Kamis, 15 November 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Timnas Indonesia Harus Waspadai Kemacetan Menuju Stadion Rajamangala

Posted: 15 Nov 2018 10:37 PM PST

Hong Kong - Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada laga ketiga Grup F Piala AFF 2018 kontra Thailand di Bangkok, Sabtu (17/11/2018). Selama berada di Ibu Kota Thailand itu, skuat asuhan Bima Sakti menginap di Hotel Al Meroz.

Hotel tersebut bernuansa Islami di tengah Kota Bangkok, yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan Stadion Rajamangala, venue pertandingan kontra Thailand di Piala AFF 2018.

Bola.com mengunjungi Hotel Al Meroz sebelum Timnas Indonesia menjalani sesi latihan perdana di Bangkok pada Kamis (15/11/2018). Bangunan hotel cukup mewah dengan ornamen-ornamen khas Arab Saudi.

Meski dekat dari Stadion Rajamangala, jarak hotel Timnas ke lapangan latihan cukup jauh, sekitar 17 kilometer. Tim asuhan Bima Sakti berlatih di Universitas Kasetsart, Bangkok. 

Jika ditempuh pada kondisi jalan normal, jarak tersebut bisa dilahap dalam 30 menit. Namun, kemacetan di Bangkok tak jauh berbeda dengan di Jakarta. Alhasil, saat hendak berlatih pada Kamis (15/11/2018) sore, Timnas Indonesia memakan waktu hingga 45 menit untuk sampai di tempat latihan. 

Pemain Timnas Indonesia saat berada di Hotel Al Meroz, Bangkok, Kamis, (15/11). Hotel bernuansa Islami itu menjadi tempat penginapan Indonesia jelang laga Piala AFF 2018 melawan Thailand. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Lebih Dekat ke Rajamangala

Beruntung, Stadion Rajamangala letaknya tak terlalu jauh dari hotel Timnas Indonesia. Jarak yang harus dilalui Timnas Indonesia menuju stadion sekitar 2,7 km hingga 4,3 km, tergantung pilihan jalur yang akan dilalui. 

Dari perhitungan yang dilakukan Bola.com, waktu tempuh yang dibutuhkan maksimal hanya 15 menit. Namun, yang perlu menjadi perhatian adalah beberapa titik kemacetan yang bisa menambah waktu tempuh menuju stadion.

Jalan Ramkhamhaeng raya hingga Ramkhamhaeng 24, atau melalui Jalan Thawon Thawat, kemacetan sepertinya tak terhindarkan ketika sudah memasuki Jalan Hua Mak di dekat Stadion Rajamangala. Belum lagi ditambah dengan kemungkinan jalan yang lebih macet ketika banyak suporter hendak menuju stadion yang memang berada di tepi Jalan Soi Ramkhamhaeng 24.

Al Meroz menjadi pilihan Timnas Indonesia karena pengalaman Timnas Indonesia U-16 menginap di tempat yang sama ketika menjalani Kualifikasi Piala AFC U-16 2018 di Bangkok pada 2017.

Jarak tempuh menuju stadion tidak terlalu berbeda dengan Hotel Grand Fourwings yang menjadi tempat menginap Timnas Indonesia di final Piala AFF 2016. Namun, level kemacetan yang harus dihadapi Tim Garuda saat ini cukup lebih berat ketimbang saat final Piala AFF 2016.

 

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF  2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenangan Tertunda Tim Indonesia dalam Kontes Mekanik se-Asia Pasifik

Posted: 15 Nov 2018 10:32 PM PST

Liputan6.com, Bangkok - Tiga perwakilan Indonesia bertanding dalam Castrol Asia Pacific Mechanic Contest 2018 yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Bangkok, Thailand, Kamis (15/11). Sayangnya, nasib kurang beruntung menghampiri tim Indonesia karena gagal masuk urutan tiga besar.

Filipina mengunci gelar juara, disusul Vietnam dan posisi ketiga diisi Malaysia. Sementara, untuk Tim Castrol dari Thailand, Indonesia, dan India, masing-masing ada di urutan keempat, kelima, dan keenam.

Bagi tim Indonesia, tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan di luar prediksi menjadi salah satu faktor kunci ketiga mekanik andal ini belum mencapai hasil yang maksimal.

"Kami sudah mempersiapkan, ternyata di luar prediksi," ungkap Mualim, pemilik Bengkel Berkat Motor di Tangerang, Banten, saat ditemui di Bangkok, Thailand.

"Intake-nya disumbat, harusnya ada lubang untuk mengalirkan bensin. Setelah itu, kami kehabisan waktu," tambah pria yang berhasil menjuarai Castrol Mechanic Contest (CMC) 2016.

Hari Wijaya dari Bengkel Nusantara Motor pun mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, saluran bahan bakar dan udara ke mesin yang sengaja disumbat itulah letak trouble-nya.

Ia menambahkan, faktor eksternal, seperti keriuhan para pendukung dari negara lawan atau saat mereka mulai mencoba menghidupkan mesin di menit-menit pertama, tidak memberi dampak berarti. Namun, dia mengaku sempat sedikit kurang konsentrasi saat ujian tahapan pertama dimulai.

Sekadar informasi, dalam kejuaran ini tiap peserta wajib melalui tiga tahapan pengujian. Pertama, pengetahuan para peserta soal motor diuji lewat pertanyaan pilihan berganda yang berjumlah 10 soal.

Sementara, tahap kedua dan ketiga, para peserta harus melakukan pergantian spare part pada motor matik Yamaha Fino 125cc yang telah dimodifikasi, hingga proses trouble shooting, dimana motor harus bisa dinyalakan tanpa mati sepanjang 50 detik. Di tahapan ini semua peserta diberi catatan waktu selama 70 menit.

 

Selanjutnya

Saat tahap kedua di menit-menit perlombaan belum lama dimulai, tim Thailand menjadi negara pertama yang menyalakan motor diikuti Vietnam, Namun, keduanya gagal saat mencoba menghidupkan mesin.

Tak lama setelah itu, di susul Tim Indonesia. Namun, saat mesin coba dihidupkan, lagi-lagi motor belum mau menyala. Belakangan diketahui penyebabnya adalah saluran bahan bakar dan udara ke mesin yang sengaja disumbat.

"Karena ini kompetisi, kan semuanya dibikin. Semua pengapian sudah kita temukan semua, kompresi sudah ada, tapi kok enggak mau hidup. Kita takut fuel pump, sudah kita ukur juga, tekanan fuel pump-nya sesuai standar. Tapi kok masih enggak hidup. Takut kita ragu, ya udah kita buka aja ganti. Ternyata pas diganti bukannya hidup malah mati," jelas Mualim.

Hingga sampai di satu titik, ketiganya berhasil menyalakan mesin dan menempati peringkat kelima. Satu pembelajaran penting yang didapat dari Mualim lewat kompetisi ini, dirinya mengaku harus lebih banyak belajar untuk mengantisipasi apapun kemungkinan yang terjadi dalam setiap kompetisi yang akan diikuti ke depannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Ini Jadi Jutawan Jual Boneka Mirip Anaknya Sendiri

Posted: 15 Nov 2018 10:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita ingin mengabadikan bayi yang ditinggalinya selama 15 tahun. Robin Longley, wanita berusia 55 tahun ini sangat tergila-gila dengan putrinya bernama Katherine, yang kini sudah berusia 12 tahun.

Karena Longley rindu melihat Katherine saat masih bayi, ia akhirnya membuat boneka sendiri yang tampak persis seperti Katherine saat masih bayi. Longley tinggal di Goldsboro, California Utara bersama dengan boneka-boneka bayi miliknya.

Longley mengatakan bahwa ia memulai membuat boneka bayi tersebut agar terlihat persis seperti anaknya dan tidak memiliki cukup uang apabila harus dibelanjakan untuk sebuah boneka.

Alasan Longley membuat boneka bayi yang serupa dengan Katherine agar ia dapat menjaga kenangan itu tetap hidup.

Akhirnya ia mencari tahu melalui Google bagaimana cara membuat boneka dengan bahan dasar porselen.

Dilansir dari Metro.uk, Longley menceritakan bahwa ia tidak dapat memiliki anak lagi secara alami dan mulai melakukan perawatan kesuburan pada saat usianya masih 25 tahun karena pernah mengalami keguguran.

Longley dan suaminya John akhirnya berniat untuk mengadopsi anak di usianya yang ke-40.

Tak disangka ternyata Longley hamil dan melahirkan putri kecil yang diberi nama Katherine.

Banjir pesanan boneka

Boneka bayi buatan Longley. (Sumber foto: Robin Longley/Metro.uk)

Proyek kerajinan membuat boneka bayi oleh Longley ternyata tersebar melalui mulut ke mulut sehingga banyak Longley mendapat banjir pesanan.

Longley mengatakan bahwa sekitar seperlima kliennya adalah wanita yang sedang berjuang untuk hamil.

Saat ini Longley rutin membuat 12 hingga 15 boneka setiap bulannya yang ia jual seharga $ 800 atau setara dengan 11,8 juta rupiah per boneka dengan masing-masing boneka memakan waktu hingga 72 jam kerja untuk menyelesaikan pembuatan boneka tersebut.

Longley membutuhkan sekitar 30 lapisan cat dan ditimpa dengan Poly-Fil serta manik-manik kaca untuk membuat boneka bayi tersebut seperti bayi sungguhan.

Pembeli boneka bayi rata-rata adalah wanita yang ingin punya anak

Longley tampak sedang menggendong bonela bayi buatannya. (Sumber foto: Robin Longley/Metro.uk)

Setelah sukses membuat kerajinan boneka, Longley melihat banyak wanita yang membeli bonekanya.

Alasannya karena banyak wanita yang ingin punya anak sehingga membeli boneka buatan Longley.

Karena boneka tersebut hampir serupa dengan bayi hidup, banyak wanita yang akhirnya tidak kembali berusaha untuk mengandung anak sendiri. Hal tersebut menjadi perhatian khusus bagi Longley.

Hal tersulit yang dihadapi oleh wanita apabila disaat mereka ingin mengandung tetapi tidak bisa.

Longley juga menambahkan bahwa boneka-boneka bayi yang ia buat dapat menghibur para wanita tetapi tidak berarti kehadiran boneka tersebut mampu menggantikan kehadiran seorang anak.

Boneka tetaplah boneka, bagaimana pun tidak akan bisa menggantikan apa pun.

Koleksi boneka bayi milik Longley

Koleksi boneka-boneka bayi milik Longley, lengkap dengan perlengkapan lain layaknya bayi sungguhan. (Sumber foto: Robin Longley/Metro.uk)

Longley memiliki koleksi boneka bayi sendiri di rumahnya, berjumlah sekitar 120 boneka. Ia memiliki 'suster' khusus di rumahnya, lengkap dengan kursi goyang, kursi mobil, kereta dorong dan tempat tidur antik seharga $ 200 atau setara dengan 2,9 juta rupiah, serta lemari pakaian besar yang menampung baju-baju boneka. Baju-baju boneka tersbeut rutin dicuci dan diganti seinggu sekali.

Koleksi baju boneka bayi milik Longley. (Sumber foto: Robin Longley/Metro.uk)

Seniman ini memperkirakan ia telah menghabiskan sekitar $ 5.000 atau setara dengan 74,3 juta rupiah untuk boneka dan $ 2.000 atau setara dengan 29,7 juta rupiah untuk membeli pakaian dan perlengkapan boneka lainnya setiap tahun.

Hal ini menjelaskan betapa dirinya begitu mencintai anak-anaknya yang dilahirkan kembali.

 

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi PSM Makassar Vs Persija: Tamu Ingin Pulang Menang

Posted: 15 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta siap menghadapi laga krusial di Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. Sore ini, mereka akan jadi tamu sang pemuncak klasemen, PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar.

Bagi Persija, laga yang akan disiarkan live di Indosiar ini memang sangat krusial untuk menentukan mimpi juara mereka. Menang atas PSM, berarti Tim Macan Kemayoran memperbesar peluang mereka jadi yang terbaik di ujung musim.

Saat ini, Persija berada di posisi kedua klasemen dengan nilai 49, atau berselisih empat dengan PSM. Namun, mereka unggul sisa satu pertandingan dibanding sang rival.

Tak heran, Persija pun berambisi pulang membawa kemenangan dari Makassar. "Ini salah satu pertandingan final bagi kami karena kami akan melawan PSM. PSM nomor satu dan kami nomor dua dan kami mau juara," ujar penyerang andalan Persija Marko Simic, di situs resmi klub.

Absennya kiper andalan Andritany Ardhiyasa dan Riko Simanjuntak tak membuat mereka gentar. Di lini pertahanan, Persija juga kehilangan Maman Abdul Rahaman, yang terkena akumulasi kartu.

"Kami punya beberapa stok pemain pengganti, yang sudah main bagus di liga dan AFC. Kita pasti ada pemain lain bisa bantu," ujar pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco.

Kabar bagusnya, di laga melawan PSM, Persija sudah diperkuat Rezaldi Hehanussa. Bek sayap Persija itu sempat mengalami cedera tumit, tapi sejak pekan lalu, Rezaldi telah menunjukkan perkembangan yang bagus saat latihan.

PSM Butuh Kemenangan

Striker Persija Jakarta, Marko Simic, akan jadi ancaman PSM Makassar. (Bola.com/Yoppy Renato)

Di sisi lain, PSM juga dipastikan tak akan melewatkan pertandingan. Selain main di hadapan suporter sendiri, Tim Juku Eka juga butuh kemenangan untuk memperlebar jarak poin dengan rival-rival mereka.

Selain Persija, PSM juga mendapat ancaman dari Persib Bandung yang ada di posisi kedua dengan 49 poin."Kami kembali menghadapi tim kuat di Makassar. Setelah mengalahkan Persib dua pekan lalu, kami ingin melakukan hal sama saat menjamu Persija," kata Robert Alberts, pelatih PSM kepada Bola.com.

Prediksi Susunan Pemain

PSM (4-3-3): Ricky Mokodompit: Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Abdul Rahman, Reva Adi Utama (belakang); Rizky Pellu, Wiljan Pluim, Marc Klok (tengah); M. Rahmat, Guy Junior, Saldy (depan)

Pelatih: Robert Alberts

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar; Ismed Sofyan, Maman Abdurahman, Jaimerson Xavier, Rezaldi (belakang); Asri Akbar, Ramdani Lestaluhu, Renan da Silva (tengah); Novri Setiawan, Marco Simic, Osas Saha (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dorong Investasi, Pemerintah Luncurkan Paket Kebijakan Ekonomi XVI

Posted: 15 Nov 2018 10:30 PM PST

Menkeu Sri Mulyani (dua kanan) didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution (kanan), Gubernur BI Perry Warjiyo (dua kiri), dan perwakilan OJK Nurhaida (kiri) saat meluncurkan Paket Kebijakan Ekomomi XVI, Jakarta, Jumat (16/11). (Liputan6.com/AnggaYuniar)

Menkeu Sri Mulyani (dua kanan) didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution (kanan), Gubernur BI Perry Warjiyo (dua kiri), dan perwakilan OJK Nurhaida (kiri) saat meluncurkan Paket Kebijakan Ekomomi XVI, Jakarta, Jumat (16/11). (Liputan6.com/AnggaYuniar)

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meluncurkan Paket Kebijakan Ekomomi XVI di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/11). Peluncuran ini juga dihadiri Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menkeu Sri Mulyani. (Liputan6.com/AnggaYuniar)

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meluncurkan Paket Kebijakan Ekomomi XVI di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/11). Peluncuran ini juga dihadiri Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menkeu Sri Mulyani. (Liputan6.com/AnggaYuniar)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution (kanan) didampingi Menkeu Sri Mulyani (tengah) dan perwakilan OJK Nurhaida (kiri) saat meluncurkan Paket Kebijakan Ekomomi XVI di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/11). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution (kanan) didampingi Menkeu Sri Mulyani (tengah) dan perwakilan OJK Nurhaida (kiri) saat meluncurkan Paket Kebijakan Ekomomi XVI di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/11). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menko Perekonomian Darmin Nasution (tengah) didampingi Menperin Airlangga Hartarto dan Gubernur BI Perry Warjiyo saat meluncurkan Paket Kebijakan Ekomomi XVI, Jakarta, Jumat (16/11). Paket kebijakan merangkum tiga pokok penting. (Liputan6.com/AnggaYuniar)

Menko Perekonomian Darmin Nasution (tengah) didampingi Menperin Airlangga Hartarto dan Gubernur BI Perry Warjiyo saat meluncurkan Paket Kebijakan Ekomomi XVI, Jakarta, Jumat (16/11). Paket kebijakan merangkum tiga pokok penting. (Liputan6.com/AnggaYuniar)

Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menkeu Sri Mulyani, Gubernur BI Perry Warjiyo, dan perwakilan OJK Nurhaida saat meluncurkan Paket Kebijakan Ekomomi XVI, Jakarta, Jumat (16/11). Paket ini diharap mendorong kenaikan investasi. (Liputan6.com/AnggaYuniar)

Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menkeu Sri Mulyani, Gubernur BI Perry Warjiyo, dan perwakilan OJK Nurhaida saat meluncurkan Paket Kebijakan Ekomomi XVI, Jakarta, Jumat (16/11). Paket ini diharap mendorong kenaikan investasi. (Liputan6.com/AnggaYuniar)

Menko Perekonomian Darmin Nasution (kanan), Menkeu Sri Mulyani (kiri), Gubernur BI Perry Warjiyo (dua kiri, dan perwakilan OJK Nurhaida (dua kanan) saat meluncurkan Paket Kebijakan Ekomomi XVI di Jakarta, Jumat (16/11). (Liputan6.com/AnggaYuniar)

Menko Perekonomian Darmin Nasution (kanan), Menkeu Sri Mulyani (kiri), Gubernur BI Perry Warjiyo (dua kiri, dan perwakilan OJK Nurhaida (dua kanan) saat meluncurkan Paket Kebijakan Ekomomi XVI di Jakarta, Jumat (16/11). (Liputan6.com/AnggaYuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Hamil Anak Ketiga, Desta Kenang Pertemuan Pertama

Posted: 15 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rajutan rumah tangga Desta dan Natasha Rizky telah berjalan selama lima tahun. Keduanya sudah dikaruniai dua anak.

Tapi tak banyak yang mengetahui proses perkenalan Desta dan Natasha Rizky yang cukup unik. Keduanya bertemu saat syuting sinetron.

Desta memberanikan diri berkenalan dengan Natasha Rizky dan mulai menjalin hubungan sejak saat itu.

Diakui Desta, itu merupakan kesempatan pertama dan terakhir keduanya satu frame dalam sebuah sinetron. 

 

Kenang

(Instagram/natasharizkynew)

Desta mengenang awal kenalan dengan sang istri di akun Instagramnya baru-baru ini. Ia pun mengunggah sinetron yang dimainkan berdua.

"Inilah awal mula dari semuanya. Scene pertama dan satu-satunya yang berdua di sinetron ini, SI BIANG KEROK. Kronologi: sebelum take kenalan, ngobrol-ngobrol, saat tengah-tengah take tukeran pin BB, setelah kelar take pamitan, malamnya BBM-an. Love you Natasha Rizky," tulis Desta dengan manis.

 

Ingin Anak Laki - Laki

(Instagram/natasharizkynew)

Dan kini, Natasha Rizky tengah mengandung anak ketiga. Kehamilan ini disambut sangat senang oleh Desta.

Pasalnya, calon anak ketiganya ini diprediksi berjenis kelamin laki-laki. Tentu saja mereka sangat bahagia mendengar kabar tersebut. Mempunyai anak laki-laki memang impian mereka.

Mengingat anak pertama dan keduanya berjenis kelamin perempuan. Bahkan saking mendambakan anak laki-laki, mereka juga sudah persiapkan nama namun masih dirahasiakan. (Tyssa Madelina/Kapanlagi.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gudang KPU Mamasa Miring 30 Derajat Dihantam Gempa

Posted: 15 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gempa deruntun yang terjadi di Mamasa, Sulawesi Barat mengakibatkan gudang logistik KPU Mamasa mengalami kerusakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sony Bakal Absen dari E3 2019, Kenapa?

Posted: 15 Nov 2018 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru saja mengumumkan kalau mereka tidak akan hadir di panggung E3 2019.

Ini artinya, tidak akan ada pengumuman dan update terkait informasi gim-gim eksklusif terbaru Sony di pesta akbar gim bertaraf internasional tersebut.

Tak cuma itu, seperti dilansir Ubergizmo pada Jumat (16/11/2018), Sony juga tidak akan mengadakan konferensi pers. Dengan demikian, bisa dikatakan kalau perusahaan benar-benar akan 'raib' di E3 2018.

Informasi terkuak dari sebuah sumber dari Entertainment Software Association. Alasannya, Sony sepertinya tengah mempersiapkan acara terpisah dari E3 2019, yang kemungkinan akan menjadi panggung pribadi Sony untuk unjuk gim-gim terbarunya.

"Industri telah berevolusi, Sony Interactive Entertainment terus mencari kesempatan yang melibatkan komunitas," ujar Sony.

"Fans PlayStation tentu berarti besar bagi kami, dan kami ingin berinovasi, berpikir dari perspektif berbeda, dan bereksperimen dengan cara baru untuk membuat kejutan. Hasilnya, kami tidak akan berpartisipasi di E3 2019," lanjutnya.

"Kami sedang bereksplorasi mencari cara baru dan familiar untuk melibatkan komunitas di tahun depan, dan kami tidak sabar untuk berbagi kejutan."

Absennya Sony di gelaran E3 menjadi yang pertama menandakan perusahaan tidak berpartisipasi di sejarah konferensi gim terbesar itu.

Menurut Variety, ini merupakan kali kedua Sony tidak berpartisipasi dalam sebuaha cara.

Beberapa bulan lalu, Sony juga mengonfirmasi mereka tidak akan mengadakan acara PlayStation Experience 2018.

Terkonfirmasi, Sony Sedang Kembangkan Konsol PS5

Dari Sony hingga Nintendo, Ini Pengumuman Terbaik di E3 2017. (Doc: Gamespot)

Memasuki tahun kelima konsol PlayStation 4 (PS4) meluncur di pasaran, banyak gamer bertanya-tanya kapan Sony bakal meluncurkan konsol penerus PS4 tersebut?

Tampaknya gamer setia Sony dapat bernapas lega dan tidak perlu menunggu lama, karena perusahaan baru saja mengonfirmasi sedang mengembangkan penerus konsol PS4 itu.

"Pada saat ini, apa yang bisa saya katakan adalah kami (Sony) perlu memiliki perangkat next-gen," ucap Kenichiro Yoshida, presiden dan CEO Sony, yang dikutip dari Financial Times via Ubergizmo, Rabu (10/10/2018).

Meski begitu, Yoshida masih belum menyebutkan apa nama konsol baru itu. Karenanya, masih belum pasti apakah konsol penerus PS4 itu akan resmi diberi nama "PlayStation 5 (PS5)" atau nama yang lainnya.

Tak hanya itu, dia juga tidak menyebutkan kapan pastinya konsol penerus PS4 ini akan dirilis.

Hanya saja, informasi terakhir dari CEO of Sony Interactive Entertainment, John Kodera, menyebut konsol PlayStation berikutnya bakal meluncur tiga tahun lagi.

 

Analis Prediksi Konsol PS5

E3 2016 akan jadi ajang tepat konsol baru muncul. (Playstation.de)

Lebih lanjut, beberapa analis industri gim sudah lebih dulu memprediksi PS5 bakal meluncur dalam waktu dekat.

Dilansir Ubergizmo pada Senin (20/8/2018), analis dari perusahaan Jepang Ace Economic Research Institute Hideki Yasuda, memprediksi kalau PS5 bakal diumumkan Sony pada akhir 2019.

Menurut Yasuda, meski diumumkan pada akhir 2019, bukan berarti Sony akan langsung memasarkan konsol PlayStation generasi kelima tersebut pada periode itu. Justru, Sony baru akan mengapalkan PS5 mulai awal 2020.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Perluas Tax Holiday ke Sektor Agribisnis

Posted: 15 Nov 2018 10:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah baru saja memperluas cakupan paket kebijakan ekonomi XVI dengan menambah tiga kebijakan yang diyakini mampu mendorong kenaikan investasi di Indonesia.

Salah satu kebijakan yang diperbaharui yaitu perluasan fasilitas pajak berupa tax holiday. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, perluasan tax holiday ini akan diberikan kepada kelompok agribisinis dan digital.

Kedua kelompok ini dinilai perlu mendapat tax holiday karena memiliki nilai investasi yang besar di Indonesia.

"Perluasan ini kelompok agribisnis, pengolahan pertanian seperti pengolahan kelapa sawit dan karet ke hilirnya. Kedua, digital seperti robotik tentu itu ada minimum nilainya. Harus yang besar. Itu adalah untuk tax holiday," ujar dia di Istana Negara, Jakarta, Jumat (16/11/2018).

Darmin menjelaskan, cara mendapatkan tax holiday ini sama seperti yang telah diterapkan sebelumnya. Saat mendaftar melalui Online Single Submission (OSS) investor akan diarahkan lama tax holiday yang diperoleh, tentunya sesuai besar investasi yang ditanamkan. 

"Kita mau dia masuk dan tax holiday itu akan masuk di OSS. Sehingga tak lagi butuh diskusi panjang lebar lihat saja di OSS. Maka OSS bilang you dapat apalagi kalau you bilang misalnya investasinya USD 35 miliar," tutur Darmin.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

Insentif Pajak

Ilustrasi Foto Pajak (iStockphoto)

Sebelumnya, Kementerian Keuangan telah memberlakukan kebijakan baru mengenai insentif pajak seperti tax holiday dan tax allowance, guna mendorong pertumbuhan investasi di Indonesia. Kebijakan tersebut akan berlaku untuk 17 sektor industri.

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan, dalam kebijakan baru tersebut, investor tidak perlu menanamkan modal baru, tetapi boleh penanam modal yang sudah eksisting namun melakukan ekspansi.

"Kalau dulu yang boleh mendapatkan tax holiday harus wajib pajak baru, PT baru, sekarang definisinya penanaman modal baru, sehingga perusahaan lama kalau ada ekspansi investasi baru juga di segmentasi bisa mengajukan tax holiday," ujar dia di Kantor Kemenkeu, Jakarta, 2 April.

Kedua, jika di aturan lama, investor mendapatkan tax holiday atau tidak tergantung dari keputusan komite. Namun di aturan baru, semua investor asal memenuhi syarat yang ditentukan akan mendapatkan insentif pajak ini.

"Kalau di aturan lama yang di-holiday-kan, yang tidak bayar pajak tidak presisi, tergantung rapat komite, dan signifikansi bisa 10 persen-100 persen. Kalau yang terkini sangat presisi, tax holiday dapatnya 100 persen," kata dia.

Ketiga, di aturan lama, jangka waktu mendapatkan tax holiday berkisar 5 tahun-10 tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan persetujuan komite. Namun di aturan baru, jangka waktunya tergantung dari besaran investasi yang ditanamkan.

"Kemudian jangka waktu holidaynya kalau diaturan lama rentang waktunya 5 tahun-10 tahun bisa diperpanjang, tetapi ini hasil komite. Kalau yang baru lebih mekanistik, dia presisi, jangka waktunya tergantung nilai investasinya. Jadi ini akan memberikan kepastian bagi investor kalau saya investasinya segini dapat segini. Kalau yang lama tergantung hasil analisis komite. Ini lebih presisi," jelas dia.

Misalnya, nilai investasi Rp 500 miliar sampai dengan kurang dari Rp 1 triliun mendapatkan tax holiday selama 5 tahun, investasi Rp 1 triliun sampai dengan kurang dari Rp 5 triliun selama 7 tahun, investasi Rp 5 triliun sampai dengan kurang dari Rp 15 triliun selama 10 tahun, investasi Rp 15 triliun sampai dengan kurang dari Rp 30 triliun selama 15 tahun, dan Rp 30 triliun ke atas mendapatkan tax holiday selama 20 tahun.

"Jadi waktu mengajukan penanaman modal, berapa modal yang dijanjikan, kalau dia Rp 30 triliun, secara otomatis akan dapat izin prinsip tax holiday selama 20 tahun selama cocok dengan sektornya," ungkap dia.

Keempat, di aturan baru, ada masa transisi selama 2 tahun yang memberikan diskon 50 persen pajak bagi investor yang masa tax holidaynya sudah habis.

"Di aturan yang lama transisinya tidak diatur, di aturan baru setelah masuk tax holiday masih dapat fasilitas dengan pengurangan PPh badan 50 persen selama 2 tahun. Jadi misalnya dapat tax holiday 20 tahun, selesai, tahun ke-21 dia bayar 50 persen dari PPh badan terutang, tahun ke-22 bayar 50 persen selanjutnya baru 100 persen normal. Yang dimaksud tax holiday ini dia tidak membayar pajak dari laba perusahaan," tutur dia.

Berikut 17 sektor industri yang mendapatkan tax holiday:

1. Industri logam dasar hulu

2. Industri pemurnian dan atau pengilangan minyak dan gas bumi dengan atau tanpa turunannya

3. Industri petrokimia berbasis minyak bumi, gas alam, batubara dengan atau tanpa turunannya

4. Industri kimia dasar annorganik

5. Industri kimia dasar organik

6. Industri bahan baku farmasi

7. Industri pembuatan semi konduktor dan komponen utama komputer lainnya

8. Industri pembuatan peralatan komunikasi

9. Industri pembuatan komponen utama alat kesehatan

10. Industri pembuatan komponen utama mesin industri seperti motor listrik

11. Industri pembuatan komponen utama mesin seperti piston, silinder head,

12. Industri pembuatan komponen robotik

13. Industri pembuatan komponen utama kapal

14. Industri pembuatan komponen utama pesawat terbang seperti engine, propeler

15. Industri pembuatan komponen utama kereta api termasuk mesin atau transmisi

16. Industri mesin pembangkit tenaga listrik

17. Infrastruktur ekonomi, jadi infrastruktur ekonomi juga mendapat tax holiday.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salam dari Wajah Baru Fimela.com

Posted: 15 Nov 2018 10:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dear Partner dan Kolega,

Dengan bangga, kami ingin mengumumkan bahwa kini Fimela.com merupakan aliansi dari empat portal wanita besar yang dimiliki Kapanlagi Youniverse (KLY) Group.

Sadar akan adanya kebutuhan perempuan modern yang menjadi target market kami semakin bertambah, kami pun memutuskan untuk berubah. Berubah untuk menjadi lebih baik dan tetap relevan dengan kehidupan pembaca.

Aliansi strategis ini terjadi tak lain demi mewujudkan misi kami, menjadi sahabat perempuan Indonesia, mendukung dan menemani di setiap fase kehidupan mereka.

Bintang.com akan memperkaya Fimela.com dengan konten gaya hidup selebriti yang bisa menginspirasi. Vemale.com bakal menambah wawasan pembaca mengenai topik-topik ringan dan hangat, namun penting untuk kehidupan perempuan. Liputan6 Lifestyle akan membuat konten makin kaya dengan pandangan para ahli di bidang gaya hidup perempuan.

"If we don't change, we don't grow. If we don't grow, we aren't really living," Gail Sheehy.

Kami berharap, Fimela.com yang baru ini akan semakin relevan dan terus berkembang menjadi lebih besar lagi. Semoga kerjasama yang sudah terjalin selama ini akan tetap terjalin dengan baik.

Last but not least, izinkan kami mengenalkan susunan redaksional Fimela terbaru. Amelia Ayu Kinanti (ex Editor in Chief Vemale.com) akan menjadi Editor in Chief Fimela yang baru. Adinda Tri Wardhani (ex Managing Editor Liputan 6 Lifestyle) dan Ruben Silitonga (ex Managing Editor Bintang.com) akan menjadi Managing Editor Fimela. Untuk semua keperluan surat menyurat, bisa ditujukan kepada ketiganya di email

ayu.kinanti@kly.id

adinda.wardhani@kly.id

ruben.silitonga@kly.id

Kanal Lifestyle di Liputan6.com akan tetap beroperasi seperti biasa. Untuk pengiriman undangan atau kerjasama lainnya bisa menghubungi Irna Gustiawati (General Manager Liputan6.com/irna.gustiawati@kly.id) dan redaksi.liputan6@kly.id.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Sinetron SCTV Satu Atap 3 Cinta Episode Jumat 16 November 2018: Gaza Keracunan, Mina Dipecat

Posted: 15 Nov 2018 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di episode kedua Satu Atap 3 Cinta. Markum datang menghampiri Gaza dan Mina, keadaan lagi genting. Mina suruh Markum mengusir Gaza yang ngaku-ngaku majikan. Markum dengan serba salah bilang bahwa Gaza memang majikan mereka. Mina terbelalak. Gaza yang marah banget memutuskan untuk memecat Mina.

Mina bingung kenapa majikan di rumah itu ada 2. Markum mau bilang yang sebenarnya, tapi Diron buru-buru mengaku sebagai sepupu Gaza. Mina yang dipecat, terpaksa pergi dari rumah itu. Diron merasa bersalah dan berusaha membujuk Gaza agar jangan jangan memecat Mina tapi nggak berhasil.

Masih di Satu Atap 3 Cinta, Mina diantar pergi ke terminal angkot oleh Lilis. Tapi di tengah jalan Mina terpaksa balik lagi, karena HP-nya ketinggalan.

Gaza keracunan minuman jus kiriman Dita yang sudah diberi obat pencuci perut oleh maminya Dita, Ranita. Karena Ranita mau ngerjain Sonia, mamanya Gaza.

Wah seru nih kelanjutan Satu Atap 3 Cinta.

 

 

Dipotong Gaji

Adegan sinetron Satu Atap 3 Cinta (Tobali Putra Productions)

Gaza yang keracunan ambruk dengan mulut berbusa. Pas banget Mina datang mau mengambil HP-nya. Akhirnya Mina, Markum dan Diron bawa Gaza ke rumah sakit .Di IGD, Gaza sadar. Gaza terkejut mendengar Mina telah menolong dirinya.

Gaza akhirnya menerima Mina untuk bekerja kembali di rumahnya sebagai tanda terima kasih, tapi Mina tetap harus dipotong gaji untuk bayar kerusakan yacht. Diron senang Mina kembali dan akhirnya berani mengajak Mina kencan malam minggu.

Mina senang dan setuju. Sementara itu Sonia meminta Gaza minta dia datang ke pesta ulang tahunnya, harus bawa pacar tapi bukan Dita. Kalau Gaza datang sendirian Mama akan menjodohkan Gaza.

Pasangan Pura-Pura

Adegan sinetron Satu Atap 3 Cinta (Tobali Putra Productions)

Gaza tetap mau mengajak Dita, tapi saat hari Sabtu tiba, Dita malah terjebak kemacetan di Puncak. Gaza jadi bingung karena kalau datang sendiri dia akan dijodohkan. Mina sedang dandan, tiba-tiba pintu kamarnya diketuk. Mina sangka itu Diron, tapi waktu Mina buka pintu ternyata Gaza.

Gaza meminta Mina untuk jadi pasangan pura-pura ke pesta Mamanya. Mina bingung karena dia sudah ada janji sama Diron, tapi Gaza bilang itu perintah dan Mina akan dipecat kalau menolak. Mina pun terpaksa mau, meski dia tidak tahu Gaza akan membawanya ke mana!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

17 Manfaat Lemon untuk Kesehatan, Diet dan Wajah yang Jarang Diketahui

Posted: 15 Nov 2018 10:17 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat. Di balik rasa asam jeruk lemon, tersimpan manfaat yang beragam. Manfaat lemon begitu beragam, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Salah satu manfaat lemon yang sudah banyak diketahui adalah untuk mendetoks tubuh dari racun-racun yang selama ini tersisa di dalam tubuh. Sehingga, tubuh pun akan menjadi bugar kembali dan terbebas dari berbagai penyakit. Selain itu, buat kamu yang sedang dalam proses penurunan berat badan, lemon ternyata bisa menjadi salah satu alternatif jitu untuk membuat tubuh langsing. 

Hal ini karena lemon mengandung banyak vitamin C yang menjadikannya salah satu buah penuh manfaat. Manfaat lemon didapatkan dari kandungan buah ini yang mengandung asam sitrat, vitamin C, kalsium, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan masih banyak lagi. Dengan kandungan nutrisi tersebut, lemon memberikan manfaat yang cukup banyak bagi tubuh.

Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, beberapa manfaat lemon untuk kesehatan, diet dan wajah. 

Melancarkan pencernaan dan Merawat kesehatan mulut

1. Melancarkan pencernaan

Manfaat lemon untuk kesehatan yang pertama, adalah membantu melancarkan pencernaan. Caranya adalah dengan menggunakan air lemon hangat. Air lemon hangat sangat baik dalam membersihkan liver. Kandungan dalam lemon dapat meningkatkan gerakan peristaltik di perut dan membantu buang air besar secara teratur. Hal ini seperti pemurni darah, air lemon hangat baik diminum setelah makan siang atau makan malam.

2. Merawat kesehatan mulut

Manfaat lemon untuk kesehatan lainnya adalah merawat kesehatan mulut. Lemon bermanfaat pula untuk kesehatan area mulut, seperti perawatan gigi dan membuat nafas segar. Dengan mencampurkan jus lemon dan baking soda, kamu bisa menggunakannya sebagai cairan pemutih gigi. Sementara untuk membuat nafas segar, kamu cukup berkumur menggunakan air lemon. Meski begitu, perlu diingat untuk tidak sering menggunakannya, pasalnya kandungan asam pada perasan lemon bisa berpotensi merusak email gigi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan Detoksifikasi Hati

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sudah menjadi rahasia umum kalau vitamin C pada lemon bisa memberikan antibodi tambahan. Oleh sebab itu tak heran jika manfaat lemon untuk kesehatan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, memang bukan tanpa alasan ada banyak olahan lemon yang digadang-gadang sebagai minuman kesehatan. Bahkan menurut The World's Healthiest Foods, vitamin C membantu mencegah infeksi penyakit ke tubuh. Di saat kamu mengonsumsi lemon dalam jumlah normal, efeknya dapat menyehatkan tubuhmu. 

4. Detoksifikasi Hati

Zat pektin yang ada di dalam buah lemon membantu mengelmusi minyak dan membuang kotoran dari usus. Sementara itu, kandungan kolin di dalam lesitin dan minyak pada kulit lemon dapat mendetoksifikasi hati agar bekerja lebih efektif. Oleh sebab itu manfaat lemon untuk kesehatan lainnya adalah detoksifikasi hati. Meminum jus lemon merupakan salah satu cara yang bagus untuk memulai detoksifikasi tubuh dan meningkatkan sistem kerja pencernaan.

Mengatasi sakit tenggorokan dan mencegah batu ginjal

5. Mengatasi sakit tenggorokan

Lemon kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk meningkatkan energi. Kandungan vitamin c di dalam buah lemon merupakan antioksidan alami yang berguna untuk menambah sistem kekebalan tubuh serta bersifat anti-bakteri. Vitamin C membuat tubuh menjadi kebal dari virus penyebab batuk dan pilek, serta mengembalikan kebugaran tubuh. Manfaat Lemon untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengatasi sakit tenggorokan. Campuran madu, air hangat, dan lemon mampu mengobati sakit tenggorokan. Minuman ini akan membantu mengurangi pembengkakkan di dalam tenggorokan. Kemudian zat asamnya akan menghilangkan virus dan bakteri berbahaya.

6. Mencegah batu ginjal

Manfaat Lemon untuk kesehatan selanjutanya adalah mencegah batu ginjal. Mengonsumsi 1/2 cangkir jus lemon tiap hari diduga bisa membantu mencegah pembentukan batu ginjal di dalam tubuh penderitanya. Semua ini berkat kandungan asam sitrat di dalam lemon yang dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urine dan meningkatkan pH urine.

Meminimalkan resiko stroke iskemik, menyehatkan jantung, dan meredakan stres

Ilustrasi lemon untuk kesehatan (Sumber: Unshplash)

7. Meminimalkan resiko stroke iskemik

Menurut beberapa penelitian, manfaat lemon untuk kesehatan lainnya adalah membantu meminimalkan resiko stroke iskemik. Mengonsumsi buah sitrus, seperti lemon, dapat menurunkan kemungkinan untuk terkena stroke iskemik. Stroke iskemik adalah jenis stroke yang terjadi ketika pembuluh darah yang menyuplai darah ke area otak terhalang oleh bekuan darah. Stroke iskemik ini yang paling umum di mana terjadi hampir 90 persen di masyarakat. 

8. Menyehatkan Jantung

Lemon adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi agar terhindar dari penyakit jantung. Yup, manfaat lemon untuk kesehatan selanjutnya adalah menyehatkan jantung. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi sangat berguna untuk mencegah resiko terkena penyaki jantung. Karena kekurangan vitamin C di dalam darah bisa mengarah pada penyakit-penyakit serius yang berhubungan dengan jantung seperti stroke dan serangan jantung. Selain itu, lemon yang tinggi serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

9. Meredakan Stres

Manfaat Lemon untuk kesehatan selanjutnya adalah berguna untuk kesehatan mental yakni dengan membantu meredakan stress. Selain nutrisinya yang banyak, lemon mengandung minyak esensial yang berguna untuk meningkatkan mood. Bahkan dengan hanya mencium aromanya saja, stress akan berkurang dan mood pun bisa kembali baik.

Minum air lemon untuk membantu turunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit

Selain berguna di ranah kesehatan, manfaat lemon lainnya adalah untuk membantu proses diet. Nah, berikut ini langkah-langkah mengambil manfaat lemon untuk diet.

10. Minum air lemon untuk membantu turunkan berat badan

Kandungan asam sitrat yang sangat tinggi pada buah jeruk lemon dapat menurunkan berat badan secara cepat dan drastis. Banyak yang meyakini manfaat lemon untuk diet berguna untuk membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi segelas air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk lemon setiap pagi hari dapat menghindarkan tubuh  dari obesitas atau kelebihan berat badan. Tapi kamu harus ingat tidak ada makanan atau minuman yang benar-benar bisa menurunkan berat badan secara signifikan. Kamu harus mengombinasikan konsumsi minuman atau makanan sehat dengan program penurunan berat badan yang jadi pilihanmu.

11. Mengecilkan Perut Buncit

Perut buncit memang menjadi masalah bagi banyak orang. Siapa sangka manfaat lemon untuk diet adalah membantu mengecilkan perut buncit. Caranya cukup mengonsumsi perasan air lemon yang telah dicampur dengan segelas air hangat setiap sore dan minimal 3 kali dalam seminggu. Hasilnya, perut buncit akan hilang.

Hilangkan keriput secara alami dan menghilangkan kulit belang

Ilustrasi (sumber: Unshplash)

Manfaat lemon untuk wajah 

12. Hilangkan keriput secara alami

Manfaat lemon untuk wajah yang pertama adalah untuk mengurangi keriput dan meningkatkan kualitas kulit wajah. Sebuah penelitian menyatakan, minyak lemon mampu mengurangi kerusakan oksidatif pada permukaan kulit. Vitamin C pada buah Lemon mendorong produksi kolagen dan mengembalikan elastisitas kulit. Enzim alami yang terkandung dalam buah lemon dapat mengencangkan pori-pori yang besar dan mencegah munculnya pori-pori baru.

Caranya iris lemon dan kemudian gunakan lemon tersebut untuk memijat bagian kulit yang keriput selama beberapa menit. Kamu juga bisa memarut kulitnya dan menggunakannya sebagai masker wajah. Menurut American Academy Dermatology, efek perawatan kulit anti penuaan baru bisa terlihat setelah satu bulan. Jadi, jangan khawatir kalau selama satu minggu kulit kamu belum mulus.

13. Menghilangkan kulit belang

Kamu bisa mengurangi kemerahan pada kulit wjaah yang terbakar matahari dengan mencampur 1 sendok makan jus lemon, air mawar, dan jus mentimun. Lalu, celupkan kain ke dalam campuran tersebut dan letakan langsung pada kulit yang terbakar selama 30 menit. Mentimun dan lemon terkenal sebagai bahan pemutih alami yang bisa mengurangi kemerahan pada kulit. Vitamin c yang terkandung di dalam lemon meminimalkan kerusakan yang terjadi pada kulit serta mencerahkan bintik-bintik gelap. Oleh sebab itu manfaat lemon untuk wajah adalah menghilangkan kulit belang.

Memudarkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit

14. Memudarkan bekas jerawat

Memudarkan bekas jerawat merupakan manfaat buah lemon untuk wajah lainnya. Buah lemon kaya akan vitamin c dan asam sitrat yang baik untuk mengobati jerawat dan bekasnya. Vitamin c meningkatkan produksi kolagen, mengencangkan kulit, dan mendorong pembentukan sel-sel kulit baru. Sebagai pemutih alami, lemon dapat mencerahkan noda hitam bekas luka dan jerawat. Sementara itu, sifat anti-bakteri membantu mencegah timbulnya jerawat. Caranya, cukup campurkan jus lemon segar dan minyak kelapa atau almond kemudian aplikasikan ke wajah menggunakan bola kapas. Setelah tiga menit, bilas wajah dan pakai pelembab. 

15. Mencerahkan kulit 

Bagi kulit berminyak, sangat bermasalah sekali jika kulit wajah terlihat berkilap. Nah, manfaat lemon untuk wajah adalah membantu mencerahkan kulit. Caranya, sari jeruk lemon dicampur dengan madu, dapat dijadikan masker. Gunakan secara rutin, manfaat madu dan lemon ini, untuk mendapatkan hasil kulit wajah yang tampak lebih segar dan cerah.

Memperkecil pori-pori dan menghilangkan komedo dan flek hitam

16. Memperkecil pori-pori

Pori-pori wajah yang terlihat besar tentu sangat mengganggu penampilan. Rawatlah kulit wajah dengan air jeruk lemon. Manfaat lemon untuk wajah adalah memperkecil pori-pori. Sari jeruk lemon disimpan dalam lemari es, kemudian jus lemon dioleskan pada wajah tunggu hingga meresap, lalu bersihkan dengan air. Lakukan perawatan ini secara rutin. 

17. Menghilangkan Komedo dan Flek Hitam

Satu lagi manfaat lemon untuk wajah yang tidak kalah dari yang lain yaitu dapat menghilangkan komedo dan juga flek hitam di wajah. Caranya cukup mudah yaitu campurkan perasan jeruk lemon dengan putih telur lalu kocok hingga menghasilkan gelembung. Lalu baluri seluruh wajah dengan menggunakan kuas diamkan hingga mengering. Setelah kering cuci wajah anda dengan menggunakan sabun wajah dan juga air bersih. Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musim Depan, Liga Inggris Bakal Pakai VAR

Posted: 15 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, London - Seluruh klub Liga Inggris telah setuju secara prinsip soal pemakaian VAR mulai musim 2019/20. Mereka berharap adanya VAR bakal membuat pertandingan menjadi lebih baik.

Musim ini Liga Inggris memang belum memakai VAR. Padahal Serie A dan Bundesliga sudah memakainya sejak musim ini.

Sementara La Liga akan memakainya musim depan. Ajang lain yang juga memakai teknologi ini adalah Piala Dunia 2018 lalu.

Di Inggri sendiri teknologi VAR sudah dipakai dalam dua kompetisi yakni Piala Liga Inggris dan Piala FA. Namun untuk Liga Inggris belum dipakai karena seluruh klub tak menemui kata sepakat akhir musim lalu.

"Kami akan mengujicoba teknologi ini dalam beberapa laga Liga Inggris yang digelar Sabtu siang. Selain itu kami juga terus mengkomunikasikan aturan VAR pada fans," bunyi pernyataan resmi Liga Inggris.

 

Masa Kegelapan

Wasit Nestor Pitana menunjuk titik penalti setelah mendapat arahan dari video assistant referee (VAR) pada final Piala Dunia 2018. (AP Photo/Petr David Josek)

Pekan lalu Southampton memprotes keras karena Liga Inggris belum memakai VAR. Mereka menilai banyak keputusan wasit yang merugikan.

"Untuk beberapa alasan Liga Inggris masih memasuki masa kegelapan. Saya pikir VAR harus segera diperkenalkan," ujar manajer Southampton, Mark Hughes.

"Jujur saya terkejut Liga Inggris belum memperkenalkan VAR musim ini. Liga lain sudah memakainya dan beberapa olahraga lain juga sudah memakai video review," katanya menambahkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahasia Makeup Natural Maia Estianty Saat Foto Bareng David Beckham

Posted: 15 Nov 2018 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan Maia Estianty dalam berbagai kesempatan selalu sukses memikat banyak pasang mata. Begitu halnya ketika istri Irwan Mussry ini mengabadikan potret kebersamaan dengan mantan pesepak bola, David Beckham.

Dalam potret, Maia dan David tersenyum manis ke arah kamera. Maia Estianty memesona dalam balutan makeup natural yang menjadi andalannya. Ia memakai eyeliner hitam untuk mempertegas mata indahnya.

Polesan sedikit blush on dan lipstik nude memberikan sentuhan fresh yang makeup natural Maia. Sedangkan, rambut panjang Maia dibiarkan tergerai dan tampilan kian elegan dalam balutan atasan bernuansa lace berwarna hitam.

Seperti yang diketahui, Maia Estianty memang kerap muncul di depan publik dengan balutan makeup natural. Beragam lipstik nude juga jadi andalannya dalam agenda-agenda tertentu.

Sementara, makeup natural itu juga Maia Estianty pakai ketika dirinya kembali bertemu David Beckham dalam sebuah acara brand jam tangan mewah. Ternyata, momen foto bersama David adalah kali kedua untuk Maia.

"Malam yang sangat spesial di acara @tudorwatch dan bisa berfoto kembali kedua kali dengan @davidbeckham," tulis Maia Estianty dalam kolom keterangan potret yang diunggah di akun Instagram pribadi pada 15 November 2018.

Makeup natural seperti Maia Estianty dapat Anda gunakan dalam beragam acara. Cukup dengan beberapa produk complexion yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan kulit, sentuhan eyeliner, polesan eyeshadow, blush on, bronzer, dan tambahkan lipstik nude atau coklat akan menciptakan tampilan cantik yang natural.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Donat JCo Lembut di Rumah, Empuk dan Bikin Ketagihan

Posted: 15 Nov 2018 10:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Donat merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di dunia. Donat sendiri awalnya sudah ada di Amerika Serikat, Inggris, hingga Belanda pada tahun 1800-an. Saat itu, donat disebut dengan roti goreng yang identik dengan bentuk bulat yang memiliki lubang di tengahnya. Biasanya donat akan diberi toping berupa rasa yang manis seperti gula, jeli, maupun selai.

Di Indonesia, tak sedikit pengusaha kuliner yang berinovasi dengan membuat roti goreng berlubang ini. Mereka meramu sendiri camilan satu ini dan dijual dengan harga yang lumayan. Salah satu donat terkenal enak di Indonesia adalah JCo. Cara membuat donat JCo merupakan sebuah restoran yang menyajikan varian rasa donat, yogurt, hingga kopi. JCo sendiri mulanya didirikan seorang pengusaha donat di Lippo Karawaci pada tahun 2006 silam.

Siapa yang tidak mengetahui kelembutan dan kelezatan kue berbentuk roda dari JCo Donuts & Coffee. Ya, memang restaurant ini juga menjual kopi dan yogurt, tetapi memang yang paling dikenal orang adalah donat JCo-nya. Cara membuat donat JCo memang lebih mahal apabila dibandingkan dengan jenis donat lainnya. Untuk itu, kalau kita bisa membuat sendiri di rumah tentu lebih menyenangkan dan ekonomis.

Sebenarnya kita sudah mempunyai berbagai macam resep donat yang juga cukup enak dan lezat juga. Sebut saja resep donat kentang, donat madu, donat kampung atau donat goreng. Tetapi memang kalau dilihat, tekstur dan citarasa kue donat asli Indonesia dengan resep donat JCo sedikit berbeda. Walaupun keduanya sama sama enak dan empuk, tekstur donat dari JCo memang lebih lembut. Kalau kita perhatikan, ini disebabkan pori pori yang ada di kue donat JCo memang sedikit berbeda dan agak lebar lebar. Hal ini lah yang menyebabkan kue ini teksturnya kelihatan lebih lembut dan empuk.

Menggunakan tepung khusus

cara membuat donat (sumber: unsplash)

Untuk cara membuat donat JCo, memang ada tepung khusus yang biasa digunakan supaya hasilnya lembut dan empuk di dalamnya, yaitu tepung komachi atau tepung Jepang. Kalau masalah harga, tentu saja tepung spesial donat ini harganya lebih mahal daripada tepung yang biasa kita gunakan untuk membuat donat biasa. Tetapi kalau kamu susah mencari tepung komachi ini, kita bisa mengganti bahan tepung terigu kualitas bagus yang mempunyai kadar protein tinggi. Ingat, tepung yang digunakan untuk membuat donat empuk ala JCo ini harus mempunyai kadar protein tinggi karena kalau salah, hasilnya nanti akan bantet dan keras di dalamnya. Tepung juga harus benar benar bersih dan diayak dahulu supaya bersih dari segala kotoran yang mungkin menempel.

Untuk cara membuat donat Jco yang empuk dan lembut, bahan yang kita gunakan nanti akan dibagi menjadi 2 bagian tersendiri yang nantinya akan dicampur. Selain itu supaya donatnya nanti empuk dan mengembang sempurna, adonan pertama dan kedua harus didiamkan terlebih dahulu supaya mengembang sempurna.

Semakin penasaran kan? Berikut cara membuat donat JCo yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/11/2018).

Bahan pertama cara membuat donat JCo:

Ilustrasi Foto Donat (iStockphoto)

22 gram tepung terigu protein tinggi. Sebaiknya memakai tepung komachi / tepung Jepang, tetapi bisa diganti dengan tepung cakra supaya lebih ekonomis.

1/8 sdt garam halus

7 gram ragi instan

150 ml air bersih

 

Bahan kedua cara membuat donat Jco:

50 gram tepung terigu protein tinggi

1/2 butir telur ayam lalu kocok lepas 15 gram susu bubuk full cream

30 gram gula pasir

30 gram mentega putih yang tidak ada rasa

Cara membuat donat JCo yang empuk:

1. Langkah pertama ayak dan saring tepung di bahan pertama dan bahan kedua sampai benar-benar halus dan tidak ada kotoran yang menempel.

2. Siapkan wadah dan masukkan bahan-bahan donat di bahan pertama (tepung terigu, ragi, garam halus) lalu aduk sampai rata.

3. Masukkan air di bahan pertama dan aduk menggunakan mixer sampai semua adonan tercampur rata lalu tutup wadah dan diamkan adonan sekitar 80-90 menitan supaya mengembang sempurna.

4. Masukkan semua bahan kedua ke dalam wadah bahan pertama, seperti tepung, susu, mentega putih, gula pasir dan telurnya lalu aduk dan uleni adonan tersebut menggunakan tangan sampai kalis dan elastis.

5. Tutup wadah adonan kembali dan diamkan supaya tercampur dan mengembang kurang lebih selama 1/4 jam saja.

6. Ambil adonan secukupnya lalu bulatkan dan bentuk lingkaran dengan lubang di tengahnya. Lebih baik kalau menggunakan cetakan donat supaya lebih rapi.

7. Ulangi sampai semua adonan selesai dibentuk lalu diamkan kembali selama kurang lebih 10 menit saja.

8. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil lalu beri minyak secukupnya sampai bagian bawah donat tidak menyentuh dasar penggorengan.

9. Tunggu minyak sampai panas lalu masukkan adonan donat JCo. Selama proses penggorengan gunakan sumpit untuk memutar mutar donat supaya lubang tengahnya terbentuk sempurna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trade Finance BNI Cabang New York Tembus USD 75,4 Juta di Kuartal III

Posted: 15 Nov 2018 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta  PT Bank Negara Indonesia melalui cabang internasionalnya di New York, Amerika Serikat (AS) mampu meningkatkan aset trade finance sebesar 25 persen dari USD 60,5 juta menjadi USD 75,4 juta, pada Kuartal III Tahun 2018 dibandingkan akhir 2017.

Direktur Tresuri dan Internasional, Bapak Rico Rizal Budidarmo  mengatakan, raihan trade finance ini, antara lain diperoleh dari rangkaian aktivitas yang digelar yang memberikan penjelasan mengenai Indonesia, sebagai target investasi dan perdagangan yang digelar BNI bersama berbagai pihak.

Salah satunya dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York, Amerika Serikat. BNI dan KJRI New York pada 8 November 2018 menggelar forum bisnis bertema Business Forum on Trade, Tourism, and Investment (TTI) in Indonesia.

Event seperti ini dinilai menjadi salah satu faktor pendorong tumbuhnya transaksi perdagangan Indonesia dan Amerika Serikat. Alhasil, BNI mampu mencatatkan pertumbuhan transaksi Trade Finance hingga kuartal III Tahun 2018 sebesar 25 persen dibandingkan posisi yang sama tahun 2017.

"BNI New York mampu meningkatkan aset trade finance sebesar 25% pada Kuartal III Tahun 2018 terhadap akhir tahun 2017, yaitu dari USD 60,5 juta menjadi USD 75,4 juta," jelas dia dalam keterangannya, Jumat (16/11/2018).

Pada acara tersebut, perwakilan BNI berdiskusi secara langsung dengan investor dan pebisnis AS dalam memfasilitasi layanan perbankan yang dapat disediakan sebagai pendukung transaksi perdagangan Indonesia – Amerika Serikat.

Forum bisnis kali ini dihadiri lebih dari 200 pebisnis dan investor AS. Forum ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempromosikan potensi kerjasama ekonomi antara AS dan Indonesia dalam bidang perdagangan, pariwisata, dan investasi.

 

Nasabah mendapat bingkisan usai mengambil uang dari ATM saat peringatan Hari Pelanggan Nasional di Kantor BNI Mall  Kota Kasablanka, Jakarta. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Empat bidang utama yang diangkat dalam kegiatan tersebut antara lain pariwisata, ekonomi kreatif, infrastruktur, dan manufaktur.

Forum ini menghadirkan para pembicara seperti Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas T Lembong, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Budi Bowoleksono, Konsul Ekonomi KJRI New York Winanto Adi, serta Wayne Forrest dari Kamar Dagang Indonesia Amerika di New York.

Diskusi juga menjadi lebih kaya dengan hadirnya Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia Robert Blake, Mantan Dubes AS untuk Indonesia Cameron Humme, dan pembicara e-commerce dari Bukalapak M Fajrin Rasyid, serta Pembicara PT Pan Brothers Anne Patricia. Forum Bisnis ini diharapkan dapat mendorong kerja sama ekonomi Indonesia dan AS yang lebih erat dan menguntungkan kedua belah pihak.

Acara ini juga didukung beberapa kantor perwakilan lembaga pemerintah dan perbankan Indonesia di New York, antara lain Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) New York, Kantor Perwakilan Bank Indonesia New York, dan bank BUMN lainnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Claudia Kim Ungkap Rahasia di Balik Adegan Transformasi Nagini Jadi Ular

Posted: 15 Nov 2018 10:10 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Claudia Kim belakangan ini menjadi sorotan media. Ini karena Claudia Kim berperan sebagai Nagini dalam film Fantastic Beasts The Crime of Grindelwald.

Potterhead, atau sebutan bagi para penggemar Harry Potter, mungkin sudah akrab dengan sosok Nagini. Ia, adalah ular yang juga merupakan horcrux milik Voldermort.

Namun dalam Fantastic Beasts: The Crime of Grindelwald, Nagini digambarkan masih memiliki sosok sebagai manusia. Ia sebelumnya menjadi seorang anggota sirkus, yang mempertontonkan perubahan sosoknya dari manusia menjadi ular.

Beberapa waktu lalu, saat menjadi bintang tamu di acara Section TV, Claudia Kim menceritakan syuting adegan Nagini yang terbilang ikonis itu.

Kagum

Claudia Kim (Alberto E. Rodriguez / AFP)

"Itu adalah adegan yang tentu saja menggunakan CGI, tapi seorang pemain akrobat benar-benar melakukan gerakan ini," tutur Claudia Kim, seperti dilansir dari Soompi pada Jumat (16/11/2018).

Claudia Kim tampaknya benar-benar terkesima dengan kemampuan sang contortionist tersebut. "Mereka membengkokkan badan ke belakang dan membuat kepala mereka muncul di sela-sela kaki," katanya.

Kejadian Lucu

Claudia Kim (Geoffroy VAN DER HASSELT / AFP)

Gara-gara adegan ini, ia lantas sering mengalami pengalaman lucu saat sedang pulang kampung ke Korea Selatan.

"Belakangan, saat aku sedang olahraga di Korea, orang yang melewatiku akan menirukan gerakan ini," kata dia sambil tertawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mercedes-Benz Kawinkan Teknologi Fuel Cell dan Plug-In Hybrid

Posted: 15 Nov 2018 10:09 PM PST

Liputan6.com, Stuttgart - Pabrikan mobil biasanya mengadopsi teknologi hidrogen atau plug-in hybrid pada mobil ramah lingkungannya. Namun, Mercedes mengombinasikan kedua powertrain itu pada GLC F-Cell.

Tapi mobil GLC F-Cell tidak dijual. Melansir Zing, mobil yang menggunakan platform small crossover Mercedes itu hanya disewakan di Jerman.

Alih-alih menggunakan mesin pembakaran bensin atau solar, mobil ini menggunakan kombinasi bahan bakar hidrogen dan plug-in hybrid. Sehingga kendaraan ini ramah lingkungan, karena tak menghasilkan emisi.

GLC F-Cell pertama dikirim hanya untuk instansi pemerintah atau bisnis lokal. Periode selanjutnya untuk individu, tapi tetap dengan sistem sewa bukan dijual. Dan hanya untuk di Jerman.

Selain itu, karena penggunaan bahan bakar hidrogen, GLC F-Cell hanya muncul di area dengan infrastruktur pendukung seperti Stuttgart, Dusseldorf, Berlin, Hamburg, Frankfurt, Munich, dan Cologne.

 

 

Selanjutnya

Kini kendaraan bertenaga hidrogen ini juga sedang digarap oleh pabrikan lainnya, seperti Audi. GM dan Honda juga akan bersama-sama mengembangkan kendaraan listrik yang menggunakan bahan bakar sel hidrogen dan dijual mulai 2020. Sementara itu, BMW bekerja sama dengan Toyota, dan Mercedes-Benz bekerja dengan Ford.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Secercah Harapan Peserta Tes SKD CPNS 2018 yang Gagal Capai Passing Grade

Posted: 15 Nov 2018 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jember - Hari terakhir pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS 2018 di Gedung Balai Serbaguna (BSG) Jember, Kamis, 15 November 2018, dikunjungi Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana. 

"Saya ke sini mau melihat pelaksanaan ujian di Jember. Mungkin nanti sore melihat di Malang, dan kalau waktunya masih cukup besok ke Bangkalan," kata Bima.

Saat meninjau ruangan tes di ruang isolasi, dia menyempatkan berdialog dengan peserta. Selain itu, dia juga melihat layar yang menampilkan nilai ujian SKD. Bima terlihat kurang puas dengan hasil ujian SKD peserta tes CPNS 2018. Hal ini tampak beberapa kali dia menggelengkan kepala melihat nilai ujian SKD. Dia juga menunjuk nilai-nilai yang lolos berdasarkan passing grade.

"Ini lolos, ini pas banderol," tutur Bima sambil menunjukan nilai ujian SKD yang pas passing grade.

Namun demikian, Bima masih memberikan harapan bagi peserta ujian Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS 2018 yang nilainya kurang dari standar kelulusan (passing grade) yang ditetapkan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Peserta yang tidak mendapatkan nilai sesuai passing grade salah satu ujian SKD, bisa menyebabkan peserta tidak bisa mengikuti ujian berikutnya. Melihatnya banyaknya peserta tes SKD ini, akan menyebabkan kekosongan formasi yang dibutuhkan, seperti tenaga guru dan kesehatan.

"Kami tidak akan membiarkan, layanan pendidikan dan kesehatan terganggu," kata Bima. Karena itu, solusinya BKN akan membuat rangking dari nilai akumulasi di bawah nilai ambang batas bawah passing grade.

Seperti diketahui, ada tiga sub ujian di SKD CPNS 2018 yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TWU) dan Tes Karaktersitik Pribadi (TKP). Ketiga tes ini memiliki tingkat kelulusan berbeda, dan masing-masing peserta harus memenuhi standar passing grade jika ingin lulus.

Jika diakumulasikan, minimal nilai dari ketiga tes ini mencapai 298 untuk bisa masuk ke kategori lulus murni. Namun, meski peserta memiliki nilai akumulasi 300 lebih, jika ada salah satu sub ujian yang tidak lolos passing grade, maka dirinya juga tidak lulus.

"Yang tidak lolos passing grade, ternyata ada yang akumulasi nilainya tinggi, ada yang 320, namun ada yang tidak lulus 1 aja, kurang satu angka, menyebabkan tidak lolos," jelas Bima.

Nyatanya sampai menjelang berakhirnya ujian SKD CPNS 2018 secara nasional pada 17 November nanti, hasil SKD rendah untuk peserta ujian di tingkat pemerintah daerah (provinsi dan kabupaten/kota). Tingkat kelulusan SKD CPNS paling tinggi berada di Indonesia wilayah barat berkisar pada angka 3,34 persen.

 

Skema Baru untuk Tutup Kebutuhan Formasi

CPNS tak lolos passing grade SKD, masih ada harapan menjadi PNS. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Melihat rendahnya tingkat kelulusan SKD ini, pemerintah memutuskan skema baru untuk mengisi formasi yang kurang terisi akibat rendahnya tingkat kelulusan ini.

Karena itulah, lanjut Bima, BKN akan menyusun rangking berdasarkan akumulasi nilai. Prioritas tentu kepada mereka yang lulus murni, sesuai dengan passing grade. Lalu bagaimana dengan formasi yang kurang akibat tidak terpenuhinya passing grade.

"Yang jelas kami tidak akan menurunkan passing grade, karena akan menurunkan kualitas PNS. Tetapi kami akan membuat perangkingan," tegas Bima.

Meski nantinya ada kekurangan formasi, perangkingan tidak akan menurunkan nilai hingga rendah. Dia menyebut batas bawah nilai yang akan 'dilirik' oleh BKN adalah minimal nilai akumulasi 260.

"Untuk perangkingan tentu kami melihat nilai yang tinggi dulu. Karena ada peserta nilai akumulasinya itu 300 bahkan 320 tetapi ada satu sub ujian yang tidak sesuai passing grade," tegas Bima.

Sistem ini, lanjutnya, sudah disepakati oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. "Seberapa banyak perangkingan itu, disesuaikan seberapa banyak formasi yang kosong," jelas Bima.

Karena itu, jika peserta dengan skor tinggi, dan hanya ada salah satu sub ujian, tak lolos passing grade, masih ada kesempatan mengikuti ujian berikutnya, Tes Seleksi Kemampuan Bidang (SKB), rencananya akan digelar di ibu kota provinsi.

"Sebab, tes SKB ini kan jumlahnya tidak banyak, diletakkan di ibu kota provinsi. Memang tidak nyaman bagi peserta dari kabupaten/kota, mohon maaf ini yang bisa dilakukan," katanya.

Sedangkan, untuk formasi yang tidak memiliki pendaftar, tegas Bima, akan dibiarkan kosong. Pihaknya akan menentukan kebijakan lebih lanjut untuk mengisi formasi tanpa pendaftar ini. Ia mencontohkan sejumlah formasi dokter spesialis yang nihil pendaftar.

Mereka yang lulus SKD bakal segera diumumkan oleh Menteri PAN-RB. BKN juga menunggu Peraturan Menteri terkait peserta yang lolos ke tahap selanjutnya berdasarkan rangking. Usai ujian SKD, CPNS harus mengikuti Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hari Kedua Penghapusan Denda Pajak Kendaraan di Jakarta

Posted: 15 Nov 2018 10:04 PM PST

Warga membayar pajak kendaraan di Samsat Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (16/11). Pemprov DKI menghapuskan sanksi administrasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan sanksi administrasi Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Warga membayar pajak kendaraan di Samsat Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (16/11). Pemprov DKI menghapuskan sanksi administrasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan sanksi administrasi Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pemilik kendaraan seusai membayar pajak saat Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Polda Metro Jaya, Jumat (16/11). Kebijakan pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jakarta berlaku 15 November - 15 Desember 2018. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pemilik kendaraan seusai membayar pajak saat Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Polda Metro Jaya, Jumat (16/11). Kebijakan pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jakarta berlaku 15 November - 15 Desember 2018. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Warga membayar pajak kendaraan di Samsat Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (16/11). Pemprov DKI menghapuskan sanksi administrasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan sanksi administrasi Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Warga membayar pajak kendaraan di Samsat Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (16/11). Pemprov DKI menghapuskan sanksi administrasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan sanksi administrasi Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pemilik kendaraan membayar pajak saat Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Polda Metro Jaya, Jumat (16/11). Kebijakan pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jakarta berlaku Mulai 15 November - 15 Desember 2018. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pemilik kendaraan membayar pajak saat Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Polda Metro Jaya, Jumat (16/11). Kebijakan pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jakarta berlaku Mulai 15 November - 15 Desember 2018. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pemilik kendaraan seusai membayar pajak saat Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Polda Metro Jaya, Jumat (16/11). Kebijakan pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jakarta berlaku 15 November - 15 Desember 2018. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pemilik kendaraan seusai membayar pajak saat Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Polda Metro Jaya, Jumat (16/11). Kebijakan pemutihan pajak kendaraan bermotor di Jakarta berlaku 15 November - 15 Desember 2018. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isi Burger Vegan Ini Rasanya Mirip Daging Sungguhan

Posted: 15 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, California, Amerika Serikat Kabar baik buat para vegan, kini sudah ada isi burger yang terbuat dari tanaman. Tanaman yang dipilih bukan tanaman biasa, melainkan tanaman yang kaya protein. Burger terasa terasa juicy (berair) dan legit.

Pembuatan burger tanaman dilakukan di Beyond Meat R & D, El Segundo, California, Amerika Serikat. Teknik sains berhasil menciptakan isian burger yang berasal dari tanaman layaknya daging. Bahkan, rasa burger ini tak kalah menakjubkan dan sangat lezat.

Tanaman yang digunakan untuk membuat burger adalah bit. Tekstur bit diteliti dari serat dan lemak. Hal ini agar terlihat mirip dengan serat pada daging. Seluruh bit dimasukkan ke mesin micron untuk dibentuk isi burger. Ilmuwan menggunakan mikroskop level tinggi unutuk melihat serat pada bit.

Proses pembuatannya dilakukan di laboratorium menggunakan bit sebagai warna yang mirip daging. Warna daging bit yang akan dibentuk burger terlihat nyata seperti daging di burger pada umumnya.

"Keitka dimasak, warna bit akan berubah menjadi cokelat. Sebelumnya, warna bit dikentalkan terlebih dahulu sehingga warnanya lebih jelas. Kami menggunakan bit yang bisa dibeli di pasar maupun supermarket," jelas kepala peneliti laboratorium analis Beyond Meat's, Parker Lee dalam sebuah video unggahan pembuatan burger tanaman di Insider, Jumat (16/11/2018).

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Bantuan teknologi sains

Pembuatan burger tanaman berkat bantuan teknologi sains. (iStockphoto)

Berkat ilmu dan teknologi sains, daging burger yang berasal dari tanaman menghasilkan rasa yang mirip daging sesungguhnya. Peneliti Julie Wushensky mengatakan, protein yang ada di dalam daging berasal dari kacang polong.

Burger tanaman dimasak menggunakan minyak kelapa. Untuk membuat daging burger terasa juicy, kentang tumbuk menjadi bahan pelengkap. Mesin 'Meat X-Ray' bertugas mengolah daging.

Ada juga teknologi 'E- Nose' untuk mendeteksi molekul yang ada dalam binatang dan tanaman sehingga membuatnya seperti daging. Ilmuwan mengindentifikasi molekul pada tanaman. Kemudian membuatnya menjadi 'daging beraroma dan berasa.'

Direktur Daniel Ryan memyampaikan, ada empat subkomponen cairan untuk menentukan rasa daging. Proses identifikasi menggunakan 'E-Nose.'

"Anda bisa mengunakan tes strip dan merasakan aroma satu per satu cairan. Saat menciumnya, bayangkan kalau aroma itu dikombinasikan dengam steak atau bumbu daging lain," kata Daniel.

Mesin 'E -Mouth' juga digunakan untuk cek kekenyalan dan rasa daging.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan Timnas Indonesia, Striker Thailand Telah Belajar Hindari Tackling Horor

Posted: 15 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Adisak Kraisorn menjadi salah satu pemain yang patut diwaspadai Timnas Indonesia saat bertandang ke Rajamangala Stadium, Sabtu (17/11/2018). Pemain berusia 27 tahun itu merupakan ujung tombak The War Elephants yang mampu mencetak 6 gol dalam satu laga. 

Adisak langsung mencuri perhatian di Piala AFF 2018 saat Thailand menggilas Timor Leste 7-0 di Rajamangala Stadium, 9 November 2018. Dalam duel ini, Adisak mampu mencetak setengah lusin gol dan hanya menyisakan satu untuk rekan setimnya, Supachai Jaided. 

Catatan itu juga membuat Adisak langsung melesat di daftar top socrer Piala AFF 2018. Namanya kini berada di puncak klasemen terpaut 3 gol dari peringkat kedua, Norshahrul Idlan Talaha, penyerang timnas Malaysia yang telah tampil dalam dua pertandingan.  

Meski demikian, Adisak mengaku belum menunjukkan kemampuan terbaiknya di Piala AFF 2018. Trauma cedera membuatnya lebih berhati-hati saat tampil di lapangan hijau. Maklum, Adisak baru saja pulih setelah sebelumnya sempat absen 8 bulan akibat cedera ligamen. 

"Saya belum menunjukkan permainan terbaikku, karena saya khawatir dengan cedera yang saya alami," kata Adisak Kraisorn seperti dilansir Bangkokpost, Jumat (16/11/2018). 

Cedera selama ini memang menjadi momok bagi pesepak bola. Meski berhasil pulih, trauma tidak jarang menghambat pemain untuk segera menemukan performa terbaiknya. Situasi ini juga pernah dialami striker legendaris timnas Indonesia, Boaz Solossa. 

Karier pemain asal Papua itu nyaris berakhir setelah mengalami patah kaki kanan saat Timnas Indonesia bertemu Hongkong, dalam laga uji coba jelang Piala Asia 2007. Setelah melalui perawatan dan pengobatan, Boaz akhirnya berhasil kembali ke lapangan hijau. 

Namun untuk beberapa saat Boaz kesulitan menemukan permainan terbaiknya. Trauma cedera sempat membuat penampilan pemain yang akrab disapa Bochi itu sempat menurun. 

 

 

Belajar Hindari Tackling Keras

Adisak Kraisorn (AFP)

Pemain-pemain kelas dunia seperti Aaron Ramsey, Djibril Cisse, Eduardo da Silva, hingga Eric Abidal juga pernah mengalami kejadian serupa. Cedera parah membuat mereka sempat trauma sebelum akhirnya berhasil bangkit dan menemukan permainan terbaiknya.

"Kami berhadapan dengan tim lemah di pertandingan pertama, (Piala AFF) tapi saya tidak yakin apa yang akan terjadi saat bertemu tim yang lebih kuat. Saya berusaha untuk menjauhkan trauma cedera ini dari kepala saya," beber pemain berusia 27 tahun itu. 

Trauma yang menghantui Adisak tentu menjadi celah yang bisa dimanfaatkan para pemain belakang timnas Indonesia di Rajamangala Stadium, Sabtu (17/11). Tapi apakah permainan tanpa kompromi bek-bek Tim Merah Putih bakal menyiutkan nyali Adisak Kraisorn?

"Saya sudah belajar cara untuk menghindari tackling keras. Saya hanya tidak mau kembali mengalami cedera yang serius," kata pemain Muangthong United itu penuh percaya diri. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berikan Bantuan Besar, Kedatangan China Disambut Meriah di Papua Nugini

Posted: 15 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Port Moresby - Pemerintah Papua Nugini dikabarkan menyambut antusias kedatangan Presiden China, Xi Jinping, yang bergabung dengan para pemimpin dunia lainnya dalam pertemuan puncak APEC pada pekan ini.

Sebuah reklame besar di ibu kota, Port Moresby, menyambut kedatangan Xi Jinping, menggambarkan dia menatap dengan ramah pada pemimpin Papua Nugini.

Bahkan, sebagaimana dikutip dari ABC News pada Jumat (16/11/2018), hotel tempat Xi menginap dihiasi dengan lampion-lampion merah khas China.

Segala hal tentang China ada di seluruh Port Moresby, mulai dari jalan protokol hingga gedung konvensi internasional yang dibangun dengan bantuan dana dari Beijing, yang dijuluki "China Aid".

Pada malam kedatangan Xi, surat kabar setempat memuat pernyataan satu halaman penuh dari pemimpin China.

Ia mendesak negara-negara kepulauan Pasifik untuk "memulai perjalanan baru" hubungan dengan China, yang telah menunjukkan perubahan signifikan untuk menjadi kekuatan ekonomi utama di tingkat global.

Melalui tindakan dan pernyataannya, Xi Jinping disebut memiliki pesan menarik bagi negara-negara kepulauan Pasifik Selatan yang rapuh, di mana sejauh ini kerap ditopang oleh sekutu Amerik Serikat, Australia.

Banyak pengamat mengatakan bahwa pertemuan APEC, yang kali ini diadakan di Port Moresby, adalah ajang bagi China untuk menunjukkan dominasinya.

Terlebih, dengan absennya Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan rekannya dari AS, Donald Trump, dalam agenda besar di kawasan Pasifik itu.

Sementara itu, suara Amerika Serikat hanya diwakili oleh Mike Pence selaku wakil presiden Negeri Paman Sam, yang bermalam di Kota Cairns di utara Australia, dan terbang setiap hari ke Port Moresby.

Adapun Scott Morrison, yang merupakan pemimpin kelima Australia dalam lima tahun terakhir, hampir tidak dikenal di luar negeri.

"Presiden Xi Jinping adalah teman baik Papua Nugini," kata perdana menteri setempat, Peter O'Neill, kepada wartawan.

"Dia telah terlibat banyak dalam pembangunan Papua Nugini dan saya telah mengunjungi China 12 kali dalam tujuh tahun terakhir," lanjutnya.

 

Simak video pilihan beirkut: 

 

Bantuan Datang Tanpa Pengawasan

Presiden China Xi Jinping disambut dengan meriah saat tiba di ibu kota Papua Nugini, Port Moresby (AP/Aaron Favila)

Negara-negara kepulauan Pasifik, sebagian besar berlokasi terpencil dan miskin, jarang terlihat menonjol di panggung dunia. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, kawasan tersebut telah tekun dirayu oleh Beijing sebagai bagian dari upaya global untuk membiayai infrastruktur yang memajukan kepentingan ekonomi dan diplomatiknya.

Papua Nugini dengan sekitar 8 juta orang penduduk, sejauh ini, adalah negara yang dinamis. Luasnya hutan hujan tropis serta kaya akan cadangan minyak dan gas, menjadikannya incaran eksploitasi ekonomi.

Di lain pihak, sebanyak enam dari 16 negara kepulauan Pasifik masih memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan, menjadikan tekanan China semakin kuat terhadap negara pulau yang dinilai sebagai provinsi pembangkang itu.

Bantuan dan pinjaman dari China, menurut pengamat, dapat mengubah sisa enam negara di Pasifik tersebut menjadi pendukungnya.

Pijakan militer di kawasan itu akan menjadi dorongan geostrategis yang penting bagi China, meskipun keinginannya tersebut sejauh ini telah digagalkan oleh kritik internasional.

Bantuan Beijing datang tanpa pengawasan negara-negara Barat, dan organisasi seperti Bank Dunia atau Dana Moneter Internasional.

China menjanjikan bantuan keuangan senilai US$ 4 miliar (setara Rp 58,2 triliun) untuk membangun jaringan jalan nasional pertama di Papua Nugini, yang membelah pegunungan.

Namun para ahli memperingatkan mungkin bantuan itu berisiko besar nantinya, seperti utang tidak berkelanjutan, dan yang terburuk adalah meluasnya kendali China atas kebijakan politik di Papua Nugini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jokowi Kunjungi Papua Resmikan Monumen Kapsul Waktu

Posted: 15 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Usai menghadiri KTT ASEAN di Singapura, Presiden Jokowi terbang ke Papua untuk meresmukan monumen kapsul waktu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anti Mainstream, Sharp Garap Smartphone dengan Dua Notch

Posted: 15 Nov 2018 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sharp baru saja memperkenalkan smartphone terbarunya ke publik. Mengusung desain kekinian, Sharp mengambil pendekatan berbeda, terutama dari sisi notch.

Alasannya, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (16/11/2018), Sharp dengan nama Aquos R2 ini memiliki dua notch, berbeda dari satu notch yang ada di kebanyakan smartphone.

Satu notch berada di sisi atas smartphone, sedangkan satu notch lagi diletakkan di bagian bawah. Adapun fungsi notch di bagian bawah diletakkan pemindai sidik jari.

Tidak hanya itu, Sharp juga membekali smartphone ini dengan spesifikasi kelas wahid. Aquos R2 hadir dengan Snapdragon 845 dan RAM 4GB.

Smartphone ini sudah menjalankan Android 9 Pie dengan baterai berkapasitas 2.500mAh. Memiliki layar IGZO LCD berukuran 5,2 inci, Aquos R2 Compact memiliki kamera utama 22,6MP.

Rencananya, Aquos R2 Compact akan tersedia di pasaran Jepang pada pertengahan Januari 2019.

Namun, belum diketahui apakah perangkat ini akan tersedia di pasar luar Jepang.

Meski tidak biasa, gaya dua notch di smartphone ini masih sesuai dengan aturan terbaru dari Google.

Sebab, vendor hanya diizinkan memiliki dua notch di perangkat dan harus diletakkan di ujung-ujung perangkat.

Google Batasi Penggunaan Notch untuk Smartphone Android

Tampilan notch di Honor 10 (liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Notch tersebut juga harus berada di masing-masing sudut, tidak menjadi satu.

Posisinya harus terletak di bagian bawah dan atas, sehingga tidak diperbolehkan berada di sisi kiri atau kanan.

Saat aturan dirilis, sebenarnya belum ada manufaktur yang merilis notch lebih dari satu.

Karenanya, ada kemungkinan aturan ini disiapkan sebelum ada manufaktur merilis perangkat dengan banyak notch, seperti yang dilakukan Sharp. 

Kendati demikian, bukan berarti Google akan mengontrol Android sepenuhnya. 

Perusahaan menyebut aturan ini hanya berlaku untuk manufaktur rekanan, yakni rekanan yang merilis perangkat dengan aplikasi bawaan Google termasuk Play Store. 

Janjikan Pengalaman Sama untuk Semua Perangkat Android

Ilustrasi smartphone berlayar notch. Dok: willowtreeapps.com

Adapun aturan ini disebut hadir untuk memberikan pengalaman penggunaan yang lebih baik. Sebab, notch dapat menghalangi tampilan penuh aplikasi.

Secara bawaan, Android P dimungkinkan untuk memperluas aplikasi hingga menutup notch, sehingga tampilan aplikasi dapat memenuhi layar di luar notch. Sementara untuk modus landscape, tampilan aplikasi harus menyisakan notch.

"Kabar baiknya, kebanyakan aplikasi sudah dapat bekerja dengan baik termasuk di perangkat dengan cutout (notch)," tulis Potoski.

Sekadar informasi, uji coba notch di Android P sudah dilakukan pengembang sejak versi beta. Adapun versi penuh sistem operasi ini diperkirakan akan rilis menjelang akhir 2018.

Google sendiri menyebut saat ini ada 16 smartphone Android dengan notch yang berasal dari 11 perusahaan berbeda dan diprediksi jumlah ini akan bertambah signifikan pada tahun depan.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Sebut HS Pelaku Tunggal Pembunuhan Satu Keluarga di Bekasi

Posted: 15 Nov 2018 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya mengungkapkan, tersangka HS membunuh keluarga Diperum Nainggolan seorang diri atau tanpa bantuan orang lain. Ini terungkap dari hasil penyidikan sementara yang dilakukan penyidik.

"Sementara sendiri (membunuh korban)," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono di Jakarta, Jumat (16/11/2018) seperti dilansir Antara.

Namun, bukan berarti polisi berhenti sampai situ. Penyidik masih akan mengembangkan temuan dan informasi untuk memastikan HS pelaku tunggal dalam pembunuhan satu keluarga di Bekasi itu atau ada orang lain yang membantunya.

Argo mengatakan, tersangka HS membunuh satu keluarga tersebut menggunakan linggis. Usai membunuh korban, tersangka membuang linggis ke Sungai Kalimalang dan melarikan diri ke Garut, Jawa Barat.

Dia menuturkan, polisi kesulitan mencari barang bukti linggis karena aliran air Sungai Kalimalang yang cukup deras.

Tetapi, polisi menemukan barang bukti lainnya untuk menetapkan HS sebagai tersangka seperti celana, bercak darah, kendaraan, telepon seluler, dan uang tunai.

Hasil pemeriksaan sementara, lanjut Argo, HS membunuh satu keluarga di Bekasi lantaran sakit hati dan dendam akibat sering dimarahi korban.

 

Masih Kerabat

Tim Labfor melakukan olah TKP pembunuhan keluarga di Bekasi. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Petugas menangkap HS saat melarikan diri ke Garut, Jawa Barat pada Rabu 14 November 2018 malam usai membunuh satu keluarga di Bekasi.

Satu keluarga yang terdiri dari pasangan suami istri yakni Diperum Nainggolan (38), Maya Boru Ambarita (37), serta dua anaknya, Sarah Boru Nainggolan (9), dan Arya Nainggolan (7) ditemukan meninggal dunia di kediamannya.

Para korban tergeletak di rumahnya Jalan Bojong Nangka RT 2 RW 7 Pondok Melati, Bekasi, Jawa Barat, Selasa 13 November 2018 pagi karena dibunuh HS.

Tersangka HS tercatat masih kerabat dekat dari istri yang juga menjadi korban pembunuhan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Kondisi Ekonomi Dunia dan Penguatan Dolar, BI Ambil Sikap Konservatif di 2019

Posted: 15 Nov 2018 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Nilai tukar Dolar Amerika Serikat (USD) diprediksi akan tetap perkasa pada 2019. Demikian pula dengan kondisi perekonomian global bakal melambat.

Langkah menghadapi ini, Bank Indonesia mencoba mengambil sikap konservatif dengan berhati-hati menjaga nilai tukar rupiah.

Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara menjelaskan, pertumbuhan ekonomi global dan negara maju seperti Amerika Serikat pada tahun depan diperkirakan mulai agak melambat dari tahun sebelumnya.

"Jadi kalau kita lihat 2018 itu pertumbuhan ekonomi dunia 3,9, persen dan diproyeksikan turun 3,7 persen pada 2019. Yang membuat turun tapi itu angkanya bukan yang jelek loh ya. Itu penyebabnya karena Amerika Serikat yang pertumbuhan ekonominya naik 2,9 persen 2018, kemudian mulai turun ke 2,6 persen 2019," terangnya dalam forum ILUNI FEB UI di Graha Niaga, Jakarta, Jumat (16/11/2018).

Mirza juga menganalisis, perlambatan roda ekonomi Amerika Serikat ini turut diikuti negara dan kawasan besar dunia lainnya seperti Eropa, Jepang dan China. Pertumbuhan di Eropa akan mulai melambat meski suku bunganya belum naik dan belum dilakukan pengetatan.

Begitu juga dengan Jepang, yang menukik dari 1,8 persen pada 2017 menjadi hanya 1,1 persen 2019, serta China sebagai negara ekonomi kedua terbesar di dunia yang turun dari 6,9 persen 2017 jadi 6,3 persen 2019.

Di tengah kemungkinan perlambatan tersebut, ia menyatakan, kenaikan suku bunga The Fed diprediksi masih belum selesai.

"Desember nanti most likely naik dari 2,25 persen ke 2,5 persen. Tahun depan The Fed bilang naik tiga kali jadi 3,25 persen, tapi market enggak percaya. Ah cuman naik satu atau dua kali," jelas dia.

"Awal tahun 2018 juga terjadi begitu, The Fed bilang naik empat kali market bilang dua kali. Yang benar The Fed, tetap naik empat kali market-nya kemudian menyesuaikan diri, itu terjadi penguatan dolar. Jadi tahun 2019 walaupun ekonominya melambat tapi kenaikan suku bunga Amerika Serikat akan terus, apakah tiga kali atau dua kali," tambah dia.

Demi menindaki tren ini, Mirza menyampaikan, pihaknya akan coba berhati-hati dalam mengambil arah kebijakan terkait suku bunga acuan.

"Bank Indonesia ambil conservative stance bahwa kemungkinan The Fed menaikan sampaikan tiga kali. Sehingga kita harus tetap prudent," ujar dia.

Pelemahan Rupiah Tak Setajam Mata Uang Negara Lain

Petugas menunjukkan pecahan uang dolar Amerika di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta, Rabu (5/9). Nilai tukar Rupiah di pasar spot menguat tipis 0,06 persen ke Rp 14.926 per dollar Amerika. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Bank Indonesia (BI ) mencatat pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sudah sesuai dengan mekanisme pasar.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan, pada kuartal III 2018 rupiah mengalami depresiasi. Namun kemudian pada November 2018 kembali menguat.

"Secara point to point, rupiah melemah sebesar 3,84 persen pada kuartal III 2018 dan 1,98 persen pada Oktober 2018 akibat ketidakpastian ekonomi global," kata Perry di kantornya, Kamis (15/11/2018).

Pada November 2018, rupiah menguat dipengaruhi aliran masuk modal asing dipicu kondisi perekonomian domestik yang tetap kondusif dan kebijakan pendalaman pasar keuangan.

"Selain itu juga ada pengaruh sentimen positif dari hasil pemilu di AS dan sempat meredanya ketegangan dagang antara AS dan China," ujarnya.

Aliran masuk modal asing ke pasar keuangan domestik terjadi pada semua jenis aset, termasuk ke pasar saham.

Dengan perkembangan tersebut, sampai 14 November 2018, secara year to date (ytd) Rupiah terdepresiasi 8,25 persen atau lebih rendah dari Turki, Afrika Selatan, India, dan Brazil.

"Ke depan, Bank Indonesia terus mewaspadai risiko ketidakpastian pasar keuangan global dengan tetap melakukan langkah-langkah stabilisasi nilai tukar sesuai nilai fundamentalnya, serta menjaga bekerjanya mekanisme pasar dan didukung upaya-upaya pengembangan pasar keuangan," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hong Kong Open: Fajar / Rian Melenggang ke Semifinal

Posted: 15 Nov 2018 09:47 PM PST

Hong Kong - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, melenggang ke semifinal Hong Kong Open 2018 setelah mengalahkan pasangan Chinese Taipei, Lee Jhe-Huei/Lee Yang, 21-17, 25-23, di Hong Kong Colliseum, Jumat (16/11/2018). 

Ini merupakan pertemuan keempat kedua pasangan di turnamen resmi. Dari tiga pertemuan sebelumnya, Fajar/Rian unggul dengan mengantongi dua kemenangan, termasuk di Jepang Terbuka 2018. 

Di Jepang Terbuka, Fajar/Rian berhasil menang dua gim langsung 21-14, 21-18. Kali ini, mereka juga berhasil merampungkan laga dalam dua gim. 

Bedanya, pertandingan di Hong Kong Colliseum berjalan lebih alot, sejak babak pertama. Meski mengendalikan permainan, Fajar/Rian mendapat perlawanan alot dari duo Lee. 

Setelah memenangi gim pertama, Fajar/Rian tak otomatis melenggang mudah pada gim berikutnya. Bahkan, pada gim ini duo Lee memberikan perlawan lebih sengit. 

Pertandingan harus diselesaikan melalui setting. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akhirnya menembus empat besar Hong Kong Terbuka 2018 setelah menang 25-23 di gim kedua. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahaya yang Mengintai Anak di Dekat Kolam Renang dan Cara Mencegahnya

Posted: 15 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Namanya juga anak-anak, sebagian dari mereka suka belama-lama main di air. Lihat kolam sedikit, mereka pasti langsung meminta terjun. Karenanya, sebagai orang dewasa yang mengawasi, Anda perlu tahu bahaya apa saja yang mengintai mereka selama di dalam maupun di sekitar kolam renang.

Dikutip dari parents.com, Jumat (16/11/2018), setidaknya ada dua bahaya yang menghantui anak ketika berada di area kolam. Mereka adalah terjatuh kemudian terluka, baik ringan maupun cukup serius. Lalu, yang paling horor adalah tenggelam dan bisa merenggut nyawa anak.

Seperti dilaporkan Time.com yang dikutip Jumat (16/11/2018), tenggelam merupakan sebab nomor 2 anak-anak meninggal dunia di Amerika Serikat. Setiap tahun, sekitar 800-900 anak tenggelam di Amerika Serikat menurut daftar Centers for Disease Control.

Anak dengan rentang usia 1 sampai 4 tahun tercatat sebagai sebagian besar korban meninggal karena tenggelam, yang kebanyakan kasusnya terjadi di kolam renang rumah. Sudah sebegitu serius, berikut cara Anda mencegah bahaya yang mengintai anak di area kolam.

Anak harus selalu berada di jangkauan tangan

Tak hanya mengawasi dari jauh, kalau bisa, anak harus selalu ada di jangkauan tangan selama bermain di area kolam. Jika Anda harus meninggalkan area kolam, bawa si kecil bersama Anda. Jangan serahkan tanggung jawab mengawasi pada babysitter, kecuali Anda sangat yakin.

Buat pembatas di sepanjang sisi kolam

Pengamanan kolam, terutama yang berada di rumah, harus sangat ekstra. Memasang pembatas yang tak bisa dilewati anak adalah langkah pencegahan selanjutnya. Jangan sampai ada celah di antara pembatas itu. Pastikan anak memang tidak bisa melewati pembatas tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tips Mengawasi Anak di Area Kolam

Ilustrasi anak bermain di kolam renang. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Jangan taruh mainan di kolam ketika tidak digunakan

Alasan lain anak bisa langsung lari ke arah kolam adalah ketika mereka melihat bola atau mainan lain yang mengapung di kolam. "Saya ingat pernah ada anak 2 tahun menaiki sepeda roda tiga jatuh ke kolam karena melihat bola mengapung," tutur Rohit Shenoi, petugas IGD Texas Children's Hospital, Houston, Amerika Serikat.

Tetap awasi anak walau berada di kolam tidak dalam

Orang dewasa berpikir, anak 3 sampai 4 tahun sudah bisa berdiri sendiri di kolam yang tingginya tak lebih dari lutut mereka. Namun, bagaimana kalau mereka terjatuh dan tiba-tiba menelan air dalam jumlah besar? Bahaya ini tentu tetap mengintai.

Pakai alat pengaman yang memadai

Walau sudah diajari berenang, memakai alat pengaman yang memadai tetap penting bagi si anak. Perhatikan ban atau pelampung yang digunakan. Apakah bahannya memang aman dan tidak akan tiba-tiba terlepas atau berbalik kemudian membahayakan anak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala AFF 2018: Rekor Pertemuan Thailand Vs Timnas Indonesia, Siapa Unggul?

Posted: 15 Nov 2018 09:45 PM PST

Liputan6.com, Bangkok - Rekor buruk membayangi Timnas Indonesia saat akan menyambangi markas Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018) di laga kedua penyisihan Grup B Piala AFF 2018.

Timnas Indonesia tidak pernah menang jika tandang ke Thailand. Dalam catatan sejarah di Piala AFF sejak 1996, Tim Garuda selalu membawa pulang kekalahan dari Thailand.

Thailand selalu menang jika menjamu Timnas Indonesia. Stadion Rajamangala, Bangkok, jadi tempat angker bagi tim-tim lawan, termasuk Indonesia.

Kekalahan terakhir Timnas Indonesia di kandang Thailand terjadi pada laga leg kedua final Piala AFF 2016. Di leg pertama, Boaz Solossa dan kawan-kawan menang 2-1, sayang di leg kedua Timnas Indonesia menyerang 0-2 dari The War Elephants.

Pada Piala AFF 2008, Timnas Indonesia berjumpa Thailand di semifinal. Saat memainkan laga di Bangkok, Thailand menang 2-1 atas Timn Garuda.

Hasil Negatif

Bek Timnas Indonesia, Gavin Kwan, bersama rekan-rekannya merayakan kemenangan atas Timor Leste pada laga Piala AFF 2018 di SUGBK, Jakarta, Selasa (13/11). Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Kemudian final Piala AFF 2000 di Stadion Rajamangala, Thailand menang 4-1 atas Timnas Indonesia. Di penyisihan grup Piala AFF 2000, Indonesia juga kalah dengan skor yang sama dan di tempat yang sama dari Thailand.

Deretan hasil negatif ini semoga menjadi tambahan motivasi bagi Andik Vermansah dan kawan-kawan. Sebab, kekalahan di kandang Thailand akan membuat peluang Indonesia semakin berat untuk lolos ke semifinal Piala AFF 2018.

Rekor Pertemuan

Berikut Rekor Pertemuan Kedua Tim di Piala AFF:

31/08/1998 Thailand 3-2 Indonesia

05/09/1998 Indonesia 3-3 (5-4 pen) Thailand

10/11/2000 Thailand 4-1 Indonesia

18/11/2000 Thailand 4-1 Indonesia

29/12/2002 Indonesia 2-2 (2-4 pen) Thailand

16/12/2008 Indonesia 0-1 Thailand

20/12/2008 Thailand 2-1 Indonesia

07/12/2010 Indonesia 2-1 Thailand

19/11/2016 Thailand 4-2 Indonesia

14/12/2016 Indonesia 2-1 Thailand

17/12/2016 Thailand 2-0 Indonesia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jangan Penjarakan Korban Kekerasan Seksual

Posted: 15 Nov 2018 09:43 PM PST

Direktur LBH APIK, Siti Mazuma menanggapi putusan kasasi Baiq Nuril Maknun di Kantor LBH Pers, Jakarta, Jumat (16/11). Nuril merupakan korban pelecehan yang divonis 6 bulan penjara dan denda Rp 500 juta oleh Mahkamah Agung. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Direktur LBH APIK, Siti Mazuma menanggapi putusan kasasi Baiq Nuril Maknun di Kantor LBH Pers, Jakarta, Jumat (16/11). Nuril merupakan korban pelecehan yang divonis 6 bulan penjara dan denda Rp 500 juta oleh Mahkamah Agung. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Direktur Eksekutif ICJR, Anggara Suwahju menanggapi putusan kasasi Baiq Nuril Maknun di Kantor LBH Pers, Jakarta, Jumat (16/11). Nuril divonis bersalah oleh MA karena merekam perilaku mesum kepala sekolah SMAN 7 Mataram. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Direktur Eksekutif ICJR, Anggara Suwahju menanggapi putusan kasasi Baiq Nuril Maknun di Kantor LBH Pers, Jakarta, Jumat (16/11). Nuril divonis bersalah oleh MA karena merekam perilaku mesum kepala sekolah SMAN 7 Mataram. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua Komnas Perempuan Azriana R. Manalu menanggapi putusan kasasi Baiq Nuril Maknun di LBH Pers, Jakarta, Jumat (16/11). Nuril merupakan tenaga honorer di SMAN 7 Mataram yang menjadi korban pelecehan seksual atasannya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua Komnas Perempuan Azriana R. Manalu menanggapi putusan kasasi Baiq Nuril Maknun di LBH Pers, Jakarta, Jumat (16/11). Nuril merupakan tenaga honorer di SMAN 7 Mataram yang menjadi korban pelecehan seksual atasannya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Suasana jumpa pers menanggapi putusan kasasi Baiq Nuril Maknun di Kantor LBH Pers, Jakarta, Jumat (16/11). Nuril merupakan korban pelecehan yang divonis 6 bulan penjara dan denda Rp 500 juta oleh Mahkamah Agung. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Suasana jumpa pers menanggapi putusan kasasi Baiq Nuril Maknun di Kantor LBH Pers, Jakarta, Jumat (16/11). Nuril merupakan korban pelecehan yang divonis 6 bulan penjara dan denda Rp 500 juta oleh Mahkamah Agung. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Artis peran Olga Lydia menanggapi putusan kasasi Baiq Nuril Maknun di Kantor LBH Pers, Jakarta, Jumat (16/11). Nuril divonis bersalah oleh Mahkamah Agung karena merekam perilaku mesum kepala sekolah SMAN 7 Mataram. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Artis peran Olga Lydia menanggapi putusan kasasi Baiq Nuril Maknun di Kantor LBH Pers, Jakarta, Jumat (16/11). Nuril divonis bersalah oleh Mahkamah Agung karena merekam perilaku mesum kepala sekolah SMAN 7 Mataram. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah pembicara berdiskusi disela jumpa pers menanggapi putusan kasasi Baiq Nuril Maknun di Kantor LBH Pers, Jakarta, Jumat (16/11). Nuril, tenaga honorer SMAN 7 Mataram menjadi korban pelecehan seksual oleh atasannya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah pembicara berdiskusi disela jumpa pers menanggapi putusan kasasi Baiq Nuril Maknun di Kantor LBH Pers, Jakarta, Jumat (16/11). Nuril, tenaga honorer SMAN 7 Mataram menjadi korban pelecehan seksual oleh atasannya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beli Cincin, Prilly Latuconsina Siap Tunangan?

Posted: 15 Nov 2018 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Prilly Latuconsina hingga kini masih menjalin asmara dengan Maxime Bouttier. Tak sedikit penggemar yang mendoakan keduanya segera melangkah kejenjang yang lebih serius.

Baru-baru ini, terlihat Prilly Latuconsina berada di sebuah toko perhiasan. Ia sedang memilih sebuah cincin, apakah dirinya dan Maxime akan bertunangan?

Saat dikonfirmasi, Prilly Latuconsina membantahnya. Ia mengaku tak ingin terburu-buru bertunangan dengan kekasihnya itu.

"Enggak, justru karena enggak pengin cepet-cepet tunangan jadi cincin tunangannya beli sendiri. Kalau pengin cepet-cepet tunangan tinggal suruh aja pacar beliin," ungkap Prilly Latuconsina, di Central Park, Jakarta Barat, baru-baru ini. 

Suka Perhiasan

Prilly Latuconsina (Adrian Putra/Fimela.com)

Sebagai wanita tak dipungkiri jika Prilly Latuconsina suka dengan perhiasan. Salah satunya adalah cincin tunangan.

Bukan tanpa alasan dirinya menyukai perhiasan jari tersebut. 

Anggun

(Instagram/prillylatuconsina96)

"Karena menurut aku itu anggun aja, kayak misalkan kita lagi ngomong, karena cincin tunangan kan jewelrynya satu, keliatan banget, kalau lagi ngomong, tangannya lagi naik keliatan gitu mengkilat satu. Alesannya itu aja, enggak ada alesan lain, emang suka aja," tutup wanita yang sempat dikabarkan dekat dengan Aliando Syarief ini. (Akbar Prabowo Triyuwono/Kapanlagi.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penguatan IHSG Terbesar di Asia pada Sesi I

Posted: 15 Nov 2018 09:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu melanjutkan penguatan pada sesi pertama perdagangan saham Jumat pekan ini. Aksi beli investor asing dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) mendukung penguatan IHSG.

Pada penutupan sesi pertama, Jumat (16/11/2018), IHSG menguat 85,52 poin atau 1,4 persen ke posisi 6.041,26. Indeks saham LQ45 mendaki 2 persen ke posisi 965,18. Seluruh indeks saham acuan kompak menguat.

Sebanyak 249 saham menanjak sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. 130 saham melemah dan 117 saham diam di tempat. Pada sesi pertama perdagangan saham, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.058,82 dan terendah 5.968,67.

Transaksi perdagangan saham cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham 251.679 kali dengan volume perdagangan saham 5,8 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 4,6 triliun. Investor asing beli saham Rp 1,03 triliun di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di posisi Rp 14.571.

Sebagian besar sektor saham menguat kecuali sektor saham aneka industri melemah 0,16 persen. Sektor saham infrastruktur menanjak 2,3 persen, dan catatkan penguatan terbesar. Disusul sektor saham keuangan menanjak 1,94 persen dan sektor saham pertanian mendaki 1,88 persen.

Saham-saham yang membukukan penguatan antara lain saham POLA menanjak 68,89 persen ke posisi Rp 228 per saham, saham SOSS mendaki 25 persen ke posisi Rp 1.950 per saham, dan saham SURE melonjak 24,68 persen ke posisi Rp 2.930 per saham.

Sedangkan saham-saham yang melemah antara lain saham YPAS merosot 23,91 persen ke posisi Rp 525 per saham, saham AKPI melemah 18,89 persen ke posisi Rp 730 per saham, dan saham RELI susut 17,86 persen ke posisi Rp 230 per saham.

Bursa saham Asia pun bervariasi. Indeks saham Hong Kong Hang Seng naik 0,17 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi menguat 0,35 persen, indeks saham Thailand menanjak 0,35 persen, indeks saham Shanghai mendaki 0,76 persen, dan indeks saham Singapura menguat 0,99 persen.

Dengan melihat sejumlah kenaikan indeks saham acuan di Asia, penguatan IHSG masih terbesar menjelang akhir pekan ini. Sedangkan indeks saham Jepang Nikkei melemah 0,33 persen dan indeks saham Taiwan merosot 0,50 persen. 

 

Investor Asing Borong Saham

Pengunjung tengah melintasi layar pergerakan saham di BEI, Jakarta, Senin (13/2). Pembukaan perdagangan bursa hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat menguat 0,57% atau 30,45 poin ke level 5.402,44. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

VP Sales and Distribution PT Ashmore Assets Management Indonesia, Angganata Sebastian menuturkan, keputusan Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuan atau 7 day repo rate menjadi enam persen direspons positif oleh pelaku pasar termasuk investor asing.

 Langkah BI tersebut memang mengejutkan. Namun, salah satu alasan BI menaikkan suku bunga acuan tersebut untuk menekan defisit transaksi berjalan. Selain itu, agar membuat portofolio investasi domestik lebih menarik untuk mengantisipasi kenaikan suku bunga global ke depan. Demikian mengutip laporan Ashmore.

Meski mengejutkan, langkah tersebut dinilai perlu dilakukan agar membuat sistem keuangan terutama pergerakan rupiah menjadi stabil. Di sisi lain, kenaikan suku bunga dapat pengaruhi pertumbuhan kredit tapi bisa diimbangi dengan pertumbuhan pinjaman konsumsi.

"BI juga memanfaatkan momentum seiring aliran dana investor asing yang sudah masuk ke pasar keuangan Indonesia mencapai USD 1,76 miliar month to date (MTD). Konsensus sekarang menyatakan kalau tidak ada kenaikan suku bunga lagi pada Desember 2018," tulis Ashmore.

Anggatana menambahkan, aliran dana investor asing yang serbu pasar saham Indonesia juga mengangkat IHSG. Hal itu seiring valuasi saham sudah murah, dan porsi investor asing sudah sangat kecil. Ditambah hasil kinerja keuangan perusahaan yang bagus.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), transaksi saham oleh investor asing hanya Rp 664,4 triliun sepanjang 2018 dibandingkan investor asing domestik mencapai Rp 1.101 triliun.

Selain itu, sentimen global dengan meredanya perang dagang antara Amerika Serikat dan China juga menjadi katalis positif. "Mungkin meredanya ketegangan global membuat investor kembali risk on," kata dia.

Angganata menuturkan, tahun politik juga tidak akan terlalu pengaruhi laju IHSG. Hal ini karena ada dua calon presiden dan wakil presiden. "Seharusnya itu lebih ada kepastian. Selain itu, IHSG selalu reli pada tahun politik," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penumpang Turun karena AC dan Lampu Mati, Ini Penjelasan Lion Air

Posted: 15 Nov 2018 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Video penumpang pesawat Lion Air rute penerbangan Cengkareng-Yogyakarta meminta turun beredar di sosial media. Mereka minta turun lantaran, pendingin udara dan lampu pesawat yang ditumpangi tidak berfungsi.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi pada Kamis 15 November 2018 malam dengan pesawat Lion Air kode penerbangan JT-556 yang melayani rute Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK) menuju Bandar Udara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta (JOG).

"Penerbangan JT-556 semula akan diberangkatkan menggunakan pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LHI dengan total tujuh kru beserta 207 penumpang dewasa dan satu anak-anak. Pesawat telah menjalani proses pemeriksaan sebelum terbang (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang," kata Danang dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (16/11/2018).

Danang mengatakan, ketika proses penumpang masuk ke pesawat selesai dan posisi pesawat masih di landas parkir, sekitar pukul 21.00 WIB, tiba-tiba Auxiliary Power Unit (APU), perangkat yang menyediakan sumber energi pesawat saat mesin belum berputar mengalami penurunan daya (down) sehingga menyebabkan sistem pendingin dan listrik pada pesawat terganggu.

Guna memastikan keselamatan dan keamanan serta kenyamanan penerbangan, teknisi segera melakukan pengecekan.

"Pengecekan yang dilakukan membutuhkan waktu, untuk itu seluruh penumpang diturunkan kembali menuju ruang tunggu keberangkatan terminal," kata Danang.

Diberangkatkan Kembali

Danang mengatakan, atas koordinasi dan kerja sama antara pilot dan teknisi, kendala pada APU tersebut dapat segera teratasi dan kondisi pesawat dalam keadaan normal kembali.

"Lion Air telah menginformasikan penundaan keberangkatan JT-556 kepada seluruh penumpang dan memberikan kompensasi keterlambatan (delay management) berdasarkan ketentuan. Lion Air juga memfasilitasi sesuai permintaan penumpang antara lain melakukan pengembalian dana (refund) menurut aturan yang berlaku," kata dia.

Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas peristiwa tersebut. Untuk lebih menjaga kenyamanan penumpang, Lion Air telah mengganti pesawat JT-556 dengan pesawat Lion Air lainnya yaitu Boeing 737-900ER registrasi PK-LHL.

"Penerbangan JT-556 sudah diberangkatkan kembali dengan membawa tujuh kru, 200 penumpang dewasa dan satu anak-anak. Pesawat mengudara pukul 22.50 WIB dan sudah mendarat di Yogyakarta pada 23.52 WIB," kata Danang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Kahiyang Ayu Saat ke Dokter, Gaya Sedah Mirah Disorot

Posted: 15 Nov 2018 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anak kedua Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kahiyang Ayu kini tampaknya tengah menikmati perannya sebagai ibu.

Berbeda dengan kakaknya, Gibran, Kahiyang jarang mengunggah potret putri kecilnya, Sedah Mirah Nasution ke akun jejaring sosialnya. Tak heran jika banyak publik penasaran wajah mungil cucu perempuan Jokowi tersebut.

Namun sebuah momen ketika Kahiyang bersama Mirah ke salah satu dokter anak di Jakarta, dr. Rinawati berhasil diabadikan melalui foto.

Dr Rina melalui akun Instagram-nya dengan nama @drrina.id, mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan kebersamaan dirinya bersama Kahiyang dan buah hatinya. Kahiyang yang mengenakan kemeja putih tampak menunjukkan senyum khasnya.

"Halo #sedahmirahnasution si anak pintar yang gaya sekali pakai kacamata hitamnya, semangat terus ya bunda @ayanggkahiyang mengASIhi si buah hati," tulis dr Rina dalam keterangan foto yang diunggahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Mirah Jadi Sorotan

Kahiyang Ayu bersama Sedah Mirah (Foto: @drrina.id)

Namun yang menjadi sorotan yakni penampilan Sedah Mirah. Cucu perempuan Jokowi yang tengah di gendong pengasuhnya tampak menggemaskan karena mengenakan kacamata hitam dengan frame pink. 

Selain bikin penampilan Mirah makin kece, Kahiyang memang tidak ingin memperlihatkan jelas wajah putri kecilnya. Tampaknya itulah yang menjadi alasan Kahiyang memakaikan Mirah kacamata hitam.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Valencia, Balapan 18 November 2018

Posted: 15 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Valencia - Musim MotoGP 2018 memasuki seri terakhir di Valencia, Spanyol. Balapan itu akan berlangsung pada Minggu, 17 November 2018 di Sirkuit Ricardo Tormo.

Marc Marquez dari Repsol Honda telah memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2018. Persaingan di seri terakhir hanya menentukan posisi runner up.

Rider Ducati Corse, Andrea Dovizioso dan dua pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi serta Maverick Vinales bersaing untuk jadi runner up musim ini. Dovizioso mengoleksi 220 poin, Rossi dan Vinales tepat di bawahnya dengan 195 dan 193 poin di klasemen MotoGP 2018.

Pada Jumat (16/11/2018) telah dimulai free practice pertama dan kedua MotoGP Valencia. Dani Pedrosa, yang juga rekan setim Marquez, musim lalu menjadi pemenang MotoGP Valencia.

Pembalap Spanyol mendominasi daftar pemenang di balapan MotoGP Valencia. Selain Pedrosa, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez pernah menang di Sirkuit Ricardo Tormo dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Berikut Jadwal MotoGP Valencia 2018.

Jadwal MotoGP Valencia

Pembalap Spanyol, Dani Pedrosa, kerap menguasai balapan MotoGP Valencia. (MotoGP)

Jumat, 16 November 2018

15.55-16.40 WIB: FP1

20.05-20.50 WIB: FP2

Sabtu, 17 November 2018

15.55-16.40 WIB: FP3

19.30-20.00 WIB: FP4

20.10-20.25 WIB: Kualifikasi 1

20.35-20.50 WIB: Kualifikasi 2

Minggu, 18 November 2018

15.40-16.00 WIB: Pemanasan

20.00 WIB: Balapan

Klasemen MotoGP 2018

Klasemen MotoGP 2018

1. Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) 321 poin

2. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP18) 220 poin

3. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha (YZR-M1) 195 poin

4. Maverick Viñales SPA Movistar Yamaha (YZR-M1) 193 poin

5. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 149 poin

6. Johann Zarco FRA Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1) 149 poin

7. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 148 poin

8. Danilo Petrucci ITA Pramac Ducati (GP18) 144 poin

9. Andrea Iannone ITA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 133 poin

10. Jorge Lorenzo SPA Ducati Team (GP18) 130 poin

11. Dani Pedrosa SPA Repsol Honda (RC213V) 106 poin

12. Alvaro Bautista SPA Angel Nieto Team (GP17) 105 poin

13. Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP17) 91 poin

14. Franco Morbidelli ITA EG 0,0 Marc VDS (RC213V)* 50 poin

15. Aleix Espargaro SPA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 44 poin

16. Hafizh Syahrin MAL Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1)* 40 poin

17. Tito Rabat SPA Reale Avintia (GP17) 35 poin

18. Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16) 35 poin

19. Bradley Smith GBR Red Bull KTM Factory (RC16) 30 poin

20. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)* 23 poin

21. Scott Redding GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 15 poin

22. Karel Abraham CZE Angel Nieto Team (GP16) 10 poin

23. Mika Kallio FIN Red Bull KTM Factory (RC16) 6 poin

24. Stefan Bradl GER LCR Honda (RC213V) 3 poin

25. Katsuyuki Nakasuga JPN Yamaha Factory (YZR-M1) 2 poin

26. Xavier Simeon BEL Reale Avintia (GP17)* 1 poin

27. Michele Pirro ITA Ducati Team (GP18) 1 poin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hebohnya Pemutaran Film Dokumenter BTS Burn The Stage di Indonesia

Posted: 15 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Burn The Stage, film dokumenter tentang perjalanan grup BTS selama menjalani "BTS Live Trilogy Episode III: The Wings Tour", akhirnya rilis pada Kamis (15/11/2018) kemarin.

Dilansir dari Billboard, Jumat (16/11/2018), film ini diputar di 70 negara, termasuk Indonesia. Di Tanah Air, pemutaran Burn The Stage digelar di beberapa jaringan bioskop.

Pemutaran Burn The Stage, mendapat animo yang luar biasa dari para penggemar BTS. Alhasil, distributor film ini langsung menambah waktu penayangan dan layar yang memutar Burn The Stage.

"Tiket terjual sangat cepat, bioskop dan layar ditambah karena permintaan yang tinggi," begitu isi unggahan distributor film ini, Feat Pictures, bulan lalu. 

Cover Dance

Nah, pada penayangan perdana film ini pada Kamis (15/11/2018) kemarin, para penggemar BTS atau yang kerap disebut Army, tentu menyambutnya dengan penuh sukacita.

Hal ini terlihat dari unggahan para penggemar maupun pihak distributor di media sosial. Di Kalimantan Selatan, para penonton membawa spanduk dan hand banner.

Bahkan di Cirebon, sejumlah penggemar melakukan cover dance lagu BTS, yang disambut fanchant oleh penonton lainnya. Ada pula yang bernyanyi dan menggoyangkan flash pada ponsel, seperti sedang menghadiri konser. 

 

Hampir 1 Juta Tiket

BTS. (Foto: soompi.com)

Sementara itu, Billboard memberitakan bahwa pre-order tiket film Burn The Stage terjual 940 ribu lembar di seluruh dunia.

Billboard menyebut bahwa ini adalah pencapaian yang termasuk mengagumkan, mengingat sejumlah material dalam film ini telah dirilis di YouTube Red Series beberapa bulan lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sadis, Ini Hukuman Siswa yang Bawa Ponsel ke Kelas

Posted: 15 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah sekolah di China terapkan hukuman unik bagi siswa yang membawa ponsel di kelas. Ponsel akan dicemplungkan pada ember berisi air.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spotify Sambangi 13 Negara di Timur Tengah dan Afrika Utara

Posted: 15 Nov 2018 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Spotify kembali memperluas layanannya ke berbagai negara lain. Kali ini, ada 13 negara di wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara yang menjadi target baru Spotify.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (16/11/2018), daftar lengkap negara yang kini bisa menggunakan Spotify adalah Uni Emirat Arab, Qatar, Maroko, Algeria, Mesir, Tunisia, Lebanon, Jordan, Oman, Arab Saudi, Bahrain, Kuwait dan wilayah Palastina. Layanan premium dan gratis tersedia untuk 13 negara tersebut.

Spotify mengatakan, akan menyesuaikan harga layanannya di negara-negara tersebut. Perusahaan pun akan merilis koleksi "Arab hub" untuk merayakan bergabungnya belasan negara itu.

Spotify merupakan layanan streaming musik populer dunia, dan juga telah tersedia di Indonesia. Beberapa waktu lalu, perusahaan mengumumkan pertumbuhan jumlah pelanggan berbayar.

Per November 2018, Spotify sudah mengantongi 87 juta pelanggan berbayar. Jumlah pengguna berbayar naik dari 83 juta pada Juli 2018.

Spotify juga mengungkapkan jumlah pengguna aktif bulanan kini sudah mencapai 191 juta. perusahaan menargetkan memiliki 93-96 juta pelanggan berbayar pada akhir tahun ini. Begitu pula dengan pengguna aktif bulanan, yang ditargetkan bisa mencapai 206 juta.

"Pengguna kami terus tumbuh dari paket Family dan Student," jelas Spotify dalam keterangannya.

Aplikasi Spotify untuk Apple Watch Tengah Diuji

Spotify (sumber: spotify.com)

Lebih lanjut, Spotify tengah mengerjakan aplikasi mandiri untuk Apple Watch. Kehadiran aplikasi ini bertujuan mempermudah pengguna mengakses layanan streaming musik tersebut saat sedang beraktivitas.

Pihak Spotify sejauh ini belum menyampaikan pernyataan resmi terkait aplikasi tersebut. Namun, versi beta Spotify untuk Apple Watch telah tersedia dan bisa diunduh melalui layanan pengujian aplikasi, TestFlight.

Menurut laporan Mac Rumors, aplikasi tersebut masih dalam tahap awal pengembangan. Pasalnya, belum ada fitur offline, sehingga penggunaannya masih terbatas.

Adapun saat ini, belum ada informasi mengenai waktu peluncuran aplikasi Spotify untuk Apple Watch. Oleh sebab itu, para pengguna harus bersabar sampai pihak Spotify dan Apple mengumumkannya.

Di sisi lain, Spotify beberapa waktu lalu baru merilis aplikasi mandiri untuk perangkat WearOS. Ketersediaan untuk perangkat WearOS, dan rencana peluncuran untuk Apple Watch, mengindikasikan Spotify ingin merilis layanannya ke lebih banyak perangkat.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat, Tips dan Trik Pilih Mobil Tepat untuk Tunjang Usaha

Posted: 15 Nov 2018 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Banyak hal yang mampu menunjang kemajuan bisnis. Salah satu instrumen utama yang dibutuhkan untuk mengotimalisasi kemajuan bisnis adalah moda transportasi, khususnya mobil.

Tanpa mobil, pengusaha akan menghadapi kesulitan untuk mengirim barang tepat waktu dan mengangkut banyak barang dalam satu waktu. Karena itu, memilih mobil yang tepat sebagai alat penunjang usaha perlu dilakukan dengan cermat.

Perhatikan beberapa hal di bawah ini saat memiliih mobil untuk bisnis Anda. 

1. Sesuaikan dengan jenis usaha

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memilih mobil adalah kesesuaiannya dengan jenis usaha Anda. Tidak semua mobil bisa digunakan untuk berbagai jenis usaha.

Apabila Anda memiliki bisnis kuliner, pilih mobil yang berjenis SUV atau mobil boks. Biasanya makanan perlu diantarkan dalam jumlah banyak dan ditempatkan di mobil yang tertutup agar tidak kena debu. Sementera itu, jika usaha Anda bergerak di bidang angkutan barang, maka Anda memerlukan mobil pick up.

Saat memilih mobil, perhatikan soal kapasitas dan performa mesinnya. Pastikan mobil itu mampu menampung barang-barang yang Anda jual dan bisa mengantarkannya ke jarak jauh sekalipun. Walaupun begitu, jangan ragu untuk melakukan modifikasi bila diperlukan.

2. Harga

Setelah mengetahui jenis mobil yang Anda butuhkan, cari tahun dan merek yang sesuai dengan modal Anda. Jangan sampai Anda harus menyicil atau berhutang untuk membeli mobil usaha. Sebab, omzet Anda akan habis untuk membayar cicilan itu.

3. Hemat bahan bakar

Sering kali mobil usaha harus menempuh jarak jauh untuk mengantar barang ke tempat tujuan. Bensin pun lebih cepat habis. Karena itu, memilih mobil yang hemat bahan bakar perlu jadi pertimbangan utama. Anda bisa memiliki teknologi hemat bahan bakar, seperti mobil injeksi.

4. Kenyamanan

Kenyamanan kendaraan bagi pengemudi juga tak boleh diabaikan. Pasalnya, pengemudi harus mengemudikan mobil ke berbagai tempat dalam jangka waktu yang cukup lama. Usahakan pilih mobil yang sudah dilengkapi electric power steering sehingga setir ringan dikendalikan, kursi nyaman, dan minim getaran.

Kenyamanan tersebut bisa Anda temukan salah satunya di Wuling Formo. Kendaraan niaga ini memiliki Electric Power Steering (EPS) dan Meter Cluster with Multi Information Display (MID) yang membuat pengalaman mengemudi kian nyaman.

Wuling Formo (foto: dok. Wuling)

Selain itu, kendaraan tersebut dilengkapi tiga baris kursi penumpang sehingga dapat menampung muatan lebih banyak. Tenang, setiap baris ada sabuk pengamannya kok sehingga keamanannya terjamin.

Pengemudi juga akan merasa nyaman dengan kabin yang lebih senyap dan minim getaran. Perjalanan jauh pun tak akan jadi masalah.

Wuling Formo (foto: dok. Wuling)

Wuling Formo tersedia dalam dua jenis, yaitu Wuling Formo Blind Van dan Minibus. Wuling Formo Blind Van mampu mengangkut berbagai macam angkut kargo. Sementara itu, Wuling Formo Minibus dapat mengangkut barang dan penumpang sekaligus. Sesuaikan saja dengan jenis usaha Anda.

Apabila ingin mengetahui tentang informasi lebih lanjut tentang Wuling Formo, silakan kunjungi laman ini.

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sesjen MPR: Perlu Sinergi Antar Protokoler Lembaga Negara Dan Kementerian

Posted: 15 Nov 2018 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Ma'ruf Cahyono, mengucapkan selamat datang kepada 125 protokoler yang datang dari berbagai lembaga negara, kementerian, instansi non-kementerian, dan pemerintah daerah. Mereka datang untuk mengikuti 'Forum Koordinasi Protokoler Tahun 2018'.

"Selamat datang di Ruang Delegasi, Gedung Nusantara V, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD," ujarnya, Kamis (15/11/ 2018). 

Ma'ruf menyebut, protokoler sebagai insan-insan yang serba tahu, sehingga saat ditanya apa saja bisa menjawab.

"Sehingga mereka adalah sosok yang sangat luar biasa", ucapnya.

Sebagai Sesjen MPR, dirinya mengucapkan terima kasih atas kedatangan para protokoler untuk mengikuti acara itu. Forum yang diselenggarakan untuk pertama kalinya tersebut bertujuan untuk menguatkan koordinasi dan komunikasi antar protokoler dengan berbagai pihak lain. Dirinya pun menjelaskan betapa pentingnya komunikasi yang mampu membuat hidup lebih bermakna.

"Komunikasi dan koordinasi membuat hidup kita menjadi tersambung dengan yang lain," kata dia. 

Ma'ruf pun berharap dalam pertemuan tersebut ada diskusi mengenai keprotokolan. Meski ada aturan umum mengenai keprotokolan, tetapi masing-masing lembaga memiliki keprotokolan tersendiri dengan karakteristik yang ada. Di sinilah perlu ada sharing sebab ada aturan keprotokolan yang belum dipahami pihak yang lain.

Contoh perbedaan yang ada, sebelum era reformasi, MPR merupakan lembaga tertinggi. Sebagai lembaga tertinggi, segala hal yang terkait MPR selalu ditempatkan nomor satu, mulai dari posisi duduk hingga nomer surat. Hal inilah yang menurutnya bisa menjadi bahan diskusi dalam forum tersebut untuk membahas keprotokolan antarlembaga negara selepas reformasi.

"Sebab MPR sekarang menjadi lembaga setara dengan lainnya," ujar Ma'ruf.

Keprotokolan diatur dalam regulasi yang bertujuan untuk menempatkan orang pada posisi dan rasa hormat. Di MPR sendiri keprotokolan termaktub dalam UU. No. 17 Tahun 2014 dan Tata Tertib MPR. Sementara itu, lembaga lain punya aturan protokol sendiri.

Menurutnya, semua aturan yang dimiliki masing-masing lembaga perlu disinergikan sehingga bisa mengakomodir semua tanpa menimbulkan masalah di lapangan. Harapannya, selepas forum ini menghasilkan rekomendasi keprotokolan yang mampu memberi layanan yang bisa memuaskan semua pihak. 

Ma'ruf juga berharap agar rekomendasi atau keputusan bersama bisa ditindaklanjuti dengan pertemuan selanjutnya secara intensif untuk mensinergikan semua yang terlibat dalam keprotokolan.

Ketua Panitia Acara, Dyastasita WB, mengatakan bahwa acara tersebut untuk mengawali forum protokoler, selain untuk sharing bagaimana kita melakukan tugas keprotokolan.

"Misalnya kita menjadi tahu bahwa tempat duduk Ketua Partai ditempatkan di belakang menteri," ucap Ma'ruf.

Dinamika yang ada dalam forum disebut akan menjadi aspirasi untuk membuat aturan yang lebih bagus lagi untuk ke depan. Acara ini diharapkan bisa mempertemukan protokoler dari berbagai lembaga dan membuat mereka bisa menjalin komunikasi dengan lebih lancar.

 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun, Sule Dapat Kado Istimewa dari Wanita Ini

Posted: 15 Nov 2018 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perceraian dengan Lina, tak membuat komedian Sule, terpuruk. Masih banyak orang-orang yang menyayanginya.

Itu terlihat di hari ulang tahunnya. Tak sedikit mereka mengucapkan dan mendoakan Sule, tak terkecuali ibunda dan anak-anaknya.

Bahkan, ibunda Sule memberikan kado istimewa untuk anaknya tersebut. Ia memperlihatkannya di Instagram Story yang saat berita ini ditulis, telah menghilang.

Dalam unggahannya tersebut, Sule mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah mendoakannya. Tak lupa ia juga memperlihatkan kado pemberian ibunda.

Singkong

Sule (Foto: Instagram)

"Enak pagi-pagi makan singkong dari Emak. Kado ulang tahun," ucap Sule.

Sule memilih menyantap singkong di pinggir kolam renang, ditemani secangkir kopi dan sebungkus rokok.

Makan Siang Sendirian

Sule (Foto: Instagram)

Bukan hanya saat makan pagi, Sule terlihat sendiri. Kala dirinya menikmati santap siang, di ruang makan, Sule juga tak ditemani siapa pun.

Beberapa bangku yang ada di sana terlihat kosong. "Makan siang dulu yuk. Nih sop cumi-cumi," lanjut Sule yang memperlihatkan situasi meja makan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Gandeng World Bank Perbaiki Tatakelola Pertambangan Minerba

Posted: 15 Nov 2018 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah menjalin kemitraan dengan Bank Dunia (World Bank) untuk memperkuat tata kelola mineral dan batu bara (minerba) khususnya memperbaiki iklim investasi di Indonesia.

Direktur Jenderal Minerba Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Gatot mengatakan, saat ini investasi pada sektor minerba masih mengalami kendala. Kerja sama dengan Bank Dunia diharapkan bisa ‎memberikan solusi penyelesaian.

"Saya mengajak World Bank dan Kementerian terkait untuk menjembatani bagaimana permasalahan-permasalahan industri pertambangan, yang sampai saat ini memang ada beberapa yang masih mengalami kendala," kata dia di Jakarta, Jumat (16/11/2018).

Bambang berharap, MinGov yang diselenggarakan Bank Dunia membawa dampak positif bagi iklim investasi di Indonesia.

"Ini (MinGov) untuk perbaikan kebijakan yang akan mempengaruhi iklim investasi, apakah itu dalam pelaksanaan implementasi baik di tataran Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi," tuturnya.

Selain iklim investasi, masalah kehutanan dan kebijakan fiskal juga menjadi perhatian Kementerian ESDM, sehingga berdampak pada kegiatan eksplorasi pertambangan. Kedua masalah tersebut pun mempengaruhi minat investasi pada sektor pertambangan menurun.

"Meski daya tarik kita secara potensi geologi luar biasa, tapi bila masalah-masalah tersebut tidak memberikan iklim investasi yang baik, maka percuma saja," ujarnya.

Bambang mengajak semua elemen yang turut serta terlibat dalam pembangunan sektor minerba.

Apalagi ia mengakui analisis kebijakan yang dilakukan oleh World Bank dan Indonesian Mining Institut (IMI) dalam MinGov mempunyai nilai yang sangat bagus.

"Kami mengajak kita semua agar ikut terlibat di dalam bagaimana untuk mengimplementasikan proses selanjutnya," tandasnya.

 

Kementerian ESDM Rilis 2 Aplikasi Buat Permudah Transaksi Minerba

Tak tanggung-tanggung, nilai tunggakan pembayaran tersebut mencapai Rp 100 miliar.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan dua aplikasi daring terbaru, yakni Minerba Online Monitoring System (MOMS) dan e-PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) mineral dan batu bara (Minerba). Peluncuran tersebut berlangsung di Ruang Sarulla Kementerian ESDM, Jakarta, pada Jumat (2/11/2018).

Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Aryono menyatakan, peluncuran kedua aplikasi tersebut merupakan komitmen Kementerian ESDM untuk melaksanakan reformasi birokrasi untuk sektor energi dan mineral batu bara.

Dia mengatakan, aplikasi MOMS dibuat sebagai upaya untuk meningkatkan pengawasan secara online produksi minerba, sehingga bisa dipantau secara presisi berapa cadangan minerba yang dimiliki saat ini.

"Kondisi saat ini kami harus memberikan pengawasan yang cepat, tepat, akurat, dan real time. Dengan MOMS bisa cepat menerima data tanpa harus datang secara manual ke Ditjen Minerba," ujar dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia Matangkan Kekompakan Tim Jelang Lawan Thailand

Posted: 15 Nov 2018 09:15 PM PST

Liputan6.com, Bangkok - Timnas Indonesia akan menghadapi juara bertahan Thailand dalam lanjutan Piala AFF, Sabtu (17/11/2018) di Rajamangala Stadium, Bangkok. Menghadapi Thailand, kekompakan jadi fokus pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti.

"Semua pemain harus kompak baik menyerang maupun bertahan harus sama-sama," kata pelatih Timnas Indoneia, Bima Sakti seperti dilansir situs resmi PSSI.

Timnas Indonesia telah berangkat ke Bangkok, Rabu (14/11/2018) dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Rangkaian persiapaun seperti adaptasi cuaca pun telah dilakoni Evan Dimas dan kawan-kawan.

Menghadapi Thailand, timnas Indonesia dalam posisi underdog. Selain karena faktor tuan rumah, kualitas Thailand berada di atas timnas Indonesia, meski hanya menurunkan skuat lapis kedua.

Itu terlihat dari pertandingan pertama melawan Timor Leste. Tidak tanggung-tanggung, Thailand menghajar Timor Leste, 7-0.

Sementara itu, timnas Indonesia hanya mampu membakap Timor Leste 3-1 di Jakarta, Selasa (13/11/2018). Kemenangan ini membuat timnas Indonesia berada di peringkat kedua klasemen Grup B Piala AFF 2018.

 

Disiplin

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan tuan rumah Thailand, Sabtu besok (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Kualitas Thailand itulah yang membuat Bima Sakti meminta para pemainnya disiplin. Bima ingin para pemain konsentrasi penuh saat pertandingan berlangsung.

"Saat diserang terutama perpindahan bola pemain harus selalu mengingat siapa yang mengcover, pressing dan membikin segitiga di belakang," kata Bima.

"Saat ini kondisi pemain bagus dan sudah siap melawan Thailand," ujar Bima mengakhiri.

Memori Buruk

Di sisi lain, Stadion Rajamangala bukanlah stadion yang ramah bagi timnas Indonesia. Pasukan Garuda kerap kalah saat meladeni Thailand di stadion ini.

Salah satu yang paling menyakitkan terjadi di Final Piala AFF 2016. Di Rajamangala, timnas Indonesia kalah 0-2, dan harus rela melepas trofi Piala AFF ke tangan The War Elephants -julukan Thailand.

Padahal, timnas Indonesia sudah unggul 2-1 pada leg pertama di Stadion Pakansari, Bogor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Pasta Macaroni di Rumah ala Restoran, Mudah dan Lezat Menggoda

Posted: 15 Nov 2018 09:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu pecinta pasta, tentu sudah nggak asing lagi dengan macaroni kan. Macaroni merupakan salah satu pasta yang bentuknya elbow atau seperti siku. Cara membuat pasta macaroni merupakan olahan tepung-tepungan asal Italia yang sangat populer di dunia. Pasta macaroni merupakan jenis pasta yang berbahan tepung terigu, tepung semolina, dan endosperm biji gandum atau dikenal dengan istilah milled durum. Semua bahan tersebut dicampur dengan tambahan telur sehingga menghasilkan pasta yang kenyal dan elastik.

Macaroni merupakan salah satu jenis pasta yang berbentuk elbow. Umumnya cara membuat pasta macaroni diolah dengan saus krim dan tambahan kacang polong. Bahkan kamu bisa mencampur dengan tambahan daging ayam, daging sapi atau tambahan sayur-sayuran lainnya sesuai dengan selera keluarga.

Tips Cara Membuat Pasta Selezat Buatan Restoran Berbintang

1. Porsi pasta

Ada aturan dasar yang digunakan oleh banyak chef professional untuk memasak pasta adalah 100 gram pasta, 1 liter air dan 7 gram garam. Pastikan kamu memasak pasta dengan jenis dan ukuran yang sama sehingga waktu matangnya akan berbarengan.

2. Takar air

Di panci untuk merebus, isi air 2/3 volume panci besar dan pastikan air tidak akan meluap saat mendidih. Jika kamu memasukkan air yang terlalu sedikit, maka pasta akan lengket. Pastikan juga jika seluruh air mendidih sebelum memasukkan pasta kering. Setidaknya, kamu memenuhi panci dengan air lebih tinggi 4 cm dari permukaan pasta.

3. Garam

Merebus pasta adalah bagian dari memasak, sehingga perlu cita rasa, maka dari itu bisa tambahkan garam pada air rebusan. Garam tak hanya menambah rasa tapi juga mampu menaikkan suhu air.

4. Jangan tambah minyak

Banyak orang berasumsi saat merebus pasta harus menambah minyak agar tidak saling lengket. Hal ini justru akan membuat saus pasta tidak menempel di permukaan pasta sehingga rasanya kurang menyerap.

5. Teknik mengaduk

Agar hasil makanan khas Italia sempurna, maka kamu juga harus mengetahui teknik mengaduk yang benar. Sebaiknya kecilkan api sebelum pasta dimasukkan. Jika pasta tersebut pendek seperti makaroni, maka bisa langsung diaduk perlahan agar tak lengket. Teknik pengadukannya pun perlu diperhatikan, aduk dengan gerakan membentuk angka delapan setiap 3-4 menit dan tak perlu menutup panci saat merebus.

6. Al Dente

Tekstur al dente ditandakan dengan matang d iseluruh bagian pasta, namun tidak lembek atau keras saat digigit, kenyal namun tak 'melawan' saat digigit dibagian tengahnya. Kamu bisa tes dengan coba gigit pasta jika sekiranya merasa sudah cukup matang.

7. Mematangkan pasta

Mematangkan pasta bukan dengan cara direbus lama, namun dengan meniriskannya, lalu matikan api dan tutup panci berisi pasta selama 10-15 menit. Trik ini banyak dilakukan agar proses pematangan yang al dente dilakukan setelah perebusan.

8. Jangan dibilas

Memasak pasta tak seperti memasak mi yang harus dibilas setelah ditiriskan. Cukup ditiriskan dengan saringan dan jangan bilas karena akan membuang pati pasta tersebut. Pati tersebut bermanfaat agar saus pasta menyerap dengan sempurna.

9. Tambahkan saus

Setelah disaring, campur pasta ke saus dan aduk. Tuang sedikit minyak zaitun agar pasta tak saling menempel.

10. Jangan buang semua air rebusan.

Saat menyaring pasta, maka sebaiknya jangan buang semua air rebusan. Air rebusan tersebut mengandung pati yang mampu membantu mengencerkan saus agar menempel sempurna di helai pasta.

Nah sudah nggak sabar kan pengen segera mencoba? Berikut cara membuat pasta macaroni yang mudah dan lezat menggoda seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (14/11/2018).

Macaroni Saus Bolognaise

(sumber: pixabay)

Bahan cara membuat pasta macaroni saus bolognaise:

200 gram macaroni

2 liter air

1 sendok makan garam

1 sendok makan minyak

2 sendok makan mentega

2 sendok minyak

1/2 buah bawang bombai ukuran sedang lalu iris tipis

6 siung bawang putih lalu cacah halus

250 gram daging sapi giling/kornet

1/2 wortel ukuran besar lalu parut halus

5 buah tomat lalu lumatkan

1 kaleng kecil 'tomato paste'

300 ml air

3 blok kecil kaldu sapi

1/2 sendok teh daun basil kering

1/2 sendok teh daun oregano kering

garam secukupnya

merica secukupnya

gula secukupnya

Keju parmesan parut halus

 

Cara membuat pasta macaroni saus bolognaise:

1. Langkah pertama siapkan saus bolognaise dengan cara, cairkan mentega kemudian tumis bawang hingga layu, kemudian masukan bawang putih.

2. Selanjutnya tambahkan daging dan tumis hingga berubah warna.3. Kemudian masukan wortel dan tomat yang sudah dilumatkan, aduk hingga rata.

4. Selanjutnya masukan tomate pasta, blok kaldu dan air. Masak kembali hingga mendidih dan kecilkan api dalam api yang kecil.

5. Lalu tambahkan bumbu basil, oregano,meric dan garam.

6. Selanjutnya masukan macaroni hingga matang sesuai dengan kemasan.

7. Lalu tiriskan minyak dan tuang ke dalam mangkuk.

8. Kemudian susun pasta diatas piring dan taburi parutan keju.

Macaroni Schotel

Bahan cara membuat pasta macaroni schotel:

30 gram mentega tawar

1/2 buah bawang bombay, cincang halus

30 gram tepung terigu

300 ml susu cair

100 gram makaroni, rebus matang

6 lembar smoked beef, iris halus

60 gram keju cheddar parut 1 sendok makan garam

merica bubuk secukupnya

pala bubuk secukupnya

3 butir telur, kocok lepas

 

Pelengkap cara membuat pasta macaroni schotel:

150 gram keju cheddar

Saus tomat

Saus Cabai

 

Cara Membuat Pasta Macaroni Schotel:

1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memanaskan mentega kemudian tumis bawang bombay hingga harum.

2. Selanjutnya masukkan tepung terigu, aduk hingga menggumpal.

3. Selanjutnya masukkan susu cair sedikit demi sedikit sebari diaduk hingga licin.

4. Kemudian masukkan macaroni dan juga smoked beef, aduk hingga rata. Angkat.

5. Kemudian masukkan keju cheddar yang sudah diparut, lalu tambahkan merica bubuk dan telur yang sudah kocok. Aduk hingga merata.

6. Lalu tuang di wadah tahan panas dengan ukuran diameter 18x21x5,5 cm yang sudah dioleh tipis mentega.

7. Kemudian oven 20 menit dengan api pada suhu 170 derajat celcius sampai 3/4 matang kemudian rendam dalam sedikit air ketika di oven.

8. Selanjutnya taburi keju dan masukan ke dalam oven selama 20 menit hingga matang.

9. Sajikan dengan parutan keju cheddar di atasnya

Macaroni Cheese Creamy

Cara Membuat Pasta

Bahan cara membuat pasta macaroni cheese creamy:

240 ml air

100 gram macaroni

60 gram keju american cheddar, parut

Bahan Saus Keju Macaroni Cheese Creamy:

8 sendok makan susu cair

2 sendok makan keju parmesan parut2

8 sendok makan heavy cream/krim kental

2 sendok teh mentega tawar

2 sendok teh minyak zaitun

garam secukupnya

merica putih bubuk secukupnya

 

Cara Membuat Pasta Macaroni Cheese Creamy:

1. Langkah pertama tuangkan air dan juga macaroni ke dalam mug.

2. Kemudian masak didalam microwave hingga matang, kurang lebih selama dua menit, kemudian keluarkan, aduk hingga rata.

3. Selanjutnya masak kembali didalam microwave kurang lebih 3 menit, keluarkan, lalu sisihkan. 4. Selanjutnya membuat saus keju, aduk susu cair, keju, krim kental, mentega tawar, minyak zaitun, merica dan juga garam bersamaan.

5. Selanjutnya masak di dalam microwave selama 1 menit, keluarkan.

6. Lalu tuang ke dalam mug berisi macaroni, aduk hingga rata.

7. Selanjutnya masak kembali ke dalam microwave hingga keju melelah dan pasta siapkan disajikan.

8. Sajikan selagi hangat, bisa juga dengan tambahan keju parut di atasnya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uji Tabrak Sigra Termurah Dapat 1 Bintang, Ini Kata Daihatsu

Posted: 15 Nov 2018 09:08 PM PST

Liputan6.com, Ambon - Beberapa waktu lalu, dalam uji tabrak yang dilakukan Asean New Car Assessment Program (NCAP), salah satu mobil murah tujuh penumpang PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sigra mendapatkan rating bintang satu. Model yang dites tersebut, merupakan varian paling bawah yang dipasarkan memang tanpa fitur keselamatan airbag.

Sementara itu, untuk Daihatsu Sigra yang dilengkapi dual airbag juga dilakukan pengetesan, dan mendapatkan empat bintang. Selain itu, pengetesan ASEAN NCAP juga menunjukkan jika Daihatsu Sigra, untuk segi perlindungan terhadap anak hanya meraih bintang dua.

Menjelaskan hal tersebut, Executive Domestic Marketing, Rocky Irvayanto untuk Daihatsu Sigra dan Ayla memang belum ada airbag. Namun, untuk yang sudah dilengkapi dual airbag mendapatkan bintang yang cukup bagus.

"Itu kan yang buat dewasa, kalau untuk yang untuk anak karena di kursi baris kedua tidak ada Isofix nih," jelas Rocky, saat berbincang dengan wartawan di Ambon, Maluku, Kamis (15/11/2018).

Lanjut Rocky, untuk penambahan fitur Isofix ini sendiri, memang jika ada permintaan dari konsumen, ke depannya bisa ditambahkan.

"Sebenarnya, secara teknis bisa tidak Daihatsu dipasangkan Isofix? Mungkin saja, seandainya ada permintaan dari konsumen. Studi itu (terhadap suatu model) kita lakukan setiap tahun, kita tanyakan ke konsumen apa yang kurang dan apa yang harus ditambahkan," pungkas Rocky.

Penjualan Positif, Sigra Masih Jadi Kontributor Terbesar Daihatsu

Penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sepanjang tahun ini cukup positif. Bahkan, hingga September 2018, retail pabrikan asal Jepang ini mencapai 144.716 unit atau naik 8 persen, dan wholesale mencapai 147.513 unit atau naik 5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Berdasarkan data yang diterima Liputan6.com, retail sales tetap didominasi penjualan Daihatsu Sigra sebanyak 35.685 unit atau berkontribusi sebesar 25 persen. Diikuti penjualan Gran Max (PU) 30.445 unit (21 persen), Xenia 23.809 unit (16 persen), Terios 21.135 unit (15 persen) atau naik lebih dari dua kali lipat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

 

 
 

 

Sedangkan Ayla berkontribusi 17.812 unit (12 persen) dan Gran Max (MB) 11.662 unit (8 persen). Line-up Daihatsu lainnya, meliputi Luxio, Sirion dan Hi-Max mencapai 4.168 unit (3 persen).

Total retail sales Daihatsu mencapai 144.716 unit. Dan dengan volume pasar retail nasional mencapai 851.430 unit, atau tumbuh sekitar 10 persen dibanding periode yang sama tahun 2017, Daihatsu meraih pangsa pasar (market share) 17 persen.

Tak jauh berbeda, perolehan wholesales Daihatsu pun dipimpin oleh Sigra sebanyak 37.365 unit (25 persen), diikuti Gran Max (PU) sebesar30,845 unit (21 persen), dan Xenia 22.053 unit (15 persen). Kemudian Terios dengan raihan sebesar 21.497 unit (15 persen), Ayla 20.104 unit (14 persen), dan Gran Max (MB) sebanyak 11.683 unit (8 persen).

 

Untuk model lainnya, seperti Luxio, Sirion, dan Hi-Max hanya berkontribusi 3.966 unit (3 persen). Total wholesales Daihatsu mencapai 147.513 unit, dengan volume pasar wholesales nasional mencapai 856.439 unit, atau tumbuh sekitar 7 persen dibanding periode yang sama 2017, maka Daihatsu meraih pangsa pasar sebesar 17,2 persen.

"Di tengah minimnya pertumbuhan beberapa pemain besar otomotif nasional, Daihatsu berhasil merawat kepercayaan masyarakat," jelas Amelia Tjandra, Marketing Director PT ADM, melalui siaran persnya, Kamis (18/10/2018).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemilu Paruh Waktu AS 2018 Catat Rekor Jumlah Pemilih Terbanyak

Posted: 15 Nov 2018 09:04 PM PST

Liputan6.com, Washington DC - Muncul sebuah guyonan di tengah para pengamat politik Amerika Serikat tentang apa prestasi Presiden Donald Trump sejauh memerintah saat ini. Jika ada, menurut mereka, itu adalah bahwa dia berhasil meningkatkan keterlibatan politik dari sebagian besar publik Negeri Paman Sam.

Dikutip dari Time.com pada Jumat (16/11/2018), jumlah pemilih nasional dalam pemilu paruh waktu AS 2018 mencapai rekor terbaru lebih dari satu abad terakhir.

Di seluruh wilayah Amerika Serikat, jumlah pemilih yang berpartisipasi pada pemilu paruh waktu 2018 dilaporkan berjumlah 49,2 persen. Pada 2014, jumlah itu hanya berkisar 37 persen, dan rata-rata selama beberapa dekade terakhir mengambang di angka 40 persen.

Terakhir kali jumlah pemilih dalam pemilu paruh waktu yang mencapai 50 persen terjadi pada 1914, sebelum wanita memiliki hak suara di AS.

Di beberapa negara bagian, jumlahnya bahkan lebih tinggi. Washington dan Colorado, yang sangat memanfaatkan voting melalui surat suara, menduduki puncak dengan partisipasi sebesar 69,4 persen dan 65,5 persen.

Sementara itu, Minnesota, negara bagian yang selalu memiliki partisipasi tinggi dalam pemilu paruh waktu, melaporkan jumlah aktif 64,3 persen tahun ini.

Bahkan beberapa negara bagian dengan angka partisipasi rendah menunjukan kenaikan signifikan pada pemilu paruh waktu AS 2018.

Di Texas, antusiasme yang dihasilkan oleh kandidat Demokrat Beto O'Rourke (yang kalah tipis) membantu meningkatkan jumlah pemilih menjadi 46,1 persen, dibandingkan dengan 28,3 persen pada 2014.

Georgia, yang kerap menghadirkan kandidat gubernur kontroversial terkait isu ras, mengalami peningkatan dari 38,6 persen menjadi 55 persen.

Secara keseluruhan, lebih dari 103 juta suara disalurkan di seluruh Amerika Serikat dalam pemilu untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

Beberapa negara bagian, seperti California, masih memproses surat suara, tetapi pada akhirnya mengumumkan Demokrat unggul 51,8 persen dari keseluruhan suara, sementara Partai Republik menyumbang 46,5 persen.

Dengan tujuh penghitungan suara masih berlangsung, Demokrat telah membukukan perolehan bersih sebanyak 35 kursi, memberi mereka kendali atas DPR untuk pertama kalinya sejak 2010.

Sebanyak 33 negara bagian juga menggelar pemilu Senat, di mana total setidaknya 84 juta suara telah disampaikan.

 

Simak video pilihan berikut: 

Referendum Pemerintah Trump?

Presiden Amerika Serikat ke-45 Donald Trump (AP/Nicholas Kamm)

Sementara itu, muncul anggapan bahwa meningkatnya partisipasi pada pemilu paruh waktu 2018, adalah referendum terhadap pemerintahan Donald Trump. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar, setidaknya oleh hasil jajak pendapat terbaru dari Pew Research Center.

Menurut analisisnya, sebesar 35 persen orang Amerika mengatakan presiden bukan faktor keikutsertaan mereka pada pemilu paruh waktu. Sementara 39 persen lainnya mengatakan mereka datang ke TPS untuk melawan Trump.

Adapun kelompok yang mendukung kepemimpinan Trump tampil sekitar 25 persen dalam partisipasi pemilu paruh waktu.

Ditambahkan oleh Pew, 57 persen orang Amerika "senang" tentang hasil pemilu paruh waktu, meskipun ada pembagian partisan yang tajam atas apa yang mereka sukai.

Ketika berbicara tentang peluang untuk kemajuan legislatif bipartisan nyata dalam dua tahun ke depan, pandangan publik Amerika menjadi lebih gelap. Sebanyak 63 persen responden mengatakan Trump tidak akan berhasil dengan program-programnya.

Hampir setengah dari semua orang Amerika berpikir bahwa hubungan antara Partai Republik dan Demokrat akan bertambah buruk, sementara hanya 9 persen yang melihat keduanya menjadi lebih baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menguji Kesaktian Sabut Kelapa di Pantai Selatan Cilacap

Posted: 15 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Cilacap - Ombak pantai selatan Jawa dikenal ganas lantaran langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Abrasi pantai selalu menjadi masalah klasik, dari masa ke masa.

Beragam cara dilakukan untuk mengatasi abrasi. Mulai dari pembangunan talut, pemasangan bronjong, dam pemecah ombak, hingga menumpuk batu koral berukuran besar di garis pantai.

Selama beberapa waktu, kelihatannya cara itu cukup berhasil, hingga ketika malapetaka berupa amukan gelombang tinggi menerjang pantai selatan Jawa. Garis pantai Cilacap pun tak luput dari bencana ini, pantai yang tadinya landai, mendadak berubah curam.

Talut dan cor yang digadang-gadang mampu menahan gelombang justru runtuh lantaran pondasinya turut hanyut saat gelombang pantai surut. Pantai yang tadinya menjadi area parkir perahu-perahu nelayan jadi curam. Pun dengan pantai wisata yang kini justru nampak mengerikan.

Padahal, untuk membangun dam, talut maupun tumpukan batu koral mestinya berbiaya tinggi. Diperlukan sebuah inovasi untuk menanggulangi abrasi yang bertambah tahun semakin parah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Jawa Tengah berinovasi untuk menanggulangi abrasi pantai dengan cara ramah lingkungan. Caranya, dengan memasang sabut kelapa sebagai tanggul.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy mengatakan selain berfungsi sebagai penahan abrasi, sabut kelapa itu diklaim juga mampu menahan pasir yang terdorong dari luar garis pantai.

Dengan demikian, hamparan pasir di bagian luar tanggul yang berhadapan dengan pantai lepas bakal akan landai dan secara teori bisa mengembalikan pantai seperti sediakala.

"Ini inovasi baru memang, sabut kelapa yang dianyam. Jauh lebih murah," ucapnya, Rabu, 14 November 2018.

Komara mengakui, pemasangan tanggul sabut kelapa penahan abrasi pantai ini masih dalam taraf uji coba. Pemasangan sabut kelapa dilakukan sebulan lampau pada dasarian pertama Oktober 2018.

Sabut Kelapa Diklaim Mampu Mengembalikan Kelandaian Pantai

Perkembangan kenaikan permukaan pasir di garis pantai bagian luar setelah sebulan aplikasi tanggul penahan abrasi yang terbuat sabut kelapa. (Liputan6.com/BPBD CLP/Muhamad Ridlo)

Perkembangannya, dalam jangka sebulan ada penambahan volume pasir yang tertahan di tanggul sabut kelapa dan di bagian luar yang berhadapan dengan garis pantai. Sebelumnya, antara titik tertinggi tanggul sabut kelapa dengan garis pantai berjarak kurang lebih satu meter.

Dalam jangka sebulan, permukaan pasir pantai naik secara signifikan. Diyakini, tanggul sabut kelapa ini secara bertahap akan mengembalikan kelandaian pantai seperti sebelum diterjang gelombang pasang.

"Perkembangannya cukup bagus," dia mengklaim.

Cara pemasangannya pun cukup mudah. Sabut kelapa dibuat semacam anyaman mirip keset. Lantas, anyaman ini dibentuk lembaran karung dan diisi dengan pasir sebagai tanggul penahan abrasi.

Tanggul kemudian diperkuat dengan cerucuk bambu yang juga ramah lingkungan.

"Kalau dulu kan istilahnya webbing cut. Ini serabut kelapa yang berongga. Kalau yang ini, sabut kelapa yang dianyam, seperti alas kaki atau keset itu," dia menjelaskan.

Meski dibuat dengan bahan organik, kekuatan sabut kelapa diklaim tak kalah dari talut atau tanggul yang terbuat dari pasangan batu dan semen. Bahkan, talut semen justru terbukti tak mampu menahan abrasi lantaran turut ambrol saat diterjang bencana gelombang tinggi.

"Karung, diisi pasir, kemudian dibuat tebing atau talud. Kekuatannya tidak kalah dengan batu belah," ujarnya.

Saat ini BPBD tengah menguji coba tanggul sabut kelapa di Pantai Kemiren Kelurahan Tegalkamulyan, Cilacap yang sebelumnya mengalami abrasi parah akibat dampak gelombang pasang. Panjang tanggulnya 50 meter.

Dia masih menunggu hasil evaluasi selama beberapa bulan mendatang, utamanya saat kembali terjadi gelombang tinggi.

Jika terbukti efektif, maka penanganan abrasi dengan sabut kelapa ini ini akan diterapkan secara luas di pantai Cilacap yang mengalami abrasi parah lantaran gelombang tinggi pada awal hingga semester kedua tahun 2018.

Sebelumnya, inovasi juga dilakukan oleh BPBD Cilacap dengan memasang jaring sabut kelapa atau webbing cut penahan longsor. Meski sama-sama berbahan sabut kelapa, tetapi desain anyamannya berbeda. Anyaman Webbing Cut lebih lebar untuk memberi ruang tumbuhnya pepohonan.

"Kita dibantu oleh Pertamina untuk penyediaan anyaman sabut kelapanya," dia menerangkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resep Cumi Asin Petai Pedas, Sajian Mudah Bangkitkan Selera Makan

Posted: 15 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang bingung mau makan apa hari ini? Bagaimana bila membuat sendiri olahan cumi asin. Berpadu dengan rasa pedas, Anda bisa tak tahan untuk menambah nasi ke dalam piring makan.

Berikut resep cumi asin petai bumbu pedas ala Ferry Juni Susianti seperti diunggah lewat akun Instagram @ferry_susia.

Bahan-bahan:

•250 gr cumi asin ukuran kecil

•3 papan petai, kupas belah 2

•3 lembar daun salam

•3 lembar daun jeruk

•3 buah cabai merah besar, iris

•3 buah cabai hijau besar, iris

•1 buah tomat hijau, iris

•1 buah tomat merah, iris

•gula, garam, dan kaldu bubuk, secukupnya

Bumbu Halus :

•6 siung bawang merah

•4 siung bawang putih

•15 buah cabai keriting

•20 buah cabai rawit

•1 buah kemiri

Cara pembuatan:

1. Cuci bersih cumi kemudian rendam air panas 15 menit, lalu cuci lagi. Tiriskan

2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukan irisan cabai, tomat, daun salam, daun jeruk, kemudian petai. Aduk-aduk, masukkan cumi.

3. Tambahkan gula, garam, dan kaldu bubuk, biarkan meresap dan matang.

4. Cicip rasa. Sajikan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Soekarno-Hatta Masuk 10 Besar Megahub Terbaik Dunia

Posted: 15 Nov 2018 09:00 PM PST

Liputan6.com, Tangerang - Bandara Soekarno-Hatta menduduki peringkat 10 dalam daftar Megahubs International Index 2018. Daftar ini disusun perusahaan riset penerbangan AOG, yang menganalisis 50 bandara di seluruh dunia.

Posisi bandara Soekarno-Hatta ada di peringkat 10, mengalahkan bandara-bandara internasional di negara maju seperti Bandara Incheon, Bandara Munchen, Bandara Haneda, Bandara Sydney, dan Bandara Zurich.

Bandara Soekarno-Hatta juga mengungguli hampir semua bandara internasional di Asia Tenggara, kecuali Bandara Changi. Bandara di Singapura itu tercatat sebagai yang terbaik di Asia. Artinya, Bandara yang berlokasi di kota Tangerang ini adalah terbaik nomor dua di seantero Asia.

Indeks OAG ini dibuat dengan membandingkan angka jadwal koneksi penerbangan internasional dalam jendela waktu enam jam (six-hour window), serta jumlah tujuan yang disediakan bandara.

Total 200 bandara terbesar di dunia dikalkulasikan di daftar ini dalam satu tahun sejak Juli 2018.

"Megahubs International Index mengukur keefektivan dari hub internasional terdepan di dunia sebagai titik temu secara global dan regional, dan menyediakan sebuah platform perbandingan untuk bandara-bandara internasional tersebut," tulis OAG dalam keterangannya, Jumat (16/11/2018).

Bandara Soekarno-Hatta juga masuk ke daftar Low-Cost International Megahubs dan berada di peringkat kedua. Untuk peringkat satu dipegang Bandara Kuala Lumpur yang didominasi maskapai AirAsia.

Untuk peringkat wahid dimenangkan oleh Bandara London Heathrow yang didominasi maskapai British Airways. Di hari tersibuknya, terdapat sekiranya 66 ribu koneksi yang tiba dan berangkat dalam jendela waktu enam jam di bandara tersebut.

3 Bandara AP II Jadi Bandar Udara Paling Sehat di 2018

Tiga bandara di bawah naungan Angkasa Pura (AP) II meraih penghargaan Bandar Udara Sehat 2018. (Pramita/Liputan6.com)

Tiga bandara di bawah naungan Angkasa Pura (AP) II meraih penghargaan Bandar Udara Sehat Tahun 2018. Penghargaan diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di ICE BSD City, Tangerang, Banten. 

Senior Manager Safety Risk and Quality Control AP II, Syaiful Bahri mengatakan, ketiga bandara yang memperoleh penghargaan sebagai Bandara Sehat 2018 adalah Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, Bandara Husen Sastranegara Bandung dan Tanjung Pinang.

"Ini penghargaan dua tahun sekali oleh Kementerian Kesehatan. Dan ini kedua kalinya, kemarin itu pada 2016," ujar Syaiful, sesaat setelah terima penghargaan di ICE BSD City, Kabupaten Tangerang.

Menurutnya, bukan hal mudah mempertahankan salah satu prestasi tersebut. Banyak hal yang dinilai, bukan hanya terminal yang ada, tetapi seluruh aspek yang ada di dalam lingkungan bandara.

"Juga landside-nya, terminal dari sisi udara. Termasuk fasilitas penunjang yang dimiliki," katanya.

Terlebih ada beberapa stakeholder yang berada di naungan Kementerian Kesehatan langsung, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan kantor karantina hewan serta manusia. Para stake holder tersebut juga mendapatkan penilaian langsung dari kementerian.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: