Selasa, 27 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Debut Jadi Produser, Dian Sastrowardoyo Siap Garap Film Komedi

Posted: 27 Nov 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dian Sastrowardoyo kini mantap terlibat dalam produksi belakang layar, setelah dua dekade terjun di dunia seni peran sebagai aktris. Ia ternyata sudah memikirkan hal ini sejak cukup lama. 

Diskusi soal hal ini sempat terjadi pada 2013 lalu dengan salah satu produser ternama, Shanty Harmayn.

"Ini waktunya saya ikut membentuk industri film dengan mengambil peran yang lebih besar. Saya tertarik ke belakang layar sebagai creative producer," ungkap Dian Sastrowardoyo di Go-Work Menara Rajawali, Jakarta, Selasa, 27 November 2018.

Dengan berkolaborasi bersama Base Entertainment, pemeran Pasir Berbisik ini bakal menggarap tiga film layar lebar co-production selama tiga tahun ke depan. Keterlibatan Dian sebagai produser dalam proyek debutnya ini juga tidak lepas dari peran dan dukungan Shanty.

"Saat ini developing project pertama. Senang dan deg-degan akhirnya saya diajak jadi co-producer sama Mbak Shanty dan kesempatan ini nggak boleh dilewatkan,"tutur Dian Sastrowardoyo

Tantangan

(Deki Prayoga/Fimela.com)

Film pertama yang diproduseri Dian Sastrowardoyo bertajuk Guru-Guru Gokil bergenre comedy heist. Proses produksi film yang ditulis oleh Rahabi Mandra tersebut bakal dilakukan pada 2019.

Sementara, Dian mengakui proses di belakang layar sebuah film menyertakan rangkaian hal yang kompleks. Pengalaman dan kesulitan yang ia hadapi sebagai produser tak pernah terpikirkan ketika menjadi aktor.

"Jadi creative producer saya harus brainstroming, menentukan setiap momen, bikin outline bareng ternyata susah banget. Saat masuk ruang meeting harus menggodok struktur cerita," jelas Dian Sastrowardoyo.

 

Siapkan Waktu

Dian Sastrowardoyo. (Deki Prayoga/Fimela.com)

Untuk menyelami tugas seorang produser, Dian melakukan sederet hal, termasuk mendedikasikan waktunya secara penuh.

"Alokasi waktu yg benar-benar saya kosongin. Sebagai produser harus menonton film, baca buku, dan tidak bisa disambi. Saya juga dapat dukungan dari manajemen dan bisa mengejar produksi ini, kata Dian Sastrowardoyo. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenaikan Suku Bunga BI Tidak Berdampak Pada Pertumbuhan Ekonomi

Posted: 27 Nov 2018 10:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) menaikkan BI 7- Day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan sebesar 25 basis point (bps) menjadi 6,00 persen pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) beberapa waktu lalu. Kenaikan suku bunga tersebut diambil sebagai langkah BI untuk menurunkan defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD).

Lantas apakah dengan kenaikan suku bunga acuan BI juga akan memperbaiki pertumbuhan ekonomi Indonesia?

Chief Economist Cimb Niaga, Andiran Panggabean menjelaskan, kenaikan suku bunga BI sebetulnya tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Justru kenaikan suku bunga tersebut akan menurunkan tingkat perekonomian di Indonesia.

"Jadi memang menaikkan suku bunga impact-nya akan menurunkan tingkat perekonomian supaya impornya turun," kata Andrian di Graha Chimb Niaga, Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Andiran mengatkan, selama ini pertumbuhan ekonomi berjalan stagnan. Itu dikarenakan pertumbuhan impor lebih besar dibandingkan ekspor. Sehingga itu mengakibatkan CAD kian melebar.

Andiran menilai untuk meredem laju impor langkah BI untuk menaikan suku bunga acuannya dinilai tepat, meskipun pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh besar dengan kenaikan suku bunga ini.

"Tujuan untuk mengerem impor memang dengan menaikan suku bunga agar supaya dinamika bisnis itu kerem," imbuhnya,

Seperti diketahui, defisit transaksi berjalan pada triwulan III-2018 tercatat sebesar USD 8,8 miliar atau 3,37 persen terhadap PDB, lebih tinggi dibandingkan dengan defisit kuartal sebelumnya sebesar USD 8,0 miliar atau 3,02 persen terhadap PDB.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Bos BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Global Melambat Jadi 3,7 Persen di 2019

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memprediksi ekonomi global sepanjang 2018 hanya tumbuh 3,73 persen. Sedangkan pada 2019, pertumbuhan ekonomi global melambat ke level 3,70 persen.

"Pertumbuhan ekonomi dunia yang pada tahun 2018 diperkirakan sekitar 3,73 persen kemungkinan akan melandai ke 3,70 persen pada 2019," ujar Perry dalam pertemuan tahunan Bank Indonesia di JCC, Jakarta, Selasa (27/11).

Perry mengatakan, ekonomi Amerika Serikat (AS) yang tahun ini tumbuh tinggi, diperkirakan akan menurun pada 2019. Sementara, ekonomi Uni Eropa dan China akan tumbuh melandai dari tahun 2018 ke 2019.

Perkembangan tersebut, kata Perry, mendorong volume perdagangan dan harga komoditas dunia yang tetap rendah. Hal ini menjadi tantangan bagi Indonesia untuk mendorong ekspor sebagai sumber pertumbuhan ekonomi.

"Karenanya menjadi tantangan bagi upaya kita untuk menjadikan ekspor sebagai sumber pertumbuhan ekonomi nasional. Sementara itu, tekanan inflasi mulai tinggi di AS dan cenderung akan meningkat di Uni Eropa dan sejumlah negara lain," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kubu Jokowi Bidik Pendukung Setengah Hati Prabowo - Sandiaga

Posted: 27 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding mengatakan pihaknya bakal menggaet pendukung 'setengah hati' Prabowo-Sandi. Namun Karding tidak menyebutkan upaya yang akan dilakukan TKN.

"Kita akan mengambil suara yang belum die hard di Prabowo. Kita mengambil yang mendukung tapi masih ragu, masih belum 100 persen, tentu dengan upaya-upaya khusus, strategi khusus," ujar Karding saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Rabu (28/11/2018).

Dia menambahkan, untuk meraih suara pendukung setengah hati Prabowo-Sandi, peran para anggota calon legislatif diperlukan. Meski ada istilah efek ekor jas, ia meyakini setiap para caleg akan mendapat hasil maksimal baik dari sisi elektabilitas Jokowi-Ma'ruf dan para caleg itu sendiri.

Lebih dari itu, Karding mengatakan efek ekor jas bisa dihilangkan meski perhelatan Pilpres dan Pileg dilakukan secara bersamaan.

"Kalau calegnya bekerja keras maka efek ekor jas bisa kita hindari atau hilangkan, karena di beberapa negara juga ada beberapa contoh yang pemilunya dan legislatifnya bersamaan tapi pengaruh ekor jasnya juga tidak berjalan," tukasnya.

Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, imbuh Karding, juga akan membidik empat daerah yang dianggap swing voters masih tinggi.

"Kami akan fokus menggarap daerah-daerah kota, daerah-daerah kelas menengah, daerah-daerah terpelajar, dan daerah-daerah milenial. Ini yang memiliki kemungkinan dan kecenderungan untuk swing," ujarnya.

 

Garap Swing Voters

Anggota Komisi III DPR RI Abdul Kadir Karding saat menjadi pembicara Forum Diskusi Ekonomi Politik (FDEP) di Jakarta, Rabu (25/7). (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Ia menambahkan, upaya menggaet swing voters di empat daerah yang disebutkan menyesuaikan kebutuhan masyarakat setempat.

"Jadi itu nanti akan kita bangun secara baik dan kreatif fokus kepada kelompok-kelompok pemilih yang kita tuju," tandasnya.

Diketahui tiga lembaga survei yang telah merilis hasil surveinya adalah Median dengan persentase elektoral Jokowi-Ma'ruf 47,7 persen dan Prabowo-Sandi 35,5 persen. Survei dilakukan 4-16 November.

LSI Denny JA dengan hasil elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 53,2 persen, dan Prabowo-Sandi 25,7 persen. Survei dilakukan pada 10-19 November 2018.

Indikator menempatkan Jokowi-Ma'ruf unggul 57,7 persen dari Prabowo-Sandi yang meraih elektabilitas 32,3 persen. Survei dilakukan pada Maret.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Taklukkan AS Roma Jadi Pembuktian Real Madrid

Posted: 27 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Roma - Gareth Bale sukses menjadi bintang dalam kemenangan Real Madrid atas AS Roma di pertandingan Liga Champions, Rabu (28/11/2018) dinihari WIB. Satu gol pemain asal Wales ini membuat Real Madrid menang 2-0.

Selepas pertandingan, Bale menuturkan Real Madrid ingin terus tampil lebih baik. Selain itu, Bale menegaskan, timnya ingin membantah anggapan publik, Real Madrid akan melempem di bawah pelatih baru, Santiago Solari.

"Tujuannya adalah tetap tampi lebih baik. Jelas, kami punya pelatih baru jadi ini butuh waktu lebih lama. Tetapi kami hanya perlu membuktikan kalau anggapan publik salah," kata Bale seperti dilansir situs resmi UEFA.

Bukan hal mudah bagi Real Madrid mengatasi perlawanan AS Roma. Terbukti, Vazquez dan kawan-kawan baru bisa mencetak gol di menit 47 lewat aksi Gareth Bale.

Real Madrid baru bisa menambah keunggulan di menit 59. Umpan sundulan Karim Benzema dikonversi Vazquez menjadi gol lewat sontekan pelannya.

"Anda tahu, bertanding melawan tim yang bagus selalu menyulitkan," kata Bale.

 

 

Babak Kedua Lebih Baik

Para pemain Real Madrid merayakan kemenangan 2-0 atas AS Roma pada matchday kelima Grup G Liga Champions di Stadion Olimpico, Rabu (28/11/2018) dini hari WIB. (AP Photo/Andrew Medichini)

Bale menambahkan, Real Madrid tampil lebih baik pada babak kedua dibanding babak pertama. Gelandang asal Wales ini menilai, itu terjadi karena Real Madrid tidak menyerah sepanjang pertandingan.

"Kami tahu pertandingan berlangsung 90 menit, bukan 45 menit. Bahkan ketika kami bermain buruk selama 45 menit, kami hanya terus bekerja bersama," ujar Bale.

Kemenangan 2-0 ini membawa Real Madrid lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions. Los Galacticos mengemas 12 poin dari lima pertandingan.

Klasemen Grup G Liga Champions

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Keren Rahmat Hidayat, Desainer Difabel yang Dikunjungi Anne Avantie

Posted: 27 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di bawah atap rumah sederhana di Desa Sindangkerta, Bandung Barat, Rahmat Hidayat memupuk mimpi di tengah keterbatasan. Tampak jelas bahwa lelaki yang merupakan tulang punggung keluarga itu menaruh minat di dunia desain busana.

Atas inspirasi yang diberikan, Rahmat menerima kunjungan, tak hanya dari Hengky Kurniawan yang sekarang menjabat sebagai Wakil Bupati Bandung Barat, beserta istri, namun juga desainer kondang Anne Avantie.

Walau awalnya tak berencana datang, tapi karena tersentuh melihat perjuangan Rahmat lewat unggahan di akun Instagram Hengky, Anne rela menempuh perjalanan 2,5 jam dari pusat kota Bandung menuju kediaman lelaki penyandang disabilitas tersebut.

Sebelumnya, kisah Rahmat viral di media sosial, lantaran gambar yang merupakan hasil desainnya tersebar. Sampai menginspirasi tak sedikit orang, berikut deretan fakta sang desainer difabel, seperti dikutip dari berbagai sumber, Rabu (28/11/2018).

Belajar gambar secara otodidak

Berbagai model, mulai dari gaun, pakaian pengantin, kebaya, hingga busana muslim, semua dibuatnya dengan detail dan teliti di atas kertas HVS. Dengan rupa yang sebegitu cantik, Rahmat mengaku belajar menggambar secara otodidak.

Tertarik desain pakaian karena nonton drama Korea

Rahmat Hidayat menuturkan, keinginan mendesain muncul setelah menonton drama Korea berjudul King of Fashion. Alur drama tersebut membuatnya tertarik pada dunia desain. Ia pun mulai mencoba menggambar berbagai rancangan pakaian.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tak Pernah Sekolah

Anne Avantie dan Rahmat Hidayat (Dok.Instagram/@anneavantieheart/https://www.instagram.com/p/Bqrp1hLAmeF/Komarudin)

Jual hasil desain lewat Facebook

Tidak hanya dipamerkan, Rahmat Hidayat memang bermaksud menjual hasil desain dengan mengunggah deretan gambar hasil rancangan tersebut di akun Facebook-nya. Ia juga membuka jasa membuat desain sesuai permintaan bagi siapa saja yang berminat.

Terlahir dengan keterbatasan fisik

Sejak lahir, Rahmat sudah memiliki keterbatasan fisik, kedua tangan dan kakinya tidak berkembang secara sempurna. Untuk berjalan, lelaki yang sudah ditinggal sang ayah sejak kecil ini harus ngesot dengan bantuan kedua tangannya.

Tidak pernah sekolah

Dengan bakat yang dimiliki, Rahmat Hidayat mengaku sama sekali tidak pernah mengenyam pendidikan formal. Hal ini tak lepas dari kondisi ekonomi keluarga yang tergolong tidak mampu. Namun atas bantuan bibinya, Rahmat masih bisa membaca dan menulis.

Tulang punggung keluarga

Ibunda Rahmat menikah tiga kali. Suaminya yang terakhir sudah meninggal dunia. Dengan kondisi itu, Rahmat lah yang sekarang jadi tulang punggung bagi tiga adiknya yang tak bersekolah dan sang ibu. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Lumpur Hasil Pengerukan Situ Pedongkelan Kepung Permukiman Warga

Posted: 27 Nov 2018 10:12 PM PST

Dua wanita berjalan dekat tumpukan lumpur bercampur sampah dari proyek pengerukan situ Pedongkelan, Cimanggis, Depok, Rabu (28/11). Selain menimbulkan bau, banyaknya lumpur dan sampah membuat lingkungan warga tampak kumuh. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dua wanita berjalan dekat tumpukan lumpur bercampur sampah dari proyek pengerukan situ Pedongkelan, Cimanggis, Depok, Rabu (28/11). Selain menimbulkan bau, banyaknya lumpur dan sampah membuat lingkungan warga tampak kumuh. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tumpukan lumpur bercampur sampah beserta bangkai ikan dari proyek pengerukan situ Pedongkelan, Cimanggis, Depok, Rabu (28/11). Banyaknya lumpur dan sampah selain menimbulkan bau tak sedap juga lingkungan warga tampak kumuh.  (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tumpukan lumpur bercampur sampah beserta bangkai ikan dari proyek pengerukan situ Pedongkelan, Cimanggis, Depok, Rabu (28/11). Banyaknya lumpur dan sampah selain menimbulkan bau tak sedap juga lingkungan warga tampak kumuh. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seorang anak berjalan dekat tumpukan lumpur bercampur sampah dari proyek pengerukan situ Pedongkelan, Cimanggis, Depok, Rabu (28/11). Selain menimbulkan bau, banyaknya lumpur dan sampah membuat lingkungan warga tampak kumuh. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seorang anak berjalan dekat tumpukan lumpur bercampur sampah dari proyek pengerukan situ Pedongkelan, Cimanggis, Depok, Rabu (28/11). Selain menimbulkan bau, banyaknya lumpur dan sampah membuat lingkungan warga tampak kumuh. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kondisi dinding pembatas situ Pedongkelan yang miring di Cimanggis, Depok, Rabu (28/11). Proyek normalisasi Situ Pedongkelan mengakibatkan keberadaan tumpukan lumpur bercampur sampah yang mengepung areal permukiman warga. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kondisi dinding pembatas situ Pedongkelan yang miring di Cimanggis, Depok, Rabu (28/11). Proyek normalisasi Situ Pedongkelan mengakibatkan keberadaan tumpukan lumpur bercampur sampah yang mengepung areal permukiman warga. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seorang pria berjalan dekat tumpukan lumpur bercampur sampah dari proyek pengerukan situ Pedongkelan, Cimanggis, Depok, Rabu (28/11). Selain menimbulkan bau, banyaknya lumpur dan sampah membuat lingkungan warga tampak kumuh. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seorang pria berjalan dekat tumpukan lumpur bercampur sampah dari proyek pengerukan situ Pedongkelan, Cimanggis, Depok, Rabu (28/11). Selain menimbulkan bau, banyaknya lumpur dan sampah membuat lingkungan warga tampak kumuh. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KNKT: Ada Ketidaksesuaian Data Kru Kabin di Lion Air Jatuh di Karawang

Posted: 27 Nov 2018 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menerbitkan dua rekomendasi untuk maskapai Lion Air terkait kecelakaan pesawat PK-LQP nomor penerbangan JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang 29 Oktober lalu.

Investigator KNKT Subkomite Penerbangan Nurcahyo Utomo dalam pengumuman laporan awal investigasi kecelakaan Lion Air JT 610, menyebutkan dua rekomendasi itu adalah menjamin implementasi dari "operation manual part A subchapter 1.4.2" dalam rangka meningkatkan budaya keselamatan dan untuk menjamin pilot dapat mengambil keputusan untuk meneruskan penerbangan.

Kedua, menjamin semua dokumen operasional diisi dan dikomentasikan secara tepat.

"Jadi ada ketidaksesuaian antara manual book Lion Air dengan kondisi penerbangan rute sebelumnya, yaitu Denpasar-Jakarta. Dengan adanya kerusakan sensor angle of attack seperti itu harusnya pesawat kembali ke bandara asal bukan meneruskan penerbangan," katanya dilansir dari Antara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ada Ketidaksesuaian Data

Selain itu, lanjut Nurcahyo, ada ketidaksesuaian antara data kru kabin yang dituliskan dengan yang bertugas.

"Di weight and balance tercatat pramugarinya lima, sementara ditulis di dokumen ada enam," katanya.

Hasil rekomendasi tersebut berdasarkan pengunduhan dokumen dari kotak hitam Flight Data Recorder (FDR) yang telah ditemukan namun untuk Cockpit Voice Recorder (CVR) masih belum ditemukan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Surabaya Telah Siap Gelar Pemilu 2019

Posted: 27 Nov 2018 10:06 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Jawa Timur menyatakan kesiapannya dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 baik Pileg dan Pilpres.

"Kami ingin menunjukan kepada publik bahwa KPU Surabaya telah siap menyelenggarakan Pemilu 2019," ujar Ketua KPU Kota Surabaya Nur Samsi, seperti dikutip dari Antara, Rabu (28/11/2018).

Dia menyebut, ada tiga hal yang perlu disiapkan KPU, yaitu pertama tentang rekrutmen Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang dilaksanakan paling lambat satu bulan sebelum pelaksanaan pemungutan suara.

"Insyaallah, kawan-kawan PPS (Panitia Pemungutan Suara) atau petugas yang melakukan rekrutmen ini berkoordinasi dengan tokoh masyarakat setempat agar diperoleh petugas KPPS yang kredibel," ucapnya.

Kedua, lanjut Nur Samsi, terkait anggaran, berdasarkan yang disampaikan oleh pimpinan KPU RI bahwa anggaran Pemilu 2019 yang dianggarkan pada tahun 2018 ini telah siap.

"Sehingga bagi KPU Kota Surabaya tidak ada keraguan terkait dengan anggaran tersebut," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Persiapan Logistik

Petugas menata kotak suara Pemilu 2019 di Gudang KPU Kabupaten Bogor, Pondok Rajeg, Bogor, Rabu (14/11). KPU setempat menerima 75.115 kotak suara yang terbuat dari karton kedap air untuk menghadapi Pileg dan Pilpres 2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Menurut Nur Samsi, persiapan KPU yang ketiga adalah logistik. Karena, kata dia, meskipun SDM dan anggaran telah siap, apabila logistik belum siap tentunya tidak bisa dilaksanakan Pemilu 2019.

"Oleh karena itu, hal ini perlu disampaikan kepada publik bahwa KPU Surabaya telah siap dari kebutuhan logistiknya," terangnya.

Adapun, lanjut Nur Samsi, beberapa kebutuhan perspektif logistik di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dimaksud seperti bilik suara, kotak suara, segel, alat coblos TPS dan surat suara.

"Sedangkan yang belum siap sampai hari ini adalah segel dan surat suara. Insya Allah kedepan KPU RI segera menyiapkan segel dan surat suara," pungkas Nur Samsi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menaklukkan Pulau Flores Bersama Honda PCX 150 ABS

Posted: 27 Nov 2018 10:02 PM PST

Liputan6.com, Labuan Bajo - PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak komunitas pengguna Honda PCX untuk mengikuti ajang PCX Luxurious Touring dengan rute Flores – Lombok – Bali.

Liputan6.com berkesempatan untuk mengikuti salah satu rute, yaitu Ruteng dengan finis Labuan Bajo.Honda PCX yang digunakan adalah tipe yang sudah mengadopsi sistem pengereman ABS. Bagaimana rasa berkendaranya?

Honda PCX 150 sudah mengadopsi smartkey, sehingga tak perlu menggunakan lagi anak kunci untuk menyalakannya. Tombol untuk mengakses membuka jok dan tutup tangki bensin berdekatan dengan knop on/off.

Proses menyalakan mesin terasa halus, tak ada suara starter yang kasar. Begitu pula proses ISS (Idling Stop System) saat menghadapi kemacetan, dengan memelintir handle gas maka mesin akan menyala kembali.

Nah, salah satu keandalan dari Honda PCX adalah posisi riding yang bervariasi sehingga memberikan opsi bagi penggunanya. Kaki Anda bisa selonjoran ke depan untuk posisi berkendara yang santai, atau menekuk untuk posisi yang sedikit agresif.

 

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

Selanjutnya

Rute Ruteng - Labuan Bajo memberikan tantangan tersendiri (AHM)

Posisi setang yang tinggi memberikan posisi nyaman saat berkendara jarak jauh, namun masih memadai untuk bermanuver melahap tikungan yang tajam.

Tantangan terbesar dari Ruteng - Laboan Bajo adalah tipikal jalan yang sempit, tikungan ekstra tajam yang dipadu tanjakan curam. Tentu saja turunan terjal menjadi salah satu menu yang harus dihadapi.

Akselerasi yang ditawarkan oleh mesin 150 cc berteknologi eSP memang tidak menyentak. Tapi setiap putaran mesin terasa bertenaga, dan Liputan6.com bisa melahap tanjakan yang ditawarkan oleh rute ini. 

Beberapa kali jalan bergelombang hadir di tikungan tajam, beruntung sistem pengereman ABS dapat membantu mengurangi kecepatan sebelum melahap jalanan tersebut. Suspensinya terbilang nyaman untuk menaklukkan jalan yang sedikit bergelombang, dan tak terlalu empuk saat dipacu dengan kecepatan tinggi.

Saat mendapatkan trek lurus yang sepi, speedometer dapat menunjukkan kecepatan 120 km/jam. Mesinnya sudah meraung-raung, yang menandakan putaran mesin berada di angka yang tinggi. Mesin bertenaga 14,5 Tk dengan torsi puncak 13,2 Nm tersebut melakukan tugasnya dengan cukup baik.

Menariknya, Honda PCX bisa diajak sedikit bermain di luar habitatnya. Saat finis di Bukit Cinta, Labuan Bajo, Liputan6.com mengajak Honda PCX untuk melahap tanjakan dan jalanan berbatu yang sebetulnya lebih cocok untuk motor trail.

Kesimpulan

Honda PCX adalah skutik bongsor yang menyenangkan untuk bepergian jarak jauh. Karakternya bisa menunjukkan sisi elegan, maupun agresif, tergantung bagaimana cara Anda bermanuver dan memainkan handle gas untuk memeras setiap potensi yang dimiliki.

Hal yang cukup mengganjal adalah raungan mesin yang terdengar cukup keras saat kecepatan di speedometer menyentuh di angka 100 kpj. Membuat kecepatan cruising ideal yang nyaman di kecepatan 80 kpj.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Video Tikus di Pemanggang, Restoran Burger Ini Ditutup

Posted: 27 Nov 2018 10:02 PM PST

Liputan6.com, Hawaii - Sebuah restoran burger di Honolulu, Hawaii mencuri perhatian publik setempat gara-gara peredaran video yang menunjukkan ada tikus dimasak di dapurnya. Akibat rekaman tersebut, restoran masakan cepat saji itu terpaksa ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Seperti dikutip dari Asia One, Rabu (28/11/2018), jaringan restoran burger di Hawaii itu menutup cabangnya di Honolulu guna pembersihan lokasi setelah sebuah video menunjukkan seekor tikus sedang dimasak di atas pemanggang beredar. Diduga kuat, itu perbuatan iseng dua stafnya.

Teddy's Bigger Burgers dilaporkan menutup lokasi dan memecat dua karyawan yang wajahnya muncul di video yang beredar di Snapchat.

"Kami merasa ngeri atas perbuatan mantan karyawan remaja itu yang juga membuat video yang tengah kami selidiki keasliannya," ujar Bos Teddy's Bigger Burgers, Richard Stula.

Dia juga menyatakan: "Kami merasa ngeri mantan karyawan itu akan menciptakan sesuatu seperti ini untuk menghancurkan reputasi kami."

Pihak restoran burger itu kemudian mengumumkan proses sanitasi dan penggantian peralatan di dapur mereka terkait insiden peredaran video tikus di alat pemanggang.

"Kami kemudian akan mengirim tim dari perusahaan untuk memeriksa dan menyelesaikan audit menyeluruh dari lokasi, sebelum diizinkan untuk dibuka kembali," jelas Richard.

Sementara Departemen Kesehatan negara dijadwalkan untuk memeriksa restoran burger tersebut pekan ini.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

Tikus di Sup

ilustrasi tikus (iStockphoto)

Sebelumnya, seorang ibu di China khawatir dengan bayi yang ada di kandungannya setelah menemukan ada seekor tikus mati dalam hidangan yang ia santap di sebuah restoran.

Dikutip dari laman South China Morning Post, Senin 10 September 2018, peristiwa itu bermula saat wanita tersebut makan malam bersama keluarga di sebuah restoran hotpot di Weifang, Provinsi Shandong.

Tak lama setelah beberapa suap, sang istri yang sedang hamil menemukan ada tikus mati di dalam sup kuah yang masih sangat panas.

Tahu bahwa ada yang tak beres, sang suami langsung berteriak memanggil pelayan restoran. Sementara itu, wanita bermarga Ma yang memakan hidangan itu merasa sangat khawatir dengan kondisi janinnya.

Saat mengetahui konsumennya tengah hamil, maka pihak restoran menawarkan biaya kompensasi agar masalah ini bisa terselesaikan.

"Jika Anda khawatir dengan kondisi janin Anda, pihak restoran bersedia membayar kompensasinya," ujar pihak restoran.

Namun, kasus ini telah diselidiki oleh Biro Pengawas Pasar di distrik Kuiwan, Weifang. Bahkan, kasus ini telah viral di media sosial WeChat.

Ketika pemeriksaan telah dilakukan, penguji tidak menemukan adanya tikus lain dalam sejumlah bahan makanan. Tetapi, mereka mendapati pasokan air dan proses pengelolaan makanan di restoran itu tidak bersih.

Meski begitu, restoran dengan nama Xiabu Xiabu itu membantah hasil penelitian. Bagi mereka, restoran tersebut telah menerapkan sistem kebersihan pada makanan.

Xiabu Xiabu dibuka pada tahun 1998 dan memiliki 759 toko di China yang banyak tersebar di Beijing, Shanghai, Tianjin dan provinsi lainnya.

Selama beberapa bulan terakhir, pihak berwenang dan jaringan restoran hotpot telah mengambil langkah dalam menanggapi sejumlah kasus yang menyoroti masalah kebersihan dan keamanan pangan di restoran.

Untuk masalah penemuan tikus dan ibu hamil ini masih diselidiki, dan apabila terbukti bersalah maka pihak berwajib akan memberikan sanksi pada restoran tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarri Datang, 3 Bintang Chelsea Ini Terlupakan

Posted: 27 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, London - Chelsea tampil konsisten musim ini meski di bawah asuhan manajer baru, Maurizio Sarri. Namun mereka akhirnya kalah perdana saat menjalani derby London melawan Tottenham Hotspur akhir pekan lalu.

Spurs kini naik ke posisi ketiga dan The Blues harus turun ke peringkat keempat. Namun, ini tidak mengubah fakta bahwa mereka menjalani start yang bagus pada musim ini dan masih dianggap sebagai pesaing di Premier League musim ini.

Kedatangan Maurizio Sarri memberikan dampak yang positif di Chelsea. Namun, dia tidak bisa memberikan kesempatan yang sama kepada semua pemain The Blues.

Akibatnya, ada beberapa pemain terpinggirkan di skuat Chelsea pada musim ini. Padahal, mereka sejatinya punya kemampuan yang tidak kalah hebatnya dengan pemain lainnya.

Berikut ini tiga pemain yang disia-siakan Chelsea pada musim ini seperti dilansir Sportskeeda:

 

1. Cesc Fabregas

Pemain Chelsea,  Bertrand Traore (R) bersalaman dengan Cesc Fabregas  dan juga para pemain Newastle United usai laga Liga Inggris pekan ke-26 di Stadion Stamford Bridge, London, MInggu (14/2/2016) dini hari WIB. (AFP/Ben Stansall)

Fabregas tidak bermain reguler pada musim ini karena Maurizio Sarri baru memainkannya tiga kali di Premier League saat ini. Pada usia 31 tahun, Fabregas adalah pemain yang layak mendapat kesempatan lebih banyak dan tentunya bisa menambah kedalaman di lini tengah Chelsea.

Mateo Kovacic dan Ross Barkley sudah bermain fantastis pada musim ini. Tetapi pengalaman yang dimiliki Fabregas bisa menjadi kartu truf yang bisa digunakan oleh Sarri.

Fabregas adalah salah satu pemain paling penting dalam sejarah Premier League dan memiliki kualitas kepemimpinan yang tidak dimiliki pemain Chelsea lainnya. Cedera Kovacic bisa menjadi peluang bagi Fabregas untuk membuktikan nilainya sebagai pemain kelas dunia.

2. Victor Moses

Gelandang Liverpool , Georginio Wijnaldum berusaha merebut bola gelandang  Victor Moses selama pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge di London (6/5). Chelsea menang tipis atas Liverpool 1-0. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Moses memainkan peran yang sangat penting saat Chelsea memenangkan gelar Premier League 2016/17. Kecepatan dan kemampuan dribblingnya dari sisi kanan membuatnya menjadi salah satu pemain Nigeria paling serba bisa di liga.

Namun, situasi pemain berusia 27 tahun itu saat ini sangat berbeda. Moses hanya membuat dua penampilan di Premier League meski kondisinya sangat fit untuk tampil.

Moses sudah pasti terbuang pada musim ini dan waktunya di bangku cadangan bisa memaksanya meninggalkan klub pada bursa transfer Januari. Moses adalah pemain berkualitas dan butuh kesempatan bermain lebih banyak. Dia dikaitkan dengan Wolverhampton belakangan ini dan bisa pindah ke sana dalam waktu dekat.

3. Danny Drinkwater

Gelandang Chelsea, Danny Drinkwater, berusaha menghentikan gelandang Newcastle, Matt Ritchie, pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, London, Sabtu (2/12/2017). Chelsea menang 3-1 atas Newcastle. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

Sejak datang ke Stamford Bridge, Drinkwater hanya membuat 12 penampilan di Premier League musim lalu dan belum pernah dimainkan pada musim ini. Mantan gelandang Leicester City itu adalah salah satu alasan utama mengapa The Foxes bisa memenangkan gelar Premier League pada musim 2015/16, sebuah prestasi yang dianggap sebagai keajaiban.

Setelah Mateo Kovacic dan Ross Barkley menjadi tokoh utama di lini tengah, dan Ruben Loftus-Cheek sebagai cadangan, waktu bermain Drinkwater bersama The Blues sangat terbatas. Namun, tidak dapat disangkal bahwa Drinkwater adalah gelandang berkualitas yang membutuhkan lebih banyak kesempatan bermain untuk membuktikan nilainya.

Dengan hanya satu penampilan di Community Shield musim ini, sudah saatnya Drinkwater pergi untuk menemukan kesempatan bermain reguler. Sama seperti Fabregas, Drinkwater perlahan memudar dari mata pendukung Chelsea.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polemik Penahanan 3 Dokter Bedah RSUD Arifin Achmad Pekanbaru

Posted: 27 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Pekanbaru - Puluhan dokter di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Kota Pekanbaru mengancam mogok bekerja. Hal ini terkait ditahannya tiga dokter spesialis bedah oleh Kejaksaan Negeri Pekanbaru dengan dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes).

Penahanan ketiga dokter ini menjadi perbincangan di media sosial dan memunculkan tudingan bahwa Kejari Pekanbaru telah melakukan kriminalisasi. Pihak Kejari langsung membantah dan menyebut penahanan sesuai prosedur berlaku.

Pada Selasa, 27 November 2018, puluhan dokter juga mendatangi gedung Kejari di Jalan Jenderal Sudirman. Mereka meminta tiga sejawatnya itu ditangguhkan penahanannya karena berpengaruh terhadap layanan di rumah sakit.

Direktur RSUD Arifin Achmad Nuzelly di Kejari Pekanbaru menyebut upaya penangguhan penahanan sedang dilakukan. Dia mengaku sudah berkomunikasi dengan pihak Kejari dan beberapa dokter lainnya.

"Sedang diusahakan agar pelayanan masyarakat tidak terganggu," sebut Nuzelly.

Nuzelly tidak berkomentar banyak terkait rencana mogok dokter di RSUD. Dia hanya menyatakan pelayanan masyarakat tetap nomor satu.

"Kita tidak ingin pelayanan terganggu," tegas Nuzelly.

 

Tanggapan Kejari soal Tuduhan Kriminalisasi

Kepala Kejari Pekanbaru Soeripto Irianto meminta dokter membatalkan rencana mogok itu. (Liputan6.com/M Syukur)

Kepala Kejari Pekanbaru Soeripto Irianto meminta dokter membatalkan rencana mogok itu. Dia pun menyebut akan berkoordinasi dengan Kepala Kejaksaan Tinggi Riau terkait permintaan penangguhan penahanan.

"Dokter jangan mogok lah, dokter terikat sumpah, mengutamakan kepentingan masyarakat," kata Soeripto.

Soeripto menjelaskan, rencana penangguhan penahanan bisa dilakukan selama dua hari. Hanya saja, saat ini Kepala Kejati Riau sedang berada di Bali.

"Ada rakor di Bali, nanti dikomunikasikan juga dengan pimpinan lain," kata Soeripto.

Soeripto menyebut, tiga dokter yang ditahan adalah Welli Zulfikar, Kuswan Ambar Pamungkas, dan Masrial. Ada juga dua pihak swasta dari CV Prima Raya (PMR), Mukhlis dan Yuni Elvita, ditahan dalam kasus tersebut.

Kasus ini sebelumnya ditangani Polresta Pekanbaru. Begitu berkasnya lengkap, para tersangka diserahkan polisi ke jaksa lalu ditahan dan dititipkan di Rutan Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayanraya.

Penahanan menimbulkan gejolak karena ada yang menyebut tiga dokter itu meminjamkan alkes ke RSUD dan dibayar CV PMR. Pembayaran ini bermasalah karena menimbulkan kerugian negara Rp 420 juta.

Hasil penyelidikan membuktikan alkes itu bukan dipinjam, melainkan dibeli tiga dokter tadi ke perusahaan lain. Tagihannya diberikan ke CV PMR selaku pemenang tender alkes, seolah-olah CV itulah yang membelinya.

"Ya masak meminjam sampai 187 kali. Kemudian harganya lebih tinggi, lalu CV PMR terima komisi lima persen. Jadi tidak ada kriminalisasi," tegas Soeripto.

Seoripto juga tidak mau buru-buru menangguhkan penahanan. Belajar dari pengalaman sudah-sudah, tambahnya, banyak tersangka yang ditangguhkan lalu susah ketika dilakukan eksekusi.

"Intinya, penanganan korupsi adalah pengembalian keuangan negara. Jika (para dokter) suka rela menyerahkan uang kerugian negara, ngapain juga nantinya ditahan," terang Soeripto.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lima Tahun Menikah, Ussy Sulistiawaty Masih Deg-degan Ditatap Andhika Pratama

Posted: 27 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama sudah berjalan lima tahun. Keduanya pun sudah dikaruniai dua anak cewek yang cantik.

Walau cukup lama merajut rumah tangga, namun Ussy Sulistiawaty mengaku masih deg-degan bila berdekatan dengan sang suami.

Itu diungkapkan Ussy Sulistiawaty di akun Instagramnya, baru-baru ini. Ia mengunggah sebuah foto dirinya bersama sang suami.

Keduanya duduk bersebelahan di sebuah restoran. Dalam foto itu, tampak Andhika Pratama memperlihatikan Ussy Sulistiawaty dari arah samping. 

Deg-Degan

Ussy Sulistiawaty (Foto: Instagram)

Ditatap begitu rupa oleh sang suami, Ussy Sulistiawaty tak mau membalas tatapan matanya. Tapi memilih berpaling dengan memberikan senyuman manis.

"Duh, dagdigdug diliatin cowo sebelah," tulis Ussy Sulistiawaty sebagai keterangan foto.

 

Langgeng

Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (Instagram/ussypratama)

Melihat kehangatan pasangan ini, warganet pun akhirnya banyak yang mengucap doa supaya pernikahan Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama tetap langgeng sampai maut memisahkan.

"Semoga langgeng terus yaa," ujar akun @gitarbeb.

"Moga langgeng sampai nini aki...aamiin yarobal alamin," tutur akun lain @erninoeraininoeraini. (Anto Kribo/Fimela.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Desa di Aceh Ini Mengharamkan Penggunaan Wifi

Posted: 27 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah desa di Aceh mengharamkan penggunaan wifi di daerahnya. Peraturan ini merugikan pemilik kedai kopi yang ingin berjualan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Terima Pengganti Biaya Penyaluran Solar Subsidi USD 1,3 Miliar

Posted: 27 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan mendapat dana penggantian dari pemerintah atas penyaluran Solar‎ subsidi sebesar USD 1,3 miliar. Dana pengganti tersebut bisa meringankan beban keuangan perusahaan.

Direktur Keuangan Pertamina Pahala Masyuri mengatakan, dalam Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018, beban biaya tambahan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dan penugasan akan mendapat penggantian dari negara.

"Untuk BBM penugasan pun nanti ada penggantian dalam bentuk berapa atas dasar formula dibandingkan total biaya kami," kata Pahala, saat menghadiri Pertamina Energy Forum, di Jakarta, Rabu (27/11/2018).

Atas beban biaya tambahan penyaluran Solar subsidi di 2017, Pertamina akan mendapat penggantian dari pemerintah sebesar USD 1,3 miliar. Penggantian beban tambahan tersebut akan dibayar tahun ini.

"Total pergantian yang kami bisa peroleh USD 1,3 miliar. Kalapun ada biaya yang ditanggung Pertamina, maka akan digantikan," tuturnya.

Dengan penerapan peraturan baru tersebut maka bisa meringankan beban Pertamina dalam menjalankan tugas penyaluran BBM subsidi‎ dan penugasan. Sebab beban biaya tambahan akan diganti pemerintah.

Dia pun berharap, beban biaya atas penyaluran BBM penugasan atau Premium yang dilakukan pada tahun ini juga diganti pada 2019.

‎"Itu diperhitungkan formula untuk premium atau Solar. Untuk pergantian itu tadi. kalaupun ada beban, ini sifatnya sementara, nanti akan ada pergantian," tandasnya.

Konsumsi Solar Subsidi Capai 82 Persen hingga 15 Oktober

Petugas mengisi BBM jenis solar di SPBU kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (8/10/2015). Pemerintah menurunkan harga solar dari Rp 6.900/liter menjadi Rp.6.700/liter. Harga baru itu akan berlaku mulai Jumat, 9 Oktober mendatang. (Liputan6.com/Angga

Sebelumnya, Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mencatat, konsumsi solar bersubsidi hingga 15 Oktober 2018 sudah mencapai 82 persen dari kuota yang ditetapkan pada tahun ini.

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan, dari kuota solar bersubsidi ‎yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN)2018 sebesar 14,6 juta kilo liter (kl), saat ini sudah terpakai 12 juta kl atau 82 persen dari kuota.

‎"Sampai Oktober 12 juta dari 14 juta sekian. Jadi baru 82 persen," ujar Ata Fanshurullah, pada Selasa 16 November 2018.

Meski saat ini kuota solar subsidi sudah terpakai 82 persen, tetapi konsumsinya sampai akhir tahun diprediksi tidak akan melebihi dari kuota yang ditetapkan.

Bahkan PT Pertamina (Persero), operator yang ditunjuk sebagai penyalur solar subsidi memperkirakan konsumsi solar tahun ini di bawah kuota.

"‎Kita kasih ke Pertamina kan 14,6 juta. Pertamina bilang akan jaga di bawah 14,5 juta," tuturnya.‎

Fashurullah pun membantah telah terjadi kelangkaan solar subsidi di sejumlah daerah. Untuk menjaga agar penyaluran solar subsidi ‎tepat sasaran, lembaganya telah menggandeng aparat kemanan untuk mengawasi.

"BPH kan sudah buat MoU sama kepolisian. Kita kerja sama sama mereka, sampai polsek-polsek untuk mengawal ini. Kalau perlu polisi tungguin," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NASA Bakal Beri Kejutan Persiapan Pergi ke Bulan

Posted: 27 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - NASA belum lama ini mengumumkan akan kembali mengirimkan manusia ke Bulan. Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut bahkan dikabarkan tengah mengembangkan pesawat luar angkasa (spacecraft) khusus untuk mendarat di sana.

Seperti dilansir Business Insider pada Rabu (28/11/2018), NASA juga akan mengadakan acara khusus untuk memberikan update terkait program ke Bulan pada Kamis (29/11/2018).

Di acara tersebut, mereka akan mengungkap detail apa saja terkait persiapan yang dilakukan untuk kembali ke Bulan, salah satunya adalah kerjasama dengan sejumlah perusahaan swasta Amerika Serikat (AS).

"Kami mengumumkan kerja sama dengan beberapa perusahaan AS. Kami akan kembali ke permukaan Bulan, dan kami upayakan hal tersebut sesegera mungkin," kata juru bicara administrasi NASA Jim Bridenstine.

Kabarnya, akan ada 11 perusahaan AS yang akan 'berkompetisi' untuk terikat dalam kontrak program besar ini.

Nanti, NASA cuma bakal memilih satu perusahaan dalam kontrak senilai jutaan dolar tersebut.

Informasi NASA bakal kembali ke Bulan, sebelumnya juga disampaikan langsung oleh Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence.

Saat berbicara di Pusat Luar Angkasa Johnson NASA, Pence mengungkap misi pengiriman astronot ke Bulan akan dilakukan pada awal 2024.

Nantinya, astronot yang dikirim ke Bulan juga akan bisa tinggal untuk beberapa waktu yang lama. Tujuannya adalah untuk mengamati Bulan lebih dekat.

"Kali ini, kita tidak akan puas begitu saja meninggalkan jejak di Bulan. Kita akan selangkah lebih maju untuk bisa tinggal di sana," ujar Pence seperti dilansir Mirror, Selasa (28/8/2018). 

Seperti diketahui, manusia pertama kali memijakkan kaki di Bulan saat misi Apollo 11 yang berlangsung pada 50 tahun lalu, tepatnya pada 20 Juli 1969.

Namun demikian, tak ada manusia yang kembali ke Bulan sejak Apollo 17. Misi terakhir ke Bulan dilangsungkan pada Desember 1972 silam.

 

Rencana NASA Bangun Stasiun Bulan

Neil Armstrong menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan pada 20 Juli 1969. (Sumber NASA)

Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut sebetulnya sudah berencana untuk membangun stasiun bulan.

Badan Antariksa Jepang (JAXA) juga tengah memasuki tahap negosiasi kerja sama dengan NASA untuk sebuah proyek pembangunan stasiun luar angkasa baru di Bulan.

Rencananya, pembangunan stasiun ditujukan untuk mengirim astronot Jepang dan Amerika Serikat ke permukaan Bulan.

Upaya kerja sama ini diklaim JAXA sebagai salah satu langkah Jepang untuk selangkah lebih maju dalam bidang antariksa.

Karena itu, JAXA memilih NASA sebagai salah satu Badan Antariksa negara maju untuk mengembangkan proyek ini.

Sebelumnya, Rusia juga memutuskan untuk bekerja sama dengan NASA dalam membangun stasiun luar angkasa baru.

Tujuannya sama seperti Jepang, ingin memajukan industri antariksa di negaranya. Rencananya, stasiun luar angkasa milik Negeri Beruang Merah tersebut akan rampung pada 2020.

Rencana kemitraan JAXA dan NASA sendiri sudah tertuang dalam laporan pemerintah dan proposal soal peta jalan kebijakan luar angkasa pemerintah Jepang yang sudah direvisi.

Proposal dikirimkan ke Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Pengetahuan, dan Teknologi Jepang.

Jika tak ada kendala, proyek pembangunan stasiun Bulan akan berjalan pada akhir 2017. Demikian dikutip Asia Nikkei pada Minggu (10/12/2017).

Belum banyak informasi yang bisa diungkap dari proyek pembangunan stasiun Bulan milik JAXA ini. Hanya diketahui, dana yang akan digelontorkan pemerintah Jepang untuk membangun stasiun tersebut tentu akan sangat besar.

JAXA Kirim Astronot ke Bulan pada 2030

Neil Armstrong di Bulan. (Nasa.gov)

Jika NASA bakal mengirim astronot ke Bulan pada 2024, lain halnya dengan JAXA.

Dengan dibangunnya stasiun Bulan, JAXA dengan demikian akan mengirim astronot ke Bulan pada 2030.

Mereka juga telah mengembangkan beragam teknologi yang akan dibutuhkan untuk misi ke bulan, dan persiapannya akan dimulai pada 2025.

Rincian misi ke bulan ini baru akan dibeberkan sebelum perhelatan International Space Exploration Forum di Jepang pada Maret 2018.

Rencana ini menandai pertama kalinya JAXA mengungkap misi pengiriman manusia ke bulan kepada publik.

Namun, kabarnya misi ini merupakan salah satu upaya Jepang untuk menggali ilmu pengetahuan, termasuk biaya dan waktu yang diperlukan untuk mengirim manusia ke sana.

Tak hanya Jepang, Tiongkok juga mendeklarasikan misi pengiriman pesawat ulak-alik ke bulan pada 2020, dan manusia ke bulan dalam beberapa tahun ke depan. Selain itu, India juga punya rencana serupa pada pertengahan 2017.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Kolesterol Tinggi yang Juga Bisa Menyerang Berbagai Usia, Wajib Waspada

Posted: 27 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hingga sekarang, masih banyak yang beranggapan kalau kolesterol tinggi hanya bisa diderita oleh orang tua. Siapa sangka, usia ternyata tak ada pengaruhnya dengan kolesterol, terutama jika gaya hidupmu tidak teratur.

Institut Jantung, Paru, dan Darah Amerika mendefinisikan kolesterol sebagai zat seperti lilin dan seperti lemak yang ditemukan di semua sel tubuh. Kolesterol dibawa melalui tubuh oleh dua jenis lipoprotein, satu yang baik dan satu sangat buruk. Ketika berbicara tentang kolesterol tinggi, berarti kadar LDL dalam darah tinggi dan lipoprotein buruk.

Kolesterol tinggi adalah kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Sebagian besar kolesterol diproduksi di hati serta sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Fungsi kolesterol adalah turut memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, atau vitamin D.

Walaupun dibutuhkan, kolesterol yang berlebih akan tertimbun di sepanjang dinding pembuluh darah arteri sebagai plak, sehingga mempersempit dan menghambat aliran darah. Akibatnya, banyak bagian tubuh yang kekurangan pasokan darah sehingga berisiko menimbulkan masalah kesehatan serius, seperti serangan jantung atau stroke. Selain faktor genetik, kolesterol tinggi juga bisa terjadi karena mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kolesterol atau kurang berolahraga.

Penyebab Kolesterol Tinggi dari Makanan

(sumber: pixabay)

Berikut penyebab kolesterol tinggi dari makanan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/11/2018).

1. Daging merah

Penyebab kolesterol tinggi dari makanan lainnya adalah daging merah. Daging merah yang berasal dari sapi, domba, dan babi cenderung mengandung lebih banyak kolesterol daripada lemak jenuh. Selain mampu meningkatkan kolesterol, daging merah juga mampu memperburuk kondisi penyakit jantung. American Heart Association menganjurkan ikan salmon, kacang-kacangan, serta ayam yang tidak digoreng sebagai pengganti yang lebih baik.

2. Hati

Penyebab kolesterol tinggi dari makanan adalah hati. Tingkat kolestrol tinggi pada hewan terletak di dalam organ. Meskipun kaya akan kandungan zat besi, hati menjadi sumber utama kolesterol karena merupakan tempat pembuatan dan penyimpanan kolestrol dalam tubuh.

3. Ayam goreng

Penyebab kolesterol tinggi dari makanan selanjutnya adalah mengonsumsi ayam goreng. Ayam bisa menjadi makanan pengganti daging merah yang rendah lemak jenuh. Namun, jika digoreng makanan akan kehilangan kadar air dan menyerap lemak, sehingga lebih padat kalori. Minyak yang digunakan untuk menggoreng juga cenderung memiliki kadar lemak trans yang tinggi.

4. Kentang goreng

Penyebab kolesterol tinggi lainnya adalah mengonsumsi kentang goreng. Studi yang diterbitkan oleh Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa kentang goreng memiliki kadar kolesterol tinggi akibat minyak nabati yang terhidrogenasi. Makanan dengan minyak yang terhidrogenasi cenderung memiliki jumlah lemak trans yang besar.

5. Es krim

Penyebab kolesterol tinggi dari makanan lainnya adalah mengonsumsi es krim. Satu sendok es krim memiliki kadar lemak dan kolesterol yang lebih tinggi dibanding burger dan donut. Semangkuk es krim memiliki 4,5 gram lemak jenuh. Kudapan seperti frozen yogurt yang rendah lemak dan buah-buahan dapat menjadi alternatif pengganti es krim.

6. Kuning telur

Penyebab kolesterol tinggi dari makanan selanjutnya adalah kuning telur. Satu butir telur mengandung 186 mg kolestrol. Meskipun begitu, studi oleh badan medis non-profit Mayo Clinc dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa mengonsumsi kurang dari empat kuning telur per minggu tidak merendahkan kesempatan seseorang mengidap penyakit jantung. Kuncinya ialah tidak mengonsumsi secara berlebihan dan terus menjaga asupan kolesterol.

Penyebab Kolesterol Tinggi Karena Gaya Hidup

Ilustrasi minuman alkohol Bir (AP/Tony Talbot)

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi, salah satunya adalah gaya hidup. Berikut penyebab kolesterol tinggi karena gaya hidup seperti Liputan6.com himpun dari berbagai sumber, Selasa (27/11/2018).

1. Penyebab kolesterol tinggi dari kebiasaan konsumsi makanan tidak sehat. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, yang memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Contohnya kuning telur, mentega, biskuit, keju, krim, atau santan.

2. Penyebab kolesterol tinggi lainnya karena kurang berolahraga atau beraktivitas. Kondisi ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

3. Penyebab kolesterol tinggi dari gaya hidup selanjutnya adalah kebiasaan merokok. Dalam rokok, ditemukan sebuah zat kimia yang disebut akrolein. Zat ini dapat menghentikan aktivitas HDL atau kolesterol baik untuk mengangkut timbunan lemak dari tubuh menuju hati untuk dibuang. Akibatnya, bisa terjadi penyempitan arteri atau aterosklerosis.

4. Penyebab kolesterol tinggi lainnya yakni terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol. Kebisaan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.

5. Penyebab kolesterol tinggi yang lainnya obesitas. Seseorang dinyatakan mengalami obesitas saat memiliki indeks massa tubuh di atas 30 (kg/m2), sedangkan ukuran lingkar pinggang dikatakan berlebih saat melewati 102 cm pada laki-laki atau 89 cm pada wanita. Kondisi ini cenderung meningkatkan kadar kolesterol LDL dan trigleserida, serta menurunkan kadar kolesterol HDL.

6. Penyebab kolesterol tinggi selanjutnya adalah memiliki penyakit tertentu. Seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), penyakit liver, dan penyakit ginjal. Mengobati kondisi tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

7. Penyebab kolesterol tinggi lainnya adalah pertambahan usia. Saat usia tua, risiko kolesterol tinggi yang memicu arterosklerosis juga semakin besar.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

(Ilustrasi/iStockphoto)

Berikut gaya hidup yang perlu dilakukan guna menurunkan kolesterol:

1. Batasi jika perlu hindari makanan yang digoreng

Batasi lemak trans yang biasa terdapat dalam makanan yang digoreng serta kue dan biskuit. Lemak trans di dalamnya mampu meningkatkan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik).

2. Bila gemuk, turunkan berat badan perlahan

Kamu tidak perlu menurunkan langsung banyak kilogram agar berat badan turun. Seorang dokter bernama Steinbaum menyarankan cukup menurunkan berat badan 0,5 - 1 kg per minggu. Orang gemuk cukup menurunkan berat badan 5 kg sudah mampu menurunkan kolesterol hingga delapan persen.

3. Olahraga 2,5 jam per minggu

Olahraga paling tidak 2,5 jam per minggu cukup untuk meningkatkan HDL dan menurunkan LDL. Jika tidak terbiasa berolahraga, mulai dengan melakukan aktivitas fisik ringan seperti jalan kaki 10 menit. Jika sudah terbiasa bergerak aktif, pilih olahraga yang disukai.

4. Perbanyak konsumsi sayur dan makanan berserat lain

Perbanyak konsumsi makanan berserat seperti oatmeal, apel, dan kacang-kacangan. Makanan berserat membantu tubuh menyerap kolesterol. Riset menunjukkan orang yang mengonsumsi asupan serat 5-10 gram per hari mampu menurunkan kolesterol.

Disarankan untuk mengonsumsi asupan serat tidak sekaligus banyak tapi perlahan. Mengonsumsi serat terlalu banyak bisa membuat perut jadi kembung.

5. Makan ikan seminggu tiga kali

Dalam seminggu, konsumsi ikan dua hingga tiga porsi. Ikan mengandung lemak omega-3, selain itu mengganti asupan daging merah dengan ikan mampu mengurangi paparan lemak jenuh.

6. Bahagia

Jalani hidup dengan santai dan tenang. Bila terlalu stres menjalani kehidupan ini kolesterol jahat bisa naik dan kolesterol baik menurun yang mengakibatkan kadar kolesterol tinggi secara total.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KNKT Terbitkan 2 Rekomendasi untuk Lion Air

Posted: 27 Nov 2018 09:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menerbitkan dua rekomendasi untuk maskapai Lion Air terkait kecelakaan pesawat PK-LQP nomor penerbangan JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang, Selasa pagi, 29 Oktober lalu.

Investigator KNKT Subkomite Penerbangan Nurcahyo Utomo dalam konferensi pers melaporkan investigasi awal kecelakaan Lion Air JT 610 di Jakarta, Rabu (28/11/2018). 

Dua rekomendasi itu adalah menjamin implementasi dari operation manual part A subchapter 1.4.2 dalam rangka meningkatkan budaya keselamatan dan untuk menjamin pilot dapat mengambil keputusan untuk meneruskan penerbangan.

Kedua, menjamin semua dokumen operasional diisi dan dikomentasikan secara tepat.

"Jadi ada ketidaksesuaian antara manual book Lion Air dengan kondisi penerbangan rute sebelumnya, yaitu Denpasar-Jakarta. Dengan adanya kerusakan sensor angle of attack seperti itu harusnya pesawat kembali ke bandara asal bukan meneruskan penerbangan," kata Nurcahyo, seperti dilansir dari Antara, Rabu (28/11/2018).

 

Ada Ketidaksesuaian Data Kru Kabin

Ilustrasi Pesawat Lion Air (ROSLAN RAHMAN / AFP)

Selain itu, lanjut Nurcahyo, ada ketidaksesuaian antara data kru kabin yang dituliskan dengan yang bertugas.

"Di weight and balance tercatat pramugarinya lima, sementara ditulis di dokumen ada enam," katanya.

Hasil rekomendasi tersebut berdasarkan pengunduhan dokumen dari kotak hitam Flight Data Recorder (FDR) yang telah ditemukan namun untuk Cockpit Voice Recorder (CVR) masih belum ditemukan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KY Sudah Mengindentifikasi Ada Hakim Nakal di PN Jaksel

Posted: 27 Nov 2018 09:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap hakim dan panitera Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (28/11/2018) dini hari. Terkait hal tersebut, Komisi Yudisial menuturkan pihaknya sudah mengidentifikasi ada hakim nakal di wilayah Jakarta.

"Kami sudah mengindentifikasi, bahkan nama pun sudah. Ada beberapa nama yang sudah kita inikan. Tapi kita tak bisa melakukan tindakan apapun karena kalau tindakan hukum itu kita tidak bisa, mengumpulkan alat bukti, itu kelemahan Komisi Yudisial," ucap Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Komisi Yudisial, Aidul Fitriciada Azhari, kepada Liputan6.com.

Dia menuturkan, terkait kasus ini, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan Bank Indonesia untuk mengetahui pertukaran uang, kemudian PPATK, bahkan dengan KPK.

"Kalau Jakarta Selatan sudah ada beberapa laporan. Tapi saya tidak tahu apakah orangnya sama atau tidak. Tapi pencegahan dini sudah kami lakukan. Termasuk peta rawan, termasuk Jakarta Selatan ini paling rawan," ungkap Aidul.

Menurut dia, pihaknya terus memperbarui laporan tersebut dan PN Jaksel, terus menerus terindikasi. "Sudah satu dua tahun. Dan terakhir tahun ini," jelasnya.

Jakarta dan Tangerang Paling Rawan

Menurut dia, Jakarta dan Tangerang memang daerah yang rawan. Karena aliran dana cukup besar berputar disana, termasuk kasus perdata.

"Di lingkungan Jakarta Tangerang daerah-daerah yang memang tingkat perdagangannya relatif tinggi dengan jumlah yang besar, sudah kita petakan. Dan ada data yang sudah masuk tapi itu karena keterbatasan, instrumen kami. Kalau sudah masuk situ ya KPK.Ya datanya masuk. Misalnya Tangerang itu, kita sudah mengetahui dari dalam. Tapi problemnya itu saja, kira tidak bisa menyadap telepon. Itu sudah wewenang KPK," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stephen Hillenburg, dari Guru Biologi Jadi Pencipta SpongeBob

Posted: 27 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dunia hiburan kembali berduka. Pencipta karakter animasi 'SpongeBob Squarepants', Stephen Hillenburg, meninggal dunia pada usia 57 tahun, Selasa, 27 November 2018.

Menurut laporan situs The Hollywood Reporter, penyebab kematiannya adalah penyakit ALS, yang didiagnosis pada Maret tahun lalu. Namun, penyakit tersebut tidak menghalanginya untuk terus mengerjakan SpongeBob Squarepants yang terus diperbarui hingga 2019.

 

Sebelum menciptakan karakter dan serial animasi SpongeBob Squarepants, Stephen menjalani profesi yang tidak berhubungan dengan dunia hiburan. Ddilansir dari IMDb dan Kids Kiddle, pemilik nama lengkap Stephen McDennell Hillenburg pernah menjadi guru biologi laut selama tiga tahun. Ia merupakan lulusan Humboldt State University di California, Amerika Serikat, jurusan Interpretasi dan Perencanaan Sumber Daya Laut.

Kegemaran Stephen tentang laut sudah dimilikinya sejak kecil. Ia suka menonton beberapa film yang dibuat oleh ahli laut Prancis Jacques Cousteau dan langsung menyukai kehidupan bawah laut.

Setelah lulus kuliah, Stephen mengajarkan ekologi kolam renang, sejarah bahari dan keragaman laut pada anak-anak. Saat masih bekerja di Orange Country Marine Institute, pencipta SpongeBob ini menghadiri beberapa festival animasi. Stephen Hillenburg kemudian merasa tertarik dan memutuskan untuk mengejar karier di bidang animasi.

Raih Rating Tertinggi

Spongebob (ilustrasi/ist.)

Stephen kemudian mrasa tertarik dan memutuskan untuk mengejar karier di bidang animasi. Stephen berhenti dari pekerjaannya pada 1987 dan memutuskan menjadi animator dengan mengikuti

Program Animasi Eksperimental di CalArts, California. Setelah membuat beberapa film animasi pendek, Stephen Hillenburg menggabungkan dua keahliannya sebagai animator dan ahli ekosistem laut dengan menciptakan karakter SpongeBob Squarepants.

Lalu pihak Nickelodeon mencapai kata sepakat dengan Stephen untuk memproduksi serial SpongeBob Squarepants yang tayang perdana pada 1 Mei 1999.

Di musim ketiganya, SpongeBob Squarepants menjadi tontonan dengan rating tertinggi di televisi kabel. Sampai saat ini serial animasi SpongeBob Squarepants karya Stephen Hillenburg masih punya banyak penggemar dan terus ditayangkan di berbagai negara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 4,9 Persen pada 2019, Ini Alasannya

Posted: 27 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perekonomian Indonesia pada tahun depan diprediksi masih dihadapkan berbagai tantangan. Tantangan itu muncul akibat faktor eksternal dan kondisi pasar domestik yang kemudian berimbas pada pertumbuhan ekonomi global.

Ini diungkapkan Chief Economist CIMB Niaga, Andiran Panggabean yang mengatakan dari sisi global, tantangan yang menekan pertumbuhan ekonomi Indonesia berasal dari prospek berlanjutnya normalisasi suku bunga acuan Amerika Serikat (AS) atau Fed Fund Rate (FFR). Kenaikan suku bunga AS sendiri diperkirakan masih akan terjadi sebanyak dua sampai tiga kali pada tahun depan.

"Kejutan masih akan terjadi di 2019. Geopolitik berubah. Kita sudah tau Isu Iran dengan Arab Saudi karena minyak. Harga minyak sekarang karena pertarungan geopolitik, itu semua menyebabkan geopolitik di Eropa berubah kemudaian ketegangan antara AS dan China melalui perang dagang masih akan berlanjut," kata Andiran dalam diskusi media di Graha Chimb Niaga, Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Dengan dinamika yang terjadi pada tingkat global tersebut, Andiran memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di bawah lima persen. Sebab volatilitas di pasar finansial sebagai konsekuensi kurangnya likuiditas akibat naiknya suku bunga, masih terus berlanjut.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksi 4,9 persen atau sedikit lebiih rebdag dari rerata 2018 yang berada di lima persen," katanya.

Andrian melanjutkan, dinamika global tersebut secara otomatis juga akan menyebabkan berlanjutnya rotasi antar kelas aset yang kemudian berdampak pada berlanjutnya pergeseran keseimbangan pasar kurs global. Sehingga itu perlu direspon pemerintah lewat penyesuaian kebijakan fiskal, moneter dan perdagangan. "Harapannya tentu agar daya tarik pasar keuangan domestik tetap terjaga," imbuh Andiran.

Di samping itu, Andiran memperikiran apabila suku bunga acuan FFR naik dua sampai tiga kali, sementara posisi defisit transaksi berjalan belum membaik secara signifikan, maka Bank Indonesia (BI) diprediksi akan menaikan suku bunga acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate ke arah 6,50-6,75 persen.

"Kenaikan suku bunga acuan tersebut akan menyebabkan berkuranagnya likuiditas di sistem keuangan domestik, naiknya long-term rates, sehingga volatilitas pasar finansial tahun depan akan lebih tinggi dari tahun ini," jelasnya.

Andrian menambahkan, faktor lain yang turut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan adalah kebijakan fiskal pemerintah yang tidak ekspansif. Hal ini juga merupakan konsekuensi dari rendahnya nasabah pajak atau tax ratio yang kemudian diaksentuasi oleh efek kebijakan suku bunga dalam menjaga nilai Rupiah.

"Di sisi lain tingkat inflasi sepanjang 2019 diperkirakan akan tetap rendah. Saya melihat baik headline inflation maupun core inflation tahun depan akan berada di bawah median target BI," pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Bos BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Global Melambat Jadi 3,7 Persen di 2019

Ilustrasi pertumbuhan Ekonomi

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memprediksi ekonomi global sepanjang 2018 hanya tumbuh 3,73 persen. Sedangkan pada 2019, pertumbuhan ekonomi global melambat ke level 3,70 persen.

"Pertumbuhan ekonomi dunia yang pada tahun 2018 diperkirakan sekitar 3,73 persen kemungkinan akan melandai ke 3,70 persen pada 2019," ujar Perry dalam pertemuan tahunan Bank Indonesia di JCC, Jakarta, Selasa (27/11).

Perry mengatakan, ekonomi Amerika Serikat (AS) yang tahun ini tumbuh tinggi, diperkirakan akan menurun pada 2019. Sementara, ekonomi Uni Eropa dan China akan tumbuh melandai dari tahun 2018 ke 2019.

Perkembangan tersebut, kata Perry, mendorong volume perdagangan dan harga komoditas dunia yang tetap rendah. Hal ini menjadi tantangan bagi Indonesia untuk mendorong ekspor sebagai sumber pertumbuhan ekonomi.

"Karenanya menjadi tantangan bagi upaya kita untuk menjadikan ekspor sebagai sumber pertumbuhan ekonomi nasional. Sementara itu, tekanan inflasi mulai tinggi di AS dan cenderung akan meningkat di Uni Eropa dan sejumlah negara lain," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Laga Beruntun Gagal Menang, Motivasi Persib Tetap Tinggi

Posted: 27 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung tak sekalipun menang dalam tiga pertandingan terakhir mereka di GO Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak. Namun, menurut gelandang Persib, Kim Jeffrey Kurniawan, motivasi timnya tetap tinggi.

Sebelumnya, Persib takluk 0-1 dari PSMS Medan, lalu kalah lagi dengan skor telak 3-0 dari PSIS Semarang. Terakhir, Persib harus puas bermain imbang 2-2 lawan Perseru Serui.

Pada pertandingan selanjutnya, tim berjulukan Maung Bandung ini akan berhadapan dengan Persela Lamongan di Stadion Surajaya, Lamongan. Itu merupakan laga pekan ke-33 Liga 1 2018.

"Menurut saya (motivasi) tetap tinggi. Untuk menjaga (peluang) setidaknya peringkat ketiga, masih ada kesempatan untuk masuk kompetisi AFC Cup," kata Kim, seperti dilansir situs Persib.

"Jadi motivasi tetap sangat tinggi untuk mempertahankan posisi sekarang," ungkap adik ipar penyerang Bali United, Irfan Bachdim ini.

Kim menegaskan, Persib Bandung menargetkan kemenangan di kandang Persela. Pemain naturalisasi asal Jerman ini meminta rekan-rekan setimnya fokus dalam dua laga tersisa.

Fokus Laga ke Laga

Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

"Tetap kami melihat satu per satu pertandingan dulu. Kemarin kami bilang lima pertandingan harus menang, lalu empat pertandingan," ungkap pemain berusia 28 tahun ini.

"Sekarang kita lihat satu persatu dulu saja. Mudah-mudahan menang hari Sabtu setelah itu kita lihat lagi," ujar pemain yang memakai nomor punggung 23 di Persib ini.

Posisi Ketiga

Tim asuhan Mario Gomez ini sekarang menduduki peringkat ketiga klasemen sementara Liga 1 2018. Persib mengoleksi 50 poin dari 32 laga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Lion Air Jatuh, Pilot Temukan Masalah di Uji Terbang Boeing 737 Max-8

Posted: 27 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pilot Boeing telah menemukan masalah ketika uji terbang Boeing 737 MAX 8 sebelum pesawat jenis sama yang dioperasikan Lion Air jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Antara, Mereka menemukan masalah yang membuat pesawat sulit untuk ditangani ketika kecepatannya turun ke titik yang memicu bahaya kegagalan aerodinamis, dan hilangnya kontrol yang bisa menyebabkan kecelakaan, menurut Aviation Week dalam laporannya, dikutip Minggu.

Laporan Aviation Week yang dikutip banyak media itu mengungkapkan bahwa untuk mengurangi masalah tersebut, Boeing memperkenalkan sistem baru untuk kontrol penerbangan, sebuah sistem yang disebut Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS), yang menjadi pusat penyelidikan kecelakaan Lion Air JT 610 yang jatuh di Laut Jawa, dan menewaskan semua 189 orang di dalamnya.

Seorang pilot, yang berpengalaman 200 jam terbang dengan MAX 8 dan sekarang dalam pelayanan dengan maskapai penerbangan di seluruh dunia, mengatakan bahwa mereka tidak menyadari bahwa MCAS telah dipasang dan tidak pernah diinstruksikan tentang cara menggunakannya.

Demikian juga yang terjadi dengan pilot Lion Air. Oleh karena itu, mereka juga tidak menyadari alasan mengapa Boeing memutuskan untuk menambahkan sistem MCAS.

Masalah-masalah yang terungkap dalam penerbangan uji muncul dari adopsi mesin baru untuk seri MAX 737, yakni lebih besar, lebih berat dan lebih kuat daripada model jet sebelumnya.

Menempatkan mesin baru ini ke sayap 737 membuat insinyur Boeing melawan beberapa masalah unik dan menantang yang disebabkan oleh usia desain dasar jet, yang berasal dari pertengahan 1960-an.

737 lebih rendah dibanding jet Boeing lainnya. Hal ini karena para perancangnya menginginkan bagasi dan kargo untuk dimuat tanpa bantuan mekanik, karena pesawat itu dimaksudkan untuk membawa layanan jet untuk pertama kalinya ke banyak bandara kecil yang tidak dilengkapi fasilitas mekanik kargo.

Inovasi ini dengan cepat menjadi sia-sia karena bandara menjadi lebih lengkap dan lebih vital lagi, 737 menjadi jet lorong-tunggal terlaris dalam sejarah Boeing.

Namun, ground clearance 737 lebih pendek, hanya 17 inci, menjadi bermasalah karena mesin jet yang lebih besar. Ini bisa dimentahkan karena 737 pesawat baru dan perlengkapan pendaratan panjang normal.

Meskipun Boeing memperkenalkan sayap baru, permukaan ekor dan banyak peningkatan lainnya, pesawat dan landing gear tetap tidak berubah selama beberapa dekade.

Sebuah momen krisis terakhir datang dengan seri MAX. Kinerja 737 sangat ditingkatkan oleh mesin-mesin baru, yang dibuat bersama oleh General Electric dan perusahaan Prancis, Safran, memberikan titik manis baru bagi maskapai penerbangan yang menginginkan peningkatan ekonomi dari jet kecil yang dapat menerbangi rute yang lebih panjang, seringkali di atas lautan.

Tapi kebajikan itu hanya mungkin dengan peningkatan ukuran mesin. Ukuran mesin MAX, khususnya diameter bilah kipas besar di bagian depan, hampir 70 inci, dibandingkan dengan 61 inci pada mesin yang lebih tua, dan mereka memiliki berat 849 pound lebih.

Untuk memasang mesin baru dan masih mendapatkan jarak aman dengan permukaan tanah, Boeing memperpanjang roda hidung sebesar 9,5 inci dan yang terpenting, harus memindahkan mesin, di dalam nacelles menggembung, lebih jauh ke depan dari sayap.

Kini tampak bahwa perubahan dalam karakteristik penanganan kecepatan rendah 737 dihasilkan dari pergeseran bobot mesin ini, serta efek dari peningkatan daya.

Biasanya pengaturan aerodinamis diindikasikan dengan "tongkat goyang" - joystick, yang mulai bergetar dan pilot dilatih untuk secara naluri meningkatkan kecepatan dan mendorong hidung ke bawah untuk memulihkan stabilitas.

Sebagai hasil dari penerbangan uji coba Boeing tampaknya telah memutuskan bahwa pesawat itu sendiri harus dapat merasakan masalah ini dan mengatasinya melalui sistem manajemen penerbangan otomatis, menggunakan MCAS untuk memindahkan penstabil horizontal untuk menekan hidung.

Tidak Diantisipasi

Apa yang tampaknya tidak mereka antisipasi adalah kemungkinan bahwa pesan yang salah dari sistem lain, sensor angle of attack (nada dari sayap), dapat memulai tindakan oleh MCAS, yang tidak diketahui oleh pilot.

Keputusan ini menjadi inti dari perdebatan yang terus berlanjut di antara pilot dan ahli keamanan tentang seberapa jauh otomatisasi kokpit harus ada campur tangan pilot untuk mendeteksi dan memperbaiki masalah seperti ini, yang secara langsung berkaitan dengan mempertahankan kontrol dalam situasi berbahaya.

Banyak detil dari sistem otomasi jet modern yang terkubur dalam arsitektur yang tidak perlu dipahami atau diketahui oleh pilot - kecuali jika mereka ternyata memiliki peran yang berpotensi berbahaya dalam beberapa keadaan.

"Hilangnya kontrol" sekarang adalah penyebab terakhir yang konsisten dari kasus-kasus kecelakaan. Kejadian fatal lainnya seperti terbang ke medan yang tidak terlihat atau angin yang tidak terdeteksi pada pendekatan pendaratan hampir dieliminasi oleh teknologi yang secara otomatis memberi pesawat dan pilot kewaspadaan situasional.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sampah Kiriman Cemari Perairan Kepulauan Seribu

Posted: 27 Nov 2018 09:43 PM PST

Sampah kiriman mengotori perairan Kepulauan Seribu di sekitar Pulau Pari dan Pulau Pramuka, Rabu (28/11). Sampah itu terbawa arus laut dan terdampar akibat angin serta hujan deras yang melanda daratan Pulau Jawa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sampah kiriman mengotori perairan Kepulauan Seribu di sekitar Pulau Pari dan Pulau Pramuka, Rabu (28/11). Sampah itu terbawa arus laut dan terdampar akibat angin serta hujan deras yang melanda daratan Pulau Jawa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anak-anak bermain di antara sampah kiriman yang mengotori perairan Kepulauan Seribu di sekitar Pulau Pari dan Pulau Pramuka, Rabu (28/11). Sampah berasal dari wilayah luar Jakarta yang terbawa angin hingga ke perairan Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anak-anak bermain di antara sampah kiriman yang mengotori perairan Kepulauan Seribu di sekitar Pulau Pari dan Pulau Pramuka, Rabu (28/11). Sampah berasal dari wilayah luar Jakarta yang terbawa angin hingga ke perairan Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sampah kiriman mengotori perairan Kepulauan Seribu di sekitar Pulau Pari dan Pulau Pramuka, Rabu (28/11). Sampah itu terbawa arus laut dan terdampar akibat angin serta hujan deras yang melanda daratan Pulau Jawa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sampah kiriman mengotori perairan Kepulauan Seribu di sekitar Pulau Pari dan Pulau Pramuka, Rabu (28/11). Sampah itu terbawa arus laut dan terdampar akibat angin serta hujan deras yang melanda daratan Pulau Jawa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Nelayan berlayar di antara sampah kiriman yang mengotori perairan Kepulauan Seribu di sekitar Pulau Pari dan Pulau Pramuka, Rabu (28/11). Sampah berasal dari wilayah luar Jakarta yang terbawa angin hingga ke perairan Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Nelayan berlayar di antara sampah kiriman yang mengotori perairan Kepulauan Seribu di sekitar Pulau Pari dan Pulau Pramuka, Rabu (28/11). Sampah berasal dari wilayah luar Jakarta yang terbawa angin hingga ke perairan Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sampah kiriman mengotori perairan Kepulauan Seribu di sekitar Pulau Pari dan Pulau Pramuka, Rabu (28/11). Sampah itu terbawa arus laut dan terdampar akibat angin serta hujan deras yang melanda daratan Pulau Jawa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sampah kiriman mengotori perairan Kepulauan Seribu di sekitar Pulau Pari dan Pulau Pramuka, Rabu (28/11). Sampah itu terbawa arus laut dan terdampar akibat angin serta hujan deras yang melanda daratan Pulau Jawa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sampah kiriman mengotori perairan Kepulauan Seribu di sekitar Pulau Pari dan Pulau Pramuka, Rabu (28/11). Sampah itu terbawa arus laut dan terdampar akibat angin serta hujan deras yang melanda daratan Pulau Jawa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sampah kiriman mengotori perairan Kepulauan Seribu di sekitar Pulau Pari dan Pulau Pramuka, Rabu (28/11). Sampah itu terbawa arus laut dan terdampar akibat angin serta hujan deras yang melanda daratan Pulau Jawa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anak-anak bermain di antara sampah kiriman yang mengotori perairan Kepulauan Seribu di sekitar Pulau Pari dan Pulau Pramuka, Rabu (28/11). Sampah berasal dari wilayah luar Jakarta yang terbawa angin hingga ke perairan Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anak-anak bermain di antara sampah kiriman yang mengotori perairan Kepulauan Seribu di sekitar Pulau Pari dan Pulau Pramuka, Rabu (28/11). Sampah berasal dari wilayah luar Jakarta yang terbawa angin hingga ke perairan Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Hakim PN Jaksel yang Ditangkap KPK

Posted: 27 Nov 2018 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap dua hakim dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan pada Selasa 27 November 2018 malam hingga Rabu (28/11/2018) dini hari. Selain hakim, turut serta diciduk seorang panitera, pengacara dan pihak lainnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun JawaPos.com, hakim yang diamankan berinisial I. Selain itu ada hakim RIW yang turut dibawa KPK.

Dia termasuk hakim senior yang sudah malang melintang berpindah tugas di berbagai pengadilan di Indonesia. RIW dikabarkan diamankan karena kedapatan menerima suap untuk mengamankan perkara perdata yang diajukan seorang pengacara.

"Ada sejumlah uang dalam bentuk dolar Singapura yang juga turut dibawa sebagai barang bukti dalam perkara ini," terang juru bicara KPK Febri Diansyah, di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Terkait adanya OTT Ini, Ketua KPK Agus Rahardjo membenarkannya. "Benar ada giat tadi malam sampai dini hari, di Jakarta. terkait dengan penanganan perkara perdata di PN Jakarta Selatan," kata Ketua KPK Agus Rahardjo.

 

6 Orang Ditangkap

Dalam operasi senyap kali ini, sekitar 6 orang telah diamankan dan dibawa ke markas KPK."KPK Mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status para pihak yang diamankan," tandasnya.

Terpisah, dikonfirmasi perihal adanya OTT yang dilakukan KPK terhadap dua hakim dan panitera, Humas PN Jaksel Achmad Guntur mengaku belum mengetahui secara pasti perihal penindakan yang dilakukan KPK. Dia pun belum bisa memastikan apakah benar ada hakim di lingkungan PN Jaksel yang diciduk tim lembaga antirasuah.

"Ada beberapa hakim yang sampai saat ini belum masuk. Ini belum ada informasi apakah sakit atau apa," ujar Achmad.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wreck-It Ralph 2 Meriahkan Libur Natal dan Tahun Baru

Posted: 27 Nov 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Film animasi terbaru Disney berjudul Ralph Breaks The Internet : Wreck-It Ralph 2 mulai ditayangkan di Indonesia. Tak cuma menyaksikan karakter tokoh film animasi di layar bioskop, anak-anak dan pecinta film animasi juga bisa menemukan karakter tokoh di pusat perbelanjaan.

Dengan tajuk Disney's Ralph Breaks The Internet : Wreck-It Ralph 2, pengunjung dapat menikmati suasana sukacita Natal hingga program belanja mulai 21 November 2018 sampai 31 Desember 2018 yang digelar Mall of Indonesia (MOI)

Rangkaian kegiatan ini juga sebagai bentuk apresiasi MOI untuk pengunjung setianya di akhir tahun. Berlokasi di Atrium utama MOI dengan mengangkat tema dari film "Disney's Ralph Breaks The Internet : Wreck-It Ralph 2" para pengujung akan diajak berpetualang untuk merasakan keseruan dari film tersebut dengan konsep dekorasi yang disuguhkan oleh mal di Jakarta Utara itu.

Film Disney's Ralph Breaks The Internet : Wreck-It Ralph 2 sendiri sudah dirilis dan tayang di bioskop mulai 21 November 2018.

 

Destinasi Libur Natal

Disney's Ralph Breaks The Internet : Wreck-It Ralph 2. foto: istimewa

Event ini dapat menjadi salah satu destinasi libur natal bersama keluarga atau kerabat sekaligus merasakan sensasi keseruan Experience Digital Interactive Games bersama Disney's Ralph Breaks The Internet : Wreck-It Ralph 2 di MOI.

"Kami menghadirkan berbagai acara menarik dan spesial untuk menyemarakkan libur natal dan tahun baru. Menyambut Natal tahun ini, kami menampilkan sesuatu yang berbeda dengan yang pernah dilakukan sebelumnya, bayangkan saja para pengunjung dapat merasakan serunya berpetualang di dunia digital bersama Disney's Ralph Breaks The Internet : Wreck-It Ralph 2," terang Lady Samantha, selaku Senior Marcomm Manager MOI.

 

Keseruan Permainan

Film animasi Ralph Breaks the Internet: Wreck-It Ralph 2 atau Wreck-It Ralph 2. (Disney)

Selain menghadirkan beragam kegiatan menarik, MOI juga menghadirkan program belanja yaitu dengan minimum belanja senilai Rp 1.000.000,- di all tenant akan mendapatkan merchandise ekslusif Disney's Ralph Breaks The Internet : Wreck-It Ralph 2.  Anda juga mendapatkan free access untuk memasuki area Digital Interactive Games yang bertempat di main atrium MOI.

Semua kemeriahan natal ini dihadirkan pastinya bagi anda pengunjung setia MOI. Jadi sambil menyaksikan film Disney's Ralph Breaks The Internet : Wreck-It Ralph 2, kita juga bisa merasakan keseruan permainannya di Jakarta. (Bintang.com/ Puput Puji Lestari)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung Liga 2 Leg Kedua Semifinal, Pertarungan Menuju Liga 1

Posted: 27 Nov 2018 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Liga 2 2018 akan memainkan leg kedua semifinal pada Rabu (28/11). Pada laga ini ada PSS Sleman vs Kalteng Putra dan Semen Padang melawan Persita Tangerang. Pertandingan Liga 2 hari ini diprediksi berjalan sengit karena keempat tim membutuhkan kemenangan demi melaju ke final sekaligus memastikan tiket ke Liga 1 musim depan.

PSS Sleman akan menjamu Kalteng Putra di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Sementara Semen Padang dan Persita Tangerang akan berduel di Stadion H. Agus Salim, Padang. Berikut ini Liputan6.com rangkum jadwal pertandingan Liga 2 Leg II Semifinal. Jadwal pertandingan ini akan berjalan menarik demi pertarungan menuju Liga 1 Indonesia musim 2019.

Duel sengit PSS Sleman vs Kalteng Putra

Striker andalan PSS, Cristian Gonzales, saat melakukan selebrasi gol ke gawang Persiraja Banda Aceh di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (21/11/2018). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Sesuai jadwal, PSS Sleman akan berhadapan dengan Kalteng Putra dalam leg kedua semifinal Liga 2, Rabu (28/11) di Stadion Maguwoharjo, Sleman. PSS dan Kalteng Putra masih mempunyai peluang yang sama untuk merebut tiket ke final Liga 2 sekaligus satu tempat di Liga 1 2019.

Tampil di hadapan pendukungnya, momentum jelas lebih dekat pada Super Elja. Apalagi PSS punya rapor mentereng setiap melakoni laga kandang musim ini. Tuan rumah membutuhkan kemenangan setidaknya dengan selisih satu gol untuk mengantongi tiket promosi ke liga 1 Indonesia musim depan.

Sayangnya, pada pertarungan Liga 2 nanti, PSS dipastikan minus satu pemain pilar, yakni bek andalan Ikhwan Ciptadi. Mantan pemain Persis Solo itu terkena akumulasi kartu kuning yang didapat pada leg pertama semifinal.

Sebelumnya, pada leg pertama semifinal Liga 2 di Stadion Tuah Pahoe Palangkaraya, kedua tim bermain dengan skor imbang 0-0. Dengan krusialnya pertandingan tersebut, diprediksi laga antara PSS Sleman dan Kalteng Putra akan berjalan sengit.

Pada liga 2 musim ini, kedua kesebelasan sudah tiga kali bertemu. PSS dan Kalteng Putra sekali saling mengalahkan, dan mendapat satu hasil imbang.

Semen Padang butuh 2 gol

Semen Padang melawan Kalteng Putra di Stadion Tuan Pahoe, Palangkaraya, Selasa (30/10/2018). (Bola.com/Arya Sikumbang)

Di saat yang bersamaan, Semen Padang juga akan menjalani laga hidup dan mati pada leg kedua semifinal Liga 2 2018 dengan menjamu Persita Tangerang di Stadion H. Agus Salim, Padang. Beban berat bertumpu di pundak tim asuhan Syafrianto Rusli pada semifinal Liga 2 2018 kali ini. Pasalnya pada leg pertama yang digelar Minggu (25/11/2018) di kandang Persita, Irsyad Maulana dkk. menyerah dengan skor 0-1. Semen Padang harus mengejar defisit satu gol dalam laga itu.

Menurut pemain Semen Padang, momen menghadapi Persita Tangerang di hadapan publik sendiri merupakan kesempatan terbaik dalam memastikan satu jatah kembali ke Liga 1 musim depan.

Sementara itu Pelatih Persita Tangerang, Wiganda Saputra menginstruksikan anak asuhnya bermain normal saat meladeni Semen Padang pada leg kedua semifinal Liga 2. Strategi ini dilakukan, karena Wiganda Saputra menganggap saldo satu gol yang diraih saat mengalahkan Semen Padang 1-0 di Tangerang lalu masih rawan.

Semen Padang membutuhkan kemenangan dengan margin dua gol untuk bisa lolos ke final Liga 2. Jadwal laga Liga 2 ini tentu sangat menarik untuk disaksikan. Terlebih kedua tim akan tampil habis-habisan demi satu tiket tampil di kasta tertinggi sepakbola nasional yakni Liga 1 musim depan.

Dari rekor pertemuan kedua tim, Persita Tangerang menang tiga kali, satu imbang dan satu laga dimenangkan Semen Padang.

Jadwal Siaran Langsung Liga 2 Leg Kedua Semifinal

Berikut ini jadwal siaran langsung Liga 2 Leg Kedua Semifinal Rabu (28/11/2018):

PSS Sleman vs Kalteng Putra pukul 15.30 WIB di Stadion Maguwoharjo - Live TvOne

Semen Padang vs Persita Tangerang pukul 15.30 WIB di Stadion Haji Agus Salim - Live IndiHome

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenang Hillenburg, Begini Tampilan Toyota Highlander Versi SpongeBob SquarePants

Posted: 27 Nov 2018 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pencipta kartun bawah laut terkenal, Spongebob Squarepants, Stephen Hillenburg, tutup usia, Senin (26/11). Ayah dari tokoh animasi kuning kotak ini berpulang di usia ke-57 tahun, dan didiagnosa karena Amyotrophic Lateral Sclerosis atau ALS, sejak Maret 2017.

Kartun Spongebob Squarepants terkenal sangat sukses ditayangkan di berbagai negara. Bahkan, ada 60 negara yang sudah mengisi suara kartun yang menggambarkan kehidupan makhluk di kota bawah laut ini ke dalam bahasa negaranya masing-masing, termasuk Indonesia.

Dengan popularitas yang begitu tinggi, tidak heran jenama otomotif asal Jepang, Toyota sempat berkolaborasi dengan Nickelodeon membuat mobil konsep edisi Spongebob Squarepants.

Mobil konsep ini, diberi nama The SpongeBob-inspired 2014 Highlander concept, mobil kuning ini dipamerkan di pertandingan baseball antara San Francisco Giants vs San Diego Padres.

Dilihat dari desainnya, model ini menggunakan cat dasar biru, dengan muka dan badan Spongbob Squarepants di sekujur bodi, seperti di kap mesin hingga turun menuju grille, dan bumper. Terdapat juga di atap, dan muka Spongebob squarepants di samping kanan dan kiri.

Selanjutnya

Begini Tampilan Toyota Highlander versi SpongeBob SquarePants (Foto: 4wheelsnews)

Tidak hanya eksterior, interior mobil ini juga diberi nuansa kuning dan putih di jok dan berbagai ekspresi muka Spongebob, squidward, dan Mr Krabs. Bagian plafon juga didesain layaknya seperti laut, dengan berwarna biru seperti air.

Namun, model ini sepertinya memang hanya sebatas konsep. Pasalnya, sejak 2013 hingga saat ini Toyota dan Nickelodeon tidak benar-benar mewujudkan model edisi khusus makhluk kuning kotak penghuni Bikini Bottom ini.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Semifinal Liga 2 2018, PSS Sleman berhadapan dengan Kalteng Putra

Posted: 27 Nov 2018 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Babak 8 besar kompetisi Liga 2 musim 2018 memang telah rampung. Empat tim juga sudah memastikan tempat di semifinal yang akan berlangsung dengan format home and away.

Dua tim terakhir, yakni Persita Tangerang dan PSS Sleman melengkapi daftar semifinalis usai merebut kemenangan dalam pertandingan terakhir Grup B dalam Liga 2 2018, Rabu (21/11/2018).

PSS Sleman yang hanya membutuhkan hasil imbang berhasil menggulung Persiraja Banda Aceh lima gol tanpa balas. Pemain naturalisasi Cristian Gonzales tampil memukau lewat hattrick yang dicetaknya. Dua gol lainnya lahir dari Dave Mustaine, dan Aditia Putra Dewa pada kompetisi Liga 2 leg pertama ini.

Sementara pada pertandingan lain, Persita Tangerang juga berhasil memetik tiga poin saat bertemu Madura FC. Pendekar Cisadane membuka peluang kembali ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia usai menang 2-1 di Stadion Ahmad Yani, Sumenep, Madura, kemarin.

Dengan hasil ini, PSS Sleman mengunci posisi puncak klasemen Grup B dengan 10 poin. Sementara Persita Tangerang berada di urutan kedua juga dengan jumlah poin yang sama pada Liga 2 musim 2018 ini.

Babak semifinal Liga 2 menggunakan format kandang-tandang. Juara grup A berhadapan dengan runner up grup B dan begitu juga sebaliknya. Semifinal leg pertama sudah digelar pada Minggu 25 November, sedangkan leg kedua berlangsung pada Rabu 28 November 2018 nanti.

Tim yang Lolos ke Semifinal:

Grup A

Semen Padang (10)

Kalteng Putra (10)

Grup B

PSS Sleman (10)

Persita Tangerang (10)

 

Jadwal Pertandingan

Leg 1

Minggu 25 November 2018

Kalteng Putra Vs PSS Sleman

Persita Tangerang Vs Semen Padang

Leg 2

Rabu 28 November 2018

PSS Sleman Vs Kalteng Putra

Semen Padang Vs Persita Tangerang

Bek Semen Padang Optimistis Balas Kekalahan dari Persita

Semen Padang melawan Kalteng Putra di Stadion Tuan Pahoe, Palangkaraya, Selasa (30/10/2018). (Bola.com/Arya Sikumbang)

Aura optimistisme tetap terpancar di kubu Semen Padang, meski kalah 0-1 pada Liga 2 semifinal leg pertama dari tuan rumah Persita Tangerang (25/11/2018). Tim Kabau Sirah optimistis bisa membalas kekalahan itu dan mengamankan tiket ke final Liga 2 2018.

Salah seorang pilar lini pertahanan Semen Padang, Ngurah Nanak, meyakini tim Kabau Sirah bisa membalas kekalahan di kandang tim Pendekar Cisacane ketika mereka mendapat giliran bertindak sebagai tuan rumah pada leg kedua, Rabu (28/11/2018) di Stadion H. Agus Salim, Padang.

"Kuncinya, kami lebih fokus, tak ada kata lain selain meraih kemenangan untuk mengamankan tiket ke final. Saya yakin kami bisa berbuat lebih saat bermain di hadapan publik sendiri," kata Nanak, Senin (26/11/2018) seperti Liputan6.com kutip dari Bola.com, Rabu (28/11/2018).

Baginya, kunci meraih kemenangan minimal dengan selisih dua gol tak terlepas dari semangat juang, motivasi, konsentrasi, dan disiplin selama pertandingan Liga 2 2018 ini.

Ia menambahkan, peran pemain ke-12 dalam hal ini suporter pada pertandingan nanti, sangat membantu perjuangan tim meraih hasil terbaik. Untuk itu, ia berharap stadion memerah seperti pertandingan terakhir saat menjamu Kalteng Putra di partai terakhir babak 8 besar Liga 2 2018.

"Kami merasakan, saat itu dukungan suporter membuat kami seperti tak pernah lelah. Ini pula yang diharapkan pada pertandingan melawan Persita," harapnya.

Sementara menyangkut pemulihan kondisi yang terbilang sangat singkat, hanya dua hari, menurut Nanak hal itu harus dilalui, apalagi bukan hanya Semen Padang saja yang merasakannya.

"Recovery yang singkat tentunya memaksa kami untuk segera bugar. Namun, ini tentu tergantung masing-masing pemain mengondisikan diri," pungkasnya mengakhiri pembicaraan.

Skenario Kalteng Putra Menjegal PSS di Sleman

Striker andalan PSS, Cristian Gonzales, saat melakukan selebrasi gol ke gawang Persiraja Banda Aceh di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (21/11/2018). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Pelatih Kalteng Putra, Kas Hartadi kecewa tim asuhannya ditahan imbang tanpa gol oleh PSS Sleman pada leg pertama semifinal Liga 2 2018 di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya (25/11/2018). Kendati begitu, Kas Hartadi tak putus asa karena masih ada leg kedua di Liga 2 2018. Kalteng Putra mendapat giliran tandang ke Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (28/11/2018).

"Pemain sudah tampil maksimal di kandang. Semua skenario juga dijalankan dengan baik. Inilah sepak bola karena PSS pun ingin meraih hasil terbaik di sini Palangkaraya," tutur Kas Hartadi seperti Liputan6.com kutip dari Bola.com, Rabu (28/11/2018).

Mantan pelatih Sriwijaya FC itu telah merancang skema baru untuk menjegal PSS di Sleman, sekaligus meraih tiket promosi ke Liga 1 2019.

"Kami masih sama-sama berpeluang. Tak mudah main di Sleman dengan tekanan suporter yang kuat. Kuncinya, mental pemain harus kuat pula untuk menghadapi laga ini," ujarnya.

Pelatih yang pernah membesut Persik pada 2016 itu masih yakin bisa membalas PSS. Syaratnya, Kalteng Putra harus menang atau memaksa hasil seri dengan memasukkan gol saat pertandingan leg kedua di Liga 2 musim 2018. Dengan sistem head to head, produktivitas mencetak gol di kandang lawan jadi penentunya.

"Kami harus menang atau seri dengan gol. Jika imbang 0-0 masih ada perpanjangan waktu 2x15 menit. Juga masih ada skenario adu penalti jika babak tambahan tetap tanpa gol. Jadi, saya juga harus melatih dan menyiapkan penendang penalti," jelasnya.

Jadwal Leg Kedua Semifinal Liga 2 2018, Rabu 28 November 2018

 

Jadwal leg kedua semifinal Liga 2 2018 akan kembali berlangsung mulai Rabu (28/11/2018) ini. Semen Padang, Persita Tangerang, PSS Sleman maupun Kalteng Putra masih berpeluang lolos ke final Liga 2 2018.

Di leg pertama Liga 2 2018 kemarin, Persita Tangerang cuma bisa menang tipis 1-0 dari tamunya Semen Padang. Semen Padang pun punya peluang besar untuk membalikkan keadaan, dengan syarat menang selisih minimal dua gol.

Sebaliknya, Persita Tangerang yang sudah punya tabungan satu gol kandang, cuma perlu hasil seri atau bisa mencetak gol dan kalah dengan selisih satu gol untuk lolos ke final Liga 2 2018. Di laga leg kedua semifinal Liga 2 2018 lainnya, PSS Sleman giliran menjamu Kalteng Putra di Stadion Maguwoharjo Sleman.

PSS Sleman cuma perlu menang 1-0 untuk bisa lolos ke final Liga 2 2018, tapi di sisi lain Kalteng Putra juga masih punya peluang untuk lolos, apalagi jika nanti bisa mencetak gol di kandang PSS Sleman.

Jadwal siaran langsung leg kedua semifinal Liga 2 2018 akan berlangsung hari ini Rabu (28/11/2018), antara Semen Padang vs Persita Tangerang dan PSS Sleman vs Kalteng Putra.

Dilansir dari laman resmi Liga 2 2018, berikut jadwalnya yang Liputan6.com rangkum, Rabu (28/11/2018).

PSS Sleman vs Kalteng Putra. Disiarkan langsung dan live streaming di TV One pukul 15.30 WIB

Semen Padang vs Persita Tangerang. Disiarkan langsung di Usee TV dan live streaming di YouTube Liga 2 Match pukul 15.30 WIB

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Emisi C02 Naik dalam 4 Tahun Terakhir, Perubahan Iklim Kian Mengkhawatirkan

Posted: 27 Nov 2018 09:32 PM PST

Liputan6.com, New York - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa berbagai upaya global untuk mengatasi perubahan iklim, telah keluar dari jalur yang diharapkan. Hal ini, utamanya disebabkan oleh kenaikan emisi karbondioksia (CO2) pertama dalam empat tahun terakhir.

Laporan kesenjangan emisi menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi bertanggung jawab untuk peningkatan CO2 pada 2017, sementara upaya nasional untuk mengurangi karbon telah tersendat.

Dikutip dari BBC pada Rabu (27/11/2018), laporan itu muncul beberapa waktu sebelum konferensi itentang perubahan klim PBB dimulai di Polandia pasa 2-14 Desember.

Selama sembilan tahun terakhir, lembaga pemerhati lingkungan di bawah PBB telah menghasilkan penilaian terhadap studi ilmiah terbaru tentang emisi gas rumah kaca saat ini dan masa depan.

Aktivitas ini menyoroti perbedaan antara tingkat emisi gas rumah kaca yang dapat dipertahankan dunia untuk menjaga suhu dalam batas aman, dengan tingkat yang mungkin didasarkan pada janji dan tindakan yang diambil oleh masing-masing negara.

Antara 2014 dan 2016, emisi global CO2 dari industri dan produksi energi pada dasarnya stabil, sementara ekonomi global tumbuh sederhana. Tetapi, pada 2017, emisi ini naik 1,2 persen didorong oleh pendapatan domestik bruto (PDB) yang lebih tinggi.

Sementara kenaikan mungkin tampak kecil, perlu dilihat dalam konteks upaya untuk menjaga suhu global meningkat lebih dari 1,5 derajat Celsius, seperti yang baru-baru ini diuraikan dalam laporan kunci Panel Antar-Pemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC).

Menurut PBB, untuk menjaga dunia di bawah target itu, emisi gas rumah kaca global pada 2030 herus 55 persen lebih rendah daripada saat ini.

"Masih ada kesenjangan besar antara kata-kata dan perbuatan, antara target yang disepakati oleh pemerintah di seluruh dunia untuk menstabilkan iklim kita, dan langkah-langkah untuk mencapai tujuan-tujuan ini," kata Dr Gunnar Luderer, dari Institut Potsdam untuk Penelitian Dampak Iklim, serta salah satu penulis dari penelitian terkait.

Para ilmuwan mengatakan bahwa untuk mengatasi kesenjangan tersebut, negara-negara harus menaikkan ambisi mereka lima kali lipat untuk memenuhi tujuan batas maksimal suhu Bumi 1,5 derajat Celsius.

Saat ini, dunia sedang menuju kenaikan suhu 3,2 derajat Celsius pada akhir Abad ke-21, kata laporan itu.

 

Simak video pilihan berikut:

 

Memuncaknya Emisi Rumah Kaca Global

Ilustrasi polusi udara di kota Beijing (AP/NG Han Guan)

Salah satu aspek kunci dari penelitian di atas adalah tentang memuncaknya emisi rumah kaca global.

Laporan itu mengatakan bahwa memuncaknya emisi pada 2020 adalah "penting untuk mencapai target suhu dalam perjanjian Iklim Paris," tetapi skala upaya saat ini tidak mencukupi.

Studi tersebut mengatakan bahwa pada tahun 2030, sekitar 57 negara yang mewakili sekitar 60 persen emisi global akan mencapai puncaknya.

Studi tersebut juga mengatakan bahwa negara-negara termasuk Argentina, Australia, Kanada, Uni Eropa (tidak terkecuali Inggris), Korea Selatan, Arab Saudi, Afrika Selatan dan AS, kurang mencapai kontribusi nasional mereka untuk tahun 2030.

Tiga negara, Brasil, China dan Jepang saat ini berada di jalur yang disepakati, sementara tiga lainnya, India, Rusia dan Turki didesak untuk lebih bekerja keras daam mencapai target global.

PBB menaruh harapan besar pada apa yang disebut "aktor non-negara", yang berarti pemerintah lokal, kota dan daerah, serta bisnis dan institusi pendidikan tinggi yang dapat berdampak besar pada solusi perubahan iklim di masa depan.

Para peneliti memperkirakan bahwa, saat ini, lebih dari 7.000 kota dari 133 negara dan 6.000 perusahaan dengan pendapatan setidaknya US$ 36 triliun, telah berjanji untuk mengambil solusi aktif dalam mengatasi perubahan iklim.

Ditambahkan oleh studi terkait bahwa ada potensi untuk memotong emisi gas rumah kaca hingga 19 gigaton CO2 per tahun pada 2030, di mana hal itu cukup untuk menjaga Bumi tetap pada jalur kenaikan suhu tertinggi 2 derajat Celsius.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Stephen Hillenburg, Ahli Biota Laut yang Alih Profesi Jadi Ilustrator Spongebob Squarepants

Posted: 27 Nov 2018 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Para pecinta animasi Spongebob nampaknya sedang berduka, pasalnya pencipta karakter kartun tersebut, Stephen Hillenburg, baru saja meninggal dunia di usianya yang ke-57 tahun.

Stephen Hillenburg meninggal dunia akibat penyakit ALS yang dideritanya sejak Maret 2017 lalu. Penyakit tersebut adalah kondisi langka yang mempengaruhi sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang, atau dikenal dengan penyakit Lou Gehrig. Hillenburg harus meninggalkan sang istri yang telah dinikahinya selama 20 tahun serta anaknya laki-lakinya, Clay.

Kabar "kepergian" Hillenburg sontak saja membawa duka tak hanya bagi keluarga dan kerabat tapi juga bagi para pecinta animasi Spongebob. Tanpa dirinya tentu saja tak akan tercipta sosok unik Spongebob dan kehidupan bawah lautnya.

Nyatanya tak banyak yang tahu sebelum menciptakan sosok Spongebob, Hillenburg berprofesi sebagai seorang ahli biota laut di Orange Ounty Ocean Insitute. Namun pada tahun 1987 dirinya memutuskan untuk berkarir di bidang animasi yang ternyata merupakan passionnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Passion di bidang animasi

Apa jadinya jika tokoh di film Spongebob terlihat berbeda?

Dikutip dari Guardian, kesempatan awal Hillenburg bergabung di Nickelodeon adalah dalam animasi Rocko's Modern Life. Baru setelahnya dia membuat serial komik bertema pendidikan laut berjudul 'The Intertidal Zone'. Pada serial komik tersebut terdapat sebuah karakter berbentuk spons yang bisa berbicara yang kemudian menjadi asal mula terciptanya Spongebob.

Ketika serial Rocko's Modern Life berakhir pada tahun 1996, barulah Hillenburg mengembangkan konsep karakter spons tersebut. Dia lantas mulai menulis seri kartun bawah laut dengan karakter utama spons yang awalnya diberi nama Spongeboy yang kemudian diubah menjadi Spongebob.

Saat ini dirinya memiliki sebuah rumah produksi sendiri yang diberi nama United Plankton Pictures. Bersama sang istri, Hillenburg kerap mendonasikan penghasilannya melalui badan amal miliknya yang bernama United Plankton Charitable Trust. Badan amal tersebut berfokus pada pembiayaan di bidang seni dan budaya, pendidikan, kesehatan dan pelayanan masyarakat khususnya di California bagian Selatan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditemani Para Menteri, Jokowi Ngopi di Rest Area Tol Sragen-Ngawi

Posted: 27 Nov 2018 09:30 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi menikmati berbagai makanan yang tersedia di Rest Area 538 B Sragen Jalan Tol Sragen-Ngawi, Jawa Tengah, Rabu ini. Pada hari ini presiden meresmikan pengoperasian ruas tol Sragen-Ngawi. 

Presiden tampak mengangkat gelas kopi ketika menikmati kuliner bersama para menteri dan pejabat daerah maupun BUMN. Tampak mendampingi Presiden Jokowi antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen.

Jokowi menyatakan senang di lokasi tempat istirahat (rest area) itu terdapat banyak kuliner lokal. "Di kanan ada soto kuali, ada lontong opor, ada pecel lele, ada oseng kikil, ada bebek rica-rica. Nengok ke kiri juga ada soto madura, bakso malang, ada roti ganep," katanya seperti dikutip dari Antara, Rabu (28/11/2018).

Seperti yang disampaikan sebelumnya, Presiden ingin tempat istirahat jalan tol dipenuhi produk lokal dari daerah di lokasi setempat. "Jangan sampai justru dipenuhi oleh brand-brand asing, dari luar, dan brand-brand lokal hanya menjadi penonton," katanya.

Ia menyebutkan di Rest Area Tol Sragen-Ngawi konsep itu sudah mulai diterapkan. "Saya harapkan di rest-rest area yang lainnya juga mengikuti seperti ini," katanya.

Ia juga menyebutkan tempat istirahat memberi wadah bagi pelaku UMKM untuk berkembang.

"Ada wadahnya sehingga dampaknya nanti kita lihat 1-2 tahun akan kelihatan seperti apa, kita akomodasi keinginan dari pelaku usaha mikro usaha kecil untuk memanfaatkan, memasarkan produk-produknya di rest area," katanya.

Ia menyebutkan konsep mengembangkan UMKM di tempat istirahat jalan tol cukup bagus. "Ini mau dikonsep lagi dalam bentuk food cort bareng-bareng agar lebih bagus lagi," katanya.

 

Jokowi Resmikan Tol Sragen-Ngawi

Presiden Jokowi didampingi menteri dan pejabat daerah Jawa Tengah meninjau kondisi jalan tol Sragen-Ngawi seusai peresmian di kilometer 538 jalan tol Solo-Ngawi, Rabu (28/11). Jalan tol itu akan digratiskan selama seminggu. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi membuka pengoperasian jalan tol Sragen-Ngawi. Peresmian ini dilakukan di kilometer 538 jalan tol Solo-Ngawi, Jawa Tengah.

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan jalan tol Ngawi-Sragen," kata Jokowi sambil menekan tombol sirine tanda meresmikan ruas tol tersebut, Rabu (28/11/2018).

Dengan beroperasinya tol ini diharapkan dapat menghubungkan seluruh jalan tol yang ada di Jawa.

"Artinya sebentar lagi dari Jakarta sampai Surabaya di akhir tahun ini Insyaallah sudah sambung semuanya," ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, masih ada sejumlah ruas tol yang masih dikerjakan hingga kini. Di antaranya Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Solo, dan Wilangan-Kertosono.

Jokowi menambahkan, bahwa ruas tol tersebut dipastikan bakal rampung dalam waktu dekat.

"Yang kurang itu, tadi saya tanyakan ke Menteri BUMN, Dirjen Bina Marga, beliau mengatakan pertengahan Desember 2018 selesai semuanya. Bapak tinggal mencari waktu kapan meresmikannya," terang Jokowi.

Sejumlah menteri dan pejabat daerah Jawa Tengah turut hadir mendampingi Jokowi saat meresmikan tol ini. Mereka Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Champions: 8 Tim Lolos ke 16 Besar

Posted: 27 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dua tim raksasa, Juventus dan Real Madrid akhirnya memastikan langkah mereka ke fase knock out Liga Champions. Kemenangan yang mereka raih di matchday kelima fase grup, membuat posisi mereka di klasemen Liga Champions Grup G dan H tak mungkin dikejar para rival.

Selasa (27/11), bermain di kandang sendiri, Juventus menang 1-0 atas Valencia. Sementara Real Madrid menang 2-0 saat dijamu AS Roma di Stadion Olimpico.

Dengan begitu, kini total ada delapan tim yang telah memastikan lolos ke fase gugur. Selain Juventus dan Real Madrid, lima tim lainnya: juga memastikan diri lolos, Bayern Munchen, Ajax Amsterdam, Manchester City, Manchester United, dan AS Roma, Selasa (27/11).

Sementara Barcelona, sudah terlebih dahulu memastikan langkah ke fase gugur. Pasalnya, nilai mereka di klasemen Liga Champions Grup B tak lagi terkejar.

Berikut selengkapnya klasemen Liga Champions.

Klasemen Grup E-F

 

Klasemen Grup G-H

Klasemen Grup A-B

Klasemen Grup C-D

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belok Arah karena Gempa, Petualang King Jakarta Papua Beli BBM Rp 70 Ribu Seliter

Posted: 27 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,7 mengguncang wilayah Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Pada pukul 17.05 Wita, Jumat 28 September 2018. Pusat gempa di timur laut Donggala, Sulawesi Tengah.

Gempa itu mengubah rencana petualangan empat unit sepeda motor Rx-King lintas Jakarta-Papua. Sedianya, rute melintasi daerah Palu-Donggala kemudian diubah jadi melintasi daerah Sidrap-Palopo.

Kami, empat kingers, sebutan untuk pecinta Rx-King, mendengar kabar itu begitu tiba di Pelabuhan Makassar pada pukul 20.45 Wita, Jumat 28 September 2018.

"Jalur terputus, ubah rute," demikian pengarahan dari Ketua King Road Owner's Makassar (Krom) Registrasi YRKI 300, Ilham Pusaka. Dia mengarahkan kami untuk melanjutkan perjalanan menuju daerah Sidrap-Palopo.

Kami lanjutkan perjalanan sesuai arahan itu. Perjalanan dikawal oleh beberapa kingers di lintas Sulawesi, mulai dari Makassar sampai tiba di daerah Mangkutana, Sulawesi Selatan.

Kami berjumpa dengan ketua dari Yamaha Rx-King Luwu Timur (YRKLT) Registrasi YRKI 346 yaitu Vhian. Vhian mengatakan bahwa SPBU yang mengarah ke arah Poso sampai Gorontalo habis total karena bencana gempa dan tsunami tersebut. Dia mengimbau untuk membawa jeriken isi bahan bakar minyak untuk cadangan.

Sampai di Kota Poso pasokan BBM menipis. Dua jeriken yang berisi 20 liter tandas untuk empat unit motor Rx-King. Kami berhasil mendapatkan 1 jeriken di Poso, masih dengan harga normal.

Perjalanan diteruskan sampai Ampibabo, Sulawesi Tengah. Sejumlah gempa kecil dengan kekuatan magnitudo 3,3 menghantui di perjalanan lintas Sulawesi.

Sampai di SPBU Ampibabo, Sulawesi Tengah pasokan bensin kosong. Kami terpaksa membeli ke penjual eceran. Berapa harganya? Satu liter Pertalite dijual Rp 70 ribu. Pilihan sulit, membeli BBM mahal atau mendorong motor.

Perjalanan menuju Papua dilanjutkan kembali sampai perbatasan antara Sulawesi Tengah dan Gorontalo. (Andika Triadi)

Empat anggota komunitas sepeda motor Yamaha RX-King menyisir jalur dari Jakarta menuju Papua dengan mengendarai motor-motor kesayangannya. Mereka menceritakan kisah perjalanannya secara berseri.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pramono Anung: Kritik Itu Obat Kuat, Apalagi dari Pak Prabowo

Posted: 27 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Kabinet Pramono Anung tak mempersoalkan adanya kritikan dari pihak posisi pemerintah, seperti halnya dari capres Prabowo Subianto. Dia menyatakan mengkritik pemerintah merupakan kewajiban oposisi.

"Kalau ada kritik dari pimpinan oposisi atau calon presiden dari oposisi itu wajib. Kalau tidak mengkritik ya tidak seru," Kata Pramono di Ballroom Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Rabu (28/11/2018).

Dia menyatakan kritikan yang disampaikan Prabowo ataupun pihak oposisi lainnya menjadi koreksi untuk pemerintah. "Kalau ada yang kurang kami perbaiki," ucapnya.

Sementara itu mengenai kritikan dari negara asing, Pramono juga menyebut hal tersebut merupakan bentuk yang lumrah. Apalagi Indonesia merupakan salah satu negara yang demokrasi.

"Enggak papa, mau siapa aja enggak papa. Namanya negara demokrasi. Kritik itu obat kuat, apalagi dari Pak Prabowo dari capres," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra itu menuturkan, Indonesia sudah masuk darurat korupsi. Pasalnya, dari kalangan pejabat negara seperti anggota dewan, menteri hingga hakim sudah ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Isu utama di Indonesia sekarang adalah maraknya korupsi, yang menurut saya sudah seperti kanker stadium empat," tegas Prabowo.

Akibatnya, kata Prabowo, angka kemiskinan rakyat Indonesia meningkat, sementara para elitenya hidup berkecukupan. Menurutnya, para elite di Indonesia masih cuek terhadap kesenjangan sosial.

Wujudkan Kesejahteraan

Tak hanya itu, Prabowo menjelaskan, banyak cara yang bisa dilakukan Indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa dan negaranya, salah satunya adalah dengan menerapkan ilmu ilmu baru yang fokus pada keunggulan strategis bangsa Indonesia.

Caranya menurut dia, adalah industrialisasi, dengan digitalisasi, menerapkan ilmu-ilmu baru, dengan fokus pada apa yang jadi keunggulan strategis kita sehingga bisa berkontribusi untuk atasi masalah dunia.

Karena itu, Prabowo menjelaskan bahwa jika dirinya dipercaya untuk menjadi Presiden Indonesia pada Pemilu 2019 mendatang, maka dirinya akan melakukan kerjasama teknologi dan ilmu pengetahuan baik dengan Singapura maupun negara-negara lainnya.

"Sehingga, Indonesia bisa menjadi negara sahabat yang strategis bagi negara-negara lain dan bukan hanya sebagai negara importir saja melainkan eksportir produk produk unggulan dan strategis lainnya," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AWS Luncurkan Layanan Jasa Satelit di re:Invent 2018

Posted: 27 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Las Vegas - Amazon Web Services (AWS) mengumumkan layanan terbarunya dalam acara AWS re:Invent 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Layanan terbaru ini merupakan layanan untuk penyedia satelit yang dinamakan AWS Ground Station, stasiun darat pertama yang sepenuhnya dikelola sebagai layanan.

Lewat layanan ini, AWS akan menyediakan antena darat melalui jaringan zona yang tersedia di seluruh dunia.

Kemudian layanan tersebut akan memproses data untuk menyederhanakan pengambilan data, dan memproses pengolahan perusahaan satelit dan pihak yang mengkonsumsi data satelit.

Pelanggan dapat memprosesnya dengan menggunakan Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2) di Amazon Simple Storage Service (S3), dan mengaplikasikannya lewat analisis AWS dan machine learning untuk memperoleh data.

Kemudian data tersebut didistribusi melalui jaringan Amazon ke wilayah lain dan fasilitas pemrosesan. Dengan begini pelanggan lebih mudah dan murah dalam biaya dengan menggunakan AWS Ground Station.

"AWS Ground Station merupakan layanan untuk membantu pelanggan, untuk lebih mudah dan mengkontrol biaya untuk operasional satelit," ujar CEO AWS, Andy Jassy, Selasa (27/11/2018), Las Vegas, Amerika Serikat.

 

Layanan AWS Ground Station

AWS re:Invet 2018. Liputan6.com/ Agustina Melani

Seperti disebutkan, pelanggan bakal lebih mudah dan mengkontrol biaya untuk operasional satelit.

Dengan AWS Ground Station tersebut, pengguna dapat mengintegrasikan data dengan satelit dan jasa cloud computing AWS.

AWS mengklaim, pelanggan dapat menghemat biaya 80 persen dengan menggunakan model akses antenna on demand atas kepemilikan.

Pelanggan dapat men-download data sesuai dengan yang dibutuhkan dan kapan saja.

Pelanggan AWS Ground Stations dapat mengunggah data terbaru dari 12 stasiun di seluruh dunia. Kemudian dapat mengkombinasikannya dengan data lainnya.

 

Masukkan dari Pelanggan AWS

AWS Kembali Gelar re:Invent 2018 di Las Vegas. Liputan6.com/ Agustina Melani

"Data satelit sangat berguna lebih luas digunakan untuk aplikasi penting lainnya, tetapi ini lebih kompleks dan mahal untuk membangunnya dan operasikan infrastruktur yang diperlukan," ujar Senior Vice President AWS Charlie Bell.

"Beberapa tahun ini pelanggan menanyakan mengapa kami tidak mengurangi biaya dan kompleksitasnya, dan kami memikirkannya. Kami juga sadar AWS berada di posisi yang unik untuk selesaikan tantangan ini," tambahnya.

Ia menuturkan, pihaknya pun memberikan solusi kepada pelanggan yang dapat memudahkan data satelit tanpa harus memikirkan infrastruktur yang dibutuhkan.

Sebelumnya, perusahaan harus membangun infrastruktur atau pangkalan stasiun sendiri untuk membutuhkan data satelit.

Apalagi saat ini satelit banyak digunakan untuk bisnis, universitas, pemerintah dan pemerintah untuk aplikasi sebagai komunikasi, image wilayah atau tanah dan prakiraan cuaca.

Sementara itu, Chief Operations Officer DigitalGlobe, Jeff Cuwell menuturkan, bekerjasama dengan tim AWS untuk membentuk AWS Ground Station juga membuka membuka inovasi bisnis yang sudah dijalani.

(Agustina Melani/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertatap Muka, Whulandary Herman Ungkap Sifat Asli Bella Hadid

Posted: 27 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Selain Maia Estianty, Miss Universe Indonesia 2013, Whulandary Herman, juga berkesempatan bertemu Bella Hadid. Keduanya bertemu dalam acara yang digelar perusahaan jam tangan mewah di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam kesempatan tersebut, Whulandary Herman berfoto bersama dan berbincang singkat dengan Bella Hadid. Lewat akun Instagram-nya, Whulandary mendeskripsikan rasa bahagia setelah bertatap muka dengan kekasih The Weeknd itu.

"Terima kasih telah mengundangku dalam acara makan malam intim dengan Si wanita berhati baik, Bella. Sekarang aku sangat antusias menceritakan tentang salah satu wanita favorit saya, @bellahadid," tulisnya, Selasa (27/11/2018).

Whulandary Herman kemudian menceritakan betapa baik dan ramahnya seorang Bella Hadid. Sifat adik Gigi Hadid ini membuatnya sangat terkagum-kagum.

Penilaian Whulandary Herman

[Foto: Instagram Whulandary Herman]

"Dia benar-benar Supermodel, Malaikat, Tokoh publik, Ambasador, Influencer. Dia memiliki lebih dari 20 juta pengikut di Instagramnya, TETAPI dia adalah perempuan paling cantik di dalam juga di luar," papar Whulandary.

"Dia berbicara dari hati, kita bisa merasakan kalau dia membuat semua orang merasa prioritas !! Ini adalah salah satu sosok yang harus kita cari, sikap seperti ini yang harus dilakukan oleh semua orang," sambungnya mengakhiri keterangan.

Bella Mengagumi Wulan

Model AS Bella Hadid. (AFP Photo/Valery Hache)

Dalam unggahan selanjutnya, Whulandary Herman juga memperlihatkan video saat dirinya bercakap-cakap dengan Bella Hadid. Jika melihat keterangan yang dibubuhkan sang Miss Universe Indonesia tersebut, Bella Hadid tampaknya sangat kagum dengan penampilan Whulandary Herman.

"Ketika @bellahadid suka dengan semua hal dari penampilanmu," tulis Whulandary. Sebelum berpisah, Bella Hadid bahkan yang lebih dahulu mengajak Whulandary untuk cium pipi kanan dan kiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewat Spongebob Squarepants, Stephen Hillenburg Ajak Dunia Menjaga Laut

Posted: 27 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Selain pesan-pesan moral tentang kehidupan, ada satu lagi hal penting yang disampaikan Stephen Hillenburg lewat kehadiran Spongebob Squarepants dan teman-temannya. Isu itu adalah tentang lingkungan hidup.

Melansir Washington Post pada Rabu (28/11/2018), lewat animasi "Spongebob Squarepants", Stephen Hillenburg membuat pemirsa dari seluruh dunia tertawa karena melihat sifat-sifat manusia yang tergambar dalam makhluk laut seperti bintang laut, kepiting, plankton, dan spons. Di samping itu, pria yang baru saja meninggal karena ALS itu ingin orang peduli dengan laut yang sesungguhnya menyatukan kita.

"Orang-orang harus berkumpul dan (menyadari) betapa pentingnya lautan kita," kata Stephen Hillenburg setelah mengumumkan penyakitnya pada Maret 2017.

"Satu hal yang saya harapkan keluar (dari Spongebob) adalah realisasi bahwa acara itu berasal dari sesuatu yang berharga dan kita perlu menghargainya," tambah pria yang juga seorang ahli kelautan tersebut.

Hillenburg menambahkan, dia berharap bahwa para penonton "Spongebob" dapat menjaga lautan di dunia.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Tentang persahabatan

Selain memiliki episode-episode yang lucu, SpongeBob Squarepants juga punya banyak kekonyolan yang menarik.

Lewat sebuah pernyataan, Nickelodeon mengatakan bahwa dengan humor yang unik, acara itu telah membawa sukacita bagi berbagai generasi anak-anak dan keluarga di seluruh dunia. Sementara, karakter-karakter yang ada di Bikini Bottom sendiri menjadi pengingat nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi tanpa batas.

Yang pasti, kekuatan persahabatan menjadi sebuah pesan yang lekat dengan serial tersebut. Tidak peduli seberapa polosnya Patrick, kikirnya sang atasan Mr. Krabs, hingga jahatnya Plankton, Spongebob selalu mencintai mereka semua.

"Spongebob benar-benar polos, bukan idiot. Dia tidak pernah sepenuhnya menyadari betapa bodohnya Patrick," ujar Hillenburg.

"Mereka selalu terjun ke dalam situasi yang selalu menghadirkan humor," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penghasil Ganja Terbaik, Desa Aceh Jadi Destinasi Wisata

Posted: 27 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Desa Agusen, Kecamatan Blang Keujren, Aceh mulai meninggalkan imej sebagai penghasil ganja terbaik. Masyarakat sekitar mulai membangun kawasan wisata dan memilih menanam Kopi Aceh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Kecelakaan, Warga Legok Tolak Truk Pasir Melintas

Posted: 27 Nov 2018 09:29 PM PST

Patroli, Banten- Puncak kekesalan warga terhadap truk tambang yang melintas diluapkan dengan aksi pemblokiran Jalan Raya Legok, Tangerang, Banten. Bangku dan ban bekas digunakan untuk menghadang laju truk.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (28/11/2018), warga yang emosi juga membakar ban bekas di perempatan jalan hingga kendaraan yang datang dari empat titik jalur sempat tertahan.

Aksi ini tak hanya berdampak pada tertahannya laju truk tambang, namun juga berimbas pada kemacetan kendaraan lain.

Warga mengatakan aksi unjuk rasa ini merupakan puncak kekesalan warga akibat banyaknya truk pengangut batu dan pasir melintas siang dan malam hari.

Selain membuat jalan rusak, truk yang melintas juga kerap dituding menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.

Pemerintah Kabupaten Tangerang mengakui sudah mensosialisasi peraturan bupati untuk mengatur jam operasional truk tambang. Sepertinya hal ini tidak dipatuhi.

Warga berharap, seluruh pihak terkait mencarikan solusi untuk meminimalisir dampak dari melintasnya truk tambang. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menhub Budi Karya Buka Simposium Internasional Lingkungan Kelautan

Posted: 27 Nov 2018 09:25 PM PST

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan sambutan saat pembukaan Simposium Internasional Lingkungan Kelautan di Jakarta, Rabu (28/11). Kegiatan itu bertema Mendukung Kelestarian Laut Indonesia Menjunjung Martabat Bangsa. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan sambutan saat pembukaan Simposium Internasional Lingkungan Kelautan di Jakarta, Rabu (28/11). Kegiatan itu bertema Mendukung Kelestarian Laut Indonesia Menjunjung Martabat Bangsa. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) menyimak penjelasan soal alat Slickdisc MK-13 Skimmer dari Chairman Slickbar Indonesia Bayu Satya saat pembukaan Simposium Internasional Lingkungan Kelautan, di Jakarta, Rabu (28/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) menyimak penjelasan soal alat Slickdisc MK-13 Skimmer dari Chairman Slickbar Indonesia Bayu Satya saat pembukaan Simposium Internasional Lingkungan Kelautan, di Jakarta, Rabu (28/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menhub Budi Karya Sumadi didampingi Chairman Slickbar Indonesia Bayu Satya dan Ketua Badan Pembina Universitas Balikpapan Rendi S Ismail seusai pembukaan Simposium Internasional Lingkungan Kelautan, di Jakarta, Rabu (28/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menhub Budi Karya Sumadi didampingi Chairman Slickbar Indonesia Bayu Satya dan Ketua Badan Pembina Universitas Balikpapan Rendi S Ismail seusai pembukaan Simposium Internasional Lingkungan Kelautan, di Jakarta, Rabu (28/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menghadiri pembukaan Simposium Internasional Lingkungan Kelautan di Jakarta, Rabu (28/11). Kegiatan itu bertema Mendukung Kelestarian Laut Indonesia Menjunjung Martabat Bangsa. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat menghadiri pembukaan Simposium Internasional Lingkungan Kelautan di Jakarta, Rabu (28/11). Kegiatan itu bertema Mendukung Kelestarian Laut Indonesia Menjunjung Martabat Bangsa. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjawab pertanyaan usai pembukaan Simposium Internasional Lingkungan Kelautan di Jakarta, Rabu (28/11). Kegiatan itu bertema Mendukung Kelestarian Laut Indonesia Menjunjung Martabat Bangsa. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjawab pertanyaan usai pembukaan Simposium Internasional Lingkungan Kelautan di Jakarta, Rabu (28/11). Kegiatan itu bertema Mendukung Kelestarian Laut Indonesia Menjunjung Martabat Bangsa. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Libatkan Ormas Kepemudaan Amankan Natal dan Tahun Baru 2019

Posted: 27 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polri akan melibatkan organisasi kemasyarakatan (ormas) kepemudaan lintas agama pada pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2019. Organisasi kepemudaan dari berbagai ormas keagamaan itu akan difokuskan mengamankan pelaksanaan ibadah Natal di gereja-gereja.

"Di wilayah-wilayah tertentu dilibatkan seluruh ormas-ormas yang beragama selain Nasrani," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Masyarakat sipil tersebut akan bersinergi dengan Polri dibantu TNI dalam melaksanakan pengamanan dengan sandi Operasi Lilin 2018.

"Nanti ada Banser, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Hindu, Pemuda Buddha membantu aparat kepolisian mengamankan kegiatan saudara-saudara yang ibadah di gereja," katanya.

Polri mengakui, ancaman terorisme masih menjadi fokus utama pengamanan Operasi Lilin 2018. Polri telah memetakan setiap potensi kerawanan yang ditimbulkan pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru.

Petakan Titik Rawan

Polri juga telah memetakan titik-titik rawan gangguan Kamtibmas selama perayaan Natal dan Tahun Baru berlangsung. Setidaknya ada 48.796 tempat ibadah dan puluhan ribu objek lain yang diamankan pada Operasi Lilin 2017.

"Untuk prioritas antisipasi terorisme di Jawa, kemudian ada beberapa wilayah di Sumatera. Wilayah lain tetap dalam pantauan Satgas Anti-teror dan Satgaswil Densus 88," ucap Dedi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adly Fairuz Akui Butuh Angbeen Rishi sebagai Partner Hidup

Posted: 27 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan masih terpancar dari wajah Adly Fairuz dan Angbeen Rishi. Keduanya baru saja menggelar lamaran pada Minggu (25/11/2018).

Mengaku saling melengkapi, Adly Fairuz justru tak mengalami pertikaian apapun jelang lamaran kemarin. Padahal acara yang mereka gelar tergolong cukup besar dan mewah.

"Enggak ya. Saat Angbeen capek dan telepon aku, aku bilang ke dia 'tenang'. Jangan permasalahkan yang sepele-sepele. Memang semua kan sepele tapi karena capek biasa jadi ribut kan. Alhamdulilah sih kalau seumpamanya dia jadi api, gue jadi airnya, kalau gue jadi api dia jadi airnya," ujar Adly Fairuz, saat ditemui di Jakarta akhir pekan lalu.

Selain berusaha mengerti satu sama lain, menurut Adly Fairuz, apa yang ia cari selama ini sudah ada pada diri Angbeen Rishi. Salah satu hal yang membuatnya makin mantap melangsungkan ke jenjang pernikahan adalah karena Angbeen dinilai sebagai partner hidup yang cocok.

"Angbeen ini bisa jadi partner nih. Kita enggak terlalu mempersulit apa-apa. Dia sangat mengerti kondisi saya," jelasnya.

Masih Rahasia

Adly Fairuz dan Angbeen Rishi (Instagram/adlyfayruz)

Lebih lanjut, ketika ditanya soal tanggal pernikahan, baik Angbeen maupun Fadly belum mau membocorkannya di hadapan awak media. "Nanti deh, soalnya tunggu gedung kan. Sudah komunikasi, sudah DP," pungkas Adly.

Adly memasrahkan soal konsep lamaran mereka sepenuhnya kepada Angbeen. Dan bukan tanpa alasan mengapa adat India yang dipakai, alih-alih adat Indonesia.

Konsep Lamaran

Adly Fairuz dan Angbeen Rishi (Instagram/@angbeenrishi)

"Kalau konsep lamaran ini, Angbeen semua yang atur. Karena saya kan kegiatannya di Jakarta, misalnya empat hari, terus ke luar kota lagi. Jadi koordinasi saja sama semuanya. Sama teh Rina Gunawan juga. Alhamdulillah acaranya lancar sampai sekarang, dan apresiasinya luar biasa," terang Adly. (Tyssa Madelina/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Lengkap Siaran Langsung Semifinal Liga 2 Hari Ini

Posted: 27 Nov 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Laga seru dan sengit akan tersaji pada leg kedua semifinal Liga 2, Rabu (28/11/2018). Keempat tim akan memperebutkan tiga tiket promosi ke Liga 1 musim depan.

Dua tim yang lolos ke Final Liga 2 akan mendapatkan tiket tersebut secara otomatis. Sementara, satu tiket tersisa akan diperebutkan pada partai perebutan peringkat ketiga.

Keempat tim yang tengah bersaing di semifinal adalah PSS Sleman, Kalteng Putra, Semen Padang FC, dan Persita Tangerang. Mereka akan memainkan leg kedua semifinal Liga 2, Rabu (28/11/2018) hari ini.

PSS Sleman akan menjamu Kalteng Putra di Stadion Maguwoharjo. Pada leg pertama semifinal Liga 2, PSS bermain imbang dengan skuat asuhan Kas Hartadi tersebut.

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro bertekad membawa timnya menang di leg kedua. Apalagi, tim Elang Jawa -julukan PSS- juga bermain di hadapan pendukungnya sendiri.

"Bagaimana pun kita harus menang. Minimal pemain juga tahu lawannya seperti apa. Jadi sudah tahu persiapannya," ujar Seto.

 

 

Semen Padang Vs Persita Tangerang

Persita Tangerang akan melawan Semen Padang di leg kedua Semifinal Liga 2. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Laga lain yang tak kalah seru adalah Semen Padang Vs Persita Tangerang. Dua tim alumni Liga 1 ini akan saling bersaing memperebutkan tiket promosi sekaligus tiket ke final Liga 2.

Pada leg pertama, Persita sukses menekuk Semen Padang dengan skor tipis 1-0.Namun hal itu tidak lantas membuat Persita bisa santai menghadapi leg kedua.

Bermain di Padang, Persita sejatinya harus tetap waspada. Dengan dukungan suporter, bukan tidak mungkin Semen Padang akan membalikkan keadaan.

Berikut Jadwal Siaran Langsung Semifinal Liga 2 Hari Ini

PSS Sleman Vs Kalteng Putra, 15:30 WIB, Tv One, Indihome, Usee Tv

Semen Padang Vs Persita Tangerang, 15:30 WIB, Indihome, USee Tv

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perang Dagang Buka Peluang Ekspor Industri Komponen Pesawat RI

Posted: 27 Nov 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China masih terus memunculkan sejumlah kekhawatiran terutama di negara berkembang. Kekhawatiran muncul karena kedua negara besar tersebut cenderung tidak mau mengalah dan saling menaikkan tarif impor komoditas.

Pengamat dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati mengatakan, perang dagang ini sebenarnya memberi dampak positif bagi Indonesia terutama bagi industri komponen pesawat. Mengingat Indonesia memiliki potensi dalam sektor tersebut.

"Ada juga yang positif misalnya pengangkutan dan komponen pesawat. Jadi dengan adanya perang dagang, ini jadi kesempatan emas untuk dimanfaatkan, apalagi di Batam itu bisa," ujar Enny di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Selain itu, kata Enny, dengan adanya perang dagang ini aliran dana asing atau Foreign Direct Investment (FDI) sebenarnya semakin banyak masuk ke Asia. Oleh karena itu, industri Indonesia diharapkan lebih gesit untuk memanfaatkan peluang ini.

"Jadi dampak negatif dari perang dagang ini lebih sedikit daripada positifnya, tapi masalahnya bagaimana potensi ini bisa dimanfaatkan? Tinggal bagaimana potensi FDI (Foreign Direct Investment) yang sudah ada di Asia, bisa mampir ke Indonesia," paparnya.

Lebih lanjut Enny menjelaskan, dampak peningkatan tarif dari AS terhadap China tidak hanya membawa dampak positif. Tetapi juga memberi beberapa dampak negatif pada beberapa sektor yang bahan bakunya di impor dari Indonesia ke AS dan China.

"Memang ada beberapa sektor yang terpengaruh, misalnya tekstil, benang, pakaian jadi, permadani, itu semua langsung kena dampak negatif," tandasnya.

Reporter: Anggun P Situmorang

Sumber: Merdeka.com

JK Ikut Bahas Perang Dagang China-Amerika di KTT G20

Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertolak ke Buenos Aires, Argentina, Rabu (28/11/2018). Dia menghadiri KTT G20 yang akan digelar pada 30 November - 1 Desember 2018.

JK menjelaskan, salah satu yang akan dibahas yaitu terkait perang dagang antara China dan Amerika Serikat.

"Dibicarakan ialah bagaimana meredam kemungkinan terjadinya perang dagang antara China-AS dan bagaimana adanya gejala-gejala ekonomi dunia ini bisa menurun, bisa resesi," kata JK di kantornya, Selasa 27 November 2018.

"Karena pasti keterlibatan ekonomi ini karena yang namanya globalisasi kalau ada yang kena, pasti akan melebar ini masalah lebih mendalam masalahnya dan itu sangat berbahaya apa bila tidak diredam," tambah Jusuf Kalla.

Tidak hanya itu, rencananya JK juga akan melakukan pertemuan bilateral. Terdapat tiga negara yang akan bertemu yaitu Argentina, Arab Saudi, Turki, Brazil dan Australia. Agenda lainnya adalah pertemuan dengan warga Indonesia di Buenos Aires.

"Kita juga minta beberapa kepala negara untuk bertemu," ungkap JK.

Wapres JK didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara serta Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Syafruddin. Sedangkan Menteri Keuangan Sri Mulyani telah terlebih dahulu berangkat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Minta Percepatan Pembangunan Tak Dikaitkan dengan Elektabilitas Jokowi di Pilpres

Posted: 27 Nov 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai mengkebut pembangunan infrastruktur. Beberapa pembangunan infrastruktur ditargetkan selesai pada akhir tahun 2018.

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Hendrawan Supratikno meminta agar percepatan pembangunan tidak dikait-kaitkan dengan kepentingan elektabilitas Jokowi di Pilpres 2019.

"Produktivitas harus dipacu atau digenjot, dalam kondisi apa pun. Jangan dikait-kaitkan dengan kepentingan elektoral," kata Hendrawan saat dihubungi merdeka.com, Rabu (28/11/2018).

Menurutnya percepatan pembangunan infrastruktur memang harus selalu dilakukan. Sebab, kata Hendrawan, saat ini Indonesia tak bisa lagi santai untuk bisa memajukan bangsa.

"Kita ini sudah tidak bisa berleha-leha dalam lomba kemajuan antarbangsa," ucapnya.

Proyek yang Dikebut

Ada beberapa proyek pembangunan infrastruktur yang dijadwalkan selesai pada akhir tahun 2018. Diantaranya tol Jakarta-Surabaya, tol Bakauheni-Terbanggi Besar untuk pelabuhan, pada akhir tahun ini juga akan diresmikan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Sedangkan beberapa proyek seperti tol Jakarta-Banyuwangi, tol Bakauheni-Palembang, dan tambahan landasan pacu di Bandara Soekarno-Hatta dijadwalkan selesai pada 2019 mendatang.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beri Bunga di Hari Ultah Istri, Sandiaga Kenang Perjalanan 33 Tahun

Posted: 27 Nov 2018 09:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden nomor 02, Sandiaga Uno merayakan ulang tahun istrinya Nur Asia Uno yang kini berusia 49 tahun. Sandiaga berharap semoga pernikahan keduanya terus langgeng di usia yang tak lagi muda.

"Ulang tahun ke-49 mohon didoakan agar bermanfaat sisa umur yang barokah. Mau ada acara surprise tapi kelihatannya engga surprise-surprise amat," kata Sandiaga sambil tertawa di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (28/11/2018).

Mantan Wakil Gubernur DKI ini menuturkan mengenal Nur Asia sejak dirinya berumur 13 tahun. Hingga akhirnya keduanya berjodoh hingga sekarang.

"Jadi ini ulang tahun yang ke hampir 33 tahun kita udah kenalan jadinya," jelas Sandi.

Di mata Sandiaga, Mpok Nur, sapaan karib Nur Asia, adalah sosok yang luar biasa. Kesabarannya bersama Sandiaga, mulai dari hubungan asmara jarak jauh semasa kuliah di Amerika, mendampingi selama merintis karir sebagai pengusaha, hingga wakil gubernur DKI, dan calon wakil presiden.

"Jadi memang jarang banget kita berdua. jadi mudah mudahan deh 140 hari lagi (masa Pilpres 2019) kan tidak panjang lagi abis itu kita puas-puasin berdua," kata Sandiaga mesra.

 

Beri Seikat Bunga

Pantauan di lokasi, Sandiaga memberi seikat bunga berwarna putih saat Nur Asia tengah berkumpul acara majelis di Masjid At-Taqwa, Senopati, Jakarta Selatan. Sandiaga yang mengenakan batik biru dan berkpeci hitam, tampak semringah memberikan bunga tersebut sebagai kado ulangtahun istrinya.

"Selamat ulang tahun Mpok Nur," kata Sandiaga sambil memeluk dan mencium kening, disambut cium tangan dari Nur Asia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

13 Cara Menghaluskan Telapak Tangan yang Kasar Secara Alami di Rumah

Posted: 27 Nov 2018 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pernah nggak sih kamu merasa telapak tangan kasar? Apalagi saat sedang bersalaman, rasanya pasti sangat malu dan tidak percaya diri. Ya, telapak tangan memang kurang mendapatkan perhatian, nggak heran kalau tidak halus. Perawatan yang kurang pada telapak tangan dapat mengakibatkan kapalan dan kulit mengelupas.

Kulit tangan yang kapalan dapat menganggu kita dalam berinteraksi sosial seperti saat kita berjabat tangan, kita akan merasa kurang percaya diri karna masalah yang terjadi pada telapak tangan kita. Pekerjaan yang menggunakan telapak tangan secara berlebihan dan kasar juga dapat menyebabkan telapak tangan menjadi kapalan dan pecah-pecah. Kurang mengkonsumsi air putih, buah dan sayur juga dapat menjadi penyebab kerusakan pada telapak tangan.

Berikut cara menghaluskan telapak tangan yang kasar secara alami seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/11/2018).

 

Membantu kita melakukan detox yaitu mengeluarkan racun ditubuh

Ilustrasi lidah buaya (sumber: pixabay)

1. Lidah buaya

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar bisa dengan lidah buaya. Tanaman daun berduri ini memiliki berbagai manfaat bagi kulit seperti melembebkan kulit, mendetokfikasi kulit, serta memperbaiki dan meremajakan kulit. Kandungan vitamin C, E yang sangat baik untuk kulit. Dapat membantu menghaluskan kulit salah satunya kulit telapak tangan

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan lidah buaya yaitu pisahkan daging Lidah buaya dari kulitnya, kemudian cuci hingga bersih. Haluskan menggunakan blender hingga benar-benar halus. Oleskan pada seluruh permukaan telapak tangan hingga merata. Tunggu beberapa saat kira-kira 10 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat

2. Ampas kopi

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar juga bisa dengan ampas kopi lho. Ampas kopi dianggap sebagai sampah yang tak bernilai. Biasanya dibuang begitu saja saat kita mencuci gelas sisa menyeduh kopi. Kopi mengandung anti oksidan yang sangat tinggi untuk mencegah kuman yang masuk kedalam kulit tangan anda. Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan ampas kopi yaitu ratakan ampas kopi pada telapak tangan kira-kira 15 menit kemudian bilas mengunakan air dingin.

3. Garam

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar juga bisa dengan garam. Garam dapat membantu kita melakukan detox yaitu mengeluarkan racun ditubuh. Garam juga bisa menghilangkan racun pada kulit yang dapat membuat kulit tidak sehat, kusam, dan mengelupas.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengangaram yakni masukkan garam ke dalam air hangat. Lakukan perendaman telapak tangan sesering mungkin agar menjadikan telapak tangan kita sehat, indah, dan halus.

Memiliki antioksidan yang tinggi yang membantu mengangkat sel kulit mati

(sumber: pixabay)

4. Minyak kelapa

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar bisa menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa sangat baik untuk merawat kulit. Minyak kelapa dapat membantu melembutkan kulit. Minyak kelapa dapat digunakan untuk melakukan perawat pada telapak tangan yang kurang sehat dan kapalan.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar yakni melakukan pijatan halus pada telapak tangan menggunakan minyak kelapa. Melakukan hal ini juga dapat membantu merelaksasi kulit agar lebih sehat dan halus. Pijat perlahan telapak tangan menggunakan minyak kelapa selama 5 menit

5. Kentang

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar bisa menggunakan kentang. Kentang memiliki antioksidan yang tinggi yang membantu mengangkat sel kulit mati dari kulit yang menyebabkan kulit menjadi, kusam dan kasar.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan kentang yaitu parut kentang secukupnya. Oleskan merata pada telapak tangan. Gunakan sebagai masker tangan tunggu hingga mengering lalu bilas menggunakan air hangat lakukan rutin secara berkala.

6. Jeruk nipis

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar bisa dengan jeruk nipis. Vitamin C yang terkandung pada jeruk nipis dapat membantu pembentukan kolagen yang berfungsi menjaga elastisitas kulit serta dapat membantu melembutkan kulit.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan jeruk nipis yakni menggosok-gosokkan jeruk nipis pada telapak tangan selama 5 menit. Kemudian cuci menggunakan air dingin. Di pagi dan sore hari untuk mempercepat perawatan, lakukan rutin setiap hari.

 

Membantu meremajakan kulit

ilustrasi teh (sumber: rawpixel)

7. Teh

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan menggunakan teh. Teh memiliki antioksidan yang tinggi yang yang dapat membantu meremajakan kulit, sehingga membuat kulit menjadi halus. Teh juga dapat membunuh bakteri yang dapat merusak kulit, serta dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit menjadi kasar.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan teh yaitu pertama-tama rendam telapak tangan menggunakan teh yang telah direbus, kurang lebih selama 10 menit kemudian lap hingga kering. Lakukan 3 kali dalam seminggu.

8. Madu

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan madu. Madu memiliki kandungan vitamin, anti oksidan, dan potasium yang sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit. Kulit yang selalu lembab akan terhindar dari kerusakan dan kulit kasar. Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan madu yaitu pijat perlahan telapak tangan menggunakan madu selama 5 menit lakukan secara berkala.

9. Minyak zaitun

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan minyak zaitun. Kandungan vitamin C, D, dan anti oksidan pada minyak zaitun dapat membantu meremajakan kulit. Kandungan vutamin E pada minyak zaitun dapat memberikan minyak alami yang dapat menjaga kelembaban kulit sehingga kulit terhindar dari kekeringan yang membuat kulit menjadi kasar.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan minyak zaitun yaitu hangatkan minyak zaitun terlebih dahulu kemudian oleskan pada tangan. Lakukan 3 kali dalam satu minggu.

Dengan mengombinasikan beberapa bahan, agar hasil lebih maksimal

Ilustrasi Foto Madu (iStockphoto)

10. Lemon, madu dan baking soda

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar yaitu campurkan ketiga bahan tersebut. Berikan sedikit air, aduk hingga membentuk pasta. Gunakan sebagai masker pada telapak tangan, tunggu hingga kering, lalu bilas menggunakan air hangat.

11. Gula dan madu

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan gula dan madu. Oleskan merata campuran gula dan madu pada telapak tangan secara teratur agar memperoleh hasil yang maksimal.

12. Susu cair

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar bisa dengan susu cair. Kandungan toner alami pada susu juga dapat menjadikan telapak tangan menjadi cerah dan bersih. Susu juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk merawat kulit. Dengan memberi kelembaban alami pada kulit.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan susu cair yaitu celupkan telapak tangan ke dalam wadah yang berisi susu cair selama 5 menit. Kemudian bilas air dingin.

13. Garam dan minyak zaitun

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan garam dan minyak zaitun. Siapkan 4 sendok makan garam halus, beri 2 sendok makan minyak zaitun lalu aduk hingga rata. Oleskan pada telapak tangan selama 20 menit. Dengan merawat menggunakan garam dan minyak zaitun dapat membuat telapak tangan anda menjadi halus dan lembut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengemudi Ekskavator di Cilegon Tewas Tertimpa Alat Berat

Posted: 27 Nov 2018 09:10 PM PST

Patroli, Cilegon - Sebuah alat berat terjatuh dari atas kapal MV Green World di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten. Nahas, jatuhnya alat dari kapal berbendera Panama tersebut menimpa sebuah angkutan ekskavator sehingga membuat pengemudinya tewas di lokasi kejadian.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (28/11/2018), korban bernama Ahmad Sulaiman. Jasad korban lalu dibawa ke RS Drajat Prawiranegara, Serang, untuk diautopsi.

Kasus kecelakaan ini ditangani aparat Polres Cilegon. Diduga jatuhnya alat berat tersebut akibat tali sling pengangkut terputus. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Target Selesai Desember, Proyek Jembatan di Puncak Baru 72,8 Persen

Posted: 27 Nov 2018 09:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pengerjaan proyek jembatan Pasir Angin di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat terus digeber. Ini dikarenakan batas waktu pengerjaan tinggal tersisa sebulan.

Sementara progres pekerjaan jembatan yang melintang di atas Sungai Ciliwung ini baru mencapai 72,8 persen.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Metropolitan II Jakarta, Elsa Putra Fitriadi mengatakan, pihak ketiga selaku perusahaan jasa kontruksi terpaksa menambah tenaga kerja dan jam kerja.

"Kerja siang malam, dibuat 2 shift, supaya target tercapai," kata Putra, Rabu (28/11/2018).

Selama ini, perkerjaan konstruksi jembatan penghubung Bogor dengan Cianjur mengalami kendala seperti cuaca dan lokasi yang sempit, sehingga menyulitkan alat berat untuk bermanuver serta menyimpan bahan kontruksi. Kondisi itu menyebabkan aktivitas pembangunan jembatan pun menjadi terhambat.

"Tapi Insyaallah, pekerjaan selesai tepat waktu yaitu akhir Desember," kata Putra.

Jembatan Pasir Angin dibangun sepanjang 50 meter dengan lebar 9 meter di samping jembatan yang sudah ada. Dengan demikian, lebar jembatan tersebut secara keseluruhan mencapai 17 meter.

 

Digunakan Akhir Tahun 2018

Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (Kemen PUPR) menargetkan proyek jembatan senilai Rp 11,5 miliar bisa digunakan akhir tahun 2018.

Jembatan yang melintang di Sungai Ciliwung ini dirancang untuk mengurai kemacetan di jalur Puncak, khususnya di ruas Pasir Angin, Megamendung.

Sementara itu, proyek yang mulai digarap Juli lalu, kini dalam proses pemasangan girder atau dua buah balok sebagai penyangga jembatan. Pemasangan girder ditargetkan selesai awal Desember.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: