Selasa, 20 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Alasan Kemenkumham Kembali Tunda Pengumuman Hasil SKD CPNS 2018

Posted: 20 Nov 2018 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) kembali menunda pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 (CPNS 2018) dan Peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Kira-kira apa alasannya?

Semula pengumuman hasil SKD (CAT) sekaligus daftar nama peserta yang berhak mengikuti SKB akan diumumkan pada Kamis, 8 November 2018.

Hal ini tercantum dalam Pengumuman Nomor: SEK.KP.02.01 - 814 Tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Tahun Anggaran 2018.

Lalu, pengumuman kelulusan akhirnya diundur menjadi 19 November 2018. Hal ini tertuang dalam Surat Pengumuman Nomor SEK.KP.02.01-911 Tentang Perubahan Jadwal Pengumuman Hasil SKD, Peserta SKB, dan Pelaksanaan SKB pada Seleksi CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun Anggaran 2018.

Pada H-2 Pengumuman, Sabtu (17/11/2018), Kemenkumham melalui akun Twitternya, @cpnskumham, mengatakan bahwa sampai Jumat (16/11/2018) hasil SKD CPNS Kemenkumham belum diterima dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Admin juga inginnya tidak diundur lagi agar rangkaian proses seleksi cpns ini cepat selesai 🙂 tetapi sepengetahuan admin hasil SKD sampai hari Jumat belum diterima kemenkumham dari BKN, ini terkait juga dgn proses pembahasan hasil SKD nasional oleh Panselnas," kicau Kemenkumham.

Sementara itu, pada hari H-1 Pengumuman, Kemenkumham Kalimantan Timur melalui akun Twitternya, @kumhamkaltim menyatakan di beberapa wilayah (susulan) masih ada pelaksanaan SKD.

"Informasi tentang pengumuman SKD dapat dipantau terus melalui laman resmi : http://cpns.kemenkumham.go.id

Para pejuang yang menunggu dan harap cemas agar tetap bersabar dan tenang, dikarenakan beberapa wilayah (susulan) masih ada pelaksanakan SKD oleh @BKNgoid," kicaunya.

 

 

 

Hari H Pengumuman, Laman Kemenkumham Tidak Dapat Diakses

Calon pendaftar mencoba mengakses situs Sistem Seleksi CPNS 2018 (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Pada hari H pengumuman, Senin (19/11/2018), laman resmi CPNS Kemenkumham, cpns.kemenkumham.go.id justru tidak dapat diakses.

Menurut Kemenkumham melalui akun Twitter resminya, @cpnskumham, menyatakan bahwa pengumuman kelulusan SKD dan peserta SKB tidak jadi diumumkan pada hari tersebut. Kemenkumham juga menyarankan agar para pelamar untuk latihan SKB terlebih dahulu sembari menunggu pengumuman kelulusan.

"Pengumuman kelulusan SKD dan peserta SKB tidak hari ini. Hari ini adalah pengumuman penundaan.

Latihan SKB saja dulu ya," kicau Kemenkumham.

Kemenkumham melanjutkan, penundaan pengumuman kelulusan SKD dan peserta SKB dikarenakan masih adanya kendala teknis di sisi server. Menurutnya, pengumuman penundaan sudah di tandatangan.

"Masih ada kendala teknis di sisi server. Pengumuman penundaan sudah di ttd kok 👌

Tinggal di tunggu aja muncul di website http://cpns.kemenkumham.go.id," cuitnya.

Dengan adanya perubahan tersebut, Kemenkumham menyatakan bahwa pelaksanaan SKB juga akan turut diundur dan tidak jadi dilaksanakan pada hari ini, Rabu 21 November 2018.

Alasan Lain Kemenkumham Menunda Pengumuman Hasil SKD

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham mengecek no pendaftaran di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kemenkumham merilis surat pengumuman nomor: SEK.KP.02.01-928 Tentang Penundanaan Jadwal Pengumuman Hasil SKD dan Pelaksanaan SKB pada Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Tahun Anggaran 2018 di laman resminya, cpns.kemenkumham.go.id.

Dalam pengumuman yang dikeluarkan pada 19 November 2018 dan ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Selaku Ketua Panitia Seleksi, Bambang Rantam Sariwanto tersebut, dijelaskan alasan ditundanya pengumuman kelulusan SKD dan peserta SKB dikarenakan dari pihak Kemenkumham belum mendapatkan secara resmi hasil SKD dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Oleh karena itu, pengumuman hasil SKD dan jadwal pelaksanaan SKB yang semula dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 19 November 2018 ini harus ditunda sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

Di akhir pengumuman, Kemenkumham menyatakan akan segera mengumumkan hasil SKD dan jadwal pelaksanaan SKB setelah menerima secara resmi hasil SKD tersebut.

"Apabila Kementerian Hukum dan HAM telah menerima secara resmi hasil SKD tersebut maka akan segera diumumkan hasil SKD dan jadwal pelaksanaan SKB pada laman cpns.kemenkumham.go.id," seperti dikutip dari pengumuman tertulis tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Wagub DKI, PKS: Sudah Sepakat, Tinggal Tunggu Tanggal Mainnya

Posted: 20 Nov 2018 10:06 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mustafa Kamal mengatakan, partainya dan Partai Gerindra sudah sepakat soal sosok yang akan menggantikan Sandiaga Salahuddin Uno di posisi Wakil Gubenur DKI Jakarta. Namun, Mustafa enggan mengungkapkan lebih lanjut terkait nama pengganti Sandiaga nantinya.

"Kita sudah bermusyawarah, kita sudah sepakat tinggal tunggu tanggal mainnya saja. InsyaAllah," kata Mustafa di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Menurut dia, proses seleksi Calon Wakil Gubernur DKI juga tidak ada sesuatu yang krusial lagi. Terlebih lagi nama itu sudah ditunggu-tunggu oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Apalagi Pak Gubernur juga sudah menunggu, sudah mulai kelelahan karena undangan harus diladeni sendirian. Jadi saya kira enggak ada lagi lah gitu," ungkapnya.

Mustafa juga menilai pengumuman Wakil Gubernur DKI lebih baik cepat dilakukan. Sebab sudah banyak pihak yang menunggu nama tersebut.

"Ya secepatnya lebih baik. Karena itu juga permintaan dari Kemendagri dan harapan dari rakyat Jakarta tentunya," ucap Mustafa.

Reporter: Sania Mashabi

 

Pekerja Keras

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pengecekan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kelurahan Cilandak Barat, Rabu (17/10). Anies turut mengajak warga untuk melakukan pengecekan nama dalam DPT di wilayah masing-masing. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tidak memiliki kriteria khusus untuk pendampingnya nanti dalam memimpin Ibu Kota. Hanya ia berpesan agar wagub DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno nanti harus mau bekerja keras.

"Kemudian kalau (di) Jakarta harus mau kerja keras, jadi jangan tanggung. Harus all out, tuntas," kata Anies, Minggu 11 November 2018.

Anies pun enggan berkomentar mengenai nama-nama yang mencuat untuk diajukan sebagai wagub DKI Jakarta pengganti Sandiaga. Karena meski telah diumumkan secara resmi, namun calon masih harus menjalani fit and proper test.

"Saya tidak mau berkomentar sampai sudah ada resmi nama. Kan enggak enak kalau komentarin orang, kalau belum ada nama, belum resmi," jelasnya.

Selain masalah nama, Anies mengaku percaya dengan usulan partai pegusung yang mencalonkan anggotanya untuk maju menjadi wakil gubernur mendampinginya. Anies yakin para calon mempunyai kinerja yang bagus, sehingga dapat mengikuti alur yang sudah dijalankannya dalam satu tahun terakhir.

"Tapi saya percaya, partai akan mengusulkan nama yang memang kompeten dan bisa kerja. Teman-teman media setiap kesempatan selalu tanya, artinya perhatian publik itu sangat besar. Jadi saya percaya, partai akan serius," ucapnya.

Anies kembali mengingatkan agar calon pendampingnya nanti tidak membawa visi dan misi sendiri. Karena visi dan misi gubernur dan wagub DKI Jakarta telah disusun untuk lima tahun kepemimpinan. 

"Sudah berkali-kali saya bilang, yang penting wagub mau ikut dengan visi gubernur. Jangan bawa visi sendiri, karena dia bergabung di tengah jalan. Jadi jangan bawa peta sendiri, petanya adalah peta yang dibawa gubernur," pungkas Anies Baswedan.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPRD Palangka Raya Ajak Peserta Pemilu 2019 Tak Gunakan Isu SARA

Posted: 20 Nov 2018 10:05 PM PST

Liputan6.com, Palangka Raya - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto mengajak peserta Pemilu 2019 tak mempolitisasi isu Suku, Agama, Ras dan Antara-golongan (SARA) untuk mendulang suara.

"Kedepankan pengenalan visi-misi. Biarkan masyarakat memilih dengan bebas, rahasia dan tertutup. Kami harap seluruh kandidat tak gunakan politik praktis yang bernuansakan SARA," kata Sigit di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, seperti dilansir Antara, Rabu (21/11/2018).

Sigit menegaskan, dirinya menentang jika ada peserta Pemilu 2019 atau pun tim pemenangan menggunakan isu SARA dalam mencapai kemenangan di kontes pesta demokrasi tersebut.

Dia menilai, strategi berkampanye memang mutlak dilakukan untuk memenangi kontestasi Pemilu. Namun, kata dia, jangan sampai apa yang dilakukan mengancam keamanan, kenyamanan bermasyarakat, serta persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kita selalu mendengungkan pelaksanaan pesta demokrasi anti SARA, hoaks, dan kampanye hitam. Kalau kebangsaan disangkutkan masalah SARA ya habisin saja sudah," ucap Sigit.

Menurut politikus PDI Perjuangan ini, Indonesia akan tetap menjadi bangsa yang kuat jika tetap memiliki wawasan nusantara dan kebangsaan serta memegang terus nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

"Jadi kalau dikit-dikit dikaitkan dengan SARA dan masyarakat turut terprovokasi, artinya kita mengalami dinamika masyarakat yang menurun," kata dia.

Sigit pun berharap agar para penyelenggara Pemilu dan peserta Pemilu 2019, terutama di Kota Palangka Raya mampu menjaga suasana pesta rakyat yang aman, damai, dan berkualitas.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Deklarasi Kampanye Damai

Suasana kemeriahan saat pawai Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Minggu (23/9). Pawai dimulai dari Monas kemudian melintasi Jalan Medan Merdeka Barat dan kembali ke Monas. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sebelumnya, pada periode September 2019, pihak KPU Kalteng beserta pihak terkait termasuk peserta Pemilu 2019 telah menandatangani Deklarasi Kampanye Damai.

Diantara poin deklrasai itu ialah peserta Pemilu, baik DPD, DPRD maupun tim pemenangan pasangan presiden dan wakil presiden untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 dengan tidak menyebar informasi bohong, politisasi isu SARA, dan melaksanakan politik uang.

Selain itu peserta Pemilu juga diminta berkomitmen untuk melaksanakan kampanye damai dan berintegritas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skandal Carlos Ghosn Bongkar Buruknya Tata Kelola Perusahaan Nissan

Posted: 20 Nov 2018 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Skandal pelanggaran keuangan yang dilakukan Chairman Nissan, Carlos Ghosn, bakal berbuntut panjang. Bahkan, banyak ahli mengatakan, dengan adanya kasus ini seperti membuka kedok kurangnya tata kelola perusahaan Jepang, dan tentunya Nissan.

Dilansir AsiaNikkei.com, Ghosn dituduh tidak melaporkan pendapatannya secara benar mulai 2011, setahun setelah Badan jasa Keungan Jepang mengharuskan perusahaan yang terdaftar untuk mengungkapkan gaji eksekutif yang melampaui 100 juta yen. Sedangkan untuk gaji Ghosn, mencapai 4,98 miliar yen.

Sementara itu, pemegang saham pada pertemuan tahunan Nissan terkait gaji Ghosn. Sejatinya, Nissan dapat mencegah beberapa PHK karyawan, jika gaji Ghosn dipangkas. Namun, gaji Ghosn yang diungkapkan tetap tinggi menurut standar Jepang, dan sering mengacu pada standar industri global.

"Kebohongan soal pendapatan, merupakan pengkhianatan terhadap pemegang saham," ujar Toshiaki Yamaguchi, Pengacara dengan keahlian kepatuhan.

Selain masalah pendapatan, Ghosn juga mendapat kecaman karena perusahaan membeli atau menyewa perumahan mahal untuknya. Sebuah kondominium di pantai Rio de Jeneiro, sebuah rumah di Beirut, serta tempat tinggal di Paris dan Amsterdam.

 

Selanjutnya

Pengadaan rumah ini dianggap penyalahgunaan fasilitas perusahaan, dan memang Brasil serta Lebanon merupakan dua negara dimana Ghosn menghabiskan masa kecilnya, tetapi Beirut tidak ada hubungannya dengan operasi aliansi Nissan-Mitsubishi-Renault.

Menurut Zuhair Khan, seorang analis ekuitas di Bank Investasi Jefferies, meskipun menjadi salah satu perusahaan Jepang pertama yang mendatangkan sejumlah anggota dewan asing, Nissan merupakan salah satu perusahaan yang tidak mematuhi tata kelola perusahaan Jepang pada 2015, yaitu setidaknya dua Direktur luar.

"Sampai saat ini, Nissan hanya memiliki satu direktur luar, yaitu mantan eksekutif Renault yang mungkin tidak benar-benar independen," jelasnya saat itu.

Peraturan baru mengharuskan ada Direktur independen untuk melakukan tugasnya, seperti pemantauan manajemen dan pemantauan konflik kepentingan antara perusahaan, manajemen, atau pemegang saham pengendali. Dengan kritik tersebut, Nissan menambahkan dua direktur luar lagi pada 2018, tetapi tidak memiliki latar belakang manajemen dan akuntansi perusahaan.

Kedua Direktur luar tersebut, adalah Kwiko Ihara, pengemudi mobil balap, dan Masakazu Toyota adalah mantan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Birokrat Industri.

Nissan sendiri tidak membuat komite dewan yang dipimpin oleh direktur luar untuk mengawasi nominasi atau kompensasi, seperti yang dilakukan banyak perusahaan lain. Sebaliknya, masalah-masalah tersebut, hanya ditangani oleh Ketua Dewan, Ghosn.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teror Ketapel di Pos Polisi Lamongan, Kelompok Radikal?

Posted: 20 Nov 2018 10:00 PM PST

Lamongan - Teror ketapel menyerang pos polisi di sekitar kawasan Wisata Bahari Lamongan, Selasa (20/11/2018) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB. Akibat teror tersebut, Bripka AA, polisi lalu lintas yang sedang berjaga menjadi korban dengan luka di bagian mata.

Peristiwa penyerangan itu bermula saat korban sedang berjaga di pos. Kemudian terdengar suara perusakan pos dari orang tak dikenal. Korban pun keluar dan melihat dua orang menggunakan motor telah merusak pos dengan melemparinya dengan batu.

Seketika itu, korban berteriak maling. Dua pelaku yang ketakutan lantas melarikan diri ke arah barat menggunakan motor. Korban saat itu juga mengejar pelaku.

Saat korban mengejar kemudian salah satu pelaku mengeluarkan ketapel dan mengarahkan amunisi ketapel dari kelereng ke arah korban. Akibatnya, kelopak mata kanan korban mengalami robek setelah terkena ketapel dari pelaku. Meski kesakitan, Bripka AA tetap mengejar pelaku hingga berhasil menabrak motornya dari belakang.

Dua pelaku yang tersungkur berhasil diamankan oleh aparat dibantu warga sekitar. Sementara korban dilarikan ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Jawa Timur.

"Alhamdulillah kondisi korban sudah dioperasi, untuk kornea mata ada robek sedikit sekarang masih dalam penanganan khusus," ungkap Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan seperti dikutip laman Jawapos.

Mantan Wakaba Intelkam Mabes Polri itu menjelaskan, saat ini dua pelaku sudah diamankan. Mereka adalah ER, seorang pecatan polisi asal Porong, Sidoarjo dan MSA, warga Paciran, Lamongan.

"Salah satu pelaku merupakan pecatan polisi Sidoarjo tahun 2004," sambungnya.

Perwira tinggi dengan dua bintang di pundak itu menerangkan, Wakapolda Jatim Brigjenpol Toni Harmanto sudah mendatangi TKP di Lamongan untuk membackup dan berkoordinasi dengan Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri.

"Pelaku disinyalir ada kaitannya dengan kelompok radikal, sebab saat penggeledahan di rumahnya ditemukan buku-buku berkaitan kelompok radikal, dan kasus sudah diambil alih Densus 88," terangnya

Luki menegaskan, saat ini polisi sudah mendapatkan titik terang jaringan pelaku teror ketapel. Polisi masih melakukan pendalaman untuk mengembangkan motif penyerangan.

Baca juga berita Jawapos.com lainnya di sini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Penyerang La Liga yang Bersaing untuk Sepatu Emas Liga Champions

Posted: 20 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Kompetisi Liga Champions menjadi ajang para penyerang unjuk gigi, tak terkecuali bagi bomber-bomber maut La Liga Spanyol. Seperti diketahui, La Liga selalu memiliki penyerang haus gol setiap musimnya.

Kepindahan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus tidak memengaruhi produktivitas kompetisi La Liga dalam mencetak gol. Selain Ronaldo, sejumlah eks penyerang La Liga sempat menunjukkan ketajaman di Liga Champions.

Mereka adalah Neymar, David Villa, Gonzalo Higuain, Raul Gonzales, Samuel Eto'o, hingga Diego Forlan. Para striker ini dikenal haus gol di kompetisi antarklub elite Eropa tersebut.

Di Liga Champions musim ini, sederet penyerang dari klub La Liga menggebrak lagi. Ini menjadi bukti La Liga masih menarik meski ditinggal Cristiano Ronaldo musim panas lalu.

Klub raksasa La Liga seperti Real Madrid dan Barcelona pun selalu jadi kandidat juara Liga Champions. Berikut 4 penyerang La Liga yang bersaing untuk sepatu emas Liga Champions, seperti dilansir Sportskeeda.

4. Gareth Bale (Real Madrid)

Penyerang Real Madrid, Gareth Bale, melakukan selebrasi. (AP/Manu Fernandez)

Sepeninggal Cristiano Ronaldo, lini serang Real Madrid banyak bertumpu kepada Gareth Bale. Sejauh ini, Bale cukup mampu jadi andalan bersama Karim Benzema di lini depan.

Dari 4 laga penyisihan grup Liga Champions, Bale sudah mencetak dua gol. Pemain Timnas Wales ini mulai menunjukkan ketajaman.

Kendati penyerang bukan posisi aslinya, Bale punya kemampuan mencetak gol tinggi. Buktinya, pada final Liga Champions musim lalu melawan Liverpool, Bale mencetak dua gol.

3. Antoine Griezmann (Atletico Madrid)

Penyerang Atletico Madrid, Antoine Griezmann. (AFP/Philippe Desmazes)

Kompetisi La Liga diberkahi banyak penyerang-penyerang haus. Lewat ketajamannya, mereka mampu bersaing di level tertinggi sepak bola dunia.

Atletico Madrid memiliki Antoine Griezmann, yang jadi ancaman bagi bek-bek lawan. Griezmann kerap mencetak gol-gol krusial dan menentukan.

Di 4 laga Liga Champions sejauh musim ini, Griezmann telah menyarangkan tiga gol. Penyerang Timnas Prancis ini dikenal sanggup tampil stabil sepanjang musim.

2. Karim Benzema (Real Madrid)

Penyerang Real Madrid, Karim Benzema, melakukan selebrasi usai mencetak gol.  (AFP / Joe Klamar)

Striker Real Madrid, Karim Benzema, tidak bisa dilupakan sebagai calon peraih sepatu emas Liga Champions. Perannya di lini serang Los Blancos semakin penting.

Benzema sudah menjaringkan tiga gol dari empat laga fase grup Liga Champions musim ini. Dia juga punya misi membungkam pihak-pihak yang meragukan ketajamannya selama ini.

Pemain berusia 30 tahun ini terus dipercaya mengisi starting line up di laga Liga Champions. Fakta ini tentu memperbesar peluangnya merebut sepatu emas.

1. Lionel Messi (Barcelona)

Mesin gol Barcelona, Lionel Messi pimpin daftar pencetak gol terbanyak Liga Champions. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Sepatu emas Liga Champions bukan hal baru bagi Lionel Messi. Saat ini pun Messi bersama bomber AS Roma, Edin Dzeko memimpin daftar pencetak gol terbanyak Liga Champions.

Messi dan Dzeko sama-sama telah menjaringkan lima gol dari empat laga Liga Champions. Messi jadi juru gedor Blaugrana dari musim ke musim.

Gocekan dan ketajamannya masih bisa dinikmati kendati usianya menginjak 31 tahun. Di La Liga pun, Mess memimpin daftar pecetak gol dengan torehan sembilan gol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 2 Anggota DPRD Kota Malang Tertunduk Jelang Diperiksa KPK

Posted: 20 Nov 2018 10:00 PM PST

Tersangka Anggota DPRD Kota Malang Asia Iriani (kanan) dan Een Ambarsari (kiri) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Asia dan Een diperiksa sebagai tersangka. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Anggota DPRD Kota Malang Asia Iriani (kanan) dan Een Ambarsari (kiri) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Asia dan Een diperiksa sebagai tersangka. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Anggota DPRD Kota Malang Asia Iriani (kanan) dan Een Ambarsari (tengah) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Keduanya banyak menunduk saat tiba di Gedung KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Anggota DPRD Kota Malang Asia Iriani (kanan) dan Een Ambarsari (tengah) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Keduanya banyak menunduk saat tiba di Gedung KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Anggota DPRD Kota Malang Asia Iriani (kanan) dan Een Ambarsari (dua kiri) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Keduanya akan menjalani pemeriksaan lanjutan terkait suap pembahasan APBD-P Pemkot Malang TA 2015. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Anggota DPRD Kota Malang Asia Iriani (kanan) dan Een Ambarsari (dua kiri) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Keduanya akan menjalani pemeriksaan lanjutan terkait suap pembahasan APBD-P Pemkot Malang TA 2015. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Anggota DPRD Kota Malang Asia Iriani (kanan) dan Een Ambarsari (kiri) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Asia dan Een diperiksa sebagai tersangka. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Anggota DPRD Kota Malang Asia Iriani (kanan) dan Een Ambarsari (kiri) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Asia dan Een diperiksa sebagai tersangka. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Anggota DPRD Kota Malang Asia Iriani (kanan) dan Een Ambarsari (tengah) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Keduanya banyak menunduk saat tiba di Gedung KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Anggota DPRD Kota Malang Asia Iriani (kanan) dan Een Ambarsari (tengah) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). Keduanya banyak menunduk saat tiba di Gedung KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gading Marten: Koperku, Mengapa Kita Berpisah...

Posted: 20 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rumah tangga Gisella Anastasia (Gisel) dan Gading Marten tengah di ujung tanduk. Gisella Anastasia telah melayangkan gugatan cerainya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (19/11/2018).

Perceraian dengan nomor perkara 908/Pdt.G/2018/PN JKT/SEL itu seakan menjadi anekdot dari cerita perceraian Gading Marten dan Gisella Anastasia di film Susah Sinyal. Dalam film tersebut, keduanya dikisahkan bercerai, meski dikemas dengan gaya komedi.

Namun, kali ini Gading Marten dan Gisella Anastasia harus menghadapi sidang cerai di dunia nyata. Padahal, selama lima tahun membina rumah tangga, keduanya selalu tampak harmonis.

Di saat kabar perceraiannya membuat heboh jagat maya, baik Gisel maupun Gading Marten masih bungkam. Dilihat dari aktivitas media sosialnya, Gading tengah menjalani sebuah pekerjaan ke luar negeri.

Kehilangan Koper

Pasangan Gading Marten dan Gisella Anastasia. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Tanpa mengisyaratkan adanya perceraian, Gading tampak santai melakukan rekaman singkat perjalanannya bersama Eddie Brokoli. Hanya saja ada satu unggahan Instagram Story Gading Marten yang menjadi perhatian warganet.

"Koperku mengapa kita berpisah," tulis Gading Marten sembari memberi emotikon menangis.

Gading memang hanya mengisyaratkan kehilangan koper di bandara. Namun, tak sedikit warganet yang mengait-ngaitkan dengan perceraiannya dengan Gisella Anastasia.

Isyarat Perceraian?

Gading dan Gisel  (Foto: instagram.com/gadiiing)

"Wah ....jangan jangan bener runah tangga kalian lagi dilanda badai, kok ada tulisan "koperku mengapa kita berpisah , di IG @gadiiing," ucap @elvanovgracia.

"Tapi diIG gading ada caption " koperku mengapa kita berpisah" Gisel ya sabar ya, gading sih pergi Mulu, atau hanya untuk menghilangkan gundah gulana gading pergi sama Edi brokoli."

"Please kak gading n kak @gisel_la jgn cerai yaa. Ada masalah sekecil atau sebesar apapun, andalkan Tuhan Yesus. Pikirkan bagaimana perasaan gempi, kalo kalian cerai kak. Saya harap kak gading dan kak gisel tetep menjadi pasangan suami istri sampai maut memisahkan. Gbu," kata akun @v_syania.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hore, MRT Jakarta Ditargetkan Beroperasi Maret 2019

Posted: 20 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Melalui akun Instagramnya, Presiden Jokowi menyampaikan kemajuan proses pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. MRT Jakarta ditargetkan beroperasi Maret 2019

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Bijak Belanja Online dari Andra Alodita

Posted: 20 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tren belanja online beberapa waktu belakangan telah berubah menjadi gaya hidup. Tak hanya masyarakat umum, sejumlah selebritas pun mengaku sangat menyukai transaksi belanja online karena kemudahan dan kepraktisan.

Contohnya blogger dan influencer Andra Alodita, yang kerap melakukan belanja online mulai dari keperluan dapur, fashion, hingga barang elektronik. Nah, agar tidak terjadi pembengkakan ketika belanja online, Andra menggunakan konsep budgeting.

"Tipsnya budgeting, misal dalam setahun butuh apa. TV baru misalnya, jadi ya komitmen untuk beli TV saja. Nanti di list lagi satu, dua tahun ke depan butuh apa. Enggak langsung beli semua juga biasanya. Misalnya Desember budget untuk beli steamer, ya beli steamer saja. Jadi, enggak semuanya dibeli," kata Andra dalam sebuah talkshow bertajuk 'Convenience Shopping in Hyperconnected Era' yang digelar Electronic City di Jakarta, belum lama ini.

Banyaknya diskon di situs-situs belanja online, menurut Andra bukan suatu alasan berbelanja. Apalagi menggunakan budget yang sudah ditetapkan.

"Jadi kalau aku mau senang-senang kayak liburan, budget untuk belanja online aku tekan banget. Lagian budget aku masih masuk akal sih kalau beli barang. Biasa aku cari yang enggak terlalu mahal, tapi juga enggak terlalu murah," tutup dara cantik tersebut.

 

Perubahan Masyarakat Saat Belanja Online

Ilustrasi Orang belanja online (iStockPhoto)

Dalam kesempatan yang sama, Direktur PT EIectronic City Indonesia Tbk., Wiradi mengatakan di era serba terkoneksi atau yang sering disebut dengan hyperconnected era, terdapat banyak perubahan terhadap kebiasaan atau gaya hidup masyarakat sehari-hari, termasuk kebiasaan berbelanja.

"Masyarakat di era hyperconnected ini sangat menyukai kepraktisan dalam hidup, termasuk ketika membeli elektronik. Dan Electronic City berkomitmen siap untuk menghadirkan kenyamanan dan kemudahan bagi customer baik yang berbelanja di toko offline maupun berbelanja online," kata Wiradi.

Selain talkshow, dalam momen yang sama juga, Electronic City mengumumkan logo baru. Wiradi dalam kesempatan tersebut menjelaskan makna dari logo baru perusahaan yang terdiri dari dua warna yaitu oranye dan biru.

"Oranye melambangkan Electronic City sebagai brand yang modern, dinamis, dan praktis. Sementara biru melambangkan sebuah brand yang dapat dipercaya, dapat diandalkan, dan profesional.

Sumber: Fimela.com

Reporter: Anisha Saktian Putri

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bacakan Pleidoi, Irvanto Nilai Tuntutan Jaksa Terlalu Berat

Posted: 20 Nov 2018 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Terdakwa korupsi proyek e-KTP, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, membacakan nota pembelaan atas tuntutan 12 tahun penjara yang dijatuhkan jaksa penuntut umum pada KPK. Keponakan Setya Novanto itu merasa tuntutan jaksa tidak sepadan dengan perannya sebagai kurir dalam kasus korupsi tersebut.

Jika dibandingkan dengan pelaku lainnya dari kasus tersebut, dia mengatakan hukumannya terlalu berat. Apalagi, ucapnya, dari bagi-bagi uang panas itu, ia mengklaim tidak menerima keuntungan apa pun.

"Irman penjara 7 tahun, Sugiharto 5 tahun, Andi Narogong 8 tahun, Anang 7 tahun, sangat mencolok dengan tuntutan saya. Saya sebagai orang awam sulit menerima adanya perbedaan yang mencolok, sangat tidak adil, tidak sepadan karena saya hanya orang suruhan, kurir, atau perantara untuk Setya Novanto. Saya tidak mendapat keuntungan apa pun," ucap Irvanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (21/11/2018).

Dia menjelaskan, alasannya mau berperan sebagai kurir proyek e-KTP setelah dijanjikan oleh Andi Agustinus alias Andi Narogong mendapat uang Rp 1 miliar dan PT Murakabi Sejahtera, perusahaan Irvanto, akan mendapat pekerjaan dari proyek e-KTP.

Hanya saja, kata Irvanto, setelah ia menjalani perannya sebagai kurir, Andi tidak merealisasikan janjinya.

"Saya menyesal melibatkan diri untuk kepentingan Andi Narogong untuk pengiriman uang dan barang ke pihak-pihak tertentu. Saya khilaf karena terlena janji-janji yang diberikan Andi Narogong," ujarnya.

Dalam nota pembelaannya, Irvanto juga meyakini adanya penerimaan uang bersamaan dengan perintah Andi Agustinus alias Andi Narogong kepadanya mendistribusikan uang panas ke sejumlah pihak, termasuk kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Diah Anggraeni.

"Saya jelaskan secara lengkap uang dari Andi Narogong kepada beberapa anggota DPR RI. Termasuk untuk Diah Anggraeni," jelas Irvanto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Memperkaya Setya Novanto

Berikut beberapa daftar uang yang diserahkan dan diakui oleh Irvanto:

1. USD 500 ribu kepada Chairuman Harahap melalui anaknya Atje Harahap.2. Mengatur pertemuan di The Cafe, Hotel Mulia, atas suruhan Made Oka. Di dalamnya terjadi penyerahan SGD1 juta Ddolar Singapura. 3. Irvanto mengambil uang SGD 100 ribu untuk diserahkan ke Aziz Syamsuddin atas perintah Andi Narogong. 4. Irvanto mengambil uang USD 700 ribu dari Andi Narogong dan diserahkan ke Ade Komarudin atas perintah Setya Novanto.

Diketahui, Irvanto bersama Made Oka Masagung dituntut 12 tahun penjara, denda Rp 1 miliar, atau subsider 6 bulan kurungan terkait korupsi proyek e-KTP. Irvanto dianggap menyalahgunakan wewenangnya dengan memperkaya orang lain, yakni Setya Novanto, sekitar USD 3 juta.

Ia dan Made Oka dituntut telah melanggar Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Baru Samarinda Mulai Layani Penerbangan Komersial

Posted: 20 Nov 2018 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kurang dari sebulan pasca diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Bandara Aji Pengeran Tumenggung (APT) Pranoto, Samarinda akan layani 4 rute baru. Satu di antaranya, yang diinagurasi pada Selasa kemarin.

Setelah diresmikan oleh Presiden pada 25 Oktober 2018 lalu, maskapai nasional mulai melakukan melakukan penerbangan dari dan ke Bandara APT Pranoto. Garuda Indonesia yang melayani rute baru Jakarta-Samarinda-Jakarta, telah melakukan penerbangan perdana. Penerbangan perdana pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 580 yang terbang dari Jakarta pada 06.25 WIB, mendarat di Samarinda pada 09.20 WITA.

Kedatangan penerbangan perdana ini disambut oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Timur didampingi oleh Kepala Bandara APT Pranoto, Walikota Samarinda, kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan, Branch Manager Garuda Indonesia, serta stakeholder lainnya di Kalimantan Timur.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Perhubungan beserta jajarannya karena telah merealisasikan penerbangan langsung dari Samarinda menuju Jakarta PP sebagaimana harapan masyarakat Kalimantan Timur, khususnya masyarakat Samarinda.

Isran juga mengapresiasi respons cepat yang diberikan Kementerian Perhubungan dalam menjawab PR dari Bapak Presiden saat meresmikan Bandara APT Pranoto.

"Salam kami kepada Bapak Menteri Perhubungan, dan terima kasih karena telah dengan cepat menjawab keinginan masyarakat Samarinda akan adanya penerbangan langsung dari Samarinda ke Jakarta", ujar Isran dalam keterangan tertulis, Rabu (21/11/2018).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana Banguningsih Pramesti menambahkan bahwa pihaknya mengapresiasi hasil kerja keras semua pihak dalam mendukung pemerintah dalam hal ini Ditjen Perbuhungan Udara untuk memenuhi harapan masyarakat akan adanya penerbangan langsung dari Samarinda menuju kota-kota besar dan pusat bisnis seperti Jakarta dan Makassar.

"Saya optimistis dengan kerja sama yang apik antara pemerintah dengan operator penerbangan dan stakeholder penerbangan lainnya dan tentunya dukungan dari Pemerintah Daerah, bisa dengan cepat mewujudkan harapan pengguna jasa penerbangan di Samarinda," ujar Polana.

Polana mengatakan bahwa Bandara APT Pranoto adalah bandara pengganti Bandara Temindung yang sudah tidak bisa dikembangkan lagi, runwaynya sangat terbatas, hanya berukuran 1.040m x 23m, berada di lokasi padat pemukiman sehingga keselamatan dan keamanan penerbangan sangat rawan. Selain itu bandara tersebut selalu menjadi langganan banjir ketika musim hujan tiba.

Kepala Bandara APT Pranoto Samarinda Dodi Dharma Cahyadi yang ditemui pada kegiatan Inagural flight Garuda ini menjelaskan bahwa maskapai Garuda Indonesia yang melayani rute Jakarta- Samarinda dijadwalkan beroperasi setiap hari menggunakan armada Boeing 737-800 dengan kapasitas 162 penumpang. Pada penerbangan perdana ini, Garuda GA 580 mengangkut total penumpang 126 orang, sedangkan kembalinya ke Jakarta pada pukul 11.30 WITA dengan GA 582 membawa 161 penumpang.

"Di kedua penerbangan tersebut hampir terisi semua kursi. Mudah-mudahan ini terus berlanjut dan bisa menarik bagi maskapai lainnya melayani rute ini", ujarnya.

 

Penerbangan Sebelumnya

Penyusunan kajian rencana pengelolaan Bandar Udara APT Pranoto Samarinda diawali dengan Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Pemprov Kalimantan Timur.

 

Sebelumnya beberapa maskapai telah beroperasi di Samarinda, yaitu Travel Express melayani Samarinda-Berau PP 7x seminggu, Samarinda-Melak PP 7x seminggu dan Samarinda-Tanjung Selor PP 3x seminggu yang semuanya menggunakan pesawat udara jenis ATR 42 dengan kapasitas 42 seat. Maskapai Susi Air melayani rute Samarinda-Balikpapan PP setiap hari dengan pesawat udara jenis cessna dengan kapasitas 12 seat.

"Ada 4 rute baru yaitu Batik Air akan melayani rute baru langsung ke Jakarta seminggu 5 kali pergi pulang dengan pesawat jenis Airbus A320 mulai besok dan Samarinda-Makassar mulai 28 November, Garuda Indonesia sejak hari ini melayani rute Jakarta-Samarinda-Jakarta dan Wings Air yang akan menerbangi rute SAmarinda-Berau-Samarinda mulai 28 November", pungkas Dodi.

Saat ini Bandar Udara APT Pranoto, Samarinda memiliki luas terminal 12.700 m2 yang dapat menampung sebanyak 1.500.000 pax/ tahun, dengan ukuran runway sepanjang 2.250m x 45m, taxiway berukuran 173m x 23m dan luas apron 300m x 123m dan memiliki hangar berukuran 36.342 m2, sehingga pesawat udara sejenis Boeing 737-800 ER dapat beroperasi di Bandara APT Pranoto.

Bandara yang dibangun oleh Pemerintah Daerah ini diharapkan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Samarinda. Untuk itu peran serta aktif masyarakat dalam ikut menjaga dan mengembangkan Bandara ini sangat dinanti-nantikan. (Yas)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beragam Gaya Busana Gisella Anastasia yang Kasual dan Elegan

Posted: 20 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berbicara tentang keluarga seleb yang kompak, pasti keluarga Gisella Anastasia menjadi salah satu daftar yang paling dicintai netizen tanah air. Pasangan Gisel dan Gading Marten selalu terlihat sejak meikah dan kemudian dikaruniai seorang putri nan lucu bernama Gempita Nora Marten atau Gempi. Namun semua itu mungkin hanya akan menjadi sebuah kenangan.

Itu karena pasangan ini dikabarkan akan berpisah setelah Gisel mengajukan gugatan cerai pada 19 November kemarin.  Gisel sendiri merupakan tipe mama muda yang tidak takut bereksperimen dengan gaya berbusananya. Ia suka memakai pilihan busana yang sedikit memperlihatkan lekuk tubuhnya.

Sering tampil kasual, melalui akun Instagram pribadinya, @gisel_la, terlihat Gisel memilih atasan yang terkesan modern dengan warna merah muda bermotif ranting. Kemudian dipadu-padankan dengan terusan hitam yang terbelah pada sisi dada, dengan motif polos dan bahan crepe spandex.

Gisel juga biasa mengenakan atasan dengan detail cutting yang menarik, seperti atasan putih yang memperlihatkan bagian atas dadanya. Ditambah blazer bergaris hitam putih dan celana pendek dengan warna dan motif yang sama.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Terlihat Semakin Manis

Gisell tampil kasual (dok.Instagram/@gisel_la/https://www.instagram.com/p/BqG4G1YHAlZ//Asnida Riani)

Semakin tampil kece, saat kunjungannya ke Hollywood, Gisell terlihat mengenakan stripped top berwarna oranye, dengan menambahkan tali pinggang sehingga terkesan tubuh menjadi mungil.

Diselaraskan dengan celana panjang hitam dan sepatu merah terang dan mengikat tas Gucci kecil di pinggangnya. Ya, ditempat yang sama, Gisel juga mengenakan crop switter merah muda, yang membuat dirinya semakin terlihat manis. 

Kasual dan Elegan

Gisell tampil lebih elegan dengan dressynya. (dok.Instagram/@gisel_la/https://www.instagram.com/p/Bke9yyQHeem//Asnida Riani)

Pakaian kasualnya juga bisa terlihat elegan, lho, dengan pilihan gaya dressy yang terkesan feminin. Saat di Italia misalnya, Gisel tidak melewatkan kesempatan untuk memakai flowy floral maxi dress yang dominan dengan nuansa pink dan putih. Penampilannya pun semakin terlihat chic.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

It is a happiness to wonder.. it is a happiness to dream..-Edgar Allan Poe . Photo @triaji_ Swimwear @swimsaic.id

Sebuah kiriman dibagikan oleh Gisella Anastasia (@gisel_la) pada

Tidak hanya penampilan saat jalan-jalan saja, pilihan baju renang Gisella Anastasia juga terlihat elegan. Istri dari Gading Marten ini memilih tampilan swimsuit yang modern dan eye-catching. Keduanya berbentuk bikini yang memperlihatkan dengan jelas lekuk tubuhnya. Ada bikini yang bermotif graphic, ada juga yang berwarna merah maroon untuk nuansa yang lebih minimalis.

(Mariany)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tur Pramusim, MU Bakal Kunjungi Australia

Posted: 20 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Manchester - MU mengumumkan lokasi tur pramusim tahun depan. Setan Merah akan mengunjungi Australia dan menjalani dua laga selama di sana.

Ini adalah bagian pertama dari tur yang akan dijalani MU musim depan. Mereka akan menantang Perth Glory pada 13 Juli 2019 dan Leeds United pada 17 Juli 2019.

Kedua laga ini akan digelar di Optus Stadium, Perth. Stadion ini dipilih karena berkapasitas 60 ribu kursi, atau terbesar ketiga di Australia.

Australia sendiri bukan tempat asing bagi MU. Mereka telah datang ke Negeri Kangguru sebanyak lima kali.

Dalam lima kali kunjungannya, MU telah memainkan delapan kali uji coba. Dan semua lawatan MU selalu berakhir dengan kesuksesan di dalam dan luar lapangan.

 

Komentar CEO MU

Jose Mourinho menunjuk logo MU usai kemenangan 2-0 atas Chelsea di Old Trafford, Minggu (16/4/2017) (Foto: AFP)

"Tur pramusim merupakan bagian penting dari persiapan tim menyambut musim baru. Kami senang mengunjungi Perth setelah absen selama 44 tahun absen," kata CEO MU, Ed Woodward di laman resmi klub.

"Bahkan kami senang tak hanya menjalani satu laga di Perth, tetapi dua. Yakni melawan Perth Glory dan Leeds United," ujarnya menambahkan.

"Selain bertanding kami juga bisa bertemu dengan fans loyal MU di Australia. Terakhir kali kami bermain di sana adalah tahun 2013," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Keganasan Anjing Alabay Saat Bertarung di Arena Salju

Posted: 20 Nov 2018 09:45 PM PST

Dua pria memegang masing-masing anjing Alabay miliknya saat bersiap  memulai pertarungan di arena pertarungan bersalju di Kota Bishkek, Kyrgyzstan (18/11). (AFP Photo/Vyacheslav Oseledko)

Dua pria memegang masing-masing anjing Alabay miliknya saat bersiap memulai pertarungan di arena pertarungan bersalju di Kota Bishkek, Kyrgyzstan (18/11). (AFP Photo/Vyacheslav Oseledko)

Dua Anjing Gembala Asia Tengah (Alabay) bertarung di arena pertarungan bersalju di Kota Bishkek, Kyrgyzstan (18/11). Sekitar 23 pemilik membawa anjing mereka dalam acara pertarungan untuk memperebutkan gelar juara. (AFP Photo/Vyacheslav Oseledko)

Dua Anjing Gembala Asia Tengah (Alabay) bertarung di arena pertarungan bersalju di Kota Bishkek, Kyrgyzstan (18/11). Sekitar 23 pemilik membawa anjing mereka dalam acara pertarungan untuk memperebutkan gelar juara. (AFP Photo/Vyacheslav Oseledko)

Penonton menyaksikan dua Anjing Gembala Asia Tengah (Alabay) bertarung di arena pertarungan bersalju di Kota Bishkek, Kyrgyzstan (18/11). (AFP Photo/Vyacheslav Oseledko)

Penonton menyaksikan dua Anjing Gembala Asia Tengah (Alabay) bertarung di arena pertarungan bersalju di Kota Bishkek, Kyrgyzstan (18/11). (AFP Photo/Vyacheslav Oseledko)

Dua Anjing Gembala Asia Tengah (Alabay) bertarung di arena pertarungan bersalju di Kota Bishkek, Kyrgyzstan (18/11). Sekitar 23 pemilik membawa anjing mereka dalam acara pertarungan untuk memperebutkan gelar juara. (AFP Photo/Vyacheslav Oseledko)

Dua Anjing Gembala Asia Tengah (Alabay) bertarung di arena pertarungan bersalju di Kota Bishkek, Kyrgyzstan (18/11). Sekitar 23 pemilik membawa anjing mereka dalam acara pertarungan untuk memperebutkan gelar juara. (AFP Photo/Vyacheslav Oseledko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin: Yang Tak Lihat Prestasi Jokowi Itu Buta Hatinya

Posted: 20 Nov 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres Ma'ruf Amin mendatangi pelantikan Dewan Pengurus Daerah Barisan Nusantara (DPD Barnus) Sumatera Utara di Medan, Selasa 20 November 2018.

Dalam sambutannya, cawapres nomor urut 01 itu kembali membeberkan kesuksesan Presiden Jokowi dalam memimpin bangsa Indonesia. Namun, katanya, masih juga banyak pihak yang tidak mengakui keberhasilan tersebut.

"itulah yang saya sebut buta hatinya. Bukan saya menghina secara fisik. Soalnya waktu di acara deklarasi Barnus di Jakarta saya katakan itu, banyak yang protes. Padahal maksud saya jelas, yang tidak melihat prestasi Pak Jokowi itu buta hatinya," jelas Ma'ruf Amin di Nurdin Tampubolon Center (NTC) Medan, Sumatera Utara, Selasa.

Usai sambutan, Ma'ruf Amin kemudian menyemati jas Barnus bersama Ketua Umum Barnus Nurdin Tampubolon kepada pengurus DPD Barnus Sumut yang baru dilantik.

Ketua Umum Barnus Nurdin Tampubolon mengatakan, Ma'ruf Amin telah dua kali hadir dalam kegiatan Barnus. Pertama, saat acara Deklarasi dan peresmian Kantor Barnus di Jakarta pada 10 November dan berikutnya adalah yang di Medan ini.

 

Menangkan Jokowi

"Pak Kiai Maruf Amin hadir di acara Barnus bertepatan dengan Hari Pahlawan dan kini di acara yang bertepatan dengan Hari Maulid Nabi," tutur Nurdin

Barnus menurut Nurdin, merupakan organ relawan yang mendukung pasangan capres - cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Kita bertekad memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019," ujar Nurdin.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Artis Ini Geram dengan Keponakan Dewi Perssik

Posted: 20 Nov 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dewi Perssik kini tengah berseteru dengan keponakannya sendiri, Rosa Meldianti. Perseteruan terjadi lantaran Dewi Perssik menganggap keponakannya itu adalah pembangkang dan sangat tidak menghargainya. Terlebih keponakannya itu sempat berkata tidak senonoh kepadanya melalui akun media sosial.

Ternyata tak hanya Dewi Perssik yang kesal atau tidak suka dengan Meldi, sapaan akrab Rosa Meldianti. Beberapa artis juga sempat mengutarakan kalau kesal dengan sikap dan perlakuan keponakan Dewi Perssik, salah satunya Kumalasari.

Melalui akun Youtube @AzecFote, Kumalasari mengungkapkan kekesalannya kepada keponakan Dewi Perssik. Kala itu Kumalasari yang tengah menghadiri ajang penghargaan para selebritas, tak senang dengan Meldi yang tiba-tiba ikut berfoto dengannya dan juga sahabat-sahabatnya, seperti Irma Darmawangsa dan artis senior Anwar Fuadi.

"Kan awalnya aku mau foto sama bang Anwar Fuadi berdua, terus Irma Darmawangsa mau ikut sama-teman-teman juga, terus yang lucunya mereka (Meldi dan ibunya) ikut foto. Aturan say hay kek, mba aku ikut foto ya izn dulu tapi ini nggak," kata Kumalasari dalam video berjudul GA PUNYA ATTITUDE! Ulah Meldi Di Silet Award Bikin Geram Artis Senior, SAMPE ILFIL!!!.

"Tiba-tiba dia (Meldi dan ibunya) ikutan, ayo foto ayo foto," timpal Galih Ginanjar kekasih Kumalasari menirukan suara ibunda Meldi yang merupakan kakak kandung Dewi Perssik.

Tak Kenal

Youtube

Selama ini pelantun "Cap Cus Cuy" tidak pernah mengenal dekat sosok Meldi. Kumalasari bingung mengapa tiba-tiba wanita yang tengah berseteru dengan Dewi Perssik berfoto bersamanya. Anwar Fuadi juga sempat risih karena sempat disesak oleh Meldi, wanita yang tak di kenalnya.

"Bang Anwar Fuadi sempat di dempet-dempet, kan bang Anwar nggak kenal sama Meldi. Mereka duduk diujung nggak nyatu sama aku," ujar Kumalasari.

Jutek

Kumalasari  (Febio Hernanto/bintang.com)

Yang membuat Kumalasari semakin kesal, tak ada senyum yang diberikan Meldi usai ikut berfoto bersamanya dan teman-temannya. Kumalasari malah mendapatkan muka jutek dari Meldi.

"Abis foto dia liatin aku atas bawah nggak senyum. Terus mukanya jutek dan terus duduk lagi diujung (misah)," ujar  Kumalasari.

Wajar

Pedangdut Dewi Perssik (tengah) ditemani suami, Angga Wijaya (kiri) dan kuasa hukumnya Hotman Paris Hutapea mendatangi Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (5/11). Dewi juga melaporkan manajemen yang menaungi Rosa Meldianti. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Melihat sikap Meldi seperti itu, Kumalasari mewajarkan kalau Dewi Perssik sampai naik pitam menghadapi keponakannya. 

"Ya Allah parah banget, pantesan si Dewi murka. Temen-temen juga nanya ngapain sih tuh dia ikut-ikutan. Makanya aku juga males nanti aku dibilangnya temenan sama di (Meldi) gara-gara foto bareng," kata Barbi Komalasari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luka di Kepala Wanita yang Tewas dalam Lemari Akibat Hantaman Palu

Posted: 20 Nov 2018 09:37 PM PST

Patroli Indosiar, Jambi - Pelaku pembunuhan pemandu lagu di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, dibekuk polisi di Kabupaten Merangin, Jambi, Selasa malam kemarin.

Pelaku yang merupakan sepasang kekasih dibekuk saat akan melarikan ke Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (21/10/2018), Yustin dan Nisa dibekuk polisi saat keduanya berada dalam bus di Kabupaten Merangin.

"Kita mengamankan dua orang, satu laki-laki dan satu perempuan. Dari informasi yang kami dapat pelaku akan melarikan diri di Padang," ujar Kapolres Merangin AKBP I Kade Utama.  

Dari pemeriksaan, keduanya mengakui pembunuhan dipicu rasa kesal terhadap korban yang terlibat pertengkaran dengan salah satu pelaku. Kesal dengan perlakuan dan kata-kata korban, Yustin menganiaya korban dengan palu hingga tewas. Lalu jasad korban disembunyikan dalam lemari.  

Sebelumnya pada Selasa siang, jasad Cut Tuti Iin ditemukan dalam lemari pakaian di kamar kos di Jalan Mampang Prapatan 8, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.  

Penemuan berawal dari kecurigaan pengelola kos yang mencium aroma bau busuk dari kamar korban. Setelah diperiksa ternyata ditemukan jasad korban di dalam lemari.

Dari identifikasi awal, polisi menemukan sejumlah luka di bagian kepala. Dari lokasi kejadian juga dibawa sejumlah barang bukti. Guna penyelidikan lebih lanjut, jasad Iin dibawa ke Rumah Sakit Fatmawati untuk diautopsi. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konektivitas Digital dan Ekonomi Harus Jadi Agenda Utama RI

Posted: 20 Nov 2018 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi informasi kian menyasar semua sektor. Tak terkecuali sektor dunia bisnis. Founder  Forum Ekonomi Indonesia (IEF), Shoeb Kagda mengatakan, dunia bisnis sedang menghadapi era baru dengan banyak terjadi perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Perubahan tersebut terjadi dalam hal konektivitas, analitik data, dan kecerdasan atau Artificial intelligence (AI) yang telah mengubah dunia industri dan bahkan negara secara keseluruhan.

"Manusia saat ini hidup di era konektivitas. Tidak hanya dalam hal konektivitas fisik melalui jalan, jembatan dan bandara tetapi juga konektivitas digital. Sehingga menghubungkan negara secara fisik, digital dan ekonomi harus menjadi agenda utama Indonesia selama lima tahun ke depan," kata Shoeb dalam acara bertajuk Connecting Indonesia, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Tidak hanya itu, Shoeb mempertimbangkan, dengan teknologi terkini financial technology (fintech) juga dapat menyalurkan dana kepada masyarakat yang tidak bankable atau kurang terlayani oleh perbankan dan mempromosikan inklusi keuangan.  

"Lembaga harus menghubungkan dan berbagi ide, pelaku bisnis harus berkolaborasi dengan pengusaha, terutama start-up, harus bergabung untuk meningkatkan skalanya," tutur dia.

"Prosesnya telah dimulai di bawah Presiden Joko Widodo tetapi perlu dipercepat dan dikembangkan. Di era konektivitas ini, inovasi akan menjadi pendorong utama, " tambah dia.

Dia menjelaskan, saat ini teknologi telah mendarah daging dengan perilaku manusia dan akhirnya merevolusi cara hidup masyarakat.  Dia mencontohkan, kini smartphone atau ponsel pintar bukan lagi barang mewah. Ponsel pintar kini bisa dimiliki olah siapapun sebab pada kenyataannya saat ini seseorang tidak dapat hidup tanpa ponsel pintar. 

"Menurut laporan McKinsey & Company baru-baru ini, jumlah perangkat yang terhubung ke internet diperkirakan akan meningkat dua kali lipat antara 2017 dan 2020. Dengan sumber data baru, berbagai produk, layanan, model bisnis inovatif akan terbuka," ujar dia.

Dia menuturkan, kemajuan teknologi informasi jika digunakan dengan benar dapat membuat sektor industri meraup untung ganda. Ini berarti pendapatan dapat tumbuh karena efisiensi berkat teknologi yang optimal.

Shueb memberi contoh, di era saat ini, produsen pemanas, ventilasi dan sistem pendingin udara telah menerapkan ini. Menggunakan teknologi, mereka dapat memonitor gerakan dan suhu di kamar pelanggan. Mereka menganalisis data sehingga mereka dapat mengontrol penggunaan AC dari pelanggan. Dengan demikian, produsen ini dapat membantu pelanggan mereka menghemat biaya dan mengelola tagihan energinya.

"Proses yang sama juga berkembang pesat di berbagai bidang seperti pertanian, keuangan, pendidikan, transportasi dan logistik. Perusahaan kini mulai menggunakan drone untuk mengumpulkan data di ladang (sawah) dan mengendalikan saluran irigasi," kata dia.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

 

Menkominfo Ingin Startup Fintech Lokal Jadi Unicorn

Menkominfo Rudiantara. Liputan6.com/Andina Librianty

Sebelumnya, peluang financial technology (fintech) di ranah startup semakin berkembang. Bahkan, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mengklaim kalau transaksi via jasa startup fintech semakin meningkat lebih baik. 

Walau begitu, ia mengungkap gross merchandise value (GMV) masih belum terlalu banyak.

"Perputarannya baru Rp 9 Triliun. Sebetulnya secara teoritis yang bagus adalah di bidang edutech karena 20 persen APBN untuk pendidikan. Kemudian juga healthtech karena 5 persen belanja APBN kita untuk kesehatan," ujar Menteri Rudiantara dalam ajang Ideafest 2018 beberapa hari lalu, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi Kemkominfo.

Pria yang karib disapa Chief RA tersebut berkata, layanan fintech di Indonesia saat ini rata-rata masih bersifat fintech  lending saja, sehingga dirasakan tidak berbeda dengan yang dilakukan oleh perbankan konvensional.  

Skema fintech  lending berperan sebagai penguhubung antara calon pemberi dana dan peminjam.

Melalui fintech lending, kedua pihak jika telah sepakat kemudian melakukan proses transaksi bisnis.

"Saya lihat juga pada umumnya yang menggunakan fintech adalah orang-orang ataupun anak muda yang punya rekening di bank. Seharusnya fintech didorong kepada pasar yang baru," tutur pria berkacamata ini.

Dirinya mengungkap, tentu diperlukan strategi sehingga dapat mendorong fintech ke arah pasar yang baru yang menyentuh kalangan 'unbanked'. Salah satunya adalah dengan mengarahkan masyarakat ke produk baru atau yang sudah ada dari fintech.

"Kita ingin menciptakan unicorn yang berbasis fintech. Dengan memiliki unicorn berbasis fintech, akan meningkatkan aliran investasi ke dalam negeri," tutur Menteri Rudiantara.

Unicorn sendiri merupakan julukan yang disematkan kepada startup yang telah memiliki nilai valuasi di atas US$ 1 Miliar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timses Jokowi: Prabowo Lakukan Politik Genderuwo Lagi

Posted: 20 Nov 2018 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Arya Sinulingga menilai Prabowo Subianto sedang menerapkan politik genderuwo. Caranya dengan menakut-nakuti masyarakat tentang paket kebijakan ekonomi Joko Widodo (Jokowi).

Prabowo menyebut kebijakan jilid 16 itu membuka pintu asing untuk menguasai 28 sektor industri dalam negeri.

"Jadi saya katakan ini kembali lagi ucapan Pak Prabowo seperti sebelumnya hanya bluff saja. Kemudian mempengaruhi publik seakan kita diserahkan kepada asing ini kan dikatakan menakuti kembali lagi seperti politik genderuwo lagi," ujar Arya ketika dihubungi, Rabu (21/11/2018).

Arya menjelaskan, Jokowi membuka investasi asing untuk beberapa sektor yang kurang dinikmati. Paket kebijakan itu bertujuan untuk merelaksasi sektor industri.

"Jadi ini adalah sebuah cara pemerintah untuk relaksasi supaya sektor yang tidak diminati asing kembali ada yang masuk karena diberikan ruang yang lebih besar," jelas Arya.

Dia menampik jika Jokowi membuka lebar ekonomi Indonesia untuk asing. Arya mencontohkan sektor seperti minyak dan gas tetap dikelola pemerintah.

"Kita kan tahu seperti minyak gas yang diminati pasar malah diambil alih pemerintahan saat ini dengan BUMN seperti Freeport. Ini sebenernya kebijakan Pak Jokowi bisa dikatakan bukan pro asing," ucapnya.

Arya menambahkan, di sektor UMKM pun hal yang sama berlaku. Jokowi melarang UMKM asing dengan nilai di bawah Rp 10 M masuk ke Indonesia.

"Jadi UMKM asing tidak bisa masuk ke Indonesia karena ada prasyarat tidak boleh di bawah Rp 10 miliar," ucapnya.

 

Kritik Prabowo

Diberitakan, Calon presiden (capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto mengkritisi paket kebijakan ekonomi pemerintah Indonesia jilid 16. Kebijakan ini dikatakannya memberi peluang besar pada pihak asing untuk masuk dan menguasai 28 sektor industri dalam negeri.

Dia menganggap, pemerintah Indonesia telah melanggar Pasal 33 Ayat 2 UUD 1945. Pasal tersebut menyebutkan, cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

Menurutnya, sekarang ini nyatanya banyak pelabuhan yang dikuasai oleh asing. Bandara militer pun dikuasai oleh swasta.

"Itu adalah objek-objek vital kita untuk hajat hidup rakyat Indonesia dan harus dikuasai oleh negara, ini di mana kedaulatan kita sebagai bangsa dan negara. Negara kita telah tergadaikan," papar Prabowo di kediamannya di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Hambalang, Bogor, Selasa (20/11/2018) melalui keterangan tertulis yang diterima.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunakan Jarum dan Benang, Seniman Ini Hasilkan Lukisan Menakjubkan

Posted: 20 Nov 2018 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Melukis menggunakan kuas dan cat air di atas kanvas mungkin sudah lumrah dilakukan. Namun, pernahkah kamu melihat lukisan yang memang sengaja dibuat dari jahitan?

Seniman asal Inggris bernama AJ ini mengunggah karya-karya lukisan uniknya pada akun Instagram pribadi miliknya. AJ melukis di atas kain dengan menggambar pola terlebih dahulu menggunakan pensil. Lukisannya seringkali berupa sketsa-sketsa wajah yang kemudian disulam menggunakan benang-benang dengan banyak warna.

Lukisan hasil sulamannya tersebut begitu mendetail hingga menampilkan warna-warna gradasi yang indah. Selain melukis menggunakan benang, AJ juga mahir dalam menggambar sketsa yang terlihat begitu realistis.

Melansir dari akun Instagram pribadi milik AJ @pajnsy, berikut karya-karyanya yang memukau.

1. Sketsa wajah dengan warna dominan merah muda

Seniman asal inggris ini membuat sketsa wajah meggunakan jarum dan benang dengan banyak warna. (Sumber foto: @pajnsy/Instagram)

2. Melukis di atas bahan kain jeans

Seniman asal inggris ini membuat sketsa wajah meggunakan jarum dan benang dengan banyak warna. (Sumber foto: @pajnsy/Instagram)

3. AJ menggunakan beberapa warna benang untuk menampilkan gradasi dalam lukisannya

Seniman asal inggris ini membuat sketsa wajah meggunakan jarum dan benang dengan banyak warna. (Sumber foto: @pajnsy/Instagram)

4. Lukisan jika dilihat secara lebih dekat

Seniman asal inggris ini membuat sketsa wajah meggunakan jarum dan benang dengan banyak warna. (Sumber foto: @pajnsy/Instagram)

5. AJ terbiasa melukis dan menyulam pada bagian mata terlebih dahulu

Seniman asal inggris ini membuat sketsa wajah meggunakan jarum dan benang dengan banyak warna. (Sumber foto: @pajnsy/Instagram)

6. AJ fokus melukis sketsa wajah

Seniman asal inggris ini membuat sketsa wajah meggunakan jarum dan benang dengan banyak warna. (Sumber foto: @pajnsy/Instagram)

7. Setiap sisi lukisan dipastikan tertutup oleh benang

Seniman asal inggris ini membuat sketsa wajah meggunakan jarum dan benang dengan banyak warna. (Sumber foto: @pajnsy/Instagram)

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Rilis Survei Penilaian Integritas 2017, Polri dan Pemprov Papua Terendah

Posted: 20 Nov 2018 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merilis Survei Penilaian Integritas (SPI) tahun 2017. Direktur ‎Penelitian dan Pengembangan KPK Wawan Wardiana mengatakan, survei ini sebagai salah satu upaya pencegahan tindak pidana korupsi.

Menurut dia, survei ini dilakukan dengan cara memetakan risiko terjadinya tindak pidana korupsi seperti suap, gratifikasi dalam layanan, pengelembungan anggaran, nepotisme perekrutan pegawai, sampai mengenai rekayasa dalam pengadaan barang dan jasa.

"Penilaian ini juga untuk melihat efektivitas sosialisasi korupsi, whistleblower system, serta upaya antikorupsi lainnya," ujar Wawan‎ di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Selain itu, survei ini menilai pengelolaan anggaran, kasus suap di lembaga, perlakukan terhadap pelapor tindak pidana korupsi dan pengelolaan SDM di lembaga tersebut. 

‎‎"Koresponden dalam survei ini meliputi pegawai (internal), pengguna layanan atau stakeholder (eksternal), para ahli bidang korupsi dan juga melihat hasil kepatuhan LHKPN dari lembaga itu ataupun laporan pengaduan masyarakat kepada KPK," kata Wawan.

Pada 2017, SPI dilakukan pada 6 kementerian dan lembaga, 15 pemerintah provinsi, 15 pemerintahan kabupaten/kota dan 130 responden internal, eksternal maupun ahli.

Sementara pada 2019, KPK mengundang 34 kementerian, 34 pemerintah provinsi dan 34 pemerintah kabupaten atau kota untuk mengikuti penilaian SPI secara mandiri. Survei ini akan dilakukan bekerja sama dengan BPS.

 

Hasil Lengkap

Ilustrasi KPK

Berikut hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) tahun 2017, Polri dan Pemprov Papua terendah:

1. Pemkot Banda Aceh: 77.39

2. Pemkab Bandung: 77.15

3. Kemenkeu (Dirjen Bea Cukai): 76.54

4. Kemenkes: 74.93

5. Pemkot Madiun: 74.15

‎6. Kemenhub: 73.4‎

7. Pemkot Tangerang: 72.87

8. Pemkot Banjarmasin: 71.73‎

9. Pemkot Makassar: 70.7

‎10. Pemkot Padang: 70.64‎

11. Pemprov Jabar: 70.46

‎12. Kementerian Agraria/BPN: 69.12

‎13. Pemprov Sumbar: 68.51‎

14. Pemprov Kepulauan Riau: 67.59

‎15. Pemprov Sulteng: 67.49‎

16. Pemkab Deli Serdang: 65.87

‎17. Pemkot Samarinda: 65.8

‎18. Pemprov Jambi: 65.14‎

19. Pemkot Palangkaraya: 65.12

20. Pemprov NTT‎: 65.09

21. Pemkab Klaten: 64.68

22. Pemprov Bengkulu: 63.77‎

23. Pemprov Kalteng: 63.67

24. Pemprov Riau: 63‎

25. Pemkot Pekanbaru: 62.89

‎26. Pemkot Palu: 62.77

‎‎27. Pemkot Mataram: 62.01

28. Pemprov Sumut‎: 60.79

29. Pemprov Aceh‎: 60.07

‎30. Pemprov Papua Barat: 59.1

31. Pemkot Bengkulu: 58.58

32. Pemprov Banten: 57.64

33. Pemprov Maluku Utara: 55.01

34.‎ Kepolisian RI: 54.01

35. Pemprov Papua‎: 52.91

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Puas Hasil Saudi, Turki Minta PBB Selidiki Pembunuhan Jamal Khashoggi

Posted: 20 Nov 2018 09:31 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Turki tengah mengupayakan agar PBB membuka penyelidikan atas kasus pembunuhan jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi, jika investigasi gabungan Ankara-Riyadh mengalami kebuntuan, kata Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu.

Namun, di samping alasan itu, permintaan Cavusoglu agar PBB membuka penyelidikan juga dipicu oleh ketidakpuasannya terhadap komitmen Saudi dalam menyelidiki kematian kolumnis The Washington Post tersebut. Cavusoglu menilai, Saudi tak bersikap kooperatif dengan Turki dalam melakukan penyelidikan.

Berbicara kepada wartawan di Washington DC pada 20 November 2018, setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, Cavusoglu mengatakan bahwa Turki telah berbagi informasi terbaru tentang pembunuhan Khashoggi dengan Amerika Serikat.

Dia menegaskan kembali sikap Ankara bahwa kebenaran harus muncul pada siapa yang memberi perintah untuk membunuh wartawan senior itu.

"Sampai saat ini, kami telah menerima tawaran Arab Saudi untuk bekerjasama dengan kami tanpa ragu. Namun, sampai saat ini, kami tidak dapat menemukan jawaban atas pertanyaan yang baru saya daftarkan (terkait pemberi perintah pembunuhan Khashoggi). Maka, bisa dikatakan bahwa kerja sama ini tidak pada tingkat yang kami inginkan," kata Cavusoglu seperti dikutip dari SBS Australia, Rabu (21/11/2018).

"Jika itu mengalami kebuntuan atau penyelidikan berjalan tanpa adanya kerja sama penuh, maka kita (Turki) dapat mengajukan permohonan agar PBB membuka penyelidikan," kata Cavusoglu yang menambahkan bahwa ia telah membicarakan prospek tersebut dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

Cavusoglu juga mengatakan bahwa dia dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mendengarkan rekaman audio dari pembunuhan Khashoggi --yang mana rekaman itu telah disebarkan kepada pejabat tinggi negara Barat, termasuk AS.

"(Rekaman) itu sangat menjijikkan. Jika Anda mendengarkannya, Anda dapat memahami bahwa itu adalah pembunuhan terencana," katanya, seraya menambahkan bahwa terserah pada pengadilan Turki untuk memutuskan apakah akan memublikasikan rekaman itu.

Jamal Khashoggi, kolumnis Washington Post yang tinggal di AS, merupakan seorang pengkritik pemerintah Saudi -- yang dipimpin secara de facto oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Khashoggi terbunuh pada 2 Oktober 2018 di konsulat Saudi di Istanbul.

Setelah menawarkan banyak penjelasan yang kontradiktif, Riyadh mengatakan pekan lalu bahwa Khashoggi memang dibunuh dan jasadnya dimutilasi sebagai dampak dari "operasi penggerebekan yang berjalan keliru". Jaksa penuntut umum Saudi mengatakan akan memberikan hukuman mati kepada lima dari total belasan tersangka yang dikatakannya terlibat dalam kasus tersebut.

Presiden Erdogan mengatakan bahwa figur "tingkat tertinggi" dari pemerintah Saudi memerintahkan pembunuhan Khashoggi. Tetapi, ia belum secara langsung menuduh Pangeran Salman.

Sementara itu, Badan Intelijen AS (CIA) dengan yakin menuduh Pangeran Salman sebagai pemberi otorisasi atas operasi tersebut, menurut pemberitaan The Washington Post. Akan tetapi, Arab Saudi dengan tegas membantahnya dan mengatakan bahwa Pangeran Salman tidak mengetahui operasi itu.

Di sisi lain, terlepas dari meluasnya kritik terhadap Saudi dan Pangeran Salman, Presiden AS Donald Trump bersumpah untuk tetap menjadi "mitra setia" Arab Saudi, meski ia sendiri juga telah mengatakan bahwa sang putra mahkota Saudi mungkin mengetahui tentang rencana pembunuhan Jamal Khashoggi.

 

Simak video pilihan berikut:

Raja Salman Angkat Bicara

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud. (Saudi Press Agency, via AP)

Dalam pernyataan publik pertamanya sejak Khashoggi terbunuh di Istanbul bulan lalu, Raja Salman mengatakan negaranya "tidak akan pernah menyimpang" dari melayani keadilan.

Namun, dalam pidato tahunannya kepada penasihat Dewan Syura, Raja Salman tidak langsung merujuk siapa pelaku pembunuhan kolumnis The Washington Post itu.

"Kerajaan (Arab Saudi) didirikan pada prinsip-prinsip keadilan dan kesetaraan Islam, dan kami bangga dengan upaya peradilan dan penuntutan publik," kata Raja Salman (82) dalam pidato hari Senin kepada Dewan Syura, sebagaimana dikutip dari BBC pada Selasa 20 November 2018.

"Kami memastikan bahwa negara ini tidak akan pernah menyimpang dari penerapan hukum Tuhan dan ... melayani keadilan," tambahnya.

Raja juga mengkritik Iran, saingan utama Arab Saudi di Teluk: "Masyarakat internasional harus bekerja untuk mengakhiri program nuklir Iran dan menghentikan kegiatannya yang mengancam keamanan dan stabilitas."

Prioritas lain yang disebutkan dalam pidato tersebut, termasuk stabilitas pasar minyak dan dukungan untuk upaya PBB dalam mengakhiri konflik di Yaman.

Pekan lalu, jaksa penuntut umum Saudi menyalahkan pembunuhan Jamal Khashoggi pada seorang perwira intelijen, yang tidak disebutkan namanya, dan diduga bertugas membujuk jurnalis tersebut untuk kembali ke Riyadh.

Sebanyak 11 orang telah dituduh atas pembunuhan itu, dan jaksa mempertimbangkan hukuman mati untuk lima di antaranya.

Kasus mereka telah dirujuk ke pengadilan, sementara penyelidikan ke 10 orang lainnya yang diduga terlibat pembunuhan Khashoggi, masih berlangsung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 2 Babak 6 Besar: Siaran Langsung Hari Ini

Posted: 20 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dua tim dari telah memastikan tempat di babak semifinal Liga 2 musim ini. Semen Padang dan Kalteng Putra lolos setelah mengunci tempat pertama dan kedua klasemen Grup A. 

Semen Padang dan Kalteng Putra sebarnya sama-sama mengoleksi 10 poin dari 6 laga. Namun Semen Padang berada di urutan teratas, unggul head to head dari Kalteng Putra.

Di laga pemungkas, Semen Padang secara mengejutkan berhasil mengalahkan Kalteng Putra yang sebelumnya menjadi pimpinan klasemen Grup A. Dalam duel yang berlangsung, Senin (19/11/2018), SP menang 3-1 dan mengambil alih tampuk pimpinan dari Kalteng Putra. 

Sementara pada pertandingan lain, Aceh United juga sukses mengalahkan PS Mojokerto Putra dengan skor 3-2. Namun tambahan tiga poin gagal mendongkrak posisi Aceh United yang tetap terbenam di dasar klasemen Grup A dengan koleksi lima poin.

Sementara itu, Persiraja Banda Aceh hanya membutuhkan hasil imbang untuk melaju ke semifinal Liga 2. Saat ini, Persiraja memimpin grup B dengan 9 poin dari 5 laga. Sementara pada posisi kedua menguntit PSS Sleman dengan koleksi 7 poin. Persaingan semakin ketat karena Persita Tangerang yang berada di urutan ketiga juga mengoleksi poin yang sama.

Simak Jadwal Lengkap babak 8 Besar Liga 2 pada halaman berikutnya:

Jadwal Babak 8 Besar Liga 2

Pemain  PSS Sleman merayakan gol yang dicetak oleh Qischil G Minny ke gawang Persita Tangerang pada laga Liga 2 di Stadion Benteng Taruna, Tangerang, Jumat (26/10/2018). Kedua tim bermain imbang 1-1. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Grup B

15.30 WIB: PSS Sleman Vs PS Mojokerto Putra (live tvOne)

15.30 WIB: Madura FC Vs Persita Tangerang (Live on Indiehome UseeTV)

Sumber: Liga-Indonesia.id

Klasemen Babak 8 Besar Liga 2

Klasemen babak 8 besar Liga 2 (Liga Indonesia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adik Gading Marten Benarkan Kakaknya Digugat Cerai Gisella Anastasia

Posted: 20 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gugatan cerai yang dilayangkan Gisella Anastasia kepada Gading Marten jadi fakta yang mengejutkan banyak pihak.

Pasalnya, sejak menikah lima tahun silam, hampir tak ada berita miring yang menghampiri Gisella Anastasia dan Gading Marten.

Keluarga Gading Marten juga sudah mengetahui ihwal Gisella Anastasia yang memutuskan untuk menggugat cerai aktor dan presenter yang hobi berkendara dengan moge itu.

"Kayaknya benar (Gisella Anastasia gugat cerai Gading Marten)," ucap Gibran Marten, adik Gading Marten, melalui sambungan telepon di Jakarta, Rabu (21/11/2018).

 

 

 

Persilahkan Gading Marten Bicara

Mengenang kemesraan Gisella Anastasia dan Gading Marten saat liburan ke Italia. (instagram/gadiiing)

Gibran Marten juga sudah mengetahui jika gugatan perceraian yang diajukan Gisella Anastasia terhadap Gading Marten sudah diterima oleh pengadilan.

"Karena memang sudah masuk ya gugatannya," kata Gibran Marten.

 

 

 

Tanggapan Roy Marten

Gading-Gisel (Foto: Mario Photographie)

Mengenai hal tersebut, pewarta mencoba mengonfirmasi kepada ayahanda Gading Marten, Roy Marten. Sayang, Roy Marten enggan menjawab isu tersebut.

Dirinya malah melimpahkan kepada anaknya yang lain, Gibran Marten. "Tanya Gibran Marten saja yah anak saya. Dia yang tahu," kata Roy Marten, melalui sambungan telepon.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: [CEK FAKTA] Kementerian Agama Buat Kartu Nikah dengan 4 Kolom Istri?

Posted: 20 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beredar informasi soal bentuk kartu nikah yang di dalamnya memasukkan empat kolom foto istri dengan satu suami.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gisel Gugat Cerai Gading Marten, Sejauh Apa Perbedaan Usia Pengaruhi Pernikahan?

Posted: 20 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Berita retaknya rumah tangga pasangan selebritas Gading Marten dan Gisella Anastasia mengejutkan banyak pihak. Gugatan cerai Gisella Anastasia tercatat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomor perkara 908/Pdt.G/2018/PN JKT/SEL. 

Kabar gugat cerai tersebut seakan menghapus cerita rumah tangga Gading Marten dan Gisella Anastasia yang dianggap adem ayem. Hingga kini, penyebab keretakan hubungan Gisel dan Gading belum diketahui. 

Meski begitu, ada beberapa hal yang diyakini masyarakat umum memengaruhi sebuah pernikahan, diantaranya pautan usia pasangan dan kendala-kendala yang dihadapi terkait usia pernikahan.

Menilik dari usia, Gisel dan Gading memiliki perbedaan umur cukup jauh. Gading Marten lahir pada 8 Mei 1982. Sementara, sang istri penyanyi Gisella Anastasia baru saja berulang tahun yang ke-28 pada 16 November lalu. 

Mengutip Times of India pada Rabu (21/11/2018), sebuah penelitian di Emory University, Atlanta, Amerika Serikat mengaitkan antara perbedaan usia pasangan yang telah menikah dengan kemungkinan untuk bercerai. Hasilnya lumayan mengejutkan. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Risiko bercerai meningkat seiring jauhnya perbedaan usia

Meski selalu tampil mesra di setiap kesempatan, Gisella Anastasia menggugat cerai Gading Marten. (instagram/gadiiing)

Setelah mengevaluasi tiga ribu peserta, studi tersebut mengungkapkan bahwa pasangan dengan kesenjangan usia lima tahun, 18 persen lebih berisiko bercerai ketimbang mereka yang hanya berbeda satu tahun. Probabilitas perceraian semakin meningkat seiring semakin besarnya perbedaan usia.

Bagi mereka yang memiliki pasangan dengan jarak usia 10 tahun, persentase perceraian meningkat menjadi 39 persen. Sementara perbedaan 20 tahun membuat angka risiko perceraian hingga 95 persen.

"Kepuasan pernikahan menurun lebih cepat dari waktu ke waktu bagi pria dan wanita yang memiliki kesenjangan usia yang besar dengan pasangan mereka," ujar profesor ekonomi Terra McKinnis dalam sebuah penelitian yang terpisah.

"Hal ini dibandingkan dengan mereka yang memiliki kesenjangan usia yang lebih kecil," tambahnya dikutip dari Fatherly.

Entah apakah faktor tersebut juga mempengaruhi pernikahan Gading Marten dan Gisella Anastasia. Kami berharap keduanya mampu menyelesaikan permasalahan dengan baik. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua PP Muhammadiyah: Amien Rais Sudah Tua, Biasa Bicara Soal Jewer

Posted: 20 Nov 2018 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas menilai, pernyataan Amien Rais adalah hal yang biasa saja. Menurutnya, hal itu merupakan bagian dari demokrasi.

"Ini kan negara demokrasi. Sah-sah saja," ucap Anwar kepada Liputan6.com, Rabu (21/11/2018).

Dia menuturkan, apa yang disampaikan Amien tersebut tidak masalah. Meskipun konteksnya adalah ingin menjewer telinga Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir.

"Ini biasa saja. Kan Pak Amien itu orang tua. Kalau orang yang sudah tua biasa saja bicara seperti itu. Saya jewer itu, biasa saja. Enggak ada masalah, coba tanya Pak Haedar pasti enggak masalah itu," tukasnya.

Menurut Anwar, secara organisasi jelas Muhammadiyah harus bersikap netral. Namun, secara pribadi keanggotaan tidak boleh tidak bersikap. 

"Sementara Pak Amien bicara dalam ranah pribadi dari anggota Muhammadiyah," ucap Anwar.

Karena itu, kata dia, tidak ada yang salah dalam ucapan Amien Rais. Karena memang itu omongan sesepuh.

"Memang beliau adalah sesepuh kami. Jadi kalau beliau berkata demikian, maka umumnya warga Muhammadiyah tidak akan ada yang merasa tersinggung, termasuk saya yakin Pak Haedar sendiri," jelas Anwar.

 

 

Ucapan Amien Rais

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mendatangi Gedung KPK, Jakarta, Senin (29/10). Maksud kedatangan Amien untuk mempertanyakan sejumlah kasus korupsi yang diduga lamban dalam penanganannya. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

 

 

Sebelumnya, Penasihat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Amien Rais menegaskan akan menjewer Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir jika organisasinya tidak bersikap pada Pemilihan Presiden 2019.

"Di tahun politik, tidak boleh seorang Haedar Nasir memilih menyerahkan ke kader untuk menentukan sikapnya di pilres. Kalau sampai seperti itu, akan saya jewer," ujar Amien Rais di sela Tabligh Akbar dan Resepsi Milad ke-106 Masehi Muhammadiyah di Islamic Center Surabaya, Selasa.

Menurut dia, bukan merupakan fatwa jika pimpinan menyerahkan sendiri-sendiri ke kader kepada siapa suaranya akan diberikan, sehingga dibutuhkan ketegasan demi terwujudnya pemimpin yang sesuai harapan.

PP Muhammadiyah, kata dia, tidak boleh diam saja atau tidak jelas sikapnya untuk menentukan pemimpin bangsa ini pada periode 2019-2024.

"Sekali lagi, kalau sampai itu dilakukan, maka akan saya jewer. Pemilihan presiden ini menentukan satu kursi dan jangan sampai bilang terserah," kata Ketua MPR periode 1999-2004 itu.

Mantan Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional itu juga meminta Muhammadiyah menentukan sikap secara organisasi, selanjutnya disampaikan kepada umat sehingga pada 17 April 2019 sudah tidak terjadi perdebatan memilih.

"Pilih pemimpin yang beriman, diyakini dan tidak diragukan keislamannya. Tanpa harus saya sebut nama, pasti Muhammadiyah sudah tahu," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Antisipasi Bertambahnya TPS Usai Verifikasi Faktual

Posted: 20 Nov 2018 09:26 PM PST

Liputan6.com, Riau - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau mengantisipasi penambahan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) usai verifikasi faktual atau vertual dengan menambah personil dan logistik.

"Kami sudah antisipasi penambahan TPS di Riau sesuai UU no.7 tahun 2017 tentang Pemilu," ujar Komisioner KPU Riau Divisi Logistik Keuangan dan Umum Sri Rukmini, seperti dikutip dari Antara, Rabu (21/11/2018).

Dia menjelaskan, dengan vertual beberapa waktu lalu, ada penambahan sekitar 150 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Riau.

Menurutnya, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Riau untuk Pemilu 2019 bertambah 150 ribu pemilih, sehingga totalnya menjadi 3.863.835 jiwa.

Hal itu, kata Sri, berakibat pada naiknya jumlah TPS dari 12 ribuan menjadi 17.632 TPS yang tersebar pada 166 kecamatan dan 1.859 desa di seluruh wilayah Riau.

Jadi, lanjut dia, jumlah TPS pada Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 bertambah menjadi 17.632.

"Kita juga nantinya mengatur pengiriman logistik ke TPS ini, terutama yang ada di daerah sulit seperti kepulauan. Misalkan salah satu syaratnya logistik yang dikirimkan ke TPS daerah sulit itu adalah anti air, atau ada pelindungnya," tegas Sri Rukmini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Timbulkan Kerawanan

Warga menunjukan kertas surat suara di TPS Utan Panjang, Jakarta, Minggu (19/2). Sebelumnya, ketua Bawaslu DKI Mimah Susanti memaparkan temuan adanya lima orang yang melanggar dalam pencoblosan, Rabu (15/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu Komisinoer Bawaslu Riau Neil Antariksa juga mengingatkan adanya penambahan DPT dan TPS tersebut mengundang potensi kerawanan.

Karena itu, pihaknya mengingatkan KPU Riau agar siap dengan segala hal ke depan agar tidak terjadi kekacauan.

Ia juga mengimbau KPU harus cepat menyesuaikan sistem kerja dan personel dengan penambahan jumlah pemilih serta TPS tersebut.

"Bagaimana supaya penambahan ini tidak menimbulkan efek kerawanan dalam Pemilu," kata Neil.

Sebelumnya, KPU Provinsi Riau telah mengumumkan jumlah DPT Pemilu 2019 di Riau sebanyak 3.863.830 pemilih. DPT tersebut sudah valid setelah diplenokan dan dilakukan verifikasi lewat Gerakan Melayani Hak Pilih (GMHP).

Data KPU mencatat DPT mengalami pertambahan dari semula sebesar 151.122 pemilih atau meningkat sebesar 4,07 persen dari DPT hasil perbaikan pertama.

Dari 3.863.830 pemilih terdapat pemilih laki laki 1.963.115 dan pemilih perempuan 1.900.715. Sementara untuk sebarannya ada pada 166 Kecamatan atau 1.858 Desa/Kelurahan se -Provinsi Riau.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PAN Kantongi Pengganti Taufik Kurniawan, Ketua DPR Belum Terima Surat

Posted: 20 Nov 2018 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo menyatakan belum menerima nama pengganti Taufik Kurniawan di posisi Wakil Ketua DPR. Taufik tidak bisa menjalankan tugas karena ditahan KPK sebagai tersangka dugaan suap Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Sampai hari ini saya belum menerima, atau kami pimpinan belum menerima secarik surat pun dari Fraksi PAN," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menegaskan pimpinan DPR hanya akan menunggu surat yang masuk dari Fraksi PAN. Sebab, Taufik adalah anggota dari fraksi partai besutan Zulkifli Hasan itu.

"Posisi kami adalah posisi yang menunggu karena sepenuhnya adalah kewenangan dari fraksi PAN," ungkapnya.

Bamsoet juga enggan berkomentar terkait dampak belum dilantiknya pengganti Taufik. Dia hanya menyerahkan sepenuhnya pada Fraksi PAN.

"(Menganggu kinerja DPR?) Tanyanya lebih tepat ke Fraksi PAN," ucapnya.

 

PAN Tetapkan 1 Nama

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Amanat Nasional Yandri Susanto mengatakan partainya telah menetapkan satu nama pengganti Taufik Kurniawan sebagai wakil ketua DPR. Penggantian itu menyusul ditetapkan Taufik sebagai tersangka dan ditahan dalam kasus dugaan tindak pidanakorupsi terkait DAK untuk Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Namun Yandri enggan menyebutkan sosok pengganti Taufik. Dia tak ingin mendahului Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Posisi Taufik Kurniawan untuk penggantinya sudah ada satu nama. Jadi di internal kami sudah mufakat untuk pengganti Taufik tinggal dikirim ke pimpinan DPR," kata Yandri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/11/2018).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Polisi Lamongan Diserang 2 Orang Tak Dikenal saat Bertugas

Posted: 20 Nov 2018 09:21 PM PST

Patroli Indosiar, Lamongan - Seorang anggota polisi di Lamongan, Jawa Timur, menjadi korban penyerangan oleh dua orang saat bertugas di pos lalu lintas. Korban yang terluka di bagian mata harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (21/10/2018), peristiwa bermula saat pelaku melempar batu di pos lantas yang ada di wilayah wisata bahari Lamongan. Pelaku yang kabur kemudian dikejar polisi.

Saat pengejaran polisi malah diserang dengan ketapel hingga mata kanan korban terluka. Korban tetap mengejar pelaku hingga kedua motor bertabrakan dan terjatuh.

Kemudian korban dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya, sementara pelaku diamankan polisi. Usai kejadian, jajaran Polres Lamongan, Jawa Timur, memperketat penjagaan. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Film Robin Hood Versi 2018 Bikin Kritikus Tak Tahan

Posted: 20 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Film adaptasi terbaru tentang si pencuri budiman Robin Hood baru saja dirilis di Indonesia pada November 2018 ini. Dibintangi aktor populer seperti Taron Egerton dan Jamie Foxx, mungkin banyak yang penasaran dengan film garapan Otto Bathurst ini.

Dalam film ini, Robin of Loxley (Taron Egerton), adalah seorang tentara Perang Salib yang hendak memberontak atas Kerajaan Inggris yang lalim. Ia, dibantu oleh komandannya, Little John (Jamie Foxx).

Meski menjanjikan petualangan dan adegan laga yang padat di dalamnya, ternyata Robin Hood versi 2018 ini malah mengecewakan kritikus film.

Saat berita ini ditulis pada Rabu (21/11/2018), Robin Hood versi baru ini mencatat skor 14 persen di Rotten Tomatoes dan 34 di Metacritic.

Skenario yang Parah

Robin Hood 2018 (Lionsgate)

Banyak kritikus yang menganggap bahwa Robin Hood versi 2018 ini membosankan karena terlalu banyak hal klise dan stereotip di dalamnya. Bahkan tak sedikit yang mengaku tak tahan saat menontonnya.

"Penuh dengan stereotip, skenario yang parah, dan sinematografi ala film 300 yang tidak pas, membuat tak ada yang sebenarnya menginginkan film ini, dan orang-orang tak harus terpaksa (menontonnya)," tulis Yolanda Machado dari The Wrap.

Ada pula yang merasa karakter-karakter dalam film ini tidak dikembangkan secara baik. Todd Mc Carthy dari The Hollywood Reporter misalnya, merasa aktor yang memerankan karakter-karakter utama dalam film ini pun tak melakukan performa maksimal. Perkecualiannya adalah Taron Egerton.

Aspek Visual

Robin Hood 2018 (Lionsgate)

Sejumlah kritikus lain, menyayangkan film ini hanya menekankan aspek visual.

"Film kembung, tak istimewa yang terlalu banyak CGI-nya ini, tak terasa seperti mengambil dari yang kaya dan memberikannya pada si miskin. Maksudnya seperti mencuri dari Guy Ritchie, Batman, Two Face, tapi tak memberikan apa pun kepada penonton," tutur Peter Bradshaw dari The Guardian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI: Rupiah Menguat karena Investor Percaya kepada RI

Posted: 20 Nov 2018 09:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Rabu ini. Namun Bank Indonesia (BI) yakin pelemahan ini tidak akan lama dan rupiah bakal kembali perkasa. 

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo menilai, nilai tukar rupiah masih terbilang baik dan positif. Menurutnya, hal itu bisa dilihat dari lancarnya indikator aliran modal asing masuk ke RI, yang menandakan adanya kepercayaan pasar global terhadap Indonesia.

"Dari tanggal 1 sampai 12 November, itu kurang lebih ekuivalen Rp 25 triliun dana asing masuk. Itu masuk melalui SBN (Surat Berharga Negara) maupun saham," ujar dia dalam sebuah acara di Graha Niaga, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

"Jadi artinya ini berbalik dari Oktober dan bulan-bulan sebelumnya yang kita di posisi outflow. Jadi ada confidence yang mulai terbentuk," Dody menambahkan.

Ada banyak faktor yang membentuk penguatan rupiah ini. Salah satunya, apresiasi year to date yang menjadi 8 persen dibanding sebelumnya 11 persen.

Selain itu, rupiah tidak sendirian sebagai mata uang yang mengalami penguatan. Sebab, lanjutnya, beberapa negara lain yang mata uangnya melemah lebih parah seperti Turki dan Argentina kini mulai mengalami perbaikan.

Meskipun begitu, Dody menekankan, Bank Indonesia tetap harus waspada terkait pelemahan kurs mata uang Garuda. Dan untuk ke depannya, pihaknya pun tetap membiarkan mekanisme pasar bekerja.

"Tidak ada perubahan sama sekali dengan sebelumnya. pada saat melemah dan menguat. Kita lihat fundamental level seperti apa, dan tetap mekanisme pasar yang dikedepankan. Kita tetap menjaga stabilitas," tutur dia.

Rupiah Hari Ini

Petugas menata tumpukan uang kertas di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Kamis (6/7). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan hari ini masih tumbang di kisaran level Rp13.380/USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Rabu pekan ini. Rupiah diproyeksikan akan bergerak menuju kisaran antara 14.590 per dolar AS hingga 14.610 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Rabu (21/11/2018), rupiah dibuka di angka 14.635 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.587 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.585 per dolar AS hingga 14.645 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah telah melemah 7,77 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.618 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan Senin kemarin yang ada di angka 14.586 per dolar AS. 

Ekonom Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih mengatakan, mata uang kuat Asia seperti dolar Hong Kong dan dolar Singapura yang bergerak melemah terhadap dolar AS menjadi sentimen negatif bagi pergerakan rupiah.

"Rupiah diproyeksikan akan bergerak menuju kisaran antara 14.590 per dolar AS hingga 14.610 per dolar AS dengan tetap dalam penjagaan Bank Indonesia," katanya.

Saat ini, ia menambahkan, pelaku pasar uang di dalam negeri sedang mencermati paket kebijakan ekonomi jilid XVI dan revisi daftar negatif investasi (DNI).

"Efektivitas paket kebijakan itu mendapat tantangan ketika peringkat Kemudahan Berusaha (Ease of Doing Business –EODB) dari survey Bank Dunia untuk tahun 2019 mencatat penurunan peringkat dari 72 menjadi 73," katanya.

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada menambahkan, pelemahan rupiah relatif terbatas seiring penilaian pelaku pasar terhadap ekonomi Amerika Serikat kemungkinan belum akan bertumbuh signifikan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harga Samsung Galaxy A9

Posted: 20 Nov 2018 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah diperkenalkan di Malaysia bulan lalu, Samsung akhirnya memboyong Galaxy A9 ke Indonesia. Perangkat ini tampil spesial karena menjadi smartphone pertama yang dibekali empat kamera utama.

Sama seperti smartphone lain, masing-masing lensa tersebut memiliki kemampuan yang spesifik. Samsung juga membenamkan fitur Scene Optimizer dan Flaw Detection di Galaxy A9.

Ada lensa ultra wide dengan resolusi 8MP, bukaan f/2.4 dalam sudut 120 derajat, lalu lensa telephoto beresolusi 10MP, bukaan f/2.4 dengan Optical Zoom 2x.

Kemudian, ada juga lensa utama 24MP dengan bukaan f/1.7, dan lensa Depth Camera dengan resolusi 5MP, bukaan f/2.2 dengan Live Focus. Sementara, kamera selfie-nya beresolusi 24MP.

Menurut IT & Mobile Business VP Samsung Electronics Indonesia, Bernard Ang, Galaxy A9 hadir untuk memenuhi kebutuhan generasi muda. Hal itu dapat dilihat dari desain yang menarik dan kelengkapan fitur mumpuni, salah satunya dari sisi kamera.

"Pasar smartphone kelas mid-high terus bertumbuh cepat. Karenanya, kali ini kami pun memperkenalkan model baru dalam keluarga Galaxy A, yakni Galaxy A9 yang dibekali dengan empat kamera dan beragam fitur premium," tuturnya saat peluncuran Galaxy A9 di Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Di pasar Indonesia, Samsung membanderol Galaxy A9 dengan harga Rp 7.999.000.

Selama event consumer launch yang digelar di Kota Kasablanka pada 22 hingga 25 November 2018 dan 29 November hingga 2 Desember 2018 di Central Park Jakarta dan Pakuwon Mall Surabaya, Samsung juga menawarkan promo menarik, mulai dari cashback, potongan harga, hingga Harman Kardon Onyx Mini untuk pembeli terpilih.

Pada acara itu, Samsung menawarkan berbagai macam promo menarik, mulai dari cashback, potongan harga, hingga Harman Kardon Onyx Mini.

"Untuk kali pertama, Samsung juga mengadakan program trade in 5 to 1. Jadi, konsumen dapat menukarkan lima unit smartphone apa saja dengan satu unit Galaxy A9," tutur Head of IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia Denny Galant.

Spesifikasi Galaxy A9

Samsung Galaxy A9 resmi meluncur di Indonesia. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Lebih lanjut, smartphone ini didukung chipset Snapdragon 660 yang dipadukan dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB. Tersedia pula slot microSD sudah mendukung kapasitas hingga 512GB.

Galaxy A9 sendiri memiliki layar Super AMOLED berukuran 6,3 inci. Ada tiga pilihan warna yang tersedia, yakni lemonade blue, caviar black, dan bubblegum pink.

Perangkat ini diperkuat baterai 3.800mAh dengan USB type C, yang dilengkapi teknologi pengisian daya cepat Quick Charge 2.0. Samsung juga menyertakan asisten virtual Bixby ditambah fitur face unlock dan fingerprint sensor untuk membuka perangkat.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKS Minta BIN Tak Ungkap Data Mentah soal Masjid Radikal

Posted: 20 Nov 2018 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Intelijen Negara (BIN) mengungkap adanya 50 penceramah dan 41 masjid yang berada di lingkungan pemerintahan terpapar radikalisme. Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mustafa Kamal menilai, data yang diungkap BIN itu bisa menimbulkan rasa saling curiga di masyarakat.

Menurut dia, seharusnya pemerintah bisa memilah-milah data yang akan disampaikan ke masyarakat. Data yang disampaikan pun harus lengkap dengan solusinya.

"Bukan menjadi informasi mentah yang dilempar ke publik lalu menjadi kontroversi itu yang kemudian membuat suasana justru menjadi tidak stabil, kita bisa saling curiga, saling tuding-menuding," kata Mustafa di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Kebijakan yang dibuat, sambung dia, juga harus bisa menyejukan masyarakat. Sebab saat ini Indonesia memasuki tahun politik.

Karena itu, Mustafa berharap pemerintah bisa lebih kompak dalam menghadapi masalah. Serta bisa membuat kebijakan yanh tepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

Ceramah Radikal

Badan Intelijen Negara (BIN) menjelaskan temuan 41 masjid di lingkungan Kementerian dan BUMN terpapar paham radikalisme. Juru Bicara BIN Wawan Hari Purwanto meluruskan, bukan masjid yang radikal melainkan penceramah.

BIN menggolongkan ceramah radikal bermuatan intoleransi, ujaran kebencian, mengkafir-kafirkan, dan melawan ideologi Pancasila. Hasil temuan BIN, dari 41 masjid yang terpapar, sekurangnya ada 50 orang penceramah radikal.

"Penceramah kontennya kita tidak ingin ada intoleransi lah, kemudian ujaran kebencian ujaran takfiri mengkafirkan orang lain dan juga membawa semangat radikal dan juga terkait dgn masalah ideologi Pancasila," jelas Wawan di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa 20 November.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Satgas Pangan PMJ dan Bulog Tinjau Harga Beras di Pasar Tomang Barat

Posted: 20 Nov 2018 09:16 PM PST

Tim Satgas Pangan Polda Metro Jaya dan Perum Bulog mengecek kualitas beras saat melakukan peninjauan di Pasar Tomang Barat, Jakarta, Rabu (21/11). Kegiatan tersebut untuk memantau stabilitas harga beras medium di pasaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tim Satgas Pangan Polda Metro Jaya dan Perum Bulog mengecek kualitas beras saat melakukan peninjauan di Pasar Tomang Barat, Jakarta, Rabu (21/11). Kegiatan tersebut untuk memantau stabilitas harga beras medium di pasaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tim Satgas Pangan Polda Metro Jaya dan Perum Bulog berbincang dengan pedagang saat meninjau harga beras di Pasar Tomang Barat, Jakarta, Rabu (21/11). Kegiatan tersebut untuk memantau stabilitas harga beras medium di pasaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tim Satgas Pangan Polda Metro Jaya dan Perum Bulog berbincang dengan pedagang saat meninjau harga beras di Pasar Tomang Barat, Jakarta, Rabu (21/11). Kegiatan tersebut untuk memantau stabilitas harga beras medium di pasaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tim Satgas Pangan Polda Metro Jaya dan Perum Bulog berbincang dengan pedagang saat meninjau harga beras di Pasar Tomang Barat, Jakarta, Rabu (21/11). Kegiatan tersebut untuk memantau stabilitas harga beras medium di pasaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tim Satgas Pangan Polda Metro Jaya dan Perum Bulog berbincang dengan pedagang saat meninjau harga beras di Pasar Tomang Barat, Jakarta, Rabu (21/11). Kegiatan tersebut untuk memantau stabilitas harga beras medium di pasaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tim Satgas Pangan Polda Metro Jaya dan Perum Bulog berbincang dengan pedagang saat meninjau harga beras di Pasar Tomang Barat, Jakarta, Rabu (21/11). Kegiatan tersebut untuk memantau stabilitas harga beras medium di pasaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tim Satgas Pangan Polda Metro Jaya dan Perum Bulog berbincang dengan pedagang saat meninjau harga beras di Pasar Tomang Barat, Jakarta, Rabu (21/11). Kegiatan tersebut untuk memantau stabilitas harga beras medium di pasaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tim Satgas Pangan Polda Metro Jaya dan Perum Bulog mengecek kualitas beras saat melakukan peninjauan di Pasar Tomang Barat, Jakarta, Rabu (21/11). Kegiatan tersebut untuk memantau stabilitas harga beras medium di pasaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tim Satgas Pangan Polda Metro Jaya dan Perum Bulog mengecek kualitas beras saat melakukan peninjauan di Pasar Tomang Barat, Jakarta, Rabu (21/11). Kegiatan tersebut untuk memantau stabilitas harga beras medium di pasaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tim Satgas Pangan Polda Metro Jaya bersama Perum Bulog meninjau harga beras di Pasar Tomang Barat, Jakarta, Rabu (21/11). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memantau stabilitas harga beras medium yang dijual di pasaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tim Satgas Pangan Polda Metro Jaya bersama Perum Bulog meninjau harga beras di Pasar Tomang Barat, Jakarta, Rabu (21/11). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memantau stabilitas harga beras medium yang dijual di pasaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Piala AFF 2018, Bisakah Timnas Indonesia Lolos dari Lubang Jarum?

Posted: 20 Nov 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia harus berpikir dua kali untuk kembali bicara soal mengakhiri kutukan di Piala AFF 2018. Pasalnya, untuk sekadar lolos ke semifinal saja, anak asuh Bima Sakti itu butuh keajaiban besar.

Situasi sulit itu harus dihadapi Timnas Indonesia usai kalah dari Thailand pada laga lanjutan Grup B Piala AFF 2018 di Rajamangala National Stadium, Sabtu (17/11/2018). Kekalahan itu menempatkan Indonesia di urutan keempat setelah memainkan tiga laga.

Ada tiga tim yang duduk di atas posisi Timnas Indonesia. Mereka adalah Thailand, Filipina, dan Singapura. Mengingat tim Merah Putih hanya menyisakan satu laga di Grup B, mereka sangat bergantung pada hasil tim lain untuk lolos ke semifinal.

Setidaknya, Timnas Indonesia harus berdoa agar Filipina dan Singapura menelan kekalahan besar saat bertemu Thailand. Dua tim ini yang kemungkinan besar jadi pesaing Indonesia dalam perebutan posisi kedua klasemen Grup B.

Lalu, Timnas Indonesia juga wajib memaksimalkan laga pamungkas Grup B melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (25/11/2018). Jika skenario ini berjalan, penentuan kelolosan akan dihitung berdasarkan jumlah selisih gol.

 

Klasemen Piala AFF 2018

Grup A

1. Myanmar: 3 / 2 / 1 / 0 / 7 / 2 / +5 / 7

2. Vietnam: 3 / 2 / 1 / 0 / 5 / 0 / +5 / 7

3. Malaysia: 3 / 2 / 0 / 1 / 4 / 3 / +1 / 6

4. Kamboja: 3 / 1 / 0 / 2 / 4 / 6 / -2 / 3

5. Laos: 4 / 0 / 0 / 4 / 3 / 12 / -9 / 0

Grup B

1. Thailand: 2 / 2 / 0 / 0 / 11 / 2 / +9 / 6

2. Filipina: 2 / 2 / 0 / 0 / 4 / 2 / +2 / 6

3. Singapura: 2 / 1 / 0 / 1 / 1 / 1 / 0 / 3

4. Indonesia: 3 / 1 / 0 / 2 / 5 / 6 / -1 / 3

5. Timor Leste: 3 / 0 / 0 / 3 / 3 / 13 / -10 / 0

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

First Media Sementara Waktu Tak Menerima Isi Ulang dari Pelanggan

Posted: 20 Nov 2018 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah menunda pencabutan izin frekuensi PT First Media Tbk (KBLV) dan PT Internux (penyelenggara layanan Bolt).

Terkait hal tersebut, PT First Media Tbk mengapresiasi kerjasama dan dukungan dari Kemkominfo sehingga dapat terus menjadi bagian dalam pembangunan ekosistem telekomunikasi di Tanah Air.

"Perseroan mengapresiasi kerjasama dan dukungan dari Kemkominfo selama ini, sehingga perseroan dapat mengambil bagian dalam pembangunan ekosistem telekomunikasi di Indonesia," tulis PT First Media Tbk dalam keterangannya, Rabu (21/11/2018).

Perusahaan mengklaim akan tetap memberikan layanan yang terbaik sambil menunggu dan berharap adanya penyelesaian.

Sehubungan dengan hal ini, PT First Media Tbk memutuskan untuk sementara tidak menerima pembelian baru dari pelanggan, baik isi ulang (top up) maupun paket berlangganan, sampai perusahaan mendapatkan arahan dan persetujuan dari Kemkominfo.

Perusahaan menambahkan, pihaknya telah sepenuhnya mengusahakan dan mewujudkan komitmen dalam pembangunan jaringan Broadband Wireless Access (BWA) dan penyediaan layanan sebagaimana tercantum dalam setiap Laporan Kinerja Operasi (LKO) dan evaluasi lima tahunan.

Untuk diketahui, pada Jumat (16/11/2018), PT First Media Tbk telah mengajukan proposal penyelesaian kepada Kemkominfo dengan harapan mencapai solusi dan kesepakatan.

"Terkait pemberitaan dan perkembangan beberapa hari terakhir ini, perseroan berterima kasih kepada Kemkominfo atas kesempatan yang diberikan untuk terus berkoordinasi demi mencari penyelesaian yang terbaik," tutup PT First Media Tbk.

 

Menunggu Restu Kemenkeu

Konferensi pers soal hoaks pasca-gempa bumi di Sulteng. Liputan6.com/Andina Librianty

PT First Media Tbk (KBLV) dan PT Internux (penyelenggara layanan Bolt) sebelumnya mengajukan proposal perdamaian, langsung ke Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Menurut Plt Kepala Humas Kemkominfo, Ferdinandus Setu, dalam proposal perdamaian itu beritikad baik untuk membayar Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi 2,3GHz yang masih terhutang.

Karenanya, saat ini Dirjen SDPPI Kemkominfo sedang berada di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk bertemu dengan Dirjen Kekayaan Negara.

Dalam pertemuan tersebut akan dibahas mengenai cara teknik pembayaran terkait dengan 'proposal perdamaian' yang diajukan oleh PT First Media Tbk dan PT Internux perusahaan tersebut.

"Kami akan berdiskusi dengan Kemenkeu untuk mendapat yang terbaik. Kami hargai proposal perdamaian yang diajukan mereka," tuturnya saat ditemui di gedung Kemkominfo, Senin (19/11/2018).

Di samping itu, rencana Surat Keputusan (SK) pencabutan izin frekuensi untuk dua perusahaan juga belum dikeluarkan. Alasannya, penerbitan SK tersebut tergantung dari restu Kemenkeu.

"SK itu harus disetujui oleh beberapa pejabat termasuk dari Kemenkeu. SK-nya sekalian dibawa ke Kemenkeu juga. Jadi tergantung di sana tutur Ferdinandus.

Sekadar informasi, BHP yang harus dibayarkan dua perusahaan di bawah naungan Lippo Group tersebut sebesar Rp 700 miliar.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Ikut Kontes, Motor Juara HMC Ini Laku Terjual Rp 120 Juta

Posted: 20 Nov 2018 09:12 PM PST

Liputan6.com, Pangandaran Honda Modification Contest 2018 menyisakan cerita menarik. Motor juara kelas FFA asal Surabaya sudah berpindah kepemilikan sebelum ikut HMC di Pangandaran (17/11/18).

Awalnya, motor yang bahan dasarnya berasal dari Honda CB 150 R ini dimiliki oleh sang builder, Hasan Law. "Tapi ternyata ada warga negara Australia yang tertarik ketika meliha motor ini sebelum HMC berlangsung," ujar Hasan kepada Liputan6.com.

Bule Australia itu tertarik dengan konsep streamline dan desain keseluruhan dengan grafis retro emas yang menawan.

"Saya terinspirasi dari motor streamline yang suka berlaga memecahkan rekor kecepatan di padang garam Amerika," ungkap Hasan.

Tanpa segan, sang bule menanyakan harga motor tersebut. "Saya iseng buka harga Rp 150 juta," tambah pemilik bengkel Law Custom ini.  "Eh dia tawar Rp 110 juta, berarti serius," kisah Hasan di sela acara puncak Honda Bikers Day 2018.

Akhirnya sepakat di angka Rp 120 juta. "Tapi sebelum dikirim, saya minta izin untuk ikut pameran sesuai jadwal semula," tambah Hasan.

 

Tak Boleh Ikut Kontes 2019

Honda Supra Sundel Bolong (Foto:Istimewa)

Setelah menjalani penjurian, motor Hasan dinobatkan sebagai juara Nasional kelas FFA. Lawan-lawannya merupakan juara dari 13 seri Honda Modification Contest 2018. Kemenangan ini berarti mengulang kesuksesan Hasan tahun lalu.

Pada 2017, Hasan menyulap Honda Supra X 2004 menjadi mini chopper. Karena kemenangan itu, bengkel Law Custom miliknya dipercaya untuk mengerjakan Honda Dream Ride seperti yang akan dilakukannya nanti selepas kemenangan di 2018.

"Tapi saya sudah tidak bisa lagi ikut HMC tahun 2019. Itu regulasinya," jelas Hasan.

 

Spesifikasi

Pemenang Honda Modificatioan Contest kelas FFA adalah Hasan Law dari Surabaya. (Angga/Otorider)

Kelas : Free For All

Modifikor : Hasan Law

Domisili : Surabaya

Motor : Honda CB 150 R / 2013

Konsep Modifikasi : Chopper/Stream Line

Lama Pengerjaan / Biaya : 3 bulan / Rp 50 juta

Bodi : Custom pelat 1,2 mm

Painting : Yoes

Mesin/Kelistrikan : Standar / DC

Rangka/Sasis : Kustom

Suspensi depan : Modifikasi

Suspensi belakang : Aftermarket

Lengan ayun / arm : Modifikasi

Roda / pelek depan : R21 x 160 / Aftermarket

Roda / pelek belakang : R14 x450 / Modifikasi

Rem : Aftermarket

Knalpot : Modifikasi

Lampu depan : Modifikasi

Lampu belakang : Modifikasi

Lampu sein : Aftermarket

Aksesoris lain : Kustom

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tekuk Persela, Anies Baswedan Yakin Persija Juara Liga 1

Posted: 20 Nov 2018 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan keyakinannya soal kemungkinan Persija menjadi juara Liga 1 musim ini. Ini menyusul permainan apik yang diperlihatkan "Macan Kemayoran" saat menghempaskan Persela di lanjutan Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak 2018.

Kemenangan itu bernilai penting bagi Persija. Macan Kemayoran membuka peluang untuk meraih gelar juara kompetisi di Indonesia yang terakhir kali direngkuh pada 2001 lalu.

Saat ini, Persija Jakarta berada di peringkat kedua dengan mengemas 53 poin dari 31 partai. Macan Kemayoran hanya terpaut satu angka dari pemuncak klasemen sementara, PSM Makassar.

Teraktual, Anies turut menjadi saksi kemenangan telak 3-0 Persija atas Persela Lamongan pada pekan ke-26 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (20/11). Gubernur berusia 49 tahun itu berharap penampilan Macan Kemayoran terus konsisten hingga akhir musim.

"Ini menjadi semangat buat kita semua. Kemudian saya berharap nanti Persija bisa menjaga kualitas permainan seperti ini," ujar Anies di SUGBK, Selasa (20/11).

"Dengan kualitas seperti ini insya Allah Persija bisa juara Liga 1 di musim ini," katanya menambahkan.

 

 

Puji Jakmania

Anies turut pula melemparkan pujian untuk suporter Persija, The Jakmania. Dia menilai The Jakmania telah santun dalam berperilaku.

"Kondusif sekali. Bahkan saya terima laporan-laporan tadi bahwa The Jakmania menyeberang jalan dengan rapi, dengan tertib, turun naik bus Transjakarta rapi dan tertib. Itu saya baca laporan-laporannya. Keren nih The Jakmania, Persija juga keren," imbuh Anis.

Sumber: Bola.net

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timses Jokowi: Intervensi Muhammadiyah, Amien Rais Otoriter

Posted: 20 Nov 2018 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, mempertanyakan kenegarawan politikus senior PAN Amien Rais. Hal itu menyusul pernyataan Amien yang dinilai memaksa Muhammadiyah untuk mengambil sikap politik organisasi dalam Pilpres 2019.

Menurut politikus PKB itu, Muhammadiyah punya mekanisme internal. Seharusnya Amien tidak bisa mengintervensi.

"Oleh karena itu, langkah yang dilakukan Pak Amien saya kira merugikan Pak Amien sebagai tokoh seakan-akan memaksakan kehendak, memiliki sikap yang otoriter," ucap Karding kepada wartawan, Rabu (21/11/2018).

Dia pun menyebut Amien Rais seolah merendahkan Ketum Muhammadiyah Haedar Nashir. Amien menyatakan akan menjewer Haedar bila menyerahkan pilihan kepada setiap pribadi warga Muhammadiyah di Pilpres 2019.

Karding menilai seharusnya Haedar adalah tokoh yang harus dihormati.

"Itu sesuatu yang satu menganggap bahwa Pak Haedar itu seperti anak buahnya, seperti anak kecil. Padahal, Beliau adalah tokoh yang saya kira harus kita jaga marwahnya, yang harus kita jaga kehormatan dan reputasinya," ucapnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Realisasi PNBP Sektor Minerba Capai Rp 41,77 Triliun per November

Posted: 20 Nov 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) mencatat Penerimaan Negara Negara Bukan Pajak (PNBP) subsektor mineral dan batu bara (minerba) per 16 November 2018 mencapai Rp 41,77 triliun.

Angka ini melampaui target dari yang ditetapkan sebesar Rp 32,1 triliun. Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono memaparkan, komposisi penerimaan minerba 2018 tersebut berasal dari royalti, penjualan hasil tambang serta iuran tetap.

Besarannya untuk royalti mencapai sekitar Rp 24,5 triliun, penjualan hasil tambang sekitar Rp 16 triliun serta iuran tetap sekitar Rp 0,5 triliun. 

"Dengan realisasi tersebut kira-kira sampai akhir tahun, dari minerba diproyeksikan PNBP kurang lebih sebesar Rp 43 triliun," kata Bambang dalam acara sosialisasi Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2018 tentang PNBP di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Bambang menambahkan, dalam beberapa tahun terakhir, komposisi PNBP minerba terus meningkat. Pada 2015, PNBP Minerba sebesar Rp 29,6 triliun, tahun berikutnya sebesar Rp 27,2 triliun, dan pada 2017 mencapai Rp 40,6 triliun.

"Intinya penerimaan negara pasti lebih baik. Pendapatan terbesar di minerba itu batubara. Batu bara selain royalti ada pendapatan hasil tambang besarnya 13,5 persen dari komposisi penerimaan minerba," ujar dia.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Cegah Kecurangan, Kemenkeu Sosialisasikan Aturan Baru PNBP

Petugas melakukan pengepakan lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Bank Indonesia (BI) mempersiapkan Rp 193,9 triliun untuk memenuhi permintaan uang masyarakat jelang periode Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali melakukan sosialisai Undang-Undang (UU) Nomor 9 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Aturan ini lebih tegas mengatur mengenai objek, tata cara pengenaan tarif dan sanksi apabila terdapat kecurangan dalam pembayaran PNBP.

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Hadiyanto, menyampaikan bahwa setelah melalui proses panjang UU Nomor 9 Tahun 2018 akhirnya bisa ditetapkan oleh pemerintah. Aturan ini pun sebagai pengganti UU Nomor 20 Tahun 1997 yang telah berlaku selama 21 tahun.

"Dalam aturan PNBP ini telah banyak mengatur hal baru mulai dari aspek tata kelola, peningkatan kualitas instasnsti pemungut PNBP, kualitas perencanaan, dan kualitas verifikasi," katanya dalam Sosialisasi Undang Undang PNBP, di Kantornya, Rabu (21/11/2018).

Saat ini kontribusi penerimaan PNBP telah menjadi andalan pemerintah dalam meningkatkan kemandirian bangsa. Sebab kontribusi terhadap penerimaan negara dinilai juga cukup besar.

Di tempat yang sama, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengakui dalam penetapan Undang-Undang PNBP yang baru ini memang disiapkan sejak lama. Sebab cakupan dalam sektornya sendiri cukup luas, sehingga memerlukan kajian yang cukup mendalam.

"Maka perlu sekarang ini ada semacam revitalisasi PNBP. Meskipun Undang-Undang sejak Juli, tapi saya yakin banyak yang belum ngerti. Esensinya apa? Kami ingin bisa melihat sesuatu penerimaan negara bukan pajak, kontribusinya sebesar 25,4 persen dari penerimaan negara," katanya.

Mardiasmo menambahkan, dalam PNBP ini dikelompokan menjadi enam klaster. Adapun keenam bagian tersebut antara lain, pemanfaatan sumber daya alam, pelayanan, pengelolaan kekayaan negara dipisahkan, pengelolaan barang milik negara, pengelolaan dana serta hak negara lainnya.

Untuk diketahui, PNBP sendiri adalah pungutan yang dibayar oleh orang pribadi atau badan dengan memperoleh manfaat langsung maupun tidak langsung atas layanan pemanfaatan sumber daya alam (SDA) dan hak yang diperloleh negara.

Berdasarkan peraturan perundang-undangan, yang menjadi penerimaan Pemerintah Pusat di luar penerimaan perpajakan dan hibah dan dikelola dalam mekanisme Aggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bela Saudi soal Kasus Jamal Khashoggi, Donald Trump Dikritik Partai Republik

Posted: 20 Nov 2018 09:01 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Beberapa politisi Partai Republik mengkritik Presiden Amerika Serikat Donald Trump --yang juga anggota partai itu-- atas sikapnya yang tetap mendukung dan membela hubungan AS-Arab Saudi, meski Riyadh mendapat kecaman luas atas kasus pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Sebelumnya, Trump menegaskan bahwa Saudi adalah "mitra yang kuat" bagi AS, karena telah "menginvestasikan sangat banyak uang" di Negeri Paman Sam, ujarnya dalam sebuah pernyataan guna menegaskan kembali kemitraan kedua negara.

Pernyataan Trump datang di tengah maraknya berbagai pemberitaan mengenai laporan dari Badan Intelijen Amerika Serikat (CIA) yang dengan yakin menyebut bahwa pucuk tertinggi monarki Saudi terlibat dalam pembunuhan kolumnis The Washington Post itu.

Uniknya, Trump sendiri telah menyatakan bahwa tak tertutup kemungkinan jika Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, memberikan otorisasi atas pembunuhan Jamal Khashoggi. Namun, hal itu membuatnya bergeming. Tanpa mengindahkan berbagai kritik, Trump bersikukuh bahwa hubungan AS-Saudi tetap berjalan seperti sedia kala, termasuk, kesepakatan pembelian senjata AS oleh Saudi.

Namun, sikap sang presiden menuai kritik. Seperti dikutip dari CNN (21/11/2018), salah satu kritik datang dari Ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS, Senator Bob Corker (Republik, Negara Bagian Tennessee) pada Selasa 20 November 2018.

Lewat twit, Corker mengatakan, "Saya tidak pernah mengira akan melihat hari ketika Gedung Putih akan bekerja sebagai firma hubungan masyarakat untuk Putra Mahkota Arab Saudi."

Anggota Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS, Senator Rand Paul (Republik, Negara Bagian Kentucky), juga menyuarakan kritiknya terhadap Trump.

Ia mengatakan, "Presiden menunjukkan bahwa Arab Saudi tak sejahat Iran sehingga AS tidak akan menghukum Saudi untuk pembunuhan brutal dan mutilasi yang terjadi di konsulat Saudi (di Istanbul)."

Paul juga mengkritik sikap Trump yang menegaskan bahwa transaksi pembelian senjata AS oleh Saudi tetap berlangsung. Padahal, pada saat yang sama, negara-negara Eropa telah menunda transaksi serupa dengan Saudi sebagai bentuk kritik terhadap Riyadh atas kasus pembunuhan Jamal Khashoggi.

"Kita seharusnya tidak memberi imbalan kepada Arab Saudi dengan senjata canggih kita yang pada gilirannya mereka gunakan untuk mengebom warga sipil," lanjut Paul, yang juga mengkritik intervensi Saudi pada perang di Yaman.

"Sikap presiden justru menunjukkan 'Saudi Arabia First' (memprioritaskan Saudi), bukan 'America First' (jargon andalan Trump atas visinya untuk mendahulukan kepentingan AS)," kata Paul.

Paul mengatakan dia akan "terus menekan agar Kongres AS meloloskan undang-undang yang menghentikan penjualan persenjataan Saudi dan perang di Yaman."

Sementara itu, Senator Lindssey Graham (Republik, Negara Bagian Carolina Selatan) mengatakan dalam tweet berantai:

"Satu hal yang saya pelajari pada masa pemerintahan Obama: ketika Anda berpaling dari masalah di Timur Tengah, hal itu tidak akan pernah memecahkan masalah yang dimaksud."

"Obama memilih untuk berpaling dari masalah Iran ... itu justru memperparah situasi dengan Iran semakin menciptakan banyak masalah pada kemudian hari."

"Hal yang sama juga akan berlaku, ketika kita memilih untuk berpaling dari pembunuhan brutal Jamal Khashoggi," kata Graham.

 

 

Simak video pilihan berikut:

Trump Membela Saudi

Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (AP/Alastair Grant)

Isu strategis di Timur Tengah menjadi salah satu poin argumen Donald Trump atas sikapnya yang tetap mempertahankan hubungan AS-Saudi di tengah kasus pembunuhan Jamal Khashoggi.

Ia menegaskan betapa pentingnya AS bermitra dengan Saudi demi menghadapi pengaruh Iran di Timur Tengah. "Dunia adalah tempat yang berbahaya!" ujarnya mereferensi hal tersebut.

Arab Saudi menggelontorkan "miliaran dolar dalam memimpin perang melawan terorisme radikal ... dan membantu melawan Iran yang telah membunuh banyak orang Amerika dan orang tak berdosa lainnya di seluruh Timur Tengah", kata Trump.

Pernyataan itu juga menekankan janji investasi Saudi dan kontrak pembelian senjata. "Jika kita dengan bodoh membatalkan kontrak ini, Rusia dan China akan menjadi penerima manfaat yang sangat besar," tambah Trump.

Meskipun mengakui pembunuhan Jamal Khashoggi "mengerikan", Trump menulis bahwa "kita mungkin tidak pernah tahu semua fakta" tentang kematiannya.

"Amerika Serikat bermaksud untuk tetap menjadi mitra setia Arab Saudi untuk memastikan kepentingan negara kita, Israel dan semua mitra lainnya di kawasan ini."

Saudi telah mengakui bahwa Khashoggi tewas dalam sebuah "operasi yang berjalan keliru" yang dilakukan oleh belasan figur warga negaranya. Namun, Riyadh menolak jika Pangeran Salman terlibat atau mengetahui pelaksanaan operasi itu.

Hal itu berlawanan dengan laporan terbaru CIA, sebagaimana diberitakan oleh The Washington Post akhir pekan lalu. Laporan menyebut bahwa tim pembunuh beranggotakan belasan orang yang menjagal Jamal Khashoggi, bergerak atas perintah Pangeran Salman.

Di sisi lain, Menteri Luar Negeri Arab Saudi membantah laporan CIA dengan menyebutnya sebagai "keliru".

"Kami di kerajaan tahu bahwa tuduhan semacam itu terhadap putra mahkota tak punya kebenaran dan kami menolaknya," kata Jubeir kemarin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia Vs Filipina, Tiket Kategori 3 Paling Diburu

Posted: 20 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia akan menjalani terakhir Grup B Piala AFF 2018 dengan melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (25/11/2018). Dukungan penuh suporter tuan rumah sangat dibutuhkan tim Garuda dalam duel ini. 

Nasib Timnas Indonesia masih berada di ujung tanduk. Butuh lebih dari sekadar kemenangan bagi mereka untuk lolos ke semifinal sebagai wakil Grup B. Dua kekalahan membuat nasib tim Merah Putih akan sangat bergantung pada hasil laga tim lain.

Salah satu laga yang akan menentukan nasib Timnas Indonesia adalah duel Filipina melawan Thailand di Panaad Stadium, Rabu (21/11/2018). Jika pertandingan ini berakhir imbang, habis sudah peluang anak asuh Bima Sakti untuk lolos.

Terlepas dari hal itu, Timnas Indonesia tetap berharap mendapatkan dukungan penuh saat menghadapi Filipina. Pasalnya, jika Thailand mampu menumbangkan Filipina dan Singapura di dua laga terakhir, laga pamungkas akan jadi momen menentukan bagi Indonesia.

Untuk mengantisipasi membludaknya penonton yang ingin memberi dukungan, PSSI sudah mulai menjual tiket melawan Filipina selama sepekan terakhir. Dari situs PSSI, memang sudah mulai terlihat animo masyarakat yang ingin membeli tiket pertandingan.

Kategori tiga jadi tempat yang paling diburu masyarakat. Bahkan, untuk kategori 3 di pintu 73-76 sudah ludes terjual. Untuk kategori lain memang sudah ada banyak pemesanan, tapi belum jelas berapa tiket yang masih tersisa.

Tiket kategori tiga jadi yang termurah. Sedangkan kategori dua dilepas dengan harga Rp 100 ribu, kategori satu Rp 200 ribu, VIP Timur Rp 350 ribu, dan VIP Barat Rp 500 ribu.

 

 

Harga Tiket

Penyisihan Grup

VIP Barat Rp 500.000

VIP Timur Rp 350.000

Kategori 1 Rp 200.000

Kategori 2 Rp 100.000

Kategori 3 Rp 50.000

Semifinal dan Final (Jika Indonesia Lolos)

VIP Barat Rp 750.000

VIP Timur Rp 500.000

Kategori 1 Rp 350.000

Kategori 2 Rp 150.000

Kategori 3 Rp 100.000

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalimat Sakti Ini yang Bikin Anak-Anak Lombok Diam dan Siap Mendengar Dongeng

Posted: 20 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara untuk menghibur anak-anak yang sudah menjadi tradisi di daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat adalah mendongeng. Selain itu, ada pula cara unik lainnya untuk membuat anak-anak setempat diam dan siap untuk mendengarkan.

Menurut Pembina Komunitas Kerajaan Dongeng Indonesia Herman Husdiawan atau akrab disapa Wawan, mendongeng adalah sebuah tradisi yang ada sejak dulu. Aktivitas ini sudah dilakukan semenjak dirinya masih kecil oleh orangtuanya.

"Kata kunci orangtua kami dulu (saat mendongeng) mengucapkan 'Man Juluk Man'", kata Wawan ketika ditemui dalam kegiatan Festival Dongeng Lombok 2018 yang bertemakan "Cerite Sasak Mendunie" beberapa waktu lalu. Ditulis Rabu (21/11/2018).

Setelah mendengar itu, anak-anak akan membalas kata-kata tersebut dengan "Man". "Itu artinya anak-anak sudah siap mendengar cerita," kata Wawan yang pernah menjadi seorang guru tersebut kepada awak media di Museum Negeri NTB, Lombok.

"Ketika mendengar itu, kami diam dan penasaran mendengar cerita," kata Wawan.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Mendongeng tidak harus membacakan buku

Kegiatan mendongeng juga salah satu cara untuk mengedukasi tentang nutrisi.(Foto: Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Wawan mengatakan, kegiatan mendongeng atau berkisah haruslah terus dijaga dan menjadi sebuah budaya. Hal ini untuk memberikan pesan positif pada anak dengan cara yang menyenangkan namun tidak menggurui.

"Kami harapkan orangtua dan guru tahu bahwa mendongeng itu mudah. Ada oh lucu ya pakai bando, oh lucu ya pakai lagu. Itu bisa digunakan juga oleh orangtua," tambahnya.

Wawan mengatakan, dalam mendongeng tidak hanya harus membacakan buku namun ada banyak cara.

"Ada yang pakai gitar, ada yang pakai barang bekas, ada banyak cara."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Kebersamaan Gading Marten, Gisella Anastasia dan Gempi yang Bikin Trenyuh

Posted: 20 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Gading Marten dan Gisella Anastasia atau Gisel selama ini dikenal harmonis. Karena itu, kabar rencana perceraian mereka jadi sangat mengejutkan.  Gisella Anastasia ternyata sudah melayangkan gugatan cerai terhadap Gading Marten ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin 19 November kemarin.

Tentu sangat disayangkan kalau keduanya benar-benar akan berpisah, karena mereka termasuk pasangan yang sangat serasi dan sangat mengutamakan keluarga. Gading dan Gisel juga begitu terlihat sangat menyayangi anak mereka, Gempita Nora Marten atau akrab dipanggil Gempi.

Banyak warganet yang bersimpati pada Gempi. Itu bisa dilihat dari salah satu postingan foto di akun Instagram Gisella Anastasia pada 15 Oktober lalu dengan judul foto: "Pasukan pendamping Gempita".  Foto itu memperlihatkan Gempi dari belakang, sedang digendong Gading dan Gisel duduk di sebelah mereka.

Para warganet sepertinya trenyuh memikirkan situasi yang akan dihadapi Gempi nantinya kalau orangtuanya benar-benar akan bercerai. "Kasihan gempiiii mama isel papa gading," tulis pemilik akun @miagayatri.

Selain sering menunjukkan kemesraan mereka berdua, Gading Marten dan Gisella Anastasia juga kerap memperlihatkan kekompakan mereka bersama Gempi yang banyak mendapat pujian dari warganet maupun penggemar mereka.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bolt Apresiasi Respons Kemkominfo Terkait Tunggakan BHP Frekuensi

Posted: 20 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Internux (penyelenggara layanan Bolt) mengapresiasi langkah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) atas diterimanya proposal perdamaian tunggakan Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi 2,3GHz.

Diterimanya proposal tersebut sekaligus memberikan waktu tambahan bagi PT Internux dan anak usaha Lippo Group lain yang juga terjerat masalah sama, PT First Mesia Tbk (KBLV), untuk melakukan pembayaran.

PT Internux menyatakan akan patuh terhadap kebijakan Kemkokinfo, sembari tetap mengedepankan layanan optimal bagi pelanggan.

Perusahaan mengapresiasi langkah Kemkominfo yang akan ikut bersama-sama mencari langkah penyelesaian terbaik terkait persoalan tunggakan BHP frekuensi. 

PT Internux dan PT First Media pada awalnya harus membayar tunggakan paling lambat pada 17 November 2018. "Kami ucapkan banyak terima kasih atas kerjasama dan dukungan dari Kemenkominfo, sehingga PT Internux dapat mengambil bagian dalam pembangunan ekosistem telekomunikasi di Indonesia hingga saat ini," ujar Presiden Direktur PT Internux, Dicky Moechtar, dalam keterangan resminya, Rabu (21/11/2018).

PT Internux dan PT First Media pada Jumat (16/11/2018) telah mengajukan proposal penyelesaian kepada Kemkominfo dengan harapan mencapai solusi dan kesepakatan.

Terkait pemberitaan dan perkembangan beberapa hari terakhir ini, perusahaan menyambut baik kesempatan yang diberikan Kemkominfo untuk terus berkoordinasi demi mencari penyelesaian terbaik.

"PT Internux akan tetap memberikan layanan terbaik, sambil menunggu dan berharap adanya penyelesaian. Sehubungan dengan hal ini, PT Internux memutuskan untuk sementara tidak menerima pembelian baru dari pelanggan, baik isi ulang (top up) maupun paket berlangganan, sampai perseroan mendapatkan arahan dan persetujuan dari Kemkominfo," ungkap Dicky.

First Media dan Bolt Ingin Damai dengan Kemkominfo

Bolt dan First Media menunggak bayar BHP frekuensi 2.3GHz selama dua tahun berturut-turut dengan nilai Rp 708 miliar (Screenshot laporan Kemkominfo)

Kemkominfo telah mendapatkan proposal perdamaian dari PT First Media Tbk (KBLV) dan PT Internux Jumat pekan lalu. Proposal perdamaian itu ditujukan langsung kepada Menkominfo, Rudiantara.

Menurut Plt Kepala Humas Kemkominfo, Ferdinandus Setu, dalam proposal perdamaian itu, kedua perusahaan yang masih bernaung di Lippo Group tersebut beritikad baik untuk membayar Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi 2,3 GHz yang masih terhutang.

"Mereka sudah berjanji. Untuk tunggakan tahun 2016 dan 2017, bersedia membayar," jelas pria yang akrab disapa Nando.

Sebagai penyelenggara BWA di frekuensi 2,3GHz, First Media menempati zona 1 dan 4 dengan cakupan wilayah Sumatera Utara, Jabodetabek dan Banten. Jumlah tunggakan pokok dan denda yang harus dibayar sebesar Rp364.840.573.118.

Sementara Internux di zona 4 dengan cakupan wilayah Jabodetabek dan Banten. Total tunggakan pokok dan denda sebesar Rp343.576.161.625.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Ungkap Kasus Prostitusi Online di Sukabumi

Posted: 20 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Sukabumi - Kepolisian Resort Sukabumi Kota berhasil mengungkap praktik prostitusi online. Sejumlah wanita diamankan, dan dua orang pria ditetapkan sebagai tersangka.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Chondro mangatakan, pengungkapan kasus prostitusi online ini bermula pada Jumat 16 November. Tim Cyber Polres Sukabumi Kota menemukan akun Twitter yang digunakan untuk kegiatan prostitusi.

"Kami menetapkan dua orang sebagai tersangka yakni WS alias P (42) yang berperan sebagai admin, dan US (40) yang membantu operasionalnya," ujar Susatyo, Senin (19/11/2018).

Dua pria tersebut merekrut sejumlah wanita untuk kegiatan prostitusi online. Mereka menawarkan wanita melalui akun Twitter @sukabumiasyik dengan nama akun Escort 0266 ke-2.

Polisi masih mendalami kasus ini. Informasi sementara, para pelaku menjual wanita-wanita tersebut dengan tarif Rp 500 ribu. Sudah termasuk kamar indekos.

Susatyo menambahkan, pihaknya menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya satu bundel berkas tangkapan layar dari unggahan akun @sukabumiasyik, lima unit telepon genggam, satu unit sepeda motor, dan uang tunai Rp 450 ribu.

"Ada 30 screenshot postingan. Semuanya menampilkan foto pornografi," kata Susatyo.

 

Wanita di Bawah Umur

Dalam kasus ini, polisi juga mengamankan sepuluh wanita yang biasa dijual melalui akun Twitter. Dua di antaranya diketahui masih di bawah umur.

"Ada dua orang yang usianya 17 tahun, masih di bawah umur. Oleh karena itu kami juga menerapkan pasal dari UU perlindungan anak," kata Susatyo.

Akibat perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengam pasal berlapis. Yakni pasal 4 ayat 1 juncto pasal 29, dan pasal 4 ayat 2 juncto pasal 30 Undang-undang nomor 44 2008 Tentang Pornografi dengan ancaman pidana 6 bulan sampai 12 tahun penjara atau denda Rp 250 juta hingga maksimal Rp 6 miliar.

Kemudian pasal 27 ayat 1 juncto pasal 45 ayat 1 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman pidana 6 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 1 milyar. Serta pasak 296 dan 506 KUHP, acamannya paling lama q tahun 4 bula penjara.

"Juga pasal 76 E juncto pasal 82 ayat 1,2 dan Undang-undang tentang perlindungan anak. Ancamannya pidana penjara paling singkat 5 tahun, paling lama 15 tahun, dan denda paling banyak Rp 5 miliar," pungkas Susatyo.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Lihat Latihan Peserta Dayung Perahu Jelang Festival Air di Kamboja

Posted: 20 Nov 2018 09:00 PM PST

Para peserta Kamboja mendayung perahu naga mereka selama gladi resik untuk Festival Air tahunan di sungai Tonle Sap di Phnom Penh (21/11). (AFP Photo/Tang Chhin Sothy)

Para peserta Kamboja mendayung perahu naga mereka selama gladi resik untuk Festival Air tahunan di sungai Tonle Sap di Phnom Penh (21/11). (AFP Photo/Tang Chhin Sothy)

Para peserta Kamboja mendayung perahu naga mereka selama gladi resik untuk Festival Air tahunan di sungai Tonle Sap di Phnom Penh (21/11). (AFP Photo/Tang Chhin Sothy)

Para peserta Kamboja mendayung perahu naga mereka selama gladi resik untuk Festival Air tahunan di sungai Tonle Sap di Phnom Penh (21/11). (AFP Photo/Tang Chhin Sothy)

Para peserta mendayung perahu naga mereka selama latihan untuk Festival Air tahunan di sungai Tonle Sap di Phnom Penh (21/11). Festival Air adalah perayaan Tahun Baru yang terjadi di negara-negara Asia Tenggara. (AFP Photo/Tang Chhin Sothy)

Para peserta mendayung perahu naga mereka selama latihan untuk Festival Air tahunan di sungai Tonle Sap di Phnom Penh (21/11). Festival Air adalah perayaan Tahun Baru yang terjadi di negara-negara Asia Tenggara. (AFP Photo/Tang Chhin Sothy)

Para peserta mendayung perahu naga mereka selama latihan untuk Festival Air tahunan di sungai Tonle Sap di Phnom Penh (21/11). Festival Air adalah perayaan Tahun Baru yang terjadi di negara-negara Asia Tenggara. (AFP Photo/Tang Chhin Sothy)

Para peserta mendayung perahu naga mereka selama latihan untuk Festival Air tahunan di sungai Tonle Sap di Phnom Penh (21/11). Festival Air adalah perayaan Tahun Baru yang terjadi di negara-negara Asia Tenggara. (AFP Photo/Tang Chhin Sothy)

Para peserta Kamboja mendayung perahu naga mereka selama gladi resik untuk Festival Air tahunan di sungai Tonle Sap di Phnom Penh (21/11). (AFP Photo/Tang Chhin Sothy)

Para peserta Kamboja mendayung perahu naga mereka selama gladi resik untuk Festival Air tahunan di sungai Tonle Sap di Phnom Penh (21/11). (AFP Photo/Tang Chhin Sothy)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciee.. Syahrini dan Reino Barack Sudah Go Public di Instagram

Posted: 20 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Reino Barack makin terbuka soal hubungannya dengan Syahrini. Belum lama ini, kepada Telni Rusmitantri dari Liputan6.com, Reino Barack blak-blakan cerita soal kedekatannya dengan pelantun lagu "Sesuatu" itu.

"Sebetulnya sah-sah aja saya mau dekat sama siapapun. Saya sudah single. Kalaupun memang dia (Syahrini), dia single, bukan istri orang," kata Reino Barack.

Saat itu, Reino Barack belum secara gamblang memperlihatkan kedekatannya dengan Syahrini.

Perlahan tapi pasti, mantan kekasih Luna Maya itu mulai membuka kedekatannya dengan Syahrini ke masyarakat.

 

 

Balas Komentar di Instagram

Aksi saling balas komentar Syahrini dan Reino Barack (Instagram/ @princessyahrini)

Reino Barack dan Syahrini diketahui sudah saling terlibat aksi balas-balasan komentar di Instagram.

Seperti diketahui, Syahrini mengunggah video ucapan selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Ucapan itu pun dibalas ribuan komentar para pengikutnya di Instagram. 

"Shalawat Dan Salam Untuk Baginda Rasullullah SAW, Salam "MAULIDUR RASUL 1440 H" Untuk Seluruh Kaum Muslimin Dan Muslimat Dimanapun Berada !," tulis Syahrini sebagai keterangan video yang diunggahnya.

 

Dibalas Reino Barack

Reino Barack

Tak disangka, bukan cuma pengikut Syahrini yang memberi komentar atas video yang diunggahnya itu. Ada nama Reino Barack yang juga membubuhkan komentar.

"Salam Maulidur Rasulullah SAW @princessyahrini," tulis Reino Barack.

Syahrini pun menanggapi ucapan mantan kekasih Luna Maya itu dengan mengucapkan, "@reinobarack Salam Maulidur Rasul #MasyaAllah."

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: