Kamis, 22 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kasus Malaria Meningkat, 80 Persen Terjadi di Negara-Negara Ini

Posted: 22 Nov 2018 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kasus malaria yang sempat menurun kini kembali menjadi perhatian dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan kenaikan penyakit tersebut yang terjadi secara global.

Dilansir dari News18.com pada Jumat (23/11/2018), laporan terbaru WHO mengungkapkan bahwa kasus baru terus menurun hingga 2016. Namun, di 2017 terjadi peningkatkan menjadi 219 juta kasus dari sebelumnya 217 juta kasus. Padahal, WHO menargetkan 40 persen tingkat kematian akibat malaria bisa ditekan pada 2020.

India dan 15 negara lain di Afrika sub-Sahara menyumbang hampir 80 persen dari kasus malaria yang dilaporkan secara global tahun lalu. Setidaknya 1,25 miliar penduduk India berisiko tertular penyakit tersebut.

Lalu, lima negara yang menyumbang angka malaria paling tinggi adalah: Nigeria (25 persen), Republik Demokratik Kongo (11 persen), Mozambik (5 persen) India dan Uganda masing-masing sebesar 4 persen. Di beberapa negara Afrika sendiri dilaporkan terjadi peningkatan kasus malaria dari 2016 ke 2017.

Dari semua negara tersebut, Nigeria, Madagaskar, dan Republik Demokratik Kongo memiliki perkiraan peningkatan tertinggi. Totalnya lebih dari setengah juta kasus.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Negara dengan kematian tertinggi

Laporan itu juga menyebutkan, hampir 80 persen kematian akibat malaria secara global di 2017, terkonsentarsi di 17 negara di wilayah Afrika dan India.

Tujuh yang paling tinggi dari negara-negara tersebut adalah: Nigeria (19 persen), Republik Demokratik Kongo (11 persen), Burkina Faso (6 persen), Tanzania (5 persen), Sierra Leone (4 persen), Niger (4 persen) dan India (4 persen).

Walaup masih berada di deretan atas, India dianggap sebagai negara mampu mendeteksi tingkat kegagalan pengobatan tinggi dan menanggapinya dengan mengubah kebijakan pengobatan di negaranya.

 

India dan Indonesia berada di jalur yang tepat

Alat pengecekan malaria

WHO menyatakan bahwa India dan Indonesia adalah dua negara yang berada di jalur tepat untuk mencapai 40 persen pengurangan kasus di tahun 2020.

"Dunia menghadapi kenyataan baru, progresnya stagnan. Kita dalam risiko menghabiskan bertahun-tahun kerja keras, investasi, dan kesuksesan dalam mengurangi jumlah orang yang menderita penyakit ini," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

"Kami menyadari kita harus melakukan sesuatu yang berbeda sekarang," tambahnya.

Sementara itu, Paraguay telah menjadi negara yang mendapatkan sertifikasi bebas malaria. Mereka menjadi negara pertama di Amerika yang menerima status tersebut dalam 45 tahun.

Jumlah negara yang mendekati status eliminasi malaria bertambah dari 37 persen menjadi 46 persen. Aljazair, Argentina, dan Uzbekistan telah meminta sertifikasi tersebut dari WHO.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan BKN Terapkan Sistem Ranking di Seleksi CPNS 2018

Posted: 22 Nov 2018 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menerapkan sistem ranking sebagai alternatif kriteria kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018. Kebijakan ini diumumkan dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 61 Tahun 2018.

Dikutip dari Siaran Pers BKN, Jumat (23/11/2018), Peraturan ini diterapkan melihat tingkat kelulusan peserta SKD yang masih sangat rendah, yakni 12,5 persen di tingkat kementerian/lembaga Pemerintah Pusat, 3,7 persen di Wilayah Barat, 2,2 persen untuk wilayah Tengah, dan 1,4 persen untuk Wilayah Timur.

Rendahnya angka kelulusan ini disebabkan karena banyaknya peserta yang tak berhasil memenuhi passing grade (PG). Angka yang rendah ini dikhawatirkan tidak mampu menjawab tantangan zaman khususnya dalam memberikan percepatan layanan kepada publik di daerah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T).

Untuk mencegah potensi munculnya hambatan pelayanan publik yang dapat terjadi di masa mendatang, pemerintah kemudian menerapkan sistem ranking ini. 

Dalam peraturan tersebut, peserta seleksi CPNS yang berhak melanjutkan ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dibagi menjadi dua kelompok yaitu pesert SKD yang memenuhi Nilai Ambang Batas dan peserta SKD yang tidak memenuhi Nilai Ambang Batas namun memiliki peringkat terbaik dari angka kumulatif SKD

Dengan ketentuan tersebut, rata-rata tingkat kelulusan diproyeksikan dapat melonjak mencapai 73,8 persen untuk tingkat kementerian/lembaga Pemerintah Pusat, 66,6 persen untuk Wilayah Barat, 54,9 persen di Wilayah Tengah, dan 44,2 persen di Wilayah Timur. 

Keterangan lengkap dari ketentuan baru kelulusan tes SKD CPNS 2018 dapat diakses dengan mengklik di sini.

Contoh Kasus

Peserta bersiap mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS diselenggarakan mulai 26 Oktober hingga 17 November 2018. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan kebijakan baru ini, BKN merilis sejumlah contoh kasus yang mungkin terjadi di lapangan.

Berikut contoh kasus untuk lebih memahami cara kerja Peraturan Menteri PANRB Nomor 61 Tahun 2018:

Kasus 1

Formasi: 1

Lolos PG awal: 1

Yang ikut SKB: 1

 

Kasus 2

Formasi: 1

Lolos PG awal: 0

Yang ikut SKB: 3 (ranking 1-3)

 

Kasus 3

Formasi: 2

Lolos PG: 2

Yang ikut SKB: 2 (keduanya yang lolos PG awal)

 

Kasus 4

Formasi: 2

Lolos PG awal: 1

Yang ikut SKB: 4, terdiri dari

- 1 yang lolos PG awal untuk mengisi formasi #1

- 3 (yang tidak lolos PG awal, ranking 3 terbaik) untuk memperebutkan formasi #2

 

Kasus 5

Formasi: 1

Lolos PG awal: 7

Yang ikut SKB: 3 (yang lolos PG awal dan ranking 3 terbaik)

Peserta yang tidak lolos PG awal dapat mengikuti SKB jika dan hanya jika:

a. Ada formasi yang kosong (tidak terisi oleh mereka yang lolos PG awal)

b. Menduduki ranking 3 terbaik, untuk setiap formasi yang kosong. Misal:

- Formasi yang kosong 1, ranking 1-3 yang ikut SKB

- Formasi yang kosong 2, ranking 1-6 yang ikut SKB

c. Memenuhi passing grade:

- 255 untuk formasi umum, formasi khusus cumlaude, dan formasi khusus diaspora

- 220 untuk formasi khusus: putra/putri Papua/Papua Barat, disabilitas, dan Eks THK2 guru/tenaga medis/paramedis.

 

Bila ada nilai total peserta SKD yang sama, penentuan akan dilihat dari nilai per komponen dengan urutan: Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Bila nilai tetap sama, semua peserta dalam ranking tersebut diikutsertakan SKB. (Felicia Margaretha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Resmi Menjadi Suami Istri, Ini yang Dilakukan Baim Wong - Paula Verhoeven

Posted: 22 Nov 2018 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Baim Wong dan Paula Verhoeven, resmi menjadi pasangan suami istri setelah menjalani ijab kabul pada Kamis (22/11/2018). Keduanya menggunakan adat Jawa dalam akad nikah.

Usai ijab kabul, Baim Wong dan Paula Verhoeven tak langsung menggelar pesta pernikahan di hari yang sama. Mereka memilih Sabtu (24/11/2018) untuk menerima tamu-tamu undangan yang ingin memberi selamat padanya.

Baim Wong dan Paula Verhoeven memilih berkumpul dengan teman-temannya salah satunya Yasmine Wildblood, dan suami, setelah menjalani akad nikah.

Kebersamaan mereka diunggah Baim Wong di akun Instagramnya, Kamis (22/11/2018) malam. Mereka menghabiskan malam di sebuah cafe. 

 

Bahagia

Baim Wong (Foto: Instagram)

Baim Wong tampak bahagia didampingi Paula Verhoeven. Keduanya tertawa ke arah kamera.

"Jalan2 pertama sbg suami istri@abishalom234sc @yaswildblood @budi_budipunya @endik_67 @hilabi.hamad," tulis Baim Wong sebagai keterangan foto. 

Salah Sebut Maskawin

Baim Wong dan Paula Verhoeven

Baim Wong sempat bingung kala penghulu menyebutkan maskawin yang akan diberikannya untuk Paula Verhoeven. Lantaran nominalnya salah.

Penghulu menyebut Rp 222.018 sebagai maskawin. Padahal Baim Wong memberikan Rp 2.202.018 serta cincin seberat 11 gram.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Khabib Nurmagomedov Berbagi Kebahagiaan Umrah

Posted: 22 Nov 2018 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Khabib Nurmagomedov membagi rasa bahagianya saat melakukan umrah di Instagramnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laptop Colorful Asus VivoBook S S430UN Meluncur di Indonesia

Posted: 22 Nov 2018 11:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Asus Indonesia beru saja memperkenalkan VivoBook S S430UN, laptop stylish untuk pengguna dinamis yang menginginkan sebuah laptop kekinian.

Laptop ini juga diklaim mendefinisikan ulang arti sebuah laptop dengan menambahkan konsep mobile lifestyle lewat bodinya yang ringkas dan ringan, serta kombinasi pilihan warna elegan.

"VivoBookS S430UN merupakan laptop untuk mereka yang dinamis dan berjiwa muda dan kreatif. Selain tampil dengan NanoEdge Display yang stylish, laptop ini juga ditenagai prosesor Intel Core yang powerful," kata Jimmy Lin, Country Manager Asus Indonesia dalam keterangannya, Jumat (23/11/2018).

Asus VivoBook S S430UN hadir dalam lima pilihan kombinasi warna, yaitu Firmament Green, Starry Grey-Red, Silver Blue-Yellow, Gun Metal, serta Icicle Gold.

Kelima pilihan warna elegan tersebut membalut desain bodi yang ringkas dan ringan dengan ketebalan hanya 18 mm serta bobot hanya 1,4kg, menjadikannya sangat mudah untuk dibawa bepergian.

"VivoBook S S430UN dirancang untuk merepresentasikan jatri diri penggunanya. Apapun style dan penampilan kamu, VivoBook S S430UN selalu punya kombinasi warna yang cocok untuk kamu," ucap Jimmy melanjutkan.

Untuk mendukung performa, VivoBook S S430UN ditopang prosesor Intel Core generasi ke-8 yang dikombinasikan dengan RAM DDR4 2400MHz 8GB. Sementara kehadiran SSD 256GB di laptop ini memastikan aplikasi dapat berjalan lebih kencang.

"Dari sisi grafis, Asus membenamkan chip grafis Nvidia GeForce MX150. Berbagai tugas berat seperti video editing, photo editing, bahkan bermain game casual bisa berjalan dengan lancar," Jimmy memaparkan.

 

 

Konektivitas dan Harga

Asus VivoBook S S430UN. Dok: Asus Indonesia

Versi tertinggi Asus VivoBook S S430UN menggunakan prosesor Intel Core i7-8550U yang memiliki konfigurasi 4 core 8 thread dengan kecepatan pemrosesan hingga 4.0GHz.

Dilengkapi pula dengan baterai Lithium-Ion yang memiliki 3-cell dengan daya 42Wh. Baterai tersebut juga sudah mendukung teknologi fast charging yang mampu mengisi 60 persen daya baterai hanya dalam 49 menit. Ditambah chip grafis Nvidia GeForce MX150 dan didukung RAM DDR4 sebesar 8GB.

Soal konektivitas terdapat Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 4.2, 3 port USB Type-A yang salah satunya merupakan USB 3.1, port USB Type-C, HDMI, MicroSD Card Reader, dan Combo Audio Jack.

Mengenai harga, Asus VivoBook S S430UN dibanderol mulai Rp 12.799.000

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemutilasi Pria di Banjarmasin Ditangkap

Posted: 22 Nov 2018 10:55 PM PST

Patroli, Banjarmasin - Misteri kasus mutilasi dengan kepala terpenggal di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, akhirnya terungkap. Polisi berhasil menangkap pelaku yang merupakan rekan kerja korban.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (23/11/2018), pelaku ditangkap polisi di kawasan daerah Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut.

Dari hasil penyidikan, motif pembunuhan akhirnya terungkap. Keduanya merupakan rekan kerja yang sama-sama telah dipecat dari sebuah toko swalayan karena saling lapor terkait kasus pencurian barang. Pelaku merasa sakit hati lantaran sering diejek oleh korban. 

Pada Selasa, 20 November lalu, korban mutilasi bernama Muhammad Rahmadi (19), ditemukan dalam kondisi kepala terpenggal. Pembunuhan terjadi saat korban diajak jalan-jalan oleh pelaku. Saat itulah pelaku membunuh Rahmadi dengan memenggal kepala menggunakan senjata tajam.

Jasad Rahmadi kemudian dibuang di kawasan Jembatan Barito, sementara motor korban juga dirampas. Akibat perbuatannya, pelaku terancam hukuman pasal berlapis tentang pembunuhan berencana dan pencurian dengan kekerasan. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legenda MU Khawatir Rashford Bakal Hengkang

Posted: 22 Nov 2018 10:50 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Marcus Rashfrod sulit mendapat kesempatan bermain karena keberadaan Romelu Lukaku di skuat Manchester United (MU). Ia terpaksa mengalah dan beberapa kali bermain di posisi penyerang sayap kiri, yang sebenarnya bukan posisi idealnya.

Saat bermain bersama Timnas Inggris, Rashford mampu tampil gemilang dan menikmati permainan. Kondisi ini membuktikan bahwa masalah Rashford ada pada taktik MU, yang mungkin memaksanya untuk mencoba peruntungan di klub lain.

Hal itu yang membuat mantan striker MU Dimitar Berbatov cemas. Dia meyakini Rashford mulai mempertimbangkan tawaran beberapa klub lain lantaran sulit mendapatkan menit bermain di bawah bimbingan Jose Mourinho.

Tak Terkejut

Manajer Manchester United (MU) Jose Mourinho memberikan instruksi kepada Marcus Rashford pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Sabtu (10/3/2018). MU menang 2-1 atas Liverpool. (AFP/Oli Scarff)

Sejauh ini, rumor mengatakan Real Madrid mulai mengamati permainan Rashford. Berbatov tak yakin MU bisa mempertahankan Rashford jika klub sekelas Real Madrid sungguh datang dan memberikan penawaran.

"Saya tidak benar-benar terkejut mendengar rumor soal Marcus Rashford meninggalkan Old Trafford," ungkap Berbatov kepada express.

"Saya pikir Jose Mourinho harus lebih sering memainkan dia, dia hanya bisa jadi lebih baik dengan pengalaman dan kita bisa melihat betapa baiknya dia bermain untuk tim nasional."

"Rashford belum benar-benar mencapai puncak permainannya untuk MU musim ini tetapi dia adalah pemain bagus dengan masa depan besar di depannya," lanjut dia.

Bisa Dipahami

Sejauh ini, Rashford belum pernah bermain penuh selama 90 menit. Dia lebih sering turun dari bangku cadangan atau bermain sejak menit awal tetapi ditarik di tengah laga. Berbatov pun dapat memahami keluhan Rashford.

"Jika dia tak senang dengan kurangnya menit bermain itu, saya bisa memahami jika dia mulai memikirkan beberapa opsinya."

"Saya akan sangat sedih melihat dia pergi dan MU harus melakukan semuanya untuk menjaga dia tetapi anda bisa melihat banyak pemain yang mengubah haluan ketika nama seperti Real Madrid disebutkan," tutupnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjualan Tiket Timnas Indonesia Vs Filipina Tak Terpengaruh Kegagalan di Piala AFF 2018

Posted: 22 Nov 2018 10:45 PM PST

Jakarta - Deputi Sekjen Bidang Pengembangan Bisnis PSSI, Marsal Irwan Masita membantah terjadi penurunan dalam pembelian tiket pertandingan antara Timnas Indonesia Vs Filipina. Dia malah menyebut terjadi peningkatan jumlah pembeli tiket meski Tim Garuda usai tersingkir dari Piala AFF 2018.

Timnas Indonesia akan melakoni laga terakhir di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018 melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (25/11/2018). Laga tersebut memang sudah tidak menentukan nasib Indonesia, namun tetap menyita perhatian masyarakat.

Masral menyebut, terjadi peningkatan jumlah penjualan tiket pada Kamis (22/11/2018). Sampai hari ini telah terjual 12 ribu tiket atau naik 2 ribu penjualan tiket dari penutupan hari Rabu (21/11/2018) setelah Timnas Indonesia dipastikan tersingkir.

"Kemarin setelah Timnas Indonesia dipastikan tersingkir, tiket terjual 10 ribu. Hari ini naik 2 ribu yang terjual menjadi total 12 ribu tiket," kata Marsal kepada Bola.com, Kamis (22/11/2018).

Marsal mengaku penjualan tiket akan terus berlangsung sampai hari pertandingan. Demi memudahkan suporter, pihaknya sengaja menambah bandwidth internet di sekitar SUGBK agar tidak lemot dalam pemesanan tiket.

"Penjualan sampai hari pertandingan pun akan terus dilakukan. Di kawasan SUGBK kami tambahkan bandwidth internet untuk memudahkan suporter membeli tiket," ujar Marsal.

Laga Terakhir

Laga melawan Filipina akan menjadi event terakhir Timnas Indonesia di SUGBK pada 2018. Besar kemungkinan hal ini tak ingin dilewatkan para suporter sejati Tim Merah Putih.

Meski sudah gagal di Piala AFF 2018, suporter setia Timnas Indonesia masih ingin menyaksikan kemenangan bisa diraih lawan Filipina nanti. Tim asuhan sven Goran Erikkson ini diyakini bakal habis-habisan karena berkepentingan untuk mengamankan tiket ke semifinal Piala AFF 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Diminta Buka Izin Impor Gula Untuk Swasta

Posted: 22 Nov 2018 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Industri gula di Indonesia dinilai kurang efisien. Penyebabnya, selain produktifitas tak kunjung meningkat, impor gula hanya dikuasai beberapa perusahaan.

Peneliti dari Centre for Indonesia Policy Studies (CIPS) Hizkia Respatiadi mengatakan, dari hasil kajian, ada beberapa rekomendasi yang bisa ditempuh pemerintah dalam menjadikan industri gula lebih efisien dan harga gula bisa lebih rendah.

"Kami rekomendasikan dalam waktu 5 tahun ke depan alangkah lebih baikanya pemerintah membuka impor tidak hanya BUMN tapi pihak swasta yang qualified," kata Hizkia di Jakarta, Jumat (23/11/2018).

Di saat yang bersamaan, petani tebu dan juga pelaku industri gula harus bisa memacu produktifitas dan kualitas tebu yang dihasilkan. Salah satu caranya yaitu dengan mendorong investasi teknologi.

Diakuinya, saat ini mayoritas Pabrik Gula (PG) di Indonesia memiliki usia yang cukup tua, bahkan ada lebih dari 100 tahun. Dengan usia itu, jelas mesin-mesin yang digunakan kurang produktif.

Jika semua kebijakan itu dijalankan kurang lebih 10 tahun, petani dan industri gula nasional dianggap sudah bisa bersaing dengan gula impor.

"Ketika itu terjadi, baru hapuskan kuota impor. Jadi biar mereka para pengusaha melakukan analisasi pasar sendiri. Jadi pasar gula semakin kompetitif. Pada akhirnya nanti terjadi harga gula terjangkau konsumen," pungkas dia.

60 Ribu Ton Gula Rafinasi Rembes ke Pasar

Perwakilan petani tebu menuliskan kata kata saat berunjuk rasa di sekitar depan Istana Negara, Jakarta, Selasa (16/10). Puluhan perwakilan petani tebu berunjuk rasa menuntut pemerintah menyetop impor gula. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Kementrian perdagangan (kemendag) bersama Polri mengungkap kasus penggunaan gula rafinasi yang seharusnya diperuntukkan untuk industri. Gula rafinasitersebut diketahui telah dijual bebas di pasar untuk konsumsi umum.

Jumlah gula rafinasi yang dijual bebas atau bocor di pasaran tersebut mencapai 60 ribu ton. Penemuan tersebut di sejumlah daerah di Pulau Jawa, seperti Yogjakarta, Temanggung, hingga Purworejo.

"Pabrik ini melakukan sebagaimana mestinya, tapi oknum di pabrik ini ada kerjasama dengan tersangka yang kami tahan sekarang ini," kata Kombes Pol Syahardiantono, Kabagpenum Mabes Polri, saat ditemui di lokasi pabrik PT Permata Dunia Samudera Utama (PDSU), di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, Kamis (20/09/2018). 

Di lokasi pabrik ini, Polri bersama Kemendag, menyita 360 ton gula rafinasi yang belum sempat beredar.

Modusnya, menambah jumlah pesanan dari Unit Dagang (UD) I.S dari 6 ribu ton, menjadi 60 ribu ton. Modus ini telah dilakukan sejak 2016.

"Sehingga kami mengejar sampai ke tempat ini, keterangan yang kami dapat dari tersangka, ada kerjasama," terangnya.

Pihak kepolisian tengah menyelidiki adanya indikasi permainan dari petinggi PT PDSU, untuk meloloskan kecurangan dokumen.

"Kemungkinan ada tersangka lain, kami sudah keluarkan surat penangkapan. Inisialnya menyusul, akan kami sampaikan," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis The Last Empress, Cinta dan Konspirasi di Kerajaan Korea

Posted: 22 Nov 2018 10:40 PM PST

Liputan6.com, Seoul- The Last Empress, kini tengah menjadi perbincangan di kalangan penggemar drama Korea. Sejak awal, dunia yang dibangun oleh penulis naskah Kim Soon Ok ini memang terbilang menarik.

The Last Empress diceritakan terjadi dalam setting sebuah realitas alternatif, alias alternate reality, di mana negara Korea berbentuk monarki konstitusional.

Tak hanya itu, bintang-bintang yang dipasang dalaam The Last Empress juga terbilang populer. Ada Jang Nara, Choi Jin Hyuk, Shin Sung Rok, Lee Elijah, hingga Shin Eun Kyung.

Dilansir dari Soompi, Jumat (23/11/2018), episode perdana drama ini yang diputar pada 21 November kemarin ini nangkring di posisi pertama di antara serial drama yang diputar pada slot waktu yang sama.

Lantas, seperti apa sinopsis drama The Last Empress?

Tak Seindah Cinderella

The Last Empress (SBS/Soompi)

The Last Empress dibuka dengan perjalanan Oh Sunny (Jang Nara) seorang aktris pertunjukan musikal yang kuirang sukses. Ia dinikahi oleh Putera Mahkota Lee Hyuk (Shin Sung Rok) dan masuk dalam keluarga kerajaan.

Kisah hidupnya tak seindah Cinderella setelah sebuah tragedi terjadi. Sebuah kasus pembunuhan terjadi di kalangan keluarga kerajaan.

Karakter Beragam

The Last Empress (SBS/Soompi)

Cerita The Last Empress diramaikan dengan sejumlah tokoh dengan karakter kompleks. Seperti Na Wang Shik (Choi Jin Hyuk), pria yang masuk sebagai tenaga pengaman istana untuk membalas dendam. Sang putera mahkota Lee Hyuk (Shin Sung Rok) yang dicintai rakyatnya pun, memiliki kepribadian yang tak diduga banyak orang.

Ada pula Min Yoo Ra (Lee Elijah), seorang juru bicara kerajaan yang diam-diam haus akan kekuasaan. Terakhir, sang Ibu Suri (Shin Eun Kyung), adalah orangtua yang penuh kasih tapi memiliki sisi gila yang mengerikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

18 Cara Memutihkan Badan Secara Alami dan Cepat, Aman Tanpa Efek Samping

Posted: 22 Nov 2018 10:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memiliki badan yang putih merupakan impian banyak orang, tak terkecuali masyarakat Indonesia. Mereka bangga dan senang jika bisa memiliki kulit yang putih dan bersinar. Tak heran, beragam cara memutihkan badan dilakukan agar bisa memiliki kulit yang putih. 

Ada yang menggunakan produk kecantikan pemutih kulit, ada juga yang melakukan perawatan ke klinik kecantikan. Bahkan tak sedikit yang rela melakukan cara memutihkan badan yang ekstrim yaitu dengan melakukan suntik pemutih. Langkah-langkah tersebut dilakukan supaya kulit putih yang diinginkan didapat dengan cepat. 

Terbuai dengan hasrat untuk memiliki kulit putih yang cepat seringkali orang-orang tidak mempedulikan bahaya yang diakibatkan oleh cara memutihkan badan yang mereka tempuh. Pasalnya, pemakaian produk kecantikan bisa membahayakan kesehatan tubuh, karena adanya kandungan bahan kimia di dalamnya.

Alih-alih menggunakan bahan kimia, Anda sebenarnya bisa melakukan cara memutihkan badan secara alami lho. Cara memutihkan badan ini menggunakan bahan-bahan alami yang tentu saja aman untuk digunakan sebagai perawatan. Selain itu cara memutihkan badan secara alami ini bahan-bahannya mudah didapatkan bahan harganya murah. Nah, berikut ini cara memutihkan badan secara alami yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

Minyak zaitun dan lidah buaya

Ilustrasi Foto Lidah Buaya (iStockphoto)

1. Minyak Zaitun 

Cara memutihkan badan secara alami dan cepat adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang berguna untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit. Selain itu minyak zaitun mengandung banyak anti-oksidan, yaitu polifenol yang berfungsi untuk melindungi sel-sel dari kerusakan. 

Cara memutihkan badan secara alami dengan minyak zaitun adalah:

- Campurkan 4 sdm minyak zaitun dengan 2 sdm madu

- Gunakan sebagai lulur setiap kali setelah mandi 

2. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung aloesin, yaitu zat yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin pada kulit, sehingga mencegah kulit menjadi gelap. Oleh sebab itu lidah buaya merupakan cara memutihkan badan secara alami dan cepat.

Caranya:

- Petik daun lidah buaya secukupnya

- Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah

- Oleskan secara merata pada tubuh Anda

- Diamkan selama 15 menit

- Bilas dengan air bersih

Putih telur dan bengkoang

Ilustrasi bengkoang

3. Putih Telur

Putih telur mengandung protein yang tinggi. Fungsinya meregenerasi kulit agar sel kulit mati terkelupas dan diganti sel kulit baru lebih sehat. Walaupun berbau amis, tapi ternyata banyak wanita Korea dan Jepang yang menggunakan putih telur sebagai cara memutihkan badan secara alami dan cepat.

Cara memutihkan badan secara alami dengan putih telur adalah:

- Pisahkan putih dan kuning telur

- Kocok putih telur hingga berbusa

- Anda bisa menambahkan madu dan jeruk nipis agar bau amis dapat tersamarkan

- Diamkan selama 30 menit

- Bilas dengan air hangat

- Lakukan dengan rutin setelah mandi

4. Bengkoang 

Cara memutihkan badan secara alami adalah dengan menggunakan bengkoang. Telah banyak produk kecantikan yang menggunakan khasiat bengkoang sebagai pemutih. Karena bengkoang mengandung banyak vitamin B dan C yang berperan penting untuk memutihkan dan menjaga kulit agar tetap bersih bersinar. Vitamin C pada bengkoang merangsang sel kulit untuk beregenerasi. Sehingga Anda bisa menggunakan bengkoang sebagai cara memutihkan kulit dengan cepat. 

Caranya:

- Parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air

- Gunakan sarinya sebagai masker lulur mandi yang alami

- Bisa juga dicampurkan dengan parutan bengkoang yang nanti berfungsi sebagai scrub

Tomat dan susu

Ilustrasi Tomat (iStockphoto)​

5. Tomat

Lycopine, yaitu senyawa anti-oksidan yang ada dalam tomat telah terbukti dapat menangkal radikal bebas sehingga membuat kulit jadi cerah dan berseri. Tomat juga dapat berfungsi sebagai tabir surya alami untuk memperkecil kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara memutihkan badan secara alami menggunakan tomat:

- Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur

- Lalu oleskan pada seluruh tubuh

- Diamkan selama 30 menit

- Lalu bilas dengan air bersih atau mandi

6. Susu 

Kolagen yang terdapat di dalam kulit berfungsi untuk menjaga agar kulit tetap kenyal dan tidak berkerut. Susu mengandung vitamin D yang bisa meningkatkan produksi kolagen juga terdapat vitamin B6 yang berguna untuk merawat dan menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Oleh sebab itu susu merupakan salah satu cara memutihkan badan secara alami.

Caranya :

- Campur 1 gelas susu segar dengan 4 sdm madu

- Jadikan lulur, oleskan pada tubuh

- Biarkan selama 30 menit

- Bilas dengan air bersih atau mandi

Lemon dan mentimun

7. Lemon

Lemon adalah jenis jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Selain itu juga mengandung asam alpha hidroksi yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit.

Cara memutihkan badan secara alami dan cepat menggunakan lemon:

- Siapkan buah lemon dan peras

- Oleskan perasan lemon pada kulit Anda

- Biarkan selama beberapa menit

- Bilas dengan air bersih sambil mandi

- Cara ini akan membuat kulit Anda agar segera menjadi segar dan merona karena lemon merupakan alat bleaching yang alami.

8. Mentimun

Mentimun mengandung banyak mineral dan vitamin yang penting untuk menjaga kesegaran kulit sehingga kulit menjadi cerah dan bersih. Mentimun juga mampu menghambat pigmentasi kulit. Oleh sebab itu mentimun juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan badan secara alami 

Caranya:

- Blender mentimun tanpa air hingga berbentuk seperti jel

- Usapkan pada seluruh tubuh

- Diamkan selama 30 menit

- Lalu basuh dengan menggunakan air bersih sembari mandi

Kentang dan madu

Ilustrasi kentang (AFP)

9. Kentang 

Kentang mengandung mineral yang dapat digunakan menjadi antibiotik alami yang berfungsi untuk memperlambat penuaan kulit dan membantu mempercepat regenerasi kulit. Kandungan anti-oksidan yang alami juga berfungsi untuk menghilangkan dan menyamarkan bekas luka. Penggunaan kentang adalah salah satu cara memutihkan badan secara alami dan cepat. 

Cara penggunaannya adalah :

- Tumbuk halus kentang yang telah direbus

- Campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta

- Oleskan pada seluruh tubuh

- Diamkan selama 30 menit

- Bilas dengan air bersih

10.  Madu

Cara memutihkan badan secara alami selanjutnya adalah dengan madu. Madu bisa berfungsi sebagai pelembap alami dan juga bisa mencerahkan kulit, karena madu kaya akan anti-oksidan yang juga dapat mengangkat kulit mati. 

Caranya:

- Sediakan madu secukupnya

- Oleskan madu pada seluruh tubuh

- Diamkan selama 30 menit

- Bilas dengan air bersih sembari mandi

Pepaya dan kunyit

Ilustrasi pepaya (iStock)

11. Pepaya

Enzim papain dalam pepaya berguna untuk meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E berfungsi sebagai anti-oksidan akan turut menutrisi dan menjaga kelembapan kulit Anda. Pepaya berfungsi menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit Anda. 

Cara memutihkan badan secara alami dengan pepaya:

- Siapkan buah pepayaHaluskan pepaya

- Jadikan sebagai lulur

- Diamkan selama 30 menit

- Mandi dengan air hangat

- Cara ini akan membantu badan Anda agar memutih dengan cara yang alami.

12. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang berfungsi untuk menetralkan radikal bebas. Kunyit dapat dimanfaatkan sebagai cara memutihkan badan secara alami dan cepat yang ampuh. 

Caranya:

- Campurkan susu dan bubuk kunyit hingga berbentuk pasta

- Oleskan pada seluruh tubuh

- Diamkan selama 15 menitBilas dengan air hangat

Gula dan alpukat

Ilustrasi Buah Alpukat (iStockphoto)

13. Gula

Salah satu hal yang menyebabkan kulit anda menjadi terlihat kusam adalah karena sel kulit mati yang menempel di kulit anda dan juga akibat dari polusi. Salah satu cara memutihkan badan secara alami adalah dengan melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati. 

Oleh karena itu jika anda ingin mendapatkan kulit yang lebih segar dan cerah anda bisa menggunakan gula untuk melakukan scrubbing. Gula dapat dicampurkan dengan madu lalu di oleskan ke kulit. Lakukan pijatan lembut memutar sehingga sel kulit mati dan juga kotoran di kulit dan pori-pori dapat terangkat dan badan akan terlihat lebih cerah dan bersinar.

14. Alpukat

Alpukat mengandung banyak karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk mencegah penuaan dini akibat terkena paparan sinar matahari, sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen pada tubuh. Oleh sebab itu alpukat dapat digunakan sebagai cara memutihkan badan secara alami.

Strawberry dan Oatmeal.

15. Strawberry

Ellagic yang terdapat dalam buah strawberry berguna untuk menghilangkan flek hitam pada kulit dan dapat mencerahkan kulit Anda secara alami.

Cara memutihkan badan secara alami dengan menggunakan strawberry adalah :

- Siapkan buah strawberry. Haluskan

- Campur dengan susu hingga mengental

- Gunakan sebagai lulur

16. Oatmeal

Oatmeal mengandung banyak anti-oksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas yang merugikan kesehatan internal maupun eksternal terutama bagi kulit Anda. 

Cara memutihkan badan secara alami dengan oatmeal yakni:

- Sediakan oatmeal secukupnya

- Buat oatmeal menjadi bubur

- Bisa juga ditambahkan madu

- Jadikan lulur

Jeruk nipis dan beras

Jeruk Nipis Bisa Menghilangkan Bau Kaki (Sumber Gambar: pixabay.com)

17. Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung senyawa alami untuk mencerahkan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Cara memutihkan badan secara alami dengan jeruk nipis pun cukup mudah.

Pertama kamu bisa memeras air jeruk nipis pada wadah yang bersih. Setelah itu oleskan pada bagian yang belang secara merata sambil bersihkan dengan tangan lalu diamkan selama 30 menit. Terakhir kamu bisa membilasnya dengan air hangat sampai bersih.

18. Beras

Beras mengandung vitamin B1 yang berfungsi sebagai pencerah kulit. Banyak produk pemutih yang juga menggunakan beras sebagai bahan pembuatannya. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. 

Cara memutihkan badan secara alami dengan beras adalah:

- Tumbuk beras hingga menjadi tepung.

- Tambahkan sedikit air hangat hingga menjadi pasta.

- Oleskan ke bagian tangan dan kaki yang belang kemudian diamkan selama 1 jam.

- Bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernyataan Prabowo soal Australia, Wapres JK: Namanya Saja Oposisi

Posted: 22 Nov 2018 10:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, pernyataan calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto adalah bentuk pandangan politik. Dia juga menilai sebagai pihak oposisi, Prabowo sah-sah saja mengatakan Indonesia harus menghormati keputusan Australia yang berencana memindahkan kedutaan besar di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem

"Itu kan pandangan politik. Dan namanya saja oposisi berarti dia tidak perlu ikut pemerintah kan," kata Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jalan Merdeka Selatan, Jumat (23/11/2018).

Kecuali kata JK, jika Prabowo adalah kader Partai Golkar. Pernyataannya yang dilontarkan bisa ditegur.

"Kalau namanya oposisi, ya pendapat-pendapat politiknya tidak bisa kita ditegur. Tidak harus sama dengan pemerintah," papar JK.

JK menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat terkait hal tersebut. "Nanti masyarakat menilai. Partai A begini sikapnya. Partai B begini. Masyarakat menilai, bukan pemerintah," tambah JK.

Sebelumnya Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut Indonesia harus menghormati keputusan Australia yang berencana memindahkan kedutaan besarnya di Israel dari Tel Aviv Ke Yerusalem. Sebab menurut Prabowo Australia memiliki hak memutuskan kehendaknya sebagai negara merdeka yang berdaulat.

"Aussie merupakan negara independen dan berdaulat, maka kita harus hargai keputusan mereka," kata Prabowo saat menghadiri kegiatan Indonesia Economic Forum di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu 21 November 2018.

Beda dengan Sikap Pemerintah

Pernyataan tersebut disampaikan Prabowo menanggapi pemberitaan di salah satu media Australia, Brisbane Time yang menyatakan sikap Prabowo berbeda dengan pemerintahan Joko Widodo yang menentang sikap Australia yang akan memindahkan kedubesnya ke Yerussalem.

Sementara pernyataan Prabowo berbeda dengan sikap pemerintah Indonesia yang melayangkan protes keras agar Australia membatalkan rencana pemindahan itu.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah memanggil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan AO, Selasa 16 Oktober 2018. Hal ini berkaitan dengan keputusan Perdana Menteri Scott Morisson yang menyatakan Australia tengah mempertimbangkan memindahkan kedutaan besarnya untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

"Indonesia menyatakan keprihatinan yang sangat serius terkait pengumuman (Australia) dan mempertanyakan kepatutan dari langkah (Australia) tersebut," kata Retno.

 

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Beri Sinyal Tak Ada Perubahan Harga Gas untuk Listrik

Posted: 22 Nov 2018 10:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT PLN (Persero) sedang membahas Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2019-2028. Dari pembahasan acuan kelistrikan tersebut tidak ada sinyal penggantian formula harga gas untuk sektor kelistrikan.

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar mengatakan, penetapan harga gas untuk pembangkit listrik masih mengacu pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 45 Tahun 2017 tentang pemanfaatan gas bumi untuk pembangkit listrik, sehingga belum ada rencana perubahan formula baru.

"Sesuai Peraturan Menteri 45 tahun 2017," kata  Arcandra, di Jakarta, Jumat (23/11/2018).

Arcandra menjelaskan, acuan harga gas untuk kelistrikan yang diatur dalam Peraturan tersebut adalah, 8 persen dari harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) untuk harga gas yang dibeli dari mulut sumur (wellhead). Selain itu 14,5 persen ICP untuk pembelian gas di titik serah (plant gate).

"Peraturan menterinya tetap 8 persen di wellhead dan 14,5 persen (sampai plaant gate)," tutur Arcandra.

Arcandra menuturkan, acuan harga gas tidak dibahas dalam penyusunan RUPTL 2019-2028.  Hal ini menjadi sinyal penetapan harga gas yang dipatok untuk sektor kelistrikan tidak akan diterapkan. 

"Tetap dengan permen yang ada, tetap dengan harga yang ada di Peraturan Menteri,"‎ tutur dia.

 

Infrastruktur Jadi Kunci Pemanfaatan Gas Alam Cair di RI

Ilustrasi Foto Gas Bumi (iStockphoto)

Sebelumnya, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) terus mendorong agar pelaku usaha domestik turut memanfaatkan produksi gas alam cair (liquified natural gas/LNG) dalam negeri.

Misi ini bisa tercapai jika kendala infrastruktur terkait pengiriman gas dari hulu ke hilir dapat teratasi. Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi, mengatakan pihaknya tertantang memanfaatkan produksi LNG Indonesia untuk dipakai secara domestik dibanding diekspor ke luar negeri. 

"Mengapa kondisi itu terjadi? Waktu itu kita jadi eksportir terbesar LNG di dunia, tapi pemakaiannya di domestik tidak ada. Sekarang ada tapi masih minim," ungkap dia di Workshop Distribusi dan Pemanfaatan LNG Skala Kecil di City Plaza, Jakarta, Kamis 1 November 2018.

Dia menceritakan, sejak 1977 Indonesia sudah banyak mengekspor gas alam cair produksi Kilang Badak di Bontang, Kalimantan, ke Jepang. Namun, lanjutnya, pemakaian LNG di lingkup lokal masih sedikit sekali.

"Baru pada 2012 kargo pertama untuk domestik dikirim dari Bontang ke FSRU (Floating Storage & Regasification Unit) Jawa Barat. Artinya lama sekali kita baru bisa nikmati gas alam," imbuhnya.

Ia menuturkan, tren kenaikan kebutuhan gas bumi baru tumbuh pada periode 2000, terutama saat 2005 ketika harga minyak naik dan menjadi diatas 100 dolar per barel pada 2008.

"Seiring dengan itu, kebutuhan gas pipa jadi membesar. Bahkan 2013 pemanfaatan domestik lebih besar dari ekspor. Sekarang pemanfaatan domestik sekitar 60 persen," ujar dia.

Akan tetapi, ia menelusuri infrastruktur jadi kendala penyaluran LNG, khususnya dari Bontang menuju kawasan Indonesia bagian barat semisal Pulau Sumatera dan Jawa.

"Infrastruktur yang saya amati transportasi pakai kapal atau kontainer LNG, kok kayanya galangan kapal kita ga pernah buat kapal LNG. Berarti ada yang kita lupakan. 2015 kami diskusi dengan galangan kapal, dan sebenarnya teknologi mudah galangan kapal siap. Tapi yang saya heran sampai sekarang enggak ada yang bikin," tutur dia.

Oleh karena itu, ia coba mengajak pelaku usaha untuk berdiskusi bersama terkait pemanfaatan gas alam cair untuk sektor industri, sehingga bisa meningkatkan pemakaiannya di dalam negeri.

"Makanya saya mikir, coba kita diskusi. Kita lihat end to end supply chance, barangkali bisa saling nyambung antara konsumer, retailer, dan lain-lain. Jadi diharapkan kita bisa create bisnis bersama," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Filipina

Posted: 22 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia masih menyisakan pertandingan melawan Filipina di laga terakhir Piala AFF 2018, Minggu (25/11/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Laga ini boleh dibilang sekadar formalitas lantaran Hansamu Yama dan kawan-kawan telah dipastikan tidak lolos ke semifinal.

Timnas Indonesia gagal lolos setelah hanya meraih satu kemenangan dari tiga pertandingan. Timnas Indonesia kalah dua kali, masing-masing dari Singapura (0-1) dan Thailand (2-4).

Sementara itu, satu kemenangan dipetik pasukan Bima Sakti diraih atas Timor Leste dengan skor 3-1. Dengan sisa satu pertandingan, mustahil bagi timnas Indonesia mengejar poin Thailand dan Filipina yang memetik tujuh poin.

Kegagalan melewati fase grup kali ini menjadi yang keempat sepanjang sejarah keikutsertaan timnas Indonesia di Piala AFF. Sebelumnya, timnas Indonesia juga gagal melewati fase grup pada 2007, 2012, dan 2014.

"Pertama saya minta maaf kepada PSSI dan pecinta sepak bola Indonesia," ujar Pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti seperti dilansir situs resmi PSSI.

 

Buka Kemungkinan Rotasi

Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Kendati sekadar formalitas, Bima mengaku bakal tetap menurunkan skuat terbaik saat meladeni Filipina. Namun pelatih berusia 42 tahun ini mengaku tetap membuka kemungkinan rotasi pemain.

"Ada beberapa pemain yang akan kami beri kesempatan bermain. Yang penting kami dapat menang melawan Filipina," kata Bima.

Rotasi kemungkinan besar akan terjadi di posisi kiper. Bima diprediksi akan menurunkan Muhammad Ridho yang belum diturunkan di dua laga sebelumnya.

Selain Ridho, Bagas Adi juga akan diturunkan menemani Hansamu Yama di lini belakang. Untuk posisi bek kanan, Gavin Kwan Adsit akan menggantikan Putu Gede yang dimainkan saat timnas Indonesia kalah 1-4 dari Thailand.

Di lini tengah, Bima juga tampaknya akan memainkan Muhammad Hargianto dan Evan Dimas. Keduanya akan menopang serangan dari sektor sayap yang diprediksi bakal diisi Riko Simanjuntak dan Febri Haryadi.

Rotasi mungkin tidak akan terjadi di lini depan. Beto Goncalves yang baru mencetak satu gol, tetap akan diturunkan, berduet dengan Stefano Lilipaly. Hanya saja, Beto kemungkinan akan diganti di pertengahan babak oleh Dedik Setiawan.

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Filipina

Indonesia (4-4-1-1): M. Ridho, Gavin Kwan Adsit, Bagas Adi, Hansamu Yama, Alfath Fathier; Hargianto, Evan Dimas, Riko Simanjuntak, Andik Vermansah, Stefano Lilipaly, Beto Goncalves.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indra Karya Rambah Bisnis Air Kemasan

Posted: 22 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali merambah ke industri air minum dalam kemasan (AMDK). Perusahaan tersebut adalah PT Indra Karya (Persero).

BUMN yang sebenarnya memiliki bisnis inti (core business) sebagai jasa konsultan ini memilih ekspansi di penyediaan air minum dikarenakan prospek yang menjanjikan.

"Mengapa kami masuk ke AMDK, karena kami paham betul industri ini. Selama ini kami menjadi konsultan perusahaan AMDK, dari pencarian sumber air hingga porduksi," kata Direktur Utama Indra Karya Milfan Rantawi kepada wartawan, Jumat (23/11/2018).

Milfan mengatakan, aksi korporasi ini sudah mendapatkan persetujuan dari Kedeputian Usaha Kontruksi serta Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN.

Akhirnya, pada Juli 2018, Indra Karya mulai mengenalkan dan memasarkan air minum dalam kemasan dengan merek 'InFresh'.

Dalam produksinya, saat ini Indra Karya masih bekerjasama dengan perusahaan swasta. Namun dalam waktu dekat, perusahaan akan membangun pabrik sendiri.

 

Bangun Pabrik

Kupas Tuntas Air Mineral Kemasan dengan Rasa Tertentu (Alenkadr/Shutterstock)

Saat ini, Indra Karya tengah mempersiapkan pembangunan pabrik air kemasan di Surabaya dengan kapasitas tahap awal sekitar 5.000 galon per hari, ukuran 600 ml sebanyak 12.000 botol per jam, dan 300 ml sekitar 7.000 kardus per hari.

Perseroan memproyeksikan penjualan tahap pertama bisa mencapai Rp 15 miliar.

Adapun, proyek masih dalam tahap studi kelayakan dan dikerjasamakan dengan anak Pelindo III dan PT Sier. Investasi yang dibutuhkan mencapai Rp 20 miliar.

Ia memastikan air kemasan yang diproduksi memiliki mutu terjaga karena melalui serangkaian kajian.

"Saat ini, Infresh sudah dipasok ke Kementerian BUMN dan 21 perusahaan BUMN. Harga 1 botol ukuran 550 ml sekitar Rp1.300 dan Rp11.000 per galon. 3-4 tahun ke depan, kita baru head to head dengan industri sejenis," pungkasnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Huawei Kantongi 4 Nama untuk Smartphone Lipat

Posted: 22 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Huawei dilaporkan telah mengajukan merek dagang atas nama-nama untuk smartphone lipatnya. Berdasarkan dokumen pengajuan itu, ada empat nama yang dipilih.

Dilansir Phone Arena, Jumat (23/11/2018), empat nama untuk smartphone lipat tersebut adalah Mate F, Mate Flex, Mate Flexi, dan Mate Fold. Berdasarkan nama-nama itu, smartphone lipat tersebut akan masuk dalam keluarga Mate, yang merupakan seri paling premium dari Huawei.

Jika Huawei akan menggunakan salah satu nama itu, maka akan memiliki kemiripan dengan Samsung. Seperti diketahui, Samsung dilaporkan menggunakan nama Galaxy F untuk ponsel lipatnya.

Adapun para vendor akan mengumumkan smartphone lipat pertamanya pada tahun depan. Samsung dan Huawei, misalnya, diperkirakan akan mengumumkannya pada periode Februari - Maret 2019.

Sejumlah bocoran tentang spesifikasi smartphone lipat dari berbagai vendor pun telah banyak beredar di ranah internet. Menurut berbagai laporan, smartphone lipat akan berada di lini perangkat premium.

Huawei Bakal Pamer Smartphone Layar Lipat di MWC 2019

Seorang pengunjung melihat ponsel Huawei P20 Pro di Jakarta, Kamis (28/6). Huawei P20 Pro resmi dipasarkan dan dibanderol seharga Rp 11.999.000 di Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Huawei dlaporkan akan memperkenalkan smartphone layar lipatnya dalam acara Mobile World Congress (MWC) 2019 pada Februari. Informasi ini diketahui usai Huawei memperkenalkan prototype smartphone tersebut kepada operator asal Korea Selatan.

Menurut laporan yang sama, Huawei sudah mempersiapkan produk ini dengan matang. Sejumlah pihak yang melihat prototype produk mengaku kaget dengan kesiapan produk ini.

Dari informasi yang diperoleh, smartphone ini memiliki layar berukuran 8 inci saat dibuka. Sementara saat dilipat berukuran 5 inci.

Ukurannya sedikit lebih besar dari smartphone layar lipat Samsung yang diperkenalkan beberapa waktu lalu. Perangkat Samsung memiliki layar berukuran 7,3 inci saat dibuka, sedangkan saat dilipat memiliki layar 4,6 inci.

Adapun saat ini, Huawei tengah menguji coba jaringan 5G di ponsel lipatnya sebagai tahap akhir pengembangan. Begitu 5G siap untuk komersial, Huawei akan meluncurkan smartphone layar lipatnya.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disebut Jadi Orang Ketiga Gading-Gisel, Icha Gween: Buktinya Mana?

Posted: 22 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama model dan DJ seksi Icha Gween tiba-tiba muncul dalam prahara rumah tangga Gading dan Gisel. 

Di media sosial, Icha Gween yang punya nama lengkap Linda Agustari, disebut-sebut sebagai orang ketiga yang menyebabkan Gading dan Gisel bercerai.

Padahal, hingga berita ini ditulis, Gading dan Gisel belum memberikan klarifikasi maupun penjelasan soal penyebab badai dalam pernikahan mereka.

Tetapi, sorotan sebagai perusak rumah tangga dan perebut lelaki orang (pelakor), justru mengarah kepada Icha Gween.

Pertanyakan Bukti

Icha Gween membalas komentar seorang warganet yang menuduhnya menjadi orang ketiga rumah tangga Gading dan Gisel (Instagram/ @iicha_gween)

Di media sosial, warganet bahkan menyerbu Instagram Icha Gween dan mencibirnya merusak rumah tangga Gading dan Gisel. Merasa tak melakukan, Icha Gween kemudian balik bertanya kepada warganet yang mencibirnya.

"bukti nya mana ?," tanya Icha Gween kepada salah satu warganet dengan akun @ametagrace_ di Instagram.

 

Video Party

[Lambe Turah]

Isu Icha Gween menjadi orang ketiga pernikahan Gading dan Gisel muncul bukan tanpa sebab. 

Beberapa bulan silam, namanya pernah menjadi pembicaraan karena tertangkap kamera akun gosip sedang menikmati pesta bersama Gading.

Sejak itu, Icha Gween selalu dikaitkan dengan putra aktor gaek Roy Marten tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kesal Terhadap Polri, Pria Sebar Ujaran Kebencian di Medsos

Posted: 22 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mengaku kesal terhadap Polri, seorang pria sebar ujaran kebencian di media sosial pribadinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Aksi Pembunuh Sekeluarga di Bekasi Sebelum Ditangkap Polisi

Posted: 22 Nov 2018 10:28 PM PST

Liputan6.com, Garut - Jajaran Subdit Resmob Polda Metro Jaya telah selesai melakukan rekonstruksi pembunuhan satu keluarga di Bekasi. Rekonstruksi pembunuhan keluarga Diperum Nainggolan ini dilakukan di Bekasi dan di Garut, Jawa Barat.

Rekonstruksi dimulai dari rumah Diperum Nainggolan di Jalan Bojong Nangka II, Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, berakhir di Garut, Jawa Barat pada Kamis, 22 November 2018 kemarin.

Menurut Kanit V Subdit Resmob Polda Metro Jaya Kompol Ridwan Soplanit, total 62 adegan yang diperagakan oleh tersangka HS.

"Total ada 62 adegan yang diperagakan oleh tersangka dalam rekonstruksi tersebut," kata Ridwan di kaki Gunung Guntur, Jawa Barat, Kamis, 22 November 2018.

Tanpa rasa bersalah, kelakuan HS pun seperti orang pada umumnya. HS bahkan sempat mendaftar untuk menjadi pendaki Gunung Guntur dan bergabung dengan pendaki lainnya.

Berikut 4 hal yang dilakukan tersangka pembunuhan satu keluarga HS sebelum akhirnya ditangkap oleh jajaran Polda Metro Jaya dirangkum dari Liputan6.com:

 

1. Bercengkrama dengan Pendaki Lain

Polisi mengawal tersangka pembunuhan satu keluarga di Kota Bekasi saat gelar perkara di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (16/11). Tersangka HS mengaku telah melakukan pembunuhan tersebut. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sekitar pukul 14.00-18.00 WIB, tersangka pembunuhan satu keluarga HS pertama kali sampai di base camp pendakian. Ia diketahui menggunakan ojek seorang diri.

Menggunakan stelan kaos merah, sandal jepit hitam, plus tentengan tas kecil, HS langsung menempati bale-bale nomor dua di base camp.

"Awalnya dia sendiri di bale, kemudian gabung bersama pendaki dari Bandung," ujar pengakuan warga sekitar bernama Nunu saat pertama melihat HS.

Selama bergabung dengan tiga pendaki asal Banding itu, HS terlihat sesekali memegang handphone (HP) miliknya untuk melakukan komunikasi melalui sms. "Saya tidak lihat nelpon hanya ketik sms, katanya pulsanya habis," kata Nunu.

Terlihat sesekali bercengkrama di antara pendaki itu, pun demikian dengan pelaku. Namun ia hanya berdiam diri dan menjadi pendengar di antara mereka. "Alasannya lagi menunggu tiga rekannya yang mau naik juga," papar Nunu.

 

2. Beli Pulsa

Tersangka Haris Simamora melakukan adegan rekonstruksi pembunuhan keluarga Diperum Nainggolan di Jalan Bojong Nangka, Bekasi, Rabu (21/11). Tersangka pembunuhan satu keluarga di Bekasi itu menjalani 37 adegan rekonstruksi. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sekitar pukul 18.00-18.05 WIB, pelaku pembunuhan satu keluarga menanyakan konter pulsa terdekat untuk mengisi pulsa handphonenya yang habis.

"Dia isi Rp 50 ribu," ujar Anton, warga lainnya yang mengaku ikut mengantar tersangka ke bale-bale tempat peristirahatan para pendaki di base camp.

"Yang saya lihat setelah beli pulsa yang kedua dia langsung tidur, mungkin ngantuk," tutur Anton.

Kanit V Subdit Resmob Polda Metro Jaya Kompol Ridwan Soplanit juga membenarkan hal itu.

"Tersangka lalu pergi ke warung pulsa di sekitar lokasi. Dia membeli pulsa ditemani oleh penjaga base camp, Bu Dewi dan Pak Anto," kata Ridwan.

 

3. Sempat Tidur

Tersangka Haris Simamora melakukan adegan rekonstruksi pembunuhan keluarga Diperum Nainggolan di Jalan Bojong Nangka, Bekasi, Rabu (21/11). Tersangka pembunuhan satu keluarga di Bekasi itu menjalani 37 adegan rekonstruksi. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Usai membeli pulsa, tersangka pembunuhan satu keluarga HS mungkin mengantuk sehingga akhirnya ia tertidur lelap. Menurut Nunu, penangkapan HS terbilang singkat.

Empat petugas yang berpakaian preman langsung menyergap pelaku saat pelaku tertidur pulas. Mimpi buruk pelaku pembunuhan sadis itu pun menjadi nyata. HS ditangkap.

"Sebenarnya yang menangkap dua orang, yang dua orang lainnya menyebar menjaga," ucap Nunu.

 

4. Mengaku Bernama Sandi

Polisi mengawal tersangka pembunuhan satu keluarga di Kota Bekasi saat gelar perkara di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (16/11). Tersangka dibekuk di Garut pada Rabu malam, 14 November 2018. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Empat petugas kepolisian yang berpakaian preman langsung menyergap pelaku pembunuhan satu keluarga HS saat dirinya tertidur pulas. Tersangka Haris Simamora sempat menyembunyikan identitasnya. Dia mengelak sebagai pembunuh Diperum Nainggolan dan keluarga. Bahkan, dia mengaku bernama Sandi.

"Jadi waktu kita di lokasi, kita tanya dia, posisinya lagi tidur. Kita bangunkan dengan cara memukul pelan bagian tubuhnya menanyakan namanya," kata Kanit V Subdit Resmob Polda Metro Jaya Kompol Ridwan Soplanit.

Saat terbangun itulah tersangka pembunuhan satu keluarga itu mengaku bernama Sandi. "Jadi pertama kalau tersangka bangun bilang kalau namanya Sandi, lalu tidur lagi," lanjut Ridwan.

Tak percaya begitu saja, tim Jajaran Subdit Resmob Polda Metro kembali membangunkannya dengan cara yang humanis. "Kedua kalinya kita bangunkan lagi, tetap mengaku kalau dia Sandi," ujar Ridwan.

Akhirnya, polisi menanyakan kepada masyarakat yang saat itu ingin melakukan pendakian ke Gunung Guntur. Kebetulan, kala itu, ada beberapa calon pendaki.

"Kebetulan di dekatnya ada 4 pria dan 2 wanita yang ingin naik gunung. Mbak, mas, tahu tidak pria ini dari mana? Lalu ada yang jawab kalau dia dari Bekasi. Nah, ini dia yang kita cari. Kita dari Polda Metro Jaya, kita lagi cari ini orang, terima kasih ya infonya," tutur Ridwan.

Haris lalu digiring ke Polda Metro Jaya. Namun, selama pemeriksaan, HS tetap saja tak mengaku kalau dia membunuh satu keluarga di Bekasi.

"Sudah ditangkap ini dia masih kagak mau ngaku, tapi gelagatnya mencurigakan, dan akhirnya dia baru mengaku kalau dia adalah pelakunya," kata Ridwan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Kesal Dituduh Aktivis PKI: Mau Saya Cari dan Tabok Orangnya

Posted: 22 Nov 2018 10:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menyinggung maraknya informasi bohong dan fitnah di media sosial memasuki tahun politik. Salah satunya, isu yang menyebutkan bahwa Jokowi merupakan aktivis Partai Komunis Indonesia (PKI).

Ini disampaikan Jokowi saat membagikan 1.300 sertifikat tanah untuk warga Lampung Tengah di Lapangan Tenis Indoor Gunung Sugih, Lampung Tengah, Jumat (23/11/2018).

"Coba lihat di medsos, Presiden Jokowi itu PKI. Fitnah-fitnah seperti itu," kata dia.

Jokowi menegaskan dia bukan aktivis PKI. PKI sudah dibubarkan pada 12 Maret 1966, sedangkan Jokowi baru dilahirkan 21 Juni 1961.

"Saat PKI dibubarkan saya baru 4 tahun. Kok bisa diisukan Jokowi aktivis PKI, masak ada PKI balita," ujarnya.

Selama empat tahun menjadi Presiden, Jokowi mengatakan dirinya selalu dikaitkan dengan PKI. Jokowi merasa kesal dan mencari siapa yang menyebar isu bohong tersebut.

"Ini yang kadang-kadang haduh... Mau saya tabok orangnya di mana, saya cari betul," kata Jokowi.

"Saya ini sudah 4 tahun digini-giniin sabar, sabar ya Allah, sabar, sabar. Tapi sekarang saya berbicara karena jangan sampai ada 9 juta orang percaya terhadap berita-berita begini," sambungnya.

 

Pro Asing

Pasangan capres-cawapres Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin (kanan) menunjukkan nomor urut peserta Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (21/9). Pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapatkan nomor urut 01. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tak hanya soal PKI, Jokowi juga menjawab isu pro asing. Jokowi menegaskan dirinya justru telah merebut aset Indonesia yang selama ini dikuasai asing.

Misalnya Blok Mahakam dan Blok Rokan yang kini dibawah kendali Pertamina. Sebelumnya, Blok Mahakam dikuasai oleh Prancis dan Jepang, sedangkan Blok Rokan dikuasai Amerika.

"Freeport juga yang sejak 1970 kita hanya dapat 9% dan diam saja, sekarang kita sudah dapat 51%. Antek asing yang mana?" ucap dia.

Selanjutnya Jokowi membantah tuduhan telah mengkriminalisasi ulama. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan dirinya tidak pernah mengkriminalisasi ulama.

Jokowi justru memiliki kedekatan dengan ulama, hal itu ditandai dengan seringnya Kepala Negara bersilaturahmi ke Pondok Pesantren.

"Saya setiap hari, setiap minggu ketemu ulama. Kriminalisasi yang mana? Masyarakat jangan mudah percaya," pungkasnya.

 

Reporter: Titin Suprihatin

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Cek Fakta] Suporter Klub Sepak Bola Jerman Borussia Dortmund Lantunkan Salawat?

Posted: 22 Nov 2018 10:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jagat dunia maya kembali dibuat heboh dengan beredarnya video di Facebook terkait salawat yang konon dilakukan oleh suporter tim sepak bola dunia.

Video yang diunggah oleh akun Facebook bernama Saleh Alhadar itu sudah ditonton sebanyak 877 ribu kali.

Saleh Alhadar mengunggah video salawat yang dia sebut dilakukan oleh klub sepak bola Jerman, Borussia Dortmund.

"Klab Sepak Bola Jerman... Borusia.Dortmund , Merayakan Maulid Nabi Muhammad Saw . Subhanallah...." tulis Saleh Alhadar pada Kamis, 22 November 2018.

Unggahan tersebut sudah dibagikan sebanyak 49.473 kali dan mendapat tanda suka 20 ribu. Postingan tersebut juga menuai beragam komentar. Salah satunya oleh akun Facebook bernama Moeklis.

"Sudah dri kecil seneng banget sama team ini waktu msh ada jan koller, team kedua yg gue suka stelah chelsea," tulis Moeklis.

Fakta

Penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, video tersebut memang benar adanya, tetapi bukan dilakukan oleh klub sepak bola Jerman, Borussia Dortmund melainkan fans klub sepak bola Arab Saudi Al Ittihad.

Tak hanya itu, video yang baru diunggah Kamis kemarin, rupanya merupakan video lama. Penjelasan soal itu ditulis oleh Liputan6.com pada 27 Februari 2015 silam.

"Suporter klub-klub Indonesia yang kerap berbuat onar di dalam stadion nampaknya harus mencontoh apa yang dilakukan fans klub Arab Saudi Al Ittihad. Atraksi mereka di dalam stadion belum lama ini menghebohkan dunia maya dan membuat kagum banyak orang.

Dalam sebuah video yang diunggah di Youtube, terlihat puluhan ribu suporter Al Ittihad meneriakkan pujian kepada Nabi Muhammad. Mereka kompak menyanyikan lagu terkenal 'Tala Al Badru' Alayna' yang konon dinyanyikan Sahabat Nabi saat kedatangan Nabi Muhammad ke Madinah dari Makkah.

Selain itu para fans juga melakukan koreografi membentuk tulisan حبيبي يا رسول الله yang berarti 'Oh Rasulullah, kekasihku' dengan warna kuning dan hitam sesuai dengan warna klub kesayangan mereka.

Fans Al Ittihad melakukan aksi ini di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, 20 Februari 2015 lalu. Saat itu Al Ittihad tengah menghadapi Al Shoalah pada laga lanjutan Liga Arab Saudi. Pada laga tersebut, Al Ittihad berhasil menang 3-2 meski sempat tertinggal lebih dulu.

Aksi fans Al Ittihad ini seharusnya dapat menjadi contoh bagi kelompok suporter di Indonesia. Kebanyakan suporter di Indonesia malah lebih sering menyanyikan chant yang berisi hinaan dan umpatan kepada kelompok suporter lain yang merupakan seteru mereka."

 

Supporter Klub Sepak Bola

Kesimpulan

Video suporter sepak bola melantunkan salawat adalah benar. Namun, tak seperti klaim yang ditulis pemilik akun Facebook Saleh Alhadar. 

Sebab, suporter sepak bola yang melantunkan salawat bukan pendukung tim Jerman, Borussia Dortmund melainkan fans klub Arab Saudi Al Ittihad.

Video yang baru diunggah Saleh Alhadar pada Kamis, 22 November 2018 kemarin juga merupakan video lama, yaitu 2015 silam.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres JK Berharap Hubungan RI-Jepang Terus Saling Menguntungkan

Posted: 22 Nov 2018 10:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan bahwa hubungan persahabatan antara Indonesia dan Jepang semakin baik dari tahun ke tahun. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kerja sama perdagangan dan sejumlah sektor lain dari kedua negara.

"Saya berharap Indonesia dan Jepang akan selalu berupaya untuk membangun dan mempererat kerja sama. Selain itu saya juga berharap bahwa hubungan yang telah terjalin akan terus saling menguntungkan," ujar Jusuf Kalla saat menyampaikan sambutan di peringatan Hari Ulang Tahun Kaisar Jepang di Jakarta, Kamis (22/11/2018) malam.

Kuatnya hubungan persahabat antara kedua negara juga dibuktikan dengan kesigapan Jepang dalam membantu Indonesia dalam penanggulangan bencana. Sebab, beberapa waktu lalu Indonesia mengalami gempa-tsunami di Donggala, Palu, Sigi dan sekitarnya.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Wapres JK atas respon cepat dan bantuan yang diberikan oleh pemerintah Jepang. Tak lupa JK juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kaisar Jepang yang telah berusia 85 tahun.

"Harapan saya yang tulus semoga Yang Mulia dan keluarga senantiasa diberkati dengan kesehatan dan kebijaksanaan dalam memimpin masyarakat Jepang mengarungi perjalanan menuju negara yang lebih makmur," kata JK.

Dalam sambutannya, Wapres juga menyinggung soal kemitraan ASEAN dan Jepang yang sudah memasuki usia 45 tahun. Tak hanya dengan Indonesia, JK juga berharap agar kerja sama Jepang dan ASEAN semakin kuat.

"Tahun ini kita juga tengah merayakan hari jadi Jepang dan ASEAN yang ke-45, di ibu kota ASEAN yaitu Jakarta. Semoga kemitraan ini akan terus terjalin," jelasnya.

Sementara itu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii juga menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam atas gempa-tsunami di Donggala, Palu, Sigi dan sekitarnya di Sulawesi Tengah.

Dalam resepsi tersebut ia berharap bahwa warga yang mengalami dampak bencana dapat bangkit dan bisa beraktivitas kembali.

"Saya berharap proses rekonstruksi pasca-bencana dapat terus berjalan. Sehingga warga bisa beraktivitas kembali," ujar Dubes Masafumi Ishii.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Hari jadi Kaisar Jepang

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii juga menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam atas gempa-tsunami di Donggala, Palu, Sigi dan sekitarnya di Sulawesi Tengah (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Resepsi yang dilangsungkan di Hotel Mulia, Jakarta tersebut merupakan peringatan hari ulang tahun Kaisar Jepang. Tahun depan, resepsi nasional akan berganti tanggal, sebab Kaisar saat ini akan digantikan oleh putra mahkota Naruhito.

"Tahun depan tepatnya pada musim semi, Yang Mulia akan turun takhta dan Yang Mulia Putra Mahkota Naruhito akan menjadi Kaisar yang baru," jelas Masafumi Ishii.

Dubes Jepang juga menyebut hari ulang tahun Yang Mulia Putra Mahkota Naruhito jatuh pada bulan Februari. Sehingga resepsi nasional akan berganti tanggal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Perampok Sekap Kakek dan Cucu di Medan Terekam CCTV

Posted: 22 Nov 2018 10:20 PM PST

Patroli, Medan - Kawanan perampok menyekap pasangan kakek dan cucu di rumah toko miliknya di kawasan Medan Marelan, Sumatera Utara. Tersangka kabur membawa harta korban, termasuk satu unit mobil.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (23/11/2018), korban berenama Gunawan dan cucunya, Silvia disekap oleh kawanan perampok, Kamis pagi, 22 November kemarin. Komplotan yang diduga berjumlah tiga orang itu awalnya masuk dari lantai empat bangunan ruko, dan langsung menyekap Silvia di dalam kamar tidur.

Di saat bersamaan, datanglah kakek korban yang tinggal tak jauh dari ruko tersebut. Gunawan memang secara rutin kerap mengunjungi cucunya di pagi hari. Sang kakek akhirnya turut disekap di kamar yang sama. Bahkan kakek korban mengalami luka akibat dipukul pelaku dengan sebatang linggis.

Setelah melumpuhkan pasangan kakek dan cucu itu, para pelaku lalu kabur membawa barang berharga korban seperti uang, perhiasan, laptop, dan sebuah unit mobil yang diparkir di garasi. Para korban baru dapat dibebaskan setelah tetangga mendengar teriakan minta tolong.

Beruntung, aksi penyekapan dan perampokan tersebut terekam oleh CCTV rumah korban, sehingga polisi sudah mengantongi ciri-ciri para pelaku. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ke Luar Negeri, Gisella Anastasia - Gading Marten Pergi Terpisah

Posted: 22 Nov 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah gencarnya berita tentang perceraian, Gading Marten dan Gisella Anastasia rupanya kompak meninggalkan Tanah Air. Namun begitu, keduanya tak pergi bersama.

Gading Marten diketahui sedang berada di Spanyol bersama Edy Brokoli untuk menyaksikan klub favorit sepak bolanya berlaga. Sementara Gisella Anastasia singgah ke Korea Selatan bersama empat orang kerabatnya.

Kepergian Gisella Anastasia ke Negeri Ginseng sendiri diketahui melalui unggahan di akun Instagram kerabatnya tersebut.

"#seoultrip #sodaragoestoseoul #seoul #korea," tulis temannya yang bernama Levi Laurencia di Instagramnya, baru-baru ini.

Di mana Gempita?

[Foto: Instagram  levilaurencia]

Dalam foto tersebut, istri Gading Marten ini berswa foto bersama tiga orang lainnya. Ibu satu orang anak tersebut seolah ingin memperlihatkan dengan menunjukkan senyuman.

Namun begitu, dari foto-foto yang diunggah, tak terlihat Gempita Nora Marten di tengah mereka. Entah Gisella Anastasia mengajaknya ataukah memang ditinggal di rumah bersama baby sitter dan keluarganya.

Gugatan

Gading Marten dan Gisel (Nurwahyunan/Bintang.com)

Gisella Anastasia telah menggugat cerai suaminya pada 19 November 2018, dengan nomor perkara 908/Pdt.G/2018/PN JKT/SEL. Ia mendaftarkan gugatan melalui kuasa hukumnya.

Kabar perceraian ini memang mengejutkan banyak pihak mengingat selama lima tahun berumah tangga, Gisella Anastasia dan Gading Marten selalu memperlihatkan jalinan hubungan yang harmonis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Ingin Cetak PNS Berpola Pikir Revolusi Industri 4.0

Posted: 22 Nov 2018 10:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Birokrasi Indonesia pada 20-30 tahun mendatang akan dihadapkan pada sejumlah tantangan. Kemajuan teknologi, perkembangan penduduk dengan tren kebutuhan soft skills yang berbeda dari era sebelumnya.

Selain itu, kompetisi fiskal dan tenaga kerja yang ketat, serta semakin tingginya ekspektasi masyarakat terhadap kinerja birokrasi, menjadi sejumlah tantangan yang harus mendapatkan solusi.

Menjawab itu, Pemerintah Indonesia menyusun rencana rekrutmen Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ditargetkan mampu untuk memberikan layanan publik secara lebih matang, menghadirkan tenaga kerja dengan kapabiltas yang dapat menjawab tantangan zaman, berkinerja lebih profesional dengan cara yang efektif, dan meningkatkan dukungan publik terhadap pelaksanaan pembangunan.

Saat ini, rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 telah memasuki masa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang hampir usai.

Dalam pelaksanaan SKD, ketentuan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Peraturan Menteri PAN RB) Nomor 37 Tahun 2018 yang mengatur adanya passing grade (PG) sebagai penentu kelulusan, menjadi salah satu acuan yang harus ditaati.

Namun, jelang akhir pelaksaan SKD, data center BKN, menyebutkan tingkat kelulusan peserta SKD di tingkat kementerian/lembaga Pemerintah Pusat berjumlah 12,5 persen; Wilayah Barat sebanyak 3,7 persen, Wiliyah Tengah 2,2 persen, dan Wilayah Timur 1,4 persen.

Jika bertahan dengan kondisi itu, dikhawatirkan Pemerintah pada 20-30 tahun mendatang tidak mampu menjawab tantangan masa depan khususnya dalam memberikan percepatan pelayanan kepada publik di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

Mencegah potensi munculnya hambatan pelayanan publik yang bakal terjadi di masa mendatang, Pemerintah kemudian menerbitkan Peraturan Menteri PAN RB Nomor 61 Tahun 2018 (PermenPANRB No. 61) tentang Optimalisasi Pemenuhan Kebutuhan/Formasi Pegawai Negeri Sipil Dalam Seleksi CPNS Tahun 2018 sebagai bagian treatment memenuhi kebutuhan pemenuhan formasi CPNS.

Dengan ketentuan yang termuat dalam Peraturan Menteri PAN RB Nomor 61 Tahun 2018 tersebut, rata-rata tingkat kelulusan peserta SKD kementerian/lembaga Pemerintah Pusat diproyeksikan dapat mencapai angka 73,8 persen, Wilayah Barat 66,6 persen, Wilayah Tengah 54,9 persen, dan Wilayah Timur 44,2 persen.

Dalam Peraturan Menteri PAN RB itu ditegaskan, peserta seleksi CPNS 2018 yang mengikuti SKD dapat melanjutkan ke tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Peserta SKB sebagaimana dimaksud, menurut Peraturan Menteri PANRB ini, terdiri atas:

a. Peserta SKD yang memenuhi Nilai Ambang Batas; dan

b. Peserta SKD yang tidak memenuhi Nilai Ambang Batas, namun memiliki peringkat terbaik dari angka kumulatif SKD diatur berdasarkan Peraturan Menteri ini.

Selengkapnya Peraturan Menteri PAN RB Nomor 61 Tahun 2018 dapat diunduh pada link berikut

Contoh Kasus

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat pengecekan keabsahan administrasi di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Berikut contah kasus yang mungkin terjadi di lapangan sekadar untuk lebih memahami bekerjanya Peraturan Menteri PANRB Nomor 61 Tahun 2018, seperti dikutip dari rilis BKN:

Kasus 1

Formasi: 1

Lolos PG Awal: 1

Yg ikut SKB: 1

Kasus 2

Formasi: 1

Lolos PG awal: 0

Yang ikut SKB: 3 (ranking 1-3)

Kasus 3

Formasi: 2

Lolos PG: 2

Yang ikut SKB: 2 (keduanya yg lolos PG awal)

Kasus 4

Formasi: 2

Lolos PG awal: 1

Yang ikut SKB: 4, terdiri dari

- 1 yang lolos PG awal untuk mengisi formasi #1

- 3 (yang tidak lolos PG awal, ranking 3 terbaik) untuk memperebutkan formasi #2

Kasus 5

Formasi: 1

Lolos PG Awal: 7

Yang ikut SKB: 3 (yang lolos PG Awal dan ranking 3 terbaik)

Syarat peserta yang tak lolos PG untuk ikut SKB

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham melihat panduan pengisian jawaban sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta yang tidak lolos PG awal, dapat mengikuti SKB jika dan hanya jika:

a. ada formasi yang kosong (tidak terisi oleh mereka yang lolos PG awal)

b. menduduki ranking 3 terbaik, untuk setiap formasi yang kosong. Misal:

- formasi yang kosong 1, ranking 1-3 yang ikut SKB

- formasi yang kosong 2, ranking 1-6 yang ikut SKB c. Memenuhi passing grade:

- 255 untuk formasi umum, formasi khusus cumlaude dan formasi khusus diaspora,

- 220 untuk formasi khusus: putra/putri Papua/Papua Barat, disabilitas, dan Eks THK2 guru/tenaga medis/paramedis.

Bila ada nilai total peserta SKD sama, dilihat nilai per komponen dengan urutan: Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Bila nilai tetap sama, semua peserta dalam ranking tersebut diikutsertakan SKB.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Persib Vs Perseru: Misi Berat di Pulau Dewata

Posted: 22 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah isu suap terhadap sejumlah pemain mereda, duel Persib Bandung Vs Perseru Serui menjadi tantangan yang lebih nyata bagi pasukan Mario Gomez. Kedua tim bakal bertemu di Stadion I Wayan Dipta, Bali, pada lanjutan Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak 2018/19. 

Mematahkan rekor buruk di markas Bali United menjadi misi utama para pemain Maung Bandung. Sebab sejak memilih bermarkas di Pulau Dewata, Persib belum sekalipun menang. Mereka kalah 1-4 dari Persebaya Surabaya dan takluk 0-1 dari PSMS Medan. 

"Kami ingin menang dan menyelesaikan pertandingan dengan hasil paling maksimal. Yang penting mendapatkan tiga poin," kata Gomez seperti dilansir situs resmi Liga Indonesia. 

Persib sejatinya belum terlempar dari persaingan menjadi juara Liga 1 musim ini. Sebab saat ini, Maung Bandung berada di urutan ketiga dengan koleksi 49 poin. Dengan menyisakan 3 laga lagi, Persib masih berpeluang menggusur pemuncak klasemen yang kini dihuni PSM. 

Tentu dengan syarat, Persib tidak tergelincir lagi di tiga laga tersisa. Duel Persib Vs Perseru bahkan menjadi salah satu kunci bagi tim Kota Kembang itu menjaga asa jadi juara. 

Namun ambisi ini tentu tidak mudah. Sebab Perseru Serui yang kini masih terbenam di zona merah degradasi tidak ingin melepas pertandingan begitu saja. Sebaliknya, tim asal Bumi Cendrawasih tersebut bakal tampil mati-matian untuk mencuri poin dari Maung Bandung. 

Perseru Tetap Ngotot

Pemain Persib Bandung merayakan gol yang dicetak oleh Bojan Malisic ke gawang Arema FC pada laga Liga 1 di Stadion GBLA, Jawa Barat, Kamis (13/9/2018). Persib menang 2-0 atas Arema FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Karena itu, Pelatih Perseru, Wanderley Junior berharap anak asuhnya bermain maksimal. Peluang lepas dari degradasi masih ada dan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

"Pertandingan yang tidak mudah, tapi kami berharap bisa melakukan yang terbaik untuk bisa mendapat poin. Kita hormat besar dengan tim Persib karena mereka punya materi pemain yang bagus," kata Wanderley.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejarah Black Friday, Pesta Berburu Diskon Besar-besaran

Posted: 22 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beragam penawaran menarik dan diskon besar-besaran hadir di hari belanja serentak usai perayaan Thanksgiving atau yang lebih dikenal dengan sebutan Black Friday. Awalnya, momen ini secara tidak resmi dimulai di awal musim Natal pada akhir abad ke-19.

Seperti dilansir dari thebalance, Jumat (23/11/2018), presiden ke-16 Amerika Serikat, Abraham Lincoln menetapkan hari libur Thanksgiving pada Kamis terakhir di bulan November. Sehari setelah Thanksgiving, kala itu tidak disebut Black Friday, nama itu dikaitkan dengan 24 September 1869.

Dua spekulan, Jay Gould dan James Fisk menciptakan boom and bust atau fase bergantian pertumbuhan ekonomi dan penurunan untuk harga emas. Pasar saham ikut jatuh dan harga turun 20 persen. Gangguan harga emas membuat komoditas anjlok hingga 50 persen. Korupsi di Tammany Hall memungkinkan Gould dan Fisk untuk melarikan diri tanpa hukuman.

Pada 1905, departement store Kanada, Eaton memulai parade Hari Thanksgiving pertama membawa Sinterklas dengan kereta melalui jalan-jalan pusat di Toronto. Kemudian pada 1913, delapan rusa hidup menarik kereta luncur Santa. Seven floats mewakili karakter sajak anak-anak yang bergabung dengan Santa dalam pawai pada 1916.

Pawai Eaton menginspirasi Departement Store Macy's untuk meluncurkan parade Thanksgiving Day yang terkenal di New York. Pawai itu mendorong pembelanjaan hari berikutnya. Pengecer memiliki perjanjian untuk menunggu sampai saat itu sebelum iklan penjualan liburan.

Pada 1939, Thanksgiving jatuh pada minggu kelima bulan November. Pengecer memperingatkan bahwa mereka akan bangkrut karena musim belanja liburan terlalu pendek. Mereka pun mengajukan petisi kepada Presiden Franklin D. Roosevelt untuk memindahkan hari libur Thanksgiving sampai Kamis keempat.

Namun sayang, saat ini telah masuk akhir Oktober dan kebanyakan orang sudah membuat rencana hingga ada beberapa yang kesal dan menyebut liburan sebagai "Franksgiving". Hanya 32 negara yang mengikuti langkah Franklin, sedangkan lainnya merayakan dua hari libur dan memaksa beberapa perusahaan untuk memberi karyawan libur ekstra.

Kemudian pada 1941, Kongres mengakhiri pertanyaan banyak orang. Hukum mengesahkan bahwa Thanksgiving selalu jatuh pada Kamis keempat di bulan November. Lalu pada 1950-an, orang-orang mulai sakit hati pada hari setelah Thanksgiving yang pada dasarnya memberi mereka sendiri akhir pekan empat hari.

Karena toko-toko buka sehingga memaksa harus bekerja, mereka lalu mencuri-curi waktu untuk belanja selama bos mereka tidak melihat. Daripada mencoba menentukan gaji yang harus dipotong, banyak bisnis mulai menambahkan hari itu sebagai hari libur berbayar.

Pada 1966, nama Black Friday menjadi populer di media cetak. Saat itulah sebuah kisah muncul dalam sebuah iklan di The American Philatelist, sebuah majalah kolektor perangko. Departemen Kepolisian Philadelphia memakai nama itu untuk menggambarkan kemacetan lalu lintas dan kerumunan di toko-toko di pusat kota.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air yang Mudah dan Efektif, Kamu Wajib Tahu

Posted: 22 Nov 2018 10:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cacar air atau yang memiliki istilah ilmiah Varicella adalah penyakit yang disebabkan karena serangan virus. Penyakit yang bersifat menular ini tak hanya terjadi pada anak-anak, namun juga orang dewasa. Sehingga tak heran jika kamu menemukan bahwa masih ada orang dewasa yang terkena cacar air.

Cacar air diawali dengan gejala menyerupai flu, nyeri otot, dan demam yang diikuti dengan munculnya ruam pada kulit. Ruam ini lama-kelamaan akan berubah menjadi bintil yang sangat gatal dan mudah pecah.

Penggunaan obat untuk cacar air bertujuan untuk mengobati gejala yang menyertai. Namun, bintil yang pecah kerap menyisakan bekas luka yang sulit dihilangkan. Nah, agar bintil akibat cacar air tidak menyisakan bekas luka yang menganggu penampilan, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/11/2018).

Manfaat Mandi Air Hangat

Tips agar cacar tidak meninggalkan bekas

1. Jangan menggaruk bintil

Ruam akibat cacar air memang terasa sangat gatal dan menganggu kenyamanan. Namun sebaiknya kamu tidak menggaruk bintil ini, karena jika pecah dapat menimbulkan luka membekas. Di samping itu, kamu juga disarankan untuk menggunakan pakaian yang menutup seluruh lapisan kulit dengan baik. Jangan lupa untuk memotong kuku.

2. Mandi dengan air hangat

Keadaan tubuh yang lembab dan tidak bersih dapat meninggalkan risiko infeksi yang lebih besar. Luka yang terinfeksi akan meninggalkan bekas yang lebih sulit untuk dihilangkan. Dengan mandi menggunakan air hangat (suam), tubuh kamu akan terjaga kelembapan dan kebersihannya.

3. Gunakan bahan alami

Meski belum terbukti efektif, tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba mengonsumsi bahan alami seperti mengkudu, kacang hijau, temulawak, daun jarak, cendana, ataupun bengkuang.

4. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Makanan bergizi seimbang membuat daya tahan tubuh kamu semakin baik. Dengan ini, regenerasi sel di kulit menjadi lebih cepat sehingga proses penyembuhan pun dapat lebih efektif.

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Secara Alami

Masker oatmeal bisa hilangkan jerawat beruntusan

Setelah membaca cara mencegah agar cacar tidak menyisakan luka, kamu juga harus tahu nih cara menghilangkannya. Barangkali kamu memiliki bekas cacar air yang terlanjur sudah lama membekas di kulit.

1. Oatmeal

Kamu pasti sudah tahu bahwa oatmeal baik dikonsumsi untuk kesehatan. Namun, selain memberikan manfaat di dalam tubuh, oatmeal juga bisa memberikan manfaat untuk kulit. Oatmeal direkomendasikan untuk kulit sensitif, alergi, dan kulit yang rentan eksim, sebab dipercaya dapat melembabkan kulit. Kandungan antiperadangan dan antioksidannya dapat membantu penyembuhan masalah kulit.

Cara menghilangkan bekas cacar air dengan oatmeal:

Tuangkan oats mentah dan aduk dengan air hangat

Biarkan adonan dingin sebelum diaplikasikan pada kulit

Oleskan pada bekas cacar

Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat

 

2. Baking soda

Baking soda adalah natrium bikarbonat, memiliki fungsi sebagai antibakteri, antijamur, antiseptik, dan antiperadangan. Baking soda juga dipercaya dapat menyembuhkan jerawat.

Cara menghilangkan bekas cacar air dengan baking soda:

Tuangkan dua sendok makan baking soda dan campurkan dengan satu gelas air

Aduk hingga menjadi adonan yang mengental

Oleskan adonan tersebut pada kulit yang terkena dampak cacar

Bilas dengan air

 

3. Air kelapa

Kamu juga bisa menggunakan air kelapa sebagai ramuan alternatif. Mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Selain itu, air kelapa juga bisa membantu detoksifikasi tubuh.

Cara menghilangkan bekas cacar air dengan air kelapa:

Balurkan air kelapa pada bekas cacarKamu juga bisa mencoba mengombinasikan air kelapa dengan air biasa di bathtub, berendam dengan air campuran tersebut

Tidak ada salahnya meminum air kelapa setiap harinya, karena akan membantu proses penyembuhan masalah kulit dari dalam

 

4. Madu

Madu adalah antibakteri dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Madu dapat menyembuhkan bekas luka pada kulit kamu, membentuk sel yang sehat, dan memperbaiki kondisi kulit.

Cara menghilangkan bekas cacar air dengan madu:

Kamu bisa mencampurkan madu dengan oatmeal untuk membuatnya lebih efektif

Oleskan adonan tersebut pada bekas cacar

Diamkan selama beberapa waktu, sekitar setangah jam hingga satu jam

Bilas dengan air

 

5. Pepaya

Buah ini baik untuk pencernaan, selain itu juga baik untuk menghilangkan bekas luka. Pepaya juga bisa menghidrasi kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Cara menghilangkan bekas cacar air dengan pepaya:

Siapkan pepaya, gula merah, dan susu

Campurkan semua bahan dan aduk dengan baik

Oleskan pada bekas cacar

 

6. Aloe vera (lidah buaya)

Aloe vera alias lidah buaya dapat menghidrasi dan melembabkan kulit. Kandungan asam amino dan antioksidannya dapat menyembuhkan kulit. Tidak heran lidah buaya juga sering digunakan pada kulit dan rambut.

Cara menghilangkan bekas cacar air dengan aloe vera:

Potong daun lidah buaya untuk mendapatkan gel-nya

Oleskan gel tersebut pada kulit dan biarkan sampai kering

Lakukan ini sekitar dua hingga tiga kali setiap hari untuk mendapatkan hasil yang baik

 

7. Sari lemon

Lemon kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan. Vitamin C baik untuk kesehatan tubuh dan kulit, sekaligus bisa memulihkan kulit yang rusak.

Cara menghilangkan bekas cacar air dengan sari lemon:

Oleskan sari lemon, bisa menggunakan kapas

Diamkan sari lemon tersebut selama 15 menit

Bilas dengan air

 

8. Minyak kelapa

Tidak hanya air kelapa yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh, kamu pasti sudah tidak asing lagi mendengar manfaat dari minyak kelapa. Kandungan asam lemaknya dapat memperbaiki kulit yang rusak, merangsang produksi kolagen, dan membantu mempercepat penyembuhan kulit.

Cara menghilangkan bekas cacar air dengan minyak kelapa:

Oleskan minyak kelapa pada area bekas cacar

Pijat kulit yang diolesi minyak dan biarkan sampai kering

Ulangi pengobatan ini hingga 3 sampai 4 kali

 

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Secara Medis

Ilustrasi kecantikan pakai krim wajah (iStockphoto/Ridofranz)

Kalau kamu merasa menghilangkan bekas cacar air dengan bahan alami terasa lama, kamu juga bisa mencoba cara lain. Meski sangat sulit, bekas luka akibat cacar air tetap bisa dihilangkan secara medis kok. Berikut cara menghilangkan bekas cacar air secara medis yag Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Gunakan tabir surya

Cara menghilangkan bekas cacar air bisa dengan menggunakan tabir surya. Agar bekas luka cacar air tidak menghitam, gunakan tabir surya saat hendak bepergian ke luar rumah, terutama pada pukul 08.00–15.00. Hal ini sangat penting, karena kulit bekas cacar lebih mudah menghitam bila terpapar sinar matahari dibandingkan dengan kulit yang sehat. Agar efektif, gunakanlah tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, sesuai kebutuhan dan kondisi lingkungan kamu.

2. Krim perawatan kulit

Cara menghilangkan bekas cacar air bisa juga dengan menggunakan krim perawatan kulit dari dokter spesialis kulit yang bekerja dengan cara mempercepat regenerasi kulit. Krim yang dapat dipakai adalah yang mengandung Hidrokuinon 2%, Tretinoin 0,05%, Tazarotene 0,1%, atau Asam azaleat 20%. Agar bekas luka cacar air bisa hilang sempurna, dibutuhkan kesabaran dan keteraturan dalam menggunakan obat-obatan tersebut. Umumnya, bekas luka cacar air akan memudar dalam 10-12 bulan setelah mengoleskan obat.

Jangan terkejut bila kulit kamu agak mengelupas saat menggunakan krim kulit tersebut. Hal ini merupakan efek samping yang wajar terjadi. Ingatlah untuk menggunakan obat-obatan ini sesuai petunjuk dan pengawasan dokter, agar efek yang dihasilkan bisa lebih maksimal.

3. Chemical peeling

Cara menghilangkan bekas cacar air secara medis bisa dengan melakukan chemical peeling di klinik kecantikan. Chemical peeling merupakan metode perawatan kulit yang dilakukan dokter dan klinik kecantikan dengan memberikan zat kimia pada kulit untuk merangsang pengelupasan kulit. Dengan mengelupasnya kulit, diharapkan kulit baru yang terbentuk akan terlihat lebih cerah. Salah satu zat yang sering digunakan untuk chemical peeling adalah trichloroacetic acid (TCA) 20-35%. Zat ini umumnya efektif untuk mengatasi bekas kehitaman akibat peradangan di kulit.

Salah satu efek samping yang umumnya timbul adalah rasa perih, kemerahan, dan bengkak di kulit selama beberapa hari hingga satu minggu. Oleh karena itu, chemical peeling tidak boleh terlalu sering dilakukan. Chemical peeling baru boleh dilakukan lagi setelah 3-6 bulan setelah tindakan sebelumnya.

4. Laser

Cara menghilangkan bekas cacar air secara medis lainnya dengan laser. Laser energi tinggi merupakan metode yang cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka cacar air. Tak hanya itu, tindakan ini juga bisa menghilangkan bercak kulit akibat tanda lahir, tahi lalat, tato, dan lainnya. Namun demikian, penggunaan metode laser harus dipertimbangkan baik-baik pada orang yang berkulit hitam. Ini karena tindakan tersebut berisiko menyebabkan hipopigmentasi, yaitu kekurangan pigmen kulit yang menyebabkan kulit berwarna lebih terang dari kulit sekitarnya.

5. Intense Pulsed Light (IPL)

Cara menghilangkan bekas cacar air yang efektif bisa dengan melakukan IPL di klinik kecantikan yang dilakukan oleh dokter. IPL merupakan metode perawatan kulit dengan menggunakan sinar berintensitas tinggi. Energi dari sinar tersebut akan diterima oleh sel di kulit, dan mengakibatkan perubahan pada komponen kulit yang berperan menyerap sinar (kromofor). Hal ini akan menyebabkan perubahan pada warna kulit.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Sukses di Senayan City, BMW Exhibition Bakal Hadir di Plaza Senayan

Posted: 22 Nov 2018 10:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah sukses menggelar acara BMW Exhibition pada Jumat (16/11/2018) bertempat di Area Promenade - Senayan City Mall. Kini, acara tersebut bakal kembali hadir pada 23-25 November 2018 di Plaza Senayan Corridor Monolog - De Luca.

Sama dengan acara sebelumnya, event tersebut bertujuan untuk meng-upgrade kendaraan lama ke seri terbaru dari BMW. Program tersebut merupakan BMW Trade-in & Trade-Up khusus untuk model BMW Seri 3 dan BMW Seri 5.

Program ini sekaligus menjadi solusi bagi pelanggan yang ingin meremajakan kendaraannya dengan model BMW terbaru.

Acara tersebut tidak hanya terbatas pada kendaraan dari brand BMW, namun turut berlaku untuk berbagai model dan tipe kendaraan.

Calon pengguna BMW lewat program ini juga mendapat solusi tambahan di luar bunga rendah hingga 5 tahun, garansi dan service inclusive hingga 5 tahun, serta paket perpanjangan masa garansi yang juga hadir pada kesempatan yang sama secara langsung.

Untuk acara pada kali ini, para peserta yang ikuta test drive bakal dapat free coffee and doughnut di Monolog. Lalu mereka mempunyai premium car key akan dapat voucher meals value to IDR 100.000 di Monolog.

Uniknya, bagi yang ingin hadiah menarik lainnya, kamu bisa ikutan BMW test drive photo competition. Nantinya, kamu akan dapat chance to win exclusive hampers dari Jo Malone London. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mention bmw indonesia's melalui media sosial instagram dengan hastag #BMWTESTDRIVE.

BMW Seri 5 Rakitan Indonesia

Perlu diketahui, lini BMW Seri 5 merupakan sedan bisnis paling sukses dengan inovasi teknologi terdepan, kedinamisan sempurna, fitur sistem asistensi berkendara, konektivitas tak tertandingi, serta sistem operasi dengan tampilan terbaru.

Setelah diluncurkannya BMW 520i Luxury Line di awal tahun ini, pelanggan memiliki pilihan tambahan untuk merasakan Sheer Driving Pleasure yang presisi dalam balutan trim mewah.

BMW 530i Luxury Line hadir dengan mesin bensin BMW TwinPower Turbo 4-silinder dengan double VANOS, High Precision Injection, inovasi BMW EfficientDynamics dan mampu menghasilkan output sebesar 252 dk dengan torsi puncak 350 Nm.

Dengan transmisi otomatis Steptronic delapan percepatan, All-new BMW 530i dapat melesat dari 0 ke 100 km/h dalam waktu 6,2 detik.

All-new BMW 520i Luxury Line menggunakan mesin 2.0 liter BMW TwinPower Turbo 4-silinder. Mesin ini menyemburkan tenaga maksimum sebesar 184 hp dan torsi maksimum 290 Nm. Kendaraan ini melaju dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 7,8 detik dan mencapai kecepatan maksimal sebesar 235 km/jam.

All-new BMW 520i Luxury Line yang hadir dengan efisiensi terbaik di kelasnya juga dilengkapi dengan BMW Display Key, BMW iDrive 6.0 dengan Gesture Control, dan baluran elegan interior dengan Dakota upholstery.

Berikut daftar harga kendaraan di BMW Exhibition at Plaza Senayan

Model: BMW 320i Sport

Retail price (off-the road): IDR 719.000.000

Model: BMW 320i Luxury

Retail price (off-the road): IDR 729.000.000

Model: BMW 520i Luxury

Retail price (off-the road): IDR 1.009.000.000

Model: BMW 530i Luxury

Retail price (off-the road): IDR 1.169.000.000

Integrasi produk dan layanan

Setiap unit kendaraan dilengkapi dengan BMW Service Inclusive, meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, targantung mana yang lebih dulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh.

Ban kendaraan juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun dan mencakup penggantian hingga 4 ban per tahun sampai 100% yang mencakup biaya ban dan tenaga kerja, meliputi kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, letusan, dan robek atau dari kendaraan yang terus berjalan pada ban kempis.

Ban akan diganti dengan yang asli, dengan syarat dan ketentuan berlaku. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi BMW Call Center (021)-2927 9677 atau email ke contact.us@bmw.co.id.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penadah Mobil dan Pembuang Jasad Dufi dalam Perburuan Polisi

Posted: 22 Nov 2018 10:07 PM PST

Patroli, Jakarta - Polisi menduga pasangan suami istri pelaku pembunuhan Dufi yang jasadnya ditemukan dalam drum di Bogor, sudah merencanakan aksi keji sebelumnya akibat tergiur harta korban. Saat ini penyidik masih mengejar dua orang yang diduga ikut terlibat.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (23/11/2018), kedua tersangka ini masih menjalani pemeriksaan di kepolisian. Dalam pemeriksaan terungkap, pembunuhan telah direncanakan oleh pelaku sebelumnya.

Tersangka menghabisi Dufi ketika dia datang ke rumah kontrakannya di Bekasi. Jasadnya lalu dimasukkan ke dalam drum warna biru dan ditemukan di daerah Bogor, Jawa Barat, pada 18 November lalu.

Selain dua tersangka, polisi kini masih memburu dua orang lain yang diduga ikut serta dalam kasus tersebut. Pihak yang terlibat yaitu orang yang menadah mobil korban serta orang yang membantu membuang jasad korban. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kota Ini Tak Akan Disinari Matahari Selama 65 Hari

Posted: 22 Nov 2018 10:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin banyak dari kalian yang kurang menyukai sinar matahari yang begitu terik setiap harinya. Namun, bagaimana jika akhirnya kalian tak akan melihat sinar matahari dalam waktu yang cukup lama?

Ya, kalian tentu juga tak ingin berada dalam kegelapan dan tanpa sinar matahari setiap hari bukan. Nyatanya hal ini sedang terjadi di Alaska.

Sejak Minggu (18/11/2018), kota Utqiagvik di wilayah Kutub Utara, Amerika Serikat, telah mengalami fenomena hari tanpa matahari yang akan dialami selama 65 hari ke depan. Daerah itu kini telah diselimuti kegelapan dan ditutupi oleh salju.

Kota yang sebelumnya bernama Barrow ini mendapat paparan sinar matahari terakhirnya pada Minggu pukul 1.43 siang waktu setempat. Sejak saat itu, kota berpenduduk sekiranya 4000 orang ini baru akan disinari matahari lagi pada 23 Januari 2019 mendatang.

Fenomena ini terjadi lantaran kemiringan bumi yang menjauh dari matahari. Kemiringan bumi tersebut membuat daerah di lingkungan utara Lingkaran Arktik yang terletak di dekat Kutub Utara tak akan disinari matahari dua bulan ke depan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tidak gelap seutuhnya

kota ini tak akan disinari matahari 65 hari (foto: The Weather Network/@Brimshack)

Meski begitu, kota ini tak akan berada di kegelapan sepanjang hari. Walau tak ada matahari, nyatanya tetap ada cahaya yang cukup untuk melihat sekitar. Hal ini lantaran matahari yang berada di enam derajat di bawah cakrawala masih memberikan cahaya yang cukup untuk melihat benda-benda di sekitar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Spin, Chevrolet Pensiunkan Captiva di Indonesia

Posted: 22 Nov 2018 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT General Motors (GM) Indonesia harus kembali merasakan ketatnya persaingan penjualan roda empat di Tanah Air. Setelah menghentikan penjualan LMPV andalannya, Chevrolet Spin, kali ini pabrikan asal Amerika Serikat ini juga harus menghentikan penjualan salah satu modelnya, Captiva.

Pengumuman penghentian penjualan Chevrolet Captiva, sempat beredar di situs resmi Chevrolet Indonesia. Namun, hanya bertahan beberapa lama, kemudian pengumuman tersebut dihapus.

"Chevrolet Spin dan Chevrolet Captiva kini sudah tidak tersedia. Tapi kami memiliki berbagai kendaraan lain yang sesuai untuk Anda," tulis pengumuman Chevrolet Indonesia yang sempat dilihat Liputan6.com, Jumat (23/11/2018).

Ketika dikonfirmasi kepada Yuniadi Haksono Hartono, Director Communications & External Affairs PT GM Indonesia terkait hal tersebut, pria ramah ini membenarkan penghentian penjualan Chevrolet Captiva.

"Captiva sudah tidak lagi berada di portfolio Chevrolet setelah diluncurkan lebih dari 10 tahun lalu, dan sukses di pasar SUV," terang Yuniadi kepada Liputan6.com, melalui pesan elektronik. Lanjut Yuniadi, meskipun sudah tidak menjual Chevrolet Captiva di Indonesia, namun pihaknya masih terus memperkuat kehadiran di pasar SUV dengan Chevrolet Trax dan Trailblazer.

"Mungkin masih ada (di dealer), tetapi tidak banyak lagi," terang Yuniadi ketika ditanya ketersedian Chevrolet Captiva di dealer. Untuk diketahui, Chevrolet Captiva di Indonesia dibanderol mulai Rp 398 juta untuk tipe 2,0 liter AT FWD (diesel), sedangkan untuk tipe 2,0 liter AT AWD (diesel) dibanderl Rp 456,2 juta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta di Balik Penganiayaan Istri oleh Suaminya hingga Pingsan di Kendari

Posted: 22 Nov 2018 10:02 PM PST

Liputan6.com, Kendari - Penganiayaan terhadap perempuan di Kota Kendari kerap terjadi. Seorang wanita berinisial WM (40), menjadi bulan-bulanan suaminya LF (43) yang baru pulang dari melaut, Kamis, 22 November 2018.

WM tiba-tiba kena pukulan sang suami yang semalam baru pulang setelah sepekan lebih meninggalkan rumah untuk menangkap ikan. Tak tanggung-tanggung, ibu tiga anak ini dipukul tanpa rasa kasihan pada bagian wajah sebanyak 4 kali.

Ketika ditanya mengenai penyebab penganiayaan itu, sang istri mengaku tidak tahu-menahu. WM mengaku saat suaminya tiba, dia masih sibuk menbersihkan di rumah sehingga belum sempat membuatkan kopi panas dan sarapan. Sang suami sempat memaki-maki dan langsung mendatangi dan menganiaya korban.

"Saya langsung pingsan habis dipukul. Padahal, tadi malam dia masih baik-baik saja," ujar WM ditemui di Polsek Kandai Kota Kendari, Kamis (22/11/2018).

WM menceritakan, penganiayaan terhadap dirinya terjadi sekitar pukul 09.00 Wita. Tiba-tiba, suaminya langsung menarik bajunya dan memukul sebanyak 4 kali. Sempat lari keluar rumah, WM kemudian pingsan tak sadarkan diri.

"Darah keluar, di situ saya ditolong warga lain," ujarnya.

 

Informasi dari Media Sosial

WM (40) wanita korban penganiayaan suaminya LF (42) saat diperiksa di Polsek Kandai, Kota Kendari, Kamis (22/11/2018). (Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Kepolisian Sektor Kandai, melihat langsung kasus pemukulan dari salah satu akun media sosial milik warga sekitar yang merekam kejadian di TKP. Saat belum ada laporan masuk, polisi berinisiatif langsung bergerak menuju rumah korban.

Ternyata, pelaku sudah kabur dari rumah usai menganiaya istrinya. Polisi langsung membantu memulihkan korban yang masih dalam kondisi pusing karena dianiaya, selanjutnya dibawa ke Polsek untuk diperiksa.

"Kita tahunya dari akun Facebook, dari laporan warga. Suaminya kabur, tapi anggota sudah mengejar sejak tadi," ujar Pembantu Unit (Panit) I Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Sektor Kandai, Aipda La Ode Asdin.

La Ode Asdin mengatakan, menurut pengakuan korban, suaminya merupakan nelayan yang sering bepergian hingga satu bulan lebih di lautan. LF, kata La Ode, hanya beberapa hari di rumah kemudian pergi lagi selama beberapa pekan.

"Anggota masih berada di TKP membantu penyelidikan dan mengamankan korban, perbuatan tersangka ini diancam dengan Undang-Undang KDRT 44 Ayat 1 dengan ancaman kurungan lima tahun penjara," dia memungkasi.

Saat ini, polisi juga memeriksa salah seorang wanita yang menjadi saksi utama penganiayaan WM oleh suaminya. Wanita yang tidak ingin disebut namanya itu, merekam kejadian dan mengunggah di media sosial hingga diketahui polisi dengan cepat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Firma Abu Dhabi Gugat Goldman Sachs terkait Korupsi 1MDB Malaysia

Posted: 22 Nov 2018 10:02 PM PST

Liputan6.com, New York - Perusahaan investor milik Abu Dhabi di Uni Emirat Arab, telah mengajukan gugatan hukum kepada Goldman Sachs, terkait dengan dugaan keterlibatan firma finansial asal AS itu dalam kasus mega korupsi 1Malaysia Development Berhad atau 1MDB.

International Petroleum Investment Company (IPIC), dan anak perusahaannya, Aabar, pada hari Rabu 21 November 2018, mengajukan gugatan di pengadilan negara bagian New York, AS.

Gugatan itu mencantumkan nama Goldman Sachs (GS) sebagai terdakwa. Firma itu dituduh memainkan "peran sentral" guna menempatkan IPIC dalam skema untuk mencuci uang dari dana investasi asing yang dikelola 1MDB, menurut kutipan surat gugatan IPIC, seperti disadur dari CNN, Jumat (23/11/2018).

IPIC telah bermitra dengan 1MDB jauh sebelum skandal korupsi perusahaan negara Malaysia itu mencuat.

Perusahaan milik pemerintah emirat Abu Dhabi itu mengklaim bahwa Goldman Sachs berkonspirasi dengan pihak lain untuk menyuap mantan eksekutif IPIC dan Aabar, yang mendorong mereka untuk "menyalahgunakan nama perusahaan, jaringan, dan infrastruktur untuk melanjutkan skema kriminal dan untuk secara pribadi menguntungkan Goldman Sachs" dan yang lainnya.

Gugatan itu tidak mengatakan berapa banyak kerugian yang dicari oleh IPIC.

Di sisi lain, pihak Goldman Sachs mengatakan akan berniat untuk melawan balik gugatan IPIC terkait 1MDB itu.

"Kami sedang dalam proses menilai rincian tuduhan dan sepenuhnya berharap untuk menentang klaim itu," kata juru bicara Goldman Sachs dalam sebuah pernyataan.

Gugatan IPIC juga menyeret terdakwa individual, yakni, mantan bankir Goldman Sachs, Tim Leissner dan Roger Ng, serta Andrea Vella. Nama yang terakhir telah dibebas-tugaskan oleh firma finansial itu dari jabatannya sebagai Kepala Investasi Goldman Sachs Asia.

 

Simak video pilihan berikut:

Bankir Goldman Sachs Telah Masuk Dakwaan AS

Mantan Perdana Menteri Najib Razak melambaikan tangan setibanya di kantor Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC), Putrajaya, Selasa (22/5). Najib hari ini menjalani pemeriksaan terkait kasus korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB). (AP/Sadiq Asyraf)

Sementara itu, pada awal bulan ini, Kementerian Kehakiman AS (DoJ) mengumumkan bahwa Tim Leissner, mantan ketua Goldman Sachs Kawasan Asia Tenggara, telah mengaku bersalah berkonspirasi melakukan pencucian uang dan melanggar Undang-undang Praktik Korupsi Luar Negeri (Foreign Corrupt Practices Act) melalui pembayaran suap kepada pejabat pemerintah di Malaysia dan Abu Dhabi.

DoJ juga mengajukan tuntutan terhadap Roger Ng dan Jho Low alias Low Taek Jho. Nama yang terakhir adalah pemodal Malaysia yang oleh AS dituduh sebagai dalang di balik banyak plot penggelapan dan pencucian uang dana 1MDB Malaysia.

Roger Ng telah ditangkap di Malaysia. Sementara Jho Low masih berstatus buronan AS dan Malaysia.

Sementara itu, Roger Vella, tak masuk dalam dakwaan DoJ.

Menurut dakwaan DoJ, pada 2012 dan 2013, Goldman Sachs mengatur tiga penawaran obligasi besar untuk 1MDB. Penjualan obligasi, yang menghasilkan total US$ 6,5 miliar, memberikan keuntungan bagi Goldman Sachs sekitar US$ 600 juta tunai.

Tetapi lebih dari US$ 2,7 milyar dari hasil penawaran tersebut dicuri dari 1MDB, menurut DoJ.

Goldman Sachs, yang dilaporkan telah bertemu dengan pejabat DoJ, menyatakan bahwa karyawan mereka yang nakal telah menyesatkan tim hukum dan melanggar kepatuhannya tentang kesepakatan itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik Secara Alami di Rumah, Mudah Banget Dipraktikkan

Posted: 22 Nov 2018 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kulit kering merupakan permasalahan kulit yang umum. Memiliki kulit wajah yang kering dapat menghambat aktivitas karena tidak percaya diri. Kulit kering juga dapat membuat kulit terlihat kusam dan tidak menarik.

Untuk menghilangkan kulit kering, dibutuhkan perawatan kulit khusus. Beberapa permasalahan seperti genetika, kosmetik yang tidak tepat, tingkat stres, dan ketidakseimbangan hormon dapat menjadi faktor munculnya permasalahan kulit kering dengan mudah.

Memiliki kulit yang kering memang sangat mengganggu penampilan. Nah ternyata ada cara untuk mengatasi kulit kering dengan bahan-bahan alami lho. Berikut cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/11/2018).

Cara untuk mengatasi kulit kering dengan bahan-bahan alami

Ilustrasi perawatan kulit (unsplash/ Tiara Leitzman)

1. Minyak Zaitun

Olive oil alias minyak zaitun mengandung banyak antioksidan dan asam lemak yang baik untuk kulit. Minyak ini memberikan efek tenang bisa mengatasi kulit kering di seluruh tubuhmu.

Cara mengatasi kulit kering dengan minyak zaitun adalah oleskan sedikit minyak zaitun sebelum menggunakan pelembap yang biasa kamu pakai. Untuk tubuh, pakai minyak zaitun pada bagian yang kering sekitar setengah jam sebelum mandi. Gosokkan minyak zaitun di tangan dan kaki serta area kulit kering lain kemudian pijat perlahan. Sehabis itu, silakan mandi kemudian pakaikan lagi body lotion yang ringan.

2. Susu

Susu memiliki kandungan anti peradangan serta memberi sensasi menenangkan pada kulit yang bisa membantu menyembuhkan kulit kering dan gatal-gatal. Ditambah, asam laktat pada susu juga berfungsi meremajakan sel kulit mati dan meningkatkan kemampuan kulit untuk melembapkan. Susu juga dapat membantu kamu mencerahkan kulit.

Cara mengatasi kulit kering dengan susu adalah celupkan kain lap bersih di susu dingin dan usapkan pada kulit kering kamu selama 5 hingga 7 menit. Perlahan cuci susunya dengan lap lain yang telah dicelupkan ke air hangat. Dengan cara ini kulitmu akan mendapat pelembap alami. Lakukanlah setiap hari.

Tambahkan beberapa tetes air mawar dan jus lemon ke 4 sendok makan susu. Balurkan ramuan ini ke seluruh tubuhmu. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas tubuh dengan air dingin. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari setiap hari.

3. Madu

Madu dianggap sebagai salah satu pelembap alami terbaik yang mengandung antioksidan, anti mikroba, serta, membantu mengunci kelembapan dalam kulit kamu sehingga terlihat lebih halus dan lembut. Ditambah lagi, madu memiliki banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Cara mengatasi kulit kering dengan madu adalah sebelum mandi, oleskan madu ke seluruh tubuh atau wajah dan biarkan selama 5 hingga 10 menit. Ulangi setiap hari dan nikmati kulit yang lembap.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah minyak alami yang bagus untuk perawatan mengatasi kulit kering. Kandungan asam lemaknya membuatnya dapat melembapkan kulit.

Cara mengatasi kulit kering dengan minyak kelapa adalah balurkan minyak kelapa murni ke bagian tubuh yang kering sebelum tidur. Cucilah di pagi hari. Lakukan ini setiap hari untuk membuat kulitmu halus dan lembut. Gunakan juga minyak kelapa pada kulit kering setelah mandi. Ketika kulit masih hangat dan kenyal setelah mandi, minyak kelapa dapat lebih mudah diserap.

5. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan antiseptik, antifungal, dan sensasi sejuk. Selain itu, gel lidah buaya juga bisa membantu mengatasi kuli t kering,gatal iritasi, dan mencegah kulit pecah-pecah. Cukup sediakan gel lidah buaya asli, ini sudah bisa menjadi treatment alami harian yang akan melembapkan kulit membuat lapisan perlindungan alami kulit dari kotoran.

Cara mengatasi kulit kering dengan lidah buaya atau aloe vera:

Potong dan belah lidah buaya segar dan keluarkan gelnya

Oleskan gelnya ke kulit keringmu.

Biarkan selama 10 hingga 15 menit.

Bilas dengan air hangat dan lakukan 2 kali sehari.

 

Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik di Rumah

7 Produk Perawatan Wajah Malam Hari untuk Kulit Cerah di Pagi Hari / Image: Shutterstock

1. Mandi atau kompres air hangat

Cara mengatasi kulit kering bersisik adalah dengan mandi air hangat suam-suam kuku, tapi jangan terlalu lama. Dermatologis merekomendasikan untuk mandi air hangat tak lebih dari 5-10 menit. Kamu bisa mengompres area kulit kering bersisik dengan kompres air hangat. Gunakan waslap bayi bersih yang telah dicelupkan di air hangat, kemudian gosok lembut dengan gerakan melingkar kecil untuk mengangkat sisa kulit mati. Ulangi beberapa kali sehari, jika perlu. Pastikan untuk menggunakan waslap baru setiap kali akan mengompres. Setelah itu, keringkan kulit dan oleskan pelembab tubuh.

2. Gunakan sabun pembersih yang tepat

Cara mengatasi kulit kering selanjutnya adalah menggunakan sabun pembersih yang tepat. Beberapa sabun wajah dan pembersih benar-benar bisa menjadi terlalu keras untuk kulit sensitif di wajah. Carilah produk yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate, yang menguras kelembapan dari kulit. Sebaliknya, pilih produk yang bebas dari pewangi dan pewarna dan diberi label Moisturizing.

3. Keringkan tubuh dengan baik

Cara mengatasi kulit kering lainnya adalah dengan mengeringkan tubuh dengan baik. Kamu mungkin berpikir bahwa meninggalkan wajah tetap lembap setelah mandi akan membantu meningkatkan kelembapan kulit. Salah besar, setelah air benar-benar menguap dari permukaan kulit, kulit kamu justru akan lebih kering dari sebelumnya. Jadi, pastikan untuk mengeringkan kulit dengan baik setelah mandi. Selalu gunakan kain lembut dan bersih, dan ingat untuk menepuk-nepuk wajah kamu, jangan menggosok. Keringkan kulit selama kurang dari 20 detik.

4. Oleskan pelembap yang tepat

Cara mengatasi kulit kering bersisik selanjutnya adalah mengoleskan pelembab yang tepat. Oleskan pelembab tebal-tebal untuk menggenjot asupan kelembapan kulit dalam beberapa menit setelah mandi, setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Pilih pelembab ringan yang nonkomedogenik. Hindari menggunakan toner atau astringent berbasis alkohol. Semua ini dapat menarik keluar kelembapan kulit.

5. Oleskan petroleum jelly

Cara mengatasi kulit kering bersisik dengan mengoleskan petroleum jelly. Petroleum jelly bekerja dengan baik untuk mengunci kelembapan dan membantu meringankan kekeringan di kulit. Petroleum jelly bertindak sebagai humektan, yang menarik dan menyegel kelembapan ke dalam kulit. Meski tekstur petroleum jelly mungkin tampak kental dan lengket bisa menutupi pori, sebenarnya molekul jeli ini terlalu besar untuk merasuk ke dalam kulit.

Kamu juga bisa menggunakan minyak organik, seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa yang cenderung lebih baik untuk memerangkap kelembapan ke dalam kulit dibanding berbagai krim pelembab yang tersedia di pasaran.

6. Oleskan tabir surya

Cara mengatasi kulit kering bersisik lainnya adalah mengoleskan tabir surya. Kerusakan matahari adalah salah satu penyebab kulit kering bersisik, kasar keriput yang paling umum. Kamu dapat membantu mencegah kerusakan kulit dengan mengoleskan tabir ber-SPF 30 setiap kali akan keluar rumah dan berpakaian dengan tepat. Di cuaca panas, pakai pakaian tangan panjang yang tipis dan longgar, baju lengan panjang, dan topi bertepi lebar untuk menaungi leher, telinga, dan mata. Dalam cuaca dingin, pastikan untuk berpakaian berlapis yang menyerap keringat untuk mencegah kepanasan dan berkeringat berlebihan karena keduanya dapat mengiritasi kulit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Calon Suami Belum Izinkan Syahrini Berhijab?

Posted: 22 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Syahrini saat ini digadang-gadang sebagai wanita yang sedang didekati Reino Barack. Sayangnya, hingga kini ia belum memberikan pernyataan. 

Di tengah isu tersebut, Syahrini membuat pernyataan mengejutkan. Kala itu, ia datang ke sebuah acara pengajian yang digelar di Jakarta, yang menempatkan Ustaz Abdul Somad sebagai penyampai tausiyah.

Syahrini pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk bertanya pada Ustaz Abdul Somad mengenai wanita berhijab.

"Kan saya bercita-cita menikah, ini serius Pak Ustaz. Misalkan calon suami ini tidak menyetujui saya menutup aurat saya, karena pemahamannya karena saya belum cukup ilmu untuk calon istri saya menutup auratnya atau berhijab," kata Syarini, dilansir laman YouTube

 

Alasan Belum Berhijab

Syahrini (Foto: Adrian Putra/Bintang.com)

Benarkah, lantaran itu yang membuat Syahrini belum berhijab sampai saat ini. Meski keinginan untuk berhijab di dalam hati Syahrini itu ada.

"Bagaimana cara saya menyampaikan kepada orang tersebut. Bahwa seorang muslim itu wajibnya menutup aurat. Maka dari itu, Pak Ustaz inilah salah satu alasan sampai saat ini saya belum berhijab," lanjutnya. 

Reino Barack?

Tak pernah terlihat dekat, Reino Barack dan Syahrini mulai komunikasi di dunia maya. (instagram/reinobarack)

Pertanyaan Syahrini ini pun disangkutkan dengan Reino Barack. Benarkah mantan kekasih Luna Maya yang dimaksud pemilik jargon "Sesuatu" itu?

Meski tak terjawab, banyak doa yang dilontarkan warganet untuk Syahrini.

"Saya doain mbak syahrini semoga istiqomah berhijab gak lepas pasang lepas pasang kaya kebanyakan artis,semoga calon suaminya bisa ngerti dan bisa menerima bahkan mendukung keputusan teh syahrini untuk berhijab,amiiin ya Allah...," tulis akun @rocketraccoon.

"Masa si inces mau sama si reino.. g yakin.. inces gini" juga mandang lahh.. g mungkin nrima gt aja," tulis akun @hannasungkar.

"Ahhhh syukaaaa... Bagus tinggalkan yg judes n sombong dan memilih yg lucu n manjaaahhhh," kata akun @liaamelliea.

"Mdh2an inces segera nikah ya," kata akun @d.tety.(Amrikh Palupi/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Naikkan Tunjangan Kinerja Pegawai di 4 Kementerian

Posted: 22 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) menyesuaikan tunjangan di sejumlah kementerian antara lain Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Pertanian (Kementan), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Hal ini mempertimbangkan adanya peningkatan kinerja pegawai dan organisasi dalam pelaksanaan reformasi birokrasi yang dicapai instansi tersebut.

Atas pertimbangan itu, pada 14 November 2018, Presiden Jokowi telah menandatangani Perpres Nomor 119 Tahun 2018 tentang tunjangan kinerja pegawai di Kemenhub, Perpres Nomor 120 Tahun 2018 tentang tunjangan kinerja pegawai di lingkungan Kemenperin, Perpres Nomor 121 Tahun 2018 tentang tunjangan kinerja pegawai di Kementan, dan Perpres Nomor 122 Tahun 2018 tentang tunjangan kinerja pegawai di Kemendag.

Dalam masing-masing Perpres itu disebutkan pegawai (PNS dan pegawai lainnya) di Kemenhub, Kemenperin, Kementan dan Kemendag, selain diberikan penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan diberikan tunjangan kinerja setiap bulan.

Tunjangan kinerja sebagaimana dimaksud tidak diberikan kepada pegawai yang tidak mempunyai jabatan tertentu, pegawai yang diberhentikan sementara atau dinonaktifkan, pegawai yang diberhentikan dari jabatan organiknya dengan diberikan uang tunggu dan belum diberhentikan sebagai pegawai.

Selain itu, pegawai yang diberikan cuti di luar tanggungan negara dan dalam bebas tugas untuk menjalani masa persiapan pensiun dan pegawai pada badan layanan umum yang mendapatkan remunerasi.

"Tunjangan kinerja setiap bulan sebagaimana dimaksud tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Presiden ini," bunyi pasal 4 masing-masing Perpres itu. Seperti dikutip dari lampiran ini:

 

Tunjangan kinerja

Diberikan Mulai Mei 2018

Ilustrasi Gaji

Menurut masing-masing Perpres itu, tunjangan kinerja pegawai di Kemenhub, Kemenperin, Kementan dan Kemendag sebagaimana dimaksud diberikan mulai Mei 2018.

Untuk Menteri Perhubungan, Menteri Perindustrian, Menteri Pertanian dan Menteri Perdagangan, masing-masing sesuai Perpres Nomor 119/2018, Perpres Nomor 120/2018, Perpres Nomor 121/2018, dan Perpres Nomor 122/2018, diberikan tunjangan kinerja sebesar 150 persen dari tunjangan kinerja tertinggi di masing-masing kementerian yang dipimpinnya dan diberikan terhitung mulai Januari 2017.

"Pajak penghasilan atas tunjangan kinerja sebagaimana dimaksud dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara," bunyi pasal 7 masing-masing Perpres.

Ketentuan lebih lanjut mengenai tunjangan kinerja sebagaimana dimaksud diatur dengan Peraturan Menteri. "Peraturan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan," bunyi pasal 13 Perpres Nomor 119/2018. Perpres Nomor 120/2018, Perpres Nomor 121/2018, dan Perpres Nomor 122/2018 yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H.Laoly pada 16 November 2018.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Pesona Labuan Bajo di CFD Jakarta

Posted: 22 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Destinasi Super Prioritas, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), akan dipromosikan secara meriah di Car Free Day (CFD) Jakarta, Minggu (25/11/2018). Kegiatannya akan berlangsung di Park and Ride Thamrin 10, Menteng, Jakarta Pusat, atau di samping Hotel Sari Pan Pacific, pada pukul 06.00 - 11.00.

Jaminan kemeriahan #AdaLabuanBajoKomodoDiCFDJakarta pun sudah diinformasikan melalui program Masih Pagi-Pagi 89,6 FM iRadio Jakarta. Sebagai narasumber ada Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Kemenpar Don Kardono serta Shana Fatina selaku Person in Charge (PIC) Program Kerja (Pokja) 10 Destinasi Prioritas Kemenpar Pariwisata Labuan Bajo.

Don mengatakan, #AdaLabuanBajoKomodoDiCFDJakarta akan menampilkan beragam seni budaya NTT.

"Labuan Bajo ini destinasi terbaik. Keindahannya sudah mendunia. Ada banyak pesohor di dunia yang datang ke Labuan Bajo. Semua keindahan Labuan Bajo kini dipindahkan ke CFD Jakarta. Program yang ditawarkannya pun sangat spesial," ucapnya, Kamis (22/11/2018).

Labuan Bajo telah menjadi rujukan liburan banyak publik figur dunia. Salah satunya, penyanyi Katy Perry yang antusias menceritakan tentang liburannya di akun @katyperry. Katy mengaku sangat menikmati liburannya dengan berlayar, diving, dan bermain jetski di Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo.

Labuan Bajo juga dipilih sebagai venue pernikahan duo selebriti Tiongkok, yaitu Yang Shuo dan Wang Li Wen pada Selasa (25/9/2018). Ada juga nama Aktris Gwyneth Paltrow yang memilih mengelilingi Pulau Komodo dengan Kapal The Silolona. 

"Labuan Bajo ini sangat fenomenal. Kini, keindahan ini disajikan bagi CFD Jakarta. Kami mengundang sahabat, teman, dan saudara untuk datang ke Park and Ride di sebelah Sari Pan Pacific. Ada banyak kemeriahan di sana. Pokoknya program Pesona Labuan Bajo ini jangan sampai terlewatkan. Sebab, acara ini gratis. Free entrance, free merchandise," kata Don.

Menjanjikan kemeriahan, #AdaLabuanBajoKomodoDiCFDJakarta sudah menyiapkan rangkaian kegiatan menarik. Ada Zumba yang dimentori Farah dan Reky dari WF Management, parade seni budaya Tari Caci, Rangkuk Alu, dan Ja'i, atraksi Nenggo Mbata, serta penampilan Band SARR (Top 40). Acaranya akan dipandu oleh Ridho Khan dan Nadia Intan.

Selain itu, akan hadi beberapa influencers di #AdaLabuanBajoKomodoDiCFDJakarta. Cerita terbaik akan disampaikan oleh Aktor Denny Sumargo (@sumargodenny), Shana Fatina yang ditemani oleh beberapa komunitas, @arieslukman, Founder iphonesia,  @skinnymonkey, traveler, dan fotografer.

"Pesona Labuan Bajo ini dijamin super meriah. Agenda CFD Jakarta semakin fresh dengan Labuan Bajo. Ada banyak informasi di sana. Segala hal menyangkut Labuan Bajo bisa digali di sana. Selain menikmati keindahan Labuan Bajo, pengunjung dijamin puas oleh beragam wawasan baru yang disampaikan," ujar Shana Fatina.

Shana akan hadir bersama 14 komunitas, antara lain letsgo.motret, bpijabodetabek, tektok_team, kelas pagi jakarta, ayodolan, letsgotrip.indo, komunitas ntt, indosweatcamp, dan sepeda onthel. Sebagai endorser ada traveller kaskus, event jakarta, dan infia travel.

"Kehadiran mereka akan akan menambah seru event ini. Kami optimistis, usai branding Labuan Bajo di CFD Jakarta, jumlah kunjungan wisatawan akan terus naik. Saat ini, dalam 3 tahun terakhir, jumlah dari kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo sudah naik 70%. Sebab, selain menikmati alam dan budaya, para wisatawan ini juga bisa belajar beragam konservasi di Labuan Bajo," ucapnya.

Kemeriahan dan transformasi informasi #AdaLabuanBajoKomodoDiCFDJakarta akan semakin sempurna oleh doorprize dan kuis. Ada banyak hadiah yang ditawarkan, mulai dari sepeda, smart watch, hingga voucher belanja. Sebelum menikmati kemeriahan #AdaLabuanBajoKomodoDiCFDJakarta, sebaiknya follow dahulu IG-nya di @wonderfulindonesiacfd.

"Labuan Bajo ini destinasi yang bagus. Alam dan budayanya laur biasa. Selain atraksi, aksesibilitas, dan amenitasnya terbaik. Dihadirkan di CFD Jakarta, program Pesona Labuan Bajo ini momen jadi terbaik. Publik bisa menikmati berbagai keindahan Labuan Bajo secara gratis," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tiga Pria Didakwa karena Cabuli Hewan 1400 Kali

Posted: 22 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tiga pria di AS didakwa bersalah karena mencabuli hewan hingga 1.400 kali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan, Tak Cuma Menyedapkan Makanan

Posted: 22 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manfaat bawang merah bagi banyak orang adalah untuk menyedapkan makanan. Bawang merah merupakan salah satu bumbu wajib saat memasak. Rempah-rempah yang satu ini menjadi salah satu bahan makanan pokok di seluruh Indonesia.

Usut punya usut, selain bisa menjadi bumbu untuk masakan, manfaat bawang merah juga berguna untuk kesehatan. Bawang merah terbukti membawa banyak kebaikan bagi tubuh, mulai dari menyehatkan jantung, menurunkan berat badan, hingga mencegah kanker. Pasalnya, bahan makanan berjenis umbi akar tersebut mengandung antibakteri dan antiseptik yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. 

Sebelum mengetahui apa saja manfaat bawang merah untuk kesehatan, yuk cari tahu dulu kandungan zat gizi apa saja yang ada di dalam bawang merah. Berikut adalah kandungan zat gizinya: 

Kalori: Bawang merah memiliki kandungan kalori yang rendah, 28 gram bawang hanya mengandung 11 kaloriZat gizi makro: Dalam bawang merah sebagian besar terdiri dari karbohidrat dan air, sedangkan tidak mengandung lemak sama sekali. Vitamin dan mineral: kandungan vitamin yang tinggi dalam bawang merah adalah vitamin C dan vitamin B6, sementara jenis mineral yang paling banyak terkandung adalah kromium.Indeks glikemik: bawang merah termasuk makanan yang mempunyai tingkat indeks glikemiks yang rendah yaitu hanya mencapai 10.Kalium: Dalam 100 gram bawang merah, terkandung sekitar 330 mg kalium (potasium).

Nah, setelah mengetahui kandungan gizinya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, ragam manfaat bawang merah untuk kesehatan.  Berikut manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Meningkatkan sistem imun dan mencegah kanker

1. Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerang kuman, virus maupun bakteri yang masuk dari luar tubuh. Nah, manfaat bawang merah untuk kesehatan yang pertama adalah membantu meningkatkan sistem imun. Kandungan selenium di bawang merah dipercaya dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh, sehingga kita dapat terhindar dari penyakit.

2. Mencegah Kanker

Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang terkenal adalah menjadi salah satu obat mujarab guna menghancurkan kanker sel kolon dan payudara. Kandungan quercetin dan antosianin dalam bawang merah dipercaya mampu menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh. 

Selain itu, dalam penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition, peneliti melihat seberapa sering orang Italia dan Swiss mengonsumsi bawang merah, bawang putih dan sayuran. Hasilnya orang yang mengonsumsi lebih banyak bawang merah, risiko terkena kanker semakin rendah .

Menyehatkan jantung dan menurunkan kolesterol

3. Menyehatkan Jantung

Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang sangat penting yaitu bisa menyehatkan jantung. Kandungan sufida methylallyl dan asam amino sulfur yang ada di dalam bawang merah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang terkandung dalam tubuh. Selain itu, bawang merah juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat.

4. Membantu menurunkan kolesterol

Manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah membantuy menurunkan kolesterol. Hal ini berdasarkan dari sebuah penelitian menunjukan wanita yang kelebihan berat badan dengan polycystic ovary syndrome (PCOS). Mereka terbagi dalam dalam dua kelompok, ada yang diminta mengonsumsi banyak bawang merah, kelompok kedua diminta sedikit konsumsi bawang merah. Hasilnya orang yang mengonsumsi banyak merah, tingkat kolesterol jahat turun.

Meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi sembelit.

Ilustrasi tulang (iStock)

5. Meningkatkan kepadatan tulang

Tulang merupakan salah satu hal terpenting di dalam tubuh yang bertugas untuk menopang tubuh kita. Untuk menjaganya, selain mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya kalsium seperti susu juga bisa dengan memakan bawang merah. Pasalnya, manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu meningkatkan kepadatan tulang. Bawang merah dipercaya dapat mencegah osteoporosis, serta dapat menjaga massa tulang.

6. Mengatasi Sembelit

Bawang merah adalah rempah yang tepat untuk mengatasi masalah susah buang air besar. Kandungan yang terdapat di bawang merah dapat membantu proses pembuangan racun oleh tubuh, sehingga pencernaan akan lebih lancar. Dengan ini manfaat bawang merah untuk kesehatan adalah mengatasi sembelit.

Mengatasi radang tenggorokan dan memperlancar sistem pernafasan

7. Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang seringkali terjadi karena infeksi atau peradangan pada tenggorokan. Untuk mengatasi radang tenggorokan kamu bisa memanfaatkan bawang merah. Soalnya, manfaat bawang merah untuk kesehatan lainnya adalah mengatasi radang tenggorokan. Ini berkat kandungan quercetin dalam bawang merah dipercaya dapat menurunkan radang.

8. Memperlancar sistem pernafasan

Manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah salah satu obat antiradang. Oleh sebab itu, penderita asma dan alergi disarankan mengonsumsi umbi-umbian yang satu ini. Bawang merah pun dipercaya dapat memperlancar sistem pernafasan.

Meningkatkan kualitas tidur dan baik untuk kesehatan mata.

Ilustrasi Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata (iStockphoto)

9. Meningkatkan kualitas tidur

Buat kamu yang sulit tertidur pulas, mulailah untuk mengonsumsi bawang merah. Pasalnya, manfaat bawang merah untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan kualitas tidut. Rempah-rempah yang satu ini mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan meredakan stress. Di samping itu, bakteri baik yang terdapat bawang merah dipercaya mampu merangsang kinerja otak.

10. Baik untuk kesehatan mata

Manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu kesehatan mata. Kandungan sulfur yang terdapat pada bawang merah ternyata baik untuk kesehatan mata. Zat tersebut mampu merangsang produksi protein yaitu glutathione, yang berperan sebagai antioksidan. Vitamin E yang terkandung pada bawang merah sangat baik untuk mata.

Menurunkan tekanan darah dan membantu menormalkan kadar gula darah.

11. Menurunkan tekanan darah

Dalam jurnal Pharmacological Reports yang diterbitkan pada tahun 2009, disebutkan jugaa bahwa zat quercetin yang cukup tinggi ada di dalam bawang merah mampu menurunkan tekanan darah yag tinggi. Seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi berisiko untuk mengalami berbagai penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung koroner, stroke, gagal ginjal, dan diabetes mellitus.

12. Membantu menormalkan kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi terbukti mengakibatkan timbulnya penyakit diabetes mellitus. Bahkan, menurut Center for Disease Control Prevention, kadar gula darah yang tinggi merupakan sumber dari segala penyakit degeneratif dan penyakit kronis. Nah, manfaat bawang merah untuk kesehatan adalah membantu menormalkan kadar gula darah.

 

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di daerah Sudan, penderita diabetes mellitus tipe satu dan tipe dua yang mengonsumsi bawang merah mentah terbukti memiliki jumlah gula darah yang normal dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Environmental Health Insight, juga membuktikan hal yang sama bahwa bawang merah memang mampu untuk menurunkan kadar gula darah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Viral, Bayi Selamat Usai Jatuh ke Rel yang Dilewati Kereta

Posted: 22 Nov 2018 09:58 PM PST

Gambar dari video pada 20 November 2018, bayi perempuan terjatuh dalam keadaan telentang di samping rel di stasiun kereta api di Mathura, Uttar Pradesh. Bayi satu tahun bernama Sahiba itu jatuh saat sebuah kereta melintas di atasnya. (NNIS / AFP)

Gambar dari video pada 20 November 2018, bayi perempuan terjatuh dalam keadaan telentang di samping rel di stasiun kereta api di Mathura, Uttar Pradesh. Bayi satu tahun bernama Sahiba itu jatuh saat sebuah kereta melintas di atasnya. (NNIS / AFP)

Gambar dari video pada 20 November 2018, seorang pria India menggendong bayi dan memberikan kepada ibunya  setelah terjatuh di samping rel di stasiun kereta api di Mathura, Uttar Pradesh. Bayi satu tahun itu selamat tanpa luka sedikitpun. (NNIS / AFP)

Gambar dari video pada 20 November 2018, seorang pria India menggendong bayi dan memberikan kepada ibunya setelah terjatuh di samping rel di stasiun kereta api di Mathura, Uttar Pradesh. Bayi satu tahun itu selamat tanpa luka sedikitpun. (NNIS / AFP)

Gambar dari video pada 20 November 2018, bayi India berada dalam gendongan setelah terjatuh tepat di samping rel di stasiun kereta api di Mathura, Uttar Pradesh. Bayi itu terlepas dari gendongan dan jatuh saat ibunya turun dari kereta api (NNIS / AFP)

Gambar dari video pada 20 November 2018, bayi India berada dalam gendongan setelah terjatuh tepat di samping rel di stasiun kereta api di Mathura, Uttar Pradesh. Bayi itu terlepas dari gendongan dan jatuh saat ibunya turun dari kereta api (NNIS / AFP)

Kombinasi gambar dari video pada 20 November 2018 menunjukkan peristiwa ketika bayi perempuan terlepas dari gendongan ibunya dan jatuh ke rel saat sebuah kereta melintas di atasnya di stasiun kereta api di Mathura, Uttar Pradesh, India. (NNIS / AFP)

Kombinasi gambar dari video pada 20 November 2018 menunjukkan peristiwa ketika bayi perempuan terlepas dari gendongan ibunya dan jatuh ke rel saat sebuah kereta melintas di atasnya di stasiun kereta api di Mathura, Uttar Pradesh, India. (NNIS / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Soal Black Friday yang Fenomenal

Posted: 22 Nov 2018 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Black Friday mungkin masih menjadi hal asing bagi masyarakat Indonesia. Hal itu wajar mengingat gelaran ini hanya terjadi di Amerika Serikat.

Namun seiring perkembangan waktu, event ini pun mulai dikenal lebih banyak orang. Lantas seperti apa ajang Black Friday tersebut?

Dikutip dari BBC, Jumat (23/11/2018), event Black Friday tidak dapat dilepaskan dari peringatan Thanksgiving di Amerika Serikat. Jadi, gelaran ini biasanya diadakan sehari setelah Thanksgiving.

Untuk informasi, Thanksgiving dirayakan pada hari Kamis keempat di bulan November. Karenanya, Black Friday jatuh tepat pada hari Jumat.

Biasanya dalam gelaran ini, para peritel akan menawarkan diskon besar-besaran sehingga tidak jarang pembeli akan berebut untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Di Indonesia sendiri, salah satu event yang mirip dengan Black Friday adalah Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Pada saat itu, para e-Commerce biasanya akan memberikan sejumlah promo khusus termasuk potongan harga.

Meskipun Indonesia tidak memiliki gelaran serupa Black Friday, tidak ada salahnya untuk mengetahui sekilas tentang fakta di balik gelaran ini. Penasaran? Berikut ini ada beberapa di antaranya.

1. Black Friday Pernah Dipakai untuk Menyebut Kondisi Pasar Saham yang Hancur

Saat ini, Black Friday dikenal sebagai hari belanja terbesar yang ada di Amerika Serikat. Namun, istilah ini sebenarnya sudah pernah dipakai pada tahun 1800-an.

Istilah ini sendiri pertama kali muncul di Amerika Serikat pada 24 September 1869. Saat itu, istilah ini dipakai untuk menggambarkan kondisi pasar saham yang berantakan.

 

 

2. Gunakan Nama Big Friday

Pengunjung berdesakan selama perayaan Black Friday di Macy Herald Square, New York, Kamis (23/11). Black Friday adalah tradisi hari belanja terbesar tahunan di Amerika yang berlangsung sehari setelah hari Thanksgiving. (STEPHANIE KEITH/GETTY IMAGES/AFP)

Salah satu kota yang mempopulerkan Black Friday adalah Philadephia. Awalnya, istilah ini digunakan anggota polisi untuk menggambarkan kurewatan yang terjadi saat orang-orang berbelanja.

Namun pada 1961, para penjual tidak setuju dengan istilah tersebut dan memilih nama Big Friday. Nyatanya, nama itu tidak bertahan dan Black Friday lebih dikenal hingga saat ini.

3. Tidak Menjadi Istilah Umum di Amerika Serikat Hingga 1990-an

Banyak yang mengira istilah ini sudah lama digunakan di Amerika Serikat, tapi kenyataan berkata sebaliknya. Black Friday merupakan istilah lokal yang dipakai warga Philadelphia.

Lalu, lambat laun istilah ini mulai dipakai di kota-kota sekitarnya, seperti New Jersey pada 1980. Bahkan, menurut executive editor Vocabulary.com Benjamin Zimmer, istilah ini baru umum dipakai secara nasional pada 1990-an.

4. Baru Diakui Sebagai Event Belanja Terbesar pada 2001

Pembeli memilih tas yang dibanderol diskon selama perayaan Black Friday di Macy Herald Square, New York, Kamis (24/11). Black Friday adalah tradisi hari belanja terbesar tahunan di Amerika sehari setelah Thanksgiving. (STEPHANIE KEITH/GETTY IMAGES/AFP)

Meski kerap disebut-sebut sebagai event belanja terbesar dalam satu tahun, Black Friday sebenarnya baru mendapatkan pengakuan tersebut pada awal 2000-an.

Alasannya, warga Amerika Serikat dianggap lebih senang berbelanja mendekati hari Natal, alih-alih jauh sebelum itu. Karenanya hingga 2001, Sabtu sebelum Hari Natal menjadi waktunya mereka berbelanja besar-besaran.

5. Black Friday Jadi Acara Internasional

Tidak hanya di Amerika Serikat, event serupa Black Friday pun mulai dilakukan di banyak negara. Beberapa di antaranya adalah El Buen Fin di Meksiko dan Black Friday di Kanada.

Event ini juga diadopsi oleh Amazon yang notabene merupakan platform e-Commerce. Di Tiongkok sendiri event serupa diberi nama Singles Day dan diprakarsai oleh Alibaba.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak Tips Biar Tak Terjerumus Fintech Bodong

Posted: 22 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso terus mengupayakan peningkatan perlindungan konsumen terutama di era digitalisasi yang banyak berhubungan dengan financial tehnology (fintech). Dia mengatakan OJK selalu melakukan edukasi agar masyarakat terhindar dari perusahaan fintech bodong.

"Edukasi, edukasi dan edukasi, itu nomor satu. Karena masyarakat perlu perlindungan kalau dia merasa dirugikan, dia merasa dirugikan karena tidak tahu, ya. Tidak tahu bahwa produk itu ternyata produk yang sebenarnya tidak perlu dibeli," ujarnya di Komplek Perkantoran OJK, Jakarta, Jumat (23/11/2018).

Wimboh mengatakan, peningkatan edukasi masyarakat merupakan langkah preemptive untuk mencegah terjadinya kerugian karena salah dalam melakukan investasi di sektor jasa keuangan. Peningkatan edukasi ini juga strategi OJK untuk memitigasi uang masyarakat sehingga meskipun ada kerugian nilainya tidak terlalu banyak.

"Jadi, bagaimana supaya masyarakat tahu bahwa mana produk yang sesuai dengan profil dia sehingga dia bisa memitigasi dirinya sendiri dengan demikian jumlah masyarakat yang dirugikan tadi tidak begitu banyak. Itu adalah prioritas yang harus kita lakukan," jelasnya.

Meski demikian, persentase fintech bodong hingga kini terus menurun seiring dengan penegakan hukum dan pengawasan yang dilakukan oleh OJK. "Frekuensinya sudah turun, silahkan masyarakat kalau merasa dirugikan melaporkan ke kita," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

5 Cara Kenali Fintech Ilegal yang Suka Meneror

Ilustrasi fintech. Dok: sbs.ox.ac.uk

OJK memberi tips cara mengetahui perusahaan financial technology berbasis pinjam meminjam atau fintech peer to peer lendingyang ilegal.

Seperti diketahui, saat ini banyak keluhan debitur fintech terjerat bunga tinggi hingga teror terhadap pihak ketiga yang berada di daftar kontak telepon genggam nasabah.

Direktur Pengaturan Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK, Hendrikus Passagi mengungkapkan setidaknya ada 5 tanda fintech ilegal dan bermasalah.

Ciri pertama, pengelola atau direksi sengaja menyamarkan identitas diri dan alamat.

"Sehingga kalau seseorang ingin melaporkan atau menyampaikan gugatan ke polisi mencari alamat orang ini tidak akan pernah ketemu. Jadi mereka memang sejak awal mendirikan fintech lending ilegal ini memang sudah diniatkan untuk menyamarkan segala identitasnya," kata dia saat ditemui di Fintech Center, Jakarta (13/11/2018). 

Ciri kedua adalah syarat peminjaman yang sangat mudah sehingga menggiurkan banyak calon korban.

"Mereka ketika memberi pinjaman itu sangat mudah, begitu anda mengisi syarat seperti data KTP langsung dicairkan, gampang kan? kalau anda enggak bayar anda diteror nanti," tutur dia. 

Sementara jika fintech lending legal tidak semudah. Calon debitur yang mengajukan pinjaman akan seleksi secara detail seperti pekerjaan, slip gaji dan lainnya. 

Kemudian ciri ketiga fintech ilegal membebankan bunga dengan hitungan per hari diakumulasi dan tanpa batas. Sementara kalau legal ada batasnya yaitu 90 hari.

Selanjutnya ciri keempat aplikasi meminta izin akses hingga data phonebook dan data-data pribadi sejak awal diinstal.

"Sehingga ketika Anda gagal bayar itulah yang digunakan oleh fintech lending ilegal untuk meneror. Nah ketika Anda diteror and merasa diteror anda melapor ke polisi susah kondisinya mencari orang ini karena alamatnya tidak jelas," ujarnya.

Terakhir, ciri kelima adalah menggunakan data di phonebook nasabah untuk melakukan teror.

"Sementara kalau legal dilarang akses phonebook atau gambar-gambar pribadi dengan alasan hukum. Kemudian ketika menagih ada code of conduct yang hanya boleh di jam kerja, enggak boleh jam 12 malam," tutupnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Laga Terakhir Fase Grup Piala AFF 2018

Posted: 22 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Fase grup Piala AFF 2018 akan memainkan laga terakhir akhir pekan nanti. Sejauh ini belum ada tim yang lolos ke babak semifinal baik dari Grup A maupun Grup B.

Di Grup A, Myanmar, Vietnam dan Malaysia saling sikut memperebutkan dua tiket. Vietnam yang sedikit di atas angin untuk lolos ke semifinal. 

Meski saat ini ada di urutan dua karena kalah selisih gol dari Myanmar, Vietnam cuma akan bertemu Kamboja di laga terakhir, Sabtu (24/11/2018).

Sedangkan Myanmar harus saling sikut dengan Malaysia yang menempati urutan tiga dan cuma terpaut satu poin saja.

Dari Grup B Piala AFF 2018, Thailand, Filipina dan Singapura akan berebut dua tiket. Timnas Indonesia sudah pasti tersisih, namun akan memainkan peran menentukan siapa yang lolos ke semifinal.

Thailand di laga terakhir fase grup Piala AFF 2018 akan menjamu Singapura. Sedangkan Filipina harus berkunjung ke Stadion Utama Gelora Bung Karno menghadapi timnas Indonesia.

 

Sabtu

Para pemain Timnas Indonesia bersiap saat akan melawan Thailand pada laga Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11). Thailand menang 4-2 dari Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Jadwal Piala AFF 2018

Sabtu 24 November 2018

19.30 WIB

Vietnam vs Kamboja

Malaysia vs Myanmar

 

Minggu

Minggu 25 November 2018

19.30 WIB

Thailand vs Singapura

Indonesia vs Filipina

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belajar dari Ketulusan Mantan Kekasih Gading Marten, Beri Doa Terkait Perceraian dengan Gisella Anastasia

Posted: 22 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sementara sebagian orang mungkin adalah tim anti-berhubungan dengan mantan kekasih, tidak bagi Astrid Tiar. Pasalnya, perempuan 32 tahun tersebut terlihat memberi dukungan pada sang mantan kekasih, Gading Marten, yang tengah dihadapkan perceraian setelah lima tahun menikah dengan Gisella Anastasia.

Rasa simpati diperlihatkan Astrid secara gamblang lewat sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya, baru-baru ini. "Untuk sahabat, tak ada kata-kata bijaksana yang bisa kami katakan. Teman-teman Anda di sini hanya membisikkan doa tiada akhir. Setiap langkah yang berat, setiap kelokan begitu menyeramkan," tulisnya di keterangan foto setelah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.

"Bawa kami bersama Anda di dalam hati dan mungkin nanti Anda tak perlu merasa khawatir. Sakitnya sungguh tak tertahan, perasaan yang dirasakan pun sulit diutarakan. Tapi, mereka tak akan menggoyahkan iman Anda," sambungnya.

"Apapaun yang terjadi, tetap kuat, jagalah iman untuk Tuhan yang penuh kasih. Tetaplah bersama-Nya dan Ia akan membantu Anda melalui waktu-waktu sulit. Doa kami bersama Anda. Tuhan memberkati," jelas Astrid.

Bersama dengan kalimat demi kalimat menyentuh, pemain film Critical Eleven ini memajang foto Gading Marten tengah dipeluk sang ayah, Roy Marten, hasil jepretan dr. Tompi. Selaras dengan ucapan Astrid, tak sedikit warga dunia maya turut menulis kalimat penyemangat dan penghiburan bagi ayah satu anak tersebut.

Simpati ini mungkin terlihat sepele, hanya berupa unggahan di media sosial, namun ketulusan Astrid Tiar memberi dukungan pada sang mantan kekasih, Gading Marten, patut dihargai. Tindakan ini pun jadi bukti kalau Anda dan banyak orang di luar sana masih bisa memperlihatkan simpati pada mantan kekasih dan itu tidak apa-apa dilakukan selagi tidak ada hati lain yang disakiti.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Berwisata ke Desa Kuno Berusia Ratusan Tahun di Korea Selatan

Posted: 22 Nov 2018 09:41 PM PST

Pandangan umum dari rumah-rumah tradisional Korea (hanok) di Kampung Rakyat Hahoe, Andong, Korea Selatan, 19 November 2018. Sekitar 200-an penduduk yang tinggal di desa Hahoe masih mempertahankan cara hidup dan tradisi khas Dinasti Joseon. (Ed JONES/AFP)

Pandangan umum dari rumah-rumah tradisional Korea (hanok) di Kampung Rakyat Hahoe, Andong, Korea Selatan, 19 November 2018. Sekitar 200-an penduduk yang tinggal di desa Hahoe masih mempertahankan cara hidup dan tradisi khas Dinasti Joseon. (Ed JONES/AFP)

Pandangan umum dari rumah-rumah tradisional Korea (hanok) di Kampung Rakyat Hahoe, Andong, Korea Selatan, 19 November 2018. Desa Hahoe memanjakan mata lewat pemandangan Sungai Nakdong yang dikelilingi oleh tebing curam Buyongdae. (Ed JONES/AFP)

Pandangan umum dari rumah-rumah tradisional Korea (hanok) di Kampung Rakyat Hahoe, Andong, Korea Selatan, 19 November 2018. Desa Hahoe memanjakan mata lewat pemandangan Sungai Nakdong yang dikelilingi oleh tebing curam Buyongdae. (Ed JONES/AFP)

Pandangan umum dari Kampung Rakyat Hahoe di Andong, Korea Selatan, 19 November 2018. Desa ini juga menyuguhkan pemandangan dengan rumah-rumah megah yang telah berusia berabad-abad sehingga terasa berada di zaman lain. (Ed JONES/AFP)

Pandangan umum dari Kampung Rakyat Hahoe di Andong, Korea Selatan, 19 November 2018. Desa ini juga menyuguhkan pemandangan dengan rumah-rumah megah yang telah berusia berabad-abad sehingga terasa berada di zaman lain. (Ed JONES/AFP)

Gambar pada 19 November 2018 memeprlihatkan pandangan umum dari Kampung Rakyat Hahoe yang terletak di Andong, Korea Selatan. Popularitas desa ini makin mencuat saat Ratu Elizabeth mengunjungi tempat ini di tahun 1999 lalu. (Ed JONES/AFP)

Gambar pada 19 November 2018 memeprlihatkan pandangan umum dari Kampung Rakyat Hahoe yang terletak di Andong, Korea Selatan. Popularitas desa ini makin mencuat saat Ratu Elizabeth mengunjungi tempat ini di tahun 1999 lalu. (Ed JONES/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atletico Vs Barcelona: Vidal Incar Posisi Rakitic

Posted: 22 Nov 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona akan menghadapi tuan rumah Atletico Madrid pada pekan ke-13 Liga Spanyol. Duel ini akan berlangsung di Estadio Wanda Metropolitano, Sabtu (24/11/2018).

Gelandang Barcelona Arturo Vidal berharap bisa menjadi starter dalam laga tersebut. Sejauh ini, gelandang asal Chile itu belum menjadi pemain reguler di Camp Nou.

Pemain yang didatangkan Barcelona dari Bayern Munchen pada musim panas 2018 itu baru dimainkan sejak menit awal sebanyak dua kali di Liga Spanyol musim ini. Hal itu tersebut kabarnya membuat mantan pemain Juventus itu merasa sangat frustrasi.

Incar Starter

Pemain baru Barcelona, Arturo Vidal, saat perkenalan di Stadion Camp Nou, Senin, (7/8/2018). Barcelona merogoh kocek sebesar 19 juta euro untuk mengamankan jasa pria berkebangsaan Cile itu. (AP/Manu Fernandez)

Namun, skorsing Ivan Rakitic membuat satu tempat di lini tengah Barcelona menjadi terbuka. Vidal, yang mencetak dua gol untuk Chile selama jeda internasional, baru-baru ini, mengincar posisi tersebut bersama Sergio Busquets dan Arthur.

"Saya sudah kembali dari jeda internasional dan saya di sini di Barcelona untuk bekerja keras dan mengesankan. Sekarang saya merasa bahwa saya dalam kapasitas penuh, 100% dan merasa sangat bagus," kata Vidal kepada Diario Sport.

"Saya mencetak beberapa gol dan bermain sangat bagus, jadi saya berada dalam momen yang bagus. Sekarang saya yakin saya dalam posisi untuk menjadi starter tetapi keputusan itu terserah kepada pelatih."

Statistik Vidal

Meski tak selalu menjadi pilihan utama, Vidal beberapa kali mampu membantu tim asuhan Ernesto Valverde meraih kemenangan.

Gelandang asal Chile itu sampai sejauh ini sudah mencetak dua gol dan dua assist dalam sembilan penampilan di La Liga untuk Barcelona.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paket Perjalanan Romantis Jadi Kado Ultah Hailey Baldwin?

Posted: 22 Nov 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Florida - Justin Bieber dikabarkan memberi hadiah ulang tahun tak terlupakan untuk Hailey Baldwin. Seperti diketahui, Hailey Baldwin genap berusia 22 tahun pada 22 November 2018 kemarin.

Hadiah spesial pun telah disiapkan Justin Bieber untuk merayakan hari kelahiran istrinya tersebut.

"Justin berencana untuk memanjakan Hailey dengan hadiah ulang tahun pertamanya sebagai istri, Mrs. Bieber," ujar seorang sumber dekat Justin Bieber, dikutip dari laman HollywoodLife.

Terkait hadiah yang akan diberikan Justin Bieber, paket perjalanan romantis disebut-sebut jadi hal istimewa yang telah disiapkan pelantu 'Cold Water' itu untuk Hailey Baldwin.

 

Rayakan Thanksgiving

Hailey Baldwin - Justin Bieber (THEO WARGO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

"Dia (Hailey) tak sabar untuk menghabiskan hari ulang tahunnya bersama dia (Justin) dan keluarganya untuk (merayakan) Thanksgiving," jelasnya.

Justin Bieber dan Hailey Baldwin memang telah berencana untuk merayakan Thanksgiving bersama ayah Justin, Jeremy dan kelaurga besarnya. Usai perayaan tersebut, pasangan pengantin baru itu pun akan melanjutkan perjalanan romantis dan hanya berdua, untuk merayakan ulang tahun Hailey.

 

Bunga

Hailey Baldwin - Justin Bieber (AFP/Bintang.com)

Selain perjalanan romantis, Justin Bieber juga telah menyiapkan banyak bunga untuk menghiasi hari bahagia Hailey Baldwin. Tak sampai di situ, berbagai hadiah lain juga akan diberikan Justin Bieber untuk istrinya yang baru saja mengganti nama belakangnya.

Ya, belum lama ini Hailey Baldwin mengganti nama belakangnya, menjadi Hailey Rohde Bieber. Selain itu, ia pun mengganti akun Instagramnya menjadi @haileybieber. (Fimela.com/ Lanny Kusumastuti)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Bagi 1.300 Sertifikat Tanah untuk Warga Lampung Tengah

Posted: 22 Nov 2018 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membagikan 1.300 sertifikat tanah untuk warga Lampung Tengah. Pembagian dilakukan di Lapangan Tenis Indoor Gunung Sugih, Lampung Tengah.

Jokowi tiba di lokasi pukul 10.49 WIB. Dia didampingi Ibu Negara Iriana. Keduanya mengenakan pakaian adat lampung lengkap dengan kain tapis.

Saat memberikan sambutan, Jokowi mengatakan 30.000 sertifikat tanah akan dibagikan untuk warga Lampung sepanjang 2018. Khusus untuk hari ini, ada 1.300 sertifikat tanah dibagikan.

"Di Lampung ada 30.000 ribu yang akan diberikan. Sebagian sudah, sebagian di November dan Desember ini," kata Jokowi, Jumat (23/11/2018).

Jokowi mengatakan, pembagian sertifikat tanah bagi rakyat sangat penting. Mengingat selama ini dirinya kerap mendapat laporan banyaknya sengketa tanah dan lahan antara masyarakat dengan masyarakat maupun masyarakat dengan perusahaan.

"Di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, NTB, NTT, Maluku, Papua, semuanya. Yang namanya sengketa lahan, tanah, ada di mana-mana," kata Jokowi.

1 Juta Sertifikat Per Tahun

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menceritakan, pada 2014 jumlah tanah yang sudah disertifikatkan hanya sebanyak 46 juta bidang. Padahal semula ditargetkan 126 juta bidang tanah.

Tak hanya itu, kata Jokowi, sebelumnya pemerintah hanya mengeluarkan 500.000 sertifikat tanah setiap tahun. Sedangkan di bawah pemerintahan Jokowi, sertifikat tanah yang diterbitkan lebih dari 1 juta per tahun.

Berdasarkan data Kementerian ATR/BPN, pada 2015 sekitar 967 ribu sertifikat sudah diterbitkan. Kemudian meningkat menjadi 1,16 juta sertifikat tanah pada 2016. Di 2017, sertifikat tanah yang diterbitkan sebanyak 5,4 juta.

Sementara untuk tahun 2018, pemerintah menargetkan membagikan 7 juta sertifikat tanah kepada rakyat. Sampai September 2018 sudah sebanyak 3,96 juta sertifikat yang dibagikan ke masyarakat. Untuk 2019, direncanakan ada 9 juta sertifikat tanah diterbitkan.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuaca Buruk Picu Angin Kencang, Salju, dan Kebakaran di Australia Timur

Posted: 22 Nov 2018 09:34 PM PST

Liputan6.com, Sydney - Wilayah pesisir timur Australia dikabarkan tengah dihantam sebuah gangguan cuaca masif, yang membuat langit di beberapa wilayah negara bagian New South Wales dan Victoria diselimuti debu.

Cuaca buruk juga diketahui menyebabkan munculnya beberapa titik api di kedua negara bagian tersebut, yang berisiko meluas dengan cepat ke arah pemukiman warga.

Dikutip dari The Guardian pada Jumat (23/11/2018), anomali cuaca tersebut turut memicu hembusan angin yang kencang di Kota Sydney dan Brisbane.

Selain itu, cuaca buruk juga dilaporkan membuat area pegunungan di wilayah timur Australia mengalami penurunan suhu yang ekstrem. Hal itu mengakibatkan kondisi serupa musim dingin dengan suhu di beberapa titik berada di bawah nol derajat Celsius, termasuk turunnya salju di puncak-puncak gunung.

Badan Meteorologi Australia pada hari Jumat mengeluarkan peringatan cuaca buruk karena angin yang merusak di bagian tenggara negara itu, yang membentang dari perbatasan Victoria hingga Hunter, atau wilayah yang berada di utara Sydney.

Hembusan angin akibat cuaca buruk dilaporkan mencapai kecepatan 90 kilometer per jam, dengan kemungkinan badai salju di kawasan Pagunungan Alpen Australia.

Banyak penerbangan ditunda dan dibatalkan di bandara Sydney dan Melbourne akibat tingkat visibilitas yang buruk sejak hari Kamis.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Angin Kencang Picu Kebakaran

Badai tropis siklon Joyce disebut akan menghantam pantai barat Australia pada Jumat Petang (AP)

Angin yang berhembus lebih kuat di wilayah Hunter dikhawatirkan memicu kebakaran di pemukiman warga di dekat bandara kota Newcastle, yang berdampingan dengan area hutan nasional.

Peringatan semakin diperketat tatkala kebakaran dilaporkan terjadi di Taman Nasional Campvale, sesaat setelah Matahari terbit pada hari Jumat. Saat ini, laju kebakaran dilaporkan mengarah ke jalur nasional Rookes Road di Kota Salt Ash.

Hal itu membuat Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan di New South Wales meningkatkan peringatan waspada ke titik siaga puncak, yang berarti api melaju dengan sangat cepat.

Warga diminta untuk tetap tinggal di rumah, dengan beberapa jalan masuk dan keluar dari beberapa area pemukimam ditutup, guna melancarkan upaya pemadamam untuk menahan laju api.

Upaya pemadamam juga dilakukan melalui udara, dengan mengerahkan empat tanker besar yang diangkut oleh pesawat Garda Nasional, secara berkala sejak Kamis malam.

Lebih dari 200 petugas pemadam kebakaran menghabiskan malam itu berjuang melawan kobaran api, yang telah membakar lebih dari 1.300 hektar lahan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: