Sabtu, 17 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Hasil Lengkap Borobudur Marathon 2018

Posted: 17 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pelari Kenya, Geoffrey Birgen, menjadi yang tercepat di Borobudur Marathon 2018 powered by Bank Jateng. Ajang ini berlangsung di Magelang, Jawa Tengah, Minggu (18/11/2018).

Dia menjadi pelari pertama yang memasuki finis di kategori marathon dengan catatan waktu 2 jam 20 menit 8 detik.

Sementara, Hamdan Sayuti menjadi pelari nasional pertama yang memasuki garis finis pada kategori marathon setelah sejumlah pelari dari Kenya.

Panitia Borobudur Maraton 2018, Budiman Tanuredjo puas dengan ajang ini. Dia juga menerima banya keluhan dari para pelari, baik dari luar maupun dalam negeri.

"Mewakili sponsor, saya ucapkan terima kasih kepada Pengprov Jateng, hingga komunitas lari. Sejauh yang kami tangkap, yang dikeluhkan peserta adalah cuaca, hampir 36 derajat, itu menguras tenaga. Awalnya kita prediksi pada pagi hari akan turun hujan," katanya.

Sukses

Borobudur Marathon (istimewa)

Budiman mengklaim kesuksesan Borobudur Marathon 2018. Dia pun berjanji bakal memberikan kejutan di ajang yang sama pada tahun depan.

"Untuk tahun depan, kuota pelari mungkin ditambah. Kemudian kualitas dari race sendiri. Tahun lalu, ajang ini diikuti hampir 18 ribu, tapi itu malah (bermasalah) di mobilitas, mempengaruhi kenyamanan race," ujar Budiman.

Daftar Pemenang

Berikut daftar pemenang Borobudur Marathon 2018 pada tiap-tiap kategori:

Full Marathon

Putra:Geoffrey Birgen

Boaz Kipkorir Kipyego

David Kipruto Ngetich

John Muiruri Mburu

Dominic Kipkemboi

Putri:

Edinah Jeruto Koech

Bundorich Pamela C

Everlyne JR

Yulianingsih

Olivia Sadi

Half Marathon:

Putra:Joshua Nakeri

Charles Munyua Njoki

Kennedy Lilan

Putri:

Esther Wambui Karimi

Peninah Kigen

Cheptoeck Careen

10K:

Putra:

Abera Tariku Demelash

Daniel Kiarie Gachui

Joseph Mwangi Ngare

Putri:

Alice Muthoni Koigi

Gladys Ruto

Pretty Sihite

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Ingin Perguruan Tinggi Bangun Ekonomi Desa

Posted: 17 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menuturkan, sejumlah program peningkatan sumber daya manusia (SDM) dengan pengembangan kawasan terpencil tengah digencarkan pemerintah.

Salah satunya melalui dana desa yang telah mencapai Rp 187 triliun sejak dikucurkan pada 2014. Dia pun menantang civitas akademik (kelompok akademisi) meningkatkan pembangunan di desa dan daerah tertinggal.

Diharapkan, pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat diharapkan bisa berjalan bersama untuk pembangunan desa.

"Saya ingin tridharma perguruan tinggi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat terconnect. Perguruan tinggi berkontribusi pada pembangunan 75.000 desa dan masih 30 ribu desa tertinggal yang kurang beruntung karena mungkin tidak memiliki kades yang bagus, yang belum memiliki kreativitas yang baik untuk desanya," ujar dia, di Kampus PKN STAN, Bintaro, Tangerang Selatan, Minggu (18/11/2018).

Ia menuturkan, anggaran negara untuk pembangunan masyarakat memadai, berbeda dengan sebelumnya yang masih terkendala soal anggaran ketika hendak melakukan pembangunan.

"Sekarang saya challenge, perguruan tinggi saya sampaikan seluruh lingkungan kampus, kita akan membelanjakan Rp 2.439 triliun pada 2019 dari Rp 2.217 triliun tahun ini," ujar dia.

Sri Mulyani mengatakan, pembangunan daerah melalui kucuran dana desa, program keluarga harapan (PKH), dan sederat dana lain harus bisa membuat daerah terpencil maju.

"Kalau dulu kita terganggu dengan tidak adanya anggaran, sekarang justru tantangannya lebih kepada mampukah kita meningkatkan pembangunan dengan anggaran yang kita punya. Sekarang anggaran kita," tutur dia.

 

Reporter: Kirom

Sumber: Merdeka.com

 

Perhatian Perguruan Tinggi ke Desa Diharapkan Tinggi

Sri Mulyani pada rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali. Dok: am2018bali.go.id

Ia juga apresiasi kegiatan Sembada dengan turunnya civitas akademika ke desa-desa melakukan pendampingan, berharap program tersebut bisa terorganisir dengan baik.

"Saya berharap perhatian perguruan tinggi masuk ke desa, diorganize dengan baik. Sehingga memperkuat desa, bukan membebani desa, atau desa malah menjadi bingung. Karena perguruan tinggi hanya memilih desa-desa yang favorit, nanti desa tertinggalnya tidak dilirik," kata dia.

Sementara itu, Direktur PKN STAN, Rahmadi Murwanto menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan dua hari mulai dari kemarin dan presentasi dari 78 paper dari 30 universitas.

"Kami mencoba mengirim banyak mahasiswa ke desa, kami lihat hal ini banyak memberikan manfaat di desa. Selain manfaat pengelolaan keuangan di desa, mereka (civitas akademik) juga belajar memahami pengelolaan keuangan desa, dan mampu mengelola keuangan negara nantinya," tutur Rahmadi.

Dia menuturkan, Sembada bertujuan, selain memberikan ruang dosen dan mahasiswa untuk berkontribusi kepada masyarakat.

"Juga mereka bisa bertemu dan saling berdiskusi untuk membantu program pemerintah lebih baik lagi," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Kedekatan Sule dengan Penyanyi yang Ia Orbitkan Hanya Rekayasa?

Posted: 17 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu belakangan ini, Sule diisukan tengah dekat dengan seorang wanita bernama Nurlela. Ternyata, wanita itu adalah adik ipar yang akan ia orbitkan sebagai penyanyi. 

Lantas, apakah isu ini hanya setting-an alias rekayasa belaka?

Saat dikonfirmasi, Sule tidak menyangkalnya. "Ya nggak apa-apa. Kalau memang benar setting-an kenapa. Hayo haha. Ya nggak apa-apa dong. Kan manusia punya cara," tuturnya  saat ditemui di kediamannya, di bilangan Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (17/11/2018).

Sule menjelaskan hal ini lebih baik ketimbang mencari popularitas dengan cara yang tidak baik. "Daripada banyak dimanfaatin sama yang tidak jelas gitu. Tidak ada hubungannya dengan saya. Banyak yang lain-lain juga," kata dia. 

 

Tak Takut

Sule

Sule memang beberapa kali sempat dikabarkan dekat dengan wanita, tapi hal tersebut tidak mengganggunya. "Loh, enggak apa apa. Orang saya enggak cari perempuan ko. Saya cari kebahagiaan. Ada perempuan kalau tidak bahagia buat apa," kata dia. 

Sule juga tidak khawatir nantinya para wanita takut mendekatinya. "Apa yang membuat kita takut. Saya tu takut sama emak saya, udah. Sama Tuhan, udah. Terus apa yang membuat mereka takut," kata Sule.

Tak Mau Menutup Hati

Sule. (Deki Prayoga/bintang.com)

Sule juga menegaskan bahwa saat ini ia belum memiliki tambatan hati yang baru. Namun, ia tak ingin menutup hatinya. "Ya belum tentu (menutup hati). Yang tahu kan hati saya. Kan orang lain nggak tahu," kata Sule. (Kapanlagi/ Ayu Srikhandi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lepas Masa Lajang, Christian Bautista Menikah di Bali

Posted: 17 Nov 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Bali - Selama ini, tak banyak yang mengikuti kisah asmara penyanyi asal Filipina, Christian Bautista. Bahkan, belakangan ini tiba-tiba saja tersiar kabar bahwa sang penyanyi sudah melepas masa lajang. Menariknya, ia dan istrinya, Kat Ramnani, mengucap janji suci itu di Tirtha Bridal, Uluwatu, Bali, Sabtu (17/11/2018).

Menggelar pesta dengan tamu terbatas, upacara pernikahan Christian Bautista dan istri berlangsung sakral dan privat. Beberapa keluarga dan teman penyanyi asal Filipina itu hadir menjadi saksi pernikahan mereka.

Sebelumnya, Christian Bautista dan Kat Ramnani telah bertunangan di Italia. Pesta pernikahannya nantinya akan digelar dua kali. Pertama di Bali lalu dilanjutkan di negara asal mereka, Fillipina.

Dilansir dari ABS-CBN, keduanya pertama kali bertemu di Amerika Serikat. Setelah menjalin hubungan kurang lebih satu tahun, keduanya memutuskan bertunangan pada Oktober 2017. Perjalanan cinta mereka dapat dibilang cukup cepat hingga sampai di pelaminan.

Tak Tahu Profesi Christian Bautista

Christian Bautista (Liputan6.com/Reza Kuncoro)

Kat telah berdomisili di California dari 2002. Ia baru bisa pulang ke Filipina pada 2012, itu pun bukan untuk waktu yang lama. Atas alasan ini, ia tak mengetahui bahwa Christian adalah sosok penyanyi ternama saat pertama kali bertemu.

"Aku hidup di California, aku tak tahu siapa dia. Pertama diperkenalkan, semua bilang ia penyanyi. Aku kira penyanyi baru, aku sama sekali tak tahu siapa Christian," ujar Kat dilansir dari Metro.Style.

Alasan

Christian Bautista dan kekasihnya, Kat Ramnani [foto: instagram.com/katramnani]

Ia baru sadar pria yang dikencaninya adalah selebriti setelah memperkenalkan Christian kepada teman-temannya. Christian sendiri memiliki alasan mengapa ia tak memperkenalkan diri sebagai penyanyi balada kenamaan. 

"Tentu saja aku tak bisa pemperkenalkan diri 'Hai, aku artis' itu aneh dan canggung banget," ungkap penyanyi yang amat down to earth ini.

Penulis: Rezka Aulia

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Casillas Bersyukur Hengkang dari Real Madrid

Posted: 17 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Iker Casillas mengaku bersyukur bisa hengkang dari Real Madrid pada akhir musim 2015/16. Kiper yang kini berusia 37 tahun tersebut hengkang ke FC Porto dan mengakhiri pengabdiannya bagi Real Madrid sejak 1998.

"Saya pikir, saya melakukan sesuatu yang tepat," ujar Casillas seperti dilansir Football Espana.

Perpisahan Casillas dan Real Madrid berjalan memilukan. Pemain yang dijuluki Saint Iker itu hanya sendirian di ruang jumpa pers stadion Santiago Bernabeu untuk menyampaikan salam perpisahannya.

Padahal, Casillas adalah salah satu legenda Real Madrid. Masuk ke akademi pada 1990, Casillas terus bermain bagi Real Madrid dan naik ke tim senior pada musim 1999.

Sejak saat itu, ia menjadi andalan Real Madrid di bawah mistar gawang. Casillas terpilih menjadi kapten tim saat Raul Gonzales hengkang pada 2010.

Namun perselisihannya dengan pelatih Jose Mourinho di pertengahan musim 2014/15 membuat Casillas angkat kaki. Mourinho pun lebih memilih Diego Lopez untuk menjadi kiper utama.

 

Bakal Jadi Cadangan

Iker Casillas

Casillas lalu pindah ke Porto dan menjadi kiper utama di klub asal Portugal tersebut. Bersama FC Porto, Casillas meraih dua trofi yakni juara Liga Porto 2017/18 dan Piala Super Porto 2018.

Mantan kapten timnas Spanyol ini mengakui, pilihannya bermain bagi Porto, adalah pilihan yang tepat. "Saya pikir jika saya bertahan bersama Real Madrid, karier saya akan berjalan lebih buruk," ujar Casillas.

Statistik Casillas Bersama Real Madrid

1999/2000 - 2014/15: 725 main

Trofi

Liga Spanyol: 5 x

Copa del Rey: 2 x

Piala Super Spanyol: 4x

Liga Champions: 3x

Piala Super Eropa: 2x

Piala Dunia Antarklub: 1x

Piala Interkontinental: 2x

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasad Pria Penuh Luka Tusuk Ditemukan Tewas di Perkebunan

Posted: 17 Nov 2018 10:14 PM PST

Patroli, Purworejo - Sesosok jasad laki-laki ditemukan warga penuh luka tusukan di area perkebunan Purworejo, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (18/11/2018), awalnya warga menemukan sandal yang dipenuhi darah di area parit, kemudian menyusuri jejak jalan yang juga banyak bercereran bercak darah hingga akhirnya menemukan jasad korban di tengah perkebunan.

Jenazah laki-laki yang diperkirakan berusia 38 tahun itu diduga korban pembunuhan karena banyaknya luka tusuk di sekujur tubuh korban.

Aparat Polres Purworejo yang langsung melakukan olah tempat kejadian perkara sementara menduga korban sebelumnya berkelahi karena temuan sandal dan lokasi jasad korban yang berjauhan.

Namun, untuk kepentingan autopsi polisi membawa jasad korban ke Rumah Sakit Umum Daerah Purworejo. Sementara kasusnya saat ini masih diselidiki aparat Polres Purworejo. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surat Hatta Meminta Pengusaha Belanda Mengirim Buku Das Kapital Karl Marx

Posted: 17 Nov 2018 10:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Das Kapital adalah buku karya Karl Marx. Di beberapa negara, buku ini masuk kategori bacaan terlarang dan tak diedarkan secara bebas.

Namun begitu, Wakil Presiden pertama RI, Mohammad Hatta pernah meminta dikirimkan buku ini oleh seorang pengusaha bernama Johannes Eduard Post dari Amsterdam.

Hal ini terungkap dari surat yang ditulis Hatta kepada Eduard pada 8 September 1939. Surat itu ditulis Hatta dari tempat pengasingannya di Banda Neira.

"Saya sangat senang dengan buku Das Kapital, terutama karena saya barusan terlibat dalam polemik tentang karakter karya teoretis Marx. Untuk sementara saya mohon dibantu. Tetapi tidak seluruhnya. Hal yang saya khawatirkan terjadi, edisi lengkap dari Das Kapital susah ditemukan. Buku yang Anda kirim hanya berisi jilid I dan jilid III," tulis Hatta dalam Bahasa Belanda.

Surat yang diketik rapi itu dipamerkan di Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (18/11/2018).

Dalam paragraf ketiga, Hatta menyinggung soal Das Kapital. Dia bertanya kepada Eduard apakah memungkinkan jilid II buku itu diambil dari salah seorang kawan yang tidak lagi membutuhkan buku tersebut. Hatta sangat ingin memiliki jilid II untuk melengkapi koleksi miliknya yang hanya ada jilid I dan III.

Hatta bertanya pada Eduard apakah Henriette Roland Holst bisa membantunya memiliki jilid II Das Kapital. Holst adalah aktivis sosialis Belanda yang aktif mendukung perjuangan Indonesia meraih kemerdekaan.

Surat Pendiri Bangsa

Surat Hatta terpampang dalam pameran yang bertajuk Surat Pendiri Bangsa di Jakarta. (Merdeka.com)

"Apakah Ibu Holst bisa membantu dalam hal ini. Dia kenal seluruh karya Marx dan tidak butuh Marx lagi untuk pekerjaan dia. Buat pekerjaan teoretis saya, saya membutuhkannya. Saya harus menggunakan karya lengkap, khususnya kalau saya mengutip Marx atau saat saya membalas karya teoretis dia secara kritis. Saya berterima kasih banyak kalau Anda beruntung membelikan eksemplar lengkap dari jilid II dari "Das Kapital"," tulisnya.

Das Kapital Buch I terbit pertama kali di Hamburg pada 1867 merupakan buku pertama dari tiga jilid. Ketiga jilid ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Surat-surat Hatta dipamerkan di Museum Nasional dalam pameran Surat Pendiri Bangsa. Selain surat Hatta, dipamerkan juga surat-surat yang ditulis Bung Karno, Kartini, Agus Salim, Tan Malaka, Sutan Sjahrir, Ki Hajar Dewantara, dan John Lie.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Mau Kalah, Gaya Mobil Desa di Antara Mobil Mewah

Posted: 17 Nov 2018 10:08 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 jadi ajang unjuk kreasi para pecinta otomotif khususnya mobil yang ingin tampil beda dari keluaran pabrikan.

Di acara yang berlokasi di Balai Kartini, Kuningan, Jakarta 17-18 November 2018 ini juga ternyata menampilkan sosok Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) atau yang kerap dikenal mobil desa.

 

Ya, mobil desa yang ikut serta dalam gelaran IMX 2018 ini adalah KMW besutan PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (PT KMWI). Dengan ikut di perhelatan modifikasi yang dihadrikan mobil-mobil mahal dan mewah, hal ini membuat KMW jadi terlihat modis.

 

Tampang depan KMW setelah dirombak dan mejeng di acara IMX 2018. (Herdi Muhardi)

Dari pantauan Liputan6.com, sekilas tampilan mobil ini memang tak jauh beda dengan model aslinya. Namun sang modifikator yang digarap tim Nasional Modificator & Aftermarket Association (NMAA) tak mau merombak keseluruhan, agar bentuk asli AMMDes tetap terlihat.

Hanya saja jika dilihat detail ada beberapa ubahan yang dilakukan. Yang jelas mobil tersebut mengusung gaya offroad.

Selanjutnya

Tampang KMW setelah dirombak dan mejeng di acara IMX 2018. (Herdi Muhardi)

Setidaknya, hal itu dirombak seperti pada bagian depan dengan penggunaan bamper tanduk. Penggunaan sedikit bodi kit membuat tampang dari mobil desa ini jadi terasa sangar.

Bagian kaca depan dan jendela samping juga dilengkapi pipa besi yang lengkap dijejali empat buah lampu agar dapat menerangi bila melaju di malam hari.

 

Tampang belakang KMW setelah dirombak dan mejeng di acara IMX 2018. (Herdi Muhardi)

Sedangkan pada bagian bak mobil yang minimalis ini juga sudah dimaksimalkan tampilanya dengan cat kelir hitam doff.

Sementara mobil AMMdes yang satu lagi memang tak terlalu banyak ubahan. Akan tetapi, bagian catnya menggunakan grafis batik agar lebih kental bernuansa nasionalis.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menelusuri Jejak Manusia Prasejarah di Pulau Kisar

Posted: 17 Nov 2018 10:05 PM PST

Liputan6.com, Maluku - Pulau Kisar di Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, telah dihuni sejak sekitar 15.000 tahun lalu menurut Dr Mahirta, arkeolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

"Telah dianalisis bahwa pada kurang lebih 15.000 tahun yang lalu wilayah Pantai Posi telah dihuni oleh sekelompok manusia, tapi ada kemungkinan ditemukannya bukti-bukti penghunian yang lebih tua," kata peneliti lukisan cadas gua Pulau Kisar itu di Wonreli, Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan, Minggu (18/11/2018).

Mahirta bersama Prof Sue O'Connor dalam proyek kerja sama antara UGM dan The Australian University (ANU) meneliti seni cadas di Pulau Kisar pada 2014, 2015 dan 2017.

Dia kini berada di Kisar untuk membantu tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Maluku Utara mendata peninggalan sejarah dan budaya di sana guna diregistrasi sebagai cagar budaya nasional.

Mahirta mengatakan bukti-bukti hunian manusia pada masa prasejarah ada di seluruh Kisar, terutama di area gua payung. Di sana, peneliti menemukan bukti awal hunian berupa mata kail berusia 15.000 tahun.

"Pada masa awal holosen ditemukan bukti peralatan yang lebih canggih dari alat batu yang digunakan oleh manusia sebelumnya, yaitu mata kail yang usianya sekitar 15.000 tahun," katanya dilansir Antara.

Seni cadas di Kisar, menurut dia, juga merupakan bukti lain dari tuanya peradaban di Pulau Kisar.

Ia menjelaskan, seni cadas di sana memiliki motif yang umum ada pada seni cadas prasejarah di pulau-pulau lainnya di Indonesia, Asia Tenggara, Australia dan Pasifik Barat seperti lukisan cap tangan dengan beberapa sampai lengan, lukisan manusia berwarna, serta ragam gambar natural dan simbol.

Selain itu, seni cadas Kisar, juga menampilkan motif manusia dan simbol yang memiliki persamaan dengan motif yang ada pada nekara (gendang perunggu) dan moko (gendang tembaga), juga kain tenun Kisar.

Menurut Mahirta itu menunjukkan bahwa produksi seni cadas tersebut berlanjut terus sampai 2.500 hingga 2.000 tahun lalu.

"Kemungkinan lukisan cap tangan memiliki umur yang lebih tua dari 15.000 tahun yang lalu. Penelitian akan dilanjutkan untuk memastikannya," katanya.

Ia menjelaskan pula bahwa seni cadas di Kisar tidak hanya berada di gua-gua payung tapi juga pada batu-batu besar, seperti di kompleks perbukitan batu Abusur di Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan yang tak jauh dari pelabuhan Kisar.

Sebagian besar lukisan prasejarah masih dalam keadaan baik, tetapi beberapa yang berada di wilayah pantai terancam oleh aktivitas penambangan batu-batu cadas warga setempat.

"Kegiatan penggempuran cadas ini sebaiknya dikelola agar tidak merusak situs dan objek lukisan, pepohonan yang ikut ditebang dapat mengakibatkan lukisan lapisan luar cadas mengelupas bersama dengan pigmen warna lukisan," kata Mahirta.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI: Rekening Khusus Simpan DHE Masih Tunggu Putusan Pemerintah

Posted: 17 Nov 2018 10:01 PM PST

Liputan6.com, Solo - Bank Indonesia (BI) berencana membuat rekening simpanan khusus (RSK) bagi penyimpanan devisa hasil ekspor (DHE) untuk eksportir Sumber Daya Alam (SDA).

Tujuan pembuatan RSK ini agar para eksportir dapat menikmati insentif penyimpanan DHE yang dicanangkan oleh bank sentral. Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Dody Budi Waluyo menyatakan, untuk realisasi RSK, pihaknya masih akan menunggu keputusan pemerintah. Sebab kemungkinan besar BI serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator yang akan ditunjuk untuk menjalankannya.

"Saya belum bisa bilang lebih detail (waktunya kapan) di luar rilis yang sudah disampaikan Kemenko (Kementerian Perekonomian) kemarin. Tapi mungkin nanti akan bekerjasama dengan BI, atau dengan BI dan OJK," kata Dody dalam acara Pelatihan Wartawan Ekonomi Nasional, di Solo, Jawa Tengah, seperti ditulis Minggu (18/11/2018).

Sebelumnya, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, rencana pembuatan RSK ini merupakan salah satu hasil diskusi dengan pengusaha. Selama ini ada insentif penyimpanan DHE tapi kurang bisa dinikmati karena bercampur dengan deposito lainnya.

"Memang ini bagian dalam berbagai kesempatan, ini kami diskusi dengan pengusaha, selama ini ada insentif pajak, tapi karena tidak ada rekening khusus dalam pelaksanaannya, sehingga ada kekurangjelasan aturan perpajakan yang selama ini berlaku," ujarnya di Gedung Bank Indonesia,Jakarta, Jumat 16 November 2018.

Perry mengatakan, selama ini eksportir dalam menyimpan DHE nya cenderung berpindah dari satu bank ke bank lain. "Itu kalau di-roll over tidak mendapat manfaat ini atau dipindahkan dari satu bank ke bank lain, sehingga insentifnya tidak berlaku," ujar dia.

Dengan adanya RSK ini, ekportir, perbankan dan kantor pelayanan pajak akan dimudahkan dalam menentukan insentif yang diperoleh ketika melakukan penyimpanan DHE. Aturan ini pun diharapkan akan diterima oleh semua pihak terutama pengusaha.

"Kalau dengan rekening khusus jadi jelas, sehingga bank, eksportir, dan kantor pajak juga jelas untuk mendapat ketentuan pajak final yang lebih murah, sehingga harapannya pengusaha bisa menyambut baik hal ini," tutur dia.

Adapun besaran insentif yang diberikan kepada eksportir jika mengkonversikan DHE valas ke rupiah jika disimpan 1 bulan akan mendapat pajak sebesar 7,5 persen, 3 bulan mendapat pajak 5 persen, 6 bulan tidak dikenakan pajak. Namun jika disimpan dalam bentuk valas 1 bulan dikenakan pajak 10 persen, 3 bulan sebesar 7,5 persen, 6 bulan sebesar 2,5 persen dan lebih dari 6 bulan tidak dikenakan pajak.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Strategi Sri Mulyani agar Devisa Hasil Ekspor Mengendap di RI

Petugas melakukan pengepakan lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Bank Indonesia (BI) mempersiapkan Rp 193,9 triliun untuk memenuhi permintaan uang masyarakat jelang periode Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) masih terus merumuskan insentif bagi para eksportir dalam rangka mengkonversikan devisa hasil ekspor (DHE) nya di Indonesia.

Salah satu yang dikaji adalah insentif dalam bentuk pengurangan PPh dari bunga DHE yang disimpan di perbankan Indonesia. 

"Kami bersama BI dan Menko Perekonomian terus memperbaiki koalisi untuk memberikan insentif bagi para eksportir mengkonversikan devisa hasil ekspor. Dari sisi perpajakan yang sudah kita lakukan, kita sudah mendapatkan feedback," ujar Sri Mulyani di Kantornya, Jakarta, Rabu 3 Oktober 2018.

"Dan akan memperbaiki termasuk dengan Bank Indonesia bagaimana supaya DHE tinggal di Indonesia dan akan mendapatkan insentif dalam bentuk pengurangan PPh dari bunga yang diperolehnya," tambah dia.

Sri Mulyani mengatakan, pengurangan PPh dari bunga DHE oleh perbankan akan dibuat lebih fleksibel. Meski demikian, rencana ini masih terus dimatangkan dengan mendengarkan masukan dari berbagai pihak. 

"Itu sekarang bisa dibuat fleksibel yaitu dalam bentuk tidak perlu harus apa yang disebut fortunity maupun banknya untuk mendapatkan klaim dari insentif itu. Penyempurnaan ini sedang kita finalkan dan kita umumkan sehingga masyarakat makin percaya bahwa pemerintah bersama BI akan terus menjaga suasana stabilitas," ujar dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, langkah-langkah ini dilakukan pemerintah untuk menyikapi setiap perubahan yang berdampak pada ekonomi RI akibat pengaruh ekonomi global. Oleh karena itu, dia juga mengajak pelaku usaha lebih bijak dalam menggunakan dolar. 

"Shock atau perubahan yang terjadi secara cepat itu harus kita sikapi tanpa kita merasa panik. Kita menyikapinya melalui suatu penyesuaian yang sifatnya fleksibel," ujar dia.

"Oleh karena itu, semua pihak yang penting, eksportir melakukan konversi di dalam negeri dari seluruh devisa hasil ekspornya untuk kebutuhan transaksi dalam negeri. Ini juga akan sangat membantu keseimbangan pasokan dan demand terhadap dolar," tambah Sri Mulyani.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ajak 3.284 Orang Makan Bersama, Kemenkes RI Pecahkan Rekor MURI

Posted: 17 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementarian Kesehatan (Kemenkes) meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada perayaan puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 pagi tadi, Minggu (18/11/2018). Penghargaan itu didapat karena Kemenkes RI berhasil mengajak 3.284 warga Jakarta dan sekitarnya beramai-ramai menyantap makanan sesuai porsi Isi Piringku.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek berharap acara makan bersama yang diikuti ribuan orang itu bisa meningkatkan pemahaman masyarakat tentang porsi makan ideal.

"Kita harapkan seluruh masyarakat Indonesia tahu dengan isi piiringku untuk kita wujudkan bangsa Indonesia sehat, kuat, dan berdaya saing," ujar Menkes pada puncak acara HKN ke-54 di Jakarta, mengutip laman sehatnegeriku.

Melalui kampanye Isi Piringku, Kemenkes mengajurkan pola makan yang terdiri dari 2/3 piring berisi karbohidrat, 2/3 sayuran, 1/3 buah-buahan, dan 1/3 protein.

MURI lewat sang CEO Jaya Suprana mengapresiasi perjuangan Menkes meningkatkan kesehatan warga Indonesia. Ini adalah penghargaan MURI yang kesekian kali yang disampaikan MURI untuk Menkes.

"Masalah kesehatan langsung terkait dengan kesejahteraan masyarakat. Saya lihat Ibu (Menkes) selalu gigih dan fokus meningkatkan kesehatan," kata Jaya Suprana.

Jaya menilai gerakan makan sesuai porsi Isi Piringku merupakan hal yang baik sekali. Itu yang menjadi alasan dirinya memberikan piagam Rekor Muri kepada Menkes. Jaya mengaku belum pernah mendengar gerakan seperti Isi Piringku di negara lain.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain Ini Layak Jadi Prioritas AC Milan di Bursa Transfer Januari

Posted: 17 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta AC Milan saat ini sedang mengalami krisis pemain akibat cedera. Karenanya, jendela transfer Januari nanti bisa menjadi sangat penting bagi pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso.

Mattia Caldara, Mateo Musacchio, Lucas Biglia dan Giacomo Bonaventura semuanya telah dikonfirmasi bakal absen dalam waktu cukup panjang. Menyusul setelah itu, kapten Alessio Romagnoli usai kembali dari tugas internasional dan juga Davide Calabria.

Situasi ini membuat kekuatan I Rossoneri sangat berbahaya di lini pertahanan dan lini tengah. Mereka harus aktif memburu pemain di bulan Januari untuk mengisi kekosongan tersebut. Apalagi, AC Milan kini tengah mengincar posisi empat besar di Serie A musim ini. Prestasi ini untuk mengamankan kembali posisi Milan di Liga Champions.

Menurut Calciomercato, tiga nama muncul sebagai solusi potensial Januari dan seterusnya untuk memperkuat tim inti AC Milan. Berikut 3 pemain incaran Milan tersebut:

Rodrigo Caio

Rodrigo Caio masuk radar AC Milan. (AFP/Miguel Schincariol)

Caio akan menambah kedalaman kualitas dalam pertahanan dan mungkin bisa mengisi tempat awal mengingat krisis cedera di belakang. AC Milan telah melakukan neogisiasi dengan Sao Paulo, klub Caio, di Brasil.

Salah seorang direktur AC Milan, Leonardo, yang juga berasal dari Brasil yang diutus menjalankan operasi ini. Caio sendiri saat ini masih jadi andalan Sao Paulo di Liga Brasil. dalam lima laga terakhir, dia selalu dimainkan sebagai starter.

Caio juga sudah empat kali membela timnas Brasil. Belakangan, pemain kelahiran17 Agustus 1993 ini juga dikabarkan jadi incaran Lazio dan Napoli.

Amadou Diawara

Gelandang Napoli, Amadou Diawara (kanan). (Oli SCARFF / AFP)

Diawara dikatakan menjadi target pada kesepakatan pinjaman awal. Tapi, masih harus dilihat jika Carlo Ancelotti bersedia untuk mengizinkannya. untuk meninggalkan Napoli.

Gelandang berusia 20 tahun itu, sudah menjalani musim keduanya bersama Napoli. Ia didatangkan dari Bologna pada musim panas 2016 dengan biaya yang tak diketahui.

Musim lalu, saat masih berusia 19 tahun, ia sudah tampil dalam 28 laga di semua kompetisi. Musim ini, sudah 24 laga yang ia lakoni. Diawara juga menyumbang satu gol dan satu assist.

Zlatan Ibrahimovic

Striker LA Galaxy, Zlatan Ibrahimovic, merayakan gol ke gawang Los Angeles FC pada laga Major League Soccer, di StabHub Center, Carson, Sabtu (31/3/2018). (AP Photo/Jae C. Hong)

Adapun Ibrahimovic, ia juga akan menjadi tambahan mendasar bagi Gattuso. Selama ini pusat serangan hanya bertumpu pada Gonzalo Higuain dan Patrick Cutrone sebagai pilihannya di depan di semua kompetisi.

Kabar kedekatan AC Milan dengan Ibrahimovic terendus sejak beberapa bulan lalu saat Higuain dan Cutrone masuk ruang perawatan secara bersamaan.

Walau keduanya telah pulih, namun kabar ketertarikan Rossoneri terhadap wacana memulangkan Ibrahimovic masih ada. Pemain 37 tahun ini, tentu akan menambah kualitas dan kedalaman, seperti yang telah ditunjukkan bersama LA Galaxy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tinjau Lokasi Kebakaran California, Donald Trump Janjikan Hal Ini

Posted: 17 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, California - Presiden AS Donald Trump tiba di California, Sabtu 17 November 2018 untuk melihat secara langsung dampak kerusakan yang hebat yang disebabkan oleh kebakaran di negara bagian itu. Trump juga bertemu dengan para pejabat dan tim SAR.

"Tidak ada yang menduga ini bisa terjadi," katanya kepada para wartawan setelah berjalan kaki melewati puing-puing yang hangus di kota Paradise, California utara, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (18/11/2018).

Sedikitnya 9.700 rumah hancur dalam kebakaran itu dan 71 orang dinyatakan tewas serta lebih dari 1.000 orang hilang.

Kebakaran yang dijuluki Kebakaran Camp itu adalah yang paling mematikan dalam sejarah California. Lebih dari 5.500 petugas pemadam kebakaran masih berusaha mengatasinya.

Trump didampingi oleh Wali Kota Paradise Jody Jones, Gubernur L Jerry Brown, Gubernur terpilih Gavin Newsom, dan kepala Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) Brock Long.

Trump berjanji akan memberikan bantuan federal, dengan mengatakan, "Kita semua akan bekerja sama."

Sang presiden juga berjanji akan bekerja dengan kelompok-kelompok lingkungan mengenai pengelolaan hutan yang lebih baik.

Ia menambahkan, "Mudah-mudahan ini akan menjadi (kebakaran) yang terakhir karena ini sangat buruk."

Tapi ketika ditanya apakah kebakaran itu mengubah sikapnya mengenai perubahan iklim, Trump mengatakan, "Tidak, tidak." Dia mengatakan dia yakin banyak faktor yang menjadi penyebabnya.

Presiden juga mengunjungi sebuah pusat komando di Chico, California, dan memuji para petugas pemadam dan petugas tanggap darurat lainnya. "Kalian sangat luar biasa," katanya, seraya menambahkan bahwa mereka yang memadamkan api "berjuang dengan keras."

Lebih dari sepekan setelah api berkobar dan menghanguskan Paradise, kebakaran California telah membakar wilayah seluas sekitar 590 kilometer persegi dan kini sekitar 50 persennya telah diatasi, kata para pejabat.

 

Simak video pilihan berikut:

Ini Faktor Penyebab Kebakaran Dahsyat California?

Dua petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di sepanjang Ronald Reagan (118) di Simi Valley, Californnia (12/11). Departemen Pemadam Kebakaran setempat mendesak agar warga segera mengungsi ke tempat aman. (AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Dua kebakaran menghancurkan telah berkecamuk di beberapa bagian California, dan jumlah korban tewas hari hingga Kamis 17 November 2018 mencapai 71 orang.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Sabtu 18 November 2018, para pakar menduga banyak penyebab kebakaran tersebut, mulai dari pertumbuhan populasi, kerusakan peralatan hingga perubahan iklim. Mereka menyatakan kebakaran maut itu mungkin menunjukkan bahwa hal yang lebih buruk akan terjadi.

Jennifer Balch, Direktur Earth Lab di University of Colorado Boulder, mengatakan kebakaran di bagian barat Amerika semakin intensif.

Ada peningkatan lima kali lipat dalam hal jumlah kebakaran besar sejak tahun 1970-an, jelas Balch. Jadi, setiap 20 kebakaran yang terjadi pada tahun 1970-an, jumlahnya sekarang ini mencapai 100 kebakaran.

Kawasan yang terbakar juga berlipat dua, ujar Balch.

Perubahan iklim telah membawa suhu yang lebih hangat dan variasi ekstrem salju dan hujan, yang menyebabkan tahun-tahun kering dan basah, ujar Leroy Westerling, yang mengkaji kebakaran hutan dan iklim di University of California, Merced. Ia mengatakan variasi itu menimbulkan lebih banyak kebakaran.

Kebakaran yang menjalar cepat melalui semak-semak yang sangat kering juga dapat menimbulkan korban, ujar Westerling, seperti kebakaran serupa yang menghancurkan sebagian besar kota Paradise di bagian utara California.

Westerling mengatakan, musim kebakaran yang panjang di California kini terjadi hingga akhir musim gugur, sewaktu kondisi kering menunda jatuhnya hujan musim dingin, dan angin kencang mengobarkan api yang masih menyala.

Perpindahan populasi menyebabkan pula lebih banyak peluang api yang terpercik, dengan orang-orang berpindah ke tempat-tempat yang mudah terbakar dan mereka mendirikan rumah di jalur api, kata Balch.

Ia mengatakan faktor manusia menyebabkan 84 persen kebakaran hutan, dan sambaran petir merupakan penyebab selebihnya.

Peralatan yang rusak serta kabel listrik yang roboh banyak menjadi penyebab kebakaran, dan pihak berwenang sedang berupaya menyelidiki apakah rusaknya peralatan dari perusahaan gas dan listrik yang memicu dua kebakaran besar di California.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Umumkan Kelulusan, Shania Berikan Tantangan untuk Generasi Baru JKT48

Posted: 17 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Shania Junianatha, menyusul rekan-rekannya dari generasi pertama yang telah lebih dulu lulus dari JKT48. Ia baru saja mengumumkan kelulusannya di senbatsu sosenkyo kelima untuk single ke-20 JKT48 di Sleman City, Yogyakarta, pada Sabtu (17/11/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Shania mengungkap adanya pendapat miring mengenai JKT48 tanpa generasi pertama. 

"Banyak orang yang bilang JKT48 tanpa generasi satu akan mati, tapi menurut aku semua orang di sini membangun JKT48 sampai sekarang, dan kali ini aku memberanikan diri untuk keluar," tuturnya. 

Tak hanya itu, Shania juga mengungkapkan tantangannya untuk generasi baru JKT48.

Tantangan untuk JKT48

Shania JKT48. (Nurwahyunan/bintang.com)

Ternyata Shania menantang para juniornya untuk meneruskan apa yang telah dibangun oleh generasi pertama. 

"Untuk semua penerus aku, aku menantang kalian. Apakah kalian mau dan siap untuk menjadi generasi satu yang baru, membangun JKT48 dari nol lagi? Apa kalian mampu menginspirasi untuk semua orang di Indonesia?" tuturnya. 

Harapan Shania

View this post on Instagram

17 November 2018 . "Saya Shania Junianatha dari JKT48 Team J mengumumkan untuk lulus dari JKT48". Akhirnya kata-kata yang sebelumnya menurutku sangat sulit keluar dari mulutku muncul juga hari ini. 7 tahun disini, nggak mungkin mudah untuk melepas semuanya, tapi prosesku untuk mengambil keputusan inipun juga nggak mudah. Berkali-berkali bertanya kapan, akankah siap? Berkali-kali mencari mimpi dan tujuan baru. Wake up. Aku ingin bangun. Aku ingin diriku sendiri bangun, mencari jati diriku yang baru lainnya. Aku juga ingin JKT48 bangun. Semuanya sekali lagi, tidak ada kata penyesalan untukku bisa melihat kalian berusaha keras untukku sekali lagi di sousenkyo terakhirku. Hadiah yang kalian berikan disetiap tahunnya membuat aku lebih semangat lagi menggapai mimpi untuk membuat kalian juga meraih mimpi di hidup ini. I really love being an idol. I really do. Sampai hari itu tiba, izinkan aku menjadi idol sekali lagi. . Much love, Shania Junianatha.

A post shared by Shania Junianatha (@jkt48shanju) on

"Sampai waktu itu tiba aku ingin jadi idola sekali lagi buat kalian. Aku ingin membimbing junior aku. Aku ingin JKT48 selalu ada. Bagi aku JKT48 masih jadi grup terbaik di Indonesia," tutur Shania menambahkan.

Mendengar pesan Shania ini, para anggota JKT48 langsung berlari dan memeluk kaptennya tersebut. Sementara sebagian fans yang ada di venue masih bengong, tak percaya dengan apa yang terjadi. (Kapanlagi.com/djo/jje)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu "Hantu", Reaksi Bocah Ini Langsung Jadi Viral

Posted: 17 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak tentu akan menangis ketika melihat atau bertemu dengan sosok menakutkan ya. Terlebih sosok tersebut adalah hantu yang sangat menyeramkan. Namun berbeda dengan seorang bocah laki-laki yang sedang viral ini.

Alih-alih menangis ketika melihat wanita yang berdandan menyeramkan layaknya hantu, bocah tersebut justru melakukan reaksi yang tak terduga. Bocah yang diketahui bernama Adliger Barkamori Shah ini langsung membaca ayat kursi ketika melihat sosok perempuan menyeramkan tersebut.

Sebuah video yang menunjukkan Adliger sedang membaca ayat kursi di hadapan wanita menyeramkan tersebut sedang viral di sosial media. Nyatanya kejadian unik ini bermula ketika bocah tersebut mengunjungi sebuah pusat perbelanjaan di Bandar Lampung.

Dirinya kemudian melihat seorang wanita yang berdandan menyeramkan menghampirinya. Meski kaget, dirinya tak menangis ataupun lair melainkan langsung menengadahkan tangannya sambil melafalkan ayat kursi. Video berdurasi 52 detik ini sontak jadi sorotan warganet setelah diunggah oleh akun Facebook Ovi Sofwilwidad.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Reaksi Warganet

Reaksi bocah saat bertemu

Hingga kini video tersebut telah dilihat lebih dari 1,7 juta kali. Reaksi bocah laki-laki tersebut sontak menjadi viral dan mencuri perhatian warganet. Banyak dari mereka yang salut dengan anak tersebut.

"Sebenarnya mb' hantunya mau ngakak.. Tapi takut dosa.. Wkwkkwk," ujar akun Mas Tori.

"Kalo ga mempan pake ayat kursi ambil ajh kursinya doang trus di lmparin ke hntu," tulis akun Mullyana Alla bercanda.

"Pintar anaknya. Harusnya sihantu pura2 kesakitan," ungkap akun Pucuak Parancih.

Reporter: Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengeksplorasi Budaya Dayak Kapuas Hulu Lewat Susur Nusantara

Posted: 17 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kebesaran budaya Suku Dayak sudah tak terbantahkan. Sebagai suku terbesar di Pulau Kalimantan, keberadaannya mampu memberikan warna yang luar biasa.

Kebesaran Dayak tercermin dalam program Susur Nusantara Dayak Kalimantan Barat (Kalbar), 11-15 November lalu. Sebanyak 7 orang influencer media sosial dibuat terpukau kekayaan budaya Suku Dayak di sekitar Kapuas Hulu, Kalbar.

Dalam Susur Nusantara, yang berhasil ditemui adalah Suku Kayaan di Datah Diaan, Suku Dayak Tamambalo Apalin di Banua Tengah hilir, Suku Iban di Kedungkang, hingga Suku Dayak Iban di Sungai Utik.

"Asik! Keren! Ini di luar ekspetasi. Budayanya luar biasa. Dengan sambutan hangat disetiap suku yang kami singgahi. Sepertinya kurang waktu yang ada untuk menjelajahi eksotisme Suku Dayak di Kapuas Hulu," ujar Pipit Damayanti, seorang food blogger asal Jogja yang mengikuti program tersebut.

Ucapan Pipit memang tak terbantahkan. Keramahan dan senyuman selalu menyertai tim Susur Nusantara ketika berkunjung ke setiap suku. Beragam suguhan kuliner selalu menyertai di setiap kesempatan. Suguhan ini menjadi menu wajib bagi para tamu yang datang.

Menunya sudah pasti nikmat. Seluruh kuliner yang disediakan merupakan hasil ladang serta alam sekitar. Ada sayur pakis, sayur labu, sayur daun ubi, ikan asin, telur, ikan sungai serta sambal.

"Suguhan tersebut merupakan bagian yang tak terpisahkan dari budaya mereka. Dan pantang bagi kita menolaknya. Hal ini juga merupakan budaya mereka untuk memuliakan para tamu. Masakannya sederhana namun begitu nikmat. Karena semua bahannya fresh dari alam," ungkap pemilik akun instagram @kulinerjogja tersebut.

Eksotisme Tanah Borneo semakin lengkap dengan hadirnya budaya tatto Suku Dayak yang mendunia. Bukan sekedar seni menggambar tubuh, tatto Dayak merupakan representasi dari nilai-nilai kehidupan. Begitu kaya makna. Semua bernuansa alam yang merupakan nilai terpenting kehidupan mereka.

"Bagi masyarakat Dayak alam adalah ibu. Alamlah yang memberikan kehidupan. Maka dari itu semua direpresentasikan di dalam seni mereka. Cara mereka hidup yang menjaga alam juga menjadi sebuah keunikan tersendiri. Dan itu juga sejalan dengan prinsip pariwisata berkelanjutan yang juga menjadi fokus Kemenpar," terang Pipit.

Nilai-nilai itu juga tersaji kuat di Rumah Betang. Rumah tradisional Suku Dayak ini memberikan sebuah aura yang membuat betah setiap tamu yang datang. Beragam ukiran serta patung khas Dayak di rumah ini begitu kaya untuk ditelusuri.

Soal fasilitas tak perlu diragukan. Sejak tahun lalu Rumah Betang telah memilik kamar-kamar khusus yang difungsikan sebagai homestay. Kamarnya nyaman. Toiletnya bersih. Listrik pun tersedia. Hal ini dilakukan dengan semakin maraknya wisatawan yang datang dan menginap di Rumah Betang.

"Menginap di Rumah Betang sensasinya berbeda. Kita diajak merasakan bagaimana menjadi masyarakat Dayak. Mandi di sungai, ikut ke ladang, ikut memasak, dan itu memberikan pengalaman yang mengasikkan. Dan semuanya terbungkus manis indahnya alam Borneo," ujar Pipit.

Terpisah, Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi I pada Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Hariyanto mengatakan, famtrip ini dilakukan untuk mengangkat serta memetakan potensi destinasi lain di Indonesia. Hal ini sangat strategis mengingat banyaknya potensi destinasi yang belum terekspos secara menyeluruh.

"Pemetaan berbagai potensi ini dilakukan untuk menghadirkan berbagai potensi tersembunyi dari pariwisata Indonesia. Strateginya menggunakan influencer media sosial sehingga destinasi-destinasi ini makin berkibar lagi," ujar Hariyanto yang diamini oleh Kepala Bidang Komunikasi Media Digital, Deputi Strategis dan komunikasi Pemasaran I, Titus Haridjati.

Hingga saat ini program Susur Nusantara telah dilaksanakan di berbagi destinasi di Indonesia. Dari mulai Nias, Natuna, Wakatobi, Toraja, Dayak Kalbar, Luwuk, Sombori dan nantinya berakhir di Sentani Papua

"Target kita membidik pangsa pasar lebih luas. Selain wisatawan mancanegara kita juga membidik wisatawan nusantara khususnya kaum milenial. Seluruh materi yang ada kita sajikan lengkap di media sosial para influencer dan juga di instagram @pesonaid_travel dengan hastag #SusurNusantara," timpal Titus..

Program ini pun mendapat apresiasi positif Menteri Pariwisata Arief Yahya. Eksplorasi untuk mengangkat potensi tersembunyi pariwisata Indonesia. Sehingga nantinya dapat memberikan pilihan destinasi lebih luas lagi bagi para wisatawan.

"Indonesia itu bukan cuma Bali. Indonesia itu bukan cuma Jogja. Kekuatan alamnya sudah tak terbantahkan. Sedangkan kekuatan budayanya menjadi sebuah nilai tersendiri yang mengundang wisatawan datang. Contohnya kekayaan budaya Suku Dayak di Kapuas Hulu ini," ujar Menpar Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Menu Pilihan William Wongso untuk Talaga Sampireun

Posted: 17 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pakar kuliner William Wongso menyambut baik ajakan Talaga Sampireun untuk melestarikan Kuliner Nusantara. Ia pun diminta untuk menghadirkan lima menu Nusantara yang diakuinya sulit untuk memilih.

"Memang sulit untuk memilih masakan-masakan Indonesia, tetapi karena permintaannya diminta lima jenis, maka saya ambil sikap prioritas karena makanan khas di daerah-daerah yang lebih dikenal, misalnya Aceh, Jambi, Jawa, Melayu atau Bangka. Serta masakan khas dengan pegagan," jelas William Wongso dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Sabtu, 17 November 2018.

"Memang sulit jika diminta memilih masakan Nusantara ini karena semua memiliki kekhasan dan kearifan lokal yang tidak bisa diganggu gugat," tambahnya.

Bagi William Wongso, Indonesia dengan 17 ribu kepulauan dan 34 provinsi memiliki keberagaman makanan. "Jadi prinsipnya saya coba pertama, saya ambil Aceh supaya lebih populer, dan bukan masakan yang sulit, tapi unik adalah ayam tangkap. Daun temurui atau salam koja itu penting untuk hal ini," ungkap William Wongso.

Kemudian lanjut pada menu kedua, gulai ikan patin. Mengenai ikan patin, William Wongso berharap lingkungan sungai-sungai di mana pun bisa dipertahankan keasriannya sehingga bisa menyajikan ikan yang terbaik.

Menu ketiga adalag gadon, salah satu masakan Jawa. Di Jawa, gadon merupakan masakan khas dengan daging cincang yang cukup unik. Menu keempat adalah nasi minyak.

"Nasi Minyak dari semua jenis nasi-nasian yang aromatik di nasi minyak ini yang paling unik karena komposisi dan proses membuatnya," kata William Wongso.

Menurut William, untuk membuat nasi minyak dibutuhkan setidaknya 10-12 macam rempah yang tidak digiling. Rempah dimasak sebagai teh rempah dan airnya untuk memasak. Nasi kemudian ditambah beragam bahan seperti nanas, tomat, minyak samin.

Padanannya adalah daging masak hitam yang tidak memakai santan, ini khas di Jambi batanghari melainkan hanya menggunakan parutan kelapa yang disangrai hingga hitam ditumbuh hingga berminyak. Ini seolah-olah sejenis rendang khas dari Jambi.

Terkait dadar pegagan, dia menyarankan percampuran telur dan daun pegagan ini bisa dinikmati untuk anak-anak sebagai bekal atau sarapan. "Masyarakat kita tidak mengenal bahan-bahan alami yang sehat seperti halnya pegagan. Pegagan tumbuh di mana-mana. Pegagan kalau di Colombo atau India disebut prime food, disajikan secara sederhana pakai dadar telur bagi anak-anak bisa dinikmati untuk bekal ke sekolah atau sarapan pagi," tambah William Wongso.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tak Mau Berjalan, Balita Ditenteng Layaknya Belanjaan

Posted: 17 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang balita malas berjalan ke rumah setelah turun dari mobil. Sang ayah yang melihat hal itu tak tinggal diam dan malah menenteng layaknya belanjaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: KPK Tangkap Bupati Pakpak Bharat dalam OTT

Posted: 17 Nov 2018 09:55 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasad Tanpa Identitas Dalam Drum Gemparkan Warga Kabupaten Bogor

Posted: 17 Nov 2018 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sesosok jasad laki-laki ditemukan di Kawasan Industri Kembang Kuning, Kampung Narogong, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Minggu (18/11/2018). Penemuan jasad di dalam drum plastik warna biru itu menggemparkan warga sekitar.

Kapolres Kabupaten Bogor, Ajun Komisaris Besar Andi M Dicky menjelaskan, jasad tersebut ditemukan pertama kali pada Pukul 06.00 WIB oleh Pemulung berinisial SA (56).

"Ibu tersebut mendekati drum plastik berwarna biru yang tertutup rapat dan terikat oleh lakban hitam. Awalnya mengira bahwa tong plastik tersebut berisikan sampah. Namun setelah dibuka Ibu Pemulung tersebut Kaget saat melihat bahwa di dalam drum plastik tersebut adalah sesosok jasad," kata dia saat dikonfirmasi Liputan6.com, Minggu (16/11/2018).

Dicky menuturkan, jasad tersebut tidak memiliki identitas. Adapun ciri-cirinya memakai kaos putih dan terdapat bercak darah.

 

Penyebab Kematian

Pihaknya masih belum bisa menyimpulkan penyebab kematian korban. Rencanaya jenazah dibawa RS Bhayangkara R Said Sukanto, Keramatjati untuk diautopsi.

"Setelah mendapatkan informasi dari warga, Polsek Klapanunggal Bergegas merapat ke lokasi dan memasang Garis Polisi, Olah TKP, dan meminta keterangan dari Saksi," ujar dia.

Kasus ini pun sedang dalam penyelidikian polisi. "Masih dilidik. Ditanggani Polsek Klapanunggal bekerjasama dengan Sat Reskrim Polres Bogor," Dicky memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Cibadak Digegerkan Temuan Jasad Ayah dan Anak di Tepi Jalan

Posted: 17 Nov 2018 09:45 PM PST

Patroli, Sukabumi - Kematian ayah dan anaknya secara bersamaan di tepi Jalan Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat, menyisakan misteri meski tak ditemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh keduanya.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (18/11/2018), warga Labora Cibadak, Sukabumi, Sabtu malam, geger menyusul temuan dua orang tewas dalam waktu yang bersama serta berjarak tak terlalu jauh sekitar 100 meter. Penduduk tak ada yang mengenali kedua korban dan tidak ada identitas yang melekat di tubuh keduanya.

Polisi yang tiba di lokasi kejadian langsung membawa kedua jenazah ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan dan identifikasi.

Hasil penyelidikan polisi, belakangan diketahui kedua korban adalah pasangan ayah dan anak. Sang ayah Sumirjo berusia 56 tahun serta anaknya Sumardi Susilo 25 tahun. Keduanya diketahui adalah warga Langkat, Sumatera Selatan. Autopsi akan dilakukan polisi menanti kerabat korban tiba. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Piala AFF 2018, Laga Timnas Indonesia Vs Filipina

Posted: 17 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nasib Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 kini di ujung tanduk. Itu akibat kekalahan Indonesia saat bertandang ke markas Thailand pada laga ketiga Grup B di Rajamangala National Stadium, Sabtu (17/11/2018).

Timnas Indonesia gagal mencuri poin saat menantang Thailand. Sempat tampil meyakinkan, Indonesia tetap harus pulang dengan tangan hampa. Padahal, tim besutan Bima Sakti itu sempat unggul lebih dulu berkat gol Zulfiandi di menit ke-29.

Sayang, setelah itu gawang Timnas Indonesia kawalan Awan Setho Raharjo harus kebobolan empat gol lewat Korrakot Wiriya-Udomsiri di menit ke-38, Pansa Hemviboon (45+3), Adisak Kraisorn (64), dan Pokkhao Anan (74).

Akibatnya, lolos atau tidaknya Timnas Indonesia kini bergantung pada hasil yang didapat tim lain. Lalu, mereka juga wajib memenangkan laga pamungkas Grup B kontra Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (25/11/2018).

Saat ini Timnas Indonesia menempati posisi keempat setelah memainkan tiga laga. Thailand dan Filipina yang baru memainkan dua laga kokoh di dua posisi teratas. Sedangkan urutan ketiga ditempati Singapura yang juga baru tampil di dua laga.

 

Jadwal Indonesia Vs Filipina

Indonesia vs Filipina

25 November 2018

Stadion Utama Gelora Bung Karno

Pukul 19.00 WIB

Live streaming di Vidio.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lagi, Investor Desak Mark Zuckerberg Mundur dari Chairman Facebook

Posted: 17 Nov 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Para investor kembali mendesak CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk mundur dari jabatan chairman di Facebook.

Desakan ini timbul setelah Facebook Global Head of Policy and Communication Nick Clegg yang baru bergabung bulan lalu diminta melakukan peninjauan atas kinerja Facebook.

Salah satu investor, Jonas Kron, yang berinvestasi 8,5 juta pound sterling di Facebook meminta Zuck untuk hengkang dari posisinya.

"Facebook berlaku layaknya perusahaan spesial. Padahal tidak. Facebook adalah perusahaan, dan perusahaan perlu memisahkan jabatan chairman dan CEO," kata Kron.

Facebook memang tengah berjuang untuk memulihkan nama baiknya. Pasalnya jejaring sosial ini mendapatkan banyak kritik terkait upayanya menangani keterlibatan Rusia dalam pemilu AS 2016 hingga skandal Cambridge Analytica. Oleh karenanya, Facebook menyewa agensi public relation.

Meski begitu, saat ditanya jurnalis, Mark Zuckerberg menyangkal Facebook menggunakan agensi PR.

"Begitu saya tahu masalah ini, saya bicara dengan tim dan kami tidak lagi bekerja dengan agensi PR tersebut," kata Zuck seperti dikutip dari Telegram, Minggu (18/11/2018).

Zuck memang diketahui memegang kontrol yag tinggi terhadap bisnis Facebook karena peran gabungan yang diembannya. Karena kepemilikan sahamnya, suara Zuck mewakili 60 persen power saat voting berlangsung.

Peran Ganda sebagai CEO dan Chairman Tak Baik

CEO Facebook Mark Zuckerberg sebelum memberi keterangan di depan Parlemen Eropa di Brussel, Belgia, Selasa (22/5). Facebook berkali-kali mementahkan tuduhan penjualan data kepada Cambridge Analytica. (JOHN THYS/AFP)

CEO salah satu perusahaan investor Facebook Julie Goodridge yang memiliki 50 ribu lembar saham di Facebook mengatakan, upaya Clegg untuk meninjau lobi Facebook merupakan hal konyol.

"Saya tak bisa membayangkan, menunjuk seseorang yang ada di bawah manajemen Facebook untuk meninjau para manajemen tingkat atas. Mungkinkah orang itu bisa melebihi kapasitas Zuckerberg, Sandberg, Peter Thiel, dan anggota dewan lainnya?," tuturnya.

Zuckerberg pun mengatakan, dirinya telah meminta Nick Clegg untuk meninjau operasi lobi bisnis Facebook. Nantinya, Clegg akan menyerahkan hasil tinjauannya pada COO Facebook Sheryl Sandberg.

Investor Facebook lainnya Natasha Lamb memperingatkan, peran ganda sebagai chairman sekaligus CEO yang dijalankan Zuckerberg membuat Facebook bisa menghindar dari upaya penyelesaian masalah di dalam perusahaan.

"Konsentrasi kekuatan itu menciptakan banyak pertahanan dalam perusahaan. Ini justru menyembunyikan masalah alih-alih mengakui ada masalah dan mencoba memperbaikinya," katanya.

Sekadar diketahui, di perusahaan teknologi yang bermarkas di Silicon Valley, jabatan ganda sebagai CEO dan Chairman merupakan hal yang biasa. Pasalnya, perusahaan teknologi acapkali mengizinkan founder-nya mengontrol bisnis secara penuh, bahkan setelah perusahaan go public.

Elon Musk contohnya, memegang kedua jabatan tersebut di Tesla. Setidaknya ini terjadi hingga adanya perjanjian dengan US Securities and Exchange Commission pada Oktober lalu. Saat itu, perusahaan dipaksa untuk memisahkan antara posisi CEO dengan anggota direksi.

Bukan Pertama Kalinya

Tawa Mark Zuckerberg sebelum dirundung masalah pencurian data pengguna Facebook. (AFP/JUSTIN SILLIVAN)

Sekadar diketahui, ini bukan pertama kalinya investor meminta Mark Zuckerberg mundur dari posisi chairman. Sebelumnya Beberapa investor publik  Facebook, termasuk dana pensiun New York City, mendukung proposal pemegang saham untuk memaksa CEO Mark Zuckerberg keluar dari ketua dewan direksi perusahaan.

Bendahara negara Rhode Island, Illinois dan Pennsylvania, serta pengawas keuangan New York City juga turut bergabung dengan proposal tersebut, yang sebelumnya diajukan oleh Trillium Asset Management pada Juni 2018. Demikian kata pejabat negara dalam keteragan resmi yang dirilis pada Rabu (17/8/2018).

Dilansir Market Watch, pengumuman ini tidak berdampak langsung pada Zuckerberg dan posisinya sebagai CEO sekaligus ketua karena ia memiliki kunci pada sebagian saham besar di perusahaan, yang masing-masing memberinya 10 kali suara dari pemegang saham rata-rata.

Hal ini pun memberikan kekuatan voting kepada Zuckerberg sebesar 59,9 persen.

Pun demikian, isu ini berdampak cukup besar terhadap tata kelola perusahaan, mengingat sejumlah skandal dan kontroversi yang menyelimuti Facebook akhir-akhir ini.

Hal ini pun membuat setidaknya beberapa investor menganggap Zuckerberg membutuhkan dukungan tambahan untuk membimbing perusahaan.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lombok Bangkit Lewat Festival Senggigi Sunset Jazz 2018

Posted: 17 Nov 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pascagempa yang terjadi di Lombok, daerah tersebut mulai bergeliat. Salah satunya dengan diadakannya Mandiri Senggigi Sunset Jazz 2018. Ini diharapkan jadi momentum untuk Lombok agar bisa bangkit kembali menjadi daerah wisata. 

Pentas Mandiri Senggigi Sunset Jazz 2018 sendiri digelar di Pantai Senggigi, salah satu pantai di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat pada Minggu, 9 Desember 2018 mendatang.

Seperti tahun sebelumnya, Mandiri Senggigi Sunset Jazz 2018 tetap menawarkan perpaduan harmoni keindahan alam dan musik berkualitas kepada pelancong dan warga setempat. Jazz memang soal harmoni. Semua yang di pentas menyajikan kemampuan terbaik. Bukan untuk menonjolkan diri, melainkan bekerja sama untuk hasil terbaik bagi penampilan di pentas dan membawa kegembiraan bagi penonton.

Mandiri Senggigi Sunset Jazz 2018 akan dimeriahkan antara lain oleh Andien, Indra Lesmana, RAN, Vina Panduwinata, Pusakata, Eva Celia dan Brigita.

"Saya antusias sekali tampil di acara itu. Apalagi ini untuk Lombok Bangkit. Dengan band yang dipersiapkan khusus untuk acara itu, sebuah kolaborasi yang kami namakan jaztronik, akan menghadirkan jazz dengan arransemen baru yang dibuat Ikmalgoeslan, Clement, dan Timmy Noya," kata Vina Panduwinata dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (17/11/2018).

 

Kerjasama

Mandiri Senggigi Sunset Jazz 2018

Pentas hasil kerja sama Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dan penyelenggara ArchiSS dengan dukungan penuh Bank Mandiri itu tidak hanya membawa kegembiraan pada penonton saat matahari mulai pulang dan langit berubah warna. 

"Pentas ini membawa energi kegembiraan dan kerja sama kepada seluruh Lombok yang sedang menggeliat lagi untuk bangkit setelah rangkaian gempa," kata CEO ArchiSS, Nety Rusi.

Sementara itu, Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid menyatakan, Lombok Barat ingin terus membangun semangat dan komitmen untuk bangkit kembali.

"Mandiri Senggigi Sunset Jazz 2018 menjadi undangan terbuka buat semua pihak. Di samping sebagai ungkapan suka cita dan terima kasih atas perhatian, bantuan, dan kebersamaan saat bencana, pagelaran ini juga menjadi kabar bahwa Lombok Barat sudah bangkit. Kami mengajak semua pihak untuk kembali menghidupkan kegembiraan dan keindahan berwisata di Lombok Barat, khususnya Senggigi," tuturnya.

  

Angkat Pariwisata

Tak hanya disuguhi penampilan musisi keren yang mengalunkan jazz, Anda juga menikmati matahari terbenam di Pantai Senggigi. (Liputan6.com/Hans Bahanan)

Lewat festival jazz ini, Lombok Barat ingin menunjukkan pariwisatanya yang selalu siap menerima wisatawan. Pentas itu sekaligus menjadi sarana penyembuhan trauma bagi warga. "Senggigi tetap siap dikunjungi," ujarnya. 

Hal senada juga disampaikan Bank Mandiri yang berharap penyelenggaraan festival jazz di Senggigi ini dapat mendorong pemulihan kembali ekonomi dan wisata di Lombok.

"Mudah-mudahan melalui penyelengaraan festival musik ini, pariwisata Lombok dapat kembali pulih. Hal ini juga menjadi salah satu komitmen kami, selalu hadir untuk negeri," ujar Vice President CSR Center Bank Mandiri Arhimbawa.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UEFA Nations League: Gagal Kalahkan Portugal, Mancini Nilai Italia Membaik

Posted: 17 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Milan - Timnas Italia gagal menaklukkan Portugal dalam lanjutan UEFA Nations League di San Siro, Minggu (18/11/2018) dinihari WIB. Gli Azzurri -julukan timnas Italia- bermain imbang 0-0 dengan tamunya tersebut.

Meskipun demikian, Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini menilai timnya mengalami kemajuan. Pelatih yang akrab disapa Mancio ini merasa permainan Gianluigi Donnarumma dan kawan-kawan lebih baik daripada saat menang 1-0 atas Polandia.

"Sebuah kemajuan dibanding dengan pertandingan melawan Polandia, karena Portugal jelas lebih kuat ketimbang Polandia. Kami mampu lebih dominan sepanjang pertandingan," ujar Mancio seperti dilansir Football Italia.

Timnas Italia sebetulnya membutuhkan kemenangan agar menjaga peluang ke semifinal UEFA Nations League. Tidak heran, timnas Italia bermain lebih menyerang dalam pertandingan dinihari tadi.

Apalagi, mereka juga kalah 0-1 pada pertemuan pertama di Lisbon. Semangat balas dendam pun memenuhi dada pasukan Mancini.

"Kami mencoba bermain untuk mendapatkan hasil dan memberikan pengalaman berharga kepada para pemain muda," kata Mancini.

 

Gagal ke Semifinal

Timnas Italia gagal melenggang ke semifinal UEFA Nations League (AP Photo/Claude Paris)

Dengan hasil imbang ini, Italia dipastikan gagal ke semifinal UEFA Nations League. Juara Piala Dunia 2006 ini finis di peringkat kedua dengan nilai lima poin.

Di sisi lain, Portugal lolos ke semifinal sebagai pemuncak Grup 3 dengan tujuh poin. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan masih menyisakan satu pertandingan lagi di fase grup melawan Polandia.

 

Klasemen Grup 3 Liga A UEFA Nations League

 No  Tim  Main  Menang  Imbang  Kalah  Gol  Kemasukan  Poin
 1  Portugal  3  2  1  0  4  2  7
 2  Italia  4  1  2  1  2  2  5
 3  Polandia  3  0  1  2  3  5  1

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenna Dewan Mulai Berani Cium Steve Kazee di Depan Umum

Posted: 17 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Beverly Hills - Usai bercerai dari Channing Tatum, tak butuh waktu lama bagi Jenna Dewan untuk membuka hati. Kini Dewan tengah menjalin asmara dengan aktor ganteng Stave Kazee.

Meski awalnya sempat menutup-nutupi kabar bahagia ini, kini Jenna Dewan secara terang-terangan mengakui hubungannya dengan Steve Kazee. Mereka bahkan tak segan mengumbar kemesraannya saat muncul di tempat umum.

Jumat (16/11/2018) kemarin, Jenna Dewan dan Steve Kazee tertangkap kamera muncul di kawasan Beverly Hills. Pasangan selebritas ini rupanya memutuskan untuk shopping bareng dan jalan-jalan santai berdua saja.

Berbagi Kemesraan

Jenna Dewan (AP Photo)

Di depan banyaknya kamera paparazzi, keduanya tersenyum dan saling bergandengan tangan. Tak cuma berhenti sampai di situ saja, mereka bahkan sempat kedapatan berbagi pelukan mesra dan juga ciuman di depan umum.

Pemandangan itulah yang terlihat jelas dalam foto-foto kencan mereka yang beredar di media asing.

Bukan Pertama Kali

Steve Kazee (Jemal Countess / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Ini bukan kali pertama kamera media mengabadikan momen kencan mesra Jenna dan Steve. 2 November lalu mereka sempat kedapatan muncul di kawasan kawasan Palm Springs, California. Saat itulah keduanya berbagi ciuman seakan dunia hanya milik berdua.

Selain itu, dalam momen kencannya kali ini mereka juga sepakat untuk berdandan kompak. Jenna dan Steve terlihat serasi dengan perpaduan denim dan outfit berwarna hitam yang mereka kenakan. (Soraya/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Brasil Terinspirasi Cara Bermain Manchester City

Posted: 17 Nov 2018 09:25 PM PST

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Pelatih timnas Brasil, Tite mengaku terinspirasi dari permainan Manchester City yang dirancang Pep Guardiola. Tite mencoba membangun skuat seimbang seperti yang dimiliki Manchester City saat ini.

Tite baru saja membawa Brasil meraih kemenangan penting atas Uruguay di laga uji coba internasional beberapa hari lalu. Satu-satunya gol penalti Neymar jadi pembeda pertandingan di antara dua tim kuat tersebut.

Menurut Tite, hasil pertandingan itu membuktikan bahwa pertahanan Brasil sudah berkembang jauh lebi baik. Kini Brasil berhasil menjaga gawang mereka tak kebobolan alias mencatatkan clean sheet.

Uniknya, keberhasilan tersebut ternyata terinspirasi dari Manchester City. Baca komentar selengkapnya di bawah ini:

Menurut Tite, meski berstatus sebagai laga uji coba, pertandingan melawan Uruguay tersebut tetaplah penuh gengsi. Dia meyakini Uruguay tampil berbahaya, namun Brasil mampu mengatasi itu semua.

"Ini adalah derby Amerika Selatan, dan terlepas dari status laga uji coba, kami tetap memiliki respek terhadap Uruguay," ungkap Tite di Four Four Two.

Dua Sistem

Manajer Manchester City, Pep Guardiola. (AFP/Daniel Roland)

"Mereka menerapkan dua sistem permainan yang berbeda dan kami merespons keduanya dengan baik. Mereka menciptakan beberapa peluang dan menemukan cara untuk meloloskan bola. Mereka punya pemain-pemain berbahaya di depan."

Tite merasa kerja keras timnya perlu dipuji. Uruguay tampil hebat dan mebuat Brasil kesulitan. Namun, dengan taktik yang tepat, Brasil mampu mengatasi ancaman Uruguay dan berbalik mengontrol pertandingan.

"Jika anda memikirkan soal semua hal yang mereka lakukan di pertandingan itu, kami masih berhasil mengontrol mereka, dan mengontrol Uruguay sangatlah sulit, bahkan ketika merekan melakukan umpan-umpan terobosan."

3 Kali Clean Sheet

"Pada pertandingan ini Uruguay coba bermain melalui kami, dan ini adalah clean sheet ketiga beruntun kami," lanjutnya.

"Khususnya di Inggris, ketika saya melihat Man City, kami mencoba menyeimbangkan permainan kami seperti yang mereka perbuat."

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OTT Bupati Pakpak Bharat, KPK Duga Sudah Ada Transaksi Ratusan Juta

Posted: 17 Nov 2018 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolanda Berutu terkait dugaan suap proyek di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pakpak Bharat. KPK menduga sudah terjadi penerimaan suap beberapa kali yang nilainya mencapai ratusan juta.

"Diduga penerimaan telah terjadi beberapa kali, dengan nilai ratusan juta. Sebagian dari uang tersebut diamankan tim dan akan dibawa ke Jakarta," ujar Ketua KPK Agus Rahardjo saat dikonfirmasi, Minggu (18/11/2018).

Selain Bupati, Agus menyebut pihaknya juga turut menciduk lima orang lainnya di Jakarta dan Medan. Mereka adalah kepala dinas setempat, PNS, dan pihak swasta.

Saat ini, pihak yang ditangkap di Jakarta sudah berada di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Bupati Diterbangkan ke Jakarta

Sedangkan, empat orang yang ditangkap di Medan, termasuk bupati dibawa ke kantor KPK di Jakarta melalui penerbangan pada pukul 11.00 WIB. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menenukan status hukum Bupati Pakpak Bharat dan lima orang lainnya.

"Hasil secara lengkap akan kami sampaikan melalui konferensi pers sore atau malam nanti," kata Agus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tom Hardy Dapat Gelar Kehormatan dari Kerajaan Inggris

Posted: 17 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Inggris - Aktor Tom Hardy boleh berbangga hati. Ia baru saja mendapat gelar kehormatan Comander of the Order of the British Empire (CBE).

Gelar itu diberikan oleh Pangeran Charles di Buckingham Palace, karena Tom Hardy dinilai berjasa di bidang drama. Tom Hardy adalah salah satu yang menerima itu sebagai penghormataan atas ulang tahun sang Ratu.

NME pada Jumat melansir Tom Hardy enggan memberi komentar soal penghargaan yang diterimanya itu pada media di luar upacara.

Tom Hardy memulai karirnya pada 2001 saat dia tampil di mini serial HBO "Band of Brothers". Sejak itu dia tampil di banyak film dan acara TV seperti "Marie Antoinette", "Bronson", "The Dark Knight Rises", "Peaky Blinders", "Mad Max: Fury Road", "Legend", "Star Wars: The Last Jedi", dan yang paling baru adalah film Marvel; "Venom".

Akrab dengan Pangeran Harry

Film Venom yang dibintangi Tom Hardy. (Sony Pictures)

Dia dinominasikan sebagai Best Supporting Actor di Academy Awards ke-88 tahun 2016 atas perannya di "Revenant", sayangnya penghargaan jatuh ke tangan Mark Rylance di film "Bridge Of Spies".

Hardy jadi duta The Prince's Trust di 2010 dan jadi akrab dengan dengan Pangeran Harry. Dia hadir di pernikahan Harry dan Meghan Markle awal tahun ini. (Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Eks Real Madrid Bantu Mavs Sikat Warriors

Posted: 17 Nov 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dallas Mavericks membuat kejutan besar pada laga NBA, Minggu (18/11/2018). Dimotori eks pemain Real Madrid Luka Doncic, Mavericks menang 112-109 atas juara bertahan NBA Golden State Warriors.

Warriors pada laga ini bermain tanpa dua pemain andalannya yakni point guard Stephen Curry dan power forward Draymond Green karena cedera. NBA

Di kuarter pertama, Warriors tampil buruk. Mereka tak pernah bisa mengungguli tuan rumah. Mavericks nyaris selalu unggul. Kuarter pertama ditutup dengan 26-22.

Warriors baru mulai menemukan bentuk permainan terbaik di kuarter dua. Pasukan Steve Kerr mengejar ketertinggalan dan berbalik unggul dua angka saat jeda babak pertama.

Pada awal kuarter empat, Warriors sempat memimpin delapan angka. Namun secara luar biasa Mavericks mampu bangkit berkat aksi-aksi Doncic.

Doncic melesakkan dua angka saat laga tersisa satu menit dan 10 detik guna membawa Mavericks ungguk 109-108. Kemudian Doncic menyelesaikan dua free throw ketika laga tersisa tujuh detik guna memastikan kemenangan Mavericks.

Doncic membuat 24 poin.

Doncic membuat 24 poin, sembilan assists dan empat rebound. Harrison Barnes juga tampil apik. Eks pemain Warriors itu membuat 23 angka dan delapan rebound.

Di kubu Warriors, Kevin Durant menyumbang 32 angka, disusul Klay Thompson dengan 22 poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kurangi Anak Bermain Gawai, Mahasiswa Gelar Permainan Saat Car Free Day

Posted: 17 Nov 2018 09:10 PM PST

Mahasiswa jurusan Kriminologi Fisip UI mendampingi anak-anak bermain cap tangan saat gelaran Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (18/11). Permainan ini bertujuan mengurangi anak-anak bermain gawai. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mahasiswa jurusan Kriminologi Fisip UI mendampingi anak-anak bermain cap tangan saat gelaran Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (18/11). Permainan ini bertujuan mengurangi anak-anak bermain gawai. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mahasiswa jurusan Kriminologi Fisip UI mendampingi anak-anak bermain ular tangga saat gelaran Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (18/11). Permainan ini bertujuan mengurangi anak-anak bermain gawai. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mahasiswa jurusan Kriminologi Fisip UI mendampingi anak-anak bermain ular tangga saat gelaran Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (18/11). Permainan ini bertujuan mengurangi anak-anak bermain gawai. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Anak-anak bermain bekel saat gelaran Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (18/11). Permainan ini dihelat oleh Mahasiswa jurusan Kriminologi Fisip UI bertujuan mengurangi anak-anak bermain gawai. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Anak-anak bermain bekel saat gelaran Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (18/11). Permainan ini dihelat oleh Mahasiswa jurusan Kriminologi Fisip UI bertujuan mengurangi anak-anak bermain gawai. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Seorang anak bermain cap tangan saat gelaran Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (18/11). Permainan ini dihelat oleh Mahasiswa jurusan Kriminologi Fisip UI bertujuan mengurangi anak-anak bermain gawai. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Seorang anak bermain cap tangan saat gelaran Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (18/11). Permainan ini dihelat oleh Mahasiswa jurusan Kriminologi Fisip UI bertujuan mengurangi anak-anak bermain gawai. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mahasiswa jurusan Kriminologi Fisip UI mendampingi anak-anak bermain ular tangga saat gelaran Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (18/11). Permainan ini bertujuan mengurangi anak-anak bermain gawai. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mahasiswa jurusan Kriminologi Fisip UI mendampingi anak-anak bermain ular tangga saat gelaran Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (18/11). Permainan ini bertujuan mengurangi anak-anak bermain gawai. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beli Helm Bell Kini Bisa Sesuai Keinginan

Posted: 17 Nov 2018 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Produsen helm Bell dan Helmade berkolaborasi dengan menghadirkan layanan kustomisasi sesuai keinginan pembeli. Asyiknya, layanan ini ditawarkan secara online.

Bell merupakan produsen dari California, Amerika Serikat yang telah lama memproduksi helm. Berdiri sejak 1954, Bell tak hanya menciptakan helm untuk pengendara motor dan pembalap, namun juga para pengguna sepeda. Beragam bentuk dan jenis helm diciptakan untuk menghadirkan pelindung kepala yang tak cuma fungsional namun stylish.

Sedangkan Helmade, perusahaan kreatif asal Jerman yang berfokus pada helm. Didirikan pada 2015, Helmade menciptakan situs untuk para penggemar kecepatan yang ingin melakukan kustomisasi pada helmnya.

"Selama lebih dari 60 tahun, kami berkomitmen menetapkan standar baru di industri ini. Melalui semangat itu, kami bekerjasama dengan Helmade. Menjadikan kami perusahaan pertama yang menawarkan konsumen untuk mempersonalisasi helm mereka sendiri," ucap Chris Sackett, Vice President Bell Helmets seperti dinukil dari thedrive.com (16/11).

Kustomisasi helmnya sendiri dibuat secara online. Konsumen cukup mengunjungi situs resmi helm Bell. Di situ tersedia laman interaktif yang mudah digunakan. Konsumen diberikan pilihan model dasar helm yang ingin dikustom. Saat ini kustomisasi baru terbatas pada beberapa model helm Bell : helm balap Star MIPS, helm terbuka Custom 500, helm dual sport Moto-3 dan helm full-face old school Bullit.

Selanjutnya, konsumen bisa memilih warna. Pilihannya cukup banyak, bahkan ada model gradasi dengan dua opsi tipe, matte dan glossy. Konsumen turut diberikan kebebasan menyematkan nama di samping dalam berbagai bentuk tulisan. Untuk model yang menggunakan kaca pelindung atau visor, juga bisa dikustom. Lantaran Bell menyediakan banyak pilihan visor, seperti bubble clear, dark tint, silver mirrorized dan bubble yellow tint.

 

Selanjutnya

Setelah menyelesaikan kustomisasi, helm langsung dikerjakan. Pengerjaannya sendiri menggunakan tangan, baik pengecatan maupun pekerjaan detail.

Tujuannya, menciptakan ciri khas yang membedakan antarhelm dan kualitas terbaik. Pengiriman unit dilakukan setelah 1 bulan pengerjaan. Sedangkan waktu penerimaan unitnya bermacam-macam atau tergantung lokasi konsumen.

"Kerjasama ini sangat penting, agar kustomisasi helm lebih bisa diakses oleh semua kalangan," ucap Christian Mohring selaku CEO Helmade.

Untuk harga, helm Bell kustom dibanderol sesuai pengubahan yang dilakukan konsumen. Artinya harga antarhelm bisa berbeda-beda.

Adapun harga termurahnya sekitar $ 300 atau Rp 4 jutaan dengan model Custom 500. Sedangkan yang termahal dikenakan pada model Star MIPS. Harganya bisa mencapai angka $1.500 atau Rp 21 jutaan ke atas.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov Jabar Luncurkan Aplikasi untuk Pehobi Mancing dan Jelajah Alam

Posted: 17 Nov 2018 09:02 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan tiga inovasi Provinsi Jawa Barat pada Gedung Sate Festival , salah satunya ialah aplikasi yang didedikasikan bagai para pehobi mancing dan nelayan, yaitu Smartfishing.com.

"Aspek pariwisata tentunya tidak lepas dari tujuan dikembangkannya aplikasi hasil karya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat ini. Mulai minggu ini kita menyebar aplikasi di HP Android buat nelayan-nelayan untuk mencari ikan menggunakan teknologi satelit," kata Gubernur Emil di Gedung Sate Kota Bandung, Sabtu 17 November 2018.

Dia mengatakan, aplikasi ini dilengkapi satelit dan mempunyai daya scan panas, sehingga bisa melihat ikan lagi kumpul di titik mana di lautan.

Diharapkan melalui aplikasi ini masyarakat nelayan Jawa Barat akan terbantu dan bisa menjadi nelayan tercanggih.

"Harapannya kalau nelayan kita makin canggih, dia bisa pergi tanpa mengira-ngira harus mengambil ikan dimana tapi dibantu oleh aplikasi yang namanya smartfishing," ujar Emil, panggilan akrab Gubernur Jabar dilansir Antara.

Melalui berbagai inovasi tersebut, lanjutnya, akan semakin mempermudah masyarakat melakukan kegiatannya dan menjadi bagian dari pembangunan Jawa Barat sebagai provinsi digital di Indonesia.

Dia mengatakan pengembangan berbagai inovasi canggih ini juga menjadi bagian dari program kerja 100 hari Gubernur Jawa Barat 2018-2023.

Hari ini Provinsi Jawa Barat melalui salah satu BUMD-nya, PT Jaswita Jabar juga menghadirkan sebuah aplikasi berupa marketplace jasa wisata di Jawa Barat, Gurilaps.com.

Selain itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat juga hadir dengan inovasi berupa website informasi kepariwisataan yakni Wonderfulwestjava.com.

Bedanya, aplikasi Gurilaps akan memberikan kemudahan kepada wisatawan dalam memilih paket wisata melalui keunggulan dalam bentuk kemudahan reservasi, ketersediaan paket wisata, harga terbaik.

Kemudian kenyamanan dan keamanan saat berwisata, karena didampingi oleh tour guide atau pendamping wisata berpengalaman. Semua paket wisata yang ditawarkan Gurilaps pun sudah dikurasi oleh Koperasi Wanadri dan juga dilindungi asuransi dari Jasa Raharja Putera.

Sesuai dengan namanya, Gurilaps (Gunung, Udara, Rimba, Laut, Pantai, dan Sungai) hadir sebagai "Gerbang Wisata Jawa Barat" yang mengajak para wisatawan menjelajahi kekayaan alam Jawa Barat bersama teman-teman atau keluarga.

"Jadi, kombinasi Wonderfulwestjava.com, Gurilaps.com, dan Smartfishing.com. Inilah visi pariwisata digital yang digabung dalam konsep 100 hari kami," kata Gubernur Emil.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Pemburu Preman Tangkap 3 Pelajar Hendak Tawuran di Daan Mogot

Posted: 17 Nov 2018 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tim Pemburu Preman (TPP) Polres Metro Jakarta Barat menangkap tiga pelajar yang hendak tawuran. Selain mengamankan pelaku, pihaknya juga menyita beberapa senjata tajam.

Ipda Ruben George menjelaskan, pelajar tersebut diringkus di kawasan Jalan Daan Mogot, tepatnya di depan halte Transjakarta Taman Kota, Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu (18/11/18) dini hari.

Mereka adalah FF (14), NH (16), dan JM (17). Dari hasil pemeriksaan sementara, ketiganya berniat menyerang kampung Duri Cengkareng.

"Kami mendapatkan laporan dari masyarakat ada anak remaja dengan beriringan naik kendaraan. Warga menduga mereka akan tawuran," kata Ruben.

 

Barang Bukti

"Ternyata benar, dari tangan remaja ini, kami menemukan barang bukti dua senjata tajam berupa celurit, gergaji besi," lanjut dia.

Pelaku dan barang bukti pun diserahkan ke Polsek Cengkareng Polres Metro Jakarta Barat guna proses hukum.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Tahu Cara Dongkrak Citra Website? Simak Tips Jitu Ini

Posted: 17 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Reputasi suatu bisnis juga dapat dengan mudah meningkat lewat dunia maya alias online. Salah satunya dengan menggunakan situs (website). Agar website memiliki reputasi 'baik', diperlukan sajian informasi yang detail dan jelas.

Tentu tidak hanya informasi mengenai visi dan misi dari bisnis yang didirikan, tapi juga memerhatikan isi dari konten yang dipublikasikan lewat media online.

Agar website yang Anda kelola mendapatkan jumlah pengunjung (traffic) yang banyak, perhatikan struktur konten dan isinya dengan saksama.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut delapan cara mudah meningkatkan citra website. Simak ulasannya.

1. Gunakan Template yang Menarik

Menerbitkan konten yang menarik saja tidak cukup. Gunakan pula template yang menarik untuk meningkatkan minat baca dari pengunjung. Gunakan pilihan warna-warna yang eye catching dengan tampilan lembut, seperti cream atau abu-abu.

Hindari penggunaan template dengan warna yang terlalu menyala, seperti merah, kuning, atau hijau agar tidak menyilaukan mata. (Baca Juga: Bingung Mau Usaha Apa? Jadilah Pebisnis Online)

2. Tulis Informasi secara Ringkas dan Padat

Ilustrasi Situs Web, Internet, Website. Kredit: FirmBee via Pixabay

Hindari penyampaian informasi secara bertele-tele atau berputar-putar pada sebuah info yang sama. Sebaliknya, berikan informasi yang ringkas dan padat untuk memudahkan pengunjung menemukan inti dari informasi yang disampaikan.

Informasi berupa tulisan sebaiknya disertai dengan konten visual yang menarik. Tambahkan gambar atau video yang sesuai, sekiranya dapat mewakili isi dari konten yang Anda terbitkan di website.

3. Buat Navigasi yang Mudah Diakses

Adanya navigasi akan memudahkan pengunjung dalam mengakses seluruh informasi yang disampaikan pada website. Pilihlah fitur yang dibutuhkan oleh pengunjung, seperti Home, Kategori Konten, Tentang Kami, Peluang Karier, Informasi Kontak, dan lainnya.

Susun fitur-fitur di atas dalam format yang rapi. Bila perlu, tempatkan seluruh fitur di bagian paling atas agar mudah dijangkau oleh pengunjung website.

4. Gunakan Backlink yang Sesuai

Ilustrasi Internet (iStockphoto via Google Images)

Konten yang telah diterbitkan jauh-jauh hari sebelumnya bisa disampaikan kembali dengan cara menyematkan backlink pada konten baru yang akan diterbitkan. Tetapi, isi dari backlink harus ada kaitannya dengan konten yang baru agar informasi jadi lebih komplit.

Selain pada website sendiri, backlink juga bisa disematkan pada website orang lain. Pilih website yang memiliki reputasi bagus untuk menambah jumlah pengunjung situs.

5. Tampilkan Menu FAQ

Meskipun informasi sudah sangat detail, ada saja pengunjung yang belum paham mengenai isi yang disampaikan pada website. Tugas Anda yaitu mengumpulkan daftar pertanyaan pengunjung, lalu menggabungkannya menjadi satu melalui menu FAQ (Frequently Asked Question).

Jawab seluruh pertanyaan di menu FAQ. Apabila pengunjung memiliki pertanyaan yang sama, setidaknya FAQ dapat membantu pengunjung untuk menjawab pertanyaannya sendiri. Dengan demikian, mereka tidak perlu menghubungi Anda selaku pemilik website untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

6. Manfaatkan Sosial Media

Ilustrasi Media Sosial. Dok: WinNetNews.com

Popularitas sosial media kini mampu mendobrak pemasaran secara online, khususnya website. Manfaatkan sosial media untuk menambah jumlah pengunjung dari website yang Anda kelola, misalnya Instagram atau Facebook.

Pemanfaatan sosial media harus dilakukan secara bijak. Dalam artian tidak spamming untuk menghindari adanya pemblokiran dari perusahaan pengelola sosial media yang bersangkutan.

7. Lakukan Peluncuran Website Berbasis Mobile

Apabila pengunjung website sudah banyak, misalnya mencapai jutaan, alangkah baiknya jika Anda mulai memikirkan peluncuran website berbasis mobile. Alhasil, akses untuk informasi yang disampaikan jadi lebih luas dan mudah dijangkau oleh pengunjung.

Situs versi mobile dapat dirancang melalui sebuah aplikasi berbasis Android maupun iOS. Perancangan aplikasi sebaiknya tidak menghabiskan memori penyimpanan yang terlalu besar agar tidak memberatkan kinerja sebuah smartphone.

8. Pantau Perkembangan Website

Ilustrasi lulusan komputer. (Doc: Shutterstock)

Terakhir adalah memantau perkembangan dari website yang Anda kelola. Pemantauan yang paling mudah bisa dilakukan dengan cara mengamati jumlah pengunjung secara berkala. Apabila jumlah pengunjung stagnan, berarti ada sesuatu yang masih perlu diperbaiki agar traffic terus meningkat dari waktu ke waktu.

Jika Anda tidak mempunyai waktu untuk memantau website, sebaiknya gunakan jasa admin yang paham betul mengenai mekanisme pengembangan suatu website. Dengan demikian, situs Anda akan terus tumbuh lebih baik lagi.

Pilih Penyedia Jasa Situs yang Terpercaya

Agar reputasi situs yang diperkenalkan tetap baik, buatlah konten yang bermanfaat dan sesuai bagi kebutuhan para pengunjung. Di balik itu, pilih penyedia website yang sudah terpercaya dalam hal pengelolaannya agar situs bisnis Anda menuai respons positif dari para pengunjung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dongeng di Lombok, Tradisi yang Bantu Pulihkan Mental Anak Usai Bencana

Posted: 17 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Lombok Sebagai wilayah terdampak gempa, Lombok tentunya juga memerlukan hiburan, khususnya bagi anak-anak. Dongeng menjadi salah satu sarana untuk memberikan hal tersebut. 

"Kalau di Lombok, tutur cerita dongeng itu dari dulu. Sejak kami kecil sudah ada orangtua kami yang bercerita," ujar Pembina Komunitas Kerajaan Dongeng Indonesia Herman Husdiawan kepada Health Liputan6.com di Lombok, Sabtu (12/11/2018).

Herman yang akrab disapa Wawan ini mengatakan, tradisi saat memulai dongeng di Lombok dimulai dengan ajakan "Man juluk, man". Kemudian, anak-anak akan menjawab dengan "Man".

"Itu artinya anak-anak sudah siap mendengar cerita. Itu waktu orangtua kami mengatakan itu, kami diam dan penasaran mendengar cerita," ungkap Wawan.

Wawan mengatakan, kampanye mendongeng yang dilakukannya bertujuan mengajak orangtua agar mampu menyampaikan pesan pendidikan dengan cara yang tidak menggurui.

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah melalui Festival Dongeng Internasional Indonesia 2018 di Lombok. Wawan dan komunitasnya ikut terlibat dalam rangkaian kegiatan tersebut.

 

Pulihkan mental anak lewat dongeng

Tradisi saat memulai dongeng di Lombok dimulai dengan ajakan

Mendongeng juga dianggap sebagai salah satu cara untuk memulihkan mental anak-anak yang terdampak gempa di Lombok.

"Ini adalah salah satu cara terapi psikososial," ujar Wawan. "Ini banyak korban gempa tapi sudah lebih happy karena sering kami datangi dan sering kami dongengi."

Hal itu juga diamini oleh istri Gubernur Nusa Tenggara Barat Niken Zulkiflimansyah. Dalam kesempatan tersebut, dia juga sempat menjajal bercerita untuk anak-anak.

"Anak-anak itu mau tidak mau sebagai pihak yang rentan pastinya ada efek dari kejadian selama ini. Ini bagian dari trauma healing," ujar Niken.

"Kalau bisa dilakukan oleh orangtua di pengungsian masing-masing itu lebih baik."

 

Sarana belajar tentang gizi

Kegiatan mendongeng juga salah satu cara untuk mengedukasi tentang nutrisi.(Foto: Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Tak hanya ampuh sebagai terapi trauma pada anak-anak, dongeng juga terbukti jadi sarana yang baik untuk menyampaikan informasi seputar gizi.

Salah satu pendongeng yang juga merupakan External Communication Danone for ELN & Medical Nutrition Anindita Saraswati mengatakan, kegiatan mendongeng juga salah satu cara untuk mengedukasi tentang nutrisi.

"Selain edukasi untuk nutrisi juga untuk trauma healing," ujar Dita yang juga tergabung dalam Bintang Nutricia.

Dua tempat yang didatangi oleh Kerajaan Dongeng Indonesia dan Bintang Nutricia adalah Museum Negeri NTB dan juga dusun Jelateng yang merupakan salah satu pengungsian.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Siapkan Siri Bisa Berfungsi Secara Offline?

Posted: 17 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengajuan paten baru oleh Apple dipublikasikan oleh United States Patent and Trademark Office (USPTO). Paten bertajuk "Offline Personal Assistant" itu mengindikasikan Apple tengah mempertimbangkan menambahkan mode offline untuk Siri.

Siri merupakan asisten virutal milik Apple yang ada di perangkat iOS. Sejauh ini, Siri hanya bisa menjalankan tugasnya menggunakan jaringan internet.

Dikutip Phone Arena, Minggu (18/11/2018), kehadiran mode offline disebut bisa membuat Siri menangani beberapa tugas saat pengguna tidak terhubung dengan internet.

Saat ini ketika pengguna iPhone berkomunikasi dengan Siri, permintaan informasi akan dikirim ke server Apple untuk diubah menjadi tes. Setelah respons yang tepat diperoleh oleh server backend, maka akan dikirimkan ke perangkat iOS pengguna.

Berdasarkan keterangan pada paten, terdapat sejumlah modul untuk memproses bahasa natural, ucapan dan dialog, serta tugas-tugas tertentu yang ditanyakan kepada Siri bisa ditangani secara langsung di iPhone, ketimbang harus selalu bergantung pada internet untuk mengakses server backend.

Meski memiliki mode offline, permintaan atau pengajuan tugas kepada Siri tetap bisa dilakukan melalui internet. Sejauh ini, belum ada informasi tentang rencana peluncuran mode offline Siri.

Adapun paten baru ini diajukan oleh Apple pada September 2017. Sejumlah gambar terkait pengajuan paten tersebut juga dipublikasikan oleh USPTO.

Steve Wozniak Bicara soal Masa Depan Apple

CEO Aplle Tim Cook dan Apple chief design officer Jonathan Ive melihat produk baru Apple di Apple Headquarters, Cupertino, California (12/9). Tiga iPhone terbaru Apple tersebut merupakan penerus dari iPhone X. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Lebih lanjut, Co-founder Apple, Steve Wozniak, beberapa waktu lalu membicarakan berbagai hal mulai dari inovasi teknologi dan masa depan Apple dalam sebuah wawancara dengan CNBC. Mengenai masa depan Apple, ia yakin perusahaan akan memiliki peran besar.

Scott Wapner dari CNBC menanyakan respons Wozniak tentang penilaian orang-orang mengenai kesuksesan Apple. Woz--sapaan akrab Wozniak--mengatakan tidak mengetahui apa yang ada di balik layar Apple, tapi ia yakin dengan kesuksesan perusahaan.

"Selalu ada berbagai proyek baru yang akan memiliki peran signifikasi besar di masa depan," ungkap Woz.

Ia yakin Apple akan tetap ada untuk waktu yang sangat lama. Woz pun membandingkan potensi keberlangsungan perusahaan yang didirikannya itu dengan IBM. Seperti diketahui, IBM merupakan rival utama Apple pada tahun-tahun awal di industri komputer rumahan.

Berbicara soal tahun-tahun awal itu, Woz mengatakan tujuannya mendirikan perusahaan bukan untuk menghasilkan uang. Sebaliknya, ia justru mendirikan Apple untuk membantu membuat komputer hebat bagi dunia.

"Saya ingin menjangkau (membantu) orang-orang dan untuk melakukannya melalui sebuah perusahaan," jelasnya.

Lebih lanjut, Woz pun mengungkapkan Apple melahirkan sejumlah inovasi setelah merilis iPhone. Ia pun menyebutkan Touch ID dan Apple Pay sebagai inovasi Apple. Ia menyebut inovasi sebagai sesuatu yang dapat mengubah hidup banyak orang.

Wapner pun menanyakan tanggapan Woz mengenai kemungkinan pendapat co-founder Apple, Steve Jobs, tentang perusahaannya sekarang. "Dia akan sangat bahagia," katanya.

Ia pun menyinggung soal bagaimana mendiang Jobs selalu mengutamakan konsumen dibandingkan teknologi. Hal tersebut masih dilakukan oleh Apple sampai sekarang.

Woz pun memuji kepemimpinan Tim Cook sebagai CEO Apple saat ini. Ia menyukai perhatian dan fokus Cook terhadap hak-hak asasi manusia.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Seleb Hollywood Ini Turut Jadi Korban Kebakaran Hutan di California

Posted: 17 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sekiranya 109 ribu hektar lahan di hutan California dilalap api sejak Kamis (8/11) lalu. Tercatat ada 16 titik kebakaran dan mengakibatkan 25 orang meninggal dunia.

Tak hanya itu, sebanyak 110 orang juga dinyatakan hilang atas insiden kebakaran ini. Sementara di Woolsey, California selatan, kebakaran tersebut menghanguskan 83 ribu hektar lahan dan membuat sebanyak 300 ribu penduduk terpaksa mengungsi.

Tak hanya orang biasa, para selebriti Hollywood yang tinggal di kawasan California seperti Malibu, Calabassas hingga Aguora pun terkena dampaknya. Mereka lantas memutuskan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Berikut 9 artis yang turut serta mengungsi akibat insiden kebakaran hutan California.

Gerard Butler

Gerard Butler di depan puing-puing rumahnya (Twitter/ GerardButler)

Rumah aktris kenamaan Gerard Butler nyatanya turut dilahap si jago merah. Melalui akun Instagram pribadinya, aktor asal Inggris tersebut membagikan potretnya dengan latar belakang sebagian rumahnya yang terbakar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lady Gaga

Lady Gaga (Neilson Barnard / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Tak hanya Gerard Butler, kebakaran hutan di California juga membuat penyanyi Lady Gaga dan keluarganya meninggalkan rumah mereka. Lady Gaga bahkan sempat mengunggah potret dan video saat ia dan keluarganya tengah mengemas barang-barang guna mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Kim Kardashian

Kim Kardashian dan Kanye West (Dimitrios Kambouris / AFP)

Kim Kardashian dan Kanye West yang tinggal di Calabassas juga tak luput dari dampak kebakaran hutan di California. Sama seperti Lady Gaga, melalui akun Instagram pribadinya, Kim Kardashian yang membagikan kondisi keluarganya yang harus meninggalkan rumah mereka untuk pindah ke tempat lebih aman.

Khloe Kardashian dan Kendall Jenner

Kendall Jenner (Dimitrios Kambouris / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Senasib dengan Kim Kardashian, Khloe Kardashian yang tinggal di kawasan Calabassas pun tak lepas dari dampak kebakaran hutan tersebuat yang membuat kawasan tempat tinggalnya dikelilingi asap tebal. Rumah Kendall Jenner pun turut menjadi korban dari si jago merah tersebut. Beruntung, Kendall Jenner yang kini tengah berada di Las Vegas tak merasakan langsung asap tebal yang sudah mengepung California sejak Kamis lalu.

Caitlyn Jenner

Kendati demikian, Caitlyn sendiri enggan hubungannya menjadi sorotan media. (instagram/caitlynjenner)

Sama seperti anak-anaknya, Caitlyn Jenner juga harus meninggalkan rumahnya di kawasan Malibu. Kabarnya rumah Caitlyn bahkan ikut terbakar, beruntung tak ada korban jiwa dalam insiden itu.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

We're out of the fire zone and are safe. Thinking about all those that are affected and hope you all are safe too.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Caitlyn Jenner (@caitlynjenner) pada

Robin Thicke

Robin Thicke memilih merayakan ulang tahunnya ke-37 bersama Leonardo DiCaprio.

Kediaman Robin Thicke di kawasan Malibu yang ia tinggali sejak 2014 silam pun tak luput dari kebakaran hutan di California. Rumah yang ia tinggali bersama sang kekasih, April Love Geary tersebut bahkan hancur terbakar.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Our house is somewhere in there. I'm so sad but so thankful that we all made it out safe. Praying for everyone in Malibu, our city is up in flames 💔

Sebuah kiriman dibagikan oleh April Love Geary (@aprillovegeary) pada

Reporter: Nisa Akmala

Sumber: Brilio.net 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tolak Kenaikan Harga BBM, Seperempat Juta Warga Prancis Gelar Aksi Protes

Posted: 17 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Paris - Seorang pengunjuk rasa tewas dan lebih dari 200 orang terluka ketika lebih dari seperempat juta orang turun ke jalan-jalan Prancis demi memprotes kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Sabtu 17 November 2018 waktu setempat.

Pengunjuk rasa berjenis kelamin perempuan tewas tertabrak mobil. Sopir mobil diketahui dalam kondisi panik setelah dikelilingi oleh puluhan demonstran. Ia kemudian memacu kendaraannya, hingga kemudian menabrak korban.

Para demonstran beratribut "rompi kuning" --sebuah rompi jaket visibilitas tinggi yang mereka kenakan-- memblokir jalan raya dan bundaran di jalan-jalan utama Prancis.

Sekitar 280.000 orang mengambil bagian dalam protes di seluruh Prancis, kementerian dalam negeri mengatakan dalam info terbaru. Dikatakan 227 orang terluka pada siang hari, tujuh dalam kondisi serius, dan 52 orang diamankan aparat.

Sebagian besar protes telah terjadi tanpa insiden. Namun, beberapa cedera terjadi ketika para pengendara mobil mencoba menerobos blokade demonstran, melukai sejumlah pengunjuk rasa.

Demonstran menuduh Presiden Emmanuel Macron meninggalkan "orang-orang kecil", yang berakibat pada kenaikan harga BBM, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (18/11/2018). Beberapa di antara mereka mendesak Macron untuk mengundurkan diri.

Presiden Prancis Emmanuel Macron memimpin peringatan 100 tahun berakhirnya gencatan senjata Perang Dunia I di Paris, 11 November 2018. (AP/Thibault Camus)

Macron sejauh ini belum mengomentari protes itu. Namun dia mengakui pada awal pekan bahwa dirinya tidak "benar-benar berhasil mendamaikan orang-orang Prancis dengan para pemimpin mereka".

Meskipun demikian, ia menuduh lawan-lawan politiknya membajak gerakan protes itu untuk memblokir program reformasinya.

Berbicara pada hari Rabu 14 November, Macron juga menyalahkan kenaikan harga minyak dunia sebesar tiga perempat dari total harga semula. Dia juga mengatakan lebih banyak pajak pada bahan bakar fosil diperlukan untuk mendanai investasi energi terbarukan.

Harga Solar Naik 23 Persen

Harga solar, bahan bakar yang paling umum digunakan di mobil Prancis, telah meningkat sekitar 23 persen selama 12 bulan terakhir menjadi rata-rata 1,51 euro per liter (berkisar Rp 25.000). Itu merupakan titik harga tertinggi sejak awal 2000-an, menurut laporan kantor berita Prancis Agence France-Presse.

Harga minyak dunia memang sempat mengalami fluktuasi. Tetapi, pemerintahan Presiden Macron menaikkan pajak BBM tahun ini sebesar 7,6 sen per liter (berkisar Rp 11.000) pada solar dan 3,9 sen pada bensin (berkisar Rp 6.600), sebagai bagian dari kampanye untuk investasi energi terbarukan.

Pada Januari 2019, pemerintah juga berencana akan kembali menaikan pajak BBM sebesar 6,5 sen pada solar (berkisar Rp 10.847) dan 2,9 sen pada bensin (berkisar Rp 4.839).

Perdana Menteri Prancis, Edouard Philippe mengatakan bahwa uang pajak BBM itu akan digunakan untuk mensubsidi sekitar total 5,6 juta rumah tangga miskin Prancis. Pajak juga diterapkan untuk mengurangi ketergantungan warga Prancis terhadap penggunaan kendaraan pribadi untuk aktivitas sehar-hari, kata Philippe.

 

Simak video pilihan berikut:

Kelompok Oposisi Pemerintah Mendukung Demonstran

Pemimpin oposisi Prancis, Marine Le Pen (Lionel Bonaventure/AP)

Pemimpin sayap kanan dan oposisi Prancis, Marine Le Pen, yang dikalahkan oleh Macron pada putaran kedua pemilihan presiden 2017, telah mendukung demonstran.

Le Pen berkata di Twitter: "Pemerintah seharusnya tidak takut pada orang Prancis yang datang untuk mengekspresikan pemberontakan mereka dan melakukannya dengan cara damai."

Laurent Wauquiez, pemimpin Republik berhaluan kanan-tengah, menyerukan kepada pemerintah Macron untuk membatalkan rencana peningkatan pajak pada Januari 2019.

Menteri Dalam Negeri Prancis Christophe Castaner menggambarkan demo hari Sabtu sebagai "protes politik dengan dukungan Republik (partai oposisi) di belakangnya".

Tapi, Olivier Faure, pemimpin Partai Sosialis sayap kiri mengatakan gerakan itu - yang tidak memiliki pemimpin tunggal dan tidak terkait dengan serikat pekerja manapun - "lahir di luar partai-partai politik".

"Orang-orang ingin politisi mendengarkan mereka dan menanggapi. Permintaan mereka adalah keadilan keuangan," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Umumkan Kelulusan di Yogyakarta, Shania Kenang Masa Lalu di JKT48

Posted: 17 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Yogyakarta Sebelum menginformasikan soal kelulusan dari JKT48 melalui Instagram pribadinya, Shania Junianatha telah mengumumkan hal ini dalam perhelatan senbatsu sosenkyo di Sleman City Yogyakarta, pada Sabtu (17/11/2018).

Secara tak terduga, member team J dari generasi I sekaligus kapten JKT48 ini mengumumkan kelulusan dalam event untuk single ke-20 JKT48 tersebut. 

Saat pengumuman peringkat undergirls, Shania secara mengejutkan mendapatkan peringkat ke-25, terlempar jauh dari posisi saat senbatsu sosenkyo 2017, saat ia mendapatkan peringkat ke-8.

Setelah diumumkan dan menerima trofi mililiknya, Shania yang akrab dipanggil Shanju ini menyampaikan pidatonya. Awalnya, Shania bernostalgia soal masa-masa awalnya di JKT48.

"Tujuh tahun lalu aku gabung di grup ini sebagai Shanju 13 tahun. Shania polos dan mungkin nggak bisa apa-apa," tuturnya.

Ingin Membangun Mimpi

Shania JKT48. (Nurwahyunan/bintang.com)

Shania juga mengungkapkan rasa sayangnya kepada grup JKT48. Namun, ia mengaku telah memiliki mimpi yang ingin ia wujudkan.

"Jujur aku sayang banget dengan grup ini. Gabung di grup ini adalah sesuatu yang berharga di hidup aku. Hal terindah di hidup aku. Aku tahu, dalam hidup itu kita harus selalu bangun, dan aku mau bangun untuk mimpi aku yang lebih besar lagi," tutur Shania.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Liga 1 PSIS Vs Persib Bandung di Indosiar

Posted: 17 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Magelang - Persib Bandung akan mempertaruhkan peluang juara mereka di Liga 1 saat melawan tuan rumah, PSIS Semarang, Minggu (18/11/2018). Tim asuhan Mario Gomez itu harus menang atas PSIS jika ingin menjaga peluang juara.

Persib Bandung saat ini menempati peringkat ketiga klasemen sementara dengan 49 poin. Supardi Natsir dan kawan-kawan tertinggal lima poin dari PSM yang memimpin klasemen dengan 54 poin.

Tekad untuk meremukkan PSIS sudah diutarakan Gomez jelang pertandingan. Pelatih asal Argentina ini menegaskan, Persib Bandung tetap optimistis juara di musim ini.

"Kami akan terus berjuang hingga kompetisi ini selesai. Peluang juara masih sangat terbuka bagi tim kami," kata Gomez.

Di sisi PSIS, pasukan Jafri Sastra juga tidak mau kalah. Meski duduk di peringkat ke-13 , posisi PSIS masih belum aman dari zona degradasi.

"Mudah-mudahan ketemu Persib anak-anak bisa memberikan yang terbaik untuk penampilan dan hasilnya," ujar Jafri.

Live streaming Persib Bandung Vs PSIS akan disiarkan pukul 15:30 WIB di Indosiar. Dapatkan link live streaming Persib Bandung s PSIS di halaman berikutnya.

Link Live Streaming

Untuk live streaming PSIS Semarang Vs Persib Bandung, silakan klik di sini.

Prediksi Susunan Pemain PSIS Vs Persib Bandung

PSIS (5-3-2): Joko Ribowo (kiper); Safrudin Tahar, Petar Planic, Haudi Abdillah, Gilang Ginarsa, F. Saputra (belakang); Nerius Alom, Hapit Ibrahim, Bayu Nugroho (tengah); Hari Nur Yulianto, Bruno Silva (depan).

Pelatih : Jafri Sastra

Persib (4-4-2): M. Natsir (kiper); Henhen Herdiana, Victor Igbonefo, Bojan Malisic, Tony Sucipto (belakang); Ghozali Siregar, Hariono, Oh Inkyun, Puja Abdilah (tengah); Agung Mulyadi, Ezechiel N'douassel (depan).

Pelatih: Mario Gomez

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengenal MC-21, Calon Pesawat Merpati

Posted: 17 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Merpati Nusantara Airlines direncanakan mengoperasikan pesawat asal pabrikan Rusia Irkut MC-21 saat mulai mengudara nanti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua KPK: OTT Bupati Pakpak Bharat Terkait Proyek Dinas PU

Posted: 17 Nov 2018 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Pakpak Bharat, Sumatera Utara, Remigo Yolanda Berutu. KPK menduga penangkapan tersebut terkait proyek dinas Pekerjaan Umum (PU) di Pakpak Bharat.

"Dari kegiatan ini teridentifikssi dugaan transaksi terkait proyek dinas PU di Pakpak Bharat," kata Ketua KPK Agus Rahardjo saat dikonfirmasi, Minggu (20/11/2018).

Selain Bupati Remigo yang merupakan kader Partai Demokrat, Agus menyebut pihaknya juga turut menciduk lima orang lainnya di Jakarta dan Medan. Mereka adalah kepala dinas setempat, PNS, dan pihak swasta.

"Pihak yang diamankan di Jakarta sudah berada di kantor KPK untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan 4 orang yg diamankan di Medan, termasuk Kepala Daerah (Bupati) akan dibawa ke kantor KPK di Jakarta melalui penerbangan pukul 11.00 ini," jelas Agus.

Saat ini, KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum Bupati Pakpak Bharat dan lima orang lainnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: HMI Sosialisasikan Bahaya Hoax Bagi Demokrasi

Posted: 17 Nov 2018 08:50 PM PST

Warga menandatangani spanduk dukungan anti hoax di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (18/11). PB HMI mensosialisasikan Hoax sebagai ancaman demokrasi di Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga menandatangani spanduk dukungan anti hoax di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (18/11). PB HMI mensosialisasikan Hoax sebagai ancaman demokrasi di Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Salah satu pengurus PB HMI melihat warga yang menandatangani spanduk dukungan anti hoax di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (18/11). PB HMI mensosialisasikan Hoax sebagai ancaman demokrasi di Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Salah satu pengurus PB HMI melihat warga yang menandatangani spanduk dukungan anti hoax di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (18/11). PB HMI mensosialisasikan Hoax sebagai ancaman demokrasi di Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga menandatangani spanduk dukungan anti hoax di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (18/11). PB HMI mensosialisasikan Hoax sebagai ancaman demokrasi di Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga menandatangani spanduk dukungan anti hoax di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (18/11). PB HMI mensosialisasikan Hoax sebagai ancaman demokrasi di Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Tulisan sosialisasi anti hoax yang digelar di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (18/11). PB HMI mensosialisasikan Hoax sebagai ancaman demokrasi di Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Tulisan sosialisasi anti hoax yang digelar di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (18/11). PB HMI mensosialisasikan Hoax sebagai ancaman demokrasi di Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga menandatangani spanduk dukungan anti hoax di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (18/11). PB HMI mensosialisasikan Hoax sebagai ancaman demokrasi di Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga menandatangani spanduk dukungan anti hoax di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (18/11). PB HMI mensosialisasikan Hoax sebagai ancaman demokrasi di Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: 60 Poin Kemba Walker Gagal Menangkan Hornets atas Sixers

Posted: 17 Nov 2018 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Point guard Kemba Walker tampil spektakuler saat Charlotte Hornets menghadapi tamunya Philadelpia 76ers di lanjutan NBA, Minggu (18/11/2018) pagi WIB. Walker membuat 60 poin, namun tak mampu membawa Hornets menang.

Main di Spectrum Center, Hornets harus mengakui keunggulan Sixers 119-122 lewat overtime. 60 poin dari Walker pun terasa sia-sia. Torehan 60 angka dalam satu laga padahal merupakan pencapaian terbaik Walker selama berkiprah di NBA. 

Walker juga mencatatkan diri sebagai pencetak angka terbanyak dalam satu laga NBA musim 2018-2019. Dia melewati 52 poin milik Klay Thompson saat Golden State Warriors bertemu Chicago Bulls 29 Oktober lalu.

Hornets tampil sangat buruk di kuarrter pertama. Mereka tertinggal jauh 42-30. Sixers terus memperlebar margin keunggulan di kuarter dua hingga mencapai 17 angka. Hornets baru mulai bangkit jelang turun minum. Hornets memangkas ketertinggalan menjadi hanya tujuh poin ketika jeda babak pertama.

Memasuki kuarter tiga, Hornets makin bersemangat mengejar. Dimotori Walker, Hornets bisa berbalik unggul di akhir kuarter tiga.

Di kuarter terakhir, kedua tim silih berganti memimpin. Dua lemparan bebas Walker membuat skor imbang 110-110 dengan tersisa 16 detik. Sixers gagal mengunci kemenangan di waktu normal setelah jump shot Jimmy Butler meleset dari sasaran.

 

Butler

Butler tak mengulangi kesalahan di babak overtime. Butler berperan penting dalam kemenangan Sixers. Butler memblok tembakan Walker saat skor imbang 119-119 dengan menyisakan 15 detik lagi.

Kemudian Butler melesakkan tembakan tiga angka penentu kemenangan Sixers tepat sebelum buzzer berbunyi.

Butler sebenarnya tampil tak terlalu cemerlang sebelum babak overtime. Dia total cuma membuat 15 poin. Bintang kemenangan Sixers adalah Joel Embiid yang membuat 33 poin dan 11 rebound.

Point guard Sixers Ben Simmons juga tampil apik. Dia nyaris membuat triple double dengan 23 poin, 11 rebound dan sembilan assists.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Bogor, 2 Rumah Warga Ambruk

Posted: 17 Nov 2018 08:39 PM PST

Fokus, Bogor - Dampak hujan lebat disertai angin kencang dan longsor di Bogor, Jawa Barat, Sabtu kemarin, tertera jelas di Ciawi, Kabupaten Bogor. Sejumlah rumah warga porak-poranda dan mengalami kerusakan berat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (18/11/2018), dua rumah bahkan ambruk. Beruntung tidak ada korban jiwa. Minggu pagi, warga yang rumahnya rusak berupaya memperbaiki sekaligus mengamankan sejumlah barang berharga.

Menurut salah satu warga, sejak hujan lebat yang disertai angin kencang menerpa Sabtu kemarin sudah banyak yang segera mengungsi, terutama mereka yang tinggal di tebing.

Warga setempat berharap pemerintah Kabupaten Bogor bisa secepatnya turun tangan memberikan bantuan. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran Hanguskan 40 Rumah dan 30 Kios di Bandung

Posted: 17 Nov 2018 08:32 PM PST

Patroli, Bandung - Sebanyak 40 rumah dan 30 kios yang terdapat di gang Satatasariksa, Bababakan, Cipara, Kota Bandung, Jawa Barat, hangus terbakar, Minggu dini hari.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (18/11/2018), api dengan cepat menghanguskan bangunan yang umumnya terbuat dari materal yang mudah terbakar. Diduga api berawal dari pembakaran sampah yang terdapat di kios kayu yang bersebalahan dengan rumah-rumah penduduk.

Kencangnya angin membuat api berkobar dengan cepat dan melumat rumah dan kios. Api baru dapat dikuasai setelah 21 mobil pemadam kebakaran dari Kota dan kabupaten Bandung diterjunkan ke lokasi kejadian.

Tidak ada laporan korban jiwa maupun luka tapi kerugian akibat musibah ini ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Dan saat ini petugas masih melakukan pendinginan. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Tangkap Tangan Bupati Pakpak Bharat

Posted: 17 Nov 2018 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini, tim KPK menangkap Bupati Pakpak Bharat, Sumatera Utara (Sumut), Remigo Yolanda Berutu.

"Benar ada giat dinihari tadi di Medan dan Jakarta. KPK lakukan kegiatan tangkap tangan terhadap seorang Kepala Daerah di Sumatera Utara," ujar Ketua KPK Agus Rahardjo saat dikonfirmasi Liputan6.com, Minggu (18/11/2018).

Menurut dia, selain Bupati, tim juga menciduk lima orang lainnya. Mereka adalah kepala dinas setempat, PNS, dan pihak swasta.

"2 orang diamankan di Jakarta dan 4 orang di Medan," ucap Agus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonton British Circus yang Jenaka dan Atraktif di Tangerang

Posted: 17 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta – Liburan akhir pekan sepertinya membuat warga Tangerang dan Jakarta tidak perlu bermacet ria keluar kota. Sebab, ada pertunjukan sirkus sekaliber internasional yang akan mempertontonkan kebolehannya sampai 4 Desember mendatang.

Berlokasi di depan pemukiman elit Greenwich BSD City, Kabupaten Tangerang, tenda merah besar mentereng, memancing perhatian khalayak ramai. Tulisan 'Great British Circus' terpampang besar di depan tenda merah khas sirkus internasional itu. Menurut promotor acara, Ashley, sekali pentas dengan durasi 90 sampai 125 menit itu, bisa menyedot penonton hingga seribu orang.

Dengan harga tiket yang bervariasi, mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 350 ribu. Semakin mahal harga yang dibeli, semakin dekat tempat duduknya dengan sekitar 30-an penampil akrobatik asli asal Inggris itu.  Tapi tenang, untuk menikmati pertunjukan sirkus sekelas internasional di bangku lainnya, juga sangat memuaskan.

Sebab, area sirkus yang tidak terlalu besar, dengan fasilitas sound yang menggelegar, membuat penontonnya lebih intim dengan pertunjukan. Setelah penonton membeli tiket, punggung lengan kiri akan diberi cap sesuai kursi yang dibeli. Hal itu untuk mempermudah petugas mengarahkan kursi yang akan ditempati.

Namun, bila ingin sekedar membeli cemilan atau minuman, di depan area sirkus juga dibuka berbagai booth makanan dengan harga bervariasi. Pertunjukan sirkus dibuka dengan nyanyian merdu wanita cantik yang kemudian dialah yang akan mengawal atraksi demi atraksi.

"Lagu-lagu yang dibawakan mulai dari paling lawas yang tiap pertunjukan sirkus jaman dulu 'show man' sampai lagu kekinian, dibawakan dan jadi backsound pertunjukan," ungkap Ashley. Penonton pun dibuat kagum, bertepuk tangan, bersorak, sampai dibuat tertawa disetiap pertunjukannya.

Bila diikuti, show berdurasi 1,5 jam lebih ini, dibagi menjadi tiga babak. Masing-masing show berdurasi 10-20 menit, tergantung banyaknya tantangan yang dibawakan. Sebut saja seperti Wheel of Stunt, Trafeze, Hulla Aerial, Hair Aerial, Rollabolla, dan masih banyak lagi yang menghidupkan suasana pertunjukan. Crazy Globe atau empat pemotor yang ngebut di dalam ruangan berbentuk bola, menjadi penutup dalam atraksi sirkus tersebut.

 

Hiburan Dekat Rumah

Pertunjukkan sirkus British Circus di Tangerang. foto: Pramita Tristiawati

Bahkan, atraksi hewan yang selama ini sudah dilarang dalam dunia internasional untuk pertunjukan sirkus, mereka menyiasatinya dengan berkoatum harimau, unta dan beruang kutub. Tentu dengan jalan cerita jenaka yang mengiringinya.

"Kami berusaha menghibur penonton yang hadir. Dan sejauh ini, kursi selalu penuh, penonton keluar pun dengan puas dan ketawa," ujar Ashley.  Hal tersebut juga diungkapkan salah seorang penonton, Sarah. Dia mengaku senang ada pertunjukan sirkus internasional yang bisa diaksesnya dekat dengan rumah.

" Kebetulan rumah di daerah Kelapa Dua, tinggal 10 menit berkendara, dan sampai. Memang mahal, tapi setimpal lah dengan hiburan yang didapat," katanya.  Karena itu, dia membawa serta anak dan ibunya untuk menonton pertunjukan sirkus tersebut.

"Anak saya yang pertama paling suka saat pertunjukan akrobat, seperti orang berayun di atas, loncat sana sini. Apalagi pemain sirkusnya disisipin gimmick lelucon kan, segala pakai kostum Superman," kata Sarah seraya tertawa.  (Pramita Tristiawati)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Sinetron SCTV Satu Atap 3 Cinta Episode Minggu 18 November 2018: Penyamaran Mina Hampir Terungkap

Posted: 17 Nov 2018 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hari Minggu ini penayangan hari ke-4 Satu Atap 3 Cinta. Mina diceritakan sudah kembali dengan tugasnya sebagai pembantu. Tidak disangka Sonia datang ke rumah Gaza. Sonia hampir melihat Mina yang sedang menyiapkan sarapan, Mina jadi panik, takut penyamarannya ketahuan ibunda Gaza.

Gaza yang baru saja keluar kamar, berusaha mencegah Sonia melihat Mina. Gaza menyuruh mamanya ke kamar mandi untuk cuci tangan karena Gaza mau mengajak mamanya sarapan. Sonia pun setuju. Gaza dan Mina sama-sama lega karena tidak ketahuan.  

Masih di Satu Atap 3 Cinta, Saat Sonia di kamar mandi, Gaza menyuruh Mina ke pasar, supaya Sonia nggak lihat Mina. Lantas, Mina pun pergi ke pasar. Diron yang kebetulan melihat Mina mau pergi, menawarkan diri untuk mengantar Mina. Di sini Mina dan Diron kembali merasakan sesuatu yang romantis. Mina merasa, Diron adalah pria yang bisa membuatnya nyaman dan tertawa lepas.

Sementara itu Gaza bicara berdua dengan Sonia. Lalu, Sonia memaksa untuk ketemuan dengan Michelle lagi. Gaza terpaksa Setuju. Saat Mina pulang dari pasar, Gaza sudah membelikan Mina baju yang bagus, karena Mina dan gaza akan menemui Sonia di sebuah restoran Jepang.

Apa yang terjadi selanjutnya di Satu Atap 3 Cinta.

 

 

Pura-Pura Jadi Pacar

Adegan sinetron Satu Atap 3 Cinta (Tobali Putra Productions)

Begitu Mina kembali, Gaza langsung meminta Mina untuk ganti baju dan menemaninya ke restoran Jepang bertemu dengan Sonia. Mina pun bersiap diri, meski dia tak nyaman harus berlakon seperti itu.

Ketika Mina hendak berangkat, Diron yang mengetahui semuanya, sempat mencegah Mina. Diron yang cemburu, menyindir Mina, bahwa Mina senang berpura-pura jadi cewek kaya dan senang pura-pura jadi pacar Gaza. Mina langsung membantah.

Cuma Seorang Sopir

Adegan sinetron Satu Atap 3 Cinta (Tobali Putra Productions)

Mina bilang dia hanya ingin membantu Gaza, namun dia tak suka berpura-pura, karena prinsip Mina adalah bergaya sesuai isi dompet. Diron yang mendengarnya langsung tertohok. Dia merasa JLEB, bahwa dia yang selama ini berpura-pura di depan Mina.

Diron malah galau. Sementara Mina pergi dengan Gaza, Diron gamang dan cemas akan apa yang terjadi nanti, bila Mina tau selama ini Diron cuma seorang sopir dan telah membohonginya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: