Minggu, 18 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Angin Kencang Hambat Pemadaman Kebakaran California, Korban Tewas Bertambah

Posted: 18 Nov 2018 10:03 PM PST

Liputan6.com, Sacramento - Angin kencang yang berembus pada Minggu 18 November 2018 disebut menghambat upaya pengendalian kebakaran lahan di negara bagian California, yang sekarang telah menelan sedikitnya 79 jiwa.

Embusan angin dilaporkan mencapai kecepatan 50 mil per jam (setara 80,4 kilometer per jam), di mana mengancam upaya untuk mengendalikan laju Camp Fire, nama kebakaran yang melanda California Utara.

Dikutip dari The Guardian pada Senin (19/11/2018), upaya pemadaman baru berhasil mencakup 55 persen area kebakaran selama 10 hari terakhir, tepatnya hingga akhir pekan lalu.

Laju api yang menghancurkan hampir 10.000 rumah dan telah menyebar sepanjang 233 mil persegi (setara 603 kilometer persegi), telah menjadi kebakaran lahan paling mematikan di AS dalam satu abad terakhir.

Dan ada kekhawatiran bahwa jumlah kematian akan meningkat lebih jauh, apalagi jika melihat hampir 1.300 orang masih belum ditemukan.

Namun, beberapa pihak mengatakan bahwa jumlah orang yang hilang mungkin terlalu berlebihan, sebab masih simpang siur kompilasi laporan korban sejauh ini.

Sheriff wilayah Butte county, Kory Honea, telah menekankan bahwa daftar orang hilang saat ini dikumpulkan dari data panggilan telepon, pengaduan email, dan laporan langsung sejak 8 November.

Dia menggambarkannya sebagai "data mentah", yang kemungkinan memiliki nama-nama ganda, dan beberapa pengungsi yang belum melaporkan telah berada di kondisi aman.

Gubernur California yang berhaluan Demokrat, Jerry Brown, mengunjungi wilayah yang rusak oleh kebakaran di kota Paradise bersama Donald Trump pada hari Sabtu.

Dia mengatakan kepada stasiun televisi CBS, bahwa Trump telah "menarik pernyataannya" dan memberikan bantuan darurat.

Trump awalnya menyalahkan pejabat negara bagian California atas pengelolaan hutan yang buruk, sehingga memicu kebakaran di wilayah utara dan selatan. Dia bahkan mengancam akan memotong pendanaan federal terkait tudingan tersebut.

 

 Simak video pilihan berikut: 

 

Membandingkan Penanganan Kebakaran di Finlandia

Pemandangan Gold Nugget Museum usai kebakaran melanda Kota Paradise, California, AS, Rabu (14/11). Direktur lembaga tanggap darurat AS mengatakan Kota Paradise butuh waktu beberapa tahun untuk pembangunan akibat kebakaran. (AP Photo/Martha Mendoza, File)

Di lokasi kebakaran pada hari Sabtu, Donald Trump menceritakan percakapannya dengan Presiden Finlandia, Sauli Niinisto di Paris pada 11 November, yang membahas tentang pemantauan sumber daya hutan dengan sistem pengawasan efektif.

Trump mengatakan kebakaran hutan tidak menjadi masalah di Finlandia karena negara itu "rajin menyapu daun dan batang kering".

Tetapi Niinistö mengatakan kepada salah satu surat kabar terkemuka di Finlandia, Ilta-Sanomat, pada hari Minggu bahwa dia tidak pernah membicarakan penyapuan area hutan kering dengan Trump.

"Saya menyebutkan kepadanya bahwa Finlandia, sebagian besar lahannya tertutup oleh hutan. Kami juga memiliki sistem dan jaringan pemantauan yang baik," kata Niinistö, tetapi tidak ingat pernah menyebutkan penggarukan daun atau semak hutan, yang tampaknya dijadikan alibi oleh Trump sebagai titik kunci dalam pencegahan kebakaran hutan, seraya mengabaikan isu pemanasan global.

Di lain pihak, Jerry Brown, dalam wawancara yang ditayangkan pada hari Minggu, mengatakan: "Mengubah iklim dan meningkatnya kekeringan dan kelembaban yang lebih rendah dan uap air adalah faktor penting penyebab kebakaran".

"Kami telah kekurangan curah hujan. Kami mengalami kekeringan yang mengubah vegetasi dan semak-semak, serta rumah-rumah dan pepohonan, secara harfiah, menjadi kayu. Jadi siap terbakar kapan pun. Ada unsur atmosfer yang merupakan bagian dari siklus alam dan kemudian ada efek peningkatan perubahan iklim, semuanya berkaitan," tambah Brown menjelaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Baju Pengantin Bertema Doraemon, Pernikahan Pasangan Ini Viral

Posted: 18 Nov 2018 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di hari pernikahan, baik mempelai pengantin pria maupun wanita akan mengenakan baju pengantin yang telah dipersiapkan. Biasanya untuk mempelai wanita akan mengenakan gaun atau kebaya sementara pria mengenakan jas maupun pakaian adat masing-masing.

Namun seorang mempelai pengantin pria di Malaysia baru-baru ini menjadi perhatian warganet, lantaran baju pengantin yang tak biasa. Bagaimana tidak, pengantin pria bernama Mohd Firdaus Mohd Ali itu memilih mengenakan baju pengantin adat melayu dengan motif Doraemon.

 

Pria Malaysia kenakan baju pengantin Doraemon (foto: Facebook Abann Dass)

Baju pengantin miliknya itu bewarna biru terang dengan beberapa tokoh dalam film Doraemon seperti Nobita, Giant, Suneo dan Shizuka. Ya, sebagian besar orang dari seluruh dunia tentu tahu tokoh kartun asal Jepang tersebut.

Nyatanya Firdaus mengaku telah menyukai tokoh Doraemon sejak kecil. Dalam keseharian pun Firdaus juga kerap mengenakan baju dengan tema Doraemon. Tak hanya baju, dirinya juga mengoleksi berbagai benda bertema Doraemon.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Membujuk sang istri

Pria Malaysia kenakan baju pengantin Doraemon (foto: Facebook Abann Dass)

Awalnya baju pengantin bertema Doraemon ini hanya akan digunakan untuk sesi pemotretan. Namun Firdaus mencoba membujuk istrinya untuk mengenakannya di pelaminan.

"Pada awalnya baju pengantin Doraemon ini dirancang untuk dipakai pada sesi pemotretan, tapi lima hari sebelum pernikahan saya berbicara dengan calon istri saya untuk mengenakannya di pelaminan," kata Firdaus seperti yang dikutip dari mStar Online.

Awalnya sang istri enggan memenuhi permintaan Firdaus, namun Firdaus mencoba membujuknya.

"Awalnya dia tak mau karena malu, namun saya membujuknya dan mengatakan untuk mengenakannya sebentar saja di pelaminan jika dirinya benar-benar mencintai saya," tambah Firdaus.

Pernikahan yang berlangsung 16 November 2018 itu sontak mencuri perhatian warganet. Terlebih foto-foto Firdaus yang diunggahnya di Facebook dengan cepat beredar di media sosial. Hingga kini Firdaus masih menjadi perbincangan warganet lantaran baju pengantin uniknya tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permintaan Terakhir Kakek Puspo, Berseragam Pramuka Lengkap Saat Meninggal Dunia

Posted: 18 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Banyumas - Seolah tahu waktunya sudah hampir tiba, Johanes Slamet Puspo Sumarmo (79) menitip pesan kepada anaknya, Simon Ringin. Puspo ingin berpakaian pramuka lengkap dan penghormatan adat pramuka ketika meninggal dunia.

Kamis, 15 November 2018, Simon bertamu ke Kwarcab Banyumas. Ia menyampaikan amanat sang ayahanda, sekaligus meminta persetujuan Kwarcab Banyumas.

Lantas, Sekretaris Binamuda, Wahyu Handoko menyebarkan informasi itu di grup media sosial Kwarcab Banyumas. Di dalam grup itu, diskusi pun dilakukan terkait permintaan ini.

Firasat Puspo terbukti. Belum lagi usai perbincangan di grup Kwarcab Pramuka Banyumas, pagi harinya, Jumat sekitar pukul 09.15 WIB datanglah kabar duka, si pemberi pesan telah tutup usia.

Johanes Slamet Puspo Sumarmo wafat dengan tenang di Rumah Sakit Elisabeth dalam usia 79 tahun. Suami dari Justiha Taty (wafat 2015) itu lahir di Purwokerto, 03 Juli 1939.

Menurut Ketua Kwarcab Banyumas, Achmad Supartono, Puspo merupakan salah satu tokoh Pramuka Banyumas yang turut membidani dan menguri-uri Kwarcab Banyumas sejak berdiri hingga tahun 1992.

Selama aktif bertugas, Puspo merupakan andalan Kwarcab Banyumas. Bahkan, hingga purna tugas pun, ide dan gagasannya masih dinanti oleh pengurus pramuka aktif.

"Totalitas tanpa batas, mengabdi tiada akhir," katanya, Minggu malam, 19 November 2018.

 

Dhandhanggula dan Pucung dalam Upacara Penghormatan Jenazah

Jenazah Johanes Slamet Puspo Sumarmo berpakaian pramuka lengkap dan memperoleh penghormatan upacara adat pramuka. (Liputan6.com/Kwarcab Banyumas/Muhamad Ridlo)

Selain aktif menjadi pengurus kwarcab, beliau aktif membina pramuka di SMA Bruderan, SMA Kristen, SMK Mardikenya, dan aktif juga di Satuan Karya (Saka) Bhayangkara.

Selama aktif di Pramuka, Puspo turut merintis puluhan gugus depan dan satuan karya di Kwarcab Banyumas. Karena kepedulian dan pengabdiannya di Pramuka, Puspo telah menerima penghargaan Pancawarsa V, VI, VII, dan VIII.

"Penghargaan tertinggi sudah beliau terima yaitu Darma Bakti dan Penghargaan Melati," Partono menerangkan.

Permintaannya pun dipenuhi. Jenazah almarhum mengenakan seragam pramuka lengkap dan memperoleh penghormatan upacara adat Pramuka oleh Kwarcab Banyumas.

Puspo seolah ingin menunjukkan keteladanan dan sifat-sifat luhur yang diajarkan dalam pramuka. Ketuhanan, kemanusiaan, kesetaraan, kesetiaan, gemar menolong, dan sifat terpuji lainnya diajarkan Puspo hingga akhir hayat.

Tembang Dhandhanggula dan Pucung yang dilantunkan oleh Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas Heriana Ady Chandra mengantarkan Pasukan Tunas Muda, Ubaloka dan Pramuka peduli memberikan jajar kehormatan untuk penghormatan terakhir pada Sabtu 17 Nopember 2018 di rumah duka Eko Praloyo Adi Guna, Purwokerto , Banyumas.

Seluruh keluarga, handai tolan, dan kolega semasa hidupnya menyaksikan dengan seksama prosesi itu.

Perpisahan dan ucapan selamat jalan untuk Almarhum Johanes Slamet Puspo Sumarmo disampaikan secara khidmat oleh Andalan Cabang Bidang Humas dan Abdimas, Sujiono.

"Selamat jalan Kakakku. Kak Puspo sudah mengajarkan kepada kami arti sebuah loyalitas dan kesetiaan. Sekarang kakak sudah selesai menjalani tugas di pramuka dengan penuh dedikasi dan kesetiaan, hingga akhir hayat," ucap Sujiono.

Puspo dimakamkan pada hari Minggu 18 Nopember 2018 di Pemakaman Giri Gondo Tanjung Purwokerto.

Almarhum memiliki delapan anak, yakni Elizabeth Uce P, Julius Gunawan I, Paulina Evi T, Lucia (Alm), Anthonius Bambang, Agustus Unggul W, Simon Ringin P dan Yoseph Adi W, tujuh menantu, 24 cucu, 14 buyut, dan satu canggah.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain Liga Italia yang Mungkin Dibeli MU Januari Nanti

Posted: 18 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) penampilannya tidak stabil di musim 2018-2019. MU terpuruk di papan tengah Liga Inggris karena sudah menelan empat kekalahan dari 12 laga.

Dengan sudah kalah empat kali, MU tertinggal 12 poin dari pemuncak klasemen Liga Inggris Manchester City. MU pun sulit menjadi juara Liga Inggris. 

Banyak masalah yang dihadapi MU musim ini. Untuk membenahinya manajer Jose Mourinho berniat mendatangkan beberapa pemain baru di bursa transfer Januari nanti.

Ada kemungkinan MU bakal belanja pemain di Italia. Beberapa pemain top Liga Italia masuk dalam daftar incaran Setan Merah.

Berikut tiga pemain Liga Italia yang Mungkin Dibeli MU Januari Nanti:

 

 

 

 

 

 

- Lorenzo Pellegrini

Lorenzo Pellegrini (AFP/Tiziana Fabi)

MU melirik Pellegrini untuk menjadikannya pengganti gelandang veteran Michael Carrick yang pensiun akhir musim lalu.

Correire dello Sport mengklaim MU kepincut dengan Pellegrini. The Red Devils siap menebus klausul pelepasan pemain nasional Italia itu senilai 27 juta pound.

Untuk merayu Pellegrini agar mau pindah ke Old Trafford, MU juga akan memberikan bayaran dua kali lipat dibanding yang didapat di Roma saat ini.

- Kalidou Koulibaly

Bek Napoli Kalidou Koulibaly menjadi pilar kukuh lini belakang tim pada musim 2017-2018. (AFP/Marco Bertorello)

Koulibaly merupakan sosok tak tergantikan di lini belakang Napoli dalam beberapa musim terakhir. Pria Senegal itu masuk dalam daftar bidikan MU musim dingin nanti.

Ketangguhan Koulibaly diharapkan bisa membuat pertahanan MU lebih kokoh di paruh kedua musim 2018-2019.

Koulibaly akan menjadi pengganti Eric Bailly yang kemungkinan dibuang oleh MU. Kabarnya Koulibaly sudah tidak harmonis dengan manajer Jose Mourinho.

- Paulo Dybala

3. Paulo Dybala (Juventus) - 12 Gol (1 Penalti). (AFP/Filippo Monteforte)

Untuk barisan depan, MU mengincar penyerang Juventus Paulo Dybala. Sangat sulit merekrutnya. Dybala sedang bahagia di Juventus. Dia menikmati main bareng Cristiano Ronaldo.

MU berminat kepada Dybala untuk menjadi pendamping Romelu Lukaku. Dybala kebetulan sudah memberi bukti langsung kepada publik Old Trafford.

Pada laga Liga Champions bulan lalu, Dybala mencetak gol di Old Trafford yang membantu Juventus menang 1-0 atas MU.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Ayam Rp 33 Ribu per Kg di Pasar Tomang Barat

Posted: 18 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Harga ayam terpantau naik sedikit di Pasar Tomang Barat, Jakarta Barat. Para pedagang menyebut kenaikkan tidak signifikan dan memprediksi harga akan, seperti biasanya, naik menjelang tahun baru.

"Harga sekarang baik sedikit, seribu-dua ribu," ujar Kusmiyatun (50) kepada Liputan6.com, Senin (19/11/2018).

Di tempatnya berjualan, harga ayam per kilogram (kg) dijual Rp 33 ribu, ceker Rp 25 ribu/kg, kepala Rp 10 ribu/kg, kulit 25 ribu/kg, dan ati ampela Rp 3 ribu sepasang," terangnya.

Pedagang lain, Ijan (43), juga menjual dengan harga yang sama, yaitu Rp 33 ribu. "Harga merambat naik sedikit sekarang. Biasanya Rp 30 ribu sekilo, sekarang Rp 33 ribu," tutur dia.

Ia membanderol sayap dan paha seharga Rp 32 ribu/kg, dan fillet seharga Rp 50 ribu/kg. Lebih lanjut, kulit dan ceker ayam dijual Rp 23 ribu/kg, dan ati ampela per pasang Rp 2.500. Ijan memprediksi harga ayam akan naik di akhir tahun.

"Biasanya kalau akhir tahun agak melonjak menjelang tahun baru. Biasanya yang sudah-sudah naik, kalau masih pertengahan belum," ujarnya.

Beralih ke daging sapi, pedagang memastikan harga masih tetap stabil dari sebelumnya. "Harga dagang sapi masih standar Rp 120 ribu. Kalau iga Rp 90 ribu. Babat Rp 50 ribu per kilo," ujar Asep Empe (30).

Haji Udin (54) menyatakan hal senada. "Harga daging masih normal Rp 120," ujar dia.

Di tempat jualan pria asal Cisoka itu turut dijual urat buat untuk bakso seharga Rp 50 ribu/kg, kemudian iga Rp 85 ribu/kg, dan sumsum dibanderol Rp 30 ribu/kg.

Haji Udin menjelaskan, penjualan daging sapi sedang menurun tajam semenjak hari raya Idul Fitri lalu. Ia pun berharap agar penjualan kembali naik di awal bulan Januari. "Untuk sementara ini agak kurang. Turun 70 persen dari habis lebaran Idul Fitri," ucapnya.

Mendag: Harga Telur dan Ayam Berpotensi Naik di Akhir Tahun

Pembeli membeli daging ayam di pasar, Jakarta, Jumat (6/10). Dari data BPS inflasi pada September 2017 sebesar 0,13 persen. Angka tersebut mengalami kenaikan signifikan karena sebelumnya di Agustus 2017 deflasi 0,07 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Harga telur dan ayam berpotensi naik pada akhir tahun ini. Ini seiring tingginya permintaan warga menjelang Natal dan Tahun Baru.

Ini diungkapkan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita."Telur dan ayam ada potensi kenaikan harga," kata dia di Batam, seperti mengutip Antara, Minggu, 11 November 2018.

a mengatakan saat menjelang Natal dan Tahun Baru, kebutuhan masyarakat akan telur meningkat, sedangkan pasokannya relatif mengkhawatirkan.

"Suplainya, saya khawatir berkurang, mudah-mudahan tidak, maka akan jadi persoalan," kata dia. Dia pun meminta seluruh kepala dinas perdagangan untuk terus mengawasi kenaikan harga komoditas itu.

Menteri menjabarkan, pemerintah sebenarnya sudah menerapkan strategi untuk menekan kenaikan harga telur. Ini sejak komoditas itu mengalami penurunan harga beberapa waktu lalu.

"Saat harga telur turun, kami justru menaikkan harga batas bawah dan meminta pedagang retail modern membeli harga lebih tinggi sehingga para peternak tidak mengalami kerugian," kata dia.

Bila harga telur dibiarkan melemah, maka ia khawatir peternak memilih afkir dini, memotong ayam petelur. Pada akhirnya, pasokan telur berkurang dan harga akan meningkat lebih tinggi.

"Kami meminta tolong koordinasi dengan pasar, membeli jangan terlalu rendah," kata dia.

Selain telur dan ayam, harga cabai merah dan cabai keriting juga betpotensi naik, dipengaruhi keterbatasan pasokan karena sudah memasuki musim hujan.

Sementara itu, secara keseluruhan menurut mendag, harga komoditas pangan relatif stabil, tidak terlalu mempengaruhi inflasi. "Kontribusi volatile food tidak tinggi pada inflasi," kata dia. Pasokan beras relatif mencukupi, demikian pula minyak goreng, daging, bawang putih dan bawang merah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pamer Ciuman Bibir dengan Suami, Krisdayanti Bikin Heboh

Posted: 18 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di sela kesibukan, Krisdayanti memanfaatkan waktu untuk berlibur ke luar negeri. Ia menghabiskan waktu bersama suaminya, Raul Lemos, ke German.

Lewat akun Instagramnya, Krisdayanti membagikan banyak momen yang ia lewati di German. Yang terbaru misalnya, diva pop Tanah Air tersebut memamerkan romantisme bersama sang suami.

"Winter kisses @raullemos06," tulis mantan istri Anang Hermansyah tersebut sebagai keterangan fotonya, Minggu (18/11/2018).

Sambil berdiri berhadapan, Krisdayanti dan Raul Lemos memperlihatkan kemesraan dengan berciuman di depan sebuah gedung. Keduanya pun serasi memakai busana musim dingin.

 

Pro dan Kontra

Krisdayanti (Foto: Instagram)

Tak lama setelah diunggah, foto tersebut menimbulkan berbagai reaksi. Ada yang merespons positif namun ada juga yang merespons negatif.

"Kemesraan enggak boleh diperlihatkan ke orang lain meski itu pasangan halal kita," ujar pengguna akun @retnowulandari972.

"Lucu denger komen orang orang. Kalau enggak suka PDA mending diem diem wae. Ngapain tumpuk dosa sendiri. Aku mash senang lihat pasangan kayak gini. Romantis," tambah ima_bali_.

 

Mantel Bulu Rubah

Krisdayanti (Foto: Instagram)

Sebelumnya, beberapa pose dirinya sedang mengenakan mantel bulu pun dipamerkan Krisdayanti di Instagram. Dalam keterangan foto tersebut, Krisdayanti turut mempromosikan busananya.

Secara tak langsung ia menginformasikan bahwa mantel buatan Inggris yang dipakainya itu berasal dari bulu rubah.

"A warm and chic winter With luxurious ducie fox jackect from UK," tulis Krisdayanti dalam keterangan fotonya yang diunggah akhir pekan lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bursa Kerja Ini Bantu Kaum Muda Miskin Gapai Kehidupan yang Lebih Baik

Posted: 18 Nov 2018 10:00 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta Bursa kerja pada gelaran Youth Festival 2018 di Surabaya dibuat sangat berbeda. Acara yang berlangsung selama dua hari, pada 13 dan 14 November 2018, tidak sekadar mempertemukan para pencari kerja dan perusahaan penyedia lapangan kerja, tapi pemerintah diajak duduk bareng untuk berdiskusi, serta bertukar informasi terkait lapangan kerja dan isu terkait hal tersebut.

Melalui festival yang menghadirkan 75 perusahaan ini disediakan juga informasi tentang kesiapan kaum muda memasuki dunia kerja, khusunya terkait jenis keterampilan yang mereka butuhkan. Terutama kelompok muda miskin dan rentan, agar mereka tetap percaya diri untuk mau berkembang.

"Melalui festival ini diharapkan akan tumbuh motivasi di dalam diri kaum muda, khususnya yang secara ekonomi kurang mampu dan rentan, untuk menggapai kehidupan di masa depan yang lebih baik," kata Chief of Party USAID-Mitra Kunci, Eric Bertghold.

"Selanjutnya, agar mereka mampu berkontribusi nyata bagi pembangunan, serta dapat bersaing di dalam keterbatasan," ujar Eric seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Senin, 19 November 2018.

 

Membantu Kaum Muda Miskin untuk Bangkit

Acara milik Proyek SINERGI (Strengthening Coordination For Inclusive Workforce Development in Indonesia) juga didukung oleh sejumlah kementerian yang fokus pada kaum muda, kesetaraan gender, dan penyandang disabilitas.

Jonathan Pincus, Presiden Rajawali Foundation (yang melaksanakan Proyek SINERGI ini) membeberkan sejumlah hal mengapa festival ini fokus pada kaum muda, berumur 15 sampai 34 tahun.

Menurutnya, salah satu problematika dalam sektor ketenagakerjaan di Indonesia adalah relatif tingginya angka pengangguran pada angkatan kerja usia muda

Selain itu, problematika yang dihadapi angkatan kerja usia muda di Indonesia terkait sejumlah faktor, di antaranya, keterbatasan akses ke jaringan kerja, informasi pasar, layanan pengembangan bisnis, infrastruktur pasar, dan lemahnya akses ke sumber daya keuangan.

Dan anak-anak muda yang berstatus rentan dan miskin secara ekonomi, punya risiko bersar saat berhadapan dengan faktor-faktor tersebut. "Terkait dengan hal itu, maka SINERGI mengarusutamakan kaum muda yang kurang mampu dan rentan ke dalam pasar tenaga kerja di Indonesia, melalui program pembangunan ketenagakerjaan Inklusif," kata Jonathan.

Sesuai dengan upaya yang tengah dilakukan SINERGI, yaitu membekali kaum muda yang muda kurang mampu mengetahui minat dan bakat dari dalam diri mereka yang dibutuhkan pasar kerja saat ini, dibuatlah konsep yang seperti itu.

 

Banyak Mitra Turut Berpartisipasi

Direktur Proyek SINERGI, Agung Binantoro kurang lebih ada sekitar 15 perusahaan mitra SINERGI dan 75 perusahaan umum yang akan ikut serta dalam festival ini. Selain itu, festival juga diikuti empat lembaga latihan kerja, dan organisasi mahasiswa, serta diramaikan dengan 15 bazar makanan.

"Kegiatan ini dikemas secara inklusif dengan memberikan atmosfer yang menyenangkan dan menginspirasi dengan menggunakan pendekatan positive youth development (PYD) dan youth economic empowerment (YEE). Panitia, pengisi acara, dan loker yang disediakan semua mengakomodasi keterlibatan difabel," kata pria menjabat Direktur Eksekutif Rajawali Foundation.

Tak hanya itu, di acara bursa kerja tersebut juga disediakan kelas edukasi bersertifikat, presentasi perusahaan, outbound dalam ruang, psikotest & wawancara kerja, online test (kenali karakter diri), live music, fun game, stand up comedy, dan area photo booth.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

100 Pelompat Batu Warnai Pembukaan Ya’ahowu Nias Festival 2018

Posted: 18 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Teluk Dalam Sebanyak 100 pelompat batu asal Nias beratraksi dalam pembukaan Ya'ahowu Nias Festival 2018. Event ini dibuka secara resmi di Lapangan Orurusa, Teluk Dalam, Nias Selatan, Sabtu (17/11) sore. Atraksi lompat batu dilakukan setelah tari perang kolosal dibawakan oleh 600 penari.

Atraksi lompat batu kolosal ini menjadi momen yang paling ditunggu pengunjung Lapangan Orurusa, Nias Selatan. Sajiannya menjadj sangat menarik. Karena lompat batu dilakukan dalam kawalan ratusan penari kolosal.

Begitu para pelompat beraksi, para pengunjung mulai berebut mengabadikan momen tersebut. Suasana menjadi benar-benar meriah kala puluhan pelompat melakukan aksinya secara beruntun. Sambutan meriah langsung diberikan.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Ya'ahowu Nias Festival Sozanolo Ndruru, atraksi berkelas harus diberikan untuk memenuhi target kunjungan wisatawan.

"Kita bangga karena Ya'ahowu Nias Festival bisa kembali digelar. Dan Nias Selatan dipercaya menjadi tuan rumah. Dan kita juga bangga karena festival ini sudah masuk dalam 100 Calendar of Event Kementerian Pariwisata. Dengan dukungan penuh kementerian, kita menetapkan target 3.000 hingga 4.000 wisatawan. Baik mancanegara maupun nusantara," papar Sozanolo.

Untuk itu, beragam agenda juga siap digelar untuk memanjakan wisatawan yang hadir di Nias.

"Kita punya agenda budaya dari empat kabupaten dan lima kota di Pulau Nias. Ada juga sport tourism, dan lainnya. Kita berharap agenda yang sudah kita siapkan bisa menarik minat wisatawan. Baik wisatawan mancanegara maupun nusantara," katanya.

Sedangkan Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha, menegaskan jika festival ini bukan hanya milik masyarakat Nias Selatan.

"Ini bukan pesta khusus Nias Selatan. Tapi kesepakatan empat kabupaten dan dan satu kota yang ada di Kepulauan Nias. Berarti ini menjadi tanggung jawab bersama. Untuk itu kita mengucapkan terima kasih ke kementerian yang telah membantu pelaksanaan event ini," tuturnya.

Pembukaan Ya'ahowu Nias Festival 2018 sendiri dilakukan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Ketua Umum PSSI itu juga sempat melantunkan sebuah lagu usai membuka secara resmi festival. Setelah itu tampil atraksi budaya dari berbagai kabupaten/kota di Pulau Nias. Seperti Nias Selatan, Gunung Sitoli, Nias Barat,dan lainnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani, memuji pelaksanaan Ya'ahowu Nias Festival 2018.

"Seluruh budaya yang ada di Pulau Nias disajikan dengan sangat baik. Jelas ini menjadi daya tarik luar biasa buat wisatawan. Khususnya wisatawan mancanegara. Sebab atraksi budaya seperti ini tidak sering mereka jumpai di negara mereka," paparnya.

Sedangkan Asiaten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Masruroh menambahkan wisatawan mancanegara sangat antusias menyaksikan atraksi budaya yang ditampilkan.

"Ada sejumlah wisatawan mancanegara yang hadir dan menikmati atraksi budaya yang ditampilkan. Bahkan mereka berfoto bersama dengan para penari. Ini menjadi bukti Ya'ahowu Nias Festival 2018 bjsa diterima semua pihak," ujar Masruroh.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga memuji atraksi budaya yang ditampilkan dalam Ya'ahowu Nias Festival 2018.

"Luar biasa. Budaya yang ditampilkan lengkap, dari seluruh kabupaten dan kota di Kepulauan Nias. Apalagi budaya lompat batu juga ditampilkan secara kolosal. Budaya itu semakin dilestarikan semakin menjual. Oleh karena itu saya mendukung kegiatan kegiatan seperti ini," ucap Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Izin Frekuensi Dicabut, Layanan First Media dan Bolt Wajib Berhenti Hari Ini

Posted: 18 Nov 2018 09:58 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pencabutan izin frekuensi radio 2,3GHz tiga penyelenggara Broadband Wireless Access (BWA), yakni PT First Media Tbk (KBLV), PT Intenux (penyelenggaran layanan bolt), dan PT Jasnita Telekomindo, pada hari ini, Senin (19/11/2018).

Jika SK telah ditandatangani para pejabat terkait, maka ketiga perusahaan wajib menghentikan layanannya pada hari ini.

Plt Kepala Humas Kemkominfo, Ferdinandus Setu, mengungkapkan proses pencabutan izin hanya memerlukan waktu satu hari. Oleh sebab itu, jika SK sudah keluar, maka seharusnya ketiga perusahaan harus menghentikan layanannya pada hari yang sama.

"Proses pencabutan izinnya hanya butuh waktu sehari. Jika SK sudah keluar hari ini, maka hari ini juga mereka harus pahami dan hentikan layanannya," jelas pria yang akrab disapa Nando tersebut saat dihubungi tim Tekno Liputan6.com, Senin (19/11/2018).

Ia mengatakan, saat ini SK masih menunggu paraf dari para pejabat Kemkominfo. "Kami tinggal tunggu paraf saja. Pastinya, hari ini SK-nya keluar," tuturnya.

Adapun berdasarkan hasil evaluasi kinerja dan kewajiban operator secara umum, diketahui tiga operator BWA belum memenuhi kewajibannya yakni First Media, Internux dan Jasnita.

Ketiganya harus membayar BHP yang jatuh tempo pada 17 November. Jika melewati waktu yang ditentukan, pemerintah sejak beberapa waktu lalu menetapkan akan mencabut izin frekuensi.

Jumlah Tunggakan

Bolt dan First Media menunggak bayar BHP frekuensi 2.3GHz selama dua tahun berturut-turut dengan nilai Rp 708 miliar (Screenshot laporan Kemkominfo)

Sebagai penyelenggara BWA di frekuensi 2,3GHz, First Media menempati zona 1 dan 4 dengan cakupan wilayah Sumatera Utara, Jabodetabek dan Banten. Jumlah tunggakan pokok dan denda yang harus dibayar sebesar Rp364.840.573.118.

Sementara Internux di zona 4 dengan cakupan wilayah Jabodetabek dan Banten. Total tunggakan pokok dan denda sebesar Rp343.576.161.625. First Media dan Internux berada di bawah naungan Lippo Group.

Jasnita berada di zona 12 dengan wilayah Sulawesi bagian utara. Total tunggakannya sebesar Rp2.1 97.782.790.

Pencabutan Izin dilakukan setelah pemegang Izin Pita Frekuensi Radio (IPFR) diberikan tiga kali surat peringatan, dan tidak melunasi seluruh BHP Frekuensi Radio untuk IPFR tahunan berikut dendanya sampai dengan bulan ke 24 sejak tanggal jatuh tempo BHP Frekuensi Radio terutang, yaitu selambat-lambatnya pada 17 November 2018.

Terkait putusan Kemkominfo ini, First Media mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Gugatan First Media ke PTUN adalah mengenai lisensi layanan telekomunikasi nirkabel PT First Media Tbk (KBLV), serta tidak berhubungan dengan layanan dan lisensi First Media yang dioperasikan oleh PT Link Net Tbk (LINK).

Sidang perdana telah digelar pada Selasa (13/11/2018). Kemudian, sidang susulan dijadwalkan pada hari ini, Senin (19/11/2018).

Adapun layanan yang dioperasikan oleh KBLV merupakan internet berbasis nirkabel menggunakan teknologi 4G LTE. Di sisi lain, First Media yang dioperasikan oleh Link Net adalah layanan TV kabel & High Speed Broadband Internet berbasis kabel menggunakan teknologi Hybrid Fiber Coaxial (HFC).

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan TV Kabel dan Fiber Optic, Ini Layanan First Media yang Dicabut

Posted: 18 Nov 2018 09:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Simpang siur mengenai dicabutnya izin frekuensi PT. First Media Tbk. dipastikan tidak akan berdampak pada layanan dari merek dagang 'First Media' yang doperasikan PT Link Net Tbk.

Alasannya, dalam keterangan resmi yang diterima Tekno.Liputan6.com, Senin (19/11/2018), keduanya merupakan entitas bisnis yang berbeda.

PT First Media Tbk. merupakan penyelenggara jaringan telekomunikasi, yang memiliki izin penyelenggaran jaringan lokal berbasis packet switched baik melalui kabel dan pita frekuensi 2.3GHz.

Sementara layanan First Media yang dioperasikan PT Link Net merupakan layanan TV kabel dan fixed broadband cable internet berbasis kabel menggunakan Hybrid Fiber Coaxial (HFC).

Jadi, pencabutan izin frekuensi pada PT First Media tidak akan berdampak pada layanan 'First Media' yang berbasis kabel koaksial dan fiber optic sebagai medium penghantar.

Sebelumnya, gugatan hukum yang dilayangkan PT. First Media Tbk pada Direktur Operasi Sumber Daya Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika; dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dalam gugatan tersebut, PT First Media Tbk meminta agar ada penundaan pelaksanaan pembayaran Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi radio yang akan jatuh tempo pada 17 November.

Gugatan itu meminta penundaan segala tindakan atau paksaan yang dapat dilakukan tergugat dalam penagihan pembayaran BHP frekuensi radio sebagai akibat hukumnya.

Siang Ini, Kemkominfo Keluarkan SK Pencabutan Izin Frekuensi First Media dan Bolt

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kominfo, Ferdinandus Setu saat ditemui Liputan6.com, terkait pemberitaan hoaks, Kamis (16/11/2018)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) berencana mengeluarkan surat keputusan (SK) pencabutan izin frekuensi PT First Media Tbk dan PT Internux (selaku operator penyedia layanan internet 4G Bolt).

Hal ini disampaikan langsung oleh Plt Kepala Humas Kemkominfo, Ferdinandus Setu, kepada Tekno Liputan6.com.

"SK pencabutan izin frekuensi First Media dan Bolt sedang dalam proses paraf pejabat. Akan segera kami keluarkan siang ini," kata pria yang akrab disapa Nando tersebut, Senin (19/11/2018), melalui pesan singkat.

Tidak hanya First Media dan Bolt, Kemkominfo juga akan mencabut izin penggunaan pita frekuensi 2.3GHz yang dimiliki oleh PT Jasnita Telekomindo, perusahaan yang diketahui didirikan oleh Dirjen Aplikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan.

Pencabutan izin penggunaan pita frekuensi dilakukan lantaran ketiga perusahaan tersebut belum melunasi utang Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi 2.3GHz hingga akhir masa tenggat waktu pembayaran, yakni 17 November 2018.

Sebelumnya, Nando mengungkap, hingga batas akhir, Sabtu, 17 November 2018 pukul 23.59, ketiga operator tidak melakukan pelunasan utang BHP frekuensi.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: KPK Resmi Menahan Bupati Pakpak Bharat

Posted: 18 Nov 2018 09:54 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirampok Tetangga Sendiri, Ibu Rumah Tangga di Barito Nyaris Tewas

Posted: 18 Nov 2018 09:46 PM PST

Patroli Indosiar, Barito Selatan - Seorang ibu rumah tangga nyaris tewas dianiaya perampok yang ternyata tetangga sendiri. Pelaku kabur dengan membawa uang puluhan juta.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (19/11/2018), peristiwa terjadi Sabtu malam kemarin.

Pelaku mendatangi rumah korban di Jalan Pembangunan, Kota Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, untuk mengatakan jika dia belum bisa membayar utang. Namun, melihat kondisi rumah sepi, pelaku melancarkan aksinya. Pelaku memukul bagian kepala korban dengan batu hingga tak sadarkan diri.

Pelaku juga menyemprotkan pengharum ruangan ke mulut korban lalu kabur dengan membawa uang Rp 80 juta. Dalam kondisi sekarat, korban ditemukan oleh anaknya dan langsung dibawa ke rumah sakit.    

Berbekal keterangan korban, polisi akhirnya menangkap pelaku di rumahnya, pada Sabtu malam, 18 November 2018. 

"Kita melakukan pengejaran di rumah dan kami temukan brang bukti berupa uang yang dibawa pelaku," ujar Kapolsek Dusun Selatan Ipda Abi Karsa.  

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal tentang pencurian dengan kekerasan, dengan ancaman 9 tahun penjara. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maudy Koesnaedi hingga Andien Sabet Penghargaan dalam Ulang Tahun ke-10 Johnny Andrean

Posted: 18 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mengusung tema Couture, dalam rangka ulang tahun ke-10, Johnny Andrean (JA) menyelenggarakan Johny Andrean Awards (JAA), sebuah ajang perhargaan bagi makeup artist (MUA) dan hair stylist, pada 14-15 November 2018 lalu.

Pada kesempatan ini, JAA menampilkan ragam fashion yang dirancang dengan konsep, inovasi, dan ribuan jam kerja yang membutuhkan ketelitian untuk mewujudkan look sempurna di atas panggung. Terdapat 15 kategori penghargaan yang dinilai tim juri.

Mereka adalah Tina Andrean, CoFounder Johnny Andrean Group, Emmanuel Justin, General Manager Shiseido Professional Indonesia, Rinaldy Yunardi, Fashion at Accessory Designer, dan Millie Stephanie Lukito, Editor in Chief Indonesia Tatler.

Sementara, kategorinya adalah best hairstyle for actress yang dimenangkan Maudy Koesnaedi, Miller Khan untuk best hairstyle for actor, best hairstyle for female singer oleh Citra Scholastika, lalu best hairstyle for male singer yang disabet Rizky Febian.

Reisa Broto Asmoro untuk best hairstyle for female presenter, best hairstyle for male presenter oleh Daniel Mananta, Cindercella menang lewat kategori best hairstyle for fashion influencer, juga best makeup for actress oleh Ririn Ekawati.

Best makeup for female presenter oleh Yuanita Christiani, best makeup for female singer Andien, Michelle Hendra kampiun di kategori best makeup for fashion influencer, best appearance for couple oleh Choky Sitohang dan Melissa Aryani, best female new comer Syifa Hadju, best male new comer oleh Verrell Bramasta, terakhir, lifetime achievement Marini Soerjosoemarno.

Selain penghargaan, dalam momen ulang tahun ini, Johnny Andrean juga menggelar hair show yang terinspirasi dari kreasi unik dan orisinil dari industri model. Johnny Andrean Artistic Team dan Shiseido Professional Top Hair dan Makeup Artist berkolaborasi menampilkan tren rambut dan makeup masa kini dengan sentuhan couture bernuansa black dan gold.

Sementara, keempat gaya rambutnya adalah classic, edgy, futuristic, dan modern. Pada 15 November, terdapat pula seminar dengan dua narasumber Johnny Andrean Artistic Team dan Shiseido Professional Top Hair dan Makeup Artist.

Pada kesempatan ini, Johnny Andrean Artistic Team mempersembahkan beragam jenis tren potongan rambut, makeup, dan hair styling bertema couture. Sedangkan, Tadashi Harada yang mewakili Shiseido Professional mempersembahkan teknik cutting dan styling kepada siswa Johnny Andrean School and Training (JAST).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI dan Bank Sentral China Perbarui Perjanjian Swap Bilateral Mata Uang Lokal

Posted: 18 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) dan Bank Sentral Tiongkok (People's Bank of China – PBC) memperbarui perjanjian swap bilateral dalam mata uang lokal (Bilateral Currency Swap Arrangement – BCSA).

Perpanjangan sekaligus penambahan nilai perjanjian tersebut ditandatangani Gubernur BI, Perry Warjiyo, dan Gubernur PBC, Yi Gang, pada Jumat, 16 November 2018.

"Perjanjian tersebut merefleksikan penguatan kerja sama moneter dan keuangan antara BI dan PBC, sekaligus menunjukkan komitmen kedua bank sentral untuk menjaga stabilitas keuangan di tengah berlanjutnya ketidakpastian di pasar keuangan global," ujar Perry dalam keterangannya.

BI dan PBC telah menyepakati penambahan nilai BCSA dari CNY 100 miliar yang setara USD 15 miliar menjadi CNY 200 miliar atau setara USD 30 miliar.

Perjanjian berlaku selama tiga tahun dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan bersama. "Perjanjian ini juga menunjukkan kuatnya kerja sama bidang keuangan antara Indonesia dan Tiongkok," tambah Perry.

Dia pun meyakini bahwa kerja sama dengan bank sentral lain dapat semakin meningkatkan kepercayaan pasar terhadap fundamental ekonomi Indonesia.

BI-Bank Sentral Singapura Teken Perjanjian Keuangan Bilateral USD 10 Miliar

Bank Indonesia dan Bank Sentral Singapura sepakati perjanjian keuangan bilateral (Foto: Dok Bank Indonesia)

Bank Indonesia (BI) dan Bank Sentral Singapura (Monetary Authority of Singapore-MAS) meneken perjanjian keuangan bilateral dengan nilai setara USD 10 miliar.

Perjanjian tersebut memungkinkan kedua bank sentral mendapatkan akses likuiditas dalam valuta asing dari satu sama lain, apabila dibutuhkan untuk menjaga stabilitas moneter dan keuangan.

Perjanjian ditandatangani oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo, dan Direktur Pelaksana MAS Ravi Menon pada 5 November 2018 di Singapura. Demikian kutip dari laman BI, Senin (5/11/2018).

Perjanjian keuangan bilateral itu akan berlaku selama satu tahun. Perjanjian itu juga terdiri dari dua perjanjian antara lain perjanjian swap bilateral dalam mata uang lokal.

Perjanjian ini merupakan perjanjian baru yang memungkinkan pertukaran mata uang lokal di antara kedua bank sentral hingga senilai USD 9,5 miliar Singapura atau Rp 100 triliun (setara USD 7 miliar).

Selain itu, perjanjian repo bilateral dalam valuta asing. Perjanjian ini merupakan amandemen terhadap perjanjian yang sudah ada sebelumnya yaitu berupa penambahan nilai repo dari sebelumnya USD 1 miliar menjadi USD 3 miliar.

Melalui perjanjian ini kedua bank sentral dapat peroleh likuiditas valuta asing dalam dolar AS dengan kolateral berupa obligasi pemerintah yang dikeluarkan oleh negara-negara utama.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pekerja Seks Jadi Model Fashion Show di Brasil

Posted: 18 Nov 2018 09:45 PM PST

Pekerja seks, Maria dos Santo (kanan) tampil dalam Festival Wanita Sedunia di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (18/11). Daspu berasal dari bahasa Portugis 'Das putas' yang berarti 'Para pelacur '. (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Pekerja seks, Maria dos Santo (kanan) tampil dalam Festival Wanita Sedunia di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (18/11). Daspu berasal dari bahasa Portugis 'Das putas' yang berarti 'Para pelacur '. (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Pekerja seks memamerkan busana koleksi Daspu dalam Festival Wanita Sedunia di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (18/11). Daspu milik sebuah LSM Brasil yang bekerja untuk kesehatan, keselamatan, dan hukum yang lebih baik bagi PSK. (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Pekerja seks memamerkan busana koleksi Daspu dalam Festival Wanita Sedunia di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (18/11). Daspu milik sebuah LSM Brasil yang bekerja untuk kesehatan, keselamatan, dan hukum yang lebih baik bagi PSK. (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Pekerja seks memamerkan busana koleksi Daspu dalam Festival Wanita Sedunia di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (18/11). Daspu didirikan untuk melawan diskriminasi terhadap profesi pekerja seks di Brasil. (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Pekerja seks memamerkan busana koleksi Daspu dalam Festival Wanita Sedunia di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (18/11). Daspu didirikan untuk melawan diskriminasi terhadap profesi pekerja seks di Brasil. (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Pekerja seks merias wajah sebelum memamerkan busana koleksi Daspu dalam Festival Wanita Sedunia di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (18/11). (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Pekerja seks merias wajah sebelum memamerkan busana koleksi Daspu dalam Festival Wanita Sedunia di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (18/11). (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Transeksual Julyanna Barbosa berswafoto jelang tampil memeragakan busana koleksi Daspu dalam Festival Wanita Sedunia di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (18/11). (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Transeksual Julyanna Barbosa berswafoto jelang tampil memeragakan busana koleksi Daspu dalam Festival Wanita Sedunia di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (18/11). (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Transeksual Julyanna Barbosa berpose jelang tampil memeragakan busana koleksi Daspu dalam Festival Wanita Sedunia di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (18/11). (AP Photo/Silvia Izquierdo)

Transeksual Julyanna Barbosa berpose jelang tampil memeragakan busana koleksi Daspu dalam Festival Wanita Sedunia di Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (18/11). (AP Photo/Silvia Izquierdo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSG Ikut Buru Bek MU

Posted: 18 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Bek Manchester United (MU) Eric Bailly tak perlu kesulitan mencari klub baru. Bailly laris manis diburu klub-klub untuk bursa transfer paruh kedua Januari 2019 nanti.

Bailly sedang galau di MU. Pasalnya pria Pantai Gading itu tak lagi jadi pilihan utama di tim MU. Bailly kabarnya tak harmonis dengan manajer Jose Mourinho. 

Pria 24 tahun itu bergabung dengan MU tahun 2016 dari Villarreal. Pada musim perdananya, Bailly tampil sangat baik dan jadi sosok tak tergantikan di MU. Sayangnya cedera menghancurkan karier Bailly di MU. Kini Bailly sangat jarang dimainkan.

Bailly belum pernah bermain untuk MU di Liga Inggris sejak awal Oktober. Dia hampir pasti akan memilih pergi begitu bursa transfer di buka kembali Januari nanti.

Awalnya Arsenal, AC Milan dan Tottenham Hotspur yang akan memperebutkan jasa pemuda asal Pantai Gading itu. Menurut Daily Mail, perebutan Bailly makin sengit dengan ketertarikan dari PSG.

Gantikan Silva

8. Eric Bailly - Digaet dari Villareal bermahar 30 juta Euro, performa baik sudah ditunjukkan Bailly di setiap pertandingan. Pemain timnas Pantai Gading itu juga diyakini akan menjadi bek papan atas dunia. (AFP/Nicholas Kamm)

PSG ikut melirik Bailly untuk meremajakan lini belakang. Bailly disiapkan jadi pengganti Thiago Silva yang sudah berusia di atas 30 tahun.

Harga Bailly tidak akan terlalu mahal. MU kemungkinan akan bersedia melepasnya senilai 30 juta pound di Januari 2019 nanti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Heboh, Ini Aksi Mengejutkan iKON Saat Konser di Jakarta

Posted: 18 Nov 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Grup idola iKON telah menggelar konser bertajuk "iKON 2018 Continue Tour" di Jakarta. Selama dua jam, boyband beranggotakan tujuh orang ini membawakan lebih dari 20 judul lagu andalan mereka.

Ada hal menarik saat encore, atau babak akhir konser. Beberapa anggota iKON seperti Chanwoo, Yunhyeong dan June membawa handuk kecil mereka ke atas panggung.

Seolah ingin memberi kenang-kenangan, Chanwoo pun melempar handuknya ke area festival atau standing area. Kemudian Yunhyeong dan June juga melakukan hal yang sama.

Aksi lempar handuk dari iKON ini seketika membuat penonton area festival heboh. Beberapa di antara mereka pun berebut untuk mendapatkan handuk dari idola kesayangannya.

Lagu Andalan

iKON

Selama dua jam, mereka membawakan lebih daru 20 lagu andalan seperti "Sinosijak", "Rythm Ta", "B-day", "Goodbye Road", dan tak lupa lagu mereka yang paling fenomenal, "Love Scenario".

Janji Kembali

Konser iKON di Jakarta (YG Entertainment)

Setelah menyanyikan "Killing Me" dan "Freedom", perpisahan pun semakin dekat. Bahagia menggelar konser di Jakarta, grup asuhan YG Entertainment itu berjanji untuk kembali lagi.

"Terima kasih. Will be back soon. Do you guys like me? Terima kasih," kata Jay di atas panggung yang disambut teriakan penggemar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Vicky Prasetyo Gerebek Rumah Angel Lelga yang Diduga Selingkuh

Posted: 18 Nov 2018 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Vicky Prasetyo bersama warga, ketua RT dan juga pihak kepolisian menggerebek kediaman Angel lelga di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (19/11/2018) dini hai sekitar pukul 02.00 WIB. Vicky menduga, Angel Lelga tengah berduaan dan selingkuh dengan seorang pria.

Padahal hingga detik ini Angel Lelga masih berstatus istri sah Vicky Prasetyo, meski keduanya sedang menjalani sidang perceraian di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Video penggerebekan tersebut menjadi perbincangan publik. Salahudin Pakaya, kuasa hukum Vicky Prasetyo , membenarkan penggerebekan tersebut. Ia mengaku juga ikut bersama Vicky ke kediaman Angel Lelga.

"Iya semalam saya ada di sana. Sekitar jam 2 pagi. Saya enggak tahu Vicky dapat info dari mana, cuma dia minta saya untuk dampingi. Vicky bilang minta dampingi kalau istrinya lakukan perzinaan," ujar Salahudin Pakaya, saat dihubungi melalui sambungan telpon, Senin (19/11/2018)

Kronologi

Vicky Prasetyo makin serius jadi vokalis band metal yang terinspirasi Burgerkill.

Karena ikut bersama Vicky Prasetyo, Salahudin Pakaya menceritakan tentang kronologi awal sampai terjadinya penggerebekan tersebut. ketika mendatangi kediaman Angel lelga, benar adanya terjadi perzinaan tersebut.

"Jadi yah kita semalam bersama suami sah Angel, Vicky menggerebek rumah istrinya itu. Pas sampai di sana, ternyata benar istrinya melakukan zina. Bersama seorang pria muda sedang di dalam kamar. Yang jelas penggerebekan semalam juga sama warga sekitar," lanjut Salahudin Pakaya.

Diamankan Polisi

Sejak awal, hubungan Angel Lelga dan Vicky Prasetyo memang selalu jadi bahan pembicaraan. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menikah pun masih dibicarakan dan disebut hanya sekedar settingan. (Instagram/vickyprasetyo777)

Penggerebekan yang dilakukan Vicky sempat menjadi tontonan warga. Tak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan, Angel Lelga akhirnya digelendang ke Polres Metro Jakarta Selatan untuk diperiksa lebih lanjut terkait dugaan perzinaan yang dilakukannya.

"Semalam langsung diamankan ke Polres Jakarta Selatan. Sekarang sedang lakukan visum," kata Salahudin. 

Kecewa

Pasangan selebriti Vicky Prasetyo dan Angel Lelga menjawab pertanyaan awak media usai mengisi acara di kawasan Tendean, Jakarta, Selasa (9/1).  Vicky Prasetyo berjanji akan berusaha menjadi suami yang baik untuk Angel Lelga. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebagai kuasa hukum Vicky Prasetyo, Salahudin Pakaya menilai ini adalah tindakan yang memalukan. Sebab meski keduanya tengah berseteru di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, tapi Vicky Prasetyo masih berstatus suami sah Angel Lelga.

"Vicky ini kan masih jadi suami sah dan masih bertanggung jawab. Jadinya yah ini kejadian yang memalukan sekali," kata Salahudin pakaya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Prancis: Eropa Harus Bersatu untuk Cegah Kekacauan Global

Posted: 18 Nov 2018 09:33 PM PST

Liputan6.com, Berlin - Presiden Prancis Emmanuel Macron menyerukan hubungan yang lebih erat antara negaranya dan Jerman, mengatakan Eropa "memiliki kewajiban untuk tidak membiarkan dunia masuk ke dalam kekacauan".

Dikutip dari BBC pada Senin (19/11/2018), Macron berada di Berlin untuk menghadiri peringatan hari berkabung tahunan terhadap para korban perang.

Dalam pidatonya di parlemen Jerman, dia mengatakan Eropa tidak harus "menjadi mainan kekuatan besar". Dia menginginkan Uni Eropa yang lebih terintegrasi, dengan anggaran gabungan zona euro.

Dia juga menginginkan dukungan Jerman untuk Tentara Eropa, yang dia katakan akan mengurangi ketergantungan terhadap blok Amerika Serikat.

Ditambahkan olehnya, bahwa Eropa juga perlu menetapkan aturan pajak baru pada raksasa teknologi internet.

Di lain pihak, Kanselir Jerman Angela Merkel telah menyatakan dukungan tentatif untuk beberapa ide tersebut, meskipun dari pihak internal Berlin tidak sepenuhnya setuju.

Selain itu, Presiden Prancis juga berbicara tentang nasionalisme "tanpa memori", dan mendesak kekuatan progresif untuk bersatu dalam dunia yang tidak pasti.

"Ada terlalu banyak kekuatan yang ingin menggagalkan persatuan kita (Eropa), yang mengganggu perdebatan publik kita, menyerang demokrasi liberal kita dan mencoba mengadu kita satu sama lain," kata Macron.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Tanggapan Angela Merkel

Kanselir Jerman Angela Merkel (AP Photo/Martin Meissner, File)

Kedua pemimpin Prancis dan Jerman dilaporkan bertemu untuk berbicara setelah pidato Macron, dan direncanakan untuk membahas isu imigran, kerjasama pertahanan, dan struktur pajak untuk perusahaan internet.

Perancis dan Jerman diperkirakan akan mengungkap rencana untuk anggaran gabungan zona euro hari Senin ini.

"Anda memperjelas dengan pidato yang mengesankan betapa pentingnya persahabatan dan kerjasama Jerman-Prancis, dan peran apa yang dimainkannya dalam konteks Eropa," kata Merkel kepada Macron.

"Anda bilang kita berada di persimpangan jalan ... dan ini persis seperti yang saya rasakan. Mereka yang lahir setelah perang bertanggung jawab atas pelajaran yang kita pelajari saat ini," lanjutnya.

Angela Merkel, yang telah memimpin Jerman selama 13 tahun, baru-baru ini menegaskan dia tidak akan berdiri sebagai pemimpin partainya lagi. Dia berniat untuk menggenapi masa jabatan keempatnya sebagai kanselir, yang berakhir pada 2021.

Tetapi beberapa pengamat meyakini bahwa Merkel kemungkinan akan turun sebelum waktunya, di mana dugaan itu disebabkan oleh perseteruan di dalam partainya, dan juga di koalisi pemerintahan yang lebih luas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bobotoh Sebut Persib Bandung Lupa Cara Menyerang

Posted: 18 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gelandang muda Persib Bandung, Puja Abdillah, mengaku sangat kecewa atas kekalahan timnya 0-3 dari PSIS Semarang di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Minggu 18 November 2018 pada pekan ke-31 Gojek Liga 1 2018 bersama Bukalapak.

Terkait dengan kekalahan ini, Puja meminta maaf kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan penuh bagi Persib.

"Pertama saya mau minta maaf karena belum dapat hasil maksimal. Tapi kita sudah bekerja keras, tapi hasilnya kalah. Saya mohon maaf kepada Bobotoh," ujar pemain bernomor punggung 27 tersebut.

Puja pun bertekad untuk membawa Persib kembali ke jalur kemenangan saat menjamu Perseru Serui pekan ke-32 nanti. Ia berharap, hasil minor di dua laga terakhir tidak kembali terulang di pertandingan selanjutnya.

"Kita pemain sudah berusaha bermain semaksimal mungkin, sudah bekerja keras. Mungkin di pertandingan selanjutnya kita akan lebih baik," ujar Puja.

Kecewa

Raut kekecewaan juga dirasakan Bobotoh. "Ya, jelas saya kecewa dengan permainan Persib. Mereka (tim) seperti kebingungan dan lupa caranya menyerang," tutur Ferdian Adi, salah satu bobotoh.

"Saya enggak mikir juara atau enggak sekarang mah. Karena yang penting Persib bisa menang di semua laga," tambahnya.

Punya Peluang

Pelatih Persib Bandung, Mario Gomez, saat pertandingan melawan PSM pada laga Piala Presiden di Stadion GBLA, Bandung, Jumat (26/1/2018). Persib takluk 0-1 dari PSM. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pelatih Persib, Roberto Mario Carlos Gomez, juga mengaku cukup kecewa dengan kekalahan timnya dari PSIS.

Meski demikian, Gomez mengatakan para pemain Persib sudah berusaha tampil maksimal di laga ini. "Kami punya beberapa peluang tapi tidak bisa dimanfaatkan menjadi gol," ucapnya usai pertandingan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konten Tak Pantas Jadi Alasan Aplikasi Tumblr Dihapus dari App Store

Posted: 18 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi microblogging dan berbagi gambar Tumblr baru-baru ini hilang dari toko aplikasi Apple, App Store.

Dalam laman web Tumblr, perusahaan sempat mengunggah masalah yang dialami oleh pengguna aplikasi tersebut. Para pengguna berharap agar aplikasi Tumblr-nya bisa berfungsi kembali.

Pihak Tumblr pun menyebut, masih bekerja menyelesaikan masalah ini.

Tidak jelas apakah Tumblr sengaja menarik aplikasinya dari App Store atau dari pihak Apple yang menghapus aplikasi tersebut dari App Store.

Namun, beredar kabar kalau sejumlah konten tak pantas muncul di aplikasi membuatnya dihapus dari App Store.

Mengutip laman Phone Arena, Senin (19/11/2018), para pengguna Tumblr yang menggunakan iOS tak bisa melakukan pencarian dengan Mode Aman nonaktif.

Mereka yang menghapus aplikasi kemudian menginstalnya kembali akhirnya tahu bahwa Tumblr memang hilang dari App Store,

Beberapa pengguna iOS kemudian mencoba untuk mengakses halaman pembelian agar bisa menginstal Tumblr di iPhone atau iPad mereka.

Sebelumnya, Apple juga menghapus aplikasi pesan Telegram dari toko aplikasinya setelah mendapatkan banyak keluhan terkait adanya konten negatif yang ada di aplikasi tersebut.

Meski dihapus di App Store, di toko aplikasi Android, Tumblr masih ada.

Tumblr Diblokir di Indonesia

Plt Humas Kemkominfo Noor Iza (kiri) dan Dirjen Aptika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan bicara soal pemblokiran Tumblr di Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Konten tak pantas dan negatif memang ada di aplikasi Tumblr. Gara-gara ini pula, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika memblokir DNS Tumblr sejak beberapa Maret 2018.

Pemblokiran tersebut dilakukan karena banyaknya aduan dari masyarakat terkait konten pornografi di layanan tersebut.

"Kemkominfo menerima aduan dari masyarakat terkait konten pornografi di Tumblr. Setelah dilakukan penelusuran dan analisa konten, terdapat lebih dari 360 konten pornografi di Tumblr," kata Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Noor Iza, sata dihubungi tim Tekno Liputan6.com, Selasa (6/3/2018).

Setelah dilakukan penelusuran, kata Noor, tim Kemkominfo juga menemukan Tumblr tidak memiliki mekanisme dan fitur laporan untuk melaporkan konten pornografi.

Hingga akhirnya pada 28 Februari 2018, tim aduan konten Kemkominfo mengirimkan pemberitahuan melalui email kepada Tumblr agar membersihkan platform tersebut dari konten-konten negatif.

Sampai saat ini, DNS Tumblr masih diblokir di Indonesia. 

Temukan 360 Akun Porno di Tumblr

Tumblr (androidpit.com)

Melalui akun Twitter resminya, Kemkominfo mengungkap ada lebih dari 360 akun asusila (porno) pada situs web Tumblr dan aplikasinya.

"Tim Aduan Konten telah menerima aduan dari masyarakat terkait konten asusila di platform Tumblr. Setelah dilakukan penelusuran dan analisa konten, terdapat lebih dari 360 akun asusila pada medsos Tumblr dot com dan aplikasinya," tulis @kemkominfo.

Selain itu, ditemukan pula Tumblr tidak memiliki mekanisme dan report tools untuk melaporkan konten asusila. Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, Noor Iza, membenarkan hal tersebut.

Kemkominfo melalui kicauannya di Twitter juga telah membenarkan pemblokiran Tumblr di Indonesia. Pemblokiran ini dilakukan terhadap 8 DNS Tumblr pada Senin sore (5/3/2018).

Lebih lanjut, Noor belum bisa memastikan kapan akses Tumblr akan dibuka kembali. Namun, ia menegaskan selama masih ada konten pornografi, maka layanan tersebut akan terus ditutup.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BEI Manfaatkan Digitalisasi Buat Pendalaman Pasar Modal

Posted: 18 Nov 2018 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasar saham domestik masih rentan terhadap risiko arus keluar modal (capital outflow) imbas dari ketidakpastian ekonomi global. Saat ini, Bursa Efek  Indonesia (BEI) mencoba berbagai cara untuk menahan arus modal keluar. 

Direktur Utama BEI Inarno Djajadi mengatakan, BEI telah menyiapkan beberapa inisiatif baru pendalaman pasar dan perluasan basis investor yang akan diterapkan mulai tahun depan.

Diharapkan inisiatif-inisiatif tersebut dapat mengurangi risiko arus keluar modal sehingga pasar saham dalam negeri akan tetap stabil.

Inisiatif yang akan dilakukan oleh bursa adalah misalnya melalui aturan mengenai pendaftaran elektronik (e-registration). Tujuan dari aturan ini adalah untuk mendukung keefektifan dan efisiensi dalam transaksi.

Selain itu, bursa akan menerapkan mekanisme bookbuilding elektronik dalam penawaran umum perdana tahun depan. Dengan sistem ini diyakini bahwa itu akan menjadi kekuatan pendorong bagi investor ritel untuk memiliki bagian yang lebih besar dalam penawaran umum.

"Sehingga kalau ada penurunan indeks akan didukung produk yang lebih variatif," kata dia saat ditemui di Solo, Jawa Tengah, ditulis Senin (19/11/2018).

 

Seperti Kolam Dangkal

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,33% atau 18,94 poin ke level 5.693,39, Jakarta, Selasa (30/5). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dalam kesempatan serupa, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan Hoesen mengatakan untuk alasan ini, memperdalam pasar keuangan dengan memperluas basis investor, meningkatkan jumlah perusahaan yang terdaftar di negara ini adalah kunci untuk mengatasi gejolak.

Dia memisalkan kondisi pasar keuangan Indonesia seperti kolam dangkal. Sehingga ketika ada tekanan dari luar, membuat kolam lebih rentan terhadap guncangan.

"Pasar kita dianggap tidak dalam, komentar dari pihak manapun tentang Indonesia memiliki potensi yang bagus, bonus demografi, tetapi pasarnya masih dangkal," kata Hoesen.

Tidak dapat dipungkiri, saat ini Indonesia masih sangat bergantung pada investor asing, hal ini dapat dilihat dari arus transaksi modal dalam investasi portofolio SBN. Tercatat, saat ini porsi investor asing mencapai 37,12 persen dari total outstanding SBN.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wartawan Tewas dalam Drum Ternyata Belum Pulang ke Rumah Selama 2 Hari

Posted: 18 Nov 2018 09:29 PM PST

Patroli Indosiar, Bogor - Warga Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat, dihebohkan dengan penemuan jasad seorang pria yang berprofesi wartawan di dalam drum biru. Istri korban kaget saat mendengar kabar tersebut. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (19/11/2018), isak tangis keluarga tak terbendung melihat jasad Abdullah Fithri Setiawan alias Dufi tiba di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Semper, Cilincing, Jakarta Utara. Bahkan istri korban, Bayu Yunuarti Hendriani, jatuh pingsan saat melihat jenazah sang suami dimasukkan ke liang lahat.

Keluarga tak menyangka Dufi yang tidak pulang selama dua hari terakhir ternyata tewas dengan kondisi mengenaskan.

"Dari keterangan istri, Dufi pamit ke kantor naik kereta lalu mobilnya diparkir. Sampai saat ini masih dicari dimana mobilnya," ujar Muhammad Ali Ramdhoni, adik korban.

Dari hasil autopsi di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, korban mengalami luka sabetan bekas senjata tajam di tubuhnya. Namun, hingga saat ini, polisi masih melakukan peyelidikan penyebab pasti tewasnya korban.    

Temuan jasad Dufi berawal dari seorang warga yang mengira drum plastik berwarna biru yang berada dekat dengan Polsek Klapanunggal, berisi sampah yang bisa didaur ulang. Setelah dibuka plastiknya, korban sudah dalam kondisi kaki tertekuk di bagian atas. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sungai Bone Jadi Sarana Cuci Kendaraan Gratis

Posted: 18 Nov 2018 09:28 PM PST

Pengendara memacu becak motor seusai mencuci kendaraannya di sungai Bone, kompleks Jembatan Talumolo II, Kelurahan Talumolo, Gorontalo, Senin (19/11). Tempat itu menjadi kawasan pencucian kendaraan bermotor yang gratis.  (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Pengendara memacu becak motor seusai mencuci kendaraannya di sungai Bone, kompleks Jembatan Talumolo II, Kelurahan Talumolo, Gorontalo, Senin (19/11). Tempat itu menjadi kawasan pencucian kendaraan bermotor yang gratis. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Sejumlah orang mencuci truk dengan memanfaatkan aliran sungai Bone di kompleks Jembatan Talumolo II, Kelurahan Talumolo, Gorontalo, Senin (19/11). Tempat itu menjadi kawasan pencucian kendaraan bermotor yang gratis.  (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Sejumlah orang mencuci truk dengan memanfaatkan aliran sungai Bone di kompleks Jembatan Talumolo II, Kelurahan Talumolo, Gorontalo, Senin (19/11). Tempat itu menjadi kawasan pencucian kendaraan bermotor yang gratis. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Sejumlah pemilik kendaraan memanfaatkan aliran sungai Bone untuk mencuci di kompleks Jembatan Talumolo II, Kelurahan Talumolo, Gorontalo, Senin (19/11). Tempat itu menjadi kawasan pencucian kendaraan bermotor yang gratis.  (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Sejumlah pemilik kendaraan memanfaatkan aliran sungai Bone untuk mencuci di kompleks Jembatan Talumolo II, Kelurahan Talumolo, Gorontalo, Senin (19/11). Tempat itu menjadi kawasan pencucian kendaraan bermotor yang gratis. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Sejumlah orang mencuci kendaraannya sementara warga lainnya mandi di sungai Bone, kompleks Jembatan Talumolo II, Kelurahan Talumolo, Gorontalo, Senin (19/11). Tempat itu menjadi kawasan pencucian kendaraan yang gratis.  (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Sejumlah orang mencuci kendaraannya sementara warga lainnya mandi di sungai Bone, kompleks Jembatan Talumolo II, Kelurahan Talumolo, Gorontalo, Senin (19/11). Tempat itu menjadi kawasan pencucian kendaraan yang gratis. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Beri Jaminan Baiq Nuril Grasi Bila PK Kandas

Posted: 18 Nov 2018 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap Mahkamah Agung (MA) bersikap adil dalam kasus mantan pegawai honorer di Sekolah Menengah Atas (SMA) 7 Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Baiq Nuril.

Jokowi mengatakan bahwa Baiq Nuril bisa mengajukan berkas peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA) atas putusan kasasi yang memperberat hukumannya.

"Kita berharap MA memberikan keputusan yang seadil-adilnya," kata Jokowi di Pasar Induk Sidoharjo, Lamongan, Jawa Timur, Senin (19/11/2018).

Jokowi mengaku menghormati proses hukum yang saat ini sedang berjalan. Dia pun tak bisa mengintervensi perkara yang menjerat Baiq tersebut.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun membuka ruang bagi Baiq untuk memberikan pengampunan, bila hasil putusan PK di MA tak memuaskan.

"Seandainya PK belum dapat keadilan, bisa ajukan grasi ke presiden. Kalau sudah grasi itu bagian saya," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Baiq Nuril dituduh menyebarluaskan rekaman asusila yang dilakukan Kepala Sekolah SMA tersebut kepada dirinya.

Pada pengadilan tingkat pertama, Nuril diputus bebas. Namun, jaksa mengajukan banding.

Mahkamah Agung menerima banding jaksa. Nuril diputuskan bersalah dan dihukum enam bulan penjara denda Rp500 juta atau pidana tiga bulan apabila tidak membayar denda. Nuril dinilai bersalah melanggar Pasal 27 ayat (1) UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

   

Mengenal Baiq Nuril

Baiq Nuril Maqnun adalah seorang pegawai honorer di SMAN 7 Mataram. Mahkamah Agung (MA) memvonisnya bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 27 ayat (1) UU ITE dan divonis enam bulan penjara serta kewajiban membayar denda sebesar Rp 500 juta.

Nuril dianggap terbukti oleh MA telah melakukan penyebaran percakapan asusila kepala sekolah SMU 7 Mataram.

"Padahal, sebelumnya PN Mataram menyatakan ia tidak terbukti mentransmisikan konten yang bermuatan pelanggaran kesusilaan. Dalam persidangan, Majelis Hakim PN Mataram bahkan menyatakan bahwa unsur," tulis Erasmus Napitupulu, orang yang memulai petisi dukungan agar Baiq mendapat Amnesti.

Baiq Nuril diduga sering mendapatkan perlakuan pelecehan dari Kepala Sekolah SMAN 7 Mataram.

Erasmus menilai putusan MA memiliki catatan yang harus dikritisi. Dalam lingkup peradilan, Hakim MA terikat pada Perma No. 3 tahun 2017 tentang Pedoman Mengadili Perempuan yang berhadapan dengan Hukum, termasuk dalam konteks perempuan yang didakwa melakukan tindak pidana.

Seperti yang tercantum dalam Pasal 3 Perma tersebut, hakim wajib mengindentifikasi situasi perlakuan tidak setara yang diterima perempuan yang berhadapan dengan hukum, hal ini jelas dialami oleh Baiq Nuril yang merupakan korban kekerasan seksual.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zikri Daulay Segera Menikah, Penggemar Patah Hati

Posted: 18 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahagia datang dari aktor muda Zikri Daulay. Bintang sinetron Dear Nathan Series ini dikabarkan akan segera melepas masa lajangnya.

Sebuah undangan pernikahan yang diduga milik Zikri Daulay tersebar di akun gosip Instagram. Dalam undangan pernikahan berwarna krem itu tertulis nama Zikri Daulay yang akan menikah dengan Henny Yuliana Rahma.

Akad nikah dan resepsi pernikahan Zikri Daulay dan Henny akan digelar pada 2 Desember 2018.

"Yuhuuu. Stock babang ganteng semakin berkurang shay. Syelamat yess buat babang " nathan the series " & mbak henny. Semoga dilancarkan semuanya yess," tulis keterangan foto tersebut.

Penggemar Patah Hati

Menariknya, kabar pernikahan Zikri-Henny membuat banyak penggemarnya kecewa. Bukan karena tak suka artisnya bahagia, melainkan karena patah hati kehilangan sosok idola yang masih jomlo.

Cowok Ganteng Berkurang

Zikri Daulay (Instagram: @zikridaulay1)

Gambaran kesedihan penggemar pun tergambar dari komentar yang bermunculan di media sosial.

"Patahpatah hatiku denger orang ni nikah," tulis akun @riskafbrk_.

"Patah hati eneng bang,sungguh teganya kamu mematahkan hati ini @zikridaulay1," kata @dara_mutya17.

"Iyaaa sedih stok cowok ganteng bekurang w belom dpt satu satu acan :(((" keluh @frkartikadewi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duet Andalan Mandul, Real Madrid Siap Datangkan Striker Anyar

Posted: 18 Nov 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Real Madrid sedang mempersiapkan untuk mendatangkan striker anyar pada bursa transfer Januari. Los Blancos benar-benar merasakan kekosongan usai ditinggalkan Cristiano Ronaldo yang pindah ke Juventus.

Laporan media di Spanyol, Sport, Senin (19/11/2018), menyebut Real Madrid gagal mendapatkan pemain pengganti bintang Portugal itu. Karim Benzema dan Gareth Bale juga tak mampu menjadi sosok pengganti.

Keduanya memang mengawali musim dengan baik. Namun, duet itu tetap kesulitan tanpa kehadiran Ronaldo di sampingnya.

Bale dan Benzena sudah mencatat 465 menit tanpa mencetak gol. dan Karenanya, Real Madrid sedang mempersiapkan striker baru ketika jendela transfer dibuka kembali pada bulan Januari.

Pemain Berpengalaman

Presiden Real Madrid, Florentino Perez. (AFP/Javier Soriano)

Laporan itu juga menyebut Presiden Real Madrid, Florentino Perez, menginginkan pemain berpengalaman. Dan, Radamel Falcao tetap menjadi kemungkinan yang realistis setelah lelah dengan situasi saat ini di AS Monaco.

Pemain incaran lainnya adalah Zlatan Ibrahimovic. Pemain asal Swedia ini juga bisa direkrut dari MLS.

Pemain Incaran Lain

Real Madrid juga dikaitkan dengan kepindahan Edinson Cavani musim panas lalu. Tapi, pemain asal Uruguay itu memilih tetap tinggal di Paris.

Dua target lain adalah pemain La Liga Maxi Gomez dan Borja Iglesias. Gomez tiba di Celta Vigo musim lalu dari Defensor Sporting.

Iglesias adalah pemain lain yang bisa pindah ke Bernabeu. Penyerang tengah Espanyol itu telah mencetak tujuh gol dalam 12 pertandingan musim ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klaim Surplus Jagung Kementan Dipertanyakan

Posted: 18 Nov 2018 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Langkah Kementerian Pertanian (Kementan) yang memilih meminjam jagung dari 2 perusahaan pakan ternak besar (feedmill) dinilai sebagai bukti jika Indonesia mengalami masalah pada produksi jagung nasional.

Diketahui, Kementan telah mengajukan pinjaman jagung kepada ‎Charoen Pokphand dan Japfa sebanyak 10 ribu ton.

Pengamat Pertanian Dwi Andreas Santosa menyatakan, adanya peminjaman ini sebenarnya memperlihatkan buruknya tata kelola jagung. Padahal sebelumnya Kementan telah mengklaim adanya surplus jagung sebanyak 12 juta ton. ‎

"Ini kan terungkap ke publik bagaimana tata kelola jagung kita kelihatan sekali buruknya. Antara klaim produksi dan kenyataan berbeda jauh sekali. Ketika Kementan bilang ada surplus 12 juta ton jagung, itu sama saja kita eksportir jagung terbesar se-dunia," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (19/11/2018).‎

Akibat produksi yang bermasalah, lanjut dia, harga jagung untuk pakan ternak juga melonjak. Menurut Dwi, saat ini harga jagung mencapai Rp 6.000 per kilogram (kg) dan sangat memberatkan peternak.

"Bulog kan disuruh pemerintah impor jagung 100 ribu ton. Nah ini kebutuhan bukan sebulan dua bila lagi. Tapi saat ini juga. Akhirnya terpaksa pinjam sana sini termasuk ke swasta," tutur dia.

Dwi menjelaskan, volume 10 ribu ton pun sebenarnya bukan jumlah yang besar. Pasalnya, 10 ribu ton setara dengan produksi 1 hektare (ha) jagung. Jika jumlah ini saja dilakukan dengan meminjam, maka klaim surplus jutaan ton perlu dibuktikan.

Dia juga memprediksi defisit stok jagung akan terjadi sampai Februari 2019 mendatang. Oleh sebab itu, pemerintah juga harus melakukan antisipasi kebutuhan jagung hingga tahun depan.

"Ini awal masalahnya adalah pada 2016 ketika Kementan mengeluarkan kebijakan pembatasan impor jagung dan kemudian melonjak impor gandum. Itu kalau ditotal-total kita malah rugi. Karena gandum pakan lebih mahal dari jagung, dan di Indonesia tidak bisa kita tanam gandum," tandas dia.

 

Pengusaha Sebut Gudang Pabrik Pakan Ternak Tak Cukup Tampung Produksi Jagung

Bambang Sugiharto menyatakan bahwa berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS) disimpulkan produksi dan pasokan jagung tahun 2018 surplus sebesar 12 juta ton pipilan kering (PK).

Pengusaha membantah jika gudang pabrik pakan ternak (feedmill) menyimpan banyak pasokan jagung pakan sehingga menjadi salah satu penyebab kenaikan harga di pasar. Kenaikan harga jagung pakan saat ini murni dinilai akibat kurangnya pasokan di tingkat peternak.

Ini diungkapkan Ketua Bidang Peternakan dan Perikanan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Anton J Supit saat dikonfirmasi Liputan6.com, Kamis (15/11/2018).

"Pertanyaan kami di mana (disimpan jagung). Jadi jangan mengalihkan masalah jika (harga naik) karena logistik dan juga dialihkan jagung langka karena disimpan pengusaha besar," tutur dia.

Dia mengakui jika pabrik harus memiliki jaminan stok sejak kapanpun. Ini karena pabrik memerlukan stok untuk produksi. Namun stok yang disimpan sulit dalam jumlah besar.

Menurut dia, saat ini ada dua permasalahan yang tengah dihadapi peternak di Indonesia. Yakni perihal kenaikan harga pakan yang tinggi dan pasokan yang kurang. 

Selama ini peternak membutuhkan sekitar 800 ribu ton jagung pakan per bulan atau sekitar 8 juta per tahun.

Hal ini dikatakan sesuai hukum pasar. "Kalau lihat pasar tidak bisa dibohongi. Kalau jagung makin naik artinya suplai jagung kurang dan pasti naik seperti yang terjadi di Banten mencapai Rp 6.000 per kg," jelas dia. 

Dia turut mempertanyakan terkait dengan adanya surplus pasokan jagung sebesar 12,9 juta ton. Angka ini dinilai terlampau besar dan membutuhkan gudang yang sangat besar untuk menampungnya. Jagung juga tidak dapat disimpan terlalu lama dalam satu gudang jika mengacu pada kondisi kualitasnya.

Dia pun meminta Kementerian Pertanian (Kementan) segera mengambil langkah sebagai solusi menghadapi kelangkaan pakan ternak. Ini agar tak mempengaruhi produk lanjutan dari ternak seperti telur dan lainnya.

"Risikonya pakan mahal adalah ayam dan telur naik. Padahal harga sulit dinaikkan karena menyangkut daya beli masyarakat," tegas dia.

Ketua Presidium Peternak Layer Nasional Ki Musbar Mesdi membenarkan jika saat ini harga jagung sudah melonjak hingga Rp 5.700—Rp 5.800 per kg, rata-rata secara nasional. Padahal, harga yang direkomendasikan untuk jagung pakan hanyalah Rp 4.000-an per kilogram.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seperti Wortel, Jeruk Juga Punya Manfaat Luar Biasa Bagi Mata

Posted: 18 Nov 2018 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Buah jeruk dikenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Tapi tahukah Anda bahwa jeruk juga ternyata baik bagi kesehatan mata. Memakan satu buah jeruk sehari diklaim dapat mengurangi risiko kebutaan mata setidaknya 60 persen.

Sebuah penelitian terbaru dari University of Sydney menemukan bahwa seseorang yang makan jeruk sekali sehari atau bahkan seminggu sekali, 60 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami degenerasi makula. Degenerasi makula sendiri merupakan penyakit menurunnya kemampuan penglihatan karena usia.

Kondisi tersebut dinamakan degenerasi makula terkait usia (AMD). Ini dapat mempengaruhi penglihatan sentral dan mencegah seseorang melihat objek dengan jelas ke depan.

Profesor Barmini Gopinath, penulis utama dari University of Sydney menjelaskan bahwa data menunjukkan bahwa flavonoid yang ditemukan pada jeruk muncul untuk membantu melindungi terhadap penyakit. Flavonoid adalah antioksidan kuat yang ditemukan pada hampir semua buah dan sayuran serta memiliki manfaat anti inflamasi yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Flavonoid terdapat dalam berbagai sumber makanan, termasuk apel, kacang-kacangan, teh, kedelai, anggur merah, dan buah lainnya, tapi antioksidan dalam jeruk dikategorikan paling efektif dalam mencegah kehilangan penglihatan karena AMD.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

[vidio:Membuat Lilil Dari Jeruk]()

Selanjutnya

Jus jeruk | Via: istimewa

"Penelitian kali ini berbeda dari sebelumnya karena lebih fokus meneliti hubungan antara flavonoid dan degenerasi makula," ungkap Gopinath seperti dikutip dari Thedailynet.

Studi tersebut meliputi lebih dari 2.037 orang yang rata-rata berusia sekitar 49 tahun selama masa waktu 15 tahun. Para penilai memantau kebiasaan diet peserta lewat kuesioner makanan dan menemukan orang yang makan jeruk lebih terisolasi terhadap risiko AMD ketimbang yang tak makan jeruk.

Gopinath juga mengungkapkan memakan jeruk seminggu sekali manfaat yang signifikan. Langkah selanjutnya yanng ingin dilakukan pra peniliti dalam penelitian tersebut adalah memeriksa penyebab genetik dan lingkungan dari berbagai penyakit mata.

Reporter: Nur Luthfiana Hardian

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fakta Mengenaskan Mayat dalam Drum

Posted: 18 Nov 2018 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah informasi mengenaskan terungkap setelah ditemukannya mayat dalam drum di Narogong Bogor. Apa saja?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isi di Balik Kap Mesin Daihatsu Xenia Ini Bikin Melongo

Posted: 18 Nov 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dari sekian banyak mobil modifikasi yang mejeng di Indonesia Modification Expo (IMX) 2018, ada satu yang cukup menarik perhatian yakni Daihatsu Xenia V8. Dari segi tampilan memang biasa saja, tapi isi dibalik bonnet (kap mesin) yang bikin melongo.

Betul, mobil Low MPV Daihatsu ini menggendong mesin gahar V8, berkubikasi 3.968 cc atau 4,0-liter. Terjadi swap engine, alias tukar mesin.

Jantung mekanis tersemat, diadopsi dari Lexus LS 400. Kalau kita melihat kodenya, 1UZ-FE ialah mesin garapan Toyota, yang juga dipakai di mobil bongsor seperti Land Cruiser, Toyota Crown dan Lexus GS 400.

Mesin ini memulai debutnya pada 1989 hingga 2000. Namun modifikator mengaku menggunakan mesin keluaran tahun paling muda. Alasannya, agar tak terlalu tua dan masih tergolong prima untuk dipasangkan di Xenia.

Jantung pacu DOHC yang meminum bensin ini, sanggup mengembuskan daya maksimal 260 Tk pada 5.400 rpm dan dorongan torsi 360 Nm pada 4.400 rpm.

Nah, di pasar barang bekas, mesin macam ini sebetulnya dijual murah. Misal dengan paket transmisi otomatis, banderolnya sekitar Rp 20 jutaan. Harganya pun mengikuti kondisi mesin. Dan kebanyakan barang berasal dari copotan atau ex Singapura. Sebab di sana membatasi tahun pemakaian mobil.

Pengerjaan Xenia V8Untuk mengerjakan proyek ini, dibutuhkan waktu satu bulan lebih. Tahapan paling awal, menurunkan mesin 1,3-liter bawaan pabrik. Kemudian barulah memulai fitting seperti membuat baju.

Mesin V8 mulai dicangkokkan, untuk mengukur dudukan mesin baru. Namun ada kendala saat memasukannya. Ruang mesin tak cukup.

 

Selanjutnya

Untuk itu, firewall Daihatsu yang masih gres dari pabrik, terpaksa dirobek mengikuti ukuran mesin dan transmisi. Singkat cerita, mesin terpasang dengan baik. Namun lantaran punya tenaga lebih besar, transmisi dan gardan bawaan harus diganti.

Tak hanya itu, rear differential pun diganti. Kemudian dipasang transmisi otomatis yang diambil dari mobil sport legendaris Toyota Supra, yang terkenal andal.

Belum selesai. Urusan pengereman, mau tak mau harus berubah. Bagian belakang pakai disc brake 260 mm dan rem depan pakai piringan 295 mm. Ini dilakukan agar sistem penghela laju kendaraan bisa meredam besarnya tenaga, yang tersalurkan pada roda belakang.

Suspensi juga dirombak. Menyesuaikan bobot mesin, agar posisi mobil tidak menunduk lantaran menopang beban.

Untuk mempermanis tampilan, Xenia memakai pelek Enkei 17 inci berkelir putih. Sementara untuk urusan interior, tak banyak berubah. Jok terlihat masih terbalut plastik seperti dari diler.

Kemudian head unit sudah memakai sistem yang terkoneksi dengan Electronic Control Unit (ECU). Meter cluster turut berubah. Diadopsi dari sepeda motor, yang menampilkan putaran mesin 15.000 rpm dan MID digital.

Perlu dicatat, mobil ini bukanlah untuk produksi massal. Namun ini bagian dari kampanye pabrikan. Bahwa mobil keluarga besutannya pun bisa dirombak habis-habisan. Tak kalah dengan jenis mobil lain yang bisa dimodifikasi secara ekstrem.

Sumber: Oto.com

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarif Ojek Termahal se-Indonesia di Jalur Ini, Apa Rencana Pemerintah?

Posted: 18 Nov 2018 09:01 PM PST

Luwu Utara - Masih ingatkah Anda pada rute ojek termahal di Indonesia yang sekali jalan bisa memakan tarif hingga Rp 1,7 juta?

Pemprov Sulawesi Selatan melalui Tim Percepatan pembangunan Daerah (TP2D) akan meninjau jalur terpencil Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara yang sulit dijangkau tersebut. Sampai saat ini, satu-satunya alat transportasi hanyalah ojek, itu pun tidak murah karena perjalanan panjang dan menguras tenaga.

"Kunjungan kami adalah bentuk keseriusan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah untuk mempercepat pembangunan daerah tertinggal. Khususnya di Kecamatan Seko," ujar Koordinator Bidang Infrasturktur TP2D Sulsel Rudi Djamaluddin kepada Jawapos.com.

Hasil pemantauan akan dilakukan pematangan rencana. Targetnya pada 2019, akses jalan menuju Seko sudah bisa dilalui mobil penumpang tanpa terpengaruh lagi hujan.

"Target yang dibangun adalah jalan berkerikil supaya bisa diakses masyarakat. Dibanding kami mengupayakan aspal, tetapi belum tembus. Setelah kami lihat, kebutuhan masyarakat akses dulu. Jadi kami buka dulu agar motor bisa mengakses, mobil-mobil biasa juga," ungkap Rudi.

Berdasarkan hasil peninjauan, wilayah Seko memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Termasuk, informasi dari pemda setempat jika terdapat sabana seluas 10 ribu hektare.

"Banyak potensi yang bisa dikembangkan. Kalau terbuka akses ini akan bisa memunculkan moda ekonomi baru. Yang tadinya sulit berkembang karena tertutup akses, nantinya sudah ada," terang Rudi.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengatakan, persoalan akses jalan ke Seko dan Rampi akan segera teratasi. Adapun pembiayaannya berasal dari tiga sumber, yakni APBD Lutra, APBD Sulsel, dan APBN.

"Kami sama-sama berharap semoga pembangunan bisa sesegera mungkin dilakukan," ucap Indah.

Baca juga berita Jawapos.com lainnya di sini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didera Skandal Suap, Eks Presiden Peru Malah Minta Suaka ke Uruguay

Posted: 18 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Lima - Mantan Presiden Peru, Alan Garcia telah meminta suaka di kedutaan Uruguay di Lima setelah dilarang meninggalkan negara itu sambil menunggu penyelidikan korupsi. Demikian menurut informasi dari Kementerian Luar Negeri setempat, Minggu 18 November 2018.

Garcia, yang dua kali menjabat sebagai presiden Peru, sedang diselidiki karena suap yang diduga dibayar oleh raksasa konstruksi Brasil, Odebrecht, untuk mendapatkan kontrak pada masa kepresidenannya yang kedua, dari 2006 hingga 2011.

Odebrecht telah mengaku membayar uang suap senilai US$ 29 juta (setara Rp 424 miliar) kepada pejabat Peru selama tiga masa pemerintahan.

Pernyataan Kementerian Luar Negeri mengatakan mereka telah diberitahu oleh Duta Besar Uruguay untuk Peru bahwa Garcia tiba di kediamannya, Sabtu malam 17 November untuk meminta suaka.

Perintah pengadilan yang dikeluarkan Sabtu melarang Garcia meninggalkan negara itu selama 18 bulan sementara jaksa menyelidiki kasus suap Odebrecht untuk memenangkan kontrak membangun jalur metro pertama di Lima ketika Garcia menjadi Presiden Peru.

Garcia, yang juga presiden dari 1985 hingga 1990, telah mengatakan dia adalah korban penganiayaan politik, tuduhan yang ditolak oleh Presiden Martin Vizcarra, yang bersikeras bahwa penyelidikan sedang dilakukan secara independen oleh pengadilan dan jaksa negara.

"Kami tidak campur tangan sama sekali. Mereka memiliki kebebasan penuh," kata Vizcarra kepada wartawan hari Minggu waktu setempat.

 

Saksikan juga video berikut ini:

Pusaran Kasus Suap Odebrecht

Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski. (Jorge Silva/Pool photo via AP)

Sementara itu, Presiden Peru, Pedro Pablo Kuczynski, menghadapi ancaman pemakzulan atas dugaan kasus suap yang terjadi lebih dari satu dekade lalu.

Kuczynski adalah pemimpin teranyar Amerika Latin yang masuk ke dalam gelombang penyelidikan korupsi. Presiden Peru disebut-sebut menerima suap dengan jumlah terbesar dalam sejarah modern.

Didukung pengacaranya, Kuczynski, membela diri di hadapan Kongres pada Kamis, 21 Desember 2017. Dalam sebuah wawancara radio, pria berusia 79 tahun itu yakin bahwa ia tak akan dilengserkan dari jabatannya.

"Kongres tak akan melengserkan saya. Mereka tak memiliki 87 suara -- suara yang diperlukan untuk pemakzulan," ujar Kuczynski kepada Blu Radio di Kolombia seperti dikutip dari CNN, Jumat 22 Desember 2017.

Kuczynski pun merepons dugaan suap yang menimpa dirinya di Twitter-nya. Ia menulis, "Saya di sini untuk menunjukkan wajah saya karena saya tak menyembunyikan apa pun."

Dimuat Los Angeles Times, setelah Kuczynski menyampaikan pembelaan dirinya, pihak legislatif mulai membahas apakah akan melengserkannya sebagai presiden. Namun, keputusan itu belum diumumkan hingga Kamis malam waktu setempat.

Untuk meloloskan pemakzulannya, 87 dari 130 anggota Kongres -- dua pertiganya -- harus setuju. Jika Kuczynski lengser, ia akan digantikan Wakil Presiden Martin Vizcarra.

Sebelumnya, yakni 15 Desember 2017, anggota parlemen Peru telah memilih 93-17 untuk mendukung diadakannya debat terkait nasib Kuczynski pada 21 Desember.

Pihak legislatif oposisi belum lama ini mengungkap bahwa Kuczynski telah menerima suap yang melibatkan perusahaan konstruksi Brasil, Odebrecht.

Menurut laporan, Odebrecht telah menyuap Kuczynski hampir US$ 5 juta atau sekitar Rp 67,8 miliar kala ia masih menjabat sebagai Menteri Ekonomi dan Sekretaris Kabinet Peru. Namun, pria berusia 79 tahun itu menyangkal bahwa ia telah melakukan kesalahan.

Kuczynski awalnya menyangkal bahwa ia telah menerima uang dari Odebrecht. Meski menyangkal menerima uang ilegal, ia mengaku bekerja sebagai konsultan untuk firma tersebut.

Menurut perkara yang diajukan kepada Odebrecht, upaya suap berselubung "biaya konsultasi" itu adalah salah satu metode yang digunakan perusahaan untuk menyalurkan uang pelicin kepada para pejabat.

Mantan presiden perusahaan tersebut, Marcelo Odebrecht, mengatakan bahwa ia telah sepakat untuk bekerja sama untuk menangani kasus tersebut. Hal itu dilakukannya untuk mendapat keringanan hukuman -- saat ini ia tengah menjalani hukuman penjara 19 tahun di Brasil.

Kepada jaksa, Marcelo mengatakan bahwa Kuczynski dipekerjakan sebagai konsultan di Peru 10 tahun lalu. Ia juga mengatakan, perusahaannya telah membayar suap sebesar US$ 29 juta atau sekitar Rp 393,47 miliar kepada pejabat Peru selama bertahun-tahun.

Tahun lalu, AS mendenda Odebrecht sebesar US$ 3,5 miliar atau sekitar Rp 47,5 triliun karena telah menyuap pejabat dari berbagai negara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bhayangkara FC Vs Persipura: Misi The Guardian Tembus Papan Atas

Posted: 18 Nov 2018 09:00 PM PST

Jakarta Bhayangkara FC akan menjamu Persipura Jayapura pada lanjutan pertandingan Gojek Liga 1 Bersama Bukalapak di Stadion PTIK, Senin (19/11/2018) malam WIB. Laga ini sangat krusial buat The Guardian yang bertekad menembus papan atas klasemen.

Posisi Bhayangkara FC di tabel klasemen masih memiliki peluang dalam perburuan gelar Liga 1 2018. Pasukan Simon McMenemy saat ini bertengger di peringkat keempat dengan raihan 46 angka, tertinggal delapan poin dari PSM Makassar di pucuk klasemen.

Dengan sisa empat laga musim ini, segalanya masih mungkin buat Bhayangkara FC. Andaipun gagal mempertahankan gelar, Bhayangkara FC masih punya misi untuk finis di posisi terbaik demi tampil di Kejuaraan Asia.

Bermodalkan kemenangan 2-0 atas Persipura pada laga pertemuan perdana di Jayapura, Bhayangkara FC menatap laga nanti dengan percaya diri. Apalagi mereka bermain di kandang yang selama ini baru kalah sekali.

"Pertandingan besok akan menjadi laga yang berat. Persipura memiliki kekuatan yang tidak seperti musim lalu, namun ini menjadi tantangan buat kami," kata Simon McMenemy dalam konferensi pers jelang laga.

"Kami pernah menang di kandang mereka dan itu terjadi karena kami menyiapkan starategi yang bagus," ujar pelatih berpaspor Inggris itu.

Sementara itu, Persipura juga tak ingin lawatannya ke Jakarta berujung sia-sia. Apalagi saat ini Mutiara Hitam berada di posisi yang kurang menguntungkan yakni peringkat ke-12 dengan raihan 41 angka. Persipura hanya unggul lima poin dari PS Tira yang berada di batas atas zona merah.

Pelatih Oswaldo Lessa bertekad membantu Persipura menyudahi catatan buruk pada laga tandang. Boaz Solossa dkk belum pernah menang dalam tujuh laga tandang terakhir, dengan rincian lima kali kalah dan dua kali imbang.

"Bhayangkara adalah tim bagus dan mereka skuat yang kuat karena berhasil juara musim kemarin. Namun, Persipura harus naik ke klasemen karena tim-tim di dasar juga tidak terlalu jauh dengan kami," ucap Oswaldo Lessa Filho.

"Ini pertama kalinya saya lihat Persipura berada jauh dari papan atas klasemen. Jadi, kami harus segera naik," tegas pelatih asal Brasil itu.

Laga nanti menjadi pertemuan ketujuh untuk Bhayangkara FC dan Persipura Jayapura. Sejauh ini, Persipura masih unggul dengan meraih empat kemenangan, sedangkan Bhayangkara FC meraup dua kemenangan.

Data - Fakta

Prakiraan susunan pemain

Bhayangkara FC (4-4-2): Wahyu Tri Nugroho (kiper), Alsan Sanda, Indra Kahfi, Vladimir Vujovic, M Fatcu Rochman (belakang), Adam Alis, Lee Yoo-joon, Wahyu Subo Seto, Vendry Mofu (tengah), Herman Dzumafo, Marinus Wanemar (depan)

Pelatih: Simon McMenemy (Inggris)

Persipura Jayapura (4-4-2): Panggih Prio (kiper), Tinus Pae, Ricardo Salampessy, Marcio Nascimento, Valentino Telaubun (belakang), Ian Louis Kabes, Muhammad Tahir, Gunansar Mandowen (tengah), Boaz Solossa, Hilton Moreira, Priska Womsiwor (depan)

Pelatih: Osvaldo Lessa (Brasil)

Head to head

  • 7/7/2018 - Persipura Jayapura 0-2 Bhayangkara FC (Liga 1)
  • 11/3/2018 - Bhayangkara FC 0-1 Persipura Jayapura (Pertandingan Persahabatan)
  • 9/9/2017 - Bhayangkara FC 2-1 Persipura Jayapura (Liga 1)
  • 12/5/2017 - Persipura Jayapura 3-2 Bhayangkara FC (Liga 1)
  • 2/12/2016 - Persipura Jayapura 2-1 Bhayangkara FC (ISC A)

Lima pertandingan terakhir Bhayangkara FC

  • 9/11/2018 - Madura United 1-2 Bhayangkara FC (Liga 1)
  • 3/11/2018 - Bhayangkara FC 1-2 Persib Bandung (Liga 1)
  • 29/10/2018 - Borneo FC 3-0 Bhayangkara FC (Liga 1)
  • 24/10/2018 - Bhayangkara FC 0-0 Arema FC (Liga 1)
  • 19/10/2018 - Mitra Kukar 0-1 Bhayangkara FC (Liga 1)

Lima pertandingan terakhir Persipura Jayapura

  • 10/11/2018 - Persipura Jayapura 1-0 Bali United (Liga 1)
  • 4/11/2018 - PSM Makassar 4-2 Persipura Jayapura (Liga 1)
  • 30/10/2018 - Persipira Jayapura 3-1 Persebaya Surabaya (Liga 1)
  • 25/10/2018 - Persipura Jayapura 1-2 Persija Jakarta (Liga 1)
  • 20/10/2018 - Madura United 2-2 Persipura Jayapura (Liga 1)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Gaya Elegan Michelle Obama Saat Promosi Buku yang Pantas Ditiru

Posted: 18 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang kangen dengan Michelle Obama? Mantan first lady Amerika Serikat ini baru saja meluncurkan buku biografinya yang berjudul Becoming.

Buku tersebut menceritakan kisah Michelle Obama menghabiskan masa kecilnya di bagian selatan Chicago, Amerika Serikat. Ia juga menyinggung sosok sang ayah yang difabel dan menginspirasinya untuk melakukan yang terbaik.

Buku tersebut juga mengungkap kisah Michelle berprestasi di bidang akademik, termasuk saat kuliah di Princeton University, hingga ia menjadi orator ulung yang menginspirasi banyak perempuan dan anak-anak untuk hidup lebih sehat dan aktif. Tak lupa, ia menyisipkan kisah sedih yang dialaminya sebagai wujud bahwa ia juga manusia biasa.

Sejumlah agenda promosi digelarnya. Kesempatan itu juga dimanfaatkannya untuk bertemu orang banyak, baik dalam kelompok terbatas maupun dalam pertemuan publik. Tentu saja, penampilan Michelle ikut jadi sorotan.

Penampilan terakhirnya pada 17 November 2018 saat menghadiri promosi bukunya di Washington DC yang juga dihadiri Barrack Obama. Michelle saat itu mengenakan jaket crepe hitam dengan detail kristal di bagian depan baju. Ia memadukannya dengan celana panjang hitam lurus yang dirancang Christopher Kane.

 

 

Blazer Putih

Michelle Obama mempromosikan buku terbarunya Becoming di Forum, Inglewood, California, Amerika Serikat, 15 November 2018. (KEVIN WINTER / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP/Asnida Riani)

Michelle kembali tampil dengan blazer saat menghadiri tur bukunya di Inglewood, California, pada 15 November 2018. Namun kali ini, ia memadukannya dengan celana putih berpipa lebar dan sepatu pump putih.

Atasan Off-Shoulder

Michelle Obama mempromosikan buku terbarunya Becoming di United Center, Chicago, Amerika Serikat, 13 November 2018. (JIM YOUNG / AFP/Asnida Riani)

Tak selalu formal, Michelle sempat tampil di kampung halamannya, Chicago, dengan atasan sequin off-shoulder putih. Ia memadukannya dengan bawahan putih dan sepatu pump berwarna pink saat hadir bersama Oprah di United Center.

Mengharu Biru

Michelle Obama mempromosikan buku terbarunya Becoming di Whitney M. Young Magnet High School, Chicago, Amerika Serikat, 12 November 2018. (JIM YOUNG / AFP/Asnida Riani)

Michelle Obama mengawali tur buku perdana dengan berdiskusi di sekolahnya dulu, Whitney M. Young Magnet High School, Chicago, Amerika Serikat, pada 12 November 2018.

Saat bertemu dengan sejumlah siswa sekolah itu, ia mengenakan blazer semi kasual berwarna biru bergaris putih dengan dalaman dan bawahan berwarna senada. Ia menyempurnakan penampilan dengan anting-anting bulat besar dan sepatu suede pump abu-abu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tuduh Angel Lelga Selingkuh, Vicky Prasetyo Dobrak Kamar Sang Istri

Posted: 18 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Proses perceraian Vicky Prasetyo dan Angel Lelga hingga kini masih bergulir di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Berbagai drama pun terjadi antara keduanya.

Setelah dituding melakukan kekerasan dalam rumah tangga oleh keluarga Vicky Prasetyo, kini Angel Lelga dituduh berselingkuh.

Dilansir infotainment Selebrita Pagi, Vicky Prasetyo mengendus perselingkuhan sang istri dengan memantau Angel Lelga melalui sistem GPS.

Vicky Prasetyo pun mendatangi rumah Angel Lelga pada Minggu (18/11/2018) malam di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Ia pun mendobrak pintu kamar Angel.

Lompat Pagar

Vicky Prasetyo (Foto: YouTube)

Ditemani Pak RT dan warga setempat, Vicky Prasetyo nekat melompati pagar rumah Angel Lelga. Vicky ingin menangkap basah sang istri dengan pria yang diduga berada di rumah tersebut.

Dalam video yang diunggah di laman YouTube, Vicky Prasetyo menangis sambil berteriak, "Gue nikahin elo pakai surat, Angel."

Sementara, yang lain ikut berteriak bahwa memang ada laki-laki lain dalam rumah Angel Lelga.

Ajak ke Kantor Polisi

Angel Lelga (Foto: Vicky Prasetyo)

Seorang laki-laki mempertanyakan perilaku Angel Lelga sebagai calon anggota dewan. Tak terima dengan kehadiran Vicky Prasetyo dan lainnya, Angel pun tak keluar dari kamarnya.

"Kita ke kantor polisi saja," ujar Angel Lelga dari dalam kamar.

Tunjukkan Surat Nikah

Vicky Prasetyo (Foto: Instagram)

Vicky Prasetyo yang terlihat emosi, mengeluarkan surat nikah dirinya dengan Angel Lelga.

Menangis, Vicky memperlihatkan surat nikahnya, "Lihat surat nikah saya. Masih ada tercatat."

"Angel, jadi istri apa kamu, kelakuan kamu kayak gitu Angel?" tambah Vicky.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orang yang Sering Masuk Angin Tanda Kurang Makan Daging?

Posted: 18 Nov 2018 09:00 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta Individu yang kekurangan sumber protein rentan terhadap stres dan masalah kesehatan lainnya. Di Amerika, Kepala Konsultan Nutrisi di Kansas City sekaligus pemilik Active Eating Adviceif, Leslie Bonci, mengungkapkan, orang-orang yang memilih vegan adalah yang paling sering mengalaminya. 

Bagaimana dengan yang vegetarian? Leslie, mengatakan, pola makan vegetarian masih boleh minum susu atau telur, sehingga kecil kemungkinan berhadapan dengan risiko tersebut. 

Menurut Leslie, satu cangkir susu sapi mengandung sekitar 8,5 gram protein. Sedangkan susu almond yang dikonsumsi orang vegan, hanya 1 gram saja. 

Berikut lima masalah kesehatan yang rentan dialami orang vegan lantaran tidak mengonsumsi protein dengan jumlah yang cukup, seperti dikutip dari Health pada Senin, 19 November 2018.

 

1. Patah Tulang

Tulang Anda membutuhkan lebih dari sekadar kalsium yang sehat. Mereka juga membutuhkan cukup banyak protein. Itu adalah kesimpulan dari kajian penelitian 2018 dari beberapa yayasan osteoporosis terkemuka di dunia, yang menemukan bahwa mengonsumsi makanan kaya protein dapat membantu melindungi tulang Anda.

Ketika Anda tidak mendapatkan cukup protein untuk mengisi bahan bakar organ dan otak, tubuh akan meminjamnya dari area lain, termasuk penyimpanan di jaringan otot rangka Anda, kata Leslie. Tanpa dukungan jaringan otot rangka yang kuat, tulang kita lebih rentan terhadap cedera seperti patah tulang.

2. Rambut dan kuku Anda terlihat rapuh

Rambut dan kuku juga butuh asupan protein. Di dalam rambut yang lembut dan kuat, terdapat asupan protein yang bekerja maksimal agar mahkota wanita tersebut tidak cepat rusak. 

Kalau sampai kekurangan protein, rambut terasa kehilangan kilapnya, dan tidak setebal dulu. "Mungkin juga mulai terbelah," ujar Leslie. 

Setelah beberapa bulan tidak mengonsumsi cukup protein, Anda mungkin juga mengalami kerontokan rambut, menurut American Academy of Dermatology. Sebagian karena tubuh menutup pertumbuhan rambut untuk melestarikan penyimpanan proteinnya.

 

Badan Jadi Kendur

"Biasanya, jika orang tidak mendapatkan cukup protein, tubuh mereka akan memecah otot untuk mendapatkan lebih banyak dari itu," kata Leslie. "Dan jika mereka kehilangan otot, mereka juga berpegang pada dinding lemak, sehingga komposisi tubuh mereka bisa berubah dengan cara yang merugikan."

4. Anda merasa lelah

Anda mungkin tidak akan langsung merasa lelah, tetapi seiring berjalannya waktu, orang-orang yang tidak mengonsumsi cukup protein mungkin merasa lebih lelah atau lamban daripada biasanya, kata Leslie.

Dia menambahkan bahwa protein adalah komponen hemoglobin, yang ada dalam sel darah merah dan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Dan kadar oksigen yang terlalu rendah dapat menyebabkan kelemahan atau sesak napas.

5. Anda selalu masuk angin

Protein adalah salah satu blok bangunan antibodi, yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan bakteri dan virus, kata Leslie. "Jika Anda tidak memiliki cukup protein, Anda bisa memiliki sistem kekebalan yang lemah dan mungkin lebih sering sakit daripada orang lain," kata dia menambahkan.

Penulis : Adnan Dika

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mudah Mematikan Auto-Correct di Keyboard Android

Posted: 18 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Auto-correct merupakan salah satu fitur menarik di Google Keyboard. Dengan fitur ini, kesalahan mengetik dapat diperbaiki dan diminimalisir.

Pada kenyataannya, tidak semua kata-kata yang diketik harus diperbaiki, bukan?

Apalagi, jika kita terbiasa mengetik kata-kata yang sudah disingkat, misalnya, 'yg' untuk 'yang', 'kpn' untuk 'kapan', dan sebagainya.

Untungnya, auto-correct bisa dimatikan. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut ini cara mematikan auto-correct di Google Keyboard di Android, yang kami himpun dari Phone Arena, Senin (19/11/2018).

Jika kamu memiliki perangkat Android Stock (seperti Google Pixel) atau juga smartphone dengan antarmuka Android One, pergi ke Settings -> Language & Input -> Google Keyboard.

Di sana, kamu akan menemukan submenu Text Correction. Di sub-menu inilah kamu dapat mematikan auto-correct hanya dengan sekali tap.

Panduan untuk Perangkat Non Android Stock

Samsung Galaxy Note 9 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Nah, jika kamu tidak memiliki perangkat Android Stock, kamu perlu terlebih dahulu mencari Google Keyboard dengan asumsi Google Keyboard terpasang di smartphone, lalu membukanya.

Kamu akan melihat submenu Text correction tersebut di atas, dan setelah mengaksesnya, kamu bisa mematikan auto-correct dengan satu kali tap.

Apabila sewaktu-waktu kamu membutuhkannya lagi, kamu dapat mengaktifkannya kapan pun.

Bagi kamu yang tidak memiliki Google Keyboard, tetapi ingin mencobanya, kamu dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis dari Google Play.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Ambil Untung Tekan Rupiah

Posted: 18 Nov 2018 08:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serika (AS) bergerak melemah pada perdagangan hari ini. Pelemahan tersebut wajar karena ada aksi ambil untung.

Mengutip Bloomberg, Senin (19/11/2018), rupiah dibuka di angka 14.454 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah melemah ke angka 14.614 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah diperdagangkan di kisaran 14.545 per dolar AS hingga 14.616 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 7,81 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.586 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.594 per dolar AS.

Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, laju rupiah sedikit tertahan setelah pergerakannya cenderung menguat pada pekan lalu.

"Pelemahan rupiah relatif wajar, sebagian pelaku pasar mengambil posisi ambil untung," katanya dikutip dari Antara.

Kendati demikian, menurut dia, pelemahan rupiah cenderung terbatas karena cukup maraknya sentimen positif dari dalam negeri, di antaranya kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia menjadi enam persen dimana bertujuan untuk menyelamatkan defisit transaksi berjalan.

Selain itu, ia menambahkan, Paket Kebijakan Ekonomi ke-16 oleh Pemerintah yang di antaranya berisikan perluasan industri yang mendapatkan fasilitas tax holiday turut menjadi sentimen positif bagi rupiah.

"Pelaku pasar akan merespons positif kebijakan itu karena nantinya diasumsikan dapat mendorong sejumlah industri berkembang yang pada akhirnya dapat meningkatkan investasi dan perolehan pajak sehingga pertumbuhan ekonomi dapat meningkat," katanya.

Ia memproyeksikan, kurs rupiah akan bergerak di kisaran 14.595 per dolar AS hingga 14.615 per dolar AS. Diharapkan kembali bergerak ke area positif seiring masih adanya sejumlah sentimen positif dari dalam negeri.

BI Yakin Rupiah Bakal Terus Menguat

Petugas Bank tengah menghitung uang rupiah di Bank BRI Syariah, Jakarta, Selasa (28/2). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah tipis pada perdagangan Selasa pekan ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menunjukkan tren positif beberapa waktu ini. Bahkan rupiah berhasil menguat dan meninggalkan level Rp 15.000 per USD.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengaku optimistis nilai tukar rupiah hingga akhir tahun masih akan mengalami penguatan. Hal ini dorong faktor pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan masih akan tumbuh dan inflasi yang terkendali.

"Bicara nilai tukar dari data domestik yang positif, CAD kita lemah, tapi jangan lihat rentang ke belakang, (tapi) ke depan. Bank sentral kemampuan melihat ke depan untuk tentukan kebijakan," kata Dody dalam acara Pelatihan Wartawan Ekonomi Nasional, di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (17/11/2018).

Dody menyebut pergerakan rupiah yang tidak lagi melemah ini karena memang sudah undervalued  (lebih rendah dari nilai sebenarnya). Sehingga penguatan ini diyakini akan terus berlanjut.

"Rupiah masih undervalued (terlalu murah). Namun masih cukup kompetitif untuk perdagangan," imbuhnya.

Dody mengatakan, penguatan terhadap mata uang Garuda ini juga ditopang oleh faktor internal dan eksternal. Dari dalam negeri misalnya, sejumlah kebijakan untuk memperkuat rupiah telah ditempuh, salah satunya keputusan BI yang kembali menaikan BI 7- Day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 6,00 persen.

Sementara, dari sisi globalnya, lanjut Dody pertemuan antara Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang dijadwalkan pada akhir tahun nanti akan berdampak positif.

Terutama untuk meredam perang dagang antar kedua negara tersebut, sehingga momen itu diharapkan bisa membuat ketenangan di pasar keuangan.

"Feeling saya positif dengan pertemuan Presiden AS dan Presiden China. ini akan menenangkan pasar keuangan," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dufi Pria Tewas di Drum Pamit Kerja Sebelum Jasadnya Ditemukan

Posted: 18 Nov 2018 08:53 PM PST

Liputan6.com,Tangerang - Abdullah Fithri Setiawan atau Dufi korban pembunuhan yang ditemukan dalam drum sempat pamit kerja kepada istrinya, Bayu Yuniarti Hendriani, dan anak-anaknya. Saat itu, Jumat 16 November 2018 pagi.

Dia berangkat kerja dengan mengendarai mobil pribadi. Menurut Ketua RT lingkungan Dufi tinggal Ikhsan, Dufi selalu menitipkan mobilnya di Stasiun Rawa Buntu, Serpong Kota Tangsel.

"Namun, saat dicari polisi, di Stasiun Rawa Buntu, mobilnya belum ketemu," ujar Ikhsan, Ketua RT 02/06, Kluster TGS Catalina, Blok AB 3, Kelurahan Medang, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Senin (19/11/2018).

Di hari kepergian Dufi, handphonenya tidak bisa dihubungi. Barulah pada Minggu siang, polisi dari Polsek Klapa Nunggal, Kabupaten Bogor memberikan kabar duka tersebut.

Sementara, menurut Anita, Staf Ahli TVRI, Dufi pada hari Rabu (14/11/2018) sempat menghadiri Rakornas TVRI di Gunung Geulis Bogor. Namun, Anita maupun karyawan lain tidak mengetahui adanya gelagat aneh.

 

Tak Ada yang Aneh

"Tidak ada yang aneh, seperti biasa dia datang. Ngobrol, pemaparan, becanda dengan yang lain," ujar Anita.

Dufi merupakan sales marketing di TV Muhammadiyah. Ia juga menjadi marketing lepas di TVRI.

Anita pun berharap pelaku yang membunuh temannya itu bisa secepatnya ditangkap. Sehingga baik keluarga atau teman korban bisa tenang dan mengetahui penyebab pasti kematiannya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legenda Arsenal Yakin Fred Bersinar di MU

Posted: 18 Nov 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Gilberto Silva ikut bicara soal penampilan tak maksimal Fred bersama MU musim ini. Legenda Arsenal itu menganggap Fred hanya butuh waktu adaptasi sebelum mengeluarkan performa terbaiknya.

Fred merupakan salah satu pemain yang dibeli MU pada bursa transfer musim panas kemarin. Demi memboyongnya dari Shakhtar United, MU harus menggelontorkan uang sebesar 50 juta poundsterling.

Sayangnya Fred belum menunjukkan kualitasnya. Ia baru bermain dalam sembilan laga di semua kompetisi dan mencetak satu gol.

"Fred seseorang dengan karakter yang kuat. Dia telah menunjukkannya pada masa lalu," kata Silva seperti dilansir Manchester Evening News.

"Ada perbedaan besar hidup di Brasil dan di Ukraina dan Fred beradaptasi dengan baik selama di sana. Jadi saya pikir Fred akan melakukan hal yang sama di MU," ujarnya menambahkan.

 

 

Sudah Lama Ingin Pindah

Fred (kanan) saat dijegal rekannya Casemiro pada sesi latihan di lapangan latihan Tottenham Hotspur football club, Inggris, (7/6/2018). Fred mengalami masalah di engkel kaki. (AP/Matt Dunham)

Menariknya, Silva sendiri punya hubungan yang baik dengan Fred. Ia sering berkomunikasi dengan pemain asal Brasil tersebut.

"Pindah ke Inggris merupakan keinginannya sejak lama. Dia sudah sering menyampaikan hal itu," ujar Silva.

"Menurut pengalaman saya pindah ke sepak bola Inggris butuh waktu untuk terbiasa. Fred juga harus menyesuaikan lagi dengan gaya bermain di MU," katanya menambahkan.

Kerja Keras

Ekspresi pemain Brasil, Fred (kanan) yang kesakitan setelah di jegal Casemiro pada sesi latihan di lapangan latihan Tottenham Hotspur football club, Inggris, (7/6/2018). Fred mengalami masalah di engkel kaki. (AP/Matt Dunham)

MU saat ini berada di posisi kedelapan klasemen Liga Inggris. Dan Silva percaya Fred akan mengangkat performa Setan Merah.

"Saya mengenalnya dengan akrab. Dia bilang akan bekerja keras untuk bisa sukses bersama MU," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ujian SKD CPNS Mahkamah Agung RI di Manado Diulang

Posted: 18 Nov 2018 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 (CPNS 2018) Mahkamah Agung untuk wilayah Manado, Sulawesi Utara diulang.

Pelaksanaan ulang SKD CPNS 2018 Mahkamah Agung ini untuk memberikan perlakuan yang adil bagi peserta yang bersangkutan.

Keputusan ini tertuang dalam Pengumuman Panitia Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2018 Nomor: 10/Pansel-CPNS/MA/11/2018.

Lantas apa alasan diselenggarakan pelaksanaan ulang SKD ini?. Dikutip dari Surat Pengumuman tersebut, Senin (19/11/2018), pelaksanaan SKD CPNS 2018 Mahkamah Agung diulang karena ditemukannya beberapa soal SKD yang tidak lengkap pada saat pelaksanaan SKD CPNS di titik lokasi tes SMK Negeri 2 Manado.

Dalam surat tersebut juga disebutkan ada sebanyak 445 peserta SKD CPNS 2018 Mahkamah Agung yang dipastikan akan melaksanakan ujian ulang. Untuk melihat daftar peserta SKD CPNS Mahkamah Agung Tahun 2018 dapat dilihat di sini 

 

Ketentuan ujian SKD ulang

Peserta menunggu tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Gedung Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (26/10). Tes SKD CPNS untuk sesi pertama molor di sejumlah tempat. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Dalam ketentuan ujian SKD ulang tersebut, disebutkan bahwa nilai SKD yang digunakan sebagai dasar penetapan akhir adalah hasil SKD yang terakhir dilaksanakan. Jika SKD semula hasilnya lebih tinggi, maka yang digunakan adalah hasil SKD yang terakhir dilaksanakan.

Ujian SKD ulang tersebut akan dilaksanakan mulai hari ini, tanggal 18 November 2018 pada Sesi V sampai dengan 19 November 2018 pada Sesi I dan II bertempat di Kantor Regional XI BKN Manado, Jl. A.A Maramis Kel. Paniki Bawah Kec. Mapanget Kota Manado.

Dalam surat tersebut, ditegaskan bahwa pelamar yang tidak mengikuti SKD ulang pada waktu yang telah ditentukan dengan alasan apapun, tidak diberikan kesempatan kembali, dan nilai yang digunakan sebagai dasar penetapan akhir adalah nilai SKD sebelumnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis SCTV Sinetron Satu Atap 3 Cinta Episode Senin 19 November 2018: Mina Sedih Dibentak Gaza

Posted: 18 Nov 2018 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di episode Satu Atap 3 Cinta, Senin sore ini, tidak disangka, saat Gaza, Mina dan Sonia di restoran Jepang, ternyata  Dita dan Maminya juga datang ke sana. Dita kaget banget melihat Gaza bersama perempuan lain, yang disebut-sebut bernama Michelle. Apalagi Sonia membangga-banggakan Michelle sebagai calon istri Gaza.

Dita pun lari pergi dari sana. Gaza stress karena hubungannya dan Dita jadi berantakan. Setelah Sonia pergi, Gaza yang kesal, jadi refleks membentak Mina, bahkan mengancam akan membentak Mina. Alhasil, Mina merasa sedih dan marah karena Gaza suka membentak dirinya, padahal Mina sudah berusaha membantu Gaza.

Di Satu Atap 3 Cinta kali ini juga, Mina pun mengundurkan diri dan lari pergi meninggalkan Gaza. Maka, Gaza jadi merasa bersalah pada Mina. Gaza mencoba meluruskan masalahnya dengan Dita. Untunglah akhirnya Dita percaya.

Bagaimana kelanjutkan Satu Atap 3 Cinta kali ini?

 

Pulang ke Majalengka

Adegan sinetron Satu Atap 3 Cinta (Tobali Putra Productions)

Mina mendapatkan telepon dari tetangganya, Bu Susi. Di ujung telepon Bu Susi berkata bapaknya Mina sakit. Mina pun memutuskan pulang ke Majalengka. Gaza pulang ke rumah. Dia kaget waktu tahu Mina belum pulang juga. Gaza jadi makin bersalah pada Mina.

Sementara itu Diron coba menghubungi Mina, tapi HP Mina tidak aktif. Ternyata Mina sudah menggadaikan ponselnya karena dia butuh uang untuk membeli obat bapaknya. Semuanya pun bingung d imana Mina berada.

Menyusul Mina

Adegan sinetron Satu Atap 3 Cinta (Tobali Putra Productions)

Di kampung, Mina dengan telaten merawat ayahnya. Tiba-tiba Ayah Mina penyakitnya makin parah dan harus masuk rumah sakit! Diron yang tidak bisa tidur memikirkan Mina akhirnya memutuskan untuk menyusul Mina ke kampungnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Tata Cara Salat Tahajud

Posted: 18 Nov 2018 08:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Salat tahajud merupakan salat yang dikerjakan pada malam hari. Salat ini dilakukan dalam kurun waktu setelah Isya dan sebelum masuk Subuh. Salat ini juga biasa disebut qiyamulail.

Salat tahajud merupakan amalan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Sayangnya, kebanyakan orang kurang melirik salat tahajud ini karena waktu pelaksaannya di saat waktu beristirahat.

Selain itu, sebagian juga ada yang tidak tahu tata cara pengerjaan salat tahajud ini. Padahal, tata cara salat tahajud sama seperti salat pada umumnya, hanya niat dan waktu pengerjaannya saja yang membedakan, serta salat ini dilakukan setelah tidur.

Ada beberapa waktu yang perlu diperhatikan ketika mengerjakan salat tahajud, yaitu setelah Isya sampai pukul 22.00 WIB, kemudian pukul 22.00 sampai 01.00 WIB, dan pada pukul 01.00 sampai menjelang waktu Subuh.

Meski waktu pengerjaan salat tahajud tersebut cukup panjang, ada waktu-waktu istimewa untuk melaksanakannya, yaitu pada sepertiga malam terakhir.

Sepertiga malam terakhir berarti lepas tengah malam atau pukul 01.00 WIB dinihari hingga masuknya waktu Subuh. Sebab, waktu sepertiga malam itu disebut-sebut saat dimana para malaikat turun ke bumi.

Dikutip dari berbagai sumber, waktu-waktu tersebut merupakan saat yang paling tepat untuk salat tahajud. Dimana, Allah SWT mendengarkan doa setiap hambanya dan akan mengabulkan setiap permintaan makhluk-Nya. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Rabb kita tabaraka wa ta'ala turun ke langit dunia setiap sepertiga malam akhir. Ia (Allah) lalu berkata:

"Barangsiapa yang berdoa, akan Aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri, siapa yang memohon ampun kepada-Ku, akan Aku ampuni. Hingga terbit fajar." (HR.Bukhari 1145, Muslim 758)

Artinya, pada waktu itu rahmat Allah turun. Sehingga barang siapa berdoa akan dikabulkan, barang siapa meminta akan diberikan, dan barang siapa memohon ampun akan diampuni oleh Allah, termasuk saat kita melakukan salat tahajud.

 

Niat dan Doa Salat Tahajud

Ilustrasi salat gerhana bulan total 28 Juli 2018. (Foto: Pexels.com)

Mengenai tata cara salat tahajud, salat sunnah ini dikerjakan dua rakaat dengan jumlah rakaat tak terbatas. Meski begitu, menurut hadits HR Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW tidak pernah mengerjakan salat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat (jumlah rakaat dengan witir). Jadi tak ada salahnya jika kita mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW.

Jika ingin melakukan 13 rakaat salah tahajud, maka dapat dilakukan salat dua rakaat sebanyak empat kali dan tiga rakaat merupakan salat witir.

Atau bisa juga salat tahajud dua rakaat sebanyak lima kali dan satu rakaat salat witir. Salat witir adalah salat sunnah dengan jumlah rakaat ganjil yang dikerjakan untuk menutup ibadah salat sunnah yang dikerjakan hari itu.

Berikut lafadz salat tahajud:

Niat Salat Tahajud. (Dream.co.id)

 

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'aalaa.

Artinya:"Aku niat salat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Taala."

Setelah membaca niat salat tahajud, lakukan salat dua rakaat dengan dua kali sujud dan satu kali salam. Sedangkan mengenai bacaan salat tahajud, sebenarnya tidak ada kewajiban untuk membaca doa tertentu. Namun, jika merujuk kebiasaan Rasulullah SAW, inilah doa yang dibacanya.

Doa Salat Tahajud. (Merdeka.com)

 

Artinya:" Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya, bagi-mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya, bagi-Mu sehala puny, Engkau Tuha yang menguasai langit dan bumi serta seisinya, bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-Nya, bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, surga adalah benar, neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (daru-Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakkal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali, dengan pertolongan-Mu aku berdebat (dengan orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum. Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang haq disembah kecuali Engkau."

Sama halnya seperti salat wajib, salat sunnah tahajud juga bisa diiringi dengan amalan ibadah lainnya. Di antaranya bisa dilanjutkan dengan membaca Al Quran atau bisa juga diiringi dengan membaca dzikir dan amalan salat sunnah yang lain.

Bagi yang ingin mengerjakan salat witir dengan satu rakaat saja, bacaan niat salat ini bisa dihafalkan.

Ushallii sunnatal witri rok 'atan (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'alaa.

Artinya:

"Saya niat salat witir satu rakaat (menghadap qiblat) karena Allah ta'alaa.

Namun jika ingin salat witir dengan tiga rakaat yang diikuti dengan 1 kali salam, berikut niatnya:

Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aatin (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'alaa.

Artinya :

"Saya berniat shalat witir tiga rakaat (menghadap kiblat) karena Allah ta'alaa".

 

Keistimewaan Salat Tahajud

Ilustrasi salat | Via: mychaya.com

Tahajud merupakan salah satu salat sunnah yang dianjurkan dalam ajaran Islam. Sebab, waktu sepertiga malam adalah saat dimana Allah SWT akan mengabulkan setiap doa hambanya.

Selain itu, banyak sekali manfaat yang didapatkan dari salat tahajud ini, salah satunya dapat menyembuhkan penyakit.

Penyakit itu di antaranya adalah mengobati diabetes, mencegah pembengkakan jantung, mencegah hipertensi dan hipetensi, dapat mengontrol emosi, dan kemotrapi kanker tanpa ada efek samping. Hal itu bisa didapatkan ketika kita rutin melakukan salat sunnah tahajud tersebut.

Dalam sejumlah hadist shahih juga disebutkan berbagai keistimewaannya. Salat tahajud memiliki banyak keitimewaan yang harus diketahui, di antaranya:

1. Dengan izin Allah, jika kamu melakukan salat tahajud doa-doau akan dikabulkan, terlebih jika kamu melakukannya di sepertiga malam terakhir.

2. Salat tahajud akam membawamu pada kedudukan terpuji, seperti tertulis dalam surat Al Isra ayat 79.

3. Selain meninggikan kedudukan di akhirat, salat tahajud juga akan membuat Allah memberikan kemuliaan dan kewibawaan di dunia untukmu.

4. Salat tahajud juga memiliki keitimewaan yang bisa menggugurkan dosa-dosa kecil dan mencegah seseorang dari perbuatan dosa.

5. Selain itu, bagi orang-orang yang mengamalkan salat tahajud akan dijaga kesehatannya dan djauhkan dari berbagai penyakit.

 

Reporter: Nihlah fauziyatul Wafa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertama dalam 25 Tahun Terakhir, KTT APEC 2018 Berakhir Tanpa Kesepakatan

Posted: 18 Nov 2018 08:34 PM PST

Liputan6.com, Port Moresby - Untuk pertama kalinya dalam 25 tahun terakhir, KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) berakhir tanpa kesepakatan bersama pada Minggu, 18 November 2018.

Kecuali China, sebanyak 21 pemimpin APEC pada pertemuan tahunan di Papua Nugini menyatakan kesepakatan terhadap masa depan baru perdagangan di Asia Pasifik.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menegaskan pada Minggu malam, bahwa perselisihan soal perdagangan sulit dikompromikan hingga mendekati tahap final KTT APEC.

"Ada perbedaan visi pada elemen tertentu," kata Trudeau, sebagaimana dikutip dari CNN pada Senin (19/11/2018).

Menurut seorang pejabat Amerika serikat (AS) yang terlibat dalam negosiasi terkait, China kemungkinan khawatir tentang garis spesifik tentang praktik perdagangan yang tidak adil.

Pejabat itu mengatakan garis yang paling "bermasalah" bagi China adalah: "Kami setuju untuk memerangi proteksionisme termasuk semua praktik perdagangan yang tidak adil."

"Mereka sepertinya berpikir bahwa 'praktik perdagangan yang tidak adil' adalah semacam kekeliruan," kata pejabat itu.

"Ini sedikit mengkhawatirkan bahwa tampaknya China tidak memiliki niat untuk mencapai konsensus," lanjutnya.

Perang perdagangan antara Washington dan Beijing berada di garis depan selama pidato oleh Presiden China Xi Jinping dan Wakil Presiden AS Mike Pence pada salah satu agenda APEC, Sabtu 17 November

Xi berbicara tentang perlunya kerjasama dan perdagangan global, dan mengatakan semua perbedaan dapat dijembatani "melalui konsultasi."

"Sejarah telah menunjukkan bahwa konfrontasi, baik dalam bentuk perang dingin, perang panas atau perang dagang, tidak akan menghasilkan pemenang," kata Xi disambut tepuk tangan.

Namun Pence mengatakan, Washington tidak akan meredakan perang dagang dengan Beijing hingga bisa "mengubah jalannya."

"China telah mengambil keuntungan dari Amerika Serikat selama bertahun-tahun dan masa-masa itu berakhir," kata Pence pada pertemuan di Port Moresby.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Pasang Surut Hubungan Dagang AS dan China

Presiden China Xi Jinping menyantap pancake buatannya bersama Presiden Rusia Vladimir Putin di sela acara Eastern Economic Forum di Vladivostok, Rusia, Selasa (11/9). (Sergei Bobylev/TASS News Agency Pool Photo via AP)

Pemerintahan Trump telah mengenakan tarif US$ 250 miliar untuk produk-produk China sejak bulan Juli. Tarif pada US$ 200 miliar barang-barang tersebut akan meningkat menjadi 25 persen dari 10 persen pada tanggal 1 Januari, yang selanjutnya berpotensi meningkatkan konflik.

China sejauh ini membalas dengan tarif US$ 110 miliar terhadap produk AS dan kemungkinan akan merespon dengan lebih banyak jika Washington melanjutkan dengan kenaikan pada awal Januari.

Sementara itu, Pence juga mengkritik China terkait pinjaman ke negara-negara berkembang di Pasifik dan sekitarnya.

"Syarat-syarat pinjaman tersebut seringkali tidak jelas. Proyek-proyek yang mereka dukung seringkali tidak berkelanjutan dan berkualitas buruk. Terlalu sering, mereka datang dengan tali terikat dan mengarah pada hutang yang mengejutkan ... jauh berbeda dengan Amerika Serikat (yang membantu) secara terbuka, adil. Kami tidak menawarkan sabuk yang mencekik atau jalan satu arah," katanya, menyindir insiatif One Belt One Road oleh pemerintah China.

Kementerian Luar Negeri China mengecam Pence terkait pernyataannya itu

"Saran kami untuk negara yang bersangkutan adalah bahwa alih-alih menunjuk pada orang lain, akan lebih baik untuk menyesuaikan perbuatannya dengan kata-katanya dan benar-benar memperlakukan semua negara, besar atau kecil, setara," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, dalam sebuah pernyataan.

"Tidak ada satu pun negara berkembang yang terperosok ke dalam kesulitan utang karena kerjasamanya dengan China. Sebaliknya, kerja sama mereka dengan Tiongkok telah membantu meningkatkan kapasitas mereka untuk pembangunan yang didorong oleh daya sendiri, dan meningkatkan penghidupan masyarakat setempat," lanjut Hua.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lepas dari Keroyokan, Ilham Malah Bunuh Diri

Posted: 18 Nov 2018 08:33 PM PST

Liputan6.com, Kebumen - Kamis, 15 November 2018, Polsek Kebumen Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah menangkap, seorang pemuda di desa Karangsari Kecamatan Kebumen. Pemuda bernama Ilham itu masuk ke rumah orang tanpa izin.

Siapapun tentu khawatir seseorang yang masuk ke rumah tanpa permisi itu berniat jahat. Itulah yang dirasakan oleh Purwanto ketika sekitar pukul 17.00 WIB, ada seseorang yang tak dikenalnya diam-diam menyelinap masuk rumah.

Segera saja, rumah Purwanto dipenuhi tetangga yang nyaris meledak emosinya. Beruntung, polisi mengetahui peristiwa ini dan segera menguasai keadaan.

Polisi menangkap Ilham karena khawatir ia akan dikeroyok massa yang saat itu telah berkumpul. Meski akhirnya Ilham dibebaskan karena tak ada bukti berniat jahat.

Memang, belakangan ini, tabiat Ilham memang semakin aneh. Saking anehnya, kadang dia masuk ke rumah orang, baik dikenal maupun tidak tanpa izin si pemilik rumah.

Tetapi, tentu tak ada yang menyangka, Ilham akan nekat bunuh diri. Pun dengan orang tua dan tetangga dekatnya di Desa Jemur Kecamatan Kebumen, Sulyati (54).

Ceritanya, Jumat (16/11/2018) sekitar pukul 15.00 WIB, Sulyati mengentas jamurannya. Rumah Sulyati berjejeran dengan rumah orang tua Ilham.

Awalnya, Sulyati melihat sepasang sandal yang diketahuinya merupakan milik Ilham. Lantaran curiga, ia membuka pintu yang ternyata tak dikunci.

Ia pun masuk dan melihat keadaan. Sesampai ruang tamu, ia kaget setengah mati ketika melihat Ilham bunuh diri tergantung di pasak tiang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Hasil Olah TKP

Polisi mengolah TKP peristiwa bunuh diri di Desa Jemur, Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (16/11/2018). (Liputan6.com/Polres Kebumen/Muhamad Ridlo)

Sulyati yang kaget pun akhirnya memanggil tetangga. Kasus ini langsung dilaporkan ke polisi.

Dari hasil olah TKP, polisi tidak menemukan tanda-tanda penganiayaan pada tubuh Ilham. Keterangan ini diperkuat oleh tim medis dari Puskesmas Kebumen 3 yang juga hadir ke tempat kejadian perkara atau TKP.

"Keterangan tim medis, yang bersangkutan diperkirakan meninggal karena kehabisan oksigen setelah terlilit tali," ucap Kasubbag Humas Polres Kebumen, AKP Suparno, Sabtu, 17 November 2018.

Temuan itu juga dikuatkan oleh tim medis Puskesmas yang turut memeriksa jenazah Ilham.

Di lokasi bunuh diri, polisi juga menyita barang bukti berupa kabel antena televisi. Kabel ini lah yang digunakan almarhum untuk gantung diri.

"Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Ilham mengidap gangguan jiwa," dia menerangkan.

Terkait peristiwa ini, Suparno mengimbau agar warga semakin memperhatikan keluarganya. Ia juga menyarankan agar orang yang mengalami gangguan jiwa segera dirawat atau diobati di rumah sakit jiwa atau dokter spesialis jiwa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cairkan Suasana Akhir Pekan Bersama Keluarga dengan Kejutan Rasa Berbeda

Posted: 18 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Akhir pekan tentu jadi waktu paling dinanti oleh setiap anggota keluarga setelah melewati rutinitas sepanjang minggu. Menikmati waktu berkualitas bersama seluruh anggota keluarga tentu jadi impian orangtua.

Menghabiskan waktu bersama suami dan anak di akhir pekan merupakan hal yang perlu dilakukan demi mempereat ikatan antara orangtua dan anak. Tak harus pergi ke luar kota atau liburan mewah, menghabiskan akhir pekan bersama keluarga dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana. Apa saja?

Berolahraga pagi

Mendengar kata weekend, yang ada di pikiran biasanya adalah istirahat sepanjang hari. Padahal, olahraga bersama keluarga selain menyehatkan diri sendiri juga seluruh anggota keluarga. Olahraga bersama keluarga amat bermanfaat membuat hubungan semakin berkualitas, membuat tubuh lebih fit, dan Anda pasti bisa bersenang-senang bersama keluarga.

Nonton film

Menonton film bareng keluarga tercinta adalah salah satu aktivitas menyenangkan. Aktivitas ini bisa dilakukan di rumah atau dengan pergi ke bioskop. Selain mengasyikkan, si kecil juga bisa belajar nilai-nilai kepada lingkungan sekitar, seperti taat antre saat membeli tiket, menjaga ketenangan saat menonton, dan merapikan bungkus makanan seusai menonton.

Memasak dan makan bersama

Dua kegiatan di atas paling asyik bila ditutup atau dilakukan sembari menikmati sajian Ibu. Ya, setelah berolahraga bisa ditutup dengan menikmati sarapan, atau menikmati makan siang atau malam yang dibuat ibu sambil menonton film favorit.

Proses memasak pun jadi lebih mengasyikkan bila melibatkan semua anggota keluarga. Dari situ bisa tercipta kehangatan komunikasi sewaktu menyiapkan bahan masakan. Tapi ingat, makanan akan disiapkan jangan terlalu rumit cara membuatnya, tapi rencanakan membuat hidangan dengan pembuatan simpel namun memberikan cita rasa, wah! Contohnya nasi goreng.

Bukan nasi goreng biasa, tapi nasi goreng yang memberikan kejutan rasa, seperti nasi goreng cabe hijau atau nasi goreng rendang. Bumbunya ribet? Tentu tidak kalau Anda pakai Royco Bumbu Siap Pakai Nasi Goreng.

Rocyo Bumbu Nasi Goreng Cabe Hijau dan Nasi Goreng Rendang.

Penyajiannya begitu mudah, cukup siapkan 400gr nasi putih, potongan ayam, potongan cabe hijau dan pelengkap seperti kerupuk dan bawang goreng untuk membuatnya makin nikmat.

Komposisi bumbu Royco Bumbu Siap Pakai pun sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia kebanyakan, membuat sajian ini menjadi favorit siapa saja. Satu bungkus Royco Bumbu Siap Pakai 17gr bisa disajikan untuk 3 - 4 porsi.

Dengan sensasi dua varian baru dari Royco Bumbu Siap Pakai, yaitu Nasi Goreng Cabai Hijau dan Nasi Goreng Rendang, Anda bisa selalu menghadirkan kejutan rasa di rumah. Jadi, akhir pekan selalu saja ada kejutan rasa baru untuk keluarga di rumah.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks CEO Juventus Selangkah Lagi Gabung Inter Milan

Posted: 18 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Milan - Bergabungnya Beppe Marotta ke Inter Milan sebagai direktur sepertinya tinggal menunggu waktu. Mantan CEO Juventus itu dikabarkan tengah berada di Tiongkok untuk bernegosiasi dengan pihak Inter Milan.

Seperti dilansir Football Italia, Marottta berada di Tiongkok untuk bertemu dengan Suning Group selaku pemilik Inter Milan. Beberapa figur yang dijadwalkan bertemu Marotta adalah sang pemiik, Zhang Jindong dan Steven Zhang yang merupakan Presiden Inter Milan.

Kabarnya, ketiga orang itu akan menegosiasikan nilai kontrak dan detail lain terkait penunjukkan Marotta sebagai direktur. Selain itu, Marotta juga ingin ada kejelasan pembagian peran dengan Direktur Olahraga Inter Milan, Piero Ausilio.

Marotta sebelumnya adalah CEO Juventus sejak 2011. Di bawah kepemimpinannya, Juventus berhasil memboyong sejumlah pemain bintang seperti Andrea Pirlo dan Arturo Vidal.

Marotta pula yang menunjuk Antonio Conte sebagai pelatih. Conte kemudian berhasil membawa Juventus hattrick juara Liga Italia dan dua Piala Super Eropa sebelum hengkang ke Chelsea.

 

Tolak Dua Klub Inggris

Arsenal tengah mencari CEO baru setelah Ivan Gazidis hengkang ke AC Milan (AP Photo / Alastair Grant)

Selain Inter Milan, Marotta diketahui juga ditaksir oleh dua klub Inggris, Arsenal dan Manchester United. Namun Marotta ternyata masih ingin berkarier di Italia.

Kedua klub tersebut terpikat kinerja Marotta di Juventus. Untuk Arsenal, mereka juga sedang mencari CEO baru setelah Ivan Gazidis hengkang ke AC Milan.

Ia pun secara terang-terangan punya kans bergabung dengan Inter Milan. "Saya akan tetap di Italia dan Inter adalah kemungkinan," kata Marotta.

Biodata Marotta

Nama: Giuseppe Marotta

Lahir: 25 Maret 1957

Kebangsaan: Italia

Karier CEO: Sampdoria (2004-2010), Juventus (2010 -2018)

Penghargaan: Radicchio d'Oro sebagai CEO terbaik di Liga Italia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Izin Frekuensi First Media dan Bolt Dicabut Jadi Sorotan

Posted: 18 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah yang diwakili oleh Kemkominfo memutuskan untuk mencabut izin penggunaan frekuensi radio 2.3GHz milik PT First Media Tbk dan PT Internux (operator penyedia layanan internet 4G Bolt).

Artikel dicabutnya izin penggunaan frekuensi milik kedua perusahaan tersebut menjadi perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com.

Selain itu, dua artikel lain yang juga menarik perhatian adalah tidak adanya unsur pidana ITE terkait kasus Baiq Nuril, dan komunitas penganut Bumi datar yang semakin pede.

Lebih lengkapnya, simak ketiga berita terpopuler berikut ini.

1. Kemkominfo Cabut Izin Frekuensi First Media dan Bolt

Bolt dan First Media menunggak bayar BHP frekuensi 2.3GHz selama dua tahun berturut-turut dengan nilai Rp 708 miliar (Screenshot laporan Kemkominfo)

Kementerian Komunikasi dan Infomatika (Kemkominfo) memutuskan mencabut izin penggunaan frekuensi radio 2.3GHz milik PT First Media Tbk dan PT Internux (selaku operator penyedia layanan internet 4G Bolt).

Tidak hanya kedua penyelenggara layanan di atas, Kemkominfo juga akan mencabut izin penggunaan pita frekuensi 2.3GHz yang dimiliki oleh PT Jasnita Telekomindo, perusahaan yang diketahui didirikan oleh Dirjen Aplikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan.

Pencabutan izin penggunaan pita frekuensi dilakukan lantaran ketiga perusahaan tersebut belum melunasi utang Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi 2.3GHz hingga akhir masa tenggat waktu pembayaran, yakni 17 November 2018.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Ahli UU ITE Kemkominfo: Tidak Ada Unsur Pidana di Kasus Baiq Nuril

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara seusai menyambangi gedung KPK di Jakarta, Rabu (3/10). Menkominfo Rudiantara menyatakan kehadirannya untuk berdiskusi dengan KPK terkait barang bukti elektronik. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Baiq Nuril dinyatakan bersalah karena menyebarkan rekaman bermuatan kesusilaan dan diputuskan Mahkamah Agung (MA) telah melanggar Pasal 27 ayat satu UU ITE.

Dalam hal ini Nuril terancam hukuman kurungan selama 6 bulan dan denda sebesar Rp 500 juta yang diganti dengan pidana tiga bulan penjara jika tidak bisa membayar denda. Putusan ini menuai kritik dan jadi bahan perbincangan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pun buka suara terkait kasus yang menjerat Nuril. Melalui akun Twitter @Kemkominfo, ahli UU ITE Kemkominfo menegaskan tidak ada unsur pidana ITE di kasus Ibu Nuril.

Baca selengkapnya di sini

3. Penganut Bumi Datar Tak Takut Diejek Orang

Ada beberapa cara sederhana untuk membuktikan bahwa bumi tidak datar. (Sumber Popular Science)

Komunitas penganut Bumi datar berkumpul dalam sebuah konferensi tahunan Bumi Datar bertajuk Flat Earth International 2018 Conference di Denver, Amerika Serikat.

Tidak main-main, saat pembukaan konferensi ini, sang MC Rick Hummer menegaskan agar para penganut Bumi datar tak takut diolok-olok dan diejak orang. Dia menyuruh para hadirin untuk mengulangi tiga kata.

"Saya tidak malu," kata Hummer, berseru kepada para penganut Bumi datar, seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari Denver Post, Minggu (18/11/2018).

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Christian Bautista Curhat soal Ciuman Pertamanya sebagai Suami Kat Ramnani

Posted: 18 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Denpasar - Sebagai pasangan kekasih, mungkin sudah tak terhitung berapa kecupan yang dilakukan oleh Christian Bautista dengan Kat Ramnani. Tapi ciuman yang mereka lakukan tepat setelah mengucap 'I do' di altar, ternyata memiliki keistimewaan tersendiri.

Setidaknya, hal inilah yang dirasakan oleh Christian Bautista.

Lewat Instagram pribadinya, pelantun "The Way You Look At Me" ini curhat mengenai apa yang ia rasakan saat mencium sang istri, usai pemberkatan pernikahan yang digelar pada Sabtu (17/11/2018) di Uluwatu, Bali tersebut.

"Ciuman pertama sebagai suami dan istri begitu magis," tutur pria 37 tahun ini dalam posting-an di Instagram pada Minggu (18/11/2018).

Dalam unggahan tersebut, Christian Bautista juga menyertakan foto ciumannya dengan Kat Ramnani di kapel tempat pernikahannya.

Momen Sekali Seumur Hidup

Pernikahan Christian Bautista dan Kat Ramnani (Instagram/ xtianbautista)

Sang penyanyi asal Filipina ini terlihat merengkuh punggung sang istri, dan Kat Ramnani memeluk leher Christian Bautista. Sementara di belakang mereka, keluarga dan sahabat yang hadir tampak menyaksikan momen ini dengan senyum di wajah mereka.

"Ini menjadi makin spesial karena keluarga dan teman terdekat ada bersama kami untuk menyaksikan dan merayakan momen sekali seumur hidup ini," kata Christian Bautista.

Di Bali dan Filipina

Christian Bautista dan Kat Ramnani [foto: instagram.com/katramnani]

Seperti diberitakan sebelumnya, upacara pernikahan Christian Bautista dan istri berlangsung sakral dan privat. Sejumlah keluarga dan teman penyanyi asal Filipina itu hadir menjadi saksi pernikahan mereka.

Sebelum menikah, Christian dan Kat telah melakukan pertunangan di Italia. Pesta pernikahan mereka akan digelar dua kali. Setelah di Bali, pesta pernikahan juga akan dilangsungkan di negara asal mereka, Filipina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: