Rabu, 30 Mei 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: Korban Begal Bekasi Dapat Penghargaan dari Polisi

Posted: 30 May 2018 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Korban begal di Bekasi mendapatkan penghargaan dari Polrestro Bekasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Ingin Program Kemenpora Bersinergi dengan Komunitas

Posted: 30 May 2018 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangkaian mengisi Bulan Ramadan, Kemenpora menggelar Ngantri (Ngabuburit Bareng Menteri) di Kediaman Menpora Imam Nahrawi Jalan Widya Candra III No. 14, Jakarta, Sabtu (26/5). Menpora berharap hasil pertemuan dan diskusi Ngantri ini mampu bermakna besar untuk masa depan Bangsa Indonesia.

Peran pemuda untuk masa depan bangsa sangat dominan, tantangan bukan menjadi penghalang melainkan peluang. "Ini inisiasi luar biasa mempertemukan komunitas-komunitas anak muda, pasti ada hasil dari gagasan dan isu yang bisa dikolaborasikan dan langsung ditindaklanjuti dengan cepat yakinlah kalianlah yang akan mengisi masa depan bangsa, taati aturan yakini pilihan," ujar Menpora.

Mengenai hal itu, ia melanjutkan bahwa Saat ini spirit perjuangan anak muda harus diperbaiki untuk mengisi kemerdekaan. Nantinya hal itu akan dikenang sebagai sesuatu yang bermakna dan sejarah.

"Ditangan kitalah sepuluh atau dua puluh tahun yang akan datang anak-anak muda akan memimpin bangsa, kita harus menguasai bahasa dan mengerti perkembangan dunia, sekolah bukan hambatan melainkan peluang untuk mengembangkan potensi diri," imbuh Menpora dilanjutkan berbuka puasa dengan lesehan nasi liwet bersama para komunitas.

Per;u diketahui, sedikitnya ada 15 komunitas anak muda (Aliansi Remaja Independen, Rumah Faye, Nusantara Muda, Indorelawan.org, Tune Map dan sebagainya) yang terpilih untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang kali pertama diadakan berkat kerjasama Kemenpora dengan Komunitas We The Youth dan Sinergi Muda. Beberapa isu-isu dibahas dalam pertemuan santai ini seperti isu sosial, pendidikan, lingkungan dan isu jejaring anak muda.

Kemenpora menyambut baik ide gagasan yang telah menginisiasi lebih dari 120 komunitas anak muda di Indonesia dalam Ngantri ini. "Kami sampaikan apresiasi tinggi karena telah berupaya menghimpun para anak muda, kawan-kawan adalah yang diharapkan negara untuk menjadi pemimpin negara di bidang apapun, kita jaga kekompakan terus komunikasi dan lakukan hal positif untuk Indonesia semoga hasil diskusi dapat bermanfaat untuk bangsa," tambah Staf Ahli Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal.

Perwakilan Sinergi Muda dan We the Youth, Iyus berharap dari pertemuan itu komunitas-komunitas muda Indonesia bisa bersinergi dengan program-program Kemenpora sebagai lembaga yang menaungi para pemuda, mohon dimanfaatkan dengan baik oleh teman- teman komunitas untuk masa depan," harapnya.

Terlihat hadir Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Ni'am, Staf Khusus Pemuda Anggia Ermarini, Sesdep Pengembangan Pemuda Amar Ahmad, Asdep Peningkatan Kapasitas Pemuda I Gusti Putu Raka, Asdep Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Ibnu Hasan.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-23 Vs Thailand Jilid II

Posted: 30 May 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 terus mematangkan persiapan sebelum Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Dalam waktu dekat, armada Luis Milla Aspas akan melakoni dua uji tanding melawan Thailand.

Partai uji tanding pertama terjadwal pada 31 Mei 2018 di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan. Pertandingan ini tertutup untuk penonton.

Timnas Indonesia U-23 akan kembali meladeni perlawanan Thailand pada 3 Juni 2018 . Kali ini, uji coba digelar di Stadion Pakansari, Bogor dan terbuka untuk penonton.

Milla membawa 22 pemain menghadapi dua uji tanding tersebut. Alih-alih menyertakan tiga pemain senior, arsitek asal Spanyol tersebut memboyong 6 personil di luar U-23.

Enam pemain senior yang membela Timnas Indonesia U-23 menghadapi Thailand ialah Muhammad Ridho, Teja Paku Alam, Victor Igbonefo, Riko Simanjuntak, Alberto Beto Goncalves, dan Lerby Eliandry. Khusus untuk Beto dan Riko, pemanggilan ini merupakan yang perdana untuk keduanya.

Jadwal Timnas Indonesia U-23 Vs Thailand

Victor Igbonefo (kedua kiri) berebut bola dengan pemain Timnas Indonesia U-23, Bagas Adi Nugroho saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Rabu (30/5). Indonesia U-23 akan melakoni uji coba melawan Thailand U-23. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kamis, 31 Mei 2018

Timnas Indonesia U-23 Vs Thailand

Stadion PTIK, Jakarta Selatan

Live RCTI Pukul 21:15 WIB

Minggu, 3 Juni 2018

Timnas Indonesia U-23 Vs Thailand

Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor

22 Pemain Timnas Indonesia U-23

Kiper:

1. Awan Setho - Bhayangkara FC

2. Teja Paku Alam - Sriwijaya FC

3. Muhammad Ridho Djazulie - Borneo FC

Bek:

4. Andy Setyo Nugroho - PS. Tira

5. Hansamu Yama Pranata - Barito Putra

6. Victor Chukwuekezie Igbonefo - Persib

7. Bagas Adi Nugroho - Arema FC

8. I Putu Gede Juni Antara - Bhayangkara FC

9. Gavin Kwan Adsit - Barito Putra

10. Muhammad Rezaldi Hehanusa - Persija

11. Ricky Fajrin Saputra - Bali United

Tengah:

12. Muhammad Hargianto - Bhayangkara FC

13. Hanif Abdurrauf Sjahbandi - Arema FC

14. Zulfiandi - Sriwijaya FC

15. Saddil Ramdani - Persela

16. Septian David Maulana - Mitra Kukar

17. Riko Simanjuntak - Persija

18. Osvaldo Ardiles Haay - Persebaya

19. Febri Hariyadi - Persib

20. Irfan Jaya - Persebaya

Depan:

21. Alberto Goncalves Da Costa - Sriwijaya FC

22. Lerby Eliandry Pong Babu - Borneo FC

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Yakin Pertumbuhan Ekonomi RI Bisa Capai 5,8 Persen di 2019

Posted: 30 May 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati optimistis perekonomian Indonesia di tahun depan akan bergerak cukup baik untuk mencapai angka pertumbuhan 5,8 persen. Hal ini disampaikan saat menghadiri rapat paripurna dengan DPR untuk membahas mengenai tanggapan fraksi-fraksi DPR terhadap kerangka ekonomi makro dan pokok pokok kebijakan fiskal tahun anggaran 2019. 

"Pemerintah memandang bahwa perekonomian Indonesia di 2019 memiliki potensi yang baik untuk mencapai pertumbuhan ekonomi pada kisaran 5,4 sampai 5,8 persen," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR-MPR, Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Potensi tersebut didasarkan pada beberapa perkembangan yang telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Dari sisi permintaan agregat, pertumbuhan ekonomi Indonesia mulai ditopang secara seimbang oleh keempat mesin pertumbuhan yaitu konsumsi, investasi, ekspor, dan belanja Pemerintah.

"Selama tiga tahun terakhir, inflasi kita pada kisaran 3,5 persen, lebih rendah dibanding rata-rata inflasi selama 10 tahun terakhir sebesar 5,6 persen. Perkembangan harga domestik dan laju inflasi telah mengalami penurunan dan semakin stabil merupakan faktor penting dalam menjaga tingkat konsumsi dan daya beli masyarakat," jelas Sri Mulyani.

Sri Mulyani melanjutkan, investasi secara bertahap mulai pulih kembali ditopang oleh kesehatan sektor perbankan dan pasar modal, pelaksanaan program pembangunan infrastruktur, serta meningkatnya daya saing iklim usaha dan investasi Indonesia. Kinerja ekspor terus menunjukkan peningkatan sejak 2017 setelah beberapa tahun sebelumnya mencatat kontraksi.

"Capaian-capaian ini telah mampu membawa perbaikan persepsi pelaku usaha terhadap prospek investasi di lndonesia dan membawa dampak positif untuk mendorong minat investor pada pasar dalam negeri," Sri Mulyani menerangkan. 

 

Reporter : Anggun P. Situmorang

Sumber : Merdeka.com

Antisipasi Gejolak Ekonomi Global

Ilustrasi pertumbuhan Ekonomi

Di sisi produksi (supply side), Sri Mulyani menerangkan, pertumbuhan sektoral cukup merata, baik sektor primer seperti pertanian, perkebunan, dan pertambangan yang sangat dipengaruhi oleh harga komoditas dan perdagangan global, serta bergeraknya sektor sekunder seperti manufaktur dan konstruksi, serta cukup sehatnya sektor tersier seperti telekomunikasi, perdagangan, hotel, restoran dan sektor jasa keuangan.

"Faktor-faktor tersebut merupakan landasan untuk menopang pertumbuhan ekonomi lndonesia," jelas mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu. 

Sri Mulyani melanjutkan, pemerintah menyadari perlu mengambil langkah-langkah responsif untuk menghadapi risiko berlanjutnya tekanan eksternal dan dampak dari proses terjadinya keseimbangan global yang baru. Dalam menghadapi risiko tersebut, arah kebijakan pemerintah saat ini akan lebih fokus pada strategi menjaga stabilitas dan penguatan fundamental ekonomi domestik.

Pemerintah, sambungnya, terus memperkuat koordinasi dengan Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk tetap meningkatkan kewaspadaan, serta siap mengambil kebijakan yang diperlukan dalam rangka menjaga stabilitas keuangan dan ekonomi dan menjaga keberlangsungan pembangunan.

"Dalam jangka pendek, fokus koordinasi kebijakan diprioritaskan pada menjaga dan memperkuat stabilitas ekonomi dan keuangan dengan menjaga nilai tukar rupiah, inflasi yang rendah, defisit fiskal yang sehat, dan defisit transaksi berjalan yang aman," tandas Sri Mulyani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rizky Putra Semata Wayang Rossa Telah Rajin Berpuasa Tanpa Diimingi Hadiah

Posted: 30 May 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik, misalnya mereka sudah bisa mengerti tentang hak dan kewajibannya. Misalnya dalam hal berpuasa Ramadan, tentu orang tua akan sangat bangga kalau anaknya sudah mengerti dan mampu untuk berpuasa.

Penyanyi Rossa bangga anak semata wayangnya Rizky Langit Ramadhan selalu berpuasa satu bulan penuh. Rossa memang sudah mengajarkan anaknya berpuasa sedari kecil.

 

"Oh dari kelas 1 SD Rizky Alhamdulillah sudah puasa. Alhamdulillah senang saja. Paling pas sahur bangunnya agak susah. Tapi dia bangun sendiri kok," ujar Rossa saat ditemui di RSCM Kiara, Jakarta Pusat, Senin (28/5).

Malam Puncak Ramadhan Ekstra Tokopedia 2018 (Adrian Putra/bintang.com)

Meski buah hatinya rajin berpuasa, pelantun Ayat Ayat Cinta itu tidak pernah memanjakan Rizky dengan memberikan sebuah hadiah. Pasalnya sejak kecil, Rossa juga tidak pernah diberikan hadiah oleh orangtuanya jika berhasil menjalankan ibadah puasa. Rizky yang kini berusia 11 tahun itu pun sudah mengerti bahwa puasa adalah kewajiban umat muslim.

 

"Nggak pernah (kasih hadiah). Aku soalnya dulu dari kecil juga nggak pernah dikasih reward. Ya udah nggak usah juga," ungkap Rossa.

 

"Karena dia (Rizky) tahu itu kewajiban. Dia kan melihat orangtuanya juga puasa, yang di rumah juga semuanya puasa. Di sekolah juga diajarkan kalau memang ya sebagai orang Islam kita wajib berpuasa, wajib sholat. Kayaknya happy-happy aja tuh, teman-temannya juga pada puasa," pungkasnya.

 

Sumber: Kapanlagi

Reporter: Tyssa Madelina

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Lepas Galaxy J4 dan Galaxy J6 untuk Indonesia, Harganya?

Posted: 30 May 2018 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung akhirnya secara resmi memperkenalkan dua smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia, yakni Galaxy J6 dan Galaxy J4. Kedua smartphone ini disebut-sebut menawarkan pengalaman terbaik di era digital.

Kedua smartphone ini, menurut Samsung, hadir untuk memenuhi gaya hidup generasi milenial saat ini. Karena itu, sejumlah fitur yang ada di perangkat ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan para generasi milenial yang jelas berbeda dari generasi sebelumnya.

"Milenial merupakan 32 persen populasi Indonesia dengan gaya hidup berbeda dari generasi sebelumnya, dan smartphone telah menjadi perangkat utama bagi mereka sebagai digital native," tutur IM Marketing Director Samsung Electronics Indonesia Jo Semidang dalam keterangan resmi yang diterima Kamis (31/5/2018).

Sekadar informasi, informasi mengenai jumlah generasi milenial ini berdasarkan data proyeksi 2017 dari Badan Pusat Statistik Indonesia. Meski sama-sama hadir sebagai smartphone entry level, baik Galaxy J6 dan Galaxy J4 sudah memiliki fitur mirip perangkat kelas premium.

Salah satunya adalah desain dari Samsung Galaxy J6 yang sudah memakai desain Infinity Display alias bezeless untuk. Smartphone ini memilki layar Super Amoled dengan bentang layar 5,6 inci dan rasio layar 18,5:9.

Untuk fotografi, Samsung menyertakan kamera utama 13MP aperture f/1.9 dan kamera depan 8MP aperture f/1.9. Perusahaan asal Korea Selatan itu turut membenamkan front LED Flash yang dapat diatur dengan sesuai kondisi pencahayaan.

Smartphone ini dipersenjatai prosesor octa core 1.6GHz, RAM 3GB, dan memori internal 32GB. Sebagai pendukung performanya, Galaxy J6 memiliki baterai berkapasitas 3.000mAh.

Harga Galaxy J4 dan Galaxy J6

Tampilan Samsung Galaxy J4 (sumber: istimewa)

Sementara Galaxy J4 tampil dengan gaya smartphone konvesional yang menyertakan tombol fisik. Memiliki luas layar 5,5 inci, smartphone ini mampu memberikan kenyamanan saat membaca atau menonton karena sudah memakai layar Super Amoled.

Galaxy J4 mengusung konfigurasi kamera serupa dengan Galaxy J6. Kamera utama smartphone ini beresolusi 13MP aperture f/1.9, sedangkan kamera depanya beresolusi 5MP aperture f/2.2 dengan LED Flash yang dapat disesuaikan.

Smartphone ini memiliki prosesor quad core 1.4GHz, RAM 2GB, dan memori internal 32GB. Sama seperti Galaxy J6, perangkat ini juga dibekali dengan baterai berkapasitas 3.000mAh.

Kedua smartphone ini membawa fitur App Pair yang sebelumnya hanya di kelas premium. Dengan fitur ini, pengguna dapat membagi tampilan layar menjadi dua dan menjalankan dua aplikasi secara bersamaan.

Untuk mendukung pengalaman pengguna, Samsung juga menyediakan aplikasi Samsung Member. Lewat aplikasi ini, pengguna dapat menghubungi layanan purna jual sepanjang waktu, termasuk melakukan live chat hingga pemeriksaan jarak jauh.

"Tidak hanya memberikan kualitas produk, kami juga mengutamakan rasa nyaman pengguna, dengan aplikasi Samsung Member yang memberikan layanan purna jual, informasi produk, diagnosa produk, dan berbagai promosi," ujar Jo menjelaskan.

Kedua smartphone ini sudah tersedia di pasar Indonesia sejak 30 Mei 2018. Adapun harga untuk masing-masing smartphone adalah Rp 3.299.000 untuk Galaxy J6 dan Rp 2.299.000 untuk Galaxy J4.

Duo Galaxy A6 Meluncur di Indonesia

Samsung Galaxy A6 dan Galaxy A6 Plus (Sumber: Gizmochina)

Sebelumnya, Samsung akhirnya resmi merilis Galaxy A6 dan A6 Plus. Dalam acara yang dihadiri sendiri oleh Presiden Samsung Indonesia, perusahaan asal Korea Selatan ini memamerkan keunggulan dari smartphone teranyar itu.

Kualitas unggulan smartphone ini memang ada di fitur kamera, bukan hanya untuk selfie, tetapi juga wefie. Pasalnya, seri Galaxy ini sudah didukung layar Infinity Display dengan aspek rasio 18,5:9.

Galaxy A6 memiliki kamera depan dan belakang beresolusi 16MP. Bedanya hanya di aperture, kamera belakang memiliki aperture F1.7, dan untuk kamera depan F1.9. Alhasil, foto tetap tampil berkualitas walau diambil dalam keadaan minim cahaya.

Sementara, Galaxy A6 Plus disematkan kamera depan 24MP (F1.9) dan kamera ganda di belakangnya dengan resolusi 16MP (F1.7) dan 5MP (F1.9).

Khusus Galaxy A6 Plus, yang memiliki dual camera, akan disertai pula fitur Live Focus alias Bokeh agar foto lebih memancing perhatian.

Meskipun tidak memiliki kemampuan menciptakan Emoji AR seperti S9, tetapi A6 Plus memiliki fitur efek-efek lucu seperti AR sticker yang membuat wefie bersama orang tersayang menjadi lebih total di media sosial.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penuh Haru, Kapolres Metro Tangerang Suapi Tahanan Saat Buka Bersama

Posted: 30 May 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang berbeda dalam buka puasa hari ini, 30 Mei 2018. Puluhan tahanan Mapolres Metro Tangerang disuguhkan berbagai makanan dan takjil lezat oleh Kapolres dan jajarannya, suasana akrab pun sangat terasa hangat.

Kegiatan buka puasa bersama digelar di selasar atau lorong tahanan. Beralas karpet puluhan tahanan dengan seragam orangenya, berjajar duduk rapih, berdampingan dengan petugas kepolisian. Kapolres Kombes Harry Kurniawan pimpin langsung dan memberikan kuliah tujuh menit atau kultum jelang adzan magrib berkumandang. 

Dihadapan para tahanan, Kombes Harry menyampaikan, bulan suci Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan dapat dijadikan momentum untuk introspeksi diri.

"Kegiatan yang penuh berkah untuk kita harus dimanfaatkan untuk introspeksi diri dan kegiatan ini merupakan bagian dari introspeksi diri bagi saya selama menjabat di sini yang pasti ada kekurangannya," ujarnya, Rabu 30 Mei 2018.

Dalam buka puasa bersama ini, makanan yang disantap para tahanan dirasa nikmat daripada biasanya. Jika mereka setiap harinya hanya makan nasi dan lauk saja, kini ditambah dengan santapan takjil.

Menurutnya, kehidupan di dunia hanyalah semu dan sementara. Sebab, setelah meninggal dunia, manusia akan kembali pada kehidupan nyata dan kekal.

"Dalam kehidupan ini ada plus minusnya, saling toleransi, saling menghargai, sehingga ada manfaatnya bagi kita semua di kehidupan berikutnya," katanya.

Saat suasana buka puasa, Harry sempat menyuapi beberapa orang tahanan. Saat momen inilah keharuan datang, bahkan salah seorang ada yang menangis bersedih.

"Saya ingat dengan keluarga pak, tahun lalu saya berbuka puasa dengan keluarga dan saat ini saya berbuka di dalam tahanan," curhat seorang tahanan kepada Kapolres.

Harry pun menenangkan tahanan yang  terharu itu.

"Sabar yah, jadikan ini sebuah ujian hidup dan jadikan sebuah pembelajaran agar tidak dilakukan kembali di hari nanti," imbuhnya. Kegiatan pun dilanjut dengan solat magrib berjamaah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Bebaskan Seorang Nenek dari Bui, Kim Kardashian Temui Donald Trump

Posted: 30 May 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, Kamis (31/5/2018), Kim Kardashian tiba-tiba nongol dalam cuitan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Bahkan tak sekadar mention, istri Kanye West itu muncul dalam sebuah foto yang menampilkan dirinya berpose bersama Donald Trump di Oval Office.

Dalam foto tersebut, Donald Trump yang duduk di kursinya tampak tersenyum lebar. Sementara Kim Kardashian yang berwajah serius menatap kamera dengan mata tajam.

"Pertemuan hebat dengan @KimKardashian hari ini, membicarakan reformasi tentang penjara dan vonis," tulis Donald Trump lewat akun Twitter miliknya.

Ternyata tak cuma ini maksud kedatangan Kim Kardashian ke Gedung Putih.

Terima Kasih pada Donald Trump

Kim Kardashian menemui Donald Trump di White House. (Twitter/@realDonaldTrump)

Setelah pertemuan dengan Donald Trump, giliran Kim Kardashian yang mengeluarkan cuitannya.

"Aku ingin berterima kasih pada Presiden Trump atas waktunya siang ini. Menjadi harapan kami agar Presiden bisa memberikan pengampunan kepada Nona Alice Marie Johnson yang menjalani hukuman seumur hidup, atas kasus narkoba tanpa kekerasan yang pertama kali [ia lakukan]," cuitnya.

Siapa Alice Marie Johnson yang disebut Kim Kardashian ini?

Tentang Alice Marie Johnson

Kim Kardashian. (Matt Winkelmeyer/Getty Images North America/AFP)

Dilansir dari People, ternyata ia adalah seorang nenek berusia 62 tahun yang dipenjara sejak Oktober 1996. Ia divonis seumur hidup karena membantu para bandar narkoba.

Ia didakwa dengan tuduhan pencucian uang dan sindikasi kokain.

Dalam sebuah video yang menceritakan kisah hidupnya, Alice Marie memutuskan untuk membantu bandar narkoba karena saat itu hidupnya tengah sulit. Ia baru bercerai, tak punya pekerjaan, dan anaknya meninggal dalam kecelakaan.

Dimintai Bantuan

Kim Kardashian. (Angela Weiss/AFP)

Dilansir dari Vox, Kim Kardashian yang menyaksikan video ini, sempat bercuit pada 2017 lalu. "Ini sangat tidak adil...," tulisnya.

Setelahnya, ternyata Kim Kardashian dikontak oleh pengacara Alice Marie. Ia diminta membantu nenek tersebut, dengan pertimbangan bahwa hukuman yang diterima Alice terlalu berat. Apalagi yang menjeratnya bukanlah kasus tindak kriminal yang disertai dengan kekerasan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fellaini Prediksi Lukaku Bersinar di Piala Dunia 2018

Posted: 30 May 2018 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah dukungan diberikan oleh Marouane Fellaini kepada rekan setimnya di Timnas Belgia, Romelu Lukaku. Fellaini percaya Lukaku mampu membawa Belgia meraih kesuksesan di Piala Dunia 2018.

Lukaku sendiri baru saja berpindah klub musim lalu. Ia hengkang dari Everton untuk membela Manchester United musim ini.

Catatan musim perdana Lukaku di MU sendiri tidak begitu buruk. Ia tercatat mengemas 26 gol bagi setan merah di semua kompetisi.

Fellaini sendiri percaya bahwa Lukaku bisa menjadi momok yang menakutkan di Rusia nanti. "Ya, dia adalah pemain yang bagus untuk Tim Nasional ini," buka Fellaini kepada MUTV.

 

Predator Mematikan

Fellaini menyebut bahwa jika Lukaku fit pada Piala Dunia nanti, maka ia akan menjadi striker yang sangat sulit dihentikan.

"Jika dia [Lukaku] fit, maka dia akan bermain dengan sangat dinamis dan sangat sulit untuk menghentikannya."

"Dia akan mencetak banyak gol untuk kami. Dia kuat dan sangat berbahaya di kotak penalti, dan ia adalah pemain yang sangat bagus untuk tim ini." tandasnya.

Sumber: bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pentingnya Isi Cairan Radiator, Begini Cara Perawatannya

Posted: 30 May 2018 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cairan radiator merupakan salah satu cairan yang cukup penting digunakan bagi kendaraan, karena dapat membantu menjaga keseimbangan suhu mesin sehingga tak cepat panas atau overheat.

Seperti dilansir situs resmi Chevrolet, dengan rajin mengisi cairan radiator maka mesin akan berfungsi lebih baik dalam segala kondisi.

Namun begitu, ada saja yang kerap lupa cara mengisi cairan radiator, padahal hal itu sangat mudah. Akan tetapi, jika Anda tak tahu cara mengisi cairan radiator dengan sempurna, berikut cara perawatanya:

Pertama, hal yang harus diperhatikan ketika akan mengisi cairan radiator adalah mematikan mesin dan membiarkannya dingin terlebih dahulu.

Jika terjadi mesin panas karena kurang cairan bukan tak mungkin mesin mobil mengeluarkan asap.

Bahkan, jika tutup radiator dibuka secara mendadak maka yang terjadi adalah logam penutup radiator panas, serta langsung mengeluar muncratan air.

 

 

Selanjutnya

Bukankah coolant memiliki kelebihan ketimbang air biasa?

Kedua, jangan lupa mengisi tangki reservoir (cadangan) yang terletak dekat ruang mesin.

Pada tangki reservoir, ketinggian coolant harus pas dengan atau sedikit melebihi garis pengukur.

Ketiga, jumlah air radiator atau coolant diisi harus dengan tepat, agar mencegah terjadinya overheat pada mesin.

Keempat, meski merasa cairan radiator sudah diisi, namun ada baiknya periksa air radiator secara berkala minimal setiap kali melakukan servis.

Kelima, tambahkan coolant jika ketinggian sudah di bawah garis. Chevrolet merekomendasikan penggunaan coolant bebas silikat.

Keenam, campurkan satu bagian coolant dengan satu bagian air, paling tidak 50:50. Lalu isi tangki hingga ketinggian minimum. Ingat jangan sampai mengisi terlalu penuh.

Terakhir pastikan tutup tangki terpasang kembali dengan benar. Selain itu, lihat buku manual atau kunjungi bengkel resmi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komentar Kemlu RI soal Israel Larang Turis Indonesia Masuk ke Wilayahnya

Posted: 30 May 2018 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri RI angkat bicara soal kabar yang menyebutkan bahwa Israel melarang pemegang paspor Indonesia memasuki wilayahnya.

Sebelumnya, keputusan tentang larangan tersebut beredar di berbagai media, sebagaimana mengutip pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Emmanuel Nahshon.

Seperti dilansir Middle East Monitor, pada Rabu, 30 Mei, langkah tersebut adalah upaya pembalasan Tel Aviv atas kebijakan Indonesia yang menangguhkan visa bagi warga Israel pasca-insiden kerusuhan di Gaza pekan lalu.

Wakil Menteri Luar Negeri RI Abdurrahman M Fachir memberikan penjelasan terkait kabar tersebut.

"Pemerintah Indonesia sudah tahu akan langkah itu. Tapi kita harus memaklumi bahwa setiap negara memiliki kebijakan masing-masing terkait pemberian fasilitas visa, apakah akan memberikan atau tidak memberikan," kata Wamenlu Fachir di Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Yordania merangkap Palestina, Andy Rachmianto, turut memberikan penjelasan terkait kabar tersebut.

"Iya betul, itu informasi (surat ex Kementerian Dalam Negeri Israel) yang kita terima seperti yang telah beredar di media," ungkap Andy dalam pesan tertulis yang diterima Liputan6.com pada Rabu malam.

"Prinsipnya, suatu negara punya wewenang penuh untuk menerima atau menolak warga negara asing untuk berkunjung ke negaranya."

Andy menambahkan, "Kita tidak tahu persis apa alasan otoritas Israel melarang izin masuk bagi WNI ke Palestina/Israel. Semoga kebijakan itu hanya temporer sifatnya, karena juga akan berdampak kepada agen-agen travel lokal di Israel yang selama ini mengurusi turis WNI."

Seperti banyak diketahui, sejumlah umat Nasrani dan muslim kerap melakukan ziarah ke Yerusalem, kota yang dianggap suci bagi tiga pemeluk agama, yang dipersengketakan antara Israel-Palestina.

Kendati demikian, saat ini, kota tersebut masih di bawah pendudukan dan administratif Israel.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

Laporan Berbagai Sumber

Ilustrasi paspor (File / Liputan6.com via Celeb Africa)

Sebelumnya, media watchdog Timur Tengah, Middle East Monitor, menyebut bahwa langkah Israel melarang pemegang paspor Indonesia memasuki wilayahnya merupakan upaya pembalasan pihak Tel Aviv atas kebijakan Indonesia yang menangguhkan visa bagi warga Israel pasca-insiden kerusuhan di Gaza pekan lalu.

Indonesia mengecam keras aksi brutal Israel terhadap warga Palestina yang menggelar protes di perbatasan, yang dilakukan untuk memeringati peristiwa Nakba 70 tahun lalu, tatkala hampir satu juta orang Palestina dipaksa meninggalkan kampung halamannya untuk membuka jalan bagi berdirinya negara Israel.

Protes juga dilakukan bertepatan dengan momentum pembukaan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Israel di Yerusalem pada 14 Mei 2018, menyusul keputusan sepihak Donald Trump yang mengakui kota suci tiga agama tersebut sebagai ibu kota negeri zionis.

Emmanuel Nahshon mengatakan bahwa Israel sudah mencoba untuk meminta Indonesia untuk membatalkan keputusannya. Namun, upayanya gagal.

"Permasalahan terjadi akibat adanya beberapa grup Israel yang sudah memegang visa untuk masuk Indonesia ditolak oleh Imigrasi Indonesia dengan alasan masalah politik, yang berkaitan erat dengan daerah Gaza," demikian pernyataan dari IPTAA (Indonesian Pilgrimage Travel Agents Association) yang beredar di media sosial.

"Sebagai tindak balasan dari pemerintah Israel, maka melalui pengumuman resmi dari pihak berwenang, Israel memutuskan untuk menolak masuk pemegang paspor Indonesia ke Negara Israel per tanggal 9 Juni 2018."

Indonesia dan Israel memang tidak menjalin hubungan diplomatik. Namun, kedua negara memertahankan hubungan ekonomi, sehingga warga negeri Zionis dikabarkan bisa mengunjungi Indonesia menggunakan visa sementara atau bisnis.

Awal bulan ini, muncul laporan bahwa Indonesia sedang mempertimbangkan untuk mengeluarkan visa turis kepada warga Israel. Namun, belakangan kabar itu disanggah oleh pemerintah RI.

"Tidak ada visa wisata untuk (warga negara) Israel ... Pemberitaan yang menyatakan Indonesia memberikan visa wisata kepada Israel adalah hoaks," demikian pernyataan tertulis dari Agung Sampurno, Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi 4 Mei lalu.

Di sisi lain, puluhan ribu muslim dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, memasuki wilayah yang diklaim sebagai milik Israel, untuk mengunjungi Masjid Al Aqsa dengan menggunakan visa khusus.

Pada 2015, Kementerian Perekonomian Israel melaporkan peningkatan perdagangan yang signifikan dengan Indonesia, yang mencapai sekitar US$ 500 juta setiap tahun. Ekspor utama Indonesia ke Israel termasuk bahan mentah seperti plastik, kayu, batu bara, tekstil dan minyak kelapa sawit.

Sementara, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyerukan agar Indonesia membangun hubungan formal dengan negaranya. Kementerian Luar Negeri di Tel Aviv juga mengungkapkan pada 2016 bahwa para pejabat Israel telah melakukan pertemuan rahasia dengan sejumlah 'kontak' untuk meningkatkan hubungan antara negara.

Di sisi lain, Indonesia memiliki komitmen untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Komitmen itu ditunjukkan salah satunya dengan menolak hubungan diplomatik dengan Israel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paham Radikal Mengintai Mahasiswa Baru Kampus di Malang

Posted: 30 May 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Perguruan Tinggi menjadi salah satu sarang paham radikal untuk tumbuh dan berkembang. Radikalisme menyusup dengan cepat di antara dinding kampus. Menyasar kalangan mahasiswa baru dan memengaruhi secara pikiran, sikap maupun tindakan.

Kota Malang, kota pendidikan dengan lebih dari 60 perguruan tinggi. Dengan puluhan ribu mahasiswa dari beragam latar belakang sosial, ekonomi dan budaya. Di balik keragaman itu, paham radikal terdeteksi tumbuh subur di antara mereka sejak lama.

Kepala Polres Malang Kota, AKBP Asfuri mengatakan, ada dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yakni Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang yang teridentifikasi banyak mahasiswanya menyuarakan radikalisme.

"Sudah terpantau. Banyak mahasiswa di dua kampus itu menyerukan khilafah, ini kalau dibiarkan akan berbahaya," kata Asfuri di acara kesepakatan mencegah radikalisme dan terorisme di Balai Kota Malang, Rabu, 30 Mei 2018.

Gagasan para mahasiswa itu mengganti Pancasila dan NKRI dengan khilafah Islam. Kelompok mahasiswa itu dahulu berafiliasi ke Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Organisasi massa yang sudah dibubarkan pemerintah lantaran pahamnya bertentangan dengan Pancasila.

Tak semua pemahaman radikal bakal menjurus ke tindakan terorisme. Tetapi, para pelaku aksi terorisme bermula dari radikalisme keagamaan yang terus dipupuk. Perlahan, terjadi perubahan dari semula hanya di ranah pemikiran menjadi radikal pada sikap dan tindakan.

"Tindakan itu bisa mengganggu situasi masyarakat yang sebenarnya sudah kondusif," ujar Asfuri.

Penyebaran radikalisme ini melibatkan mahasiswa senior yang sudah lebih dulu menjadi bagian gerakan itu. Mereka menyasar mahasiswa baru, merekrutnya dengan berbagai pendekatan. Mulai mencarikan kos, meminjami buku, hingga mengajaknya ke forum tertutup.

"Kalau tak dicegah, pemahaman itu akan menyebar lebih luas lagi. Ini jadi tanggungjawab bersama, termasuk semua perguruan tinggi," ucap Asfuri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Gerakan Tampak Tenang

Densus 88 menggeledah rumah seorang warga Malang yang diduga terhubung kelompok radikal, 13 Mei 2018 lalu (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Rektor Universitas Brawijaya (UB) Malang, Mohammad Bisri tak memungkiri paham radikal telah berkembang di kampus yang dipimpinnya. Ia punya pengalaman diajak bergabung ke dalam kelompok yang ingin mengganti Pancasila dan NKRI dengan sistem khilafah.

"UB ini kelihatannya tenang, tapi sebenarnya tidak. Dulu sebelum jadi rektor, saya pernah diundang dalam sebuah forum di dalam kampus. Ide mereka adalah khilafah," kata Bisri.

Rektor yang habis masa jabatannya pada 10 Juni nanti ini menolak gagasan kelompok itu. Dahulu kelompok ini belum dinyatakan sebagai organisasi terlarang. Tapi organisasi ini telah dibubarkan oleh pemerintah sejak Juli tahun lalu. Anggotanya juga ada berprofesi sebagai dosen.

"Kelompok ini bergerak cepat dan dengan diam – diam. Ini jadi pekerjaan kita semua untuk mencegah penyebaran paham ini," ujar Bisri.

Wacana kebangsaan tak cukup diselenggarakan di perkuliahan terbuka di tingkat universitas. Saat penerimaan mahasiswa baru, gagasan kebangsaan dan keberagaman harus sudah didengungkan. Menjadi perhatian serius PTN maupun perguruan tinggi swasta.

"Semua perguruan tinggi harus bersepakat untuk melawan paham radikalisme ini," ujar Bisri.

Kerjasama Kampus

Penandatanganan kesepakatan mencegah dan menanggulangi radikalisme di Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Pemerintah Kota Malang memandang perguruan tinggi memiliki peran penting memutus penyebaran paham radikalisme. Ironisnya, perguruan tinggi negeri saat ini malah jadi salah satu sektor yang cukup rawan terpapar paham itu.

Pejabat sementara Wali Kota Malang, Wachid Wahyudi mengatakan, wacana keberagaman dan toleransi harus lebih massif disuarakan di bangku perkuliahan.

"Pelajaran agama pada pendidikan dasar sampai menengah kita belum menyentuh sisi itu. Saat kuliah, mahasiswa baru rawan tersusupi paham itu," ujar Wachid.

Pemerintah kota mendorong seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta bergabung bersama. Membentuk satu wadah bersama dan saling berkoordinasi, bahkan melibatkan instansi pemerintah dan lainnya. Apalagi Kota Malang adalah kota pendidikan.

"Di Malang ini kan banyak perguruan tinggi, harus dibentuk forum bersama. Ini bisa jadi sistem deteksi dini menangkal gerakan radikalisme," ujar Wachid.

Forum bersama perguruan tinggi ini bisa merumuskan pola orientasi mahasiswa dan pelajar baru tentang wawasan keagamaan dan kebangsaan. Serta melibatkan TNI, Polri, unsur pemerintahan dan pemuka agama untuk penyusunan materi kebangsaan ke mahasiswa dan pelajar baru.

"Ini upaya pencegahan sejak dini, apalagi Malang ini kota yang penduduknya sangat beragam," ucap Wachid.

Sebagai langkah awal, ditandatangani kesepakatan bersama mencegah dan menanggulangi radikalisme serta terorisme. Kesepakatan ini melibatkan perguruan tinggi negeri dan swasta, pemerintah kota, dinas pendidikan, TNI dan Polri.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sebelumnya menyebut ada tujuh PTN yang sudah disusupi paham radikalisme. Antara lain Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Airlangga.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buka Puasa Bersama, Menpora Minta Semua Pengurus dan Atlet Saling Dukung

Posted: 30 May 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi bersama Istrinya Shobibah Rohmah hadir dalam acara Buka Puasa Bersama dengan Pengurus dan Atlet National Paralympic Committee Indonesia di Lor In Solo Hotel, Solo, Jawa Tengah, Jumat (25/5).

Menpora merasa senang pada buka puasa kali ini langsung bersama dengan CdM Asian Para Games Arminsyah. "Saya senang buka puasa kali ini karena dihadiri CdM Asian Para Games. Kita bersyukur sekarang kita sudah bersatu padu dan kompak. Karena ada CdM, atlet, INAPGOC, NPC dan dari Kemenpora. Maka pasti tekadnya semakin bulat untuk menyongsong sukses Asian Para Games di bulan Oktober, " ujar Menpora.

Tak hanya itu, Menpora juga mengajak masyarakat untuk mendukung para atlet dan selalu bekerjasama. "Kita pemerintah memberikan fasilitas dan penghormatan yang sama dengan atlet-atlet yang lain. Pemerintah akan terus mendukung. Di Asean Para Games di Kualalumpur kita juara umum, apalagi kita bertanding di negera sendiri pasti semangatnya jauh berbeda, karena pasti keluarga kita, teman-teman kita akan datang untuk memberikan doa dan dukungan. Maka jangan pernah berkecil hati, bulatkan tekad agar Merah Putih berkibar dan lagu Indonesia Raya berkumandang di bumi Indonesia tercinta ini," ujarMenpora.

Sementara Chef de Mission (CdM) Arminsyah mengatakan sudah lama ingin berkunjung ke Solo untuk melihat para atlet Asian Para Games latihan sekaligus ingin berdiskusi pada kalian semua. "Pada intinya, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kemampuan kita saat berjuang di Asian Para Games nanti," ujarnya.

"Berkaca pada Asean Para Games 2017 di Malaysia kita juara umum. Sekarang Indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games, kita berharap mengukir prestasi. Minimal kita bisa melampaui Asian Para Games di Incheon kalau bisa kita juara umum dan itu bisa terjadi karena kita tuan rumah. Tentunya para atlet yang bisa menjawab ini semua. Dan saya akan berusaha memberikan semangat dan dorongan," ucapnya.

Hadir dalam buka puasa tersebut Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Teguh Raharjo, Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Bayu Rahadian, Sesdep Pembudayaan Olahraga Samsuddin, Ketua NPC Senny Marbun.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amien Rais Minta Ditemui Jokowi, PDIP: Kayak Diplomasi Kelas Atas Saja

Posted: 30 May 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto menyambut baik jika Presiden Joko Widodo dan Amien Rais bertemu. Tapi, Bambang mengaku heran dengan permintaan Amien Rais agar Joko Widodo atau Jokowi yang menemuinya. Bambang menyindir permintaan Amien itu seperti rencana pertemuan diplomasi kelas atas.

"Kalau orang sebelum mau ketemu saja sudah mematok syarat. Ini kayak pertemuan diplomasi kelas atas saja," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Bambang mengatakan, jika ia menjadi Jokowi, ia ogah menemui Amien Rais lebih dulu. Tapi, dia yakin Jokowi akhirnya bersedia berkunjung ke rumah Amien Rais.

"Saya punya keyakinan kalau toh seperti itu, saya khawatir kalau Pak Jokowi bersedia," tegasnya.

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah ini memandang, tak elok jika seorang Presiden sowan kepada Amien.

"Pak Amien Rais mematok seperti itu ke publik, rasanya gimana sih. Masa Presiden harus sowan," tandasnya.

 

Minta Ditemui di Yogya

Politkus senior PAN Amien Rais melambaikan tangan usai bertemu Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (26/4). Amien Rais menegaskan PAN tidak mungkin merapat ke kubu Jokowi di Pilpres 2019. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Amien Rais mengungkapkan ada pihak yang berupaya mempertemukan dirinya dengan Presiden Jokowi dalam sebulan terakhir. Meski tak menyebut pihak yang dimaksud, namun Amien menyambut baik rencana pertemuan dengan Jokowi.

"Sesungguhnya, saya enggak perlu sebut nama-nama siapa, memang sebulan terakhir ada yang berusaha pertemukan saya dengan pak Jokowi," kata Amien di Rumah Dinas Ketua MPR, Jalan Widya Chandra, Jakarta, Rabu, 30 Mei kemarin.

Tapi, Amien meminta Jokowi lah yang menemuinya di rumahnya, Yogyakarta. Amien mengklaim akan mendengar segala pandangan Jokowi terkait bangsa dan negara.

Dia mencontohkan, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan istri, Ani Yudhoyono, juga pernah berkunjung ke rumahnya.

Namun, Amien masih menutup rapat-rapat pikiran yang akan disampaikan kepada Jokowi. Menurutnya, kunjungan Jokowi diperlukan untuk menjaga keutuhan bangsa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikmatnya Berbuka dengan Nasi Pulo, Lemper Khas Manado Tua

Posted: 30 May 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Manado – Wilayah Sulawesi Utara tak hanya dikenal dengan wisata alamnya yang menakjubkan seperti Bunaken, tetapi juga keragaman kulinernya. Selain bubur Manado, ada pula sejumlah jajanan seperti lalampa, panada, dan koyabu.

Salah satu yang tak boleh dilewati adalah Nasi Pulo, penganan khas dari Pulau Manado Tua. "Kuliner ini terkesan sangat sederhana namun memiliki cita rasa dan keunikan yang tidak dijumpai pada kelompok kuliner jajanan pasar di Manado," ungkap Kifli Madina, warga Perum Mapanget, Manado, Selasa, 29 Mei 2018.

Nasi Pulo ini mirip kue lalampa atau lemper yang berbahan dasar beras ketan putih. Berbeda dengan lalampa dikombinasi dengan ikan, nasi pulo terbuat dari beras pulo/ketan yang dimasak dengan santan kelapa diberi sedikit garam. Di atasnya barulah diberi parutan kelapa mengkal yang dicampur dengan gula aren.

Nasi pulo disajikan dengan cara dibungkus dengan daun pisang sehingga unsur kearifan lokal sangat kental. Menariknya, nasi pulo ini tidak diproduksi setiap hari untuk dikonsumsi atau dijual, melainkan hanya atas permintaan khusus.

"Memang hanya diproduksi khusus," ungkap Drevy Malalantang, pegiat pariwisata di Kota Manado.

Untuk kuliner dengan citarasa yang menggoda ini, Anda tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Harga sebungkusnya hanya Rp 1.500. Ongkos lebih perlu Anda keluarkan untuk transportasi menuju Pulau Manado Tua, karena memang nasi pulo ini hanya ada di sana.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diupah Cuma Rp 83 Ribu, Seperti Ini Beratnya Kerja Para Penyelam Selokan

Posted: 30 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sering mengeluh dengan pekerjaanmu? Jika hal itu sering kamu lakukan, mungkin kamu bisa berkaca dari para petugas pembersih selokan di Bangladesh.

Bisa dibilang, pekerjaan satu ini merupakan salah satu tugas yang paling menggelikan dan terbilang berisiko. Dengan upah yang cukup kecil, sekitar £4.50 hingga £7.50 atau setara Rp 83 ribu - 139 ribu selama sehari. Mereka harus menyelam ke dalam air comberan yang kotor, penuh sampah dan sangat tercemar di ibukota, Dhaka.

Untuk mengurangi banjir karena sumbatan sampah pada selokan, para petugas menyelam tanpa menggunakan alat pengaman apapun. Yang hanya mereka lakukan cukup menahan napas panjang dan berusaha mengambil tumpukan sampah di dalam selokan. Kadang kala mereka mencoba membersihkan selokan yang terhambat dengan kayu panjang.

Air menghitam yang kotor mungkin membuat orang merasa jijik dalam seketika. Tapi bagi para petugas ini, rasa jijik itu harus disingkirkan.

Puluhan petugas kerap mengalami kematian tiap tahunnya

(Foto: © Rehman Asad/Barcoft Image)

Hujan juga merupakan musuh utama mereka karena dapat memperburuk saluran air hingga mengakibatkan munculnya banjir

Meski berupah kecil, orang-orang ini punya peranan penting di ibu kota. Lebih dari 14 juta rumah di Dhaka menggantungkan diri kepada para petugas ini agar sistem drainase mereka menjadi lebih memadai.

Selain upah yang kecil, kesehatan mereka juga turut dipertaruhkan. Puluhan petugas selokan dilaporkan meninggal akibat menderita penyakit jangka panjang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Bukti Harga Rokok RI Jauh Lebih Mahal Ketimbang Negara Lain

Posted: 30 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira Adhinegara menyatakan harga rokok di Indonesia saat ini sudah lebih mahal jika dibandingkan negara lain. Hal tersebut dapat diukur dari kemampuan daya beli masyarakat.

Dia menjelaskan, berdasarkan kemampuan daya beli masyarakat atau Purchasing Power Parity (PPP), harga rokok terhadap pendapatan masyarakat Indonesia tergolong tinggi, yaitu 2,9 persen. Sementara di Singapura dan Malaysia masing-masing hanya 1,5 persen serta dua persen.

"Di Singapura terbukti bahwa harga rokok yang kita anggap mahal ternyata masih dalam jangkauan daya beli penduduk Singapura," ujar dia di Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Selain itu, lanjut Bhima, menaikkan harga rokok tidak serta-merta menurunkan angka perokok. Menurut dia, konsumen justru bisa berbalik arah mengonsumsi rokok murah bahkan rokok ilegal.

"Yang terjadi justru adanya perilaku beralihnya konsumen ke rokok yang lebih murah, atau yang paling berbahaya justru meningkatnya peredaran rokok ilegal," kata dia.

‎Bhima menyatakan, hasil riset menunjukkan jika sekitar 11,7 persen dari 344 miliar batang rokok di pasaran dijual secara ilegal. Oleh sebab itu, jika harga rokok langsung dinaikkan secara drastis, maka yang terjadi rokok ilegal semakin mendominasi pasaran. 

"Kondisi ini jelas tidak menambah pemasukan cukai, justru kehilangan penerimaan negara bisa membesar," ujar dia.

 

Harga Rokok RI Disebut Lebih Mahal Ketimbang Negara Lain

Ilustrasi Foto Stop atau Berhenti Merokok (iStockphoto)

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo menyebut harga rokok di Indonesia terbilang mahal bila dibanding dengan negara lain.

"Di Indonesia harga rokok paling mahal. Kalau dilihat dari pendapatan per kapita, harga rokok kita sudah termasuk tertinggi di dunia," kata Yustinus.

Yustinus mengatakan, harga rokok di Indonesia lebih tinggi dari negara-negara seperti Jepang, Korea, Australia, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Myanmar.

Penilaian ini berdasarkan indeks keterjangkauan yang diukur melalui rasioPrice Relative to Income (PRI), yakni rasio yang memperhitungkan faktor daya beli ke dalam analisa keterjangkauan harga.

Namun demikian, dikatakan Yustinus hal ini justru berbalik dengan keterjangkauan harga rokok di berbagai negara dengan metode IPC pada bungkus rokok. Indonesia menduduki posisi paling rendah, di bawah negara Asia seperti Myanmar, Filiphina, dan Malaysia.

Sementara negara seperti Macau menduduki posisi paling tinggi, kemudian disusul Jepang, Taiwan, Korea, Hong Kong, China, Singapura, Vietnam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Nikita Mirzani Minggat dari Rumah

Posted: 30 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lagi-lagi Nikita Mirzani menjadi sorotan media. Kali ini, ia dan suami, Dipo Latief, mendapat panggilan dari pihak Komisi Nasional Perlindungan Anak.

Pemanggilan ini terkait anak sulung Nikita Mirzani, Laura Meizani Nasseru Asry atau Loly, yang diketahui kabur dari rumah.

Kabar ini telah dibenarkan langsung oleh Ketua Komnas Pelindungan Anak, Arist Merdeka Sirait. Peristiwa minggatnya Loly dari kediamannya sendiri terjadi pada Rabu (30/5/2018).

"Iya ada anak kabur bernama Loly. Dia mengaku anaknya Nikita Mirzani. Ada saudaranya yang nganterin ke Komnas Anak. Saudaranya bilang Nikita ada permasalahan dalam rumah tangga," ucap Arist Merdeka Sirait saat dihubungi melalui telepon, Kamis (31/5/2018).

Tak Nyaman

(Zulfa Ayu/Liputan6.com)

Dengan diantar sanak saudaranya, anak yang tengah menapaki usia remaja ini sempat menginap di Komnas Perlindungan Anak. Alasan anak Nikita Mirzani nekat kabur diduga karena ia tak nyaman berada di rumah.

Kabur

Nikita Mirzani

"Sementara kita kasih tumpanganlah karena kabur. Jadi Loly kabur dan saudaranya anterin ke Komnas Anak. Benar sih langsung diantar Komnas Anak. Kemudian kita inapkan dan cari masalahnya," lanjut sang ketua Komnas.

Dipanggil Komnas Anak

(Instagram/nikitamirzanimawardi_17)

Untuk mencari solusi atas permasalahan ini, Nikita Mirzani dan suami diharap bisa datang memenuhi panggilan Komnas Perlindungan Anak pada sore hari nanti.

"Lalu hari ini kami meminta kedua orangtuanya datang ke Komnas untuk bicarakan ini," tandas Arist Merdeka Sirait.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1: Bungkam Persija, Barito Putera Gusur Persipura

Posted: 30 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Buah hasil kemenangan 2-1 dari Persija Jakarta, Barito Putera sukses melesat ke puncak klasemen sementara Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. Dari 11 pertandingan, tim berjuluk Laskar Antasari tersebut mampu membukukan 20 poin.

Barito Putera berhasil mendepak Persipura Jayapura yang berstatus pimpinan klasemen Liga 1 pada pekan lalu. PSM Makassar menguntit di posisi kedua dengan perolehan poin sama, tapi kalah head to head dengan Laskar Antasari.

Sementara itu, hasil imbang 1-1 melawan Persebaya Surabaya membuat Persipura terlempar ke posisi tiga dengan nilai 18 dari 11 pertandingan. Persela Lamongan melengkapi empat besar klasemen sementara Liga 1 dengan torehan 17 poin.

Status pemuncak klasemen sementara memang pantas disandang Barito Putera. Pasukan Jacksen F. Tiago tengah dalam performa luar biasa belakangan ini. Dari empat partai terkini Liga 1, Laskar Antasari berhasil meraih tiga kemenangan dan sisanya berakhir imbang.

Beralih ke papan bawah, Arema FC kembali tidak konsisten. Setelah memetik kemenangan dari Bhayangkara FC pada pekan ke-10, Singo Edan malah dihajar PSMS Medan 0-2. Hasil ini membuat Dendi Santoso dan kawan-kawan terpuruk di dasar klasemen dengan 9 poin.

Klasemen Liga 1

Klasemen Liga 1 Pekan Ke-11. (Soccerway).

Jadwal Liga 1 Pekan Ke-12

Kamis, 31 Mei 2018

Persib Bandung Vs Bhayangkara FC

Jumat, 1 Juni 2018

Borneo FC Vs PSMS Medan

Arema FC Vs PSIS Semarang

Mitra Kukar Vs Perseru Serui

Sabtu, 2 Juni 2018

Sriwijaya FC Vs Persela Lamongan

Minggu, 3 Juni 2018

Madura United Vs Bali United

Persija Jakarta Vs Persebaya Surabaya

Senin, 4 Juni 2018

Persipura Jayapura Vs PSM Makassar

PS Tira Vs Barito Putera

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Tukang Sampah Kembalikan Uang Temuan Rp 20 Juta

Posted: 30 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang tukang sampah menemukan kantong plastik berisi uang Rp 20 juta di pinggir jalan. Ia akhirnya mengembalikan uang tersebut ke kepolisian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjual Obat Ilegal yang Disita BPOM Beromzet Rp 500 Juta per Bulan

Posted: 30 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang bersama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP), Kepolisian Daerah dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jawa Tengah berhasil membongkar praktik distribusi obat dan kosmetik ilegal di Semarang dan Magelang, Senin, 28 Mei 2018. 

Praktik ilegal itu berhasil dibongkar berkat informasi dari BBPOM di Pekanbaru yang menyebutkan adanya penjualan obat ilegal berupa sediaan injeksi melalui online yang berasal dari Semarang. 

Berdasarkan penelusuran, sebuah gudang berkedok agen jasa pengiriman ekspedisi di Semarang menjadi sumber peredaran obat ilegal yang dijual secara online

 

Obat injeksi ilegal yang disita BPOM di Semarang adalah merek yang banyak beredar di pasaran. (Foto: Dok. BPOM)

Dari TKP disita barang bukti kejahatan berbagai jenis obat ilegal yang banyak ditemukan di peredaran, antara lain berupa injeksi vitamin C, Kolagen, Gluthathion, Tretinoin, obat-obat pelangsing, Sibutramine HCl, serta produk-produk skincare dengan total 146 item (127.900 buah) dengan nilai keekonomian diperkirakan mencapai Rp 3,5 miliar.

Selain itu petugas juga menyita tujuh unit handphone dan lima unit personal computer (PC) yang digunakan untuk transaksi dan administrasi penjualan serta dokumen dan catatan penjualan.   

Obat injeksi kecantikan ilegal yang disita BPOM di Semarang, Kamis (31/5/2018). (Foto: Dok. BPOM)

BPOM RI telah menyita seluruh produk obat ilegal beserta dokumen dan catatan penjualan tersebut. Berdasarkan pemeriksaan sementara terhadap saksi-saksi, PPNS BPOM RI telah menetapkan satu orang tersangka berinisial UA.

"Berdasarkan dokumen yang ditemukan dan keterangan tersangka, usaha dijalankan sejak tahun 2015 dengan omzet Rp 400 juta - 500 juta per bulan. Temuan ini akan ditindaklanjuti BPOM RI melalui proses projustitia guna mengungkap aktor intelektual," ujar Kepala BPOM RI Penny K Lukito.

Saksikan juga video menarik berikut:

Jangan Lupa Cek KLIK

Ketua BPOM Penny K. Lukito mengimbau agar jangan lupa untuk selalu mengecek KLIK setiap membeli produk. (Foto: Dok. BPOM)

Pelaku diduga melanggar Pasal 196 dan 197 Undang-Undang No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp 1,5 miliar.

"Ini merupakan salah satu temuan terkait jaringan distribusi produk ilegal secara online. Kami terus melakukan penelusuran terhadap temuan ini untuk mengungkap siapa pelaku utama kejahatan ini. Kami juga akan bekerja sama dengan penegak hukum untuk memastikan pelaku kejahatan ini mendapatkan hukuman maksimal," tegas Penny.

Terkait maraknya peredaran obat ilegal, Kepala BPOM RI kembali meminta kepada seluruh pelaku usaha untuk mematuhi segala peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Masyarakat juga diharapkan untuk lebih berhati-hati dalam memilih obat yang akan dikonsumsi. Jangan membeli atau memilih produk obat yang tidak memiliki izin edar. Ingat selalu Cek KLIK, Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin edar, dan Cek Kedaluwarsa sebelum membeli atau memilih produk obat," imbau Kepala BPOM RI menutup penjelasannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aktivitas Warga Dunia saat Cuaca Panas

Posted: 30 May 2018 10:00 PM PDT

Orang-orang menikmati cuaca hangat selama May Bank Holiday di Hampstead Heath, London, Inggris (28/5). (AP Photo/Yui Mok)

Orang-orang menikmati cuaca hangat selama May Bank Holiday di Hampstead Heath, London, Inggris (28/5). (AP Photo/Yui Mok)

Pekerja memindahkan ikan mati dari danau Ghodasar yang sebagian kering karena cuaca panas di Ahmadabad, India, (29/5). Ratusan ikan telah mati akibat gelombang panas yang telah menelan sebagian besar India utara . (AP Photo/Ajit Solanki)

Pekerja memindahkan ikan mati dari danau Ghodasar yang sebagian kering karena cuaca panas di Ahmadabad, India, (29/5). Ratusan ikan telah mati akibat gelombang panas yang telah menelan sebagian besar India utara . (AP Photo/Ajit Solanki)

Seorang pria mendinginkan tubuhnya saat ia duduk di dekat air mancur di Tessin Park di pusat Stockholm, Swedia, (29/5). (AP Photo/Anders Wiklund)

Seorang pria mendinginkan tubuhnya saat ia duduk di dekat air mancur di Tessin Park di pusat Stockholm, Swedia, (29/5). (AP Photo/Anders Wiklund)

Orang-orang berjalan selama matahari terbenam di pusat kota Belgrade, Serbia, (29/5). Para ahli meteorologi meramalkan cuaca cerah di Serbia akan melanda beberapa hari mendatang. (AP Photo / Darko Vojinovic)

Orang-orang berjalan selama matahari terbenam di pusat kota Belgrade, Serbia, (29/5). Para ahli meteorologi meramalkan cuaca cerah di Serbia akan melanda beberapa hari mendatang. (AP Photo / Darko Vojinovic)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puan Maharani dan Prabowo Sudah Sering Bertemu, Bahas Apa?

Posted: 30 May 2018 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto mengungkapkan Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusian dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sudah sering bertemu. Pertemuan itu bahkan sudah lebih dari dua kali.

"Itu sudah sering ketemu saya sendiri saksinya udah ada beberapa kali pertemuan beliau itu kalau Mba Puan sama Prabowo itu manggilnya Mas Bowo. Jadi mereka itu deket. Kalau ketemu setiap waktu," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/5/2018).

"Yang sudah pasti saya ikuti aja lebih dari dua kali," lanjutnya.

Pria yang akrab disapa Bambang Pacul ini mengatakan Puan dan Prabowo pernah bertemu saat makan malam. Namun ia tidak merinci kapan pastinya pertemuan itu terjadi.

"Pas makan malam bersama," ungkapnya.

Selain itu, anggota DPR ini juga enggan memberitahukan apa tema pembicaraan Ketua DPP PDIP non-aktif itu dengan Prabowo terkait dengan Pilpres 2019.

"Coba tanyain deh sama Mba Puan," ucapnya.

 

Jadi Sahabat

Sebelumnya, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto akan memenuhi permintaan pertemuan dengan Politisi PDIP Puan Maharani. Prabowo mengaku hubungannya dengan putri Presiden ke-5 itu cukup baik.

"Pasti lah masa orang mau ketemu kita enggak terima," kata Prabowo.

"Saya kan hubungannya baik. Saya sahabat. Setiap saat enggak ada masalah. Kita emang sudah rencana (bertemu)," tambah Prabowo.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lincah Berjoget Saat Hamil Muda, Istri Petra Sihombing Diingatkan

Posted: 30 May 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Firrina Siantrya saat ini tengah menikmati momen terindah dalam hidupnya, yakni kehamilan. Usia kandungan istri Petra Sihombing itu diperkirakan hampir jalan tiga bulan.

Kebanyakan wanita yang tengah hamil muda pasti menjadi lebih hati-hati dan waspada lantaran kondisi janinnya yang masih rentan. Namun hal itu tampaknya tidak berlaku bagi Firrina.

Istri Petra Sihombing itu justru tetap pecicilan meski sedang hamil muda. Seperti dalam video yang diunggah Petra di Instagram pribadinya, Rabu (30/5/2018).

Wanita yang dikenal sebagai model dan aktris itu tampak bernyanyi dan menari riang saat berkunjung ke Taman Sari, Yogyakarta. "Oops," tulis Petra Sihombing di kolom keterangan.

Diingatkan

Petra Sihombing dan Firrina [foto: instagram/petra_sihombing]

Tidak sedikit warganet yang khawatir dengan nasib kandungan Firrina melihat istri Petra Sihombing itu berjoget dengan lincahnya. Mereka juga mengingatkan Firrina agar lebih berhati-hati.

"Kk kan lg hamil.. Pelan2 kk," ujar @nathaliasiiombiing.

"Aduhhh kan lagi hamil kakakk," @martaliamanalu menimpali.

"Doi yg hamil , kok saya yg ngeri liat lg joget-joget nya," sahut @nikepriscilla.

 

Nekat Kerja

(Instagram/aquilafirrina)

Selayaknya wanita hamil, Firrina juga mengalami mual-mual. Namun kondisi itu tidak menghalangi Firrina untuk berhenti bekerja.

"Iya sih (masih kerja) soalnya kalau kerja atau pergi jalan gitu jadi nggak terlalu terasa mualnya sedangkan kalau yang di rumah itu berasa banget jadi aku mendingan pergi-pergi," ujar istri Petra Sihombing baru-baru ini.

 

Pakai High Heels

(Instagram/aquilafirrina)

Tidak hanya itu, Firrina juga mengaku masih kerap menggunakan sepatu hak tinggi saat tampil di catwalk. Beruntung Firrina mendapat kemudahan dalam bekerja meski tengah hamil.

"Masih sih masih pakai. Kalau dulu dari stand by itu harus dipakai kalau sekarang dikasih kelonggaran boleh entar aja pakenya duduk dulu aja," ungkap Firrina Sinatrya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hakim Tolak Eksepsi Mantan Kepala BPPN Syafruddin Temenggung

Posted: 30 May 2018 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hakim Pengadilan Tipikor menolak nota keberatan atau eksepsi terdakwa penerbitan Surat Keterangan Lunas, Syafruddin Arsyad Temenggung. Surat dakwaan yang disusun oleh jaksa penuntut umum pada KPK dinyatakan sah menurut hukum.

"Mengadili, menyatakan eksepsi terdakwa tidak dapat diterima seluruhnya. Menyatakan surat dakwaan jaksa penuntut umum telah memenuhi syarat formil dan materiil dan sah menurut hukum," ucap Ketua Majelis Hakim, Yanto, Kamis (31/5/2018).

Sedikitnya ada lima poin eksepsi tim kuasa hukum mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional itu yang seluruhnya dimentahkan oleh majelis hakim yakni; Pengadilan Tipikor tidak berhak mengadili perkara tersebut dikarenakan ranah perdata, kerugian negara berdasarkan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang dijadikan landasan jaksa penuntut umum telah final, adanya sengketa perdata, dan masa daluwarsa penerbitan SKL oleh Arsyad.

Berdasarkan keputusan tersebut, majelis hakim memerintahkan jaksa penuntut umum menghadirkan saksi-saksi pada persidangan selanjutnya.

"Memerintahkan persidangan dilanjutkan dengan pembuktian oleh karenanya memerintahkan jaksa penuntut umum menghadirkan saksi-saksi," ujarnya.

 

Dakwaan

Diketahui, Syafruddin Arsyad Temenggung selaku Ketua BPPN periode 2002-2004 didakwa bersama-sama dengan Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK) Dorojatun Kuntjoro-Jakti, serta pemilik Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI) Sjamsul Nursalim dan Itjih Nursalim merugikan keuangan negara.

Modusnya yaitu dengan cara menghapus piutang BDNI kepada petani tambak yang dijamin oleh PT Dipasena Citra Darmadja (DCD) dan PT Wachyuni Mandira (WM) serta menerbitkan Surat Pemenuhan Kewajiban Pemegang Saham, sehingga merugikan keuangan negara hingga Rp4,58 triliun.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Santri Madura Hajar Begal Bercelurit di Bekasi hingga Tewas

Posted: 30 May 2018 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indahnya pemandangan malam di Bekasi malah berujung aksi pembegalan. Hal itu dirasakan Moh Irfan Bahri yang sedang menikmati liburan di Bekasi, Jawa Barat. Tidak surut daya, dia kemudian nekat melawan balik hingga menewaskan pelaku.

Pria berusia 19 tahun itu mengaku membela diri. "Soalnya kalau enggak ngelawan itu bisa saya yang mati. Ya saya bela diri terpaksa. Karena itu merenggut kematian kan," katanya usai menerima penghargaan di Mapolres Bekasi Kota, Jawa Barat, Kamis (31/5/2018).

Irfan khawatir kasusnya itu berujung pada ketidakadilan. Dia pasrah menyerahkan sepenuhnya ke pihak kepolisian. Tentu pada akhirnya dia takjub. Tidak hanya karena aksinya dibenarkan hukum, tapi juga lantaran disebut sebagai inspirasi bagi polisi Bekasi.

"Berkat doa ibu, bapak, sama guru di pondok, semuanya, dan dukungan semuanya akhirnya bisa beres sampai selesai. Bersyukur bisa dapat penghargaan dari Pak Polisi," tutur dia.

Santri ngabdi Pondok Pesantren Darul Ulum, Bandungan, Pakong, Pamekasan, Madura itu sedikit mengulas kembali aksi heroiknya pada Rabu, 23 Mei 2018 malam lalu. Pukul 22.00 WIB, dia bersama sepupunya Rofiki tengah santai seruput kopi di Alun-Alun Kota Bekasi usai tarawih.

Masuk tengah malam dan berpisah dengan teman-teman lainnya, mereka berdua bermaksud menikmati gemerlap lampu Kota Bekasi melalui Flyover Summarecon yang terkenal artistik. Tidak lupa juga keduanya berswafoto.

"Kurang lebih 15 menit, datang dua orang bawa motor Beat tiba-tiba ngeluarin celuritnya, nodongin. Mana Hp kamu katanya, sambil menodongkan celuritnya itu," ujar Irfan.

Peristiwa itu seketika merusak kenyamanan keduanya. Rofiki memilih pasrah dan memberikan ponsel kepada pelaku atas nama Aric Saipulloh. Meski begitu, todongan celurit tidak berhenti. Tanpa pikir panjang, Irfan yang menjadi sasaran selanjutnya langsung disabet dengan senjata tajam itu.

"Kok luka. Terus dia bacok (saya) lagi, saya tangkis. Saya tendang kakinya, jatohin ke bawah. Setelah dia jatuh, celuritnya masih mengenai saya. Jatuhnya ke pipi sama tangan saya. Trus saya rebut celurit dari tangannya pakai tangan kanan saya. Saya bacok dia," beber pemuda asli Madura itu.

Kurang lebih tiga sampai empat sabetan celurit dilayangkan Irfan ke pelaku. Sadar mendapat perlawanan keras, gantian si begal meminta ampun sambil mengembalikan ponsel milik Rofiki. Kemudian kedua pelaku langsung melarikan diri.

Irfan dan Rofiki kemudian menyambangi klinik terdekat dan disusul membuat laporan ke Polres Metro Bekasi Kota. Sementara dua pelaku diketahui menuju RS Anna Medika Bekasi Utara. Namun, nyawa Aric tidak tertolong karena mengalami pendarahan.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Silat Jokotole Naga Putih

Ilustrasi Begal Motor

Dalam kesehariannya, Irfan mengaku memang belajar ilmu beladiri selama nyantri. Hampir dua tahun lamanya dia menggeluti seni bertarung Jokotole Naga Putih. Tidak disangka, ilmunya itu terpakai saat mengisi waktu liburan 10 hari di Bekasi yang akhirnya sedikit diperpanjang sebab kasus tersebut.

"Iya (mau pulang). Saya sama ibu di Madura itu suruh cepat pulang. Karena keadaan di sana sudah khawatir dan nanti mau pamit sama Pak Polisi di sini mau pulang ke kampung, balik ke pondok," ujar dia.

Kini Irfan hanya bermaksud untuk kembali ngabdi di pondok pesantrennya. Dia belum banyak berpikir soal melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan atau bekerja. Soal menjadi polisi, keinginan itu mulai terlintas di benaknya, meski masih belum sekuat niatan nyantri.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Indarto menegaskan bahwa dari awal penyidik belum menetapkan Irfan sebagai tersangka kasus tewasnya begal di Flyover Summarecon Bekasi. Sesuai Pasal 49 ayat 1 KUHP, tindakan bela paksa dibenarkan dan tidak dapat dipidana.

"Enggak bebas, memang. Karena memang enggak pernah jadi tersangka. Jadi kasusnya enggak bisa dipidanakan. Tidak ada perbuatan melawan hukum. Jadi perbuatan mereka berdua masuk kategori bela paksa. Jadi mereka dibenarkan di depan hukum," terang Indarto.

Penghargaan yang diberikan pihak kepolisian kepada Irfan dan Rofiki merupakan apresiasi atas sikap keberanian dan kemampuan melawan kejahatan. Hanya saja, tetap ada pesan ke masyarakat agar bijaksana saat bermaksud membela diri. Jika kekuatan dinilai tidak seimbang, menyerah demi menghindari hal yang tidak diinginkan dapat menjadi prioritas.

"Ini bukan hanya menginspirasi masyarakat Bekasi, tapi juga menginspirasi polisi agar kita mampu melawan kejahatan," Indarto menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahmad Bambang dan Ego Syahrial Diangkat Jadi Komisaris Pertamina

Posted: 30 May 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai pemegang saham pengendali PT Pertamina (Persero) resmi mengangkat Ahmad Bambang dan Ego Syahrial sebagai Dewan Komisaris Pertamina. Selain itu, Kementerian BUMN pemberhentian dengan hormat Edwin Hidayat Abdullah sebagai Komisaris perseroan.

Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tersebut tertuang dalam SK-142/MBU/05/2018 tertanggal 30 Mei 2018. Tak hanya itu, RUPS juga menetapkan Alexander Lay sebagai Komisaris Independen Pertamina.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan, penyegaran dalam jajaran dewan komisaris Pertamina ini masih dalam rangka penguatan perusahaan dari segi pengawasan.

"Penyegaran ini masih kelanjutan dari penguatan Pertamina sebagai lead dari Holding BUMN Migas. Diharapkan penambahan dua anggota dewan komisaris ini bisa semakin memperkuat fungsi pengawasan di Pertamina," kata Harry di Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Ahmad Bambang sendiri telah berkarir di Pertamina sejak tahun 1989. Pria yang akrab disapa Abe ini telah menduduki berbagai jabatan strategis baik di Pertamina maupun di anak-anak usaha perseroan, seperti Direktur Utama PT Pertamina Trans Kontinental, Direktur Pemasaran Pertamina, hingga terakhir sebagai Wakil Direktur Utama Pertamina.

Pada November 2017, Abe dilantik oleh Menteri BUMN menjadi Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN.

Sementara itu, Ego Syahrial juga bukan sosok yang asing di industri migas. Saat ini, Ego menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM.

Sebelumnya, Ego telah menduduki berbagai jabatan strategis di Kementerian ESDM, diantaranya Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi dan Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM.

 

Susunan Komisaris

Peningkatan mutu pendidikan oleh Pertamina

Dengan perubahan Anggota Dewan Komisaris tersebut, maka susunan Dewan Komisaris Pertamina adalah:

Komisaris Utama : Tanri Abeng

Wakil Komisaris Utama : Arcandra Tahar

Komisaris Independen : Alexander Lay

Anggota Komisaris :

Sahala Lumban Gaol

-Suahasil Nazara

-Ahmad Bambang

- Ego Syahrial

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Casillas Ingin Kembali ke Real Madrid

Posted: 30 May 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penjaga gawang Iker Casillas telah dua tahun meninggalkan skuat Real Madrid. Namun kiper yang sudah berusia 37 tahun itu sama sekali tidak bisa melupakan Los Blancos. 

Seperti diketahui, Casillas pernah menjadi bintang di Santiago Bernabeu. Perannya di bawah mistar gawang jarang tergantikan sepanjang berkostum Real Madrid. Bahkan penyelamatan-penyelamatan gemilang yang sering dilakukannya membuatnya dijuluki Saint Iker di sana. 

Setelah 16 tahun memperkuat Los Blancos (1999-2015), Iker akhirnya mengucapkan salam perpisahan kepada publik Bernabeu. Dia pindah ke FC Porto pada 11 Juli 2015. Bersama klub asal Portugal tersebut, Casillas, melewati pertandingan ke-1000 sebagai pemain profesional. 

Sayang momen ini tidak berujung bahagia karena Porto kalah 0-2 melawan Belenenses. 

Belum lama ini, Casillas kembali menandatangani perpanjangan kontrak bersama FC Porto. Meski demikian, hatinya masih tertambat di Real Madrid dan berniat kembali ke Bernabeu. 

"Dalam setahun ini, kita lihat posisi kita ada di mana. Pertimbangan terbesar saya untuk bertahan adalah pengaruh suporter. Mereka memberi dukungan besar pada saya," kata Casillas menanggapi perpanjangan kontrak bersama FC Porto seperti dilansir Marca. 

 

 

Kerap Sambangi Bernabeu

Kiper Porto, Iker Casillas merayakan juara Liga Portugal usai pertandingan melawan Feirense di stadion Dragao (6/5). Casillas mempersembahkan gelar juara Liga Primeira Portugal bagi klubnya, FC Porto. (AP Photo/Luis Viera)

Casillas mengaku belum bisa move on dari Real Madrid. Sebaliknya, dia masih menjalin ikatan dengan tim ibu kota itu. Bahkan dia berharap suatu hari bisa kebali ke Bernabeu. 

"Saya bisa melihat diriku kembali ke Real Madrid suatu saat. Kapanpun saya pulang kampung, saya selalu ke Bernabeu memberi semangat kepada tim. Saya tidak tahu kapan saya kembali ke klub. Saya memulainya dari anak-anak, tumbuh besar di sana." katanya. 

"Saya menghabiskan sebagian besar hidupku di sana dan banyak yang menyaksikan saya jadi lelaki dewasa di sana. Saya masih terikat dengan Real Madrid. Saya yakin akan kembali lagi. Bagaimana Anda bisa berkata tidak kepada Madrid? Tapi saat ini, saya belum siap menjadi pelatih atau menempati posisi staf lainnyam," beber Casillas. 

Tidak Dibawa ke Piala Dunia

Daftar Timnas Spanyol Piala Dunia 2018. (Sefutbol)

Penampilan gemilang Casillas bersama Real Madrid juga mengantar Casillas ke timnas Spanyol. Bertahun-tahun dia menjadi penjaga gawang inti Tim Matador di berbagai ajang. 

Hanya saja, belakangan perannya mulai tergantikan. Bahkan nama Casillas bukan lagi menjadi pilihan utama Julen Lopetegui di bawah mistar gawang timnas Spanyol. Ini kali pertama Casillas tidak masuk tim inti skuat Matador sejak Piala Dunia Prancis 1998 lalu. 

"Julen punya ide memberi kesempatan bagi pemain muda dan saya percaya itu langkah yang tepat," kata Casillas.

"Saya percaya dengan apa yang dicarinya dan dia punya pemain-pemain yang kuat."

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Kebakaran Rumah Kos Surabaya Dimakamkan di TPU Sukolilo

Posted: 30 May 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - korban kebakaran rumah kos di Jalan Kebalen, Surabaya, Jawa Timur, akan dimakamkan di TPU (Tempat Pemakaman Umum) Keputih Sukolilo.

Pengelola pemakaman menyiapkan empat lubang untuk pemakaman korban kebakaran yang masih satu keluarga itu.

Empat lubang disiapkan untuk memakamkan jenazah almarhum Probo Sutejo bersama istri dan dua anaknya di TPU Keputih Sukolilo.

Keempatnya akan dimakamkan berdampingan. Selain menewaskan empat korban dalam satu keluarga ini, kebakaran juga menewaskan empat orang lainnya.

Simak berita selengkapnya dalam Liputan6 Siang SCTV, Kamis (31/5/2018), di tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebarkan Sayap, Citilink Indonesia Buka Rute Baru Yogyakarta-Makassar

Posted: 30 May 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Demi memudahkan masyarakat yang ingin mudik dan libur lebaran, mulai 1 Juni 2018, maskapai berbiaya hemat Citilink Indonesia membuka rute baru yang menghubungkan Yogyakarta dan Makassar.

Terkait hal ini, Vice Presiden Legal and CSR Citilink Indonesia, Ranty Astari Rachman, menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Kamis (31/5/2018) mengatakan, pembukaan rute penerbangan connecting the dots ini merupakan salah satu upaya Citilink untuk melebarkan sayap.

Makassar menurut Ranty merupakan penghubung utama Citilink Indonesia untuk melayani connecting flights ke wilayah timur Indonesia, seperti Kendari, Ambon, Jayapura, dan Manado.

"Rute Yogyakarta-Makassar ini merupakan rute connecting the dots kedua Citilink Indonesia setelah sebelumnya juga telah membuka rute Semarang-Surabaya dalam melebarkan sayapnya, dengan target market share sebesar 21,4 persen," ujar Ranty.

 

Melebarkan Sayap

Yogyakarta diprediksi menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi saat libur panjang akhir pekan. Foto: Ahmad Ibo.

Ranty menambahkan, dengan rute connecting the dots ini, Citilink Indonesia optimis mendapatkan tingkat isian di atas 83 persen mengingat minat penumpang yang terus berkembang dengan perkiraan sekitar 441.320 penumpang pada akhir tahun 2018.

Rute ini sendiri menggunakan pesawat Airbus A320 dengan kapasitas 180 penumpang, dengan nomor penerbangan QG 778 yang dijadwalkan berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pukul 15.05 WITA dan tiba di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta pada 16.10 WIB.

Sedangkan penerbangan Yogyakarta-Makassar dengan nomor penerbangan QG 779 dijadwalkan berangkat dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta pada pukul 16.40 WIB dan tiba di Bandara Sultan Hasanudin pada pukul 19.40 WITA.

 

Mengapa Yogyakarta dan Makassar?

air laut yang jernih menyambut wisatawan yang menyeberang dari Pantai Losari

Pemilihan Makassar sebagai connecting flights ke wilayah timur ini bukan tanpa sebab, kota ini dianggap memiliki daya tarik wisata alam yang menawan selain juga punya beragam destinasi wisata heritage yang punya nilai sejarah.

Begitu pun Yogyakarta, kota gudeg ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit wisawatan Nusantara. Data Dinas Pariwisata DIY sendiri menyebut, sekitar 4,7 juta wisnus dan 397.000 wisman telah berkunjung ke Yogyakarta pada 2017.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi Menjadi Ibu, Marissa Nasution Lahirkan Bayi Perempuan

Posted: 30 May 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presenter Marissa Nasution akhirnya menyambut hari bahagianya. Pada Rabu (30/5/2018), ia mengumumkan kelahiran sang putri di akun Instagram miliknya.

Bayi cantik Marissa Nasution ini lahir pada Senin, (28/5/2018) di Singapura. Marissa Nasution juga terlihat mengunggah foto bayinya yang sudah menjalani pemotretan meski masih berusia satu hari.

Tak lupa, Marissa Nasution juga mengucapkan terima kasih kepada warganet yang selama ini mendoakannya.

Putri pertama Marissa Nasution dan Benedikt Brueggemann ini diberi nama cantik, yakni Alaia Moana.

Terima Kasih

Anak Marissa Nasution dan Benedikt Brueggemann. (Instagram/marissaln)

"Hello Dunia! Nama saya Alaia Moana dan saya lahir tanggal 28 Mei 2018 di Singapura. Mama dan baby sehat dan sudah di rumah. Terima kasih kepada semua aunties dan uncles yang sudah kirim selamat dan mendoakan saya selama ini! Semoga segera mama dan baby bisa pulang ke Indonesia. Sampai Jumpa di Indonesia - Baby Allie, mama Marissa dan papa Benedikt," tulisnya.

Ucapan Selamat

Marissa Nasution dan Benedikt Brueggemann. (Instagram/marissaln)

Mengetahui kabar bahagia ini, warganet pun ramai memberikan ucapan selamat untuk Marissa. Beberapa warganet juga memuji kecantikan bayi Marissa Nasution. Mereka tidak ketinggalan untuk mendoakan agar sang ibu segera pulih.

Komentar Warganet

Marissa Nasution (Instagram/marissaln)

"Selamat berbahagia kak marissaln babynya sehat cepet balik indonesia dong kak...lekas pulih ya kak," tulis akun @andriani1089.

"Alhamdulilah.. Congrats mama @marissaln baby girl come to world. Baby allie so pretty. Smg ibu n baby sll sehat," tulis akun @mrsnana30.

"Selamat Mba @marissaln atas kelahiran baby Allie Alhamdulillah dikasih keselamatan mommy dan baby nya," tulis akun @idakussuma.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Ikut Berlayar Bersama Atlet di Tengah Lautan

Posted: 30 May 2018 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat meninjau pelatnas cabang olahraga layar (PB Porlasi), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi langsung naik ke kapal speed untuk menyusul para atlet yang sedang berlatih di Ancol, Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Didampingi Ketua Umum PB Porlasi Darwanto dan Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana, Imam Nahrowi langsung bergegas menghampiri salah satu atlet di Kapal Hobie 16 Katamaran untuk ikut merasakan langsung sensasi berlayar bersama dua atlet.

"Saya ingin terus mengawal teman-teman semua dalam berlatih hingga bertanding. Komitmen Porlasi tidak hanya meraih medali dan memperbaiki peringkat, tetapi meraih emas dan martabat untuk bangsa," tutur Imam Nahrawi.

Usai berlayar terlihat Menpora senang karena PB Porlasi menyatakan komitmen dan optimistis untuk meraih dua medali emas sebagai targetnya di Asian Games mendatang.

"Komitmen Ketua Umum Porlasi dan kita semua adalah kabar indah dan optimisme itu betul-betul nyata di lapangan, karena ada target dua medali emas dari cabang layar," ucap Menpora.

Meski menargetkan dua emas, cabang olah raga layar juga memiliki beberapa keluhan dan kekurangan dari segi peralatan. Respon cepat diberikan Menpora yang akan mendatangkan alat baru untuk cabang layar.

"Jika saya tidak datang maka mungkin saya tidak dengar apa yang kurang di cabang layar. Kami berkomitmen akan ada alat tambahan baru dari dana yang telah diberikan pemerintah dan komitmen besar itu maka kita akan tambahkan lagi anggaran nilainya tidak banyak jika dibandingkan dengan komitmen luar biasa untuk mempersembahkan dua medali emas," katanya.

Tak hanya itu, pada beberapa cabang olah raga lain Menpora juga memberikan perhatian yang sama, tenis misalnya.

"Yang terpenting adalah mengawal semangat dan mental para atlet agar tidak patah arang ketika berhadapan dengan negara lain, terlebih kita adalah negara maritim. Saya harap peralatan baru ini bisa digunakan saat Asian Games dan menambah kepercayaan diri optimisme dan keyakinan harus bertambah," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum PB Porlasi Darwanto menyampaikan, bahwa pelatnas Porlasi telah dimulai dari bulan November 2017 dibarengi dengan 'Sailing Camp' ke luar negeri, seperti India, Singapura dan Korea.

"Kesiapan atlet sudah 100% menjelang Asian Games. Kita menargetkan dua medali emas, peluangnya ada di windsurfing dan laser dengan dasar satu area lomba sudah kita kuasai," tegas Darwanto.

"Ada 14 nomor pertandingan dengan 16 atlet untuk atlet utama, tapi dalam pelatnas ini kita tetap membawa atlet lapis kedua untuk sparing partner, untuk tes event Juni mendatang (Asian Salling Championship) kita persiapan sebaik-baiknya," tambahnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hidayat Nur Wahid: Pertemuan Jokowi - Amien Rais Tak Perlu Dipolitisasi

Posted: 30 May 2018 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid menyambut baik kabar Presiden Jokowi akan mengunjungi kediaman Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. Ia mengatakan pertemuan keduanya nanti harus dimaknai sebagai ajang silaturahmi biasa.

"Ya konteksnya silaturahim tidak harus bermakna politik ya, tapi juga bermakna kemanusiaan," kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Ia mengingatkan, Jokowi berangkat dari tradisi Jawa yang menganggap kunjungan orang yang lebih muda ke senior sebagai hal biasa. Hidayat yakin Jokowi memiliki etika dan tata krama untuk menemui Amien yang lebih tua darinya.

"Enggak perlu dimaknai semuanya serba politik. Sekalipun mereka mereka insan politik dan bulan ramadan bulan baik untuk bersilaturahim," terangnya.

Wakil Ketua MPR ini juga meminta semua pihak tidak mempolitisasi permintaan Amien agar Jokowi sowan kepadanya.

 

 

Soal Rencana Pertemuan Itu

Sebelumnya, Amien Rais mengungkapkan ada pihak yang berupaya mempertemukan dirinya dengan Presiden Joko Widodo dalam sebulan terakhir. Meski tak menyebut pihak yang dimaksud, namun Amien menyambut baik rencana pertemuan dengan Jokowi.

"Sesungguhnya, saya enggak perlu sebut nama-nama siapa, memang sebulan terakhir ada yang berusaha pertemukan saya dengan pak Jokowi," kata Amien di Rumah Dinas Ketua MPR, Jalan Widya Chandra, Jakarta, Rabu (30 Mei 2018).

Tetapi, Amien meminta Jokowi untuk terbang ke Yogyakarta dan menyambangi rumahnya. Amien mengklaim akan mendengar segala pandangan Jokowi terkait bangsa dan negara.

Dia mencontohkan, Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan istri Ani Yudhoyono juga pernah berkunjung ke rumahnya.

Amien masih menutup rapat-rapat pikiran yang akan disampaikan kepada Jokowi. Namun, menurutnya, kunjungan Jokowi diperlukan untuk menjaga keutuhan bangsa.

Reporter: Renald Ghifari 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Xpander, Dua Model Mitsubishi Ini Bakal Naik Harga

Posted: 30 May 2018 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku agen tunggal pemegang merek mobil Mitsubishi di Tanah Air, berencana untuk menaikan harga dua produknya, yaitu Pajero Sport dan Triton.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Head of MMC Sales and Marketing Group MMKSI Imam Choeru Cahya saat ditemui wartawan disela acara buka bersama media di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta, Rabu (31/5/) malam. 

"Kenaikan harganya sekitar Rp 3-5 jutaan," ungkap Imam.

Lebih lanjut Imam menyatakan, salah satu yang menyebabkan Mitsubishi menaikan harga yaitu nilai kurs mata uang Rupiah terhadap dolar yang menguat.

Oleh karena itu, kenaikan dua produk andalan Mitsubishi ini akan dilakukan tak lama lagi.

Sementara itu, Imam menyatakan untuk Mitsubishi Xpander, harganya belum berubah atau mengalami kenaikan harga.

Pasalnya, mobil penantang Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio itu baru dinaikan harga pada awal Mei 2018.

 

 

Naikan harga hal biasa

New Mitsubishi Triton Athlete resmi meluncur di IIMS 2018. (dok Mitsubishi)

Kenaikan harga mobil memang menjadi hal biasa setiap tahun dilakukan produsen otomotif. Bahkan Mitsubishi melakukan hal tersebut antara 3-4 kali dalam setahun.

"Awal tahun biasanya ada kenaikan dua kali trus pertengahan biasanya dua kali juga," kata Imam.

Beberapa faktor yang membuat pabrikan otomotif menaikan harga yaitu prihal kurs mata uang asinhg terhadap rupiah, inflasi, bea balik nama, hingga upah minimum pekerja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Menguat, Sempat Sentuh 13.885 per Dolar AS

Posted: 30 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat pada perdagangan Kamis pekan ini. Salah satu pendorong penguatan rupiah adalah kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI).

Mengutip Bloomberg, Kamis (31/5/2018), rupiah dibuka di angka 13.955 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.993 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 13.885 hingga 13.960 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 2,97 persen.

Adapun berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 13.951 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.032 per dolar AS.

Dolar AS memang tertekan karena penguatan euro setelah adanya kabar baik dari Italia. Partai terbesar Italia akan membuat upaya baru untuk membentuk pemerintahan koalisi untuk mengakhiri kekacauan politik.

Krisis di Italia mulai terlihat pada pekan lalu ketika partai sayap kanan berencana meninggalkan koalisi karena nama menteri keuangan yang mereka ajukan ditolak oleh kepala negara Italia.

Adanya kabar baik untuk kembali membentuk pemerintahan koalisi ini mendorong penguatan euro sehingga menekan dolar AS.

"Saya melihat pada perdagangan hari ini pelaku pasar sudah tidak ada kepanikan lagi," jelas analis BMO Capital Markets, New York, Greg Anderson seperti dikutip dari Reuters.

Dampak Bunga Acuan BI

Petugas menunjukkan uang pecahan dolar Amerika di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta, Jumat (18/5). Pagi ini, nilai tukar rupiah melemah hingga sempat menyentuh ke Rp 14.130 per dolar Amerika Serikat (AS). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

 

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia insidentil di bawah pimpinan Gubernur BI yang baru Perry Warjiyo yang memutuskan menaikkan suku bunga acuan 25 basis poin menjadi 4,75 persen sesuai dengan perkiraan pasar.

"Alhasil, rupiah tidak banyak mengalami pergerakan. Bahkan harapan untuk mengalami kenaikan pun juga tidak terjadi seiring sudah ter- priced in-nya sentimen tersebut," ujar Reza seperti ditulis Antara.

Menurut Reza, pergerakan rupiah lebih banyak terdampak kondisi global, antara lain berkenaan dengan kekhawatiran mengenai kondisi politik di Italia.

Namun, dia mengatakan, fluktuasi rupiah yang cenderung berkurang diharapkan masih membuka peluang rupiah kembali menguat.

"Selain itu, diharapkan sentimen dari dinaikkannya suku bunga acuan dapat direspons positif untuk membuka peluang kenaikan rupiah," kata Reza.

Rupiah diperkirakan bergerak dalam kisaran support Rp13.970 per dolar AS dan resisten Rp13.988 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Jalur Lintas Selatan Ruas Cilacap-Banyumas Jelang Mudik 2018

Posted: 30 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Banyumas - Secara tradisional, Jalan Nasional Lintas Selatan Jawa menjadi salah satu jalur mudik utama. Jalan ini menghubungkan antara Jakarta ke kota-kota sisi selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Yogyakarta.

Keberadaan jalur ini vital meski Tol Trans Jawa antara Jakarta-Semarang-Surabaya telah beroperasi. Ia tetap menjadi jalur utama mudik Lebaran bagi warga Pulau Jawa sisi selatan.

Jalur lintas selatan menghubungkan Jakarta dengan Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, dan Kota Banjar di Jawa Barat hingga Cilacap, Banyumas, Kebumen, dan Purworejo di Provinsi Jawa Tengah.

Untuk itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) mempercepat perbaikan Jalur Lintas Selatan, termasuk ruas jalan Kabupaten Banyumas-Cilacap hingga perbatasan Kota Banjar, Jawa Barat.

Koordinator Lapangan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bina Marga Wangon-Perbatasan Jawa Barat, Pujiono, mengatakan perbaikan pertama adalah penambalan. Akhir Mei 2018 ini, ruas jalur lintas selatan ruas antara Wangon Kabuaten Banyumas-Cilacap hingga perbatasan Jawa Barat telah bebas lubang.

"Lubang dari Wangon KM 34 hingga 107 insyaallah sudah bagus," ucapnya, Rabu, 30 Mei 2018.

Dia pun menjamin, kondisi jalan sudah aman dilalui oleh pengendara, termasuk para pemudik Lebaran 2018 nanti, meski kondisinya tak semulus ketika dilapisi dengan aspal baru.

PPK Bina Marga tengah mempersiapkan fasilitas pendukung jalan lainnya, seperti marka jalan dan patok pembatas jalan. Marka dan patok pembatas jalan akan dicat ulang dan diperbaiki jika ada yang rusak untuk membantu pemudik melalui jalur lintas selatan Jateng ini dengan aman.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Antisipasi Kerusakan Jalan Nasional Selatan Jateng

Petugas menambal jalan berlubang di Jalan Nasional Lintas Selatan (JLS) ruas Karangpucung Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

"Artinya sudah tidak ada pekerjaan di dalam aspalnya ya. Tetapi kalau mulus seperti dilapisi aspal lagi (ya tidak mungkin). Tapi kan yang jelas sudah aman," dia menjelaskan.

Pekerjaan yang berada di badan jalan kini sudah selesai, kecuali pengecatan ulang garis marka. Namun, pengerjaan marka ini tak akan memakan waktu yang lama. Dia menjamin pada H-10 Lebaran seluruh pekerjaan sudah selesai.

Untuk menjamin keamanan jalan, pihaknya tetap menyiagakan petugas untuk terus memantau kondisi jalan agar pada arus mudik hingga balik Lebaran 2018 bisa lancar dan aman. Alat berat dan material siap pakai juga disiapkan di sejumlah titik jalur mudik Lebaran 2018.

Di luar pekerjaan ini, proyek perbaikan jembatan juga sedang dilakukan. Namun, perbaikan bukan pada badan jembatan, melainkan pada fondasinya.

Dengan demikian, proyek tak akan mengganggu arus mudik. Dipastikan perbaikan fondasi jembatan juga bisa diselesaikan pada H-10 Lebaran mendatang, atau sekitar 5 Juni 2018.

Rambu-rambu jalan sudah mulai diperbarui untuk memudahkan para pemudik melalui jalur ini. Rambu peringatan pun terpasang di sejumlah titik rawan kecelakaan maupun bencana alam.

"Kita siapkan nanti H-7 Lebaran sudah siap semua bersamaan dengan pembangunan posko pengamanan mudik Lebaran," dia menerangkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Milan Skriniar Tegaskan Kesetiaan untuk Inter Milan

Posted: 30 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Bek Inter Milan, Milan Skriniar, belum berpikir untuk pindah musim depan. Padahal, sejumlah klub besar Eropa dikabarkan tertarik meminang Skriniar.

Manchester City dan Manchester United bahkan disebut-sebut sudah mengajukan tawaran untuk Skriniar. Tapi, pemain asal Slowakia itu menyatakan belum mendengar apa pun terkait tawaran dari klub lain.

Skriniar mengaku sampai saat ini masih bahagia membela Inter Milan. Pemain berusia 23 tahun tersebut ingin meraih gelar dengan seragam I Nerazzurri.

"Itu (bertahan di Inter) adalah harapan saya dan klub. Saya tidak tahu tentang berbagai tawaran itu," ujar Skriniar, seperti dilansir Pravda.

"Saya tidak punya alasan untuk hengkang dan saya tidak berpikir Inter Milan akan berniat menjual saya," ungkapnya.

Tak Sabar

Bek Inter Milan, Milan Skriniar masih tunjukkan kesetiaan (MARCO BERTORELLO / AFP)

Mantan pemain Sampdoria senang bermain untuk tim asuhan Luciano Spalletti. Skriniar pun tidak sabar bermain lagi untuk Inter dan bersaing memperebutkan gelar Scudetto.

"Saya juga menyukai fakta bahwa kami akan bermain di Liga Champions. Saya tidak sabar untuk menjalaninya," tutur Skriniar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PM India Lihai Bermain Layang-Layang Bareng Jokowi

Posted: 30 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kedatangan Perdana Menteri India, Narendra Modi ke Indonesia disambut oleh Presiden Jokowi. Dalam salah satu pertemuannya, kedua pemimpin negara itu berkunjung ke Monumen Nasional (Monas).

Seperti dikutip DW dari keterangan pers Sekretariat Kepresidenan, Rabu 31 Mei 2018, mereka terlihat bermain layang-layang di sela-sela kunjungan resmi orang nomor satu di India itu.

Kegiatan tersebut dilakukan setelah keduanya melakukan pertemuan bilateral di Istana Merdeka.

Di Monas, keduanya disambut oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Di lokasi tersebut tengah berlangsung Indonesia-India Kite Exhibition.

"Diiringi lagu daerah Betawi "Si Jali-Jali", keduanya berjalan melihat-lihat deretan layangan yang dipajang di sisi kiri dan kanan tenda. Di sisi kanan tenda yang dihiasi nuansa Indonesia, terdapat layangan dengan gambar-gambar karakter pewayangan dari Indonesia. Sedangkan di sisi kiri yang bernuansa India dipajang layangan dengan gambar-gambar karakter khas India seperti Mahabharata," demikian dikutip dari pernyataan tertulis Sekretariat Kepresidenan.

Selesai meninjau layangan, keduanya menuju panggung yang telah disiapkan untuk kemudian melakukan pembukaan tirai berisi logo peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India. Keduanya kemudian berfoto bersama di atas panggung dengan latar belakang Tugu Monas.

Baru setelah foto bersama, Jokowi mengajak PM Modi bermain layang-layang yang sebelumnya telah diterbangkan.

Presiden Jokowi tampak menerbangkan layangan bergambar bendera India. Sementara PM Modi menerbangkan layangan bertuliskan 70 yang menandakan usia hubungan diplomatik kedua negara.

Layangan yang diterbangkan oleh PM Modi sempat turun dan hampir jatuh. Namun, dengan cekatan PM India tersebut langsung menarik tali layangannya sehingga layangannya naik kembali. Sontak hal ini membuat semua yang hadir bertepuk tangan.

Keduanya juga bertemu dengan pembuat patung I Nyoman Nuarta. Jokowi dan PM Modi tampak berbincang singkat dengan pria itu sebelum mengabadikan momen dengan berfoto bersama.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPOM Sita Obat Injeksi Ilegal Senilai Rp 3,5 Miliar di Semarang

Posted: 30 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah gudang berkedok agen jasa pengiriman ekspedisi digerebek di Semarang oleh BPOM. Gudang ekspedisi ini ternyata adalah sumber peredaran obat ilegal yang dijual secara online.

Penggerebekan ini berawal dari informasi Balai Besar POM (BBPOM) di Pekanbaru yang menyebutkan adanya penjualan obat ilegal berupa sediaan injeksi melalui online yang berasal dari Semarang.

Penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) BBPOM di Semarang bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP), Kepolisian Daerah dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Jawa Tengah berhasil membongkar praktik distribusi obat dan kosmetik ilegal di Semarang dan Magelang pada Senin (28/5/2018).

Obat injeksi kecantikan ilegal yang disita BPOM di Semarang, Kamis (31/5/2018). (Foto: Dok. BPOM)

"Dugaan sementara, praktik distribusi ilegal ini dilakukan dengan modus menjual obat ilegal melalui e-commerce dan media sosial serta didistribusikan melalui jasa pengiriman ke seluruh Indonesia," ungkap Kepala BPOM RI Penny K Lukito saat meninjau gudang di Semarang yang disinyalir menjadi tempat pengemasan produk ilegal tersebut Kamis (31/5/2018).

"Pelaku menjalankan usaha di gudang ini sebagai tempat penyimpanan, pengemasan, dan pengiriman barang," kata Penny.

 

 

Obat Banyak Beredar di Pasaran

Ketua BPOM Penny K. Lukito dalam konferensi pers penyitaan obat injeksi ilegal di Semarang, Kamis (31/5/2018). (Foto: Dok. BPOM)

Dari tempat kejadian perkara (TKP) ditemukan barang bukti kejahatan berbagai jenis obat ilegal yang banyak ditemukan di peredaran antara lain berupa injeksi vitamin C, Kolagen, Gluthathion, Tretinoin, obat-obat pelangsing, Sibutramine HCl, serta produk-produk skincare dengan total sejumlah 146 item (127.900 pieces) dengan nilai keekonomian diperkirakan mencapai Rp 3,5 miliar.

Selain itu, petugas juga menyita tujuh unit handphone dan lima unit personal computer (PC) yang digunakan untuk transaksi dan administrasi penjualan serta dokumen dan catatan penjualan.

BPOM telah menyita seluruh produk obat ilegal beserta dokumen dan catatan penjualan tersebut. Berdasarkan pemeriksaan sementara terhadap saksi-saksi, PPNS BPOM RI telah menetapkan satu tersangka berinisial UA.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bentrokan Ormas karena Berebut Lahan Parkir

Posted: 30 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kamis dini hari (31/5) terjadi bentrokan antar dua ormas yang berasal dari FBR dan Pemuda Pancasila akibat perebutan lahan parkir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Drama Korea Ini Buktikan Kemampuan Akting Yoona SNSD

Posted: 30 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Yoona SNSD dikenal dengan visualnya yang luar biasa. Gadis yang bernama lengkap Lim Yoona ini lahir pada 30 Mei 1990. Artinya, ia telah memasuki usia 28 tahun kemarin.

Yoona menerima banyak cinta dari penggemarnya. Mulai dari ucapan sampai hadiah berupa bangunan sekolah yang dibangun oleh penggemarnya di Tiongkok.

Yoona juga dikenal sebagai salah satu Kpop idol yang sukses menggeluti karier sebagai aktris. Beberapa drama Korea Selatan yang dibintanginya mendapat rating cukup tinggi dan menjadi favorit banyak penggemar.

Kalian bisa melihat penampilan Yoona dengan berbagai karakter yang ia perankan dalam enam drama Korea yang ia bintangi berikut ini.

1. You Are My Destiny

You Are My Destiny (Asianwiki)

Yoona berperan menjadi gadis yang sangat ceria dan positif bernama Jang Sae-Byeok. Ia mencoba menemukan makna baru dalam kehidupan setelah dia menerima transplantasi kornea mata dari gadis lain pada usia yang sama.

2. Cinderella Man

Cinderella Man (Asianwiki)

Drama ini mengadaptasi kisah Cinderella, tapi mengubahnya menjadi versi cowok. Yoona berperan sebagai Seo Yoo Jin, seorang desainer muda berbakat yang kemudian terlibat cinta segitiga dengan dua cowok yang juga bekerja di bidang fashion.

3. Love Rain

Love Rain (Asianwiki)

Drama Love Rain bercerita tentang lika liku kisah cinta antara Seo Joon (Jang Geun Suk) dan Jang Ha Na (Yoona). Konflik keduanya kemudian hadir ketika mereka dihadapkan pada suatu kenyataan bahwa ayah Seo Joon dan ibu Ha Na ternyata dulu juga sempat menjalin kasih.

4. Prime Minister & I

Prime Minister & I (Asianwiki)

Yoona berperan sebagai Nam Da Jung. Dalam drama ini, ia berperan sebagai seorang reporter yang penuh antusiasme di tempat kerja, tetapi dia selalu kehilangan apa yang ia inginkan. Nam Da Jung datang ke kehidupan Kwon Yool (Lee Beom Soo) dan ketiga anaknya, membawa keluarga ini dalam sebuah lembaran baru.

5. The K2

The K2 (Asianwiki)

Yoona berperan sebagai Go An Na, anak gelap dari seorang calon presiden. Sejak kecil hidupnya selalu diawasi dengan ketat oleh sang ibu tiri yang akhirnya menyebabkan An Na menderita fobia interaksi sosial dan serangan panik.

Dia kemudian jatuh cinta dengan bodyguard baru yang ditugaskan menjaganya, Kim Je Ha (Ji Chang Wook).

6. The King In Love

The King In Love (Asianwiki)

Yoona berperan sebagai Eun San, anak seorang pria paling kaya di era Kerajaan Goryeo. Eun San, Wang Won (Im Siwan), dan Wang Rin (Hong Jong Hyun) menjalin persahabatan. Namun, hubungan ketiganya berubah menjadi cinta segitiga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Tiongkok, Xiaomi Mi 8 Bakal Sambangi 8 Negara Ini

Posted: 30 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi Mi 8 belum diumumkan, tapi berbagai informasi tentang smartphone ini semakin banyak bermunculan. Salah satunya soal negara yang akan menjadi target pasar smartphone premium tersebut.

Dilansir Phone Arena, Kamis (31/5/2018), Mi 8 diperkirakan akan diumumkan hari ini (31/5/2018) waktu setempat di Tiongkok.

Berdasarkan poster resmi terbaru yang beredar di Reddit, Mi 8 akan menyambangi delapan negara lain setelah hadir di Tiongkok, yakni Mesir, Prancis, India, Italia, Rusia, Spanyol, Thailand dan Vietnam. Sejauh ini belum ada informasi tentang peluncurannya di pasar lain.

Sayangnya, tidak ada informasi tentang harga jual Mi 8, termasuk di Tiongkok. Namun, Xiaomi biasanya menjual produknya dengan harga sedikit lebih tinggi dibandingkan penjualan di negara asalnya.

Penjualan smartphone ini diperkirakan mulai digelar pada awal Juni 2018.

Adapun Xiaomi dilaporkan akan mengumumkan Mi 8 dengan dua produk lainnya, yakni Mi 8 SE (Special Edition) dan gelang fitness Mi Band 3 pada 31 Mei 2018.

Kehadiran Xiaomi Mi 8 sendiri disebut sekaligus untuk merayakan ulang tahun perusahaan pada tahun ini. Xiaomi genap berusia delapan tahun pada April 2018.

Ini Alasan Xiaomi Pilih Nama Mi 8

Xiaomi Mi 8 Anniversary (Foto: Weibo via GSM Arena)

Xiaomi akhirnya mengungkapkan alasan memilih nama Mi 8, ketimbang Mi 7. Jika merujuk pada seri terdahulunya, Mi 6, smartphone terbaru Xiaomi seharusnya hadir dengan nama Mi 7, bukan 8.

Jawaban Xiaomi soal penamaan Mi 8 disampaikan melalui sebuah poster yang diungggah akun resmi perusahaan di Weibo. Perusahaan memilih Mi 8 karena perangkat tersebut benar-benar melebihi ekspektasi dalam berbagai aspek.

Menurut laporan, Mi 8 akan menjadi perangkat Android pertama yang memiliki teknologi pengenalan wajah 3D. Namun, kehadiran fitur baru ini disebut bukan satu-satunya alasan Xiaomi memilih nama Mi 8.

Xiaomi sebelumnya dilaporkan memilih nama Mi 8 untuk merayakan ulang tahun ke-8 perusahaan. Xiaomi genap berusia delapan tahun pada awal bulan lalu, sehingga kehadiran Mi 8 diperkirakan tepat untuk merayakan pencapaian perusahaan sejauh ini.

Spesifikasi Mi 8

Meriahnya acara temu ratusan Mi Fans dengan bos Xiaomi Indonesia (Foto: Xiaomi Indonesia)

Pihak Xiaomi sendiri sejauh ini belum memberikan konfirmasi tentang spesifikasi Mi 8. Kendati demikian, bocoran informasinya banyak beredar di internet.

Menurut sejumlah laporan, Mi 8 akan disokong dengan prosesor Snapdragon 845, RAM 6GB dan memori internal 128GB. Selain itu, juga terdapat layar berukuran 6,2 inci, notch dan dua kamera belakang.

Mi 8 juga diperkirakan akan meluncur dengan antarmuka MIUI 10 berbasis pada Android 8.1 Oreo. Xiaomi akan mengumumkannya pada 31 Mei 2018 dan penjualannya diprediksi dimulai pada awal Juni 2018.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPEI Rilis Sistem e-CLEARS Teranyar, Transaksi Saham Makin Aman

Posted: 30 May 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) resmi meluncurkan sistem e-CLEARS baru, yaitu sistem Enhancement Architecture e-CLEARS (EAE). Sistem e-CLEARS merupakan sistem utama KPEI dalam menjalankan proses kliring untuk transaksi efek bersifat ekuitas dan pinjam meminjam efek.

"Hari ini sangat berbahagia karena sistem ini untuk memperkuat pertahanan pasar modal sekaligus ujung tombak dari perkembangan pasar modal. Ini juga akan membuat para investor lebih aman karena lebih terjamin," tutur Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio di Gedung BEI, Kamis (31/5/2018).

Adapun pengembangan sistem EAE ini dilakukan untuk memperbaharui sistem kliring dan penjaminan KPEI, sebagai bagian dari pengembangan infrastruktur pasar modal Indonesia.

Pembaharuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan performa teknologi dan infrastruktur sistem, serta mengakomodir perkembangan bisnis dan pasar di masa mendatang.

"Yang kita harapkan adalah stabilitas dan dari sisi pengawasan senantiasa meningkat, termasuk dalam hal ini infrastruktur stabilitas pedagangan," ujar Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal II Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Fakhri Hilmi.

 

Keunggulan

Pergerakan saham di BEI, Jakarta (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dengan sistem EAE ini, KPEI telah menyesuaikan kapasitas data perdagangan menjadi 2,5 juta kali, atau 5 kali lebih besar dibandingkan dengan e-CLEARS lama yang memiliki kapasitas data perdagangan 500 ribu kali transaksi.

Selain itu, kapasitas setelmen juga telah meningkat menjadi sekitar 1,25 juta instruksi setelmen atau meningkat 8 kali dibanding e-CLEARS sebelunmya yang memiliki kapasitas setelmen sekitar 150 ribu instruksi.

Sistem EAE juga dibuat untuk mengantisipasi perluasan jenis partisipan, sehingga nantinya KPEI dapat memfasilitasi masuknya partisipan lain seperti Bank Kustodian (BK) sebagai general clearing members, bank, dan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) lainnya.

Selanjutnya, melalui implementasi sistem EAE ini, KPEI diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi pengguna jasa dan mendukung tujuan KPEI sebagai Qualified CCP (QCCP).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apa yang Terjadi Jika Jokowi Datangi Amien Rais?

Posted: 30 May 2018 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang ke kediamannya di Yogyakarta. Menurut Sekjen PAN Eddy Soeparno, permintaan Amien Rais itu tak berlebihan sebab silaturahmi politik tak mengenal jabatan.

"Ya saya pikir begini. Kalau kita bicara masalah silaturahmi politik di negeri kita ini tidak mengenal jabatan, tapi lebih mengenal adat ketimuran di mana yang senior disambangilah," kata Eddy saat dihubungi, Kamis (31/5/2018).

Eddy yakin pertemuan itu membawa dampak positif serta bisa membuat situasi politik lebih kondusif. Pertemuan tersebut, nantinya bisa menjadi ajang untuk meluruskan perbedaan di antara mereka.

"Bisa terbangun suasana politik yang kondusif dan jika memang ada pemahaman yang berbeda di antara keduanya yaitu bisa diluruskan dalam pertemuan tersebut," ucapnya.

 

Amien Rais Minta Jokowi Datang

Amien Rais mengungkapkan, ada pihak yang berupaya mempertemukan dirinya dengan Presiden Joko Widodo dalam sebulan terakhir. Meski tak menyebut pihak yang dimaksud, Amien menyambut baik rencana pertemuan dengan Jokowi.

"Sesungguhnya, saya enggak perlu sebut nama-nama siapa, memang sebulan terakhir ada yang berusaha pertemukan saya dengan pak Jokowi," kata Amien di Rumah Dinas Ketua MPR, Jalan Widya Chandra, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

"Saya akan sampaikan sesuatu yang saya inginkan, sangat santun, sopan dan etislah ya, jangan khawatir. Emang sebaiknya dia datang ke rumah saya," ujar Amien.

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

[vidio:Wawancara Khusus Amien Rais _ Part 3]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Ungkapan Syukur Para Penerima Santunan dari bank bjb

Posted: 30 May 2018 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selama empat tahun terakhir bank bjb selalu melibatkan puluhan ribu anak yatim piatu dan kaum dhuafa sebagai penerima santunan dalam kegiatan "bjb Berbagi Ramadan Memberi". Kegiatan tersebut selalu dikemas dalam rangkaian hari ulang tahun bank bjb. 

Kegiatan sosial yang digelar setiap bulan Ramadan tersebut merupakan salah satu bentuk pengabdian serta komitmen bank bjb dalam menyejahterakan ekonomi masyarakat dalam rangka membangun Indonesia memahami negeri.

Pada tahun 2018, tidak kurang dari 25.000 anak yatim piatu dan kaum dhuafa di Jawa Barat berhak atas paket santunan berupa donasi uang tunai dan peralatan pendidikan.

Di sisi lain, kegiatan tersebut merupakan bentuk ekspresi rasa syukur bank bjb atas perjalanan usia dan performa kinerja bisnis yang terus tumbuh berkembang mengalami peningkatan. 

Perlu diketahui bahwa kini bank bjb hadir sebagai perbankan terbesar ke 12 dari total 115 bank di Indonesia. Bahkan pada triwulan satu tahun 2018 bank bjb memiliki total aset sebesar Rp110,8 triliun atau tumbuh 13% year on year. 

Tidak heran jika kemudian "bjb Berbagi Ramadan Memberi" begitu dirindukan oleh banyak anak yatim piatu dan kaum dhuafa di Jawa Barat. Doa dan ucapan terima kasih mengalir deras mengiringi aktivitas sosial dan bisnis bank bjb.

"Terima kasih bank bjb. Anak-anak sangat senang dan saya bisa melihat mereka tersenyum. Bahkan setiap bulan Ramadan datang, anak-anak selalu bertanya juga menanti undangan dari bank bjb. Saya mohon program ini dilanjutkan dan jangan dihilangkan," ujar Kepala Sekolah Madrasah Al Muttaqin Neneng Nurjanah, salah satu penerima santunan di Kantor Pusat bank bjb, Rabu (23/5/2018).

 

Madrasah Al Muttaqin yang berlokasi di Jalan Sapan, Kabupaten Bandung sejatinya telah menerima bantuan dari bank bjb sejak tahun 2015 lalu. Namun, cerita di Madrasah Al Muttaqin merupakan satu dari begitu banyak rasa syukur yang terucap.

Rasa syukur lain diungkapkan oleh salah satu siswi di Madrasah Daarul Aulad Ciparay bernama Marisa Nur Hidayah. Siswi yang kini duduk di bangku kelas lima tersebut mengatakan akan memanfaatkan bantuan dari bank bjb dengan baik.

"Semoga bank bjb semakin sukses dan mendapat ridha dari Allah. Saya dan teman-teman sengaja datang jauh dari Ciparay karena kami bahagia bisa dapat bantuan dari bank bjb," ujar Marisa tersenyum.

Santunan juga diberikan kepada Masjid Lautze II yang beralamat di Jalan Tamblong, Kota Bandung. Seperti diketahui bahwa Masjid Lautze merupakan rumah bagi sebagian besar mualaf dan Muslim etnis Tionghoa di kawasan Bandung Raya. 

Selama 16 bulan terakhir, Masjid Lautze II telah menjadi tempat bagi sekitar 40 mualaf untuk mengucapkan dua kalimat syahadat. AKtivitas di Masjid Lautze II, sedikit banyak menyentuh pendidikan dasar bagi para mualaf.

"Ini merupakan pertama kalinya kami mendapat bantuan dari bank bjb. Kami membawa 42 anak. Semoga menjadi amal ibadah bagi bank bjb dan berkah bagi kami," ujar Ketua DKM Masjid Lautze II, Rahmat.

Sementara Direktur Utama bank bjb Ahmad Irfan meyakini bahwa kinerja positif bank bjb tidak hadir karena kerja keras semata, tapi juga berasal dari kekuatan doa dan dukungan dari masyarakat Jawa Barat. 

"Ini merupakan tanda hati dan bentuk rasa syukur kami kepada Allah karena kinerja positif bank bjb bukan diraih hanya oleh kerja keras, tapi juga berkat doa dari anak-anak yatim piatu yang kami santuni," ujar Ahmad Irfan.

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Tak Khatam Alquran, Dewi Sandra Akan Masuk Pesantren

Posted: 30 May 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan tahun ini, Dewi Sandra memasang target dalam beribadah, yakni bisa khatam 30 juz Alquran dalam waktu 30 hari. Untuk melancarkan targetnya, ia mengikuti program one day one juz atau satu hari satu juz.  

Dewi Sandra pun menjelaskan formula yang ia terapkan setiap harinya agar terasa ringan membaca satu juz Alquran dalam sehari. Ia memaksimalkan waktu membaca kitab suci usai menunaikan salat subuh.

"Tiap habis salat baca dua halaman, ada yang empat halaman. Cuma, kalau aku habis subuh baca aja, hajar baca, baca, baca sampai mungkin sudah enggak kuat lagi," tutur Dewi Sandra saat ditemui di Sasana Kriya, TMII, Jakarta Timur, Rabu (30/5/2018).

"Karena pagi itu momen yang paling kita fokus, kita bisa semangatnya masih banyak. Kalau sudah sore-sore gini, distorsinyanya banyak. Sama pas malemnya, jadi banyak-banyak baca. Dan sendirian jangan ada orang, jangan diganggu, jangan ramai," sambungnya.

 

Konsisten

Tabligh Akbar (Nurwahyunan/bintang.com)

Sebisa mungkin, Dewi Sandra berusaha konsisten dengan pola yang sama setiap harinya. Sayangnya, terkadang hal ini terasa sulit saat dia mengalami menstruasi. 

"Karena one day one juz itu enggak gampang, harus fokus, harus disiplin, harus kompak, harus menjadwalkan waktu itu. Benar-benar. Kalau enggak pasti ketinggalan, aku pasti keteteran. Ini saja aku sudah ketinggalan satu hari," paparnya.

 

Pesantren

Dewi Sandra © kapanlagi.com/Agus Apriyanto

Dewi Sandra sangat berharap tahun ini berhasil mengkhatam Alquran dengan program one day one juz. Bila tidak, bintang film ini Ayat Ayat Cinta ini sudah menyiapkan konsekuensi untuk dirinya sendiri. 

"Justru aku lagi tertantang banget, kalau enggak berhasil tahun ini gue masuk pesantren kayaknya, beneran. Karena tahun lalu aku enggak berhasil, aku sudah sampai juz 23 enggak berhasil, sedih banget," tandas Dewi Sandra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga 1: PS Tira Pecat Rudy Eka Priyambada dari Kursi Pelatih

Posted: 30 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Performa buruk PS Tira di Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak menimbulkan korban. Manajemen tim berjuluk Young Warriors tersebut dikabarkan melengeserkan Rudy Eka Priyambada dari kursi pelatih.

Terkait kabar ini, Rudy Eka memberikan konfirmasi. Usai PS Tira dibantai 1-4 Persela Lamongan pada pekan ke-11 Liga 1, arsitek berusia 35 tahun tersebut diberhentikan dari jabatannya.

"Bukan mundur, yang saya terima, (dipecat) diistirahatkan oleh PS Tira," ujar Rudy Eka lewat pesan singkat kepada Liputan6.com, Kamis (31/5/2018).

Menyoal buruknya performa PS Tira di Liga 1 musim ini yang menjadi penyebabnya, Rudy Eka enggan membeberkannya. Terkait ini, eks pelatih Celebest FC Palu tersebut menolak untuk berbicara panjang lebar.

"(Soal itu) Saya tidak dapat sampaikan," katanya.

Fokus ke Keluarga

Pelatih PS Tira, Rudy Eka saat memimpin timnya melawan Bhayangkara FC pada lanjutan Liga 1 2018 di Stadion PTIK, Jakarta, Jumat (4/5/2018). Bhayangkara menang 4-2.  (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Rencana Rudy Eka berikutnya ialah menghabiskan waktu dengan keluarga. Saat ini, dia tidak fokus mencari klub baru untuk dilatih.

"Fokus ke keluarga dahulu menjelang lebaran," tutur Rudy Eka.

Performa Jeblok PS Tira

Diduga, lengsernya Rudy Eka dari kursi pelatih merupakan buntut dari jebloknya performa PS Tira. Abduh Lestaluhu dan kawan-kawan terjerembab di zona degradasi tepatnya di peringkat ke-16 dengan 13 poin dari 11 pertandingan.

Rudy Eka telah melatih PS Tira (dulunya bernama PS TNI) sejak akhir musim lalu. Ketika itu, dia berhasil menyelamatkan klub milik TNI ini untuk bertahan di Liga 1.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hore, Tol Pejagan-Pemalang Rampung 100 Persen

Posted: 30 May 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 sudah rampung 100 persen dan siap digunakan untuk arus mudik 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandi Serang Jokowi, Nasdem: Kepala Daerah Harus Tahu Kapan Jadi Politikus

Posted: 30 May 2018 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP NasDem Bidang Hubungan Antar Daerah dan Otonomi Daerah, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan tidak tepat jika kepala daerah membuat pernyataan menyerang pemerintah. Hal ini diungkapkannya kala mengomentari pernyataan dari Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno, yang menilai pemerintahan sekarang seperti rezim mantan PM Malaysia Najib Razak.

"Kepala dan wakil kepala daerah adalah pejabat negara, bagian tidak terpisah dari pemerintah pusat hingga tingkat kecamatan. Kalau ada kepala atau wakil kepala daerah menyatakan negara tidak diurus dengan benar, sama saja menyatakan yang bersangkutan ikut berkontribusi dalam ketidakbenaran itu," ucap Syahrul saat dikonfirmasi, Kamis (31/5/2018).

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini menilai dalih otonomi daerah tak bisa menjadi alasan pimpinan daerah berseberangan dengan pemerintah.

"Di atas undang-undang pemerintahan daerah ada undang-undang dasar. Dalam UUD, jelas sekali disebut Indonesia negara kesatuan, bukan negara federal," ungkap Syahrul.

Oleh karena itu, dia mengingatkan para kepala dan wakil kepala daerah untuk bertindak dan berperilaku sebagai pejabat di negara berbentuk kesatuan. Kepala daerah harus melayani semua kelompok, bukan kepentingan partainya.

"Para kepala dan wakil kepala daerah jangan lupa kapan harus menjadi politikus dan kapan menjadi pejabat negara," ujarnya.

 

Serangan Sandiaga

Wakil Gubernur DKI yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno sebelumnya mengatakan, kondisi Malaysia sama persis dengan Indonesia yang akan menggelar pemilihan umum tahun depan.

"Yang terjadi di Malaysia itu adalah isu ekonomi, terutama biaya hidup. Biaya hidup semakin tinggi, rakyat semakin terbebani, kejadiannya sama di sini," ujarnya di The Kemuning, Menteng, Jakarta.

Dalam kacamata Sandi, pemerintahan Jokowi-JK saat ini belum dapat mengentaskan berbagai masalah ketimpangan ekonomi di masyarakat.

Menurut dia, hal yang sama terjadi di Malaysia selama rezim Najib Razak berkuasa. Karenanya, Sandi yakin kemenangan Mahathir di Malaysia juga akan berulang di Indonesia.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dawam Rahardjo Meninggal, Jokowi Kehilangan Figur Cendekiawan Muslim

Posted: 30 May 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi melayat ke rumah duka cendekiawan muslim, Dawam Rahardjo di Jalan Kelapa Sawit Raya, Jakarta Timur, Kamis (31/5/2018). Ida tiba didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung pukul 10.15 WIB. Usai melayat, Jokowi menyampaikan ungkapan dukacita mendalam atas meninggalnya Dawam Rahardjo.

"Innalillahi wa inalillahi rajiun kita telah sangat kehilangan seorang cendekiawan muslim yang lewat tulisan memberikan gagasan-gagasan yang baik bagi negara ini, yang menjadi rujukan bagi cendekiawan yang ada di negara kita," kata Jokowi.

Menurut dia, Dawam memiliki gagasan dan tulisan yang tajam dalam menyikapi setiap persoalan yang dihadapi bangsa. Almarhum juga dinilai sebagai sosok yang sangat menolak diskriminasi.

"Beliau dikenal dengan sikapnya yang sangat konsisten (menolak) terhadap diskiriminasi," kata dia.

Mantan Wali Kota Solo ini mengenang, terakhir kali bertemu Dawam Rahardjo saat menggelar sebuah acara di Istana Kepresidenan Bogor. Saat itu, kondisi kesehatan ahli ekonomi itu terlihat menurun.

"Beliau memang sudah kelihatan sakit. Beliau sudah lama sakit," ucap dia.

 

Meninggal Rabu Malam

Presiden Jokowi (Titin Supriyatin/Merdeka.com)

Dawam Rahardjo meninggal dunia pada Rabu (30/5/2018) sekitar pukul, 21.55 WIB. Dawam meninggal dunia di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Sekitar beberapa bulan lalu, pemikir Islam ini sempat menjalani beberapa kali perawatan intensif di rumah sakit. Dawam Rahardjo terkena penyakit diabetes, jantung, dan stroke.

Almarhum yang lahir di Solo, Jawa Tengah, 20 April 1942 punya sederet jabatan penting semasa hidupnya. Dawam Rahardjo antara lain pernah menjabat Guru Besar Ilmu Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang, Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Pusat (ICMI), Ketua Tim Penasihat Presiden BJ Habibie, Rektor Universitas Islam 45 Bekasi dan Rektor UP45 Yogyakarta.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: