Sabtu, 03 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ekspedisi Ini cetak 35 Duta Perdamaian lewat Pendidikan Luar Ruangan

Posted: 03 Nov 2018 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah mengadakan ekspedisi Merenda Mutiara Nusantara pada 17 Agustus 2018, Outward Bound Indonesia (OBI) kembali dengan program Ekspedisi Bhinneka Bagi Bangsa di hari Sumpah Pemuda. Kali ini, OBI, pioner pendidikan luar ruangan (Outdoor Education) di Indonesia kali ini menggelar Eskpedisi Bhinneka Bagi Bangsa Membangun Generasi Duta Perdamaian.

Ekspedisi ini melibatkan 35 peserta dari SMP dan SMA dengan berbagai daerah dan latar belakang di kawasan Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, 24-28 Oktober 2018. Mereka datang dari 13 provinsi berbeda dari Aceh hingga Papua.

Kali ini jumlah peserta terbesar berasal dari Papua sebanyak 14 siswa. Sisanya dari Jakarta, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan masing-masing mengirimkan tiga orang.

Sementara Riau, Yogyakarta, dan NTT masing-masing mengirim perwakilan dua orang. Terakhir ada Aceh, Sumatera Barat, Lampung, Banten, Bali, dan NTB masing-masing mengirimkan satu peserta.

35 peserta dibagi dalam tiga kelompok dengan latar belakang suku, etnis, dan agama berbeda. Selama lima hari, semangat mewujudkan kebhinnekaan dikemas dalam pendakian Gunung Parang, Pengibaran Bendera Merah Putih, Pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda di Puncak Gunung Parang, berkemah, dan menempuh ekspedisi air dengan gotong-royong membangun rakit.

 

Pulang sebagai Duta Perdamaian Indonesia

Eskpedisi Bhinneka Bagi Bangsa Membangun Generasi Duta Perdamaian digelar oleh Outward Bound Indonesia

"Ekspedisi ini bukan sekadar ajang petualangan bersama. Namun kami sengaja memupuk rasa kebhinnekaan dan toleransi antar peserta. Harapnnya bisa pulang ke daerah masing-masing sebagai Duta Perdamaian Indonesia," ujar Executive Director Outward Bound Indonesia Wendy Kusumawidagdo.

Para peserta pun merasakan kepercayaan diri, kemandirian, semangat toleransi, solidaritas, dan kerja sama antara sesama anak bangsa selama lima hari disatukan dalam ekspedisi alam tersebut. Salah seorangnya peserta asal Aceh yang akan menuliskan pengalamannya pada orang banyak lewat blog.

"Kami dididik untuk pantang menyerah serta selalu merundingkan segala perbedaan yang ada dalam tim. Sekembali ke Aceh, saya berniat mengeksplorasi perdamaian lewat media sosial," ujar Septi.

Berbagai perusahaan dan lembaga yang mendukung ekspedisi tersebut di antaranya PT Freeport Indonesia, Wardah Cosmetics, Bank BCA, McDonald's, British Chamber of Commerce Indonesia, dan Tempo Institute.

"Pendidikan luar ruangan seperti ini jadi sponsorship kami yang pertama. Semoga bisa mewujudkan Generasi Duta Perdamaian lebih banyak lagi," harap Public Relations Wardah Cosmetics Dwi Eliani.

Eskpedisi Bhinneka Bagi Bangsa Membangun Generasi Duta Perdamaian digelar oleh Outward Bound Indonesia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Liga 1: PSM Vs Persipura di O Channel

Posted: 03 Nov 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Pemuncak klasemen sementara Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak PSM Makassar akan mendapat ujian berat di pekan 29. Juku Eja bakal menjamu Persipura Jayapura, Minggu (4/11/2018) siang WIB.

PSM membutuhkan kemenangan saat menjamu Persipura. Jika sampai terpeleset, posisi PSM bisa disalip peringkat tiga Persija Jakarta yang cuma terpaut dua poin saja. 

Saat ini PSM memuncaki klasemen sementara Liga 1 dengan 50 poin dari 28 laga. Namun, mereka ditempel ketat Persib Bandung yang mengoleksi 49 poin dari 29 laga.

Beruntung bagi PSM, semua pemainnya siap diturunkan pada laga nanti. Sebelumnya, sejumlah pemain mengalami cedera, terkena akumulasi kartu, dan bergabung dengan Timnas Indonesia.

"Untuk pertama kalinya sebanyak 30 pemain kita terkumpul dan siap diturunkan di pertandingan nanti," ujar kata pelatih Robert Rene Albert di Makassar, Jumat (2/11/2018), seperti dikutip dari Antara.

Laga PSM kontra Persipura ini akan dimulai pukul 15.30 WIB. Partai ini disiarkan O Channel dan dapat disaksikan pula lewat live streaming

Dapatkan link live streaming PSM vs Persipura di halaman berikutnya. 

Link Live Streaming

Untuk link live streaming PSM vs Persipura di O Channel, silakan klik di sini...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dapat Dukungan Mudzakarah Alim Ulama, Ma'ruf: Mudah-mudahan Jadi Rujukan

Posted: 03 Nov 2018 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah ulama menyatakan dukungan terhadap pasangan calon presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin. Keputusan itu diambil berdasarkan hasil Mudzakarah Alim Ulama. Ittifaq (kesepakatan) ulama itu menyatakan Jokowi-Ma'ruf sebagai pasangan capres yang memenuhi kriteria.

Cawapres Ma'ruf Amin berharap kesepakatan para ulama itu memantapkan suara umat Islam. Terutama bagi mereka yang belum menentukan pilihan pada Pilpres 2019.

"Mudah-mudahan dengan adanya keputusan mudzakarah hari ini akan menjadikan suatu panduan karena didasarkan kriteria-kriteria yang jelas," ujar Ma'ruf dalam sambutannya saat penutupan mudzakarah di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Minggu (4/11/2018).

Ia mengatakan, kriteria yang diberikan merupakan sesuai dengan Ijtima Majelis Ulama Indonesia. Yaitu pemimpin yang beriman, jujur, terpercaya, transparan, berkompetensi, arif, santun, dan memiliki komitmen kebangsaan dan keumatan.

"Ini satu hal penting dan mudah-mudahan menjadi rujukan bagi masyarakat," kata Ketua MUI nonaktif itu.

 

 

Rangkul Semua Pihak

Selain itu, Ma'ruf pun menegaskan bakal merangkul semua pihak tanpa melihat agamanya. Dia mengaku banyak dituding sebaliknya.

"Banyak orang mengatakan Ma'ruf Amin enggak ngajak-ngajak. Saya ngajak banyak orang, jangankan Muslim, non-Muslim saja saya ajak. Kecuali yang tidak mau," ucapnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potongan Besar Lion Air PK-LQP Belum Ditemukan, Ini Dugaan Penyebabnya

Posted: 03 Nov 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro mengatakan, kejadian yang dialami oleh Pesawat Lion Air PK-LQP berbeda dengan Pesawat A320 (Air Asia) dengan nomor penerbangan QZ8501 rute Surabaya- Singapura.

"Saya belum dapatkan laporan bangkai pesawat yang besar ya, jadi kalau yang ada sampai terakhir kecil-kecil ya mungkin bisa, mungkin karena kejadiannya beda dengan pada saat Air Asia," kata Harjo kepada wartawan, Jakarta, Minggu (4/11/2018).

Pesawat Air Asia yang jatuh terkena turbulensi. Menurut Harjo, pilot masih berusaha mengendalikan kecepatan hingga akhirnya dia jatuh dengan tidak terlalu kencang.

Sementara, kecepatan Lion Air PK-LQP diduga sangat kencang saat menghantam permukaan air Tanjung Karawang, Jawa Barat. Kecepatannya sekitar 350 knot.

"Bisa dibayangkan kecepatan segitu dan menghantam permukaan air, kalau dengan kecepatan segitu air sudah tidak lunak lagi," ujarnya.

"Makanya hancur ya, yang kita dapatkan sampai detik ini bagian-bagian yang keras saja yang tidak rusak, contoh turbin yang sekarang kita dapatkan bagian besar kan," sambungnya.

Ia pun menyebut, titik pesawat jatuh dengan temuan serpihan potongan tubuh korban dan pesawat cukup jauh. KRI Rigel yang menyisir 80 kilometer persegi belum menemukan bagian besar pesawat.

 

SAR Sisir 10 Kilometer Persegi

Sementara, tim SAR gabungan sudah menyisir lokasi jatuhnya pesawat hingga radius 10 kilometer. Namun, hanya baru bisa menemukan satu black box yakni Flight Data Recorder ( FDR).

"Kalaupun serpihan loncat gitu sejauh-jauhnya harusnya tidak akan lebih dari 1 kilometerlah," tambahnya.

Reporter: Nur Habibie 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Liga 1 Persebaya Vs Persija di Indosiar

Posted: 03 Nov 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persebaya Surabaya akan menjamu Persija Jakarta pada pekan ke-29 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu sore (4/11/2018). Duel ini tak hanya memperebutkan poin di klasemen, namun juga mempertaruhkan soal gengsi.

Misi berbeda diusung oleh Persebaya dan Persija. Bajul Ijo, julukan lain Persebaya, yang menghuni peringkat ke-12 ingin menjauh dari zona degradasi. Sementara Persija bersaing dalam perburuan gelar juara.

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, menyebut laga ini tidak akan mudah dilewati tim asuhannya. Terlebih beberapa pemain masih dalam kondisi cedera dan absen karena alasan lain.

Meski begitu, kemenangan menjadi harga mati buat Persebaya. Selain menjaga harga diri di hadapan pendukung sendiri, klub berjulukan Bajul Ijo itu tak ingin terus terpuruk di papan bawah Liga 1.

Sementara itu, pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco berharap anak asuhnya bisa menunjukkan penampilan konsisten. Performa gemilang selama bulan lalu harus diteruskan agar tidak menjauh dari persaingan juara.

Live streaming Liga 1 Persebaya Surabaya Vs Persija Jakarta akan disiarkan di Indosiar pukul 15:30 WIB. Dapatkan link live streaming Persebaya Surabaya Vs Persija Jakarta di halaman berikutnya.

Link Live Streaming

Untuk live streaming Persebaya vs Persija silakan klik di sini.

Perkiraan Susunan Pemain

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); M. Syaifuddin, Andri Muliadi, Fandry Imbiri, Ruben Sanadi (belakang); Misbakus Solikin, Rendi Irwan, Fandi Eko Utomo (tengah); Oktafianus Fernando, Osvaldo Haay, Ricky Kayame (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar (kiper); Rohit Chand, Jaimerson Xavier, Maman Abdurrahman, Michael Orah (belakang); Sandi Sute, Renan Silva, Asri Akbar (tengah); Osas Saha, Marko Simic, Novri Setiawan (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

 

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pretty Asmara Sudah Sepekan Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Posted: 03 Nov 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pretty Asmara ‎meninggal dunia. Komedian dan pesinetron berbadan tambun tersebut menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Pengayoman, Cipinang, Jakarta Timur, Minggu (4/11/2018).

Sebelum meninggal, Pretty Asmara sempat dirawat selama sepekan di Rumah Sakit P‎engayoman.

"Sudah seminggu ini dia (Pretty Asmara) dirawat di sini," ujar salah satu petugas Rumah Sakit Pengayoman, Jakarta Timur, Minggu (4/11/2018).

"Sebenarnya dia ditahan di Rutan Pondok Bambu. Hanya karena sakit, dia dibawa ke rumah sakit sini," tambahnya lagi.

 

 

Dikabarkan Akun Gosip

Pretty Asmara

Kabar meninggalnya Pretty Asmara pertama kali beredar melalui akun gosip di Instagram. ‎ Ucapan bela sungkawa pun mengalir di lamanan komentar postingan meninggalnya bintang sinetron Saras 008.

Sahrul Romadana, pengacara Pretty Asmara, membenarkan kabar meninggalnya wanita yang terjerat kasus narkoba tersebut.

 

Gangguan Lambung dan Hati

Pretty Asmara

"Saya baru selesai berkabar dengan sahabat Kak Pretty, dan Kak Pretty telah meninggalkan kami, para sahabat dan teman dekatnya," ujar Sahrul saat dihubungi di Jakarta, Minggu (4/11/2018).

Hingga saat ini, belum diketahui apa penyebab meninggalnya Pretty Asmara. Sebelumnya, Pretty Asmara sempat dilarikan ke rumah sakit karena mengalami masalah dengan lambung dan hatinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unggah Hoaks Kecelakaan Lion Air, Seorang Perempuan Ditangkap Polisi

Posted: 03 Nov 2018 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang perempuan berinisial A (30) harus berurusan dengan polisi gara-gara tak hati-hati menggunakan media sosial. Dia ditangkap karena memposting berita bohong alias hoaks tentang kecelakaan pesawat Lion Air melalui akun Facebook bernama Anisa Repa.

"Tersangka ditangkap di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada Jumat 2 November 2018 pukul 21.00 WIB," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo melalui keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (4/11/2018).

Kepada polisi, A mengaku memposting konten tersebut hanya sebagai bentuk ungkapan belasungkawa kepada korban kecelakaan Lion Air. Namun cara yang dilakukan salah karena potongan video yang diunggah tak sesuai.

"Dia memposting potongan video yang tidak benar tentang jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 tujuan Jakarta-Pangkalpinang setelah melihat berita di televisi," kata Dedi.

Dalam hal ini, polisi tidak menjerat tersangka dengan Undang-undang ITE. Wanita tersebut dipersangkakan melanggar Pasal 14 ayat 2 UU No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

"Barang siapa menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan, yang dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, sedangkan ia patut dapat menyangka bahwa berita atau pemberitahuan itu adalah bohong, dihukum dengan penjara setinggi-tingginya tiga tahun," bunyi pasal tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris Nanti Malam: Manchester City dan Chelsea Turun Berlaga

Posted: 03 Nov 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada dua pertandingan dari pekan 11 Liga Inggris yang akan dimainkan hari ini, Minggu (4/11/2018). Manchester City dan Chelsea bakal turun bertanding.

Manchester City akan main di kandang sendiri menjamu Southampton. Kemenangan akan membuat tim asuhan Josep Guardiola itu memuncaki klasemen Liga Inggris sendirian. 

Saat ini City turun ke posisi dua klasemen disalip Liverpool. Namun The Reds cuma unggul satu angka saja dari City. Otomatis kemenangan atas Southampton akan membuat City naik ke posisi pertama.

Satu pertandingan lainnya mempertemukan Chelsea dengan Crystal Palace. The Blues akan bermain di kandang sendiri, Stamford Bridge.

Tambahan tiga angka bakal menempatkan Chelsea di posisi dua menggusur Liverpool. Kedua tim cuma terpaut dua poin saja saat ini.

 

Jadwal Liga Inggris

Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)

22.00 WIB

Manchester City vs Southampton (Bein Sports 1)

23.00 WIB

Chelsea vs Crystal Palace (Bein Sports 3)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pretty Asmara Meninggal Usai Dirawat di Rumah Sakit

Posted: 03 Nov 2018 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan tanah air. Komedian Pretty Asmara meninggal dunia pada Minggu 4 November 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Geber Motor Baru untuk Blusukan, Jokowi: Tarikannya Bagus

Posted: 03 Nov 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggeber motor barunya saat blusukan ke Pasar Anyar, Tangerang, Banten. "Pengen aja nyoba motor baru, tarikannya bagus," ujar Jokowi di Pasar Anyar, Tangerang, Banten, Minggu (4/11/2018)

Awalnya, iring-iringan rombongan Jokowi yang akan menuju Pasar Anyar mendadak berhenti, tak jauh dari Hotel Atria, tempatnya menginap. Kemudian, mantan Walikota Solo itu turun dari mobil kepresidenan dan menuju ke sepeda motornya.

Dengan berjaket merah, ia bersiap-siap sambil mengenakan helm dan sarung tangan. Sejumlah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga bersiap. Mereka mengawal Jokowi dengan sepeda motor.

Jokowi mengaku, tidak terlalu kencang saat mengendari sepeda motornya. Kecepatannya berkisar 30 sampai 40 kilometer per jam‎.

"Kita pengen nyoba beberapa genre sepeda motor yang ada," ucap Jokowi.

Seusai meninjau Pasar, Presiden kembali menunggai sepeda motornya menuju lokasi selanjutnya, yakni Balaikota Tangerang untuk melakukan senam.

 

 

Model Tracker

Motor yang ditunggai Presiden kali ini, merupakan motor Kawasaki W175 yang telah dimodifikasi menjadi model tracker berwarna hijau, dan terdapat tulisan Jokowi ditangki bensinya.

Pemesanan motor custom itu berawal saat Jokowi mengunjungi pameran Otobursa Tumplek Blek 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 21 Juli 2018. Saat itu, Jokowi sempat singgah ke stan Katros.

Katros kemudian diminta menyelesaikan motor tersebut dalam waktu kurang dari seminggu.

Motor custom bergaya street tracker ini pun yang pertama dimiliki Jokowi. Mantan Wali Kota Solo itu sebelumnya sudah mengoleksi motor custom bergaya chopper buatan Elder Garage.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Tes Kejelian Mata Menemukan Penari Balet, Tebak-tebakan Receh

Posted: 03 Nov 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi kesehatan mata seseorang dapat diuji dengan beberapa cara. Salah satunya adalah tes kejelian mata sederhana. Artikel tentang mencari penari balet di antara tumpukan flamingo menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara artikel kedua terpopuler yakni tebak-tebakan receh yang membuat kesal Disusul dengan artikel ketiga terpopuler tentang cara masak seorang pria yang heboh banget.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Tes Kejelian Mata, Coba Temukan Penari Balet di Gambar Ini dalam 30 Detik

(Foto: Mail Online)

Setiap orang memiliki kondisi kesehatan mata yang berbeda. Nah, untuk melakukan tes mata memang biasanya dilakukan ke dokter mata. Namun, untuk memastikan apakah matamu teliti, sehat dan jeli ternyata bisa dengan mengikuti tes kejelian mata sederhana lo. Salah satunya melalui gambar berikut ini.

Puzzle ini dibuat oleh Dancewear Central, dan sudah banyak yang menyukainya di dunia maya. Dalam gambar kawanan flaminggo pink menyala ini, ada satu balerina yang bersembunyi. Coba temukan di mana. Karena warnanya sama, kamu mungkin akan bingung mencarinya dalam 30 detik.

Selengkapnya

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2. Receh Banget, 7 Tebak-tebakan Ini Dijamin Buatmu Kesal

(Foto: @tebaktebakin)

Orang Indonesia memang terkenal dengan kreatifitasnya tanpa batas. Beragam hal bisa menjadi objek atau bahan guyonan melalui twit maupun meme di jejaring sosial.

Nah, salah satunya dengan bermain tebak-tebakan. Nama sayur-sayuran yang sebenarnya biasa saja pun bahkan bisa menjadi pelesetan kata dan tebak-tebakan yang lucu dan menggelitik.

Daripada penasaran, berikut beragam tebak-tebakan yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Jangan terlalu serius, karena jawabannya pasti di luar dari perkiraan kita. Siap-siap dibuat kesal ya.

Selengkapnya

3. Saking Hebohnya, Cara Pria Ini Masak Viral di Media Sosial

pria masak jadi viral (foto: twitter/@jayakabajay)

Memasak memang menjadi pekerjaan yang umumnya dilakukan para wanita. Namun tak sedikit pula pria yang mencoba untuk memasak meski sekedar menggoreng sesuatu.

Cara unik biasanya dilakukan oleh mereka yang "takut" untuk memasak. Mulai dari menjauhi penggorengan panas hingga mengenakan perlengkapan yang mampu melindungi tubuh. Hal ini dilakukan untuk menghindari cipratan minyak panas.

Belum lama ini viral sebuah video seorang pria yang sedang menggoreng. Mungkin terdengar biasa, namun berbeda jika kalian melihatnya sendiri. Pasalnya pria tersebut menutupi seluruh tubuh dan wajahnya ketika menggoreng.

Selengkapnya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berakhir Pekan Menelusuri Benteng Otanaha di Gorontalo

Posted: 03 Nov 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Gorontalo - Benteng Otanaha yang terletak di atas perbukitan Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo saat ini menjadi tempat favorit wisatawan lokal. Bahkan tidak jarang wisatawan mancanegara terlihat di lokasi yang menjadi salah satu cagar budaya di Provinsi Gorontalo.

Benteng Otanaha terletak sekitar 9 km dari Kota Gorontalo. Untuk sampai ke lokasi, pengunjung dapat menyewa bentor (becak motor) atau naik kendaraan sendiri dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Benteng Otanaha merupakan saksi sejarah perlawanan masyarakat Gorontalo melawan bangsa Portugis.

Menurut cerita secara turun temurun hingga saat ini, Benteng Otanaha merupakan peninggalan bersejarah yang dibangun oleh Portugis pada abad ke 15.

Bangunan yang keseluruhannya terdiri dari tiga buah benteng masing-masing mempunyai nama yanki Benteng Otanaha, Benteng Otahiya dan Benteng Ulupahu.

Benteng ini sebelumnya dibangun sebagai wujud kerjasama antara Portugis dengan Raja Gorontalo yang tengah berkuasa pada tahun 1505 – 1585 untuk melawan musuh yang masuk wilayah Gorontalo yang pada akhirnya bangsa portugis berkhianat, ketika ada serangan dari musuh bangsa portugis tidak membantu sama sekali.

Kemudian, Raja Gorontalo mengumpulkan rakyatnya pada waktu itu untuk mengusir bangsa portugis yang sudah berkhianat dan akhirnya masyarakat Gorontalo berhasil mengusir bangsa Portugis dan menduduki benteng tersebut.

351 Anak Tangga

Benteng Otanaha (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Untuk mencapai benteng Otanaha, pengunjung harus mendaki 351 anak tangga. Namun tak perlu khawatir kelelahan, karena terdapat empat titik persinggahan untuk beristirahat sejenak sambil menghirup udara segar perbukitan dan Danau Limboto.

Jika pengunjung malas menaiki anak tangga, pengunjung dapat menggunakan sepeda motor atau mobil hingga area parkir yang terletak tepat di bawah benteng utama.

Hal unik lainnya yang terdapat di benteng ini adalah pada proses pembuatannya. Konon katanya batu-batu yang menjadi material utama untuk membangun benteng ini dibuat berbahankan putih telur burung Maleo yang merupakan burung endemic Sulawesi.

Selain sebagai obyek wisata sejarah, Benteng Otanaha juga menawarkan spot-spot bagus untuk para pengunjung yang gemar berfoto dengan latar Danau Limboto yang dipadu pepohonan lebat di sekitaran benteng.

Ditambah lagi di sekitaran benteng terdapat tempat-tempat beritirahat sambil berdiskusi.

"Setiap libur akhir pekan dan hari-hari besar benteng ini sering dikunjungi banyak orang, bahkan turis pun sering datang di tempat ini," kata Iwan, salah satu pengelola.

Untuk setiap orang hanya membayar 2 ribu rupiah untuk masuk di tempat ini, jadi setiap harinya meskipun bukan hari libur banyak yang datang," tutupnya

Ditempat yang sama, Moh.Iman Tangahu, salah satu pengunjung mengatakan, tempat ini sangat bagus untuk belajar sejarah.

"Apalagi sejarah daerah sendiri, tidak hanya khayalan tetapi bukti fisiknya ada, benteng yang terbuat dari bahan yang katanya dari kapur dan telur burung maleo kami bisa lihat dan pegang langsung," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menghitung Masa Subur Pria, Penting Diketahui Agar Istri Cepat Hamil

Posted: 03 Nov 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbeda dengan masa subur wanita, masa subur pria dapat diukur melalui kuantitas dan kualitas sperma, serta beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi kesuburan. Di kalangan awam, kebanyakan orang hanya menganggap masalah kesuburan adalah urusan wanita. Padahal, pria juga memiliki masa-masa subur yang akan menentukan sukses atau tidaknya proses kehamilan. Hanya saja, masa subur pria berbeda dengan masa subur wanita yang sudah lebih umum dikenal. 

Seorang pria dianggap subur jika spermanya mampu membuahi sel telur milik perempuan dan menjadikan wanita itu hamil. Tidak seperti perempuan yang masa suburnya relatif bisa untuk ditentukan kapan dan berapa lama serta mudah untuk dihitung, masa subur pria relatif sukar ditentukan. Namun, dengan mengetahui kapan kiranya masa subur pria, akan turut membantu meningkatkan peluang untuk terjadinya proses kehamilan pada perempuan.

Berikut cara menghitung masa subur pria yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (4/11/2018).

Waktu Subur Pria

Meski berbeda dengan wanita, sebenarnya masa subur pria juga bisa ditentukan, hanya saja tidak rutin satu bulan sekali seperti wanita. Pada pria, dikatakan sedang berada dalam masa subur adalah lebih kepada waktu. Masa subur pria adalah di pagi hari atau pada saat musim dingin atau musim di mana suhu udara lebih rendah dari biasanya sebab testis sendiri sangat sensitif terhadap suhu ruang. Hal ini akan turut berpengaruh pada kualitas sperma yang dihasilkannya. Semakin tinggi suhu ruang, semakin besar risiko terhadap sperma yang dikeluarkan.

Umumnya, jumlah sel sperma yang dikeluarkan saat pagi hari di musim dingin dapat menghasilkan lebih banyak dibandingkan pada siang hari. Karenanya, sangat dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual pada subuh atau pagi hari di musim dingin untuk meningkatkan peluang pembuahan. Di negara yang memiliki empat musim, masa subur pria berkisar sekitar hari ketiga sampai ketujuh awal musim dingin. Sementara untuk daerah tropis seperti Indonesia, masa subur pria bisa berlangsung pada saat subuh sampai pagi hari di mana suhu udara terbilang masih rendah-rendahnya terutama saat musim hujan.

Sperma hasil ejakulasi biasanya mampu bertahan di dinding rahim wanita selama kurang lebih 2 sampai 3 hari, bahkan ada yang sampai satu minggu walaupun jarang terjadi. Dengan kata lain, semakin banyak sperma yang dikeluarkan, kemungkinan yang masih bertahan selama selang waktu tersebut juga masih banyak sehingga memperbesar kemungkinan untuk terjadinya pembuahan (fertilisasi).

Tingkat Kesuburan Pria

Ilustrasi Cara menghitung masa subur pria (Sumber: Pixabay)

Sperma diproduksi semenjak pria mulai memasuki usia pubertasnya (sekitar 12-13 tahun) dan masih berlanjut sampai usia lanjut sekalipun. Artinya, sampai usia tua sekalipun pria masih mampu memproduksi sperma yang kemungkinan besar bisa membuahi sel telur perempuan. Hal paling mendasar untuk menentukan apakah seorang pria itu subur atau tidak ialah dengan memerhatikan kualitas sperma yang dihasilkannya. Cara menentukan kualitas sperma yang paling tepat memang dengan melakukan tes atau uji laboratorium terhadap sperma itu sendiri. Uji laboratorium terhadap sperma meliputi volume, pH, warna, jumlah dan bentuk spermatozoa, gerak sperma, bahkan sampai baunya. Sperma yang normal dan sehat akan menunjukkan hasil sebagai berikut:

- Volumenya 2 ml atau lebih.

- Jumlah spermatozoa sekitar 20.000.000 per milimeter

- Gerakannya gesit dan baik, paling sedikit sekitar 30% dari seluruh sperma yang dikeluarkan harus bisa bergerak dengan cepat.- Minimal memiliki 30% sperma yang berukuran normal dari keseluruhan yang dikeluarkan saat ejakulasi

- Tingkat keasaman (pH) berada pada kisaran 7,2 sampai 8

- Berwarna kelabu pucat- Memiliki bau yang khas

Pada pria dewasa, volume normal cairan sperma yang dikeluarkan adalah sekitar 2 sampai 5 ml atau jika ditakar secara kasar adalah kurang lebih satu sampai dua sendok makan. Lebih daripada itu, disebut hyperspermia sedang apabila kurang disebut hypospermia. Dalam keadaan hypospermia ini sperma bisa menjadi kering. 

Warna sperma pun dikatakan normal apabila berwarna abu-abu, meski terkadang ada ditemukan sperma yang memiliki warna agak kekuningan, namun itu masih terbilang normal. Yang berbahaya adalah jika ditemukan sperma berwarna merah muda atau merah pekat yang menandakan bahwa ada kelainan atau gangguan alat reproduksi dan harus segera ditangani oleh dokter.

Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Masa subur pria ditandai dengan sperma yang berkualitas. Demi mendapatkan sperma yang berkualitas, seorang pria haruslah memiliki kebiasaan hidup yang sehat. Selain itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas sperma pria, diantaranya :

1. Gaya hidup sehat.

Hal paling mendasar bagi pria yang ingin meningkatkan kualitas spermanya ialah dengan memulai kebiasaan hidup yang sehat. Mengurangi, bahkan menghindari rokok sangat dianjurkan bagi pria agar kualitas spermanya terjaga dengan baik. Selain itu, menghindari minuman bersoda, alkohol, serta konsumsi kopi yang mana kandungan kafein yang terdapat di dalamnya juga bisa memengaruhi kualitas sperma. Lebih baik untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi.

2. Konsumsi makanan sehat.

Rajin mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacang, dan lauk berprotein tinggi sangat baik untuk kesehatan. Misalnya, mengkonsumsi wortel yang mengandung beta karoten dan tomat dan tomat yang mengandung likopin, keduanya merupakan zat penting yang membantu meningkatkan kualitas, gerakan, kecepatan, dan kelincahan sperma. Likopen juga membantu meningkatkan kuantitas sperma jika dibandingkan dengan pria yang tidak mengkonsumsi likopen. Selain tomat, likopen juga bisa diperoleh dengan mengkonsumsi  pepaya atau semangka. Mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral penting seperti zinc dan selenium yang penting untuk kesuburan. Kamu bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi ikan maupun daging merah.

3. Olahraga teratur.

Rutin berolahraga membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menguatkan fisik sehingga tubuh lebih mudah dalam melakukan metabolisme. Pria yang rutin berolahraga mampu meningkatkan jumlah sperma yang dihasilkan dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga.

4. Hindari stres dan kelelahan fisik yang berlebih.

Kondisi psikis sangat memengaruhi pada kondisi fisik, begitu pula sebaliknya. Terlalu memaksakan diri untuk bekerja sampai kelelahan berat akan memengaruhi tubuh juga mental. Dalam keadaan lelah, seseorang mudah terbawa emosi dan sering tidak bisa berpikir jernih. Dalam kondisi stres sendiri bisa memengaruhi tubuh oleh tergangggunya hormon testosteron yang tentu saja juga akan berdampak pada sperma yang dihasilkan.

5. Hubungan seksual yang sehat.

Melakukan hubungan seksual dengan pasangan sah secara rutin juga dapat membantu menjaga kualitas sperma pria. Melakukan hubungan seksual yang sehat dapat kamu dan pasangan lakukan 3 sampai 4 kali dalam seminggu, dengan syarat melakukannya dalam jarak atau jeda agar sperma yang sebelumnya telah dikeluarkan melalui ejakulasi dan masih bertahan di rahim bisa melakukan tugasnya dengan baik sampai menuju sel telur.

6. Kebiasaan sehari-hari.

Demi menjaga kualitas kesuburan, pria dianjurkan untuk tidak memakai celana yang ketat karena bisa meningkatkan suhu tubuh. Juga bagi yang sering bekerja dengan menggunakan komputer jinjing atau laptop¸ jangan pernah meletakkannya di atas paha karena radiasi panas daripada laptop tersebut dapat memengaruhi dan membuat sel sperma menjadi lebih cepat mati. Terakhir, jangan terlalu lama berada dalam posisi duduk karena akan menekan alat kelamin serta memicu peningkatan suhu panas lebih cepat yang nanti akan berpengaruh pada kualitas dan kuantitas sperma yang dihasilkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Klaim Produksi Jagung Surplus, Kenapa Mau Impor?

Posted: 03 Nov 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akhirnya memutuskan untuk melakukan impor jagung pakan ternak sebanyak 50.000 ton hingga 100.000 ton pada akhir tahun 2018. Impor dilakukan untuk menjaga kebutuhan para peternak

Hal tersebut diputuskan usai pemerintah melangsungkan rapat koordinasi (rakor) terbatas yang lakukan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta pada 2 November 2018.

Namun pada 3 November 2018, Kementerian Pertanian (Kementan) mengklaim produksi jagung nasional mengalami surplus hingga 12,98 juta ton pipilan kering (PK) pada 2018, bahkan mengekspor jagung ke Filipina dan Malaysia sebanyak 372.990 ton.

Mengapa impor harus dilakukan sementara Kementan klaim produksi jagung surplus?

Impor Usulan Kementan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, menyatakan keputusan impor jagung pakan ternak hingga mencapai 100.000 ton merupakan usulan dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Ia menilai, keputusan itu dianggap penting di tengah kenaikan harga jagung saat ini. "Ya jadi, jagung itu harganya naik. Padahal itu diperlukan dan Menteri Pertanian (Amran Sulaiman) mengusulkan ada impor. Dan itu perlu cepet untuk perusahaan peternakan kecil menengah. Terutama peternakan telur," Kata Darmin saat ditemui di Kantornya, Jakarta pada 2 November 2018.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan, I Ketut Diarmita mengatakan, keputusan impor jagung tersebut sudah disepakati oleh beberapa kementerian terkait termasuk Kementan.

Dia juga menyebutkan, keputusan impor jagung ini juga sebagai pertimbangan atas harga jagung yang saat ini kian melambung. Akibatnya, sejumlah peternak pun banyak yang merasakan keberatan. "Jagung kan mahal nih. Supaya biar terjangkau misalnya harganya sampai Rp 4.000 per kilogram kan sesuai HPP (Harga Pokok Penjualan) maka diintervensi," jelasnya.

Menurut catatannya, peternak mengeluhkan harga jagung yang terus naik dan stok yang minim di pasar. Melihat tren iklim, dan kondisi perjagungan nasional, dikhawatirkan akan terjadi krisis pasokan jagung untuk pakan yang berimbas pada tingginya harga ayam dan telur.

RI Surplus Jagung hingga Ekspor

Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo mengimbau petani beralih ke tanaman jagung sebagai respons jangka pendek akibat kejatuhan harga singkong.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro justru menyatakan hal sebaliknya. Dia berpendapat, Indonesia masih surplus sebesar 12,98 juta ton pipilan kering (PK) pada 2018, bahkan mengekspor jagung ke Filipina dan Malaysia sebanyak 372.990 ton.

"Kementan memastikan produksi jagung surplus bahkan ekspor hampir 380 ribu ton. Artinya kalau ekspor 380 ribu ton, dibandingkan dengan rencana 100 ribu ton, balance trade masih surplus," kata Syukur.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Tanaman Pangan (Ditjen TP) Kementan, produksi jagung dalam 5 tahun terakhir meningkat rata-rata 12,49 persen per tahun. Pada tahun ini, produksi jagung diperkirakan mencapai 30 juta ton pipilan kering (PK). Hal ini juga didukung oleh data luas panen per tahun yang rata-rata meningkat 11,06 persen, dan produktivitas rata-rata meningkat 1,42 persen.

Prakiraan ketersediaan produksi jagung November sebesar 1,51 juta ton dengan luas panen 282.381 hektare, Desember 1,53 juta ton dengan luas panen 285.993 hektare, tersebar antara lain di sentra produksi Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Gorontalo dan Lampung.

Sementara dari sisi kebutuhan, berdasarkan data dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, kebutuhan jagung tahun ini diperkirakan sebesar 15,5 juta ton PK, terdiri dari pakan ternak sebesar 7,76 juta ton PK, peternak mandiri 2,52 juta ton PK, untuk benih 120 ribu ton PK, dan industri pangan 4,76 juta ton PK.

Dengan demikian, Kementan menegaskan produksi jagung masih surplus 12,98 juta ton PK.

Benahi Data Jagung

Hamparan ladang jagung saat panen raya di Tuban, Jawa Timur, Jumat (9/3). Panen raya tersebut menghasilkan 33,7 ton jagung. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menanggapi kisruh data produksi jagung tersebut, Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Imelda Freddy coba meminta pemerintah untuk fokus membenahi data jagung nasional yang dinilai kurang akurat. Akibatnya, data ini mempengaruhi kebijakan produksi serta cadangan jagung.

"Ketika data salah, maka kebijakan yang dikeluarkan menjadi tidak efektif," kata Imelda seperti dikutip dari Antara.

Imelda menyampaikan, akurasi data yang bermasalah terlihat ketika pemerintah memutuskan untuk menutup impor jagung pada 2015 dengan alasan pasokan mencukupi. Penutupan keran impor jagung tersebut justru membuat para pengusaha beralih untuk mengimpor gandum sebagai bahan pakan ternak guna pengganti jagung.

Sementara Presiden Peternak Layer (ayam petelur) Nasional Ki Musbar Mesdi, juga turut mencurigai adanya data jagung yang tidak akurat karena harga komoditas ini untuk bahan pakan ternak sedang tinggi. Kondisi yang dipicu oleh keterbatasan stok jagung tersebut, menurut dia, bisa berdampak pada kenaikan harga ayam dan telur.

Ki Musbar pun meminta adanya upaya mengatasi kelangkaan pasokan, karena permintaan jagung untuk bahan pakan ternak sangat tinggi yaitu mencapai 780 ribu ton per bulan. "Ini mempertaruhkan 1,8 juta pelaku peternak unggas. Nasibnya mau dikemanakan?" keluh dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setahun Pasar Karetan, Destinasi Digital Inspiratif Anak Muda Generasi Pesona Indonesia

Posted: 03 Nov 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Semarang Minggu ini menjadi momentum istimewa buat sejarah Destinasi Digital Pasar Karetan. Tepat 5 November 2017, setahun lalu, pasar yang menjadi tempat ngumpul anak-anak netizen Genpi (Generasi Pesona Indonesia) itu pertama kali diluncurkan. Pekan ini adalah ulang tahun pertama, pasar yang berlokasi di Desa Meteseh, Kec Boja, Kab Kendal, Jawa Tengah itu.

Dan sejak itu, Pasar Karetan menjadi inspirasi bagi banyak pasar lain yang diinisiasi anak-anak Genpi di seluruh Indonesia. Sehingga sekarang sudah lebih dari 40 Destinasi Digital yang setiap hari selalu heboh dengan foto dan video menghiasi Instagram, Facebook, Twitter, dan Youtube.

"Selamat Ulang Tahun Pasar Karetan! Sukses selalu!" Ucap Don Kardono, Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Media dan Komunikasi Publik, Kemenpar RI.

Berlokasi di Desa Meteseh, Kec Boja, Kabupaten Kendal, Pasar Karetan bisa ditempuh 54 menit, 24 km dari Simpang Lima, Semarang. Hampir sama jaraknya dari Kota Kendal dan Ungaran, baik menggunakan aplikasi Google Maps maupun Waze.

Pasar Karetan selama setahun ini banyak menginspirasi siapa saja yang ingin membuat destinasi digital. Dari sinilah, lahir Pasar Pancingan di Desa Bilebante, Lombok. Lalu Pasar Kaki Langit di Mangunan, Bantul, Jogja. Juga Pasar Mangrove Batam, yang sudah sejak 2017 hadir.

Kini makin banyak daerah yang memiliki destinasi digital. Banyak juga yang ingin membangun destinasi digital baru. Apa yang harus dipersiapkan jika sebuah daerah atau komunitas yang bergerak di pariwisata ingin membangun pasar Genpi seperti itu.

Syaratnya mudah. Pertama, harus punya komunitas netizen seperti Genpi - Generasi Pesona Indonesia. Kedua, ada lahan, boleh milik private, boleh punya pemerintah daerah atau BUMN. Yang penting minimal 1 tahun, lokasi itu dipinjamkan, untuk dikelola oleh komunitas. Ketiga, mengajak kerjasama dengan masyarakat.

Destinasi Digital itu adalah bentuk aktivitas offline komunitas Genpi. Mendesain tempat yang cameragenic, indah di screen camera, dan Instagramable. Jika diposting di media sosial, baik Instagram, Facebook, Youtube, Twitter akan direspons banyak audience.

Banyak yang nge-view, nge-like, nge-repost, comments, nge-share, dan menjadi viral. Jika viral dan trending topic, mendorong orang untuk berkunjung ke sana juga. Itulah yang digerakkan Genpi, publik netizen yang sejatinya adalah para Followers, Friends, Fans yang eksis di dunia maya.

Destinasi Digital itu juga menginspirasi banyak pelaku bisnis pariwisata. Mau cafe, restoran, hotel, akomodasi, atraksi, saat ini salah satu yang terpenting adalah Instagramable, Cameragenic, keren di kamera. Spot selfie menjadi sangat penting.

"Sekarang, semua events yang ada di Calendar of Events Nasional Kemenpar, harus memikirkan cameragenic, harus Instagramable, harus cantik di kamera, layak viral di media sosial. Karena ini akan membuat sebuah event cepat viral dan menjadi promosi yang efektif buat event tersebut," kata Don Kardono.

Dalam setahun Pasar Karetan, Minggu 4 November 2018, akan ada beberapa atraksi yang tentu memikat. Salah satunya sexophone Mr Daliman, ada performance alat musik tiup yang pasti keren di sana. Juga ada banyak hal yang disiapkqn Genpi Jateng, seperti akustik band Dipo dan Lukmanafaq, ada Komik —Komunitas Musisi Kendal— yang membuat acara Goes To Pasar Karetan.

Ada juga membatik di atas kain 2 meter, oleh Batik Linggo, yang bakal menjadi objek foto dan video yang super keren di pasar.

"Silakan hadir ya, Minggu pagi, 4 November 2018, di Pasar Karetan. Gunakan hastag #SetahunPasarKaretan ya setiap posting," ajak Don Kardono.

Pasar ini memberi banyak manfaat buat masyarakat, komunitas dan membuat daerahnya dikenal di media sosial. Yang berjualan masyarakat sekitar, yang mempromosikan dan menata kawasannya Genpi.

"Komposisinya 80-85 persen masyarakat, 20-15 persen Genpi, dari total revenue. Sehingga antara komunitas dengan masyarakat mendapatkan hasil dari aktivitas destinasi digital itu," ungkap Don Kardono.

Dalam sekali operasi, Minggu pagi, rata-rata omzetnya 20 sampai 40 juta rupiah, belum termasuk biaya parkir yang 100% buat masyarakat. Bagaimana dengan pemilik lahan?

"Setahun, selama proses membangun destinasi digital, free. Ini menjadi konvensi, jika bekerjasama dengan swasta, pemilik lahan, maka tahun pertama harus free, tidak meminta persentase dari aktivitas pasar. Tujuannya membantu Genpi belajar menciptakan ekosistem bisnis, berbasis followers, friends, dan fans di media sosial," ungkap Don Kardono.

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang pertama kali menamai pasar itu sebagai destinasi digital. Destinasi yang dikreasi baru, dengan cara digital. Diviralkan melalui media digital, didrive dengan media sosial yang juga sangat digital.

"Sukses buat destinasi digital di seluruh Indonesia yang semakin heboh, makin keren, beken dan paten! Semangat terus!" kata Menpar Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Juara Dunia di Turkmenistan, Modal Bagus Eko Yuli ke Olimpiade 2020

Posted: 03 Nov 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Eko Yuli Irawan kembali mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional. Lifter asal Lampung ini tampil menjadi yang terbaik di Kejuaraan Angkat Besi Dunia di Ashgabat, Turkmenistan, Sabtu (3/11).

Tak hanya jadi yang terbaik, dengan total angkatan 317 kg, Eko Yuli juga sukses memecahkan rekor dunia di kelas 61 kg. Rinciannya, 174 kg untuk clean and jerk dan 143 untuk snatch.

Sementara untuk perak dan perunggu diraih dua lifter asal Tiongkok. Fabin Li dengan taotal angkatan310 dan Fulin Qin dengan total angkatan 308 kg.

Sukses ini bisa jadi modal bagus untuk Eko Yuli menatap Olimpiade 2020. Pasalnya, kejuaraan dunia ini merupakan salah satu ajang kualifikasi untuk Olimpiade yang akan digelar di Tokyo, Jepang itu.

Sri Wahyuni Gagal

Sayangnya, suskes Eko Yuli tak diikuti lifter putri nomor satu Indonesia, Sri Wahyuni. Turun di kelas 49 kg, peraih perak Asian Games 2018 dan Olimpiade 2016 itu hanya menduduki posisi ketujuh.

Saksikan video piliha di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vicky Prasetyo Kaget Tahu Pretty Asmara Meninggal Dunia

Posted: 03 Nov 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar meninggalnya Pretty Asmara menyebar dengan cepat di masyarakat. Akun Instagram Pretty Asmara pun ramai dibanjiri ucapan duka cita dari penggemar dan juga kerabatnya.

Di kalangan rekan sesama artis, meninggalnya Pretty Asmara tak cuma menuai simpati. Vicky Prasetyo, sahabat Pretty Asmara, bahkan terkaget mengetahui kabar duka yang menimpa artis bertubuh gempal itu.

"Iya benar (Pretty Asmara) meninggal dunia," kata Vicky Prasetyo dengan nada tersentak dilansir Kapanlagi.com, Minggu (4/11/2018).

Vicky Prasetyo juga memastikan jika Pretty Asmara meninggal dunia di Rumah Sakit Pengayoman. Pretty Asmara memang beberapa kali menjalani perawatan di rumah sakit tersebut karena gangguan pada bagian pencernaan.

 

 

 

 

Meninggal Saat Jalani Hukuman

Pretty Asmara

Seperti diketahui, mendiang Pretty Asmara sedang menjalani masa hukuman di balik jeruji penjara. Namun sayang, dalam masa tahanannya ia jatuh sakit.

Kondisi tubuh Pretty Asmara banyak berubah, salah satunya penurunan berat badan yang cukup drastis. Ia juga mengalami gangguan tubuh yang berimbas pada turunnya kondisi kesehatan. 

Sehingga Pretty harus dirawat di fasilitas kesehatan yang tersedia di lapas Cipinang. Pretty sendiri divonis 6 tahun penjara karena kasus penyalahgunaan narkoba. (Kapanlagi.com/ Rezka Aulia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gugurnya Syachrul Anto, Pahlawan di Tengah Evakuasi Lion Air Disorot Dunia

Posted: 03 Nov 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Syachrul Anto gugur di tengah tugas mulia, dalam misi kemanusiaan mengevakuasi puing Lion Air PK-LQP dan 189 orang yang ada di dalamnya. Tanjung Karawang hanya satu di antara rekam jejaknya yang panjang sebagai relawan.

Anggota Indonesia Diver Rescue tersebut sebelumnya juga terjun dalam pencarian korban pesawat Air Asia QZ8501 yang jatuh di Selat Karimata. Bahkan sebelum bergabung dengan tim Basarnas dalam evakuasi Lion Air, ia baru pulang dari Palu, untuk membantu korban gempa dan tsunami di sana.

Diduga Syachrul Anto meninggal dunia akibat dekompresi, gangguan yang menjadi momok setiap penyelam.

"Diduga dekompresi karena tekanan, bekerja tidak tahu waktu, harusnya naiknya pelan-pelan, lima meter berhenti dulu, sampai muncul (ke permukaan), dia mungkin langsung," kata Dansatgas SAR, Kolonel Laut (P) Isswarto.

Jenazah Syachrul Anto kini telah dimakamkan di kampung halamannya di Surabaya, Jawa Timur. Namun, jasanya tak lantas terlupakan.

 

Tak hanya dikabarkan media di Indonesia, yang disambut rasa duka dan simpati atas perjuangan almarhum, meninggalnya Syachrul Anto di tengah evakuasi Lion Air juga menyebar ke sejumlah penjuru dunia.

Situs berita Singapura, Channel News Asia memuat artikel berjudul, Diver dies during search mission for crashed Lion Air plane.

Sementara, media India, First Post memuat artikel berjudul, Indonesia Lion Air flight crash: 48-year-old diver dies while searching for body parts, debris in Java Sea.

Tak ketinggalan, situs The Wall Street Journal mengunggah artikel berjudul, Indonesian Diver Dies in Recovery Operations for Lion Air Jet.

Dalam artikel berjudul, Lion Air: Indonesian rescue diver dies while searching for victims of jet crash near Jakarta, situs ABC Australia mengungkapkan, tim penyelam punya peran krusial untuk mengevakuasi bagian tubuh awak maupun penumpang yang ada di pesawat yang mengalami kecelakaan pada Senin 29 Oktober 2018, dalam perjalanan dari Jakarta menuju Pangkalpinang. Untuk kepentingan identifikasi.

"Juga untuk menemukan apa yang terjadi pada Boeing 737 MAX, pesawat anyar, yang celaka pada Senin pagi di Laut Jawa, 13 menit setelah lepas landas dari Jakarta," demikian dimuat abc.net.au.

Gugurnya Syachrul Anto di tengah tugas sejauh ini juga dikabarkan banyak media lain, dari sejumlah benua: Asia, Australia, Amerika Serikat, Eropa.

Tak hanya mengevakuasi bagian jasad, yang jumlahnya mencapai 73 kantung jenazah pada Sabtu 3 November 2018, para penyelam juga berjasa mengangkat puing-puing pesawat, termasuk instrumen perekam data penerbangan atau flight data recorder (FDR) yang didapat pada Kamis lalu.

Kini, mereka sedang berjuang untuk mendapatkan kotak hitam kedua, cockpit voice recorder (CVR) yang merekam perbincangan di kokpit antara para penerbang, juga dengan petugas menara kontrol (ATC).

Apa yang dilakukan Syachrul Anto dan para penyelam lain sungguh luar biasa...

 

Saksikan video terkait kecelakaan Lion Air berikut ini:

Pesan Menyentuh

Lyan Kurniawati, istri dari penyelam Syachrul Anto yang meninggal dunia kala melakukan evakuasi jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP, berdoa saat pemakaman di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (3/11). Syachrul Anto meninggal karena dekompresi. (JUNI KRISWANTO/AFP)

Syachrul Anto, anggota tim evakuasi serpihan dan penumpang Lion Air PK-LQP, gugur dalam tugas. Ia sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Jumat malam, 2 November 2018.

Ucapan duka yang mendalam muncul dalam akun facebook Syachrul Anto. Ucapan tersebut bertuliskan : Allah lebih cinta padamu Sayangku, pahlawanku, imamku....

Tunggu aku di jannah-Nya Insya Allah....terimakasih kasih sayang, bimbingan dan didikanmu. Insya Allah kami teruskan dedikasimu dalam kemanusiaan.

Laa khaula wala kuwwata Illa Billah ...Innalilahi wainailaihi rojiun...Mohon dibukakan pintu maaf segala kesalahan almarhum.

Pesan itu ditulis sang istri... 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Berapa Gaji Pilot di Indonesia?

Posted: 03 Nov 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Profesi pilot dikabarkan memiliki gaji tinggi, lantas berapa gaji pilot di Indonesia?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akun Facebook Jebol, Pengguna Diminta Update Password

Posted: 03 Nov 2018 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa pengguna Facebook mendapatkan notifikasi keamanan yang menyebutkan alamat email dan nomor telepon mereka diakses oleh pihak ketiga.

Tak hanya alamat email dan nomor telepon, informasi lain termasuk username, tanggal lahir, tempat terakhir menggunakan fitur check-in atau yang di-tag, dan lainnya mampu diakses hacker.

Facebook pun langsung mengirimkan notifikasi kepada penggunanya dengan mengatakan, sudah menindaklanjuti celah keamanan tersebut dan bekerja sama dengan FBI untuk mengatasi insiden itu.

Selain itu, perusahaan besutan Mark Zuckerberg juga meminta agar pengguna mengunjungi laman Help Center untuk mengetahui lebih lanjut apakah akun milik mereka terpengaruh dan apa yang dapat dilakukan.

Notifikasi Facebook. (Doc: Istimewa)

Informasi, munculnya notifikasi ini merupakan tindak lanjut Facebook dalam mengatasi insiden ketika hacker mampu mengakses sekira 30 juta akun pengguna layanan media sosial tersebut.

Diketahui, penjahat siber itu mengakses lebih rinci data 14 juta pengguna dari total korban, termasuk area tempat tinggal, status hubungan, agama dan bagian dari sejarah pencarian mereka di Facebook, demikian yang dikutip dari The Guardian, Minggu (4/11/2018).

 

Berhubungan dengan 50 Juta Akun Facebook Bocor

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Lebih lanjut, insiden ini memiliki hubungan dengan kasus yang menimpa Facebook sebelumnya, yakni 50 juta akun pengguna telah diretas pada akhir September 2018.

"Ternyata lebih sedikit orang yang terkena dampak daripada yang kami pikir. Dari 50 juta orang yang token aksesnya kami yakin terdampak, sekira 30 juta yang tokennya ternyata telah dicuri," jelas Vice President Facebook, Guy Rosen.

Menurut keterangan Rosen, Federal Bureau of Investigation (FBI) tengah menginvestigasi masalah peretasan ini.

Berdasarkan permintaan FBI, pihak Facebook tidak bisa mendiskusikan tentang kemungkinan dalang serangan tersebut atau rincian lain yang kemungkinan akan membahayakan proses penyelidikan.

 

Cara Mengetahui Kamu Korban Peretasan Akun Facebook.

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Terlepas dari proses penyelidikan, pengguna Facebook bisa mengetahui apakah akun mereka termasuk ke dalam daftar 30 juta korban peretasan tersebut atau tidak. Caranya dengan mengakses Help Center Facebook atau mengakses tautan di sini.

Untuk mengetahui hasilnya, pengguna harus login ke Facebook terlebih dahulu. Pada bagian bawah, pengguna akan menemukan sebuah kotak biru berisi pesan, "Is my Facebook account impacted by this security issue?".

Jika jawabannya "Yes", maka pengguna akan mengetahui informasi pribadi apa saja yang telah diakses hacker.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Misi Terakhir Syachrul Anto Sebelum Evakuasi Lion Air Jatuh

Posted: 03 Nov 2018 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengapresiasi peran serta kontribusi besar dari penyelam Syachrul Anto yang meninggal dunia saat bertugas mengevakuasi Lion Air PK-LQP. 

Jokowi tak lupa mengucapkan duka cita mendalam atas kepergian korban yang gugur saat menjalani misi kemanusiaan di perairan Tanjung Karawang, Jumat kemarin, 2 November 2018. 

Dia berharap apa yang menimpa Syachrul Anto adalah peristiwa terakhir dan tidak ada lagi penyelam yang meninggal di lapangan.

"Ada 859 aparat relawan yang semuanya bersama-sama dalam rangka evakuasi atau mencari black box dan lain-lain yang sudah lima hari ini kita lakukan pagi siang malam. Kita harapkan tidak ada kejadian lagi penyelam yang meninggal di lapangan," terang Jokowi.

Sebelumnya, Syachrul Anto bersama rekannya ditugaskan menyelam untuk melihat barang-barang milik korban Lion Air di dasar laut.

Saat rekannya telah kembali ke permukaan, penyelam Basarnas berusia 48 tahun itu tak kunjung muncul. Sampai pada satu titik tubuhnya ditemukan mengapung dalam kondisi pingsan, jauh dari lokasi semula. Syachrul kemudian meninggal di rumah sakit dan diduga penyebab kematiannya akibat mengalami dekompresi. 

Sementara itu, rekam jejak Syachrul Anto sebagai penyelam tak lagi diragukan. Sosok kepala rumah tangga ini adalah penyelam berlisensi yang sudah 10 tahun menggeluti bidang yang disukainya.

Dia juga tercatat sebagai sebagai anggota Indonesia Rescue Diver Team dan merupakan penyelam yang sangat berkualitas, dengan jam selam tinggi dan militan. 

Berikut ini sejumlah misi kemanusiaan terakhirnya sebelum mengembuskan nafas terakhir usai mengevakuasi pesawat Lion Air jatuh di perairan Tanjung Karawang:

1. Terlibat Misi Evakuasi Air Asia Tahun 2014

Lyan Kurniawati, istri dari penyelam Syachrul Anto yang meninggal dunia saat melakukan evakuasi jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP, menunjukkan foto-foto sang suami setelah prosesi pemakaman di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (3/11). (JUNI KRISWANTO/AFP)

Menjadi salah satu anggota di Indonesia Rescue Dive Team di bawah koordinasi Basarnas, sosok almarhum Syachrul Anto dikenal sebagai pribadi yang suka menolong.

Bersama rekan-rekan sesama penyelam, sejumlah misi kemanusiaan telah dia jalani. Salah satunya terlibat dalam operasi penyelaman Pesawat Air Asia QZ8501 rute Surabaya-Singapura. Pada Desember 2014, si burung besi itu jatuh di perairan Pangkalan Bun. 

"Dia tinggal di Makassar. Karena kebetulan dia seorang penyelam yang handal, dia kita ajak kalo ada misi-misi kaya gini," kata Leader Indonesia Rescue Dive Team, Bayu Wardoyo.

Bayu menuturkan, saat misi evakuasi Air Asia di Pangakalan Bun, Syachrullah yang paling banyak menemukan dan mengangkat jenazah dari dasar laut. 

2. Ikut Misi Kemanusiaan Gempa dan Tsunami Palu

Lyan Kurniawati, istri dari penyelam Syachrul Anto yang meninggal dunia kala melakukan evakuasi jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP, berdoa saat pemakaman di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (3/11). Syachrul Anto meninggal karena dekompresi. (JUNI KRISWANTO/AFP)

Sebelum menjalankan misi untuk mengevakuasi Lion Air di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Syachrul Anto diketahui baru saja kembali dari Palu membantu korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. 

Syachrul diketahui memiliki kesibukkan dengan bisnis ekspedisi di Makassar. Namun, hal itu tidak menghalanginya membantu para korban bencana. 

Sementara itu, istri Syachrul Anto kini hanya bisa pasrah melepas kepergian suami tercintanya. Lian Kurniawati (39) mencoba mengingat komunikasi terakhirnya dengan sang suami. Dalam pesan terakhirnya lewat pesan WhatsApp, Syachrul menulis sebuah pesan tentang takdir.

Almarhum ingin mengatakan, bahwa takdir tak membedakan usia, siapapun bisa diambil setiap saat. Dan itulah yang terjadi pada 189 penumpang Lion Air dengan rute Jakarta-Tanjungpinang.

3. Terlibat dalam Peduli Terumbu Karang

Jenazah penyelam Lion Air Syachrul Anto dimakamkan di Suabaya, Jawa Timur. (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)

Sepak terjang almarhum Syachrul Anto dalam misi kemanusiaan sudah tak diragukan lagi. Anto telah menjadi relawan di berbagai tempat terdampak bencana yang membutuhkan penyelam.

Dia juga terdaftar dalam Yayasan Terumbu Rupa yang mengkampanyekan peduli terumbu karang saat traveling.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu Korban Bencana di Sulsel IKEA Lelang Belasan Barang

Posted: 03 Nov 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari 1.300 orang menjadi korban dalam bencana di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Belasan ribu orang bahkan hingga saat ini masih mengunggi di pengungsian. 

Melihat fakta tersebut, IKEA merasa perlu mengulurkan tangan untuk membantu korban bencana. Oleh karena itu IKEA menggelar lelang produknya yang sudah di-customised oleh seniman muda dari Never Too Lavish. 

Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Eliza Fazia, mengatakan ada 11 produk IKEA yang dilelang dan sudah diberi sentuhan kreatif dari Never Too Lavish. 

 

 

Aksi peserta lelang untuk kebaikan.

Beberapa produk tersebut adalah Trones (kabinet sepatu hitam dengan gambar pulau Sulawesi), Trysil (lemari pakaian putih dengan kaca), Bjorknas (lemari lima laci dengan kayu birch), Malm (lemari tiga laci putih), Tarva (lemari tiga laci dengan kayu pinus), Strandmon (kursi bersayap bergambar Marilyn Monroe). 

Kegiatan lelang dibagi dua cara, online dan offline atau secara langsung. Lelang online sudah dimulai sejak 26 Oktober 2018. Lelang secara langsung digelar pada Jumat 2 November 2018 mulai pukul 18.30 WIB di Restoran IKEA Alam Sutera. 

Dalam kegiatan tersebut, terlihat jelas bagaimana peserta lelang mendapatkan bid atau tawaran tertinggi, untuk membantu korban bencana. Dari 11 produk IKEA yang di-customised, penawaran tertinggi sebesar Rp15 juta pada produk Trones.

 

 

 

Salah satu barang lelang yang telah dikustomasi oleh seniman muda dari Never Too Lavish.

Eliza bahkan tak menyangka melihat langsung antusias para peserta lelang.

"Ini adalah pengalaman pertama kami dari IKEA. Ternyata partisipannya luar biasa dan di luar dugaan," ungkapnya. 

Untuk diketahui total yang didapatkan dalam acara 'Lelang untuk Kebaikan' ini adalah sekitar Rp 85 juta. 

Seluruh dana yang terkumpul akan disalurkan langsung melalui UNICEF, guna mendukung Program Pelacakan Reunifikasi Keluarga atau Family Reunification Tracing bagi korban bencana di Palu dan Donggala.

 

(PR)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menang, Ramos Minta Real Madrid Tetap Tenang

Posted: 03 Nov 2018 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid mengalahkan Valladolid dengan skor 2-0 pada jornada ke-11 Liga Spanyol di Santiago Bernabeu 2018/19, Minggu (4/11/2018) dini hari WIB. Dua gol kemenangan Madrid disumban Vinicius Jr. dan Sergio Ramos.

Kemenangan ini begitu penting bagi Real Madrid, bukan sekadar soal tiga poin. Sebelumnya, Madrid tak pernah menang di lima pertandingan terakhir Liga Spanyol. Satu kali imbang, empat kali kalah.

Sergio Ramos pun menyadari pentingnya kemenangan ini. Dia mengakui Los Blancis sedang tenggelam dalam masa-masa sulit, dan saat ini yang dibutuhkan adalah kepercayaan diri yang didapat dari hasil positif.

Kapten Real Madrid itu percaya ia dan rekan-rekannya akan kembali mendapatkan dukungan penuh dari suporter mereka.

Tetap Tenang

Para pemain Real Madrid merayakan kemenangan atas Real Valladolid pada laga La Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Sabtu (3/11). Madrid menang 2-0 atas Valladolid. (AFP/Javier Soriano)

Menurut Ramos, dalam masa-masa sulit seperti ini, yang terpenting adalah ketenangan. Dia menilai itulah kekuatan Madrid, yakni mampu tetap tenang di tengah badai yang menerpa.

"Ini adalah masa-masa di mana Anda harus tetap tenang. Anda melihat menit berjalan, waktu berkurang dan hasil positif itu tak juga tiba, tetapi inilah kekuatan kami," ungkap Ramos di laman resmi realmadrid.

"Itulah bagian dari kebanggaan kami dan pada akhirnya hasil positif memberikan kami tiga poin dan menjaga kepercayaan diri kami tetap tinggi."

Dukungan Fans

Lebih lanjut, Ramos juga mengakui pergantian pelatih bukanlah hal mudah untuk skuat Madrid dan para pendukungnya. Oleh sebab itu, dia menilai kemenangan ini telah membuktikan banyak hal dan membuat suporter Madrid lebih tenang serta percaya.

"Pada waktu seperti inilah anda harus tetap tenang dan tetap memberikan segalanya. Kami memainkan tim yang sangat bertalenta di situasi sulit, setelah laju buruk kami, kami juga berganti pelatih."

"Kami tahu apa yang dirasakan para fan. Kami mendapatkan kepercayaan diri kami kembali setelah gol pertama dan dengan hsil ini orang-orang akan mulai yakin kembali pada kami," tutupnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1 Hari Ini, Siaran Langsung Persebaya Vs Persija

Posted: 03 Nov 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Laga panas akan mewarnai Gojek Liga 1 bersama Bukalapak pekan ke-29, Minggu (4/11/2018). Duel menarik akan tersaji saat Persebaya Surabaya menjamu Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo,

Pertandingan tersebut tak hanya menjadikan perebutan tiga poin, melainkan pertaruhan gengsi. Apalagi, bagi Persija kemenangan sangat diperlukan untuk membuka peluang meraih gelar juara.

Persija saat ini berada di urutan ketiga klasemen sementara Liga 1. Mereka sudah mengumpulkan 48 poin atau hanya terpaut dua angka dari pemuncak klasemen, PSM Makassar.

Jika Persija berhasil mengalahkan Persebaya nilai mereka akan melampaui PSM. Namun, itu pun masih tergantung hasil pertandingan PSM melawan Persipura yang juga akan digelar bersamaan.

Sedangkan, Persebaya masih terpuruk di papan bawah klasemen Liga 1. Mereka berada di urutan ke-13 dengan raihan 35 angka.

Laga Lain

Gelandang PSM Makassar, Zulham M Zamrun (kiri) berebut bola dengan bek Bhayangkara FC, Indra Kahfi pada lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis (19/10). PSM Makassar unggul 2-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pertandingan lain yang juga layak untuk dinantikan adalan pertemuan PSM dengan Persipura. PSM wajib meraih poin penuh untuk mempertahankan posisi puncak klasemen.

Selain itu, ada juga laga Perseru Serui kontra Mitra Kukar. Kedua tim sama-sama butuh kemenangan untuk menjauhi zona merah.

Pertandingan seru juga akan berlangsung ketika PSIS Semarang berjumpa Arema FC. Berikut jadwal Liga 1 hari ini:

Jadwal

13.30 WIB Perseru Serui vs Mitra Kukar

15.30 WIB PSM Makassar vs Persipura Jayapura (OChannel)

15.30 WIB Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta (Indosiar)

15.30 WIB PSIS Semarang vs Arema FC (Vidio.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Jangan Teriak Harga di Pasar Naik Terus, Nanti Pedagang Marah

Posted: 03 Nov 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut bahwa kenaikan harga bahan pokok di pasaran merupakan hal yang wajar.

Namun, ia menjelaskan, tidak semua bahan pokok mengalami kenaikan. Ada beberapa komoditas yang harganya justru turun di pasaran.

"Jadi jangan teriak-teriak di pasar harga mahal nanti bakul-bakul, pedagang-pedagang pasar bisa marah semua nanti. Enggga ada yang beli nanti," ungkap Jokowi di Pasar Anyar, Tangerang, Banten, Minggu (4/11/2018).

Apabila isu kenaikan harga yang dianggapnya tidak benar terus menerus digulirkan, Jokowi khawatir masyarakat malas ke pasar. Alhasil, pedagang pasar jadi sepi pembeli.

"Enggak ada yang beli nanti. Ibu-ibu enggak ada yang datang ke pasar. Malah datang ke mall, datang ke supermarket datang ke hypermarket," ucap Jokowi.

"Jadi kalau ke pasar itu ya lihat fakta yang ada benar. Harga-harga sampaikan apa adanya," sambung mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hari Kesehatan Nasional, Jokowi Senam Bersama Warga Tangerang

Posted: 03 Nov 2018 08:32 PM PDT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki memandu senam bersama di depan Kantor Wali Kota Tangerang, Minggu (4/11). Kegiatan itu dalam rangka perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-54. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki memandu senam bersama di depan Kantor Wali Kota Tangerang, Minggu (4/11). Kegiatan itu dalam rangka perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-54. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani Menteri Kesehatan Nila F Moeloek ikut melakukan senam bersama di depan Kantor Wali Kota Tangerang, Minggu (4/11). Kegiatan tersebut dalam rangka perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-54. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani Menteri Kesehatan Nila F Moeloek ikut melakukan senam bersama di depan Kantor Wali Kota Tangerang, Minggu (4/11). Kegiatan tersebut dalam rangka perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-54. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani Menteri Kesehatan Nila F Moeloek memimpin senam bersama di depan Kantor Wali Kota Tangerang, Minggu (4/11). Kegiatan senam bersama itu dalam rangka perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-54. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani Menteri Kesehatan Nila F Moeloek memimpin senam bersama di depan Kantor Wali Kota Tangerang, Minggu (4/11). Kegiatan senam bersama itu dalam rangka perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-54. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani Menteri Kesehatan Nila F Moeloek ikut melakukan senam bersama di depan Kantor Wali Kota Tangerang, Minggu (4/11). Kegiatan tersebut dalam rangka perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-54. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani Menteri Kesehatan Nila F Moeloek ikut melakukan senam bersama di depan Kantor Wali Kota Tangerang, Minggu (4/11). Kegiatan tersebut dalam rangka perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-54. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki memandu senam bersama di depan Kantor Wali Kota Tangerang, Minggu (4/11). Kegiatan itu dalam rangka perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-54. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditemani Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki memandu senam bersama di depan Kantor Wali Kota Tangerang, Minggu (4/11). Kegiatan itu dalam rangka perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-54. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Perseru Vs Mitra Kukar: Kesempatan Terakhir Raih 3 Poin

Posted: 03 Nov 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perseru Serui masih terbenam di dasar klasemen sementara Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. Tim Cenderawasih Jingga baru mengantongi 29 poin dari 28 pertandingan.

Pada laga pekan ke-29, Perseru akan meladeni Mitra Kukar di Stadion Marora, Serui, Minggu (4/10/2018). Ini bakal menjadi kesempatan terakhir tim besutan Wanderley Junior untuk meraih tiga poin.

Pasalnya, pada lima laga berikutnya, Perseru akan menghadapi lawan berat. Setelah menjamu Mitra Kukar, Silvio Escobar dkk. akan bertandang ke markas Arema. 

Berikutnya, menjamu Borneo FC di Marora dan dilanjutkan laga tandang melawan Persib. Dua lawan terakhir Perseru di Liga 1 juga tak kalah berat, yakni Madura United (kandang) dan Persipura (tandang).

Di sisi lain, Mitra Kukar juga membutuhkan kemenangan. Pasalnya, posisi tim Naga Mekes juga mengkhawatirkan. Saat ini, tim besutan Rahmad Darmawan itu berada di posisi ke-15 dengan 35 poin.

Mitra Kukar masih dibayangi Sriwijaya FC (posisi ke-16/33 poin) dan PS Tira (posisi ke-17/32 poin). Bila meraih kemenangan di Serui, Mitra Kukar bisa mengamankan diri di posisi ke-10 atau 11. 

Pada laga kontra Perseru, Mitra Kukar tak diperkuat dua gelandang andalan, yakni Septian David Maulana dan Bayu Pradana. Keduanya mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2018.

Namun, Mitra Kukar bisa bernapas lega setelah bek andalan Mauricio Leal kembali dari sanksi akumulasi kartu. Untuk menggantikan Septian dan Bayu, Rahmad Darmawan menyiapkan Muhammad Bachtiar dan Anindito Wahyu.

RD mengakui, laga di markas Perseru berat. Namun, bukan tidak mungkin timnya bisa meraih poin. Apalagi, tim tuan rumah juga berambisi meraih kemenangan di kandang untuk mengatrol posisi mereka di klasemen.

"Perseru tim bagus dan mereka punya rekor apik di kandang. Tentu satu poin dari Serui sudah bagus," kata Rahmad.

 

Prediksi Susunan Pemain

Perseru Serui menang tipis atas PS Tira pada lanjutan Liga 1 2018 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Selasa (22/5/2018). (Bola.com/Permana Kusumadijaya)

Perseru (4-2-3-1): Samuel Reimas (kiper); Kunihiro Yamashita, Kelvin Wopi, Donni Monim, Anis Nabar (belakang); Arthur Bonai, Tonny Ayomi, Ronaldo Meosidu, Makarius Fredik Suruan, Sidik Saimima (tengah); Silvio Escobar (depan)

Pelatih: Wanderley Junior

Mitra Kukar (4-3-3): Yoo Jae-Hoon (kiper); Dika, Gusmawan, Mauricio Leal, Siregar (belakang), Muhammad Bachtiar, Danny Guthrie, Dedi Hartono (tengah); Anindito Wahyu, Aldino, Hendra Bayauw (depan).

Pelatih: Rahmad Darmawan

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyaris Kalah, Suarez Sebut Barcelona Terlalu Percaya Diri

Posted: 03 Nov 2018 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona menjalani laga sulit pada pekan ke-11 Liga Spanyol 2018-19. Unggul terlebih dahulu, Blaugrana justru lengah dan tertinggal 1-2 dari Rayo Vallecano di Estadio del Rayo Vallecano, Minggu (4/11/2018) dini hari WIB.

Barcelona mampu berbalik unggul jelang laga berakhir dalam waktu normal. Ousmana Dembele sukses mencuri gol di menit ke-87, dan tiga menit kemudian Luis Suarez mencetak gol ketiga.

Suarez mengakui Barcelona seharusnya bisa tampil lebih baik dan menang dengan lebih nyaman. Hanya saja masalah Barca terletak pada rasa percaya diri yang berlebihan.

Suarez pun memuji penampilan apik Rayo Vallecano melawan Barcelona.

Terlalu Percaya Diri

Striker Barcelona Luis Suarez. (AFP/Lluis Gene)

Suarez mengakui skuat Barca saat ini mungkin sedang terlalu percaya diri. Kendati demikian, baginya yang terpenting adalah tiga poin. Sekarang Barca harus mengevaluasi diri sendiri.

"[Comeback terjadi] mungkin karena terlalu percaya diri. Kami juga harus memuji lawan yang membutuhkan poin," buka Suarez kepada marca.

"Hal yang terpenting adalah kami membalikkan situasi dan mendapatkan tiga poin, sekarang kami harus mengevaluasi diri."

Membantu Tim

Tanpa Messi, Suarez berperan penting dengan dua golnya di laga tersebut. Sebelumna, pemain berdarah Uruguay ini juga jadi faktor kunci kemenangan Barca atas Real Madrid akhir pekan lalu, Suarez mencetak hattrick di El Clasico.

"Anda mencoba membantu tim untuk meraih poin. Itu [hattrick] hanyalah salah satu malam di mana semuanya bekerja dengan baik dan saya mencetak gol untuk membantu tim," tutupnya.

Kemenangan ini begitu penting bagi skuat Barca untuk menjaga kepercayaan diri mereka jelang lawatan ke San Siro untuk menghadapi Inter Milan di matchday 4 Liga Champions 2018/19, Rabu (7/11) dini hari WIB.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Budi Karya Tinjau Ramp Check Boeing 737-Max 8 di Bandara Soetta

Posted: 03 Nov 2018 08:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan ramp check terhadap pesawat Boeing 737-Max 8, yang dimiliki maskapai Lion Air, di Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Minggu (4/11/2018) pagi.

Didampingi tim manajemen Lion Air, Angkasa Pura II serta Dirjen Perhubungan, Menhub langsung melihat pesawat tersebut. Menurut Budi Karya, pihaknya sengaja mendatangi Terminal 1.

"Hari ini kami melakukan satu koordinasi dengan semua unsur operator Bandara, mulai navigasi, Otoritas Bandara (Otban), dan juga beberapa operator airline. Tentu berkaitan untuk memastikan kelaikan udara dari semua Bandara di Indonesia terjamin dan terjaga dengan baik, " tutur Budi Karya.

Khusus jenis Boeing 737-Max8 yang diceknya langsung, dinyatakan laik terbang dan tidak ada kendala. Dia pun meminta maskapai yang mengoperasikan pesawatnya di Indonesia, untuk memperhatikan secara rutin kondisi pesawat.

"Kepada semua unsur untuk bekerja meningkatkan kinerja, agar diperoleh suatu kinerja safety yang baik, secara detail saya instruksikan ke Dirjen Udara untuk melakukan berbagai langkah," kata Budi Karya.

 

Special Audit

Sejauh ini, sudah dilakukan inspeksi terhadap pesawat 737-Max yang dimiliki Lion Air dan Garuda Indonesia. Lion Air memiliki 11 unit pesawat tipe itu. Semua sudah melalui spesial audit pascajatuhnya PK-LQP.

Pemeriksaan juga meliputi SOP yang dimiliki, kualifikasi awak pesawat dan kordinasi dengan stake holder lain. "Dalam waktu dekat ini kita akan dapatkan laporannya," kata Budi Karya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Kondisi Pretty Asmara Sebelum Meninggal Dunia

Posted: 03 Nov 2018 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pretty Asmara meninggal dunia pada Minggu, 4 November 2018 pagi. Kabar meninggalnya Pretty Asmara membuat banyak orang tersentak.

Termasuk Sahrul Romadana, kuasa hukum Pretty Asmara. Ia tak menyangka kliennya pergi begitu cepat.

"Betul, jam enam pagi ini meninggal dunia," kata Sahrul dihubungi di Jakarta, Minggu (4/11/2018) pagi.

Sejauh ini, Sahrul setia mendampingi setiap proses hukum yang dijalani oleh Pretty Asmara terkait kasus narkoba.

Kondisi Pretty Asmara

Pretty Asmara (Adrian Putra/Bintang.com)

Sudah setahun Pretty Asmara menjalani hukuman di penjara akibat kasus narkoba. Selama di penjara, kehidupan pesinetron Saras 008 itu jauh dari kata mewah.

Kabar terbaru, menunjukkan Pretty Asmara yang tengah jatuh sakit. Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, terlihat Pretty Asmara tengah terbaring di atas tempat tidur.

Wajahnya terlihat pucat, dan tubuhnya yang dulunya gempal jadi terlihat begitu kurus. Pretty Asmara tak lupa memohon doa agar pengobatannya dapat berjalan lancar.

"Teman-teman aku minta doanya. Aku lagi atit (sakit) hari ini mau di-USG, doain mudah-mudahan hasilnya bagus. Hasilnya normal jangan ada apa-apa," kata Pretty Asmara, 14 September 2018 lalu.

Minta Dijenguk

Pretty Asmara (Adrian Putra/Bintang.com)

Pretty Asmara juga memberikan pesan khusus kepada teman-temannya. Artis 40 tahun ini berharap dapat segera dijenguk orang-orang terdekatnya tersebut.

"Yang belum jenguk, jenguk dong aku di sini. Enggak kangen apa sama aku? Sini dong," ucapnya kala itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro RAM 3 GB Second di Indonesia

Posted: 03 Nov 2018 08:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Xiaomi adalah salah satu vendor smartphone yang berasal dari Negeri Tirai Bambu. Pabrikan smartphone ini memang tergolong vendor baru yang mulai ikut serta meramaikan pasar smartphone di Indonesia. Vendor asal China ini didirikan pada tahun 2010 oleh Lei Jun, orang terkaya ke 23 di China menurut Forbes. Menariknya, meski terbilang baru di kancah industri smartphone, menurut IDC Xiaomi merupakan produsen smartphone terbesar ketiga di dunia. 

Sebagai vendor baru, nyatanya Xiaomi tak kalah menarik dibandingkan dengan vendor ponsel lainnya. Selain hadir dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang mumpuni dan mengikuti perkembangan zaman, Xiaomi berhasil mencuri perhatian dengan harga Xiaomi yang cukup terjangkau. Hal ini jelas menjadikan Xiaomi banyak dipilih oleh kalangan menengah ke bawah.

Salah satu ponsel pabrikan Xiaomi yang diincar banyak orang adalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Alasannya, selain dari fitur yang canggih juga karena harga xiaomi note 3 sangat terjangkau. Nah, berikut ini Liputan6.com ulas harga xiaomi note 3 second saat ini dan spesifikasi unggulannya.

Desain dan layar Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Xiaomi Redmi Note 3 Pro (sumber: mi)

Xiaomi Redmi Note 3 Pro dibekali bentang layar yang cukup lebar yakni  5,5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density) sehingga mampu menampilkan warna yang jernih. Dengan bentang layar yang lebar menjadikan ponsel cocok untuk digunakan main game dan nonton video. Untuk kejernihan layar Xiaomi Redmi Note 3 Pro dibekali panel layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors menjadikan warna yang dihasilkan layar semakin cerah dan padat. Dibekali juga fitur tambahan Multitouch, MIUI 7.0, Scratch resistant yang akan menjadikan ponsel ini tampak elegan.

Ponsel ini hadir dengan tipe Candy Bar memiliki dimensi 150 x 76 x 8.7 mm sehingga memiliki berat 164 gram dan cukup ringan karena bentang layar yang ditawarkan pun tergolong lebar. Dengan berat yang ringan menjadikan pengguna nyaman untuk menggenggam Smartphone dan nyaman untuk dimasukkan kedalam saku.

Dari segi model yang diusungnya, Xiaomi Redmi Note 3 Pro hadir dengan desain yang lebih mewah dan juga berkualitas. Jika pada seri sebelumnya bahan yang digunakan terbuat dari plastik. Namun, pada Xiaomi Redmi Note 3 ini sebagian besar bodinya terbuat dari aluminium sehingga memberikan kesan premium dan menganut desain unibody. Material plastik terdapat pada sisi atas dan bawah bagian belakang, dan panel kaca pada bagian depan. Seperti smartphone Android pada umumnya, kontrol navigasi dapat ditemukan di bawah layar. Kontrol tersebut dilengkapi fitur backlit yang memudahkan penggunaan dalam kondisi gelap. Tombol power terletak pada sisi kiri perangkat, bersebelahan dengan tombol volume yang berfungsi ganda sebagai shutter kamera.

Xiaomi Redmi Note 3 Pro dirilis dengan beberapa warna yaitu Silver, Gray, Gold. Dengan harga xiaomi note 3 yang terjangkau, ponsel ini cocok buat bergaya namun budget terbatas.

Dapur pacu

Selain tampilan yang menarik dan lebar, Xiaomi Redmi Note 3 Pro juga memiliki performa yang tangguh dengan dukungan system operasional Android OS, v5.0.2 (Lollipop) dan bisa upgrade ke OS v6.0.1 Marshmallow. Dari segi prosesornya, ponsel ini dibekali chipset dari Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650. Didalamnya terdapat prosesor dengan kecepatan tinggi bertipe Quad-Core 1,4 GHz Cortex-A53 & Dual-Core 1,8 GHz Cortex-A72. Saat baru dirilis pada 2016, Xiaomi Redmi Note 3 Pro ini diklaim sebagai smartphone pertama di dunia dengan prosesor Snapdragon 650.

Sementara itu, sistem pengolah grafis yang dipergunakan oleh Xiaomi Redmi Note 3adalah  menggunakan GPU dengan tipe PowerVR G6200. GPU ini juga dapat menjalankan game dengan kualitas grafis yang cukup memukau. Teknologi pada dapur pacu ini tentu sesuai dengan harga xiaomi note 3 yang terjangkau. 

Untuk kegiatan multitasking, Xiaomi Redmi Note 3 Pro dibekali RAM berkapasitas 3 GB sehingga ponsel pintar ini mampu untuk menjalankan beberapa aplikasi berkapasitas besar secara bersamaan. Sementara untuk ruang penyimpanan terdapat memory internal berkapasitas 16 GB.

Kamera

Harga xiaomi note 3 yang ditujukan untuk kelas menengah sangat pantas apabila smartphone ini dibekali kamera utama beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.0 serta dilengkpai berbagai fitur pendukung seperti phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama, Video 1080p@30fps. 

Sedangka kamera depannya beresolusi 5MP dengan aperture f/2.0, 1080p menjadikan pengguna mampu menjalankan kegiatan sehari-hari seperti video call dan selfie dengan resolusi yang cukup tinggi.

Baterai

Melengkapi performanya yang gahar, Xiaomi Redmi Note 3 Pro dibekali baterai berdaya yang sangat besar yakni 400 mAh. Baterai di ponsel ini bertipe Non-removable. Baterai sebesar ini menjadikan harga xiaomi note 3 akan terlihat lebih murah.

Kapasitas baterai sebesar itu diklaim dapat bertahan 264 jam dalam posisi standby serta 60 jam saat digunakan untuk memainkan musik. Selain baterai berkapasitas jumbo, Xiaomi Redmi Note 3 juga dilengkapi fitur Fast battery charging yang dapat mengisi baterai dengan lebih cepat.

Konektivitas

Meski harga xiaomi note 3 dikenal murah, namun teknologi yang disematkan didalamnya tak murahan. Pada sektor konektivitas, ponsel ini dibekali teknologi jaringan internet super cepat 4G LTE berkecepatan LTE Cat7 (102/301.5 Mbps), LTE 1800 / 1900 / 2100 / 2300 / 2500 / 2600. Xiaomi redmi Note 3 Pro juga dibekali teknologi jaringan tambahan 3G HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100. Untuk memudahkan pengguna, terdapat fitur Dual SIM  SIM 1 & SIM 2. POnsel ini juga dilengkapi dengan fitur Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot. Sedangkan untuk pengiriman dan penerimaan file serta aplikasi dibekali fitur Bluetooth v4.1, A2DP, LE, Infra Red USB microUSB v2.0, USB On-The-Go.

Fitur pendukung

Pada sektor keamanan, ponsel ini dilengkapi sensor sidik jari. Menurut Xiaomi, sensor tersebut mampu merespons dengan kecepatan 0,3 detik. Selain itu Xiaomi Note 3 juga memiliki fitur Mi Remote, yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol TV, AC dan beberapa alat elektronik lainnya via sensor infra merah Dengan harga xiaomi note 3 yang nggak menguras kantong kehadiran fitur ini tentu sangat memanjakan pengguna.

Harga xiaomi note 3

Memiliki spesifikasi yang tak kalah dengan smartphone kelas atas lainya, harga xiaomi note 3 ini terbilang cukup terjangkau. Apalagi saat ini dengan makin maraknya ponsel keluaran terbaru, harga xiaomi note 3 mengalami penurunan. Harga xiaomi note 3 second di pasaran ponsel saat ini berkisar di angka Rp 1,2 jutaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Memakai Eyeliner yang Benar Bagi Pemula, Tidak Luntur dan Tahan Lama

Posted: 03 Nov 2018 08:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Eyeliner menjadi salah satu kosmetik yang tidak bisa lepas dari riasan wajah. Hal itu dikarenakan eyeliner berguna untuk membuat tampilan mata terlihat lebih besar, tegas, dan indah.

Mengaplikasikan eyeliner sendiri memang sedikit tricky bagi beberapa orang. Terutama bagi mereka yang pemula. Kadang bisa belepotan, kadang juga tidak simetris antara mata yang kanan dan yang kiri. 

Bagi kamu yang pemula dalam mengaplikasikan eyeliner, ada baiknya mengetahui beberapa jenis eyeliner sehingga bisa mengetahui cara yang tepat untuk memakainya. Berikut cara memakai eyeliner yang benar seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (4/11/2018).

Jenis Eyeliner

Ilustrasi (Sumber: Pixabay)

1. Pencil eyeliner.

Pencil eyeliner merupakan jenis eyeliner yang paling populer dan mudah cara pengaplikasiannya. Namun di sisi lain tidak tahan lama sehingga harus sering-sering menebalinya jika kamu sibuk seharian. Eyeliner jenis pensil ini cocok digunakan bagi kamu yang masih pemula. Ya, cara memakai eyeliner jenis ini sangat mudah dan tidak akan meluber seperti liquid eyeliner maupun jenis lainnya.

Saat membeli pencil eyeliner pun, berarti kamu juga harus membeli rautannya. Raut pensil setiap kali hendak memakainya. Hal ini berguna untuk menghindari dan menyingkirkan bakteri yang bisa saja menempel pada pemakaian sebelumnya. Namun jangan terlalu tajam seperti meraut pensil untuk menulis, karena dapat membuat kulit di area mata justru terluka karena ketajamannya.

2. Liquid eyeliner.

Liquid eyeliner biasanya dikemas dalam botol kecil dengan kuas tipis dan runcing seperti pensil guna mempermudah pengaplikasiannya. Liquid eyeliner atau eyeliner cair ini warnanya lebih gelap atau pekat dan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan pencil eyeliner. Cara memakau eyeliner cair ini memang lebih rumit karena bisa saja luber serta membutuhkan waktu untuk kering.

3. Gel Eyeliner.

Eyeliner dengan bentuk gel ini biasanya dikemas dalam sebuah pot kecil dan bertekstur cukup kental. Warna yang dihasilkan sangat pekat sehingga seringnya digunakan untuk riasan ke pesta atau acara formal lainnya. Cara memakai eyeliner ini tidak terlalu sulit, hanya saja butuh kuas dan perawatan yang khusus. Kuas yang digunakan harus tipis dan runcing supaya mudah diaplikasikan. Selain itu, kuas juga harus segera dibersihkan setelah pemakaian untuk menghindari gel yang mengering dan membuat kuas tidak bisa lagi digunakan dengan maksimal.

4. Liquid Pen Eyeliner.

Jenis eyeliner yang satu ini sangat praktis dan mudah sekali diaplikasikan. Kuas dan kemasan cairannya sudah menyatu, sehingga kamu hanya perlu menggunakannya seperti spidol. Cara memakai eyeliner Liquid pen eyeliner ini bisa kamu gunakan untuk acara apapun karena warnanya cukup pekat dan memberikan efek yang dramatis pada matamu.

Cara memakai eyeliner untuk pemula

1. Mengaplikasikan bentuk eyeliner yang cocok dengan bentuk mata.

Bentuk mata setiap orang tentu berbeda-beda, oleh karena itu kenalilah bentuk mata kamu agar ketika hendak mengaplikasikan eyeliner, kamu tahu bentuk eyeliner seperti apakah yang cocok dengan matamu.

2. Gunakan jenis eyeliner pencil eyeliner bagi kamu yang pemula.

Bagi kamu yang baru saja menjajal dunia makeup atau berdandan menggunakan eyeliner, gunakanlah pencil eyeliner. Penggunaan eyeliner pensil ini lebih mudah bagi pemula. Dan juga sebagai percobaan tidak akan meluber dibandingkan dengan jenis eyeliner lainnya

3. Cara memakai eyeliner dengan posisi yang benar.

Langkah selanjutnya cara memakai eyeliner adalah menentukan posisi yang benar. Aplikasikan eyeliner dengan posisi duduk dan letakkan tangan pada meja yang stabil. Hal ini dilakukan agar tangan tidak bergoyang dan meminimalisir kesalahan yang tidak diinginkan. 

4. Dongakkan kepala sedikit ketika mengaplikasikan eyeliner.

Ketika sedang mengaplikasikan eyeliner, dongakkan kepala kamu sedikit agar dapat melihat garis mata dengan lebih jelas. Cara memakai eyeliner ini sebagai ganti agar tidak mengaplikasikan dengan menarik ujung mata. Jangan menarik ujung mata, karena ujung mata sangat sensitif dan malah mempercepat proses penuaan pada kulit 

5. Buat titik atau garis-garis.

Agar tidak miring atau menghindari ketebalan yang berbeda. Buat titik-titik atau garis-haris pada kelopak mata kamu baru kemudian ditebalkan. Cara memakai eyeliner ini bisa kamu langkahi jika dirasa tidak perlu.

6. Sapukan eyeliner ke satu arah dan sekali usap.

Cara memakai eyeliner agar ketebalannya merata adalah dengan sekali usap. Setelah membuat titik-titik atau garis-garis, usapkan eyeliner dari ujung ke ujung hanya dengan sekali usap. Dengan begitu maka ketebalannya akan merata. 

7. Usapkan lagi sampai mencapai ketebalan yang diinginkan.

Jika dirasa kurang tebal, usapkan lagi dari ujung-ujung. Ingat, dari ujung-ke ujung. Jangan dari tengah-tengah.

 

Kesalahan umum cara memakai eyeliner

Ilustrasi eyeliner (Sumber: Pixabay)

1. Mengaplikasikan eyeliner pada semua garis mata, atas dan bawah.

Hal ini bukannya membuat menjadi lebih dramatis, namun akan membuat tampilan mata menjadi lebih kecil padahal kamu menginginkan tampilan mata agar terlihat lebih besar. Hal ini memang cocok bagi kamu yang ingin mengaplikasikan konsep gelap pada wajah dan memakai efek smokey eyes. Namun untuk makeup sehari-hari justru akan terkesan aneh. 

2. Mengaplikasikan eyeliner hanya pada garis mata bagian bawah.Agar terlihat tegas dan garang, kamu hanya mengaplikasikan eyeliner hanya pada garis mata bagian bawah. Hal ini akan membuat tampilan mata tidak proporsional.

3. Malas meraut pensil eyeliner dan menggunakannya dalam keadaan tumpul.

Dengan mengaplikasikan pencil eyeliner tanpa merautnya, akan membuat kamu kesusahan dan malah akan tidak rata dan rapi.

4. Mengaplikasikan eyeliner terlalu tebal.

Cara memakai eyeliner untuk mata sipit agar mata terlihat besar bukanlah dengan mengaplikasikan eyeliner dengan tebal dan berani. Jika kamu mengaplikasikan eyeliner terlalu tebal, justru tampilan mata akan semakin terlihat kecil. Terutama bagi kamu yang memiliki mata yang berkerut. Lebih baik aplikasikan eyeliner setipis yang kamu bisa jika ingin membuat tampilan mata terlihat lebih besar.

5. Mengaplikasikan eyeliner dengan menarik ke atas ujung mata.

Dengan melakukan hal tersebut terus-menerus, kamu malah akan mempercepat proses penuaan pada mata karena kulit di sekitar mata sangat sensitif. Lebih baik biasakan mengaplikasikan eyeliner dengan sedikit mendongakkan kepala.

6. Mengaplikasikan eyeliner cair pada bagian bawah mata.

Hal ini akan membuat tampilanmu terlalu keras dan garang. Lebih baik gunakan pencil eyeliner lalu ratakan dengan menggunakan kuas eyeshadow jika ingin mengaplikasikan eyeliner pada bagian bawah mata. 

7. Menggunakan eyeliner berwarna putih.

Mungkin sebagian dari kamu kaget mendengar hal ini. Memang banyak yang berkata jika ingin tampilan mata lebih besar gunakan eyeliner berwarna putih. Memang masuk akal, namun kamu punya pilihan yang lebih baik. Daripada menggunakan eyeliner berwarna putih, cobalah menggunakan nude eyeliner. Hal ini akan membuat tampilanmu terlihat lebih natural.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Harden Kembali, Rockets Jinakkan Bulls

Posted: 03 Nov 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta James Harden menandai comeback dari cedera dengan apik. Harden membawa Houston Rockets menang 96-88 atas Chicago Bulls pada lanjutan NBA, Sabtu (3/11/2018) waktu setempat atau Minggu (4/11/2018) pagi WIB.

Bertanding di United Center, Rockets sudah bisa diperkuat kembali oleh Harden yang absen tiga laga beruntun karena cedera hamstring. Namun kembalinya Harden belum terlalu berpengaruh setidaknya di dua kuarter awal. 

Rockets sangat kesulitan menghadapi agresivitas pemain-pemain Bulls. Mengandalkan duet Zach LaVine dan Jabari Parker, Bulls mampu unggul satu bola saat jeda babak pertama.

Harden baru menunjukkan sihirnya di kuarter ketiga guna membawa Rockets bangkit dan meninggalkan Bulls. Harden membuat 11 poin beruntun dalam kurun satu menit 59 detik dimana Rockets melesakkan 15 poin berturut- turut.

Sejak melakukan 15-0 run, Rockets tidak lagi terkejar. Rockets bahkan sempat memimpin sampai 17 poin sebelum menyudahi laga dengan selisih delapan poin.

Harden total membuat 25 poin dan tujuh assists. Pemain cadangan Carmelo Anthony menyumbang 17 poin. Sedangkan dikubu Bulls, LaVine finis dengan 21 poin, disusul Parker dengan 15 angka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Polwan Cantik Meriahkan Gowes Bareng Kampanyekan Pemilu Damai

Posted: 03 Nov 2018 08:12 PM PDT

Sejumlah polisi wanita (Polwan) saat mengawal peserta acara Gowes Bersama Indonesia Damai #iRide4Peace di Jakarta, Minggu (4/11). Acara ini dimeriahkan masyarakat umum dari berbagai komunitas sepeda bersama anggota Polri. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Sejumlah polisi wanita (Polwan) saat mengawal peserta acara Gowes Bersama Indonesia Damai #iRide4Peace di Jakarta, Minggu (4/11). Acara ini dimeriahkan masyarakat umum dari berbagai komunitas sepeda bersama anggota Polri. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Sejumlah polisi wanita (Polwan) saat mengawal peserta acara Gowes Bersama Indonesia Damai #iRide4Peace di Jakarta, Minggu (4/11). Acara bersepeda bersama ini dibalut deklarasi untuk mendukung Pemilu damai. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Sejumlah polisi wanita (Polwan) saat mengawal peserta acara Gowes Bersama Indonesia Damai #iRide4Peace di Jakarta, Minggu (4/11). Acara bersepeda bersama ini dibalut deklarasi untuk mendukung Pemilu damai. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Sejumlah polisi wanita (Polwan) saat mengawal peserta acara Gowes Bersama Indonesia Damai #iRide4Peace di Jakarta, Minggu (4/11). Acara ini dimeriahkan masyarakat umum dari berbagai komunitas sepeda bersama anggota Polri. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Sejumlah polisi wanita (Polwan) saat mengawal peserta acara Gowes Bersama Indonesia Damai #iRide4Peace di Jakarta, Minggu (4/11). Acara ini dimeriahkan masyarakat umum dari berbagai komunitas sepeda bersama anggota Polri. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Sejumlah polisi wanita (Polwan) saat mengawal peserta acara Gowes Bersama Indonesia Damai #iRide4Peace di Jakarta, Minggu (4/11). Acara bersepeda bersama ini dibalut deklarasi untuk mendukung Pemilu damai. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Sejumlah polisi wanita (Polwan) saat mengawal peserta acara Gowes Bersama Indonesia Damai #iRide4Peace di Jakarta, Minggu (4/11). Acara bersepeda bersama ini dibalut deklarasi untuk mendukung Pemilu damai. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Harga Skutik Jepang di Bawah Rp 20 Juta yang Ada di IMOS 2018

Posted: 03 Nov 2018 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 dimanfaatkan sejumlah pabrikan otomotif roda dua untuk memamerkan line up terbaiknya. Termasuk skutik.

Saat ini, penjualan skutik sedang dalam performa tertinggi. Tak heran di hajatan dua tahunan ini, para pabrikan juga menjajakan sejumlah skuter matik dari semua kelas.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) lebih dari 80 persen penjualan tertinggi sepeda motor yaitu segmen skutik.

Nah, kali ini Liputan6.com mencoba memberikan beberapa pilihan skutik yang dijual di IMOS 2018 dengan harga termahal di angka Rp 20 jutaan.

Tentu saja, untuk lebih merinci, sepeda motor yang tergolong laris di Indonesia sendiri ternyata datang dari pabrikan Jepang, seperti Yamaha, Honda dan Suzuki

Berikut ini beberapa skutik dengan harga termahal Rp 20 jutaan di IMOS 2018 yang akan berakhir 4 November 2018 besok:

Yamaha

Yamaha memajang deretan sepeda motor skuter andalannya selama pameran IMOS 2018 yang berlangsung di JCC, Senayan, Jakarta, 31 Oktober-4 November 2018. (Herdi Muhardi)

- Mio M3 Rp 15,55 juta

- Mio M3 CW Rp 16,45 juta

- Mio S Rp 16,1 juta

- Mio X-Ride Rp 17,65 juta

- Fino Rp 17,75  juta

- Fino Grande Rp 18,9 juta

- FreeGo standar Rp 18,5 juta

- FreeGo S Rp 19,7 juta

Honda

Buka Tahun, New Honda BeAT Dapat Grafis Baru, Harga Naik? (Foto:AHM)

- Beat Pop ESP CBS Cosmic Rp 15,25 juta

- Beat Pop ESP Cosmic Rp 15,05 juta

- Beat Sporty CW Rp 15,55 juta

- Beat Sporty CBS Rp 15,75 juta

- Beat Pop ESP CBS ISS Rp 15,8 juta

- Beat Street CBS Rp 16,23 juta

- Beat Sporty ISS Rp 16,615 juta

- Beat Sporty Rp 18,8 juta

- Vario 110 FI Rp 17,08 juta

- Vario 125 CBS Rp 19,25 juta

 

 

Suzuki

Suzuki Nex II yang telah dimodifikasi hadir di IMOS 2018 di JCC, Senayan, Jakarta, 31 Okober-4 November 2018.

- Address Rp 15,35 juta

- Address Playful Rp 15,7 juta

- NexII Standar Rp 13,95 juta

- NexII Elegant Premium Rp 14,4 juta

- NexII Fancy Dinamic Rp 14,465

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Sepeda Roda Tiga, Pria Ini Dedikasikan Hidupnya Buat Anjing Liar

Posted: 03 Nov 2018 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kecintaannya pada anjing membawa lelaki asal Meksiko ini rela mengurus dan merawat anjing liar yang ia temukan di jalan.

Edgardo "Perros" Zuniga telah berkeliling Meksiko dengan sepeda roda tiga miliknya, mencari anjing yang ditinggalkan dan terluka untuk diselamatkan dan disiapkan untuk diadopsi. Dirinya telah menyelamatkan lebih dari 400 anjing dalam 5 tahun terakhir.

Ketika Edgardo memutuskan untuk meninggalkan rumahnya pada 2013 lalu, ia bertujuan untuk membantu sebanyak mungkin anjing liar yang ia temui.

Selama lima tahun terakhir, Edgardo telah melakukan perjalanan melalui 14 negara bagian Meksiko dan menyelamatkan lebih dari 400 anjing terlantar. Ia lalu merawat mereka kembali hingga sehat dan kemudian menempatkan mereka di tangan staf di berbagai pusat adopsi.

Ia juga membantu anjing yang tidak memenuhi syarat untuk diadopsi dengan mengobati penyakit mereka, memberi makan mereka dan melakukan segala daya untuk meningkatkan kehidupan mereka sebelum Edgardo melanjutkan perjalanannya kembali. Selama perjalanannya berkeliling di 14 negara Meksiko, Edgardo membentuk 'tim penyelamat' dengan bepergian bersama sekelompok anjing setia miliknya sehingga banyak pihak yang percaya bahwa apa yang Edgardo lakukan dalam misi penyelamatan anjing-anjing liar tersebut adalah benar adanya.

Hidup di jalan dan berkeliling daerah menggunakan sepeda roda tiga

Sikap mulia yang dilakukan pria asal Meksiko ini adalah dengan memungut dan merawat anjing-anjing liar yang terlantar di jalan sambil berkeliling dunia.

Edgardo mengatakan bahwa dirinya menambahkan kata 'Perros' (dalam bahasa Spanyol merupakan sebutan untuk anjing) ke nama belakangnya karena itu merupakan indikasi pekerjaannya dan membiarkan orang-orang tahu bahwa ia mendedikasikan dirinya untuk misi membantu anjing yang tersesat.

Pecinta binatang berusia 49 tahun ini sadar bahwa orang lain lebih suka menuangkan waktu dan sumber daya mereka untuk membantu anak-anak, orang lain atau spesies yang terancam punah, tetapi ia memutuskan untuk menjadi 'malaikat pelindung'.

Edgardo telah bepergian ke seluruh Meksiko dengan sepeda roda tiga sederhana yang membantunya mengangkut persediaan dan kebutuhan dasar bagi dirinya sendiri, serta banyak obat dan makanan untuk anjing yang ia bawa ke dalam sepeda roda tiganya.

Ia mengambil pekerjaan sambilan untuk dapat memberi makan dan merawat anjingnya, tetapi dia juga bergantung pada bantuan dari relawan atau orang lain.

Edgardo menyebut misinya sebagai "perjalanan untuk membangkitkan kesadaran orang-orang" agar ikut peduli pada kehidupan dan kesejahteraan hewan liar.

Bekerjasama dengan aktivis dan dokter hewan

Sikap mulia yang dilakukan pria asal Meksiko ini adalah dengan memungut dan merawat anjing-anjing liar yang terlantar di jalan sambil berkeliling dunia.

Setiap negara bagian dan provinsi yang dilewatinya, Edgardo menyelamatkan lebih banyak anjing dengan membawa mereka dalam perjalanan sepeda roda tiganya sebelum diserahkan kepada aktivis atau dokter hewan yang mencoba mencari rumah untuk tempat tinggal anjing-anjing tersebut.

Karena kehidupan Edgrado selalu berada di jalan, ia tidak dapat mengadopsi semua anjing secara permanen tetapi mencoba untuk membuat kehidupan mereka lebih baik dengan cara apa pun yang ia bisa lakukan. 

Tindakan mulia yang ia lakukan ini banyak mendapat apresiasi dari warganet hingga kisahnya pun menjadi viral.

 

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Diminta Jaga Momentum

Posted: 03 Nov 2018 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) melanjutkan tren kemenangan mereka di Liga Inggris 2018-19. Bertandang ke Vitality Stadium, Sabtu (3/11/2018), Setan Merah menang 2-1 atas tuan rumah Bournemouth.

Setelah laga ini, MU bakal ditunggu dua laga berat. Tim racikan Jose Mourinho akan menghadapi Juventus di Liga Champions pada tengah pekan nanti sebelum bertemu Manchester City setelahnya.

Penyerang MU Marcus Rashford senang timnya meraih kemenangan atas Bournemouth tadi malam. Ia berharap timnya mampu memanfaatkan momentum apik itu untuk meraih lebih banyak hasil positif di masa depan.

"Yang terpenting saat ini kami meraih tiga poin," kata Rashford kepada BT Sports.

Bayar Utang

Para pemain Manchester United merayakan kemenangan atas Bournemouth pada laga Premier League di Stadion Vitality, Bournemouth, Sabtu (3/11). Bournemouth kalah 1-2 dari MU. (AFP/Ben Stansall)

Rashford mengakui timnya tidak mengawali musim dengan baik sehingga tersingkir dari persaingan gelar juara Liga Inggris musim ini. Namun, ia berharap tren buruk di masa lalu itu bisa terhenti dan berganti dengan tren kemenangan.

"Kami mengawali musim ini dengan performa yang inkonsisten dan saat ini setiap poin akan menjadi pembeda yang besar bagi kami."

Jaga Momentum

Kemenangan atas Bournemouth ini merupakan kemenangan kedua beruntun MU. Minggu lalu mereka berhasil menumbangkan Everton dengan skor tipis 2-1.

Rashford berharap dua kemenangan beruntun ini bisa membuat mereka lebih percaya diri untuk menghadapi dua laga sulit yang tengah menanti mereka.

"Ya, meraih tiga poin selalu menjadi hal yang baik untuk mempersiapkan pertandingan berikutnya. Seperti yang kalian bilang, kami akan menghadapi minggu yang berat dan kami harus mengawali setiap laga dengan baik." tandasnya.

MU saat ini naik ke peringkat tujuh dengan raihan 20 poin. Mereka hanya kalah selisih gol dari Bournemouth yang berada di peringkat 6.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awal Musim Hujan, Ada Kabar Apa di Banyumas dan Kebumen?

Posted: 03 Nov 2018 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Banyumas - Musim hujan tiba di sejumlah wilayah Jawa Tengah akhir Oktober 2018 lalu. Tetapi, lantaran intensitasnya masih ringan dan belum merata air yang turun dari langit itu belum cukup membuat sumur-sumur warga terisi.

Akibatnya, meski sudah memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen masih mengirimkan air bersih ke desa-desa yang mengalami krisis air bersih.

Hingga Sabtu, 3 November 2018, BPBD telah mengirimkan sebanyak 1668 tangki air bersih ke 57 desa yang mengalami krisis. Desa-desa itu tersebar di 14 kecamatan wilayah Kebumen.

Bahkan kini pengiriman per hari meningkat lantaran semakin banyaknya desa yang mengalami krisis air bersih. Pekan ini saja, pengiriman air bersih mencapai 148 tangki.

Masalahnya, BPBD Kebumen sudah kehabisan stok air bersih. Sebabnya, BPBD Kebumen sebenarnya hanya menyediakan sebanyak 1.400 tangki air bersih.

"Perkiraannya musim hujan tiba awal Oktober. Ya meleset memang," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kebumen, Eko Widianto.

Dia mengungkapkan, air bersih yang kini dikirimkan ke warga itu adalah bantuan dari pihak lain, seperti kepolisian, PMI, organisasi masyarakat dan lain sebagainya. Terakhir, pekan ini BPBD mendapat bantuan air bersih dari Baznas sebanyak 200 tangki air bersih.

Meski sudah dibantu pengadaan air bersih oleh lembaga lainnya, akan tetapi persediaan air bersih BPBD diperkirakan tinggal dua pekan lagi. Jika kemarau masih berlangsung, diperkirakan BPBD sudah tak lagi bisa mengirimkan air bersih.

Di luar bantuan air bersih dari Baznas itu, BPBD sudah tak lagi memiliki anggaran untuk pengiriman air bersih. Satu-satunya harapan, musim hujan konstan segera turun di Kebumen agar sumur warga terisi air.

"Harapan kita ya hujan deras segera turun," dia menambahkan.

66 Desa di Banyumas Masih Mengalami Krisis Air Bersih di Awal Penghujan

Ilustrasi - Pengiriman air bersih di Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Musim hujan juga sudah tiba di Banyumas. Tetapi, sama dengan yang terjadi di Kebumen, hujan itu tak membuat jumlah desa yang mengalami krisis air bersih berkurang.

Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, Kusworo mengatakan hujan sebagian besar terjadi di wilayah lereng Gunung Slamet atau wilayah bagian atas.

Sementara, krisis air bersih kebanyakan melanda wilayah selatan dan barat Banyumas. Akibatnya, jumlah desa yang mengalami krisis pun tak berkurang signifikan.

"Informasi terakhir 66 desa," kata Kusworo.

Dia menerangkan, hujan di wilayah selatan dan barat Banyumas masih bersifat sporadis dan belum terserap tanah. Akibatnya, sumur warga pun masih kering.

Bahkan kini intensitas pengiriman air bersih sudah semakin meningkat. Sebab, BPBD harus mengirimkan air bersih ke banyak desa dengan jumlah armada terbatas. Selain itu, jarak pengiriman air bersih pun semakin jauh.

"Yang berangkat kemarin saja baru pulang tadi jam 10.00 WIB. Mengirim dalam waktu 24 jam lebih, 30 jam malah. Karena lokasi pengiriman air bersih jauh, kemudian permintaan juga semakin banyak dengan jumlah armada yang terbatas," dia menerangkan.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pos Pengamatan Cilacap, Rendy Krisnawan mengatakan musim hujan di selatan Garis Katulistiwa, terutama di Pulau Jawa memang mundur antara satu hingga tiga dasarian akibat fenomena El Nino lemah. El Nino ini menyebabkan kemarau lebih panjang dari biasanya.

Contohnya, di Banyumas musim hujan mundur dua dasarian dari yang biasanya awal Oktober menjadi akhir Oktober. Sebagaimana lazimnya awal penghujan, biasanya hujan masih berintensitas ringan dan belum merata.

"November mudah-mudahan mulai merata," ucapnya, dalam kesempatan terpisah.

Fenomena El Nino juga menyebabkan curah hujan di beberapa wilayah di Jawa Tengah rendah dari biasanya. Namun, sebagian besar wilayah lain tak terdampak. Bahkan diperkirakan ada pula daerah yang mengalami hujan di atas normal pada 2018, utamanya di daerah pegunungan, seperti kawasan Gunung Slamet.

"Pengaruh El Nino diperkirakan akan berakhir pada Januari," Rendy menerangkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pindah Profesi Lebih Mudah dengan 6 Cara Ini

Posted: 03 Nov 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rasa tidak puas terhadap karier bisa memliki dampak negatif terhadap kesehatan mental. Ini tidak hanya akan berdampak bagi Anda tetapi juga orang-orang di sekitar Anda. 

Jika Anda merasa stres, percaya diri rendah, kekhawatiran yang tinggi, berat badan naik atau turun, sulit tidur atau berkonsentrasi, badan sering pegal, atau bahkan depresi, ini menjadi tanda bagi Anda untuk beralih profesi

Perasaan ini bisa timbul akibat beberapa hal, misalnya lingkungan kerja yang tidak nyaman, bos atau rekan kerja yang menyulitkan, atau merasa buta arah atas perjalanan karier Anda.

Mengubah karier bukan berarti Anda harus beralih ke industri pekerjaan lainnya. Ini bisa berarti Anda pindah ke perusahaan lain dengan industri yang sama. Namun, keputusan ini juga harus diambil secara hati-hati.

Analisis masalah apa yang dihadapi di tempat kerja dan bagaimana Anda mencoba menyelesaikan masalah tersebut. Pikirkan kemungkinan Anda untuk berhadapan dengan masalah yang sama di tempat kerja baru. Setelah itu, barulah ambil keputusan. Mengutip Lifehack, ini 6 cara mengubah karier dengan tepat:

1. Buat rencana karier

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Sebuah rencana karier memiliki tenggat waktu dan langkah-langkah spesifik yang harus diambil. Ini bisa berarti belajar keahlian baru, bahasa baru, memperluas jaringan, atau menyelesaikan isu-isu yang biasanya dihadapi di tempat kerja.

Simpan rencana tersebut di dompet Anda sebagai motivasi untuk terus meningkatkan jenjang karier dan menghindari kehidupan profesional yang stagnan.

2. Pertimbangkan pilihan-pilihan yang ada

Pilihan-pilihan ini bisa berarti Anda membuat daftar pekerjaan yang berhubungan dengan gelar atau pekerjaan-pekerjaan Anda sebelumnya. Anda tidak harus terkunci pada satu jenis pekerjaan. Pada akhirnya pilihlah pekerjaan dan jabatan yang membuat Anda merasa senang dan puas.

3. Buat daftar pro dan kontra

Ilustrasi bunga di meja kerja. (iStockphoto)

Buat bagan analisis SWOT (strengths, weakness, opportunities, and threats) dan tulis kelebihan, kelemahan, peluang, dan halangan yang Anda miliki.

Misalnya faktor kondisi finansial, kompetisi dengan pelamar lain, lokasi tempat kerja, pencapaian, dan pendidikan. Ini akan menjadi cetakan biru (blueprint) Anda untuk membuat target yang realistis.

4. Cari mentor atau pelatih karier

Seorang mentor yang bekerja pada posisi yang Anda ingin bisa berbagi pro dan kontra memiliki pekerjaan tersebut. Tanyakan pertanyaan-pertanyaan yang bisa membantu Anda seperti apa yang dibutuhkan agar sukses pada posisi itu dan kualifikasi apa yang dibutuhkan.

Tanyakan juga masalah dan tantangan yang biasanya akan dihadapi dalam posisi itu, dan bagaimana pekerjaan tersebut bisa membantu jenjang karier Anda.

5. Jadi sukarelawan

Ilustrasi suatu tim. (Sumber Pixabay)

Pilih posisi sukarelawan yang serupa dengan posisi pekerjaan yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda bisa mendapat gambaran peranan dalam pekerjaan tersebut dan kemampuan Anda menangani posisi itu. 

Selain itu, menjadi sukarelawan juga bisa memberikan Anda keahlian-keahlian yang berguna bagi karier, seperti kepemimpinan dan kerja sama tim.

6. Siapkan alat yang dibutuhkan

Tanyakan alat-alat apa saja yang dibutuhkan untuk mengubah karier. Tanyakan ini kepada mentor atau teman Anda. Untuk mengoptimalkan CV dan resume, Anda juga bisa mencari asisten karier profesional. 

Pertimbangkan beberapa alat yang bisa Anda gunakan misalnya mesin pencari. Lakukan riset terhadap diri Anda secara online untuk memastikan tidak ada konten-konten yang tidak profesional yang bisa dilacak oleh tempat Anda akan melamar. 

Siapkan profil LinkedIn dan portofolio yang jelas. Pastikan portofolio Anda bisa diakses secara online. Bawa juga portofolio itu saat melakukan wawancara atau pertemuan. Terakhir, siapkan cover letter yang akan membuat Anda menonjol di mata perekrut.

Berpindah karier membutuhkan waktu.Temukan lapangan pekerjaan yang paling sesuai dengan keahlian Anda. Dengan memahami langkah-langkah ini, Anda bisa membuat keputusan karier yang terbaik bagi diri Anda. (Felicia Margaretha)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Kesalahan Tersering Saat Menyiapkan MPASI

Posted: 03 Nov 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Semua ibu dan ayah pasti ingin memberikan terbaik bagi si Kecil, apalagi menyiapkan Menu Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Pasti jauh-jauh hari sebelum dia memulai MPASI, ibu dan ayah sibuk mencari menu terbaik untuknya.

Yang perlu orangtua ingat, masa peralihan yang berlangsung pada 6-12 bulan ini terbilang rawan untuk pertumbuhan anak. Oleh karena itu, peran orangtua dalam pemilihan dan penyiapan MPASI sangatlah penting. Berikut adalah lima kesalahan yang sering terjadi dalam menyiapkan MPASI:

1. Kurang higienis

Masalah yang satu ini sering kali dianggap remeh. Padahal menurut Global Strategy for Infant and Young Child Feeding, salah satu syarat MPASI adalah aman – baik itu aman dalam hal penyimpanan, penyiapan, dan sewaktu diberikan.

Daya tahan tubuh bayi masih sangat rentan, oleh karena itu makanan dan peralatan makan yang kurang bersih dapat membuat mereka mudah kemasukan kuman penyakit, yang dapat menyebabkan gangguan saluran cerna seperti diare.

Oleh karena itu, terapkanlah kiat-kiat dalam menyiapkan makanan MPASI di bawah ini:

- Mencuci tangan sebelum mempersiapkan makanan bayi.

- Gunakan peralatan yang disediakan khusus untuk bayi.

- Tidak perlu yang mahal, cukup pisahkan peralatan memasak untuk bayi dengan peralatan masak untuk keluarga.

- Pastikan untuk membilas bersih peralatan masak dan makan setelah digunakan.

 

 

2. Tekstur dan konsistensi makanan tidak sesuai

Anak MPASI (Ilustrasi/iStockphoto)

Orangtua kerap tidak memperhatikan tahapan tekstur dan konsistensi makanan, padahal hal ini sangat penting dikarenakan kemampuan oromotor (kemampuan dasar bayi yang berhubungan dengan gerakan mulut) bayi berkembang berbeda di setiap pertambahan usianya.

Menurut American Academy of Pediatric, tidak ada urutan khusus dalam pengenalan jenis bahan makanan yang diberikan pada bayi. Kuncinya adalah makanan tersebut aman, bergizi, memiliki tekstur yang sesuai dengan kemampuan bayi. Tekstur dan konsistensi bisa dimulai dengan tekstur yang lembut, halus, dan masih agak encer. Selanjutnya, secara bertahap tekstur dan konsistensinya ditingkatkan menjadi makin kental sampai padat dan kasar.

Memasuki usia 6-9 bulan, bayi mulai mampu memakan makanan lumat dan cincang halus. Sementara itu, pada usia 9-12 bulan, bayi sudah bisa mengonsumsi makanan lunak dan cincang kasar.

3. Ketidakseimbangan nutrisi dalam menu makanan

Setelah usia 6 bulan, kebutuhan nutrisi tidak dapat terpenuhi oleh ASI saja. Selain itu, keterampilan makan terus berkembang dan bayi mulai memperlihatkan minat terhadap makanan lain selain yang berbentuk susu (ASI atau formula). Keseimbangan nutrisi inilah yang sangat diperlukan dalam memilih menu makanan bayi.

MPASI harus memenuhi kebutuhan nutrisi bayi melebihi dari ASI, seperti karbohidrat atau energi, lemak, protein, buah, dan sayuran.

Mengingat nutrien yang paling tidak terpenuhi kebutuhannya setelah usia 6 bulan adalah zat besi, maka Anda dapat memberikan makanan yang kaya akan zat besi sebagai pilihan utama. Zat besi bisa didapat dari hati sapi dan hati ayam, daging sapi atau daging merah, tuna, telur, sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan (kacang ijo, kacang kedelai, dll), biji-bijian (almon), dan buah (apel, aprikot, prune).

Dalam pemberian makanan ini diperhatikan juga keamanan, gizi, dan tekstur yang sesuai dengan kemampuan bayi. Jangan lupa, variasikan MPASI agar buah hati Anda mengenal berbagai rasa dan tekstur makanan.

4. Salah dalam memperkenalkan jenis makanan

Bayi sebaiknya diberi MPASI bernutrisi tinggi | ilustrasi/copyright unplash.com/Kazuend

Kebanyakan orangtua pasti tidak sabar untuk memperkenalkan semua jenis makanan, hingga luput bahwa bayi Anda masih dalam proses belajar mengenal makanan.

Kenalkan satu per satu jenis makanan sebelum diberikan campuran makanan, dengan jarak 2-3 hari (jika memiliki riwayat alergi, jaraknya sekitar 4-7 hari). Pada saat pengenalan makanan, mulailah dengan jumlah sedikit (1-2 sendok teh), kemudian ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan usia. Selain itu, sebaiknya makanan baru diberikan pada pagi hari agar jika terjadi reaksi alergi, Anda mempunyai cukup waktu untuk menanganinya.

5. Salah dalam memilih bahan makanan dan pengelolaannya

Pemilihan bahan makanan dan pengelolaan selalu luput dalam penyiapan makanan MPASI. Berikut ini kiat-kiat dalam menyiapkan bahan makanan MPASI:

- Dalam memilih bahan makanan, pastikan makanan tersebut aman untuk dikonsumsi dan tidak menyebabkan bayi tersedak.

- Bahan makanan dapat dikukus, rebus, atau dimatangkan dengan microwave tergantung dari jenis makanannya.

- Untuk membuat pure buah yang halus, Anda dapat menggunakan food processor, atau alat sederhana seperti penyaring teh setelah diblender dengan sedikit air.

- Usahakan untuk mengolah bahan makanan untuk sekali makan, terutama pure buah.

- Bubur halus dapat disimpan di freezer paling lama hingga 30 hari. Wadah penyimpanan dapat menggunakan wadah es batu dan dimasukkan ke dalam kantong plastik pembungkus. Untuk menyajikannya, dapat dipanaskan melalui kukusan, microwave atau cukup dipanaskan di atas kompor.

- Hindari menyimpan makanan sisa di freezer. Sebaiknya sisa makanan dibuang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Penulis: dr. Irma Rismayanty/Klikdokter.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Lupa Ya Datang ke CFD Danau Toba, Tempat Berkumpulnya Aneka Komunitas

Posted: 03 Nov 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan Car Free Day (CFD) Jakarta tinggal beberapa hari lagi. Kalian yang berkunjung ke sana, jangan lupa mampir ke ajang Pesona Danau Toba. Dijamin seru. Karena, sejumlah komunitas akan berkumpul. Catat lokasinya, Park and Ride JL. MH Thamrin No.10 Jakarta Pusat. Tepatnya, samping Sari Pan Pacific Hotel.

Car Free Day Pesona Danau Toba akan digelar Minggu (4/11/2018). Tepatnya, mulai jam 07.00 hingga 11.00 WIB. Yang membuat event ini dijamin seru, adalah komunitas. Event ini akan menjadi tempat berkumpulnya para komunitas.

Komunitas yang masuk dalam daftar undangan adalah Komunitas Zumba, Indosweat Camp, Indorunner, Runhood, Backpacker Indonesia, dan Komunitas Food Truck Jakarta.

Ada juga Komunitas Jalan Pendaki, Hits Pemuda Batak, Bintaro Loop, Kompasiana, Kelas Pagi Jakarta, Historia, Komunitas Seni Budaya Batak, Kulinervidgram, dan Backpacker Medan.

Menurut Ketua Tim Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata Hiramsyah Thaib, keterlibatan lintas komunitas dalam kegiatan ini sangat positif.

"Agenda Car Free Day Pesona Danau Toba ini kan digelar untuk semakin memperkenalkan Danau Toba. Ini loh destinasi prioritas Indonesia. Dan komunitas bisa mengangkat dan memperkenalkannya," tutur Hiram, Jumat (2/11).

Justru, Hiram berharap para komunitas bisa mengeksplorasi Danau Toba. Mengangkat Danau Toba sesuai minat mereka.

"Makanya komunitas yang kita libatkan sangat beragam. Ada pecinta alam, budaya, komunitas online dan lain-lain. Kita berharap mereka bisa memperlihatkan kepedulian dengan mengangkat destinasi ini dengan cara mereka," katanya.

Kepala Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo mengungkapkan hal yang sama.

"Danau Toba memiliki banyak keindahan. Lewat Car Free Day, kita akan memanfaatkan itu. Kita kenalkan ke komunitas seperti apa Danau Toba," tuturnya.

Destinasi Danau Toba paket lengkap berwisata. Nature, culture, dan kulinernya adalah yang terbaik. Bila ingin menikmati keindahan Danau Toba dengan sudut terbaik, wisatawan bisa berkunjung ke Menara Pandang Tele. Kombinasi Gunung Pusuk Buhit dan biruanya air danau jadi background foto terbaik.

Wisatawan bisa menikmati Museum Huta Bolon Simanindo. Memiliki nuansa tradisional kuat dengan benteng dan tanaman bambu, kawasan ini dahulu didiami oleh raja. Hingga kini, Pesta Adat Mangalahat Horbo masih dilestarikan. Wisatawan juga bisa menikmati Tarian Batak Tradisional setiap harinya.

Destinasi lainnya adalah Batu Kursi Siallagan. Destinasi ini menjadi gambaran bagaimana hukum adat ditegakan. Di sini, wisatawan juga diberikan simulasi proses eksekusi hukuman mati orang yang dinilai bersalah.

Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap Danau Toba terus dipromosikan.

"Sebagai destinasi prioritas, promosi harus terus dilakukan. Karena, kita berharap Danau Toba bisa menghadirkan lebih banyak wisatawan mancanegara dengan Bandara yang sudah standard internasional," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mario Segale, Sosok Inspirasi Karakter Ikonik Nintendo Meninggal Dunia

Posted: 03 Nov 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang pernah main gim Super Mario pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Mario.

Meski banyak gamer yang tidak mengetahui, ternyatanya nama 'Mario' terinspirasi dari sosok pria di dunia nyata, yakni Mario Segale.

Jadi sosok inspirasi untuk salah satu maskot gim paling terkenal di dunia, dengan berat hati harus mengabarkan, Mario Segale, telah meninggal dunia pada 27 Oktober 2018.

Berdasarkan laporan Kotaku, Minggu (4/11/2018), Segale yang berumur 84 tahun itu menghembuskan napas terakhir dikelilingi oleh keluarganya di Tukwila, Washington, Amerika Serikat.

Informasi, peranan Segale dalam pengembangan karakter 'Mario' di gim Nintendo ataupun dalam industri gim hingga saat ini sangat penting.

 

Cikal Bakal Nama Mario di Super Mario

Super Mario Odyssey, gim terbaru Nintendo untuk Switch. (Sumber: Nintendo)

Lebih lanjut, Nintendo sebetulnya sudah memperkenalkan karakter 'Mario' di dalam gim Donkey Kong yang dibuat oleh Shigeru Miyamoto.

Namun kala itu, karakter tersebut hanya diberi nama Jumpman.

Kurang menarik dan tidak 'menjual', para petinggi Nintendo pun memutuskan untuk mencari nama yang cocok untuk karakter di dalam gim yang bakal mereka luncurkan. 

Seakan sudah takdirnya, Segale yang merupakan pengembang real estate dan menyewakan gedung miliknya ke Nintendo datang untuk menagih uang sewa.

Saat bertemu dengan Minoru Arakawa, selaku founder sekaligus mantan presiden Nintendo dan beberapa petinggi perusahaan, mereka pun terkesan dengan sosok Segale.

Berawal dari pertemuan tersebut, Nintendo akhirnya memutuskan mengubah nama Jumpman menjadi Mario di gim berikutnya, yakni Super Mario.

 

Seri Gim Terlaris Sepanjang Masa

Super Mario Run. Sumber: Nintendo

Kini, gim Mario menjadi salah satu seri terlaris sepanjang masa, dan menginspirasi puluhan gim dalam rentang waktu lebih dari tiga dekade industri gim.

Meskipun Segale awalnya sempat menolak hubungannya dengan karakter Nintendo karena takut menodai bisnisnya secara keseluruhan, dia masih merupakan seni dari karakter Nintendo yang kita kenal dan cintai.

Selamat jalan Mario Segale.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bau Gas Menyengat, Penumpang KRL Berhamburan Keluar

Posted: 03 Nov 2018 08:00 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Beri Pengecualian Sanksi bagi Negara Pengimpor Minyak Iran

Posted: 03 Nov 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, New York - Amerika Serikat mengatakan, pihaknya berencana mengeluarkan pengecualian sementara pada beberapa negara, yang memungkinkan mereka untuk terus membeli minyak Iran tanpa terkena sanksi AS.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Minggu (4/11/2018), Sanksi terhadap Iran diperkirakan akan diberlakukan kembali setelah hasil dari penarikan mundur Presiden AS Donald Trump awal tahun ini dari perjanjian nuklir antara Iran dan enam kekuatan dunia.

Setiap negara yang mengimpor minyak Iran yang tidak menerima pengecualian akan dikenai denda keuangan Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengumumkan keputusan pengeculian itu dalam konferensi melalui telepon hari Jumat (2/11), tetapi tidak menjelaskan negara mana yang akan dikecualikan atau berapa lama pengecualian itu. Ia hanya mengatakan Uni Eropa tidak akan mendapat pengecualian.

"Kita berharap untuk mengeluarkan beberapa jatah sementara untuk delapan yurisdiksi, tetapi hanya karena mereka telah menunjukkan penurunan signifikan pada minyak mentah mereka dan kerjasama mereka di banyak bidang lain serta telah membuat langkah penting menuju nol impor (tidak mengimpor) minyak mentah," kata Pompeo.

Sebelumnya, Bloomberg melaporkan Korea Selatan, India, dan Jepang termasuk di antara negara-negara yang dikecualikan.

Ketiga negara tersebut termasuk di antara konsumen minyak terbesar Iran, dan berpendapat bahwa jika mereka menghentikan pembelian mereka dengan segera,hal itu akan menyebabkan lonjakan harga minyak dunia.

Kementerian Energi Turki Jumat mengumumkan Turki adalah salah satu negara yang akan mendapat pengecualian, tetapi mengatakan pemerintah belum mengetahui semua rinciannya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Desakan PBB

Gina Haspel (kiri) bersama dengan Presiden AS Donald Trump (tengah) dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo (kanan) dalam pelantikan direktur CIA (AP?Evan Vucci)

Pada bulan lalu, Pengadilan tertinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah memerintahkan Amerika Serikat (AS) untuk mencabut sanksi terhadap Iran, yang mempengaruhi impor barang-barang dan layanan kemanusiaan, serta keselamatan penerbangan sipil.

Presiden Donald Trump menjatuhkan sanksi keras terhadap Iran pada bulan Mei, setelah menarik diri dari kesepakatan nuklir Teheran.

Iran menantang sanksi dalam kasus yang diajukan pada bulan Juli di Pengadilan Internasional (ICJ), demikian sebagaimana dikutip dari South China Morning Post.

Dalam putusan awal dalam kasus ini, pengadilan mengatakan pada hari Rabu bahwa Washington harus "menghapus setiap hambatan yang timbul" dari pengenaan kembali sanksi terhadap ekspor obat dan peralatan medis ke Iran, makanan dan komoditas pertanian, serta suku cadang dan peralatan yang diperlukan untuk menjamin keselamatan penerbangan sipil.

"Sanksi pada suku cadang pesawat memiliki potensi untuk membahayakan keselamatan penerbangan sipil di Iran dan kehidupan penggunanya", kata hakim terkait.

Keputusan itu adalah kemenangan bagi Teheran, yang telah memperdebatkan sanksi yang diberlakukan sejak Mei, di mana disebut melanggar ketentuan Perjanjian Amal 1955 mereka.

Trump melakukan putaran pertama sanksi terhadap Iran pada bulan Agustus, setelah menarik keluar dari kesepakatan bersejarah yang ditujukan untuk membatasi ambisi nuklir Teheran, dan membuat cemas sekutu Eropanya.

Putaran kedua tindakan hukuman akan dilakukan pada bulan November.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan sanksi adalah bentuk "perang psikologis" yang ditujukan untuk perubahan rezim.

"Peperangan ekonomi yang dilakukan Amerika Serikat dan beberapa klien regionalnya terhadap Iran adalah perang psikologis lebih dari perang ekonomi riil," kata Zarif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melati dan Isabel Wijsen Konsisten Perangi Sampah Plastik di Bali

Posted: 03 Nov 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persoalan sampah menjadi perhatian di banyak negara, tak terkecuali di Indonesia, salah satunya di Bali. Berkat program mereka Bye Bye Plastic Bags, Melati Wijsen dan Isabel Wijsen meraih Penghargaan Bambi di Berlin, Jerman, pada 16 November 2017 lalu.

Mereka tak berhenti pada penghargaan tersebut. Hingga saat ini Melati Wijsen dan Isabel Wijsen tetap konsisten untuk memerangi sampah kantong plastik di Bali hingga 1 Januari 2019.

"Anda dapat melihat senyum lebar saya selama sebulan penuh tetapi tidak akan seperti itu jika tak ada tim impian di sekitar saya," tulis Melati Wijsen dalam akun Instagram pribadinya, Jumat, 2 November 2018.

Dilansir dari dw.com, kedua anak yang berasal dari Bali itu memerangi sampah plastik yang merupakan limbah yang sangat besar di Pulau Dewata sejak April 2013.

Melati dan Isabel terinspirasi setelah menerima pelajaran tentang tokoh dunia seperti Nelson Mandela, Lady Diana dan Mahatma Gandhi di sekolah. Mereka lalu berinisiatif untuk melakukan hal yang berguna untuk dunia di umur mudanya.

Melalui Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bye Bye Plastic Bags mereka mewujudkan misinya hingga diundang ke London untuk berbicara di TED Talks juga ke New York untuk menjadi pembicara di PBB saat peringatan World Oceans Day 2017.

Sementara itu, seperti ditulis Liputan6.com, 17 November 2001, Penghargaan Bambi (Bambi Awards) diselenggarakan Grup Media Jerman Burda yang mengangkat nama-nama berprestasi dari mulai yang bergerak di bidang hiburan, sastra, olah raga, hingga politik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eko Yuli Raih Emas dan Pecahkan Rekor Dunia Angkat Besi

Posted: 03 Nov 2018 07:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan, kembali menorehkan prestasi terbaik. Eko Yuli berhasil meraih medali emas kelas 61 kg pada kejuaraan dunia angkat besi di Asghabat, Turkmenistan, Sabtu waktu setempat ((3/11/2018).

Tidak hanya itu, Eko Yuli juga sukses memecahkan rekor di kelas yang baru dipertandingkan tersebut. Total angkatannya 317 kg dari 313 kg sebelumnya dengan rincian angkatan clean and jerk 174 kg dan snatch 143 kg.

Manajer Tim Sony Kasiran, mengatakan, Minggu (4/11/2018) menyebut keberhasilan Eko Yuli tidak terlepas dari strategi yang diterapkan tim pelatih saat mengajukan permintaan angkatan.

"Awalnya kita ajukan angkatan 177 untuk clean and jerk untuk mengelabui Tiongkok. Tapi, ketika Tiongkok dan Kolombia gagal di angkatan 172 akhirnya tim pelatih putuskan menjadi 174 kg," kata Sony Kasiran.

Pada kelas 61 kg ini, medali perak dan perunggu semuanya diborong lifter Tiongkok, Fabin Li dengan total angkatan 310 kg, dan Fulin Qin dengan total angkatan 308 kg.

Peringkat ke-7

Eko Yuli Irawan, atlet angkat besi yang meraih emas di nomor angkatan 62 kg Asian Games 2018.

Sementara itu, lifter putri Sri Wahyuni yang turun di kelas 49 kg putri gagal meraih hasil maksimal. Peraih perak Asian Games dan Olimpiade Rio de Janeiro ini menempati peringkat ketujuh.

Pada kejuaraan dunia angkat besi yang akan berlangsung hingga Sabtu (10/11), lifter Indonesia yang bakal tampil selanjutnya adalah Deni dan Triyatno yang turun di kelas 67 kg dan lifter putri Acchedya Jagaddhita di kelas 55 Kg.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester City Siap Penuhi Klausul Pelepasan Lionel Messi

Posted: 03 Nov 2018 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester City kembali mengajukan minatnya untuk memboyong bintang Barcelona, Lionel Messi. Bahkan, mereka telah setuju untuk memenuhi klausul pelepasan Messi senilai 250 juta euro.

Bahkan, seperti dirilis El Mundo, Manchester City juga disebut juga siap membayar gaji bersih Lionel Messi 250 juta euro selama lima tahun. Saat ini, pemain berusia 31 tahun itu memiliki gaji tahunan sebesar 35 juta euro.

Dengan jumlah gaji sebanyak itu, Messi sudah membuat rekor tersendiri. Ia menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di dunia sepakbola.

Lionel Messi sendiri pada November lalu sudah menulis kontrak jangka panjang baru di Camp Nou. Klausul pelepasan bintang asal Argentina itu klausul pelepasannya mencapai 700 juta euro atau nyaris Rp 12 triliun.

Pembicaraan

Striker Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol ke gawang PSV Eindhoven pada laga Liga Champions, di Stadion Camp Nou, Selasa (18/9/2018). (AFP/Josep Lago)

Dan, kini Manchester City sudah meminta bantuan mantan wakil presiden Barcelona Ferran Soriano. Ia disebut-sebut telah mengadakan pembicaraan dengan ayah dan agen Messi untuk melengkapi kesepakatan.

Media di Spanyol itu juga mengklaim waktu pembicaraan, yang bertepatan dengan ketidakpastian politik di Catalonia. Nasib klub ini belum jelas setelah terjadi referendum untuk memerdekakan diri dari Spanyol.

Cedera

Megabintang Barcelona, Lionel Messi memasuki lapangan untuk menyaksikan rekan-rekannya menghadapi Inter Milan dalam laga ketiga Grup B Liga Champions di Camp Nou, Rabu (24/10). Bermain tanpa Messi, Barcelona mampu menang 2-0 atas Inter (AP/Manu Fernandez)

Messi saat ini tengah mengalami cedera saat Barcelona menang 4-2 atas Sevilla, 20 Oktober 2018. Pemain berusia 31 tahun itu mengalami retak tangan kaki.

Messi sudah absen dalam dua laga Barcelona, yakni saat mengalahkan Inter Milan dan Real Madrid.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pretty Asmara Meninggal Dunia

Posted: 03 Nov 2018 07:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pretty Asmara masih menjalani hukuman terkait kasus narkoba yang menjeratnya. Belakangan, Pretty Asmara justru dikabarkan meninggal dunia.

Kabar meninggalnya Pretty Asmara pertama kali diumumkan oleh akun gosip di Instagram, Minggu (4/11/2018).

Saat dikonfirmasi kepada kuasa hukum Pretty Asmara, Sahrul Romadana, ia membenarkan hal tersebut.

"‎Saya baru selesai berkabar dengan sahabat Kak Pretty. Dan Kak Pretty telah meninggalkan kami, para sahabat dan teman dekatnya," ujar Sahrul saat dihubungi di Jakarta, Minggu (4/11/2018) pagi.

 

Bermasalah dengan Lambung

Pretty Asmara

Sahrul Romadana juga membenarkan kalau Pretty Asmara meninggal dunia pada Minggu, 4 November 2018 pukul 06.00 WIB tadi pagi.

Sebelumnya, Pretty Asmara sempat dilarikan ke rumah sakit pada awal September lantaran bermasalah dengan lambung dan hatinya. "Benar jam 06.00 WIB pagi ini (meninggal)," kata Sahrul.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Firasat Kekasih Pramugari 5 Menit Sebelum Pacarnya Jadi Korban Lion Air

Posted: 03 Nov 2018 07:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sedari malam, suasana duka menyelimuti kediaman Endang Sri Bagusnita (20) di Perum Kedaung, Rt 01/06, Kuta Jaya, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Endang menjadi salah satu korban Lion Air yang jatuh di Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat.

Semenjak jasad Endang teridentifikasi, rumah duka tersebut semakin ramai dikunjungi. Almarhumah Endang merupakan pramugari yang bertugas di pesawat Lion Air tersebut. Jasadnya dikenali dari sidik jari oleh tim DVI Mabes Polri.

Isak tangis pun tak henti-hentinya terdengar dari Binsar yang merupakan kekasih Endang. Dia menceritakan sempat memiliki firasat buruk, hanya lima menit sebelum kekasihnya itu melakukan tugas di dalam kabin pesawat perjalanan Jakarta-Pangkalpinang.

"Pas lima menit sebelum dia mau terbang sempat bilang kalau peliharaan ikan yang saya kadoin buat dia dua tahun lalu, tiba-tiba saja loncat dari akuarium dan mati," katanya.

Mendengar hal tersebut, Binsar yang semula tenang mulai gelisah. Tak lama kemudian, ada kabar kecelakaan pada penerbangan Lion Air rute Jakarta-Pangkalpinang dengan nomor penerbangan JT610.

"Pas dengar ada pesawat jatuh saya langsung mikir ke Endang, ternyata betul dia jadi korban," ujarnya.

 

Minta Dilamar

Petugas memindahkan kantong jenazah dari ambulans ke RS Polri, Kramat Jati, Jakarta, Selasa (30/10). Dua kantong jenazah kembali tiba di RS Polri pascakecelakaan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Tak hanya itu, 40 hari sebelum kejadian nahas tersebut, Binsar menyebutkan, Endang mendadak meminta dia untuk melamarnya. Namun, hal tersebut ditahan Binsar karena usia yang masih muda dan Binsar yang masih menempuh pendidikan di Yogyakarta.

"40 hari lalu mendadak minta dilamar, saya kaget enggak biasanya, soalnya saya tahu banget Endang masih mau fokus sama karirnya jadi pramugari yang memang dia cita-citakan," ungkap Binsar.

Meski begitu, nasi sudah jadi bubur. Kekasih belum dilamarnya, namun ajal sudah menjemput lebih dulu. Binsar pun memilih mengikhlaskannya, seraya berdoa agar almarhumah kekasihnya itu diterima di sisi Allah SWT.

" InshaAllah ikhlas, meski mendadak, saya coba untuk mengikhlaskannya," ujarnya lirih.

Endang sendiri merupakan anak pertama dari empat bersaudara. Dia anak dari pasangan Satijo dan Yuliyanti. Endang juga merupakan pramugari Lion Air yang sudah menjalankan penerbangan domestik selama satu tahun.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Borong Tempe hingga Daging di Pasar Anyar Tangerang

Posted: 03 Nov 2018 07:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memborong tempe, tahu, ikan, hingga daging saat blusukan di Pasar Anyar, Tangerang.

"Tadi beli tempe, tahu, ikan, daging Rp 120 ribu, melinjo, cabai tadi Rp 30 ribu," ungkap Jokowi di Pasar Anyar, Tangerang, Minggu (4/11/2018).

Selama blusukan di Pasar Anyar, Jokowi menyapa para pedagang. Ia mampir di beberapa pedagang. Mulai dari pedagang tempe, tahu, cabai, daging, dan beras.

Beberapa kali, mantan Gubernur DKI Jakarta itu terlihat berbincang dengan pedagang pasar. Ia menanyakan harga bahan pokok.

"Kita kan ada angka inflasi rendah di bawah 3,5. Saya ingin cek di lapangan. Sama enggak harganya. Setelah cek semua stabil," ucap Jokowi.

Selain memborong bahan-bahan pokok, Jokowi juga tampak melayani warga yang ingin berfoto dengannya. Dalam kunjungan ke Pasar Anyar ini, Jokowi tampak didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: