Kamis, 10 Mei 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Dengan Modal Rp 1 Juta, Milenial Bisa Beli Surat Utang Negara

Posted: 10 May 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mulai menjual Surat Utang Negara (SUN) Ritel secara daring (online) pada 14 Mei ini. Sistem penjualan baru tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong minat generasi milenials berpartisipasi dalam lelang Saving Bonds Ritel (SBR) 003.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Luky Alfirman mengatakan penerbitan SBR 003 akan dilakukan secara online. Sasaran penjualan surat utang tersebut sebagian besar adalah investor dengan usia di bawah 40 tahun.

"Pada intinya adalah kita akan tawarkan itu pada 14 Mei mendatang. Ini sifatnya e-SBN online, itu platform-nya untuk pertama kalinya akan memasarkan SBR seri 003. Nanti kita lihat pada saat sistemnya jalan," ujar Luky di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Jumat (11/5/2018).

"Yang kita sasar adalah generasi muda, bukan hanya 40 tahun ke bawah tapi juga generasi milenial. Mereka sudah bekerja dan punya income, mereka ingin punya instrumen investasi. Itu yang kita sediakan," jelasnya.

Lebih lanjut Luky menjelaskan, investor akan dimudahkan dengan adanya penjualan SBN secara online. Sebab, masyarakat tidak direpotkan lagi dengan berbagai urusan birokrasi dalam memperoleh investasi.

"Kita ingin mempermudah, jadi kalau selama ini beli bond dianggap suatu instrumen yang sangat high profile, harus ke bank dan sebagainya, kita ingin mempermudah. Ini bagian upaya kami untuk mendalami pasar, sekaligus untuk financial inclusion," jelasnya.

Adapun pembelian SBN ritel secara online memiliki tenor selama 2 tahun. Untuk minimal pemesanan sebesar Rp 1 juta dan maksimal pemesanan sebesar Rp 3 miliar. Pelelangan SUN ritel secara online ini akan menggandeng 9 calon mitra distribusi yaitu terdiri dari 6 bank, 2 perusahaan efek dan 1 perusahaan fintech.

"Untuk 6 bank ada Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, BCA, Bank Permata dan DBS. Untuk perusahaan efek Trimegah Sekuritas dan Bareksa Sekuritas. Kalau perusahaan fintech ada Investree," jelas Luky. 

 

Reporter : Anggun P. Situmorang

Sumber : Merdeka.com

 

JP Morgan Bisa Kembali Jual Surat Utang RI

Ilustrasi Bank

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menjalin kerja sama dengan JP Morgan Chase Bank N.A. Dalam kerja sama ini JP Morgan bisa kembali menjual Surat Utang Negara (SUN).

Untuk diketahui, sejak 9 Desember 2016 Kemenkeu menghentikan segala hubungan kemitraan dengan JP Morgan karena hasil riset JP Morgan berpotensi menciptakan gangguan stabilitas sistem keuangan nasional.

Dikutip dari situs Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu, Senin (30/4/2018), Menteri Keuangan telah menunjuk kembali JP Morgan Chase Bank, N.A. sebagai Dealer Utama Surat Utang Negara (SUN).

Penunjukan ini tertuang dalam Surat Penunjukan Nomor S-45/MK.8/2018 tanggal 17 April 2018 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko atas nama Menteri Keuangan.

Penunjukan JP Morgan Chase Bank, N.A. sebagai Dealer Utama tersebut di atas mulai berlaku efektif sejak tanggal 2 Mei 2018.

Dengan demikian, jumlah Dealer Utama menjadi 20 institusi yang terdiri dari 16 Bank dan 4 Perusahaan Sekuritas.

Daftar Dealer Utama

Ilustrasi Bank Dunia (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Daftar Dealer Utama adalah sebagai berikut:

BANK

1. Citibank N.A

2. Deutsche Bank AG

3. HSBC

4. PT. Bank ANZ Indonesia

5. PT. Bank Central Asia, Tbk

6. PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk.

7. PT. Bank Maybank Indonesia, Tbk

8. PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk

9. PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk

10. PT. Bank OCBC NISP, Tbk

11. PT. Bank Panin, Tbk

12. PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk

13. PT. Bank Permata, Tbk

14. PT. Bank CIMB Niaga, Tbk

15. Standard Chartered Bank

16. JPMorgan Chase Bank NA.

Perusahaan Sekuritas

17. PT. Bahana Sekuritas

18. PT. Danareksa Sekuritas

19. PT. Mandiri Sekuritas

20. PT. Trimegah Sekuritas Indonesia, Tbk

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Pacari Raditya Dika, Cinta Laura Tinggalkan Pekerjaan di Amerika

Posted: 10 May 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah delapan tahun, akhirnya Cinta Laura akan kembali berkarier di Tanah Air. Cinta Laura digandeng Raditya Dika untuk berperan sebagai kekasihnya dalam film Target.

Meski ada beberapa adegan romantis, namun film bergenre action-comedy itu akan lebih banyak menyuguhkan sisi hitam yang sulit terungkap.

"Target ini film yang genrenya bukan cuma comedy tapi ada action dan romance. Tahu enggak di film ini siapa pacar aku? Raditya Dika. Dia selain menulis juga main film," kata Cinta Laura di Jakarta baru-baru ini.

"Jadi ceritanya ada sembilan selebriti Indonesia yang diminta main film bareng. Tapi ternyata mereka dijebak dan diculik satu-satu, tapi kami enggak tahu siapa yang jahat di film ini," lanjut cewek blasteran Sunda-Jerman ini.

Tanpa Stuntman

Cinta Laura Kiehl (Rizky Aditya Saputra/Liputan6.com)

Dalam film Target, Cinta Laura akan menjalani beberapa adegan action yang terbilang extreme. Hebatnya, Cinta Laura tak menggunakan stuntman alias pemeran pengganti saat menjalani aksinya ketika syuting.

"Aku ada adegan tembak, mungkin karena persiapan detail, pas sudah action aku tembak dan ada beling-beling yang meledak kena paha dan tanganku. Sempat ada tanda terbakar, tapi sudah hilang setelah seminggu. Dan aku enggak pakai stuntman," tutur cewek kelahiran Jerman, 17 Agustus 1993 ini.

Korbankan Pekerjaan di Amerika

Cinta Laura. (Instagram/claurakiehl)

Menariknya, demi mendapatkan peran sebagai kekasih Raditya Dika, Cinta Laura pun rela mengorbankan salah satu pekerjaan di Amerika. Meski begitu, Cinta Laura malah tak menyesal.

"Untuk film ini aku mengorbankan satu job di Amerika, tapi aku sih merasa worth it banget karena aku percaya sama Raditya Dika. He's a great writter, dia orangnya lucu dan aku suka komedinya dia," ucap Cinta Laura.

Tayang 15 Juni 2018

Cinta Laura Kiehl (Rizky Aditya Saputra/Liputan6.com)

Selain Cinta Laura, film Target juga dibintangi Samuel Rizal, Anggika Bolsterli, Raditya Dika, Willy Dozan, Abdur Arsyad, Hifdzi Khoir, Ria Ricis, dan Romy Rafael. Dan film hasil rumah produksi Soraya Intercine Films ini akan tayang pada 15 Juni 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Suster Beri Napas Buatan sambil 'Twerking'

Posted: 10 May 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang suster di china lakukan demonstrasi napas buatan dengan cara tak biasa. Ia terlihat seperti melakukan gerakan 'twerking'.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Y3 2018, Smartphone Android Go Pertama dari Huawei

Posted: 10 May 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google terus memperpanjang daftar mitranya untuk memproduksi smartphone berbasis Android Go atau yang juga dikenal sebagai Android Oreo (Go Edition).

Kali ini, vendor smartphone yang merilis perangkat Android Go adalah Huawei.

Dilansir Phone Arena, Jumat (11/5/2018), Huawei merupakan mitra baru yang mendeklarasikan kerja sama dengan Google dengan merilis smartphone Android Go entry-level, Y3 2018.

Smartphone ini merupakan sekuel dari Y3 2017, yang memulai debut di pasar satu tahun lalu.

Android Go sendiri merupakan variasi dari OS Android Oreo, yang didesain untuk smartphone entry-level dengan kapasitas RAM 1GB atau kurang.

Lebih lanjut, Huawei Y3 2018 memiliki layar berukuran 5 inci dengan resolusi 854 x 480 piksel dan kamera belakang 8MP yang dilengkapi flash LED.

Spesifikasi lainnya termasuk prosesor MediaTek MT6737, RAM 1GB dan memori internal 8GB. Pengguna bisa menambah ruang penyimpanan melalui kartu microSD.

Smartphone Android Go ini juga hadir dengan fitur dual SIM dan kompatibel dengan jaringan 4G Long Term Evolution (LTE). Kapasitas baterainya sendiri 2.280mAh.

Smartphone ini akan melenggang di pasar dengan tiga pilihan warna, yakni putih, abu-abu dan emas. Sayangnya, belum ada informasi tentang harga jual Huawei Y3 2018.

Huawei Garap Smartwatch untuk Gaming?

Terlepas dari YE 2018, Huawei juga dilaporkan mendapatkan paten baru terkait dengan smartwatch gaming.

Paten ini dinilai kian memperkuat posisi Huawei di kategori perangkat wearable, terutama setelah merilis Huawei Watch dan Watch 2.

Berdasarkan paten baru ini, smartwatch Huawei selanjutnya kemungkinan hadir dengan fitur kemampuan gaming.

Huawei sendiri disebut mendapatkan paten ini pada pertengahan Desember 2017, tapi baru diungkapkan beberapa waktu lalu.

Paten ini juga merupakan kelanjutan dari dua paten, yang sebelumnya didapatkan Huawei pada 2015 dan 2016.

Adapun pada paten baru ini, terdapat gambar smartwatch yang bisa dikontrol melalui tali dengan sejumlah gerakan berbeda.

Selain itu, juga terdapat keterangan pada paten yang menunjukkan pengguna smartwatch bisa mengendalikan kemudi mobil dalam sebuah gim balapan atau pun arah jalan sebuah karakter gim. Penggunaannya hanya dengan menekan, menggerakkan hingga menekan jam.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Tak Boleh Kalah di Final Liga Champions

Posted: 10 May 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Legenda Real Madrid Francisco Gento mengklaim bahwa mengalahkan Liverpool di final Liga Champions akan menjadi "sepotong kue" untuk Los Blancos.

Pemain berusia 84 tahun, yang memenangi Piala Eropa enam kali bersama Real pada 1950-an dan 60-an sebelum menjadi duta besar untuk klub itu, sudah sangat menanti-nanti laga di Kiev pada 26 Mei 2018 nanti.

Seperti diketahui, tim asuhan Zinedine Zidane telah memenangkan Liga Champions tiga kali dalam empat musim terakhir. Kini, Real Madrid tengah mencari kemenangan ketiga berturut-turut.

Berdasarkan catatan, Real Madrid telah memenangkan kompetisi elit sepakbola Eropa itu, sebanyak 12 kali dalam sejarah mereka.

Tak Boleh Gagal

Pemain Real Madrid, Asensio (kiri) berusaha menahan laju pemain Sevilla, Ben Yedder pada laga La Liga Santander di Sanchez Pizjuan stadium, Seville, (9/5/2018). Madrid kalah 2-3 dari Sevilla.  (AP/Miguel Morenatti)

Ditanya apakah dia yakin bahwa Real akan menang melawan Liverpool, Gento, seperti dikutip Daily Mail mengatakan: "Tidak usah dikatakan, itu akan menjadi sepotong kue," katanya.

"Semua orang senang dengan permainan semacam ini. Semua orang ingin berada di sana untuk mendukung tim dan menyemangati mereka untuk memenangkan Liga Champions."

"Real Madrid tidak bisa membiarkan kesempatan ini gagal - final harus dimenangkan, dan Real Madrid tahu apa yang dipertaruhkan."

Persiapan

Pemain Real Madrid, Karim Benzema kecewa tak bisa mencetak gol ke gawang Sevilla pada laga La Liga Santander di Sanchez Pizjuan stadium, Seville, (9/5/2018). Madrid kalah 2-3 dari Sevilla.  (AP/Miguel Morenatti)

Sebelumnya, Zidane menurunkan pemain cadangan saat mereka bertandang ke markas Sevilla. Real Madrid pun menelan kekalahan 2-3 dari Sevilla di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, Rabu (9/5/2018) atau Kamis (10/5/2018) dini hari WIB.

Zidane mengatakan, dia menurunkan pemain pelapis karena Real Madrid masih mempunyai pertandingan penting melawan Liverpool di Kiev, 26 Mei mendatang pada final Liga Champions.

"Kami punya final (Liga Champions) pada 26 Mei dan tidak peduli apa yang orang-orang pikirkan, saya adalah pelatih dan saya yang mengambil keputusan," ucap pelatih Real Madrid asal Prancis tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BRI dan Unpar Sepakat Melakukan Kerja Sama Untuk Bangun Pendidikan Bangsa

Posted: 10 May 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada Senin (23/4), Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) menerima kedatangan perwakilan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) pada kegiatan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dalam kerangka Kerja Sama Briguna Pendidikan. Kerja sama ini khususnya ditujukan bagi mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan di Sekolah Pascasarjana Unpar.

Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D menyambut baik kehadiran Direktur Hubungan Kelembagaan BRI Sis Apik Wijayanto, yang didampingi oleh Kepala Divisi Hubungan Kelembagaan 1 Arif Suhirman, Pemimpin Wilayah BRI Jawa Barat Fankar Umran beserta jajarannya serta para pemimpin cabang BRI se-Kota Bandung.

Rektor Unpar didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Sumber Daya Dr. Orpha Jane, Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerjasama Dr. Budi Husodo Bisowarno, pimpinan Sekolah Pascasarjana, serta pimpinan lembaga-lembaga terkait yang ada di Unpar.

Dalam sambutannya, Mangadar mengibaratkan kebersamaan BRI dan Unpar sudah seperti saudara. Oleh karenanya, ia menyambut baik pengembangan kerja sama antara kedua belah pihak. Ia melanjutkan bahwa kerja sama BRI-Unpar dalam pembiayaan Program Pascasarjana menjadi wujud nyata sinergi bersama dalam mengembangkan dunia pendidikan dan industri di Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan yang disediakan BRI untuk mendukung keberhasilan studi para Magister dan Doktor ini," ujarnya.

Tidak hanya program pascasarjana, Mangadar juga berharap kerja sama ini mampu membantu mahasiswa program sarjana secara finansial, khususnya di tahap akhir studinya. Harapannya, kerja sama ini mampu menjadi dorongan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan studi dengan baik tepat pada waktunya.

"Semoga niat baik, usaha baik ini bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan di Indonesia dan secara umum bagi pembangunan nasional kita," katanya mengakhiri sambutan.

Sis Apik Wijayanto mengapresiasi langkah Unpar untuk mempercayakan dukungan finansial bagi mahasiswa kepada BRI. Dukungan BRI dalam memberikan kredit mahasiswa diharapkan mampu memberikan solusi bagi bangsa dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

"Harapan kami kerja sama ini akan terus berlanjut dalam suatu sinergi (sebagai suatu) kebanggaan bagi kami," ungkapnya.

Tidak menutup kemungkinan dalam berbagai bentuk kerja sama lain di masa mendatang. Seusai memberikan sambutan, kedua pihak melakukan penandatanganan MoU untuk meresmikan kerja sama BRIguna Pendidikan untuk mahasiswa Unpar.

Wijayanto juga memberikan bantuan finansial secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa pasca sarjana Unpar.

Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari kedua belah pihak. BRI memberikan replika Satelit BRI beserta roket yang mengirimnya ke luar angkasa. Satelit ini menjadi kebanggaan BRI sebagai satu-satunya institusi keuangan di dunia yang memiliki satelitnya sendiri. Sebagai balasan, pihak Unpar

menyerahkan plakat dan buku yang merangkum kisah perjalanan ekspedisi Seven Summit Mahitala pertama sebagai bentuk apresiasi dukungan BRI dalam Ekspedisi Women of Indonesia's Seven Summit (WISSEMU) yang kini tengah dalam perjalanan menapaki Puncak Everest.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan 12 Tahun Debut, Lee Min Ho Ucap Terima Kasih

Posted: 10 May 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Aktor asal Korea Selatan Lee Min Ho mengucapkan terima kasih kepada para penggemarnya saat merayakan 12 tahun perjalanan kariernya di industri hiburan.

Untuk merayakannya, Lee Min Ho mengungkapkan rasa terima kasihnya pada penggemar dalam unggahan Instagram-nya.

Di tengah kewajibannya menjalani tugas wajib militer (wamil), Lee Min Ho menyempatkan waktu untuk menyapa penggemar guna mengucapkan rasa terima kasihnya.

Dilansir dari Soompi, Jumat (11/5/2018), mantan kekasih Suzy ini menulis, "12th anniversary! Terima kasih untuk semuanya."

Memulai Debut

Lee Min Ho (Instagram/actorleeminho)

Nama Lee Min Ho pasti sudah tidak asing lagi di telinga pecinta drama atau film Korea Selatan. Lee Min Ho debut pada 10 Mei 2006 lewat drama Secret Campus. Ia berhasil menjadi aktor idaman karena ketampanan dan kemampuan aktingnya di sejumlah drama dan film.

Boys Over Flowers

Lee Min Ho (Soompi)

Lee Min Ho mulai digandrungi banyak penggemar wanita setelah ia berperan sebagai Go Jun Pyo di drama populer Boys Over Flowers. Setelah itu, ia terus membintangi drama-drama hits, termasuk City Hunter dan Heirs.

Penghargaan

Lee Min Ho (Instagram/actorleeminho)

Untuk setiap perannya dalam drama sejak 2011, Lee Min Ho telah memenangkan Penghargaan Top Excellence. Ia juga membuat debut layar lebar pada tahun 2015 dengan Gangnam Blues, di mana ia juga dinobatkan menjadi Aktor Baru Terbaik di Penghargaan Film Daejong ke-52.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rasulullah Selalu Bertobat dengan Doa Ini

Posted: 10 May 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia tentu tidak lepas dari dosa. Setiap hari, baik sadar maupun tidak, manusia kerap melakukan kesalahan.

Dosa dapat menjadi penghalang bagi kita untuk bisa menikmati surga. Pahala yang kita kumpulkan sepanjang hayat pun bisa berkurang akibat dosa.

Demikian pula dengan Rasulullah Muhammad SAW. Meski sebagai Nabi, Rasulullah tak pernah berhenti bertobat.

Meski sudah dijamin masuk surga, Rasulullah tidak pernah berhenti berdoa. Rasulullah pun selalu memohon kepada Allah SWT agar dosa-dosa Beliau diampuni.

Bahkan doa pertobatan terus diucapkan Rasulullah menjelang meninggal. Dalam sebuah riwayat, Aisyah RA mengatakan Nabi tidak pernah berhenti mengucap doa tobat saat mendekati ajal.

Maka dari itu, dianjurkan membaca doa yang selalu diucapkan Rasulullah ini, agar dosa kita diampuni Allah SWT.

 

Doa Tobat Rasulullah Muhammad SAW

Doa ini sering dibaca Rasulullah SAW sebagai ungkapan tobat

Subhaanaka wa bihamdik. Astaghfiruka wa atuubu ilaik.

Artinya,

"Mahasuci Engkau dan segala puji bagi-Mu. Aku mohon ampunan-Mu. Aku bertobat kepada-Mu."

Sumber: Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dalam Sebulan Menhub Deregulasi 150 Aturan, Terbanyak Sektor Udara

Posted: 10 May 2018 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mendrong sektor swasta untuk berperan aktif dalam sektor perhubungan. Untuk mendorong hal ini, Kemenhub telah melakukan deregulasi sebanyak 150 aturan dalam waktu satu bulan ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dari ratusan aturan yag disederhanakan ini, paling banyak di sektor perhubungan udara. Karena selama ini banyak aturan di sektor udara yang justru tidak memberikan kemudahan swasta turut berinvestasi.

"Dalam sebulan terahir ada 150 yang kita deregulasi, ini tujuannya untuk mendukung iklim usaha,paling banyak di sektor udara. Sebenarnya sektor udara ini kan sudah mengacu ke regulasi internasional," kata Menhub di Hotel Kaisar, Jakarta, Jumat (11/5/2018).

Menhun mengatakan, selama ini terdapat beberapa aturan yang sebenarnya bisa dijadikan satu. Seperti urusan peizinan pembangunan bandara udara sendiri, izin kelengkapan kemanan bandara sendiri, izin badan hukum sendiri, dan sebagainya.

Bahkan dalam salah satu perizinan, Kemenhub dalam hal ini sebagai regulator harus mengatur mengenai jumlah dan letak kursi di sebuah bandara. Hal ini, dinilai Menhub sebenarnya bisa dilakukan dengan self asessement.

"Selama ini kan swasta itu banyak keinginan mebangun, tapi kan tidak semua swasta itu sabar menunggu. Sekarang izin badan usaha saja bisa sampai 6 bulan, padahal sebenarnya dia bisa konsentrasi untuk izin pembangunan dan kemudian membangun," tambah Menhub.

Upaya deregulasi ini, dikatakan Menhub masih bakal terus dilakukan untuk mempermudah swasta terlibat. Ini dikarenakan kemampuan APBN untuk membangun negeri ini sangat terbatas. 

PR Besar

Vice-President for Knowledge Management and Sustainable Development of the Asian Development Bank (ADB), Bambang Susantono memberikan paparan sebelum penandatangan MoU dengan Kementerian Perhubungan  di Jakarta, Rabu (22/11). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Asian Development Bank (ADB) memaparkan beberapa pekerjaan rumah yang harus dilakukan pemerintah Indonesia pada 2018. Salah satunya dalam hal deregulasi.

Vice President Asian Development Bank (ADB) Bambang Susantono mengatakan, memang saat ini sudah banyak paket kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Hanya saja, implementasi di lapangan, terutama di daerah belum terasa.

Bambang mengatakan hal ini karena banyak pengusaha yang mengeluhkan masih panjang dan rumitnya kepengurusan di beberapa daerah.

"Ada pekerjaan rumah besar di mana konsistensi atau kebijakan di pusat baik tapi aktualisasi pelaksanaan di lapangan perlu diperbaiki, terutama di daerah," kata Bambang pada 20 Februari 2018.

Dalam meningkatkan daya saing ekonomi Indonesia, menurut Bambang, pemerintah dan para pengusaha harus saling mendukung.

Pemerintah harus memberikan kemudahan investasi di sisi lain dengan banyaknya investasi peluang kerja banyak tercipta sehingga ekonomi terus meningkat.

Selain itu, beberapa tantangan yang masih dihadapi untuk 2018 di antaranya meningkatkan fundamental ekonomi untuk menghadapi sentimen global. Salah satunya meningkatkan kualitas ekspor dan menjaga inflasi.

"Kedua, adalah revolusi industri 4.0, di mana infrastruktur dasar tetap terus dibangun seperti penyediaan air bersih, sanitasi, tapi di saat yang bersamaan kita harus siapkan broadband virtual connect. Negara lain sudah bangun ini, sementara kita?" ucapmantan Wakil Menteri Perhubungan itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Anggota DPRD Kebumen Usai Perpanjang Masa Penahanan di KPK

Posted: 10 May 2018 10:15 PM PDT

Anggota DPRD Kab Kebumen Dian Lestari Pertiwi Subekti (DL) usai mendatangi gedung KPK, Jakarta, Jumat (11/5). Dian ditahan terkait suap proyek di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kebumen dalam APBD tahun anggaran 2016. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota DPRD Kab Kebumen Dian Lestari Pertiwi Subekti (DL) usai mendatangi gedung KPK, Jakarta, Jumat (11/5). Dian ditahan terkait suap proyek di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kebumen dalam APBD tahun anggaran 2016. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Kebumen Dian Lestari Pertiwi Subekti (DL) dikawal petugas usai menandatangani perpanjangan penahanan 30 hari kedepan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (11/5). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Kebumen Dian Lestari Pertiwi Subekti (DL) dikawal petugas usai menandatangani perpanjangan penahanan 30 hari kedepan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (11/5). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota DPRD Kab Kebumen Dian Lestari Pertiwi Subekti (DL) usai mendatangi gedung KPK, Jakarta, Jumat (11/5). Dian ditahan terkait suap proyek di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kebumen dalam APBD tahun anggaran 2016. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota DPRD Kab Kebumen Dian Lestari Pertiwi Subekti (DL) usai mendatangi gedung KPK, Jakarta, Jumat (11/5). Dian ditahan terkait suap proyek di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kebumen dalam APBD tahun anggaran 2016. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota DPRD Kab Kebumen Dian Lestari Pertiwi Subekti (DL) usai mendatangi gedung KPK, Jakarta, Jumat (11/5). Dian ditahan terkait suap proyek di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kebumen dalam APBD tahun anggaran 2016. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota DPRD Kab Kebumen Dian Lestari Pertiwi Subekti (DL) usai mendatangi gedung KPK, Jakarta, Jumat (11/5). Dian ditahan terkait suap proyek di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kebumen dalam APBD tahun anggaran 2016. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Terdampak Abu Merapi, Bandara Adisutjipto Dibuka Kembali

Posted: 10 May 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Adisutjipto Yogyakarta kembali beroperasi normal. Sebelumnya, bandara internasional itu sempat ditutup karena terdampak debu vulkanik hasil letusan Gunung Merapi

"Penutupan selama 58 menit dari Pukul 10.42 hingga pukul 11.40 WIB," jelas Manajer Humas AirNav Indonesia Yohanes Sirait dalam keterangan tertulis, Jumat (11/5/2018).

Yohanes melanjutkan, AirNav Indonesia bersama seluruh stakeholder terkait akan terus memonitor perkembangan status Gunung Merapi dan dampaknya terhadap penerbangan.

Sebelumnya, penutupan bandara Adisutjipto berdasarkan Notice to Airmen (NOTAM) nomor B3564/18 yang diterbitkan Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Letusan Freatik

Letusan Freatik yang sempat direkam dari jarak beberapa ratus meter, tepatnya di Pasar Bubrah. (foto: Liputan6.com/alpend'90/edhie prayitno ige)

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang meminta warga untuk mematuhi jarak aman usai Gunung Merapi mengalami letusan freatik pada Jumat (11/5/2018).

"Jauhi radius 3 kilometer dari puncak Merapi," tulis BPBD Magelang dalam keterangannya kepada Liputan6.com.

Selain itu, warga sekitar Gunung Merapi diminta untuk tetap tenang. "Masyarakat diimbau untuk tetap tenang. Jika ada perkembangan informasi segera kami rilis," lanjut keterangan tersebut.

Akibat letusan Gunung Merapi tersebut, warga sekitar kini mulai merasakan hujan pasir.

"Pakem sudah hujan pasir dan anak-anak dipulangkan dari sekolah," ujar Edhie, salah seorang warga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bella Hadid - The Weeknd Tepergok Berciuman di Festival Film Canes

Posted: 10 May 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Cannes- Bulan lalu, isu Bella Hadid dan The Weeknd kembali pacaran sempat memanas. Pasalnya, mereka disebut-sebut terlihat bermesraan dan berciuman saat menghadiri festival musik Coachella.

Namun kala itu, Bella Hadid langsung membantah tegas bahwa ia bermesraan dengan The Weeknd. "Itu bukanlah aku," tuturnya dalam kolom komentar Instagram media E! News yang mengunggah berita tersebut.

Namun baru-baru ini, kembali beredar sebuah foto yang memperlihatkan The Weeknd dan Bella Hadid berciuman. Foto tersebut diambil dalam salah satu pesta yang menjadi rangkaian acara Festival Film Cannes 2018, yang tengah berlangsung di Prancis.

Bukti foto kali ini terlihat sangat jelas memperlihatkan wajah Bella dan The Weeknd.

Reuni

Model AS Bella Hadid. (AFP Photo/Valery Hache)

Dilansir dari E! News, Jumat (11/5/2018), Bella Hadid reuni dengan mantan kekasihnya ini dalam sebuah pesta yang diselenggarakan di Promenade de la Croisette.

 

Pulang Bareng

Model Bella Hadid dalam acara promosi Magnum selama Festival Film Cannes KE-71 di private beach, Cannes, Prancis selatan (10/5).  (AP Photo/Arthur Mola)

Bella Hadid tampak mengenakan minidress yang dipadu dengan blazer berukuran besar. Bella juga terlihat meninggalkan lokasi acara ini bersama dengan mantan kekasih Selena Gomez ini.

 

Masih Menyimpan Perasaan

Bella Hadid dan The Weeknd. (AFP/Bintang.com)

Sebelumnya, beberapa sumber mengatakan bahwa Bella Hadid masih menyimpan perasaan khusus pada pria bernama asli Abel Tesfaye ini.

"Bella tak pernah kehilangan perasaannya pada Abel dan berharap mereka bisa kembali bersama," tutur sumber tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Operasional Bandara Adi Soemarmo Solo Normal Pasca-erupsi Gunung Merapi

Posted: 10 May 2018 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Solo - Erupsi Gunung Merapi yang menyemburkan asap dan berpotensi hujan abu, Jumat (11/5/2018) pagi dipastikan tidak mengganggu jadwal penerbangan dari dan ke Bandara Adi Soemarmo, Solo, di Boyolali.

Distrik Sales Manager Citilink Solo, Cahyo Katon, saat dihubungi melalui aplikasi perpesanan Whatsapp, Jumat pagi, memastikan seluruh jadwal penerbangan maskapai tersebut aman, tak ada gangguan akibat aktivitas Gunung Merapi.

"Aman, tidak ada masalah, kami masih operate seperti biasa," ujar dia kepada Solopos.com.

Otoritas bandara juga menyebut aktivitas penerbangan aman. Namun, Airport Operations and Service Department Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Purwanto, mengatakan pejabat terkait tetap akan mengupayakan langkah antisipasi atas aktivitas Gunung Merapi.

Salah satunya dengan memanfaatkan emergency operation center untuk memetakan di mana saja yang bisa digunakan untuk jalur pengalihan jika dampak asap Merapi meluas.

 

Baca berita menarik lainnya dari Solopos.com di sini.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iniesta Dukung Griezmann Segera Berkostum Barcelona

Posted: 10 May 2018 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Gelandang kawakan Barcelona, Andres Iniesta, meyakini Antoine Griezmann akan menjadi tambahan yang bagus untuk skuat timnya di musim depan. Namun, ia mengaku masih belum tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Dalam beberapa kabar yang beredar, Barcelona dilaporkan telah melakukan pembicaraan dengan Griezmann. Hal tersebut memicu reaksi dari Atletico Madrid selaku tim yang memiliki jasa pemain asal Prancis tersebut.

Dilansir dari Goal, Iniesta menganggap bahwa Griezmann akan menjadi pembelian yang bagus untuk Barcelona. Namun, sang kapten masih belum tahu tentang masa depan pria berumur 27 tahun tersebut dengan timnya ke depannya.

"Saya tahu bahwa Griezmann adalah salah satu striker terbaik saat ini, tapi saya tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan," ujar Iniesta.

"Saat ini, dia adalah pemain Atletico dan apa pun yang saya katakan tentang dia tidak akan mengubah itu. Bila dia pada akhirnya bergabung dengan Barcelona, itu akan menjadi pembelian yang bagus," paparnya.

Kiprah Griezmann bersama Los Rojiblancos terbilang cukup bagus musim ini, dengan torehan total 27 gol dari 46 pertandingan dalam semua ajang. Selain itu, ia juga sukses membawa Atletico lolos ke babak final Liga Europa dengan mengalahkan wakil Inggris, Arsenal.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mitos atau Fakta, Mengunyah Permen Karet Bisa Mencegah Asam Lambung Naik?

Posted: 10 May 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Digemari banyak orang, permen karet diketahui memiliki banyak manfaat. Memperbaiki memori, menyegarkan bau napas, membantu mengurangi berat badan, serta mencegah asam lambung naik adalah beberapa manfaat mengunyah permen karet.

Namun untuk perihal mencegah asam lambung naik, benarkah demikian? Atau hanya mitos belaka dari mengonsumsi permen karet?

Melansir dari Hellosehat.com, penyakit asam lambung naik atau gastroesophageal reflux (GERD) merupakan penyakit yang menimbulkan sensasi panas dan terbakar dari perut hingga tenggorokan ketika asam lambung naik. Terkadang juga dapat menyebabkan rasa asam atau pahit pada mulut.

Beberapa penelitian kemudian dilakukan untuk mengetahui apakah benar permen karet dapat mencegah asam lambung naik. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dental Research menyebutkan, disarankan untuk mengunyah permen karet bebas gula selama 30 menit setelah makan untuk mencegah asam lambung naik.

 

Penelitian lainnya

Tak Sengaja Menelan Permen Karet, Bahayakah?

Penelitian lain yang dilakukan Rebecca Moazzez dari Kings College di London, Inggris memperkuat hal tersebut. Penelitian Rebecca menunjukkan mengunyah permen karet selama 30 menit setelah mengonsumsi makanan berlemak tinggi dapat mengurangi peluang asam lambung naik ke kerongkongan.

Hal ini dikarenakan mengunyah permen karet disinyalir dapat meningkatkan produksi asam liur yang membuatmu lebih sering menelan dan membantu menetralisir pH lambung yang sifatnya asam. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua permen karet memiliki manfaat tersebut.

Dianjurkan untuk mengunyah permen karet bikarbonat rendah gula. Bikarbonat di sini bekerja dengan cara menetralkan asam naik ke kerongkongan. Di sisi lain, melansir dari Healthline, penderita GERD justru harus menghindari permen karet dengan rasa peppermint. Ini karena rasa tersebut dapat membuka sfringter atau lingkaran otot kerongkongan bagian bawah yang menyebabkan asam lambung naik.

Reporter: Annisa Amalia Hapsari

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dolar AS Lesu, IHSG Menguat 1,8 Persen pada Sesi I

Posted: 10 May 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu bergerak perkasa pada sesi pertama perdagangan saham Jumat (11/5/2018). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat jadi sentimen positif.

Pada penutupan sesi pertama perdagangan saham, Jumat (11/5/2018), IHSG menguat 108,66 poin atau 1,84 persen ke posisi 6.016,59. Indeks saham LQ45 menanjak 2,18 persen ke posisi 975,10. Seluruh indeks saham acuan kompak menguat.

Pada sesi pertama, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.023,04 dan terendah 5.921,19. Sebanyak 268 saham menguat sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. Adapun 97 saham melemah dan 88 saham diam di tempat.

Transaksi perdagangan saham cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham 248.564 kali dengan volume perdagangan 4,9 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 4,7 triliun. Investor asing beli saham Rp 54,33 miliar di pasar reguler. Posisi dolar Amerika Serikat berada di posisi Rp 14.018.

Sebagian besar sektor saham menghijau kecuali sektor saham pertanian melemah 1,03 persen dan sektor saham infrastruktur susut 0,11 persen. Sementara itu, sektor saham industri dasar menanjak 2,96 persen, sektor saham tambang menguat 2,71 persen dan sektor saham barang konsumsi naik 2,58 persen.

Saham-saham mencatatkan penguatan antara lain saham BRIS naik 19,27 persen ke posisi Rp 650 per saham, saham BSDE melonjak 9,87persen ke posisi Rp 1.670 per saham, dan saham HMSP mendaki 8,06 persen ke posisi Rp 3.890 per saham.

Sementara itu, saham BWPT tergelincir 17,57 persen ke posisi Rp 183 per saham, saham FORZ susut 16,30 persen ke posisi Rp 498,dan saham BTEK merosot 11,18 persen ke psisi Rp 151 per saham.

Sebagian besar bursa saham Asia menghijau kecuali indeks saham Shanghai turun 0,08 persen. Sedangkan indeks saham Hong Kong Hang Seng menguat 1,36 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi menguat 0,60 persen, indeks saham Jepang Nikkei mendaki 0,99 persen. Sementara itu, indeks saham Singapura naik 0,57 persen dan indeks saham Taiwan mendaki 0,88 persen.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

Aksi Beli Investor Asing Topang IHSG di Awal Sesi

Suasana kantor Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/11). Dari 538 saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, 181 saham menguat, 39 saham melemah, 63 saham stagnan, dan sisanya belum diperdagangkan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau menjelang akhir pekan ini. Penguatan IHSG mengekor bursa saham Asia dan ditopang kenaikan di sektor keuangan.

Pada pra-perdagangan saham pagi ini 11 Mei 2018, IHSG mencatatkan kenaikan 15,155 poin atau 0,26 persen ke leve; 5.923,093. Indeks saham LQ45 menanjak 0,40 persen ke level 958,101.

Penguatan berlanjut dan IHSG dibuka di level 5.930,417 atau mendaki sebesar 0,38 persen atau 22,479 poin. Sementara indeks saham LQ45 melaju 0,48 persen ke level 958,711.

Sebanyak 166 saham menghijau, 34 saham turun, dan 73 saham stagnan. Total frekuensi perdagangan saham sebanyak 32.539 kali dengan volume 612,9 miliar dan nilai Rp 649,1 miliar.

Investor asing melakukan pembelian di seluruh pasar dengan nilai Rp 27,36 miliar. Dolar Amerika Serikat (AS) diperdagangkan Rp 14.053.

Hampir seluruh sektor menguat, terkecuali sektor saham pertanian yang tergelincir 0,53 persen. Kenaikan tertinggi terjadi di saham sektor pertambangan dan perdagangan masing-masing 1,38 persen. Diikuti saham sektor consumer goods dengan penguatan 1,29 persen.

Saham-saham yang terpantau melesat, antara lain saham SSTM dengan kenaikan signifikan 23,19 persen, saham ETWA untung 22,35 persen, dan saham DFAM melonjak 18,79 persen.

Sementara saham-saham yang tekor dengan pelemahan paling dalam saham BWPT sebesar 19,37 persen, saham BTEK anjlok 11,18 persen, dan saham CMNP yang melemah 9,43 persen.

Penguatan laju IHSG sejalan dengan bursa saham Asia. Indeks saham Hang Seng Hong Kong melonjak 0,93 persen. Disusul indeks saham Taiwan yang menjulang 0,90 persen, lalu indeks saham Nikkei Jepang naik 0,87 persen.

Indeks saham Kospi Korea Selatan dan Strait Times Singapura masing-masing menguat 0,55 persen dan 0,22 persen. Adapun indeks saham Shanghai China melemah sendirian sebesar 0,11 persen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiga Raksasa Otomotif Jepang Bikin Baterai Mobil Listrik Canggih, Begini Wujudnya

Posted: 10 May 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Tiga raksasa otomotif Jepang yakni Toyota, Nissan, dan Honda resmi bekerjasama dengan pemerintah Jepang serta pembuat baterai untuk mengembangkan baterai solid-state. Baterai canggih ini, diperuntukkan untuk kendaraan listrik masa depan.

Kolaborasi tiga raksasa otomotif asal Negeri Matahari Terbit ini, bertujuan untuk mengembalikan Jepang ke garis depan teknologi baterai otomotif. Pasalnya, sudah banyak negara yang mengikis posisi tersebut di industri.

Melansir NikkeiAsiaReview, ditulis Jumat (11/5/2018), mulai bulan ini resmi mengawinkan konsorsium untuk teknologi baterai Lithium-Ion dan Libtec. Badan penelitian ini, beranggotakan Asahi Kasei, Toray Industries, dan Kuraray, serta pemain otomotif dan pembuat baterai Panasonic dan GS Yuasa.

Pihak Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang sendiri bakal menyediakan dana 1,6 miliar Yen untuk Libtec.

Baterai solid-state sendiri menggunakan bentuk padat dari elektrolit cair yang ada di lithium-ion. Jadi, baterai canggih ini lebih mudah untuk dibuat dan lebih aman, karena tidak ada kemungkinan baterai mengalami kebocoran.

Dibandingkan dengan lithium-ion saat ini, baterai kendaraan listrik generasi terbaru ini akan memiliki komponen yang lebih sedikit, biaya lebih murah, dan menyediakan daya yang lebih tinggi.

Selanjutnya

Libtec berharap, pengembangan baterai solid-state ini akan menggandakan jangkauan untuk kendaraan listrik hingga 800 km pada 2030. Untuk target jangka menengahnya sendiri, baterai ini harus menyediakan energi untuk jangkauan kendaraan listrik sebesar 550 km pada 2025.

Sebagai informasi, teknologi baterai solid-state Toyota diyakini sebagai yang paling canggih di dunia. Namun, perusahaan belum mengkomersialkannya.

Program ini juga bertujuan untuk mempercepat hal tersebut, dengan menggabungkan keahlian dari masing-masing anggota konsorsium, yang mengarah kepada produksi massal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sehari Jelang Pernikahan, Patung Lilin Meghan Markle-Harry Dibuka untuk Umum

Posted: 10 May 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, London - Museum Madame Tussauds di London meluncurkan patung lilin artis Amerika, Meghan Markle, pada Rabu 9 Mei 2018 waktu setempat, 10 hari sebelum pernikahannya dengan Pangeran Harry.

Seperti dikutip dari VOA News, Kamis (10/5/2018), patung lilin Meghan Markle mengenakan gaun warna hijau seperti yang dikenakan pada hari pertunangan dan replika cincin pertunangan yang dirancang sendiri oleh Pangeran Harry.

Menemani patung Meghan Markle tentu saja patung Pangeran Harry.

Patung Harry awalnya dibuat untuk merayakan ulang tahunnya ke-30, juga telah diperbarui dengan menambahkan jenggot baru.

Kedua patung calon pengantin itu akan dibuka untuk kunjungan umum satu hari sebelum pernikahan mereka atau 18 Mei.

Pihak Museum Madame Tussauds mengatakan, pengunjung bernama Meghan atau Harry bahkan bisa masuk ke museum secara gratis pada hari pernikahan.

"Kegembiraan menjelang pernikahan kerajaan sudah memuncak. Kami kebanjiran pertanyaan kapan masyarakat bisa bertemu dengan mereka 'Kembaran Kerajaan'," kata Edward Fuller, manajer umum Museum Madame Tussauds.

Pangeran Harry dan Meghan Markle akan menikah pada 19 Mei di Kastil Windsor.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

Undangan Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Tanpa meninggalkan tradisi kebudayaan Kerajaan Inggris, pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry disebut-sebut dihelat dengan cara unik (AP Photo)

Sementara itu, misteri daftar undangan pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle terungkap sudah. Tak ada nama Perdana Menteri Inggris Theresa May atau Menlu Boris Johnson. 

Pasangan itu memutuskan sama sekali tidak memasukkan jajaran pemimpin Inggris, dunia, dan para politikus lain. Itu berarti, Presiden AS Donald Trump, juga tidak diundang.

Keputusan tersebut dibuat berdasarkan ukuran gereja tempat pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Juga, fakta bahwa sang pangeran hanyalah berada di urutan kelima dari takhta kerajaan Inggris. Demikian seperti dikutip dari BBC pada Rabu, 11 April 2018.

Dikonfirmasi bahwa Barack dan Michelle Obama, yang merupakan teman dari pangeran, juga tidak diundang.

Di antara 1.200 anggota masyarakat yang akan diizinkan masuk ke dalam wilayah Istana Windsor pada 19 Mei adalah gadis 12 tahun yang terluka dalam serangan bom Manchester Arena.

Amelia Thompson, dari Dronfield Woodhouse, dekat Sheffield, mengalami trauma setelah menyaksikan ledakan bom di konser Ariana Grande pada Mei 2017. Pita suara gadis malang itu juga rusak karena berteriak ketakutan.

Amelia akan ditemani nenek bernama Sharon Goodman, yang cucu perempuannya Olivia Campbell-Hardy meninggal dalam pengeboman itu.

Keputusan untuk mengundang mereka yang memiliki hubungan dekat dengan Pangeran Harry dan Meghan Markle, tetapi "bukan para pemimpin politik" diambil setelah konsultasi dengan pemerintah, Istana Kensington mengatakan.

Undangan Pangeran Harry dan Meghan Markle berbeda 180 derajat dengan sang kakak, Pangeran William dan Kate Middleton.

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle sangat berbeda dengan sang kakak. Resepsinya menjadi jauh lebih sederhana. Adalah sudah menjadi keputusan awal pasangan itu untuk mengundang anggota masyarakat ke dalam pekarangan kastil pada hari pernikahan mereka.

Individu dipilih oleh kantor Lord Letnan regional, setelah Pangeran Harry dan Meghan Markle meminta orang-orang dengan berbagai latar belakang dan usia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sukses di Tiongkok, NBA Sasar Pasar Asia Tenggara

Posted: 10 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ekspansi NBA ke kawasan Asia membuahkan hasil positif. NBA sukses besar di Tiongkok. Kini NBA akan fokus pada pasar Asia Tenggara termasuk Indonesia.

COO NBA Mark Tatum dalam wawancarany dengan CNBC mengungkapkan bila NBA telah sukses membuat bola basket menjadi olahraga nomor satu di Tiongkok. 

"Tiga ratus juta orang memainkan permainan bola basket di China. Kami adalah olahraga No. 1 di sana. Kami memiliki kemitraan besar dengan Tencent, yang mendistribusikan permainan kami melalui League Pass, dan mereka mendistribusikan sekitar 600 game atau lebih setiap tahun," kata Tatum.

Berkaca dari kesuksesan di Tiongkok, NBA kini fokus untuk menjadikan Asia Tenggara sebagai pasar terbesar berikutnya. NBA berusaha melakukan ekspansi di Filipina, Indonesia, Thailand, Jepang dan Australia.

NBA cukup yakin bisa membawa kesuksesan di Tiongkok ke kawasan Asia Tenggara. "Bola basket di Asia Tenggara tidak pernah lebih besar dan berkembang pesat seperti sekarang," sambung Tatum.

"Kami memiliki distribusi yang lebih besar di wilayah ini daripada sebelumnya, dengan 25 mitra media yang berbeda," tutut Tatum.

Jr NBA

Ilustrasi Bola Basket (kentuckysportsradio.com)

Di Indonesia sendiri, NBA telah menjalin kerjasama dengan Emtek Grup yang membawahi Liputan6.com, Bola.com, Vidio.com, SCTV, Indosiar, Bintang.com dan O Channel.

NBA juga membantu perkembangan bola basket di Asia Tenggara dengan memberikan pelatihan kepada anak-anak. NBA menjalin kerjasama dengan pemerintah lokal di negara Asia Tenggara guna memberikan ilmu bermain bola basket yang benar. Salah satunya lewat program Jr NBA.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Vebby Palwinta dan Sederet Artis Ini Putuskan Berhijab Sebelum Ramadan

Posted: 10 May 2018 10:00 PM PDT

Selanjutnya ada Tika Bravani yang juga telah mantap berhijab sebelum Ramadan 2018 tiba. Tika begitu pandai memadukan hijab dan busana yang dipakai sehingga membuat dirinya tampak modis dan santun. (Instagram/tikabravani)

Selanjutnya ada Tika Bravani yang juga telah mantap berhijab sebelum Ramadan 2018 tiba. Tika begitu pandai memadukan hijab dan busana yang dipakai sehingga membuat dirinya tampak modis dan santun. (Instagram/tikabravani)

Ada Kartika Putri yang berhasil juga melawan keraguannya untuk berhijab. Keputusan ini telah dijalankan oleh Kartika sejak dua bulan belakangan ini. Dan semakin hari penampilannya pun kian santun dan tetap modis. (Instagram/kartikaputriworld)

Ada Kartika Putri yang berhasil juga melawan keraguannya untuk berhijab. Keputusan ini telah dijalankan oleh Kartika sejak dua bulan belakangan ini. Dan semakin hari penampilannya pun kian santun dan tetap modis. (Instagram/kartikaputriworld)

Kalau yang satu ini ada Fenita Arie yang sudah memutuskan berhijab sejak awal tahun 2018. Keputusannya ini sempat mengagetkan bagi sang suami, Arie Untung. Namun Arie sangat mendukung keputusan istrinya ini. (Instagram/fenitarie)

Kalau yang satu ini ada Fenita Arie yang sudah memutuskan berhijab sejak awal tahun 2018. Keputusannya ini sempat mengagetkan bagi sang suami, Arie Untung. Namun Arie sangat mendukung keputusan istrinya ini. (Instagram/fenitarie)

Istri Ananda Omesh, Dian Ayu Lestari, juga telah berhijab sejak beberapa waktu lalu. Sebelumnya, Dian kerap dihantui rasa galau namun di bulan Maret kemarin ia telah mantap untuk berhijab. (Instagram/dianayulestari)

Istri Ananda Omesh, Dian Ayu Lestari, juga telah berhijab sejak beberapa waktu lalu. Sebelumnya, Dian kerap dihantui rasa galau namun di bulan Maret kemarin ia telah mantap untuk berhijab. (Instagram/dianayulestari)

Cinta Penelope juga memutuskan untuk berhijab belum lama ini. Dan sekarang ini bukan hanya penampilannya yang semakin adem dilihat, namun Cinta Penelope juga kerap mengikuti kegiatan yang religius. (Instagram/princess_cintapenelope)

Cinta Penelope juga memutuskan untuk berhijab belum lama ini. Dan sekarang ini bukan hanya penampilannya yang semakin adem dilihat, namun Cinta Penelope juga kerap mengikuti kegiatan yang religius. (Instagram/princess_cintapenelope)

Tantri Kotak juga telah mantap berhijab sejak sekitar satu bulan lalu. Dengan hijabnya, Tantri tak mengubah gaya berbusananya, sehingga ia dijuluki sebagai lady rocker berhijab. (Instagram/tantrisyalindri)

Tantri Kotak juga telah mantap berhijab sejak sekitar satu bulan lalu. Dengan hijabnya, Tantri tak mengubah gaya berbusananya, sehingga ia dijuluki sebagai lady rocker berhijab. (Instagram/tantrisyalindri)

Yang lebih mengejutkan adalah Chacha Frederica si anggota Girls Squad yang tiba-tiba tampil berhijab. Namun ternyata, Chacha sudah memiliki rencana mulia ini sejak lama dan pada akhirnya kini sudah  direalisasikannya. (Instagram/chafrederica)

Yang lebih mengejutkan adalah Chacha Frederica si anggota Girls Squad yang tiba-tiba tampil berhijab. Namun ternyata, Chacha sudah memiliki rencana mulia ini sejak lama dan pada akhirnya kini sudah direalisasikannya. (Instagram/chafrederica)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Merapi Meletus, Ini 5 Langkah Penyelamatan Diri

Posted: 10 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gunung Merapi di wilayah Sleman, Yogyakarta tampak menyemburkan asap tebal pada pukul 07.43 WIB, Jumat (11/5/2018). Asap tersebut membubung sekitar 500 meter ke angkasa. Warga sekitar yang berada dalam radius 3 kilometer diminta untuk menjauh dari Kawah Gunung Merapi.

Walaupun ini bukan pertama kalinya Gunung Merapi menunjukkan tanda-tanda akan meletus, ada baiknya Anda, terutama yang tinggal di wilayah sekitar, tetap waspada akan terjadinya gempa serta hujan abu. 

Melansir dari laman resmi American Red Cross, pada Jumat (11/5/2018), berikut ini beberapa yang harus Anda lakukan dalam keadaan darurat selama letusan gunung terjadi.

1. Tetap Waspada

Dengarkan stasiun lokal di radio atau televisi untuk mendapatkan informasi dan petunjuk darurat terbaru. Petugas akan memberikan saran untuk situasi tersebut.

2. Cari Tempat aman

Ikuti perintah evakuasi yang dikeluarkan oleh pihak berwenang. Meskipun terlihat aman untuk tetap di rumah, namun jika daerah tersebut adalah zona bahaya tentu tidak ada gunanya menetap.

3. Cegah Abu Masuk

Jika berada dalam ruangan, tutup semua jendela, pintu, dan lubang untuk mencegah abu vulkanik masuk.

4. Lindungi Benda Bermesin

Masukkan semua mesin dalam garasi untuk melindunginya dari abu. Jika tidak memiliki tempat perlindungan, tutup semua barang-barang bermesin dengan terpal.

5. Lindungi Hewan

Jika memiliki hewan ternak atau peliharaan, bawa mereka ke tempat perlindungan yang tertutup agar tidak menghirup abu vulkanik yang mungkin timbul dari letusan Gunung Merapi

 

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Di Luar Ruangan

Erupsi Gunung Merapi. (Liputan6.com/Istimewa)

Sementara, ada beberapa saran yang bisa dilakukan apabila Anda berada di luar ruangan selama hal tersebut berlangsung.

1. Masuk Dalam ruangan

Carilah tempat berlindung di dalam ruangan jika memungkinkan.

2. Jauhi Zona Bahaya

Jauhi zona bahaya gunung berapi. Dampak letusan bisa terjadi selama beberapa kilometer dari pusatnya.

3. Hindari Abu dan Angin

Hindari dataran rendah, daerah dengan arah angin dari gunung berapi, serta lembah sungai di hilir gunung berapi. Puing dan abu akan terbawa oleh angin dan gravitasi.

4. Jangan Menonton

Tetaplah berada di area yang tidak terekspos letusan gunung berapi. Jika tidak memiliki kepentingan, menonton letusan dari jarak dekat bisa berbahaya.

 

Jika Terjadi Hujan Abu

Jarak dari Gunung Sinabung ke Sibolangit padahal mencapai 50 kilometer. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Apabila hujan abu sudah terjadi, kenakan masker yang dirancang untuk melindungi dari debu, serta mencegah iritasi paru-paru.

Anda juga harus melindungi mata dengan kacamata, bukan lensa kontak.

Selain itu, tutuplah kulit agar terhindar dari bahaya abu vulkanik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xiaomi Mi 7 Bakal Ikuti Tren Smartphone Bezeless dengan Notch?

Posted: 10 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sudah bukan rahasia, saat ini notch atau dahi di bagian atas smartphone tengah menjadi tren. Salah satu yang mengikuti gaya desain ini adalah Xiaomi Mi 7.

Dilansir Gizmochina, Jumat (11/5/2018), berdasarkan bocoran terbaru, Mi 7 besutan Xiaomi ternyata akan memiliki desain notch yang banyak dipakai vendor smartphone saat ini.

Dari bocoran tersebut, terlihat notch yang ada di Mi 7 lebih besar dari perangkat serupa lainnya. Menurut prediksi, notch tersebut diisi oleh sejumlah sensor yang digunakan untuk mendukung 3D facial recognition.

Bezel kiri dan kanan perangkat ini terbilang tipis, tapi bagian bawah smartphone masih cukup besar. Sayangnya, tak ada informasi mengenai ukuran layar dari Mi 7 dalam bocoran kali ini.

Kendati demikian, sejumlah laporan sudah sempat mengungkap ukuran layar dari smartphone anyar Xiaomi ini. Mi 7 disebut akan memiliki layar 5,65 inci, sedangkan Mi 7 Plus hadir dengan layar lebih besar berukuran 6,01 inci.

Berdasarkan bocoran juga diketahui perangkat ini sudah menjalankan MIUI 9 berbasis Android 8.1.0 Oreo. Adapun untuk performa, smartphone didukung chipset Snapdragon 845 dengan memori internal 128GB.

Sementara bagian belakang Mi 7 diisi dengan kamera utama yang disusun secara vertikal. Tak lupa, ada pemindai sidik jari yang diletakkan di bagian tengah bersama dengan ikon tulisan Mi di bagian bawah.

Terkuak, Ini Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi 7?

Bocoran smartphone diduga Mi 7 (Foto: Gizmochina)

Sebelumnya, sempat juga beredar bocoran spesifikasi dari Xiaomi Mi 7 beberapa waktu lalu.  Kali ini, bocoran berasal dari screenshot yang muncul di internet. 

Berdasarkan bocoran itu, Xiaomi Mi 7 memiliki layar 5,6 inci beresolusi FHD+. Dikutip dari Phone Arena, besar kemungkinkan perangkat ini akan mengusung desain bezeless dan memiliki rasio 18:9.

Screenshot itu juga mengungkap perangkat ini akan didukung chipset Snapdragon 845 dan GPU Adreno 630. Xiaomi Mi 7 juga ditopang RAM 8GB dan memori internal 128GB.

Urusan fotografi, Xiaomi Mi 7 hadir dengan lensa kamera ganda di bagian belakang yang sama-sama beresolusi 16MP. Untuk mendukung performanya, Mi 7 dipersenjatai baterai berkapasitas 4.480mAh.

Xiaomi Mi 7 Bakal Hadir dengan Fingerprint di Layar?

Smartphone diduga Mi 7 Plus (Sumber: Gizmochina)

Tak sampai di situ, Xiaomi Mi 7 juga disebut-sebut menerapkan teknologi pemindai sidik jari di layar smartphone

CEO Xiaomi Lei Jun mengonfirmasi hal ini melalui komentar di jejaring sosial Weibo-nya. Lei menyebut, Xiaomi Mi 7 akan menghadirkan sensor sidik jari di layar.

Pernyataan ringan tersebut didukung juga oleh sejumlah bukti sehingga makin meningkatkan kemungkinan bahwa Mi 7 benar-benar didukung oleh fingerprint scanner di layar.

Berdasarkan sejumlah bocoran, Mi 7 kemungkinan hadir dengan layar OLED dari Samsung. Selain itu, besar kemungkinan, smartphone ini juga akan didukung asisten virtual bernama Xiao AI.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hapus Foto Mesra dengan Suami, Ada Apa dengan Dewi Perssik?

Posted: 10 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak berstatus suami istri, Dewi Perssik dan Angga Wijaya kerap menunjukkan kemesraannya di media sosial. Meski bukan lagi pengantin baru, namun keduanya tetap terlihat layaknya pasangan yang baru jatuh cinta.

Saat Dewi Perssik sakit, Angga pun mengunggah foto dirinya tengah memeluk sang istri di Instagram pribadinya, baru-baru ini. Depe—begitu ia biasa disapa—pun ikut menunjukkan foto ini pada publik.

"Cepet sembuh ya kesayangn aku," tulisnya sebagai keterangan foto.

Namun, tiba-tiba Dewi Perssik mengunggah foto dirinya dan anak semata wayangnya. Namun bukan itu yang menjadi fokusnya. 

 

Sebut Perampok

Dewi Perssik (Foto: Instagram)

Dewi Perssik membuat pernyataan yang bikin kaget warganet. Sayangnya, Depe tak menyebutkan nama orang yang dituju.

"Perampok, laki2 bandel atau org yg sudah bermain keburukan dan kejahatan... itu tdk akan mengalami rasa takut atau penyesalan bhkan stress, krn hatinya tertutup, berbeda dg org normal yg punya perasaan, kalau org yg punya perasaan pst akan berfikir dan memilah milih..sepintar2nya menyimpan bangkai pasti akan tercium juga. Semangat beraktivitas utk hari ini menuju masa depan indah," tulisnya.

 

Hapus Foto Mesra

Dewi Perssik (Foto: Instagram)

Tak hanya itu, dalam Instagram pribadinya, tak banyak lagi kebersamaan Dewi Perssik dengan sang suami. Bahkan sebagian besar foto-foto mesranya dengan Angga pun tak lagi terlihat.

 

Pertanyaan Warganet

Dewi Perssik dan Angga (Foto: instagram.com/anggawijaya88)

"@anggawijaya88 lha kok di ig nya @dewiperssikreal Udh ga ada foto2 dirimu lg aa angga..waduh tanda2 ini...hehhee," tulis akun @ernashavira_vira.

"Kak angga ada masalah sm kaka depe y @anggawijaya88 . Knpa postingan kak depe pakek caption yg gk enak untuk dibaca," tambah akun @ferysaputra16.

"Emang pisah? Kok stat ig ba @dewiperssikreal yg ama poto anak ny sedih bgt sih mas @anggawijaya88," lanjut akun @adheilhan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penggunaan Listrik Tenaga Surya Mulai Menjadi Trend di Dunia Industri dan Properti di Indonesia

Posted: 10 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Indesso Aroma, perusahaan di sektor industri aroma dan bahan pangan yang berorientasi ekspor pada hari Rabu (9/5/2018) di pabriknya daerah Cileungsi kab Bogor Jawa Barat, meresmikan pembangunan pembangkit Listrik tenaga surya tipe atap sebesar 500 KW yang merupakan salah satu contoh konkrit kontribusi dari sektor industri swasta didalam penggunaan energi yang ramah lingkungan.

Proyek yang memanfaatkan skema Joint Crediting Mechanism (JCM) Indonesia–Jepang ini akan mampu mereduksi emisi karbon sebesar 401 ton setara CO2 per tahun.

Peresmian dilakukan oleh Presiden Direktur Indesso Aroma didampingi jajaran Direksi,para petinggi JCM dan pejabat dari Kemenko Perekonomian RI serta para tamu undangan.

Presiden Direktur Indesso Aroma, Robby J. Gunawan, menyatakan bahwa kalangan industri harus bisa memberikan kontribusi besar menjaga Bumi dalam ancaman semakin bolongnya ozon. Ancaman ini berasal dari kendaraan bermotor dan pembangkit listrik yang menggunakan energi fosil, batu bara, dan migas (minyak dan gas).

"Kami sangat sadar akan hal tersebut. Hal ini sudah sangat sejalan dengan visi-misi perusahaan kami yang akan menjadi perusahaan pemimpin dalam hal itu. Serta komitmen berwawasan lingkungan dari hulu hingga hilir. Oleh sebab itu kami memasang pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) tipe atap di pabrik kami Aromatik, yang berlokasi di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat".

Pembangunan Solar PV ini menelan biaya investasi sebesar Rp 9 miliar. PT Indesso Aroma mendapatkan subsidi sebesar 40% dari Joint Crediting Mechanism (JCM) yang merupakan lembaga donor negara Jepang yang bekerjasama dengan Pemerintahan Indonesia di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian).

Kerjasama G to G ini telah berlangsung semenjak tahun 2013 dalam rangka menekan pemanasan global yang bisa sangat mengancam kehidupan manusia di muka bumi. Dengan terpasangnya daya listrik tenaga surya sebesar 500 kilowatt ini pihaknya telah memberikan kontribusi dalam mereduksi emisi karbon sebesar 401 ton setara CO2, dalam setahun.

"Bila kalangan industri di Indonesia berkesadaran tinggi memanfaatkan tenaga listrik ramah lingkungan, pembolongan ozon bisa dikurangi dengan signifikan," kata Robby.

Feri Agustian Soleh, External Relations PT. Indesso Aroma menambahkan pemanfaatan pembangkit listrik surya atap ini tidak hanya sebagai sumber listrik untuk kegiatan operasional Indesso, namun juga adalah bukti konkrit bahwa sektor industri dapat memanfaatkan energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan dan berkontribusi kepada pencegahan perubahan iklim.

"Proyek ini dimulai pada awal kuartal ketiga tahun 2016 dan rampung pada akhir kuartal pertama tahun 2018. Penyalaan listrik pertama dilakukan pada tanggal 7 Maret 2018. Saya berharap, pembangunan pembangkit listrik atap ini dapat diikuti oleh sektor industri lainnya karena seperti diketahui iradiasi sinar matahari di Indonesia mempunyai intensitas yang tinggi dan stabil sehingga patut dimanfaatkan oleh berbagai pelaku usaha dibanding hanya mengandalkan pembangkit listrik bertenaga fosil", sambung Feri.

 

Peresmian dilakukan oleh Presiden Direktur Indesso Aroma didampingi jajaran Direksi,para petinggi JCM dan pejabat dari Kemenko Perekonomian RI serta para tamu undangan.

Diantara tamu undangan hadir Paulus Adi Wahono Presiden Direktur PT ATW Sejahtera sebagai rekanan bidang CSR PT Indesso Aroma menyampaikan, "ATW Solar sangat mendukung upaya PT Indesso Aroma memilih sumber energi surya dalam menjalankan kegiatan produksinya. Kami ucapkan selamat dan kami dari PT ATW Sejahtera tetap berkomitmen penuh dalam mendukung agenda pemerintah terkait pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT), salah satunya Deklarasi Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap Menuju Gigawatt Fotovoltaik di Indonesia, yang diluncurkan dalam Indo EBTKE Conex dan Bali Clean Energy 2017.

Kami melihat PT Indesso Aroma telah mengambil bagian dengan berperan aktif dalam mengenalkan dan menggunakan energi surya untuk kegiatan produksi.

Paulus melanjutkan, "Ada tiga keuntungan menggunakan panel surya. Yang pertama adalah penghematan listrik. Sistem panel surya dapat mengurangi tagihan listrik dengan mengggunakan cahaya matahari sebagai tambahan sumber energi. Kedua, kepastian harga listrik. Dengan panel surya, kita tidak perlu kuatir dengan tren harga listrik yang meningkat  dengan adanya produksi listrik milik sendiri dari cahaya matahari. Ketiga, energi terbarukan. Kita turut serta dalam kampanye go green, membantu menjaga kelestarian lingkungan di atap rumah sendiri dengan menggunakan sumber energi yang terbarukan dan tanpa polusi."

Asisten Wakil Menteri Bidang kerjasama Pembiayaan, Kemenko Perekonomian RI, Rizal Edwin Manansang menyatakan, melalui skema JCM yang merupakan kerjasama bilateral antar pemerintah Indonesia dan Pemerintah Jepang.

"Kami sangat mendukung upaya sejenis dalam pemanfaatan subsidi dari pemerintah Jepang dalam rangka kegiatan penurunan emisi untuk pencegahan perubahan muka bumi ini," lanjutnya.

Menurut Edwin, Kemenko Perekonomian ikut bangga dengan timbulnya kesadaran dari industri bukan saja untuk bergabung dengan skema JCM,  tetapi juga melakukan inovasi yang tiada henti di dalam aksi nyata penurunan emisi dan implementasi energi terbarukan.

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Beredar Rekaman Perempuan Tampar Karyawan Pria

Posted: 10 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah perusahaan di China dianggap memperlakukan karyawan secara tak manusiawi. Yaitu dengan menampar karyawannya satu persatu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manfaat Oat dalam Aveeno untuk Kulit Cantik Lembap Alami

Posted: 10 May 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gaya hidup sehat berpengaruh dengan kondisi kulit. Saat ini, gaya hidup tersebut telah menjadi tren utama di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Masyarakat di Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan, saat ini telah menyadari akan pentingnya menjalani pola hidup sehat untuk memiliki penampilan yang baik, seperti kulit yang tampak sehat alami.

Faktanya, 3 dari 4 orang Indonesia sudah mulai berkomitmen untuk menjalani gaya hidup sehat. Kebiasaan tersebut mengharuskan kita menjalani hidup secara teratur, menjaga kebersihan, mengontrol asupan tubuh, berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan tetap optimis.

Akan tetapi, tinggal di perkotaan dengan rutinitas yang padat terkadang membuat kulit kita terekspos oleh sinar matahari, udara yang berpolusi, AC, ataupun faktor eksternal lainnya. Usaha untuk menjalani hidup sehat menjadi terhambat karena adanya situasi tersebut yang tidak dapat terhindari pada saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Terekspos oleh polusi dan AC yang terlalu lama bahkan dapat memperburuk kondisi kulit, seperti kulit menjadi sangat kering, bersisik, hingga eksim. Selain itu, rutinitas yang tidak sehat atau kondisi stres juga dapat memiliki efek yang akan tampak pada kulit.

Sebagai bagian dari komitmen untuk terus memperhatikan konsumen di Indonesia, PT Johnson & Johnson Indonesia, yang bekerja sama dengan Kanmo Group sebagai distributor eksklusif, pada hari ini memperkenalkan produk Aveeno di Indonesia.  Produk ini telah dikenal luas di dunia sebagai merek perawatan kulit terkemuka dengan kandungan alami yang terdapat di dalamnya.

Diformulasikan dengan Active Natural Colloidal Oatmeal yang mampu melembapkan, menyejukkan, melindungi dan menjaga keseimbangan pH kulit serta membersihkan kulit, kandungan alami Aveeno mampu memberikan kelembapan yang tahan lama agar kulit tetap sehat alami.

 

 

Manfaat Oat dalam Aveeno untuk Kulit Cantik Lembap Alami

Aveeno telah dikenal luas di dunia sebagai merek perawatan kulit terkemuka dengan kandungan alami yang terdapat di dalamnya.

Sementara orang cenderung fokus untuk membersihkan kotoran pada kulit, penting bagi kita untuk membantu kulit memperkuat penghalang halus pada lapisan kulit dengan secara teratur memberikan pelembap. Dermatolog, dr Tina Wardhani Wisesa, SpKK(K),  mengatakan, kunci untuk merawat kulit yang kering dan sensitif adalah memilih pelembap yang tepat. Pilih pelembap yang diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan kulit sensitif.

"Bahan-bahan alami seperti gandum telah dikenal untuk menjaga kesehatan kulit karena mampu memperlihatkan secara langsung sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi – dan ini dapat membantu mengobati gatal yang disebabkan oleh kulit kering dan sensitif," ujarnya.

Diformulasikan dengan Colloidal Oatmeal dan diperkaya oleh emolien, losion dan sabun Aveeno Daily Moisture secara klinis telah terbukti melembapkan kulit kering selama 24 jam. Colloidal Oatmeal adalah salah satu dari beberapa bahan alami yang telah direkomendasikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (Food and Drug Association/FDA) di Amerika Serikat sebagai pelindung kulit yang efektif dan ringan untuk melembapkan, menyejukkan, dan melindungi kulit kering. Merek pelembap terlaris di Amerka Serikat kini tersedia di Indonesia sebagai pelengkap sempurna untuk memiliki kulit yang sehat secara alami.

 

 

 

Manfaat Oat dalam Aveeno untuk Kulit Cantik Lembap Alami

Ilustrasi wajah wanita (iStockphoto)

"Kami sangat senang untuk secara resmi menghadirkan kategori perawatan kulit dalam bisnis kami melalui Aveeno - bekerja sama dengan Kanmo Group sebagai distributor eksklusif unutk produk ini. Selama lebih dari 60 tahun, Aveeno telah berkomitmen untuk terus mengembangkan formula dan menghasilkan terobosan, tentunya dengan kandungan alami yang baru maupun dengan kandungan yang sudah ada, serta memberikan hasil yang terbukti secara klinis," ujar Lakish Hatalkar, Presiden Direktur Johnson & Johnson Indonesia.

Bahan-bahan Active Naturals pada Aveeno dipilih secara cermat dari alam dan diformulasikan secara unik dengan dukungan ilmu sains untuk memberikan manfaat yang terlihat bagi kulit. Salah satu bahan utama yang digunakan dalam produk Aveeno adalah oat atau gandum. Manfaat gandum telah lama direkomendasikan untuk orang-orang dengan berbagai kondisi kulit sensitif karena sifat khusus dari gandum yang mampu memberikan dan meningkatkan kelembapan dan kesejukkan pada kulit yang kering dan sensitif.

  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Rini Resmikan Pabrik Urea Berkapasitas 907 Ribu Ton di Palembang

Posted: 10 May 2018 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meresmikan pengoperasian pabrik pupuk milik anak usaha PT Pupuk Indonesia di Palembang. Pabrik tersebut adalah Pabrik Pupuk Sriwijaya (Pusri) II B dengan kapasitas produksi 907 ribu ton urea per tahun dan 660 ribu ton amoniak per tahun.

"Pabrik Pusri II B dibangun sebagai bagian dari program revitalisasi industri pupuk nasional. Revitalisasi adalah salah satu upaya Pupuk Indonesia untuk terus meningkatkan kinerja dalam mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan daya saing," kata Menteri Rini di Palembang, Jumat (11/5/2018).

Menteri Rini mengatakan, konsep revitalisasi yang diterapkan yakni dengan mengggantikan pabrik-pabrik yang kurang efisien dengan pabrik baru yang hemat energi, ramah lingkungan dan efisien.

Pabrik ini juga akan menggunakan bahan bakar batu bara untuk pembangkit steam dan listrik sehingga mengurangi ketergantungan terhadap gas bumi.

Menteri Rini mengatakan, konsumsi gas Pusri II B akan jauh lebih efisien dibandingkan pabrik Pusri II yang digantikannya. Konsumsi gas Pusri II B sebesar 24 MMBTU/ton urea, lebih rendah dibandingkan pabrik Pusri II, dengan konsumsi gas mencapai 37 MMBTU per ton urea.

Untuk diketahui, selain Pusri II B, peresmian di Palembang ini juga menjadi simbolis dari beroperasinya Pabrik Kaltim-5 di PT Pupuk Kaltim, Bontang dan Pabrik Amurea 2 di Petrokimia Gresik.

Sementara untuk pendirian pabrik Pusri 2B ini nantinya akan dibangun konsorsium PT Rekayasa Industri dan Toyo (Jepang), dengan total biaya investasi Rp 8,5 triliun.

Hadir pula dalam rangkaian kegiatan ini Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Direktur Utama Pupuk Indonesia Aas asikin Idat beserta jajaran direksi PT Pusri.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Seluk-Beluk Pusri II B

Pupuk (iStock)

Untuk diketahui, pembangunan Pabrik Pusri II-B ini akan mengganti Pabrik Pusri-II dengan menggunakan teknologi KBR Purifier Technology untuk Pabrik Amonia dan teknologi ACES 21 milik TOYO dan Pusri sebagai Co Licensor untuk Pabrik Urea. 

Dengan digantinya Pabrik Pusri II (existing) yang memiliki kapasitas 450 ribu ton per tahun, maka jika nantinya pabrik Pusri II-B mulai beroperasi akan menambah produksi sebesar 457 ribu ton per urea per tahun, sehingga total produksi urea Pusri menjadi 2,61 juta ton per tahun.

Pabrik Pusri II-B dengan teknologi baru, selain ramah lingkungan juga hemat bahan baku gas yakni dengan rasio pemakaian gas per ton produk 31,49 MMBTU per Ton Amonia dan 21,18 MMBTU per Ton Urea.

Jika dibandingkan dengan Pabrik Pusri II (existing) yang memiliki rasio pemakaian gas per ton produk 49,24 MMBTU per Ton Amonia dan 36.05 MMBTU per Ton Urea maka akan dihemat pemakaian gas sebesar 14,87 MMBTU per ton urea.

Pabrik Pusri II-B berlokasi di Palembang, Sumatera Selatan. Sumber pendanaan proyek berasal dari tujuh Bank Kreditur, yaitu BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank BJB, Bank Sumsel Babel, dan Bank UOB Indonesia dengan menggunakan skema pembiayaan club deal. Nilai Proyek Pusri II-B sebesar USD 561 juta.

Dengan dibangunnya Pusri II-B ini diharapkan PT Pusri dapat berkontribusi lebih besar pada peningkatan produksi pangan dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai Dihujani Abu Gunung Merapi, Bandara Adisutjipto Ditutup Sementara

Posted: 10 May 2018 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Usai erupsi Gunung Merapi pagi tadi, Jumat (11/5/2018), Kota Yogyakarta mulai diselimuti abu, khususnya di perkotaan yaitu di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Solo, hingga Jalan Godean.

Akibatnya, penerbangan Bandara Adisutjipto mulai terganggu. Pihak bandara yang tadinya menyatakan operasional bandara belum terpengaruh erupsi Gunung Merapi, kini menyatakan menutup sementara bandara itu.

Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta Liza Anindya mengatakan penutupan bandara itu sekitar 30 menit.

"Update dampak erupsi Gunung Merapi di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, untuk sementara aerodrome Bandara Adisutjipto closed 11.25 WIB sampai dengan 30 menit ke depan," kata Liza.

Liza mengatakan kondisi bandara akan terus diinformasikan kepada masyarakat. Koordinasi dengan pihak terkait masih terus dilakukan Bandara Adisutjipto.

"Untuk selanjutnya akan kami update kembali sesuai perkembangan hasil monitoring dan evaluasi," dia menandaskan.

 

 

 

Aktivitas Warga

Erupsi Gunung Merapi Bandara Adisutjipto ditutup sementara. (Liputan6.com/Yanuar H)

Salah satu warga Gejayan, Annas Yanuar mengatakan hujan abu mulai terjadi di sejumlah wilayah Yogyakarta. Hal ini terlihat dari lapisan debu Gunung Merapi yang menyelimuti mobil-mobil.

"Mobil-mobil juga kena imbasnya. Abu tipis mulai menebalkan dinding mobil," katanya, Jumat (11/5/2018).

Aman Yoga, warga Jetis, Kota Yogyakarta, mengaku mengalami hal yang sama. Sejak pukul 10.10 WIB abu sudah turun di Kota Yogya.

"Sudah mulai pakai masker ini untuk kegiatan luar rumah," katanya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP: Mahatir Mohammad Menang, Bukti Politik SARA Tak Laku di Hati Rakyat

Posted: 10 May 2018 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengucapkan selamat kepada Mahatir Mohamad yang memenangi pertarungan politik Pemilu Malaysia. Kemenangan Mahatir sekaligus bukti politik adu domba dan SARA tidak laku di negeri jiran tersebut.

"Kedewasaan pemilih di Malaysia membuktikan bahwa narasi politik pemecah belah atas dasar suku, agama, dan antargolongan tidak laku di Malaysia," kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis, Jumat (11/5/2018).

Menurut Hasto, pesta demokrasi di Malaysia tersebut bisa menjadi pelajaran bagi Indonesia.

"Bahwa mereka yang menggunakan politik adu domba dan mengkampanyekan ujaran kebencian, yang sering mengarah pada radikalisme, tidak mendapat tempat di bumi Pancasila ini," tegas Hasto.

Kejadian Malaysia seharusnya dapat mendorong bangsa Indonesia untuk selalu setia pada watak politik yang mencerdaskan kehidupan bangsa, bukan sebaliknya.

Hasto mewanti-wanti kepada kelompok-kelompok yang masih menggunakan cara-cara kotor dalam politik, maka tidak akan mendapati tempat di hati rakyat.

"Kepada kelompok-kelompok tertentu yang masih menggunakan berita palsu, ujaran kebencian, fitnah dan politik menghalalkan segala cara demi kekuasaan, semoga tersadarkan, bahwa politik kotor tidak pernah mendapat tempat di hati rakyat," tegas Hasto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putus, Ariana Grande Masih Pajang Foto Mesra dengan Mantan Pacar

Posted: 10 May 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Status hubungan asmara Ariana Grande kembali kosong. Pelantun "Into You" itu akhirnya memutuskan untuk berpisah dari kekasihnya, penyanyi rap Mac Miller. Keduanya mengakhiri hubungan pada Rabu (9/5/2018).

Seperti disampaikan laman Ace Showbiz, Jumat (11/5/2018), berakhirnya hubungan asmara Ariana Grande dan Mac Miller disampaikan sendiri oleh Ariana melalui unggahan di Instagram Stories.

Meskipun sudah putus dari Mac Miller, Ariana Grande tetap menganggap mantan kekasihnya itu teman baiknya. Bahkan, dalam unggahannya itu, terlihat Ariana masih memamerkan foto mesranya dengan Mac.

"Ini adalah salah satu teman terbaikku di seluruh dunia dan orang favoritku di planet ini. Aku menghormati dan memujanya tanpa henti dan bersyukur memilikinya dalam hidupku, dalam bentuk apa pun sepanjang waktu, terlepas dari bagaimana hubungan kami berubah atau apa yang direncanakan alam semesta untuk kami berdua!" tulisnya dalam foto mesra itu.

Nama Lahir

Ariana Grande dan Mac Miller via Instagram Story @arianagrande.

Dalam foto itu, Ariana Grande menyebut Mac Miller dengan nama lahirnya, Malcolm McCormick, sambil menambahkan, "Aku tidak sabar untuk mengenal dan mendukungmu selamanya dan aku sangat bangga padamu!!"

Hanya Berkolaborasi

Ariana Grande dan Mac Miller. (Instagram/arianagrande)

Awalnya, Ariana Grande dan Mac Miller hanya berkolaborasi dalam single "The Way" pada 2013 lalu. Setelah itu, Ariana Grande masih berteman dengan sang rapper sampai akhirnya jalinan asmara terjadi pada awal 2016.

Tragedi Pengeboman

Ariana Grande dan Mac Miller. (Instagram/arianagrande)

Mereka menyampaikan hubungan asmara tersebut kepada publik pada September 2016. Setelah itu, Mac tampak mendampingi Ariana Grande saat ia berusaha pulih dari tragedi pengeboman di konsernya yang berada di Manchester, Inggris, pada tahun lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suap Heli AW-101, Mantan KSAU Agus Supriatna Kembali Dipanggil KPK

Posted: 10 May 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal (Purnawirawan) Agus Supriatna masuk dalam jadwal pemeriksaan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dia akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pembelian Helikopter Augusta Westland (AW)-101 milik TNI AU yang menjerat Direktur Utama PT Diratama Jaya Mandiri Irfan Kurnia Saleh.

"Yang bersangkutan (Agus Supriatna) akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IKS (Irfan Kurnia Saleh)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (11/5/2018).

Dalam kasus ini, Agus sempat diperiksa KPK pada 3 Januari 2018. Agus enggan membeberkan terkait pemeriksaan dirinya pada saat itu dengan alasan terkait rahasia keamanan negara.

Pensiunan jenderal bintang empat itu juga sempat dua kali mangkir dari panggilan penyidik KPK, pada 27 November dan 15 Desember 2017. Saat itu, Agus beralasan tengah menjalani ibadah umrah.

Dalam kasus pengadaan Heli AW-101 KPK bekerjasama POM TNI mengungkap kasus tersebut. POM TNI menetapan lima tersangka, yakni Marsma TNI FA, Letkol WW, Pelda S, Kolonel Kal FTS, dan Marsda SB.

 

Satu Tersangka KPK

KPK sendiri menetapkan satu orang, yakni pemilik PT Diratama Jaya Mandiri Irfan Kurnia Saleh. Dalam proses lelang proyek tersebut, Irfan diduga mengikutsertakan dua perusahaan miliknya, PT Diratama Jaya Mandiri dan PT Karya Cipta Gemilang. Hal tersebut terjadi pada April 2016 lalu.

Sebelum proses lelang, Irfan diduga sudah menandatangani kontrak dengan AWsebagai produsen helikopter dengan nilai kontrak USD 39,3 juta atau sekitar Rp 514 miliar. Saat PT Diratama Jaya Mandiri memenangkan proses lelang pada Juli 2016, Irfan menandatangani kontrak dengan TNI AU senilai Rp 738 miliar.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejak Insiden di Mako Brimob, Aman Abdurrahman Mendadak Hilang

Posted: 10 May 2018 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob, teroris Oman Rochman alias Aman Abdurrahman sulit ditemui. Sidang yang beragendakan pembacaan tuntutan pada otak bom Thamrin itu pun harus ditunda karena JPU tak bisa menghadirkan terdakwa dalam persidangan.

"Mohon maaf Yang Mulia, kami tidak bisa menghadirkan terdakwa karena kendala teknis," kata Anita di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (11/5/2018).

Rupanya hal senada diungkap pengacara Aman Abdurrahman, Asludin Hatjani. Dia mengatakan, sejak insiden di Rumah Tahanan Mako Brimob Depok, Selasa 8 Mei 2018, kliennya mendadak hilang.

"Malam kejadian saya coba menghubungi Pak Aman, saya coba ke sana (Mako Brimob Depok) tapi tak bisa masuk, suasana masih disterilkan," kata Asludin.

Terkait penundaan sidang hari ini, pengacara membebaskan kebijakan perpanjangan penahanan Aman Abdurrahman kepada Tim JPU. Majelis Hakim pun mengingatkan bahwa masa tahanan terdakwa akan memasuki jatuh tempo pada pertengahan Juni 2018.

"Jadi itu (soal masa tahanan) kebijakan mereka, saya tidak bisa komentari," Aslidin menutup.

 

Napi Terorisme di Mako Brimob Tuntut Bertemu Aman

Salah satu tuntutan para narapidana yang menyandera satu polisi di Mako Brimob itu adalah bertemu dengan Aman Abdurrahman.

"Kalau dibilang ada hubungan, kemarin memang mereka menuntut itu (bertemu Aman Abdurrahman). Tapi yang ini masalahnya karena masalah sepele," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto, di Mako Brimob, Rabu (9/5/2018).

Namun, Setyo tidak menjelaskan tuntutan seperti apa yang diminta oleh narapidana terorisme di Mako Brimob dalam kaitannya dengan Aman Abdurrahman.

Dia juga menyatakan, tuntutan sebenarnya dari para napi tidak jelas. Sebab, kerusuhan bermula dari masalah sepele, yaitu makanan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penampakan Kawah Gunung Merapi Usai Letusan Freatik

Posted: 10 May 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gunung Merapi mengalami letusan Freatik Jumat (11/5) pagi. Asap tebal setinggi 5500 meter membumbung tinggi di langit Yogyakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir Penghargaan, Mohamed Salah Tunjukkan Sikap Rendah Hati

Posted: 10 May 2018 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Mohamed Salah sekali lagi berhasil menyabet penghargaan di Liverpool. Setelah beberapa kali mendapatkan penghargaan pemain terbaik dalam beberapa bulan, Kamis (10/5/2018), waktu setempat Mohamed Salah dinobatkan sebagai pemain terbaik Liverpool musim ini.

Adapun yang membuat penghargaan tersebut menjadi spesial adalah karena dipilih sendiri oleh para fans dan para pemain Liverpool lainnya. Mohamed Salah mendapat penghargaan Player of the Season dan Players' Player of the Season.

"Jujur, ini merupakan kehormatan bagi saya. Saya bahagia bisa memenangkan penghargaan ini, khususnya karena ini dari para pemain lain dan para fans. Saya menjalani musim yang hebat, tapi tanpa pemain lain hal itu akan menjadi sangat sulit," ujar Mohamed Salah di laman Liverpool FC.

Ia mengatakan, performa apiknya musim ini tidak bisa dilepaskan dari kontribusi rekan setimnya. Bahkan Mohamed Salah menilai kekompakan tim Liverpool telah berperan besar dalam laju The Reds sepanjang musim ini.

Saat diminta untuk menyebutkan satu pemain yang berperan besar membantu dia, Mo Salah mengaku tidak bisa hanya memilih seorang, sebab seluruh pemain sudah bekerja keras sebagai satu tim.

"Semua pemain. Saya tidak bisa hanya menyebutkan satu nama karena kami semua mencoba membantu satu sama lain untuk meningkatkan kemampuan kami. Kami adalah tim. Kami berjuang setiap hari di sesi latihan dan di tiap pertandingan," kata Salah.

"Kami memiliki momen luar biasa bersama dan kami berkorban setiap hari untuk meningkatkan kemampuan kami. Kami masih memiliki dua pertandingan untuk dimainkan dan kami akan memenangkan itu," kata dia.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Buka Konferensi Ulama Afghanistan-Indonesia-Pakistan

Posted: 10 May 2018 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), pada hari ini membuka pertemuan trilateral bertajuk Konferensi Ulama Afghanistan-Indonesia-Pakistan di Istana Bogor.

Perhelatan yang mempertemukan ulama dan cendekiawan dari ketiga negara tersebut, ditujukan untuk membahas perdamaian serta stabilitas di Afghanistan yang terus didera konflik menahun.

"Saya melihat, ulama memiliki peran penting untuk mendorong perdamaian yang inklusif di Afghanistan," kata Jokowi dalam pidato pembukaan Konferensi Ulama Afghanistan-Indonesia-Pakistan.

Upaya Indonesia menjadi tuan rumah konferesi tersebut, lanjut Jokowi, juga menunjukkan komitmen pemerintah untuk membantu proses perdamaian di Afghanistan.

"Indonesia berkomitmen untuk memfasilitasi peran konstruktif para ulama. Dan pertemuan trilateral ini menunjukkan komitmen Indonesia untuk mengedepankan peran ulama dalam proses perdamaian," tambah Jokowi.

Sang presiden juga menggarisbawahi peran penting Pakistan untuk mendorong perdamaian di Afghanistan.

"Pakistan adalah negara tetangga yang penting dan berperan di kawasan. Pakistan juga menyambut baik komitmen dan upaya Indonesia membantu peace building di Afghanistan," kata Presiden ke-7 RI itu.

Konferensi ulama Afghanistan-Indonesia-Pakistan digagas oleh Presiden Jokowi kala melakukan kunjungan kenegaraan, dan bertemu dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani di Kabul pada Januari 2018.

Presiden Ghani, yang negaranya masih belum bebas dari konflik, sangat menyambut baik inisiatif Presiden Jokowi. Ghani juga memandang Indonesia sebagai pihak netral yang mengupayakan proses perdamaian.

Di sisi lain, Wapres Jusuf Kalla, dalam kunjungannya ke Kabul pada Februari 2018, juga telah mengatakan bahwa peran ulama sangat penting untuk menempa jalan menuju perdamaian berkelanjutan di Afghanistan.

Pakistan, yang kerap dituduh komunitas internasional sebagai sekutu Taliban, turut menyambut dan mendukung inisiatif Indonesia menggelar konferensi tripartit tersebut.

Islamabad sendiri membantah menjadi sekutu Taliban, dengan beralasan bahwa penghentian konflik dan perdamaian di Afghanistan merupakan kunci bagi stabilitas domestik Pakistan sendiri.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Taliban Menolak Hadir

Pasukan Taliban (AP)

Seperti dikutip dari VOA, para pemimpin Indonesia berharap bahwa diskusi akan menghasilkan "kesepakatan bersama atau fatwa (dekrit)" guna membujuk Taliban mengakhiri kampanye kekerasan dan masuk ke perundingan damai dengan pemerintah Afghanistan.

Partisipan konferensi tripartit juga mengharapkan para petinggi Taliban menghadiri perhelatan tersebut. Namun, Taliban telah menolak konferensi yang diusulkan itu dan mendesak para ulama untuk tidak hadir.

Kelompok militan itu juga terang-terangan telah mengabaikan tawaran rekonsiliasi dan perdamaian dari Presiden Ghani.

Bentuk pengabaian itu dilakukan dengan kembali mengumumkan Al Khandaq atau Spring Offensive -- gerakan militansi yang rutin dilaksanakan kelompok itu pada Musim Semi setiap tahun -- pada Rabu, 25 April 2018.

Gerakan militansi itu juga ditujukan untuk merespons operasi militer Amerika Serikat, yang menurut Taliban, semakin beroperasi secara agresif sejak tahun lalu. Kelompok itu juga menilai, operasi militer itu merupakan bentuk paksaan AS agar Taliban mau berpartisipasi dalam dialog damai.

"(Oleh karenanya) kami akan menargetkan para penginvasi Amerika Serikat dan agen-agen intelijen mereka. Pendukung AS juga akan menjadi target sekunder kami," kata Taliban.

Taliban memberi nama gerakan militansi itu dengan sebutan Al Khandaq, mengadopsi nama peperangan yang dipimpin oleh Nabi Muhammad untuk mempertahankan kota Suci Madinah. Pihak dan media Barat menyebutnya dengan nama Spring Offensive -- karena terjadi dalam kalender Musim Semi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Hasil di Jerez Bikin Bos Michelin Girang

Posted: 10 May 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manajer Michelin Piero Taramasso mengaku puas dengan kinerja ban selama para pembalap motor di tiga kelas berbeda mengaspal di MotoGP Jerez, Spanyol, akhir pekan kemarin. Tak hanya menyaksikan kemenangan ke-400 di kelas utama, perusahaan asal Prancis tersebut juga melihat catatan menarik yang ditorehkan pembalap Honda.

Catatan pertama dicetak Cal Crutchlow (LCR Honda) yang sukses menetapkan rekor lap baru dengan 1 menit 37.653 detik di kualifikasi jelang MotoGP Jerez. Ini merupakan kali pertama pembalap satelit Honda berhasil mengambil pole position sejak di Silverstone pada 2016 lalu.

Masih dari pembalap Honda. Kabar baik lainnya datang dari Marc Marquez. Joki dari tim Repsol Honda itu sukses menggenapi kemenangan ke-400 bagi Michelin di kelas utama. Hasil positif itulah yang membuat Taramasso girang.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada semua tim dan semua pendahulu kami saat kami mencapai pencapaian luar biasa ini dengan mencetak 400 kemenangan Grand Prix di kelas utama. Ini adalah prestasi luar biasa. Saya sangat bangga menjadi bisa bagian dari kejuaraan," ujar Taramasso seperti dikutip dari GPOne, Jumat (11/5/2018).

"Akhir pekan ini telah menjadi langkah besar lainnya bagi kami. Sirkuit Jerez selalu menjadi trek yang kehilangan pegangan saat suhu naik dan bahkan dengan aspal baru ini adalah kasusnya. Tetapi kami membawa berbagai ban yang kami tahu bisa mengatasi masalah ini dan itu terbukti menjadi kabar bahagia. Kami melihat perlombaan yang baik dan sekali lagi sebagian besar senyawa yang kami pasok digunakan, dengan tiga pengendara depan semuanya memiliki variasi yang berbeda dan empat pabrikan berbeda yang menyelesaikan di posisi teratas," Taramasso.

Atur Strategi

Pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco mengamankan podium kedua MotoGP Spanyol 2018 di Sirkuit Jerez. (JAVIER SORIANO / AFP)

Taramasso menjelaskan ketersediaan berbagai ban memudahkan tim dan pembalap untuk mengatur strategi dengan baik selama balapan di MotoGP Jerez. Ini semakin menggarisbawahi bahwa ban Michelin memenuhi syarat.

"Balapan di Jerez merupakan langkah yang sangat penting, karena kami memecahkan rekor lap langsung. Ini semakin membenarkan bahwa ban balap juga bekerja sebagai ban yang memenuhi syarat dan memberi pengendara pilihan yang optimal," tukas Taramasso.

Daftar Pemenang

Berikut Daftar Pemenang Michelin di Kelas Utama

1. Jack Findlay di Tourist Trophy 1973

2. Barry Sheene mencetak kemenangan di Assen 1975

3. Freddie Spencer meraih kemenangan di Misano 1984

4. Kemenangan ke-100 dicetak Wayne Gardner di Brasil pada 1987.

5. Kemenangan ke-200 oleh Mick Doohan di Brasil.

6. Kemenangan ke-300 diraih Sete Gibernau di Assen pada tahun 2003.

7. Kemenangan ke-400 dicetak Marc Marquez di Sirkuit Jerez pada 2018. (David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Merapi Meletus, Warga Sleman Panik

Posted: 10 May 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Sleman - Warga di Lereng Gunung Merapi panik dan berlarian seiring geliat Merapi, Jumat pagi. Letusan yang disusul hujan abu hingga radius 10 kilometer memaksa warga Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengungsi.

Bahkan mereka yang berada di radius 5 kilometer dari kaki Merapi dievakuasi.

Tempat wisata Lereng Merapi dan kawasan wisata Kaliurang langsung ditutup sementara. Begitu pula Bandara Adisucipto.

Simak berita selengkapnya dalam Liputan6 Siang SCTV, Jumat (11/5/2018), di tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kedua Kalinya, Ibnu Jamil Digugat Cerai Istri

Posted: 10 May 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar kurang mengenakan datang dari aktor sekaligus presenter, Ibnu Jamil. Rumah tangganya dengan Ade Maya kembali diisukan berada di ujung tanduk.

Isu tersebut tersebar di media sosial melalui akun Instagram @Lambe_Turah, Jumat (11/5/2018).

Sebuah foto menunjukkan surat gugatan cerai yang dilayangkan Ade Maya terhadap Ibnu Jamil.

Gugatan tersebut terdaftar di Pengadilan Agama Tigaraksa, Tangerang, dengan nomor 1958/Pdt.G/2018/PA.Tgrs per tanggal 18 April 2018. Ade Maya melayangkan gugatan cerai terhadap Ibnu Jamil  melalui kuasa hukumnya, Agus Setiawan.

 

 

 

 

 

Keterangan Pihak Pengadilan

Ibnu Jamil [foto: instagram/ibnujamilo]

Akun Instagram gosip itu juga mengunggah cuplikan video yang memuat keterangan langsung dari Humas Pengadilan Agama Tigaraksa, Jaenudin. Ia membenarkan kabar perceraian Ibnu Jamil dan Ade Maya tersebut.

"Perkara ini, gugatan cerai yang diajukan oleh Ibu Maya Adriani kepada Ibnu Jamil masuk ke pengadilan dan terdaftar pada tanggal 18 April 2018. Diajukan melalui pengacara, Pak Agus Setiawan," ujar Jaenudin.

 

Sidang Perdana

(Instagram/ibnujamilo)

Melalui video tersebut, Jaenudin juga menyatakan bahwa sidang perdana perceraian Ibnu Jamil dan Ade Maya akan dilaksanakan 22 Mei 2018 mendatang.

Kedua Kalinya

Ade Maya, istri Ibnu Jamil. (Nburwahyunan/Bintang.com)

Maret 2017 lalu, Ade Maya telah melayangkan gugatan cerai kepada Ibnu Jamil melalui Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Namun, lantaran Ade Maya yang tak pernah menghadiri sidang, gugatan cerai tersebut dinyatakan gugur oleh Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Tak lama kemudian, Ibnu Jamil balik melayangkan permohonan cerai talak melalui Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Permohonan cerai itu pun telah dibatalkan karena kedua belah pihak sepakat untuk rujuk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laris Manis, Waktu Pengiriman Toyota C-HR ke Konsumen Belum Jelas

Posted: 10 May 2018 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Model crossover terbaru PT Toyota Astra Motor (TAM), Toyota C-HR, mendapatkan respon positif dari masyarakat. Bahkan, mobil yang didatangkan langsung secara impor utuh alias CBU dari Thailand ini, sudah mendapatkan surat p0emesanan kendaraan (SPK) hingga ratusan unit, sejak resmi diluncurkan.

Menurut Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM, target penjualan Toyota C-HR sendiri memang 100 sampai 140 unit per bulan. Namun, dengan pencapaian SPK sudah 126 unit (10 April hingga 30 April 2018), memang sudah cukup target yang dicanangkan pabrikan asal Jepang tersebut.

"Perlu diakui juga, Toyota C-HR baru kita display di IIMS 2018. Sampai sekarang juga, baru sedikit yang sudah di-display di daerah-daerah (dealer). Tapi kan, angkanya 126 unit sudah cukup baik," jelas Henry saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lanjut Henry, dengan angka pemesanan yang sudah 126 unit ini, pihaknya memang masih belum bisa mengirimkan unitnya ke konsumen. Saat ini, pihak Toyota masih mengirimkan ke dealer untuk display.

"Jadi, nanti setelah semua siap di dealer, baru SPK kita hitung. Jadi, nanti kita lihat, dan kita sampaikan inden berapa lama," tegas Henry.

 

Selanjutnya

Untuk proses pengiriman unit Toyota C-HR sendiri memang sudah dilakukan sejak 25 April 2018 lalu. Namun, tidak diketahui pasti berapa unit yang dikirim untuk ketersediaan display dealer.

"Jadi otomotis, nanti setelah dealer untuk delivery ke konsumen sebentar lagi," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

35 Ribu Pekerja Sosial Lintas Agama di Sulut Dapat Perlindungan BPJS TK

Posted: 10 May 2018 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK) terus memperluas pemberikan jaminan sosial kepada pekerja di Indonesia. Salah satu target BPJS TK adalah memberikan perlindungan kepada pekerja sosial. Saat ini, terdapat 35 ribu orang Pekerja Sosial Lintas Agama di Provinsi Sulawesi Utara resmi dilindungi oleh BPJS TK. Atas prestasi tersebut Museum Rekor Indonesia (MURI) menyematkan penghargaan kepada BPJS TK.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto menyatakan, pemberian perlindungan kepada 35 ribu Pekerja Sosial Lintas Agama ini sejalan dengan Sulawesi Utara sebagai provinsi dengan toleransi yang tergolong baik. 

"Sulawesi Utara merupakan Provinsi dengan tingkat toleransi antar pemeluk agama tertinggi, sangat tepat kiranya para pekerja mulia ini mendapatkan perlindungan dalam mengemban misi kemanusiaan dari BPJS Ketenagakerjaan," tuturnya di Manado Convention Centre, Jumat (11/5/2018).

"Ini atas persetujuan atas bapak Gubernur Sulawesi Utara. Tentu ini upaya baik dalam rangka membangun kohesi sosial kita dan perkokoh persatuan kita," tambah dia.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menjelaskan pemerintah harus hadir untuk mendukung program perlindungan yang mengedepankan jaminan sosial masyarakat.

"Saya bersyukur karena inisitaif dari perwakilan BPJS Sulut bekerja sama dengan dinas ketenagakerjaan kita sehingga bisa terlaksana hal ini. Dan tentunya pengurus serikat pekerja yg aktif dalam pemprov sulut," ujarnya.

"Pemerintah harus ada ditengah-tengah masyarakat dan ini merupakan kemajuan bagi tokoh agama dalam rangka mengikuti program pemerintah dalam hal asuransi," kata dia.

 

Hingga akhir 2018

Direktur Perencanaan Strategis dan TI BPJS Ketenagakerjaan, Sumarjono, meninjau pelayanan di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba, Jakarta, Rabu (4/5). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari buruh.(Liputan6.com/Fery Pradolo)

Adapun perlindungan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan berlaku pada Mei hingga Desember 2018 dengan pembiayaan iuran dari APBD Perubahan 2018 dan APBD 2019 serta program CSR Bank Sulut dan BNI.

Perlindungan bagi 35.000 pekerja sosial lintas agama ini berasal dari organisasi yang berbeda-beda. Seperti dari agama Katolik, Islam, Hindu, Budha, dan Kong Hu Chu dan beberapa organisasi kristen lainnya yang bernaung di GMIM, GMIST, GMIBM, GPDI, KGPM, dan GMAHK.

Pekerja sosial tersebut termasuk diantaranya para pendeta, ustadz serta penjaga Masjid dengan tugas yang meliputi pelayanan bagi terselenggaranya kegiatan ibadah di tempat ibadah masing-masing.

Dengan perlindungan ini, Agus mengharapkan hal tersebut dapat menjadi contoh bahwa pekerja lintas agama di Indonesia dapat secara rukun berjalan beriringan dalam hal perlindungan jaminan sosial.

"Perlindungan ini harus menjadi cambuk bagi kita semua terutama insan BPJS Ketenagakerjaan untuk lebih memaksimalkam lagi perlindungan bagi para pekerja yang belum terlindungi dari risiko sosial di seluruh lapisan pekerja", tandas Agus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terdampak Abu Vulkanik Gunung Merapi, Bandara Adisutjipto Ditutup

Posted: 10 May 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) nomor B3564/18 mengenai penutupan Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, pada Jumat (11/5/2018).

Bandara Adisuptjipto ditutup mulai pukul 10.42 WIB hingga pukul 11.10 WIB atau selama 28 menit. Penutupan ini dilakukan akibat gangguan debu vulkanik hasil letusan Gunung Merapi pagi ini.

"Rapat dengan stakeholder penerbangan didukung data dari Darwin Volcanic Ash Advisory Center (DVAAC) memutuskan untuk menutup Bandara Adisutjipto karena area ruang udaranya terdampak debu vulkanik. Penutupan ini akan segera dievaluasi meyesuaikan dengan keadaan terkini," ucap Manajer Hubungan Masyarakat AirNav Indonesia, Yohanes Sirait, dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (11/5/2018). 

Yohanes menambahkan, AirNav Indonesia sedang mengumpulkan data untuk mengetahui penerbangan yang terdampak akibat dari penutupan ini.

"Kami akan segera menyampaikan informasi terkini, semoga dampaknya tidak meluas. Pemanduan lalu lintas penerbangan dilakukan sesuai standard operation procedure (SOP) yang berlaku dan menghindari area terdampak debu vulkanik (Gunung Merapi meletus) sesuai dengan contingency plan yang telah kami susun," ujar Yohanes.

Sebelumnya

Erupsi Gunung Merapi. (Liputan6.com/Istimewa)

Gunung Merapi meletus sekitar pukul 07.43 WIB, Jumat (11/5/2018). Gunung di Yogyakarta ini mengeluarkan asap tebal yang membumbung tinggi sejauh kurang lebih 500 meter, sehingga masyarakat yang tinggal di radius 3 kilometer diminta untuk menjauh dari kawah Gunung Merapi. 

Menanggapi kejadian ini, masyarakat diminta untuk tetap tenang. Selain itu, penerbangan yang menuju atau yang berangkat dari Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta masih berjalan normal.

"Bandara tetap beroperasi normal. Tidak ada penutupan," kata Manajer Humas AirNav Indonesia Yohanes Sirait kepada Liputan6.com, Jumat (11/5/2018).

Di wilayah Gunung Merapi saat ini ada tiga bandara yang perlu pemantauan, selain Bandara di Yogyakarta, juga Bandara Internasional Adi Sumarmo Boyolali, dan Bandara Ahmad Yani Semarang.

Dari laporan AirNav, sampai saat ini pergerakan awan ke arah Selatan dengan kecepatan 20 knot.

"Observasi dilakukan terus-menerus, dan akan dilaporkan setiap kali ada update informasi (Gunung Merapi)," terang Yohanes.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Demo Bela Palestina, Polisi Blokade Jalan Protokol

Posted: 10 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengantisipasi banyaknya massa yang datang pada demo Palestina polisi memblokade sejumlah jalan protokol dan mengalihkan lalu lintas ke jalur-jalur alternatif

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Levana Varraiza, Gadis Papua yang Disangka Kembaran Lucinta Luna

Posted: 10 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Levana Varraiza mendadak populer di media sosial. Gadis yang tinggal di Papua itu disebut-sebut sebagai kembaran Lucinta Luna. Selain memiliki bentuk wajah yang hampir identik di foto, Levana Varraiza juga mempunyai potongan rambut yang sama dengan Lucinta Luna.

Tak heran, banyak warganet yang coba menanyakan langsung pendapat tersebut kepada Levana Varraiza. Hanya saja, Levana menolak disama-samakan dengan Lucinta Luna.

Dalam pernyataannya di sebuah video, Levana Varraiza merasa tak mirip dengan Lucinta Luna. Apalagi, kabar Lucinta Luna yang diduga merupakan transgender semakin membuat Levana ogah disandingkan.

Liputan6.com mengumpulkan beberapa foto Levana Varraiza di Instagram. Coba kalian nilai sendiri ya kemiripan Levana dengan Lucinta Luna. Check this out!

Punya Body Seksi

Levana Varraiza yang dibilang mirip Lucinta Luna (Instagram: @levanavarraiza)

Body seksi menjadi salah satu faktor kemiripan Levana Varraiza dengan Lucinta Luna. Jika dilihat sekilas, keduanya memang memiliki bentuk tubuh yang langsing dan seksi.

Duo Bunga

Levana Varraiza yang dibilang mirip Lucinta Luna (Instagram: @levanavarraiza)

Jangan mengira foto ini personel Duo Bunga lho ya. Karena ini merupakan foto Levana Varraiza saat sedang berpose bersama Fahira Alidrus, eks member JKT 48.

Jadi Selebgram Dadakan

Levana Varraiza yang dibilang mirip Lucinta Luna (Instagram: @levanavarraiza)

Meski menolak disebut mirip Lucinta Luna, namun ada berkah yang dirasakan Levana Varraiza. Pasalnya, ia langsung mendapat banyak tawaran endorsement di media sosial. Followers di Instagram pribadinya pun langsung melonjak drastis.

Tebak Gambar

Lucinta Luna dan Levana Varraiza (Foto: Instagram)

Coba tebak, dari dua foto ini yang mana Lucinta Luna dan Levana Varraiza. Tuh kan, pasti pada bingung deh. Soalnya memang mereka mirip banget, kan?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampilan Memesona Bella Hadid di Festival Cannes

Posted: 10 May 2018 09:30 PM PDT

Model Bella Hadid merapikan lipstiknya selama promosi Magnum di Festival Film Cannes KE-71 di private beach, Cannes, Prancis selatan (10/5). Bella Hadid tampil cantik dan seksi dengan gaun putih minim dengan kalung di lehernya. (AP Photo/Arthur Mola)

Model Bella Hadid merapikan lipstiknya selama promosi Magnum di Festival Film Cannes KE-71 di private beach, Cannes, Prancis selatan (10/5). Bella Hadid tampil cantik dan seksi dengan gaun putih minim dengan kalung di lehernya. (AP Photo/Arthur Mola)

Model Bella Hadid dalam acara promosi Magnum selama Festival Film Cannes KE-71 di private beach, Cannes, Prancis selatan (10/5). Bella Hadid tampil cantik dan seksi dengan gaun putih minim dengan kalung di lehernya. (AP Photo/Arthur Mola)

Model Bella Hadid dalam acara promosi Magnum selama Festival Film Cannes KE-71 di private beach, Cannes, Prancis selatan (10/5). Bella Hadid tampil cantik dan seksi dengan gaun putih minim dengan kalung di lehernya. (AP Photo/Arthur Mola)

Model Bella Hadid berpose dalam acara promosi Magnum selama Festival Film Cannes KE-71 di private beach, Cannes, Prancis selatan (10/5). Bella Hadid tampil cantik dan seksi dengan gaun putih minim dengan kalung di lehernya. (AP Photo/Arthur Mola)

Model Bella Hadid berpose dalam acara promosi Magnum selama Festival Film Cannes KE-71 di private beach, Cannes, Prancis selatan (10/5). Bella Hadid tampil cantik dan seksi dengan gaun putih minim dengan kalung di lehernya. (AP Photo/Arthur Mola)

Model Bella Hadid memeluk Desainer Alexander Wang dalam acara promosi Magnum selama Festival Film Cannes KE-71, Prancis selatan (10/5). Bella Hadid tampil cantik dan seksi dengan gaun putih minim dengan kalung di lehernya. (AP Photo/Arthur Mola)

Model Bella Hadid memeluk Desainer Alexander Wang dalam acara promosi Magnum selama Festival Film Cannes KE-71, Prancis selatan (10/5). Bella Hadid tampil cantik dan seksi dengan gaun putih minim dengan kalung di lehernya. (AP Photo/Arthur Mola)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antar Makanan Sahur Ramadan, Dubai Siap Kerahkan Drone

Posted: 10 May 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Dubai - Otoritas Pengembangan Komunitas di Dubai meluncurkan program Their Suhour is On Us selama bulan suci Ramadan. Kegiatannya adalah mengantarkan makanan sahur ke masjid-masjid dan sekitarnya dengan bantuan drone.

Seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (11/5/2018), ada sekitar 700 sukarelawan yang berpartisipasi dalam program dengan tujuan meningkatkan kesadaran betapa pentingnya makan sahur melalui pendistribusian makanan kepada para pekerja--atau saat ini dengan metode baru memakai drone.

Selain itu, program tersebut juga dianggap meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kerja sukarela dan mendorong masyarakat serta organisasi melakukan pelayanan sosial serta bertanggung jawab.

Halima Mohammed selaku Kepala CDA Youth Council mengajak lebih banyak orang untuk menjadi sukarelawan. Menurut dia, melibatkan orang dengan tekad kuat sangat penting.

Orang dengan karakter demikian bisa berpartisipasi dalam pengawasan makanan dan pendistribusiannya, yang kali ini menggunakan drone.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

Ide Inovatif

Ilustrasi Drone. (DAVID McNew / AFP)

Khalfan Obeid, yang merancang sistem kendaraan udara tak berawak itu mengatakan, penggunaan drone adalah ide inovatif. Unit tersebut bisa menyimpan informasi dan peta lokasi yang ditargetkan, lalu mengikuti rute yang telah ditentukan.

Obeid mengatakan pihaknya akan melatih penggunaan drone pengantar makanan sahur, sekitar 10 kg sekali pengiriman, dalam pekan ini.

Ia menambahkan bahwa sudah disiapkan delapan baterai drone yang dibeli dengan cara impor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Basarnas DIY Sisir Warga di Radius 5 Km dari Merapi

Posted: 10 May 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Evakuasi warga di dekat Gunung Merapi juga dilakukan oleh tim dari Basarnas Daerah Istimewa Yogyakarta. Delapan anggota Basarnas ikut membantu proses evakuasi warga di Sleman setelah terjadi erupsi Gunung Merapi Jumat (11/5/2018) pagi ini.

"Satu tim berangkat ke Merapi. Tadi ada delapan," kata Kepala Humas Basarnas DIY, Eriyanto, Jumat (11/5/2018).

Eriyanto mengatakan, tim yang dikirim Basarnas DIY adalah untuk membantu evakuasi warga. Sehingga upaya antipasi dari Pemda DIY melalui BPBD dapat terbantu dan meminimalisasi adanya korban.

"Informasi yang tadi masuk tim Basarnas itu untuk mengevaluasi penduduk yang berada di radius lima kilometer di wilayah Sleman, yang berada di radius lima kilometer dari puncak Merapi," ungkapnya.

Ia mengatakan saat ini proses evakuasi warga sedang berlangsung. Menurut dia, terkait letusan Merapi hari ini, tidak korban jiwa maupun luka. "Tidak ada, tidak ada korban jiwa maupun korban luka," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Luhut: Pelabuhan Banten Bisa Kurangi Bongkar Muat di Tanjung Priok

Posted: 10 May 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Cilegon - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, mencanangkan pembukaan ekspor dan impor di Pelabuhan Banten untuk mengurangi beban bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

"Kita memang ingin membuat cost itu minim. Kita sudah punya Priok, kemudian Patimban beroperasinya tahun depan, kuartal II," kata Luhut di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Banten, Jumat (11/05/2018).

Dia meminta biaya dan waktu bongkar muat pelabuhan di Banten dapat lebih murah dan cepat dibandingkan dengan Pelabuhan Tanjung Priok. Sehingga, bisa menarik pengusaha untuk datang ke Banten. Sedangkan Pelabuhan Patimban dikhususkan menangani bongkar muat barang ekspor dan impor di wilayah Cikampek hingga Purwakarta.

"Banten, ada entry pelabuhan di sini, mana saja yang dipilih, akan mengatur akomodasi industri yang ada di sini. Kalau di Jakarta pasti mahal, ini akan bikin biaya efisien," ucapnya.

Di Banten ada enam pelabuhan yang diajukan ke pemerintah pusat untuk dijadikan pelabuhan bongkar muat ekspor impor, seperti Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, Pelabuhan Indah Kyat, hingga Krakatau Bandar Samudera.

Nantinya, akan dipilih satu untuk dijadikan pelabuhan bongkar muat ekspor impor untuk membantu Pelabuhan Tanjung Priok.

"Saya ingin pesan kebersihan. Kebersihan pelabuhan, plastik, harus dilihat. Plastik, kalau jadi mikro plastik, dimakan manusia, yang sedang mengandung, anaknya pasti kuntet. Stunting bahasa kerennya," jelasnya.

 

Singgung Redenominasi

redenominasi

Di sisi lain, Luhut pun membahas tentang nilai tukar rupiah yang menyentuh angka Rp 14 ribu per dolar AS. Menurut dia, meski begitu, fundamental perekonomian Indonesia terus membaik. Sehingga, masyarakat tak perlu risau dengan kenaikan tersebut.

"Fundamental kita ini kuat, tapi sekarang ini kan rupiah kita lima digit. Nah, kita pengin rupiah satu digit, tapi waktunya saja belum tepat. Harus bekerja sama kita semua, dengan Pemda dan (Kementerian) Perdagangan," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Jokowi: Indonesia Mengecam Pemindahan Kedubes AS ke Yerusalem

Posted: 10 May 2018 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengecam pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Kecaman itu disampaikan Jokowi saat membuka Pertemuan Trilateral Ulama Afghanistan-Indonesia-Pakistan Tentang Perdamaian dan Stabilitas di Afghanistan di Istana Bogor hari ini.

Peresmian Kedubes AS di Yerusalem akan berlangsung pada Senin, 14 Mei 2018.

"Indonesia mengecam keras keputusan ini (pemindahan Kedubes AS ke Yerusalem)," kata Jokowi di hadapan para ulama Afghanistan-Indonesia-Pakistan.

Jokowi mengatakan, keputusan untuk memindahkan Kedubes AS ke Yerusalem, melanggar resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB.

"Oleh karena itu, saya mengusulkan agar DK dan Majelis Umum PBB membahas isu tersebut dan mengambil langkah selanjutnya," kata Jokowi.

Presiden Jokowi juga meminta negara lain untuk tidak mengikuti langkah Amerika Serikat memindahkan kedutaan besarnya ke Yerusalem.

Pemindahan itu, kata Jokowi, akan mengganggu proses perdamaian dan mengancam perdamaian itu sendiri.

"Indonesia akan berjuang untuk Palestina. Dan Palestina akan terus berada dalam 'napas' diplomasi Indonesia," kata Jokowi.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Meruntuhkan Status Mediator

Pekerja memasang papan penunjuk jalan menuju Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Yerusalem, Senin (7/5). Seremoni pemindahan kedubes AS untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem dijadwalkan dilangsungkan pada 14 Mei mendatang. (AFP/THOMAS COEX)

Sebelumnya, Kedubes AS di Israel berlokasi di Tel Aviv. Perpindahan perwakilan diplomatik ini menegaskan kebijakan Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Keputusan Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel praktis "bertentangan" dengan kebijakan luar negeri AS yang telah berjalan selama tujuh dekade.

Selama tujuh dekade, AS bersama dengan hampir seluruh negara lainnya di dunia, menolak mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, sejak negara itu mendeklarasikan pendiriannya pada 1948.

Sementara, menurut Donald Trump, kebijakan penolakan tersebut membawa seluruh pihak "tidak mendekati kesepakatan damai antara Israel-Palestina".

Bagi Palestina, Yerusalem merupakan isu yang sangat sensitif.

Keputusan Donald Trump sekaligus telah meruntuhkan status Negeri Paman Sam sebagai mediator perdamaian, mengingat status Yerusalem sebagai ibu kota tak hanya diakui oleh Israel, tapi juga Palestina.

Palestina mengakui Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara mereka di masa depan dan hal ini mendapat dukungan dari masyarakat internasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkalung Syal Bendera Palestina, Kapolda Metro Pantau Aksi 115

Posted: 10 May 2018 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Azis, turun langsung memantau aksi 115 di lapangan silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (11/5/2018). Ia datang dengan berkalung sorban bendera Palestina di lehernya.

"Saya sengaja pakai sorban. Seluruh anggota termasuk TNI ingin memberi gambaran, kalau kami pemerintah Indonesia juga empati dengan Palestina," kata Idham di Monas, Jumat (11/5/2018).

Ia hadir didampingi Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu dan Dandim 0501 Jakarta Pusat Letkol Inf Edwin Adrian Sumantha.

Idham berharap aksi bisa berjalan damai sampai selesai. Dia juga berharap para peserta Aksi 115 tetap menjaga komitmen untuk menjaga kondusifitas dalam setiap aksinya.

"Saya mengimbau, marilah melakukan aksi dengan baik, santun dan sampaikan aspirasi dengan baik supaya situasi di Jakarta ini kondusif. Siapa lagi yang menjaga Jakarta kalau bukan masyarakat sendiri?" Idham berujar.

Ia mengatakan, menerjunkan 3.500 aparat gabungan dari unsur kepolisian dan TNI yang mengamankan acara yang direncanakan berakhir pada pukul 13.00 WIB tersebut.

"Kita sudah siapkan pengamanan, kita di-backup dengan jajaran Kodam Jaya dan Mabes Polri, Brimob Nusantara beserta Polda Metro Jaya," kata Idham di lokasi.

Peserta Aksi tak Jadi ke Kedubes AS

Massa Aksi 115 Bebaskan Baitul Maqdis Mulai Padati Monas. (Liputan6.com/Thomas)

Dalam kesempatan itu, Idham berdiskusi dengan panitia acara terkait kemungkinan massa akan demo di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat.

"Hasil koordinasi dengan panitia, mereka nggak akan ke sana. Ini saja setelah orasi kemudian Salat Jumat, setelah itu kembali (pulang) dengan tertib," ujar Idham di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (11/5/2018).

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Merapi Semburkan Asap, Doa Warganet Jadi Trending Topik

Posted: 10 May 2018 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Merapi yang terletak di Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dilaporkan baru saja mengeluarkan letusan freatik.

Kepastian kabar ini disampaikan oleh BPBD Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dalam keterangan tertulis, BPBD meminta agar masyarakat tetap tenang dan menjauhi radius 3 km dari puncak kawah.

Kejadian ini ternyata memacing komentar sejumlah warganet di Twitter. Banyak dari warganet yang berharap agar kejadian dan kondisi di sekitar Gunung Merapi maupun Yogyakarta tetap aman.

"Gunung Merapi meletus terjadi jam 07.47 WIB, semoga Jogja tetap dilindungi," tulis akun Twitter @basukirackmat10.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (11/5/2018), topik perbincangan seputar Gunung Merapi juga berada di puncak trending topic Twitter Indonesia.

Akun lain dengan nama @MedicoreCapulus juga berharap hal serupa. Dalam unggahannya pagi ini, ia berharap tak ada hal buruk yang terjadi setelah Gunung Merapi dilaporkan mengeluarkan letusan freatik.

"Merapi has erupted. I don't know the condition of the volcano itself. I hope nothing bad will happen #merapi #volcano," tulisnya.

Berikut ini kami juga menghimpun kicauan dari sejumlah warganet seputar peristiwa meletusnya Gunung Merapi ini.

Kondisi Terkini Gunung Merapi

Erupsi Gunung Merapi. (Liputan6.com/Istimewa)

Sekadar informasi. kali ini Gunung Merapi baru saja mengeluarkan letusan freatik. Letusan dilaporkan terjadi pada pagi hari sekitar pukul 07.40 WIB. 

Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho pernah menjelaskan bahwa letusan freatik terjadi akibat adanya uap air bertekanan tinggi. Uap ini terbentuk karena ada pemanasan air di bawah yang kontak langsung dengan magma.

"Letusan Freatik disertai dengan asap, abu, dan material di dalam kawah. Sulit diprediksi," kata Sutopo Purwo Nugroho kepada Liputan6.com, 2017 lalu.

Sementara itu, di sejumlah daerah dilaporkan terjadi hujan abu tipis. Di daerah Kecamatan Muntilan hujan abu tipis terjadi di wilayah Kwilet dan kelurahan Gondosuli. Meskipun tipis dan dinyatakan normal, tetapi sejumlah sempat khawatir ada letusan besar.

Menanggapi kejadian ini, masyarakat diminta untuk tetap tenang. Selain itu, penerbangan yang menuju atau yang berangkat dari Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta masih berjalan normal.

"Bandara tetap beroperasi normal. Tidak ada penutupan," kata Manajer Humas AirNav Indonesia Yohanes Sirait, Jumat (11/5/2018).

Ramai-Ramai Update Foto Letusan Freatik Gunung Merapi

Gunung Merapi dilihat dari Boyolali. Foto: (Fajar Abrori/Liputan6.com)

Sebelumnya, sejumlah foto situasi letusan Gunung Merapi ini pun banyak beredar di media sosial. 

Salah satunya melalui akun resmi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), @BPPTKG, dan beberapa akun Twitter warga yang tinggal di sekitar Gunung Merapi.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: