Rabu, 07 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Bertengkar, Wanita di Batang Dibakar Kekasih di dalam Kamar Kost

Posted: 07 Nov 2018 10:37 PM PST

Patroli, Batang - Seorang wanita muda di Batang, Jawa Tengah, mengalami luka bakar serius di sekujur tubuhnya. Kuat dugaan, korban sengaja dibakar oleh kekasihnya karena sebelumnya terlibat pertengkaran di kamar kos korban.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (8/11/2018), Rokhyati (26), warga Denasri, Kabupaten Batang, Rabu petang kemarin mengalami luka bakar serius. 

Korban awalnya ditemukan sejumlah tetangga dalam kondisi terbakar dan hanya mengenakan pakaian dalam di kamar kostnya di Kelurahan Watesalit.

Rokhyati kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan. Informasi dari sejumlah saksi, sebelum ditemukan terbakar, korban bersama seorang lelaki yang diduga kekasihnya. Mereka terlibat pertengkaran.

Polisi menduga Rokhyati sengaja dibakar pelaku. Hingga kini motif dibalik aksi pembakaran tersebut dalam penyelidikan polisi. Sementara itu, pelaku juga mengalami luka bakar namun berhasil melarikan diri. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Inisiasi Penerapan Revolusi Industri ke-4 di Asia Pasifik

Posted: 07 Nov 2018 10:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian bersama United Nation Industrial Development Organization (UNIDO) dan Kementerian Luar Negeri menyelenggarakan Konferensi Regional Pembangunan Industri ke-1 (Regional Conference on Industrial Development/RCID) di Bali, Indonesia pada 8-9 November 2018.

Tujuan dari penyelenggaraan konferensi ini yaitu guna membuka peluang dan potensi penerapan Revolusi Industri ke-4 di negara-negara berkembang di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan, Revolusi Industri ke-4 merupakan tren tranformasi proses industri yang didorong oleh pesatnya perkembangan teknologi, khususnya dalam proses otomasi dan pertukaran data.

Revolusi Industri ini melibatkan beberapa aspek utama transformasi yaitu cyber-physical system, internet of things, dan komputasi awan dan kognitif (cloud and cognitive computing).

Airlangga mengungkapkan, Revolusi Industri ke-4 mengandalkan internet dalam proses industri sehingga dapat lebih efektif dan efisien. Meski internet bukan lagi hal yang baru, namun belum banyak negara-negara berkembang yang menyadari urgensi dan manfaat penerapan Revolusi Industri ke-4.

"Perlu disadari, Industry 4.0 tidak mengenal batas-batas nasional, jika negara-negara di Asia Pasifik tidak berpikir secara regional, mereka akan kehilangan peluang dan gagal mengatasi tantangan yang terus mengiringi perkembangan Industry 4.0," ujar dia di Kuta, Bali, Kamis (8/11/2018).

Menurut dia, Indonesia sebagai salah satu negara berkembang terdepan dalam penerapan Revolusi Industri ke-4 di Asia, menggagas penyelenggaraan RCID sebagai upaya dalam meningkatkan kesadaran negara-negara berkembang di kawasan Asia Pasifik akan potensi Revolusi Industri ke-4 dalam mendukung proses industrialisasi di kawasan.

Airlangga menyatakan, konferensi ini akan mendorong kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha, kalangan akademisi, serta pemangku kepentingan terkait dalam mengakselerasi implementasi Revolusi Industri ke-4. Sebagai bentuk konkret, konferensi akan merumuskan rekomendasi strategi dan kebijakan bagi negara berkembang dalam menerapkan Revolusi Industri ke-4.

Pengalaman yang dimiliki negara-negara maju seperti Jepang, China dan Korea Selatan akan menjadi benchmark bagi negara berkembang di Asia Pasifik yang akan dituangkan ke dalam instrumen komitmen non-binding negara-negara partisipan RCID melalui Bali Declaration.

 

Disesuaikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meninjau mobil konsep Daihatsu pada pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangsel, Kamis (2/8). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Beberapa hal umum yang dikomitmenkan di dalam Bali Declaration antara lain dukungan untuk mengidentifikasi sektor pendorong utama penerapan Revolusi Industri 4.0 yang disesuaikan dengan kondisi negara-negara berkembang.

Kemudian, mendorong negara-negara partisipan untuk mengidentifikasi pembelajaran kisah sukses penerapan Revolusi Industri ke-4 negara maju di kawasan Asia Pasifik. Serta mendesak pemerintah negara-negara berkembang untuk mendorong komitmen regional dalam memanfaatkan peluang dan menjawab tantangan penerapan Revolusi Industri ke-4.

"Pertemuan ini akan menjadi wadah pertukaran pengalaman, pandangan, pengetahuan, dan langkah efektif dalam menjawab tantangan teknis penerapan Revolusi Industri ke-4. Hasil dari pertemuan ini juga diharapkan menjadi platform di kawasan Asia Pasifik untuk mengakselerasi penerapan Revolusi Industri ke-4," tandas Airlangga.

‎Hadir dalam Wakil Menteri Kementerian Luar Negeri AM Fachir, Direktur Jenderal UNIDO Li Yong, perwakilan dari 27 negara-negara berkembang serta negara anggota UNIDO seperti Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, Jepang, Kamboja, Korea Utara, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Timor Leste, dan Vietnam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara Sebut Alasan Penolakan Tahanan Kota Ratna Sarumpaet Tak Jelas

Posted: 07 Nov 2018 10:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara Ratna Sarumpaet, Insank Nasrudin kecewa dengan penolakan permohonan tahanan kota kliennya. Pasalnya, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya tak diberitahukan alasan jelas terkait penolakan tersebut.

"Kalau alasan kedua ditolak karena subjektivitas penyidik, kami anggap tidak konsisten. Tidak konsisten ini bahwa merujuk pada alasan penolakan permohonan kami yang pertama. Bahwa saksi-saksi belum ada yang diperiksa, ibu Ratna Sarumpaet juga belum selesai pemeriksaannya," kata Insank saat dihubungi, Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Insank menegaskan, permohonan itu semata-mata untuk kesehatan Ratna Sarumpaet. Seperti yang diungkapkan putrinya, Atiqah Hasiholan, Ratna sedang depresi setahun belakangan ini.

"Semata-mata tujuan kami adalah agar nantinya ibu RS bisa dalam kondisi sehat, tidak lemah baik secara fisik dan mental sehingga proses hukum bisa berjalan dengan baik dan cepat. Makanya kami mengajukan itu," ujar Insank.

Usai penolakan itu, dia mengaku belum berencana mengambil tindakan apapun. Namun, dia akan mengusahakan yang terbaik untuk tersangka kasus penyebaran hoaks tersebut.

"Langkah hukumnya kita akan mengambil tindakan lain atau hal apapun tentunya saya juga belum bisa membuka," ucap Insank.

Sebelumnya, penyidik Polda Metro Jaya akhirnya menolak permohonan penahanan kota terhadap tersangka kasus penyebaran hoaks Ratna Sarumpaet. Alasannya adalah subjektif dari penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

"Alasannya jadi masih dilakukan penahanan adalah subjektivitas penyidik, artinya penyidik masih tetap melakukan penahanan," ujar Argo.

 

Limpahkan Berkas

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono memperlihatkan berkas tersangka Ratna Sarumpaet yang siap dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta saat memberikan keterangan di Polda Metro Jaya, Kamis (8/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Polda Metro Jaya menyerahkan berkas tersangka Ratna Sarumpaet ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta. Berkas yang diserahkan terlihat sebanyak ratusan hingga ribuan halaman dalam dua bundel.

"Hari ini akan disearahkan ke kejaksaan tahap pertama," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Kamis (8/11/2018).

Dalam berkas itu, kata Argo, disampaikan pula hasil pemeriksaan saksi-saksi dan juga barang bukti. Penyidikan terhadap Ratna Sarumpaet dilakukan selama satu bulan.

"Polda Metro Jaya sudah menyelesaikan pemberkasan. Dalam berkas ini ada 32 BAP tersangka, saksi, dan saksi ahli, dan ada lampiran 63 barang bukti," ujarnya.

Argo mengatakan, apabila nanti berkas tersebut dinyatakan lengkap, maka penyidik akan segera menyerahkan Ratna dan barang bukti ke kejaksaan. Namun, apabila ada kekurangan penyidik akan segera memperbaiki dan melengkapi berkas tersebut.

"Nanti kejaksaan akan meneliti kasus ini, apakah berkas ini dievaluasi apakah ada petunjuk maupun apakah ada kekurangan baik itu materil dan formil," katanya.

 

Reporter: Ronald

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Sup Jagung Kental yang Enak, Gurih dan Mudah Dipraktikkan

Posted: 07 Nov 2018 10:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jagung adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Pada masa kini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia. 

Bagian jagung yang biasa dimakan manusia adalah bijiannya, baik masih muda ketika isinya belum mengering maupun setelah tua dan mengering. Bijian kering dapat dihaluskan menjadi tepung jagung (maizena). Maizena merupakan bahan untuk berbagai kue dan penganan olahan serta untuk bahan baku pembuatan mie bihun.

Pecahan kasar bijian jagung diolah di Amerika Serikat sebagai makanan sarapan populer, corn flakes. Di Jawa Timur terutama, bijian jagung kering ditumbuk agak halus untuk mendapatkan beras jagung, yang setelah dikukus atau ditanak menjadi nasi jagung. Nasi jagung ini, murni atau bercampur nasi padi, umum sebagai makanan pokok terutama di wilayah Jatim yang mendapat pengaruh dari budaya Madura.

Bijian utuh jagung dapat dipanggang, disangrai, atau digoreng. Gorengan bijian kering jagung dikenal sebagai marning di Jawa Tengah. Dari bijian jagung kering varietas tertentu juga dapat dibuat brondong jagung.

Jagung muda biasanya dipasarkan secara utuh bersama tongkolnya. Jagung manis mengisi kebanyakan pangsa ini, meskipun jagung ladang dan jagung ketan juga dipanen dalam keadaan demikian. Tongkol direbus, dipanggang, atau dibakar. Beberapa masakan sayur, seperti sayur asam dan sayur bening dilengkapi dengan potongan tongkol jagung atau bijian muda yang sudah dipisahkan dari tongkolnya (dipipil). 

Dalam dunia kuliner pun, jagung kini menjadi salah satu bahan masakan yang selalu mengundang selera. Berbagai olahan dari jagung pun siap menggoyang lidahmu. Salah satunya dijadikan olahan sebagai sup. Cara membuat sup jagung sendiri terbilang sangat mudah. Kamu tentu tahu sajian sup cream jagung yang dijual oleh salah satu restoran cepat saji. Ya, cara membuat sup jagung dengan cream ini memang menjadi favorit banyak orang. Selain cream, cara membuat sup jagung kental dengan tekstur yang masih terasa juga disukai banyak orang.

Di saat musim hujan sudah mulai datang, sup jagung kental paling pas buat jadi kudapan lezat menghangatkan tubuh. Berikut cara membuat sup jagung kental yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/11/2018).

Bahan dan Bumbu

Bahan cara membuat sup jagung:

- 100 gram Fillet Dada Ayam

- 1 buah Jagung Manis

- 2 buah Wortel 

Bumbu cara memuat sup jagung:

- 1 siung Bawang Bombay

- 2 batang Seledri

- 1 sdt Pala Bubuk

- 1 batang Daun Bawang

- 3 siung  Bawang Putih

- 1 sdt Minyak Zaitun

- 1500 ml Air Matang

- 2 sdt Merica Bubuk

- 2 1/2 sdm Tepung Sagu

- 2 sdt Gula Pasir

- 3 sdt Garam

- 1 1/2 sdt Margarin

- 1 butir Telur Ayam

- 2 sdm Air Matang

Tips membersihkan bahan:

1. Bersihkan jagung manis, wortel dan juga fillet ayam. Nah, bersihkan jagung manis dari cangkang, rambut jagung dan juga bonggol jagungnya. Bersihkan secara merata. Lalu pipil jagung dengan menggunakan tangan atau sisir dengan menggunakan pisau secara merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.

2. Selanjutnya, potong-potong wortel dengan bentuk bulan ukuran 1,5 cm, atau kamu bisa memotongnya sesuai dengan selera yang diinginkan. Masukkan kembali potongan wortel dalam wadah yang sama dengan memasukan jagung dan sisihkan kembali.

3. Sementara untuk fillet dada ayam, potong-potong fillet ayam dengan menggunakan pisau dengan ukuran yang sesuai dengan kamu inginkan. Masukkan dalam wadah dan bersihkan bersama dengan sayuran yang tadi sudah dipotong. Angkat jika sudah bersih dan sisihkan kembali.

Cara membuat sup jagung:

1. Untuk membuat kaldu ayam, kita rebus air ke dalam panci yang sudah disiapkan dan masukkan ayam ke dalamnya.

2. Biarkan mendidih dan masak sampai kuah terlihat berlemak dan daging ayam mulai berubah warna.

3. Lalu, matikan api dan buang air lemak yang mengapungnya. Sisakan air kuah kaldu secukupnya untuk sayur dan rebus kembali hingga mendidih secara merata.

4. Sementara menunggu kuah kaldu mendidih, kita bisa menyiapkan bahan-bahan lainnya dengan menumis bawang putih dan bawang bombay dalam wajan hingga tercium bau harum yang lezat.

5. Kemudian tuangkan garam, merica dan juga pala bubuk ke dalam tumisan bumbu secara merata.

6. Angkat bumbu jika sudah harum dan tuangkan tumisan bumbu ini ke dalam kuah kaldu yang sedang kamu didihkan.

7. Masukkan wortel dan jagung manis. Aduk-aduk secara merata dan masak hingga bahan-bahan ini menjadi lebih empuk dan matang secara merata. Masukkan pula bahan-bahan pelengkap yang masih tersisa.

8. Terakhir, masukkan kocokan telur ayam kedalam kuah kaldu aduk-aduk hingga telur berbutir dan kentalkan dengan larutan tepung sagu yang sudah dibuat.

9. Masak sebentar sampai meletup-letup dan juga cicipi rasanya hingga pas. Lalu sajikan selagi sup jagung hangat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawaslu Nilai KPU Belum Tepat Waktu Pasang Alat Peraga Kampanye

Posted: 07 Nov 2018 10:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dinilai belum berhasil memfasilitasi alat peraga kampanye untuk peserta Pemilu 2019. Karena, masih belum berjalan sesuai dengan waktunya.

"Sampai hari ini kewajiban memfasilitasi belum berjalan sesuai waktu yang ditentukan. Fasilitasi alat peraga oleh KPU belum berjalan," ujar Ketua Bawaslu Abhan, seperti dikutip dari Antara, Kamis (8/11/2018).

Abhan mengatakan, apabila di pusat belum tampak alat peraga kampanye dipasang, maka dirinya semakin menyangsikan alat peraga kampanye yang difasilitasi KPU pun telah dipasang di daerah.

Ia menilai, apabila KPU tidak segera memfasilitasi alat peraga kampanye kepada peserta Pemilu 2019, dikhawatirkan peserta memanfaatkan celah seperti memasang iklan di media cetak sendiri.

"Hak peserta Pemilu terpotong, sementara mereka tidak bisa berkampanye. Jadi mencari celah di tengah kekosongan," tegas Abhan.

Adapun fasilitasi iklan kampanye diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 23 tahun 2018, metode kampanye pemasangan alat peraga kampanye di tempat umum; iklan media cetak, media elektronik, dan media dalam jaringan.

Kemudian, debat pasangan calon presiden dan wakil presiden difasilitasi KPU sesuai dengan kemampuan keuangan negara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Tak Seimbang

Komisioner KPU Hasyim Asy'ari (tengah) menunjukkan desain pasangan capres nomor urut 02 saat rapat di Gedung KPU, Jakarta, Senin (29/10). Rapat dihadiri perwakilan partai politik peserta Pemilu 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Usep Hasan menilai, selama ini publik atau pemilih sekedar mendapat informasi yang didominasi isu Pilpres, tidak seimbang mengenai Pileg.

Pada isu pilpres pun dinilai Usep lebih banyak tentang saling balas antartim kampanye dan simpatisan secara reaktif, bukan program yang ditawarkan.

"KPU agar mengoptimalkan fungsi seluruh sistem informasi kepemiluan dan dalam rangka menjaga integritas informasi dan data pemilu," tutur Usep.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Man City Vs Shakhtar: 6 Fakta Menakjubkan Hujan Gol di Etihad Stadium

Posted: 07 Nov 2018 10:30 PM PST

Manchester - Manchester City berpesta gol saat menjamu Shakhtar Donetsk di lanjutan Liga Champions di Etihad Stadium, Rabu (7/11) atau Kamis dinihari WIB. Man City menang dengan skor telak 6-0.

Setengah lusin gol Man City berasal dari hat-trick Gabriel Jesus pada menit ke-24, 72' dan 92'. Tiga gol lain lahir via kaki David Silva (13'), Raheem Sterling (48') dan Riyad Mahrez (84').

Sayang, tiga angka tersebut belum sanggup mengantar Manchester City ke fase knock-out. Gol injury time Hoffenheim ke gawang Lyon, yang membuat skor 2-2, menjadi penahan The Citizens.

Saat ini Manchester City berada di posisi teratas klasemen sementara Grup F dengan koleksi 9 poin dari empat pertandingan. Lyon berada di bawah Manchester Biru dengan jarak 3 poin.

Namun Manchester City bisa lolos ke babak berikutnya jika mampu menang pada laga tandang kontra Lyon, Selasa (27/11/2018). "Sayang kami belum bisa lolos, tapi sudah semakin dekat. Kami akan berusaha menjaga level permainan ini," tegas Pep Guardiola, Manajer Manchester City.

Berikut ini beberapa catatan luar biasa Man City setelah menekuk Shakhtar Donetsk:

 

Fakta Menakjubkan

Penyerang Manchester City Gabriel Jesus berebut bola udara dengan gelandang Shakhtar Donetsk, Taras Stepanenko selama pertandingan grup F Liga Champions di stadion Etihad, Inggris (7/11). City menang 6-0 atas Shakhtar Donetsk. (AP Photo/Rui Vieira)

1. Manchester City berhasil melakukan back to back dalam hal mencetak 6 gol atau lebih sejak November 1987. Pada 1987, Manchester City menang beruntun dengan skor di atas 6 gol, yakni kontra Huddersfield (10-1) dan Plymouth (6-2).

2. Gelandang Manchester City, David Silva mencetak tiga gol sepanjang Liga Champions 2018-2019. Catatan itu menjadi rekor pribadi Silva, karena berstatus tertinggi dalam perjalanannya di Liga Champions. Dia juga mampu untuk kali pertama mencetak gol pada tiga laga beruntun.

3. Gabriel Jesus menjadi pemain pertama yang mampu melesakkan gol bagi klub asal Inggris via penalti, setelah Wayne Rooney bersama Manchester United. Rooney mencetak dua gol via tendangan 12 pas pada Oktober 2011 ke gawang Otelul Galati.

Fakta Menakjubkan

4. Gabriel Jesus menjadi pemain ketiga Manchester City yang mampu mencetak tiga gol dalam satu pertandingan di pentas Liga Champions. Dua pemain sebelum Jesus adalah Alvaro Negredo dan Sergio Aguero.

5. Pemain sayap Manchester City, Riyad Mahrez mencatat rekor statistik pribadi. Ia terlibat dalam tujuh gol Manchester City di pentas Liga Champions dari enam laga terakhir di rumah sendiri, yakni mencetak tiga gol dan empat assist.

6. Kemenangan 6-0 menghentikan catatan tiga kekalahan Manchester City di pentas Liga Champions saat berlaga di Etihad Stadium. Selain itu, skor tersebut menjadi yang terbesar bagi mereka sepanjang berpartisipasi di Liga Champions.

Sumber: BBC, Opta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan 100 Unit, Jokowi Tidak Bakal Kasih Proteksi buat Gesits

Posted: 07 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Produksi massal dan penjualan sepeda motor listrik Gesits sepertinya hanya tinggal menunggu waktu saja. Bahkan, sepeda motor karya anak bangsa ini sudah diuji oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (7/11/2018), di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Setelah mencoba sepeda motor rendah emisi hasil kolaborasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan PT Gesits Technologies Indo (GTI) ini, pria yang akrab disapa Jokowi ini menunjukan rasa ketertarikannya untuk segera memiliki sepeda motor yang bakal diproduksi tahun depan tersebut.

"Jika sudah diproduksi, saya pembeli pertama, saya akan pesan 100 unit," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, seperti disitat dari News Liputan6.com.

Selain menunjukan ketertarikannya, mantan walikota Solo ini juga menegaskan jika Gesits tidak akan mendapatkan proteksi dari pemerintah. Pasalnya, hal tersebut (proteksi) terhadap motor yang kabarnya bakal dibanderol Rp 20 jutaa ini, merupakan langkah yang tidak mendidik.

"Tidak ada proteksi, itu tidak mendidik. Sebuah produk apa pun kalau harga kompetitif dibanding produk lain pasti akan diterima pasar," tegas Jokowi.

Untuk diketahui, Jokowi mencoba motor listrik Gesits ini sendiri dari Istana Merdeka hingga Istana Negara, dengan jarak sekitar 200 meter lebih.

Selanjutnya

"Saya tadi coba, tapi tidak ada suaranya. Saya sukanya yang ngreng...ngreng....ngreng," kata Jokowi usai mencoba sepeda motor listrik berwarna merah tersebut

Dia mengungkapkan, sepeda motor listrik yang 100 persen buatan anak bangsa ini sudah melewati uji coba. "Ini bagus...ini bagus," kata Presiden setelah turun dari motor.

Sebelumnya, Jokowi yang didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menristekdikti M Nasir menerima audiensi pihak-pihak yang terlibat dalam produksi sepeda motor listrik Gesits.

Dalam pertemuan, dibahas mengenai persiapan produksi massal sepeda motor listrik bernama Gesits tersebut. Pada 6 Agustus lalu, Menristekdikti M Nasir mengatakan, motor listrik buatan Indonesia akan diproduksi massal pada November 2018.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Alasan Permohonan Tahanan Kota Ratna Sarumpaet Ditolak

Posted: 07 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Polda Metro Jaya menolak permohonan tahanan kota dari keluarga Ratna Sarumpaet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Ayu Ting Ting Soal Gosip Dipacari Pengusaha

Posted: 07 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ayu Ting Ting digosipkan menjalani hubungan spesial dengan seorang pengusaha sukses, Fransen Susanto. Kabar ini berembus dari pernyataan Rudy Salim, sahabat Fransen Susanto, saat diundang dalam acara Hitam Putih.

Usai mengisi program acara, Ayu Ting Ting dimintai klarifikasinya mengenai isu tersebut. Pedangdut asal Depok, Jawa Barat ini mengatakan bahwa ia tak memiliki jalinan asmara dengan Fransen Susanto.

"Ya Allah. Enggak ada. Jangan membersar-besarkan berita. Biasa aja. Saya dekat sama siapa aja juga banyak," kata Ayu Ting Ting di Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (7/11/2018).

Kenal

Ayu Ting Ting (Foto: Instagram/@fransensusanto_rapictures)

Meski begitu, Ayu Ting Ting mengaku mengenal sosok Fransen Susanto. Di matanya, sang pengusaha adalah pria yang berperangai baik.

"Sosoknya baiklah. Kenal lama sudah," kata artis yang hits dengan tembang "Alamat Palsu" tersebut.

Awal Mula

`Ayu Ting Ting

Sebelumnya, dalam proram Hitam Putih, Rudy Salim bercerita mengenai kerja sama bisnisnya dengan Raffi Ahmad, RA Pictures. Saat itulah nama pengusaha Fransen Susanto disebut oleh Rudy Salim sebagai kekasih Ayu Ting Ting.

"Terus ada juga RA Pictures. Saya sudah bikin hampir 10 film dengan Raffi Ahmad dan sama pacarnya Ayu Ting Ting, Fransen Susanto, jadi kita joinan bikin film," ungkapnya diiringi senyuman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Donald Trump Pecat Jaksa Agung AS, Ada Apa?

Posted: 07 Nov 2018 10:29 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah memecat Jaksa Agung AS Jeff Sessions pada Rabu 7 November 2018 waktu setempat.

Pemecatan itu dinilai mengejutkan mengingat Trump adalah orang yang menunjuk Sessions untuk menjadi Jaksa Agung AS pada awal 2017 lalu. Ia juga disebut sebagai orang dekat Orang Nomor Satu Negeri Paman Sam.

Namun, sejumlah pemberitaan di AS menyebut, alasan di balik pemecatan Sessions diduga bertautan dengan proses penyelidikan dugaan campur tangan Rusia dalam Pilpres AS 2016. Penyelidikan itu, yang dipimpin Penyelidik Khusus Kementerian Kehakiman AS Robert Mueller, masih berlangsung.

Trump sendiri diketahui telah mengkritik otoritas hukum AS, karena penyelidikan yang mereka lakukan telah menjerat sejumlah orang yang dekat dengan sang presiden.

Mengumumkan pemecatan salah satu pejabat tinggi otoritas hukum AS itu, Trump mengatakan, "Kami berterimakasih kepada Jaksa Agung Jeff Sessions atas pengabdiannya dan mendoakannya sukses," jelasnya lewat akun Twitter pribadi @realDonaldTrump, seperti dikutip dari BBC, Kamis (8/11/2018).

Di sisi lain, dalam sebuah pernyataan tertulis, Sessions --yang merupakan eks Senator mewakili negara bagian Alabama-- menyatakan bahwa pengunduran dirinya bukan merupakan keputusan pribadi, namun, atas desakan Donald Trump.

"Yang terhormat Pak Presiden, atas permintaan Anda, saya mengajukan pengunduran diri," ujar Sessions dalam sebuah surat pengunduran diri.

"Yang terpenting, selama masa tugas saya sebagai jaksa agung, kami telah menegakkan hukum," tambah Sessions.

Menurut seorang pejabat Gedung Putih, sebelum Sessions dipecat, ia sempat bertemu dengan Kepala Staf Kepresidenan John Kelly pada Rabu 7 November. Tidak jelas apa isi pertemuan keduanya, namun diduga, tatap muka itu ditujukan bagi Kelly untuk menginformasikan pemecatan Sessions.

Posisi Sessions sementara akan digantikan oleh kepala staf Kejagung AS Matthew Whitaker --figur yang diketahui merupakan pengkritik penyelidikan Mueller.

Mengapa Dipecat?

Pemecatan Sessions diyakini bertautan dengan kritik keras Trump kepada pria itu seputar penyelidikan dugaan campur tangan Rusia dalam Pilpres AS 2016. Berbagai narasi seputar kasus tersebut menyebut soal dugaan kedekatan Trump dengan Rusia yang berujung pada kemenangannya pada pemilu dua tahun lalu.

Sessions sendiri pernah terlibat dalam penyelidikan tersebut pada 2017, namun, memutuskan mundur dari investigasi pada Maret 2017.

Keputusan Sessions untuk mundur dari penyelidikan itu dipicu oleh kritik dari Partai Demokrat (oposisi) yang menyebut, ketika ia ditanya oleh Senat AS dalam sebuah rapat dengar pendapat, dirinya tak menjelaskan soal pertemuan antara anggota Partai Republik dengan Duta Besar Rusia untuk AS pada Pilpres 2016. Demokrat menuduh hal itu sebagai upaya untuk menutup-nutupi bukti. Namun, Sessions membantah dan beralasan bahwa ia lupa untuk menjelaskan hal tersebut.

Merespons pengunduran diri Sessions dari penyelidikan, Trump mengatakan kepada New York Times pada Juli 2017, "Sessions seharusnya tidak mengundurkan diri, dan jika dia akan mengundurkan diri, dia seharusnya memberitahu saya sebelum dia mengambil pekerjaan (sebagai Jaksa Agung AS), dengan begitu, saya akan memilih orang lain."

Trump juga kemudian mengkritik tajam Sessions dengan menyebutnya "sangat lemah" dan "memalukan".

Beberapa bulan usai pengunduran diri Sessions dari penyelidikan, Penyelidik Khusus Kementerian Kehakiman AS Robert Mueller berhasil mendakwa sejumlah orang, termasuk beberapa figur yang dekat dengan Trump, atas dugaan keterlibatan mereka dalam kasus campur tangan Rusia dalam Pilpres AS 2016.

Donald Trump kemudian mengkritik penyelidikan dan dakwaan Mueller dengan menyebutnya sebagai "upaya perburuan penyihir." Ia juga telah membantah keras keterlibatannya dengan Rusia dalam Pilpres AS 2016.

 

Simak video pilihan berikut:

Masa Depan Penyelidikan Kasus Dugaan Campur Tangan Rusia

Jeff Sessions, mantan Jaksa Agung AS (AP)

Kursi jaksa agung AS yang kosong kini diisi sementara oleh Kepala Staf Kejagung AS Matthew Whitaker, hingga Trump resmi menunjuk pengganti.

Matthew Whitaker tak hanya sekedar mengisi kekosongan kursi pucuk pimpinan, namun juga menjadi pengawas proses penyelidikan yang dilakukan oleh Penyelidik Khusus Kementerian Kehakiman AS Robert Mueller --kepala investigator atas kasus dugaan campur tangan Rusia dalam Pilpres AS 2016.

Pada poin inilah muncul dugaan bahwa pemecatan Sessions, yang kursinya kemudian diisi sementara oleh Whitaker, merupakan upaya Trump untuk meredam proses penyelidikan Mueller --CBS News melaporkan.

Presiden, yang geram atas penyelidikan Mueller, tidak dapat secara langsung memecat sang penyelidik khusus itu --menurut ketentuan hukum di AS. Namun, dengan Whitaker kini menjabat sebagai pelaksana harian Jaksa Agung AS, Trump mungkin bisa mengupayakan kehendaknya itu. Apalagi mengingat, Whitaker merupakan salah satu figur yang ikut mengkritik penyelidikan Mueller.

Pada April 2017, Whitaker menulis untuk CNN bahwa penyelidikan Mueller, yang kini memasuki tahap memeriksa transaksi keuangan Trump untuk memverifikasi dugaan keterkaitan dengan Rusia, telah "berjalan terlalu jauh".

Apa yang terjadi selanjutnya sangat penting. Kemungkinan, pemecatan Sessions adalah langkah awal dari upaya Gedung Putih untuk menutup penyelidikan Mueller terhadap kasus tersebut atau menutup-nutupi temuannya dari mata publik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra: Pertemuan Gus Solah-Prabowo Bahas Ekonomi Bangsa

Posted: 07 Nov 2018 10:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, pertemuan calon presiden nomor urut 02Prabowo Subianto dengan Pimpinan Pondok Pesantren Tebuireng KH Solahuddin Wahid (Gus Solah) tidak membahas soal politik jelang Pilpres 2019.

Dalam pertemuan itu, Prabowo dan Gus Solah lebih banyak membahas mengenai persoalan ekonomi bangsa.

"Beliau kan cucu pendiri NU, beliau harus memastikan perbaikan ekonomi yang dijanjikan Pak Prabowo itu untuk semua lapisan masyarakat," ujar Muzani di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (8/11/2018).

Dia menampik kedatangan Prabowo ke kediaman Adik mendiang Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur itu, menawarkan masuk tim ekonomi bersama Kwik Kian Gie dan Rizal Ramli.

"Kalau itu tidak (jadi penasihat ekonomi). Gus Solah datang cuma untuk diskusi-diskusi saja," ucap dia.

Kepada Gus Solah, Prabowo banyak berdiskusi mengenai perekonomian yang dianggap terus mengalami penurunan. Prabowo memang tidak menampik adanya sejumla peningkatan, namun harus diakui semakin tahun daya beli masyarakat mengalami penurunan.

"Bagaimana menyelamatkan ekonomi kita yang sekarang ini makin berat, daya beli menurun. Ada pertumbuhan, ada pergerakan tetapi perdagangan itu volumenya menurun. Pertumbuhan itu ada tetapi menurun, kemudian daya beli ada, tetapi kemampuan daya beli terhadap barang juga menurun," jelas dia.

 

Peran Sentral Gus Solah

Salahudin Wahid atau Gus Solah selaku Ketua Komite menjelaskan terpilihnya kandidat karena pengalaman dan kemampuan masing-masing. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pentingnya melibatkan Gus Sholah, kata Muzani, selain karena tokoh NU, organisasi massa terbesar di Indonesia itu juga memiliki peran sangat penting.

Menurutnya, Gus Sholah juga memiliki konsep dan kepentingan yang sama dalam menyelamatkan ekonomi rakyat.

"Nahdlatul Ulama adalah bagian yang sangat penting atau mayoritas. Sehingga beliau memiliki konsep dan kepentingan yang sama bagaimana penyelamatan ekonomi negara berarti menyelamatkan ekonomi rakyat berarti menyelamatkan ekonomi umat, berarti menyelamatkan ekonomi NU," ucap Muzani. 

Reporter: Hari Ariyanti

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seksi Berpakaian Wanita, Millendaru Dilaporkan Jessica Iskandar pada Ashanty

Posted: 07 Nov 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kian hari keponakan Ashanty, Millendaru, makin percaya diri tampil layaknya seorang wanita. Tak hanya mengulas riasan di wajahnya, Millendaru juga sering berbusana layaknya perempuan.

Millendaru bahkan tidak malu memakai busana wanita yang seksi yang mengekspos lekukan tubuhnya. Seperti baru-baru ini, saat dirinya menghadiri sebuah acara bersama para artis, seperti Jessica Iskandar.

Melihat Millendaru memakai busana wanita, Jessica Iskandar melaporkan hal tersebut kepada Ashanty melalui Instagram Stories-nya, Rabu (7/11/2018).

"Bunda lihat nih aku ketemu siapa bunda. Masa dandanannya kayak gitu bunda," kata Jessica Iskandar dengan memperlihatkan penampilan Millendaru yang berdiri tepat di sampingnya.

Pakai Tube Top

[Foto: Instagram Jessica Iskandar]

Millendaru tampak mengenakan tube top berwarna hitam yang dilapis dengan outer hijau bermotif floral. Millen juga mengenakan makeup, seperti lipstik, alis, hingga bulu mata palsu.

Mendengar perkataan Jessica Iskandar, Millendaru pun membela diri, "Aku sopan kok," katanya sembari menutup bagian dada dan perutnya dengan outer yang ia kenakan.

Tanggapan

Millen Cyrus [foto: instagram/millencyrus]

Video ini kemudian diunggah ulang oleh sebuah akun gosip Instagram. Dari sanalah para warganet ramai-ramai memberikan tanggapan.

"Sopan pakai beha? Pakai sarung baru sopan," kata pengguna akun Instagram @mancah_

"Ya sopan sih emang, kan auratnya cuma puser sampai lutut," imbuh @ddaiiad.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Mau Kalah, Bentley Siapkan Mobil Listrik Mewah

Posted: 07 Nov 2018 10:19 PM PST

Liputan6.com, Crewe - Tren kendaraan bebas emisi memang tak bisa dihindari kembali. Semua pabrikan berlomba-lomba untuk menawarkan mobil ramah lingkungan atau mobil listrik.

Bahkan, CEO Bentley terdahulu, Wolfgang Durheimer, menegaskan bahwa sub-Bentayga tak lagi sebagai mobil konsep. Sebentar lagi mobil itu akan diproduksi massal sebagai mobil listrik.

Hal tersebut juga dipertegas oleh CEO saat ini, Adrian Hallmark. Kepada Automotive News Europe, dia mengatakan bahwa pihaknya sedang menuju ke arah kendaraan listrik.

"Saat ini sedang dalam proses. Target kami sebelum 2025," ujarnya seperti disitat dari Autoevolution.

Mempertimbangkan jangka waktu, Bentley diharapkan tak menggunakan konstruksi J1 dari mobil listrik Porsche Taycan sebagai Premium Platform Electric yang saat ini sedang dikembangkan oleh Audi dan Porsche.

 

Selanjutnya

Lalu, mengapa pabrikan Inggris itu mengubah mesin twin-turbocharger Bentayga W12 menjadi mesin ramah lingkungan?

Untuk mencapai tujuan tersebut, Bentley bahkan menurunkan mesin mesin menjadi 6-silinder untuk Bentayga Hybrid. Mesin itu berbeda dengan 6-inline dari Speed Six tahun 1920-an. Tapi mesin itu masih menghasilkan tenaga 455 Tk dan torsi 700 Nm dengan dukungan motor listrik.

Berkaca pada hal yang lebih besar, Volkswagen Group juga telah mengurangi jumlah silinder dalam beberapa tahun. A8 misalnya, adalah instalasi terakhir dari mesin W12 pada Audi. Selain itu, Lamborghini juga mengakui bahwa V10 5.2L dan 6.5L V12 akan terus mendukung produknya dengan bantuan teknologi hybrid.

Bentayga listrik ini sebelumnya pernah dipamerkan dalam Geneva Motor Show 2017, dalam bentuk EXP 12 Speed 6e. Bentayga listrik ini akan menjadi pesaing berat Porsche 911.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kombinasi Faktor Global dan Domestik Angkat Rupiah ke 14.555 per Dolar AS

Posted: 07 Nov 2018 10:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Kamis pekan ini. Nilai tukar rupiah tercatat telah mengalami penguatan sekitar 580 poin dalam beberapa hari terakhir ini. 

Mengutip Bloomberg, Kamis (8/11/2018), rupiah dibuka pada angka 14.613 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.590 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah kembali menguat hingga ke angka 14.555 per dolar AS.

Dari pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.555 per dolar AS hingga 14.669 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 8 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.651 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.764 per dolar AS.

Rupiah memang sempat melemah pada perdagangan pagi. Hal tersebut karena penguatan sebelumnya sudah cukup besar.

"Penguatan rupiah sedikit tertahan karena penguatan tajam dalam beberapa hari terakhir," kata Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih seperti dikutip dari Antara.

Ia menambahkan nilai tukar rupiah tercatat telah mengalami penguatan sekitar 580 poin dalam beberapa hari terakhir ini. Penguatan rupiah yang cukup tajam itu merupakan kombinasi antara faktor global dan domestik.

Ia mengemukakan diantara faktor global yang memberikan sentimen positif bagi mata uang rupiah diantaranya kemenangan partai Demokrat pada "midterm election" di DPR AS, dan potensi kesepakatan perdagangan antara AS-China di akhir November ini.

Sedangkan faktor domestik, lanjut dia, salah satunya didukung oleh penerapan instrumen DNDF (Domestic Non Delivery Forward), dan penilaian posisi kurs rupiah yang tidak wajar (overshooting) ketika menembus 15.000 per dolar AS.

Kendati demikian, ia mengatakan, penguatan rupiah perlu pengujian lebih lanjut ketika nanti Bank Sentral AS (the Fed) menaikkan suku bunganya satu kali lagi pada pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Desember.

"Biasanya pertemuan FOMC itu diikuti dengan penguatan dolar AS," katanya.

Cadangan Devisa Naik Jadi USD 115,2 Miliar Imbas Rupiah Menguat

Petugas menunjukkan pecahan uang dolar Amerika di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta, Rabu (5/9). Nilai tukar Rupiah di pasar spot menguat tipis 0,06 persen ke Rp 14.926 per dollar Amerika. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Indonesia sebesar USD 115,2 miliar pada akhir Oktober 2018. Angka ini meningkat apabila dibandingkan dengan akhir September 2018 yang mencapai USD 114,8 miliar.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, peningkatan cadangan devisa ini karena penguatan rupiah dalam beberapa waktu terakhir. Bank Indonesia tidak melakukan intervensi untuk stabilisasi mata uang Garuda. 

"Memang pada waktu seminggu ini, ya hari ini saya belum tahu. Ya tapi kan menguatnya agak banyak. Seminggu ini BI enggak intervensi, malah ada dana yang masuk sudah," ujar Menko Darmin di Kantornya, Rabu (7/11/2018) malam.

Lebih lanjut, Darmin menjelaskan, penguatan nilai tukar rupiah salah satunya disebabkan Kemenangan Partai Demokrat dalam pemilu sela di Amerika Serikat (AS). Kemenangan ini memunculkan anggapan kebijakan proteksionisme Donald Trump akan melunak.

"Kenapa hari ini begitu jauh menguatnya? Karena di AS ya house of representatif-nya dimenangkan oleh Demokrat. Orang mulai hitung, Nah ini kebijakan galaknya Trump boleh jadi akan direm. Ini semua spekulasi. Ya, jadi arahnya pada saatnya akan balik ke fundamentalnya," jelas dia.

Meski demikian, Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut belum dapat memastikan penguatan nilai tukar rupiah akan terjadi untuk jangka panjang. "Saya belum mau jawab. Itu tergantung kejadian dunia ini apa saja yang terjadi," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surat Tuntutan Zumi Zola Setebal 1.211 Halaman

Posted: 07 Nov 2018 10:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola menjalani sidang tuntutan hari ini di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat. Zumi sebelumnya didakwa melakukan tindak pidana korupsi berupa memberi suap kepada DPRD Jambi terkait pertanggung jawaban APBD 2017, pembahasan APBD 2018, serta penerimaan gratifikasi.

Sidang direncanakan mulai pukul 13.00 WIB dengan pembacaan surat tuntutan oleh jaksa penuntut umum pada KPK. Surat tuntutan mantan aktor tersebut sangat tebal, 1.211 lembar halaman.

"Surat tuntutan Zumi 1.211 lembar," ujar Jaksa Tri Anggoro, Kamis (8/11/2018).

Sembari menanti sidang dimulai, Zumi enggan berkomentar. Hanya mengumbar senyum saat disinggung kesiapannya mendengar tuntutan yang akan diberikan oleh jaksa.

Diketahui Zumi didakwa menerima gratifikasi dengan total Rp 40 miliar, USD 177.300, SGD 100.000, dan satu unit Toyota Alphard Penerimaan gratifikasi sejak Zumi menjabat sebagai Gubernur Jambi pada 2016.

Selain menerima gratifikasi, Zumi didakwa memberi suap dengan total Rp 16.490.000.000 kepada pimpinan DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019. Uang suap diberikan Zumi terkait ketok palu pembahasan APBD Tahun Anggaran 2017.

 

Guyur Anggota DPRD

Jaksa menyebut, agar pembahasan anggaran APBD 2017 lancar, Zumi harus mengguyur anggota DPRD masing-masing Rp 200 juta, badan anggaran sebesar Rp 225 juta, dan anggota komisi masing-masing mendapat Rp 375 juta. Uang suap digelontorkan Zumi juga terkait pembahasan anggaran daerah perubahan tahun 2018.

Atas penerimaan gratifikasi, Zumi didakwa telah melanggar Pasal 12B atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP Jo Pasal 65 ayat 1 KUHP.

Sementara pemberian suap, dia didakwa melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP Jo Pasal 65 ayat 1 KUHP.

Reporter: Yunita Amalia 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1: Persib dan Persija Berjuang Kejar PSM

Posted: 07 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Persaingan di papan atas klasemen Go-Jek Liga 1 bersama BukaLapak semakin memanas. Itu karena setidaknya masih ada tiga tim yang berpeluang meraih gelar juara, yakni PSM Makassar, Persib Bandung, dan Persija Jakarta.

Sampai pekan ke-29 Liga 1, PSM masih berstatus sebagai pemuncak klasemen. Mereka meraih 53 poin dari 29 pertandingan, unggul empat poin atas Persib dan lima poin atas Persija. Dengan selisih itu, posisi PSM jelas tak lantas aman.

Masih ada kemungkinan bagi mereka untuk terpeleset di lima pertandingan sisa Liga 1 musim ini. Apalagi, sejumlah lawan berat akan dihadapi PSM. Mulai dari Persebaya Surabaya, Bali United, Bhayangkara FC, hingga Persija sendiri.

Di sisi lain, Persib baru saja kembali mendapatkan kepercayaan dirinya. Setelah tak menang di lima laga, mereka akhirnya bangkit usai menaklukkan Bhayangkara FC 2-1. Selanjutnya, Persib akan menghadapi tantangan PSMS, Jumat (9/11/2018).

Persija juga masih memiliki peluang besar. Meski duduk di posisi ketiga, mereka menyimpan sisa satu laga lebih banyak dibandingkan PSM dan Persib. Jika bisa memaksimalkannya, Persija hanya akan berjarak dua poin dengan PSM. Mereka juga bisa menyalipnya dengan mengalahkan PSM, 16 November 2018.

Klasemen Liga 1

Persib Bandung dan Persija Jakarta masih berpeluang mengkudeta PSM Makassar di puncak klasemen Liga 1. (Soccerway)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Presiden Jokowi Terima Surat Kepercayaan dari 13 Dubes Negara Sahabat

Posted: 07 Nov 2018 10:15 PM PST

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima 13 Duta Besar Luar Biasa dan Bekuasa Penuh (LBBP) negara sahabat untuk Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/11). Jokowi menerima langsung surat kepercayaan dari para Dubes. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima 13 Duta Besar Luar Biasa dan Bekuasa Penuh (LBBP) negara sahabat untuk Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/11). Jokowi menerima langsung surat kepercayaan dari para Dubes. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menerima surat kepercayaan dari Duta Besar LBBP Irlandia untuk Indonesia Olivia Leslie di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/11). Jokowi didampingi Menlu, Seskab, dan Mensesneg. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo menerima surat kepercayaan dari Duta Besar LBBP Irlandia untuk Indonesia Olivia Leslie di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/11). Jokowi didampingi Menlu, Seskab, dan Mensesneg. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima surat kepercayaan dari Dubes LBBP Lesotho untuk Indonesia Mayor Jenderal Lineo Poopa di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/11). Jokowi menerima langsung surat kepercayaan tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima surat kepercayaan dari Dubes LBBP Lesotho untuk Indonesia Mayor Jenderal Lineo Poopa di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/11). Jokowi menerima langsung surat kepercayaan tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi usai menerima surat-surat kepercayaan 13 Duta Besar Luar Biasa dan Bekuasa Penuh (LBBP) negara sahabat untuk Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/11). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi usai menerima surat-surat kepercayaan 13 Duta Besar Luar Biasa dan Bekuasa Penuh (LBBP) negara sahabat untuk Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/11). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebanyak 13 Duta Besar Luar Biasa dan Bekuasa Penuh (LBBP) negara sahabat untuk Indonesia bersiap memberikan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/11). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebanyak 13 Duta Besar Luar Biasa dan Bekuasa Penuh (LBBP) negara sahabat untuk Indonesia bersiap memberikan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/11). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Trik Makeup untuk Sembunyikan Pipi Tembam

Posted: 07 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bagaimana makeup dipoles seharusnya membuat Anda makin terlihat percaya diri. Sementara sebagian perempuan sangat nyaman dengan pipi tembam yang terlihat menggemaskan, sisanya justru malah jadi tak percaya diri.

Anda masuk tim kedua? Kalau iya, tips makeup berikut bisa Anda terapkan. Mulai dari mengaplikasikan kontur, pilih warna blush on yang tempat, sampai cara blending, berikut tips makeup untuk menyembunyikan pipi tembam seperti dikutip dari Boldsky, Kamis (8/11/2018).

Pakai kontur adalah kunci

Hal pertama yang perlu diingat ketika ingin menyembunyikan pipi tembam, yaitu dengan menciptakan bentuk wajah menggunakan kontur. Karena ingin terlihat lebih tirus, kontur harus diaplikasikan secara vertikal karena akan membantu membuat wajah lebih panjang.

Pilih warna blush on yang lebih terang

Warna-warna terang seperti baby pink, bahkan oranye bakal membuat tulang pipi Anda terlihat lebih jelas. Meng-highlight bagian ini jadi sangat penting mengingat Anda tengah menyembunyikan pipi tembam.

Ilustrasi makeup menutupi pipi tembam. (Unsplash.com/Miguel Runa).

Bentuk alis lebih tinggi

Bagi yang memiliki masalah pipi tembam, hindari membuat alis rata seperti perempuan Korea. Bentuk alis seperti itu malah akan membuat wajah terlihat lebih lebar. Akan menjadi pilihat tepat jika membuat alis lebih melengkung sedikit karena akan membuat ilusi wajah tirus nan memanjang.

Siasati dengan wings eyeliner

Menyembunyikan pipi tembam juga bisa dilakukan dengan mengalihkan fokus ke bagian wajah yang lain. Bagian mata bisa jadi salah satu distraksi tepat. Karenanya, membuat wings eyeliner agar mata terlihat lebih besar, lalu tambahkan riasan mata smokey, sangat aman dilakukan.

Melakukan blending dengan sempurna

Melakukan blending yang baik dan benar adalah salah satu kunci untuk mengalihkan perhatian dari pipi tembam. Dengan begitu, ilusi wajah akan terlihat lebih memanjang. Misal, pastikan bedak tabur dan kontur berpadu sempurna satu sama lain untuk memberikan kesan wajah lebih tirus. (Ega Maharni)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Nekat Remaja Grobogan, Konsumsi Rebusan Pembalut Pengganti Narkoba

Posted: 07 Nov 2018 10:11 PM PST

Patroli, Semarang - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah menemukan fakta mengejutkan tentang perilaku anak muda, termasuk pelajar. Mereka, belakangan kerap mengonsumsi air rebusan pembalut wanita untuk bermabuk-mabukan.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (8/11/2018), air rebusan pembalut digunakan sebagai zat pengganti narkotika.

Penggunaan air rebusan pembalut kini telah melebar ke Grobogan, Kudus, Pati, hingga pinggiran Kota Semarang.

Penggunaan air rebusan pembalut sebagai zat pengganti narkotika sangat mengkhawatirkan, karena pembalut mengandung zat klorin yang yang dapat mengakibatkan masalah kulit, iritasi, dan kanker jika terpapar dalam jangka panjang.

Zat lainnya adalah sodium polyacrylate yang berfungsi sebagai penyerap dalam pembalut. Zat tersebut dapat menimbulkan iritasi, alergi, dan hipotensi. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurus Kering, Ini Kisah Haru Bocah Cianjur Dikurung 7 Tahun di Ruangan

Posted: 07 Nov 2018 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Iwan Mustofa terhenyak. Bocah 13 tahun di balik pintu kayu itu tampak kurus kering. Saat Iwan menyodorkan makanan dan sebotol minuman mineral, sang bocah gesit mengambil makanan dan melahapnya. Tanpa pakaian dan tidur beralas tanah, bocah malang berinisial YG itu tujuh tahun disekap di dalam sebuah ruangan.

"Kenapa masih ada anak Indonesia yang diperlakukan seperti ini?" ujar Rio, sapaan Iwan Mustofa saat mengawali perbincangan dengan Liputan6.com, Kamis (8/11/2018). 

Rio adalah Ketua Koni Cianjur. Dia aktif di lembaga swadaya masyarakat yang bergerak untuk menyelamatkan orang-orang yang keterbelakangan mental, khususnya yang mendapat perlakuaan tidak manusiawi seperti dipasung. Saat ini, dia fokus dipemberdayaan orang-orang dengan gangguan jiwa yang telah sembuh dari keterbelakangan mental.  

YG diselamatkan Rio dibantu aparat desa setempat, di Kampung Cibodas, Cianjur Selatan, Jawa Barat, Selasa, 6 November 2018. Meski kondisi bocah malang itu tampak seperti tulang dibalut kulit, namun keceriaan masih tampak dari wajah YG saat dikunjungi Rio.

YG, kata Rio, dikurung oleh keluarganya sejak dia berusia enam tahun. Ayahnya meninggal dunia, sementara ibunya berada di Arab Saudi sebagai buruh migran.

"Yang mengasuh, memberi makan adiknya yang usia sembilan tahun," tutur Rio.

Sementara sang adik tinggal bersama bibinya di rumah yang tidak jauh dari ruangan penyekapan YG.

Penuturan yang disampaikan pihak keluarga YG kepada Rio, YG sempat menjalani pengobatan. Biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Akibatnya, orangtua YG harus meminjam uang sana-sini untuk perawatan anaknya.

Akibatnya, beban utang yang ditanggung makin berat. Ibunda YG akhirnya memutuskan untuk menjadi buruh migran demi melunasi utang pengobatan anaknya.

Saat ini YG berada di RSUD Cimacan, Cianjur. "Dipulihkan dulu fisiknya, karena melihat kondisi fisiknya sangat memprihatinkan," kata Rio.

 

2 Tahun Dikurung

YG dikurung 7 tahun karena diduga mengidap gangguan kejiwaan. (istimewa)

Bukan hanya YG. Sebulan sebelumnya, Rio mengevakuasi seorang bocah yang berusia 12 tahun berinisal Fa. Informasi yang dia terima, Fa sudah dikurung dua tahun lalu di dalam ruangan berdinding kayu, beralas tanah, dan berjeruji besi. Saat ditemui Rio, keduanya dalam kondisi telanjang.

"Saat dikasih makan, mereka lahap sekali. Seperti orang kelaparan," kata Rio.

Fa merupakan warga Warung Kondang atau 10 menit dari Kota Cianjur. Selama ini dia dirawat oleh kakek-neneknya.

"Ayahnya cerai, sementara ibunya ke Saudi Arabia," kata Rio.

Rio menuturkan, ada cerita haru ketika dia mengevakuasi Fa. "Sekitar 50 meter dari tempat dia dikurung, tidak ada yang tahu. Ada kemunkinan keluarga menyembunyikan kondisi Fa karena malu, aib," kata Rio.

Dia berharap ke depan tidak lagi terjadi hal serupa yang dialami Fa dan YG. Masyarakat sekitar pun diminta membantu aparatur desa menginformasikan bila menemukan hal seperti kasus di atas.

"Komunikasikan dengan pemerintah daerah. Jangan ada lagi Fa dan YG yang dipasung, dikurung. Itu kan anak bangsa. Jangan dirampas kemerdekaan mereka," tegas Rio.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Amatir Usai Lion Air Tabrak Tiang di Bandara Bengkulu

Posted: 07 Nov 2018 10:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai penerbangan Lion Air kembali mengalami insiden pada Rabu (7/11) kemarin. Pesawat Lion Air tujuan Bengkulu-Jakarta dengan nomor penerbangan JT 633 menyenggol tiang lampu koordinat di Bandara Fatmawati. Insiden ini terjadi saat bersiap untuk lepas landas.

Meski tak ada korban jiwa, sayap kiri pesawat yang mengangkut 143 penumpang tersebut mengalami kerusakan cukup parah. Pasalnya, sayap kiri pesawat tersebut robek sehingga menyebabkan penerbangan dibatalkan.

Berdasarkan kesaksian salah satu penumpang, Endang Atmajaya, saat pesawat hendak menuju landasan penerbangan, tiba-tiba sayap kiri pesawat tersebut menyenggol sebuah tiang lampu di depan gedung VIP. Usai insiden ini terjadi, seluruh penumpang diinstruksikan kembali ke ruang tunggu untuk kemudian diberangkatkan dengan pesawat lain.

Pada video yang diambil oleh salah seorang penumpang terlihat pesawat berhenti di landasan pacu dengan kondisi bagian ujung sayap kiri rusak parah. Video tersebut diunggah oleh akun Twitter @ramass09.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Masih diinvestigasi

Boeing 737 MAX 8 milik Lion Air (foto: Camelia)

Terkait insiden tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui OBU Wilayah VI langsung menurunkan Inspektur Kelayakan Udara bersama dengan Tim Bandara UPBU Fatmawati untuk melakukan investigasi. Pilot pesawat dikatakan hanya mengikuti panduan petugas bandara yang saat itu bertugas.

"Pesawat digerakkan oleh pilot dengan panduan dan petunjuk serta tanda yang diberikan oleh petugas Aircraft Movement Control (AMC)," terang Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Defisit Transaksi Berjalan Bukan Dosa

Posted: 07 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, menyatakan meski beberapa tahun terakhir Indonesia mengalami defisit transaksi berjalan, tapi dapat dikompensasi oleh banyaknya arus modal masuk ke Indonesia.

Dengan demikian, secara keseluruhan tetap terjadi surplus transaksi. Namun, pada saat ini defisit tersebut tidak bisa terkompensasi karena larinya arus modal dari Indonesia sebagai dampak normalisasi ekonomi global dengan adanya kebijakan kenaikan suku bunga bank sentral Amerika Serikat. Ini dampaknya terjadi pelemahan pada nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

"Defisit transaksi berjalan bukanlah sebuah dosa, apalagi untuk negara berkembang seperti Indonesia. Sepanjang defisit tersebut memang digunakan untuk impor barang-barang yang produktif," ungkap Sri Mulyani seperti dikutip dari laman Facebooknya, Kamis (8/11/2018).

Bendahara Negara ini menyatakan, di tengah kondisi perekonomian global, Indonesia masih memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) lebih dari Rp 1 triliun per USD dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata 5,1 hingga 5,3 persen dan inflasi yang stabil selama empat tahun terakhir pada kisaran tiga persen.

"Pemerintah dan Bank Sentral mencoba untuk meningkatkan pertumbuhan dengan tetap menjaga stabilitas ekonomi. Kebijakan fiskal digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan pembangunan nasional," kata dia.

Sementara itu, Sri Mulyani meminta pemerintah fokus untuk menginvestasikan kepada infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM). Sektor swasta juga dilibatkan dalam pembangunan melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Sebagai hasilnya, tingkat kemiskinan turun di bawah 10 persen dan gini ratio tingkat kesenjangan kemiskinan juga menurun," imbuhnya.

Dengan kondisi pembiayaan keuangan yang semakin mahal dan pengetatan likuiditas ini, pemerintah pun akan menjadi lebih berhati-hati dalam menentukan prioritas dalam projek pembangunan. Ini semua dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan ekonomi dunia yang akan menuju pada kondisi normal yang baru.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Bank Dunia: Defisit Transaksi Berjalan RI Bakal Melebar

Kapal mengangkut peti kemas dari JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/11). Berdasarkan data BPS, pertumbuhan ekspor kuartal III/2018 mencapai 7,7 persen, berbanding jauh dengan kuartal III/2017 sebesar 17,26 persen. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya, Bank Dunia meramalkan defisit transaksi berjalan atau Current Account Defisit (CAD) yang saat ini membengkak masih akan terus melebar.

Country Director World Bank Indonesia, Rodrigo Chavez, mengatakan meskipun langkah kebijakan yang menentukan dan terkoordinasi yang diambil telah secara signifikan berhasil meningkatkan ketahanan terhadap gejolak pasar keuangan.

Di sisi lain, sektor keuangan Indonesia yang dangkal serta tingkat ekspor dan investasi langsung asing yang relatif rendah menyiratkan tekanan dari arus keluar modal kemungkinan akan terus berlanjut.

"Sementara itu, defisit transaksi berjalan diperkirakan akan melebar menjadi 2,4 persen dari PDB pada tahun 2018 dan stabil pada 2,3 persen di tahun 2019," kata dia dalam acara laporan lndonesia Economic Quarterly Bank Dunia edisi September 2018 yang dirilis hari ini di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis, 20 September 2018.

Dia menjelaskan, kondisi tersebut terjadi karena arus keluar pendapatan utama yang lebih rendah diimbangi oleh nilai tukar perdagangan (terms of trade, TOT) yang lebih lemah.

"Permintaan investasi yang terus berlanjut untuk barang modal yang diimpor, dan menurunnya pertumbuhan para mitra dagang utama," ujar dia.

Dia menyebutkan, langkah-langkah pemerintah untuk menekan defisit transaksi berjalan seperti menaikkan pajak atas 1.147 komoditas impor dan menunda proyek infrastruktur publik dinilai tidak akan memiliki dampak yang besar pada transaksi berjalan dalam waktu dekat ini. 

"Langkah-langkah tersebut sebenarnya mungkin memiliki akibat yang tidak diinginkan mengingat kebutuhan Indonesia untuk memperluas ekspor, yang mensyaratkan pemberian fasilitas impor, dan keuenjangan infrastrukturnya yang besar," kata dia.

Dengan komitmen yang ditunjukkan oleh otoritas fiskal dan moneter terhadap stabilitas ekonomi, lanjutnya, tekanan berkelanjutan dari gejolak global kemungkinan akan menimbulkan pengetatan tambahan terhadap kondisi ekonomi makro.

"Oleh karena itu, risiko penurunan pertumbuhan ekonomi telah meningkat. Walaupun nilai mata uang yang lebih rendah akan membantu menahan defisit transaksi berjalan dan merangsang pertumbuhan ekspor," tambah dia.

Selain itu, depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat juga dapat menurunkan kepercayaan konsumen dan meningkatkan inflasi, yang mengakibatkan pertumbuhan konsumsi yang lebih lambat.

"Imbal hasil obligasi yang lebih tinggi akan menyebabkan pembiayaan yang lebih mahal bagi korporasi, yang dapat mengurangi pemulihan kredit dan investasi swasta yang sedang merebak," ujar dia.

Peningkatan proteksionisme juga menimbulkan risiko yang tinggi bagi Indonesia melalui pertumbuhan ekspor yang melambat atau melalui efek perluasan (spillover) yang negatif dari pertumbuhan regional yang lebih lambat sebagian melalui harga komoditas yang lebih lemah. 

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Dugaan Pemerkosaan di Lokasi KKN, Ini Sikap UGM 

Posted: 07 Nov 2018 10:00 PM PST

Yogyakarta - Kasus dugaan kekerasan seksual yang dialami seorang mahasiswi FISIPOL UGM oleh sesama rekan mahasiswa ketika menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pulau Seram Maluku tahun 2017 lalu kembali mencuat beberapa hari terakhir.

Melalui sebuah tulisan berjudul Nalar Pincang UGM Atas Kasus Perkosaan, media kampus Balairungpress.com pun menjelaskan dengan gamblang bagaimana penyintas menunggu keadilan hingga saat ini.

Penyintas yang disampaikan bernama Agni (bukan nama sebenarnya) masih menanti keadilan dari pihak kampus. Apa yang telah dialaminya saat KKN pun disampaikan dengan jelas melalui tulisan yang dipublikasikan 5 November lalu.

"Diperkosa ketika KKN, Agni terus berusaha menagih hak dan keadilan kepada pihak UGM. Sementara pelaku melenggang menuju kelulusan."

Itulah tajuk dalam tulisan yang digunakan untuk mengambarkan bagaimana penyintas belum mendapatkan sebuah keadilan. Malahan, pelaku tetap saja bisa bebas melenggang menuju kelulusan tanpa sanksi, hanya pencabutan keikutsertaan KKN saja.

Dalam tulisan, diceritakan secara runtut kejadian yang dialami Agni termasuk upaya yang dilakukan sejak akhir 2017 lalu mencari keadilan. Bahkan, nilai KKN Agni pun mendapatkan C yang tentu saja memperburuk kondisi psikis penyintas tersebut meski akhirnya diperbaiki menjadi A/B. Agni dianggap ikut bersalah atas kejadian yang terjadi pada 30 Juni 2017 lalu.

Pun begitu, pihak kampus sebenarnya telah melakukan beberapa upaya menyelesaikan kasus yang dialami Agni. Membentuk tim, memberikan konseling hingga menahan yudisium pelaku HS yang telah menjalani sidang skripsi Agustus 2018 lalu. Namun, upaya yang dilakukan pihak kampus dinilai masih belum memberikan rasa aman dan keberpihakan pada penyintas.

Di laman petisi online change.org, petisi untuk mengusut tuntas dugaan kasus perkosaan di UGM pun telah muncul sejak kemarin dan hingga Rabu (7/11/2018) sudah lebih dari 51 ribu yang memberikan tanda tangan dukungan. Selain mengusut tuntas, petisi tersebut meminta pihak kampus untuk memperkuat regulasi terkait pelecehan seksual.

Setelah mencuatnya kembali kasus ini, pihak UGM pun akhirnya memberikan respon melalui pernyataan Kepala Bagian Humas Dr Iva Ariani. Iva mengatakan pihak UGM siap membawa kasus tersebut ke ranah hukum apabila memang bisa membantu penyintas menemukan keadilan.

"Kami akan mengambil langkah tegas, untuk dibawa ke ranah hukum agar keadilan bisa ditegakkan. UGM pasti membantu korban mendapat keadilan," ungkap Iva, Rabu, 7 November 2018.

UGM menurut Iva juga memastikan empati pada penyintas dan telah mengupayakan agar penyintas mendapatkan keadilan. "Kami pastikan diproses secara hukum, jika terbukti melakukan tindak pidana pasti akan ada sanksi tegas secara akademis," tegasnya.

Baca berita menarik KRJogja.com di sini

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Nama Beken yang Absen di Piala AFF 2018

Posted: 07 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Piala AFF 2018 sebentar lagi akan dimulai. Timnas Indonesia bakal memulai petualangan di ajang dua tahunan itu dengan menghadapi tuan rumah Singapura, Jumat (9/11/2018).

Di Piala AFF 2018, timnas Indonesia tergabung di Grup B. Selain Singapura, ada Thailand, Filipina dan Timor Leste. Sedangkan untuk peserta Grup A, ada Vietnam, Malaysia, Myanmar, Kamboja dan Laos. 

Mulai edisi 2018, Piala AFF memakai format berbeda. Pada babak grup, dilakukan sistem kandang-tandang setengah kompetisi. Contohnya, Timnas Indonesia akan dijamu Singapura, namun tidak akan menjamu negeri Singa.

Sayangnya Piala AFF 2018 ini takkan diikuti beberapa pemain bintang. Banyak nama-nama beken yang terpaksa absen berlaga dengan berbagai alasan.

Berikut 4 nama beken yang tidak berlaga di Piala AFF 2018:

 

 

 

- Boaz Salossa

Pemain Persipura Jayapura, Boaz Salossa (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Boaz tidak dipanggil pelatih timnas Indonesia Bima Sakti ke Piala AFF 2018. Boaz kalah bersaing dengan pemain naturalisasi Beto Goncalves, Dedik Setiawan, Riko Simanjuntak hingga Irfan Jaya.

Pemain asal Persipura Jayapura itu memang sedang menurun ketajamannya musim ini. Serangkaian cedera membuat Boaz kerap absen di Liga 1 musim ini. Boaz baru membuat sembilan gol saja.

Boaz pernah bersinar di Piala AFF 2004 (dahulu bernama Piala Tiger). Boaz muda waktu itu membantu Indonesia lolos ke final sebelum dikalahkan Singapura di final.

- Vu Van Thanh

Pemain Indonesia, Andik Vermansah (kiri), berebut bola dengan pemain Vietnam, Vu Van Thanh, dalam laga leg pertama semifinal Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (3/12/2016). (Bola.com/Peksi Cahyo)

Timnas Vietnam yang menjadi salah satu kandidat juara dipastikan tidak akan diperkuat bek andalannya Vu Van Thanh pada Piala AFF 2018.

Vu Van Thanh harus absen karena mengalami cedera ligamen lutut kanan. Cedera tersebut didapat saat tampil di Liga Vietnam bulan September lalu.

Cedera tersebut cukup parah. Vu Van Thanh sampai-sampai dibawa ke Korea Selatan untuk menjalani perawatan. Vu Van Thanh diperkirakan akan absen hingga enam bulan.

- Chanathip Songkrasin

Pemain tim nasional Thailand, Chanathip Songkrasin (kanan). (AFP/Roslan Rahman)

Chanathip Songkrasin tidak akan bermain di Piala AFF 2018. Penyebabnya bukan karena cedera atau performa menurun. Chanathip sedang sibuk bersama klubnya Consadole Sapporo di Liga Jepang.

Lionel Messi Thailand itu tidak bisa ikut Piala AFF 2018 karena tak mendapat izin dari klubnya. Sebagai catatan, Piala AFF memang tak masuk agenda resmi FIFA sehingga klub boleh menolak melepasnya.

Selain Chanatip, tiga pemain Thailand lain juga bernasib sama yakni Teerasil Dangda, Kawin Thamsatchanan, dan Theerathon Bunmathan.

Chanatip merupakan pemain kunci Thailand saat menjadi juara Piala AFF 2014 dan 2016.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Mandiri Layani Pengelolaan Keuangan bagi Kemenko Perekonomian

Posted: 07 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Mandiri menyediakan layanan perbankan untuk memudahkan dan mempercepat transaksi keuangan di lingkungan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian.

Penandatanganan nota kesepahaman tentang Penyediaan dan Pemanfaatan produk layanan Perbankan Bank at Work ini dilakukan Kepala Biro Umum Kemenko Perekonomian Hari Kristijo dengan Regional CEO Bank Mandiri Wilayah Jakarta III Maqin Noorhadi.

Penandatangan MoU disaksikan Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono Moegiarso dan Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Alexandra Askandar.

Dia mengatakan, kerjasama ini merupakan suatu awal yang sangat baik dengan Bank Mandiri. Ke depan kerja sama akan dikembangkan ke berbagai program strategis di sektor keuangan yang dicanangkan pemerintah.

Beberapa di antaranya seperti pengelolaan fintech, e-commerce, ekonomi kreatif, hingga gerakan nasional nontunai.

"Terima kasih atas dukungan Bank Mandiri, mulai hari ini kita sudah menandatangani nota kesepahaman, ini tentu awalan yang sangat baik antara Kemenko Perekonomian dengan Bank Mandiri," ujar Susiwijono di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perkonomian, Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Alexandra mengatakan, Bank Mandiri akan menyediakan solusi perbankan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pegawai Kemenko Perekonomian melalui fasilitas dan produk perbankan Bank Mandiri Group dengan fitur yang lebih komprehensif dan kompetitif, baik dari sisi tarif maupun suku bunga.

Keseluruhan transaksi tersebut dapat dilakukan melalui fasilitas Mandiri Internet Banking, Mandiri ATM, Cabang Bank Mandiri dan Mini ATM/Electronic Data Capture (EDC) agar tercipta sistem transaksi yang transparan dan akuntabel.

"Misalnya untuk kebutuhan yang bersifat proteksi, nantinya pegawai akan bisa mendaftar di Mandiri Dana Pensiun Lembaga Keuangan (Mandiri DPLK), AXA Mandiri Financial Services, atau Mandiri AXA General Insurance. Sedangkan untuk kesehatan, bisa dengan Mandiri Inhealth. Dan untuk investasi, bisa dengan Bank Syariah Mandiri, Mandiri Investasi dan Mandiri Sekuritas," ujar Alexandra.

Alexandra melanjutkan, pihaknya juga menyiapkan Kartu Pegawai co-branding Mandiri e-money bagi karyawan di lingkungan Kementerian Koordinator Perekonomian.

Sehingga ke depan, keberadaan kartu pegawai berfungsi sebagai alat pembayaran. Dia juga berharap, dukungan perseroan melalui layanan Bank at Work itu mampu mendukung pelaksanaan peran dan fungsi Kementerian Koordinator Perekonomian.

"Keberadaan Kartu Pegawai yang berfungsi sebagai uang elektronik ini akan memberikan nilai tambah dan manfaat karena bisa digunakan sebagai alat pembayaran, seperti di gerbang tol, di atas Bis Transjakarta, maupun pembayaran parkir," katanya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Bank Mandiri Sosialisasikan PPh 0,5 Persen ke 11.590 UMKM

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo. Dok Humas BUMN

Bank Mandiri terus mendukung Kementerian Keuangan dalam memperluas basis wajib pajak sekaligus meningkatkan kesejahteraan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Tanah Air.

Untuk itu, perseroan bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dalam mensosialisasikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 tahun 2018 tentang penerapan Pajak Penghasilan (PPh) Final sebesar 0,5 persen bagi Pelaku UMKM.

Rencananya, sosialisasi PP tersebut akan dilakukan terhadap 11.590 pelaku UMKM yang terdaftar di 19 Rumah Kreatif BUMN (RKB) Bank Mandiri di seluruh Indonesia.

Berdasarkan PP tersebut, tarif pajak khusus ini berlaku sejak Agustus 2018 untuk pembayaran pajak periode Juli 2018 dan diberikan kepada pelaku UMKM dengan omzet maksimal Rp 4,8 miliar setahun.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan bagian dari pendampingan yang diberikan perseroan kepada UMKM binaan agar mereka dapat semakin mandiri dalam mengembangkan usaha.

"Melalui sosialisasi ini, kami berharap dapat membantu UMKM binaan dalam memiliki NPWP, menghitung kewajiban pajak serta melakukan pembayaran pajak," kata Kartika saat penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) di Kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Di sisi lain, lanjut dia, sosialisasi ini juga akan menguntungkan UMKM karena kepemilikan NPWP akan memberikan pelaku UMKM binaan kesempatan lebih besar untuk memperoleh akses pembiayaan yang lebih besar dari bank.

"Tentu saja calon debitur akan semakin layak atau bankable jika memiliki NPWP sehingga mereka bisa mengakses kredit segmen yang lebih besar, baik mikro, SME ataupun segmen komersial di perbankan," ucapnya.

Secara keseluruhan, pembiayaan UMKM oleh Bank Mandiri pada akhir akhir triwulan III tahun ini telah mencapai Rp 78,8 triliun, tumbuh tipis dibandingkan periode September 2017 sebesar Rp 78,07 triliun.

Adapun jumlah penerima kredit UMKM Bank Mandiri tercatat sebanyak 888.050 rekening.Data Ditjen Pajak Kementerian Keuangan menyebutkan, saat ini jumlah pembayar pajak dari segmen UMKM hanya sekitar 1,5 juta wajib pajak, dibandingkan dengan total sekitar 60 juta UMKM yang ada di Indonesia.

Lebih lanjut, Kartika juga menyampaikan, sebagai dukungan dalam peningkatan kepatuhan wajib pajak, pihaknya tengah menyelesaikan proses integrasi data wajib pajak yang tercatat di Bank Mandiri.

Integrasi wajib pajak ini meliputi data faktur pajak, SPT, data pembayaran dan data lainnya dengan mekanisme host to host.

"Kami berharap dukungan ini dapat meningkatkan pelayanan dan pengawasan otoritas fiskal secara efektif, efisien, sinergis dan terintegrasi demi meningkatkan kepatuhan wajib pajak," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suka Menaruh Tanaman dalam Rumah? Ini 4 Manfaatnya

Posted: 07 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tanaman dalam rumah memiliki banyak manfaat. Tentunya apabila ditata dan dirawat dengan baik.

Salah satu tips untuk menaruh tanaman dalam rumah adalah dengan tidak meletakannya di kamar. Hal ini karena tanaman mengeluarkan karbondioksida yang tidak bagus saat Anda tidur.

Walaupun begitu, tidak ada salahnya untuk menaruh tanaman dalam rumah. Melansir Step to Health pada Kamis (8/11/2018), berikut beberapa manfaat hal tersebut.

1. Memurnikan udara

Pada siang hari, tanaman menyerap gas yang mencemari udara yang dihirup. Mereka juga meningkatkan kelembaban di udara. Selain itu, di musim panas tanaman akan mendinginkan suasana dan sebaliknya. 

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

2. Membantu bekerja dan belajar

Ilustrasi Foto Tanaman Hias (iStockphoto)

 Memiliki tanaman di rumah bisa mendukung Anda untuk bekerja atau belajar. Hal ini karena mereka bisa mengurangi kebisingan baik internal maupun eksternal, terutama di ruang kecil dan tertutup. Selain itu, stres juga bisa berkurang karena kita bekerja dengan lebih efisien.

 

3. Mengurangi debu

Jika Anda bosan dengan bentuk pot tanaman Anda, Anda bisa menggunakan tiga benda ini (iStockPhoto)

Dengan menyerap gas yang mencemari udara, memurnikan lingkungan, dan mengurangi polusi, tanaman membantu mengurangi debu hingga 20 persen. Ini juga membantu Anda dalam pekerjaan rumah tangga.

 

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Ilustrasi Foto Bunga Berduri (iStockphoto)

Tanaman bisa meningkatkan rasa percaya diri karena efek visual yang mereka miliki. Hal ini membuat rumah menjadi terasa lebih menyenangkan, nyaman dan indah.

Namun, mereka juga perlu dirawat. Melakukan hal tersebut bisa membantu Anda untuk menikmati bagaimana mereka tumbuh dan berkembang. Semua perasaan tersebut tentu memberikan rasa sukacita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adu Mulut di Konpers Donald Trump, Jurnalis CNN Diboikot Masuk Gedung Putih

Posted: 07 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, New York - Gedung Putih memboikot akses wartawan media ternama Amerika Serikat, CNN untuk meliput di sana. Penangguhan akses tersebut terjadi usai terjadi adu mulut dalam sesi tanya jawab dengan Presiden AS Donald Trump.

Seperti diberitakan BBC, Kamis (8/11/2018), seorang staf Gedung Putih mencoba merebut mikrofon yang dipegang Jim Acosta dari CNN saat konferensi pers pada Rabu 7 November. Sementara sang jurnalis berusaha mengajukan pertanyaan kedua kepada Donald Trump.

Juru bicara resmi Gedung Putih, Sarah Sanders membenarkan bahwa akses liputan Jim Acosta dihapus. Wartawan CNN itu disebut "orang kasar, mengerikan" oleh Trump pada konferensi pers hari Rabu.

Video kejadian itu dengan cepat beredar di dunia maya.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di Twitter, Sarah Sanders mengomentari insiden tersebut.

"Fakta bahwa CNN bangga dengan cara perilaku karyawan mereka tidak hanya menjijikkan, itu adalah contoh dari tidakan keterlaluan mereka untuk semua orang, termasuk kepada wanita muda yang bekerja di Gedung Putih," tulis Sarah Sanders.

"Sebagai akibat dari insiden hari ini, Gedung Putih melarang akses masuk wartawan yang terlibat sampai pemberitahuan lebih lanjut."

Jubir Gedung Putih itu kemudian berbagi klip insiden itu, mengatakan mereka "tidak akan menoleransi perilaku yang tidak pantas didokumentasikan dengan jelas dalam video itu".

Sementara Acosta mengunggah twit mengatakan dia dihentikan oleh Secret Service di Gedung Putih. Ia dilarang masuk ke kantor kepresidenan AS itu.

Saksikan video perseteruan Donald Trump dengan Jim Acosta berikut ini:

 

Dikecam Jurnalis

Presiden AS, Donald Trump terlibat adu mulut dengan jurnalis CNN, Jim Acosta (tengah) saat konferensi pers di Gedung Putih sesaat setelah pemilu sela digelar, Rabu (7/11). Ketegangan bermula dari pertanyaan sang wartawan soal imigran. (MANDEL NGAN/AFP)

Dalam sesi tanya jawab pada konferensi pers hari Rabu itu, Donald Trump berseteru dengan Jim Acosta setelah diberikan pernyataan terkait kafilah migran yang menuju ke AS dari Amerika Tengah.

Tak lama kemudian seorang anggota staf perempuan berusaha mengambil mikrofon yang dipegang Acosta, setelah Donald Trump mengatakan bahwa jurnalis CNN itu tak diperkenankan untuk bertanya lagi.

"Sudah cukup, itu sudah cukup," kata Donald Trump kepada Acosta lalu menyuruhnya duduk dan meletakkan mikrofon.

"CNN seharusnya malu pada diri mereka sendiri, karena Anda bekerja untuk mereka". Caramu memperlakukan Sarah Huckabee (Sanders) mengerikan," tutur Trump.

Aksi pemboikotan akses Jim Acosta menuai kecaman dari sejumlah jurnalis.

Asosiasi Koresponden Gedung Putih -- sebuah kelompok yang mewakili korps pers di kediaman presiden -- menyebut keputusan itu "di luar batas" dan "tidak dapat diterima".

"Kami mendesak Gedung Putih untuk segera mencabut larangan itu."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Umrah, Nikita Mirzani Tak Ingin Ulangi Kesalahan Masa Lalu

Posted: 07 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Nikita Mirzani, sempat mengatakan dirinya ingin menenangkan diri setelah diterpa banyak masalah. Ia mengaku ingin ke Eropa.

Ternyata, Nikita Mirzani tak menyendiri di Eropa, melainkan ke Tanah Suci. Ibu dua anak ini memilih untuk beribadah sambil menenangkan hati dan pikiran.

Itu terlihat dari unggahan-unggahannya di akun Instagram Nikita Mirzani. Salah satu yang menarik dari posting-an tersebut, tampak Nikita memandang Kakbah dari jendela kamarnya.

Di sana, Nikita Mirzani memanjatkan doa yang dituangkan sebagai keterangan foto.

"Terimakasih Yaa Allah… Terimakasih atas seluruh nikmat, rahmat dan hidayah yang telah Kau berikan padaku. Terimakasih atas segala kemudahan yang telah Kau berikan dalam hidupku," tulis Nikita Mirzani, Rabu (8/11/2018).

 

Cobaan

Nikita Mirzani (Foto: Instagram)

Tak hanya berterima kasih atas kemudahan hidup, Nikita Mirzani juga mengakui mendapat ujian yang membuatnya dewasa.

"Terimakasih atas semua pelajaran hidup yang telah Kau berikan untuk mendewasakanku. Terimakasih atas semua ujian dan cobaan yang telah Kau berikan agar aku dapat " lulus", walaupun hasilnya tidak selalu memuaskan," lanjutnya. 

Minta Ampun

Nikita Mirzani merasa dirinya berlumur dosa. Di tempat suci ini ia memohon ampunan kepada Allah SWT agar dirinya tak lagi mengulangi kesalahan yang sama.

"Yaa Allah…Yaa Rabb…Yang Maha Pengasih & Maha Penyayang…Yang Maha Mengampuni… Maafkanlah aku atas segala khilafku. Maafkanlah atas semua kesalahan yang sengaja kulakukan di hadapan-Mu. Ampunilah seluruh dosa yang telah kulakukan. Bantulah aku agar aku tidak mengulangi kembali kesalahanku yang telah lalu," pungkas pemain film Nenek Gayung ini. (Amrikh Palupi/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Instruksi Keselamatan Pesawat Ini Bikin Ngakak Penumpang

Posted: 07 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tak selamanya naik pesawat menegangkan, di maskapai ini instruksi keselamatan disampaikan dengan lucu hingga membuat penumpang terhibur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Beri Bonus Rp 250 Juta untuk Lifter Eko Yuli

Posted: 07 Nov 2018 09:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi memberikan bonus uang sebesar Rp 250 juta kepada atlet angkat besi Indonesia, Eko Yuli Irawan. Bonus ini sebagai imbalan atas prestasi Eko Yuli meraih juara dunia pada ajang Angkat Besi 2018 yang dihelat di Ashgabat, Turkmenistan.

"Pak Presiden berikan bonus Rp 250 juta untuk Pak Eko, biar langsung masuk Pak Eko," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Selain Jokowi, Kemenpora juga memberikan bonus sebesar Rp 200 juta kepada Eko Yuli. Bonus lain juga diperoleh pria asal Lampung ini dari Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi, Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia (PB PABBSI).

Namun, besaran bonus yang akan diberikan PABBSI belum diketahui. Ketua Umum PB PABBSI Rosan P Roeslani ini belum mau membocorkan nominalnya.

"Pasti ada dari kita. Kita memang berikan bukan hanya ke atlet, tapi juga ke tim yang support, termasuk sampai tukang pijatnya, pelatihnya, kita berikan," jelas Rosan.

Rosan menerangkan, penetapan besaran bonus untuk Eko Yuli akan dibahas dalam rapat internal PB PABBSI.

"Yang pasti alhamdulillah-lah nanti sedang dirapatkan. Soalnya kita mau rinci dulu sampai barapa orang yang dapat. Soalnya baru pulang kemarin malam ini. Nanti kita perinci Insyaallah akan menyenangkan-lah," kata dia.

Eko Yuli meraih 3 medali emas pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2018 di Ashgabat, Turkmenistan. Pada babak final kelas 61 kg di Ashgabat, Sabtu, 3 November malam, Eko mencatat total angkatan clean & jerk sebesar 174 kg, yang merupakan rekor dunia baru. Angkatan itu didapat di kesempatan ketiganya setelah Eko mencatatkan 165 kg dan 170 kg.

Reporter: Titin Supriatin

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Lion Air Tertahan di RS Dharmais karena Jadi Rebutan Istri

Posted: 07 Nov 2018 09:55 PM PST

Fokus, Jakarta - Setelah teridentifikasi, jenazah Rudolf Petrous Sayers, korban Lion Air JT-610, disemayamkan di rumah duka Rumah Sakit Dharmais, Jakarta Barat. Namun, jenazah korban diklaim oleh dua orang ahli waris yang masing-masing mengaku sebagai istri sah almarhum. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (11/8/2018), anak-anak dan istri pertama Rudolf Petrous Sayers mendatangi rumah duka Rumah Sakit Dharmais, Jakarta Barat, di mana korban disemayamkan.

Mereka bermaksud membawa jenazah Rudolf ke Manado. Bahkan untuk meyakinkan semua pihak, istri pertama korban, Yuke Meiske Pelealu, membawa foto kopi akta nikah dan Kelahiran ketiga anak hasil pernikahannya dengan Rudolf.

Menurut istri pertama korban, Yuke Meiske Pelealu, korban teridentifikasi melalui DNA yang diambil dari anak keduanya. Yuke pun menegaskan belum bercerai dengan korban, dan bersikukuh membawa jenazah korban ke Manado.

Sebelumnya, jenazah Rudolf Petrous Sayers teridentifikasi oleh Tim DVI Mabes Polri, dibawa oleh pihak istri kelima ke Rumah Duka Dharmais, Selasa sore, 6 November lalu. Korban Lion Air dengan nomor registrasi PK-LQP ini rencananya akan dimakamkan di TPU Kampung Pulo, Jakarta Selatan.

Namun, adanya kisruh sengketa ahli waris tersebut, jenazah korban hingga kini masih berada di Rumah Duka Dharmais. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Minta Partai Politik Segera Serahkan Desain Alat Peraga Kampanye

Posted: 07 Nov 2018 09:51 PM PST

Liputan6.com, Papua - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua meminta partai politik (parpol) segera menyerahkan desain alat peraga kampanye karena pihak penyelenggara akan menyiapkan baliho dan lain sebagainya untuk Pemilihan Legislatif atau Pileg 2019 mendatang.

Menurut Komisioner KPU Provinsi Papua Tarwinto, pihaknya meminta kepada seluruh partai politik untuk segera menyiapkan desain alat peraga kampanye Pileg 2019.

"Jika partai politik sudah menyerahkan desainnya, maka KPU akan segera mencetak alat peraga kampanyenya," ujar Tarwinto, seperti dilansir Antara, Kamis (8/11/2018).

Dia mengatakan, batas waktu penyerahan desain alat peraga tersebut sudah lewat, yakni pada 5 November 2018. Oleh karena itu, dia mengharapkan desain sudah diserahkan dalam pekan ini agar alat peraga kampanye dapat segera dicetak.

"KPU menyediakan alat peraga kampanye, di mana sesuai aturan undang-undang akan menyediakan 10 baliho buah dan 18 spanduk, namun pengadaannya mengalami keterlambatan, karena kami menunggu desain dari partai politik," papar Tarwinto.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Ada Aturan

Alat peraga kampanye yang dipasang KPUD Bengkulu sudah rusak saat masa kampanye masih berlangsung (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Tarwinto juga menegaskan, pemasangan alat peraga kampanye ada aturannya. Salah satunya, kata dia, kendaraan umum pelat kuning dilarang dipasangi alat peraga kampanye.

"Terkait dengan maraknya alat peraga kampaye pada kendaraan umum plat kuning di wilayah Jayapura dan sekitarnya, penertibannya menjadi tanggung jawab dari Panitia Pengawasan (Panwas) setempat," kata dia.

Senada dengan Tarwinto, Juru Bicara Partai Demokrat Provinsi Papua Kadkis Matdoan mengatakan, desain alat peraga kampanye partainya sudah siap dan tinggal diserahkan kepada KPU.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kakeknya Akan Digelari Pahlawan Nasional, Begini Tanggapan Anies

Posted: 07 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Abdul Rasyid Bawedan akan dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, hari ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan hadir mewakili keluarga.

Anies yang merupakan cucu dari AR Baswedan itu mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan pemerintah RI. "Kita sampaikan apresiasi terima kasih pada pemerintah," katanya di Balai Kota Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Anies bercerita, sejak kecil ia tinggal satu rumah dengan kakeknya di Jogja. "Saya akan menghadiri pemberian gelar pahlawan nasional pada kakek kami, AR Baswedan. Kebetulan saya pribadi tumbuh besar bersama dengan kakek satu rumah di Jogja," ujarnya.

Banyak kenangan antara Anies dan kakeknya. Mantan Menteri Pendidikan itu masih mengingatnya.

"Pulang TK kakek biasa jemput sampai rumah, karena TK enggak jauh. Setiap hari saya mengantar ke kantor pos sama Beliau karena Beliau adalah seorang wartawan," katanya.

Diketahui A.R. Baswedan merupakan tokoh keturunan Arab yang dikenal sebagai seorang jurnalis, diplomat, serta sastrawan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenko Maritim Berupaya Selesaikan Aturan Kawasan Strategis Nasional

Posted: 07 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) menggelar Lokakarya Nasional Penataan Ruang Laut untuk Kawasan Strategis.

Ini dilakukan sebagai upaya percepatan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai perencanaan penetapan zonasi Kawasan Strategis Nasional (KSN).

Asisten Deputi Jasa Kemenko Maritim, Okto Irianto, mengungkapkan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan dan amanat Perpres Nomor 16 Tahun 2017 tentang Kebijakan Kelautan Indonesia (KKI), perlu ada susunan rencana zonasi KSN.

"Kemenko Maritim dan KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) punya rencana strategis. Di dalam rencana strategis dan KKI itu kita akan lihat ada beberapa peraturan yang menjadi target kita untuk segera diselesaikan," kata Okto saat lokakarya nasional, di Hotel Millennium, Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Okto menyampaikan, dalam penyusunan draft ada beberapa tahapan yang mestinya dilewati, yakni seperti fase perencanaan, pemanfaatan dan pengendalian.

"Kuncinya kita hanya bisa pemanfaatan kita hanya bisa melakukan pemanfaatan kalau sudah ada perencanaan. Di mana di dalam perencanaan ini sudah ada payung hukum yang kita siapkan untuk melakukan pemanfatan tadi," kata Okto.

Okto mengatakan, sejak 2017 hingga 2018, Kemenko Maritim bersama KKP sudah berupaya untuk melakukan penyusunan rencana zonasi KSN.

Dalam penyusunan tersebut, telah ditetapkan beberapa trayek atau lokasi KSN. Misalnya saja, pada 2017 ada dua kawasan yang sudah dalam tahap harmonisasi oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yakni di Jabodetabekpunjur dan Batam, Bintan, dan Karimun (BBK) .

Kemudian, pada 2018 telah ditetapkan sebanyak enam rencana zonasi KSN. Dari keenam tersebut satu di antaranya sudah masuk tahap harmonisasi dari Kemenkumham yakni Gerbangkertosusila.

Sementara kelimanya masih dalam Panita Anggota Kerja (PAK) oleh KKP. Kelimanya yakni Kedungsepur, Mebidangro, Mamminasata, Bima serta satunya masuk dalam proses KAP yaitu Taman Nasional Komodo.

Selain itu, lanjut Okto ada tujuh zonasi kawasan strategis nasional lagi yang masuk dalam penyusunan pada 2019 mendatang. Yakni kawasan Raja Ampat, Biak, Sarabagita, Binturni, Sasamba, Batulicin, Pacangsanak.

Diketahui, KSN merupakan wilayah yang penataan ruangnya diprioritaskan karena mempunyai pengaruh sangat penting secara nasional terhadap kedaulatan negara, pertahanan dan keamanan negara, ekonomi, sosial, budaya dan/atau lingkungan.

Termasuk juga pada wilayah yang telah ditetapkan sebagai warisan dunia serta pendayagunaan sumber daya alam dan atau teknologi tinggi.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Masyarakat Bisa Lapor Masalah Kemaritiman Melalui Aplikasi Ini

Ilustrasi aplikasi mobile. Dok: Akamai.com

Sebelumnya, Kementerian Koordinator (Kemenko)  Bidang Kemaritiman atau disebut Kemenko Bidang Kemaritiman mengajak masyarakat untuk ikut andil dalam memajukan sektor kemaritiman nasional melalui aplikasi PESAN (Pengelolaan Sistem Informasi Aspirasi Kemaritiman).

Melalui aplikasi ini, Kemenko Maritim menampung baik pertanyaan, komentar, aduan, masukan/saran terkait kemaritiman.

Kepala Biro Informasi dan Hukum (BIH) Kemenko Bidang Kemaritiman, Latief Nurbana, mengatakan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia. Oleh karena itu, untuk mewujudkan itu perlu dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia. 

"Melalui aplikasi PESAN yang telah dilaunching pada September lalu, kami ingin seluruh masyarakat bisa memberikan aspirasinya baik berupa komentar saran/masukan, ataupun pengaduan-pengaduan. Hal ini, sebagai langkah memajukan kemaritiman nasional," ujar dia di Jakarta, Kamis 4 Oktober 2018.

Dia menjelaskan, dengan luas laut mencakup 2/3 dari seluruh luas wilayah Indonesia atau sekitar 5,8 juta km2 dan nilai perekonomian diperkirakan mencapai Rp 36 triliun-Rp 60 triliun per tahun, menjadikan sektor kemaritiman sebagai peluang untuk menciptakan ekonomi nasional yang kuat dan berkeadilan. 

"Sesuai dengan nawacita pemerintahan Jokowi-Jk ingin menjadikan sektor maritim menjadi tulang punggung ekonomi bangsa. Maka dari itu, peran serta masyarakat baik saran, usulan, atau gagasan sangat diperlukan untuk merealisasikan itu semua," ujar dia.

Oleh karena itu, lanjut Latief, seluruh masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan Aplikasi PESAN ini sebagai bagian ikut serta membangun perekonomian bangsa melalui sektor kemaritiman.

"Melalui aplikasi ini memudahkan masyarakat memberikan laporan apa pun tentang kemaritiman secara terpadu," kata dia.

Aplikasi ini sesuai dengan amanah  Undang -Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, bahwa informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang, dan hak mendapatkan informasi adalah hak asasi manusia. Aplikasi PESAN ini dibuat agar semua pesan ataupun pelaporan dapat terpantau dengan baik, dan kita dapat meresponnya juga dengan baik.

Sementara itu, Kasubag Publikasi Kemenko Bidang Kemaritiman, Khairul Hidayati mengungkapkan, aplikasi ini akan memutus mata rantai informasi dari masyarakat ke pusat. Sehingga ‎informasi yang ada di masyarakat bisa dengan mudah dan cepat diterima oleh Kemenko Maritim

"Aplikasi ini menjawab kebutuhan informasi saat ini. Dengan aplikasi ini masyarakat bisa dengan mudah mengirim pesan ke kami, dan bisa langsung kami respon dengan cepat," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP 2018: Rossi Terancam Digusur Vinales

Posted: 07 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Valencia - Balapan MotoGP 2018 akan segera menggelar seri pamungkas. Seperti biasa, balapan terakhir akan digulir pada MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo. Namun, kali ini tak ada lagi pertarungan sengit untuk memperebutkan gelar juara dunia.

Itu karena gelar juara dunia MotoGP 2018 sudah jatuh ke tangan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Kepastian itu sudah didapat Marquez usai balapan MotoGP Jepang. Saat itu, Marquez sukses merebut podium juara sekaligus menutup peluang para rival untuk menggusurnya.

Tak hanya status juara dunia, posisi runner-up MotoGP 2018 pun besar kemungkinan sudah jadi milik Andrea Dovizioso. Usai balapan MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (4/11/2018), pembalap Ducati itu kini unggul 25 poin atas Valentino Rossi yang jadi rival terdekat.

Sial bagi Rossi, finis di urutan ke-18 MotoGP Malaysia justru membuatnya terancam kembali digusur di klasemen. Itu karena rekan setimnya, Maverick Vinales, yang duduk di posisi keempat kini hanya berjarak dua poin.

Vinales bisa menyalip Rossi jika mendapatkan hasil lebih baik pada MotoGP Valencia, Minggu (18/11/2018). Kebetulan, Ricardo Tormo juga bukan sirkuit yang bersahabat dengan The Doctor.

 

Klasemen MotoGP 2018

1. Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) 321 poin

2. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP18) 220 poin

3. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha (YZR-M1) 195 poin

4. Maverick Viñales SPA Movistar Yamaha (YZR-M1) 193 poin

5. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 149 poin

6. Johann Zarco FRA Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1) 149 poin

7. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 148 poin

8. Danilo Petrucci ITA Pramac Ducati (GP18) 144 poin

9. Andrea Iannone ITA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 133 poin

10. Jorge Lorenzo SPA Ducati Team (GP18) 130 poin

11. Dani Pedrosa SPA Repsol Honda (RC213V) 106 poin

12. Alvaro Bautista SPA Angel Nieto Team (GP17) 105 poin

13. Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP17) 91 poin

14. Franco Morbidelli ITA EG 0,0 Marc VDS (RC213V)* 50 poin

15. Aleix Espargaro SPA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 44 poin

16. Hafizh Syahrin MAL Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1)* 40 poin

17. Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP17) 35 poin

18. Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16) 35 poin

19. Bradley Smith GBR Red Bull KTM Factory (RC16) 30 poin

20. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)* 23 poin

21. Scott Redding GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 15 poin

22. Karel Abraham CZE Angel Nieto Team (GP16) 10 poin

23. Mika Kallio FIN Red Bull KTM Factory (RC16) 6 poin

24. Stefan Bradl GER LCR Honda (RC213V) 3 poin

25. Katsuyuki Nakasuga JPN Yamaha Factory (YZR-M1) 2 poin

26. Xavier Simeon BEL Reale Avintia (GP17)* 1 poin

27. Michele Pirro ITA Ducati Team (GP18) 1 poin

 

Jadwal MotoGP Valencia

Jumat, 16 November 2018

15.55-16.40 WIB: FP1

20.05-20.50 WIB: FP2

Sabtu, 17 November 2018

15.55-16.40 WIB: FP3

19.30-20.00 WIB: FP4

20.10-20.25 WIB: Kualifikasi 1

20.35-20.50 WIB: Kualifikasi 2

Minggu, 18 November 2018

15.40-16.00 WIB: Pemanasan

20.00 WIB: Balapan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Priyanka Chopra Tampil bak Putri Salju di Pesta Lajangnya

Posted: 07 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Makin mendekati hari pernikahan yang disebut akan dilangsungkan di Jodhpur, India, pada 2 Desember 2018 mendatang, Priyanka Chopra sepertinya sangat menikmati momen-momen terakhir menjadi single.

Ia menggelar pesta lajang yang cukup istimewa bersama sejumlah teman, termasuk calon iparnya, Sophie Turner. Di sebuah unggahan di Instagram-nya, Priyanka Chopra terlihat menawan dalam balutan gaun sequin putih dengan sentuhan manik-manik.

Gaun mini dengan mantel bulu putih yang menjuntai ke bawah ini membuat calon istri Nick Jonas tersebut tampak bak putri salju. Mantel itu sendiri merupakan salah satu koleksi musim dingin Boss yang dibanderol seharga 895 dolar Amerika atau sekitar Rp 13 juta.

Intip penampilan Priyanka Chopra dengan gaun putih berbulu di pesta lajangnya (Foto: instagram/priyankachopra)

Bersama dengan dominasi putih sampai ke heels, gaun mini perempuan 36 tahun itu tampak mendapat sentuhan ornamen emas. Sementara itu, semua sahabat Priyanka tampak kompak memakai busana dengan sentuhan warna merah.

Motif bulu putih disebutkan bakal jadi busana pengantin Priyanka Chopra. Sebelumnya, ia pernah mengenakan sweater berbulu yang dipadukan dengan kaus kaki dan sepatu boot kulit ular. Mantel krem dan kacamata persegi yang besar menjadi sentuhan akhir dari tampilan Priyanka kala itu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan Permohonan Tahanan Kota Ratna Sarumpaet Ditolak

Posted: 07 Nov 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ibunda aktris Atiqah Hsiholan, Ratna Sarumpaet, masih menjalani masa tahanan di Polda Metro Jaya. Ratna Sarumpaet ditahan sejak satu bulan lalu akibat kasus dugaan penyebaran berita bohong.

Demi kebaikan ibunya, Atiqah Hasiholan beserta kuasa hukum Ratna Sarumpaet berupaya mengajukan pengalihan penahanan, menjadi tahanan kota. Namun permohonan ini ditolak.

"Untuk tahanan kota tidak dikabulkan," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (8/11/2018).

Tentunya sejumlah orang tentunya bertanya-tanya, apa alasan permohonan pengalihan penahanannya ditolak. Kepada awak media, Kombes Pol Argo Yuwono pun memberi penjelasannya.

"Alasannya masih dilakukan penahanan adalah subjektivitas penyidik. Artinya penyidik masih tetap melakukan penahanan," ujarnya.

 

Kesehatan Menurun

Tersangka Ratna Sarumpaet keluar dari mobil untuk memeriksa kesehatannya di Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (10/10). Ratna Sarumpaet ditahan terkait kasus hoaks penganiayaan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pengajuan pengalihan penahanan ini berkaitan dengan kesehatan Ratna Sarumpaet yang menurun. Pengacara Ratna menuturkan bahwa psikis kliennya mengalami tekanan.

"Melihat kondisi beliau juga yang dalam kondisi masa pengobatan, dan harus setiap hari mengonsumsi obat ya kan. Ini kan tentu sangat berpengaruh ya kan dalam fisik dan jiwanya," jelas Insank Nasrudin.

Jaminan

(instagram/atiqahhasiholan)

Sebelumnya, Atiqah Hasiholan juga bersedia menjadi jaminan bila pengajuan pengalihan penahanan atas ibundanya disetujui oleh kepolisian.

"Memang saya menjaminnya, pengalihan ini kan harus ada penjamin, penjaminnya saya dan kakak saya," ujar Atiqah Hasiholan ditemui usai menjenguk ibunya di Polda Metro Jaya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PBB Gelar Rakornas Bahas Dukungan Pilpres Awal Desember

Posted: 07 Nov 2018 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra memutuskan menerima tawaran menjadi pengacara Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Namun demikian, PBB menyatakan langkah Yusril tersebut tidak otomatis menjadikan partai ini jadi pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

Ketua Bidang Pemenangan Presiden DPP PBB Sukmo Harsono mengungkapkan, bergabungnya Yusril menjadi pengacara Jokowi-Ma'ruf belum mempunyai pengaruh hingga ke akar rumput, khususnya untuk caleg-caleg PBB. PBB akan tentukan sikap pada saat Rakornas.

"Maka Rakornas akan mendengarkan pandangan para pengurus baik provinsi dan cabang, di sanalah nanti sesungguhnya akan kelihatan ke mana arah PBB dalam soal Pilpres," ujar Sukmo saat dihubungi, Kamis (8/11/2018).

Sukmo menuturkan, rencananya Presiden Jokowi akan diundang dalam rakornas tersebut. Dia menyebut, PBB juga pernah mengundang Jokowi hadir dalam agenda partai beberapa tahun lalu.

"Bisa jadi Panitia OC juga mempertimbangkan akan mengundang Pak Jokowi lagi jika disetujui oleh DPP," ucapnya.

Awal Desember

Sementara, Sekjen PBB Afriansyah Ferry Noor mengatakan, Rakornas bakal digelar pada awal Desember 2018. Dirinya tak menjelaskan spesifik waktu dan tanggalnya.

"PBB insyaAllah akan adakan Rakornas. InsyaAllah awal Desember 2018, mendengarkan aspirasi DPC, DPW arah PBB (di Pilpres) kemana," ungkapnya saat dihubungi, Kamis 8 November 2018.

 

Reporter: M Genantan

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Diperiksa Kantor Imigrasi Bali, Ini Reaksi Miyabi

Posted: 07 Nov 2018 09:32 PM PST

Fokus, Denpasar - Mantan artis film dewasa asal Jepang, Maria Ozawa alias Miyabi diperiksa petugas Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar, saat berkunjung ke Bali untuk mengahdiri pesta ulang tahun seorang rekannya.

Maria Ozawa mengaku kecewa karena dituduh datang ke Bali untuk berbisnis. Padahal, dirinya datang hanya untuk bersenang-senang. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (11/8/2018), Maria Ozawa menjalani pemeriksaan hampir 3 jam di Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar, Selasa malam, 6 November lalu.

Wanita 32 tahun berdarah Jepang-Kanada itu diamankan usai menghadiri sebuah acara pesta ulang tahun di Seminyak.

Petugas imigrasi tiba-tiba datang ke pesta dan menanyakan paspor Miyabi. Wanita yang kini bermukim di Filipina itu kemudian dibawa ke kantor Imigrasi untuk dimintai keterangan. Usai menjalani pemeriksaan, Maria Ozawa langsung meninggalkan Bali melalui Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tokoh Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional, Siapa Saja?

Posted: 07 Nov 2018 09:32 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan pada 2018 ada enam tokoh yang menyandang gelar pahlawan nasional. Penganugerahannya pun akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Penganugerahannya besok, Kamis, 8 November 2018, di Istana oleh Presiden. Ada enam tokoh yang bergelar Pahlawan Nasional," ujarnya ketika ditemui usai memberikan pembekalan pada bimbingan teknis penguatan kapasitas pendamping bansos pangan dan bimbingan teknis pendamping sosial kelompok usaha bersama bedah kemiskinan rakyat sejahtera 2018 di Surabaya, Rabu, 7 November 2018, dilansir Antara.

AGK, sapaan akrabnya, mengaku bersyukur karena tahun ini Presiden telah menetapkan enam tokoh dari sejumlah nama yang diusulkan, lalu dilakukan proses hingga muncul tokoh-tokoh yang layak menyandang gelar pahlawan nasional.

"Untuk nama-namanya saya lupa, tapi asalnya dari Bangka Belitung, DI Yogyakarta, Banjarmasin, Jawa Tengah, Banten dan Sulawesi Barat," ucap mantan anggota DPR RI asal Fraksi Partai Golkar itu.

Khusus tokoh asal Jatim, kata dia, tahun ini diakuinya belum ada tokoh yang dianugerahi Pahlawan Nasional.

Penganugerahan gelar tahun ini, ujar dia, lebih banyak dibandingkan 2017, yakni empat tokoh masing-masing Tuan Guru Kiai Haji (TGKH) Muhammad Zainuddin Madjid asal Nusa Tenggara Barat, Laksamana Malahayati asal Aceh, Sultan Mahmud Riayat Syah asal Kepulauan Riau, serta Prof Drs Lafran Pane asal Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keempat tokoh tersebut mendapat gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 115/TK/Tahun 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun, enam tokoh yang akan mendapat gelar Pahlawan Nasional 2018, yaitu Depati Amir dari Bangka Belitung, Abdulrahman Baswedan dari DI Yogyakarta, Pangeran Muhammad Noor dari Banjarmasin (Kalimantan Selatan).

Kemudian, Kasman Singodimedjo dari Jawa Tengah, KH Sjam'un dari Banten, serta Ibu Agung (Hj. Andi Depu) dari Sulawesi Barat.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keindahan Candi Borobudur Bikin Mariah Carey Terpana

Posted: 07 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penampilan Mariah Carey dalam konsernya yang digelar di Magelang, Jawa Tengah, Selasa (6/11/2018) malam, ternyata membawa kesan mendalam kepada sang diva. Terutama mengenai keindahan Candi Borobudur yang menjadi latar pemandangan dalam konser tersebut. 

Buktinya, Mariah Carey  sempat berpose di depan candi dari abad kesembilan ini, dan membagikannya di media sosial.

Dalam foto yang ia unggah pada Rabu (8/11/2018) lalu, Mariah Carey mengambil foto tersebut dengan kostum panggungnya, yakni sequin dress keunguan.

"Pengalaman yang begitu hebat bisa tampil di depan Candi Borobudur yang cantik. Terima kasih banyak atas konser yang hebat, Indonesia!" tulis Mariah Carey.

Reaksi Warganet

Kalimat penuh kekaguman dari Mariah Carey ini langsung disambut oleh warganet Indonesia. Sebagian besar mengucapkan terima kasih karena pelantun "Hero" ini telah tampil di Tanah Air. Tak sedikit pula yang menyesal karena absen dalam konser tersebut.

"I love you mimi, kuharap bisa melihatmu lagi, penampilanmu sangat-sangat hebat," tutur @fyuliansyah.

"Terima kasih Mimi atas penampilanmu yang MENAKJUBKAN di Indonesia," tulis @sjuliani15.

"Terima kasih telah datang ke Indonesia Mimi! Maaf aku tak bisa bertemu denganmu," kata @alfanhiii.

 

Konser Mariah Carey

Konser Mariah Carey (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Tak hanya di media sosial, saat konser pun Mariah Carey sempat memuji keindahan pemandangan Borobudur dan sekitarnya. "It's such a beautiful location (Ini tempat yang indah)," ujar Mariah Carey

Dalam konser yang dihadiri sekitar 6 ribu penonton tersebut, membawakan 14 lagu. Beberapa lagu yang ia nyanyikan antara lain "I Don't Wanna Cry", "Don't Forget About Us", "Always Be My Baby", dan "Emotions".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemilik Alfamart dan Indomaret Kompak Cetak Laba di Atas 100 Persen

Posted: 07 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Emiten ritel telah merilis kinerja keuangan sepanjang sembilan bulan pertama 2018. Dari sejumlah emiten ritel, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) dan PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET) mampu membukukan kinerja positif selama sembilan bulan pertama 2018.

Berdasarkan laporan keuangan yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Kamis (8/11/2018), PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk mencatatkan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tumbuh signifikan 244,44 persen menjadi Rp 335,16 miliar hingga akhir September 2018. Dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar Rp 97,30 miliar.

Akan tetapi, pendapatan operator Alfamart hanya naik tipis 8,77 persen dari Rp 45,60 triliun selama sembilan bulan pertama 2017 menjadi Rp 49,60 triliun hingga akhir September 2018.

Beban pokok pendapatan naik 8,5 persen dari Rp 36,77 triliun hingga akhir September 2017 menjadi Rp 39,90 triliun hingga akhir September 2018. Hal itu mendorong laba bruto naik 9,8 persen menjadi Rp 9,69 triliun selama sembilan bulan pertama 2018.

Beban penjualan naik 8,21 persen dari Rp 7,77 triliun hingga akhir September 2017 menjadi Rp 8,41 triliun hingga akhir September 2018. Beban umum dan administrasi bertambah 10,03 persen menjadi Rp 966,82 miliar. Laba usaha naik 43,2 persen menjadi Rp 850,3 miliar.

Perseroan memperoleh kenaikan 26,89 persen dari pendapatan lainnya menjadi Rp 562,73 miliar hingga akhir September 2018.

Total liabilitas turun menjadi Rp 15,83 triliun pada 30 September 2018 dari periode 31 Desember 2017 sebesar Rp 16,65 triliun. Ekuitas tercatat naik menjadi Rp 5,51 triliun pada 30 September 2018. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk kantongi kas Rp 1,17 triliun.

 

Pemilik Indomaret Cetak Laba

Seorang pria melintas di depan papan monitor di Mandiri Sekuritas, Jakarta, Selasa (30/5). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET) mencatatkan laba Rp 125,06 miliar hingga akhir September 2018. Laba itu tumbuh 168,38 persen dari periode sama tahun sebelumnya Rp 46,59 miliar.

Pendapatan tumbuh 140,09 persen menjadi Rp 95 miliar hingga sembilan bulan pertama 2018. Perseroan sebagai operator Indomaret mencatatkan laba dari entitas asosiasi naik 163,4 persen dari Rp 81,29 miliar hingga akhir September 2017 menjadi Rp 214,20 miliar. Pendapatan lainnya naik menjadi Rp 855,04 juta hingga akhir September 2018.

Namun, beban penjualan naik menjadi Rp 87,82 miliar hingga akhir September 2018. Dibandingkan akhir September 2017, beban penjualan tercatat Rp 33,81 miliar. Beban umum dan administrasi naik menjadi Rp 71,54 miliar hingga akhir September 2018. Namun, perseroan mampu menurunkan beban lainnya dari Rp 2,91 miliar hingga akhir September 2017 menjadi Rp 373,45 juta hingga akhir September 2018.

Hal itu mendorong laba usaha perseroan tumbuh 290,9 persen menjadi Rp 150,32 miliar hingga akhir kuartal III 2018.

Dengan melihat kinerja itu, perseroan membukukan laba per saham naik dari 3,29 dari akhir September 2017 menjadi 8,82 hingga akhir September 2018.

Total liabilitas perseroan naik menjadi Rp 2,54 triliun pada 30 September 2018 dari periode 31 Desember 2017 sebesar Rp 2,42 triliun. Ekuitas perseroan tercatat Rp 8,72 triliun. Perseroan kantongi kas menjadi Rp 184,91 miliar pada 30 September 2018.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Membuat Roti Maryam yang Lembut dan Enak

Posted: 07 Nov 2018 09:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Roti Maryam adalah merupakan salah satu kue khas yang berasal dari timur tengah. Meski begitu roti ini cukup populer di Tanah Air. Apalagi cara membuat roti maryam terbilang cukup mudah. Roti maryam atau yang dikenal juga sebagai kue canai / cane merupakan salah satu jenis roti pipih yang tidak menggunakan bahan pengembang. Makanan ini biasanya disajikan sebagai makanan pokok atau makanan selingan dan disantap bersama dengan bahan pelengkap atau masakan lainnya. Biasanya, roti maryam disantap bersama dengan kari atau juga dimakan dengan menambahkan saus coklat, madu, keju dan topping lain untuk menambah citarasanya.

Kue atau roti maryam adalah salah satu jenis roti yang bentuknya bundar dengan tekstur empuk dan renyah. Bahkan banyak juga yang menyebutnya kue canai atau roti konde karena memang bentuknya seperti konde rambut. Di beberapa negara, seperti Singapura roti ini lebih dikenal dengan nama resep roti prata atau resep roti canai di Malaysia 

Cara membuat roti maryam bisa dibilang cukup mudah dan hanya memerlukan sedikit bahan. Proses pembuatannya juga cukup simpel. Nah, berikut ini Liputan6 rangkum dari berbagai sumber, beberapa cara membuat roti maryam.

1. Cara membuat roti maryam sederhana

Bahan-bahan

- 500 gr tepung terigu

- 75 gr margarine atau mentega

- 2 sdt garam

- 200 ml air

- 2 butir telur ayam

- 150 ml minyak goreng atau secukupnya

Cara membuat roti maryam sederhana:

- Masukkan tepung terigu dalam wadah yang cukup besar.

- Masukkan telur ayam, garam, dan air kira-kira 50 ml. Aduk hingga campuran merata. Uleni adonan sambil sesekali dibanting sehingga adonan menjadi kalis.

- Ambil adonan dan buat bulatan, lalu masukkan ke dalam wadah yang bisa ditutup. Kemudian diamkan selama kurang lebih 2 jam sehingga adonan mengeras.

- Setelah kurang lebih 2 jam, ambil adonan bulat kemudian potong atau iris-iris. Pisahkan setiap 50 gr irisan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.

- Ambil adonan yang diiris kemudian kembali iris dengan menggunakan tangan.

- Ambil wadah besar, olesi dengan minyak goreng. Ambil irisan adonan lalu bentangkan sehingga keluar guratan tipis. Perciki dengan menggunakan mentega cair. Kemudian satukan guratan adonan tersebut. Gulung hingga berbentuk bulatan padat.

- Masukkan dalam kulkas dan diamkan selama 15 menit.

- Keluarkan adonan, tuang minyak dalam wajan anti lengket. Masukkan adonan kemudian pipihkan dengan menekan permukaan adonan di atas wajan.

- Tuang minyak dalam penggorengan dan panaskan dengan menggunakan api sedang.

- Masukkan adonan dan masak satu per satu hingga matang. Angkat dan tiriskan.

- Sajikan dengan menggunakan berbegai topping sesuai selera.

2. Cara membuat roti maryam yang lembut

Bahan-bahan:

- 250 gr tepung terigu serbaguna

- 100 ml susu cair

- 1 btr telur

- 5 sdm margarin, cairkan

- 5 sdm minyak goreng

- 1/2 sdt garam

- Air secukupnya

Cara membuat roti maryam yang lembut:

- Campurkan susu cair, telur, margarin cair, minyak goreng, garam dan 100 ml air. Aduk menggunakan garpu atau balloon whisk hingga semua bahan tercampur.

- Masukkan tepung terigu, aduk rata. Uleni menggunakan tangan hingga adonan kalis dan tidak lengket sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit untuk menyelsuaikan tekstur adonan. Tekstur adonan yang ideal untuk membuat roti maryam adalah seperti adonan kulit martabak telur. Adonannya lembek namun tidak bisa dituang, mudah dibentuk dan elastis.

- Sesudah adonan kalis, diamkan adonan kurang lebih selama 1 jam. Tutuplah adonan menggunakan serbet bersih yang dibasahi atau menggunakan plastik agar kelembabannya tidak hilang.

- Sesudah 1 jam, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan bentuklah bulatan-bulatan kira-kira sebesar bola pingpong. Diamkan lagi kurang lebih selama 10-15 menit.

- Setelah didiamkan, adonan kini siap untuk diproses lagi. Ambil 1 bulatan adonan, kemudian olesi dengan minyak goreng.

- Pipihkan adonan setipis mungkin dan selebar mungkin. Seperti saat tukang martabak membuat kulit martabak telur. Setelah pipih, gulungkan adonan sehingga membentuk gulungan memanjang. Kini adonan berbentuk seperti karpet yang digulung.

- Gulungkan lagi adonan dari kedua ujungnya secara berlawanan. Kalau adonan diletakkan melintang, gulung ujung kanan ke sebelah atas dan kiri ke sebelah bawah hingga kedua gulungan bertemu di tengah. Tumpuk kedua gulungan sedemikian rupa.

- Pipihkan gulungan adonan menggunakan botol dengan ketebalan antara 0,5-1cm atau sesuai selera.

- Panaskan wajan datar anti lengket, panggang roti maryam diatas api kecil hingga matang dan permukaan berwarna kecoklatan.

- Sajikan roti maryam selagi hangat.

3. Cara membuat roti maryam yang enak

Bahan

- 500 gram tepung terigu (protein tinggi)

- 4 butir kuning telur (ayam/bebek)

- 100 ml susu UHT Full cream

- 100 ml air hangat

- 1 sdt garam

- 125 gram margarin

- 125 grm margarin cair utk olesan

Cara membuat roti maryam:

- Campurkan semua bahan (kecuali margarin leleh), aduk menggunakan mixer (pakai yg spiral) atau bisa juga dengan tangan. Uleni adonan sampai kalis.

- Setelah adonan kalis, buat adonan menjadi bulatan-bulatan kecil sekitar 50gr dan susun berurutan pada wadah datar yang bersih.

- Ambil bulatan adonan sesuai urutannya, lalu dilebarkan/dipipihkan seperti membuat martabak telur lagi bikin kulit atau kalau susah memakai gilingan kayu dan giling setipis mungkin.

- Oleskan margarin cair pada seluruh permukaan adonan, lalu lipat seperti melipat kipas dari kertas dan tarik sepanjang mungkin (jangan sampai putus)

- Lalu, gulung adonan menjadi seperti konde. Lakukan sampai bahan habis

- Panaskan teflon anti lengket dan pipihkan adonan bentuk konde dengan spatula

- Pastikan semua dikerjakan secara berurutan sesuai dengan bahan yang dibulatkan lebih dahulu, jika ingin disimpan di freezer, tetapi harus dimasak dulu di teflon, namun jangan smpai terlalu coklat (bikin setengah matang aja), baru simpan didalam freezer.

4. Cara membuat roti maryam khas Arab

Bahan :

- 500 gr tepung terigu protein tinggi

- 1 1/2 sdt garam

- 200 ml air

- 2 btr telur

- 80 ml minyak goreng untuk adonanminyak goreng untuk celupan

- 50 gr margarin / butter 

Cara membuat roti maryam khas Arab:

- Masukkan semua bahan kecuali margarin dalam alat pembuat roti / mixer kemudian uleni selama 15 menit hingga tercanpur rata, diamkan adonan selama 15-20 menit.

- Bagi adonan rata masing-masing @50 gr, bulatkan dan celupkan dalam minyak selama 30-40menit

- Pipihkan dan lebarkan adonan, olesi dengan butter, lalu gulung memanjang. Setelah itu bentuk melingkar.

- Taruhlah diatas wajan pipih yang sudah panas dan beri sedikit minyak goreng, tekan dengan sutil hingga melebar, lakukan hingga matang kuning kecokelatan.

- Sajikan selagi hangat dengan kari atau gulai

5. Cara membuat roti maryam isi daging

Bahan-bahan:

- 12 sdm tepung terigu

- 1 sachet skm putih dicampur ± 50 ml air panas

- 1 butir telur ayam kampung

- 1/2 sdt garam atau sesuai seleragula secukupnya sesuai dengan seleramargarin cair secukupnya

- secukupnya minyak goreng

Bahan isian :

- 3 lembar daging asap1 siung bawang putih

- 1/2 siung bawang bombay ukuran kecil

- 1/2 buah tomat

- 3 sdm keju parutmerica, garam, penyedap rasa, pala bubuk secukupnya

- 1 sdt maizena diencerkan sedikit air dan santan (boleh skip) 

Cara membuat roti maryam isi daging:

- Campur tepung, air panas yang sudah dicampur skm, telur kocok, garam, gula, margarin cair. Uleni adonan sampai kalis, tambahkan sedikit minyak, campur lagi.

- Bentuk bulatan kecil. Lumuri dengan minyak goreng secara merata. Tuutup dengan kain, diamkan 1 jam.

- Buat isian. Cincang halus daging asap,bawang putih, bawang bombay, tomat. Tumis dengan margarin bawang dan daging. Masukkan parutan keju dan tomat. Tambahkan penyedap rasa, pala, merica, garam. Terakhir sedikit maizena dan santan. Aduk rata dan angkat jika sudah matang.

- Ambil bulatan adonan, gilas sampai tipis, tapi jangan terlalu tipis, karena akan diisi. Olesi dengan margarin cair, taburi dengan isian, tidak perlu penuh, sedikit ditekan.

- Gulung kecil memanjang lalu bentuk bulatan melingkar seperti konde. Lakukan semua sampai adonan habis.

- Tekan yang kuat adonan maryam,hingga ketebalan kurang lebih 1 cm Olesi kembali margarin cair.

- Panaskan teflon tanpa minyak dengan api kecil selama ± 2 menit. Masukkan adonan,balik2 hingga kecoklatan sambil sedikit ditekan.

- Siap dihidangkan. Sajikan selagi hangat enak saat dimakan.

 

Nah, itu tadi beberapa cara membuat roti maryam. Kamu bisa mengkreasikan roti maryam buatanmu dengan beberapa saus atau selai yang sesuai dengan seleramu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Samsung S5 November 2018, Smartphone dengan Layar terbaik

Posted: 07 Nov 2018 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Samsung, siapa sih yang nggak pernah mendengar nama itu? Seluruh dunia telah mengakui keunggulan produk keluaran vendor asal Korea Selatan itu. Samsung sendiri merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia yang didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan. Sektor yang menjadi pendongkrak popularitasnya apalagi kalau bukan sektor smartphone, terutama flagship ternama seperti Samsung Galaxy S5. Meski harga Samsung S5 ini dibanderol cukup tinggi, namun ponsel ini masih menjadi buruan hingga kini.

Samsung Galaxy S5 sendiri diperkenalkan pada ajang Mobile World Congress 2014 pada akhir Februari 2014 lalu. Smartphone berkelas premium ini menggebrak pasaran gadget dunia dan langsung menjadi sorotan banyak penggila gadget Samsung. Smartphone ini merupakan generasi penerus galaxy 4 dengan level kecanggihan baru dan berbagai spesifikasi yang telah ditingkatkan dari yang sebelumnya. Tak heran harga Samsung S5 ini pun selisih lebih mahal dari pendahulunya.

Sebelum menengok harga Samsung S5 di pasaran ponsel Tanah Air saat ini, yuk cek spesifikasi unggulannya lewat rangkuman Liputan6.com, Kamis (08/11/2018) dari berbagai sumber berikut ini.

Desain

(sumber: Samsung)

Hadir sebagai perangkat kelas premium, harga Samsung S5 ini pun terbilang tak murah. Namun itu sesuai dengan spesisifikasinya. Pada sektor desain misalnya, ponsel ini tampil elegan dan memberikan kesan mewah. Bahan yang dipakai sebagai bodinya juga cukup tangguh, yaitu terdiri dari campuran kaca fiber dan plastik polycarbonate yang tidak licin saat digenggam. Bahan tersebut memiliki bobot yang ringan namun tangguh. Untuk dimensinya sendiri berukuran 136,6 x 69,8 x 7,9 mm dan beratnya mencapai 145 gram. Selain itu, cover belakang tersebut bisa dilepas untuk mengakses baterai, kartu SIM, dan slot Micro-SD.

Sesuai dengan harga Samsung S5 yang harus merogoh kantong dalam-dalam, ponsel ini dilengkapi fitur berkelas. Misalnya, fitur penutup kedap air yang ditambahkan di beberapa bagian Galaxy S5, termasuk konektor USB dan segel karet di bagian dalam cover belakang. Tambahan ini melindungi Galaxy S5 dari air dan debu.

Samsung Galaxy S5 sudah memiliki sertifikasi IP67 yang menyatakan bahwa perangkat yang bersangkutan bisa bertahan di air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Selain itu, bentuk konektor USB milik Galaxy S5 terlihat berbeda dibanding perangkat lain karena smartphone ini telah mendukung standar USB 3.0. Standar tersebut memungkinkannya bekerja jauh lebih cepat dibandingkan USB 2.0

Tampil elegan dan penuh gaya, Samsung Galaxy S5 hadir dalam pilihan warna yang kekinian, diantaranya adalah Charcoal Black, Copper Gold, Electric Blue, Shimmery White.

Layar

Pada sektor layar, Samsung Galaxy S5 ini mempunyai resolusi layar 1080 x 1920 pixels full HD. Dengan ketajaman layar 432 ppi pada layar sebesar 5 inchi, akan memanjakan mata dalam menikmati semua tampilan dari layarnya. Dengan fitur AMOLED super dan pelindung glass gorilla 3 menjadikan layar dari smartphone ini semakin berkualitas.

Dapur pacu

Hadir dengan Harga samsung S5 yang harus merogoh kocek dalam-dalam, smartphone ini menjanjikan performa yang tangguh. Hal ini dibuktikan dengan disematkannya prosessor CPU Qualcomm Snapdragon 800 dan Quad-core 2.5 GHz Krait 400 serta RAM 2GB. Dengan adanya kombinasi tersebut maka pengguna tidak perlu khawatir lagi smartphone akan menjadi lemot.

Untuk sistem operasi Samsung S5 ini menggunakan android OS v4.4 (Kitkat) dipadu TouchWiz UI. Prosesor tersebut tentu sesuai dengan harga Samsung S5 yang cukup mahal. Selain itu ponsel ini hadir dengan dua pilihan memori internal, yakni 16 GB dan 32 GB. Kedua varian tersebut bisa diperluas dengan memori external hingga 128 GB.

Kamera

(sumber: samsung)

Dengan harga Samsung S5 yang ditujukan untuk kalangan menengah keatas, ponsel ini memiliki teknologi kamera yang canggih. Ponsel ini dibekali kamera belakang 16 megapixel dengan aperture F/2.2, 31mm, 1/2.6", 1.12 Îœm. Kamera belakang tersebut juga mempunyai bermacam fitur canggih seperti LED flash, Geo Tagging, Face Detection, Auto FocusSimultaneous HD video and image recording, Dual Shot, HDR, Video 2160p@30fps, Panoramic Mode, 1080p@60fps, Super Speed Shutter, dan dual-video recording.

Kamera belakang tersebut turut dibekali phase detect autofocus dan kemampuan merekam gambar high-dynamic range (HDR) secara real time, baik untuk foto maupun video. Ada pula fasilitas image stabilization untuk meredam goyangan.

Fitur lainnya yang cukup menarik adalah selective focus yang memungkinkan pengguna memilih letak fokus pada salah satu area pada foto yang diambil. Ketika terdapat dua obyek berbeda jarak dalam foto, misalnya, pengguna bisa menentukan akan fokus pada obyek foreground atau background. Uniknya, pemilihan ini dilakukan setelah gambar diambil, bukan sebelumnya.

Selective focus diaktifkan melalui sebuah icon yang tersedia di antarmuka kamera. Pengguna harus mempertahankan framing dengan tak bergerak selama beberapa detik selagi mengambil gambar dengan mode ini. Teknik pengambilan gambar tersebut terbayar dengan hasil akhir berupa efek depth-of-field sempit (background/ foreground buram) yang terlihat indah, mirip efek yang dihasilkan oleh kamera bersensor besar macam DSLR.

Sementara itu kamera depannya 2 MP dengan aperture F2.4, 22MM. Kamera depan ini juga bisa menghasilkan video beresolusi 1080p@30fps.

Fitur pendukung

Harga Samsung S5 yang cukup tinggi sangat pantas jika ponsel ini dibekali dengan sederet fitur pendukung berteknologi canggih. Hal ini dibuktikan dengan adanya health monitoring Galaxy S5 melalui aplikasi S-Health 3. Untuk mendukung hal ini, ponsel tersebut turut dibekali dengan sensor pendeteksi detak jantung yang diletakkan di bagian belakang, persis di samping LED flash kamera. Untuk menggunakannya, pengguna tinggal membuka aplikasi S-Health lalu menempatkan salah satu jari di sensor tersebut, yang akan mengeluarkan cahaya berwarna merah untuk menandai bahwa proses pendeteksian sedang berjalan. Hasilnya bakal ditampilkan di layar aplikasi dalam satuan detak per menit (beat per minute/ bpm).

Samsung Galaxy S5 juga bisa tersambung dengan perangkat Galaxy Fit melalui aplikasi Gear Fit manager untuk melakukan health monitoring secara real time. Selain itu Samsung Galaxy S5 pun datang dengan fingerprint scanner yang ditempatkan di tombol home.

Dengan segala macam kemampuan yang dimiliki, smartphone dipersenjatai baterai berdaya 2800 mAh. Kapasitas baterai tersebut tebrilang standar. Oleh karena itu untuk mengatasi baterai yang boros, Samsung menyertakan fitur baru yang cukup unik, yaitu ultra power saving mode. Seperti namanya, mode ini bakal mengubah cara kerja ponsel secara ekstrim untuk menghemat daya sebanyak mungkin. Saking ekstrimnya, layar pun diubah menjadi hanya hitam putih. Selain menurunkan frekuensi kerja prosesor, ketika mode ini dipilih pengguna, Galaxy S5 juga akan menonaktifkan koneksi data, wifi, dan lain-lain yang bisa memboroskan baterai.

Selain itu, Samsung GALAXY S5 ini juga dilengkapi dengan LTE dan Wi-Fi yang canggih yaitu generasi Wi-Fi kelima 802.11ac dan MIMO 2x2 serta frekuensi LTE dengan standar LTE Kategori 4 dalam jumlah besar. Fitu-fitur tersebut sesuai dengan harga Samsung S5 yang harus merogoh kocek dalam-dalam.

Harga Samsung S5

Menawarkan banyak keunggulan dalam spesifikasinya, harga Samsung S5 ini memang cenderung mahal. Namun ada kabar gembira buat kamu yang ingin memboyong produk keluaran Samsung satu ini pasalnya harga Samsung S5 saat ini sudah mengalami penurunan. Dengan hadirnya seri terbaru dari Samsung Galaxy, harga Samsung S5 baru saat ini sudah tidak tersedia di pasaran. Sebagai gantinya kamu bisa membeli harga Samsung S5 bekas yang berkisar Rp 900 ribuan - Rp 1,4 jutaan. Harga Samsung S5 tersebut bisa berbeda tiap daerah dan tergantung kondisinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Whipped Cream Sendiri di Rumah, Enak dan Super Creamy

Posted: 07 Nov 2018 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang hobi membuat kue, tentu saja menghias adalah hal yang paling menyenangkan dari semua proses pembuatan kue. Untuk menghias, bahan yang biasanya paling sering digunakan adalah butter cream dan whipped cream. Kedua jenis cream ini memang sering digunakan karena mudah diaplikasikan dan bisa dibentuk menjadi berbagai bentuk hiasan. Namun sekilas, orang awam masih agak sulit membedakan antara butter cream dan whipped cream.

Butter cream dan whipped cream memang memiliki persamaan, yaitu sama-sama creamy dan lembut, tetapi keduanya berbeda. Perbedaannya dapat dilihat dari segi bahan pembuatan, tekstur, dan rasanya. Cara membuat whipped cream atau krim kocok adalah krim berbentuk cair, kandungan lemaknya 30-35%. Meskipun kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi, masih bisa dikocok sampai mengeras. 

Sedangkan butter cream lebih tinggi kadar lemaknya karena terbuat dari susu kental manis, gula, dan mentega. Selain itu rasa butter cream tidak semanis whipped cream. Meskipun tidak manis, tetapi butter cream lebih terjangkau dibandingkan whipped cream.

Cara menyajikan Whipped Cream

Ilustrasi (Sumber: Pixabay)

Untuk memilih penggunaan kedua krim ini ternyata harus menyesuaikan suhu ruangan lho. Jika kue akan disajikan pada ruang yang ber-AC, indoor, dan dingin, sebaiknya gunakan whipped cream sebagai bahan dekorasi kue. Sebaliknya, untuk suhu ruangan yang agak panas, butter cream adalah pilihan yang tepat.

Hal ini dilakukan karena butter cream lebih kuat bertahan dalam suhu yang panas, sedangkan whipped cream lebih sensitif dan sama sekali tidak diperbolehkan terkena suhu yang panas.

Cara membuat whipped cream adalah krim kocok yang pengolahannya diaduk dengan memakai mesin kocok atau alat kocok lainnya. Cara membuat whipped cream ini akan diaduk-aduk hingga berubah warna menjadi cerah dan cenderung menggumpal. Supaya ada rasa lezat dan manis, maka cara membuat whipped cream biasanya diberikan campuran susu vanila. 

Kamu tahu nggak kalau whipped cream ini merupakan salah satu krim yang mempunyai kadar lemak susu sangat tinggi sehingga gizinya hampir sama dengan ketika kita minum segelas susu. Krim yang putih seperti susu ini biasanya dapat ditemukan di toko kue karena biasanya sering digunakan juga untuk atasan atau hiasan kue seperti kue ulang tahun dan lainnya.

Selain cake, cara membuat whipped cream juga bisa digunakan untuk minuman. Ya, kamu pasti sering kan memesan minuman di salah satu toko minuman ternama di dunia dengan whipped cream yang banyak.

Cara membuat whipped cream ini umumnya terbuat dari protein hewani susu sapi. Namun, sekarang ini, krim tersebut juga bisa dibuat dari bahan dasar lemak nabati atau lemak tumbuhan.

Cara membuat whipped cream sudah mulai digunakan oleh masyarakat Eropa semenjak abad ke-16. Pada masa itu mereka masih banyak menyebutnya dengan istilah salju susu atau krim salju karena memang bentuknya yang menyerupai salju. Pada abad ke-18, barulah istilah whipped cream mulai menjadi populer.

Cara membuat whipped cream sering juga disebut sebagai Crème Chantilly di beberapa wilayah. Namun ada juga yang menganggap whipped cream dan crème chantilly itu berbeda. Mereka menyatakan jika crème chantilly diberi pemanis sedangkan whipped cream tidak. Namun kamu tidak usah bingung dengan perbedaan istilah tersebut karena cara membuat serta bahan dasar dari keduanya tetaplah sama.

Bahan cara membuat whipped cream:

Bahan:

- 1 cup heavy cream yang digunakan sebagai bahan dasar

- 1/3 cup icing sugar

- 1/2 sendok teh ekstrak vanili

- 100 gram putih telur ayam

- 1 jumput garam yang akan memberikan sensasi rasa berbeda pada whipped cream

Cara membuat whipped cream:

1. Kocok putih telur dan heavy cream di dalam mangkuk dengan menggunakan mixer. Kocok pada kecepatan tinggi agar mendapatkan hasil yang fluffy atau tebal, halus, dan padat.

2. Setiap 1 menit, turunkan kecepatan menjadi paling rendah dan naikkan lagi kecepatannya.

3. Ulang tahapan di atas sebanyak 2-3 kali, lalu kocok pada kecepatan tertinggi sampai krim menjadi ringan dan berwarna putih.

4. Tambahkan icing sugar untuk jika kamu menginginkan rasa manis. Kamu juga bisa menggunakan gula halus, atau jika tidak ingin manis, tahapan ini bisa kamu lewati.

5. Tambahkan garam dan kocok sampai rata.

6. Jika whipped cream sudah jadi, kamu bisa mengeceknya dengan membalikkan wadah. Whipped cream yang bagus tidak akan jatuh ketika wadah dibalik.

Tips cara membuat whipped cream:

1. Gunakan wadah yang besar agar nanti whipped cream tidak tumpah. Karena, ketika dikocok, whipped cream akan mengembang, bisa sampai dua kali lipat dari ukuran awal.

2. Gunakan wadah yang dingin, kamu bisa memakai mangkuk stainless steel atau wadah yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu.

3. Gunakan putih telur yang masih segar, pastikan bahwa putih telur yang kamu gunakan masih bagus kualitasnya.

4. Gunakan krim dengan label heavy cream, atau bisa juga menggunakan full cream. Tapi, kamu juga bisa menggunakan krim yang memang khusus diperuntukkan membuat whipped cream.

5. Usahakan menggunakan icing sugar agar didapatkan whipped cream yang lebih kental.

Kandungan gizi whipped cream:

Pada dasarnya, bahan utama pembuatan krim kocok ini berasal dari susu, maka secara tidak langsung dengan mengonsumsi krim ini, maka kita akan mendapatkan manfaat atau khasiat dari susu. Manfaatnya di antaranya adalah dapat mencegah terjadinya osteoporosis sehingga tulang tetap sehat dan kuat serta dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Selain itu, whipped cream dapat mencegah terjadinya resiko kanker dan diabetes, dapat mempercantik kulit, serta dapat menetralisir racun yang kemungkinan terbawa oleh makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Jika kamu ingin mencoba sensasi lain dari susu sapi, maka cara membuat whipped cream ini merupakan salah satu resep yang patut untuk dicoba.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singkirkan Jonatan Christie, Ginting ke Perempat Final China Open

Posted: 07 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Fuzhou - Anthony Sinisuka Ginting menyingkirkan sesama tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. Ginting pun melenggang ke babak perempat final China Open 2018.

Pada babak kedua China Open di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, China, Kamis (8/11/2018), Ginting melakukan pertarungan tiga set melawan peraih medali emas Asian Games 2018 itu.

Di set pertama, Ginting menang 22-20 dari Jonatan. Namun Jonatan berhasil menyamakan kedudukan, dia menang 22-20 di set kedua.

Pada set penentuan, kejar-kejaran poin sempat terjadi. Ginting sempat unggul 7-3, tapi Jonatan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 9-9.

Namun Ginting mengunci kemenangan di set ketiga dengan skor 21-11. Untuk menyingkirkan Jonatan, Ginting yang masih berusia 22 tahun, harus menghabiskan waktu selama 70 menit.

Di babak perempat final China Open nanti, Ginting akan menghadapi pemenang antara unggulan kedua, Shi Yuki melawan tunggal putra Jepang, Kazumasa Sakai.

Ikuti Jejak Owi Butet

Langkah Ginting ke perempat final China Open mengikuti pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir. Unggulan ketiga di China Open menyingkirkan pasagan Korea Selatan, Kim Hwi Tae / Kim Hye Jeong.

Pasangan yang disapa Owi / Butet itu menang telak 21-4 dan 21-15. Di babak perempat final China Open, Tontowi / Liliyana akan menghadapi pemenang anatara He Jiting / Du Yue melawan Yugo Kobayashi / Koharu Yonemoto.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IMOS 2018 Berakhir, Transaksi Tembus Rp 50 Miliar

Posted: 07 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perhelatan pameran sepeda motor terbesar di Tanah Air, Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 resmi berakhir, Minggu (4/11/2018). Berlangsung selama lima hari, gelaran dua tahunan pecinta roda dua ini mencatatkan jumlah pengunjung sebanyak 95.293 orang.

Selain itu, pameran yang menempati lahan seluas 10.500 meter persegi (indoor dan outdoor) ini berhasil mencatatkan total transaksi sebanyak 1.332 unit atau senilai Rp 51.975.924.000.

Dengan catatan tersebut, IMOS membuktikan menjadi pameran sepeda motor yang sangat ditunggu oleh masyarakat. Pasalnya, dengan pameran ini para penyelenggara berharap terciptanya transfer pengetahuan mengenai perkembangan teknologi terkini hingga tercipta proses edukasi yang dinamis.

"AISI juga menargetkan IMOS dapat menjadi ajang bagi pelaku industri sepeda motor Indonesia untuk bersama-sama menciptakan pasar otomotif yang sehat, dan pelibatan industri pendukung kecil dan menengah di Tanah Air," jelas Johannes Loman, Ketua Umum AISI.

Keberhasilan pameran IMOS 2018 tidak hanya diukur dari jumlah transaksi yang terjadi, namun juga seberapa luas pameran ini dapat ikut memberikan informasi dan edukasi mengenai teknologi terkini sepeda motor.

Selanjutnya

Untuk diketahui, pameran yang disponsori oleh FIFGROUP ini diikuti oleh 60 merek dari beberapa kategori produk, yakni Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan TVS yang tergabung dalam AISI, serta merek-merek di luar AISI seperti KTM, Royal Enfield, Peugeot Scooters, SYM, SOIB, Vespa, dan Piaggio.

Tak hanya itu, berbagai merek spareparts juga akan meramaikan IMOS antara lain Shad, Respiro, NHK, KYT, Nolan, Brisk, Ohlins, M One, Ravenol, JP Helmet, Ferrox, Bosch, Astra Otoparts, Prime Gear, RSV Helmet dan merek-merek pelumas seperti Pertamina Lubricants, Evalube, Idemitsu, serta berbagai merek apparel dan riding equipment.

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Direkrut Jadi Staf Khusus Presiden, Ray Sahetapy Bangga

Posted: 07 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Surya Sahetapy, anak Ray Sahetapy dari pernikahan bersama Dewi Yull, direkrut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai bagian staf khusus.

Sebagai orangtua, Ray Sahetapy tak bisa menyembunyikan rasa bangga mengetahui anaknya ambil bagian dalam pemerintahan.

"Semua manusia ciptaan Allah, jadi harus bangga. Jangankan anak, durian aja bangga karena sedap, habis makan durian saya tadi pagi. Lagipula (Surya) sama kan, bedanya cuma dia tidak mendengar, kalian mendengar," ucap Ray Sahetapy dijumpai di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (7/11/2018).

Ray Sahetapy tak ingin sang anak cepat puas. Maka ia pun mendoktrin agar Surya Sahetapy berani bermimpi lebih tinggi dan lebih tinggi lagi.

 

Jadi Presiden

Presiden Jokowi belajar bahasa isyarat dengan Surya Sahetapy. (Foto: VIDIO)

"Aku minta dia supaya lebih dari ini. Aku bilang berani enggak jadi presiden? Masa orang tuli enggak bisa jadi presiden," imbuh pemain film Keira besutan Harry Dagoe Suharyadi tersebut.

Seperti diketahui, saat ini Surya Sahetapy tengah menjalani studi beasiswa S2 dan S3 di Amerika Serikat. Hal itulah yang membuatnya tak bisa segera mendampingi Presiden Jokowi sebagai staf khusus.

 

 

Selesaikan Kuliah

Surya Sahetapy (instagram.com/suryasahetapy)

Karena itu, Jokowi berpesan agar Surya menyelesaikan studinya terlebih dahulu. Bila tepat waktu, kemungkinan empat tahun lagi bisa selesai. 

"Saya bilang, 'Sur, kamu sekolah dulu saja di Amerika, nanti setelah pulang langsung masuk ke staf khusus presiden'. Saya sampaikan begitu karena butuh waktu. Sekolah mungkin butuh empat tahun, S2, S3," ucap Jokowi di Hotel Solitaire, kawasan Gading Serpong, Tangerang, Banten, Minggu (4/11/2018) lalu. (Kapanlagi.com/ Rahmi Safitri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Berkas Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet Resmi Dilimpahkan ke Kejaksaan

Posted: 07 Nov 2018 09:18 PM PST

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono memperlihatkan berkas tersangka Ratna Sarumpaet di Polda Metro Jaya, Kamis (8/11). Berkas kasus Ratna Sarumpaet resmi dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono memperlihatkan berkas tersangka Ratna Sarumpaet di Polda Metro Jaya, Kamis (8/11). Berkas kasus Ratna Sarumpaet resmi dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Awak media mengambil gambar berkas tersangka Ratna Sarumpaet di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (8/11). Berkas kasus hoaks yang dilakukan aktivis Ratna Sarumpaet resmi dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Awak media mengambil gambar berkas tersangka Ratna Sarumpaet di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (8/11). Berkas kasus hoaks yang dilakukan aktivis Ratna Sarumpaet resmi dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono memberikan keterangan terkait pelimpahan berkas kasus hoaks yang dilakukan aktivis Ratna Sarumpaet ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, di Polda Metro Jaya, Kamis (8/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono memberikan keterangan terkait pelimpahan berkas kasus hoaks yang dilakukan aktivis Ratna Sarumpaet ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, di Polda Metro Jaya, Kamis (8/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono memperlihatkan berkas tersangka Ratna Sarumpaet yang siap dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta saat memberikan keterangan di Polda Metro Jaya, Kamis (8/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono memperlihatkan berkas tersangka Ratna Sarumpaet yang siap dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta saat memberikan keterangan di Polda Metro Jaya, Kamis (8/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono memperlihatkan berkas tersangka Ratna Sarumpaet di Polda Metro Jaya, Kamis (8/11). Berkas kasus Ratna Sarumpaet resmi dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono memperlihatkan berkas tersangka Ratna Sarumpaet di Polda Metro Jaya, Kamis (8/11). Berkas kasus Ratna Sarumpaet resmi dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan Atiqah Hasiholan Minta Sang Ibu Dijadikan Tahanan Rumah

Posted: 07 Nov 2018 09:17 PM PST

Fokus, Jakarta - Artis Atiqah Hasiholan mengunjungi ibunya, Ratna Sarumpaet di tahanan Polda Metro Jaya. Dalam kunjunganya kali ini, Atiqah mengatakan kondisi ibunya melemah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (11/8/2018), selain melihat kondisi sang ibu, dia juga mengajukan permohonan agar ibunya menjalani tahanan kota. 

Alasannya, selama menjalani tahanan, Ratna Sarumpaet tidak bisa memeriksakan kondisi kejiwaannya pada psikiater, sehingga depresi yang dialami sang ibu membuat kondisinya memburuk. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: