Kamis, 01 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sepeda Motor Bisa Berstandar Euro4, Ini Syaratnya

Posted: 01 Nov 2018 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebulan sudah pabrikan otomotif, khususnya brand roda empat menerapkan standar emisi Euro4 untuk setiap produknya terbarunya. Regulasi yang diterapkan pada 1 Oktober 2018 ini sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan NO.P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017.

Dengan berjalannya regulasi ini, tak sedikit yang penasaran, apakah Euro4 juga akan diterapkan pada sepeda motor?

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) periode 2017 – 2020, Johannes Loman mengatakan, anggota AISI mampu membuat produknya berstandar Euro4.

"Sebetulnya anggota kita sudah bisa membuat Euro4, tidak ada masalah. Cuma tinggal waktunya saja," ucap Loman saat ditemui di acara International Motorcycle Show 2018 di JCC, Senayan, Jakarta.

Jika saat ini standar Euro4 diterapkan, menurut Loman, hal itu akan berimbas meningkatnya biaya proses produksi, sehingga membuat harga sepeda motor lebih tinggi.

"Saya kira, kita harus memikirkan konsumen, karena saat ini motor dipakai sebagai alat transportasi utama," ujar Loman.

 

 

 

 

 

Syarat Sepeda Motor ikut Standar Euro4

Petugas mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke kendaraan konsumen di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (2/7). PT Pertamina (Persero) secara resmi menaikkan harga Pertamax Cs akibat terus meningkatnya harga minyak dunia. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Saat ini sepeda motor belum menerapkan standar Euro4. Akan tetapi, dia tak menampik jika suatu saat nanti sepeda motor memungkinkan ikut dalam regulasi Euro4.

"Tapi, melihat ketersedian bahan bakar di seluruh Indonesia juga itu penting. Tentunya motor juga sekarang sudah Euro3. Mobil dulu Euro2, tapi kita (sepeda motor) sudah lebih dahulu Euro3 duluan,"  kata dia.

Jika ketersediaan bahan bakar terealisasi, Johannes yakin, anggota juga akan ikut regulasi Euro4.

Namun saat ditanya kapan target persiapan sepeda motor menuju Euro4, Loman menyatakan tak dapat menentukan waktunya, sebab hal itu harus terlebih dahulu dibicarakan bersama para stakeholder lainnya.

Menurut Loman, teknologi Euro4 belum sepenuhnya diterapkan pada sepeda motor. Bukan hanya di Indonesia, tetapi di berbagai negara di dunia. Maka dari itu, lain halnya dengan mobil, dimana para pabrikan tak hanya menerapkan Euro4, tetapi juga Euro6.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaya Vitamin, Pir Merah Bantu Jaga Kecantikan Kulitmu

Posted: 01 Nov 2018 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pir menjadi salah satu buah yang banyak ditemui di Indonesia. Para pelaku diet bahkan sangat familiar dengan buah ini karena dianggap bisa membantu menurunkan berat badan.

Namun selain itu, buah pir juga mampu menjaga kecantikan kulit. Dilansir dari Medical News Today, berdasarkan USDA National Nutrient Database, buah pir mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebesar 12 persen, vitamin K sebanyak 10 persen, kalium sebesar enam persen dan sejumlah kecil kalsium, zat besi, magnesium, riboflavin, vitamin B-6 dan folat.

Berdasarkan penelitian dari Baltimore Longitudinal Study of Aging, buah pir yang berwarna kemerahan bahkan memiliki kandungan karotenoid, flavonol dan antosianin yang sangat penting bagi kulit karena membantu penyerapan vitamin di dalam tubuh sehingga mampu menjaga kesegaran dan keremajaan kulit.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Kelebihan Lainnya

Ilustrasi buah pir (Foto: pixabay.com)

Selain itu, buah pir juga memiliki kandungan serat dan air yang bisa membuang racun dari dalam tubuh dan membersihkan aliran darah sehingga wajah tidak mudah jerawatan.

Selain enak, buah pir juga kaya manfaat bagi kulit ya. Jadi tertarik untuk mengkonsumsi buah pir secara rutin?

Reporter:

Febi Anindyakirana

Sumber: Vemale.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syuting Film Horor, Gandhi Fernando Bertemu dengan Makhluk Gaib?

Posted: 01 Nov 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Disibukkan dengan kegiatan di beauty pageant tak membuat Gandhi Fernando melupakan dunia akting. Ia baru saja menyelesaikan syuting untuk film terbarunya.

Untuk ke sekian kalinya,  Gandhi Fernando bermain dalam film horor. Film bertajuk Dongeng Mistis ini, bercerita mengenai enam teror dari makhluk halus yang ada di Indonesia produksi Renee Pictures.

Bila biasanya, Gandhi Fernando menjadi pemain sekaligus sutradara, kali ini tidak. Ia cukup puas hanya sebagai pemain, dalam salah satu cerita di film omnibus ini.

"Aku enggak jadi sutradara, jadi pemain aja. Dan aku main di segmen Begu Ganjang," terang Gandhi Fernando, saat dihubungi Liputan6.com melalui WhatsApp, Kamis (1/11/2018).

Pengalaman Mistis

Gandhi Fernando (Foto: Meiristica Nurul)

Bukan rahasia lagi bila pemain atau kru film horor mendapat pengalaman menyeramkan atau kejadian-kejadian yang tak biasa. Namun berbeda dengan Gandhi Fernando.

Ia justu tak mengalami hal-hal seperti itu. "Aku enggak ada sih pengalaman mistis. Setannya takut sama aku hahahaha," kelakar Gandhi Fernando. 

Hantu dari Sumatera

Gandhi Fernando

Gandhi Fernando bermain sebagai seorang wartawan yang sedang investigasi mengenai fenomena mistis Begu Ganjang atau hantu panjang yang berasal dari Sumatera.

Film ini akan tayang di bioskop mulai 22 November 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Striker Ini Bisa Gantikan Morata di Chelsea

Posted: 01 Nov 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Alvaro Morata selalu mendapat kepercayaan sebagai ujung tombak Chelsea. Namun striker asal Spanyol itu belum menunjukkan performa terbaiknya.

Morata dibeli dengan harga mahal dari Real Madrid pada musim lalu. Namun, hingga saat ini Morata masih kesulitan untuk menyumbangkan banyak gol bagi The Blues.

Total, Morata baru mencetak 19 gol dari 62 laga di semua kompetisi untuk Chelsea. Khusus musim ini ia baru menyumbang empat gol dari 14 laga.

Tak heran manajer Maurizio Sarri kabarnya mulai kehilangan kesabaran terhadap Morata. Ia kabarnya bersedia melego sang striker di bursa transfer Januari untuk mendapatkan pengganti yang baru.

Berikut ini tiga calon pengganti Alvaro Morata di Chelsea seperti dilansir Sportskeeda.

1. Timo Werner (RB Leipzig)

3. Timo Werner - Real Madrid sebetulnya sudah menjadikan Werner sebagai rekrutan utama sejak musim lalu. Namun El Real masih memberikan kesempatan kepada Karim Benzema untuk membuktikan kembali penampilannya di lapangan. (AFP/Benjamin Cremel)

Pemain internasional Jerman itu sudah menegaskan dirinya sebagai salah satu striker muda terbaik di sepak bola Eropa. Penampilannya bersama RB Leipzig memang cukup mencuri perhatian.

Werner mampu mencetak gol secara konsisten di kompetisi tertinggi sepak bola Jerman. Pada musim ini, pemain berusia 22 tahun itu sudah mencetak empat gol dari tujuh penampilan di Bundesliga.

Namun, RB Leipzig tentu tidak akan mau kehilangan aset berharga mereka dengan mudah. Oleh karena itu, Chelsea mungkin harus menyiapkan dana yang besar untuk mendapatkan sang pemain.

2. Andrea Belotti (Torino)

Pemain Italia, Andrea Belotti (depan) berusaha keluar dari tekanan pemain Belanda, Marten De Roon pada laga uji coba di Allianz Stadium, Turin, (4/6/2018). Italia dan Belanda bermain imbang 1-1. (Alessandro Di Marco/ANSA via AP)

Belotti sudah pernah dikaitkan dengan Chelsea sebelumnya. Pemain berusia 24 tahun itu sering menjadi bahan pembicaraan di bursa tranfer.

Belotti dianggap sebagai pemain masa depan tim nasional Italia. Namun, cedera serius dalam dua musim terakhir sangat mempengaruhi perkembangannya.

Meskipun begitu, kemampuan Belotti sebagai juru gedor di Serie A sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Belotti memulai kariernya sebagai pemain sayap sehingga dia bisa masuk dengan mudah ke formasi 4-3-3 yang dipakai Sarri di Chelsea.

3. Mauro Icardi (Inter Milan)

Striker Inter Milan, Mauro Icardi, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang AC Milan pada laga Serie A Italia di Stadion San Siro, Milan, Minggu (21/10). Inter menang 1-0 atas Milan. (AFP/Marco Bertorello)

Icardi merupakan salah satu pencetak gol terbaik di Serie A. Oleh karena itu, tidak mengherankan kalau Inter Milan sangat mengandalkan Icardi untuk menjebol gawang lawan.

Kapten Inter itu pernah menjadi pencetak gol terbanyak Serie A sebanyak dua kali. Pada musim ini, striker berusia 25 tahun itu sudah mencetak enam gol dari sembilan penampilan di semua ajang kompetisi.

Inter sedang mempersiapkan kontrak baru untuk mempertahankan Icardi di Giuseppe Meazza. Oleh karena itu, Chelsea diyakini tidak akan mudah untuk mendatangkan Icardi ke Stamford Bridge.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenang Sosok Ibnu Hantoro, Korban Lion Air di Mata Dokter Senior

Posted: 01 Nov 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu korban tragedi Lion Air JT 610 yang jatuh pada Senin, 29 Oktober 2018 lalu adalah dokter Ibnu Hantoro. Pria 33 tahun ini belum lama ini menyelesaikan pendidikan spesialis penyakit dalam. Seperti apa sosoknya?

"Beliau orang baik dan rajin," kata dosen pembimbing Ibnu yang juga dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Ari Fahrial Syam, dalam pesan singkat ke Liputan6.com.

Dedikasi Ibnu dalam melakukan penelitian membuat final papernya terpublikasi di jurnal terindeks di Pubmed:Acta Medica Indonesiana dan Journal Health and Quality of Life Outcomes (Grup BioMed Central).

Ibnu meneliti kualitas hidup 124 pasien dispepsia fungsional yang berobat ke RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

"Hasil penelitiannya mendapatkan bahwa kualitas hidup pasien dengan sakit maag kronis fungsional akan terganggu," kata Ari.

Pada penelitian ini juga dinilai mengenai faktor risiko yang memperburuk kualitas hidup pasien tersebut. Ternyata kecemasan atau ansietas, depresi, usia yang semakin tua, jenis kelamin wanita, beratnya gejala serta pendidikan yang rendah berhubungan dengan buruknya kualitas hidup pasien dengan sakit mag kronis tersebut.

"Sebagai pembimbing saya sangat puas atas kinerja beliau. Mudah dihubungi dan segera melakukan arahan-arahan yang diberikan," kata Ari.

Aktif berkegiatan

Dokter Ari Fahrial Syam (kiri) bersama dokter Ibnu Hantoro usai wisuda pada Februari 2018 (Foto: Dok Pri)

Selama melakukan penelitian di Divisi Gastro Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI RSCM, Ibnu adalah sosok yang juga aktif. Ia kerap hadir dan membantu kegiatan-kegiatan ilmiah di lingkungan gastroenterologi.

Bahkan, beberapa kali Ibnu juga berkenan mendampingi pembicara atau pakar yang datang dari luar negeri. Usai meraih titel dokter spesialis penyakit dalam, Ibnu bertugas sebagai Dokter Wajib Kerja Dokter Spesialis di RSUD Kota Bangka Tengah.

Ia izin pulang ke Jakarta selama tiga hari untuk mengikuti ujian calon Pegawai Negeri Sipil pada Sabtu, 27 Oktober 2018. Lalu, pada Senin, 29 Oktober dia akan kembali bekerja di sana. 

Setelah berhasil menjadi dokter spesialis penyakit dalam, masih ada banyak cita-cita ayah dua anak ini. Menurut sang istri yang juga dokter spesialis rehabitilasi medis, Ibnu bercita-cita menjadi konsultan hematologi onkologi medik. Ia juga berharap bisa mengembangkan peningkatan kualitas hidup pasien dengan penyakit kronis.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Kesepakatan Ulama dan Ormas di Garut Usai Insiden Pembakaran Bendera HTI

Posted: 01 Nov 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Garut Seluruh ulama dan pimpinan organisasi massa (ormas) di kabupaten Garut, Jawa Barat bersatu menyatakan sikap, untuk menciptakan kondisi yang aman, tentram di kabupaten Garut, usai insiden pembakaran bendera HTI beberapa waktu lalu.

Mahyar Suara, perwakilan ulama dan ormas Islam di Kabupaten Garut mengatakan, dalam pertemuan dengan sejumlah ulama dan ormas islam di Garut, disepakati beberapa poin penting untuk meredakan keadaan.

"Intinya adalah silaturahmi agar kembali aman," ujarnya. 

Kegiatan silaturahmi yang digagas Kapolres Garut, kemudian Dandim, Kejari serta Pemda Garut ini, diharapkan mampu mengembalikan keadaan Garut menjadi kondusif seperti semula.

Ada lima poin kesepakatan hasil silaturahmi ulama dan pimpinan ormas di Kabupaten Garut, yakni :

Pertama, sepakat untuk menjaga suasana kedamaian serta berupaya untuk meredam situasi agar tidak terus berkembang ke arah yang tidak diinginkan

Kedua, sepakat untuk tidak membawa permasalahan pembakaran bendera di kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut ke arah politik

Ketiga, para ulama dan pimpinan ormas di Garut telah bermusyawarah dan sepakat untuk menjaga kondusifitas di kabupaten Garut

Keempat, menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus pembakaran bendera tersebut kepada pihak kepolisian untuk diproses sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku

Kelima, sepakat untuk meningkatkan tali silaturahmi di antara ormas Islam di  Garut serta wajib menjungjung tinggi kalimat tauhid dan menjaga keuntuhan NKRI.

Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna mengatakan, usai kegiatan itu, lembaganya berencana kembali mengumpulkan seluruh jamaah ormas islam untuk melaksanakan doa bersama. 

Kejadian pembakaran bendera HTI yang terjadi pada saat Hari Santri Nasional (HSN) ya ke -3 pada 22 Oktober lalu, berbuntut panjang. Kejadian yang awalnya merupakan sikap spontanitas beberapa anggota banser, dengan membakar bendera HTI yang sudah disepakati tidak ada bendera lain selain merah putih berdampak luas.

Masyarakat muslim tanah air mengutuk pembakaran bendera itu yang mereka klaim sebagai bendera tauhid tersebut. Beruntung respon cepat dan tangkap yang dilakukan polisi dan TNI, mampu meredam situasi yang ada. Hingga akhirnya, Garut sudah kembali kondusif seperti semula.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vans dan NASA Rilis Sepatu Bertema Antariksa, Dijual di Indonesia per 2 November 2018?

Posted: 01 Nov 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, New York - Vans --produsen sepatu skateboard Amerika-- membuat gebrakan baru dengan mengeluarkan koleksi terbarunya. Tak tanggung-tanggung, perusahaan yang berbasis di Santa Ana, California ini menggandeng NASA.

Kolaborasi antara brand busana dan lembaga antariksa milik pemerintah Amerika Serikat itu mulai diperkenalkan kepada publik satu per satu. Ragam koleksi yang dihadirkan terdiri dari beberapa siluet, yakni Vans Old Skool, Vans SK8-Hi dan Vans Slip-on.

Semua varian sepatu tersebut merupakan ciri khas dari Vans, merek yang lekat dengan olahraga ekstrem. Demikian seperti dilansir dari The Independent, Jumat (2/11/2018).

 
 
 
View this post on Instagram

Countdown to launch! Introducing the Vans Space Voyager collection arriving in T minus 3 days.

A post shared by vans (@vans) on

Salah satu koleksi sneakers yang lebih dulu 'bocor' di media sosial adalah Old Skool NASA. Sepatu varian ini dibuat berdasarkan inspirasi dari busana astronaut yang serba putih, lengkap dengan logo NASA dan misi pesawat ulang-alik Apollo 11 pada bagian tongue. Tak ketinggalan, patch bendera AS yang dapat dilepas pada bagian tumit.

Ada juga siluet Old Skool yang tampil berani dengan warna cerah seperti jingga.

Terungkap pula beberapa koleksi sneakers yang diluncurkan ke publik, mulai dari Space Voyager/Black dan Space Voyager/True White/Marshmallow yang merupakan warna dari sepatu Sk8-Hi 46 MTE dan MTE Sk8-Hi dengan warna Space Voyager/True White/Black.

Selain itu, Vans juga menyiapkan model Slip-On Galaxy/Black, termasuk tasnya. Untuk anak muda penggemar Vans dan NASA di Indonesia, Vans Space Voyager Collection direncanakan hadir per tanggal 2 November 2018 di toko resmi Vans di Tanah Air.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

NASA Butuh Bantuan Kamu untuk Jalankan Misi di Planet Mars, Berminat Gabung?

planet Mars (iStockPhoto)

Sementara itu, NASA menawarkan sebuah sayembara berhadiah uang tunai dalam jumlah fantastis terkait Mars.

Badan antariksa ini akan memberikan US$ 750 ribu (Rp 11,2 miliar) bagi siapa saja yang mampu menemukan cara untuk mengubah karbon dioksida ke dalam unsur yang bermanfaat di Planet Merah.

Perlombaan bertema "CO2 Conversion Challenge" ini disebut NASA sebagai bentuk dorongan agar masyarakat dunia ikut berpartisipasi dalam penelitian para ilmuwan.

"Mereka (peneliti) perlu bantuan untuk mengubah karbon dioksida menjadi berbagai unsur yang bermanfaat, sehingga membuat perjalanan ke Mars menjadi mudah," kata pihak NASA, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Rabu 5 September 2018).

Karbon dioksida adalah zat yang banyak ditemukan di dalam atmosfer Mars. Para periset NASA mengatakan, astronaut yang berusaha melakukan perjalanan ke Mars tidak bisa membawa semua kebutuhan ke planet itu. Jadi, mereka harus mencari jalan keluar dengan memanfaatkan sumber-sumber setempat untuk menciptakan apa yang mereka butuhkan.

"Memberdayakan kehidupan manusia di planet lain membutuhkan banyak sekali sumber dan kita tidak mungkin membawa semua yang kita perlukan. Kita harus kreatif," kata Monsi Roman, manajer program Centennial Challenges dari NASA.

Tahapan Lomba

Karbon, bersama oksigen, adalah unsur-unsur molekular yang membentuk gula. Di Bumi, tanaman secara mudah bisa mengubah karbon dioksida dan air menjadi gula. Tetapi, kata ilmuwan, pendekatan seperti ini sulit untuk diaplikasikan di antariksa karena sumber energi dan air terbatas.

Sayembara ini dibagi ke dalam dua tahap.

Pada tahap pertama, orang atau tim menyerahkan desain dan uraian dari proposal mereka kepada NASA. Tim atau individu yang dianggap oleh NASA mampu melahirkan ide terkait tema perlombaan, maka ia tau mereka bisa mendapatkan US$50 ribu (Rp 747 juta). NASA akan menyeleksinya menjadi total 5 (sudah termasuk tim dan individu).

Pada tahap kedua, mereka yang masuk final akan membangun dan menyajikan sebuah peragaan proposal mereka, mempresentasikannya di hadapan para ilmuwan NASA. Pemenangnya akan memperoleh hadiah senilai US$ 750 ribu (Rp 11,2 miliar).

Mereka yang berminat harus mendaftar paling lambat pada 24 Januari 2019 dan memulainya pada 28 Februari 2019. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Darurat ‘Buang Makanan’ di Indonesia

Posted: 01 Nov 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sadar gak sih kalo kita suka 'ngebuang makanan'? Faktanya, ratusan kilogram makanan layak konsumsi terbuang sia-sia di Indonesia. Yuk kita kurang-kurangin ngebuang makanan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Halmahera Tengah Siap Unjuk Gigi di Pariwisata Indonesia

Posted: 01 Nov 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah siap mengusung pariwisata sebagai sektor yang membangun masyarakatnya. Hal itu ditegaskan oleh Bupati Halmahera Tengah saat perhelatan Hari Ulang Tahun (HUT) KE-28 yang digelar di Halmahera Tengah tanggal 31 Oktober 2018.

"Kami sangat yakin dengan potensi alam dan budaya kita. Sektor pariwisata bisa kita jadikan unggulan di daerah kami. Kami punya semuanya di sini. Terima kasih kepada Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang telah memberikan dukungan dan perhatian kepada kami, selanjutnya kita akan fokus terus menambah atraksi, akses dan amenitas seperti amanat pak Menteri Pariwisata," kata Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara bersama wakil Bupati Rahim Odeyani atau didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Halmahera Tengah Mohammad Adam di acara Malam Ramah Tamah Festival Fagogoru 2018, 1 November 2018.

Bukti Pariwisata siap menjadi unggulan terlihat dari seriusnya Halmahera Tengah dalam menggarap perhelatan Festival Fagogoru 2018. Terutama saat rangkaian acara di tanggal 31 Oktober 2018. Ribuan manusia hadir di acara tersebut. Acaranya juga dikemas sangat rapih mengedepankan kearifan lokal yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Acara tersebut juga sangat menarik karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Halmahera Tengah yang ke-28. 

"Budaya kita sangat penuh sejarah, seperti spanduk yang membentang di acara kami, yang menegaskan bahwa NKRI tanpa Gam Range atau biasa disebut dengan 3 negeri Fagogoru yakni Weda, Patani (Halmahera Tengah) dan Maba (Halmahera Timur) merupakan komponen terpenting dalam memperjuangkan daratan papua barat kembali ke pangkuan ibu pertiwi sehingga kesatuan wilayah ini di kenal dengan sebutan Nusantara. Budaya dan sejarah ini yang akan coba kami gali terus untuk menarik wisatawan datang ke daerah kami,"ujar Bupati yang juga dibenarkan Kadis Pariwisata.

Untuk urusan alam, Halmahera Tengah juga bukan main indahnya. Wilayah yang punya bentangan pantai yang panjang dan cantik menjadi salah satu keunggulan Halmahera Tengah. Kata Bupati, wilayahnya memiliki destinasi-destinasi unggulan seperti Pantai Umiyal di Pulau Gebe dan Pantai Patani, yang terkenal dengan keindahan pasir putih dan panorama di bawah lautnya. Yang paling menarik Goa Boki Maruru, yang disebut-sebut sebagai goa terpanjang di dunia.

"Akses kami juga sangat mudah, hanya sekitar 1,5 jam dari Ternate. Silahkan datang ke Halmahera Tengah. Masyarakat kami juga sangat ramah. Budaya kami juga sangat menarik," kata Bupati yang juga diamini Kadis Pariwisata.

Lebih lanjut Kadis mengatakan, Budaya dan Ekonomi Kreatif Halmahera Tengah berbasis Budaya Lokal saat ini dapat Menumbuhkembangkan ekonomi kreatifitas masyarakat lebih baik karena kedua sektor ini memiliki keterkaitan sangat kuat bagai keping mata uang yang tak bisa lepas pisah.

Budaya Fagogotu harus menjadi basis pengembangannya. kearifan local (local genius) yang dimiliki menjadi nilai-nilai penuh bermakna, antara lain, diterjemahkan ke dalam bentuk fisik berupa produk kreatif daerah setempat. Ekonomi kreatif tidak bisa dilihat dalam konteks ekonomi saja, tetapi juga dimensi budaya.

Ide-ide kreatif yang muncul adalah produk budaya. Karenanya, strategi kebudayaan sangat menentukan arah perkembangan ekonomi kreatif, produk yang bisa diangkat dan dikembangkan.

"Keunikan atau kekhasan produk lokal itulah yang mesti menjadi intinya lalu ditambah unsur kreativitas dengan sentuhan teknologi.Dalam kreatifitas mestinya dihindari penyeragaman antardaerah. Jika ini dilakukan juga, maka nilai keunikan dan kekhasan akan hilang. Berikan berkembang apa yang ada di daerah setempat, dan inilah yang dipadukan dengan kemampuan manusia yang inovasi-kreatif. Hanya dengan demikian keunggulan komparatif bisa terjaga dan daya saing produk bisa dipertahankan," beber Mohammad Adam.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat gembira mendengar keseriusan para petinggi-petinggi di daerah. Karena menteri asli Banyuwangi itu di berbagai kesempatan selalu menegaskan bahwa maju atau tidaknya pariwisata itu tergantung dari kepala daerahnya yakni Gubernur atau Bupati.

Mantan Direktur Utama Telkom itu biasa menyebutnya dengan CEO komitmen. Jika komitmen pimpinan dalam hal ini Bupati Halmahera Tengah serius, maka dipastikan akan maju dan berkembang.

"Semuanya tergantung terhadap kebijakan CEO-CEO di daerah tersebut. Jika serius mengedepankan pariwisata, maka dipastikan value daerah itu akan meningkat. Karena pariwisata itu, semakin dilestarikan maka semakin mensejahterakan," kata Menpar Arief Yahya.

Acara puncak Festival Fagogoru 2018 juga berlangsung meriah. Artis ternama di Indonesia Timur berhasil membuat ribuan manusia hanyut dan gembira merayakan hari ulang tahun Halmahera Tengah.

Sekadar informasi, Kabupaten Halmahera Tengah terletak di Pulau Halmahera yang merupakan pulau terbesar di Maluku Utara dengan beberapa pulau/kepulauan di samping Halmahera sebagai induknya. Kabupaten Halmahera Tengah juga memiliki 37 pulau kecil dimana hanya ada dua pulau yang memiliki penduduk yaitu Pulau Gebe dan Pulau Yoi.

Kabupaten Halmahera Tengah berdiri sejak tahun 1968 sesuai dengan kebijaksanaan Gubernur Povinsi Maluku No. Odes 25/1/8 tahun 1968 dengan maksud dikembangkan untuk menjadi daerah tingkat II yang otonom. Kemudian direstui dengan Skep Mendagri tanggal 15 April 1969 No Pemda 2/1/33. Dengan demikian secara de facto sejak tahun 1969, Kabupaten Halmahera Tengah telah mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri sejajar dengan daerah tingkat II lainnya di provinsi Maluku.

Pada tahun 1990 daerah Halmahera Tengah dinyatakan sebagai daerah Kabupaten penuh. Dengan menyesuaikan pada perkembangan waktu dan tuntutan kondisi sosial masyarakat, maka pada tahun 2003 dengan UU RI No, 1 tahun 2003 kabupaten Halmahera Tengah dimekarkan menjadi tiga kabupaten/kota, yaitu kabupaten Hamahera Tengah sebagai kabupaten induk kemudian kabupaten Halmahera Timur dan Kota Tidore Kepulauan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Lenovo A6000 RAM 2GB Baru dan Bekas di Pasaran Smartphone Indonesia

Posted: 01 Nov 2018 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lenovo merupakan perusahaan komputer ternama bahkan dianggap sebagai produsen terbesar di China. Bahkan pada 2013, Lenovo dinobatkan sebagai produsen komputer terbesar di dunia. Bermarkas di Beijing, Lenovo awalnya merupakan perusahaan kecil bernama Legend atau dalam bahasa China Lianxiang dan didirikan pada 1984 oleh Liu Chuanzi.

Perubahan nama menjadi Lenovo terjadi pada 2004 dan pada tahun yang sama Lenovo mulai dikenal di mata internasional. Lenovo pun masuk ke posisi delapan sebagai produsen PC terbesar dunia. Di tahun berikutnya, Lenovo bahkan mengakusisi IBM dan namanya semakin dikenal.

Untuk melebarkan sayapnya ke produk perangkat mobile, Lenovo pun membeli Motorola Mobility, perusahaan terkemuka yang sejak 2012 dibeli Google. Sejak Lenovo mengakusisi Motorola, mereka pun mulai memproduksi smartphone yang sampai sekarang diterima dengan baik di pasaran, termasuk di Indonesia. Bersaing dengan vendor lainnya, Lenovo menggunakan strategi menghadirkan smartphone murah namun dengan spesifikasi yang tangguh.

Salah satunya diwujudkan dalam LenovoA6000. Ponsel merupakan gadget dari pabrikan smartphone asal China yang diumumkan pada ajang bergengsi CES 2015 di Las Vegas. Lenovo A6000 ini sebenarnya merupakan versi global dari Lenovo K3 Lemon yang cukup populer dengan harga murahnya. Harga Lenovo A6000 RAM 2GB dibanderol terjangkau siap menggempur pasar menengah kebawah dengan mengusung spesifikasi yang mumpuni dan tangguh.

Meski harga Lenovo A6000 RAM 2GB ini terbilang terjangkau, namun smartphone yang diluncurkan di Indonesia pada 19 Maret 2015 ini memiliki performa yang bisa diandalkan. Sebelum menengok harga Lenovo A6000 RAM 2GB baru dan bekas di pasaran smartphone Indonesia saat ini, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (02/11/2018), spesifikasi unggulan Lenovo A6000.

Layar

Lenovo A6000 mengusung layar dengan bentang 5.0 inch dengan resolusi 720 x 1280 pixels ditunjang kepadatan layar hingga ~294 pixel. Jenis layar pada Lenovo A6000 adalah IPS capacitive touchscreen berbalut user interface Lenovo Vibe 2.0 cukup cantik. Hanya saja selaras dengan harga Lenovo A6000 untuk kelas menengah, layar ponsel ini belum mampu menahan goresan atau benturan.

Desain

(sumber: lenovo)

Ponsel ini memiliki bentuk candybar biasa. Lenovo A6000 hadir dengan desain standar d imana empat sudutnya sedikit membulat dengan dibekali tiga tombol kapasifit dibawah layarnya. Bodi Lenovo A6000 ini pun cukup nyaman digenggam karena memiliki tebal hanya 8.2 mm serta memiliki berat hanya 128 gram dimana masih terbilang cukup ringan. Sementara untuk bodynya, masih menggunakan material plastik yang didedesain dengan dimensi 141 x 70 x 8.2 mm.

Pada bagian belakang smartphone ini disediakan 2 buah speaker stereo dengan teknologi Dolby Digital Plus untuk menghasilkan suara yang mantap.

Dapur pacu

Performa dari Lenovo A6000 ini cukup powerfull, berbekal chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dan processor Quad-core Cortex-A53 yang melaju dengan speed 1.2 GHz. Performa tersebut juga ditunjang dengan pengolah grafis Adreno 306. Multitasking dari smartphone ini pun cukup nyaman karena dalam perangkat ini tertanam RAM 2 GB untuk memproses semua aktivitas yang dijalankan ponsel. Sistem operasi yang dijalankan pada Lenovo A6000 ini adalah Android OS v4.4.2 KitKat dan dapat diupgrade ke OS yang lebih tinggi yaitu v5.0.2 (Lollipop). Spesifikasi ini tentu sesuai dengan harga Lenovo A6000 yang terbilang murah.

Untuk penyimpanan, ponsel ini memiliki memori internal 16 GB dan memori external MicroSD yang bisa diperluas hingga 32 GB.

Kamera

(sumber: lenovo)

Lenovo A6000 ditunjang oleh dual kamera. Kamera utama ponsel ini membawa lensa 8 MP beresolusi 3264 x 2448 pixels dilengkapi pula dengan beberapa fitur seperti auto focus, LED Flash, Geo-tagging, touch focus, face detection sehingga akan menambah kualitas hasil bidikan.

Sesuai dengan harga Lenovo A6000 yang nggak menguras kantong, ponsel ini mengusung kamera depan 2 MP.

Konektivitas

Dengan harga Lenovo A6000 cukup terjangkau untuk kalangan menengah, sistem koneksinya tak kalah dengan smartphone lain. Lenovo A6000 hadir membawa konektivitas 4G LTE di mana mampu menjelajahi internet dengan kecepatan super yakni LTE Cat4 150/50 Mbps. Selain itu dibekalkan pula jaringan 3G HSDPA dengan kecepatan HSPA juga jaringan 2G GSM untuk menunjang konektivitas GPRS maupun EDGE sehingga pengguna dapat selalu terkoneksi internet meskipun saat smartphone tidak terjangkau 4G atau 3G.

Kemampuan selulernya juga diakomodasi oleh dua slot SIM mendukung Dual SIM dan dual standby berjenis microSIM. Smartphone ini juga dilengkapi fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n. Tersedia juga fitur Bluetooth versi terbaru serta port USB jenis micro USB.

Baterai

Baterai sebesar 2300 mAh yang dapat dibongkar pasang tertanam di Lenovo A6000. Ini menjadi senjata dalam lamanya mengoperasikan ponsel tersebut. Ponsel ini dapat bertahan sampai 264 jam dalam mode stand by. Sedangkan untuk talk time, Lenovo A6000 ini mampu bertahan sampai 22 jam di jaringan 2G dan 13 jam jika berada di jaringan 3G.

Harga Lenovo A6000

Dengan hadirnya smartphone Lenovo keluaran terbaru, harga Lenovo A6000 saat ini mengalami penurunan. Ini merupakan kabar baik buat kamu yang ingin memboyong smartphone tersebut. Harga Lenovo A6000 baru ini berkisar Rp 1,4 jutaan - Rp 1,5 jutaan. Sementara Harga Lenovo A6000 bekas saat ini sekitar Rp 800 ribuan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan di Balik 4 Instruksi Penting Pramugari Saat Pesawat Hendak Terbang dan Mendarat

Posted: 01 Nov 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang sudah sering naik pesawat terbang, rentetan instruksi dari pramugari ketika hendak take-off dan landing mungkin sudah sangat familiar. Bukan tanpa sebab tentunya prosedur ini harus dilakoni.

Dikutip dari planeandpilotmag.com, Jumat (2/11/2018), menurut David Palmerton, ahli Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat, 80 persen kecelakaan pesawat terjadi di waktu take-off dan landing, yakni tiga menit selama take-off dan delapan menit sebelum mendarat, yang juga dikenal sebagai critical eleven.

Di waktu-waktu seperti ini, awak kabin pesawat terbang biasanya akan memberi sederet instruksi yang harus Anda taati. Mereka adalah mengenakan sabuk pengaman, melipat meja, membuka penutup jendela, dan menegakkan sandaran kursi. Jadi, apa alasan di balik instruksi-instruksi ini?

Memakai sabuk pengaman

Memang disarankan dipakai selama penerbangan. Namun, waktu take-off dan landing jadi momen paling krusial Anda harus memakai sabuk pengaman. Menurut Kevin Hiatt, CEO Flight Safety Foundation seperti dikutip dari businessinsider, Jumat (2/11/2018), memakai sabuk pengaman sangatlah penting.

"Kalau tidak, di keadaan darurat Anda sangat mungkin terlempar dari kursi, mengenai penumpang lain, bahkan membuat kepala Anda terbentur," ucapnya. Tak memakai sabuk pengaman membuat Anda berpotensi terluka, bahkan bisa sangat parah di beberapa keadaan.

Melipat meja

"Pada dasarnya, meja pesawat terbang harus dilipat saat take-off dan landing sehingga mereka tidak akan menghalangi bila harus mengevakuasi penumpang jika terjadi keadaan darurat," kata Manajer Komunikasi Perusahaan JetBlue, Morgan Johnston, seperti dilansir dari travelandleisure, Jumat (2/11/2018).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Membuka Penutup Jendela dan Menegakkan Sandaran Kursi

Ilustrasi pesawat terbang. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Membuka penutup jendela

CEO Aviation Safety Network CEO, Harro Ranter, menuturkan seperti dikutip dari mailonline travel, Jumat (2/11/2018), dalam keadaan darurat yang berujung pada evakuasi, penting untuk melihat pemandangan di luar, apakah sisi itu aman atau tidak untuk menyelamatkan diri.

"Jika situasi di sisi Anda tak memungkinkan, jadi bisa mencari jalan keluar lain," tuturnya. Kepala Pelatihan dan Teknikal Penerbangan British Airways, Dave Thomas, menambahkan, membuka penutup jendela juga memungkinkan Anda mendapat sebanyak mungkin cahaya dalam keadaan darurat.

Menegakkan sandaran kursi

Jangan sepelekan instruksi ini karena penting untuk mengantisipasi keadaan darurat. Proses evakuasi bisanya hanya terjadi dalam hitungan detik. Jika kursi tak ditegakkan, itu akan menghambat, bahkan membuat penumpang di belakangnya terjebak dan tak bisa diselamatkan.

"Kursi yang tak ditegakkan akan menghambat penumpang yang duduk di dekat jendela untuk keluar ke koridor. Itu sangat tak efektif di keadaan darurrat yang memerlukan waktu efakuasi sangat singkat," tutur Candace Kolander, Koordinator Keselamatan dan Kesehatan untuk Asosiasi Prosedur Penerbangan seperti dikutip dari cntraveler.com, Jumat (2/11/2018).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal La Liga Akhir Pekan Ini: Menanti Tangan Dingin Pelatih Anyar Real Madrid

Posted: 01 Nov 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - La Liga akhir pekan ini bakal menyorot duel antara Real Madrid melawan Real Valladolid. Maklum, laga ini menjadi aksi pertama pelatih anyar Santiago Solari di Real Madrid pada ajang La Liga.

Memang, Solari sudah memulai debut pada Kamis (1/11/2018) saat Real Madrid menghajar Melilla. Namun ini tentu bukan ujian karena Melilla bermain di kasta ketiga Liga Spanyol atau Segunda Division B.

Pada akhir pekan ini, Solari akan menghadapi ujian sesungguhnya. Dia wajib mempersembahkan penampilan meyakinkan melawan Valladolid saat ini justru berperingkat 6 atau di atas Madrid yang berada di posisi ke-9.

Tuntutan menang tambah besar karena Real Madrid tampil di depan publik sendiri, Santiago Bernabeu. Kekalahan atau hasil imbang bakal membuat fans Real Madrid semakin kecewa.

Di sisi lain, Barcelona menghadapi laga tandang ke markas Rayo Vallecano. Secara teori, laga ini bisa diatasi Barcelona karena Vallecano berada di peringkat ke-19 klasemen La Liga. Benarkah begitu? Simak jadwal lengkapnya.

 

Jadwal Lengkap

Pelatih anyar Real Madrid, Santiago Solari, memimpin sesi latihan di Valdebebas, Madrid, Selasa (30/10/2018). Santiago Solari menjadi pelatih Real Madrid menggantikan Julen Lopetegui yang dipecat. (AFP/Gabriel Bouys)

Sabtu 3 November 2018

19.00 WIB

Leganes vs Atletico Madrid | beIN Sports 2

22.15 WIB

Real Madrid vs Real Valladolid | beIN Sports 2/SCTV

Minggu 4 November 2018

00.30 WIB

Valencia vs Girona | beIN Sports 2

02.45

Rayo Vallecano vs Barcelona | beIN Sports 2/SCTV

18.00 WIB

Eibar vs Deportivo Alavés

22.15 WIB

Villarreal vs Levante

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Identitas Ganda, Kemenkeu Gandeng Kemendagri Perkuat Data Pajak

Posted: 01 Nov 2018 10:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dapat menerima hak akses dan data kependudukan dari Kementerian Dalam Negeri untuk meningkatkan kualitas dan layanan pajak.

Ini ditunjukkan dengan penandatanganan kerja sama Direktorat Jenderal Perpajakan Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) bersama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri tentang pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK) data kependudukan, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik dalam layanan DJP Kemenkeu.

Melalui kerja sama ini, DJP Kemenkeu dapat menerima hak akses dan data kependudukan dari Ditjen Dukcapil yang digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan dan pengawasan perpajakan.

Adapun data kependudukan yang tercakup dalam perjanjian ini antara lain nomor Kartu Keluarga (KK), NIK, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, serta alamat.

Direktur Jenderal Pajak, Robert Pakpahan, mengatakan, data yang diterima DJP Kemenkeu tersebut akan digunakan untuk sinkronisasi, verifikasi, dan validasi dalam rangka pendaftaran dan perubahan data Wajib Pajak.

Selain itu, data tersebut juga akan melengkapi database Master File Wajib Pajak, serta mendukung kegiatan ekstensifikasi dan intensifikasi perpajakan.

"Perjanjian kerja sama kita harapkan akan bermanfaat bagi DJP. Kami sangat terbantu karena salah satu persyaratan untuk pengumpulan pajak yang efisien dan efektif harus menggunakan data registrasi yang bagus," kata Robert usai melakukan penandatanganan di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (2/11/2018).

Robert menyatakan, dengan data kependudukan khususnya NIK tunggal yang diterapkan Ditjen Dukcapil akan menghilangkan identitas ganda sehingga akan memberikan data lebih akurat.

"Ini akan membantu kami di Ditjen Pajak dalam update data dan memastikan datanya akurat dan tidak ada duplikasi," kata dia. 

Sebagai catatan, perjanjian kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan yang telah ditandatangani pada 13 Agustus 2018.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Ditjen Pajak dan Imigrasi Kerja Sama Pertukaran Data

Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)

Sebelumnya, Direktorat Jenderal atau Ditjen Pajak Kementerian Keuangan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) di bidang perpajakan dan keimigrasian. Dengan kolaborasi ini, Ditjen Pajak bisa mendapatkan data Wajib Pajak (WP) dari paspor dan data lainnya. 

Sinergi ini ditandai dengan Perjanjian Kerja Sama antara Ditjen Pajak dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi tentang Sinergi dalam Pelaksanaan Tugas Perpajakan dan Keimigrasian yang telah ditandatangani pada 15 Mei 2018.

Adapun ruang lingkup Perjanjian Kerja Sama tersebut mencakup: (1) pertukaran data dan informasi; (2) kegiatan intelijen bersama terhadap WP, Penanggung Pajak, dan Orang Asing, (3) pengawasan dan penegakan hukum pidana dan administrasi dalam lingkup tugas para pihak; dan (4) pelatihan dan penyuluhan di bidang perpajakan dan keimigrasian.

"Data yang akan dipertukarkan meliputi informasi identitas wajib pajak yang disediakan oleh Ditjen Pajak dan data informasi penerbitan paspor Republik Indonesia, data perlintasan, serta data visa dan izin tinggal yang akan disediakan oleh Ditjen Imigrasi," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (25/5/2018). 

Ditjen Pajak menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kerja sama Ditjen Imigrasi dalam bidang pertukaran data, kegiatan intelijen, pengawasan, penegakan hukum, pelatihan, dan penyuluhan. Melalui sinergi dan kerja sama yang lebih kuat dengan instansi lainnya, termasuk Ditjen Imigrasi, Ditjen Pajak berharap dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas pengawasan kepatuhan perpajakan masyarakat atau WP. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Avril Lavigne Akhirnya Buka Suara soal Teori Konspirasi Kematiannya

Posted: 01 Nov 2018 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Canberra - Ada satu teori konspirasi ganjil mengenai Avril Lavigne yang populer sejak beberapa tahun lalu. Sang pelantun "Sk8r Boi" ini disebut telah meninggal dunia dan digantikan oleh seorang wanita yang mirip dengannya.

Selama bertahun-tahun, Avril Lavigne tak pernah bereaksi terhadap teori konspirasi ini. Namun, bukan berarti ia tak pernah mendengar soal rumor ini.

Dilansir dari E! News, Jumat (2/11/2018), dalam sebuah wawancara dengan KISS 1065 di Australia, sang DJ bertanya kepadanya soal reaksinya terhadap teori konspirasi ini.

"Yeah, beberapa orang berpikir aku ini bukan diriku yang sebenarnya, kan aneh banget! Mengapa mereka bisa sampai berpikir seperti itu?" kata Avril Lavigne.

Melissa Vandella

Avril Lavigne. (AFP/Bintang.com)

Teori konspirasi ini sebenarnya bermula di Brasil, tapi kemudian menyebar luas. Avril Lavigne disebutkan meninggal pada 2003, setelah kematian kakek yang sangat ia sayangi. Bahkan, ada yang mengatakan Avril Lavigne mengakhiri hidupnya sendiri.

Sebelum kematiannya, ia disebut-sebut menemukan sesosok gadis yang sangat mirip dengannya, bernama Melissa Vandella. Kabarnya, Melissa direkrut Avril untuk mengecoh paparazi yang mengejar foto-fotonya.

Nah, setelah "kematian" Avril, Melissa inilah yang menggantikan posisi penyanyi asal Kanada tersebut.

Sempat Rehat

Avril Lavigne (Instagram/ avrillavigne)

Sementara itu, dalam lima tahun terakhir Avril Lavigne sendiri sempat rehat dari dunia musik. Ia memang tengah fokus untuk mengembalikan kesehatannya.

Ia didiagnosis menderita penyakit lyme, yang membuatnya harus menjalani perawatan panjang. Avril mengatakan bahwa ia bahkan harus beristirahat total selama dua tahun lamanya untuk mengalahkan penyakit ini.

Pada September lalu, Avril Lavigne akhirnya kembali dengan lagu terbarunya, "Head Above Water".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serpihan Pesawat Lion Air Diserahkan ke KNKT untuk Diinvestigasi

Posted: 01 Nov 2018 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Serpihan pesawat Lion Air JT 610 diserahkan kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) di Posko Basarnas Jakarta International Container Terminal (JICT) II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/11/2018). Penyerahan tersebut dilakukan melalui nota kesepahaman antara Basarnas, TNI, Polri serta stakeholder terkait dan diserahkan kepada perwakilan KNKT.

Bagian pesawat itu mulai dimasukkan ke truk untuk dibawa ke kantor KNKT. Tim SAR gabungan yang berada JICT bergotong royong membantu mengangkat rongsokan pesawat tersebut ke truk.

Seluruh puing pesawat akan diinvestigasi oleh KNKT guna membantu menyelidiki kecelakaan pesawat Lion Air JT 610. Barang barang pesawat itu seperti serpihan bodi, kursi pesawat, karpet dan sebagainya.

"Kita akan serah terima, kita akan serahkan dari tim SAR gabungan ke KNKT seluruh barang temuan," kata Sekretaris Utama Basarnas, Dianta Bangun, di JICT.

Dianta menambahkan, setelah seluruh barang barang pesawat diserahkan sepenuhnya, akan jadi kewenangan KNKT untuk diinvestigasi.

"Perwakilan tim SAR (Search And Rescue) gabungan jadi saksi," ucap Dianta.

Terpisah, Direktur Kesiap Siagaan Basarnas Didi Hamzar menyebut, penyerahan itu sudah masuk yuridiksi KNKT. Sementara, Basarnas dan tim SAR gabungan masih fokus dalam pencarian korban dan badan pesawat Lion Air yang tetap berlanjut.

"Dan hasil temuan ini kita kasih ke KNKT, langsung ke gudang KNKT. Ini supaya proses berjalan cepat. Ini supaya proses investigasi semakin maksimal," tandasnya.

 

Butuh Waktu 6 Bulan

Petugas KNKT mencari dan memisahkan serpihan pesawat Lion Air JT 610 dari tumpukan barang temuan di Pelabuhan JICT 2, Jakarta, Kamis (1/11). Sebelumnya, pesawat Lion Air JT-610 jatuh diperairan utara Kerawang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, hasil investigasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terhadap kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 paling cepat terbit enam bulan. 

"Saya tanya KNKT berapa lama proses itu berlangsung. Memang cukup lama, paling tidak enam bulan karena ada beberapa proses yang dilakukan," kata Budi di Jakarta, Jumat (2/11/2018).

Menurut dia, KNKT masih memfokuskan perhatian pada pencarian kotak hitam (black box) kedua Lion Air. Sebab, baru satu bagian black box ditemukan, yakni Flight Data Recorder (FDR).

"Sekarang baru ketemu yang FDR, satu lagi ada CVR (Cockpit Voice Recoder), kami tunggu dan harapkan 1-2 hari ini jalan," ujar Budi.

Dia mengatakan, KNKT juga akan meminta data dari pihak manufaktur, dalam hal ini, Boeing untuk melengkapi bahan investigasi.

"Juga karena ada konfirmasi yang harus dilakukan manufakturnya dan pihak tertentu. Seperti apa tindak lanjutnya itu nanti," ucap Budi seperti dilansir Antara.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Bermain Gitar untuk Pemula, Mudah dan Cepat Bisa

Posted: 01 Nov 2018 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gitar, alat musik petik satu ini memang cukup populer di kalangan anak muda. Pantas saja semua orang berlomba-lomba ingin tahu cara bermain gitar. Banyak pula yang ingin bermain gitar semahir Jimmy Hendrix. Agar kelihaiannya saat bermain gitar diakui banyak orang. 

Nggak heran, demi mengetahui cara bermain gitar yang baik dan benar, beberapa orang rela merogoh kocek dalam-dalam demi ikut kursus dan belajar langsung dari ahlinya. Lalu bagaimana buat kamu yang ingin tahu cara bermain gitar tapi belum pernah menyentuh gitar sama sekali sebelumnya? Buat kamu yang tak memiliki budget buat kursus, cara bermain gitar bisa dipelajari sendiri kok.

Nah, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Jumat (2/11/2018), cara bermain gitar untuk pemula yang mudah. Dengan latihan yang rutin, bukan tidak mungkin kamu akan jadi gitaris andal. Berikut langkah-langkah cara bermain gitar untuk pemula.

1. Tentukan posisi bermain gitar yang pas dan nyaman

Sebelum mulai berlatih, langkah pertama cara bermain gitar untuk pemula adalah penting untuk mengetahui bagaimana posisi bermain dan cara memegang gitar yang benar. Kamu bisa mencoba untuk membuat diri merasa nyaman saat membawa gitar. Sebagai pemula, kamu bisa memangku gitar, dekatkan badan gitar ke dada dan perut. Tahan badan gitar sambil menekan-nekan senar sembarangan. Jika kamu merasa kurang nyaman maka kamu bisa mengganti posisi gitar. Pastikan tahapan pertama ini adalah memilih posisi yang nyaman. Pasalnya, jika kamu tidak nyaman dengan posisi dudukmu, akan membuatmu tidak fokus saat belajar cara bemain gitar.

Berikut ini langkah-langkah menentukan posisi yang nyaman:

- Duduklah di kursi dengan nyaman. Tegakkan punggung dan bahumu.

- Dekatkan badan gitar ke perut dan dadamu. Lalu pegang bagian leher gitar dengan tangan kiri membentuk huruf V—ibu jari di bagian belakang dan 4 jari sisanya di depan.

- Tahan badan gitar dengan bantuan kaki kananmu. Kemudian, coba tekan-tekan senar secara asal, mulai dari pelan hingga cepat, untuk melatih keseimbangan.

- Cobalah terus posisi memegang gitar ini setiap 5 menit sekali untuk membiasakan dan menyeimbangkan diri. Di awal-awal, punggung dan bahumu mungkin akan terasa sakit. Tapi lama kelamaan kamu akan terbiasa.

2. Pelajari cara tuning atau menyetel senar gitar

Setelah mendapatkan posisi yang nyaman, maka saatnya kamu belajar untuk menyetel senar gitar. Pasalnya, nggak semua senar gitar langsung mengeluarkan suara merdu saat dipetik, apalagi jika baru pertama kali dibeli. Belajar tuning perlu kamu lakukan agar gitar bisa menghasilkan suara petikan yang merdu.

Belajar cara tuning senar gitar itu penting karena bisa membuat telingamu terbiasa mendengar nada yang tepat.

Tips cara menyetel senar gitar.

- Ketahui nama-nama senar. Dari atas (yang paling tebal) ke bawah (yang paling tipis) urutannya adalah E, A, D, G, B, dan E.

- Atur tuner (putaran yang ada di kepala gitar) sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau menginginkan nada yang tinggi, kencangkan senar gitarmu. Tapi jika kamu menginginkan nada rendah, putar tuner-nya sampai senar mengendur dengan tepat.

Kencang atau kendurnya senar ini sangat mempengaruhi nada yang akan dihasilkan. Tepat atau tidaknya nada yang dihasilkan bisa kamu ketahui sendiri jika sudah terbiasa mendengarnya. Nah, untuk awalan, kamu bisa minta bantuan temanmu yang sudah mahir untuk mengajarkan bagaimana cara tuning yang tepat. Usahakan kamu hanya minta bantuannya sekali. Supaya kamu tidak ketergantungan dengan bantuannya dan mulai belajar untuk tuning senarmu sendiri.

3. Cari tahu kunci-kunci dasar dalam gitar

Ilustrasi cara bermain gitar (Sumber: Unshplash)

Sudah bisa tuning sendiri? Langkah selanjutnya dari cara bermain gitar untuk pemula adalah mencari tahu kunci-kunci dasar dalam memainkan gitar. Ada A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C, dan juga G. Setiap kuncinya, memiliki cara sendiri untuk dimainkan dan dipetik.

Pengetahuan dasar semacam ini setidaknya sudah kamu ketahui dulu sebelum mulai belajar memainkan kunci-kunci. Untuk memudahkan proses belajar, kamu bisa mencatat kunci-kunci dasar gitar di buku khusus.

4. Cara memetik gitar

Ilustrasi cara memetik gitar (Ilustrasi: Unshplash)

Setelah kamu sudah mengenali chord-nya, kamu bisa mulai untuk naik level dengan belajar memetik gitar. Cara bermain gitar untuk pemula pertama yang harus dipelajari adalah kamu harus hafal penempatan jari pada setiap senar. Pada tahap ini kamu belajar menggunakan 5 jari.

Cobalah mulai dengan meletakkan ibu jari di senar paling atas untuk memetik senar bass nomor 6, 5, atau 4. Kemudian jari telunjuk digunakan untuk senar nomor 3, jari tengah nomor 2, dan jari manis untuk senar nomor 1. Dengan cara ini, pelan-pelan kamu bisa lebih mudah untuk menguasai bagaimana memetik senar gitar. Yang terpenting adalah hafal di mana letak atau posisi jari kamu pada senar.

Setiap kunci gitar memiliki cara sendiri dan menghasilkan nada yang berbeda. Ketika kamu memainkan kunci A, maka kamu hanya perlu menekan senar A-D-G-B-E bagian bawah. Tentu untuk kunci A, AM atau B maka berbeda lagi bagian senar yang ditekan.

5. Rutin berlatih memainkan kunci-kunci dasar agar jari kian lihai

Cara bermain gitar untuk pemula selanjutnya adalah rutin belajar menekan senar pada fret atau logam tegak lurus yang ada di leher gitar. Pastikan kamu hanya merasakan getaran di jari yang menekan senar saja. Setelah itu mulailah memainkan kunci dasar. Pilih dari yang menurut kamu termudah, misalnya kunci A karena masih berada dalam 1 ruas yang sama. Jangan asal genjreng saja. Usahakan kamu bisa menghasilkan nada yang merdu dan jernih. Kalau sudah berhasil memainkan 1 kunci dengan jernih, kamu baru boleh berganti memainkan kunci yang lainnya.

Ulangi langkah-langkah tersebut untuk memainkan kunci yang lain. Jika sudah bisa semua, jangan langsung buru-buru ingin memainkan lagu. Berlatihlah lagi selama beberapa waktu supaya kamu semakin hafal letak kuncinya dan jarimu semakin lihai dalam memainkannya.

6. Belajar melodi

Bagi pemula yang sedang berlatih cara bermain gitar untuk pemula, tahap ini merupakan bagian paling sulit. Pada tahap ini kamu mulai belajar melodi dan membaca not. Berikut ini ada 3 langkah yang bisa kamu lakukan saat belajar melodi:

1. Cari tahu melodi gitar dengan membaca tabulasi. Tabulasi adalah proses menempatkan sebuah data dalam bentuk tabel yang isinya not-not untuk memudahkan kamu dalam belajar melodi.

2. Pahami scale. Ini adalah cara untuk mencari melodi dalam lagu. Kalau kamu sudah paham tentang scale, kamu bakal mudah menebak melodi pada lagu. Scale yang paling umum dan mudah dipahami adalah pentatonic scale.

3. Kalau kamu sudah mengenali tabulasi dan scale, tahap terakhir cara bermain gitar untuk pemula adalah belajar berimprovisasi. Cara ini membutuhkan feeling yang bagus, pendengaran, dan insting yang kuat dalam menentukan nada. Kamu bisa melatihkan dengan mendengar sebuah lagu, kemudian menyusun nada yang sesuai dengan alur dalam satu melodi.

Tahap ini memang lebih rumit dari langkah sebelumnya. Proses terpenting dalam belajar melodi adalah feeling, skill, dan improvisasi dalam menghubungkan not demi not. Sehingga dengan cara itu, kamu bisa menciptakan harmoni yang indah.

7. Memilih 1 lagu dengan kunci dasar

Setelah mahir memainkan kunci dasar maka cara bermain gitar untuk pemula selanjutnya adalah memilih satu lagu dengan kunci dasar. Pilih dulu lagu yang mudah dengan kunci-kunci dasar supaya jarimu lebih terbiasa. Dengan memilih satu lagu utuh maka jari-jari akan terlatih untuk bergerak dari satu kunci ke kunci lainnya. 

Nah, itu tadi cara bermain gitar untuk pemula. Jika sudah berhasil memainkan satu lagu secara utuh, kamu bisa mencoba memainkannya di depan teman-temanmu untuk meminta kritik dan saran sekaligus belajar tampil di depan umum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Korban Lion Air JT610, Saudara Haykal Kamil Dinanti Kepulangan oleh Anak

Posted: 01 Nov 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sepupu dari istri Haykal Kamil, Namirah, menjadi salah satu korban kecelakaan pesawat Lion Air JT610 yang jatuh pada Senin (29/10/2018) pagi. Saudaranya yang bernasib nahas itu bernama Tri Yudha Gautama.

Sembari menahan rasa pedih, istri Haykal Kamil, Namira bercerita bahwa dirinya sangat terkejut saat mendengengar sepupu dekatnya menjadi korban Lion Air JT610. Sebab, semua terjadi di luar dugaan.

"Setiap aku inget (menangis) itu beneran kayak gemetar, karena aku dan dia bedanya tuh cuman empat tahun," jelss istri Haykal Kamil dalam konferensi pers di Pulogebang, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2018).

"Terus waktu kecil aku belum tinggal di Jakarta, aku tinggalnya di Palembang, jadi setiap liburan di Jakarta aku tuh tidur di rumahnya dia dan yang ngajakin main itu ya abang aku ini," sambungnya.

 

Tiga Anak

Launching Inbekart 2018 di Lippo Mall Puri (Adrian Putra/bintang.com)

Tri Yudha Gautama sendiri meninggalkan dua orang anak kembar di usia yang masih balita. Hingga saat ini, anak-anak pun masih menanti kepulangan ayahnya.

"Anaknya baru tiga tahun dan kembar pula. Jadi ya anaknya gimana nasibnya istrinya juga enggak kerja. Jadi pas hari H aku ke sana main sama anaknya aja, aku pikir ya aku punya anak, mikirin gimana anaknya nunggu bapaknya pulang," jelasnya.

 

Menunggu

(Adrian Putra/bintang.com)

"Ternyata bapaknya enggak pulang, terakhir anak-anaknya lihat ibunya nangis dia sempet nanya 'Abi pulang kan?' ibunya cuma nangis aja, susah lagi diomonginnya," ungkap Namira.

Setelah memberi sampel DNA, pihak keluarga masih menunggu jasad korban ditemukan. "Kita percaya sih sama pemerintah, Basarnas, sudah melakukan yang terbaik. Kita doakan semoga bisa memberikan petunjuk," ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menang Terus, Bek Inter Milan Enggan Jemawa

Posted: 01 Nov 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Inter Milan terus menanjak pada musim 2018/19. Dalam sembilan pertandingan terakhir, tim asuhan Luciano Spalletti itu mencatatkan delapan kemenangan dan sekali kalah.

Bahkan, di laga terakhirnya, Inter Milan menang 3-0 atas Lazio di Olimpico Stadium, Senin (9/10/2018). Kemenangan itu membuat Inter Milan berada di peringkat kedua dengan raihan 22 poin.

Permainan Inter Milan juga meningkat tajam. Mereka tercatat melepaskan 16,2 sepakan per pertandingan. Mereka juga mendominasi permainan 55,7 persen di setiap laga.

Kendati demikian bek anyar Inter Milan, Sime Vrsaljko meminta anak asuhnya tak jemawa. Terlebih musim 2018/19 masih panjang dan Inter Milan masih tertinggal enam angka dari Juventus di puncak klasemen.

"Kami tahu Inter Milan adalah tim yang kuat. Namun musim masih panjang jadi kami harus menghadapi satu per satu laga yang datang dan melihat peringkat kami di akhir musim," katanya, dikutip dari situs resmi Inter Milan.

Bangkit dari Awal Buruk

Pemain Inter Milan, Mauro Icardi (dua kanan) bersama rekan-rekannya merayakan kemenangan atas AC Milan pada laga Serie A di Stadion San Siro, Milan, Italia, Minggu (21/10). Gol tunggal Icardi membawa Inter menang atas AC Milan. (AP Photo/Antonio Calanni)

Raihan ini tentunya menjadi jawaban dari hasil buruk Inter Milan di awal musim. Mereka sempat kalah dari Sassuolo (0-1) dan Parma (0-1). Inter Milan juga diimbangi Torino dengan skor 2-2.

"Liga masih berjalan secara terbuka. Kami berhasil bangkit setelah awal musim yang menyulitkan, mampu memainkan sepak bola yang baik," ujar pemain pinjaman dari Atletico Madrid itu.

"Saya kira pelatih adalah seseorang yang ingin kami untuk selalu menguasai bola dan membangun serangan dari lini belakang, bahkan ketika menghadapi Barcelona. Kami semua berlatih dengan baik dan siap," ucapnya menambahkan.

 

Terus Berkembang

Bek berusia 26 tahun tersebut menilai Inter Milan terus berkembang setelah awal buruk di Serie A. Vrsaljko juga mengaku betah bersama Inter Milan.

"Saya sangat gembira dengan semua hal yang sedang terjadi. Saya merasa betah di Italia, terutama dengan rekan-rekan setim seperti ini. Kami terus berkembang setiap hari, bahkan sebagai seorang individu, dan kami dapat mengembangkan semua aspek dalam permainan kami," ujar Vrsaljko.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Kapal Feri Tabrak Crane di Dermaga

Posted: 01 Nov 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kapal feri menabrak crane pengangut kontainer di pelabuhan Barcelona, Spanyol. Akibatnya crane runtuh dan sejumlah kontainer terbakar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilot Maskapai Jepang Dipolisikan Gara-Gara Mabuk Sebelum Terbang

Posted: 01 Nov 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Longford - Seorang pilot Jepang ditangkap di Bandara Heathrow, Inggris, karena mabuk. Ia mengaku sudah lebih dari sembilan kali melewati ambang batas alkohol legal.

Katsutoshi Jitsukawa, yang bekerja untuk Japan Airlines, ditangkap pada 28 Oktober 2018 setelah gagal tes napas. Dia ditemukan memiliki kandungan 189 mg alkohol per 100 ml darah--batas legal untuk seorang pilot adalah 20 mg.

BBC yang dikutip Jumat (2/11/2018) melaporkan, pilot itu mengaku bersalah karena melebihi batas alkohol di Uxbridge Magistrates 'Court pada Kamis, 1 November 2018.

Penyiar berita Jepang NHK mengabarkan bahwa polisi disiagakan oleh sopir bus kru pesawat yang mencium bau minuman alkohol pada pilot.

Katsutoshi Jitsukawa, yang merupakan awak penerbangan Japan Airlines (JAL) JL44 ke Tokyo itu, gagal terbang 50 menit sebelum waktu keberangkatan, setelah melakukan tes nafas.

Pesawat Boeing 777 yang gagal dipilotinya lepas landas dengan pilot pengganti setelah delay 69 menit.

Pada bulan Juni lalu, pilot British Airways, Julian Monaghan, dipenjara selama delapan bulan karena tertangkap bertugas dengan 86 mg alkohol dalam sistemnya.

Saat diperiksa di Bandara Gatwick, ia juga ketahuan telah meminum tiga gelas vodka.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

Permohonan Maaf

Ilustrasi (iStock)

Pihak maskapai JAL kemudian mengeluarkan permintaan maaf atas kelakuan pilot 42 tahun itu. Mereka juga berjanji untuk "melaksanakan tindakan tegas guna mencegah kejadian berulang di masa depan".

"Keselamatan tetap menjadi prioritas utama kami," tambah pihak JAL.

Batas aman konsumsi minuman beralkohol saat berkendara di Inggris, Wales dan Irlandia Utara adalah 80 mg, dan 20 mg untuk pilot.

Akibat perbuatannya, kini Jitsukawa ditahan dan akan dijatuhi hukuman di Isleworth Crown Court pada 29 November.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Realme Bakal Hadirkan Kejutan di Hari Belanja Online Nasional Lazada

Posted: 01 Nov 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Vendor smartphone yang mengkhususkan diri untuk milenial, Realme, bakal memberikan kejutan di Hari Belanja Online Nasional di Lazada pada November 2018 (11.11).

Hal ini dilakukan setelah perusahaan Tiongkok itu berhasil menjual lebih dari 80 ribu unit smartphone-nya pada Oktober ini.

Partisipasi Realme dilakukan dengan menyediakan lebih banyak produk dengan diskon voucher belanja.

Dalam keterangan Realme yang diterima Tekno Liputan6.com, Jumat (2/11/2018), voucher diskon akan tersedia selama Lazada Wonderland dari 1 - 11 November dan voucher diskon dapat digunakan pada 11.11 untuk setiap produk Realme yang dijual.

Sekadar diketahui, Realme kini menjadi salah satu hot item kategori smartphone di Lazada. Hal ini seiring dengan prestasi Realme menjual lebih dari 80.000 unit lewat 5 kali gelaran flash sale.

Khusus untuk Realme 2, perangkat ini juga memecahkan rekor penjualan online pertama kalinya sebagai smartphone pilihan terbaik anak muda dengan harga di bawah Rp 2 jutaan. Realme 2 berhasil terjual sebanyak 15.000 unit hanya dalam 10 menit.

Lain lagi dengan Realme 2 Pro. Sebagai flagship smartphone untuk anak muda, perangkat ini terjual habis dengan angka penjualan mencapai Rp 33 miliar dalam waktu kurang dari 3 menit.

Sementara, Realme C1 terjual 10.000 unit hanya dalam 40 detik pertama. Perolehan ini menjadikannya sebagai raja baru smartphone entry-level di Indonesia.

Setelah penjualan pertama Realme 2 pada 16 Oktober, Realme juga mengumumkan bahwa Realme 2 adalah produk smartphone paling memuaskan di Lazada dengan rating bintang 4,8.

Spesifikasi Realme 2

Vendor smartphone untuk anak muda, Realme, bakal turut memberikan kejutan di Hari Belanja Online Nasional milik Lazada Indonesia pada 11 November 2018. (Foto: Realme).

Sebagai smartphone terbaik untuk anak muda di bawah Rp 2 juta, Realme 2 hadir dengan layar LCD 6,2 inci yang memiliki notch dengan rasio 19: 9.

Untuk urusan performa, Realme 2 dilengkapi dengan chipset Snapdragon 450 dengan pilihan RAM 3GB atau 4GB. Realme 2 dilengkapi dengan penyimpanan internal sebesar 32GB atau 64GB yang didukung dengan slot kartu MicroSD.

Realme 2 hadir dengan tiga pilihan warna, yakni Diamond Blue, Diamond Red, dan Diamond Black. Untuk urusan fotografi, Realme 2 memakai konfigurasi kamera ganda 13MP + 2MP.

Kamera selfie Realme 2 beresolusi 8MP. Smartphone ini memakai baterai 4.230 mAh yang terbesar dikelasnya.

Lain lagi dengan Realme 2 Pro. Perangkat ini merupakan smartphone flagship untuk anak muda. Realme 2 Pro mengusung prosesor Snapdragon 660 yang memiliki performa tinggi dan konsumsi daya rendah, Adreno 512 GPU, dengan mesin AI bawaan untuk pengalaman AI yang mulus.

Realme 2 Pro hadir dalam tiga varian memori, yakni RAM 4GB dan kapasitas memori internal 64GB, RAM 6GB dengan kapasitas memori internal 64GB, dan RAM 8GB dengan ruang penyimpanan internal seluas 128GB.

Ada tiga opsi warna untuk Realme 2 Pro, yakni Ice Lake, Blue Ocean, dan Black Sea. Realme 2 Pro dibanderol mulai dari Rp 2.899.000. Hal ini menjadikannya sebagai smartphone dengan otak Snapdragon 660 termurah di dunia.

Spesifikasi Realme C1

Peluncuran smartphone Realme. Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani

Terakhir, Realme C1 merupakan standar baru bagi smartphone entry level di Indonesia.

Realme C1 resmi diluncurkan di Indonesia pada 9 Oktober bersama Realme 2 dan Realme 2 Pro. Perangkat ini hadir dengan spesifikasi yang berkualitas di segmen entry-level. Misalnya saja layar berukuran 6.2 inci dengan notch atau poni dan baterai dengan kapasitas 4230 mAh.

Kemampuan fotografi Realme C1 didukung dengan kamera ganda. Realme C1 juga memiliki dua pilihan warna yang terinspirasi oleh alam, Black Mirror dan Blue Navy.

Realme C1 hadir dengan harga terjangkau dan dinobatkan sebagai raja baru smartphone entry-level di Indonesia.

Tidak hanya menyediakan kembali produk andalannya, Realme juga akan menyiapkan beberapa kejutan, salah satunya adalah voucher diskon dari Realme.

Pelanggan dapat berpartisipasi di Lazada 11.11 Wonderland mulai dari 1 November hingga 10 November 2018 untuk mendapatkan voucher diskon yang dapat digunakan untuk membeli produk Realme pada penjualan 11.11.

Hadiah menarik juga disiapkan oleh Realme melalui akun media sosial resminya, mulai dari smartphone, voucher belanja, dan masih banyak lagi.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ruang Redaksi: Dito dan Misi Berlayar untuk Kemanusiaan

Posted: 01 Nov 2018 10:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jam masih menunjukkan pukul 03.00 pagi, tapi keriuhan sudah mulai terasa di Pelabuhan Tanjung Perak Semarang pada Senin, 29 Oktober 2018. Ini menjadi hari yang ditunggu oleh Radityo Priyasmoro.

Reporter News Liputan6.com itu akan mengikuti kegiatan berlayar mengarungi samudera bersama perwakilan putra-putri terpilih dari seluruh provinsi di Indonesia yang tergabung dalam Kapal Pemuda Nusantara (KPN). Peluit panjang pun terdengar membahana pada pukul 07.00 pagi. Terlihat tali-tali tambang di lepas dari ujung dermaga, pertanda kapal siap berlayar.

Bagi Dito, panggilan akrabnya, ia sudah cukup mengenal ajang ini sedari bangku kuliah empat tahun lalu. Menurut Dito, andai bisa ikut program ini saat kuliah, tentu akan menjadi pencapaian hidup yang penuh keseruan. Namun, keinginannya untuk ikut baru terkabul saat ia sudah menjadi Jurnalis.

"Dan sekarang, saya ikut meliput program KPN, seakan kembali menjadi mahasiswa. Dan Saya siap berangkat," ujar Dito ketika pertama kali ditawari untuk ikut peliputan ini.

Foto: Kapal Pemuda Nusantara (KPN) di KM Doro Londa

Tema pelayaran KPN tahun ini adalah misi kemanusiaan untuk Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah. Dito bersama 99 peserta KPN 2018 bertolak ke Palu dengan kapal KM. Doro Londa milik PT Pelni.

Kapal besutan tahun 2001 ini sudah terbilang tua. Namun, nakhoda kapal, Kapten Laode Muhisi, bilang kapal masih layak pakai hingga usia 20 tahun. Kapal yang didatangkan dari Jerman ini berwarna cerah, dengan padanan putih, cokelat dan krem. Total kapasitas penumpang 2130 orang dengan 7 tingkatan dek.

"Ini adalah pengalaman pertama dalam hidup bisa merasakan berlayar jarak jauh," kata Dito menceritakan pelayaran Semarang-Makassar yang menempuh waktu 26 jam menyeberangi Laut Jawa.

Selama di kapal, aktivitas Dito bersama KPN 2018 terbebas 100 persen dari smartphone. Tak bisa bermain sosial media atau sekedar membuka aplikasi chat. "Soalnya tidak ada sinyal ponsel di tengah laut. Tapi jadinya kami lebih akrab satu sama lain," kata Dito.

Di atas kapal Dito mengaku bisa lebih mengenal peserta lainnya. Salah satunya Roland Adenga, delegasi asal Gorontalo yang ternyata pejuang literasi sastra Tanggomo. Tanggomo adalah medium penyampaian khas Gorontalo yang mulai punah, karena kurangnya kesadaran untuk pelestarian dan regenerasi yang tidak jalan.

Ada lagi Julio, pegiat seni drama tari asal Bali. Julio sukses memerankan tokoh antagonis sebagai Leak yang tinggi besar dan bengis.

"Kehidupan kami di kapal berjalan seperti penumpang sipil lainnya. Mulai dari mengantre makan, tidur di barak, sampai merasakan mual terombang ombak," ujar Dito.

Posisi Dito saat ini masih di Mamuju sebelumnya akhirnya akan tiba di Palu 3 November. Meliput misi kemanusiaan bersama KPN 2018 membuka pengalaman baru lagi bagi Dito. Sebelum nanti tugasnya bersama misi kemanusiaan ini selesai pada 10 November 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sentimen Domestik Angkat Rupiah ke 15.100 per Dolar AS

Posted: 01 Nov 2018 10:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Jumat ini.

Mengutip Bloomberg, Jumat (2/11/2018), rupiah dibuka di angka 15.087 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 15.127 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 15.077 per dolar AS hingga 15.100 per dolar AS. jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 11,37 per dolar AS.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 15.089 per dolar AS, menguat jika dibanidngkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 15.195 per dolar AS.

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, adanya penguatan euro yang mampu mengimbangi apresiasi dolar AS seiring dengan sentimen internal di Uni Eropa cukup memberikan sentimen positif bagi terapresiasinya rupiah.

"Masih adanya sejumlah sentimen positif, selain daripada inflasi juga diharapkan dapat membantu penguatan rupiah," ujar Reza seperti dikutip dari Antara. 

Laju rupiah sebelumnya mampu mengalami kenaikan. Bahkan kenaikan tersebut di atas perkiraan sebelumnya. Rilis inflasi Oktober yang berada di angka 0,28 persen (month on month) dianggap masih rendah sehingga memberikan sentimen positif pada rupiah.

Selain itu, sentimen dari disepakatinya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 dengan defisit fiskal disetujui di bawah 2 persen yang dibarengi dengan penurunan imbal hasil dan adanya peluncuran implementasi Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF) oleh BI yang diharapkan menahan gejolak rupiah memberikan sentimen positif tambahan pada rupiah.

Dari global, adanya kemajuan yang diperoleh dari perundingan Brexit antara Uni Eropa dan Inggris serta meningkatnya data Indeks Harga Konsumen (Consumer Price Index/CPI) Uni Eropa berdampak positif terhadap posisi euro sehingga turut berimbas pada penguatan rupiah.

BI: Pelemahan Rupiah Tak Sedalam Mata Uang Negara Lain

Teller menukarkan mata uang dolar ke rupiah di Jakarta, Jumat (2/2). Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, posisi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang berada di level Rp13.700 hingga Rp13.800.(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) melaporkan bahwa nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) telah melemah 10 persen dari awal tahun. Pelemahan tersebut tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan beberapa negara lain. 

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebutkan, kondisi tersebut didukung upaya BI yang terus fokus melakukan berbagai upaya untuk menstabilkan nilai tukar. 

"Dari BI, kami fokus bagaimana untuk melakukan langkah stabilitas dalam rangka menjaga stabilitas nilai tukar rupiah, untuk memastikan likuiditas di pasar keuangan cukup dan kerja sama internasional yang kami jalankan," kata Perry dalam acara konfrensi pers KSSK, di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Kamis (1/11/2018).

Perry mengungkapkan, perkembangan nilai tukar rupiah memang disebabkan adanya tekanan dari global tapi kondisinya masih relatif stabil dalam batas yang normal.

"Deprsiasi rupiah sektar 10 persen (ytd), lebih rendah dibandingkan India, Brazil, Turki, Rusia," ujarnya.

Dia menegaskan BI bersama pemerintah akan terus memprioritaskan kebijakan untuk menjaga nilai tukar rupiah.

"Dengan pemerrintah melakukan langkah bersama," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Keren dengan Moge di Don't Mess Up My Tempo, EXO Ngaku Tak Punya SIM

Posted: 01 Nov 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Setelah sekitar satu tahun tahun absen di jagat K-Pop, EXO akhirnya kembali dengan album terbarunya, Don't Mess Up My Tempo. Album tersebut, akan mereka rilis pada hari ini, Jumat (2/11/2018) pukul empat sore waktu Indonesia.

Don't Mess Up My Tempo dirilis pada hari yang sama dengan penampilan perdana EXO di Music Bank, dan akan berlanjut pada comeback showcase pukul enam sore WIB. Mereka, akan membawakan lagu jagoan mereka dari album ini, "Tempo".

 

Dalam teaser yang sudah dipublikasikan beberapa waktu lalu, terkuak bahwa konsep comeback mereka kali ini adalah sebagai 'anak motor'.

Di video dan foto promosi Don't Mess Up My Tempo tersebut, para anggota EXO terlihat berpose di atas motor gede dengan jaket kulit dan pakaian hitam-hitam.

Tak Punya SIM

EXO (Twitter/ @weareoneEXO)

Tak hanya dalam foto jaket album, tema riders ini pun juga akan ditampilkan dalam videoklip "Tempo". Nah, proses pengerjaan videoklip EXO ini rupanya menyisakan sebuah cerita lucu.

Pasalnya, ternyata tak ada satu pun anggota EXO yang memiliki SIM untuk mengendarai motor.

Dalam sesi pengenalan album ini yang digelar pada Kamis (1/11/2018) kemarin, Chanyeol EXO mengatakan bahwa mereka tinggal duduk saja di atas motor yang disiapkan oleh para staff.

"Tapi walaupun begitu, videoklipnya kelihatan bagus banget dan kami terlihat benar-benar seperti pengendara motor. Jadi kami senang," tuturnya.

 

Sudah Terjual 1,1 Juta Kopi

EXO (Twitter/ @weareoneEXO)

Sementara itu meskipun belum dirilis, angka penjualan Don't Mess Up My Tempo terbilang sudah masuk angka fantastis.

Dilansir dari Yonhap News, pemesanan pre-order album EXO ini telah mencapai angka 1,1 juta kopi pada akhir Oktober lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Nugget Ikan yang Enak dan Mudah, Bisa Buat Camilan

Posted: 01 Nov 2018 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak suka dengan kenikmatan nugget yang enak ini. Nugget merupakan produk olahan daging yang terbuat dari daging giling, dicetak dalam bentuk yang beragam, serta dilapisi dengan tepung berbumbu dan juga tepung roti yang bikin makin crispy.

Kamu pasti sering menjumpai ketika berbelanja di supermarket, ada bagian khusus yang menjual frozen food. Nah, biasanya di tempat inilah kita menjumpai nugget yang sudah dikemas dengan berbagai rasa, bentuk, dan olahan.

Nugget yang biasa kita makan kebanyakan terbuat dari olahan daging ayam, tapi sekarang sudah banyak sekali variasinya. Ada nugget ikan, nugget tahu, nugget daging sapi, dan nugget tempe, juga variasi bahan nugget lainnya.

Kalau kamu suka nugget kemasan, alangkah baiknya jika tidak terlalu sering mengonsumsi nugget kemasan. Hal ini tentu karena adanya bahan pengawet dan bahan kimia yang tentu saja mempunyai dampak tertentu bagi kesehatan tubuh.

Daripada terus-terusan mengonsumsi nugget kemasan, lebih baik jika mencoba membuat sendiri nugget untuk lauk sehari-hari. Membuat nugget sendiri ternyata mudah lo. Selain bisa mengkreasikan rasa dan bahan sesuai dengan selera, tentu saja bebas dari bahan pengawet dan bahan kimia.

Kalau nugget ayam, mungkin sudah biasa ya. Bagaimana kalau mencoba untuk membuat nugget ikan? Cara membuat nugget ikan sebenarnya hampir sama dengan ayam, hanya bahannya saja yang sedikit berbeda.

Berikut cara membuat nugget ikan yang enak dan mudah seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (02/11/2018).

Cara membuat nugget ikan tengiri:

Bahan:

200 gram daging ikan tenggiri

(tanpa duri), giling halus

2 butir telur ayam

100 gram tepung roti

50 gram tepung terigu

2 siung bawang putih, haluskan

1 sdt kaldu bubuk

1 sdt garam

1 sdt gula

1 sdt merica

 

Cara membuat nugget ikan tengiri:

1. Kocok 1 butir telur, lalu masukkan bawang putih yang telah dihaluskan, kaldu bubuk, garam, gula, dan merica. Kocok hingga merata.

2. Tuang tepung terigu pada wadah (mangkuk), lalu campur dengan kocokan telur pertama.

3. Masukkan daging ikan tenggiri yang sudah digiling halus. Aduk rata.

4. Masukkan adonan dalam loyang yang sudah diolesi dengan minyak.

5. Kukus selama 15 menit.

6. Sambil menunggu nugget dikukus, tuang tepung roti dalam wadah, dan siapkan nampan kosong.

7. Siapkan satu butir telur yang kemudian dikocok.

8. Nugget yang telah dikukus diamkan dengan suhu ruangan selama 10 menit.

9. Kemudian potong nugget ikan tenggiri sesuai yang diinginkan.

10. Masukkan nugget ke dalam kocokan telur lalu masukkan dalam tepung roti hingga terbalut sempurna dengan tepung roti kemudian taruh di nampan yang telah disediakan. Masukkan satu per satu nugget dalam telur lalu tepung roti.

11. Masukkan nugget yang telah dibalur dengan tepung roti dalam kulkas selama 20 menit, agar tepung roti menempel sempurna.

12. Setelah usai, panaskan minyak goreng.

13. Goreng nugget hingga berwarna kuning keemasan.

Cara membuat nugget ikan patin:

Bahan:

500 gram daging ikan patin (tanpa duri), giling halus

2 butir telur ayam

100 gram tepung roti

50 gram tepung terigu

2 siung bawang putih, haluskan

1 sdt kaldu bubuk

1 sdt garam

1 sdt gula

1 sdt merica

 

Cara membuat nugget ikan patin:

1. Kocok 1 butir telur, lalu masukkan bawang putih yang telah dihaluskan, bawang goreng, kaldu bubuk, garam, gula, dan merica. Kocok hingga merata.

2. Tuang tepung terigu pada wadah (mangkuk), lalu campur dengan kocokan telur pertama.

3. Masukkan daging ikan patin yang sudah digiling halus. Aduk rata.

4. Masukkan adonan dalam loyang yang sudah diolesi dengan minyak.

5. Kukus selama 15 menit.

6. Sambil menunggu nugget dikukus, tuang tepung roti dalam wadah, dan siapkan nampan kosong.

7. Siapkan satu butir telur yang kemudian dikocok.

8. Nugget yang telah dikukus diamkan dengan suhu ruangan selama 10 menit.

9. Kemudian potong nugget ikan patin sesuai yang diinginkan.

10. Masukkan nugget ke dalam kocokan telur lalu masukkan dalam tepung roti hingga terbalut sempurna dengan tepung roti kemudian taruh di nampan yang telah disediakan. Masukkan satu per satu nugget dalam telur lalu tepung roti.

11. Masukkan nugget yang telah dibalur dengan tepung roti dalam kulkas selama 20 menit, agar tepung roti menempel sempurna.

12. Setelah usai, panaskan minyak goreng.

13. Goreng nugget hingga berwarna kuning keemasan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1 2018: PSM Waspadai Persija dan Persib

Posted: 01 Nov 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi Gojek Liga 1 Bersama Bukalapak sudah sampai ke pekan ke-29. Persaingan ketat di papan atas klasemen Liga 1 2018 pun masih terus terjadi mendekati akhir musim liga yang disiarkan live dan eksklusif di Indosiar ini.

Saat ini PSM Makassar masih bertengger di puncak klasemen Liga 1 2018. Tim Juku Eja total mengoleksi 50 poin dari 28 pertandingan.

Namun, PSM belum sepenuhnya aman untuk merengkuh gelar juara. Pasalnya, di bawah mereka masih ada Persija Jakarta dan Persib Bandung yang selalu mengancam.

Dengan Persija, misalnya, selisih nilai PSM hanya dua poin. Namun, sang rival unggul sisa satu pertandingan, sehingga sangat memungkinkan untuk menyalip.

Sementara dengan Persib, PSM unggul empat poin dengan jumlah pertandingan yang sama. Namun, seperti juga Persija, Persib bisa saja sewaktu-waktu menggusur mereka.

Berikut selengkapnya klasemen Liga 1 208 pekan ke-29.

 

Klasemen Liga 1 2018

Persija Jakarta duduk di urutan kedua klasemen Liga 1 2018. (Soccerway)

Jadwal Liga 1 Pekan Ke-29

Jumat, 2 November 2018

15.30 WIB Persela Vs Sriwijaya (O Channel)

Sabtu, 3 November 2018

15.30 WIB Bali United Vs Madura United (Indosiar)

18.30 WIB Bhayangkara Vs Persib (Indosiar)

18.30 WIB PSMS Vs Borneo FC (Vidio.com)

Minggu, 4 November 2018

13.30 WIB Perseru Vs Mitra Kukar (Vidio.com)

15.30 WIB PSIS Vs Arema (Indosiar)

15.30 WIB PSM Vs Persipura (O Channel)

18.30 WIB Persebaya Vs Persija (Indosiar)

Senin, 5 November 2018

18.30 WIB Barito Putera Vs PS Tira (O Channel)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Arcandra Tahar Soal Alasan Pembuatan Aplikasi MOMS dan e-PNBP

Posted: 01 Nov 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merilis dua aplikasi pelayanan daring yaitu Minerba Online Monitoring System (MOMS) dan e-PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) mineral dan batu bara (Minerba), Jumat (2/11/2018).

Wakil Menteri (Wamen) ESDM Arcandra Tahar bercerita kilas balik terkait pembentukan dua aplikasi itu. Dia menyatakan, pelaporan data konvensional di loket kementerian harus diubah menjadi lebih praktis seiring dengan kemajuan teknologi.

"Kalau saya boleh cerita, ini bermula dari saya dengan tim berkunjung ke Ditjen Minerba. Kantornya yang bau goreng ayam itu pak. Pasti semuanya tahu. Pas masuk di situ ada loket. Saya dikasih tur di Ditjen Minerba, sampai loket dibilang, pak loket ini akan diperbaiki jadi lebih bagus. Terus saya bilang, saya enggak mau loket ini dibagusin, saya mau loket ini hilang. Caranya gimana? Nanti semuanya pakai online. Enggak perlu lagi datang beli goreng ayam dulu baru dapet data," paparnya.

Arcandra menambahkan, bentuk pelayanan daring ini pihaknya persembahkan demi memudahkan komunikasi antara pemerintah dan para pengusaha mineral dan batu bara. "Jadi tidak perlu datang ke kantor lagi. Ini the ultimate goal kita," ungkapnya.

Lewat MOMS Dan e-PNBP Minerba ini, ia mengatakan, interaksi regulator dan unit kerja bisa dilakukan tanpa tatap muka, tapi cukup pakai data.

"Jadi tidak perlu lagi silaturahmi. Soalnya biayanya besar kalau silaturahmi, harus sediakan kopi, gorengan, cemilan-cemilan lainnya. Itu kalau dikumpulkan (biayanya) besar juga," ucap dia sembari berkelakar.

Namun begitu, dalam perjalanannya, Arcandra menyampaikan, eksekusi program ini sempat tersendat-sendat. Oleh karenanya, dia beserta Menteri ESDM Ignasius Jonan inisiatif menggelar rapat rutin yang diikuti seluruh pejabat eselon I.

"Akhirnya saya sendiri yang memimpin meeting (yang dilaksanakan) sekali dalam dua minggu. Kita bentuk semua eselon I harus ikut meeting itu. Akhirnya ini jadi," ujar dia.

 

Kementerian ESDM Rilis 2 Aplikasi Buat Permudah Transaksi Minerba

Aktivitas di tambang batu bara di Lubuk Unen, Kecamatan Merigi Kelindang, Kabupaten Bengkulu Tengah. (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo Putro)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan dua aplikasi daring terbaru, yakni Minerba Online Monitoring System (MOMS) dan e-PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) mineral dan batu bara (Minerba). Peluncuran tersebut berlangsung di Ruang Sarulla Kementerian ESDM, Jakarta, pada Jumat (2/11/2018).

Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Aryono menyatakan, peluncuran kedua aplikasi tersebut merupakan komitmen Kementerian ESDM untuk melaksanakan reformasi birokrasi untuk sektor energi dan mineral batu bara. 

Dia mengatakan, aplikasi MOMS dibuat sebagai upaya untuk meningkatkan pengawasan secara online produksi minerba, sehingga bisa dipantau secara presisi berapa cadangan minerba yang dimiliki saat ini.

"Kondisi saat ini kami harus memberikan pengawasan yang cepat, tepat, akurat, dan real time. Dengan MOMS bisa cepat menerima data tanpa harus datang secara manual ke Ditjen Minerba," ujar dia.

Sedangkan dengan sistem e-PNBP Minerba, ia melanjutkan, aplikasi ini akan memudahkan kegiatan pemerintah dan pelaku usaha minerba dalam hal perpajakan. Sehingga penerimaan pajak negara untuk sektor minerba pun bisa meningkat.

"Sampai November (2018) ini, PNBP minerba sudah mencapai Rp 40,1 triliun. Itu sudah lebih banyak dari target awal yang Rp 32 triliun, sudah Rp 8 triliun lebih. Mungkin sampai Desember (2018) penerimaan pajak kita bisa mencapai Rp 43 triliun," urainya.

Sistem itu dinilainya mampu menghasilkan perhitungan kewajiban perusahaan yang akurat beserta aplikasi untuk pembayaran dan pelunasan PNBP Minerba. Layanan ini juga merupakan sebuah integrasi dari layanan SIMPONI pada Kementerian Keuangan, sehingga pembayaran e-PNBP dapat dibayarkan melalui aplikasi ini.

Oleh karenanya, dia mengajak pengusaha minerba untuk bekerjasama lewat kehadiran dua aplikasi baru ini. "Dua aplikasi baru ini akan mempermudah transaksi antara pemerintah pusat dan daerah dengan perusahaan. Saya minta pelaku usaha untuk menggunakan MOMS dan e-PNBP," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Rumit Jaguar Land Rover Menghilangkan Mabuk Perjalanan

Posted: 01 Nov 2018 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Whitley - Mabuk perjalanan umum terjadi kepada penumpang yang jarang naik kendaraan. Meskipun sudah mengonsumsi obat anti mabuk, tapi rasa tidak nyaman masih saja ada.

Melansir Paultan, lebih dari 70 persen orang mengalami mabuk perjalanan atau dikenal dengan istilah motion sickness. Melihat hal ini, Jaguar Land Rover (JLR) akan mengatasinya dengan algoritma yang cukup rumit.

Menurut JLR, algoritma menghitung skor kebugaran individu untuk pengemudi dan penumpang sebelum menyesuaikan pengaturan mengemudi dan kabin kendaraan untuk mengurangi mabuk perjalanan hingga 60 persen.

Penyesuaian tersebut melibatkan suspensi aktif mobil, yang bisa disesuaikan untuk menghilangkan frekuensi gerakan rendah, serta merevisi pengaturan kontrol iklim untuk menjaga penumpang tetap nyaman.

Selain itu, navigasi suara belokan demi belokan akan juga membantu penumpang menyadari akan pergerakan kendaraan berikutnya, menaikkan kursi untuk meningkatkan visibilitas suasana di luar mobil, dan memastikan bahwa layar sentuh dan pemegang smartphone saling berhadapan, dengan meninggikannya 10 cm saja bisa mengurangi mabuk perjalanan hingga 40 persen.

 

Selanjutnya

Hal ini berdasarkan data pengujian selama menempuh jarak 24.140 km, dengan melakukan transit, seperti memeriksa email dan menggunakan sistem navigasi.

Fase pertama penelitian menghilangkan mabuk perjalanan akan berakhir bulan ini. Hasilnya disebut telah diimplementasikan untuk proyek-proyek JLR yang akan datang untuk menciptakan kabin mobil yang menyenangkan.

Sumber: Otosia.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Kelima Pencarian Lion Air, Tim Gabungan Fokus Cari Badan Pesawat

Posted: 01 Nov 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim gabungan masih terus menyisir lokasi jatuhnya pesawat Lion Air rute Jakarta-Pangkalpinang di Perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Pencarian kini memasuki hari kelima.

Kolonel Laut Salim Dansatrol Lantamal III menjelaskan timnya akan memfokuskan untuk mencari kerangka dan body pesawat.

"Hari ini memasuki hari ke lima satgas dan SAR beserta gabungan lainya hari ini fokus pencarian pada kerangka ada potongan besar body mouse mungkin ekornya diharapkan juga bagian FDR lain yang bisa ditemukan hari ini," kata Dansatrol Lantamal III Kolonel Laut Salim di KRI Srikuda, Jumat (2/10/2018).

Dia berharap, cuaca hari ini mendukung dan arus tenang. Sehingga proses pencarian Lion Air lancar dan bisa ditemukan lebih besar," tambah Salim.

Salim menjelaskan, timnya sudah membidik beberapa titik kerangka dan badan pesawat Lion Air. Potongan badan pesawat pun sudah dideteksi.

"Area di sekitar kemarin sudah ditentukan. Dari awal sudah dijelaskan kedalamannya 25-35 meter. Potongan besar sudah dideteksi," ungkap Salim.

 

Kotak Hitam Ditemukan

Bagian kotak hitam atau black box pesawat Lion Air yang jatuh di Tanjung Karawang telah ditemukan. Kotak berwarna oranye itu ditemukan penyelam TNI AL tak juah dari titik hilang kontak pesawat rute Jakarta-Pangkalpinang.

"Ditemukan 500 ratus meter dari titik koordinat (Lion Air) yang hilang kontak," ujar Kepala Basarnas Marsekal Madya M Syaugi di atas Kapal Baruna Jaya, Kamis (1/11/2018).

Dari dua black box pesawat Lion Air, yang telah ditemukan baru satu bagian.

"Black box ada dua, FDR (flight data recorder) sama CVR (cockpit voice recorder), satu merekam pembicaraan, satu merekam perjalanan dari pesawat. Satu sudah ditemukan sehingga diharapkan satu lagi ditemukan," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Kotak hitam kemudian diserahkan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Investigator KNKT Ony Soerjo Wibowo mengatakan, pihaknya belum dapat memastikan kotak hitam tersebut bagian dari perekam suara kokpit atau perekam data.

"Kita akan periksa dulu, verifikasi. Masih banyak cara, kami punya caranya, percayakan kepada kami," kaya Ony di kantor KNKT, Kamis (1/11/2018).

Dia menjelaskan, lebih baik bila kedua kotak hitam Lion Air tersebut dapat ditemukan. Namun, bila hanya satu aja, Ony menyebut pihaknya masih memiliki beberapa cara untuk meneliti penyebab kecelakaan pesawat di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat tersebut.

Kendati begitu, Ony enggan menjelaskan secara gamblang berbagai cara yang akan dilakukan KNKT selama proses penelitan. Sesuai peraturan yang ada, dia mengatakan pihaknya diberikan waktu selama satu tahun untuk menyelesaikan laporan.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Zodiak Ini Suka Kesendirian, Kamu Termasuk?

Posted: 01 Nov 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keterasingan, kesendirian, ada kalanya membuat seseorang lebih nyaman ketimbang saat berada di tengah sekelompok orang. Beberapa zodiak sepertinya memang menyukai kesendirian.

Zodiak apa saja? Melansir dari Yourtango.com, ini dia.

1. Aquarius

Adakalanya kamu ingin memberi tahu orang-orang di sekitarmu seberapa bebas dan banyak waktu yang kamu butuhkan untuk diri sendiri. Nah, jika itu memang pilihanmu, jangan sampai hal yang lain terabaikan. Kamu tetap harus tahu prioritasmu.

2. Capricorn

Kamu memiliki kecenderungan menyimpan ide-ide hebat untuk diri sendiri dan mengerjakannya sendiri ketimbang membaginya dengan kelompok. Ini dikarenakan kamu khawatir orang lain mungkin tak dapat memahami ide yang kamu miliki. Bila mengalami masalah, kamu merasa lebih baik untuk menyelesaikannya sendiri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

3. Scorpio

Ilustrasi zodiak leo/copyright unsplash.com/@motoki

Kamu memiliki kekuatan untuk membuat orang lain takut padamu. Ketika kamu marah, kamu bisa membuat orang lain takut dan menjaga jarak. Saat terpicu atau merasa dikhianati, orang akan merasa tak nyaman denganmu.

4. Taurus

Kamu merasa ingin sendiri karena merasa banyak orang tak dapat mengerti dirimu. Kamu cenderung sensitif dan lebih memilih untuk memisahkan diri dari orang lain. Terkadang, kamu meyakinkan orang dengan cara yang salah.

Kamu mencoba untuk meyakinkan mereka dan agak memaksa mereka melihat dari sudut pandangmu. Kamu beranggapan kalau tetap sesuai dengan dirimu, semua akan aman.

 

5. Pisces

Ilustrasi/unsplash.com/@wx1993

Terkadang, status menjadi penyendiri karena paksaan diri sendiri. Hal ini seringkali terjadi karena kesalahpahaman. Kamu tidak suka dengan keadaan yang ada dan merasa lebih baik menjalin komunikasi dengan orang lain lewat media sosial. Namun tanpa disadari, hal tersebut justru menjadikanmu pribadi yang suka menyendiri.

Reporter: Nur Luthfiana Hardian

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rencana Mengejutkan Daniel Mananta Soal Damn! I Love Indonesia

Posted: 01 Nov 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Daniel Mananta, pria yang memulai kariernya pada 2003 ini, tidak kenal lelah dan pantang menyerah. Selain sukses menjalani karier sebagai pembawa acara multitalenta, Daniel juga sukses menjadi pengusaha muda yang berhasil membangun sebuah clothing lokal bernama unik, Damn! I Love Indonesia.

Penyebutan nama Damn itu ternyata berasal dari singkatan nama Daniel Mananta. Kecintaannya pada Indonesia dengan budaya dan etnik-etniknya mendorong Daniel menambahkan tagline pada perusahaannya itu menjadi I Love Indonesia. Produknya kini berupa kaus, jaket, celana, dan topi.

Lewat brand yang diciptakan, Daniel Mananta berita-cita agar generasi milenial di Indonesia mampu mencintai dan bangga dengan budaya negaranya sendiri. Ia juga ingin konsumen asing bisa ikut mencintai budaya Indonesia.

Pada 28 Oktober 2018, Damn! I Love Indonesia genap berusia 10 tahun. Justru saat ini, Daniel mengungkapkan hal mengejutkan. 

Menurut Daniel, ini saatnya ia membangun konsep brand yang sudah melekat padanya dari nol. Ia ingin membuat konsep lebih menarik lagi, terutama bagi generasi milenial, agar mendukung budaya dan tradisi Tanah Air.

"Jujur, setelah 10 tahun justru saya dan tim belajar untuk memulainya dari awal lagi." ungkap Daniel saat berbincang di kantor Liputan6.com, Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa, 30 Oktober 2018.

Usaha yang telah berkembang pesat itu, dinilai Daniel, kurang bisa mempromosikan sisi Indonesia. "Go to the basic, ciptakan kultur kembali pastinya yang bisa mengena dibanding merek luar yang juga lagi berkembang," ucapnya.

Dengan mengedapankan kultur Indonesia, Daniel tak menyerah untuk tetap membangunnya dari awal. "Kami akan mulai dari nol lagi, jangan sampai kalah sama brand yang kelas internasional," katanya. (Mariany)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalau Dilarang, Ini Berbagai Manfaat Kesehatan dari Tertawa yang Terlewatkan

Posted: 01 Nov 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu belakangan, warganet kembali dihebohkan akan kembalinya ungkapan "tertawalah sebelum tertawa itu dilarang." Bukan tanpa alasan, kalimat yang populer karena film-film Warkop DKI itu muncul lagi setelah kontroversi yang muncul dari video yang diunggah komedian Tretan Muslim.

Istilah "tertawalah sebelum tertawa itu dilarang" sendiri merujuk pada era Orde Baru yang melarang banyak hal. Sehingga, warganet takut jika tertawa juga dilarang.

Padahal, menurut psikolog klinis Rena Masri, tertawa memiliki efek positif. Baik bagi kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

"Setahu saya kalau dari kesehatan fisik, tertawa bisa meningkatkan sistem imunitas. Itu kalau dilihat dari sisi kedokteran," ujar Rena ketika dihubungi Health Liputan6.com pada Kamis (1/11/2018).

Selain itu, manfaat dari tertawa yang berdampak pada fisik antara lain relaksasi otot, menurunkan hormon stres, dan melancarkan aliran darah.

Simak juga video menarik berikut ini:

Meningkatkan mood

Tertawa meningkatkan imunitas (iStock)

Tidak hanya itu, dari segi kesehatan mental, tertawa bisa meningkatkan suasana hati atau mood.

"Kalau lagi bete atau sedih, ketika tertawa --tapi bukan tertawa sendiri tanpa ada konten ya-- saat melihat sesuatu yang menarik dan membuat kita tertawa, itu bisa meningkatkan mood," tambah Rena.

Selain itu, dengan tertawa orang bisa lebih santai, semangat, serta termotivasi.

Rena sendiri menyarankan bagi mereka yang sering merasa stres untuk mulai bergaul dengan orang-orang yang humoris.

"Kita biasa merekomendasikan mereka untuk bergaul dengan teman humoris, sehingga bisa tertawa," ujarnya.

Maka, apabila tertawa saja dilarang, tentunya manfaat-manfaat positif tadi tidak bisa didapatkan. Bahkan, bisa menimbulkan penyakit bagi tubuh kita. Salah satunya karena kehilangan imunitas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Manchester City dan Liverpool Teratas

Posted: 01 Nov 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester City dan Liverpool menjadi dua klub yang bersaing ketat memperebutkan posisi puncak klasemen Liga Inggris. Hingga pekan ke-10 Liga Inggris, keduanya belum terkalahkan dan sama-sama mengoleksi 26 poin.

Manchester City sedikit diunggulkan ketimbang Liverpool. Pasalnya, mereka memimpin puncak klasemen Liga Inggris karena unggul produktivitas gol. Tambahan tiga poin dipetik City usai kalahkan Tottenham Hotspur 1-0 akhir pekan lalu.

Di tempat ketiga, Chelsea mengintai dengan koleksi 24 angka. Sama seperti Liverpool dan Manchester City, Chelsea juga belum terkalahkan setelah menang 4-0 atas Burnley.

Posisi tiga ditempati Chelsea dengan koleksi 24 angka. The Blues –julukan Chelsea – berhasil meraih poin penuh setelah menghancurkan tuan rumah Burnley 4-0.

Chelsea berkesempatan mengudeta Liverpool pada pekan ini. Pasalnya, Liverpool akan berhadapan dengan tuan rumah, Arsenal yang performanya sedang menanjak.

Tim asuhan Unai Emery ini baru mengumpulkan 22 angka. Pada Liga Inggris pekan lalu, laju Arsenal tertahan oleh Crystal Palace dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 2-2.

 

MU Mulai Mengancam

Manchester United mulai merangkak ke papan atas. (AFP/Alain Grosclaude)

Hasil positif ditunjukkan Manchester United (MU). Kemenangan 2-1 atas Everton menaikkan posisi Paul Pogba dan kawan-kawan ke peringkat ke-8 klasemen sementara.

Pada akhir pekan ini, MU kembali berpeluang merangkak ke papan atas. Ini lantaran MU akan meladeni Bournemouth yang di atas kertas, kualitasnya masih di bawah mereka.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penerimaan Pajak Sentuh Rp 1.015,66 Triliun hingga Akhir Oktober 2018

Posted: 01 Nov 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat penerimaan pajak hingga 31 Oktober 2018 mencapai Rp 1.015,66 triliun. Realisasi ini setara dengan 71,32 persen dari target penerimaan pajak pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018 sebesar Rp 1.424 triliun.

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Robert Pakpahan mengatakan, jumlah tersebut naik sebesar 17,41 persen dibandingkan periode yang sama 2017 yang hanya mencapai Rp 865,08 triliun.

Sedangkan, apabila tidak memperhitungkan penerimaan dari uang tebusan tax amnesty, Januari sampai Maret 2017, pertumbuhan 2018 mencapai 19,07 persen.

"Data sementara kami penerimaan per 31 Oktober 2018 mencapai 71,32 persen untuk penerimaan yang dihandel Dirjen Pajak," kata Robert di Kompleks Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (2/11/2018).

Robert mengatakan, realisasi penerimaan pajak tersebut terdiri dari non-migas sebesar Rp 961,62 triliun atau tumbuh 16,87 persen dibanding periode sebelumnya yakni sebesar Rp 822,85 triliun.

Adapun penerimaan non-migas itu terdiri dari PPh non-migas sebesar Rp 539,20 triliun, Kemudian, PPN dan PPnBM mencapai Rp 404,54 triliun dan PBB Pajak lainnya sebesar Rp 17,88 triliun.

"Sementara PPh migas tercatat Rp 54,04 triliun atau tumbuh sebesar 28,05 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya yakni Rp 42,20 triliun," pungkas Robert.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Sri Mulyani Bidik Penerimaan Pajak Rp 1.786,4 Triliun di 2019

Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan target penerimaan perpajakan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2019 sebesar Rp 1.786,4 triliun. Angka ini tumbuh 15,4 persen dari outlook APBN 2018.

Sri Mulyani menyebut dengan target penerimaan negara tersebut diyakini kontribusi penerimaan perpajakan terhadap total pendapatan negara naik menjadi 82,5 persen. Menurutnya selain menjadi sumber utama penerimaan negara, pajak juga akan diarahkan untuk mendorong peningkatan iklim investasi dan daya saing.

"Strategi dan kebijakan perpajakan tahun 2019 adalah dengan melakukan penggalian sumber pendapatan negara dengan tetap melindungi iklim investasi dan daya saing ekspor, serta mendorong tingkat kepatuhan melalui reformasi perpajakan yang lebih sederhana dan transparan," kata Sri Mulyani pada Senin 31 Oktober 2018.

Selain itu, target penerimaan Kepabeanan dan Cukai tahun 2019 dipatok sebesar Rp 208,8 triliun atau tumbuh 5,7 persen dari outlook APBN 2018.

"Di bidang Kepabeanan dan Cukai pemerintah menerapkan kebijakan teknis antara lain berupa penyempurnaan penggunaan teknologi informasi, intensifikasi kebijakan tarif, serta kelancaran arus lalu lintas barang," jelasnya.

Sedangkan untuk Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun 2019 ditargetkan mencapai Rp 378,3 triliun atau naik 8,3 persen terhadap perkiraannya di APBN tahun 2018.

Menurut dia, perubahan regulasi PNBP dengan ditetapkannya UU Nomor 9 tahun 2018 tentang PNBP merupakan tonggak baru perbaikan tata kelola dan peningkatan akuntabilitas pengelolaan PNBP.

"Kebijakan PNBP tahun 2019 diarahkan untuk mengoptimalkan pengelolaan sumber daya alam dan aset, dengan tetap mengedepankan kualitas pelayanan publik

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indra Bruggman Tak Menyangka Roger Danuarta Jadi Mualaf

Posted: 01 Nov 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar Roger Danuarta masuk Islam telah sampai ke telinga rekan-rekannya sesama artis. Salah satunya Indra Bruggman yang menjadi lawan main Roger Danuarta dalam sinetron Siapa Takut Jatuh Cinta tersebut.

Video Roger Danuarta sedang mengucapkan kalimat syahadat tersebar luas lewat media sosial. Usai menonton video itu barulah Indra Bruggman yakin kebenaran kabar mualafnya Roger Danuarta.

Sama seperti netizen pada umumnya, Indra Bruggman mengaku tidak menyangka hal ini akan terjadi. Pasalnya, menurut pengamatannya selama ini, Roger adalah orang yang tertutup.

"Enggak pernah menyangka sih kalau Roger Danuarta akan berpindah seperti itu. Enggak ada tanda-tanda. Saya enggak melihat tanda-tanda apa-apa. Karena Roger orangnya tertutup, enggak pernah ngomong ke saya. Enggak pernah menyangka apa yang ada dalam pikirannya, langkah-langkahnya," ungkap Indra Bruggman ketika ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (1/11/2018).

Sifat pendiam itu sering terbawa hingga ke kehidupan sehari-hari Roger Danuarta. Bahkan kepada Indra Bruggman yang tergolong sebagai teman dekatnya pun, Roger Danuarta tidak buka suara soal keputusannya menjadi seorang mualaf.

"Enggak (cerita soal keputusan jadi mualaf). Roger tuh orangnya tertutup ya. Kalau pun ketemu paling cuma seadanya saja dia ngobrol. Enggak pernah (bicara soal hal) yang terlalu mendalam, apalagi mengenai masalah agama yang dia mau anut gitu," tutur Indra Bruggman.

Tak Ikut Campur

Roger Danuarta mualaf (Instagram.com/ariekuntung)

Sebagai seorang teman yang telah mengenal Roger cukup lama, Indra Bruggman memilih untuk tidak ikut campur soal keputusan yang sahabatnya ambil. Indra lebih memilih untuk menghormati keputusan Roger Danuarta sembari mendoakan.

Mendoakan

Roger Danuarta

"Saya enggak mau tanya dan nanti saja kalau kita ketemu, kalau ada waktu pas ada waktu. Dan Roger juga pasti akan cerita. Sebenarnya kita ada grup WhatsApp sama Jonathan (Frizzy) sama Steve (Emmanuel) juga, tapi saya enggak mau tanya-lah," ucap Indra Bruggman.

"Tapi saya sebagai teman kalau dia mau cerita saya dengarkan, kalau enggak (cerita) saya cuma bisa mendoakan mudah-mudahan apa yang dilakukan yang terbaik buat dia," ujarnya. (Dhefa Mauren Roos Mary/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penuhi Janji Kampanye, Presiden Baru Brasil Pindahkan Kedutaan ke Yerusalem

Posted: 01 Nov 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Brasilia - Presiden terpilih Brasil, Jair Bolsonaro, mengatakan pada Kamis, 1 November 2018 bahwa ia berencana untuk memindahkan kedutaan besar negaranya yang berada di Tel Aviv (Israel) ke Yerusalem (Palestina).

Keputusan ini dikatakan olehnya sebagai tindak lanjut atas janji kampanyenya pada tahun lalu.

"Seperti yang dinyatakan sebelumnya selama kampanye, kami bermaksud untuk memindahkan Kedutaan Besar Brasil dari Tel Aviv ke Yerusalem. Israel adalah negara berdaulat dan kami akan menghormati itu," ucap Bolsonaro melalui akun Twitter-nya, seperti dikutip dari Deutsche Welle, Jumat (2/11/2018).

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyambut hangat rencana Bolsonaro.

"Saya mengucapkan selamat kepada teman saya, Presiden terpilih Brasil, Jair Bolsonaro, atas niatnya untuk memindahkan Kedutaan Besar Brasil ke Yerusalem. Sebuah langkah bersejarah, benar dan menarik," kata Netanyahu dalam sebuah pernyataan.

Langkah Kontroversial

Jika Bolsonaro menghormati ikrar kampanyenya, Brasil akan menjadi negara ketiga setelah Amerika Serikat dan Guatemala yang memindahkan gedung kedutaan ke Yerusalem.

Paraguay juga secara singkat memindahkan kedutaan besarnya ke Yerusalem, tetapi kemudian mengembalikannya lagi ke Tel Aviv setelah terpilihnya presiden baru, Mario Abdo Benitez.

Sementara itu, Palestina menganggap sektor timur Yerusalem --yang dianeksasi Israel dalam perang Timur Tengah 1967-- sebagai ibu kota masa depan Palestina.

Akan tetapi, Israel mengklaim seluruh kota yang ada di Yerusalem adalah wilayah otoritasnya, termasuk sektor timur di mana situs suci utama untuk orang Kristen, Muslim dan Yahudi berada.

Sebagian besar negara di dunia mempertahankan kedutaan besarnya di Tel Aviv. Mereka menegaskan bahwa status terakhir Yerusalem harus ditentukan melalui negosiasi.

Di sisi lain, beberapa warga Brasil telah menyuarakan keprihatinan tentang rencana Bolsonaro. Mereka menyebut keputusan Bolsonaro akan menyakiti hubungan Brasil dengan negara-negara Muslim.

 

Saksikan video ppilihan berikut ini:

Ditikam hingga Dituduh Sebar Hoaks Sebelum Jadi Presiden Brasil

Jair Bolsonaro, politikus Brasil yang dinilai memiliki sikap rasis seperti Presiden Donald Trump (AFP)

Sebelumnya, kandidat sayap kanan Jair Bolsonaro dikabarkan meraih kemenangan besar dalam pemilihan presiden Brasil tahun ini.

Dari hampir seluruh suara yang dihitung, Bolsonaro memiliki 55% suara banding 45% milik pesaingnya, Fernando Haddad dari Partai Buruh sayap kiri.

Dikutip dari BBC pada Senin, 29 Oktober 2018, Bolsonaro berkampanye dengan janji memberantas korupsi dan menurunkan tingkat kejahatan yang tinggi di Brasil.

Namun, menurut pengamat, kampanye pemilu dinilai sangat memecah-belah. Setiap kubu berpendapat bahwa kemenangan bagi yang lain bisa menghancurkan Brasil.

Kemenangan Bolsonaro merupakan pencapaian baru dalam demokrasi terbesar di Amerika Latin, yang diperintah oleh Partai Buruh sayap kiri selama 13 tahun antara 2003 dan 2016.

Selama dua tahun terakhir, negara tersebut dipimpin oleh seorang konservatif, Michel Temer, meneruskan pemerintahan Presiden Dilma Rousseff yang tersandung kasus korupsi. Keduanya, menurut berbagai sumber, telah terbukti sangat tidak populer di kalangan rakyat Brasil.

Dengan tingkat persetujuan presiden yang jatuh hingga rekor terendah 2 persen, pemilih berteriak-teriak untuk perubahan, tetapi mereka sangat terbagi tentang kemana perubahan itu harus mengarah.

Kemenangan Bolsonaro atas selisih tipis di atas Hadad, berarti bahwa visi yang diajukan untuk menata kembali hukum, ketertiban, dan nilai-nilai keluarga, akan dijadikan prioritas awal pemerintahannya.

Dalam pidato kemenangannya, Jair Bolsonaro mengatakan pemerintahannya akan menjadi "pembela demokrasi dan konstitusi" Brasil.

Dia menambahkan: "Ini bukan janji pesta, atau kata laki-laki. Ini adalah sumpah di hadapan Tuhan."

Bolsonaro melanjutkan dengan memberi tahu pendukungnya yang bersorak-sorai: "Komitmen yang saya asumsikan dengan orang-orang Brasil adalah untuk menciptakan pemerintahan yang baik, berkomitmen kepada negara dan rakyat. Dan saya jamin bahwa saya akan melakukannya.

"Kami akan mengubah nasib Brasil bersama."

Di lain pihak, muncul kritik terhadap Bolsonaro yang merupakan mantan kapten tentara, bahwa akan ada "risiko nostalgia" yang akan kembali membawa Brasil berada di bawah kekuasaan militer, dapat mengurangi kebebasan warga dan merusak konstitusi Negeri Samba.

Mereka juga khawatir tentang hak-hak minoritas terkait pernyataan Bolsonaro yang menyiratkan homofobia, rasis, dan misoginis selama kampanye dan sebelumnya.

Lawannya, Fernando Haddad, mengatakan dia memiliki "tanggung jawab untuk bergabung dengan oposisi politik" melawan Bolsonaro, dan berjanji untuk "membela kebebasan dari 45 juta orang" yang memilihnya.

Hadad juga menuntut agar hak-hak mereka yang tidak memilih Bolsonaro dihormati.

Sementara itu, Hadad dilaporkan menang di timur laut Brasil, yang merupakan jantung Partai Buruh dan kubu mantan Presiden Luiz Inácio Lula da Silva, yang tadinya maju sebagai capres, namun dilarang karena dugaan terlibat korupsi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rupiah Menguat dari Dolar AS Sentuh Rp 15.072

Posted: 01 Nov 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 15.072.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Terakhir Pasutri Korban Lion Air yang Tengah Hamil

Posted: 01 Nov 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Dari tujuh orang warga Sumatera Selatan (Sumsel) yang jadi korban jatuhnya pesawat Lion Air, Senin 29 Oktober 2018, salah satunya adalah pasangan suami istri (pasutri) Candra Kirana (28) dan Cici Ariska (23).

Warga asal Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumsel ini sempat menuliskan pesan terakhir, di laman media sosial (medsos) satu hari sebelum kecelakaan terjadi. Akun Facebook Alinzy Investasi, Cici Ariska sempat memposting foto terakhirnya bersama sang suami, Candra Kirana di tanggal 28 Oktober 2018.

Dua foto yang berlokasi di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali disematkan tulisan selamat tinggal. Siapa sangka itu menjadi pesan terakhir pasutri ini.

"Selamat tinggal kota Bali. Otw Babel lagi, kerja keras lagi.. biar bisa liburan lagi," tulis Cici Ariska.

Di postingan foto korban, ramai komentar para warganet yang menuliskan doa keselamatan untuk pasutri ini.

Seperti akun Facebook Febby Putri Neti yang menanyakan bagaimana kabar pemilik akun tersebut. Akun ini juga menuliskan harapan semoga ada mukjizat untuk pasutri ini.

"Semoga mereka selamat, kita terus berdoa kawan kawan," tulis akun Facebook lainnya Flu Frenika.

Sebelum jatuhnya pesawat Lion Air tersebut, pasutri ini berlibur bersama Bayu, saudaranya. Bayu bersama istrinya Nova Sari. Mereka menghabiskan waktu libur kerja.

Namun saat jadwal kepulangan, Candra Kirana dan Cici Ariska memilih mampir dulu ke Jakarta, karena Bayu dan Nova juga transit di Jakarta karena urusan pekerjaan.

"Mereka memang tidak langsung ke Pangkalpinang pada hari Minggu. Tapi besoknya berangkat bersama teman kami lainnya, Asep Syarifuddin dan Dadang di satu pesawat itu," ujarnya.

Saat mendengar kabar pesawat Lion Air jatuh, Nova dan Bayu langsung ke mengecek keberadaan kakaknya dan iparnya. Bayu juga menyerahkan sampel DNA untuk mengidentifikasi jenasah kakaknya Candra Kirana. Saudara Cici Ariska pun turut ke Jakarta untuk memantau perkembangan pencarian korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

Simak video menarik berikut di bawah: 

Korban Hamil 3 Bulan

Pasangan suami istri (pasutri) korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 ternyata sedang menanti kelahiran buah hatinya (Dok. Facebook Alinzy Investasi / Nefri Inge)

Saat menjadi penumpang pesawat Lion Air, ternyata pasutri ini sedang menanti kelahiran buah hatinya. Cici Ariska sedang hamil tiga bulan.

Husnaini (55), ibu Candra Kirana saat ini masih trauma dan tetap berdoa anak dan menantunya bisa ditemukan dalam kondisi selamat.

"Kami ingin kumpul lagi bersama-sama dan menanti kelahiran anaknya," ujarnya.

Keluarga pasutri ini terus menggelar doa bersama untuk meminta keselamatan korban. Mereka juga memantau perkembangan pencarian korban melalui media massa.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Promosi Pocophone F1, Xiaomi Bagikan Kalkulator di Peluncuran OnePlus 6T

Posted: 01 Nov 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lagi-lagi, ada hal nyeleneh terkait persaingan merek saat peluncuran sebuah smartphone.

Jika sebelumnya Huawei membagikan powerbank ke tiap pengantre iPhone XS dan iPhone XS Max di depan Apple Store Singapore, kali ini giliran Xiaomi yang bagi-bagi kalkulator saat peluncuran OnePlus 6T di New Delhi, India.

Mengapa kalkulator? Seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari GSM Arena, Jumat (2/11/2018), rupanya Xiaomi ingin para pengunjung acara peluncuran OnePlus 6T berhitung tentang betapa murahnya Pocophone F1 ketimbang flagship smartphone OnePlus itu.

Tidak cukup sampai di situ, Poco India bahkan mengunggah di Twitter, membajak slogan OnePlus "Never Settle".

Xiaomi menjelaskan bahwa konsumen bisa mendapatkan smartphone yang mendukung prosesor sama dengan yang dipakai OnePlus, yakni Snapdragon 845 dengan harga yang lebih rendah.

Ada lagi, Xiaomi juga pamer kalau besaran RAM, kapasitas baterai, jack headphone milik Pocophone F1 lebih menjanjikan ketimbang milik OnePlus.

Sekadar diketahui, OnePlus 6T mengusung RAM 6GB dan memori internal 128GB serta opsi RAM 8GB dan memori internal 256GB.

Spesifikasi Mirip

Tampilan menu Pocophone F1  (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Pada sisi lain, Pocophone F1 punya RAM 6GB dengan opsi memori internal 64GB, 128GB, dan 512GB.

Baterai OnePlus 6T ini memiliki kapasitas 3.700mAh. Sedangkan baterai Pocophone F1 memiliki baterai berkapasitas 4.000mAh.

Xiaomi meminta konsumen berhitung lebih jeli dengan kalkulator yang dibagikan. Pasalnya, OnePlus 6T dibanderol INR 37,999 atau setara Rp 7,8 jutaan. Sementara, Pocophone F1 dengan spesifikasi yang cukup mirip dibanderol Rp 4 jutaan.

 

Terkesan Lucu

OnePlus 6T. (Foto: Antonio Villas-Boas, Business Insider)

Walaupun kampanye ini terkesan lucu dengan membagikan kalkulator, tim promosi melakukan tugasnya. Terutama terkait dengan mempromosikan harga yang lebih rendah dan menghilangkan beberapa kekurangan Pocophone F1.

Sekadar informasi, Pocophone F1 memiliki panel LCD yang punya notch, bodi plastik dengan pemindai sidik jari di bagian belakangnya.

Sementara, OnePlus 6T hadir dengan notch kecil mirip tetesan air dan layar AMOLED. OnePlus 6T ini juga didukung dengan fingerprint di layar.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub: Hasil Investigasi Lion Air Jatuh, Paling Cepat Selesai 6 Bulan

Posted: 01 Nov 2018 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, hasil investigasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terhadap kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 paling cepat terbit enam bulan. 

"Saya tanya KNKT berapa lama proses itu berlangsung. Memang cukup lama, paling tidak enam bulan karena ada beberapa proses yang dilakukan," kata Budi di Jakarta, Jumat (2/11/2018).

Menurut dia, KNKT masih memfokuskan perhatian pada pencarian kotak hitam (black box) kedua Lion Air. Sebab, baru satu bagian black box ditemukan, yakni Flight Data Recorder (FDR).

"Sekarang baru ketemu yang FDR, satu lagi ada CVR (Cockpit Voice Recoder), kami tunggu dan harapkan 1-2 hari ini jalan," ujar Budi.

Dia mengatakan, KNKT juga akan meminta data dari pihak manufaktur, dalam hal ini, Boeing untuk melengkapi bahan investigasi.

"Juga karena ada konfirmasi yang harus dilakukan manufakturnya dan pihak tertentu. Seperti apa tindak lanjutnya itu nanti," ucap Budi seperti dilansir Antara.

Saat ini, lanjut dia, KNKT sudah bertemu dengan pihak Boeing untuk merancang investigasi kecelakaan Lion Air JT 610. Termasuk pendampingan dalam hal-hal teknis.

"Yang sudah ketemu Boeing itu KNKT. Saya belum tahu apa yang dibicarakan," kata Menhub Budi Karya.

 

Punya Waktu 30 Hari

Foto: Ilustrasi Black Box (mirror.co.uk)

Sementara itu, KNKT membenarkan tengah merancang rencana investigasi dengan Boeing terkait jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin 29 Oktober 2018.

"Kami punya rencana investigasi seperti apa kemudian dia masuk mana saja yang bisa dibantu," kata Investigator Transportasi Udara KNKT, Ony Suryo Wibowo.

Selain itu, KNKT meminta buku panduan (manual book) Boeing-737 Max 8 untuk dipelajari sebagai bagian dari proses investigasi.

KNKT bersama tim SAR gabungan juga akan berupaya menemukan kotak hitam yang kedua, karena sampai saat ini belum ditemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air JT 610.

Ony menjelaskan, apabila CVR tidak ditemukan, akan sangat sulit untuk melakukan investigasi karena tidak ada data kuat.

"Ya akan sulit. Kami tidak punya data apapun. Apabila hanya FDR bisa tapi itu kan angka, kalau ketemu angka itu kan gambar sebenarnya seperti apa. Mungkin kalau CVR-nya saja, ngomong-ngomong di cockpit. Saya melotot ke Anda, emangnya FDR tahu matanya ke mana tangannya ke mana, intonasinya seperti apa," tutur Ony.

KNKT dan tim SAR gabungan hanya memiliki 30 hari untuk menemukan kotak hitam lainnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan Saat Penuhi Panggilan KPK

Posted: 01 Nov 2018 09:46 PM PDT

Wakil Ketua DPR Bidang Keuangan Taufik Kurniawan (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/11). Taufik menjalani pemeriksaan perdana pascaditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Ketua DPR Bidang Keuangan Taufik Kurniawan (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/11). Taufik menjalani pemeriksaan perdana pascaditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Ketua DPR Bidang Keuangan Taufik Kurniawan tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/11). Taufik diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap Rp 3,6 miliar dalam pengurusan DAK Kabupaten Kebumen TA 2016. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Ketua DPR Bidang Keuangan Taufik Kurniawan tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/11). Taufik diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan suap Rp 3,6 miliar dalam pengurusan DAK Kabupaten Kebumen TA 2016. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Ketua DPR Bidang Keuangan Taufik Kurniawan (kanan) berbincang saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/11). Taufik akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Ketua DPR Bidang Keuangan Taufik Kurniawan (kanan) berbincang saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/11). Taufik akan menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Ketua DPR Bidang Keuangan Taufik Kurniawan (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/11). Taufik menjalani pemeriksaan perdana pascaditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Ketua DPR Bidang Keuangan Taufik Kurniawan (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/11). Taufik menjalani pemeriksaan perdana pascaditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Ketua DPR Bidang Keuangan Taufik Kurniawan (kiri) menunggu pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/11). Taufik diperiksa sebagai tersangka dugaan suap Rp 3,6 miliar dalam pengurusan DAK Kabupaten Kebumen TA 2016. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Ketua DPR Bidang Keuangan Taufik Kurniawan (kiri) menunggu pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/11). Taufik diperiksa sebagai tersangka dugaan suap Rp 3,6 miliar dalam pengurusan DAK Kabupaten Kebumen TA 2016. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Ketua DPR Bidang Keuangan Taufik Kurniawan (kiri) menunggu pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/11). Taufik menjalani pemeriksaan perdana pascaditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Ketua DPR Bidang Keuangan Taufik Kurniawan (kiri) menunggu pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (2/11). Taufik menjalani pemeriksaan perdana pascaditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pada Kuartal III 2018, Pemda Dapat Bonus Produksi Panas Bumi Rp 20 Miliar

Posted: 01 Nov 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat bahwa energi panas bumi melalui Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) telah menyetor bonus produksi sebesar Rp 20,38 miliar. Setoran bonus ini diberikan kepada 27 pemerintah daerah (pemda) selama kuartal III 2018.

Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari mengatakan, ‎energi panas bumi menyumbang pada pendapatan negara melalui Pendapatan Belanja Negara Bukan Pajak (PNBP) dan pemerintah daerah untuk bonus produksi.

"Panas bumi bermanfaat untuk PNBP dan bonus produksi," kata Ida, dalam sosialisasi capaian kinerja ESDM, di Garut, Jawa Barat (2/11/2018).

Pendapatan dari panas bumi 20 persen akan disalurkan ke Pemerintah Pusat. Sedangkan 80 persen untuk pemda terdiri dari 16 persen provinsi, 32 persen pemerintah kabupaten penghasil panas bumi dan 32 persen untuk kabupaten sekitar penghasil panas bumi.

"Bonus produksi yang menikmati pemda saja‎, jadi tidak hanya daerah penghasil daerah di sekitarnya juga merasakan," tutur Ida.

Tercatat dari 2014 sampai kuartal III 2018, bonus panas bumi yang telah masuk ke kas pemda mencapai Rp 215,98 miliar, sedangkan untuk kuartal III 2018 saja mencapai Rp 20,38 miliar.

Bonus produksi tersebut dibagikan 27 pemerintah kabupaten dari 12 wilayah kerja panas bumi. Mayoritas pemerintah kabupaten yang menikmati bonus produksi panas bumi berada di Jawa Barat diantranya Garut.

Pembayaran bonus produksi merupakan amant pasal 83 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2014, tentang panas bumi. ‎Tujuanya adalah, meningkatkan pendapatan asli daerah, mendorong kesejahteraan masyarakat daerah penghasil energi panas bumi, dan menciptakan sinergi yang kondusif antara pemerintah, masyarakat dan perusahaan pengembang panas bumi.

RI akan Geser AS Sebagai Produsen Energi Panas Bumi Terbesar di Dunia

Suasana  pembangunan PLTP Unit 5 &  6 di Tompaso, Sulut, Rabu (30/3/2016). PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) terus mengembangkan energi baru terbarukan yang berfokus pada Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Indonesia akan menjadi produsen listrik dari energi panas bumi terbesar pada 2022. Indonesia akan menggeser Amerika Serikat (AS). 

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan, saat ini kapasitas total Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Indonesia mencapai 1.948,5 Mega Watt (MW).

"Kapasitas terpasang tahun ini 1.948,5 WM dengan target 2.058,5 MW‎," kata Rida pada Jumat 26 Oktober 2018. 

Menurut Rida, seiring dengan beroperasinya PLTP di Indonesia, pasokan listrik dari energi panas bumi pun bertambah.

Bahkan Indonesia akan menyalip posisi AS pada 2022, sebagai negara produsen listrik dari panas bumi terbesar saat ini, dengan daya pasok listrik 3.500 MW.

"2022 kita akan nomor satu mengalahkan Amerika sebagai produsen terbesar di dunia," ujarnya.

Rida mengungkapkan, daya pasok dari energi panas bumi saat ini, membuat Indonesia menjadi negara terbesar kedua penghasil listrik energi panas bumi di dunia, menyalip Filipina dengan kapasitas PLTP‎ 1.600 MW.

‎"Tahun ini kita bisa melweati dalam hal kapasitas teristal dan menggeser Filipina ke nomor 3, kita menjadi ke dua terbesar di dunia," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Brownies Kukus Sederhana ala Rumahan, Enak dan Lembut Tiap Gigitan

Posted: 01 Nov 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Brownies kukus kini sudah menjadi salah satu kue basah favorit banyak orang. Baik itu brownies kukus sederhana ataupun brownies kukus premium dengan citarasa lumeran dark chocolate cooking yang super enak dan menggiurkan. Bahkan tak heran jika saat ini kue brownies juga dijual secara online karena banyaknya peminat.

Brownies sendiri memiliki dua macam, yakni yang kukus dan panggang. Namun keduanya memiliki citarasa yang berbeda pula. Ya, kalau cara membuat brownies kukus teksturnya lebih lembut dan sedikit basah hingga tidak bikin seret ketika dimakan. Sementara itu, brownies panggang yang diolah dengan oven tekturnya lebih garing karena tampilannya yang kering.

Baik brownies kukus dan panggang memiliki citarasa yang menggoda. Namun semuanya tergantung selera setiap orang, ada yang suka lembut dan ada yang garing. Berbicara kue brownies kukus, ternyata kue cokelat basah yang satu ini memiliki beberapa kreasi rasa dan bentuk yang menggoda.

Untuk menambah rasa brownies, bisa juga dikreasikan dengan toping pilihan seperti kacang mete, almond, keju, Nutella dan buah stroberi. Bahan utama yang digunakan untuk bikin brownies juga berpengaruh sangat besar ke rasa.

Selain toping yang digunakan, untuk menambah inovasi rasa di setiap potongan kue brownies dengan menambahkan selai di tengah-tengah kue brownies. Mulai dari selai stroberi, selai nanas, selai blueberry, selai cokelat, kacang, selai apel bahkan Nutella manis. Kue brownies yang dasarnya memiliki rasa cokelat sehingga mudah dikreasikan dengan apa saja. Dan rasanya pun tetap enak dan menggoda.

Banyaknya peminat olahan brownies aneka rasa, kini brownies pun seringkali dijadikan salah satu menu andalan di sebuah toko kue. Beberapa brand tenama brownies ini seolah berlomba-lomba menciptakan inovasi baru di setiap olahan brownies kukus, brownies panggang dan brownies bakar dengan macam bahan dan bentuk agar menarik pembeli.

Saking banyaknya pencinta brownies, kini banyak bermunculan resep brownies yang bermacam-macam. Mulai dari resep brownies tanpa mixer, brownies majic com, brownies tanpa oven (kukus), brownies kukus sederhana, brownies tanpa telur dan masih banyak lainnya. Yah terlepas dari itu semua, kekurangan utama dari kue brownis ini adalah harganya yang relatif mahal dan mending bikin sendiri saja di rumah.

Tak perlu khawatir ribet, ada cara membuat brownies kukus yang mudah dan sederhana kok. Berikut cara membuat brownies kukus sederhana yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (02/11/2018).

Bahan cara membuat brownies kukus:

200 gram tepung terigu, ayak

300 gram coklat batang

75 gram coklat bubuk, ayak

200 ml susu segar

300 gram mentega

6 butir telur ayam

250 gram gula pasir

1 sdt garam

1 sdt baking powder

Cara membuat brownies kukus:

1. Tim cokelat batang dan mentega pada panci yang sama. Setelah leleh tambahkan garam. Aduk sampai rata.

2. Siapkan wadah untuk mengocok telur. Kocok telur dengan gula pasir hingga berbusa.

3. Masukkan cokelat dan mentega yang telah dilelehkan perlahan-lahan bersamaan dengan susu. Aduk sampai rata.

4. Kemudian tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata.

5. Tuang adonan ke dalam 2 loyang. Sebelumnya olesi dulu loyang dengan mentega.

6. Kukus selama 20 menit atau sampai matang.

7. Olesi kue dengan coklat batang dan mentega yang dilelehkan lalu tumpuk.

8. Brownies siap disajikan.

Teknik cara mengukus brownies agar tidak bantat

1. Memilih kukusan

Dalam memilih alat untuk mengukus kue, sesuaikan besar kukusan dengan loyang yang digunakan. Sebabnya, kalau kukusan terlalu besar dibanding besar loyang, uap akan terlalu banyak. Kue bisa menjadi bantat karena terlalu basah.

Tidak hanya besar alat pengukusnya. Besar lubang kukusan pun turut mempengaruhi. Pilih kukusan dengan lubang yang tidak terlalu besar. Tujuannya masih sama, yaitu menjaga agar uap tidak keluar berlebihan sehingga brownies tidak terlalu basah.

Kemudian, pilihlah kukusan yang berpenutup kaca atau berbentuk kerucut. Fungsinya adalah menjaga agar uap yang telah mengembun tidak turun ke dalam adonan brownies.

2. Menyiapkan pengukus sebelum digunakan

Panaskan kukusan minimal 10 menit sebelum digunakan. Jika kukusan datar atau tidak terbuat dari kaca, alasi tutup kukusan agar air tidak menetes. Sebelum adonan brownies masuk ke dalam pengukus, pastikan air kukusan cukup untuk mengukus dan dalam keadaan mendidih.

3. Mengatur suhu saat brownies tengah dikukus

Selama mengukus, setelah air mendidih, kecilkan api dan gunakan api dengan panas sedang agar brownies tidak mengempis. Dengan api yang tidak terlalu besar dan suhu yang tidak setinggi sebelumnya, brownies bisa matang merata.

4. Pasca mengukus brownies

Jika brownies sudah matang, jangan abaikan cara membuka tutup pengukus. Salah-salah, brownies yang sudah matang sempurna jadi basah karena air menetes ke dalam kue. Caranya adalah sebagai berikut. Angkat tutup kukusan dengan cepat dalam posisi terbalik ke atas, agar air tidak menetes ke brownis. Begitu ditutup kembali, lap dulu panci pengukus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hubungan Sempat Memanas, Robby Purba Rangkul Roy Kiyoshi

Posted: 01 Nov 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Roy Kiyoshi dan Robby Purba sempat menjadi teman akrab saat keduanya membawakan sebuah acara. Sayangnya, hubungan tersebut merenggang.

Sampai-sampai, Robby Purba mundur dari program acara tersebut, dan meninggalkan Roy Kiyoshi. Keduanya enggan menceritakan secara detail masalah yang dihadapi.

Baru-baru ini, baik Roy Kiyoshi maupun Robby Purba memperlihatkan pemandangan yang berbeda. Mereka duduk berdampingan, ditemani Oki Lukman.

Pemandangan baru ini diunggah di akun Instagram Roy Kiyoshi dan Robby Purba, Kamis (1/11/2018). Dalam postingan tersebut tampak Robby duduk di tengah sambil merangkul Roy dan Oki.

 

Baikan

Robby Purba (Foto: Instagram)

Ekspresi bahagia juga tergambar jelas di wajah Roy Kiyoshi dan Robby Purba. Sepertinya, mereka baru saja menjadi host bareng lagi di sebuah acara.

"The good is back (Kebaikan telah kembali)," tulis Robby singkat pada caption fotonya. Pria berusia 32 tahun ini juga tak lupa menautkan akun Instagram Roy di fotonya.

 

Alasan

Robby Purba (Foto: Instagram)

Bukan tanpa alasan, Robby Purba kembali menjalin pertemanan dengan Roy Kiyoshi. Dua peristiwa besar, gempa Palu dan musibah pesawat Lion Air JT 610 menyadarkan Robby.

Dalam Instagramnya, Jumat (2/11/2018), Robby Purba menjelaskan dirinya ingin meninggal dengan tenang.

"Aku merenungkan musibah di Palu dan Pada Maskapai Lion Air JT610.Bagaimana jika Allah mengambil nyawaku besok, bagaimana jika Allah berkehendak hal yg sama kepada temanku. Apakah kami akan meninggal dengan tenang?. Kita tidak tahu kapan kita akan berpulang - apakah kita wafat dgn segala hutang yg telah terbayarkan. Jika materi adalah hutang, mgkn keluarga bisa menyelesaikan, namun bagaimana jika sakit hati adalah sebuah hutang. Apakah orang lain bisa menunaikan?.••Roy adalah teman baik. Segala sesuatu yg baik, bukan diakhiri dgn kebaikan. Karena sesungguhnya sesuatu yg baik tidak boleh ada akhiran. Harus selalu baik dan kekal." (Guntur Merdekawan/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Cleveland Cavaliers Telan Kekalahan Lagi

Posted: 01 Nov 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Ohio - Setelah mencatatkan kemenangan atas Atalanta Hawks, dua hari lalu, Cleveland Cavaliers kembali menelan kekalahan di pentas NBA. Pada Jumat (2/11/2018) pagi WIB, Cavaliers kalah dari Denver Nuggets di Quicken Loans Arena.

Dalam laga NBA kedelapan ini, Cavaliers kalah telak. Mereka tertinggal sangat jauh dari Nuggets dengan skor 91-110.

Jordan Clarkson tercatat sebagai pemain paling banyak menyumbang poin. Dia mencatatkan 17 poin untuk Cavaliers setelah bermain selama 19 menit 43 detik.

Forward Cavaliers yang menjadi starter, Cedi Osman hanya mampu mendulang 13 poin. Padahal dia bermain sangat lama, 29 menit 47 detik.

Ini menjadi hasil buruk Cavaliers di NBA 2018-2019. Hasil dari Nuggets menjadikan kekalahan ketujuh bagi Cavaliers dalam delapan pertandingan terakhir.

Poin Nuggets

Di kubu Nuggets, Juancho Hernangomez menjadi bintangnya. Dia mampu mencatatkan 23 poin, empat rebound, dan satu steal.

Forward Nuggets, Paul Milsap yang bermain selama 20 menit menyumbang 16 poin, enam rebound, satu assist, dan satu steal.

Ini menjadi kemenangan ketiga Nuggets secara beruntun usai kalah dari LA Lakers dengan skor 114-121, 25 Oktober lalu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Dampingi Wapres Lantik 1.994 Muda Praja IPDN

Posted: 01 Nov 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Sumedang Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, mendampingi Wakil Presiden Republik Indonesia, M. Jusuf Kalla, Melantik Muda Praja IPDN Angkatan XXIX tahun 2018. Pelantikan bertempat di Lapangan Parade Abdi Praja Kampus Institut Pemerintahan dalam Negeri Jatinangor Kabupaten Sumedang, Jumat (2/10/2018).

Prosesi upacara pelantikan dipimpin langsung oleh Jusuf Kalla dan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat serta Forkopinda.

Kedatangan Tjahjo Kumolo di Kampus IPDN disambut langsung oleh Plt. Rektor IPDN Ermaya Suradinata. Menurut Tjahjo, Pelantikan Muda Praja Angkatan XXIX ini sangat istimewa.

"Pelantikan Muda Praja kali ini sangat istimewa karena Bapak Wakil Presiden Bapak Jusuf Kalla akan datang," ujarnya.

Dirinya berharap acara akan berjalan dengan lancar dan sukses.

"Semoga acara hari ini lancar dan sukses demi kemajuan kita semua dan IPDN yang kita cintai khususnya," ucapnya.

Pada upacara pelantikan Muda Praja IPDN tersebut, akan dilantik 1.994 orang calon muda praja IPDN. Muda praja IPDN selanjutnya menempuh pendidikan selama empat tahun di IPDN kampus pusat dan IPDN kampus daerah.

Proses pendidikan selama 4 tahun tersebut dilakukan guna mempersiapkan muda praja menjadi aparatur pemerintahan yang akan mengabdi sebagai salah satu komponen penyelenggara pemerintahan dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Pada proses pelantikan ini, direncanakan akan ditampilkan berbagai pertunjukan kesenian oleh Praja IPDN, seperti kesenian karawitan, rampak gendang, Tarian Kolosal Nusantara, drumband GP, dan Tarian Papua.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melahirkan di Amerika Jadi Ladang Bisnis, Agen Perjalanan Rusia Paling Untung?

Posted: 01 Nov 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, New York - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, baru-baru ini menyatakan bahwa dia ingin mengganti sistem kewarganegaraan di negaranya, sehingga tidak semua bayi yang lahir di sana secara otomatis mendapatkan kewarganegaraan.

AS memang menganut prinsip kewarganegaraan "ius soli", artinya prinsip tempat kelahiran. Berbeda dengan kebanyakan negara dunia, yang menerapkan prinsip "ius sanguinis", artinya prinsip keturunan.

Sebagai perekonomian terbesar dunia, kewarganegaraan Negeri Paman Sam menjadi sesuatu yang istimewa, tidak hanya bagi warga di negara berkembang, terutama bagi orangtua yang ingin memperbaiki nasib anaknya.

Mereka mencari cara bagaimana anaknya bisa dilahirkan di Amerika Serikat. Tren ini belakangan makin marak, terutama di China dan Rusia.

Paket All Inclusive

Selama bertahun-tahun, agen-agen perjalanan Rusia mencari ibu-ibu kaya dari Negeri Beruang Merah untuk melahirkan di Florida.

Bukan karena cuaca Florida yang nyaman dan pantai-pantainya yang terkenal, melainkan karena setiap anak yang lahir di AS otomatis mendapatkan kewarganegaraan --prospek yang sangat menarik bagi calon orangtua di Rusia.

Pariwisata seperti ini sudah berkembang di Rusia selama bertahun-tahun. Video-video promosi yang beredar di internet mengklaim bahwa setiap hari, ada sampai delapan ibu hamil Rusia yang berangkat ke AS hanya untuk melahirkan.

Lebih dari sepuluh agen perjalanan secara khusus bergerak pada bisnis itu di Moskow.

Anton Yatchmenev, yang bekerja untuk agen perjalanan Miami Care, menjabarkan bahwa sekarang, Miami Care memiliki sepuluh karyawan. Di antaranya adalah pengacara, dokter, penerjemah dan konsultan yang berbasis di Miami.

Anton Yatchmenev bertugas di Moskow, menasihati pasangan suami-istri yang ingin melahirkan di Miami.

"Kami menawarkan seluruh layanan, khusus disesuaikan dengan keinginan pelanggan dan kemampuan keuangan mereka," kata Yatchmenev seperti dilansir dari DW, Jumat (2/11/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Bisnis Menggiurkan

Ilustrasi Foto Mengandung dan Melahirkan (iStockphoto)

Selain itu, Yatchmenev menambahkan, bidang kerjanya adalah bagian dari "pariwisata global" dan bisnis ini sangat menguntungkan, terutama sejak tahun 2016, ketika perekonomian Rusia membaik dan makin banyak keluarga yang bisa membayar biaya melahirkan di AS.

Setiap tahun, Miami Care mengirim sampai 200 calon ibu Rusia ke Florida. Pelanggan bisa memesan paket lengkap yang mencakup semua masalah logistik, akomodasi, konseling medis, bantuan hukum dan jasa penerjemahan.

Tapi Anton Yatchmenev mengakui bahwa layanan perusahaannya tidak murah, bisa mencapai US$ 30.000 untuk satu kelahiran. "Berapa banyak orang Rusia yang mampu menghabiskan 30.000 dolar (AS) dalam tiga bulan?" tanyanya.

Menurut Anton, lebih dari setengah pelanggan mereka berasal dari Moskow, sisanya terutama datang dari Rusia utara, dari kawasan bisnis minyak dan gas.

Hingga kini, tidak ada catatan resmi tentang berapa banyak anak yang dilahirkan para ibu Rusia di AS.

Pusat Studi Migrasi di New York (CMS) memperkirakan bahwa setiap tahun ada 36.000 ibu warga asing yang datang untuk melahirkan anak di AS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk Musim Hujan, Harga Sayur Merangkak Naik

Posted: 01 Nov 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki musim hujan, harga sayuran di Pasar Sumber Artha Bekasi Barat tercatat mengalami kenaikan. Kenaikan tersebut terjadi pada komoditas timun, tomat, dan wortel. Sedangkan untuk cabai dan bawang harganya stabil.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jumat (02/11/2018), salah satu pedagang sayur di Pasar Sumber Artha, Robi (38) menuturkan, harga tomat dan wortel naik sebesar Rp 2.000 per kilogram (kg) sejak bulan lalu.

"Tomat dan wortel sama-sama naik, belinya aja udah Rp 12 ribu, jadi kami jualnya sekarang Rp 14 ribu per kg. Biasanya kan juga Rp 10 ribu per kg," kata dia.

Robi mengungkapkan harga timun juga ikut naik. Timun saat ini dibanderol Rp 12 ribu per kg, dari semula yang hanya Rp 10 ribu per kg.

"Kalau terong masih normal, Rp 10 ribu per kg," ungkapnya.

Sedangkan untuk bawang putih di harga Rp 35 ribu per kg dan bawang merah, ia mematoknya di harga Rp 20 ribu per kg.

"Masih pada normal untuk bawang, cabai sih yang agak sedikit naik," ujar Robi.

"Kalau cabai keriting merah besar Rp 45 ribu per kg, naik Rp 5 ribu itu. Cabai rawit merah Rp 30 ribu per kg, naik sedikit ini," ia menambahkan.

 

Sejak di Pasar Induk

Harga sayuran, daging ayam hingga daging sapi mengalami kenaikan menjelang lebaran. (Liputan6.com/Bawono Yadika)

Masih dalam tempat yang sama, Abdul (29) menyebutkan, komoditas sayuran memang alami kenaikan harga. Itu ia sudah dapati sejak membelinya dari pasar induk Kramat Jati.

"Tergantung belinya, ada yang beli kantongan, ada yang milih. Kalau kantongan biasanya lebih murah karena yang jelek juga diambil. Kalau kita milih lagi, yang milih ini jadinya biasanya agak mahal," jelas dia.

Meski bersebelahan, Abdul menjajakan harga cabai sedikit di atas harga yang dibanderol oleh Robi pada hari ini. Abdul mematok cabai keriting merah di kisaran Rp 45 ribu - Rp 48 ribu per kg. Sedangkan untuk cabai rawit merah ia banderol di harga Rp 30 ribu per kg.

"Untuk harga bawang masih normalah, bawang putih sekarang Rp 35 ribu per kg, itu juga tergantung jenisnya. Bawang merah juga kita jual antara Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu per kg, belum naik banget," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sebut Dana Kelurahan untuk Kesejahteraan Rakyat

Posted: 01 Nov 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo ‎atau Jokowi memastikan bahwa tujuan utama penyaluran dana desa dan dana kelurahan, untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas membahas tentang dana desa dan dana kelurahan di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat.

"‎Ini mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat, baik di desa maupun kota, kelurahan," kata Jokowi, Jumat (2/11/2018).

Dengan penyaluran dana ini, sambung Jokowi, pemerintah menargetkan penurunan angka kemisminan dan kesenjangan antara warga desa dan kota.

Mantan Wali Kota Solo itu pun meminta jajarannya, untuk memberikan pendampingan dalam pemanfaatan dana desa yang telah disalurkan pemerintah.

"Ini fokus mengurangi kemiskinan, ketimpangan di desa, mengembangkan ekonomi produktif, menggerakan industri-industri kecil pedesaan," ucap Jokowi.

Total Dana Desa

Sementara, Jokowi mengatakan, untuk total dana desa yang sudah dikucurkan setiap tahunnya mengalami peningkatan. Dalam empat tahun tercatat sudah sebanyak Rp 187 triliun.

"‎Untuk 2019 meningkat lagi dari Rp 60 triliun tahun ini, jadi Rp 70 triliun, meningkat 16,7 persen," ungkap Jokowi.

‎Terkait dana kelurahan, pemerintah dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menganggarkan sebesar Rp 3 triliun dan akan didistribukan pada tahun depan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Ini, Raffi Ahmad Jadi Pacar Ayu Ting Ting

Posted: 01 Nov 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting kerap dikabarkan menjalin cinta terlarang. Padahal Raffi Ahmad telah memiliki seorang istri Nagita Slavina dan telah di karuniai seorang anak, Rafathar Malik Ahmad.

Belakangan Raffi Ahmad dan Ayu Ting Ting telah berkomitmen menjadi sepasang kekasih dan berencana untuk ke jenjang yang lebih serius lagi yaitu pernikahan.

Untunglah hal itu hanya terjadi dalam film drama horor trilogi, Arwah Tumbal Nyai part Nyai garapan rumah prodiksi RA Picture. Dalam film tersebut Raffi Ahmad berperan sebagai Reno, sedangkan Ayu Ting Ting berperan sebagai Nyai.

"Iya kebetulan film yang ini aku main, aku jadi Reno. Jadi waktu ini sebenarnya aku juga enggak main, cuma susah banget mendapatkan aktor yang bisa jadi main deh," kata Raffi Ahmad saat ditemui dalam peluncuran poster dan trailer film Arwah Tumbal Nyai, Part: Nyai di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (1/11/2018).

Kebal Gosip

Preskon film Kesempatan Keduda (Adrian Putra/bintang.com)

Raffi Ahmad paham betul keputusannya berperan sebagai kekasih Ayu Ting Ting dalam film yang digarapnya sendiri akan menuai pro dan kontra. Tak mau ambil pusing, Raffi Ahmad mengaku sudah kebal dengan gosip antara dirinya dan Ayu Ting Ting yang sudah lama diberitakan.

"Udah kebal ya kalau digosipin. Apa enggak ada gosip lain ya," ucap Raffi dengan nada santai.

Tak Banyak

Raffi Ahmad makin fokus di dunia film. (Deki Prayoga/Fimela.com)

Dalam film yang diproduserinya, Raffi Ahmad hanya bermain beberapa scene. Beda dengan Ayu Ting Ting sebagai pemeran utama dalam film horor trilogi Arwah Tumbal Nyai.

"Dan aku perannya juga enggak terlalu banyak. Aku shooting kurang lebih cuma seminggu. Ayu Ting Ting sih tiga Minggu," kata Raffi Ahmad.

Selain Ayu Ting Ting dan Raffi Ahmad sederet artis papan atas juga ikut bermain dalam film tersebut seperti Tyas Mirasih, Ayu Dyah Pasha, Aqila Herby, dan lainnya.Rencananya, Film Arwah Tumbal Nyai akan tayang pada 29 November 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

AMISHA mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut