Rabu, 14 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Penahanan Kota Ditolak, Kuasa Hukum Akan Bawa Bukti Ratna Sarumpaet Sakit

Posted: 14 Nov 2018 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pihak Polda Metro Jaya dua kali menolak permohonan tahanan kota bagi tersangka Ratna Sarumpaet. Meskipun, kuasa hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasrudin menilai kalau mantan anggota Pemenangan Prabowo-Sandiaga itu layak untuk diterima pengajuannya karena faktor usia.

Insank mengaku, besok akan kembali datangi Polda Metro Jaya untuk meminta penjelasan penyidik perihal penolakannya itu.

"Jumat ini kami akan mengambil langkah berikutnya terhadap penolakan pengajuan penahanan," kata Insank saat dihubungi di Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Menurutnya, ibu dari artis Atiqah Hasiholan itu berhak menerima penahan kota. Pasalnya, ia mengklaim memiliki bukti kalau kondisi Ratna Sarumpaet sedang tak sehat.

"Kami punya bukti dari dokter ibu Ratna Sarumpaet yang merawat setahun belakangan ini, jika Beliau memang mengalami kondisi yang tidak baik," tegasnya.

Kata Polda Metro

Sementara pihak Polda Metro Jaya membantah kondisi tersangka Ratna Sarumpaet lemah atau depresi. Pasalnya, polisi mempunyai dokter yang selalu memeriksa kesehatan narapidana di Rumah Tahanan (Rutan).

"Kan Polda punya dokter, punya poliklinik, punya Biddokkes ya. Jadi, kalau ada keluhan tahanan, semua tahanan pun dokter akan memeriksa. Seandainya perawatan kurang pun bisa kita rujuk ke Rumah Sakit Polri, Kramat Jati," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Markas Polda Metro Jaya.

Selain itu, kata Argo, penyidik menolak permohonan penahanan kota yang diajukan Ratna karena belum diperlukan. Pertimbangan faktor usia Ratna yang tua dan jaminan anaknya pun juga tak membuat penyidik mengabulkan permohonan tersebut.

"Ya intinya penyidik sudah menyampaikan kalau penyidik tidak mengabulkan sudah saya sampaikan tadi ya," ujarnya.

Pihaknya juga memastikan kesehatan mantan anggota Pemenangan Prabowo-Sandiaga itu dalam kondisi sehat.

"Normal ya, normal (kesehatan Ratna)," tandasnya.

Reporter: Ronald 

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Bank Bisa Seperti Dinosaurus Jika Tak Berinovasi

Posted: 14 Nov 2018 09:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menuturkan, agar para pelaku industri keuangan merangkul perubahan yang disebabkan disrupsi teknologi. Penolakan untuk beradaptasi dapat mengancam eksistensi bank itu sendiri.

Dia menuturkan, adaptabilitas ini perlu dimulai dari kepemimpinan yang memahami fenomema perubahan teknologi yang didorong oleh teknologi dan berubahnya landscape industri.

"Saya berharap bahwa seluruh perbankan, seluruh institusi, dan leadershipnya mampu memahami perubahan teknologi ini, perubahan yang di-drive oleh inovasi dan landscape industri yang berubah, sehingga mereka tidak mengalami nasib seperti dinosaurus di mana mereka tak berubah sehingga kemudian punah," ucap Sri Mulyani dalam pidatonya di Indonesia Banking Expo (IBEX) 2018, Kamis (15/11/2018) di Hotel Fairmont, Jakarta.

Ia menyadari, tantangan ini tidak mudah. Meskipun inklusi digital di dunia keuangan Indonesia telah meningkat dari 36 persen menjadi 48,9 persen berdasarkan data Bank Dunia, tetapi Sri menyebut Indonesia masih tertinggal dari India.

Hal ini dikhawatirkan memunculkan keadaan eksklusivitas di dunia finansial digital. Apalagi berdasarkan data tersebut 50 persen masyarakat Indonesia masih belum menikmati inovasi keuangan.

Meski begitu, Sri Mulyani tetap optimistis dan mengatakan pentingnya kemampuan adaptasi di dunia industri keuangan. Ini menurut dia sesuai dengan semangat pemerintahan saat ini yang tidak kaku menghadapi perubahan global.

"Perubahan adalah keniscahyaan. Tak bisa kita hindari. Yang menjadikan seseorang atau institusi berhasil menghadapi perubahan adalah yang memiliki adaptability yang kuat," ujar dia.

 

Sri Mulyani: Aset Penting Suatu Negara adalah Manusia

Menkeu Sri Mulyani (kiri) dan Menkominfo Rudiantara saat memberi keterangan terkait pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Bali, Senin (8/10). Hingga hari ini jumlah peserta yang mendaftar sudah mencapai 34 ribu orang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, peranan sumber daya manusia (SDM) sangat penting bagi pembangunan ekonomi Indonesia. Pemerintah pun mengalokasikan 20 persen anggaran tahun ini untuk meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan.

"Aset yang paling penting dari negara adalah manusia. Dan kualitas manusia harus jadi pusat perhatian kita. Untuk Indonesia sesudah reformasi, kita punya komitmen 20 persen anggaran negara kita untuk pendidikan. Artinya, tahun ini kita habiskan Rp 440 triliun untuk pendidikan saja," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Selasa 13 November 2018.

Dia mengatakan, sebagian dari dana tersebut dipakai untuk dana abadi pendidikan dalam bentuk pemberian beasiswa terhadap anak bangsa yang memiliki kemauan untuk menempuh pendidikan di universitas ternama luar negeri. Hingga 2018, pemerintah telah mengirimkan sebanyak 18.000 pelajar ke luar negeri.

"Sebagian dialokasikan untuk dana yang sifatnya dana abadi pendidikan. Yang dipakai untuk bayar beasiswa mahasiswa kita untuk bisa sekolah di universitas terbaik dunia. Sudah lebih dari 18.000 yang kita kirim, lebih dari 7.000 yang sudah selesai dan 9.000 yang on going," jelas dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, pemerintah masih akan terus fokus membenahi kualitas SDM Indonesia. Presiden Jokowi sendiri meminta memperkuat pengelola pendidikan termasuk penelitian bagi universitas maupun institusi pemerintahan.

"Kita juga lakukan untuk institusi yang penting, karena kalau kualitas SDM di institusi tidak mengalami perkembangan yang cepat, maka mereka akan bisa jadi faktor penghalang kemajuan Indonesia. Oleh karena itu, institusi di Indonesia, baik pemda, Polri, dan sebagainya itu juga jadi target beasiswa kita selain universitas," ucap Sri Mulyani.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Natal-Tahun Baru, Satgas Pangan Pantau Harga Sembako dan BBM

Posted: 14 Nov 2018 09:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Satgas Pangan Polri memantau stabilitas harga kebutuhan pokok dan Bahan Bakar Minyak (BBM) menjelang perayaan hari Natal dan Tahun Baru 2019. Mereka memastikan bahwa stok sembako masih cukup.

"Dalam stabilisasi harga pangan itu adalah ketersediaan pangan maupun BBM dan gas," kata Kabareskrim sekaligus Kasatgas Pangan Komjen Arief Sulistyanto di Gedung Bareskrim Polri Jakarta Pusat, Kamis (15/11/2018).

Dia meminta agar jajarannya juga memastikan kelancaran distribusi pangan dan BBM ke daerah-daerah di Indonesia jelang Natal dan Tahun Baru.

Arief juga menuturkan pihaknya akan berkoordinasi dengan Bulog dan pihak distributor untuk mencegah gejolak harga di masyarakat.

"Biasanya terjadi gejolak di masyarakat ketika terjadi dua hal kenaikan harga dan kelangkaan. Kalau ketersediaan tidak akan ada kelangkaan karena kelangkaan akan menyebabkan kelangkaan. Ini yang tidak kita inginkan. Tiga itu yang akan menjadi fokus satgas pangan," terang Arief.

Agar Masyakarat Tak Resah

Arief berharap, dengan adanya persiapan ini masyarakat tak diresahkan lagi dengan mahalnya sembako dan BBM menjelang Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, dia menegaskan akan menindak tegas pihak-pihak yang melakukan penyimpangan.

"Apabila ada penyimpangan pasti dilakukan penindakan. Contohnya BBM subsidi dan BBM industri harganya kan berbeda. Penyimpangan itu lah yang akan kita temukan, jangan sampai BBM subsidi digunakan untuk industri," ucap Arief.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: Tumpukan Kerupuk pun Tak Berantakan di TKP Pembunuhan Bekasi

Posted: 14 Nov 2018 09:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tim Inafis Polda Metro Jaya telah menyelidiki lokasi tewasnya satu keluarga yang dibunuh di Jalan Bojong Nangka 2, RT 002 RW 07, Kelurahan Jatirahayu, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat. Hasilnya, tim tak menemukannya tanda-tanda kerusakan pada rumah tersebut.

"Hasilnya tidak ada kerusakan. Bersih. Tumpukan kerupuk pun tidak berantakan. Semua rapi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Kamis (15/11/2018).

Dari kasus itu, Argo menyebutkan, sudah 12 orang menjalani pemeriksaan.

"Kemarin 12 (orang saksi), kemudian kita tambah nanti berapa orang kita lihat nanti. Meminta keterangan pemilik kos, yang kos atau saksi yang lain," katanya.

Lebih lanjut Argo menegaskan, saat ini tim gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Bekasi Kota, dan Polsek Pondok Gede masih mengejar pelaku. Argo pun tak tahu berapa jumlah pelaku dalam peristiwa itu.

"Itu teknis kepolisian, nanti kita tunggu," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Bentuk Tim Gabungan

Sementara itu, pihak kepolisian telah membentuk tim gabungan untuk menguak kasus pembunuhan tersebut.

"Kami telah membentuk tim gabungan untuk melakukan penyelidikan secara maraton, agar kejadian pembunuhan ini segera terungkap," kata Wakil Kepala Resor Metro Bekasi Kota AKBP Eka Mulyana.

Menurut dia, kasus pembunuhan ini telah mendapatkan perhatian khusus Polri serta masyarakat luas, sehingga penyelidikannya pun butuh percepatan penyelesaian. Pihaknya pun masih memeriksa tujuh saksi yang sudah dilakukan sejak hari pertama kejadian.

"Anggota masih berada di lapangan, memeriksa dan menggali lagi keterangan dari para saksi," katanya.

Hanya saja saat dimintai detail seputar saksi, Eka enggan menyebutkannya. Menurut dia, sejumlah saksi yang dimintai keterangan antara lain Feby (35), yang tinggal di kontrakan korban, Aris Susanto (35), dan Sulistiyanti (46).

"Siapa-siapa saksi yang sudah dimintai keterangan, tidak bisa saya rinci karena saya belum dapat detail laporan dari personel yang masih di lapangan," katanya.

 

Reporter: Ronald

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Biasa, Kate Middleton Berbalut Busana Pink Hadiri Pesta Ultah Pangeran Charles

Posted: 14 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pesta ulang tahun Pangeran Charles ke-70 yang digelar pada Rabu malam, 14 November 2018, digelar di Istana Buckhingham. Ratu Elizabeth menjadi tuan rumah pesta yang dihadiri oleh anak cucunya, termasuk Kate Middleton.

Perempuan berusia 36 tahun tersebut hadir mengendarai mobil yang disetiri langsung sang suami, Pangeran William. Namun, yang menarik perhatian adalah pakaian yang dikenakan Kate malam itu.

Dilansir dari laman Hellomagazine.ca, dari bangku penumpang, ibu tiga anak itu terlihat menggunakan gaun one shoulder bernuansa pink. Ada detail ruffle di pundaknya. Warna itu sangat jarang dikenakan Kate dalam acara formal.

Ia menyempurnakan penampilannya dengan menyanggul rambutnya dan menyematkan sepasang anting chandelier yang pernah dikenakannya pada BAFTA 2017. Sementara, ia tetap menjaga riasan yang dikenakan tetap fresh dengan sapuan blush on warna peach pada tulang pipinya.

Sebelum mendatangi pesta, pasangan Kate dan William terlihat mengunjungi South Yorkshire untuk membuka Pusat Teknologi Composite terbaru milik McLaren Automotive. Lalu, mereka berpindah ke Centrepoint hotel yang berlokasi di Barnsley.

Saat menghadiri kedua acara itu, Kate kembali mengenakan mantel biru bertali berwarna biru kebesarannya yang didesain Eponine London. Ia juga mengenakan sepatu pump Jummy Choo biru navy dan membawa clutch bag Smythson.

Dalam pesta ulang tahun Charles, Ratu Elizabeth sempat berucap bahwa dia mendapat kesempatan berharga bisa menyaksikan putra tertuanya menginjak umur 70 tahun. Ia memuji putranya sebagai seorang ayah yang baik, dan pejuang konservasi lingkungan dan seni.

"Most of all, sustained by his wife Camilla, he is his own man, passionate and creative. (Yang terpenting, didukung istrimu, Camilla, dia adalah seorang lelaki yang bersemangat dan kreatif)," ujar Ratu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pangeran Louis digendong oleh ibunya, Kate Middleton, di taman Clarence House usai pembaptisannya. (Twitter @KensingtonRoyal)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puyol Ingin Barcelona Tolong Dembele

Posted: 14 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Carles Puyol turut bersuara soal polemik yang dialami Ousmane Dembele di Barcelona. Legenda Barcelona itu berharap mantan klubnya menolong Dembele.

Dia juga menyentil Dembele agar berpikir bijak dengan apa yang dilakukannya dalam beberapa pekan terakhir. Puyol berharap ada solusi yang menguntungkan antara kedua belah pihak.

"Dembele masih muda, saya tak berada dalam tim dan saya tidak tahu apa yang terjadi setiap hari di Barcelona," ujar Puyol seperti dikutip Marca.

Puyol mengomentari Barcelona saat diundang hadir di acara penggalangan dana untuk melawan Kanker di Rumah Sakit Sant Joan de Deu. Puyol meyakini masalah Dembele bisa diselesaikan.

"Barcelona harus menolongnya karena tidak mudah beradaptasi dengan filosofi klub dimana segalanya berbeda," ujar mantan bek tangguh Barcelona ini.

 

Hormati Tim

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengatakan Ousmane Dembele sudah kembali berlatih dan siap bermain mulai pekan depan. (AFP/Miguel Riopa)

Dia menilai Dembele belum paham bagaimana menghormati perjuangan tim. Dembel juga kata dia belum melakukan itu sejauh ini.

"Dia terlambat datang di sesi latihan dan dia harus belajar itu tidak bagus. Dia punya guru yang bagus untuk membantu dia, tapi ini tergantung kepada perilaku dia," ujar Puyol.

"Dia harus melakukan refleksi dan memikirkan banyak hal. Soalnya, saat Anda muda, Anda tak tahu apa yang sudah dibuang sia-sia."

Tempat Terbaik

Gelandang Barcelona, Ousmane Dembele, berebut bola dengan bek PSV Eindhoven, Nick Viergever, pada laga Liga Champions di Stadion Camp Nou, Barcelona, Selasa (18/9/2018). Barcelona menang 4-0 atas PSV. (AFP/Josep Lago)

Puyol mengatakan, Barcelona bisa menjadi tempat terbaik bagi Dembele untuk belajar. Semua ini sekali lagi tergantung kepada sikap gelandang serang asal Prancis itu.

"Dalam ruang ganti selalu ada ego, pelatih punya tugas untuk mengatur itu. Punya ambisi bagus, tapi menghormati tim jauh lebih penting dari itu," kata Puyol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deepika Padukone dan Ranveer Singh Resmi Menikah

Posted: 14 Nov 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Roma - Deepika Padukone dan Ranveer Singh resmi menjadi pasangan suami istri. Keduanya telah melangsungkan pernikahan tradisional bergaya Konkani-Brahmin, Rabu (14/11/2018) di Villa del Balbianello, Lake Como, Italia.

Dilansir dari situs Times of India, pernikahan Deepika Padukone dan Ranveer Singh dimulai pukul 7 pagi waktu setempat selama empat jam. Pernikahan dilangsungkan tertutup dari awak media.

Prosesi sakral tersebut dihadiri oleh 40 tamu undangan yang terdiri dari pihak keluarga serta sahabat dekat. Sayangnya, hingga saat ini belum ada foto resmi yang dibagikan keduanya.

Bintang film Bajirao Mastani tersebut memang sangat merahasiakan prosesi pernikahan mereka dari pihak luar. Deepika Padukone dan Ranveer Singh bahkan sampai mengerahkan kapal patroli untuk mengamankan acara.

Tak Boleh Bawa HP

Para tamu menghadiri pernikahan bintang Bollywood India, Deepika Padukone dan Ranveer Singh di sebuah vila sekitar Danau Como, Italia, Rabu (14/11). Deepika Padukone dan Ranveer Singh akhirnya mengikat janji suci setelah 6 tahun berpacaran (AP/Luca Bruno)

Bahkan tamu yang hadir pun tak diperkenankan membawa telepon selular ke lokasi pernikahan. Hal ini dilakukan demi menghindari bocornya foto-foto pernikahan mereka.

Meski begitu, tetap saja, di tengah-tengah keamanan yang sangat ketat, beberapa foto dari pernikahan mereka yang serba putih telah tersebar luas di dunia maya.

Resepsi

Para tamu menghadiri pernikahan bintang Bollywood India, Deepika Padukone dan Ranveer Singh di sebuah vila sekitar Danau Como, Italia, Rabu (14/11). Deepika Padukone dan Ranveer Singh akhirnya mengikat janji suci setelah 6 tahun berpacaran (AP/Luca Bruno)

Lebih lanjut, Ranveer Singh dan Deepika Padukone juga akan melangsungkan resepsi pernikahan di Bangalore dan Mumbai dalam waktu dekat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pegiat Robotik Indonesia Firmansyah Saftari Meninggal Dunia

Posted: 14 Nov 2018 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari salah satu pegiat robotik Tanah Air, Firmansyah Saftari. Pendiri SAFT7 Robotics ini diketahui meninggal dunia pada 15 November 2018 pukul 09.05 di Bandung, Jawa Barat.

Informasi ini juga sudah dikonfirmasi pada kakak Firmansyah Saftari, Iman Sujudi, melalui sambungan telepon. Saat dihubungi Tekno Liputan6.com, Kamis (15/11/2018), Iman membenarkan informasi tersebut dan saat ini jenazah sedang dalam perjalanan ke Jakarta.

Dia menuturkan, semalam sebelum meninggal dunia, Firmansyah sebenarnya masih melakukan aktivitas seperti biasa. Karenanya, tidak ada tanda-tanda mengenai kepergian pria yang masuk dalam program Intel Innovator tersebut.

Menurutnya, pria lulusan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI) tersebut masih sempat berkirim pesan dan berbicara dengan teman-temannya membahas teknologi.

"Soal riwayat kesehatan, (Firmansyah) juga tidak ada tanda apa-apa, biasa saja. Awalnya, tadi pagi dia drop karena kecapekan, lalu dibawa ke rumah sakit, tapi tidak tertolong," tutur Iman menjelaskan.

Rencananya, berdasarkan penuturan Iman, jenazah akan disemayamkan dulu ke rumah orang tua di Jl Anuraga no 13-14B, Taman Cilandak, Cilandak Barat, Jakarat Selatan.

"Lalu, akan dimakamkan mungkin jam 16.30 di pemakaman umum Tanah Kusir Jakarta Selatan," tuturnya menutup pembicaraan.

Mengenal Firmansyah Saftari

Firmansyah Saftari. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Selain sebagai founder SAFT7 Robotics, Saftari juga dikenal karena kemampuannya menghasilkan ide-ide kreatif, desain konseptual, dan pengalamannya yang luas dalam pengembangan dan strategi digital.

Lulus dari STISI-Bandung di bidang Desain Produk, Saftari memulai karirnya pada 1997. Hingga saat ini, ia telah menangani berbagai klien premium termasuk Indosat, Unilever, Total Indonesie, Caltex, Nestle, Samsung, Honda, Mitsubishi, Metro, dan Citibank.

Dia memulai usaha digitalnya pada 2009 setelah bergabung dengan plasa.com. Karirnya selama 15 tahun tidak pernah menghentikannya melakukan apa pun yang ia sukai, seperti perancangan grafis, pembuatan model, pemodelan 3D, digital imaging, dan menulis.

Dalam sebuah kesempatan di acara Inspirato Liputan6.com, beberapa waktu lalu, Saftari mengatakan kalau kita memiliki passion atau hobi kerjakanlah dengan serius.

"Someday hobi bisa mendukung kita di saat kita tidak punya pekerjaan. Misalnya, kalau kita punya hobi dengan otomotif, kita bisa mendapatkan penghasilan dari situ dengan cara memperbaiki mobil teman dan sebagainya," ucapnya.

(Dam/Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marah Dituding Tidak Profesional, Kuba Segera Tarik Ribuan Dokternya dari Brasil

Posted: 14 Nov 2018 09:31 PM PST

Liputan6.com, Brasilia - Pemerintah Kuba mengumumkan akan menarik ribuan dokternya dari Brasil, setelah presiden terpilih Jair Bolsonaro mempertanyakan kualitas pelatihan medis, dan menuntut perubahan pada kontrak mereka.

Bolsonaro yang berasal dari sayap kanan, dan mulai berkuasa pada 1 Januari mendatang, mengatakan dalam sebuah wawancara bulan ini, bahwa 11.420 dokter Kuba yang bekerja di daerah miskin dan terpencil di Brasil akan tetap dipertahankan jika mendapat gaji penuh dan pelonggaran aturan bagi keluarga yang ikut dinas.

Menurut ketentuan perjanjian dengan Kuba, yang ditengahi oleh Organisasi Kesehatan Pan-Amerika, Havana menerima sebagian besar gaji medis, untuk kemudian didistribusikan pada dokter dengan ketentuan tertentu, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Kamis (15/11/2018).

Bolsonaro mengancam akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Havana atas program tersebut, yang disebutnya menginjak-injak hak para dokter dengan menyerahkan 75 persen gaji ke pemerintah Kuba, dan melarang hak istri memiliki anak selama bertugas di luar negeri.

"Itu hanya penyiksaan untuk seorang ibu," kata Bolsonaro dalam wawancara 2 November dengan surat kabar Correio Braziliense Brasilia.

Bolsonaro juga mempertanyakan kualifikasi dokter Kuba dan mengatakan mereka harus memperbarui lisensi mereka di Brasil.

Kementerian Kesehatan Kuba menanggapi komentar Bolsonaro sebagai "menghina dan mengancam kehadiran dokter kami", dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan penarikannya dari program tersebut.

"Kondisi yang tidak dapat diterima ini membuat mustahil untuk mempertahankan kehadiran profesional Kuba dalam program terkait," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Ekspor Dokter dari Kuba

(Ilustrasi) Turis asing di Kuba (AP)

Para dokter Kuba bekerja di banyak negara. Sebagan dari mereka tidak digaji penuh karena Havana menetapkan "biaya sewa" untuk setiap dokter yang dikirim ke luar negeri.

Pendapatan miliaran dolar AS dari "eskpor dokter" itu digunakan untuk terus menjalankan sistem kesehatan nasional yang gratis di Kuba, termasuk memberikan fasilitas kehidupan bagi seluruh tenaga medis, langsung dari pemerintah komunis.

Sejak program Brasil, yang disebut "More Doctors", dimulai pada 2013 oleh mantan presiden sayap kiri Dilma Rousseff, sekitar 20.000 profesional kesehatan Kuba telah bertugas di Negeri Samba.

Mereka ditempatkan di lebih dari 700 kabupaten kota yang belum pernah memiliki dokter umum, kementerian itu mengatakan.

Bolsonaro mengatakan, program itu bisa berlanjut jika kondisinya memenuhi prasyarat dan keadilan.

"Sayangnya, Kuba tidak menerima," katanya dalam sebuah cuitan di Twitter, beberapa saat setelah pengumuman penarikan dokter oleh Havana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Cak Blangkon Hibur Peserta EGTC 2018 Surabaya

Posted: 14 Nov 2018 09:30 PM PST

Cak Blangkon saat menghibur peserta Emtek Goes to Campus (EGTC) 2018 di Universitas Kristen Petra Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/11). EGTC bertujuan memperkenalkan dan mendekatkan Emtek Media Group pada generasi milenia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Cak Blangkon saat menghibur peserta Emtek Goes to Campus (EGTC) 2018 di Universitas Kristen Petra Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/11). EGTC bertujuan memperkenalkan dan mendekatkan Emtek Media Group pada generasi milenia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Cak Blangkon saat menghibur peserta Emtek Goes to Campus (EGTC) 2018 di Universitas Kristen Petra Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/11). EGTC juga menjadi ajang berbagi pengetahuan antar praktisi untuk para mahasiwa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Cak Blangkon saat menghibur peserta Emtek Goes to Campus (EGTC) 2018 di Universitas Kristen Petra Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/11). EGTC juga menjadi ajang berbagi pengetahuan antar praktisi untuk para mahasiwa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta tertawa saat Cak Blangkon tampil dalam Emtek Goes to Campus (EGTC) 2018 di Universitas Kristen Petra Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/11). EGTC Surabaya berlangsung pada 13-15 November 2018. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta tertawa saat Cak Blangkon tampil dalam Emtek Goes to Campus (EGTC) 2018 di Universitas Kristen Petra Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/11). EGTC Surabaya berlangsung pada 13-15 November 2018. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta tertawa saat Cak Blangkon tampil dalam Emtek Goes to Campus 2018 di Universitas Kristen Petra Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/11). EGTC bertujuan memperkenalkan dan mendekatkan Emtek Media Group pada generasi milenia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta tertawa saat Cak Blangkon tampil dalam Emtek Goes to Campus 2018 di Universitas Kristen Petra Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/11). EGTC bertujuan memperkenalkan dan mendekatkan Emtek Media Group pada generasi milenia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Cak Blangkon saat menghibur peserta Emtek Goes to Campus (EGTC) 2018 di Universitas Kristen Petra Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/11). EGTC juga menjadi ajang berbagi pengetahuan antar praktisi untuk para mahasiwa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Cak Blangkon saat menghibur peserta Emtek Goes to Campus (EGTC) 2018 di Universitas Kristen Petra Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/11). EGTC juga menjadi ajang berbagi pengetahuan antar praktisi untuk para mahasiwa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AFF 2018: Bek Thailand Siap Tempur Lawan Timnas Indonesia

Posted: 14 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Bangkok - Setelah jeda cukup lama, Thailand akan kembali beraksi dengan menghadapi Timnas Indonesia pada laga lanjutan Grup B Piala AFF 2018. Jika berjalan mulus, kemenangan atas Indonesia akan memperlebar jalan Thailand menuju semifinal.

Thailand akan menjamu Timnas Indonesia di Rajamangala National Stadium, Sabtu (17/11/2018). Thailand mendapat keuntungan karena mereka memiliki waktu istirahat cukup lama. Apalagi, mereka juga tak melakukan perjalanan yang jauh.

Saat melawan Timor Leste pada laga perdana Grup B, Jumat (9/11/2018), Thailand yang seharusnya memainkan laga tandang justru tampil di Rajamangala. Itu karena Timor Leste tak memiliki stadion yang sesuai standar. Laga itu pun bisa dimaksimalkan The War Elephant dengan kemenangan 7-0.

Setelah laga itu, Thailand pun bisa beristirahat sambil mematangkan persiapan untuk menghadapi Timnas Indonesia. Bek Thailand, Philip Roller pun memastikan bahwa persiapan timnya sejauh ini sudah sangat baik.

"Saya pikir pelatih (Milovan Rajevac) sangat siap dalam segala hal. Pelatih tahu apa yang harus dilakukan, membutuhkan sesuatu dari kami. Saya pikir hal-hal ini sangat penting sebelum laga hari Sabtu," ujar Roller, dikutip situs FA Thailand.

 

Butuh Dukungan

Timnas Thailand saat menghajar Timor Leste 7-0 pada laga perdana Grup B Piala AFF 2018. (FA Thailand)

"Secara pribadi, saya tak merasa tertekan. Ini sepak bola. Sebenarnya, Anda akan memiliki sedikit tekanan, tapi cobalah untuk tidak mempedulikannya. Anda harus bahagia saat bermain. Dan tentu, saya senang jadi starting 11," ia menambahkan.

Tak lupa, Roller juga meminta suporter untuk memberikan dukungan saat menghadapi Indonesia. Keinginan pemain berusia 24 tahun itu pun besar kemungkinan bakal terwujud. Pasalnya, per Rabu (14/11/2018), sudah terjual 23 ribu dari 48 ribu lembar tiket yang dilepas.

"Taktik permain adalah tugas pelatih. Rencana saya adalah bermain 100 persen sesuai instruksi pelatih. Saya berharap fans datang mendukung untuk laga Sabtu ini. Dan kami akan berjuang untuk meraih tiga poin dari Indonesia," Roller menegaskan.

Klasemen Grup B

Piala AFF 2018 Klasemen Game 2 (Bola.com/Adreanus Titus)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gempa Guncang Mamasa Sulawesi Barat

Posted: 14 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gempa bumi mengguncang Mamasa, Sulawesi Barat, Kamis (15/11/2018). Gempa dengan magnitudo 5,5 itu terjadi pada pukul 06.01 WIB.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laudya Cynthia Bella Cemburu Saat Nagita Slavina - Raffi Ahmad Menikah?

Posted: 14 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama Laudya Cynthia Bella sempat melekat erat pada sosok Raffi Ahmad. Bagaimana tidak, keduanya pernah lama menjalin hubungan asmara dan sempat disebut sebagai pasangan serasi.

Jalinan asmara Raffi Ahmad dan Laudya Cynthia Bella di masa lalu tersebut tampaknya masih melekat di ingatan sejumlah orang hingga kini.

Bahkan ada warganet yang penasaran, apakah istri Engku Emran itu sempat cemburu saat mantannya menikahi Nagita Slavina?

Lewat saluran YouTube pribadinya, Laudya Cynthia Bella menjawab pertanyaan tersebut. Nagita Slavina juga kebetulan sedang berada tepat di samping bintang film Surga Tak Dirindukan tersebut.

Jawaban

Preskon Film Ambu (Nurwahyunan/Fimela.com)

"Alhamdulillah enggak, namanya juga sudah jalan Allah," katanya sembari tertawa bersama Nagita Slavina.

"Ya enggak apa-apa. Lagian juga udah lama (putusnya)" timpal Nagita Slavina seraya tertawa.

Pengecualian

[Foto: YouTbe Rans Entertainment]

Meski membantah cemburu dengan pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Laudya Cynthia Bella memberi pengecualian. Ia mungkin akan merasa cemburu bila berada dalam satu kondisi tertentu.

"Kecuali ya tiba-tiba nih, umpamanya aku sama Raffi putus berapa bulan terus Raffi nikah sama Gigi. Ini kan enggak. Ini kan perjalanannya udah panjaaaaang," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPRD DKI Ingin Stadion BMW Dibangun Dinas Olahraga

Posted: 14 Nov 2018 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menginginkan, pembangunan stadion BMW, Jakarta Utara, dialihkan ke Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta. Pembangunan stadion itu sebelumnya ditugaskan kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

"Stadion BMW harus ada, tetapi tidak dibangun Jakpro, tapi di Dinas Olahraga karena itu tupoksi dia, SKPD-nya dia," ujar Prasetyo di gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Politisi PDI Perjuangan itu meminta tarif sewa stadion lebih murah bila dibangun oleh Dinas Olahraga melalui lelang. Hal itu akan berbeda bila dibangun oleh PT Jakpro yang orientasinya lebih ke komersial.

"Beda dengan SKPD, anggaran perawatan bisa langsung dibiayai APBD, sewa akan jauh lebih murah," ucap Pras.

Selanjutnya, ia menyatakan Dinas Olahraga juga memiliki kajian pembangunan stadion tersebut. Sehingga untuk anggaran nantinya Dinas Olahraga dapat memulai dengan lelang.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi tidak menyetujui rencana Pemprov DKI Jakarta menugaskan badan usaha milik daerah (BUMD) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) membangun stadion BMW, Jakarta Utara.

"Saya lepas ke SKPD-nya, Dinas Olahraga lelang nih. Kan kita udah punya kajiannya, gambarnya apa, itu kan pemerintah punya," ujar Prasetio di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Prasetio mengatakan DPRD tidak akan menyetujui penyertaan modal daerah (PMD) Rp 1,5 triliun yang diajukan Jakpro dalam APBD DKI 2019 untuk membangun stadion BMW. DPRD DKI hanya akan memberikan PMD untuk pembangunan fase 2 light rail transit (LRT).

Proses Panjang

Anak-anak bermain diatas beton di sekitar pembangunan Taman Bersih Manusiawi dan Wibawa (BMW) di Jakarta Utara, Selasa (7/3). Pemprov DKI Jakarta akan melanjutkan kembali pembangunan taman dan stadion BMW. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pelaksana tugas (Plt) Asisten Perekonomian dan Keuangan DKI Jakarta Sri Haryati sebelumnya membenarkan, pembangunan Stadion BMW, Jakarta Utara, memang diserahkan kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Sehingga pembangunan dapat segera dilakukan.

Menurut Sri, jika pembangunan dilakukan melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), akan melalui berbagai proses panjang.

"KPBU itu artinya ternyata butuh proses yang lebih panjang. Ada beberapa yang harus kita lakukan, makanya kita usulkan melalui Jakpro," kata Sri di Balai Kota Jakarta Pusat, Jumat (12/10/2018).

Dia menyatakan, ada alasan tersendiri mengapa menunjuk Jakpro untuk membangunan stadion itu, yakni karena Jakpro berpengalaman. Seperti pembuatan beberapa venue Asian Games 2018. "Punya pengalaman, iya bikin velodrome, equistrian yang taraf internasional," ucapnya.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Pemprov DKI Jakarta ingin mengubah wajah Taman BMW menjadi lebih baik dan menjadikannya stadion olah raga yang megah.(Liputan 6 SCTV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Alami Defisit USD 1,8 Miliar, IHSG Mampu Naik 48,48 Poin

Posted: 14 Nov 2018 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu bertahan di zona hijau pada sesi pertama perdagangan saham Kamis pekan ini.

Penguatan IHSG ini terjadi di tengah rilis data ekonomi neraca perdagangan defisit USD 1,82 miliar pada Oktober 2018. Pada penutupan sesi pertama perdagangan saham Kamis (15/11/2018), IHSG melonjak 48,48 poin atau 0,83 persen ke posisi 5.906,77. Indeks saham LQ45 mendaki 1,08 persen ke posisi 935,74. Seluruh indeks saham acuan kompak menguat.

Sebanyak 180 saham menguat sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. 157 saham melemah dan 154 saham diam di tempat. Pada sesi pertama, IHSG sempat berada di level tertinggi 5.928,15 dan terendah 5.880,21.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 242.780 kali dengan volume perdagangan 5,8 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 4,2 triliun. Investor asing beli saham Rp 322,26 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.786.

Sebagian besar sektor saham kompak menguat kecuali sektor tambang melemah 0,81 persen. Sektor saham infrastruktur mendaki 2,41 persen, dan bukukan penguatan terbesar. Disusul sektor saham aneka industri mendaki 1,37 persen dan sektor saham barang konsumsi menanjak 1,09 persen.

Saham-saham yang menguat antara lain saham SURE mendaki 24,67 persen ke posisi Rp 2.350 per saham, saham KPAS menguat 24,47 persen ke posisi Rp 585 per saham, dan saham RUIS menanjak 21,37 persen ke posisi Rp 284 per saham.

Sedangkan saham-saham yang tertekan antara lain saham APEX merosot 16,18 persen ke posisi Rp 1.450 per saham, saham DUCK turun 4,45 persen ke posisi Rp 1.610 per saham, dan saham AKPI merosot 22,22 persen ke posisi Rp 700 per saham.

Bursa saham Asia sebagian bervariasi. Indeks saham Jepang Nikkei susut 0,38 persen dan indeks saham Thailand tergelincir 0,23 persen.

Selain itu, indeks saham Hong Kong Hang Seng menguat 0,52 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi mendaki 0,07 persen, indeks saham Shanghai menanjak 0,80 persen, indeks saham Singapura naik 0,06 persen dan indeks saham Taiwan menguat 0,16 persen.

"Sementara ini pengaruh (neraca dagang-red) masih relatif terbatas. Rupiah agak melemah tapi belum signifikan dari 14.750 ke 14.780. IHSG masih survive di zona positif meski pun berkurang. Investor asing sampai sekarang masih net buy lebih dari Rp 800 miliar," ujar Steven Satya Yudha, Head of Sales and Distribution PT Ashmore Assets Management Indonesia.

Lebih lanjut ia menuturkan, dampak neraca dagang akan terasa pada sesi kedua. Namun, kalau aksi beli investor asing yang kuat mungkin rilis neraca perdagangan tidak terlalu signifikan untuk IHSG.

Neraca Dagang RI Defisit USD 1,82 Miliar pada Oktober 2018

Tumpukan peti barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Ekspor dan impor masing-masing anjlok 18,82 persen dan ‎27,26 persen pada momen puasa dan Lebaran pada bulan keenam ini dibanding Mei 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto mencatat neraca perdagangan Indonesia defisit sebesar USD 1,82 miliar pada Oktober 2018. Defisit ini berasal dari impor sebesar USD 17,62 miliar dan ekspor sebesar USD 15,80 miliar.

"Dengan menggabungkan impor dan ekspor maka neraca perdagangan Indonesia defisit sebesar USD 1,82 miliar pada Oktober 2018," ujarnya di Gedung BPS, Jakarta, Kamis 15 November 2018.

Impor Indonesia pada Oktober meningkat tajam sebesar 20,60 persen jika dibandingkan pada September 2018. Sementara jika dibandingkan dengan Oktober 2017, impor naik 23,66 persen.

"Ini karena impor migas naik sebesar 26,97 persen dan non migas naik 19,42 persen jika dibandingkan dengan September 2018," jelas dia.

Sektor migas mencatatkan impor sebesar USD 2,91 miliar pada Oktober. Sementara pada sektor non migas sebesar 14,71 miliar. "Impor ini tetap menjadi perhatian pemerintah, supaya bisa dikendalikan," jelasnya.

BPS juga mencatat nilai ekspor Indonesia pada Oktober 2018 sebesar USD 15,80 miliar. Angka tersebut naik 3,59 persen dibanding Oktober 2017 dan naik 5,87 persen dibanding September 2018.

Sektor migas menyumbang ekspor USD 1,48 miliar. Sementara non migas menyumbang USD 14,32 miliar.

"Ada kenaikan pada ekspor migas yaitu pada nilai gas. Sementara pafa nilai hasil minyak dan minyak mentah turun," tutur dia.

Secara per sektor dibanding bulan sebelumnya, ekspor Indonesia dari sektor pertanian menurun sebesar 0,92 persen dan mencatat nilai ekspor sebesar USD 0,3 miliar. Kemudian, industri pengolahan naik 6,40 persen mencatat nilai USD 11,59 miliar.

"Pertambangan turun 0,58 persen secara month to month (MTM). Sehingga, ekspor non migas menyumbang 90,62 persen dari total ekspor Oktober 2018," ujar dia.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Meninggal, Stan Lee Ciptakan Superhero Bernama Dirt Man

Posted: 14 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Hingga di pengujung usianya, Stan Lee tampaknya tak bisa meninggalkan dunia komik dan superhero yang ia cintai. Buktinya, di waktu-waktu terakhirnya pria yang meninggal di usia 95 tahun ini masih merancang sesosok karakter superhero.

Hal ini dinyatakan oleh putri Stan Lee, JC Lee, kepada TMZ. Putri dari legenda Marvel ini, mengatakan ia ikut merancang tokoh ini bersama sang ayah.

"Kami mengerjakan karakter bernama Dirt Man. Ini adalah malaikat kecil terakhir yang kami pingit, bernama Dirt Man," tuturnya, seperti dilansir dari Fox News, Kamis (15/11/2018).

JC mengatakan ia punya permintaan khusus kepada sang ayah soal karakter ini.

"Aku bilang, 'Ayah, tolong, tak ada bunyi gemerincing, tak ada besi, tak usah lagi ada yang seperti itu'," kata JC menirukan ucapannya kepada Stan Lee.

Ingin Dijadikan Film

Stan Lee. (VALERIE MACON / AFP)

Mengingat Stan Lee kini telah tiada, lantas bagaimana nasib Dirt Man nantinya?

JC Lee mengatakan karakter ini masih akan dikembangkan. Ia bahkan berharap bisa ada film yang dibuat dari karakter ini.

"Karakter ini sangat menarik. Ini belum selesai, kami masih punya sedikit jurus lain," tuturnya.

 

Mengenang Stan Lee

Penggemar meletakkan bunga dan memorabilia lainnya di atas bintang Walk of Fame milik pencipta sekaligus legenda komik-komik Marvel, Stan Lee di Hollywood, California, Senin (12/11). Stan Lee meninggal dunia pada usia 95. (Gabriel Olsen/Getty Images/AFP)

Seperti diberitakan sebelumnya, Stan Lee meninggal dunia, Senin (12/11/2018) di Los Angeles. Berita meninggalnya Stan Lee disampaikan langsung oleh putrinya.

Beberapa bulan sebelum meninggal dunia, Stan Lee sempat berjuang melawan deretan penyakit. Ia sempat menderita pneumonia, dan pernah dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sesak napas dan detak jantung yang tak teratur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyelesaian Masalah Penguasaan Tanah di Hutan Harus Lintas Instansi

Posted: 14 Nov 2018 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan penyelesaian penguasaan tanah dalam kawasan hutan (PPTKH) tidak bisa dikerjakan secara masing-masing atau harus lintas intansi.

Hal ini menyangkut kepentingan masyarakat banyak, sehingga dalam realisasinya keterlibatan seluruh kementerian atau lembaga terkait menjadi penting.

"Saya ingin sampaikan tentu saja untuk PPTKH ini, kita kerjasama dengan semua tingkatan pemerintah. Mulai dari bupati, walikota dan lain-lain," kata Darmin di Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Darmin menyampaikan ini saat membuka Workshop Penyelesaian Penguasaan Tanah Hutan yang digagas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di Crowne Plaza, Jakarta.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, pemerintah telah berkomitmen untuk menjalankan reforma agraria.

Kemudian diperkuat dengan adanya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 88 Tahun 2017 Tentang Penyelesaian Penguasaan Tanah Dalam Kawasan Hutan (PPTKH) untuk mempercepat reforma agraria melalui legalisasi obyek agraria di kawasan hutan.

Dengan Perpres tersebut pemerintah akan segera menyelesaikan dan memberikan perlindungan hukum atas hak-hak masyarakat yang menguasai/memanfaatkan bidang tanah dalam kawasan hutan.

"RPJMN sebetulnya memerintahkan reforma agraria namanya. Satu upaya tidak mungkin kita kembali kesituasi tahun 60-70-an lalu itu sudah sejarah. Tapi kita bisa melakukan sesuatu dengan kondisi sekarang," jelas dia.

 

Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution (Dok Foto: Kemenko Bidang Perekonomian)

Perpres tersebut juga bisa mendorong kinerja pemerintah dalam mempercepat penyelesaian tanah dalam kawasan hutan.

"Mari kita lihat ini semua sebagai bentuk semacem bagaimana mode kita bekerja. Pasti dinamikanya tinggi dari satu daerah dengan kasus-kasus yang lain, kita ingin membuat mode bekerja memberikan keadilan dan keberhasilan," pungkasnya.

Seperti diketahui, Dalam Perpres tersebut juga diatur mengenai mekanisme penyelesaiannya. Di pemerintah pusat telah terbentuk tim penyelesaian dan inventarisirnya.

Nantinya pola kerjanya, tim dari Kabupaten akan menghimpun informasi mengenai lahan yang akan diselesaikan, untuk kemudian di bahas di tingkat provinsi. Tim dari provinsi inilah yang nantinya mengusulkan ke tim pemerintah pusat.

Tim dari pemerintah pusat, terdiri dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian LHK, Kementerian ATR/Kepala BPN dan Kementerian Dalam Negeri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Thailand Vs Indonesia: Jaga Kans ke Semifinal Piala AFF 2018

Posted: 14 Nov 2018 09:15 PM PST

Jakarta - Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 3-1 saat menjamu Timor Leste di laga kedua Piala AFF 2018, Selasa (13/11). Kemenangan ini membuka lagi peluang Indonesia lolos ke semifinal.

Masalahnya, di laga ketiga, Timnas Indonesia harus bertandang ke markas Thailand, Sabtu (17/11/2018). Laga ini jelas tidak akan mudah bagi tim asuhan Bima Sakti ini.

Piala AFF 2018 menjadi ajang yang sangat dinantikan untuk Timnas Indonesia. PSSI memberikan target juara untuk Indonesia yang sudah lima kali meraih label runner-up.

Namun, pada kenyataannya tantangan yang diberikan masih jauh dari harapan. Hal itu bisa dilihat dalam dua laga yang sudah dimainkan Timnas Indonesia pada babak penyisihan grup.

Pada laga melawan Singapura, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan 0-1. Ketika itu, Singapura yang bermain tidak bagus-bagus amat berhasil membuat Indonesia pulang dengan tangan hampa. Artinya, permainan yang ditunjukkan Indonesia lebih buruk dari Singapura. 

Demikian pula ketika menghadapi Timor Leste. Permainan Indonesia berhasil didikte oleh Timor Leste yang secara level jauh di bawah Indonesia, sebelum akhirnya menang 3-1.

Lantas, apa modal Timnas Indonesia untuk meraih gelar perdana di Piala AFF 2018? Berikut ini plus minus yang dimiliki Timnas Indonesia sebagai bahan evaluasi dan peningkatan yang harus dilakukan sebelum laga lawan Thailand, versi Bola.com:

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

Keunggulan

Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang dicetak Alfath Faathier ke gawang Timor Leste pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Selasa (13/11). (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Timnas Indonesia ternyata memiliki keunggulan dalam penguasaan bola. Hal itu terlihat dalam statistik dua laga awal di Piala AFF 2018 di mana Indonesia tampil mendominasi.

Pada laga melawan Singapura (9/11/2018), meskipun berstatus sebagai tim tamu namun Timnas Indonesia mampu tampil dominan. Pasukan Bima Sakti tercatat memiliki penguasaan bola mencapai 62 persen.

Jumlah yang sangat besar untuk ukuran tim yang bermain di kandang lawan. Begitu juga ketika menjamu Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno (13/11/2018), Hansamu Yama dkk berhasil menguasai jalannya pertandingan dengan 64 persen penguasaan bola.

Tingginya dominasi penguasaan bola yang dimiliki Timnas Indonesia tak terlepas dari kekompakan tim yang dimiliki. Seperti diketahui, mayoritas pemain tim ini merupakan warisan Luis Milla yang sudah bermain bersama di SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Kelemahan

Para pemain Timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan sebelum melawan Timor Leste pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Selasa (13/11). (Bola.com/Yoppy Renato)

Dibandingkan dengan keunggulan, Timnas Indonesia ternyata lebih banyak memiliki kelemahan pada dua laga Piala AFF 2018. Pertama, permainan sayap yang selama ini diandalkan pelatih Bima Sakti terlalu mudah terbaca lawan.

Skema permainan Indonesia di bawah asuhan Bima Sakti merupakan template dari peninggalan Luis Mila, yakni mengandalkan serangan dari sektor sayap kiri dan kanan. Hal inilah yang dimanfaatkan lawan untuk mematikan para pemain sayap Timnas Indonesia yang membuat alur serangan mandek.

Kedua, Bima Sakti tak punya skema lain jika alur serangan dari sayap dipatahkan lawan. Pada laga melawan Singapura, Bima Sakti keukeuh memaksakan serangan lewat sayap. Perubahan hanya dalam pergantian pemain yakni menggantikan Irfan Jaya dengan Riko Simanjuntak.

Begitu juga dengan laga melawan Timor Leste. Bima Sakti tak mau mengubah gaya permainan Indonesia ketika alur serangan sayap mandek. Mantan asisten Luis Milla itu hanya mengganti Febri Haryadi dengan Riko Simanjuntak. Pergantian yang membuat Andik Vermansah kembali ke posisi aslinya yakni sayap kiri, sedangkan Riko berada di sayap kanan.

Terbukti Ampuh

Skema tersebut memang terbukti ampuh. Namun, hal ini rentan dicontek lawan yang membuat nantinya alur serangan tetap mandek meskipun berganti pemain sayap.

Kelemahan Indonesia yang ketiga adalah proses transisi yang masih buruk. Timnas Indonesia ketika keasyikan menyerang justru rapuh dalam bertahan. Selain itu, para barisan lini belakang mudah panik ketika mendapatkan tekanan dari lawan. Hal itu terlihat pada laga melawan Singapura.

Adapun ketika menghadapi Timor Leste, gawang Andritany Ardhiyasa terpaksa kebobolan lebih dulu karena para pemain belakang tak siap menghalau tendangan spekulasi penyerang Timor Leste.

Sumber: www.bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepincut dengan Yamaha FreeGo, Intip Skema Cicilannya

Posted: 14 Nov 2018 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha FreeGo merupakan nama baru di kelas skutik. Harganya mulai Rp 18 jutaan. Terdiri atas tiga varian, FreeGo, S, dan S ABS dengan Rp 22 jutaan untuk tipe yang paling mahal. Lantas, berapa cicilan dari tiap varian? Berikut kami bedah skema kreditnya. (Sumber: Deny Hardiana, Senior Marketing Yamaha Mustika Jatinegara)

Yamaha FreeGo

Tipe FreeGo termurah dengan banderol tunai Rp 18,5 juta. Fiturnya sudah cukup mumpuni untuk motor sekompak ini. Mesin dengan Smart Motor Generator yang menjamin proses nyala mati mesin lebih halus, layar indikator full digital, hingga power socket untuk mengisi daya perangkat elektronik. Tak lupa, tentunya, konfigurasi bagasi yang lapang dan tangki bensin unik jadi standar.

Jika Anda memiliki dana terbatas di awal, skuter 125 cc ini bisa dibawa pulang dengan uang muka mulai Rp 1,3 juta. Pasangan dari besaran uang muka ini, cicilan Rp 859 ribu tiap bulannya. Tentunya konsekuensi dari uang muka sekecil itu, ya masa tenor yang panjang, mencapai 35 bulan.

Lantas berapa besaran cicilan FreeGo termurah yang paling ringan? Ternyata motor ini bisa ditebus dengan bayaran perbulan hanya Rp 685 ribu. Tenor untuk kredit 35 bulan dengan uang muka Rp 6,1 juta. Tentu cicilan yang lebih ringan lagi bisa Anda dapatkan, dengan uang muka yang lebih besar.

Yamaha FreeGo S

Tipe S FreeGo dengan fitur terlengkap. Kunci canggih berbasis remote bernama smart key sudah diadopsinya. Ya, peranti ini memungkinkan motor diaktifkan tanpa perlu memasukkan anak kunci berbatang besi lagi. Remot dengan immobilizer cukup disimpan saja di tubuh pengendara, sistem mendeteksi begitu masuk dalam jangkauan. Keamanan terjamin, kenyamanan berkendara lebih paten.

FreeGo S bisa ditebus dengan cicilan termurah di level Rp 685 ribu. Ya, selama 35 bulan Anda hanya perlu membayar sejumlah itu. Bahkan bisa lebih murah lagi jika Total Down Payment (TDP) yang dibayarkan lebih tinggi dari Rp 6,2 juta, yang disajikan sebagai paketnya.

Kalau Anda sanggup membayar dengan cicilan lebih fleksibel dengan dana di muka terbatas, maka bisa pilih opsi uang muka paling ringan. Pada pilihan ini, konsumen cukup membayar Rp 859 ribu di awal transaksi.

Yamaha FreeGo S ABS

Tipe FreeGo S dengan rem antipengunci (Anti Lock Braking System-ABS). Jika ditebus tunai, harganya Rp 22,5 juta. Ya, cukup berbeda dengan tipe FreeGo S biasa. Maklum, harga fitur ABS cukup mahal, karena perbedaan komponennya dengan yang tanpa rem canggih itu.

Jika Anda membutuhkan pilihan kredit dengan uang muka paling ringan, maka opsi 35 bulan dengan uang muka Rp 1,7 juta bisa dilirik. Pada paket kredit ini, konsumen cukup membayar Rp 1,038 juta tiap bulannya. Bagi Anda yang berkecukupan, tentu pilihan ini terlihat sangat menarik.

Mencicil dengan masa tenor rendah, misal setahun, juga bisa dilakukan untuk memiliki FreeGo S ABS. Anda bisa mengambil opsi tenor 11 bulan dengan uang muka hanya Rp 2,2 juta. Dengan tenor cepat dan uang muka agak ringan, cicilan Anda selama 11 kali cukup 'terasa', Rp 2,506 juta tiap bulannya.

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J7 Pro, Smartphone Asyik Buat Nge-Vlog

Posted: 14 Nov 2018 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Samsung makin meramaikan pasaran ponsel kelas menengah di Indonesia dengan menghadirkan Samsung Galaxy J7 Pro. Samsung Galaxy J7 Pro adalah smartphone lini tengah dari Samsung yang rilis pada Oktober 2017 lalu. Samsung Galaxy J7 Pro hadir di kelas menengah. Oleh sebab itu, jangan heran apabila spesifikasi yang diusungnya masuk ke kelas menengah pula. Harga Samsung J Pro ini pun terbilang cukup bersahabat. 

Mengusung tagline "More than Selfie", Samsung Galaxy J7 Pro berupaya mengusung keunikan berupa spesialisasi perekaman video untuk "vlogging", ketimbang selfie yang umum dikedepankan ponsel lain. Spesifikasi yang unik ini menjadikan ponsel ini menarik perhatian para pengguna gadget sejak awal dirilis hingga kini. Apalagi seluruh dunia telah mengakui keunggulan produk keluaran Samsung.

Samsung sendiri merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Samsung didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan. Menariknya, Samsung tak hanya memproduksi smartphone premium seperti Galaxy S series, tapi juga merambah kelas menengah. Komitmen tersebut dibuktikan dengan hadirnya Samsung Galaxy J7 Pro. Menyasar kalangan menengah, harga Samsung J Pro ini terbilang bersahabat di kantong.

Sebelum mengetahui harga Samsung J Pro di pasaran saat ini, yuk cek culu spesifikasi unggulan ponsel ini lewat rangkuman Liputan6.com berikut ini.

Desain

Ilustrasi Samsung Galaxy J7 Pro (Sumber: Samsung)

Samsung Galaxy J7 Pro terlihat cantik sebab menggunakan kemasan desain menawan dan kapasitas layar lebih lega ketimbang Galaxy J5 Pro. Samsung Galaxy J7 Pro hadir dengan desain bodi yang membulat di keempat sudutnya, mirip dengan seri Galaxy A (2017). Namun berbeda pada panel belakangnya dimana Galaxy J7 Pro memiliki desain garis antena yang baru. Panel belakangnya dibalut dengan material metal. Bagian bezel atau bingkai terutama di sisi kiri dan kanan layar kini semakin tipis sehingga layar akan terlihat lebih lega karenanya. Desain untuk sudut-sudut perangkat ini sendiri menggunakan 2,5D Glass yang membuat kurva sudut lebih membulat, tidak tajam, tetapi masih cukup ergonomis untuk digenggam. Bodi smartphone ini cukup tipis dengan dimensi 152 x 74 x 7,9 mm, sementara bobotnya 181 gram. Desain tersebut membuat ponsel ini nyaman digenggam. 

Pada sisi sebelah kiri perangkat, merupakan lokasi tombol volume, bersama dengan slot untuk SIM1/SIM2 serta microSD card terpisah. Sementara sisi sebelah kanan merupakan lokasi untuk tombol power sekaligus speaker utamanya. Untuk bagian atas, tidak memiliki port apapun karena port untuk USB 2.0, jack audio 3.5mm sekaligus mic receiver semua berlokasi di bagian bawah perangkat. Untuk varian warnanya, smartphone ini hanya memiliki empat varian warna yaitu gold, black, blue dan rose gold. 

Salah satu kelebihan yang ditawarkan Samsung pada Galaxy J7 Pro ini adalah panel layar yang digunakan yaitu Super AMOLED dan kedalaman warna 16M yang pastinya akan membuat tampilan warna menjadi lebih cerah dan kontras. Dulu, panel layar ini hanya tersedia untuk smartphone premium milik Samsung. Namun kini, smartphone kelas menengah pun telah menggunakannya.

Keunggulan layar Super AMOLED yaitu mampu menghasilkan tampilan layar yang lebih kontras ketimbang layar IPS LCD. Ukuran layar Galaxy J7 Pro yaitu 5,5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel dan tingkat kerapatan layar mencapai 401 ppi. Rasio layar18:9 pun diusung untuk mempercantik tampilan dan menunjang aktivitas. Mengingat harga Samsung J Pro yang ditujukan untuk kelas menengah, ada kekurangan pada bagian layarnya. Yakni tidak ada proteksi layar Gorilla Glass.

Dapur pacu

Pada sektor dapur pacu, smartphone ini memiliki spesifikasi yang sama dengan Samsung Galaxy J7 (2017) yakni menggunakan SoC octa-core buatan dari Samsung sendiri, yaitu Exynos 7870 octa-core 1,6 GHz Cortex-A53. RAM yang dimiliki pun sama, yaitu 3 GB dengan internal storage 32 GB. Jika memori tersebut dirasa kurang, pengguna masih bisa memperluasnya dengan menggunakan kartu MicroSD hingga 256 GB. Sedangkan untuk sistem operasi sudah menggunakan Android 7.0 Nougat. Spesifikasi ini tentu selaras dengan harga Samsung J Pro yang terjangkau.

Untuk menjalankan semua fitur yang ada, Samsung membekali smartphone ini dengan baterai berkapasitas 3.600 mAh. Plus juga dilengkapi dengan mode hemat baterai canggih yang memantau penggunaan baterai latar belakang. Serta memiliki opsi untuk menempatkan aplikasi yang tidak terpakai pada mode sleep jika tidak digunakan selama 3 hari. Pada ponsel ini juga dibenamkan pengirit baterai Ultra Power Saving, dan penghemat kuota internet Ultra Data Saving yang diklaim mampu memangkas penggunaan data hingga 50 persen. 

Jika baterai sedang low di bawah 20%, pengguna dapat menghemat lagi melalui mode hemat baterai Mid dan Max. Namun sayangnya Samsung tidak membekalinya dengan fitur fast charging. Spesifikasi ini tentu pantas mengingat harga Samsung J Pro ini tak menguras kantong.

Kamera

Ilustrasi Samsung Galaxy J7 Pro (Sumber: Samsung)

Pada Samsung Galaxy J7 Pro tersemat sensor 13MP tersemat di bagian belakang yang disertai LED Flash, fitur deteksi wajah, geo-tagging, panorama dan HDR. Kamera utama tersebut dibekali dengan aperture cukup besar, yakni f/1.7. Dengan aperture tersebut kemampuan kamera untuk menangkap objek di kondisi minim cahaya makin baik. Kamera itu juga mampu mengambil video Full HD 1080p@30fps. 

Sementara untuk bagian depan, dibekali sensor 13 MP dengan aperture f/1.9 dan LED flash yang bisa digunakan untuk berselfie ria. Uniknya lagi, kamera depan dibekali dengan lampu flash yang bisa membantu kamu mengambil gambar dalam keadaan gelap. Kamera depan ini juga mampu merekam video di resolusi 1080p. Lensa berbukaan lebar pada kamera depan dan belakang Samsung Galaxy J7 Pro diklaim andal merekam video dalam segala kondisi, termasuk keadaan kurang cahaya alias low-light. Soal banderol dari smartphone yang cocok untuk vlogger ini, harga Samsung J Pro ini dipatok diangka yang cukup terjangkau.

Sama seperti dengan ponsel Samsung kelas flagship, Samsung Galaxy J7 Pro dibekali dengan kemampuan sticker di kameranya. Ada beberapa pilihan menarik nan lucu yang bisa kamu gunakan di kamera tersebut. Menariknya lagi, kemampuan sticker ini mampu mengenali lebih dari satu wajah dalam satu frame.

Selain itu, Samsung Galaxy J7 Pro dianggap sebagai smartphone pertama yang hadir dengan Social Camera. Dengan fitur ini Anda dapat mengklik dan mengirim foto ke kontak favorit Anda dalam sekejap, juga berbagi di platform media sosial seperti Facebook dan Messenger dalam sekejap.

Fitur pendukung

Ilustrasi Samsung Galaxy J7 Pro (Sumber: Samsung)

Meski harga Samsung J Pro ini lebih murah dibanding ponsel kelas premium, namun sudah dibekali dengan spesifikasi yang cukup canggih. Seperti kebanyakan smartphone Samsung lainnya, Samsung Galaxy J7 Pro ini juga dibekali fingerprint yang diposisikan pada bagian depan bodi dan diintegrasikan dengan tombol Home fisik. Penempatan fingerprint di depan juga menjadi nilai lebih dari Galaxy J7 Pro dimana bakal memudahkan pengguna. Menariknya, kehadiran sensor sidik jari tersebut tidak sebatas fungsi keamanan perangkat akan tetapi juga dapat digunakan memberikan keamanan lebih ketika bertransaksi lewat layanan Samsung Pay. 

Smartphone satu ini juga dibekali fitur Always-on Display. Fitur ini menjadi salah satu fitur unggulan dari produk-produk Samsung. Dengan fitur ini, layar akan terus menampilkan jam, tanggal, dan notifikasi.

Fitur bagus lainnya dari Samsung Galaxy J7 Pro adalah slot khusus untuk kartu SIM dan memori SD. Fitur ini memungkinkan pengguna menggunakan kartu 2 kartu SIM dan kartu microSD dengan kapasitas maksimalnya. Samsung Galaxy J7 Pro ini memiliki kelengkapan lain seperti misalnya konektivitas 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac 2.4+5GHz, Bluetooth v4.1, Wi-Fi Direct, ANT+, hingga fitur NFC.

Selain itu, tersedia dukungan untuk USB OTG (on the go) di Galaxy J7 Pro berarti pengguna dapat dengan mudah menghubungkan dan mentransfer data menggunakan USB flash drive melalui kabel OTG.

Harga Samsung J Pro

Hadir menyasar pengguna gadget kelas menengah, harga Samsung J Pro ini tergolong ramah di kantong. Apalagi saat ini dengan hadirnya ponsel keluaran Samsung lainnya, harga Samsung J Pro ini mengalami penurunan. Saat ini harga Samsung J Pro baru berkisar di angka Rp 3 jutaan. Jika dirasa budgetnya maish kurang, Anda bisa memboyongnya dengan harga Samsung J Pro bekas yang lebih murah. Harga Samsung J Pro bekas sekitar Rp 2,3 jutaan. Harga Samsung J Pro tersebut bisa berbeda tiap toko dan daerah serta tergantung kondisi ponselnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bergaya Rock and Roll ke Makam Ayahnya, Alasan Gadis Ini Menyayat Hati

Posted: 14 Nov 2018 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Potret seorang gadis dengan pakaian layaknya ingin menonton acara musik berada di sebuah makam beredar hingga menjadi perbincangan viral publik, khususnya para pengguna jejaring sosial Twitter.

Gadis itu menjadi sorotan lantaran mengenakan pakaian tak biasa ketika tengah mengunjungi makam ayahnya. Dalam foto yang beredar, gadis itu tampak mengenakan t-shirt hitam bertuliskan Nirvana, juga memakai celana jeans yang sobek di bagian dengkul sebelah kanan.

Tentu penampilan gadis itu tak lazim dilakukan seseorang yang ingin berziarah. Namun ternyata, ada hal memilukan di balik penampilan gadis itu.

Melalui Twitter-nya @wartafana, gadis bernama Allysa itu menceritakan alasan mengapa dirinya mengenakan pakaian ala rock n roll ke makam ayahnya. Kisahnya bermula ketika semasa ayahnya masih hidup, ayahnya berpesan jika beliau berpulang maka Allysa harus mengenakan pakaian hitam, tapi bergaya rock n roll.

"Aku waktu masih kecil nanya ke ayah.

Ayah kenapa kalau ada yang meninggal harus pakai baju hitam? 

Itu tandanya berduka. Nanti kalau ayah meninggal juga teteh harus pakai baju hitam, tapi harus rock n roll ya," twit Allysa dalam akunnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Respons Warganet

(Foto: wartafana/twitter.com)

Tak disangka, penampilannya tersebut menjadi sorotan orang-orang di pemakaman. Gadis itu bahkan menceritakan bahwa dirinya pernah ditegur seorang ibu karena penampilannya dianggap tak sopan.

"And yes, setiap aku ke makam ayah selalu pake t-shirt band dan celana sobek sobek hahaha sampe pernah ditegur ibu ibu, tapi ayahku sendiri yang minta jadi yaudah hehe," jelas Allysa.

(Foto: wartafana/twitter.com)

Selain orang-orang di pemakaman, penampilannya itu juga ditanggapi beragam respons publik. Meski banyak warganet yang merasa geram pada awalnya, tapi mereka merasa haru setelah mengetahui alasan gadis itu. 

"Omg your father really something! may god bless your family, and yourself! what a great little daughter you are!" kata akun @zwaderich. 

"Yah aku merasakan sedih itu. Samaaa hehe. Strong girl," saut akun @Rhmsariiiii.

"MBAA. kirain mbnya ngelawak, soalnya sy ngakak baca twit pertama. pas baca twit kedua, lgsg sedih. God bless you and your family mba," tulis akun @asampaiz.

(Ul)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kisah Adul, Bocah SD yang Merangkak Sejauh 3 km Demi Bersekolah

Posted: 14 Nov 2018 09:02 PM PST

Mukhlis Abdul Holik (8) menuju sekolahnya di Kampung Cikiwul Tonggoh, Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). Dengan penuh semangat dan percaya diri, bocah 8 tahun ini sehari-hari harus merangkak sejauh 3 km menuju SDN 10 Cibadak. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) menuju sekolahnya di Kampung Cikiwul Tonggoh, Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). Dengan penuh semangat dan percaya diri, bocah 8 tahun ini sehari-hari harus merangkak sejauh 3 km menuju SDN 10 Cibadak. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) menuju sekolahnya di Kampung Cikiwul Tonggoh, Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). Kedua tangan menjadi tumpuan Adul menempuh jalanan yang terjal, menanjak, dan menurun demi tiba di sekolah. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) menuju sekolahnya di Kampung Cikiwul Tonggoh, Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). Kedua tangan menjadi tumpuan Adul menempuh jalanan yang terjal, menanjak, dan menurun demi tiba di sekolah. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) menuju sekolahnya di Kampung Cikiwul Tonggoh, Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). Anak yang lahir pada 8 April 2010 tersebut diketahui mengalami kelainan fisik pada bagian kedua kakinya sejak lahir. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) menuju sekolahnya di Kampung Cikiwul Tonggoh, Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). Anak yang lahir pada 8 April 2010 tersebut diketahui mengalami kelainan fisik pada bagian kedua kakinya sejak lahir. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) bersama teman-temannya di SDN 10 Cibadak Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). Putra keempat pasangan Dandan Hamdani (52) dan Pipin (48) ini masih duduk di bangku kelas 3 SD. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) bersama teman-temannya di SDN 10 Cibadak Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). Putra keempat pasangan Dandan Hamdani (52) dan Pipin (48) ini masih duduk di bangku kelas 3 SD. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) mengikuti kegiatan belajar di SDN 10 Cibadak Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). Keterbatasan fisik sejak lahir tidak menyurutkan semangat Adul untuk meraih ilmu demi menggapai cita-citanya. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) mengikuti kegiatan belajar di SDN 10 Cibadak Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). Keterbatasan fisik sejak lahir tidak menyurutkan semangat Adul untuk meraih ilmu demi menggapai cita-citanya. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) saat mengerjakan tugas bersama teman sekolahnya seusai mengikuti kegiatan belajar di Kampung Cikiwul Tonggoh, Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) saat mengerjakan tugas bersama teman sekolahnya seusai mengikuti kegiatan belajar di Kampung Cikiwul Tonggoh, Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8)  berpamitan sebelum berangkat menuju sekolahnya di Kampung Cikiwul Tonggoh, Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) berpamitan sebelum berangkat menuju sekolahnya di Kampung Cikiwul Tonggoh, Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) mengikuti kegiatan belajar di SDN 10 Cibadak Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). Adul yang penuh semangat untuk menuntut ilmu ini bercita-cita menjadi petugas pemadam kebakaran. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) mengikuti kegiatan belajar di SDN 10 Cibadak Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). Adul yang penuh semangat untuk menuntut ilmu ini bercita-cita menjadi petugas pemadam kebakaran. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) mengikuti kegiatan belajar di SDN 10 Cibadak Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) mengikuti kegiatan belajar di SDN 10 Cibadak Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) menyeberangi jembatan bambu menuju sekolahnya di Kampung Cikiwul Tonggoh, Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). (Merdeka.com/Arie Basuki)

Mukhlis Abdul Holik (8) menyeberangi jembatan bambu menuju sekolahnya di Kampung Cikiwul Tonggoh, Sekarwangi, Sukabumi, Kamis (15/11). (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Jaya Luncurkan PMJNews.com untuk Luruskan Berita Hoaks

Posted: 14 Nov 2018 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya meluncurkan portal berita seputar wilayah hukum Polda Metro Jaya bernama PMJNews.com. Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis yang menghadiri peluncuran menyatakan, portal berita tersebut dapat meluruskan berita bohong atau hoaks.

"Saya sangat mendukung, dengan adanya PMJNews ini menjadi barometer dan juga dapat meluruskan berita-berita hoaks," kata Idham di Polda Metro Jaya, Kamis (15/11/2018).

Idham mengatakan, PMJNews terus akan berjalan meskipun Raden Prabowo Argo Yuwono tak lagi menjabat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya. Argo merupakan pemimpin umum PMJnews.com.

"Kalau Pak Argo tidak jadi Kabid Humas Polda, beda lagi kebijakan. Itu tidak boleh (berhenti) harus berkelanjutan," ucap Idham

Sementara itu, Argo Yuwono mengharapkan, PMJNews.com berjalan dengan cara kerja jurnalistik secara profesional. Sementara itu, Pemimpin Redaksi PMJNews adalah Rachmawati.

"PMJNews bisa terdepan dan terpercaya dan acuan kalau ada hoaks atau pemberitaan miring bisa kita luruskan. Harapannya semua fungsi-fungsi menjadi data, dan di humas punya big data dari polsek, polres, polda. Kita punya data dengan cepat dan terpercaya," kata Argo.

Dalam acara ini, hadir pula Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Dewan Pers sebagai tamu undangan dan juga para jajaran polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Lawan Hoaks

Beberapa waktu lalu, Jajaran kepolisian Polda Metro Jaya mendeklarasikan sikap pemberantasan berita bohong alias hoax. Bersama satuan tingkat Polres setiap wilayah, mereka berkumpul mengenakan kaos seragam antihoax.

Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis menyampaikan, hoax merupakan virus baru di era milenial ini. Dampaknya pun sangat besar bagi keutuhan bangsa.

"Di deklarasi ini, kita lawan hoax dengan beberapa kegiatan. Kita kejar (pelaku hoax), kita tangkap, kita adili secara hukum. Secara struktur di Krimsus sudah dibentuk tim (antihoax)," tutur Idham di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin 13 Februari 2018.

Menurut Idham, beberapa kegiatan sosialisasi mengajak masyarakat untuk melawan hoax sudah diagendakan. Termasuk juga penggunaan atribut tertentu yang dapat menggandeng para generasi muda bangsa melawan isu hoax.

"Nanti akan diikuti seluruh jajaran Polres. Kami juga menciptakan stiker yang nanti akan dibagi ke seluruh pengguna jalan," jelas Idham.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trik Jitu Menggulung Sushi Agar Tidak Berantakan

Posted: 14 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sushi menjadi salah satu makanan khas Jepang yang banyak digemari di seluruh dunia. Selain cita rasa yang berbeda, tampilannya yang menggugah selera juga daya tarik bagi pecinta kuliner.

Anda merupakan penggemar sushi dan malas keluar rumah? Tenang saja, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Namun ternyata, tidak sedikit yang mengeluhkan bentuk sushi yang dibuat sendiri tidak rapi.

Untuk mendapatkan tampilan sushi yang padat, rapi, dan tidak berantakan, Anda harus mengikuti beberapa trik jitu. Sebelumnya, Anda persiapkan terlebih dahulu makisu atau alas bambu untuk menggulung sushi.

Kemudian, bungkus makisu dengan plastik yang sebelumnya telah digunakan. Cara ini dilakukan untuk mencegah nasi menempul di sela-sela makisu dan membuat bentuk sushi lebih rapi.

Lalu, letakan semua bahan-bahan di atas makisu, gulung sushi perlahan dengan jari-jari tangan. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah jangan lupa menekan lembut dan merata, jangan menggulung terlalu cepat karena sushi dapat terlihat kurang rapi.

Tidak hanya itu, trik penting lainnya adalah memastikan semua bahan pengisi nasi dipotong tipis-tipis. Hindari pula memasukkan terlalu banyak banyak pengisi. Hal tersebut bakal menyulitkan Anda saat menggulung sushi. Sudah siap mencoba di rumah? (Ivana Okta)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Ingin ASEAN Perkuat Kerja Sama Maritim dengan India

Posted: 14 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta

Kerja sama maritim harus ditingkatkan untuk memastikan terwujudnya keamanan maritim, sehingga dapat memperkuat pertumbuhan ekonomi, dan memperkuat perdamaian dan stabilitas. 

Pernyataan ini disampaikan Presiden Joko Widodo dalam ASEAN-India Informal Breakfast Summit yang digelar di Suntec Convention Centre, Singapura, Kamis 15 November 2018.

"Indonesia, ASEAN, dan India memiliki shared vision kerja sama maritim dengan menekankan upaya untuk memperkuat investasi dan perdagangan, menjaga keberlanjutan sumber daya laut, dan meningkatkan keamanan maritim," ujar Jokowi dalam keterangan resminya.

Dia meyakini, semua upaya tersebut bisa dicapai bila kita memperkuat kawasan Indo-Pasifik yang mengedepankan kerja sama maritim, konektivitas, dan pembangunan berkelanjutan, bukan mengedepankan persaingan.

"Kerja sama maritim adalah kunci utama kemitraan ASEAN-India. Laut yang aman adalah common destiny kita," lanjut dia.

Melalui kerja sama Indo-Pasifik, kata Jokowi, kemitraan ASEAN-India akan semakin erat. "ASEAN-India akan terus tumbuh lebih sejahtera, dan ASEAN-India dapat terus berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan," tandas dia.

Dalam pertemuan tersebut, selain dihadiri oleh kepala negara/kepala pemerintahan ASEAN, juga dihadiri oleh Perdana Menteri India Narendra Modi.

 

 
 

Sektor Maritim Penting bagi Ekonomi Indonesia

Menhub Budi Karya Sumadi dan Menkominfo Rudiantara memberi keterangan pers saat peluncuran layanan Go-Jek dari Sabang hingga Merauke di Jakarta, Rabu (15/8). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi membuka, perhelatan International Conference on Maritime Education and Training (ICMET) yang diselenggarakan di Grand Mercure Hotel, Jakarta, Rabu pagi (14/11/2018).

Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan, Indonesia yang diwakili oleh Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta merasa bangga bisa mendapat kehormatan jadi tuan rumah acara konferensi pendidikan dan pelatihan maritim tingkat dunia ini.

"Hari ini kita dapat kehormatan menjadi host satu conference tentang pendidikan vokasi untuk maritime, dimana sekjennya orang Jepang dan banyak dari negara-negara ketiga yang hadir," ungkap dia.

"Ini menunjukan bahwa kita sejajar dengan negara-negara maju untuk memajukan pendidikan maritim," tambahnya.

Sebagai salah satu negara maritim besar dunia, dia mengatakan, Indonesia harus mampu meningkatkan kompetensi dalam mengelola laut. Sektor perekonomian juga banyak tumbuh di sana.

"Maritim ini makin penting, karena logistik dari sana. Kegiatan perekonomian banyak dari sana, banyak juga memberikan ranah kehidupan untuk banyak orang," tegasnya.

"Jadi kita harus pastikan bahwa orang-orang kita itu memiliki pendidikan yang bagus, dan kalau pendidikannya bagus pasti memberikan level of service, terutama level of safety itu lebih baik," pungkas dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harimau Main ke Pasar Siang Bolong

Posted: 14 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Pekanbaru - Warga di Kecamatan Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir, dibuat heboh dengan seekor harimau sumatera yang masuk ke sebuah pasar di daerah itu. Harimau itu lalu masuk ke sela-sela dua rumah toko (ruko) dan terperangkap di dalamnya.

Menurut Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono, sejak terperangkap, satwa belang itu menjadi tontonan warga sekitar. Banyak warga yang penasaran melihat langsung bentuk dari satwa yang hampir punah itu.

"Laporan terjebaknya masuk ke kami pukul 10.00 WIB, masih di sana sampai sekarang harimaunya," kata Suharyono, Rabu, 14 November 2018.

Untuk mengevakuasi harimau sumatera ini, BBKSDA sudah mengirim dua tim ke lokasi. Tim pertama berangkat dari Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu karena lokasinya terbilang dekat dengan Kabupaten Indragiri Hilir.

"Sebelum tim pertama sampai di lokasi, kami sudah koordinasi dengan pihak kecamatan dan Polsek setempat," sebut Suharyono.

Koordinasi ini berjalan dengan baik. TNI, Polri serta pihak kecamatan sudah melokalisasi keberadaan harimau sumatera itu. Di antara dinding sela-sela dua ruko dibuat jaring dan kayu agar harimau tidak keluar.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Proses Evakuasi Harimau Sumatera

Sudah 40 hari lebih harimau Sumatera yang menerkam karyawati perkebunan sawit berkeliaran di Desa Tanjung Simpang, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. (Liputan6.com/M Syukur)

Menurut Suharyono, tim pertama tidak dilengkapi dengan bius. Makanya, dikirim tim kedua dari Kota Pekanbaru yang berisi petugas medis dan membawa bius untuk langkah evakuasi.

"Tim pertama terdiri dari lima orang, tim kedua jumlahnya lebih dan ada membawa bius," kata Suharyono.

Sebelum dua tim itu sampai di lokasi, Suharyono menyebut pihak kecamatan serta TNI dan Polri sudah melakukan sosialisasi. Masyarakat ditenangkan agar tidak berbuat anarkis terhadap satwa yang terancam punah itu.

"Diharap tidak ada korban, baik dari masyarakat ataupun satwa. Kami berterima kasih koordinasi ini berjalan baik," sebut Suharyono.

Dugaan Suharyono, harimau ini muncul dari rawa-rawa seluas empat hektare yang dekat dengan lokasi kejadian. Harimau ini juga belum dipastikan apakah berasal dari Dusun Teluk Nibung yang sempat menerkam beberapa ekor ternak warga.

Menurut Suharyono, ada dugaan satwa ini merupakan harimau rawa karena berasal dari dataran rendah dan tidak berasal dari kawasan hutan. Pasalnya sebelum kejadian, ada laporan kemunculan dua ekor harimau di lokasi terdekat.

"Belum bisa dipastikan, karena sebelumnya ada ditemukan dua jejak berbeda. Apakah ini induknya atau individu lain," kata Suharyono.

Suharyono juga belum bisa memastikan jenis kelamin harimau ini. Dia menyebut belum mendapat laporan dari dua tim yang dikirim ke lokasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1, Ajang Penentuan PSM Vs Persija

Posted: 14 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pekan ke-31 Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak akan jadi ajang penentuan bagi PSM Makassar dan Persija Jakarta. Itu karena terkait dengan peluang kedua tim untuk tampil sebagai juara musim ini.

Saat ini, PSM dan Persija adalah kandidat kuat juara Liga 1 bersama Persib Bandung. PSM memang masih di puncak klasemen dengan raihan 53 poin dari 30 pertandingan. Tapi, mereka hanya unggul empat poin atas Persija dan Persib.

Selain itu, Persija juga masih menyimpan satu pertandingan lebih banyak dari PSM. Kebetulan, PSM dan Persija juga akan bentrok pada pekan ini di Stadion Andi Mattalatta, Jumat (16/11/2018).

Jika Persija menang, jarak kedua tim akan dipisahkan satu poin saja. Hal itu jelas membuat kubu PSM khawatir. Apalagi, tim berjuluk Juku Eja itu masih akan bertemu lawan-lawan berat, yakni Bali United dan Bhayangkara FC.

Sedangkan Persija hanya bertemu lawan-lawan yang relatif enteng. Bagi anak asuh Stefano Cugurra Teco itu, mungkin hanya pertemuan dengan Bali United yang harus diwaspadai di sisa musim ini.

 

Klasemen Liga 1

Klasemen Liga 1. (Soccerway)

Jadwal Liga 1 Pekan ke-31

 

Jumat, 16 November 2018

15.30 WIB: PSM vs Persija

18.30 WIB: Persela vs Arema

 

Sabtu, 17 November 2018

13.30 WIB: Perseru vs Borneo

15.30: PSMS vs Madura United

15.30 WIB: Barito vs Mitra Kukar

15.30 WIB: PS Tira vs Sriwijaya

 

Minggu, 18 November 2018

15.30 WIB: PSIS Semarang vs Persib

18.30 WIB: Bali United vs Persebaya

 

Senin, 19 November 2018

18.30 WIB: Bhayangkara FC vs Persipura

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mantan Wapres Boediono Diperiksa KPK Terkait Century

Posted: 14 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mantan Wakil Presiden Boediono mendatangi gedung KPK. Boediono diperiksa dalam kasus Bank Century.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zayn Malik Bahagia Masa Kecilnya Dekat dengan Kehidupan Islam

Posted: 14 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, London - Zayn Malik baru saja mengakui bahwa ia bukanlah seorang muslim dalam wawancara ekslusif dengan Vogue UK. Tak hanya itu, Zayn Malik juga mengatakan dirinya tak percaya dengan keberadaan neraka, dan tak merasa harus menjalani kewajiban sebagai seorang muslim.

Meski begitu, Zayn Malik tetap merasa bahagia telah menghabiskan masa kecilnya di lingkungan masjid. "Selalu ada keindahan dalam setiap agama," tuturnya, seperti dilansir dari situs Vogue UK, Rabu (14/11/2018).

Ia menceritakan bahwa di masa lalu, orangtuanya selalu memberikan pelajaran tentang agama Islam kepada anak-anaknya.

"Dengan ayah dan ibuku, mereka selalu ada untuk mengedukasi kami–aku pergi ke masjid, aku mempelajari Islam–tapi mereka memberikan opsi apa yang bisa kau pilih sendiri," tutur Zayn Malik.

 

Simak juga video berikut ini:

Keputusan Mudah?

Zayn Malik (Foto: Instagram/zayn)

Sang pewawancara lantas menanyakan lebih jauh, apakah mudah baginya mengabarkan keputusan meninggalkan agama kepada keluarganya?

"Sangat mudah bagiku," tutur Zayn Malik sambil mengangguk.

Percaya Ada Tuhan

Zayn Malik. (KEVIN WINTER / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Meski mengakui bukan seorang muslim dan menjalankan syariat agama, pria keturunan Pakistan - Irlandia ini mengatakan tetap mempercayai adanya Tuhan.

"Untukku, aku memiliki kepercayaan spiritual bahwa ada Tuhan. Apa aku percaya ada neraka? Tidak," tuturnya.

Bagi Zayn Malik, persoalan agama adalah hal yang sangat pribadi.

"Aku ingin menyimpannya antara aku dan apa pun yang aku percaya. Aku merasa hal ini membuatku menjalani kehidupan dengan cara yang baik. Kalau aku berperilaku baik, aku akan diperlakukan baik. Itu saja," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hancur oleh Kebakaran California, Kota Ini Harus Dibangun Ulang

Posted: 14 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Paradise - Direktur lembaga tanggap darurat Amerika Serikat (AS) mengatakan Kota Paradise yang rusak oleh kebakaranCalifornia, membutuhkan pembangunan total secara menyeluruh, yang akan memakan waktu beberapa tahun.

Brock Long, administrator Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA), mengatakan kerusakan di Kota Paradise adalah "salah satu bencana terburuk" yang pernah dilihatnya.

Sejauh ini, sebagaimana dikutip dari BBC pada Kamis (15/11/2018), sebanyak 48 orang telah ditemukan tewas di lokasi Camp Fire --nama kebakaran besar yang melanda California Utara-- yang menghantam kota Paradise, dan lebih dari 100 lainnya masih belum ditemukan.

Sekitar 9.000 petugas pemadam kebakaran saat ini berjuang melawan kebakaran hutan di wilayah utara dan selatan California.

Dalam konferensi pers pada Rabu 14 November, direktur pemadam kebakaran California mengatakan bahwa kerja keras terus dilakukan untuk menahan laju kobaran api.

"Saya ingin menegaskan kembali bahwa kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan, kami akan terus berada di sini, kami akan menyelesaikannya sampai pekerjaan selesai," kata Ken Pimlott.

Dalam twit pada hari Rabu, Presiden Donald Trump mengatakan dia telah diberitahu tentang situasi buruk tersebut oleh Long dan Menteri Dalam Negeri Ryan Zinke, yang keduanya saat ini berada di California.

Trump juga disebut menawarkan dukungannya kepada Gubernur California Jerry Brown.

 

Simak video pilihan beirkut: 

 

Ribuan Tempat Tinggal Rusak

Ilustrasi Kebakaran(Liputan6.com/Johan Fatzry)

Pasukan pemadam kebakaran mengklaim telah menguasai 35 persen bencana Camp Fire, yang telah menjadi kebakaran paling mematikan dalam sejarah negara bagian California.

Mereka tidak bisa memastikan untuk sepenuhnya meredam kobaran api, yang telah merusak sekitar 135.000 acre (setara 54.600 hektar), dan kemungkinan akan terus berkobar hingga akhir November nanti.

Para pejabat Butte County --salah satu wilayah yang terkena dampak terparah-- telah merilis daftar 103 orang yang mereka yakini masih hilang, sebagian besar di antaranya adalah orang tua.

Sejauh ini, 7.600 tempat tinggal diketahui telah rusak oleh kobaran api, begitupun pada ratusan properti komersial.

Gubernur Brown, yang sedang melakukan kunjungan di wilayah terkait pada hari Rabu, menggambarkan kondisinya tampak seperti "zona perang".

"Paradise telah melakukan banyak perencanaan sebelum terjadinya keadaan darurat semacam ini, tetapi kebakaran tentu saja belum pernah terjadi sebelumnya, luar biasa dan begitu banyak orang terperangkap," katanya.

Pasukan militer dan anjing pelacak membantu tim forensik mengidentifikasi jenazah yang kemungkinan masih terperangkap oleh kebakaran besar.

Para pejabat memperingatkan operasi pencarian bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Pasien Diabetes Anak, Tak Malu Suntik Insulin Sendiri di Sekolah

Posted: 14 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Agar kadar gula darah di tubuh normal, orang dengan diabetes harus suntik insulin setiap hari. Insulin adalah hormon alami yang diproduksi oleh pankreas. Dari asupan makanan, pankreas melepaskan hormon insulin yang memungkinkan tubuh mengubah glukosa menjadi energi dan disebarkan di seluruh tubuh. Pada diabetesi, kemampuan tubuh untuk memproduksi insulin berkurang.

Kerepotan menyuntikkan insulin sedang dialami Fulki Baharuddin Prihandoko (12). Remaja yang didiagnosis diabetes sejak berumur 9 tahun, harus suntik insulin saat di sekolah. Selain perlengkapan sekolah, di dalam tasnya harus ada peralatan untuk melawan kondisi tersebut.

Dia, mengaku, tak ada rasa malu saat akan suntik insulin sendiri di sekolah. Teman-temannya bahkan menyemangati dan ikut membantu.

"Suntiknya di perut," kata Fulki.

"Kalau di rumah disuntikin sama mama di lengan. Bisa juga di paha, tapi aku enggak mau," kata dia menambahkan usai acara konferensi pers "Anak juga Bisa Diabetes" di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta pada Rabu, 31 Oktober 2018. 

Saat di sekolah, kata Fulki, teman-temannya membantu mencatat kadar gula darah pada hari itu. Selesai suntik, mereka pun membantu Fulki merapikan peralatan suntik.

"Pas suntik insulin di sekolah, aku enggak malu kok. Biasa aja. Teman-teman suka bantuin juga nge-rapihin peralatan suntiknya," ujar siswa SMP Islam Al-Azhar Jakarta Barat.

Aisyah Rahmah, ibu Fulki sangat takjub dengan anak laki-lakinya. Meski harus suntik insulin seumur hidup, Fulki tetap menikmati hidupnya. Tidak terlihat kesan minder dari Fulki yang mengidap diabetes. Ia anak yang rajin belajar dan suka bergaul.

"Saya lihat dari dalam diri Fulki sendiri enggak pernah tertekan. Dia malah bersemangat. Dia merasa dirinya unik dan berbeda dari teman-teman lain. Alhamdulillah, dia pede (percaya diri) banget. Saya sendiri enggak pernah mengajarkan itu (untuk pede)," kata Aisyah menambahkan.

 

 

Peringatan Hari Diabetes Sedunia pada 14 November 2018, jurnalis Liputan6.com menayangkan liputan khusus dengan topik "Anak juga Bisa Kena Diabetes." Tulisa ini mengisahkan penyintas diabetes yang harus suntik insulin di sekolah.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Jangan sampai terluka

Ibu Fulki menceritakan gejala anaknya kena diabetes, seperti berat badan turun dan sering terlihat lesu. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Prestasi belajar Fulki di sekolah juga tidak terhambat. Ia termasuk aktif mengikuti kegiatan di sekolah. Dari main basket sampai acara outbond pun diikutinya. Yang menjadi perhatian, Fulki tidak boleh terluka. Orang dengan diabetes sangat sulit menyembuhkan lukanya.

"Yang pasti Fulki jangan sampai luka. Kadang Al-Azhar itu ada outbond. Fulki nanya, 'Boleh enggak ikutan?' Saya bilang boleh-boleh saja, asalkan jangan sampai terluka. Harus hati-hati. Sebisa mungkin jangan terluka," papar Aisyah.

Sebelum outbond, orangtua Fulki juga berbincang dengan pihak sekolah. Lokasi dan medan outbond yang aman, dalam arti medan outbond tidak banyak batu atau hal-hal yang memicu luka boleh saja untuk Fulki ikut. Fulki pun mau ikut outbond.

Aisyah menceritakan saat Fulki dikhitan. Penyembuhan luka Fulki berjalan lancar. Sebelum dan sesudah dikhitan, orangtua Fulki mengikuti anjuran dokter. Lokasi khitan bukan di rumah atau tempat khusus khitan, melainkan di rumah sakit. Bahkan Fulki harus dirawat inap.

"Pas dikhitan sih alhamdulillah (luka khitannya) sembuh seminggu. Tapi saya benar-benar mengikuti apa kata dokter. Sehari sebelum dikhitan harus dirawat untuk dicek kadar gula darah. Dikhitannya di ruang operasi yang steril. Kemudian rawat inap sehari, baru boleh pulang. Kesannya ribet. Enggak apa-apalah, yang penting sembuh," ujar Aisyah.

Konsultasi dengan ahli gizi

Fulki harus disuntik insulin setiap kali mau makan pagi, siang, dan malam. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Pola makan Fulki sehari-hari harus sesuai perhitungan kalori. Untuk konsumsi makan pun berkonsultasi dengan ahli gizi. Ada buku pintar yang berisi perhitungan jumlah kadar kalori, karbohidrat, dan vitamin. Ketika makan, Fulki harus makan telur dan bakso berapa buah sudah terukur.

"Buku pintar ini sangat membantu. Kita kan enggak tahu secara nyata, 10 kalori hitungannya bagaimana. Di buku pintar, satu lembar roti itu mengandung 7 kalori. Misal, sehari Fulki butuh asupan sebanyak 36 kalori. Jadi, sarapan bisa satu telur, susu, dan roti dua lembar. Itu udah cukup kalorinya," lanjut Aisyah.

Untuk makan nasi, orangtua Fulki harus membeli beras non kalori. Untuk beras biasa, Fulki boleh saja makan, tapi dalam porsi yang setengah. Lain halnya, makan nasi non kalori yang bisa semangkuk penuh kecil. Bahkan ia bisa makan nasi lebih banyak dengan menggunkan beras non kalori.

Suntik insulin pun dilakukan setiap kali mau makan. Sarapan pagi, makan siang, dan malam. Sebelum tidur harus disuntik juga. Sehari Fulki harus empat kali suntik insulin.

"Jedanya 5 menit sesudah suntik, lalu boleh makan. Kalau makan pagi dosisnya 10 unit, siang dan malam itu 14 unit. Ada putaran jumlah unit dan dosis dibagian suntik," lanjut Aisyah.

Fulki sudah tahu, pola makan harus diatur. Suntik insulin secara teratur dan jaga kesehatan fisik agar kadar gula darah enggak turun drastis. Ia juga menjaga kebbersihan dan cek gula darah teratur.

"Aku menghindari makanan yang mengandung gula dan karbohidrat.  Sarapan misalnya, minum energen dan sereal," ujar Fulki.

Selain atur pola makan sesuai anjuran dokter, olahraga juga dilakoni Fulki. Ia main basket di sekolah dan di rumah. Yang menakjubkan, setelah olahraga, kadar gula darah bagus. Namun, yang harus diperhatikan, suntik insulin juga tidak boleh kebanyakan dosisnya, yang bisa berujung hipoglikemia (kadar gula darah turun). Aisyah dan suaminya, K Prihandoko ikut menanamkan diabetes pada Fulki.

"Saya bilang ke Fulki, 'Uki baru (yang namanya) sakit itu kalau batuk dan pilek. Kalau diabetes dari Allah swt. Hanya saja Uki perlu insulin dari luar (suntik insulin). Uki anak istimewa. Uki anak yang hebat," Aisyah menambahkan. 

Pola makan yang teratur dan gula darah yang terus dipantau membuat berat badan Fulki lambat laun naik. Intinya, tidak boleh gemuk dan berlebihan makan.

Berawal dari gatal sampai rambut rontok

Peralatan suntik insulin Fulki pun harus ia bawa ke sekolah agar selalu bisa suntik insulin sendiri. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Gejala diabetes Fulki berawal dari gatal-gatal, sering kencing, dan mengompol. Setiap kali habis kencing, lanjut Aisyah, kamar mandi banyak semut dan lantai terasa lengket. Berat badan turun terus. Ia pun diperiksa ke dokter di RS Siloam Kebun Jeruk. Pertama kali periksa belum terdiagnosis diabetes. Dokter hanya memberikan obat untuk mencegah mengompol.

"Dikasih obat tapi enggak efektif. Udah diminum seminggu. Setelah obat habis, gejala sering kencing dan mengompol kembali lagi. Saya antar dia periksa lagi. Kayaknya bukan gejala biasa deh. Saya minta cek darah. Baru ketahuan diabetes. Kadar gulanya waktu 750 mg," ucap Aisyah.

Akhirnya, Fulki dirawat selama seminggu dengan terapi insulin. Ia diberi infus dan insulin. Gula darah dicek setiap satu jam sekali. Mungkin masih perlu coba-coba, perlu berapa dosis insulin. Aisyah pun mencatat, berapa kali Fulki kencing.

Tanda-tanda diabetes dialami Fulki saat kelas 2 SD. Ia kadang suka gatal dan rambut rontok. Raut wajah Fulki terlihat seperti lelah. Di sekolah, gurunya menyampaikan, Fulki kadang mengantuk dan ketiduran. Ia lantas diminta cuci muka.

"Berangkat pagi ke sekolah itu suka malas-malasan. Lesu. Saya pikir, banyak tugas sekolah. Lemes badan," Aisyah melanjutkan.

Penyebab diabetes pada Fulki mendadak terjadi. Padahal, tidak ada keluarga yang punya riwayat diabetes. Sewaktu Aisyah mengandung Fulki, ia tidak alami diabetes. Fulki lahir normal dengan berat badan 3,2 kg dan tinggi 50 cm.

"Mungkin dia anak yang 'terpilih.' Saya sendiri enggak tahu kenapa?," tutup Aisyah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Fintech Sudah Harus Masuk ke Bisnis Perbankan

Posted: 14 Nov 2018 08:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membuka acara Indonesia Banking Expo (IBX) 2018 pada Kamis (15/11/2018) di Hotel Fairmont, Jakarta.

Topik yang dibahas adalah generasi masa depan perbankan di era Revolusi Industri 4.0. yaitu Financial technology (fintech) menjadi pembahasan utama dalam  Indonesia Banking Expo 2018.

Sri Mulyani  menegaskan, peran kepemimpinan untuk mendorong inovasi ini. "Bahwa fintech adalah sesuatu  yang sudah harus, tidak hanya diterima, tapi didesain masuk institusi Anda, saya rasa itu leadership yang bisa didorong," ucapnya pada keynote speech.

Lebih lanjut ia menuturkan, apapun jenis inovasi yang ada, akar industri keuangan tetaplah kepercayaan. "Industri keuangan, bisnis Anda adalah mengelola kepercayaan. Mau uangnya kartal atau digital, doesn't matter, itu adalah amanah atau properti orang yang dititipkan kepada Anda," tegas Sri Mulyani.

Sementara itu, Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) Kartika Wirtoatmodjo menjelaskan revolusi industri bukan lagi hal masa depan, melainkan terjadi saat ini.

Ia menyebut sejumlah disrupsi teknologi yang bisa memengaruhi perbankan antara lain robotics, machine learning, blockchain, dan Artificial Intelligence (AI).

Menurut pria yang akrab dipanggil Tiko itu, perbankan dan masyarakat bisa mendapat keuntungan bersama dari mengandalkan disrupsi yang terjadi untuk layanan yang lebih cepat dan murah.

Ia mencontohkan pemakaian sistem AI yang bisa membantu konsumen mencarikan solusinya. Perbankan pun diajak melakukan investasi dalam inovasi ini.

"Transformasi dalam jangka panjang akan mengubah perbankan pola ekonomi Indonesia," ucapnya.

"Masyarakat yang melakukan transaksi tanpa perlu cabang, ATM yang tentunya akan lebih efisien dan hemat waktu," ia menambahkan.

Tiko pun menambahkan unsur seperti cyber crime dan keamanan tidaklah diabaikan fokus. Segala disrupsi, evolusi regulasi, dan inovasi juga tetap memperhatikan kepatuhan dan kehati-hatian.

 

Gelar Indonesia Banking Expo 2018, Perbanas Soroti Perkembangan Fintech

Konferensi pers Indonesia Banking Expo 2018 pada Rabu (14/11/2018) (Foto:Merdeka.com/Wilfridus S)

Sebelumnya, Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) menggelar Indonesia Banking Expo (IBEX) 2018. Pameran tersebut akan diselenggarakan pada Kamis 15 November 2018 Hotel Fairmont, Jakarta.

Ketua Steering Committee IBEX 2018, Tigor M. Siahaan mengatakan, topik yang akan didiskusikan secara mendalam oleh para pemangku kepentingan terkait dalam Indonesia Banking Expo (IBEX) 2018 terkait financial technology (Fintech).

Dia menuturkan, revolusi teknologi yang terjadi saat ini telah mengubah cara hidup masyarakat, bekerja, dan berhubungan satu sama Iain. Pengaruhnya juga terasa pada sektor perbankan yang mengalami lebih banyak tantangan, terlebih dengan hadirnya financial technology (fintech) dan mitra teknologi dalam beberapa tahun terakhir. 

"Sektor perbankan memahami bahwa jawaban terhadap perubahan akibat revolusi teknologi ini harus holistik dan strategis, melibatkan seluruh pemangku kepentingan dari sektor publik dan swasta hingga akademisi dan masyarakat secara luas," kata dia, di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu 14 November 2018.

Kegiatan ini diharapkan akan diperoleh suatu kesepahaman mengenai peran masing-masing sektor serta pemanfaatan teknologi yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. 

"Perbankan tengah mengidentifikasi cara-cara yang efektif untuk berevolusi dalam lingkungan yang semakin kompetitif," kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas), Kartika Wirjoatmodjo menambahkan, transformasi digital, transformasi industri 4.0, pasti akan membawa dampak yang sangat besar terhadap perekonomian Indonesia. 

"Bank-bank anggota kami memahami hal ini dan bekerja keras untuk menjawab perkembangan teknologi yang sangat cepat, sementara pada saat yang sama kami juga harus mempertahankan prinsip kehati-hatian dan kepatuhan pada regulasi serta mengelola risiko-risiko terkait," ujar dia.

Sebagai informasi, IBEX 2018 akan menghadirkan narasumber dari berbagai sektor yang terkait dengan perbankan, mulai dari sektor manufaktur, transportasi, hingga teknologi finansial serta mitra teknologi yang sedang marak seat ini. 

Mereka akan terlibat dalam diskusi panel dan diskusi kelompok untuk membahas peran teknologi dalam transformasi, industri 4.0 serta bagaimana sektor perbankan harus menyikapinya. 

Digitalisasi ekonomi membawa manfaat bagi konsumen serta membuka peluang pekerjaan dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang pintar, terdigitalisasi serta terhubung akan memungkinkan aktivitas ekonomi modern dilakukan dengan .lebih fleksibel, tangkas dan cerdasi Namun demikian, ekonomi digital tetap menjadi tantangan karena sifat kompleksitasnya. 

"Kita perlu memahami bagaimana teknologi maju tersebut dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan peluang inovasi, model dan proses baru dalam berbisnis, serta produk dan Iayanan yang lebih baik. Kita masih memiliki isu terkait kepercayaan, privasi, dan transparansi yang harus ditangani seiring dengan semakin intensifnya transformasi teknologi finansial di Indonesia," imbuh Kartika.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Gabung, Zarco Yakin Melesat Bersama KTM di MotoGP 2019

Posted: 14 Nov 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Valencia - MotoGP 2018 masih menyisakan satu seri lagi. Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, akan menutup dari semua rangkaian MotoGP tahun ini pada Minggu (18/11/2018).

Balapan di Valencia akan menjadi akhir perjalanan Johann Zarco bersama Monster Yamaha Tech 3. Untuk MotoGP 2019, Zarco akan bergabung dengan Red Bull KTM Factory Racing.

Zarco sendiri memang belum menunggangi langsung motor tim barunya itu, KTM RC16. Namun dengan pengalamannya, rider asal Prancis itu yakin bisa membawa pabrikan asal Austria itu melejit di MotoGP 2019.

"Saya belum berkomunikasi untuk memulai petualangan bersama. Pekerjaan saya bersama KTM akan dimulai usai balapan Valencia. Setelah itu kami akan menulis cerita baru," ujar Zarco, dikutip dari Crash.

"Dengan KTM, saya akan bergaya seperti Zarco dan meningkatkannya. Dalam satu tahun, kita akan melihat ada gaya yang berbeda dengan motor itu," kata rider MotoGP berusia 28 tahun tersebut itu menambahkan.

KTM Raja Rally Dakar

Pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco. (Twitter/Yamaha Tech 3)

Zarco sendiri menilai KTM bukanlah tim kacangan. Pasalnya, KTM merupakan raja Rally Dakar pada tahun 2018.

"Itu jadi motivasi saya. Namun, Anda tidak bisa berlomba tanpa memikirkan kemenangan," ucap Zarco.

 

Jadwal MotoGP Valencia

Jumat, 16 November 2018

15.55-16.40 WIB: FP1

20.05-20.50 WIB: FP2

 

Sabtu, 17 November 2018

15.55-16.40 WIB: FP3

19.30-20.00 WIB: FP4

20.10-20.25 WIB: Kualifikasi 1

20.35-20.50 WIB: Kualifikasi 2

 

Minggu, 18 November 2018

15.40-16.00 WIB: Pemanasan

20.00 WIB: Balapan

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neraca Perdagangan Indonesia Defisit USD 1,82 Miliar pada Oktober 2018

Posted: 14 Nov 2018 08:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto mencatat neraca perdagangan Indonesia defisit sebesar USD 1,82 miliar pada Oktober 2018. Defisit ini berasal dari impor sebesar USD 17,62 miliar dan ekspor sebesar USD 15,80 miliar.

"Dengan menggabungkan impor dan ekspor maka neraca perdagangan Indonesia defisit sebesar USD 1,82 miliar pada Oktober 2018," ujarnya di Gedung BPS, Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Impor Indonesia pada Oktober meningkat tajam sebesar 20,60 persen jika dibandingkan pada September 2018. Sementara jika dibandingkan dengan Oktober 2017, impor naik 23,66 persen.

"Ini karena impor migas naik sebesar 26,97 persen dan non migas naik 19,42 persen jika dibandingkan dengan September 2018," jelas dia.

Sektor migas mencatatkan impor sebesar USD 2,91 miliar pada Oktober. Sementara pada sektor non migas sebesar 14,71 miliar. "Impor ini tetap menjadi perhatian pemerintah, supaya bisa dikendalikan," jelasnya.

BPS juga mencatat nilai ekspor Indonesia pada Oktober 2018 sebesar USD 15,80 miliar. Angka tersebut naik 3,59 persen dibanding Oktober 2017 dan naik 5,87 persen dibanding September 2018.

Sektor migas menyumbang ekspor USD 1,48 miliar. Sementara non migas menyumbang USD 14,32 miliar.

"Ada kenaikan pada ekspor migas yaitu pada nilai gas. Sementara pada nilai hasil minyak dan minyak mentah turun," tutur dia.

Secara per sektor dibanding bulan sebelumnya, ekspor Indonesia dari sektor pertanian menurun sebesar 0,92 persen dan mencatat nilai ekspor sebesar USD 0,3 miliar. Kemudian, industri pengolahan naik 6,40 persen mencatat nilai USD 11,59 miliar.

"Pertambangan turun 0,58 persen secara month to month (MTM). Sehingga, ekspor non migas menyumbang 90,62 persen dari total ekspor Oktober 2018," jelasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Menko Darmin: Sejak Merdeka Transaksi Berjalan Kita Sudah Defisit

Menko Perekonomian Darmian Nasution saat mengumumkan paket kebijakan ekonomi tahap pertama di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (9/9/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menanggapi pelebaran defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) pada kuartal III 2018 yang tercatat sebesar USD 8,8 miliar atau 3,37 persen terhadap PDB. Defisit ini terjadi karena ekspor Indonesia belum mampu berjalan melampaui laju impor.

"Impornya ini masih tinggi, tinggal ekspornya gimana karena memang kita tidak bisa duga itu harus lihat datanya. Kelihatannya ekspornya memang menunggu sehingga mau enggak mau defisitnya makin besar," ujar Darmin seperti ditulis Sabtu (10/11/2018).

Defisit transaksi berjalan bukan sesuatu hal baru. Sebab hal ini telah terjadi sejak Indonesia merdeka. Pada masa orde baru, defisit ini utamanya terjadi karena banyak barang yang dibutuhkan tetapi tidak mampu diproduksi dalam negeri.

"Jangan lupa sejak merdeka kita selalu defisit kita belum pernah (tak defisit). Pernah mungkin beberapa kuartal tidak defisit, tapi praktis selama paling tidak sejak orde baru lah, sejak 1997 transaksi berjalan kita itu pada dasarnya defisit karena terlalu banyak produk yang tidak kita hasilkan tapi kita perlu," jelasnya.

Beberapa barang yang pada masa tersebut masih diimpor antara lain, bahan baku, barang setengah jadi maupun barang modal. "Memang perlu waktu kalau ingin membenahi transaksi berjalannya," kata Menko Darmin.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut menambahkan, selama 7 tahun terakhir hingga akhir 2017 defisit bisa dikendalikan oleh pemerintah dengan mengandalkan surplus dari transaksi modal dan keuangan.

"Kalau bisa nutup tidak masalah, malah kalau dia lebih cadangan devisanya naik. Nah sekarang dia memang meningkat defisit transaksi berjalan nya dan kebijakan yang lalu dia kan periode nya sampai September itu ya, bukan sampai Oktober atau November," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nokia 106, Ponsel Murah dengan Daya Tahan Baterai Seharian

Posted: 14 Nov 2018 08:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - HMD Global kembali memperkenalkan feature phone terbaru besutannya, yakni Nokia 106. Ponsel ini merupakan perangkat terjangkau untuk pasar global.

Dikutip dari The Verge, Kamis (15/11/2018), ponsel ini memiliki layar berukuran 1,8 inci beresolusi 160x120 piksel. Ponsel ini mampu menyimpan hingga 2.000 kontak dan 500 SMS.

HMD menyebut baterai ponsel ini mampu bertahan mulai dari matahari terbit hingga terbenam dalam satu kali pengisian daya.

Namun berdasarkan spesifikasi resmi, baterai ponsel ini mampu dipakai selama 15,7 jam untuk penggunaan aktif. Sementara dalam posisi standby dapat bertahan hingga 21 hari.

Sama seperti feature phone lain, Nokia 106 dibekali dengan hiburan berupa radio FM. Ponsel ini sudah menjalankan software Nokia Series 30+.

Tak hanya itu, Nokia 106 sudah dilengkapi dengan gim Snake bawaan. Jika tertarik untuk menambahnya, pengguna dapat membeli gim-gim lain. 

Untuk spesifikasi, ponsel ini dipersenjatai dengan MTK 6261D, memori internal 4MB, dan RAM 4MB. Nokia 106 memiliki bobot hanya 70 gram termasuk baterai 800mAh.

Ponsel terbaru tersebut hadir dengan port pengisian daya microUSB dan headphone jack. HMD merilis ponsel ini dalam satu warna, yakni dark grey dengan harga diperkirakan sekitar Rp 349 ribu. 

Menurut jadwal, HMD Global memulai penjualan Nokia 106 mulai hari ini. Akan tetapi, kedatangannya di tiap-tiap wilayah dipastikan berbeda.

HMD Bakal Kembali Rilis Feature Phone Nokia Versi 4G

Deretan smartphone Nokia. Liputan6.com/ Andina Librianty

HMD Global (HMD) dilaporkan akan kembali meramaikan pasar dengan feature phone baru. Kehadiran produk ini diperkirakan lantaran perusahaan menjual lebih banyak feature phone dibandingkan smartphone Nokia.

Dilansir Phone Arena, Vice President and Country Head India HMD Global, Ajey Mehta, dalam sebuah sesi wawancara mengatakan tengah menjajaki kemungkinan untuk kembali merilis feature phone baru yang kompatibel dengan jaringan 4G LTE.

"Perusahaan sedang menjajaki kemungkinan merilis feature phone 4G dengan harga terjangkau," tuturnya.

HMD dinilai mencicipi hasil manis dari pertumbuhan pangsa pasar feature phone besutannya, terutama di pasar seperti India. Hal ini dinilai sebagai alasan perusahaan memperluas portofolio feature phone.

Pihak HMD sendiri sebelumnya mengklaim ada permintaan besar untuk perangkat dengan harga murah. Perusahaan pun merasa hal tersebut sebagai peluang manis yang harus dimanfaatkan dengan baik.

HMD sendiri sebelumnya telah merilis feature phone 4G yakni Nokia 8810. Ponsel ini disebut mendapatkan respon baik dari para konsumen.

Spesifikasi Lengkap dan Harga Nokia 3310 Terbaru

Nokia 3310 versi 4G (Foto: GSM Arena)

Sekadar informasi, Nokia 3310 merupakan feature phone pertama yang diluncurkan oleh HMD Global pada awal tahun lalu. Nokia 3310 ini diklaim punya ketahanan baterai tinggi dengan hadirnya removable battery berkapasitas 1.200mAh.

okia 3310 baru punya layar berbentuk melengkung berukuran 2,4 inci. Perusahaan mengklaim, ponsel ini dapat digunakan dengan baik meski di bawah sinar matahari.

Tak hanya itu, perangkat ini sudah dibekali dengan tombol fisik angka dan huruf serta tiga tombol fisik yang berfungsi untuk menerima panggilan, mengakhiri panggilan, dan satu buah tombol navigasi di bagian tengah layaknya feature phone milik Nokia lainnya.

Lantaran sebatas sebuah feature phone, Nokia hanya menghadirkan jaringan 2G di frekuensi 900/1800 MHz untuk ponsel ini, sehingga pengguna harus melupakan 4G jika hendak kembali memakai Nokia 3310. Namun, dalam pembaruan versi 4G pun turut diperkenalkan.

Meski begitu, perangkat ini hadir dengan sederet pembaruan, misalnya saja aplikasi radio FM dan MP3 Player, kamera utama 2MP dengan LED Flash, serta konektivitas Bluetooth.

Tidak hanya itu, pengguna Nokia 3310 kini bisa menyimpan data di penyimpanan internal 16MB dan memperluasnya hingga 32GB dengan dukungan slot MicroSD. Nokia 3310 baru juga didukung dengan dual slot SIM card.

Ponsel ini berjalan pada OS Nokia Series 30+, dibekali Opera Browser dan tentunya gim legendaris Snake bagi mereka yang ingin bernostalgia.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virgoun Bikin Histeris Peserta Emtek Goes to Campus 2018 Surabaya

Posted: 14 Nov 2018 08:40 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Penyanyi yang memutuskan untuk bersolo karier, Virguon Tambunan, menutup gelaran event tahunan Emtek Goes to Campus 2018 hari kedua di auditorium kampus timur Universitas Kristen Petra Surabaya, Rabu (14/11/2018).

Pada saat Virguon memasuki area panggung, dia menyanyikan lagu berjudul "Bukti". Secara serempak dan tanpa dikoordinasi, sejumlah peserta EGTC 2018 langsung maju memadati depan panggung.

"Terima kasih kepada Universitas Kristen Petra dan semoga acara Emtek Goes to Campus 2018 berjalan dengan sukses," tutur Virguon.

Selanjutnya, Virguon menyanyikan lagu berjudul "Seluruh Nafas Ini," yang sebenarnya merupakan sebuah single pertama dari album full track Last Child yang dirilis pada 25 Januari 2012. Single ini pun sedikit galau, karena menceritakan sebuah hubungan yang harus berakhir lantaran adanya perbedaan.

Pada lagu terakhir EGTC 2018 hari kedua ini, Virguon menyanyikan lagu Surat Cinta Untuk Starla. Pada 2016 lalu Virgoun meluncurkan single project solonya di luar band Last Child dengan judul serupa.

Dan tak diduga oleh Virgoun, lagu tersebut menjadi lagu paling hits dari 2016 sampai sekarang ini. Tak hanya itu saja lagu tersebut telah banyak menerima penghargaan. Apalagi video lirik lagu "Surat Cinta Untuk Starla" telah ditonton lebih dari 117 juta pasang mata media sosial berbagi video. Ini pertama kalinya video musik dari Indonesia ditonton 100 juta orang.

Lagu "Surat Cinta Untuk Starla" juga memiliki makna yang mendalam, jika menurut Virgoun lagu tersebut menunjukkan kasih sayang seorang ayah kepada anaknya. Boleh dikatakan lagu tersebut menjadi lagu spesial dari Virgoun kepada anaknya yang bernama Starla.

Namun, jika menurut pandangan yang lebih universal, lagu tersebut memiliki makna yang lain, yaitu tentang cinta yang paling jernih dan tulus dari seseorang untuk seseorang lainnya. Dia akan selalu setia dan mencintai pasangannya tersebut hingga rambut pasangannya memutih, bahkan dunia akan membencinya.

Tidak hanya tentang cerita atau makna lagu dan proyek solonya, proses kreatif dari single tersebut pun juga menyisakan cerita yang seru. Suara mesin ketik yang terus mengiringi lagu jelas mencuri perhatian kita sebagai pendengarnya.

Sentuhan string yang semakin menguatkan penjiwaan dari lagu itu sendiri, ditambah dengan dukungan dari personel Last Child yang bergabung mengisi choir membuat lagu ini pun juga terasa semakin dalam.   

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rumah Tak Kena Kebakaran, Kim Kardashian Sewa Damkar Pribadi

Posted: 14 Nov 2018 08:40 PM PST

Liputan6.com, California - California dirundung duka, kebakaran hebat terjadi dan membakar sebagian rumah selebritas Hollywood. Dan selebritas Hollywood tak tinggal diam, termasuk Kim Kardashian dan sang suami, Kanye West.

Dilansir TMZ, Kim Kardashian dan Kanye West, disebut-sebut lebih dari sekedar berpartisipasi. Mereka rela menyewa pasukan pemadam kebakaran demi melindungi rumahnya dan para tetangga yang berada di kawasan berdampak.

Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan Kim Kardasian dan Kanye lantaran rumah mereka beserta para tetangga berada di tepi sebuah tanah lapang yang cukup luas.

Tanpa pelindung apapun, bisa saja rumah Kim Kardashian dan Kanye West ikut terlalap si jago merah.

 

Keluarkan Uang Banyak

Kobaran api membakar sebuah rumah di Malibu, California, AS, Jumat (9/11). Departemen Pemadam Kebakaran setempat mendesak agar warga segera mengungsi ke tempat aman. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Dan benar saja, usai rela merogoh kocek cukup dalam, rumah mereka berhasil di selamatkan. Begitu juga dengan rumah para tetangga.

Ucapan terima kasih pun mengalir untuk pasangan ini dari para tetangga pemilik rumah saat ditemi oleh tim TMZ.

 

Cepat Pulih

Miley Cyrus dan Liam Hemsworth (AFP/Bintang)

Sejauh ini api masih melalap sebagian daerah di California. Termasuk juga rumah yayasan Miley Cyrus dan Liam Hemsworth yang telah habis total. Semoga di balik musibah ini California bisa lekas pulih dan bangkit! (Dhefa Mauren Roos Mary/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prancis Vs AS: Serangan Kritik Trump ke Macron Dinilai Tidak Pantas

Posted: 14 Nov 2018 08:31 PM PST

Liputan6.com, Paris - Twit Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengejek rekannya dari Prancis, Emmanuel Macron, disebut tidak pantas dan menunjukkan kurangnya "kesopanan umum", kata juru bicara pemerintah Prancis.

Pada Selasa 13 November, Trump menyerang balik Macron tentang nasionalisme Prancis, rencana pembaharuan tentara Eropa, dan peringkat pemimpin negara tersebut.

"Hari ini (13 November) kami memperingati pembunuhan terhadap 130 orang kami," kata juru bicara pemerintah Perancis Benjamin Griveaux, mengacu pada serangan Paris 2015.

Dikutip dari BBC pada Kamis (15/11/2018), Trump menyebut peringatan terhadap serangan Paris adalah standar ganda, karena sebelumnya, Prancis mengkritik AS terlalu membanggakan nasionalisme terkait kebijakan "America First".

Griveaux menegaskan bahwa 13 November adalah tanggal di mana Prancis menandai insiden tragis tiga tahun lalu di Paris dan Saint-Denis, ketika pemboman bunuh diri dan penembakan massal menewaskan 130 orang, serta melukai ratusan lainnya.

"Jadi saya akan menjawab dalam bahasa Inggris: 'kesopanan umum' adalah hal yang pantas diperhatikan, dan seharusnye negara besar paham akan hal itu," katanya kepada wartawan, menyindir AS.

Pernyataan di atas merupakan tanggapan atas ketidaksukaan Washington pada kritik Paris terkait isu nasionalisme berlebihan (chauvinisme), yang merujuk pada semangat "America First" oleh pemerintah Donald Trump.

Adapun kritik nasionalisme itu disampaikan oleh Macron, mengikuti kunjungan tidak biasa Trump pada Hari Gencatan Senjata --yang menandai 100 tahun berakhirnya Perang Dunia I-- di Paris, akhir pekan lalu.

Dalam serangkaian twit sebelumnya, Trump melancarkan serangan pada Macron atas "tingkat penerimaan imigran yang sangat rendah", dan mengeluarkan cemoohan pada kekalahan Prancis oleh Nazi Jerman di Perang Dunia II.

Donald Trump juga menyerang rekannya atas insiatif "militer Eropa sejati", yang menurut presiden Prancis akan memungkinkan Eropa untuk membela diri terhadap kemungkinan ancaman masa depan dari China, Rusia dan Amerika Serikat.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Hubungan Militer Prancis dan AS

Donald Trump Membersihkan Ketombe di Bahu Presiden Emmanuel Macron (Brendan Smialowski / AFP)

Berbicara kepada wartawan selama kunjungan ke kapal perang Prancis setelah komentar Trump, Macron mengatakan bahwa hal terpenting adalah "apa yang dilakukan dengan tentara AS".

"Kami akan melakukan operasi yang sangat konkret dengan Amerika," katanya, mengutip "koordinasi sempurna dan eksekusi yang sangat baik" dari operasi gabungan dengan AS dan Inggris di Suriah, April lalu.

Kemudian, selama wawancara televisi, presiden Prancis menambahkan bahwa negara itu tidak dapat sepenuhnya bergantung pada AS untuk keamanannya.

"Amerika Serikat adalah sekutu bersejarah kami, itu akan terus berlanjut," kata Macron. "Tapi bersekutu bukan berarti menjadi bawahan."

Komentar saling serang di antara Trump dan Macron setelah pertemuan di Paris pada Sabtu 10 November, di mana keduanya bertemu untuk meluruskan perbedaan mereka, serta sepakat bahwa Eropa perlu membayar lebih banyak untuk biaya pertahanannya.

Trump berada di Perancis sebagai bagian dari peringatan Hari Gencatan Senjata, yang menandai 100 tahun sejak berakhirnya Perang Dunia Pertama.

Selama kunjungannya, Trump dikecam secara luas karena batal mengunjungi kompleks pemakaman militer AS di Aisne-Marne.

Gedung Putih kemudian mengatakan bahwa helikopter kepresidenan tidak bisa mendarat dengan baik di tengah hujan, dan Trump tidak ingin mengganggu lalu lintas Paris dengan iring-iringan mobilnya.

Tentara Prancis tampaknya mengolok-olok Trump atas keputusan itu, men-twit gambar seorang perwira merangkak di bawah kawat berduri dalam cuaca basah dengan kata-kata: "Ada hujan, tapi itu tidak masalah."

Tentara Prancis kemudian mengklaim bahwa twit itu hanya dimaksudkan untuk pelatihan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menelusuri Penyebab Celeng Menyerang Petani Kebumen hingga Tewas

Posted: 14 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Kebumen - Seorang petani Desa Peniron, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Sunardi bin Aryantika (65) meninggal dunia akibat luka yang dideritanya usai diserang celeng atau babi hutan di ladangnya, Senin pagi, 12 November 2018.

Tak hanya itu, babi hutan ini juga menyerang warga lainnya, yakni Sudarti, perempuan berusia 62 tahun, yang juga tetangga Sunardi. Saat itu, Sudarti hanya beberapa ratus meter dari ladang Sunardi.

Konflik antara babi hutan dengan manusia makin sering terjadi akhir-akhir ini. Memang, tak semuanya berupa serangan fisik langsung ke manusianya. Kadang, babi hutan hanya menyerang tanaman di perkebunan.

Berbagai tanaman petani pun ludes diserangnya. Rata-rata, serangan celeng kerap kali terjadi di ladang yang berdekatan, atau bahkan berbatasan dengan kawasan hutan.

Mengenai serangan celeng di Peniron, Kebumen, Asper BKPH Karanganyar, Kebumen, Ari Kurniawan mengatakan, berdasar tinjauan ke lokasi serangan celeng ke petani Peniron, Kebumen diduga habitat celeng atau babi hutan itu terganggu.

Akan tetapi, ia tak menjelaskan gangguan macam apa yang bermuara pada serangan celeng ke petani Kebumen ini.

"Maaf, kesimpulannya dari kami dan teman-teman sebatas itu," ucap dia kepada Liputan6.com, 14 November 2018.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Sumber Pakan Celeng dan Habitat yang Terganggu

Salah satu korban serangan celeng, Sudarti dirawat dengan luka cukup parah. Korban lainnya, Sunardi meninggal dunia. (Liputan6.com/Polres Kebumen/Muhamad Ridlo)

Ari mengaku tak bisa berkomentar banyak soal serangan ini. Sebab, serangan celeng terjadi di luar kawasan hutan alias berada di wilayah ladang penduduk.

"Jaraknya sekitar dua kilometer dari lahan Perhutani," dia menerangkan.

Saat ditanya apakah ada hubungan antara alih fungsi lahan atau hutan yang sebelumnya berupa hutan lindung menjadi tanaman produksi, Ari tak berkomentar. Sebab, ia sendiri tak bisa memastikan apakah celeng itu berasal dari kawasan hutan.

Meski demikian, Perhutani telah berkirim surat kepada para petugas lapangan untuk menyosialisasikan atau memberi informasi kepada masyarakat agar mewaspadai kemungkinan terulangnya konflik celeng dengan manusia ini.

Ia menyarankan agar menghubungi Wakil Kepala Administratur KPH Kedu Selatan, Candra N. Sayangnya, Candra tak mengangkat telepon ketika dihubungi. Pun, tak membalas pesan yang dikirimkan.

Koordinator Polisi Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah Resor Wilayah Pemalang-Cilacap, Rahmat Hidayat juga mengaku tak mengetahui penyebab pasti serangan celeng ke petani di Peniron Kebumen.

Dia pun mengaku belum datang ke lokasi untuk mengetahui ekosistem ladang dan kondisi alam di sekitarnya. Tinjauan lapangan itu penting untuk menganalisis penyebab konflik antara satwa dengan manusia.

Hanya saja, hampir senada dengan Ari, Rahmat mengatakan ada kemungkinan babi hutan itu kehabisan makanan di habitatnya. Oleh karena itu, hewan ini lantas mencari makanan hingga masuk ke ladang dan memicu konflik dengan manusia.

Masalah timbul ketika di ladang, satwa ini bertemu dengan manusia. Akhirnya, terjadilah serangan itu.

Menurut dia, pada banyak kasus konflik antara satwa dengan manusia, terjadi kerusakan ekosistem atau habitat yang menyebabkan satwa kehabisan sumber makanan.

"Kami belum ke lokasi. Personel kami terbatas untuk wilayah yang begitu luas," Rahmat menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kroasia Vs Spanyol, Sergio Ramos Bicara Ejekan Fans Real Madrid

Posted: 14 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Zagreb - Sergio Ramos bakal kembali menjadi kapten saat Spanyol bertandang ke markas Kroasia, Stadion Maksimir pada lanjutan UEFA Nations League grup 4, Jumat (16/11/2018) dini hari nanti. Alih-alih bicara peluang duel nanti, Ramos malah terpancing untuk mengomentari ejekan yang kerap dilontarkan fans Real Madrid.

Seperti diketahui, Ramos belakangan sering diejek saat Real Madrid main di Stadion Bernabeu. Ini sebagai buntut kekalahan telak 1-5 dari Barcelona pada laga El Clasico lalu.

Ramos mengaku sudah kebal dengan ejekan seperti itu. Bahkan dia mengatakan, ejekan seperti itu merupakan ekspresi fans yang berharap lebih kepada seorang pemain.

"Kalau fans di Bernabeu bersikap demikian, itu karena mereka berpikir Anda bisa bermain lebih baik. Saya sering lihat pemain legendaris disiuli di Bernabeu," kata Ramos seperti dikutip Marca.

"Jika mereka menyiuli saya satu kali dalam 14 tahun, saya harus berterimakasih. Saat segalanya berjalan baik, saya tak terbawa suasana dan kritik tak menghancurkan saya."

 

 

 

Tak Masuk Hati

Sergio Ramos akan terima keputusan petinggi Real Madrid pecat Lopetegui (GABRIEL BOUYS / AFP)

Ramos mengaku tak pernah memasukkan setiap ejekan ke dalam hati. Dia mengaku hanya menganggapnya sebagai penambah motivasi saja.

"Saya tak pernah menganggap ejekan secara personal," ujarnya.

Terkait pertandingan melawan Kroasia, Ramos senang karena pelatih Spanyol kembali memanggil Jordi Alba. Dia yakin Alba bakal memberi pengaruh.

"Dia salah satu bek kiri terbaik di dunia. Saya senang karena dia teman yang hebat.

Stadion Penuh

Sergio Ramos (JORGE GUERRERO / AFP)

Ramos berharap stadion Maksimir penuh di laga nanti. Maklum, Kroasia diyakini bakal berusaha untuk balas dendam setelah kekalahan telak 0-6 dari Spanyol di laga pertama.

"Saya selalu ingin stadion penuh selama tidak ada kekerasan," ujar Ramos.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari London Syahrini Singgah ke Bali, Bareng Reino Barack?

Posted: 14 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Syahrini dikenal sebagai selebritas yang sering keliling baik dalam negeri maupun luar negeri. Seperti yang dilakukan kali ini, usai melakukan perjalanan panjang dari London, ia tak langsung pulang ke Jakarta.

Ia memilih untuk terbang ke Bali. Walau memiliki cuaca yang berbeda, Syahrini tetap menikmatinya.

Syahrini mengungkapkannya di akun Instagram-nya, belum lama ini. Ia mengenakan atasan biru muda lengan panjang, dipadu celana panjang warna kuning.

"From London To Bali,Dari Cuaca Dingin Berganti Cuaca Panaazzzzz..Oowwgghh !" tulis Syahrini sebagai keterangan foto.

Sendiri

Syahrini (Foto: Instagram)

Sudah seminggu, Syahrini dikabarkan tengah dekat dengan mantan kekasih Luna Maya, Reino Barack. Sayangnya, belum ada klarifikasi dari keduanya.

Bahkan, dalam semua unggahannya di Bali Syahrini, tak terlihat bersama Reino Barack. Ia tampak seorang diri.

Lagi pula, kedatangan Syahrini di Pulau Dewata bukan sekedar untuk berlibur melainkan ia tampil dalam sebuah acara.

"Trimakasih Bali," tambah Syahrini dalam tulisan untuk video yang di-posting-nya.

Ke Surabaya

Syahrini (Foto: Instagram)

Usai manggung di Bali, Syahrini tak tinggal lama. Ia kembali terbang menuju Surabaya.

Di sana, Syahrini tampil mengenakan aksesoris milik Rinaldy Yunardi.

"Semua Yang Melekat Di Kepala Incesss,Leher Incesss Dan Tangan Incesss,Di Rancang Indah Oleh Sang Maestro The One And Only @rinaldyyunardi

Lahluuu....Make Up Incesss Malam Ituuhhh Sentuhan Tangan Manjanya @rama_jeeIyaaaaa....Khaannn !" tulisnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Suasana Rumah Duka Keluarga Diperum Nainggolan

Posted: 14 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jenazah keluarga Diperum Nainggolan tiba di kampung halamannya Samosir, Sumatera Utara. Rencananya jenazah akan dimakamkan hari ini dengan acara adat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mark Zuckerberg Perintahkan Pejabat Facebook Pakai Android

Posted: 14 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - CEO Facebook Mark Zuckerberg memerintahkan ke pejabat manajemen Facebook untuk menggunakan smartphone Android. Pasalnya, OS tersebut digunakan secara masif oleh pengguna di seluruh dunia.

Mengutip laman The Verge, Kamis (15/11/2018), keputusan ini terjadi setelah CEO Apple Tim Cook mengkritik Zuckerberg terkait platform Facebook yang dianggap memperdagangkan kehidupan pribadi.

Cook pernah ditanya apa yang akan dilakukan jika dirinya ada di posisi Mark Zuckerberg terkait kasus Cambridge Analytica dengan mengatakan, "Saya tidak akan berada dalam situasi ini."

Zuck pun segera membalas pernyataan Cook dalam sebuah wawancara dengan Recode. Dia menyebut, komentar Cook 'sangat fasih'.

"Saya pikir sangat penting agar tidak semua dari kita terkena sindrom stockholm dan membiarkan perusahaan yang bekerja keras meminta bayaran kepada Anda sebagai perusahaan yang lebih meyakinkan dan peduli dengan Anda. Karena itu sangat konyol bagi saya," kata Zuck.

Tak jelas bagaimana komentar negatif Cook bisa memprovokasi Mark Zuckerberg secara langsung memerintahkan stafnya menggunakan Android.

Namun perintah Zuck memang cukup rasional, sebab banyak orang Amerika Serikat yang menggunakan Android.

Bawahan Zuck Banyak yang Pakai iPhone

CEO Facebook Mark Zuckerberg (Foto: Wallpapers Web)

Saat ini memang masih banyak eksekutif Facebook yang memakai iPhone ketimbang Android. Misalnya saja Lead Blockchain David Marcus dan Vice President AR dan VR Andrew Bosworth.

Mungkin, karena itulah bos Facebook memaksa para eksekutif Facebook ini juga menggunakan Android ketimbang iPhone.

Android sendiri telah menjadi OS yang dominan dipakai di luar AS, termasuk Amerika Selatan, Eropa, Rusia, Asia Selatan, dan sebagian Timur Tengah.

 

Snap juga Dorong Karyawan Pakai Android

CEO Facebook Mark Zuckerberg. Dok: marketwatch.com

Hal tersebut juga menjadi keputusan bisnis yang baik. Perusahaan teknologi lainnya seperti Snap juga mendorong karyawannya menggunakan smartphone Android.

Tidak hanya itu, pekerja teknologi AS justru cenderung lebih sedikit menggunakan Android. Hal ini terkait dengan kinerja Android saat dipakai mengembangkan aplikasi.

Sekadar informasi, Android dan iOS memiliki perbedaan nyata yang bisa mempengaruhi pengembangan aplikasi dan pengalaman pengguna.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekspor RI Capai USD 15,80 Miliar pada Oktober 2018

Posted: 14 Nov 2018 08:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor Indonesia pada Oktober 2018 sebesar USD 15,80 miliar. Angka tersebut naik 3,59 persen dibanding Oktober 2017 dan naik 5,87 persen dibanding September 2018.

Kepala BPS Kecuk Suhariyanto mengatakan, sektor migas menyumbang ekspor USD 1,48 miliar. Sementara non migas menyumbang USD 14,32 miliar. 

"Ada kenaikan pada ekspor migas yaitu pada nilai gas. Sementara pafa nilai hasil minyak dan minyak mentah turun," ujar Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta, Kamis (15/11/2018).

Secara per sektor dibanding bulan sebelumnya, ekspor Indonesia dari sektor pertanian menurun sebesar 0,92 persen dan mencatat nilai ekspor sebesar USD 0,3 miliar. Kemudian, industri pengolahan naik 6,40 persen mencatat nilai USD 11,59 miliar. 

"Pertambangan turun 0,58 persen secara month to month (MTM). Sehingga, ekspor non migas menyumbang 90,62 persen dari total ekspor Oktober 2018," ujar dia.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Neraca Dagang Oktober 2018 Bakal Defisit USD 15 Juta

Kapal mengangkut peti kemas dari JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/11). Berdasarkan data BPS, pertumbuhan ekspor kuartal III/2018 mencapai 7,7 persen, berbanding jauh dengan kuartal III/2017 sebesar 17,26 persen. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya, neraca dagang Oktober 2018 diperkirakan defisit USD 15 juta. Hal itu didorong ekspor masih merosot dan harga komoditas tertekan.

"Neraca dagang defisit kecil USD 15 juta pada Oktober 2018," ujar Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede, saat dihubungi Liputan6.com, Kamis 15 November 2018.

Ia menuturkan, neraca dagang defisit tersebut karena ekspor masih menurun. Apalagi harga komoditas minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) dan karet turun pada Oktober 2018. Diikuti aktivitas manufaktur yang merosot. Josua menambahkan, harga minyak cenderung merosot juga mendukung neraca perdagangan.

"Impor juga mereda karena siklus akhir tahun. Impor barang modal dan bahan baku agak rendah. Jadi defisit Oktober hanya USD 15 juta," tambah dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Polri Hadapi Tahun Politik Pileg dan Pilpres 2019

Posted: 14 Nov 2018 08:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kadiv Humas Mabes Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, pihaknya akan melakukan cooling system di tahun politik 2018 hingga 2019 seiring pelaksanaan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.

Cooling system ini sendiri nantinya akan menyampaikan sesuatu yang positif kepada khalayak. Hal itu dilakukan agar tak ada perpecahan sesama warga negara Indonesia.

"Menyampaikan hal positif, boleh kita berkompetensi tetapi tetapi kita tetap saudara jangan memperpecah NKRI demi kepentingan seseorang dan kelompok," jelas Iqbal usai pisah sambut dengan Irjen Setyo di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Rabu 14 November 2018 malam.

Iqbal menegaskan, Polri tak akan pandang bulu dalam menegakan hukum. Jika memang ada yang mencoba untuk melawan hukum, pihaknya akan mengambil tindak tegas.

"Sebagai leading sector pengamanan pesta demokrasi, kami akan tampil menyampaikan ini kekuatan polisi, ini loh penegak hukum tanpa pandang bulu terhadap pelaku melawan hukum yang berusaha memecah belah bangsa tetapi kami berusaha untuk maksimal melakukan pengayoman," tegasnya.

"Kami akan melakukan seminar, konten positif, dialog dan turun ke lapangan," sambungnya.

 

Reporter: Nur Habibie

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hamil Besar, Carrie Underwood Tampil Memukau di CMA Awards 2018

Posted: 14 Nov 2018 08:21 PM PST

Carrie Underwood saat tampil di panggung CMA Awards 2018 di Bridgestone Arena, Nashville, Tennessee, AS, Rabu (14/11). Carry membawakan lagu 'Love Wins' di panggung CMA Awards 2018. (Michael Loccisano/Getty Images/AFP)

Carrie Underwood saat tampil di panggung CMA Awards 2018 di Bridgestone Arena, Nashville, Tennessee, AS, Rabu (14/11). Carry membawakan lagu 'Love Wins' di panggung CMA Awards 2018. (Michael Loccisano/Getty Images/AFP)

Carrie Underwood saat tampil di panggung CMA Awards 2018 di Bridgestone Arena, Nashville, Tennessee, AS, Rabu (14/11). Carrie juga dipercaya menjadi pembawa acara CMA Awards 2018 bersama rekannya, Brad Paisley. (Photo by Charles Sykes/Invision/AP)

Carrie Underwood saat tampil di panggung CMA Awards 2018 di Bridgestone Arena, Nashville, Tennessee, AS, Rabu (14/11). Carrie juga dipercaya menjadi pembawa acara CMA Awards 2018 bersama rekannya, Brad Paisley. (Photo by Charles Sykes/Invision/AP)

Carrie Underwood saat tampil di panggung CMA Awards 2018 di Bridgestone Arena, Nashville, Tennessee, AS, Rabu (14/11). Brad Paisley membocorkan bahwa jenis kelamin bayi yang dikandung Carrie adalah laki-laki. (Photo by Charles Sykes/Invision/AP)

Carrie Underwood saat tampil di panggung CMA Awards 2018 di Bridgestone Arena, Nashville, Tennessee, AS, Rabu (14/11). Brad Paisley membocorkan bahwa jenis kelamin bayi yang dikandung Carrie adalah laki-laki. (Photo by Charles Sykes/Invision/AP)

Carrie Underwood saat tampil di panggung CMA Awards 2018 di Bridgestone Arena, Nashville, Tennessee, AS, Rabu (14/11). Carrie mendapat berbagai ucapan selamat dari penggemar yang mengetahui jenis kelamin bayinya. (Photo by Charles Sykes/Invision/AP)

Carrie Underwood saat tampil di panggung CMA Awards 2018 di Bridgestone Arena, Nashville, Tennessee, AS, Rabu (14/11). Carrie mendapat berbagai ucapan selamat dari penggemar yang mengetahui jenis kelamin bayinya. (Photo by Charles Sykes/Invision/AP)

Carrie Underwood saat tampil di panggung CMA Awards 2018 di Bridgestone Arena, Nashville, Tennessee, AS, Rabu (14/11). Para penggemar Carrie ramai membuat tagar #CarrieBoy setelah mengetahui jenis kelamin bayinya. (Photo by Charles Sykes/Invision/AP)

Carrie Underwood saat tampil di panggung CMA Awards 2018 di Bridgestone Arena, Nashville, Tennessee, AS, Rabu (14/11). Para penggemar Carrie ramai membuat tagar #CarrieBoy setelah mengetahui jenis kelamin bayinya. (Photo by Charles Sykes/Invision/AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putrinya Kerap Diejek Berkulit Gelap, Shah Rukh Khan Angkat Bicara

Posted: 14 Nov 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Mumbai - Dari tiga anak Shah Rukh Khan dan Gauri Khan, nama Suhana Khan kerap menjadi bahan ledekan haters. Penyebabnya tak lain karena Suhana dianggap berkulit lebih gelap ketimbang dua saudaranya.

Hal ini pun disadari oleh Shah Rukh Khan, yang mengakui bahwa Suhana memang lebih gelap daripada anaknya yang lain. Tetapi hal itu tak membuat Suhana jadi tidak cantik.

"Aku akan berkata jujur. Kulit Suhana memang gelap. Tetapi bagiku, dia adalah perempuan paling cantik di dunia. Dan tidak ada satu orang pun yang bisa berkata sebaliknya kepadaku," ujar Shah Rukh Khan seperti dilansir dari Pinkvilla.com.

Shah Rukh Khan sendiri pernah dirundung oleh publik India karena ia jadi bintang iklan pencerah kulit. Banyak yang menyebutnya tak bersyukur jadi orang India dengan kulit asli mereka yang gelap.

Sanggahan

Suhana Khan dan Shah Rukh Khan (Instagram/suhana_khan3)

Shah Rukh Khan menyanggah tudingan tersebut dan menyatakan bahwa dirinya hanyalah seorang manusia biasa. Ketika menerima tawaran iklan tersebut, Shah Rukh Khan tak lantas ingin dilihat jadi pria paling ganteng di India.

"Aku enggak ganteng, dan bukan yang paling tampan di sini. Hanya saja, wajahku memang poster-boy. Tapi aku adalah orang biasa. Keluargaku berasal dari kalangan menengah ke bawah. Istriku, anakku dan aku adalah orang normal, dan aku tidak akan membiarkan orang lain menindas keluargaku," kata ayah tiga anak ini.

Jadi Sorotan

Shahrukh Khan dan Suhana Khan. (Instagram/iamsrk)

Menjadi anak Shah Rukh Khan membuat Suhana Khan ikut mendapatkan sorotan. Dan serangan dari haters pun sudah kerap dirasakan oleh gadis yang sekarang masih duduk di bangku SMA itu.

Sebutan bahwa dirinya tidak cantik, tak pintar dan hanya mengumbar keseksian kerap diterima oleh Suhana. Publik India menilai anak kedua Shah Rukh Khan ini terlalu berusaha untuk tampil seksi agar bisa diterima publik. Yang pada akhirnya hanya membuatnya dihujat lebih ramai lagi di India.

Tetapi bagi Shah Rukh Khan, Suhana adalah gadis tercantik di dunia. Tak peduli orang lain bilang apa. (Wulan Noviarina/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bebek Goreng Pak Ndut, Menu Makan Siang ala Jokowi di Singapura

Posted: 14 Nov 2018 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berjaket merah untuk menyelubungi kemeja putihnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba-tiba mendatangi sebuah restoran di bilangan Lucky Plaza, Singapura, di sela-sela pertemuan KTT ke-33 ASEAN pada Selasa, 13 November 2018. Rupanya, ia hendak makan siang bersama anak buahnya.

Restoran yang didatangi itu bernama Bebek Goreng Pak Ndut Singapore. Tempat makan itu merupakan salah satu cabang dari 40 gerai yang telah dibuka lebih dulu di Indonesia.

Menu utama restoran tentu saja bebek goreng. Dalam akun Facebook Bebek Goreng Pak Ndut Singapore disebutkan semua bumbu langsung dikirim dari Indonesia agar rasa hidangan tetap terjaga rasa aslinya.

Sebelum digoreng, bebek terlebih dulu direndam dalam bumbu selama 24 jam. Hal itu dilakukan agar semua bumbu meresap hingga ke dalam dan rasanya tak mudah terlupakan.

Tak mengherankan, sejumlah tamu yang datang memberikan penilaian baik atas makanan yang disajikan restoran halal ini. Seperti diunggah Prabir G dalam laman Trip Advisor pada 18 April 2018.

Pria asal Kalkuta, India itu menyebut restoran yang buka mulai pukul 11.00 waktu setempat itu menyediakan beragam menu dengan harga terjangkau. Pilihan utamanya terdiri dari ayam dan bebek, tetapi ia menyarankan untuk mencoba olahan bebek. Ia pun memesan Bebek Goreng dengan sambal hijau dan jus melon.

 

Daftar harga menu Bebek Goreng Pak Ndut di Singapura. (dok. Trip Advisor/Dinny Mutiah)

Ia mengatakan bebeknya benar-benar garing dan disajikan dengan tahu goreng, nasi putih, tumis pok choy, dan semangkuk kecil sambal hijau. Berpadu dengan jus melon yang sedikit manis, ia menganggap makanan itu lezat dan menyegarkan. Harganya pun masuk akal.

"My total bill was S$ 13.90. Highly recommended for duck lovers like me. (Total biaya yang harus kubayar 13,90 dolar Singapura. Sangat direkomendasikan bagi pecinta bebek sepertiku)," tulisnya.

Pujian juga diberikan pemilik akun TheKuoKnows di laman Trip Advisor. Pria Singapura itu mengaku sebenarnya pecinta ayam penyet, tetapi ia kali ini mencoba memakan bebek goreng Pak Ndut.

Ia mengatakan bebek goreng yang disajikan garing di luar, tetapi lebut di dalam. Ia bahkan memakai jarinya untuk menikmati bebek yang disajikan.

Ia juga memuji sambal sebagai pelengkap bebek goreng. "The duck just wouldn't be the same without it. (Bebeknya tidak akan sama tanpa sambal)," tulisnya.

Ia juga mengapresiasi pelayanan restoran yang disebutnya sangat ramah dan terbuka. Jadi, apakah kamu juga tertarik menikmati bebek goreng sebagai menu makan siang ini?

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Piala AFF 2018, Timnas Indonesia Masih Punya Peluang

Posted: 14 Nov 2018 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kemenangan atas Timor Leste membuka peluang Timnas Indonesia untuk melaju ke semifinal Piala AFF 2018. Namun, masih ada dua pertandingan lagi yang harus bisa dimaksimalkan anak asuh Bima Sakti tersebut.

Timnas Indonesia menjaga peluang lolos berkat kemenangan 3-1 atas Timor Leste pada matchday kedua Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (13/11/2018). Tiga gol Indonesia dilesakkan Alfath Faathier di menit ke-60, Stefano Lilipaly (penalti, 69), dan Alberto Goncalves (82).

Berkat kemenangan itu, saat ini Timnas Indonesia menduduki posisi kedua klasemen Grup B. Mereka juga terbantu dengan kemenangan 1-0 Filipina atas Singapura. Alhasil, persaingan di Grup B pun kini semakin sengit.

Ada empat tim yang sama-sama mengoleksi tiga poin. Selanjutnya, Indonesia akan menjalani laga ketiga Grup B dengan melawat ke markas Thailand di Rajamangala National Stadium, Sabtu (17/11/2018).

Tentu ini akan jadi ujian berat bagi tim Merah Putih. Selain tampil di kandang, Thailand juga meraih modal bagus dengan membungkam Timor Leste tujuh gol tanpa balas. Hasil laga melawan Thailand pun akan cukup menentukan langkah skuat Garuda ke depannya.

Klasemen Grup B

Piala AFF 2018 Klasemen Game 2 (Bola.com/Adreanus Titus)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Harga BBM Pertamina, Total, dan Shell pada Pertengahan November 2018

Posted: 14 Nov 2018 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) dan PT Shell Indonesia tidak mengubah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi, sementara PT Total Oil Indonesia mengubah harga pada periode pertengahan November 2018.

Pantauan pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina, 34.127.01, di kawasan Warung Buncit Jakarta, Kamis (15/11/2018). Pertamina membanderol BBM jenis Pertamax Rp 10.400 per liter,‎ Pertamax Turbo Rp 12.250 per liter dan‎ Pertamina Dex Rp 11.850 per liter.‎ Harga tersebut tidak berubah dibanding dengan pantauan harga awal November 2018.

Keputusan tidak mengubah harga BBM juga dilakukan Shell, pantauan pada SPBU Shell, di Kawasan DR Sario, Jakarta. Perusahaan minyak asal Belanda tersebut menjual BBM jenis Super Rp 10.800 per liter, V-Power Rp 12.350 per liter dan Diesel 12.150 per liter‎. Harga tersebut masih sama dengan pantauan yang dilakukan awal November.

Berdasarkan pantauan pada SPBU Total di kawasan Warung Buncit, Jakarta. BBM jenis Performance 92 dijual Rp 11.050 per liter‎, Performance 95 Rp 12.550 per liter dan Performance Diesel Rp 12.450 per liter‎.

Tiga jenis BBM total tersebut mengalami perubahan harga, jika dibandingkan pantauan harga pada awal November 2018‎. Yaitu Performance 92 naik Rp 150 per liter dari sebelumnya Rp 10.900 per liter, Performance turun Rp 100 per liter dari Rp 12.650 per liter‎ dan Performance Diesel naik Rp 200 per liter dari Rp 12.450 per liter‎.

 

Rincian Harga

Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (2/7). PT Pertamina (Persero) menaikkan harga Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex mulai dari Rp500 hingga Rp900 per liter mulai 1 Juli 2018. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Berikut daftar harga BBM Shell, Pertamina, Total pada 15 November 2018:

Shell:

Super Rp10.800‎ per liter

V-Power Rp 12.350 per liter

Diesel Rp 12.150 per liter

Pertamina:

Pertamax Rp 10.400 ‎per liter

Pertamax Turbo Rp 12.250 per liter

Pertamina Dex Rp 11.850 per liter

Total:

Performance 92 Rp 11.050 per liter

Performance 95 Rp 12.550 per liter

Performance Diesel Rp 12.450 per liter.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: