Rabu, 28 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kemenpora: Edy Rahmayadi Tak Salahi Aturan Rangkap Jabatan

Posted: 28 Nov 2018 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tagar #EdyOut ramai diperbincangkan masyarakat Indonesia. Itu merupakan desakan suporter Timnas Indonesia kepada Ketua Umum (Ketum) PSSI, Edy Rahmayadi untuk mundur dari jabatannya.

Publik meminta Edy Rahmayadi mundur dari jabatannya karena dinilai gagal membawa Timnas Indonesia berprestasi. Tak hanya itu, Edy juga dinilai menyalahi aturan soal rangkap jabatan.

Ya, selain menjadi Ketum PSSI, Edy juga seorang Gubernur Sumatera Utara. Namun, Sekretaris Menpora, Gatot Dewa Broto mengatakan, Edy tidak menyalahi aturan, setidaknya menurut Undang-undang Sistem Keolahragaan Nasional tahun 2005.

"Pak Edy tidak salah, sebetulnya. Perlu saya luruskan, Pak Edy itu tidak melanggar Undang-undang Sistem Keolahragaan Nasional di pasal 40," kata Gatot saat menjadi narasumber di program acara Mata Najwa, Rabu (28/11/2018).

Dalam Undang-undang Sistem Keolahragaan Nasional tahun 2005 pasal 40, yang dilarang adalah pejabat publik menjadi pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), baik itu pusat, provinsi atau kabupaten/kota.

"Kalau untuk hal ini, saya bela Pak Edy Rahmayadi," ucap pria yang menggunakan kacamata itu.

Kesalahan Edy

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Namun, bagi Kemenpora, Edy Rahmayadi tetap mempunyai salah. Gatot mempertanyakan posisi Edy Rahmayadi yang jauh dari dari sekretariat PSSI.

"Tapi, dalam konteks kepatutan, di Jakarta banyak menteri yang merangkap, seperti Pak Wiranto di PBSI, Pak Airlangga di wushu, dan Pak Basuki di dayung."

"Namun alangkah indahnya kalau Pak Edy mengurus PSSI itu ada di Jakarta. Di Sumatera Utara itu kan banyak yang diurus. Nah, PSSI seakan-akan ayam kehilangan induknya. Jadi perlu interaksi yang baik. Terkadang malah wartawan yang dijadikan alasan kegagalan timnas," ucap Gatot.

 

Solusi Kemenpora

Gatot juga memberikan solusi untuk Edy Rahmayadi dan PSSI. Dia berharap, komunikasi yang baik antara Edy dan anggota PSSI terjamin demi kemajuan sepak bola Indonesia.

"Poinnya, kita berinteraksi dengan baik. Saya kenal baik dengan Pak Edy. Saya pernah kritik PSSI, pada saat menjelang semifinal Piala AFF 2016, ada pengaturan skor. Besoknya, Pak Ade Wellington (mantan Sekjen PSSI) menemui saya atas perintah Pak Edy. Itu menunjukkan kalau dia punya komunikasi yang bagus

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas, Sederhana dan Mudah Dipraktikkan

Posted: 28 Nov 2018 10:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tak cuma rambut dan kulit indah, bibir juga menjadi salah satu faktor yang membuat wanita terlihat sehat dan cantik. Bibir yang kering dan pecah-pecah selain mengganggu penampilan, juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan, seperti dehidrasi, iritasi bibir, dan malnutrisi.

Bibir sendiri merupakan salah satu hal yang menjadi kebanggaan bagi beberapa wanita. Bentuk bibir menjadi salah satu daya tarik wanita. Mempunyai bibir yang sehat tentu menjadi nilai tambah bagi wanita. Namun, beberapa wanita sering mengeluhkan bibirnya yang kering dan pecah-pecah. Memakai lipstik yang bertujuan supaya bibir terlihat lebih indah justru dapat membuat bibir terlihat buruk ketika sedang kering dan pecah-pecah, membuat wanita kurang percaya diri.

Kulit bibir juga tidak memiliki pelindung terhadap sinar UV, perubahan temperatur, angin, dan pengaruh AC. Karena tidak seperti bagian kulit lainnya, kulit bibir tidak memiliki melanin, yaitu pigmen pewarna kulit sekaligus pelindung kulit. Kulit bibir juga tidak memiliki kelenjar yang dapat menghasilkan pelumas alami untuk melembapkan bagian kulitnya.

Kelembapan akan hilang melalui bibir daripada melalui bagian wajah atau tubuh yang lain. Ketika bibir kehilangan kelembapannya, kulit yang melapisi bibir dapat menjadi kaku dan mulai pecah-pecah. Bibir dapat pecah dan kering ketika mereka kehilangan kelembapan karena terpapar sinar matahari, angin, atau udara dingin.

Penyebab Bibir Kering dan Mengelupas

Ilustrasi bibir kering. (sumber: unsplash)

1. Bernapas lewat mulut.

Bagi kamu yang suka napas melalui mulut saat sedang membutuhkan banyak oksigen, sebaiknya kurangi kebiasaan ini. Bernapas melalui mulut dapat membuat bibir kering karena udara yang lewat saat bernapas dapat menghilangkan kelembapan bibir.

2. Menjilat bibir.

Bibir juga bisa kering dan pecah-pecah karena kamu sering menjilat bibir. Kamu mungkin akan menjilat bibir ketika merasa bibirmu kering untuk melembapkannya. Namun, yang terjadi justru membuat bibir menjadi kering. Menjilat bibir membuat bibir lembap hanya dalam waktu singkat. Kelembaban ini akan menghilang karena cepat menguap dan membuat bibir menjadi kering kembali.

3. Enzim.

Enzim pada cairan ludah berfungsi untuk memecah zat gizi pada makanan saat pertama kali masuk ke mulut. Nah, ternyata enzim ini melakukan hal yang sama pada bibir sehingga bibir cepat kering. Kebiasaan menggigit bibir juga dapat membuat bibir kering.

4. Kekurangan zat gizi.

Bibir kering juga dapat menjadi tanda tubuh kita sedang kekurangan zat gizi tertentu. Bibir kering dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang kekurangan asupan asam folat dan riboflavin atau vitamin B2. Bibir kering juga dapat menjadi tanda dehidrasi atau tubuh sedang kekurangan caira

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas

Ilustrasi air putih. Sumber foto: pexels.com/Lisa Fotios.

Bibir sehat akan terlihat lebih indah dan menarik. Untuk membuatnya tetap sehat, bibir juga perlu perawatan. Berikut cara mengatasi bibir kering dan mengelupas yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/11/2018).

1. Banyak minum air

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas dengan banyak minum air. Ini merupakan salah satu cara paling mudah untuk membuat bibirmu tetap lembap. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengurangi kelembapan bibir sehingga menyebabkan bibir menjadi kering. Oleh karena itu, minumlah air dalam jumlah yang cukup, minimal 8 gelas dalam sehari.

2. Jangan menjilat bibir

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas adalah jangan menjilat bibir. Kamu sudah tahu kan, kalau ternyata menjilat bibir justru akan membuat bibir kering bukan malah melembapkannya. Karena itu, kurangi kebiasaan menjilat bibir mulai sekarang.

3. Memakai lip balm

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas adalah dengan memakai lip balm. Lip balm membuat bibir tetap lembap. Lip balm biasanya mengandung petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang akan menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembaban bibir. Lip balm dapat melindungi bibirmu dari sinar matahari, angin, dan udara dingin atau kering dengan mengunci kelembapan bibir dan menjaganya dari infeksi. Kandungan emolien dalam lip balm juga berfungsi untuk melembutkan bibir. Vitamin atau senyawa lain juga sering ditambahkan untuk membantu meregenerasi jaringan dan juga untuk perlindungan. Beberapa lip balm juga ditambahkan SPF, setidaknya SPF 15, di dalamnya untuk melindungi bibir dari sinar matahari.

4. Lindungi bibir dari paparan bahan kimia saat menggunakan produk perawatan wajah

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas selanjutnya dengan melindungi bibir dari produk perawatan wajah. Produk perawatan wajah, seperti krim anti jerawat, krim anti penuaan, atau masker, biasanya mengandung bahan kimia yang ditujukan untuk mengangkat lapisan kulit mati atau untuk mengeringkan jerawat. Ingat, bibir mempunyai lapisan yang lebih tipis dibandingkan dengan lapisan kulit pada wajah. Sehingga jika bibir terpapar bahan kimia ini, maka bibir akan kering. Sebaiknya, oleskan petroleum jelly atau lip balm ke bibir untuk menghalangi bibir terpapar bahan kimia tersebut.

5. Pilih lipstik yang sesuai

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas lainnya adalah dengan memilih lipstik yang sesuai. Kandungan alkohol dalam lipstik, seperti pada lipstik jenis matte atau lipstik yang tahan lama, biasanya cenderung untuk mengurangi kelembapan bibir karena alkohol cepat menguap. Namun, karena alkohol merupakan salah satu unsur penting dalam lipstik, beberapa produsen menggunakan alkohol dari tanaman yang berfungsi sebagai emolien atau senyawa yang dapat melembutkan bibir. Beberapa lipstik juga sudah mengandung bahan tambahan yang sama seperti bahan yang terkandung dalam lip balm yang berfungsi untuk melembapkan bibir. Sebaiknya pilih lipstik jenis ini untuk tetap menjaga kelembapan bibirmu.

6. Gunakan madu sebelum tidur

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas dengan menggunakan madu sebelum tidur. Madu merupakan cara alami untuk menghilangkan bibir kering. Sesaat sebelum tidur, oleskan madu tipis-tipis pada bibir dan biarkan hingga pagi.

7. Menjaga makanan

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas dengan menjaga makan. Pepaya, kacang serta biji-bijian mengandung vitamin, mineral dan asam lemak yang membuat kulit bibir lembut dan lentur. Selain itu, mengonsumsi banyak buah juga bisa jadi salah satu cara untuk membuat bibir tetap lembab.

Jika kamu menginginkan bibir agar tak mudah kering, kurangi konsumsi makanan pedas dan asin. Kedua makanan tersebut sangat berperan kuat untuk membuat bibit cepat kering. Di samping itu, makanan asing dan manis juga menyebabkan kita lebih mudah lapar.

8. Sering melakukan eksfoliasi

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas dengan rutin melakukan eksfoliasi. Untuk melakukan hal ini kamu bisa menggunakan scrub bibir ataupun sikat gigi. Hal tersebut dipercaya dapat melepaskan sel-sel mati pada area bibir. Jika kamu rajin melakukan hal ini saat ramadan, bibir tak mudah untuk menjadi kering dan selalu terasa halus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AAA 2018 Jadi Bahan Cemoohan Warganet, Ada Apa?

Posted: 28 Nov 2018 10:40 PM PST

Liputan6.com, Seoul - ‏Perhelatan Asia Artis Awards atau AAA 2018 telah digelar tuntas di Seoul, Korea Selatan, pada Rabu (28/11/2018) malam kemarin. Ajang tahunan ini diisi penampilan sejumlah artis populer Korea Selatan seperti Seventeen, Momoland, iKON, Wanna One, hingga BTS.

Namun di balik kemeriahan ini, ternyata terdapat sejumlah hal dalam penyelenggaraan AAA 2018 yang membuat warganet geregetan.

Salah satunya, adalah soal bagaimana staf AAA 2018 menangani penampilan panggung para bintang Korea yang disiarkan secara langsung melalui sejumlah platform streaming.

Fans GOT7 misalnya, menemukan bahwa staf AAA 2018 salah memberi label pada lagu yang ditampilkan grup ini. "Aku nonton penampilan got7 dan mereka menampilkan 'look' tapi dilabeli dengan lagu milik sunmi, 'siren', omg," tulis @__sugasweet.

BTS

BTS. (YOAN VALAT/POOL/AFP)

BTS pun menjadi korban dalam penyelenggaraan AAA 2018. Saat mereka menampilkan "Fake Love" dan "Idol" suara beberapa anggota BTS tak bisa didengar dengan maksimal oleh penonton di platform streaming. Belum ada penjelasan resmi, apakah ini merupakan masalah pada mikrofon atau transmisi saat siaran langsung. 

Alhasil, para penggemar pun langsung menyampaikan unek-uneknya via media sosial.

"Ini maksudnya ada acara penghargaan namanya AAA tapi mereka tak bisa memasukkan tiga baterai AAA ke dalam mikrofon? hebat ya," tutur @namgistudio.

 

Kursi untuk Para Bintang

(Twitter/ https://twitter.com/idoltaeguk/status/1067708857487581184)

Hal lain yang menjadi perhatian penggemar, adalah kursi yang disediakan untuk para artis yang dinilai tidak memadai. Apalagi para tamu mesti duduk berjam-jam di kursi yang terlihat memiliki bantalan tipis ini.

"Jadi AAA tidak bisa menyiapkan kursi yang lebih baik untuk orang-orang duduk selama 4,5 jam. Kursi ini benar-benar tak nyaman," kata @ArubanArmy.

Tak Dianggap Serius

AAA 2018 (Soompi)

Di luar penyelenggaraannya, warganet juga bertanya-tanya soal kategori dalam ajang ini yang terlihat dibuat-buat. Tak hanya itu, beberapa kategori pun memiliki pemenang ganda. Hal ini, dianggap mengurangi prestise penghargaan ini.  

"AAA secara resmi adalah penghargaan lawakan hhhhh kenapa mereka memberikan 4 rookies of the year? dan banyak artist of the year?" tulis @ultlalisasm.

"AAA benar-benar membuat macam-macam penghargaan, maksudku ada fabulous award...emotive award.... ini beneran? Dan tampaknya semua orang dapat artist of the year dan rookie of the year, lol okay, aku enggak jadi memandang penghargaan ini dengan serius," tutur @Lalisashe.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tottenham Vs Inter Milan, Kejutan Susunan Pemain dari Pochettino

Posted: 28 Nov 2018 10:35 PM PST

Liputan6.com, London - Inter Milan tak pernah menyangka pelatih Mauricio Pochettino akan menghadirkan susunan pemain Tottenham yang mengejutkan. Inter salah memprediksi siapa yang bakal diturunkan Tottenham di pertandingan tersebut.

Inter Milan berjumpa Tottenham pada matchday kelima babak penyisihan grup Liga Champions, Kamis (29/11/2018) dini hari WIB. Laga tersebut amat penting bagi Inter Milan. Sebab, jika mampu mendapatkan tambahan satu poin, maka Inter akan lolos ke 16 Besar.

Namun, upaya Inter untuk mendapatkan poin harus kandas. Inter Milan kalah dengan skor 1-0 pada laga yang digelar di Wembley. Gol tunggal Christian Eriksen di menit ke-80 membuyarkan harapan Inter untuk mendapatkan poin.

Wakil Presiden Inter Milan, Javier Zanetti, menyebut Nerazuri sudah mempersiapkan dengan baik menghadapi laga melawan Tottenham. Namun Tottenham membuat kubu Inter Milan terkejut dengan susunan pemain yang tak pernah disangka-sangka.

Salah satu kejutan yang dihadirkan yaitu ketika Inter Milan tak menemukan Eriksen di daftar starter Tottenham. Ini juga ternyata yang menjadi biang kekalahan Inter Milan.

 

Kejutan Pochettino

Gelandang Tottenham, Son Hyung Min saat melewati bek Inter Milan, Milan Skriniar pada laga lanjutan Liga Champions yang berlangsung di stadion Wembley, Inggris, Kamis (29/11). Tottenham Hotspur menang 1-0 atas Inter Milan (AFP/Ben Stansall)

Mauricio Pochettino benar-benar memberikan kejutan bagi Inter Milan. Manajer asal Argentina tersebut mencadangkan beberapa pemain pilarnya. Tidak ada nama Eriksen dalam susunan pemain inti Eriksen baru bermain pada menit ke-70 menggantikan Erik Lamela.

Selain Eriksen, Pochettino juga membuat kejutan dengan mencadangkan Son Heung-min dan Eric Dier. Sebagai gantinya, dia memainkan Lucas Moura dan Harry Winks. Padahal, selama ini Son dan Dier selalu jadi andalan bagi Pochettino.

"Kami sedikit terkejut dengan susunan pemain itu, tapi Pochettino tahu kemampuan pemainnya. Dia telah mempersiapkan timnya dengan baik untuk laga ini dan starting eleven itu membuat dia punya banyak pilihan dan menjadi masalah bagi kami," kata Zanetti.

Soal Beppe Marotta

Selain kiprah Inter Milan di Liga Champions, Javier Zanetti juga menanggapi kabar bakal bergabungnya Beppe Marotta dalam jajaran staf direksi Inter Milan. Zanetti mengakui jika Marotta selama ini sudah punya reputasi yang tidak bisa diragukan lagi.

"Kami sedang membicarakan seorang direktur yang berpengalaman dan punya kemampuan hebat. Dia akan bekerja sama dengan direksi yang sudah bekerja dengan baik sejak keluarga Zhang dan Suning mengambil alih. Kami percaya dia akan membawa dampak besar," ujar Zanetti.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adhi Karya Catatkan Kontrak Baru Rp 12,3 Triliun hingga Oktober 2018

Posted: 28 Nov 2018 10:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) mencatatkan perolehan kontrak baru senilai Rp 12,3 triliun hingga Oktober 2018. Realisasi perolehan kontrak baru ini salah satunya adalah proyek Bendungan di Kabupaten Deli Serdang senilai Rp 127,7 miliar.

Corporate Communication Adhi Karya Farid Budiyanto menjelaskan, kontribusi per lini bisnis pada perolehan kontrak baru Oktober ini didominasi oleh lini bisnis konstruksi dan energi sebesar 89,9 persen. Kemudian properti sebesar 8,6 persen dan sisanya merupakan lini bisnis lainnya.

Sementara, berdasarkan segmentasi sumber dana, realisasi kontrak baru Adhi Karya sebesar 25,6 persen dari pemerintah, dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebesar 27,6 persen sementara swasta atau lainnya sebesar 46,8 persen.

"Sedangkan pada tipe pekerjaan, perolehan kontrak baru terdiri dari proyek gedung sebesar 61,9 persen, proyek jalan dan jembatan sebesar 20,8 persen, serta proyek infrastruktur lainnya sebesar 17,3 persen," kata Farid, di Jakarta, Kamis (29/12/2018).

Sebagai informasi, Adhi Karya mencatat laba sebesar Rp 335,53 miliar atau setara dengan Rp 94,23 per saham hingga September 3018. Pencapaian tersebut melonjak 63,62 persen dibandingkan Rp 205,07 miliar atau setara dengan Rp 57,59 per saham pada periode sama tahun 2017.

 

Pendapatan Adhi Karya

Sebuah maket plan tower apartemen dipamerkan pada pameran Indonesia Property Expo 2018 di JCC Jakarta, Senin (24/9). Dua anak usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbk bersinergi membangun LRT City Green Avenue di Bekasi Timur. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Berdasarkan dari laporan keuangan September 2018 di Bursa Efek Indonesia (BEI), pendapatan konsolidasi Adhi Karya mencapai Rp 9,43 triliun selama periode Januari hingga September 2018. Capaian tersebut meningkat 8,23 persen dari Rp 8,71 triliun pada Januari-September 2017.

Dari total pendapatan konsolidasi Adhi Karya pada kuartal III tahun ini, sebesar Rp 7,84 triliun atau sama dengan 83,12 persen ditopang dari jasa konstruksi.

Sekitar Rp 707,83 miliar atau 7,5 persen merupakan sumbangan dari EPC. Selain itu, senilai Rp 588,91 miliar atau 6,24 persen berasal dari bisnis properti. Adapun Rp 294,53 miliar atau 3,12 persen dikontribusi oleh sektor investasi infrastruktur.

Seiring pendapatan, beban pokok pendapatan ADHI naik 3,12 persen dari Rp 7,70 triliun pada Januari-September 2017 menjadi Rp 7,79 triliun pada Januari-September 2018. Namun, laba kotor Perseroan tumbuh 47,07 persen menjadi Rp 1,48 triliun dari Rp 1,01 triliun per September 2017.

Pada saat yang sama, beban usaha ADHI meningkat 24,5 persen menjadi Rp 456,24 miliar, dari Rp 366,41 miliar. Akan tetapi, perusahaan pelat merah jasa konstruksi itu mencatat laba usaha Rp 1,1 triliun, tumbuh 44,3 persen dari Rp 764,96 miliar pada Januari-September 2017. Sementara itu, aset Perseroan mencapai Rp 28,339 triliun per September 2018.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan di Balik Foto Jadul Jokowi Berjas Longgar

Posted: 28 Nov 2018 10:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunggah foto lamanya di akun instagram. Dalam foto itu, Jokowi terlihat mengenakan jas abu-abu yang kebesaran atau longgar.

Foto diambil ketika Jokowi belum terjun ke dunia politik. Kala itu, calon presiden nomor urut 01 ini masih menjalani pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Melalui foto tersebut, Jokowi ingin menyampaikan pesan bahwa dirinya memiliki keberpihakan terhadap para pelaku UMKM.

"Begini-begini, saya adalah alumnus UMKM. Keluarga saya, anak-anak saya, juga masuk dalam kategori UMKM. Ada yang menjual martabak, menjual pisang goreng. Jadi, jangan meragukan komitmen saya terhadap UMKM," ungkap Jokowi dalam unggahan di instagram, Kamis (29/11/2018).

 

Ladang Subur UMKM

Menurut Jokowi, Indonesia harus menjadi ladang bagi tumbuh suburnya UMKM. Maka itu, mereka harus memperoleh kemudahan dalam berusaha.

"Di depan peserta Rapat Pimpinan Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Tahun 2018 di Surakarta, kemarin saya memaparkan sejumlah kebijakan yang telah diambil pemerintah yang menandai keberpihakan kepada 62 juta UMKM yang ada di Indonesia itu," ujar Jokowi.

Ia menjelaskan, pemerintahannya telah melakukan penurunan bunga kredit KUR dari 23 persen ke 7 persen. Sejak Juni 2018, PPh Final yang dulunya satu persen diturunkan menjadi 0,5 persen.

"Kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia sangatlah besar, sampai 60 persen," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tottenham vs Inter: Spalletti Menyesal Mainkan Nainggolan Sebagai Starter

Posted: 28 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, London - Inter Milan harus menelan pil pahit saat jadi tamu Tottenham Hotspur di laga Liga Champions Grup B, Rabu (29/11) atau Kamis dini hari WIB. Di Stadion Wembley, London, mereka bertekuk lutut 0-1 lewat gol Christian Eriksen.

Pelatih Inter Milan, Luciano Spalleti, menyebut, Tottenham memang bermain bagus. Terbukti, di laga itu, Spurs mendominasi permainan dengan menguasai ball possession sebanyak 55 persen.

Namun, ada satu penyesalan yang dirasakan Spalletti selepas mendapati Inter Milan kalah di ujung pertandingan. Pria berkepala plontos ini mengaku menyesal memainkan Radja Nainggolan sebagai starter.

Pasalnya, sang gelandang ternyata tidak dalam kondisi fit. Bahkan, pada menit ke-44, Spalletti terpaksa mengganti pemain keturunan Indonesia itu dengan Borja Valero.

"Seharusnya dari awal saya menyadari bahwa Nainggolan sedang tidak dalam kondisi bagus," ujar Spalletti. "Dia tampak terpincang-pincang. Saya juga jadi kehilangan kuota pergantian pemain dengan memainkan Nainggolan sebagai starter (karena akhirnya digantikan Valero)."

Pilihan Sulit

Valero sendiri, kata Spalletti bermain cukup bagus. Dan, lagi-lagi dia menyesali mengapa tak secepat mungkin memasukkan pemain asal Spanyol berusia 33 tahun itu.

"Namun, kondisi Valero memang tidak memungkinan untuk jadi starter. Dia bermain di pertandingan Serie A akhir pekan lalu. Jadi, pilihan kami memang sulit.

 

Ekspresi gelandang Inter Milan, Borja Valero saat dijatuhkan pemain Tottenham Hotspur pada laga lanjutan Liga Champions yang berlangsung di stadion Wembley, Inggris, Kamis (29/11). Inter Milan kalah 0-1 atas Tottenham Hotspur (AFP/Ben Stansall)

Berharap Barcelona

Bagi Inter sendiri, ekalahan tersebut membuat posisi mereka kian terjepit. Pasalnya, Inter berada di peringkat ketiga dengan raihan tujuh poin. Inter kalah selisih gol dari Spurs.

Spalletti hanya berharap Barcelona, yang berada di puncak klasemen Grup B mengalahkan Spurs di Camp Nou, sedangkan Inter wajib menang melawan PSV Eindhoven. Pertandingan terakhir di fase grup Liga Champions ini akan berlangsung pada 12 Desember 2018.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beli Helm Diskon Saat Belanja Online, Lihat Apa yang Didapat Pria Ini

Posted: 28 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Banyak online shop maupun e-commerce yang berlomba-lomba memberikan diskon besar-besaran untuk menarik minat calon pembelinya. Tak jarang harga yang diberikan sangat menggiurkan. Hal ini sontak saja segera dimanfaatkan oleh para pembelinya.

Namun nampaknya kalian harus berhati-hati jika menemukan harga sebuah produk yang berbeda drastis setelah di diskon. Seperti hal yang baru saja dialami oleh seorang pria bernama Faza Indallah ini.

Melalui akun Facebook, Faza menceritakan kisahnya yang membeli helm dengan harga sangat murah namun justru berakhir ngenes. Awalnya Faza tergiur dengan sebuah helm Nogo yang di diskon menjadi Rp 11.400. Padahal kenyataannya harga helm tersebut bisa mencapai Rp 300 ribu.

beli helm Rp 11 ribu (foto: Facebook Faza Indallah)

Tentu saja Faza tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini. Dia kemudian memesannya, namun sebuah hal tak terduga terjadi ketika pesanannya tersebut tiba. Kotak yang diterima Faza berukuran kecil dan tidak menunjukkan bahwa terdapat helm di dalamnya. Padahal alamat serta nama barang yang tertulis dalam keterangan benar sesuai dengan apa yang dipesan.

Salah harga

beli helm Rp 11 ribu (foto: Facebook Faza Indallah)

Benar saja, ketika dibuka nyatanya yang terdapat pada kotak tersebut ialah sebuah kaca helm berbentuk kacamata. Bagaimana dengan helmnya? Ya, helm yang dipesan Faza tak pernah diterimanya. Pasalnya, pihak toko online tempat Faza berbelanja salah menuliskan harga diskon.

"Mohon maaf barang yang di kirim tidak sesuai dengan pesanan., Di karenakan kami salah mencantumkan harga Yang seharusnya Rp 114.000 bukan Rp 11.400. Jadi kami mohon maaf sebesar-besarnya," tulis penjualnya di secarik kertas.

 

beli helm Rp 11 ribu (foto: Facebook Faza Indallah)

Meski mengaku kecewa, Faza juga bersyukur karena uang yang dikeluarkannya hanya sebesar Rp 11 ribu. Sementara itu unggahannya tersebut sontak menuai banyak komentar dari warganet. Banyak yang mengatakan jangan mudah tergiur dengan harga diskon yang terkadang tak masuk akal. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dapat Ucapan Ulang Tahun dari Mulan Jameela, Umi Pipik Diprotes

Posted: 28 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Umi Pipik kebanjiran ucapan selamat ulang tahun dari para selebritas, tak terkecuali Mulan Jameela. Ya, pada 26 November 2018 kemarin, ia baru saja bertambah usia.

Kini, Umi Pipik telah berusia 41 tahun. Melalui Instagram pribadinya, Mulan Jameela memperlihatkan kebersamaannya dengan Umi Pipik, baru-baru ini.

Tampak Mulan Jameela berpose bersama Umi Pipik dan Indah Dewi Pertiwi. Ketiga mengenakan baju dengan warna senada.

Sebagai keterangan foto, Mulan Jameela memberikan doa untuk Umi Pipik, "Ummi sayang.. happy milad.. barakAllah fii umrik.. semua doa terbaik utk ummi." 

Hadiah Cincin

Umi Pipik, Mulan Jameela dan Indah Dewi Pertiwi (Foto: Instagram/@mulanjameela1)

Selain itu, Mulan Jameela juga memberikan kejutan kepada istri almarhum Ustaz Jefri Al Buchori itu.

Hal itu terlihat dari unggahan video di Insta Story akun Instagramnya. Mulan memberikan kado ulang tahun berupa cincin. "Kado dari grup," ujar Mulan. 

Diprotes

(instagram/abidzar79)

Namun kejutan ulang tahun Umi Pipik pun mendapat sorotan netizen. Dalam foto yang diunggah Mulan itu, Umi Pipik malah mendapat protes warganet.

Mereka menuding Umi Pipik merayakan ulang tahun. Padahal, Umi hanya terlihat mendapat ucapan selamat ulang tahun saja dari rekan-rekannya.

"Bukankah merayakan ulang tahun tidak boleh dalam ajaran islam meski namanya diganti milad," kata akun @ayu.

"Walaupun diganti barakallah fii umrik tapi tetap saja itu ulang tahun, kan ga boleh dirayakan," kata akun @kanya. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Cantiknya Bunga Tabebuya yang Mekar di Surabaya

Posted: 28 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Viral bunga Tabebuya yang mekar di Surabaya. Warganet mengibaratkan mekarnya Tabebuya seperti bunga Sakura di Jepang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengguna BBM, Yuk Jajal 3 Fitur Baru Ini Biar Makin Ekspresif

Posted: 28 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi BBM  baru saja menggulirkan versi terbaru dengan berbagai pembaruan yang memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk lebih ekspresif.

Beberapa fitur baru ini, antara lain seperti berbagi video di feeds (khusus Android) yang tampil dengan desain baru, menggunakan foto berkualitas tinggi (Android) atau BBMoji untuk foto profil, dan kustomisasi teks agar pesan chat lebih mudah tersampaikan.  

Adapun pembaruan BBM telah tersedia di Google Play dan App Store sejak minggu ketiga November 2018.

Dengan demikian, pengguna BBM  dapat langsung update untuk dapat menikmati berbagai fitur baru BBM. 

Khusus untuk pengguna Indonesia, BBM  menyediakan berbagai fitur untuk berbagi momen hidup ke kontak BBM melalui berbagai multimedia.

Lewat versi terbaru ini, pengguna BBM juga bisa berbagi video ke dalam feeds desain baru, membuat teman dalam kontak BBM dapat melihat berbagai update yang kita bagikan.

BBM juga meningkatkan kualitas foto profil dengan resolusi tinggi, yakno hingga 1080 piksel, sehingga tidak ada lagi foto blur akibat kompresi foto.

Selain itu, pengguna BBM juga dapat menggunakan foto BBMoji untuk foto profil, yang memungkinkan mereka melakukan personalisasi sesuai dengan karakternya di BBM.

Untuk informasi, BBMoji adalah salah satu fitur BBM yang memungkinan pengguna untuk membuat stiker kartun dari wajah kita sendiri.

Tak berhenti di situ, pengguna BBM juga bisa memberikan penekanan dalam teks pesan dengan fitur Bold, Italic, Underline, dan Strikethrough di dalam chat 1-on-1 ataupun grup BBM.

 

 

Fitur Lainnya

Empat fitur andalan BBM yang bakal bikin kamu ingin pakai aplikasi ini lagi. Apa saja? (foto: dok. BBM)

Berikut beberapa fitur BBM yang hadir di versi terbaru:

  • Tambah anggota baru di grup dengan QR Code (Khusus Android) - menambahkan opsi menambahkan anggota grup cukup pindai QR Code
  • Berbagi video dalam chat lebih cepat (khusus iOS) – Pengguna iOS bisa mengirimkan banyak video lebih cepat dalam chat, dilengkapi dengan progress bar untuk melihat kecepatan unggah dan unduh video.
  • Pilih Lokasi Penyimpanan Gambar dan Video dari BBM – Pengguna mendapatkan kontrol penuh di mana mereka mau menyimpan foto dan video yang diterima dari aplikasi BBM, bisa di galeri smartphone ataupun di folder lain.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dihantam Isu Miring, Gading - Gisel Saling Menguatkan

Posted: 28 Nov 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gading Marten dan Gisella Anastasia tengah menghadapi perkara perceraian. Hal ini mengejutkan publik mengingat selama berumah tangga, keduanya selalu memperlihatkan hubungan yang harmonis.

Di tengah gencarnya pemberitaan tersebut, muncul isu miring mengenai penyebab kandasnya rumah tangga mereka. Hubungan keduanya diisukan retak karena kehadiran orang ketiga.

Gading Marten dan Gisella Anastasia pun dengan tegas membantah gosip tersebut. Mereka juga saling menguatkan dalam menghadapi pemberitaan miring itu.

"Kita malah saling nguatin. Kita dengerin berita kalian macem-macem, saya tanya 'Kabar Mas di sana gimana? Sabar ya' Soalnya banyaknya yang menyerang Mas Gading," jelas Gisella Anastasia di Veranda Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (28/11/2018).

"Besoknya, dia lihat saya diserang, terus Mas Gading juga nguatin saya, 'Yang kuat ya Non'. Memang Kita tidak seperti kalian bayangkan," sambung penyanyi berusia 28 tahun tersebut.

Hadapi Sama-Sama

Gading Marten dan Gisel

Dari fakta ini, Gisella Anastasia ingin memperlihatkan bahwa perceraian tak lantas membuat keduanya kehilangan rasa simpati dan empati satu sama lain. Gisella Anastasia dan Gading Marten berusaha menjaga hubungan baik demi kebaikan bersama.

"Memang sih agak unik, orang bingung kita pisah enggak ada cakar-cakaran. Kami menghadapinya sama-sama. Kita komit, it's not easy for everybody. Untuk pihak mana pun kita enggak mau nambahin masalah," paparnya.

Kebaikan Gempita

Pasangan Gading Marten dan istrinya Gisella Anastasia menunjukkan kemesraannya saat hadir dalam konferensi pers dikawasan Jakarta, Kamis (1/2). Dalam kesempatan itu Gisella menuturkan bahwa ia sangat mempercayai sang suami. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gisella Anastasia juga meminta semua pihak agar berhenti berasumsi dan menyebar berita yang tidak benar tentang perceraian tersebut. Semua demi kebaikan buah hati mereka yang kelak akan tumbuh besar.

"Nanti dia akan gede akan baca. Kita berdua aja mau baik-baik kok buat Gempi," tandas Gisella Anastasia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mandiri Perpanjang Fasilitas Kredit untuk Pupuk Indonesia Senilai Rp 12,85 Triliun

Posted: 28 Nov 2018 10:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk menyepakati perpanjangan tenor kredit untuk PT Pupuk Indonesia (Persero). Fasilitas tersebut berupa Kredit Jangka Pendek dengan limit Rp 10 triliun dan Kredit Modal Kerja dengan limit Rp 2,85 triliun.

Selain itu, Bank Mandiri juga memberikan fasilitas Non Cash Loan skema Borrower dan Co Borrower dengan limit USD 467 Juta selama 2 tahun atau hingga tahun 2020.

SVP Large Corporate Banking Bank Mandiri Dannif Danusaputro menjelaskan, adendum ini dimaksudkan untuk membantu Pupuk Indonesia Group memenuhi kebutuhan modal kerja dalam operasional usaha produksi pupuk guna mencukupi stok kebutuhan domestik maupun untuk tujuan ekspor.

"Inisiatif perpanjangan ini merupakan realisasi komitmen Bank Mandiridalam memperkuat sinergi antara Bank Mandiri dan Pupuk Indonesia Group yang telah terjalin baik dalam mendukung perkembangan sektor pupuk nasional karena memiliki banyak pemangku kepentingan di kelompok masyarakat kecil, baik produsen, distributor, agen pengecer, hingga kelompok tani," katanya dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (29/11/2018).

Selain dalam bentuk fasilitas pinjaman, Bank Mandiri dan Pupuk Indonesia Group juga telah bekerjasama dalam hal layanan transaksi collection dan payable yang terkoneksi secara host to host, hedging, pajak, payroll, dan layanan lainnya baik wholesale maupun retail .

Bank Mandiri sebagai mitra strategis juga siap mendukung kebutuhan pengembangan bisnis Pupuk Indonesia Group ke depan.

Bank Mandiri Pimpin Kredit untuk 6 Ruas Tol Dalam Kota Jakarta

Pekerja memasang tiang penyangga untuk proyek pembangunan jalan tol Cimanggis-Cibitung (Cimaci) di Jalan Alternatif Cibubur, Jatikarya, Jatisampurna, Kota Bekasi, Jumat (23/11). Jalan tol ini diharapkan rampung selesai pada 2019. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, Bank Mandiri terus memperkuat dukungan pada percepatan pembangunan proyek infrastruktur untuk meningkatkan konektivitas dan membantu mengurangi kemacetan di wilayah DKI Jakarta.

Kali ini, Bank Mandiri memimpin kredit sindikasi senilai Rp 13,7 triliun untuk pembangunan 6 Ruas Tol Dalam Kota Jakarta Tahap I Ruas Semanan – Sunter dan Sunter – Pulogebang dengan total panjang tol 30 kilometer (km).

Kredit investasi yang diberikan kepada PT Jakarta Tollroad Development (JTD) Jaya Pratama, milik Pembangunan Jaya Group tersebut tercatat menjadi pembiayaan sindikasi terbesar yang pernah diberikan untuk pembangunan jalan tol.

Jumlah perbankan dan lembaga keuangan yang terlibat juga menjadi yang terbanyak, yakni 29 bank yang terdiri 24 bank konvensional dan 5 bank syariah.

Selain sebagai Joint Mandated Lead Arranger (JMLA) Coordinator, Bank Mandiri bersama perusahaan anak Bank Syariah Mandiri (BSM) menjadi group kontributor terbesar dengan total pembiayaan Rp3 triliun. Adapun limit yang Bank Mandiri adalah Rp 2 triliun dan BSM Rp1 triliun. 

Senior EVP Large Corporate Bank Mandiri Dikdik Yustandi menjelaskan, tidak hanya program-program Pemerintah yang mayoritas dilaksanakan oleh BUMN, Bank Mandiri juga mendukung keterlibatan swasta untuk turut berperan dalam percepatan pengadaan infrastruktur nasional.

"Harapannya, swasta nasional juga semakin terdorong untuk meningkatkan kontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia secara keseluruhan," kata dia pada Selasa 27 November 2018.

Menurut Dikdik, keikutsertaan Bank Mandiri dalam sindikasi ini mengindikasikan konsistensi perseroan dalam mendukung program-program strategis Pemerintah, khususnya dalam percepatan penyediaan infrastruktur utama.

Selain itu, sindikasi ini menunjukkan peran Bank Mandiri sebagai salah satu katalis pertumbuhan ekonomi nasional dengan mendukung keikutsertaan kontraktor dan investor swasta untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi Indonesia.

"Bank Mandiri memiliki komitmen yang kuat dalam pembangunan proyek-proyek infrastruktur penting, seperti pembangunan jalan tol, dan pembangunan bandara maupun pelabuhan laut. Untuk itu, kami memiliki produk-produk pembiayaan yang bisa dimanfaatkan, termasuk pada tahap pembebasan lahan, pembangunan konstruksi maupun tahap pengoperasian," jelas Dikdik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Dibuang Dulu, Simak 4 Manfaat Tersembunyi Kulit Pisang

Posted: 28 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta – Siapa yang tidak tahu buah pisang. Buah dengan kulit berwarna kuning ini begitu populer di kalangan masyarakat. Rasanya yang manis sangat lezat untuk dikonsumsi.

Bukan hanya orang dewasa, buah ini juga sangat digemari oleh anak kecil. Pisang mempunyai banyak manfaat. Bahkan semua bagian dari pisang memiliki manfaat. Mulai dari daun, buahnya bahkan kulitnya.

Kulit pisang ternyata juga bisa dimakan, banyak resep-resep masakan India yang menggunakan pisang sebagai bahan makanan mereka. Selain itu, kulit pisang juga bisa digunakan untuk membuat daging ayam semakin empuk.

Kalau pun kamu tidak suka kulit pisang, jangan buru-buru dibuang karena punya banyak manfaat tersembunyi yang mungkin Anda belum tahu. Seperti dilansir dari Style Craze, 20 November 2018, ada empat manfaat kulit pisang untuk tubuh kita.

Mengatasi Jerawat

Jerawat timbul karena hormon yang tidak seimbang. Kalau ingin menghilangkan jerawat dengan cara sederhana. Oleskan kulit pisang pada wajah dan tubuh selama sekitar lima menit setiap hari. Lakukan secara rutin selama satu minggu.

Memutihkan gigi

Buat Anda yang bermasalah dengan kepercayaan diri pada gigi, sekarang tidak perlu khawatir. Kulit pisang bisa membuat gigi Anda lebih putih.Caranya, gosok kulit pisang setiap hari selama satu minggu dan diamkan selama satu menit sebelum kamu menyikat gigi seperti biasa. Cara ini cukup efektif untuk memutihkan gigi tanpa mengeluarkan banyak dana.

Mengurangi Kerutan

Kulit pisang ternyata bisa membantu melembapkan kulit sehingga mampu meminimalisir tampilan kerut di wajah Anda.Caranya, hancurkan kulit pisang dan campur dengan kuning telur. Lalu gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama lima menit sebelum membilasnya dengan air dingin.

Meredakan Rasa Nyeri

Oleskan kulit pisang yang sudah dihaluskan dan baluri pada area tubuh yang terasa nyeri. Lalu diamkan selama 30 menit sampai rasa nyeri hilang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Avip Priatna dalam Suguhan Orkestrasi di Latihan Konser Beat It - A Tribute to Michael Jackson

Posted: 28 Nov 2018 10:15 PM PST

Konduktor Avip Priatna memimpin latihan Jakarta Concert Orchestra (JCO) di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, Rabu (28/11). Konser Beat It-A Tribute To Michael Jackson akan dilangsungkan pada 1 Desember 2018. (Fimela.com/Bambang Purnama)

Konduktor Avip Priatna memimpin latihan Jakarta Concert Orchestra (JCO) di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, Rabu (28/11). Konser Beat It-A Tribute To Michael Jackson akan dilangsungkan pada 1 Desember 2018. (Fimela.com/Bambang Purnama)

Konduktor Avip Priatna memimpin latihan Jakarta Concert Orchestra (JCO) di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, Rabu (28/11). Konser Beat It-A Tribute To Michael Jackson akan dilangsungkan di Taman Ismail Marzuki. (Fimela.com/Bambang Purnama)

Konduktor Avip Priatna memimpin latihan Jakarta Concert Orchestra (JCO) di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, Rabu (28/11). Konser Beat It-A Tribute To Michael Jackson akan dilangsungkan di Taman Ismail Marzuki. (Fimela.com/Bambang Purnama)

Personel Jakarta Concert Orchestra (JCO) berlatih di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, Rabu (28/11). Batavia Madrigal Singers (BMS) dan The Resonanz Children's Choir (TRCC) akan menjadi bintang tamu dalam konser ini. (Fimela.com/Bambang Purnama)

Personel Jakarta Concert Orchestra (JCO) berlatih di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, Rabu (28/11). Batavia Madrigal Singers (BMS) dan The Resonanz Children's Choir (TRCC) akan menjadi bintang tamu dalam konser ini. (Fimela.com/Bambang Purnama)

Konduktor Avip Priatna memimpin latihan Jakarta Concert Orchestra (JCO) di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, Rabu (28/11). Acara ini didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation. (Fimela.com/Bambang Purnama)

Konduktor Avip Priatna memimpin latihan Jakarta Concert Orchestra (JCO) di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, Rabu (28/11). Acara ini didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation. (Fimela.com/Bambang Purnama)

Satu lagu hits karya Michael Jackson, Beat It menjadi bahan latihan Jakarta Concert Orchestra (JCO) di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, Rabu (28/11). Selain Beat It, JCO juga akan membawakan lagu Smooth Criminal. (Fimela.com/Bambang Purnama)

Satu lagu hits karya Michael Jackson, Beat It menjadi bahan latihan Jakarta Concert Orchestra (JCO) di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, Rabu (28/11). Selain Beat It, JCO juga akan membawakan lagu Smooth Criminal. (Fimela.com/Bambang Purnama)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Suap PN Jaksel, KPK Periksa Ketua Majelis Hakim

Posted: 28 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta KPK selesai memeriksa 5 tersangka kasus dugaan suap perkara perdata di PN Jakarta Selatan. Mereka diantarannya adalah ketua majelis hakim dan advokat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

David Moyes Salahkan MU Soal Kegagalan Transfer Toni Kroos

Posted: 28 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, London - David Moyes masih menyimpan dendam kepada Manchester United (MU). Dia masih tak terima dipecat Setan Merah, sebutan MU, pada 2014.

Pelatih asal Skotlandia tersebut dipecat MU pada 22 April 2014. Ketika itu dia dipecat tak sampai setahun di Old Stafford Stadium, hanya 295 hari.

Seperti dilansir dari TalkSport, Moyes mengungkapkan sebuah kegagalan MU di bursa transfer saat pemecatan dirinya. Ya, pria berusia 55 tahun itu menyalahkan MU atas kegagalan merekrut Toni Kroos.

Kata Moyes, Kroos saat itu sudah setuju bergabung dengan MU dari Bayern Munchen. Namun, pemecatan Moyes membuat gelandang asal Jerman itu memilih bergabung dengan Real Madrid.

"Ya, itu benar (upaya merekrut Kroos). Toni Kroos udah setuju untuk bergabung bersama saya di Manchester United," kata Moyes, yang meraih 26 kemenangan selama menakhodai MU.

Pertemuan dengan Kroos

Gelandang asal Jerman, Toni Kroos. (AFP/Gerard Julien)

Moyes masih ingat betul pertemuannya dengan Kroos. Dalam pertemuan tersebut, Moyes dan Kroos sudah menemukan kesepakatan verbal untuk bergabung dengan Setan Merah.

"Saya bertemu dia dan istrinya dan kami semua setuju. Ketika itu, dia masih bermain bersama Bayern Munchen."

"Namun hal itu tidak jadi terealisasi karena saya pergi sebelum akhir musim. Akhirnya, dia memutuskan untuk hijrah ke Real Madrid," ucap Moyes menegaskan.

 

Statistik Toni Kroos

Berikut statistik Toni Kroos setelah bergabung dengan Real Madrid pada 17 Juli 2014:

Main: 207

Menit main: 17.606

Gol: 13

Assist: 55

Kartu kuning: 28

Kartu merah: 0

Trofi Liga Champions: 3

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaksi Istana Saat Jokowi Dihina Habib Bahar bin Smith

Posted: 28 Nov 2018 10:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendukung Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid melaporkan Habib Bahar bin Smith ke Polda Metro Jaya karena menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Iya dong, harus itu (mendukung)," kata Moeldoko di Istana Negara, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Moeldoko bahkan mengutuk keras Habib Bahar. Menurut dia, isi ceramah Habib Bahar yang menghina Jokowi justru tidak mencerminkan sikap Islam.

"Seorang ulama harus menjadi panutan dari tutur katanya, dari perilakunya, masak seperti itu. Sebagai pribadi saya nggak respek," ucapnya.

Mantan Panglima TNI ini mengaku sudah menonton video ceramah Habib Bahar. Moeldoko sangat kecewa atas ucapan pria berambut pirang itu terhadap Jokowi.

"Sudah lihat. Bagaimana itu seorang kepala negara diperlakukan seperti itu," Moeldoko memungkasi.

Video Viral

Video ceramah Habib Bahar viral di media sosial. Dalam video itu, Habib Bahar menghina Presiden Jokowi.

Akibat ucapannya, Habib Bahar dipolisikan oleh Muannas Alaidid. Laporan Muannas teregister di Polda Metro Jaya dengan nomor TBL/6519/XI:2018/PMJ/Ditreskrimsus tanggal 28 November 2018.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Tips Berkendara Saat Musim Hujan

Posted: 28 Nov 2018 10:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Risiko berkendara saat hujan yaitu minimnya visibilitas, jalanan basah dan licin juga dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Namun begitu, tidak berarti kita akan selalu berada di dalam rumah saat hujan tiba. Sebaliknya melanjutkan aktivitas juga bisa meski di luar turun hujan.

Nah karena itu, situs thehealthsite.com, memberikan beberapa tips agar perjalanan Anda lebih aman saat musim hujan:

1. Sebelum memulai perjalanan, pastikan bahwa perlengkapan mobil Anda berfungsi dengan baik. Periksa lampu-lampu, mulai dari lampu depan, lampu belakang, lampu rem, dan lainnnya. Selain itu, periksa juga bagian ban karena jika botak, maka daya cengkeram karet ban ke aspal berkurang.

2. Pastikan untuk membatasi kecepatan. Hal ini dilakukan untuk mencegah hydroplaning, yang dapat membuat ban mobil tidak memiliki cengkeraman pada permukaan jalan. Jika itu terjadi, maka sulit untuk mengendalikan kemudi dan pengereman.

3. Jangan melewati genangan air karena sangat mudah tergelincir dan hydroplaning. Anda juga jangan berkendara di bahu jalan karena hal itu juga mengundang risiko. 

4. Menggunakan wiper kaca depan adalah keharusan saat hujan, sebab alat ini berfungsi menyapu air. Jika wiper bermasalah, maka wiper tak bisa menyapu air, sehingga membuat visibilitas jadi distorsi.

Oleh karena itu, ada baiknya wiper diperiksa dan gantilah paling tidak setahun sekali.

 

Selanjutnya

5. Pastikan Anda menjaga jarak aman antara mobil satu dan lainnya. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari pengereman mendadak sehingga membuat terjadinya kecelakaan atau tabrakan beruntun.

Jika memang harus melakukan pengereman, pastikan melihat kendaraan lain melalui kaca spion.

6. Jangan sembarangan parkir mobil. Sebab saat musim hujan, meski Anda merasa aman, namun belum tentu bagi pengendara lain yang hilang kendali. Jika memang harus parkir secara mendadak dalam waktu singkat, pastikan menyalakan lampu darurat.

7. Tak ada salahnya melakukan pengecekan informasi melalui radio. Hal ini bisa mengetahui kondisi cuaca dan lainnya. Akan tetapi, hindari gangguan-gangguan seperti melakukan pembicaraan lewat telepon, makan, dan aktivitas mengganggu lainnya ketika mengemudi.

8. Hindari melakukan pengereman secara penuh dan mendadak. Sebab, jika melakukan hal itu, maka mobil justru akan meluncur ke depan dan kehilangan kontrol.

9. Jangan menggunakan cruise control. Meski bisa digunakan saat hujan karena mampu mempertahankan kecepatan secara konstan, namun cruise control ini justru dapat memungkinkan terjadinya hydroplaning. Karena itu gunakan kendali manual ketika mengemudi.

10. Mengemudi saat hujan bisa jadi pembelajar mengemudi. Mengemudi saat hujan tidak hanya melatih cara meningkatkan visibilitas, tetapi dapat meningkatkan kemampuan berkendara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 2 Kebijakan Bupati Morotai yang Dianggap ASN Merugikan

Posted: 28 Nov 2018 10:09 PM PST

Fokus, Morotai - Ratusan warga Morotai yang sebagian besar dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan keluarganya, berunjuk rasa di Depan Kantor Bupati Morotai. 

Para pengunjuk rasa menilai, beberapa kebijakan Bupati Benny Laos dianggap merugikan. Di antaranya pemangkasan anggaran dan kebijkaan mutasi pegawai di lingkungan Pemkab Morotai. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (29/11/2018), situasi mereda setelah para pejabat dari Kemendagri yang sedang berada di Morotai bersedia menemui warga dan mendengarkan aspirasi mereka.

Direktur Lembaga Otonomi Daerah Kemendagri minta warga tidak terprovokasi. ASN pun diminta untuk tetap bekerja seperti biasa.

Sementara itu, Bupati Morotai sendiri membantah tuduhan pengunjuk rasa. Benny mengaku semua kebijakannya untuk membawa Morotai lebih baik. Dan menurutnya, yang berunjuk rasa itu mereka yang merasa dirugikan dengan kebijakan reformasinya.

Sama seperti para pejabat dari pemerintah pusat, Benny minta seluruh ASN bekerja seperti biasa dan warga tidak mudah diprovokasi, karena Pemkab Morotai selalu berpihak pada kepentingan rakyat. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Maling Kotak Amal Anak Yatim di Aceh Terekam CCTV

Posted: 28 Nov 2018 10:03 PM PST

Liputan6.com, Aceh - Seorang pria terekam CCTV mencuri kotak amal yang ada di salah satu minimarket yang berlokasi di Jalan Meulaboh-Medan, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

Aksi nekat pria tersebut terekam pada Selasa (27/11/2018), malam sekitar pukul 21.55 WIB. Pencurian itu terjadi begitu cepat dan tak disadari oleh para karyawan.

Dari hasil rekaman CCTV, tampak si pelaku mengenakan helm, berbaju hitam lengan biru, bercelana panjang coklat muda serta memakai ransel hitam.

Pelaku sempat berdiri beberapa detik di dekat kotak amal yang menjadi targetnya, sebelum akhirnya dia memboyong kotak berisi uang sedekah yang diletakkan di sebelah kiri pintu masuk minimarket.

Sekretaris Badan Penyantun Anak Yatim (BPAY) Desa Meureubo, Mukhsin menyebutkan, kotak amal tersebut milik BPAY desa setempat. Dia mendapat laporan dari aparatur desa setempat pada Rabu pagi bahwa kotak amal telah dicuri.

"Saya tahu ketika saya di sekolah. Diberitahu oleh aparatur desa Meureubo. Aparat desa juga mendapat laporan pada pagi tadi," ujar Mukhsin, yang juga Kepala Sekolah SMAN 1 Meureubo, kepada Liputan6.com, Rabu (28/11/2018) siang.

Pihaknya sudah mendatangi kepolisian sektor setempat untuk melaporkan kejadian itu. Mukhsin berharap kepolisian menelusuri jejak pelaku, agar kejadian serupa tidak terulang.

"Harapan kita, kalau bisa ditelusuri oleh pihak kepolisian, maka kita berharap ditelusuri," pintanya.

 

Bukan Pertama Kali

Mukhsin mengungkapkan, kejadian serupa pernah terjadi pada 2017. Namun, pelaku tidak membawa lari kotak amal. Saat itu, celengan yang diletakkan di salah satu warung nasi goreng di desa itu dicongkel saja. Pelaku berhasil menggondol uang dari dalam celengan sekitar Rp 80 ribu.

"Itu terjadi sekitar tahun lalu. Kebetulan yang punya warung masuk ke dalam. Saat itu pelaku beraksi mencongkel kotak amal yang tersebut dan membawa lari uang, sekitar Rp 80 ribu," tutur Mukhsin.

Lokasi kejadian tepat berada di seberang toko ritel yang kecolongan baru-baru ini. Mukhsin menyebutkan, kedua kotak amal tersebut merupakan salah satu dari 17 kotak amal milik BPAY yang disebar di sejumlah toko dan warung yang berada di kawasan desa tersebut.

"Berarti, untuk ke depan, uang di kotak amal, ketika sudah terisi penuh diupayakan langsung diambil agar tidak menarik mata maling. Ya, walaupun, kalau sudah ada niat, yang sedikit pun jadi dicuri," tandas Mukhsin.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Divestasi Saham Freeport Tuntas Sebelum Akhir 2018

Posted: 28 Nov 2018 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mendapatkan laporan bahwa beberapa hal terkait proses divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia sudah bisa dituntaskan. Proses tersebut di antaranya, di bulan September yang lalu sudah ditandatangani Divestment Agreement, Sales and Purchase Agreement, dan Subscription Agreement.

"Saya juga mengikuti bahwa ada beberapa tahap lanjutan yang masih perlu penyelesaian yang perlu dipercepat," kata Jokowi seperti dikutip dari laman Setkab, Kamis (29/11/2018).

Untuk itu, Jokowi meminta laporan mengenai perkembangan beberapa masalah yang masih perlu segera dituntaskan, seperti penyelesaian isu lingkungan, masalah limbah, masalah tailing.

Selain itu, juga isu perubahan kontrak karya menjadi IUPK, kemudian kepemilikan saham pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten Timika, dan juga hal-hal yang terkait dengan jaminan fiskal, perpajakan, royalti, stabilitas investasi.

"Saya minta semua tahapan proses divestasi itu bisa diselesaikan dan sudah final kita harapkan sebelum akhir 2018 ini, semuanya rampung," ucap Jokowi.

Ia pun menegaskan, proses divestasi Freeport Indonesia adalah sebuah langkah besar untuk mengembalikan mayoritas kepemilikan sumber daya alam yang sangat strategis ke pangkuan ibu Pertiwi.

"Akan kita gunakan sebesar-besarnya untuk peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, utamanya rakyat Papua," sambung Jokowi.

 

Inalum Bantu Freeport Dapat Izin Persaingan Usaha dari 5 Negara

Tambang PT Freeport Indonesia di Papua. Foto: Liputan6.com/Ilyas Istianur P

PT Indonesi Asahan Alumunium (Inalum) turun tangan membantu PT Freeport Indonesia untuk mendapat izin pelaporan persaingan usaha (anti-trust filing) dari lima negara.

Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin mengatakan, sebagai calon pemegang saham mayoritas PT Freeport Indonesia, Inalum berwenang memberikan bantuan untuk menyelesaikan urusan Freeport Indonesia, yaitu anti trust ke lima negara yang menjadi negara sasaran ekspor tembaga hasil produksi Freeport Indonesia yaitu Indonesia, Jepang, Korea Selatan, China, dan Filipina.

"Kita kejar lima negara, Indonesia, Japan, Korsel dan China," kata Budi di sela sebuah diskusi, di kawasan bisnis Sudirman, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Menurut Budi, negara yang sudah memberikan izin adalah Indonesia dengan syarat setelah transaksi pembelian saham selesai, kemudian Jepang dan Korea Selatan telah memberikan izin.

"Cuma Indonesia bisa sesudah transaksi. Jadi empat yang mesti kita kejar sebelum transaksi, dua sudah keluar dari Japan dan Korsel," ujarnya.

Budi mengungkapkan, Filipina dan China belum memberikan izin ke Freeport Indonesia. Namun Budi telah berusaha melobi otoritas yang ada di China, untuk segera memberikan izin eskspor tembaga negara tirai bambu tersebut. Baginya, izin dari China amat penting sebab China merupakan negara sasaran ekspor besar.

"Keluarnya itu dalam bentuk izin. Karena China itu impornya besar sekali copper. Mereka lihat kalau ada corporate action dari perusahaan yang berkaitan dengan copper ingin pastikan tidak terjadi kartel menekan harga impor mereka. Di mata China itu impor. Izin keluar itu biar mereka bisa masuk ke China," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Kematian Mendadak, Orang Sakit Jantung Jangan Ikut Lari Maraton

Posted: 28 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Walaupun sudah menjadi tren saat ini, tidak semua orang bisa dengan bebas mengikuti ajang lomba lari maraton. Salah satunya adalah untuk mencegah masalah kesehatan hingga kematian mendadak yang bisa timbul karena itu.

"Tentu ada (orang-orang yang disarankan tidak mengikuti lari maraton), misalnya mereka yang pernah didiagnosis dokter punya keluhan sakit jantung," ujar dokter spesialis kedokteran olahraga Andi Kurniawan kepada Health Liputan6.com beberapa waktu lalu di Jakarta. Ditulis Kamis (29/11/2018).

Selain itu, mereka yang juga pernah disarankan oleh dokter untuk tidak mengikuti olahraga yang berat, sebaiknya tidak mengikuti lomba lari maraton.

"Artinya dokter mendiagnosis orang tersebut punya sakit jantung," kata Andi menambahkan. Ini dikarenakan, intensitas olahraga tersebut membutuhkan denyut jantung yang sangat kencang.

"Jadi mereka yang punya penyakit jantung tidak direkomendasikan untuk ikut atau bahkan sampai lari yang full maraton. Tapi masih boleh olahraga lari, dengan batasan tertentu, durasi tertentu, dengan latihan yang tertentu juga."

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Penyebab kematian mendadak

Warga menyaksikan lomba lari maraton putri Asian Games 2018 di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (26/8). Meski Car Free Day ditiadakan, warga Ibu Kota tetap memadati kawasan MH Thamrin menyaksikan maraton Asian Games 2018. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Andi menambahkan, dua penyebab yang banyak menimbulkan kematian mendadak saat lari maraton adalah kondisi jantung berhenti mendadak serta heatstroke atau serangan panas.

"Penyebab kematian mendadak pada maraton paling sering (ada) dua. Kalau tidak karena sakit jantung, pasti karena heatstroke," ujar Andi yang pernah terlibat sebagai dokter di Asian Games 2018 tersebut.

Sehingga, sebelum mengikuti lomba semacam ini, disarankan untuk mengetahui kondisi tubuh serta memeriksakannya ke dokter terlebih dahulu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain Liga Inggris Incaran AC Milan

Posted: 28 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Performa AC Milan di paruh pertama musim 2018-2019 tidak stabil. Tim asuhan Gennaro Gattuso itu masih terpental dari empat besar klasemen Liga Italia Serie A.

AC Milan saat ini ada di posisi lima dengan 22 poin. Mereka sudah menelan tiga kekalahan dari 13 pertandingan di arena Liga Italia Serie A. 

Di musim 2018-2019, AC Milan mematok target lolos ke Liga Champions musim depan dengan finis di posisi empat besar. Namun cukup berat mewujudkannya melihat komposisi skuat saat ini.

AC Milan perlu tambahan beberapa pemain baru. Terutama di lini belakang. AC Milan sedang krisis bekt engah setelah cederanya Mattia Caldara, dan Mateo Musacchio.

Ada beberapa pemain yang dibidik AC Milan. Mayoritas berasal dari Liga Inggris. Berikut tiga pemain Liga Inggris yang dibidik AC Milan.

 

 

 

- Cesc Fabregas

Gelandang Chelsea, Cesc Fabregas (AP/Manu Fernandez)

AC Milan berpeluang besar mendapatkang gelandang Chelsea Cesc Fabregas pada bursa transfer Januari nanti. Pemain asal Spanyol itu sudah tidak dibutuhkan lagi oleh The Blues.

Kontrak Fabregas bersama Chelsea akan habis akhir musim nanti. Chelsea kemungkinan besar tidak akan menawarkan perpanjangan kontrak kepada Fabregas.

Fabregas tak masuk dalam perencanaan manajer Maurizio Sarri. Eks pemain Arsenal itu kalah bersaing dengan Jorginho, Ngolo Kante, Mateo Kovacic hingga Ross Barkley.

Sejauh ini Fabregas cuma bermain selama 48 menit di Liga Inggris 2018-2019. Fabregas lebih banyak dimainkan di Liga Europa dan Piala Liga Inggris.

- Eric Bailly

Bek Manchester United, Eric Bailly (Twitter)

Salah satu bek yang dibidik AC Milan adalah Eric Bailly dari Manchester United. Bailly memang kemungkinan akan memilih pergi dari MU Januari nanti.

Hubungan Bailly dengan manajer Jose Mourinho tak harmonis. Akibatnya pria Pantai Gading itu jarang dimainkan oleh MU pada musim 2018-2019.

AC Milan harus bersaing dengan Arsenal yang juga berminat kepada eks pemain Villarreal itu. AC Milan kemungkinan hanya ingin meminjam Bailly dengan opsi kepemilikan permanen di akhir musim.

- Gary Cahill

Gary Cahill (AFP/Glyn Kirk)

Satu lagi pemain Chelsea yang dibidik AC Milan adalah Gary Cahill yang bisa didapat dengan harga miring pada bulan Januari nanti. Pasalnya kontrak Cahill bersama Chelsea akan habis pada 30 Juni 2019 nanti.

Pria Inggris itu juga ingin pindah klub. Dia sudah mengindikasikan ingin ganti klub Januari 2019. Cahill tak masuk dalam perencanaan manajer Maurizio Sarri.

Cahill musim ini jarang dimainkan di tim utama Chelsea. Sarri lebih memilih mengandalkan David Luiz, Antonio Rudiger dan Cesar Azpilicueta.

Ada peluang AC Milan bisa mendapatkannya dengan gratis Januari nanti. Chelsea mungkin saja bersedia memutus kontrak Cahill lebih cepat. Dengan melepas Cahill, Chelsea akan meringankan anggaran gaji mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepakat Berpisah, Gading Marten dan Gisella Anastasia Jaga Psikologis Anak

Posted: 28 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum memutuskan untuk berpisah, Gisella Anastasia dan Gading Marten rupanya sudah lama terlibat percekcokan. Sekitar 1,5 tahun pasangan selebritas ini saling berselisih paham.

Meski begitu, Gading Marten dan Gisella Anastasia tak pernah memperlihatkan hubungan tak harmonis di depan anak mereka, Gempita Nora Marten. Tentu hal itu untuk menjaga kebaikan psikologis sang anak.

"Enggak (tidak pernah lihat pertengkaran)" imbuh Gisella Anastasia, saat dalam konferensi pers di Veranda Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (28/11/2018) malam.

Lantas, apakah Gading Marten dan Gisella Anastasia juga tipikal pasangan yang berapi-api saat terlibat pertengkaran?

 

Tak Ingin Ganggu Psikologis Anak

Gading Marten dan Gisela Anastasia

"Kalau cekcok-cekcok enggak mungkin enggak. Kalau sampai meledak, setiap orang enggak ngerti seperti apa ya. (Kalau) Kita begini-begini aja," terang Gisella Anastasia.

Agar tak menggangu psikologis anaknya, Gisella Anastasia dan Gading Marten juga telah berkonsultasi kepada ahlinya, psikolog anak. Meski tak lagi bersama, mereka disarankan untuk tetap memberi cinta sepenuh hati bagi Gempita.

 

Cinta Full

(instagram/gadiiing)

"The best way yang sekarang ya sesuai porsinya dia ya kita memang tidak bisa menghadirkan wajah keluarga yang utuh untuk Gem. Tapi ya cintanya aku tetap full buat Gempi, dia tetap punya kita sebagai orangtua," papar Gisella Anastasia.

"Nanti itu berjalannya waktu ada sih cara-caranya, udah di jelasin kira-kira yang penting kami akan selalu ada untuk bimbingan. Untuk bisa mendidik Gempi dengan baik dan memberikan pemahaman yang baik untuk tidak merusak nilai-nilai rumah tangga," lanjutnya.

 

Jaga Anak Bersama

Gading Marten dan Gisela Anastasia

Meski telah memilih jalan untuk berpisah, pasangan yang menikah 2013 silam ini sepakat untuk menjaga dan merawat anak mereka bersama. Mereka tak ingin Gempita kehilangan kasih sayang dari orangtua yang lengkap.

"Sampai kapanpun saya ayahnya Gempi, Gisel ibunya Gempi," imbuh Gading Marten di tempat yang sama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dukung Prabowo, Humphrey akan Dilaporkan ke Polisi

Posted: 28 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PPP versi Muktamar Jakarta mendukung Prabowo-Sandiaga dalam Pilpres 2019. PPP versi Romahurmuziy yang mendukung Jokowi-Ma'ruf akan melaporkan Humphrey ke polisi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lintasarta Smart City Sabet Gelar Penghargaan Infrastruktur Terbaik

Posted: 28 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lintasarta baru saja mengantongi penghargaan untuk kategori 2018 Indonesia Smart City infrastructure Service Provider of the Year, dari Best Practices Awards 2018 pada Selasa (27/11/2018) di Singapura.

Penghargaan yang diterima pada ajang yang diselenggarakan oleh konsultan global Frost & Sullivan, memastikan Lintasarta Smart City merupakan layanan yang handal dan diakui di tingkat global.

Ajang penghargaan Best Practices Awards 2018 ini, digelar rutin setiap tahun kepada perusahaan terbaik di Asia Pasifik dari berbagai sektor industri.

Adapun penilaian dari analis Frost & Sullivan dilakukan secara independen dengan melihat keunggulan dari beberapa indikator kinerja seperti pertumbuhan pendapatan, pangsa pasar dan pertumbuhan saham, kepemimpinan dalam inovasi produk, serta strategi pemasaran dan bisnis strategi pengembangan.

President Director Lintasarta, Arya Damar, berkata kalau penghargaan ini menjadi sebuah kebanggan bagi Lintasarta yang telah bekerja keras dan berinovasi dalam membantu berbagai daerah di Indonesia mengimplementasikan layanan Smart City.

"Penghargaan ini sebagai legitimasi terhadap keseriusan Lintasarta dalam memberikan layanan yang terbaik khususnya dalam membantu berbagai kota dan kabupaten di Indonesia mengimplementasikan teknologi untuk mendorong peningkatan layanan publik dan kesejahteraan masyarakat," ujar Arya.

 

Infrastruktur yang Tidak Merata

Suasana sepi terlihat di proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek lintas pelayanan dua rute Cawang-Dukuh Atas di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (18/6). Seluruh proyek infrastruktur masih ditinggal mudik para pekerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menurut Arya, wilayah geografis Indonesia yang luas terdiri dari kepulauan serta pembangunan infrastruktur yang tidak merata menjadi tantangan tersendiri dalam mendorong implementasi Smart City di Indonesia.

"Wilayah Indonesia yang besar mulai dari Sabang hingga Merauke membutuhkan komitmen yang kuat dan layanan infrastruktur ICT handal serta memiliki jaringan yang luas untuk memastikan pembangunan daerah berbasiskan teknologi," kata Arya.

Saat ini, Lintasarta telah melayani lebih dari 2000 perusahaan dalam lebih dari 30 tahun dan sejak 2016 fokus dalam mendukung sektor pemerintahan serta secara konsisten melayani instansi pemerintahan seperti kementerian, lembaga dan badan publik termasuk 76 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Jumlah tersebut semakin bertambah dan menjadi kebanggaan bagi Lintasarta dapat berkontribusi dalam upaya memajukan serta menyejahterakan bangsa.

"Sebagai contoh kontribusi Lintasarta adalah dengan memberikan jaringan terkoneksi menggunakan media fiber optic (FO) terhadap seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintahan Kabupaten Temanggung menjadikan kegiatan operasional dan layanan lebih efisien, transparan, terintegrasi, dan berkesinambungan," ujar Arya.

Lintasarta Smart City merupakan solusi end-to-end, yang memiliki enam tahapan implementasi mulai dari pembuatan masterplan, infrastruktur ICT, integrasi data, aplikasi smart city, change management, dan sosialisasi.

Lewat kerjasama dengan Lintasarta, setiap daerah akan terbantu tidak hanya sampai implementasi layanan tetapi hingga dampak serta kemajuan yang terasa oleh masyarakat daerah.

Gerakan Menuju 100 Smart City

Smart City. Dok: Medium.com

Lintasarta juga menjadi mitra resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dalam menyukseskan program Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia.

Kontribusi Lintasarta dengan hadir ke berbagai daerah bersama Kemkominfo memberikan edukasi dan mengawal tahapan implementasi smart city dengan tepat dan cepat.

Shivaji Das, Partner & Asia-Pacific Managing Director Frost & Sullivan mengatakan, ajang Best Practices Awards 2018 diadakan untuk menghormati dan mengakui perusahaan yang telah mendorong keunggulan dan kemajuan di Asia-Pasifik.

"Kami senang untuk menyoroti implementasi terbaik dan menghormati perusahaan yang telah memiliki keunggulan dalam industri mereka masing-masing. Melalui pengakuan ini, Frost & Sullivan berharap bahwa perusahaan terpilih akan terus unggul dan memacu mereka untuk pencapaian lebih lanjut," ujar Shivaji.

Sebagai ICT Total Solution Company, Lintasarta memastikan akan terus memberikan kualitas layanan yang terbaik bagi berbagai daerah.

Hal ini menjadi fokus utama Lintasarta untuk mendorong implementasi smart city hingga menjadi smart nation di Indonesia.

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangunan Ponpes di Gresik Ambruk, Proses Belajar Mengajar Terus Berjalan

Posted: 28 Nov 2018 09:57 PM PST

Fokus, Gresik - Garis polisi masih terpasang di reruntuhan bangunan asrama Pesantren Nurul Izzah di Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur, yang ambruk.

Polisi yang melakukan penyeledikan akan mengirim Tim Laboratorium Forensik untuk mengetahui apa penyebab ambruknya bangunan lima lantai yang dihuni sekitar 100 santri putri ini.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (29/11/2018), meski demikian, pengurus Pondok Pesantren Nurul Izzah menyatakan kegiatan belajar mengajar akan terus berjalan menggunakan lokasi lain pondok pesantren.

Ambruknya bangunan pondok pesantren terjadi pada Selasa malam,  27 November lalu. Bangunan sempat menimpa dua rumah warga yang ada di sekitarnya. Namun, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KNKT Ralat Pernyataan Lion Air PK-LQP Tak Laik Terbang Sejak dari Denpasar

Posted: 28 Nov 2018 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo sempat menyatakan Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang sudah tidak layak terbang sejak penerbangan sebelumnya, dengan rute Denpasar-Jakarta. Pihak Lion Air pun menilai pernyataan KNKT itu tendensius dan akan membawa kasus ini ke jalur hukum.

Atas reaksi Lion Air, Nurcahyo mengklarifikasi pernyataannya. Ia menjelaskan, menurut peraturan di Indonesia, pesawat dinyatakan laik terbang jika Aircraft Flight Maintenance Log (AFML) telah ditandatangani engineer (releaseman). Setelah pesawat mendarat, pilot melaporkan adanya gangguan pada pesawat, engineer telah melakukan perbaikan dan pengujian.

"Lalu, setelah hasil pengujian menunjukkan hasil baik maka AFML ditandatangani oleh releaseman dan pesawat dinyatakan laik terbang," kata Nurcahyo dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/11/2018).

Salah satu kondisi yang menyebabkan kelaikudaraan (airworthiness), sambung dia, berakhir apabila pada saat terbang pesawat mengalami gangguan. Keputusan untuk melanjutkan terbang atau segera mendarat ada di tangan pilot in command (Captain).

"Dengan demikian disampaikan bahwa pesawat Lion Air Boeing B 737-8 (MAX) registrasi PK-LQP dalam kondisi laik terbang saat berangkat dari Denpasar Bali dengan nomor penerbangan JT 043, maupun pada saat berangkat dari Jakarta dengan nomor penerbangan JT 610," ungkap Nurcahyo.

 

Pernyataan Lion Air

Pernyataan KNKT yang mengatakan bahwa pesawat sudah tak layak terbang saat dalam perjalanan dengan rute Denpasar-Jakarta, 28 Oktober 2018, dibantah pihak Lion Air. Menurut Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait, pesawat Boeing 737 MAX-8 yang jatuh di perairan Karawang, 29 Oktober sangat layak terbang.

"Pernyataan ini menurut kami tidak benar. Dan pesawat itu dari Denpasar dirilis dan dinyatakan layak terbang. Sesuai dengan dokumen dan apa yang sudah dilakukan oleh teknisi kami," ujar Edward.

Edward pun berencana meminta penjelasan secara tertulis pada pihak KNKT. Jika permintaan tersebut tidak ditanggapi, pihaknya mengaku akan membawa ke jalur hukum.

Menurut dia, apa yang dilontarkan KNKT saat konferensi pers perihal kondisi pesawat yang tak layak terbang sebelum jatuh di Karawang terlalu tendensius.

"Kita akan meminta klarifikasi secara formal besok (Kamis) karena ini tendensius. Ini bisa membuat persepsi dan juga terhadap kejadian yang ada bisa berbeda," ujar Presiden Direktur Lion Air Group ini.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suap Meikarta, KPK Endus Pengubahan Aturan Tata Ruang di Pemkab Bekasi

Posted: 28 Nov 2018 09:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengendus adanya pengubahan aturan tata ruang di Pemerintah Kabupaten Bekasi agar izin proyek pembangunan Meikarta disetujui. KPK pun tengah menelusuri pihak-pihak yang berkepentingan dalam hal ini.

"KPK mulai masuk mendalami indikasi adanya pihak tertentu yang memiliki kepentingan mengubah aturan tata ruang di Kabupaten Bekasi agar proyek tersebut bisa diterbitkan perizinan secara menyeluruh," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (29/11/2018).

Febri mengatakan, dalam menelusuri dugaan pengubahan aturan tersebut, KPK akan intens memeriksa pihak-pihak yang diduga terkait. KPK hari ini turut memeriksa Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa dan pejabat di lingkungan Pemkab Bekasi.

"(Karena) perubahan aturan tersebut membutuhkan revisi Perda Kabupaten Bekasi," kata Febri.

KPK sebelumnya mengendus perizinan proyek Meikarta bermasalah. Lembaga antirasuah pun sempat mengimbau agar pihak Pemerintah Kabupaten Bekasi mengaudit ulang izin tersebut.

Bupati Jadi Tersangka

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait izin proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi. Selain Bupati Neneng, KPK juga menjerat delapan orang lainnya dalam kasus ini.

Mereka adalah Kepala Dinas PUPR Pemkab Bekasi, Jamaludi; Kepala Dinas Damkar Pemkab Bekasi, Sahat MBJ Nahar; Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Bekasi, Dewi Tisnawati; dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Neneng Rahmi.

Kemudian, pihak swasta bernama Billy Sindoro yang merupakan Direktur Operasional Lippo Group, Taryudi dan Fitra Djajaja Purnama selaku konsultan Lippo Group, serta Henry Jasmen pegawai Lippo Group.

Bupati Neneng dan kawan-kawan diduga menerima hadiah atau janji Rp 13 miliar terkait proyek tersebut. Diduga, realiasasi pemberian sampai saat ini adalah sekitar Rp 7 miliar melalui beberapa Kepala Dinas.

Keterkaitan sejumlah dinas lantaran proyek tersebut cukup kompleks, yakni memiliki rencana membangun apartemen, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hingga tempat pendidikan. Sehingga dibutuhkan banyak perizinan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Suap, Eni Maulani Saragih Didakwa Terima Gratifikasi Rp 5,6 Miliar

Posted: 28 Nov 2018 09:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih didakwa menerima gratifikasi Rp 5,6 miliar dan SGD 40 ribu sejak menjabat sebagai anggota DPR periode 2014-2019. Penerimaan graritifikasi tersebut diperuntukan biaya pencalonan M Al Khadziq, suami Eni, sebagai Bupati Temanggung.

"Menerima uang sejumlah uang sejumlah Rp 5,6 miliar dan SGD 40 ribu yang berasal dari pemberian beberapa direktur dan pemilik perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas," ucap jaksa Budhi Sarumpaet saat membacakan surat dakwaan Eni di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (29/11/2018).

Pada bulan Mei 2018, Prihadi Santoso sebagai Direktur PT Smelting mengetahui Eni berada di Komisi VII DPR. Kepada Eni, Prihadi meminta bantuan agar memfasilitasi PT Smelting ke Kementerian Lingkungan Hidup dan meminta agar perusahaannya mendapat kuota impor limbah bahan berbahaya beracun untuk diubah menjadi copper slag.

Politikus Partai Golkar itu menyanggupi permintaan bantuan Prihadi dengan kompensasi pemberian uang. Prihadi setuju permintaan Eni. Ia kemudian mempertemukan Prihadi dengan Rosa Vivien Ratnawati selaku Dirjen Pengelolaan Sampah.

Usai memfasilitasi pertemuan dengan pihak Kementerian Lingkungan Hidup. Eni Maulani Saragih meminta Prihadi merealisasikan komitmennya.

"Lewat orang kepercayaannya, Indra Purmandani, terdakwa menerima uang secara bertahap Rp 250 juta dengan rincian Rp100 juta, Rp 100 juta, dan Rp 50 juta," tukasnya.

Eni Maulani Saragih kembali menerima gratifikasi dari Herwin Tanuwidjaja selaki Direktur PT One Connect Indonesia sebesar SGD 40 ribu dan Rp 100 juta. Sama dengan Prihadi, Herwin meminta agar Eni memfasilitasi perusahaannya bertemu dengan pihak Kementerian Lingkungan Hidup.

"Terdakwa kemudian menerima SGD 40 ribu dan Rp 100 juta secara bertahap," ujar jaksa.

Gratifikasi dari PT Borneo Lumbung Energi

Gratifikasi kembali diperoleh Eni dari Samin Tan selaku pemilik PT Borneo Lumbung Energi & Metal. Samin meminta Eni memfasilitasi perusahaannya bertemu dengan pihak Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk membahas Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara generasi 3 di Kalimantan Tengah.

Juni 2018, Eni meminta Samin merealisasikan komitmennya terkait pemberian uang. Samin kemudian memberikan Rp 4 miliar secara tunai disusul Rp 1 miliar yang diberikan pada 22 Juni.

Terakhir, gratifikasi Rp 500 juta berasal dari Iswan Ibrahim yakni Presdir PT Isargas.

Atas perbuatannya Eni didakwa melanggar Pasal 12 B ayat 1 undang-undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 65 ayat 1 KUHP.

Eni juga didakwa menerima suap Rp 4,750 miliar dari Johannes Budisutrisno Kotjo, pemilik Blackgold Natural Resources (BNR). Suap diperuntukan agar Eni membantu Johannes mendapatkan proyek pengerjaan PLTU Riau-1 senilai USD 900 juta.

Ia kemudian didakwa telah melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 undang-undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 Jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sutopo Raih Penghargaan Bergengsi Tingkat Asia dari Koran Singapura

Posted: 28 Nov 2018 09:50 PM PST

Liputan6.com, Singapura - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho masuk sebagai salah satu penerima penghargaan The First Responders, dalam ajang tahunan The Straits Times Asian of the Year.

Pengumuman terkait disampaikan pada Rabu 28 November, di tengah pelaksanaan Global Outlook Forum 2019, yang diadakan oleh surat kabar The Straits Times di Singapura.

"Ketika malapetaka menyerang, naluri alami manusia adalah melarikan diri. Namun ada jenis manusia yang, daripada meninggalkan tempat kejadian, berputar untuk menghadapi bahaya dan bertarung mempertaruhkan nyawa, mereka melindungi orang keselamatan orang lain. Keempatnya adalah contoh terbaik tentang kemanusiaan," tulisa berkas sambutan penghargaan terkait, sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Kamis (29/11/2018).

Berikut adalah daftar para penerima penghargaan The First Responders:

  • Almarhum Ng Kok Choong asal Singapura. Dia adalah seorang pilot paralayang (paraglider) yang terlibat dalam upaya penyelamatan dan distribusi bantuan pasca-gempa di Sulawesi Tengah. Almarhum juga dikenal sering terlibat dalam proses evakuasi di banyak daerah bencana di Asia Tenggara, termasuk operasi penyelamatan di Gua Tham Luang, Thailand.
  • Komandan Angkatan Laut India (Pilot) Vijay Varma dan Kapten (Pilot) P Rajkumar, yang dihormati atas dedikasinya dalam menyelamatkan korban banjir Kerala, meskipun harus mempertaruhkan nyawa.
  • Sutopo Purwo Nugroho, juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia, yang dinilai selalu siap sedia dalam menginformasikan kabar terkini tentang evakuasi korban bencana gempa di Lombok dan Sulawesi Tengah.
  • Mercy Relief, sebuah organisasi kemanusiaan non-pemerintah asal Singapura. Organisasi ini secara resmi diluncurkan pada 2003, oleh Wakil Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, yang berusaha untuk mempromosikan kehidupan penuh kasih sayang, perhatian dan kesukarelaan.
  • Pusat Koordinasi ASEAN untuk Bantuan Kemanusiaan dalam Penanganan Bencana (AHA Centre)

Dalam memutuskan Sutopo dan tokoh-tokoh lainnya yang masuk ke dalam daftar The First Responders, yang merupakan kedua kalinya dilakukan sejak pertama kali dihelat pada 2012, para editor The Straits Times mengingat fakta bahwa di seluruh Asia, skala bencana dan dampak kerusakan yang diakibatkannya telah meningkat selama satu dekade terakhir.

Tahun ini, kata mereka, Jepang mengalami beberapa kali banjir terburuk dalam ingatan sejarah, begitu juga hal serupa terjadi di negara bagian Kerala di India Selatan.

Mereka juga menyinggung tentang beberapa kali gempa parah yang terjadi di Indonesia, seraya menambahkan bahwa total empat negara di Asia Tenggara masuk ke dalam daftar 10 wilayah paling rawan bencana akibat perubahan iklim.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Bagian Penting Kalender Asia

Ilustrasi bendera Singapura - Portrait (Wikimedia Commons)

Penghargaan Straits Times Asian of the Year, yang diumumkan menjelang akhir tahun, telah menjadi bagian penting dari kalender Asia.

Penghargaan perdana diberikan kepada Perdana Menteri Myanmar Thein Sein, diikuti dengan penghargaan gabungan untuk Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada 2013, dan kepada Perdana Menteri India Narendra Modi pada tahun 2014.

Pada 2015, penghargaan diberikan secara anumerta kepada Bapak Bangsa Singapura, mendiang Lee Kuan Yew.

Di tahun 2016, lima pengusaha startup Asia yang bekerja di bidang teknologi dan perdagangan --dikenal sebagai The Disruptors-- menerima penghargaan terkait untuk pertama kalinya kepada kelompok.

The Disruptors sendiri terdiri dari CEO Go-Jek Nadiem Makarim, Anthony Tan dan Tan Hooi Ling dari Grab, pendiri Tencent Holdings Pony Ma, serta Sachin Bansal dan Binny Bansal dari Flipkart yang merupakan operator toko daring terbesar di India.

Sementara tahun lalu, penghargaan terkait kembali diberikan kepada Presiden Xi Jinping atas ambisi besarnya dalam menjadikan China kekuatan ekonomi dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sentimen Dalam Negeri Dongkrak Rupiah hingga Sentuh 14.339 per Dolar AS

Posted: 28 Nov 2018 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali menguat pada perdagangan Kamis ini usai mengalami tekanan pada kemarin.

Mengutip Bloomberg, Kamis (29/11/2018), rupiah dibuka di angka 14.465 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.529 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.339 per dolar AS hingga 14.465 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 5,88 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.408 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.535 per dolar AS.

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, pelemahan rupiah sempat menghalangi potensi penguatan rupiah, namun masih adanya sejumlah sentimen positif domestik membuat rupiah kembali perkasa.

"Adanya keputusan BI mempertahankan kebijakan pre-emptive dan ahead the curve guna menjaga stabilitas ekonomi pada 2019, berpotensi membuat suku bunga semakin meningkat, sehingga pelaku pasar cenderung bereaksi negatif, meskipun akan positif untuk pergerakan rupiah," ujar Reza dikutip dari Antara.

Ia menuturkan, sentimen negatif diharapkan dapat lebih berkurang sehingga laju rupiah tetap bertahan positif.

"Adanya komentar The Fed terkait dengan arah suku bunga yang cenderung netral membuat kenaikan dolar AS tertahan sehingga diharapkan dapat direspon positif rupiah untuk dapat berbalik naik," katanya.

Nilai tukar rupiah hari ini diperkirakan akan bergerak di kisaran 14.530 per dolar AS hingga 14.515 per dolar AS.

Sebelumnya, pergerakan dolar AS yang cenderung menguat jelang pertemuan KTT G-20 Summit yang akan mempertemukan Presiden Xi Jinping dan Presiden Trump, berimbas pada pergerakan sejumlah mata uang Asia, termasuk rupiah yang berbalik melemah.

Di sisi lain, sejumlah sentimen positif dari dalam negeri belum cukup mampu mengangkat rupiah yang dibarengi dengan penguatan dolar AS tersebut.

Rupiah Diprediksi Kembali Melemah pada 2019

Petugas melakukan pengepakan lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Bank Indonesia (BI) mempersiapkan Rp 193,9 triliun untuk memenuhi permintaan uang masyarakat jelang periode Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, peneliti Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri memprediksi rupiah masih melemah hingga 2019. Prediksi ini dengan melihat produktivitas Indonesia yang mengacu pada Current Acoount Deficit (CAD) yang belum juga menunjukkan performa optimal.

"Fenomena jangka pendek rupiah bisa menguat. Tahun depan jangka menengah, 99 persen rupiah akan melemah. Kalau bicara jangka panjang, hubungan rupiah dengan CAD itu erat sekali," ujar Faisal pada Rabu 28 November 2018. 

Dia mengatakan, pelemahan rupiah sebenarnya tidak hanya terjadi tahun ini saja. Pada 2017, rupiah melemah dan CAD defisit namun dapat diatasi dengan jumlah uang yang masuk ke Indonesia cukup besar.

"2017, CAD kita defisit USD 17 miliar tapi uang yang masuk USD 22 miliar. Tetap rupiah melemah rerata tahunannya. Tapi melemahnya sangat sopan, sedikit sekali karena capital inflow-nya lebih banyak," jelasnya.

Lebih lanjut, Faisal menambahkan, pada 1998 hingga 2011, CAD Indonesia mengalami surplus, namun tetap diiringi fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS. Hal ini berbanding terbalik dengan kondisi saat ini di mana rupiah dan defisit CAD sama-sama melemah.

"Tengok 1998 hingga 2011, CAD kita surplus. Rupiahnya masih menguat melemah, menguat melemah. Nggak melemah terus. Tapi sejak 2012 CAD kita defisit terus, rupiah enggak pernah menguat. Dan 2018, CAD naik rupiahnya juga melorot. Ini Rp 14.220 itu rerata kurs tahun ini sampai 21 November," katanya.

"CAD kita defisit Januari hingga September USD 22 miliar. Jauh lebih besar dari tahun lalu yang USD 17 miliar. Sekarang uang yang masuk hanya USD 11 miliar. Kalau tahun lalu USD 21 miliar. Ya kelepek-kelepek lah," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Lagi Buang-Buang Makanan, Kenali Kampanye Zero Food Waste

Posted: 28 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mending lebih daripada kurang. Anda sering mendengar kalimat itu? Ya, bagus kalau lebihnya diberi pada orang lain, tapi kalau malah dibuang bagaimana? Soal buang-membuang, termasuk makanan, budaya ini terlihat enteng saja bagi tak sedikit orang Indonesia.

Buktinya, berdasarkan data Global Food Sustainability Index pada Mei lalu, setelah Saudi Arabia, Indonesia tercatat sebagai negara ke-2 di dunia yang paling sering membuang makanan. Kebiasaan buruk ini termasuk menyimpan makanan dengan stok berlebih hingga kedaluwarsa.

Alhasil, penumpukan sampah organik yang kemudian menjadi limbah karena tak diolah dengan tepat pun terus jadi masalah tak terselesaikan. Sudah sebegitu lama terabaikan, sekarang jadi waktu tepat untuk mengetahui program zero waste, termasuk di makanan.

Menurut founder zerowaste.id, Maurilla Sophianti Imron, konsep zero waste secara umum adalah bagaimana Anda tidak mengirim sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). "Karena TPA itu bahaya dan sangat berkontribusi ke efek rumah kaca dari gas metana beracun yang dihasilkan," tuturnya pada Liputan6.com lewat pesan singkat, Selasa, 27 November 2018.

"Di Indonesia, TPA kalau nggak dibakar akan nimbun begitu saja. Akhirnya jadi polusi udara, tanah, dan air. Jadi, sebenarnya nggak hanya mengurangi plastik. tapi juga seputaran food. 60 persen dari sampah adalah sampah organik rumah tangga," sambungnya.

Diakui Maurilla, nol sampah pun tidak mudah untuk dicapai. Tapi, ada cara-cara sederhana untuk memulai zero food waste"Dari membeli produk lokal, bahkan menanam sendiri atau regrow. Berbelanja tanpa plastik, memasak dengan porsi yang cukup, dan tidak membuang sampah organik, tapi menjadikannya kompos," paparnya.

Yang paling simple, semua orang harusnya sudah bisa eat mindfully. "Finish your plate," katanya. Tapi, lagi-lagi, aplikasi pemikiran ini akan sangat sulit, mengingat budaya makan orang Indonesia yang sukar diubah.

ilustrasi makanan/copyright unsplash/Brooke Lark

"Anggapan bahwa semakin banyak makanan itu baik adalah rule di lingkungan masyarakat kelas menengah. Biasanya dalam satu rumah tangga, nggak cukup lauk satu atau dua, harus lebih. Tiap waktu atau tiap hari harus ganti, pun daya konsumsi berlebihan saat belanja. Akhirnya membuat makanan jadi busuk tanpa dikonsumsi terlebih dulu," jelasnya.

Faktor lain yang membuat Indonesa tercatat sebagai negara mubazir adalah kultur catering pernikahan. "Dengan buffet sebagai konsep normal, hampir nggak ada acara pernikahan yang nggak membuang-buang makanan secara berlimpah," ujarnya.

"Untung sekarang ada beberapa organisasi yang mau menampung makanan untuk kemudian diberikan ke orang-orang yang membutuhkan," tambah Maurilla. Baginya, zero food waste ini sudah sangat penting diperhatikan banyak orang

"Food waste itu serious problem yang ironis karena sebenarnya dunia memproduksi cukup banyak makanan untuk ngasih makan orang di seluruh dunia. Jadi, harusnya nggak ada kelaparan. Tapi, makanan-makanan ini malah dibuang-buang di negara maju dan berkembang," tandasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Exco dan Asprov PSSI Sempat Tolak Edy Rahmayadi Mundur

Posted: 28 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Exco PSSI, Refrizal mengklaim Edy Rahmayadi sudah berulang kali meminta mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI.

Ini dikatakan Refrizal saat menjadi narasumber pada program Mata Najwa berjudul PSSI Bisa Apa, Rabu (28/11/2018) malam. Menurutnya, itu disampaikan Edy Rahmayadi sebelum dia terpilih sebagai Gubernur Sumatera Utara.

Permintaan Edy Rahmayadi mundur itu ditolak mentah-mentah oleh Exco PSSI. Terlebih, menurut Refrizal, PSSI masih butuh sosok mantan Pangkostrad tersebut.

"Saya dan Gusti Randa (Exco PSSI) saksinya bahwa pak Edy Rahmayadi sempat mau mundur dari ketum PSSI. Tapi akhirnya kami larang dan memintanya untuk bertahan," kata Refrizal.

Tak hanya Exco PSSI, Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI juga menolak Edy Rahmayadi mundur dari jabatannya. Bahkan, Edy sempat mengumpulkan para Asprov PSSI di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Alasan Exco dan Asprov PSSI

Suporter Timnas Indonesia memperlihatkan poster memprotes Ketum PSSI, Edy Rahmayadi, saat melawan Filipina pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Minggu (25/11). Kedua negara bermain imbang 0-0. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Penolakan itu diminta Exco dan Asprov PSSI karena Edy Rahmayadi telah menolak uang suap sebesar Rp 1,5 triliun dari mafia sepak bola luar negeri.

"Saat itu semua kompak Asprov PSSI menolak dan meminta pak Edy bertahan karena dia sudah menolak bandar judi yang ingin menyogoknya," kata Refrizal.

"Pak Edy itu merupakan benteng sepak bola kita karena dia memiliki sikap yang tegas," ujar Refrizal.

Tergantung Pemilik Suara

Sebagai Ketum PSSI, Edy Rahmayadi memang tidak begitu saja dapat diminta mundur. Apalagi jabatan ketum dipilih pemegang hak suara di PSSI.

Saat ini ada beberapa pihak yang memiliki hak suara di PSSI. Yakni 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, 8 klub Liga 4 serta empat asosiasi yakni futsal, sepak bola wanita, wasit, dan pelatih.

Selain itu hak suara juga dimiliki oleh 34 Asosiasi Provinsi (Asprov). Hal ini sesuai dengan hasil Kongres PSSI tahun 2018. Jika ingin Edy mundur maka 2/3 pemegang hak suara harus kompak meminta Kongres Luar Biasa. Dari situ maka mereka bisa memberikan mosi tak percaya pada Ketum, Waketum, serta Exco PSSI yang ada sekarang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Promotor Cegah Tiket Konser Ed Sheeran di Jakarta Sampai ke Calo

Posted: 28 Nov 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PK Entertainment, selaku promotor konser Ed Sheeran di Jakarta, memberlakukan aturan ketat bagi setiap penonton yang ingin mendapatkan tiket konser pelantun lagu "Castle On The Hill".

Promotor ingin penggemar Ed Sheeran di Indonesia bisa menyaksikan aksi idola mereka beraksi di atas panggung tanpa harus mengalami kendala dalam pembelian tiket.

Termasuk, mengamankan tiket konser Ed Sheeran di Jakarta dari tangan calo. "Sistem pembelian menggunakan data diri seperti KTP atau kartu pelajar. Satu identitas hanya bisa untuk membeli empat tiket," jelas Mohamad Ario Adimas selaku perwakilan dari Loket.com, dalam jumpa pers di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (28/11/2018).

"Setelah membeli akan mendapatkan ID, e-ticket dan nomor kursi. Tidak ada redemptions ke tiket fisik. Jadi begitu datang ke lokasi langsung konfirmasi e-ticket," dia menyambung.

 

Diterapkan Manajemen Ed Sheeran

Jumpa pers konser Ed Sheeran Jakarta (Nizar Zulmi/Fimela.com)

Skema penjualan tiket dengan menghindari calo rupanya sudah diterapkan Ed Sheeran dalam konser-konsernya. PK Entertainment selaku promotor pun coba menerapkan di Indonesia. 

"Untuk mekanisme pencegahan penjualan tiket dari pihak ketiga berlaku di semua tur dia secara global. Jadi kita memang harus adaptasi dan dukung. Karena itu adalah sesuatu yang sebenernya perlu dilakukan. Fans kan pasti inginnya punya kesempatan untuk beli langsung dari situs resmi, bukan dari calo yang stand by di depan pintu," jelas Harry Sudarma selaku marketing director PK Entertainment di tempat yang sama.

 

Mulai Rp550 Ribu

Ed Sheeran Jakarta (AFP)

Tiket konser Ed Sheeran akan dijual dalam enam kategori harga mulai dari 550 ribu sampai 2,6 juta. Dari semua kategori dipastikan tidak ada penonton berdiri karena semua bakal mendapat tempat duduk. 

"Kita nggak mau ada penonton yang dorong-dorongan lalu ribut. Mereka akan menunggu dari siang, pasti capek, dan nggak nyaman jika berdiri. Makanya kita mau buat standar baru menonton konser di Indonesia. Jadi semua penonton bisa duduk nyaman dan dapat nomor kursi dari sejak tiket dibeli," pungkas Peter Harjani selaku CEO PK Entertainment. (Kapanlagi.com/ Addie Abbas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vladimir Putin Sebut Insiden di Krimea Sebagai Akal-Akalan Presiden Ukraina

Posted: 28 Nov 2018 09:33 PM PST

Liputan6.com, Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin angkat bicara soal insiden terbaru yang melibatkan militer negaranya dengan tiga kapal Ukraina di Laut Azov, Selat Kerch, Semenanjung Krimea pada akhir pekan lalu.

Putin menyebut insiden itu sebagai 'akal-akalan' Presiden Ukraina, Petro Poroshenko, dan menuduhnya memfabrikasi kejadian tersebut demi meningkatkan simpati menjelang Pemilu Ukraina 2019.

"Dia (Poroshenko) harus melakukan sesuatu untuk membuat situasi lebih tegang," kata Putin pada forum investasi pada hari Rabu 28 November 2018, seperti dikutip dari BBC, Kamis (29/11/2018).

Pada 25 November, penjaga perbatasan Rusia FSB menembaki dan menyita dua kapal AL Ukraina serta sebuah kapal tug boat sipil.

Ukraina menyebut sikap Rusia sebagai 'agresi' karena menyerang tiga kapal yang berlayar dengan mematuhi peraturan internasional. Sedangkan Rusia menyebut kejadian itu sebagai insiden pelanggaran perbatasan yang dilakukan oleh kapal Ukraina.

Uni Eropa telah menyatakan "sangat prihatin tentang peningkatan ketegangan yang berbahaya" dan mengatakan penggunaan kekuatan Rusia "tidak dapat diterima", tetapi tidak menyebutkan sanksi kepada siapapun atas insiden tersebut.

Lebih lanjut, Putin mengatakan bahwa insiden di Selat Kerch "tidak diragukan lagi provokasi" yang diselenggarakan oleh Ukraina.

"Dan, saya pikir, presiden yang saat ini berkuasa akan bersaing dalam pemilihan presiden Ukraina pada Maret 2019," tambahnya.

Poroshenko memiliki peringkat popularitas rendah, dengan jajak pendapat bulan ini menunjukkan sekitar 10 persen dari pemilih berencana untuk memilih dia tahun depan dan hampir 50 persen mengatakan mereka tidak akan memilih dia dalam keadaan apapun, surat kabar Kyiv Post melaporkan.

Putin menambahkan bahwa keputusan presiden Ukraina untuk memberlakukan darurat militer setelah "insiden perbatasan" saja tidak terjadi pada puncak konflik dengan separatis pro-Rusia di Ukraina timur pada tahun 2014.

Selat Kerch, Laut Azov, Semenanjung Krimea (AP PHOTO)

Presiden Rusia itu juga menegaskan bahwa respon militer negaranya adalah tepat karena Ukraina telah "masuk tanpa izin" ke wilayah perairan Rusia di Laut Azov, dengan menambahkan bahwa bahkan sebelum krisis Krimea meletus, wilayah itu adlah adalah perairan Rusia.

Namun, pejabat Ukraina menerbitkan peta pada hari Rabu, menempatkan ketiga kapal Ukraina tepat di luar perairan wilayah Krimea pada saat mereka ditangkap.

"Kebusukan politik ini akan mereda," kata Putin, beberapa jam setelah Rusia mengumumkan bahwa mereka akan mengirim sistem pertahanan udara S-400 (ground-to-air missile) baru ke Krimea bulan depan, untuk bergabung dengan tiga yang telah dikerahkan tahun ini.

Setidaknya tiga pelaut Ukraina terluka pada hari Minggu 25 November karena insiden di Selat Kerch, bagian antara Laut Hitam dan Laut Azov di lepas pantai Semenanjung Krimea.

Semenanjung itu dianeksasi Rusia dari Ukraina pada 2014.

Ketiga kapal Ukraina itu berlayar dari Odessa ke Mariupol, pelabuhan Ukraina utama di laut Azov, ketika mereka dihadapkan oleh empat kapal FSB (penjaga perbatasan Rusia).

Kedua negara sepakat untuk berbagi laut dalam perjanjian tahun 2003, tetapi keputusan Rusia untuk membuka jembatan melintasi Selat Kerch tahun ini telah memperparah ketegangan.

Ukraina mengatakan Rusia dengan sengaja memblok Mariupol dan pelabuhan lain, Berdyansk, mencegah kapal-kapal melewati Selat Kerch.

Semua 24 pelaut Ukraina yang ditangkap kini telah diberikan dua bulan dalam penahanan pra-sidang oleh pengadilan di Krimea yang dianeksasi oleh Rusia.

 

Simak video pilihan berikut:

Donald Trump Batal Jumpa Vladimir Putin di KTT G20?

Presiden AS Donald Trump bersalaman dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (AP/Martinez Monsivais)

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan ia mungkin akan membatalkan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin menyusul bentrokan maritim terbaru antara Rusia dan Ukraina di Semenanjung Krimea.

Trump mengatakan kepada Washington Post dia menunggu "laporan lengkap" setelah kapal Rusia menembaki dan menyita tiga kapal Ukraina pada hari Minggu 25 November 2018.

uru bicara Kementerian Luar Negeri AS Heather Nauert mengatakan, Washington ingin melihat penegakan sanksi yang lebih keras terhadap Rusia.

Trump dan Putin akan bertemu di sela-sela KTT G20 di Buenos Aires akhir pekan ini.

Namun, Trump mengatakan kepada Washington Post bahwa laporan yang datang dari tim keamanan nasionalnya akan "sangat menentukan" jadi-tidaknya pertemuan itu.

"Mungkin saya tidak akan mengadakan pertemuan (dengan Putin). Mungkin saya bahkan tidak akan mengadakan pertemuan. Saya tidak suka agresi itu. Saya sama sekali tidak menginginkan agresi itu," katanya.

Keduanya sempat dijadwalkan membahas keamanan, pengawasan senjata, dan masalah di Ukraina dan Timur Tengah ketika KTT G20 diadakan pada Jumat dan Sabtu, penasihat keamanan nasional John Bolton mengatakan pada wartawan.

Di sisi lain, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan bahwa perebutan kapal Ukraina adalah "eskalasi berbahaya dan pelanggaran hukum internasional".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luhut Ungkap Presiden Pertanyakan Sebab 4 Tahun Tak Ada Kilang Terbangun

Posted: 28 Nov 2018 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah terus berupaya meredam defisit transaksi berjalan, diantaranya dengan mengurangi impor Bahan Bakar Minyak (BBM). Namun salah satu solusi dengan membangun fasilitas pengelolaan minyak (kilang) belum mengalami kemajuan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pembangunan kilang sangat penting untuk mengurangi impor BBM.

Bahkan dia menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menanyakan karena sudah empat tahun masa pemerintahannya, belum ada kilang yang terbangun.

"Pembangunan kilang saya kira penting. Presiden pun galau, karena sudah 4 tahun jadi Presiden belum ada yang jadi pembangunan kilang," kata Luhut, saat menghadiri Pertamina Energy Forum, di Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Menurut Luhut, pembangunan kilang seharusnya tidak mundur. Dia pun mendorong terbangunnya industri petrokimia untuk mengelola produk turunan yang dihasilkan kilang.

"Saya minta jangan mundur lagi, karena saya sudah tiga tahun dorong petrokimia yang nggak jalan-jalan," tutur dia.

Peremajaan dan keberadaan kilang baru tentunya akan mengurangi impor ‎BBM. Hal ini sejalan dengan keinginan pemerintah yang berujung dapat meredam defisit transaksi berjalan.

Selain mengandalkan kilang, upaya pengurangan impor yang sudah dilakukan pemerintah adalah menerapkan perluasan campuran 20 persen biodiesel dengan ‎solar non subsidi.

"CAD (Current Account Defisit) kita sangat terpengaruh dengan impor minyak. CAD kita tahun ini akan dekat USD 24 miliar tahun lalu USD 17 miliar. Tujuannya adalah me-minimize impor oil kita karena CAD kita," tandasnya.

 

2 Kilang Pertamina Bakal Dimodifikasi Hasilkan Solar Nabati

Kilang PT Pertamina Sumbagsel di Plaju, Sungai Gerong Palembang (Dok.istimewa / Nefri Inge)

PT Pertamina (Persero) tengah menyiapkan proyek kilang ramah lingkungan atau green refinery project yang  memproduksi bahan bakar diesel nabati 100 persen (B100). 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, Pertamina akan mengoptimalkan kilang yang sudah ada untuk mengimplementasikan proyek tersebut, sebagai upaya mengoptimalisasi aset yang ada dan  efisiensi investasi karena tidak perlu membuat kilang baru.

"Investasi pengembangan kilang, salah satunya kilang Dumai," kata Nicke saat menghadiri Pertamina Energy Forum, di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Nicke mengungkapkan, investasi untuk pembuatan kilang baru butuh sekitar USD 3,5 miliar. Sedangkan jika mengoptimalisasi kilang yang sudah ada ‎maka akan menghemat 40 persen dari investasi kilang baru.

"Dengan memodifiksi kedua kilang Pertamina, akan menghasilkan biodiesel dan juga biofuel. Ini berbeda dengan produksi sebelumnya yang menghasilkan solar dan Bahan Bakar Minyak (BBM)," paparnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution‎ menambahkan, jika program tersebut terlaksana, Pertaminabisa menjadi pemimpin dalam produksi B100. Hal ini disampaikan oleh  dalam paparannya pada Pembukaan PEF 2018.

"Kami berharap Pertamina sebagai batu penjuru serta pemimpin dalam mengembangkan B20 (biodiesel)," ungkapnya.

Sebelumnya, Pertamina perusahaan menandatangani perjanjian  minyak dan gas multinasional Italia yaitu ENI S.p.A. Kerjasama ini untuk menjajaki bisnis hilir minyak dan gas. Dalam perjanjian itu termasuk potensi untuk mengembangkan kilang hijau dan peluang perdagangan bisnis di minyak dan gas, dan produk lainnya.

Penandatanganan yang dilakukan pada 21 September di Porto Marghera, Venesia oleh Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati dan Chief Refining dan Marketing Officer ENI, Giuseppe Ricci disaksikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia, Rini Soemarno.

Kolaborasi dalam kilang hijau ini relevan dengan komitmen Pertamina untuk memasok bahan bakar dengan campuran biodiesel 20 persen (B20), sebagaimana diamanatkan oleh pemerintah Indonesia. Setelah B20, Pemerintah juga optimistis akan berlanjut menuju B100.

Saat ini Indonesia mengkonsumsi sekitar 1,6 juta barel per hari (bph), sementara produksi dalam negeri hanya mencapai sekitar 800 ribu bph, oleh karena itu Indonesia harus mengimpor untuk menutupi kekurangan tersebut. Produksi minyak menurun dan hanya akan mempercepat jika tidak ada investasi besar untuk melakukan eksplorasi baru untuk menambah cadangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alexis Makin Tidak Betah di MU

Posted: 28 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyerang sayap Alexis Sanchez telah membulatkan tekad untuk pergi dari Manchester United (MU) pada Januari nanti. Pria asal Chile itu maskin kesal dengan manajer Setan Merah Jose Mourinho.

Mirror melaporkan Alexis marah besar setelah dicoret dari skuat MU kala berhadapan dengan Young Boys di ajang Liga Champions pertengahan pekan ini. 

Keputusan Mourinho tak membawa Alexis pada laga yang dimenangi MU 1-0 ini membuat eks pemain Barcelona itu semakin yakin tak memiliki masa depan di Old Trafford.

Alexis konon berharap bisa pindah ke Paris Saint Germain ketika bursa transfer pemain dibukan kembali pada Januari 2019 nanti.

Mourinho sendiri telah membenarkan Alexis tidak mengalami cedera sama sekali saat MU melawan Young Boys. Mourinho diperkirakan memang sengaja menunjukkan kepada publik bila eks pemain Udinese tersebut telah dicoret.

Alexis

Alexis Sanchez  (AP/Alastair Grant)

Alexis memang tampil buruk sejak didatangkan MU dari Arsenal pada Januari 2018. Pada musim 2018-2019 ini, Alexis hanya membuat satu gol saja untuk MU.

Gaji Alexis yang sangat besar mencapai 500.000 pound per pekan membuatnya akan kesulitan mencari klub baru. Satu-satunya klub yang bisa memenuhi permintaan gajinya adalah PSG.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Mempercantik Kota, Ini Deretan Fakta Menarik Bunga Tabebuya

Posted: 28 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial kini tengah menyoroti kota Surabaya, Jawa Timur. Bunga tabebuya yang bermekaran di sejumlah jalan protokol Surabaya, tampak membuat suasana seperti musim semi di Negeri Sakura, Jepang.

Bunga tabebuya yang bermekaran tersebut tentu semakin mempercantik jalanan kota Surabaya. Tak heran jika banyak warga yang tertarik untuk sekedar melihat pemandangan cantik tersebut, namun banyak pula yang mengabadikannya.

Selain indah dilihat, ternyata ada beragam fakta mengenai bunga tabebuya ini. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

1. Ditanam pada tahun 2010

Bunga tabebuya mekar serentak di Purwokerto, bak sakura musim semi di Jepang. (Foto: Liputan6.com/Parsito Humas Pemkab BMS/ Muhamad Ridlo)

Tanaman dari Brasil ini juga dikenal dengan tabebuia rosea ini pertama kali digagas Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Pada 2010, Bu Risma --sapaan akrabnya-- menemukan bibit pohon tabebuya. Bibit tersebut ternyata tumbuh dengan baik, lalu tahun berikutnya tanaman tersebut diperbanyak.

Dengan adanya pohon tabebuya, jalanan di protokol Surabaya menjadi makin cantik dan asri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2. Mekar di Ujung Musim Kemarau

Bunga tabebuya di Surabaya (foto: Twitter/@BanggaSurabaya)

Bunga cantik ini ternyata hanya mekar di penghujung musim kemarau. Tak heran, di penghujung tahun seperti ini, saat peralihan musim kemarau ke musim hujan membuat bunga tabebuya bermekaran.

3. Kelopak berwarna-warni

Bunga tabebuya ini memiliki kelopak beragam warna, di antaranya kuning, merah muda dan putih. Tak heran jika warna cerah yang dihasilkan dari kelopak tabebuya mampu membuatnya disorot banyak pasang mata.

4. Obati penyakit 

Bunga dan akar pohon tabebuya ternyata ampuh menyembuhkan penyakit. Akar pohon tabebuya biasanya dipakai untuk pembuatan teh. Nah, teh yang disebut tahibo ini diklaim bisa mengobati flu loh.

Sementara itu, bunga tabebuya yang memiliki kandungan naphthoquinone ternyata banyak digunakan sebagai obat herbal. Obat tersebut salah satunya bisa melawan penyakit malaria.

5. Jadi Pupuk

Bunga tabebuya di Surabaya (foto: Twitter/@BanggaSurabaya)

Bunga tabebuya juga ternyata bisa dijadikan pupuk loh. Nah, untuk membuat pupuknya, kamu hanya perlu mengumpulkan bunga yang berjatuhan. Setelah itu, diamkan bunga tabebuya hingga membusuk dan siap dijadikan pupuk untuk menyuburkan tanamanmu.

6. Tahan segala cuaca

Meski hanya mekar di musim kemarau, pohon tabebuya ternyata bisa tahan dalam segala cuaca. Pohon berukuran 25-160 kaki ini bisa tumbuh dalam tanah dengan kondisi kering atau dalam kota dengan kondisi tanah subur.

Nah, itulah beberapa fakta mengenai bunga tabebuya yang bermekaran di Surabaya. Jika kamu penasaran dengan pemandangan ala bunga sakura di Jepang itu, kamu bisa langsung datang ke jalan protokol Surabaya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: KPK Izinkan Zumi Zola Hadiri Pemakaman Ayahnya

Posted: 28 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Atas dasar kemanusiaan KPK memberi izin Zumi Zola menghadiri pemakaman ayahnya mantan gubernur Jambi Zulkifli Nurdin yang wafat di Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Meninggal, Ibunda Ayu Dewi Sering Keluar Masuk Rumah Sakit

Posted: 28 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ibunda Ayu Dewi, Sekar Dewi, diketahui meninggal dunia pada Kamis (29/11/2018) pagi. Ia menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan.

Nanda Persada, manajer dan sahabat Ayu Dewi, membenarkan ihwal ibunda Ayu Dewi yang tutup usia.

"Betul, meninggal hari ini di rumah sakit Medistra. Kalau jam tepatnya kurang tahu ya, mungkin sekitar dua jam lalu," kata Nanda Persada melalui sambungan telepon di Jakarta.

Sayangnya, Nanda Persada tak begitu mengetahui penyakit apa yang diderita oleh ibunda Ayu Dewi.

 

 

Keluar Masuk Rumah Sakit

Ayu Dewi (Adrian Putra/Bintang.com)

Yang ia tahu, ‎sebelum meninggal dunia Sekar Dewi kerap keluar masuk rumah sakit untuk mendapatkan kesembuhan. ‎

"Sakit sudah lama tapi sering rawat jalan keluar masuk rumah sakit. Kayaknya penyakit dalam," ujar Nanda Persada.

"Bahasa medisnya kurang paham. Sakit sudah lama. Tapi memang belakangan mulai drop dan dirawat. Saya kurang tahu berapa lamanya dirawat," ujar Nanda Persada.

 

Dibawa ke Pejaten

ayu dewi

Rencananya, jenazah ibunda Ayu Dewi akan dibawa ke rumah duka di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, sebelum dimakamkan.

‎"Ini rencananya mau dibawa ke rumah duka di Pejaten kayaknya. (Soal pemakaman) nanti dibicarakan pihak keluarga," Nanda Persada mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gim Mobile Diosa Force Sambangi Android

Posted: 28 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gim mobile besutan publisher lokal Mobilku baru saja memasuki tahap open beta di Android. Sang pengembang, Auer, sebelumnya telah merilis Diosa Force secara global pada Juli 2018.

Untuk beberapa negara di Southeast Asia (SEA) seperti Indonesia, Thailand, Singapore, Malaysia, Philippines, dan Singapura hak lisensi diberikan ke publisher Indonesia, Mobiku dan telah dilokalisasikan.

"Harapan kami adalah seluruh pemain Diosa Force dapat merasakan petualangan seru membantu Goddess Vanessa untuk menyelamatkan dunia dari kegelapan," ujar Arya Waskita, Project Manager Mobiku dalam keterangannya, Kamis (29/11/2018).

Selain itu, Arya menambahkan, para pemain juga dapat berinteraksi dan berkompetisi secara sehat dengan para pemain lainya karena faktor strategi dalam pemilihan komposisi hero merupakan faktor utama penentu kemenangan di Diosa Force.

Saat mulai memainkan Diosa Force, pemain akan dihadapkan dengan serangan monster kegelapan dan perjalanan dimulai untuk mengungkap misteri tersebut dibantu oleh Dewi Genesis, Vanessa. Dalam gim ini pemain dapat mengoleksi berbagai hero dengan beberapa elemen yang dapat dikombinasikan didalam tim.

Saat ini tersedia lebih dari 50 heroes dengan 6 elemen (Wind, Earth, Fire, Light, Dark, dan Typeless) yang dapat dipilih oleh para pemain.

4 Pilihan Bahasa

Diosa Force. Dok: Mobilku

Gim ini memiliki empat pilihan bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Inggris, Thailand, dan Mandarin. Gim bergenre Turn Based RPG ini mengusung desain karakter berbasis anime Jepang dan diklaim memiliki jalan cerita yang seru.

Desain karakter yang dihadirkan pada karakter yang sama, akan terlihat berbeda pada tingkatan yang berbeda. Desain grafik dan hero pada gim ini juga termasuk salah satu desain yang terbilang keren dalam basis anime yang masuk ke selera penggemar anime di Indonesia.

Diosa Force memiliki fitur seperti PVP dan PVE layaknya gim mobile kebanyakan. Akan tetapi, keunggulan fitur di sini yaitu peringkat tertinggi dihitung berdasarkan poin tertinggi.

Jadi, bukan hanya pemain dengan power tertinggi yang akan menjadi peringkat teratas. Semua pemain memiliki kesempatan untuk meraih peringkat atas.

Berbagai jenis hero dengan elemen seperti Fire, Water, Wind, Earth, Dark, Light, dan Neutral juga membuat gim ini membutuhkan strategi yang sesuai untuk melewati stage dan juga saat PVP.

Yang menjadi fitur paling menarik diantar semuanya adalah Infinite Summon yang hanya bisa didapatkan setelah melewati tutorial. Pada fitur ini kita bisa melakukan summon hingga mendapatkan hero yang diinginkan.

Reporter: Fauzan Jamaludin

Sumber: Liputan6.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kawal Proyek PLTU Riau-1 Eni Maulani Saragih Didakwa Terima Suap Rp 4,750 M

Posted: 28 Nov 2018 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR, Eni Maulani Saragih didakwa menerima suap Rp 4,750 miliar dari Johannes Budisutrisno Kotjo. Suap diperuntukkan agar Eni membantu Johannes mendapatkan proyek pengerjaan PLTU Riau-1 senilai US$ 900 juta.

"Menerima hadiah berupa uang secara bertahap yang seluruhnya berjumlah Rp 4.750.000.000. Uang tersebut diberikan agar terdakwa membantu Johannes Budisutrisno Kotjo mendapatkan proyek independent power producer (IPP) Pembangkit Listrik Tenaga Uap Mulut Tambang Riau 1," ucap jaksa Lie Putra Setyawan saat membacakan surat dakwaan milik Eni di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (29/11/2018).

Dalam surat dakwaan, jaksa penuntut umum pada KPK merinci perkenalan Eni dengan pemilik Blackgold Natural Resources (BNR) itu menemui Setya Novanto, Ketua DPR saat itu, agar membantunya untuk memfasilitasi bertemu dengan Direktur Utama PT PLN persero Sofyan Basir.

Tindakan Johannes menemui Novanto setelah surat yang diajukan ke PT PLN tak mendapat tanggapan. Surat tersebut berisikan permintaan BNR kepada PT PLN agar proyek IPP PLTU Riau-1 masuk ke dalam Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL).

Novanto kemudian mengutus Eni Maulani Saragih sebagai pendamping sekaligus fasilitator Johannes Kotjo bertemu dengan Sofyan Basir.

Sebelum mengenalkan Sofyan Basir ke Johannes Kotjo, Eni terlebih dahulu mengajak Sofyan ke kediaman Setya Novanto dan membahas proyek PLN. Saat itu Novanto meminta proyek PLTGU Jawa III, sayangnya proyek di wilayah tersebut sudah dipegang oleh pihak lain. Sofyan Basir kemudian menyebut bahwa PLTU Riau-1 belum ada yang mengerjakan.

Informasi itu kemudian ditindaklanjuti oleh Eni dengan berkoordinasi oleh Direktur Pengadaan Strategis PT PLN Iwan Supangkat.

"Selanjutnya pada awal tahun 2017 terdakwa memperkenalkan Johanes Budisutrisno Kotjo kepada Sofyan Basir di kantor pusat PT PLN. Pada saat itu terdakwa menyampaikan kepada Sofyan Basir bahwa Johanes adalah pengusaha tambang yang tertarik menjadi investor dalam proyek PLTU Riau-1," imbuhnya.

Setelah pertemuan, beberapa hari kemudian PT PLN memasukan proyek PLTU Riau-1 masuk ke dalam RUPTL dan menunjuk PT BNR sebagai investornya, bersama dengan anak perusahaan PT PLN, Pembangkitan Jawa Bali (PJB). BNR juga menggaet perusahaan asal China, Chec Huadian sebagai investor.

Berdasarkan Perpres 4/2016 tentang Percepatan Infrastruktur Ketenagalistrikan, porsi saham PJB 51 persen. Sementara dalam setoran modal awal, PJB hanya menyetor 10 persen.

Proses penandatanganan Power Purchased Agreement (PPA) juga terkendala saat Chec belum berkenan masa pengendalian hanya 15 tahun. Chec menginginkan 25 tahun dengan pertimbangan menalangi kekurangan setoran awal PJB ditanggung Chec.

Uang untuk Munaslub Golkar

Belum selesai proses tanda tangan, Eni, atas arahan Idrus Marham meminta uang USD 3 juta dan SGD 400 ribu kepada Kotjo untuk keperluan Munaslub Golkar. Kotjo kemudian bertemu dengan Eni dan Idrus untuk menjelaskan fee agency sebesar 2,5 persen yang akan diterima Kotjo dari Chec Huadian sebagian akan diserahkan ke Eni sebagai pihak yang telah membantu.

Idrus meyakinkan Kotjo agar membantu Eni mengingat Eni juga menjabat sebagai bendahara Munaslub Golkar.

Atas desakan Idrus, Kotjo melalui sekretaris pribadinya memberikan uang kepada Eni sebanyak dua tahap 18 Desember 2017 dan 14 Maret 2018, dengan masing-masing besaran Rp 2 miliar.

Uang kembali diberikan Kotjo setelah ada permintaan dari Eni untuk kepentingan suaminya mencalonkan diri sebagai Bupati Temanggung. Awalnya, Eni meminta uang Rp 10 miliar, namun ditolak dengan alasan sulitnya kondisi keuangan. Peran Idrus melobi Kotjo berhasil dan memberikan uang kepada Eni untuk keperluan sang suami sebesar Rp 250 juta.

Sementara itu, dalam surat dakwaan juga merinci fee agency Kotjo dari Chec Huadian akan diserahkan ke sejumlah pihak di antaranya kepada Setya Novanto USD 6 juta, Andreas Rinaldi USD 6 juta, Rickard Phillip Cecile, selaku CEO PT BNR, USD 3.125.000, Rudy Herlambang, Direktur Utama PT Samantaka Batubara USD 1 juta, Intekhab Khan selaku Chairman BNR USD 1 juta, James Rijanto, Direktur PT Samantaka Batubara, USD 1 juta.

Sementara Eni Saragih masuk ke dalam pihak-pihak lain yang akan mendapat komitmen fee dari Kotjo. Pihak-pihak lain disebutkan mendapat 3,5 persen atau sekitar USD 875 ribu.

Atas perbuatannya, Eni didakwa telah melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 undang-undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 Jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Artis Terkaya, Begini Penampakan Rumah Jackie Chan di Hong Kong

Posted: 28 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Hong Kong - Jackie Chan dikenal sebagai salah satu aktor yang tak pernah menggunakan stuntman (pemeran pengganti) untuk melakukan adegan. Itu dilakukannya sejak pertama terjun ke dunia akting pada 1970.

Hingga kini, sudah lebih dari 100 judul film yang dibintangi Jackie Chan.

Kesuksesan Jackie Chan di panggung hiburan membawanya masuk ke jajaran selebritas terkaya di dunia.

Laman therichest melaporkan Jackie Chan memiliki kekayaan mencapai US$ 350 juta atau sekitar Rp 5,73 triliun.

 

Rumah Tersembunyi

Jackie Chan (Foto: YouTube)

Maka tak heran jika aktor berusia 64 tahun ini memiliki berbagai aset mewah. Salah satu yang menarik perhatian adalah rumah 'tersembunyi' miliknya yang berada di Hong Kong.

Rumah yang terinsipirasi dari komik serta film Batman dan Superman ini dibuat untuk menjaga privasinya dari para penggemar.

 

Mirip Toko

Jackie Chan (Foto: YouTube)

Isi rumah tersembunyi Jackie Chan di Hong Kong akhirnya terkuak dalam sebuah video dokumenter berjudul Jackie Chan's Top Secret Hideout.

Video singkat berdurasi 4 menit 4 detik tersebut diunggah di akun YouTube milik penggemar Jackie Chan bernama thejackiechanfansite.

Dalam video itu terlihat bahwa di dalam Rumah Jackie Chan terdapat banyak pintu rahasia dan berbagai keunikan lainnya.

Uniknya bila melihat dari luar, rumah tersebut jauh dari kesan mewah. Bagian depan hunian rahasia aktor legendaris Hong Kong ini terlihat menyerupai gedung pertokoan.

Layaknya sebuah toko, pintu masuknya dilengkapi dengan pintu rolling door berwarna abu-abu. (Idho Rahaldi/Dream.co/id)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Tahun Politik, Ketua MPR Serukan Pesan Damai untuk Semua

Posted: 28 Nov 2018 09:19 PM PST

Liputan6.com, Lampung Ketua MPR RI Zulkifli Hasan melakukan kunjungan kerja serta menggelar acara Temu Tokoh dan Sosialisasi Empat Pilar MPR di beberapa wilayah di Provinsi Lampung yakni di kecamatan Terbanggi Besar dan kecamatan Gunung Sugih Lampung Tengah dan kota Metro Lampung.

Acara yang digelar pada hari, Rabu (28/11/2018), menurut Zulhasan bertujuan selain melaksanakan amanah UU MD3 melakukan Sosialisasi Empat Pilar kepada masyarakat juga dalam rangka peran serta aktif MPR melakukan upaya-upaya melakukan pemahaman-pemahaman kepada masyarakat Indonesia agar dalam menghadapi tahun politik selalu damai, tidak gaduh, tetap saling menyayangi dan menghormati.

"Kami MPR datang ke masyarakat di berbagai wilayah Indonesia termasuk Lampung ini untuk menyebarkan pesan damai untuk semua anak bangsa terutama dalam menghadapi tahun politik. Tahun politik pileg dan pilpres adalah agenda nasional yang biasa saja dan rutin. Setiap lima tahun sekali kita melaksanakan, jadi tidak perlu dihadapi dengan ekstrim apalagi sampai berantem antar sesama," ujarnya.

Zulhasan menekankan, tahun politik bukan digunakan untuk berperang antar saudara setanah air tapi digunakan untuk memilih para pemimpin nasional yang akan membawa bangsa ini maju dan meningkatkan kesejahteraan rakyat pemilih atau bukan pemilih.

"Terutama pilpres 2019, saya ingatkan bahwa para capres dan cawapres adalah kader-kader dan figur-figur bangsa yang terbaik yang nantinya akan memimpin negara Indonesia. Walaupun rakyat memiliki pilihan masing-masing yang pasti berbeda semestinya tidak harus saling menghina bahkan sampai bertarung nyawa hanya karena saling ejek pilihan capresnya masing-masing," terangnya.

Intinya, Zulhasan mengajak agar persoalan beda pilihan capres dilihat secara bijak dan tanamkan dalam diri masing-masing bahwa kedua capres adalah putera-putera bangsa terpilih yang tidak diragukan kualitasnya dan rakyat harus meyakini bahwa siapapun yang terpilih akan mampu mengangkat bangsa ini tinggi dan mampu menghadirkan kesejahteraan untuk rakyat.

"Ini pesan damai saya, pilpres bukan sarana untuk berperang, bukan saling gontok-gontokan, bukan ajang pecah belah, tapi untuk memilih pemimpin yang mampu menghadirkan keadilan untuk segenap rakyat Indonesia berdasarkan Pancasila," imbuhnya.

 

Ketua MPR Zulkifli Hasan berswafoto dengan masyarakat Lampung.

Pilpres, lanjut Zulhasan adalah pesta demokrasi bangsa Indonesia. Dan sesuai komitmen seluruh bangsa, sistem demokrasi Indonesia adalah demokrasi Pancasila. Dalam demokrasi Pancasila yang berdaulat dan berkuasa adalah rakyat. Jadi, kedaulatan rakyatlah yang mampu membawa bangsa ini maju dengan secara tepat memilih pemimpin bangsa.

"Maka dari itu fokuslah dalam memilih calon pemimpin dengan melihat kualitas diri sang calon, latar belakangnya, moralnya, integritasnya dan kualitas visi, misi serta program-programnya," tandasnya.

Acara Temu Tokoh dan Sosialisasi Empat Pilar itu sendiri sangat antusias dihadiri banyak tokoh masyarakat dan ratusan masyarakat disekitar acara-acara tersebut digelar.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Taliban Serbu Markas Firma Keamanan Swasta Inggris di Kabul, 10 Orang Tewas

Posted: 28 Nov 2018 09:19 PM PST

Liputan6.com, Kabul - Sedikitnya 10 orang tewas dan 19 luka-luka setelah sebuah markas firma keamanan swasta Inggris G4S diserang Taliban pada Kamis 29 November 2018, kata pihak berwenang.

Sejumlah pria bersenjata menyerbu kompleks itu setelah sebuah bom mobil diledakkan di luar, menurut seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, seperti dikutip dari BBC, Kamis (29/11/2018).

Sempat dilaporkan aksi tembak-menembak yang intens di lokasi kejadian.

Taliban kemudian mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Satu sumber keamanan mengatakan kepada BBC bahwa warga negara asing termasuk di antara korban.

Kementerian Dalam Negeri Afghanistan memperingatkan jumlah korban tewas mungkin bisa bertambah, karena beberapa korban luka berada dalam kondisi kritis.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa ada insiden di salah satu fasilitas kami di Kabul," kata juru bicara G4S kepada kantor berita AFP.

Situs web perusahaan mengatakan memiliki markas yang dibangun khusus di Anjuman Secure Business Park di Kabul. Kompleks aman (safe-compound) seluas 26.000 meter persegi menyediakan "dukungan operasional" untuk klien dan juga dapat menyediakan safe-house (istilah dunia militer-intelijen untuk kompleks berlindung).

Salah satu firma keamanan terbesar di dunia, G4S diketahui ikut membantu penjagaan daerah di sekitar Kedutaan Besar Inggris di Kabul, demikian seperti dikutip dari The Telegraph.

"Situasi sedang berlangsung dan kami berkoordinasi dengan pihak berwenang Afghanistan," tambah juru bicara G4S.

Hafizullah, ayah tiga anak yang terluka di sebuah rumah di dekat kompleks itu, mengatakan kepada bahwa ledakan bom pertama "menghancurkan" semua pintu rumahnya.

"Ada ledakan dan tepat setelah itu, semua jendela dan langit-langit ambruk di atas anak-anak," katanya.

Serangan itu menandai kekerasan terbaru dari Taliban yang melanda ibu kota Afghanistan, Kabul.

 

Simak video pilihan berikut:

Di Tengah Upaya Pembicaraan Damai

Pasukan Taliban (AP)

Baik Taliban dan kelompok ISIS di Afghanistan telah meningkatkan serangan mereka di Kabul, yang merupakan salah satu tempat paling mematikan di negara itu bagi warga sipil.

Insiden terbaru terjadi hanya beberapa jam setelah Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengumumkan rencana untuk membentuk sebuah tim negosiator beranggotakan 12 orang untuk mencari kesepakatan damai dengan Taliban.

Pembicaraan tatap muka akan diadakan dengan kelompok militan, tetapi kesepakatan apa pun akan membutuhkan persetujuan dari rakyat Afghanistan.

Hanya sehari sebelumnya, tiga anggota militer AS tewas dan tiga lainnya terluka dalam ledakan di dekat Ghazni.

Orang-orang yang tewas diketahui bernama Kapten Angkatan Darat Andrew Patrick Ross, Sersan Angkatan Darat Eric Michael Emond dan Staf Angkatan Udara Sersan Dylan Elchin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Taufik Kurniawan, KPK Periksa Politikus PAN Rachmad Sugiyanto

Posted: 28 Nov 2018 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Rachmad Sugiyanto dalam kasus dugaan suap pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kebumen, Jawa Tengah.

Rachmad akan diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan mantan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan.

"Saksi Rachmad Sugiyanto akan dimintai keterangan untuk tersangka TK (Taufik Kurniawan)," ujar Plh Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati saat dikonfirmasi, Kamis (29/11/2018).

Belum diketahui kaitan Rachmad dalam kasus ini. Namun Rachmad sempat maju dalam kontestasi Pileg 2014 dari daerah pemilihan yang sama dengan Taufik, yakni Jawa Tengah.

Selain Rachmad, penyidik KPK juga turut memanggil ibu rumah tangga bernama Handriyati. Dia juga akan diperiksa untuk tersangka Taufik Kurniawan.

Diduga Terima Rp 3,65 Miliar

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Taufik Kurniawan sebagai tersangka. Taufik diduga menerima Rp 3,65 miliar yang merupakan bagian dari komitmen fee 5 persen atas Dana Alokasi Khusus (DAK) Kebumen yang disahkan sebesar Rp 93,37 miliar.

Taufik menerima suap tersebut dari Bupati nonaktif Kebumen Muhammad Yahya Fuad. Yahya sebelumnya sudah dijerat KPK dalam kasus suap DAK bersama delapan orang lainnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Menarik Liga Champions PSV Vs Barcelona, Messi dkk Kokoh di Puncak

Posted: 28 Nov 2018 09:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Barcelona dipastikan melaju ke babak 16 besar Liga Champions musim ini sebagai juara grup. Ya, Barcelona berhasil mengalahkan PSV Eindhoven 2-1 dalam laga matchday 5 Grup B yang digelar di Philips Stadion, Kamis (29/11/2018) dini hari WIB.

Usai bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Barcelona memecah kebuntuan lewat gol Lionel Messi dan Gerard Pique. PSV hanya bisa memperkecil ketinggalan berkat gol Luuk de Jong di laga Liga Champions ini.

Berkat kemenangan ini, Barcelona pun semakin kokoh berada di puncak klasemen Grup B dengan koleksi 13 poin. Sementara PSV makin terpuruk di posisi juru kunci dan harus puas dengan hanya meraih satu poin.

 

Jalannya pertandingan babak pertama Liga Champions

Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho, mengontrol bola saat pertandingan melawan PSV Eindhoven pada laga Liga Champions di Stadion Philips, Rabu (28/11). Barcelona menang 2-1 atas PSV Eindhoven. (AP/Peter Dejong)

Bertindak sebagai tuan rumah, PSV mencoba menggebrak sejak menit pertama. Sayang, peluang yang didapat Gaston Pereiro masih bisa dihalau Marc-Andre Ter Stegen. Memasuki menit ke-16, Pereiro lagi-lagi mendapatkan peluang untuk membawa tuan rumah memimpin. Kali ini tiang gawang yang menjadi penyelamat Barcelona dari kebobolan.

Philippe Coutinho memiliki peluang emas di menit ke-35 di Liga Champions ini. Menerima umpan dari Messi, Coutinho mencoba melepas tembakan yang masih bisa dihalau bek PSV, Nick Viergever. Jelang babak pertama usai, PSV hampir saja mengubah kedudukan jika saja peluang De Jong dan Denzel Dumfries tak digagalkan mistar dan tiang gawang tim tamu. Skor 0-0 menjadi hasil sementara saat turun minum.

Jalannya pertandingan babak kedua Liga Champions

Gerard Pique mencetak gol kedua Barcelona saat melawan PSV (EMMANUEL DUNAND / AFP)

Usai kembali dari kamar ganti, Barcelona mencoba meningkatkan efektivitas serangan mereka. Meski demikian, belum ada peluang berbahaya yang dihasilkan tim tamu sepanjang 15 menit awal paruh kedua di Liga Champions.

Barca akhirnya sukses mencetak gol lewat aksi Messi di menit ke-61. Usai melakukan kerja sama satu-dua dengan Ousmane Dembele, La Pulga tetap mampu melepas tembakan untuk membobol gawang Jeroen Zoet meski mendapat ruang tembak yang cukup sempit.

Pique sukses menambah keunggulan Barca menjadi 2-0 lewat golnya di menit ke-70. Berawal dari tendangan bebas Messi, Pique menyontek bola untuk mengoyak gawang tuan rumah di laga Liga Champions ini.

Usai terus menerus menekan pertahanan lawan, PSV akhirnya mampu memperkecil skor menjadi 1-2 berkat sundulan De Jong meneruskan crossing Angelino dari sisi kiri. Memasuki menit-menit akhir, Malcom memiliki kesempatan untuk mencetak gol. Sayang usahanya masih gagal membuahkan hasil. Skor 2-1 untuk kemenangan Barca menjadi hasil akhir laga Liga Champions ini.

Susunan Pemain

PSV: Zoet; Dumfries, Schwaab, Viergever, Angelino; Rosario, Hendrix (Gutierrez 71'); Lozano, Pereiro (Malen 71'), Bergwijn (Romero 79'); De Jong.

Barcelona: Ter Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Rakitic, Busquets, Vidal; Dembele (Denis Suarez 80'), Messi, Coutinho (Malcom 69').

Fakta Menarik Liga Champions, PSV Vs Barcelona

1. PSV sendiri lolos ke fase grup Liga Champions musim ini berkat kemenangan agregat 6-2 melawan BATE Borisov di play-off kualifikasi (3-2 tandang, 3-0 kandang).

2. Kemenangan tandang melawan BATE di leg pertama merupakan kemenangan tandang pertama PSV di Eropa setelah tanpa kemenangan dalam sepuluh laga tandang sebelumnya (Seri 4 Kalah 6).

3. Terakhir kali PSV menang tandang di putaran utama Liga Champions adalah dengan skor 1-0 melawan CSKA Moscow pada November 2007. Sejak itu, rekor mereka adalah Seri 3 Kalah 7.

4. PSV belum pernah menang di Spanyol. Rekor tandang PSV melawan klub-klub Spanyol adalah Menang 0 Seri 5 Kalah 9. Terakhir, mereka kalah 0-2 melawan Atletico Madrid di fase grup Liga Champions 2016/17.

5. PSV selalu menang dalam tujuh laga terakhirnya di semua kompetisi, mencetak 27 gol dan cuma kebobolan lima.

6. Mark van Bommel pelatih PSV adalah pemain Barcelona musim 2005/06. Musim itu, dia turut membantu Barcelona menjuarai Liga Champions dan La Liga.

7. Rekor Barcelona melawan PSV adalah Menang 2 Seri 3 Kalah 1, mencetak 12 gol dan kebobolan 12. Kedua tim sudah dua kali bermain imbang 2-2 di fase grup Liga Champions 1997/98.

8. Barcelona sendiri tak terkalahkan dalam 26 laga kandang terakhirnya di Liga Champions (Menang 24 Seri 2), sejak September 2013. Barcelona bahkan memenangi semua laga kandangnya di fase grup selama lima edisi terakhir.

9. Terakhir kali Barcelona berhadapan dengan klub Belanda adalah di fase grup Liga Champions 2014/15, yakni melawan Ajax. Barcelona menang 3-1 di Camp Nou dan menang 2-0 di Amsterdam.

10. Barcelona juga tak terkalahkan dalam 30 laga terakhirnya di Camp Nou (Menang 27 Seri 3), sejak kalah 1-3 melawan Real Madrid di Supercopa de Espana pada 13 Agustus 2017.

11. Barcelona berada di atas angin dengan rekor kandang melawan klub-klub Belanda adalah Menang 5 Seri 3 Kalah 0. Tim asal Catalunya tersebut selalu menang dalam empat laga kandang terakhirnya di semua kompetisi.

12. Sementara itu, jika Luis Suarez (Barcelona) dimainkan maka akan melakoni penampilannya yang ke-50 di Liga Champions (termasuk kualifikasi). Luis Suarez bakal bahu membahu dengan Lionel Messi yang sudah mencetak sembilan gol dalam delapan penampilan terakhirnya di La Liga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Ingin Pertamina Ganti Bahan Baku Elpiji dengan Gasifikasi Batu Bara

Posted: 28 Nov 2018 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mendorong PT Pertamina (Persero) mengganti bahan baku Elpiji yang terdiri dari ‎Propana (C3) dan Butana (C4), dengan batu bara yang telah digasifikasi (dimethyl ether/DME).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, untuk mendukung peningkatan ketahanan energi, perlu dilakukan inovasi penggantian bahan baku Elpiji yang berasal dari impor, dengan bahan baku yang tersedia di dalam negeri yaitu batubara yang digasifikasi menjadi DME.

‎"Security energy coal to DME. Ini batu bara yang diubah melalui proses jadi DME yang digunakan untuk pengganti LPG, ini kalau kita mau bilang security energy," kata Jonan, saat menghadiri Pertamina Energy Forum, di Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Menurut Jonan, jika DME bisa menggantikan Propana dan butana maka dapat mengurangi impor bahan baku Elpiji. Tercatat dari 6,8 juta ton konsumsi Elpiji nasional, sebesar 70 persen berasal dari impor dengan nilai sebesar USD 3 miliar atau Rp 5 triliun.

"Kenapa, karena konsumsi Elpiji 6,7- 6,8 juga ton, dari situ 70 persen itu impor," tuturnya.

Untuk merealisasikan gagasan tersebut, Jonan pun akan mengumpulkan pemegang konsesi batu bara.‎

Dia mengakui, jika bahan baku Elpiji diubah menjadi DME perlu adanya perubahan tungku. Tetapi hal tersebut tidak perlu dirisaukan karena dampak positifnya lebih besar.

"Mudah-mudahan pemegang konsesi batu bara lain.‎ Kalau kita impor terus, diketawain kenapa kita impor terus. coal diubah jadi Elpiji memang repot karena harus ganti komponen tungku dll tapi ini harus dilakukan," tandasnya.

Pertamina Amankan Stok BBM dan Elpiji saat Libur Akhir Tahun

Aktivitas pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (2/7). Pertamina (Persero) secara resmi menaikkan harga Pertamax Cs akibat terus meningkatnya harga minyak dunia. (Liputan6.com/Johan Tallo)

PT Pertamina (Persero) telah persiapan dalam menghadapi libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Natal dan Tahun Baru. Satgas ini bertugas mengawal ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan elpiji ke seluruh Indonesia.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan, Satgas melayani kebutuhan BBM dan elpiji bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang akan merayakan hari natal serta mengisi libur akhir tahun.

"Satgas BBM akan mulai aktif bekerja pada 18 Desember 2018 hingga 7 Januari 2019," kata Adiatma, di Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Menurut Adiatma, Pertamina sudah melakukan evaluasi adanya peningkatan konsumsi BBM dan elpiji, serta memastikan ketersediaan BBM dan elpiji bagi masyarakat selama Natal dan Tahun Baru.

Sementara nanti pada saat jelang natal dan libur tahun baru, Pertamina akan menyiagakan berbagai infrastruktur pendukung seperti menyiagakan mobil tangki dispenser, penyediaan KiosK Pertamax, BBM Kemasan, Motorist BBM Kemasan, SPBU Kantong dan lain-lain.

"Menghadapi perayaan Natal dan libur akhir tahun serta tahun baru, kami melakukan langkah persiapan penyediaan stok BBM dan Elpiji berdasarkan proyeksi kebutuhan masyarakat," tutur Adiatma.

Menurut Adiatma, selama natal dan libur tahun baru, konsumsi BBM harian secara nasional diperkirakan naik rata-rata 4 persen. Mengantisipasi hal tersebut, Pertamina akan meningkatkan stok dan penyaluran BBM Natal dan Tahun Baru dari rata-rata harian normal.

Pertamina memperkirakan konsumsi BBM jenis gasoline yaitu, Premium dan Pertamax Series akan meningkat sekitar 5 persen, dibandingkan kondisi normal yakni dari sekitar 94 ribu kiloliter (KL) menjadi sekitar 99 ribu KL.

Sementara, konsumsi BBM jenis gasoil yaitu Solar dan Dex series meningkat sekitar 2 persen dibandingkan masa normal dari 40 ribu KL menjadi sekitar 41 ribu KL. Adapun puncak konsumsi diperkirakan akan terjadi pada 21 Desember 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: