Senin, 21 Mei 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kekasih Dukung Nikita Willy Syuting Adegan Berbahaya

Posted: 21 May 2018 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nikita Willy kembali melakoni adegan berbahaya di film terbarunya yang bertajuk Alas Pati. Menariknya, Nikita Willy enggan menggunakan stuntman sebagai pengganti aktingnya.

Selain menyukai hal-hal yang memacu adrenalin, Nikita Willy ingin meningkatkan kualitas dirinya sebagai seorang aktris. Bahkan ketika akhirnya mendapati luka memar dan berdarah di bagian-bagian tubuhnya, ia tidak mengeluh sama sekali.

"Dari awal sampai syuting selesai aku enggak pakai stunt in. Cedera banyak selama syuting, ada biru-biru, luka tergores, cuma itu sudah biasa. Aku merasa syuting seperti ini membuat aku semakin kuat sebagai seorang aktris, jadi enggak banyak mengeluh," ucap Nikita Willy ditemui di Metropole XXI kawasan Pegangsaan, Jakarta Pusat, Senin (21/5/2018).

Salah satu adegan berbahaya dalam film besutan Jose Poernomo itu ketika Nikita Willy diplot terjebak dalam mobil yang tenggelam di air. Di mana dalam kondisi mata minus, pelantun tembang "Ku Tetap Menanti" ini benar-benar melakoni adegan underwater seorang diri.

Mata Minus

Nikita Willy. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Mobilnya benar-benar dilepas di air dan aku harus keluar dari mobil itu tanpa bantuan siapa pun. Itu syutingnya dari jam 11 malam sampai jam enam pagi, selama empat hari mengerjakan adegan underwater itu. Jadi menurut aku tantangannya berat banget karena aku harus akting, harus tahan napas juga, terus panik juga karena gelap dan mataku minus," kenangnya.

Disetujui Ibu dan Kekasih

Nikita Willy

Kenekatan tersebut mendapat persetujuan dari orangtua, juga kekasih Nikita saat ini yaitu Indra Priawan. "Dia (Indra) tahu saya wanita kuat. Jadi dia kayak 'lakukan apa pun itu'," tutup Nikita seraya mengulas senyum. (Abbas Aditya/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjaga Kampus Ditemukan Tewas di Auditorium Universitas Muhammadiyah Palembang

Posted: 21 May 2018 10:38 PM PDT

Patroli, Palembang - Seorang penjaga malam Universitas Muhammadiyah Palembang, Sumatera Selatan, ditemukan tak bernyawa disalah satu ruangan kampus. Saat ditemukan, jasad korban telah membusuk dan ditemukan sejumlah luka.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Selasa (22/5/2018), jenazah Abdus Somad pertama kali ditemukan oleh salah seorang petugas keamanan kampus bernama Arifin.

Saksi yang saat itu sedang melintas curiga mencium bau busuk dari salah satu ruangan di gedung auditorium kampus.    

"Saya manjat di pintu terali, saat menengok saya lihat mayat terlentang dan hanya melihat setengah badan," ujar Arifin.   

Meski ditemukan beberapa luka di tubuhnya, polisi belum berani menyimpulkan penyebab pasti kematian.  "Untuk sementara belum bisa kita pastikan. Tunggu penyelidikan," kata KA Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Palembang Ipda Riduansyah.   

Guna kepentingan penyelidikan, jenazah Abdus Somad dibawa polisi ke Rumah Sakit Bhayangkara Palembang untuk dilakukan autopsi. Sementara itu, saksi diminta keterangannya di Mapolresta Palembang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketemu Santri, Menperin Ajak Pesantren Kembangkan Industri Digital

Posted: 21 May 2018 10:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pondok pesantren di seluruh Indonesia menjadi ekosistem dalam penumbuhan wirausaha industri baru.

Upaya ini sebagai salah satu strategi nasional yang tengah dijalankan untuk memasuki era revolusi industri keempat sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0.

"Dalam implementasi ekonomi digital itu yang penting di antaranya adalah membangun ekosistem. Jadi, pondok pesantren ini yang perlu kita bidik karena memiliki basis dan potensi besar untuk menggerakkan perekonomian nasional," ungkap Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto pada acara bertema Program Penumbuhan Wirausaha Baru di Pondok Pesantren di Surakarta, Senin (21/5/2018) petang.

Dia menjelaskan, pihaknya aktif menyosialisasikan penerapan revolusi industri 4.0 sebagai suatu perubahan yang bisa membawa peluang atau kesempatan bagi siapapun yang mempunyai talenta termasuk santri.

"Era ini bukan sesuatu yang mengkhawatirkan seperti terjadinya disrupsi. Oleh karena itu, ekonomi digital menjadi tools atau alat dalam mewujudkan demokratisasi ekonomi," kata dia.

"Artinya, kesempatan tersebut terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia agar menjadi wirausaha yang mandiri dan tangguh. Sehingga ekonomi ini tidak hanya dimiliki oleh sebagian kelompok atau elite tertentu saja," imbuhnya.

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

 

Agen Pembangunan

Ilustrasi industri 4.0 (iStockPhoto)

Ketua Umum Partai Golkar ini, dengan jumlahnya yang cukup banyak dan tersebar di seluruh pelosok daerah, pondok pesantren memiliki peran penting sebagai agent of development yang strategis dalam pengembangan kualitas sumber daya masyarakat di pedesaan.

"Apalagi, para santri yang mayoritas adalah generasi muda ini selain berpendidikan juga memiliki integritas dan mental yang tangguh," jelas dia.

Hal tersebut sejalan dengan peta jalan Making Indonesia 4.0, dalam menghadapi revolusi industri 4.0, Indonesia akan menikmati bonus demografi selama 15 tahun ke depan atau momentum di mana jumlah penduduk bakal didominasi oleh mereka yang usia produktif (15-64 tahun) dengan mencapai 70 persen.

Kondisi ini dapat memacu kinerja ekonomi nasional semakin tumbuh maksimal, salah satunya target Indonesia menjadi negara dalam 10 besar ekonomi terkuat di dunia pada tahun 2030.

"Para santri mampu berkontribusi terhadap pembangunan bangsa dan perekonomian nasional. Maka itu, khusus di lingkungan pondok pesantren, Kemenperin telah melaksanakan program yang dinamakan Santripreneur untuk menumbuhkan wirausaha industri baru serta industri kecil dan menengah (IKM)," dia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra Yakin Pilpres 2019 Ajang Rematch Jokowi dan Prabowo

Posted: 21 May 2018 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra sepakat dengan prediksi Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais soal mustahilnya pembentukan poros ketiga. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menilai, Pemilu Serentak 2019 akan kembali menjadi arena pertarungan antara dua tokoh, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

"Jadi dengan begitu sebagaimana yang saya lihat beberapa waktu lalu memang ini adalah two horse race atau pacuan dua kuda, yang masuk di dalam gelanggang," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/5).

Melihat dinamika politik terkini, dia yakin, hanya akan ada dua poros yang akan berkompetisi di Pemilu 2019. Peluang 'rematch' antara Prabowo dan Jokowi telah sesuai dengan hasil survei yang menempatkan dua tokoh itu di posisi dua teratas.

"Kandidat untuk capres itu dari hampir semua poster, poling, survei apa jajak pendapat lah namanya itu semuanya hanya ada dua nama yang ada di atas, yaitu Pak Jokowi dan Pak Prabowo," ujarnya.

Jika muncul sosok-sosok potensial lain dalam survei, kata Fadli, nama-nama tersebut lebih layak menjadi kandidat calon wakil presiden.

"Saya kira yang lain itu lebih kepada portofolio calon wakil Presiden maupun yang lain-lain," tandas Fadli.

Di kesempatan berbeda, Politisi senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengatakan, poros ketiga di Pilpres 2019 mustahil terbentuk. Dia melihat yang bertarung di Pilpres hanya petahana Joko Widodo dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. PAN sendiri belum melabuhkan dukungan di antara keduanya.

"Berdasarkan analisa memang nanti poros ketiga itu mustahil, kemungkinan ada dua kan rematch jadi nanti pak Jokowi mencari cawapres nya nendang, pak Prabowo juga nyari cawapres yang juga nendang, biarkanlah nanti ini berdua secara gentle," katanya.

Reporter: Raynaldo Ghiffari Lubabah

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ronda Malam, Warga Sekitar Merapi dengar Suara Gemuruh

Posted: 21 May 2018 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Magelang - Masyarakat di desa terakhir lereng barat Gunung Merapi Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mengaktifkan ronda malam setelah pihak berwenang meningkatkan status aktivitas vulkanik gunung berapi itu dari normal menjadi waspada.

"Sampai Selasa dini hari ini kami masih berjaga, ronda malam, ada 25 orang saat ini yang ronda," kata seorang pemuka warga Dusun Gemer, Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang Sibang di Magelang, Selasa (22/5/2018) dini hari, dilansir Antara.

Beberapa saat menjelang pukul 02.00 WIB, mereka yang sedang ronda malam di jalan dusun setempat mendengar suara gemuruh disusul semburan material dari puncak Gunung Merapi itu. Jarak Dusun Gemer dengan puncak Gunung Merapi sekitar tujuh kilometer.

Ia mengatakan puncak Gunung Merapi terlihat dari dusun setempat meskipun tertutup kabut tipis.

Koordinator Organisasi Pengurangan Risiko Bencana Desa Srumbung, Kabupaten Magelang Ahmad Muslim mendapat informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang bahwa pada Selasa, pukul 01.47 WIB, terjadi erupsi susulan Gunung Merapi dengan tinggi kolom asap 3.500 meter condong ke barat dan berdurasi tiga menit.

Benar, kami telah mendapat informasi dan telah diteruskan kepada warga kami di sini," katanya. Desa Srumbung salah satu desa di kawasan barat puncak Gunung Merapi.

Masyarakat setempat, kata Muslim yang juga perangkat Desa Srumbung itu, juga berjaga atau mengaktifkan ronda malam setelah Gunung Merapi naik menjadi waspada.

Gunung Merapi yang kawasannya meliputi sejumlah kabupaten di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mengeluarkan letusan freatik pada Jumat pagi, 11 Mei 2018. Letusan serupa terjadi tiga kali pada Senin, 21 Mei 2018, sejak dini hingga sore hari.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta menaikkan status aktivitas vulkanik Gunung Merapi dari level normal menjadi waspada mulai Senin, 21 Mei 2018, pukul 23.00 WIB. Status aktivitas vulkanik gunung berapi dari level terendah (Level I) hingga teratas (Level IV), secara berturut-turut meliputi normal, waspada, siaga, dan awas.

Gunung Merapi menghadapi fase letusan hebat pada 2010 disusul dengan banjir lahar hujan secara intensif hingga 2011 melewati berbagai sungai dan menerjang sejumlah desa di kawasan itu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kuras Oli Transmisi Itu Penting, Ini Alasannya

Posted: 21 May 2018 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu perawatan untuk menjaga kesehatan mesin adalah rutin mengganti oli transmisi. Dan, kuras oli transmisi menjadi metode yang sedang populer belakangan ini, apalagi menjelang mudik Lebaran.

Tujuannya tidak lain tidak bukan, supaya perawatan gigi-gigi di organ satu itu semakin maksimal.

Pasalnya, kuras oli yang termasuk juga untuk gardan dan power steering berarti mengeluarkan pula sisa-sisa pelumas lama yang secara kualitas sudah jauh dari seharusnya.

Perangkat ini sendiri jika di Bengkel Tunas Toyota Bintaro menurut kepala bengkelnya, Wilhelmus Kado, disebut dengan automated flushing.

"Mereka mungkin akan tanya kenapa di-flushing. Kami akan perlihatkan hasilnya," kata dia.

 

Selanjutnya

Sebagai contoh saja, bengkelnya sudah memiliki dua tabung takar pembanding antara oli lama dan oli baru. Oli yang lama itu sudah setara pemakaian 5 tahun.

"Seperti ini contohnya. Ini kilometernya di atas 100.000 km. Setelah dikuras, dikasih satu galon. Nanti diperlihatkan ini hasilnya. Jadi ada pembedanya," ujarnya.

Alasan lain pun bersifat penting mengapa urusan oli transmisi kerap kali didengungkan.

"Kalau enggak dikuras, carinya (di tengah jalan, di tempat lain) susah," ujarnya.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra: Nama Anies Baswedan Sering Dibicarakan Jadi Cawapres Prabowo

Posted: 21 May 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gerindra tengah mencari sosok pendamping Ketua Umumnya Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden 2019. Nama Gubernur DKI Anies Baswedan, disebut-sebut paling sering dibicarakan untuk menjadi calon wakil presidennya.

Wakil Ketua Umum Gerindra, Ferry Julianto mengatakan, ini juga merujuk kepada beberapa hasil survei, yang menempatkan Anies cocok mendampingi Prabowo Subianto.

"Nama Anies Baswedan sering dibicarakan menjadi cawapres mendampingi beliau. Bahkan di lembaga-lembaga survei nama tersebut berada paling atas sebagai Cawapres," ucap Ferry kepada Liputan6.com, Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Dia juga menjelaskan nama Anies acap menjadi perbincangan antara Gerindra dengan PKS. Namun, menurut Ferry, kedua pihak belum memutuskan terpilih atau tidaknya mantan Rektor Universitas Paramadina.

"Belum kok. Karena kan proses musyawarahnya masih terus dilakukan," jelas Ferry.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Poyuono menuturkan, ada suara dari bawah di Gerindra yang menginginkan Anies mendampingi Prabowo Subianto. Dirinya merasa yakin Prabowo akan setuju.

"Keinginan di bawah itu menginginkan Pak Anies. Kalau Pak Prabowo siapa aja menunggu perintah partai. Kalau Pak prabowo menuruti partai," ungkapnya.

Dia menuturkan, jika Prabowo Subianto bersama Anies Baswedan, pasti akan menang di Pilpres 2019.

Sementara, Ketua Bidang Politik DPP PKS Pipin Sopian menegaskan partainya tidak berubah sikap soal nama calon wakil presiden selain 9 nama kader yang diajukan kepada Prabowo. Dia juga menyebut PKS dan Gerindra belum pernah membahas rencana menyandingkan Prabowo dengan Anies.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oprah Winfrey Hampir Salah Kostum di Royal Wedding

Posted: 21 May 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Oprah Winfrey menjadi salah satu deretan artis yang hadir di Royal Wedding pada Sabtu (19/5/2018) di Kapel St. George, Kastil Windsor, Inggris. Penampilan presenter kenamaan itu begitu feminin dengan dress pink dari Stella McCartney.

Ternyata, penampilan serba pink Oprah Winfrey di Royal Wedding memiliki cerita tersendiri. Di mana sebelum mengenakan dress pink itu, Oprah Winfrey nyaris melanggar peraturan ketika menghadiri Royal Wedding. Diketahui dari instagram pribadinya, Oprah Winfrey hampir mengenakan busana putih di Royal Wedding.

Nyaris salah kostum

Menurut peraturan kerajaan, tamu undangan yang hadir di Royal Wedding tidak boleh mengenakan busana serba putih layaknya busana sang pengantin. Hal inilah yang nyaris dilanggar oleh Opray Winfrey. Di mana ia baru menyadari bahwa gaun yang akan ia gunakan di Royal Wedding akan terlihat berwarna putih ketika difoto. Fatalnya, dia baru menyadari hal tersebut pada satu hari sebelum Royal Wedding di gelar.

Untuk itu, ia segera menghubungi desainer Stella McCartney untuk membuatkannya gaun. Beruntung, tim Stella McCartney mampu membuat gaun baru untuk Oprah Winfrey dalam waktu 24 jam.

"Saya ingin berterimakasih pada tim Stella McCartney karena bekerja sepanjang malam untuk menyelesaikan gaun ini karena saya salah memilih gaun. Salah warna. Sekarang saya sudah mendapatkan warna yang tepat," ucap Opray Winfrey dalam unggahan di akun sosial medianya. 

Nyaris salah kostum

Presenter Oprah Winfrey tiba untuk upacara pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle di St. George's Chapel, Windsor Castle, Windsor, dekat London, Inggris, Sabtu (19/5). (Ian West/POOL/AFP)

Opray Winfrey sangat berterima kasih atas peran yang begitu besar dari Stella McCartney. Ia melengkapi gaun blush pink dari Stella McCartney dengan topi Philip Treacy yang telah ia miliki selama lima tahun dan menambahkan beberapa fitur untuk menyempurnakan penampilannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potensi Penyebab Kanker Melanoma Bisa Dilihat dari Bentuk Tahi Lalat

Posted: 21 May 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu penyebab penyakit kanker kulit yang membuat menantu politikus Hatta Rajasa, Adara Taista meninggal dunia adalah tahi lalat.

Beberapa jenis tahi lalat diketahui bisa menjadi pertanda dari kanker melanoma. Sehingga, penting bagi Anda untuk mengetahui setiap tahi lalat yang ada di kulit serta perkembangannya.

Mengutip dari laman Skin Cancer Foundation pada Selasa (22/5/2018) dokter telah mengembangkan strategi untuk mengenal secara dini penyakit ini. Salah satunya adalah dengan cara ABCDE.

1. Asimetri

Tahi lalat yang tidak berbahaya tidaklah asimetri. Jika Anda menggambar garis di tengahnya, kedua sisinya akan sama dan simetris.

Namun, jika asimetris, bisa jadi itu pertanda pertama untuk risiko terkena kanker melanoma.

2. Border - batasan

Tahi lalat yang jinak memiliki garis batas yang jelas. Sementara, tahi lalat yang berbahaya memiliki garis batas berantakan dan tidak rata.

3. Color - warna

Kebanyakan tahi lalat berwarna cokelat gelap. Warna lain bisa menjadi pertanda melanoma. Seperti merah, putih, atau biru.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Diameter besar dan berkembang

Tahi lalat yang berbahaya memiliki ukuran lebih besar dibanding yang lainnya (iStockphoto)

4. Diameter

Tahi lalat yang tidak berbahaya memiliki diameter yang lebih kecil daripada yang tidak.

Tahi lalat dengan melanoma berdiameter lebih besar dari seperempat inci atau 6 milimeter. Namun, bisa saja lebih kecil ketika pertama kali terdeteksi.

5. Evolving - berkembang

Tahi lalat yang tidak berbahaya akan terlihat sama dari waktu ke waktu. Mulailah waspada ketika hal itu mulai berkembang dengan bentuk seperti apapum.

Temui dokter apabila ini terjadi. Perubaha seperti ukuran, bentuk, warna, elevasi, ataupu ciri lain seperti pendarahan atau gatal bisa menunjukkan bahaya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melly Goeslaw dan Suami Rebutan Ingin Meninggal Duluan, Ada Apa?

Posted: 21 May 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melly Goeslaw dan Anto Hoed tampaknya pantas disebut sebagai salah satu pasangan selebritas idaman. Bagaimana tidak, di usia pernikahan yang hampir menginjak tahun ke-25, keduanya masih memuja masing-masing.

Lantaran tak ingin hidup tanpa Anto Hoed, Melly Goeslaw bahkan tak henti memohon doa pada Tuhan agar meninggal lebih dulu dari pada suaminya.

"Kita tuh berdua ternyata punya doa yang sama, saya selalu berdoa sama Allah saya pengin meninggal duluan daripada mas Anto. Karena saya kalau ngebayangin hidup enggak ada dia, kayaknya enggak mungkin, gitu," ujar Melly Goeslaw saat ditemui di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Senin (21/5/2018).

Lucunya, Anto Hoed juga meminta hal yang sama, setiap kali dirinya berdoa. Seperti halnya Melly Goeslaw, ia juga tak ingin hidup tanpa kehadiran istrinya tersebut.

Tak Bisa Hidup Tanpa Kehadiran Satu Sama Lain

(Adrian Putra/Bintang.com)

"Ternyata dia juga gitu, kemarin saya tulis di Instagram. Allah bingung kali ya mau dengerin yang mana, karena dua-duanya minta duluan, gitu. Saking, saya enggak mau enggak ada dia. Dia juga mungkin enggak bisa enggak ada saya," sambung Melly Goeslaw.

Romantisme Dipupuk Bertahun-tahun

(Deki Prayoga/Bintang.com)

Melly Goeslaw sadar bahwa romantisme yang ditunjukkan dirinya dan suami merupakan hasil dari cinta kasih yang dipupuk sejak lama. Pasangan yang hampir selalu terlibat dalam satu proyek musik yang sama itu pun bersyukur lantaran bisa menginspirasi pasangan lain dalam menjalin hubungan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jack Ma Blak-blakan Ogah Pakai Bitcoin

Posted: 21 May 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Tianjin - Sudah bukan rahasia jika Jack Ma adalah salah satu bos teknologi yang mengaku tak tertarik dengan mata uang digital (cryptocurrency) Bitcoin.

Ya, sebelumnya pendiri sekaligus executive chairman Alibaba Group tersebut mengaku tidak tertarik sama sekali untuk mempelajari mata uang digital ini.

Pengakuan Jack Ma bahkan semakin diperkuat oleh pernyataannya yang dilontarkan belum lama ini. Ia mengungkap dirinya berada di kubu yang tidak sama sekali tertarik untuk menggunakan Bitcoin.

Dilansir South China Morning Post, Selasa (22/5/2018), Jack Ma mengungkap ranah mata uang digital sebagai 'gelembung'. Namun gelembung ini tidak berlaku sama sekali pada ranah teknologi blockchain.

"Tidak ada gelembung pada blockchain, tetapi untuk Bitcoin ada gelembung," ujar Jack Ma di gelaran World Intelligence Congres yang dihelat di Tianjin, Tiongkok, belum lama ini.

Gelembung yang dimaksud adalah kondisi siklus ekonomi pada kegiatan perdagangan ke sebuah aset dengan volume besar, sehingga kisaran harganya sangat jauh melampaui nilai intrinsik. Bitcoin, dalam kasus ini, tengah mengalami fenomena tersebut.

Walau memandang sinis bitcoin, nyatanya Jack Ma tetap optimistis dengan teknologi di balik transaksi mata uang digital, yakni blockchain. Secara pribadi, Jack Ma mengaku tertarik dengan blockchain.

Jack Ma juga berkata kalau blockchain merupakan solusi keamanan dan privasi terbaik untuk kegiatan finansial berbasis internet.

 

Pengembangan Teknologi Blockhain

Ekspresi pendiri dan ketua eksekutif Alibaba Group, Jack Ma saat menyanyikan sebuah lagu dalam Festival Musik Yunqi di Hangzhou, China (11/10). Festival ini merupakan bagian dari Konferensi Komputasi di Kota Yunqi. (AFP Photo/STR/China Out)

Namun sekali lagi, ia tidak setuju kalau teknologi tersebut diimplementasikan untuk menjalankan transaksi mata uang digital seperti bitcoin dan dapat menghasilkan uang.

"Blockchain mungkin tidak dibutuhkan media sosial, tetapi mau tak mau kita harus tetap beralih ke sana. Kalau tidak, hasilnya bisa fatal," tutup pria dengan nama asli Ma Yun ini.

"Kalau pun berhasil, aturan internasional dalam perdagangan dan finansial akan berubah total. Kami juga berupaya besar untuk mengembangkan teknologi blockchain," tandasnya.

Bagaimana pun, upaya Alibaba dalam mengembangkan teknologi blockchain kini masih terbatas pada aplikasi yang beroperasi dalam perintah ekonomi di Tiongkok untuk sekarang.

Tidak Siap Melompat ke Mata Uang Digital

Jack Ma pernah menjadi seorang guru Bahasa Inggris dengan bayaran hanya sekitar US$ 12 - US$ 15 per bulan.

Teknologi blockchain sendiri sudah diciptakan Alibaba sebagai inisiatif untuk meningkatkan kesehatan dan memberantas penjualan makanan palsu.

Lantas, ketika Jack Ma ditanyakan apakah Alibaba bersiap untuk 'melompat' dalam ranah mata uang digital, dirinya mengungkap sepertinya belum siap.

"Kami justru akan fokus pada AliPay dan teknologi-teknologi lain seperti pengembangan atau uang RMB, USD, EUR dan mata uang negara lain. Jadi sekali lagi, bitcoin memang bukan untuk saya," pungkasnya.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hati-hati, Beredar Rekaman Hoax Erupsi Merapi

Posted: 21 May 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juru bicara BNPB, Sutopo PN melalui akun twiternya memberikan keterangan tentang beredarnya video yang bisa menjadi berita hoax.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNN Bekuk 4 Gembong Narkoba Aceh, 1 Tewas Ditembak

Posted: 21 May 2018 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap bandar narkoba jaringan Aceh. Satu orang tersangka inisial N (34) dibekuk petugas BNN di depan terminal ldi Rayeuk, Jalan Raya Banda Aceh-Medan bersama 30 kilogram barang haram.

"Diketahui aksi yang dilakukan N atas perintah dan kendali F," kata Kepala BNN, Heru Winarko di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (22/5).

Dalam pengembangan yang dilakukan, petugas mengamankan F di sebuah rumah di Dusun Damai Tanjong Minjei Kecamatan Madat Aceh Timur. Saat pengembangan kasus, F melarikan diri dan melakukan perlawanan terhadap petugas, sehingga dilakukan tindakan tegas.

"Saat dibawa ke rumah sakit, tersangka F meninggal dunia," ujarnya.

Atas perbuatannya, para tersangka dikenakan Primer Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) subsider Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati.

"Ratusan ribu nyawa diselamatkan dengan pengungkapan dari kasus di atas, BNN telah menyelamatkan lebih dari 199 ribu anak bangsa dari penyalahgunaan narkoba," jelas Heru.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibrahimovic Diusir Wasit Usai Tampar Pemain Lawan

Posted: 21 May 2018 10:28 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Zlatan Ibrahimovic mencuri perhatian saat membela LA Galaxy. Penyerang asal Swedia itu tertangkap kamera menampar pemain lawan.

Pemberitaan kali ini cukup menyudutkan mantan pemain Juventus dan Inter Milan itu. Tindakan Ibrahimovic dianggap berlebihan dan memalukan sebagai pemain senior.

Peristiwa ini terjadi ketika Ibrahimovic tampil bersama LA Galaxy melawan Montreal Impact, Senin (21/4) kemarin.

Bek Montreal, Michael Petrasso menginjak kaki penyerang berusia 36 tahun tersebut pada menit ke-40. Ibrahimovic pun kemudian membalasnya dengan sebuah tamparan keras ke belakang kepala Petrasso.

Kedua pemain kemudian jatuh ke tanah dalam upaya nyata untuk memenangkan simpati wasit Ismail Elfath. Tetapi setelah peninjauan ulang kejadian melalui VAR, peristiwa sebenarnya pun terungkap.

Petrasso mendapatkan kartu kuning sementara mantan pemain Barcelona dan Manchester United mendapatkan kartu merah.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Asing Hanya Boleh Kuasai 80 Persen Saham Perusahaan Asuransi

Posted: 21 May 2018 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2018 tentang Kepemilikan Asing Pada Perusahaan Asuransi. Acara tersebut juga dihadiri oleh perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan para pelaku industri asuransi.

Sri Mulyani menjelaskan, dengan adanya peraturan baru tersebut pemerintah membatasi kepemilikan aset oleh investor asing maksimal 80 persen. Adapun aturan tersebut merupakan turunan dari aturan sebelumnya yaitu undang-undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang perasuransian.

"PP 14 ini tidak lahir secara innocent tapi legacy status yang sudah muncul dan sosialisasi ini merupakan mandat yang diberikan kepada kami saat rapat di DPR," kata Sri Mulyani.

Dia mengungkapkan, PP baru tersebut memberlakukan pembatasan dengan dasar kekhawatiran yang terjadi di industri asuransi jika semua aset dimiliki oleh investor aisng.

Berdasarkan data yang dikemukaan saat rapat bersama DPR, dia menyebutkan setidaknya ada 19 perusahaan asuransi yang lebih dari 80 persen sahamnya dimiliki oleh asing dan sebanyak 73,37 persen aset di asuransi jiwa juga merupakan milik asing.

 

Pertumbuhan Permintaan

Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)

Sebagai informasi, Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyetujui Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang kepemilikan asing pada perusahaan perasuransian.

RPP tentang batasan kepemilikan asing pada perusahaan perasuransian merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian.

Dalam peraturan tersebut, kepemilikan asing pada perusahaan perasuransian maksimum 80 persen, yang berlaku bagi perusahaan baru dan perusahaan yang kepemilikan asingnya belum mencapai angka tersebut. Sedangkan kepemilikan domestik mencapai 20 persen.

Diusulkannya peraturan tersebut dikarenakan pertumbuhan perusahaan asuransi domestik belum mampu mengejar pertumbuhan permintaan jasa asuransi dalam negeri. Sehingga, investasi asing akan bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan industri asuransi dalam negeri dengan tetap menjaga kepentingan nasional.

Lebih lanjut, peraturan tersebut menjelaskan apabila tidak terdapat investor domestik, maka tambahan modal dilakukan melalui penawaran umum saham minimum 20 persen.

Menurut data Otoritas Jasa Keuangan pada Maret 2016, terdapat 19 perusahaan perasuransian dengan kepemilikan asing melebihi 80 persen. Sebanyak 19 perusahaan tersebut, yang terdiri dari 14 perusahaan asuransi jiwa dan 5 perusahaan asuransi umum, semuanya bukan merupakan perusahaan perasuransian go public.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kaum Gothik Hitamkan Kota Leipzig

Posted: 21 May 2018 10:23 PM PDT

Peserta dengan kostum nyentrik hadir dalam Wave Gothic Festival (WGT) di Leipzig, Jerman, 19 Mei 2018. Lebih dari 150 band beraliran gothic dan subkultur gelap lainnya tampil di acara yang dihadiri peserta dari negara-negara Eropa (AP Photo/Jens Meyer)

Peserta dengan kostum nyentrik hadir dalam Wave Gothic Festival (WGT) di Leipzig, Jerman, 19 Mei 2018. Lebih dari 150 band beraliran gothic dan subkultur gelap lainnya tampil di acara yang dihadiri peserta dari negara-negara Eropa (AP Photo/Jens Meyer)

Peserta dengan kostum nyentrik memeriahkan Wave Gothic Festival (WGT) di Leipzig, Jerman, 19 Mei 2018. Festival tersebut juga menampilkan beberapa pameran dengan atribut abad pertengahan, gothic dan budaya. (AP Photo/Jens Meyer)

Peserta dengan kostum nyentrik memeriahkan Wave Gothic Festival (WGT) di Leipzig, Jerman, 19 Mei 2018. Festival tersebut juga menampilkan beberapa pameran dengan atribut abad pertengahan, gothic dan budaya. (AP Photo/Jens Meyer)

Seorang peserta dengan kostum nyentrik berpose saat hadir dalam Wave Gothic Festival (WGT) di Leipzig, Jerman, 19 Mei 2018. Untuk menarik perhatian, beberapa orang malahan berdandan ekstrim. (AP Photo/Jens Meyer)

Seorang peserta dengan kostum nyentrik berpose saat hadir dalam Wave Gothic Festival (WGT) di Leipzig, Jerman, 19 Mei 2018. Untuk menarik perhatian, beberapa orang malahan berdandan ekstrim. (AP Photo/Jens Meyer)

Peserta dengan mengenakan kostum kuda hadir dalam Wave Gothic Festival (WGT) di Leipzig, Jerman, 19 Mei 2018. Festival Wave and Goth adalah festival tahunan dunia untuk

Peserta dengan mengenakan kostum kuda hadir dalam Wave Gothic Festival (WGT) di Leipzig, Jerman, 19 Mei 2018. Festival Wave and Goth adalah festival tahunan dunia untuk

Peserta dengan kostum nyentrik memeriahkan Wave Gothic Festival (WGT) di Leipzig, Jerman, 19 Mei 2018. Lebih dari 150 band beraliran gothic dan subkultur gelap lainnya tampil di acara yang dihadiri peserta dari negara-negara Eropa (AP Photo/Jens Meyer)

Peserta dengan kostum nyentrik memeriahkan Wave Gothic Festival (WGT) di Leipzig, Jerman, 19 Mei 2018. Lebih dari 150 band beraliran gothic dan subkultur gelap lainnya tampil di acara yang dihadiri peserta dari negara-negara Eropa (AP Photo/Jens Meyer)

Sejumlah peserta dengan kostum nyentrik memeriahkan Wave Gothic Festival (WGT) di Leipzig, Jerman, 19 Mei 2018. Festival tersebut juga menampilkan beberapa pameran dengan atribut abad pertengahan, gothic dan budaya. (AP Photo/Jens Meyer)

Sejumlah peserta dengan kostum nyentrik memeriahkan Wave Gothic Festival (WGT) di Leipzig, Jerman, 19 Mei 2018. Festival tersebut juga menampilkan beberapa pameran dengan atribut abad pertengahan, gothic dan budaya. (AP Photo/Jens Meyer)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Kertajati Siap Layani Mudik 2018, Kemana Saja Rutenya?

Posted: 21 May 2018 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) bersama dengan PT Angkasa Pura II (Persero) tengah menyiapkan rencana operasi Bandara Internasional Jawa Barat yang berlokasi di Kertajati, Majalengka.

Rencananya, Bandara Kertajati ini akan beroperasi perdana dengan melayani angkutan mudik lebaran 2018.

"Nantinya pada minggu ke 3 bulan Mei kita bisa soft opening.Upayakan saat penyelenggaraan mudik Lebaran sudah grand opening," ucap Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi seperti ditulis, Selasa (22/5/2018).

Budi Karya ingin akan ada penerbangan ke lima kota melalui Bandara Kertajati. Kota-kota itu antara lain Medan, Surabaya, Bali, Makassar, dan salah satu kota di Kalimantan antara Balikpapan dan Samarinda.

Dengan jumlah penduduk Jawa Barat yang mencapai 46 juta orang, potensi BIJB sangatlah besar.

Selama ini warga Jawa Barat selalu menggunakan Bandara Husen Satranegara jika ingin menggunakan transportasi udara. Dengan kapasitas 5,6 juta penumpang per tahun, BIJB diharapkan bisa menjadi alternatif baru bagi warga Jabar.

Keunggulan yang dimiliki Bandara kertajatidiantaranya terkoneksi dengan jalan tol Cipali dan nantinya juga terkoneksi dengan kereta api.

"Jadi ini terintegrasi dengan jalan Tol Cipali, nanti di sini juga akan dibangun jalur kereta. Jadi ini akan terintegrasi antar modanya dan mampu menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Jawa Barat," tambah Dirjen Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso.

 

Contoh Proyek Infrastruktur Modern

Progres pembangunan Bandara Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Rabu (4/4/2018). (Ilyas/Liputan6.com)

Sebelumnya, Budi Karya menyatakan bahwa Bandara Kertajati menjadi proyek percontohan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Hal ini dikarenakan pembangunannya melibatkan banyak pihak dan menerapkan inovasi baru dalam hal skema pendanaan.

Budi Karya mengapresiasi kepada seluruh pihak mulai dari Pemerintah Kabupaten Majalengka yang sudah menyediakan lahan hingga BIJB yang menerapkan skema pendanaan melalui mekanisme Reksadana Dana Penawaran Terbatas (RDPT).

"Saya apresiasi semua pihak yang terlibat dalam pembangunan bandara ini. Pemda punya bandara yang begitu besar yang dikelola swasta, ditambah pendanaannya dengam RDPT, jadi lengkap. Oleh karenanya saya jadikan ini menjadi percontohan untuk bangun infrastruktur modern," kata Budi Karya pada 4 April 2018.

Namun begitu, ada beberapa hal yang menjadi pesan Menhun kepada BIJB dan PT Angkasa Pura II (Persero) yang nantinya akan mengelola bandara. Pertama, Menhub meminta operator benar-benar menempatkan para pekerja yang profesional.

Memang BIJB menyerap banyak tenaga kerja masyarakat sekitar. Namun para pekerja tersebut diarahkan untuk ditempatkan di bandara eksiating yang dikelola AP II, seperti Bandara Husen Sastranegara, Bandung.

Kedua, sebelum diresmikan, Menhub meminta untuk dilakukan uji coba lebih awal. Dengam begitu berbagai persoalan yang mengalami masalah bisa segera ditangani. Biasanya uji coba dilakukan satu minggu sebelum diresmikan, tapi Menhub meminta dua minggu sebelumnya harus sudah mulai diuji coba.

Ketiga, manajemen harus benar-benar mempersiapkan teknologi yang saling terintegrasi. Biasanya siatem integrasi ticketing dengan bagasi yang butuh perhatian khusus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ternyata Ini Penyebab Cucu Aa Gym Meninggal Dunia Secara Mendadak

Posted: 21 May 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga besar Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym tengah dirundung duka atas kepergian Gheziya Naura Khadija. Bayi perempuan itu merupakan cucu paling bungsu pendakwah kondang tersebut.

Gheziya adalah anak kedua dari Ghaitsa Zahira Shofa, putri ketiga Aa Gym dan Teh Ninih. Pada 7 Maret 2015 lalu, Ghaitsa dipersunting Maulana Yusuf.

Kepergian Gheziya yang mendadak menimbulkan tanda tanya besar di kalangan masyarakat luas. Tak ingin spekulasi negatif bermunculan, pihak keluarga akhirnya buka suara tentang penyebab wafatnya cucu Aa Gym tersebut.

"Bismillah, karena sangat berseliweran komentar tentang praduga penyebab meninggalnya de ziya.. de ziya ini meninggal secara mendadak dan tibatiba.. setelah semaleman nangis dan gak mau orangtua nya tidur," cerita Ghaida Tsurayya, anak pertama Aa Gym di Instagram pribadinya, Selasa (22/5/2018).

 

Mengaji Bergantian

Gheziya Naura Khadija, cucu As Gym. (Instagram/gdaghaida)

Melihat buah hatinya tak henti menangis, Ghaitsa dan Maulana pun secara bergantian mengaji di hadapan Gheziya. "Jadi ica dan suami secara bergantian mengaji di deket gheziya.." lanjut Ghaida.

Sayangnya, keesokan harinya Gheziya meninggal dunia usai diperiksa ke dokter. "Paginya sudah ikhtiar dibawa ke dokter krn ica khawatir, pulang lagi dan tibatiba saja berteriak lalu Allah memanggil nyawanya," paparnya.

 

Tampak Sehat

Keluarga Aa Gym sedang berduka. Cucu tercintanya, Gheziya Naura Khadija, meninggal dunia secara mendadak (Instagram/@gdaghaida)

Tidak ada tanda-tanda aneh dari diri Gheziya. Karena sehari sebelum meninggal, bayi berusia dua bulan itu masih tampak sehat dan ceria sepulang dari Yaman. Ya, Ghaitsa dan Maulana memang sempat tinggal di Yaman selama setahun sampai Gheziya lahir.

"Tidak ada demam atau sakit yang terlihat krn gheziya ini pun hari sebelumnya sangat ceria dan responsif. ketika sampai di RS kembali, ternyata gheziya sudah tidak ada," imbuh Ghaida.

 

Pembekuan Darah

Penyebab cucu Aa Gym meninggal dunia mendadak [foto: instagram.com/gdaghaida]

Ghaida lantas menyebutkan kondisi yang dialami Gheziya. "Syariatnya adalah adanya Disseminated intravascular coagulation (DIC). Karena gangguan pembekuan darah. wallohualam.."

Di sisi lain, keluarga sudah mengikhlaskan kepergian Gheziya sebagaimana sudah digariskan Tuhan. "Semua sudah ada takdirnya masing-masing.. kalau Allah bilang waktu nya sekarang, ya gak bisa di tunda tunda lagi.. bagaimanapun "caranya".. kami sekeluarga mohon teman2 utk tidak lupa lebih mendahulukan mendoakan dan menguatkan.." ungkap Ghaida.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Janji Gus Ipul Tingkatkan Ekspor Sepatu Jatim

Posted: 21 May 2018 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Mojokerto - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua Saifullah Yusuf atau Gus Ipul berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan ekspor sepatu dari Jawa Timur.

Karena, dirinya menilai, industri ini merupakan padat karya dengan mempekerjakan banyak orang di dalamnya.

"Saya berkomitmen mendorong perusahaan serupa di Jawa Timur bisa terus mengembangkan sayap di pasar ekspor," ujar Gus Ipul saat mengunjungi pabrik sepatu PT Dwi Prima Sentosa (DPS) di kawasan Ngoro, Mojokerto, seperti dikutip dari Antara, Selasa (22/5/2018).

Menurutnya, komitmen ini harus dijaga. Gus Ipul berharap, banyak daerah dapat memiliki pusat-pusat ekonomi berbasis kearifan lokal yang juga menyerap tenaga kerja setempat.

"Kami mengapresiasi perusahaan ini bisa menjangkau pasar global. Kedepan, harus semakin ditingkatkan. Pemerintah akan membantu melalui berbagai regulasi. Mulai dari peningkatan infrastruktur hingga kemudahan mendapat bahan baku hingga akses pemasaran," jelas dia.

Dalam kunjungannya, pasangan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno ini meninjau seluruh proses pembuatan sepatu, mulai dari cutting material, jahit (stiching), hingga finishing.

Sembari menyampaikan visi dan misinya, Gus Ipul melayani satu persatu permintaan swafoto hingga sekadar salaman dengan buruh pabrik.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Pabrik Sepatu Masuk Pasar Ekspor

Mendapat dukungan para kerja, Gus Ipul semakin yakin dirinya bersama Puti Guntur Soekarno mampu meraup suara maksimal.

Pada kesempatan yang sama, Manajer PT Dwi Prima Sentosa, Irawan mengatakan, perusahaannya memiliki sekitar 2.800 pekerja.

Selain di Mojokerto, kata dia, perusahaan ini juga mengembangkan pabrik di Ngawi.

"PT DPS merupakan salah satu pabrik sepatu ekspor yang memproduksi 7.500 pasang sepatu perhari," ucapnya.

Menurut Irawan, perusahaannya ini memproduksi berbagai merk sepatu ternama, di mana 80 persen di antaranya masuk pasar ekspor.

"Korea, Jepang, Jerman, hingga Perancis, adalah beberapa contoh negara yang telah menjajal sepatu produksi perusahaan ini," tutup Irawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seminggu Pascabom Surabaya, Polri Tangkap 74 Terduga Teroris

Posted: 21 May 2018 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Densus 88 Antiteror Polri gencar melakukan operasi penangkapan terhadap sejumlah terduga anggota teroris di sejumlah daerah di Indonesia. Operasi itu dilakukan pascabom bunuh diri di Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu, 13 Mei 2018 lalu.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal mengatakan, penangkapan dilakukan dalam kurun waktu 13 - 20 Mei 2018. Total ada 74 orang terduga teroris yang ditangkap dalam waktu sepekan itu.

"Ada 74 terduga teroris yang ditangkap sejak tanggal 13 sampai 20 Mei 2018. Sebanyak 14 di antaranya tewas karena melawan petugas saat proses penangkapan," ujar Iqbal melalui keterangan tertulis, Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Berdasarkan infografis yang diperoleh dari Divisi Humas Polri, penangkapan terbesar dilakukan di wilayah Jawa Timur, yakni sebanyak 31 orang. Empat terduga teroris di antaranya tewas dalam penyergapan.

Sebanyak 16 terduga teroris juga ditangkap di wilayah Banten dan DKI Jakarta. Dalam operasi itu, dua orang terduga teroris tewas. Selanjutnya, sembilan terduga teroris ditangkap di wilayah Riau. Empat orang di antaranya tewas saat menyerang Mapolda Riau.

Di wilayah Jawa Barat, Densus 88 menangkap delapan orang terduga teroris. Empat orang di antaranya tewas dalam penyergapan.

Penangkapan juga dilakukan di wilayah Sumatera Utara terhadap enam orang terduga teroris. Terakhir, penangkapan dilakukan terhadap empat terduga teroris di wilayah Lampung.

"Polri buktikan keseriusan dalam memberantas tindak kejahatan terorisme. Operasi penindakan terhadap jaringan teroris ini digencarkan Polri pascakejadian bom di Surabaya, Jawa Timur," tulis akun Instagram Divisi Humas Polri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadis Pariwisata Siap Diperiksa Polisi Soal Kasus Sembako Maut Monas

Posted: 21 May 2018 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Tinia Budiati mengaku siap memenuhi panggilan Polda Metro Jaya terkait kasus bagi sembako Monas yang mengakibatkan meninggalnya, Rizky Syahputra (10) dan Mahesa Junaedi (12).

Tinia mengaku sudah menerima surat panggilan pada Senin 21 Mei 2018.

"Sudah (surat). Nggak apa-apa, cuma jadi saksi aja kok," kata Tinia di Balai Kota Jakarat, Selasa (22/5/2018).

Tinia menegaskan tidak takut untuk menghadiri panggilan Polda Metro terkait kasus bagi sembako Monas. Dirinya akan hadir dalam pemeriksaan yang dijadwalkan Kamis 24 Mei 2018 mendatang.

"Biasa aja. Itu kan prosedur administrasi, bukan sesuatu yang momok karena apa, kita sudah me-warning kan, jadi istilahnya nggak ada yang ditakutin kecuali kalau saya salah," ujar Tinia.

Selain itu, Polda Metro Jaya juga akan memintai keterangan terhadap Kepala UPT Monas Munjirin. Pemeriksaan dijadwalkan akan berlangsung siang ini.

"Jam 13.00 WIB, Kepala (UPT) Monas kita mintai keterangan berkaitan dengan kasus itu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (22/5).

Argo pun memastikan bahwa yang bersangkutan akan memenuhi panggilan dari penyidik Polda Metro Jaya. Hal itu bisa dipastikan karena Munjirin telah menandatangani surat pemanggilan yang dikirim pihaknya ke dia.

"Sudah ditandatangan penerimanya," ujarnya.

Forum Untukmu Indonesia (FUI) sebelumnya menggelar acara bagi sembako di Monas, Sabtu 28 April 2018. Dalam kejadian tersebut, dua bocah inisial MJ (12) dan MRS (10) meninggal dunia.

Sebelum tewas, kedua anak itu sempat dibawa terlebih dahulu ke RS Tarakan sekitar pukul 14.00 WIB, saat pingsan. Lalu, sehari setelah kejadian kedua anak tersebut meninggal di RS Tarakan, di ruang PICU sekitar pukul 04.35 WIB pada Minggu 29 April 2018.

Polisi telah memeriksa ketua panitia acara bagi-bagi sembako, Dave Revano.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiper Real Madrid Percaya Diri Hadapi Liverpool di Final Liga Champions

Posted: 21 May 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penjaga gawang Real Madrid, Keylor Navas, percaya diri menghadapi final Liga Champions 2018, di Kiev, Ukraina, Sabtu (26/5/2018) atau Minggu dinihari WIB. Bermodal pengalaman yang dimiliki, Navas yakin menjadi tembok tangguh dalam meredam serangan Liverpool. 

Seperti dilansir AS, ini bukan kali pertama Navas merasakan atmosfer final turnamen paling elit se-Eropa itu. Sebaliknya, ini menjadi partai puncak ketiga secara beruntun baginya. 

"Sangat luar biasa tampil di final ketiga secara beruntun. Kami akan menikmatinya dan menciptakan sejarah yang lebih panjang," kata Navas dalam sebuah acara belum lama ini. 

Di atas ketas, Liverpool memang underdog di hadapan Real Madrid. Sebab terakhir kali The Reds melangkah ke final Liga Champions 2007 lalu dan kalah dari AC Milan. Sebaliknya, Real Madrid sudah empat kali melaju ke final dalam lima musim terakhir. Dan dalam tiga final sebelumnya, Los Blancos sukses mengangkat trofi juara. 

Meski demikian, bukan berarti Liverpool layak dipandang sebelah mata. Sebab, The Reds merupakan tim yang mengejutkan dengan daya gedor yang luar biasa pada turnamen ini. Kehadiran Mohamed Salah di lini serang Liverpool menjadi ancaman bagi tim-tim lawan.  

"Kami bukannya terlalu santai, tapi ini bukan situasi yang baru bagi kami," kata Navas.

"Mereka punya pemain yang mampu membawa perubahan, tapi saya punya pertahanan terbaik di dunia. Saya percaya rekan setim saya 100 persen," ujarnya menambahkan. 

 

Pelatih Liverpool Percaya Diri

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp memeluk para pemainnya usai pertandingan semifinal Liga Champions di Stadion Olimpiade, Roma (2/5). Liverpool takluk 4-2 atas Roma di leg kedua  dan melaju ke final usai menang agregat 7-6. (AFP Photo/Paul Ellis)

Sementara itu, Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menyadari rintangan yang bakal dihadapi untuk menjuarai Liga Champions musim ini. Namun Klopp optimistis, pasukannya bakal memberikan perlawanan yang ketat saat tampil di Kiev, Ukraina, akhir pekan nanti. 

Bertemu Zidane saja sudah luar biasa," kata Klopp seperti dilansir Marca.

"Saya mengagumi dia sebagai pemain dan menghormatinya sebagai teman," beber Klopp.

Menurut Klopp, apa yang dilakukan Zidane terhadap skuat Madrid sangat luar biasa. Buktinya, sejak 2016, Zidane sudah menghadirkan banyak gelar bagi Los Blancos. Mulai dari gelar juara La Liga (2016-17), satu gelar Super Copa, hingga dua gelar Liga Champions.

Namun bukan berarti Klopp ciut. Sebaliknya, dia malah terpacu untuk membawa pasukannya tampil memukau di Kiev, Ukraina, akhir pekan nanti. "Sangat luar biasa apa yang dilakukannya bersama Madrid, itu luar biasa, tapi kami tidak datang hanya demi tukar kaus," katanya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Foto Jet Li Diduga Sakit Keras

Posted: 21 May 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini Jet Li kembali menarik perhatian publik karena dikabarkan tengah menderita sakit keras. Apalagi sebuah foto dari aktor Leathal Weapon ini viral di dunia maya, memperlihatkan Jet Li yang tampak ringkih dan lebih tua dari usianya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto: Style Hijab Ala Fenita Arie, Inspirasi Cantik Saat Ramadhan

Posted: 21 May 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak memutuskan untuk berhijab, Fenita Arie semakin terlihat cantik dan anggun. Ditemui dalam akun Instagram-nya, ternyata istri Arie Untung ini kerap mengunggah foto OOTD lho. Lantas, seperti apa sih style keren Fenita yang pas banget buat bulan Ramadan?

Unggahan Arie berupa foto sang anak tampak belakang beserta tulisannya bermaksud agar sang anak mengetahui kalau ayahnya sangat bangga. Dengan harapan, ke depannya akan semakin giat beribadah. (Instagram/ariekuntung)

Cantik dan stylish, seperti inilah style keren Fenita Arie saat berhijab. Penasaran dong seperti apa OOTD dan style hijab yang pas banget buat inspirasi Ramadan kamu?

(Instagram/fenitarie)

This is it! Atasan cantik yang satu ini pas banget dipadukan dengan celana jeans dan hijab simple. Dengan modelnya yang seakan-akan memakai outer, outfit semacam ini pas banget buat momen buber (buka bersama).

Awal tahun 2018, presenter Fenita Arie memutuskan untuk menutup auratnya. Ia menundur membawakan acara infotainment setelah memutuskan berhijab. (instagram/fenitarie)

Nggak takut tabrak warna, pilihan cool tone seperti abu-abu ini ternyata juga cocok lho saat dipadukan dengan warm tone seperti warna camel brown lho. Tinggal padukan dengan hijab sesuai favoritmu.

Semakin hari penampilan Fenita  Arie semakinmemukau. Bahkan gaya berhijabnya saja kerap menginspirasi para wanita berhijab lainnya. Dan berikut ini adalah gaya berhijab ala Fenita yang modis dan santun. (Instagram/fenitarie)

Warna-warna pastel dan soft seperti baby pink dan putih ini juga memberikan kesan fresh dan girly agar membuat kamu nggak terlihat lesu saat menjalankan ibadah puasa.

(Instagram/fenitarie)

Ingin mencoba tampil lebih tertutup dan berbenah diri saat bulan Ramadan, perpaduan gamis polos seperti ini juga pas banget lho jadi pilihan.

(Instagram/fenitarie)

Nggak melulu polos, gamis hitam dengan detail sesimple di bagian lengan seperti yang dikenakan Fenita juga bisa menambah sentuhan berbeda pada penampilan kamu.

(Instagram/fenitarie)

Pilihan style casual yang santai dan comfy ini juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk tetap terlihat trendi dan bisa bergerak bebas.

sumber: kapanlagi

reporter: Soraya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto: Style Hijab Ala Fenita Arie, Inspirasi Cantik Saat Ramadhan

Posted: 21 May 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak memutuskan untuk berhijab, Fenita Arie semakin terlihat cantik dan anggun. Ditemui dalam akun Instagram-nya, ternyata istri Arie Untung ini kerap mengunggah foto OOTD lho. Lantas, seperti apa sih style keren Fenita yang pas banget buat bulan Ramadan?

Mengenakan dress berwarna putih tulang, Fenita memadukan dengan hijab berwarna hijau. Fenita pun mengikatkan hijabnya di bagian leher dan membuatnya terlihat semakin langsing dan jenjang. (Instagram/fenitarie)

Cantik dan stylish, seperti inilah style keren Fenita Arie saat berhijab. Penasaran dong seperti apa OOTD dan style hijab yang pas banget buat inspirasi Ramadan kamu?

(Instagram/fenitarie)

This is it! Atasan cantik yang satu ini pas banget dipadukan dengan celana jeans dan hijab simple. Dengan modelnya yang seakan-akan memakai outer, outfit semacam ini pas banget buat momen buber (buka bersama).

Berhijab bukan bearti fenita tak pantas bergaya kasual. Coba lihat saja yang satu ini, Fenita mengenakan celana jeans dengan atasan hitam dan blazer putih. Untuk hijabnya pun, lagi-lagi Fenita menutupi bagian dadanya. (Instagram/fenitarie)

Nggak takut tabrak warna, pilihan cool tone seperti abu-abu ini ternyata juga cocok lho saat dipadukan dengan warm tone seperti warna camel brown lho. Tinggal padukan dengan hijab sesuai favoritmu.

Semakin hari penampilan Fenita  Arie semakinmemukau. Bahkan gaya berhijabnya saja kerap menginspirasi para wanita berhijab lainnya. Dan berikut ini adalah gaya berhijab ala Fenita yang modis dan santun. (Instagram/fenitarie)

Warna-warna pastel dan soft seperti baby pink dan putih ini juga memberikan kesan fresh dan girly agar membuat kamu nggak terlihat lesu saat menjalankan ibadah puasa.

(Instagram/fenitarie)

Ingin mencoba tampil lebih tertutup dan berbenah diri saat bulan Ramadan, perpaduan gamis polos seperti ini juga pas banget lho jadi pilihan.

Selanjutnya adalah saat Fenita Arie tampil dengan gaun hitamnya. Nggak berlebihan, Fenita terlihat begitu cantik dan elegan. (Instagram/fenitarie)

Nggak melulu polos, gamis hitam dengan detail sesimple di bagian lengan seperti yang dikenakan Fenita juga bisa menambah sentuhan berbeda pada penampilan kamu.

Berikut aksi Fenita Arie di Runway saat diumumkan sebagai brand ambassador lini modest wear tanah air, L.tru. (Foto: Do. Muara Bagdja)

Pilihan style casual yang santai dan comfy ini juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk tetap terlihat trendi dan bisa bergerak bebas.

sumber: kapanlagi

reporter: Soraya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fadli Zon: Ulama Bukan Montir, Tak Bisa Disertifikasi

Posted: 21 May 2018 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon tak setuju dengan rekomendasi 200 mubalig yang dikeluarkan Kementerian Agama. Menurut Fadli, ulama atau tokoh agama tidak bisa disertifikasi layaknya seorang montir.

"Memang mereka punya standardisasi apa? Memang bisa ulama disertifikasi? Memangnya montir disertifikasi. Kalau montir kan keahliannya memang jelas. Dia tahu bisa diukur," kata Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Selain itu, kata Fadli, Indonesia bukan negara otoriter sehingga pemerintah tidak perlu mengatur penceramah-penceramah yang bisa mengisi kegiatan keagamaan mereka.

"Tapi kalau yang namanya ulama mau disertifikasi mau kemudian dibikin penyeragaman harus teduh dan sebagainya emangnya kita ini negara fasis, negara otoriter. Kan sudah memilih demokrasi, jadi orang bebas berpendapat sesuai dengan koridor yang ada aturan-aturannya ada," tegasnya.

Fadli Zon menyarankan Kemenag mencabut rekomendasi 200 mubalig tersebut. Hal ini diperlukan untuk menghindari kegaduhan di masyarakat. Rilis tersebut, lanjut dia, juga berpotensi timbulnya prasangka buruk dari masyarakat bahwa 200 nama penceramah itu dipilih berdasarkan pilihan politik.

"Jadi sebaiknya dicabut saja 200 daftar mubalig itu sehingga tidak menimbulkan polemik," imbuhnya.

Baru Tahap Awal

Kementerian Agama (Kemenag) mengeluarkan rekomendasi 200 mubalig untuk menyiarkan kegiatan keagamaan Islam. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan rekomendasi itu dikeluarkan setelah pihaknya menerima banyak pertanyaan dari masyarakat terkait nama mubalig yang bisa mengisi kegiatan keagamaan mereka.

"Selama ini, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi mubalig oleh masyarakat. Belakangan, permintaan itu semakin meningkat, sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama mubalig," terang Lukman.

Menurut Lukman, pada tahap awal, Kementerian Agama merilis 200 daftar nama mubalig. Tidak sembarang mubalig tapi hanya yang memenuhi tiga kriteria, yaitu mempunyai kompetensi keilmuan agama yang mumpuni, reputasi yang baik, dan berkomitmen kebangsaan yang tinggi.

 

Reporter: Renald Giffari

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemuda Makassar Tewas Diamuk Massa Saat Kepergok Mencuri

Posted: 21 May 2018 10:12 PM PDT

Patroli, Makassar - Tertangkap tangan hendak mencuri di kamar kos, seorang pemuda di Makassar, Sulawesi Selatan, menjadi korban amuk massa. Dia tewas dipukuli warga yang kesal dengan ulahnya.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Selasa (22/5/2018), Arman Maulana (28) tewas dengan beberapa luka di sekujur tubuh.  

Warga bertindak beringas, setelah berhasil menangkap Arman saat hendak mencuri di salah satu kamar kos di Jalan Maccini Pasar Malam,  Makassar, Senin malam, 21 Mei 2018.

Petugas Polrestabes Makassar yang merima laporan langsung ke lokasi kejadian dan melakukan penanganan. Polisi belum mau bicara soal sebab kematian pemuda ini.  

"Untuk sementara penyebab kematiannya, kami menunggu hasil pemeriksaan," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Anwar Hasan.  

Berdasarkan keterangan warga, Arman melakukan pencurian bersama seorang temannya. Namun, teman Arman berhasil kabur saat hendak ditangkap warga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu Ketua MUI, Menag Akan Perbaiki Daftar 200 Nama Mubalig

Posted: 21 May 2018 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan akan menindaklanjuti perihal rilis 200 nama mubalig dengan mengundang sejumlah organisasi masyarakat. Hal ini diutarakan saat menemui KH Ma'ruf Amin di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Nanti ada pertemuan khusus antara MUI mengundang ormas Islam. Kemudian memperbaiki dan menyempurnakan dari daftar sudah dirilis Kementerian Agama," ujar Lukman, Selasa (22/5/2018).

Dikonfirmasi lebih lanjut mengenai rilis tersebut, Lukman enggan mengomentari lebih lanjut. Dengan singkat, ia mengatakan kunjungannya kali ini ke MUI sebagai bentuk koordinasi biasa.

"Ini hanya koordinasi biasa saja," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan, pihaknya menerima banyak pertanyaan dari masyarakat terkait nama mubalig yang bisa mengisi kegiatan keagamaan mereka.

"Selama ini, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi mubalig oleh masyarakat. Belakangan, permintaan itu semakin meningkat, sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama mubalig," kata Lukman di laman resmi Kemenag.

Menurut Menag, pada tahap awal, Kementerian Agama merilis 200 daftar nama mubalig. Tidak sembarang mubalig, tetapi hanya yang memenuhi tiga kriteria, yaitu mempunyai kompetensi keilmuan agama yang mumpuni, reputasi yang baik, dan berkomitmen kebangsaan yang tinggi.

Daftar nama tersebut merupakan rilis awal yang dihimpun dari masukan tokoh agama, ormas keagamaan, dan tokoh masyarakat. Jumlah daftar ini tentu akan terus bertambah seiring masukan dari berbagai pihak.

"Nama yang masuk memang harus memenuhi tiga kriteria itu. Namun, para mubalig yang belum masuk dalam daftar ini, bukan berarti tidak memenuhi tiga kriteria tersebut. Artinya, data ini bersifat dinamis dan akan kami 'update' secara resmi," ujar Menag.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Ini, Suami Pilih Menjauh dari Putri Titian

Posted: 21 May 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak memiliki anak pertama, postur tubuh Putri Titian memang tak selangsing dulu. Persoalan berat tubuh ini membuat sejumlah warganet kerap menghujaninya dengan komentar-komentar negatif.

Meski dirasa menyebalkan, Putri Titian selalu mencoba untuk menghadapi komentar tersebut sesantai mungkin. Ia merasa tak perlu menanggapi hal itu dengan emosi.

"Abis jangan diseriusin. Soalnya kan kalo diseriusin kitanya sebel juga kan, akhirnya ya sudah selow aja. Lagian netizen kan cuma bisa berani nulis doang, nggak berani langsung," ucap Putri Titian saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (21/5/2018).

"Pasti dia juga ngomong iseng doang atau apa gitu. Jadi aku nanggepinnya ya sudahlah mungkin dia becanda, ya sudah aku balesnya becanda juga," sambung istri Junior Liem tersebut.

Masuk ke Hati

Keluarga Putri Titian dan Junior Liem. (Foto: instagram.com/putrititian)

Meski sudah mencoba untuk menahan emosinya agar tak meluap, ada kalanya kalimat kebencian itu pun masuk ke dalam hati.

"Kalo lagi dapet iya (dimasukkan ke hati). Ya, namanya cewek lagi PMS kan bisa bete kapan aja. Tapi terus kalau otaknya lagi bener mah selow aja," imbuh Putri Titian.

Suami Menjauh

Keluarga Putri Titian dan Junior Liem. (Instagram/putrititian)

Jika sudah begini, suami sendiri pun tak berani mendekat. "Dia udah terlatih. Dari pacaran juga sudah terlatih kayak 'ah nih bini gue lagi bad mood nih, gue lebih baik nggak dekat-dekat, gitu'. Jadi dia sudah tahu," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudik Pakai Motor, Perhatikan 7 Postur Tubuh Saat Berkendara

Posted: 21 May 2018 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang berminat untuk mudik menggunakan sepeda motor pastikan mempersiapkan kondisi badan, surat-surat penting, juga kondisi motor.

Selain memastikan membawa surat-surat kendaraan dan SIM, periksalah tangki bahan bakar dan pastikan bahan bakar cukup sampai tujuan.

Bagi yang berpergian jauh dianjurkan melakukan pemanasan. Selain memastikan membawa surat-surat kendaraan dan SIM, periksalah tangki bahan bakar dan pastikan bahan bakar cukup sampai tujuan

Tujuan olah raga ringan agar dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan mempercepat sirkulasi darah dalam tubuh, terutama ke otak . Hal ini dipercaya dapat meningkatkan kemampuan otak dan konsentrasi.

Setelah semua siap, jangan lupa memperhatikan postur berkendara sepeda motor. Setidaknya ada tujuh poin utama postur tubuh yang harus diperhatikan.

Pertama adalah tentu saja mata. Indra penglihatan menatap jauh ke depan (ke arah yang dituju) untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya

 

Selanjutnya

Yang kedua adalah posisi pundak ketika naik motor diusahakan santai dan rileks, sementara ketiga posisi siku harus diposisikan sedikit menekuk dan tidak kaku.

Keempat, tangan menggenggam bagian tengah grip kemudi dimana pemotor dapat dengan mudah mengendalikan dan mengoperasikan tuas rem tangan, tuas kopling, dan instrumen kelistrikan.

Berikutnya, kelima, posisi pinggul . Duduklah dengan posisi memudahkan Anda mengendalikan dan mengoperasikan setang kemudi dan rem.

Lalu keenam jangan lupa memperhatikan posisi lutut, yang harus sejajar dengan leg shield atau secara ringan menekan tangki bahan bakar (tipe motor sport).

Terakhir adalah kaki. Letakkan bagian tengah telapak kaki pada sandaran kaki, jari kaki menghadap ke depan, ibu jari kaki secara ringan berada di atas pedal rem dan pedal pemindah posisi persneling (bebek dan sport).

Reporter : Nazarrudin Ray

Sumber : Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Doa dan Pesan Duka untuk Korban Penembakan Texas

Posted: 21 May 2018 10:07 PM PDT

Siswa SMA Santa Fe, dan masyarakat memperingati Moment of Silence di sekolah mereka di Texas, AS, Senin (21/5). Gubernur Texas Greg Abbott menyerukan untuk mengheningkan cipta untuk korban penembakan Texas. (Steve Gonzales/Houston Chronicle via AP)

Siswa SMA Santa Fe, dan masyarakat memperingati Moment of Silence di sekolah mereka di Texas, AS, Senin (21/5). Gubernur Texas Greg Abbott menyerukan untuk mengheningkan cipta untuk korban penembakan Texas. (Steve Gonzales/Houston Chronicle via AP)

Penduduk Santa Fe, Lori Simmons menangis saat mengheningkan cipta di depan SMA Santa Fe di Texas, AS, Senin (21/5). Korban tewas penembakan Texas terdiri dari delapan siswa dan dua guru. (Steve Gonzales/Houston Chronicle via AP)

Penduduk Santa Fe, Lori Simmons menangis saat mengheningkan cipta di depan SMA Santa Fe di Texas, AS, Senin (21/5). Korban tewas penembakan Texas terdiri dari delapan siswa dan dua guru. (Steve Gonzales/Houston Chronicle via AP)

Penduduk Santa Fe, Lori Simmons menangis di depan salib saat acara mengheningkan cipta di depan SMA Santa Fe di Texas, AS, Senin (21/5). Pelaku penembakan Texas memakai senapan dan pistol untuk menembaki korban. (Steve Gonzales/Houston Chronicle via AP)

Penduduk Santa Fe, Lori Simmons menangis di depan salib saat acara mengheningkan cipta di depan SMA Santa Fe di Texas, AS, Senin (21/5). Pelaku penembakan Texas memakai senapan dan pistol untuk menembaki korban. (Steve Gonzales/Houston Chronicle via AP)

Siswa SMA Santa Fe, orangtua dan masyarakat mengheningkan cipta untuk mengenang penembakan yang menewaskan 10 orang di sekolah mereka di Texas, Amerika Serikat, Senin (21/5). (Steve Gonzales/Houston Chronicle via AP)

Siswa SMA Santa Fe, orangtua dan masyarakat mengheningkan cipta untuk mengenang penembakan yang menewaskan 10 orang di sekolah mereka di Texas, Amerika Serikat, Senin (21/5). (Steve Gonzales/Houston Chronicle via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Masih Berputar di 14.175 per Dolar AS

Posted: 21 May 2018 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih bergerak di kisaran 14.175 per dolar AS pada perdagangan Selasa pekan ini. Rupiah sempat menguat di pagi hari tetapi kembali tertekan.

Mengutip Bloomberg, Selasa (22/5/2018), rupiah dibuka di angka 14.165 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.190 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.164 per dolar AS hingga 14.189 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 4,65 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.178 per dolar AS, tak berbeda jauh dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.176 per dolar AS.

Chief Market Strategist FXTM Hussein Sayed menjelaskan, pada perdagangan kemarin rupiah merosot ke level terendah sejak Oktober 2015 yaitu 14.180 per dolar AS walaupun BI telah meningkatkan suku bunga pekan lalu untuk mempertahankan nilai tukar.

Apresiasi dolar AS adalah faktor utama di balik depresiasi rupiah, sehingga mata uang Indonesia ini berpotensi semakin merosot. Ekspektasi pasar sepertinya akan meningkat terhadap kenaikan suku bunga acuan BI lebih lanjut guna membantu rupiah di kala dolar AS menguat.

"Saat ini perhatian investor akan tertuju pada rilis data pertumbuhan kredit Indonesia yang dapat memberi gambaran tentang perubahan total kredit dan sewa sepanjang bulan April," jelas dia.

Pertumbuhan kredit yang sehat dapat meningkatkan optimisme terhadap ekonomi Indonesia.

Tak Parah

Petugas menghitung uang pecahan dolar Amerika di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta, Jumat (18/5). Pagi ini, nilai tukar rupiah melemah hingga sempat menyentuh ke Rp 14.130 per dolar Amerika Serikat (AS). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, pengamat Ekonomi Poltak Hotradero mengatakan, sebenarnya, angka 14.000 bukan merupakan ukuran untuk melihat parah atau tidaknya pelemahan yang dialami rupiah. Saat ini, rupiah melemah sekitar 3,7 persen, lebih baik dibandingkan Filipina peso yang sebesar 4,3 persen, India rupe 5 persen atau mata uang negara lain di dunia.

"Rupiah mengalami pelemahan tapi tidak sedalam dibandingkan negara lain," ujar dia pada 17 Mei 2018.

Bahkan menurut dia rupiah pernah melemah lebih parah dibandingkan saat ini, yaitu pada 2013 lalu. Saat itu, rupiah pelemahan rupiah mencapai 12 persen.

"Dulu melemahnya sekitar 12 persen sekarang melemahnya 4 persen. Maka posisi Indonesia lebih bagus dibandingkan 2013. Ini masih ada good news-nya‎. (Dulu) Dari dolar Rp 9.000, naik tajam. Ini perlu kita perhatikan," kata dia.

Oleh sebab itu, lanjut Poltak, parah atau tidaknya pelemahan rupiah bukan dilihat dari nominal, melainkan dari persentase tingkat depresiasinya terhadap dolar AS.

"Cara berpikir jangan berdasarkan nominal, karena aktivitas ekonomi itu sifatnya relatif. Kenapa di-over blown. Harus lihat dari persentasenya untuk melihat ukuran dari suatu mata uang. Karena ekonomi bertumbuh juga. Pada 2013 jauh lebih parah, dan sekarang jauh lebih mending dibandingkan dulu. Jadi ini yang perlu menjadi perspektif," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temuan Disdik Batam Terkait Isu Radikalisme Masuk Sekolah

Posted: 21 May 2018 10:02 PM PDT

Batam - Beredarnya informasi radikalisme masuk beberapa sekolah dengan tidak mewajibkan siswa hormat bendera merah putih dan menyanyikan lagu "Indonesia Raya" saat upacara membuat Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan, angkat bicara.

Hendri mengatakan, setelah ia mendapatkan informasi tersebut, Dinas Pendidikan Kota Batam langsung turun ke lapangan untuk memastikan.

"Setelah informasi itu beredar kita langsung kroscek ke lapangan, seminggu belakanganlah sudah kita lakukan," ujarnya kepada Batamnews.co.id, Senin, 21 Mei 2018.

Saat turun ke lapangan, Hendri mengatakan anggotanya tidak menemukan kebenaran informasi radikalisme tersebut. "Ke semua sekolah baik swasta maupun negeri," katanya.

Pengecekan ke lapangan dilakukan langsung melalui perkumpulan kepala sekolah yang berada di masing-masing kecamatan.

"Belum ada bukti kita temukan, kan informasinya di Bengkong dan Nongsa tidak ada," ujar mantan Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdis) Kota Batam itu.

Hendri melanjutkan, meskipun tidak ditemukan tanda kebenaran informasi radikalisme tersebut, ia akan tetap mengirim surat edaran ke semua sekolah terkait persoalan itu. "Jika memang ada, silakan laporkan langsung ke kita," katanya.

 

Baca berita menarik lainnya dari Batamnews.com di sini.

 

Intelkam Turut Pantau

Ilustrasi Tolak Radikalisme

Menurutnya, informasi yang beredar baru-baru ini terkait paham radikal berasal dari pernyataan mengejutkan anggota Komisi IV DPRD Batam, Aman.

Aman menemukan adanya sekolah di Batam yang beraliran radikal, yakni tidak hormat bendera dan menyanyikan lagu "Indonesia Raya".

"Semua sekolah, tentang upacara sudah tahulah seperti apa. Aturannya upacara juga sudah kita berikan," kata Hendri.

Sementara itu, Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki mengatakan, terkait isu yang berkembang, beberapa anggota satuan intelkam Polres Barelang telah mendatangi dan melakukan penyelidikan terhadap isu tersebut.

"Anggota satuan intelkam Polres Barelang sudah mendatangi ke lokasi atas isu yang disampaikan Aman anggota DPRD Batam tersebut. Kami belum temukan indikasi tersebut," ujar Hengki.

Selain itu, seorang warga di Bengkong juga menyebutkan juga melihat sendiri bahkan sempat berdebat mengenai prosesi upacara bendera yang tidak hormat terhadap bendera merah putih tersebut.

"Saya sempat debat dengan pihak sekolah," ujar pria tersebut kepada batamnews.co.id. Kendati demikian, katanya, hal itu ia ketahui sekitar tahun lalu sekitar November 2017.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Susah, Bule Australia yang Namanya Sering Di-tag Warga Indonesia

Posted: 21 May 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah perkembangan masing-masing selama ribuan tahun, bahasa-bahasa di dunia telah menjadi sangat beragam. Suatu kata yang tulisan dan bunyinya sama dalam beberapa bahasa berbeda bisa memiliki arti yang berbeda atau bahkan terdengar konyol.

Seperti cewek Australia satu ini, ia memiliki akun Instagram bernama @susah. Menurut KBBI dan yang telah diketahui bersama, susah dalam bahasa Indonesia berarti rasa tidak senang karena sukar, sulit, berat dan sebagainya.

Oleh karena memiliki nama yang sama dengan kata yang ada di bahasa Indonesia, akun Instagram bule wanita ini pun tak luput dari tag para warganet Indonesia. Bukannya sengaja, namun sepertinya para warganet tak mengetahui bahwa nama @susah sebenarnya ada yang memakai. Yang memakai pun bukan orang Indonesia melainkan orang Australia.

 

Mengalami keadaan susah karena bernama Susah. (Sumber Twitter/@whalienxxvi)

Nah, karena sering di-tag oleh para pengguna Instagram dari Indonesia tentu saja membuat wanita bernama asli Susah McCoey ini risih. Ia pun membuat imbauan pada deskripsi profil Instagramnya, "Dear Indonesia, berhenti tag akunku pada foto kalian." Tak heran jika ia agak kesal, sebab karena nama itu ia mendapat banyak foto orang tak dikenal di bagian tag Instagramnya.

Tak hanya tag, akunnya pun sering dikunjungi orang Indonesia dan mereka meninggalkan komentar pada foto-foto miliknya. Mereka menanyakan apakah benar nama aslinya adalah susah? Banyak juga yang malah meninggalkan komentar dalam bahasa Indonesia sehingga cewek ini tak mengerti apa yang mereka katakan.

 

Selanjutnya

Mengalami keadaan susah karena bernama Susah. (Sumber Twitter/@yurisndika danTwitter/@addosavansyah)

Mungkin karena terlalu sering mendapat perhatian warganet Indonesia, kini akun @susah tersebut tampaknya sudah bisa menerima. Ia tak lagi komplain pada profil media sosialnya. Ia bahkan menulis pada deskripsi profil miliknya dengan bahasa Indonesia. Tak hanya itu, followers-nya pun semakin bertambah. Wah, malah untung dong.

Mengalami keadaan susah karena bernama Susah. (Sumber Twitter/@ikrimazahara)

Mencermati foto-foto yang ia unggah, tampaknya ia senang bepergian dan bahkan pernah mengunjungi Bali. Hal itu terlihat dari foto saat sedang di Indonesia tersebut ia unggah belum lama ini.

Reporter:

Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menlu Iran Kecam Pemberlakuan Sanksi Baru oleh Amerika Serikat

Posted: 21 May 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Teheran - Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif, mengecam pemerintah Amerika Serikat (AS) karena menjanjikan ke publik, tindak pemaksaaan "sanksi terkuat dalam sejarah" di negaranya.

Tindakan sanksi yang diambil oleh Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, itu dituding seolah menjadikan AS sebagai pihak yang "menderita" akibat gagalnya kesepakatan nuklir Iran.

Dikutip dari BBC pada Selasa (22/5/2018), Zarif mengatakan bahwa Amerika "mundur ke kebiasaan lama", yang enggan mengakui kesepakatan nuklir.

Senada dengan kritik Zarif, Presiden Iran Hassan Rouhani meluncurkan "serangan" pribadi terhadap Mike Pompeo, dan mempertanyakan kredibilitasnya sebagai mantan kepala CIA dalam membuat keputusan untuk Iran dan dunia.

Kritik terhadap kebijakan AS juga disampaikan oleh kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Federica Mogherini.

Dia berujar, Pompeo telah gagal menunjukkan bahwa hengkangnya AS dari kesepakatan nuklir 2015 akan membuat situasi Timur Tengah lebih kondusif.

Mogherini juga menyayangkan kebijakan AS telah membuat posisi Uni Eropa, dan khususnya beberapa perusahaan Benua Biru yang melakukan kontak bisnis dengan Iran, berada pada pilihan sulit untuk memilih antara berinvestasi di sana atau mendukung Negeri Paman Sam.

Sebelumnya, Mike Pompeo telah mengatakan akan mencabut sanksi, apabila kesepakatan 2015 diberlakukan kembali, dengan syarat Iran harus patuh terhadap "tekanan keuangan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada rezim Iran".

Sanksi tersebut akan diberlakukan dalam dua priode, yakni tiga dan enam bulan.

Pompeo diketahui menetapkan berbagai kebijakan untuk setiap kesepakatan baru dengan Iran, termasuk penarikan pasukannya dari Suriah, dan mengakhiri dukungan terhadap pemberontak di Yaman.

Adapun sanksi AS yang lebih lama adalah melarang hampir semua perdagangan dengan Iran.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Janji Pencabutan Sanksi

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, meminta dukungan negara-negara Afrika dan seluruh dunia agar negaranya bersama Kanada dan Meksiko terpilih menjadi tuan rumah bersama di Piala Dunia 2026. (AFP/Saul Loeb)

Ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran dilatarbelakangi hengkangnya Negeri Paman Sam dari Rencana Aksi Bersama Komprehensif (JCPOA), yang bertujuan membujuk Iran agar setuju membatasi pengadaan uraniumnya.

Lebih lanjut, kesepakatan tersebut juga memberi opsi pencabutan sanksi apabila Iran berkenan mengurangi operasional reaktor dan pembuatan senjata nuklir.

Disebutkan pula bahwa Iran setuju untuk memodifikasi fasilitas air berat sehingga tidak bisa menghasilkan plutonium sebagai bahan baku bom nuklir.

Sebagai imbalannya, PBB bersama dengan AS dan Uni Eropa berjanji akan mencabut sanksi yang telah melumpuhkan ekonomi Iran.

Kesepakatan itu disetujui oleh Iran dan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB - AS, Inggris, Prancis, China dan Rusia - plus Jerman.

Iran menegaskan program nuklirnya sepenuhnya damai, dan kepatuhannya dengan kesepakatan itu telah diverifikasi oleh IAEA.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menikmati Ramadan di Al Alam, Masjid Terapung Teluk Kendari

Posted: 21 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kendari - Masjid Al Alam, menjadi satu masjid paling unik di Indonesia. Terletak di tengah Teluk Kendari, Al Alam menjadi salah satu masjid dengan arsitektur terbaik di Pulau Sulawesi.

Mulai dibangun sejak 2010, masjid yang terletak di tengah kota ini, menjadi ikon wisata baru di Kota Kendari. Sejak diresmikan awal April lalu, Al Alam tidak putus dikunjungi warga  Kota Kendari dan sekitarnya.

Keunikan masjid yang kabarnya dianggarkan hingga mencapai Rp 200 miliar itu, terletak pada lokasinya. Jika air sedang pasang, masjid yang didominasi warna putih dan kuning emas itu terlihat terapung di atas air.

Keindahan empat buah menara pada setiap sudutnya juga makin menambah kemegahan masjid ini. Mursyid Mustafa, arsitek asal Sulawesi Selatan merancang keempatnya menyerupai Hotel mewah Burj Al Arab di Dubai.

Berdiri di tengah teluk, warga yang akan menuju lokasi masjid terlebih dulu melewati hutan bakau. Tidak jarang, burung-burung camar yang beterbangan dan pemandangan teluk akan memuaskan mata.

Letaknya agak berjauhan dari hiruk-pikuk jalan raya. Sehingga, cocok dikunjungi saat akan bersantai dan menenangkan diri. Jalan beraspal mulus, akan dilalui pengendara roda dua dan empat saat menuju lokasi masjid. Jalan yang bagus, menjadi alasan utama ratusan pesepeda dan pelintas yang ingin menikmati keindahan masjid pada pagi dan sore hari.

Kubah mesjid yang besar dan berwarna kuning gading, menjadi salah satu daya tarik. Menurut Kepala Dinas Cipta Karya Provinsi Sulawesi Tenggara, Pahri Yamsul, kubah masjid khusus didatangkan dari Jerman.

Sejumlah meterial juga didatangkan dari luar negeri. Sehingga, beberapa aksesoris yang ada tidak memiliki kesamaan dengan masjid yang lain di Kota Kendari.

"Kubah dari Jerman memang, dipesan dan didatangkan dengan kapal khusus selama beberapa bulan baru tiba di Indonesia," kata Pahri Yamsul.

Dijadikan Pusat Wisata Religi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara akan menjadikan lokasi masjid sebagai lokasi wisata. Saat ini, sejumlah kekurangan di masjid akan dibenahi. Mulai dari lighting, pelataran, serta sarana pendukung diluar mesjid. Sedangkan untuk fasilitas masjid secara umum sudah nyaris rampung semua.

"Saat ini Al Alam kan sudah menjadi ikon Kota Kendari. Makanya, kami berusaha memaksimalkan fasilitas untuk mendukung kenyamanan beribadah dan wisata religi," ujar Pahri Yamsul.

Rencananya, pelataran masjid ini akan dirancang menyerupai taman kota. Dilengkapi dengan taman berisi tanaman hijau dan pemandangan taman. "Kita juga rencanakan, masjid ini bisa dihormati warga dengan berpakaian wajar saat berwisata di dalamnya," katanya.

Masjid ini ide mantan Gubernur Sultra Nur Alam itu, juga akan dikembangkan hingga bernilai ekonomis. Pemerintah berupaya akan mencarikan investor sehingga bisa menumbuhkan perekonomian warga Kota Kendari.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Keamanan Belum Maksimal

Al Alam, Masjid terapung yang terletak di tengah teluk Kota Kendari. Foto: (Ahmad Akbar Fua/Liputan6.com)

Hingga saat ini, Pemprov Sulawesi Tenggara belum menempatkan keamanan maksimal di pintu gerbang mesjid. Lokasinya yang hanya memiliki satu pintu masuk ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk hal negatif.

Jika sempat joging pada pagi hari, akan ditemukan sisa-sisa botol minuman keras dan sampah di sepanjang jalan menuju masjid.

"Sudah ada rencana penempatan Pol PP di pos penjagaan. Jadinya lokasi pelataran dan jalan di masjid akan bersih," ujar Pahri Yamsul.

Penempatan penjagaan cukup beralasan. Pada akhir pekan, lokasi jalanan masjid yang sepi pada malam hari sering dijadikan arena balap liar dan ugal-ugalan pengendara motor.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Suara Letusan Merapi yang Buat Warga Mengungsi

Posted: 21 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Letusan freaktif gunung Merapi yang terjadi sejak Senin (21/5) dini hari membuat warga mengungsi. Suaranya yang keras membuat warga takut dan menyelamatkan diri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merasa Tersindir, Lucinta Luna Siap Mendatangi Rumah Awkarin

Posted: 21 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selebgram Awkarin lagi-lagi bikin heboh di jagat maya. Namun kali ini bukan dengan tingkahnya yang nyeleneh melainkan gara-gara statusnya di Instagram yang dianggap menyindir Lucinta Luna.

Awkarin curhat soal rasa sakit yang dialaminya saat dirinya datang bulan. Dalam statusnya itu, Awkarin menasehati Lucinta Luna agar lebih baik menjalankan salat Jumat ketimbang datang bulan.

"Dear ka lucinta, trust me, kayanya enakan wajib solat jumat setiap minggu sekali daripada ngerasain sakitnya datang bulan," imbuhnya.

Sindiran itu rupanya langsung sampai ke telinga Lucinta Luna. Dengan blak-blakan, pelantun "Lain di Mulut Lain di Hati" itu menantang Awkarin.

 

Datangi Rumah

Awkarin [foto: instagram.com/awkarin]

Lucinta Luna yang kini masih berada di Malaysia mengaku siap mendatangi rumah Awkarin setibanya di Tanah Air. "Dear @awkarin kangen ya sama kaka Lucinta Luna. Lusa kk balik kk samperin rumahmu," ungkap Lucinta di Instagram Story-nya, Senin (21/5/2018) malam.

Menariknya, Lucinta Luna minta disediakan anjing bulldog untuk menyambut kedatangannya di rumah Awkarin. "Sediakan anjing buldok puluhan ya panutanku yang rela antri nunggu giliran minta foto bareng Queen Lucinta Luna," sambungnya.

 

Pasti Heboh

Lucinta Luna menantang Awkarin [foto: instagram/lucintaluna]

Menurut Lucinta Luna, Awkarin sengaja menyinggungnya untuk menuai sensasi. Karena segala sesuatu yang berkaitan dengan Lucinta Luna pasti bikin heboh.

"I know u dek buat berita abal abal karena semua yang berkaitan ttg Lucinta Luna pasti bakal rame kan hihihi," kata Lucinta.

 

Foto Bareng

Awkarin dan Lucinta Luna [foto: instagram.com/awkarin]

Perang antara Awkarin dengan Lucinta Luna ini tentunya mengundang perhatian publik. Mengingat belum lama ini Awkarin sempat mengunggah foto bersama Lucinta Luna.

"Kau tak sempat. tanyakan aku. cintakah hakuh pada mu," tulis Awkarin sebagai keterangan fotonya bersama Lucinta Luna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Faktor Risiko Kanker Melanoma yang Menyerang Adara Taista

Posted: 21 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meninggalnya menantu dari politikus senior Hatta Rajasa, Adara Taista, membuat masyarakat semakin sadar akan bahaya dari kanker melanoma. Mengutip laman American Cancer Society pada Selasa (22/5/2018), ada berbagai faktor yang meningkatkan risiko terkena kanker melanoma.

Namun, memiliki faktor risiko bukan berarti Anda pasti terkena melanoma. Bahkan, beberapa orang yang tidak memilikinya bisa terkena kanker kulit tersebut.

Walaupun begitu, penting bagi kita untuk tetap mengetahui beberapa faktor risiko tersebut, untuk bisa mencegahnya serta mendeteksinya kanker melanoma lebih awal agar mudah diobati.

1. Paparan sinar ultraviolet (UV)

Sinar UV merupakan faktor risiko utama pada banyak kasus kanker melanoma. Matahari merupakan sumber utamanya. Walaupun sedikit, namun dampak yang berbahaya bisa ditimbulkan.

Sinar UV mampu merusak DNA sel-sel kulit. Kanker akan dimulai ketika kerusakan ini mempengaruhi DNA dalam gen yang mengontrol pertumbuhan sel kulit.

Beberapa ahli mengatakan, melanoma dimulai di daerah seperti wajah, leher, dan lengan, di mana bagian tersebut terkena paparan sinar matahari lebih sering.

2. Tahi lalat

Tahi lalat kebanyakan tidak menimbulkan masalah, namun beberapa dari mereka bisa berbahaya. Namun, mereka yang memiliki banyak tahi lalat, serta dengan bentuk besar dan tidak biasa memiliki tingkat risiko terkena melanoma.

Simak juga video menarik berikut ini: 

Kulit, Keluarga, dan Sistem Kekebalan Tubuh

Berikut bahan alami yang ada di dapur Anda untuk putihkan kulit secara aman. (Foto: Istock)

3. Kulit cerah, berbintik, dan rambut tipis

Risiko melanoma sesungguhnya lebih tinggi mereka yang berkulit putih. Mereka dengan rambut merah atau pirang, mata biru atau hijau, dan kulit cerah serta memiliki bintik atau mudah terbakar, juga memiliki risiko lebih tinggi.

4. Riwayat keluarga

Risiko melanoma juga menjadi tinggi ketika ada saudara di tingkat pertama mengalami hal tersebut. Hal ini kemungkinan terjadi karena gaya hidup yang kerap terkena sinar matahari, perubahan gen dalam keluarga, kulit yang cerah, atau kombinasi semuanya.

5. Sistem kekebalan lemah

Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah lebin tinggi mengembangkan berbagai jenis kanker kulit seperti melanoma.

Orang-orang dengan HIV juga memiliki risiko tinggi karena memiliki kekebalan tubuh yang rendah.

 

Usia dan Kondisi Bawaan

(Instagram/rasyidrajasa)

6. Usia

Melanoma juga bisa terjadi karena usia. Kanker ini kerap terjadi pada usia di bawah 30 tahun. Namun, bisa juga terjadi pada usia tua.

Menurut penelitian di Amerika Serikat, wanita di bawah 50 tahun lebih rentan terkena melanoma, sementara yang pria rentan terkena kanker ini setelah usia 50.

7. Xeroderma pigmentosum

Xeroderma pigmentosum (XP) adalah kondisi bawaan langka yang mempengaruhi kemampuan sel-sel kulit untuk memperbaiki kerusakan pada DNA mereka.

Orang dengan XP tinggi memiliki risiko mengembangkan melanoma dan kanker kulit lain di saat mereka masih muda, terutama pada daerah kulit yang terpapar sinar mentari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xabi Alonso Beri Tips Liverpool Kalahkan Real Madrid di Final Liga Champions

Posted: 21 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Mantan gelandang Liverpool, Xabi Alonso memberi tips agar mantan timnya bisa mengalahkan Real Madrid dalam final Liga Champions, Minggu (27/5/2018) dinihari WIB. Menurut Alonso, Liverpool harus seimbang saat meladeni Real Madrid.

"Jika mereka bisa mendapatkan keseimbangan antara antusiasme dan motivasi, itu akan jadi cara yang tepat melakoni partai final ini," ujar Alonso seperti dilansir Liverpool Echo.

Alonso mengatakan, dirinya bisa memaklumi jika para pemain Liverpool begitu antusias menghadapi partai ini. Pasalnya, final Liga Champions ini adalah yang pertama bagi mereka.

Namun Alonso mengingatkan agar para pemain Liverpool tidak terlalu larut dalam sisi emosional tersebut. "Mereka harus mengatasi hal itu, yang mana itu adalah hal yang sama pentingnya dari persiapan teknis," kata Alonso yang juga pernah bermain bagi Real Madrid.

"Mereka harus mempersiapkan pertandingan ini dengan baik karena Real Madrid punya pengalaman," ujar Alonso menambahkan.

 

 

Trofi Liga Champions

Xabi Alonso sewaktu berkostum Real Madrid

Alonso sendiri adalah sosok spesial bagi Real Madrid maupun Liverpool. Pria berusia 36 tahun ini meraih trofi Liga Champions dua kali, masing-masing bersama Liverpool dan Real Madrid.

Alonso meraih trofi Liga Champions pertamanya saat berkostum Liverpool di musim 2004/05. The Reds mengalahkan AC Milan di partai puncak yang berlangsung di Istanbul, Turki.

Pria yang juga pernah berkostum Bayern Munchen ini kemudian mengulangi prestasinya saat bersama Real Madrid. Alonso turut mengantar Real Madrid juara pada musim 2013/14.

Empat Duel Terakhir Liverpool Vs Real Madrid

Real Madrid 1-0 Liverpool

Liverpool 0-3 Real Madrid

Liverpool 4-0 Real Madrid

Real Madrid 0-1 Liverpool

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kate Middleton Ternyata Gunakan Cincin Bermakna Khusus di Royal Wedding

Posted: 21 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seperti biasa, Kate Middleton selalu tampil menawan di setiap kesempatan. Setelah publik dibuat kagum oleh penampilannya pasca melahirkan, kini Kate Middleton membuat penampilan yang menawan ketika menghadiri pernikahan adik iparnya, Pangeran Harry dan Meghan Markle di Kapel St. George, Kastil Windsor, Inggris.

Kate Middleton memilih penampilan yang creamy dengan dress pale-yellow Alexander McQueen. Gaun ini bahkan sudah pernah ia gunakan dua kali sebelum menghadiri The Royal Wedding.

Busana creamy The Duchess of Cambridge ini diperlengkap dengan topi floral khas Inggris dari Philip Treacy dan sepatu dari Jimmy Choo. Namun sadarkah Anda bahwa Kate Middelton juga mengenakan cincin yang cukup besar di jari manis kanannya?

Cincin dengan permata berwarna

Kate Middleton terlihat mengenakan sebuah cincin besar yang memiliki batu citrine. Cincin ini menjadi koleksi terbaru Kate Middleton. Sebagian orang spekulasi bahwa permata yang cukup besar itu merupakan hadiah dari Pangeran William ketika Kate melahirkan anak mereka yang ketiga.

Cincin permata yang dikenakan Kate Middleton itu bukanlah cincin permata putih yang kebanyakan dipakai oleh puteri kerajaan. Justru, permata yang digunakan adalah permata oranye kekuningan. Menurut Good Housekeeping, berlian kuning menjadi simbol batu bulan April. Sementara Crystal Vaults menyebutkan bahwa pemilihan kristal citrine memiliki makna kecerdasan, kesehatan, kebahagian, rasa ingin tahu, kepercayaan diri, dan kebijaksaan. Ini menjadi doa bagi sosok Pangeran Louis.

Bukan aksesori pertama

Ini bukan kali pertama Kate Middleton mendapat aksesoris untuk menandai kelahiran anaknya. Ketika kelahiran Pangeran George, Kate Middleton mendapat cincin berlian keabadian dari Annoushka dan bros bunga berlian dengan batu merah muda. Sementara ketika Putri Charlotte lahir, Kate Middleton mendapat sepasang anting-anting amethyst oval lavender dari Kiki McDonough.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nokia X6 Ludes Terjual dalam 10 Detik

Posted: 21 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - HMD Global (HMD) telah memulai penjualan smartphone terbarunya, Nokia X6, di Tiongkok pada hari ini, Senin (21/5/2018).

Penjualan smartphone tersebut ternyata mendapatkan awal yang sangat baik.

Dilansir GSM Arena, Senin (21/5/2018), Nokia X6 dilaporkan telah habis terjual hanya dalam waktu 10 menit. Namun, HMD disebut berusaha keras agar bisa memenuhi kembali persediaan produknya.

Informasi tentang penjualan Nokia X6 ini disampaikan melalui akun resmi Nokia Mobile China di media sosial Tiongkok, Weibo.

Gelombang kedua penjualan Nokia X6 akan dibuka pada 30 Mei 2018. Sayangnya, belum ada informasi tentang angka penjualan tahap pertama Nokia X6.

Adapun saat ini, Nokia X6 baru dijual di pasar Tiongkok. Setelah melakukan pertimbangan, HMD akhirnya memutuskan untuk menjual Nokia X6 ke berbagai negara lain.

HMD Pertimbangkan Rilis Nokia X6 di Luar Tiongkok

Jajaran smartphone Nokia (Foto: screenshot)

Sebelum memutuskan penjualan Nokia X6 di luar Tiongkok, Chief Product Officer HMD, Juho Sarvikas, menggelar jajak pendapat di Twitter. Sarvikas meminta pendapat para pengguna Twitter untuk memilih, apakah Nokia 6X sebaiknya dirilis ke berbagai pasar lainnya atau tidak.

Saat berita ini diulis, 92 persen dari 8.527 suara menilai Nokia X6 sebaiknya dirilis ke berbagai pasar lain juga. Satu hari setelah jajak pendapat itu, Sarvikas menulis di akun Twitter miliknya, "Terima kasih semua! Hasil telah ditentukan." Pernyataan ini pun dinilai menggambarkan keputusan HMD untuk merilis Nokia X di luar Tiongkok.

Nokia X6 merupakan smartphone kelas menengah baru dari HMD. Smartphone ini memiliki layar berukuran 5,8 inci dengan resolusi FHD+ 1.080 x 2.280 piksel dan rasio aspek 19:9.

Spesifikasi lainnya termasuk prosesor octa-core Snapdragon 636, dual kamera 16MP dan 5MP, dan kamera depan 16MP. Smartphone ini melenggang dengan pilihan RAM yakni 4GB dan 6GB dan memori internal 64GB.

Nokia X6 Usung Notch

Undangan HMD Global untuk acara pengumuman smartphone Nokia terbaru (Foto: screenshot via GSM Arena)

Nokia X6 kian menambah deretan smartphone yang hadir dengan desain notch atau poni di bagian atas layar. Smartphone kelas menengah dengan desain premium ini diumumkan dalam sebuah acara yang digelar di Tiongkok.

Nokia X6 merupakan smartphone pertama HMD yang hadir dengan desain notch. Desain notch pertama kali diperkenalkan Apple melalui kehadiran iPhone X, dan setelahnya diikuti oleh sejumlah vendor smartphone lain.

HMD merencanakan penjualan Nokia X6 pada 21 Mei 2018 di Tiongkok. Namun, belum ada informasi tentang tanggal peluncurannya di pasar global.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

[vidio:Nokia Rayakan Ringtone Ikonik di Ponselnya]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gina Haspel Dilantik sebagai Direktur Wanita Pertama CIA

Posted: 21 May 2018 09:58 PM PDT

Gina Haspel (kiri) diambil sumpahnya sebagai Direktur CIA yang baru disaksikan oleh Presiden AS Donald Trump dan Wakil Presiden AS Mike Pencedi markas besar CIA, Virginia, Senin (21/5). (AFP PHOTO/SAUL LOEB)

Gina Haspel (kiri) diambil sumpahnya sebagai Direktur CIA yang baru disaksikan oleh Presiden AS Donald Trump dan Wakil Presiden AS Mike Pencedi markas besar CIA, Virginia, Senin (21/5). (AFP PHOTO/SAUL LOEB)

Presiden AS Donald Trump dan Gina Haspel melambaikan tangan seusai pengambilan sumpah sebagai Direktur CIA yang baru di markas CIA, Virginia, Senin (21/5). Haspel menggantikan Mike Pompeo, yang ditunjuk menjadi Menteri Luar Negeri AS (AFP PHOTO/SAUL LOEB)

Presiden AS Donald Trump dan Gina Haspel melambaikan tangan seusai pengambilan sumpah sebagai Direktur CIA yang baru di markas CIA, Virginia, Senin (21/5). Haspel menggantikan Mike Pompeo, yang ditunjuk menjadi Menteri Luar Negeri AS (AFP PHOTO/SAUL LOEB)

Presiden AS Donald Trump memeluk Gina Haspel seusai pengambilan sumpah sebagai Direktur CIA yang baru di markas CIA, Virginia, Senin (21/5). Haspel menggantikan Mike Pompeo, yang ditunjuk menjadi Menteri Luar Negeri AS (AFP PHOTO/SAUL LOEB)

Presiden AS Donald Trump memeluk Gina Haspel seusai pengambilan sumpah sebagai Direktur CIA yang baru di markas CIA, Virginia, Senin (21/5). Haspel menggantikan Mike Pompeo, yang ditunjuk menjadi Menteri Luar Negeri AS (AFP PHOTO/SAUL LOEB)

Gina Haspel (61) melambaikan tangan seusai pengambilan sumpah sebagai Direktur CIA yang baru di markas besar CIA, Virginia, Senin (21/5). Haspel sebelumnya menjabat pakar intelijen Rusia yang lebih banyak menjalani misi rahasia CIA. (AFP PHOTO/SAUL LOEB)

Gina Haspel (61) melambaikan tangan seusai pengambilan sumpah sebagai Direktur CIA yang baru di markas besar CIA, Virginia, Senin (21/5). Haspel sebelumnya menjabat pakar intelijen Rusia yang lebih banyak menjalani misi rahasia CIA. (AFP PHOTO/SAUL LOEB)

Gina Haspel memberi sambutan seusai pengambilan sumpah sebagai Direktur CIA yang baru di Virginia, Senin (21/5). Haspel diloloskan menjadi Direktur CIA oleh Senat AS, dalam voting dengan hasil 54 suara mendukung dan 45 suara menolak. (AFP PHOTO/SAUL LOEB)

Gina Haspel memberi sambutan seusai pengambilan sumpah sebagai Direktur CIA yang baru di Virginia, Senin (21/5). Haspel diloloskan menjadi Direktur CIA oleh Senat AS, dalam voting dengan hasil 54 suara mendukung dan 45 suara menolak. (AFP PHOTO/SAUL LOEB)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hujan Abu Letusan Freatik Merapi, BPBD Klaten Bagikan 15 Ribu Masker

Posted: 21 May 2018 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Klaten - Ribuan warga Klaten kini terdampak hujan abu akibat letusan freatik Gunung Merapi yang terjadi pada Senin, 21 Mei kemarin. Hujan abu tipis dilaporkan terjadi di sekitar Desa Balerante, Kecamatan Kemalang dan Kecamatan Panggang, sekitar pukul 20.30 WIB hingga 21.00 WIB.

Melihat kondisi ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah mendistribusikan sedikitnya 15 ribu masker bagi warga yang terdampak di sejumlah desa.

"Kami terus memantau situasi dan kondisi wilayah Kemalang. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Klaten juga sudah meluncur ke beberapa desa Kecamatan Kemalang dan sekitarnya," ujar Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Bambang Gianto, Selasa, 21 Mei 2018, seperti dilansir Merdeka.com, Selasa (22/5/2018). 

Bambang menambahkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan bidang logistik untuk persiapan pembagian masker. Rencananya hari ini, BPBD akan kembali membagikan 4.000 ribu masker.

"Beberapa warga juga masih berjaga-jaga di sekitar desa yang lebih jauh dari Merapi. Karena tadi malam sempat melakukan evakuasi mandiri," ujar Bambang.

Meski kini kondisi Gunung Merapi relatif normal, Kepala BPBD Klaten mengimbau masyarakat tetap waspada. Masyarakat juga diminta tidak panik dan dapat beraktivitas seperti biasa.

"Kami mengimbau masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa. Jangan panik serta mengantisipasi hujan abu di sekitar Gunung Merapi. Gunakan masker dan kacamata untuk mengantisipasi hujan abu tipis," tutupnya.

Status Merapi Waspada

Erupsi Gunung Merapi. (Liputan6.com/Istimewa)

Sebelumnya pada Senin malam, 21 Mei 2018, pukul 23.00 WIB, Status Gunung Merapi dinaikkan dari Normal menjadi Waspada.

Peningkatan status karena terjadinya bertambahnya aktivitas freatik di Gunung Merapi. Meningkatnya aktivitas freatik ini diikuti dengan adanya gempa VT dan gempa tremor.

"Peningkatan status dari normal menjadi waspada direkomendasikan agar dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi dikosongkan dari aktivitas penduduk. Masyarakat yang berada di KRB III dimohon meningkatkan kewaspadaannya," ujar Kepala Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida di Kantor BPPTKG Yogyakarta, Senin, 21 Mei 2018.

Hanik menambahkan, jika perubahan aktivitas Gunung Merapi terjadi secara signifikan, maka status Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali. Hanik juga meminta masyarakat tetap tenang dan waspada.

 

 Reporter: Arie Sunaryo

 Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan selengkapnya di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilaporkan Bawaslu, PSI Merasa Jadi Target Kriminalisasi

Posted: 21 May 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni menyebut partainya menjadi target operasi atau kriminalisasi sehingga dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Bawaslu.

Hal ini disampaikan Raja Juli saat menghadiri agenda pemeriksaan atas laporan Bawaslu di Gedung Bareskrim Polri di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (22/5/2018).

"Sekali lagi kami sangat optimis bahwa kami hanya menjadi semacam target operasi. Kami dikriminalisasi," kata dia.

Ia selanjutnya mempertanyakan kenapa hanya PSI yang dilaporkan. Padahal menurut Raja Juli banyak iklan parpol di berbagai sudut jalan, apalagi di bulan puasa ini. Bawaslu melaporkan PSI ke Bareskrim Polri karena pemuatan iklan di koran Jawa Pos sebelum masa kampanye dimulai. Iklan itu dimuat pada tanggal 23 April 2018.

"Kalaupun makna citra diri itu yang diinterpretasikan secara subjektif oleh Bawaslu itu benar, kenapa hanya PSI? Hampir semua di pojok jalanan (iklan) selamat bulan puasa menyebutkan nama partai, logo ada, wajah orangnya ada. Sama sekali hanya PSI yang pada hari ini sampai kepada kepolisian. Ada apa?" ucap pria yang biasa disapa Anton itu.

Dia menambahkan banyak partai yang juga beriklan di koran. Anton pun menduga ada sponsor atau orang di belakang Bawaslu yang merasa terganggu eksistensinya dengan kehadiran PSI.

Jika setelah pemeriksaan ditetapkan sebagai tersangka, Raja Juli mengaku siap. Namun ia optimis polisi memiliki profesionalitas dan kredibilitas dalam melaksanakan tugasnya.

"Makanya kami menggantungkan keadilan dalam proses ini. Jadi sama sekali apapun hasilnya kami siap," kata dia.

"Kami harap sekali lagi dan percaya, polisi kita selama ini sangat profesional dan kredibel. Maka keadilan akan kita temukan di gedung ini," pungkasnya.

 

Hadirkan Saksi Ahli

Pengurus DPP PSI bertemu mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD (Istimewa)

Sementara itu, Kuasa Hukum PSI, Albert Aris berharap polisi bisa jernih dan objektif melihat kasus ini. 

"Jangan sampai apa yang menjadi persepsi dalam Bawaslu yaitu citra diri hanya sebatas logo dan nomor urut partai itu dijadikan dasar untuk memidanakan seseorang, apalagi jelang tahun politik seperti ini," ujar dia.

Albert mengatakan pihaknya juga akan mengajukan saksi ahli untuk menegaskan apa saja hal yang berkaitan dengan citra diri yang dilarang ditampilkan Bawaslu sebelum masa kampanye.

"Kita akan mengajukan ahli agar perkara ini terang untuk menentukan citra diri itu tidak serta merta hanya dibatasi dengan nomor urut dan logo partai saja, tapi maknanya harus lebih luas," kata Albert. 

Menurutnya, KPU tak memiliki peraturan yang menjelaskan mengenai definisi dari citra diri tersebut. Jika citra diri hanya sebatas logo dan partai, Albert mengatakan akan banyak parpol lain yang kena sanksi pidana.

Dalam ketentuan pidana, ada dua prinsip yang harus dipenuhi yaitu lex certa (ketentuan yang sifatnya harus ketat) dan lex stricta (harus diuraikan unsur-unsur pidana dengan jelas).

"Kalau sifatnya karet hanya digunakan untuk penyerangan atau memukul kelompok tertentu ini ketentuan yang tidak adil bagi PSI. Padahal ketentuan pidana ini berkaitan dengan hak asasi manusia. Tentunya PSI sebagai partai baru kalau pun ada dugaan pelanggaran harus dibina, tidak dibinasakan," jelas dia. 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serikat Pekerja Pertagas Meminta Kuasa Saham Dwiwarna Segera Diserahkan ke Pertamina

Posted: 21 May 2018 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Serikat Pekerja PT Pertamina Gas (Pertagas) meminta percepatan pemberian kuasa saham dwiwarna PT Perusahaan Gas Negara (PGN) kepada Pertamina seiring diterbitkannya Surat Kuasa (SKU), agar Pertamina memiliki kontrol penuh dalam ‎menjalankan holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Minyak dan Gas Bumi (Migas).

Ketua Serikat Pekerja Pertamina Gas (SPPG) Nugeraha Junaedy mengatakan, saham dwiwarna PGN milik pemerintah tak kunjung dikuasakan kepada Pertamina dalam bentuk SKU. Dengan demikian, pengendalian dan kontrol kebijakan strategis PGN masih di tangan Kementerian BUMN, bukan di Pertamina.

"Seharusnya dengan masuknya PGN ke Pertamina, secara otomatis PGN berdiri sama seperti anak perusahaan Pertamina lainnya, bukannya memiliki kekebalan hukum khusus," kata Nugeraha di Jakarta, Selasa (22/5/2018).‎

Menurut dia, Serikat Pekerja Pertagas mendukung holding migas. Namun‎, percepatan pemberian kuasa saham dwiwarna PGN kepada Pertamina, dengan segera diterbitkannya SKU agar Pertamina memiliki kontrol penuh dalam mengelola PGN.

"Sama seperti Pertamina mengelola anak perusahaannya yang lain," ujarnya.

‎Nugeraha mengungkapkan, holding migas merupakan strategi yang disusun pemerintah untuk mengembangkan bisinis gas nasional. Salah satu tujuan utamanya adalah untuk memberikan energi gas yang merata ke seluruh pelosok Indonesia melalui sinergi bisnis yang efisien dan efektif.

"Dengan misi itulah maka dibentuk holding migas di mana PGN masuk menjadi bagian dari Pertamina. Seharusnya pengembangan bisnis gas ini menjadi kerja sama integrasi dari dua badan usaha pemain utama bisnis gas Indonesia," kata dia.

Namun, menurut Nugeraha, dalam perjalanannya proses holding migas menjadi suatu kompetisi yang tidak sehat. Posisi tawar salah satu pihak menjadi lebih lemah dibandingkan pihak lainnya. Dalam hal ini, Pertamina kehilangan posisi strategis yang mengawal proses holding migas.

 

Proses Holding

Truk tangki Pertamina usai mengisi pasokan BBM di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Boyolali.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Sejak dimulainya proses holding, beberapa aksi korporasi telah melumpuhkan kaki dan tangan Pertamina untuk tetap unggul dalam bisnis gas. Indikasinya dapat dilihat dari, pertama adalah dengan diterbitkannya SK No 39/MBU/02/2018 yang menghapuskan Direktorat Gas Pertamina.

"Direktorat yang seharusnya berperan sebagai sub-holding gas yang nantinya akan menjalankan fungsi strategis pengelolaan bisnis gas justru dihapuskan. Ini menjadi awal keganjilan proses holding migas," ungkap ‎Nugeraha.

Indikasi kedua adalah kekosongan posisi Komisaris Utama PT Pertamina Gas (Pertagas). Sebelumnya, posisi Komisaris Utama Pertagas diisi Direktur Gas Pertamina.

Beliau telah habis masa jabatan sejak 23 Maret 2018. Namun, posisi Komisaris Utama Pertagas hingga saat ini tidak kunjung diisi. Ketiga adalah pencopotan Direktur Utama Pertamina sejak 20 April 2018.

"Kejanggalan dalam pencopotan tersebut disertai dengan keputusan untuk pengosongan jabatan tersebut. Padahal, di saat yang sama, seharusnya Kementrian BUMN dapat langsung menunjuk pengganti Direktur Utama Pertamina yang baru," lanjut Nugeraha.

Nugeraha mengungkapkan, puncaknya adalah tindakan pencopotan Direktur Utama Pertagas per 16 Mei 2018. "Serupa dengan nasib Direktur Utama Pertamina, tampaknya pucuk pimpinan Pertagas dipandang sebagai posisi yang akan menghambat proses holding migas, sehingga melalui RUPS Sirkuler posisi Direktur Utama Pertagas dikosongkan entah sampai kapan," dia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cameo Kocak Deadpool 2 Mulai dari X-Men: Apocalypse sampai Brad Pitt

Posted: 21 May 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama menonton Deadpool 2, tentunya tak hanya tawa yang terdengar di seisi bioskop. Beberapa adegan yang menyorot perhatian pun sempat menjadi daya tarik tersendiri.

Bukan cuma adegan laga, Deadpool 2 juga memiliki beragam adegan kejutan tak terduga yang sengaja dirancang agar penonton dibuat geli sekaligus kaget.

Uniknya, beberapa adegan mengejutkan dalam Deadpool 2, menyelipkan aktor-aktor top maupun karakter dari waralaba film X-Men yang dimunculkan secara tak terduga.

Sehingga, tak heran jika beberapa fans menganggap Deadpool 2 sebagai film adaptasi komik Marvel paling unik. Siapa saja cameo yang muncul dalam adegan-adegan tak terduga itu? Yuk kita simak. Awas spoiler!

1. Matt Damon

Matt Damon. (AFP/Alberto E. Rodriguez/GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Nah, mungkin bagi yang sudah menonton film ini berkali-kali tak akan menyadari bahwa Matt Damon, si Jason Bourne, muncul dalam Deadpool 2. Tentu saja, pasalnya di film ini Matt menyamar hingga tak bisa dikenali.

Lantas, di adegan mana Matt Damon muncul? Ingat momen ketika Cable pertama kali datang ke masa kini? Ya, di situlah Matt Damon berada, berbicara mengenai kertas toilet bersama aktor Alan Tudyk, lalu disetrum oleh Cable di belakang mobil pick up mereka.

 

2. Brad Pitt

Brad Pitt (Joel Ryan/Invision/AP)

Kemunculan Brad Pitt barangkali bisa disadari atau tidak disadari oleh para penonton. Pasalnya, dalam film ini ia berperan sebagai mutan bernama Vanisher. Seperti namanya, ia lenyap selama film alias tak terlihat.

Vanisher adalah salah satu anggota X-Force yang direkrut Deadpool untuk sebuah misi. Sayangnya, nasib Vanisher sama tak beruntungnya dengan rekan-rekannya yang lain. Pada saat itulah wajah Brad Pitt diperlihatkan.

3. Para Pemain X-Men: Apocalypse

X-Men: Apocalypse. (20th Century Fox)

Sejak film pertama Deadpool, penonton dan fans memang dibuat heran seperti yang dirasakan Deadpool, ketika ia berada di dalam markas X-Men, X-Mansion. Di situ seolah sekolah milik Profesor X tersebut tak ada penghuninya, hanya Negasonic dan Colossus.

Di Deadpool 2, Deadpool kembali mengunjungi X-Mansion dan bertemu Colossus. Lucunya, di situ Deadpool menyindir markas X-Men yang selalu sepi sambil menaiki kursi roda milik Profesor X.

Saat Deadpool berdiri di depan pintu yang terbuka, ternyata di dalam ruangannya terdapat para anggota X-Men dari film X-Men: Apocalypse. Para anggota X-Men sedikit geli saat melihat Deadpool yang membelakangi mereka dan pintu pun ditutup Beast.

Selain Beast, karakter X-Men yang ada di situ adalah Profesor X, Quicksilver, Cyclops, Storm, dan Nightcrawler.

4. Hugh Jackman sebagai Wolverine

Hugh Jackman sebagai Wolverine di film X-Men. (20th Century Fox)

Di awal film, Deadpool membawa sebuah mainan Wolverine dalam film Logan yang dimainkan Hugh Jackman. Bila kita berpikir Hugh Jackman hanya muncul sebatas itu, ternyata kita salah.

Ending bonus Deadpool 2 memperlihatkan potongan adegan dari film X-Men Origins: Wolverine. Tentu saja Hugh Jackman muncul sebagai Wolverine saat bertemu "Deadpool" versi film tersebut yang juga dimainkan Ryan Reynolds.

Namun, adegan tersebut berubah dengan kemunculan Deadpool yang kembali ke masa itu dengan mesin waktu milik Cable. Dia pun menembak "Deadpool" lawas hingga tewas.

5. Ryan Reynolds Asli

Pemeran utama film Deadpool, Ryan Reynolds. (AFP/Hector Retamal)

Ryan Reynolds, pemeran utama di Deadpool 2, pernah tampil pada 2011 dalam film Green Lantern, superhero adaptasi komik DC. Banyak fans yang protes dengan film tersebut serta kritik pedas dan penjualan yang tak sesuai dengan harapan Warner Bros.

Adegan paling akhir dalam ending bonus ini memperlihatkan Ryan Reynolds tengah menerima naskah Green Lantern sambil tersenyum semringah. Namun tiba-tiba ia ditembak dari belakang dan ternyata pelakunya adalah Deadpool.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Pertahankan Gelar, Bos City Janjikan Belanja Pemain Lagi

Posted: 21 May 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Menjadi juara Liga Inggris musim ini tak membuat Manchester City puas. Manajemen menjanjikan bakal belanja pemain musim panas nanti.

City sukses menjadi juara Liga Inggris dengan mengoleksi 100 poin. Mereka unggul 19 poin atas pesaing terdekat MU.

Namun City tak mau mengulangi dua kesalahan sebelumnya di era Roberto Mancini dan Manuel Pellegrini. Yakni gagal mempertahankan gelar Liga Inggris pada musim selanjutnya.

"Saya mendapat pelajaran terbesar selama menangani City yakni kami harus terus menambah pemain saat juara. Ini keputusan penting yang harus dijalani musim panas nanti," kata pemilik City, Khaldoon Al Mubarak seperti dilansir Manchester Evening News.

"Yang jelas pemain ini akan memperkuat, mengembangkan dan menambah persaingan dalam tim. Kami sudah punya formula untuk juara," ujarnya menambahkan.

 

 

Skuat Super

Pemain Manchester City berada di atas bus saat melakukan parade juara Premier League di Manchester, Senin (14/5/2018). The Citizens menjadi tim terbaik dengan raihan 100 poin. (AP/Anthony Devlin)

Beberapa pemain sudah masuk dalam incaran City musim panas ini. Bahkan tak sedikit yang berharga mahal.

Riyad Mahrez menjadi prioritas utama. Sementara pemain lain yang didekati adalah Eden Hazard, Wilfried Zaha, hingga Kylian Mbappe.

"Kami punya skuat yang super saat ini. Bahkan beberapa pemain masih berusia 26 tahun. Namun bukan berarti kami tak membeli pemain baru," ujarnya.

Janji Al Mubarak

Kapten Manchester City, Vincent Kompany (tengah) bersama rekan setimnya melambaikan tangan dari atas bus beratap terbuka saat melakukan parade merayakan keberhasilan menjadi juara Liga Primer Inggris di Manchester, Senin (14/5). (Anthony Devlin/PA via AP)

Al Mubarak juga percaya timnya bakal terus meraih gelar lain musim depan. Terlebih manajer Pep Guardiola telah diberikan kontrak baru.

"Dia senang menjadi bagian dari City. Kami akan lebih agresif, lapar, dan terus berkembang musim depan."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menengok Aktivitas Anak-Anak Afghanistan saat Ramadan

Posted: 21 May 2018 09:45 PM PDT

Suasana saat anak-anak belajar membaca Alquran di sebuah masjid di Kabul, Afghanistan, Senin, (21/5). Anak-anak Afghanistan lebih memperdalam Alquran di saat Ramadan. (AP Photo/Rahmat Gul)

Suasana saat anak-anak belajar membaca Alquran di sebuah masjid di Kabul, Afghanistan, Senin, (21/5). Anak-anak Afghanistan lebih memperdalam Alquran di saat Ramadan. (AP Photo/Rahmat Gul)

Anak-anak belajar membaca Alquran di sebuah masjid di Kabul, Afghanistan, Senin, (21/5). Anak-anak Afghanistan lebih memperdalam Alquran di saat Ramadan. (AP Photo/Rahmat Gul)

Anak-anak belajar membaca Alquran di sebuah masjid di Kabul, Afghanistan, Senin, (21/5). Anak-anak Afghanistan lebih memperdalam Alquran di saat Ramadan. (AP Photo/Rahmat Gul)

Ekspresi anak-anak saat belajar membaca Alquran di sebuah masjid di Kabul, Afghanistan, Senin, (21/5). Anak-anak Afghanistan lebih memperdalam Alquran di saat Ramadan. (AP Photo/Rahmat Gul)

Ekspresi anak-anak saat belajar membaca Alquran di sebuah masjid di Kabul, Afghanistan, Senin, (21/5). Anak-anak Afghanistan lebih memperdalam Alquran di saat Ramadan. (AP Photo/Rahmat Gul)

Anak-anak mempelajari Alquran selama bulan suci Ramadan di masjid di Herat, Afghanistan, Sabtu (19/5). Anak-anak Afghanistan lebih memperdalam Alquran di saat Ramadan. (HOSHANG HASHIMI/AFP)

Anak-anak mempelajari Alquran selama bulan suci Ramadan di masjid di Herat, Afghanistan, Sabtu (19/5). Anak-anak Afghanistan lebih memperdalam Alquran di saat Ramadan. (HOSHANG HASHIMI/AFP)

Anak-anak wanita mempelajari Alquran selama bulan suci Ramadan di masjid di Herat, Afghanistan, Sabtu (19/5). Anak-anak Afghanistan lebih memperdalam Alquran di saat Ramadan. (HOSHANG HASHIMI/AFP)

Anak-anak wanita mempelajari Alquran selama bulan suci Ramadan di masjid di Herat, Afghanistan, Sabtu (19/5). Anak-anak Afghanistan lebih memperdalam Alquran di saat Ramadan. (HOSHANG HASHIMI/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aa Gym Ikhlaskan Kepergian Cucunya

Posted: 21 May 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Duka masih menyelimuti keluarga besar Aa Gym. Cucu bungsu Aa Gym itu meninggal dunia di usia dua bulan pada Minggu (20/5/2018).

Sebagai kakek, Aa Gym pun turun langsung untuk menggendong cucunya hingga ke tempat peristirahatannya yang terakhir.

Dalam sambutan di pemakaman, terdengar suara Aa Gym yang tersendat kala menceritakan detik-detik kepergian Gheziya Naura Khadija. Kemudian, ia memberikan semangat untuk putrinya, Ghaitsa Zahira Shofa, seorang ibu yang baru kehilangan anaknya.

Setelah pemakaman usai, suara Aa Gym pun kembali normal. Ia mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang telah mendoakan cucunya.

 

Ikhlas

Aa Gym (Foto: Instagram)

Aa Gym dan putrinya terlihat ikhlas melepaskan bayi mungil nan cantik tersebut. Keduanya sudah bisa tersenyum usai pemakaman.

Aa Gym pun yakin musibah yang tengah menimpa keluarganya sudah diatur oleh Allah SWT.

 

Bukan untuk Menghancurkan

Aa Gym (Foto: Instagram)

Dalam unggahan di akun Instagram-nya, Selasa (22/5/2018), Aa Gym pun memberikan wejangan yang mengingatkan musibah bukan untuk menghancurkan.

"Musibah, setiap cobaan dan musibah yang menimpa, pasti sudah diukur oleh Alloh SWT dengan adil dan pasti untuk kebaikan kita, bukan untuk menghancurkan," tulisnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: