Jumat, 02 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sentimen Global dan Dana Asing Topang IHSG Sepekan

Posted: 02 Nov 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu menguat selama sepekan. Hal itu ditopang sentimen global dan aliran dana investor asing kembali masuk ke pasar saham pada pekan ini.

Mengutip laporan PT Ashmore Assets Management Indonesia, Sabtu (3/11/2018), IHSG menanjak 2,1 persen dari posisi 5.784 pada Jumat 26 Oktober 2018 menjadi 5.906,29 pada Jumat 2 November 2018.

Selama sepekan, saham kapitalisasi besar masuk indeks saham LQ45 menanjak 3,49 persen. Investor asing beli saham USD 303 juta atau sekitar Rp 4,52 triliun (asumsi kurs Rp 14.948 per dolar AS). Hal ini turut kuatkan IHSG selama sepekan.

Di pasar obligasi, indeks obligasi menguat 0,9 persen selama sepekan. Penguatan tersebut terjadi saat rupiah kembali menguat terhadap dolar AS hingga tinggalkan posisi 15.000.

Imbal hasil obligasi pemerintah bertenor 10 tahun menjadi 8,3 persen. Investor asing beli obligasi USD 125 juta atau sekitar Rp 1,86 triliun hingga perdagangan Kamis pekan ini.

 

Sentimen Pengaruhi Pasar Keuangan

Suasana di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (2/11/2015). Pelemahan indeks BEI ini seiring dengan melemahnya laju bursa saham di kawasan Asia serta laporan kinerja emiten triwulan III yang melambat. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Ada sejumlah sentimen pengaruhi pasar keuangan global yang berimbas terhadap IHSG. Perang dagang masih jadi fokus perhatian pelaku pasar.

Bloomberg melaporkan, kalau Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memerintahkan kabinetnya untuk buat draft kesepakatan perdagangan dengan China. Salah satu isu menjadi perhatian mengenai kekayaan intelektual yang diduga dicuri perusahaan China.

Selain itu, OPEC dan AS menambah pasokan baru sehingga menekan harga minyak. Pada Oktober 2018, OPEC menaikkan produksi minyak ke level tertinggi sejak 2016. Langkah Arab Saudi ini juga diikuti Uni Emirat Arab untuk antisipasi sanksi Iran.

Selain itu, Libya meski bukan bagian OPEC tetapi juga tingkatkan produksi. AS juga mencatatkan produksi sehingga lewati Rusia sebagai produsen minyak terbesar. Produksi minyak AS mencapai 11,34 juta barel per hari.

Dari sentimen internal, Badan Pusat Stastik (BPS) melaporkan inflasi Oktober 2018 capai 0,28 persen. Inflasi year on year (YoY) tercatat 3,16 persen. Sementara itu, inflasi inti naik menjadi 2,94 persen pada Oktober 2018. Sektor perumahan memberikan kontribusi 0,1 persen terhadap inflasi.

Hal ini seiring kenaikan sewa rumah dan bahan material konstruksi antara lain semen. Selain itu, makanan juga memberikan kontribusi 0,04 persen karena kenaikan harga cabai 0,09 persen dan beras 0,01 persen. Sementara itu, penyesuaian harga minyak nonsubsidi berkontribusi 0,06 persen.

Di sisi lain, realisasi investasi langsung Indonesia alami kontraksi 20,2 persen menjadi USD 6,6 miliar atau sekitar Rp 89,1 triliun pada kuartal yang berakhir September 2018. Hal itu didorong merosotnya penanaman modal asing karena investor melihat defisit perdagangan dan nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar AS.

Pada Senin depan, Indonesia akan rilis pertumbuhan ekonomi kuartal III 2018. Sedangkan dari AS, ada rilis data tenaga kerja pada Oktober 2018.

Lalu Apa yang Dicermati ke Depan?

Pekerja melintasi layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Rabu (16/5). IHSG ditutup naik 3,34 poin atau 0,05 persen ke 5.841,46. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lalu apa yang dicermati ke depan?

Ashmore melihat selama sepekan, aliran dana investor asing masuk ke negara berkembang termasuk Indonesia. Ini ditunjukkan dari aliran dana investor asing masuk mencapai Rp 4,5 triliun ke pasar saham dan Rp 1,9 triliun ke pasar obligasi.

Ashmore melihat ada sejumlah faktor yang membuat aliran dana investor asing kembali masuk ke pasar keuangan Indonesia antara lain potensial kesepakatan perdagangan antara AS dan China.

Selain itu, valuasi saham negara berkembang yang sudah terkoreksi ketimbang AS, dan pertumbuhan kinerja keuangan kuartal III 2018 yang lebih baik.

"Pasar proyeksikan pertumbuhan laba per saham 8-10 persen selama sembilan bulan pertama 2018, melambat ketimbang semester I 2018. Bagaimana pun hasilnya tumbuh 10 persen year on year selama sembilan bulan pertama 2018 dibandingkan empat persen selama semester I 2018. Ini ada pertumbuhan besar di properti, material, dan telekomunikasi," tulis Ashmore.

Ashmore melihat sentimen global masih pengaruhi pasar keuangan Indonesia dalam beberapa minggu ke depan. Pada pekan ini, pasar global telah mengubah lebih banyak risiko sehingga membuat rupiah meninggalkan posisi 15.000 per dolar AS. Selain itu, imbal hasil obligasi bertenor 10 tahun turun menjadi 8, 3 persen.

Akan tetapi, aliran dana investor asing lebih kecil pada pekan ini yang mencapai Rp 1,9 triliun dari pekan lalu Rp 13 triliun. Meski demikian mampu membuat rupiah menguat terhadap dolar AS. "Kami harapkan gerakan semacam ini hingga akhir tahun," tulis Ashmore.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Campur Tangan UEFA Loloskan Manchester City dan PSG dari FFP?

Posted: 02 Nov 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Sebuah tudingan besar ditujukan kepada dua klub kaya raya Eropa, Manchester City dan Paris Saint-Germain (PSG). Kedua klub tersebut dianggap dibantu UEFA untuk menutup-nutupi kasus Financial Fair Play (FFP), yang seharusnya menghampiri mereka.

Sejak diakusisi oleh taipan asal Timur Tengah, Manchester City dan juga PSG memang seringkali menggelontorkan uang banyak demi mendatangkan pemain besar. Padahal kegiatan tersebut sudah diatur oleh Financial Fair Play buatan UEFA.

Jika tersangkut kasus FFP, maka sebuah klub umumnya dilarang tampil dalam ajang besar seperti Liga Champions ataupun Liga Europa. Hal tersebut terjadi kepada AC Milan pada akhir musim kemarin, yang untungnya masih dipersilahkan tampil di Liga Europa.

Baru-baru ini, sebuah investigasi yang dilakukan oleh European Investigative Collaborations (EIC) mengeluarkan laporan yang mengejutkan. Mereka menuding UEFA memberikan bantuan kepada The Citizens dan Les Parisiens untuk menutupi kasus FFP.

"Asosiasi sepak bola Eropa, UEFA, mengadakan perjanjian rahasia dengan Manchester City dan Paris Saint-Gemain (PSG) yang membuat dua klub itu menipu aturan Financial Fair Play-nya sendiri dengan ratusan juta euro," tulis pernyataan tersebut dikutip dari Football Italia.

"Petugas senior UEFA, termasuk mantan sekretaris umum dan presiden FIFA, Gianni Infantino, secara personal terlibat untuk mendorong kesepatakan dengan klub besar, sementara Club Financial Control Body (CFCB), departemen UEFA dalam menginvestigasi pelanggaran aturan, secara agresif mengejar klub yang lebih kecil di Turki dan Romania," lanjut pernyataannya.

Laporan EIC

Para pemain Manchester City. (AFP/Lindsey Parnaby)

Dalam laporan tersebut juga tidak disebutkan apakah AC Milan turut terlibat dalam kasus pelanggaran FFP itu. EIC mengatakan bahwa kasus ini hanya melibatkan Manchester City dan juga PSG saja.

"Ini adalah kasus dari Manchester City dan Paris Saint-Germain. Man City dimiliki oleh Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, saudara dari Mohammed bin Zayed Al Nahyan, yang merupakan penguasa Abu Dhabi, sejak tahun 2010," lanjut pernyataan itu.

"PSG adalah klub yang dimiliki oleh Qatar Sports Investments, yang didukung oleh Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani," tandasnya.

Kecurangan Terendus

Terakhir, aroma FFP terendus di sekitaran PSG yang membajak Neymar dengan mahar fantastis, yakni sebesar 222 juta euro. Di tahun yang sama, mereka memboyong Kylian Mbappe dengan status pinjaman serta uang sebesar 40 juta pound sterling, plus opsi pembelian sebesar 121 juta pound sterling.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Nasi Goreng Kampung Sederhana yang Jadi Favorit Banyak Orang

Posted: 02 Nov 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak suka dengan nasi goreng? Masakan olahan nasi ini mungkin menjadi salah satu hidangan terfavorit di Indonesia. Walaupun nasi goreng bukan berasal dari Indonesia, namun nasi goreng sudah seperti sajian khas dari Indonesia. Hal ini dikarenakan nasi goreng dapat kamu jumpai hampir di semua restoran atau tempat makan. Selain itu dapat dengan mudah menjumpai pedagang pinggir jalan yang menghidangkan menu nasi goreng.

Nasi goreng yang berasal dari China ini adalah sajian nasi yang digoreng bersama bumbu atau rempah, serta ditambahkan berbagai bahan lainnya seperti lauk pauk atau sayuran. Nah, salah satu hal yang menjadikan nasi goreng digemari banyak orang adalah selain memiliki rasa yang enak, pembuatannya pun terbilang mudah dan simpel. Selain itu, nasi goreng sangat erat kaitannya dengan kegemaran orang Indonesia terhadap nasi.

Kini terdapat banyak sekali varian nasi goreng di seluruh penjuru Indonesia. Bahkan Jawa memiliki varian nasi gorengnya sendiri. Di antara banyaknya varian nasi goreng, terdapat salah satu varian nasi goreng yang mungkin sering kamu dengar namanya di restoran, yakni nasi goreng kampung. Sebenarnya tidak ada perbedaan khusus antara nasi goreng kampung dengan nasi goreng lainnya, namun cara membuat nasi goreng kampung biasanya dimasak bersama lauk pauk yang lengkap alias tidak polos. Cara membuat nasi goreng kampung pun menggunakan bumbu-bumbu khas Indonesia sehingga dinamakan 'kampung' atau yang identik dengan tradisional.

Cara membuat nasi goreng kampung ini dapat menjadi alternatif untuk santapan kamu sepanjang hari, baik untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Kamu dapat membuatnya dalam waktu beberapa menit saja, sehingga nasi goreng kampung bisa menjadi jawaban saat kelaparan melanda. Kamu juga dapat mengkreasikan sendiri nasi goreng kampung dengan menggunakan bahan-bahan lainnya seperti mengganti daging ayam dengan daging sapi atau daging lainnya, atau memasukkan sedikit saus tiram agar rasanya semakin gurih.

Berikut cara membuat nasi goreng kampung yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (03/11/2018).

Bahan cara membuat nasi goreng kampung:

150 gram nasi putih atau sepiring nasi

2 siung bawang putih, dicincang

5 butir bawang merah, diiris

1 buah cabai merah, diiris

1 sdm daging ayam, diiris

1/2 sdt terasi

1 butir telur, dikocok lepas

1 batang daun bawang, diiris

1 sdt cabai rawit iris

1 sdt kecap manis

1 sdm margarin

garam dan merica secukupnya

 

Bahan pelengkap cara membuat nasi goreng:

acar bening

ikan teri goreng

telur dadar iris

sambal terasi

daun kemangi

Cara membuat nasi goreng kampung:

1. Cara membuat nasi goreng kampung awalnya adalah memanaskan margarin di atas wajan.

2. Setelah meleleh dan panas, masukkan bawang putih, bawang merah serta cabai merah. Tumis ketiga bahan hingga tercium harum.

3. Setelah itu, masukkan daging ayam, kemudian aduk terus hingga daging berubah warna.

4. Masukkan terasi, lalu aduk dan sisihkan di bagian tepi wajan.

5. Masih pada wajan yang sama, masukkan telur dan aduk hingga telur matang.

6. Masukkan nasi putih, daun bawang, cabai rawit, kemudian aduk sebentar hingga semua bahan tercampur rata.

7. Selanjutnya, masukkan kecap, garam serta merica secukupnya. Aduk terus hingga nasi goreng kampung teraduk dengan sempurna.

8. Setelah nasi matang dan rasanya sudah sempurna (coba dulu sebelum diangkat, jika belum sedap tambahkan garam), angkat dan sajikan panas-panas bersama bahan pelengkap.

Tips membuat nasi goreng yang enak:

1. Nasi

Berbeda dengan nasi putih yang digunakan untuk sajian lainnya, kamu harus menyiapkan nasi putih matang, khusus untuk nasi goreng. Yaitu nasi putih yang bertekstur pera. Sehingga apabila digoreng, nasinya tidak akan lembek dan saling menempel satu sama lainnya. Jenis nasi ini juga hampir sama dengan nasi yang digunakan di rumah makan Padang.Kamu cukup menggunakan nasi putih sisa kemarin. Atau kamu juga bisa memasukkan nasi putih yang hendak kamu goreng, ke dalam kulkas dan diamkan minimal selama 1-2 jam (bisa hingga semalaman) sebelum dieksekusi.

2. Bumbu

Ada dua jenis nasi goreng utama yaitu nasi goreng Jawa (kampung) dan nasi goreng Chinese (oriental). Keduanya menggunakan bumbu yang berbeda sehingga menghasilkan kekhasan masing-masing. Selain kecap manis dan saus sambal yang wajib digunakan, nasi goreng Jawa biasanya menggunakan ebi, terasi, dan kemiri sehingga menghasilkan cita rasa khas dan warna yang cenderung gelap.

Sementara nasi goreng oriental memadukan bumbu dari aneka saus seperti saus tiram, kecap ikan, kecap asin, arak masak, dan minyak wijen sehingga cita rasanya menjadi unik dan berwarna lebih terang. Namun saat ini banyak juga yang memadukan keduanya dalam hal penggunaan bumbu-bumbunya.

3. Teknik memasak

Sudah menjadi ketentuan umum bahwa kompor digunakan adalah kompor high pressure, sehingga proses pemasakan akan lebih cepat dan matang sempurna, serta tetap mempertahankan tekstur asli makanan. Kalau kamu perhatikan di tukang nasi goreng, kompornya itu memiliki api yang sangat besar dan cukup berisik jika menyala, nah itulah yang disebut dengan kompor high pressure.

Setelah menumis bumbu nasi goreng hingga matang, kecilkan api kompor kamu dan masukkan nasi putihnya. Aduk-aduk hingga bumbu dan nasi tercampur merata, baru kemudian besarkan apinya hingga maksimal dan terus aduk nasinya supaya tidak ada yang menempel di dasar wajan atau gosong. Lakukan tahap ini sebentar saja cukup 2-3 menit. Lalu teteskan sedikit minyak wijen dan beri taburan bawang putih cincang goreng, untuk style nasgor oriental. Angkat dan sajikan langsung ya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bhayangkara FC Vs Persib: Dibayangi Catatan Negatif

Posted: 02 Nov 2018 09:30 PM PDT

Jakarta - Laga menarik akan tersaji pada pekan ke-29 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak antara Bhayangkara FC kontra Persib Bandung. Laga ini akan ditayangkan Indosiar di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Sabtu (3/11/2018).

Kedua tim sama-sama mengincar kemenangan untuk memperkecil jarak poin dengan pemuncak klasemen sementara. Bhayangkara berada di peringkat ke-4 dengan perolehan 43 poin. Sedangkan Persib yang berada di peringkat ke-3 sudah mengoleksi 46 poin.

Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy mengaku sudah mengetahui kekuatan Persib. Bahkan dia sudah mempersiapkan antisipasi untuk meredam tim berjulukan Maung Bandung itu.

"Dalam 1-4 atau 3 pertandingan terakhir, Persib bisa dibilang sulit karena kehilangan poin dan pemain kunci. Tapi untuk pertandingan besok, pemain kunci mereka sudah kembali. Tapi kami sudah siapkan, kuncinya ada di konsentrasi dan fokus," ujar Simon dalam jumpa pers sebelum laga di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Jumat (2/11/2018).

Selain itu, Simon juga meminta para pemainnya untuk bekerja keras dalam menghadapi Persib Paling tidak menjaga rekor kandang yang selama ini belum terkalahkan.

"Kami mau bermain dengan cara kami sendiri dan semoga itu bisa membawa hal bagus buat kami. Tapi di sisi lain, Persib selalu bisa mencari cara untuk selalu memenangkan pertandingan," katanya.

Itulah mengapa, Simon tidak akan terlalu percaya diri lebih dulu bahwa timnya bisa mengalahkan Persib. Apalagi Bhayangkara FC memiliki catatan bagus bila berhadapan dengan Persib.

"Secara personal saya tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu. Kami bermain bagus dan hasil bagus melawan Persib di laga sebelumnya dan pada laga besok bukan berarti dengan mudah menghadapi laga tersebut.

"Kami sempat bermain lawan Borneo FC jauh dari harapan. Padahal dalam beberapa pertandingan terakhir bermain baik. Jadi untuk besok, Persib akan bermain tangguh lagi dengan kekuatan penuh mereka untuk memenangkan pertandingan besok pastinya," tegasnya.

 

Persib Menolak Menyerah

Gelandang Persib Bandung, Oh In-kyun, berebut bola dengan gelandang Persija Jakarta, Ramdani Lestaluhu, pada laga Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (30/6/2018). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pelatih Persib, Mario Gomez menganggap laga melawan Bhayangkara FC merupakan laga penting timnya untuk mencari kemenangan.

"Persiapan kami juga bagus. Dan kami mencoba untuk meraih tiga poin karena ini akan menjadi pertandingan yang penting bagi kami. Kami tahu Bhayangkara tim yang kuat di kandang tapi bagi kami ini juga pertandingan yang penting," ucap Mario.

Mario menyadari Bhayangkara memiliki catatan yang cukup bagus jika berhadapan dengan Persib. The Guardian belum terkalahkan selama bertindak sebagai tuan rumah.

"Kami tahu Bhayangkara kuat di kandang dan mereka juga kehilangan beberapa pemain ke timnas. Tapi kami juga akan mencoba melanjutkan menjadi tim yang kuat," katanya.

Apalagi, lanjut Mario, Persib kini sudah bisa memainkan dua bomber andalannya Jonathan Bauman dan Ezechiel N'Douassel.

"Kami sekarang punya beberapa pemain tambahan karena besok bisa bermain lagi Bauman dan Ezechiel. Kami hampir full team, hanya Dedi yang tidak bisa bermain. Tapi bagi kami yang terpenting meraih tiga poin karena kami tidak ingin kehilangan poin lagi untuk menjadi juara, kami akan bertempur untuk menjadi juara," tandasnya.

 

Prakiraan Susunan Pemain

Pemain Bhayangkara FC merayakan gol yang dicetak Sani Rizki Fauzi (kedua kanan) saat melawan PSMS pada lanjutan Go-Jek Liga 1 Indonesia bersama Bukalapak di Stadion PTIK, Jakarta, Jumat (3/8). Bhayangkara FC unggul 3-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Bhayangkara FC (4-3-1-2): Wahyu Tri Nugroho (kiper); Alsan Sanda, Jajang Mulyana, Indra Kahfi, Fathcu Rohman (belakang); Adam Alis, Lee Yu Jun, Vendri Mofu; Paulo Sergio (tengah); Elio Martin, Herman Dzumafo (depan).

Pelatih: Simon McMenemy

Persib Bandung (4-4-2): I Made Wirawan (kiper); Supardi Nasir, Victor Igbonefo, Bojan Malisic, Ardi Idrus (belakang); Atep, Kim Jeffrey Kurniawan, Oh In-kyun, Ghozali Siregar (tengah); Jonathan Bauman, Ezechiel N'Douassel (depan).

Pelatih: Mario Gomez

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awas Baper, Film Asalkan Kau Bahagia Bakal Mengaduk Emosi

Posted: 02 Nov 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lagu fenomenal yang dipopulerkan oleh Armada, "Asalkan Kau Bahagia", diangkat ke layar lebar oleh rumah produksi Falcon Pictures dengan judul sama. Film ini dibintangi oleh tiga pemeran muda berbakat, Aliando Syarief, Aurora Ribero, juga Teuku Rasya.

Para penikmat musiknya tentu tahu bahwa lagu "Asalkan Kau Bahagia" memiliki lirik yang mengaduk emosi. Nuansa yang tak jauh berbeda juga akan dihadirkan dalam filmnya. Hal itu diakui sendiri oleh sang sutradara, Rako Prijanto.

"Memang film ini menguras perasaan banget. Frame yang kita bikin angkat ekspresi pemain. Semua pemain gimana men-deliver itu dengan baik. Itulah tantangannya," jelas sang sutradara dalam peluncuran trailer dan poster Asalkan Kau Bahagia, di Epicentrum, Kuningan, Jumat (2/11/2018).

Namun tak hanya menguras air mata. Nantinya, Asalkan Kau Bahagia juga memiliki berbagai nuansa cerita berbeda. Dan hal inilah yang menjadi tantangan besar bari Rako Prijanto dalam proses penggarapannya.

Nama Asli

Kisah cinta Yani dan Doel bagaikan kisah cinta Romeo dan Juliet. Yang susah untuk dipisahkan. Namun, apa mau dikata, lantaran ayah Yani yang tak menyetujui dan berusaha menjauhkan putrinya dengan Doel. (dok. Sinemart)

"Problem utama di diri saya sendiri. Buat film yang menggemaskan, lucu, dan sedih itu cukup sulit menjaga flow-nya ya. Dramanya juga bagus," imbuh sutradara bertangan dingin tersebut.

Sementara itu, dalam film ini para pemain yang terlibat akan menggunakan nama asli mereka masing-masing. Penggunaan nama asli ini dianggap sangat membantu dalam proses penjiwaan karakter.

Penjiwaan

Teuku Rassya di film Asal Kau Bahagia. foto: Instagram (@falconpictures_)

"Makai nama asli ide dari bos Falcon. Dan itu jadi sangat ngebantu, penjiwaan mereka pun ngebantu banget. Dipanggil Ali, Dewa, dan Aurora, jadi intensitasnya lebih dapat," jelas Rako Prijanto.

Asalkan Kau Bahagia akan jadi film spesial akhir tahun yang tayang pada 27 Desember 2018 di bioskop Tanah Air.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menghitung Total Biaya Wardrobe Meghan Markle Selama Tur Royal

Posted: 02 Nov 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry yang ditemani sang istri, Meghan Markle telah menyelesaikan tur kerajaan di Australia, Fiji, Tonga, dan Selandia Baru pada Rabu, 31 Oktober 2018 lalu. Selama 16 hari di sana, Meghan yang tengah hamil muda selalu tampil cantik dalam balutan outfit anggun dan elegan.

Duchess of Sussex mengenakan beragam busana yang sangat tepat dalam sederet kesempatan. Mulai dari gaun formal saat pertemuan dengan para petinggi negara hingga tampil santai dalam balutan outfit casual chic.

Namun, kira-kira berapa total biaya yang dikeluarkan untuk wardrobe mewah dan cantik yang dikenakan Meghan Markle saat tur royal? Seperti dilansir dari hellomagazine pada Jumat, 2 November 2018, totalnya adalah 117,109.19 pound sterling atau sekitar Rp 2,3 miliar.

Saat tur royal, Meghan Markle mencoba beberapa gaya dan merek baru. Pertama kalinya, ia memakai desain dari Maggie Marilyn dan tiga barang dari Martin Grant. Adapun total biaya dari barang-barang baru sejumlah 64,893.86 pound sterling atau sekitar Rp 1,2 miliar.

Selain itu, Meghan juga cerdas dalam memutar ulang barang yang dipakai saat tur. Mulai dari Seasalt raincoat yang dipakai sebanyak dua kali, trench coat dari Martin Grant dua kali, dan banyak perhiasan. Ia juga memakai sepatu favoritnya, Birdies Blackbird. Biaya outfit ini sebesar 52,344.33 pound sterling atau sekitar Rp 1 miliar.

Meghan juga memakai tujuh buah perhiasan dari desainer Pippa Small dan enam perhiasan dari Birks. Jika ditotal, perhiasan tersebut senilai 58,951.68 pound sterling atau sekitar Rp 1,1 miliar. Untuk sepatu, Meghan memakai ulang heeled pumps dari Manolo Blahnik, Aquazzura and Tabitha Simmons dengan total 6,414.93 pound sterling atau sekitar Rp 124 juta.

Penampilannya juga didukung dengan tas dari Prada, Gucci dan Christian Dior yang senilai 5,681.88 pound sterling atau sekitar Rp 110 juta, deretan baju selama tur 16 hari senilai 46,168.70 pound sterling atau sekitar Rp 894 juta. Meghan juga memakai barang di bawah 200 pound sterling atau sekitar Rp 3,8 juta sebanyak 14 merek.

Sementara, Meghan Markle juga memakai perhiasan dari Jessica McCormack yang dikenakan untuk merayakan ulang tahun ke-125 hak pilih wanita di Selandia Baru di Wellington. Kalung ini senilai 13,645.00 pound sterling atau sekitar Rp 264 juta.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Hari Oeang, DJP Pajak Besar Gelar Donor Darah dan Operasi Katarak

Posted: 02 Nov 2018 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Wajib Wajib Pajak Besar (Kanwil DJP Wajib Pajak Besar) beserta seluruh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Wajib Pajak Besar, KPP Perusahaan Masuk Bursa dan KPP Pratama Jakarta Kebayoran Baru Satu mengadakan bakti sosial donor darah dan operasi katarak gratis.

Kepala Kanwil DJP Wajib Pajak Besar Mekar Satria Utama mengatakan, kegiatan bakti sosial di gedung Pajak Radjiman Wedyodiningrat Jalan Sudirman Jakarta ini dalam rangka memperingati Hari Oeang ke-72.

Diharapkan dengan adanya bakti sosial ini dapat mewujudkan kepedulian serta rasa berbagi terhadap sesama dan membawa manfaat bagi semua.

"Saya harap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin oleh Kanwil DJP Wajib Pajak Besar beserta seluruh unit kerja lain yang berada di gedung Radjiman Wedyodiningrat," jelas dia dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/11/2018).

Aksi sosial ini berlangsung mulai tanggal 31 Oktober 2018 yang diawali dengan donor darah untuk para pegawai serta para tenaga pendukung yang bekerja di gedung Pajak Radjiman.

Operasi Katarak sendiri dimulai tanggal 3 November 2018 dengan screening para calon pasien operasi katarak untuk menentukan apakah kesehatan serta tingkat kematangan katarak memungkinkan untuk dioperasi.

Operasi katarak untuk para pasien yang lolos screening akan dilakukan bertepatan dengan hari Pahlawan pada tanggal 10 November 2018 sedangkan perawatan pasca-operasi akan dilakukan pada tanggal 11 November dan 17 November 2018. 

Jumlah Peserta

Kanwil DJP Wajib Pajak Besar mengadakan bakti sosial donor darah dan operasi katarak gratis.

Pada pelaksanaan donor darah, sebanyak 145 pegawai telah ikut berpartisipasi termasuk Kepala Kanwil DJP Wajib Pajak Besar, Mekar Satria Utama.

Sejak pendaftaran dibuka, jumlah calon pasien operasi katarak yang mendaftar sebanyak 610 pasien.

Adapun dana untuk kegiatan Bakti Sosial seluruhnya dikumpulkan dari sumbangan sukarela para pegawai di lingkungan gedung Radjiman Wedyodiningrat.

Untuk donor darah, kerja sama dilakukan dengan Palang Merah Indonesia, sedangkan untuk operasi katarak, kerja sama dilakukan dengan Himpunan Bersatu Teguh dan Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Sedih Nenek yang Kabarkan Cucunya Sang Ayah Jadi Korban Pesawat Lion Air

Posted: 02 Nov 2018 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Kediaman Rumadi Ramadhan, korban jatuhnya Lion Air PK-LQP ramai dikunjungi tetangga, kerabat, dan temannya.

Mereka datang silih berganti setelah menerima kabar bahwa Rumadi adalah salah satu penumpang Lion Air yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat pada 28 Oktober 2018 pagi.

Setiap pelayat yang datang mengucapkan bela sungkawa serta doa bagi bapak tiga anak ini.

Keluarga korban juga sudah beberapa hari ini menggelar pengajian di rumah duka di Perumahan Griya Asri, Cilebut Barat, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tati Surniatinah (69), ibu mertua Rumadi tak bisa menyembunyikan kesedihannya. Dia selalu duduk termenung di pojok halaman rumah memikirkan nasib anaknya.

Tati hanya bisa berdoa dan ikhlas apapun yang terjadi pada Rumadi setelah pesawat Lion Air PK-LQP JT610 tujuan Jakarta-Pangkal Pinang yang ditumpangi jatuh ke laut.

Namun, air mata Tati tidak terbendung setiap melihat ketiga anak Rumadi yang masih dibawah umur. Tati sempat berpikir untuk merahasiakan peristiwa yang menimpa Rumadi kepada cucunya tersebut.

Karena ketiga cucunya selalu menanyakan ayahnya, ia akhirnya memberitahu apa yang dialami bapak kandungnya itu.

"Anak yang paling besar umur 11 tahun beberapa kali nanya, kenapa pasang tenda dan banyak orang datang kesini?. Akhirnya saya jelasin, tamu mau nengokin abi (Rumadi). Kapal terbang yang ditumpangi abi jatuh, belum ketemu," ucap Tati sambil berlinang air mata, Jumat 2 November 2018.

Sudarto (75), ayah mertua Rumadi menceritakan, menantunya tersebut pergi ke Pangkalpinang untuk bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan baja.

"Dia dapat tugas di sana, enggak tahu berapa lamanya," ujar Sudarto.

Namun malang bagi Rumadi, pesawat yang ditumpanginya jatuh beberapa menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta. Dia hilang bersama 180 penumpang lainnya.

Sebelum kecelakaan, Sudarto mendapat kabar menantunya akan bertugas ke Pangkalpinang bersama temannya menggunakan pesawat Boing 737 Max 8 dan duduk di kursi 123.

"Minggu siang dapat kabar pesawat jatuh. Kami coba hubungi Rumadi ternyata hilang kontak," ungkap Sudarto.

Istri Syok

Keluarga semakin yakin bahwa Rumadi menjadi korban kecelakaan pesawat setelah namanya muncul dalam rilis Basarnas.

"Semuanya syok. Istrinya apalagi. Sehari setelah kecelakaan istrinya ke Bandara Soeta untuk mendapat kabar suaminya," kata dia.

Saat ini, Tris Tresnawati istri Rumadi sedang berada di RS Polri Kramatjati Jakarta untuk melakukan tes DNA.

Semenjak kejadian itu, Sudarto mengaku tidak bisa tidur. Pikirannya selalu tertuju pada menantunya. Kini dia hanya berharap jenazah korban dapat segera ditemukan dan bisa dibawa pulang ke rumah duka untuk disemayamkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jurnalis Jepang yang Disandera Suriah Tampil ke Hadapan Publik

Posted: 02 Nov 2018 09:21 PM PDT

Jumpei Yasuda, jurnalis lepas Jepang yang sempat ditahan 3 tahun di Suriah, tiba untuk konferensi pers di Tokyo, Jumat (2/11). Sejak kembali ke Jepang, Yasuda menghabiskan beberapa waktu di rumah sakit untuk memantau kesehatannya. (AP/Eugene Hoshiko)

Jumpei Yasuda, jurnalis lepas Jepang yang sempat ditahan 3 tahun di Suriah, tiba untuk konferensi pers di Tokyo, Jumat (2/11). Sejak kembali ke Jepang, Yasuda menghabiskan beberapa waktu di rumah sakit untuk memantau kesehatannya. (AP/Eugene Hoshiko)

Jumpei Yasuda, jurnalis lepas Jepang yang sempat ditahan 3 tahun di Suriah, membungkuk meminta maaf saat konferensi pers di Tokyo, Jumat (2/11). Yasuda mengaku sepenuhnya bertanggung jawab atas tindakannya selama disandera Suriah. (AP/Eugene Hoshiko)

Jumpei Yasuda, jurnalis lepas Jepang yang sempat ditahan 3 tahun di Suriah, membungkuk meminta maaf saat konferensi pers di Tokyo, Jumat (2/11). Yasuda mengaku sepenuhnya bertanggung jawab atas tindakannya selama disandera Suriah. (AP/Eugene Hoshiko)

Jumpei Yasuda, jurnalis lepas Jepang yang sempat ditahan 3 tahun di Suriah, saat konferensi pers di Tokyo, Jumat (2/11). Yasuda meminta maaf dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu pembebasannya serta masyarakat Jepang. (AP/Eugene Hoshiko)

Jumpei Yasuda, jurnalis lepas Jepang yang sempat ditahan 3 tahun di Suriah, saat konferensi pers di Tokyo, Jumat (2/11). Yasuda meminta maaf dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu pembebasannya serta masyarakat Jepang. (AP/Eugene Hoshiko)

Jumpei Yasuda, jurnalis lepas Jepang yang sempat ditahan 3 tahun di Suriah, menggelar konferensi pers di Tokyo, Jumat (2/11). Yasuda mengadakan konferensi pers untuk menjelaskan sebanyak mungkin tentang apa yang terjadi padanya. (Toshifumi KITAMURA/AFP)

Jumpei Yasuda, jurnalis lepas Jepang yang sempat ditahan 3 tahun di Suriah, menggelar konferensi pers di Tokyo, Jumat (2/11). Yasuda mengadakan konferensi pers untuk menjelaskan sebanyak mungkin tentang apa yang terjadi padanya. (Toshifumi KITAMURA/AFP)

Jumpei Yasuda, jurnalis lepas Jepang yang sempat ditahan 3 tahun oleh militan Suriah, menggelar konferensi pers di Tokyo, Jumat (2/11). Kendati telah bebas, banyak pihak masih penasaran terkait alasan dibalik pembebasan Yasuda itu. (AP/Eugene Hoshiko)

Jumpei Yasuda, jurnalis lepas Jepang yang sempat ditahan 3 tahun oleh militan Suriah, menggelar konferensi pers di Tokyo, Jumat (2/11). Kendati telah bebas, banyak pihak masih penasaran terkait alasan dibalik pembebasan Yasuda itu. (AP/Eugene Hoshiko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Bakayoko, Bek AC Milan Tak Cemas Biglia Cedera

Posted: 02 Nov 2018 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Bek AC Milan, Mateo Musacchio, mengaku tidak khawatir dengan cederanya pemain Rossoneri lainnya, Lucas Biglia. Sebab ia meyakini Tiemoue Bakayoko bisa diberikan kepercayaan untuk melaksakan tugasnya.

Biglia memberi kabar buruk untuk AC Milan dengan cedera betis yang dialaminya dalam sesi pemanasan sebelum melawan Genoa. Berkat itu, ia harus menepi setidaknya selama dua bulan ke depan.

Hal itu jelas menjadi kekhawatiran besar bagi sang pelatih, Gennaro Gattuso. Sebab, gelandang asal Argentina tersebut merupakan salah satu bagian penting dan telah bermain sebanyak 11 pertandingan di semua kompetisi.

Musacchio pun tahu persis bagaimana pentingnya rekan senegaranya itu untuk AC Milan. Namun, ia tidak khawatir dengan kehilangannya sebab Rossoneri masih memiliki sosok Bakayoko sebagai penggantinya.

"Dia adalah pemain yang penting untuk kami, tetapi kami punya banyak pemain yang juga bisa bermain baik," ujar Musacchio kepada Sky.

Pemain Bagus

Tiemoue Bakayoko belum mendapatkan kesempatan yang banyak di AC Milan. (AFP/Marco Bertorello)

"Baka telah menunjukkan itu melawan Genoa. Kami punya banyak pemain bagus," lanjutnya.

Ketimbang menggubris cederanya Biglia, bek berumur 28 tahun tersebut lebih memilih untuk fokus ke laga-laga selanjutnya. Sebab dalam beberapa pertandingan terakhir, ia merasa Rossoneri gagal mendapatkan hasil yang diinginkan.

"Tim harus tetap fokus untuk pertandingan yang akan datang, itulah yang terpenting. Kami bermain baik, kami tidak mendapatkan hasil yang pantas," lanjutnya.

Fokus ke Laga Selanjutnya

"Genoa telah memberi kami dorongan tambahan untuk laga selanjutnya," tandasnya.

Partai AC Milan selanjutnya akan berlangsung pada hari Senin (5/11) mendatang, dengan Udinese sebagai lawannya. Partai itu sendiri akan berlangsung di markas kebanggaan Zebrette, Stadio Friuli.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FGD Pengembangan Klasterisasi Destinasi Ekowisata Jawa Timur - Bali Berlangsung Sukses

Posted: 02 Nov 2018 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Banyuwangi Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Klasterisasi Destinasi Ekowisata Jawa Timur - Bali mengundang seluruh stakeholder untuk berdiskusi bersama di Ballroom Hotel Santika, Banyuwangi, Jumat (2/11/2018). Semua fokus merumuskan formula untuk mengembangkan area ekowisata Jawa Timur - Bali.

Dalam kegiatan tersebut Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengutus dua Asisten Deputi (Asdep), yaitu Asdep Pengembangan Wisata Alam dan Buatan Alexander Reyaan serta Asdep Pengembangan Infrastruktur dan Ekosistem Pariwisata Indra Ni Tua. Sementara itu, pihak Kabupaten Banyuwangi diwakili oleh sang Bupati Azwar Anas dan Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda.

Kementerian KLHK diwakili Kepala Balai Besar KSDA Jatim Nandang Prihadi. Di deretan lain, ada Asisten II Bupati Jembrana I Gusti Putu Mertadana, Ketua East Java Ecotourism Forum Agus Wiyono, serta Ketua Tim PP Geopark Kemenpar Yunus Kusumahbrata. 

"Kalau mau mengembangkan klasterisasi destinasi ekowisata Jawa Timur – Bali, kuncinya ya harus sinergi. Semua berkolaborasi, bukan berkompetisi," tutur Asdep Pengembangan Wisata Alam dan Buatan Alexander Reyaan, Jumat (2/11/2018).

Sinergi tersebut diyakini dapat memberikan dampak kuat. Menteri Pariwisata, Arief Yahya, kerap mengatakan sinergi akan menghasilkan 1 + 1 = 3, bukan 2. Artinya, "the whole is bigger than the parts"  atau hasil gabungan lebih besar daripada bagian-bagiannya. Dengan bersinergi, maka kekuatan akan bertambah berkali-kali lipat.

Jawa Timur punya empat Taman Nasional yang sudah populer. Ada Taman Nasional Baluran dengan savana yang sangat mirip dengan kondisi alam benua Afrika. Ada Taman Nasional Meru Betiri yang terkenal akan konservasi beragam spesies penyu.

Lebih lanjut, ada Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru (BTS) yang kerap dijadikan setting film dan program dokumenter dari berbagai media. Ada juga Taman Nasional Alas Purwo yang punya Padang Savana hingga Pantai Plengkung atau G-Land.

Sementara itu, Bali memiliki Taman Nasional Bali Barat. Selain ekosistem hutan mangrove, evergreen, savana, coral reef, padang lamun, serta pantai berpasir, Bali Barat juga punya P'lataran L'harmonie. Brand-nya sudah masuk top 100 Top Destinasi Hijau dunia.

"Ini kekuatan besar. Kalau digabungkan, akan menghasilkan impresi yang sangat tinggi dan powerful," ucap Alexander.

Kepala Balai Besar KSDA Jatim, Nandang Prihadi, juga siap memberikan dukungan.

"Seluruh hutan di Indonesia intinya bisa digunakan untuk keperluan pariwisata, yang penting tidak mengubah bentang alam, tidak mengubah fungsi, dan manfaatkan 10 persen lahan. Kami pasti support, apalagi memberikan dampak ekonomi yang besar untuk masyarakat," kata dia.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi, Azwar Anas, punya frame pemikiran yang lebih unik. Dia mendorong wilayah-wilayah di Bali Barat dan sekitar Banyuwangi untuk berkolaborasi, menciptakan even bersama yang berujung pada frame single destination.

"Kekuatan antarwilayah itu bisa menjadi competitives advantage. Kita bisa bikin Festival Selat Bali. Libatkan Pokdarwis dua kabupaten. Bikin fashion show di atas kapal. Bikin paket snorkling di Bali Barat, ending-nya liat Blue Fire di Banyuwangi. Bisa juga sebaliknya. Ini sudah kami anggarkan. Tinggal menunggu respons Bupati Jembrana," ujar Azwar.

Soal akses, ia mengaku tak khawatir. Bandaranya sangat representatif, punya akses masuk yang sangat bagus. Bagkan, saat ini Banyuwangi sudah disambangi 1.600 orang per hari.

"Bali Barat kan jauh dari Denpasar. Sekitar lima jam jalan darat. Tapi tetangga di seberangnya punya akses udara. Punya Bandara Banyuwangi. Bali Barat tinggal melengkapi akses laut via kapal cepat supaya wisatawan yang masuk Banyuwangi, bisa nginep di Bali Barat. Jadi sama-sama diuntungkan," kata Azwar.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, sependapat dengan Azwar. Menurutnya, pariwisata itu tidak mengenal batas-batas teritorial. Pariwisata itu hubungan antar manusia.

"Itu sudah betul. Saya selalu bilang, ketika CEO-nya committed, everything goes easier, faster and better. Jangan lupa, 50 persen sukses pariwisata daerah itu berasal dari CEO Commitment. Keseriusan, keberpihakan, dan kejelasan pimpinan daerahnya dalam mengurus pariwisata. Dengan komitmen dan dukungan CEO serta seluruh stakeholder, tidak mustahil target 20 juta wisman pada 2019 akan tercapai!," ucap Arief.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari ke- 6 Pencarian Lion Air, 159 Penyelam Diterjunkan di Tanjung Karawang

Posted: 02 Nov 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim gabungan hingga kini masih terus mencari para korban dan juga kepingan-kepingan Pesawat Lion Air JT 610, yang jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat. Memasuki hari ke enam proses evakuasi, sebanyak 159 orang penyelam diterjunkan. Hal ini berdasarkan data yang terpasang di Posko Evakuasi, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (3/11/2018).

Adapun 159 terdiri dari Basarnas Spesial Group (BSG) 41 orang, Kansar Semarang 5 orang, POSSI Semarang 6 orang, Indonesia Diver 5 orang, Kopaska 38 personil, Denjaka 28 personil dan dari pasukan Taifib sebanyak 17 personil.

Lalu, juga ada penyelam dari KPLP 7 orang, Brimob Unit Delta sebanyak 4 orang dan PB Possi sebanyak 8 orang. Selanjutnya dalam operasi hari ini juga melibatkan sebanyak 869 personil gabungan.

Sebelumnya, Tim SAR terus mencari korban jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang, pada Senin 29 Oktober lalu.

73 Kantong Jenazah

Hingga Jumat 2 November 2018 malam, total sudah ada 73 kantong jenazah yang diamankan oleh Tim SAR dari lokasi jatuhnya Lion Air di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Dari total bagian tubuh jenazah yang diperoleh, baru empat orang yang sudah teridentifikasi.

Corporate Communications Lion Air, Ramaditya Handoko mengatakan, Jumat Pukul 21.45 WIB, Tim SAR menemukan 8 kantong jenazah.

"Sehingga jumlah menjadi 73 kantong, dengan rincian per 01 November sembilan kantong, 31 Oktober delapan kantong, 30 Oktober 24 kantong, 29 Oktober 24 kantong," kata Ramaditya, Sabtu (3/11/2018).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Posted: 02 Nov 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia terus melakukan persiapan intensif bulan ini. Pasalnya mereka akan terjun di Piala AFF 2018.

Dalam Piala AFF kali ini timnas Indonesia tergabung di Grup B. Evan Dimas dan kawan-kawan akan menantang Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste.

Berbeda dengan format turnamen sebelumnya, kali ini akan ada laga kandang dan tandang dengan sistem round robin. Timnas baru bermain pada 9 November 2018.

Lawan pertama yang dihadapi adalah Singapura. Namun laga akan digelar di markas Singapura.

Setelah itu, timnas Indonesia baru menjalani laga kandang, yakni pada 13 November 2018. Anak asuh Bima Sakti akan menjamu Timor Leste.

 

 

Laga Lain

Para pemain Timnas Indonesia usai mengalahkan Mauritius pada laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Selasa (11/9/2018). Indonesia menang 1-0 atas Mauritius. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Sementara untuk laga ketiga, timnas akan kembali menjadi tamu. Kali ini mereka harus bertemu tim kuat, Thailand di Bangkok pada 17 November 2018.

Sedangkan pada laga terakhir timnas akan kembali menjadi tuan rumah. Mereka akan menjamu Filipina pada 25 November 2018.

Berikut jadwal timnas Indonesia di Piala AFF 2018:

Jadwal

Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, berdoa sebelum melawan Mauritius pada laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Selasa (11/9/2018). Indonesia menang 1-0 atas Mauritius. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

9 November 2018: Singapura Vs Indonesia

13 November 2018: Indonesia Vs Timor Leste

17 November 2018: Thailand Vs Indonesia

25 November 2018: Indonesia Vs Filipina

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menghilangkan Komedo Hitam yang Membandel, Tanpa Pore Pack

Posted: 02 Nov 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wajah berkaitan erat dengan berbagai masalah, seperti jerawat, minyak berlebih, kulit wajah bersisik, bekas jerawat, wajah kusam, dan lainnya. Salah satu masalah wajah yang seringkali dialami oleh banyak orang adalah komedo. Ya, komedo terkadang membuat orang menjadi geregetan. Meski kelihatan sepele, komedo bisa membuat orang menjadi kehilangan percaya diri. Apalagi jika komedonya tampak berupa titik-titik hitam di wajah terutama bagian hidung, bikin rasa percaya diri seakan hilang.

Komedo sendiri merupakan sebuah benjolan (papula) kecil yang ada pada permukaan kulit. Perlu kamu tahu bahwa komedo juga termasuk dalam jenis jerawat namun yang ringan. Tidak hanya di wajah, komedo juga bisa terjadi di leher, dada, bahu, punggung, dan lengan. Komedo sendiri terjadi karena sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel rambut. Komedo nampak hitam karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara.

Faktor munculnya komedo:

1. Berkembangnya bakteri propioni bacterium acnes pada permukaan kulit secara tidak terkendali.

2. Sel kulit mati yang tertimbun di permukaan kulit.

3. Perubahan hormon sehingga produksi minyak bertambah.

4. Kulit yang terlalu kering.

5. Menggunakan produk kecantikan dengan bahan kimia yang berbahaya.

6. Selain faktor munculnya komedo, komedo juga terbagi menjadi 2 macam, yaitu komedo hitam dan komedo putih.

Komedo hitam dan putih

Selain faktor munculnya komedo, komedo juga terbagi menjadi 2 macam, yaitu komedo hitam dan komedo putih.

Komedo hitam:

Komedo ini bersifat terbuka yang ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang ditutup oleh sekumpulan kotoran kulit dan sebum. Komedo hitam ini biasanya terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam

Komedo putih:

Dibandingkan dengan komedo hitam, komedo putih tidak nampak, namun dapat ditemukan dengan menekan pori-pori wajah.

Biasanya, komedo hitamlah yang paling mengganggu penampilan karena sangat terlihat. Beberapa orang pun berusaha menghilangkan komedo. Cara menghilangkan komedo hitam juga telah menjamur seperti yang kita ketahui. Ada yang dengan menggunakan alat dengan cara memencet komedo hingga keluar, ada pula yang menggunakan vacuum cleaner khusus komedo, ada yang menggaruk-garuk sendiri menggunakan kuku jari tangan, ada yang menggunakan plester khusus komedo yang disebut pore pack.

Cara menghilangkan komedo hitam memang beragam. Ada yang harus mengeluarkan banyak uang, ada juga yang murah. Namun semahal apapun perawatan yang dilakukan agar komedo hilang, nantinya komedo akan kembali juga. Daripada harus terus mengeluarkan banyak uang dan belum tahu bagaimana hasilnya nanti, coba deh cara menghilangkan komedo hitam secara alami.

Berikut cara menghilangkan komedo hitam yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (03/11/2018).

Jeruk nipis dan kulit jeruk

jeruk nipis (sumber: pixabay)

1. Jeruk nipis.

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai cara menghilangkan komedo hitam secara alami.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan jeruk nipis:

Peras buah jeruk nipis

Oleskan air perasan pada area

wajah yang berkomedo

Diamkan selama 15 menit

Bilas wajah dengan air bersih

 

2. Kulit jeruk

Dibandingkan dengan buahnya, kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C. Jadi bagi kamu yang suka sekali makan jeruk, jangan terburu dibuang kulitnya. Kulit jeruk dapat dipakai sebagai masker wajah yang berguna sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan kulit jeruk:

Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering

Tumbuk kulit jeruk hingga halus

Campurkan dengan air hingga berbentuk pasta

Oleskan pada area berkomedo yang sebelumnya telah dibersihkan

Diamkan selama 30 menit

Bilas dengan air hangat

Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan membersihkan pori-pori.

Pepaya dan lemon

pepaya (sumber: pixabay)

3. Pepaya.

Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulitmu. Dengan pepaya, kulit mati menjadi hilang, membersihkan kotoran pada wajah juga, serta dapat membersihkan komedo. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan pepaya:

Potong pepaya kecil-kecil

Haluskan pepaya sampai lembut

Gunakan sebagai masker, dan biarkan selama 30 menit

Penggunaan buah ini akan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

 

4. Lemon.

Lemon kaya akan vitamin C. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Lemon dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo hitam.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan lemon:

Peras buah lemon

Oleskan air perasan lemon pada area wajah yang berkomedo

Diamkan selama 15 menit

Tomat dan lidah buaya

(sumber: unsplash)

5. Tomat

Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk sehingga komedo tidak muncul. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan tomat:

Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur

Oleskan pada wajah

Diamkan selama 30 menit

Bilas dengan air bersih

 

6. Lidah buaya

Dengan menggunakan lidah buaya, kamu mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Menyegarkan wajah, mencerahkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori wajah, serta membersihkan komedo.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan lidah buaya:

Petik daun lidah buaya secukupnya

Ambil gel yang ada di tengahnya

Oleskan secara merata pada kulit area berkomedo

Diamkan selama 15 menit

Bilas dengan air bersih

Putih telur dan madu

(sumber: unsplash)

7. Putih telur

Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah serta sebagai cara mengecilkan pori-pori sehingga kotoran dari luar tidak menumpuk pada kulit dan tidak menimbulkan komedo karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan putih telur:

Putih telur digunakan sebagai masker wajah agar wajah terlihat cerah dan berseri

Untuk menghindari bau amis, kamu bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

 

8. Madu

Pelembap alami wajah selanjutnya adalah madu yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan madu:

Siapkan 1 sdm madu

Oleskan pada wajah

Diamkan selama 30 menit

Bilas dengan air bersih

Baking soda dan air hangat

(sumber: pixabay)

9. Baking soda

Baking soda berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati yang menumpuk pada wajah, mengatur produksi minyak di kulit, dan membantu menjaga kadar pH kulit.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan baking soda:

Buat pasta dengan menggunakan baking soda

Lalu oleskan pada wajah secara merata.

 

10. Air hangat

Air hangat akan membuka pori-pori kulit pada wajah, sehingga kotoran yang menumpuk pada kulit akan keluar dengan sendirinya.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan air hangat:

Masak air dan masukkan dalam wadah

Kemudian hadapkan wajah pada wadah

Biarkan uap air panas membuka pori-pori

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toyota Indonesia Terus Kawal Pemulihan Palu

Posted: 02 Nov 2018 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasca bencana gempa dan tsunami pada 28 September lalu Palu, Sulawesi Tengah, Toyota Indonesia langsung bergerak mengulurkan bantuan. Meski telah sebulan lebih berlalu, Toyota Indonesia masih terus mengawal pemulihan masyarakat Kota Palu dan sekitarnya yang terkena dampak.

"Sebagai wujud empati, sejak awal kami sudah menyalurkan bantuan tanggap darurat berupa kebutuhan dasar seperti makanan, minuman dan layanan kesehatan untuk segera mengurangi beban yang pasti dirasakan berat oleh masyarakat yang terkena dampak bencana ini. Tahap berikutnya, kami segera menyiapkan bantuan untuk pemulihan," terang Vice President Director PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto dalam keterangan resminya.

Untuk diketahui, TAM yang sebelumnya bekerjasama dengan dealer di Kota Palu telah membangun tenda besar di halaman dua dealer Toyota guna menampung pengungsi dan sekaligus menyalurkan kebutuhan makanan, air bersih dan tenaga dokter dan perawat untuk mereka.

TAM telah melakukan tiga kali pengiriman bantuan tanggap darurat berupa makanan, seperti mie instant, susu, air bersih, kebutuhan untuk tidur seperti tenda dan juga selimut yang kesemuanya bahkan sudah tersalurkan pada 10 Oktober lalu.

Bantuan dipusatkan di area pengungsian yang dibangun di halaman dealer Toyota. Begitu juga puluhan tenaga medis yang ditempatkan dan disiagakan di areal ini.

Selain itu, TAM juga memberikan bantuan perbaikan kendaraan untuk menjaga kelancaran mobilitas pengiriman bantuan keberbagai lokasi pengungsian maupun masyarakat pada umumnya. Bekerjasama dengan dealer, TAM mengerahkan tenaga-tenaga terampil untuk membantu masyarakat yang membutuhkan layanan perbaikan.

Selain bantuan dari TAM, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) serta sejumlah perusahaan yang masuk dalam rantai pasok Toyota di dalam negeri turut menggelontorkan dana bantuan.

Secara keseluruhan, dana yang sudah berhasil digalang oleh Group Toyota Indonesia mencapai Rp 6,5 miliar. Selain disalurkan langsung seperti yang dilakukan TAM, dana bantuan tersebut juga disalurkan melalui lembaga-lembaga seperti PMI.

Toyota Motor Corporation (TMC) pun melalui organisasi palang merah Jepang turut mendonasikan 10 Juta Yen atau sekitar Rp 1,3 miliar untuk korban gempa yang terjadi di Sulteng.

 

Selanjutnya

Sementara itu, sejumlah dealer Toyota di Palu mulai beroperasi. Meski masih terbatas, diharapkan dapat membantu proses pemulihan.

"Sebagai pelaku industri otomotif, kami berkewajiban untuk memastikan kendaraan-kendaraan khususnya milik pengguna Toyota agar dapat digunakan secara optimal membantu proses evakuasi," ujar Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto.

Sejalan dengan semakin pulihnya kegiatan masyarakat di kawasan yang terkena bencana, lanjut Soerjopranoto, ke depan bantuan TAM bersama dealer akan masuk ke tahap membantu program recovery atau pemulihan.

Saat ini detail untuk kegiatan tersebut masih didiskusikan dengan dealer setempat untuk menentukan aktivitas yang tepat guna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjuangan Pemuda Tunanetra di Pasuruan, Raih Impian Jadi Penyiar Radio

Posted: 02 Nov 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Pasuruan - Meskipun penyandang tunanetra, pemuda keren ini tetep semangat untuk berkarya setiap harinya. Dia lah Deny Kurniawan, warga Desa Sumberagung, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Dia merupakan penyiar di dua stasiun radio swasta berbeda di Kota Pasuruan.

Saat masa kecil di kampung halaman dulu, perlakuan perisakan kerap kali dialami penyandang tunanetra ini. Sepertinya saat itu, keceriaan bersama kawan adalah hal yang mustahil baginya. Pernah sepekan ia enggan berangkat ngaji, lantaran perlakuan yang diterimanya.

"Waktu ngaji dulu, ada tiga teman yang suka mengganggu. Sandal diinjak dari belakang, sarung saya dilepas. Satunya, melempari batu kerikil. Saya hanya bisa nangis dan mereka pun senang," kisah Deny saat kecilnya, Kamis (1/11/2018).

'Tidak Sempurna Boleh, Minder Jangan'. Itulah pedoman pemuda 23 tahun ini. Sejak memasuki Sekolah Luar Biasa (SLB), prestasi pun sudah diraihnya, yakni pemenang lomba Pildacil se-Jawa Timur, tahun 2007 silam.

Dari situlah, hasrat Deny kecil menjadi penyiar radio muncul. Meskipun penyandang difabel, bukan alasan baginya untuk putus asa. Gayung bersambut, impian pun terwujud.

"Awal karir saya dimulai saat tahun 2007 itu. Saya diminta jadi penyiar radio di Sekar FM Grati," ungkapnya.

Kepercayaan diri dan karakternya pun semakin kuat, kala Deny masuk SLTA, dan aktif berorganisasi bersama Forum Anak Kota Pasuruan. Sehingga, bersosialisasi dengan banyak orang pun bukan lagi kendala bagi penyandang tunanetra ini.

"Di sana saya diajarkan menyampaikan aspirasi kita sebagai anak. Bisa dalam hal kekerasan atau diskriminasi sesama anak, maupun pendidikan sebaya," kisahnya saat di bangku SLTA.

Mahasiswa Berprestasi

Perjuangan pemuda penyandang tunanetra di Pasuruan, raih impian menjadi penyiar radio. (Liputan.com/ Dian Kurniawan)

Benar saja. Proses tidak akan mengkhianati hasil. Ia menjadi juara dalam perlombaan mengarang dan bercerita. Menyingkirkan sekian kontestan penyandang tunanetra se-provinsi, lewat karya tulis bertajuk 'Peran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Perkembangan IPTEK'.

Bukannya tanpa kendala. Mahasiswa semester 3 Prodi Hukum Universitas Merdeka Pasuruan ini, sempat tak bisa mengambil jurusan favoritnya saat mendaftar ke perguruan tinggi.

"Sebenarnya saya tertarik masuk Prodi Pendidikan Kewarganegaraan. Namun, di situ tidak ada fasilitas bagi tunanetra," ucapnya dengan senyum.

Baginya, pendidikan adalah kunci. Ia tak pernah menyerah jika ada hambatan dalam studinya. Dengan aplikasi kusus di laptop dan smartphone, materi dari dosen pun terus dia pelajari.

Deny sangat bersyukur. Kecanggihan teknologi saat ini semakin memudahkan penyandang tunanetra seperti dirinya.

"Saya sendiri ingin membuktikan bahwa saya pun bisa mandiri," ujarnya dengan yakin.

Harapan terbesar Denny saat ini, tak lain ialah membahagiakan kedua orangtuanya. Menurut dia, kebahagiaan itu tak hanya dapat diciptakan dari materi, melainkan dari apa yang dilakukan, meski hal-hal kecil.

"Setelah masuk kampus, saya memang minta belikan laptop untuk menunjang perkuliahan. Namun biaya kuliah, Insya Allah saya akan tanggung sendiri," beber anak pertama dari dua bersaudara itu.

Saat ini, selain aktif sebagai penyiar radio Senkom dan radio Rivana Kota Pasuruan. Denny menjabat sebagai Wakil Ketua Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Kabupaten Pasuruan, serta tergabung juga sebagai kader aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

"Kesibukannya di organisasi tak membuat saya lalai. Malahan, sebagai penunjang dalam soal pendidikan saya. Terutama di background ilmu hukum," pungkas pemuda pengagum ajaran Bung Karno ini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Super Kocak, Ini Bukti Kreatifnya Orang Indonesia Bikin Nama Warung

Posted: 02 Nov 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti punya daya kreativitas yang mampu untuk dikembangkan saat situasi apapun. Meski hasil kreatifitas bikin ketawa, tentu tidak boleh disepelekan. 

Hasil kreatifnya orang Indonesia bisa dibuktikan dengan adanya nama-nama warung nyeleneh. Tentu nama warung yang tak biasa mampu menarik perhatian banyak pasang mata, kan?

Artikel tentang nama warung nyeleneh yang dibuat orang Indonesia yang menjadi paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni zodiak yang suka kesendirian. Sedangkan artikel ketiga terpopuler tentang aksi warga Sidoarjo tuntun sepeda motor saat melewati rumah korban Lion Air JT 610.

 

Berikut Top 3 Citizen6: 

1. Nyeleneh Abis, Nama Warung Ini Buktikan Kalau Orang Indonesia Super Kreatif

nama warung unik (foto: @duniaunik.id)

Sebagian besar dari kita tentu seringkali menemukan warung makan di berbagai tempat. Ketatnya persaingan membuat pemilik usaha harus pintar-pintar menarik perhatian calon pelanggan. Seringkali pemilik warung makan bersaing dengan cita rasa yang nikmat dan harga yang murah.

Selengkapnya...

2. 5 Zodiak Ini Suka Kesendirian, Kamu Termasuk?

Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Keterasingan, kesendirian, ada kalanya membuat seseorang lebih nyaman ketimbang saat berada di tengah sekelompok orang. Beberapa zodiak sepertinya memang menyukai kesendirian.

Zodiak apa saja? Melansir dari Yourtango.com, ini dia.

Selengkapnya...

3. Viral, Aksi Warga Sidoarjo Tuntun Sepeda Motor Lewat Rumah Korban Lion Air JT 610

Jenazah korban, Jannatun Cintya Dewi (24) tiba di rumah duka tepat  pada pukul 07.30 WIB (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Hingga kini tragedi kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 masih menyimpan duka mendalam bagi para keluarga korban. Salah satunya kepada keluarga korban bernama Jannatun Cintya Dewi.

Jannatun menjadi korban pertama yang berhasil teridentifikasi melalui sidik jari dan pencocokan data antemortem berupa kartu keluarga. Jenazah Jannatun yang merupakan pegawai Kementerian ESDM telah dipulangkan ke rumah duka di desa Suruh, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2019, Kementerian PUPR Alokasikan Rp 850 Miliar untuk Hibah Air Minum

Posted: 02 Nov 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) bersama Pemerintah Daerah terus meningkatkan akses air bersih dan sanitasi kepada masyarakat. 

Ini untuk meningkatkan kualitas hidup manusia yang menjadi bagian Nawa Cita. Dalam APBN tahun 2019, Kementerian PUPR kembali melanjutkan Program Hibah Air Minum Perkotaan dan Perdesaan dengan anggaran sebesar Rp 850 miliar. 

Anggaran terbagi untuk di perkotaan senilai Rp 700 miliar dengan target 230.000 Sambungan Rumah (SR) dan perdesaan senilai Rp 150 miliar dengan target 75.000 SR. 

"Pertambahan jumlah penduduk terutama di perkotaan, mengakibatkan kebutuhan prasarana air bersih dan sanitasi juga meningkat. Program Hibah Air Minum Perkotaan dan Pedesaan merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan akses aman air bersih di Indonesia yang saat ini baru mencapai 72 persen," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/11/2018).

Program hibah air minum yang telah dilaksanakan sejak tahun 2010-2018 telah menambah akses air bersih sebanyak 1,2 juta SR dengan jumlah penerima manfaat 6,1 juta jiwa tersebar di 232 Kota/Kabupaten di 32 Provinsi. 

Pendanaan program ini sejak tahun 2010-2016 berasal dari pinjaman Pemerintah Australia sebesar Rp 1,07 triliun. Kemudian  dilanjutkan tahun 2015-2018 dengan pendanaan berasal dari APBN Murni senilai Rp 2,34 triliun.

"Kita tidak hanya melihat target sebagai angka saja. Ketersediaan air bersih dan sanitasi sebagai kebutuhan dasar adalah tanggung jawab kita bersama agar generasi muda kita mendapat kebutuhan dasar tersebut," tambah Dirjen Cipta Karya Danis H. Sumadilaga pada acara Lokakarya Peminatan Program Hibah Air Minum Perkotaan Tahun 2019 yang dihadiri sejumlah Wali Kota dan Bupati baru-baru ini. 

Program hibah air minum diberikan melalui mekanisme di mana Pemerintah Daerah membiayai terlebih dahulu investasi jaringan perpipaan hingga ke sambungan rumah (SR) MBR. Setelah dilakukan verifikasi, maka Pemerintah Pusat akan mengganti biaya yang dikeluarkan Pemda. 

Besaran nilai hibah yang akan diterima Pemda adalah sekitar Rp 2 juta per SR untuk pemasangan 1-1.000 SR pertama dan akan meningkat Rp 3 juta untuk sambungan ke 1.001 dan seterusnya. Melalui hibah tersebut, masyarakat akan menikmati keuntungan membayar biaya sambungan baru yang lebih murah dari biaya pemasangan SR regular bahkan bebas biaya. 

 

Kriteria Penerima Program Hibah Air Minum

Kamu cukup minum air putih sebanyak satu gelas sebelum dan sesudah makan (sumber: pexels)

Mengenai kriteria penerima program hibah air minum perkotaan di antaranya:

(1) Memiliki Perda Penyertaan Modal Pemerintah (PMP)

(2) Kesiapan anggaran APBD tahun berjalan untuk alokasi Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) pada DPA tahun di mana program berjalan

(3) PDAM masih memiliki Idle Capacity

(4) Mempunyai daftar calon penerima hibah sesuai dengan kriteria MBR yang telah ditentukan

(5) Telah memiliki Unit Produksi dan Jaringan Distribusi untuk melayani Sambungan Rumah bagi MBR yang diusulkan.

(6) Kesiapan dalam menyelesaikan pemasangan SR. (Yas)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump dan Xi Jinping Berniat Setop Perang Dagang AS-China, tapi...

Posted: 02 Nov 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping telah menyatakan optimisme tentang menyelesaikan perang dagang AS-China menjelang pertemuan tingkat tinggi G20 pada akhir November di Argentina.

Trump mengatakan di Twitter bahwa diskusi perdagangan dengan China "berjalan dengan baik," dan bahwa ia berencana untuk bertemu dengan Xi di sela-sela KTT para pemimpin G20, setelah keduanya melakukan diskusi telepon yang "sangat bagus", demikian seperti dikutip dari media Australia 9news.com.au, Sabtu (3/11/2018).

Bloomberg kemudian melaporkan, dengan mengutip orang-orang yang akrab dengan masalah itu, bahwa Trump ingin mencapai kesepakatan perdagangan dengan China pada pertemuan G20, dan, setelah sambungan telepon dengan Xi dia telah meminta para pejabat untuk mulai menyusun poin-poin kesepakatan yang potensial.

Laporan itu juga mengutip satu orang yang mengatakan bahwa isu pencurian kekayaan intelektual --yang dituduhkan AS kepada China dan menjadi salah satu penyulut perang dagang-- akan mencuat pada rancangan kesepakatan nanti.

Di sisi lain, dalam komentarnya kepada media pemerintah, Presiden Xi mengatakan ia berharap China dan Amerika Serikat akan mampu mempromosikan hubungan yang stabil dan sehat, dan bahwa ia bersedia bertemu dengan Trump di Argentina.

"Tim perdagangan kedua negara harus memperkuat kontak dan melakukan konsultasi tentang masalah yang menjadi perhatian kedua belah pihak, dan mempromosikan rencana yang dapat diterima untuk mencapai konsensus mengenai masalah perdagangan China-AS," kata Xi di televisi pemerintah China CCTV.

Xi juga mengatakan bahwa setelah sambungan telepon dengan Trump, kedua pemimpin berharap untuk memperluas kerja sama perdagangan.

Namun, baik Trump dan Xi tak mengumumkan secara detail bentuk kerja sama apa yang akan mereka lakukan.

Pada perang dagang AS-China, kedua negara telah balas-membalas memberlakukan tarif ratusan miliar dolar pada masing-masing transaksi ekspor-impor mereka. Semakin agresif, Trump juga mengancam akan menjatuhkan tarif lebih dari US$ 500 miliar untuk ekspor China ke AS jika perselisihan tidak dapat diselesaikan.

 

Simak video pilihan berikut:

Ada Syaratnya

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo (AP PHOTO)

Para pejabat pemerintahan Presiden Trump mengatakan, pembicaraan negosiasi perdagangan dengan China tidak dapat dilanjutkan hingga Beijing muncul dengan tindakan spesifik dengan bersedia memenuhi permintaan AS untuk melakukan perubahan besar pada kebijakan transfer teknologi, subsidi industri dan akses pasar mereka.

Pada hari Rabu 31 Oktober 2018, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan China mungkin merupakan tantangan keamanan jangka panjang terbesar Washington dan Amerika Serikat terlibat dalam "upaya multi-cabang ... untuk meyakinkan China agar berperilaku seperti negara normal dalam perdagangan" dan menghormati hukum internasional.

Namun Trump melantunkan nada yang lebih ramah di Twitter setelah sambungan telepon dengan Presiden China Xi Jinping.

"Baru saja melakukan percakapan yang panjang dan sangat baik dengan Presiden Xi Jinping dari China. Kami berbicara tentang banyak subjek, dengan penekanan besar pada perdagangan," kata Trump.

"Diskusi itu berjalan dan akan dilanjutkan pada pertemuan sela di G-20 di Argentina. Juga memiliki diskusi yang bagus tentang Korea Utara!"

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beberapa Artis Korea Masuk Daftar 100 Pria Paling Tampan 2018

Posted: 02 Nov 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda penggemar bintang-bintang atau artis Korea, tentu punya idola. Baru-baru ini100 Most Handsome Men 2018 mengumumkan siapa saja publik figur di dunia yang berhasil masuk ke dalam 100 pria tertampan di dunia 2018. Dari 100 daftar pria tertampan, beberapa di antaranya ada yang berasal dari Korea.

Para publik figur tampan di Korea yang terpilih itu bersaing dengan pria tampan lainnya di dunia, termasuk dari Indonesia. Pengumuman tersebut dilakukan melalui akun Instagram resmi @mosthandsomemen2018.

V BTS rupanya kembali menempati posisi pertama sebagai pria tertampan di dunia dari Korea. Bersaing dengan Zayn Malik, pria bernama asli Kim Taehyung ini unggul dibandingkan mantan personel One Direction itu.

 

Prestasi

Zayn Malik menghapus semua foto yang ada di Instagramnya dan hanya meninggalkan sebuah video. (KEVIN WINTER / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Prestasi ini tentu saja menjadi tambahan bagi V yang sebelumnya telah mendapat gelar serupa dari Famous STAR 101 dan Star Momenteryang menempatkannya di posisi pertama sebagai Most Charismatic Men of Asia 2018.

Selain V, ada Sehun EXO yang berada di posisi 12 sebagai pria tertampan 100 Most Handsome Men 2018. Disusul kemudian oleh Cha Eunwoo yang berada di posisi 15, Jin BTS di posisi 17, Jungkook BTS di posisi 22, dan aktor Nam Joo Hyuk di posisi 25.

 

 

Berikutnya

Kim Myung Soo

Kemudian, Kim Myung Soo (L) Infinite berada di posisi 32 pria tertampan di dunia, disusul oleh Jackson GOT7 di posisi 37, Siwon Super Junior di posisi 52, Minho SHINee di posisi 64, dan Taeyong NCT di posisi 70. Kemudian aktor Lee Minho menempati posisi 75, Lucas NCT di posisi 85, Mingyu Seventeen di posisi 88, dan Mark GOT7 di posisi 91.

Wah, banyak juga ya artis Korea yang masuk ke dalam daftar pria tertampan di dunia. Salah satunya, adakah idolamu di sana? (Baca berita selengkapnya di www.jawapos.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dorong Pebisnis Naik Kelas, Zahir Bagi-Bagi 1.000 Aplikasi Gratis

Posted: 02 Nov 2018 09:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - PT Zahir Internasional (Zahir) meluncurkan aplikasi mobile pendukung bisnis yang dapat digunakan semua kalangan pengusaha.

Zahir juga telah membagikan aplikasi bisnis gratis tersebut dengan 1.000 akun atau senilai hampir Rp 2,4 miliar di gelaran Indocomtech 2018.

Aplikasi tersebut merupakan layanan Software as a Service (SaaS) dengan kemampuan All in One Business Solution. Inovasi tersebut tentu bakal memudahkan para pebisnis terus tumbuh.

 "Kini Zahir bisa digunakan di mobile device, baik yang berbasis Android maupun iOS sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan. Selain itu, Zahir juga menghadirkan teknologi Application Programming Interface (API) yang memudahkan interkoneksi Zahir dengan aplikasi apapun menjadi mudah." kata Indra Septiady, Business Manager PT Zahir Internasional.

Tak cuma itu, perusahaan juga menghadirkan produk baru sebagai bentuk komitmen untuk terus membantu pengusaha naik ke level berikutnya. Ada tiga produk yang diperkenalkan. "Kami hadirkan Simply, PosX, dan Cash Manager" tambah Indra.

Selain berbagi aplikasi, Zahir juga kembali unjuk gigi layanan Capital Hub yang bisa digunakan oleh seluruh masyarakat untuk membantu permodalan dalam mengembangkan bisnis hingga ratusan miliar. 

"Jadi, jika pelanggan Zahir ada yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya, kami sediakan Zahir Capital Hub sebagai solusi untuk mereka" tutur Muhamad Ismail, CEO PT Zahir Internasional.

Layanan tersebut, akan menghubungkan para pebisnis dengan pemberi modal yang sudah terdaftar dalam Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI).

Aplikasi mobile tersebut telah hadir di platform Android dan iOS. Di antaranya meliputi Zahir Simply, Zahir Pos X, dan Zahir Cash Manager.

Simply, PosX, dan Cash Manager

PT Zahir Internasional (Foto: Zahir)

Dengan teknologi ini, Zahir mudah terhubung dengan aplikasi manapun, mulai dari aplikasi Payroll, Point Of Sale, Human Resource, Cash Advance, CRM dan lainnya.

"Aplikasi apa saja bisa terhubung dengan Zahir, jadi pelanggan akan semakin dimudahkan dengan teknologi ini" tambah Indra.

Kehadiran Zahir Simply, Zahir PosX dan Zahir Cash Manager diharapkan bisa menjadi solusi bisnis terintegrasi untuk semua pelanggan.

Zahir Simply adalah aplikasi yang bisa membantu pengusaha terus naik kelas dari sebelumnya.

Aplikasi ini mampu mengelola stok, penjualan, hingga laporan keuangan dalam satu aplikasi. Zahir Simply ditujukan untuk bisnis kecil atau UKM yang saat ini masih belum peduli dengan kondisi keuangan bisnisnya. 

Adapun Zahir PosX merupakan aplikasi kasir mobile yang bisa digunakan secara online dan offline untuk membantu para pengusaha UKM mengembangkan dan mengelola keuangan bisnisnya.

Zahir PosX bisa digunakan di mobile device Android dan iOS. Sebagai informasi, aplikasi PosX menggunakan Zahir Online sebagai aplikasi dasar yang akan membantu menghasilkan laporan keuangan. 

Begitu juga dengan Zahir Cash Manager, aplikasi berbasis mobile apps ini juga merupakan aplikasi mutakhir yang dibesut oleh Zahir untuk membantu pengusaha mengelola keuangan pribadi sekaligus.

Umumnya, Zahir Cash Manager bisa dipergunakan untuk keuangan pribadi yang punya beberapa rekening, dan bisa juga digunakan untuk pembukuan yayasan atau masjid yang bisa diakses dalam genggaman.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Prabowo Berziarah ke Makam Sunan Ampel

Posted: 02 Nov 2018 09:00 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu Hal yang Tak Boleh Dilupakan Ayah Super Sibuk, Ajak Anak Bermain

Posted: 02 Nov 2018 09:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Konsep tugas ayah hanya mencari nafkah memiliki efek pada hubungan ayah dan anak-anaknya menjadi tidak berkualitas.

Konsep tersebut tentu saja salah besar. Tugas utama ayah adalah mengurus keluarganya, ini termasuk membuat anak istrinya merasa nyaman dan tenang.

Termasuk memenuhi kebutuhan materi dan psikologis anak-anaknya. Untuk pemenuhan materi, para ayah pasti sudah mengerti dan menjalaninya. Bagaimana dengan pemenuhan aspek psikologis anak?

 

Kedekatan Ayah dan si Kecil

Pada anak usia dini masih butuh banyak stimulasi bukan hanya dari ibunya, tapi juga ayah. Caranya lewat bermain. Anak-anak yang tumbuh dan bermain bersama seorang ayah, cenderung kuat secara non-verbal dan memiliki nalar spesial yang baik seperti dalam bidang matematika, ilmu pengetahuan dan teknik.

Hal ini dikarenakan, seorang ayah lebih banyak melakukan kegiatan fisik dan beraktivitas di luar serta bermain dengan permainan bersama anak. Direktur Yayasan Sayangi Tunas Cilik, Tatang Sudrajat mengatakan bahwa peran ayah sangat membantu lebih cepat untuk tumbuh kembang anak.

"Bila ayah membantu dalam hal pendidikan terutama perempuan. Si anak akan menjadi lebih (cerdas)," ujar Tatang, saat ditemui di Alam Sutera, 1 Oktober 2018.

 

Bebas Gadget

Usahakan untuk selalu meluangkan waktu bermain bersama si kecil. Misalnya, bermain ciluk ba jelang ke kantor, berlarian di taman rumah, jadikan tangan sebagai tempat bergelantungnya.

Bagi yang memiliki anak jelang remaja, tentu akan sulit mengajaknya bermain. Untuk itu perlu inisiatif dari ayah membuat quality time.

"Tentukan waktu-waktu tertentu untuk berkumpul bebas gadget. Bicarakan dan buatlah rencana jalan-jalan bersama anak, agar mereka merasa dilibatkan dan didengar suaranya," ujar Tata.

Laporan Mega Rasmiyati/ Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dituduh Terlibat Kasus Pembunuhan, WNI di Malaysia Terbebas Hukuman Mati

Posted: 02 Nov 2018 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mattari, warga asal Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur lolos dari ancaman hukuman mati di Mahkamah Tinggi Shah Alam, Malaysia. Mattari sebelumnya dituntut hukumam mati atas tuduhan pembunuhan terhadap seorang warga Bangladesh, tidak jauh dari lokasi bekerjanya.

"Alhamdulillah, saya bisa bebas. Terima kasih pemerintah yang sudah perjuangkan keadilan buat saya. Terima kasih," ujar Mattari dengan mata berkaca-kaca saat tiba di KBRI Kuala Lumpur, Sabtu (3/11/2018). 

Dalam keterangan tertulis dari Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, Mattari akhirnya divonis bebas oleh hakim setelah pengacara KBRI Kuala Lumpur dari kantor pengacara Gooi & Azzura, memohon agar hakim memutuskan dismissed amount to acquittal, lantaran saksi dan bukti yang diajukan jaksa penuntut umum dipandang sangat lemah.

Dikutip dari Antara, Mattari, yang bekerja sebagai pekerja konstruksi, ditangkap pada 14 Desember 2016 di Kuala Lagat Selangor atas tuduhan membunuh warga Bangladesh. Polisi yang menyidik kasus tersebut menduga bahwa pembunuhan dilakukan karena cemburu kepada istrinya.

Dengan dugaan tersebut, Mattari dituntut dengan Seksyen 302 Kanun Keseksaan dengan ancaman hukuman gantung sampai hukuman mati.

Setelah menjalani sekitar enam kali persidangan selama hampir dua tahun, pada 2 November 2018 hakim akhirnya memutuskan Mattari dibebaskan dari tuntutan hukuman mati dan pada hari yang sama dibebaskan dari penahanan.

131 WNI Terancam Hukuman Mati

Setelah resmi dibebaskan, Mattari langsung dibawa ke KBRI oleh Tim Perlindungan WNI KBRI Kuala Lumpur. Mattari belum memutuskan apakah akan tetap tinggal di Malaysia atau kembali ke Indonesia setelah vonis bebas tersebut.

Pada periode 2011-2018, terdapat 437 WNI terancam hukuman mati di seluruh Malaysia. Dari jumlah tersebut 301 WNI berhasil dibebaskan, 18 orang diantaranya dibebaskan pada tahun 2018.

Saat ini masih terdapat 136 WNI berstatus terancam hukuman mati di seluruh Malaysia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FP3 MotoGP Malaysia: Marquez Kalah Tipis dari Vinales

Posted: 02 Nov 2018 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Sepang - Rider Movistar Yamaha, Maverick Vinales menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas ketiga MotoGP Malaysia yang berlangsung di Sirkuit Internasional Sepang, Sabtu (3/11/2018).

Pada FP3 MotoGP Malaysia ini, catatan waktu terbaik Vinales adalah 1 menit 59,231 detik. Dia unggul tipis, 0,026 detik dari pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez.

Posisi ketiga menjadi milik Jack Miller. Sementara, Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi yang sempat merajai sesi pertama dan kedua terlempar dari lima besar.

Dovizioso berada di peringkat kedelapan dengan catatan waktu lebih lambat 0,466 detik dari Vinales. Sedangkan Rossi berada di urutan kesembilan.

Tentunya, ini membuat persaingan keduanya semakin seru. Pasalnya Dovizioso dan Rossi sedang memperebutkan predikat sebagai runner up MotoGP 2018. Saat ini, Dovizioso berada di peringkat kedua dengan 210 poin, unggul 15 angka dari Rossi.

Hasil FP3 MotoGP Malaysia

Berikut hasil lengkap FP3 MotoGP Malaysia:

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga HP Huawei P8 Lite, Smartphone Murah dengan Spesifikasi Tangguh

Posted: 02 Nov 2018 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Huawei merupakan salah satu produsen smartphone asal China yang cukup sukses belakangan ini. Pasalnya, ia menjadi satu dari tiga perusahaan raksasa yang kini menguasai pangsa pasar smartphone secara global. Hal ini tak lepas kaitannya dari beberapa smartphone besutan Huawei yang cukup diminati oleh konsumen, termasuk di Indonesia.

Huawei sendiri sebenarnya tidak semata-mata vendor smartphone. Perusahaan teknologi yang bermarkas di Shenzhen, Guangdong, China ini, mempunyai berbagai produk seperti jaringan broadband, layanan konsultasi untuk sistem enterprise, dan juga memproduksi berbagai perangkat telekomunikasi seperti modem, prosesor internet, dan sebagainya. Perusahaan ini didirikan oleh Ren Zhengfei, seorang ahli teknologi militer di China pada tahun 1988.

Huawei pertama kali memproduksi smartphone pada Juli 2003. Meski terbilang baru di pasar smartphone, vendor ini sudah meluncurkan banyak seri. Mulai dari yang ditujukan untuk kelas high end hingga kelas menengah ke bawah. Untuk urusan performa berbagai produk smartphone Huawei dikenal memiliki spek yang tinggi. Menariknya, meski Harga HP Huawei terbilang ramah di kantong, spesifikasinya cukup gahar.

Salah satu yang menarik perhatian adalah Huawei P8 Lite. Huawei P8 Lite merupakan versi ekonomis dari Huawei P8. Penambahan Lite sendiri ditujukan buat kelas menengah kebawah. Huawei P8 Lite diperkenalkan Huawei ke publik pada April 2015 lalu. Meski harga Hp Huawei P8 Lite terjangkau, namun spesifikasinya tak main-main. Bahkan bisa diadu dengan smartphone dari kelas menengah lainnya. Sebelum menengok harga Hp Huawei P8 Lite saat ini, yuk intip spesifikasi andalannya seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (03/11/2018). 

Desain

Meski harga HP Huawei P8 Lite ramah di kantong, namun desainnya tak kalah dengan kelas menengah. Huawei P8 Lite memiliki desain elegan dan memiliki warna yang cukup memukau. Huawei P8 Lite hadir dengan dimensi 143 x 70,6 x 7,7 mm yang beratnya mencapai 131 gram. Dengan ukuran tubuh seperti ini tentu membuat Huawei P8 Lite memiliki bentuk yang sangat ramping namun tetap kokoh dan terkesan sangat stylish. P8 Lite kental dengan nuansa plastik. Hanya saja, sisi bodi P8 Lite dipulas dengan warna chrome yang membuatnya sedikit terlihat apik. Selain itu, konsep desainnya yang terlihat lebih universal juga terasa kompak, kokoh dan cukup nyaman digenggaman.

Cover belakang P8 Lite memiliki tekstur garis yang cukup kesat dan tidak mudah licin. Permukaannya pun terbilang flat. Panel kamera belakang dibuat agak sedikit 'dalam' ketimbang keseluruhan back cover. Konturnya datar, jadi cukup aman diletakan di meja tanpa takut lensa kamera baret.

Karena menerapkan konsep unibody, otomatis panel control serta kompartemen khusus lainnya diletakan di sisi bodi. Posisinya dominan di sebelah kanan. Ada tombol volume, power/lockscreen dan dua tray SIM card. Huawei P8 Lite menerapkan konsep slot SIM card Hybrid. Slot pertama berisi baki untuk kartu micro-SIM, dan slot kedua untuk nano-SIM sekaligus kartu microSD.

Pada bagian atas terdapat Port audio jack 3.5mm, bersebelahan dengan lubang noise-canceling microphone. Sementara sisi bawah terdapat port charger/kabel data micro USB, yang diapit speaker.

Layar

Huawei P8 Lite membawa layar cukupan 5,0 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 yang cukup nyaman ketika dioperasikan atau digenggam hanya dengan satu tangan. Selain itu panel layar IPS LCD menyuguhkan tampilan layar yang jernih, tajam dan memiliki sudut pandang yang luas. Makin sempurna, layarnya juga sudah dilapisi dengan pelindung layar Gorilla Glass 3 yang bakal menjamin keamanan layar dari benturan atau goresan. Teknologo layar tersebut tentu sesuai dengan harga HP Huawei P8 Lite yang terjangkau.

Dapur pacu

Untuk urusan performa, ponsel ini menyerahkannya pada chipset besutannya sendiri yakni HiSilicon Kirin. Sesuai dengan harga hp Huawei P8 Lite yang cukup murah, chipset yang dipasang di ponsel ini menggunakan bersi rendah yakni HiSilicon Kirin 620. SoC ini diklaim setara dengan Qualcomm Snapdragon 615 yang memang diposisikan untuk smartphone kelas menengah.

Chipset yang digunakan Huawei P8 Lite membawa prosesor Octa-core 1.2GHz 64-bit Cortex-A53, yang disokong RAM 2GB serta memori internal 16GB. Di sektor grafis, Huawei P8 Lite mengandalkan Mali-450MP4 GPU yang lumayan ciamik.

Selain itu, untuk menyimpan berbagai jenis file juga telah disediakan memori penyimpanan internal berkapasitas 16 GB. Kalau masih kurang besar, kamu bisa memanfaatkan slot SIM 2 untuk microSD hingga berkapasitas 128 GB.

Sementara untuk sistem operasinya, Huawei P8 Lite menggunakan OS Android Lollipop dengan Emotion 3.1 UI dan support jaringan 4G LTE.

Kamera

(sumber: liputan6/Yuslianson)

Sektor kamera mendapatkan perhatian utama dari Huawei, dan hal itu terlihat dari disematkannya kamera jempolan untuk hape ini. Huawei P8 Lite memiliki kamera beresolusi 13 MP dan menggunakan lensa 27mm dengan bukaan f/2.0. Gambar yang dicapture terlihat tajam dengan warna yang cukup natural untuk ukuran smartphone kelas menengah. Performa ini tak lepas dari teknologi algoritma multi-frame noise reduction, yang mampu membuat foto lebih terang baik di kondisi standar maupun low light.Dengan harga HP Huawei P8 Lite yang cukup terjangkau, teknologi kamera ini tentu sudah mumpuni bukan!

Di bagian depannya terdapat kamera beresolusi 5 MP yang bisa kamu manfaatin untuk foto selfie. Kamera tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fitur Aotofocus dan Dual LED Flash

Baterai dan konektivitas

Huawei P8 Lite ini telah dibekali dengan kapasitas baterai yang terbilang awet dengan kapasitas 2200 mAh. Baterai tersebut bersifat Non-Removable. Dengan daya yang terbilang tak terlalu besar, ponsel ini bisa siaga hingga 380 jam pada jaringan 3G. Sementara saat aktif bisa bertahan hingga 11 jam di jaringan 3G.

Makin lengkap, Huawei P8 Lite ini juga dibekali fitur menejemen baterai yang lumayan tangguh yakni Power Saving dan terdiri dari beberapa opsi mode. Ada Ultra Power Saving yang hanya bisa menyediakan fungsi standar telpon jika diaktifkan, namun memiliki daya tahan dua kali lipat. Ada juga Smart Power Saving yang akan otomatis menyesuaikan dengan kondisi CPU dan juga jaringan data.

Sementara sektor koneksi Huawei P8 Lite ini cukup lengkap. Hampir sebagian besar sarana koneksi tersedia di ponsel ini. Mulai dari WiFi, Bluetooth, port kabel data micro USB hingga NFC. Menariknya, koneksi NFC yang dimiliki smartphone ini selain mendukung fungsi transfer data dan file via Huawei Beam, juga kompatibel untuk pembayaran layanan dan jasa lewat fitur Touch & Pay.

Untuk akses data, Huawei P8 Lite juga cukup tangguh. Jaringan dan layanan 4G LTE yang tersedia siap dimanfaatkan. Hanya saja, 4G LTE yang didukung P8 Lite masih sebatas Cat.4 dengan kecepatan akses mencapai 150Mbps (download) dan 50Mbps (upload).

Harga Hp Huawei P8 Lite

Dengan hadirnya Huawei P8 LIte seri terbaru, harga HP Huawei P8 Lite ini mengalami penurunan. Ini tentu menjadi kabar baik untuk kamu yang ingin memboyong smartphone ini. Harga Hp Huawei P8 Lite saat ini berkisar diangka Rp 1,2 jutaan - Rp 2,1 jutaan. Harga Hp Huawei P8 Lite tersebut tentu tergantung pada kondisinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bareskrim Dalami Kemungkinan Ada Aktor Utama Penyebar Hoaks Penculikan Anak

Posted: 02 Nov 2018 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Komisaris Besar Rickynaldo Chairul mengatakan, pihaknya masih mendalami kemungkinan adanya aktor utama dalam kasus penyebaran hoaks penculikan anak.

Hingga saat ini, pihaknya sudah menangkap 4 pelaku, yang diduga menyebarkan hoaks penculikan anak pertama kali ke media sosial. 

"Karena kami baru menangkap tadi malam, kami akan melakukan pendalaman. Mereka yang mengawali dan memposting di Facebook. Namun, kalau ada perkembangan lain akan kita selidiki. Ya akan kita cari juga, kita akan dalami juga," ucap Rickynaldo, Jakarta, Jumat (2/11/2018).

Dia menuturkan, sejauh ini pelaku penyebaran hoaks penculikan anak bergerak sendiri-sendiri. Belum ada kaitannya satu sama lain.

"Mereka kreasi sendiri dan posting sendiri. Belum ada kaitannya satu sama lain. Tapi akan kita selidiki, apakah dengan kesadaran sendiri atau ada yang menyuruh," ungkap Rickynaldo.

 

Mengaku Iseng

Dia menuturkan, hasil penyelidikan sejauh ini, 4 pelaku yang berinisial EW (31), RA (33), JHHS (31),dan DNL (21), mengaku hanya iseng menyebarkan konten tersebut.

"Pada awalnya mereka iseng-iseng saja, dapat postingan, dapat informasi ada penculikan anak. Niatnya itu untuk mengingatkan teman, saudara, dan keluarganya. Tapi mereka tidak memikirkan, hasil postingan itu menyebar luas ke seluruh ruang siber, sehingga netizen jadi resah. Bahkan saya mendapat banyak laporan, telepon, benar enggak ini kejadian," jelas Rickynaldo.

Karena itu, dia mengimbau agar seluruh masyarakat, khususnya warganet bisa lebih bijak menggunakan media sosial.

"Cek sebelum di-share, karena postingan penculikan anak tersebut cukup meresahkan netizen," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris Jelang Duel Arsenal Vs Liverpool

Posted: 02 Nov 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Liga Inggris pekan ke-11 akan kembali bergulir akhir pekan ini. Jelang pertandingan, Manchester City dan Liverpool masih menjadi dua klub yang bersaing ketat memperebutkan posisi puncak klasemen Liga Inggris dengan koleksi 26 poin.

Manchester City sedikit diunggulkan ketimbang Liverpool. Pasalnya, mereka memimpin puncak klasemen Liga Inggris karena unggul produktivitas gol. Tambahan tiga poin dipetik City usai kalahkan Tottenham Hotspur 1-0 akhir pekan lalu.

Manchester City berkesempatan memperlebar jarak dari Liverpool pada akhir pekan ini. Pasalnya, Liverpool akan bertemu Arsenal yang performanya sedang menanjak.

Tim asuhan Unai Emery ini baru mengumpulkan 22 angka. Pada Liga Inggris pekan lalu, laju Arsenal tertahan oleh Crystal Palace dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 2-2.

Di tempat ketiga, Chelsea mengintai dengan koleksi 24 angka. Sama seperti Liverpool dan Manchester City, Chelsea juga belum terkalahkan setelah menang 4-0 atas Burnley.

Posisi tiga ditempati Chelsea dengan koleksi 24 angka. The Blues –julukan Chelsea – berhasil meraih poin penuh setelah menghancurkan tuan rumah Burnley 4-0.

 

 

 

MU Mulai ke Papan Atas

Manchester United (Martin Rickett/PA via AP)

Hasil positif ditunjukkan Manchester United (MU). Kemenangan 2-1 atas Everton menaikkan posisi Paul Pogba dan kawan-kawan ke peringkat ke-8 klasemen sementara.

Pada akhir pekan ini, MU kembali berpeluang merangkak ke papan atas. Ini lantaran MU akan meladeni Bournemouth yang di atas kertas, kualitasnya masih di bawah mereka.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Melempem, Solari Siap Maksimalkan Gareth Bale

Posted: 02 Nov 2018 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Pelatih sementara Real Madrid, Santiago Solari, mengaku ingin melihat Gareth Bale menikmati setiap pertandingannya. Dengan begitu, ia berharap penyerang asal Wales tersebut bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Bale menjadi sorotan utama Los Merengues pada musim ini. Didapuk sebagai pengganti Cristiano Ronaldo yang hengkang ke Juventus, ia justru tampil melempem dan tidak memberikan kontribusi sebesar peraih Ballon d'Or lima kali itu.

Eks penggawa Tottenham Hotspur tersebut terakhir kali terlihat mencetak gol kala Real Madrid jumpa AS Roma di Liga Champions. Bahkan saat bertemu Barcelona akhir pekan lalu, ia tak bisa membantu banyak hingga Madrid tumbang telak 1-5.

Penampilannya itu lantas mengundang kritikan dari berbagai penjuru, termasuk sang mantan pelatih Los Merengues, Jorge Valdano. Ia mengatakan bahwa pemain berumur 29 tahun itu tidak menunjukkan performa setara dengan harga pembeliannya.

Namun hal tersebut tidak menjadi perhatian utama Solari. Ia hanya ingin sang pemain bisa menikmati setiap laga yang dilakoni Real Madrid agar bisa mengeluarkan kualitas sebenarnya.

Perhatian Utama

Pelatih sementara Real Madrid, Santiago Solari menghadiri sesi pelatihan di fasilitas pelatihan Ciudad Real Madrid di Valdebebas, Madrid (30/10). Solari menggantikan Julen Lopetegui yang dipecat usai kalah dari Barcelona 5-1. (AFP Photo/Gabriel Bouys)

"Bale sedang disoroti. Kami berharap dia bisa menampilkan kepada kami kualitasnya yang sangat besar di setiap pertandingannya," ujar Solari dalam konferensi pers jelang laga kontra Valladolid, dikutip dari Evening Standard.

"Dia adalah pemain yang fantastis. Kami ingin membuatnya senang dan kami ingin membuatnya nyaman di setiap harinya," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Solari juga membicarakan salah satu pemain muda Real Madrid, Vinicius Junior. Belakangan ini, ia sering didesak untuk memberikan pemain berumur 18 tahun itu kesempatan bermain lebih banyak.

Solari sendiri cukup menyadari apa yang orang-orang telah katakan. Baginya, penyerang asal Brasil tersebut memang butuh kesempatan menit bermain yang banyak agar bisa menunjukkan perkembangan.

Soal Vinicius Junior

"Dia punya waktu yang sangat banyak. Pengalaman membantu perkembangan pesepak bola; serta bermain, karena anda harus bermain demi mendapatkan pengalaman itu," lanjutnya.

"Dia baru berumur 18 tahun dan anda bisa lihat bahwa ia memiliki banyak talenta," tandasnya.

Pelatih sebelumnya, Julen Lopetegui, mendapatkan banyak sorotan soal Vinicius Junior. Sebab, eks nahkoda timnas Spanyol tersebut hanya memberikan jatah bermain sebanyak 12 menit kepadanya.

Sumber: Bola.net

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Antam Lebih Murah Rp 3.000 per Gram

Posted: 02 Nov 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas PT Aneka Tambang Tbk atau emas Antam merosot Rp 3.000  menjadi Rp 674 ribu per gram pada Sabtu (3/11/2018). Pada perdagangan Jumat, logam mulia Antam dipatok Rp 677 ribu per gram.

Penurunan harga emas Antam itu juga diikuti harga beli kembali emas Antam atau buyback emas Antam. Harga buyback emas Antam turun Rp 3.000 ke posisi Rp 597 ribu per gram. 

Antam juga merilis harga emas antam ukuran 0,5 gram dan 1.000 gram. Harga emas Antam ukuran 0,5 gram di posisi Rp 3620500 per gram dan 1.000 gram di posisi Rp 624.167.000.

Hingga pukul 08.55 WIB, sebagian besar ukuran emas Antam masih tersedia kecuali ukuran1 gram, 2 gram, 3 gram, dan 50 gram. Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Sementara, di gerai penjualan emas Antam lain bisa berbeda.

Sementara untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 6.992.000 atau Rp 699.200 per gram. Adapun, ukuran 20 gram di angka Rp 13.429.000 atau Rp 671.450 per gram.

Harga emas Antam kemasan Idul Fitri dengan ukuran 1 gram ditetapkan Rp 739.000, untuk 2 gram sebesar Rp 1.363.000, dan 5 gram sebesar Rp 3.248.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

 

Daftar Harga Emas Antam

Petugas menunjukkan emas batangan di gerai Butik Emas Antam di Jakarta, Jumat (5/10). Harga emas PT Aneka Tambang Tbk atau Antam naik Rp 1.000 menjadi Rp 666 ribu per gram pada perdagangan hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

* Pecahan 1 gram Rp 674.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.193.000

* Pecahan 10 gram Rp 6.321.000

* Pecahan 25 gram Rp 15.694.000

* Pecahan 50 gram Rp 31.314.000

* Pecahan 100 gram Rp 62.558.000

* Pecahan 250 gram Rp 156.142.000

* Pecahan 500 gram Rp 312.083.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 624.167.000.

  

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Real Madrid Vs Real Valladolid: Tes Pertama Solari

Posted: 02 Nov 2018 08:30 PM PDT

Jakarta Real Madrid bakal melawan Real Valladolid di Santiago Bernabeu pada laga pekan ke-11 La Liga 2018-2019. Laga tersebut akan menjadi laga ujian bagi Santiago Solari yang menggantikan posisi Julen Lopetegui.

Solari memulai kariernya sebagai pelatih Real Madrid dengan hasil positif. Los Blancos menang 0-4 atas Melilla. Namun, Melilla bukanlah lawan yang bisa menjadi tolok ukur.

Ujian bagi Solari baru akan terjadi pada akhir pekan ini ketika Real Madrid menghadapi Real Valladolid. Los Blancos dituntut untuk segara meraih hasil positif agar bisa memperbaiki posisi di klasemen.

Saat ini, Real Madrid berada di peringkat kesembilan dengan 14 poin pada klasemen sementara La Liga. Kondisi tersebut membuat Los Blancos wajib mengamankan kemenangan pada laga nanti.

Santiago Solari masih mengandalkan formasi peninggalan Julen Lopetegui, yaitu 4-3-3. Formasi tersebut menjadi formasi paling pas dengan skuat yang dimiliki Los Blancos pada saat ini.

Casemiro berpeluang menjadi bek tengah menemani Sergio Ramos. Hal tersebut dikarenakan krisis bek yang dialami Real Madrid. Marcelo dan Raphael Varane mengalami cedera yang membuat mereka tak bisa tampil.

Di lini depan, Gareth Bale wajib membalas kepercayaan Solari. Penampilan positif menjadi satu-satunya hal yang diminta Solari.

Hal yang sama wajib menjadi perhatian Karim Benzema dan Isco Alarcon. Real Madrid wajib bangkit sebelum makin terpendam.

Real Valladolid tidak bisa dianggap remeh. Saat ini, klub tersebut belum pernah kalah dalam enam laga terakhir. Selain itu, Real Valladolid juga berada di posisi yang lebih baik dari Real Madrid pada klasemen sementara, yaitu peringkat keenam.

Data dan Fakta

 

Lima pertemuan terakhir

  • 14/03/2010 Real Valladolid 1-4 Real Madrid (La Liga)
  • 09/12/2012 Real Valladolid 2-3 Real Madrid (La Liga)
  • 05/05/2013 Real Madrid 4-3 Real Valladolid (La Liga)
  • 01/12/2013 Real Madrid 4-0 Real Valladolid (La Liga)
  • 08/05/2014 Real Valladolid 1-1 Real Madrid (La Liga)

Lima laga terakhir Real Madrid

  • 06/10/2018 Deportivo Alaves 1-0 Real Madrid (La Liga)
  • 20/10/2018 Real Madrid 1-2 Levante (La Liga)
  • 24/10/2018 Real Madrid 2-1 Viktoria Plzen (Liga Champions)
  • 28/10/2018 Barcelona 5-1 Real Madrid (La Liga)
  • 01/11/2018 Melilla 0-4 Real Madrid (Copa del Rey)

Lima laga terakhir Real Valladolid

  • 30/09/2018 Villareal 0-1 Real Valladolid (La Liga)
  • 07/10/2018 Real Valladolid 1-0 Huesca (La Liga)
  • 22/10/2018 Real Betis 0-1 Real Valladolid (La Liga)
  • 27/10/2018 Real Valladolid 1-1 Espanyol (La Liga)
  • 01/11/2018 Real Mallorca 1-2 Real Valladolid (La Liga)

Persentase kemenangan

Real Madrid 60-40 Real Valladolid

Prediksi Starter

Prakiraan susunan pemain

Real Madrid: Thibaut Courtois; Alvaro Odriozola, Casemiro, Sergio Ramos, Nacho Fernandez; Luka Modric, Toni Kroos, Isco Alarcon; Gareth Bale, Karim Benzema, Marco Asensio

Pelatih: Santiago Solari

Real Valladolid: Jordi Masip; Javi Moyano, Kiko Olivas, Fernando Calero, Nacho; Daniele Verde, Michel, Ruben Alcaraz, Toni Suarez; Enes Unai, Leo Suarez

Pelatih: Sergio Gonzalez

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dengar Kabar Maia Estianty Menikah, Tata Janeeta Berjingkrak Girang

Posted: 02 Nov 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar pernikahan Maia Estianty dengan suaminya, Irwan Mussry, membawa kebahagiaan kepada sahabat-sahabat dekatnya. Salah satunya adalah Tata Janeeta,

Tata Janeeta sendiri mengaku dirinya tidak diberi tahu langsung terkait kabar bahagia dari Maia Estianty. Namun menghormati sikap Maia Estianty yang tetap menjaga privasinya.

Hal itu disampaikannya saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (2/11/2018).

"Seneng sih, gue aja jingkrak-jingkrak di rumah, bunda (Maia Estianty) itu kan enggak terlalu open lah sama privasi dia. Dan kita temen-temen dia menghormati itu, kita udah tau akan ada pernikahan. Kita sebagai sahabat atau temen, congratulation, selamat, buat bunda dan mas Irwan," kata Tata Janeeta.

 

Akhirnya

Maia Estianty nikah

Sejatinya, Tata Janeeta sudah menebak bahwa pada akhirnya Maia Estianty akan menikah dengan Irwan Mussry, karena beberapa kali dirinya sempat membahas hal tersebut dengan Maia Estianty. Namun, Maia Estianty tidak membicarakan lebih dalam seperti memberi tahu tanggal pernikahannya.

"Aku sih udah tau bakalan seperti ini endingnya, gitu loh, tau. Karena bunda pernah ngobrol gitu kan cuman memang bunda orangnya enggk terlalu open. Bener diem, silent gitu, tapi pasti jeger. Berita (pernikahannya) keluar, surprised," kata Tata Janeeta.

 

Cantik

Maia Estianty nikah

Tata Janeeta juga memuji penampilan Maia Estianty yang dinilainya sangat cantik di momen pernikahannya itu. Ia meyakini hal tersebut terpancar dari hati Maia Estianty.

"Bunda selalu cantik ya. Emang dasarnya bunda udah cantik juga, baik, jadi auranya positif, terpancar ya. Kalau hatinya baik, keluarnya juga cantik," tutup Tata Janeeta. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bencana Beruntun Membuat Industri Pariwisata Indonesia Menurun

Posted: 02 Nov 2018 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bencana beruntun yang terjadi di Indonesia beberapa waktu belakangan ini ikut berdampak pada sektor pariwisata Indonesia. Mulai dari gempa bumi di beberapa wilayah di Indonesia hingga kecelakaan pesawat Lion Air di Laut Jawa.

Berita tentang bencana tersebut sudah tersebar ke mancanegara. Salah satu industri yang paling berat merasakan dampaknya adalah pariwisata.

"Saya merasakan sangat berat. Sekarang okupansi hotel masih di kisaran 30-35% saja," kata Hadi Faishal, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB dan pemilik Hotel Praya Lombok.

Ia mengatakan, rata-rata hotel di sana belum bisa cepat bangkit dan diperkirakan membutuhkan waktu enam bulan. Dirinya pun menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang terus memberikan dukungan kepada pihaknya selama proses recovery ini.

"Terima kasih Kemenpar luar biasa support kami di berbagai events dan sales mission. Kami berusaha cepat recovery," ucap Hadi.

Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Mohammad Faozal, mengakui bahwa gempa bumi beruntun yang melanda Pulau Lombok cukup menekan pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB). Ekosistem pariwisata dengan industri yang bergerak di Amenitas, Akses, dan Amenitas (3A) belum juga pulih.

Wajar bila industri pariwisata NTB cukup 'kalang kabut'. Pasalnya, sekitar 100.000 wisatawan mancanegara (wisman) rutin mendarat di Lombok Sumbawa.  Terlebih lagi, NTB adalah destinasi prioritas atau masuk dalam 10 Bali Baru dengan ikon Mandalika.

Memang daerah yang rusak parah ada di Lombok Timur dan Utara. Namun, secara psikologis akan sangat mengganggu wisatawan untuk berlibur ke Lombok. Apalagi, setelah bencana muncul Travel Advice dari beberapa negara.

"Gempa Lombok telah menyebabkan kerugian besar bagi pariwisata nasional, terutama daerah Lombok dan Bali. Banyak wisman membatalkan perjalanannya ke Lombok. Belum lagi Travel Advice yang dikeluarkan beberapa negara. Ini jelas sangat merugikan," ucap Faozal.

Ia menjelaskan, saat ini pariwisata NTB sedang dalam masa pemulihan. Dia tetap optimistis kerja sama dengan seluruh stakeholder akan membuat pariwisata NTB segera bangkit. Sekarang, fokus utamanya mengarah ke penyampaian pesan kepada dunia bahwa NTB sudah aman dikunjungi, bahkan ditempati.

"Itu tugas kita bersama. Kita tidak bisa berlarut dalam kesedihan. Citra positif harus kita bangun, sehingga Lombok kembali dikunjungi wisatawan seperti sedia kala. Meskipun itu bukan perkara mudah tetapi dengan dukungan seluruh stakeholder, semoga pemulihan ini dapat dipercepat," kata Faozal.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Agustus hanya 1,51 juta kunjungan. Angkanya turun 1,93 persen dibandingkan bulan sebelumnya, yaitu sebesar 1,54 juta kunjungan.

Kepala BPS, Suhariyanto, mengatakan bahwa penurunan disebabkan bencana gempa bumi di Lombok. Seiring bencana tersebut, kunjungan melalui bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Ngurah Rai, Bali anjlok.

Total, kunjungan wisman melalui jalur udara turun 5,71 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Penurunan tajam terjadi pada kunjungan melalui Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid yang hanya mencapai 4.308 kunjungan pada Agustus atau turun 69,18 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Gempa Palu Donggala juga memberikan dampak serius. Lalu, disusul informasi melalui aplikasi gempa yang berpusat di Aceh, Sumba, Padang, dan beberapa daerh lain.

"Penurunan terbesar kedua terjadi pada kunjungan melalui Bandara Internasional Ngurah Rai yang hanya mencapai 572,02 ribu kunjungan, atau turun 8,37 persen dibandingkan bulan sebelumnya," ujar Suhariyanto, Kamis (1/11/2018).

Data Kementerian Pariwisata (Kemenpar) juga menunjukkan hasil sama. Potensi "jatuh" karena gempa sekitar 500.000 wisman. Asumsinya Indonesia kehilangan 100.000 wisman per bulan. Durasinya Agustus hingga Desember 2018.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Misterius, Ribuan Ikan Mas Mati Mengapung di Sungai Irak

Posted: 02 Nov 2018 08:24 PM PDT

Kondisi ikan mas yang ditemukan mati mengapung di atas permukaan Sungai Eufrat dekat kota Sadat al Hindiya di Irak, Jumat (2/11). Belum diketahui penyebab ribuan ekor ikan mas yang diternak tersebut mati secara massal. (Haidar HAMDANI/AFP)

Kondisi ikan mas yang ditemukan mati mengapung di atas permukaan Sungai Eufrat dekat kota Sadat al Hindiya di Irak, Jumat (2/11). Belum diketahui penyebab ribuan ekor ikan mas yang diternak tersebut mati secara massal. (Haidar HAMDANI/AFP)

Dua pria melihat ikan mas mengapung di atas permukaan Sungai Eufrat dekat kota Sadat al Hindiya, Jumat (2/11). Para nelayan Irak di selatan Baghdad menemukan ribuan ikan mas yang diternak di pinggiran sungai mati secara misterius. (Haidar HAMDANI/AFP)

Dua pria melihat ikan mas mengapung di atas permukaan Sungai Eufrat dekat kota Sadat al Hindiya, Jumat (2/11). Para nelayan Irak di selatan Baghdad menemukan ribuan ikan mas yang diternak di pinggiran sungai mati secara misterius. (Haidar HAMDANI/AFP)

Orang-orang mengamati ribuan ikan mas mati mengapung di atas permukaan Sungai Eufrat dekat kota Sadat al Hindiya di Irak, Jumat (2/11). Belum diketahui penyebab ribuan ekor ikan mas yang diternak tersebut mati secara massal. (Haidar HAMDANI/AFP)

Orang-orang mengamati ribuan ikan mas mati mengapung di atas permukaan Sungai Eufrat dekat kota Sadat al Hindiya di Irak, Jumat (2/11). Belum diketahui penyebab ribuan ekor ikan mas yang diternak tersebut mati secara massal. (Haidar HAMDANI/AFP)

Nelayan melintas dekat ikan mas yang mati mengapung di Sungai Eufrat dekat kota Sadat al Hindiya, Jumat (2/11). Para nelayan Irak di selatan Baghdad menemukan ribuan ikan mas yang diternak di pinggiran sungai mati secara misterius. (Haidar HAMDANI/AFP)

Nelayan melintas dekat ikan mas yang mati mengapung di Sungai Eufrat dekat kota Sadat al Hindiya, Jumat (2/11). Para nelayan Irak di selatan Baghdad menemukan ribuan ikan mas yang diternak di pinggiran sungai mati secara misterius. (Haidar HAMDANI/AFP)

Kondisi ikan mas yang ditemukan mati mengapung di atas permukaan Sungai Eufrat dekat kota Sadat al Hindiya di Irak, Jumat (2/11). Belum diketahui penyebab ribuan ekor ikan mas yang diternak tersebut mati secara massal. (Haidar HAMDANI/AFP)

Kondisi ikan mas yang ditemukan mati mengapung di atas permukaan Sungai Eufrat dekat kota Sadat al Hindiya di Irak, Jumat (2/11). Belum diketahui penyebab ribuan ekor ikan mas yang diternak tersebut mati secara massal. (Haidar HAMDANI/AFP)

Seorang anak membantu membersihkan ikan yang mati mengapung di Sungai Eufrat dekat kota Sadat al Hindiya, Jumat (2/11). Para nelayan Irak di selatan Baghdad menemukan ribuan ikan mas yang diternak di pinggiran sungai mati misterius. (Haidar HAMDANI/AFP)

Seorang anak membantu membersihkan ikan yang mati mengapung di Sungai Eufrat dekat kota Sadat al Hindiya, Jumat (2/11). Para nelayan Irak di selatan Baghdad menemukan ribuan ikan mas yang diternak di pinggiran sungai mati misterius. (Haidar HAMDANI/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyelam yang Meninggal Saat Cari Korban Lion Air Sempat Dibawa ke RS Koja

Posted: 02 Nov 2018 08:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kematian penyelam anggota tim Basarnas saat bertugas mencari korban Lion Air di laut Pantai Tanjung Pakis Karawang, Jawa Barat, menambah duka publik Tanah Air.

Penyelam tersebut diketahui bernama Syachrul Anto, merupakan anggota Indonesia Rescue Diver Team.

Syachrul Anto meninggal dunia usai mencari korban kecelakaan Lion Air PK-LQP, Jumat, 2 November kemarin. Saat ini jasad korban sudah disemayamkan di rumah duka, Surabaya, Jawa Timur.

Pimpinan Indonesia Rescue Diver Team, Bayu Wardoyo mengatakan, korban dievakuasi dari laut menggunakan kapal Victory milik Pertamina. Kemudian sekitar pukul 21.30 WIB menuju dermaga JICT 1.

"Habis itu langsung dibawa ke RSUD Koja, tapi dinyatakan meninggal pukul berapa tepatnya, kita nggak ada data. Terus dibawa ke rumah duka di Surabaya," kata Bayu kepada wartawan, Sabtu (3/11/2018).

Bayu tak tahu persis kronologi rekannya itu bisa tewas usai menyelam mencari korban Lion Air. Menurut dia, semua sedang diselidiki oleh Basarnas.

"Kita (Indonesia Rescue Diver Team) di bawah koordinasi Basarnas, jadi yang ngurus semuanya ini Basarnas mulai dari dibawa ke RS Koja sampai ke kampung halamannya, dimakamin juga pakai cara Basarnas," tutur Bayu.

 

Diduga karena Dekompresi

Sementara itu, Dansatgas SAR Kolonel Laut (P) Isswarto mengatakan, penyebab meninggalnya penyelam tersebut diduga karena dekompresi.

"Diduga dekompresi, karena tekanan, bekerja tidak tahu waktu, harusnya naiknya pelan-pelan, lima meter berhenti dulu, sampai muncul (ke permukaan), dia mungkin langsung," kata Isswarto saat dihubungi merdeka.com, Sabtu (3/11).

Isswarto mengatakan, harusnya penyelaman berakhir pada pukul 16.00 WIB, karena kondisi gelap dan cuaca yang kurang bersahabat. Namun, korban masih berada di bawah laut hingga pukul 16.30 WIB.

"Korban dari sipil, penyelam Basarnas," kata Isswarto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masalah Narkoba Belum Usai, Pemuda Bisa Ikut Berperan untuk Mencegahnya

Posted: 02 Nov 2018 08:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masalah narkoba di kalangan pemuda Indonesia belum juga usai. Hasil penelitian Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 2016 menyebutkan bahwa 27,32 persen pengguna narkoba di Indonesia adalah pelajar dan mahasiswa.

Hal ini tentu cukup memprihatinkan. Pelajar dan mahasiswa yang seharusnya masih berada di bawah pengawasan orangtua dan sekolah ternyata masih rentan terkena narkoba.

Benda terlarang tersebut pun bisa menghalangi generasi muda meraih prestasi dan memiliki masa depan cerah. Karena itu, pencegahan penyebaran narkoba di masyarakat, khususnya di kalangan pemuda perlu dilakukan.

Guna membahas cara pencegahan narkoba di kalangan pemuda, termasuk peran para pemuda sendiri untuk menghentikannya, liputan6.com telah mewawancara Sekretraris Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Amar Ahmad, di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (2/11/2018).

Simak hasil wawancaranya, yuk!

1. Menurut data dari hasil penelitian BNN pada 2016, 27,32 persen pengguna narkoba adalah pelajar dan mahasiswa. Menurut pak Amar, mengapa para pemuda rentan terkena narkoba?

Pak Amar: Anak-anak muda sekarang terkadang dengan pergaulan mereka, yang bisa terjadi melalui interasksi langsung maupun media sosial, mudah sekali untuk meniru dan terprovokasi. Mereka mudah terpengaruh oleh hal-hal yang sifatnya kesenangan sesaat dan melupakan masa depan mereka yang begitu gemilang.

Kerentanan tersebut juga disebabkan oleh kurangnya perhatian dari orangtua. Selain itu, menurut hemat saya, media televisi terkadang juga memberikan edukasi secara setengah-setengah.

Media televisi sering kali menyorot kehidupan selebritas, kehidupan yang sifatnya mewah dan identik dengan hal-hal negatif, seperti narkoba. Kita pun harus selalu memberikan pendampingan dan pembinaan agar mereka tak mudah terpengaruh hal-hal seperti ini.

2. Lalu, menurut pak Amar, langkah pencegahan apa yang bisa dilakukan supaya penyebaran narkoba di kalangan pemuda tidak semakin banyak? Apakah pemuda juga bisa ikut dilibatkan?

Pak Amar: Selama ini, seluruh unit di Kemenpora kerap mengadakan penyuluhan kepada para pemuda untuk memberikan mereka penyadaran agar tidak mudah terpengaruh oleh hal yang bersifat destruktif, termasuk narkoba. Bahkan, di unit Pemberdayaan Pemuda ada program Kader Pemuda Anti Narkoba.

Setiap tahunnya, mereka mengkader sekita puluhan ribu pemuda. Tahun lalu, seingat saya ada 36 ribu Kader Pemuda Anti Narkoba dari seluruh Indonesia. Untuk menjaring para pemuda tersebut, unit Pemberdayaan Pemuda bekerja sama dengan BNN.

Selain itu, Kemenpora juga menjalin kerja sama dengan seluruh kementerian untuk memberikan penyuluhan di rumah tahanan (rutan) dan di beberapa tempat yang kami anggap rentan terjadi penyebaran narkoba.  

3. Seperti apa tugas Kader Pemuda Anti Narkoba dalam mencegah penyebaran narkoba?

Pak Amar: Mereka memberikan penyuluhan kepada para pemuda di wilayah mereka. Para kader ini memang diambil dari beberapa provinsi.

Di unit Pengembangan Pemuda juga ada program Pemuda Mandiri Membangun Desa. Tugas mereka mencakup mengembangkan wirausaha dan memberikan penyuluhan tentang perilaku yang anti-desdruktif, termasuk narkoba.

Pemuda tersebut bertugas menumbuhkan semangat agar desa mereka bisa lebih mandiri dan mengembangkan potensinya. Tahun lalu, kami ambil pemuda dari 34 provinsi dan disebar ke beberapa titik untuk membangun desa.

Itu adalah hasil wawancara dengan Amar. Semoga semakin banyak pemuda yang terlibat menjadi Kader Anti Narkoba dan penyebaran narkoba bisa segera dihentikan ya.

 

 

(*) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Vidio Fair 2.0 Bersama Artis-Artis Top

Posted: 02 Nov 2018 08:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Vidio.com kembali menggelar acara Vidio Fair 2.0. Acara ini digelar di Gandaria City Mall, Jakata Selatan, di Parking Premium & Valet Area, Sabtu (3/11/2018).

Vidio Fair 2.0 kali ini mengambil tema One Stop Event You Can Get. Acara tersebut dipastikan jauh lebih seru dari penyelenggaraan di tahun pertama. 

Acara Vidio Fair 2.0 diramaikan dengan berbagai macam kegiatan yang dapat dinikmati oleh pengunjung yang hadir dari pukul 07.00 - 22.00 WIB. 

Pengunjung dapat menikmati kegiatan Morning Rock Out (Zumba dan Poundfit) di pagi hari (07.00 – 10.00), dilanjutkan dengan Beauty Session bersama Abel Cantika. Pengunjung dapat menikmati berbagai macam pilihan jajanan dan barang-barang menarik di area Market Place Bukalapak.

Siapa saja musisi yang bisa Anda saksikan penampilannya di Vidio Fair 2.0 kali ini? Sebut saja Govinda, Sheryl Sheinafia, Abdul and The Coffee Theory, Sore, White Shoes and The Couples Company, Andien, dan GIGI juga akan tampil menghibur pengunjung yang hadir. Para artis pemain sinetron Anak Langit juga bakal menjumpai penggemar di salah satu panggung di sini, pada siang hari.

Vidio Fair 2.0 dapat dinikmati secara gratis. Pengunjung yang datang mendapatkan sajian hiburan terbaik, permainan-permainan seru, serta jajanan dan barang-barang menarik hanya di Vidio Fair 2.0

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website www.vidio.com, atau download aplikasinya di Google Play Store dan App Store, serta follow Twitter, Instagram dan Facebook di @Vidiodotcom

Live Streaming

Vidio Fair 2.0

Acara Vidio Fair 2.0 juga bisa disaksikan via live streaming di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi PSMS Vs Borneo FC: Laga Krusial Tuan Rumah

Posted: 02 Nov 2018 08:15 PM PDT

Jakarta PSMS Medan akan menjamu Borneo FC pada laga pekan ke-29 Liga 1 2018 yang berlangsung di Stadion Teladan, Medan, Sabtu (3/11/2018) sore WIB. Laga ini menjadi pertaruhan krusial buat Ayam Kinantan.

PSMS belum beranjak dari dasar klasemen Liga 1 2018. Klub asuhan Peter Butler itu mengoleksi 27 poin atau tertinggal enam angka dari Sriwijaya FC yang berada di batas aman zona merah.

Posisi buncit yang diraih PSMS bukan tanpa alasan. Sepanjang musim ini mereka sudah meraih 16 kekalahan yang dua di antaranya diraih secara beruntun pada pertandingan terakhir.

Pelatih Peter Butler menyebut, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenangi laga-laga sisa musim ini. Pelatih asal Inggris itu menegaskan raihan poin penuh menjadi harga mati pada laga nanti.

"Saya selalu memberi motivasi untuk pemain agar harus berjuang. Kalau kami meraih kemenangan, tentu kami masih punya peluang untuk bertahan di Liga 1," kata Peter Butler pada konferensi pers jelang laga.

Sementara itu, Borneo FC saat ini berada di peringkat keenam Liga 1 2018 dengan raihan 43 poin. Kemenangan atas PSMS tentu saja bakal mendongkrak posisi Pesut Etam masuk jajaran elite papan atas liga.

Meski demikian, pelatih Dejan Antonic menyebut laga nanti tak akan berlangsung mudah. Meskipun sedang terpuruk, Dejan memperingatkan anak asuhnya untuk tak memandang sebelah mata kekuatan lawan.

"Besok akan menjadi pertarungan yang seru karena kedua tim sama-sama ingin menang. Biasanya, Medan merupakan tempat yang punya tradisi panjang sepak bola Indonesia. Jadi, melawan PSMS pasti akan sulit," ujar Dejan Antonic.

Data - Fakta

 

Head to head

1/6/2018 - Borneo FC 3-1 PSMS Medan (Liga 1 2018)

Lima pertandingan terakhir PSMS Medan

  • 28/10/2018 - Arema FC 5-0 PSMS Medan (Liga 1 2018)
  • 23/10/2018 - PSMS Medan 1-3 Mitra Kukar (Liga 1 2018)
  • 18/10/2018 - Sriwijaya FC 0-3 PSMS Medan (Liga 1 2018)
  • 7/10/2018 - Barito Putera 3-3 PSMS Medan (Liga 1 2018)
  • 21/9/2018 - PSMS Medan 3-2 Persela Lamongan (Liga 1 2018)

Lima pertandingan terakhir Borneo FC

  • 29/10/2018 - Borneo FC 3-0 Bhayangkara FC (Liga 1 2018)
  • 25/10/2018 - Bali United 2-2 Borneo FC (Liga 1 2018)
  • 19/10/2018 - Borneo FC 1-2 PSM Makassar (Liga 1 2018)
  • 13/10/2018 - Persebaya Surabaya 0-1 Borneo FC (Liga 1 2018)
  • 8/10/2018 - Borneo FC 2-1 Persipura Jayapura (Liga 1 2018)

Prediksi Bola.com

PSMS Medan 55-45 Borneo FC

Prediksi Starter

Prakiraan susunan pemain

PSMS (4-3-3): Dhika Bayangkara (kiper), Muhamad Roby, Alexandros Tanidis, Gusti Sandria, Roni Fatahilah (belakang) Abdul Aziz Lufti, Legimin Raharjo, Shohei Matsunaga (tengah) Fredyan Wahyu, Antoni Putro Nugroho, Felipe Dos Santos Martins (depan)

Pelatih: Peter Butler (Inggris)

Borneo FC (4-3-3): Nadeo Argawinata (kiper), Wildansyah, Leonard Tupamahu, Renan Da Silva Alves, Abdul Rahman (belakang), Mahardiga Lasut, Ahmad Maulana Putra, Achmad Hisyam Tolle (tengah), Abrizal Umanailo, Matias Conti, Titus Bonai (depan)

Pelatih: Dejan Antonic (Serbia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Spaghetti Bolognese Sederhana, Super Lezat dan Mudah Dimasak di Rumah

Posted: 02 Nov 2018 08:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Makanan olahan asal Italia yang sangat populer di Indonesia adalah pasta. Pasta terbuat dari bahan utama tepung terigu yang dicampur dengan rempah dan bumbu. Sebelum disajikan pasta direbus terlebih dahulu kemudian disajikan dengan saus sesuai dengan selera.

Pasta memiliki banyak jenisnya, salah satu yang terkenal adalah spaghetti. Spaghetti adalah salah satu jenis pasta yang berbentuk panjang, tipis, silindris, dan padat, yang jika diperhatikan menyerupai mi pada umumnya. Ini adalah makanan pokok dalam masakan Italia tradisional. Karena berbentuk seperti mi, kebanyakan orang menyebutnya mi dari Italia meskipun banyak varian pasta lainnya yang berbentuk seperti mi. Seperti pasta pada umumnya, spaghetti terbuat dari gandum giling dan air. Spaghetti Italia terbuat dari semolina gandum durum, tetapi di tempat lain bisa dibuat dengan tepung jenis lain.

Awalnya ukuran spaghetti sangat panjang, tetapi kemudian yang berukuran lebih pendek semakin populer selama paruh kedua abad ke-20 dan sekarang spaghetti paling banyak tersedia dalam ukuran panjang 25–30 cm (10–12 in). Beberapa varian hidangan pasta berasal dari pasta jenis ini sebagai dasar.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan pasta jenis spaghetti ini cukup mudah, anda dapat langsung ke supermarket atau pasar tradisional. Proses memasaknya hanya membutuhkan 9-12 menit di dalam air mendidih hingga menjadi al dente yang artinya tidak lengket di gigi ataupun terlalu matang. Kemudian ditambah dengan saus yang ditambahkan dengan daging cincang dan juga keju.

Aneka varian spaghetti dapat menjadi menu untuk disajikan pada anggota keluarga. Saus spaghetti yang terkenal adalah saus bolognese. Apabila biasanya kamu membeli saus kemasaan praktis siap pakai, kini kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah lho.

Penasaran caranya? Berikut cara membuat spaghetti bolognese yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (03/11/2018).

Bahan cara membuat spaghetti bolognese:

200 gram spaghetti instan

1 sdt minyak goreng bisa minyak zaitun

200 gram daging ayam

1 buah bawang bombay

1 sdt merica

1 sdm mentega

500 ml air

garam secukupnya

Bahan Saus:

3 buah tomat

3 buah cabe rawit

1 buah cabe merah

3 buah bawang putih

1/2 sdm mentega

1 sdt tepung maizena

1/2 sdt air jeruk nipis

200 ml air

garam secukupnya

gula secukupnya

Cara Membuat Saus Spaghetti:

1. Langkah pertama didihkan tomat dengan cabe hingga kulit mengelupas. 2. Kemudian siapkan blender dan tambahkan air. 3. Selanjutnya tumis bawang putih yang sudah dikeprek dan kemudian blender bersama dengan tomat. 4. Selanjutnya tambahkan larutan tepung maizena dengan air jeruk nipis dan tambahkan gula. Cara Membuat Spaghetti Bolognese: 1. Langkah pertama rebus air kurang lebih 500 ml hingga mendidih 2. Kemudian masukan spaghetti dengan minyak dan rebus hingga matang 3. Iris bawang bombay lalu tumis hingga harum 4. Masukan ayam dan aduk hingga merata 5. Kemudian tuang saus tomat kurang lebih 150 ml dan tambahkan air sebanyak 50 ml, lalu aduk hingga merata 6. Angkat dan siapkan dipiring.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misi Mourinho Tingkatkan Ketajaman Manchester United

Posted: 02 Nov 2018 08:12 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Serangkaian hasil buruk yang dituai Manchester United (MU) beberapa pekan lalu dianggap Jose Mourinho sebagai hasil dari kurangnya ketajaman di lini depan. Maka dari itu, ia bertekad untuk memperbaiki catatan gol klub asuhannya itu.

Sejauh ini, Manchester United telah mencetak 22 gol dari 14 pertandingan dari seluruh kompetisi. Jika dirata-ratakan, maka The Red Devils mencetak dua gol di setiap pertandingan yang dilakoni.

Catatan dua gol per pertandingan pun memberikan masalah untuk Paul Pogba dkk, Sebab beberapa di antaranya membuat MU gagal meraih kemenangan. Seperti waktu kontra Chelsea beberapa waktu lalu dan Derby County di Carabao Cup.

Mourinho selaku pelatih Manchester United rupanya sadar bahwa catatan golnya selama ini selalu memberikan dampak negatif terhadap timnya. Maka dari itu, satu hal yang ia ingin perbaiki adalah ketajaman pemainnya di depan gawang lawan.

"Kami pastinya harus mencetak gol lebih banyak," ujar Mourinho dalam konferensi pers jelang laga kontra Bournemouth, dikutip dari situs resmi klub. 

Merasa Dirugikan

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho. (AFP Photo/Oli Scarff)

"Kami dirugikan melawan Chelsea karena tidak mencetak gol ketiga, dan kami sebenarnya bisa (mencetak gol)," lanjutnya.

Untuk permasalahan itu, pria asal Portugal tersebut ogah membebankannya kepada satu pemain saja. Menurutnya, tanggung jawab dalam mencetak gol seharusnya diemban secara kolektif.

"Dalam hal mencetak gol, saya pikir itu membicarakan soal tim. Saya tidak ingin berkata bahwa kami tidak mencetak gol karena striker kami. Saya pikir ini berhubungan dengan globalitas, dengan tim," tambahnya.

 

Gol Lebih Banyak

"Kami bermain hingga menit ke-96 melawan Everton karena kami tidak mencetak gol ketiga, keempat, dan kelima sebelum itu. Jadi ya, kami harus mencetak gol lebih banyak lagi," terangnya.

Masalah tersebut tampaknya harus segera diperbaiki oleh Mourinho. Sebab, usai menghadapi Bournemouth, The Red Devils akan disibukkan dengan jadwal berat melawan Juventus dan Manchester City.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hanura Minta Pimpinan DPR Ganti 9 Anggota Parlemen yang Pindah Partai

Posted: 02 Nov 2018 08:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif DPP Partai Hanura Djafar Badjeber meminta agar DPR segera memproses Penggantian antarwaktu (PAW) 9 anggota DPR dari Fraksi Hanura yang kini telah berpindah partai.

9 anggota parlemen tersebut yaitu Frans Agung Mula Putra, Dadang Rusdiana, Sarifuddin Sudding, Rufinus Hotmaulana Hutauruk, Dossy Iskandar Prasetyo, Fauzih H. Amro, Arief S Suditomo, Mukhtar Tompo dan Nurdin Tampubolon.

"KPU dan DPR harus segera memproses dan mengagendakan pelantikan anggota baru karena sudah tidak ada celah hukum untuk tidak melantiknya, apalagi sudah dikeluarkannya Keppres No 311/2018 yang mengesahkan peresmian pemberhentian 9 anggota DPR RI dari Partai Hanura," kata Djafar Badjeber di Jakarta, Sabtu (3/11/2018).

Djafar mengungkapkan, pemberhentian anggota DPR dari Fraksi Hanura ini sudah diresmikan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 311/P Tahun 2018 tentang Peresmian Pemberhentian Antarwaktu Anggota DPR dan Anggota MPR Masa Jabatan 2014-2019.

Djafar menilai, setelah pemberhentian keanggotaan dari Partai Hanura yang dikuatkan melalui Keppres tersebut, maka sudah tidak ada alasan Pimpinan DPR untuk tidak segera melantik anggota dewan baru dari Hanura.

"Dengan dilantiknya anggota baru, maka tidak ada lagi kekosongan anggota legislatif dari Hanura, sehingga kami dapat melanjutkan kerja-kerja politik pada alat kelengkapan dewan yang akan mendukung kinerja tugas pokok dan fungsi DPR," ujar Djafar.

Djafar juga menyinggung, proses PAW dari partai lain untuk kasus yang sama ini relatif cepat pelantikannya. Sedangkan Hanura sampai sekarang masih belum dilantik.

"Kenapa diskriminatif?" tanya Djafar.

 

Sebelum 21 November

Djafar pun mendesak pimpinan DPR segera melantik anggota baru dari Hanura pada sidang paripurna tanggal 21 Nopember 2018 mendatang.

"Penggantian ini sudah memenuhi azas legalitas berdasarkan aturan perundang-undangan," ungkapnya.

Sebelumnya, sejumlah kader Hanura yang berbeda kubu dengan Oesman hijrah ke beberapa partai agar dapat kembali maju pada pemilu 2019. Mereka di antaranya adalah Rufinus Hotmaulana Hutauruk, Dadang Rusdiana, Fauzi Amro dan Arif Suditomo yang pindah ke Nasdem, hingga Syarifuddin Sudding yang maju dari PAN.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makin Gampang, Beli Suku Cadang Suzuki Bisa Lewat Hp

Posted: 02 Nov 2018 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meningkatkan layanan purnajual memang tidak hanya sebatas membuka dealer. Menuju era digitalisasi seperti saat ini, yang sudah bisa melakukan hal apa saja di dunia maya juga bisa dimanfaatkan dengan baik, dan hal tersebut dilakukan oleh PT suzuki Indomobil Motor (SIM), sebagai agen pemegang merek (APM) motor Suzuki di Indonesia.

Pabrikan berlambang huruf 'S' ini, memperkenalkan aplikasi mobile 'My Suzuki' untuk mempermudah konsumennya untuk membeli suku cadang, oli, dan aksesoris resmi Suzuki.

Dijelaskan Ignatius Ratrianto Wibowo, GM Spare parts PT SIM, aplikasi My Suzuki ini untuk memudahkan pelanggan melakukan pembelian Suzuki Genuine Parts, Suzuki Genuine Oil, dan Suzuki Genuine Accesspries secara praktis, kapanpun dan di manapun.

"Dengan garansi resmi, kami menjamin barang yang dipasarkan 100 persen asli. Aplikasi ini, adalah salah satu wujud komitmen kami meningkatkan layanan yang tepat, terpercaya, dan efisien," jelas Ignatius, saat peluncuran di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018.

Untuk dapat menggunakan layanan ini, konsumen Suzuki hanya tinggal mengundih aplikasi tersebut di Google Play atau App Store.

Selain bisa mencari berbagai suku cadang, oli, dan aksesoris Suzuki, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur menarik.

selanjutnya

Salah satunya, fitur chatting untuk mempermudah pelanggan dalam berkomunikasi dan bertransaksi.

Pembayarannya, konsumen bisa menggunakan transfer ATM, virtual account, kartu kredit, hingga layanan Go-Pay. Untuk diketahui, saat ini sudah terdapat 14 diler sepeda motor Suzuki di seluruh Indonesia yang terintegrasi aplikasi ini.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat Jalan Syachrul Anto, Pahlawan yang Gugur Saat Evakuasi Lion Air

Posted: 02 Nov 2018 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Allah lebih cinta padamu Sayangku, pahlawanku,imamku....

Tunggu aku di jannahNya Insya Allah....terimakasih kasih sayang, bimbingan dan didikanmu. Insya Allah kami teruskan dedikasimu dalam kemanusiaan

Laa khaula wala kuwwata Illa Billah ...Innalilahi wainailaihi rojiun...Mohon dibukakan pintu maaf segala kesalahan almarhum.

Ucapan duka yang mendalam itu muncul dalam akun facebook Syachrul Anto. Seorang penyelam yang meninggal dunia dalam misi kemanusiaan, mengevakuasi Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Dia adalah anggota Indonesia Diver Rescue yang bergabung dalam tim Basarnas. Anto meninggal dunia saat menjalankan tugasnya mengevakuasi pesawat Lion Air.

Iringan doa terus mengalir dalam akun facebooknya. Teman-teman dan kerabat yakin Anto mendapat tempat paling baik di Surga.

"Innalillahi wainnailaihi rodjiun.. Selamat jalan kaka kami tercinta😭😭 Allah lebih sayang sm beliau, niatnya yg selalu menolong org lain, InsyaAllah surga untukmu k Syachrul Anto, InsyaAllah husnul khotimah.. Aamiin aamiin yra.. kami adik2mu bangga akan sosok pahlawan seperti kaka.." tulis Anita Damayanti.

"Atas nama INDONESIA Diver Rescue Team kami mengucapkan turut berduka cita yang sedalam dalamnya .. semoga keluarga diberikan ketabahan dan keikhlasan .." tulis Ebram Aja.

Anto cukup aktif dalam misi kemanusiaan. Pada tahun 2015 lalu, Anto juga ikut dalam misi mencari korban pesawat Air Asia QZ8501 yang jatuh di Selat Karimata.

Meninggal Akibat Dekompresi

Dansatgas SAR, Kolonel Laut (P) Isswarto mengatakan, Anto meninggal karena dekompresi.

"Diduga dekompresi karena tekanan, bekerja tidak tahu waktu, harusnya naiknya pelan-pelan, lima meter berhenti dulu, sampai muncul (ke permukaan), dia mungkin langsung," kata Isswarto saat dihubungi Merdeka.com, Sabtu (3/11/2018).

Menurut Isswarto, harusnya penyelaman pencarian korban Lion Air berakhir pada pukul 16.00 WIB, karena kondisi gelap dan cuaca yang kurang bersahabat. Namun, korban masih berada di bawah laut hingga pukul 16.30 WIB. "Korban dari sipil, penyelam Basarnas," kata Isswarto.

Saat ini jasad Anto sudah berada di rumah duka di Surabaya, Jawa Timur untuk dimakamkan.

Selamat jalan Anto, jasamu akan selalu dikenang...

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Izin Tambang Bermasalah, Polda Sultra Selidiki Keterlibatan Perwira Tinggi Polisi

Posted: 02 Nov 2018 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Konawe Utara - Sekitar seribu orang mahasiswa dan warga masyarakat Konawe Utara, ricuh saat berdemonstrasi di Polda Sulawesi Tenggara, Kamis, 1 November 2018. Demo itu menuntut penutupan izin Usaha Pertambangan (IUP) perusahaan tambang karena izin bermasalah.

Diduga, ada tiga orang oknum perwira dan bintara di Polda Sulawesi Tenggara disebut mahasiwa terlibat dalam masalah ini.

Perusahaan yang diprotes soal Izin Usaha Pertambangan (IUP) itu yakni, PT KMJ dan PT SJM. Keduanya beroperasi di Konawe Utara pada 2011 dan 2018.

Dalam keterangan resminya, mahasiswa menyebut ketiga oknum perwira Polda Sulawesi Tenggara yang diduga terlibat berinisial MS, RM, dan AR. Ketiganya diketahui berpangkat perwira tinggi, perwira menengah, dan bintara, disebut bekerja sama dengan perusahaan tambang bermasalah itu.

"Mereka kami duga ikut mem-back up perusahaan yang menurunkan alat berat di Konawe Utara, mereka menangkap warga yang membawa alat-alat pekerjaan seperti parang dan linggis, padahal alat-alat ini untuk melindungi diri," ujar koordinator aksi, Alfin Pola.

Kabid Propam Polda Sultra, Kombes Pol Agung Kurniawan mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti dugaan keterlibatan tiga orang anggota Polda soal kasus izin pertambangan ini.

"Soal mantan mereka perwira atau tidak, tidak ada masalah. Kita akan tindaklanjuti mereka tetapi berkoordinasi dengan Kapolda Sultra," ujar Agung Kurniawan.

Agung mengatakan, semua ada tahapannya. Sejauh ini, pihaknya menyerahkan soal dugaan tambang bermasalah kepada Dirkrimsus Polda Sultra. Terkait dugaan keterlibatan perwira dan bintara, akan ditindaklanjuti sesuai prosedur.

Dari laporan awal, dugaan keterlibatan ketiga anggota Polda Sultra ternyata berawal dari kemarahan warga karena adanya penangkapan tiga orang warga di Konawe Utara. Padahal, ketiganya ditangkap oleh tiga anggota Polda Sultra yang turun di lokasi tambang karena adanya dugaan premanisme.

Saat diamankan, tiga orang warga ini ditemukan membawa parang, linggis, dan palu. Ketiganya kini diamankan di Polda Sultra.

Salah seorang anggota Polda Sultra berinisial RM yang dituding massa terlibat bermain dengan perusahaan tambang bermasalah itu mengatakan, pihaknya hanya menangkap mereka yang membawa senjata tajam di lokasi pertambangan.

Saat itu, ada massa yang menghalangi jalan masuk di perusahaan dan warga mengadu ke pihak kepolisian. "Saat itu, kami ambil mereka dan bawa ke Polda Sultra warga yang tiga orang itu. Sumpah, ngapain terlibat dan ikut campur perusahaan, kita hanya sebatas mengamankan," ujar RM.

Awal Mula Izin Tambang Bermasalah

Aksi mahasiswa yang memprotes perusahaan tambang di Konawe Utara saat melakukan aksi di Polda Sultra, Kamis (1/11/2018). (Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Aktivitas perusahaan tambang diprotes warga usai adanya keputusan Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Makassar tahun 2014, menyatakan PT SJM pailit dan tidak bisa melanjutkan IUP di wilayah Kabupaten Konawe Utara.

Kemudian, pengadilan menunjuk PT KMJ sebagai tenaga ahli kurator dan pemodal untuk melanjutkan kegiatan IUP PT SJM. Keputusan ini tertuang dalam penetapan hakim nomor 1/PKPU/2014/PN Niaga Makassar pada 21 Desember 2016.

Dua keputusan ini, kemudian mendapat protes warga dan mahasiswa. Menurut mereka, keputusan ini tidak sah dalam ranah hukum.

"Dinas ESDM Sultra, Kementerian ESDM RI dan Ombudsman telah menyatakan penghentian kerjasama pengelolaan lokasi IUP PT SJM oleh PT KMJ, kenapa masih dipaksakan oleh KMJ melakukan pengolahan tambang di Konawe Utara?" Kata Alfin.

Alfin melanjutkan belum ada undang-undang yang mengatur soal kurator. Sehingga, meminta kepada Polda Sultra untuk melakukan penindakan langsung terhadap perusahaan yang diduga melanggar hukum.

Dirintel Polda Sultra mengatakan kepada massa aksi, sejauh ini pihaknya sudah mengumpulkan laporan dan siap menindak. Meskipun demikian hal ini akan berproses.

"Kita akan periksa semua perusahaan yang dilaporkan. Namun, akan ditangani di Ditrkrimum dan Dit Krimsus Polda Sultra," ujar Kombes Pol Hartoyo.

Direktur PT SJM, Anton Timbang mengatakan sejauh ini perusahaannya sudah menjalankan IUP sesuai prosedur. Namun, PT KMJ diduga melakukan operasi IUP yang sudah tidak sesuai prosedural.

"IUP mereka sudah dihentikan pengadilan, kementerian ESDM dan Dinas SDM Sultra, tapi tetap memaksa menjalankan usaha. Terus, warga ditangkapi polisi, ini kan masalah baru bagi warga," Anton Timbang menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saking Hebohnya, Cara Pria Ini Masak Viral di Media Sosial

Posted: 02 Nov 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memasak memang menjadi pekerjaan yang umumnya dilakukan para wanita. Namun tak sedikit pula pria yang mencoba untuk memasak meski sekedar menggoreng sesuatu.

Cara unik biasanya dilakukan oleh mereka yang "takut" untuk memasak. Mulai dari menjauhi penggorengan panas hingga mengenakan perlengkapan yang mampu melindungi tubuh. Hal ini dilakukan untuk menghindari cipratan minyak panas.

Belum lama ini viral sebuah video seorang pria yang sedang menggoreng. Mungkin terdengar biasa, namun berbeda jika kalian melihatnya sendiri. Pasalnya pria tersebut menutupi seluruh tubuh dan wajahnya ketika menggoreng.

Ya, dirinya mengenakan jas hujan yang menutupi seluruh bagian tubuh dan tangannya. Sementara untuk bagian wajah, dirinya mengenakan helm full face. Memang terlihat berlebihan ya, namun benar saja makanan yang digorengnya tersebut terpental-pental ke udara dan membuat cipratan minyak panas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Bikin warganet penasaran

pria masak jadi viral (foto: twitter/@jayakabajay)

Video ini diunggah oleh akun twitter @jayakabajay dan telah diretweet hampir 10 ribu kali. Banyak warganet yang penasaran dengan makanan yang digoreng pria tersebut. Dari video tersebut terlihat makanannya berbentuk bulat sehingga banyak yang menganggap makanan itu sejenis cireng atau cimol.

"Itu bisa jadi yg dimasak ms banyak kandungan airnya," ujar akun @dnlwkrt.

"Sepertinya ini bukan lagi goreng cimol , ini lagi pelatihan densus 8 kayaknya," ungkap akun @aldoartandia.

"Ini kalo yg digoreng pada mental-mental gini yg mau diangkat apaan coba?????minyak gorengnya???" tanya akun @MelySutiani98.

"Tutorial masak safety . pake helm , jas hujan, sarung tangan, sepatu boots. auto tetangga berbicara hal2 aneh," tulis akun @FaridHawami.

Reporter: Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Tanpa Harden, Chris Paul Beri Kemenangan Kedua untuk Houston Rockets

Posted: 02 Nov 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Brooklyn - Houston Rockets akhirnya sukses meraih kemenangan kedua di lanjutan NBA 2018-2019. Setelah empat kekalahan beruntun, Rockets mendapatkan titik balik saat kalahkan Brooklyn Nets 119-111 di lanjutan NBA, Jumat atau Sabtu (3/11/2018) pagi WIB.

Chris Paul menjadi penyelamat bagi Houston Rockets. Dia mencetak double double dengan 32 poin, 11 assist dan 7 rebound. Setelah itu ada Clint Capela dengan Eric Gordon yang masing-masing mencetak 22 dan 21 poin.

Tanpa James Harden yang cedera, Rockets sudah tertinggal di kuarter pertama. Nets sukses unggul 32-25.

Nets masih menjaga keunggulan pada kuarter kedua. Meski hanya mencetak 29 poin, Nets mengakhiri kuarter kedua dengan keunggulan 61-56.

Karena baru meraih dua kemenangan, Rockets masih terperosok di posisi bawah klasemen NBA.

 

Titik Balik

Eric Capela melakukan slam dunk saat Rockets tekuk Nets (AP Photo/Mary Altaffer)

Rockets mulai berbalik unggul di kuarter ketiga. Dimulai dengan tembakan 3 poin, Rockets terus berusaha mengejar poin yang didapatkan Nets.

Chris Paul membuat Rockets berbalik unggul usai tiga angkanya dari jarak 26 meter berhasil masuk ke jala. Rockets akhirnya mengakhiri kuarter ketiga dengan keunggulan 91-86.

Rockets tak memberi ruang bagi Nets untuk bangkit di kuarter keempat. Rockets mengakhiri perlawanan Nets dengan 119-111.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Pesta Halloween Sophia Latjuba Datang Bersama Pria Bule, Siapa Dia?

Posted: 02 Nov 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah dikabarkan menjalin hubungan dengan pria bernama Tio Setiyoso, artis cantik Sophia Latjuba kini diketahui tengah dekat dengan seorang pria bule bernama Bogdan Vlase. 

Hubungan Sophia Latjuba dengan produser film di Amerika Serikat itu sudah berlangsung selama beberapa bulan belakangan ini. Berbagai momen sudah dilewatkan Sophia dengan Bogdan. Salah satunya adalah pesta Halloween yang baru saja mereka hadiri. Bogdan memberikan sebuah kejutan pada pesta itu.

Dengan riasan wajah yang mengerikan, Bogdan tampil dengan t-shirt yang manis. Ia menyebut dirinya hadir sebagai suami dari Sophia Latjuba, yang ditulis dengan huruf besar di t-shirtnya.

 

Tertawa

Sophia Latjuba

Ketika membaca tulisan yang ada di t-shirt Bogdan, Sophia Latjuba tertawa. Ia membalas tulisan itu lewat caption postingan di Instagramnya dengan kalimat manis. 

"Suami paling ganteng yang bisa didambakan semua orang," tulis Sophia.

 

Kode

Preskon film Mata Batin 2 (Adrian Putra/bintang.com)

Apakah ini sebuah kode bahwa Bogdan ingin menikah dengan Sophia Latjuba? Ataukah sebuah tanda bahwa Bogdan dan Sophia memang sudah menikah? 

Hingga berita ini diturunkan, kami masih berusaha menghubungi Sophia Latjuba untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Santunan, Lion Air Beri Kompensasi Rp 50 Juta bagi Keluarga Korban JT 610

Posted: 02 Nov 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim Disaster Victim Identification Kepolisian Republik Indonesia (DVI POLRI) hingga Jumat  malam 2 November 2018 memberikan konfirmasi hasil identifikasi tiga jenazah penumpang Lion Air JT-610 PK-LQP.

Tiga korban yang berhasil diidentifikasi tersebut yaitu Chandra Kirana (laki-laki), Monni (wanita) dan Hizkia Jorry Saroinsong (laki-laki). Dengan demikian total menjadi empat yang sudah teridentifikasi, sebelumnya pada 31 Oktober 2018 yaitu Jannatun Shintya Dewi (wanita).

"Konfirmasi tersebut diumumkan pukul 19.05 WIB setelah adanya kecocokan hasil tes forensik dan ante-mortem dengan data DNA yang sebelumnya sudah diberikan pihak keluarga kepada tim DVI POLRI," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, Sabtu (3/11/2018).

Lion Air juga resmi telah menyerahkan jenazah almarhum Chandra Kirana, almarhumah Monni dan almarhum Hizkia Jorry Saroinsong  kepada pihak keluarga melalui upacara yang berlangsung di Rumah Sakit Bhayangkara R. Said Sukanto (RS POLRI). 

Penyerahan dilakukan secara langsung oleh Director of Corporate Safety Lion Air Group, Capt. Eduard Kallisto MP dan Director of Airport Service Lion Air Group, Capt. Wisnu Wijayanto. Jenazah almarhum Chandra Kirana akan diberangkatkan menuju Palembang, Sumatera Selatan pada Sabtu 3 November 2018 pukul 06.30 WIB. 

Untuk almarhumah Monni ke Sawah Besar, Jakarta Pusat dan almarhum Hizkia Jorry Saroinsong ke Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Atas nama Lion Air, mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga dan handai taulan," kata Danang.

Dalam hal ini, Lion Air akan mendukung hal yang dibutuhkan oleh keluarga, termasuk memberikan uang tunggu kepada keluarga Rp 5 juta, uang kedukaan Rp 25 juta serta uang santunan meninggal dunia sesuai PM 77 Tahun 2011 yaitu Rp 1,25 miliar. 

Tak hanya itu, kali ini Lion Air menambah penggantian bagasi menurut PP Nomor 77 Tahun 2011 tentang tanggung jawab pengangkut udara sebesar Rp 4 juta. "Namun untuk penggantian bagasi Lion Air akan memberikan Rp 50 juta," tutur Danang. (Yas)

 

Asuransi Tugu Pratama Siap Bayar Klaim Korban Lion Air

Boeing 737 MAX 8 milik Lion Air (foto: Camelia)

Sebelumnya, PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TuguInsurance) menjamin Lion Air Group, atas pembayaran klaim asuransi korban kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 PK-LQP, yang jatuh di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin 29 Oktober 2018. 

Presiden Direktur Tugu Insurance, Indra Baruna, mengatakan  sebagai perusahaan asuransi, Asuransi Tugu Pratama siap membayarkan kewajiban klaim, kepada ahli waris dan pihak tertanggung Lion Air Group.

‎"Segenap keluarga besar Tugu Insurance menyampaikan turut berduka yang sedalam-dalamnya atas musibah yang terjadi," kata Indra, di Jakarta, Jumat 2 November 2018.

Terkait proses pencairan klaim, Indra menegaskan, kewajiban dan komitmen Tugu Insurance adalah untuk menyelesaikan klaim dengan cepat.

Saat ini Tugu Insurance sudah siap untuk melaksanakannya dengan segera. Koordinasi dan kerja sama erat dengan seluruh pihak yang berkepentingan menjadi prasyarat atas kecepatan proses tersebut. 

"Mengenai nilai pertanggungan asuransi untuk penumpang, semua sudah diatur dalam perjanjian polis dan tentunya kami juga mengacu Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011 Tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara pasal 3(a),yaitu jumlah ganti kerugian terhadap penumpang yang meninggal dunia di dalam pesawat udara karena akibat kecelakaan pesawat udara atau kejadian yang semata-mata ada hubungannya dengan pengangkutan udara diberikan ganti kerugian sebesar Rp 1,25 miliar per penumpang," kata dia.

Kerja sama Tugu Insurance dan Lion Air Group telah terjalin dengan sangat baik mencakup beberapa jenis perlindungan asuransi secara menyeluruh, baik pesawat, penumpang maupun air crew.

Pelayanan yang baik dan cepat adalah komitmen Tugu Insurance sebagai perusahaan jasa yang bergerak di bidang asuransi umum.

"Kami pasti dan segera membayarkan klaim asuransi pesawat Lion Air JT-610," kata dia.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Puslabfor Ambil Sampel Barang-barang Korban Lion JT 610

Posted: 02 Nov 2018 08:00 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Krisis Ekonomi, Lebih dari 1 Juta WN Venezuela Seberangi Kolombia

Posted: 02 Nov 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Bogoto - Lebih dari satu juta orang Venezuela telah menyeberang perbatasan memasuki Kolombia sejak awal tahun ini, meskipun 676.000 di antaranya kemudian pindah ke negara lain, kata otoritas migrasi Kolombia.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Sabtu (3/11/2018), mereka yang menyeberangi perbatasan itu kebanyakan pergi ke Ekuador, Peru, Chili, Amerika dan Meksiko, kata Migracion Kolombia (Badan migrasi Kolombia yang memantau migran), dalam sebuah pernyataan.

Pihak berwenang juga mengatakan, lebih dari satu juta orang Venezuela tinggal di Kolombia, 573.000 di antaranya mempunyai dokumen yang sah.

"Situasi migran Venezuela jauh lebih banyak daripada yang diperkirakan," kata Direktur Migracion Kolombia, Christian Kruger.

PBB mengatakan bahwa sekitar 1,9 juta orang Venezuela telah meninggalkan negara itu sejak tahun 2015, karena tanah air mereka dicengkeram resesi mendalam yang menyebabkan naiknya tingkat kemiskinan.

Menurut data dari PBB, tiap hari sekitar 5.000 orang Venezuela meninggalkan negara mereka dengan harapan memperoleh masa depan yang lebih baik di negara lain.

Pada akhir September, Presiden Kolombia, Ivan Duque mengatakan, datangnya satu juta migran Venezuela bisa merugikan negaranya lebih dari US$ 1,3 miliar, atau sebesar 0,5 persen dari produk domestik bruto negara itu.

Venezuela menolak angka PBB itu, dan Presiden Nicolas Maduro meminta badan internasional itu untuk memperbaikinya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menlu Kolombia: Pengungsi Venezuela Bisa Capai 4 Juta pada 2021

Migran Venezuela, Jefferson Alexis mendorong kursi roda ayahnya, Jose Agustin Lopez di Norte de Santander Department, Kolombia, 15 September 2018. Mereka harus menempuh 600 km dari Venezuela ke Bogota untuk mendapatkan pengobatan. (AFP/SCHNEYDER MENDOZA)

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Kolombia Carlos Holmes Trujillo pernah mengatakan, jumlah migran Venezuela di Kolombia bisa membengkak menjadi 4 juta orang pada 2021, jika krisis di Venezuela yang sosialis itu memburuk.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, lebih dari 2 juta warga Venezuela mengungsi dari negeri mereka dalam beberapa tahun belakangan untuk menyelamatkan diri dari kekurangan pangan dan obat-obatan, yang diperparah oleh krisis ekonomi dan politik.

Sekitar 1 juta orang sekarang tinggal di Kolombia yang berpenduduk 50 juta.

"Jika situasi memburuk, kita bisa bicara tentang 4 juta warga Venezuela yang hidup di Kolombia," kata Trujillo dalam suatu forum migrasi di Bogota dengan merujuk angka perkiraan dari sebuah studi pemerintah, yang katanya akan diterbitkan pekan depan.

Beberapa pemerintah di Amerika Selatan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan finansial migran itu yang sering kali tiba tanpa bekal yang memadai.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan pemerintahan Partai Sosialisnya menepiskan hitungan resmi tentang jumlah migran itu dan mengecapnya bermotif politis sebagai alasan untuk membenarkan intervensi asing dalam kekacauan yang terjadi di negerinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: