Senin, 12 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Foto Bugil Beredar di Facebook, Janda Muda Lapor Polisi

Posted: 12 Nov 2018 09:31 PM PST

Liputan6.com, Serang - AM (22), seorang janda melapor ke Polda Banten atas kelakuan mantan suaminya, AN (28), yang menyebarkan foto bugilnya di media sosial Facebook.

AM berkenalan dengan mantan suaminya AN pada 2017 melalui Facebook. Ketika itu, AM sedang bekerja sebagai TKI. Mereka saling berbincang melalui aplikasi tersebut dan menjalin hubungan asmara alias pacaran.

"Semua foto yang telanjang milik saya itu, dikirim waktu saya masih pacaran dan menjadi TKI," kata AM, saat ditemui di Mapolda Banten, Kota Serang, Senin (12/11/2018).

Ketika awal tahun 2018, kedua sejoli melangsungkan pernikahan. Namun mereka cerai ditengah jalan. Lantaran perilaku AN yang memposting foto bugil istrinya di akun FB dengan caption yang tidak pantas.

"Dipublikasi di situ (medsos), ada kata-kata 'ini cewek yang saya acak-acak'. Udah itu saya marah dan minta alasan (penjelasan), tapi dia berontak, langsung emosi ceraikan saya dan langsung pergi ninggalin saya," ujarnya.

Sempat bertengkar hebat, AN sempat meminta rujuk ke AM, namun ditolak oleh Am lantaran terlanjur sakit hati atas kelakuan mantan suaminya itu.

Janda muda ini bercerita kalau pada 08 Oktober 2018 muncul tiga akun palsu yang menggunakan nama dan foto dirinya, berikut nomor telepon pribadinya

Lalu pada 10 Oktober 2018, ada sekitar 10 nomor tidak dikenal menghubunginya dengan kata-kata cabul.

"Dan memasang nomor saya juga dan di captionnya bertuliskan 'siapa saja yang ingin foto bugil saya kontek nomor ini' itu juga nomor saya yang masih aktif," jelasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nicky Butt: MU Kurang Percaya Diri

Posted: 12 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Legenda Manchester United (MU), Nicky Butt, menilai Setan Merah kurang percaya diri di lapangan. Hal ini membuat Romelu Lukaku dan kawan-kawan sulit meraih kemenangan.

MU menyerah 1-3 dari City pada pekan ke-12 Liga Inggris di Etihad Stadium, Minggu (11/11) malam WIB.

Pada laga tersebut, City memang mendominasi jalannya pertandingan. Mereka kerap menggempur MU, dan Setan Merah hanya mengandalkan serangan balik untuk mengancam tuan rumah.

"Saya pikir ini sulit ketika Anda memiliki pemain yang tidak dalam bentuk terbaik. Tidak peduli siapa Anda atau tim apa yang Anda latih, jika para pemain tidak berada pada level yang tinggi atau percaya diri, mereka tidak akan memenangkan terlalu banyak pertandingan," kata Butt kepada Sky Sports.

 

 

Kurang Pede

(AFP/Lindsey Parnaby)

"Di United saat ini, pemain memiliki kepercayaan diri yang rendah. Mereka melawan tim yang mungkin terbaik di Eropa (Manchester City) dan kalah."

"Cedera Paul Pogba dapat membunuh tim mana pun. United tidak mendapatkan semua keberuntungan, tetapi pertandingan lawan City telah berakhir sekarang dan semoga mereka dapat melanjutkan ke periode Natal dan mendapatkan posisi di mana mereka bersaing untuk empat besar," Butt menambahkan.

Peringkat 8

Akibat kekalahan dari City, pasukan Jose Mourinho itu harus rela turun ke peringkat 8 klasemen sementara Liga Inggris.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rekaman Pekerja Terbawa Saat Periksa Bawah Kereta

Posted: 12 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Momen mengerikan kereta berjalan ketika seorang pekerja memperbaiki mesin. Beruntung tidak ada yang cedera dalam insiden ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ucapan Bela Sungkawa Warganet Antar Kepergian Stan Lee

Posted: 12 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dunia dikejutkan dengan kepergian salah satu komikus kenamaan, Stan Lee.

Sosok Stan Lee begitu familiar karena dikenal sebagai pencipta beberapa tokoh superhero Marvel, seperti Spider-man hingga Captain America.

Tidak hanya itu, sosok dirinya yang kerap menjadi cameo di tiap film superhero Marvel yang rilis beberapa tahun belakangan, membuat kehadirannya selalu dinantikan para penikmat film Marvel.

Mengingat Stan Lee yang penting dalam sejarah komik superhero Amerika Serikat, sejumlah warganet pun mengucapkan belasungkawa dengan cara yang terbilang kreatif khas komik.

Salah satunya ditunjukkan dengan unggahan warganet yang menampilkan para superhero mengantarkan Stan Lee ke peristirahatan terakhirnya.

Ada pula gambar Spider-Man yang menangisi kepergian Stan Lee di pemakaman. 

Untuk mengetahui lebih lengkap unggahan dari warganet mengenai mengantar kepergian Stan Lee, berikut ini ada beberapa gambar yang sudah dihimpun Tekno Liputan6.com, Selasa (13/11/2018).

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Delta 89 (@delta89_) on

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Daniel Shea (@the_official_danielshea) on

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by GySgt Wu (@gysgtwu) on

 
 
 
View this post on Instagram

Not all heroes wear capes #stanlee #rip @therealstanlee

A post shared by Gym Heroics Apparel (@gymheroics) on

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Joe Milone (@jcmilone) on

Ucapan Dukacita Kepergian Stan Lee Puncaki Trending Topic

Cameo Stan Lee dalam The Amazing Spider-Man (YouTube)

Lini masa Twitter dibanjiri ucapan dukacita atas wafatnya kreator Captain America dan beberapa tokoh superhero Marvel lainnya, Stan Lee.

Tagar RIP StanLee memuncaki trending topic Twitter, juga diikuti dengan topik tentang Marvel.

Stan Lee, yang kerap nongol menjadi cameo di tiap film superhero Marvel, berpulang di usia 95 tahun.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Selasa (13/11/2018), ucapan dukacita untuk Stan Lee mengalir deras datang dari berbagai kalangan warganet. 

Kabar Meninggalnya Stan Lee

Stan Lee (Instagram/ therealstanlee)

Berita meninggalnya Stan Lee disampaikan langsung oleh sang putri, JC, seperti dikutip dari Reuters.

Sementara, AFP melaporkan, Stan Lee kabarnya  mengembuskan nafas terakhir lantaran belakangan memang menderita komplikasi sejumlah penyakit, salah satunya pneumonia.

Situs berita TMZ sempat menuliskan Stan Lee meninggal dunia di Rumah Sakit Cedars-Sinai. Kepergian Stan Lee menyusul rekannya, Steve Ditko, yang bersama-sama menciptakan karakter Spiderman. Ditko meninggal dunia, 29 Juni 2018 lalu.

Dunia mencatat Stan Lee dengan tinta emas. Stan Lee mendapat Jack Kirby Hall of Hall of Fame pada tahun 1995. Pria kelahiran New York, 22 Desember 1922 ini juga sempat menerima National Medal of Arts pada tahun 2008.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cerita Awal Pertemuan Syahrini dan Reino Barack

Posted: 12 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Syahrini membuat banyak orang penasaran dengan kisah cintanya. Sepekan terakhir, masyarakat, khususnya warganet, dibuat penasaran dengan kabar kedekatan spesial Syahrini dengan Reino Barack.

Hingga kini, Syahrini belum juga berkomentar mengenai kabar kedekatannya dengan pria yang baru saja memutuskan jalinan cinta dengan Luna Maya itu.

Meski begitu, kedekatan Syahrini dan mantan kekasih Luna Maya bukanlah rumor semata. Bahkan, Luna Maya mengakui menjadi saksi perkenalan Syahrini dan Reino Barack.

"Ya kan memang dulu saya yang ngenalin mereka (Syahrini dan Reino)," ujar Luna Maya saat ditemui di kawasan Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Senin (12/11/2018).

 

 

 

 

Luna Maya Mengelak

Luna Maya dan Reino Barack

Meski mengakui mengenalkan Syahrini dan Reino Barack, namun Luna Maya menampik jika keduanya sedang memadu kasih.

"Enggak kok (Syahrini tak pacaran dengan Reino)," kilah Luna Maya.

 

 

Teman Makan Teman

Luna Maya (Adrian Putra/Fimela.com)

Luna Maya sempat mengunggah kalimat 'MAKAN TEMEN LAGI HITS' di fitur Instagram Stories miliknya. Hal ini seakan mengungkapkan perasaan Luna Maya untuk temannya yang dianggap telah menyakitinya. 

Banyak yang menduga kalimat yang dituliskan Luna Maya berkaitan dengan mantan kekasihnya Reino Barack yang kini dekat dengan temannya. Apakah Syahrini?

"Syahrini kan temanku. Aku curhat-curhat juga sama Syahrini. Syahrini nggak mungkin kayak gitu lah," tutup Luna Maya. (Pur/Gie)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Siapkan Rumah Layak Huni untuk Polisi Bintara

Posted: 12 Nov 2018 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mendorong anggota muda Polri, khususnya Polisi Bintara untuk mengambil hak hunian yang tengah dipersiapkan. Hal ini mengacu pada kesejahteraan anggota sebagai kebutuhan pokok.

"Rumah itu bagian dari kesejahteraan. Kalau anggota Polri mempunyai rumah, dia pasti tenang lah. Kebutuhan kita kan sandang, pangan, papan. Itu sudah tercukupi kan itu kebutuhan yang sangat mendasar," kata Setyo saat dikonfirmasi, Selasa (13/11/2018).

Menurut Setyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian sendiri sudah merespons baik. Dia memerintahkan para Kasatwil untuk mencari lahan yang memang bisa dibangun dan dikerjasamakan dengan Polres tiap masing-masing wilayah.

"Bahkan saya sudah pernah melihat langsung di Padang Panjang, Sumbar itu dikerjasamakan, sudah dibangun. Bahkan itu sudah ada beberapa unit yang sudah selesai," jelas Setyo.

Nantinya, untuk melunasi biaya rumah tersebut, anggota Polri dapat mencicil dengan harga yang murah. Terkait tipe rumah, Setyo mengaku tidak terlalu ingat betul, namun dia memastikan rumah itu berukuran standar layak huni dan diprioritaskan untuk bintara.

"Jadi sekarang yang diprioritaskan memang untuk Bintara Polri. Murah untuk mereka, juga kita awasi betul agar tidak diperjualbelikan," tutup Setyo.

Fokus Penyediaan Rumah

Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo berdiskusi dengan masyarakat kreatif Bandung di Simpul Space, BandungSabtu (10/11). Jokowi berdialog dengan masyarakat kreatif Bandung dalam upaya mengembangkan ekonomi digital. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jokowi sebelumnya menegaskan pemerintah fokus pada upaya percepatan penyediaan rumah yang baik dan layak bagi ASN, TNI, dan Polri.

"Yang jelas kita akan konsentrasi pada upaya percepatan penyediaan rumah yang baik, layak bagi 945 ribu ASN, 275 ribu Prajurit TNI, dan 360 ribu anggota Polri," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan, tujuan pembangunan rumah tersebut adalah menyejahterakan ASN, TNI, dan Polri. Sehingga nantinya mereka lebih konsetrasi dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara.

"Selain itu memberikan efek ganda untuk memacu pertumbuhan ekonomi yang muncul dari berbagai kegiatan percepatan pembangunan perumahan ini," sambungnya.

Jokowi lantas meminta laporan dari bawahannya soal progres perencanaan pembangunan rumah untuk ASN, TNI, dan Polri selama ini.

"Aspek penyediaan lahan saya nanti minta laporan, kemudian hunian ini vertikal atau tidak. Kedua mengenai aksesibilitas ke tempat kerja dan kemudian juga berkaitan terintegrasi dengan pengembangan kegiatan ekonomi dan menopang kawasan tersebut," jelas dia.

"Dan model pembiayaan seperti apa, bisa dari APBN, bisa dari BUMN, bisa dari swasta, tapi modelnya seperti apa," pungkas Jokowi.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merpati Airlines Ingin Terbang Lagi, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Posted: 12 Nov 2018 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan RI memaparkan sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) jika ingin terbang lagi pada 2019. Surat Izin Usaha Angkutan Udara (SIU AU) milik Merpati saat ini sudah tak berlaku lagi.

Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Sindu Rahayu mengatakan, izin penyelenggaraan angkutan udara ini sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang penerbangan.

"Untuk mendapatkan IU, harus mengajukan kembali dan memenuhi persyaratan sebagaimana dalam UU nomor 1/2009 tentang penerbangan dan aturan-aturan turunannya," kata Sindu kepada Liputan6.com, Selasa (13/11/2018).

Sindu menambahkan, salah satu aturan turunan mengenai izin usaha penerbangan adalah Peraturan Menteri Nomor 25 Tahun 2008. Dalam aturan ini disebutkan beberapa syarat yang harus dipenuhi Merpati jika ingin terbang lagi 2019.

Syarat dam Tahapan Proses Izin Usaha Angutan Udara :

1. Permohonan melalui Lembaga On Line Single Submition (OSS)

2. Pemohon harus memiliki terlebih dahulu Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Izin Usaha yg BELUM berlaku efektif

3. Izin usaha akan berlaku efektif apabila pemohon telah memenuhi komitmen persyaratan administrasi dan persyaratan teknis berupa rencana usaha atau business plan.

4. Permohonan disetujui setelah memenuhi persyaratan tsb dan membayar PNBP

5. Proses perizinan selama 30 hari kerja setelah berkas diterima lengkap.

"Setelah mendapatkan izin usaha, perusahaan dapat beroperasi atau melakukan kegiatan angkutan udara setelah memiliki Air Operator Certificate (AOC) sesuai ketentuan berlaku," pungkas Sindu.

 

Bos Merpati: Investor Tak Minta Jabatan di Manajemen Perusahaan

Pesawat Merpati

PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) menyatakan siap terbang lagi pada 2019. Pernyataan itu lantaran maskapai pelat merah itu sudah mendapatkan investor yang siap suntik modal Rp 6,4 triliun.

Direktur Utama Merpati Asep Ekanugraha mengatakan modal tersebut dinilai sangat cukup untuk kembali menerbangkan Merpati sekaligus secara bertahap melunasi kewajiban utang perusahaan yang mencapai Rp 10 triliun. 

"Dengan adanya dana tersebut, maka Merpati setidaknya bisa kembali memiliki pesawat dan mulai mengurus izin rute terbang dan investasi operasional lainnya," kata Asep di Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Terkait komposisi saham mengenai ke depan, Asep menyatakan belum bisa menjelaskan secara detail karena hal tersebut berkaitan dengan perjanjian kedua perusahaan.

Hanya saja, kata Asep pihak investor memang mengucurkan dana dengan soft lender, yang artinya pihak investor akan mendapatkan return dari Merpati setelah maskapai ini mapan mengudara.

Asep optimistis, kreditor lama akan setuju agar Merpati bisa kembali terbang. Alasannya, dengan kembali terbang, maka Merpati akan bisa menyelesaikan persoalan utang kepada kreditor.

"Enggak ada juga investor yang mau kasih modal cuma cuma menurut saya, dana ini bukan untuk menutup utang, tetapi menjadi modal awal kami sehingga kami bisa kembali beroperasi," ujar Asep.

Saat inipun struktur organisasi baru PT MNA (Persero) juga sudah selesai disusun dan pihak investor swasta menyatakan tidak minta jatah untuk duduk di struktur.

"Investor hanya mau agar dana yang sudah ditanam bisa digunakan sebaik-baiknya, sehingga perusahaan bisa meraup laba seperti yang diharapkan," pungkas Asep.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Milan Vs Juventus: Simpati Ronaldo untuk Higuain

Posted: 12 Nov 2018 09:20 PM PST

 

Milan - Cristiano Ronaldo, penyerang Juventus turut menyatakan empatinya terhadap kartu merah yang diterima Gonzalo Higuain di laga AC Milan vs Juventus di Serie A, Minggu (11/11) atau Senin dinihari WIB. Ronaldo mengaku bisa merasakan apa yang dirasakan penyerang AC Milan itu.

Higuain diusir wasit Paolo Silvio Mazzoleni tujuh menit jelang laga usai saat takluk 0-2 dari Juventus pada giornata ke-12 Serie A, di San Siro, Senin (12/11/2018). Striker asal Argentina itu mendapatkan dua kartu kuning di laga ini.

Higuain terlihat emosi setelah diusir wasit. Ronaldo sempat terlihat berbicara dengan Higuain, begitu pula dengan beberapa pemain Juventus dan AC Milan yang coba menenangkan bomber berusia 30 tahun tersebut.

Dalam sesi jumpa pers setelah pertandingan, Ronaldo mengungkapkan apa yang dia katakan kepada Higuain. "Saya katakan kepadanya untuk tenang, karena dia berisiko mendapatkan sanksi yang lebih berat," ujar Ronaldo, yang baru bergabung dengan Juventus, musim ini kepada Sky Sport Italia.

"Dia tidak bisa berbuat banyak, dia marah karena kalah, itu bisa dimengerti, dan saya harap dia tidak mendapatkan hukuman berat," ia melanjutkan.

Tampil Buruk

2. Gonzalo Higuain (AC Milan) - 9,5 juta euro. (AFP/Marco Bertorello)

Higuain memang tampil buruk di laga kontra Juventus. Ia gagal menjalankan tugas sebagai eksekutor penalti jelang akhir babak pertama yang bisa menyamakan skor menjadi 1-1.

Di babak kedua, Higuain diusir wasit karena reaksi berlebihan yang diperlihatkannya setelah mendapatkan kartu kuning karena melanggar bek tengah Juventus, Medhi Benatia.

 

 

Minta Maaf

Higuain sendiri mengungkapkan penyesalannya. Dia pun meminta maaf untuk itu. Namun, pemain asal Argentina ini menyebut, tak berniat menghina siapapun.

"Saya merasa itu pelanggaran yang tidak adil, saya justru merasa dilanggar. Saya diperingatkan namun saya tidak menghina siapapun," ujar Higuain yang juga mantan pemain Juventus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Sinetron SCTV Dilema Cinta Episode Selasa 13 November 2018: Safira Patuhi Surat Wasiat Palsu

Posted: 12 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di episode ke-9 Dilema Cinta dikisahkan Safira masih shock karena ada orang yang sengaja melepas alat bantu pernafasan papanya. Bayu yang pura-pura tak tahu apa-apa janji akan cari orang itu, tapi Bayu yakin, pasti pelakunya orang dalam juga. Bersamaan dengan itu, Robi datang mau melabrak Safira yang tadi hampir menabrak dirinya dan Luki. Tapi Robi tak bisa masuk karena dihadang bodyguard penjaga rumah Safira.

Diam-diam Bayu memotret saat Robi sedang ngomong dengan bodyguard itu. Bayu kemudian menunjukan foto itu ke Safira, sambil mengatakan bahwa ada pengkhianat. Bodyguard ternyata orang suruhan Robi untuk mencelakakan Pak Drajat. Safira berang, mau menemui bodyguard itu tapi ditahan Bayu. Biar aku yang urus, kata Bayu menenangkan Safira.

Intan lalu menemui Luki untuk bertanya kenapa Robi setega itu mau mencelakai papanya. Tapi Luki nggak yakin Robi sekeji itu. Mereka berdua lalu menemui Robi. Jelas, Robi menyangkal semua itu. Intan dan Luki menyarankan supaya Robi bicara berdua secara baik-baik, supaya di antara mereka tidak terus terjadi perselisihan. Luki dan Intan yang akan mengatur pertemuan itu.

Di episode Dilema Cinta Selasa sore ini juga, akhirnya Robi dan Safira bertemu. Mereka berdua sepakat untuk menyudahi semua pertikaian, supaya tidak berdampak pada adik-adik mereka. Tapi tiba-tiba Bayu datang. Bayu komporin Safira, supaya Safira tidak melupakan hal bahwa Papanya bisa koma sampai sekarang karena ditabrak Robi. Safira kembali tersulut. Pertemuan itu berakhir perselisihan lagi antara Robi dan Safira.

Sementara itu Arga benar-benar mengeluarkan Luki dari sekolah Intan karena Luki tidak nurut padanya. Luki lalu menemui Arga. Dan, Arga bilang, Luki bisa saja kembali ke sekolah itu, asalkan harus nurut semua ucapannya. Luki jadi galau. Mumpung tak ada Luki, Gilang berencana mau 'nembak' Intan di taman. Gilang sudah mempersiapkan kejutan manis buat Intan, sayangnya rencana itu didengar oleh Bimo dan Dado. Rencana Gilang gagal total, ditambah pula Gilang ditolak Intan, karena tiba-tiba Luki datang. Gilang makin kesal sama Luki.

Ikuti terus Dilema Cinta...

 

Luki Ingin Tinggal dengan Papanya

Adegan sinetron Dilema Cinta (Starvision)

Melihat Robi yang sepertinya galau terus, Luki menyarankan Robi untuk menemui Safira. Luki kasih tahu cara jitu buat melunakkan hati wanita. Robi melakukan apa yang disarankan Luki, tapi jadinya malah norak. Anita yang tahu pertemuan Robi dan Safira, datang melabrak. Safira dipermalukan di cafenya sendiri oleh Anita. Sementara itu Luki juga galau karena nggak satu sekolah dengan Intan, dia takut Gilang cari kesempatan buat nembak Intan lagi. Luki memberanikan diri untuk minta ijin ke Robi, bahwa dia mau tinggal bersama papanya lagi. Robi mengijinkan dengan berat hati, asalkan Luki bsia jaga diri.

Keesokan harinya Luki kembali sekolah di sekolah Intan. Intan senang, Gilang yang gondok. Intan lalu cerita ke Luki bahwa dia pernah lihat foto Safira mengenakan pakaian pengantin, tapi wajah mempelai pria-nya nggak terlihat karena foto sudah rusak. Luki juga ingat, dia pernah lihat Robi membakar foto. Salah satunya adalah foto yang sama yang ditunjukan Intan, hanya Safira-nya tak terlihat jelas karena foto terbakar sebagian. Intan dan Luki makin yakin bahwa dulu antara Safira dan Robi pernah ada hubungan serius.

Bayu bersama pengacara keluarga menjelaskan ke Safira isi surat wasiat Drajat, yang isinya Safira harus menikah dengan Bayu, karena Drajat sudah sangat percaya pada Bayu.  Safira galau, bagaimana pun dia belum bisa mencintai Bayu, tapi Safira juga ingin menuruti wasiat papanya itu. Padahal tanpa Safira tahu, itu adalah surat wasiat palsu. Bayu menyogok pengacara dengan sejumlah uang, agar dibuatkan surat wasiat palsu. Bayu juga sudah merencanakan setelah menikah, Bayu akan mengajak Safira, Intan dan Drajat untuk pindah ke luar negeri. Ini supaya Safira tak lagi bertemu dengan Robi. Safira kaget, Intan apalagi. Intan menolak, dia tak mau ikut mereka pindah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin: Urusan Sudah Selesai, untuk Apa Reuni 212?

Posted: 12 Nov 2018 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden Ma'ruf Amin menolak hadir dalam Reuni 212. Menurutnya reuni itu tak perlu dilakukan karena aksi tersebut telah usai.

"Untuk apa reuni itu. Urusannya 212 sudah selesai," kata Ma'ruf di rumah Situbondo, Jakarta Pusat, Selasa (13/11/2018).

Ma'ruf menanggap reuni peserta aksi bela Islam tidak perlu dilaksanakan terlebih jika itu bermuatan politis. Namun, tak masalah jika untuk silahturahmi semata.

"Kalau hanya urusan kekeluargaan silaturahim, tapi kalau ada agenda politik tidak perlu," kata Ma'ruf Amin.

Mantan Rais Aam Nahdlatul Ulama itu menjelaskan tidak ada masalah massa aksi reuni untuk bersilahturahmi. Tapi Ma'ruf Amin menolak keras apabila disisipi gerakan politik negatif destruktif.

"Kalau tidak gerakan politik yang negatif destruktif saya kira sebenarnya bagus-bagus saja untuk mengingatkan, tapi jangan kemudian menjadi gerakan politik tertentu untuk apa namanya merobohkan rezim, untuk mengganggu pemerintahan yang ada," tegasnya.

Kasus Ahok

Aksi 212 atau dikenal aksi bela Islam 2 Desember merupakan reaksi massa atas ucapan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ketika itu, karena dianggap menistakan agama.

Ma'ruf Amin, selaku Ketua MUI adalah tokoh yang mengeluarkan fatwa bahwa Ahok telah menistakan agama, yang menjadi titik timbul reaksi massa ke jalan.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Piala AFF 2018 Hari Ini

Posted: 12 Nov 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia mengalami nasib buruk di laga pertama Grup B Piala AFF 2018. Bertandang ke Singapura, tim asuhan Bima Sakti ini kalah 0-1.

Namun begitu, perjalanan masih panjang. Tak hanya bagi Indonesia, tapi juga bagi Kamboja, Laos, dan Timor Leste, yang di laga pertama juga mengalami kekalahan.

Setidaknya, masih ada tiga pertandingan lagi di fase grup, yang bisa mereka perjuangan. Indonesia sendiri di pertandingan kedua Grup B akan berlaku sebagai tuan rumah di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Hansamu Yama dan kawan-kawan ditantang Timor Leste.

Ini tentu jadi peluang besar bagi Indonesia untuk menabung poin. Pasalnya, di laga pertama, Timor Leste dihancurkan Thailand 0-7 di Grup B Piala AFF 2018.

Jadwal Grup B Piala AFF 2018

Selasa, 13 November

19.00 WIB, Filipina vs Singapura

19.00 WIB, Indonesia vs Timor Leste

Rabu, 21 November

18.30 WIB, Filipina vs Thailand

18.30 WIB, Singapura vs Timor Leste

Minggu 25 November

19.00 WIB, Thailand vs Singapura

19.00 WIB, Indonesia vs Filipina

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stan Lee, Penggemar Kendaraan Mewah yang Benci Iklan Mobil

Posted: 12 Nov 2018 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penggemar kultur pop saat ini tengah berduka, dengan meninggalnya legenda komik Marvel, Stan Lee. Pria yang menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 95 ini, merupakan sosok yang menghidupkan banyak superhero, seperti Spider-Man, Iron Man, Incredible Hulk, dan X-Men.

Semasa hidupnya, tidak melulu soal pahlawan super di dalam komik, Lee juga merupakan penggemar kendaraan mewah. Namun, ia juga kerap mengkritik iklan mobil yang buruk dan sangat biasa untuk ukuran mempromosikan kendaraan mahal.

Dalam sebuah video, Stan Lee menyatakan ketidaksukaan terhadap iklan mobil yang polanya sama saja. Padahal, dari sebuah kendaraan mewah, banyak hal yang bisa digali lebih dalam untuk dijadikan bahan promosi.

"Saya tidak akan membeli mobil dengan iklan televisi yang hanya menunjukan mobil berkeliling. Jika hanya itu yang bisa dilakukan (mobil), saya tidak menginginkannya," jelas Lee seperti dilansir adage.com, Selasa (13/11/2018).

Hal tersebutlah yang menjelaskan ketika Lee memutuskan untuk menjadi bintang iklan mobil mewah asal jerman, Audi. Pada April 2015, ia muncul dalam iklan yang mempromosikan Audi pada film Avengers: Age of Ultron yang bakal segera tayang saat itu.

Dalam iklan tersebut, digambarkan seolah-olah tengah mengolok-olok hobi terkenal Lee lainnya, yaitu menjadi cameo di berbagai film Marvel.

Selanjutnya

Dalam film tersebut, Lee berperan sebagai profesor sekolah pertunjukan di mana ia mengajar kelas aktor lawas yang biasanya saja, seperti Lou Ferrigno, Jason Mewes, Tara Reid, dan Michael Rooker.

Setelah itu, Lee melanjutkan dengan menjadi bintang iklan Honda Super Bowl pada 2017.

Untuk diketahui, Stan Lee memiliki koleksi beberapa mobil mewah terbaik di dunia. Kendaraan yang berada di garasi Lee, termasuk Audi Q7, Bentley Bentayga, dan Mercedes Benz CLS-class.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Bandara Milik Angkasa Pura II Masih Rugi

Posted: 12 Nov 2018 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat sejumlah bandara yang dikelolanya masih mengalami kerugian. Namun demikian, bandara tersebut akan segera memberikan keuntungan seiring dengan kenaikan jumlah penumpang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan hingga saat ini, ada tiga bandara yang masih merugi yaitu Bandara Silangit Medan, Bandara Depati Amir Pangkal Pinang dan Bandara Banyuwangi.

‎"Ada beberapa (rugi). Memang traffic-nya sedang tumbuh. Seperti Silangit sekarang sedang tumbuh ke arah 500 ribu (penumpang). Silangit baru dioperasikan 2015, tetapi sekarang traffic-nya di 2018 berada di atas 500 ribu. Tanjung Pinang juga kurang lebih sama. Kemudin Banyuwangi juga masih kisaran 300 ribuan (penumpang), kita akan buka internasional," ujar dia di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Agar bisa untung, lanjut dia, setidaknya jumlah penumpang pada masing-masing bandara mencapai 1 juta penumpang per tahun. Hal ini yang tengah diupayakan pada ketiga bandara ini.

"Jadi program untuk menekan defisit itu karena harus kita dorong traffic-nya. Selama traffic-nya tumbuh, minimal di atas 1 juta, dia sudah bisa profitable," kata dia.

Namun Awaluddin yakin, dalam waktu dekat ketiga bandara bisa mencetak keuntungan. Sebab, saat ini peningkatan jumlah penumpang pada ketiga bandara ini sangat signifikan.

"Tiga itu traffic-nya tumbuh gila-gilaan. Karena banyawangi bisa tumbuh sampai 200 persen. Silangit tumbuh 60-80 persen. Tanjung Pinang juga, karena mereka sedang tumbuh. Habis kita bangun, kita suntik capex, fasilitas baik, jadi maskapai datang lebih nyaman. Dulu Silangit runway cuma berapa, traffic kecil," ujar dia.

 

3 Bandara AP II Jadi Bandar Udara Paling Sehat di 2018

Tiga bandara di bawah naungan Angkasa Pura (AP) II meraih penghargaan Bandar Udara Sehat 2018. (Pramita/Liputan6.com)

Sebelumnya, tiga bandara di bawah naungan Angkasa Pura (AP) II meraih penghargaan Bandar Udara Sehat Tahun 2018. Penghargaan diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di ICE BSD City, Tangerang, Banten. 

Senior Manager Safety Risk and Quality Control AP II, Syaiful Bahri mengatakan, ketiga bandara yang memperoleh penghargaan sebagai Bandara Sehat 2018 adalah Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, Bandara Husen Sastranegara Bandung dan Tanjung Pinang.

"Ini penghargaan dua tahun sekali oleh Kementerian Kesehatan. Dan ini kedua kalinya, kemarin itu pada 2016," ujar Syaiful, sesaat setelah terima penghargaan di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang.

Menurutnya, bukan hal mudah mempertahankan salah satu prestasi tersebut. Banyak hal yang dinilai, bukan hanya terminal yang ada, tetapi seluruh aspek yang ada di dalam lingkungan bandara.

"Juga landside-nya, terminal dari sisi udara. Termasuk fasilitas penunjang yang dimiliki," katanya.

Terlebih ada beberapa stakeholder yang berada di naungan Kementerian Kesehatan langsung, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan kantor karantina hewan serta manusia. Para stake holder tersebut juga mendapatkan penilaian langsung dari kementerian.

Menurutnya, kewajiban memberikan bandara yang bersih, sehat dan ramah lingkungan bukan hanya diperuntukan agar mendapat penghargaan. Melainkan tugas untuk melayani sebagai sarana publik.

"Butuh komitmen untuk terus melaksanakannya, kami bersyukur para stake holder dibawah Angkasa Pura II selalu solid dalam menjalankannya," kata Syaiful. (Pramita Tristiawati)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Para Peserta Adu Keahlian di Lomba News Presenter EGTC 2018 Surabaya

Posted: 12 Nov 2018 09:09 PM PST

Peserta menghafal naskah selama kompetisi News Presenter dalam Emtek Goes To Campus 2018 di Surabaya, Selasa (13/11). Selain Kompetisi News Presenter, EGTC juga mengadakan workshop, inspiring sharing dan entertainment talk. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta menghafal naskah selama kompetisi News Presenter dalam Emtek Goes To Campus 2018 di Surabaya, Selasa (13/11). Selain Kompetisi News Presenter, EGTC juga mengadakan workshop, inspiring sharing dan entertainment talk. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang peserta mengikuti kompetisi News Presenter selama Emtek Goes To Campus 2018 di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (13/11). Audisi news presenter merupakan salah satu acara yang menjadi ciri khas setiap penyelenggaraan EGTC. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang peserta mengikuti kompetisi News Presenter selama Emtek Goes To Campus 2018 di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (13/11). Audisi news presenter merupakan salah satu acara yang menjadi ciri khas setiap penyelenggaraan EGTC. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta menghafal naskah selama kompetisi News Presenter dalam Emtek Goes To Campus 2018 di Surabaya, Selasa (13/11). Selain Kompetisi News Presenter, EGTC juga mengadakan workshop, inspiring sharing dan entertainment talk. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta menghafal naskah selama kompetisi News Presenter dalam Emtek Goes To Campus 2018 di Surabaya, Selasa (13/11). Selain Kompetisi News Presenter, EGTC juga mengadakan workshop, inspiring sharing dan entertainment talk. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang peserta mengikuti kompetisi News Presenter selama Emtek Goes To Campus 2018 di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (13/11). Audisi news presenter merupakan salah satu acara yang menjadi ciri khas setiap penyelenggaraan EGTC. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang peserta mengikuti kompetisi News Presenter selama Emtek Goes To Campus 2018 di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (13/11). Audisi news presenter merupakan salah satu acara yang menjadi ciri khas setiap penyelenggaraan EGTC. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta menghafal naskah selama kompetisi News Presenter dalam Emtek Goes To Campus 2018 di Surabaya, Selasa (13/11). Selain Kompetisi News Presenter, EGTC juga mengadakan workshop, inspiring sharing dan entertainment talk. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta menghafal naskah selama kompetisi News Presenter dalam Emtek Goes To Campus 2018 di Surabaya, Selasa (13/11). Selain Kompetisi News Presenter, EGTC juga mengadakan workshop, inspiring sharing dan entertainment talk. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta menghafal naskah selama kompetisi News Presenter dalam Emtek Goes To Campus 2018 di Surabaya, Selasa (13/11). Selain Kompetisi News Presenter, EGTC juga mengadakan workshop, inspiring sharing dan entertainment talk. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta menghafal naskah selama kompetisi News Presenter dalam Emtek Goes To Campus 2018 di Surabaya, Selasa (13/11). Selain Kompetisi News Presenter, EGTC juga mengadakan workshop, inspiring sharing dan entertainment talk. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Penemuan 1 Keluarga yang Dibunuh di Bekasi

Posted: 12 Nov 2018 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Satu keluarga tewas dibunuh di Jalan Bojong Nangka 2, RT 002 RW 07, Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat. Mereka ditemukan tergeletak di kamar dan bersimbah darah oleh seorang saksi bernama Feby Liga Rukiani. Di mana Feby merasa curiga dengan kondisi rumah korban.

"Jadi pada pukul 03.30 WIB, saksi ini melihat gerbang kontrakan sudah terbuka dan televisi di ruang korban menyala," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono kepada merdeka.com, Selasa (13/11/2018)

Namun, katanya, saat saksi memanggil korban dari luar rumah tidak ada jawaban. "Saksi juga sempat menelpon tapi tidak diangkat," ujarnya.

Selanjutnya, pada saat saksi hendak berangkat kerja sekitar pukul 06.30 WIB, dirinya melihat ada kecurigaan.

"Saksi ini curiga dan penasaran, akhirnya membuka jendela rumah, kemudian saksi lihat ke ruangan korban melalui jendela dan melihat banyak korban sudah tergeletak dan terdapat darah," ujar Argo.

Atas temuan itu, saksi memanggilnya dua orang saksi lainnya yakni Aris Susanto dan Sulistiyanti untuk bersama-sama melaporkan hal itu ke Ketua RT dan anggota Polsek Pondok Gede.

"Ada empat orang yang sedang kami identifikasi tergeletak di dalam satu kamar itu. Dan saat ini Polres Bekasi Kota sedang melakukan olah TKP dengan Inafis. Tentunya dengan adanya pembunuhan ini yang korbannya empat orang dari Polda Metro Jaya membentuk tim yang dari Ditreskrimum dengan Polres Bekasi Kota untuk mengungkap kasus itu dengan polsek setempat," pungkas Argo.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stan Lee Meninggal, Warganet Kenang Karya-karyanya di Marvel

Posted: 12 Nov 2018 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dunia hiburan dunia kembali kehilangan salah satu kreator senior kebanggaannya. Stan Lee, kreator karakter superhero Marvel menghembuskan napas terakhirnya pada Senin (12/11/2018) waktu Los Angeles, AS.

Kabar kepergian Stan Lee itu sontak menjadi sorotan publik, khususnya para pengguna jejaring sosial. Pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, sejak kabar duka itu beredar, lini masa Twitter diramaikan dengan beragam ucapan belansungkawa untuk mendiang kakek yang sering muncul menjadi cameo di tiap film superhero Marvel.

Banyak warganet juga mengenang karya-karya melegenda almarhum Stan Lee. Berikut berbagai ucapan belasungkawa warganet yang berhasil dirangkum dari Twitter.

Saking banyaknya twit ucapan belasungkawa yang membanjiri lini masa, perbincangan kepergian Stan Lee menjadi topik yang paling ramai dibahas warganet.

 

Tagar #RIPStanLee dan #Marvel mengenai berpulangnya Stan Lee pun menduduki trending topic teratas Twitter kawasan Indonesia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tutup Usia 95 Tahun

Stan Lee (Instagram/ therealstanlee)

Melansir Reuteurs, berita meninggalnya Stan Lee disampaikan langsung oleh sang putri, JC, seperti dikutip dari Reuters.

Stan Lee meninggal dunia di usia 95 tahun. Penyebab meninggalnya komikus terkenal tersebut karena komplikasi sejumlah penyakit, salah satunya pneumonia.

Selamat jalan Stan Lee. Karya-karyamu selalu akan kami kenang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tersandung Krisis Rohingya, Amnesty International Cabut Gelar Kehormatan Aung San Suu Kyi

Posted: 12 Nov 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Napyidaw - Amnesty International menarik sebuah penghargaan hak asasi manusia (HAM) bergengsi dari Aung San Suu Kyi. Langkah tersebut dilakukan setelah apa yang digambarkan sebagai "pengkhianatan memalukan" dari nilai-nilai yang pernah dipegang oleh sang pemimpin Myanmar.

Keputusan tersebut adalah yang terbaru dalam serangkaian penarikan penghargaan milik Aung San Suu Kyi, termasuk piala Elie Weisel dari Holocaust Museum dan Freedom of the City, yang dicabut oleh gabungan insitusi pendidikan bergengsi di Edinburgh, Oxford, Glasgow dan Newcastle.

Dikutip dari The Guardian pada Selasa (13/11/2018), Amnesty International mengatakan pada hari Senin, bahwa Aung San Suu Kyi tidak lagi menjadi simbol harapan. Oleh karenanya, lembaga yang bermarkas di London itu memutuskan menarik gelar kehormatan tertinggi sebagai duta penghargaan hati nurani.

Aung San Suu Kyi disebut tidak peduli terhadap kekejaman yang jelas terlihat pada nasib kelompok etnis Rohingya. Ia juga dinilai membiarkan peningkatan intoleransinya terhadap kebebasan berpendapat.

Duta penghargaan hati nurani diberikan pada Aung San Suu Kyi pada 2009, saat ia masih menjalani tahanan rumah, terkait perannya dalam memperjuangkan perdamaian dan demokrasi.

Suu Kyi digambarkan sebagai "simbol harapan, keberanian dan pembelaan abadi hak asasi manusia" oleh Irene Khan, Sekretaris Jenderal Amnesty International saat itu.

Kumi Naidoo, sekretaris jenderal organisasi terkait saat ini, mengatakan dalam sebuah surat resmi kepada Aung San Suu Kyi bahwa gelar tersebut tidak lagi dapat dibenarkan.

"Harapan kami adalah Anda akan terus menggunakan otoritas moral untuk berbicara, menentang ketidakadilan di mana pun Anda melihatnya, tidak hanya di Myanmar sendiri," tulis Naidoo dalam surat itu.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Dinilai Tutup Mata

Pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi pada Selasa 19 September 2017 akhirnya bicara ke dunia soal krisis di Rakhine yang memicu eksodus massal warga Rohingya ke Bangladesh (AP Photo/Aung Shine Oo)

Lebih dari 700.000 orang Rohingya tetap tinggal di Bangladesh, setelah melarikan diri dari tindakan brutal militer yang dimulai pada Agustus 2017.

Para penyelidik PBB mengatakan bahwa selama kampanye, militer Myanmar melakukan pembunuhan dan pemerkosaan dengan "niat genosida". Lima jenderal akan dituntut atas kejahatan berat di bawah hukum internasional.

Yanghee Lee, penyelidik khusus PBB untuk HAM di Myanmar, mengatakan dia yakin Aung San Suu Kyi berada dalam "penolakan total" tentang tuduhan kekerasan.

"Tanpa mengakui kejahatan yang mengerikan terhadap masyarakat, sulit untuk melihat bagaimana pemerintah dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi mereka (Rohingya) dari kekejaman di masa depan," kata Naidoo.

Amnesty International menambahkan bahwa pemerintahan Aung San Suu Kyi telah menimbulkan kebencian terhadap Rohingya, dengan melabeli mereka "teroris", menghalangi penyelidikan internasional terhadap pelanggaran, dan gagal mencabut undang-undang represif yang digunakan untuk membungkam para kritikus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kekasih Pramugari Lion Air JT 610 Ucap Terima Kasih pada Basarnas

Posted: 12 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pramugari yang menjadi korban Lion Air JT 610 yang jatuh di Teluk Karawang, Jawa Barat, Mery Yulyanda telah dimakamkan pada 9 November 2018. Sang kekasih, Husni Fadhil turut mengantarkan jenazah Mery ke peristirahatan terakhir.

Husni tampak mengunggah potret dirinya tengah memegang bingkai hitam dengan potret Mery di dalamnya. Wajahnya tertunduk lesu menatap ke pusara sang kekasih. "Selamat jalan sayang, Allah bersamamu," tulis Husni di kolom keterangan.

Selain itu, Husni juga membagikan potret lain di akun Instagram pribadinya. Potret itu mengabadikan kebersamaan dirinya dengan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya M Syaugi.

"Saya ucapkan sebesar-besarnya Terimakasih untuk semua orang yang telah berjuang dan mendoakan dalam upaya mencari para korban JT610 dan saya ucapkan sangat berterima kasih kepada bapak M. Syaugi dan para staf Basarnas yang telah berjuang dengan keihklasan hati," tulisnya.

"Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan yg telah anda lakukan di dunia maupun di akhirat Amin ya Rabb," tambah Husni.

Seperti yang diketahui, pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang jatuh di Teluk Karawang, Jawa Barat, Senin, 29 Oktober 2018. Sebelumnya, pesawat ini sempat hilang kontak sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambalado Tulang, Sambal Unik Minang dari Tulang Sapi

Posted: 12 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia sambal merupakan makanan yang banyak digemari, setiap daerah memiliki sambal jagoannya sendiri. Begitu juga dengan daerah Sumatera Barat, provinsi yang terkenal dari rendangnya ini ternyata juga memiliki sambal yang tak kalah enak dari sambal-sambal wilayah lain.

Nagari Rao-rao, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat misalnya daerah ini memiliki sambal jebolan yaitu Sambalado Tulang. Sesuai namanya selain berbahan baku cabe hijau, sambal ini juga berbahan baku tulang sapi atau kerbau.

Jika di daerah lain tulang sapi atau kerbau dibuang maka di Rao-rao inilah kita dapat mengetahui olahan tulang sapi menjadi hidangan sambal yang sangat lezat. Di Sumatera Barat semua bagian dari hewan ternak ini dapat dimanfaatkan tidak ada yang terbuang.

Sebelum tulang dua hewan ini di jadikan sambal ada beberapa langkah yang harus di lakukan. Ketika seekor sapi disembelih, kemudian dikulit dan dipisahkan antara kotoran, daging serta jeroannya tanpa tekecuali dua pasang kaki sapi tersebut.

Kaki-kaki sapi itu dibersihkan dari kulitnya kemudian akan terlihat pembungkus tulang berwarna putih dan bertekstur kenyal yaitu tunjang atau kikil. Olahan tunjang juga kerap ditemui di rumah makan masakan Padang.

Setelah tulang terpisah dari kikil, tulang akan di keringkan dengan cara digantung di atas tungku selama dua sampai tiga bulan. Menurut masyarakat setempat, proses pengeringan seperti ini dapat menambah cita rasa dari tulang tersebut.

Salah seorang warga Rao-rao Yetti Elfida mengatakan pengeringan tulang dengan cara ini dapat memberi tambahan rasa.

"Karena saat memasak di atas tungku aromanya akan menguap besamaan dengan asap dan diserap oleh tulang yang digantung di atasnya," jelas wanita kelahiran 1969 ini.

Tidak selesai sampai di pengeringan, sebelum dimasak tulang yang telah kering akan di kikis terlebih dahulu menggunakan alat khusus, penduduk setempat menamain proses ini dengan mencatuak ,hingga menghasilkan kepingan-kepingan tulang yang tipis.

Selain tulang sapi dan cabe hijau, membuat sambalado tulang juga digunakan bahan penunjang lainnya seperti ketumbar muda, bawang merah, bawang putih, garam dan jeruk nipis. Ketumbar muda berfungsi sebagai pengharum masakan, namun hanya di pakai secukupnya saja karena jika berlebihan malah akan merusak aroma sambalnya.

Perasan jeruk nipis berguna untuk mempercantik warna dari cabe hijau yang digunakan. Tidak mesti cabe hijau, cabe merahpun bisa dipakai untuk membuat sambalado tulang hanya saja cabe hijau lebih lezat.

Taruh semua bahan di atas batu ulekan kemudian perasi jeruk nipis, ulek hingga menyatu namun tidak perlu terlalu halus. Setelah itu masukkan ke dalam panci, sebelum di masak dapat tambahkan irisan kucai, rimbang, jengkol, pete, ikan teri, kerupuk kulit mentah ataupun sosis dan bakso, Untuk bahan tambahan dapat disesuaikan dengan selera.

 

Miftahul Jhannah

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Dua Cara Masak Sambalado Tulang

Memasak Sambalado Tulang ini dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan memasukkan sambal siap ulek dan campuran topingnya ke dalam cangkir kecil, selanjutnya cangkir tersebut di taruh di tengah-tengah nasi yang hampir matang di dalam penanak nasi.

Tunggu hingga nasi matang, jika nasi telah matang maka sambal otomastis ikut matang. Namun cara ini hanya dapat dilakukan jika memasak sambal dalam porsi kecil.

Cara kedua, sambal dimasak dengan cara biasa, menggunakan panci dan di taruh di atas kompor.

Menyantap sambalado tulang akan semakin nikmat jika dilengkapi dengan rebusan daun singkong dan telur dadar. Tambah lagi jika makan bersama di gubuk tengah sawah, diiringi hembusan angin sejuk penggunungan.

Sambalado Tulang Pemersatu Masyarakat

Selain menjadi makanan favorit, menu yang satu ini selalu menjadi alasan warga nagari untuk berkumpul. Ada masa, ketika Pulang Basamo (mudik) masyarakat mengadakan lomba masak sambalado tulang dan telur dadar yang diikuti oleh masyarakat nagari. Kategori penilaian diantaranya, rasa, bentuk dan penyajian.

Kegiatan ini juga bentuk dari penjagaan dan pelestarian makanan tradisional sehingga muncul rasa ingin menjaga. Masyarakat menjadikan lomba ini sebagai ajang silaturrahmi, bersua antara warga yang menetap dan orang rantau.

Konsumsi Sambalado Tulang Tak Mengganggu Kesehatan

Karena dibuat dengan bahan-bahan alam maka sambalado tulang tidak memiliki efek buruk bagi tubuh, asalkan mengkonsumsiya dikontrol. Bebas dari kolestrol karena memasaknya dikukus dan tidak menggunakan minyak juga terhindar dari penyedap buatan sehingga aman di konsumsi berulang-ulang.

Cabe hijau dapat meningkatkan kekebalan tubuh, jeruk nipis mampu meningkatkan imunitas tubuh karena mengandung vitamin C, ketumbar pun berguna untuk menjaga kadar gula darah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Calon Istri Disebut Manfaatkan Popularitasnya, Begini Tanggapan Furry Setya

Posted: 12 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian di antara kita pasti mengenal sosok Furry Setya, atau yang akrab disapa Mas Pur, aktor yang bermain dalam sinetron Tukang Ojek Pengkolan. Furry Setya sempat membuat kehebohan saat mengunggah foto prewedding bersama calon kekasihnya, Dwinda Ratna. 

Warganet pun banyak yang tidak menyangka Furry Setya bisa mendapatkan calon istri yang cantik. Sosok Furry Setya dalam sinetronnya memang sebagai seorang tukang ojek. Bahkan, sebagian warganet menganggap calon istrinya hanya ingin mendompleng sosok Furry Setya yang merupakan seorang artis.

"Saya sih alhamdulillah kalau ada yang bilang begitu. Apalagi Dwinda dianggap memanfaatkan saya. Orangtua saya selalu bilang kita harus bermanfaat bagi semua orang, kalau Dwinda begitu, saya tentunya bersyukur," ujar Furry Setya saat ditemui dalam tester katering Nendia Primarasa di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (11/11/2018).

Namun meski begitu, Furry Setya melihat sosok calon istrinya itu tulus mencintainya. Dirinya pun mengaku sudah cukup mengenal Dwinda saat berpacaran.

"Sejauh ini saya melihat dia tulus mencintai saya. Saya sudah merasakan kurang lebih 1,5 tahun mengenal dia. Doakan saja semoga lancar sampai hari H," ujar Furry Setya.

Dwinda Ratna, yang diketahui sebagai seorang wartawan, juga mengaku dirinya tak membutuhkan pasangan yang tampan dan sempurna.

"Aku tidak membutuhkan yang sempurna. Aku hanya membutuhkan seseorang yang membuatku merasa bahwa aku satu-satunya, seseorang yang mencintaiku dengan semua yang ada di dalam diriku. Seseorang yang menjadikanku prioritasnya. Seseorang yang sangat peduli tentang aku. Siapa yang mengenal aku dengan baik. Siapa yang dapat mengajari saya menjadi orang yang lebih baik. Siapa yang membuat aku merasa ingin, dan dicintai adalah perasaan terbaik yang pernah ada," kata Dwinda Ratna dalam sebuah kesempatan.

Jelang Nikah

Furry Setya dan calon istrinya Dwinda Ratna saat mencoba katering Nendia Primarasa yang sedang pameran di Jakarta, Minggu (11/11/2018) (Liputan6.com/Aditia Saputra)

Lamaran Furry Setya sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu. Keduanya direncanakan akan menikah pada Desember 2018 di sebuah gedung di Jakarta Selatan. 

Saat ini persiapan pernikahannya sudah mencapai 80 persen. Salah satu yang sudah mereka lakukan adalah mencoba katering untuk resepsi mendatang.

"Persiapannya sendiri sudah 80 persen. Tinggal menyelesaikan satu persatu, kayak sekarang sudah bayar katering, Insya Allah satu tahap selesai. Jadi perlahan-lahan," ujar Furry Setya.

Katering

Furry Setya dan calon istrinya Dwinda Ratna saat mencoba katering Nendia Primarasa yang sedang pameran di Jakarta, Minggu (11/11/2018) (Liputan6.com/Aditia Saputra)

Soal makanan sendiri, baik Furry Setya dan Dwinda, mengaku cocok dengan makanan dari Nendia Primarasa. Menurut mereka makanan yang dicoba enak dan cocok di lidah.

"Aku suka, semuanya sudah sesuai. Bapak sama ibu (mertua) juga suka. Ini sudah sesuai banget, semoga lancar terus," kata Dwinda.

Untuk pernikahannya, Furry dan Dwinda tak menggunakan adat Jawa maupun Sunda. Mereka mengaku akan menggunakan adat nasional.

"Kita enggak pakai adat. Baik Betawi, Sunda, atau Jawa. Kita mau sederhana saja, karena esensinya pernikahan itu kan kepengin nikah, mengundang teman dan saudara dekat untuk minta restu, itu saja sih," ujar Furry Setya.

Furry Setya dan calon istrinya Dwinda Ratna saat mencoba katering Nendia Primarasa yang sedang pameran di Jakarta, Minggu (11/11/2018) (Liputan6.com/Aditia Saputra)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Valencia, Balapan Duel Rossi Vs Vinales

Posted: 12 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Valencia - Persaingan di MotoGP 2018 akan segera mencapai momen pamungkas. Seri terakhir musim ini akan digulir pada MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo. Untuk kali ini, persaingan lebih difokuskan pada dua pembalap Movistar Yamaha.

Ya, Valentino Rossi dan Maverick Vinales saat ini tengah bersaing untuk memperebutkan posisi ketiga klasemen MotoGP 2018. Keduanya sudah tak mungkin untuk naik ke posisi pertama yang ditempati Marc Marquez dan urutan kedua yang dikuasai Andrea Dovizioso.

Rossi saat ini tengah menempati posisi ketiga. Namun, hasil balapan MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (4/11/2018), membuat posisinya terancam. Pasalnya, Vinales yang menghuni urutan keempat kini hanya berjarak dua poin dari Rossi.

Vinales bisa menyalip Rossi jika mendapatkan hasil lebih baik pada MotoGP Valencia, Minggu (18/11/2018). Kebetulan, Ricardo Tormo juga bukan sirkuit yang bersahabat dengan The Doctor.

Tercatat, hanya dua kali Rossi merebut podium juara MotoGP Valencia, yakni pada musim 2003 dan 2004. Justru Dani Pedrosa, pembalap Repsol Honda, yang memiliki catatan bagus di sana. Begitu juga dengan Jorge Lorenzo yang sama-sama mengoleksi empat kemenangan.

 

Jadwal MotoGP Valencia

Jumat, 16 November 2018

15.55-16.40 WIB: FP1

20.05-20.50 WIB: FP2

 

Sabtu, 17 November 2018

15.55-16.40 WIB: FP3

19.30-20.00 WIB: FP4

20.10-20.25 WIB: Kualifikasi 1

20.35-20.50 WIB: Kualifikasi 2

 

Minggu, 18 November 2018

15.40-16.00 WIB: Pemanasan

20.00 WIB: Balapan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biaya Terapi Cuci Otak Dokter Terawan yang Mendunia

Posted: 12 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Terapi cuci otak (brain washing) atau dalam medis disebut Digital Substraction Angiography (DSA) yang diampu dokter Terawan Agus Putranto sudah mendunia. Pasien dari berbagai negara, baik dari kawasan Asia, Amerika, Eropa sampai Australia datang ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta untuk diterapi.

Kemarin, 12 November 2018 Kedutaan Besar Vietnam untuk Indonesia menjalin kerja sama dengan RSPAD Gatot Soebroto bahwa akan ada 1.000 pasien Vietnam menjalani terapi cuci otak. Adakah perbedaan antara biaya pasien asing dan Indonesia?

"Untuk biaya antara pasien asing dan Indonesia, kami belum membuat perbedaan. Yang namanya orang sakit sama saja. Semua diperlakukan yang sama, tanpa pandang bulu. Sebenarnya, untuk DSA sendiri rata-rata hanya Rp 23 juta atau Rp 25 juta, ya sekitar itu pokoknya," kata Terawan usai penandatanganan kerjasama dengan Kedubes Vietnam di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, ditulis Selasa (13/11/2018).

Terawan menekankan, yang menjadi permasalahan terhadap biaya yang membengkak atau lebih mahal, yakni terkait permeriksaan lain dan penunjang medis lain. Sehingga diperlukan pemeriksaan dokter dan hal-hal lainnya.

"Kaitannya dengan penyakit-penyakit lain yang diderita pasien. Itulah yang membuat biaya perawatan membengkak," lanjut pria yang juga Kepala RSPAD Gatot Soebroto itu.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Keselamatan pasien diutamakan

Investasi paling penting, kata Terawan, adalah keselamatan pasien selama menjalani terapi cuci otak atau DSA. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Dalam tindakan DSA, yang paling penting adalah keselamatan pasien.

"Investasi paling penting (selama perawatan DSA) adalah safety (keselamatan) untuk pasien. Harga enggak terlalu dinomorsatukan. Nomor satu itu safety pasien. Sudah jadi pedoman di sini," lanjut Terawan.

Sampai saat ini, Terawan mengaklaim total pasien dari seluruh dunia yang datang untuk terapi cuci otak di atas 30.000 pasien.

Dokter yang beriman

Sebanyak 1.000 pasien Vietnam akan menjalani terapi cuci otak di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Peningkatan keselamatan pasien juga didorong adanya pelatihan dan kompetensi dari para dokter.

"Kami juga harus belajar yang baik. Yang kurang apa saja, ditraining (dilatih) juga. Jangan lupa berdoa. Jadi, kita itu tandanya sebagai seorang dokter yang beriman," ungkap Terawan.

Terawan mengakui, pasien yang diterapi cuci otak sampai sekarang ini tidak mengalami risiko atau efek samping negatif. Seluruh pasien pun pulih dengan baik.

"Selama ini enggak ada (pasien yang alami risiko parah). Ya, jangan sampai ada ya," tutup Terawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ogah dengan Manusia, Pria Jepang Ini Rela Nikahi Wanita Hologram

Posted: 12 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Tokyo - Cinta memang buta. Kalimat ini sepertinya sesuai untuk pria asal Jepang bernama Akihiko Kondo. Ya, ia baru saja menikahi sebuah objek virtual wanita yang berprofesi sebagai penyanyi.

Penyanyi tersebut tak lain adalah tokoh fiksi yang begitu populer di dunia kultur pop Jepang, yakni Hatsune Miku.

Miku hadir dalam bentuk hologram dan bisa bergerak layaknya sebuah robot berbasis kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence).

Dilansir Geek, Selasa (13/11/2018), pernikahan Kondo dan Miku sudah berlangsung pada bulan ini.

Namun sayang, ibu Kondo tidak akan datang ke pernikahan anaknya, mengingat anaknya 'cuma' menikahi objek hologram.

Adapun anggota keluarga Kondo lain tidak menghadiri pernikahan yang menghabiskan biaya sebanyak 2 juta yen (setara dengan Rp 260 jutaan) tersebut.

Sekadar informasi, Kondo mengungkap usia Miku yang masih muda, yakni 16 tahun. Sementara usia Kondo sendiri sudah 35 tahun.

"Saya enggak akan pernah selingkuh dari dia. Saya selalu jatuh cinta dengan Miku-san," ujar Kondo yang menekankan kata "san" karena ia benar-benar menghormati Miku.

"Saya selalu memikirkannya setiap hari," lanjutnya.

 

Terkenal di Jepang

Akihiko Kondo asal Jepang berpose dengan boneka aktris virtual, Hatsune Miku sambil menunjukkan surat nikah mereka di Tokyo, 10 November 2018. Pengalaman traumatis yang 10 tahun lalu membuat pria 35 tahun itu trauma pada wanita. (Behrouz MEHRI/AFP)

Adapun hologram Miku sendiri dikembangkan oleh perusahaan teknologi Crypton Future Media yang dikenal kerap menciptakan kaakter anime secara anthropomorphic.

Di Jepang sendiri, Miku memang begitu fenomenal dan menjadi idola virtual bagi para otaku. Ia bahkan sering mengadakan konser live dan tampil secara hologram.

Kondo sudah tinggal bersama Miku sejak Maret. Miku 'disimpan' di dalam sebuah perangkat desktop berbentuk tabung besar.

Layaknya Istri Sungguhan

Akihiko Kondo asal Jepang berpose di sebelah boneka aktris virtual, Hatsune Miku di Tokyo, 10 November 2018. Karena masa lalunya, Kondo memutuskan untuk tak menjalin hubungan dengan manusia, dan memilih menikah dengan boneka. (Behrouz MEHRI/AFP)

Karena dibekali kecerdasan buatan, Miku berperan layaknya asisten virtual Siri dan Google Assistant.

Ia membangunkan Kondo seteiap pagi dan mengucapkan selamat tidur kepada sang suami setiap malam.

Menariknya lagi, perusahaan pembesut hologram ini bahkan memberikan surat nikah kepada pemilik objek hologram Miku jika mereka berkeinginan untuk menikah.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Guru Dikeroyok di Kendal, Bupati Turun Tangan

Posted: 12 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Adegan pengeroyokan guru membuat Bupati Kendal, Mirna Anissa, turun tangan. Ia meminta pengawasan terhadap siswa diperketat demi meningkatnya etika terhadap guru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Akuisisi, Saham Holcim dan Semen Indonesia Kompak Menguat

Posted: 12 Nov 2018 08:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) dan LafargeHolcim akhirnya mengumumkan perjanjian jual beli bersyarat untuk mengambilalih 80,6 persen saham PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB). Perjanjian jual beli bersyarat itu dilakukan pada 12 November 2018.

Lalu bagaimana dampak aksi korporasi tersebut terhadap harga saham PT Semen Indonesia Tbk dan PT Holcim Indonesia Tbk?

Berdasarkan data RTI pukul 11.23 WIB, Selasa (13/11/2018), saham PT Holcim Indonesia Tbk naik 5,51 persen  atau 105 poin ke posisi Rp 2.010 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 5.630 kali dengan nilai transaksi Rp 104,6 miliar. Saham SMCB sempat berada di level tertinggi 2.100 dan terendah 1.940 per saham.

Sepanjang tahun berjalan 2018, saham SMCB melonjak signifikan. Saham SMCB melonjak 128,14 persen. Total frekuensi perdagangan saham 160.688 kali dengan nilai transaksi Rp 2 triliun.

Sementara itu, saham PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) hanya naik terbatas dan sempat melemah di awal sesi perdagangan. Saham SMGR naik 0,82 persen ke posisi Rp 9.225 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 2.232 kali dengan nilai transaksi Rp 62 miliar.

Sepanjang tahun berjalan 2018, saham SMGR turun 7,58 persen ke posisi Rp 9.150 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 573.650 kali dengan nilai transaksi Rp 15,6 triliun.

Analis PT Binaartha Sekuritas, Nafan Aji, mengatakan, saham SMCB menguat didorong pelaku pasar respons positif pengumuman Semen Indonesia ambil alih saham Holcim Indonesia. Diharapkan dapat menggenjot kinerja Holcim Indonesia ke depan.

Akan tetapi, bila melihat secara teknikal, Nafan menuturkan, saham SMCB sudah memasuki aksi ambil untung. Hal ini lantaran level resistance saham SMCB berada di posisi 2.100.

"Level 2.100 tersebut merupakan level resistance saham Holcim Indonesia dan masuk aksi ambil untung," kata dia saat dihubungi Liputan6.com.

 Ia pun merekomendasikan tak perlu akumulasi beli saham Holcim Indonesia. Sedangkan saham Semen Indonesia akumulasi saham beli. "Target harga saham Semen Indonesia untuk menengah hingga panjang di posisi 10.075 dan 10.900," tutur dia.

Semen Indonesia Caplok 80,6 Persen Saham Holcim

Ilustrasi semen indonesia (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sebelumnya, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) telah menandatangani Perjanjian Pengikatan Jual Beli Bersyarat (Conditional Sales & Purchase Agreement) untuk mengambil alih sejumlah 6,17 miliar saham atau setara 80,6 persen kepemilikan saham PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB).

Nilai transaksi pengambilalihan ini senilai USD 917 juta. Angka ini akan disesuaikan berdasarkan kondisi pada saat penyelesaian transaksi pada 12 November pukul 19.00 WIB. Transaksi akuisisi ini akan dilakukan melalui PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) yang merupakan anak perusahaan Semen Indonesia.

Holcim Indonesia merupakan perusahaan semen terbesar ketiga di Indonesia, memiliki 4 pabrik semen dengan kapasitas 14,8 juta ton per tahun dan 30 fasilitas ready-mix.

"Pengambilalihan saham Holcim Indonesia ini akan semakin memperkuat posisi Semen Indonesia di pasar domestik," ujar Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Prio Santoso dalam keterangan tertulis, Selasa 13 November 2018.

Semen Indonesia akan dapat memperluas jaringan pabrik semennya di dalam negeri, memperluas diversifikasi jenis produk yang ditawarkan, meningkatkan efisiensi khususnya biaya distribusi dan bahan baku, sekaligus memperkuat posisi bisnis ready mix dengan berbagai variasi produk dan solusi yang dapat meningkatkan nilai tambah kepada para stakeholders.

Holcim Indonesia juga telah menerapkan teknologi bahan bakar dari limbah yang nantinya dapat disinergikan secara luas di seluruh fasilitas Semen Indonesia Group, sehingga dapat semakin meningkatkan efisiensi biaya.

Industri semen di Indonesia masih memiliki tingkat pertumbuhan yang prospektif dan menjanjikan, yang didukung oleh kelanjutan program investasi pemerintah dan swasta, seperti Program Satu Juta Rumah, berbagai proyek infrastruktur pemerintah, berbagai proyek properti yang dikembangkan oleh sektor swasta, serta konsumsi retail.

Hendi melanjutkan, pengambilalihan saham ini akan memberikan tambahan kapasitas dan jangkauan geografis yang semakin luas bagi Semen Indonesia Group untuk mampu menangkap peluang pertumbuhan industri semen domestik, serta mampu memperkuat ketahanan industri semen BUMN di Indonesia.

Saat ini di Indonesia terdapat 15 perusahaan semen dengan kapasitas terpasang sekitar 107 juta ton per tahun, dimana 63 persen dari kapasitas (capacity share) tersebut dikuasai oleh pihak swasta dan pemain asing (global).

"Kami bersyukur dapat mengumumkan transaksi pengambilalihan saham yang transformasional bagi Semen Indonesia Group untuk dapat mempertahankan posisi sebagai market leader di Indonesia," kata Hendi.

Hendi menambahkan, akuisisi ini akan memperkuat jaringan penjualan dan produksi yang lebih luas, meningkatkan kemampuan untuk menawarkan produk yang semakin beragam bagi para pelanggan, serta menawarkan berbagai peluang yang lebih baik bagi para karyawan, pemasok, para rekanan dan pemangku kepentingan perusahaan.

Selain akan menjadikan Semen Indonesia Group sebagai perusahaan semen terbesar di kawasan Asia Tenggara dengan kapasitas 53 juta ton semen per tahun, transaksi ini juga merupakan wujud nyata sumbangsih BUMN dalam meningkatkan ketahanan industri semen nasional yang akan mendukung pembangunan berkesinambungan di Tanah Air. 

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miranda Goeltom Akui Diperiksa Terkait Penyelidikan Kasus Century

Posted: 12 Nov 2018 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Miranda Goeltom mengaku dimintai keterangan terkait kasus dugaan korupsi Bank Century. Miranda diperiksa kurang lebih 2 jam oleh tim lembaga antirasuah.

"Masih penyelidikan mengenai Century. Enggak ada pertanyaan baru, cuma yang lama, diklarifikasi," ujar dia usai pemeriksaan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (13/11/2018).

Miranda tak mengakui dirinya terlibat dalam kasus tersebut. Bahkan saat diterangkan bahwa namanya disebut secara bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi Century, Miranda membantahnya.

"Tidak ada," kata dia.

Dalam putusan mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia Bidang IV Pengelolaan Moneter dan Devisa Budi Mulya, hakim menyebut Budi Mulya melakukan korupsi Bank Century secara bersama-sama.

Budi yang sudah divonis 15 tahun penjara di tinggkat kasasi Mahkamah Agung (MA) disebut melakukan korupsi bersama-sama dengan Boediono selaku Gubernur BI, Miranda Goeltom selaku Deputi Gubernur Senior BI, Siti Chalimah Fadjrijah selaku Deputi Gubernur Bidang 6 Pengawasan Bank Umum dan Bank Syariah.

Kemudian Budi Rochadi selaku Deputi Gubernur Bidang 7 Sistem Pembayaran, Pengedaran Uang, BPR dan Perkreditan, Muliaman D Hadad selaku Deputi Gubenur Bidang 5 Kebijakan Perbankan/Stabilitas Sistem Keuangan.

Nama Lain

Selanjutnya, Hartadi Agus Sarwono selaku Deputi Gubernur Bidang 3 Kebijakan Moneter, dan Ardhayadi Mitroatmodjo selaku Deputi Gubernur Bidang 8 Logistik, Keuangan, Penyelesaian Aset, Sekretariat dan KBI.

Selain itu, ada nama lain yakni Robert Tantular dan Hermanus Hasan, dan Raden Pardede selaku Sekretaris Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menengok Budaya Minum Kopi Masyarakat Manggar Belitung

Posted: 12 Nov 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pulau Belitung tak hanya dikenal sebagai Negeri Laskar Pelangi dengan destinasi wisata yang indah. Tetapi, pulau yang menjadi bagian Provinsi Bangka Belitung ini memiliki julukan baru, yakni Kota 1001 Warung Kopi (warkop), tepatnya untuk Kabupaten Belitung Timur.

Nama tersebut tidak lepas dari penghargaan yang diberikan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk Kabupaten Belitung Timur sebagai wilayah dengan warkop terbanyak. Kami, berkesempatan menelusuri warung-warung kopi di kabupaten tersebut.

Salah satu warung yang terkenal ialah Warkop Atet. Warkop yang telah berdiri sejak tahun 1949 ini tidak pernah sepi pengunjung. Mereka yang datang, mulai dari masyarakat biasa, pedagang hingga pejabat pemerintahan. Letaknya di kawasan Pasar Manggar. Di lokasi ini, warkop memang berjajar. Begitu pun sepanjang jalan di wilayah tersebut.

"Ini warkop yang terkenal di Belitung Timur, wisatawan asing pun, salah satunya dari Prancis sengaja datang subuh untuk mencoba kopi di sana (Warkop Atet)," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Belitung Timur Evy Nardi, Selasa (13/11).

 

Warkop Atet di Manggar, Belitung Timur.

Benar saja, begitu kami tiba puluhan masyarakat sudah saling berbincang. Obrolannya pun beragam, mulai dari masalah masyarakat hingga politik.

"Kalau mau tahu obrolan politik ada tempatnya juga, mereka ngobrol santai saja. Tapi ya itu, mulai dari politik dan lainnya jadi perbincangan ya dari warung kopi," jelasnya.

Kopi yang disajikan memang tidak beragam, tetapi beberapa warkop memiliki kekhasan dari asal kopi yang disajikan.

"Kalau yang di Warkop Atet biasanya dari Lampung. Warkop lain ada dari wilayah lain, tentunya ada juga yang khas dari Belitung. Tergantung selera, bisa dicari," kata dia.

 

Warkop Atet di Manggar, Belitung Timur.

Evy menambahkan, banyaknya warkop di Belitung Timur menjadi budaya sendiri bagi masyarakatnya. Mereka jadi terbiasa untuk meminum kopi di berbagai warkop sebelum beraktivitas kerja.

"Jadi, kita pengen budayanya seperti itu. Pagi ngopi, berbincang, silaturahmi, lalu beraktivitas. Ini juga berlangsung di negara-negara lain kan. Tapi, sekarang ada di Belitung Timur," tuntasnya. 

 

Reporter: Haris Kurniawan

Sumber : Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenazah Korban Lion Air Tiba di Rumah Duka di Surabaya

Posted: 12 Nov 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah korban pesawat Lion Air rute Jakarta-Pakalpinang, Deryl Febrianto tiba di rumah duka, di Simo Pomahan Baru, Surabaya, sekitar pukul 07.45 WIB, dengan mobil ambulans Selasa (13/11/2018).

Jenazahnya penumpang Lion Air tersebut terindentifikasi pada Senin 12 November 2018 dari pemeriksaan DNA. Mertua almarhum Deryl, Diatno mengaku sangat kehilangan.

Dia menyatakan sempat tak yakin, menantunya menjadi korban kecelakaan. Sebab, pada hari kedua kecelakaan, ditemukan surat pelayarannya, pada hari ketiga ditemukan sepatunya. "Nah, kemarin setelah diketahui tes DNA, saya baru yakin," tutur dia.

"Deryl enak diajak ngobrol. Cuma sebelum meninggal agak berbeda. Jam 3 sore tanya saya sudah makan siang atau belum. Logikanya, makan siang itukan jam 12," katanya.

Deryl baru menikah pada 15 Oktober lalu dengan gadis pujaannya, Lutfiyani Eka Putri (23). Kemudian, pada 17 November dia pergi bekerja ke Jakarta.

Dan sepekan kemudian, Deryl pergi ke Pangkalpinang dari Jakarta dengan menggunakan pesawat Lion Air hingga akhirnya terjadi terjadi kecelakaan.

 

Cerita dari Istri

Personil SAR Gabungan membawa kantong jenasah yang diturunkan dari KN SAR Sadewa di Pelabuhan JICT 2, Jakarta, Rabu (31/10). 189 orang menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT- 610, Senin (29/10) lalu. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sementara itu, istri korban, Lutfiyani Eka Putri (23) menceritakan, melakukan percakapan terakhir dan mendapat kiriman foto dari sang suami ketika pesawat akan terbang.

Di dalam foto, Deryl memakai masker berwarna hijau dengan kaos abu-abu dilengkapi jaket jeans. Tak hanya sekali, dua kali swafoto alias foto selfie tersebut dikirim. Tepatnya pukul 06.16 WIB.

"Saya tanya ke suami, kok gak pakai baju bagus? Dia jawab, saya pakai baju tentara (abu-abu) ini. Percuma pakai baju bagus-bagus," kata Lutfiyani.

Lutfiyani melanjutkan ceritanya. Setelah mengunduh foto itu, ia pun menanyakan ke sang suami kenapa tak segera mematikan ponselnya. Deryl menjawab, kalau sudah terbang pasti tidak akan terbalas lagi.

"Ya saya jawab ya sudah kalau gitu enggak papa, dan itu ternyata hp-nya sudah off," katanya.

Tak lama setelah itu, dia pun mendengar hp-nya berdering berulang kali. Ternyata ada telepon dari mertuanya.

"Saya langsung ditanya nomor penerbangan Mas Deryl. Saya kan nggak paham. Saya ingat kalau Mas Deryl kirim foto tiketnya. Saya lihat itu Lion Air JT 610. Akhirnya saya lihat TV. Ada berita itu (kecelakaan pesawat)," katanya lalu terdiam.

Mengetahui berita di televisi, keluarga Deryl dan Lutfiyani langsung bertolak ke Bandara Juanda Surabaya. Mereka menanyakan kejelasan informasi yang ada. "Tapi tadi saya gak ikut. Saya nggak kuat. Keluarga yang ke sana," ungkapnya

Dengan nada yang semakin lirih, Lutfiyani mengaku bahwa sang suami memang berada di Jakarta karena urusan pekerjaan. Malam sebelumnya, kata dia, sang Deryl sempat mengirim foto ke dirinya.

"Dia kirim foto dan bilang, ini sedang makan sate sama teman-teman di mess, aku yang belikan. Karena besok itu mau perpisahan sama temannya. Kan berangkat ke Pangkalpinang duluan," terangnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Allegri Ngotot Bertahan Lama di Juventus

Posted: 12 Nov 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Turin - Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, mengaku ingin bertahan lama di Bianconeri. Hal ini ia katakan usai memenangkan penghargaan pelatih terbaik Italia tahun ini.

Allegri musim lalu sukses menjuarai Serie A dan Coppa Italia. Ia kemudian dipilih sebagai pelatih terbaik mengalahkan Maurizio Sarri dan Simone Inzaghi.

"Saya berterima kasih kepada staf saya, yang mengambil begitu banyak tekanan dari saya dan membiarkan saya tumbuh tua lebih lambat. Saya berharap tinggal di sini untuk waktu yang lama," kata Allegri di Soccerway.

"Sekarang saya lebih reflektif. Pengalaman saya selama bertahun-tahun di Serie A telah membuat saya berkembang. Tujuannya adalah memenangkan Scudetto kedelapan dan kemudian Liga Champions."

Berharap Keberuntungan

(AP Photo / Luca Bruno)

Allegri sebelumnya sudah dua kali mengantar Juventus ke final Liga Champions 2015 dan 2017. Namun, La Vechhia Signora selalu tumbang.

"Kita akan melihat apakah kami memiliki sedikit keberuntungan di pihak kami. Levelnya telah meningkat, jadi kami harus memiliki kualitas yang bagus. Untuk persaingan Scudetto, perhatian kami tertuju pada Napoli dan Inter," Allegri menambahkan.

Statistik Allegri

Selama melatih Juventus, Allegri mencatatkan 170 kemenangan, 37 kali seri dan 29 kekalahan dalam 236 pertandingan di semua kompetisi.

Saksikan video menarik di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Festival Belanja Lazada 11.11 Catat Rekor Baru

Posted: 12 Nov 2018 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan e-Commerce terkemuka di Asia Tenggara, Lazada, menutup Festival Belanja 11.11 dengan rekor baru, lebih dari 20 juta pembeli di Asia Tenggara yang menelusuri dan mendapatkan penawaran terbaik melalui website dan aplikasi Lazada selama pesta diskon 24 jam berlangsung. Brand paling populer yang berhasil masuk ke Brand paling diminati antara lain : Realme, Xiaomi, Samsung, Sweety, Wardah, Maybelline, L'Oréal Paris.

"Belanja online bukan lagi tentang tentang belanja satu kali dan diskon, tapi membangun pengalaman belanja jangka panjang melalui hiburan, kegembiaraan, dan interaksi. Inilah mengapa kami memperkenalkan game dalam aplikasi baru, seperti Wonderland, Slash It, dan Shake It agar pembeli kami bersenang-senang sambil browsing, mengumpulkan voucher dan berbelanja. Festival Belanja 11.11 Lazada tahun ini merupakan kesuksesan besar dan ini merupakan awal," kata Chief Marketing Officer (CMO) Lazada Indonesia, Monika Rudijono.

Tepat tengah malam 00.00 hari Minggu (11 November, 2018), pembeli di Asia Tenggara mengambil keuntungan dari lebih dari 50 juta penawaran. Dalam 60 menit pertama, sebanyak 1,2 juta pesanan telah tercatat. Kategori yang paling banyak dicari oleh pembeli adalah smartphone, popok dan susu bubuk, dan produk kecantikan.

Key highlights dari Festival Belanja Lazada Group 11.11 Tahun 2018

• Lebih dari 400.000 brands dan pelaku UKM (sellers) turut berpartisipasi

• Pengiriman pertama tiba 90 menit setelah tengah malam

• Waktu tersingkat untuk mengemas paket adalah 25 detik

• Lebih dari 50 juta voucher dibagikan melalui game populer termasuk Shake It, Slash It, Wonderland, halaman kampanye dan promo marketing lain guna dalam membagikan voucher selama Festival Belanja Lazada 11.11.

• Di Malaysia dan Thailand lebih dari 5 juta penonton dan 50.000 penggemar berkumpul di lapangan untuk menyaksikan TV Show Lazada 11.11.

• Untuk pertama kalinya, Lazada Indonesia memamerkan pertunjukan video mapping di tengah jantung kota Gedung Veteran Jakarta di tanggal 10 November sampai dengan tengah malam menyambut 11.11

"Kami berterima kasih kepada konsumen dan pelaku UKM (penjual) kami atas antusiasme mereka dan menjadikan Festival Belanja Lazada 11.11 menjadi sebuah kesuksesan besar. Kami tentunya tersemangati untuk terus membangun ekosistem e-Commerce inklusif serta berkelanjutan di kawasan ini dengan tujuan mendukung terciptanya delapan juta pengusaha e-Commerce dan UKM yang bertumbuh dan berkembang hingga tahun 2020.

Hari ini, Festival Belanja Lazada 11.11 telah merepresentasi aspirasi dari para konsumen Asia Tenggara untuk sebuah hidup yang berkualitas, dimana konsumen dan penjual kami menjadikan e-Commerce bagian dari gaya hidup mereka," menurut Chief Executive Officer (CEO) Lazada Indonesia, Alessandro Piscini. 

Perusahaan e-Commerce terkemuka di Asia Tenggara, Lazada, menutup Festival Belanja 11.11 dengan rekor baru, lebih dari 20 juta pembeli di Asia TenggaraPerusahaan e-Commerce terkemuka di Asia Tenggara, Lazada, menutup Festival Belanja 11.11 dengan rekor baru, lebih dari 20 juta pembeli di Asia TenggaraPerusahaan e-Commerce terkemuka di Asia Tenggara, Lazada, menutup Festival Belanja 11.11 dengan rekor baru, lebih dari 20 juta pembeli di Asia TenggaraPerusahaan e-Commerce terkemuka di Asia Tenggara, Lazada, menutup Festival Belanja 11.11 dengan rekor baru, lebih dari 20 juta pembeli di Asia TenggaraPerusahaan e-Commerce terkemuka di Asia Tenggara, Lazada, menutup Festival Belanja 11.11 dengan rekor baru, lebih dari 20 juta pembeli di Asia Tenggara

Untuk informasi lebih lanjut klik tautan ini.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stan Lee Meninggal Dunia, Militer AS Ucapkan Belasungkawa

Posted: 12 Nov 2018 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian Stan Lee, untuk selama-lamanya pada Senin (12/11/2018), membawa duka yang mendalam. Bukan saja para selebritas Hollywood yang kehilangan, tapi juga militer Amerika.

Dalam Twitter @USArmy, para tentara Amerika menuliskan kenangan Stan Lee selama menjadi militer perang dunia II.

Di situ juga terlihat foto kolase Stan Lee. Salah satunya, tampak wajah masa muda Stan Lee dengan seragam.

"Rest in peace, Soldier," begitu doa dari para prajurit tersebut.

 

Korps Sinyal

Stan Lee (Foto: Twitter)

Dalam cuitan tersebut, para militer Amerika ini mengucapkan terima kasih atas peran Stan Lee saat masih bertugas di Korps Sinyal saat perang dunia II.

"Pencipta buku komik @TheRealStanLee telah meninggal pada usia 95 tahun. Lee bertugas di Korps Sinyal #USArmy selama Perang Dunia II dari 1942-1945. Kami sangat berterima kasih atas pelayanannya kepada negara kami dan atas dukungannya yang luar biasa kepada anggota layanan," lanjutnya.

 

Perang Melawan Penyakit

Cameo Stan Lee dalam The Amazing Spider-Man (YouTube)

Sebelum mengembuskan napas terakhir, Stan Lee sempat mengungkapkan penyakitnya melalui video yang ia kirim ke TMZ. Ia menegaskan agar penggemar jangan terlalu khawatir.

"Hi, para pahlawan. Ini Stan Lee. Aku tak bisa berinteraksi dengan kalian belakangan ini. Aku terkena pneumonia yang sudah beberapa waktu ini kulawan, tapi sepertinya semuanya makin membaik," ujar Stan Lee, dalam video itu seperti dilansir dari E! News, awal Maret 2018 lalu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Data Inflasi AS Tekan Nilai Tukar Rupiah

Posted: 12 Nov 2018 08:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Selasa pekan ini. Sentimen eksternal menjadi pendorong pelemahan rupiah. 

Mengutip Bloomberg, Selasa (13/11/2018), rupiah dibuka di angka 14.862 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.820 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.862 per dolar AS hingga 14.935 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 9,86 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.895 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.747 per dolar AS.

Ekonom Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih. mengatakan bahwa pada pagi ini mata uang kuat Asia seperti dolar Hong Kong dan dolar Singapura bergerak melemah terhadap dolar AS, itu menjadi sentimen pelemahan rupiah.

"Sebagian besar mata uang di kawasan Asia termasuk rupiah melemah terhadap dolar AS," katanya.

Ia memproyeksikan rupiah akan bergerak menuju kisaran 14.850 per dolar AS hingga 14.950 per dolar AS, namun pergerakan rupiah tetap dalam penjagaan Bank Indonesia.

Ia menambahkan pelemahan rupiah kemungkinan juga karena respon negatif pelaku pasar uang terhadap neraca transaksi berjalan pada kuartal ketiga 2018 yang defisitnya naik menjadi 3,37 persen dari produk domestik bruto(PDB).

Bank Indonesia (BI) yang mulai melakukan lelang instrumen derifatif, yakni domestic non delivery forward (DNDF) diharapkan dapat menjaga fluktuasi mata uang domestik.

"Transaksi DNDF ini merupakan instrumen derivatif inovasi Bank Indonesia untuk melakukan pendalaman pasar valas domestik untuk meningkatkan likuiditas," katanya.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan data inflasi AS yang diproyeksikan menguat masih menjadi salah satu faktor yang mendorong dolar AS kembali menguat.

"Meningkatnya inflasi di AS maka peluang bagi the Fed untuk menaikan suku bunganya cukup terbuka," katanya seperti dituliskan Antara.

Rupiah Diprediksi Melemah ke 15.100 per Dolar AS di Akhir 2018

Dibalik gonjang-ganjing pelemahan rupiah, terbuka peluang investasi yang menawarkan keuntungan. Berani Coba?

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS diperkirakan masih akan kembali tersungkur hingga akhir tahun. Sentimen internal hingga eksternal berpotensi menggiring rupiah pada posisi 15.100 per dolar AS.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara menjelaskan, rupiah akan menemukan titik barunya sampai akhir tahun ini. Rupiah diprediksi akan keluar dari asumsi pemerintah sebelumnya yakni dari posisi 15.000 per dolar AS menjadi 15.100 per dolar AS.

"Akhir tahun berpotensi menemukan titik baru di level 14.900-15.100. Masih sangat fluktuatif mencermati beberapa perkembangan global dan domestik," ucapnya kepada Liputan6.com. 

Sementara itu, dari dalam negeri, lanjut dia, defisit transaksi berjalan atau current account deficit(CAD) RI yang menembus 3,37 persen pada kuartal III dinilai melebihi dari ekspektasi pasar, sehingga mempengaruhi fluktuasi nilai tukar rupiah. Pelebaran CAD itu membuat permintaan dolar sampai akhir tahun terus meningkat, khususnya untuk membiayai impor di industri minyak dan gas (migas).

"Kondisi ekspor pun belum mampu tumbuh optimal terkendala oleh proteksi dagang CPO yang dilakukan India. Harga komoditas baik CPO maupun karet sampai akhir 2018 akan slowdown," jelas Bhima.

Meski demikian, menurutnya, efek pelebaran CAD tak hanya menimpa Indonesia semata. Beberapa negara emerging market lainnya seperti Argentina dan Turki turut merasakan dampak buruk pelebaran CAD di negara masing-masing.

"Jadi artinya memang secara umum kinerja fundamental ekonomi beberapa negara berkembang sedang kurang sehat. Ini diperkuat oleh laporan Moodys Investor Services pada 8 November lalu bahwa Turki dan Argentina akan menghadapi kontraksi yang dalam," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksi Melihat Kejanggalan Sebelum 1 Keluarga di Bekasi Ditemukan Tewas

Posted: 12 Nov 2018 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Satu keluarga diduga menjadi korban pembunuhan di kawasan Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat. Ada empat korban dengan dua di antaranya merupakan anak-anak.

Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota Kompol Erna Ruswing menyampaikan, peristiwa itu diketahui pagi ini, Selasa (13/11/2018) sekitar pukul 06.30 WIB.

"Saksi lihat ke ruangan korban melalui jendela dan melihat banyak korban sudah tergeletak dan terdapat darah," tutur Erna dalam keterangannya.

Identitas korban adalah Diperum Nainggolan (38), Maya Boru Ambarita (37), SBN (9), dan AN (7).

Menurut keterangan saksi, sejak pukul 03.30 WIB, sudah ada kejanggalan di kediaman korban pembunuhan.

"Gerbang kontrakan sudah terbuka dan televisi di ruang korban menyala, namun saat saksi memanggil korban dari luar rumah, namun tidak ada jawaban," kata Erna.

Tiga saksi diperiksa dalam peristiwa tersebut. Mereka merupakan tetangga korban yang melihat kondisi awal Tempat Kejadian Perkara (TKP).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penandatanganan Perjanjian Dagang RI - Australia Terhambat Isu Yerusalem?

Posted: 12 Nov 2018 08:31 PM PST

Liputan6.com, Singapura - Pemerintah Indonesia, pada 12 November 2018, memberi sinyal bahwa penandatanganan perjanjian dagang komprehensif dengan Australia akan tertunda dari waktu yang telah ditentukan.

Sinyal ini datang menyusul langkah pemerintah Australia yang berencana untuk memindahkan kedutaannya untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem --kota yang dipersengketakan dalam konflik Israel-Palestina yang berkepanjangan.

Palestina, yang menginginkan Yerusalem menjadi ibu kota negara mereka yang merdeka, melihat pemindahan kedutaan beberapa negara ke Yerusalem --seperti yang telah dilakukan AS dan mungkin hendak disusul Australia-- sebagai bentuk pengakuan diplomatik atas cengkeraman Israel di kota yang diperebutkan.

Sebelumnya, pada Agustus 2018, kedua pemimpin RI dan Australia mengumumkan telah merampungkan negosiasi perjanjian Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IACEPA). Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Scott Morrison juga mengatakan berencana menandatangani perjanjian itu pada pengujung tahun ini.

Perjanjian itu akan memungkinkan 99 persen ekspor barang Australia untuk masuk ke Indonesia, bebas pajak atau di bawah persyaratan istimewa yang meningkat secara signifikan. Sementara semua ekspor barang Indonesia akan memasuki Australia bebas pajak.

Namun, rencana itu mungkin akan terganggu, setelah pada 16 Oktober 2018 lalu, PM Morrison mengatakan dia akan mempertimbangkan memindahkan kedutaan Australia dari Tel Aviv ke Yerusalem. Indonesia, negara yang gamblang menyatakan keberpihakannya terhadap Palestina, mengkritik rencana Canberra.

Sejumlah media juga melaporkan bahwa rencana yang diumumkan oleh PM Morrison akan menghambat penandatanganan IACEPA di tataran pemerintah eksekutif.

Dalam komentar terbarunya soal hal tersebut, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukito mengatakan:

"Itu (IACEPA) bisa ditandatangani kapan saja, tapi ketika kita akan menandatanganinya ... itu tergantung pada posisi Australia," ujar Mendag RI kepada sejumlah wartawan --di sela East Asia Summit (KTT Asia Timur) di Singapura-- yang bertanya apakah isu Yerusalem akan menunda penandatanganan perjanjian itu, seperti dikutip dari Nikkei Asia Review, Selasa (13/11/2018).

Lukito juga menambahkan bahwa Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi "telah menekankan, jika Australia bersikukuh untuk memindahkan kedutaannya ke Yerusalem, penandatanganan (IACEPA) akan ditunda.

PM Australia: Terserah Indonesia

Di sisi lain, PM Morrison mengatakan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di sela-sela KTT Asia Timur di Singapura 14-15 November, namun keduanya tidak akan melakukan penandatanganan perjanjian perdagangan bebas tersebut.

Morrison juga menjelaskan bahwa penandatanganan IACEPA "sekarang terserah kepada pihak Indonesia," demikian seperti dilansir ABC Indonesia Senin 12 November 2018.

"Australia tidak terburu-buru untuk menandatangani kesepakatan itu. Niat kami adalah melihat bahwa menteri perdagangan kedua negara akan mencapai kesepakatan di akhir tahun, namun kami tidak terburu-buru," tambahnya.

Morrison juga menegaskan bahwa Australia tidak berusaha mengkaitkan masalah lain --semisal isu Yerusalem-- ke dalam perundingan perdagangan bebas.

"Australia selalu melihat masalah ini sesuai dengan kepentingannya. Kami tidak pernah mencampurkan masalah yang tidak berkenaan dengan kebijakan, ketika membicarakan perjanjain seperti ini." kata Morrison lagi seperti dikutip oleh media di Australia.

Namun, komentar kedua figur itu berbeda dengan apa yang disampaikan oleh Juru Bicara Kemlu RI Arrmanatha Nasir pada 18 Oktober lalu. Merespons pertanyaan yang kurang lebih serupa, Arrmanatha menegaskan bahwa penandatanganan IACEPA tetap akan dilakukan pada akhir tahun ini.

"Perundingan IACEPA sudah difinalisasi oleh Presiden Jokowi dan PM Morrison saat ia berkunjung ke Jakarta pada Agustus 2018. Kedua negara akan menandatangani IACEPA paling cepat akhir tahun 2018 ini," ujarnya di Jakarta.

Pada kesempatan yang sama, Arrmanatha juga mengatakan, "Isu Palestina sangat penting. Hubungan bilateral Indonesia dan Australia serta dengan para negara tetangga, juga sangat penting."

"Kami mengambil langkah (terkait kebijakan luar negeri) selaras dengan prioritas Indonesia. Hubungan bilateral Indonesia-Australia adalah salah satu prioritas. Tentu saja kita akan mengambil langkah dan kebijakan sesuai dengan prioritas itu."

"Isu Palestina juga salah satu prioritas, dan kita juga akan mengambil langkah serta kebijakan sesuai dengan prioritas itu," jelas Arrmanatha.

 

Simak video pilihan berikut:

 

Menlu Palestina: Rencana Australia Akan Mengganggu Hubungan Bisnis

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Kemlu RI, Jakarta (16/10) (Rizki Akbar Hasan / Liputan6.com)

Menyuarakan penolakannya atas rencana Ausralia yang hendak memindahkan kedutaannya untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem, Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki mengatakan bahwa langkah itu "melanggar hukum internasional."

Maliki juga mengatakan bahwa niat tersebut "berisiko mengganggu hubungan bisnis Australia dengan seluruh dunia, terutama negara Arab dan negara dominan muslim," ujarnya dalam pernyataan pers bersama dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, usai keduanya melaksanakan konsultasi bilateral di Kemlu RI Jakarta, Selasa 16 Oktober 2018.

"(Jika terlaksana) langkah Australia juga melanggar Resolusi Dewan Keamanan PBB, terutama Resolusi 478 Tahun 1980. Australia juga menempatkan dirinya di posisi yang berbeda dengan mayoritas komunitas internasional yang mematuhi dan menghargai hukum internasional dan Resolusi Dewan Keamanan PBB," dia melanjutkan.

Lebih lanjut, Maliki mengatakan, jika rencana itu terlaksana, keputusan Australia "berisiko mengganggu hubungan bisnisnya dengan seluruh dunia, terutama, negara Arab dan negara muslim."

"Oleh karenanya, saya harap Australia akan mempertimbangkan kembali posisinya, sebelum mereka benar-benar melakukannya."

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Retno mengatakan, "Indonesia menyatakan kekhawatirannya terhadap pengumuman Australia dan kami mempertanyakan maksud dari pengumuman itu."

"Indonesia menegaskan kembali posisinya terkait Solusi Dua Negara. Ini adalah prinsip dasar yang harus dipegang untuk terciptanya perdamaian berkelanjutan Israel-Palestina," kata Retno.

"Karena itu Indonesia meminta Australia dan negara lain untuk terus mendukung proses perdamaian Palestina-Israel sesuai dengan kesepakatan yang sudah disepakati dan tidak ambil langkah yang dapat mengancam proses perdamaian dan stabilitas keamanan dunia."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Milan Vs Juventus: Higuain Minta Maaf soal Insiden Kartu Merah

Posted: 12 Nov 2018 08:30 PM PST

Jakarta - Penyerang Gonzalo Higuain mengungkapkan penyesalannya atas insiden kartu merah yang diterima di laga AC Milan vs Juventus, Minggu (11/11) atau Senin dinihari WIB. Dia pun meminta maaf untuk itu.

Namun, pemain AC Milan ini menyebut, tak berniat menghina siapapun.

Higuain harus meninggalkan lapangan setelah wasit Paolo Silvio Mazzoleni mengeluarkan dua kartu kuning dalam waktu yang bersamaan untuknya pada menit ke-83. Kartu kuning pertama karena melanggar Medhi Benatia sedangkan kartu kuning kedua karena reaksi keras Higuain setelah diganjar kartu kuning oleh Mazzoleni.

"Saya merasa itu pelanggaran yang tidak adil, saya justru merasa dilanggar. Saya diperingatkan namun saya tidak menghina siapapun," ujar Higuain yang juga mantan pemain Juventus.

"Saya minta maaf kepada klub, suporter, pelatih dan rekan setim karena hal semacam ini harusnya bisa dihindari," ia melanjutkan.

Pemain yang bergabung Milan dari Juventus ini menambahkan, "Kami manusia, kami merasakan emosi, dan permainan tidak berjalan sesuai dengan keinginan."

 

Tampil Buruk

Higuain memang tampil buruk di laga kontra Juventus. Striker asal Argentina gagal menjalankan tugas sebagai eksekutor penalti jelang akhir babak pertama.

Di babak kedua, pemain berusia 30 tahun malah harus mengakhiri pertandingan lebih cepat. Higuain diusir wasit karena reaksi berlebihan yang diperlihatkannya.

Juventus mengalahkan Higuain dan kawan-kawan berkat dua gol yang disarangkan Mario Mandzukic pada menit kedelapan dan Cristiano Ronaldo (81').

Sumber: Fourfourtwo

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miris, Oknum BPN Gorontalo Kena OTT Pungli Sertifikat Tanah

Posted: 12 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Gorontalo - Program sertifikat tanah gratis yang sedang digalakkan pemerintah pusat justru menjadi ladang korupsi pejabat daerah. Terbukti, salah satu pegawai Badan Pertanahan Nasional (BPN) terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) tim saber pungli Polres Gorontalo.

Menurut penelusuran tim Liputan6.com, pegawai BPN berinisial ZH alias Udin tertangkap tangan tim saber pungli Polres Gorontalo saat melakukan pungutan liar ke warga yang akan mengurus sertifikat tanah. ZH sendiri merupakan pegawai honorer di BPN Limboto.

"Kami menangkap ZH alias Udin ini saat melakukan transaksi di luar dari ketentuan. Bisa dikatakan itu adalah pungli pada salah satu warga yang saat itu hendak melakukan pengurusan sertifikat," ujar Ketua Tim Saber Pungli Polres Gorontalo Kompol Sugianto Mukadji yang juga menjabat sebagai Wakapolres Gorontalo, Selasa (12/11/2018).

Terungkapnya kasus korupsi berupa pungli ini merupakan hasil tindak lanjut laporan warga yang kesal dengan banyaknya pungli saat mengurus sertifikat tanah.

"Oknum PTT meminta sejumlah uang untuk segera diterbitkan sertifikat mereka. Permintaan uang bervariasi mulai dari lima sampai sepuluh juta rupiah" ungkapnya.

Sugianto menambahkan, pihaknya sudah melakukan penyelidikan dan mengumpulkan bukti-bukti dan ZH dinyatakan jadi tersangka.

"Dari hasil pemeriksaan Udin kita telah tetapkan sebagai tersangka," kata Sugianto.

Modus yang dilakukan ZH adalah dengan meminta sejumlah uang pada pemohon sertifikat tanah di luar ketentuan hukum yang berlaku. Ada seorang warga yang dimintai uang sepuluh juta, tetapi tidak mampu, si pemohon hanya mampu membayar seperempatnya. Namun, uang tersebut tetap diambil.

Dari tangan tersangka disita uang Rp 22,5 juta, sejumlah berkas untuk pengurusan sertifikat, dan sebuah laptop. Sebanyak 8 orang saksi yang semuanya warga pemohon sertifikat juga diperiksa

"Udin ini kita jerat dengan pasal 12 UU Tipikor dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun," tegas Sugianto.

Sementara itu, pihak BPN Kabupaten Gorontalo saat dikonfirmasi soal kasus ini mengatakan, mereka sudah menyerahkan secara penuh kepada pihak kepolisian dan laporannya juga ke atasan yakni kanwil BPN Gorontalo.

"Untuk sanksinya kami serahkan ke atasan kami dan soal proses hukum semuanya kami serahkan kepada pihak yang berwajib atau pihak kepolisian," tandas Kepala BPN Kabupaten Gorontalo Fredrik.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muzdalifah Punya Kekasih Baru, Lebih Muda 15 Tahun

Posted: 12 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tak perlu waktu lama bagi Muzdalifah untuk menemukan kekasih baru, usai dibohongi seorang pengusaha beras, Khairil Anwar pada Januari 2018 lalu. Kini, ia telah menjalin asmara dengan pria bernama Fadel Islami.

Muzdalifah mengaku usia dirinya dan Fadel terpaut jauh, yaitu 15 tahun. Saat ini, Fadel baru 25 tahun.

Perbedaan umur yang cukup jauh tak menghalangi Muzdalifah bahagia. Itu terpancar saat tertangkap kamera.

"Pokoknya aku minta doanya saja," terang Muzdalifah, dikutip dari tayangan infotainment Silet, Senin (12/11/2018).

 

Tak Mengakui

Muzdalifah (Foto: YouTube/cumicumi.com)

Ucapan Muzdalifah tersebut diamini sang kekasih. Disinggung soal perbedaan usia yang jauh, Fadel justru tak menganggap masalah. "Perbedaan usia mah enggak jauh," timpalnya.

Mendengar kata-kata Fadel, Muzdalifah meralatnya. "Memang jauh aku sama dia," ujar mantan istri Nassar itu.

 

Menggoda

Muzdalifah (Foto: YouTube/cumicumi.com)

Rupanya, Fadel senang menggoda Muzdalifah. Sambil tersenyum, dia mengaku hanya terpaut lima tahun saja dari ibu lima anak ini.

"Bohong ih," lanjut Muzdalifah sembari tertawa. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Stan Lee Meninggal, Para Aktor Ucapkan Belasungkawa

Posted: 12 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tom Holland, Chris Evans, hingga Robert Downey Jr mengunggah ungkapan belasungkawa mereka tentang meninggalnya Stan Lee.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Galaxy S9, S9 Plus, dan Note 9 Kebagian Android Pie Januari 2019

Posted: 12 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun konferensi pengembang Samsung berfokus pada smartphone layar lipatnya, Samsung tak lupa pada jajaran perangkatnya yang sudah ada di pasaran.

Ya, Samsung akan menggulirkan update OS Android terbaru untuk ketiga perangkat flagship terbarunya, yakni Galaxy Note 9, Galaxy S9, dan Galaxy S9 Plus.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari GSM Arena, Selasa (13/11/2018), Samsung mengumumkan akan menghadirkan Android Pie untuk ketiga perangkat tersebut pada Januari 2019.

Samsung menyebut, program beta terbuka Android Pie-nya akan tersedia akhir bulan ini untuk wilayah Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jerman. Selanjutnya, program beta ini akan mengarah ke negara-negara Eropa dan Asia.

Saat Galaxy Note 9, Galaxy S9, dan Galaxy S9 Plus di-update ke Android Pie, tidak akan ada lagi antarmuka Samsung Experience, sebab Samsung menghadirkan UI baru yakni One UI.

Perusahaan sempat mempresentasikan One UI di konferensi pengembang Samsung 2018.

Salah satu perbedaannya adalah pengalaman yang dihadirkan saat pengguna memakai antarmuka tersebut serta modus malam di seluruh sistemnya.

Sejumlah Perubahan di Android Pie

Galaxy Note 9 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sebelumnya, memang sempat terdengar kabar bahwa sedang dilakukan pengujian Galaxy S9+ yang menggunakan Android Pie.

Kehadiran update Android Galaxy Pie pada perangkat Samsung tidak akan dilakukan setidaknya hingga Januari 2019.

Mengutip Phone Arena, Kamis (18/10/2018), hal ini didasarkan pada pesan terbaru yang dikirimkan kepada Samsung Members di Prancis.

Saat itu juga, Samsung bakal menghadirkan fitur kamera baru yang baru ada di Galaxy S9 dan Galaxy Note 9, kemudian bakal diikuti oleh Galaxy S8 dan Note 8.

Saat ini, Samsung dikabarkan masih terus mengoptimalisasi fitur-fitur di Android Pie agar sesuai dengan perangkatnya.

Hadirkan Add-On

Samsung Galaxy Note 9 hadir dibekali dengan kecanggihan dari seri sebelumnya. Misalnya saja dari sisi baterai yang kini berkapasitas 4000 mAh, storage, RAM besar, S Pen dengan fitur terbaru dan canggih. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tak hanya itu, perusahaan yang bermarkas di Korea Selatan ini juga mengembangkan sejumlah add-ons.

Sejauh ini Samsung tengah mengembangkan pembaruan antarmuka Samsung Experience 10 dengan berbagai fitur.

Sebut saja fitur identifikasi penelepon, dukungan VoLTE, dukungan untuk SIM card kedua pada Galaxy Note 8 Duos, dan peningkatan fitur voice recorder.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayah, Ibu, dan 2 Anak Jadi Korban Pembunuhan di Bekasi

Posted: 12 Nov 2018 08:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Warga yang tinggal di kawasan Jalan Bojong Nangka, Kelurahan Jatirahayu Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi digegerkan peristiwa pembunuhan. Satu keluarga yang tinggal di permukiman tersebut meninggal.

"Iya benar ada satu keluarga yang diduga menjadi korban pembunuhan," kata Kompol Erna Ruswing ketika dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa (13/11/2018).

Erna menjelaskan, di rumah tersebut dihuni empat orang. Mereka adalah suami, istri, dan dua orang anaknya. Seluruhnya meninggal.

"Berempat suami-istri dan anak-anaknya dua," ujar dia.

Saat ini, pihaknya sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait peristiwa diduga pembunuhan satu keluarga tersebut.

"Kami terima kabar jam 6 pagi. Kita sudah olah TKP. Terus mencari saksi, dan barang bukti," ucap Erna.

Tergeletak di Kamar

Pihak kepolisian hingga kini masih melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), ditemukan satu keluarga dugaan pembunuhan di Jalan Bojong Nangka 2, RT 002 RW 07, Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat.

"Ada 4 orang bergeletakan di kamar saat ini sedang olah TKP ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Selasa (13/11/2018).

Kata Argo, para korban ditemukan sekitar pukul 06.30 WIB. Atas peristiwa itu, kepolisian membuat tim untuk mengetahui dan menemukan pelaku.

"Tim dari Krimum dan Polres Bekasi Kota, dengan Polsek setempat untuk tangkap pelakunya. Tentunya saat ini penyidik dari Inafis lagi olah TKP dengan metode induktif melihat saksi-saksi dan barang bukti lalu kita analisa seperti apa pembunuhan dan motif nya," ujar Argo.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia dan Timor Leste Punya Cara Berbeda Bangun Kebersamaan di Meja Makan

Posted: 12 Nov 2018 08:25 PM PST

Jakarta - Timnas Indonesia dan Timor Leste bakal berduel di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Selasa (13/11/2018). Kedua tim menyadari kekompakan dan kebersamaan menjadi faktor penting untuk memenangi pertandingan tersebut. 

Berbagai cara dilakukan oleh staf kepelatihan masing-masing tim untuk membangun kekompakan. Satu di antaranya adalah menciptakan momen kebersamaan di meja makan.

Timor Leste dan Timnas Indonesia punya cara masing-masing dalam membangun momen kebersaan. Fakta itu tertangkap berdasarkan pantauan Bola.com ketika menyantap sarapan dengan kedua kesebelasan, di Hotel Sultan, Selasa pagi WIB.

Timor Leste menikmati sarapan di pelataran hotel. Pasukan Norio Tsukitate tidak ragu berbaur dengan para pengunjung lainnya. Mereka terlihat senang dan kerap bersenda gurau satu sama lain.

Suasana hangat dan terbuka dalam prosesi santap sarapan Timor Leste, berbanding terbalik dengan skuat Garuda. Timnas Indonesia diketahui memilih "mengurung diri" dengan menyewa ruangan khusus.

Setelah mengambil makan dan minuman, satu per satu pemain Timnas Indonesia memasuki ruangan khusus untuk menyantap hidangan. Mereka mengambil langkah itu kemungkinan diagar privasi tidak terganggu dan bisa saling mengakrabkan diri satu sama lain.

"Timnas Indonesia menyewa tempat khusus untuk makan. Jadi, tidak ada satu pun pengunjung yang bisa makan di sana," kata Staf Hotel Sultan yang ada di lokasi sarapan, Imam Kurniawan, kepada Bola.com

Timnas Indonesia menyantap hidangan sarapan selama satu jam sejak pukul 08.00 WIB. Adapun Timor Leste lebih dulu meninggalkan lokasi, setengah jam setelah kedatangan skuat Garuda. 

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suzuki GSX-R250 Tak Kunjung Datang, Apa Alasannya?

Posted: 12 Nov 2018 08:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dari 4 pabrikan Jepang di tanah air, hanya Suzuki yang sampai saat ini masih belum memasarkan produk sportbike full-fairing 250cc. Motor yang cukup dinanti-nanti saat ini adalah Suzuki GSX-R250.

Alhasil, segmen tersebut dikuasai oleh 3 kompetitornya, Honda CBR250RR dan yang terbaru Yamaha YZF-R25 facelift serta Kawasaki Ninja 250 FI Keyless. Tak lupa sportbike 250cc 1-silinder, Kawasaki Ninja 250SL.

Padahal, mengutip dari Greatbiker.com, Suzuki telah mematenkan desain Suzuki GSX-R250. Berdasarkan rancangan tersebut, terlihat bahwa penampilan pesaing Kawasaki Ninja 250 ini akan lebih sporty. Bahkan, mesin 2-silinder 250cc Suzuki GSX-R250 digadang-gadang mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar ketimbang pesaingnya.

Memang, Suzuki selama ini kerap membuat dapur pacu dengan performa yang tinggi. Sebagai gambaran, mesin 1-silinder 147,3cc Suzuki GSX-R150 mampu memuntahkan tenaga setara mesin 1-silinder 155,1 cc Yamaha YZF-R15 V3, yaitu sebesar 19 Tk.

Sayangnya, sportsbike ini tak dirilis. Awalnya, sempat diperkirakan bahwa Suzuki GSX-R250 terbaru akan melakoni debutnya pada 1 dari 2 event besar yang baru saja berlangsung di Eropa, yaitu Intermot 2018, Cologne, Jerman, dan EICMA 2018, Milan, Italia.

 

 

Selanjutnya

Meski demikian, tak diketahui secara jelas alasan Suzuki sampai saat ini tak kunjung merilis Suzuki GSX-R250. Nampaknya, motor 250cc ini akan dirilis pada semester pertama 2019. Bahkan, sempat beredar rumor bahwa Suzuki GSX-R250 nantinya akan diproduksi di Indonesia guna menjaga harganya tetap bersaing.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikmati Destinasi Laut Berkelas Bintang Lima di Wakatobi

Posted: 12 Nov 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah pulau kecil di Provinsi Sulawesi Tenggara dikelilingi hamparan pasir putih dan laut dengan gradasi biru muda dan tua. Pulau ini bernama Wakatobi.

Para wisatawan yang menginjakkan kaki di sana akan bertemu dengan resort berkelas bintang lima, laut yang dapat memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para divers, dan kuliner yang begitu menggiurkan. Tak tanggung-tanggung, Wakatobi mendapat predikat sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia.

Tak percaya? Buktikan sendiri kehebatan Wakatobi lewat video di bawah ini, yuk!

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berdukacita, Petinggi Marvel dan Disney Tulis Kenangan soal Stan Lee

Posted: 12 Nov 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Kepergian Stan Lee untuk selamanya, jelas merupakan pukulan besar untuk Marvel. Pasalnya, pria yang meninggal dunia pada usia 95 tahun ini adalah salah satu pendiri tonggak dari dunia superhero Marvel.

Lewat situs resminya, pada Selasa (13/11/2018), Marvel dan induk perusahaannya, The Walt Disney Company, mempublikasikan sebuah obituari mengenai Stan Lee.

"Dengan hati yang berat, kami mengucapkan belasungkawa untuk anak perempuan dan saudara lelakinya, dan kami menghormati dan mengenang sang pencipta, suara, dan pahlawan Marvel," begitu isi tulisan tersebut.

Para petinggi Marvel dan Disney juga membuka kenangan mereka terhadap sosok Stan Lee.

Luar Biasa

Stan Lee. (VALERIE MACON / AFP)

Bob Iger, Chairman dan CEO The Walt Disney Company, mengatakan bahwa Stan Lee adalah sosok yang sama luar biasanya dengan karakter yang ia ciptakan.

"Ia adalah superhero bagi para penggemar Marvel di seluruh dunia, Stan punya kekuatan untuk menginspirasi, menghibur, dan menjalin hubungan. Luasnya ruang imajinasinya hanya bisa dilampaui oleh ukuran hatinya," tutur Bob Iger.

 

Terima Kasih

(VALERIE MACON / AFP)

Sementara itu CB Cebulski, Editor in Chief Marvel Entertainment mengungkapkan rasa terima kasihnya pada Stan Lee. Tanpa pencipta Spider-Man tersebut, Cebulski merasa dirinya dan rekan-rekannya tak akan menjadi seperti sekarang.

"Semakin aku mengenal Stan, semakin aku melihat bagaimana dia menyisipkan sebagian dari dirinya dalam setiap karakter yang ia ciptakan. Dan dengan begitu, dia mengizinkan pembaca untuk melihat bayangannya dan berimajinasi bahwa mereka juga bisa melampaui masalah mereka dan menjadi sesuatu yang hebat, unik, dan fantastis."

Seperti diberitakan sebelumnya, Stan Lee meninggal dunia, Senin (12/11/2018) waktu setempat di Los Angeles. Berita meninggalnya Stan Lee disampaikan langsung oleh sang putri, JC.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Lakukan Pengapalan Perdana LNG Hasil Skema Gross Split

Posted: 12 Nov 2018 08:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) melakukan pengapalan atas penjualan gas alam cair atau Liquid Natural Gas (LNG) kargo pertama dari Wilayah Kerja (WK) Sanga Sanga yang dikelola oleh PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS).

Direktur Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) Andi Wisnu mengatakan, pengapaan LNG tersebut, merupakan kargo LNG pertama semenjak diterapkannya pengelolaan Wilayah Kerja Migas dengan skema gross split di Indonesia.

"WK Sanga Sanga dialihkelolakan kepada PHSS dengan konsep gross split dalam pengelolaannya," kata Andi, di Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Keberhasilan komersialisasi dan monetisasi LNG dalam era gross split, menjadi pembuktian Pertamina sebagai perusahaan migas kelas dunia mendukung skema bagi hasil migas gross split.

"Seluruh komponen anak bangsa patut mendukung dan mensukseskan era gross split ini sebagai sistem tata kelola baru di dunia industri minyak dan gas bumi di Indonesia," tuturnya.

 

Kelola hingga 2038

Ilustrasi Foto Gas Bumi (iStockphoto)

PHSS merupakan anak usaha dari PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI), selaku Anak Perusahaan dari Pertamina yang ditunjuk sebagai pengelola sekaligus operator di WK Sanga Sanga untuk periode kontrak 8 Agustus 2018 hingga 8 Agustus 2038.

Andi pun mengapresiasi dukungan semua pihak yang telah membantu proses komersialisasi dan monetisasi LNG dari Blok Sanga Sanga, mulai dari masa persiapan, pemrosesan, hingga pengapalan LNG dari kilang LNG Badak yang dikelola oleh PT Badak NGL, yang berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur.

"Ucapan terimakasih juga khususnya kepada SKK Migas, Direktorat Jenderal Migas (DitjenMigas) serta Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) yang telah memberikan dukungan secara penuh, serta bekerjasama dalam memberikan persetujuan-persetujuan dokumentasi, arahan dan juga rekomendasi kepada Kementerian terkait seperti Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AFF 2018: Usai Hajar Laos, Striker Malaysia Bicara Gelar Top Scorer

Posted: 12 Nov 2018 08:15 PM PST

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Norshahrul Idlan membayar kepercayaan yang diberikan Timnas Malaysia di Piala AFF 2018. Dipasang sebagai pemain inti, penyerang berusia 32 tahun itu sudah mengumpulkan tiga gol.

Norshahrul memang salah satu striker berpengalaman yang dimiliki Malaysia di Piala AFF 2018. Ia sudah mengeyam pengalaman bersama timnas senior sejak 2007. Karenanya, ia pun sudah mencicipi Piala AFF sejak edisi 2010.

Namun, baru kali ini Norshahrul ditetapkan sebagai penyerang utama Malaysia di Piala AFF. Pada edisi-edisi sebelumnya, ia hanya bertugas sebagai pelapis. Hebatnya, kesempatan itu benar-benar ia manfaatkan untuk menunjukkan kualitasnya.

Aksi pertamanya adalah menjadi penentu kemenangan 1-0 Malaysia atas Kamboja pada laga perdana Grup A Piala AFF 2018. Terkini, ia juga memastikan kemenangan 3-1 Malaysia atas Laos di Bukit Jalil National Stadium, Senin (12/11/2018).

Di luar dugaan, hal itu menambah kepercayaan diri Norshahrul untuk bersaing dalam perebutan predikat top scorer Piala AFF 2018. Masalahnya, tugasnya pun cukup berat. Ia harus bisa melampaui striker Thailand, Adisak Kraisorn yang sudah mengoleksi enam gol hanya dalam satu pertandingan.

"Tentu saja, tapi saya berharap Adisak tidak mencetak gol lagi setelah ini. Saya tak terlalu memikirkan target individu. Ini hanya soal tim. Jika tim menang, saya senang," ujar Norshahrul, dikutip AFF Suzuki Cup.

 

Berani Ambil Risiko

Para pemain Malaysia saat merayakan gol ke gawang Laos pada laga kedua Grup A Piala AFF 2018. (AFF Suzuki Cup)

Melawan Laos, Malaysia tertinggal lebih dulu akibat gol Phithack Kongmathilath di menit ketujuh. Mereka memang bisa langsung menyamakan skor di menit ke-15 lewat Mohd Zaquan Adha. Namun, setelah itu mereka kesulitan untuk menjebol gawang Laos.

Upaya Malaysia baru membuahkan hasil di menit ke-86. Adalah Norshahrul yang membuat Malaysia membalikkan keadaan. Lalu, striker klub Pahang itu menambah koleksi golnya di menit ke-90+2 usai memaksimalkan umpan Muhammad Akhyar.

"Pada babak pertama, saya merasa bahwa kami tak mau mengambil risiko dan tidak menyerang. Untungnya kami bisa mencetak dua gol di akhir. Saat jeda, pelatih mengatakan kepada kami untuk menyerang dan tidak takut membuat kesalahan, mencoba untuk mencetak gol. Untungnya kami bisa melakukannya," Norshahrul menegaskan.

Klasemen Grup A

Klasemen Grup A Piala AFF 2018 matchday ke-2. (Bola.com/Dody Iryawan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala AFF 2018: Peluang Timnas Indonesia Masih Terbuka Lebar

Posted: 12 Nov 2018 08:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Arema FC, Milan Petrovic, menganggap kekalahan Timnas Indonesia dari Singapura di ajang Piala AFF 2018 adalah hal wajar. Milan menilai kekalahan Timnas Indonesia merupakan hal yang bisa diterima.

"Laga pertama memang selalu sangat sulit dijalani. Apa pun hasilnya kita semua harus hormat pada tim pelatih Timnas," ujar Milan, Selasa (13/11/2018).

Kendati kalah, Timnas Indonesia mendapat pelajaran berharga pada pertandingan ini. Berbekal pelajaran tersebut, pelatih asal Serbia pun yakin, skuat besutan Bima Sakti bisa tampil lebih baik pada laga selanjutnya.

"Saya yakin dengan semangat juang tinggi, dan pelajaran yang telah mereka dapat, Timnas Indonesia bakal bisa tampil jauh lebih baik lagi. Mereka punya modal bagus. Saya yakin mereka pasti bisa memanfaatkannya," tuturnya.

Peluang

Pemain Timnas Indonesia, Beto Goncalves, melakukan pemanasan saat latihan di SUGBK, Jakarta, Senin (12/11). Latihan ini persiapan jelang laga Piala AFF 2018 melawan Timor Leste. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Milan menilai bahwa peluang Timnas Indonesia lolos ke fase berikutnya masih terbuka. Menurut pelatih berusia 57 tahun, yang harus dilakukan Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan adalah bermain sebaik mungkin dan meraih kemenangan.

"Masalah peluang, segalanya masih terbuka. Jangan berpikir terlalu jauh. Jalani tiap pertandingan sebaik mungkin," tandasnya.

Gagal

Timnas Indonesia sebelumnya gagal mengawali perjalanan mereka pada ajang Piala AFF 2018 dengan mulus. Pada laga pertama mereka, kontra Timnas Singapura, yang dihelat di Stadion Nasional Singapura, Jumat 9 November 2018 lalu, Hansamu Yama dan kawan-kawan kalah dengan skor 0-1.

Perjuangan Skuat Garuda akan berlanjut pada hari ini. Kali ini, giliran mereka menjamu Timor Leste di Stadion Gelora Bung Karno.

Sumber: bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Pelajaran Berharga dari Kesuksesan Mendiang Stan Lee

Posted: 12 Nov 2018 08:05 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Hollywood kembali berduka --begitu pun dengan penggemar superhero alias pahlawan super --atas kabar meninggalnya Stan Lee pada usia 95 tahun, Senin, 12 November 2018 malam waktu setempat di Los Angeles.

Kantor berita Agence France-Presse (AFP) melaporkan bahwa Stan Lee mengembuskan nafas terakhir lantaran diketahui menderita komplikasi sejumlah penyakit, salah satunya pneumonia.

Dikutip dari Weird.com pada Selasa (13/11/2018), rekan penulis sekaligus sahabat makan siang sang pendiri Marvel Comics, Jim McLauchlin, mengatakan bahwa sosok Stan Lee mengajarkan banyak pelajaran berharga tentang kerja keras dan bagaimana memaknai hidup.

Dalam esai terbarunya, McLauchlin merunut ulang tentang beragam pelajaran penting yang didapatnya saat mengobrol dengan Stan Lee, terutama ketika santap siang bersama di sebuah diner--sebutan kedai makan khas Amerika--yang berlokasi tidak jauh dari kantor pusat Marvel, Pow Entertainment di Santa Monica, California.

Berikut adalah lima pelajaran penting yang tersirat dalam perjalanan hidup Stan Lee, yang dikenang oleh sang sahabat, Jim McLauchlin, dalam sejumlah perbincangan makan siang dengannya kala itu.

 

 

Simak video pilihan berikut: 

 

1. Sosok Pekerja Keras

Stan Lee. (VALERIE MACON / AFP)

Dalam hampir setiap percakapan tentang pekerjaan hebatnya di Marvel, Stan Lee selalu berkata sebagai berikut:

"Saya tidak akan pensiun. Kebanyakan orang pensiun sehingga mereka dapat melakukan apa yang mereka inginkan. Saya sudah melakukan apa yang saya inginkan. Saya suka menulis. Saya suka bekerja dengan orang-orang kreatif. Jika saya pensiun, saya akan melepaskan kesenangan saya."

Hal itu benar adanya. Stan Lee hampir selalu hadir di kantornya pukul 09.00 pagi setiap hari kerja.

2. Banyak Aksi, Sedikit Bicara

Komikus sekaligus pendiri Marvel Comics, Stan Lee, meninggal pada usia 95 tahun, 12 November 2018 (AP/Matt Sayles)

Berkaitan dengan poin di atas, Stan Lee adalah sosok yang menyenangkan jika membahas pekerjaan, atau terlibat dalam proyek bersama. Ia selalu antusias dalam bertukar pikiran, meskipun seringkali mendominasi.

Namun, ia bukanlah sosok yang penuh retorika. Jika melihat suatu prospek, baik dalam penyampaian pesan dalam karya ataupun prediksi ekonomis, Stan Lee selalu bersikap taktis.

Sosoknya terbuka dengan ide-ide segar, tetapi juga tegas menolak kehilangan kendali dalam membesarkan Marvel, yang kini semakin menguntungkan berkat kehadiran Marvel Cinematic Universe.

Ia juga dikenal sebagai sosok penyayang keluarga, di mana sudah dipastikan antara pukul 17.30 hingga 18.00 adalah jam pulang rutinnya. Jika tdiak terhalang agenda pekerjaan, Lee selalu segera pulang ke rumah untuk menghabiskan waktu bersama istrinya, Joan Lee, kini sudah meninggal tahun lalu.

3. Bukan Sosok Religius, tapi Humanis

Penggemar meletakkan memorabilia di atas bintang Walk of Fame milik Stan Lee di California, Senin (12/11). Stan Lee, kreator Captain America dan beberapa tokoh superhero Marvel lainnya, meninggal dunia di usia 95 tahun. (Gabriel Olsen/Getty Images/AFP)

Stan Lee percaya pada Tuhan dan kehidupan kekal setelah kematian. Namun, dia mengaku skeptis menyalurkan keyakinannya itu pada agama. Dia mempelajari beberapa dasar agama, untuk memetakan kekuatan dan kelemahan mereka.

Dia berpikir bahwa "aturan emas" adalah kuncinya, dan dia benar-benar tidak mengerti mengapa orang tidak bisa hanya mengambil beberapa detik dari hari mereka untuk bersikap baik kepada orang lain. "Saya pikir orang baik tidak duduk di awan dan memainkan harpa. Tetapi saya percaya jika seseorang menjalani kehidupan yang baik, maka ada hadiah besar untuknya," ujar Lee.

Lee melihat Tuhan tidak sesempurna yang orang-orang katakan, melainkan sebagai "sesuatu yang juga punya kelemahan", sama seperti manusia. Ia tahu hal tersebut kontroversial, tapi tetap berpegang pada pendapatnya.

4. Sosok yang Sama di Kehidupan Publik dan Pribadi

Kreator Marvel Comics, Stan Lee (AFP)

Setelah hidup lebih dari 90 tahun, Stan Lee tetap terlihat konsisten dengan kehidupannya. Bahkan banyak orang mengakui bahwa langkah kaki sang pencipta karakter Hulk itu masih lebih cepat dari kebanyakan orang seusianya.

Lee dengan senang hati melambai pada orang-orang yang mengenalinya. Dia berlari beberapa langkah ke depan untuk membuka pintu bagi seorang wanita.

Bahkan, suara yang sering terdengar di film dan kartun adalah suara Stan Lee.

"Saya merasa senang dengan mudah," katanya. "Saya menjalani kehidupan yang menyenangkan, dan saya biasanya sangat bahagia. Mengapa tidak berbagi sedikit tentang itu?"

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Tes Kepribadian Ungkap Fase Kehidupanmu

Posted: 12 Nov 2018 08:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menebak karakter maupun kepribadian seseorang memang bisa dengan beragam cara. Tak hanya dengan mengenal seseorang, ternyata dengan mengikuti tes sederhana seperti melihat objek pada gambar bisa mengungkap kepribadianmu lebih dalam hingga fase hidup yang tegah kamu lalui.

Artikel tentang tes kepribadian dengan memilih simbol yang disuka paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara artikel kedua terpopuler yakni tentang chat lucu yang buktikan mencari gebetan itu tak mudah. Disusul dengan artikel ketiga terpopuler yaitu rayuan gombal ala warganet.

Berikut Top 3 Citizen6:

 

1. Pilih Satu Simbol yang Disuka, Kami Ungkap Fase Kehidupanmu

(Foto: themindsjournal.com)

Setiap orang memiliki jalan hidup yang berbeda, bahkan kamu juga tidak bisa menebak bagaimana fase hidup yang dilalui. Namun, dengan tes sederhana ini, kamu akan mengetahui kepribadianmu lebih dalam hingga mengungkap fase kehidupan yang tengah kamu jalani.

Melansir dari Themindsjournal, Carl Jung menyebutkan bahwa sekian simbol ini akan mengungkap seperti apa fase kehidupan yang kamu masuki. Pilih salah satu simbol dan itulah yang akan mengungkap seperti apa dirimu. Berikut ulasannya.

Selengkapnya...

2. Nyari Gebetan Itu Enggak Gampang, 7 Chat Lucu Ini Buktinya

Doc: Istimewa

Bicara soal cinta memang tidak ada habisnya. Berbagai cerita tentang percintaan seolah menjadi topik obrolan yang tak lekang oleh zaman.

Setiap kisah cinta punya keunikan masing-masing. Tak terkecuali kisah para jomblo yang tengah menanti belahan hati. Berikut rangkupan percakapan para jomblo yang tengah mencari pasangan hidup seperti dikutip dari berbagai sumber.

Selengkapnya...

3. 7 Rayuan Gombal ala Warganet, Konyol tapi Bikin Kepincut

(Foto: tukangcukurrpw/twitter.com)

Bukan hal aneh jika rayuan atau gombalan menjadi cara andalan yang dipakai banyak pria untuk menaklukkan hati wanita yang disuka. Tak jarang, rayuan maut yang diungkapkan para kaum adam mampu membuat wanita kepincut.

Meski tampak sederhana, ternyata melontarkan rayuan juga perlu strategi jitu. Butuh rangkaian kata yang tepat dan disusun dengan rapi agar rayuan maut bisa langsung kena di hatinya.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesiapan Tenaga Kesehatan Menghadapi Banjir di Kabupaten Bandung

Posted: 12 Nov 2018 08:01 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Selain mengerahkan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemerintah Kabupaten Bandung juga menyiagakan tim tenaga kesehatan untuk membantu penanganan bidang kesehatan bagi korban banjir yang terjadi di wilayah mereka.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung, Grace Mediana mengatakan, bahwa pihaknya telah mengintruksikan kepada jajaran dinas kesehatan hingga di tahapan puskesmas untuk bersiap siaga dalam menghadapi banjir.

Grace mengungkapkan bahwa warga berada di lokasi terdampak banjir sangat rentan dengan beberapa penyakit seperti diare, gatal-gatal hingga infeksi saluran pernafasan atas (ISPA).

Oleh sebab itu, ia telah menginstruksikan petugas kesehatan untuk melakukanan pemantauan kepada masyarakat yang terdampak banjir.

"Yang sudah kami lakukan untuk penanganan banjir teman-teman di Puskesmas sudah datang ke lokasi pengungsian banjir dengan memberikan pengobatan pada yang sakit, berkoordinasi dengan lintas sektor, menggelar puskesmas keliling, penyuluhan kesehatan, dan penanganan pasca banjir," kata Grace saat dihubungi, Senin, 12 November 2018.

Menurutnya, dokter dan tenaga medis telah disiapkan di masing-masing lokasi banjir dan pengungsian. "Untuk sementara ini masih ring satu puskesmas Baleendah. Untuk ring dua dan tiganya juga sudah kami siapkan," ucapnya.

Penanganan terhadap warga korban banjir dan pengungsi terutama kepada ibu hamil, balita, dan lansia juga sudah dilakukan pihaknya.

"Untuk balita kita sudah memberikan makanan tambahan, juga buat ibu hamil. Untuk kebersihan pribadi kita siapkan juga cuci tangan di pengungsian," imbuhnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: