Minggu, 04 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kuartal III 2018, Konsumsi Rumah Tangga Tumbuh 5,01 Persen

Posted: 04 Nov 2018 09:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, pada kuartal III 2018 konsumsi rumah tangga tumbuh 5,01 persen (yoy). Angka ini lebih tinggi dibandingkan periode sama di 2017 yang sebesar 4,93 persen.

"Konsumsi rumah tangga ini lebih tinggi dari kuartal III 2017‎," ujar ‎Kepada BPS Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta, Senin (5/11/2018).

‎Dia mengatakan, pertumbuhan konsumsi rumah tangga ini didorong oleh penjualan eceran yang tumbuh 4,21 persen. Hal ini menguat dari kuartal III 2017 yang tumbuh 0,13 persen.

‎"Konsumsi rumah tangga ini masih kuat, ada beberapa fenomena yang menguatkan, seperti penjualan eceran tumbuh 4,21 persen. Ini bagus. Seperti untuk penjualan makanan dan minuman, sandang, rekreasi, BBM," ujar dia.

Selain itu, penjualan wholesale mobil penumpang juga tumbuh 8,4 persen. Ini menguat dari kuartal III 2017 yang sebesar 1,17 persen.

"Impor barang konsumsi juga masih kuat. Kalau tidak ada permintaan tidak mungkin ada impor barang konsumsi. Penjualan mobil penumpang masih bagus, sepeda motor masih bagus," ungkap dia.

Sementara total nilai transaksi kartu kredit, kartu debit dan uang elektronik tumbuh 11,94 persen. Angka ini menguat dibandingkan kuartal III 2017 yang tumbuh 11,05 persen.

‎"Total nilai transaksi kartu kredit, kartu debit tumbuh 11,94 persen, lebih tinggi dari periode yang sama di 2017," kata dia.

Secara umum, komponen pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada kuartal III 2018 antara lain makanan dan minuman (selain restoran) 5,21 persen; pakaian, alas kaki dan jasa perawatannya 4,45 persen; perumahan dan perlengkapan rumah tangga 4,01 persen; kesehatan dan pendidikan 5,06 persen; transportasi dan komunikasi 5,68 persen; restoran dan hotel 5,69 persen; dan lainnya 1,84 persen.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

BPS: Ekonomi RI Tumbuh 5,17 Persen pada Kuartal III 2018

Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta, Sabtu (28/4). Pertumbuhan ekonomi Indonesia, menurut Darmin Nasution, masih kecil lantaran belum ada orientasi ekspor dari industri dalam negeri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III 2018 sebesar 5,17 persen. Angka ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya 5,06 persen.

"Pertumbuhan ekonomi ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan kuartal III 2017 sebesar 5,06 persen," ujar Kepala BPS Suhariyanto di kantornya, Senin 5 November 2018.

Suhariyanto menjelaskan meski lebih tinggi jika dibandingkan periode sama 2017, angka ini lebih rendah jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi kuartal II 2018 yang tercatat 5,27 persen.

"Kita masih punya satu triwulan lagi hingga akhir tahun. Kalau itu bagus kami harap pertumbuhan ekonomi secara tahunan bagus," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub: Jokowi Perintahkan Pencarian Korban Lion Air Dilakukan sampai Tuntas

Posted: 04 Nov 2018 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meyakinkan keluarga korban bahwa proses pencarian dan evakuasi pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, akan dilakukan sampai tuntas. Budi mengaku Presiden Joko Widodo telah memberikan perintah.

"Beliau (Jokowi) berpesan proses pencarian ini dilakukan all out sungguh-sungguh, bahkan diminta 24 jam," ujar dia saat menjelaskan proses evakuasi kepada keluarga korban di Hotel Ibis, Cawang, Jakarta Timur, Senin (5/11/2018).

Budi memaparkan, sejauh ini proses evakuasi badan pesawat juga jenazah korban telah dilakukan. Blackbox atau kotak hitam berisi rekaman data penerbangan juga sudah ditemukan. Sementara, sebanyak 138 kantong jenazah telah dikirimkan ke RS Polri untuk diidentifikasi.

"Kemenhub akan melakukan investigasi bersama KNKT dan akan memberikan masukan proses investigasi akan berjalan dengan baik," kata Budi.

Budi mengaku telah meminta pihak Lion Air melakukan pendampingan kepada keluarga korban. Tak berhenti di Lion Air, dia meminta stakeholder penerbangan ikut bertanggungjawab.

"Saya minta kepada Lion Air untuk melakukan pendampingan keluarga korban dan fasilitasi kebutuhan keluarga korban. Tak cuma Lion Air, tapi seluruh stakeholder aviasi melakukan bantuan," kata dia.

 

Lakukan Spesial Audit

Budi memastikan keamanan penerbangan di Indonesia dalam standar yang baik. Langkah awal untuk memastikan pasca kecelakaan, Kemenhub melakukan ramp check 11 Boeing 737 8 Max. Maskapai Lion Air pun bakal diaudit.

"Kami melakukan ramp check 11 Boeing 737 8 max dan Alhamdulillah pesawat layak jalan tak cukup di situ. Kami akan melakukan spesial audit SOP, kualifikasi awak dan koordinasi teknologi," ujar dia.

Budi pun mengucapkan rasa dukacita terhadap keluarga korban yang ditinggalkan. Serta penyelam Basarnas Syachrul Anto yang meninggal saat melakukan evaluasi.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibantai Persebaya, Persija Harus Segera Bangkit

Posted: 04 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Empat kemenangan beruntun Persija Jakarta harus terhenti pada pekan ke-29 Go-Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak. Macan Kemayoran tidak berkutik saat menghadapi Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (4/11/2018).

Persija kalah tiga gol tanpa balas dari Persebaya. Ketiga gol Bajul Ijo masing-masing dicetak Osvaldo Haay, Oktafianus Fernando, dan Yohanes Pahabol.

Kekalahan ini membuat Persija merosot ke peringkat tiga klasemen sementara dengan 48 poin. Skuat racikan Stefano Cugurra itu tertinggal lima angka dari pemuncak klasemen, PSM Makassar.

Namun, Persija masih memiliki satu tabungan laga melawan Persela Lamongan. Karena itu, peluang Persija untuk bersaing dalam perebutan gelar juara masih terbuka lebar.

Bangkit

Pemain Persija Jakarta. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bek Persija Maman Abdurrahman meminta rekan-rekannya segera bangkit setelah kalah dari Persebaya. Pada laga berikutnya, Persija akan menjamu PS Tira, Sabtu (19/11/2018) dan enam hari kemudian menghadapi tuan rumah PSM Makassar.

"Saya ucapkan selamat bagi Persebaya bisa menang. Ke depan kita harus memperbaiki secepatnya karena pertandingan padat. Kita juga harus bangkit dan jangan larut atas kekalahan ini karena kita tetap di papan atas," ujar Maman seperti dikutip dari laman resmi persija.

Gol Cepat

Maman menilai Persebaya tampil lebih baik lantaran sukses mencetak gol cepat. Gol tersebut membuat skuat racikan Djadjang Nurdjaman terlihat lebih kompak dan bermain penuh semangat.

"Gol cepat dari Persebaya sedikit banyak mengganggu konsentrasi pemain, gol itu memberi semangat bagi pemain Prsebaya, ditambah lagi dukungan suporter yang menjadikan mereka lebih semangat," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doa Tak Henti Ibunda Iringi Pemakanam Korban Lion Air Jatuh di Tangerang

Posted: 04 Nov 2018 09:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah Rohmanir Pandi Sagala dimakamkan di TPU Selapanjang, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Senin (5/11/2018). Almarhum Romanir merupakan korban pesawat Lion Air yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Jasad Rohmanir teridentifikasi pada Minggu 4 November dari sidik jari.

Ibu kandung Rohmanir tidak henti-hentinya melafalkan doa disepanjang perjalanan dari rumah duka di Pondok Bahar, Karang Tengah Kota Tangerang, hingga TPU Selapanjang. Dengan dipapah kerabat keluarga, ibu kandung almarhum ikut mengantarkan peti jenazah berisi jasad anak kesayangannya itu ke peristirahatan terakhir.

Isak tangis pun mengiringi pemakaman, yang juga ditemani turun hujan. Andini, calon istri korban yang sedari awal selalu memegang foto almarhum, terus menatap makam tunangannya itu.

Menurutnya, dia dan calon suaminya itu akan menikah Maret tahun depan.

"Iya seharusnya awal Maret 2019" katanya.

Dia mengaku sudah mengenal Rohmanirlama sekali, makanya mantap ingin dinikahi almarhum. Andini mengenal almarhum dengan sangat baik sebagai pekerja keras.

Gelar Tahlilan

"Saya ikhlaskan, semoga almarhum diterima di sisi Allah SWT," ujarnya lirih.

Sementara, Maulana paman kandung korban mengaku nanti malam sampai tujuh hari ke depan, keluarga akan menggelar tahlilan. Pihaknya juga mengundang seluruh warga komplek rumahnya agar datang ke rumah duka.

"Juga kalau almarhum ada utang piutang, harap datang ke rumah. InshaAllah kami akan melunaskan," ujarnya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Dia Para Pemenang MTV EMA 2018

Posted: 04 Nov 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Bilbao - MTV Europe Music Awards atau MTV EMA 2018, baru saja digelar pada Minggu (4/11/2018) malam waktu setempat. Camila Cabello menang besar dalam perhelatan yang diselenggarakan di Bilbao Exhibition Center, Bilbao, Spanyol ini.

Dilansir dari E! News, Camila Cabello memenangkan empat piala MTV EMA 2018 dari enam nominasi yang ia raih.

Yang membuatnya lebih bangga, piala yang ia dapatkan ini berasa dari kategori-kategori besar seperti Artis Terbaik dan Lagu Terbaik.

Siapa saja pemenang MTV EMA 2018? Simak sebagian di antaranya dalam daftar berikut ini:

Pemenang MTV EMA 2018

Ini dia daftar pemenang MTV EMA 2018. (AFP Photo/Ander Gillenea)

Best Artist: Camila Cabello

Best Video: Camila Cabello, "Havana ft. Young Thug"

Best Song: Camila Cabello, "Havana ft. Young Thug"

Best Pop Artist: Dua Lipa

Best New Artist: Cardi B

Best Look: Nicki Minaj

Best Hip-Hop Artist: Nicki Minaj

 

Pemenang MTV EMA 2018 (2)

DJ Marshmello. (Christopher Polk / Getty Images untuk Coachella / AFP)

Best Live Artist: Shawn Mendes

Best Rock Artist: 5 Seconds Of Summer

Best Alternative Artist: Panic! At The Disco

Best Electronic Artist: Marshmello

Biggest Fans: BTS

Best World Stage: Alessia Cara: MTV Spotlight @ Hyperplay, Singapore 2018

Best U.S. Act: Camila Cabello

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pelaku Gendam Sidoarjo Babak Belur Dihakimi Massa

Posted: 04 Nov 2018 09:36 PM PST

Patroli Indosiar, Sidoarjo - Dua dari tiga pelaku gendam di Sidoarjo, Jawa Timur, babak belur dihakimi massa. Dalam beraksi, pelaku berpura-pura sebagai tokoh agama.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (5/11/2018), dua pelaku gendam tak berkutik saat menjadi sasaran warga yang kesal melihat ulah pelaku. Mereka sempat diarak ke Balai Desa Kenongo, Sidoarjo, usai menipu korbannya. 

Saat itu, korban sempat berteriak minta tolong saat menyadari dirinya telah ditipu. Sontak teriakannya mengundang perhatian warga. 

Kala beraksi, modus salah satu pelaku berpura-pura menanyakan alamat kepada korban. Namun, di saat bersamaan, salah satu pelaku yang berperan sebagai tokoh agama memanggil korban untuk masuk ke dalam mobil. Setelah itu, pelaku mengaku akan mengobati penyakit korban dan menyuruh korban melepaskan semua perhiasaan yang dipakainya.  

"Setelah korban keluar dari mobil kemudian sempat ditegur oleh masyarakat sekitar, saat itu korban sudah sadar sudah ditipu," ujar Kapolsek Tulangan AKP Nadzir Syah.  

Aparat Polsek Tulangan kini masih mengejar satu pelaku lain yang sudah diketahui identitasnya. Sementara, kedua pelaku terancam hukuman 4 tahun penjara. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Minta Lion Air Terus Dampingi Keluarga Korban Pesawat JT 610

Posted: 04 Nov 2018 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebuah sesi pertemuan dengan keluarga korban Pesawat Lion Air JT 610 di Hotel Ibis, Jakarta, Senin (5/11/2018), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi turut menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta agar proses pencarian dilakukan secara all out. Salah satunya dengan melakukan pendampingan kepada pihak keluarga korban.

Secara pribadi dan atas nama instansi, ia turut menyampaikan rasa belasungkawa yang sangat mendalam kepada keluarga korban atas kecelakaan pesawat JT 610 yang terjadi tepat sepekan lalu.

"Saya merasakan kerisauan yang mendalam dari keluarga korban dan awak pesawat atas kehilangan keluarga terkasih. Saya juga menyampaikan rasa simpati atas gugurnya satu pahlawan aviasi, Syachrul Anto, yang tergabung dalam tim SAR dalam mengevakuasi korban," tuturnya.

Lebih lanjut, Budi pun turut mengapresiasi kinerja tim gabungan SAR yang melakukan pencarian non stop siang-malam 24 jam. "Kami berkoordinasi secara intensif. Apa yang mereka kerjakan sangat luar biasa. Oleh karenanya saya mengapresiasi," sebutnya.

Dia juga menyatakan, telah memerintahkan seluruh jajaran yang terlibat untuk ikut berkontribusi bantu meringankan beban keluarga korban.

"Saya minta Lion Air untuk melakukan pendampingan dan memfasilitasi kebutuhan keluarga korban. Tidak hanya Lion Air, seluruh stakeholder aviasi juga saya minta bantu keluarga korban," imbuh dia.

Sebagai salah satu bentuk bantuan, ia mengatakan, Kementerian Perhubungan membuka posko layanan di kantor pusatnya. Selain itu, pihaknya juga disebutkan bakal terus melakukan proses investigasi dalam waktu tambahan 3 hari ke depan.

"Kemenhub akan melakukan proses investigasi bersama KNKT. Kami juga akan beri masukan-masukan agar proses investigasi berjalan maksimal dan lancar," ujar dia.

Orangtua Korban: Pesawat Lion Air Jatuh, Rusdi Kirana Gagal

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (tengah) melihat serpihan pesawat Lion Air JT 610 di Pelabuhan JICT 2, Jakarta, Selasa (30/10). Sejumlah barang ditemukan petugas dalam operasi pencarian. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Orangtua salah satu korban Lion Air PK-LQP Shandy Johan Ramadhan memberikan apresiasi kepada Basarnas dan pihak lain yang membantu pencarian pesawat pascakecelakaan. Ia juga berterima kasih kepada Syachrul Anto, relawan yang tewas saat bertugas mengevakuasi korban dan bangkai pesawat yang tenggelam di Perairan Kawarang. 

Namun, ia menolak berterima kasih kepada Rusdi Kirana. Rusdi merupakan pendiri Maskapai Lion Air. Kini ia menjabat Duta Besar RI untuk Malaysia.

"Rusdi Kirana saya anggap gagal," kata orangtua Shandy di Hotel Ibis Cawang, Jakarta Timur, Senin (5/11/2018).

Menurut orangtua Shandy, Rusdi Kirana tak berhasil mengelola maskapainya. Ia mengatakan, kecelakaan pesawat PK-LQP merupakan kejadian kesekian yang dialami Lion Air.

Orangtua Shandy juga menyebut Lion Air tak tanggap. Ia mengaku tak pernah sekali pun dihubungi pihak Lion Air selepas peristiwa yang menimpa anaknya.

"Kami kehilangan anak kami terkasih, bukan barang yang dibuang ke laut," ia berujar.

Tak hanya itu, orangtua Shandy meminta proses hukum terhadap kecelakaan Lion Air dilakukan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sandiaga Uno Disambut Emak-Emak Berhijab di Manado

Posted: 04 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cawapres no urut 2, Sandiaga Uno tiba di Manado Sulawesi Utara, Senin (5/11) pagi. Sejumlah emak-emak berhijab antusias menyambut di bandara Sam Ratulangi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temuan Koin-Koin Emas Kuno Tidak di Lokasi Jatuhnya Pesawat Lion Air JT 610

Posted: 04 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Karawang - Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Jawa Barat menyatakan titik penemuan benda-benda cagar budaya dari dasar laut berada di wilayah Perairan Cilamaya, bukan di Perairan Tanjung Pakis, Pakisjaya, Karawang yang merupakan lokasi jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

"Temuan benda cagar budaya berada itu di Perairan Cilamaya Karawang, itu pun sudah lama. Jadi bukan di Perairan Tanjungpakis," kata Sekretaris Dinas Perikanan setempat Sari Nurmiasih, di Karawang, dilansir Antara.

Ia menegaskan kalau lokasi jatuhnya pesawat Lion Air beregistrasi PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 di Perairan Tanjungpakis bukan di titik penemuan benda cagar budaya.

Sari menyampaikan hal tersebut karena dalam beberapa hari terakhir ini sempat beredar kabar yang menghubung-hubungkan titik penemuan benda cagar budaya dengan lokasi jatuhnya pesawat Lion Air.

"Sampai saat ini belum ada penelitian kalau di perairan Tanjung Pakis itu terdapat kawasan kuburan kapal karam yang membawa muatan cagar budaya. Kalau di perairan Cilamaya, itu betul, pernah ada penelitian mengenai hal tersebut," kata dia.

Di Perairan Cilamaya, ditemukan benda-benda berupa koin emas diduga peninggalan Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) serta guci-guci peninggalan Cina hingga jangkar berusia ratusan tahun.

Bahkan ke depannya, pemerintah pusat akan membangun galeri atau museum benda-benda cagar budaya terkait dengan dengan temuan-temuan itu.

"Sekali lagi, temuan benda cagar budaya itu di perairan Cilamaya, itu pun sudah lama, bukan perairan Pakisjaya (tempat pesawat Lion Air JT 610 jatuh)," kata Sari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singapura Siap Tempur lawan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Posted: 04 Nov 2018 09:30 PM PST

Jakarta - Piala AFF 2018 tinggal tiga hari lagi akan digelar. Di Grup B, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Singapura di laga pertama, Jumat (9/11/2018).

Pertandingan ini dimainkan di Stadion Nasional, Singapura, pada Jumat malam WIB.

Kapten Timnas Singapura, Hariss Harun, mengungkap kesiapan dirinya dan rekan satu tim meladeni lawan di Piala AFF 2018, termasuk Indonesia.

Apa yang diperoleh selama persiapan, khususnya selama 12 hari di J-Green Osaka, Jepang, serta rentetan uji coba internasional, menjadi bekal kuat tak hanya untuk melawan Indonesia namun juga dalam menjalani Piala AFF 2018 secara keseluruhan.

Sepulang dari Osaka pada Jumat petang (2/11/2018), Timnas Singapura proyeksi Piala AFF 2018 dalam situasi kondusif. Hariss Harun mengklaim, hubungan antarpemain kian akrab, pemain saling pengertian satu sama lain baik di dalam maupun luar lapangan.

Dari sisi teknis, Hariss Harun menyebut latihan serta tiga laga uji coba, termasuk melawan klub J1 League, yang dijalani di Osaka membuat pemain semakin memahami taktik maupun permainan yang hendak diusung pelatih Fandi Ahmad.

"Tantangan yang akan kami hadapi bakal sulit, tapi jika kami ingin mencapai sesuatu, kami harus melewati ujian berat itu dan membuat pengorbanan," kata Hariss.

 

Banyak Pengorbanan

Menurut Harris, banyak dari mereka membuat banyak pengorbanan. "Inilah saatnya kami mencoba mendapatkan hasil bagus dari itu, tapi kami harus menyadari, satu-satunya cara kami mencapai itu adalah jika kami melakukannya secara bersama," imbuhnya.

Pemain berusia 27 tahun itu merendah dengan menyebut pesaing Timnas Singapura di Piala AFF 2018 termasuk Indonesia, memiliki kualitas lebih apik. Namun, sekali lagi ia menegaskan the Lions optimistis menghadapi setiap lawan.

"Secara teknis dan skill, banyak negara di wilayah ini yang lebih bagus dari kami pada saat ini. Tapi, jika kami jadi satu tim, jika kami jadi satu keluarga bersama, di dalam dan luar lapangan, saya pikir kami bisa menjadi sesuatu yang hebat," ujar pemain Johor Darul Ta'zim ini.

Sumber: FAS

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sahabat Ungkap Sifat Asli Pretty Asmara

Posted: 04 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sahabat dan teman-teman dekat begitu kehilangan sosok Pretty Asmara yang meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Pengayoman, Cipinang, Jakarta Timur, Minggu (4/11/2018).

Di mata para sahabatnya, Pretty Asmara adalah sosok wanita yang sangat supel dan mudah bergaul.

Selain itu Pretty Asmara selalu berbuat baik kepada setiap sahabatnya meskipun dirinya dicap buruk oleh orang lain.

"Dia orang baik mungkin banyak image yang kurang bagus di luar sana. Tapi kalian nggak tahu kalau dia itu orang baik," ujar Rita, sahabat Pretty Asmara, ditemui di RS Pengayoman, Jakarta Timur, Minggu (4/11/2018).

 

Diberi Julukan

Pretty Asmara

Bahkan Pretty Asmara punya julukan sendiri lantaran selalu bisa mengumpulkan sahabat-sahabatnya. Karena hal itu, ‎wanita bertubuh tambun itu juga sangat disayangi oleh teman-temannya.

"Pretty kan orangnya Miss persahabatan banget," ujar Ade Nurul, sahabat Pretty Asmara, yang lainnya.

 

Minta Maaf

Pretty Asmara

Untuk itu sebagai sahabat Rita mewakili keluarga meminta maaf atas segala kesalahan yang pernah diperbuat Pretty Asmara. Rita juga mendoakan Pretty Asmara agar mendapatkan tempat terindah di sisi-Nya.

"Buat yang pernah mengenal Pretty kami sahabat-sahabatnya Pretty mohon maafkan segala kesalahan baik disengaja maupun tidak, mungkin ada utang piutang atau apapun yang belum terbayarkan oleh Pretty mohon diikhlaskan semoga almarhum tenang Dian Pretty Asmara binti Paiman khusnul khatimah‎," kata Rita.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Akan Hadirkan Versi Baru Face ID Lewat iPhone 2019

Posted: 04 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Analis terkemuka, Ming-Chi Kuo, mengatakan salah satu prioritas utama untuk seri iPhone 2019 adalah membuat Face ID semakin cepat dan akurat. Oleh sebab itu, ia memperkirakan versi baru Face ID akan hadir perdana pada iPhonen 2019.

Dilansir Softpedia, Senin (5/11/2018), versi terbaru Face ID ini disebut akan memiliki kualitas yang jauh lebih baik. Secara teknis, akan memperkecil kemungkinan gagal memindai wajah pengguna dengan cara mengurangi dampak cahaya sekitar dalam proses pemindaian.

Apple tengah berusaha keras untuk membuat Face ID lebih cepat dan akurat. Hal ini salah satunya disebabkan Face ID merupakan fitur unlock utama, setelah mulai dari iPhone 2018 tidak lagi menggunakan Touch ID.

Lebih lanjut, iPhone 2019 dilaporkan akan meluncur dalam tiga varian seperti tahun ini. Dua di antaranya menggunakan layar OLED, sedangkan satu dengan LCD.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, iPhone terbaru akan diumumkan pada September 2019. Berbagai bocoran tentang smartphone tersebut kemungkinan akan banyak muncul beberapa bulan sebelum pengumumannya.

iPhone Masih Jadi Smartphone Idaman Remaja AS

Seorang pengunjung melihat produk baru iPhone saat peluncuran produk baru Apple di Apple Headquarters, Cupertino, California (12/9). Apple merilis tiga iPhone terbaru, yaitu iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

iPhone merupakan salah satu smartphone favorit, termasuk di kalangan remaja. Remaja Amerika Serikat (AS) diketahui sebagai penggemar berat Apple, dan tidak lagi mengejutkan melihat pembelian iPhone meningkat setiap tahun.

Berdasarkan survei perusahaan manajemen aset dan bank investasi, Piper Jaffray, jumlah remaja yang tertarik membeli iPhone meningkat tahun ini.

Tidak kurang dari 86 persen remaja AS menginginkan iPhone pada 2018, naik dari 84 persen pada musim semi 2018 atau sekitar awal tahun. Sebanyak 8.600 remaja AS turut serta dalam survei ini.

Tidak sekadar menginginkan iPhone, kebanyakan responden juga telah memiliki smartphone premium itu. Sekira 82 persen dari total remaja itu menyatakan sudah memiliki iPhone.

Kendati iPhone menjadi favorit, perangkat pendampingnya yakni Apple Watch, ternyata tidak begitu menarik perhatian mereka. Hanya 23 persen responden menginginkan Apple Watch dalam enam bulan ke depan, naik dari 20 persen dibandingkan periode riset sebelumnya.

Kebanyakan remaja yang berasal dari keluarga berpendapatan tinggi menempatkan Apple Watch sebagai merek favorit kedua. Satu-satunya yang lebih baik dari smartwatch tersebut adalah jam tangan Rolex.

Kendati demikian, peringkat Apple Watch masih lebih tinggi daripada merek jam tangan klasik seperti Fossil, Casio, Gucci dan Nixon. Perangkat wearable Fitbit juga berada di peringkat 10 besar.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaksa Dodi Junaedi Korban Lion Air Jatuh Dapat Kenaikan Pangkat

Posted: 04 Nov 2018 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Agung memberikan kenaikan pangkat anumerta kepada Dodi Junaedi, salah satu korban pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Pangkat almarhum Dodi naik setingkat lebih tinggi dari Jaksa Muda menjadi Jaksa Madya.

"Beliau mendapat kenaikan pangkat setingkat dari awalnya Jaksa Muda 3D menjadi Jaksa Madya 4A. Itu sebagai bentuk penghargaan dari Kejagung kepada almarhum atas dedikasinya," ujar Kepala Kejari Tangerang Selatan Bima Suprayoga usai pemakaman, Bintaro, Jakarta Selatan, Senin (5/11/2018).

Bima mengungkapkan, almarhum dikenal sebagai pekerja keras dan berdedikasi tinggi selama mengabdi di Korps Adhyaksa. Dia juga dikenal sebagai jaksa yang mumpuni baik saat menangani perkara maupun dalam mengemban jabatan struktural.

Banyak perkara hukum yang telah ia tangani. Bima tak bisa menyebutkan satu per satu. Namun kiprahnya di Korps Adhyaksa mulai dari Cianjur, Bandung, Bengkulu, hingga Pangkalpinang tidak perlu diragukan lagi.

Terakhir Dodi Djunaedi mendapatkan promosi jabatan sebagai Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejaksaan Negeri Pangkalpinang sekitar tujuh bukan lalu. Hingga akhirnya ajal menjemput saat dia dalam perjalanan mengabdikan diri pada negeri.

"Memang prestasinya sudah banyak. Dedikasi dia, kerja keras dia, yang dilakukan almarhum adalah yang terbaik sampai terakhir tadi mendapat kenaikan pangkat anumerta," ucap Bima memungkasi.

Tinggalkan 3 Anak

Dodi Junaedi merupakan salah satu korban jatuhnya pesawat Lion Air JT610 tujuan Jakarta-Pangkalpinang yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat pada Senin 29 Oktober lalu. Jenazah Dodi berhasil diidentifikasi tim DVI di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur bersama beberapa korban lainnya, Minggu 4 November 2018.

Sang jaksa menghadap Sang Khalik dengan meninggalkan seorang istri dan tiga anak yang masih duduk di bangku kelas 1 SMP, 6 SD, dan 2 SD. Kini jasad Dodi telah dimakamkan di Pemakaman Wakaf Jalan Seroja, Kelurahan Bintaro, Jakarta Selatan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menangis, Kabasarnas: Kami Bukan Manusia Super, Tapi Kami Tetap All Out

Posted: 04 Nov 2018 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya M Syaugi tidak kuasa menahan air matanya. Sebagai pucuk pimpinan yang bertanggungjawab dalam evakuasi korban Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT 610, dia berkomitmen akan menuntaskan pencarian semaksimal mungkin.

"Kami bukan manusia super, bukan manusia sempurna," kata Syaugi di Hotel Ibis, Cawang, Jakarta Timur, Senin (5/11/2018).

Hal ini disampaikan perwira tinggi bintang tiga di hadapan keluarga para korban Lion Air yang jatuh di laut Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin 29 Oktober sepekan lalu.

Suara parau mulai terdengar. Syaugi menghentikan pernyataannya.

"Saya di lapangan, di laut, saya tidak menyerah, mudah-mudahan dengan waktu yang ada ini kami tetap all out," kata lulusan Akmil 1984 ini.

"Walaupun sampai sepuluh hari nanti, kelaupun masih ada kemungkinan untuk ditemukan saya yakin saya akan terus mencari saudara-saudara saya ini, kami mohon doaanya," Syaugi melanjutkan.

Evakuasi Diperpanjang

Petugas Basarnas merapikan barang temuan jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di Posko Evakuasi, Tanjung Priok, Jakarta, Senin (29/10). Pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh membawa 188 orang. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Syaugi mengatakan, pihaknya akan memperpanjang waktu evakuasi korban dan pesawat Lion Air dengan kode penerbangan JT 610. Evakuasi pesawat yang jatuh di Perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat tersebut akan diperpanjang selama tiga hari.

"Jadi kami putuskan operasi evakuasi diperpanjang 3 hari sejak besok. Hari ini hari ketujuh, kita tambah 3 hari lagi. Mudah-mudahan dengan tiga hari ini, dengan sinergitas yang tinggi bisa segera menyelesaikan operasi ini," kata Syaugi di JCIT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (4/11/2018).

Penambahan waktu untuk evakuasi itu diputuskan setelah pihaknya mengevaluasi dan melihat langsung kondisi di lokasi pencarian korban dan badan pesawat Lion Air. Terlebih, tim SAR gabungan masih terus menemukan bagian tubuh korban.

"Hari ini adalah operasi hari yang ketujuh. Setelah kami evaluasi, dengan kami tadi melihat ke TKP, kami rapatkan dengan beberapa staf, berdasarkan masukan dari lapangan yang begitu banyak masih seperti tadi malam contohnya 20 lebih kantong jenazah," ujar Syaugi.

Ia pun menuturkan, untuk potongan tubuh korban pesawat Lion Air yang sudah ditemukan, segera dibawa ke posko evakuasi di JCIT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Mudah-mudahan kalau ada korban bisa kita ambil dan kita serahkan ke Rumah Sakit Polri," tutur Syaugi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lee Jong Suk Puji Kelezatan Nasi Goreng Indonesia

Posted: 04 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Fanmeeting aktor Korea Selatan, Lee Jong Suk, di Jakarta, berjalan sukses. Acara yang digelar di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan pada 3 November 2018 itu, dijejali para penggemar Lee Jong Suk.

Dalam fanmeeting tersebut, selain berbicara mengenai project drama terbarunya, Lee Jong Suk itu juga mengungkapkan hal-hal yang disukainya. Para fans pun jadi mengenal lebih dekat dengan pemain While You Were Sleeping

Siapa sangka dibalik tubuhnya yang kurus, Lee Jong Suk ternyata suka sekali makan. Ia pun menyebutkan makanan-makanan favoritnya yang salah satunya nasi goreng.

"Saya lebih suka daging ayam. Saya suka semuanya. Nasi goreng saja saya suka. Tapi saya nggak suka makanan manis. (Kemarin) saya makan kimbap, nasi goreng, sushi. Nasi goreng Indonesia memang enak banget," ungkap Lee Jong Suk saat fanmeeting.

 

 

Sedang Diet

Hymn of Death merupakan judul lagu yang dirilis oleh penyanyi soprano pertama Korea, Yun Sim Deok pada tahun 1926. (Foto: instagram.com/jongsuk0206)

Tapi karena tengah menjalani proses diet untuk project drama terbarunya, Lee Jong Suk pun harus mengurangi hobi makannya itu. "Saya makannya banyak. Tapi karena lagi proses diet, saya lagi mengurangi. Kemarin turun 5 kilo. Jadi hanya fokus makan protein saja," ucapnya.

Sahabat dari Kim Woo Bin itu juga ditanya soal selera fashionnya. Untuk urusan fashion, rupanya Lee Jong Suk menyerahkan semuanya kepada sang stylist. "Saya percaya sama stylist saya. Kalau dikasih apa saja saya pakai. Karena saya percaya sama dia," ungkapnya. 

 

Keluar Rumah Pakai Jumper

Lee Jong Suk (Foto: koreaboo.com)

Ia mengaku termasuk pria yang simple ketika memilih baju. Saat ingin keluar rumah, ia juga lebih suka pakai jumper dan celana training. "Saya nggak pikir panjang kalau mau ganti baju. Saya punya dua dress room di rumah. Tapi kalau keluar cuma pakai jumper dan training saja," paparnya.

Lee Jong Suk adalah salah satu aktor yang cukup aktif di sosial media. Ia sering membagikan kegiatan sehari-harinya di akun instagramnya @jongsuk0206. Menurutnya itu salah satu cara untuk berinteraksi dengan para penggemarnya. Belakangan ia juga lebih suka membagikan foto-foto travelingnya.

"Tujuan saya bikin SNS buat kalian semua. Saya lagi banyak traveling. Saya banyak post traveling. Kalau lagi bagus saya juga suka upload foto selfie," katanya. (Kapanlagi.com/ Nuzulur Rakhmah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Catat Pertumbuhan Ekonomi 5,17 Persen, IHSG Turun Terbatas

Posted: 04 Nov 2018 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih melemah terbatas pada perdagangan saham sesi pertama Senin (5/11/2018). Hal itu terjadi di tengah rilis pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal III 2018 sebesar 5,17 persen.

Mengutip data RTI pukul 11.16 waktu JATS, IHSG melemah tipis 2,66 poin ke posisi 5.904,32 usai rilis pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal III 2018 sebesar 5,17 persen. Kemudian IHSG turun 4,1 poin atau 0,07 persen ke posisi 5.902,13. Indeks saham LQ45 tergelincir 0,14 persen ke posisi 940,37. Sebagian besar indeks saham acuan kompak tertekan.

Pada penutupan sesi pertama, IHSG melemah terbatas 8,87 poin atau 0,15 persen ke posisi 5.897,41. Indeks saham LQ45 tergelincir 0,29 persen ke posisi 938,85. Seluruh indeks saham acuan kompak tertekan.

Sebanyak 186 saham melemah sehingga menekan IHSG. 178 saham menguat sehingga menahan pelemahan IHSG. 117 saham diam di tempat. Pada sesi I, IHSG berada di posisi tertinggi 5.926,63 dan terendah 5.886,20.

Total frekuensi perdagangan saham 203.795 kali dengan nilai transaksi lima miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 3,1 triliun. Investor asing beli saham Rp 209,58 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di Rp 14.967.

Sebagian besar sektor saham tertekan. Sektor saham infrastruktur susut 0,66 persen, dan catatkan penurunan terbesar. Disusul sektor saham konstruksi tergelincir 0,61 persen dan sektor saham industri dasar merosot 0,58 persen.

Sedangkan sektor saham barang konsumsi naik 0,71 persen, dan bukukan penguatan terbesar. Saham-saham yang menguat antara lain saham SATU naik 69,23 persen ke posisi Rp 198 per saham, saham WICO menanjak 21,57 persen ke posisi Rp 620 per saham, dan saham NUSA mendaki 18,57 persen ke posisi Rp 166 per saham.

Sedangkan saham-saham yang tertekan antara lain saham CAKK turun 18,12 persen ke posisi Rp 122 per saham, saham SDRA merosot 14,55 persen ke posisi Rp 705 per saham, dan saham TAMU tergelincir 9,85 persen ke posisi Rp 2.380 per saham.

Bursa saham Asia kompak tertekan. Indeks saham Hong Kong Hang Seng turun 2,55 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi susut 1,43 persen, indeks saham Jepang Nikkei melemah 1,46 persen.

Selain itu, indeks saham Thailand tergelincir 0,74 persen, indeks saham Shanghai susut 1,33 persen, indeks saham Singapura merosot 1,87 persen dan indeks saham Taiwan terpangkas 0,61 persen.

Rilis pertumbuhan ekonomi kuartal III 2018 pengaruhi pergerakan IHSG. BPS melaporkan pertumbuhan ekonomi kuartal III 2018 sebesar 5,17 persen. VP Sales and Distribution PT Ashmore Assets Management Indonesia, Angganata Sebastian, menuturkan investor asing masih beli saham dan rupiah menguat terhadap dolar AS. Hal itu membuat pelemahan IHSG tak terlalu tajam.

 

BPS: Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal III 2018 Capai 5,17 Persen

Suasana pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Senin (7/5). Pertumbuhan ekonomi kuartal 1 2018 tersebut lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi pada periode sama dalam tiga tahun terakhir.  (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III 2018 sebesar 5,17 persen. Angka ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya 5,06 persen.

"Pertumbuhan ekonomi ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan kuartal III 2017 sebesar 5,06 persen," ujar Kepala BPS Suhariyanto di kantornya, Senin (5/11/2018).

Suhariyanto menjelaskan meski lebih tinggi jika dibandingkan periode sama 2017, angka ini lebih rendah jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi kuartal II 2018 yang tercatat 5,27 persen.

"Kita masih punya satu triwulan lagi hingga akhir tahun. Kalau itu bagus kami harap pertumbuhan ekonomi secara tahunan bagus," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Terima Pemuda Pancasila di Istana Merdeka

Posted: 04 Nov 2018 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima pengurus organisasi Pemuda Pancasila (PP) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (5/11/2018). Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. 

Sejumlah pengurus Pemuda Pancasila tiba di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta pukul 11.20 WIB. Mereka di antaranya Ketua Umum Pemuda Pancasila Yapto S Soerjosoemarno, Waketum Bidang Organisasi dan Kaderisasi Pemuda Pancasila Bambang Soesatyo, dan Wakil Ketua Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila Yorrys Raweyai. 

Yapto S Soerjosoemarno di awal pertemuan menyampaikan terima kasih kepada Jokowi karena telah meluangkan waktu untuk bertemu Pemuda Pancasila.

"Kami ucapkan terima kasih atas dijawabnya permohonan audiensi secara cepat, walaupun 3 bulan, cepat itu," kata Yapto.

Usai Yapto memberikan sambutan, pertemuan dilakukan secara tertutup. Belum diketahui apa saja yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

Reporter: Titin Supriatin 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Valencia, Balapan Terakhir di Musim 2018

Posted: 04 Nov 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Valencia - Balapan MotoGP 2018 akan segera mencapai puncaknya. Seperti biasa, balapan terakhir akan digulir pada MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo. Namun, kali ini tak ada pertarungan sengit untuk memperebutkan gelar juara dunia.

Itu karena gelar juara dunia MotoGP 2018 sudah jatuh ke tangan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Kepastian itu sudah didapat Marquez usai balapan MotoGP Jepang. Saat itu, Marquez sukses merebut podium juara sekaligus menutup peluang para rival untuk menggusurnya.

Tak hanya status juara dunia, posisi runner-up MotoGP 2018 pun besar kemungkinan sudah jadi milik Andrea Dovizioso. Usai balapan MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (4/11/2018), pembalap Ducati itu kini unggul 25 poin atas Valentino Rossi yang jadi rival terdekat.

Sial bagi Rossi, finis di urutan ke-18 MotoGP Malaysia justru membuatnya terancam kembali digusur di klasemen. Itu karena rekan setimnya, Maverick Vinales, yang duduk di posisi keempat kini hanya berjarak dua poin.

Vinales bisa menyalip Rossi jika mendapatkan hasil lebih baik pada MotoGP Valencia, Minggu (18/11/2018). Kebetulan, Ricardo Tormo juga bukan sirkuit yang bersahabat dengan The Doctor.

 

Jadwal MotoGP Valencia

Jumat, 16 November 2018

15.55-16.40 WIB: FP1

20.05-20.50 WIB: FP2

Sabtu, 17 November 2018

15.55-16.40 WIB: FP3

19.30-20.00 WIB: FP4

20.10-20.25 WIB: Kualifikasi 1

20.35-20.50 WIB: Kualifikasi 2

Minggu, 18 November 2018

15.40-16.00 WIB: Pemanasan

20.00 WIB: Balapan

Klasemen MotoGP 2018

1. Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) 321 poin

2. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP18) 220 poin

3. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha (YZR-M1) 195 poin

4. Maverick Viñales SPA Movistar Yamaha (YZR-M1) 193 poin

5. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 149 poin

6. Johann Zarco FRA Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1) 149 poin

7. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 148 poin

8. Danilo Petrucci ITA Pramac Ducati (GP18) 144 poin

9. Andrea Iannone ITA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 133 poin

10. Jorge Lorenzo SPA Ducati Team (GP18) 130 poin

11. Dani Pedrosa SPA Repsol Honda (RC213V) 106 poin

12. Alvaro Bautista SPA Angel Nieto Team (GP17) 105 poin

13. Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP17) 91 poin

14. Franco Morbidelli ITA EG 0,0 Marc VDS (RC213V)* 50 poin

15. Aleix Espargaro SPA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 44 poin

16. Hafizh Syahrin MAL Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1)* 40 poin

17. Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP17) 35 poin

18. Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16) 35 poin

19. Bradley Smith GBR Red Bull KTM Factory (RC16) 30 poin

20. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)* 23 poin

21. Scott Redding GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 15 poin

22. Karel Abraham CZE Angel Nieto Team (GP16) 10 poin

23. Mika Kallio FIN Red Bull KTM Factory (RC16) 6 poin

24. Stefan Bradl GER LCR Honda (RC213V) 3 poin

25. Katsuyuki Nakasuga JPN Yamaha Factory (YZR-M1) 2 poin

26. Xavier Simeon BEL Reale Avintia (GP17)* 1 poin

27. Michele Pirro ITA Ducati Team (GP18) 1 poin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Perang Dagang, Perusahaan RI Lebih Optimistis Dibanding Negara Lain

Posted: 04 Nov 2018 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan Indonesia dinilai relatif lebih optimistis dibandingkan dengan perusahaan global lainnya untuk prospek perdagangan jangka pendek, meskipun terjadi ketegangan perdagangan global dan tingkat volatilitas. Baik perusahaan manufaktur barang maupun pemberi jasa di Indonesia setuju bahwa keberlanjutan merupakan aspek penting berlangsungnya tujuan jangka panjang mereka.

Dalam survei HSBC Navigator ditemukan bahwa ketegangan perdagangan yang sedang berlangsung telah mengalihkan sentimen pasar dalam siklus bisnis saat ini di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Proteksionisme sebagai salah satu efek samping dari tegang-nya sektor perdagangan juga menunjukkan dampaknya di Indonesia, yang adalah target pasar ekspor dari AS dan China agar dapat mendorong tingkat komoditas perusahaan Indonesia dalam menerapkan strategi bisnis jangka panjang mereka. Pemerintah Indonesia telah berupaya menstabilkan nilai tukar.

"Namun, nilai tukar yang fluktuatif tidak menghalangi perusahaan Indonesia untuk meningkatkan prospek perdagangan jangka pendeknya," jelas Director Commercial Banking, PT Bank HSBC Indonesia Catherine Hadiman dalam keterangan tertulis, Senin (5/11/2018).

Untuk diketahui, HSBC Navigator adalah serangkaian riset tentang perdagangan internasional. Studi ini mengukur sentimen dan ekspektasi bisnis jangka pendek hingga menengah, dan mencakup bidang-bidang berikut ini, termasuk pandangan perdagangan umum, inovasi bisnis, rantai pasokan, regulasi dan kebijakan, serta inovasi data dalam bisnis.

Edisi pertama survei HSBC Navigator telah dilakukan pada awal 2018, dan sebagai lanjutan, HSBC meluncurkan versi terbaru dari HSBC Navigator – sebuah riset untuk kepercayaan dan perdagangan bisnis.

Catherine melanjutkan, dalam laporan HSBC Navigator, perusahaan-perusahaan Indonesia yakin terhadap prospek bisnis sesuai dengan prospek ekonomi Indonesia yang terus berkembang pada kecepatan sub-potensial pada paruh pertama tahun 2018. Pertumbuhan ekspor cukup kuat - terutama di Asia, dan eksportir masih menikmati lingkup perdagangan yang mendukung.

Dalam kaitannya dengan pasar yang dituju untuk ekspansi bisnis Indonesia, Malaysia menempati posisi teratas (22 persen) yang diikuti oleh Singapura dan Jepang.

Masih dari laporan HSBC Navigator, sembilan dari sepuluh responden survei (88 persen) memiliki pandangan positif terhadap lingkungan perdagangan internasional - dengan pertumbuhan ekonomi yang sehat (29 persen) dan mata uang yang lebih kompetitif (26 persen) sebagai pendorong utama.

Ditaksir di atas rata-rata global, sebanyak 87 persen responden dari perusahaan Indonesia menunjukkan keyakinan mereka bahwa perusahaan mereka akan berhasil dalam lingkungan perdagangan global saat ini.

"Pertumbuhan perilaku konsumsi masyarakat Indonesia menunjang perkembangan bisnis bagi industri terkait. Menurut HSBC Navigator, perusahaan-perusahaan Indonesia mengharapkan adanya kebijakan yang mendukung produksi guna meningkatkan daya saing – salah satunya melalui pertumbuhan nilai ekspor yang pesat tahun 2018, sejalan dengan pertumbuhan belanja dan berkurangnya investasi pribadi selama tahun ini," ujar Catherine.

 

Perluas Pasar

Ilustrasi pekerja (ist.)

Dilihat dari strategi bisnis, lebih dari 90 persen responden yang terdiri dari produsen, telah mengakui bahwa mereka memfokuskan bisnis pada pengawasan atas rantai pasokan. Tiga kecenderungan produsen Indonesia adalah perluasan bisnis ke negara-negara baru, meningkatnya penggunaan teknologi, dan keberlangsungan produksi untuk menetapkan tujuan jangka panjang perusahaan.

Kerangka regulasi dan tata-kelola di Indonesia berperan penting dalam praktik bisnis. Sebanyak 71 persen responden Indonesia berasumsi bahwa pemerintah dari negara mitra dagang utama semakin protektif terhadap produk lokal mereka, hal ini terlihat dari hasil yang menunjukan kenaikan 8 poin dari nilai rata-rata global.

Hal ini menunjukan kekhawatiran perusahaan-perusahaan Indonesia terhadap dampak ketegangan perang dagang yang saat ini sedang berlangsung. Dari sisi regulasi, 45 pesen bisnis menilai peraturan-peraturan yang ada memberatkan, sedangkan 31% menganggap regulasi sebagai sesuatu yang memberikan nilai positif.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diduga Depresi, Anak Pukul Ayah Kandung dengan Balok Kayu hingga Tewas

Posted: 04 Nov 2018 09:12 PM PST

Patroli Indosiar, Nganjuk - Seorang anak di Nganjuk, Jawa Timur membunuh ayah kandungnya. Pelaku mengalami depresi dan kerap mengancam ayahnya.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (5/11/2018), Ponidi (40), warga Dusun Jajar, Tanjunganom, Nganjuk, memukul ayahnya yang tidur di atas dipan kayu di luar rumah.

Suara pukulan Ponidi terdengar tetangga korban, Winarsih. Melihat korban bersimbah darah, Winarsih dan suaminya langsung melapor ke perangkat desa dan polisi.

Pelaku yang mengalami depresi baru dipulangkan dari rumah sakit jiwa satu bulan yang lalu. Karena sering diancam anaknya, Suyono selalu tidur di luar rumah.  

"Sebulan lalu pelaku dinyatakan sembuh lalu dia pulang. Namun, jiwanya kumat lagi," ujar Kapolsek Warujayeng Kompol Edi Hariadi. 

Jenazah korban langsung dievakuasi ke RS Bhayangkara Nganjuk untuk dilakukan visum. Polisi yang datang ke TKP langsung memasang garis polisi dan mengamankan pelaku. Barang bukti, balok kayu yang dipakai untuk membunuh korban juga diamankan petugas. (Karlina Sintia Dewi) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Menara London Bermandikan 10.000 Cahaya Lilin

Posted: 04 Nov 2018 09:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ribuan nyala api menyinari parit di sekitar Menara London pada hari Minggu, sebagai bagian dari upacara peringatan seratus tahun Perang Dunia Pertama.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesta Ulang Tahun Sederhana ala Kendall Jenner, Seperti Apa?

Posted: 04 Nov 2018 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kemewahan ibarat gaya hidup yang tak bisa dilepaskan dari keluarga Kardashian-Jenner. Begitu pula saat Kendall Jenner merayakan ulang tahunnya ke-21 pada 2016 lalu. Ia saat ini mengenakan gaun kristal swarovski yang berkilauan senilai 9.000 dolar Amerika.

Namun, perayaan ulang tahunnya yang jatuh pada Sabtu, 3 November 2018 lalu, Kendall Jenner tampil berbeda. Ia merayakannya dengan low party di apartemen sahabatnya, Bella Hadid, bersama para model Victoria Secret.

Dekorasi yang dipersiapkan oleh Bella cukup sederhana, tetapi membuat momen tersebut menjadi luar biasa. Dilansir Elle.com, Senin (5/11/2018), pesta tersebut dibuat dengan sangat meriah yang dilengkapi dengan makanan ringan nan lezat serta kue tart buatan rumahan.

Adik tiri Kim Kardashian itu tak mengenakan gaun mewah yang biasa membalutnya, tetapi hanya mengenakan blus turtleneck dibalut jaket hitam. Ia juga hanya mengenakan celana jins abu-abu, seperti terlihat dalam unggahan Instagram @kendalljbrasil. Penampilannya semakin sederhana saat ia memakai sepatu kets.

 

 

 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

happy birthday to my partner in crime, my best friend, my sister! @kendalljenner i couldn't have done it all without you ♥️

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kylie (@kyliejenner) pada

 

Pesta ulang tahun sederhana Kendall Jenner disambut kalimat manis dari Kylie Jenner. Sang adik melalui akun Instagram miliknya, mengunggah foto masa kecil bersama.

"Happy birthday to my partner in crime, my best friend, my sister! I couldn't have done it all without you. (Selamat ulang tahun untuk partner kenakalanku, teman baikku, saudariku! Aku tak mungkin begini tanpamu.)" 

Sementara itu, Kendall mengungkapkan rasa syukur melalui wawancaranya dengan salah satu stasiun radio Zaza World. Dikutip oleh etonline.com, Kendall merasa aman dan terlindungi dari komentar warganet tentang dirinya selama ini, karena ia memiliki orang-orang terdekat baik sahabat maupun keluarga yang mendukung dirinya saat menjalani hidup sebagai keluarga Kardashian.

"Saya pikir jika saya tidak memiliki kalian dan keluarga saya di sekitar saya, orang-orang yang sangat saya cintai, saya tidak akan memiliki keamanan yang sama dalam diri saya untuk dapat melihat komentar-komentar itu dan tidak mempedulikan mereka," ungkapnya.

 

Model kelahiran 3 November 1995, ini merayakan ulangtahunnya di Sing Sing Karaoke Bar, New York hingga pagi hari. Dalam unggahan insta story Justine Skye kala itu, yang menampilkan Kendall sedang menikmati pestanya dengan memakai topi pesta berukuran kecil dengan bulu-bulu berwarna ungu melingkar di lehernya. (Mariany)

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Fakta di Balik Lagu Karna Su Sayang yang Tengah Viral

Posted: 04 Nov 2018 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lagu berjudul "Karna Su Sayang" saat ini sedang menjadi viral dan trending di YouTube, usai dicover oleh beberapa penyanyi ternama. Sebut saja Via Vallen, Judika, hingga Nagita Slavina dan Rio Febrian turut mengcover lagu tersebut.

Namun, mungkin banyak di antara kalian yang belum familiar dengan penyanyi aslinya, bukan? Nyatanya lagu ini dinyanyikan musikus lokal asal Nusa Tenggara Timur (NTT), yaitu Near feat Dian Sorowea.

Bagi kalian yang kerap mendengar lagu ini, sudahkah tahu beberapa fakta di baliknya? Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, berikut ini deretan fakta lagu "Karna Su Sayang" yang kini sedang viral dan mencuri perhatian publik.

Pencipta dan penyanyi di baliknya

Kerap dicover musikus ternama Tanah Air, nyatanya lagu ini diciptakan oleh rapper bernama Near dan dinyanyikan oleh gadis asal Maumere bernama Dian Sorowea. Dian bahkan diketahui sangat belia. Umurnya masih 16 tahun dan saat ini masih duduk di bangku SMA.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Menggunakan Bahasa Timur

karna su sayang (foto: brilio)

Tak hanya suara penyanyinya yang merdu, lirik "Karna Su Sayang" yang menggunakan bahasa timur menjadi daya tarik tersendiri dari lagu tersebut. Meski begitu, penggunaan bahasanya tetap sederhana dan mudah dimengerti.

Mendapatkan Hampir 50 Juta Viewers

Hingga kini bahkan video tersebut sudah dilihat oleh lebih dari 47 juta kali. Angka ini tentu tak pernah dibayangkan sebelumnya oleh Near maupun Dian. Dian bahkan mengaku sangat kaget dan senang saat tahu lagunya menjadi viral.

Dicover oleh Musikus Ternama

Musikus Tanah Air bahkan tampaknya sedang terkena demam lagu ini. Bagaimana tidak, lagu ini telah dicover mulai dari Via Vallen, Judika, Ghea Indrawari, Aviwkila, Boy William, Nagita Slavina, Gen Halilintar, dan masih banyak lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendiri Lion Air Rusdi Kirana Diminta Berdiri Menghadap Keluarga Korban

Posted: 04 Nov 2018 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan keluarga korban pesawat [Lion Air](Rusdi Kirana "") PK-LQP berkumpul di Hotel Ibis Cawang, Jakarta, untuk menghadiri penjelasan proses evakuasi keluarganya yang sudah dilaksanakan selama satu minggu.

Saat proses tanya jawab, salah satu keluarga korban bernama M Bambang menyampaikan pertanyaan ke Menhub Budi Karya dan pejabat lain.

Namun, belum selesai bertanya Bambang meminta pendiri Lion Air Rusdi Kirana, yang duduk di barisan kursi depan, untuk berdiri.

"Saya mohon Pak Rusdi Kirana berdiri. Saya baru lihat pertama kali ini Pak Rusdi," katanya di lokasi.

Mendengar permintaan itu, Rusdi Kirana lantas berdiri dan menghadap ke arah korban. Ia menunduk dan menangkupkan tangan layaknya tanda permintaan maaf.

Selain itu, Bambang meminta Kemenhub memberikan sanksi tegas terhadap teknisi Lion yang mengizinkan Lion Air PK-LQP terbang. Sebab, ia mendapat info bahwa pesawat itu sudah rusak pada penerbangan sebelumnya.

"Apakah perbaikan sudah clear Bapak Menteri? Dalam hal ini teknisi harus bertanggung jawba penuh katena menyatakan pesawat celar untuk take off lagi. Yolong diprsoes hukum teknisi yang engak bener itu," ujarnya sembari menahan tangis.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badai dan Banjir Terburuk Dalam Sejarah Italia Modern, 29 Orang Tewas

Posted: 04 Nov 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Roma - Dengan kematian 12 orang di Sisilia, jumlah korban tewas dalam banjir bersejarah di Italia telah meningkat menjadi 29, ungkap Menteri Dalam Negeri setempat.

"Dua belas orang dilaporkan tewas di Sisilia. Mereka tersapu banjir ketika sedang makan malam bersama," kata Menteri Dalam Negeri Matteo Salvini, dalam sebuah konferensi pers di wilayah utara Veneto.

Dikutip dari CNN pada Senin (5/10/2018), sembilan orang tewas di antaranya merupakan anggota dua keluarga yang tengah makan malam bersama, ketika banjir meluap secara tiba-tiba dari sungai terdekat.

Brigade Pemadam Kebakaran --dinas damkar Italia-- mengatakan di Twitter bahwa kesembilan jasad terkait telah ditemukan oleh para petugas penyelam. Di antara korban adalah dua anak, berusia 1 dan 3 tahun.

Angin kencang dan hujan lebat telah memporak-porandakan banyak wilayah Italia, terutama bagian-bagian di selatan negara itu selama sepekan terakhir.

Bencana itu menyebabkan banjir terburuk dalam setidaknya satu dekade di Venesia, kerusakan lebih dari 1 miliar euro (setara Rp 17 triliun) di Veneto dan tanah longsor yang telah memusnahkan desa-desa sekitarnya.

"Situasi (pasca-banjir) di Pulau Sisilia sangatlah dramatis," ujar Perdana Menteri Giuseppe Conte, Minggu 4 November.

PM Conte segera mengadakan rapat kabinet untuk mengumumkan keadaan darurat di daerah yang terkena dampak, katanya pada konferensi pers di Palermo, Sisilia.

Badan Perlindungan Sipil Italia terus memantau situasi, mengeluarkan peringatan cuaca melalui Twitter, sementara relawan dari Palang Merah Italia bekerja untuk menyelamatkan sebanyak mungkin penduduk yang terjebak.

Beberapa kematian pekan lalu disebabkan oleh tumbangnya pohon-pohon yang ditiup angin berkakuatan 190 kilometer per jam, menumbangkan berhektar-hektar pohon di hutan, termasuk "Hutan Biola" yang terkenal sebagai pemasok kayu untuk pengrajin biola Antonio Stradivarius.

Dua orang muda meninggal di selatan Roma ketika sebatang pohon menabrak mobil mereka. Seorang lainnya tertabrak pohon ketika tengah berjalan di Kota Naples.

"Sekitar 300.000 pohon tumbang setelah angin menyapu Val d'Assa di dataran tinggi Asiago," kata Roberto Ciambetti, presiden Dewan Daerah Veneto.

Adapun 17 korban tewas lainnya merupakan hasil penghitungan terakhir Badan Perlindungan SIpil Italia, menyusul rekap data yang dihimpun dari berbagai lokasi bencana di pesisir timur, tenggara, dan selatan Negeri Pizza, demikian sebagaimana dikutip dari Globlalnews.ca.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Venesia Tenggelam

Sepasang wanita dan pria berenang di Lapangan Santo Marco yang terendam banjir air pasang di Venesia (AP/Luigi Constantini)

Sementara itu, banyak wilayah di Venesia digenangi air karena angin kencang pada pekan lalu, yang memicu gelombang tinggi sebagai salah satu bencana terburuk di kota itu pada era modern.

Lapangan Santo Markus dilaporkan tampak seperti danau, dan genangan air membanjiri lantai marmer kuno basilika setempat.

Banjir juga menggenangi beberapa puluh meter persegi dari trotoar marmer berusia 1.000 tahun di depan altar Madonna Nicopeia, ikon abad ke-12, dan menenggelamkan patung Baptisteri dan Kapel Zen.

Banjir kali ini disebabkan oleh pasang tinggi musiman, yang ditambah dengan tekanan udara rendaha di Eropa Selatan, sehingga memicu dorongan angin kencang dari Laut Adriatik ke Venesia.

Ini adalah waktu puncak tahun untuk banjir musiman yang dikenal sebagai acqua alta, atau air yang tinggi, di kota apung bersejarah tersebut.

Banjir pada saat air pasang telah menjadi jauh lebih umum di Venesia karena perubahan iklim, di mana merupakan masalah yang akan terus memburuk ketika permukaan laut naik akibat meningkatnya suhu dan melelehnya lapisan es.

Untuk menghadapinya, pemerintah Italia telah memasang sistem penghalang banjir bawah air yang inovatif, yang dikenal sebagai Proyek Musa, telah berlangsung selama bertahun-tahun. Namun, itu belum selesai, sebagian berkat korupsi dan biaya membengkak.

Seorang juru bicara Badan Perlindungan Sipil di Venesia mengatakan bahwa sistem Musa dapat mengurangi dampak luapan air asin di banyak situs bersejarah.

"Tentu saja jika proyek Musa selesai, kerusakan yang kita lihat sekarang tidak akan terjadi," katanya, "tetapi proyek itu tidak selesai karena biaya tinggi."

Di lain pihak, seorang juru bicara Konsorsium New Venice, yang bertanggung jawab atas Sistem Musa, mengatakan: "Pekerjaan (sistem) Musa dimulai pada 2003. Saat ini 92-93 persen sudah selesai."

Selain proyek Sistem Musa, Kota Venesia juga memiliki sistem untuk memantau arus dan memperingatkan limpahan air laut yang tinggi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Boyolali, Bermula dari Perjalanan Wali

Posted: 04 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Boyolali mendadak terkenal beberapa hari terakhir. Pemicunya adalah insiden ucapan "tampang Boyolali" dalam salah satu pidato kandidat presiden Prabowo Subianto. Penggunaan istilah Boyolali itu rupanya memicu protes sebagian warga setempat. Di manakah lokasi Boyolali dan bagaimana asal muasal daerahnya?

Boyolali adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya di Kecamatan Mojosongo, sekitar 25 kilometer sebelah barat Kota Surakarta. Boyolali terletak di kaki sebelah timur Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Wilayah Kabupaten Boyolali dilewati jalan negara yang menghubungkan Semarang-Solo, jalurnya berbukit-bukit. Adapun jalan provinsi yang menghubungkan Kota Boyolali dengan Kota Klaten juga menghubungkan Boyolali langsung ke Yogyakarta.

Ada juga jalan kabupaten yang menghubungkan Boyolali dengan Kota Sragen dan yang menghubungkan Boyolali dengan Mungkid, Muntilan, dan Magelang melalui Selo Pass yang melintasi celah di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Kabupaten Boyolali terkenal dengan usaha pengembangan sapi perah dan penggemukan sapi. Di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya, sangat terkenal susu dari Boyolali.

Asal Muasal Nama Boyolali

Begitu mendengar nama Boyolali, sepintas terpikir artinya yakni 'buaya lupa'. Dari pemahaman sekilas, dugaan awalnya muasal nama Boyolali ini dari kisah ada buaya yang lupa diri.

Namun, rupanya asal nama Boyolali ini jauh dari hewan pemangsa itu. Dari situs Pemkab, nama Boyolali belum disebutkan dalam cerita Babad Pengging Serat Mataram. Begitu pun pada masa Kerajaan Demak Bintoro maupun Kerajaan Pengging, belum dikenal nama Boyolali.

 

Ki Ageng Pandanaran 'Wis Lali'

Warga membawa makanan menuju makam Desa Selo, Kabupaten Boyolali, Kamis (3/5). Tradisi ini Sebagai perayaan menyambut datangnya bulan ramadan, kemudian dilanjutkan makan bersama di pertigaan jalan desa. (Liputan6.com/Gholib)

Satu versi menyebutkan nama ini berkaitan dengan cerita Ki Ageng Pandan Arang, bupati Semarang pada abad XVI.

Cerita bermula ketika Ki Ageng Pandan Arang yang lebih dikenal dengan Tumenggung Notoprojo diramalkan oleh Sunan Kalijogo sebagai wali penutup menggantikan Syeh Siti Jenar. Oleh Sunan Kalijogo, Ki Ageng Pandan Arang diutus untuk menuju ke Gunung Jabalakat di Tembayat (Klaten) untuk menyiarkan agama Islam.

Dalam perjalanannya dari Semarang menuju Tembayat, Ki Ageng banyak menemui rintangan dan batu sandungan sebagai ujian. Ki Ageng berjalan cukup jauh meninggalkan anak dan istri. Ketika berada di sebuah hutan belantara, dia dirampok oleh tiga orang karena dikira membawa harta benda.

Ternyata dugaan itu keliru, maka tempat inilah sekarang dikenal dengan nama Salatiga. Perjalanan diteruskan hingga sampailah di suatu tempat yang banyak pohon bambu kuning atau bambu Ampel dan tempat inilah sekarang dikenal dengan nama Ampel yang merupakan salah satu kecamatan di Boyolali.

Dalam menempuh perjalanan yang jauh ini, Ki Ageng Pandan Arang semakin meninggalkan anak dan istri. Sambil menunggu mereka, Ki Ageng beristirahat di sebuah batu besar yang berada di tengah sungai.

Ketika itu Ki Ageng berucap "Bayawis lali wong iki" yang dalam bahasa Indonesia artinya "Sudah lupa kah orang ini?".

Dari baya wis lali maka jadilah nama Boyolali. Batu besar yang berada di Kali Pepe yang membelah kota Boyolali diduga sebagai tempat beristirahat Ki Ageng Pandan Arang selama menunggu anak dan istrinya.

Belum ada penelitian mengenai sejarah batu ini. Begitu juga sebuah batu yang cukup besar yang berada di depan Pasar Sunggingan Boyolali. Konon menurut masyarakat setempat batu ini merupakan tempat Nyi Ageng Pandan Arang beristirahat.

Ketika istirahat, Nyi Ageng mengetuk-ngetukan tongkatnya di batu ini dan batu ini menjadi berlekuk-lekuk mirip sebuah dakon (mainan anak-anak tempo dulu).

Karena batu ini mirip dakon, masyarakat sekitar Pasar Sunggingan menyebutnya Mbah Dakon. Hingga sekarang, batu ini dikeramatkan oleh penduduk dan merekapun tak ada yang berani mengusiknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Nila Puji Tangerang sebagai Kabupaten/Kota Sehat

Posted: 04 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Tangerang Memperingati Hari Kesehatan Nasional 2018, Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek memuji Tangerang sebagai kabupaten/kota yang sehat. Hal ini juga didukung Kota Tangerang yang beberapa kali menerima penghargaan.

"Beberapa kali penghargaan untuk Tangerang ini sebagai kabupaten/kota yang sehat. Pemerintah daerah dan jajarannya aktif melakukan pola pendekatan kota sehat di wilayahnya," ungkap Menkes Nila dalam sambutan Peresmian Pembukaan Pertemuan Kabupaten/Kota Sehat ke-4 Tahun 2018 di Kantor Walikota Tangerang, ditulis Senin (5/11/2018).

Menkes Nila juga memuji upaya Walikota Tangerang Arief R Wismansyah beserta jajarannya aktif mengajak masyarakat Tangerang untuk menerapkan pola hidup sehat. Salah satu upaya dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang yakni melakukan olahraga bersama masyarakat setempat.

Senam Sapa Sehat ini rupanya dilakukan rutin setiap hari Jumat. Kegiatan ini bentuk pengabdian untuk mewujudkan masyarakat Tangerang yang sehat. Sapa Sehat dilakukan di 36 puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Limbah dijaga sesuai kapasitas ambang normal

Menkes Nila puji Tangerang sebagai kabupaten/kota sehat. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Untuk mencegah penyebaran penyakit, Menkes Nila juga mengimbau kepada pelaku industri agar menjaga ambang batas buangan limbah di sungai yang ada di Tangerang. Ini juga menjadi catatan untuk para pelaku industri agar tidak mencemari sungai dengan limbah yang di atas ambang batas normal.

"Buat pelaku industri, tolonglah dijaga limbah (sesuai ambang batas normal). Karena kalau tidak dijaga, buangan limbah kan bisa menyebarkan berbagai penyakit (diare, gangguan pernapasan)," tambahnya.

Selain itu, penghargaan kabupaten/kota sehat yang disandang Tangerang diharapkan membawa dampak positif terhadap sistem manajemen sehat kota lain.

"Ini untuk mendukung paradigma sehat dan gerakan masyarakat hidup sehat. Jangan lupa melakukan aktivitas fisik dan makan sayur juga buah. Sesuai amanah dari presiden, pendekatan kabupaten/kota sehat ini menuju Indonesia sehat," tutup Menkes Nila.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung Singapura Vs Timnas Indonesia di Vidio.com

Posted: 04 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Kallang - Timnas Indonesia akan segera memulai petualangannya di Piala AFF 2018. Singapura yang akan jadi lawan pertama tim besutan Bima Sakti itu pada laga Grup B di National Stadium, Jumat (9/11/2018).

Saat ini Timnas Indonesia tengah melakukan pemusatan latihan (TC) tahap akhir di Cikarang. Latihan perdana di Stadion Wibawa Mukti pun sudah dilakukan sejak Jumat (2/11/2018) dan diikuti 23 pemain, termasuk Andik Vermansah yang menggantikan tempat Saddil Ramdani.

Persiapan ini akan dimaksimalkan demi kematangan permainan Timnas Indonesia sebelum melakoni laga tandang ke markas Singapura. Meski di atas kertas diunggulkan, laga perdana kerap memberikan beban tersendiri bagi semua tim.

Mengingat format baru akan diberlakukan di Piala AFF 2018, Timnas Indonesia akan mendapatkan jatah dua laga kandang dan dua laga tandang. Selain Singapura, tim Merah Putih juga akan melawat ke markas Thailand.

Untuk dua laga tandang, Timnas Indonesia akan mencoba memanfaatkannya saat menjamu Timor Leste dan Filipina. Empat laga itu harus dimaksimalkan skuat Garuda jika ingin mewujudkan impian jadi juara untuk kali pertama.

 

Jadwal Timnas Indonesia

9 November 2018

19.00 WIB, Singapura vs Indonesia

National Stadium

Live Streaming di Vidio.com 

Skuat Indonesia

Kiper

1. Andritany Ardhiyasa, Persija

2. Muhammad Ridho, Borneo FC

3. Awan Setho, Bhayangkara FC

 

Belakang

4. I Putu Gede, Bhayangkara FC 

5. Gavin Kwan, Barito Putera 

6. Hansamu Yama, Barito Putera 

7. Fachruddin Aryanto, Madura United

8. Bagas Adi, Arema FC 

9. Ricky Fajrin, Bali United

10. Alfath Fathier, Madura United

11. Rizki Pora, Barito Putera

 

Gelandang

12. Zulfiandi, Sriwijaya FC

 13. Muhammad Hargianto, Bhayangkara FC 

14. Bayu Pradana, Mitra Kukar

15. Stefano Lilipaly, Bali United 

16. Evan Dimas, Selangor FA

17. Septian David, Mitra Kukar

18. Irfan Jaya, Persebaya

19. Andik Vermansah, Kedah FA

20. Febri Hariyadi, Persib

21. Riko Simanjuntak, Persija

Striker

22. Dedik Setiawan, Arema FC

23. Alberto Goncalves, Sriwijaya FC

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Galaxy S10 Tak Punya Fitur Iris Scanner?

Posted: 04 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Fitur keamanan iris scanner jadi salah satu fitur penting dalam flagship smartphone besutan Samsung. Dimulai dari Galaxy Note 7, fitur ini tidak pernah absen pada seri Galaxy Note dan S setelahnya, setidaknya hingga yang terbaru di Galaxy Note 9.

Namun tampaknya, fitur iris scanner bakal berhenti di Galaxy Note 9. Demikian seperti diberitakan dalam laporan terbaru yang laman BGR yang Tekno Liputan6.com kutip, Senin (5/11/2018).

Dalam laporan ETNews, dihilangkannya fitur iris scanner ini merupakan bentuk pengorbanan yang mesti dilakukan karena perusahaan bermaksud menghadirkan fitur keamanan lain, yakni sensor sidik jari ultrasonik di layar.

Kabarnya, dari tiga tipe Galaxy S10 yang dikembangkan Samsung, dua di antaranya akan kebagian fitur fingerprint ultrasonik.

Model Galaxy S10 yang paling murah kemungkinan memiliki fingerprint di layar, atau setidaknya tombol sidik jari di sisi smartphone.

Sekadar informasi, sensor ultrasonik di fingerprint Samsung dibesut oleh Qualcomm sehingga bakal lebih cepat dan aman dibandingkan yang tersemat pada smartphone merek lainnya.

Sementara itu, sistem pengenalan wajah milik Samsung hingga saat ini dianggap belum seaman Face ID milik Apple ataupun pemindai sidik jari.

Hilangkan Iris Scanner Demi Layar Bezeless

Samsung Galaxy S8 - Iris Scanner. Liputan6.com/Iskandar

Bicara iris scanner, ketiadaannya pada flagship smartphone Samsung memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan ukuran layar Infinity Display tanpa harus meningkatkan ukuran bodi smartphone.

Dalam laporan sebelumnya, Bloomberg menyebut, Galaxy S10 akan memiliki tampilan layar yang lebih luas, dengan bezel yang lebih tipis. Selain itu, baru-baru ini ada kabar Samsung akan merilis Galaxy A8s dengan layar mirip dengan konsep Galaxy S10 di atas.

Layar tersebut diharapkan akan digunakan pada Galaxy S10, dalam hal ini memiliki sebuah lubang tempat kamera selfie.

Dihilangkannya iris scanner juga merupakan langkah yang diperlukan Samsung untuk membuat desain layar lebih minim bezel. Pasalnya, komponen iris scanner mengambil terlalu banyak ruang di bagian atas smartpone.

Tampilan Galaxy S10

Gambar render Galaxy S10 (Foto: Twitter @VenyaGeskin1)

Sebelumnya, beredar gambar render penampakan Galaxy S10 yang hadir tanpa bezel.

Gambar render flagship smartphone Samsung terbaru ini, dibuat oleh desainer konsep Ben Geskin. Ia merancangnya dari sejumlah rumor yang sebelumnya sudah ramai beredar di internet.

Perangkat ini hadir dengan bezel bawah dan atas yang sangat tipis, bahkan nyaris tidak ada bezel.

Dibandingkan dengan pendahulunya, yakni Galaxy S9 dan Galaxy S10 dalam render digambarkan sebagai perangkat yang sangat minim bezel.

Gambar render Galaxy S10 (Foto: Twitter @VenyaGeskin1)

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Pocket Lint, Selasa (30/10/2018), terdapat juga fingerprint di layar (in-display fingerprint scanner) yang terlihat dari ikon fingerprint di layar. Kemudian, kamera utamanya memiliki 3 lensa.

Dibandingkan pendahulunya, teknologi terbaru yang paling signifikan, sebagaimana dilaporkan Bloomberg adalah kamera depan yang terletak di layar.

Jika merujuk gambar render tersebut, artinya tak bakal ada notch di Galaxy S10.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda Project G Menjadi Sinyal Scoopy Generasi Terbaru?

Posted: 04 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun tanpa membawa model baru, PT Astra Honda Motor (AHM) banyak menghadirkan model konsep di gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 yang resmi berakhir, Minggu (4/11/2018). Salah satunya, skuter matik (skutik) next generation , atau yang disebut Project G.

Jika dilihat dari penampakannya, skutik ini memiliki tampilan yang mirip dengan honda Scoopy. Dengan desain layaknya skutik klasik dan warna yang cukup menggoda. Lalu, apakah skutik konsep Project G ini bakal menjadi Honda Scoopy generasi baru?

Dijelaskan Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya, pihaknya menghadirkan skutik konsep ini karena yang pertama, melihat pasar sepeda motor matik yang memang cukup besar di Asia. Alasan kedua, untuk di pasar Indonesia sendiri skutik memiliki kontribusi yang cukup signifikan, hingga di atas 85 persen.

"Ketiga, kami ingin melihat dan mempelajari agar segmen skutik ini lebih atraktif. Ada atau tidak kebutuhan yang di luar dari model yang sudah ada, seperti Honda BeAT, Scoopy, atau Vario," jelas Thomas saat berbincang dengan wartawan beberapa waktu lalu.

Lanjut Thomas, untuk mempelajari hal tersebut, pabrikan berlambang sayap mengepak ini melakukan dengan membawa sepeda motor konsep berbentuk skutik.

"Kami ingin melihat dari produk yang berbeda, dari yang suda ada. Nanti, demand-nya atau pasarnya seperti apa. Yang pasti berbeda dari produk yang sudah ada, berbeda dari Scoopy, BeAT, dan lainnya," tegasnya.

Selanjutnya

Sementara itu, skutik Project G ini sendiri dikembangkan oleh tim RnD dari berbagai negara, termasuk Indonesia, Jepang, dan negara Asia lainnya.

"Fiturnya? Nah, kami ingin bertanya ke konsumen fiturnya apa saja, begitu juga dengan kapasitas mesinnya," pungkasnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maia Estianty Gelar Resepsi Pernikahan di Indonesia?

Posted: 04 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan Maia Estianty dan Irwan Mussry digelar di Masjid Tokyo Camii, Jepang pada 29 Oktober 2018 lalu. Hanya keluarga dekat dan anak-anak Maia Estianty yang hadir di momen bersejarah itu.

Sementara, teman-teman sesama artis Maia Estianty tetap berada di Indonesia. Meski ikut mengucapkan selamat mengakhiri status janda, mereka tak ikut menemani Maia Estianty menikah dengan Irwan Mussry di Jepang.

Armand Maulana selaku rekan Maia Estianty sebagai juri di ajang Indonesian Idol pun tak diundang. Meskipun begitu, vokalis GIGI ini tetap turut berbahagia atas pernikahan Maia Estianty.

"Wah dia sepertinya lagi bahagia banget nih. Tapi sesama juri (idol) memang nggak terlalu bahas rumah tangga gitu ya, paling bercandaan saja. Dia memang lagi bahagia banget ya kalau dilihat dari IG-nya juga kan dia tuh unggah foto kebahagiaan terus," ujar Armand Maulana ketika ditemui di Vidio Fair 2.0 di Gandaria City, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

 

Gelar Resepsi di Indonesia?

(Instagram/maiaestiantyreal)

Armand Maulana lalu memberi sedikit bocoran jika ada kemungkinan Maia dan Irwan bakal mengadakan resepsi pernikahan di Indonesia nantinya. Namun untuk kepastiannya, suami dari Dewi Gita ini masih menunggu kabar dari Maia. 

"Nggak, dia justru minta maaf ke juri idol bahwa kali ini dia nggak bisa (undang), karena ini keluarga doang, 'Doa aja gue pengen bikin pesta kecil-kecilan, kalian pasti diundang'. Nggak tahu, dia baru nyeletuk doang sih, dia bilang mungkin jadi, mungkin nggak (gelar resepsi di Indonesia)," sambung Armand Maulana.

 

Doa Armand Maulana

(Instagram/rhanyseruni77)

Sebagai salah satu teman dekat Maia, Armand sudah tahu mengenai hubungan Maia dan Irwan sejak cukup lama. Tak lupa ia memberikan doanya agar Irwan jadi pasangan Maia yang terakhir hingga maut memisahkan. 

"Kalau sama Irwan memang sudah lama ya tahunya. Dia tuh baik. Irwan dan saya emang jarang ketemu, tapi baik. Semoga langgeng, semoga terakhir, bisa sampai nenek kakek. Kalau punya anak lagi gue nggak tahu," pungkas pria berusia 47 tahun ini. (Kapanlagi.com/ Guntur Merdekawan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pedagang Tahu Keliling di Tegal Tewas dengan Luka Bacok

Posted: 04 Nov 2018 08:57 PM PST

Patroli Indosiar, Tegal - Seorang pedagang tahudi Tegal, Jawa Tengah ditemukan terluka penuh bacokan di dalam mobilnya usai berjualan. Suhaeli, warga Desa Pagedangan ini diduga menjadi korban perampokan dan penganiayaan, 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (5/11/2018), sejumlah petugas Satreskrim Polres Tegal langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di tempa pembuangan akhir sampah (TPST) di kawasan Dua, Kabupaten Tegal. 

Polisi menyita mobil pikap milik korban serta sepucuk celurit. 

Suhaeli  yang sehari-hari berjualan tahu aci keliling, pertama kali ditemukan warga berada di dalam mobil pikap dengan luka bacok di kaki, perut, dan punggungnya. Dia kemudian dibawa ke Rumah Sakit PKU Muhammadiyah untuk mendapatkan perawatan.

Hingga saat ini, petugas masih terus melakukan penyelidikan untuk mencari titik terang peristiwa yang terjadi. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonomi RI Kuartal III Tumbuh 5,17 Persen, Ini Alasannya

Posted: 04 Nov 2018 08:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi kuartal III 2018 sebesar 5,17 persen. Pertumbuhan ekonomi ini lebih rendah jika dibandingkan dengan  kuartal II 2018 sebesar 5,27 persen. 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Kecuk Suhariyanto, mengatakan pertumbuhan ekonomi kuartal II 2018 dipengaruhi oleh beberapa hal. Pertama, harga komoditas nonmigas yang menurun. 

"Harga komoditas nonmigas mengalami penurunan. Migasnya naik, nonmigas menurun. Misal terjadi penurunan untuk beberapa komoditas pertanian seperti daging sapi, minyak sawit, kopi, teh menurun baik qtq atau yoy," ujar Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta, Senin (5/11/2018).

Suhariyanto menjelaskan, selain turunnya harga komoditas, pertumbuhan ekonomi kuartal III juga dipengaruhi oleh kondisi perekonomian global yang menunjukkan perlambatan kecuali Amerika Serikat (AS). Beberapa di antaranya Eropa, Tiongkok, Singapura, Korea Selatan dan negara berkembang lainnya. 

"Beberapa pertumbuhan ekonomi di tiga negara yang menjadi tujuan utama ekspor Indonesia juga melambat. Tiongkok itu tujuan utama ekspor Indonesia, menempati ranking satu dan ekspor Indonesia share nya 14,5 persen. Tiongkok pada triwulan III sedikit menurun menjadi 6,5 persen dari 6,7 persen. Jadi turun 0,02 persen," ujar dia.

"AS juga tujuan utama ekspor Indonesia menempati ranking kedua, share ekspornya 10,81 persen. Yang tadinya 2,9 persen sekarang menjadi 3 persen. Singapura juga salah satu tujuan ekspor Indonesia, berada di ranking 6. Share nya 4,92 persen. Singapura melambatnya dalam. Pada kuartal II-2018 2,6 persen," sambungnya.

Sementara itu, inflasi terkendali selama kuartal III 2018 yaitu sebesar 2,88 persen. Inflasi penting karena menjadi defelator dalam pertumbuhan ekonomi.

Kemudian realisasi belanja pemerintah pada kuartal ini juga bagus, dari pagu yang ada, penyerapannya telah mencapai 25,58 persen. 

"Bandingkan dengan kuartal III 2017 pada waktu itu realisasi nya hanya 22,57 persen. Jadi jauh lebih bagus dibanding kuartal III-2017. Naiknya realisasi belanja pemerintah ini karena adanya peningkatan realisasi belanja pemerintah pusat dan transfer pemerintah pusat ke daerah," ujar dia.

 

 Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III 2018 Capai 5,17 persen

Pekerja menyelesaikan pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Senin (7/5). Pertumbuhan ekonomi kuartal 1 2018 tersebut lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi pada periode sama dalam tiga tahun terakhir.  (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III 2018 sebesar 5,17 persen. Angka ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya 5,06 persen.

"Pertumbuhan ekonomi ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan kuartal III 2017 sebesar 5,06 persen," ujar Kepala BPS Suhariyanto di kantornya, Senin 5 November 2018.

Suhariyanto menjelaskan meski lebih tinggi jika dibandingkan periode sama 2017, angka ini lebih rendah jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi kuartal II 2018 yang tercatat 5,27 persen.

"Kita masih punya satu triwulan lagi hingga akhir tahun. Kalau itu bagus kami harap pertumbuhan ekonomi secara tahunan bagus," ujar dia.

Sebelumnya, ekonom memperkirakan  pertumbuhan ekonomi kuartal III 2018 di angka 5,05 persen. 

"Pertumbuhan ekonomi kuartal III 2018 diprediksi sebesar 5,05 persen," ujar Pengamat Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin 5 November 2018.

Dia menjelaskan, faktor yang menyebabkan pertumbuhan ini lebih rendah yaitu kinerja ekspor tumbuh tapi cukup lambat karena pengaruh proteksi dagang dari India yang menaikkan bea masuk CPO menjadi di atas 50 persen. 

"Permintaan bahan baku dari negara tujuan ekspor tradisional juga masih loyo," kata dia.

Konsumsi rumah tangga pasca Lebaran juga kembali ke kisaran 4,9 persen-5 persen. Ini artinya konsumsi yang selama ini berkontribusi dominan terhadap pertumbuhan ekonomi tidak mampu dorong pertumbuhan yang lebih tinggi.

"Bunga bank mulai naik jadi masyarakat lebih menahan diri untuk konsumsi barang. Efek pelemahan rupiah meskipun belum menaikan harga barang secara umum namun berpengaruh ke prilaku masyarakat yang menurunkan tingkat pengeluarannya," kata dia. 

"Selain itu ada ekspektasi kenaikan harga BBM jenis nonsubsidi masyarakat lebih banyak berhemat dan berjaga-jaga," lanjutnya.

Sedangkan dari sisi investasi, pengaruh eksternal dan tahun politik membuat investasi asing (foreign direct investment/FDI) mengalami penurunan. Hal ini berdasarkan data realisasi investasi kuartal III yang turun 1,6 persen.

"Sektor manufakturnya juga belum nendang. Ini yang jadi kekhawatiran. Produksi industri sedang dan besar growth-nya cuma 5,04 persen di kuartal III 2018. Sementara di kuartal III 2017 sebesar 5,46 persen," ungkap dia.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suasana Haru Iringi Pemakaman Jaksa Dodi Junaedi Korban Lion Air Jatuh

Posted: 04 Nov 2018 08:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah Dodi Junaedi, salah satu korban jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP, dimakamkan di Pemakaman Wakaf Seroja, Bintaro, Jakarta Selatan, Senin (5/11/2018). Suasana haru mengiringi pemakaman jaksa muda yang terakhir menjabat sebagai Kasi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Pangkalpinang itu.

Setelah sempat disemayamkan di Kejaksaan Agung, jenazah korban kecelakaan Lion Air kemudian dibawa ke Masjid Al Tajriyah di dekat rumahnya. Sang istri, Sefti Drusbianti, bersama tiga anaknya tampak tegar saat mengiringi jenazah suaminya menuju masjid.

Pemandangan serupa juga terlihat saat jenazah dibawa ke pemakaman. Namun, ibu tiga anak itu tetap tak mampu menyembunyikan kesedihannya, meski berusaha tegar.

Almarhum Dodi diketahui meninggalkan seorang istri dan tiga anaknya yang kini duduk di bangku kelas 1 SMP, 6 SD, dan 2 SD. Mereka semua ikut menyaksikan sang ayah dimasukkan ke liang lahad.

Tak ada suara tangis dari istri maupun ketiga anaknya saat Dodi mendapatkan penghormatan terakhir. Isak tangis baru terdengar lirih saat peti berisi jasad jaksa muda itu diturunkan ke liang lahad.

 

Memeluk Nisan

Pemakaman Jaksa Dodi Junaedi Korban Lion Air Jatuh. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Istri dan ketiga anaknya yang semula terlihat tegar tak mampu membendung air mata kala jenazah mulai diuruk tanah. Sang istri langsung memeluk nisan kayu penanda kuburan suaminya sambil menitikkan air mata tak kuasa menahan tangis.

Terlihat beberapa kerabat menepuk pundaknya berusaha menenangkan. Beberapa teman sekolah anak Dodi juga ikut menghadiri pemakaman. Mereka bergantian salaman dan memeluk anak almarhum.

Dodi Junaedi merupakan salah satu penumpang pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin, 29 Oktober lalu. Jenazah Dodi berhasil diidentifikasi tim DVI di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur, bersama beberapa korban lainnya, Minggu, 4 November 2018.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan PSMS, Tim Medis Jelaskan Kondisi Striker Persib

Posted: 04 Nov 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Striker Persib Bandung, Jonathan Bauman, mengalami cedera usai melakoni pertandingan melawan Bhayangkara FC, Sabtu 3 November 2018, di laga lanjutan Liga 1. Joni, sapaan akrab Bauman, kini tengah mendapat perawatan medis untuk pemulihannya.

Dokter tim Persib, dr. M. Raffi Ghani, menjelaskan Bauman mendapat cedera pada bagian lengan sebelah kiri usai berbenturan dengan Jajang Mulyana.

"Bauman masih merasakan nyeri setelah dislokasi (cedera tulang dan sendi yang berpindah dari tempat aslinya) pada bahu kirinya kita reposisi (penempatan kembali ke posisi semula). Tapi, setelah kita bawa ke rumah sakit, alhamdulilah hasil dari pemeriksaan x-ray tidak ada patah tulang," kata Raffi, seperti dilansir situs resmi klub.

Kendati demikian, Raffi harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait cedera pemain bernomor punggung 99 tersebut. Ia bersama tim dokter Persib pun siap bekerja keras agar Joni bisa segera pulih dan kembali merumput bersama Maung Bandung.

"Tapi, saya harus melakukan observasi untuk mengetahui jaringan sekitar bahunya. Saat ini masih fase akut. Setelah nyeri dan fase akutnya berkurang, kita akan lakukan pemeriksaan lanjutan," ujarnya.

Lebih Bertaji

Bek Persib Bandung, Bojan Malisic, melakukan selebrasi usai membobol gawang Arema FC pada laga Liga 1 di Stadion GBLA, Jawa Barat, Kamis (13/9/2018). Persib menang 2-0 atas Arema FC. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sebelumnya, Bauman sempat tak membela Persib lantaran sanski larangan bermain dari Komisi Disiplin PSSI. Bauman dijatuhi sanksi larangan dua pertandingan.

Padahal, Bauman bersama Ezechiel N'Douassel adalah pemain kunci Persib. Lini serang Maung Bandung menjadi lebih bertaji dengan hadirnya duet striker asing tersebut.

Kontribusi

Terbukti, saat menaklukkan Bhayangkara FC, N'douassel dan Bauman langsung mencetak gol. Kedua selalu saling mengisi di setiap pertandingan Persib di Liga 1.

Persib dijadwalkan akan bertemu PSMS Medan di pekan ke-30. Laga melawan Ayam Kinantan itu akan digelar pada 9 November 2018 mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirjen Dukcapil: Masih Ada 6 Juta Penduduk Belum Rekam E-KTP

Posted: 04 Nov 2018 08:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengadakan seminar nasional di kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Seminar ini digelar untuk meningkatkan mutu pelayanan melalui pemanfaatan data administrasi kependudukan.

Acara yang digelar di Balairung Jenderal Rudini, Senin (5/11/2018) tersebut dihadiri Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhurlloh, Rektor IPDN Ermaya Suradinata, dan perwakilan Bank Dunia Yongmei Zhou.

Pada sambutannya, Zudan mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu tujuan Kemendagri dalam rangka memperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam menggunakan data kependudukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kemendagri ingin memperkuat SDM oleh karena itu selain pengembangan melalui instansi pendidikan dengan mendirikan jurusan administrasi kependudikan seperti di IPDN, seminar nasional seperti ini menjadi penting," kata Zudan.

Dia melanjutkan, setiap waktu berlalu bangsa ini menghadapi perubahan situasi baik secara nasional maupun internaisonal. Untuk menghadapi perubahan tersebut, pelayanan di bidang adiministrasi penduduk harus terus dikembangkan.

"Di dalam tataran administrasi kependudukan, kita jangan melihat UU No 23/2006 sebagai dokumen statis. Kita harus memikirkan sudah terjadu lompatan yang panjang dalam 12 tahun terakhir ini. Tahun 2006 belum terbangun data center seperi sekarang, belum berkembang aplikasi digital," ujarnya.

Dia menjelaskan, manajemen pemerintahan tidak boleh menyelesaikan masalah administrasi kependudukan saat ini dengan pendekatan masa lalu. Namun problem saat ini harus diselesaikan saat ini.

"Saat ini sudah ada Perpres 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Revolusi adminduk yang kita jalankan sudah evolutif. Prosedur yang tadinya panjang jadi dipotong lebih pendek, persyaratan yang tidak perlu jangan diulang," tuturnya.

"Dalam database kita, sebanyak 97 persen warga harus ber-KTP elektronik sudah melakukan perekaman penduduk. Dari 191 juta, yang sudah merekam sebanyak 185 juta. Kurang 6 juta lagi, mari kita kompak bergerak bersama serentak meneyelesaikan 6 juta lagi itu," sambungnya.

 

Lampaui Target

Selain perekaman kependudukan, Zudan mengatakan, akte kelahiran pada 2019 juga sudah melampaui target. "Tanggal 31 Desember 2019, capaian akte kelahiran 85 persen. Pada 30 September 2018, target sudah dilampaui dnegan 90,6 persen," kata dia.

Di hadapan peserta undangan yang terdiri dari perwakilan Dinas Kependudukan Kota/Kabupaten dan Provinsi, serta tamu undangan lainnya, Zudan juga berharap pelayanan yang diberikan mampu meningkatkan kepercayaan publik pada pemerintah.

"Wajib menjawab keprcayaan publik. Dalam tata kelola adminduk, pungutan liar harus kita hindari. Seluruh layanan aminduk sudah digratiskan, tidak boleh dipingut biaya lain. Kalau kepercayaan publik dibangun, ujung tertinggi pemerintahan yaitu mampu membangun reputasi pemerintagan yang bersih. Mari kita bersama-sama membangun pemerintahan yang bereputasi unggul," jelasnya.

Sementara itu, Rektor IPDN Ermaya Suradinata menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan hari ini. Ermaya mengatakan, IPDN mendukung upaya pemanfaatan data penduduk untuk peningkatan pelayanan publik ke depan.

"Kami mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada peserta. Kegiatan seminar ini adalah salah satu cara meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan materi diskusi yang menarik," ungkapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orangtua Korban: Pesawat Lion Air Jatuh, Rusdi Kirana Gagal

Posted: 04 Nov 2018 08:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Orangtua salah satu korban Lion Air PK-LQP Shandy Johan Ramadhan memberikan apresiasi kepada Basarnas dan pihak lain yang membantu pencarian pesawat pascakecelakaan. Ia juga berterima kasih kepada Syachrul Anto, relawan yang tewas saat bertugas mengevakuasi korban dan bangkai pesawat yang tenggelam di Perairan Kawarang. 

Namun, ia menolak berterima kasih kepada Rusdi Kirana. Rusdi merupakan pendiri Maskapai Lion Air. Kini ia menjabat Duta Besar RI untuk Malaysia.

"Rusdi Kirana saya anggap gagal," kata orangtua Shandy di Hotel Ibis Cawang, Jakarta Timur, Senin (5/11/2018).

Menurut orangtua Shandy, Rusdi Kirana tak berhasil mengelola maskapainya. Ia mengatakan, kecelakaan pesawat PK-LQP merupakan kejadian kesekian yang dialami Lion Air.

Orangtua Shandy juga menyebut Lion Air tak tanggap. Ia mengaku tak pernah sekali pun dihubungi pihak Lion Air selepas peristiwa yang menimpa anaknya.

"Kami kehilangan anak kami terkasih, bukan barang yang dibuang ke laut," ia berujar.

Tak hanya itu, orangtua Shandy meminta proses hukum terhadap kecelakaan Lion Air dilakukan.

 

Tak Pecah di Udara

Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT, Soerjanto Tjahjono, mengungkap dugaan kecelakan pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610. Dugaan sementara, pesawat tidak meledak di udara.

"Pesawat mengalami pecah ketika bersentuhan dengan air, ketika impact terhadap air, dan pesawat tidak pecah di udara," kata Soerjanto di Hotel Ibis, Cawang, Jakarta Timur, Senin (5/11/2018).

Hal ini juga dipejelas dengan temuan serpihan-serpihan pesawat yang kecil. Menurut Soerjanto, bila pesawat tersebut meledak di udara, maka serpihan akan lebih tersebar.

"Ketika pesawat menyentuh air, kecepatannya cukup tinggi, maka serpihan yang terjadi sedemikian rupa. Menandakan energi yang dilepas saat itu sangat luar biasa," ujar Soerjanto.

Saksikan video pilihan di bawah ini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pidato RM BTS di Sidang Umum PBB Jadi Bahan Ujian Sekolah

Posted: 04 Nov 2018 08:40 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Tak bisa dipungkiri, pidato RM BTS dalam Sidang Umum PBB ke-73 pada September lalu adalah sebuah momen bersejarah dalam industri K-Pop. Pasalnya, RM dkk adalah grup K-Pop pertama yang hadir dalam perhelatan akbar tersebut.

Rupanya, pencapaian BTS ini tak hanya diapresiasi kalangan industri musik saja. Sejumlah pendidik, bahkan menjadikan pidato BTS ini sebagai bahan ujian di sekolah.

Dilansir dari Soompi, Senin (5/11/2018), tak hanya satu-dua guru saja yang melakukannya. Ada banyak contoh mengenai hal ini, yang beredar di media sosial.

Dalam ujian bahasa Inggris di sebuah SMA Korea, misalnya. Para murid diminta untuk menyusun sejumlah paragraf dari pidato RM BTS telah yang diacak, sehingga membentuk urutan yang benar.

SD hingga SMA

Pidato RM BTS di PBB jadi bahan ujian (Soompi)

Tak hanya di SMA, pidato RM ini pun menjadi salah satu bahan tugas di sebuah SD.

Di tempat lain, seorang guru SMA Korea menuliskan kutipan pidato yang disampaikan oleh RM BTS tentang seruan untuk mencintai diri sendiri, dan keberanian untuk menjadi diri sendiri dan belajar dari kesalahan.

Ia meminta murid untuk menonton video pidato tersebut, sebelum menghadapi tes di hari berikutnya.

Negara Lain pun Melakukan

BTS. (AP/Craig Ruttle)

Yang menarik, fenomena ini ternyata tak hanya terjadi di Korea Selatan saja. Guru di Vietnam, Amerika Serikat, dan Singapura, juga memasukkan pidato RM BTS ke dalam materi yang mereka ajar. 

Kalau sudah begini, tentu saja para penggemar BTS bakal lebih rajin belajar, bukan? 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IPO, Kota Satu Properti Incar Laba Rp 15 Miliar pada 2019

Posted: 04 Nov 2018 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Kota Satu Properti Tbk (SATU) menargetkan perolehan laba bersih antara Rp 10-15 miliar pada 2019.

Hal ini ditegaskan oleh Chief Executive Officer (CEO) PT Kota Satu Properti Tbk, Prajitna Kasim di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Senin pagi (5/10/2018).

Adapun laba bersih Perseroan hingga akhir tahun ini diperkirakan berkisar antara Rp 4-5 miliar. Hingga  kuartal III 2018, Perusahaan yang bergerak di industri properti ini telah mencatat keuntungan sebesar Rp 4 miliar.

"Profit tahun depan enggak muluk-muluk karena kami baru memulai bisnis ini tiga tahun terakhir. Proyeksi kami untung tapi hanya Rp 10-15 miliar. Kuartal III ini Rp 4 miliar. Sampai 2018 Desember ini enggak beda jauh Rp 4-5 miliar," tutur dia di Gedung BEI. 

Prajitna menambahkan, raihan laba bersih Perseroan tahun depan antara lain akan ditopang oleh pertumbuhan penjualan pemasaran (marketing sales). Pada 2019, Perseroan memproyeksikan marketing sales tumbuh antara 66,6 persen hingga 90,5 persen menjadi Rp 70-80 miliar. 

Adapun marketing sales sepanjang tahun ini diprediksi mencapai Rp 42 miliar. Marketing sales ini naik Rp 20 persen dibandingkan realisasi marketing sales pada 2017 yakni Rp 35 miliar.

Ia menambahkan, 70 persen pendapatan Perseroan berasal dari penjualan di antaranya penjualan perumahan di Amaya. Sementara sisanya sekitar 30 persen dikontribusikan pendapatan berulang (recurring income).

"Pendapatan paling terbesar adalah penjualan rumah di amaya 60 persen kemudian dari hotel kami miliki sendiri 40 persen. Kami harapkan tahun depan itu ada kontribusi hotel operator sendiri, itu kita akan manage dua hotel tahun depan di luar kami punya hotel sendiri," ujar dia.

 

Saham Kota Satu Properti Melonjak

Pergerakan saham terlihat di sebuah monitor, Jakarta, Senin (14/11).Tekanan IHSG tersebut juga didorong saham-saham berkapitalisasi besar yang merosot. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, PT Kota Satu Properti Tbk (SATU) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin 5 November 2018. Perusahaan dengan kode saham SATU tersebut merupakan emiten ke-48 yang menawarkan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di BEI pada tahun ini.

Direktur Utama Kota Satu Properti Herowiratno Gunawan mengatakan, IPO merupakan visi dan misi perseroan untuk menjadi pengembang properti dan perhotelan terkemuka dan terpercaya di Indonesia.

"Merupakan suatu pencapaian besar dan bersejarah apabila hari ini kami dengan niat baik dapat menjadi perusahaan go public di 2018 ini," tuturnya di Gedung BEI, Jakarta.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna berharap, perusahaan dapat membangun hubungan yang baik dengan seluruh stakeholder yang ada.

Kota Satu Properti perusahaan ke-48 yang tercatat di BEI dan menjadi perusahaan tercatat ke-610 di bursa sampai saat ini.

"Perseroan telah melewati tiga dari empat milestone menuju perusahaan go public. Saat ini Perseroan memasuki fase keempat menjadi being go public sehingga dibutuhkan komitmen penuh setelah ini," ujarnya.

Pada pencatatan perdana ini, saham perseroan naik 81 poin atau 69,23 persen ke level Rp 198 dari harga IPO Rp 117 per saham. Saham SATU ditransaksikan sebanyak 1 kali dengan volume sebanyak 3 lot dan menghasilkan nilai transaksi Rp 59,400.

Pada aksi korporasi ini, PT Victoria Sekuritas Indonesia ditunjuk sebagai penjamin pelaksana emisi efek (underwriter). Adapun Perseroan mendapatkan izin efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 26 Oktober 2018 pekan lalu.

Oversubscribed perseroan mencapai 4,48 kali dari total saham IPO atau 348,72 kali dari porsi pooling. Perusahaan menetapkan harga IPO senilai Rp 117 per saham dengan menawarkan sebanyak 500 juta saham lembar baru kepada publik atau sekitar 40 persen saham.

 Dengan harga IPO Rp 117 per saham, Perseroan berhasil meraih dana sebesar Rp 58,5 miliar. Rencananya, dana IPO ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja guna mendukung kegiatan usaha, serta pengembangan usaha Perseroan baik secara langsung maupun melalui anak usaha.

Adapun entitas anak yang akan mendapatkan suntikan dana dari hasil IPO itu adalah PT Kota Satu Management yang merupakan entitas anak langsung dan PT Kota Satu Persada yang merupakan entitas anak tidak langsung.

Entitas anak PT Kota Satu Management mengelola sejumlah hotel seperti Allstay Hotel, Cityone Hotel, Allstay Resort, Cityone Express. Sedangkan anak usaha lainnya PT Kota Satu Persada mengelola hotel-hotel di kota sekunder Jawa Tengah.

Sebagai informasi saja, Victoria Sekuritas bertindak sebagai lead underwriter. Perusahaan sekuritas lain yang juga terlibat sebagai penjamin emisi antara lain Panin Sekuritas, Minna Padi Investama, Valbury Sekuritas, Erdikha Elit Sekuritas, dan Waterfront Sekuritas.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selasa Besok, Tabur Bunga Digelar di Lokasi Jatuhnya Lion Air

Posted: 04 Nov 2018 08:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - TNI AL memfasilitasi kegiatan tabur bunga di lokasi yang menjadi jatuhnya Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610, di Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, Selasa (6/11/2018).

Panglima Komando Armada I Laksamana Muda Yudo Margono mengatakan, kegiatan tabur bunga rencananya akan dilaksanakan dua kapal perang, yaitu KRI Banjarmasin dan KRI Banda Aceh. Pemberangkatan dijadwalkan dari markas Kolinlamil, Tanjung Priok.

"Setibanya di lokasi kita bisa melihat lokasi jatuhnya pesawat dan memanjatkan doa bagi korban yang meninggal," kata Yudo.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya M Syaugi mengatakan, pihaknya akan memperpanjang waktu evakuasi korban dan pesawat Lion Air dengan kode penerbangan JT 610.

Evakuasi pesawat yang jatuh di Perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, tersebut akan diperpanjang selama tiga hari.

"Jadi, kami putuskan operasi evakuasi diperpanjang tiga hari sejak besok. Hari ini hari ketujuh, kita tambah tiga hari lagi. Mudah-mudahan dengan tiga hari ini, dengan sinergitas yang tinggi bisa segera menyelesaikan operasi ini," kata Syaugi di JCIT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (4/11/2018).

 

Perpanjangan Masa Evakuasi

Penyelam Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL muncul dari air saat mencari korban pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, Selasa (30/10). Lion Air JT 610 hilang kontak pukul 06.33 WIB. (AP Photo/Tatan Syuflana)

Penambahan waktu untuk evakuasi itu diputuskan setelah pihaknya mengevaluasi dan melihat langsung kondisi di lokasi pencarian korban dan badan pesawat Lion Air. Terlebih, tim SAR gabungan masih terus menemukan bagian tubuh korban.

"Hari ini adalah operasi hari yang ketujuh. Setelah kami evaluasi, dengan kami tadi melihat ke TKP, kami rapatkan dengan beberapa staf, berdasarkan masukan dari lapangan yang begitu banyak masih seperti tadi malam contohnya 20 lebih kantong jenazah," ujar Syaugi.

Ia pun menuturkan, untuk potongan tubuh korban pesawat Lion Air yang sudah ditemukan, segera dibawa ke posko evakuasi di JCIT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Mudah-mudahan kalau ada korban bisa kita ambil dan kita serahkan ke Rumah Sakit Polri," tutur Syaugi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Pancake Korea Pajeon yang Enak dan Sederhana

Posted: 04 Nov 2018 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kamu salah satu penyuka dunia K-Pop dan berbagai acaranya? Korea memang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Mulai dari musiknya yang sangat populer, serial dramanya yang selalu berhasil menghanyutkan emosi penggemarnya, hingga aneka makanan khas Korea.

Demam Korea rupanya masih melanda negeri ini, tak hanya dalam dunia musik dan fashion, akan tetapi dunia kuliner juga terimbas demam korea. Kamu mungkin sering menemukan berbagai makanan Korea yang menarik perhatian dan sepertinya enak untuk dimakan. 

Selain kimchi, cara membuat pancake Korea juga sering muncul dalam adegan di drama Korea Selatan. Ya, cara membuat pancake dalam bahasa Korea 'jeon' ini memang berisi sayur-sayuran yang membuatnya semakin terlihat enak. Nama lain dari pancake Korea sendiri disebut sebagai Buchimgae. Cara membuat pancake Korea sendiri merujuk pada hidangan yang dibuat dengan adonan yang berupa telur dan bahan lainnya dan digoreng dengan sangat tipis.

Berbagai jeon (pancake) dapat terlihat selama musim meriah di Korea. Jeon dapat dibuat dengan bahan tunggal seperti dongtae jeon (pollack pancake) dan hobak jeon (adonan labu goreng musim panas), atau campuran dua sampai tiga bahan seperti pajeon haemul (pancake seafood dan daun bawang hijau) dan kimchijeon (pancake kimchi).

Nah, dari beberapa macam pancake Korea, kamu bisa membuatnya dengan cara yang lebih mudah. Berikut cara membuat pancake Korea yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (5/11/2018).

Bahan cara membuat pancake Korea:

- 150 gr tepung pancake korea (tepung terigu serba guna)

- 1/2 sdt garam- 200 ml air

- 1 butir telur, kocok lepas dengan garpu

- 1 buah wortel ukuran sedang, potong-potong korek api

- 1 buah lobak putih ukuran sedang, potong-potong korek api

- 2 - 3 buah cabai hijau, potong melintang

- 1 buah daun bawang, potong korek api tipis-tipis

- minyak goreng

Bahan saus cara membuat pancake Korea:

- 100 ml air

- 1 sdm kecap asin

- 1 sdt minyak wijen

- 2 - 3 cabai rawit iris kecil-kecil

- 1 buah daun bawang ukuran kecil, iris kecil-kecil

- 2 siung bawang putih, cincang halus

- 1 sdt cuka masak

- 1 sdm gula pasir

Cara membuat pancake Korea:

1. Cara membuat pancake Korea ini sangat mudah, pertama larutkan tepung pancake dengan air.

2. Lalu tambahkan garam, dan aduk rata.

3. Masukkan semua sayuran serta daun bawang ke dalam larutan pancake, aduk rata.

4. Panaskan pan besar atau teflon dengan sedikit minyak goreng.

5. Lalu masukan semua bahan, ratakan semua bahan hingga memenuhi teflon.

6. Setelah setengah matang, masukan kocokan telur, memutar di tengah adonan balik pelan-pelan pancake.

7. Tekan-tekan adonan agar adonan tipis dan matang merata.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahasiswa Indonesia Sambut Kedatangan Megawati di Kampus Fujian Tiongkok

Posted: 04 Nov 2018 08:31 PM PST

Liputan6.com, Fuzhou - Belasan mahasiswa asal Indonesia menyambut kedatangan Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, di Kampus Fujian Normal University (FNU), Fuzhou, Senin (5/11/2018).

Megawati hadir di kampus itu untuk mengikuti penganugerahan gelar doktor kehormatan bidang ekonomi. Ketika sang presiden RI kelima hendak memasuki ruang aula acara, dari jauh sudah terdengar lagu 'Kebyar Kebyar' yang dipopulerkan Alm. Gombloh.

Ternyata lirik 'Indonesia, merah darahku, putih tulangku' dinyanyikan para mahasiswa asal Indonesia di sana. Mereka berbaris rapi sambil memegang serta melambai-lambaikan bendera merah putih kecil. Para mahasiswa itu menyambut kedatangan Megawati dan rombongan pimpinan kampus.

Kejutan tak hanya sampai di situ. Di dalam ruang aula, Megawati bersama ratusan peserta acara, disuguhi sajian tari dan lagu oleh para mahasiswa Indonesia itu. Mereka menyanyikan sebuah lagu disertai tarian, memadukan lagu 'Apuse' dan 'Yamko Rambe Yamko'. 

Sepanjang acara penyambutan itu, Megawati tampak tersenyum bahagia. Dalam rombongannya, Megawati ditemani keluarga, sejumlah mantan menteri dan sahabat dekatnya. Termasuk juga sejumlah petinggi DPP PDIP. Di antaranya adalah Putra dan Menantunya Prananda Prabowo dan Nancy Hendriaty Shrindani,  Budi Gunawan, Hendropriyono, Ketua DPP PDIP Rokhmin Dahuri, dan Anggota DPR Herman Hery.

Kali ini adalah gelar honoris causa kedelapan untuk Megawati. Sebelumnya, Megawati sudah menerima tujuh gelar doktor kehormatan dari Universitas Waseda Tokyo di Jepang (2001); Moscow State Institute of International Relation di Rusia (2003); Korea Maritime and Ocean University di Korea Selatan (2015); Universitas Padjadjaran Bandung (2016); Universitas Negeri Padang (2017); dan Mokpo National University di Korea Selatan (2017), Doktor Honoris Causa bidang politik pemerintahan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (2018).

 

* Jurnalis SCTV Reza Ramadhansyah melaporkan dari Fuzhou untuk Liputan6.com

 

Simak video pilihan berikut:

Megawati Terima Gelar Doktor Kehormatan ke-8 dari FNU

Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri menerima gelar doktor kehormatan dalam bidang Diplomasi Ekonomi dari Fujian Normal University Tiongkok, Senin (5/11/2018). (Ist)

Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri menerima gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dalam Diplomasi Ekonomi dari Fujian Normal University (FNU), Fuzhou, Tiongkok pada Senin 5 November 2018.

Ini sekaligus akan menjadi gelar ke-8 Honoris Causa (HC) bagi Megawati.

Megawati yang juga merupakan Ketua Umum PDI Perjuangan dijadwalkan memberikan orasi ilmiah pada Senin 5 November pagi waktu lokal di hadapan Presiden Fujian Normal University, Profesor Doktor Wang Changping, Para Guru Besar, Senat, Dewan Fujian Normal University, Duta Besar Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok, Djauhari Oratmangun, Gubernur Provinsi Fujian, Tang Dengjie, serta Masyarakat Akademisi Fujian Normal University.

"Kita tentunya merasa senang, bangga, dan memberikan apresiasi karena Ibu Megawati Soekarnoputri menerima gelar kehormatan dalam bidang Diplomasi Ekonomi dari Fujian Normal University yang merupakan salah satu universitas paling bergengsi di Tiongkok," ujar Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, Minggu 4 November 2018.

"Gelar Kehormatan dari Fujian Normal University ini menjadi gelar HC ke-8 untuk Ibu Megawati," lanjut Hasto.

Selanjutnya, kata Hasto, Megawati dijadwalkan menuju Seoul, Korea Selatan untuk menjadi salah satu keynote speaker pada The KOR-ASIA Forum, Rabu, 7 November 2018 dengan tema Perdamaian di Semenanjung Korea, Peluang Asia untuk Kemajuan.

"Kehadiran Ibu Megawati mengingat peran Megawati yang selama ini aktif mendorong perdamaian di Semenanjung Korea," pungkas Hasto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Spanyol: Barcelona Masih Nyaman

Posted: 04 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona masih memuncaki klasemen sementara Liga Spanyol 2018-19. Hingga pekan ke-11, Blaugrana telah mengantongi 24 poin dari 11 pertandingan.

Barcelona unggul empat poin dari Sevilla, Atletico Madrid, serta Deportivo Alves. Sevilla berhak di posisi kedua lantaran unggul selisih gol dari Atletico dan Deportivo.

Sementara itu, Real Madrid naik tiga tingkat ke peringkat enam. Los Blancos mengantongi 16 poin, sama seperti Levante tetapi unggul dalam produktivitas gol.

Sedangkan di zona degradasi masih dihuni Leganes, Rayo Vallecano, dan Huesca. Leganes yang berada di peringkat 18 terpaut satu angka dari Villareal dan Athletic Club yang ada di possi 16 dan 17.

Klasemen Liga Spanyol Pekan ke-11

Klasemen Liga Spanyol 2018-19 pekan ke-11. (soccerway.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bohemian Rhapsody Peringkat Pertama Box Office

Posted: 04 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Film biografi Freddie Mercury "Bohemian Rhapsody" raup  50 juta dolar AS dalam penjualan tiket akhir pekan ini, jauh di atas ekspektasi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

20 Ribu Karyawan Google Ikut Demo Protes Pelecehan Seksual

Posted: 04 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Mountain View - Demo protes kasus pelecehan seksual di Google ternyata menjadi perhatian dunia.

Tercatat, jumlah peserta demo mencapai 20.000 orang. Jumlah tersebut berasal dari semua karyawan Google di seluruh dunia.

Jika ditotal, jumlah tersebut tergolong besar--20 persen dari total karyawan Google di dunia.

Pasalnya, per 30 September 2018, tercatat ada 94.372 karyawan permanen dan kontrak yang bekerja untuk perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini. Demikian menurut informasi yang dilansir The Verge pada Senin (5/11/2018).

"Kami ingin menjadi pelopor (untuk demo protes pelecehan seksual). Jika kami tidak memimpin (demo), lalu siapa lagi?" ujar Tanuja Gupta, salah seorang karyawan Google yang ikut berdemo dalam program bernama Google Walkout For Real Change.

Menurut penyelenggara demo, karyawan pendemo berasal dari sejumlah negara di mana Google beroperasi, mulai dari AS sendiri, Australia, Brasil, Kanada, Jerman, India, Irlandia, Jepang, Belanda, Filipina, Inggris, Singapura, Swedia, dan Swiss.

Ribuan Karyawan Demo Protes Pelecehan Seksual, Bos Google Buka Suara

CEO Sundar Pichai ketika membawakan keynotes di Google I/O 2017. (Doc: Google HQ)

Imbas dari kasus pelecehan seksual yang terjadi di Google, ribuan karyawan perusahaan di beberapa negara serentak melakukan aksi walk out dari kantor untuk berdemo.

Aksi walk out tersebut merupakan suara keresahan hati karyawan yang mendesak Google untuk mengubah beberapa peraturan agar dapat melindungi karyawan wanitanya dari tindak pelecehan seksual.

"Ada ribuan dari kami dari beberapa cabang perusahaan, dan kami merasa kini sudah saatnya," begitu isi dari surat karyawan dalam demo tersebut.

Menanggapi aksi walk out besar-besaran ini, CEO Google Sundar Pichai pun buka suara.

"Ini adalah saat-saat sulit. Ada rasa kemarahan dan rasa frustrasi di perusahaan. Kami merasakannya, saya pun demikian," ujar Pichai seperti dikutip via Quartz, Jumat (2/11/2018).

"Perusahaan punya standar yang sangat tinggi, dan memang untuk sekarang kami tidak mencapai harapan kami," tambahnya.

Pichai juga mengungkap telah mengirim memo khusus kepada karyawan kalau Google akan segera mengatasi hal ini.

"Langkah pertama adalah mengakuinya dan meminta maaf soal hal-hal yang sudah terjadi di masa lalu," terangnya.

Sekadar informasi, sebelumnya salah satu mantan petinggi Google, Andy Rubin, disebut-sebut telah diberi uang senilai US$ 90 juta untuk meninggalkan perusahaan.

Uang diberikan agar bapak Android itu menutup mulut atas kasus pelecehan seksual di Google.

Google pun memberikan respons atas pemberitaan The New York Times. Dikonfirmasi Pichai, sebanyak 48 orang karyawan telah dipecat selama dua tahun terakhir karena diduga terlibat pelecehan seksual di kantor.

Para eksekutif perusahaan pun mengadakan rapat internal dengan seluruh karyawan. Mereka meminta maaf kepada karyawan atas kasus ini dan mencoba menjelaskan bagaimana perusahaan telah menangani kasus Rubin.

Forum Internal Google

CEO Sundar Pichai. (Doc: Google HQ)

Selama seminggu terakhir, karyawan Google juga menyuarakan kekecewaan mereka melalui forum internal.

Bahkan, ide untuk melakukan pemogokan pun disampaikan oleh mereka dalam forum internal tersebut.

Para karyawan Google mengkritik tentang bagaimana para petinggi dan orang-orang berpengaruh di perusahaan bisa melarikan diri dari kasus pelecehan perempuan di tempat kerjanya.

Pihak Rubin pun mempermasalahkan laporan The New York Times itu. Dia bahkan menuding media tersebut telah menerbitkan publikasi kotor dan tak akurat.

Sebelumnya, laporan The New York Times yang menyebut 'bapak' Android, Andy Rubin, hengkang dari Google karena melakukan pelecehan seksual ke karyawan. 

Informasi ini pertama kali diungkap oleh dua petinggi perusahaan yang tidak mau disebutkan namanya.

Meski dipecat, dia dilaporkan masih mendapatkan uang sebesar US$ 90 juta. Permintaan untuk Rubin pergi dari Google dilakukan oleh CEO Google saat itu, Larry Page.

Dari penuturan sumber, penyebabnya adalah Rubin pernah meminta seorang karyawan untuk memberikan seks oral.

Usai terbukti melakukan hal tersebut, Rubin pun diminta mundur dari Google dengan tetap menerima uang sebesar US$ 2 juta per bulan selama empat tahun. 

Uang itu diberikan agar Rubin tidak membuat pernyataan publik yang menjelek-jelekan Google atau bekerja untuk kompetitor.

Meski belakangan, Rubin membantah hal tersebut dan menyebut keputusannya pindah atas kemauan sendiri.

Tidak hanya itu, ia diketahui juga memiliki hubungan dengan sejumlah koleganya dan memberikan sejumlah uang pada mereka.

Pada 2011, dia juga diketahui berselingkuh dengan wanita dari tim Android yang sebenarnya melanggar aturan perusahaan.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maia Estianty Ungkap Perbedaan Usia dengan Irwan Mussry

Posted: 04 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah resmi menyandang statu sebagai istri dari pengusaha sukses Irwan Mussry, Maia Estianty mulai sering memperlihatkan berbagai momen bahagia bersama suami barunya itu.

Seperti baru-baru ini, Maia Estianty mengunggah kebersamaannya dengan Irwan Mussry di Instagram pribadinya. Dalam foto tersebut, terlihat Maia duduk berdampingan dengan sang suami. Keduanya sedang memperhatikan sesuatu sembari tersenyum.

Bersama dengan foto tersebut, ia menyertakan keterangan mengenai perbedaan umur dengan Irwan Mussry yang sangat jauh.

"Mantan pacar.. Maasyaa Allah. Beda umur hampir 14 taun, nggak keliatan kan?" tulis Maia Estianty sebagai keterangan fotonya.

56 Tahun

]Foto: Instagram maia Estianty]

Ya, Irwan Mussry sendiri sudah berusia 56 tahun, sementara Maia Estianty berusia 42 tahun. Meski perbedaan usianya begitu jauh, tampaknya warganet sepakat bahwa perbedaan usia itu tak terlihat.

Respons

(Instagram/maiaestiantyreal)

"MaasyaaAllah bund...kereenn 14th kayak seumuran," tulis pengguna akun Instagram @nur_amaliya_ame.

"Bunda maya,,,sama anak umur 25taonan aja kalah lhooo?? Dri samping trlht muda sekali,,,plus y perfec couple," tulis pemilik akun @echabiyant.

"Pak Irwan, Abis Nikah kliatan lebih muda... seger," tambah pengguna akun @madzcak

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS: Pertumbuhan Ekonomi RI di Kuartal III 2018 Capai 5,17 Persen

Posted: 04 Nov 2018 08:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III 2018 sebesar 5,17 persen. Angka ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya 5,06 persen.

"Pertumbuhan ekonomi ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan kuartal III 2017 sebesar 5,06 persen," ujar Kepala BPS Suhariyanto di kantornya, Senin (5/11/2018).

Suhariyanto menjelaskan meski lebih tinggi jika dibandingkan periode sama 2017, angka ini lebih rendah jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi kuartal II 2018 yang tercatat 5,27 persen.

"Kita masih punya satu triwulan lagi hingga akhir tahun. Kalau itu bagus kami harap pertumbuhan ekonomi secara tahunan bagus," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Prediksi

Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta, Sabtu (28/4). Pemerintah menyebut pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada di angka 5 persen belum memadai. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, ekonom memperkirakan  pertumbuhan ekonomi kuartal III 2018 di angka 5,05 persen. 

"Pertumbuhan ekonomi kuartal III 2018 diprediksi sebesar 5,05 persen," ujar Pengamat Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (5/11/2018).

Dia menjelaskan, faktor yang menyebabkan pertumbuhan ini lebih rendah yaitu kinerja ekspor tumbuh tapi cukup lambat karena pengaruh proteksi dagang dari India yang menaikkan bea masuk CPO menjadi di atas 50 persen. 

"Permintaan bahan baku dari negara tujuan ekspor tradisional juga masih loyo," kata dia.

Konsumsi rumah tangga pasca Lebaran juga kembali ke kisaran 4,9 persen-5 persen. Ini artinya konsumsi yang selama ini berkontribusi dominan terhadap pertumbuhan ekonomi tidak mampu dorong pertumbuhan yang lebih tinggi.

"Bunga bank mulai naik jadi masyarakat lebih menahan diri untuk konsumsi barang. Efek pelemahan rupiah meskipun belum menaikan harga barang secara umum namun berpengaruh ke prilaku masyarakat yang menurunkan tingkat pengeluarannya," kata dia. 

"Selain itu ada ekspektasi kenaikan harga BBM jenis nonsubsidi masyarakat lebih banyak berhemat dan berjaga-jaga," lanjutnya.

Sedangkan dari sisi investasi, pengaruh eksternal dan tahun politik membuat investasi asing (foreign direct investment/FDI) mengalami penurunan. Hal ini berdasarkan data realisasi investasi kuartal III yang turun 1,6 persen.

"Sektor manufakturnya juga belum nendang. Ini yang jadi kekhawatiran. Produksi industri sedang dan besar growth-nya cuma 5,04 persen di kuartal III 2018. Sementara di kuartal III 2017 sebesar 5,46 persen," ungkap dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suap Proyek Meikarta, KPK Panggil Direktur Keuangan PT MSU

Posted: 04 Nov 2018 08:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil sejumlah saksi terkait dugaan suap izin pembangunan proyek Meikarta. Salah satunya yaitu Direktur Keuangan PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) Hartono.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka BS (Billy Sindoro)," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (5/11/2018).

PT MSU merupakan anak usaha PT Lippo Cikarang Tbk merupakan bagian dari bisnis properti Lippo Group. Selain itu, KPK juga memanggil Kabag Hukum Pemkab Bekasi Alex Satudy dan seorang pegawai negeri sipil (PNS) Dinas DPM PTSP Pemkab Bekasi, Kasimin.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait izin proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi. Selain Bupati Neneng, KPK juga menjerat delapan orang lainnya dalam kasus ini.

Mereka adalah Kepala Dinas PUPR Pemkab Bekasi Jamaludi, Kepala Dinas Damkar Pemkab Bekasi Sahat MBJ Nahar, Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Bekasi Dewi Tisnawati, dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Neneng Rahmi.

Kemudian, tersangka lain dalam kasus suap Meikarta ini, pihak swasta bernama Billy Sindoro yang merupakan Direktur Operasional Lippo Group, Taryudi dan Fitra Djajaja Purnama selaku konsultan Lippo Group, serta Henry Jasmen pegawai Lippo Group.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Terima Uang Rp 7 Miliar

Bupati Neneng dan kawan-kawan diduga menerima hadiah atau janji Rp 13 miliar terkait proyek tersebut. Diduga, realiasasi pemberian sampai saat ini adalah sekitar Rp 7 miliar melalui beberapa Kepala Dinas.

Keterkaitan sejumlah dinas lantaran proyek tersebut cukup kompleks, yakni memiliki rencana membangun apartemen, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hingga tempat pendidikan. Sehingga dibutuhkan banyak perizinan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Telur Capai Rp 22 Ribu per Kg di Pasar Kebayoran Lama

Posted: 04 Nov 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketidakstabilan harga telur ayam akhir-akhir ini membuat harga jualnya di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, menjadi bervariasi. 

Herman (29), pedagang telur di Pasar Kebayoran Lama, menuturkan harga telur naik-turun selama beberapa hari ini.

"Telur ayam dalam negeri sekarang Rp 22 ribu per kg. Sudah dua hari (naik). Tadinya Rp 20 ribu per kg. Hari ini bakal turun lagi jadi Rp 21 ribu per kg, tapi barangnya belum masuk," ujar dia kepada Liputan6.com, Senin (5/11/2018).

Sementara itu, Udin (19) yang juga penjual telur di pasar serupa mengatakan, harga telur ayam dalam negeri yang ia jual pada hari ini malah merangkak naik. "Telur ayam (dalam negeri) Rp 22 ribu per kg. Baru hari ini, tadinya Rp 21 ribu," ujar dia.

Namun begitu, ketika keduanya ditanyai alasan ketidakstabilan harga telur tersebut, kedua pedagang mengaku tidak tahu secara pasti.

Selain telur ayam, harga komoditas telur lainnya terpantau masih stabil. Seperti telur ayam kampung, Herman dan Udin menjualnya di angka Rp 1.800 per butir.

Di sisi lain, Herman menawarkan telur bebek Rp 2.200 per butir, sedangkan Udin mematok harga Rp 2.400 per butir. Sedangkan untuk telur puyuh, Herman menjualnya Rp 31 ribu per kg, dan Udin Rp 32 ribu per kg.

 

Harga Telur dan Daging Ayam Stabil pada Pekan Lalu

Penjual merapikan telur dagangannya di Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (24/7). Harga telur ayam mengalami penurunan di angka Rp 26 ribu per kilo. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, harga komoditas daging serta telur di pasar tradisional tercatat stabil pada perdagangan Jumat ini. Hal tersebut berdasarkan pantauan Liputan6.com di Pasar Sumber Artha Bekasi Barat, Jumat 2 November 2018.

Dua pedagang daging sapi, baik Rian (31) dan Feri (35) membanderol daging sapi di harga Rp 110 ribu per kilogram (kg). Seperti diketahui, kisaran normal untuk daging sapi ialah Rp 110-120 ribu per kg.

Sementara itu, untuk harga daging ayam di Pasar Sumber Artha cukup bervariatif. Harga ayam berdasarkan ukuran dipatok di kisaran harga Rp 25 ribu per kg hingga Rp 45 ribu per kg.

"Normal ayam sekarang, ini yang beratnya 1,5 kg harganya Rp 45 ribu per kg, kemarin-marin naik Rp 50 ribu per kg. Untuk yang lebih kecil lagi ini Rp 25 ribu per kg, lihat dan tergantung ukuran saja," ujar Rini (55) kepada Liputan6.com.

Rini menambahkan, omzet penjualan daging ayam pun pada pekan ini masih terbilang terjaga. Namun, ia tetap berharap minat pembeli semakin tinggi.

"Kalau omzet masih normal, enggak beda-beda banget, cuma yang beli agak sepian. Kalau bisa ya kita pengennya agak ramaian lagi," terang Rini.

Pedagang ayam lain, Neneng (52) mematok ayam fillet kini di rentang harga Rp 45 ribu - Rp 50 ribu per kg. Sedangkan untuk hati dan ampela masih di harga standar yaitu masing-masing Rp 2000 dan Rp 2.500 per kg.

Sementara itu, harga untuk komoditas telur tercatat berada dibawah harga acuan telur di tingkat konsumen yaitu Rp 22 ribu per kg pada hari ini. Harga telur kini turun Rp 1.000 per kg dari harga acuan yang ditetapkan Kementerian Perdagangan (Kemendag) yakni pada posisi Rp 23 ribu per kg.

"Telur lagi normal-normal aja sekarang, malah turun jadi Rp 22 ribu per kg. Yang lain paling mahal juga Rp 23 ribu per kg. Sekarang lagi sepi. Kita kirim ke pengecer juga sekarang turun, paling banter Rp 100 kg per hari," terang Romi (28) agen telur di Pasar Sumber Artha.

Romi mengaku, pihaknya telah menjual harga ini selama dua pekan terakhir. "Sudah dua minggu ini, tapi untuk telur puyuh dan telur ayam kampung masih normal, masing-masing di harga Rp 30 ribu per kg dan Rp 2.000 per butir," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

November Jadi Bulan Spesial Laudya Cynthia Bella, Ada Apa?

Posted: 04 Nov 2018 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Laudya Cynthia Bella antusias menyambut kehidupannya di bulan November. Di bulan ini, ia merasakan banyak hal-hal penuh kebahagiaan bakal terjadi.

Di akun Instagram, Laudya Cynthia Bella pun menuliskan alasan kenapa ia begitu semangat menyambut hai-harinya di bulannya zodiak Scorpio dan Sagitarius.

"November bulan yang #melekatmanisdihatiHihihihi.. karena di bulan ini orang-orang yang aku sayang ulang tahun,dan ada peringatan-perigatan yang special banget," tulis Laudya Cynthia Bella.

Dalam ceritanya di Instagram, pemeran Surga Yang Tak Dirindukan ini menyebut beberapa hari yang sangat mewarnai perjalanan karier dan kehidupan pribadinya.

 

Ulang Tahun BBB

BBB (Instagram/raffinagita1717)

Mulai dari 31 Oktober di mana pertama kali bisnis fashion-nya, Lbylcb dibentuk, lalu 1 November merupakan ulang tahun mamanya, dan 2 November yang merupakan pertama kalinya BBB dibentuk. "Alhamdulilah tahun ini tahun ke-12," ujarnya.

"11 nov : keponakan pertama ku tercinta si pinter ganteng oneill ulang taun, 24 nov : keponakan ke dua si cantik mashAllah ayesha ulang tahun," tandas Laudya Cynthia Bella.

 

Usia Ibunda 60 Tahun

Laudya Cynthia Bella terharu di bulan November. (Instagram/laudyacynthiabella)

Menurut Laudya Cynthia Bella, yang paling mengharukan adalah ketika ia masih bisa memberikan kebahagiaan saat ulang tahun ibunya yang ke 60. Ucapan syukur pun ia panjatkan kepada Yang Maha Kuasa.

"Alhamdulilah. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT," ujarnya. (Fimela.com/ Anto Karibo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: