Senin, 05 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Zumi Zola di Penjara, Istri Berjualan Ini

Posted: 05 Nov 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Zumi Zola yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jambi kini tersangkut kasus dugaan korupsi. Kini, Zumi tengah berada dalam penjara Tindakan Pidana Korupsi (Tipikor).

Selama berada di tahanan, Zumi Zola tak bisa membiayai rumah tangganya. Diketahui, Zumi memiliki satu istri, dan dua orang anak yang masih kecil.

Kehidupan Zumi Zola pun berubah. Sebelumnya, istri Zumi mengaku memiliki kekayaan secara turun menurun melalui akun Instagramnya, beberapa waktu lalu.

Dalam persidangan dengan agenda pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tipikor Jakarta, belum lama ini, Zumi Zola mengungkapkan kondisi keluarganya.

Jual Hijab

Zumi Zola (Foto: Instagram/@stharia)

Diakui Zumi Zola, sang istri, Sherrin Tharia, kini berjualan hijab.

" Saya minta uang di brankas dan di rumah dinas dikembalikan karena memang uang itu berasal dari penghasilan saya ini berasal dari jabatan sebagai gubernur dan untuk biaya istri dan anak saya yang masih kecil-kecil masih 4 dan 2 tahun, selama saya ditahan, istri saya bertahan dengan jualan jilbab," ungkap Zumi.

 

Uang di Brankas

Gubernur nonaktif Jambi, Zumi Zola saat menjalani sidang lanjutan kasus dugaan menerima gratifikasi dan suap di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (6/9). Sidang menghadirkan 10 orang saksi dari unsur PNS dan swasta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Zumi Zola menceritakan asal muasal uang tersebut. Saat maju Pilkada Jambi, ia dibantu dana oleh ayahnya yang tak lain Zulkifli Nurdin, Gubernur Jambi periode 1999-2005 dan 2005-2010.

"Orangtua saya mengatakan akan membantu untuk keliling sekitar Rp 4 miliar dan 100 ribu dolar AS. Saya gunakan uang itu," ujar Zumi.

Setelah memenangkan pilkada, Zumi Zola menaruh sisa uang tersebut ke dalam brankas di rumahnya. Baik berupa mata uang rupiah maupun dolar AS.

Dalam brankas juga ditemukan uang poundsterling dan dolar Singapura yang seluruhnya disita KPK. (Amrikh Palupi/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Champions: Barcelona dan Juventus Melesat

Posted: 05 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Barcelona belum sepanjang penyisihan grup A Liga Champions 2018. Tim asal Catalunya tersebut menang beruntun di tiga laga dan memimpin dengan perolehan sembilan poin. 

Di laga pertama, Barcelona menang 4-0 atas PSV Eindhoven (18/9). Sementara di laga kedua, Lionel Messi dan kawan-kawan menggulung tuan rumah, Tottenham Hotspur 4-2 (4/10) sebelum kemudian menang dua gol tanpa balas saat menjamu Inter Milan (25/10).

Barcelona kembali akan bertemu Inter Milan pada laga keempat. Namun kali ini, pertandingan bakal berlangsung di markas Nerrazurri, Rabu dinihari WIB (6/11/2018). Dalam duel ini, Lionel Messi yang sempat cedera dipastikan sudah bisa tampil. 

Selain Barceloa, Juventus juga belum terkalahkan di Liga Champions musim ini. Juve memimpin grup H dengan 9 poin. Pada pertandingan selanjutnya, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan akan bertandang ke markas FC Viktoria Plzen, Kamis (8/11/2018).  

Seperti apa klasemen lengkap Liga Champions musim ini? Lihat di halaman selanjutnya. 

 

Klasemen A-D

Pemain Barcelona, Lionel Messi mengikuti sesi latihan bersama timnya di stadion San Siro, Senin (5/11). Lionel Messi dimasukkan dalam skuat untuk pertandingan Liga Champions melawan Inter Milan pada Rabu (7/11) dini hari. (AP/Antonio Calanni)

Main Menang Seri Kalah Poin

Grup A

1. Borussia Dortmund 3 3 0 0 9

2. Atletico Madrid 3 2 0 1 6

3. AS Monaco 3 0 1 2 1

4. Club Bruges KV 3 0 1 2 1

Grup B

1. Barcelona 3 3 0 0 9

2. Inter Milan 3 2 0 1 6

3. Tottenham Hotspur 3 0 1 2 1

4. PSV 3 0 1 2 1

Grup C

1. Liverpool FC 3 2 0 1 6

2. Napoli 3 1 2 0 5

3. Paris Saint Germain 3 1 1 1 4

4. Crvena Zvezda 3 0 1 2 1

Grup D

1. FC Porto 3 2 1 0 7

2. Schalke 3 1 2 0 5

3. Galatasaray 3 1 1 1 4

4. Lokomotiv Moskwa 3 0 0 3 1 0

 

Klasemen E-H

Main Menang Seri Kalah Poin

Grup E

1. Ajax 3 2 1 0 7

2. Bayern Munich 3 2 1 0 7

3. Benfica 3 1 0 2 3

4. AEK Athens 3 0 0 3 0

Grup F

1. Manchester City 3 2 0 1 6

2. Olympique Lyon 3 1 2 0 5

3. Hoffenheim 3 0 2 1 2

4. Shaktar Donetsk 3 0 2 1 2

Grup G

1. Real Madrid 3 2 0 1 6

2. AS Roma 3 2 0 1 6

3. CSKA Moskow 3 1 1 1 4

4. FC Viktoria Plzen 3 0 1 2 1

Grup H

1. Juventus 3 3 0 0 9

2. Manchester United 3 1 1 1 4

3. Valencia 3 0 2 1 2

4. BSC Young Boys 3 0 1 2 1

Saksikan  juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Lawan Kampanye Hitam lewat Pertemuan Dewan Penghasil Minyak Sawit

Posted: 05 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah mempersiapkan sejumlah isu penting yang akan dibawa dalam pertemuan Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) atau Dewan Negara-Negara Penghasil Minyak Sawit. Adapun pertemuan akan digelar pada Desember 2018 di Malaysia. 

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan kesempatan tersebut akan digunakan untuk mencari solusi atas kampanye hitam yang selama ini dituduhkan terhadap sawit Indonesia. Tidak hanya Indonesia, pertemuan ini juga melibatkan beberapa negara.

"CPOPC itu organisasi yang dibentuk oleh Indonesia dan Malaysia untuk memperjuangkan kelapa sawit, ya memang harus kita akui, menghadapi kampanye negatif bahkan kampanye hitam," ujar Menko Darmin saat ditemui di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Dalam pertemuan itu akan diputuskan beberapa langkah taktis dan strategis untuk meredam kampanye hitam sawit. "CPOPC itu juga bentuk untuk mengambil langkah-langkah baik taktis maupun strategis untuk menghadapi itu. Tentu tidak satu-satunya, tapi ini sebagai vokal poin kita untuk itu," kata Darmin. 

Darmin mengatakan, pertemuan itu juga akan menambah satu keanggotaan negara lain. Adapun anggota yang akan bergabung adalah Kolombia. Dengan bergabungnya Kolombia, permintaan sawit diharapkan dapat meningkat. 

"Sekarang, sebetulnya kita membuka kesempatan negara produsen lain itu, nanti mungkin yang akan masuk Kolombia di Malaysia itu. Pada dasarnya, kebijakan umumnya itu adalah mendorong supaya demand sidenya naik," ujar dia.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

Indef Minta Pemerintah Jaga CPO dari Kampanye Hitam

Ilustrasi Kelapa Sawit (iStockphoto)

Sebelumnya, Pemerintah diminta serius dalam melindungi produk minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dari kampanye hitam, baik yang berasal dari dunia internasional maupun dalam negeri. Lantaran CPO merupakan komoditas unggulan ekspor Indonesia dan penghasil utama devisa.

Pengamat Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira, mengatakan  di dunia internasional, persoalan hambatan dagang dan kampanye hitam terhadap CPO dapat dipetakan ke dalam beberapa isu, misalkan di Amerika Serikat yang muncul isu dumping dan persaingan biofuel. 

Kemudian di Uni Eropa, sawit dihadang persoalan lingkungan dan Hak Asasi Manusia (HAM). Dan lain halnya dengan India yang menghadapi masalah neraca dagang.

"Isu negatif sawit terus dipoles dengan berbagai cara. Di Uni Eropa, sawit diserang isu buruh anak dan lingkungan," ujar dia di Jakarta, Sabtu 6 Oktober 2018.

Menurut dia, jika persoalan ini tidak segera ditangani, dampaknya sanga luas terhadap neraca perdagangan dan investasi luar negeri, terlebih surplus perdagangan Indonesia terus menyusut semenjak beberapa tahun terakhir. 

Dia menyatakan, sebenarnya Indonesia beruntung memiliki CPO yang menjadi penyumbang utama ekspor nonmigas. Namun, sayangnya perhatian pemerintah terhadap sawit belum maksimal sehingga daya saing komoditas ini sulit berkembang.

"Tetapi jika pemerintah tidak menjaga komoditas sawit dari gangguan. Maka nasib sawit akan seperti komoditas rempah-rempah yang sekarang kita dengar cerita kejayaannya saja," ungkap dia.

Selain dari negara lain, kampanye hitam terhadap komoditas sawit Indonesia juga sering diutarakan oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM) di dalam negeri. Berbagai isu dikemukakan mulai dari kerusakan lingkungan dan deforestasi hutan.

Namun, Peneliti Pusat Litbang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Chairil Anwar Siregar menyatakan, isu deforestasi merupakan hal tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Sebab, seiring dengan pertumbuhan populasi penduduk terjadi peningkatan kebutuhan lahan untuk memenuhi kepentingan pemukiman, pertanian, perkebunan dan industri.

Sebagai solusinya, pemerintah daerah disarankan mempunyai RTRWP supaya mencegah konflik tata ruang yang bersentuhan dengan kawasan hutan dan pertanian dapat dihindari dalam proses pembangunan.

"Deforestasi menjadi keniscayaan karena luas daratan tidak akan bertambah. Sementara, kebutuhan lahan akan tinggi," kata Chairil.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jembatan ke Tasikmalaya-Pangandaran Ambruk Diterjang Luapan Sungai Ciandum

Posted: 05 Nov 2018 10:12 PM PST

Fokus, Tasikmalaya - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mengakibatkan Sungai Ciandum meluap hingga merendam permukiman yang berada di bantaran sungai. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (6/11/2018), meluapnya sungai mengakibatkan banjir melanda permukiman warga di kawasan Cipatujah dengan ketinggian lebih dari 1 meter. Banjir pun membuat warga pergi mengungsi.

Sementara itu, jembatan sepanjang 70 meter yang menghubungkan jalan dari Sukabumi-Garut menuju Tasikmalaya-Pangandaran juga terputus.  (Karlina Sintia Dewi) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Sediakan Alat Peraga Kampanye di Pasaman Barat

Posted: 05 Nov 2018 10:06 PM PST

Liputan6.com, Pasaman Barat - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menyediakan alat peraga kampanye terhadap peserta Pemilu 2019 mendatang.

"Alat peraga kampanye yang disediakan adalah baliho dan spanduk yang dibiayai oleh Negara melalui KPU," ujar Ketua KPU Kabupaten Pasaman Barat Alharis, seperti dikutip dari Antara, Selasa (6/11/2018).

Penyediaan alat peraga kampanye itu, lanjut dia, telah diatur dalam Undang-undang Pemilu dan Surat Keputusan KPU Nomor 1096/PL.01.5-Kpt/06/KPU/IX Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Fasilitasi Metode Kampanye dalam Pemilu 2019.

"Tiap peserta Pemilu disediakan sebanyak 10 lembar baliho dan 16 lembar spanduk. Sasaran penyebarannya, masih dalam pembahasan bersama pihak terkait," ucapnya.

Alharis memaparkan, jumlah alat peraga kampanye yang disediakan itu untuk setiap kecamatan yang ada, bukan di setiap nagari atau desa.

"Untuk alat peraga kampanye yang disediakan desainnya akan dirancang berupa log partai politik, nomor urut partai, visi, misi, dan program," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Sudah Terima Desain

PLH Ketua KPU Wahyu Setiawan (tengah) saat mensosialisasikan fasilitas alat peraga dan jadwal kampanye 2019 bagi peserta pemilu tingkat pusat di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (30/8). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Alharis mengaku, pihaknya telah menerima usulan desain dari seluruh peserta pemilu pada 28 Oktober 2018 lalu.

Untuk pasangan calon presiden/wakil presiden, kata dia, hingga saat ini belum diserahkan oleh partai politik pengusung masing-masing di kabupaten.

Ia mengatakan, pihaknya sudah dua kali mengirimkan surat kepada partai pengusung pasangan calon presiden/wakil presiden. Namun, kata Alharis, hingga sekarang belum diserahkan.

"KPU masih menunggu desain APK untuk pasangan calon presiden/wakil presiden dari partai pengusung. Mudah-mudahan secepatnya diserahkan," jelas Alharis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Rahmawati Kekeyi Putri yang Viral Berkat Tutorial Makeup Uniknya

Posted: 05 Nov 2018 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nama Rahmawati Kekeyi Putri sedang menjadi perhatian warganet. Hal ini berawal dari video makeup tutorial yang kerap diunggahnya melalui Youtube. Gadis berusia 23 tahun ini dianggap memiliki cara makeup yang unik. Pasalnya pada sebuah video yang diunggahnya, Rahma menggunakan balon berisi air untuk meratakan foundation di wajahnya.

Tentu saja hal ini belum pernah dilakukan oleh beauty vlogger lain sebelumnya. Oleh karena itu video bertajuk "25k makeup challenge" itu sontak menjadi viral. Hingga kini bahkan video tersebut telah dilihat oleh 3 juta orang.

Tak hanya itu, cara unik Rahma ketika makeup tersebut juga mencuri perhatian selebriti ternama Tanah Air, Nagita Slavina. Dirinya bahkan mengajak Rahma untuk berkolaborasi. "Hai Rahma salam kenal. Mau nggak main-main ke Jakarta? Nanti ketemu aku, kita bisa collab bareng, ditunggu yah," ungkap Nagita.

Lantas seperti apa sih potret keseharian Rahma yang telah memiliki 100 ribu lebih sucscibers tersebut? Yuk kita intip..

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Meski terlihat masih imut-imut, nyatanya Rahma telah berusia 23 tahun loh

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sahabat maaf ya belum bisa bales chat satu satu dari sahabat ✨

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rahmawati kekeyi πŸ”΅ (@rahmawatikekeyiputricantikaa23) pada

Rahma kerap membuat video tutorial makeup melalui akun Youtubenya

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Ingat sahabat instagram aku 1 dan youtube aku 1 πŸ˜ŠπŸ˜‰ Yt : https://www.youtube.com/channel/UCgNta-LDuKzThNq6k43N1AQ

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rahmawati kekeyi πŸ”΅ (@rahmawatikekeyiputricantikaa23) pada

Dalam keseharian Rahma juga gemar menggunakan makeup loh, cantik ya

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Foto kemarin sahabat πŸ˜‹

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rahmawati kekeyi πŸ”΅ (@rahmawatikekeyiputricantikaa23) pada

Rahma kerap mengunggah berbagai tutorial makeup seperti makeup simple, untuk ke pesta, atau pun makeup untuk kuliah

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Selamat pagii, dan selamat beraktivitas di hari sabtu yg cerah ini sahabatπŸ˜‰

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rahmawati kekeyi πŸ”΅ (@rahmawatikekeyiputricantikaa23) pada

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trik Mudah Mengusir Suara Berisik di Kabin Mobil

Posted: 05 Nov 2018 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabin senyap menjadi idaman setiap pemilik mobil. Dengan kabin yang senyap maka kenyamanan akan semakin bertambah, mendengarkan musik pastinya akan terasa lebih mengasyikan lagi.

Tapi tak jarang, kabin mobil juga menimbulkan suara berisik. Hal itu jelas mengganggu. Selain penting untuk tahu apa penyebabnya, Otolovers juga perlu untuk tahu bagaimana cara mengatasinya.

Ternyata mudah saja, seperti mengutip dari laman resmi Daihatsu Indonesia, berikut cara ampuh untuk mengatasinya.

Ganti Oli Gardan

Jika bunyi berisik di mobilmu bersumber dari gardan mobil, kamu bisa mengatasinya dengan mengganti oli dengan yang lebih kental. Cara ini tergolong mudah. Kamu juga tak perlu mengganti gardan.

Namun, jika ternyata ada bagian rusak pada gardan, tentu harus diganti. Jika belum terlalu parah, kamu bisa menyetel ulang supaya gardan tersebut tidak semakin rusak.

Mengganti Komponen yang Rusak

Penyebab lainnya bisa juga karena adanya masalah pada komponen mobil, terutama kaki-kaki mobil. Umumnya, bunyi berisik tersebut akan muncul saat mobilmu melaju pada kecepatan tinggi, seperti 50 km/jam atau bahkan bisa lebih dari itu.

Penyebab bunyi berisik dari kaki-kaki mobil, salah satunya adalah bushing arm yang sudah aus atau bahkan pecah. Tidak hanya bushing arm, bisa juga bagian lain seperti tie road, ball joint, shockbreaker. Cara mengatasinya tentu dengan mengganti yang rusak dengan yang baru.

 

Selanjutnya

Lumasi dengan Grease

Bunyi berisik di dalam kabin mobil bisa disebabkan karena adanya gesekan antar logam yang ada di dalam kabin. Jika itu terjadi, segeralah periksa bagian luar atau bagian dalam untuk mengetahui asal sumber bunyi berisik tersebut.

Tujuannya, untuk menghindari kerusakan akibat gesekan yang akan semakin parah. Salah satu cara mengatasinya adalah melumasinya dengan menggunakan grease.

Pasang Peredam Suara

Peredam suara terbuat dari berbagai macam material seperti karet yang dilapisi dengan alumunium foil. Ada pula peredam suara yang terbuat dari bahan glasswool bahkan juga terbuat dari aspal.

Otolovers bisa memasang peredam suara di bagian-bagian penting, seperti dasar mobil. Fungsinya supaya mengurangi suara decitan ban atau suara percikan air saat hujan turun.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di PBB, RI Dorong Arab Saudi Beri Notifikasi Konsuler Terkait TKI

Posted: 05 Nov 2018 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jenewa - Indonesia menegaskan kepada Arab Saudi tentang pentingnya untuk memberikan notifikasi konsuler (consular notification) yang sesuai dan tepat waktu kepada negara pengirim tenaga kerja migran jika terjadi kasus hukum.

Wakil Tetap RI untuk PBB, WTO dan Organisasi Internasional Lainnya di Jenewa, Duta Besar Hasan Kleib, menyampaikan rekomendasi tersebut di hadapan Presiden Dewan HAM, Presiden Komisi Nasional (Komnas) HAM Saudi Arabia, H.E. Dr. Bandar Al-Aiban, serta peserta sidang Universal Periodic Review (UPR) untuk mengkaji implementasi HAM Arab Saudi, di Jenewa, Swiss, 5 November 2018.

"Indonesia merekomendasikan agar Arab Saudi mengambil langkah lebih lanjut untuk memastikan agar seluruh pekerja migran dan anggota keluarganya mendapat akses terhadap keadilan dan kompensasi, serta dapat memberikan consular notification yang sesuai tepat waktu kepada negara pengirim pekerja migran jika terjadi kasus hukum yang menimpa pekerja migran dari negara tersebut," ujar Dubes Kleib dalam pernyataannya di Markas PBB di Jenewa, yang dimuat Liputan6.com pada Selasa (6/11/2018).

Dubes Kleib mencatat perkembangan baik oleh Saudi terkait situasi HAM setelah sesi UPR Arab Saudi pada siklus sebelumnya, tahun 2013, termasuk implementasi Traffic Act yang mempromosikan hak-hak perempuan serta pengesahan Protection against Abuse Acts dan perundangan teknisnya.

Namun demikian, Kleib menegaskan bahwa guna meningkatkan implementasi HAM-nya, Saudi perlu melipat-gandakan upaya guna meningkatkan perlindungan terhadap seluruh migran perempuan di Arab Saudi.

"Dalam hal itu, Indonesia meminta Saudi Arabia untuk mengambil langkah-langkah lanjutan guna melindungi pekerja migran wanita dari berbagai tindak kekerasan," jelas Kleib.

Indonesia juga mendesak Saudi untuk mempertimbangkan aksesi terhadap Konvensi Internasional untuk Perlindungan terhadap Hak-Hak Seluruh Pekerja Migran dan Anggota Keluarganya.

UPR merupakan mekanisme Dewan HAM PBB guna mengkaji implementasi HAM suatu negara. Mekanisme ini dimanfaatkan oleh semua negara untuk memberikan rekomendasi kepada negara yang di-review dalam memperbaiki situasi HAM-nya.

Pada kesempatan UPR tersebut, sebagai tanggapan terkait rekomendasi agar Saudi melakukan investigasi yang transparan mengenai kasus pembunuhan Jamal Khasoggi, Presiden Komnas HAM Arab Saudi menegaskan bahwa pemerintah negaranya berkomitmen untuk melakukan investigasi terhadap kasus tersebut berdasarkan hukum domestik.

 

Simak video pilihan berikut:

Eksekusi Mati Tuti, Arab Saudi Langgar Konvensi Wina

Ilustrasi Bendera Arab Saudi (iStockphoto via Google Images)

Langkah RI menegaskan kepada Arab Saudi di PBB untuk memberikan notifikasi kekonsuleran terkait WNI yang terjerat kasus hukum di Saudi, muncul setelah Negeri Petrodollar mengesekusi TKI Tuti Tursilawati tanpa pemberitahuan. Hal itu menuai kritik dari berbagai pihak, termasuk DPR RI.

Wakil Ketua Komisi IX DPR Ermalena menilai Arab Saudi melanggar Konvensi Wina 1961. Hal itu menyusul eksekusi mati pekerja migran perempuan Tuti Tursilawatitanpa memberitahu pemerintah Indonesia.

"Pemerintah Arab Saudi jelas melanggar kewajiban memberikan pemberitahuan dan akses konsuler," katanya seperti dikutip dari Antara, Kamis 1 November 2018.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengatakan, pemerintah Arab Saudi seharusnya memberikan informasi mengenai eksekusi yang dilaksanakan terhadap Tuti Tursilawati.

Karena itu, Komisi IX DPR akan mempertanyakan dan meminta penjelasan mengenai permasalahan itu kepada Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Luar Negeri.

Komisi IX akan menanyakan apa saja upaya terakhir yang telah dilakukan pemerintah terhadap warga negara Indonesia yang kebetulan ada masalah di luar negeri.

"Kejadian ini membuat kita semua prihatin. Kami menyampaikan ucapan duka kepada keluarga Tuti yang sedalam-dalamnya," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hikmah dan Doa Usai Vonis Kasus Pembakaran Bendera HTI

Posted: 05 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Garut - Secercah harapan kedamaian langsung muncul ke permukaan usai Pengadilan Negeri Garut, Jawa Barat membacakan putusan vonis terhadap tiga terdakwa yang terlibat dalam polemik pembakaran bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), di Limbangan, Garut, beberapa waktu lalu.

"Saya lihat semuanya aman, kami mohon dukungan masyarakat untuk menciptakan suasana Garut yang kembali kondusif," ujar Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna, selepas memimpin pengamanan di Pengadilan Negeri Garut, Senin 5 November 2018.

Menurutnya, putusan pengadilan telah memberikan kepastian hukum terhadap penyelesaian polemik pembakaran bendera HTI tersebut, sehingga dibutuhkan sikap bijaksana dari semua pihak untuk menghormati seluruh keputusan hukum yang telah dibacakan.

"Serahkan saja kepada aparat untuk menyelesaikan persoalan itu selanjutnya, yang terpenting bagaimana kita pertahankan kondusifitas masyarakat," pinta dia.

Dalam putusan siang tadi, tiga terdakwa yakni dua anggota banser yang terbukti membuat kekacauan melakukan pembaran bendera HTI, dan satu terdakwa pembawa bendera HTI telah dijatuhi hukuman kurungan masing-masing 10 hari penjara.

Dengan upaya hukum tersebut, ia berharap seluruh lapisan dan kelompok masyarakat Garut kembali berpangku tangan, dan tetap mengedepankan tali ukhuwah islamiyah. "Insyaalloh Garut kondusif, makanya mari kita jaga bersama," kembali Budi berharap dan meminta dukungan masyarakat.

Juru bicara Pengadilan Negeri Garut Endratno Rajamai menambahkan, jalannya persidangan pembacaan putusan dilangsungkan dalam dua tahap. Pertama untuk menjerat para pembakar, kedua bagi terdakwa pembawa bendera tersebut.

Menurutnya, seluruh keputusan pengadilan yang telah dibacakan, sudah inkrach atau berkekukuatan hukum tetap, sehingga seluruh terdakwa wajib menjalaninya. "Tanpa terkecuali harus melaksanakannya," kata dia.

Dalam putusan yang dibacakan ketua majelis hakim Hasanuddin tersebut, ketiga terdakwa baik pembawa termasuk dua terdakwa pembakar bendera HTI menerima seuruh putusan  pengadilan, tanpa berfikir panjang atau melakukan gugatan balik. "Para terdakwa secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 174 KUHP," kata dia.

 

Penjagaan Super Ketat Aparat

Kendaraan taktis baracuda nampak stanby untuk membawa tiga terdakwa dalam sidang putusan pembakaran bendera HTI (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Pelaksanaan sidang putusan polemik pembakaran bendera HTI ini memang sejarah bagi Garut, Meskipun putusan sidang hanya menjerat terdakwa dengan tindak pidana ringan (tipiring), namun perlakukan ekstra keamanan, langsung diterapkan pihak TNI-Polri untuk mencegah dari hal yang tidak diinginkan.

Kepala Kepolisian Resort Garut, Jawa Barat, AKBP Budi Satria Wiguna mengakui jalannya persidangan dilakukan dengan penjagaan ketat pihak aparat keamanan gabungan TNI-Polri. Hal tersebut untuk mendukung kondisi yang kondusif selama pembacaan putusan dilangsungkan.

Lembaganya berharap, seluruh pihak berlapang dada dan menerima hasil keputusan yang dibacakan majelis Hakim Pengadilan Negeri Garut, terhadap mereka yang terlibat dalam pembakaran bendera HTI, beberapa waktu lalu. "Keputusan sudah dibacakan, tinggal kita bijaksana bagaimana menyikapinya, agar situasi kembali aman," ujar dia.

Dalam persidangan siangan tadi, sekitar 595 personil gabungan TNI-Polri disiagakan di sekitar Pengadilan. Mereka terbagi dalam tiga ring pengamanan baik dalam, luar hingga kawasan sekitar yang berdekatan dengan Pengadilan Negeri Garut. "Ada tiga ring 1,2,3 termasuk beberapa ratus meter di luar sekitar pengadilan," kata dia.

Bahkan untuk mememberikan rasa aman terhadap seluruh terdakwa, lembaganya sengaja menerjunkan kendaraan taktis plat baja Baracuda, yang bisa digunakan untuk pengamanan ketat pihak aparat dalam membawa seluruh terdakwa yang akan menjalani persidangan.

Selain itu, jalur utama yang menuju pengadilan pun sengaja disterilkan dari lalu lalang kendaraan masyarakat. Bersyukur, dengan pengamanan ekstra ketat itu, akhirnya seluruh proses jalannya persidangan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Proyek MRT Lebak Bulus Sudah Rampung 97 Persen

Posted: 05 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal mass rapid transit atau moda raya terpadu (MRT) fase I yang menghubungkan Bundaran HI-Lebak Bulus.

Jokowi didampingi Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Direktur Utama (Dirut) MRT Jakarta William P. Sabandar. 

Jokowi bersama pejabat tersebut kompak menggunakan kemeja putih lengan panjang dan celana hitam. Jokowi berangkat dari Depo MRT HI pukul 09.10 WIB, tiba di MRT Lebak Bulus pukul 09.30 WIB.  Jokowi menyebut pembangunan MRT Lebak Bulus sudah mencapai 97 persen.

"Kita sama-sama mencoba MRT dari Bundaran HI sampai di Lebak Bulus sepanjang 16 km. Proyek ini telah selesai 97 persen, kurang hanya 3 persen," kata Jokowi di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (6/11/2018). 

Jokowi berharap MRT rute Lebak Bulus-Bundaran HI ini bisa beroperasi pada Maret 2019.  "Kita harapkan nantinya di Maret 2019 sudah mulai operasional dengan uji coba terus, uji coba terus," kata dia.

Selama menjajal MRT Bundaran HI-Lebak Bulus, Jokowi merasa nyaman. Selain karena cepat, moda raya terpadu itu disebut tidak menimbulkan kebisingan.

"Suaranya dapat dikatakan tidak ada bisingnya. Tidak terdengar dan treatment, sangat bagus sekali," ujar dia.

Sebelumnya, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan pembangunan MRT Lebak Bulus sudah mencapai 97,08 persen. Pada Maret 2019, diperkirakan MRT ini sudah bisa beroperasi.

"Hari ini di 97,08 persen, konstruksi bergerak maju menuju, 4 bulan menuju operasi," kata dia.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

 

Jokowi: Tarif MRT Jakarta di Kisaran Rp 9.000

Presiden Jokowi menjajal MRT fase I yang hubungkan Bundaran HI-Lebak Bulus (Foto:Merdeka.com/Titin Supriatin)

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjajal moda transportasi massal yaitu kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Dalam peninjauan ini , Presiden Jokowi naik MRT dari Stasiun Bundaran HI menuju Stasiun Lebak Bulus. Perjalanan ini menempuh jarak kurang lebih 16 km.

Di Lebak Bulus, Jokowi mengungkapkan progres pembangunan MRT Jakarta ini sudah mencapai 97 persen. Dimana ditargetkan pada Maret 2019 sudah bisa beroperasi perdana.

"Kami harapkan nanti Maret 2019 bisa jalan, saat ini masih uji coba terus," kata Jokowi di Depo MRT Lebak Bulus, Selasa 6 November 2018.

Dia juga mengomentari kecanggihan MRT Jakarta yang selama perjalanan di dalam kereta, dinyatakan mampu meredam suara dari luar.

Jokowi membeberkan rencana harga tiket MRT saat operasi nanti. "Kira-kira tarifnya kurang lebih Rp 8 - 9 ribu," tegasnya.

Dengan beroperasinya MRT Jakarta ini nanti, harapannya bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di wilayah Jabodetabek dan sekaligus bisa mengurangi kemacetan DKI Jakarta.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Sinetron SCTV Dilema Cinta Episode Selasa 6 November 2018: Intan Jengkel dengan Luki

Posted: 05 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di episode ke-2 Dilema Cinta sore ini, Safira sarapan bareng Intan. Safira menceritakan dia melihat pengamen jalanan yang hebat bermain musik. Intan sendiri menceritakan dia kemarin ditolong oleh laki-laki baik hati saat bannya bocor. Safira dan Intan tidak tahu kalau Luki dan Robi bersaudara.

Luki kembali gencar melakukan pendekatan ke Intan dengan mengirimi bunga ke Intan dengan meminta bantuan siswa lain. Satu per satu siswa memberikan bunga saat Intan melewati mereka. Intan yang tahu dirinya dikirimi bunga oleh Luki, sama sekali tidak peduli dengan hal tersebut.

Masih dalam keseruan Dilema Cinta Selasa sore ini, bahkan, saat Luki, Dado, dan Bimo memainkan lagu untuk menembak Intan dan dilihat oleh murid-murid yang lain. Intan malah menghancurkan bunga-bunga kiriman Luki. Intan mendapat peringatan keras dari guru BK karena membuat kericuhan di sekolah. Para siswi ingin juga dapat kiriman bunga seperti yang didapatkan oleh Intan hingga membuat suasana jadi ricuh.

Intan sangat jengkel dengan apa yang dilakukan oleh Luki dan mengatakan bahwa semua yang dilakukan oleh Luki tersebut sudah membuat marah sampai ke ubun-ubun. Luki tetap cuek dan tidak peduli dengan yang dikatakan oleh Intan. Luki mendapat masalah ketika dia harus membayar bunga-bunga tersebut. Bimo yang terpaksa membayar bunga-bunga tersebut dengan memakai uang celengannya.

Apa yang terjadi selanjutnya dalam Dilema Cinta

 

 

 

 

 

 

Tugas Sekolah

Adegan sinetron Dilema Cinta (Starvision)

Suatu hari, Intan dan Luki mendapat tugas kelompok bareng Bimo. Luki dan Intan menolak untuk tugas kelompok dan minta diganti. Tapi bu guru sudah pada keputusannya. Luki, Intan dan Bimo pun mencari bahan untuk tugas kelompok mereka. Meneliti beberapa jenis tanaman di taman kota dekat sekolah mereka.

Di sana mereka bertemu dengan Gilang cs, anak dari sekolah lain. Gilang merasa Luki merusak penelitiannya dan teman-teman karena Luki nggak sengaja injak bahan percobaan kelompok sekolah mereka. Gilang dan Luki pun mengungkit permusuhan saat SMP. Gilang dan Luki hampir berantem tapi dilerai oleh Intan.

Intan menarik tangan Luki, Luki menepis tangan Intan hingga jatuh. Lutut Intan berdarah, Gilang menolong Intan berdiri dan memapah Intan duduk di kursi taman. Melihat itu, Luki agak keki. Intan dan Gilang kenalan, Luki cemburu dan sekarang dia yang menarik tangan Intan pergi.

Gilang berusaha menghalangi Luki karena menyakiti cewek cantik, Bimo menghadang Gilang dengan berbohong kalau gurunya Gilang datang. Di depan taman, Intan mengigit tangan Luki hingga luka lalu pergi kembali ke sekolah sendirian. Saat itulah Arga melihat Luki di taman, sayang saat Arga menghentikan mobilnya dan mencari Luki, Luki sudah melesat pergi dengan motornya Bimo. Arga yakin Luki memang ada di Jakarta.

 

 

 

 

Uring-uringan

Adegan sinetron Dilema Cinta (Starvision)

Arga datang ke rumah Drajat dan disambut oleh pelayannya Safira. Pelayan memberitahu bahwa Safira di rumah sakit. Arga ke rumah sakit, Safira kaget ketika tahu Arga datang ke rumah sakit dan menanyakan kondisi Drajat kepada Safira. Safira tidak tahu bahwa selama ini Arga masih hidup.

Arga mengatakan bahwa dia sengaja membiarkan kabar kematian dirinya karena malu dengan dirinya yang sudah bangkrut, tetapi sekarang Arga sudah mempunyai perusahaan besar dan akan bersaing dengan perusahaan milik Safira. Arga sendiri kaget melihat kondisi Drajat.

Safira tidak mau menerima Arga karena masih menganggap bahwa Robi yang sudah menyebabkan Drajat menderita seperti itu. Arga bilang kalau polisi mengatakan bahwa kecelakaan Drajat adalah murni kecelakaan dan tidak ada sangkut pautnya dengan Robi, tetapi Safira tidak mempercayai itu dan masih menganggap bahwa Robi adalah penyebab kecelakaan Drajat sesuai yang diberitahu oleh Bayu.

Bayu yang menjaga Drajat, meminta Arga pergi. Arga tertawa dan mengatakan bahwa dia masih heran kenapa Drajat masih hidup hingga 10 lamanya. Seharusnya Safira membiarkan Drajat meninggal untuk melepaskan penderitaan Drajat. Safira yakin bahwa ada rahasia besar Tuhan kenapa Drajat masih hidup hingga saat ini.

Dan saat Drajat bangun nanti, Arga pasti akan mendapat balasan atas semua yang dilakukan Arga selama ini. Arga menertawakan Safira. Arga yakin kalau Drajat masih hidup karena dihukum Tuhan agar merasakan penderitaan di dunia. Safira teriak marah, memanggil satpam. Satpam datang dan dengan tenang Arga pergi dari rumah sakit tersebut. Saat Arga pulang, Arga bertemu dengan Intan yang sedang uring-uringan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Nila: Tidak Ada Negara yang Bebas dari Ancaman Masalah Kesehatan

Posted: 05 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Nusa Dua Pertemuan tingkat menteri dalam bidang penanganan kesehatan The 5th Global Health Security Agenda (GHSA) dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani dan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Farid Moeloek di Nusa Dua, Bali, pada Selasa, 5 November 2018.

Pertemuan tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen negara dalam pencapaian ketahanan kesehatan nasional, regional, dan global. Sekaligus sebagai upaya berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam upaya mencegah, mendeteksi, dan merespons cepat berbagai ancaman penyakit menular berpotensi wabah.

"GHSA ini dimulai dari 2014, di mana kejadian Indonesia mengalami masalah dalam wabah penyakit ebola," kata Nila.

Sejak itu Kementerian Kesehatan RI sadar untuk membuat ketahanan penyakit global, karena wabah ini sangat berbahaya.

"Namun, kami juga harus meningkatkan kesehatan secara nasional. Oleh sebab itu, pertemuan ini untuk membahas penyakit yang menular dari binatang," ujar dia.

Pada kesempatan itu, Nila mengatakan di tingkat global, tidak ada satupun negara yang bebas dari ancaman permasalahan kesehatan. Terlebih, perubahan yang terjadi sekarang ini, mengharuskan setiap negara untuk lebih proaktif dan adaptif untuk menghadapi tantangan kesehatan global yang sangat beragam di masa yang akan datang.

"Kami juga telah berjuang melawan penyakit, yang terakhir adalah zika yang disebabkan oleh nyamuk. Alhamdulillah, penyakit tersebut tidak menyebar ke manusia," kata Nila

"Tak hanya zika, kami juga berhasil memberantas virus flu burung," tambah Nila. 

Sudah tepat menjadikan pertemuan tahunan yang dihadiri lebih dari 600 orang, termasuk perwakilan delegasi dari 48 negara tersebut untuk membahas upaya penguatan kapasitas negara guna mencegah risiko permasalahan kesehatan dan potensi terjadinya di masa depan, termasuk juga yang berkaitan dengan keamanan kesehatan global.

 

Akses kesehatan lebih dekat

Seorang tenaga kesehatan di Puskesmas Jagoi Babang, Bengkayang, Kalimantan Barat membantu warga yang membawa anaknya untuk berobat (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Puan menekankan bahwa kemajuan yang terjadi di Indonesia, seperti teknologi yang semakin canggih, pembangunan di banyak bidang yang mengalami perkembangan pesat, juga infrastruktur dan transportasi yang memudahkan akses serta mobilitas masyarakat, semakin mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal itu memang tak dapat dipungkiri. Akan tetapi, kemajuan tersebut juga bisa membawa implikasi terhadap peningkatakan risiko ancaman kesehatan.

"Indonesia selalu memprioritaskan kesehatan di dalam agenda pembangunan nasional. Kesehatan merupakan pilar penting dalam pengembangan ketahanan nasional," ujar dia.

Selain Puan dan Nila, hadir pada pertemuan itu, Secretary General Ministry of Health of Italy, yang berperan sebagai Chair of Sterring Commitee GHSA, Giuseppe Ruocco.

Dia menekankan pentingnya keamanan kesehatan global dan mustahil diwujudkan bila suatu negara hanya bergerak sendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain Ini Bisa Bangkitkan MU di Paruh Kedua Musim

Posted: 05 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - MU tampil tak konsisten musim ini. Walaupun dalam laga terakhir Setan Merah menang 2-1 di markas Bournemouth.

MU saat ini menempati peringkat ketujuh di klasemen dengan koleksi 20 poin dari 11 pertandingan. Mereka terpaut sembilan poin dari pimpinan klasemen Manchester City.

Meskipun begitu, penampilan Setan Merah masih belum terlihat memuaskan sepenuhnya. Jose Mourinho perlu melakukan perbaikan untuk meningkatkan kekuatan skuatnya.

Mourinho bisa merekrut pemain di bursa transfer Januari mendatang. Ada sejumlah pemain bisa mereka jadikan incaran pada musim dingin.

Berikut ini tiga pemain yang bisa bergabung dengan MU pada Januari seperti dilansir Sportskeeda.

 

1. Aaron Ramsey

Striker Manchester City, Sergio Aguero dikepung pemain Arsenal Shkodran Mustafi, Welsh Aaron Ramsey dan Hector Bellerin pada laga pekan ke-28 Premier League di Emirates Stadium,  Jumat (2/3). Manchester City mempermalukan Arsenal 3-0. (Glyn KIRK/AFP)

Menurut beberapa sumber, Manchester United adalah salah satu tim yang cukup difavoritkan untuk merekrut Ramsey. Setelah bursa transfer musim panas yang buruk, United bisa pergi mengejar Ramsey pada musim dingin.

Setan Merah sedang tidak berada dalam posisi yang bagus di Premier League. Pertahanan dan lini tengah tidak bekerja dengan baik dan Jose Mourinho menginginkan pemain seperti Aaron Ramsey. Itu juga akan membantu meningkatkan kekuatan bangku cadangan mereka.

Ada rumor yang mengatakan bahwa Paul Pogba bisa pergi. Mourinho tidak ingin mengambil risiko apa pun dan bisa merekrut pemain asal Wales itu dalam waktu dekat. Dia berpotensi menggantikan Paul Pogba di Old Trafford.

2. Alessio Romagnoli

4. Alessio Romagnoli, tak kunjung mendapatkan Kalidou Koulibaly membuat Chelsea menjadikan pemain Milan ini sebagai solusi. Namun Skysport melaporkan jika 30 juta pounds yang diajukan The Blues ditolak oleh manajemen Rossoneri. (AFP/Alberto Pizzoli)

Jose Mourinho bisa mengajukan tawaran untuk mendatangkan bek tengah AC Milan karena pemain belakang seperti Smalling, Baily, Lindelof, Jones, dan Rojo gagal membuat manajer Portugal itu terkesan.

Alessio Romagnoli tinggi dan punya kecepatan yang cocok dengan Premier League. Dia secara fisik kuat sehingga membuatnya menjadi salah satu bek paling kuat di Serie A.

Pemain Italia itu telah memainkan total 124 pertandingan untuk AC Milan dengan mencetak 8 gol sejauh ini. Mourinho pasti akan memantau Romagnoli di bursa transfer musim dingin.

3. Mauro Icardi

3. Mauro Icardi (Inter Milan) - 6 Gol (1 Penalti). (AP/Alessandra Tarantino)

Jose Mourinho diperkirakan akan merekrut striker baru pada bursa transfer Januari. Striker itu bisa menggantikan Romelu Lukaku yang sedang kesulitan di lini depan Manchester United.

Tidak ada pilihan yang lebih baik di bursa transfer daripada Mauro Icardi yang sudah mencetak enam gol dalam delapan pertandingan Serie A dan juga membuat dua assist musim ini.

Menurut laporan, Setan Merah berencana untuk mendatangkan striker asal Argentina itu secepat mungkin. Seorang pemain tajam seperti Mauro Icardi dibutuhkan oleh The Red Devils dan klub siap membayar klausul rilis sebesar 110 juta kepada Inter Milan.

Namun, membujuk Inter Milan untuk menjual kapten mereka di musim dingin akan menjadi pekerjaan yang sulit.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jack Ma Anggap Perang Dagang AS-Tiongkok Hal Paling Bodoh

Posted: 05 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder sekaligus pendiri Alibaba Jack Ma menyebut perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok merupakan hal paling bodoh.

Apalagi, perang dagang antara kedua negara berpengaruh di dunia ini kian meluas.

Salah satu orang terkaya di Tiongkok ini memperingatkan, perang dagang tersebut bisa berlangsung selama dua dekade.

"Perang dagang adalah hal yang paling bodoh di dunia ini," kata Jack Ma di China International Import Expo di Shanghai, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Time, Selasa (6/11/2018).

Jack Ma menganggap, perang dagang ini tidak ada gunanya mengingat negara-negara Asia kini tengah menjadi konsumen terbesar bagi barang-barang dari luar negeri.

Hal ini tidak dimungkiri karena adanya peran internet, bertumbuhan lapangan pekerjaan, dan tidak lagi menggunakan manufaktur jadul.

Jack Ma selaku pemilik kerajaan bisnis di Tiongkok memang telah menjadi musuh utama dari penerapan tarif pajak bernilai besar untuk barang-barang Tiongkok yang masuk ke AS.

Kini, fokus utama Presiden Donald Trump memang untuk mengambil kembali pendapatan AS (yang nilainya mencapai US$ 423 miliar) yang selama ini dinilai telah masuk ke Tiongkok. Caranya dengan menerapkan bea pajak masuk produk Tiongkok ke AS dengan nilai tinggi.

Meskipun Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping dikabarkan akan bertemu dalam beberapa waktu mendatang, kedua negara masih jauh terpisah, terutama dari segi hubungan perdagangan dan akses pasar.

Gagal Buka 1 Juta Lowongan Kerja di Tiongkok

Pendiri ALibaba Group Jack Ma bertemu dengan para menteri dan pengusaha asal Indonesia untuk menindaklanjuti rencana kerjasama penignkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). (Ilyas/Liputan6.com)

Miliarder Tiongkok Jack Ma pernah berjanji untuk membuka 1 juta lowongan pekerjaan di Amerika Serikat (AS).

Tampaknya, Jack Ma bakal gagal merealisasikan janjinya gara-gara perang dagang yang terjadi antara Tiongkok dan AS baru-baru ini.

Waktu itu, Jack Ma mengungkapkan janjinya saat bertemu dengan Presiden AS Donald Trump.

Sayangnya, dalam sebuah wawancara terbaru dengan kantor berita Tiongkok Xinhua, Jack Ma mengatakan gelombang tarif ekspor baru yang diberlakukan oleh pemerintah AS ke Tiongkok dalam beberapa bulan terakhir telah merusak rencana itu.

"Janji tersebut atas dasar kerja sama antara Tiongkok dengan AS yang ramah dan hubungan perdagangan bilateral yang wajar. Namun situasi saat ini telah menghancurkan dasar tersebut. Janji ini tidak bisa diselesaikan," kata Jack Ma.

Analis sebelumnya sempat ragu dengan janji Jack Ma yang diucapkan setelah Trump dan Jack Ma bertemu di Trump Tower, New York, Januari 2017.

"Jack dan saya akan melakukan berbagai hal besar bersama," kata Trump.

Ramalkan Perang Dagang Hingga 20 Tahun

Jack Ma dalam pertemuan tahunan World Economic Forum yang digelar di Davos, Swiss (18/1/2017) (AP)

Masih dalam wawancara dengan Xinhua, Jack Ma mengatakan, meski dirinya tidak bisa memenuhi janji membuat lapangan pekerjaan, dirinya tidak akan berhenti mempromosikan pengembangan perdagangan antara Tiongkok dan AS.

Jack Ma juga mendeskripsikan ketakutan terhadap perang dagang yang menurutnya bisa berlarut-larut hingga 20 tahun lamanya.

"Perang dagang ini bakal berlangsung lama dan merusak," tutup Jack Ma.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polemik Bantar Gebang, Bekasi Terima Kompensasi dari DKI

Posted: 05 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polemik sampah antara Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Bekasi berakhir. Gubenur Anies Baswedan berjanji memberikan dana hibah mulai tahun 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepekan Operasi Zebra, Polisi Tilang 52.366 Kendaraan

Posted: 05 Nov 2018 09:57 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polisi Lalu Lintas Polda Metro Jaya menilang 52.366 kendaraan, baik roda empat maupun roda dua. Jumlah tersebut terhitung sejak dilakukannya Operasi Zebra pada 30 Oktober 2018 hingga 5 November 2018.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, jumlah pelanggar Operasi Zebra tersebut menurun bila dibandingkan pada 2017 lalu.

"Tahun lalu selama tujuh hari pelanggar tercatat ada 66.207. Mengalami penurunan sekitar 21 persen atau selisih 13.841," kata Argo dalam keterangan tertulis, Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyita sebanyak 22.697 Surat Izin Mengemudi (SIM) dan 29.509 Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dari para pengemudi yang dianggap melanggar. SIM dan STNK itu disita sebagai barang bukti pada saat menjalani persidangan.

Selain itu, untuk jumlah teguran kepada para pengendara selama sepekan menggelar Operasi Zebra pada 2018 lebih banyak dibandingkan pada 2017 lalu. Hal itu terbukti dengan naiknya jumlah teguran sebesar 34 persen dari tahun lalu.

"Jumlah teguran selama tujuh hari tahun 2018 ada 8.901 teguran. Sedangkan tahun kemarin itu selama tujuh hari ada 6.621," jelasnya.

 

Hingga 12 November

Wakil Kepala Polda Metro Jaya, Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat menyampaikan kepada seluruh stakeholder, agar mempersiapkan antisipasi untuk meminimalisir pelanggaran. Mengingatkan ada beberapa sasaran prioritas penindakan yang berpotensi sebabkan kecelakaan.

"Sasaran mengemudi menggunakan handphone, lawan arus, sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur, pengemudi dan yang berboncengan tidak menggunakan helm SNI, mengemudi menggunakan narkoba atau mabuk, dan mengemudi dengan kecepatan yang berlebih," katanya saat memimpin apel di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa 30 Oktober 2018.

Operasi Zebra akan dilakukan dari 30 Oktober hingga 12 November 2018 di seluruh Polda. Gelar operasi zebra ini bertujuan untuk meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, meminimalisir kecelakaan lalu lintas, meningkatkan citra positif pada polri, serta terwujudnya keamanan, keselamatan, dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamaeltibcar lantas) jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

 Reporter: Nur Habibi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Makeup ala Korea untuk Orang Indonesia, Berikan Tampilan Wajah yang Fresh

Posted: 05 Nov 2018 09:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cara make up ala Korea sat ini sedang menjadi tren. Tampilan artis Korea yang fresh namun tidak berlebihan dengan makeup yang khas ini membuat banyak orang ingin juga mencobanya. Salah satu ciri khas makeup Korea adalah natural dan tidak berlebihan.

Makeup korea ini sangat cocok untuk wajah Asia. Karena pengaplikasiannya ringan, tipe makeup seperti ini banyak disukai orang dan cocok untuk makeup sehari-hari. Kamu bisa terlihat tetap cantik dengan riasan minimal untuk sehari-hari atau pun berpergian ke acara formal. Menggunakan makeup ala Korea seperti ini juga akan memberikan kesan muda dan segar pada wajahmu.

Namun, masih banyak orang yang kerap mengalami kesulitan untuk mengaplikasikannya. Pasalnya, meski menghasilkan tampilan yang fresh dan natural cara make up ala Korea ini memang susah-susah gampang. Nah, buat kamu yang tertarik cara make up ala Korea, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (06/11/2018) cara makeup ala Korea yang cocok untuk orang Indonesia.

1. Gunakan Mouisturizer

Sebelum mengaplikasikan cara makeup ala Korea, lakukan perawatan wajah terlebih dahulu. Biasanya, selain memakai pelembab, orang Korea juga rajin mengaplikasikan toner dan serum sebelum bermakeup agar kulit wajah tetap terjaga kesehatannya. Gunakan mouisturizer yang sesuai dengan tipe wajahmu agar makeup bisa terlihat sempurna saat diaplikasikan. Kulit yang glowing dan tampak sehat menjadi salah satu trik cara makeup ala korea.

2. Aplikasikan BB Cream atau BB Cushion

Langkah pertama cara make up ala Korea adalah mengaplikasikan BB Cream ke seluruh wajah. BB Cream ini merupakan pilihan base makeup yang tepat untuk natural look karena ringan dan dapat memberikan coverage yang baik. Kamu bisa mengaplikasikan BB Cream ke seluruh wajah, area mata, dan leher, lalu meratakannya dengan beauty sponge atau blender.

Selain BB Cream, kamu juga bisa menggunakan BB Cushion. Cushion sebenarnya seperti foundation namun ditempatkan pada wadah seperti bedak dengan spons yang mampu mengeluarkan cairan foundation. Cushion bisa dipilih karena lebih ringan dan didesain untuk look yang dewy atau glowing.

Berbeda dengan makeup ala Amerika, dandanan Korea tampak lebih halus dan natural sehingga jarang menampilkan shading yang tebal. Oleh sebab itu hindari contouring.

3. Aplikasikan Concealer

Cara make up ala Korea selanjutnya terletak pada concealer. Jika kamu merasa noda hitam di wajahmu belum tertutup dengan BB Cream, jangan ragu untuk menggunakan concealer. Cara mengaplikasikannya, kamu bisa mengoleskan concealer pada sponge dan kemudian menepuk-nepukkannya secara halus pada daerah wajah yang diinginkan. Dengan cara ini concealermu bisa blend dengan baik dan memberikan coverage yang sempurna.

4. Set makeup dengan bedak

Jika kulit wajahmu sudah tercover dengan sempurna, cara make up ala Korea selanjutnya adalah kunci makeupmu dengan bedak. Untuk cara make up ala Korea ini gunakan Loose Powder. Untuk natural look, loose powder ini sangat direkomendasikan karena memiliki tekstur yang ringan. Selain itu, bedak tabur juga dapat membuat makeupmu jauh lebih tahan lama. Aplikasikan bedak ke seluruh area wajah kecuali pipi untuk memberikan hasil dewy finish yang fresh.

Setelah itu lalu bubuhkan highlighter bubuk pada tulang pipi, dagu dan area sekitar bawah mata. Untuk meraih efek dewy, semprotkan facial mist setelah seluruh makeup selesai diaplikasikan lalu biarkan meresap secara natural.

5. Alis natural

Cara make up ala Korea selanjutnya beralih ke daerah mata. Salah satu ciri khas makeup Korea terletak pada alis matanya. Alis Korea terkenal dengan bentuknya yang lurus dan warna natural. Kamu bisa merapikan bulu alis dengan brush. Lalu, gunakan pensil alis untuk menggambar dan mengisi alis. Pastikan untuk menggunakan pensil alis yang warnanya tidak pekat. Selain itu ketika menggambar alis, pastikan kamu mengikuti garis natural alismu agar hasilnya bisa terlihat natural. Setelah selesai, kamu bisa menyikat kembali alis dengan brush untuk meratakan pensil alis.

6. Gunakan eyeshadow berwarna nude

Gunakan eyeshadow untuk membuat tampilan mata lebih segar. Cara make up ala Korea pada tahap ini adalah pilih eyeshadow berwarna kuning kecokelatan yang akan terlihat natural di kulit. Kamu bisa mengaplikasikan eyeshadow dengan jari dan ratakan eyeshadow pada bagian kelopak, bawah mata, dan bagian ujung mata. Untuk bagian ujung mata, aplikasikan eyeshadow dari arah luar ke dalam.

7. Jangan lupakan eyeliner

Cara make up ala Korea selanjutnya, aplikasikan eyeliner pada garis mata. Eyeliner ala Korea juga berbeda karena dibuat tidak berlebihan. Cukup aplikasikan eyeliner tipis di dekat garis mata kelopak. Caranya, buat garis eyeliner tipis sedekat mungkin dengan akar bulu mata. Daripada memakai warna hitam kamu bisa menggunakan eyeliner pensil berwarna cokelat agar warnanya terlihat lebih natural. Eyeliner tidak perlu dibuat cat eye ya.

8. Gunakan mascara

Selain alis, bulu mata juga perlu mendapat perhatian saat sedang menerapkan cara make up ala korea lho. Cara make up ala korea pada area ini adalah jepit bulu mata dengan curler lalu aplikasikan mascara setelahnya.

9. Blush On

Make up Korea sangat anti dengan Heavy Contouring karena dianggap dapat membuat wajah terlihat tua. Oleh sebab itu, dibandingkan blush on pink, cara make up ala Korea lebih menggunakan blush on berwarna orange atau peach. Penggunaan blush on warna ini bisa memberi tampilan kulit wajah yang tampak lebih segar.

10. Aplikasikan Lip Tint

Langkah terakhir cara makeup ala Korea adalah mengaplikasikan lip tint sebagai perona bibir. Penggunaan lipstik pada makeup korea tampak berbeda karena membuat warnanya menjadi gradasi. Gunakan dua warna lipstik yaitu warna kulit dan warna terang. Basuhkan warna kulit di pinggiran bibir lalu warna terang ke bagian dalam bibir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suasana Haru Selimuti Doa Bersama Keluarga Korban Lion Air di KRI Banda Aceh

Posted: 05 Nov 2018 09:52 PM PST

Fokus, Karawang - Keluarga korban Pesawat Lion Air JT 610 naiki KRI Banjarmasin dan KRI Banda Aceh untuk mengikuti doa bersama di lokasi jatuhnya pesawat.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (6/11/2018), suasana haru menyelimuti perjalanan keluarga ke titik pesawat Lion Air jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Meski sempat diprotes sejumlah keluarga korban, pihak penyelenggara tetap menyediakan sejumlah rangkaian bunga bagi keluarga yang ingin melakukan tabur bunga. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Alibaba: Perang Dagang adalah Hal Paling Bodoh di Dunia

Posted: 05 Nov 2018 09:51 PM PST

Liputan6.com, Shanghai - Pendiri Alibaba Jack Ma sekali lagi mengecam terjadinya perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS). Dia menegaskan, adu tarif yang terjadi sebagai "sesuatu paling bodoh di dunia."

Melansir Investing.com, komentar itu diucapkannya di China International Import Expo (CIIE) atau Ajang Internasional Impor China di Shanghai. Ini bukan yang pertama kali Jack Ma mengungkapkan kekesalannya pada perang dagang.

Sebelumnya, ia memperkirakan perang dagang akan berlangsung selama 20 tahun. "Ini (perang dagang) akan berantakan. Ini bukan sebuah perang dagang, ini adalah kompetisi antar dua negara," ucapnya September lalu.

Masih di ajang CIIE, Presiden China Xi Jinping turut hadir dan menyuarakan dukungannya pada perdagangan bebas. Menariknya, retorika yang dipakai Ketua Partai Komunis China ini berlawanan dengan Presiden AS Donald Trump yang mulai anti terhadap globalisme.

"Multilateralisme dan sistem perdagangan bebas tengah diserang, banyak faktor ketidakstabilan dan ketidakpastian, dan risiko dan rintangan bertambah," terang Xi seraya mendorong perdagangan bebas.

Perang dagang terus dilakukan AS dan China dengan berlomba-lomba menaikkan tarif impor. Presiden AS Donald Trump telah mengenakan tarif pada lebih barang impor China senilai USD 250 miliar yang masuk ke negaranya.

Sejak kampanye presiden, Trump kerap mengeluhkan praktik dagang China yang tidak adil dan merugikan hak kekayaan intelektual produk AS. Namun demikian, Sabtu lalu Trump mengaku telah kembali berkomunikasi dengan Xi Jinping.

Belum jelas apa yang Trump dan Xi bicarakan. Yang jelas, Trump berkata mereka akan bertemu pada acara G-20 di Argentina yang dimulai 30 November mendatang.

Bos IMF Cemas Perang Dagang Salah Makan Korban

Managing Director IMF Christine Lagarde menyaksikan musikus memainkan sasando saat berkunjung ke Paviliun Indonesia di arena pertemuan IMF-Bank Dunia, Bali, Rabu (10/10). Christine terpesona dengan berbagai budaya Nusantara. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde cemas terjadinya perang dagang di dunia bisa merugikan pihak yang terlibat. Ketegangan yang terjadi antara Amerika Serikat dan China, dua negara dengan perekonomian terbesar dikhawatirkan menyeret negara lain.

Hal itu disampaikan Lagarde pada konferensi pers yang berlangsung di Bali dalam rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018.

"Saya pikir pesan saya terhadap potensi ketegangan dagang dan potensi adanya ketegangan tambahan, seperti yang sudah saya bilang, akan memberi dampak negatif ke ekonomi global," ujar Lagarde, Kamis, 11 Oktober 2018.

"Dan itu dapat memberikan dampak pada penonton yang tidak bersalah, yang bukan target dari (ketegangan dagang) ini. Mereka kebetulan hanya bagian dari rantai suplai, kebetulan adalah bagian dari aliran bahan mentah yang dibutuhkan dari pihak yang bersitegang," lanjut bos IMF.

Sekali lagi, Lagarde meminta semua pihak untuk menahan diri. Menurut dia, apabila ada ketidakpuasan pada sistem dagang, maka jalan yang harusnya ditempuh adalah perbaikan, bukan pengrusakan.

"Rekomendasi saya sangat sederhana dalam tiga kata: deeskalasi, perbaiki sistem, dan jangan dirusak," tegas Lagarde.

Banyak negara, menurut Lagarde, telah mendapatkan keuntungan dari sistem dagang yang ada. "Dan sistem itu telah berfungsi dengan baik dalam perdagangan internasional," pungkasnya.

Lagarde pun menyadari masih ada kekurangan dalam sistem dagang, seperti yang terdapat dalam World Trade Organization (WTO). Oleh sebab itu, dia mengajak pihak agar bersama-sama membuat sistem perdagangan global yang lebih kuat, adil, dan berpandangan ke depan, terutama dalam mengakomodasi perkembangan teknologi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala AFF 2018: Tim Garuda Terbang ke Singapura Diiringi Teriakan Indonesia Juara

Posted: 05 Nov 2018 09:48 PM PST

Jakarta - Timnas Indonesia siap tempur menjelang laga pertama di Piala AFF 2018 lawan Singapura di Grup B, Jumat (9/11/2018). Tim Merah Putih akan dijamu Singapura di Stadion Nasional.

Selasa (6/11/2018), pasukan asuhan Bima Sakti ini terbang ke Singapura. Sebelum berangkat, mereka mendapat sambutan hangat saat keluar dari Hotel Grand Zuri, Cikarang, tempat mereka menetap sepanjang mengikuti pemusatan latihan.

"Indonesia.... Juara!" begitulah para suporter dan karyawan hotel berteriak saat pemain Timnas Indonesia hendak berangkat ke Singapura untuk menjalani laga pertama di Piala AFF 2018.

Tim Garuda bertolak dari Cikarang menuju Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta untuk memulai perjalanan ke Singapura.

Sesampainya di hotel setelah latihan terakhir di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa pagi, pemain sempat menikmati sarapan dan kembali ke kamar masing-masing untuk bersiap meninggalkan hotel.

Sekitar jam 10.00, pemain mulai muncul di lobi membawa tas-tas besar yang berisikan perlengkapan yang akan mereka gunakan ketika bertanding di Singapura di Piala AFF 2018.

Setelah semua muatan tas berlogokan Garuda dikumpulkan di lobi hotel, pemain naik ke lantai 2 untuk melakukan briefing bersama tim pelatih sebelum berangkat.

Selama kurang dari 10 menit pemain tampak begitu serius mendengarkan arahan dari Bima Sakti selaku pelatih kepala. Kemudian ritual membakar semangat pun dilakukan.

"Indonesia... Juara!" ujar pemain Timnas Indonesia secara serempak dan dilanjutkan dengan kembali turun ke lobi hotel.

Minta Dukungan Doa

Para pemain Timnas Indonesia merapihkan koper saat berada di Hotel Grand Zuri, Jawa Barat, Selasa (6/11). Timnas Indonesia akan berangkat ke Singapura untuk berlaga pada Piala AFF 2018. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pemain sempat berjabat tangan dengan beberapa staf hotel dan jurnalis yang ada di sana dan meminta doa dan dukungan untuk memulai kiprah di Piala AFF 2018.

Sebelum berangkat, pemain berkumpul di pelataran lobi hotel untuk berfoto bersama staf Hotel Grand Zuri. Sekitar jam 11.10, pemain mulai bergegas menuju bus yang membawa mereka ke Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta.

Grup Berat

Dua pegawai hotel masuk ke bus membawa kotak makan siang yang tampaknya akan dinikmati pemain Timnas Indonesia dalam perjalanan ke bandara. Bus pun melaju dengan diiringi pengawalan dari Polisi Militer untuk memecah kemacetan yang biasa terjadi di jalanan menuju Cengkareng, Tangerang.

Perjuangan Indonesia sendiri dipastikan berat di Grup B. Pasalnya, selain Singapura, tergabung juga Filipina, Timor Leste, dan juara lima kali, Thailand.

Sumber: www.bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perpres Mobil Listrik Terbit Akhir Tahun Ini

Posted: 05 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memastikan Peraturan Presiden (Perpres) terkait mobil listrik terbit akhir 2019. Saat ini, pemerintah dan pelaku industri serta perguruan tinggi tengah melakukan studi soal pengembangan kendaraan tersebut.

Dia menyatakan, saat ini Perpres tersebut tengah dalam tahan harmonisasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Hari ini roadmapnya sedang kita dorong di peraturan pemerintah atau Perpres terkait dengan fasilitas. Fasilitasnya masih dalam tahap harmonisasi dengan Kemenkeu," ujar dia di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Airlangga menjelaskan, hal tersebut terkait dengan pemberian insentif bagi pengembangan mobil ini. Insentif yang diberikan berupa keringanan Pajak Pertambahan Nilai atas Barang Mewah (PPNBM).

"Terutama dengan fasilitas fiskal, di mana fasilitas fiskal ini dibahas bersama dengan superdedictable tax untuk vokasi dan inovasi. Jadi di situ ada terkait dengan PPNBM, terkait dengan roadmap daripada mobil termasuk sedan dan termasuk EV (electric vehicles)," ungkap dia.

Meski studi terkait pengembangan mobil listrik ini masih terus dilakukan, namun Airlangga menyatakan terbitnya Perpres tersebut tidak akan menunggu selesainya studi.

‎"Perpres tahun ini, tidak usah nunggu studi," tandas dia.

 

Eropa Belum Siap dengan Motor Listrik, Masih 5-6 Tahun ke Depan

Motor trail listrik Viar E-Cross (Ray/Otosia.com)

Dunia sudah memasuki era elektrifikasi transportasi. Mobil dan motor listriksudah bermunculan. Hanya saja pergerakkannya belum secepat yang dibayangkan.

Terlihat dari tren yang muncul di Intermot 2018. Pada pameran motor dua tahunan yang selalu dinantikan pecinta motor seluruh dunia, tidak banyak pabrikan motor yang menampilkan motor listrik. Dari pengamtan Liputan6.com selama mengunjungi pameran yang digelar di Koln, Jerman, hanya pabrikan asal Taiwan yang terlihat serius membawa motor listrik dan teknologinya.  

Lantas seperti apa perkembangan motor listrik di Eropa? Vito Ciccheti General Manager Mororcycle Division Honda Mptor Europe Ltd., ikut angkat bicara. "Terkait dengan elektrifikasi tidak mudah untuk langsung menerapkannya (di Eropa)," ujarnya di hadapan sejumlah media Indonesia di Intermot 2018.

Saat ini menurutnya, Eropa sedang dalam tahap fundamental karena masih ada kekurangan infrastruktur terkait dengan standar produksi. Selain itu, bicara pabrikasi berarti bicara bisnis jangka panjang. "Di Eropa kami punya permintaan yang tinggi tentang polusi dan standar ramah lingkungan. Sudah berjalan  Euro3, Euro4, Euro5 dan Euro5 plus semua manufaktur sedang memfokuskan diri terhadap langkah ini yang sudah direncanakan hingga 2025. Jadi terkait dengan elektrifikasi tidak mudah untuk langsung menerapkannya karena rancangan pabrikan adalah jangka panjang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil 4 Musuh Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Posted: 05 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bersiap memutus rantai sepsialis finalis pada perhelatan Piala AFF 2018. Lima kali kandas di final, Tim Merah Putih ingin mempersembagkan gelar juara tahun ini. 

Perjalanan Timnas Indonesia pada edisi kali ini tidak mudah. Sebab lawan-lawan berat sudah menanti pasukan Bima Sakti sejak awal. Di babak penyisihan grup, Timnas Indonesia bakal bergabung dengan Thailand, Singapura, Filipina, dan Timor Leste. 

Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, pertandingan tidak lagi menggunakan sistem home tournement. Namun setiap tim akan bertarung dua kali, yakni kandang dan tandang. Dua tim terbaik dari masing-masing grup (A dan B) berhak melangkah ke babak semifinal. 

Thailand merupakan juara bertahan dan tim tersukses di Piala AFF dengan 5 gelar juara. Singapura telah mengoleksi 4 trofi dan Filipina datang dengan pelatih kelas dunia, Sven-Goran Eriksson. Sementara Timor Leste bakal menebar ancaman lewat pemain mudanya. 

Seperti apa kekuatan masing-masing negara, simak profilnya di halaman berikut: 

Darah Muda Timor Leste

Penyerang Timnas Timor Leste, Henrique (nomor 10). (Bola.com/Dok. AFF Suzuki Cup)

Dibanding peserta lain, Timor Leste menjadi yang termuda. Ini merupakan kali kedua negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia itu tampil di pentas Piala AFF.

Tim Lorosae pertama kali tampil pada Piala AFF 2004 lalu. Kala itu, Timor Leste masih jadi penggembira. Tergabung di Grup B bersama, Myanmar, Thailand, Malaysia, dan Filipina, Timor Leste sama sekali tidak mendapatkan poin alias kalah dalam empat pertandingan.

Sejak saat itu, Timor Leste selalu gagal masuk ke putaran final. Timor Leste selalu kandas di babak kualifikasi yang wajib diikuti tim dengan ranking terendah di antara negara Asia Tenggara. 

Apakah kekuatan Timor Leste telah berubah? Selengkapnya baca, Darah Muda Timor Leste 

Timnas Filipina Rasa Eropa

Timnas Filipina mencetak sejarah dengan lolos ke Piala Asia untuk kali pertama. (Bola.com/Dok. AFC)

Filipina tidak memiliki akar sepak bola yang kuat. Di negara berpenduduk 100 juta jiwa itu, olahraga bisbol dan basket jauh lebih populer. Meski demikian, Timnas Filipina tidak ragu memasang target juara pada Piala AFF 2018 yang akan bergulir mulai 8 November 2018.

Kebangkitan sepak bola Filipina ditandai dengan keberhasilan The Azkals lolos ke semifinal Piala AFF 2010 lalu. Ini merupakan kali pertama timnas Filipina melewati fase grup sejak pertama kali tampil pada turnamen sepak bola antar negara se-Asia Tenggara tersebut.

Bagaimana kekuatan Timnas Filipina saat ini? Selengkapnya baca, Timnas Filipina Rasa Eropa.

Wajah Baru Timnas Singapura

Striker muda Timnas Singapura, Ikhsan Fandi (kiri) di Piala AFF 2018. (MANAN VATSYAYANA / AFP)

Empat trofi Piala AFF juara berhasil diraih timnas Singapura, yakni pada edisi 1998, 2004, 2007, dan 2012. Thailand baru berhasil melampauinya usai merebut Piala AFF 2016 lalu.

Apakah Singapura berhasil mengulangi prestasi ini? Selengkapnya baca: Wajah Baru Timnas Singapura.

Thailand Main dengan Hati

Bek Tanaboon Kesarat memastikan Timnas Thailand tetap optimistis di Piala AFF 2018. (AFP)

Sejumlah pemain-pemain Thailand tidak mendapat restu klub untuk memperkuat Timnas di Piala AFF 2018. Gajah Putih yang telah lima kali menjuarai Piala AFF 2018 terpaksa tampil dengan para pemain yang minim pengalaman.

Seperti apa kekuatan Thailand, selengkapnya baca, Thailand Main dengan Hati

Merawat Warisan Luis Milla

Pemain Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak, tertawa saat latihan di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Selasa (6/11). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF 2018. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Melihat kekuatan tim lawan di Grup B, sanggupkah Timnas Indonesia mewujudkan mimpinya pada Piala AFF 2018? Seperti apa kekuatan pasukan Bima Sakti pada turnamen ini. 

Selengkapnya baca: Merawat Warisan Luis Milla.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mariah Carey Cicipi Jajanan Pasar Khas Yogya Sebelum Konser, Apa Itu?

Posted: 05 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka konser bertajuk HIMBARA Borobudur Symphony 2018 di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Jawa Tengah, Selasa (6/11/2018) malam, Mariah Carey tiba di Bandara Adisucipto Yogyakarta pada Minggu dini hari, 4 November 2018, dengan menaiki pesawat pribadi.

Kedatangan pelantun lagu Hero itu disambut Direksi PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko beserta Event Consultant Rajawali Indonesia Communication selaku pihak penyelenggara.

Di momen penyambutan sang diva, ternyata ada cerita yang cukup menarik untuk disimak. Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Edy Setijono, menceritakan, beberapa momen setelah Mariah Carey mendarat.

Ia menjabarkan, pihak promotor memberi jajanan pasar pada Mariah. "Sambil menunggu proses imigrasi, kami ajak (Mariah) menikmati kue jajanan pasar," tuturnya dalam konferesni pers yang digelar di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Senin malam, 5 November 2018.

Dadar gulung. (dok. Instagram @tiaswidodo/https://www.instagram.com/p/BpjaxV2nnvA/?utm_source=ig_web_copy_link/Asnida Riani)

Sajian yang diberikan pada penyanyi 48 tahun tersebut berupa dadar gulung dan beberapa jenis jajanan pasar lain. Walau menganggap rasa jajanan tersebut aneh di awal, Mariah mengaku suka dengan sajian tersebut.

Yogyakarta memang cukup terkenal lewat deretan jajanan pasar yang tak hanya enak, tapi juga murah meriah. Mulai dari yang namanya sudah familiar, sampai belum sering terdengar seperti kipo, camilan dari tepung beras berisi parutan gula, atau leomoro, jajanan dari ketan yang dibungkus daun pisang dan diikat tali bambu.

Mariah Carey saja mengaku suka dengan jajajanan pasar khas Yogyakarta, jadi tak ada salahnya kalau Anda mencoba blusukan di pagi hari untuk mencicip berbagai macam sajian khas pasar yang tersebar di seantero Kota Budaya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Ditahan, Lee Jong Suk Sudah Tiba di Korea Selatan

Posted: 05 Nov 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Usai menggelar fan meeting, Lee Jong Suk mengalami kejadian kurang mengenakkan. Aktor dan model asal Korea Selatan itu ditahan pihak imigrasi karena persoalan visa.

Lee Jong Suk baru saja menyapa para penggemar di Indonesia dalam rangkaian tur fan meeting-nya, Crank Up pada hari Sabtu (3/11/2018). Acara yang digelar oleh promotor Yes 24 Entertainment pun berjalan lancar, tapi sayangnya Lee Jong Suk harus berurusan dengan pihak imigrasi.

Lewat unggahan di Instagram (yang kemudian sudah dihapus), Lee Jong Suk curhat karena dirinya dan staf tidak bisa kembali ke Korea Selatan karena paspor mereka diambil oleh pihak Bandara Soekarno-Hatta. Dalam postingannya, aktor While You Were Sleeping itu bilang, paspornya diambil karena ada kesalahan dari pihak Yes 24 Entertainment.

Lee Jong Suk dan staf harusnya kembali ke Korea pada hari Minggu (4/11/2018), tapi sampai Senin (5/11/2018) sore, mereka belum bisa terbang. Pernyataan itu pun disampaikan oleh agensi sang aktor, A-Man Project.

Beberapa jam setelah masalah Lee Jong Suk ini terungkap, untungnya ada kabar gembira. Menurut laporan eksklusif dari TV Daily seperti dilansir oleh Allkpop, Lee Jong Suk dan staf sudah dilepas oleh pihak bandara sekitar pukul 11 malam waktu Korea atau sekitar pukul 21.00 WIB.

Masalah Visa

Lee Jong Suk (Instagram/jongsuk0206)

Setelah itu mereka dilaporkan langsung terbang ke Korea Selatan dan tiba pada Selasa pagi waktu setempat. Foto-foto tibanya Lee Jong Suk tiba di Korea Selatan, sempat diabadikan oleh fotografer.

Lee Jong Suk pun segera menyelesaikan pekerjaannya yang sempat tertunda, termasuk syuting drama terbaru Romance Supplement.

Ternyata permasalahan Lee Jong Suk sempat bikin bingung. Setelah bilang ada masalah pajak, pihak imigrasi menyatakan ada penyalahgunaan visa yang membuat Lee Jong Suk dan staf ditahan.

Dideportasi

Lee Jong Suk (Foto: soompi.com)

"Kalau imigrasi terkait dengan perizinan orang asing, jadi hasil dari pengawasan imigrasi Jakarta Selatan, Mr Lee Jong Suk terbukti menyalahgunakan perizinannya. Jadi malam ini sudah dideportasi ke Korea. Jadi yang bersangkutan masuk ke Indonesia dengan visa on arrival, tapi melakukan kegiatan showbiznis, bisnis pertunjukan dan lain-lain," ungkap Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Teodorus Simarmata saat dihubungi lewat sambungan telepon, Senin (5/11/2018). (Rahmi Safitri/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Terima Surat Pengunduran Diri Bupati Indramayu

Posted: 05 Nov 2018 09:39 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan telah menerima surat pengunduran diri Bupati Indramayu Anna Sophanah.

"Sudah terima, namanya orang mengundurkan diri, artinya sudah merasa tidak memungkinan berada di posisi itu. Saya kira nanti di-follow up," kata Gubernur Emil usai membuka Pameran Buku Jabar Juara, di Gedung Landmark Kota Bandung, Selasa (6/11/2018) seperti dikutip Antara.

Gubernur Emil mengatakan jika Anna Sophanah resmi mengundurkan diri sebagai bupati, maka wakilnya yang akan menggantikan posisi orang nomor satu di Kabupaten Indramayu.

"Wakilnya yang menggantikan dan meminta koalisi sebelumnya untuk memilihkan pendamping yang akan menjadi bupati definitif," kata dia.

Ridwan Kamil menuturkan alasan Anna Sophanah mundur sebagai Bupati Indramayu karena yang bersangkutan ingin fokus mengurus keluarganya.

"Alasannya lebih banyak alasan keluarga. Jadi, bukan urusan kedinasan, ingin lebih mengurusi keluarga di sisa waktunya yang mungkin selama ini agak terkendala karena kedinasan luar biasa," ujar dia.

Gubernur Emil menambahkan, surat pengunduran diri Anna Sophana tersebut akan diteruskan kepada Kementerian Dalam Negeri.

"Nanti akan di-forward ke Kemendagri. Harap diingat gubernur itu bukan pengambil keputusan. Yang ambil keputusan Kemendagri," ujar Ridwan Kamil menambahkan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangisan Keluarga Pecah Saat Lihat Lokasi Jatuhnya Pesawat Lion Air

Posted: 05 Nov 2018 09:39 PM PST

Liputan6.com, Karawang - Tangis keluarga korban kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 PK-LQP yang ikut acara tabur bunga di Kapal KRI Banda Aceh, pecah. Air mata mereka tak terbendung lagi ketika kapal berada tak jauh dari lokasi jatuhnya pesawat Boeing 737 Max 8 di Perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat.

Pantauan Merdeka.com, beberapa keluarga yang ikut di Kapal KRI Banda Aceh bahkan tak kuasa berdiri. Kakinya lemas teringat anggota keluarga tercinta. Beberapa petugas dari TNI dan Polri pun membantu mereka untuk berdiri.

Sebagian, melantunkan ayat-ayat suci Alquran. Lainnya, berdoa sesuai kepercayaannya.

Keluarga korban saat tiba di lokasi jatuhnya pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT 610. (Merdeka.com/Ronald)

Petugas juga memperbolehkan mereka berdiri di pinggir kapal dengan penjagaan anggota TNI Angkatan Laut (AL). Juga tim psikologi dari Mabes Polri.

Keluarga pun dilayani oleh para pramugari dari Lion Air dengan memayungi mereka dari panasnya terik matahari.

Kapal KRI Banda Aceh memutar dua kali di lokasi jatuhnya pesawat Lion Air. Usai itu, kapal berhenti beberapa menit untuk mempersilakan keluarga melakukan tabur bunga.

"Silakan bapak ibu apabila ingin melakukan tabur bunga, kami sudah sediakan. Inilah tempat jatuhnya saudara-saudara kita saat itu, persisnya di sebelah kiri kita," kata Pangkoarmada I Laksda Yudo Margono, Selasa (6/11/2018).

Masih Cari Korban

Serpihan pesawat Lion Air JT 610 mengambang setelah jatuh di laut utara Tanjung Pakis, Jawa Barat, Senin (29/10). Pesawat membawa 178 penumpang dewasa, 1 anak-anak, 2 bayi, dan 7 awak pesawat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI M Syaugi meminta keluarga korban Lion Air tak mengkhawatirkan apapun. Sebab, pihaknya akan terus mengevakuasi korban di Tanjung Pakis, Karawang.

"Semua penumpang akan diangkat dan RS Polri yang identifikasi si A si B, saya enggak paham. Tugas saya hanya ngambil korban, doakan saya Bu, saya terus berusaha," kata Syaugi di KRI Banjarmasin, Selasa (6/11/2018).

Syaugi juga menyebut saat ini pihaknya telah mengangkat 164 kantong jenazah yang diserahkan ke RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur.

"Itulah penyebab saya perpanjang, setelah ketemu kemarin. Makanya saya mau terus," ucapnya.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tusuk Jelangkung Film Horor Generasi Milenial

Posted: 05 Nov 2018 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Film horor sepertinya masih 'menghantui' bioskop Indonesia. Yang terbaru adalah garapan Max Pictures dengan mengangkat kisah horor yang melegenda tentang jelangkung.  Mereka menggarap 'Tusuk Jelangkung' yang punya cerita lebih modern dan begitu relevan dengan generasi milenial. Film ini dibintangi oleh sederet bintang muda, Nina Kozok (model Victoria's Secret), Anya Geraldine (Youtubers Sexy), dan Ryan Wijaya.

Sukses dengan Dilan 1990, Max Pictures sepertinya ingin memberikan anak muda cerita yang berbeda dalam film 'Tusuk Jelangkung'. Film ini, menceritakan tentang sekelompok anak muda yang tengah membuat vlog. Kisah yang dekat dengan milenial itu jadi cerita utama, di mana membuat konten menarik adalah tuntutan bagi semua orang yang aktif di media sosial. Demi eksistensi, semuanya menjadi halal. Begitu mungkin penilaian tepat yang menjadi tema film yang disutradarai oleh Erwin Arnada itu.

Produser Max Pictures, Ody Mulya Hidayat mengaku tertarik menggarap film yang dekat dengan legenda masyarakat Indonesia.

"Kita kembali angkat 'Tusuk Jelangkung' tapi dengan rasa modern. Cerita horornya berbeda, apalagi ada bintang-bintang muda berbakat yang bekerjasama dengan kita. Ini menjadi film kita selanjutnya yang mengedepankan horor yang relevan dengan milenial," ujar Ody Mulya Hidayat dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (6/11/2018).

Nina Kozok yang sudah malang melintang di dunia modeling dan mewakili Indonesia sebagai model Victoria's Secret, memerankan tokoh Sisi yang berprofesi sebagai vlogger.

"Aku perannya sebagai Sisi, vlogger yang suka menayangkan video di tempat-tempat angker. Orangnya keras kepala, suka tantangan dan sayang sama adiknya, walaupun dia nggak menunjukkan secara langsung," kata Nina.

Nina menambahkan, melakoni syuting selama lebih dari dua minggu. Salah satu tantangan yang paling menakutkan adalah ketika ia harus menjalani pengambilan gambar di taman Lubang Buaya dan di lokasi paling angker yang ada di Bali. Selama ini, tempat tersebut jadi salah satu lokasi yang tak boleh dimasuki.

"Menurut aku, film ini beda dari film horor lainnya karena film ini sangat relevan sama generasi ini," tuturnya.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Film Perdana

Salah satu adegan film Tusuk Jelangkung

Tak cuma Nina Kozok, Anya Geraldine juga begitu bangga bisa tampil dalam film ini. Tusuk Jelangkung merupakan film perdananya sejauh ini. Ia memerankan sosok Mayang, seorang perempuan pemberani dan berpendirian teguh.

"Banyak tantangan yang aku rasakan karena ini film pertama aku. Selain itu ini juga tempatku pertama kalinya menuangkan bakat akting," kata Anya Geraldine.

Tak cuma kisah horor yang diangkat dalam film ini. Menurut Anya, alam indah yang berada di sekitar lokasi syuting pun menjadi daya tarik yang cukup besar.

"Ada berbagai macam tempat seperti air terjun, hutan, sawah dan lainnya. Aku juga ditantang untuk jadi perempuan yang nggak manja dan bisa menyatu dengan alam," tukasnya.

 

Mulai Tayang

Salah satu adegan film Tusuk Jelangkung

Film Tusuk Jelangkung akan tayang serentak di seluruh bioskop di Indonesia pada tanggal 6 Desember 2018. Baik Nina maupun Anya, memiliki janji yang akan dilaksanakan jika filmnya sesuai dengan target yang mereka inginkan.

Nina Kozok punya nazar jika penonton film ini mencapai 2 juta, ia bakal mengundang 10 penggemarnya untuk makan malam bareng di restauran favoritnya. Sementara Anya Geraldine punya niat untuk mengajak siapa yang beruntung untuk main jelangkung sambil live Instagram, jika penonton film ini sampai satu juta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocah Pacitan Tewas Terkubur Pasir di Pinggir Sungai saat Asyik Bermain

Posted: 05 Nov 2018 09:35 PM PST

Fokus, Pacitan - Seorang bocah kelas 2 sekolah dasar (SD) di Pacitan, Jawa Timur, ditemukan tewas terkubur pasir di sebuah lubang di pinggir sungai. Diduga, korban tertimbun tanah yang digalinya saat bermain seorang diri tanpa pengawasan orangtua.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi, Selasa (6/11/2018), jasad Arif disemayamkan di rumah duka usai diautopsi di rumah sakit, 5 November kemarin. 

Arif Nurohim, putra Sriyatin, warga Desa Mantren, Kecamatan Punung, Pacitan ini tercatat sebagai siswa Madrasah Ibtidaiyah. Dia ditemukan warga Senin sore, setelah ibu korban meminta bantuan warga untuk mencari anaknya yang tak kunjung pulang. 

Saat kejadian, Arif tinggal bersama neneknya sepanjang pagi hingga sore hari, karena ibunya harus bekerja di luar rumah.

Polisi yang mendapat laporan dari warga langsung mendatangi lokasi kejadian dan melakukan olah TKP untuk mencari penyebab pasti kematian korban. Namun, dari hasil autopsi di rumah sakit, dipastikan korban tewas akibat gagal bernapas setelah tertimbun pasir. Polisi juga tidak menemukan adanya tanda-tanda kekerasan di tubuh korban. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat Lebih Dekat Suasana Paddock Tim Federal Oil Gresini Moto2

Posted: 05 Nov 2018 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda berpikir apa sih isi atau suasana paddcok sebuah tim motor balap? Nah, kebetulan tim Liputan6.com, pada minggu (4/11/2018) berkesempatan untuk mengunjungi salah satu paddcok tim moto2, Tim Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2).

Melalui program Federal Oil Goes To Sepang 2018, berikut ulasannya:

Para wartawan atau tim dari Federal Oil masuk ke paddock melalui pintu belakang.

 

Bagian belakang Paddcok Tim Federal Oil Gresini Moto2

Pebalap Moto2, Jorge Navarro sedang melakukan brief sebelum race dimulai

Suasana Paddcok Tim Federal Oil Gresini Moto2

Tepat di belakang paddcok Tim Federal Oil Gresini Moto2 terdapat hospitality dari tim tersebut.

Hospitality Paddcok Tim Federal Oil Gresini Moto2

Suasana belakang paddcok Tim Federal Oil Gresini Moto2. Terdapat peralatan motor balap. Mulai dari bodi sampai ban motor. 

Suasana paddcok Tim Federal Oil Gresini Moto2

Terlihat para mekanik tetap menjaga kebersihan paddcok dengan selalu membersihkannya.

Suasana paddcok Tim Federal Oil Gresini Moto2

Mekanik Tim Federal Oil Gresini Moto2 tengah menyiapkan motor sebelum balapan dengan mengeluarkan motor tersebut dan menyalakannya. 

Suasana paddcok Tim Federal Oil Gresini Moto2

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ilmuwan Temukan Parasit Berjumlah Besar di Antartika, Pertanda Apa?

Posted: 05 Nov 2018 09:31 PM PST

Liputan6.com, Antartika - Parasit laut yang jarang diketahui telah mengejutkan para peneliti Antartika setelah mereka menemukan jumlahnya yang banyak di lautan belahan selatan, sebuah fakta yang bisa mengubah cara memahami ekosistem Antartika.

Dikutip dari laman ABC Indonesia, Selasa (6/11/2018), Parasit syndiniales telah ditemukan di lautan di seluruh dunia, termasuk Antartika tetapi biasanya hanya pada tingkat 1 persen dari kehidupan laut di setiap sampel.

Ketika para ilmuwan Tasmania mengambil sampel air dari Samudra Selatan dan membaginya melalui pengurutan DNA, mereka mendapatkan pandangan yang jauh lebih dekat dari yang diberikan mikroskop elektron.

Mereka menemukan parasit syndiniales pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Parasit pembunuh plankton ini terbentuk sebanyak 50 persen dari materi hidup dalam sampel.

Ilmuwan Divisi Antartika Australia, Bruce Deagle, mengatakan bahwa penelitian ini bertujuan untuk lebih memahami ekosistem laut melalui DNA dibandingkan dengan melihat melalui mikroskop.

"Di bawah mikroskop, Anda tidak melihat parasit ini, mereka ada dalam bentuk yang sangat kecil atau mereka kista yang siap untuk menginfeksi organisme lain, atau mereka sebenarnya di dalam organisme."

"Mereka ada di dalam fitoplankton, jadi kami tak memperkirakan melihat hal itu."

Ia mengatakan, parasit tersebut begitu berlimpah di perairan yang kaya nutrisi dekat es laut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kemungkinan Terdampak Parasit Kecil

Citra satelit menunjukkan gletser di Pulau Pine, Antartika pada 17 September 2018 dan 1 Oktober 2018. (Kredit: Citra Landsat OLI diproses oleh Stef Lhermitte / Delft University of Technology)

Dr.Deagle mengatakan ada banyak hal tentang bagaimana organisme mematikan berinteraksi dengan fitoplankton - alga laut mikroskopis, yang bisa ditemukan.

"Begitu mereka menginfeksi sel mereka akhirnya akan membunuh sel itu - itu akan meledak dan mereka akan terus menginfeksi sel lain," katanya.

Ia mengatakan penemuan parasit dalam tingkat tinggi seperti itu dapat memaksa para ilmuwan untuk meninjau studi mereka tentang ekosistem Samudera Selatan.

"Pemahaman kami tentang ekosistem itu didasarkan pada model dan penelitian yang tidak memasukkan parasit itu sebagai faktor," kata Dr Deagle.

"Kami telah memodelkan populasi ini dan melihat ekosistem tanpa memasukkan parasit sebagai variabel, dan dampak parasit tersebut."

"Dengan memahami mereka, kami akan mendapatkan pandangan yang lebih baik tentang bagaimana ekosistem dikendalikan."

"Ini mungkin salah satu alasan mengapa kami melihat pembesaran [fitoplankton] telah berakhir, dibandingkan dengan kehabisan nutrisi."

Karena parasit menyerang fitoplankton, yang membentuk dasar rantai makanan laut, itu bisa berdampak pada organisme yang lebih besar seperti udang-udangan, udang kecil, ikan, dan paus."

"Semua organisme yang lebih besar itu bergantung pada energi yang berasal dari fitoplankton, dan [penelitian] ini memberikan faktor baru yang benar-benar memengaruhi produktivitas seluruh ekosistem dan dasar jaring makanan, jadi bagaimana tepatnya dampaknya adalah sesuatu yang harus kita ketahui," kata Dr Deagle.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Darmin Minta Dubes Turut Perkuat Hubungan Dagang

Posted: 05 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Bidang Perekonomian), Darmin Nasution, memberikan pembekalan pada orientasi calon duta besar (dubes) luar biasa dan berkuasa penuh Republik Indonesia di gedung utama Kementerian Luar Negeri.

Dalam acara yang digelar tertutup tersebut, Darmin menyampaikan sejumlah kondisi ekonomi Indonesia terkini.

"Ya namanya calon-calon dubes. Pertama kita menjelaskan keadaan ekonomi dunia, ekonomi kita. Kemudian hal-hal yang sedang disiapkan dan menjadi konsen pemerintah, termasuk soal FTA ( free trade agreemen-red). Ya itu pada dasarnya yang disampaikan supaya dia tahu petanya," ujar Menko Darmin ditemui usai acara di Kantor Kemenlu, Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Darmin mengatakan, pembekalan yang dilakukan selama dua jam tersebut dimanfaatkan agar para calon dubes mudah memahami kondisi ekonomi. "Jadi tidak usah baca sekian materi itu, dua jam tahu semua petanya. Itu akan lebih memudahkan buat mereka," ujar dia. 

Darmin menuturkan, pembekalan tersebut juga digunakan untuk mendorong anak bangsa turut memperkuat hubungan dagang dan pariwisata Indonesia dengan negara-negara lain. Hal tersebut perlu dilakukan dalam kondisi ketidakpastian global saat ini.

"Pembekalan ekonomi kita begini kita sedang perlu melakukan ini-ini, tolong. Misalnya, kita perlu mengembangkan perjanjian perdagangan, pariwisata di kita, investasi, ekspor dan impor, dan sebagainya. Ya itu semuanya pada dasarnya memang namanya pembekalan buat orang-orang dubes," kata dia.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

Tangkal Ketidakpastian Ekonomi Global, RI Siapkan Kebijakan Baru

Menko Perekonomian Darmian Nasution saat mengumumkan paket kebijakan ekonomi tahap pertama di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (9/9/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemerintah sedang menyiapkan beberapa kebijakan baru. Kebijakan ini bertujuan untuk menghadapi gejolak perekonomian global dan untuk mempermudah iklim investasi.

"Masih ada lagi yang baru dilakukan dan akan dilakukan dalam minggu-minggu mendatang," kata dia, di Acara 'Penandatanganan Kerjasama Investasi dan Pembiayaan,' di Hotel Inaya, Bali 11 Oktober 2018.

Meskipun demikian, Mantan Gubernur Bank Indonesia ini masih enggan membeberkan secara rinci terkait kebijakan-kebijakan tersebut.

"Macam-macam. Saya selalu nggak nyaman menjelaskan yang belum selesai. Dalam waktu dekat mungkin beberapa minggu kita sudah akan selesai dengan sejumlah kebijakan. Ada tiga (kebijakan) barangkali," kata dia.

Dia menegaskan, pemerintah terus berupaya melindungi perekonomian domestik sekaligus mendorong naiknya investasi. Beberapa kebijakan di antaranya adalah penerapan Online Single Submission (OSS) dan kebijakan B20.

Hal ini, kata Darmin, perlu dilakukan untuk menjaga agar perekonomian Indonesia tetap dapat berkinerja baik di tengah ketidakpastian ekonomi global.

"Sudah mulai dengan membangun OSS, untuk memudahkan perizinan, kita memberikan insentif perpajakan. Kita sudah umumkan pelaksanaan B20 secara menyeluruh, dan masih ada lagi," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari ke-9, RS Polri Terima 163 Kantung Jenazah Korban Lion Air Jatuh

Posted: 05 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari kesembilan pencarian korban pesawat Lion Air yang jatuh di Perairan Karawang, Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polri, Kramatjati, Jakarta Timur menerima sebanyak 163 kantong jenazah.

"Data postmortem sebanyak 163 kantong jenazah," tutur Wakil Kepala Operasi Tim DVI Polri Kombes Triawan Marsudi di RS Bhayangkara Polri, Kramatjati, Jakarta Timur, Selasa (6/11/2018).

Menurut dia, untuk data antemortem atau pembanding yang diambil dari keluarga korban Lion Air sendiri telah ada sebanyak 256 laporan. Sebanyak 213 laporan di antaranya dikumpulkan di RS Bhayangkara Polri Kramat Jati sebanyak 213 laporan dan dari Polda Bangka Belitung sebanyak 43 pelapor.

"Data postmortem dari DNA (korban) 429 sampel," jelas dia.

Sudah ada 27 bagian tubuh korban pesawat Lion Air jatuh yang teridentifikasi dengan jenis kelamin perempuan sebanyak 9 penumpang dan laki-laki 18 penumpang.

"Sudah diambil semua oleh pihak keluarga," Triawan menandaskan.

Perluas Pencarian

Jenazah korban pesawat Lion Air PK-LQP, Harwinoko dimakamkan di Cimahpar, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/11/2018) malam. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengungkapkan, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian di dasar laut dengan radius 250 meter. Hal itu untuk memastikan agar tak ada lagi korban jiwa di lokasi atau radius tersebut.

"Demikian juga yang di pantai, kita juga akan tingkatkan lagi kalau kemarin sudah 10 kilometer radiusnya, kita tingkatkan sekarang radiusnya 15 kilometer, mudah-mudahan masih ada yang bisa kami temukan dan memberikan keyakinan pada keluarga korban kalau kita kerja all out, pemerintah hadir dalam setiap kejadian seperti ini dan kami bekerja dengan hati," kata Wiryanto di JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (5/11/2018).

Sementara itu, untuk pencarian korban di daerah Tanjung Pakis akan diperlebar atau diperluas kembali titik atau lokasi pencariannya. Di lokasi tersebut juga untuk mencari body part pesawat Lion Air yang masih belum ditemukan.

"Kemudian untuk yang dipermukaan di Tanjung Pakis khususnya, kita akan perlebar lagi jarak pencarian, kita kerahkan semua personil baik itu dari TNI AD, TNI AL, TNI AU. Maupun potensi yang laen kita kerahkan semuanya, mudah-mudahan masih ada yang di temukan body part yang ada di situ," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PlayStation Jadi Favorit Pemain Timnas Indonesia Piala AFF 2018

Posted: 05 Nov 2018 09:30 PM PST

Jakarta - Para pemain timnas Indonesia yang disiapkan untuk Piala AFF 2018, diperbolehkan bermain gim, di sela-sela pemusatan latihan. Dan, PlayStation jadi salah satu konsol favorit pemain Tim Merah Putih.

Gim sepak bola PlayStation paling sering dimainkan para pemain Timnas Indonesia Piala AFF 2018. Biasanya mereka sering adu ketangkasan antarsesama di kamar hotel tempat Tim Merah-Putih menginap.

Striker Timnas Indonesia, Beto Goncalves, tak menutupi kalau dirinya membawa perlengkapan perang berupa gim konsol. "Bermain gim sepak bola ampuh membuang kebosanan," kata Beto.

Di pemusatan latihan Piala AFF 2018, para pemain tidak dilarang bermain gim. Menurut penjelasan Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi, kebijakan itu dibuat agar pemain bisa relaksasi di tengah aktivitas padat yang mereka jalani mulai dari TC hingga saat bertanding nanti.

Hanya saja, tim pelatih Timnas Indonesia Piala AFF 2018 berpesan agar pemain tahu waktu bermain PlayStation. Maksimal para pemain boleh bermain hingga pukul 22.00 WIB. Selepas itu mereka diharapkan sudah beristirahat.

 

 

Jam Malam Fleksibel

Kurniawan Dwi Yulianto, asisten pelatih Timnas Indonesia menyebut aturan jam malam sifatnya fleksibel. Ia tidak memberikan batasan soal jam malam secara kaku. Akan tetapi, ada aturan khusus yang membuat pemain dilarang meninggalkan hotel pada malam hari demi menjaga kebugaran.

"Soal jam tidur, kami memang tidak memberikan batasan maksimal. Akan tetapi, tidak ada pemain yang boleh keluar hotel dan tidak boleh menerima tamu di lobby hotel. Kalau untuk keluarga, ada tempat khusus," ujar Kurniawan ke Bola.com.

Timnas Indonesia akan menjalani pemusatan latihan di Cikarang sampai Senin (5/11/2018). Rombongan skuat Garuda kemudian dijadwalkan bertolak ke Singapura pada Selasa (6/11/2018) sore WIB.

Sumber: www.bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Reza Arap Oktovian Bentuk Tim Esports

Posted: 05 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Selain dikenal sebagai seorang vlogger kenamaan, sosok Reza 'Arap' Oktovian juga lekat dengan dunia gim. Hal itu tidak aneh mengingat konten-konten Reza banyak berisi tentang dirinya yang sedang bermain gim.

Terbaru, Reza juga telah mendirikan sebuah manajemen tim esports yang siap menaungi pemain profesional. Menurut pria yang akrab dipanggil Arap, mendirikan tim esports merupakan impian dirinya sejak lama.

''Membuat esports management memang sudah impian dari dulu, karena gue dulu pro player dan sudah ikut turnamen besar. Tapi, esports kan ada batas umurnya. Kalau umur 25 ke atas, sudah tidak sejago yang muda. Jadi, gue nampung anak-anak yang bibit unggul," tuturnya saat mengunjungi kantor KLY beberapa waktu lalu.

Oleh sebab itu, saat dirinya kini sudah tidak lagi memenuhi syarat menjadi pemain profesional, Reza memilih menaungi anak-anak yang memiliki kemampuan dan keinginan untuk serius terjun ke dunia esports.

"Nama tim gue adalah We Against The World. Saat ini sudah ada empat divisi yang terbentuk, yakni Arena of Valor (AoV), PUBG Mobile, Mobile Legends, dan Fortnite PC. Sampai sekarang baru itu saja," ujarnya menjelaskan.

Reza menuturkan, masing-masing divisi juga sudah mengikuti bootcamp, kecuali divisi Fortnite. Menurutnya, hal itu terjadi karena masih ada anggota yang bersekolah dan berada di luar Pulau Jawa.

"Untuk turnamen, tim juga sudah ikut. Terbaru, kita ikut di PINC, Beberapa kali chicken dinner dan berhasil masuk di urutan ketujuh atau kedelapan," tutur pria yang baru saja menyumbangkan kanal YouTube-nya untuk mendukung anak-anak penyandang kanker.

 

Esports di Indonesia

Reza Arap (Facebook)

Reza juga mengakui scene esports di Indonesia kini sudah semakin besar. Dirinya senang gamer-gamer kini diakui dan tidak lagi dianggap sekadar bermain gim tanpa tujuan yang jelas.

"(Dengan scene esports saat ini) gue lihat salah satunya anak di tim gue, dia umur 16 tahun putus sekolah, tapi didukung mamanya untuk ikut esports dan menurut gue itu hal yang wow," ujar Reze lebih lanjut.

Lebih lanjut Reza juga menuturkan, dirinya selalu meminta izin terlebih dulu pada orang tua anak-anak yang bergabung bersama timnya. Dia juga mencontohkan ada salah satu anggota tim yang berniat untuk fokus di esports dan memilih untuk tidak melanjutkan kuliah.

"Jadi, ada satu anak di tim yang memilih untuk fokus ke esports dan bilang tidak melanjutkan kuliah. Ya itu pilihan dia, bukan gue yang minta. Tapi memang kalau mau fokus begitu, bukan berarti gue gak mau kuliah, karena yang kuliah kan mungkin repot urusan tugas," tuturnya.

 

Tantangan Membuat Tim Esports

Suasana pertandingan eSports. (Doc: ESL)

Dalam kesempatan yang sama, Reza juga berbagi cerita mengenai tantangannya dalam membangun tim esports. Menurutnya, tantangan terberat yang dihadapi tim adalah membangun chemistry antar anggota.

"Jadi ngakalinnya ya dengan gue. Emang faktor guenya. Jadi gue sebisa mungkin terbuka sama mereka, kalau mau curhat atau misalnya ada yang berantem langsung di depan gue," ujarnya menjelaskan.

Tidak hanya itu, dia juga mengajarkan anak-anak timnya untuk mulai menabung sebagian penghasilan yang didapat dari setiap juarai turnamen esports ini.

"Kan mereka ada gaji per bulan. Jadi, gue kasih ke merek 60 persen, sedangkan 40 persennya gue bikinin rekening untuk ditabung. Gue ngajarin mereka tabung. Jadi, mereka bisa pakai 60 persennya itu dan kalau ada apa-apa sisa 40 persennya bisa minta ke gue," tuturnya mengakhiri pembicaraan.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tak Terima Diserempet, Pemotor Rusak Mobil

Posted: 05 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang pengendara motor merusak sebuah mobil lantaran tak terima terserempet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Studi 3 Universitas di Indonesia: Mobil Hybrid Jauh Lebih Irit Ketimbang Diesel

Posted: 05 Nov 2018 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Riset dan studi secara komprehensif terkait penetapan teknologi kendaraan listrik atau hybrid di tahap pertama sudah selesai dilakukan. Penelitian ini sendiri, dilakukan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang menggandeng Toyota Indonesia, dan enam perguruan tinggi, yaitu ITB, UGM, UI, ITS, UNS, dan Udayana.

Pada tahap pertama, dilakukan oleh peneliti dari UI, ITB, UGM dengan menggunakan 12 unit kendaraan listrik dan enam unit kendaraan konvensional yang disediakan oleh raksasa otomotif asal Jepang tersebut.

Dijelaskan Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto, studi ini bakal mempelajari terkait pengaplikasian mobil listrik, seperti durability, ekosistem, dan terkait juga dengan ketersediaan infrastruktur. Studi ini, juga mungkin sejalan dengan kemampuan mobil listrik nasional.

"Hasil studinya, otomatis seperti tadi dikatakan Menteri Pendidikan sudah pasti electric vehicle dengan internal combustion engine (ICE) lebih hemat electric vehicle," jelas Airlangga di Gedung Kemenperin, Selasa (6/11/2018).

Lanjut Airlangga, untuk mobil hybrid saja hasilnya 50 persen penghematan energi. Sedangkan kendaraan plug-in hybrid penghematan energinya bisa mencapai 75 sampai 80 persen.

"Artinya, kalau B20 saja bisa melakukan penghematan sekitar 6 juta kilo liter, maka dengan hybrid atau plug-in hybrid akan dua kali penghematan," tegasnya.

 

Selanjutnya

Sementara itu, untuk riset dan pengembangan mobil listrik tahap kedua bakal dilakukan oleh peneliti dari tiga perguruan tinggi lainnya, yaitu UNS, ITS, dan Udayana. Ketiganya, Akan melakukan rangkaian studi yang sama dengan tujuan agar data yang diperoleh lebih beragam dan komprehensif.Nantinya, data-data yang terkumpul akan dianalisa dan disimpulkan untuk menjadi referensi bagi Kemenperin. Selain itu, penelitian juga akan mempelajari mengenai rantai pasok industri termasuk kebutuhan ketenagakerjaan.

"Tahap dua kan sesudah ini ada di perguruan tinggi lainnya. Targetnya, Januari 2019 (pengumuman hasil riset)," pungkas Airlangga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin soal Guru Honorer: Perlu Langkah Baru

Posted: 05 Nov 2018 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden Ma'ruf Amin angkat bicara soal guru honorer. Dia menuturkan, perlu ada langkah-langkah baru menanganinya masalah tersebut.

"Kemarin sudah diangkat semua, sudah habis sebenarnya. Tapi kemudian muncul lagi, sehingga itu perlu ada langkah-langkah baru ya," ucap Ma'ruf Amin di Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Saat ditanya langkah yang dimaksud? Dia menjawab.

"Ya nantilah itu. Kita akan bicarakan penyelesaiannya," ujar Ma'ruf Amin.

Sebelumnya, Deputi II Kantor Staf Presiden Yanuar Nugroho menegaskan, Presiden Jokowi mengingatkan, bahwa ada 735.825 guru honorer yang bekerja di sekolah negeri tanpa ada kepastian status. Karenanya, Pemerintah akan mencari jalan keluar.

"Kepastian status inilah yang ingin diselesaikan dengan opsi status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K)," kata Yanuar.

Menurut Yanuar, hingga saat ini Peraturan Pemerintah tentang Manajemen P3K belum terbit. Namun, Presiden sudah meminta agar RPP Manajemen PPPK ini bisa secepatnya diselesaikan.

"Perlu ada diskusi mendalam mengenai konsekuensi anggaran dalam proses penyusunannya," kata dia.

Yanuar menyebut contoh pengangkatan 438.590 orang Tenaga Honorer Kategori-2 (THK-2) menjadi CPNS secara langsung tanpa ada tes, berpotensi konsekuensi anggaran sebesar Rp 36 triliun per tahun. Angka itu belum termasuk dana pensiun.

 

3 Opsi

Dia mengatakan, setidaknya ada tiga alternatif solusi yang digodok Kantor Staf Presiden bersama Kementerian terkait upaya meningkatkan kesejahteraan guru honorer.

Opsi pertama, membuka solusi CPNS 2018. Opsi ini bisa dipilih untuk penyelesaian isu krusial status tenaga honorer K-2 di bidang tertentu. Kebijakan ini dilakukan secara hati-hati, berbasis pada proses verifikasi dan validasi data yang dilakukan oleh BKD, BKN, Kepala Daerah serta Kementerian PAN dan RB dengan supervisi dari BPKP.

Opsi kedua adalah memberi status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Opsi ini dari aspek tertentu lebih fleksibel dibandingkan dengan PNS. Contohnya terkait Batas Usia Pelamar (di atas usia 35 tahun) sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Opsi ketiga adalah pendekatan kesejahteraan. Bagi tenaga honorer yang tidak lolos seleksi CPNS dan nantinya (apabila PP Manajemen P3K sudah ditetapkan dan terimplementasi) tidak juga lolos seleksi P3K, terdapat opsi pendekatan kesejahteraan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Panggil Mantan Sekretaris MA Nurhadi di Kasus Eddy Sindoro

Posted: 05 Nov 2018 09:21 PM PST

Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurachman memenuhi panggilan pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (6/11). Nurhadi diperiksa sebagai saksi untuk mantan petinggi Lippo Group, Eddy Sindoro. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurachman memenuhi panggilan pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (6/11). Nurhadi diperiksa sebagai saksi untuk mantan petinggi Lippo Group, Eddy Sindoro. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurachman memenuhi panggilan pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (6/11). Nurhadi diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap terkait peninjauan kembali di PN Jakarta Pusat. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurachman memenuhi panggilan pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (6/11). Nurhadi diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap terkait peninjauan kembali di PN Jakarta Pusat. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurachman berada di ruang tunggu sebelum pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (6/11). Nurhadi diperiksa sebagai saksi untuk mantan petinggi Lippo Group, Eddy Sindoro. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurachman berada di ruang tunggu sebelum pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (6/11). Nurhadi diperiksa sebagai saksi untuk mantan petinggi Lippo Group, Eddy Sindoro. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurachman menuju ruang pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (6/11). Nurhadi diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap terkait peninjauan kembali di PN Jakarta Pusat. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurachman menuju ruang pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (6/11). Nurhadi diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap terkait peninjauan kembali di PN Jakarta Pusat. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala Super Italia: Juventus Vs AC Milan Tetap Digelar di Arab Saudi

Posted: 05 Nov 2018 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Laga Piala Super Italia antara Juventus dengan AC Milan dipastikan tetap digelar di Arab Saudi. Sebelumnya sempat muncul protes agar laga tersebut tak digelar di Arab Saudi.

Piala Super Italia memang sering digelar di luar Italia. Pada bulan Juni lalu, pihak penyelenggara menjalin kerja sama dengan Arab Saudi lengkap dengan kontrak pengadaan pertandingan selama tiga sampai lima tahun ke depan. 

Pagelaran tersebut rencananya akan dihelat pada sekitaran bulan Januari 2019 mendatang. Untuk tempatnya sendiri, Piala Super Italia akan berlangsung di King Abdullah Sport City Stadium, Jeddah.

Namun rencana tersebut sempat mendapatkan pertentangan dari dunia lantaran kasus yang sedang terjadi di Arab Saudi. Seperti yang diketahui, pemerintah negara itu sedang terlibat dalam kasus pembunuhan seorang jurnalis veteran bernama Jamal Khashoggi.

Publik khawatir laga antara Juventus melawan AC Milan ini akan digunakan oleh pemerintah Arab Saudi sebagai ajang 'cuci tangan' dari kasus itu. Bahkan pertandingan tenis antara Rafael Nadal dan Djokovic yang rencananya akan digelar di Arab Saudi pun didesak untuk dibatalkan.

"Bahkan sebelum pembunuhan mengenaskan Jamal Khashoggi, Arab Saudi punya rekor mengerikan dengan hak asasi manusia," ujar pihak amnesti Inggris, Allan Hogarth, beberapa waktu lalu dilansir dari Football Italia.

"Klub besar seperti Juventus dan Milan harus paham dengan partisipasinya dalam acara olahraga seperti ini akan digunakan dalam bentun 'sportwashing'," tandasnya.

Tak Bisa Ubah Lagi

ilustrasi

Walau demikian, pihak penyelenggara Piala Super Italia nampaknya sudah tidak bisa lagi mengubah rencananya itu. Mereka akan tetap menggelar pertemuan antara Juventus dan AC Milan di Arab Saudi pada bulan Januari mendatang.

Menurut perkiraan, laga tersebut akan digelar pada tanggal 16 Januari waktu setempat di stadion yang sama. Jeddah akan menjadi kota non-Italia keenam yang menjadi penyelenggara ajang ini, menyusul Tripoli, New York, Beijing, Doha dan Shanghai.

Ajang ini sendiri tidak hanya digelar untuk Juventus dan AC Milan semata. Supercoppa Italiana merupakan agenda tahunan yang selalu mempertemukan peraih Scudetto dan juara Coppa Italia pada musim sebelumnya.

Sumber Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: MRT Jakarta Harus Terintegrasi dengan Transportasi Lain

Posted: 05 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti kepada Gubernur DKI Jakarya Anies Baswedan untuk mengontegrasikan semua moda transportasi di Jakarta dengan Mass Rapid Transit (MRT).

Hal ini disampaikannya usai menjajal langsung MRT Jakarta dari Stasiun Hotel Indonesia (HI) hingga ke Depo MRT Lebak Bulus pada Selasa pagi ini.

"Ini memang harus terintegrasi antara MRT, LRT, Kereta Bandara, Transjakarta, Kopaja, Angkot, semua terintegrasi. Kalau itu terintegrasi akan kurangi kemacetan dan kurangi penggunaan mobil pribadi di Jabodetabek," kata Jokowi di Depo MRT Lebak Bulus, Selasa (6/11/2018).

Tidak cukup dengan itu, masih sejalan dengan mengurangi kemacetan DKI Jakarta, saat yang bersamaan pemrov harus melaksanakan penerapan Electronic Road Pricing (ERP) di Jakarta.

Dengan semakin efektifnya moda transportasi masal yang terintegrasi ini, dikatakan Jokowi, juga akan meningkatkan ekonomi di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Untuk itu, dirinya ingin proyek MRT Jakarta ini bisa menjadi contoh daerah lainnya dalam pengembangan moda transportasi masal. Dia juga berpesan kepada seluruh pemerintah daerah untuk tidak takut dalam mengambil keputusan.

Bahkan, Jokowi siap mendukung seluruh pemerintah daerah dalam pengembangan moda transportasi massal seperti LRT, Monorel atau MRT tersebut.

"MRT pertama, LRT pertama, Kereta cepat juga pertama. Kalau kita tidak putuskan kita tidak tahu ada masalah apa disitu ada kendala apa disitu. Memang ini harus berani memulai, sepetti di Jakarta mulai, Palembang juga mulai, nanti menyusul Bandung, Surabaya, Medan mulai, saya kira transportasi masal adalah masa depan transportasi kita," pungkas Jokowi.

MRT Lebarkan Sayap ke Tangerang Selatan

Presiden Joko Widodo bersama Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi turun dari kereta MRT di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Selasa (6/11). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Rute Mass Rapid Transit (MRT) Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) direncanakan diperpanjang hingga ke Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. Kerja sama dengan kota penyangga Ibu Kota menjadi modal agar masyarakat mau beralih menggunakan transportasi umum dan meninggalkan kendaraan pribadi.

PT MRT Jakarta telah melakukan studi kelayakan perpanjangan rute transportasi tersebut, berdasarkan surat dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Hasil studi itu nantinya akan terlihat mengenai potensi penumpang, pendapatan, hingga pengembangan integrasi.

Direktur Keuangan dan Administrasi MRT Jakarta Tuhiyat menyatakan, sesuai Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ), ada perpanjangan dari Lebak Bulus hingga wilayah Pondok Cabe. Tapi, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany meminta adanya perpanjangan kembali dari Pondok Cabe sampai Tangerang kota.

"Tapi Ibu Wali Kota minta dibelokkan ke arah BSD atau Puspitek, sampai ke Rawa Buntu dan Tangerang Kota," kata Tuhiyat di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Jumat 26 Oktober 2018.

Untuk usulan stasiun yang diajukan BPTJ yakni dari Lebak Bulus, Universitas Muhamadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Negeri Syarif Hidyatullah (UIN), Pasar Ciputat, Pustekkom dan Pondok Cabe.

Selanjutnya menuju Stasiun Pamulang Barat, Pondok Benda, Babakan, Puspitek, Rawa Buntu dan Tangerang kota. Karena usulan tersebut, saat ini PT MRT Jakarta ditugaskan untuk melakukan studi kelayakan dan rencananya diselesaikan pada akhir 2018.

Pada awal 2018, Airin telah bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno untuk membahas perpanjangan rute MRT ke Tangsel di Balai Kota, Jakarta Pusat. Rencananya pembangunan perpanjangan ke Pondok Cabe dimulai pada 2021.

Sedangkan Kepala BPTJ Bambang Prihartono menyatakan, terdapat peningkatan pergerakan penumpang dari Tangsel ke Jakarta. Sehingga diperlukan sebuah transportasi umum yang dapat menghubungkan keduanya.

"Tadi dilaporkan oleh wali kota sudah hampir 40 persen orang Tangsel bergeraknya ke Jakarta. Dengan angka itu, tentu butuh angkutan massal yang cukup besar, yaitu MRT," ucap Bambang ketika dihubungi, Selasa (30/10/2018).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikahi Kimberly Ryder, Edward Akbar Tak Ingin Buru-Buru Punya Momongan

Posted: 05 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kimberly Ryder dan Edward Akbar resmi menjadi pasangan suami istri pada Agustus 2018 lalu. Dua bulan berlalu, Kimberly belum menunjukkan dirinya berbadan dua.

Tak seperti pasangan lain yang sudah menikah, yang ingin buru-buru memiliki momongan. Kimberly Ryder dan Edward Akbar justru santai.

Kimberly Ryder dan Edward Akbar masih menunggu waktu yang tepat untuk memiliki keturunan.

"Itu sabar saja ya. Dia juga baru lulus kuliah kan, masih mau berkarya. Jadi sabar dulu saja," terang Edward Akbar, di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Senin (5/11/2018).

 

Diskusi

Kimberly Ryder dan Edward Akbar. (Instagram/edwardakbar)

Sejak menikah, pemain film A Man Called Ahok ini lebih sering mendiskusikan segala sesuatu dengan sang istri.

"Kalau mau memutuskan sesuatu juga diskusi bareng dulu, lebih indah-lah. Kita discuss bareng untuk output yang terbaik," tambah Edward Akbar.

 

Tak Mengekang

(Instagram/kimbrlyryder)

Sebagai seorang suami, Edward Akbar mengaku tak membatasi Kimberly Ryder untuk berkarya di dunia hiburan.

"Kita sama-sama kok, saya enggak larang dia berkarya selama masih ada waktu untuk keluarga. Kita saling support. Pokoknya kita maju sama-sama-lah," pungkas pria berambut gondrong itu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Jokowi Tunjuk Yusril yang Kerap Kritik Pemerintah Jadi Kuasa Hukum

Posted: 05 Nov 2018 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jokowi akhirnya berkomentar soal penunjukan Pengacara Yusril Ihza mahendra sebagai kuasa hukum Timsesnya. Ia menyatakan, keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan rekam jejak Yusril.

"Ya kita kan tahu profesionalitas dari Pak Yusril Ihza Mahendra," kata Jokowi di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (6/11/2018).

Ia mengaku bersyukur dengan kesediaan Yusril. Mantan Wali Kota Solo itu menuturkan, Ketua Timsesnya, Erick Thohir yang mendekati Yusril.

Yusril kerap menjadi pengacara dalam sejumlah kasus terkait pemilihan presiden hingga pilkada. Yusril juga menjadi tim hukum Prabowo-Hatta di Pilpres 2019.

Meski demikian, pengacara kawakan itu juga kerap mengkritik pemerintah. Yusril juga menjadi pengacara Hizbut Tahrir Indonesia, dan menggugat Perppu Ormas yang diterbitkan pemerintah.

Yusril pun tak jarang mengkritik pemerintah. Soal itu, Jokowi santai saja.

"Enggaklah..beliau itu dimana-mana profesional," ia menandasi.

Reporter: Ilyas Praditya

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Advokat Prabowo Laporkan Bupati Boyolali ke Bawaslu

Posted: 05 Nov 2018 09:18 PM PST

Fokus, Jakarta - Aksi protes terhadap pernyataan Prabowo Subianto yang dianggap telah melecehkan masyarakat Boyolali, Jawa Tengah, berbuntut panjang. Senin, 5 November sore kemarin, advokat pendukung Prabowo melaporkan Bupati Boyolali Seno Samodro ke Bawaslu atas tuduhan telah melakukan pelanggaran pemilu.

Bupati Boyolali dianggap telah mengajak masyarakat untuk tidak memilih pasangan Prabowo-Sandi, saat Aksi Bela Tampang Boyolali, Minggu, 4 November lalu.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi, Selasa (6/11/2018), berbekal sejumlah berkas yang akan dijadikan alat bukti, empat orang yang mengaku Advokat Pembela Prabowo, Senin sore mendatangi gedung Bawaslu Jakarta.

Kedatangan mereka guna melaporkan dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh Bupati Boyolali Seno Samodro, karena dinilai telah menghasut masyarakat Boyolali untuk tidak memilih pasangan capres nomor urut 2 Prabowo–Sandi pada pemilu nanti.

Pernyataan yang dianggap merugikan paslon nomor 2 itu diutarakan Bupati Seno saat ikut dalam Aksi Bela Tampang Boyolali pada Minggu lalu. Tim advokat Prabowo menilai, sebagai pejabat negara seharusnya Bupati Seno bisa bersikap netral dan tidak menjatuhkan salah satu calon. Tim Advokat Pembela Prabowo berharap laporan tersebut dapat diproses dan Bawaslu segera memanggil Bupati Boyolali.

Sebelumnya, masyarakat Boyolali menggelar aksi turun ke jalan sebagai bentuk protes atas pernyataan Prabowo yang dianggap telah melecehkan masyarakat Boyolali saat menggelar kampanye terbuka di Boyolali. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Murray Mengamuk, Nuggets Sikat Celtics

Posted: 05 Nov 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Boston Celtics tak berdaya ketika berkunjung ke markas Denver Nuggets, Pepsi Center, pada lanjutan NBA, Selasa (6/11/2018) pagi WIB. Penampilan apil Jamal Murray membuat Celtics takluk 107-115. 

Celtics sebenarnya tampil sangat bagus di kuarter pertama dan tampaknya akan menang mudah. Tim asuhan Brad Stevens itu unggul telak 34-19 di kuarter pertama.

Bencana terjadi di kuarter dua. Nuggets tampil menggila dengan melesakkan 35 poin berbanding 22. Keunggulan Celtics pun terpangkas menjadi hanya dua poin.

Di kuarter tiga, pertandingan makin sengit. Kedua tim silih berganti memimpin. Sihir Murray membuat Celtics menutup kuarter tiga dengan keunggulan tujuh angka. Setelah itu Nuggets tak terbendung dan terus memimpin hingga laga usai.

Murray vs Irving

Murray tampil sangat bagus di laga ini. Dia membuat 48 poin yang merupakan pencapaian terbaiknya selama berkipra di NBA. Gary Harris dan Trey Lyles sama-sama menyumbang 13 angka untuk Nuggets.

Adapun di kubu Celtics, Irving sebenarnya sudah tampil bagus. Irving menorehkan 31 poin, lima rebound dan lima assists.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Minyak RI Naik USD 2,68 per Barel pada Oktober 2018

Posted: 05 Nov 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) menetapkan, harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) pada Oktober 2018 meningkat USD 2,68 per barel dibandingkan bulan sebelumnya.

Dikutip dari situs resmi Ditjen Migas Kementerian ESDM, di Jakarta, Selasa (6/11/2018), ICP Oktober 2018 mencapai USD 77,56 per barel, naik sebesar USD 2,68 per barel  dari USD  74,88 pada  September 2018.

Kenaikan juga dialami ICP SLC di mana pada Oktober 2018, ICP SLC mencapai USD 78,09 per barel,  naik sebesar USD 2,71 per barel dari USD 75,38 per barel pada September 2018.

Perkembangan harga rata-rata minyak mentah utama di pasar internasional pada Oktober 2018, dibandingkan September 2018 meningkat menjadi sebagai berikut dated Brent naik sebesar USD 2,30 per barel dari USD 78,85 per barel menjadi USD 81,15 per barel.

WTI (Nymex) naik sebesar USD 0,67 per barel dari USD 70,08 per barel menjadi USD 70,76 per barel. Basket OPEC naik sebesar USD 2,40 per barel dari USD 77,18 per barel menjadi USD 79,58 per barel.  Brent (ICE) naik sebesar USD 1,52 per barel dari USD 79,11 per barel menjadi USD 80,63 per barel.

Peningkatan harga  minyak mentah diakibatkan  beberapa faktor, yakni berdasarkan publikasiInternational Energy Agency (IEA) Oktober 2018, terdapat penurunan produksi minyak dunia sebesar 40 ribu barel per hari menjadi 100,30 juta barel per hari dibandingkan bulan sebelumnya yang dipengaruhi oleh penurunan produksi dari negara-negara Non-OPEC.  

Selain itu, EIA melaporkan stok distillate, stok gasolinedan produksi minyak mentah Amerika Serikat (AS) pada Oktober 2018 lebih rendah dibandingkan stok distillate, stok gasoline dan produksi minyak mentah AS pada akhir  September 2018

Penyebab lainnya adalah, berdasarkan publikasi MOMR OPEC pada Oktober 2018, terdapat penurunan penggunaan  oil rig dunia (tidak termasuk China dan FSU) dibandingkan bulan sebelumnya sejumlah 24 rig menjadi 1.800 rig. Selain itu‎, kekhawatiran pasar atas suplai minyak dunia akibat rencana implementasi sanksi  AS kepada Iran pada 4 November 2018. 

Analisa Platts memperkirakan, ekspor minyak mentah dan kondensat Iran pada Oktober 2018 turun sebesar 1,81 juta barel per hari, juga menjadi penyebab kenaikan harga minyak internasional.

Sentimen positif pasar atas kesepakatan antara AS, Kanada dan Meksiko pada North American Free Trade Agreement (NAFTA) yang diperkirakan akan meningkatkan kondisi perekonomian negara tersebut, sehingga berpotensi meningkatkan permintaan minyak serta badai Michael yang mempengaruhi penurunan produksi minyak AS di bulan Oktober 2018, menaikkan harga minyak mentah Oktober 2018.

Untuk kawasan Asia Pasifik, peningkatan harga minyak mentah dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu tingkat permintaan China meningkat, dipengaruhi oleh potensi penimbunan stok menjelang musim dingin dan tingginya pengeluaran atas projek pembangunan infrastruktur untuk menstimulasi perekonomian.

Berdasarkan publikasi MOMR OPEC bulan Oktober 2018, Manufacturing Purchasing Manager Index (PMI) India (Nikkei) meningkat hingga 52,2 pada September 2018 dibandingkan Agustus 2018 sebesar 51,7. 

 

Harga Minyak Dunia Bervariasi

Ilustrasi Tambang Minyak (iStock)

Sebelumnya, harga minyak bervariasi pada hari Senin usai turun dalam lima hari berturut-turut, karena Amerika Serikat (AS) secara formal telah mengenakan sanksi terhadap Iran tetapi memberikan pembebasan sementara kepada delapan negara yang memungkinkan mereka untuk tetap membeli minyak dari Iran.

Dilansir dari Reuters, sanksi tersebut adalah bagian dari upaya Presiden AS Donald Trump untuk mengekang program rudal dan nuklir Iran dan mengurangi pengaruhnya di Timur Tengah.

Pasar minyak telah mengantisipasi sanksi selama berbulan-bulan. Harga telah berada di bawah tekanan karena produsen utama, termasuk Arab Saudi dan Rusia, telah meningkatkan produksi mendekati rekor tertinggi, sementara angka ekonomi yang lemah di China telah meragukan prospek permintaan.

Berita tentang keringanan sanksi dikenakan pada harga, kata analis. "Ada banyak pertanyaan tentang sanksi, tentang keringanan," kata Phil Flynn, analis di Price Futures Group di Chicago. "Ada beberapa keraguan bahwa sanksi akan memiliki gigitan yang awalnya dipikirkan oleh pasar."

Harga minyak mentah jenis Brent LCOc1 berjangka naik USD 34 sen menjadi USD 73,17 per barel. Kontrak berjangka minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) West Texas Intermediate (WTI) turun USD 4 sen menjadi USD 63,1 per barel.

Kedua patokan minyak telah merosot lebih dari 15 persen sejak mencapai tertinggi empat tahun pada awal Oktober. Hedge fund telah memangkas taruhan bullish pada minyak mentah ke level terendah satu tahun.

Amerika Serikat telah memberikan pengecualian ke China, India, Yunani, Italia, Taiwan, Jepang, Turki dan Korea Selatan, yang memungkinkan mereka untuk terus membeli minyak Iran sementara, kata Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo, Senin. Beberapa negara adalah pelanggan teratas anggota OPEC Iran.

Trump pada hari Senin mengatakan dia ingin memberlakukan sanksi terhadap minyak Iran secara bertahap, mengutip kekhawatiran tentang pasar energi yang mengejutkan dan menyebabkan lonjakan harga global.

Pejabat AS telah mengatakan tujuan sanksi akhirnya untuk menghentikan semua ekspor minyak Iran.

Pompeo mengatakan lebih dari 20 negara telah memotong impor minyak dari Iran, mengurangi pembelian lebih dari 1 juta barel per hari.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Politikus PPP: Serahkan ke Rakyat Siapa yang Pantas Jadi Wagub DKI

Posted: 05 Nov 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dua bulan sudah kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta kosong pascaditinggalkan Sandiaga Uno yang maju di Pilpres 2019. Politikus PPP Teddy Yulianto menyatakan, kekosongan kursi Wagub DKI tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Selain akan mempengaruhi pelayanan masyarakat, juga jelang Pemilu 2019 kondisi politik di Jakarta akan semakin memanas.

"Kita tidak boleh membiarkan Pak Anies bekerja sendiri mengurus Jakarta ini. Risikonya sangat besar kalau kita membiarkan," ujar Teddy, Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Teddy menyatakan, siapa pun yang direkomendasikan menjadi Wagub DKI baru harus dapat bekerjasama dengan Anies untuk membangun Jakarta.

"Jangan bawa kepentingan partai," tegasnya.

Teddy Yulianto mengatakan memang sudah ada kesepakatan antara Gerindra dengan PPP soal posisi Wagub DKI, tapi hasil tesebut terkesan transaksional.

"Setelah sekian lama berdebat dan bersitegang, kedua partai itu menyepakati jabatan Wagub DKI jatahnya PKS. Ini kan transaksional. Tapi belum ada nama yang disepakati, artinya masih membutuhkan waktu, enggak tahu kapan selesainya," ujar caleg PPP untuk DPRD DKI dapil Jaksel ini.

Teddy menegaskan, dirinya bukannya tidak mengerti mekanisme penggantian pejabat negara, tapi terlihat jelas adanya kepentingan dari dua partai tersebut untuk mendapatkan posisi Wagub DKI.

"Kalau begini kondisinya ya kita harus menyelesaikannya dengan cara out of the box, yaitu kembalikan ke rakyat untuk menentukan siapa sosok yang pantas jadi Wagub DKI," ujarnya.

Buat Petisi

Dia akan membuat petisi rakyat tentang siapa wagub yang pantas mendampingin Anies. Di petisi tersebut, seluruh warga Jakarta dapat mengusulkan nama yang mereka yakini layak menjabat sebagai Wagub DKI.

"Kita akan membuat kriteria calon Wagub DKI, jadi tidak sembarangan orang bisa diusulkan. Pastinya track record, integritas, dan memiliki komitmen membangun Jakarta menjadi lebih baik," jelas Teddy.

Dia minta agar parpol pengusung menjadikan petisi tersebut. Jika tidak maka akan terlihat keberpihakannya terhadap warga Jakarta.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jokowi Jajal Kereta MRT Rute HI-Lebak Bulus

Posted: 05 Nov 2018 09:15 PM PST

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di dalam kereta mass rapid transit (MRT) rute Stasiun Bundaran Hotel Indonesia ke Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (6/11). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di dalam kereta mass rapid transit (MRT) rute Stasiun Bundaran Hotel Indonesia ke Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (6/11). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo bersama Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar bersiap masuk ke dalam kereta MRT di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Selasa (6/11). Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo bersama Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar bersiap masuk ke dalam kereta MRT di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Selasa (6/11). Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo berbincang saat berada di dalam kereta mass rapid transit (MRT) di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Selasa (6/11). Jokowi melakukan pengecekan kereta MRT menuju Stasiun Lebak Bulus. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo berbincang saat berada di dalam kereta mass rapid transit (MRT) di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Selasa (6/11). Jokowi melakukan pengecekan kereta MRT menuju Stasiun Lebak Bulus. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo bersama Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi turun dari kereta MRT di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Selasa (6/11). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo bersama Menhub Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi turun dari kereta MRT di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Selasa (6/11). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo turun dari kereta mass rapid transit (MRT) di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Selasa (6/11). Jokowi melakukan pengecekan kereta MRT menuju Stasiun Lebak Bulus. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo turun dari kereta mass rapid transit (MRT) di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Selasa (6/11). Jokowi melakukan pengecekan kereta MRT menuju Stasiun Lebak Bulus. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panwaslu Temukan Alat Peraga Kampanye Terpasang Tak Sesuai Zona di Jembrana

Posted: 05 Nov 2018 09:14 PM PST

Liputan6.com, Bali - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jembrana, Bali menemukan pemasangan alat peraga kampanye (APK) calon legislatif (caleg) yang melanggar zona kampanye dalam Pemilu 2019.

"Rata-rata pelanggarannya, calon legislatif memasang alat peraga kampanye miliknya di luar zona yang sudah ditentukan oleh KPU," ujar Ketua Panwaslu Jembrana Pande Made Muliawan di Negara, Jembrana, seperti dilansir Antara, Selasa (6/11/2018).

Hingga sekarang, menurut Pande, pihaknya masih melakukan inventarisasi sebelum menyerahkan rekomendasi ke KPU terkait pelanggaran tersebut.

Dia mengatakan, setelah ada rekomendasi itu, KPU akan menyampaikan kepada peserta Pemilu tentang pelanggaran tersebut.

Apabila, kata Pande, alat peraga kampanye milik calon legislatif itu tidak dipindahkan, maka pihaknya akan menertibkannya bersama Satpol PP.

"Saat ini, kebanyakan alat peraga kampanye yang dipasang calon legislatif berwujud baliho. Kalau sudah diingatkan KPU tetap tidak dipindah, kami akan menertibkannya bersama Satpol PP," ucapnya.

Melihat pelanggaran yang terjadi, Pande menilai, masih banyak calon legislatif yang belum paham tentang zona atau lokasi yang diperbolehkan bagi mereka untuk memasang alat peraga kampanye.

"Oleh karena itu, dalam berbagai kesempatan akan terus mengingatkan partai politik maupun calon legislatif untuk tidak melakukan pelanggaran," jelas Pande.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

KPU Menunggu

PLH Ketua KPU Wahyu Setiawan (tengah) saat mensosialisasikan fasilitas alat peraga dan jadwal kampanye 2019 bagi peserta pemilu tingkat pusat di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (30/8). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, Ketua KPU Jembrana I Ketut Gde Tangkas Sudiantara mengatakan, pihaknya masih menunggu Panwaslu untuk menyampaikan pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye.

"Sempat ada penyampaian dari Panwaslu ke kami soal pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye. Tapi karena lokasi dan jenis pelanggarannya belum jelas, Panwaslu menyusun ulang laporan tersebut," kata Tangkas.

Pada masa awal kampanye calon legislatif, pihaknya memasang alat peraga secara simbolis di beberapa zona dan untuk pemasangan selanjutnya dilakukan oleh tim pemenangan calon legislatif beserta partai politik.

"KPU Jembrana sudah melakukan sosialisasi termasuk secara tertulis memberikan masing-masing partai politik tentang zona yang boleh dipasang alat peraga kampanye," tegas Tangkas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Kue Bolu Lemon Super Lembut dan Mudah, Anti Gagal

Posted: 05 Nov 2018 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lemon cake merupakan salah satu kue yang masuk dalam kategori kue bolu butter. Proses cara membuat kue bolu lemon ini dengan cara mengocok mentega bersama gula hingga tercampur dengan rata. Setelah itu baru, dimasukkan bahan-bahan lain satu per satu hingga adonan kue terbentuk.

Walaupun banyak olahan lemon cake yang menggunakan pasta atau essense lemon. Tapi menggunakan lemon asli rasanya akan lebih mantap dan nendang. Kebayangkan aroma butter yang dipadukan dengan aroma lemon? Rasanya pasti sudah menggundang selera. Selain menggunakan fresh lemon juice (jus lemon), lemon cake ini juga menggunakan lemon zest (parutan kulit lemon). Cara membuat kue bolu lemon ini tak jauh berbeda dengan kue bolu lainnya.

Jadi untuk mengambil parutan kulit lemonnya harus hati-hati sekali. Usahakan jangan sampai terkena bagian kulit yang berwarna putih, nanti hasil kuenya jadi pahit. Jadi, parutnya cukup kulit bagian yang berwarna kuning saja.

Hasil akhir cara membuat kue bolu lemon ini sungguh moist sekali. Dan karena kelembutannya sebenarnya kue ini dinikmati begitu saja sudah enak banget. Tapi untuk menambah variasi rasanya bisa menambahkan lemon frostingnya sebagai pelengkap kelezatan lemon cake ini.

Tentu sudah tidak kebayang lagi bagaimana super duper enaknya lemon cake lembut yang dilengkapi dengan lemon frosting. Hasilnya jadi kue yang segar dengan sedikit rasa asam yang berdominan manis. Jadi berasa sedang minum lemonade, soalnya wangi lemonnya terasa banget. Berikut cara membuat kue bolu lemon yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (06/11/2018).

Bahan cara membuat kue bolu lemon:

230 gram butter suhu ruang

190 gram gula pasir

1 sdt vanila bubuk

4 butir telur

1 buah lemon yang sudah jadi zest (parutan kulit lemon bagian luar yang berwarna kuning, jangan sampai terkena bagian putihnya)

260 gram tepung terigu

1 sdt baking powder

60 ml jus lemon (air perasan lemon)

Cara membuat kue bolu lemon:

1. Langkah awal panaskan oven 180 derajat celcius. Siapkan loyang lalu oles margarin dan taburi dengan sedikit tepung terigu (atau bisa juga dialasi kertas roti), sisihkan.

2. Selanjutnya campur dan ayak tepung terigu dan baking powder. Tambahkan parutan kulit lemon, sisihkan.

3. Setelah itu kocok butter dan gula pasir halus sampai lembut, kurang lebih selama 3 menit. Masukkan vanilla, kocok rata.

4. Masukkan telur satu persatu, lalu kocok sampai adonan rata di setiap penambahan telur.

5. Kemudian masukkan campuran tepung dalam 3 tahap, jadi berselang-seling dengan air lemon. Di awali dan di akhiri dengan tepung, kemudian kocok sampai rata.

6. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan lalu hentakkan loyang sesaat sebelum dimasukkan ke dalam oven.

7. Panggang adonan kue kurang lebih selama 40-50 menit sampai matang. Usahakan jangan overbaked, agar tekstur kue tidak kering.

8. Terakhir, keluarkan kue dari oven, balikkan di atas cooling rack lalu biarkan dingin.

Sebenarnya, cara membuat kue bolu lemon ini sudah enak tanpa diberi apapun. Namun akan semakin lengkap kelezatannya jika mau ditambahkan lemon frosting. Berikut cara membuat kue bolu lemon frosting.

Bahan Lemon Frosting:

100 gram gula icing/bubuk gula

4 sdm jus lemon

Cara membuat lemon frosting:

1. Pertama-tama letakkan gula icing di dalam wadah. Kemudian tambahkan air lemon, aduk rata sampai teksturnya lembut.

2. Jika belum didapat tekstur lembutnya, bisa ditambahkan lagi air lemon sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan. Tapi jangan terlalu banyak, nanti rasanya jadi terlalu asam.

3. Terakhir, siramkan lemon frosting di atas kue bolu lemon yang sudah dingin lalu biarkan mengeras.

4. Lemon cake siap dipotong-potong dan dinikmati bersama teh hangat atau kopi pilihan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Sang Bunda Berharap Anaknya Salah Naik Pesawat

Posted: 05 Nov 2018 09:04 PM PST

Liputan6.com, Bogor - Yenti Sulastri (44) masih menyimpan harapan adanya mukjizat putranya, Arif Yustian gagal terbang atau bisa selamat dari kecelakaan Lion Air jatuh di perairan Karawang. Setiap malam, doa-doa ia panjatkan. Jika benar putra sulungnya menjadi korban, setidaknya ia bisa mengujungi makamnya untuk menghapus rindu yang tak sempat ia sampaikan.

"Sudah sebulan abang tidak pulang, biasanya kalau saya kangen abang pulang, tapi bulan ini tidak sempat," kata Yenti Sulastri ditemui dirumahnya, Bogor, Jumat 4 November 2018.

Hari keenam pascamusibah itu terjadi, rumah bercat biru di sudut gang sempit di Kampung Kelapa, Desa Rawa Panjang, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, masih ramai dikunjungi, sanak saudara, tetangga, hingga kerabat bahkan teman sejawat. Satu persatu mereka datang untuk memberikan dukungan moril, bahkan menawarkan Yenti untuk membeli makanan, memastikan dia tidak lupa makan di tengah duka kecelakaan Lion Air jatuh yang menyelimuti keluarga sederhana tersebut.

Hampir tiap malam, tahlillan digelar selalu dipenuhi oleh tamu-tamu yang berempati atas kepergian Arif Yustian (20) pemuda yang dikenal baik lakunya, bertanggungjawab dan menjadi harapan keluarga.

"Saya kehilangan teman curhat," kata ibu lima orang anak itu.

Sambil membawa sepiring donat bertabur cokelat yang baru saja dia masak di dapur rumahnya, rona wajahnya ramah, bibirnya masih menyunggingkan senyum getir, tapi mata sembabnya tidak mampu ia sembunyikan, sepertinya tadi malam dia tak henti-hentinya menangis untuk putranya yang masih hilang.

Istri dari Sariyoso (54) sudah bisa menerima kenyataan bahwa putra sulungnya ikut menjadi korban jatuhnya pesawat Lion Air dalam penerbangan dari Jakarta menuju Pangkal Pinang Senin (29/10) lalu.

"Saya merasa berdosa kalau saya menyebut dia almarhum, karena saya merasa dia masih ada, salah naik pesawat. Ada harapan, tiba-tiba anak saya bilang, Ma, Abang pulang," kata Yenti mencoba menghalau rindu.

Tidak Terdaftar di Manifest

Nama Arif tidak terdaftar di manifest penumpang Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610. Yenti berharap itu adalah mukjizat bahwa putranya batal naik pesawat naas tersebut.

Senin pagi setelah mendengarkan "breaking news' di televisi. Yenti risau, jangan-jangan anaknya naik pesawat yang sama. Karena jadwal penerbangannya sama dengan jadwal yang disebutkan Arif.

"Anak saya itu baru pertama kali naik pesawat, katanya berangkat ke Bangka penerbangan jam 06.20 WIB dari Jakartq," katanya.

Untuk menenangkan diri, Yenti mencoba mengerjakan shalat Dhuha sembari meminta kepada Allah semoga putranya tidak menjadi korban.

Tak lama setelah mengerjakan shalat, ada yang datang mengucapkan salam dari depan pintu. Perasaan Yenti mulai tak tenang, ketika tiga orang itu memperkenalkan diri sebagai perwakilan PT Skylab Pasifik Indonesia tempat Arif bekerja.

Kedatangan mereka untuk mengkonfirmasi keluarga Arif, dan menyampaikan informasi resmi terkait kecelakaan pesawat yang dialami ketiga karyawannya. Dan memastikan keluarga mendapatkan informasi tidak simpang siur.

"Saya langsung lemes begitu tau mereka dari kantornya Arif, saya spontan langsung ngomong, anak saya kenapa pak. Benar anak saya jadi korban pak?" kata Yenti tercekat.

Belum usai kesedihannya mengetahui anaknya menjadi korban kecelakaan pesawat, kenyataan pahit kembali ia hadapi karena nama Arif tidak terdaftar di manifest penumpang Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610.

Jika Arif tidak terdaftar kemungkinan besar keluarga tidak mendapatkan uang duka dan uang tunggu yang dijanjikan pihak maskapai. Tetapi dengan bantuan perusahaan tempat Arif bekerja, keluarga mendapatkan haknya.

Sariyoso ayah Arif datang di pusat krisis ditemani perusahan untuk menyerahkan data dan menjalankan tes DNA untuk memudahkan identifikasi korban. Bukti-bukti diberikan, baik kamera CCTV saat Arif hendak berangkat ke Jakarta, detik-detik sebelum menaiki pesawat, serta tiket pesawat atas nama Arif Yustian.

Jumat (2/11) kemarin Sariyoso sudah mendapatkan uang tunggu dari maskapai senilai Rp5 juta. Kini keluarga masih menantikan jenazah Arif teridentifikasi, sambil menggelar tahlilan selama tujuh hari tujuh malam.

Sementara itu, proses evakuasi dari hari pertama hingga hari keenam di Tanjungpakis, Karawang, oleh Basarnas telah terkumpul 104 kantong jenazah dari lokasi kecelakaan.

Dari jumlah tersebut, 92 di antaranya sudah tiba di Rumah Sakit Polri Kramatjati, untuk dilakukan proses identifikasi dan rekonsiliasi.

Berdasarkan hasil identifikasi dan rekonsiliasi tim DVI Polri, sudah ada tujuh korban yang terindentifikasi, Jannatun Cintya Dewi, Candra Kirana, Moni, Haizkia Jorry Saroinsong, Endang Sri Bagusnita, Wahyu Susilo, dan Fauzan Azima.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: