Minggu, 06 Mei 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Highlight Pesta Gol Arsenal di Laga Kandang Terakhir Wenger

Posted: 06 May 2018 09:15 PM PDT

Arsenal berhasil memberikan kado istimewa bagi manajer Arsene Wenger yang melakoni laga kandang terakhir. Meriam London mencukur Burnley lima gol tanpa balas pada lanjutan Liga Inggris, Minggu (6/5/2018). 

Bertanding di Emirates Stadium untukt erakhir kalinya, Wenger menduetkan Pierre Emerick Aubameyang dengan Alexandre Lacazette. Keputusan ini terbukti tepat. Di menit 14 Arsenal sudah berhasil unggul. Umpan tarik Lacazette disambar oleh Aubameyang.

Gol kedua Arsenal tercipta beberapa detik sebelum turun minum. Kali ini Lacazette yang mencatatkan namanya di papan skor. Pria Prancis itu menyambar umpan silang Hector Bellerin.

Sembilan menit babak kedua berjalan, Arsenal makin menjauh berkat gol Sead Kolasinac yang melepaskan tendangan geledek.

 

Iwobi

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger memberikan arahan kepada timnya saat melawan Atletico Madrid pada semifinal Liga Europa di Wanda Metropolitano stadium, Madrid, (3/5/2018). Atletico menang 1-0. (AP/Francisco Seco)

Alex Iwobi turut mencetak gol pada menit 64. Iwobi melepaskan tendangan keras setelah menerima umpan dari Aubameyang.

Aubameyang menutus pesta gol Arsenal berkat gol keduanya di menit 75. Aubameyang menuntaskan umpan silang Bellerin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stabilisasi Harga Pangan, Tiga BUMN Ini Kompak Serap Gabah Petani

Posted: 06 May 2018 09:15 PM PDT

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk atau Bank BRI bekerja sama dengan PT Pertani (Persero) dan Perum Bulog menyerap gabah petani di Provinsi D.I. Yogyakarta. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung pemerintah mengendalikan harga pangan 

Pelaksanaan program serap gabah dilaksanakan di Kabupaten Bantul yang secara simbolis diresmikan di Kelurahan Kebonagung Kecamatan Imogiri Bantul, dengan luas lahan panen 21 hektare (ha) dan estimasi penyerapan gabah sebanyak 210 ton. 

Hadir pada acara ini Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno, Direktur Pertani Poernomo, Direktur Utama Bulog Budi Waseso atau Buwas, Direktur Utama Taman Wisata Candi Edy Setijono, Direktur Pupuk Indonesia Holding (PIHC) Achmad Tossin Sutawikara.

Dihadiri pula Direktur Utama PTPN III  Dolly P. Pulungan, Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, Direktur Utama BTN Maryono, Direktur Mikro dan Kecil BRI Priyastomo, Direktur Ritel dan Menengah BRI Supari, serta Executive Vice President BRI Regional Yogyakarta Hari Siaga Amijarso.

Pada kesempatan ini, Rini Soemarno melakukan kunjungan kerja untuk menyaksikan secara langsung pelaksanaan Program Serap Gabah BUMN Berbasis Kartu Tani dan Gerakan Stabilisasi Harga Pangan dengan menyalurkan beras melalui agen bank-bank milik negara (HIMBARA). 

Prioritas serap gabah petani ini adalah pembelian gabah dari petani debitur Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI dan pemegang Kartu tani BRI dengan kerja sama PT Pertani dan Bulog. 

Direktur Mikro dan Kecil BRI, Priyastomo mengungkapkan, wujud nyata peran Bank BRI dalam mendukung kemajuan pertanian Indonesia, selain menyukseskan program Sergap, Bank BRI terus melakukan pendistribusian Kartu Tani di wilayah Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta.

"Sampai dengan April 2018, total Kartu Tani yang telah diterima oleh petani di Jawa Tengah dan Yogtakarta sebanyak 2.577.812 Kartu Tani," kata dia dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (7/5/2018).

Selain dimanfaatkan untuk penebusan pupuk bersubsidi, Kartu Tani dimanfaatkan juga sebagai akses pencairan KUR BRI dalam rangka pembiayaan budidaya padi dan Sarana Produksi Pertanian, sebagai sarana pembayaran hasil penjualan gabah melalui Kartu Tani serta untuk mendukung program Gerakan Nasional Non Tunai.

"Ini juga sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di kalangan petani," Priyastomo mengatakan. 

 

 

Sudah Salurkan KUR ke Petani Rp 1,6 Triliun

Kartu Tani

Sejak dicanangkan pada 20 Maret 2018, sinergi BRI dengan BUMN Pangan telah menyerap gabah dengan total 639 ton. Terdiri dari gabah sebanyak 225 ton di Karanganyar, Sragen sebanyak 168 ton, Klaten sebanyak 36 ton, dan di Bantul sebanyak 210 ton.

Petani di kawasan ini juga telah mendapatkan KUR BRI dengan rata-rata sebesar Rp 10,5-12,5 juta per ha untuk budidaya tanaman padi.  Selama petani melakukan budidaya padi akan berkesinambungan dan diharapkan dengan mendapatkan KUR BRI dapat meningkatkan taraf hidup kesejahteraan petani.

Bank BRI telah menyalurkan KUR kepada petani padi pemilik Kartu Tani di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta dengan total plafon sebesar Rp 1,6 triliun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panti Sosial Himo-Himo Ternate Butuh Mobil Operasional dan Ambulance

Posted: 06 May 2018 09:15 PM PDT

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily berkomitmen akan meneruskan aspirasi dari Panti Sosial Himo-Himo Ternate, Maluku Utara, terkait perlunya mobil ambulance dan kendaraan operasional untuk reaksi cepat menangani persoalan kesehatan para lanjut usia (lansia) kepada Kementerian Sosial.

Hal tersebut diungkapkan saat dirinya memimpin Tim Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI mengunjungi Panti sosial rehabilitasi sosial lanjut usia Himo-Himo Ternate didampingi Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara Andrias Thomas dan Kepala Panti Sosial Samiun Usman di Ternate, Maluku Utara, Senin (30/4/2018).

"Negara wajib hadir untuk membantu dan memperhatikan orang-orang lanjut usia. Saya melihat panti sosial di sini sudah berjalan sebagaimana mestinya. Kami berkomitmen untuk menyampaikan semua aspirasi ke pemerintah pusat agar segera direspon," ujar Ace dalam sambutannya.

Politisi Partai Golkar itu juga mengapresiasi kondisi lingkungan panti sosial yang berdiri sejak 1982 itu, nampak bersih dan terawat. Hal tersebut penting untuk menjaga kesehatan para lansia yang tinggal di sini.

"Panti sosial Himo-Himo Ternate ternyata juga belum mendapatkan anggaran dari APBN, baru sebatas APBD untuk biaya operasional. Kami harapkan Kepala Dinas terkait untuk memperjuangkannya agar kedepannya bisa memperoleh APBN," dorong Ace.

Dalam tinjauan tersebut, legislator asal Banten ini juga menyampaikan rasa haru atas sambutan tarian tradisional para lansia yang usianya rata-rata diatas 60 tahun.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara Andrias Thomas dalam sambutannya memaparkan berdasarkan data BPS, tingkat kemiskinan di Maluku Utara pada tahun 2017 sebesar 6,44 persen. Menurutnya, diperlukan dukungan APBN untuk menekan pertumbuhan angka kemiskinan.

Dalam kesempatan sama, Kepala Panti Sosial Himo-Himo Ternate Samiun Usman berharap kehadiran Tim Kunker Komisi VIII DPR RI bisa membantu merealisasikan mobil ambulance dan kendaraan operasional untuk melayani para lansia di panti jika terjadi kondisi darurat kesehatan.

Diakhir kunjungan, Anggota Tim Kunker Komisi VIII DPR RI secara simbolis menyalurkan bantuan dari Kementerian Sosial untuk para lansia di panti rehabilitasi sosial Himo-Himo Ternate.

 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Derita Finansial karena Kanker Payudara Juga Dirasakan Perempuan Kulit Hitam

Posted: 06 May 2018 09:15 PM PDT

Bagi beberapa orang, kanker payudara tidak hanya berbahaya dari sisi kesehatan saja, tapi juga finansial. Itu pula yang kini dirasakan para perempuan kulit hitam.

Melansir New York Post pada Senin (7/5/2018), perempuan kulit hitam yang terkena kanker payudara akan mengalami tekanan keuangan jauh lebih besar daripada mereka yang berkulit putih.

Penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of Clinical Oncology. Dalam studi yang dilakukan organisasi nirlaba Pink Fund tersebut, sepertiga wanita yang didiagnosis kanker payudara takut tidak mampu membayar biaya pengobatan.

"Kesulitan keuangan memainkan peran dalam penundaan, penghentian, dan penghilangan pengobatan, serta berkorelasi dengan perbedaan rasial dalam kematian kanker payudaram: kata penulis utama studi itu, Stephanie Wheeler.

"Dengan biaya perawatan kanker yang meningkat, strategi yang sesuai secara budaya sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah kanker payudara ini," kata profesor di University of North Carolina Glilings School of Global Public Health tersebut.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Tingkat Kematian Tertinggi

Tingkat kematian pada wanita kulit hitam akibat kanker payudara di AS lebih tinggi (iStockphoto)

Menurut American Cancer Society, orang Afrika-Amerika memiliki tingkat kematian tertinggi dan kelangsungan hidup terpendek dalam kelompok ras dan etnis di AS, yang sebagian besar diakibatkan oleh kanker.

Para peneliti di Universitas North Carolina melakukan survei berdasarkan data dari Carolina Breast Cancer Study yang dirilis pada 1993.

Mereka melihat status keuangan dari 1.265 wanita kulit putih dan 1.229 wanita kulit hitam selama mereka melakukan perawatan kanker.

Perempuan berkulit hitam memiliki masalah terkait biaya sebesar 24 persen, dibanding mereka yang berkulit putih hanya 11 persen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eiger Hadirkan Berbagai Cerita dan Penawaran di Indofest 2018

Posted: 06 May 2018 09:15 PM PDT

Menikmati aktivitas di luar ruangan memang menyenangkan. Namun diperlukan persiapan yang matang sehingga Anda bisa beraktivitas dengan nyaman. Itu sebabnya, Indofest, yang menjadi pameran produk outdoor terbesar di Indonesia kembali digelar di Exhibition Hall B, Jakarta pada 3-6 Mei 2018.

Eiger, sebagai salah satu produsen perlengkapan tropical adventure menegaskan akan terus mempertahankan eksistensinya di semua kegiatan yang berhubungan dengan alam bebas. Salah satunya dengan mengikuti Indonesia Outdoor Festival. Dalam acara inipun, Eiger mengusung kampanye bertemakan "Your Tropical Discovery".

"Eiger kembali mengikuti event Indofest, Indonesia Outdoor Festival, di tahun 2018 ini dalam rangka memperkenalkan kampanye "Your Tropical Discovery" yang diusung Eiger pada tahun ini kepada para pecinta outdoor enthusiast," jelas Arif R. Husen, selaku Eiger Marcomm Manager.

Talkshow menarik

Eiger menggelar sejumlah talkshow dan diskon bagi para pengunjung di Indofest 2018 (Liputan6/pool/Eiger)

Tak ketinggalan, Eiger pun memamerkan beragam produk andalannya. Terdapat tiga kategori produk yang dipamerkan Eiger dalam gelaran Indofest 2018, yakni EIGER Mountaineering, EIGER 1989 Authentic, dan EIGER Riding. Selama gelaran Indofest 2018, Eiger pun akan memberikan diskon sebesar 40 persen untuk semua produk.

Selain memberikan diskon, Eiger pun berkomitmen untuk mengedukasi masyarakat. Oleh sebab itu, digelar beragam talkshow dan sharing. Di antaranya adalah talkshow "Wanita & Petualangan" yang menghadirkan Marti Karina dari National Geographic Indonesia dan Putri Handayani dari The Explorer Grand Slam. Mereka akan berbagi tentang petualangan alam bebas, khususnya bagi kaum perempuan.

Activity Zone

Eiger menggelar sejumlah talkshow dan diskon bagi para pengunjung di Indofest 2018 (Liputan6/pool/Eiger)

Tak hanya itu, diadakan pula sesi sharing oleh Ferry Kanna dari Djarambah Adventurinc yang akan bercerita seputar aktivitas touring jarak jauh yang bertajuk "AdvenTOURING-Sumatera Exploring".

Tim Ekspedesi 28 gunung pun juga turut meramaikan panggung utama Eiger di Indofest 2018. Mereka telah sukses mendaki 28 gunung yang digelar dalam rangka memaknai Hari Sumpah Pemuda 2017.

Keseruan tidak hanya terjadi di panggung utama. Eiger juga menyediakan Activity Zone bagi para pengunjung. Di mana Anda bisa menemukan aktivitas fisik yang seru dan tempat hang out yang nyaman. Sebut saja EIGER Coffee Lounge, EIGER Climbing Trekwall, EIGER Coffee Trucks, dan EIGER Virtual Reality Games.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terbukti Tajir Melintir, Cynthiara Alona Pamer Deposito Rp 1 Miliar

Posted: 06 May 2018 09:10 PM PDT

Meski jarang tampil di layar kaca, harta kekayaan Cynthiara Alona tidak boleh dianggap remeh. Beberapa waktu lalu wanita yang akrab disapa Alona itu mengaku memiliki aset sebesar Rp 1 triliun.

Apa yang dikatakan Cynthiara Alona itu pun bukan omong kosong belaka. Baru-baru ini bintang film Setan Budeg itu memamerkan perbincangannya dengan salah seorang pegawai bank di whatsapp.

Terungkap bahwa Cynthiara Alona masih memiliki deposito sebesar Rp 1 miliar di bank tersebut. "Alhamdullillah di bank yang satu ini masih ada tabungan yg bunganya termasuk lbh tinggi di bandingkan di tempat lainya...." tulisnya di keterangan foto.

Harta yang dimiliki Cynthiara Alona itu pun diperoleh bukan tanpa usaha. Berkat kerja keras dan mengatur pemasukan dengan baik akhirnya membuahkan hasil yang memuaskan.

 

Bantu Perekonomian Keluarga

Cynthiara Alona pamer deposito Rp 1 miliar [foto: instagram/cynthiara_alona]

Wanita 32 tahun itu berharap kelak harta yang dimilikinya bisa membantu perekonomian keluarga.

"Pada inti: menabung-beringestasi-berbianis-berkerja dengan baik maka kita akan bisa mengatur ke ekonomian kita so ku pun bisa membantu ke ekonomian kluarga dan Suami kelak nanti," katanya.

 

Sumber Investasi

Cynthiara Alona [foto: instagram/cynthiara_alona]

Semua orang pun penasaran dari mana Cynthiara Alona memiliki harta sebanyak itu. Dan ternyata ini sumber investasi Alona.

"Alona kan punya usaha di bidang properti. sampai sekarang juga masih ada. Sekarang sudah berkembang, enggak cuma di Jakarta atau luar kota saja, tapi juga di luar negeri," ujar Cynthiara Alona saat tampil sebagai bintang tamu di talkshow Hotman Paris.

 

Aset Tas Rp 17 Miliar

Cynthiara Alona [foto: instagram/cynthiara_alona]

Kekayaan yang dimiliki Cynthiara Alona teryata bukan hanya berbentuk bisnis tapi juga tas. Jika dihitung, total aset yang dimiliki Alona dari tas itu sebesar Rp 17 miliar.

"Biasanya aku belanja enam bulan sekali, tapi kalau sudah belanja suka kalap. Waktu belanjanya senang, tapi pas pulang ingat tagihan kartu kredit bikin sedih. Dan total harga tas yang aku punya kurang lebih Rp 17 miliar," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi IV Minta SKIPM Tetap di Kawasan Bandara SMB II

Posted: 06 May 2018 09:10 PM PDT

Komisi IV DPR RI mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang sudah menyiapkan 9,7 hektar lahan untuk kantor baru Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Kelas II Palembang, yang terletak di Jalan Soekarno Hatta. Namun lahan itu dinilai cukup jauh dari kawasan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo meminta agar SKIPM tetap memiliki kantor atau stasiun pengawasan lalu lintas pengiriman ikan yang berada di kawasan Bandara SMB II Palembang, atau seperti kantor yang di tempati sekarang ini. Pihaknya meminta SKIPM di kawasan Bandara SMB II yang ada saat ini ke depannya jangan sampai tidak difungsikan.

"Pemerintah Sumsel telah menyiapkan lahan seluas 9,7 hektar yang rencananya akan dibangun kantor pusat SKIPM di Jalan Soekarno Hatta, Palembang. Itu ide yang bagus, akan tetapi yang harus diingat adalah jangan sampai SKIPM di Bandara SMB II tidak lagi difungsikan. Sebab konsep karantina sendiri adalah pelayanan untuk masyarakat, juga sebagai penghukuman jika ada pelanggaran," jelas Edhy saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI ke kantor SKIPM Palembang, Sumsel, Sabtu (28/4/2018).

Politisi Partai Gerindra itu menyerahkan sepenuhnya terkait letak SKIPM di Bandara SMB II itu. Menurutnya, keberadaan SKIPM di bandara merupakan hal yang penting.

"Bagaimanapun juga, tidak banyak masyarakat yang tahu, jika membawa ikan di bandara harus masuk ke karantina terlebih dahulu. Maka itu, harus ada pelayanan di bandara," imbuh Edhy.

Sementara itu, Kepala Badan Karatina Ikan, Pengendalian Mutu dan Kemanan Hasil Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Rina menambahkan, pihaknya sangat berterimah kasih kepada Gubernur Sumsel yang sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan SKIPM Sumsel.

Ia juga menjelaskan, pada tahun 2017, nilai ekspor yang berasal dari Sumsel sebesar 12,8 juta dolar AS, dengan komoditas utama udang (66,8 persen), paha kodok (18,4 persen), dan sidat (12,4 persen) dengan negara tujuan utama Jepang (43,0 persen), Uni Eropa (20,3 persen) dan Amerika Serikat (18,3 persen).

Sedangkan pada tahun 2018 (periode Jan-Feb), ekspor Provinsi Sumatera Selatan mencapai 1,83 juta dolar AS, atau meningkat sebesar 64,3 persen dengan volume sebesar 450 ton atau meningkat 87,6 persen.

"Dibandingkan pada periode sebelumnya yakni tahun 2017, dengan komoditas utama udang, sidat dan paho kodok sangat meningkat, ini adalah menjadi faktor peningkat ekspor di Sumsel," jelasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klopp Tak Panik Mohamed Salah Mandul Saat Liverpool Dikalahkan Chelsea

Posted: 06 May 2018 09:09 PM PDT

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku tak terlalu mempermasalahkan melempemnya Mohamed Salah dalam laga kontra Chelsea di Stamford Bridge semalam.

Meski tampil brilian hampir sepanjang musim bersama Liverpool, akan tetapi Salah seperti tak berkutik di markas Chelsea. Klopp pun mengaku maklum jika Salah tak tampil sesuai ekspektasi.

"Sungguh normal bagi seorang penyerang untuk mengalami hal seperti ini. Normalnya ia bisa melawan tim yang sangat mengandalkan fisik, tapi hari ini ia tak berbuat cukup baik," ujar Klopp kepada BBC Sport.

Tak hanya melempem, Salah pun sempat mengundang kontroversi ketika ia melakukan diving, sesuatu yang hampir sepanjang musim ini rasanya tak pernah ia lakukan.

"Itu adalah diving, atau ia ingin melakukan kontak dan itu tidak benar, ia bisa melakukan yang jauh lebih baik," tutur Klopp.

Liverpool sendiri harus menyerah 0-1 berkat gol tunggal yang dicetak Olivier Giroud. Hasil ini membuat The Reds harus memenangi laga terakhir kontra Brighton untuk memastikan jatah ke Liga Champions dari jalur liga.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Saya Dukung KPK Bersihkan Korupsi di Kemenkeu

Posted: 06 May 2018 09:08 PM PDT

Menteri Keuangan Sri Mulyani mendukung langkah tegas Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK yang menangkap anak buahnya. Dia meminta KPK melanjutkan penyelidikan dan penyidikan lanjutan di kementerian yang dikomandoinya.

"Ini sudah terjadi dan saya senang mendukung KPK untuk melakukan pembersihan," kata Sri Mulyani di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (7/5/2018).

Dia meminta KPK menyelidiki lebih lanjut apakah dugaan korupsi yang melibatnkan anak buahnya itu hanya terjadi secara personal atau sistemik.

"Dan kalau sistemik siapa-siapa yang terlibat di Kementerian Keuangan nanti kami akan melakukan... Nanti di dalam press conference akan saya sampaikan lebih lengkap," katanya

Dalam tata kelola di Kemenkeu, lanjut Sri Mulyani, dia selalu menekankan prinsip anti-korupsi.

"Saya rasa kalau dari sisi tata kelola saya selalu menekankan bahwa Kementerian Keuangan mengelola keuangan negara dengan prinsip tata kelola dan tidak korup," dia menandaskan.

Jumat malam lalu KPK melakukan OTT bekerja sama dengan Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan terhadap sembilan orang terkait pemberian gratifikasi kepada penyelenggara negara. Salah satu yang terjaring adalah YP, kepala seksi pada Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan.

Kasus ini berkaitan dengan janji pemberian proyek perumahan dan pemukiman pada APBNP 2018. Padahal Kemenkeu belum berencana menyusun APBNP 2018.

Menteri Keuangan mengharapkan OTT KPK membantu membersihkan Kemenkeu dari orang-orang koruptif sehingga seluruh Kemenkeu memiliki integritas tinggi dan komitmen bersih dari korupsi tidak tercemar oknum yang tidak bersih.

Apabila terbukti secara hukum melakukan korupsi, YP terancam sanksi tegas dari Kemenkeu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Memprihatinkan

Penyidik KPK menunjukkan barang bukti OTT terhadap anggota Komisi XI Amin Santono, Jakarta, Sabtu (5/5). KPK menyita emas seberat 1,9 Kg, uang Rp 1,8445 miliar (termasuk yang 400 juta OTT), SGD 63.000 dan USD 12.500. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Kementerian Keuangan mendukung langkah KPK dalam pengungkapan kasus operasi tangkap tangan (OTT) yang melibatkan seorang pegawai Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan berinisial YP.

"Penangkapan YP sangat memprihatinkan dan mengecewakan semua yang memiliki komitmen bersih," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti, Minggu (6/5/2018).

Menurut dia, seperti dikutip Antara, penangkapan ini adalah hasil reformasi birokrasi, khususnya sistem pengawasan internal dan manajemen risiko di Kemenkeu, yang berjalan makin efektif yang disertai kemampuan untuk mendeteksi tindakan korupsi dan kerja sama yang baik dengan KPK.

Dia menegaskan, YP sama sekali tidak berwenang mengalokasikan anggaran transfer kepada daerah atau menilai usulan anggaran dari daerah, namun modus yang dilakukan menunjukkan ada ikhtiar untuk menjadi makelar pengurusan APBN.

Untuk itu, Menteri Keuangan telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran eselon satu untuk meneliti seluruh proses penyusunan dan pembahasan anggaran, guna mendeteksi kemungkinan potensi korupsi dan penyalahgunaan wewenang di seluruh lapisan.

Menteri Keuangan juga terus berkomitmen mengawal APBN dan APBNP secara transparan dan bebas dari korupsi dengan dukungan KPK.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi VII Dukung Langkah PGN Medan Salurkan Gas Bumi

Posted: 06 May 2018 09:05 PM PDT

Komisi VII DPR RI selalu mendukung langkah-langkah pemerintah dalam usahanya  memberikan energi yang lebih murah untuk digunakan masyarakat, baik komersial maupun rumahan. DPR selalu mendorong pemerintah melalui PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) mewujudkan komitmennya untuk memperluas pemanfaatan gas bumi kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Saya kira harus kita support gerakan pemerintah untuk selalu mencari alternatif yang memungkinkan penghematan dan memudahkan masyarakat untuk saving cost karena kita menggunakan gas yang kita produksi sendiri," kata Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Tamsil Linrung bersama Tim Kunjungan Kerja Komisi VII DPR RI meninjau penyaluran gas perdana ke salah satu perusahaan makanan di Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (30/4/2018).

Diketahui, PT. PGN (Persero) Area Medan resmi menyalurkan gas bumi ke CV Cipta Rasa Nusantara, yang memproduksi Bolu Meranti. PGN juga sampai saat ini telah memasok gas bumi ke 20.233 pelanggan di Medan. Dengan rincian 45 industri besar, 904 pelanggan komersial seperti restoran hingga hotel, serta 19.284 rumah tangga.

Dalam dialog Tim Kunker Komisi VII DPR RI dengan pemilik usaha dan perwakilan PGN, diperhitungkan bahwa dengan menggunakan layanan gas negara, maka harga yang harus dibayarkan lebih efisien 40-50 persen dari sebelumnya memakai LPG. Lebih lanjut Tamsil menginginkan agar masyarakat lebih banyak lagi merasakan fasilitas layanan PGN ini.

"Jaringan untuk rakyat sekitar sini memang sudah ada, tapi belum dari APBN. Masih dianggarkan sendiri oleh PGN. Saya kira APBN akan kita dorong supaya ada yang dialokasikan untuk energi PGN menjangkau masyarakat luas," pungkas politisi PKS itu.

Sementara itu, Direktur Komersial PT. PGN (Persero) Danny Praditya mengatakan, penggunaan gas bumi PGN oleh Pabrik Bolu Meranti ini dipastikan bisa memberikan efisiensi bagi industri tersebut. Selama ini, dengan menggunakan LPG tabun 50 kg, pabrik ini harus menggunakan 7-8 tabung seharga Rp 650.000 per tabung.

"Sehingga total pengeluaran bahan bakar untuk produksi per bulan mencapai Rp156 juta. Dengan kebutuhan sebesar itu setiap bulan, jika dikonversi menggunakan gas bumi PGN menjadi sebesar kurang lebih 15.101 meter kubik per bulan," sebutnya.

Dengan harga gas bumi PGN hanya Rp5.496 per meter kubik, maka total pengeluaran Pabrik Bolu Meranti untuk penggunaan gas bumi hanya Rp82,9 juta per bulan.

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahrain dan UEA Kirim Tim Balap Sepeda ke Yerusalem, Palestina Berang

Posted: 06 May 2018 09:03 PM PDT

Komite Olimpiade Palestina (POC) mengecam Bahrain dan Uni Emirat Arab (UEA) karena mengirimkan tim pesepeda untuk berpartisipasi dalam kompetisi sepeda 101st Giro d'Italia yang dimulai Jumat lalu di Yerusalem.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, balap sepeda bergengsi ini diadakan di luar Eropa.

Setelah dimulai di Yerusalem, perlombaan yang akan berlangsung selama 21 hari ini berlanjut dari Haifa ke Tel Aviv dan dari Be'er Sheva ke Eilat. Ajang yang menampilkan 176 pesepeda dari 22 tim ini akan berlanjut ke Italia di mana Roma menjadi titik akhirnya.

Namun, keputusan untuk memilih Yerusalem sebagai titik awal, menuai kecaman luas dari pejabat dan aktivis Palestina yang menuding pihak penyelenggara berusaha "menyamarkan kejahatan Israel yang tengah berlangsung". Demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Senin (7/5/2018)

Melalui sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Minggu, POC juga mendesak komite nasional UEA dan Bahrain untuk menarik peserta mereka dari apa yang disebut "aib bagi siapa saja yang berdiri di belakangnya atau berpartisipasi di dalamnya".

POC juga menyebut para pesepeda Arab "tidak setia" dan berpartisipasi dalam "layanan gratis bagi pendudukan Israel yang tidak mengakui hukum internasional, resolusi dan piagam PBB tentang hak-hak rakyat Palestina dan terus melanjutkan penolakan akan hak-hak bangsa Arab Palestina untuk mendirikan negara merdeka mereka di tanah mereka dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya".

Sejumlah aktivis meluncurkan situs yang menguraikan rute 101st Giro d'Italia, yang melewati reruntuhan bersejarah bangsa Palestina, di mana lebih dari 500 desa dan kota Palestina "dibersihkan" selama atau pasca-Nakba. Itu merupakan peringatan tahunan atas pengusiran bangsa Palestina yang mendorong terbentuknya Israel pada tahun 1948.

"Israel dilaporkan membayar 10 juta euro untuk menjadi tuan rumah Giro sebagai bagian dari upaya propagandanya, meniru rezim apartheid di Afrika Selatan, untuk menggunakan olahraga untuk bersembunyi ... pendudukan militer selama puluhan tahun dan sistem apartheid dikenakan pada rakyat Palestina," demikian pernyataan dari Boycott, Divestment and Sanctions (BDS), kampanye global yang menekan Israel dari segi ekonomi dan politik.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Jelang Nakba

Ilustrasi Yerusalem (iStock)

Titik awal 101st Giro d'Italia di Yerusalem, hanya beberapa kilometer jauhnya dari Jalur Gaza, di mana puluhan warga Palestina tewas ditembak pasukan Israel ketika mereka tengah melaksanakan aksi Great March of Return.

Great March of Return merupakan aksi demonstrasi yang berlangsung selama enam pekan, dimulai pada 30 Maret 2018 dan akan mencapai puncaknya pada 15 Mei. Warga Palestina menuntut hak para pengungsi Palestina yang tanah dan rumahnya dirampas Israel selama perang tahun 1948.

Sejak dimulainya Great March of Return, setidaknya 7.000 warga Palestina dilaporkan terluka.

Awal pekan ini, Amnesty International juga menyuarakan keprihatinan yang sama, mencatat bahwa lomba sepeda dimulai tepat di dekat Yerusalem Timur di mana Palestina secara teratur menghadapi penghancuran rumah, pembangunan pemukiman ilegal dan pembatasan gerak.

"Pihak berwenang di Yerusalem mungkin berpikir bahwa kemewahan Giro d'Italia memiliki efek 'sportswash', menghilangkan sebagian dari noda catatan HAM Israel. Namun yang terjadi sebaliknya, kemungkinan itu akan membawanya kembali ke titik fokus lagi," kata Kate Allen, direktur Amnesty International UK.

"Pemilihan titik awal di Yerusalem tak terhindarkan, berarti catatan hak asasi manusia Israel yang suram akan menjadi sorotan."

Status Yerusalem merupakan jantung konflik berdarah Israel-Palestina. Israel mencaplok Yerusalem Timur yang bagi Palestina merupakan ibu kota negara mereka di masa depan, sementara Israel menetapkan bahwa Yerusalem adalah ibu kota abadi yang tak dapat ditawar lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk Kawasan Santri dengan Pakaian Minim, Pelari Kena Pukul Warga

Posted: 06 May 2018 09:02 PM PDT

Beredar sebuah video yang kemudian menjadi viral di kalangan warganet. Video tersebut memperlihatkan seorang kakek dengan wajah marah tengah menegur perempuan berpakaian lari yang minim. Kesal tegurannya tak ditanggapi, sang kakek pun memukul perempuan muda itu.

Informasi yang diperoleh JawaPos.compelari perempuan itu merupakan peserta 5K UNISA Running 2018 dengan tema Let's Run with Physiotherapy Be Better & Healthy dalam rangkaian Milad ke-27 Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta pada Selasa, 1 Mei 2018, lalu. 

Ruhiyana, Ketua Milad UNISA Yogyakarta ke-27 yang juga sebagai Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan mengatakan, peristiwa itu terjadi ketika para pelari melewati Dusun Mlangi, Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping. Lokasi yang tak jauh dari kampus.

"Sudah kami klarifikasi. Salah satu peserta memang dipukul, maaf pantatnya. Dari oknum warga karena dianggap memakai pakaian yang tidak pantas, dalam hal ini memakai hot pants," katanya, ditemui di kampusnya, Sabtu, 5 Mei 2018.

Atas insiden yang diterima itu, kemudian rekan dari pelari wanita tersebut merasa tak terima. Dia mendatangi kakek tersebut, tetapi kemudian malah mendapatkan pukulan dari oknum warga lain.

"Yang pelari wanita dipukul pantat, pelari lain yang laki-laki kena tonjok (muka)," tuturnya.

Setelah kejadian itu, pelari itu tidak melanjutkan sampai garis finish. Mereka mengambil jalan lain bertemu dengan pihak panitia. "Malah meminta maaf karena menimbulkan adanya insiden itu," ucapnya.

 

Baca berita menarik lainnya dari JawaPos.com di sini.

 

Berakhir Damai

Lambat Laun Dewi Mulai Menemukan Kenikmatan Melakukan Olahraga Lari (Ilustrasi/iStockphoto)

Ruhyana melanjutkan, setelah itu pihak panitia juga melakukan klarifikasi ke pihak desa, dalam hal ini pengurus padukuhan. Karena acara ini juga telah digelar sesuai prosedur yang ada. Bahkan, juga telah berkoordinasi dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baik itu dalam hal rute lari yang dilewati, maupun juga pakaian yang dikenakan oleh peserta, yaitu sopan dan tetap nyaman bagi masing-masing. "Jumat (4/5) kemarin kami juga telah bertemu dengan tokoh di Mlangi, dalam hal acara lain. Tapi masalah itu juga tak lepas dari pembahasan," ucapnya.

Pihak padukuhan pun menganggap masalah itu sudah selesai. Begitu pula dari korban, yaitu kedua pelari profesional tersebut mengaku tak mempermasalahkannya. "Sudah dianggap selesai," katanya.

Peristiwa itu sempat terekam dalam video yang berdurasi sekitar 49 detik dan viral di berbagai jejaring sosial, seperti Facebook maupun Instagram. Namun, Ruhyana menyangkal bahwa video itu diunggah oleh kalangan civitas akademika dari pihaknya. Ia juga menegaskan dalam penggalan video sempat ada warga yang membawakan kayu ke peserta, tetapi tak digunakan memukul.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Home United Vs Persija: Adu Tajam Bomber Maut ASEAN

Posted: 06 May 2018 09:00 PM PDT

Persija Jakarta akan menghadapi Home United di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (8/5/2018) pada babak semifinal AFC Cup Zona ASEAN. Dalam duel ini, akan ada pertarungan dua striker top di kawasan ASEAN.

Macan Kemayoran, sebutan Persija, mempunyai Marko Simic, striker yang kini berstatus sebagai raja gol di AFC Cup. Simic sudah mencetak delapan gol dari lima pertandingan di AFC Cup.

Itu artinya, striker berkebangsaan Kroasia itu mencetak satu gol setiap 52,9 menit. Simic sendiri sudah mencatatkan 423 menit bermain di kompetisi kedua di kawasan Asia tersebut.

Simic juga tercatat sebagai pemain Persija yang paling rajin melepaskan tembakan akurat. Dia sudah mengancam gawang lawan melalui sepakannya sebanyak 15 kali dengan akurasi tembakan sebesar 48,4 persen.

Penyerang Persija berusia 30 tahun itu berhasil melepaskan 44 umpan sukses. Tingkat keberhasilan Simic dalam melepaskan umpan sebesar 67,7 persen.

Striker Home United

Penampilan apik Home United di fase grup Piala AFC 2018 tak terlepas dari peran Song Ui-young yang sejauh ini sudah mencetak lima gol. (Instagram/song_uiyoung)

Sementara itu, Home United juga memiliki bomber maut di kawasan ASEAN, yakni Song Ui-young. Dia merupakan striker kelahiran Korea Selatan berusia 24 yahun.

Song Ui sudah mencetak lima gol dari enam penampilan di AFC Cup. Bila dikalkulasi, dia mencetak satu gol dalam 98,8 menit.

Dia telah bermain selama 496 menit bermain di AFC Cup. Selain mencetak gol, Song Ui juga kreatif membangun serangn, Tercatat, dia sudah menciptakan delapan peluang di kotak penalti lawan.

Statistik

Berikut statistik perbandingan Marko Simic Vs Song Ui-young

Marko Simic

Main: 5

Menit main: 423

Gol: 8

Gol per menit: 52,9

Tembakan terarah: 15

Akurasi tembakan: 48,4 persen

Umpan berbahaya: 0

Umpan sukses: 44

Akurasi umpan: 67,7 persen

Song Ui-young

Main: 6

Menit main: 496

Gol: 5

Gol per menit: 98,8

Tembakan terarah: 11

Akurasi tembakan: 61,1 persen

Umpan berbahaya: 8

Umpan sukses: 145

Akurasi umpan: 80,1 persen

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Komputer, Iklan Honda Accord Ini Telan Biaya Rp 86 Miliar

Posted: 06 May 2018 09:00 PM PDT

Tahukah Anda, Honda pernah memiliki iklan yang dinobatkan menjadi iklan termahal saat memperkenalkan salah satu produknya.

15 tahun lalu, iklan yang diberi judul "Cog" (roda penggerak), diluncurkan Honda pada 2003 silam untuk mempromosikan lini Accord generasi ketujuh. 

Berdasarkan video yang diunggah Instagram @infounik_id, iklan ini diklaim menjadi iklan termahal.

Ya, dikutip dari The Guardian, iklan ini memakan biaya USD 6,2 juta, atau setara Rp 86 miliar!

Biaya tersebut setimpal dengan pengerjaannya, dimana iklan yang hanya berdurasi dua menit ini memakan waktu enam bulan untuk merencanakan dan hampir seminggu untuk memulai produksi.

 

 

Selanjutnya

Syutingnya bahkan harus mengambil 606 kali dengan menggunakan 20 set pelek, 10 bonnets, 15 panci cat dan dua model "handmade" pra-produksi Honda Accord tersebut. Seperti diketahui, hanya ada enam Accord buatan tangan di dunia. Kru agensi iklan Wieden + Kennedy, membongkar dua dari model tersebut untuk membuat iklan Cog ini.

Tidak ada grafik komputer atau trik digital dalam iklan Honda yang satu ini.

Seperti apa videonya? Simak di bawah ini:

 

 

Rate 1-100, berapa gengs . #infounik_id #info #unik #id

A post shared by 🌎 INFO UNIK (@infounik_id) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sumber Pendapatan Baru Bakal Berasal dari IoT dan Big Data

Posted: 06 May 2018 09:00 PM PDT

Perusahaan penyedia jaringan asal Swedia Ericsson, memprediksi LTE akan menjadi salah satu instrumen paling dominan di seluruh dunia sepanjang 2018.

Hal yang sama juga terjadi di Indonesia. Pada 2016, hanya ada 10 persen jumlah pelanggan LTE di Tanah Air.

Namun dengan melonjaknya populasi smartphone, khususnya smartphone 4G berharga terjangkau, Ericsson memproyeksikan total pengguna 4G akan menjadi 65 persen pada 2022.

Meningkatnya penetrasi 4G pada gilirannya memberikan merupakan peluang bisnis bagi operator selular.

Adapun aplikasi terkait perangkat terhubung IoT dan Big Data, tentu akan mendorong perubahan positif yang terjadi pada kehidupan masyarakat.

Menurut kajian Indonesia IoT Forum, potensi IoT terhadap peningkatan produktifitas di Indonesia pada 2022, diperkirakan mencapai Rp 444 triliun, dengan 400 juta sensor (perangkat) yang saling terhubung. Jumlah itu akan terus meningkat hingga sekitar Rp 1.700 triliun pada 2025.

Dari 400 juta perangkat terhubung itu, sektor manufaktur mengambil porsi 16 persen, diikuti sektor kesehatan 15 persen, asuransi 11 persen, perbankan dan sekuritas 10 persen, ritel dan perdagangan besar 8 persen. Sedangkan sisa mencakup layanan komputasi, pemerintah, transportasi, dan lain-lain.

 

LTE Lebih Dominan

Ilustrasi 4G LTE

VP Network Solutions Ericsson Indonesia Ronni Nurmal menjelaskan, Ericsson memprediksi bahwa LTE akan menjadi lebih dominan di seluruh dunia sepanjang 2018.

Hal yang sama juga terjadi di Indonesia. Pada 2016, hanya ada 10 persen jumlah pelanggan LTE di Tanah Air. Seperti aplikasi terkait perangkat terhubung IoT dan Big Data, sehingga mendorong perubahan positif yang terjadi pada kehidupan masyarakat.

"Ericsson sudah siap, kami sudah buat aplikasi untuk Asean Games tahun lalu. Selama wadah kita ciptakan ide akan muncul, Ericsson memiliki IoT accelerator. Chipset dapat kita peroleh dari partner," ujar Ronni saat acara Selular Congress 2018 di Le Meridien, Jakarta.

Sementara GM IoT Business Operations & Analytics Telkomsel Rio Novrianto menuturkan, dari sisi operator, penyedia jaringan dan penyedia konten, akan berbagi pengalaman dan best practice bagaimana IoT dan Big Data dapat digunakan untuk memecahkan berbagai solusi.

Baik menyangkut kebijakan publik dan pemerintahan, dalam upaya membangun smart city, maupun industri secara umum demi mendorong produktifitas sekaligus efisiensi.

Rio menambahkan, aplikasi dan device mendominasi IoT, Telkomsel ingin menjadi smart enablers dan IoT sangat berhubungan dengan teknologi.

"Telkomsel membuka diri untuk kerjasama dengan device. Telkomsel fokus IoT B2B. Setelah itu kita akan merambah consumer. Telkomsel memastikan semua berkolaborasi untuk membangun ekosistem baik pemerintah, swasta, retail menjadi masa depan dari IoT," tutup Rio.

Reporter: Fauzan JamaludinSumber: Merdeka.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Zodiak yang Terkenal Jutek, Potret Cantik Ajudan Iriana Jokowi

Posted: 06 May 2018 09:00 PM PDT

Memasang raut muka jutek kerap kali membuat orang salah paham. Sehingga tak sedikit orang mengira bahwa tampang tak bersahabat atau ramah merupakan kesan yang selalu timbul dari wajah jutek. Yang ada orang-orang juga tak ingin mendekati karena merasa takut.

Ternyata orang-orang yang sering menampilkan wajah muka jutek bisa dilihat dari zodiaknya. Mengingat zodiak terbilang penting untuk membaca karakter dan kepribadian orang, rasa jutek juga bisa terlihat melalui astrologi.

Mulai dari Scorpio sampai dengan Capricorn termasuk ke dalam tiga zodiak yang terkenal paling jutek.

Artikel tentang zodiak yang terkenal jutek menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel tentang potret cantik ajudan Iriana Jokowi menempati kedua terpopuler. Disusul dengan artikel, wahana roller coaster mati yang menyebabkan 64 penumpang tergantung terbalik pada posisi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Jutek Banget, Ini 3 Zodiak yang Bikin Orang Segan Mengenalnya

Serba salah memang punya muka jutek. Kayak beberapa zodiak ini, nih. (Sumber foto: pexels.com)

Berada di sekeliling orang dengan sifat yang ramah tentu akan menyenangkan. Apalagi jika mereka juga lemah lembut, penuh kasih sayang dan selalu bisa memberikan energi positif untuk orang di sekitarnya.

Tetapi tentu tak semua orang yang kita temui akan bersikap manis seperti itu. Akan ada masanya kalian bertemu dengan orang-orang bersifat jutek. Biasanya mereka akan membuat kita merasa tak nyaman lantaran mereka memiliki sifat yang kurang berkenan di hati. Seperti orang-orang dengan zodiak berikut ini. 

Selengkapnya..

2. Sandhyca Saat Bersama Iriana Jokowi

Sandhyca Saat Bersama Iriana Jokowi (sandhycaputrie/instagram.com)

Paspampres atau Pasukan Pengamanan Presiden Jokowi memang hingga kini masih menjadi perbincangan publik, apalagi Jokowi memilih untuk dikawal paspampres wanita.  Namun, tak hanya paspampres wanita yang dengan sigap melindungi Presiden, ternyata Ibu Negara Iriana Jokowi juga dikelilingi ajudan wanita yang selalu melindunginya ketika beraktifitas.  

Sosok Kapten Adm Sandhyca Putrie, salah satu ajudan yang begitu sigap mengawali setiap langkah Iriana Jokowi kini tengah menjadi perbincangan viral di media sosial. 

Selengkapnya..

3. Wahana Roller Coaster Macet, 64 Pengunjung Tergantung Terbalik

(Foto: ANNnewsCH/ Youtube)

Wahana permainan yang seru dan memacu adrenalin memang selalu menantang banyak orang untuk mencobanya. Bukan jadi hal aneh jika wahana seperti roller coaster termasuk yang paling ingin dicoba para pengunjung.

Meski menegangkan, namun salah satu risiko mengerikan yang bisa terjadi seperti mesin mati. Tentunya setiap orang yang naik wahana roller coaster tak menginginkan insiden semacam itu terjadi. Namun, nasib sial justru harus dialami oleh 64 pengujung wahana Universal Studios di Osaka, Jepang.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beras Terpantau Stabil, Harga Ceker Ayam Justru Melambung

Posted: 06 May 2018 09:00 PM PDT

Harga telur ayam masih terpantau tinggi. Sementara harga beras masih stabil di pasar tradisional. Salah satunya seperti yang terjadi di kios Pasar Pondok Gede, Kota Bekasi. 

Harga telur ayam per kilogram (kg) kini sudah mencapai Rp 26 ribu per kg. Pedagang telur Robi (26) menyatakan kenaikan harga telur ayam kini naik Rp 2 ribu per kg. 

"Wah makin mahal sekarang harga telur. Minggu lalu Rp 24 ribu per kg, sekarang sudah Rp 26 ribu per kg. Naik Rp 2 ribu per kg," tuturnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Senin (7/5/2018). 

Pedagang lainnya, Tono (27) mengungkapkan harga telur ayam melejit pada awal pekan ini. Harga telur ayam mengalami kenaikan Rp 3 ribu per kg. Dia menjual telur ayam kini seharga Rp 27 ribu per kg.

"Kita enggak jual telur puyuh dan bebek. Klau telur ayam jelas naik. Sekarang kita jualnya saja Rp 27 ribu per kg, kemarin kan masih Rp 24 ribu per kg," ujarnya.

"Kayanya bakal naik terus ya, puasa, Lebaran, sama. Orang biasanya stok untuk bahan-bahan kue kan sekarang," dia menambahkan. 

Sementara itu, Tono menuturkan, harga untuk komoditas beras masih terpantau stabil pada pekan ini. Harga beras masih dijual sesuai harga eceran tertinggi (HET).

"Kalau beras stabil ya. Kita jualnya dari kisaran Rp 9 ribu sampai Rp 12 ribu per liter. Tergantung pera atau pulennya beras. Kalau per karung kita jual Rp 510 ribu. Sesuai harga eceran," tuturnya.

"Masih sama kok harga beras-beras di sini, masih pada stabil. Kalau naik juga paling enggak tinggi-tinggi sekali. Nanti biasanya Lebaran, baru naik. Orang pada pulang kan, pada beli ketupat," tandas Tono.

Harga Daging dan Ceker Ayam Naik

(Dok Foto: Liputan6.com/Bawono Yadika Tulus)

Menjelang Ramadan, harga daging ayam di Pasar Pondok Gede, Jawa Barat, Kota Bekasi masih terpantau tinggi. Kenaikan harga daging ayam bisa mencapai Rp 5 ribu per kilogram (kg).

Pedagang ayam Warni (58) menyatakan kenaikan harga daging ayam sudah terjadi dari dua minggu yang lalu. Warni kini menjual daging ayam seharga Rp 40 ribu per kg. Sementara ceker ayam harganya naik Rp 10 ribu per kg. 

"Ayam naik semua, tinggi-tinggi naiknya. Saya jual sekarang Rp 40 ribu per kg dari yang biasanya Rp 35 ribu per kg. Ceker juga naik, sekarang Rp 25 ribu per kg dari Rp 15 ribu per kg. Enggak ada yang turun kalau ayam," tuturnya kepada Liputan6.com.

Dia menambahkan kenaikan akan semakin tinggi menjelang perayaan Lebaran nanti.

"Biasanya menjelang puasa naik, pertengahan puasa turun, dan Lebaran bakal naik lagi, sudah biasa gitu. Tergantung stoknya aja nih, nanti puasa banyak apa sedikit. Kalo susah ya pasti mahal," ujarnya.

"Sekarang kan yang megang PT, bukan dari induk lagi kita ngambilnya. Kalau dari PT lebih murah. Ayam gedenya murah, bibitnya (ekor dan anaknya) yang mahal-mahal. Kalau induk kan sekalinya rugi banyak, makanya mereka enggak mau ambil risiko," tambah Warni.

Sementara itu, pedagang ayam lainnya Sucinah (50) berujar bahwa harga daging ayam memang alami kenaikan pada pekan ini. Namun kenaikan daging ayam hanya sebesar Rp 1.000 per kg.

"Kayanya enggak ada yang turun kalau ayam. Sekarang naik Rp 1.000. Dari Rp 24 ribu per kg menjadi Rp 25 ribu per kg. Ceker juga naik dari Rp 18 ribu per kg menjadi Rp 20 ribu per kg," ujarnya.

Sucinah mengungkapkan kenaikan harga daging ayam dijual biasanya berkisar Rp 1.000 hingga Rp 2 ribu per kg. Katanya, kenaikan ini sudah terjadi dari satu minggu yang lalu.

"Kalau naik harga daging ayam itu pasti, tapi enggak tinggi-tinggi banget. Biasanya Rp 1.000 sampai Rp 2 ribu per kg. Siklusnya gitu, ini juga udah semingguan yang lalu naiknya," pungkas Sucinah.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 8 Fakta Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Posted: 06 May 2018 09:00 PM PDT

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle semakin mendekati hari H. Nah sebelumnya, cek dulu fakta-fakta pernikahan mereka disini!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi XI Dorong Perbankan Bali Salurkan KUR

Posted: 06 May 2018 08:55 PM PDT

Anggota Komisi XI DPR RI Willgo Zainar mengatakan, Kredit Usaha Rakyat (KUR) sangat efektif untuk meningkatkan perekonomian, khususnya untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Untuk itu, sektor perbankan didorong untuk terus menyalurkan UMKM. Menurutnya, pelaku UMKM harus diberi kepercayaan untuk mendapatkan KUR.

"Ada beberapa UMKM yang sudah mendapatkan KUR, tapi ada pula yang belum. Akhirnya mereka menggunakan kredit konvensional atau regular dengan menggunakan rekening koran. Ini juga harus menjadi sasaran KUR, agar beban bunga bisa menjadi lebih rendah dan mereka bisa berdaya saing," kata Willgo disela-sela Kunjungan Kerja Komisi XI DPR RI ke nasabah penerima KUR di Kabupaten Gianyar, Bali, Senin (30/4/2018).

Politisi Partai Gerindra itu memaparkan, untuk penyaluran KUR kepada pelaku UMKM, bantuan dana dari perbankan mungkin tidak harus Rp25 juta, bisa dicoba di nominal Rp5 juta sampai dengan Rp15 juta, agar pelaku UMKM terbiasa bertransaksi dengan perbankan. Jika ke depannya mereka bisa tumbuh dan meningkat, maka KUR ini bisa ditingkatkan.

"Saya kira masyarakat harus diberikan kepercayaan diawal. Mereka sebenarnya memiliki usaha, tapi kelengkapan administrasinya saja yang masih belum memenuhi syarat. Dan kita berharap bantuan tersebut mencapai angka Rp25 juta dengan tanpa agunan, karena memang itu yang menjadi program pemerintah dan telah dijamin oleh Askrindo dan Jamkrindo sebagai lembaga asuransi pembiayaan," tambah Willgo.

Ia menambahkan, sejauh ini peran Bank Indonesia sudah melakukan pembinaan dengan baik. Perbankan juga seharusnya melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha, karena memiliki dana Corporate Social Responsibility (CSR). Menurutnya, ada baiknya dana tersebut membantu meningkatkan kompetensi pengusaha kecil, sehingga mereka bisa tumbuh seiring dengan perkembangan tren dan zaman, agar tidak tertinggal dan tergilas pada persaingan global.

"Kita juga lihat untuk membuat tenun saja masih menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM), ini saya rasa kurang maksimal, kebanyakan penyerapan dari industri kreatif ini mayoritas adalah padat karya. Pemerintah, perbankan dan pelaku usaha harus bersama-sama berpikir bagaimana program KUR ini bisa meningkatkan kapasitas permodalan dan kapasitas pemasarannya," jelas Willgo.

Politisi dapil NTB itu mengatakan, UMKM merupakan sentra-sentra produksi tingkat home industry yang bisa menyerap lapangan pekerjaan lebih besar lagi. Ke depannya diharapkan bisa menciptakan lagi home industry dan lapangan kerja berbasis desa, karena tiap masing-masing desa memiliki potensi untuk menciptakan home industry, dengan konsep one village one product, dan one village one industry.

"Hanya saja beberapa tren penjualan hasil UMKM di Bali ini agak menurun. Bisa jadi kemarin karena ada faktor erupsi Gunung Agung, ataupun karena tren daya beli masyarakat melemah. Tapi sekarang kami melihat mereka sudah melakukan kombinasi pemasaran hasil usahanya, yaitu 50 persen untuk lokal dan 50 persen untuk ekspor. Saya kira ini sebuah inovasi yang bagus. Bila daya beli masyarakat lokal turun maka digenjot dari sisi ekspornya," tutup Willgo.

 

(*)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sambut Kedatangan Perdana Menteri Tiongkok di Istana Bogor

Posted: 06 May 2018 08:52 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kedatangan Perdana Menteri Tiongkok, Li Keqiang di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Li Keqiang tiba di Istana Bogor pada Senin, (7/5/2018) pada pukul 10.25 WIB. Saat menemui Jokowi, Li Keqiang mengenakan setelan jas hitam dengan dasi warna hijau.

Sementara Jokowi langsung menyambut kedatangan Perdana Menteri Tiongkok itu dengan menggunakan setelan jas biru dan dasi merah. Keduanya kemudian mengikuti prosesi upacara penyambutan dengan mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara.

Rencananya, usai upacara, Jokowi dan Li Keqiang akan menanam pohon, kemudian dilanjutkan veranda talk di teras belakang Istana Kepresidenan Bogor. Keduanya juga akan melakukan pertemuan bilateral, pernyataan pers bersama dan jamuan makan siang.

 

Reporter: Titin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Didampingi Para Menteri

Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Turut hadir mendampingi Jokowi dalam pertemuan ini adalah Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharini.

Hadir juga Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal Thomas Lembong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Takjub Sandiaga Uno Jawab Tantangan Soal Lapangan Banteng

Posted: 06 May 2018 08:50 PM PDT

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan Menteri Keuangan Sri Mulyani meninjau pembangunan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Keduanya berkeliling monumen Pembebasan Irian Barat sembari membawa bola. Keduanya nampak takjub dan menikmati alunan musik di air mancur menari di sana.

Menurut Sandi, revitalisasi Lapangan Banteng adalah salah satu jawaban atas tantangan Sri Mulyani dalam menata kembali area tersebut.

"Bu, ini adalah jawaban challenge ibu waktu duduk di kemitraan pemerintah dan badan usaha, dan ini truly Lapangan Banteng ini kita berikan swasta untuk pekerjaannya, asetnya milik pemerintah, 700 lapangan kerja kita ciptakan. Mudah-mudahan bisa dirasakan sebelum bulan puasa dimulai," kata Sandi di lapangan Banteng, Senin (7/5/2018).

Sementara itu, Sri Mulyani mengatakan, semula lapangan Banteng yang berada di depan kantornya berantakan dan tidak bisa dinikmati, olah karena itu ia meminta DKI merapikannya.

"Depan Kemenkeu ini ada taman yang saya itu sudah enggak pernah bisa menikmati dan menurut saya harusnya pemerintah DKI memperbaiki. Terus kita tanya, saya atau Pak Sandi yang mau benerin? Pak Sandi bilang I will take over it. Kemudian janji nanti kalau sudah bagus akan ditunjukkan ke saya," kata Sri Mulyani.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

Apresiasi

Menkeu Sri Mulyani dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meninjau penyelesaian revitalisasi Lapangan Banteng (Liputan6.com/Delvira)

Dia mengapresiasi pengerjaan yang kurang dari lima bulan dan saat ini dalam tahap penyelesaian.

"Ini saya rasa quite impressive, less than 5 months, kurang dari lima bulan Pak Sandi sudah mengundang saya untuk melihat kemajuan di Lapangan Banteng. Saya rasa bagus sekali karena terutama untuk kami ini adalah merupakan paru-paru (kota)," kata Sri Mulyani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pose di Kamar Mandi, Cinta Laura Dianggap Terlalu Kurus

Posted: 06 May 2018 08:50 PM PDT

Keberadaan Cinta Laura di luar negeri, tak semata-mata untuk sekolah saja. Ia pun mengejar mimpinya untuk bisa menjadi bagian dari perfilman Hollywood.

Dan keinginan Cinta Laura pun terwujud. Ia bermain dalam tiga film yang rencananya diputar pada 2018 ini. Bukan itu saja, ia juga sempat berpose dengan Selena Gomez layaknya seorang sahabat.

Karier Cinta Laura di dunia hiburan sepertinya tengah menanjak, selain film ia juga banyak mendapat endorsement dari produk-produk ternama.

Itu sebabnya, Cinta Laura kerap bolak-balik Jakarta - Amerika Serikat.

 

Berpose

Cinta Laura (Foto: Instagram)

Cinta Laura kerap memamerkan pose-pose cantiknya di akun Instagram-nya. Baik untuk keperluan pekerjaan maupun menyalurkan hobinya.

Seperti foto yang diunggahnya pada Senin (7/5/2018), tampak Cinta Laura duduk di pinggir bathtub dengan pakaian dengan potongan leher rendah.

 

Terlalu Kurus

(Nurwahyunan/Bintang.com)

Tak sedikit warganet yang memuji kecantikan Cinta Laura. Namun ada juga yang menganggap ia terlalu kurus.

"Kurus banget sihhhhh," tulis akun @brendablezyn.

"Kurus banget," timpal akun @fitriasusi15.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rusia Ungkap Drone Tempur Perdana, Akan Digunakan dalam Perang di Suriah

Posted: 06 May 2018 08:50 PM PDT

Rusia telah mengungkap pesawat nirawak atau drone tempur perdana mereka dalam latihan umum akbar persiapan Parade Hari Kemenangan Uni Soviet pada Perang Dunia II, yang berlangsung di Moskow, Minggu, 6 Mei 2018.

Drone bernama Corsair itu diklaim mampu membawa bom dan misil serta melakukan operasi pengintaian. Demikian seperti dikutip dari media terafiliasi pemerintah Rusia, RBTH Indonesia (7/5/2018).

Corsair hadir dalam dua tipe. Tipe pertama adalah drone berbentuk pesawat berbobot 200 kilogram dengan lebar sayap 6 meter yang terbuat dari materi komposit.

Alutsista itu dirancang untuk misi pengintaian, pengiriman kargo, target pengeboman dengan senjata berpandu dan tak berpandu, serta perang elektronik.

Tipe Corsair kedua adalah drone berbentuk helikopter tempur dengan fungsi dan persenjataan yang sama dengan pesawat.

"Corsair 2 dapat digunakan dalam berbagai situasi dan akan dapat mendarat di mana saja, bahkan di kapal di tengah laut," kata Viktor Murahovsky, pemimpin redaksi majalah Homeland Arsenal, mengatakan kepada RBTH.

Drone adalah tambahan penting bagi militer Rusia karena pesawat tak berawak saat ini merupakan tren utama dalam pertempuran militer dan banyak mesin serupa sedang dikembangkan oleh militer di seluruh dunia, ujar analis militer Dmitry Safonov kepada RBTH.

"Mereka banyak digunakan selama operasi militer AS - NATO di Afganistan. Pada saat yang sama, mereka dikecam keras atas banyaknya jumlah korban sipil karena informasi intelijen dan operator keliru yang menyerang penduduk, karena mereka tidak bisa membedakan mana teroris dan mana orang biasa. Mari kita lihat seberapa baik tentara Rusia membuat drone-nya sendiri," kata Safonov.

Safonov, Murahovsky, dan sejumlah pakar Rusia lain percaya bahwa drone baru itu akan diikutkan dalam pertempuran di Suriah dalam beberapa bulan mendatang.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

Rusia Akan Tes 3 Senjata Elektromagnetik di Suriah

Personel unit drone militer Rusia (Said Tcarnaev / Sputnik)

Sementara itu, pekan lalu, perusahaan manufaktur pertahanan Rusia, Automatica Concern, telah mengumumkan bahwa tiga senjata elektromagnetik baru akan diuji di Suriah.

Senjata baru ini dibagi menjadi versi kecil, sedang, dan besar, tergantung pada jenis target, dengan fokus utama pada pesawat tak berawak atau drone yang memenuhi langit Suriah. Demikian seperti dikutip dari media terafiliasi pemerintah Rusia, RBTH Indonesia (1/5/2018).

Moskow mengklaim bahwa senjata-senjata elektromagnetik itu akan dipasang di Suriah demi memerangi drone yang dioperasikan kelompok teroris seperti ISIS. Namun, pesawat tak berawak Amerika Serikat turut beroperasi di kawasan yang sama.

Di sisi lain, Washington telah menuduh bahwa eksistensi persenjataan milik Moskow itu mengancam keselamatan operasi aviasi militer AS di Suriah utara -- di mana mereka membantu kelompok milisi Kurdi lokal untuk memerangi teroris.

Amerika Serikat juga mengimbau bahwa senjata elektromagnetik tersebut, jika dioperasikan secara tidak bertanggungjawab, akan semakin meningkatkan tensi militer tinggi dengan Rusia -- yang mana kedua negara merupakan aktor proxy conflict utama di negara yang tengah dilanda perang saudara menahun itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Gerebek Griya Pijat Plus-Plus di Batam

Posted: 06 May 2018 08:45 PM PDT

Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kepulauan Riau menggerebek griya pijat Fame Men Spa Lounge di Batam. Panti pijat plus-plus itu disinyalir telah memperdagangkan terapis wanita untuk melayani nafsu para pria hidung belang.

Wakil Direktur Reskrimum Polda Kepulauan Riau AKBP Arie Dharmanto mengatakan, penggerebekan dilakukan berdasarkan aduan sejumlah masyarakat. Polisi pun menyelidiki aktivitas esek-esek di griya pijat tersebut.

"Saat penggerebekan didapati salah seorang terapis inisial S di kamar deluxe 209 selesai melakukan massage plus-plus," ujar Arie melalui keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin (7/5/2018).

Selain S, polisi juga mengamankan dua orang lainnya dalam penggerebekan tersebut, yakni DW selaku Manajer Operasional Fame Men Spa Lounge dan SA selaku resepsionis.

Polisi juga menyita barang bukti berupa kondom, seprai, handuk, struk tagihan atau kuitansi, dan beberapa dokumen griya pijat. Polisi juga telah memeriksa delapan orang saksi terkait kasus ini.

 

Tetapkan Tersangka

Ilustrasi borgol (Abdillah/Liputan6.com)

Berdasarkan penyidikan sementara, polisi telah menetapkan DW sebagai tersangka. Manajer operasional tersebut disangka melakukan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) atau human trafficking.

"Kami jerat Pasal 2, 12 dan 13 UU RI Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan TPPO. Ancaman di atas lima tahun penjara," ucap Arie.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Duga Ada Impor Bawang Bombai Ilegal

Posted: 06 May 2018 08:45 PM PDT

Kementerian Pertanian (Kementan) menelusuri ada impor bawang bombai yang masuk secara ilegal ke Indonesia. Bawang ini disebut menyerupai bawang merah sehingga berpotensi merugikan petani dalam negeri.

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto mengatakan,‎ sejak 2016, pihaknya sudah tidak lagi mengeluarkan rekomendasi impor bawang merah (shallot). Sebab, produksi di dalam negeri per tahun sudah mencapai lebih dari 1,45 juta ton, sementara kebutuhan hanya berkisar 1,2 juta ton.

"Bahkan Indonesia telah mampu mengekspor lebih dari 7.600 ton ke berbagai negara seperti Thailand, Vietnam, Filipina, Singapura, Timor Leste dan Taiwan," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (7/5/2018).

Dia menjelaskan, harga bawang merah yang saat ini sedang membaik di tingkat petani terancam terpukul oleh masuknya bawang bombai merah (red onion) impor asal India yang secara morfologis bentuknya menyerupai bawang merah lokal.

Saat ini, bawang bombai merah asal India yang tidak sesuai ukuran yang diatur dalam Keputusan Menteri Pertanian (Kepmentan) Nomor 105 Tahun 2017 telah masuk melalui Tanjung Perak dan Belawan.

Prihasto mengungkapkan, pihaknya mengindikasikan adanya importir bawang bombai yang menyalahi Kementan tersebut. 

"Bawang bombai merah yang boleh masuk di Indonesia sesuai Kepmentan 105/2017 adalah yang berukuran diameter lebih dari 5 sentimeter. Jika memasukkan bawang bombai berukuran kurang dari 5 sentimeter berarti menyalahi ketentuan tersebut," kata dia.

 

Selanjutnya

Pedagang menunggu pembeli di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Kamis (27/8/2015). Naiknya harga kebutuhan pokok membuat pembeli mengurangi pembelian bahan makanan hingga menyebabkan daya beli masyarakat turun. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dia menyatakan memiliki bukti data-data bawang bombai merah ukuran kecil masuk diperiksa Karantina Tanjungperak dan Belawan, bukti foto dan video terkait pemasukan bawang bombai yang tidak sesuai ketentuan tersebut.

Prihasto merinci modus yang digunakan importir untuk mengelabui petugas pelabuhan yaitu mencampur bawang bombai berukuran kecil dengan yang berukuran besar. "Biasanya diselipkan di tengah kontainer sehingga sulit dideteksi" lanjut dia.

Saat ini Kementan telah berkoordinasi intensif dengan Satgas Pangan Bareskrim dan instansi berwenang lainnya untuk mengusut kasus ini.

"Terhadap importir yang  memasukkan bawang bombai merah berukuran kecil, Kementerian Pertanian akan menindak tegas. Kami sudah mendeteksi siapa saja importir nakal yang melakukan ini, kami akan mem-black list nama-nama importir yang mengimpor bawang bombai mini," ujar dia.

Prihasto mengimbau kepada pedagang agar jangan memperjual-belikan bawang bombai merah ukuran kecil, kepada konsumen agar teliti saat membeli bawang merah jangan sampai terkecoh dengan iming-iming harga murah, di pasar banyak yang dioplos dengan bawang merah lokal.

"Jika menemukan bawang bombai merah berukuran kecil, masyarakat dihimbau melaporkan kepada pihak berwajib," tutur dia.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tabrakan Beruntun di MotoGP Spanyol, Pedrosa Kecewa Putusan Pengawas Balapan

Posted: 06 May 2018 08:45 PM PDT

Dani Pedrosa kecewa dengan putusan race direction soal tabrakan beruntun di MotoGP Spanyol, Minggu (6/5/2018). Pembalap Repsol Honda Team itu terlibat kecelakaan beruntun dengan duo Ducati, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso.

Tabrakan beruntun tersebut terjadi di delapan lap terakhir MotoGP Spanyol atau tepatnya di tikungan keenam. Ketiganya sedang memperebutkan posisi kedua.

Insiden bermula saat Dovizioso sedang menyalip Lorenzo. Dovizioso kemudian melebar, begitu juga Lorenzo.

Sementara dari belakang, Pedrosa yang melihat dua pembalap itu melebar mencoba menambah kecepatan di tikungan keenam. Namun, Lorenzo berusaha menutup, tapi tabrakan dengan Pedrosa tak bisa dihindari.

Saat Lorenzo terjatuh, motornya menabrak Dovizioso hingga menghantam aspal. Dovizioso meluncur ke gravel MotoGP Spanyol.

Putusan Pengawas Balapan

Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa duduk di pinggir lintasan setelah mengalami tabrakan beruntun pada MotoGP Spanyol 2018 di Sirkuit Jerez, Minggu (6/5). Akibat tabrakan tersebut, Dani Pedrosa tak bisa melanjutkan balapan. (AFP/JAVIER SORIANO)

FIM MotoGP Stewards dan race direction akhirnya memutuskan untuk tidak menjatuhkan penalti atas tabrakan beruntun itu. Apa yang terjadi murni sebuah kecelapaan balap sederhana.

"Race direction mengatakan itu kecelakaan balap sederhana? Sudah pasti saya tidak setuju. Saya ingin mereka memahami masalah ini," ujar Pedrosa, dilansir dari GP One.

"Sebelum kembali ke garis balap, seorang pembalap harus melihat yang ada di belakang. Para marsekal bertanya apakah saya ingin mengajukan keluhan kepada Lorenzo, saya tidak mau. Saya tidak mau mereka menghukumnya. Saya hanya ingin mereka memahami dinamika insiden itu," katanya melanjutkan.

Pengalaman Pertama

Lebih lanjut, Pedrosa mengatakan, ini merupakan kali pertama dirinya terlibat kecelakaan beruntun yang melibatkan tiga pembalap. Dia juga tak mau dijadikan kambing hitam atas kecelakaan beruntun tersebut.

"Sebelumnya saya tidak pernah mengalami kecelakaan dengan dua pembalap lain. Ini pengalaman baru buat saya. Tapi sejujurnya, saya berjuang dengan akselerasi karena di lintasan lurus saya tidak bisa mengejar kecepatan Ducati," ucap Pedrosa.

"Jadi, saya menunggu mereka membuat kesalahan. Ketika keduanya melebar, saya memilih mengambil jalur dalam, tapi tiba-tiba saya mendapati tubuh saya melayang setelah bersenggolan dengan Lorenzo," ujarnya menutup.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi V Dorong Peremajaan Bandara dan Pelabuhan

Posted: 06 May 2018 08:40 PM PDT

Tim Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI meninjau beberapa infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara. Diantaranya Bandara Naha, pesisir pantai Kampung Likuang Tabukan Utara, dan Pelabuhan Peti Kemas Tahuna, Senin (30/4/2018).

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis saat memimpin Kunjungan Kerja ini mengatakan, pihaknya sudah mencatat beberapa masukan terkait infrastruktur di Sangihe, salah satunya peremajaan bandara dan pelabuhan.

"Kita dorong untuk melakukan perpanjangan runway Bandara Naha dan akan ditambah menjadi 2000 meter. Tahun 2019 mendatang akan dibangun 200 meter terlebih dahulu. Sisanya 1800 meter akan menyusul," kata Fary.

Tahun 2017 lalu, lanjut Fary, pihaknya sudah medorong dan mendukung dana untuk bangunan terminal dan pembangunan pagar bandara.

"Memang masih ada beberapa persoalan untuk membangun pagar, dikarenakan masih ada kebun-kebun masyarakat," tambahnya.

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan, pihaknya juga sudah melihat dan mendengar keluhan masyarakat di pesisir Pantai Likuang. Masyarakat mengeluhkan kondisi mereka dalam mengamankan rumah tinggal ketika air pasang naik.

"Secara langsung kita sudah melihat dan meminta kepada Balai Sumber Daya Air dan mengusulkan supaya pada 2019 ada perlakuan untuk pantai tersebut. Karena setelah dilihat pantai tersebut dalam keadaan emergency. Saya meminta kepada Bupati Sangihes untuk melakukan koordinasi terhadap penanganan dan paling tidak untuk ditindaklanjuti," tutur Fary.

Selanjutnya, Tim Kunker Komisi V DPR RI meninjau Pelabuhan Peti Kemas Tahuna. Kata Fary, untuk pelabuhan sudah ada pengembangan khususnya untuk perpanjangan di tahun 2019 mendatang.

"Dilihat dari persoalannya, apabila ada kapal-kapal yang besar bahkan melebihi dari panjang pelabuhan ini, makas dibutuhkan dukungan anggaran untuk perpanjangan pelabuhan tersebut. Tapi paling penting adalah pengembangan terminal penumpang karena itu merupakan tempat berkumpul," tukasnya.

Sementara itu, Bupati Sangihe Jabes Gaghana berterima kasih atas kepedulian Komisi V DPR RI terhadap pembangunan infrastruktur Sangihe.

"Semoga bantuan yang disampaikan segera terealisasi," harapnya.

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Libur Lebaran 10 Hari, Bank dan Perdagangan Saham Buka 20 Juni

Posted: 06 May 2018 08:38 PM PDT

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan, transaksi pasar modal beroperasi secara normal pada 20 Juni 2018. Transaksi perdagangan saham dibuka pada 20 Juni 2018 meski pemerintah tetap mempertahankan total libur Lebaran selama 10 hari ini.

Hal tersebut juga berlaku terhadap perbankan dengan ketentuan terbuka terbatas oleh Bank Indonesia.  "Untuk tanggal 20 diusahakan dibuka seperti biasa, 19 sudah diputuskan kriling dibuka, jadi bank sudah bisa melakukan settlement tanggal 19. Jadi kalau mau lakukan transaksi di Bursa tanggal 20 sudah ready," ujar dia di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (7/5/2018).

"Sektor jasa keuangan, terutama perbankan, ini bukan yang pertama. Perbankan meskipun ada cuti bersama, tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat. Jadi sekarang sudah ada ATM, ada bank yang buka, jadi sektor perbankan tidak ada masalah," kata dia.

Wimboh mengatakan, pengoperasian secara normal untuk perbankan hingga kini masih terus diatur bersama Bank Indonesia. Jadi, hal tersebut tidak mengganggu aktivitas perbankan yang dibutuhkan oleh masyarakat dan pengusaha. 

"Kita akan koordinasi dengan BI berkaitan dengan hari kliring, bisa terjadi saat cuti bersama. Perbankan buka secara terbatas dan kliring dibuka, tapi nanti ini pembicaraan dengan Bank Indonesia akan dibicarakan secara bersama," kata dia.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan cuti bersama Lebaran  sebanyak tujuh hari dimulai 11, 12, 13, 14, 18, 19, 20 Juni. Namun, untuk perbankan dan bursa efek akan dibuka mulai 20 Juni 2018.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Ini 8 Keputusan soal Cuti Bersama Libur Lebaran 2018

Penandatanganan perubahan atas SKB tiga Menteri tentang hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2018 disaksikan oleh Menko PMK Puan Maharani dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) memutuskan jumlah hari cuti bersama Lebaran 2018 tetap ikuti Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri.

Dalam SKB itu diputuskan cuti bersama sebanyak tujuh hari, sehingga total libur Lebaran menjadi 10 hari pada 11-20 Juni 2018.

Pemerintah telah mendengarkan sejumlah aspek, mulai dari aspek sosial hingga ekonomi untuk mengeluarkan keputusan tersebut. Menko PMK Puan Maharani menuturkan, misalnya aspek sosial, pemerintah mempertimbangkan banyak hal. Antara lain kemacetan arus mudik Lebaran 2018 dan waktu berkumpul bersama keluarga.

Dalam memutuskan hal tersebut, pemerintah juga telah mengajak berbagai pihak salah satunya Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Ini dilakukan agar kegiatan bisnis juga tetap jalan. Untuk mengakomodasi sejumlah kepentingan, pemerintah mengeluarkan delapan keputusan.

 "Tindak lanjut SKB tiga menteri Cuti Lebaran Bersama. Pemerintah telah menetapkan melalui SKB tiga menteri pada April. Pemerintah telah mendengarkan berbagai aspek, mulai dari sosial, ekonomi dan lain-lain," ujar Menko PMK Puan Maharani, Senin (7/5/2018).

Untuk mengakomodasi sejumlah kepentingan, pemerintah mengeluarkan delapan keputusan. Antara lain pertama, pemerintah akan memastikan pelayanan pada masyarakat tetap berjalan seperti biasa. Seperti rumah sakit, imigrasi, bea cukai, perhubungan dan sebagainya.

Kedua, tiap kementerian atau lembaga akan menugaskan pekerjanya. Ketiga, pegawai negeri sipil (PN) yang bekerja pada saat Lebaran dapat mengajukan cuti di luar itu tanpa mengurangi jatah cutinya.

Keempat, transaksi pasar modal dan bursa akan dibuka pada 20 Juni 2018.

Kelima, cuti bersama di sektor swasta bersifat fakultatif, sehingga kesepakatan melibatkan para buruh dan pengusaha.

Keenam, Kementerian Perhubungan akan mengatur sektor pelabuhan agar pelabuhan bisa bekerja pada saat cuti Lebaran.

Ketujuh, empat menteri koordinator akan mengeluarkan instruksi kepada kementerian atau lembaga terkait untuk melaksanakan penugasan pelayanan publik dan pengaturan pegawai di kementerian atau lembaga terkait.

Kedelapan, setiap kementerian/lembaga akan tetapkan instruksi atau surat edaran.

"Dengan ini pelaksanaan cuti dapat berjalan baik. Dan tentu saja, dunia usaha tetap dapat berjalan kondusif. Delapan poin keputusan," kata Puan.

Pada pengumuman cuti bersama Lebaran 2018 tersebut juga dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Soemadi, Menteri PAN-RB Asman Abnur, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Ketenagakerjaan H.Hanif Dhakiri, Menteri Sosial Idrus Marhman, Menteri Kesehatan Nila Djuwita M. Selain itu, pimpinan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buat Guard of Honour Sendiri Cara Barcelona Sindir Real Madrid

Posted: 06 May 2018 08:38 PM PDT

Barcelona memiliki cara sendiri untuk menyindir rival abadi mereka, Real Madrid, yang memilih tak memberikan guard of honour pada laga El Clasico di Camp Nou dini hari tadi WIB.

Blaugrana sejak beberapa waktu lalu sudah mengunci gelar La Liga. Lazimnya, tim lain yang masih akan menghadapi Barcelona di sisa musim bakal memberikan penghormatan berupa guard of honour.

Namun, ini tidak dilakukan Madrid. Mereka beralasan sebelumnya Barca lebih dulu tak melakukannya ketika Los Blancos meraih gelar Piala Dunia Antarklub akhir tahun lalu.

Alih-alih berharap Madrid memberikan guard of honour, Barcelona memberikan penghormatan terhadap para pemain mereka dengan berbaris membentuk guard of honour yang dilakukan oleh para staf tim.

Entrenador Barca, Ernesto Valverde menyebut gaya guard of honour yang mereka lakukan ini merupakan usul bek Gerard Pique.

Penuh Kontroversi

Barcelona dan Real Madrid harus puas bermain 2-2 pada laga pekan ke-36 La Liga Spanyol di Camp Nou, Senin (7/5/2018) dini hari WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Dalam laga yang dipenuhi kejadian kontroversial di Camp Nou dini hari tadi, Barcelona bermain imbang 2-2 kontra Madrid.

Barca sempat dua kali memimpin lewat gol Luis Suarez dan Lionel Messi. Sementara Los Blancos juga mampu dua kali menyamakan kedudukan berkat gol Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale.

 

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inspirasi Pakai Jaket Denim dari Para Fashion Editor

Posted: 06 May 2018 08:38 PM PDT

This year is all about modification trend! Seperti salah satu fashion must have yang selalu bisa diandalkan untuk setiap kesempatan, apalagi kalau bukan denim. Jaket denim yang sangat wearable ini sudah berubah seiring dengan perkembangan trend fashion paling terkini.

Model jaket modifikasi sampai aksen logo yang dihadirkan jaman sekarang membuat jaket denim yang kasual sudah jauh lebih fashionable, dan bisa dipakai untuk acara malam yang glamor. Para bintang street style sampai fashion editor ternama dunia telah membuktikan bahwa trend jaket denim yang super chic ini cukup sesuai dipakai di berbagai kesempatan dan dinamis untuk dipadukan dengan personal style apapun.

Jaket Denim

Jaket denim yang sangat kasual bisa terlihat jauh lebih fashionable dan glamor. Bagaimana caranya? (Foto: Fimela.com)

Padukan jaket denim dengan rok midi denim yang serasi, atau jaket denim bergaya dekonstruktif dengan gaun malam bertabur motif bunga untuk kesan glamor yang sophisticated. Selalu ada cara tampil maksimal dengan jaket denim yang sekarang sudah jauh lebih trendy! Berniat mencoba?

Jaket Denim

Jaket denim yang sangat kasual bisa terlihat jauh lebih fashionable dan glamor. Bagaimana caranya? (Foto: Fimela.com)

Jaket denim juga bisa terlihat unik dengan aksentuasi kerut yang akan menambah pernyataan pada gaya Anda. Tak hanya itu saja, paduan celana denim akan meberikan kesan klasik yang stylish

Sumber: Fimela.com

Oleh: Wisnu Genu

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Lelang 6 Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus pada Juni

Posted: 06 May 2018 08:30 PM PDT

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana melelang enam wilayah pertambangan pada bulan depan. Pemerintah akan memprioritaskan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) mengelola wilayah pertambangan tersebut.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Bambang Gatot mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian ESDM  akan melelang enam wilayah pertambangan yang sudah pernah digarap pada bulan depan, dengan status Wilayah Izin  Usaha Pertambangan Khusus (WIUPK). "Bulan depanlah. Jumlah akan dilelang WIUPK 6‎,‎" kata Bambang, di Jakarta, Senin (7/5/2018).

Sebelum dilelang, WIUPK akan ditawarkan ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terlebih dahulu.  Hal ini sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang mineral dan batu bara.

"Berdasarkan Undang-Undang harus penawaran dulu, jadi nanti kita penawaran dulu ke BUMN BUMD," ujar Bambang.

Bambang melanjutkan, jika BUMN atau BUMD tidak meminati WIUPK yang ditawarkan pemerintah pusat, WIUPK tersebut akan dilelang secara umum. Sementara jika ada BUMN dan BUMD yang meminati satu wilayah izin usaha pertambangan khusus secara bersamaan maka juga akan dilakukan lelang ‎dengan peserta keduanya.

"Kalau meminta lebih dari satu nanti dilakukan lelang‎ antara BUMN BUMD. Tapi kalau enggak ada lolos semua nanti dilelang secara umum,‎" ujar Bambang.

 

Wilayah Kerja Pertambangan yang Dilelang

Ilustrasi Foto Pertambangan (iStockphoto)

Untuk diketahui, wilayah kerja pertambangan yang dilelang adalah hasil penciutan atas amendemen kontrak pertambangan‎ mineral, lima wilayah bekas pemegang Kontrak Karya‎ (KK) dan satu wilayah bekas Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) 

‎Enam wilayah pertambangan tersebut adalah:

1. Daerah Latao, Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Kolaka Utara, luas 3,148 ha, komoditas nikel

2. Daerah Suasua, Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Kolaka Utara, luas 5,899 ha, komoditas nikel

3. Daerah Matarape, Sulawesi Tenggara, Kabupaten Konawe Utara, 1,681 ha, komoditas nikel

4. Daerah Kolonodale, Sulawesi Tengah, Kabupaten Morowali Utara, 1,193 ha, komoditas nikel

5. Daerah Bahodopi Utara, Sulawesi Tengah, Kabupaten Morowali, 1,896, komoditas nikel

6. Daerah Rantau Pandan, Jambi, Kabupaten Bungo, 2,826 ha, komoditas batu bara.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marquez Heran Tak Jatuh di Tikungan 12 MotoGP Spanyol

Posted: 06 May 2018 08:30 PM PDT

Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, keluar sebagai pemenang MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (6/5/2018). Padahal, pembalap asal Spanyol itu mengawali lomba dari posisi kelima.

Di awal balapan MotoGP Spanyol, Marquez mengaku sangat sulit melewati pembalap Ducati yang memimpin balapan, Jorge Lorenzo. Namun, Marquez melihat kelemahan Lorenzo.

Ya, Lorenzo terlalu cepat memutuskan untuk melakukan pengereman saat menikung. Hasilnya, Marquez berhasil melewati Lorenzo di lap kelima.

"Saya cerdas melewati beberapa pembalap di awal lomba. Tapi sulit dan saya menyadari hampir tidak mungkin menyalip Lorenzo," katanya, dikutip dari Motor Sport.

"Namun, dia terlalu cepat mengerem, keluar sedikit di setiap tikungan. Kemudian saya jadi bergairah. Ketika saya melihat bannya mulai turun, saya berkata: 'Oke, sekarang saatnya memimpin balapan dan membuat jarak'," ujar juara MotoGP musim lalu itu.

Nyaris Jatuh

Aksi pembalap Repsol Honda, Marc Marquez saat balapan di MotoGP Spanyol. (JAVIER SORIANO / AFP)

Setelah melewati Lorenzo, Marquez tak tersentuh hingga balapan. Namun, pembalap berusia 25 tahun itu mengungkapkan dirinya hampir terjatuh di tikungan ke-12.

Marquez mengaku melindas kerikil dan motornya sudah mencium aspal, tapi dia heran tak terjatuh. Padahal, tikungan itu membuat pembalap Honda lainnya, Thomas Luthi, terjatuh.

"Saya tidak tahu kenapa masih ada di motor. Saat di tikungan ke-12, kecepatan saya sekitar 220 hingga 240 km/jam. Saya melihat banyak batu di trek, sudah terlambat untuk mengerem," ucap Marquez.

"Kemudian, ban saya meluncur. Tapi saya bisa tetap di motor. Saya sendiri heran," kata pembalap asal Spanyol itu.

Puncak Klasemen

Kemenangan di MotoGP Jerez membuat Marc Marquez berada di puncak klasemen dengan raihan 70 poin. Dia unggul 12 angka dari rider Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco.

Klasemen MotoGP

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 70 poin

2. Johann Zarco (Movistar Yamaha) 58

3. Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 50

4. Andrea Iannone (Suzuki) 47

5. Andrea Dovizioso (Ducati) 46

6. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 40

7. Cal Crutchlow (LCR Honda) 38

8. Jack Miller (Pramac Racing) 36

9. Danilo Petrucci (Pramac Racing) 34

10. Tito Rabat (Avintia Ducati) 24

11. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 18

12. Alex Rins (Suzuki) 16

13. Franco Morbidello (Marc VDS) 13

14. Pol Espargaro (KTM) 13

15. Alvaro Bautista (Avintia Ducati) 12

16. Hafizh Syahrin (Yamaha Tech 3) 9

17 Takaaki Nakagami (LCR Honda) 9

18. Aleix Espargaro (Aprilia) 6

19. Mika Kallio (KTM) 6

20. Jorge Lorenzo (Ducati) Ducati 6

21. Scott Redding (Aprilia) 5

22. Bradley Smith (KTM) 3

23. Karel Abraham (Aspar Racing) 1

24. Thomas Luthi (Marc VDS) -

25. Xavier Simeon (Ducati) -

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Opick - Via Vallen Terlibat dalam Album Religi 'Ramadhan Penuh Cinta'

Posted: 06 May 2018 08:30 PM PDT

Bulan Ramadan yang sebentar lagi akan menjelang membuat label musik Jagonya Musik & Sport (JMSI) merilis sebuah album kompilasi religi. Menariknya, banyak penyanyi akan terlibat dalam album berjudul Ramadhan Penuh Cinta itu. Musikus yang terlibat antara lain Opick, Sandhy Sondoro, Via Vallen, Snada, Debu, Virgoun, Sabyan, Kanda Brother, dan Aura Gutawa.

Mereka nantinya akan membawakan satu buah lagu. Sedangkan Opick menyumbangkan dua lagu religi berjudul "Syukur Atas Kurnia" dan "Karenamu". Dua buah lagu tersebut akan dibawakan dengan cara yang berbeda.

"Pokoknya ini album yang bagus yah karena didukung banyak penyanyi. Cuma saya bawakan satu lagu yang cara menyanyinya yang nggak biasa kalian dengar, kayak lebih ngerap, lebih groove. Insyaallah ini jadi satu sumbangsih yang baik bagi musik Indonesia," kata Opick di KFC Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (4/5/2018).

Anak Erwin Gutawa, yakni Aura Gutawa, juga akan terlibat dalam album ini. Penyanyi cilik itu akan berkolaborasi dengan sang ayah, Erwin Gutawa.

Erwin Gutawa mengatakan, keterlibatan sang anak di album kompilasi ini dijadikan sebagai pembuktian diri Aura. Menurutnya, jika lagu yang dinyanyikan sang anak ini sukses, Erwin Gutawa akan membuatkan lagu lagi di luar religi.

"Tentunya nanti akan dilihat perkembangannya. Kalau emang jalan terus, ya pasti akan dilanjutkan dari karya-karya Aura. Mungkin ada single lain yang bukan religi," ucap Erwin Gutawa.

Dalam album Ramadhan Penuh Cinta terdiri atas 10 lagu bertema Islami. JMSI berharap album tersebut nantinya akan menjadi renungan dan introspeksi para pendengar muslim.

Sumber: Fikri Alfi Rosyadi/Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Landasan Pendek dan Dikelilingi Gunung, Ini Dia Bandara Paling Bahaya di Dunia

Posted: 06 May 2018 08:30 PM PDT

Selain menjadi kawasan yang terkenal sangat sibuk karena menjadi tempat masuk dan keluar utama bagi para pendaki Gunung Everest, Lukla juga merupakan bandara yang dianggap paling berbahaya di dunia. Meski pernah direnovasi pada 2001, nyatanya landasan pacu bandara ini hanya 527 meter.

Landasan bandara yang pendek tentu sangat berisiko bagi pilot karena dirinya memiliki ruang yang terbatas terbang landas maupun saat mendarat. Tak hanya itu, lokasi bandara yang berada di ketinggian 2.895 meter di atas permukaan laut menjadi tantangan lainnya. Semakin tinggi lokasi bandara, semain rendah densitas udara, sehingga pesawat perlu mendarat dengan laju yang lebih cepat.

 

Pegunungan Curam

Foto: Kogo/ WikiCommons

Menurut informasi yang dikutip dari laman Theculturetrip, Minggu (6/5/2018), bandara ini juga dikelilingi oleh pegunungan yang curam. Dengan lingkungan bandara yang sangat ekstrem, Lukla dinobatkan sebagai bandara paling berbahaya di dunia. Pilot mau tidak mau harus mampu menghindari kesalahan sekecil apa pun.

 

Cuaca Ekstrem

Pemandangan Gunung Himalaya, Gunung Kangtega (ketinggian 6782 meter) dari desa Khumjung di wilayah Everest, sekitar 140km timur laut Kathmandu (16/4). (AFP Photo/Prakash Mathema)

Yang lebih parah, cuaca di sekitar bandara juga kerap berubah secara konstan dan laju awan bisa menjadi sangat ekstrem, yang bisa menyebabkan turbulensi besar. Jika Anda berencana mendaki Gunung Everest, coba pikirkan sekali lagi jika ingin terbang melalui bandara ini. Anda mungkin bisa mempertimbangkan dengan berkendara daripada terbang. Meski memakan waktu lebih lama, setidaknya itu lebih baik daripada terbang melalui Lukla.

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Poster Redmi S2 Ungkap Kemampuan Smartphone Jagoan Selfie Xiaomi

Posted: 06 May 2018 08:30 PM PDT

Xiaomi dikabarkan akan merilis smartphone seri Redmi terbarunya, Redmi S2 dalam sebuah acara di Nanjing, Tiongkok.

Redmi S2 merupakan seri Redmi terbaru dan belum diketahui fitur apa saja yang dibenamkan Xiaomi ke dalamnya.

Namun lewat sebuah poster yang dipublikasikan perusahaan, beberapa fitur yang diunggulkan Redmi S2 tampak jelas diperlihatkan. Rupanya dari poster tersebut diketahui Redmi S2 mengunggulkan kamera sebagai nilai jualnya.

Mengutip laman Gizmochina, Senin (7/5/2018), Xiaomi juga akan menghadirkan mode AI Portrait serta AI Beauty. Artinya, kamera Redmi S2 akan disokong dengan teknologi kecerdasan buatan untuk kameranya, terutama kamera depan.

Secara desain, perangkat Redmi S2 ini merupakan model yang memiliki banyak kemiripan dengan Mi 6X yang belum lama ini dirilis. Tidak hanya secara fisik, fitur AI yang ada di Mi 6X juga akan hadir pada Redmi S2.

Mode Portrait berbasis teknologi AI akan meningkatkan kemampuan kamera depan untuk membuatnya lebih akurat dan menghadirkan blur yang lebih baik di bagian latar.

Selanjutnya, kamera depan Redmi S2 juga didukung dengan AI Beauty yang memiliki kemampuan untuk mengenali make up di wajah pengguna wanita sekaligus mempercantik foto sembari tetap melindungi riasan bibir dan detail warna pulasan mata.

Spesifikasi

Poster Redmi S2 (Sumber: Gizmochina)

Menyoal spesifikasi, Redmi S2 dikabarkan punya layar HD+ (1.440 x 720 piksel) seluas 5,99 inci dengan aspek rasio 18:9. Perangkat ini juga kabarnya punya desain tipis mirip Mi 6X.

Sayangnya dengan bodi tipis tersebut, Redmi S2 kemungkinan tidak didukung jack audio 3,5mm.

Pada bodi belakangnya terdapat antena berbentuk huruf U. Kedua kamera gandanya diletakkan secara vertikal seperti smartphone-smartphone baru Xiaomi lainnya.

Tidak lupa, Xiaomi menempatkan sensor pemindai sidik jari di bodi belakangnya.

Kinerja Redmi S2 ditopang dengan chipset Snapdragon 625 berkecepatan 2.0GHz. Perangkat ini hadir dengan beragam pilihan RAM yakni 2GB, 3GB, dan 4GB juga dengan varian penyimpanan internal, 16GB, 32GB, dan 64GB.

Redmi S2 didukung dengan baterai 3.000mAh. Kamera utama smartphone ini punya resolusi 12MP dan 5MP. Untuk mendukung selfie, smartphone ini dibekali kamera 16MP.

Smartphone ini juga akan menghadirkan dukungan OS Android 8.1 berbasis MIUI 9.5. Soal warna, Redmi S2 hadir dalam balutan warna, salah satunya pink.

Rilis 10 Mei

Logo Xiaomi di depan headquarter office di Beijing. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Melalui laman Weibo-nya, Xiaomi menyebut Redmi S2 akan meluncur pada 10 Mei di kota Nanjing, Tiongkok. Bersama pengumuman itu, perusahaan juga memajang aktor Tiongkok Turbo Liu yanng memegang Redmi S2 berwarna pink.

Dikutip dari GSM Arena, Minggu (6/5/2018), Xiaomi akan memposisikan seri Redmi S sebagai model smartphone yang lebih terjangkau dari seri Redmi. Kendati demikian, spesifikasi yang diusung tak jauh berbeda.

Sebagai contoh, Redmi S2 akan menggunakan Snapdragon 625 sebagai dapur pacunya. Sementara Redmi Note 5 Pro hadir dengan model yang mirip tapi lebih baru, yakni Snapdragon 636.

Redmi S2 sendiri dipromosikan sebagai perangkat khusus selfie. Hal itu didasarkan pada penggunaan kamera depan beresolusi 16MP.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menangis di Depan Boy William, Ayu Ting Ting Curhat Soal Bilqis

Posted: 06 May 2018 08:30 PM PDT

Ayu Ting Ting dan Boy William makin akrab sejak keduanya terlibat proyek film yang diproduseri oleh Raffi Ahmad, Dimsum Martabak. Berkaitan dengan promo film tersebut, Boy William mengajak Ayu Ting Ting ngobrol dalam videonya.

Saat ngobrol bersama, Ayu Ting Ting sempat menangis ketika ditanya soal para haters. Ayu Ting Ting mengaku kalau ia biasanya cuek dan tak terpengaruh dengan hujatan haters.

Janda satu anak itu menyadari bahwa kritikan publik juga bagian dari resiko dirinya bekerja di dunia hiburan. Tak cuma memiliki penggemar, Ayu Ting Ting memang dikenal juga mempunyai banyak haters.

"Sebelum aku kayak sekarang, aku mikir ini pekerjaan yang aku pilih, risiko antara dua, disukai atau tidak disukai," kata Ayu Ting Ting saat ngobrol bareng Boy di video YouTube.

Dihujat

Ayu Ting Ting & Boy William (Youtube)

"Jadi kalau menurut aku, dihujat ada yang ngata-ngatain ya it's oke, selama ini membuat mereka bahagia, ya silakan, yang penting mereka tidak melukai anak aku, melukai orang tuaku, dan orang-orang yang aku cintai," tambahnya.

Disumpahi Mati

Ayu Ting Ting dan Bilqis (Instagram/ayutingting92)

Sayangnya warganet kerap menghujat keluarga Ayu Ting Ting mulai dari orangtua, adik hingga putrinya, Bilqis. Hal ini diakui Ayu Ting Ting sering membuat dirinya sedih. Apalagi jika haters tersebut sudah menyerang putri semata wayangnya, Bilqis.

"Kalau lu mau ngatain gue setan, atau apalah gue nggak masalah, tapi kalau udah bawa anak gue, anak gue dikataian apalah, anak gue disumpahin mati lah, keluarga gue disumpahin mati lah," katanya sambil menangis.

Berusaha Tabah

Ayu Ting Ting dan Bilqis (Instagram/ayutingting92)

Ayu Ting Ting sendiri mengaku dirinya sampai saat ini berusaha tabah menghadapi hujatan. Ia tetap berusaha keras memberikan yang terbaik untuk penggemar dan keluarganya.

"Tapi hati kecil gue yakin kalau ini udah yang terbaik yang Allah kasih buat gue, tapi di balik itu semua Allah kasih kebahagiaan yang berlimpah buat gue, kayak Allah kasih rezeki yang berlimpah buat gue dan keluarga gue," kata Ayu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komisi IX Soroti Masalah Kematian Bayi dan Gizi Buruk Babel

Posted: 06 May 2018 08:30 PM PDT

Anggota Komisi IX DPR RI Okky Asokawaty menyoroti angka kematian bayi serta masalah gizi buruk (stunting) di Provinsi Bangka Belitung (Babel). Berdasarkan data profil kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Babel, bahwa angka kematian bayi dan balita (Akaba) di Kabupaten Belitung paling tinggi di Provinsi Babel.

"Untuk kematian bayi mencapai 14 bayi per 10 ribu kelahiran, kemudian balita 12 anak per 1000 anak. Bila hal ini dibiarkan berlarut-larut, program generasi emas 2035 yang telah dicanangkan pemerintah tidak akan tercapai," ungkap Okky disela-sela Tim Kunjungan Kerja Komisi IX DPR RI menggelar diskusi dengan jajaran Pemkab Belitung, di Kantor Bupati Belitung, Lesung Batang, Babel, Rabu (2/5/2018).

Menurut Politisi PPP itu, tinggi angka kematian tersebut memiliki hubungan dengan persentase cakupan kunjungan ibu hamil yang rendah serta kurangnya tenaga bidan yang memiliki kompetensi. Ia juga mempertanyakan evaluasi program 1000 hari kehidupan hingga intervensi pihak terkait dalam menekan kasus stunting di Belitung.

"Apa yang saya temukan ternyata di Belitung ini belum ada klinik Therapeutic Feeding Centre (TFC). Karena bagaimanapun kurang gizi walaupun satu orang harus diperhatikan secara serius," ujar Okky.

Sementara ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Belitung Suhandri mengatakan program 1000 hari kehidupan sudah dilaksanakan. Siklus mulai terjadi kehamilan hingga pasca melahirkan pun telah dikawal.

"Selama menyusui ada program pemberian ASI eksklusif dan promosi menyusui terhadap ibu. Sehingga ibu tidak memberikan makanan pengganti ASI sebelun usia enam bulan," ungkap Kadinkes.

Tak berhenti sampai di situ, lanjutnya, dalam menekan angka stunting di usia balita dimonitor melalui Posyandu. Di usia anak sekokah dilakukan imunisasi, program pemberian makanan tambahan dan pemberian tablet besi. Juga ada perhatian untuk usia remaja sampai usai perkawinan.

"Semua itu kami kawal dalam menghadapi permasalahan kesehatan yang semakin kompleks," tutupnya.

 

(*)

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Habiskan 30 Ribu Burger, Pria Ini Akui Tak Punya Masalah Kesehatan

Posted: 06 May 2018 08:30 PM PDT

Seorang pria asal Wisconsin, Amerika Serikat, memiliki pola makan yang "mengerikan". Sekalipun sudah mendapatkan rekor dunia karena berhasil mengonsumsi 30 ribu burger Big Mac, ia masih belum puas.

Pria tersebut, Don Gorske, mengatakan bahwa dirinya telah memakan burger ukuran besar dengan dua roti daging sapi, saus khusus, selada, keju, acar, dan bawang pada roti biji wijen tersebut selama 46 tahun terakhir.

Di usianya yang berusia 64 tahun itu, dia mengatakan hanya ingin makan burger dari sebuah restoran cepat saji tersebut lebih banyak lagi.

"Saya suka rotinya, saya suka sausnya, saya merasa tidak pernah cukup," kata Gorske seperti dilansir dari New York Post pada Senin (7/5/2018).

Setiap harinya, Gorske mengonsumsi dua burger Big Mac.

"Saya berusaha mencapai 40 ribu. Itu akan menghabiskan 14 tahun lagi," kata pensiunan sipir penjara itu.

Gorske mulai dikenal pada 2004, setelah ditampilkan dalam film dokumenter berjudul Super Size Me. Dia memiliki obsesi pada roti yang mengandung 563 kalori itu.

Namun, dia mengatakan bahwa dirinya baik-baik saja dan tak punya masalah kesehatan apa pun.

"Saya sehat seperti kuda. Berat saya 190 pon (86 kilogram) dan kolesterol saya 165. Saya lebih baik dari rata-rata," katanya.

Simak juga video menarik berikut ini:

Membayar seperti Orang Biasa

Ilustrasi Foto Roti Burger (iStockphoto)

Sejak 17 Mei 1972, Gorske  terus menyimpan kuitansi pembelian untuk membuktikan kebiasaannya tersebut. Ini membuatnya dihadiahi rekor dunia oleh Guinness pada 2016, ketika dirinya menghabiskan burgernya yang ke-28.788.

Gorske mengaku tidak mendapatkan bayaran apa pun dari restoran cepat saji tersebut. Dia membayar seperti orang pada umumnya.

Bahkan, dia mengatakan 90 persen dari makanan yang dia konsumsi adalah burger. Sisanya, dia mengonsumsi paling tidak satu yogurt buah dari restoran tersebut dalam sehari.

Beberapa orang mengatakan bahwa dia menderita gangguan obsesif kompulsif.

"Itu bukan gangguan sama sekali. Makan Big Mac tidak memengaruhi kesehatan saya sejauh ini. Makan Big Mac adalah apa yang saya sukai," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Prajurit TNI yang Pakai Narkoba Terancam Dipecat

Posted: 06 May 2018 08:30 PM PDT

Komandan Komando Resort Militer 131 Santiago, Brigadir Jenderal Joseph Robert Giri, memberi peringatan kepada semua prajurit tni angkatan darat agar jangan coba-coba terlibat dalam narkoba ketika berkunjung ke Markas Kodim 1310 Bitung, Sabtu (05/05) sore.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Khofifah: Kita Sisir dan Seser Semua Suara di Jawa Timur

Posted: 06 May 2018 08:26 PM PDT

Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menargetkan menguasai suara muslimat di Madiun. Ia pun mengincar suara-suara kecil yang potensial memenangkan Pilkada Jawa Timur 2018.

"Kita akan memaksimalkan semua potensial pemilih. Sisir dan seser. Kalau sisir itu masih besar-besar, sedangkan seser itu yang kecil-kecil. Artinya, satupun potensial pemilih akan coba kita jangkau," ujar Khofifah di Desa Dagangan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun.

Ia menyatakan tidak akan menganggap remeh potensi-potensi suara yang diharapkan mampu menjadi faktual pada pilkada mendatang. "Untuk itu, kami tidak ingin menganggap kecil suara-suara yang ada di gunung maupun pesisir tepi laut. Pokoknya akan sisir dan seser," kata Khofifah Indar Parawansa, seperti dikutip dari Antara, Senin (7/5/2018).

Calon gubernur nomor urut satu tersebut mengklaim tren elektabilitasnya dengan pasangan Calon Wakil Gubernur Emil Dardak makin bagus. Hal itu seiring dengan optimalisasi penyapaan yang dilakukan oleh partai pengusung, relawan, dan pasangan calon sendiri.

Khofifah Indar Parawansa juga menargetkan unggul di wilayah Mataraman (eks-Keresidenan Madiun dan Kediri) pada Pilkada Jatim mendatang.

 

Turun ke Masyarakat

Khofifah Indar Parawansa menyambangi perajin Reog Ponorogo (Liputan6.com/ Dian Kurniawan0

Untuk mendapatkan dukungan maksimal di wilayah Mataraman, pasangan Emil Dardak tersebut akan turun ke lapisan masyarakat di tingkat desa agar potesi suara yang bisa diraih tidak hilang.

Khofifah berpasangan dengan Emil Elestianto Dardak mengikuti Pilkada Jatim 2018 yang dijadwalkan pada 27 Juni mendatang. Pasangan itu diusung oleh koalisi Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PPP, PAN, dan Nasdem.

Pilkada Jatim 2018 juga diikuti pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang diusung koalisi PDIP, PKB, PKS, dan Gerindra.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seminggu Jelang Puasa, Harga Bahan Pangan Terus Merangkak Naik

Posted: 06 May 2018 08:24 PM PDT

Harga bahan pangan terpantau naik di pasar tradisional pada awal pekan ini. Salah satunya seperti yang terjadi di Pasar Pondok Gede, Kota Bekasi. Beberapa pedagang sayur di pasar tersebut menyatakan harga sayur mayur masih terbilang tinggi menjelang bulan puasa. 

Pedagang sayur Wahyu (50) menuturkan kenaikan terjadi pada komoditas bawang merah dan bawang putih. Kenaikan mencapai Rp 10 ribu per kilogram (kg) untuk bawang merah.

"Bawang merah, bawang putih cutting sama-sama naik. Bawang merah naik dari Rp 22 ribu menjadi 32 ribu per kg. Kalau bawang putih naik dari Rp 30 ribu menjadi Rp 36 ribu per kg. Bawang enggak ada yang turun sama sekali," tuturnya saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (7/5/2018).

Sementara itu, Wahyu menjelaskan penurunan harga justru terjadi pada komoditas cabai. Penurunan harga hanya terjadi untuk jenis cabai rawit merah. Harga cabai rawit merah turun sekitar Rp 8 ribu per kilonya. Sedangkan cabai keriting merah loncat Rp 7 ribu per kg. 

"Cabai rawit merah turun dari Rp 30 ribu per kg menjadi Rp 22 ribu per kg. Kalau cabai keriting merah tetap naik dari Rp 28 ribu menjadi Rp 35 ribu per kg," ujarnya.

Pedagang sayur lain Sitorus (45) pun mengungkapkan hal yang sama. Penurunan terjadi pada komoditas cabai.

"Cabai rawit merah turun Rp 5 ribu per kg, dari Rp 30 ribu sekarang menjadi Rp 25 ribu per kg. Cabai keriting merah di mana-mana naik. Sekarang dari pasar induk sudah Rp 23 ribu per kg, kita jualnya Rp 35 ribu per kg," tutur Sitorus.

Sitorus juga menambahkan kenaikan harga juga terjadi pada komoditas sayuran lainnya. Ia mengungkapkan hampir semua sayuran di pasar mengalami kenaikan pada minggu ini.

"Wah semua pada naik sekarang (harga bahan pangan). Kol, wortel, daun bawang, naik semua. Yang masih normal cuma kentang saja sekarang," ujarnya.

 

Jelang Puasa

Aktifitas jual beli di pasar (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Harga tomat naik dari 8 ribu per kg menjadi Rp 12 ribu per kg. Timun naik dari Rp 7 ribu menjadi Rp 12 ribu per kg. Wortel Rp 10 ribu, daun bawang Rp 8 ribu.

"Ini terbilang naik. Wajar orang puasa kan pasti butuh wortel sama daun bawang, kebutuhan sehari-harinya makanya naik," terang Sitorus.

Sedangkan untuk harga kentang tetap terpantau stabil di Pasar Pondok Gede. Sitorus menjualnya seharga Rp 11 ribu per kg.

"Kentang sekarang Rp 11 ribu per kg, masih normal. Sisanya pada naik," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sylvester Stallone Bakal Main di Rambo 5, Ini Lawannya

Posted: 06 May 2018 08:20 PM PDT

Selain Rocky, aktor Sylvester Stallone juga dikenal lewat peran ikonisnya sebagai Rambo. Bahkan hingga usianya yang sudah 71, aktor bertubuh besar ini masih berniat untuk tampil sebagai Rambo. Terakhir, ia tampil sebagai karakter tersebut pada 2008 lalu.

Seperti disampaikan Movie Web, Minggu (6/5/2018), Sylvester Stallone sedang menggarap film kelima Rambo yang akan diberi judul Rambo: New Blood. Meskipun dalam film keempat ia menjadi sutradara, belum jelas siapa yang bakal mengarahkan New Blood nanti.

Ditambah, Sylvester Stallone saat ini sedang terlibat film Creed II yang disutradarai Steven Caple Jr. Syuting Rambo 5 rencananya baru akan dimulai pada September tahun ini. Nantinya, Rambo akan beraksi melawan kartel Meksiko, seperti dilansir dari Deadline.

Alur cerita film Rambo 5 berkisah pada John Rambo yang kini sudah bekerja di sebuah peternakan. Namun, putri temannya diculik hingga membuat Rambo harus melintasi perbatasan Meksiko dan berhadapan dengan kartel narkoba yang sangat kejam.

Banjir Kekerasan

Sylvester Stallone (Charles Sykes/Invision/AP)

Dari sinopsis awalnya, banyak yang menduga bahwa Rambo: New Blood akan diwarnai oleh banjir kekerasan dan pertumpahan darah. Film baru tersebut juga diperkirakan bakal sukses besar andai ditangani seperti halnya Creed yang merupakan bagian dari waralaba Rocky.

Belum Mengonfirmasi

Meraih penghargaan di usia 69 tahun tentu sesuatu yang luar biasa. Pria yang akrab disapa Sly ini mampu mengungguli para pesaingnya yang jauh lebih muda, yaitu Paul Dano, Idris Elba, Mark Rylance dan Michale Shannon. (AFP/Bintang.com)

Sayangnya, perwakilan Sylvester Stallone belum mengonfirmasi secara resmi perihal kepastian film Rambo: New Blood.

Guardians of the Galaxy Vol. 2

Sylvester Stallone pernah   tidur di terminal bus sebelum   menjadi terkenal. (ROBYN BECK /   AFP)

Sylvester Stallone pada tahun lalu sempat terlibat dalam film laga superhero Marvel, Guardians of the Galaxy Vol. 2 dan film animasi Animal Crackers. Creed II rencananya akan tayang tahun ini dan Stallone bakal kembali sebagai Rocky yang mengajari Adonis Creed, putra dari saingannya, Apollo Creed.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Total Libur Lebaran, Resmi 10 Hari!

Posted: 06 May 2018 08:17 PM PDT

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) memutuskan jumlah hari cuti bersama Lebaran 2018 tetap ikuti Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Arema Bicara Soal Teror Bonek Mania

Posted: 06 May 2018 08:15 PM PDT

Pelatih Arema FC, Joko Susilo mengaku kekalahan 0-1 timnya di kandang Persebaya Surabaya dilanjutan Go-Jek Liga 1 bersama BukaLapak salah satunya karena teror 55 ribu Bonek Mania yang memadati stadion Gelora Bung Tomo, Minggu 6 Mei 2018.

Namun dia mengatakan, teror selama 90 menit yang dilakukan oleh Bonek Mania ini sangatlah bagus dalam sepakbola Indonesia. Sebab selama ini, pelatih yang disapa Getuk ini jarang melihat kondisi seperti yang dilakukan suporter Persebaya. 

"Soal teror di lapangan bagus sekali, karena semacam ini jarang sekali, apalagi dalam stadion yang memiliki kapasitas besar," ujarnya usai pertandingan.

Meski sudah memuji soal teror yang dilakukan Bonek. Getuk tetap menilai lemparan-lemparan tak patut untuk dilakukan. Karena rivalitas permainan hanya ada di 90 menit.

"Tapi tak boleh seperti ini terus, saya pikir 90 menit sudah selesai, karena saya menilai teriakan itu wajar, kita ingin pertandingan di stadion seperti ini terus, ada banyak teror," lanjut Getuk.

Selain itu, soal lemparan ke pemain Arema dan oficial tim, Getuk tak mau mempermasalahkan ini secara lanjut. Karena hal ini kata Joko, biar jadi pembelajaran Bonek dan tim Persebaya.

"Lempar-lempar tadi menyalahi regulasi semoga ini jadi pembelajaran mereka," ujarnya.

Meski memenangi pertandingan melawan Arema FC di pekan ke 7, Persebaya terancam sanksi oleh Komdis Pertandingan. Banyak regulasi yang dilanggar dalam pertandingan yang digelar di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Minggu (6/5/2018) sore.

Aksi Bonek

Aksi Bonek Mania saat Persebaya lawan Arema (Liputan6.com/Dimas Angga)

Menurut pengamatan Liputan6.com di lapangan, Suporter loyal Persebaya, Bonekmania, yang memberikan semangat para pemain, sempat melakukan lemparan ke pemain Arema, saat akan memasuki lapangan dan berada dilapangan.

Selain itu, Bonek juga menyalakan smoke bom dan flare saat pertandingan berlangsung hingga usai pertandingan.

Pemasangan spanduk pada tribun timur serta tribun VIP, juga membuat Panpel Persebaya bisa terkena Sanksi.

Sementara, saat pertandingan berlangsung, chant bernada rasis terus bergema diseluruh tribun GBT.

Meski begitu, kedua tribun, yakni tribun utara dan selatan, berlomba-lomba memberikan aksi kreatif dengan membentangkan spanduk raksasa, serta melemparkan papper roll ribuan buah dipinggir lapangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keunikan Lembah Baliem Wamena, Berwarna Ungu Hanya pada Bulan Mei

Posted: 06 May 2018 08:15 PM PDT

Biasanya sebuah lembah dikelilingi hamparan rumput dan ilalang berwarna hijau. Namun, tidak di Lembah Baliem, Wamena. Lembah ini dikelilingi hamparan ilalang berwarna ungu. Lembah ini terletak di Kampung Parema Distrik Wesaput dan di Kampung Aikima Distrik Hubikosi. Hamparan warna ungu lainnya, ternyata juga ada di Distrik Napua dan Distrik Walesi.

Keajaiban alam ini hanya terjadi satu kali dalam satu tahun, yakni pada bulan Mei. Informasi yang dihimpun Kabarpapua.co, adalah tanaman sejenis rumput atau ilalang yang biasa disebut oleh masyarakat setempat dengan nama Lagalaga Eka atau Owasi-Wasika yang membuat keajaiban warna ungu. Keindahan alam ini diyakini masyarakat setempat mulai terjadi sekitar 1970 hingga 1980-an.

Walau belum jelas nama asli dari rumput ungu, banyak masyarakat Wamena yang tinggal di daerah Lembah Baliem, baik anak-anak atau orang dewasa mencoba memberikan nama pada rumput itu.

Misalnya, Wasiwasika berdasarkan kesamaan. Sama seperti buah keladi, nama aslinya hom, begitu juga pohon impor yang mirip dengan pohon asli wiki, kebanyakan warga Wamena menyebutnya Wikiwiki.

Masyarakat Wamena pun memiliki kebiasaan menamai sebuah benda yang baru dan menarik. Misalnya, dahulu kala masyarakat menyebut pesawat dengan anelu yang artinya suara atau wu. Wu yang juga berarti bunyi suara pesawat.

Pesona warna ungu dari rumput itupun lokasinya tak jauh dari Kota Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya. Jarak tempuhnya hanya berkisar 5-20 menit yang bisa dijangkau dengan kendaraan dua ataupun kendaraan roda empat, bahkan lokasi ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Rumput Mei, kadang masyarakat juga menyebut nama rumput itu. Rumput dengan dominan warna ungu ini hanya terjadi pada tanggal 5-14 Mei setiap tahunnya. Namun, di atas tanggal 20 Mei, rumput itu mulai berubah warnanya.

 

Baca berita menarik lainnya dari Kabarpapua.co di sini.

 

Asal Muasal Rumput Mei

Rumput Ungu hanya ditemukan di bulan Mei di sejumlah distrik di Kabupaten Jayawijaya. (KabarPapua.co/Stevanus Tarsi)

Tokoh Misionaris Katolik asal Belanda, Pater Lishout menuturkan Rumput Mei dulunya tak ada. Sama seperti tumbuhan putri malu, juga tak pernah ditemukan di Lembah Baliem.

"Tapi lihat sekarang, banyak tumbuhan putri malu tumbuh di ujung landasan Bandara Wamena hingga menuju ke Kampung Minimo," kata Pater Lishout, Minggu 6 Mei 2018.

Ia menduga justru Rumput Mei muncul di tahun 1970-an. Jumlahnya sedikit, tak terlalu banyak seperti saat ini, menyebar di mana-mana. Dirinya yakin, Rumput Mei bukan tumbuhan endemik Lembah Baliem. Bahkan, penyebaran rumput ini tak ada kaitannya dengan kehadiran para misionaris.

"Kemungkinan bibit rumput dibawa oleh roda ban pesawat kecil bagian belakang. Misalnya, pesawat jenis Cesna yang banyak menyinggahi lapangan terbang kecil di pedalaman Papua. Kondisi lapangan terbang kan banyak yang masih rumput. Bahkan, rumput-rumput di landasan itu tinggi-tinggi," ucapnya.

Fenomena rumput berwarna ungu yang hampir ramai diperbincangkan publik tiga tahun belakangan ini, tak lepas juga dari pengamatan Pater Lishout. Ia pun belum mengetahui nama resmi dari rumput ini.

"Hanya karena rumput ini berubah warna di bulan Mei, maka banyak masyarakat yang menyebutnya Rumput Mei," ucapnya.

Tokoh masyarakat Jayawijaya, Yusuf H. Molama menyebutkan Rumput Mei mulai tumbuh pada 1970-an. Ia berkisah, saat masih anak-anak dulu, rumput ini tak pernah dilihatnya.

"Saya malah menduga bibit rumput dibawa langsung oleh missionaris Belanda yang datang ke Lembah Baliem," ujarnya.

Menurutnya, setelah misionaris Belanda berada di Lembah Baliem, mulai mendirikan pos pemerintahan di Distrik Wesaput. Dari sanalah awal rumput itu tumbuh dan menyebar.

"Banyak kegunaan dari rumput ungu. Misalnya, rumput sering digunakan untuk alas kandang babi, penutup atau atap pagar. Lalu, saat rumput ini berwarna hijau kerap digunakan untuk alas makanan pada proses bakar batu," kata Yusuf.

Lebih unik lagi, Rumput Mei dipercaya bisa menyembuhkan babi yang sedang sakit. Masyarakat biasa memotong rumput ungu dan dimasukkan ke kandang babi. Percaya atau tidak, si babi yang sakit, keesokan harinya mulai pulih.

 

 

Destinasi Wisata Baru

Rumput Ungu hanya ditemukan di bulan Mei di sejumlah distrik di Kabupaten Jayawijaya. (KabarPapua.co/Stevanus Tarsi)

Fenomena Rumput Mei diyakini menjadi destinasi wisata baru di Kota Wamena. Masyarakat Wamena bahkan berbondong-bondong untuk melakukan swafoto ataupun sekadar menyaksikan perubahan warna rumput ini yang hanya terjadi pada Bulan Mei.

Komunitas Agamuasegefotografi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya yang terus mengabadikan keajaiban rumput ungu. Komunitas yang sengaja dibentuk untuk mengabadikan momen keindahan alam, khususnya di Lembah Baliem dan umumnya di Bumi Cenderawasih.

Penasihat Komunitas Agamuasegefotografi, Silvester Korwa menuturkan komunitas yang berdiri pada 2015, justru anggotanya mulai serius menggeluti keindahan alam lewat seni fotografi pada 2016.

"Salah satu yang kami abadikan adalah fenomena rumput berwarna ungu. Pemotretan pertama rumput ungu, kami lakukan di Wesaput, karena di daerah itulah spot yang paling cocok untuk dijadikan tempat wisata," jelasnya.

Hasil pemotretan rumput ungu, oleh Komunitas Agamuasegefotografi diunggah ke media sosial Facebook dengan memberi keterangan foto Rumput Mei. Alasannya, karena fenomena rumput ini terjadi pada Mei.

Sejak 2016 itulah masyarakat pencinta keindahan alam mulai mengabadikan momen itu. Sehingga pada 2017-2018, fenomena rumput ungu yang hanya terjadi pada bulan Mei sangat dinanti masyarakat Wamena.

"Jika sudah berada di akhir April, banyak masyarakat yang memperbincangkan rumput ungu. Masyarakat tak sabar ingin menikmati keindahan warna rumputnya," kata Silvester.

Kini, wisatawan yang melihat dari dekat keajaiban rumput ini bukan hanya dari Wamena, tapi juga banyak dari luar Wamena, misalnya dari Kota Jayapura dan sekitarnya dan daerah lainnya di Indonesia.

Komunitas Agamuasegefotografi berharap keajaiban alam ini menjadi potensi wisata, sehingga menambah penghasilan atau pemasukan untuk menopang perekonomian warga.

Musim Berbunga

Lina Djuswara, peneliti Botani Pusat Penelitian Biologi LIPI Bogor telah mengamati cukup lama rumput ungu ini. Warna ungu yang dihasilkan erat kaitannya dengan musim berbunga yang biasa terjadi pada bulan April, Mei, dan Juni.

"Pada musim berbunga, temperatur hujan relatif rendah dan udaranya cenderung lebih hangat. Hal ini yang menyebabkan banyak tumbuhan berbunga. Rumput Mei hanya salah satu dari sekian banyak tumbuhan yang ada. Ini fenomena yang cukup umum terjadi pada tumbuhan," jelasnya.

Menurutnya, Rumput Mei adalah jenis rumput-rumputan, sukunya Poase dan jika sudah mulai musim penghujan, maka temperatur suhu akan memanas dan langsung berbunga.

"Belum ada penelitian khusus, mengapa hanya berbunga setahun dalam sekali. Jika berbunga, rumput ini berwarna merah atau ungu. Rumput ini banyak juga ditemukan di Mimika," ujarnya.

Lina menambahkan, sejenis Rumput Mei banyak ditemukan di dataran tinggi. Jika rumput ini mulai kering, maka akan kembali ke warna aslinya, karena kemungkinan kekurangan air, sebab udara semakin panas, sehingga sulit untuk berbunga.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub: Proyek KA Bandara Adi Soemarmo Selesai Februari 2019

Posted: 06 May 2018 08:15 PM PDT

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo ditargetkan akan selesai pada Februari 2019.

"Saya tadi habis rapat mengenai KA Bandara Solo sekarang proses penyelesaian tanah. Untuk tender sudah selesai paling lambat Februari 2019 selesai," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Senin (7/5/2018).

Untuk memperlancar proses pembangunan KA Bandara Adi Soemarmo, pembebasan lahan sedang dilakukan. Koordinasi dengan beberapa pihak terkait yaitu TNI Angkatan Udara dan masyarakat.

Untuk TNI Angkatan Udara, Budi mengaku akan menjadi tugas pemerintah pusat, sedangkan dengan masyarakat akan dilakukan oleh pemerintah daerah.

Lebih lanjut Budi Karya Sumadi mengatakan pola antar moda akan terus dikembangkan untuk mendukung konektivitas dan memenuhi kapasitas pengembangan infrastruktur.

"Bandara Adi Soemarmo pada tahun lalu naik 30 persen jumlah penumpangnya, tahun depan bisa naik 30 persen lagi, PT Angkasa Pura I sudah berencana membangun Bandara Adi Soemarmo menjadi bandara dengan kapasitas yang lebih besar, menjadi 3 juta penumpang persen tahun," tutup Menhub Budi. (Yas)

 

Simak Daftar Proyek Kereta Api yang Bakal Rampung pada 2018

Sebelumnya, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mempercepat pengerjaan beberapa proyek kereta api di Indonesia. Setidaknya ada 13 proyek kereta api yang siap beroperasi pada tahun ini. 

Semua itu diawali dengan peresmian pengoperasian kereta api (KA) Bandara Soekarno – Hatta, yang dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak Perawatan dan Pengoperasian Prasarana Perkeretaapian Milik Negara (IMO) Tahun 2018.

"Setelah pelaksanaan kedua kegiatan di atas, ada 13 proyek perkeretaapian yang direncanakan akan siap operasi pada tahun 2018 ini," kata Dirjen Perkeretaapian Zulfikri di Jakarta, Selasa 23 Januari 2018.

Proyek tersebut diantaranya KA Bandara Internasional Minangkabau di Sumatera Barat sepanjang  kurang lebih 26 kilometer (km). Proyek ini rencananya akan beroperasi pada Maret 2018. 

Kemudian proyek Jalur Ganda KA lintas Prabumulih – Kertapati, Sumatera Selatan sepanjang 85 km. Kemudian dilanjutkan dengan pengoperasian Jalur Ganda KA lintas Martapura – Baturaja, Sumatera Selatan sepanjang ±32 Km pada April 2018.

Memasuki rentang waktu bulan Juni hingga September 2018, untuk pertama kalinya di Indonesia, akan dioperasikan 2 proyek LRT dalam waktu yang hampir berdekatan pada Juni 2018. Proyek tersebut, yaitu LRT Sumatera Selatan sepanjang 23,4 Km dan LRT DKI Jakarta (Jakpro) sepanjang 5,8 Km.

Kemudian, dalam rangka mendukung KEK Sei Mangkei di Sumatera Utara, akan dioperasikan Jalur kereta menuju pelabuhan pada lintas Bandar Tinggi – Kuala Tanjung sepanjang 21,5 km.

Beralih ke Wilayah Jabodebek, tepatnya di bulan September 2018, dalam rangka mendukung pengoperasian DDT lintas Manggarai – Cikarang, akan dioperasikan 5 Stasiun baru, yaitu : Stasiun Kranji, Stasiun Cakung, Stasiun Klender, Stasiun Klender Baru dan Stasiun Buaran. Selain itu, juga turut dioperasikan Dipo Kereta Api Cipinang.

Zulfikri menambahkan, yang teristimewa dan yang sudah ditunggu oleh masyarakat, khususnya yang berada di wilayah Sulawesi, adalah pengoperasian Jalur KA segmen Barru – Palanro sepanjang 44 km.

"Hal ini menjadi momen yang bersejarah, karena setelah sekian lama dinantikan, pada bulan Oktober 2018, angkutan Kereta Api akan kembali beroperasi di wilayah Sulawesi," kata dia.

 

Proyek Lain

Daops 3 Cirebon menyatakan rata-rata tiket ketersediaan tiket kereta api Lebaran di masih tersedia 50 persen. Foto : (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Sementara itu, pada rentang waktu November hingga Desember 2018, pemerintah berencana mengoperasikan Jalur Ganda KA lintas Selatan Jawa secara parsial/per segmen.

Segmen yang akan dioperasikan pada tahap awal, yaitu: segmen Madiun – Jombang, Jawa Timur sepanjang ±84 km dan segmen Solo - Kedungbanteng, Jawa Tengah sepanjang ±42 km.

Kemudian, juga akan dioperasikan KA Bandara Adi Soemarmo sepanjang ±13,5 km. Dan terakhir untuk wilayah Jawa, tepatnya di Provinsi Banten, Pemerintah akan mengoperasikan jalur ganda KA segmen Maja – Rangkasbitung sepanjang ±17 km.

Tidak hanya di Pulau Jawa, beralih kembali ke Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Sumatera Utara, akan siap dioperasikan Jalur KA layang (elevated track) lintas Medan – Bandar Khalifah sepanjang ±10 km, serta pengoperasian Jalur KA pada lintas Binjai – Besitang sepanjang ±80 km.

"Segenap jajaran Ditjen Perkeretaapian sedang bekerja keras untuk dapat merealisasikan pengoperasian berbagai proyek perkeretaapian sesuai dengan target yang telah direncanakan.

Adapun Pagu Anggaran Ditjen Perkeretaapian sebesar Rp 17,7 triliun akan digunakan secara maksimal serta efisien untuk merealisasikan proyek tersebut," dia menandaskan.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karakter Wanita di Avengers: Infinity War Ini Hidup Lagi di Avengers 4?

Posted: 06 May 2018 08:10 PM PDT

Avengers: Infinity War telah menyisakan kesedihan cukup mendalam di akhir film. Beberapa karakter digambarkan tewas mengenaskan maupun menghilang secara tiba-tiba. Namun belakangan ini, laman Movie Web, Sabtu (5/5/2018), membeberkan beberapa hal mengejutkan.

Mereka menyampaikan bahwa dalam Avengers: Infinity War, seorang karakter yang digambarkan tewas, ternyata tak benar-benar kehilangan nyawanya. Bagi yang belum menontonnya, ada baiknya berhenti membaca sampai sini, karena tulisan-tulisan selanjutnya mengandung spoiler besar.

Seperti diketahui, Avengers: Infinity War memperlihatkan adegan ketika Gamora tewas setelah dijatuhkan dari atas tebing oleh Thanos demi bisa mendapatkan Soul Stone alias Batu Jiwa.

Informasi dari sutradara Avengers: Infinity War, Russo Bersaudara, menyebutkan bahwa Gamora ternyata terperangkap di dalam Batu Jiwa. Sebuah foto yang bocor juga memperlihatkan keterlibatan sang pemeran, Zoe Saldana, untuk kembali di Avengers 4. Namun, tak ada informasi apakah Gamora akan kembali tampil di Guardians of the Galaxy Vol. 3.

Mantis

Guardians of the Galaxy di Avengers: Infinity War. (Marvel Studios/Disney)

Sebelumnya, karakter wanita lain, Mantis yang diperankan Pom Klementieff, dipastikan bakal terlibat lagi dalam film ketiga Guardians itu. Pemeran Star-Lord, Chris Pratt, mengonfirmasi dirinya dan Pom sedang bersiap-siap untuk syuting Guardians of the Galaxy Vol. 3.

Padahal, kita ketahui bahwa kedua karakter Guardians itu bersama Drax dan Groot, menghilang akibat aksi Thanos di klimaks film.

Valkyrie

Valkyrie di Thor: Ragnarok. (Marvel Studios)

Selain Gamora dan Mantis, fans juga dibuat penasaran dengan nasib karakter wanita lain, yaitu Valkyrie yang diperankan Tessa Thompson. Ia tak kunjung diperlihatkan dari awal hingga akhir Infinity War.

Sempat beredar kabar dari Tessa bahwa karakter Thor: Ragnarok itu masih hidup dan ia sedang mabuk di bar saat Thanos menyerang kapal Asgard di awal film Avengers: Infinity War.

Dalam kabar terbaru dari Movie Web, beberapa karakter yang tak muncul di Avengers: Infinity War, dipastikan bakal memiliki peranan penting dalam Avengers 4, termasuk Valkyrie. Karakter lainnya adalah Clint Barton alias Hawkeye, Scott Lang alias Ant-Man, Hope van Dyne alias Wasp, Hank Pym, dan Janet van Dyne.

Avengers 4

Para pemain film Avengers Infinity War dan sekuelnya. (Facebook - Marvel Cinematic Universe)

Sementara Avengers: Infinity War masih tayang di bioskop, Avengers 4 sudah dalam tahap pasca-produksi. Film tersebut disiapkan untuk tayang pada Mei 2019 mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peran Pesantren Dalam Pembangunan Ekonomi Masyarakat

Posted: 06 May 2018 08:10 PM PDT

Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi pusat perekonomian ekonomi Islam dunia. Selain di dukung oleh besarnya jumlah penduduk muslim, Indonesia juga memiliki faktor pendukung lain yang strategis bila dibandingkan dengan negara lain yaitu faktor adanya lembaga pendidikan Islam tradisional berupa Pondok Pesantren. 

Dalam perjalanannya pesantren ternyata tidak hanya berkutat dari satu kitab ke kitab. Pesantren bukan lagi terbatas menjadi tempat pendidikan ajaran islam saja. Namun, peran-peran ekonomi banyak dilakukan oleh pesantren dengan segala pola adaptasinya, salah satunya adalah sebagai pusat pengembangan ekonomi kerakyatan atau ekonomi umat.

Namun, pada kenyataannya dengan potensi yang demikian besar sampai saat ini ekonomi Islam masih belum mampu bersaing dengan sistem ekonomi konvensional. Indonesia masih tertinggal dari Negara-negara lain, terutama Negara tetangga Malaysia.

Hal ini yang membuat Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional, Soetrisno Bachir dalam diskusi bersama santri di Pondok Pesantren tebuireng Jombang, Jawa Timur, menekankan pentingnya peran pondok pesantren dalam pembangunan ekonomi Indonesia.

Menurut Soetrisno Bachir, sosialisasi langsung kepada masyarakat khususnya santri yang perlu dilakukan dan dibarengi dengan edukasi mengenai pentingnya berekonomi dengan menggunakan sistem ekonomi Islam. Pasalnya tanpa adanya sosialisasi dan edukasi, mustahil dapat mengubah pandangan masyarakat akan pentingnya berekonomi dengan menggunakan sistem ekonomi yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Dalam hal ini, peranan pondok pesantren sebagai lembaga dakwah dan pendidikan Islam menjadi sangat krusial, di mana sebagian besar masyarakat muslim Indonesia masih menganggap pondok pesantren dengan kyainya sebagai referensi utama dalam kehidupan keberagaman maupun kemasyarakatan.

Dengan potensi dan integritas pondok pesantren yang tinggi dimata sebagian besar masyarakat Indonesia, maka tidak ada salahnya strategi pengembangan ekonomi Islam bisa dimulai dari pemberdayaan pesantren yang secara kuantitas maupun kualitas memiliki semua yang dibutuhkan dalam akselerasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dalam hal kuantitas, setidaknya jumlah pondok pesantren di Indonesia tersebar hampir disetiap penjuru tanah air dari sabang sampai merauke. Sementara dari segi kualitas, kyai maupun santri pondok pesantren memiliki keunggulan dalam bidang pemahaman teori dan konsep-konsep ekonomi Islam yang mumpuni.

Soetrisno Bachir juga menekankan, saat ini dunia pesantren membutuhkan optimalisasi pendidikan di bidang ekonomi syariah. Hal ini perlu dilakukan agar pendidikan pesantren tetap up to date dengan perkembangan zaman dan mempunyai kekuatan adaptif terhadap kebutuhan masyarakat.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panduan Gaya dengan Pakaian Berbahan Suede

Posted: 06 May 2018 08:10 PM PDT

Jaket kulit sudah biasa, bagaimana kalau pakai rok kulit suede untuk tampil menawan sepanjang musim semi sekarang!

Bukan hanya tas dan sepatu saja, tapi pakaian dari bahan kulit suede yang chic sedang jadi incaran musim semi kali ini. Tonjolkan penampilan luar biasa stylish dari inspirasi para bintang street style yang mengolah pakaian jenis ini jadi terlihat lebih ringan dan sangat wearable.

Rok Midi

Punya baju berbahan suede namun bingung cara memakainya agar terlihat gaya? Simak berikut ini. (Sumber: Fimela.com)

Rok midi yang terkesan selalu feminin ini pun sekarang muncul dalam bahan suede yang chic. Untuk kesan effortless, cukup padukan dengan blouse berlengan panjang, atau kemeja kebesaran yang sedang IN sekarang. Pilih dalam potongan rok midi belahan tinggi, sampai aksen kantong super besar di bagian depan.

Kemeja Suede

Punya baju berbahan suede namun bingung cara memakainya agar terlihat gaya? Simak berikut ini. (Sumber: Fimela.com)

Kemeja bergaya koboi dalam bahan suede yang stylish bisa maksimalkan penampilan. Coba tiru gaya fashionista sejati, Olivia Palermo dalam kombinasi suede on suede. Kemeja dan rok midi potongan rumbai-rumbai yang seketika membuat penampilan berubah luar biasa dramatis.

Oleh: Wisnu Genu

Sumber: Fimela.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Istilah Asuransi Mobil All Risk, Seperti Apa?

Posted: 06 May 2018 08:08 PM PDT

Saat membeli sebuah mobil, salah satu hal yang dipertimbangkan adalah jenis asuransi mobil yang ingin digunakan pada kendaraannya.

Saat itu, pemilik punya harapan bahwa mobilnya akan diurus jika terjadi sesuatu, misalnya perbaikan karena kecelakaan, karena biayanya pasti besar jika ditanggung langsung.

Di sisi lain, banyak asuransi menawarkan layanan "all risk". Asumsinya pun mobil diurus penuh dalam kondisi dan sebab apa pun. Namun, Direktur Mandiri Tunas Finance Arya Suprihadi mengingatkan konsumen untuk tidak salah tangkap.

"Jadi sebenarnya bahasa yang sering salah adalah dalam asuransi kendaraan tidak pernah disebut all risk. Yang ada adalah komprehensif, yakni ada tambahan lagi, entah untuk gempa bumi, banjir, membuat seolah-olah menjadi all risk kalau mereka membeli lengkap," ujarnya.

Jika konsumen tidak membeli tambahan-tambahan dalam program asuransi mobil yang ditambahkan, sebenarnya istilah yang tepat untuk itu adalah komprehensif.

Selanjutnya

Penjelasan itu sendiri tidak segamblang TLO atau total lost only. Pada TLO, penggantian total akan diberikan jika kerusakan sudah melewati batas tertentu.

"Kalau TLO atau total lost only mungkin lebih gampang ya. Kalau di atas 75 persen kerusakan mungkin sudah dianggap TLO, atau ketika hilang dicuri.

Partial lost dan TLO yang bergabung menjadi satu, di luar gempa bumi, banjir, kerusuhan, menurut dia adalah asuransi yang bersifat komprehensif.

"Nah orang sebutnya all risk. Padahal asumsi orang, all risk adalah semua sudah ter-cover," ujarnya.

Reporter : Dimas Wahyu

Sumber : Otosia.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: