Edge, keduanya terjual 10,3 juta unit pada kuartal I lalu. Penjualannya naik menjadi 15,6 juta unit tiga bulan setelahnya dengan total penjualan selama enam bulan 25,9 juta.

Pengapalan Galaxy S8 pada tahun lalu juga mencapai 21,2 juta unit pada periode yang sama, dua juta lebih banyak dibandingkan seri Galaxy S9.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Jangan Sampai Intoleransi dan Ekstrimisme Merusak Kerukunan

Posted: 11 Nov 2018 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Panitia dan Pemenang Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Tahun 2018. Pertemuan dilakukan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (12/11/2018).

Dalam pertemuan, Jokowi mengingatkan bahwa Indonesia memiliki keragaman suku, budaya, agama, ras, dan bahasa. Perbedaan-perbedaan itu harus terus dirawat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menegaskan, kerukunan, persaudaraan, dan persatuan merupakan aset terbesar bangsa.

"Aset terbesar bangsa ini yaitu persatuan, kerukunan, dan persaudaraan. Ini harus betul-betul bisa diresapi oleh masyarakat, bisa dipahami secara mendasar oleh masyarakat karena memang perbedaan-perbedaan yang ada itu," kata Jokowi.

Dia melanjutkan, jangan sampai ada pihak-pihak yang tidak menginginkan adanya perbedaan di Tanah Air. Apalagi muncul kelompok intoleransi dan ekstrimisme menganggap dirinya paling benar daripada yang lain.

Cegah Intoleransi

"Jangan sampai intoleransi, ekstrimisme menganggap dirinya yang paling benar itu merasuk kemana-mana dan akhirnya nanti masyarakat merasa tidak rukun. Tidak rukun itu akan sangat berbahaya," tegasnya.

Saat menerima Panitia dan Pemenang Pesta Paduan Suara Gerejani, Jokowi didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Pertemuan digelar setelah Jokowi menerima peserta Kongres Indonesia Millenial Movement Tahun 2018.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pecahkan Rekor 2017, Transaksi Belanja Online 11.11 Alibaba Naik 27 Persen

Posted: 11 Nov 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Shanghai - Pesta belanja online 11.11 yang digelar Alibaba Group pada 11 November 2018 resmi berakhir. Perayaan tersebut mencatatkan rekor baru pada tahun ini, dengan memperoleh total transaksi (Gross Merchandise Volume/GMV) RMB (renminbi) 213,5 miliar atau USD 30,8 miliar.

Nilai total transaksi tersebut meningkat sekitar 27 persen dari 2017, yang sebesar RMB 168,2 miliar atau USD 25,3 miliar.

CEO Alibaba Group Daniel Zhang mengatakan, kesuksesan ini turut didorong meningkatnya kebutuhan konsumsi warga China terhadap produk-produk berkualitas, khususnya yang didatangkan dari luar Tiongkok.

"Hari ini, kita menyaksikan kekuatan dan kebangkitan ekonomi berbasis konsumsi di Tiongkok serta bagaimana para konsumen terus meningkatkan kualitas hidup sehari-hari mereka," tutur dia seusai penutupan 11.11 di Shanghai, China, Senin (12/11/2018).

Angka GMV mulanya berhasil menembus RMB 168,2 miliar pada pukul 15.49 waktu setempat. Namun begitu, jumlah tersebut masih belum dapat menyentuh total transaksi 2017 dalam hitungan dolar Amerika Serikat yang sebesar USD 25,3 miliar.

Sebagai informasi, posisi kurs yuan terhadap dolar pada 11 November 2017 berada di kisaran RMB 6,6415. Nilai tukar itu meningkat di tahun berikutnya pada tanggal yang sama, menjadi RMB 6,9329.

Total transaksi 11.11 pada tahun lalu itu akhirnya pecah telur sekitar pukul 17.30 waktu setempat, saat perhitungan GMV mencapai nominal USD 25,3 miliar. Meski demikian, pergerakan transaksi masih terus terjadi hingga berganti hari, dan sukses mencatatkan rekor baru senilai RMB 213,5 miliar atau USD 30,8 miliar pada pukul 00.00 waktu setempat.

Alibaba juga melaporkan, lebih dari 40 persen konsumen melakukan pembelian dari merek dagang. Selain itu, tercatat pula ada konsumen dari 230 negara dan wilayah yang berpartisipasi dalam 11.11 Global Shopping Festival tahun ini.

Dalam perayaan tahun ini, Lazada juga ikut berpartisipasi sebagai bagian dari ekosistem Alibaba, yakni dengan menghadirkan festival belanja online tersebut kepada konsumen di kawasan Asia Tenggara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, termasuk Indonesia.

Singles Day 11.11 di Tiongkok, JD.com Raup Rp 287 T dalam 11 Hari

JD.id yang berafiliasi dengan JD.com ikut menggelar Singles Day yang bertajuk Amazing 11.11. JD. Liputan6.com/Raden Mutia Hatta

Singles Day atau 11.11, yang jatuh pada 11 November awalnya merupakan perayaan antihari Valentine 14 Februari. Perayaan ini digagas sekelompok mahasiswa Universitas Nanjing, Tiongkok untuk para lajang atau jomblo.

Sejumlah toko online di Tiongkok, salah satunya JD.com memanfaatkan 11.11 menjadi ajang belanja online terbesar. Sejak 2009, para jomblo di Tiongkok merayakan kelajangan mereka dengan berbelanja secara gencar karena banyaknya promosi digelar sejumlah toko online.

Hari belanja online nasional di Tiongkok ini awalnya hanya digelar 24 jam sepanjang 11 November. Namun, karena animo pembelinya besar, sejumlah toko online yang berpartisipasi menggelarnya selama 11 hari mulai 1 November.

Pada 11.11 yang digelar JD.com pada Minggu (11/11/2018), tercatat jumlah penjualan pada setengah jam pertama melonjak hingga 330 persen.

Bahkan, hingga pukul 14.42 waktu Beijing, JD.com telah meraup omzet 136.438.057.901 yuan atau sekitar Rp 287 triliun dalam 11 hari terhitung dari 1 November hingga 11 November.

Di Indonesia, JD.id --perusahaan yang berafiliasi dengan JD.com-- juga ikutan menggelar Singles Day yang bertajuk Amazing 11.11. JD.ID memberikan promo seperti JD Half (diskon setengah harga) dan JD99 (harga serba 99 ribu) pada puncaknya 11 November.

Tak hanya itu, beragam diskon dan promo lainnya juga dihadirkan, seperti 24 jam Flash Sale selama 3 hari Diskon 99 persen, diskon sampai dengan 99 persen untuk merek pilihan Mystery Box, promo dari brand-brand unggulan dalam satu paket, beragam produk dengan harga serba Rp 11.000 dan Rp 110.000, promo bayar hanya 11 persen saja, dan parade diskon khusus brand tertentu setiap hari selama 3 hari.

Head of Marketing JD.ID Mia Fawzia mengungkapkan, perayaan diskon untuk merayakan Single Day telah menjadi momen penting di JD.ID. Salah satu promo yang paling baru dan sensasional adalah JD Golden Ticket yakni kesempatan untuk memenangkan produk luxury dan branded yang #DijaminOri dengan harga Rp 111.000 saja.

"Tema Amazing 11.11 ini sengaja dipilih agar konsumen dapat merasakan amazing experience dalam berbelanja. Lebih dari sekedar mempersembahkan beragam diskon, 11.11 adalah saat bagi kami untuk bersama-sama berpesta bersama para konsumen kami, sekaligus wujud terima kasih karena telah menjadi pelanggan setia JD.ID," ungkap Mia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jual Tanah, Setya Novanto Kembali Cicil Uang Pengganti Korupsi E-KTP ke KPK

Posted: 11 Nov 2018 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menerima cicilan uang pengganti dari terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu menyerahkan sertifikat tanah miliknya yang berada di Kawasan Jatiwaringin, Bekasi kepada KPK. Tanah tersebut kini sudah dibayar oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) sebesar Rp 6.435.322.000.

"Kantor BPN Bekasi membayarkan uang pengganti untuk tanah Setya Novanto yang dilewati jalur kereta cepat Bandung-Jakarta sebesar Rp 6.435.322.000," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (12/11/2018).

Febri mengatakan, tim jaksa eksekusi dari Unit Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi (Labuksi KPK) akan menyerahkan sertifikat tanah tersebut kepada BPN Bekasi sebagai tindak lanjut pembayaran uang ganti rugi atas tanah Setya Novanto.

"KPK telah menerima pembayaran uang pengganti tersebut melalui setoran, disampaikan pada rekening penampungan KPK untuk selanjutnya segera disetor ke kas negara," kata Febri.

 

Cicilan Sebelumnya

Sebelumnya, KPK sempat menyita uang mantan mantan Ketua DPR Setya Novanto sebesar Rp 862 juta. Setya Novanto juga tercatat sudah beberapa kali mencicil uang pengganti.

Pertama sebesar Rp 5 miliar, USD 100 ribu, serta Rp 1,1 miliar. Pihak Setya Novanto juga berencana menjual rumah di kawasan Cipete, namun hingga kini belum teraliasasi.

Pengadilan Tipikor mewajibkan Setya Novanto untuk membayar uang pengganti senilai US$ 7,3 juta. Setya Novanto juga dihukum penjara 15 tahun atas korupsi e-KTP tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Korban Insiden Surabaya Membara Mengalami Trauma

Posted: 11 Nov 2018 09:05 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ronaldo: Semoga Higuain Tak Dapat Sanksi Berat

Posted: 11 Nov 2018 09:05 PM PST

Liputan6.com, Turin - Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, membela bomber AC Milan, Gonzalo Higuain. Pemain berusia 33 tahun tersebut berharap agar Higuain tidak menerima hukuman yang lebih berat dari yang seharusnya diterima.

Higuain mendapat kartu merah di laga antara AC Milan melawan Juventus di giornata ke-12 Serie A musim 2018/19. Pada laga di San Siro, Senin (12/11) dini hari WIB, Higuain mendapat kartu merah pada menit ke-83.

Insiden tersebut bermula ketika wasit Paolo Mazzoleni memberinya kartu kuning karena dinilai melanggar Medhi Benatia. Higuain kemudian marah dan berkata dengan keras di hadapan wajah Mazzoleni. Kartu merah pun melayang dari saku sang wasit.

Sebelum mendapatkan kartu merah, Higuian juga berada dalam situasi yang kurang bagus. Pemain yang berjuluk El Pipita tersebut gagal saat menjalankan tugas sebagai eksekutor penalti. Higuain gagal mengeksekusi penalti pada menit ke-41.

 

Berharap Tak Dapat Sanksi

Reaksi keras yang ditunjukkan oleh Gonzalo Higuain kepada keputusan wasit Paolo Mazzoleni memang bukan hal yang bagus. Ganjaran kartu merah akan membuatnya absen satu pertandingan. Selain itu, Higuain juga terancam sanksi lain yakni tambahan larangan bermain.

Tapi, Cristiano Ronaldo berharap agar hal itu tidak terjadi. Dia menilai, pemain yang pernah jadi rekannya di Real Madrid itu wajar jika marah. Sebab, Milan dalam kondisi tertinggal dari Juventus. Ronaldo pun meminta Higuain untuk tetap tenang.

"Saya sudah bilang kepadanya untuk lebih tenang," buka Ronaldo dikutip dari Sky Sports Italia.

"Dia harus menerima resikonya, bahkan mungkin ada mendapat hukuman lebih berat. Dia tidak bisa berbuat banyak, dia mudah marah karena kalah dalam pertandingan. Itu bisa dimengerti dan saya harap tidak ada sanksi lebih berat," tandas Ronaldo.

Sementara itu, laga di San Siro akhirnya mampu dimenangkan oleh Juventus dengan skor 2-0. Ronaldo mencetak gol pada menit ke-81. Satu gol Si Nyonya Tua lain dicetak Mario Mandzukic pada menit ke-8. Hasil ini membuat Ronaldo diliputi rasa gembira.

"Saya sangat senang, terutama untuk hasil yang diraih tim karena bermain di kandang Milan selalu sulit. Kemenangan ini sangat penting karena di laga lain Napoli juga menang atas Genoa dan kami bisa menjaga jarak," ucap Ronaldo.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Liga Spanyol: Barcelona Tumbang, Real Madrid Menang Lagi

Posted: 11 Nov 2018 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Kejutan besar terjadi di pekan 12 Liga Spanyol. Pemuncak klasemen Barcelona secara mengejutkan kalah dari Real Betis di kandang sendiri 3-4.

Dalam laga ini, Barcelona sudah memainkan kembali Lionel Messi. Pria Argentina itu bahkan bisa membuat dua gol. Namun Messi tetap tak sanggup menyelamatkan Barcelona dari kekalahan. 

Meski kalah Barcelona masih di puncak klasemen dengan 24 poin. Namun cuma unggul satu angka saja dari Sevilla yang ada di urutan kedua.

Sevilla sendiri pada pekan 12 ini menang 2-1 atas Espanyol. Sempat tertinggal lebih dulu, Sevilla bangkit melalui gol Gabriel Mercado dan Wissam Ben Yedder.

Sementara itu Real Madrid kembali menang dibawah asuhan pelatih sementara Santiago Solari. Los Blancos membungkam Celta Vigo 4-2 di Balaidos.

 

Hasil Lengkap

Hasil Lengkap Liga Spanyol Semalam

Alaves 2-1 Huesca

Barcelona 3-4 Betis

Vallecano 2-2 Villarreal

Sevilla 2-1 Espanyol

Celta Vigo 2-4 Real Madrid

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Captiva 2019, Chevrolet dengan Cita Rasa Wuling SUV

Posted: 11 Nov 2018 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebelumnya, General Motors mengumumkan setop memproduksi Chevrolet Captiva. GM menghentikan suplai untuk pasar utama, seperti Australia dan Korea Selatan. Namun, rupanya nama Captiva kembali mencuat, sebagai kendaraan SUV generasi kedua. Ya, Captiva 2019, memulai debutnya di Kolombia, Amerika Selatan!

Tapi tunggu dulu. Ini seperti Wuling Baojun 530 yang hanya berganti lencana menjadi Chevrolet. Dan benar saja, ini bukan mobil yang benar-benar baru. Chevrolet Captiva teranyar sama dengan model pabrikan Cina, Baojun 530, yang memulai debutnya di Tiongkok tahun lalu. Wajar saja, toh merek Baojun didirikan oleh General Motors bersama dengan perusahaan Cina, SAIC untuk memproduksi mobil murah secara massal.

Untuk diketahui, awalnya model Baojun dirancang pakai platform Chevrolet lama. Namun demi menyesuaikan kebutuhan pasar, mobil ini sekarang pakai desain sendiri. Meskipun beberapa part utama masih dipasok oleh GM. Itulah alasan mengapa pabrikan Amerika ini memiliki hak, untuk mengekspor mobil-mobil di bawah merek mereka sendiri.

Apalagi membangun kendaraan dengan platform baru sangatlah mahal. Selain banyak makan waktu (rata-rata lima tahun) dana yang digelontorkan pun tak sedikit. Dalam beraliansi, Chevrolet diuntungkan dengan kerja bareng ini. GM tak perlu banyak mengongkosi riset baru buat Captiva. Cukup anak usaha yang melakukannya.

Perlu diingat, Chevrolet Captiva yang beredar di Indonesia selama ini juga hasil rebadge. Aslinya adalah Daewoo Windstorm yang berasal dari Korea Selatan.

Sumber: Oto.com

Wuling SUV Meluncur Tahun Depan, Ini Tanggapan Mitsubishi

Wuling Motors terlihat akan mulai menyasar pasar SUV dengan membawa SUV andalan mereka, Wuling SUV atau versi Wuling dari Baojun 530 pada GIIAS 2018. Pada saat itu pihak Wuling belum menerima pesanan, karena memang hanya untuk tes pasar.

Namun, jika tak ada ubahan rencana SUV tersebut diluncurkan tahun depan. Yang artinya segmen SUV di Indonesia akan kedatangan pemain baru dengan harga yang kompetitif. Seperti yang Wuling lakukan dengan meluncurkan Confero dan Cortez di kelas LMPV dan MPV.

 

 
 

 

Lantas bagaimana respons dari Mitsubishi? Pasalnya Wuling SUV tersebut akan bersenggolan dengan Outlander yang dibanderol Rp 330 - 375 juta (OTR Jakarta). Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro, mengatakan," Kita perlu lihat dulu bagaimana launching dia (Wuling SUV), bagaimana respons pertama masyarakat."

Irwan mengakui belum ada strategi khusus untuk menyambut kedatangan SUV asal Cina tersebut. " Untuk Outlander-nya sendiri kita terus promosikan, memang belum ada perubahan, tapi kita masih punya konsumen yang masih melihat Outlander sebagai pilihannya. Jadi kita lihat dulu lah," sambungnya.

Menurutnya, semakin banyak pemain di dunia otomotif menjadi tantangan tersendiri, terutama pemain baru non-Jepang. Semakin ketatnya kompetisi mengharuskan Mitsubishi memberikan value yang lebih, tidak hanya dari sisi produk, tapi juga aftersales, dan brand image.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Prancis Imbau Pemimpin Dunia untuk Tolak Nasionalisme Berlebihan

Posted: 11 Nov 2018 09:04 PM PST

Liputan6.com, Paris - Presiden Prancis Emmanuel Macron mendesak para pemimpin dunia untuk menandai seratus tahun Gencatan Senjata Perang Dunia I dengan menolak nasionalisme berlebihan.

Imbauan tersebut disampaikan langsung di hadapa beberapa pemimpin dunia yang datang ke Paris pada Minggu 11 November 2018, termasuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dikutip dari BBC pada Senin (12/11/2018), presiden Prancis menyebut nasionalisme sebagai "pengkhianatan patriotisme", yang berisiko menghambat perdamaian dunia.

"Dengan mengatakan 'kepentingan kami terlebih dahulu dan tidak pernah memikirkan yang lain', Anda mencap hal paling berharga yang dimiliki suatu bangsa, nilai-nilai moralnya," kata Macron.

Selain memperingati satu abad berakhirnya Perang Dunia I, beberapa pemimpin dunia juga mengadakan pertemuan bilateral di sela-selanya. Tidak terkecualia Putin, yang mengatakan kepada wartawan, bahwa dia melakukan percakapan singkat dengan Trump, dan hal itu berjalan dengan baik.

Namun, panitia acara mendadak mengubah pengaturan tempat duduk di menit-menit terakhir menjelang jamuan makan siang, di mana Trump dan Putin tidak duduk berdampingan satu sama lain.

Setelahnya, Macron mengawal para pemimpin dunia untuk berjalan menuju Tomb of the Unknown Soldier, sebuah monumen untuk mengenang jasa para pahlawan Prancis, yang terletak di dalam area Arc de Triomphe.

Dalam sebuah pidato yang berlangsung hampir 20 menit, Macron meminta para pemimpin dunia untuk "berjuang demi perdamaian".

"Merusak harapan (perdamaian) ini dengan penarikan (merujuk pada kebijakan AS), kekerasan atau dominasi (nasionalisme) akan menjadi kesalahan yang membuat generasi mendatang menuntut kita bertanggung jawab," katanya.

Upacara peringatan ini diakhiri dengan tiupan terompet pada pukul 11:00 waktu setempat, yang menyiratkan pada momen berakhirnya Perang Dunia I pada 11 November 1918 silam.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Kunjungan Bersejarah Jerman

Kanselir Jerman Angela Merkel (kiri) memeluk Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) dalam agenda peringatan 100 tahun berakhirnya Perang Dunia I, 10 November 2018 (AP/Phillipe Wojazer)

Sementara itu pada Minggu sore, Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel menghadiri konferensi perdamaian, Paris Peace Forum, dengan para pemimpin dunia lainnya, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin dan Recep Tayyip Erdogan dari Turki.

Kedatangan Merkel dalam upacara terkait merupakan sebuah penanda sejarah, sebab selama ini Jerman hampir tidak pernah mengambil sikap terkait peringatan perdamaian pasca-permusuhan pada Perang Dunia I dan II.

Dalam kesemmpatan tersebut, Merkel memperingatakan bahwa nasionalisme berlebihan mulai tumbu hdengan "tersipu-sipu" di Eropa dan beberapa tempat lainnya di dunia.

Sehari sebelumnya, pada Sabtu 9 November, Macron dan Merkel mengunjungi Kota Compiègne, sebelah utara Paris. Keduanya menandatangani buku peringatan di dalam replika gerbong kereta, yang dibuat identik sesuai dengan lokasi penandatanganan gencatan senjata Perang Dunia I pada tahun 1918.

Di lain pihak, Presiden AS Donald Trump sempat menimbulkan kontroversi ketika dirinya tidak mengahadiri konferensi perdamaian pada Minggu 11 Novemver, dan membatalkan kunjungan ke sebuah kompleks makam pahlawan karena alasan cuaca buruk.

Padahal sehari sebelumnya, Trump pergi ke pemakaman Suresnes di barat Kota Paris, untuk "menghormati orang-orang Amerika pemberani" yang tewas dalam Perang Dunia I.

Perang Dunia I berlangsung pada tahun 1914 hingga 1918, yang menewaskan sekitar 9,7 juta tentara dan lebih dari 10 juta warga sipil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4.200 Penari Meriahkan Perhelatan Indonesia Menari 2018

Posted: 11 Nov 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bakti Budaya Djarum Foundation kembali mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih dekat dengan tarian tradisional yang dikemas secara modern dalam Indonesia Menari 2018. Acara rutin yang memasuki tahun ke tujuh ini digelar serentak di empat kota, yakni Jakarta, Bandung, Solo dan Semarang pada Minggu (11/11/2018).

Kegiatan tahunan yang sudah dilakukan sejak 2012 ini menampilkan sekitar 4.200 peserta di empat kota di Indonesia.

Para peserta terdiri dari perorangan, berbagai komunitas generasi muda, sanggar tari, komunitas pecinta tari, sekolah dan universitas di Indonesia yang menari bersama-sama mengenakan berbagai macam pakaian khas daerah nusantara untuk menunjukkan bakat dan memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah.

Antusiasme masyarakat akan perhelatan ini ditunjukkan dengan jumlah pendaftar di Jakarta yang mencapai 3.000 pendaftar dari 1.500 kuota yang disediakan. Jumlah peserta yang dua kali lipat ini menunjukkan bahwa ekstistensi tarian tradisional di mata masyarakat Indonesia ternyata tidak redup.

 

Semarang jadi kota keempat

14 peserta masuk tahap semifinal kategori kelompok sedang mempertunjukkan tarian di depan para juri dan pengunjung. (Sumber foto: Immanuela Harlita Josephine)

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian memaparkan bahwa Indonesia Menari digelar secara konsisten setiap tahunnya untuk mengajak berbagai jenis elemen masyarakat menari bersama sebagai bentuk nyata kepedulian pada budaya Indonesia khususnya di bidang tari.

"Di tahun ke-7 penyelenggaraan Indonesia Menari ini semakin banyak permintaan dari para pecinta seni untuk menyelenggarakan Indonesia menari di daerahnya dan setelah secara serempak untuk pertama kalinya di tiga kota tahun lalu, kami menambah satu kota lagi, yakni Semarang tepatnya di Taman Inonesia Kaya yang baru saja diresmikan pada 10 Oktober lalu," jelas Renitasari.

Penyelenggaraan di kota lainnya juga diramaikan oleh beragam kelompok dan individu yang datang dari beragam daerah.

Terdapat peserta yang datang secara khusus dari Bangka Belitung untuk ikut memeriahkan acara ini dengan bergabung sebagai salah satu penari di Bandung.

Baik Bandung maupun Solo, keduanya sama-sama diikuti sebanyak 1.200 penari dari berbagai daerah, seperti Jogjakarta, Kudus, Boyolali, bahkan dari Palembang dan Malang. Sedangkan daerah Semarang diikuti sebanyak 300 penari yang juga tersebar dari berbagai daerah.

Berkonsep indoor

Para peserta menari pada putaran pertama yang tersebar di sejumlah titik mall Grand Indonesia. (Sumber foto: Immanuela Harlita Josephine)

Indonesia Menari 2018 dimulai serentak pukul 13.00 WIB, dengan konsep indoor yang tersebar di beberapa area di Grand Indonesia, Jakarta; Mall the Park, Solo, dan 23 Paskal Shopping Centre, Bandung. Khusus untuk Indonesia Menari 2018 yang berlangsung di Semarang diselenggarakan outdoor pada pukul 16.00.

Sekitar 300 penari menari di Taman Indonesia Kaya yang merupakan taman dengan panggung seni pertunjukan terbuka pertama di Jawa Tengah yang memberikan warna baru bagi kota Semarang.

Daerah Jakarta khususnya, sebanyak kurang lebih 1.500 penari mewarnai kawasan Grand Indonesia West Mall dengan tarian-tarian tradisional bumbu modern yang dipadupadankan bersama pakaian serta tata rias wajah khas daerah nusantara.

Acara ini tentu banyak menyita perhatian pengunjung mal yang datang.

"Saya senang sekali karena pas banget lagi jalan-jalan akhir pekan bareng keluarga lalu kebetulan ada acara Indonesia Menari. Hiburan sekali liat banyak anak muda mau melestarikan budaya Indonesia lewat tarian bersama-sama di sini. Terhibur banget sih, penarinya juga pada kompak dan kalau bisa sering-sering ada acara kayak gini lagi," kata Rita, salah satu pengunjung mal Grand Indonesia.

Penari tersebar di beberapa titik mal Grand Indonesia. Tepat pukul 13.00 WIB musik dijalankan dan tarian diulang sebanyak dua kali putaran.

Terlihat antusias yang begitu besar, baik dari penari yang berasal dari berbagai kota sekitaran Jakarta hingga pengunjung yang memadati sekiataran titik kumpul para penari mempertunjukkan gerakannya.

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Model Sepatu yang Berhasil Menggoda Jokowi di Bandung

Posted: 11 Nov 2018 09:01 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kota Bandung membuat Gally Magido Rangga, pemilik produk sepatu Exodos 57, bangga. Minggu (11/11/2018) siang itu, Gally sedang membuka stan sepatu kulit buatannya.

Jokowi yang didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat itu datang untuk menghadiri acara deklarasi Jabar Kondusif yang digelar di Jalan Braga, Kota Bandung.

Jokowi dan Kang Emil pun berkeliling mengunjungi sejumlah tenan yang memajang berbagai karya hasil kreativitas komunitas asal Jawa Barat itu.

"Pas di stan saya, Pak gubernur langsung memberitahu Pak Jokowi bahwa beliau pernah membeli sepatu saya," kata Gally.

Melihat sepatu yang dipajang Gally cukup menarik, Jokowi lalu bertanya kepada Gally.

"Intinya Pak Jokowi menyebut sepatunya bagus sekali. Dia lalu bertanya, karya saya dijual dengan harga berapa," kata Gally merujuk pada sepatu seri Kearifan Lokal Part II yang dipesan Jokowi.

Gally pun menerangkan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu bahwa sepatunya dijual dengan harga Rp 2,9 juta.

"Saya juga katakan pada beliau bahwa penjualan sepatu seri kearifan lokal itu didonasikan juga untuk korban gempa dan tsunami di Palu," ucapnya.

Jokowi, kata Gally, menyebut bahwa sepatu ciptaannya terlalu murah. "Murah sekali untuk sepatu sebagus ini," ujar Gally menirukan ucapan presiden.

"Lalu kang Emil menjelaskan bahwa dia pernah beli sepatu seri pertama dengan harga Rp 6 juta karena sekalian untuk menyumbang ke Palu. Beliau juga menjelaskan bahwa saya orang Palu yang sudah lama menetap dan mencintai Bandung," tutur Gally menerangkan.

Jokowi pun akhirnya membeli sepasang sepatu Exodos 57 buatan Gally. "Beliau beli sepatu ukuran 42," katanya.

Bahan Lokal

Sepatu Exodos 57 seri Kearifan Lokal Part II. (Istimewa)

Selain membeli sepatu, Jokowi juga bertanya kepada Gally soal material sepatu.

Gally pun menjelaskan bahwa sepatu Kearifan Lokal Part II ini merupakan sepatu berbahan kanvas dan kulit lokal.

"Awalnya kita mengeluarkan seri pertama dengan materia kanvas, kulit, batik, dan tenun lokal. Begitu sukses, kita keluarkan part II," ujarnya.

Gally pun berharap, perhatian pemimpin yang melirik karya anak bangsa terutama pelaku industri kreatif lebih sering lagi.

"Sebagai pelaku industri kreatif, kita ingin produk Lokal bisa setara dengan produk luar negeri. Minimal diakui oleh bangsa sendiri," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

128 Orang Jadi Korban Hoaks Lowongan Kerja PT KAI

Posted: 11 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kasus penipuan terhadap 128 orang dengan modus rekrutmen penerimaan pegawai PT KAI yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab terungkap di Stasiun Gambir, Minggu malam 11 November 2018.

Modus pelaku adalah dengan mengiming-imingi korban untuk berangkat mengikuti pendidikan dan pelatihan calon pegawai PT KAI di Yogyakarta dengan membayar sejumlah uang kepada oknum tersebut yang berkisar antara Rp 5 - 20 juta.

"Para korban penipuan diamankan oleh petugas keamanan Stasiun Gambir karena kedapatan menggunakan tiket palsu untuk keberangkatan KA Argo Lawu 11 November 2018 pukul 20.15 WIB," kata Senior Manager Humas KAI DAOP 1 Jakarta Edy Kuswoyo, Senin (12/11/2018).

Edy menambahkan, segala proses rekrutmen resmi PT KAI, mulai dari pengumuman hingga proses pengiriman berkas hanya dilakukan melalui website resmi PT KAI yakni https://recruitment.kai.id . 

 

 

KAI Tegaskan Rekrutmen Pegawai Tak Dikenakan Biaya Apapun

Penumpang kereta api. (Liputan6.com/KAI Daop 5 PWT/Muhamad Ridlo)

Selain itu, Edy menuturkan, setiap pelaksanaan perekrutan pegawai yang dilakukan oleh PT KAI tidak dikenakan biaya apapun, termasuk uang muka, uang tanda jadi, atau segala jenis biaya serupa. 

"Oleh karena itu, manajemen PT KAI mengimbau kepada masyarakat untuk waspada atas segala upaya penipuan yang memanfaatkan momen perekrutan pegawai PT KAI," tambah dia.

Edy mengimbau, masyarakat diharapkan lebih jeli dan teliti bila mendapatkan pesan berupa pengumuman rekrutmen. Jangan mudah tertarik dan waspada akan segala bentuk kemudahan yang ditawarkan untuk menjadi pegawai dari oknum yang mengatasnamakan PT KAI. 

Selain itu, PT KAI juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak meneruskan dan menyebarkan pesan tentang pengumuman rekrutmen PT KAI yang terindikasi palsu untuk menghindari semakin banyaknya orang yang tertipu oleh oknum pembuat rekrutmen palsu tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Wahana Mendebarkan yang Biasa Ada di Pasar Malam

Posted: 11 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sudah lama sejak pasar malam dijadikan alternatif hiburan bagi tak sedikit orang. Konsepnya yang meriah dengan ragam penjaja, dari pakaian sampai pertunjukan, semua ada di satu tempat dalam kemasan terjangkau.

Mengingat pasar malam ditujukan pada semua umur, wahana yang ditawarkan tak hanya santai ala anak-anak. Ya, nyatanya ada juga sejumlah wahana yang sanggup membuat jantung Anda berdebar. Dari sekian banyak, berikut beberapa di antaranya.

Tong Setan

Wahana ini biasanya hadir dengan beberapa nama berbeda, namun memiliki konsep serupa, yakni ruang tabung, biasanya terbuat dari kayu, dengan para pengemudi pemberani yang memacu motor dalam kecepatan tinggi.

Aksi ini kemudian akan menghasikan suara berisik dari knalpot motor. Para pengendara biasanya akan memutari tong dengan trik-rik yang hampir tak pernah gagal membuat jantung penonton berdebar.

Ombak

Kalau tadi cuma melihat, wahana satu ini menggoda Anda untuk menaikinya. Wahana sederhana ini dibuat melingkar dengan bangku kayu di setiap sisinya. Setelah bangku penuh, para petugas akan mulai memutar dan menggoyangkan lingkaran tersebut.

Sesuai dengan namanya, senasasi yang ingin ditawarkan salah satu wahana di pasar malam ini adalah terombang-ambing ombak dengan gerakan memutar. Walau ngeri, tapi wahana ini katanya bikin ketagihan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Wahana-Wahana Mendebarkan di Pasar Malam

Pengunjung asyik bermain wahana kora-kora di Pasar Senggol, Summarecon Mal Bekasi, Sabtu (16/04). Lokasi yang berada di area parkir barat ini dibuka setiap hari hingga pukul 22.00 WIB. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Kora-Kora

Ada juga Kora-Kora yang siap mengantar Anda 'terbang' sejenak. Wahana yang biasanya maksimal diisi 21 orang ini akan diayun-ayunkan dengan kecepatan tinggi. Saking ngeri nan mendebarkan, jangan heran kalau banyak orang yang menjerit saat naik Kora-Kora. Kalau ingin sensasi maksimal. coba saja duduk di kursi paling belakang.

Rumah Hantu

Adrenalin Anda juga bisa dipicu dengan memasuki wahana Rumah Hantu. Tak hanya soal desain mengerikan, Anda harus siap dikagetkan oleh para penjaga yang berdandan layaknya hantu macam kuntilanak, pocong dan sebagainya. Walau bersama teman, tidak ada jaminan kalau Anda bakal biasa-biasa saja saat masuk wahana satu ini.

Bianglala

Kemudian, ada salah satu wahana lain yang jadi ikonis pasar malam, Bianglala. Mungkin awalnya Anda akan tergoda melihat lampu warna-warni yang biasanya menghasi wahana satu ini. Tapi, saat naik, jangan kaget kalau ternyata putarannya cukup cepat hingga membuat deg-degan. Jadi, mana yang kiranya ingin Anda coba lebih dulu?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Sergio Aguero di Derby Manchester

Posted: 11 Nov 2018 09:00 PM PST

Striker Manchester City, Sergio Aguero melepaskan tendangan ke arah kiper MU, David De Gea saat bertanding pada lanjutan Liga Inggrid di stadion Etihad, Manchester (11/11). Sebelumnya, rambut Aguero berwarna hitam biasa. (AFP Photo/Lindsey Parnaby)

Striker Manchester City, Sergio Aguero melepaskan tendangan ke arah kiper MU, David De Gea saat bertanding pada lanjutan Liga Inggrid di stadion Etihad, Manchester (11/11). Sebelumnya, rambut Aguero berwarna hitam biasa. (AFP Photo/Lindsey Parnaby)

Striker Manchester City, Sergio Aguero berusaha merebut bola yang dibawa striker MU, Jesse Lingard saat bertanding pada lanjutan Liga Inggrid di stadion Etihad, Manchester (11/11). City menang 3-1 atas MU. (AP Photo/Dave Thompson)

Striker Manchester City, Sergio Aguero berusaha merebut bola yang dibawa striker MU, Jesse Lingard saat bertanding pada lanjutan Liga Inggrid di stadion Etihad, Manchester (11/11). City menang 3-1 atas MU. (AP Photo/Dave Thompson)

Striker Manchester City, Sergio Aguero saat digantikan pelatih Pep Guardiola saat bertanding melawan MU pada lanjutan Liga Inggrid di stadion Etihad, Manchester (11/11). Aguero tampil beda dengan gaya rambut di cat pirang. (AP Photo/Dave Thompson)

Striker Manchester City, Sergio Aguero saat digantikan pelatih Pep Guardiola saat bertanding melawan MU pada lanjutan Liga Inggrid di stadion Etihad, Manchester (11/11). Aguero tampil beda dengan gaya rambut di cat pirang. (AP Photo/Dave Thompson)

Striker Manchester City, Sergio Aguero berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Manchester United pada lanjutan Liga Inggrid di stadion Etihad, Manchester (11/11). Sebelumnya, rambut Aguero berwarna hitam biasa. (AFP Photo/Oli Scarff)

Striker Manchester City, Sergio Aguero berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Manchester United pada lanjutan Liga Inggrid di stadion Etihad, Manchester (11/11). Sebelumnya, rambut Aguero berwarna hitam biasa. (AFP Photo/Oli Scarff)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bianglala Terbalik, Penumpang Gelantungan Nyaris Jatuh

Posted: 11 Nov 2018 09:00 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Moreno Soeprapto Dikaruniai Bayi Perempuan

Posted: 11 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Moreno Soeprapto dan istrinya, Noorani Sukardi, resmi menyandang status sebagai ayah dan ibu. Noorani baru saja melahirkan buah hatinya yang berjenis kelamin perempuan, di sebuah rumah sakit.

Kabar bahagia ini disampaikan lagsung oleh Moreno Soeprapto melalui akun Instagram miliknya. Moreno mengutarakan rasa syukur akan kehadiran sang buah hati di tengah keluarga kecilnya.

"Hari di mana aku menjadi ayah dari anak perempuan. Aku menjadi pria yang paling bahagia. Aku juga sangat bangga dengan istriku," tulisnya pada Senin (12/11/2018).

Dalam keterangannya, Moreno Soeprapto juga mengungkap nama malaikat kecil. "Aku sangat mencintai keluarga kita yang saat ini sudah berjumlah tiga orang. Selamat datang Saja Noor Soeprapto," tandasnya.

Foto

[Foto: Instagram Moreno]

Bersama dengan keterangan itu, pebalap yang juga menjadi anggota dewan ini memperlihatkan foto istrinya yang sedang menyusui sang buah hati. Sementara Moreno sendiri menatap istri dan anaknya dengan penuh cinta.

Kabar bahagia ini pun direspons positif oleh warganet. Mereka beramai-rami mengucapkan selamat serta doa untuk sang buah hati.

Selamat

Moreno Soeprapto dan Noorani gelar private party di Bali.

"Selamat ya Reno & Rani . Sll sehat & jd anak sholehah buat baby girl nya," ujar pengguna akun Instagram @ita_irawaty.

"Congrats Moreno @moreno_soeprapto and Wifeyy.. Happy for both of you. Sehat2 ya mommy and baby Saja Welcome to the world baby Sajaa," tambah @tassjakal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Keuntungan Minum Air Putih Ketimbang Kopi di Pagi Hari

Posted: 11 Nov 2018 09:00 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta Apa yang Anda minum pertama kali sesudah bangun tidur? Sebagian orang ada yang memilih hanya minum air putih, tapi tak sedikit pula yang terbiasa harus meminum secangkir kopi atau teh sebelum memulai hari. 

Sebenarnya, mana yang lebih baik atau sehat untuk diminum? Air putih, teh, atau kopi?

Anda lebih dianjurkan memperbanyak air putih, karena tubuh mengalami dehidrasi setelah berpuasa sepanjang malam. Sedangkan kopi bersifat diuretik yang merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak natrium ke dalam urine. Akibatnya tubuh lebih mudah dehidrasi.

Selain itu, otak adalah salah satu organ yang paling membutuhkan banyak air, yang selanjutnya akan membantu Anda lebih fokus dalam memulai hari dan memudahkan Anda berpikir jernih. Itu sangat penting untuk memiliki hari yang produktif.

Lebih lanjut, tubuh Anda berada dalam masa pembuangan racun di pagi hari. Dengan mengonsumsi air putih, tubuh akan mengeluarkan racun dan mulai membantu fungsi tubuh dalam proses penyisihan. Ini membantu Anda merasa bersemangat dan siap untuk menjalani hari yang menyenangkan.

Sedikit catatan, dengan menambahkan perasan lemon ke air akan merangsang hati untuk menghasilkan empedu yang membantu pencernaan dan membersihkan saluran kemih, sebagaimana dikutip dari situs Canstarblue pada Senin, 12 November 2018.

 

Minum Kopi di Pagi Hari

Jika Anda berkesempatan minum kopi di kafe di Austria, maka jangan kaget ketika kopi akan datang bersama air putih. (iStockphoto)

Kopi sangat asam dan mengandung senyawa yang mengganggu lapisan lambung. Ketika minum kopi perut Anda akan menghasilkan asam klorida (HCl). Ini diperburuk ketika Anda minum kopi dengan perut kosong.

Tubuh memiliki kemampuan terbatas untuk memproduksi asam klorida, dan dengan minum secangkir kopi biasa, Anda dapat merasakan hal yang tidak enak di perut. Hal ini menyebabkan asam lambung rendah yang dapat menyebabkan masalah pada pencernaan, kekurangan mineral, dan banyak lainnya.

Ketika memilih minum air putih, Anda telah meminimalisir kerusakan ini. Keuntungan lainnya, minum air putih terlebih dahulu akan memuaskan dahaga Anda.

 

Berapa Gelas Air Putih

Berapa banyak air yang harus anda minum? Jika Anda tidak terbiasa minum air putih di pagi hari, akan sangat sulit untuk mengonsumsi lebih dari satu gelas. Anda dianjurkan memulainya sebanyak 500ml, lalu akhirnya atau satu liter.

Kebiasaan sederhana ini terlihat mudah, tapi sulit untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Mulailah membiasakan minum air putih di pagi hari, karena tidak hanya sehat yang Anda dapat tapi juga rasa bahagia lantaran Anda bisa berpikir jernih dan tentunya lebih berenergi.

 

Penulis: Adnandika Pangestu

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barang-Barang Pribadi Stephen Hawking Dilelang Miliaran Rupiah

Posted: 11 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Barang-barang pribadi milik fisikawan Stephen Hawking dilelang seharga ratusan ribu dolar AS di rumah lelang Christie, baru-baru ini.

Di antara barang-barang yang dilelang, ada kursi roda kulit bermotif merah hingga salinan disertasi doktoral miliknya yang berjudul Properties of Expanding Universes. Ini adalah satu dari lima salinan yang diketahui.

Masing-masing dijual seharga US$ 387.402 (setara Rp 5,6 miliar) dan US$ 763.381 (setara Rp 11,1 miliar). Demikian sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Gizmodo, Senin (12/11/2018).

Barang-barang tersebut adalah sebagian dari barang pribadi milik Stephen Hawking yang dilelang di rumah lelang Christie "On the Shoulders of Giants", yang berlangsung 31 Oktober hingga 8 November 2018.

Tidak hanya kursi roda dan laporan disertasi doktoral, sejumlah dokumen tulisan tangan dari Isaac Newton, Charles Darwin, dan Albert Einstein turut dilelang di sana.

Masih milik Stephen Hawking, sebuah salinan buku berjudul A Brief History of Time yang ditandatangani dan diberi cap jempol ikut dilelang juga dengan harga US$ 89.751 (setara Rp 1,3 miliar).

Ada juga jaket bomber yang laku seharga US$ 52.219 (setara Rp 765 juta) dan koleksi medali dan penghargaan miliknya yang terjual US$ 387.402 (sekitar Rp 5,6 miliar).

Kemampuan Mengagumkan Hawking

Sebuah gambar menunjukkan medali dan penghargaan milik Stephen Hawking selama sesi pemotretan untuk acara pelelangan di Balai Lelang Christie, London, Selasa (30/10). Lelang online dimulai 31 Oktober hingga 8 November 2018. (Daniel LEAL-OLIVAS/AFP)

Bukan hanya itu, skrip asli yang diproduksi dan ditampilkan di The Simpsons dijual US$ 8.157 (setara Rp 119 jutaan).

Sementara, undangan acara Reception for Time Travellers dijual US$ 14.685 (setara Rp 215 jutaan).

Head of the Books and Manuscripts Department di Christie Thomas Venning mengatakan, Stephen Hawking merupakan pribadi yang sangat besar di seluruh dunia.

"Dia memiliki kemampuan sangat mengagumkan untuk terhubung dengan orang lain," kata Venning.

Kata Anak Stephen Hawking

Sebuah gambar menunjukkan salah satu dari lima salinan tesis fisikawan teoretis, Stephen Hawking di Cambridge University pada 1965 selama sesi pemotretan untuk acara pelelangan di Balai Lelang Christie, London, Selasa (30/10). (Daniel LEAL-OLIVAS/AFP)

Venning mengatakan, kursi roda milik Hawkings merupakan salah satu kursi roda paling awal yang dia gunakan setelah di diagnosis dengan amyotrophic lateral sclerosis (ALS).

Kursi roda ini terjual dengan harga 20 kali lipat ketimbang harga yang diharapkan sebelum lelang. Penjualannya pun akan menguntungkan baik bagi Hawking Foundation maupun Asosiasi Penyakit Motor Neurone.

The Guardian mengungkap kalau putri Hawking, Luc mengakui lelang tersebut merupakan kesempatan bagi pengagum untuk mendapatkan kenang-kenangan dari Hawking.

"Ini jadi kesempatan bagi para pengagumnya untuk mendapatkan kenang-kenangan dari kehidupan luar biasa ayah kami, dalam bentuk item-item kecil yang mengunggah dan menarik," tuturnya.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Tumbang, Mourinho Tak Mau Bicara Peluang Juara

Posted: 11 Nov 2018 08:52 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) tak mampu berbuat banyak di markas Manchester City. Melawat ke Etihad Stadium pada pekan ke-12 Premier League 2018/19, Minggu (11/11), Setan Merah menyerah dengan skor 1-3.

MU tak mampu mengulang comeback dramatis di Etihad Stadium musim lalu. Situasinya nyaris sama, MU tertinggal dua gol lebih dahulu. Hanya saja kali ini Man City berhasil memastikan kemenangan dengan mencetak gol ketiga lebih awal.

Kekalahan tersebut kian menyulitkan posisi MU di klasemen sementara. Saat ini tim asuhan Jose Mourinho itu berada di posisi kedelapan klasemen sementara dengan 20 poin. Tertinggal 12 poin dari Man City yang berada di puncak klasemen. Jose Mourinho pun tak mau bicara soal peluang juara MU.

Menurut Mourinho, bicara soal peluang juara saat ini sangatlah tidak realistis. Dia percaya MU harus terlebih dahulu bejuang menembus empat besar, setelahnya baru melihat kekuatan tim pesaing dan potensi merebut gelar juara musim ini.

"Kami berada di luar empat besar, bagaimana kami bisa bicara soal gelar juara?" tanya Mourinho dikutip dari Sky Sports. "Untuk bicara soal gelar juara anda harus berada di posisi atas klasemen."

"Jadi kami akan berjuang untuk menutup selisih poin dan menembus empat besar, jika suatu hari nanti kami berhasil, kita lihat saja apa perbedaannya."

 

Tak Ada Pogba

Pertandingan tersebut berjalan lebih sulit bagi MU karena Paul Pogba yang cedera dan tak bisa bermain. Mourinho terpaksa memainkan Marouane Fellaini meski sebenarnya kondisi Fellaini tak cukup baik untuk tampil selama 90 menit.

"Salah satu hal yang cukup merusak rencana kami adalah Fellaini harus memulai pertandingan sejak menit awal. Fellaini tidak dalam kondisi yang cukup baik untuk bermain selama 90 menit, dia fenomenal tetapi dia tidak dalam kondisi untuk melakukannya."

"Biasanya saya memainkan Fellaini di tahap akhir pertandingan. Bayangkan Fellaini datang dengan tenaga penuh setelah skor 2-1 dan masih ada 25 menit pertandingan, itu adalah hal penting bagi kami," tandas dia.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Ingatkan Tantangan Radikalisme dan Korupsi ke Kepala Daerah

Posted: 11 Nov 2018 08:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri menggelar Diklat Kepala Daerah Gelombang I yang dihadiri oleh bupati, wali kota, dan ketua DPRD. Para kepala daerah angkatan 2018 dan seluruh peserta yang hadir diminta siap untuk menghadapi tantangan bangsa Indonesia, seperti radikalisasi dan korupsi.

Mendagri Tjahjo Kumolo menyampaikan, kepala daerah mesti mengetahui berbagai organisasi yang ada di masyarakat tempatnya memimpin. Jangan sampai muncul bibit radikalisme baik dari personal maupun kelompok.

"Kasus pengeboman di Surabaya satu keluarga, di dunia itu hanya terjadi di negara kita. BNPT akan menjelaskan secara tertutup jaringan-jaringannya sampai mendetail," tutur Tjahjo di Kantor BPSDM Kemendagri Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (12/11/2018).

Negara memang membebaskan warga negaranya berserikat. Hanya harus diingat bahwa Indonesia memiliki dasar hukum berasaskan Pancasila.

"Dulu ada ormas Gafatar mengajukan ormas sifatnya sosial. Rekrutmennya kita nggak paham dan pas hijrah baru tahu dia membeli senjata dan bersiap melawan pemerintahan yang sah," jelas dia.

Tantangan selanjutnya yang dihadapi kepala daerah adalah masalah narkoba. Program P4GN mesti berjalan mulai dari para penyelenggara negara hingga lapisan masyarakat sipil secara keseluruhan.

"Saya di Puncak Jaya, Tolikara, itu ada yang menghirup lem, dikocok spiritus. Kemudian orang-orangnya ya itu juga yang menggerakkan (narkoba) dari lapas," kata Thahjo.

Thahjo juga meminta para kepala daerah memahami area rawan korupsi. Berdasarkan data, sudah ada 101 kepala daerah yang terkena OTT KPK. Kemudian ratusan lebih anggota DPRD dan SKPD.

 

Harus Sigap

Kementerian Dalam Negeri menggelar Diklat Kepala Daerah Gelombang I yang dihadiri oleh bupati, wali kota, dan ketua DPRD. (Liputan6.com/ Nanda Perdana Putra)

"Kalau kepala daerah yang merasa ditekan saat perencanaan APBD, tinggalkan saja DPRD, buat Perwali Perbup. Jangan sampai terulang seperti di Malang. Semua DPRD-nya habis. Nanti tambah Jambi DPRD-nya habis semua, seperti Sumatera Utara DPRD-nya habis. Cukup tiga itu saja, cuma gara-gara Rp 5 juta jadi rontok semua," tukas dia.

Tidak ketinggalan para kepala daerah juga harus sigap dengan daerah rawan bencana. Di Indonesia, hanya Kalimantan saja yang tercatat 96 persen aman bencana. Selebihnya masuk kategori rawan.

"Urusan Palu itu sudah 50 tahun lalu dideteksi akan ada kecamatan yang tenggelam. Lempengnya ada," Thahjo menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Seram, Ratusan Zombie Teror Kota Meksiko

Posted: 11 Nov 2018 08:45 PM PST

Seorang wanita berpartisipasi dalam Zombie Walk di Mexico City, Minggu (11/11). Dalam acara tahunan itu ratusan orang dengan penampilan yang seram serta mengenakan pakaian compang-camping berkumpul di pusat bersejarah ibu kota Meksiko. (AP/Claudio Cruz)

Seorang wanita berpartisipasi dalam Zombie Walk di Mexico City, Minggu (11/11). Dalam acara tahunan itu ratusan orang dengan penampilan yang seram serta mengenakan pakaian compang-camping berkumpul di pusat bersejarah ibu kota Meksiko. (AP/Claudio Cruz)

Sebuah keluarga berpose selama Zombie Walk di Mexico City, Minggu (11/11). Ratusan orang dengan penampilan yang seram serta mengenakan pakaian compang-camping berkumpul di pusat bersejarah ibu kota Meksiko dalam acara tahunan tersebut. (AP/Claudio Cruz)

Sebuah keluarga berpose selama Zombie Walk di Mexico City, Minggu (11/11). Ratusan orang dengan penampilan yang seram serta mengenakan pakaian compang-camping berkumpul di pusat bersejarah ibu kota Meksiko dalam acara tahunan tersebut. (AP/Claudio Cruz)

Seorang pria berpartisipasi dalam Zombie Walk di Mexico City, Minggu (11/11). Dalam acara tahunan itu ratusan orang dengan penampilan yang seram serta mengenakan pakaian compang-camping berkumpul di pusat bersejarah ibu kota Meksiko. (AP/Claudio Cruz)

Seorang pria berpartisipasi dalam Zombie Walk di Mexico City, Minggu (11/11). Dalam acara tahunan itu ratusan orang dengan penampilan yang seram serta mengenakan pakaian compang-camping berkumpul di pusat bersejarah ibu kota Meksiko. (AP/Claudio Cruz)

Seorang wanita berpartisipasi dalam Zombie Walk di Mexico City, Minggu (11/11). Dalam acara tahunan itu ratusan orang dengan penampilan yang seram serta mengenakan pakaian compang-camping berkumpul di pusat bersejarah ibu kota Meksiko. (AP/Claudio Cruz)

Seorang wanita berpartisipasi dalam Zombie Walk di Mexico City, Minggu (11/11). Dalam acara tahunan itu ratusan orang dengan penampilan yang seram serta mengenakan pakaian compang-camping berkumpul di pusat bersejarah ibu kota Meksiko. (AP/Claudio Cruz)

Seorang wanita merias wajahnya sebelum Zombie Walk di Mexico City, Minggu (11/11). Ratusan orang dengan penampilan seram dan mengenakan pakaian compang-camping berkumpul di pusat bersejarah ibu kota Meksiko dalam acara tahunan tersebut. (AP/Claudio Cruz)

Seorang wanita merias wajahnya sebelum Zombie Walk di Mexico City, Minggu (11/11). Ratusan orang dengan penampilan seram dan mengenakan pakaian compang-camping berkumpul di pusat bersejarah ibu kota Meksiko dalam acara tahunan tersebut. (AP/Claudio Cruz)

Seorang pria dibantu berdandan sebelum Zombie Walk di Mexico City, Minggu (11/11). Dalam acara tahunan itu ratusan orang dengan penampilan yang seram dan mengenakan pakaian compang-camping berkumpul di pusat bersejarah ibu kota Meksiko. (AP/Claudio Cruz)

Seorang pria dibantu berdandan sebelum Zombie Walk di Mexico City, Minggu (11/11). Dalam acara tahunan itu ratusan orang dengan penampilan yang seram dan mengenakan pakaian compang-camping berkumpul di pusat bersejarah ibu kota Meksiko. (AP/Claudio Cruz)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tol Trans Jawa Ruas Merak-Probolinggo Tersambung Akhir November 2018

Posted: 11 Nov 2018 08:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tol trans Jawa ruas Merak hingga Probolinggo bakal tersambung pada akhir November tahun ini. Keberadaan infrastruktur dapat segera dioperasikan untuk mendukung lalu lintas arus liburan Natal dan tahun baru.

"Jadi secara prinsip kita yakini fisik semua selesai. Merak-Probolinggo di 30 november sudah terhubung," kata Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero), Desi Ariyani di kantor Jasa Marga Gerbang Tol Waru Gunung, Jawa Timur, Senin (12/11/2018).

Sebelumnya Desi menjelaskan jika setelah semua ruas tol jasa Marga rampung maka diperlukan waktu sekitar 2 hingga 3 minggu untuk melakukan uji kelayakan operasi.

"Sehingga di akhir tahun akan bisa diresmikan dan dioperasikan. Jadi kita harapkan semua bisa men-support libur Natal dan tahun baru. Kemudian di awal januari baru ditarifkan nanti," ujar dia.

Dia mengatakan tiga ruas tol milik Jasa Marga yang akan rampung pembangunannya pada tahun ini antara lain, ruas Batang-Semarang, Salatiga-Kertasura, kemudian Gempol-Pasuruan seksi 3c.

Saat ini perkembagan pembangunan ruas tol Batang-Semarang sudah sekitar 95 hingga 96 persen. Sebab masih terdapat beberapa pekerjaan ringan yang mesti dituntaskan.

"Jadi yang belum sempurna itu di Simpang Susun Krapyak itu sambungan dari Batang-Semarang menuju tol Semarang sama tol Semarang-Solo. Kemudian di situ ada 2 overpass itu juga belum tuntas tapi sebentar lagi juga selesai. Kemudian tinggal sisanya adalah gerbang kali kampung dan sedikit minor-minor pekerjaan, Itu batang-semarang. Batang-semarang 75 kilo ya," jelas dia.

Selanjutnya, untuk ruas Salatiga-kartasura sepanjang 32 kilometer, kata Desi, pihaknya fokus menggarap pekerjaan di jembatan Kali Genteng. Titik ini sempat menjadi perbincangan lantaran diisukan memiliki tanjakan yang curam.

"Yang heboh sering diangkat kalau mudik kemarin adalah Kali Genteng, Kali Genteng sudah cor sudah bisa dilewati, sisanya tinggal pengerjaan minor jadi pengaspalan rambu lampu marka jalan dan lainnya. Jadi itu bisa selesai akhir bulan ini selesai semuanya," jelas dia.

"Terakhir Gempol-Pasuruan seksi 3c itu cuma 14 kilo, progress-nya juga sudah hampir 90 persen kan pendek ya tidak sulit akhir bulan November juga tuntas," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Ada Tol Trans Jawa, Waktu Tempuh Jakarta-Surabaya Hanya 10 Jam

Kementerian BUMN turut serta dalam ekspedisi tembus Tol Trans Jawa (Foto:Merdeka.com/Wilfridus S)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN),Rini Soemarno, meninjau langsung kondisi terkini proyek tol Trans Jawa dengan berkendara menempuh rute Gerbang Tol Waru Gunung sebagai titik awal sampai Telkom Landmark Tower yang berada di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, sebagai lokasi finish. 

"Kita akan ekspedisi Trans Jawa jalur tol yang sudah ditunggu sejak tahun 1996. Sudah dinantikan lebih dari 20 tahun, karena memang sudah dicanangkan sejak lama," kata Rini Soemarno, Kantor Jasa Marga Gerbang Tol Waru Gunung, Jawa Timur, (12/11/2018).

Perjalanan sepanjang kurang lebih 800 Kilometer ini diperkirakan memakan waktu sekitar 16 jam dengan meninjau sejumlah titik dan beristirahat.

Beberapa titik yang menjadi fokus dalam tinjauan ini adalah Jembatan Kali Kuto, Jembatan Kali Kenteng dan Rest Area yang terletak di KM 360 B dan KM 260 B.

Rini menegaskan, ekspedisi ini, merupakan perwujudan komitmen Pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk mendorong percepatan pengerjaan tol Trans Jawa.

"Kita punya tanggung jawab lihat satu per satu sehingga merak sampai Surabaya bisa beliau (Presiden Joko Widodo) resmikan," ujar Rini.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: