Kamis, 29 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


9 Fakta di Balik Kasus Video Mesum Mojang Karawang

Posted: 29 Nov 2018 10:32 PM PST

Liputan6.com, Karawang - Penyebaran video mesum di media sosial kerap terjadi, baru-baru ini pengguna media sosial kembali dihebohkan dengan munculnya video mesum pelajar Karawang. Pemeran video mesum ini merupakan pasangan pelajar dan mahasiswa asal Karawang.

Informasi terakhir, polisi telah mengamankan dua orang penyebar video mesum tersebut. Bagaimana sebenarnya kasus ini sehingga bisa membuat heboh warga. Berikut fakta-fakta yang berhasil dihimpun tim Liputan6.com.

Tanpa Laporan Masyarakat Polisi Usut Penyebar Video Mesum

Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya, usut penyebar video mesum pelajar yang tersebar di media sosial. Ia akan memburu pelaku perekam dan penyebar video tersebut.

Pihak kepolisian tidak harus menunggu laporan dari masyarakat, dalam penyebaran video mesum yang beredar di media sosial. Penyidik melakukan langkah proaktif dan terus melakukan penyelidikan atas tersebarnya video mesum tersebut.

Pemeran Video Mesum, Finalis Ajang Mojang-Jajaka Karawang

Pemeran wanita di video mesum itu cukup terkenal di kalangan masyarakat, ia pernah menjadi finalis Pasanggiri Mojang-Jajaka Karawang. Bersekolah di salah satu sekolah favorit yang berada di daerah itu. Pemeran pria merupakan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Jawa Barat.

Pemeran Video Mesum Keluar dari Sekolah

Pihak sekolah memaparkan persoalan yang terjadi diserahkan kepada orangtua anak bersangkutan yang memerankan video mesum itu. Karena merasa malu, orangtua meminta anaknya mengundurkan diri dari sekolah. Melalui guru Bimbingan Konseling, pihak sekolah memaparkan bahwa pelaku video mesum sudah tidak bersekolah lagi.

Nobar Video Mesum di Sekolah

Perbuatan Mesum Direkam untuk Dokumentasi Pribadi

Pemeran pria dalam video mesum tersebut merupakan seorang mahasiswa. Saat ditanya polisi, ia menjawab, perbuatan tidak senonoh itu mereka lakukan atas dasar suka sama suka. Mereka sepakat merekam adegan mesum tersebut sebagai dokumentasi pribadi dengan alasan iseng-iseng saja.

Nonton Bareng Video Mesum di Sekolah

Video tidak mendidik ini, sempat diputar di dalam kelas menggunakan proyektor dan ditonton oleh siswa salah satu kelas di sekolah pelaku. Penyebar video mesum ini merupakan teman dari pemeran wanita di video mesum itu.

Bukan Pertama Kali

Pemeran video mesum merupakan pelajar berusia 17 tahun dan mahasiswa berusia 20 tahun. Pasangan remaja ini telah menjalin hubungan selama satu tahun. Pelaku menuturkan bahwa tidak ada paksaan untuk melakukan perzinahan itu. Selama satu tahun pacaran, mereka telah empat kali melakukan hubungan suami istri tersebut.

Hukuman Bagi Pembuat dan  Penyebar Video Mesum 

Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya menuturkan bahwa pelaku penyebar video mesum akan mendapat sanksi sesuai undang-undang yang berlaku. Pelaku penyebaran, akan dijerat Undang-Undang No 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Teman Sebarkan Video Mesum Mojang Karawang

Disebarkan oleh Teman Pemeran

Setelah polisi mengusut pelaku penyebaran video mesum pelajar Karawang, maka ditemukan bahwa penyebar video mesum tersebut adalah teman pemeran. Dua teman pemeran wanita menjadi penyebar video mesum pertama kali, setelah ditonton bersama di kelas.

Status Pelaku

Penyidik sudah menetapkan tersangka dalam kasus video mesum Mojang-Jajaka Karawang itu, yakni M yang merupakan pemeran pria dalam video itu karena melakukan perekaman, dan dua orang penyebar video itu. Sementara, pemeran wanita dalam video mesum tersebut ditetapkan sebagai saksi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pagi Pagi Pasti Happy Dihentikan KPI, Nikita Mirzani Bersyukur

Posted: 29 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Acara yang dipandu Nikita Mirzani bersama Uya Kuya dan Billy Syahputra, Pagi Pagi Pasti Happy, dihentikan sementara oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Program tersebut dilarang tayang pada 3 hingga 5 Desember 2018.

Mengutip dari situs resmi KPI Pusat, program Pagi Pagi Pasti Happy melakukan pelanggaran terhadap tiga pasal sekaligus. Antara lain pasal mengenai privasi, perlindungan anak, dan klasifikasi remaja.

Pelanggaran tersebut berupa muatan komentar negatif oleh pembawa acara (Nikita Mirzani, Uya Kuya dan Billy Syahputra) pada program Pagi Pagi Pasti Happy pada tanggal 27 September 2018 dan tanggal 3 Oktober 2018 yang membahas kasus Kriss Hatta dan Hilda Vitria.

Meski programnya mendapat sanksi, Nikita Mirzani sendiri santai menghadapi masalah ini. Sembari mengucap syukur, ibu dua anak itu justru menganggap hal tersebut sebagai keuntungan bagi para host.

Bisa Bangun Siang

Nikita Mirzani (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Berarti kan kita punya kesempatan liburan. Karena kan selama ini mau liburan dari program itu ribet banget kan. Susah," jelas Nikita Mirzani di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (30/11/2018).

"Lo tahu kan setiap hari Senin sampai Jumat lo bangun pagi-pagi. Kalau diliburkan tiga hari, alhamdulillah bisa bangun siang sekarang," sambung artis berusia 32 tahun tersebut.

Dihentikan Seterusnya?

Nikita Mirzani (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Berkaca dari pengalaman ini, apakah Nikita Mirzani menyimpan kekhawatiran bila di kemudian hari program Pagi Pagi Pasti Happy akan dihentikan seterusnya?

"Ya Allah, rezeki itu sudah Allah yang mengatur. Jangan takut sama rezeki. Kalau kita orang baik, pasti dikasih saja sama Allah," ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Pelaminan Penikahan Melayang, Bikin Bingung Para Undangan

Posted: 29 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sudah menjadi hal lumrah jika sebuah pesta pernikahan digelar di sebuah gedung pernikahan. Namun, tak jarang juga mempelai pengantin yang membuat resepsi pernikahan di rumah. Hal ini dianggap mampu menghemat biaya pernikahan.

Sayangnya tak sedikit dari mereka yang harus menutup akses jalan di sekitar rumah hingga mengganggu kendaraan yang hendak lewat. Nah, di jejaring sosial Twitter baru-baru ini sedang viral sebuah pelaminan yang berbeda dari biasanya. Sebuah akun Twitter @giewahyudi mengunggah sebuah foto pelaminan yang "melayang."

Ya, pelaminan yang diketahui milik pasangan Zulavin dan Anisa Aprilia ini dibuat beberapa meter di atas tanah hingga mampu dilewati oleh kendaraan di bawahnya. Untuk membuat pelaminan berada di atas tanah, terdapat bambu yang disusun sedemikian rupa dan memanfaatkan pagar semen di bagian sampingnya.

Pada foto tersebut juga terlihat sebuah mobil pick up sedang melintas di bawahnya. Potret pelaminan ini tentu saja sangat berbeda dengan pelaminan-pelaminan lain pada umumnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Bikin warganet bingung

pelaminan melayang viral (foto: twitter/@giewahyudi)

Unggahan pelaminan "melayang" yang dikabarkan terjadi di daerah Bandungan, Semarang tersebut sontak menuai banyak reaksi dari warganet. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara pengantin serta para tamu naik ke atasnya.

Seperti komentar @ryanpu "salamannya gimana ini?"

Sementara akun @ari_restunu menulis "Berpikiran positif aja..siapa tau yg nikahan emang hobi naik gunung, jadi bikin pelaminan ala2 pendaki gitu."

Tak hanya itu ada pula warganet yang mengatakan bahwa ide ini sangat kreatif "Kenapa sih orang indonesia kelewat kreatif banget," tulis @dindaapertiwi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lihat Perjuangan Bocah saat Salat Meski Fisik Tak Sempurna

Posted: 29 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perjuangan seorang bocah saat salat ini bisa menjadi pukulan telak bagi kita yang masih malas menunaikan ibadah. Meski fisiknya tak sempurna, bocah ini begitu bersemangat menjalankan salat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertama Kali, Tiongkok Jadi Tuan Rumah Turnamen Esports Dota 2

Posted: 29 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Turnamen esports Dota 2 atau dikenal sebagai The International (TI) yang memasuki tahun ke-9, akan digelar di Shanghai tahun depan.

Kabar tersebut diungkap pemerintah kota Shanghai. Ini kali pertama Tiongkok menjadi tuan rumah turnamen esports tahunan itu.

The International ke-9 tersebut bakal dipertandingkan di Mercedes-Benz Arena di Pudong New Area, Shanghai.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, bakal ada 18 tim teratas di dunia berpartisipasi di turnamen Dota 2 tersebut.

Dikutip dari laman China.org, Jumat (30/11/2018), turnamen pertama di Tiongkok tersebut bakal memperebutkan total uang hadiah sekitar US$ 30 juta, kata Gu Liming, wakil senior presiden Perfect World, operator Dota 2 di Tiongkok.

Pengumuman besar ini mencuat di tengah-tengah perdebatan tentang peraturan dan kebijakan baru yang menargetkan perkembangan esports di Tiongkok.

Tiongkok Serius Tingkatkan Pasar Esports

Beberapa gamer sedang bermain gim (Dewi Widya Ningrum/Liputan6.com)

Momen besar esport ini digunakan oleh pemerintah untuk meluncurkan sistem uji coba pendaftaran untuk para atlet esports.

Sebagai informasi, pemerintah distrik Pudong telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Tencent Esports, Perfect World, dan raksasa gim online Tiongkok lainnya.

Berdasarkan laporan firma analis, CNG, pasar esports Tiongkok diperkirakan bakal melampaui 88 miliar yuan (sekitar Rp 181 triliun) pada 2018 dan meningkat 35 miliar yuan (Rp 72 triliun) dalam dua tahun mendatang.

The International pertama kali digelar di Cologne, Jerman, dan tujuh turnamen berikutnya diadakan di Amerika Serikat dan Kanada.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Merawat Kuku Panjang agar Tetap Bersih, Sehat dan Cantik

Posted: 29 Nov 2018 10:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memanjangkan kuku adalah hal yang umum dilakukan banyak wanita. Sebagian wanita beranggapan memanjangkan kuku adalah bagian dari tren, atau lebih tepatnya fashion. Merawat kuku bagi sebagian orang merupakan suatu kegiatan yang sepele. Namun, tahukah kamu jika merawat kuku ternyata sangat penting.

Bagi sebagian orang, melakukan perawatan kuku hingga beratus-ratus ribu bahkan ada hingga jutaan rupiah demi mendapatkan kuku yang indah hal yang biasa. Di balik biaya yang mahal, kamu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Dan bahkan bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah kamu temukan di sekitar rumah.

Perawatan kuku sangat penting untuk dilakukan mengingat banyak di antara kita yang mencoba memanjangkan kuku serta tidak sedikit juga yang tertarik menghias kuku dengan menggunakan cat kuku. Apabila tidak dirawat dan dipelihara dengan benar, kuku bisa menjadi rapuh, mudah patah, dan berwarna kekuningan. Kondisi tersebut akan membuatnya terlihat tidak menarik dan terkesan jorok.

Berikut cara merawat kuku panjang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/11/2018).

Jaga kebersihan kuku secara teratur

1. Jagalah agar kuku tetap kering dan bersih

Cara merawat kuku panjang dengan menjaga kuku tetap kering dan bersih. Berbagai masalah pada kuku biasanya berawal dari kuman dan bakteri. Pastikan tidak ada ruang bagi sumber penyakit tersebut untuk berkembang biak, termasuk di balik kuku dengan cara mengeringkannya sesaat setelah terkena air atau setelah dicuci.

Kamu juga harus memastikan kulit di sekitar kuku terawat, bersih, dan bebas dari kotoran. Cara merawat kuku panjang adalah dengan membersihkannya menggunakan bahan alami seperti garam dapur yang bisa diterapkan menggunakan sikat gigi yang bisa dimanfaatkan untuk menggosok kuku dan kulit di sekitarnya.

2. Rawatlah kutikula dengan baik

Cara merawat kuku panjang selanjutnya adalah dengan merawat kutikula dengan baik. Kutikula sering dianggap bisa membuat penapilan kuku terlihat jelek. Saat manicure sendiri di rumah, seringkali kita tertarik untuk menyingkirkannya karena kurang sedap dipandang. Tapi tahukah kamu? Kutikula sangat besar peranannya dalam membantu pertumbuhan dan melindungi kuku, karena fungsi utamanya adalah sebagai pelindung bagi matrix kuku.

Cara merawat kuku panjang pada kutikula:

Jangan menyingkirkan atau memotong kutikula karena dapat menyebabkan iritasi dan infeksi, sehingga menyebabkan kuman atau penyakit mudah masuk .

Jika kamu ingin kuku terlihat lebih panjang dan lentik, sebaiknya dorong kutikula dengan menggunakan manicure stick secara lembut dan hati-hati.

Kutikula sangat mudah kering, terkelupas, bersisik, dan retak-retak. Agar tetap sehat dan terlihat cantik, berikan pelembab secara rutin.

Hindari menggunakan cat kuku berbasis aseton dan kurangnya penggunaan sabun ketika mencuci tangan. Hindari kebiasaan menggigit kuku

3. Jaga kebersihan kuku secara teratur

Cara merawat kuku panjang selanjutnya dengan menjaga kebersihan kuku secara teratur. Bersihkan kuku secara teratur dan pastikan semua alat merawat kuku dicuci secara berkala hingga bersih. Jika kamu memelihara dan memanjangkan kuku, pastikan memberikan waktu ekstra untuk membersihkannya demi menghindari penumpukan kotoran di bagian bawah kuku. Cara merawat kuku panjang terbaik dengan menerapkan disinfektan alami berupa tea tree oil.

Gunakan pelembab kuku

Ilustrasi kuku. (dok. pexels.com/Asnida Riani)

4. Gunakan pelembab untuk menjaga agar kuku tetap kuat

Cara merawat kuku panjang lainnya adalah menggunakan pelembab. Pelembab yang dimaksud di sini bukanlah pelembab khusus kuku, melainkan pelembab untuk kulit di sekitar kuku dan kutikula. Merawat kulit di sekitar kuku sama pentingnya dengan merawat kuku itu sendiri. Apabila kulit di sekitarnya kering dan mengelupas, hal tersebut bisa memicu kerusakan pada kuku. Oleh sebab itu, berikan pelembab secara rutin. Selain itu, seperti yang telah disampaikan pada poin sebelumnya, kamu juga wajib menerapkan minyak/cream khusus kutikula yang bisa membantu menjaga kutikula kuku tetap sehat dan bersih.

5. Potonglah kuku secara teratur

Cara merawat kuku panjang selanjutnya adalah memotong kuku dengan teratur. Jika kamu memelihara kuku agar panjang dan cantik, kamu tetap harus melakukan perawatan dengan memotongnya sedikit bagian ujung. Dianjurkan memotong kuku secara lurus lalu berikan lekukan membulat di bagian sudutnya agar tidak mudah patah.

6. Oleskan base coat untuk melindungi kuku

Cara merawat kuku panjang bisa juga dengan mengoleskan base coat. Menerapkan base coat sangat direkomendasikan karena ini merupakan pelindung terbaik bagi kuku yang tidak merepotkan dan tidak merusak penampilan kuku. Bahkan, coat justru akan membuat kuku terlihat lebih putih, mengkilat, serta bersih. Base coat juga sebaiknya diterapkan sebelum kamu menerapkan cat kuku. Fungsinya adalah untuk melindungi agar kuku tidak bersinggungan langsung dengan bahan kimia yang terkandung di dalam cat kuku yang dapat menimbulkan masalah.

Pergunakan cat kuku dengan benar

Kuku sehat dengan minyak zaitun (unsplash.com)

7. Jangan mengikis cat kuku

Cara merawat kuku panjang selanjutnya dengan tidak mengikis cat kuku. Suatu saat, mungkin kamu merasa bosan dengan cat kuku atau ingin segera menggantinya dengan lukisan kuku yang baru, yang lebih cantik, dan lebih bagus. Akan tetapi, mengikis cat kuku dengan menggunakan bahan-bahan berbahaya atau mengerik permukaan kuku secara kasar dapat menyebabkan kuku rusak dan jelek.

Cara terbaik untuk menghapus cat kuku adalah dengan memanfaatkan nail polish remover. Hindari bahan-bahan yang tidak direkomendasikan walaupun bisa menghapus cat kuku dengan cepat.

8. Hindari menggunakan gel dan akrilik

Cara merawat kuku panjang dengan menghindari pemakaian gel dan akrilik. Tidak disanksikan apabila gel dan akrilik bisa membuat kuku terlihat super cantik dan sangat menarik. Namun sayang, kedua bahan untuk mempercantik kuku tersebut bisa menyebabkan kerusakan yang parah pada kuku. Jadi, hindari sepenuhnya penggunaan kedua bahan tersebut.

Acrylic powder mengandung banyak bahan kimia yang dapat menyebabkan kerusakan pada kuku. Tidak hanya di permukaannya, melainkan juga hingga ke bagian bawah kuku. Selain itu, mekanisme pengeringan manicure gel berpotensi menyebabkan kerusakan pada kulit di sekitar kuku.

9. Jangan menggunakan manicure berbasis air

Cara merawat kuku panjang dengan tidak menggunakan manicure berbahan air. Hindari manicure berbasis air sebelum menerapkan cat kuku. Karena jika terkena air, kuku akan mengembang. Menerapkan cat kuku ketika sedang mengembang sangat tidak dianjurkan. Karena setelah mengering, kuku akan kembali menyusut seperti sedia kala. Menerapkan cat kuku saat kuku masih mengembang berpotensi menyebabkan cat kuku jadi retak dan mudah terkikis. Sebaliknya, gunakanlah atau pilihlah manicure berbasis minyak untuk membersihkan kuku sebelum dicat atau diwarnai.

10. Tidak hanya dari luar, ada juga wajib melakukan perawatan kuku dari dalam

Cara merawat kuku panjang dengan melakukan perawatan dari dalam. Kesehatan kuku sangat tergantung pada apa yang kita makan dan bagaimana cara kita merawatnya. Jarang mengkonsumsi makanan yang sehat dan banyak mengandung vitamin serta mineral, yang dibutuhkan oleh kuku, akan membuat kuku mudah patah, mudah rusak, tidak mengkilap, kurang putih, serta rentan terkena penyakit.

Daftar makanan yang baik untuk merawat kuku

Nah, untuk memelihara kuku dari dalam, kamu wajib mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung kalsium, vitamin D, vitamin E, zat besi, protein, magnesium, dan zink. Berikut adalah daftar makanan yang banyak mengandung vitamin serta mineral yang telah disebutkan di atas:

Kacang-kacangan

Buah bit atau beet-root

Kedelai

Biji-bijian

Susu dan produk susu

Daging atau ikan

Semua jenis sayur-sayuran, baik yang berdaun hijau maupun sayuran berwarna

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fenita Disebut-sebut Berselingkuh, Arie Untung Perlihatkan Wajah Laki-lakinya

Posted: 29 Nov 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perselingkuhan yang diketahui pasangan, baru saja terjadi pada Vicky Prasetyo dan Angel Lelga. Rupanya, bukan mereka saja, tapi juga terjadi pada Arie Untung.

Melalui akun Instagram, Kamis (29/11/2018), Arie Untung menuliskan mengenai perselingkuhan. Ia pun menceritakan kehebohan "perselingkuhan" yang dilakukan istrinya, Fenita. 

"SELINGKUH. Katanya.. Selingkuh itu pilihan bukan khilaf. Setia itu tanggung jawab bkn pilihan. Alhamdulillah atas izin Allah. sampe hari ini aku masih dijodohkan sama org di sebelah ini. Walaupun jujur dia sering " selingkuh" dr aku," tulis Arie Untung.

Tanpa Celana Dalam

(Instagram/fenitarie)

Arie Untung juga membongkar kelakuan Fenita hampir tiap malam. "Ternyata? Hampir tiap malam istriku tidur sama cowok yg gapake celana dalam. Mau tau tersangkanya?" tambah Arie Untung.

Ini Laki-lakinya

Fenita Arie (Foto: Instagram)

Tanpa segan, Arie Untung memperlihatkan wajah laki-laki yang selalu tidur bersama Fenita.

"Nih (sambil menunjuk) @baby_athalla. (Geser untuk melihat orangnya yg sering main mata sama istriku). #masyaallahtabarakallah," pungkasnya.

Athalla merupakan anak ketiga Arie Untung dan Fenita. Saat ini, Athalla baru berusia dua tahun. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Barito Putera Vs Borneo FC: Menjaga Kesucian Kandang

Posted: 29 Nov 2018 10:20 PM PST

Jakarta Barito Putera bakal menjamu Borneo FC pada laga pekan ke-33 Liga 1 2018 di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Jumat (30/11/2018). Tim berjuluk Laskar Antasari itu berambisi menjaga kesucian kandang mereka pada Liga 1 musim ini.

Mengacu pada tabel klasemen, Barito Putera tercecer di peringkat ke-11 dengan raihan 43 poin. Sebagian besar poin yang didapat Barito Putera berasal dari laga kandang.

Sampai saat ini, Barito Putera menjadi salah satu dari klub Liga 1 yang belum terkalahkan pada laga kandang. Klub kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan itu tercatat meraih delapan kemenangan dan delapan kali imbang.

"Harapan saya tim ini bisa sukses dalam pertandingan nanti dan bisa menutup pertandingan di kandang dengan manis. Semoga bisa dimanfaatkan momen ini dan tim bisa meningkatkan peringkat," kata Jacksen dalam konferensi pers jelang laga.

Barito Putera sudah bisa memainkan Gavin Kwan Adsit dan Rizky Pora yang tuntas membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Namun, Hansamu Yama masih mengalami cedera.

Sementara itu, Borneo FC juga tak ingin lawatannya ke Banjarmasin berujung kekecewaan. Pesut Etam membutuhkan kemenangan untuk memperbaiki peringkat. Saat ini mereka berada di urutan kelima dengan raihan 48 angka.

Asisten pelatih Borneo FC, Ahmad Amiruddin, mengatakan timnya menargetkan pon dalam lawatan ke markas Barito Putera. 

"Kami berangkat bawa 20 pemain, termasuk Muhammad Ridho. Kami berharap bisa membawa hasil positif dari Banjarmasin, dapat poin di kandang Barito Putera," ujar Amiruddin.

Laga nanti menjadi pertemuan ketujuh buat kedua tim. Sejauh ini, Borneo FC sudah memenangi tiga laga, Barito Putera meraih dua kemenangan, dan satu laga berakhir imbang.

Data - Fakta

Prakiraan susunan pemain

Barito Putera (3-5-2): Muhammad Riyandi (kiper), Hansamu Yama Pranata, Aaron Michael Evans, Muhammad Rifqi (belakang) Gavin Kwan Adsit, Ady Setiawan, Paulo Sitanggang, Douglas Packer, Rizky Rizaldi Pora (tengah), Samsul Arif, Marcel Sacramento (depan)

Pelatih: Jacksen F Tiago (Brasil)

Borneo FC (4-3-3): Nadeo Agrawinata (kiper), Diego Michiels, Renan Da Silva Alves, Wildansyah, Abdul Rahman (belakang), Sultan Samma, Dirga Lasut, Tijani Belaid (tengah), Titus Bonai, Matias Conti, Abrizal Umanailo (depan)

Pelatih: Dejan Antonic (Borneo FC)

Head to head

  • 16/7/2018 - Borneo FC 2-1 Barito Putera (Liga 1)
  • 1/10/2017 - Barito Putera 2-1 Borneo FC (Liga 1)
  • 7/6/2017 - Borneo FC 2-1 Barito Putera (Liga 1)
  • 7/2/2017 - Borneo FC 0-0 Barito Putera (Piala Presiden)
  • 1/12/2016 - Barito Putera 1-0 Borneo FC (ISC A)

Lima pertandingan terakhir Barito Putera

  • 24/11/2018 - Arema FC 3-1 Barito Putera (Liga 1)
  • 17/11/2018 - Barito Putera 2-1 Mitra Kukar (Liga 1)
  • 12/11/2018 - Sriwijaya FC 2-0 Barito Putera (Liga 1)
  • 5/11/2018 - Barito Putera 3-1 PS Tira (Liga 1)
  • 30/10/2018 - Persija Jakarta 3-0 Barito Putera (Liga 1)

Lima pertandingan terakhir Borneo FC

  • 26/11/2018 - Borneo FC 3-2 Persela Lamongan (Liga 1)
  • 16/11/2018 - Perseru Serui 3-1 Borneo FC (Liga 1)
  • 10/11/2018 - Borneo FC 2-1 PSIS Semarang (Liga 1)
  • 3/11/2018 - PSMS Medan 3-2 Borneo FC (Liga 1)
  • 29/10/2018 - Borneo FC 3-0 Bhayangkara FC (Liga 1)

Prediksi Bola.com

Barito Putera 55-45 Borneo FC

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

50 Ribu Personel Gabungan Amankan Natal, Tahun Baru, dan Pilpres 2019

Posted: 29 Nov 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin apel pengamanan Natal, Tahun Baru dan Pileg/Pilpres 2019 di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Apel juga dihadiri Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Hadi mengatakan, sebanyak 50 ribu personel akan disiagakan untuk mengamankan seluruh kegiatan menyambut pesta demokrasi yang meliputi unsur Angkatan Laut, Angkatan Darat, Udara serta personel Polri.

"Kita yang hadir di Monas ini mewakili seluruh prajurit TNI-Polri dari seluruh Indonesia. Kita mewalili rekan yang bertugas di Satuan Kerja dan Komando Kerja di perbatasan dan pulau-pulau terluar dan yang masih bertugas di wilayah bencana alam dan konflik internasional," ucap Hadi Tjahjanto, Jumat (30/11/2018).

"Apel mewakili seluruh prajurit yang ada di Indonesia. Dari TNI berjumlah 43 ribu dan kepolisian 9 ribu. Jadi lebih dari 50 ribu kekuatan," tambah Hadi.

Menurut Hadi, Polri-TNI memiliki hubungan yang luar biasa. Sehingga, dapat menciptakan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi aman.

"Seperti yang diketahui pada 2018 TNI-POLRI telah bersinergi sukseskan berbagai event, Asian Games, Para Games, KTT IMF, dan pengamanan pilkada serentak termasuk sebelumnya mudik dan balik dalam rangka memperingati hari raya. Itu semuanya berkat sinergitas kerjasama TNI dan Polri," ucap dia.

Sinergitas TNI dan Polri

50 Personel Gabungan Akan Amankan  Natal, Tahun Baru, dan  Pilpres 2019 (FOTO: Liputan6.com/ Ronald)

Sementara itu, Tito mengungkapan sinergitas dan konsolidasi yang sudah terjalin antara TNI dan Polri. Menurutnya itu adalah kunci untuk menciptakan negara yang aman dan nyaman.

"Keamanan yang sudah terjadi selama ini kuncinya karena adanya sinergi yang luar biasa antara TNI dan Polri. Saya merasakan betul bagaimana dukungan yang baik dari TNI, karena adanya kerjasama dan sinergi yang tulus dari tni polri di semua level. Saya ucapkan terima kasih kepada panglima dan Kepala staf dan prajurit TNI dengan terus menunjukan kerjasama TNI-Polri," kata Tito.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luhut: Utang RI Tergolong Kecil, Itu Diakui Bank Dunia

Posted: 29 Nov 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan angkat suara terkait pernyataan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto. Diketahui Prabowo sempat menyentil soal utang yang justru digunakan untuk impor bukan untuk produksi.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan ini menegaskan bahwa pendapatan negara didominasi oleh penerimaan pajak, yakni sebesar 83,5 persen.

"Negara kita tidak miskin-miskin banget kok. Tax Ratio kita 12 persen. Penerimaan APBN kita 83,5 persen dari Pajak. Naik ini," kata dia, di kantornya, Jakarta, Jumat (30/11/2018).

Dia pun menegaskan bahwa Indonesia tidak memiliki masalah dalam hal pembiayaan. Indonesia juga memiliki fundamental ekonomi yang kuat.

Terkait sentilan soal utang yang besar, menurut Luhut, pernyataan tersebut pun bertolak belakang dengan pengakuan dari lembaga internasional, yakni Bank Dunia yang menyatakan utang Indonesia masih tergolong sedikit.

"Kami enggak ada masalah soal financing. World Bank itu bilang state base kita kredibel. Jadi kalau ada yang ngomong utang numpuk, orang World Bank itu malah bilang, utangnya dikit kali. Jadi tidak betul itu. Asbun (asal bunyi) saja itu," tegasnya.

 

Pernyataan Prabowo

Calon Presiden Prabowo Subianto menyapa pendukungnya di sepanjang jalan Imam Bonjol usai pengambilan nomor urut di Gedung KPU Jakarta, Jumat (21/9). Pasangan Prabowo-Sandi mendapat nomor urut 2. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sebagai informasi, calon Presiden (capres) nomor urut 02, Prabowo mengomentari para elite politik yang kerap berutang kepada asing. Menurutnya, utang yang dilakukan oleh elite politik justru digunakan untuk impor dan bukan untuk produksi. Termasuk di antaranya dipakai untuk mengimpor kebutuhan pangan Indonesia.

"Utang perlu dan utang bisa. Kalau utang digunakan untuk produksi. Ternyata utang kita digunakan untuk impor, impor dan merugikan rakyat sendiri," kritik Prabowo saat bertemu relawan dan pendukungnya di Gedung Sasana Hinggil, Yogyakarta, Rabu (28/11).

Prabowo juga menuding jika saat ini bangsa Indonesia hidup dari utang. Menurutnya, kondisi kerap berutang ini membuat Indonesia tak bisa menjadi negara yang berdikari.

"Semua itu karena bangsa kita utang. Bangsa kita hidup dari utang. Bayar gaji dari utang. Bisa berbuat apa-apa dengan utang. Ini bukan ekonomi bisa langgeng, bisa lanjut. Tidak ada negara yang bisa hidup hanya dari utang," papar Prabowo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1 Dua Pekan Terakhir, Laga Penentuan Juara dan Hadapi Ancaman Degradasi

Posted: 29 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Liga 1 sebagai kompetisi kasta tertinggi di Indonesia ini tinggal menyisakan dua pekan lagi, pekan ke-33 dan 34. Pekan ke-33 Liga 1 akan mulai bergulir pada hari Jumat (30/11/2018). Rentetan pertandingan yang akan berlangsung menjanjikan banyak hal menarik karena ketatnya persaingan perebutan gelar juara dan upaya menghindari degradasi. 

Di papan atas, PSM Makassar dan Persija Jakarta masih ketat berebut gelar juara Liga 1 2018. PSM berada di puncak klasemen Liga 1 dengan nilai 57, sedangkan Persija setingkat di bawahnya dengan nilai terpaut satu angka.

Sementara di papan bawah Liga 1, persaingan untuk menghindari degradasi juga  sangat sengit. PSMS Medan, yang akan menjamu Persebaya, kini masih terpuruk di dasar klasemen dengan nilai 34. Sementara di peringkat atasnya ada PS Tira, Sriwijaya FC, dan Perseru Serui yang sama-sama mengantongi 36 poin. Keempat tim akan bersaing dalam upaya menghindari jadi tiga tim terbawah dalam klasemen Liga 1.

Perebutan Gelar Juara Liga 1 2018

Persaingan untuk merebut gelar juara Liga 1 2018 hanya menyisakan dua tim yang berpeluang jadi yang terbaik yakni Persija Jakarta dan PSM Makassar. Selisih antara PSM Makassar dan Persija Jakarta hanya berjarak satu poin.

PSM Makassar menempati puncak klasemen sementara Liga 1 dengan 57 poin. Sementara posisi kedua ditempati Persija Jakarta dengan nilai 56. Pada pekan ke-33 PSM akan bermain melawan tuan rumah Bhayangkara FC. Sementara Persija bakal menantang Bali United. 

Pekan ke 33 Liga 1 ini merupakan laga penentuan PSM Makassar dan Persija Jakarta. Pasalnya, seusai pekan ke-33 rampung, jika dua klub masih berpotensi menjadi juara, maka akan digelar pertandingan secara berbarengan untuk kedua klub tersebut. Dalam hal ini, PSM Makassar dan Persija Jakarta masih saling sikut di puncak klasemen sementara Liga 1. Dikutip Liputan6.com dari Bola.net, CEO PT Liga Indonesia Baru (LIB), Risha Adi Wijaya, mengatakan pihaknya baru akan melakukan keputusan seusai pekan ke-33.

Menghindari Ancaman Degradasi Liga 1

Sementara di papan bawah ada PSMS Medan yang masih menjadi penghuni dasar klasemen sementara Liga 1 2018. Tim berjuluk Ayam Kinantan ini hingga pekan ke-32 baru mengoleksi nilai 34. PSMS saat ini berselisih dua poin dari PS Tira yang ada di posisi 17 dengan 36 poin. Di peringkat 15 dan 16 ada Perseru Serui dan Sriwijaya FC yang memiliki poin sama.

Namun, beruntung PSMS dan PS Tira masih memiliki tiga laga tersisa atau satu laga lebih banyak dari kompetitor di papan bawah. Nilai maksimal PSMS jika mampu menyapu bersih pada tiga laga adalah 43 poin. Sedangkan Perseru dan Sriwijaya FC nilai maksimal dengan dua laga tersisa adalah 42. Melihat angka tersebut, kesempatan untuk PSMS dapat bertahan di Liga 1 musim depan masih terbuka, dengan syarat tiga kemenangan harus dikantongi.

Jadwal Liga 1 Pekan ke-33

Pada hari pertama, pekan ke-33 Liga 1 ada duel penting sesama penghuni papan bawah, Sriwijaya FC versus Mitra Kukar. Duel itu sangat krusial bagi kedua tim. Pasalnya, kemenangan bisa menyelamatkan keduanya dari ancaman degradasi di akhir kompetisi. 

Selanjutnya, pada Sabtu (1/12/2018), ada empat pertandingan yang bakal dimainkan di Liga 1. Yakni Perseru Serui versus Madura United yang bakal berduel di stadion Marora, Serui, serta PSIS Semarang kontra Persipura Jayapura di stadion Moch. Soebroto, Magelang. Ada juga laga seru Persela Lamongan menjamu Persib Bandung, sementara PSMS Medan akan bersua dengan Persebaya Surabaya di stadion Teladan, Medan.

Pada hari ketiga pekan ke-33 Liga 1, Minggu (2/12/2018), giliran empat tim yang bertanding. Pertandingan pertama ada PS Tira kontra Arema FC di stadion Sultan Agung, Bantul. Selanjutnya akan ada Persija yang menjalani laga tandang ke markas Bali United. Laga ini penting karena jika Persija sampai tergelincir, gelar juara Liga 1 2018 jadi taruhannya.

Pada hari terakhir pekan ke-33 Liga 1, Senin (3/12/2018), hanya ada satu pertandingan yang digelar, yakni duel Bhayangkara FC melawan PSM Makassar. Pertandingan tersebut akan digelar di stadion PTIK, Jakarta pada pukul 18.30 WIB.

Buat PSM, laga ini sangat penting dalam upaya perburuan gelar juara dengan Persija. Sama halnya Persija, seandainya sampai imbang atau bahkan kalah pada laga ini, ambisi merengkuh gelar juara Liga 1 bisa berantakan.

Berikut ini jadwal lengkap Liga 1 Pekan ke-33

Jumat (30/11/2018)

Sriwijaya FC vs Mitra Kukar

Jam 15.30 WIB 

Stadion: Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang

Live: TV One

 

Barito Putera vs Borneo FC

Jam 18.30 WIB 

Stadion: 17 Mei, Banjarmasin

Live: Indosiar

 

Sabtu (1/12/2018)

Perseru Serui vs Madura United

Jam 13.30 WIB

Stadion: Marora, Serui

Live: -

 

Persela Lamongan vs Persib Bandung

Jam 15.30 WIB 

Stadion: Surajaya, Lamongan

Live: Indosiar

 

PSIS Semarang vs Persipura Jayapura

Jam 15.30 WIB 

Stadion: Moch. Soebroto, Magelang

Live: O Channel

 

PSMS Medan vs Persebaya Surabaya

Jam 18.30 WIB 

Stadion: Teladan, Medan

Live: Indosiar

 

Minggu (2/12/2018

PS Tira vs Arema FC

Jam 15.30 WIB 

Stadion: Sultan Agung, Bantul

Live: Indosiar

 

Bali United vs Persija Jakarta

Jam 18.30 WIB 

Stadion: I Wayan Dipta, Gianyar

Live: Indosiar

 

Senin (3/12/2018)

Bhayangkara FC vs PSM Makassar

Jam 18.30 WIB 

Stadion: PTIK, Jakarta

Live: Indosiar

Jadwal Liga 1 Pekan ke-34

Sementara pekan ke-34 Liga akan dilangsungkan mulai Jumat (7/12/2018) sampai Minggu (9/12/2018). Berikut ini jadwal lengkap Liga 1 pekan ke-34. 

Jumat (7/12/2018) 

Arema FC vs Sriwijaya FC pukul 15.30 WIB

 

Sabtu (8/12/2018) 

Persipura Jayapura vs Perseru Serui pukul 13.00 WIB

Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang pukul 15.30 WIB

Persija Jakarta vs Mitra Kukar pukul 18.30 WIB

 

Minggu (9/12/2018)

Bhayangkara FC vs Bali United pukul 15.30 WIB

PSM Makassar vs PSMS Medan pukul 15.30 WIB

Persib Bandung vs PS Barito Putera pukul 18.30 WIB

Madura United FC vs Persela Lamongan pukul 18.30 WIB

Borneo FC vs PS Tira pukul 18.30 WIB

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Menu Makanan Mewah dari 5 Benua di Pesta Pernikahan Crazy Rich Surabayan

Posted: 29 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jusup Maruta Cayadi dan Clarissa Wang menarik perhatian warga net, lantaran pesta pertunangan dan foto pre-wedding mereka yang super mewah. Pasangan yang disebut sebagai Crazy Rich Surabayan ini rencananya akan menggelar pesta pernikahan pada Sabtu, 1 Desember 2018, di Grand Ballroom Hotel Mulia, Nusa Dua, Bali. 

Dari sekian banyak persiapan, makanan untuk menjamu tamu undangan jadi satu poin krusial yang tentu diperhatikan Jusup dan Clarissa. Karenanya, hidangan spesial sudah dipersiapkan demi memaksimalkan perayaan hari bahagia mereka.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (30/11/18), berikut deretan menu makanan mewah di pesta pernikahan pasangan Crazy Rich Surabayan yang asalnya sama dengan lokasi foto pre-wedding mereka, yakni dari lima benua.

Amerika

Lobster Kanada, dan napa salad yang berisi sayuran organik bakal jadi menu ala Amerika Utara yang diboyong ke pernikahan Jusup dan Clarissa.

Asia

Crispy chicken kathi roll, beef shortrib sliders, juga sushi dan sashimi jadi menu pilihan di seksi Asia. Selain itu, ada juga makanan Indonesia seperti sate lilit babi guling, nasi campur, martabak manis cokelat dan keju, pisang goreng, pisang penyet, kue putu bumbung, bubur injin, tape goring, serta aneka jajanan pasar.

Eropa

Sementara hidangan dari Eropa yang bakal tersaji di pesta pernikahan Jusup dan Clarissa adalah vichyssoise hangat Perancis dengan truffle hitam, kentang putih hangat, dan sup bawang prei dengan es krim truffle hitam.

Afrika

Shakshuka-Style, ikan todak dengan bumbu asli, dan cabai panggang jadi menu khas Benua Hitam yang bakal menemani santap tamu undangan di pesta pernikahan Jusup dan Clarissa.

Australia

Pan seared prime Australian dan black angus tenderloin jadi menu pilihan asal Australia untuk dihidangkan bagi tamu undangan pesta pernikahan pasangan Crazy Rich Surabayan tersebut. Kemudian, ada pula sajian ringan berupa California orange dan wild lime sorbet. (Mariany)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Nikel, Indonesia Bisa Menguasai Rantai Pasok Baterai Lithium

Posted: 29 Nov 2018 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia dalam waktu dekat bakal melakukan ground breaking untuk pabrik baterai lithium. Berlokasi di Morowali, Sulawesi Tengah, Indonesia diklaim bakal menjadi produsen baterai lithium terbesar di dunia.

Secara sumber daya alam (SDA), memang tidak ada material lithium di Tanah Air. Namun perlu dingat, Indonesia merupakan penghasil nikel terbesar di dunia.

Hal tersebut juga diutarakan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, sekaligus harga nikel di pasaran saat ini juga merangkak naik.

"Jadi akan bermuara pada lithium battery, ini akan menjadi faktor kunci karena akan menekan harga mobil listrik, lithium battery mengarah kepada kandungan nikel yang semakin besar," jelas Luhut.

Sementara itu, menurut Ketua Tim Peneliti Baterai Lithium Universitas Sebelas Maret (UNS), Agus Purwanto, kandungan baterai lithium-ion itu, terdiri dari anoda, katoda, dan elektrolit.

"Untuk material katoda, kita punya potensi besar untuk materialnya, yaitu nikel," jelas Agus saat berbincang dengan Liputan6.com melalui pesan elektonik, Kamis (29/11).

Selanjutnya

Agus melanjutkan, material katoda yang mengandung nikel dan umum digunakan di baterai lithium ion, adalah Li-NMC (lithium-Nikel Mangan Cobalt oksida) dan Li-NCA (Lithium-Nikel Cobalt Alumunium Oksida).

"Jadi, potensi ini yang ditunjukan oleh Bapak Menko," tegasnya.

"Kita punya kandungan nikel yang banyak, sehingga seharusnya kita bisa menguasai salah satu rantai pasok baterai lithium," pungkasnya.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiga Jenazah Misterius Terapung di Perbatasan Malaysia

Posted: 29 Nov 2018 10:01 PM PST

Liputan6.com, Pekanbaru - Sejumlah nelayan yang biasa mencari ikan di perbatasan Indonesia dengan Malaysia, tepatnya di Selat Malaka, menemukan tangkapan tak biasa. Bukannya ikan, tapi jenazah manusia yang mulai bengkak karena diduga terapung selama beberapa hari.

Tak hanya satu, nelayan lainnya melihat dua jenazah misterius lain juga mengapung dengan kondisi mengenaskan. Para nelayan lalu menepi untuk melaporkan temuan ini ke kepolisian yang bertugas menjaga perbatasan di Perairan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Kapolsek Bantan Ajun Komisaris Johari menjelaskan, nelayan itu menemukan tiga jenazah ketika melaut pada Kamis, 29 November 2018 pukul 09.30 WIB. Pihaknya mengerahkan kapal untuk mengevakuasi tiga jenazah itu, di mana dua di antaranya berjenis kelamin laki-laki.

Hingga kini, petugas kesulitan mengidentifikasi apakah jenazah misterius itu berasal dari Indonesia atau Malaysia. Polisi juga belum memastikan apakah jasad itu merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang pulang dari Malaysia.

"Belum diketahui karena tidak ada identitas ditemukan, barang bawaan juga tidak ditemukan mengapung di perairan," kata Johari.

 

Ditemukan Ringgit Malaysia

Ilustrasi Jasad (Istimewa)

Johari menambahkan tiga jenazah dibawa ke rumah sakit terdekat untuk divisum dan autopsi. Hal ini untuk mengetahui apakah ada tanda-tanda kekerasan pada tubuh jenazah.

"Hingga kini belum bisa dipastikan penyebab kematiannya," kata Johari.

Hingga kini, Johari juga menyatakan pihaknya belum menerima laporan orang kehilangan. Keadaan ini kian mempersulit kepolisian mengindentifikasi asal jasad itu.

Menurut Johari, evakuasi yang dibantu TNI AL dan Basarnas itu berjarak satu mil dari bibir pantai.

Sekadar informasi, jenazah mengapung di perairan perbatasan Indonesia dengan Malaysia juga ditemukan pada Sabtu, 24 November 2018. Jenazah itu tidak membawa identitas.

Hanya saja kala itu, petugas menemukan Ringgit Malaysia sebesar 2.600 dari kantong celana jasad berjenis kelamin laki-laki itu. Hasil pemeriksaan, tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan pada tubuhnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menyusui Bayi Tak Perlu Tunggu Produksi ASI Banjir

Posted: 29 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bayi yang lahir cukup bulan atau lebih dari 37 minggu memang masih bisa bertahan sekitar dua hari tanpa pemberian Air Susu Ibu (ASI). Namun, bukan berarti ibu tidak melakukan usaha agar ia menyusu. Salah satu caranya lewat inisiasi menyusu dini (IMD).

"Kalau bayi yang lahir cukup bulan, cadangan (makanan) masih banyak. Namun, pada bayi lahir cukup bulan jangan mentang-mentang enggak apa-apa, terus enggak usah diberikan ASI," kata dokter spesialis anak RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, Rinawati Rohsiswatmo, saat peluncuran bukunya ASI untuk Bayi Prematur di Jakarta. 

Sebisa mungkin, kata Rina, ibu yang baru melahirkan melakukan IMD. Ini merupakan langkah yang sangat baik untuk memudahkan bayi dan ibu dalam memulai proses menyusui.

"Tempelin aja, enggak apa-apa. Masa setetes ASI enggak ada. Ibu enggak perlu nunggu ASI banjir baru nyusuin," saran wanita yang mendalami bidang neonatologi ini.

Bila di awal kehadiran bayi ini ibu rajin menempelkan bibir bayi ke area puting, si Mungil akan mengisap-isap. Aktivitas ini selain mendekatkan hubungan ibu dan anak, juga merangsang produksi ASI yang lebih banyak.

Langkah IMD

Ilustrasi inisiasi menyusu dini (IMD) (iStockphoto)

Di laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia dijelaskan secara detail langkah-langkah IMD. Tindakan ini dilakukan segera setelah bayi lahir yang nantinya bakal menguntungkan bagi ibu dan bayi.

Seperti dikutip laman IDAI, Jumat (30/11/2018) berikut langkah IMD:

1. Segera setelah bayi lahir dan diputuskan tidak memerlukan resusitasi, letakkan bayi di atas perut ibunya (bila sectio, bayi diletakkan di atas dada) dan keringkan bayi mulai dari muka, kepala, dan bagian tubuh lainnya, kecuali kedua tangannya.

Bau cairan amnion pada tangan bayi akan membantunya mencari puting ibu yang mempunyai bau yang sama. Maka agar baunya tetap ada, dada ibu juga tidak boleh dibersihkan. Mengeringkan tubuh bayi tidak perlu sampai menghilangkan verniks karena verniks dapat berfungsi sebagai penahan panas pada bayi.

2. Setelah tali pusat dipotong dan diikat, tengkurapkan bayi di atas perut ibu dengan kepala bayi menghadap ke arah kepala ibunya.

3. Kalau ruang bersalin dingin, berikan selimut yang akan menyelimuti ibu dan bayinya, dan kenakan topi pada kepala bayi.

4. Pengamatan oleh Windstrom, Righard dan Alade memperlihatkan bahwa bayi-bayi yang tidak mengalami sedasi mengikuti suatu pola perilaku prefeeding yang dapat diprediksi. Apabila bayi dibiarkan tengkurap di perut ibu, selama beberapa waktu bayi akan diam saja, tetapi tetap waspada melihat kesekelilingnya.

5. Setelah 12-44 menit bayi akan mulai bergerak dengan menendang, menggerakkan kaki, bahu dan lengannya. Stimulasi ini akan membantu uterus untuk berkontraksi. Meskipun kemampuan melihatnya terbatas, bayi dapat melihat areola mammae yang berwarna lebih gelap dan bergerak menuju ke sana. Bayi akan membentur-benturkan kepalanya ke dada ibu. Ini merupakan stimulasi yang menyerupai pijatan pada payudara ibu.

6. Bayi kemudian mencapai puting dengan mengandalkan indera penciuman dan dipandu oleh bau pada kedua tangannya. Bayi akan mengangkat kepala, mulai mengulum puting, dan mulai menyusu. Hal tersebut dapat tercapai antara 27 - 71 menit.

7. Pada saat bayi siap untuk menyusu, menyusu pertama berlangsung sebentar, sekitar 15 menit, dan setelah selesai, selama 2-2,5 jam berikutnya tidak ada keinginan bayi untuk menyusu. Selama menyusu bayi akan mengkoordinasi gerakkan mengisap, menelan, dan bernapas.

8. Setelah usai tindakan inisiasi menyusu dini ini, baru tindakan asuhan keperawatan seperti menimbang, pemeriksaan antropometri lainnya, penyuntikan vitamin K1, dan pengolesan salep pada mata bayi dapat dilakukan.

9. Tunda memandikan bayi paling kurang 6 jam setelah lahir atau pada hari berikut.

10. Bayi tetap berada dalam jangkauan ibunya agar dapat disusukan sesuai keinginan bayi (rooming in / rawat gabung).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Morgan Stanley Ramal Dolar AS Bakal Tertekan hingga 2020

Posted: 29 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Washington D.C. - Lembaga Keuangan Morgan Stanley memprediksi Dolar Amerika Serikat (AS) akan melemah pada tahun depan bahkan hingga 2020. Bank Sentral Amerika Serikat (AS) juga berpotensi rehat dulu dalam menaikkan suku bunganya.

Dilansir CNBC, Jumat (30/11/2018), Ini setelah The Fed diprediksi tidak menaikkan suku bunga pada pertengahan tahun, seiring perkiraan ekonomi AS akan tumbuh melambat pada tahun depan. 

Hans Redekar, Kepala Global Strategi Forex Morgan Stanley mengatakan, faktor lain yang mempengaruhi depresiasi Dolar AS adalah Eropa, Jepang, dan China yang mulai tak berminat berinvestasi di pasar keuangan dunia. Kondisi ini membuat permintaan dolar AS akan menurun.

Adapun penguatan dolar pada tahun ini terjadi berkat ekonomi AS yang membaik serta tingginya imbal hasil surat utang yang tinggi. Itu tak terlepas dari pengaruh kenaikkan suku bunga Fed. Alhasil, permintaan dolar meningkat dan nilai tukarnya menguat.

Pada tahun ini, indeks dolar tercatat naik sekitar 4,9 persen. Akan tetapi, Morgan Stanley memprediksi bahwa indeks itu akan turun dari 97 ke 85 pada kuartal IV di 2019, dan menjadi 81 pada akhir 2020.

Awal minggu ini, Morgan Stanley juga meningkatkan saham di pasar berkembang dari underweight menjadi overweight.

Sementara, ekuitas AS turun menjadi underweight. Pasalnya, Morgan Stanley memprediksi ada perkembangan stabil di ekonomi pasar negara berkembang di tahun 2019.

Tahun lalu, Presiden Donald Trump sendiri pernah menyebut bahwa dolar terlalu kuat, dan dia sejak lama menyindir Bank Sentral negaranya agar jangan menaikkan suku bunga karena dipandang merugikan ekonomi. Ditambah lagi, Trump juga menuding China memanipulasi mata uang mereka untuk memperkuat ekspor.

 

Sentimen Dalam Negeri Dongkrak Rupiah hingga Sentuh 14.339 per Dolar AS

Petugas melakukan pengepakan lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Bank Indonesia (BI) mempersiapkan Rp 193,9 triliun untuk memenuhi permintaan uang masyarakat jelang periode Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali menguat pada perdagangan Kamis ini usai mengalami tekanan pada kemarin.

Mengutip Bloomberg, Kamis, 29 November 2018, rupiah dibuka di angka 14.465 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.529 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.339 per dolar AS hingga 14.465 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 5,88 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.408 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.535 per dolar AS.

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, pelemahan rupiah sempat menghalangi potensi penguatan rupiah, namun masih adanya sejumlah sentimen positif domestik membuat rupiah kembali perkasa.

"Adanya keputusan BI mempertahankan kebijakan pre-emptive dan ahead the curve guna menjaga stabilitas ekonomi pada 2019, berpotensi membuat suku bunga semakin meningkat, sehingga pelaku pasar cenderung bereaksi negatif, meskipun akan positif untuk pergerakan rupiah," ujar Reza dikutip dari Antara.

Ia menuturkan, sentimen negatif diharapkan dapat lebih berkurang sehingga laju rupiah tetap bertahan positif.

"Adanya komentar The Fed terkait dengan arah suku bunga yang cenderung netral membuat kenaikan dolar AS tertahan sehingga diharapkan dapat direspon positif rupiah untuk dapat berbalik naik," katanya.

Nilai tukar rupiah hari ini diperkirakan akan bergerak di kisaran 14.530 per dolar AS hingga 14.515 per dolar AS.

Sebelumnya, pergerakan dolar AS yang cenderung menguat jelang pertemuan KTT G-20 Summit yang akan mempertemukan Presiden Xi Jinping dan Presiden Trump, berimbas pada pergerakan sejumlah mata uang Asia, termasuk rupiah yang berbalik melemah.

Di sisi lain, sejumlah sentimen positif dari dalam negeri belum cukup mampu mengangkat rupiahyang dibarengi dengan penguatan dolar AS tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pemain Ini Kandidat Pengganti Hazard di Chelsea

Posted: 29 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penampilan Eden Hazard bersama Chelsea musim ini sangat mengesankan. Ia sudah mengemas tujuh gol.

Hazard pun tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Chelsea musim ini. Penampilan Hazard juga mendapat pujian di Piala Dunia 2018 kemarin. Ia berhasil mengantarkan negaranya Belgia meraih juara ketiga di Rusia.

Kontrak Hazard dengan Chelsea akan berakhir pada tahun 2020. Namun, ia sudah menyatakan bisa meninggalkan klub pada musim panas nanti.

Kepergian Hazard tentu akan memaksa Chelsea mencari pengganti pemain asal Belgia tersebut. Meski sulit, itu harus dilakukan The Blues.

Berikut ini lima kandidat pengganti Eden Hazard di Chelsea seperti dilansir Sportskeeda.

Leon Bailey

Aksi pemain Leverkusen, Leon Patrick Bailey (kanan) berebut bola dengan pemain Bayern Munchen, Rafinha pada lanjutan Budesliga di Bay Arena, Laverkusen, (12/1/2018). Bayern Munchen menang 3-1. (AFP/Sascha Schuermann)

Bayer Leverkusen sudah menghasilkan beberapa talenta terbaik pada musim ini dan salah satunya adalah Leon Bailey. Bailey adalah pemain sayap yang sangat cepat, agresif dan produktif yang juga bisa bermain sebagai false nine dan telah dikaitkan dengan Chelsea sejak awal musim ini.

Kemampuannya bermain di kedua sisi sayap membuatnya menjadi pemain yang sangat produktif, mirip seperti Hazard. Pemain asal Jamaika itu bisa pindah ke klub lain dan Chelsea terlihat seperti tujuan sempurna bagi sang pemain.

Kemampuan dribbling dan permainan Bailey juga menarik minat dari klub-klub besar lainnya di Eropa seperti Liverpool. Dia pasti bisa pindah ke klub baru pada bulan Januari dan Stamford Bridge sepertinya adalah tujuan yang tepat.

Wilfried Zaha

Bek Chelsea, David Luiz, berebut bola dengan striker Crystal Palace, Wilfried Zaha, pada laga Premier League di Stadion Selhurst Park, Sabtu (14/10/2017). Crystal Palace menang 2-1 atas Chelsea. (AP/Alastair Grant)

Pemain berusia 25 tahun itu dianggap sebagai pemain gagal saaat bermain di Manchester United. Namun, Zaha berhasil mencuri perhatian setelah ia kembali bergabung dengan Palace. Dengan kemampuan yang dimilikinya, Zaha pasti bisa menuju ke salah satu klub top di Eropa dalam waktu dekat.

Meski Arsenal sudah menunjukkan minat, Chelsea harus bergerak cepat dan merekrut sang pemain untuk menggantikan Hazard. Zaha akan bergabung dengan pemain-pemain seperti Willian dan N'Golo Kante untuk membangun salah satu tim terbaik di dunia sepakbola.

Palace jelas tidak akan melepas sang pemain dengan harga murah. Sebab, Zaha sudah menjadi pemain yang sangat penting di Selhurst Park.

Florian Thauvin

2. Florian Thauvin - Sempat merasakan atmosfer Premier League bersama Newcastle. Namun dirasa tidak cocok dengan permainan the magpies, Thauvin kembali ke klub asalnya, Marseille. (AFP/Romain Lafabregue)

Juara Piala Dunia itu tampil sensasional pada musim ini dan sudah mencetak 10 gol dari 11 pertandingan di Ligue 1. Hal itu membuatnya menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di Prancis.

Thauvin bisa dimainkan sebagai gelandang serang dan sudah dianggap sebagai salah satu talenta terbaik di Ligue 1. Ia sudah dikaitkan dengan Chelsea dan dianggap sebagai pengganti Eden Hazard di Stamford Bridge.

Meski bisa bermain di kedua sisi sayap, Thauvin lebih suka bermain di sebelah kiri, di mana ia bisa mencetak gol lebih banyak di sana. Namun, Maurizio Sarri tidak akan mudah mendapatkan Thauvin karena ia merupakan pemain penting di Marseille.

Hirving Lozano

Pemain PSV Eindhoven, Hirving Lozano, tampak kecewa setelah gagal mencetak gol ke gawang Barcelona pada laga Liga Champions di Stadion Philips, Rabu (28/11). Barcelona menang 2-1 atas PSV Eindhoven. (AP/Peter Dejong)

Lozano menjadi sensasi saat Meksiko mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018. Sejak saat itu, pemain berusia 23 tahun itu dikejar oleh tim-tim seperti Barcelona dan Tottenham. Dikenal karena kecepatan dan kreativitasnya, Lozano pasti bisa menjadi pengganti yang sempurna bagi Eden Hazard di Chelsea.

Lozano sekarang menjadi pencetak gol yang sangat penting untuk PSV. Itulah sebabnya mengapa Maurizio Sarri harus mengeluarkan lebih dari 40 juta euro untuk sang pemain.

Lozano sangat efektif apabila bermain di sebelah kiri seperti Hazard. Kedatangan Lozano bisa mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh pemain Belgia tersebut.

Anthony Martial

Striker Manchester United, Anthony Martial berselebrasi bersama Ashley Young usai mencetak gol ke gawang Newcastle United pada lanjutan Liga Inggris di stadion Old Trafford (6/10). MU menang tipis atas Newcastle 3-2. (AP Photo/Jon Super)

Martial tampil mengesankan pada musim ini untuk Manchester United dan mampu membungkam semua kritik. Dia adalah salah satu pemain paling berbakat yang dimiliki Setan Merah dan dia harus terus melakukannya jika dia ingin naik ke level berikutnya.

Namun, di bawah asuhan Jose Mourinho, Martial tidak punya konsistensi yang diperlukan untuk menjadi salah satu pemain terbaik dunia. The Blues sudah memantau situasinya dan bisa mengajukan tawaran pada bulan Januari untuk mengamankan tanda tangan pemain Prancis itu.

Martial bisa menjadi pengganti yang sempurna untuk Eden Hazard karena ia bermain di posisi yang sama dan punya kemampuan finishing seperti pemain asal Belgia itu. Kemampuan Martial bisa semakin meningkat apabila bergabung dengan The Blues.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 50 Ribu Pasukan Gabungan Ikuti Apel Kesiapan Natal dan Tahun Baru

Posted: 29 Nov 2018 10:00 PM PST

Sejumlah Polwan mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel  diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sejumlah Polwan mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pasukan Gabungan TNI-Polri mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel  diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pasukan Gabungan TNI-Polri mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Anggota TNI saat mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel  diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Anggota TNI saat mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Anggot Polri saat mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel  diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Anggot Polri saat mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Anggota TNI saat mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel  diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Anggota TNI saat mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sejumlah Polwan mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel  diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sejumlah Polwan mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pasukan Gabungan TNI-Polri mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel  diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pasukan Gabungan TNI-Polri mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Anggota TNI saat mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel  diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Anggota TNI saat mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Anggota TNI saat mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel  diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Anggota TNI saat mengikuti Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). Apel diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil di AAA 2018, Suzy Kenakan Kalung Seharga Rp 2 Miliar

Posted: 29 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Acara Asia Artist Awards atau AAA 2018, telah digelar di Seoul, Korea Selatan, pada Rabu (28/11/2018) malam kemarin. Ajang karpet merah AAA 2018, tentu dipenuhi dengan artis papan atas Korea yang hadir dengan dandanan yang glamor dan rupawan.

Salah satunya adalah Suzy. Aktris film Architecture 101 ini tampil menawan dengan balutan gaun abu-abu dari Dior.

Penampilannya kian lengkap dengan sepasang anting dan kalung dari merek perhiasan mewah asal Prancis, Boucheron.

Nah, perhiasan yang dikenakan Suzy di AAA 2018 ini, membuat banyak warganet terbelalak. Ini karena harganya yang terbilang fantastis.

 

Miliaran Rupiah

Dilansir dari KStarlive, Jumat (30/11/2018), harga anting emas putih dengan gaya teardrop ini harganya sekitar 51,5 juta won. Ini, kira-kira setara dengan Rp 658 juta.

Sementara kalungnya, berharga 163,9 juta won, atau sekitar Rp 2 miliar.

Bikin Kaget

Suzy. (foto: Soompi)

Harga perhiasan ini, langsung membuat warganet terpana.

"Suzy mengenakan anting seharga 59 juta won,,,, telinganya digantungi barang seharga itu!!!! :o," tulis @dailygyu.

"Suzy gila banget.. kalung yang ia pakai harganya LEBIH DARI 100 JUTA WON DAN ANTINGNYA 60 JUTA WON. CRAZY RICH ASIAN," tulis @suzysorbit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rekan Kerja Benalu, Jangan Ditiru!

Posted: 29 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tipe rekan kerja yang ada di kantor ternyata bisa jadi benalu untuk kita. Simak Semenit Berfaedah kali ini, dan coba cek ada gak tuh tipe temen kerja kamu yang begitu?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Berseteru, Qualcomm dan Apple Kembali Mesra?

Posted: 29 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - CEO Qualcomm, Steve Mollenkopf, mengindikasikan ada perkembangan baik dalam hubungan perusahaan dengan Apple.

Keduanya saat ini terlibat perseteruan di meja hijau terkait kasus properti intelektual dan antitrust di berbagai negara.

Dilansir Phone Arena, Jumat (30/11/2018), Mollenkopf mengatakan kepada CNBC, permasalahan Qualcomm dan Apple akan segera menemukan titik terang. Ia menyebut proses perdamaian keduanya sedang berada di "ambang pintu".

"Kami selalu membicarakan hal tersebut, dan sangat konsisten. Semester kedua tahun ini dan tahun depan, kami benar-benar berada di ambang pintu untuk menemukan resolusi dan kami tidak melihat sesuatu yang berbeda dari hal tersebut," ungkap Mollenkopf.

Jika Qualcomm dan Apple berdamai sebelum akhir tahun ini, mungkin sudah terlambat bagi chip modem Qualcomm untuk digunakan pada iPhone 2019. Namun, produsen chip tersebut masih memiliki kesempatan untuk 2020.

Perseteruan antara Qualcomm dan Apple memutus hubungan kerja sama yang telah berjalan selama bertahun-tahun. Kedua perusahaan diprediksi saat ini terlibat dalam lebih dari 50 kasus properti intelektual dan antitruts terpisah di enam negara.

Qualcomm menuding Apple berhutang miliaran dolar. Sementara Apple, justru mengklaim membayar lebih untuk chip modem Qualcomm. Perselisihan keduanya membuat Apple beralih menggunakan chip modem Intel untuk iPhone 2018.

Rincian Pangsa Pasar Samsung, Huawei, dan Apple di Dunia

CEO Aplle Tim Cook dan Apple chief design officer Jonathan Ive melihat produk baru Apple di Apple Headquarters, Cupertino, California (12/9). Tiga iPhone terbaru Apple tersebut merupakan penerus dari iPhone X. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Terlepas dari persoalan yang ada, Apple masih menjadi salah satu vendor smartphone terbesar di dunia.

Berdasarkan data riset Counterpoint Research terkait industri smartphone global periode kuartal III (Q3) 2018, Samsung, Huawei, dan Apple, menguasai posisi tiga besar.

Samsung memimpin pasar smartphone dengan 19 persen pangsa pasar. Sementara Huawei di posisi nomor dua dengan 14 persen pangsa pasar. Untuk Huawei, pangsa pasar ini sekaligus mencakup brand Honor.

Apple yang menempati posisi berikutnya dengan 12 persen pangsa pasar. Kemudian posisi lima besar lain ditempati Xiaomi dan Oppo dengan masing-masing 9 persen pangsa pasar.

Kemudian ada Vivo dengan porsi 8 persen dan Lenovo 3 persen. Pangsa pasar Lenovo sudah mencakup brand Motorola. Sisanya sebesar 26 persen gabungan dari berbagai vendor smartphone.

Secara keseluruhan, pengapalan smartphone pada Q3 2018 mencapai 386,8 juta unit. Jumlahnya turun 3 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyidik Dalami Kasus Penculikan dan Pencabulan Siswi SMA di Solo

Posted: 29 Nov 2018 09:55 PM PST

Patroli, Solo - Jajaran Polsek Laweyan, Solo, Jawa Tengah, masih mengembangkan kasus penculikan disertai pencabulan yang menimpa PA, seorang siswi SMA.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (30/11/2018), tiga hari pasca-penangkapan, polisi terus melakukan pemeriksaan terhadap SP (34) di markas Polsek Laweyan.

Penyidik juga terus mendalami kemungkinan adanya korban lain. Sebab, pada telepon genggam pelaku terdapat video intimnya dengan wanita selain PA korban yang masih berusia 16 tahun tersebut.

Video intim itu pulalah yang dijadikan tersangka untuk mengancam korban jika tak ingin menuruti nafsu bejadnya hingga lebih dari tiga kali.

Sementara, korban yang kini mengalami trauma dalam waktu dekat akan dirujuk kepada psikiater untuk pemulihan kondisi kejiwaan. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fahri Hamzah: Jokowi Dapat Keuntungan jika Hadiri Reuni 212

Posted: 29 Nov 2018 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyarankan calon presiden petahana nomor urut 1, Presiden Joko Widodo atau Jokowi, hadir di aksi reuni 212 di Lapangan Monas, Minggu (2/12/2018). Sebab, kata dia, Jokowi akan mendapat keuntungan jika menghadiri acara tersebut.

"Dapat keuntungan, dia pasti dapet keuntungan. Karena artinya, dia menolak asumsi bahwa acara itu untuk salah satu calon. Saya tidak percaya dia enggak akan dikasih waktu bicara ya kalau dia dateng," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (30/11/2018).

Fahri juga menyayangkan selama ini sikap mantan Gubernur DKI Jakarta itu cenderung menghindari aksi tersebut. Padahal, itu bisa jadi ajang Jokowi untuk bicara dengan rakyat.

"Kalau dihindari nanti orang mikir sendiri. Jangan ditinggalkan rakyat ini untuk mikir sendiri. Tapi diajak bersama-sama, jelaskanlah sebaik-baiknya. Orang Indonesia ini baik-baik-lah, enggak ada cerita orang Indonesia itu jahat kepada pemimpinnya. Udah membuktikannya berkali-kali," ujarnya.

Menurutnya kehadiran Jokowi juga akan menepis anggapan bahwa aksi tersebut hanya untuk salah satu pasangan calon presiden. Sebab, yang hadir berasal dari berbagai kalangan.

"Hadir sebagai peserta, hadir sebagai yang diundang, gitu kan. Makanya saya mengusulkan kan diundang, dan saya mendengar juga mereka mau mengundang dua-duanya," ungkapnya.

Aksi 212 Tak Seramai Dulu?

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah saat akan menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/2/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, rencana kegiatan Reuni Alumni 212 di Monas, Jakarta Pusat, Minggu, 2 Desember 2018 ditanggapi santai oleh Mabes Polri. Korps Bhayangkara yakin kegiatan tersebut tak seramai Aksi 212, pada 2 Desember 2016 lalu.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menuturkan, kondisi tersebut terjadi lantaran masyarakat diyakini tak lagi mudah terprovokasi dengan isu-isu politik.

"Ya enggak bakal seramai yang dulu. Sudah sangat menyusut. Masyarakat sudah mulai sadar, jangan sampai terprovokasi oleh situasi-situasi politik seperti ini," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 27 November 2018.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernikahan Crazy Rich Surabayan Cetak Rekor Muri

Posted: 29 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tengah viral di media sosial, pasangan Jusup Maruta Cahyadi dan Clarissa Clarissa Wang akan menggelar pesta pernikahan pada Sabtu, 1 Desember 2018, di Hotel Mulia, Nusa Dua, Bali. Mereka disebut Crazy Rich Surabayan lantaran penampakan serba mewah, mulai dari lamaran, hingga pre-wedding.

Namun, pernikahan Jusup dan Clarissa ternyata bukan pernikahan megah pertama yang digelar keluarga Tjajadi. Desember 2017 lalu, adik Jusup, Julius Maruta Tjajadi, resmi meminang Patricia Ellen Setiawan yang merupakan finalis Miss Indonesia 2015.

Seperti dikutip dari muri.org, Jumat (30/11/2018) pernikahan sang Crazy Rich Surabayan yang berlangsung di Taman Wisata Candi Borobudur, Megelang, Jawa Tengah, tersebut tercatat dalam rekor Muri. Sebab, itu merupakan satu-satunya resepsi pernikahan dengan undangan terbanyak di Candi Borobudur, yakni mencapai 1.184 orang.

Selain itu, tamu yang hadir di pernikahan tersebut nyatanya tak hanya datang dari Indonesia, tetapi juga beberapa negara lain seperti Malaysia, Singapura, India, Rusia, Jerman, Pakistan, dan Israel. Kala itu, Julius tampil dengan setelan tuksedo hitam dan dasi kupu-kupu. Sedangkan, Patricia tampak anggun dalam balutan dress lace putih lengan panjang berkerah tinggi.

Sementara itu, pernikahan pasangan Crazy Rich Surabayan yang tengah jadi pebincangan sekarang, yakni Jusup dan Clarissa, disebut bakal jadi pernikahan termewah tahun ini. (Mariany)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Penyebab yang Bikin Rupiah Terus Menguat

Posted: 29 Nov 2018 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terpantau terus menguat. Pada Jumat ini, rupiah bahkan menguat hingga kisaran 14.200 per dolar AS. 

Peneliti Center of Reforms on Economics (CORE) Piter Abdullah menyatakan, ada dua faktor yang menjadi penyebab penguatan rupiah selama tiga pekan terakhir. Pertama, yakni faktor-faktor pendorong (push factors) berupa sentimen negatif atas kondisi perekonomian AS.

"Kita ketahui bahwa seiring meningkatnya intensitas perang dagang AS vs China, pertumbuhan ekonomi AS justru mengalami perlambatan. Perlambatan pertumbuhan ekonomi AS diperkirakan akan direspons oleh The Fed dengan menunda kenaikan suku bunga," jelas dia kepada Liputan6.com, Jumat (30/11/2018).

Dia menambahkan, perkiraan tersebut semakin diperkuat dengan adanya sinyal dari Gubernur The Fed dalam waktu dekat ini, untuk tidak menaikkan suku bunga acuan para Desember mendatang.

"Perlambatan pertumbuhan AS ditambah penundaan suku bunga The Fed membuat para investor global mulai mengalihkan dana investasinya ke negara-negara yang dianggap memiliki prospek keuntungan terbesar ke depan," sambungnya.

Indikator kedua, lanjutnya, yakni faktor-faktor yang menarik masuknya aliran investasi ke Indonesia atau disebut pull factors. Menurutnya, beberapa indikator ekonomi Indonesia menunjukan prospek keuntungan yang menarik bagi investor asing.

"Prospek keuntungan ini ditunjukkan oleh yield SBN yang sudah demikian tinggi dipicu oleh kenaikan suku bunga acuan BI sebesar 175 bps sejak Mei yang lalu, serta harga saham yang sudah demikian murah, diindikasikan oleh PER yang rendah," ungkapnya.

"Selain itu, prospek investasi di Indonesia diperkuat oleh tren penurunan harga minyak selama sebulan terakhir. Penurunan harga minyak diyakini akan memperkuat neraca perdagangan sekaligus mengurangi beban APBN," dia menambahkan.

Piter Abdullah lantas menyimpulkan, kombinasi kedua faktor tersebut menyebabkan derasnya aliran modal asing masuk ke dalam negeri, serta turut mendongkrak kurs rupiah.

"Kombinasi push factors dan full factors menyebabkan aliran modal asing dalam bentuk portfolio mengalir deras ke Indonesia, dan mendorong penguatan rupiah secara drastis dan cepat," ujar dia.

Rupiah Hari Ini

Teller tengah menghitung mata uang dolar di penukaran uang di Jakarta, Junat (23/11). Nilai tukar dolar AS terpantau terus melemah terhadap rupiah hingga ke level Rp 14.504. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali bergerak menguat pada perdagangan Jumat ini.

Mengutip Bloomberg, Jumat (30/11/2018), rupiah dibuka di angka 14.331 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.382 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak pada kisaran 14.276 per dolar AS hingga 14.355 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih melemah 5,48 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.339 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.408 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikut Berduka, Luna Maya Perlihatkan Kebersamaan Ayu Dewi dan Keluarga

Posted: 29 Nov 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ayu Dewi tengah berduka, ibunda tercinta, Sekar Dewi, mengembuskan napas terakhir, Kamis (29/11/2018). Luna Maya, salah satu sahabat Ayu Dewi ikut bersedih.

Melalui akun Instagram-nya, Kamis (29/11/2018), Luna Maya mengucapkan duka sedalam-dalamnya kepada Ayu Dewi. Ia memperlihatkan kebersamaan Ayu dengan keluarga, termasuk ibunya semasa hidup.

Dalam foto tersebut, tampak Ayu Dewi berdiri di samping ibunda yang sedang menggendong anak kedua Ayu.

"Inna lillahi wa innailaihi rojiuun, dear @mrsayudewi dan keluarga semoga selalu di berikan ketabahan Dan kekuatan untuk iklas, Doa Kita untuk ibu dan keluarga," tulis Luna Maya.

Mohon Doa

Luna Maya (Foto: Instagram)

Selain mendoakan sendiri, Luna Maya juga mengajak penggemarnya untuk ikut memanjatkan doa untuk keluarga Ayu Dewi.

"Mohon Doakan sahabat saya. Dan Ibunda ayu dewi bisa tenang dan Amal Ibadah beliau di terima di sisi NYA. Amin," lanjutnya.

 

Khusnul Khatimah

Ayu Dewi (Foto: Instagram)

Ada sebanyak lebih dari 2 ribu pengguna Instagram ikut mendokan ibunda Ayu Dewi melalui kolom komentar Luna Maya.

"Turut berduka cita @mrsayudewi ....inasyaalloh beliau khusnul khotimah," tulis akun @dewidjenar.

"Innalillahi Wa'innailaihi Roji'un.. Turut berDuka Cita yg se'dalam2 nya.. Insha Allah almarhumah Ibunda terCinta husnul khotimah.. Aamiin Allahuma Aamiin," timpal akun @harry_musick.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amankan Pemilu 2019, Kapolri Minta Dukungan Masyarakat

Posted: 29 Nov 2018 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengakui masih ada wilayah-wilayah yang masih rawan dalam pesta demokrasi lima tahunan. Bahkan, Tito meminta seluruh jajaran TNI-Polri lebih fokus kepada pemilihan legislatif (Pileg) 2019.

"Fokus kita akan lebih banyak di Pileg daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Pertarungan antara satu sama partai juga berkompetisi, bukan hanya lain partai, khususnya dapil yang kita anggap kontestasi politiknya cukup hangat," kata Tito saat apel Persiapan Natal 2018, Tahun Baru dan Pileg juga Pilpres 2019, di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Jumat (30/11/2018).

Tito mengatakan, dalam pengamanan Pemilu 2019 ini bukan hanya Polri dan TNI yang bekerja, tetapi seluruh stakeholder mendukung dan masyarakat membantu mengamankan kegiatan tersebut.

"Mohon dukungan juga dari masyarakat. Paling penting yakinlah bangsa Indonesia, selagi TNI dan Polri solid, bangsa kita akan aman-aman saja," tegas Tito.

Masyarakat Jangan Takut

Lebih lanjut mantan Kapolda Metro Jaya itu meminta agar masyarakat tak perlu takut dalam acara demokrasi ini. Sebab, TNI dan Polri sudah menunjukkan kesolidan.

"Jangan jadi momok yang ditakuti. Karena sistem kekuatan dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan kuat. Ini merupakan modal penting jika kita bersinergi," pungkas Tito.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skandal Memalukan, 258 Pelari Bertindak Curang di Lomba Maraton Shenzen

Posted: 29 Nov 2018 09:33 PM PST

Liputan6.com, Shenzhen - Penyelenggara maraton paruh jarak (half marathon) di Kota Shenzhen, China, mengatakan bahwa 258 peserta tertangkap basah melakukan kecurangan dalam agenda yang digelar pada Minggu 25 November.

Temuan kecurangan itu disampaikan oleh panitia penyelenggara pada Kamis 29 November, atas bantuan penyelidikan oleh Asosiasi Maraton dan Lari Jarak Jauh Internasional (AIMS).

Dikutip dari The Guardian pada Jumat (30/11/2018), sebanyak 18 pelari melakukan laporan jarak tempuh palsu, dan tiga lainnya berlari atas nama orang lain. Mereka menghadapi larangan seumur hidup untuk berpartisipasi dalam agenda maraton terkait, lapor kantor berita Xinhua.

Adapun sebanyak 237 peserta lainnya, yang sebagian besar ketahuan mengambil jalan pintas selama perlombaan, dilarang berpartisipasi kembali selama dua tahun.

Dalam kasus yang paling mencolok, kamera lalu lintas menangkap pelari yang berputar sekitar setidaknya 1 kilometer sebelum putaran U yang ditentukan, di mana hal itu berpotensi memangkas sekitar 10 persen dari total jarak tempuh sejauh 21 kilometer.

Rekaman kamera pengawas juga menunjukkan beberapa pelari melintasi semak-semak dan pohon yang memisahkan dua bagian lintasan maraton.

Panitia penyelenggara mengatakan kepada Xinhua: "Kami sangat menyesalkan pelanggaran yang terjadi selama acara tersebut. Berlari maraton tidak hanya olahraga, itu adalah metafora untuk kehidupan, dan setiap pelari bertanggung jawab untuk dirinya sendiri."

Karena begitu menyita perhatian, sampai-sampai kantor berita Xinhua menambahkan komentar "merasa sangat malu" dalam salah satu laporannya.

"Tidak peduli peserta atau penyelenggara, mereka harus merefleksikan: Apa pentingnya berpartisipasi dan mengadakan maraton? Jangan berlari dan melupakan tujuan Anda melakukannya," tulis kantor berita pemerintah China itu dalam sebuah editorial digital.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Maraton Kian Digemari di China

Danamon Run 2017 akan dilaksanakan pada tanggal 10 September 2017 di Pantai Festival, Ancol Taman Impian, Jakarta Utara. (iStock)

Selain penggunaan data pribadi yang sah saat pendaftaran, peserta maraton Shenzen juga dipantau oleh teknologi pengenalan wajah (facial recognition). Kebijakan ini juga berlaku di beberapa agenda serupa lainnya di China, seperti di Shanghai pada Agustus lalu, dan Guangzhou dalam waktu dekat.

Pelari juga diwajibkan untuk menggunakan chip elektronik, di mana akan terdeteksi saat melewati alas penghitung waktu yang dipasang di sekitar lintasan.

Kebijakan ini juga memberikan daftar waktu yang lebih akurat secara real time, serta dapat dilihat, baik oleh penyelenggara maupun publik.

Kegiatan maraton semakin digemari di China dalam beberapa waktu terakhir, meskipun masih kerap terkendala polusi yang menyelimuti kota-kota besar.

Banyak warga China menyukau aktivitas ini sebagai ajang untuk saling pamer perlengkapan lari yang modis dan canggih, sekaligus bersosialisasi secara luas.

Pada 2011, Tiongkok hanya memiliki 22 loma marayon. Namun sekarang, menurut Asosiasi Atletik China, angka itu telah meroket menjadi hampir 1.100 gelaran di sepanjang 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bayi Tiwi Mengidap Penyakit Langka, Sang Ibu Rela Cangkokkan Hatinya

Posted: 29 Nov 2018 09:32 PM PST

Liputan6.com, Pekanbaru - Perutnya sudah tiga bulan membesar dan mulai mengeras. Matanya mulai menguning meski sudah menjalani operasi ketika umurnya masih dua bulan. Sesekali, bayi mungil berusia lima bulan itu mengernyitkan dahi seolah menahan sesuatu dari dalam badannya.

Tak ada yang tahu seperti apa rasa sakit yang ditanggung bayi bernama Tiwi Sasmaya ini. Dalam tubuh mungilnya, organ hati bayi Tiwi hampir tak berfungsi lagi. Dalam istilah medis, sakitnya ini bernama Atresia Bilier.

Koko Fauzi, ayah Tiwi, kini sedang gundah. Kerisauannya kian bertambah karena sebagian hati istrinya, Elvi Mayasari akan diambil jika jadwal operasi Tiwi disepakati dokter.

"Mudah-mudahan nantinya anak dan istri saya selamat. Saya tentu tidak ingin terjadi apa-apa pada istri karena anak kami masih kecil-kecil, saya juga ingin Tiwi tumbuh seperti tiga kakaknya yang lain," ucap Fauzi saat ditemui Liputan6.com di kontrakan kecilnya di Jalan Arjuna, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, Kamis siang, 29 November 2018.

Pria 36 tahun itu mengatakan, buah hatinya lahir melalui operasi sesar pada 30 Juni 2018 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Kota Pekanbaru. Biayanya menggunakan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Setelah sebulan lebih, mulai ada kelainan terdeteksi pada tubuh bayi Tiwi.

Pertumbuhannya terhambat, tak seperti bayi seusianya. Fauzi membawanya lagi ke rumah sakit hingga dokter memutuskan operasi. Tindakan medis bernama Kasai itu berjalan lancar.

"Kata dokter saat itu saluran empedunya tidak ada, lalu dibuat dengan operasi tadi. Biaya operasi ditanggung Jamkesda," sebut Fauzi.

Tiwi kembali pulang ke rumah kecilnya bersama tiga kakak dan kedua orangtuanya. Selang beberapa hari kemudian, perut Tiwi mulai membesar. Saban hari Tiwi menangis dan tak bisa tidur.

Beruntung, Tiwi masih lahap menyusu ASI dari sang ibunya. Namun usai menyusu, bayi Tiwi selalu buang air besar, hampir 12 hingga 15 kali sehari, dan fesesnya keras.

"Warnanya putih, keras bisa dipecahkan gitu. Kasihan sekali lihat anak saya ni," sebut Fauzi.

Buruh serabutan ini lalu mengecek kesehatan anaknya lagi ke RSUD. Dari sanalah dokter menyatakan Tiwi mengidap penyakit langka Atresia Bilier, penyakit yang membuat hati tak berfungsi lagi.

"Di Indonesia, kata dokter, langka penyakitnya. Jarang ditemui," sebut Fauzi.

Dokter bedah lalu merujuk Tiwi untuk berobat ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Biayanya yang disebutkan membuat Fauzi memutar otak karena selama ini hanya mengandalkan Jamkesda.

Dia pun diminta dokter untuk mengurus ke Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS). Demi putri keempatnya itu, Fauzi sering bolak-balik ke BPJS tapi belum juga keluar.

"Tapi untuk ke Jakarta biayanya juga besar, ada kekhawatiran tidak ditanggung semuanya. Makanya saya lagi berusaha keras mencari dana," sebut Fauzi.

Dari obrolannya dengan dokter di RSUD, setidaknya harus tersedia uang tak kurang dari Rp 280 juta.

Selama pengobatan Tiwi, di luar tanggungan Jamkesda, Fauzi juga memutar otak. Vespa kesayangannya sudah dijual begitu juga dengan hartanya yang lain.

Dia juga harus memikirkan biaya kontrakan, biaya hidup dan sekolah dua putrinya yang sudah masuk SD. Uluran tangan saat ini sangat dibutuhkan oleh Fauzi.

"Yang paling penting itu biaya operasi, kalau yang lain masih bisa dicari," ucapnya.

 

Menanti Senyum Tiwi

Foto: M Syukur/ Liputan6.com

Ketika Liputan6.com berkunjung ke rumah Fauzi, Tiwi baru saja usai mandi. Dia tak henti-hentinya menangis. Namun, usai bajunya dipasang dan dibawa ke ruang tamu, Tiwi seketika berhenti menangis.

Wajahnya menyiratkan keheranan karena melihat beberapa tamu di rumahnya. "Keajaiban" sempat datang karena Tiwi beberapa kali mengumbar senyum. Suatu hal yang jarang dilihat orangtuanya sejak Tiwi lahir.

"Mudah-mudahan nanti Tiwi bisa tersenyum seperti ini," ucap Fauzi.

Sejak kabar sakit Tiwi tersebar, beberapa pihak sudah menghubungi Fauzi. Di antaranya dari Dinas Sosial dan Polsek Sukajadi. Hubungan ini diharap bisa mempermudah Fauzi mencari biaya untuk mengobati anaknya.

Bagi masyarakat yang tergerak hatinya membantu Tiwi, Fauzi membuka pintu. Bantuan itu bisa dikirim ke nomor rekening Fauzi, BCA 2200595729 atas nama Koko Fauzi. Semoga Tiwi sehat dan kembali tersenyum. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Longsor Susulan di Purworejo, BPBD Minta Warga Mengungsi

Posted: 29 Nov 2018 09:32 PM PST

Fokus, Purworejo - Alat-alat berat mulai dikerahkan Tim BPBD Kabupaten Purworejo menangani musibah tanah longsor yang terjadi di Desa Sokoagung, Kecamatan Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (30/11/2018), agar tak membahayakan rumah warga lainnya yang saling berdampingan, rumah mlik warga bernama Sunarto dibongkar lantaran kondisi bangunan sudah miring akibat terdorong material longsor dari bebatuan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, kerugian warga ditaksir hingga ratusan juta rupiah. 

Untuk menghindari longsor susulan, pihak BPBD mengimbau pemilik rumah mengungsi ke tempat lain yang lebih aman.

Longsor yang terjadi, Rabu malam, 28 November di Desa Sokoagung, Kecamatan Bagelen, telah merusak sejumlah rumah. Kawasan sekitar juga tergolong rawan karena sudah mengalami retak-retak. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Sriwijaya FC Vs Mitra Kukar: Demi Bertahan di Liga 1

Posted: 29 Nov 2018 09:30 PM PST

Jakarta Laga pekan ke-33 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang mempertemukan Sriwijaya FC kontra Mitra Kukar yang digelar di Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Jumat (30/11/2018), akan sangat menentukan masa depan kedua tim.

Bisa dikatakan kedua tim harus memaksimalkan momen ini untuk menyelamatkan diri dari ancaman degradasi mengingat kedua tim akan menjalani laga berat dengan bertandang ke markas tim kuat pada pekan terakhir.

Sriwijaya FC akan bertandang ke Arema FC pada pekan terakhir Liga 1 2018. Sementara Mitra Kukar akan bertandang ke markas Persija Jakarta pada pekan yang sama.

Dengan kondisi tersebut, kedua tim yang masih sama-sama berjuang untuk menjauhi degradasi ini harus memanfaatkan momentum duel di Jakabaring untuk memperbesar asa bertahan di Liga 1.

Asa untuk bertahan disuarakan pelatih Sriwijaya FC, Angel Alfredo Vera. Memaksimalkan laga kandang di depan pendukung tim asuhannya, Alfredo menegaskan pentingnya meraup tiga poin pada laga kontra Mitra Kukar.

"Pertandingan ini sangat penting. Kami sangat berharap dukungan seluruh suporter Sriwijaya FC. Tentu juga dengan doa agar kami bisa bertahan di Liga 1," ujar Alfredo Vera.

Kembalinya dua pemain, Beto Goncalves dan Zulfiandi, menjadi angin segar bagi kubu Sriwijaya FC untuk bisa meraih kemenangan dalam laga kandang ini. Namun, hal yang sama juga dirasakan Mitra Kukar, yang akan kembali diperkuat Septian David Maulana dan Bayu Pradana.

Bisa dipastikan keempat pemain tersebut akan sama-sama berjuang untuk klubnya masing-masing agar tidak mengalami degradasi pada akhir musim.

Mitra Kukar yang harus menghadapi Persija di laga terakhir, berharap bisa meraih keajaiban dengan mendapatkan poin di Palembang.

"Kedua tim pasti bermain sangat maksimal karena memang pertandingan ini sangat menentukan," ujar Rahmad Darmawan, pelatih Mitra Kukar.

 

Tak Aman

Tim Naga Mekes sebenarnya saat ini terbilang yang paling aman di antara klub-klub yang terancam degradasi. Mitra Kukar berada di peringkat ke-14, atau dua posisi di atas zona degradasi, dengan 39 poin dari 32 laga.

Namun, Mitra Kukar tetap tidak aman karena hanya unggul tiga poin dari Perseru Serui, Sriwijaya FC, dan PS Tira, yang menempati peringkat ke-15 hingga ke-17. Mitra Kukar bahkan hanya unggul lima poin dari PSMS Medan, yang berada di dasar klasemen.

Dengan fakta PS Tira dan PSMS masih menyisakan tiga pertandingan hingga akhir musim, bukan tidak mungkin Mitra Kukar yang justru akan tergelincir seandainya gagal meraih poin di kandang Sriwijaya FC.

Prakiraan susunan pemain:

Sriwijaya FC (4-2-3-1): Teja Paku Alam (kiper); Jecky Arisandi, Alan Henrique, Ahmad Fariz, Zalnando (belakang); Yoo Hyun Koo, Zulfiandi, Esteban Vozcarra, Manuchekhr Dzhalilov, Yogi Rahardian (tengah); Beto Goncalves (depan)

Pelatih: Angel Alfredo Vera

Mitra Kukar (4-2-3-1): Yoo Jae-hoon (kiper); Saepulloh Maulana, Dedi Gusmawan, Mauricio Leal, Rendy Siregar (belakang); Bayu Pradana, Danny Guthrie, Dedi Hartono, Anindito Wahyu, Septian David Maulana (tengah); Fernando Rodriguez (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jawaban Nyeleneh Cowok Saat Ditanya Pacar 'Aku Gendut Ya?'

Posted: 29 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kalian para cowok tentu sering mendapatkan pertanyaan terkait penampilan sang kekasih, kan? Biasanya yang paling tersering yakni pertanyaan tentang berat badan. Ngaku deh, mereka pasti sering kan bertanya apakah mereka terlihat gendut atau tidak.

Nah, kalau sudah begini biasanya para cowok "mati kutu" deh karena bingung harus menjawab apa. Terlebih lagi jika jawabannya memang benar. Tentu saja jika menjawab "iya," mereka akan merasa tersakiti dengan jawaban tersebut.

Oleh karena itu para cowok harus mensiasatinya dengan memberikan jawaban yang "halus." Hal ini seperti twit-twit yang dibagikan warganet di jejaring sosial Twitter.

Tak sedikit dari mereka yang menuliskan jawaban yang bisa para cowok gunakan ketika ditanya "aku gendut enggak?" oleh kekasih. Namun jawaban ala warganet tersebut justru terkesan nyeleneh dan malah bikin kita terbahak-bahak dibuatnya.

Dikutip dari @twider.id, berikut ini jawaban halus yang bisa cowok katakana ketika ditanya soal bentuk tubuh oleh kekasih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lebar dong badannya?

jawaban nyeleh pria saat ditanya berat badan (foto: Twitter/@twider.id)

Sampai segitunya ya?

jawaban nyeleh pria saat ditanya berat badan (foto: Twitter/@twider.id)

Eh, gede juga tuh tangan

jawaban nyeleh pria saat ditanya berat badan (foto: Twitter/@twider.id)

Makasih loh sayang jawabannya

jawaban nyeleh pria saat ditanya berat badan (foto: Twitter/@twider.id)

Dunia memang sempit kok

jawaban nyeleh pria saat ditanya berat badan (foto: Twitter/@twider.id)

Kok jahat sih sayang?

jawaban nyeleh pria saat ditanya berat badan (foto: Twitter/@twider.id)

Bagus dong jadi enggak perlu beli sprai lagi

jawaban nyeleh pria saat ditanya berat badan (foto: Twitter/@twider.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Berhijab di Tanah Suci, Melody Eks JKT48 Disangka Bidadari

Posted: 29 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak lama setelah menikah, Melody eks JKT48 langsung terbang ke Tanah Suci. Kedatangan Melody itu dalam rangka menjalani ibadah umrah bersama sang suami.

Pada foto-foto yang diunggahnya di media sosial, Melody eks JKT48 begitu anggun dengan tampilan hijabnya. Berlatar beberapa tempat di Mekah, ia terlihat sangat cantik dengan hijab syari yang dikenakan.

"Sometimes, you just need a break. In a beautiful place. To figure everything out," tulis Melody eks JKT48 di laman Instagram, baru-baru ini.

Hijab Syari

Melody eks JKT48 semakin cantik saat di Tanah Suci (Instagram/melodylaksani92)

Selama di sana, Melody eks JKT48 mengenakan hijab syari berwarna abu-abu dan pink. Ia pun sempat diabadikan oleh suaminya lewat foto dan video yang direkam.

"Grey. When you doubt in black or white," tutur pemilik nama Melody Nurramdhani Laksani.

Banjir Pujian

Melody eks JKT48  (Instagram/melodylaksani92)

Banyak netizen yang menyebut bahwa penampilan Melody ini sangat mengesankan. Dengan menggunakan hijab syari tersebut, Melody disebut memiliki kesan yang bikin hati adem.

"Ada bidadari cantik banget," tulis akun iqbal_aldhani.

"Ini bidadari apa malaikat ya..." kata @rachmaddani_yuzvie.

"Istiqomah ya teh @melodylaksani92 makin sayang sama teteh jika seperti ini. Adem banget lihatnya," lanjut nola_nabilah_ayu. (Anto Karibo/Fimela.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Buang Sampah Sembarangan, Pedagang Didenda Rp 5 Juta

Posted: 29 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Terciduk buang sampah sembarangan ke Kali Adem, pedagang kelapa didenda petugas Rp 5 juta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vendor Smartphone Tiongkok Gionee Bangkrut Terjerat Utang

Posted: 29 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Vendor smartphone Tiongkok Gionee kini di ambang kebangkrutan. Pasalnya, Gionee terjerat utang di institusi keuangan, pemasok, pengiklan, bahkan agensi pemasaran.

Mengutip laman GSM Arena, Jumat (30/11/2018), total utang Gionee sebesar US$ 2.45 miliar. Tak hanya itu, utang Gionee diperparah lantaran sang chairman Liu Lirong kalah judi sebesar US$ 144 juta.

Dalam pertemuan antara perwakilan perusahaan dan para pemasok, Gionee dilaporkan mengadakan kesepakatan dengan 400 perusahaan pemasok kecil terkait dengan utang perusahaan smartphone tersebut.

Jika nanti Gionee tak bisa melunasi utangnya, perusahaan tersebut bakal masuk dalam daftar likuidasi.

Media lokal melaporkan, pertemuan dengan para pemasok tersebut terjadi setelah 20 perusahaan pemasok utama Gionee mengajukan gugatan hukum di Shenzhen People Court gara-gara Gionee telat bayar utang.

Para mitra Gionee kehilangan kepercayaan pada pembesut smartphone itu setelah ada laporan bahwa founder Gionee menderita kerugian 1-200 juta yuan per bulan.

Derita Kerugian Operasional

Gionne S10, smartphone dengan empat kamera (sumber: android authority)

Dalam pembelaannya, Liu Lirong mengatakan, perusahaannya merupakan satu-satunya penghasil uang.

"Tak terelakkan nantinya akan ada aktivitas publik yang dibiayai oleh perusahaan," tuturnya.

Laporan lain dari media Tiongkok menyebut, Liurong menderita kerugian hingga 100 miliar yuan, sementara 6 miliar yuan lainnya disalahgunakan. Selain itu, Gionee juga menderita kerugian operatif.

Meski perusahaan terjerat utang, sejumlah perangkat Gionee masih dijual di pasaran di Tiongkok.

Para retailer mengatakan, Gionee M7 menjadi smartphone Gionee paling banyak dibeli. Oleh karenanya, perusahaan masih terus menjualnya disertai garansi hingga unit terjual habis.

Sempat Sambangi Pasar Indonesia

Gionee Elife S5.1 (Sumber: Phone Review UK)

Sebelum diberitakan mengalami kebangkrutan, Gionee sempat melebarkan sayapnya ke Indonesia pada akhir tahun 2017 lalu.

Saat itu, vendor Tiongkok tersebut mengumumkan akan menghadirkan produk besutannya ke pasar Indonesia. Sebagai langkah awal, perusahaan itu memboyong Gionee M7 Power.

Sesuai namanya, smartphone ini hadir dengan keunggulan dari sisi daya tahan baterai. Gionee membekali perangkat ini dengan baterai berkapasitas 5.000mAh yang diklaim mampu bertahan selama 2 hari.

"Baterai berkapasitas besar merupakan DNA Gionee. Karena itu, kami memperkenalkan M7 Power yang dibekali dengan baterai berkapasitas besar," ujar CEO Gionee Indonesia, David Yeung, saat perkenalan M7 Power di Indonesia, Jumat (8/12/2017).

Saat disinggung mengenai alasan Gionee hadir di pasar Indonesia, Yeung menuturkan Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial. Ia mengatakan, Indonesia adalah pasar smartphone terbesar nomor tiga di Asia Pasifik.

"Selain itu, kami juga merasa sudah siap untuk pasar Indonesia, sehingga kami merasa waktunya tepat untuk menghadirkan produk di sini," ujarnya menjelaskan. Hal itu didukung pula dengan keunggulan produk dari Gionee yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Di sisi lain, Gionee juga telah berhasil menuai sukses di sejumlah negara Asia dan Afrika. "Kami sudah berhasil di Nigeria, Vietnam, Thailand, Filipina, sehingga kami berani memboyong produk Gionee ke pasar Indonesia," ujarnya.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Panglima TNI dan Kapolri Pimpin Apel Pengamanan Natal, Tahun Baru, dan Pemilu 2019

Posted: 29 Nov 2018 09:25 PM PST

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan salam Komando saat Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian melakukan salam Komando saat Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (30/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di lapangan silang Monas, Jakarta, Jumat (30/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di lapangan silang Monas, Jakarta, Jumat (30/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberi sambutan saat memimpin Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru dan Pemilu 2019, Jakarta, Jumat (30/11). Apel diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU, dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberi sambutan saat memimpin Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru dan Pemilu 2019, Jakarta, Jumat (30/11). Apel diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU, dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di lapangan silang Monas, Jakarta, Jumat (30/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di lapangan silang Monas, Jakarta, Jumat (30/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberi sambutan saat memimpin Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru dan Pemilu 2019, Jakarta, Jumat (30/11). Apel diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU, dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberi sambutan saat memimpin Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru dan Pemilu 2019, Jakarta, Jumat (30/11). Apel diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU, dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat menghadiri Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di lapangan silang Monas, Jakarta, Jumat (30/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat menghadiri Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di lapangan silang Monas, Jakarta, Jumat (30/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luhut Tegaskan Tidak Ada Papa Minta Saham dalam Divestasi Freeport

Posted: 29 Nov 2018 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan tidak ada praktik 'Papa Minta Saham' dalam divestasi Freeport.

"Tidak ada papa minta saham itu. Pemda itu 10 persen. Rakyat Papua menikmati itu," kata dia, di Kantornya, Jakarta, Jumat (30/11).

Mantan Menteri ESDM ini mengatakan bahwa hal tersebut sudah ditegaskan sendiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

"Mengenai Freeport semua sudah selesai. Akhir tahun sudah selesai. Presiden minta tidak ada titip-titipan di sana. Pemda 10 persen juga harus disana nggak boleh ada swasta," tegas dia.

Saat ini, tengah dilakukan pembenahan persoalan teknis yakni masalah lingkungan hidup. Luhut yakin, persolan penanganan lingkungan hidup pun akan berjalan lancar.

"Tinggal masalah teknis yaitu masalah lingkungan saja. Tapi Menteri Lingkungan dan lainnya sudah dibahas di sana jadi saya kira tidak ada masalah. Saya pikir dananya sudah ada USD 4 berapa miliar," tandasnya.

Kemarin, Presiden Jokowi memanggil Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Klemen Tinal, ke Kantor Presiden, Jakarta. Keduanya diminta mengikuti rapat terbatas (ratas) tentang percepatan pelaksanaan divestasi PT Freeport Indonesia.

Seusai rapat, Lukas mengatakan Jokowi meminta agar pemerintah daerah Papua waspada terhadap pihak-pihak yang ingin meminta saham PT Freeport Indonesia. Jokowi mau divestasi saham PT Freeport Indonesia sebesar 51 persen dimanfaatkan untuk kepentingan Indonesia, khususnya Papua.

"Jangan sampai ada orang lain masuk dengan gelap. Banyak orang yang meminta saham. Mau bapak minta saham, mama minta saham, kan banyak. Jadi, Presiden tidak menginginkan seperti itu," kata Lukas di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Menurut Lukas, warga Papua bangga memiliki presiden seperti Jokowi. Jokowi disebut telah berhasil merebut 51 persen saham PT Freeport. Padahal, selama ini mayoritas saham Freeport dikuasai asing.

"Pikiran kita kemarin, Presiden tidak perhatikan. Ternyata memang sungguh-sungguh memihak kepada kepemilikan saham itu. Sehingga kami berkeyakinan bahwa satu-satunya Presiden yang bekerja dengan hati sehingga memperjuangkan rakyat Papua," ucapnya.

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

 

Jokowi Minta Divestasi Saham Freeport Tuntas Sebelum Akhir 2018

Tambang Grasberg PT Freeport Indonesia. Foto: Liputan6.com/Ilyas Istianur P

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mendapatkan laporan bahwa beberapa hal terkait proses divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia sudah bisa dituntaskan. Proses tersebut di antaranya, di bulan September yang lalu sudah ditandatangani Divestment AgreementSales and Purchase Agreement, dan Subscription Agreement.

"Saya juga mengikuti bahwa ada beberapa tahap lanjutan yang masih perlu penyelesaian yang perlu dipercepat," kata Jokowi seperti dikutip dari laman Setkab, Kamis (29/11/2018).

Untuk itu, Jokowi meminta laporan mengenai perkembangan beberapa masalah yang masih perlu segera dituntaskan, seperti penyelesaian isu lingkungan, masalah limbah, masalah tailing.

Selain itu, juga isu perubahan kontrak karya menjadi IUPK, kemudian kepemilikan saham pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten Timika, dan juga hal-hal yang terkait dengan jaminan fiskal, perpajakan, royalti, stabilitas investasi.

"Saya minta semua tahapan proses divestasi itu bisa diselesaikan dan sudah final kita harapkan sebelum akhir 2018 ini, semuanya rampung," ucap Jokowi.

Ia pun menegaskan, proses divestasi Freeport Indonesia adalah sebuah langkah besar untuk mengembalikan mayoritas kepemilikan sumber daya alam yang sangat strategis ke pangkuan ibu Pertiwi.

"Akan kita gunakan sebesar-besarnya untuk peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, utamanya rakyat Papua," sambung Jokowi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Akan Bertemu Presiden Turki dan Putra Mahkota Arab Saudi, Bahas Apa?

Posted: 29 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri KTT G20 yang digelar pada 30 November-1 Desember 2018 di Bueones Aires, Argentina. Disela-sela itu, JK juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Pangeran Mohammad Bin Salman.

"Tentu pembicaraan belum bisa diungkapkan sebelum berbicara. Karena mereka yang meminta kami bertemu," kata JK kepada para wartawan disela acara makan siang bersama di restoran Rodizo, Buenos Aires, Argentina, Kamis (29/11/2018).

JK mengatakan mereka berdua meminta bertemu. Tetapi terkait apa saja yang akan didiskusikan dia belum mau membeberkan. Tetapi ada beberapa hal yang akan disampaikan, salah satunya yaitu mempererat hubungan hubungan kedua negara.

"Kita sudah bisa memperkirakan pembicaraan nanti. Tapi biasalah (tentang) bagaimana mempererat hubungan dua negara. Dan isu-isu bilateral terhadap dua belah pihak," papar JK.

KTT G20

Diketahui G20 merupakan forum utama kerja sama ekonomi internasional, yang memiliki posisi strategis. Hal itu karena G20 secara kolektif mewakili 85 persen GDP dunia, 75 persen perdagangan global dan 2/3 penduduk dunia.

Pertemuan G20 membahas berbagai isu global, di antaranya ekonomi dan keuangan global, infrastruktur, investasi, energi, pembangunan, perdagangan, ketenagakerjaan, perubahan iklim, digitalisasi dan antikorupsi, kesehatan, kemitraan dengan Afrika, kesetaraan gender, pengungsi dan terorisme.

Identifikasi kepentingan Pemerintah RI pada KTT G20 2018 kali ini adalah Komitmen atas pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkesinambungan, seimbang dan inklusif; Komitmen atas sistem perdagangan multilateral yang adil, transparan, rules-based dan non-diskriminatif. Serta dukungan atas peran perdagangan internasional sebagai mesin pertumbuhan ekonomi global.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Encounter, Jalinan Asmara yang Berawal di Pantai Malecon

Posted: 29 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Penantian para penggemar drama Korea Selatan atas serial Encounter berakhir sudah. Drama yang dibintangi oleh Park Bo Gum dan Song Hye Kyo ini telah ditayangkan perdana di Korea Selatan pada 28 November lalu.

Sambutan publik terhadap Encounter ternyata sangat hangat.

Dilansir dari Soompi, Jumat (30/11/2018), Nielsen Korea mencatat rating yang diraih serial ini dalam episode perdananya terbilang sangat tinggi. Yakni 8,7 persen, dengan puncaknya mencapai 10,1 persen.

Pencapaian ini pun mendekati angka yang diraih drama Mr Sunshine, yang mencatat rekor rating episode perdana tertinggi, yakni 8,9 persen.

Di episode kedua yang tayang pada 29 November kemarin, jumlah penonton drama dari tvN bahkan meningkat lebih pesat. Rating rata-ratanya mencapai 10,3 persen dengan puncaknya di 11,9 persen.

Tak ingin ketinggalan hype serial Encounter? Simak dulu sinopsisnya berikut ini:

Dua Pribadi yang Berbeda

Song Hye Kyo dalam Encounter (Sportschosun/ tvN)

Cha Soo Hyun (Song Hye Kyo), adalah seorang wanita dari keluarga terpandang yang memiliki kehidupan tak bahagia. Setelah pernikahannya kandas, ia memutuskan untuk mengabdikan hidupnya untuk hotel miliknya.

Saat pergi ke Kuba, ia bertemu dengan Kim Jin Hyuk (Park Bo Gum). Berbeda dengan Soo Hyun, ia adalah pria periang yang memiliki latar belakang ekonomi sederhana.

Takdir

Park Bo Gum (SE Daily/ tvN)

Setelah bertemu di Pantai Malecon, Kuba, Kim Jin Hyuk dan Cha Soo Hyun kemudian menghabiskan waktu sehari bersama. Keduanya sama-sama memperlihatkan ketertarikan, tapi mereka mengira ini hanya perjumpaan singkat semata.

Perkiraan mereka salah. Kim Jin Hyuk mendapat informasi bahwa ia diterima di Hotel Donghwa. Bagaikan takdir, ini adalah hotel yang dipimpin oleh Cha Soo Hyun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Jembatan Bambu di Probolinggo Runtuh Dibawa Banjir Bandang

Posted: 29 Nov 2018 09:18 PM PST

Fokus, Probolinggo - Banjir bandang menerjang sebuah jembatan darurat yang terbuat dari bambu di Desa Patala, Kecamatan Wonomerto, Probolinggo, Jawa Timur. Dalam rekaman kamera warga, banjir yang bercampur lumpur dalam sekejap meruntuhkan jembatan tersebut.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, (30/11/2018), banjir juga membawa longsoran tanah beserta matrial lainnya. Akibat terjangan banjir, warga terpaksa memutar mencari jalan lain untuk menyeberang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Sementara itu, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, akibat banjir luapan Sungai Citarum, sejumlah siswa Sekolah Dasar Negeri 07 Dayeuh Kolot, harus melaksanakan belajar mengajar di salah satu garasi mobil milik warag dengan beralaskan tikar ataupun kardus bekas.

Siswa yang tengah melaksankan ujian akhir semester ini terpaksa belajar di garasi lantaran bangunan sekolah tempat mereka belajar mengajar terendam banjir setinggi hampir 1 meter. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Buat Sistem Jemput Bola untuk Permudah Warga Bayar Pajak

Posted: 29 Nov 2018 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Provinsi DKI Jakarta, Faisal Syafruddin, mengatakan bahwa pihaknya melakukan upaya jemput bola. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak agar membayar pajak tepat waktu.

"Yakni dengan mendekatkan pelayanan pembayaran pajak ke wajib pajak, sehingga mereka bisa membayar pajak di lokasi terdekat, dimana pun dan kapan pun," ujarnya.

Langkah yang dilakukan adalah membuka pelayanan gerai pajak di pusat perbelanjaan, gerai layanan pajak di Mal Pelayanan Publik, layanan Samsat keliling di lima wilayah kota, serta layanan pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor di kecamatan.

"Tidak hanya itu, BPRD Provinsi DKI Jakarta akan terus melakukan sosialisasi terahdap kewajiban perpajakan daerah baik melalui media online maupun offline. Kami akan terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan pajak daerah, khususnya dalam pendaftaran dan pembayaran pajak daerah," ucap Faisal.

Guna lebih meningkatkan kesadaran wajib pajak membayar pajak tepat waktu, pihaknya juga sudah menggunakan Sistem Pintar pengingat pembayaran pajak sebelum jatuh tempo untuk seluruh jenis pajak.

"Juga kami memperbanyak kanal-kanal pembayaran pajak daerah, baik melalui perbankan, mini market, kantor pos dan situs belanja online," kata Faisal.

Diharapkan pendekatan pelayanan pembayaran pajak kepada masyarakat dapat mencapai target pendapatan daerah. Apalagi, pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi DKI 2019, pendapatan daerah DKI direncanakan Rp 74,77 triliun atau meningkat 13,63 persen dibandingkan dengan pendapatan daerah dalam APBD DKI 2018.

Rencana Pendapatan Daerah tersebut diharapkan berasal dari Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp51,12 triliun, Dana Perimbangan sebesar Rp.21,30 triliun, serta Lain-lain Pendapatan Daerah Yang Sah sebesar Rp 5,47 triliun. Sementara itu, untuk rencana Pendapatan Asli Daerah diharapkan diperoleh diantaranya dari Pajak Daerah sebesar Rp 44,18 triliun dan Retribusi Daerah sebesar Rp 710,13 miliar.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Berhubungan Intim, Pria di Blora Bunuh Istri

Posted: 29 Nov 2018 09:11 PM PST

Patroli, Blora - Seorang pria di Blora, Jawa Tengah, ditangkap polisi karena telah membunuh istrinya. Tersangka kesal karena sang istri menolak berhubungan intim.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (30/11/2018), Januri ditangkap tanpa perlawanan di rumahnya di Desa Bedingin, Todanan, Grobogan, Kamis siang kemarin. Dia sempat dibawa ke Polsek Todanan sebelum akhirnya dibawa ke Polres Blora.

Tersangka mencekik istrinya, Sabtu,1 November lalu. Kepada orangtua korban, Januari mengaku istrinya meninggal karena gigitan ular. 

Sebelumnya, polisi membongkar makam korban untuk kepentingan autopsi. Hasil surat visum menyebutkan, bahwa kematian korban tidak wajar karena ditemukan luka lebam di leher seperti bekas cekikan.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Undang-undang Kekerasan dalam Rumah Tangga dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pre-Wedding Pasangan Crazy Rich Surabayan di 5 Benua

Posted: 29 Nov 2018 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jelang hari pernikahan yang bakal berlangsung besok, Sabtu, 1 Desember 2018, pasangan Jusup Maruta dan Clarissa Wang malah jadi topik hangat perbincangan warga dunia maya. Perjalanan cinta mereka yang dinilai serba mewah membuat keduanya disematkan "gelar" Crazy Rich Surabayan.

Lewat foto dan video yang tersebar di media sosial, rekam perjalanan pasangan Crazy Rich Surabayan ini dimulai ketika putra salah satu pengusaha kelapa sawit itu melamar Clarissa di Macau, Mei 2018. Kemudian, disusul pesta lamaran mewah yang berlangsung pada Juli 2018 di Shangri-La Hotel, Surabaya.

Sebelum akhirnya kabar tentang pesta pernikahan mereka yang disebut serba glamor tersebar, Jusup dan Clarissa telah lebih dulu melakukan sesi foto pre-wedding. Tak tanggung-tanggung, keduanya melangsungkan pemotretan di lima benua.

Jusup Maruta Cayadi dan Clarissa Wang pasangan yang rencana pernikahannya viral di media sosial. (dok. Instagram @joshhendries/https://www.instagram.com/p/BqyYnOYj4mr/Asnida Riani)

Lewat deretan foto yang tersebar di jagat maya, terlihat mereka berpose di bangunan tua di Afrika, saling bertatap dengan Eiffel Tower di Paris, Prancis, maupun Golden Gate Bridge, San Francisco, Amerika Serikat, sebagai latar belakang.

Ada pula beberapa foto yang memperlihat sudut Asia, hingga megah Opera House di Sydney, Australia. Perjalanan keliling dunia ini kemudian melengkapi foto pre-wedding pasangan yang diketahui tinggal di wilayah Sidoarjo, Jawa Timur, tersebut.

Pernikahan pasangan yang disebut Crazy Rich Surabayan tersebut bakal berlangsung di Hotel Mulia, Nusa Dua, Bali. Pernikahan disebut disebut-sebut menelan biaya fantastis, yakni hampir Rp 1 trilun.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di KTT G20, Wapres JK Akan Bawa Misi Indonesia agar Perdagangan Dunia Lebih Baik

Posted: 29 Nov 2018 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri KTT G20 yang digelar pada 30 November-1 Desember 2018 di Bueones Aires, Argentina. Sebelum pertemuan, JK mengatakan akan membawa misi untuk Indonesia agar perdagangan dunia jadi lebih baik.

Saat ini, kata JK, roda perekonomian makin melambat akibat perang dagang antara Amerika Serikat dengan China. Karena itu, dalam pertemuan G20 tersebut, dia berharap akan menemukan masalah dalam fenomena ekonomi.

"Yang perlu dipahami bersama, kunci dari permasalahan ekonomi saat ini adalah bagaimana mencari jalan keluar dari perang dagang antara dua raksasa ekonomi, yakni Amerika dan Tiongkok. Diakui, perang dagang keduanya menyebabkan ekonomi dunia melambat, termasuk di Indonesia," kata JK di sela acara makan siang bersama di restoran Rodizo, Buenos Aires, Argentina, Kamis (29/11/2018).

Akibat perang dagang ini, kata JK, harga komoditas dunia menurun karena permintaan barang produksi juga menurun di China sebagai salah satu negara tujuan ekspor Indonesia. .

JK mengatakan, jika tidak dicarikan solusi, akan ada efek negatif dari negara lain yang tidak ikut campur dalam perang dagang. Meski demikian, JK optimistis adanya perubahan positif. Salah satunya, kata dia, ditandai kegagalan pencapaian kesepakatan di pertemuan APEC 2018 di PNG memberikan pesan kewaspadaan pada semua negara, khususnya anggota G20.

"Bahwa, di pertemuan kali ini, kesepakatan harus diraih bersama untuk ekonomi yang lebih baik," ucap JK.

Lalu salah satu tanda yang lain, Amerika mulai menunjukkan sikap dan kemauannya untuk bekerja sama dengan negara lain. JK mencontohkan, pemerintah Amerika mulai membangun komunikasi kembali dengan Kanada dan Meksiko terkait potensi dijalankannya kembali perjanjian dagang antara negara-negara di Amerika Utara atau yang selama ini dikenal dengan NAFTA.

"Ini step by step (perubahan ke arah lebih baiknya). Karena Amerika sendiri yang mula-mula membubarkan NAFTA, sekarang Amerika-Meksiko dengan Kanada kemudian mulai membangun komunikasi kembali. Kita harapkan juga hubungannya dengan China tahap demi tahap akan membaik," ucap JK.

Organisasi G20

Diketahui, Organisasi G20 sendiri adalah kelompok ekonomi 20 terbesar di dunia. Saat ini, 20 negara tersebut menguasai 60 persen ekonomi dan perdagangan dunia. Tajuk pertemuan tahun ini adalah Membangun Kesepakan untuk Pembangunan yang Adil dan Berkelanjutan. JK akan memimpin delegasi Indonesia pada rapat-rapat pleno yang berlangsung dua hari, yaitu pada 30 November - 1 Desember 2018.

Salah satu agenda utama Indonesia yaitu terhadap perang dagang dunia khususnya antara Amerika dan Tiongkok yang sedang terjadi. Pembahasan lainnya akan menyinggung soal penguatan daya tawar dan posisi Indonesia di G20, kemungkinan Indonesia menjadi penengah di perdebatan perang dagang ini, dan potensi investasi global di Indonesia.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Luhut: Indonesia Harus Bikin Mobil Listrik di Karawang

Posted: 29 Nov 2018 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menghadiri rapat koordinasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), terkait pengembangan industri kendaraan bermotor listrik nasional, Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, berbicara peluang Indonesia memiliki mobil listrik sendiri.

Menurutnya, seharusnya Indonesia sudah bisa memproduksi sendiri mobil listrik. Pasalnya, pemerintah juga dalam waktu dekat ini bakal membangun pabrik baterai lithium, yang dikalaim sebagai paling besar di dunia.

"Kita bikin mobil Indonesia dong, kan baterainya sudah ada, mobilnya kita bikin di Karawang, Bekasi buat Indonesia," ujar Menko Luhut di Gedung Nusantara III, Jakarta, Kamis (29/11), seperti disitat Merdeka.com.

Lanjutnya, ia meyakini jika Indonesia memiliki banyak orang-orang hebat yang bisa menyukseskan pengembangan industri kendaraan bermotor listrik ini. Ditambah lagi cadangan kobalt (Co) Indonesia, bahan utama baterai mobil listrik, menjadi yang terbesar di dunia.

"Kita jadi pemain utama karena cadangan baterai kita besar. Kadang-kadang kita enggak tahu (kalau) kita sakti," tegasnya.

Selanjutnya

Sehingga bukan tidak mungkin kendaraan bermotor listrik akan dikembangkan di Indonesia. "India masih cari lithium baterai. Kita ada di Halmahera Utara cadangan Cobalt yang (Co) besar. Di situ paling besar. Jadi kita tak ada masalah," ujarnya.

Menko Luhut menilai mobil listrik itu tidak semahal jenis Bahan Bakar Minyak (BBM). Sebab, dia tidak perlu mesin seperti karburator, hanya butuh listrik saja.

Menko Luhut percaya bahwa Indonesia akan menjadi pemimpin jika kendaraan listrik ini terwujud.

Penggunaan mobil listrik akan meningkatkan diversifikasi pemanfaatan sumber energi di Indonesia sehingga mengurangi impor BBM dan menurunkan emisi gas karbondioksida.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Optimalkan Penerimaan PKB, Pemprov DKI Jakarta Hapus Denda Penunggak Pajak

Posted: 29 Nov 2018 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberlakukan pemutihan pajak berupa penghapusan sanksi administrasi atau denda terhadap tiga jenis pajak daerah, yaitu Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Hal ini dilakukan untuk mendongkrak realisasi penerimaan pajak daerah menjelang akhir tahun anggaran 2018.

Penghapusan sanksi administrasi mulai dilakukan pada 15 November hingga ‪15 Desember 2018‬. Kebijakan ini dilakukan dalam rangka menekan 4,7 juta kendaraan bermotor yang belum bayar pajaknya hingga sekitar Rp 1,8 triliun. Harapannya, masyarakat menggunakan kesempatan ini untuk segera membayar pajaknya.

Berdasarkan data Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Provinsi DKI Jakarta, dari target pendapatan pajak Rp 38,12 triliun, baru tercapai Rp 33,9 triliun atau 88,9 persen pada 29 November 2018. Kepala BPRD Provinsi DKI Jakarta, Faisal Syafruddin, mengatakan bahwa pemutihan yang dilakukan pada akhir 2018 adalah salah satu bentuk upaya Pemprov DKI Jakarta dalam mengoptimalkan penerimaan PKB melalui pencairan piutang pajak daerah.

"Pemutihan pajak juga dilakukan untuk mengajak masyarakat untuk taat dan patuh dalam pembayaran PKB. Dengan begitu, dapat diketahui data riil objek pajak sektor PKB," ujarnya.

Pemutihan pajak, lanjut Faisal, merupakan bentuk akhir dari tahun pembinaan dan sosialisasi kepatuhan perpajakan daerah pada 2018. Sebab, tahun depan akan memasuki tahapan tahun penindakan dengan pelaksanaan penegakan hukum bersama instansi terkait.

"Jadi tahun depan, kita akan lakukan penindakan terhadap wajib pajak yang menunggak pajak," ucapnya.

Kebijakan ini, tambah Faisal, telah dapat meningkatkan penerimaan PKB rata-rata per hari dari kendaraan bermotor belum daftar ulang (KDM-BDU). Sebelumnya penerimaan mencapai Rp 2,2 miliar per hari dengan 1.700 unit kendaraan bermotor, sekarang menjadi Rp 3,6 miliar per hari dengan 2.600 unit.

"Khusus masyarakat yang sudah menikmati pemutihan tersebut, diharapkan dapat terus tertib membayar pajak untuk tahun-tahun selanjutnya," kata dia.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PBB Desak China Pimpin Upaya Penyelamatan Kelestarian Bumi

Posted: 29 Nov 2018 09:03 PM PST

Liputan6.com, Sharm el-Sheikh - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendesak China untuk bertindak sebagai pemeran utama, jika dunia ingin menyusun strategi baru dan lebih efektif untuk menghentikan kerusakan lingkungan Bumi.

Desakan itu disampaikan oleh para delegasi senior pada penutupan konferensi keanekaragaman hayati PBB pekan ini.

Dengan absennya Amerika Serikat (AS), beberapa konflik di Eropa, dan menjauhnya komitmen Brasil dalam kerja sama global pada isu terkait, membuat tanggung jawab penyelamatan lingkungan bergeser ke China, yang kini menjadi kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Dikutip dari The Guardian pada Jumat (30/11/2018), China akan menjadi tuan rumah perundingan tingkat tinggi berikutnya, pada 2020, yang disebut sebagai agenda paling penting dalam lebih dari 10 tahun terakhir.

Penyelenggaraan itu sekaligus merupakan tenggat waktu bagi negara-negara untuk menyetujui target global baru dalam perlindungan dan pengelolaan hutan, sungai, samudra, dan satwa liar.

"Peran China sangat penting, dan bisa menjadi pemimpin yang hebat," kata Hesiquio Benítez Díaz, direktur kerja sama internasional Meksiko, yang membantu mengorganisir konferensi keanekaragaman hayati global sebelumnya.

"Kami mencapai titik tanpa harapan untuk banyak spesies. Benar-benar buruk, tetapi orang-orang tidak melihat masalah ini," lanjutnya.

Ditambahkan oleh Benítez Díaz, dia dan para konservasionis berharap China dapat menggunakan kekuatannya untuk mendukung menteri lingkungan dan LSM --yang lemah secara politik-- dalam menekan partisipasi kepala negara pada tahun pertemuan 2020 mendatang.

Mereka juga ingin masalah ini turut diperhatikan oleh komunitas, perusahaan dan individu.

 

Simak video pilihan berikut: 

Perspektif Baru China

Presiden Cina Xi Jinping seusai berbicara kepada awak media di Bandara Internasional Hong Kong, Kamis (29/6). Selama sepekan terakhir, Kepolisian Hong Kong sudah melakukan berbagai antisipasi terkait kunjungan Presiden Xi Jinping. (AP Photo/Kin Cheung)

Saat ini, masalah pencemaran lingkungan masih berada dalam status mengkhawatirkan di China.

Namun, dengan bergesernya persepsi pemerintahan Xi Jinping, menjadikan Beijing lebih giat dalam mempromosikan konsep "peradaban ekologis", di mana contohnya adalah mendirikan ratusan pengadilan lingkungan, serta memainkan peran positif dalam pembicaraan iklim global.

Pada keanekaragaman hayati PBB, China disebut mengirim sinyal pesan yang membingungkan. Awalnya, Beijing mengabaikan proposal untuk terlibat dalam persiapan KTT terkait pada 2020, dengan Meksiko (penyelengagra sebelumnya), dan Mesir (tuan rumah tahun ini), namun kemudian justru tidak banyak berkomentar dalam perundingan yang berlangsung selama hampir dua pekan di Sharm el-Sheikh.

"Kami sangat gugup tentang keheningan mereka," kata seorang diplomat asing.

Tetapi mereka yang akrab dengan delegasi China, mengatakan sikap tersebut mencerminkan perbedaan pendekatan.

Daripada menetapkan sasaran publik yang ambisius, mereka mengatakan Beijing lebih suka menetapkan harapan rendah, dan bekerja di tingkat yang lebih tinggi di belakang layar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Gerebek Gudang Seblak Tak Berizin di Karawang

Posted: 29 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Karawang - Petugas Kepolisian Resor Karawang menggerebek gudang penyimpanan bahan baku dan bumbu seblak di Desa Pangulah Selatan, Kecamatan Kotabaru, Karawang, Kamis (29/11/2018). Puluhan karung disita sebagai barang bukti.

Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waloya, mengatakan penggerebekan dilakukan setelah pihaknya mendapat laporan dari masyarakat tentang gudang yang mencurigakan tersebut.

"Kami dapat laporan dari masyarakat, terus kami selidiki. Ditemukan puluhan kantung produk bahan baku yang tak punya izin edar. Artinya tidak dijamin kesehatannya," kata Slamet Waloya.

Slamet menjelaskan, selain tanpa izin edar bahan baku pangan pembuat seblak juga sudah kedaluwarsa. Tak hanya itu, polisi juga menemukan bahan pangan olahan beku pembuatan seblak yang sudah siap edar.

"Barang-barang tersebut merupakan pangan berbentuk pangan olahan beku yang sudah kedaluwarsa dan siap diracik," ungkap Slamet.

Dari hasil penyelidikan dan pengakuan pemilik, kata Kapolres, kegiatan ilegal itu telah berjalan lama dan mengedarkan pangan tersebut ke sejumlah pedagang seblak di Karawang dan sekitarnya.

Sedangkan bahan baku pangan kedaluwarsa tersebut dikirim dari wilayah Cibitung, Bekasi. Bahan baku pangan tersebut dibeli lebih murah dari harga pasar.

"Untuk mengedarkan barang tersebut, pelaku memberi label ulang serta mengemas kembali barang yang akan diedarkan. Nilai ekonomisnya lebih mahal dari harga awal," papar Slamet.

Seluruh bahan pangan ilegal tersebut diamankan dan gudang penyimpanan bahan baku seblak diberi garis polisi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sementara pemilik gudang belum ditetap tersangka karena masih dimintai keterangan.

"Pemilik masih dimintai keterangan untuk mendalami barang kedaluwarsa tersebut, " pungkas Slamet.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta Termasuk 6 Kota yang Berpotensi Raih Investasi Perbaikan Iklim USD 29,4 T

Posted: 29 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta International Finance Corporation (IFC) World Bank melaporkan, enam kota negara berkembang dunia memiliki potensi meraih investasi perbaikan iklim sebesar USD 29,4 triliun sampai dengan 2030. Setidaknya ada enam sektor bisnis perbaikan iklim yang dapat digarap.

Green Building Leads IFC Indonesia, Sandra Pranoto mengatakan, enam peluang sektor prioritas yang dapat dimanfaatkan seperti bangunan ramah lingkungan atau bangunan hijau, transportasi umum, kendaraan listrik, limbah, air dan energi terbarukan.

"Secara global untuk enam sektor tadi totalnya sebesar USD 29,4 triliun di enam kota sampai 2030. Per kawasan maupun per sektor paling besar adalah green building," ujar Sandra di Kantor IFC, Jakarta, Jumat (30/11/2018).

Dalam laporannya, IFC merinci enam kota dunia yang memiliki potensi investasi perbaikan iklim. Pertama, Jakarta mewakili Indonesia memiliki peluang investasi USD 30 miliar terutama di gedung-gedung hijau (ramah lingkungan), kendaraan listrik, dan energi terbarukan.

Kedua, Nairobi mewakili Kenya memiliki peluang investasi senilai USD 8,5 miliar, terutama untuk kendaraan listrik, transportasi umum, dan bangunan ramah lingkungan.

Ketiga Mexico City memiliki peluang investasi USD 37,5 miliar, terutama di gedung gedung ramah llingkungan, kendaraan listrik, dan air perkotaan.

"Keempat Amman, Yordania memiliki peluang investasi senilai USD 12 miliar, khususnya di transportasi umum, bangunan ramah Iingkungan, dan kendaraan listrik. Lalu, Rajkot kota dengan pertumbuhan paling cepat ke-22 di dunia mewakili peluang investasi senilai USD 4 miliar, terutama dalam kendaraan listrik, transportasi umum, dan bangunan ramah lingkungan," jelas Sandra.

 

Kota Lain

Illustrasi energi hijau.

Kota keenam adalah Belgrade ibu kota Serbia memiliki peluang investasi senilai USD 5,5 miliar, terutama di gedung gedung ramah Iingkungan, transportasi umum, dan air di perkotaan.

Secara global, bangunan ramah lingkungan akan berpeluang investasi perbaikan iklim di perkotaan senilai USD 24,7 triliun. Potensi investasi yang signifikan dapat dihasilkan dari transportasi rendah karbon seperti transportasi umum hemat energi sekitar USD 1 triliun dan kendaraan listrik sekitar USD 1,6 triliun.

Pada saat yang sama, energi ramah lingkungan memiliki potensi investasi USD 842 miliar, air memiliki potensi bisnis USD 1 triliun, dan limbah dapat menghasilkan investasi sebesar USD 200 miliar. Sektor ini tetap merupakan komponen penting dari pembangunan kota yang berkelanjutan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia: Duel Sengit AS Roma vs Inter Milan

Posted: 29 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Duel panas akan tersaji di pekan ke-14 Liga Italia Sabtu, 1 Desember 2018 hingga Selasa mendatang. Tim-tim papan atas saling bertemu untuk menunjukkan eksistensi mereka di Serie A.

Pertandingan menarik berlangsung saat AS Roma menjamu Inter Milan di Stadio Olimpico, Senin 3 Desember 2018 nanti. Kedua tim sama-sama membutuhkan kemenangan untuk mengamankan posisi mereka di klasemen sementara Liga Italia.

Namun, modal kurang bagus diusung kedua tim jelang laga ini. Inter Milan dikalahkan Tottenham Hotspurs 1-0 di ajang Liga Champions.

AS Roma juga dalam kondisi terluka setelah dikalahkan Real Madrid di ajang yang sama dengan skor 0-2.

AS Roma kini menempati urutan ke-7 klasemen sementara Liga Italia. Mereka baru mengumpulkan 19 poin.

Sedangkan, Inter Milan masih kokoh di posisi ke-3. Skuat asuhan Luciano Spalletti ini, sudah mengumpulkan 26 angka.

Puncak Klasemen

Cristiano Ronaldo mencetak gol ke gawang AC Milan. (AFP/Marco Bertorello)

Pada laga lainnya, Juventus akan bertandang ke kandang Fiorentina di Artemio Franchi. Juventus jelas akan mengincar kemenangan untuk mengokohkan posisinya di puncak klasemen.

Fiorentina sendiri masih terdampar di posisi 10. La Viola baru mengoleksi 18 poin.

Jadwal Lengkap

Berikut adalah jadwal lengkap Liga Italia pekan ke 14 :

Sabtu (1/12/18)

21.00 WIB SPAL vs Empoli

Minggu (2/12/18)

00.00 WIB Fiorentina vs Juventus

02.30 WIB Sampdoria vs Bologna

18.30 WIB AC Milan vs Parma

21.00 WIB Frosinone vs Cagliari

21.00 WIB Torino vs Genoa

21.00 WIB Sassaulo vs Udinese

Senin (3/12/18)

00.00 WIB Chievo vs Lazio

02.30 WIB AS Roma vs Inter Milan

Selasa (4/12/18)

02.30 WIB Atalanta vs Napoli

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: